Jumat, 16 Januari 2015

Liputan6 : RSS2 Feed

Liputan6 : RSS2 Feed


Penampakan Pulau Paling Seram di Dunia

Posted: 16 Jan 2015 09:52 PM PST

Dimanakah pulau paling seram dan dengan hantu terbanyak di dunia? Jawabannya ada di Poveglian, Italia.

Berlokasi di Tanjung Venice, Poveglian ini dulunya adalah bekas pembuangan bagi orang-orang yang mengalami kelainan jiwa. Area pembuangan tersebut beroperasi sejak abad ke-14 untuk tahanan perang dimasa itu. Di abad ke-18, area tersebut kemudian digunakan sebagai karantina bagi orang yang mengalami masalah kejiwaan.

Kabarnya, para psikiatris dan petugas di rumah sakit tersebut senang menyiksa dan menjagal pasien-pasiennya. Diperkirakan sekitar 160 ribu manusia meninggal di pulau tersebut. Awal tahun 2000, ditemukan sekitar 1.500 kerangka tengkorak manusia yang sudah menempel di dinding batu dan tanah. 

Tak hanya itu, pulau ini dikabarkan dihuni para hantu gentayangan terbanyak di dunia.

 

Remaja Tewas Usai Nari Gangnam Style

Posted: 16 Jan 2015 09:40 PM PST

Seorang remaja di Inggris tewas gara-gara menari 'Gangnam Style' di sebuah toko daerah Gorton, Manchester Utara, Inggris. Ia meregang nyawa setelah dipukul seorang pria berdarah Asia.

Seperti dimuat News.com.au, Sabtu (17/1/2015), Jordan Brennan, nama remaja itu, awalnya menari ala artis Korea Selatan (Korsel) Psy tersebut di pojok toko. Namun si pelaku yang melihatnya langsung murka. Ia merasa tarian yang dilakukan Jordan telah mengejeknya.

Pelaku yang tidak disebutkan namanya itu kemudian memaksa Jordan untuk meminta maaf. Tak puas dengan hal itu, tersangka yang saat itu sedang bersama kekasihnya langsung menghajar Jordan sampai babak belur.

Jordan yang sudah jatuh tergeletak kembali dipukul. Meski korban berbadan kurus itu sudah tak berdaya, ia terus-terusan ditendang si pelaku yang bertubuh kekar.

Korban kemudian jalan pulang ke rumahnya. Kondisinya saat itu terluka parah. Namun keesokan harinya, remaja 17 tahun tersebut ditemukan tewas karena menderita perdarahan otak.

Polisi kemudian memulai penyelidikan. Dalam gambar CCTV yang diambil dari toko tersebut tampak seorang pria dan wanita yang tengah berbelanja. Keduanya disebutkan dari etnis Asia. Lalu terlihat aksi pria itu memukul korban.

Saat ini, pelaku tengah menjalani proses persidangan. Hakim pengadilan setempat akan menjatuhkan vonis kepadanya pada 18 Maret 2015 mendatang.

Sementara, simpati terus mengalir untuk Jordan yang menjadi korban. Melalui laman Facebook, masyarakat setempat mengumpulkan uang sebagai wujud solidaritas untuk keluarga korban. Sejauh ini sudah terkumpul sekitar Rp 28 juta. (Riz/Tnt)

Rendang Jadi Incaran Peserta SCM Cup di Padang

Posted: 16 Jan 2015 09:34 PM PST

Rendang adalah salah satu makanan favorit khas Indonesia yang berasal dari tanah Minangkabau, Padang. Cita rasa yang khas, serta daging yang renyah mampu menggugah selera.
 
Meski terkesan banyak mengandung daging dan lemak, ternyata para atlet tidak mau melewatkan makanan terenak di dunia ini. Pemain belakang Persebaya Surabaya, Putu Gede Juni Antara, mengaku sangat menyukai makanan ini.
 
Saat ini ia sedang berada di kota Padang untuk mengikuti turnamen pra musim, SCM Cup 2015. Tentu berada di daerah asal makanan tersebut, Putu Gede tidak mau menyia-nyiakan kesempatan untuk menyantapnya.
 
"Rendang salah satu makanan favorit saya di kota Padang. Saya sudah pernah berkunjung ke Padang sebelumnya dan sudah mencicipi langsung rasa rendang di sini," ujar Putu Gede pada Liputan6.com.
 
"Kadang jika saya tidak sempat keluar, saya titipkan sama teman dan dibawakan olehnya."
 
Mengenai asupan gizi yang terdapat pada rendang, para pemain ini tetap memperhatikan pola makan. Mereka tidak ingin kelewat batas saat menyantapnya.
 
Mantan pemain belakang Timnas U-19, Febly Gushendra, menyebut, "Tentu rendang jadi salah satu makanan favorit saya saat berkumpul dengan keluarga di hari raya. Tapi kami juga diberi panduan khusus oleh pelatih untuk tetap menjaga pola makan."
 

Melibatkan Ivan Gunawan, Rossa: Ijonk Bukan Suami Baik

Posted: 16 Jan 2015 09:30 PM PST

Permasalahan yang tengah menjerat Ivan Gunawan lantaran dekat dengan Cita Citata membuat Rossa ikut sedih. Rossa yakin selama ini Ivan tidak tahu persis kondisi kehidupan pelantun Sakitnya Tuh Disini. Sehingga tak layak kalau dia di somasi suami Cita, Galih Purnama Eli alias Ijonk.

"Ivan itu orangnya baik. Dan menurut aku sebelumnya Ivan pasti nggak tahu kondisi Cita Citata seperti apa," kata Rossa, di Studio 5 Indosiar, Daan Mogot, Jakarta Barat, Jumat (16/1/2015).

Dan apa yang selama ini dilakukan Ivan Gunawan terhadap Cita Citata tak semuanya serius. Apalagi, Ivan dan Cita Citata adalah selebriti yang harus tampil di depan publik.

"Ivan memang temannya banyak. Dan apa yang dilakukan Ivan di depan kamera nggak semuanya beneran, dia kan banyak bercandanya. Lagi pula itu juga untuk konsumsi teve, itu yang harus dimengerti," lanjut pelantun Ayat-ayat Cinta.

Dengan melayangkan somasi, Rossa menganggap bahwa Ijonk bukanlah suami yang baik. "Apa hubungannya sama Ivan, kan mereka nggak berzina. Saya rasa juga Ivan nggak ganggu urusan mereka. Ini kan masalahnya bukan di Ivan, masalahnya antara Cita Citata dan Ijonk. Kalau dia memang suami yang baik datangi saja istrinya, tanya apa Cita masih mau sama dia. Kalau perlu kasih support atas keberhasilan istrinya," terang Rossa.

Anehnya, Ijonk mengaku tak mau bertemu dengan Ivan Gunawan setelah melayangkan somasi. Bagi mantan istri drummer Padi, Yoyo, Ijonk sudah merasa bersalah dengan perbuatannya.

"Ijonk tahu yang dilakukannya salah. Kalau memang urusan rumah tangga, ya langsung saja, Ijonk sama Cita Citata, nggak usah bawa-bawa Ivan," pungkas Rossa.(Fac/Mer)

 

 

Swansea vs Chelsea: Adu Hebat Sigurdsson dan Hazard

Posted: 16 Jan 2015 09:29 PM PST

Di sepak bola, peran lini kedua merupakan hal yang mutlak harus dimiliki. Tanpa hal ini, sebuah tim bakal kesulitan untuk mencetak gol jika striker sedang tidak tajam.

Duel Swansea vs Chelsea malam nanti WIB di stadion Liberty pun sepertinya bakal menjadi medium adu kehebatan antara Gylvi Sigurdsson dari Swansea lawan Eden Hazard (Chelsea). Sekilas tentu banyak yang menjagokan Hazard. Bintang Chelsea ini selain produktif di depan gawang juga merupakan seorang "destroyer" atau penghancur pertahanan lawan yang efektif.

Lalu apakah bintang Islandia, Sigurdsson bisa dipandang sebelah mata? tunggu dulu. Memang dalam hal produktifitas, Sigurdsson kalah dari Hazard.  Pemain berusia 23 tahun itu baru mencetak 4 gol, sedangkan Hazard sudah menggelontorkan 8 gol.

Namun Sigurdsson adalah seorang pengumpan yang andal. Ini terbukti dari jumlah assistnya yang mencapai 8 atau terbanyak di Swansea sejauh ini. Bandingkan dengan Hazard yang baru melepaskan 4 assist, meski posisinya lebih sebagai winger.

Lanjut ke halaman berikutnya----->

Ya, posisi juga membedakan kedua pemain penting ini. Sigurdsson lebih berposisi sebagai pemain tengah atau gelandang serang. Sedangkan Hazard lebih banyak beroperasi sebagai winger kanan.

Namun satu lagi kelebihan Sigurdsson, dia ternyata mampu mejelajah lapangan dari berbagai sisi. Dia pun terkadang berperan sebagai winger kiri atau kanan. Hazard pun sesekali mampu memerankan aksi seperti itu, tapi Hazard acap bermain sebagai winger kiri.

Maka itu, kedua pemain ini wajib diwaspadai. Khusus Sigurdsson, perannya kini bakal lebih berat karena kehilangan pemain andalan yang bakal diumpannya di depan yaitu Wilfried Bony. Seperti diketahui, Bony sudah digaet Manchester City di bursa transfer Januari ini.

Siapa lebih jago? Menarik untuk disaksikan pertandingannya.

Pengusaha Tiket Khawatirkan Kondisi Modal Maskapai Penerbangan

Posted: 16 Jan 2015 09:26 PM PST

Pengusaha yang tergabung dalam Asosiasi Perusahaan Agen Penjual Tiket Penerbangan Indonesia (Astindo) mengkhawatirkan kondisi permodalan yang dimiliki maskapai penerbangan saat ini.

Pengusaha bertanya-tanya apakah maskapai penerbangan yang beroperasi saat ini memiliki modal yang cukup. Wakil Sekretaris Jenderal Astindo, Pauline Suharno mengatakan, kekhawatiran ini karena berkaca dengan kondisi selama beberapa tahun terakhir.

"Buktinya kan ada beberapa maskapai yang bangkrut, stop operasi karena report keuangan mereka merah," tegas Pauline saat berbincang dengan Liputan6.com, Sabtu (17/1/2015).

Sebab bila kondisi ini terjadi, dia menegaskan pengusaha yang menjadi korban. Ini terkait dengan aturan escrow account (dana tersimpan) yang harus diberikan pengusaha tiket kepada maskapai penerbangan.

Kebijakan ini seringkali membuat pengusaha tiket dan agen perjalanan merugi karena uangnya akan lenyap bila ada satu maskapai bangkrut atau tutup usaha.

"Agen-agen yang top up ke airline dan membiayai operasional airline. Giliran mereka stop operasi, uang agen yang juga hilang lenyap tak dikembalikan," jelas dia.(Nrm)

 

 

Demokrat: Penundaan Budi Gunawan, Jokowi Selamatkan Wibawa Polri

Posted: 16 Jan 2015 09:25 PM PST

Presiden Joko Widodo atau Jokowi menunda pelantikan Komjen Pol Budi Gunawan menjadi Kapolri. Jokowi dalam pernyataannya menyebutkan penundaan itu karena Budi Gunawan telah ditetapkan sebagai tersangka oleh KPK dalam hal transaksi yang tidak wajar.

Juru Bicara Partai Demokrat Didi Irawadi Syamsuddin menilai, langkah yang dilakukan Jokowi sangat tepat di mana publik juga mempertanyakan status Budi Gunawan tersebut.

"Keputusan Jokowi memang sangat tepat, menyelamatkan wibawa kepolisian dan tentu Presiden sendiri. Di mana suara publik gencar menginginkan Budi Gunawan ‎tidak dilantik dan juga penyetujuan DPR agar Budi Gunawan dilantik tapi status yang bersangkutan sebagai tersangka," kata Didi dalam diskusi bertajuk 'Jokowi, Kok Gitu?' di kawasan Cikini, Jakarta Pusat, Sabtu (17/1/2015).

‎Didi mengaku tak bisa membayangkan jika akhirnya Jokowi menyatakan keputusannya final untuk melantik Budi Gunawan menjadi kapolri ataupun batal melantiknya. Karena menurutnya, Jokowi akan menghadapi DPR lantaran dianggap telah melecehkan parlemen yang mana DPR telah menyetujui pengajuan Budi Gunawan sebagai Kapolri.

Namun, ia menambahkan, di sisi lain Jokowi juga tidak bisa melawan aspirasi publik yang sangat gencar di mana masyarakat tak menginginkan sosok Kapolri yang berstatus tersangka.

"Kalau malam tadi final memberikan keputusan Budi gunawan dibatalkan untuk menjadi Kapolri, maka sama saja bunuh diri karena dianggap telah melecehkan DPR. Kalau dilantik, maka Jokowi tidak menyelamatkan aspirasi rakyat. Saya sangat apresiasi keputusan Jokowi yang menunda pelantikan Kapolri," beber Didi.

"Jadi tidak melantik tapi juga tidak membatalkan dan memberi keputusan agar Budi Gunawan menyelesaikan proses hukumnya di KPK," tandas Didi.

KPK menetapkan Budi Gunawan sebagai tersangka dalam kasus dugaan korupsi yakni penerimaan hadiah atau janji selama menjabat sebagai Kepala Biro Pembinaan Karier Deputi Sumber Daya Manusia Polri periode 2003-2006 dan jabatan lainnya di kepolisian. Statusnya dijatuhkan setelah dia diusulkan Presiden Jokowi menjadi calon Kapolri untuk menggantikan Kapolri Jenderal Polisi Sutarman.

Budi Gunawan dikenai Pasal 12 huruf a atau huruf b, Pasal 5 ayat 2, serta Pasal 11 atau Pasal 12 B Undang-Undang Tindak Pidana Korupsi juncto Pasal 55 ayat 1 ke-1 KUHP. (Ali/Riz)

Hemat Memori Gadget Pakai Layanan Cloud Gratis

Posted: 16 Jan 2015 09:21 PM PST

Berbagai perangkat pendukung aktivitas harian kini sudah dilengkapi kecanggihan untuk mengakses internet dengan mudah seperti smartphone, komputer tablet bahkan  kamera. Perangkat-perangkat itu biasanya dilengkapi fitur multimedia yang aktif menghasilkan data berukuran cukup besar.

File berukuran besar tentu akan dengan mudah membuat ruang penyimpanan penuh dan sesak. Kartu memori dan ruang penyimpanan awan jadi solusi kebutuhan kapasitas penyimpanan supaya file-file dari perangkat gadget bisa terpenuhi.

Berikut ini beberapa layanan cloud computing yang bisa dimanfaatkan sebagai media penyimpanan mobile bagi pengguna perangkat mobile yang aktif. 

iCloud Drive

Layanan ini disediakan bagi para pengguna perangkat mobile besutan Apple seperti iPad, iPhone dan iPod. Layanan ini disediakan secara gratis sebesar 5GB yang bisa dimanfaatkan untuk menyimpan berbagai data dari kontak, musik, video, foto maupun file lainnya.

Bila kapasitas yang diberikan 5GB sudah habis penggunanya bisa menambahkan kapasitas sesuai dengan kebutuhannya. Harga yang ditawarkan oleh Apple untuk kapasitas tambahan mulai ari US$ 0,99 sampai US$ 19,99 per bulan.

OneDrive

Microsoft juga memberikan layanan penyimpanan awan gratis sebesar 15GB di OneDrive bagi tiap penggunanya ketika mendaftar. Perusahaan itu juga memberikan tambahan ekstra kapasitas seluas 8GB untuk menyimpan foto dari aplikasi mobile.

Ingin tambahan kapasitas? Ajak teman lain untuk bergabung memakai layanan ini dan Anda akan mendapat 500MB tiap teman yang mendaftar. Kapasitas tambahan dari mengajak teman ini maksimal hingga 5GB atau 10 teman saja.

Masih merasa tak cukup, pakai saja layanan berbayar Office 365 supaya mendapat tambahan kapasitas penyimpanan OneDrive sebesar 23 GB secara gratis.

Amazon Cloud Drive

Layanan cloud computing ini disediakan secara gratis bagi tiap penggunanya seluas 5GB. Tapi bagi pengguna layanan premium bernama Amazon Prime penggunanya yang akan memberikan kesempatan mengupload foto gratis tanpa batas.

Sebenarnya, layanan kapasitas foto tanpa batas itu tidak sepenuhnya gratis  karena penggunanya telah membayar ketika mendaftar keanggotaan Amazon Prime. Kapasitas yang ada di layanan ini bisa dipakai menyimpan berbagai data dari kontak, musik, video, foto maupun file lainnya.

Box

Box merupakan layanan penyimpanan awan yang memberikan kapasitas penyimpanan gratis lebih besar besar daripada yang disediakan perusahaan lain. Box memberi kapasitas gratis sebesar 10GB sedangkan perusahaan lain rata-rata memberi 5GB.

Serunya, layanan ini tak hanya disediakan bagi perangkat mobile saja. Box disediakan bagi berbagai perangkat tertentu seperti Sony Xperia, ponsel dan tablet LG, komputer HP berbasis Windows, Dell dan Samsung ATIV tablet. Layanan ini juga memberikan kapasitas tambahan bagi pengguna yang ingin membayar lebih.

Google Drive

Nah, layanan ini disediakan oleh sang raksasa perusahaan internet, Google. Kapasitas yang disediakan bagi penggunanya cukup luas 15GB secara gratis ketika pertama kali membuka akun.

Google memberikan  ruang tambahan sebesar 100GB secara gratis bagi pengguna perangkat berbasis Chrome OS yang mengunjungi laman khusus yang disediakannya.  Perusahaan itu juga memberikan penawaran kapasitas tambahan bagi pengguna perangka Motorola, HTC dan Kensington.

Dropbox

Terakhir, layanan ini boleh dibilang sebagai jawara soal promosi layanan penyimpanan digital.  Sekarang ini, tiap penggunanya bisa mendapat 2GB ruang penyimpanan gratis ketika membuka akun di Dropbox. Penggunanya akan mendapatkan tambahan ruang penyimpanan setiap membawa teman ikut menggunakan layanan ini.

Perusahaan ini memberikan tambahan kapasitas seluas 3GB setelah penggunanya menginstal dan mengatur aplikasi resmi dari Dropbox. Tambahkan aplikasi Mailbox maka akan ada tambahan 1GB di kapasitas penggunanya secara gratis.

Tak hanya itu, pengguna perangkat HTC Sense 5.0 akan mendapat tambahan kapasitas seluas 23GB bila menginstal aplikasi Dropbox di handsetnya. Sedangkan pengguna Samsung akan mendapat ruang penyimpanan tambahan sebesar 48GB secara gratis.

(den/dew)

5 Perempuan yang Lahir Tahun 1800-an ini Kini Masih Sehat

Posted: 16 Jan 2015 09:17 PM PST

Hidup sehat dan berumur panjang adalah anugerah Tuhan. Karena itu banyak orang yang berusaha habis-habisan untuk menjalani hidup sehat. Mereka berharap dengan melakukan gaya hidup sehat, usia bisa makin panjang.

Beruntung sekali para perempuan ini, mereka yang rata-rata lahir pada tahun 1800an itu sampai sekarang masih sehat.

Seperti yang dilaporkan oleh omgfacts.com, mereka adalah:


1. Emma Morano, Italia, 115 tahun, Emma adala orang tertua di Eropa


5 Perempuan yang Lahir Tahun 1800-an ini Kini Masih Hidup

2. Gertrude Weaver,  Amerika Serikat 116 tahun, Gertrude orang tertua di Amerika Serikat


5 Perempuan yang Lahir Tahun 1800-an ini Kini Masih Hidup

3. Susannah Mushatt Jones, Amerika, 115 tahun


5 Perempuan yang Lahir Tahun 1800-an ini Kini Masih Hidup

4. Jeralean Talley, Amerika, 115 tahun


5 Perempuan yang Lahir Tahun 1800-an ini Kini Masih Hidup

5. Misao Okawa, Jepang, 116 tahun, Misao adalah perempuan tertua di Jepang

5 Perempuan yang Lahir Tahun 1800-an ini Kini Masih Sehat

Solusi Buya Syafii Maarif Sikapi Pergantian Pucuk Pimpinan Polri

Posted: 16 Jan 2015 09:17 PM PST

Presiden Joko Widodo atau Jokowi menunda pengangkatan Komjen Pol Budi Gunawan sebagai kapolri. Jokowi mengangkat Wakapolri Komjen Pol Badrodin Haiti sebagai Pelaksana tugas (Plt) Kapolri menggantikan Jenderal Polisi Sutarman yang diberhentikan.

Mantan Ketua Umum PP Muhammadiyah Buya Syafii Maarif mengatakan, pertimbangan politik mesti dikurangi dalam pergantian pucuk pimpinan di kepolisian. Sebab, lembaga kepolisian sangat penting.

"Jangan sampai terseok karena politik ini itu. Kita cari pimpinan Polri yang betul-betul penuhi syarat, dengan kriteria yang bagus, PPATK, KPK punya data yang bisa dimintai pertimbangan, walau presiden tetap yang memutuskan, ini kan nggak dan menimbulkan tanda tanya," ujar Syafii Maarif saat berbincang dengan Liputan6.com, Minggu (17/1/2015).

Pria yang kerap disapa Buya ini mengatakan, penyelesaian pimpinan di tubuh kepolisian dengan pengangkatan Pelaksana tugas (Plt), adalah solusi sementara. Bukan solusi jangka panjang.

"Tapi ini nggak bisa terus-terusan. Kalau dilantik (Budi Gunawan) ini serba repot, kalau dilantik berhadapan dengan publik dan opini, kalau tidak dilantik, DPR sudah meloloskan. Jadi perlu penyelesaian yang bijak jadi minta persetujuan KPK dan PPATK. Itu jalan terbaik," terang dia.

Buya mengatakan, KPK dan PPATK mempunyai data, dan rekam jejak tentang siapapun yang ditunjuk atau dicalonkan sebagai kapolri. "Nggak sulit. Asal tidak pakai pertimbangan politik saat ini," ucap dia.

Dia juga menegaskan bahwa, penundaan dan pengangkatan Plt Kapolri adalah bagian kompromi, yang sangat masuk akal, tapi tidak menyelesaikan jangka panjang.

"Kita nggak boleh main-main menunjuk kapolri. Inikan tersandera bangsa ini," kata Syafii Maarif yang pernah menjadi anggota Komite Etik KPK.

Presiden Jokowi membuat 2 keputusan presiden terkait pemberhentian Jenderal Polisi Sutarman sebagai Kapolri dan mengangkat Komjen Pol Badrodin Haiti sebagai Pelaksana Tugas (Plt) Kapolri. Hal ini menyikapi status hukum calon Kapolri Komjen Pol Budi Gunawan.

KPK menetapkan Budi Gunawan sebagai tersangka dalam kasus dugaan korupsi yakni penerimaan hadiah atau janji selama menjabat sebagai Kepala Biro Pembinaan Karier Deputi Sumber Daya Manusia Polri periode 2003-2006 dan jabatan lainnya di kepolisian. Statusnya dijatuhkan setelah dia diusulkan Presiden Jokowi menjadi calon Kapolri untuk menggantikan Kapolri Jenderal Polisi Sutarman. (Mvi/Riz)

Tidak ada komentar: