Senin, 09 Juli 2018

Liputan6 : RSS2 Feed

Liputan6 : RSS2 Feed


Selandia Baru Beli Jet Anti-Kapal Selam dari AS, Waspada Terhadap Ancaman China?

Posted: 09 Jul 2018 09:43 PM PDT

Liputan6.com, Wellington - Pemerintah Selandia Baru mengumumkan pembelian jet militer AS senilai US$ 1,6 miliar pada Senin, 9 Juli 2018. Kendaraan tempur itu disebut mampu memanipulasi serangan target misil kapal selam.

Pembelian jet militer tersebut dilakukan sebagai upaya pengintegrasian pasukan Negara Kiwi dengan dua sekutu utamanya, AS dan Australia, dalam melawan ancaman penguatan yang mencoba melawan penumpukan militer China di Pasifik.

"Pembelian empat unit pesawat Boeing P-8A Poseidon bertujuan memperkuat Reset Pasifik Pemerintah koalisi, dengan menyediakan kemampuan patroli maritim yang memiliki jangkauan dan ketahanan signifikan, guna turut serta dalam kerja sama militer, menjaga perdamaian di Pasifik," ujar Menteri Pertahanan Selandia Baru Ron Kata Mark, sebagaimana dikutip dari CNN pada Selasa (10/7/2018).

Ditambahkan oleh Kata Mark, bahwa pembelian jet militer itu merupakan salah satu tindak lanjut terhadap Pernyataan Kebijakan Pertahanan Strategis terbaru, yang dirilis pada Jumat, 6 Juli 2018.

Di dalam kebijakan tersebut, Selandia Baru memperingatkan pengaruh Tiongkok yang meningkat di Pasifik, termasuk fasilitas militernya yang terus diperluas di Laut China Selatan, di mana Beijing membentengi pulau-pulau di dekat beberapa jalur pelayaran utama dunia.

Dokumen setebal 40 halaman itu mengatakan China menantang tatanan yang ada di kawasan Pasifik, sekaligus meningkatkan keterlibatan dan investasinya di negara-negara Oceania, yang membuat pengaruh Selandia Baru telah kian goyah dalam beberapa tahun terakhir.

Selain itu, dokumen terkait juga menyebut prioritas kebijakan baru China berpotensi merusak "hak asasi manusia, kontrol senjata dan upaya non-proliferasi".

Sementara itu, masih menurut dokumen yang sama, Australia dan AS berusaha memperkuat perdamaian dan stabilitas regional, dengan fokus terhadap "keamanan maritim dan kebebasan navigasi".

 

Simak video pilihan berikut: 

 

 

Latihan Militer Terbesar di Pasifik

Sebuah kapal induk Amerika Serikat, USS Carl Vinson merapat ke pelabuhan Danang, Vietnam, Senin (5/3). Ini menjadi kunjungan kapal induk Angkatan Laut (AL) AS pertama ke Vietnam dalam 40 tahun sejak akhir Perang Vietnam. (CHAN NHU / AFP)

Sementara itu, kantor pertahanan Amerika Serikat (AS), Pentagon, dikabarkan memulai agenda "permainan perang" Angkatan Laut terbesar di dunia pada pekan lalu. Latihan selama dua setengah bulan di kawasan Pasifik, yang dikenal sebagai RIMPAC, mendatangkan 46 buah kapal perang dan kapal selam, 200 unit pesawat terbang dan 25.000 pasukan dari 25 negara.

Satu-satunya negara Asia Pasifik yang absen dalam agenda tersebut adalah Tiongkok, yang tidak diundang oleh RIMPAC karena militerisasi pulau-pulau di Laut China Selatan.

Dikutip dari CNN pada 2 Juli 2018, ketika kapal-kapal peserta RIMPAC tiba di Hawaii, militer China dikabarkan tengah menyelesaikan latihan Angkatan Lautnya sendiri, termasuk uji coba misil yang mengambil tempat tidak jauh dari Taiwan sejak 17 Juni lalu.

Oleh beberapa pengamat, persaingan "permainan perang" antara Amerika Serikat dan China dianggap tumpang tindih, karena cenderung berebut pengaruh di Pasifik, dibandingkan menjaga stabilitas keamanan.

Namun, menurut para pemimpin militer AS, RIMPAC adalah tentang "membangun hubungan", di mana keikutsertaan tahun ini bertambah oleh beberapa negara ASEAN yang memiliki klaim di wilayah Laut China Selatan, yaitu Malaysia, Vietnam, dan Filipina.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Amankan Asian Games, PLN Siapkan Pasokan Listrik Berlapis

Posted: 09 Jul 2018 09:37 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - PT PLN (Persero) menjamin kehandalan pasokan listrik saat berlangsungnya perhelatan olahraga Asian Games 2018, dengan menyediakan pasokan listrik secara berlapis.

Genera Manager PT PLN (Persero) Transmisi Jawa Bagian Barat Trino Erwin mengatakan, PLN teah mempersiapkan kebutuhan pasokan listrik untuk Asian Games sejak 2017 dan semakin masif pada 2018.

"Ini komitmen PLN untuk bisa menyelengarakan Asian Games sebaiknya, kita ingin jadi tuan rumah yang baik," kata Trino di Unit Area Pelaksanaan Pemeli‎haraan (APP) Cawang, Jakarta, Selasa (10/7/2018).

Untuk menjaga pasokan listrik seluruh venue Asian games  di wilayah Jakarta, PLN medukung dengan jaringan distribusi dan transmisi, berupa 100 sirkuit jaringan transmisi mulai dari 500 Kilo Volt (KV)  hingga 700 KV, tidak kurang juga dari 12 trafo interbase 500 Mega Voltampere (MVA) yang ada di daerah Jakarta dan personel sebanyak 500 orang.

Agar Asian Games berjalan dengan lancar, lanjut dia, PLN memberikan pasokan listrik berla‎pis, dari pasokan utama, transmisi cadangan, UPS dan genset. Sehingga jika ada salah satu sumber mengalami gangguan bisa mendapat dari sumber pasokan lain.‎

"Kami harapkan dengan kondisi instalasi yang prima kita bisa menjaga pasokan yang prima," tuturnya.

Dengan persiapan yang sudah matang, Trino pun optimistis tidak ada kendala pasokan listrik untuk menyukseskan Asian Games dari internal, jika terjadi masalah dia pastikan berasal dari eksternal yang tidak bisa diprediksi.‎

"Kalau jaminan tidak ada gangguan dari internal, tapi masih potensi terjadinya hal gangguan akibat eksternal, " tandasnya.

Rogoh Rp 2 Triliun di Jakarta

(Foto: Dokumentasi PLN)

Demi menyukseskan Asian Games pada 18 Agustus-2 September 2018, PLN merogoh kocek Rp 2 triliun untuk memperkuat listrik Ibu Kota. 

Direktur Bisnis Regional Jawa Bagian Barat PLN Haryanto WS menjelaskan, perseroan telah menyiapkan lima lapis cadangan listrik yakni PLN 1, PLN 2, PLN 3, genset pelanggan dan kelima UPS (uninterruptible power system).  

"PLN siap memberikan berapa saja yang diminta panitia, misal untuk tambah AC dan sebagainya. Kami siap memberikan yang terbaik," kata Haryanto di Nusa Dua, Bali.

Dia menuturkan, saat ini perseroan telah melakukan penambahan cadangan listrik di beberapa lokasi misal sebesar 15 mega watt (MW) di Stadion Gelora Bung Karno (GBK) Senayan, Jakarta. 

Selain menyiapkan lima lapis pengamanan listrik, ucap dia, PLN juga menyiapkan sejumlah upaya lain dalam rangka meningkatkan layanan listrik di Jakarta-Banten. 

Pertama, membangun kabel-kabel penghantar baru dan mengganti yang lama. Kabel itu ditarik dari pembangkit di Jawa-Bali, khusus untuk Asian Games. 

"Sebab kebutuhan listrik bukan hanya untuk GBK, tetapi juga ke hotel, restoran, serta terutama untuk para pelanggan," lanjut dia. 

 

Pembaruan Kabel

Untuk pembaruan kabel, yang akan dikerjakan misal di daerah Kebon Sirih ditarik kabel dari Gambir, kemudian dari Dukuh Atas ke Menteng. 

Selain menambah dan memperbaharui kabel penghantar, PLN juga menambah pasokan pembangkit listrik baru, yakni PLTG di Tanjung Priok sebesar 600 MW yang diperkirakan selesai akhir Juli 2018.

Proyek ini masuk ke program 35.000 MW dan dikelola Indonesia Power PMTG Unit 4. 

"Saat ini cadangan listrik Jakarta-Banten 1.700 MW jika ditambah 600 MW jadi 2.300 MW. Sementara kebutuhan sekitar Jakarta hanya 50 MW saja," tutur Haryanto. 

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Jadwal Prancis Vs Belgia di Semifinal Piala Dunia 2018

Posted: 09 Jul 2018 09:36 PM PDT

Jakarta -  

Duel Prancis vs Belgia akan membuat babak semifinal Piala Dunia 2018, dinihari WIB nanti. Pertandingan ini akan digelar di Stadion Saint-Petersburg.

Les Bleus yang mengincar gelar keduanya di turnamen ini bakal menurunkan kekuatan terbaiknya melawan Belgia. Hal ini seiring kembalinya Blaise Matuidi setelah absen saat mengalahkan Uruguay 2-0 pada babak perempat final karena sanksi akumulasi kartu.

Di lini depan, tim asuhan Didier Deschamps akan kembali mengandalkan trio Kylian Mbappe, Antoine Griezmann, dan Olivier Giroud. Nama terakhir diperkirakan akan tetap bermain sebagai starter meski belum mencetak gol di turnamen ini.

Sementara itu, Belgia menyambut semifinal Piala Dunia 2018 ini dengan kepercayaan diri tinggi. Keberhasilan menyingkirkan favorit juara, Brasil, membuat Eden Hazard dan kawan-kawan percaya diri untuk menyingkirkan Prancis dari jalur perburuan gelar Piala Dunia 2018.

Namun, ambisi De Rode Duivels melapangkan jalan ke final Piala Dunia 2018 sedikit terganggu dengan absennya bek sayap, Thomas Meunier. Pemain Paris Saint-Germain itu tidak bisa bermain karena sanksi akumulasi kartu.

Berikut ini jadwal Prancis Vs Belgia di Semifinal Piala Dunia 2018:

Jadwal Pertandingan Semifinal Piala Dunia 2018

Rabu (11/7/2018)

01.00 WIB, Prancis Vs Belgia

Stadion Saint-Petersburg

LIVE Trans TV

Pertandingan ini juga bisa dilihat di Bukalapak

Road to Semifinal Prancis

Fase Grup

Prancis 2 - 1 Australia

Prancis 1 - 0 Peru

Denmark 0 - 0 Prancis

16 Besar

Prancis 4 - 3 Argentina

Perempat Final

Uruguay 0 - 2 Prancis

 

 

Road to Semifinal Belgia

Fase Grup

Belgia 3 - 0 Panama

Belgia 5 - 2 Tunisia

Inggris 0 - 1 Belgia

16 Besar

Belgia 3 - 2 Jepang

Perempat Final

Brasil 1 - 2 Belgia

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Kementerian Kesehatan Siapkan 70 Ton Obat untuk Jemaah Haji

Posted: 09 Jul 2018 09:33 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Kesehatan menjadi salah satu faktor utama dalam pelaksanaan haji. Untuk mencegah terjadi masalah kesehatan yang tidak diinginkan saat pelaksanaannya, Kementerian Kesehatan (Kemenkes) RI sediakan obat sebanyak 70 ton.

"Kemenkes bawa 70 ton semua obat-obatan yang dibutuhkan oleh jemaah haji. Semua penyakit-penyakit kita bawa obatnya, kita punya," kata Kepala Pusat Kesehatan Haji Kemenkes Eka Jusup Singka pada temu media di Gedung Kemenkes, Jumat (6/7/2018).

Dari 70 ton obat itu, yang paling banyak adalah obat-obat infeksi saluran pernapasan akut (ISPA), obat batuk, flu, jantung, hipertensi, termasuk obat-obat untuk pengganti cairan karena suhu di sana panas.

Sementara itu, penyakit yang paling dikhawatirkan pada pelaksanaan haji tahun ini adalah heatstroke. Eka mengatakan penyakit tersebut kemungkinan terjadi karena suhu yang tinggi, termasuk juga Mers-CoV yang penularannya melalui unta.

"Prediksi yang kita khawatirkan adalah heatstroke. Stroke akibat panas. Cuaca panas tahun lalu 53 derajat Celsius. Tahun ini kemungkinan sama," kata Eka.

Selain itu, penyakit yang paling banyak pada pelaksanaan haji tahun lalu adalah batuk-batuk, ISPA, flu dengan pasien rawat jalan. Ada pula pasien rawat inap dengan kebanyakan penyakit gangguan pernapasan seperti pneumonia. Sementara untuk penyakit penyebab kematian adalah jantung dan ISPA.

Eka mengatakan, tim Kemenkes akan mewaspadai penyakit-penyakit tersebut selama pelaksanaan haji di sana. Selain 70 ton obat yang disediakan, Kemenkes juga menyiagakan dokter umum, dokter spesialis, dan tim kesehatan.

"Kami menyiapkan dokter jantung 5 orang, dokter jiwa 6 orang, dokter paru 6 orang, dokter spesialis penerbangan 1 orang, dokter bedah 2 orang, anestesi 2 orang, dan dokter umum banyak, ditambah tim promotif, preventif, dan tim gerak cepat," ucap Eka.

Bagi jemaah haji yang sakit, Kemenkes telah mengaturnya melalui kerja sama antara ketua regu, dan ketua rombongan. Satu regu terdiri dari sekitar 10 orang. Ketua regu, kata Eka, dimanfaatkan menjadi agen kesehatan supaya bisa menasihati jemaah agar menjaga kesehetan dan memahami kondisi tubuhnya masing-masing.

Eka menjelaskan Kemenkes hanya bisa melakukan upaya-upaya promotif, preventif, kuratif, dan rehabilitatif. Diharapkan ketika pelaksanaannya di sana tidak terjadi hal yang tidak diinginkan. Terlebih saat ini jemaah haji kebanyakan manula berusia 50 tahun ke atas, lebih dari 70 persen, mereka diharapkan dapat mengenali sendiri kondisinya.

"Kita sama-sama bekerja keras bagaimana melayani dengan baik. Jadi (kepada jemaah haji) jangan melakukan kegiatan yang tidak penting jadi fokus saja ibadah," tegas Eka.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Nasib Petambak Garam Cirebon Terjerat Ulah Tengkulak

Posted: 09 Jul 2018 09:31 PM PDT

Liputan6.com, Cirebon- Tahun 2018 dianggap sebagai tahun baik bagi petambak garam Cirebon. Panasnya Cirebon membawa berkah para petambak. 

Namun, di tengah upaya petambak yang memanen garam, tak sebanding dengan harga yang dijual mereka. Bahkan, cenderung mengalami penurunan.

Seperti yang dialami Yusuf, petambak garam di Kalibangka Desa Rawaurip Kecamatan Pangenan Kabupaten Cirebon. Yusuf bersama rekannya mengeluh lantaran harga garam yang terus merosot di tengah musim panen.

"Garam kami hanya dihargai Rp 800 per kilo. Padahal, kami baru merasakan panen di musim panas tahun ini," ungkap Yusuf, Selasa (10/7/2018).

Yusuf bersama petambak lain sudah satu bulan lebih mengolah garam. Dia mengaku, peran tengkulak sangat berpengaruh dalam mata rantai garam di Cirebon.

Dia mengaku, penurunan harga garam terjadi secara bertahap, mulai dari Rp 2.000 per kg, Rp 1.600 per kg, Rp 1.200 per kg, Rp 1.000 per kg hingga Rp 800 per kg.

"Harga Rp 2.000 per kg itu saat hanya ada sedikit petambak yang panen duluan nah semakin ke sini banyak petambak lain panen tapi harganya semakin turun kalau tidak dijual ya tidak dapat uang," ujar dia.

Dia mengatakan, sebagian besar harga garam Cirebon ditentukan oleh tengkulak. Dia mengaku, tengkulak tersebut seakan turun-temurun menjadi pelanggan tetap petambak garam Cirebon.

Sebagian besar para petambak garam tidak dapat menjual hasil panennya keluar. Berbagai cara dilakukan tengkulak agar garam dijual kepada mereka.

"Kalau panen mobil tengkulak berjejer di lahan kami tapi itu harga mereka yang tentukan," ujar dia.

Jerat Utang

Tidak sedikit petambak garam di Cirebon berhutang kepada tengkulak sebagai pengikat agar hasil produksi garamnya tidak dijual ke luar. Foto (Liputan6.com / Panji Prayitno)

Selain faktor kedekatan, sebagian besar petambak garam Cirebon menggantungkan hidupnya kepada tengkulak. Tengkulak bersedia memberi utang kepada petambak mulai dari Rp 500 ribu hingga Rp 1,5 juta.

"Nah hutang ini sebagai pengikat agar hasil garam petani tidak boleh dijual ke yang lain," ungkap Yusuf.

Hal senada disampaikan petambak garam lain, Wawan. Dia mengaku tidak memahami penyebab harga turun drastis di tengah panen melimpah. Padahal, kebutuhan garam masih belum mencukupi lantaran faktor cuaca.

"Seharusnya harga garam bisa tinggi dan stabil, kenapa sekarang kok malah terus merosot. Hasil panen tahun kemaren juga tidak terlalu banyak, bahkan gudang-gudang garam di wilayah kita ini kosong kurang garam," ujar Wawan.

Ia berharap, pemerintah mampu mengatasi persoalan harga garam di petani yang seolah dipermainkan oleh oknum tertentu. Tidak menutup kemungkinan para tengkulak akan kembali menurunkan harga garam di tingkat petani Cirebon.

"Kondisi seperti ini, selalu kami rasakan setiap tahun ketika mereka mulai meraup hasil panen, tetapi harga di petani selalu dicekik sehingga para petani hanya bisa pasrah. Karena para petani tidak bisa membuang hasil panen mereka ke luar," ujar dia.

Dinas Perdagangan dan Perindustrian (Disdagin) Kabupaten Cirebon, mengakui banyak petambak garam yang terjerat utang kepada tengkulak.

Kepala Disdagin Kabupaten Cirebon Deni Agustin mengatakan, sebagian besar permasalahan yang dihadapi para petani garam adalah keterbatasan modal. Sehingga petambak garam berutang kepada tengkulak.

Kondisi tersebut membuat harga hasil panen mereka ditentukan oleh tengkulak. Deni mengaku penurunan harga garam secara periodik.

"Karena mulai banyaknya petani garam yang panen, sehingga suplai garam sudah mulai banyak dan harga turun. Disisi lain modal petambak terbatas jadi petambak terjerat hutang ke tengkulak," kata dia.

Namun demikian, Deni mengaku sudah berupaya membujuk petambak garam Cirebon tidak terjerat utang. Pemkab Cirebon berupaya membujuk petambak garam untuk ikut koperasi.

"Jadi minjamnya itu jangan sama tengkulak tapi ke koperasi," ujar dia.

 

Saksikan video pilihan berikut ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

FOTO: Pelebaran Trotoar Sudirman-Thamrin Rampung Sebelum Asian Games 2018

Posted: 09 Jul 2018 09:30 PM PDT

Pekerja melintasi dekat penataan jalur pedestrian di sepanjang Jalan Jenderal Sudirman - Jalan MH Thamrin, Jakarta, Selasa (10/7). Gubernur DKI Anies Baswedan menyatakan pelebaran trotoar itu  akan rampung Juli ini. (Merdeka.com/Imam Buhori)

Pekerja melintasi dekat penataan jalur pedestrian di sepanjang Jalan Jenderal Sudirman - Jalan MH Thamrin, Jakarta, Selasa (10/7). Gubernur DKI Anies Baswedan menyatakan pelebaran trotoar itu akan rampung Juli ini. (Merdeka.com/Imam Buhori)

Pekerja menyelesaikan  penataan jalur pedestrian di sepanjang Jalan Jenderal Sudirman - Jalan MH Thamrin, Jakarta, Selasa (10/7). Pelebaran trotoar untuk mendukung perhelatan Asian Games itu  hingga kini belum rampung. (Merdeka.com/Imam Buhori)

Pekerja menyelesaikan penataan jalur pedestrian di sepanjang Jalan Jenderal Sudirman - Jalan MH Thamrin, Jakarta, Selasa (10/7). Pelebaran trotoar untuk mendukung perhelatan Asian Games itu hingga kini belum rampung. (Merdeka.com/Imam Buhori)

Pekerja menyelesaikan penataan jalur pedestrian di sepanjang Jalan Jenderal Sudirman - Jalan MH Thamrin, Jakarta, Selasa (10/7). Gubernur DKI Anies Baswedan menyatakan pelebaran trotoar itu  akan rampung Juli ini. (Merdeka.com/Imam Buhori)

Pekerja menyelesaikan penataan jalur pedestrian di sepanjang Jalan Jenderal Sudirman - Jalan MH Thamrin, Jakarta, Selasa (10/7). Gubernur DKI Anies Baswedan menyatakan pelebaran trotoar itu akan rampung Juli ini. (Merdeka.com/Imam Buhori)

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Live Streaming Liga 1 PS Tira Vs Mitra Kukar di Vidio.com

Posted: 09 Jul 2018 09:30 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - PS Tira bakal meladeni perlawanan Mitra Kukar pada partai pekan ke-15 Go-Jek Liga 1 bersama Bukalapak di Stadion Sultan Agung (SSA), Bantul, Selasa (10/7/2018). Duel ini dapat disaksikan secara streaming di website Vidio.com mulai pukul 15.30 WIB.

PS Tira membutuhkan poin penuh untuk meninggalkan zona degradasi. Saat ini, tim berjuluk Young Warriors itu bercokol di peringkat ke-16 dengan 16 poin dari 14.

Mitra Kukar juga harus hati-hati. Pasukan Rafael Berges itu terancam masuk zona merah. Pasalnya, tim berjuluk Naga Mekes itu hanya unggul selisih gol dari PS Tira di klasemen sementara. Mitra Kukar saat ini menduduki peringkat ke-15 dengan 16 poin.

Kemenangan akan membuat peringkat kedua tim melonjak ke papan tengah. Oleh karena itu, baik PS Tira dan Mitra Kukar tidak ingin berbagi poin pada kompetisi yang disiarkan langsung dan eksklusif di Indosiar ini.

Link Live Streaming

Pemain PS Tira saat melawan Bhayangkara FC pada lanjutan Liga 1 2018 di Stadion PTIK, Jakarta, Jumat (4/5/2018).   (Bola.com/Nick Hanoatubun)

Untuk link live streaming PS Tira Vs Mitra Kukar di Liga 1 2018 silakan klik di sini...

Perkiraan Susunan Pemain

PS Tira (4-3-3): Sharul Fadil; Mahdi Fahri, Kim Sang Min, Andi Setyo, Ganjar Mukti; Manahati Lestusen, Ryan Wiradinata, Gustavo Lopez;Mariano Berriex, Alexandar Rakic, Wawan Febriyanto.

Pelatih: Nilmaizar

Mitra Kukar (4-2-3-1): Gerri Mandagi; Rendy, Dedi Gusmawan, Mauricio Leal, Abdul Gamal; Bayu Pradana, Danny Guthrie; Dedi Hartono, Anindito Wahyu, Hendra Adi Bayaw; Fernando Rodriguez.

Pelatih: Rafael Berges Marin

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

6 Kebiasaan Makan Siang yang Bikin Berat Badan Naik

Posted: 09 Jul 2018 09:30 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Melewatkan makan siang dapat menyebabkan badan lesu dan cenderung memiliki keinginan untuk makan camilan. Alhasil, berat badan malah bertambah. 

Selain itu, melewatkan makan siang akan mengganggu sistem pencernaan dan menyebabkan masalah kesehatan. Itu sebabnya penting meluangkan waktu untuk makan siang dan mengisi kembali energi yang telah dikeluarkan tubuh sejak pagi hari.

Namun, ada beberapa kebiasaan saat makan siang yang bisa bikin bobot bertambah. Berikut enam diantaranya mengutip laman Boldsky, Selasa (10/7/2018).

1. Membeli makanan di luar setiap hari

Makan di luar seperti di restoran seringkali tidak segar. Selain itu, membeli makanan di luar tidak selalu terjamin kebersihannya. Makanan Anda akan lebih sehat jika dimasak sendiri.

2. Makan di meja kerja

Studi telah mengungkap, meja kerja mengandung kuman tiga kali lebih banyak daripada tempat duduk toilet. Hal ini memudahkan mikroba untuk memasuki tubuh kita melalui makanan yang kita makan.

Untuk itu, hindari makan siang di meja makan dan carilah tempat alternatif yang bisa membuat Anda beristirahat sejenak dari pekerjaan.

3. Makan sambil bermain ponsel

Saat ini sulit sekali bagi orang-orang untuk berpisah dari ponsel, bahkan pada saat makan. Padahal, terdapat banyak bakteri dan kuman pada ponsel. Sebaiknya Anda menghindari memegang ponsel dan fokus pada makanan Anda.

Selain itu, studi menunjukkan orang yang makan sambil bermain ponsel akan makan lebih banyak dibandingkan orang yang tidak memegang ponsel saat makan.

 

 

Saksikan juga video menarik berikut:

 

4. Makan terlambat

Ilustrasi makan (iStockphoto)

 

Menunda makan siang akan membuat Anda lesu dan lebih rentan terkena penyakit. Selain itu, ketika Anda makan siang mendekati sore hari, ada kemungkinan Anda akan makan lebih banyak dari biasanya.

Efek lainnya, tidak makan tepat waktu akan memperlambat metabolisme Anda. Hal ini menyebabkan makanan tidak dicerna atau disimpan sebagai lemak.

5. Minum soda

Soda mengandung kandungan tinggi gula. Hal ini menambah timbunan lemak di tubuh Anda. Imbasnya, berat badan Anda akan naik dengan mudah. Selain itu, soda membuat kerusakan gigi dan membuat kadar gula darah Anda meningkat.

6. Duduk terlalu lama

Lebih baik melakukan jalan cepat setelah makan karena akan membantu tubuh mencerna makanan dengan lebih baik. Berjalan juga akan membantu membakar kalori. Terlalu lama duduk setelah makan akan mengubah energi menjadi lemak dan menyimpannya.

Menunda makan siang akan membuat Anda lesu dan lebih rentan terkena penyakit. Selain itu, ketika Anda makan siang mendekati sore hari, ada kemungkinan Anda akan makan lebih banyak dari biasanya.

Efek lainnya, tidak makan tepat waktu akan memperlambat metabolisme Anda. Hal ini menyebabkan makanan tidak dicerna atau disimpan sebagai lemak.

 

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Jelang Putusan Cerai, Opick Sedih tapi Tak Menyesal

Posted: 09 Jul 2018 09:30 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Dikabulkan atau tidaknya tuntutan cerai Dian Rositaningrum terhadap Opick akan diketahui hari ini di Pengadilan Agama Jakarta Timur, Selasa (10/7/2018). Ya, sidang cerai keduanya telah sampai pada tahap putusan.

Sehari sebelum menjalani sidang, Opick sempat mengurai perasaannya kepada awak media. Termasuk soal kesedihannya apabila ia benar-benar bercerai dari istri yang dicintainya.

Meski begitu, Opick berprinsip untuk tak menyesali apa yang telah terjadi dalam rumah tangganya. Ia sudah siap menerima segala konsekuensi dari apa yang diperbuat.

"Ya, sedih. Tapi hidup enggak boleh menyesal. Kita pendekar enggak boleh menyesal. Ini keputusan yang dipegang risiko. Bahwa apa keputusan dalam hidup enggak boleh lari. Harus dihadapi," ungkap Opick di kawasan Thamrin, Jakarta Pusat, Selasa (9/7/2018).

"Enggak bisa mengharapkan enaknya saja, yang enggak enak harus dimakan juga. Harus jadi laki, belajar jadi laki. Hadapi, jangan menyesal. Kalau salah ya sudah. Orang banyak protes, benci, ya sudah terima saja. Maafkan saja," lanjutnya.

Perbaiki Diri

Opick

Sebagai manusia yang tak luput dari kesalahan, penyanyi religi ini juga akan terus memperbaiki diri. Berusaha untuk tak mengulangi kesalahannya di masa lalu. Baik dalam urusan rumah tangga atau pun hal lainnya.

Banyak Khilaf

Opick [foto: instagram.com/opick_tomboati]

"Sambil belajar menata diri. Memperbaiki diri, banyak salah, banyak lupa, banyak khilaf. Opick setengahnya itu masih rock & roll. Kita anak band, Setengah mengaji, setengah anak band. Doakan saja-lah," tutur Opick.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Top 3 Tekno: 10 Senjata Canggih Tapi Sangat Mematikan

Posted: 09 Jul 2018 09:30 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Sepuluh (10) senjata canggih tapi paling mematikan, ternyata menjadi artikel terpopuler kanal Tekno Liputan6.com edisi Senin (9/7/2018).

Tak cuma itu, dua artikel lain yang tak kalah menarik dicari pembaca adalah guyonan warganet soal susu kental manis dan perbedaan cara jualan smartphone Xiaomi di Indonesia dan Eropa.

Langsung saja, yuk simak ketiga berita tersebut berikut ini.

1. Meski Canggih, 10 Senjata Ini Justru Sangat Mematikan

Ilustrasi Foto Penembakan (iStockphoto)

Kemajuan di sektor teknologi ternyata berdampak besar pada perkembangan dunia militer.

Kini, banyak senjata futuristik hadir dengan sederet teknologi canggih. Senjata tersebut dihasilkan dan diadopsi oleh kekuatan militer di berbagai penjuru dunia.

Dengan teknologi, senjata menjadi lebih mematikan dan efisien. Maka tak heran jika proses pengembangan sebuah teknologi berbasis militer kerap dilakukan meski memakan biaya yang tak sedikit.

Berikut adalah 10 senjata paling canggih dan mematikan yang ada saat ini menurut informasi yang dilansir laman Business Insider.

Selengkapnya baca di sini

2. Guyonan Warganet Soal Susu Kental Manis yang Bakal Mengocok Perut Kamu

Susu Kental Manis (Foto: Pixabay)

Badan Pengawas Obat dan Makanan memberikan edaran mengenai label dan iklan mengenai susu kental manis dan analoginya.

Dalam edaran tersebut, BPOM mengingatkan kembali mengenai Pasal 100 ayat (1) dan Pasal 104 ayat (1) Undang-Undang Nomor 18 Tahun 2012 tentang pangan dan Pasal (5) ayat (1) dan Pasal 44 ayat (1) Peraturan Pemerintah Nomor 69 tahun 1999 tentang Label dan Iklan Pangan yang meminta agar iklan produk susu kental manis agar memperhatikan beberapa hal.

Salah satunya adalah larangan visualisasi susu kental manis dan analognya disetarakan dengan produk susu lain sebagai penambah atau pelangkap zat gizi.

Selengkapnya baca di sini

3. Ini Beda Cara Jualan Smartphone Xiaomi di Indonesia dan Eropa

Tampilan Xiaomi Mi Pad 4 yang baru meluncur (sumber: Xiaomi)

Setelah sukses memasuki pasar Asia Tenggara, Xiaomi kini mulai merambah ke Eropa. Beberapa negara Eropa yang mulai disinggahi Xiaomi di antaranya adalah Rusia, Spanyol, Prancis, hingga Italia.

Xiaomi pun bakal memasuki sejumlah negara lainnya di Eropa. Selain itu, Xiaomi juga disebut-sebut siap menjejakkan kaki ke Amerika Serikat.

Senior Vice President of Strategic Corporation Xiaomi, Wang Xiang, menyebutkan perusahaan menggunakan stretegi berbeda untuk memasarkan produknya di Indonesia, India, dan negara-negara Asia lainnya dengan di negara-negara Eropa.

Selengkapnya baca di sini

(Jek/Ysl)

Saksikan Video Pilihan Berikut Ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

VIDEO: Kecelakaan Kereta Api di Turki, 24 Orang Tewas

Posted: 09 Jul 2018 09:30 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Kecelakaan kereta api terjadi di Turki. Sebanyak 24 orang tewas dalam insiden ini.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Menteri Jadi Caleg di 2019, Wiranto: Saya Belum Mendengar

Posted: 09 Jul 2018 09:29 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Menteri Koordinator Politik Hukum dan Keamanan (Menko Polhukam) mengaku belum mendengar kabar sejumlah menteri yang ingin mundur untuk sebagai calon legislatif (caleg) di Pemilu 2019. Dia meminta kepada publik menunggu saja mengenai menteri yang menjadi caleg.

"Belum saya, belum mendengar. Kita tunggu sajalah. Apakah nanti pada saat pencapresan para menteri akan mundur atau tidak. Kita tunggu ketentuannya," kata Wiranto di Hotel JS Luwansa usai acara sarasehan nasional dengan tema Merawat Nasional, Selasa (10/7/2018).

"Dan kita tidak mengada-ngada dulu," lanjut Wiranto.

Sebelumnya, kabar sejumlah menteri di Kabinet Kerja berencana mengundurkan diri karena ingin menjadi caleg di Pemilu 2019 datang dari Ketua Tim Ahli Wakil Presiden Sofyan Wanandi.

"Ada yang mau jadi DPR, ada yang mau jadi apa, ada aja. Yang merasa mungkin tidak akan terpilih lagi, jadi dia mau maju. Ya mungkin aja ada, saya dengar-dengar tapi belum ada bukti," ujar Sofyan di Kantor Wakil Presiden, Rabu 4 Juli 2018. 

 

Saksikan video pilihan di bawah ini:

Pesan Jokowi Bagi Menteri Menjadi Caleg

Presiden Jokowi menganggap adanya keinginan sejumlah menteri yang ingin mundur demi maju menjadi caleg di Pemilu 2019 suatu hal wajar.

"Tentu saja mereka (menteri) ditugaskan partainya untuk hal-hal berkaitan politik. Salah satunya jadi Caleg. Jadi wajar kalau mereka ditugaskan partai untuk menjadi Caleg," kata Jokowi di Jakarta Convention Center, Jakarta, Jumat 6 Juli 2018.

Meski demikian, Jokowi menegaskan hingga saat ini belum ada menteri yang menyatakan ingin menjadi Caleg. Baik disampaikan secara lisan maupun tertulis.

Menurut Jokowi menteri yang mencalonkan diri sebagai anggota legislatif tidak perlu mengundurkan diri dari Kabinet Kerja. Cukup mengajukan cuti selama masa kampanye.

Kekosongan jabatan menteri selama masa kampanye itu, kata Jokowi, nantinya akan diisi oleh pejabat pengganti. "Izin saja. Nanti izin cuti kalau mau kampanye. Supaya jangan sampai ganggu tugas keseharian di dalam pemerintahan," ucap Jokowi.

 

 

Reporter: Intan Umbari Prihatin

Sumber: Merdeka.com

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

BPJT Tawarkan Proyek Tol di Jalur Selatan kepada Calon Investor

Posted: 09 Jul 2018 09:25 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Badan Pengatur Jalan Tol (BPJT) menyatakan proyek jalan tol Cileunyi-Garut-Tasikmalaya (Cigatas) belum ada pembangunan. Proyek tol tersebut baru memasuki tahap konsultasi pasar atau penawaran kepada calon investor.

Beredar kabar pembangunan jalan tol di jalur selatan Jawa yaitu Tol Cigatas terutama seksi Bandung-Tasikmalaya sepanjang 100 KM sudah mencapai akhir dan bakal rampung pada Agustus 2018.

Kepala BPJT Herry Trisaputra Zuna menyatakan, hal itu tidak benar. Pihaknya baru mau persiapan lelang pada tahap konsultasi pasar untuk proyek tol Cigatas. Tahap konsultasi pasar tersebut untuk beberapa proyek jalan tol termasuk Gedebage-Tasikmalaya-Cilacap.

Adapun proyek tol di jalur selatan ini hubungkan Bandung-Tasikmalaya-Cilacap. Rutenya melewati Gedebage-Majalaya terus hingga Cilacap. Herry mengatakan, pembangunan proyek tol tersebut bertahap dimulai dari Bandung-Tasikmalaya. Namun, terlebih dahulu juga harus dilihat kesiapan tanahnya.

"Hoax (Pembangunan seksi Bandung-Tasikmalaya sudah capai akhir-red). Pembangunan butuh proses. Harus ada dulu mandatnya melalui lelang. Hari ini mau konsultasi pasar ke calon investor," ujar Herry saat dihubungi Liputan6.com, Selasa (10/7/2018).

Ia menuturkan, pembangunan proyek tol harus melalui proses yang dilalui mulai dari konsultasi pasar, penyediaan lahan, penetapan lokasi, konstruksi dan lainnya. Oleh karena itu, pembangunan tol Cigatas tersebut masih tahap awal.

Diharapkan proses tahap awal antara lain penetapan lokasi dan pengadaan tanah tersebut selesai pada 2018. Pembangunan tol di wilayah selatan tersebut dinilai perlu dilakukan mengingat seringnya kemacetan yang terjadi tak hanya pada mudik Lebaran.

"Hari ini konsultasi pasar ke calon investor. Konsultasi pasar ke calon-calon investor. Sebelum umumkan pra kualifikasi, pemberitahuan sudah siap. Kemudian pengumuman iklan. Lelang tunggu kesiapan dari pemrakarsa, dalam hal ini Jasa Marga. Lalu tanah sudah siap, penetapan lokasi," kata dia.

Herry menambahkan, pembangunan tol di wilayah selatan tersebut tak hanya atasi kemacetan  tetapi juga untuk mengembangkan ekonomi. "Ini mendorong pengembangan karena ada akses. Selatan dan utara beda jauh. Di utaranya ngebut," ujar dia.

 

Jalan Tol Balikpapan-Samarinda Ditargetkan Beroperasi Awal 2019

Proyek Jalan Tol Balikpapan-Samarinda. (Dok Jasamarga Balikpapan Samarinda).

Sebelumnya, PT Jasa Marga (Persero) Tbk melalui anak usahanya PT Jasamarga Balikpapan Samarinda (JBS) mempercepat penyelesaian pembangunan jalan tol Balikpapan-Samarinda. Keberadaan jalan tol ini akan memangkas jarak dan waktu tempuh kedua kota tersebut.

Direktur Utama PT Jasamarga Balikpapan Samarinda, STH Saragi mengatakan,‎ hingga akhir Juni 2018, pembangunan konstruksi jalan tol Balikpapan-Samarinda telah mencapai 61,90 persen. Jalan tol dengan total panjang 99,35 kilometer (km) ini ditargetkan selesai pada akhir tahun 2018, Targetnya dapat beroperasi penuh pada awal tahun 2019.

Saragi menyatakan, sebagai pengelola jalan tol ini, pihaknya melakukan berbagai upaya percepatan agar memenuhi target yang telah ditentukan. 

"Sampai saat ini, pengerjaan konstruksi jalan tol ini sudah mencapai 61,90 persen sedangkan pengadaan lahannya telah mencapai 95,47 persen," ujar dia dalam keterangan tertulis di Jakarta, Kamis (5/7/2018).

Dia mengatakan, tantangan yang dihadapi dalam pembangunan jalan ini yaitu pembebasan lahan dan hal tersebut menjadi prioritas untuk segera diselesaikan. 

Saragi mengakui pihaknya telah berkoordinasi dengan pihak-pihak terkait untuk melakukan langkah-langkah pembebasan lahan bagi keperluan proyek sehingga pembangunan ruas tol dapat selesai sesuai target yang telah ditentukan.

Jalan Tol  Balikpapan-Samarinda terdiri atas lima seksi, yaitu :

a. Seksi 1 mulai dari Km 13 hingga Samboja sepanjang 21,95 km

b. Seksi 2 dari Samboja hingga Muara Jawa sepanjang 30,05 km 

c. Seksi 3 dari Muara Jawa hingga Palaran sepanjang 18,20 km 

d. Seksi 4 dari Palaran hingga Samarinda sepanjang 17,15 km

e. Seksi 5 dari Km 13 Balikpapan hingga Bandara Sepinggan sepanjang 11,09 km

Untuk pembangunan Jalan Tol Balikpapan-Samarinda  Seksi 1 dan Seksi 5 melalui Viability Gap Fund sepanjang 33,11 Km.

Sedangkan ruas investasi yang dikelola oleh PT Jasamarga Balikpapan Samarinda terdiri dari Seksi 2, Seksi 3, dan Seksi 4 dengan total sepanjang 66,23 Km.

 

Saksikan video pilihan di bawah ini:

 

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Ini Syaratnya Jika Ingin Berceramah di Rumah Ibadah

Posted: 09 Jul 2018 09:24 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Menteri Agama Lukman Hakim Saifuddin membuat beberapa poin acuan terkait ceramah di rumah ibadah. Hal ini ditujukan kepada para penceramah demi menjaga persatuan, meningkatkan produktivitas bangsa, merawat kerukunan umat, dan memelihara kesucian tempat ibadah.

"Pertama ceramah disampaikan oleh yang memiliki pemahaman dan komitmen pada tujuan utama diturunkannya agama, kedua berdasarkan pengetahuan keagamaan yang memadai, dan ketiga disampaikan kalimat baik, pantas, terbebas dari umpatan juga kebencian," tulis Menag Lukman dari hasil presetasi Ditjen Bimas Kemenag, Selasa (10/7/2018).

Poin berikutnya, lanjut Lukman, ceramah di tempat ibadah wajib bernuansa mendidik, mencerahkan secara spritiual, dengan materi berupa nasihat dan pengetahuan mengarah pada kebaikan.

"Materi yang disampaikan tidak bertentangan dengan Pancasila, UUD 1945, NKRI, dan Bhinneka Tunggal Ika," jelas Lukman.

 

Tak Boleh Bersifat SARA

Kemudian, ceramah di rumah ibadah tidak boleh bersifat SARA dan memecah kerukunan. Selain itu, utamanya ceramah tidak bermuatan penghinaan dan penodaan yang mengandung provokasi.

"Tidak boleh juga bermuatan kampanye politik praktis, promo bisnis, dan harus tunduk pada ketentuan hukum berlaku terkait siar keagamaan dan rumah ibadah," terang dia.

Lewat implementasinya, Kementerian Agama menyerukan hal tersebut ditujukan kepada para penceramah agama, pengelola rumah ibdah, dan umat beragama.

 

Saksikan video pilihan di bawah ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Sopir Truk Diduga Kena Peluru Nyasar di Tol JORR Simatupang

Posted: 09 Jul 2018 09:22 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Seorang pengendara truk terkena peluru nyasar saat melintas di Tol Jakarta Outer Ring Road (JORR), Jalan TB Simatupang, Pasar Minggu, Jakarta Selatan, mengarah ke Pasar Rebo. Sopir atas nama Marthen itu dihantam proyektil di bagian kepalanya.

Kapolsek Pasar Minggu Kompol Harsono menyampaikan, peristiwa itu terjadi pada Senin, 9 Juli 2018 sekitar pukul 09.30 WIB.

"Lokasinya tepat di sekitar Izzara Pasar Minggu," tutur Harsono saat dikonfirmasi, Selasa (10/7/2018).

Menurut Harsono, korban bersama rekannya saat itu sedang mengangkut bangku jok bioskop.

Saat di pertengahan jalan, dia meminta rekannya bergantian menyetir mobil lantaran ingin minum kopi.

"Saksi mendengar suara letusan kecil menyerupai letusan korek gas. Beberapa saat kemudian saksi melihat korban terjatuh ke arah kanan dan tidak lama kemudian saksi melihat pada bagian kepala sebelah kiri mengeluarkan darah," jelas dia.

Korban langsung dilarikan ke Rumah Sakit (RS) Fatmawati, Jakarta Selatan.

"Diduga dikarenakan peluru nyasar," Harsono menandaskan.

 

Simak video menarik berikut ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Wiranto Minta Konflik Hanura Selesai dengan Hati Nurani

Posted: 09 Jul 2018 09:21 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Ketua Dewan Pembina Partai Hanura Wiranto menganjurkan agar konflik dalam tubuh partai besutannya diselesaikan dengan musyawarah.

"Seperti Partai Hanura sendiri kan masih ada perbedaan pendapat. Saya selaku Ketua Dewan pembina selalu menganjurkan, sudahlah dilakukan dengan musyawarah," kata Wiranto di Hotel JS Luwansa usai acara sarasehan nasional dengan tema Merawat Nasional, Selasa (10/7/2018).

"Partai Hati Nurani itu kan nama hati nurani, kita kelola dengan damai dengan hati yang terbuka dan saling mengasihi," lanjut Wiranto.

Wiranto yang juga Menteri Koordinator Politik Hukum dan Keamanan (Menko Polhukam) ini meminta agar anggota Partai Hanura bisa taat hukum.

"Syarat dengan kebersamaan. Taat hukum, itu merupakan suatu hal yang dilakukan dalam kita sedang tidak cocok dengan yang lain maka kita harus berusaha masuk dalam satu konsep tadi," papar Wiranto.

Konsep bersatu juga kata Wiranto harus dilakukan pada tubuh Hanura. Sebab dengan cara tersebut kata dia bisa mempesatukan partai serta tidak ada konflik kembali.

"Konsep resolusi untuk bersatu. Dengan persatuan itulah kita dapat mencapai hasil baik. Tidak mungkin kita namanya punya cita-cita tapi mengupayakan dengan cara-cara tidak damai. Cara-cara dendam dan benci saya kira tidak akan menghasilkan yang baik," papar Wiranto.

 

Struktur Lama

Pemerintah telah memutuskan kepengurusan Partai Hanura kembali ke struktur lama sebelum pecah. Keputusan ini ditandai dengan keluarnya surat dari Menteri Hukum dan HAM dengan Nomor M.HH.AH.11.01/56 tentang Kepengurusan Partai Hati Nurani Rakyat pada (29/6) lalu.

Dalam surat tersebut diputuskan, kepengurusan Partai Hanura kembali ke kepengurusan berdasarkan Keputusan Menteri Hukum dan HAM Nomor M.HH-22.AH.11.01 dengan Ketua Umum Oesman Sapta Odang dan Sekjen Sarifuddin Sudding.

Keputusan Menkum HAM itu keluar dengan mempertimbangkan keputusan Pengadilan Tata Usaha Negara (PTUN) Jakarta Nomor 24/G/2018/PTUN-JKT tanggal 26 Januari 2018 dan 19 Maret 2018.

 

Saksikan video pilihan di bawah ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

FOTO: Jelang Hadapi Kroasia, Bek Inggris Ashley Young Asyik Main Bowling

Posted: 09 Jul 2018 09:15 PM PDT

Gaya bek Timnas Inggris, Ashley Young saat bermain bowling di pusat media Inggris di Repino, dekat St. Petersburg, Rusia, Senin (9/7). Inggris akan menghadapi Kroasia dalam semifinal Piala Dunia 2018. (PAUL ELLIS/AFP)

Gaya bek Timnas Inggris, Ashley Young saat bermain bowling di pusat media Inggris di Repino, dekat St. Petersburg, Rusia, Senin (9/7). Inggris akan menghadapi Kroasia dalam semifinal Piala Dunia 2018. (PAUL ELLIS/AFP)

Bek Timnas Inggris, Ashley Young saat bermain bowling di pusat media Inggris di Repino, dekat St. Petersburg Rusia, Senin (9/7). Inggris akan menghadapi Kroasia dalam semifinal Piala Dunia 2018. (AP Photo/Alastair Grant)

Bek Timnas Inggris, Ashley Young saat bermain bowling di pusat media Inggris di Repino, dekat St. Petersburg Rusia, Senin (9/7). Inggris akan menghadapi Kroasia dalam semifinal Piala Dunia 2018. (AP Photo/Alastair Grant)

Bek Timnas Inggris, Ashley Young (kiri) saat bermain bowling di pusat media Inggris di Repino, dekat St. Petersburg Rusia, Senin (9/7). Inggris akan menghadapi Kroasia dalam semifinal Piala Dunia 2018. (AP Photo/Alastair Grant)

Bek Timnas Inggris, Ashley Young (kiri) saat bermain bowling di pusat media Inggris di Repino, dekat St. Petersburg Rusia, Senin (9/7). Inggris akan menghadapi Kroasia dalam semifinal Piala Dunia 2018. (AP Photo/Alastair Grant)

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Jadwal MotoGP Jerman, Balapan Terakhir di Sirkuit Sachsenring?

Posted: 09 Jul 2018 09:15 PM PDT

Liputan6.com, Sachsenring - MotoGP 2018 seri kesembilan bakal berlangsung di Jerman, Minggu (15/7/2018). Kemungkinan besar, ini akan menjadi kesempatan terakhir bagi Sirkuit Sachsenring menggelar MotoGP.

Kontrak Sirkuit Sachsenring menggelar balapan MotoGP akan berakhir tahun ini. Baik pihak manajemen Sirkut Sachsenring dengan Dorna Sport SL, operator MotoGP, belum memperbarui kontrak baru.

"Sejak penghentian kontrak, kami telah bekerja keras untuk menjaga MotoGP Jerman tetap di Sachsenring," ujar juru bicara ADAC, penyelenggara balapan.

"Kami mengadakan pembicaraan dengan pemerintah daerah Saxony, dan Sachsenring Rennstrecken Managemen GmbH (SRM), serta membuat proposal untuk bagaimana balapan MotoGP di Sachsenring dapat berlanjut sampai kontraknya berakhir. Sayangnya, SRM tak menyetujui proposal tersebut."

Bagaimanapun juga, Jerman enggan kehilangan jatah menggelar MotoGP. Mereka pun sedang mengajukan sirkuit lain untuk menjadi tempat gelaran MotoGP Jerman.

"Setelah berkonsultasi dengan Dorna, kami melakukan pembicaraan intensif dengan sirkuit lain demi memastikan balapan MotoGP di Jerman akan tetap digelar di masa depan," tambahnya.

Jadwal MotoGP Jerman

Jumat, 13 Juli 2018

FP1: 14.55-15.40 WIB

FP2: 19.05-19.50 WIB

Sabtu, 14 Juli 2018

FP3: 14.55-15.40 WIB

FP4: 18.30-19.00 WIB

Q1: 19.10-19.25 WIB

Q2: 19.35-19.50 WIB

Minggu, 15 Juli 2018

Pemanasan: 14.40-15.50 WIB

Balapan: 19.00 WIB

 

Klasemen Pembalap

Posisi Pembalap Poin

1. Marc Marquez 140

2. Valentino Rossi 99

3. Maverick Viñales 93

4. Johann Zarco 81

5. Andrea Dovizioso 79

6. Cal Crutchlow 79

7. Jorge Lorenzo 75

8. Danilo Petrucci 71

9. Andrea Iannone 71

10. Jack Miller 55

11. Alex Rins 53

12. Dani Pedrosa 41

13. Alvaro Bautista 33

14. Pol Espargaro 32

15. Tito Rabat 27

16. Franco Morbidelli 19

17. Hafizh Syahrin 17

18. Aleix Espargaro 16

19. Scott Redding 11

20. Takaaki Nakagami 10

21. Bradley Smith 7

22. Mika Kallio 6

23. Karel Abraham 4

Saksikan juga video menarik di bawah ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

VIDEO: Penggerebekan Rumah Produksi Narkoba di Majene

Posted: 09 Jul 2018 09:15 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Sebuah rumah yang diduga dijadikan markas tempat  produksi atau pembuatan narkoba jenis sabu-sabu di kecamatan Banggae Timur, Majene, Sulawesi Barat digerebek petugas BNN, senin sore (9/7/2018).

Selain mengamankan empat tersangka, petugas juga menyita sejumlah barang bukti. 

 

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Lamar Hailey Baldwin, Ini Ungkapan Hati Justin Bieber

Posted: 09 Jul 2018 09:15 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Setelah kabar pertunangannya dengan Hailey Baldwin beredar, secara resmi Justin Bieber mengungkapkan perasaannya melalui Instagram. Pelantun lagu "Baby" ini mengungkapkan perasaan cintanya kepada kekasih ini melalui unggahan foto berdua.

Pada keterangan foto yang diunggahnya pada Selasa (10/7/2018) ini, Justin Bieber menuliskan keinginannya mempersunting model cantik berusia 21 tahun tersebut. Pada foto itu, keduanya tersenyum bahagia. Hailey mencium pipi Justin yang tak henti tersenyum.

Hailey Baldwin terlihat cantik dan simple dalam balutan crop top putih yang dipadukannya dengan jaket kulit oversize. Sementara rambut pirangnya dibiarkan tergerai. Terlihat sebuah cincin dengan deretan berlian di sekelilingnya tersemat di jari manis Hailey.

Sementara Justin Bieber terlihat kompak menggunakan t-shirt putih dan topi hitam. Senyuman seperti tidak lepar dari bibirnya. Bagi Anda yang penasaran berikut pengakuan Justin Bieber setelah resmi bertunangan dengan kekasihnya Hailey Baldwin, berikut curahan hatinya yang bikin para wanita meleleh.

1. Jatuh cinta

Justin Bieber mengungkapkan, meskipun kedekatan mereka berlangsung cepat, kesederhanaan Hailey Baldwin membuatnya semakin jatuh cinta. Apa pun tentang Hailey Baldwin membuat Justin bersyukur dipertemukan dengannya. Hal ini yang membuatnya yakin berkomitmen untuk menghabiskan hidup bersama Hailey.

Janji Justin Bieber

2. Janji Justin Bieber

 

Was gonna wait a while to say anything but word travels fast, listen plain and simple Hailey I am soooo in love with everything about you! So committed to spending my life getting to know every single part of you loving you patiently and kindLY. I promise to lead our family with honor and integrity letting Jesus through his Holy Spirit guide us in everything we do and every decision we make. My heart is COMPLETELY and FULLY YOURS and I will ALWAYS put you first! You are the love of my life Hailey Baldwin and I wouldn't want to spend it with anybody else. You make me so much better and we compliment eachother so well!! Can't wait for the best season of life yet!. It's funny because now with you everything seems to make sense! The thing I am most excited for is that my little brother and sister get to see another healthy stable marriage and look for the same!!! Gods timing really is literally perfect, we got engaged on the seventh day of the seventh month, the number seven is the number of spiritual perfection, it's true GOOGLE IT! Isn't that nuts? By the way I didn't plan that, anyways My goodness does feel good to have our future secured! WERE GONNA BE BETTER AT 70 BABY HERE WE GO! "He who finds a wife finds a good thing and obtains FAVOR from the Lord!" This is the year of favor!!!!

A post shared by Justin Bieber (@justinbieber) on

Sebuah janji juga dituliskan Justin Bieber bahwa dirinya akan memimpin keluarga ini dengan bijak dan tentu atas bimbingan dan lindungan Tuhan. Ia juga berharap selalu bersama dan dimudahkan dalam setiap keputusan apa pun nantinya di depan.

Justin mengungkapkan bahwa hati dan dirinya seutuhnya milik Hailey Baldwin. Ia akan selalu mengutamakan Hailey dan memberikan yang terbaik untuknya.

Harapan di balik anggal cantik

3. Harapan di balik tanggal cantik

 

Was gonna wait a while to say anything but word travels fast, listen plain and simple Hailey I am soooo in love with everything about you! So committed to spending my life getting to know every single part of you loving you patiently and kindLY. I promise to lead our family with honor and integrity letting Jesus through his Holy Spirit guide us in everything we do and every decision we make. My heart is COMPLETELY and FULLY YOURS and I will ALWAYS put you first! You are the love of my life Hailey Baldwin and I wouldn't want to spend it with anybody else. You make me so much better and we compliment eachother so well!! Can't wait for the best season of life yet!. It's funny because now with you everything seems to make sense! The thing I am most excited for is that my little brother and sister get to see another healthy stable marriage and look for the same!!! Gods timing really is literally perfect, we got engaged on the seventh day of the seventh month, the number seven is the number of spiritual perfection, it's true GOOGLE IT! Isn't that nuts? By the way I didn't plan that, anyways My goodness does feel good to have our future secured! WERE GONNA BE BETTER AT 70 BABY HERE WE GO! "He who finds a wife finds a good thing and obtains FAVOR from the Lord!" This is the year of favor!!!!

A post shared by Justin Bieber (@justinbieber) on

Terakhir, ia juga menjelaskan arti di balik tanggal pertunangannya. Justin Bieber dan Hailey Baldwin bertunangan tanggal 7 bulan 7. Ia mengungkapkan ini adalah angka keberuntungan. Justin Bieber yakin kebaikan akan terus meliputi hubungan mereka berdua. Secara tidak disengaja tanggal ini sangat sempurna menjadi momen spesial dirinya dan Hailey.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

3 Mitos Keliru Saat Menata Ruangan Sempit di Rumah

Posted: 09 Jul 2018 09:15 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Memiliki rumah dengan ruangan sempit membuat Anda kesulitan untuk bereksperimen saat menata interiornya. Banyak orang yang tidak berani melanggar mitor dalam menata ruangan sempit karena bisa membuatnya semakin terlihat mungil.

Hal ini menjadikan Anda tidak dapat mengekspresikan kreatifitas dalam menata ruangan. Ada beberapa mitos yang ternyata keliru saat menata interior ruangan yang sempit. Seperti dilansir dari Homeanddecor, Selasa (10/7/2018) berikut 3 mitos keliru saat menata ruangan sempit di rumah.

1. Menggunakan Warna Gelap

Mitos yang umum tersebar di masyarakat adalah Anda harus menggunakan warna yang terang pada ruang yang berukuran kecil agar tampak lebih luas. Namun selalu menggunakan warna terang akan membuat rumah Anda terlihat membosankan.

Anda dapat memberikan warna sedikit gelap pada ruangan mungil. Solusinya, perhatikan pencahayaan ruangan jika ingin mengaplikasikan warna gelap dan membuat ruang sempit di rumah terlihat lebih luas.

 

Meletakkan Furnitur yang Besar

Berikut mitos keliru saat menata ruangan sempit di rumah yang bisa Anda langgar. (Foto: iStockphoto)

2. Meletakkan Furnitur yang Besar

Meletakkan furnitur yang besar pada ruangan yang sempit logikanya akan membuat ruangan bertambah sesak. Namun jika tidak mencoba melakukan sedikit perubahan, suasana ruangan akan terasa membosankan. Anda bisa menempatkan tempat tidur dengan kepala kasur yang besar, bahkan menutupi sebagian dinding. Pilihan ini akan membuat kamar minimalis Anda terlihat lebih luas dan menarik.

 

Campurkan Beberapa Motif dan Pola

Berikut mitos keliru saat menata ruangan sempit di rumah yang bisa Anda langgar. (Foto: iStockphoto)

3. Campurkan Beberapa Motif dan Pola

Menggunakan warna dinding dan furnitur yang polos pada ruangan dapat menimbulkan kesan lebih luas. Hal itu tidak selalu benar, Anda juga bisa memberikan sentuhan motif dan tekstur saat menata ruangan yang sempit. Memadukan berbagai motif dan pola interior, membuat ruangan lebih ceria dan menarik.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Sri Mulyani: Defisit APBN Terendah dalam 4 Tahun Terakhir

Posted: 09 Jul 2018 09:10 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Menteri Keuangan (Menkeu) Sri Mulyani Indrawati menyatakan defisit berjalan pada pelaksanaan semester I Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara (APBN) Tahun Anggaran 2018 hanya sebesar Rp 110 triliun, atau terendah dalam empat tahun terakhir. Angka ini lebih kecil dibandingkan tahun 2017 lalu yang posisinya Rp 175 triliun.

"Ini sekali lagi menggambarkan bahwa pemerintah terus berusaha membuat APBN kita menjadi sehat, menjadi kredibel, dan terutama dikaitkan dengan banyak sekali pendapat mengenai masalah utang dan pengelolaan utang," kata Sri Mulyani seperti dikutip dari laman Setkab.go.id pada Selasa (10/7/2018).

Ia menyebut, pencapaian tersebut merupakan bukti dari kehati-hatian Pemerintah dalam menjaga APBN tahun 2018. Lebih lanjut, Menkeu menyebut pemerintahan akan tetap menjaga APBN dengan defisit lebih rendah dari yang direncanakan.

"Tadinya 2018 adalah direncanakan 2,19 persen dari PDB (Produk Domestik Bruto-red), namun dari sisi outlook sekarang ini kami memperkirakan APBN 2018 akan defisitnya menjadi hanya 2,12 atau 2,12 persen dari PDB atau dalam hal ini Rp 314 triliun, lebih kecil dari yang tadinya diperkirakan Rp 325 triliun," ucapnya.

Melihat defisit APBN yang lebih baik dari perkiraan, maka diputuskan bahwa APBN tidak akan diubah. Sri Mulyani pun siap menyampaikan hasil tersebut pada DPR.

"Laporan ini nanti akan kami sampaikan kepada dewan untuk dibahas pada minggu depan dengan Dewan Perwakilan Rakyat," ujar Menkeu.

Menjaga Ekonomi dari Tekanan Global

Menghadapi potensi ancaman perang dagang, Sri Mulyani akan menggunakan instrumen fiskal untuk menjaga ekonomi. Salah satu dukungan yang diberikan Pemerintah pada sektor ekonomi adalah berupa insentif.

"Sudah disampaikan oleh Menteri Perindustrian tadi bahwa kita terus melakukan berbagai upaya, melihat sektor ekonomi kita mana-mana yang perlu untuk mendapatkan dukungan, baik dalam bentuk insentif maupun dari sisi dukungan yang bisa kita berikan," ujar Menkeu.

Hal tersebut, kata Menkeu, bertujuan agar pelaku industri tetap bisa menggunakan kesempatan saat ini di dalam meningkatkan ekspor dan mengelola impor agar external balance tetap terjaga.

Selain itu, Menkeu turut berkomunikasi dengan OJK dan otoritas meneter agar bersama-sama menjaga ekonomi secara stabil dan berkelanjutan.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Ini Dia Salah Satu Cawapres Jokowi yang Gemparkan Indonesia

Posted: 09 Jul 2018 09:10 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Ketua Umum PPP Romahurmuziy menuturkan, Presiden Jokowi mengantongi 10 nama yang digadang menjadi cawapresnya. Pria yang akrab disapa Romi ini membeberkan salah satu di antaranya.

"Kiai Ma'ruf Amin salah satunya," ucap Romi kepada Liputan6.com, Selasa (10/7/2018).

Menurut dia, sosok Kiai Ma'ruf Amin bisa menjadi salah satu alternatif untuk menjembatani seluruh pihak.

"Kiai Ma'ruf Amin malah menjadi salah satu alternatif untuk menjembatani seluruh interest group. Beliau pemimpin tertinggi NU karena Rais Aam, ormas-ormas Islam karena Ketua MUI, dan penyambung lidah ke grup 212. Beliau juga menguasai ekonomi karena Dewan Ekonomi Syariah Nasional. Dan pengalamannya luas karena pernah menjadi anggota DPR, baik dari PPP maupun PKB," ungkapnya.

Namun, dia masih enggan mengungkapkan sembilan nama cawapres Jokowi lainnya. Dia menuturkan, nama-nama yang ada tak jauh dari nama yang beredar luas di masyarakat.

"Pada saatnya ya. Namanya tidak jauh berbeda dengan yang sudah disebut-sebut selama ini kok," pungkas Romi.

Sebelumnya, Romi menuturkan, 10 nama cawapres Jokowi ada dari figur politisi, figur cendikiawan, purnawirawan TNI Polri, dan kalangan teknokrat dan profesional.

 

 

Saksikan video pilihan di bawah ini:

Minta Masukan

Dia mengatakan, perihal figur cawapres Jokowi tinggal dibahas bersama dengan semua pimpinan partai koalisi. Belakangan, kata Romy, Jokowi meminta pendapat masing-masing ketua umum terkait 10 nama yang sudah ada.

"Saat ini kami masih terus mencermati nama-nama tersebut, meminta masukan dari para ulama meminta pandangan dari dewan pimpinan wilayah untuk respons 10 nama itu," kata Romi.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Cara Gampang Bikin Lampu Kusam seperti Baru Lagi

Posted: 09 Jul 2018 09:07 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Seiring waktu pemakaian, mika lampu mobil lama-kelamaan akan menguning cenderung buram. Banyak faktor yang menyebabkan hal tersebut terjadi. Selain mengurangi terangnya pancaran lampu, tampilan juga jadi kurang menarik.

Lampu buram, berjamur dan menguning biasanya terjadi setelah mobil dipakai dalam waktu yang cukup lama. Namun kini tak perlu khawatir. Lampu yang sudah kusam bisa kinclong lagi.

Caranya dengan menggunakan sistem penguapan. THS Nano Burn Coating bisa jadi pilihan untuk membuat lampu depan mobil kembali mengkristal. Pembersihan mika berteknologi Jerman ini diciptakan khusus perawatan permukaan mika lampu utama mobil (head lamp).

Lapisan teknologi nano pada THS Nano Burn Coating mampu mengembalikan warna mika lampu kembali menjadi bening dan tampak seperti baru.

"Penerapan teknologi nano pada cairannya bisa memberikan tambahan lapisan perlindungan pada permukaan mika lampu sehingga performanya dalam menghadapai perubahan cuaca dan temperatur menjadi lebih baik," ujar Teng Herry Sutanto, Sales Manager PT Prima Semesta Asia selaku pemasar THS Nano Burn Coating.

Cara Kerja THS Nano Burn Coating

Menurut Herry pembersihan menggunakan THS Nano Burn Coating cukup mudah. Permukaan mika bagian luar yang tergores, kusam, terkelupas hingga retak halus atau retak rambut lebih dulu diamplas halus. Setelah itu mika diberikan alumunium cup burner (alat penguap) THS Nano Burn Coating secara merata.

Penguapan ini juga bisa dilakukan untuk mika bagian dalam. Namun sebenarnya permukaan bagian dalam mika lampu cukup dibersihkan menggunakan air bersih atau alkohol.

"Tapi ingat, sebelum diberi penguapan, lapisi atau tutup bagian cat mobil lebih dulu dengan lakban kertas. Karena kalau kena cat, bisa sedikit berubah warnanya. Atau kalau mau sedikit repot lepas dulu lampu mikanya dari mobil, sehingga lebih mudah dikristalkan. Satu lagi, ujung teko penguapan tidak boleh kena mika, jadi diuapkan jaraknya 1,5-2 cm," ujar Herry.

Herry menyarankan saat dilakukan pembersihan sebaiknya menggunakan masker lantaran aromanya yang sedikit heras jika terhirup. Penerapan THS Nano Burn Coating ini tidak disarankan untuk lampu belakang.

"Buat lampu depan motor juga bisa, proses pengerjaannya sama saja dengan mobil. Ini hanya untuk mika, bukan untuk kaca ya," ungkapnya.

THS Nano Burn Coating ditawarkan dalam dua pilihan, yakni pertama paket premium dengan kemasan eksklusif terdiri dari satu botol cairan coating 500 ml, amplas dengan empat tingkat pilihan kehalusan lengkap dengan padding, selotip, dan alumunium cup burner (alat penguap). Kedua adalah hanya pembelian cairan isi ulang atau refill nano coating.

"Untuk harga, satu paket kita jual Rp 2,5 juta, bisa untuk 30 mobil. Kalau hanya botor cairan isi ulangnya saja Rp 300 ribu," tutur Herry.

Sumber: Otosia.com

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Akademisi Ikut Terlibat pada Proses Evaluasi Sistem Pemerintah Berbasis Elektronik

Posted: 09 Jul 2018 09:06 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Evaluasi penyelenggaraan Sistem Pemerintah Berbasis Elektronik (SPBE) yang dilakukan Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi, telah sampai pada tahap wawancara. Hal itu merupakan kelanjutan, setelah sebelumnya sekitar 640 instansi pemerintah, baik Kementerian, Lembaga dan Pemerintah Daerah melakukan evaluasi mandiri.

Asdep Perumusan Kebijakan dan Koordinasi Pelaksanaan Sistem Administrasi Pemerintahan dan Penerapan SPBE Kementerian PANRB, Imam Machdi, menyampaikan bahwa hasil evaluasi mandiri SPBE akan dilaporkan secara online yang kemudian dijadikan bahan wawancara oleh tim evaluator.

Selain itu, ia menambahkan, tim evaluator yang nantinya melakukan tahap wawancara itu merupakan para akademisi dari berbagai perguruan tinggi dalam negeri.

"Jadi proses wawancara ini merupakan serangkaian dari agenda evaluasi SPBE 2018. Wawancara dilakukan oleh tim evaluator yang berlatar belakang akademisi, dari Universitas Indonesia, Politenik Elektronika Negeri Surabaya (PENS), Telkom, Universitas Gajah Mada (UGM), dan Universitas Gunadarma," ujar dia dalam sebuah keterangan tertulis, Selasa (10/7/2018).

Pada proses wawancara yang mulai dilaksanakan mulai Senin (9/7/2018) hingga Agustus mendatang, evaluator akan menanyakan serta melakukan klarifikasi kepada responden terhadap jawaban, penjelasan dan bukti pendukung yang diberikan responden melalui evaluasi mandiri. Tahapan wawancara sendiri akan dibagi menjadi lima kelompok, dimana masing masing kelompok terdiri atas 128 instansi.

 

Tahap Selanjutnya

Setelah tahapan wawancara, evaluasi akan dilanjutkan dengan observasi lapangan, dimana tim evaluator bakal melakukan kunjungan ke unit kerja responden pada Instansi Pusat dan Pemerintah Daerah guna melakukan validasi terhadap jawaban, penjelasan, bukti pendukung yang diberikan responden, atau hasil klarifikasi.

Evaluasi SPBE ini sendiri merupakan proses penilaian terhadap pelaksanaan SPBE di instansi pusat dan Pemda untuk menghasilkan suatu nilai Indeks SPBE yang menggambarkan tingkat kematangan (maturity level) dari pelaksanaan SPBE di setiap instansi.

Adapun berdasarkan Peraturan Menteri PANRB Nomor 5 tahun 2018 tentang Pedoman Evaluasi Sistem Pemerintahan Berbasis Elektronik, pelaksanaan SPBE bertujuan untuk mewujudkan proses kerja yang efisien, efektif, transparan, dan akuntabel serta meningkatkan kualitas pelayanan publik. Selain itu pun penerapan SPBE sejalan dengan arahan Presiden Joko Widodo, yang ingin adanya percepatan pelayanan publik berbasis elektronik.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Salgado: Enrique Pelatih Tepat Untuk Spanyol

Posted: 09 Jul 2018 09:06 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Mantan bek timnas Spanyol, Michel Salgado percaya penunjukkan Luis Enrique sebagai pelatih baru Tim Matador adalah keputusan yang tepat. Dia yakin Enrique akan kembali memimpin La Furia Roja menuju kejayaan.

Enrique ditunjuk menggantikan Fernando Hierro, yang sebelumnya diangkat sebagai pelatih sementara menyusul pemecatan Julen Lopetegui hanya dua hari sebelum Piala Dunia Bergulir. Hanya punya sedikit waktu melakukan persiapan, Hierro dan Spanyol gagal total.

Salgado optimistis Enrique bisa melakukan tugasnya dengan baik. Sebab dia sudah terbukti mampu menangani tim sekelas Barcelona. Enrique pun dikenal sebagai pelatih yang kaya taktik, juga bisa menerapkan beberapa formasi, menyesuaikan lawan.

Dikatakannya, Enrique sejak awal merupakan pilihan terbaik yang tersedia. Dia pun percaya federasi sepak bola Spanyol (RFEF) telah mengambil keputusan tepat saat memutuskan memilih Enrique.

"Ini (pemilihan Enrique) adalah salah satu penunjukan yang paling adil, dia merupakan salah satu pilihan terbaik untuk Spanyol," kata Salgado dinukil dari fourfourtwo.

"Dia sudah menunjukkan kualitasnya di Barcelona dengan meraih treble, sekarang dia sedang kosong dan dalam situasi yang sangat bagus."

 

Harapan Tinggi

Lebih lanjut, Salgado juga memperingatkan Enrique. Pekerjaan menjadi pelatih timnas Spanyol bukanlah hal mudah, dia yakin Enrique harus bekerja keras untuk membangun skuat setelah kekecewaan di Piala Dunia.

"Anda membutuhkan seseorang untuk datang, menenangkan kondisi, dan memulai proyek ini kembali meski tidak dari awal."

"Tidak seperti Hierro yang cuma punya dua hari, dalam satu tahun, menyambut kualifikasi, saya berharap banyak pada Spanyol karena mereka harus menyusuri jalan panjang,"pungkas dia.

Sumber: bola.net 

 

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Haramkan Sedotan Plastik 2020, Starbucks jadi Perusahaan Makanan-Minuman Pertama Pro Kelestarian Laut

Posted: 09 Jul 2018 09:03 PM PDT

Liputan6.com, Seattle - Jaringan kedai kopi internasional Starbucks, menyebut akan melarang penuh penggunaan sedotan plastik dari semua cabang di seluruh dunia dalam waktu kurang dari dua tahun, atau mulai 2020 mendatang.

Diakui oleh juru bicara perusahaan yang berbasis di Seattle, Amerika Serikat (AS), keputusan tersebut merupakan tindak lanjut kebijakan Starbucks untuk mendukung upaya penyelamatan ekosistem laut dari bahaya limbah plastik.

Dikutip dari Time.com pda Selasa (10/7/2018), Starbucks menjadi perusahaan makan dan minuman pertama di dunia, yang melakukan kebijakan pro kelestarian laut tersebut.

Pihak Starbucks mengatakan pada Senin, 9 Juli 2018, bahwa pihaknya telah mulai meniadakan kemasan tanpa sedotan plastik untuk minuman tertentu, di lebih dari 8.000 toko di AS dan Kanada per akhir Juli ini.

Kedai kopi berlogo putri duyung itu memperkirakan kebijakannya akan berdampak pada pengurangan sekitar satu miliar sedotan plastik per tahunnya.

Pengumuman tersebut disampaikan oleh Starbucks, sepekan setelah kota kelahirannya, Seattle, melarang penggunaan sedotan plastik tunggal, dan peralatan makan serupa lainnya, pada seluruh usaha makanan dan minuman setempat.

Ditambahkan oleh Starbucks bahwa minuman dingin, yang merupakan pengguna tebesar sedotan plastik, mengalami kenaikan produksi limbah terkait hingga 37 persen dalam lima tahun terakhir.

 

Simak video pilihan berikut: 

 

 

Kurikulum Anti-Rasis

Ilustrasi Starbucks. (AP)

Sementara itu, Starbucks dikabarkan terus melakukan pelatihan anti rasisme terhadap seluruh karyawannya di AS dan Kanada. Hal itu dilakukan menyusul insiden penangkapan dua orang pria kulit hitam di Philadelphia pada Mei lalu, yang memicu protes dan seruan boikot.

Dikutip dari Time.com, pelatihan tersebut mencakup standar operasional pelayanan terbaru, mencegah diskriminasi, dan memastikan semua konsumen merasa aman ketika berada di dalam toko Starbucks.

"Meskipun ini tidak terbatas pada Starbucks, kami berkomitmen untuk menjadi bagian dari upaya mewujudkan perdamaian dalam masyarakat multikultural," kata CEO Starbucks Kevin Johnson, dalam sebuah pernyataan.

Kurikulum pelatihan Starbucks tersebut dirancang oleh para pemimpin dan para ahli hak-hak sipil untuk memerangi bias rasial, seperti salah satunya adalah mantan Jaksa Agung AS Eric Holder.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Beredar Video Duel Seru Perebut Istri Orang dan Suaminya

Posted: 09 Jul 2018 09:02 PM PDT

Semarang - Rekaman video perkelahian antara dua pemuda di halaman parkir sebuah pusat perbelanjaan menyebar bak virus di media sosial dan aplikasi perbincangan. Dalam rekaman video viral itu, kedua pemuda tampak terlibat baku hantam yang diduga pemicunya adalah masalah asmara.

Ditulis oleh Solopos.com, dalam video yang diunggah pengguna akun Facebook Yuni Rusmini, Sabtu, 7 Juli 2018, dua pria yang terlibat perkelahian itu saling memukul dan menendang. Sementara tampak orang di luar mereka hanya menyaksikan tanpa berusaha melerai hingga beberapa saat.

Sejak kali pertama diunggah, video ini sudah ditonton lebih dari 33.000 kali dan 451 kali dibagikan dengan dibanjiri ratusan komentar warganet.

Menurut keterangan video, kedua pria tersebut terlibat duel lantaran istri salah seorang dari mereka berselingkuh. Sang suami yang berjaket hitam lantas melabrak pelaku perebut bini orang (pebinor) yang mengenakan jaket biru kombinasi abu-abu.

Alhasil, terjadilah perkelahian sengit keduanya. Ironisnya, perkelahian itu terjadi di depan istri dan anak salah seorang dari dua lelaki yang bertikai itu.

Simak berita menarik lainnya dari Solopos.com di tautan berikut ini.

 

Diselesaikan di Rumah

Wajah seorang perempuan terluka, diduga dihajar suaminya setelah ketahuan selingkuh. (foto : Liputan6.com / Capture video FB Yuni Rusmini)

Tak berselang lama, beberapa petugas melerai pertikaian demi memungkasi kisah unik mereka. Aparat juga tampak mengiringi istri korban yang tampak terluka di bagian mata kiri, diduga akibat pemukulan.

Mereka bertiga kemudian diminta menyelesaikan masalahnya secara kekeluargaan daripada dibawa ke polisi. Akhirnya mereka pun masuk ke sebuah mobil taksi biru untuk meninggalkan lokasi.

"Yang biasa viral dan ramai istri sah melabrak pelakor. Yang ini versi beda. Suami melabrak pebinor, ups kok yang nyonyor istri sah," tulis Yuni di akun Facebook-nya.

Menurut keterangan salah seorang netizen, suami sah berjaket hitam asli Semarang. Sedangkan sang istri berasal dari Purwodadi.

Disebutkan pula bahwa sang istri diduga sudah kedapatan tiga kali selingkuh, sehingga membuat sang suami geram bukan kepalang. Itulah sebabnya ia melabrak pebinor hingga terlibat duel.

Simak video pilihan terkait berita di bawah ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Top 3: Penampakan Salah Pakai Benda, Anak Babi Berwajah Mirip Manusia

Posted: 09 Jul 2018 09:00 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Kadangkala ketika pertama kali memakai benda, kita bisa saja tak sengaja salah karena belum mengerti cara memakainya.

Uniknya, momen kocak itu ternyata sempat terpotret oleh orang lain. Dan menjadi bahan tawaan banyak orang ketika di unggah di jejaring sosial. Ternyata banyak lo yang mengalami hal demikian, oleh karena itu, kami rangkum deretan potret salah cara pakai benda yang bakalan bikin kamu tepuk jidat, dilansir dari laman Izimile.

Artikel tentang penampakan salah pakai benda yang bikin ngakak menjadi yang paling terpopuler di kanal Citizen6, Liputan6.com.

Disusul dengan artikel kedua yakni penampakan wajah anak babi yang mirip manusia. Disusul dengan artikel tentang remaja masukan kabel USB ke organ intim.

Berikut Top 3 Citizen6:

1. 8 Penampakan Salah Pakai Benda yang Bikin Ngakak

(Rangkuman Brilio.net dari izismile.com)

Ketika kita pertama kalinya memakai sebuah atau produk, mungkin kita bisa bingung dulu. Mungkin saja kamu sudah bisa menebak-nebak cara pakainya. Namun, jika ternyata tebakanmu salah, bisa malu deh dilihat banyak orang. Niatnya terlihat keren, eh tapi gagal total.

Nah, berikut ini deretan potret salah cara pakai yang bakalan bikin kamu tepuk jidat dilansir dari laman izimile.

Selengkapnya..

2. Lagi, Anak Babi Berwajah Mirip Manusia Gegerkan Warga

Anak babi aneh terlahir di China (mirror.co.uk/newsflare)

Sebuah video yang menunjukkan seekor anak babi di Tiongkok, berwujud aneh baru-baru ini menjadi perbincangan viral. Pasalnya, anak babi tersebut tak terlihat seperti anak babi pada umumnya.

Video yang diambil di Kota Jiangmen, Provinsi Guangdong, ini memperlihatkan seseorang memegang anak babi aneh tersebut.

Selengkapnya..

3. Iseng Masukkan Kabel USB ke Alat Vital, Alasan Remaja Ini Bikin Kesal

Kabel USB

Para remaja biasanya memiliki rasa penasaran yang tinggi akan berbagai hal. Hanya saja terjadi justru berujung pada hal-hal buruk terjadi. Seperti yang dialami seorang remaja laki-laki asal Tiongkok ini.

Remaja 13 tahun itu harus dibawa ke rumah sakit lantaran memasukkan kabel USB sepanjang 20cm ke alat vitalnya. 

Selengkapnya..

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Prediksi Sriwijaya FC Vs Persija: Jaga Keangkeran Jakabaring

Posted: 09 Jul 2018 09:00 PM PDT

Jakarta Sriwijaya FC akan menjamu Persija Jakarta dalam pertandingan pekan ke-15 Gojek Liga 1 bersama Bukalapak yang ditayangkan Indosiar di Stadion Gelora Sriwijaya, Jakabaring, Selasa (10/7/2018) malam. Laskar Wong Kito bertekad untuk menjaga keangkeran stadion mereka yang dalam empat laga terakhir selalu berakhir dengan kemenangan.

Pasukan Laskar Wong Kito saat ini berada di peringkat ketiga dengan perolehan 22 poin dari 14 laga. Hanya unggul satu poin dari Persija Jakarta yang berada di peringkat keenam tentu membuat tim tuan rumah tak ingin kehilangan poin sama sekali.

Satu instruksi dari Rahmad Darmawan kepada Laskar Wong Kito adalah menjaga keangkeran Gelora Sriwijaya Jakabaring.

"Sejak awal kami sudah menargetkan 10 poin dalam empat pertandingan tersisa di putaran pertama. Tentu menghadapi Persija kami tak boleh kehilangan angka, apalagi jarak kami di klasemen sangat tipis," ujar Rahmad Darmawan.

Namun, mantan pelatih Timnas Indonesia U-23 itu juga menegaskan Sriwijaya FC mewaspadai Persija Jakarta. Sempat menangani Macan Kemayoran, pelatih yang akrab disapa RD itu melihat tak banyak perubahan yang dibuat oleh tim ibu kota ketimbang musim lalu.

"Mereka tidak melakukan banyak perubahan dari musim lalu. Pemain pun banyak yang sudah bermain bersama cukup lama. Perekrutan yang dilakukan sekarang pun sangat membantu. Laga terakhir Osas Saha dan Ivan Carlos mampu membantu Persija menghadapi PSM, bahkan satu di antaranya sudah mencetak gol," ujar RD.

"Namun, kami memiliki peluang yang sama untuk memenangi pertandingan. Satu yang terpenting mereka memperlihatkan kembali motivasi yang tinggi seperti yang diperlihatkan dalam laga-laga sebelumnya," lanjut pelatih Sriwijaya FCitu.

 

Persija Waspadai Lini Serang Sriwijaya FC

Pelatih Persija, Stefano Cugurra (kanan) memberi arahan pada tiga pemainnya saat latihan resmi jelang laga lanjutan Go-Jek Liga 1 Indonesia 2018 bersama Bukalapak melawan Persib di Lapangan PTIK, Jakarta, Jumat (29/6). (Liputan6.com/Helmi Fithriansyah)

Sementara itu, Persija Jakarta bertandang ke Palembang dengan tekad bangkit dari kegagalan meraih poin sempurna dalam dua laga terakhir. Namun, pelatih Persija, Stefano Cugurra Teco, menegaskan timnya akan sangat berkonsentrasi dan waspada terhadap lini serang Sriwijaya FC.

"Kami datang dengan persiapan yang bagus. Lapangan di sini pun bagus. Kami akan menghadapi tim bagus, Sriwijaya FC. Mereka memiliki lini depan yang sangat berbahaya. Kami harus konsentrasi di lini belakang dan harus melakukan pengawalan yang sangat bagus di lini itu," ujar pelatih asal Brasil itu.

Satu pemain yang diwaspadai oleh pelatih Persija itu adalah pemain naturalisasi Sriwijaya FC, Alberto Goncalves.

Menurutnya, striker yang baru menjadi warga negara Indonesia itu wajib diwaspadai dengan semua pengalaman yang dimilikinya selama berkompetisi di sepak bola Indonesia.

"Kami mewaspadai Beto. Ia sudah cukup lama di Sriwijaya FC. Ia juga pernah menjadi pencetak gol terbanyak di liga, baik di Sriwijaya FC maupun ketika masih berseragam Persipura Jayapura. Ia pemain yang bagus," ujar Teco.

"Namun, yang pasti tim kami harus bekerja keras untuk bisa meraih hasil maksimal. Konsentrasi di lini belakang akan menjadi kewajiban dan ketika memiliki bola tentu kami harus menyerang dengan baik," lanjutnya.

Di sisi lain, Osas Saha yang menjadi ujung tombak Persija dan berhasil mencetak gol debut saat menghadapi PSM Makassar, merasa sangat optimistis bisa meraih poin di Palembang dengan berbekal kerja keras dan performa terbaik.

"Kami ke sini tentu untuk mencari poin. Cara apa pun kami akan lakukan dengan bekerja keras. Semua pemain akan tampil maksimal untuk mendapatkan poin," ujar pemain anyar Persija itu.

 

Prakiraan Susunan Pemain

Sriwijaya FC (4-3-3): Teja Paku Alam (kiper; Marco Meraudje, Hamka Hamzah, Mohamadou Ndiaye, Novan Sasongko (belakang); Zulfiandi, Adam Alis, Makan Konate (tengah); Esteban Viscarra, Manucechr Dzalilov, Alberto Goncalves (depan)

Pelatih: Rahmad Darmawan

Persija Jakarta (4-3-3): Andritany Ardhiyasa (kiper); Ismed Sofyan, Maman Abdurrahman, Jaimerson, Rezaldi Hehanusa (belakang); Sandi Sute, Rohit Chand, Ramdani Lestaluhu (tengah), Rico Simanjuntak, Osas Saha, Ivan Carlos (depan)

Pelatih: Stefano Cugurra Teco

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Dipanggil Mama, Via Vallen Sudah Punya Anak?

Posted: 09 Jul 2018 09:00 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Via Vallen sempat berseteru dengan seorang makeup artis, Reyza Carlos, yang menyebut Via sudah menikah dan memiliki seorang anak.

Kala itu, Via Vallen langsung membantahnya. Ia mengaku belum pernah menikah, apalagi memiliki seorang anak.

Via Vallen pun menantang Reyza Carlos untuk membuktikan omongannya. Ia siap menempuh jalur hukum.

"Kalau misalnya si orang terdekat itu ngerasa bahwa saya bohong, dan omongan dia benar, silakan buktikan. Nanti kita bisa ketemu di pengadilan. Gitu aja," tutur Via Vallen beberapa waktu lalu.

 

Panggil Mama

Via Vallen (Foto: Instagram/@mak_lamis)

Namun, beredar sebuah video Via Vallen yang tengah berada di rumahnya. Dalam bahasa Jawa, Via Vallen memanggil seorang anak kecil berambut panjang.

"Peluk sek (peluk dulu). Kangen? Mama ditangisi, ya ampun," ujar pelantun "Sayang" dalam video yang diunggah akun Instagram gosip @mak_lamis.

 

Dibela

Via Vallen (Bambang E. Ros/bintang.com)

Hingga kini, belum ada konfirmasi dari Via Vallen mengenai identitas anak tersebut. Meski begitu, Via mendapat pembelaan dari warganet.

"Iya bener mba.. sama bgt semua ponakan dan anak2 sepupu manggil saya mama.. ada yg di panggil bunda dan mamii," tulis akun @feraynaliyadinta.

"Biasa aja min. Keponakan gw aja. Panggil gw mama," timpal akun @puputhandayani1234.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Polemik Susu Kental Manis, BPOM Bakal Atur Label Pangan dengan Skema Traffic Light

Posted: 09 Jul 2018 09:00 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta  

Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM) menyampaikan, visualisasi iklan susu kental manis (SKM) membuat masyarakat salah paham. Iklan itu memberikan visualisasi susu kental manis yang disamakan dengan susu bernutrisi.

Susu kental manis, menurut Kepala BPOM Penny Lukito, memang kategori susu, tapi bukan pengganti untuk pemenuhan gizi maupun Air Susu Ibu (ASI). Adanya pelanggaran dalam visualisasi iklan, pihak BPOM berupaya mengatur lebih jauh terkait iklan dan label pangan.

"Ada Surat Edaran bernomor HK.06.5.51.511.05.18.2000 tahun 2018 tentang 'Label dan Iklan pada Produk Susu Kental dan Analognya (Kategori Pangan 01.3)'. Surat edaran itu diterbitkan sembari menunggu Rancangan Peraturan Pemerintah tentang Label dan Iklan Pangan," jelas Penny dalam sesi konferensi pers di Kantor BPOM, Jakarta, ditulis Selasa (10/7/2018).

Rancangan Peraturan Pemerintah tentang Label dan Iklan Pangan kini dalam tahap finalisasi (penyelesaian tahap akhir). Proses pembuatan dan tahap penyelesaian RPP tersebut sudah berjalan lima tahun.

 

 

Simak video menarik berikut ini:

Skema traffic light

Kepala BPOM Penny Lukito dalam sesi konferensi pers

Polemik susu kental manis dari visualisasi iklan yang menyesatkan masyarakat menjadi pendorong utama BPOM untuk lebih ketat mengatur label pangan. Rancangan Peraturan Pemerintah tentang Label dan Iklan Pangan akan mengatur soal label pangan.

Label pangan akan diberi warna tertentu sesuai informasi gizi dan nutrisi sekaligus seberapa besar kandungan garam, gula dan lemak.

"Label pangan ini dinamakan skema traffic light. Ada warna merah, kuning, dan hijau," Penny menambahkan.

Warna merah dan kuning berarti hati-hati dan berbahaya jika dikonsumsi secara berlebihan, sedangkan warna hijau itu aman dan tidak membahayakan.

Mudah dipahami konsumen

Terkait susu kental manis, Kepala BPOM Penny Lukito akan menyebut pihaknya mengatur iklan dan label pangan. (Liputan6.com/Fitri Haryanti Harsono)

Pengaturan label pangan dengan skema traffic light bertujuan agar mudah dipahami konsumen. Konsumen pun dapat memilah dan memilih pangan yang aman dikonsumsi.

"Label ini diatur agar lebih user friendly (mudah dipahami) dan mudah dibaca konsumen. Apalagi label untuk susu kental manis. Kandungan gula harus tercantum jelas dalam label," lanjut Penny.

Diharapkan adanya label yang lebih berwarna mempermudah konsumen memahami seberapa besar kandungan bahan pada pangan. Hal ini juga bertujuan mengawasi pelaku produsen menjalankan produksi produk pangan.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

VIDEO: Cantiknya Kate Middleton di Pembaptisan Pangeran Louis

Posted: 09 Jul 2018 09:00 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Ini menjadi penampilan yang pertama kalinya Pangeran William dan Kate Middleton muncul berlima di hadapan publik.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Pabrik Terbesar Samsung Resmi Dibuka di India

Posted: 09 Jul 2018 09:00 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Samsung dilaporkan sudah menyiapkan rencana besar untuk bisnis smartphone-nya dalam beberapa tahun ke depan. Salah satunya adalah menyiapkan fasilitas pabrik ponsel terbesar yang dimiliki oleh perusahaan.

Dikutip dari India Today, Selasa (10/7/2018), perusahaan asal Korea Selatan itu akan membuka pabrik tersebut di India. Berlokasi di Noida, Uttar Pradesh, India, pabrik ini akan berada di tanah seluas 14 hektar.

Rencananya, pembukaan pabrik tersebut akan dihadiri oleh Perdana Menteri India, Narendra Modi dan Presiden Korea Selatan, Moon Jae.

Dengan membuka pabrik baru, Samsung berencana meningkatkan produksinya di India. Dari sebelumnya hanya 10 persen, hingga 50 persen dalam waktu tiga tahun.

Presiden dan CEO Samsung India, HC Hong, mengatakan keberadaan pabrik ini sekaligus membantu perusahaan memenuhi kebutuhan produk yang terus bertumbuh di India.

Samsung sendiri sekarang sudah memproduksi 67 juta smartphone di India. Karenanya, dengan fasilitas baru ini perusahaan berencana memproduksi 120 juta smartphone.

Menyambut kehadiran pabrik baru ini, Associate Director Counterpoint Research, Tarun Pathak, menyebut pabrik baru ini dapat membantu Samsung memenuhi kebutuhan pasar yang ada saat ini.

"Pabrik ini dapat membantu Samsung membawa sejumlah fitur lokal yang dikembangkan di riset pengembangan di sini. Selain itu, perusahaan juga dapat kesempata ekspor ke wilayah lain," tuturnya.

Keberadaan fasilitas ini sebenarnya pertama kali diperkenalkan pada Juni 2017. Tak hanya smartphone, pabrik ini disebut juga akan memproduksi produk lain Samsung, seperti TV layar datar dan kulkas.

Samsung Berencana Jual 320 Juta Smartphone Tahun Ini

Penampakan depan Samsung Galaxy A6 Plus. Liputan6.com/ Agustin Setyo Wardani

Sebelumnya, Samsung dilaporkan berencana menjual sekitar 320 juta smartphone pada tahun ini. Informasi diklaim berasal dari dua sumber industri terpercaya.

Dilansir The Investor Minggu (7/1/2017), raksasa teknologi asal Korea Selatan itu telah mengungkapkan rencana penjualannya pada tahun ini kepada para mitra penyuplainya, termasuk smartphone dan perangkat lainnya.

Rinciannya adalah 320 juta unit smartphone, 40 juta feature phone, 20 juta tablet dan 5 juta perangkat wearable.

Target penjualan smartphone yang ditetapkan Samsung pada tahun ini disebut berada di level yang sama dengan tahun lalu, yaitu berkisar 320 juta unit. Menurut sumber, pasar yang sudah jenuh menyebabkan Samsung tidak mematok target lebih tinggi.

Kendati demikian, target penjualan smartphone Samsung masih lebih tinggi daripada dua kompetitor terkuatnya. Penjualan smartphone Apple berkisar 200 juta dan Huawei 150 juta unit setiap tahunnya.

Samsung kemungkinan tak akan fokus meningkatkan pengapalan smartphone pada tahun-tahun mendatang.

Sebaliknya, perusahaan akan lebih berusaha menguatkan keuntungan melalui berbagai model premium termasuk flagship Galaxy S dan Note, serta sebuah merek baru untuk smartphone lipat.

(Dam/Ysl)

Saksikan Video Pilihan Berikut Ini: 

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

KPK Tolak Permintaan Mendagri Percepat Proses Hukum Kepala Daerah Terpilih

Posted: 09 Jul 2018 08:56 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) menolak permintaan Mendagri Tjahjo Kumolo untuk mempercepat proses hukum tersangka korupsi yang menang di Pilkada Serentak 2018.

"Proses hukum itu mengacu pada KUHP. Ada tahapan-tahapannya dan ada satu hal yang jauh lebih penting dibanding persoalan cepat atau lambat, yaitu aspek kekuatan bukti. Itulah prioritas utama KPK," ujar Juru Bicara KPK Febri Diansyah saat dikonfirmasi, Selasa (10/7/2018).

Febri mengatakan, dalam menangani seorang tersangka, penyidik harus berhati-hati. Mulai dari pemeriksaan saksi-saksi hingga pengumpulan bukti-bukti lain yang akan dihadirkan di persidangan.

"Kita harus hati-hati, selain itu juga pertimbangan ketika orang diproses tidak boleh penegak hukumnya asal-asalan di sana. Oleh karea itu, merespon hal tersebut KPK akan lebih konsen terhadap bukti-bukti dalam penanganan perkara," kata Febri.

Lagipula, sejauh ini KPK belum menerima permintaan tersebut secara langsung dari Mendagri. "Belum menerima sampai saat ini," kata dia.

 

 

Agar Tak Dilantik

Sebelumnya, Tjahjo Kumolo meminta KPK mempercepat proses hukum calon kepala daerah tersangka korupsi yang memenangi Pilkada 2018. Hal itu, menurut Tjahjo untuk menghindari calon kepala daerah dilantik dalam penjara seperti era Mendagri Gamawan Fauzi.

"UU mengatakan sepanjang kepala daerah yang menang pilkada belum mempunyai hukum tetap, tetap harus dilantik sampi ada kekuatan hukum tetap baik di tingkat pertama, banding atau kasasi. Itu saja," jelas Tjahjo.

Seperti diketahui, pasangan Syahri Mulyo-Maryoto Bhirowo unggul dalam perolehan suara sementara Pilbup Tulungagung. Mereka berhasil meraih 59,97 persen di atas paslon Margiono-Eko Prisdianto yang mengantongi 40,03 persen suara.

Syahri Mulyo sendiri berstatus tersangka kasus dugaan pembangunan peningkatan jalan pada Dinas PUPR kabupaten Tulungagung.

Selain itu, pasangan Ahmad Hidayat Mus dan Rivai Umar juga meraih suara terbanyak di Pilkada Maluku Utara 2018. Meski menang, Hidayat Mus saat ini ditahan KPK karena terjerat kasus dugaan pengadaan fiktif pembebasan lahan Bandara Bobong di Sula. Proyek yang diduga menggunakan dana APBD Kabupaten Kepulauan Sula tahun anggaran 2009.

 

Saksikan video pilihan di bawah ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Strategi Pilih Saham Ketika IHSG Masih Bergejolak

Posted: 09 Jul 2018 08:55 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Laju Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG) belum mampu kembali ke posisi 6.000. Laju IHSG masih cenderung tertekan memasuki semester II.

Selama sepekan kemarin, mengutip laporan PT Ashmore Assets Management Indonesia, IHSG melemah 1,8 persen ke posisi 5.694 pada 6 Juli 2018. IHSG tertekan didorong sentimen ekternal antara lain yuan melemah. Ditambah Amerika Serikat (AS) mulai berlakukan tarif impor barang AS ke China pada Jumat pekan lalu.

Indeks saham LQ45 susut 1,5 persen dan saham berkapitalisasi kecil turun 2,8 persen juga bebani IHSG. Investor asing masih jual saham tercatat USD 92 juta selama sepekan.

Mengutip data Bursa Efek Indonesia (BEI), sejak awal tahun hingga penutupan perdagangan saham Senin 9 Juli 2018 atau year to date (ytd), IHSG menyusut 8,63 persen ke posisi 5.807. IHSG mampu menguat 112,46 poin ke posisi 5.807 pada perdagangan saham Senin 9 Juli 2018.

Dari 10 sektor saham, hanya sektor saham tambang dan industri dasar catatkan pertumbuhan positif. Sektor saham tambang menguat 23 persen dan industri dasar mendaki 8,74 persen secara ytd.

Sementara itu, sektor saham aneka industri melemah 19,16 persen, dan catatkan pelemahan terbesar secara ytd. Disusul sektor saham konsumsi merosot 15,05 persen dan sektor saham keuangan tergelincir 11,06 persen.

Kepala Riset PT Narada Asset Management, Kiswoyo Adi Joe menuturkan, IHSG akan tertekan sepanjang Juli-Agustus 2018 jika melihat data historical. "Sepanjang Agustus IHSG banyak melemah dalam 10-11 tahun ini," kata Kiswoyo.

Ia menambahkan, the Federal Reserve atau bank sentral AS akan kembali menaikkan suku bunga lagi menjadi kekhawatiran pasar. Diperkirakan the Federal Reserve kembali naikkan suku bunga sebanyak dua kali. Selain itu, ancaman perang dagang makin meluas tak hanya terhadap China tetapi juga Uni Eropa.

Kiswoyo prediksi, IHSG dapat kembali tembus ke posisi 6.000 sesudah Agustus. IHSG dapat kembali menguat asal ditopang penguatan nilai tukar rupiah terhadap dolar AS.

Diharapkan rupiah dapat kembali menguat di bawah posisi 14.000 per dolar AS. Selain itu, pertumbuhan ekonomi Indonesia diharapkan mencapai 5,2 persen.

"Sesudah Agustus IHSG bisa kembali ke posisi 6.000. Juli ini masih ada tekanan," kata Kiswoyo.

Hal senada dikatakan Institutional Sales Manager PT Schroders Investment Management Indonesia, Ricky Samsico. Ricky menilai, IHSG masih bergejolak pada semester II 2018. Ini didorong ancaman sentimen perang dagang. Sentimen tersebut tak hanya membuat IHSG tertekan tetapi juga bursa saham global.

"Pasar saham volatile sejak Trump (Presiden AS-red) terpilih. Kebijakan Trump berdampak terhadap market global karena mendorong dana pulang ke negara maju sehingga dolar Amerika Serikat menguat," ujar Ricky saat dihubungi Liputan6.com.

Ia menambahkan, investor asing juga masih realisasikan aksi jual di pasar saham Indonesia sehingga menekan IHSG. Padahal investor asing salah satu pendorong di pasar saham. "Investor asing banyak jual," tambah dia.

Dari internal, menurut Ricky, pelaku pasar menanti pengumuman calon presiden (capres) dan calon wakil presiden (cawapres)  untuk pemilihan umum 2019. "Agustus akan diumumkan capres dan cawapres. Jadi market masih bergejolak," kata dia.

Ia menambahkan, Indonesia masih catatkan defisit transaksi berjalan juga menjadi perhatian pelaku pasar. Akan tetapi, di tengah kondisi IHSG bergejolak, menurut Ricky pelaku pasar dan investor selektif memilih saham. Pelaku pasar juga dapat memanfaatkan harga saham unggulan yang sudah murah.

"Cari saham yang fundamental kuat dan price earning (PE) sudah murah. Perusahaan yang tidak memiliki banyak utang dolar. Jadi harus hati-hati beli saham. Jangan salah pilih," kata dia.

 

Sektor Saham Pilihan

Terlihat data pasar modal saat pameran Investor Summit 2015 di Bursa Efek Indonesia, Jakarta, Kamis (12/11/2015). Investor Summit diselengarakan sebagai upaya agar masyarakat Indonesia paham tentang pasar modal. (Liputan6.com/Angga Yuniar)

Sedangkan, Analis PT Binaartha Sekuritas, Nafan Aji menilai, ada kegiatan internasional mulai dari Asian Games dan IMF-World Bank dapat berkontribusi terhadap pertumbuhan ekonomi Indonesia sehingga jadi angin segar buat IHSG. Ia prediksi, IHSG dapat melaku ke posisi 6.300 pada akhir 2018.

Adapun di tengah pelemahan IHSG, Nafan menyarankan investor untuk average buy dengan memilih saham punya prospek baik tetapi valuasinya sudah murah.  Ia menilai, tekanan dari sentimen eksternal masih kuat sehingga potensi IHSG melemah juga masih besar.

"Sebaiknya lakukan risk management dengan average buy . Beli saham yang berada di level support. Investor juga jangan greedy agar dapat hasil yang optimal," kata Nafan.

Sedangkan Kepala Riset PT RHB Sekuritas Indonesia Henry Wibowo mengatakan, pelaku pasar selektif memilih saham pada semester II 2018. Sejumlah sektor saham jadi pilihan antara lain sektor saham batubara dan barang konsumsi.

Henry menuturkan, sektor batubara mendapatkan sentimen positif dari penguatan dolar AS. Oleh karena itu, saham PT United Tractors Tbk (UNTR), PT Adaro Energy Tbk (ADRO), dan PT Indo Tambangraya Tbk (ITMG) menjadi pilihan.

Sedangkan sektor barang konsumsi menjadi pilihan lantaran menjelang pemilihan umum ada harapan uang beredar dapat lebih tinggi sehingga genjot konsumsi masyarakat. Saham-saham jadi pilihannya pun antara lain PT Gudang Garam Tbk (GGRM) dan PT Indofood Sukses Makmur Tbk (INDF).

Ia yakin, IHSG akan berada di posisi 6.200 pada akhir tahun 2018.

"Optimis akan kembali karena ada Asian Games dapat membantu ekonomi dan rupiah tidak terlalu tertekan," ujar dia.

Meski demikian, Henry mengingatkan ada faktor perlu dicermati pelaku pasar yaitu harga minyak. Harga minyak dunia cenderung naik. Ini akan menjadi indicator sejauh mana harga Pertalite tidak naik. "Harga minyak dunia berpotensi naik ke posisi USD 80-USD 90 per barel sehingga dapat dorong harga bensin naik," kata dia.

 

Saksikan video pilihan di bawah ini:

 

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Konser Bareng Rossa, Opick Berharap Kumpulkan Dana Puluhan Miliar Rupiah

Posted: 09 Jul 2018 08:50 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Rossa dipertemukan dengan penyanyi religi Tanah Air, Opick. Mereka berada di panggung yang sama untuk konser amal bertajuk "Membentang Kebaikan" di Djakarta Theater, Thamrin, Senin (9/7/2018) malam.

Digagas oleh Dompet Dhuafa dan Pondok Pesantren Tebu Ireng, konser ini amal ini bertujuan untuk mendirikan rumah sakit gratis bagi kaum duafa. Rumah sakit tersebut akan dibangun di Jombang, Jawa Timur.

Opick sendiri sangat antusias karena akhirnya bisa berkolaborasi dengan Rossa. Kebahagiaannya bertambah karena konser itu dibuat dengan tujuan yang sangat mulia.

"Aku konser sama Rossa yang serius baru kali ini nih. Rossa bawa band sendiri, aku bawa band sendiri. Jadi ada kolaborasi satu atau dua lagu sama Rossa. Kita membuat konser, kemudian menggalang dana," ucap Opick.

Dari konser tersebut, Opick berharap dana untuk membangun rumah sakit yang ditaksir mencapai puluhan miliar rupiah dapat terkumpul. 

Rp 35 Miliar

Rossa (Adrian Putra/Bintang.com)

"Mudah-mudahan ini sukses. Saya pikir untuk pembangunan Rp 35 miliar rumah sakit itu bisa ter-cover dengan cepat insya Allah," harapnya.

Konser Amal

Opick

Dalam konser "Membentang Kebaikan", Opick sendiri membawakan sedikitnya 10 lagu. Aksi panggungnya juga dilengkapi dengan beberapa orang penari.

"10 lagu dengan komposisi terbaik, saya pakai penari sufi, pemain perkusi. Mudah-mudahan ini sukses," ia menandaskan.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Polisi Belum Temukan Barang Bukti Kasus Narkoba Bos Snowbay TMII

Posted: 09 Jul 2018 08:46 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Polisi menangkap bos Snowbay Waterpark Taman Mini Indonesia Indah (TMII) Senin malam 9 Juli 2018 terkait kasus dugaan penyalahgunaan narkoba. Polisi belum menemukan barang bukti narkotika yang digunakan WN Korea Selatan berinisial SD itu.

"Kita tangkap di kantornya, di Taman Mini. Setelah dilakukan penggeledahan, kita tidak menemukan bukti," tutur Kasubdit I Ditresnarkoba Polda Metro Jaya AKBP Calvijn Simanjuntak saat dikonfirmasi, Selasa (10/7/2018).

Menurut Calvijn, setelah menggeledah kantor bos Snowbay itu, petugas langsung bergegas ke apartemen yang ditinggalinya. Hanya saja barang bukti yang dicari masih nihil.

"Setelah dilakukan pengecekan, urinenya positif," jelas dia.

Kini status bos Snowbay Waterpark TMII itu masih terperiksa. Dia diamankan di Ditresnarkoba Polda Metro Jaya.

"Siang ini kita akan gelar perkara untuk menentukan statusnya," Calvin menandaskan.

 

Saksikan video pilihan di bawah ini:

Penangkapan

Jajaran Direktorat Reserse Narkoba Polda Metro Jaya menangkap bos Snowbay Waterpark Taman Mini Indonesia Indah (TMII). WN Korea Selatan berinisial SD itu ditangkap terkait kasus penyalahgunaan narkoba.

"Benar (bos Snowbay ditangkap terkait kasus narkoba)," ujar Direktur Reserse Narkoba Polda Metro Jaya Kombes Suwondo Nainggolan saat dikonfirmasi Liputan6.com, Jakarta, Senin 9 Juli 2018.

Saat ini, bos tempat rekreasi ternama di Jakarta Timur itu tengah diperiksa intensif di Kantor Ditres Narkoba Polda Metro Jaya. Polisi belum meningkatkan status SD sebagai tersangka.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

RD Minta Sriwijaya FC Tak Dikaitkan dengan Politik

Posted: 09 Jul 2018 08:45 PM PDT

Liputan6.com, Palembang - Pelatih Sriwijaya FC, Rahmad Darmawan (RD), meminta kepada masyarakat untuk tidak mengaitkan rumor keterlambatan gaji para pemain dengan kekalahan presiden klub, Dodi Reza Alex Noerdin di Pemilihan Gubernur (Pilgub) Sumatera Selatan (Sumsel).

Dodi Reza bersama pasangannya, Giri Ramanda Kiemas kalah dari pasangan Herman Daru-Mawardi pada Pilgub Sumsel berdasarkan hasil rekapitulasi Komisi Pemilihan Umum (KPU) Sumsel.

Rumor berembus dalam dua bulan belakangan bahwa manajemen Sriwijaya FC telah menunggak gaji para pemainnya. 

"Saya harap teman-teman media membantu kita agar kita tidak terjebak di dalam isu dan kemudian pemain bingung dalam kondisi ini. Dan saya yakin sepakbola tetap akan mendapatkan porsi tersendiri di antara di luar kepentingan politik," ujar RD.

Ada dugaan penyebab begitu jor-jorannya Sriwijaya FC di kompetisi yang disiarkan langsung dan eksklusif di Indosiar ini karena Sumsel sedang memasuki tahun politik. Mengingat status Dodi Reza sebagai presiden klub saat bersaing di Pilgub Sumsel.

Jauhkan dari Politik

Pelatih Sriwijaya FC Rahmad Darmawan. (Liputan6.com/Indra Pratesta)

RD tidak ingin hasil Pilgub Sumsel memperburuk kondisi timnya yang tengah diguncang kabar miring. Pria berusia 51 tahun ini percaya pemainnya bakal tetap profesional.

"Tapi di luar itu, memang ada yang mempolitisasi sepak bola, Tapi selamanya, sepak bola akan tetap berdiri lurus, tegak, tidak masuk terlalu jauh," imbuh RD.

"Saya berharap apapun hasil dari pemilihan umum ini untuk kebaikan masyrakat sumsel. Saya berharap pemain tetap tenang karena mereka memiliki kontrak kerja. Karena di situlah pertanggung jawaban kepada kontrak ditandatangani."

"Penting kita fokus dan tidak mempedulikan isu yg terjadi. Kita hanya menanggapi isu itu dengan motivasi untuk ke depannya lebih baik lagi," tutur RD.

Jadwal Sriwijaya FC

Selasa, 10 Juli 2018

Sriwijaya FC Vs Persija Jakarta

Stadion Gelora Sriwijaya Jakabaring, Palembang

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Ada Perang Dagang, Defisit Neraca Perdagangan RI Bakal Berlanjut

Posted: 09 Jul 2018 08:40 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Perang dagang yang terjadi antara Amerika Serikat (AS) dan China akan membuat defisit neraca perdagangan Indonesia berlanjut hingga semester II 2018. Hal ini karena aksi proteksi yang diterapkan ke dua negara akan ‎menghambat ekspor sejumlah komoditas unggulan Indonesia.

Ekonom Institute for Development of Economics and Finance (INDEF), Bhima Yudhistira Adhinegara mengatakan, komoditas unggulan ekspor yang akan terkena dampak dari perang dagang ini yaitu minyak sawit mentah (crude palm oil/CPO) dan karet.

"Secara spesifik dampak proteksi dagang beberapa negara seperti AS, China akan memukul ekspor komoditas unggulan seperti CPO dan karet," ujar dia saat berbincang dengan Liputan6.com di Jakarta, Selasa (10/7/2018).‎

Dia mengungkapkan, sebelum adanya perang dagang, pertumbuhan ekspor CPO Indonesia sudah minus hingga 15 persen. Adanya perang dagang dikhawatirkan akan membuat ekspor komoditas ini semakin anjlok.

"Sebelum realisasi perang dagang saja ekspor CPO sudah minus 15,6 persen, sementara karet anjlok 21,4 persen. Padahal kedua komoditas primer tersebut berkontribusi sebesar 16 persen dari total ekspor nonmigas," kata dia.

Menurut dia, posisi Indonesia yang berada di rantai pasok paling bawah sebagai pemasok bahan baku industri menjadi sebab utama kenapa Indonesia rentan terhadap perang dagang.

"Kesimpulan akhirnya defisit perdagangan sangat mungkin berlanjut di semester II. Karena ekspor melambat, sementara impornya naik maka permintaan valas semakin tinggi ujungnya rupiah rentan terdepresiasi," tandas dia.

Strategi RI

Suasana aktivitas bongkar muat barang ekspor impor di Pelabuhan Tanjung Priok, Jakarta, Senin (17/7). Badan Pusat Statistik (BPS) melaporkan kinerja ekspor dan impor Indonesia mengalami susut signifikan di Juni 2017. (Liputan6.com/Angga Yuniar)

Pemerintah Indonesia menyatakan terus melakukan komunikasi dengan pemerintah AS terkait rencana mengenakan tarif bea masuk bagi 124 produk asal Indonesia. Namun demikian, Indonesia juga menyiapkan langkah antisipasi dari kebijakan tersebut.

Menteri Perindustrian Airlangga Hartarto mengungkapkan, pengenaan tarif bea masuk tersebut merupakan bagian dari langkah AS mengkaji ulang kebijakan Generalized System of Preference (GPS) untuk sejumlah negara, termasuk Indonesia. GSP yaitu fasilitas keringanan bea mausk dari negara maju untuk produk-produk ekspor negara berkembang.

"Sesuatu yang biasa GSP di-review. GSP tidak mencerminkan sesuatu hal dengan perdagangan Indonesia. Semua negara yang punya GSP di-review, tapi Indonesia jadi salah satu negara yang dilakukan review tahun ini," ujar dia di Istana Bogor, Senin (9/7/2018).

Dia mengungkapkan, Indonesia hanya menempati urutan ke-17 sebagai negara mitra dagang AS. Dengan demikian, review GSP ini tidak akan berdampak signifikan bagi perdagangan kedua negara.

"Tadi kita lihat geopolitik, Indonesia di AS ranking 17 dan juga dari segi impor dan ekspor. Kami tidak melihat ini akan menjadi ancaman yang besar bagi Indonesia. Kita komunikasi dan lakukan pembicaraan," kata dia.

Namun demikian, lanjut Airlangga, Indonesia tidak akan menyerah begitu saja dengan kebijakan dagang yang diterapkan AS. Menurut dia, Indonesia tetap akan mengoptimalkan ekspor produk-produk unggalan ke Negeri Paman Sam.

"Terhadap sektor yang belum dimanfaatkan pemerintah akan sosialisasi terhadap produk yang masih di dalam GSP yang bisa dimanfaatkan untuk ekspor ke AS. Ini kita akan lakukan kajian, misal prioritasnya kelapa sawit, industri tekstil dan harmonisasinya perlu diringankan. Sektor lain seperti otomotif, pembicaraan dengan Vietnam jadi prioritas. Ada beberapa prioritas yang dibahas," tandas dia.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Ant-Man and the Wasp dan Captain Marvel Ternyata Disebut di Iron Man 2

Posted: 09 Jul 2018 08:40 PM PDT

Liputan6.com, Los Angeles - Tentu sudah bukan hal baru bagi fans bahwa Ant-Man and the Wasp memiliki kaitan erat dengan film-film Marvel Studios. Terutama, film ini juga menjadi jembatan dari Captain America: Civil War dan Avengers: Infinity War menuju ke Avengers 4.

Namun tak banyak penggemar yang menyadari bahwa salah satu konsep cerita Ant-Man and the Wasp sudah dirancang oleh Marvel Studios sejak film Iron Man 2 yang dirilis pada 2010.

Ya, sebuah dialog dalam Iron Man 2 menyebutkan secara jelas salah satu hal yang akhirnya menjadi bagian dalam film Ant-Man and the Wasp.

Tak sampai di situ, dialog yang sama dalam Iron Man 2 itu juga memiliki hubungan erat dengan konsep film Captain Marvel yang akan rilis tahun depan. Apa saja itu? Simak selengkapnya (awas, tulisan berikut memiliki spoiler ringan).

Goliath

Laurence Fishburne dalam Ant-Man and the Wasp. (Marvel Studios)

Bagi yang sudah menonton Ant-Man and the Wasp, tentu mengetahui bahwa proyek Goliath merupakan salah satu elemen menarik di masa lalu Hank Pym (Michael Douglas).

Goliath merupakan proyek yang dirancang oleh Hank Pym bersama Bill Foster (Laurence Fishburne). Proyek ini diceritakan bisa membuat Bill menjadi raksasa setinggi 6 meter.

Rupanya di Iron Man 2, Tony Stark (Robert Downey Jr.) sudah menyebutkan proyek Goliath. Kata tersebut muncul ketika Tony Stark hendak membuat elemen baru agar reaktor yang menempel di dadanya tidak membahayakan jantungnya.

Dialog tersebut diucapkan setelah Tony Stark menemukan elemen baru yang didapat dari miniatur Stark Expo buatan ayahnya.

Elemen Baru

Robert Downey Jr sebagai Iron Man. (Marvel Studios/IMDb)

"Buka jaringan Oracle. Aku perlu beberapa hal dari penyimpanan. Berikan semuanya dari Proyek Pegasus, Exodus, dan Goliath," begitu dialog yang diutarakan Tony Stark kepada Jarvis sebelum ia menciptakan elemen tersebut.

Bukan hanya Goliath, Pegasus juga sudah disebut di film lain, yakni The Avengers yang dirilis pada 2012 silam. Pegasus dijelaskan sebagai proyek penelitian Tesseract—yang kemudian menjadi Space Stone—oleh S.H.I.E.L.D. Pangkalan proyek tersebut bisa dilihat di awal film The Avengers.

Pegasus

Desain konsep film Captain Marvel. (Marvel Studios)

Rupanya, Pegasus juga akan menjadi bagian dalam cerita Captain Marvel. Aktor bernama Mel Powell diketahui bakal memerankan "Penjaga Pegasus" di film superhero wanita tersebut.

Dari situ, fans pun menganggap bahwa film Captain Marvel juga akan menjelaskan asal usul didirikannya proyek Pegasus di organisasi S.H.I.E.L.D. yang dibuat untuk meneliti Tesseract.

Uniknya, kalau kita telusuri lagi satu kata yang disebut Tony Stark dalam Iron Man 2, Exodus, kita akan menemukan bahwa kata tersebut merupakan nama karakter jahat dalam kisah X-Men.

Wah, siapa tahu setelah Avengers 4 nantinya X-Men benar-benar muncul di Marvel Cinematic Universe. Mengingat, 20th Century Fox, yang menaungi hak cipta film-film X-Men, kini sudah resmi dibeli oleh Disney. Seperti telah diketahui bersama, Disney kini menaungi produksi film-film Marvel Studios.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Jauh-Jauh dari Hollywood, Matt Damon Blusukan Lihat Jamban di Batang

Posted: 09 Jul 2018 08:32 PM PDT

Batang - Beberapa waktu lalu, yaitu pada 3-5 Juli 2018, aktor terkenal Hollywood yang juga co-founder Water.org, Matt Damon, didampingi CEO Water.org, Gary White, blusukan ke desa-desa di Kabupaten Batang dan Kendal, Jawa Tengah.

Berdasarkan informasi dalam siaran pers yang diterima Solopos.com, Senin, 9 Juli 2018, mereka melihat langsung kemajuan program Water.org di Indonesia dengan mengunjungi lembaga keuangan mikro dan penyedia layanan air mitra Water.org dan mengalami dampak positif langsung dari orang-orang yang diuntungkan dengan adanya program tersebut.

Kunjungan dimulai pada 3 Juli di Kantor Pusat Koperasi Mitra Dhuafa (Komida) di Lenteng Agung, Jakarta Selatan. Komida adalah salah satu mitra pertama Water.org Indonesia yang memiliki 230 cabang dari Aceh di Barat ke Pulau Timor di Timur Indonesia dan 502.000 klien dengan 100% adalah perempuan.

Sampai saat ini Komida telah menyalurkan pinjaman air dan sanitasi kepada 18.588 klien dan berdampak pada kehidupan 69.173 orang. Gary White dan Matt Damon menghabiskan hari kedua mereka di Indonesia mengunjungi Kabupaten Batang di Jawa Tengah.

Ditemani Direktur Operasional Komida, Sugeng, mereka menghadiri pertemuan pusat Komida di Desa Kertosari, Kabupaten Batang, di mana mereka bertemu 15 klien Komdia dan berbicara dengan mereka tentang pentingnya air bersih dan sanitasi serta mendengar beberapa cerita anggota Koperasi Komida tentang air dan sanitasi yang bisa mengubah hidup mereka menjadi lebih baik.

Mereka juga berkesempatan datang ke salah satu rumah anggota Komida, Wanuti (35). Ibu tiga anak ini sangat bersemangat menunjukkan kepada Gary White dan Matt Damon toilet baru mereka yang dapat dibangun dari pinjaman sanitasi Komida.

Sudah bertahun-tahun Wanuti dan tiga anaknya harus antre untuk mandi dan buang hajat di kamar mandi umum. Berkat Kredit Sanitasi yang diberikan Komida, dia dan keluarganya kini punya jamban dan kamar mandi "bermartabat" yang dibangun dan dihasilkan atas usaha sendiri.

 

Baca berita menarik lainnya dari Solopos.com di sini.

 

Pentingnya Sanitasi

Ilustrasi toilet kotor (iStock)

Setelah mengunjungi Desa Kertosari, mereka melanjutkan perjalanan ke Desa Denasri Kulon, Kabupaten Batang, di mana mereka bertemu direktur PDAM Batang, Yulianto. PDAM Batang telah bermitra dengan Water.org sejak 2016.

Hingga saat ini, PDAM Batang memiliki 41.527 sambungan rumah tangga. Dengan dukungan Water.org, PDAM Batang menargetkan 2.900 sambungan baru dan mereka telah melampaui target dengan menjangkau 3.457 rumah tangga baru.

Di Desa Denasri Kulon, Matt dan Gary mengunjungi beberapa pelanggan PDAM Batang, salah satunya Suntoro, seorang pekerja konstruksi. Selama percakapan dengan para pendiri Water.org, Suntoro mengklaim kualitas kehidupan keluarganya telah meningkat sejak mereka menggunakan sambungan air dari PDAM Batang melalui program WaterConnect-nya.

Dari Desa Denasri Kulon, perjalanan dilanjutkan ke Desa Selopanjang Barat, Kabupaten Batang. Mereka mengunjungi pesantren tradisional, Sabillun Najah. Bagi Matt Damon dan Gary White, mengunjungi pesantren adalah pengalaman berbeda dan kali pertama.

Lebih dari 50 anak di sekolah asrama pesantren tersebut berdialog dengan mereka berdua didampingi Ustaz Wahidin. Mereka melakukan perbincangan yang sangat bermanfaat dengan beberapa anak-anak santri.

Perbincangan itu terutama tentang arti pentingnya kebersihan dan sanitasi bagi kehidupan mereka. Sejak Pesanteran Sabillun Najah berlangganan air perpipaan PDAM, kini para santri bisa memiliki lebih banyak waktu untuk belajar dan bermain.

Mereka sekarang tidak harus berjalan jauh untuk mendapatkan air berkat program WaterConnect yang disediakan PDAM Batang. "Selama ini kami bersama dan bergilir mengambil air ke sumur. Airnya keruh dan berwarna kuning. Kamar mandi pesantren jadi kurang bersih," jelas Ustaz Wahidin.

Matt pun bertanya kepada salah satu santri, "Jika kamu sudah mudah mendapatkan air bersih dari PDAM dan tidak perlu lagi berjalan jauh, lalu waktu kamu sekarang digunakan untuk apa?"

Santri pun menjawab, "Sekarang waktu kami lebih banyak, jadi kami bisa bermain dan belajar."

Matt dan Gary terus menggali pertanyaan seputar pengetahuan santri terhadap kebersihan dan higienitas. Misalnya, kapan saja mereka mencuci tangan pakai sabun dan bagaimana mereka harus menjaga kebersihan sehari-harinya. Salah satu santri menjawab dengan tegas, "Anadzho fatu minal iman. Kebersihan itu sebagian dari iman. Hadis dari Rasulullah SAW."

Gary lanjut bertanya. "Bersih itu seperti apa?" dijawab lagi oleh santri, "Bersih pakaian dan tubuh kita."

 

Perjuangan Warga Mendapatkan Air Bersih

Ilustrasi air (iStockphoto)

Baik Matt dan Gary merasa senang melihat anak-anak santri mempunyai pengetahuan yang baik tentang sanitasi. Para pendiri Water.org memanfaatkan hari terakhir mereka di Jawa Tengah dengan mengunjungi Kabupaten Kendal di mana mereka bertemu dengan Direktur PD BPR BKK Kendal, Mundolin, dan membahas tentang produk pinjaman CBO (Communities Base Organisation).

Sebuah program yang diusung Water.org guna membantu penyediaan akses pembiayaan bagi BPSPAM di desa untuk bisa memperluas jaringan air bersih kepada warga yang membutuhkan terutama masyarakat berpenghasilan rendah.

Sejauh ini, PD BPR BKK Kendal telah memberikan pinjaman kepada lima KSM dengan rata-rata pinjaman sebesar USD3,482. Mereka juga mengunjungi dua KSM yang didirikan oleh program PAMSIMAS pemerintah Indonesia yang telah meningkatkan layanan mereka dengan memanfaatkan pinjaman CBO dari PD BPR BKK Kendal.

Mereka adalah CBO Tirto Lestari di Desa Kalirandu Gede dan CBO Kartika Tirta di Desa Kartikajaya. Gary White dan Matt Damon menggunakan kesempatan ini tidak hanya untuk melihat sistem air CBO, tetapi juga berbicara dengan penduduk desa yang diuntungkan oleh koneksi air CBO.

Keduanya sedang berbicara panjang lebar dengan Hadi, yang memiliki toko kecil di rumahnya, dan Atik, seorang guru kelompok bermain, tentang perjuangan mereka mendapatkan air bersih sebelum mereka mendapat koneksi air CBO. Minum air asin, memiliki air sungai yang tidak jelas, dan depresiasi air sumur hanya sedikit dari begitu banyak kesulitan yang dihadapi oleh penduduk desa di Desa Kaliradu Gede dan Desa Kartikajaya.

Untungnya, orang-orang di kedua desa tidak perlu mengalami kesulitan itu lagi karena CBO di desa tersebut sekarang dapat menyediakan layanan air bersih 24 jam yang terjangkau langsung ke rumah mereka.

Secara umum, kunjungan tiga hari itu di Indonesia telah memberi Matt dan Gary tentang program water.org di Indonesia lebih mendalam, terutama tentang kondisi akses air dan sanitasi yang sesungguhnya di Indonesia, khususnya di Batang dan Kendal.

Mereka juga bisa melihat peran kemitraan dengan lembaga keuangan dan perusahaan air mempunyai peran penting penting untuk mempercepat tujuan universal air dan sanitasi ke rumah tangga, terutama masyarakat berpenghasilan rendah.

 

Simak video pilihan berikut ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Prediksi PS Tira Vs Mitra Kukar: Duel Tim Terluka

Posted: 09 Jul 2018 08:30 PM PDT

Jakarta PS Tira akan menghadapi Mitra Kukar dalam pada pekan ke-15 Gojek Liga 1 bersama Bukalapak di Indosiar yang akan dimainkan di Stadion Sultan Agung, Bantul, Selasa (8/7/2018). Kedua tim sama-sama sedang terluka.

PS Tira menelan kekalahan setelah ditekuk Sriwijaya FC dengan skor telak 1-4 di Stadion Gelora Sriwijaya Jakabaring, Palembang (6/7/2018). Di hari yang sama, Mitra Kukar menyerah di kandang sendiri setelah dikalahkan tamunya, Barito Putera, dengan skor 3-4 di Stadion Aji Imbut, Tenggarong.

Dengan kondisi itu, diprediksi duel akan berjalan sengit. Apalagi di klasemen sementara Liga 1 2018, kedua tim hanya berselisih satu poin.

Itulah mengapa, Pelatih PS Tira, Nilmaizar, menegaskan semua pemain yang akan ditampilkan pada pertandingan melawan Mitra Kukar nanti, adalah pemain-pemain yang siap mental dan fisik untuk meraih kemenangan.

"Sebenarnya kami tim bagus, tapi hanya kurang beruntung saja. Nah, sekarang pemain-pemain yang sebelumnya tidak bisa bermain seperti Manahati Lestusen dan Gustavo Lopez, melawan Mitra Kukar sudah bisa bermain. Jadi, kini tim sudah komplet," kata Nil.

Persiapan pun berjalan dengan lancar meski ia baru beberapa kali melatih Manahati Lestusen dkk. Nil mengaku sudah memahami apa saja yang harus diperbaiki agar tim berjulukan Young Warriors ini bertaring dalam setiap laga yang dilakoni.

Hanya, untuk saat ini Nil menegaskan fokus utamanya adalah mengembalikan kebugaran pemain karena jadwal yang padat.

"Waktu yang ada kami manfaatkan untuk memulihkan stamina pemain-pemain yang sebelumnya bertanding penuh. Jadi, kami persiapan startegi untuk kontra Mitra Kukar sambil memberikan materi untuk mengembalikan kebugaran pemain," ujarnya.

Meski siap melawan Mitra Kukar dengan tekad mengamankan poin penuh di kandang, pelatih yang pernah menukangi Semen Padang ini meminta anak asuhnya untuk konsentrasi penuh.

"Harus lebih fokus lagi, bagaimana cara transisi dari menyerang ke bertahan. Mitra Kukar juga tim kuat, meski mereka baru saja mengalami kekalahan di kandang. Mereka mempunyai pemain-pemain yang berpengalaman yang patut kami waspadai," ungkapnya.

Mitra Kukar Kelelahan

Di kubu Mitra Kukar, kelelahan menghantui tim Naga Mekes setelah penerbangan ke Yogyakarta sempat terganjal persoalan tiket. Mereka baru bisa terbang ke Yogyakarta pada Senin (9/7/2018), dan tiba siang harinya serta langsung melakukan latihan resmi.

Pelatih Mitra Kukar, Rafael Berges Marin, memastikan fokusnya saat ini adalah mengembalikan mentalit pemain setelah di pertandingan sebelumnya menelan kekelahan di kandang sendiri.

"Saya fokus ke mental pemain, harus bisa bangkit dan fokus untuk meraih poin. Saya tahu PS Tira tim bagus, tapi kami juga siap bekerja keras untuk meraih poin," kata Rafael Berges.

Mitra Kukar saat uji lapangan di Stadion Sultan Agung, Bantul, jelang melawan PS Tira. (Bola.com/Permana Kusumadijaya)

Untuk pertandingan kali ini, sang pelatih boleh bernapas lega setelah sang kapten, Bayu Pradana, bisa tampil. Bayu absen di laga melawan Barito Putera. Bukan hanya itu saja, pelatih asal Spanyol itu memastikan Mauricio Leal bisa tampil setelah mengalami benturan di pertandingan kontra Barito Putera.

"Saya senang Bayu kembali karena dia pemain penting di tim dan tentunya tim kami akan lengkap. Dan Mauricio siap bermain di pertandingan melawan PS Tira," tuturnya.

Di sisi lain, Bayu Pradana berjanji untuk tampil lebih kerja keras lagi agar bisa meraih poin sebagai poin yang hilang di Tenggarong.

"Saya sebagai pemain tentu sangat siap untuk pertandingan melawan PS Tira. Saya dan temen-teman tentu saja harus bekerja keras lagi, karena kami ingin meraih poin di pertandingan nanti karena kami kehilangan poin di laga sebelumnya," tegas Bayu.

Prakiraan Susunan Pemain

Prakiraan Susunan Pemain

PS Tira PS Tira (4-3-3): Sharul Fadil (kiper); Mahdi Fahri, Kim Sang Min, Andi Setyo, Ganjar Mukti (belakang); Manahati Lestusen, Ryan Wiradinata, Gustavo Lopez (tengah);Mariano Berriex, Alexandar Rakic, Wawan Febriyanto (depan)

Pelatih: Nilmaizar

Mitra Kukar (4-2-3-1): Gerri Mandagi (kiper); Rendy, Dedi Gusmawan, Mauricio Leal, Abdul Gamal (belakang); Bayu Pradana, Danny Guthrie, Dedi Hartono, Anindito Wahyu, Hendra Adi Bayaw (tengah); Fernando Rodriguez (depan)

Pelatih: Rafael Berges Marin

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Rahasia Awet Muda dan Berotot Ala Paul Rudd Bintang Ant-Man and the Wasp

Posted: 09 Jul 2018 08:30 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Berperan sebagai superhero Ant-Man di film Ant-Man and the Wasp bukanlah hal mudah bagi Paul Rudd. Apalagi, usia aktor ini sudah mendekati 50 tahun.

Walaupun begitu, tetap saja Rudd berhasil membentuk tubuhnya untuk menjadi pahlawan yang mampu membesar dan mengecil dalam film Ant-Man and the Wasp. Bahkan, ia tetap terlihat awet muda di usianya yang sudah 49 tahun.

Mengutip dari Delish pada Selasa (10/7/2018), aktor Ant-Man and the Wasp tersebut pernah menceritakan tentang usahanya membentuk tubuh demi menjadi Ant-Man di tahun 2017. Dia mengikuti nasihat rekannya di Marvel Cinematic Universe, Chris Pratt (pemeran Star Lord di Guardians of the Galaxy), untuk mengurangi semua makanan yang "menyenangkan" selama hampir setahun, termasuk alkohol dan banyak karbohidrat.

"Hilangkan sesuatu yang menyenangkan selama setahun dan kemudian kami bisa memainkan seorang pahlawan," kata Rudd sembari bercanda pada Variety.

Saksikan juga video menarik berikut ini:

 

Tidak Sembarangan

Scott ditempatkan di bawah rumah tahanan setelah Civil War. Hal itu membuatnya tak tampil di The Avengers: Infinity War. (Marvel Cinematic Universe)

Rudd melakukan berbagai latihan berat yang berpusat pada senam dan latihan beban ke dalam rutinitasnya. Menurut dia, olahraga ini yang paling sering dia lakukan secara konsisten dalam hidupnya.

Pelatih CrossFit yang bekerja dengan Rudd berbicara pada Muscle and Fitness bahwa latihan tersebut termasuk dumbbell bench press, lompat tali, pull-up, dan latihan perut yang dirancang agar membuatnya terlihat "simetris dan berestetika".

"Saya tidak pernah berlatih lebih keras dari ini untuk waktu yang lama," kata Rudd pada People.

"Saya tidak sembarangan melakukan ini karena tidak sembarangan akan membuatnya jauh lebih sulit," tambah Rudd.

 

Latihan yang Disederhanakan

Ant-Man and the Wasp. (Marvel Studios)

Salah satu penyiar CNN, Jake Tapper yang juga teman Rudd mengatakan, dirinya meminta saran dari aktor yang dulu kerap bermain film komedi tersebut.

Tapper mengikuti saran dari Rudd dengan sedikit perubahan. Dia memulai hari dengan mengonsumsi semangkuk kecil oatmeal, ditambah protein seperti telur rebus. Setelah makan siang, dia memakannya lagi ditambah dengan pisang, mentega almond, dan es susu almond.

Makan siang dan makan malam biasanya dibuat sangat mirip. Jurnalis itu sering mengonsumsi salad dengan ayam panggang dan cranberry.

Seperti Rudd, Tapper juga mengurangi asupan alkohol dan meningkatkan latihannya, melakukan 40 menit kardio dan beberapa latihan beban setiap hari setelah sarapan.

Tapper mengatakan, dia kehilangan 12 pon atau sekitar 5 kilogram, sejak mengubah pola hidup yang disetujui oleh Rudd ini.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Akui Telah Melamar Hailey Baldwin, Justin Bieber: Hatiku Seutuhnya Milikmu

Posted: 09 Jul 2018 08:30 PM PDT

Liputan6.com, Los Angeles - Justin Bieber tampaknya tak sabar untuk berbagi kebahagiaan usai melamar kekasihnya, Hailey Baldwin. Setelah kemarin berita mengenai kabar ini mengemuka di media massa sepanjang hari, kini ia mengonfirmasi langsung soal kabar pertunangannya.

Justin Bieber membenarkan bahwa ia telah bertunangan dengan Hailey Baldwin dalam sebuah unggahan Instagram yang ia bagikan pada Selasa (10/7/2018).

"Awalnya ingin menunggu beberapa waktu untuk mengatakan sesuatu, tapi kabar berembus dengan cepat, dengar saja ini sesuatu yang sederhana Hailey aku mencintai semua tentang dirimu," tulis Justin Bieber.

Bersama konfirmasi ini, Justin mengunggah dua fotonya bersama Hailey Baldwin. Salah satunya, memperlihatkan wanita 21 tahun itu tengah mencium pipi Justin, sementara cincin pemberian pelantun "Never Say Never" tersebut melingkar di jari manisnya.

Habiskan Hidup Bersama

(Instagram/ justinbieber)

Justin Bieber bahkan sudah membayangkan bagaimana ia akan menghabiskan sisa hidupnya bersama Hailey.

"Aku berkomitmen untuk menghabiskan hidupku untuk mengenali segala sisi tentangmu dan mencintaimu dengan penuh kebaikan dan kesabaran."

Justin juga mengatakan akan memimpin keluarganya dalam jalan Tuhan.

Kata-Kata Manis

Hailey Baldwin dan Justin Bieber. (instagram/justinbieber)

Tak hanya ini kata-kata manis yang diucapkan Justin Bieber untuk kekasihnya ini.

"Hatiku SEPENUHNYA dan SEUTUHNYA MILIKMU dan aku akan SELALU menempatkanmu sebagai prioritas nomor satu!" tuturnya.

Wanita yang Tepat

sumber foto: Instagram Justin Bieber

Justin Bieber juga mengatakan bahwa Hailey Baldwin adalah satu-satunya perempuan yang tepat untuknya.

"Kamu adalah cinta dalam hidupku Hailey Baldwin dan aku tak mau menghabiskannya bersama orang lain. Kamu membuatku menjadi orang yang lebih baik dan kita saling melengkapi!!!" tulisnya.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Nikmati Beberapa Fasilitas Mewah Qantas Lounge Bisnis Internasional di Bandar Udara Sidney Australia

Posted: 09 Jul 2018 08:30 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Untuk Anda yang harus melakukan penerbangan jarak jauh, biasanya membutuhkan tempat nyaman untuk transit menunggu beberapa jam hingga tiba waktu penerbangan berikutnya. Memang beberapa restoran atau ruang tunggu penumpang bisa menjadi pilihan namun kenyamananya tetap akan terasa kurang maksimal. Qantas sebagai maskapai penerbangan nasional Australia yang berhasil meraih gelar sebagai maskapai penerbangan teraman di dunia dari AirlineRating.com dan didapuk sebagai satu dari 10 maskapai terbaik di dunia oleh Skytrax terpacu untuk terus berusaha memberikan yang terbaik bagi para penumpangnya.

Beberapa waktu lalu, tim liputan6.com diberikan kesempatan untuk menikmati Qantas Lounge Bisnis Internasional di Bandar Udara Internasional Sidney Australia, sambil menunggu waktu penerbangan menuju Jakarta tiba.

Lounge tersebut menawarkan pengalaman bersantap yang dirancang khusus oleh salah satu chef ternama Australia sekaligus Qantas Creative Director, Neil Perry. Tak heran pelayanan spesial di area lounge menjadi salah satu hal utama yang diperhatikan oleh Qantas di bandar udara Sidney, karena Qantas mengoperasikan 175 penerbangan ke lebih dari 20 destinasi internasional dari Sydney setiap minggunya.

 

Lounge Bisnis Internasional Sidney

Qantas Lounge Bisnis Internasional di Bandar Udara Sidney Australia. (Foto: Liputan6.com/Adinda Tri Wardhani)

Rencananya pada tahun 2019 mendatang lounge ini dapat mampu menampung 30% lebih banyak wisatawan dari sebelumnya. Lounge Bisnis Internasional Sidney sedang dalam proses perencanaan renovasi, dan akan hadir dengan desain interior yang terinspirasi dari lanskap kota Sydney.

David Caon, bekerja sama dengan sebuah firma arsitektur Australia Bates Smart, menjadi otak di balik konsep kreatif Lounge Bisnis Internasional baru Qantas di Sydney. Sebelumnya, David Caon telah menempati posisi sebagai kepala desainer untuk proyek interior Qantas Dreamliner, lounge di Singapura dan Hong Kong, Chairmans Lounge di Brisbane, serta Perth International Transit Lounge yang saat ini masih dalam proses pengerjaan.

CEO Qantas Group Alan Joyce mengatakan bahwa investasi untuk pembaharuan lounge ini menunjukkan komitmen Qantas dalam menghadirkan pelayanan kelas dunia dan desain terbaik di kelasnya.

"Lounge Bisnis Internasional kami di Sydney adalah salah satu lounge yang paling sering dikunjungi di jaringan internasional kami. Kami sangat bersemangat untuk meningkatkan kualitas lounge ini dengan desain yang sepenuhnya baru, serta kapasitas yang jauh lebih besar. Para pelanggan kami menyampaikan bahwa ruang yang lapang, privasi dan suasana adalah tiga hal yang paling mereka cari dari sebuah lounge. Oleh karena itu, kami mendesain Lounge Bisnis Internasional Sydney yang baru dengan amat memperhatikan aspek- aspek tersebut," jelas Joyce.

 

 

Pelayanan istimewa

Qantas Lounge Bisnis Internasional di Bandar Udara Sidney Australia. (Foto: Liputan6.com/Adinda Tri Wardhani)

Proyek pembaharuan ini rencananya akan mulai diselesaikan secara bertahap agar wisatawan dapat tetap mengakses lounge tersebut, dan diharapkan rampung pada akhir tahun 2019. Fasilitas lengkap seperti bar yang menyediakan layanan lengkap, Wi-Fi berkecepatan tinggi, area khusus keluarga, pelayanan berkualitas dari Sofitel, layanan spa, hingga fasilitas kamar mandi premium.

Sejak 2014, Qantas telah melakukan sejumlah pembaharuan signifikan di lebih dari 30 lounge domestik dan internasional, termasuk Qantas London Lounge dan Brisbane Chairmans Lounge. Selain itu, dua lounge baru di Bandara Domestik Melbourne dan Bandara Perth masih dalam proses pengerjaan, khususnya untuk penerbangan tanpa transit antara Perth dan London, yang sudah mulai berjalan pada 24 Maret 2018.

Lounge Bisnis Internasional Sydney melayani pelanggan Qantas yang terbang di kabin bisnis, anggota Qantas Frequent Flyer tingkat Gold atau lebih tinggi, anggota Qantas Club, anggota Emirates Skyward tingkat Gold atau lebih tinggi, serta anggota oneworld yang memiliki keanggotaan dengan tingkat manfaat setara.

Qantas Lounge Bisnis Internasional di Bandar Udara Sidney Australia. (Foto: Liputan6.com/Adinda Tri Wardhani)Area spa di Qantas Lounge Bisnis Internasional di Bandar Udara Sidney Australia. (Foto: Liputan6.com/Adinda Tri Wardhani)

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

VIDEO: Pria Satu Kaki Buat Lapangan Kerja untuk Warga Sekampung

Posted: 09 Jul 2018 08:30 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Walau memiliki keterbatasan fisik karena hanya memiliki satu kaki, pria ini sukses jadi inspirasi karena membuat lapangan pekerjaan untuk warga di desanya.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Hari Ini, Xiaomi Redmi 6A Hadir dengan Varian 3GB

Posted: 09 Jul 2018 08:30 PM PDT

Liputan6.com, Beijing - Ketika Xiaomi merilis Redmi 6A sekitar satu bulan yang lalu, smartphone ini hanya hadir dengan RAM 2GB dan memori internal 16GB.

Namun kini, Xiaomi memberikan kapasitas yang lebih besar untuk Redmi 6A.

Dilansir GSM Arena, Selasa (10/7/2018), Xiaomi dilaporkan menghadirkan Redmi 6A dengan opsi RAM 3GB dan memori internal 32GB mulai hari ini. Varian baru tersebut tentu lebih mahal daripada sebelumnya.

Xiaomi diketahui membanderol Redmi 6A varian 2GB/16GB US$ 95, sedangkan 3GB/32GB sedikit lebih mahal dengan harga US$ 105. Harga jual Redmi 6A lebih murah dibandingkan Redmi 6 US$ 125.

Redmi 6A varian 3GB/32GB telah ada di ritel online JD.COM di Tiongkok dan sudah bisa dipesan. Varian baru itu hanya hadir balutan warna emas.

Terlepas dari produknya, Xiaomi kembali memiliki pencapaian baru. Perusahaan asal Tiongkok ini baru saja mencantumkan saham perdananya di Bursa Saham Hong Kong pada Senin (9/7/2018).

Nilai valuasi Xiaomi tembus USD 54,3 miliar atau setara Rp 776 triliun dengan harga per lembar saham 17 HKD atau berkisar Rp 30 ribu.

Usai IPO, Xiaomi Siap Geber Berbagai Pasar

Kantor Xiaomi di lantai 1 digunakan untuk kantor legal dan administrasi. Liputan6.com/Agustin Setyo Wardani

Usai resmi menjadi perusahaan publik, Xiaomi telah memiliki serangkaian rencana yang akan direalisasikannya. Hal ini diungkapkan oleh Chief Financial Officer (CFO) Xiaomi, Shou Zi Chew.

Salah satu rencananya adalah mengalokasikan modal untuk masuk ke pasar internasional.

"30 persen modal kami masih akan fokus di RND dan terus membuat produk inovatif. 30 persen fokus mengembangkan IoT dan ini tidak hanya smart hardware, tetapi juga fokus sebagai perusahaan internet, 30 persen lagi untuk fokus ke ekspansi internasional, dan sisanya general," kata Shou di hadapan media di Hong Kong, Senin (9/7/2018).

Hadir dalam kesempatan yang sama, Senior Vice President Xiaomi, Wang Xiang, mengatakan saat ini perusahan sudah melebarkan sayap di 74 negara dan akan terus melanjutkan langkah ini. Sejak November lalu, katanya, Xiaomi telah menjejaki pasar Eropa Barat seperti Spanyol, Prancis, dan Italia.

Xiaomi pun akan masuk ke lebih banyak negara Eropa Barat lainnya dan juga Amerika Latin. "Sudah banyak yang bertanya kapan Xiaomi masuk ke Amerika Latin, dan modal tersebut akan digunakan untuk masuk ke negara-negara lain (di Eropa) dalam beberapa waktu ke depan. Kami juga ingin lebih banyak masuk ke negara-negara lain di Eropa," tutur Xiang.

Menurutnya, Xiaomi terus bekerja keras untuk memenuhi berbagai persyaratan untuk masuk ke negara-negara lainnya. "Butuh lebih banyak waktu dan tenaga untuk bisa masuk ke negara baru, tapi kami bisa melihat sesegera mungkin Xiaomi masuk ke pasar Eropa Barat," ujar Xiang.

Bakal Sambangi Amerika Serikat

Kantor Xiaomi di Maofanglu Road, Beijing. Tempat Vice President International Xiaomi Hugo Barra beraktivitas. Liputan6.com/Agustin Setyo Wardani

Selain Eropa, beberapa waktu lalu Xiaomi juga dilaporkan akan mulai memasarkan smartphone ke Amerika Serikat. Rencana ini kembali dibahas oleh Xiang.

"Kami sangat excited ingin masuk ke pasar Amerika Serikat, tetapi untuk smartphone karena perbedaan spesifikasi spektrum, saat ini kami harus bekerja keras terlebih dahulu untuk memenuhi hal tersebut," katanya.

Meski demikian, sebenarnya nama Xiaomi telah dikenal oleh sejumlah konsumen di Negeri Paman Sam. Hal ini karena Xiaomi juga telah menjual berbagai perangkat IoT di negara tersebut

"Kami sekarang sudah ada di pasar Amerika Serikat untuk produk ekosistem dan bermitra dengan Amazon serta Wallmart. Kami sudah mulai jualan di sana dari tahun lalu," ujar Xiang.

CEO Xiaomi, Lei Jun, melalui suratnya kepada internal perusahaan mengatakan bahwa setelah IPO, perusahaan akan menambah kategori produknya. Ia menyebutkan, potensi nilai produk Xiaomi di pasar-pasar yang belum disambangi mencapai 100 miliar Yuan atau setara Rp 216 triliun.

Pasar smartphone di luar Tiongkok merupakan hal penting bagi Xiaomi. Hal ini disebabkan kontribusi bisnis internasional Xiaomi per kuartal I 2018 mencapai 36 persen dari total pendapatan perusahaan.

(Din/Jek)

Saksikan Video Pilihan Berikut Ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

PGN Caplok Pertagas Bikin Pembangunan Pipa Gas Lebih Masif

Posted: 09 Jul 2018 08:25 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Badan Pengatur Kegiatan Hilir Minyak dan Gas Bumi (BPH Migas) menilai kebijakan integrasi PT Perusahaan Gas Negara (PGN) dengan PT Pertamina Gas (Pertagas), akan membuat pembangunan infrastruktur gas semakin pesat.

Direktur Gas BPH Migas Tisnaldi mengatakan, penyatuan Pertagas ke [PGN ]( 3543214 "")antara lain memberi manfaat bagi pembangunan infrastruktur gas di Indonesia. Dipercaya pembangunan infrastruktur gas menjadi lebih pesat dari yang dilakukan sekarang.

"Yang pasti bermanfaat, sekarang kan ada dua (perusahaan) nanti tinggal dikoordinasikan," kata Tisnaldi, saat berbincang dengan Liputan6.com, di Jakarta, Selasa (‎10/7/2018).

Tisnaldi melanjutkan, pembangunan jaringan pipa gas sudah menjadi proyek strategis nasional. Dengan adanya integrasi tersebut maka dapat mendukung berjalannya proyek tersebut lebih cepat.

‎"Pembangunan pipa gas jadi proyek strategis nasional, akan bergerak lebih cepat dengan adanya ini," tutur dia.

Menurut Tisnaldi, meski pihaknya tidak terlibat dalam pasti keputusan‎ integrasi, tetapi dia yakin program tersebut sudah dipertimbangkan dengan baik dan dikaji dengan matang baik dari sisi teknis operasinya.

"Keputusan itu pasti mereka sudah kaji,‎ dari berbagai sisi termasuk akademis panjang lebar," dia menandaskan.

Caplok 51 Persen Saham Pertagas, PGN Rogoh Kocek Rp 16,6 Triliun

Petugas mengecek instalasi pipa metering regulating station PT Perusahaan Gas Negara (Persero) Tbk di PT Lion Metal Works di Jakarta, (28/10/2015). Sektor Industri kini mulai mengkonversi dari bahan bakar minyak ke gas alam. (Liputan6.com/Angga Yuniar)

PT Perusahaan Gas Negara Tbk (PGAS) atau disebut PGN bersama Pertamina melakukan transaksi material dengan membeli 51 persen saham Pertagas, yang merupakan anak usaha perusahaan Pertamina.

Transaksi tersebut termasuk transaksi afiliasi dan material. Transaksi afiliasi lantaran PT Perusahaan Gas Negara Tbk atau disebut PGN dan pertamina merupakan pihak terafiliasi yang keduanya dikendalikan baik langsung dan tidak langsung oleh pemerintah Indonesia.

Sedangkan transaksi tersebut transaksi material sesuai Peraturan Nomor IX.E.2 lantaran nilai transaksi lebih dari 20 persen namun kurang dari 50 persen dari ekuitas perseroan berdasarkan laporan keuangan. Demikian seperti dikutip dari keterbukaan informasi ke Bursa Efek Indonesia (BEI), Selasa (3/7/2018).

Adapun pengambilalihan saham Pertagas dengan transaksi jual 2.591.099 lembar saham yang dimiliki oleh Pertamina dalam Pertagas atau setara dengan 51 persen dari seluruh modal ditempatkan dan disetor pada Pertagas.

Nilai keseluruhan dari transaksi dalam kesepakatan awal atas akuisisi 51 persen kepemilikan saham di Pertagas adalah sekitar Rp 16,60 triliun. Jumlah itu sebesar 38,46 persen dari ekuitas perseroan berdasarkan laporan keuangan perseroan.

"Perseroan akan memakai pendanaan internal dan pinjaman," seperti dikutip dari keterangan tersebut.

Nilai transaksi itu merupakan harga pembelian untuk 2.591.099 lembar saham yang dimiliki oleh Pertamina dalam Pertagas dengan PT Perta Arun Gas, PT Perta Daya Gas, PT Perta Samtan Gas, dan PT Perta Kalimantan Gas sudah dikeluarkan dari buku Pertagas sehingga hanya terdapat PT Pertagas Niaga sebagai anak usaha di dalam buku Pertagas.

"Penyelesaian akan dilakukan pada tujuh hari kerja setelah tanggal diterimanya berita acara pemenuhan persyaratan pendahuluan yang ditandatangani oleh para pihak namun tidak akan melebihi 90 hari sejak tanggal ditandatanganinya perjanjian (batas waktu) atau pada tanggal lain sebagaimana disetujui secara tertulis oleh para pihak," tulis keterangan tersebut.

Latar belakang transaksi ini adalah dari salah satu inisiatif Pemerintah Indonesia untuk mendorong perekonomian dan ketahanan energi nasional dengan membentuk perusahaan induk di bidang minyak dan gas bumi atau holding BUMN migas.

 

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Buka Sarasehan Wantannas, Wiranto Menyanyi Maluku Tanah Pusaka

Posted: 09 Jul 2018 08:22 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Menteri Koordinator Politik Hukum dan Keamanan (Menko Polhukam) Wiranto membuka acara Seminar Sarasehan Nasional Dewan Ketahanan Nasional (Wantannas). Dalam kesempatan itu, Wiranto sempat menyanyikan lagu 'Maluku Tanah Pusaka'.

Saresehan itu mengusung Tema "Merawat Perdamaian, Belajar dari Resolusi Konflik dan Damai di Maluku dan Maluku Utara untuk Indonesia yang Bersatu, Berdaulat, Adil dan Makmur" .

"Dari ujung Halmahera, sampai tenggara jauh kita semua bersaudara," demikian penggalan lagu yang dinyanyikan Wiranto di hadapan peserta seminar, di Kuningan Jakarta Selatan, Selasa (10/7/2018)

Wiranto menyebut pesan lagu itu untuk menjaga perdamaian Maluku. Politikus Partai Hanura itu berharap warga Maluku terus menjaga kerukunan sebagai modalitas persatuan bangsa.

"Dalam rangka mendapatkan cita-cita nasional adalah syaratnya bersatu, kita bisa berdaulat, mandiri. Dengan mandiri kita bisa jadi masyarakat yang adil dan makmur bukan dengan konflik," ucap Wiranto.

Perdamaian Jelang Pemilu 2019

Dia berharap perdamaian di Maluku terus terwujud, terlebih menjelang Pemilihan Umum Legislatif (Pileg) dan Pemilihan Umum Presiden (Pilpres) 2019.

Menurut Wiranto, seminar ini dijadikan ajang untuk semakin memperkuat kerukunan antar masyarakat, tak hanya di Maluku namun seluruh masyarakat Indonesia.

"Apalagi sebentar lagi ada pileg dan pilpres, jujur kita perlu berdialog, objeknya agar masyarakat agar kita antar politik mencari pemimpin masyarakat, jangan sampai salah pengelola akan menjadi konflik," terang Wiranto.

 

Saksikan video pilihan di bawah ini:

 

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Tidak ada komentar: