Jumat, 20 Juli 2018

Liputan6 : RSS2 Feed

Liputan6 : RSS2 Feed


Live Streaming Indosiar Sriwijaya Vs Arema di Liga 1

Posted: 20 Jul 2018 09:30 PM PDT

Liputan6.com, Palembang - Sriwijaya FC akan menghadapi Arema FC di Stadion Gelora Jakabaring, Sabtu (21/7/2018) pada pekan ke-17 Liga 1. Pertandingan ini disiarkan live dan eksklusif di Indosiar.

Kemenangan tentu menjadi target utama Laskar Wong Kito, julukan Sriwijaya FC. Sayangnya, tuan rumah dalam kondisi kurang ideal setelah kehilangan delapan pemain yang memilih hengkang pada bursa transfer paruh musim.

Sementara itu, tim tamu justru telah menambah empat amunisi tambahan, termasuk tiga di antaranya merupakan eks Sriwijaya FC, yakni: Hamka Hamzah, Alfin Tuasalamony, dan Makan Konate.

Live Streaming Indosiar Sriwijaya Vs Arema di Liga 1 dimulai pukul 15.30 WIB. Dapatkan link Live Streaming Indosiar Sriwijaya Vs Arema di Liga 1 di halaman selanjutnya.

 

Link Live Streaming

Untuk link Live Streaming Indosiar Sriwijaya Vs Arema di Liga 1 silakan klik di sini....

Prakiraan Susunan Pemain

Sriwijaya FC (4-3-3): Teja Paku Alam (Kiper); Marco Meraudje, Bio Paulin, Ahmad Faris, Zalnando (Belakang); Yu Hyun-koo, Zulfiandi, Ichsan Kurniawan (Tengah); Esteban Viscarra, Manucechr Dzalilov, Alberto Goncalves (Depan)

Pelatih: Francis Wewengkang (caretaker)

Arema FC (4-3-3): Srdjan Ostojic (Kiper); Ricky Ohorella, Hamka Hamzah, Artur Cunha, Bagas Adi Nugroho (Belakang); Hanif Sjahbandi, Hendro Siswanto, Jhon Alfarizi (Tengah); Makan Konate, Dendi Santoso, Rivaldi Bauwo (Depan)

Pelatih: Milan Petrovic

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Baru Dua Bulan Menikah, Raditya Dika Pamer Gandeng Wanita Lain

Posted: 20 Jul 2018 09:30 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Kehidupan Raditya Dika memang selalu menarik perhatian publik. Sempat menjabat sebagai Presiden Jomblo, gelar tersebut akhirnya luntur sejak Raditya Dika menikahi aktris cantik Anissa Aziza pada 5 Mei lalu.

Walaupun sering menampilkan tingkah konyol, sosok Raditya Dika juga bisa bersikap romantis pada istrinya. Namun, dalam pernikahan yang baru berusia lebih dari dua bulan itu, Raditya Dika terlihat pamer kemesraan dengan wanita lain.

Momen gandengan mesra itu pun diunggah Raditya Dika di akun Instagram miliknya, pada Jumat (20/7/2018).

Dalam foto unggahan itu, Raditya Dika dan wanita itu kompak mengenakan pakaian warna abu-abu. Pria berumur 33 tahun ini tampil kasual dengan kaus dan celana jeans hitam. Sementara si wanita mengenakan gaun yang dilapisi mantel dengan model rambut kucir kuda.

Gandeng

Raditya Dika (Instagram/raditya_dika)

Wanita yang digandeng Raditya Dika itu ternyata merupakan penyanyi terkenal bernama Ariana Grande. Sayangnya, unggahan tersebut hanya berupa foto yang telah diedit dengan nyaris sempurna. Usai melihat foto itu, warganet pun berhasil dibuat tertawa. Warganet juga menyadari bahwa foto itu hanyalah hasil editan.

 

Handal

Raditya Dika

"Wkwk ngeri kalilah editan nya ini shayy bisa segitu pas nya," tulis akun @tamaraasmg.

"Wagelaseh editan nya mulus bet," tulis akun @merry.sriwijayanti.

"Ngayal dikit gapapa lah ya," tulis akun @gloriaaindah.

"Yang ngeditin handal," tulis akun @carolineresthy.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Bandara Adi Soemarmo Tambah Fasilitas untuk Penerbangan Haji

Posted: 20 Jul 2018 09:20 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Kloter pertama jamaah haji telah resmi diberangkatkan pada hari Selasa, (17/7). Sebanyak 357 jamaah telah dilepas menuju Madinah pada pukul 05.30 melalui Bandara Adi Soemarmo menggunakan maskapai Garuda Indonesia.

Dengan adanya apron baru yang telah di verifkasi oleh Direktorat Jenderal Perhubungan Udara, dalam pelaksanaan haji kali ini PT Angkasa Pura I cabang Bandara Adi Soemarmo menambahkan fasilitas yakni sejumlah 3 parking stand untuk pesawat berbadan besar atau wide body sehingga kesiapan bandara sudah lebih baik.

"Kurang lebih sebanyak 34.112 jamaah dibagi menjadi 95 kloter.Jadi embarkasi Solo ini merupakan embarkasi terbesar dalam pelaksanaan Haji 2018 yang ada di Indonesia." ujar Wendo Asrul Rose, selaku Direktur Operasi PT Angkasa Pura I (Persero).

Wendo yang didampingi oleh General Manager PT Angkasa Pura I Cabang Bandara Adi Soemarmo menambahkan bahwa traffic di Solo cenderung meningkat jika dibandingkan dengan tahun lalu. Pemberangkatan dibagi menjadi 4 kali penerbangan setiap harinya dan kloter terakhir akan diberangkatkan pada tanggal 15 Agustus 2018. Wendo juga berharap agar pelaksanaan haji tahun ini bisa berjalan lancar tanpa hambatan.

 

 

(*)

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Inneke Koesherawati Ditangkap KPK Bersama Kalapas Sukamiskin

Posted: 20 Jul 2018 09:17 PM PDT

JawaPos.com - Jakarta Artis Inneke Koesherawati ditangkap bersama lima orang lainnya dalam Operasi Tangkap Tangan (OTT) Tim Satgas Penindakan Komisi Pemberantasan Korupsi pada Jumat (20/7/2018) malam kemarin.

JawaPos.com melaporkan bahwa Inneke Koesherawati ditangkap bersama lima orang lainnya. Mereka adalah Kalapas Sukamiskin Wahid Husen, terpidana kasus korupsi proyek satelit monitoring di Bakamla, Fahmi Darmawansyah, Hendri (sopir), Andri (Napi Tipikor tamping Fahmmi), dan Dian Anggraini.

"Ya Inneke juga diamankan," tutur sumber JawaPos.com Sabtu (21/7/2018).

Saat ini, Inneke Koesherawati tengah berada dalam pemeriksaan KPK.

"IK masih diperiksa," tutur seorang sumber.

Respons KPK

Inneke Koesherawati. (Foto: instagram.com/inekekoes)

Inneke Koesherawati, kata sumber tersebut, diduga turut mengetahui adanya OTT yang dilakukan KPK terhadap Fahmi suaminya."Dia duga sebagai pemberi," ungkap sumber tersebut.

Terkait adanya OTT Ini, Wakil Ketua KPK Laode M Syarief telah membenarkanya. Namun, dia enggan merinci siapa saja pihak yang diamankan dan terkait kasus apa, sehingga Kalapas Sukamiskin dan beberapa pihak lain diamankan anggotanya.

"Betul, ada kegiatan KPK di Lapas Sukamiskin," kata Laode kepada wartawan.

 

Simak berita menarik dari JawaPos.com di sini.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Demi Liverpool, Keita Tolak Barcelona dan Munchen

Posted: 20 Jul 2018 09:15 PM PDT

Liputan6.com, Liverpool - Gelandang anyar Liverpool, Naby Keita buka-bukaan terkait kepindahannya dari RB Leipzig ke Anfield. Dia punya keyakinan kuat saat memilih Liverpool.

Bahkan, dia mengaku rela untuk menolak Barcelona dan Bayern Munchen demi gabung dengan Liverpool. Dia memilih untuk menjadi anak asuh Jurgen Klopp di Liverpool.

Liverpool sukses memboyong Keita dengan transfer 48 juta pounds. Dia menjadi salah satu pembelian yang cukup diidamkan Liverpool sejak lama.

Keita menambah kaya deretan gelandang top di Liverpool. Saat ini, Liverpool sudah punya Fabinho dan juga kapten tim, Jordan Henderson.

"Benar ada tim lain yang juga tertarik dengan saya seperti yang Anda sebut. Namun keputusan saya lebih banyak ditentukan oleh peran pelatih," katanya seperti dikutip Goal.com.

 

 

Komunikasi

Jurgen Klopp salah satu alasan Naby Keita gabung Liverpool (Paul ELLIS / AFP)

Keita mengatakan banyak berkomunikasi dengan Klopp sebelum gabung Liverpool.Pemain asal Guinea itu mengaku pelatih asal Jerman itu sukses meyakinkannya.

"Kami banyak bicara. Kata-kata yang dia bilang soal proyek di Liverpool benar-benar meyakinkan saya. Saya bisa lihat bagaimana klub ini berkembang dan saya bicara panjang lebar dengan Mane," ujarnya.

"Mane seperti saudara buat saya. Kami bersama-sama di Salzburg selama 9 bulan dan bermain bagus. Sejak itu, kami sudah berteman," ujarnya.

Permainan Kasar

Di Bundesliga, Keita terkenal sering mendapatkan kartu merah. Dia dikhawatirkan bakal mendapatkan tekel-tekel keras saat main di Liga Inggris.

"Saya pikir permainan fisik di Lia Inggris tak akan memberi dampak buruk buat saya. Saya banyak menonton sepak bola Inggris. Saya akan adaptasi," katanya.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Mobilnya Dibakar Orang Tak Dikenal, Neno Warisman Belum Lapor Polisi

Posted: 20 Jul 2018 09:08 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Mobil milik mantan artis Neno Warisman dibakar orang tak dikenal (OTK) di depan rumahnya di bilangan Cimanggis, Depok, Jawa Barat pada Rabu 18 Juli 2018 (sebelumnya ditulis Kamis (19/7/2018). Kendati, Neno belum melaporkan kejadian tersebut ke polisi.

"Yang lapor malah katanya warga, dan katanya udah ada polisi yang datang," ujar Neno kepada Liputan6.com, Jakarta, Sabtu (21/7/2018).

Neno sendiri dikenal sebagai salah satu aktivis gerakan #2019GantiPresiden. Namun dia enggan berspekulasi lebih jauh peristiwa terbakarnya mobil itu dengan aktivitas politiknya.

"Saya nggak berasumsi apa-apa. Tapi banyak yang mengingatkan terutama kewaspadaan. Banyak yang mengaitkan (kejadian ini dengan gerakan ganti presiden)," tuturnya.

Neno sendiri saat ini tengah berada di luar kota terkait dengan kegiatan gerakan #2019GantiPresiden. Dia juga belum berencana melaporkan kejadian tersebut ke polisi. Sementara kasus pembakaran mobilnya tengah viral di media sosial.

Insiden di rumah Neno hampir bersamaan dengan dugaan pelemparan molotov ke politikus PKS Mardani Ali Sera yang juga pegiat gerakan #2019GantiPresiden. Jika tidak segera diusut, kasus tersebut akan berkembang liar di publik.

"Ya saya pertimbangkan lah (melapor ke polisi," ucap Neno.

Dihubungi terpisah, Kapolsek Cimanggis Kompol Suyud mengaku belum mendapatkan laporan terkait peristiwa di rumah Neno. Suyud belum bisa komentar banyak soal peristiwa tersebut. Bahkan polisi belum menemukan alamat rumah Neno.

"Ini kami masih mencari alamat rumahnya. Belum ada laporan," ucap Suyud singkat.

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

[vidio:Pensiun Jadi Artis, Ini Kesibukan Baru Neno Warisman]()

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Top 3: Pesta Pernikahan Porak Poranda karena Doa Mantan

Posted: 20 Jul 2018 09:05 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Rasa sakit ditinggal pacar yang kita sayangi memang tak dapat tergantikan. Apalagi saat sedang sayang-sayangnya dengan pacar, ditikung orang lain untuk menikah pasti amat sedih.

Mungkin sebagian besar orang yang mengalami hal demikian merasa terzalimi. Sampai akhirnya terbesit doa yang enggak-enggak terhadap mantan mereka.

Berkut ini merupakan sejumlah gambaran kalau doa mantan yang disakiti dapat terkabul. Buktinya sejumlah pesta pernikahan ini jadi porak poranda.

Artikel tentang enam pesta pernikahan porak poranda menjadi yang paling terpopuler di kanal Citizen6, Liputan6.com.

Disusul dengan artikel kedua terpopuler yakni tentang 11 transformasi drastis para transgender yang bikin paling. Sementara itu artikel tentang iseng minta foto diedit jadi keren malah hasilnya bikin ketawa geli.

Berikut Top 3 Citizen6:

1. Ngenes tapi Ngakak, 6 Pesta Pernikahan Porak Poranda Akibat Doa Mantan

(Foto rangkuman berbagai sumber)

Kesedihan ditinggal pasangan atau pacar tercinta memang bisa membuat seseorang jadi khilaf. Ada yang sampai mendoakan yang enggak-enggak untuk pernikahan mantan pacar. Seperti beberapa foto resepsi pernikahan ini. Untuk orang yang melihatnya pasti sedih kalau acara nikahan bisa berujung sampai seperti ini.

Tapi di sisi lain, banyak juga orang menyangka bencana saat resepsi pernikahan ini disebabkan karena doa mantan yang terkabulkan. Dikutip dari berbagai sumber, berikut kejadian pilu saat nikahan akibat doa mantan yang dikabulkan.

Selengkapnya..

2. 11 Transfomasi Drastis Para Trasngender, Siap-Siap Dibikin Pangling

(Foto: Wittywew)

Karena tak merasa puas dengan jati diri mereka yang sebenarnya, tak sedikit orang akhirnya memutuskan untuk mengubah gender mereka. Di Thailand, merubah gender dari laki-laki menjadi perempuan sepertinya sudah menjadi lazim, meski beberapa orangtua di sana masih menolak tindakan ini.

Namun, di sisi lain perubahan drastis mereka turut membuat decak kagum banyak orang. Selain bikin pangling, perubahan mereka secara totalitas, bikin orang tak percaya bahwa sebelumnya mereka adalah laki-laki. Berikut ini telah dirangkum gambar perubahan drastis transgender asal Thailand yang bikin orang dibuat tak percaya, dilansir dari Wittywew.

Selengkapnya..

3. Iseng Minta Fotonya Diedit Warganet, Hasilnya Justru Bikin Ketawa Geli

(Foto: awreceh.id/Instagram)

Penampilan pakaian sudah oke, wajah juga sudah keren. Tapi rasanya masih ada yang aneh karena selfie masih juga tidak bagus. Adakah yang pernah mengalami hal itu? Oleh karena itu, baru-baru ini, seorang pemuda iseng meminta foto selfienya diedit warganet supaya semakin keren.

Dengan kreativitas tangan warganet, ada saja ide-ide jahil yang muncul untuk membuat tertawa banyak orang. Alih-alih foto jadi keren, warganet malah bikin foto pemuda ini menjadi kocak. Dikutip dari Instagram @Awreceh.id, berikut foto editan warganet yang bikin ngakak.

Selengkapnya..

Saksikan Video Pilihan di Bawah ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

PM Inggris: Saya Akan Tolak Semua Saran Uni Eropa tentang Perbatasan Irlandia

Posted: 20 Jul 2018 09:02 PM PDT

Liputan6.com, London - Perdana Menteri Inggris Theresa May mengatakan bahwa kini adalah saatnya ia bersikap tegas terhadap Uni Eropa, terkait pandangan solusi perbatasan Britania Raya dan Irlandia.

Pernyataan itu disampaikan oleh PM May di tengah-tengah pidatonya di Balai Kota Belfast pada Jumat pagi, yang merupakan bagian dari kunjungan dua hari ke Irlandia Utara.

Dikutip dari BBC pada Jumat (20/7/2018), fokus utama kunjungan pemimpin pemerintahan Inggris itu adalah untuk menuntaskan isu Brexit, yang mengalami kebuntuan di Parlemen Irlandia Utara, Stormont.

Inggris dan Uni Eropa sama-sama sepakat bahwa tidak boleh ada kebijakan perbatasan yang keras di Irlandia setelah Brexit, meskipun kedua pihak belum begitu yakin bagaimana mencapainya.

Namun di sisi lain, Inggris menolak solusi "backstop" yang diajukan oleh Uni Eropa. Kebijakan ini mengedepankan isu pabean Irlandia Utara tetap menyesuaikan dengan pasar tunggal Uni Eropa.

Kebijakan "backstop" diajukan, salah satunya, karena wilayah Irlandia Utara terpisah dari daratan Kerajaan Inggris, dan tidak memiliki garis perbatasan yang menyambung dengan pulau Britania.

Hal ini membuat kegiatan perdagangan dari dan ke Irlandia Utara mengalami kesulitan dalam penyesuaian nilai setelah Brexit, sehingga akan berpengaruh pada neraca perdagangan Inggris dengan Uni Eropa, yang merupakan salah satu mitra ekonomi terbesarnya.

"Saya akan tolak semua saran Uni Eropa tentang perbatasan Irlandia Utara," tegas PM May.

"Apa yang benar-benar ingin kita fokuskan adalah hubungan keseluruhan, kemitraan mendalam dan khusus yang ingin kita lihat dengan UE di masa depan, yang ditetapkan dalam Buku Putih setelah perjanjian Chequers," lanjutnya menjelaskan.

Awal pekan ini, pemerintah Inggris mendukung amandemen terhadap RUU Bea Cukai, yang akan membuatnya ilegal bagi Irlandia Utara untuk berada di luar wilayah pabean Negeri Ratu Elizabeth II.

 

Simak video pilihan berikut: 

 

 

Kembali Menyinggung Perjanjian Chequers

Perdana Menteri Inggris, Theresa May menandatangani surat cerai Brexit (pemisahan Inggris dari Uni Eropa) yang akan diajukan kepada Presiden Uni Eropa Donald Tusk di 10 Downing Street, London, Selasa (28/3). (Christopher Furlong/Pool Photo via AP)

Pidato PM May di Belfast itu, oleh beberpa pengamat, disebut menandai upaya pemerintah Inggris untuk mengangkat kembali isu "perjanjian Chequers", yang gagal menemui kesepakatan di tingkat parlemen, beberapa minggu lalu.

Perjanjian Chequers sendiri merupakan sebutan untuk pembahasan terakhir antara Inggris dan Uni Eropa, yang digelar di Brussels pada penghujung tahun lalu.

Saat ini, pemerintah Negeri Ratu Elizabeth II berubah pikiran untuk membatalkan sebagian dari isi perjanjian dengan Uni Eropa tersebut, karena dinilai menghambat apa yang disebut PM May sebagai "meraih kejayaan Inggris".

Selain itu, pidato PM May juga disebut bertepatan dengan imbauan Dana Moneter Internasional (IMF), yang mengatakan bahwa beberapa negara Uni Eropa akan menderita kerusakan ekonomi yang signifikan, jika Inggris pergi tanpa kesepakatan perdagangan.

 

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Keuntungan Tak Terduga Pria yang Tumbuhkan Janggut

Posted: 20 Jul 2018 09:00 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Sebagian pria memilih memelihara janggut dengan beragam alasan. Salah satunya untuk membuat tampilan wajahnya jadi lebih maskulin. Siapa sangka, tak cuma soal tampilan, punya janggut rupanya bisa bermanfaat bagi kesehatan.

Pria yang memelihara janggut rupanya berisiko lebih rendah terkena kanker kulit. Rupanya, kehadiran janggut dapat melindungi wajah hingga 95 persen dari sinar UV berbahaya. Hal tersebut diketahui peneliti dari University of Quensland Australia seperti dilansir laman Mens Health Australia, Sabtu (21/7/2018).

Selain itu, beberapa bagian di wajah yang tertutup janggut akan terlindungi dari kuman miksroskopis yang mungkin hidup di wajah.

 

Saksikan juga video menarik berikut:

Pria berjanggut punya daya pikat

Cara tepat menumbuhkan janggut pada pria.

Selain kanker, janggut memiliki peran dalam memudahkan pria untuk memikat wanita. Berdasarkan penelitian yang dipublikasikan dalam Journal of Evolutionary Biology, beberapa wanita mencari pria yang memiliki janggut tebal untuk pasangan jangka panjangnya. Menurut peneliti, semakin tebal janggut seorang pria, maka akan semakin menarik.

Sementara itu, penelitian lain mengungkapkan bahwa pria berjanggut diminati berbagai perusahaan. Dalam jurnal Social Behavior and Personality mengungkapkan pelamar berjanggut memiliki peluang lebih tinggi untuk mendapatkan posisi yang ditawarkan.

Selain itu, pria berjanggut dinilai lebih tinggi untuk masalah kepribadian, kompetensi dan ketenangan.

Melihat aneka manfaat janggut di atas, bagaimana dengan Anda? Jika tertarik, tak ada ruginya memelihara janggut. (Penulis: Jihan Khalda Fairuz)

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Kisah Mashuri, Gaya Menabung Produktif Untuk Berhaji

Posted: 20 Jul 2018 09:00 PM PDT

Liputan6.com, Grobogan - Ibadah haji bisa menjadi sebuah kekuatan dahsyat ketika orang menginginkannya. Apalagi keinginan itu dirasa tak mungkin. Inilah kisah Mashuri, tukang becak dengan gaya menabung klasik namun produktif.

Namanya Mashuri. Profesinya tukang becak. Kesehariannya tinggal di Dusun Bendo, Desa Getasrejo, Kecamatan Grobogan, Kabupaten Grobogan.

Musim haji tahun 2018 ini, mungkin menjadi satu-satunya kesempatan baginya berangkat haji. Maklum usianya sudah 62 tahun. Mashuri dan Siti Patminah, akhirnya bisa sujud syukur karena benar-benar bisa berangkat haji.

Mashuri bercerita bahwa ia naik haji setelah menabung dan mendaftar sejak tahun 2011. Ia nyaris berangkat tahun 2017, namun terkena pembatasan kuota sehingga masuk daftar tunggu.

"Dari sebelum menikah, saya sudah narik becak," kata Mashuri.

Hasil menjadi tukang becak itu awalnya ditabung dan dibelikan kambing. Setelah kambing berbiak, kambing itupun dia jual dan dibelikan sapi. Sapi yang ia miliki rupanya juga harus dilepas.

""Sapi saya jual, saya tambahi tabungan sehingga bisa membeli sepetak sawah," kata Mashuri menjawab pertanyaan trik-nya menabung sehingga bisa membayar biaya haji.

Simak video menarik berikut di bawah:

 

Sempat Masuk Daftar Tunggu

Ibadah salat selalu dilakukan di masjid oleh Mashuri, di sela-sela aktivitasnya menarik becak. (foto: Liputan6.com / felek wahyu)

Sejak memiliki sawah, selain menarik becak, ia juga berprofesi sebagai petani. Menurutnya, sehabis menggarap sawah, ia selalu menyempatkan diri pergi ke Pasar Umum Purwodadi untuk menarik becak.

"Pulang dari sawah, biasanya langsung ke pasar nyari penumpang. Biasanya nganter di dalam kota saja. Lumayan bisa terkumpul sedikit demi sedikit," katanya.

Keinginannya pergi beribadah haji tak terbendung saat anak-anaknya sudah berumah tangga. Maka tahun 2011 kakek delapan cucu ini mendaftar.

"Tahun kemarin gak jadi berangkat. Alhamdulillah, tahun ini bisa berangkat,"  kata Mashuri.

Sementara itu, Siti Patminah, sang istri mengaku bahagia dengan kepastian keberangkatannya ke tanah suci. Mereka berdua akan berangkat haji ke tanah suci dengan kloter 75.

"Berangkat hari ini, tanggal berapa ini, 20 Juli 2018 ya. Jam 12 siang dari pendopo kabupaten. Ini segala perlengkapan sudah siap semuanya," kata Siti Supatmi.

 

Membuka Tabungan

Mashuri selalu menyempatkan berkumpul dengan cucunya di sela menarik becak dan bertani. (foto : Liputan6.com / felek wahyu)

Bulatnya tekad Mashuri pergi haji diawali dari keinginan Siti Supatmi yang menyampaikan keinginannya. Mashuri setuju dan sejak kalimat persetujuan terucap dari bibirnya, ia konsekwen menabung.

Seperti ditulis di bagian depan, ia sengaja menabung dengan memelihara ternak dan akhirnya membeli sawah agar bisa produktif. Siti Supatmi dalam doanya usai salat juga selalu menyelipkan keinginannya berhaji.

"Mumpung anak sudah berkeluarga semua. Alhamdulillah suami setuju,"  kata Siti Supatmi.

Saatnya tiba. Tabungan dibuka. Caranya?

"Sawah yang memang diniatkan sebagai tabungan hasil menarik becak itu kami jual sebagai ongkos. Alhamdulillah hanya tinggal menambah Rp 300 ribu saja," kata Supatmi.

Trik menabung gaya Mashuri dan Siti Supatmi ini barangkali bisa dicontoh. Pengalaman mereka menjadi penegas bahwa keinginan bisa dikonversi menjadi kenyataan sesulit apapun rintangannya, dengan modal ketekunan dan kesungguhan.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Prediksi Mitra Kukar Vs Persija: Misi Macan Kemayoran Curi 3 Poin

Posted: 20 Jul 2018 09:00 PM PDT

Jakarta Persija Jakarta akan menghadapi Mitra Kukar pada laga tandang pekan ke-17 Gojek Liga 1 bersama Bukalapak yang berlangsung di Stadion Aji Imbut, Tenggarong, Kutai Kertanegara, Sabtu (21/7/2018). Bambang Pamungkas dan kawan-kawan bertekad raih poin penuh.

Persija menyambangi markas Mitra Kukar dengan kondisi yang tak terlalu bagus. Marko Simic dkk. belum pernah menang dalam empat pertandingan terakhir di Liga 1 dengan catatan dua kekalahan dan dua kali imbang.

Rentetan hasil minor tersebut membuat Persija tercecer di posisi ke-11 klasemen sementara Liga 1 dengan raihan 22 poin. Potensi kelelahan pemain pun berpeluang dialami Persija ketika menghadapi Mitra Kukar.

Pasukan Stefano Cugurra Teco itu baru tiba di Tenggarong pada H-1 alias Jumat (20/7/2018). Mereka menempuh perjalanan panjang dari Jakarta ke Samarinda kemudian dilanjutkan dengan perjalanan darat puluhan kilometer.

Teco pun tak menampik kalau timnya memiliki persiapan yang mepet untuk menghadapi Mitra Kukar. Namun, pelatih asal Brasil itu menjamin anak asuhnya bakal tampil all out untuk mencuri poin dari markas Naga Mekes.

"Kami punya waktu sedikit buat persiapan. Kami cuma melakukan dua kali latihan, yakni satu kali latihan recovery dan satu kali latihan taktik. Besok merupakan pertandingan terakhir dari putaran pertama, kami harus kerja keras untuk dapat hasil yang baik buat Persija Jakarta," kata Teco dalam konferensi jelang laga, Jumat (20/7/2018).

 

Mitra Kukar Percaya Diri

Sementara itu, Mitra Kukar sedang dalam kepercayaan diri yang tinggi ketika menjamu Persija. Tim tuan rumah baru saja mengalahkan Sriwijaya FC dengan skor 3-0 di tempat yang sama.

Mitra Kukar juga punya catatan penampilan kandang yang mentereng. Klub kebanggaan masyarakan Tenggarong, Kutai Kertanegara itu sukses meraih enam kemenangan dan hanya dua kali kalah ketika bermain di depan pendukungnya sendiri.

Caretaker Mitra Kukar, Sukardi, berharap anak asuhnya memberikan penampilan yang bagus ketika melawan Persija Jakarta. Penampilan yang lebih baik lagi dari yang sudah ditunjukkan ketika meraih kemenangan telak atas Sriwijaya FC.

"Kami bermain bagus saat menang lawan Sriwijaya FC dan coba kami pertahankan atau bahkan lebih baik lagi saat melawan Persija. Saya ingin anak-anak disiplin dan menyerang sejak awal. Kami tahu Persija sedang terpuruk, namun tetap waspada kebangkitan mereka," tegas Sukardi.

Statistik mencatat, pertandingan nanti menjadi pertemuan ke-12 antara Mitra Kukar melawan Persija Jakarta sepanjang sejarah. Sejauh ini, Mitra Kukar sudah meraih lima kemenangan, Persija meraih dua kemenangan, dan empat laga berakhir imbang.

Data - Fakta

Prakiraan susunan pemain

Mitra Kukar (4-2-3-1): Gerri Mandagi (kiper), Rendy Siregar, Dedi Gusmawan, Mauricio Leal, Abdul Gamal (belakang), Bayu Pradana, Danny Guthrie, Dedi Hartono, Anindito Wahyu, Septian David Maulana (tengah), Fernando Rodriguez (depan)

Pelatih: Sukardi (Indonesia)

Persija Jakarta (4-3-3): Andritany Ardhiyasa (kiper), Ismed Sofyan, Jaimerson Xavier, Maman Abdurahman, Rezaldi Hehanusa (belakang), Sandi Sute, Ramdani Lestaluhu, Rohit Chand (tengah), Osas Saha, Marco Simic, Riko Simanjuntak (depan)

Pelatih: Stefano Cugurra Teco (Brasil)

Head to head

  • 4/2/2018 - Mitra Kukar 1-3 Persija Jakarta (Piala Presiden 2018)
  • 8/9/2017 - Mitra Kukar 1-2 Persija Jakarta (Liga 1)
  • 14/5/2017 - Persija Jakarta 1-1 Mitra Kukar (Liga 1)
  • 2/12/2016 - Mitra Kukar 2-0 Persija Jakarta (ISC A)
  • 5/8/2016 - Persija Jakarta 1-1 Mitra Kukar (ISC A)
  • 12/12/2015 - Mitra Kukar 3-1 Persija Jakarta (Pertandingan Persahabatan)

Lima pertandingan terakhir Mitra Kukar

  • 18/7/2018 - Mitra Kukar 3-0 Sriwijaya FC (Liga 1)
  • 10/7/2018 - PS Tira 0-0 Mitra Kukar (Liga 1)
  • 6/7/2018 - Mitra Kukar 3-4 Barito Putera (Liga 1)
  • 7/6/2018 - Persela Lamongan 3-1 Mitra Kukar (Liga 1)
  • 1/6/2018 - Mitra Kukar 2-0 Perseru Serui (Liga 1)

Lima pertandingan terakhir Persija Jakarta

  • 17/7/2018 - Persija Jakarta 0-2 Bali United (Liga 1)
  • 10/7/2018 - Sriwijaya FC 2-2 Persija Jakarta (Liga 1)
  • 6/7/2018 - Persija Jakarta 2-2 PSM Makassar (Liga 1)
  • 3/7/2018 - Perseru Serui 3-1 Persija Jakarta (Liga 1)
  • 30/6/2018 - Persija Jakarta 1-0 Persib Bandung (Liga 1)

Prediksi Bola.com

Mitra Kukar 50-50 Persija Jakarta

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Pertamina Cuma Cari Mitra Investasi, Bukan Jual Aset

Posted: 20 Jul 2018 09:00 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Surat persetujuan Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Rini M Soemarno mengenai rencana bisnis PT Pertamina (Persero) mengundang banyak perhatian. Banyak pihak yang menafsirkan Pertamina akan menjual aset.

Pengamat ekonomi energi UGM Fahmy Radhi menilai, aksi koorporasi yang dilakukan Pertamina guna memperkuat sisi keuangan perusahaan dalam bisnis minyak bumi dan gas (migas) merupakan hal yang wajar dan tepat.

Menurut Fahmy, dalam bisnis industri migas hal tersebut masuk dalam kategori spin off dan bukanlah bagian dari pelepasan apalagi penjualan asetnya kepada pihak lain (swasta).

"Yang harus dipahami itu adalah perbedaan antara privatisasi dan spin off. Kalau privatisasi kan melepaskan semua, menjual aset kepada pihak tertentu tanpa hak kepemilikan lagi. Apa yang dilakukan Pertamina itu spin off, mencari mitra investasi, wajar dalam bisnis migas," ujar Fahmy dalam keterangan tertulis, Sabtu (20/7/2018).

Fahmy mengatakan, dengan cara spin off yang dilakukan oleh Pertamina saat ini, maka akan berdampak dua hal positif terhadap BUMN migas tersebut.

Pertama, ucap Fahmy, akan ada dana segar yang diperoleh dari kerja sama dan kedua, memperkuat keuangan Pertamina ke depan untuk bisnis selanjutnya.

"Misalnya dengan spin off di Blok Mahakam, ada pengelolaan keuangan yang sehat dan stabil. Investasi masuk, dikelola bersama sehingga menguntungkan Pertamina. Atau juga tujuannya pembangunan kilang minyak, dari situ bisa bekerja sama sehingga dana Pertamina tidak tergerus dan mempertahankan pasokan BBM," ungkap Fahmy.

 

Bukan karena Rugi

Maskot Asian Games  2018, Kaka terpampang di video mapping atau layar bergerak di Gedung Utama Pertamina, Jakarta, Kamis (5/7). Video akan tayang setiap hari mulai 5 Juli hingga 5 September 2018, pukul 18.00 – 00.00 WIB. (Liputan6.com/Arya Manggala)

Fahmy menampik tudingan bahwa aksi koorporasi Pertamina disebabkan kerugian BUMN tersebut. Padahal, ujar Fahmy, hingga semester I tahun 2018 data keuangan Pertamina masih stabil dan menguntungkan.

"Jadi tidak ada anggapan karena rugi. Spin off adalah usaha biasa dalam bisnis migas. Jadi beda sekali privatisasi dan spin off," kata Fahmy.

Kendati demikian, Fahmy menyarankan agar pengawasan terhadap sistem bisnis spin off perlu diperketat. Jangan sampai justru tak mencapai tujuan keuangan seperti diharapkan Pertamina.

"Perlu pengawasan juga seperti jangan sampai penerimaan dari pengelolaan Blok Mahakam lebih kecil. Atau misalnya harga pembangunan kilang tidak sepadan sehingga BBM melonjak," kata Fahmy.

Fahmy berpendapat, persolan spin off yang dilakukan Pertamina akhirnya menjadi komoditas politik. Hal itu disebabkan kondisi tahun politik sekarang yang menyangkut apapun terkait pemerintahan kemudian diperbesar oleh pihak tertentu tanpa pemahaman.

Sebagai informasi, baru-baru ini beredar surat aksi koorporasi Pertamina yang disetujui Menteri BUMN Rini Soemarno. Aksi koorporasi tersebut dilakukan untuk mempertahankan dan menyelematkan keuangan perseroan.

Dalam surat itu tetap tercantum bahwa secara bisnis, Pertamina mengendalikan sepenuhnya aset strategis serta mencari mitra yang layak. 

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Top 3 Showbiz: Kemarahan Iis Dahlia Meluas, Kini Fatin Sasarannya

Posted: 20 Jul 2018 09:00 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Kontroversi perilaku Iis Dahlia saat menjadi juri di sebuah ajang pencarian bakat penyanyi dangdut, meluas. Kini bahkan ada sejumlah nama yang ikut terseret dalam insiden ini. Salah satunya, adalah Fatin.

Kontroversi soal Iis Dahlia ini, ternyata masih menarik perhatian para pembaca Liputan6.com, Jumat (21/7/2018).

Tak hanya tentang Iis Dahlia, artikel tentang Dian Sastrowardoyo dan Panji Trihatmodjo juga menarik perhatian pembaca.

Simak Top 3 Showbiz Liputan.com selengkapnya:

 

1. Disindir Fatin Shidqia, Iis Dahlia Sewot dan Bilang Tak Sopan

Fatin ikut mengomentari soal video viral yang menampilkan Iis Dahlia. Melihat tanggapan Fatin tersebut, penyanyi dangdut senior ini sewot.

Simak reaksi Iis Dahlia di sini.

2. Bawa Obor, Dian Sastrowardoyo Bikin Heboh

Dian Sastrowardoyo (Bintang Pictures)

Saat menjadi salah satu peserta dalam kirab obor Asian Games di Solo pada Kamis lalu, Dian Sastrowardoyo bikin warga heboh.

Simak berita selengkapnya di sini.

 

 

 

3. Panji Trihatmodjo Segera Menikah, Kaum Hawa Patah Hati

Panji Trihatmodjo dan Varsha Strauss. (Istimewa)

Cucu mantan Presiden Soeharto, Panji Trihatmodjo, akan menikahi kekasihnya yang merupakan seorang bule, Varsha Strauss, pada 4 Agutus mendatang.

Intip lengketnya calon pengantin tersebut di sini.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

VIDEO: Pengawal Presiden Prancis Pukul Demonstran Wanita

Posted: 20 Jul 2018 09:00 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Rekaman video pengawal utama Presiden Prancis Emmanuel Macron memukuli seorang demonstran mahasiswa. Insiden itu terjadi saat demonstrasi Hari Buruh di Paris.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Google Siapkan Sistem Operasi Pengganti Android?

Posted: 20 Jul 2018 09:00 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Proyek sistem operasi misteri Google yang diberi nama Fuchsia sebenarnya sudah terdengar sejak beberapa tahun lalu.

Menurut laporan yang berkembang, Fuchia merupakan sistem operasi yang dikembangkan untuk menggantikan Android.

Kini, informasi seputar sistem operasi ini kembali muncul setelah ada laporan terbaru dari Bloomberg.

Dari laporan itu disebut-sebut sistem operasi Fuchsia tidak akan menggantikan Android maupun Chrome OS, setidaknya hingga lima tahun mendatang.

Laporan itu juga menyebut tim internal Fuchsia sebenarnya sudah mempersiapkan sistem operasi ini secara bertahap.

Jadi, sistem operasi ini nantinya akan hadir di perangkat smart home Google, lalu beralih ke laptop, dan selanjutnya ke perangkat mobile.

Namun, kabar itu segera dibantah oleh perusahaan. Google menuturkan, pihaknya tidak memiliki rencana apapun terhadap sistem operasi ini, termasuk soal jangka waktu pengembangan. 

Alasannya, seperti dikutip dari CNET, Sabtu (21/7/2018), Fuchsia tidak masuk dalam rencana jangka panjang perusahaan.

CEO Google Sundar Pichai dan Kepala Android/Chrome Hiroshi Lockheimer disebut belum memberi 'lampu hijau' ke proyek tersebut.

Dalam pernyataannya, Google menyebut Fuchsia hanya satu dari banyak proyek open-source eksperimen perusahaan. Karenanya, perusahaan tidak memberikan informasi lebih lanjut mengenai keberadaan proyek ini.

OS Baru Google Ini Bakal Jadi Pengganti Android?

Kantor pusat Google di Mountain View. Liputan6.com/Jeko Iqbal Reza

Sebelumnya, sempat beredar gambar di internet yang memperlihatkan sebuah sistem operasi terbaru. Sistem operasi itu diduga sedang dikembangkan lebih lanjut oleh Google.

Kemungkinan, OS ini dapat diaplikasikan pada smartphone generasi berikutnya, menggantikan Android. Mengutip laman CNBC, Rabu (10/5/2017), OS terbaru ini bernama Fuchsia.

Sekadar informasi, gambar-gambar bocoran Fuchsia yang dipublikasikan itu memang terlihat sederhana. Homescreen agak mirip dengan Android. Ada ruang kosong di homescreen tersebut, kemungkinan bisa dipakai untuk widget, juga seperti yang ada di Android.

Selain itu, gambar lainnya menunjukkan antarmuka tab. Boleh jadi, pengguna Fuchsia bisa beralih antar aplikasi dengan mudah.

Dalam modus tablet, terlihat juga Fuchsia mengizinkan empat aplikasi dijalankan sekaligus. Dengan begitu, seorang pengguna profesional yang sibuk bisa membuka berbagai aplikasi, emailbrowser serta note dalam satu layar.

Menurut Ars Technica, Fuchsia menghilangkan kode Linux tradisional yang merupakan jantung bagi Android. Alih-alih Linux, Fuchsia disebut-sebut memakai sesuatu yang baru yakni "Magenta".

Google Masih Bungkam Soal Fuchsia

Logo baru Google

Menanggapi kabar tersebut, VP of Engineering Android, Dave Burke mengatakan, Fuchsia merupakan proyek tahap eksperimental dari Google. Karenanya, belum dapat dipastikan seperti apa kelanjutan pengembangan sistem operasi ini.

"Sama seperti banyak proyek tahap awal Google, Fuschia masih mungkin mengalami perubahan," ujarnya seperti dikutip dari Tech Radar, Senin (22/5/2017). Namun ia memastikan Fuschia merupakan proyek yang terpisah dari Android.

Karena itu, belum ada bukti bahwa Google akan segera mengembangkan Fuchsia lebih lanjut atau membuatnya jadi sistem operasi pengganti Android dan Chrome OS.

(Dam/Jek)

Saksikan Video Pilihan Berikut Ini: 

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Benarkah Scrabble Sebatas Permainan Menghafal Kosakata?

Posted: 20 Jul 2018 09:00 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Scrabble merupakan salah satu permainan yang sangat menyenangkan. Biasa dimainkan oleh dua orang atau lebih, scrabble mejadi solusi yang tepat untuk mengisi waktu luang Anda bersama dengan keluarga ataupun rekan sejawat. Permainan asah otak tersebut selain dapat dikembangkan sebagai hobi, juga menjadi seringkali dilombakan dalam berbagai kejuaraan scrabble mulai dari tingkat universitas sampai dunia. 

Melansir dari forbes.com, bermain scrabble secara teratur memberikan banyak keuntungan. Bermain scrabble dapat membantu Anda melihat dunia dengan perspektif yang berbeda, serta menjaga otak Anda tetap cerdas meskipun bertambahnya usia. Selain itu, Anda juga akan lebih sensitif dalam mengenali sebuah peluang. Hal ini tentu berguna bagi Anda yang berprofesi sebagai wirausahawan dalam mencari ide-ide bisnis terbaru maupun Anda yang ingin lebih efektif dan efisien dalam mencapai sebuah target hidup.

Namun, banyak orang yang menganggap bahwa scrabble adalah permainan yang hanya mengandalkan kemampuan kosakata. Hal tersebut tentu tidak sepenuhnya benar. Sebab, selain kemampuan tersebut, diperlukan pula berbagai kemampuan lain yang harus dimiliki oleh para pemain demi memenangkan permainan tersebut. 

Menghafal Banyak Kosakata 

Peranan kosakata dalam scrabble memang tidak dapat diabaikan. Sebab, kosakata menjadi modal utama seseorang bermain. Hal inilah yang pada akhirnya menyebabkan banyak pemain scrabble secara rutin meluangkan waktunya untuk menghafal berbagai kosakata baru dalam jumlah yang tergolong banyak.

Meski begitu, para pemain tidak perlu mengetahui definisi dari setiap kata yang telah dihafalkan, karena hal tersebut bukan merupakan fokus utama. Mereka hanya perlu memastikan bahwa kata yang mereka pasang di papan memang benar-benar ada.  

Kemampuan Anagram

Para pemain juga dituntut untuk menguasai anagram, sejenis kemampuan membentuk kata atau frasa baru dengan menata ulang susunan huruf. Contohnya ketika Anda memiliki susunan huruf yang membentuk kata 'silent', maka Anda dapat menata ulang huruf-huruf tersebut menjadi kata 'listen'. Hal ini dilakukan agar pemain memperoleh poin yang lebih besar.

Kecepatan Menghitung

Kemampuan operasi hitung juga tidak kalah pentingnya dalam permainan ini. Poin-poin yang diperoleh oleh para pemain harus dihitung secara cepat guna menghemat waktu yang disediakan.

Strategi yang Mumpuni

Selain ketiga hal di atas, penguasaan strategi yang handal menjadi kunci utama dalam memenangkan permainan tersebut. Kosakata yang mumpuni dan anagram yang fasih tidak akan memberikan hasil maksimal tanpa ditunjang dengan penguasaan strategi yang baik. Dominasi penggunaan strategi dalam permainan tersebut, membuat scrabble sekilas tampak serupa dengan catur yang juga memiliki sifat strategik.

(kiki novilia)

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Selain Kalapas, KPK Juga Tangkap Artis Cantik Inneke Koesherawati

Posted: 20 Jul 2018 08:50 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Tim Satgas Penindakan Komisi Pemberantasan Korupsi dikabarkan menangkap Kalapas Sukamiskin Wahid Husen pada Jumat (20/7/2018) malam. Selain menangkap Wahid, tim KPK juga turut mengamankan lima orang pihak lain. Mereka antara lain terpidana kasus korupsi proyek satelit monitoring di Bakamla, Fahmi Darmawansyah. Selain itu adapula Hendri (driver), Andri (Napi Tipikor tamping Fahmmi), dan Dian Anggraini.

Tak hanya itu, tim juga turut mengamankan artis cantik Inneke Koesherawati. "Ya, Inneke juga diamankan," tutur sumber JawaPos.com Sabtu (21/7).

Hal senada juga dibenarkan beberapa sumber JawaPos.com lain. "IK masih diperiksa," tutur sumber JawaPos.com. Inneke, kata sumber tersebut, diduga turut mengetahui adanya OTT yang dilakukan KPK terhadap Fahmi, suaminya."Dia diduga sebagai pemberi," ungkap sumber tersebut.

Sebagai informasi, KPK kembali melakukan operasi tangkap tangan (OTT). Dalam operasi senyap yang dilakukan pada Jumat (20/7) malam hingga Sabtu (21/7) dini hari, tim berhasil menciduk Kalapas Sukamiskin Wahid Husen.

"Benar Kalapas Sukamiskin (di OTT)," kata sumber JawaPos.com di KPK, Sabtu (21/7) pagi. Hal senada juga dibenarkan sumber JawaPos.com lain. "Sudah di dalam (Gedung KPK) Kalapasnya," imbuh sumber tersebut.

Selain menangkap Kalapas, dalam operasi kedap tersebut, tim juga berhasil mengamankan beberapa pihak lain yang diduga turut serta dan mengetahui ihwal adanya perkara dugaan suap menyuap tersebut. "Ada driver-nya H, ada F, dan A," papar sumber tersebut.

Terkait adanya OTT Ini, Wakil Ketua KPK Laode M Syarief telah membenarkanya. Namun, dia enggan merinci siapa saja pihak yang diamankan dan terkait kasus apa, sehingga Kalapas Sukamiskin dan beberapa pihak lain diamankan anggotanya.

"Betul, ada kegiatan KPK di Lapas Sukamiskin," kata Laode kepada wartawan.

Saat ini, para pihak yang tengah diamankan tengah digiring ke markas antirasuah guna menjalani pemeriksaan intensif dalam waktu 1x24 jam, sebelum ditentukan status hukumnya.Terpisah, dikonfirmasi perihal adanya OTT ini, juru bicara KPK Febri Diansyah membenarkannya." Ya benar, ada kegiatan di Labuhan Batu dan Jakarta, sekitar lima orang diamankan," kata Febri.

Baca berita JawaPos lainnya di sini

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

KPK Sita Uang Tunai dan Valas Saat Tangkap Kalapas Sukamiskin

Posted: 20 Jul 2018 08:45 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Tim Satgas Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) dikabarkan menangkap Kalapas Sukamiskin Wahid Husen dalam operasi tangkap tangan (OTT). Bersama Wahid, KPK menangkap lima orang lainnya.

"Setelah kami kroscek dan ada bukti awal, maka sekitar 6 orang diamankan, termasuk pimpinan Lapas dan pihak swasta," ujar Wakil Ketua KPK Laode Muhammad Syarif saat dikonfirmasi, Sabtu (21/7/2018).

Dalam operasi senyap ini, tim penindakan juga mengamankan uang yang diduga sebagai suap.

"Selain itu, uang tunai rupiah dan valas yang sedang dihitung, serta kendaraan juga diamankan sebagai barang bukti awal," kata dia.

Enam orang yang diamankan kini tengah menjalani pemeriksaan lanjutan di Gedung KPK.

"Seperti ketentuan di KUHAP, KPK diberikan waktu paling lama 24 jam sebelum penentuan status hukum pihak-pihak yang diamankan tersebut. Hasilnya akan disampaikan melalui konferensi pers," kata Syarif.

 

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Jadi Sasaran Kritik, Gelandang MU Bela De Gea

Posted: 20 Jul 2018 08:45 PM PDT

Liputan6.com, Manchester - Penampilan buruk David De Gea tak membuat rekannya di MU, Ander Herrera cemas. Ia percaya kiper asal Spanyol akan bangkit lagi musim depan.

De Gea gagal membawa Spanyol juara Piala Dunia 2018. Langkah La Furia Roja hanya sampai babak 16 besar.

Ironisnya De Gea menjadi salah satu yang disorot dalam kegagalan itu. Ia hanya menyelamatkan satu dari 11 tendangan ke arah gawang.

Selain itu kiper berusia 27 tahun itu sama sekali tidak menyelamatkan penalti dalam laga melawan Rusia. Ia juga membuat blunder saat Spanyol imbang 3-3 melawan Portugal.

Status De Gea sebagai kiper utama Spanyol dan MU pun mulai dipertanyakan fans.

 

 

Komentar Herrera

11. David de Gea (Manchester United) - Kiper. (AFP/Glyn Kirk)

"Saya tidak peduli dengan kritik yang datang padanya. Saya pikir De Gea tetap kiper terbaik dunia," ujar Herrera seperti dilansir Mirror.

"Saat Anda menjadi kiper terbaik di dunia maka Anda pasti dibicarakan banyak orang. Terutama jika Anda gagal membuat penyelamatan gemilang," kata Herrera.

"Tapi saya tahu De Gea orang yang kuat. Dia akan bersinar lagi musim depan."

Tidak Akan Pindah

Pelatih Manchester United, Jose Mourinho dan David de Gea tampak lesu usai dikalahkan Chelsea pada laga final Piala FA 2017-2018 di Stadion Wembley, Sabtu (19/5/2018). Chelsea menang 1-0 atas Manchester United. (AFP/Glyn Kirk)

Herrera juga percaya De Gea tidak akan meninggalkan MU dalam waktu dekat.

"Kami punya fans paling loyal di dunia. Jadi saya tahu De Gea akan membalasnya dengan cara yang serupa," katanya.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Jelang Lamaran, Paula Verhoeven Sempat Sindir Baim Wong

Posted: 20 Jul 2018 08:40 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Baim Wong dan kekasihnya, Paula Verhoeven rencananya akan melangsungkan proses lamaran di Semarang pada hari ini, Sabtu (21/7/2018). Sang kekasih, Paula Verhoeven juga memperlihatkan kesiapan acara lamaran mereka melalui unggahan di Instagram Stories-nya.

Tak hanya suasana persiapan pernikahan, Paula Verhoeven juga sempat mengunggah Instagram Story bernada sindiran untuk sang kekasih.

Ia seolah menggoda Baim Wong yang kerap salah menyebut namanya.

"Ketika kamu mengira dekat dengan seseorang tapi mereka salah menyebut namamu, ups," ungkap Paula Verhoeven dalam sebuah gambar yang ia perlihatkan.

Menegur

Paula Verhoeven (Instagram/paula_verhoeven)

Sebelumnya, Paula Verhoeven juga sempat menegur Baim Wong lantaran salah menulis namanya dalam caption posting-an video di Instagram.

"Masih salah lagi spelling nama aku @baimwong," begitu tulis Paula Verhoeven mengomentari caption Baim Wong yang menulis nama belakangnya menjadi Verhoven, bukan Verhoeven.

 

Lamaran

Paula Verhoeven dan Baim Wong

Baim sendiri pernah menginformasikan kepada media, ia akan melamar Paula secara resmi pada 21 Juli 2018. Sedangkan hari pernikahannya baru dilaksanakan pada bulan Desember tahun ini atau Januari tahun depan.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Begini Suasana KPK Saat Tangkap Kalapas Sukamiskin

Posted: 20 Jul 2018 08:39 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - KPK menangkap Kalapas Sukamiskin Wahid Husen di Lapas Sukamiskin, Bandung, Jawa Barat, Sabtu 21 Juli 2018, dini hari.

Dari gambar yang didapat Liputan6.com dari sumber terpercaya, beberapa penyelidik KPK menggeledah ruangan Kalapas Wahid Husen. Termasuk laci dan lemari di dalam ruangan tersebut.

Operasi senyap KPK digelar sekitar pukul 00.00 WIB, Sabtu (21/7/2018). Selain ruang Kalapas, tim juga menggeledah beberapa sel yang dihuni para koruptor, yaitu Andri dan Fahmi Dharmawangsa.

KPK juga menggeledah kamar Fuad Amin dan TB Chaeri Wardana, namun kedua napi tersebut tercatat sedang dirawat di luar lapas. Pengeledahan berlanjut ke ruang perawatan dimana file-file medis para napi tersimpan.

Suasana penangkapan Kalapas Sukamiskin Wahid Husen (Foto: Istimewa)

Juru Bicara Direktorat Jenderal Pemasyarakatan Ade Kusmanto membenarkan perihal penangkapan tersebut.

"Ya betul dijemput KPK semalam," ujar Ade.

Namun, Ade sendiri belum mengetahui kasus apa yang membuat Wahid Husen ditangkap KPK.

"Itu yang sedang kita pelajari, kita akan ke KPK juga yang jelas betul kapalas dijemput di kediamannya," tandas Ade.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

ICC: Gotze Bawa Dortmund Tekuk Manchester City

Posted: 20 Jul 2018 08:30 PM PDT

Liputan6.com, Chicago - Borussia Dortmund sukses mempermalukan Manchester City 1-0 di stadion Soldier Field, Chicago Amerika Serikat, Sabtu(21/7/2018) pagi. Mario Gotze menjadi penentu kemenangan Dortmund.

Tampil dengan pemain anyar Riyad Mahrez yang melakoni debut sebagai pemain Manchester City, Dortmund tampil lebih mendominasi. Pada menit ke-8, Isak punya peluang tapi terjebak offside.

Di menit ke-12, giliran Mario Gotze melepas tembakan tapi usahanya masih bisa diselamatkan oleh Claudio Bravo. Serangan Dortmund baru membuahkan hasil di menit ke-28.

Mario Gotze cetak gol lewat titik penalti. Penalti diberikan setelah Pulisic jatuhkan Zinchenko. Dortmund pun unggul 1-0 atas Manchester City.

Babak 1 berakhir dengan skor 1-0 untuk keunggulan Borussia Dortmund.

 

 

 

Babak Kedua

Pulisic (kiri) mencoba lewati adangan pemain City (AP Photo/Annie Rice)

Pada babak kedua, Dortmund langsung mengganti 10 pemain mereka. Sedangkan City hanya mengganti Claudio Bravo dengan Joe Hart.

Dortmund sukses menambah gol di menit ke-63 lewat Philipp. Namun dia dianggap offside.

Manchester City mencoba untuk mengganti beberapa pemain salah satunya memasukkan Leroy Sane. Namun usaha City tak berbuah hasil.

Hingga pertandingan berakhir, skor 1-0 tetap untuk Dortmund tetap bertahan.

Susunan Pemain:

Manchester City: Claudio Bravo/Joe Hart (46) (C), Riyad Mahrez/Roberts (73), Jason Denayer/Humphreys (69), Oleksandr Zinchenko, Douglas Luiz, Jack Harrison, Lukas Nmecha/Zoubdi (73), Phil Foden/Garre (73), Eric Garcia, Brahim Diaz/Dele Bashiru (67), Luke Bolton.

Borussia Dortmund: Marwin Hitz, Dan-Axel Zagadou/Dieckmann (46), Alexander Isak/Wolf (46), Mario Gotze/Dahoud (46) (C), Sebastian Rode/Gomez (46), Christian Pulisic/A Pieper (46), Marcel Schmelzer/Philipp (46), Dzenis Burnic/Sahin (46), Jacub Bruun Larsen/Sancho (46), Omer Toprak/Diallo (46), Herbert Bockhorn/Boljan (46)

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Anies Buat Kampung Tematik untuk Perindah Lingkungan Wisma Atlet

Posted: 20 Jul 2018 08:29 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Gubernur dan Wakil Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan-Sandiaga Uno menghadiri penandatanganan perjanjian kerja sama antara Pemerintah Provinsi (Pemprov) DKI Jakarta dan Akzonobel Paints Indonesia. 
 
Perjanjian ini dalam rangka pengecatan yang dilakukan untuk kampung tematik Jalan Sunter Kemayoran RW 09 Kebun Kosong, Kemayoran, Jakarta Pusat. Kampung tematik ini berada persis di seberang Wisma Atlet Asian Games 2018 di Kemayoran.
 
"Pagi ini ada penandatanganan kerja sama dalam rangka pengecatan kampung tematik. Dalam program ini masyarakat terlibat langsung," ujar Anies dalam sambutannya di Segi Tiga Marto, Kemayoran, Jakarta Pusat, Sabtu (21/7/2018).
 
Dia memaparkan, program pengecatan ini melibatkan masyarakat, mulai dari anak-anak, anak muda karang taruna, dan warga lainnya.
 
"Kita menyaksikan kerja kolaborasi, antara warga, pemerintah, dan private sector. Kolaborasi ini untuk memastikan apa yang kita kerjakan di sini sesuai dengan ekspresi warga, sesuai tuntuan zaman di era global," ucapnya.
 
Anies berharap, warga Kemayoran dapat siap menyambut ajang Asian Games yang tinggal satu bulan lagi. Ia meminta agar warga dapat bersikap ramah kepada seluruh atlet yang nantinya akan menempati Wisma Atlet Kemayoran.
 
 

Asian Games Kerja Besar Indonesia

Anies Buat Kampung Tematik untuk Perindah Lingkungan Wisma Atlet. (Liputan6.com/Devira Prastiwi)
Karena menurut dia, Asian Games adalah sebuah kerja besar Indonesia yang disaksikan dunia dan Kemayoran sebagai salah satu pusatnya sudah menunjukkan kesiapannya.
 
"Masyarakat harus menyapa ramah. Kita harap bulan depan, ketua RT, pak lurah, pak camat, ajak masyarakatnya berkumpul bicarakan bagaimana nanti komunikasi dengan atlet. Karena mereka (para atlet) pasti tidak hanya di dalam pagar (Wisma Atlet), tapi juga di luar pagar, menyapa masyarakat," paparnya.
 
Anies berujar, warga Kemayoran haruslah bangga karena dari puluhan ribu kecamatan yang ada di Indonesia, Kemayoran menjadi salah satu tempat tinggal para atlet nanti.
 
"Jadi kita merasa ini sebuah kebetulan sejarah yang punya makna besar," jelas Anies.
 
Usai memberikan sambutan, penandatangan pun dilakukan oleh Wali Kota Jakarta Pusat Bayu Menghantara dan Presiden Direktur PT ICI Paints Jun De Dios dengan disaksikan oleh Anies.
 
Setelah penandatanganan, mereka lalu meninjau kampung tematik. Sandi juga turut serta. Mereka menggunakan kesempatan itu menyapa warga dan mencoba ikut mengecat kampung tematik.
 
Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Top 3 Hari Ini: Api Asian Games Akan Lintasi Dua Destinasi Instagramable di Banyuwangi

Posted: 20 Jul 2018 08:24 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Ajang Asian Games 2018 sudah segera tiba. Beragam persiapan tengah dilakukan guna menyambut ajang internasional ini, termasuk api yang akan digunakan dalam prosesi pembukaan nanti. Setelah Yogyakarta dan Solo, api Asian Games 2018 akhir pekan ini (21-22 Juli) dijadwalkan sampai di Banyuwangi.

Kabupaten paling ujung timur Pulau Jawa ini akan menjadi salah satu daerah yang dilintasi estafet obor (torch relay) Asian Games 2018. Artikel ini berhasil masuk dalam jajaran top 3 kanal Lifestyle Liputan6.com pada hari Sabtu (21/7/2018) pagi, bersama dengan dua artikel lainnya. Yuk kita simak berita selengkapnya di sini.

Api Asian Games Bakal Lintasi Dua Destinasi Instagramable di Banyuwangi

Di Banyuwangi api Asian Games 2018 akan dibawa ke kaki Gunung Ijen pada 21 Juli pukul 19.00 WIB, untuk kemudian dibawa ke puncak Gunung Ijen. Dari puncak Ijen, api akan diarak menuju Pendopo Sabha Swagata Blambangan melewati jalan-jalan utama di Banyuwangi. Simak selengkapnya di sini.

Belum Menikah, Ini Dia Manfaat Menjadi Wanita Lajang

Ilustrasi wanita (iStockphoto)

Memiliki usia di atas 25 tahun dan masih lajang, tentunya membuat Anda sering mendapatkan pertanyaan mengenai status pernikahan. Meski pertanyaan yang bertubi-tubi tersebut muncul dan membuat tidak nyaman, kini Anda bisa sedikit lega karena dilansir dari Myfatpocket, ternyata menjadi wanita lajang bukanlah sesuatu yang menyeramkan. Anda bisa merasakan lima manfaat dari status tersebut. Simak ulasan selengkapnya di sini.

7 Mitos Keliru Kutu Rambut yang Masih Dipercaya

Ilustrasi rambut (iStockphoto)

Kutu rambut adalah serangga penghisap darah yang bersarang di rambut manusia. Selain menghisap darah, mereka juga berkembang biak di sana. Bagi orang berambut pendek atau sangat menjaga kebersihan kebanyakan merasa aman, karena menganggap kemungkinan tertular sangat kecil. Namun benarkah demikian? Simak selengkapnya di sini.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Mobil Neno Warisman Diduga Dibakar Orang Saat Tengah Malam

Posted: 20 Jul 2018 08:21 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Mantan artis Neno Warisman baru saja mendapat satu pengalaman tak mengenakkan. Sabtu (21/7/2018) tengah malam, mobilnya terbakar.

Ada dugaan, mobil tersebut dibakar orang tak dikenal. Neno menceritakan, mobilnya terbakar saat sang sopir sudah pulang. 

"Iya. Memang mobil itu terbakar pukul 12. Jam 10 itu diparkir oleh sopir, Beliau itu teliti orangnya. Dia merawat dengan baik, nah sekitar jam 12, tetangga itu melihat mendengar dan mencium. Saksi bilang apinya itu langsung dia lihat apinya sudah besar," ujar Neno Warisan saat dihubungi Liputan6.com, Sabtu pagi.

"Terus akhirnya orang rumah saya bangun. Kerja sama lah," jelas dia.

Kala itu, mobil tersebut sedang diparkir di lingkungan perumahan karena garasi Neno Warisman tengah direnovasi.

 

Polisi Bertindak

Neno Warisman (Panji Diksana)

Saat kejadian, Neno Warisman mengaku tengah bersama Wakil Gubernur DKI Sandiaga Uno, di daerah Matraman, Jakarta. Namun, warga yang mengetahui kejadian itu langsung melapor ke polisi.

Polisi kini tengah menindaklanjuti kasus ini. (Liputan6.com/ Nafiysul Qodar)

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Adipati Dolken Pamer Foto Eksplorasi Yogyakarta

Posted: 20 Jul 2018 08:20 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Beberapa waktu lalu, Adipati Dolken berangkat ke Yogyakarta bersama tim dari Travelink Magazine. Berbagai keindahan alam di sana telah dieksplorasi dan diabadikan melalui foto-foto landscape.

Hasil dari foto tersebut, selain diterbitkan melalui Travelink Magazine volume 3, juga dipamerkan di stasiun kereta api bandara. Yakni, Stasiun BNI City, Sudirman, Jakarta Pusat.

"Kita pengin ngasih lihat aja sih apa yang kita buat. Kita bikin majalah ini karena kita pengin eksplore Indonesia dan ngasih lihat orang-orang kalau Indonesia seindah ini. Kita juga adakan pameran fotonya," ucap Adipati Dolken di Stasiun BNI City, Sudirman, Jakarta Pusat.

Dalam perjalanan selama 10 hari di Yogyakarta, Adipati Dolken juga ikut berkontribusi menuangkan ide kreatifnya. Ia juga ikut merekam tiap destinasi dalam bentuk video maupun foto.

 

Budaya

Adipati Dolken Pamerkan Foto Yogyakarta

Dan tentunya bukan hanya sisi keindahan alamnya yang dieksplorasi, melainkan berbagai aspek lainnya yang memiliki sisi informasi dan edukasi.

"Culturenya, makanannya, heritage-nya kayak kainnya, patungnya, semuanya. Misalnya ke Jogja nih, orang-orang tahunya Borobudur di Jogja, ternyata bukan," papar bintang film Teman Tapi Menikah tersebut.

 

Pulau Sumbawa

Adipati Dolken Pamerkan Foto Yogyakarta

"Kita pengin kasih tahu itu. Kita juga pengin kasih lihat candi-candi yang sebenarnya indah dan sekarang mulai dilupain orang-orang. Kan sayang banget kalau terlupakan," tandas Adipati Dolken.

Untuk Travelink Magazine volume selanjutnya, rencananya Adipati Dolken dan tim akan mengeksplorasi Nusa Tenggara Barat, yakni ke Pulau Sumbawa.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Aksi Gigit Petugas Warnai Pengosongan Lahan untuk Bandara di Kulonprogo

Posted: 20 Jul 2018 08:17 PM PDT

Liputan6SCTV, Kulonprogo - Pengosongan lahan pembangunan bandara di Kabupaten Kulonprogo, Daerah Istimewa Yogyakarta, diwarnai aksi gigit ke petugas. Di hari kedua pengosongan lahan, Angkasa Pura I menggusur 10 bangunan tersisa dari total 33 bangunan, berupa rumah serta gudang.

Seperti ditayangkan Liputan6 SCTV, Sabtu (21/7/2018), setelah pembacaan surat putusan dari Pengadilan Negeri Wates, warga yang tergabung dalam Paguyuban Warga Penolak Penggusuran Kulonprogo memilih tetap bertahan. Mereka bersikeras direlokasi, menyusul rencana pembangunan bandara. Seorang ibu yang mencoba bertahan, tak berkutik dan harus dibopong petugas Satpol PP.

Sempat pula terjadi insiden gigitan warga ke tangan petugas sehingga harus mendapatkan pertolongan dini dari petugas medis. Bahkan ada pula seorang warga yang bertahan di atap rumah sambil mengusung bendera merah putih. Petugas tak kehilangan akal, dengan menggunakan eskavator mereka meminta warga tersebut untuk turun.

Ratusan warga yang rumahnya hendak dirobohkan meminta bantuan para relawan untuk melepaskan kusen pintu dan jendela, termasuk genteng agar dapat digunakan kembali di kediaman mereka yang baru.

Pemerintah Daerah Kabupaten Kulonprogo telah menyiapkan rumah kontrakan hingga 50 unit. Sejauh ini baru delapan kepala keluarga yang telah menempati. Sisanya memilih untuk menetap sementara di rumah kerabat.

Setelah meratakan 33 bangunan rumah dan gudang, proses pembangunan bandara baru di Kecamatan Temon dilanjutkan dengan pembangunan fisik. Rencananya, April 2019 mendatang, bandara dengan panjang landasan mencapai 3.200 meter dan lebar 60 meter di atas lahan seluas 581 hektare sudah dapat dioperasikan. (Galuh Garmabrata)

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Gelombang hingga 6 Meter, Kemenhub Imbau Kapal Tak Paksa Belayar

Posted: 20 Jul 2018 08:15 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Direktorat Jenderal Perhubungan Laut Kementerian Perhubungan menghimbau, masyarakat serta kapal yang berlayar di perairan Indonesia untuk tidak memaksakan diri melaut. Pasalnya saat ini terjadi cuaca buruk dan gelombang tinggi karena sangat membahayakan aktifitas pelayaran.

Direktur Jenderal Perhubungan Laut Kementerian Perhubungan R Agus H Purnomo mengatakan, dalam Maklumat Pelayaran Nomor TX-02/VII/DN-18 pada 20 Juli 2018 disebutkan, berdasarkan hasil pemantauan Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) diperkirakan pada 18 sampai 24 Juli 2018, cuaca ekstrim dengan tinggi gelombang 4 sampai 6 meter dan hujan lebat diperkirakan akan terjadi dibeberapa perairan.

Yaitu Perairan Barat Kepulauan Mentawai, Perairan Bengkulu dan Enggano, Perairan Barat Lampung, Laut Andaman, Samudera Hindia Selatan Pulau Jawa Timur, Selat Sunda Bagian Selatan, Perairan Selatan Pulau Jawa, Perairan Selatan Bali, Perairan Lombok, Perairan Pulau Sumabwa, Samudera Hindia Barat Mentawai hingga Selatan Pulau Jawa hingga Selatan Pulau Sumbawa.

"Secara rutin Ditjen Perhubungan Laut mengeluarkan Maklumat Pelayaran atas dasar hasil pemantauan, sebagai bentuk peningkatan kewaspadaan dan pengawasan terhadap pemenuhan aspek keselamatan pelayaran, mengingat cuaca ekstrim yang masih terjadi di sebagian perairan Indonesia," kata Agus, di Jakarta, Sabtu (21/7/2018).

Untuk mengantisipasi terjadinya musibah yang mungkin terjadi karena cuaca ekstrim tersebut, maka peningkatan pengawasan keselamatan pelayaran harus dilakukan secara optimal dan tanpa kompromi.

Agus pun meminta Syahbandar harus melakukan pemantauan ulang setiap hari, terhadap kondisi cuaca di masing-masing lingkungan kerjanya dan menyebarluaskan informasi cuaca terkini kepada nakhoda kapal dan pengguna jasa.

"Bila kondisi cuaca membahayakan keselamatan pelayaran maka pemberian Surat Persetujuan Berlayar (SPB) harus ditunda hingga cuaca memungkinkan untuk memberangkatkan kapal," tambah Agus.

 

Bongkar Muat Barang

Gelombang Tinggi Pantai Selatan Garut Hantui Pengunjung. (Liputan6.com/Jayadi Supriadin)

Tak hanya pelayaran penumpang, menurut Agus, kegiatan bongkar muat barang agar diawasi secara berkala untuk memastikan kelancaran dan ketertibannya. Muatan yang naik kapal juga harus dilashing serta tidak overdraft agar stabilitas kapal tetap baik.

Sementara itu, Direktur Kesatuan Penjagaan Laut dan Pantai (KPLP), Junaidi mengatakan, peningkatan kewaspadaan juga harus dilakukan oleh seluruh operator dan nakhoda kapal.

Nakhoda maupun pemilik kapal harus memantau cuaca sekurang-kurangnya enam jam sebelum berlayar dan melaporkan ke Syahbandar saat mengajukan SPB, serta melaporkan kondisi cuaca terkini kepada Stasiun Radio Pantai (SROP) terdekat setiap enam jam sekali saat berlayar.

Junaidi menambahkan, selama pelayaran nakhoda juga harus membawa kapal berlindung di lokasi aman, saat tiba-tiba terjadi cuaca buruk di tengah pelayaran dengan ketentuan kapal harus dalam kondisi siaga untuk siap digerakkan.

"Kami juga menginstruksikan kepada seluruh jajaran Pangkalan Penjagaan Laut dan Pantai (PLP) dan Distrik Navigasi agar kapal negara baik kapal patroli atau kapal navigasi tetap siap siaga dan segera memberikan pertolongan terhadap kapal yang berada dalam keadaan bahaya atau kecelakaaan," tandasnya.

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

City Belum Berpikir Cari Pengganti Toure

Posted: 20 Jul 2018 08:15 PM PDT

Liputan6.com, Manchester - Manchester City rupanya tak terlalu berhasrat untuk belanja pemain musim panas ini. Manajer Pep Guardiola menilai timnya masih bisa bersaing untuk juara lagi musim depan.

Klub besar lain seperti Liverpool, MU, Chelsea, dan Arsenal sudah belanja pemain musim panas ini. Terutama Liverpool dan Arsenal yang sudah mengeluarkan uang banyak untuk memperkuat tim.

Sejauh ini City baru mendatangkan Riyad Mahrez. Ia ditebus dari Leicester City dengan harga 60 juta pound sterling.

City sendiri kehilangan Yaya Toure yang kontraknya habis musim panas ini. Namun mereka belum sukses mendapatkan penggantinya.

Bidikan utama Jorginho lebih memilih ke Chelsea. Sementara bidikan lainnya, Fred justru pindah ke MU.

Komentar Guardiola

Pelatih Manchester City, Pep Guardiola, saat melakukan parade juara Premier League di Manchester, Senin (14/5/2018). The Citizens menjadi tim terbaik dengan raihan 100 poin. (AP/Richard Sellers)

"Kami akan menentukannya nanti setelah beberapa pertandingan. Lagipula kami masih ada solusi penggantinya," kata Guardiola seperti dilansir Mirror.

"Di posisi Toure kami punya Fernandinho, Ilkay Gundogan, dan Alex Zinchenko. Selain itu masih ada juga Fabian Delph," ujarnya menambahkan.

"Kami juga punya pemain muda di posisi yang sama. Seperti Douglas Luiz dan Claudio Gomes. Kita tunggu saja."

Posisi Musim Lalu

Manajer Manchester City asal Spanyol, Pep Guardiola. (AFP/Ben Stansall)

City menjadi juara dengan meyakinkan musim lalu. Mereka unggul 19 poin atas peringkat kedua, Manchester United.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Harga Telur Terus Naik, Warga Berburu Telur Pecah

Posted: 20 Jul 2018 08:10 PM PDT

Liputan6SCTV, Bojonegoro - Kenaikan harga telur masih terjadi di sejumlah daerah. Di Bojonegoro, Jawa Timur, harga telur mencapai Rp 30 ribu per kilogram. Sementara di Ngawi, Jawa Timur, warga mulai berburu telur pecah untuk menyiasati tingginya harga.

Seperti ditayangkan Liputan6 SCTV, Sabtu (21/7/2018), kenaikan harga telur ayam terus terjadi di sejumlah pasar tradisional di Bojonegoro, Jawa Timur. Bahkan menurut pedagang, dalam sepekan ini kenaikan sudah dua kali terjadi.

Saat ini, satu kilogram telur ayam ras mencapai Rp 30 ribu, sementara pekan lalu masih Rp 26 ribu. Akibat tingginya harga, pedagang mengeluhkan omzetnya menurun drastis. Warga juga mengeluhkan tingginya harga telur, namun memilih tetap membeli untuk kebutuhan keluarga.

Sementara itu, melonjaknya harga telur membuat sejumlah warga di Ngawi, Jawa Timur, kini mulai berburu telur pecah. Harga telur ayam di sejumlah pasar tradisional di Ngawi saat ini mencapai Rp 25 ribu per kilogram. Sedangkan satu kilogram telur pecah dijual Rp 18.500.

Telur pecah dinilai masih aman dikonsumsi jika telur tidak berbau, tidak berubah warna, dan cara mengolahnya baik. Menurut pedagang, biasanya telur pecah dibawa pulang untuk dikonsumsi sendiri atau diberikan kepada tetangga. Namun, karena banyak yang mencari, kini para pedagang memilih menjual telur pecah. (Galuh Garmabrata)

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Indonesia Panen Penghargaan di KAYAK Travel Award Singapore 2018

Posted: 20 Jul 2018 08:06 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Pariwisata Indonesia benar-benar panen penghargaan internasional. Kali ini, melalui Kayak Travel Awards Singapore 2018. Indonesia mampu membawa pulang tidak kurang dari 6 penghargaan dari total 16 kategori. Penghargaan ini semakin melegitimasi kualitas pariwisata Indonesia.
 
Hasil Kayak Travel Awards Singapore 2018 diumumkan Kamis (19/7). Tepatnya melalui www.kayak.sg. Deputi Bidang Pemasaran I Kementerian Pariwisata I Gde Pitana mengaku bangga dengan prestasi ini.
 
"Penghargaan dari Kayak Travel Awards Singapore 2018 sangat luar biasa. Hal ini pun menegaskan status destinasi Indonesia sebagai yang terbaik. Atraksinya, aksesibilitas, dan amenitasnya sangat bagus. Kami tentu sangat bangga dan gembira menerima award ini," kata Pitana, Jumat (21/7).
 
Dari enam kategori yang dibawa pulang Indonesia, empat diantaranya adalah sebagai yang terbaik. Yaitu dari kategori 'Favourite Resorts Hotel in Southeast Asia' yang diraih W Bali, Kategori Favourite Affordable Hotel in Asia untuk The Westin Resort Nusa Dua Bali, Favourite Destination for Short Breaks yang diberikan ke Bali, dan Favourite Destination for Beach Holidays yang juga diraih Bali.
 
Sedangkan dua penghargaan lain didapat dengan status runner up. Yaitu melalui kategori Favourite Resorts Hotel in Southeast Asia lewat Sheraton Bali Kuta Resort, dan runner up Favourite Airport lewat Bandara I Gusti Ngurah Rai. Bandara di Bali ini terpaut tipis dari Bandara Changi Singapura. 
 
"Bali memang paket lengkap terbaik sebagai destinasi liburan. Nature, culture, dan man made-nya itu fantastis. Setiap saat selalu ada experience berbeda yang ditawarkan oleh Bali," terang Pitana yang juga diamini Asisten Deputi Pengembangan Pemasaran I Regional I Kemenpar Masruroh.
 
Menurut Pitana, Bali memiliki banyak potensi yang memang mampu bersaing dengan negara lain. Termasuk juga Thailand. 
"Pantai di Bali adalah yang terbaik di dunia. Sunrise atau sunset-nya sama indahnya. Ombaknya bagus untuk surfing, lalu bawah airnya super eksotis," katanya.
 
Indonesia juga berhasil membawa status runner up kategori Fovourite Trending Destination yang diraih Yogyakarta. Posisi pertama diberikan kepada Chiang Mai Thailand.
 
"Penghargaan yang diberikan oleh Kayak ini sangat prestisius. Bisa mendapatkan enam penghargaan sudah sangat luar biasa. Pada beberapa kategori penting, Indonesia justru mengungguli popularitas dari Thailand. Bali tetap menjadi destinasi dan pemilik pantai terbaik," tambah Masruroh.
 
KAYAK merupakan travel application international yang berbasis di Amerika Serikat. Sebelum menggelar Travel Award Singapore 2018, KAYAK Regional asia Pacific telah terlebih dahulu melakukan survey. Data ini di input dari publik Singapura dalam kurun waktu yang sudah ditentukan. Dan, beragam penghargaan terbaik ini sudah diterima Indonesia di Singapura, Kamis (19/7).
 
"Proses panjang dilakukan Kayak untuk menyusun dan menetapkan status terbaik destinasi. Mereka ini melakukan survey dengan banyak responden dan bisa dipertanggungjawabkan. Award dari Kayak ini melengkapi pujian terbaik lain ang diberikan internasional," ujar wanita yang biasa dipanggil Mbak Iyung itu.
 
Kembali mendapat guyuran banyak award, acungan jempol pun diberikan Menteri Pariwisata (Menpar) Arief Yahya. Menpar menegaskan, award dari Kayak semakin menaikan level confidence, credibility, sekaligus calibration Indonesia. Sebab, award menjadi salah satu parameter pembanding kualitas destinasi di Indonesia dengan mancanegara.
 
"Pariwisata Indonesia kembali meraih penghargaan tentu menjadi prestasi luar biasa. Kepercayaan diri dan kredibilitas Indonesia otomatis naik. Mancenagara ini sangat percaya dengan Indonesia. Standard global destinasi di Indonesia juga ikut naik. Kami ucapkan terima kasih atas berbagai penghargaan yang diberikan ini," pungkasnya. 
 
 
(*)

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Dolar Tak Pengaruhi Harga Mobil BMW

Posted: 20 Jul 2018 08:06 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Nilai tukar rupiah makin lemah di hadapan dolar Amerika Serikat (AS). Jakarta Interbank Spot Dollar Rate (Jisdor), Jumat (20/7) menembus Rp 14.500, tepatnya pada Rp 14.520 per dollar AS.

Terkait menguatnya dolar, ternyata hal tersebut tak mempengaruhi harga mobil BMW di Indonesia.

Jodie O'tania selaku Vice President of Corporate Communications BMW Group Indonesia mengatakan, harga BMW mengacu pada mata uang Euro.

"Tidak ada kenaikan, tidak ada pengaruh. Kita berpengaruhnya ke Euro karena dari Jerman," kata Jodie saat ditemui Liputan6.com, beberapa waktu lalu di Sunter.

 

Selanjutnya

BMW Indonesia tidak terpengaruh dengan kenaikan dollar Amerika (Liputan6.com/Yurike)

Penyesuaian harga, menurutnya, memang selalu ada setiap tahun. Namun hal tersebut bukanlah karena kenaikan dolar Amerika.

Ia mengatakan, komponen kendaraan BMW yang dirakit lokal di Sunter juga tak seluruhnya datang dari Jerman, tapi juga ada komponen yang didatangkan dari pabrik BMW di Spartanburg, Amerika Serikat.

"Walaupun ada komponen yang dikirim dari AS, sistemnya kita pakai Jerman sehingga pembeliannya pakai Euro. Sehingga tak ada kenaikan. Base kita adalah Euro," ujarnya. 

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Diterjang Badai, Puluhan Rumah di Aceh Barat Rusak

Posted: 20 Jul 2018 08:02 PM PDT

Liputan6.com, Aceh Besar - Angin kencang atau badai melanda Kabupaten Aceh Besar, Provinsi Aceh dalam beberapa hari terakhir. Sebanyak 52 rumah yang tersebar di 11 kecamatan di wilayah itu mengalami kerusakan akibat diterpa angin kencang. 

Sekretaris Daerah Kabupaten (Sekdakab) Aceh Besar, Iskandar mengungkapkan, selain rumah, sejumlah pohon di sepanjang jalan dan di kawasan perkampungan tumbang.

"Meski sempat menimbulkan kepanikan akibat angin kencang disertai hujan, namun tidak sempat menimbulkan korban jiwa manusia. Kami harap warga yang rumahnya rusak tetap sabar dan tabah dalam menghadapi musibah ini," ujar Sekda yang didampingi Kepala Dinas Sosial Aceh Besar, Jakfar, dilansir Antara, Sabtu (21/7/2018).

Iskandar mengatakan, Pemkab Aceh Besar dalam penanganan korban musibah badai ini, melalui Dinas Sosial telah memberikan bantuan di lokasi bencana.

Untuk rumah yang rusak sedang dan ringan akan direhab sesuai kebutuhan dan yang rusak berat akan dibangun kembali.

"Insya Allah mereka yang mengalami musibah pemerintah terus memperhatikan dan nanti semua akan didata untuk diberikan dana rehab sesuai kerusakannya. Jika dalam pendataan ada rumah warga miskin yang mengalami musibah dan tidak bisa ditempati lagi, kami akan usulkan kepada bapak bupati untuk dibangun rumah layak huni," ujar Iskandar.

Kadis Sosial Jakfar didampingi Kabid Perlindungan dan Jaminan Sosial Dinsos Aceh Besar, Isnawati menjelaskan, tingkat kerusakan 52 rumah yakni, 22 rusak berat, 20 rusak sedang dan 10 rusak ringan. Perkiraan kerugian mencapai Rp510 juta.

Kerusakan itu tersebar di 11 kecamatan meliputi Kecamatan Montasik, Krueng Barona Jaya, Darul Imarah, Darul Kamal, Simpang Tiga dan Suka Makmur.

Badai juga melanda Kecamatan Ingin Jaya, Blang Bintang, Peukan Bada, Indrapuri dan Seulimuem. "Bantuan masa panik telah langsung diberikan di lokasi kepada warga yang mengalami musibah, meliputi tenda gulung, matras, selimut, sembako, dan air mineral," ujar Jakfar.

Jakfar mengatakan, pihaknya dalam penanganan musibah yang dialami warga, terus membantu bersama Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD), Taruna siaga bencana (TAGANA), TKSK (tenaga kesejahteraan sosial kecamatan) dan Muspika kecamatan setempat.

 

Simak video pilihan berikut ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Foto-Foto Ini Buktikan Belajar Masak Bisa Jadi Bencana di Dapur

Posted: 20 Jul 2018 08:00 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Belajar memasak memang tak pandang bulu laki-laki ataupun perempuan. Apalagi saat urusan perut sudah mulai lapar, mau gak mau kita sering kali dihadapkan untuk memasak makanan kalau sedang sendirian di rumah.

Bagi pemula, rasanya gampang melihat orang lain saat masak. Tapi ketika kita melakukannya sendiri, ternyata banyak kendala dan kesulitan yang mungkin kita hadapi. Bahkan saat belajar memasak sendirian, beberapa di antarnya justru berujung pada momen bencana yang bikin ngakak.

Seperti sejumlah hal ini misalnya, dirangkum oleh akun Facebook, Kementrian Humor Indonesia berikut bencana yang bikin kita sedih sekaligus kocak yang kerap terjadi saat memasak.

1. Malah pecah

(Foto rangkuman dari Kementrian Humor Indonesia/ Facebook)

2. Pelakunya kayanya si kucing nih

(Foto rangkuman dari Kementrian Humor Indonesia/ Facebook)

3. Pakai tenaga samson nih

(Foto rangkuman dari Kementrian Humor Indonesia/ Facebook)

4. Pancinya meledak

(Foto rangkuman dari Kementrian Humor Indonesia/ Facebook)

5. Masak lontong jumbo ya?

(Foto rangkuman dari Kementrian Humor Indonesia/ Facebook)

6. Dikira teko biasa mungkin ya...

(Foto rangkuman dari Kementrian Humor Indonesia/ Facebook)

7. Pizza gosong

(Foto rangkuman dari Kementrian Humor Indonesia/ Facebook)

8. Ngeri banget sampai kaya gini

(Foto rangkuman dari Kementrian Humor Indonesia/ Facebook)

9. Pakai tatakan dong

(Foto rangkuman dari Kementrian Humor Indonesia/ Facebook)

10. Bisa begini yah?

(Foto rangkuman dari Kementrian Humor Indonesia/ Facebook)

11. Terlalu bersemangat nguleknya

(Foto Awreceh.id)

Saksikan Video Pilihan di Bawah ini:

[vidio:WOW: Ayo Memasak Dalam Stoples]()

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Prediksi Sriwijaya FC Vs Arema FC: Serangan Mantan

Posted: 20 Jul 2018 08:00 PM PDT

Palembang - Sriwijaya FC mencoba untuk menepis anggapan sedang krisis saat menjamu Arema FC di stadion Gelora Jakabaring, Sabtu (21/7/2018). Walaupun, meski main di kandang, Sriwijaya FC bakal sulit menghadang Arema FC yang kini diperkuat tiga mantan pemain.

Sriwijaya FC memang masih ada di posisi lebih atas di klasemen sementara Liga 1. Namun kondisi mental antara kedua tim sungguh berbanding terbalik.

Tuan rumah dalam kondisi kurang ideal pasca kehilangan delapan pemain yang memilih pergi di bursa transfer putaran kedua.  Sementara itu, tim tamu justru telah menambah empat amunisi tambahan, termasuk tiga di antaranya merupakan eks Sriwijaya FC, yakni: Hamka Hamzah, Alfin Tuasalamony, dan Makan Konate.

Selain itu, tim tamu juga diuntungkan dengan masa recovery yang lebih baik. Sriwijaya FC baru tiba di Palembang, Kamis (19/7/2018) siang usai melakoni perjalanan melelahkan dari Tenggarong saat bersua Mitra Kukar sehari sebelumnya.

Di sisi lain, Arema FC terakhir bermain Minggu (15/7/2018) lalu. Mereka punya punya waktu istirahat yang lebih lama.

"Memang kebugaran fisik pemain menjadi kekhawatiran kami, tidak ada waktu recovery yang ideal. Tapi hal ini tidak boleh menjadi kelemahan, mental pemain harus kuat dan siap," ujar asisten pelatih SFC, Francis Wawengkang saat sesi konfrensi pers jelang laga, Jumat (20/7/2018) sore.

Terkait menyeberangnya trio eks Sriwijaya FC ke Arema FC, Enal mengaku hal tersebut memang akan menjadi sebuah kerugian buat timnya.

"Kerugian pasti ada, karena selama ini kami yang memoles mereka dan sudah terlihat hasilnya. Namun, yang pasti kami juga sudah sama-sama tahu kelebihan maupun kekurangannya, jadi tidak ada masalah jika kami harus menghadapi mereka sebagai lawan. Kami punya cara meredam tiga eks pemain kami," tambahnya.

Dalam kesempatan tersebut, Enal juga menegaskan bahwa posisinya masih sebagai caretaker dan posisi kepala pelatih masih dipegang oleh Rahmad Darmawan.

"Sampai saat ini posisi kepala pelatih masih di Coach RD, nanti beliau juga yang akan memimpin langsung persiapan melawan Arema," tegasnya.

Saat sesi official training, Rahmad Darmawan memang sudah terlihat di lapangan setelah sebelumnya sempat menghilang sewaktu melawan Mitra Kukar (18/7/2018).

Bantu Mendokrak Tim

Liga 1 2018 Sriwijaya FC Vs Arema FC (Bola.com/Adreanus Titus)

pelatih Arema FC, Milan Petrovic, menyebut laga ini akan menjadi pembuktian kualitas Tim Singo Edan sesungguhnya. Nakhoda asal Serbia ini pun sesumbar akan mampu membungkam tuan rumah di depan publiknya sendiri.

"Saya sangat senang karena kualitas kemarin terus meningkat sejak pekan kemarin. Sejauh ini kami terus beradaptasi, memang masih perlu waktu namun dalam empat pekan ke depan saya yakin tim ini akan kompak," beber Petrovic.

Terkait empat rekrutan anyarnya, Milan menyebut bahwa kehadiran Makan Konate dkk. sangat membantu meningkatkan performa timnya.

"Kami sudah bisa menurunkan kiper yang baru direkrut, kemudian ada Konate juga yang sangat bagus performanya, saya berharap mereka mampu membawa kami meraih poin penuh di Palembang," pujinya.

Terkait kondisi tim lawan yang tengah timpang, Milan menyebut hal ini tidak akan membuatnya hilang fokus nantinya.

"Saya sudah menonton rekaman mereka berkali-kali, mereka sekarang memang kehilangan banyak pemain, namun saya tetap akan respek karena pemain lain pasti ingin menunjukkan kualitasnya, tetapi saya percaya diri bisa menang nantinya.

Di Sriwijaya FC juga ada beberapa pemain yang berbahaya, tetapi saya terus ingatkan pemain Arema bahwa kualitas terkadang menipu dan tidak akan terlalu menentukan, kerja keraslah yang terpenting. Selain itu, saya juga hanya akan fokus ke gaya bermain sendiri," papar Petrovic.

 

Komposisi Pemain

Sriwijaya FC menang telak 4-0 atas PSIS Semarang pada lanjutan Liga 1 2018 di Stadion Gelora Sriwijaya Jakabaring, Selasa (22/5/2018). (Bola.com/Riskha Prasetya)

Prakiraan Susunan Pemain:

Sriwijaya FC (4-3-3): Teja Paku Alam (Kiper); Marco Meraudje, Bio Paulin, Ahmad Faris, Zalnando (Belakang); Yu Hyun-koo, Zulfiandi, Ichsan Kurniawan (Tengah); Esteban Viscarra, Manucechr Dzalilov, Alberto Goncalves (Depan)

Pelatih: Francis Wewengkang (caretaker)

Arema FC (4-3-3): Srdjan Ostojic (Kiper); Ricky Ohorella, Hamka Hamzah, Artur Cunha, Bagas Adi Nugroho (Belakang); Hanif Sjahbandi, Hendro Siswanto, Jhon Alfarizi (Tengah); Makan Konate, Dendi Santoso, Rivaldi Bauwo (Depan)

Pelatih: Milan Petrovic

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

VIDEO: Janji Denada jika Putrinya Sembuh dari Leukemia

Posted: 20 Jul 2018 08:00 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Penyanyi Denada membuat nazar atau janji apabila putrinya, Shakira Aurum, sembuh dari kanker darah atau leukemia. Ia ingin membawa anak semata wayangnya itu ke Tanah Suci, Makkah.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Buron 5 Hari, Dokter Bumbum Ahli Pembesaran Bokong Brasil Akhirnya Ditangkap

Posted: 20 Jul 2018 08:00 PM PDT

Liputan6.com, Rio de Janeiro - Polisi Brasil telah menangkap dokter spesialis bedah plastik terkenal, Denis Cesar Barros Furtado, yang buron sejak seorang pasiennya meninggal setelah mendapat suntikan untuk membesarkan bokong.

Dikutip dari laman VOA Indonesia, Sabtu (21/7/2018), Furtado dikenal sebagai Dokter Bumbum, istilah pergaulan di Brazil untuk menyebut bokong. Furtado ditangkap pada Kamis, 19 Juli lalu di sebuah kompleks perkantoran di kawasan Barra de Tijuca, Rio de Janeiro, Brasil.

Polisi mengatakan, Furtado melakukan operasi plastik di rumahnya pada Sabtu 14 Juli 2018 untuk membesarkan bokong manajer bank Lilian Calixto.

Calixto jatuh sakit sewaktu operasi dan dilarikan Furtado ke rumah sakit terdekat. Sayang dia tidak tertolong dan beberapa jam kemudian meninggal dunia.

Polisi mengatakan sebab pasti kematian Calixto belum diketahui.

Furtado menghilang setelah mengantar Calixto ke rumah sakit Brasil. Seorang hakim kemudian mengeluarkan surat perintah untuk menangkapnya.

 

Saksikan video pilihan di bawah ini:

Ratu Kecantikan Tewas

Ilustrasi Foto Jenazah (iStockphoto)

Kasus kematian tragis akibat prosedur kecantikan menimpa ratu kecantikan dari Duran, Ekuador. Gadis bernama Catherine Cando itu tewas mengenaskan usai menjalani prosedur sedot lemak (liposuction) yang merupakan hadiah dari ajang kontes tersebut.

Model glamor itu memenangi gelar Queen of Duran pada Oktober 2014. Sebagai kompensasinya, ia mendapatkan sebuah mobil baru, tablet pintar, dan pengobatan bedah kosmetik gratis.

Awalnya, remaja 19 tahun itu menunda menjalani perawatan kosmetik karena merasa tak membutuhkannya. Tapi akhirnya ia menyerah tak lama setelah memenangkan gelar tersebut.

"Aku menjauhi bedah kosmetik. Saat merasa lebih gemuk, aku memilih olahraga untuk menurunkan berat badan," kata Cando saat penobatan sebagai ratu kecantikan seperti dikutip dari News.com.au.

Namun pendiriannya melemah, Cando akhirnya memutuskan untuk menggunakan hadiah bedah kosmetik itu. Sekitar 3 bulan setelah ia dianugerahi gelar Queen of Duran.

"Sebelum menjalani operasi, ia kerap dibujuk banyak ahli bedah. Tapi kala itu pendiriannya keras, dan terus berkata: tidak," ujar kakak laki-laki Cando, Daniel Zavala.

"Dia bahkan berpikir untuk memberikan treatment itu sebagai hadiah untuk orang lain. Tapi akhirnya dia setuju menjalaninya, meski 'menelan ludahnya' sendiri," tutur Zavala.

Kini sang ratu kecantikan sudah tiada. Ahli bedah yang melakukan prosedur gagal itu dilaporkan telah ditangkap. Dengan tuduhan melakukan kelalaian yang menyebabkan pasien meninggal di meja operasi ketika selama prosedur sedot lemak.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Kontroversi Jadi Juri, Iis Dahlia Mengaku Dapat Ancaman

Posted: 20 Jul 2018 08:00 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Iis Dahlia kini menjadi bulan-bulanan warganet, lantaran aksinya sebagai juri ajang pencarian bakat viral di media sosial. Dalam video tersebut, Iis Dahlia berkomentar pedas kepada salah satu kontestan yang tak menggunakan make up dan gaun yang layak saat audisi.

Tak sedikit warganet yang geram melihat perlakuan Iis Dahlia kepada kontestan tersebut. Mereka berpendapat, harusnya ajang pencarian bakat bernyanyi lebih mengedepankan suara dan bukannya penampilan.

Buat Iis Dahlia ia sudah terbiasa menjadi korban bully warganet. Bahkan, ada warganet yang kesal dan sampai mengancam akan menggunakan ilmu hitam untuk menyakiti dirinya.

"Aku sih sudah kebal, sudah jadi juri enam tahun, saya mau disantet pernah," ujar Iis Dahlia saat dihubungi via sambungan telepon, Jumat (20/7/2018).

Ancaman Pembunuhan

Iis Dahlia (Foto: Youtube)

Tak hanya itu, ada pula yang mengancam akan membunuhnya bila bertemu di jalan. Saking seringnya mendapatkan ancaman, Iis Dahlia menganggapnya sebagai hal yang biasa. "Ancaman mau dibunuh di jalan itu sudah biasa," ujar Iis Dahlia.

Buang-Buang Waktu

Iis Dahlia [foto: instagram.com/isdadahlia]

Iis Dahlia tak pernah menanggapi atau membalas komentar warganet yang mengancam dirinya. Menurutnya hanya buang-buang waktu saja bila menanggapi semua itu.

"Kalau mau diladeni capek boo. Kalau mau lapor polisi bisa, tapi buang-buang waktu, bolak-balik ke polisi," terangnya.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Kandungan di Tabir Surya yang Dianggap Baik Ternyata Buruk untuk Kesehatan

Posted: 20 Jul 2018 08:00 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Kulit adalah salah satu bagian tubuh yang paling diperhatikan wanita. Agar kulit tetap sehat, salah satu cara menjaganya dengan menggunakan tabir surya (sunscreen).

Namun, sadarkah Anda bahwa beberapa bahan yang terkandung di dalam tabir surya sebenarnya buruk bagi kesehatan? Berikut bahan-bahan yang dimaksud, seperti dikutip dari situs Global Healing Center pada Sabtu, 21 Juli 2018.

1. Avobenzone

Avobenzone, bahan utama dalam tabir surya yang efektif menyerap sinar ultraviolet (UV), sebenarnya dianggap sebagai bahan kimia yang relatif aman.

Akan tetapi penelitian terbaru menunjukkan, jika bahan ini terkena sinar matahari dapat menghasilkan pelepasan radikal bebar yang justru bisa meningkatkan risiko kanker. 

2. Pengharum

Tabir surya mengandung berbagai wewangian supaya produk lebih menarik. Penggunaan wewangian buatan dikhawatirkan dapat menganggu sistem saraf, menimbulkan alergi, dan cacat lahir.

Bahan Berbahaya Lain di Tabir Surya

Disini disebutkan beberapa kesalah pahaman tabir surya yang umumnya Anda harus berhenti percaya sekarang.(foto: Istockphoto)

3. Oxybenzone

Oxybenzone dan avobenzone memiliki fungsi yang sama. Keduanya ditemukan di sebagian besar tabir surya.

Meskipun keduanya berfungsi menyerap sinar matahari sehingga tidak menembus kulit, oxybenzone sebenarnya lebih beracun.

Bahan kimia ini sebenarnya berada di balik meningkatnya risiko melanoma, kanker kulit yang kebanyakan orang coba hindari dengan menggunakan tabir surya.

4. Parabens

Parabens umumnya digunakan sebagai pengawet dalam tabir surya serta berbagai produk kecantikan lainnya. Apa yang membuat parabens berbahaya adalah bahan kimia ini dapat mengganggu kerja hormon estrogen.

Parabens telah dikaitkan dengan infertilitas, perkembangan abnormaltestis, obesitas, asma, alergi, tumor jinak pada rahim atau saluran pencernaan, dan kanker payudara.

5. Vitamin A

Mungkin ini kabar mengejutkan bahwa vitamin A termasuk kandungan yang dihindari. Vitamin A sering dalam bentuk retinyl palmitate dan jika terkena sinar UV, bisa menciptakan radikal bebas yang dapat menyebabkan mutasi genetik yang benar-benar meningkatkan risikokanker.

Penggunaan retinyl palmitate setiap hari oleh wanita hamil juga bisa menjadi racun bagi janin yang sedang berkembang.

Penulis : Nita Utami

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Ini Risiko Kecanduan Main Gim Sampai Ogah Keluar Rumah

Posted: 20 Jul 2018 08:00 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Menjadi seorang gamer tentu tidak ada salahnya, tapi jika terlalu berlebihan justru bisa mendatangkan masalah.

Ketika seorang gamer secara berlebihan memainkan gim tanpa melakukan aktivitas lain termasuk keluar rumah, tak jarang ada akibat yang serius dari kegiatan mereka tersebut.

Aktivitas di luar rumah adalah salah satu hal penting bagi kesehatan. Seorang gamer yang selalu bermain gim di dalam ruangan, pasti akan sangat jarang terpapar sinar matahari. Hal ini sangat membahayakan kesehatan.

Akibat dari terlalu sering tidak keluar rumah ini bukan hanya membuat tubuh sakit, tapi juga bahaya lainnya. Bahkan saking buruknya, ada yang bisa menyebabkan risiko kematian.

Berikut dampak buruk bermain gim tanpa pernah keluar rumah, sehingga membuat tubuh jarang terpapar sinar matahari.

1. Risiko penyakit

Gamer yang kekurangan sinar matahari artinya juga kekurangan asupan vitamin D. Padahal, vitamin D sangat penting untuk melindungi tubuh dari risiko serangan jantung.

Kekurangan sinar matahari otomatis juga membuat tubuh kekurangan sel darah putih, sehingga menyebabkan penurunan daya tahan tubuh. Alhasil, kamu menjadi lebih mudah terserang penyakit.

Selain itu, beberapa bagian tubuh juga akan sering mengalami nyeri dan kram jika jarang terpapar sinar matahari.

 

Picu Depresi

2. Memicu depresi

Kekurangan sinar matahari sejak usia dini diyakini berisiko tinggi terkena sklerosis. Ini adalah sebuah penyakit yang menyebabkan tingginya tingkat kecemasan seseorang.

Sinar matahari ternyata membantu tubuh memproduksi serotonin yaitu hormon yang memancing rasa senang ke tubuh. Jadi jika kekurangan sinar matahari, besar kemungkinan akan membuat Anda susah merasa senang.

Kalah main gim, gamer hantam layar monitor dengan kepala. (Sumber: Shanghaiist)

Selain itu, banyak peneliti percaya ada hubungan antara kadar serotonin dengan depresi. Keseimbangan kadar hormon serotonin akan memengaruhi mood, yang selanjutnya berperan memicu atau meredakan depresi.

Kedua hal tersebut adalah sejumlah akibat yang kemungkinan besar menimpa orang-orang yang sangat jarang atau bahkan tidak pernah terpapar sinar matahari.

Nah, bagi gamer yang sering bermain gim di dalam ruangan, sebaiknya membiasakan diri beraktivitas di luar ruangan dan sesekali merasakan hangatnya sinar matahari. Selain itu, keluar rumah juga berguna untuk mengurangi rasa suntuk.

(Jek/Ysl)

Saksikan Video Pilihan Berikut Ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Tips Mengaplikasikan Foundation Cair Seperti Makeup Artist

Posted: 20 Jul 2018 08:00 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Mengaplikasikan foundation cair bisa menjadi kekacauan, terutama bagi Anda yang masih pemula dalam pengaplikasian makeup. Untuk dapat mengaplikasikan foundation cair dengan baik, Anda harus tahu cara yang tepat, kondisi kulit yang dimiliki, hasil yang diinginkan, dan waktu yang dimiliki untuk mengaplikasikannya.

Sebelum menggunakan makeup apapun termasuk foundation, penting untuk memastikan kulit benar-benar bersih. Anda bisa mencuci muka atau sekedar menggunakan pembersih wajah yang ramah terhadap kulit, seperti dilansir dari stylecaster.com, Sabtu (20/7/2018).

Jika Anda ingin menggunakan makeup di pagi hari, pastikan kulit telah siap di malam sebelumnya. Setelah membersihkan kulit wajah, siapkan sel kulit dengan produk yang berbasis air untuk menghaluskan kulit dan menciptakan penghalang yang fleksibel antara kulit dan makeup.

Berikan sedikit waktu agar semua produk yang tadi diaplikasikan meresap dengan baik ke dalam kulit. Waktu yang bisa Anda gunakan untuk menentukan jenis cakupan foundation yang diinginkan, tergantung pada keadaan kulit dan cuaca.

 

 

Tips makeup

Ilustrasi Make Up (iStockphoto)

Ingin tampilan yang lebih natural, jangan gunakan terlalu banyak produk. Cukup gunakan produk dengan formula yang sederhana dan ringan atau berbasis air, sehingga kulit bisa benar-benar tampak bercahaya.

Sebisa mungkin hindari produk foundation dengan formula matte, karena akan mengubah kilau alami kulit Anda. Pilihlah foundation dengan hasil akhir satin, produk tersebut dapat digunakan sebagai concealer, highlighter, dan contour.

Formula matte pada foundation hanya boleh digunakan ketika kondisi kulit Anda benar-benar krisis. Simak di sini beberapa langkah mengaplikasikan foundation cair dengan benar.

Tahapan

Ilustrasi Make Up (iStockphoto)

1. Gunakan spons makeup

Sebelum digunakan, usahakan untuk membasahi spons tersebut dengan air. Cara ini akan memastikan Anda mendapatkan aplikasi yang mulus, tanpa menggunakan terlalu banyak produk.

Mulailah di daerah yang paling membutuhkan cakupan. Gunakan spons dalam gerakan memantul lembut dan jika Anda ingin melapisinya, lakukan dengan teknik yang sama.

2. Jangan diseret

Mengaplikasikan foundation cair dengan tangan sebenarnya dapat bekerja lebih baik, namun ingat untuk tidak menyeretnya, karena Anda hanya akan kehilangan cakupan. Tepuk-tepuk dengan lembut di area yang menjadi perhatian.

3. Sikat foundation yang datar

Mulailah dengan mengaplikasikan foundation cair di area yang menjadi fokus. Dengan sisi datar dari sikat, gunakan tekanan yang ringan untuk mencakup area-area tersebut.

Manfaat lain dari menggunakan sikat foundation datar ini adalah memungkinkan Anda untuk lebih menjangkau garis rambut, alis, area mata, dan garis bibir. Sudah pernah coba?

4. Sikat buffing

Sikat ini jelas akan mempermudah pekerjaan Anda, karena dapat mempercepat proses dan memberi aplikasi yang cepat, serta merata. Untuk mengaplikasikan foundation cair menggunakan sikat buffing, terapkan di area pertama terlebih dahulu, baru gerakkan dengan tekanan ringan ke luar dan ke bawah.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Sejumlah Artis dan Atlet Bawa Obor Api Asian Games di Malang

Posted: 20 Jul 2018 07:58 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Obor api abadi dan obor Asian Games disambut meriah oleh warga sesampainya di Malang. Sejumlah artis, atlet nasional, dan pejabat negara, bertugas sebagai pembawa obor saat diarak dengan berlari estafet dari perbatasan Kabupaten Malang dan Kota Malang.  

Seperti ditayangkan Fokus Indosiar, Sabtu (21/7/2018), Kepala staf Angkatan Laut  Laksamana TNI Siwi Sukma Adji, menjadi petugas pembawa obor terakhir sebelum diserahkan kepada Pelaksana Tugas Wali Kota Malang Sutiaji.

Momen ini disaksikan ribuan warga Kota Malang yang memenuhi kawasan Monumen Tugu. Selanjutnya, api abadi Asian Games 2018 dibawa menuju Gunung Bromo melalui perjalanan darat pada Sabtu dini hari.  

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Polda Metro Jaya, Dishub dan Inasgoc Gelar Simulasi Pengamanan Atlet

Posted: 20 Jul 2018 07:56 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Simulasi perjalanan atlet mulai dari Wisma Atlet hingga sejumlah lokasi pertandingan, digelar Ditlantas Polda Metro Jaya, Dinas Perhubungan DKI Jakarta dan Inasgoc. Simulasi dilakukan untuk mengetahui waktu tempuh atlet yang akan berlaga di Asian Games, apakah sesuai dengan standar internasional.  

Seperti ditayangkan Fokus Indosiar, Sabtu (21/7/2018), simulasi perjalanan atlet menuju sejumlah lokasi pertandingan dimulai dari titik keberangkatan yakni Wisma Atlet, Kemayoran, Jakarta Pusat. Delapan belas bus Transjakarta dikerahkan untuk membawa rombongan menuju venue Velodrome yang berada di kawasan Rawamangun, Jakarta Timur.

Jarak 21 kilometer berhasil ditempuh dalam waktu 18 menit. Masih di bawah dari batas maksimal yang ditetapkan yakni 30 menit. Simulasi juga dilakukan ke rute lainnya yakni dari Wisma Atlet, Kemayoran menuju sejumlah venue yakni Ancol, Taman Mini Indonesia Indah, Pondok Indah, Bulungan, dan Cibubur.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Lagi, KPK Lelang Barang Hasil Sitaan. Siapa Minat?

Posted: 20 Jul 2018 07:51 PM PDT

Liputan6SCTV, Jakarta - Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) akan melelang barang sitaan hasil tindak pidana korupsi dan gratifikasi. Seperti ditayangkan Liputan6 SCTV, Sabtu (21/7/2018), barang yang dilelang sebanyak 23 jenis, mulai dari harga puluhan ribu hingga miliaran rupiah.

Lelang barang sitaan KPK rencananya dilakukan pada 25 Juli mendatang. Setidaknya ada 23 jenis barang yang dilelang, mulai dari telepon genggam, tas kulit, hingga kiswah atau penutup kakbah, yang ditaksir harganya mencapai Rp 14 miliar.

Dalam lelang tersebut, KPK bekerjasama dengan Kantor Pelayanan Negara dan Lelang Jakarta III, Direktorat Jenderal Kekayaan Negara Kementerian Keuangan. Warga yang ingin mengikuti lelang, wajib menyetor uang jaminan sebelum lelang dimulai. (Galuh Garmabrata)

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Prihatin Kualitas Pendidikan Rendah, 2 Saudara Kembar Buat Taman Bacaan Anak

Posted: 20 Jul 2018 07:48 PM PDT

Liputan6SCTV, Kepulauan Anambas - Berawal dari keprihatinan rendahnya tingkat pendidikan dan banyaknya siswa putus sekolah di daerah terpencil di Kepulauan Anambas, Kepulauan Riau, dua saudara kembar mendirikan taman bacaan agar warga di kampungnya terhindar dari keterbelakangan.

Seperti ditayangkan Liputan6 SCTV, Sabtu (21/7/2018), hal inilah yang juga mendorong sejumlah pihak untuk ikut memajukan taman bacaan tersebut dengan memberikan sejumlah bantuan, seperti yang dilakukan SCTV - Indosiar.

Menghadap ke lautan lepas, Laut Cina Selatan di pesisir Desa Tiangau, Kecamatan Siantan, Kabupaten Kepulauan Anambas, Kepulauan Riau, berdiri sebuah taman bacaan bernama Taman Bacaan Anak Bangsa.

Dua bersaudara kembar tersebut bernama Andra dan Andri, sebagai pendiri Taman Bacaan Anak Bangsa. Keduanya bertekad ingin mencetak generasi cerdas, mengingat banyaknya siswa putus sekolah dan banyaknya generasi produktif yang tidak mendapatkan pekerjaan.

Dimulai dari tahun 2012, hanya dengan memiliki satu rak buku yang berisi 100 buku, kedua saudara kembar ini mendirikan taman bacaan dengan cara menumpang di sekolah-sekolah TK dan PAUD.

Guna memajukan perpustakaan tersebut, berbagai pihak seperti SCTV - Indosiar juga ikut menyumbangkan 1.400 buku dan tiga unit komputer, sementara Dispotmar TNI Angkatan Laut menyumbang bangunan dan sejumlah rak buku.

Semoga apa yang dirintis saudara kembar Andra dan Andri ini, bisa menginspirasi pemuda lain untuk tidak segan pulang ke kampung halaman untuk memajukan warga di kampungnya. (Galuh Garmabrata)

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

FOTO: Melihat Deretan Cosplay Keren Mejeng di San Diego Comic-Con

Posted: 20 Jul 2018 07:45 PM PDT

Cosplay karakter Mas Max berpose di luar San Diego Comic-Con, San Diego, California, Amerika Serikat, Jumat (20/7). Lebih dari 100 ribu cosplay diharapkan mengikuti konvensi komik dan hiburan tahunan ini. (Mario Tama/Getty Images/AFP)

Cosplay karakter Mas Max berpose di luar San Diego Comic-Con, San Diego, California, Amerika Serikat, Jumat (20/7). Lebih dari 100 ribu cosplay diharapkan mengikuti konvensi komik dan hiburan tahunan ini. (Mario Tama/Getty Images/AFP)

Wanita berpakaian biarawati berjalan sambil mempromosikan film 'The Nun' di luar San Diego Comic-Con, San Diego, California, Amerika Serikat, Kamis (19/7). (Mario Tama/Getty Images/AFP)

Wanita berpakaian biarawati berjalan sambil mempromosikan film 'The Nun' di luar San Diego Comic-Con, San Diego, California, Amerika Serikat, Kamis (19/7). (Mario Tama/Getty Images/AFP)

Para cosplay berpose di luar San Diego Comic-Con, San Diego, California, Amerika Serikat, Kamis (19/7). (Mario Tama/Getty Images/AFP)

Para cosplay berpose di luar San Diego Comic-Con, San Diego, California, Amerika Serikat, Kamis (19/7). (Mario Tama/Getty Images/AFP)

Cosplay berpakaian White Queen dan Queen of Hearts berpose di luar San Diego Comic-Con, San Diego, California, Amerika Serikat, Jumat (20/7). (Mario Tama/Getty Images/AFP)

Cosplay berpakaian White Queen dan Queen of Hearts berpose di luar San Diego Comic-Con, San Diego, California, Amerika Serikat, Jumat (20/7). (Mario Tama/Getty Images/AFP)

Cosplay berpose di luar San Diego Comic-Con, San Diego, California, Amerika Serikat, Kamis (19/7). (Mario Tama/Getty Images/AFP)

Cosplay berpose di luar San Diego Comic-Con, San Diego, California, Amerika Serikat, Kamis (19/7). (Mario Tama/Getty Images/AFP)

Para cosplay berjalan di luar Comic-Con, San Diego, California, Amerika Serikat, Jumat (20/7). (Mario Tama/Getty Images/AFP)

Para cosplay berjalan di luar Comic-Con, San Diego, California, Amerika Serikat, Jumat (20/7). (Mario Tama/Getty Images/AFP)

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Demi Gelar Liga Inggris, Herrera Ingin MU Tak Lagi Kalah Lawan Klub Kecil

Posted: 20 Jul 2018 07:45 PM PDT

Liputan6.com, Manchester - Ander Herrera meminta MU tak lagi mengulang kesalahan musim lalu untuk juara Liga Inggris. Gelandang asal Spanyol itu menilai kekuatan Setan Merah setara dengan Manchester City.

MU gagal meraih gelar apapun musim lalu. Mereka juga hanya finis kedua di Liga Inggris di bawah City.

Tentu hal ini membuat fans MU kecewa. Terlebih terakhir kali mereka juara Liga Inggris pada era Alex Ferguson.

"Kami harus tampil sebaik musim lalu. Namun dengan catatan mengurangi kesalahan yang ada," kata Herrera seperti dilansir Mirror.

"Kesalahan yang saya maksud adalah tidak membuang poin melawan klub kecil. Bukan bermaksud meremehkan namun memang seharusnya kami menang."

 

 

Siap Tarung

Pelatih Manchester United, Jose Mourinho memberi instruksi kepada para pemainnya saat bertanding melawan Sevilla pada leg kedua babak 16 Liga Champions di Old Trafford, Inggris (13/3). MU kalah atas Sevilla 2-1. (AFP Photo/Oli Scarff)

Meski demikian Herrera menilai persaingan di Liga Inggris semakin ketat setiap musimnya. Ia merasa kekuatan klub besar dan kecil tidak terlalu jauh lagi.

"Semua pertandingan Liga Inggris bagaikan perang. Kami harus siap bertarung sejak menit pertama," ujar Herrera.

"Mungkin kami memang telah bertarung dengan baik musim lalu. Namun ada juga beberapa laga yang tidak."

Masih Betah

Ander Herrera dan Eden Hazard (AFP/Oli Scarff)

Di sisi lain Herrera mengaku masih betah bermain di MU. Walau kontraknya akan habis tahun depan.

"Saya ingin memperpanjang kontrak di sini. Saya sangat bahagia dengan klub dan juga fans," ujarnya.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Mobil Neno Warisman Diduga Dibakar, Polisi Datangi Lokasi Kejadian

Posted: 20 Jul 2018 07:43 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Mobil Neno Warisman diduga dibakar oleh orang tak dikenal. Mobil Neno diketahui terbakar pukul 24.00 WIB, Kamis (19/7/2018).

Saat kejadian, Neno mengaku sedang tidak berada di rumah. Dia tengah bertemu Wakil Gubernur DKI Sandiaga Uno di daerah Matraman, Jakarta Timur.

"Iya. Memang mobil itu terbakar pukul 24.00. Jam 22.00 itu diparkir oleh sopir, Beliau itu teliti orangnya. Dia merawat dengan baik. Nah, sekitar jam 24.00, tetangga itu melihat mendengar dan mencium. Saksi bilang apinya itu, langsung dia lihat apinya sudah besar," ujar Neno saat dihubungi Liputan6.com, Sabtu (21/7/2018) pagi.

Belum diketahui bagaimana kronologi peristiwa itu. Namun, warga yang mengetahui kejadian itu langsung melapor ke polisi.

Polisi pun langsung menindaklanjuti dengan mendatangi lokasi kejadian.

Diketahui mobil Neno Warisman diparkir pukul 22.00 WIB oleh sopir pribadinya di jalan perumahan, di kawasan Cimanggis, Depok, Jawa Barat.

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

[vidio:Pensiun Jadi Artis, Ini Kesibukan Baru Neno Warisman]()

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Ditjen PAS Akan Cek Kasus yang Menjerat Kalapas Sukamiskin ke KPK

Posted: 20 Jul 2018 07:41 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Direktorat Jenderal Pemasyarakatan (Ditjen PAS) Kementerian Hukum akan mengecek kasus yang menjerat Kapalas Sukamiskin Wahid Husen kepada Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK).

Menurut Kepala Bagian Humas Direktorat Jenderal Pemasyarakatan (Ditjen PAS) Kementerian Hukum dan HAM Ade Kusmanto, pihaknya belum mengetahui kasus apa yang membuat Wahid Husen ditangkap KPK.

"Kami akan konfirmasi dengan pihak KPK," kata Ade kepada Liputan6.com, Sabtu (21/7/2018).

Sebelumnya Ade mengatakan bahwa Wahid Husen ditangkap KPK dikediamannya pada Sabtu (21/7/2018) dini hari.

"KPK melakukan penjemputan kepada Kalapas Sukamiskin ditemani satu orang staf driver," kata dia.

 

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Hukuman Mantan Presiden Korea Selatan Ditambah 8 Tahun Bui

Posted: 20 Jul 2018 07:31 PM PDT

Liputan6.com, Seoul - Mantan presiden Korea Selatan, Park Geun-hye, dijatuhi hukuman tambahan pada Jumat (20/7/2018). Ia harus menerima delapan tahun kurungan penjara, di samping hukuman yang kini sedang dijalaninya.

Geun-hye dimakzulkan tahun lalu setelah gelombang demonstrasi besar-besaran dilaksanakan di jalanan Seoul selama beberapa minggu. Pada sidang sebelumnya yang digelar April 2017, hakim telah menjatuhi hukuman 24 tahun penjara atas kasus korupsi dan penyalahgunaan kekuasaan yang dilimpahkan padanya.

Dengan demikian, kini presiden wanita pertama Korea Selatan itu harus menjalani masa tahanan selama 32 tahun. Keputusan ini ditetapkan setelah Geun-hye terbukti bersalah karena menerima uang dari National Intelligence Service (NIS).

Selain itu, dia juga dinyatakan bersalah atas intervensi yang dilakukannya pada tahun 2016, saat pemilihan kandidat parlementer partai yang berkuasa.

Seoul Central District Court memberikan waktu selama enam bulan kepada Geun-hye untuk mengembalikan uang senilai 3,3 miliar won kepada lembaga mata-mata tersebut.

"Terdakwa menerima sekitar 3 miliar won selama tiga tahun dari tiga pimpinan NIS. Karenanya, negara merugi besar," kata hakim senior Seong Chang-ho, seperti dikutip dari South China Morning Post, Jumat (20/7/2018).

Sementara itu, tiga mantan pemimpin NIS bersaksi bahwa mereka meberikan uang tersebut atas perintah presiden Korea Selatan ke-11 itu. Meski demikian, Geun-hye menolak tuduhan itu.

Park diduga menghambur-hamburkan uang negara untuk membayar tagihan rumah pribadinya, membiayai sebuah butik yang dikelola oleh sahabat karibnya Choi Soon-sil, serta mendanai tujuan pribadi lainnya --termasuk pijat.

Choi juga ditetapkan sebagai tersangka karena telah mengambil keuntungan dari 'ikatan pribadi' dengan Geun-hye. Dia dijatuhi hukuman 20 tahun penjara atas tuduhan penyalahgunaan kekuasaan, penyuapan dan campur tangan dalam urusan negara.

 

Saksikan video pilihan berikut ini:

Divonis 24 Tahun Penjara Atas Kasus Korupsi

Mantan Presiden Korsel Park Geun-hye  dikawal petugas lembaga pemasyarakatan tiba Pengadilan Distrik Pusat Seoul, Korea Selatan (23/5). Sidang dipimpin oleh hakim utama Kim Se-yun. (AP Photo/Lee Jin-man)

Sebelumnya pengadilan Korea Selatan telah menjatuhkan vonis penjara 24 tahun terhadap Park Geun-hye pada Jumat, 6 April 2018. Park Geun-hye dinyatakan bersalah melanggar beberapa pasal pidana, meliputi penyalahgunaan kekuasaan, suap, dan pemaksaan.

"Sang presiden menyalahgunakan kekuasaan, di mana kekuasaan tersebut diberikan dan dipercayakan oleh rakyat," kata Hakim di Seoul Central District Court.

Hakim menambahkan, vonis tersebut juga merupakan bentuk peringatan terhadap pemimpin masa depan Korea Selatan agar tidak mengikuti jejak kriminal Park Geun-hye.

Vonis hakim lebih ringan ketimbang dakwaan jaksa. Sebelumnya, Kejaksaan Negeri Ginseng menuntut sang eks-presiden 30 tahun penjara.

Park Geun-hye dan pengacara menolak hadir dalam pembacaan vonis putusan hakim. Mereka berkeberatan karena, jalannya sidang disiarkan langsung oleh media.

Sementara itu, di luar kompleks pengadilan, sejumlah warga pro Park Geun-hye dan yang berhaluan konservatif menggelar demonstrasi menolak vonis putusan hakim. Mereka mengibar-ngibarkan bendera Korsel dan Amerika Serikat, seraya meneriakkan "bebaskan Park Geun-hye" berkali-kali.

Park Geun-hye telah diterpa skandal korupsi sejak tahun 2016 silam, ketika dirinya masih menjabat sebagai Presiden Korea Selatan. Saat skandal rasuah itu menerpa, Park disangsikan (sanctioned) sebagai presiden.

Pada Maret 2017, ia resmi dimakzulkan dari kursi kepresidenan dan dimasukkan ke tahanan.

Presiden ke-11 Korea Selatan itu sempat menghadapi dakwaan berlapis seperti korupsi, penyalahgunaan kekuasaan, pemerasan, suap, nepotisme, keterlibatan dalam praktik pemerasan, dan membocorkan rahasia negara. Demikian seperti yang diwartakan Associated Press, Senin, 17 April 2017.

Jaksa penuntut juga mendakwa Shin Dong-bin, pimpinan Lotte Group, perusahaan konglomerat multinasional terbesar ke-5 di Korea Selatan. Shin didakwa atas tuduhan menawarkan suap sebesar US$ 6 juta atau setara Rp 79,7 miliar kepada Park dan koleganya atas rencana proyek ekspansi perusahaan Lotte Group.

Teman dekat Park, Choi Soon-sil, juga didakwa melakukan penyalahgunaan kekuasaan untuk memeras sejumlah perusahaan besar di Korea Selatan. Choi telah divonis 20 tahun penjara dan denda US$ 16,6 miliar pada Februari 2018 lalu.

Park dituduh memberikan akses ilegal kepada Choi untuk memperoleh berkas-berkas yang digunakan untuk memeras perusahaan-perusahaan tersebut.

Sejumlah perusahaan raksasa Negeri Ginseng, seperti Lotte Group dan Samsung, turut terseret pada kasus korupsi terbesar yang pernah melanda Korea Selatan.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Tidak ada komentar: