Kamis, 05 Juli 2018

Liputan6 : RSS2 Feed

Liputan6 : RSS2 Feed


Terungkap Motif Pembunuhan Pemuda di Bengkel Motor Tangerang

Posted: 05 Jul 2018 10:57 PM PDT

Liputan6.com, Tangerang - Misteri pembunuhan seorang pemuda di depan bengkel motor di Pagedangan, Kabupaten Tangerang, Banten,terkuak. Motif pembunuhan diduga karena dendam.  

Seperti ditayangkan Patroli Indosiar, Jumat (6/7/2018), Sutrisna dan Anwarudin, pelaku pembunuhan Iwan Wahyudi (39) diringkus di tempat persembunyiannya di Cikande, Serang, Banten. Para pelaku terpaksa dilumpuhkan karena menyerang petugas dengan pisau.  

Pengejaran polisi terhadap kedua tersangka didapat dari bukti-bukti di lokasi kejadian dan keterangan sejumlah saksi di tempat korban bekerja. Mereka ternyata teman kerja korban yang diduga telah merencanakan pembunuhan saat Iwan pulang dari kantor.

Motif para pelaku melakukan pembunuhan lantaran sakit hati terhadap korban. Korban kerap menjelek-jelekan pelaku di tempat kerja mereka di sebuah pabrik pembuatan kasur.  

Pelaku dijerat pasal  340 KUHP dengan ancaman hukuman seumur hidup atau hukuman mati. (Karlina Sintia Dewi)  

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Jadi Tokoh Utama di Film R, Brandon Salim: Senang Banget

Posted: 05 Jul 2018 10:50 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Sejak 2015, nama Brandon Salim mulai dikenal sebagai seorang aktor layar lebar. Namun sayang, ia tak pernah menjadi pemeran sentral. Dan Film R - Raja, Ratu, & Rahasia menjadi debut pertama Brandon Salim sebagai tokoh utama dalam layar lebar.

Kemampuannya dalam berakting tentu merupakan sebuah bakat yang menurun dari ayahandanya, Ferry Salim, yang juga merupakan seorang aktor senior Indonesia, dan masih saja eksis hingga saat ini.

Dalam film arahan rumah produksi Starvision berjudul R-Raja, Ratu dan Rahasia, pria kelahiran 1996 ini didapuk untuk memerankan tokoh Raja.

Ditemui sesaat sesudah press screening di Epicentrum XXI, Kuningan, Jakarta Selatan, Kamis (5/7/2018), Brandon Salim sembari tersenyum lebar mengaku sangat senang karena akhirnya ia menjadi pemeran utama setelah bertahun-tahun berkarya di dunia perfilman.

"Seneng banget pastinya, terima kasih Pak Parwes dari Starvision. Aku udah sering banget kerjasama dengan dia dari Ngenes, Underdog, terakhir Yowis Ben. Akhirnya dipercaya sebagai pemeran utama," ungkap Brandon Salim.

Terbaik

Brandon Salim saat ditemui sesudah press screening di Epicentrum XXI, Kuningan, Jakarta Selatan, Kamis (5/7/2018). (Liputan6.com/Ine Yulita Sari)

"Selain pemeran utama, novel film ini juga sudah dibaca oleh banyak orang. Jadi aku coba beri yang terbaik. Yang penting filmnya bagus dulu deh, aku mainnya bagus atau tidak nanti deh," sambungnya.

 

Bersyukur

Brandon Salim (Nurwahyunan/bintang.com)

Tiga tahun bukan waktu yang sebentar untuk Brandon Salim akhirnya bisa tampil sebagai seorang pemeran utama. Bisa menjadi aktor utama dengan cara yang tak instan, membuat anak pertama Ferry Salim ini merasa bersyukur.

"Malahan gue lebih bersyukur, gue mulai pelan-pelannikmati, syukuri setiap proses dalam kehidupan gue. Karena gue yakin sukses itu singkatan dari suka proses," tambahnya.

 

Proses 

Brandon Salim (Nurwahyunan/Bintang.com)

Sementara itu, menjadi tokoh utama juga membuat dirinya bisa merasakan proses syuting dari awal hingga akhir. 

"Gue cuma pengin film ini menghibur, bisa bikin penonton baper, dan pesannya sampai, itu saja. Dan juga, semoga visualisasi dari novel ke film bisa sesuai dengan ekspektasi. Kalau menurut aku ini sudah sesuai, karena penulisnya pun datang ke lokasi," ungkapnya.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Waspada Tanah Bergerak di Jakarta

Posted: 05 Jul 2018 10:48 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) DKI Jakarta mengingatkan agar masyarakat mewaspadai tanah bergerak di Ibu Kota.

"Diimbau kepada masyarakat DKI Jakarta agar waspada terhadap potensi pergerakan tanah atau longsor," tulis BPBD DKI, Jumat (6/7/2018).

Ada 10 kecamatan yang wajib waspada tanah bergerak di Jakarta. Yaitu, delapan kecamatan di Jakarta Selatan, terdiri dari Kecamatan Jagakarsa, Kebayoran Baru, Kebayoran Lama, Mampang Prapatan, Pancoran, Pasar Minggu, Pesanggrahan.

Sementara dua kecamatan lainnya terdapat di Jakarta Timur, yaitu Kecamatan Kramat Jati dan Pasar Rebo.

Sepuluh kecamatan itu berpotensi terjadi pergerakan tanah dengan kriteria menengah. Artinya, tanah bergerak jika curah hujan di atas normal, terutama pada daerah yang berbatasan dengan lembah sungai, gawir, tebing jalan atau jika lereng mengalami gangguan. 

 

Data tanah bergerak di Jakarta (Sumber: Situs BPBD DKI)

Apa Itu Tanah Bergerak?

Dilansir dari situs BPBD DKI Jakarta, gerakan tanah atau longsor adalah suatu konsekuensi fenomena dinamis alam untuk mencapai kondisi baru akibat gangguan keseimbangan lereng yang terjadi, baik secara alamiah maupun akibat ulah manusia.

Gerakan tanah akan terjadi pada suatu lereng, jika ada keadaan ketidakseimbangan yang menyebabkan terjadinya suatu proses mekanis, mengakibatkan sebagian dari lereng tersebut bergerak mengikuti gaya gravitasi dan selanjutnya setelah terjadi longsor, lereng akan seimbang atau stabil kembali.

Tanah longsor merupakan bentuk erosi dimana pengangkutan atau gerakan massa tanah terjadi pada suatu saat dalam volume yang relatif besar. Ditinjau dari segi gerakannya, maka selain erosi longsor masih ada beberapa erosi akibat gerakan massa tanah, yaitu rayapan (creep), runtuhan batuan (rock fall), dan aliran lumpur (mud flow).

Karena massa yang bergerak dalam longsor merupakan massa yang besar maka sering kejadian longsor akan membawa korban, berupa kerusakan lingkungan, yaitu lahan pertanian, permukiman, dan infrastruktur, serta hilangnya nyawa manusia. Proses terjadinya gerakan tanah atau longsor melibatkan interaksi yang kompleks antara aspek geologi, geomorfologi, hidrologi, curah hujan, dan tata guna lahan.

Saksikan video pilihan di bawah ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Jadwal MotoGP Jerman 2018: Dominasi Marquez di Sachsenring

Posted: 05 Jul 2018 10:45 PM PDT

Liputan6.com, Hohenstein-Ernstthal Marc Marquez memiliki peluang besar untuk semakin menjauh dari para pesaingnya di klasemen MotoGP 2018. Pasalnya, pembalap Repsol Honda itu memiliki catatan yang positif setiap kali melakoni MotoGP Jerman.

Sebelumnya, Marquez baru saja memenangkan balapan MotoGP Belanda 2018 di Sirkuit Assen yang berlangsung sengit. Setelah terjadi aksi salip menyalip, Marquez mengakhiri balapan 26 lap itu dengan waktu 41 menit 13,863 detik, unggul 2,269 detik atas Alex Rins.

Sukses itu membuat The Baby Alien berhak meraup 25 poin. Alhasil, ia pun semakin memperlebar jarak dengan para rivalnya di klasemen. Dengan koleksi 140 poin, kini pembalap berusia 25 tahun itu unggul 41 poin atas Valentino Rossi sebagai pesaing terdekat.

Kini, peluang untuk semakin menambah keunggulan atas para pesaing terbuka bagi Marquez pada MotoGP Jerman 2018 di Sirkuit Sachsenring, Minggu (15/7/2018). Itu karena Marquez memiliki rapor yang sangat baik di Sachsenring.

Sejak melakoni debutnya di MotoGP pada musim 2013, ia selalu tampil sebagai juara di Sachsenring. Itu mengapa akan sulit bagi para lawannya untuk menghentikan kehebatan Marquez pada balapan nanti.

Jadwal MotoGP Jerman

Jumat, 13 Juli 2018

FP1: 14.55-15.40 WIB

FP2: 19.05-19.50 WIB

 

Sabtu, 14 Juli 2018

FP3: 14.55-15.40 WIB

FP4: 18.30-19.00 WIB

Q1: 19.10-19.25 WIB

Q2: 19.35-19.50 WIB

 

Minggu, 15 Juli 2018

Pemanasan: 14.40-15.50 WIB

Balapan: 19.00 WIB

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

5 Cara Aman Melakukan Detoks Tubuh

Posted: 05 Jul 2018 10:45 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Terpapar polusi berlebihan membuat tubuh perlu detoks. Detoks menjadi pembersihan tubuh dari polusi dan radikal bebas. Banyak cara yang bisa Anda lakukan untuk mendetoks tubuh. Mulai dari makanan, olahraga, diet, hingga melakukan serangkaian perawatan tubuh.

Detoks melalui perawatan tubuh, Anda bisa mencoba beberapa hal berikut ini, seperti dikutip dari Purewow pada Selasa (3/7/2018). Apa saja?

1. Beralih ke deodoran alami

Berpikir tentang deodoran alami? Anda bisa mencoba untuk menggunakan deodoran yang tidak terlalu banyak mengandung bahan kimia. Ini bisa menjadi cara yang baik untuk membuat kulit ketiak bernafas karena tidak tertutup oleh bahan kimia.

2. Maskara alami

Ilustrasi Maskara (iStockphoto)​

Untuk membuat bulu mata terlihat lebih panjang dan bervolume, maskara bisa menjadi solusinya. Namun agar tubuh terdetoks dari bahan kimia, pilih maskara yang mengandung bahan organik dan tidak beracun.

3. Detoks kulit dengan menyikat

Untuk membuat kulit lebih sehat, Anda bisa melakukan eksfoliasi pada kulit. Setelah itu, pijat kulit secara lembut. Ini akan membuat sel kulit mati terangkat, memperbaiki drainase limfatik, dan sirkulasi darah.

4. Coba

Ilustrasi kulit sehat karena makanan (iStockphoto)

Untuk melakukan detoks tubuh, Anda bisa melakukan clean eating. Ini bisa menjadi metode pembersihan pola makan dengan lebih banyak menambahkan bahan organik di dalamnya. Kandungan yang kaya vitamin dalam makanan organik akan merontokkan racun dalam tubuh.

5. Bersihkan udara rumah

Detoksifikasi tubuh tidak hanya dilakukan oleh tubuh kita pribadi, melainkan juga lingkungan sekitar. Gunakan lemon organik untuk membersihkan dapur dan beberapa sudut ruangan dalam rumah. Selain itu, buka jendela Anda untuk mengganti sirkulasi darah.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Lebih Hemat, Ini 6 Fakta Integrasi Tol Lingkar Luar Jakarta

Posted: 05 Jul 2018 10:45 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Pemerintah memberlakukan integrasi tarif Tol Jakarta Outer Ring Road (JORR) atau tol lingkar luar Jakarta sebagai salah satu upaya meningkatkan efisiensi sistem logistik nasional.

Integrasi ini diyakini akan membantu pemenuhan standar pelayanan minimal jalan tol, salah satunya adalah dengan mengurangi antrean di gerbang tol.

Melansir dari akun instagram resmi Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) hari ini, Jumat (06/7/2018), ada 6 fakta khusus dibalik integrasi Tol JORR tersebut.

Berikut 6 fakta menarik dari Tol JORR:

Pertama, dengan integrasi JORR ini, pengguna jarak jauh berhemat hingga 70 persen

kedua, 61 persen pengguna jalan tol membayar lebih murah

Ketiga, jika membayar menggunakan e-tol, maka jauh dekat dikenakan 1 tarif

Keempat, truk yang dinilai bermuatan lebih akan ditindak tegas

Kelima, bisa mengurangi antrian di gerbang tol dan juga gerbang tol akan ditutup

Keenam, untuk tarif baru integrasi JORR ini terdiri dari 3 tarif yaitu Rp 15 ribu, Rp 22.500 dan juga Rp 30 ribu.

Adapun detail tarif baru integrasi JORR tersebut adalah golongan I (sedan, jip, pick up, truk kecil, bis) dikenakan tarif Rp 15 ribu. Golongan 2 (truk dengan 2 gander) sebesar Rp 22.500.

Kemudian Golongan III (truk dengan 3 gander) sebesar Rp 22.500, Golongan IV (truk dengan 4 gander) dikenakan tarif sebesar Rp 30 ribu serta Golongan V (truk dengan 5 gander) yang juga dengan tarif sebesar Rp 30 ribu.

Integrasi Transaksi Tol Bisa Pangkas Harga Barang

Pengendara melintas di ruas Tol Jakarta Outer Ring Road (JORR) Ciledug, Jakarta, Senin (18/6). Nantinya, tarif TOL JORR bakal terintegrasi mulai 20 Juni 2018. (Liputan6.com/Angga Yuniar)

Kepala Badan Pengatur Jalan Tol (BPJT), Herry Trisaputra Zuna yakin bahwa kebijakan integrasi sistem transaksi di ruas tol Jakarta Outer Ring Road (JORR) atau lingkar luar Jakarta bakal menurunkan biaya logistik.

Dia mengatakan, saat ini 90 persen angkutan logistik menggunakan jalur darat. Sementara itu, 72 persen dari total komponen pembentukan biaya logistik merupakan biaya transportasi angkutan logistik, di dalamnya termasuk biaya untuk membayar tol.

"Sebanyak 90 persen angkutan logistik ada di jalan. 72 persen biaya (logistik) tersebut terpengaruh dari 90 tadi," ungkapnya dalam diskusi Forum Merdeka Barat, di Kemenkominfo, Jakarta, Senin (2/6/2018).

Karena itu integrasi sistem transaksi di tol, bisa menurunkan biaya transportasi yang dikeluarkan oleh angkutan logistik. Turunnya biaya transportasi angkutan logistik tentu akan menurunkan biaya logistik.

"Apa yang kita lakukan di jalan tol pasti akan berpengaruh signifikan ke logistics cost. Dengan penggabungan tadi tarif tol Rp 94 ribu (yang harus dibayarkan) kendaraan golongan V untuk jarak terjauh setelah ini hanya bayar Rp 30 ribu. Bayangkan turunnya. Dengan cara ini kami harap ada pengaruh terhadap efisiensi biaya logistik," kata dia.

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Alasan Roro Fitria Pakai Nama Ibu Saat Pesan Sabu

Posted: 05 Jul 2018 10:40 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Fakta mengejutkan terungkap ketika Roro Fitria menjalani sidang perdana kasus narkoba di Pengadilan Negeri Jakarta Selatan, 28 Juni 2018. Artis dengan suara melengking itu memesan sabu dengan menggunakan nama ibu kandungnya.

Hal tersebut disebutkan jaksa penuntut umum (JPU) Sarwoto saat membacakan berkas dakwaan di pengadilan. Sarwoto mengurai kronologi penangkapan Roro Fitira di Hari Valentine, 14 Februari 2018.

"Awalnya, Selasa 13 Februari jam 23.00 WIB terdakwa menghubungi Wawan Hartawan untuk meminta mencarikan sabu," ujar Sarwoto dalam pembacan dakwaan.

"Selanjutnya terdakwa melakukan transfer sebesar Rp 5 juta dari rekening BCA atas nama Roro Fitria ke Wawan di BCA atas nama Wawan. Masing-masing sebesar Rp 1 juta untuk pembayaran jasa Wawan, sedangkan sisanya Rp 4 juta untuk pembelian sabu seberat 3 gram," sambungnya.

"Selanjutnya terdakwa meminta agar sabu tersebut dikirim melalui ojek online yang beralamat di Jalan Durian Raya no 23 D, Ragunan, Jakarta Selatan. Di mana terdakwa menggunakan nama ibunya," ucap JPU Sarwoto.

 

Takut Dimanfaatkan

Roro Fitria

Kuasa hukum Roro Fitria, Dharma Praja Pratama, berdalih bahwa kliennya itu hanya ingin menyamarkan identitasnya. Roro Fitria rupanya takut informasi pribadinya dimanfaatkan oleh pihak tak bertanggung jawab.

"Itu kan karena kalau pesan ojek online pakai nama dia dikira nomor Roro di situ disebar-sebar atau gimana. Dilihat di ojek online, oh nomor Roro Fitria, disebar-sebar," ujar Dharma Praja Pratama, saat ditemui di Pengadilan Negeri Jakarta Selatan, Kamis (6/7/2018).

Menjaga Privasi

Roro Fitria

Salah satu anggota tim kuasa hukum Roro Fitria yang lain, Martinis Shandika, mengungkap hal senada. Roro Fitria tak punya maksud lain saat menggunakan nama ibunya untuk memesan sabu, selain melindungi privasinya.

"Tidak ada unsur atau apa gimana menggunakan identitas mamanya tersebut. Tapi hanya karena dia public figure, nanti takut nomornya tersebar atau gimana, makanya dia pakai identitas mamanya," ucap Martinis Shandika.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Suhu di Bandung Lebih Dingin dari Biasanya, Begini Penjelasan BMKG

Posted: 05 Jul 2018 10:34 PM PDT

Liputan6.com, Bandung - Suhu udara di Kota Bandung maupun di wilayah Jawa Barat lainnya relatif lebih dingin dalam beberapa hari terakhir. Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Klas I Bandung menjelaskan, fenomena tersebut disebabkan datangnya musim kemarau.

Kepala Stasiun Geofisika Klas I Bandung BMKG, Toni Agus Wijaya menuturkan, fenomena ini merupakan fenomena yang umum terjadi saat mulai masuk musim kemarau, di mana karakteristik suhu udara di periode musim kemarau yang berlangsung antara Juni-September relatif lebih rendah bila dibandingkan suhu udara di periode musim hujan.

"Suhu udara Bandung pada sore menjelang malam hari hingga pagi hari, relatif dingin sedangkan pada siang hari terasa panas karena sedikitnya pembentukan awan-awan hujan," kata Toni, Jumat (6/7/2018).

Toni menjelaskan, hal itu terjadi disebabkan adanya angin pasat tenggara atau timur yang bertiup dari Benua Australia. Pada saat terjadi musim kemarau di wilayah Indonesia khususnya Jawa barat, di wilayah Benua Australia sedang terjadi musim dingin terutama dengan puncak musim dingan terjadi di antara bulan Juli, Agustus, September.

"Dari pantauan alat pengukur suhu udara tercatat dalam bulan Juli ini suhu minimum hingga mencapai 16,4 derajat celcius hari ini tanggal 6 Juli 2018, dengan kondisi kelembaban yang relatif rendah berada pada nilai 38%, cukup kering sehingga tidak berpeluang pembentukan awan-awan hujan," paparnya.

Pada periode musim kemarau, lanjut dia, karakteristik udaranya adalah dingin kering, sehingga perlu untuk tetap menjaga kondisi badan dari kondisi cuaca seperti ini.

"Salah satunya dengan banyak mengonsumsi buah-buah dan sayur-sayuran," tuturnya.

Sementara dari pemantauan cuaca, sekarang sedang terjadi Taipun Maria di Utara Khatulistiwa tepatnya di sebelah timur laut Filipina sehingga kondisi angin yang melewati jawa barat relatif kencang dengan kecepatan berkisar antara 36-45 km/jam.

Untuk informasi maritim terkait prakiraan tinggi gelombang maksimum, BMKG juga mengimbau kepada nelayan untuk tidak melaut terlebih dahulu, atau masyarakat yang masih menikmati liburan di sekitar pesisir pantai untuk berhati-hati. Terutama di perairan sebelah selatan Jawa Barat karena ketinggian gelombang hari ini dan esok hingga mencapai 4 meter.

Toni mengatakan, meski belakangan suhu di Kota Bandung terbilang dingin, hal itu belum sedingin saat 40 tahun lalu. Ketika suhu di Kota Bandung bisa mencapai 11,2 derajat celcius.

"Selama periode 40 tahun, suhu udara di Bandung yang pernah tercatat untuk suhu minimum absolut hingga mencapai 11,2 derajat celcius pada bulan Agustus 1987. Sedangkan suhu udara maksimum absolut terjadi pada bulan April 2011 sebesar 36 derajat celcius," jelasnya.

Simak video pilihan berikut ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Teknokrat, Sosok yang Cocok Dampingi Jokowi di Pilpres 2019?

Posted: 05 Jul 2018 10:33 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Mantan Staf Khusus Wapres Boediono, Yopie Hidayat, menyarankan agar Joko Widodo atau Jokowi menggandeng seorang teknokrat di Pilpres 2019. Teknokrat, kata Yopie, memiliki kemampuan untuk mengkoordinasikan perbaikan ekonomi secara struktural.

Teknokrat adalah orang pintar atau cendekiawan yang berkiprah dalam pemerintahan.

"Jokowi harus mencari wakil yang memenuhi kombinasi parameter yakni seorang teknokrat yang mumpuni di bidang industrialisasi yang juga memiliki dukungan dari partai politik. Tanpa itu, masalah mendasar kita tak akan pernah teratasi," kata dia lewat keterangan tertulis, Kamis 5 Juli 2018.

Yopie menambahkan, bila Jokowi terpilih kembali menjadi presiden, maka tantangan yang paling nyata adalah menjaga rupiah agar tidak terus merosot.

"Jadi dolar yang masuk ke negeri ini dari hasil ekspor lebih sedikit daripada dolar yang keluar untuk membayar impor dan sebagainya. Ini sebabnya mengapa rupiah terus melemah terhadap dolar," jelas ekonom ini.

Karena itu, lanjut Yopie, untuk menanggulangi masalah ini, upaya terkoordinasi terutama dengan para menteri yang membidangi masalah ekonomi. Hal ini ditujukan agar Indonesia bisa memperoleh dolar lebih banyak, juga penerimaan ekspor yang harus jauh lebih besar daripada pengeluaran untuk impor.

"Untuk itu, Jokowi harus menjadikan industrialisasi sebagai tema utama pemerintah dalam lima tahun mendatang agar rakyat lebih sejahtera," Yopie memungkasi.

Saksikan video pilihan di bawah ini:

 

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

60 Persen Pekerja Konstruksi RI Tak Miliki Keterampilan

Posted: 05 Jul 2018 10:32 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Sektor konstruksi di dalam negeri masih minim memiliki tenaga kerja yang terampil dan tersertifikasi. Dari sekitar 7 juta sampai 8 juta tenaga konstruksi, 60 persen merupakan tenaga tidak terampil (unskilled) dan belum tersertifikasi.

Sekretaris Jenderal Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Anita Firmanti mengatakan, dari total jumlah tenaga kerja di sektor kontruksi, hanya 10 persen yang masuk kategori ahli dan 30 persen yang terampil serta memiliki sertifikat.‎ Sementara sisanya masuk kategori unskilled.

"Kita masih 60 persen unskilled. Jadi tidak aneh kalau masih banyak yang tidak terampil. Tapi sudah mulai disertifikasi, ini tantangan kita harus dikejar terus. Sebanyak 10 persen sudah ahli, 30 persen sudah tersertifikasi," ujar dia di Kantor Kementerian PUPR, Jakarta, Jumat (6/7/2018).

Dia mengungkapkan, mayoritas tenaga kontruksi yang belum tersertifikasi ini berada di daerah. Sementara di kota-kota besar seperti Jakarta, rata-rata telah memiliki sertifikat dan diakui secara global.

"Kalau di perkotaan seperti pada proyek MRT, GBK itu hampir semua sudah certified. Kalau ada proyek pembangunan di luar negeri posisi tawar mereka juga tinggi. Hanya memang yang di daerah ini karena masih banyak tukang di daerah yang belum tersertifikasi," kata dia.

Anita mengakui, hal ini masih menjadi pekerjaan rumah (PR) yang harus segera diselesaikan oleh Kementerian PUPR. Namun demikian, selama ini kementerian melalui balai dan dinas di daerah terus menggenjot peningkatan keterampilan para tenaga konstruksi.

"Kita punya mobile trainning unit, balai peningkatan konstruksi. Mereka melakukan pembinaan kepada tukang-tukang dan memberikan sertifikasi. Ini memang masih harus terus dilakukan.‎ Kalau bisa semuanya skill, harapannya. Tapi memang harus bertahap," tandas dia.

 

Menteri PUPR: RI Butuh Insinyur Muda dan Tangguh

Seorang pekerja berjalan di atas bangunan gedung yang dalam tahap penyelesaian di Jakarta, Jumat (26/1). Jumlah tenaga kerja konstruksi yang tersertifikasi saat ini di bawah 10% atau hanya 720.000 dari 8,10 juta tenaga kerja. (Liputan6.com/Angga Yuniar)

Menteri PUPR Basuki Hadimuljono mengatakan,‎ pembangunan yang telah dicapai hari ini, tentunya tidak terlepas dari peran sumber daya manusia (SDM) bidang keinsinyuran.

Dia mengajak para insinyur untuk lebih mempersiapkan diri dalam menghadapi era digital yang semakin canggih dan terus berkembang.

"Seperti kita ketahui bahwa industri 4.0 merupakan era digitalisasi, di mana dibutuhkan persaingan inovasi dan keahlian. Untuk itu butuh penguatan pembinaan SDM di perguruan tinggi, politeknik, pesantren, dan SMK," kata Budi, di Jakarta, Sabtu (2/6/2018).

‎Basuki menambahkan, Kabinet Kerja Presiden Joko Widodo dan Wakil Presiden Jusuf Kalla selain berfokus membangun infrastruktur, pada 2019 mulai berfokus pada pembangunan SDM.

Dia mengungkapkan, sebagai insinyur profesional, dituntut untuk memiliki terobosan yang kreatif, inovatif, dan responsif terhadap perubahan. Untuk itu dibutuhkan peran organisasi profesi insinyur yang dapat membina para insinyur muda dan sebagai wadah berbagi pengetahuan guna mengikuti perkembangan zaman.

PII sebagai organisasi profesi insinyur, dinilai Menteri Basuki merupakan organisasi yang sangat prestisius, sebab dapat mewadahi beberapa profesi keilmuan di bidang teknik.

"PII diharapkan dapat mengambil peran yang maksimal dalam menyiapkan sumber daya keinsinyuran, baik sumber daya manusia maupun teknologinya yang saat ini sangat dibutuhkan," ujarnya.

Basuki menambahkan, PII juga telah menjadi mitra kerja Kementerian PUPR yang banyak berkontribusi dalam pembangunan nasional, terutama dalam memberikan masukan dan ide-ide di bidang konstruksi. Di saat terbentuknya Komite Keselamatan Konstruksi (KKK) beberapa waktu lalu, PII banyak turut andil dalam evaluasi sejumlah proyek konstruksi layang.

"PII juga teribat dalam Komisi Keamanan Jembatan dan Terowongan Jalan (KKJTJ) khususnya dalam evaluasi kesiapan pembangunan kereta cepat Jakarta-Bandung yang sebagian besar konstruksinya berupa jembatan panjang. Diharapkan ke depan makin banyak lagi dukungan PII terutama dalam inovasi teknologi, agar kami mendapatkan hasil pekerjaan yang sesuai rencana," ujarnya.

Basuki mengungkapkan salah satu bentuk inovasi dalam bidang konstruksi adalah dengan banyaknya pemanfaatan teknologi precast maupun prefabrikasi sehingga produk lebih tepat mutu, tepat waktu dan tepat biaya.

"Dalam rangka revolusi industri 4.0 kami juga sudah akan mulai mengembangkan pemanfaatan teknologi 3D building planning," dia menandaskan.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Minta Lagu Grande, Syahrini Dikasih Melly Goeslaw Gubrak Gubrak Gubrak Jeng Jeng Jeng

Posted: 05 Jul 2018 10:30 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Syahrini baru saja meluncurkan lagu terbaru bertajuk "Gubrak Gubrak Gubrak Jeng Jeng Jeng". Lagu itu diciptakan Melly Goeslaw. Ada cerita unik di balik terciptanya lagu baru Syahrini.

"Jadi awalnya kan aku minta ke Teh Melly lagu yang grande. Eh dia malahan menolak," ungkap Syahrini saat wawancara FB Live 'Intimate Interview' di kantor redaksi Liputan6.com, Gondangdia, Jakarta Pusat, beberapa waktu lalu.

Penolakan Melly Goeslaw rupanya bukan tanpa sebab. "Teh Melly bilang enggak cocok aku lagu kayak gitu. Syahrini harus lagu ceria. Ya udah dikasih lah lagu Gubrak Gubrak Gubrak Jeng Jeng Jeng," papar Syahrini.

Jargon-Jargon Jadi Lirik

Artis Syahrini saat media visit ke kantor Liputan6.com di Jakarta, Selasa (3/7). (Liputan6.com/Arya Manggala)

Menariknya, sebagian lirik lagu yang digarap Melly Goeslaw dipetik dari jargon-jargon Syahrini. Selama ini Syahrini memang dikenal dengan ciri khas kata-kata unik yang meluncur dari bibir seksinya.

 

Melly Goeslaw Genius

(Instagram/melly_goeslaw)

"Itulah genuisnya Teh Melly. Dia ciptakan lagu ini sebagian lirik dari jargon-jargonku. Ya cetar, bulu mata anti badai, manja. Anda jangan julid. Termasuk kata yang jadi judul Gubrak Gubrak Gubrak Jeng Jeng Jeng. Keren pokoknya," ujar Syahrini.

Produser Setuju

Preskon film Bodyguard Ugal-Ugalan (Adrian Putra/bintang.com)

Siapa sangka, Dhamoo Punjabi produser film Bodyguard Ugal-Ugalan langsung tertarik dengan lagu baru itu. Jadilah Gubrak Gubrak Gubrak Jeng Jeng Jeng menjadi OST (original soundtrack) film yang dibintangi Syahrini ini.

 

Bodyguard Ugal-Ugalan

Lolo, Syahrini, dan Acho kini tengah mempromosikan film terbaru, Bodyguard Ugal Ugalan. (Bambang E Ros/Bintang.com)

"Pak Dhamoo bilang cocok deh lagu itu. Nggak nyangka ya Teh Melly ditantang bikin lagu serius grande eh dapat lagu keren begini dan pas dengan film terbaru aku," papar Syahrini.

Film yang diproduksi MD Pictures ini ditayangkan di bioskop mulai Kamis, 5 Juli 2018. Dalam film drama komedi itu Syahrini beradu akting dengan sejumlah komika seperti Boris Bokir, Muhadkly Acho, Lolok dan juga bintang top seperti Tamara Bleszynksi dan Ririn Ekawati.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Brasil Vs Belgia: Martinez Sebut Hazard Kapten Sesungguhnya

Posted: 05 Jul 2018 10:30 PM PDT

Nizhny - Jelang laga Brasil vs Belgia, pelatih Roberto Martinez memuji andalan lini serang Belgia, Eden Hazard. Menurut Martinez, sejauh ini, Hazard telah mampu menjalankan peran sebagai kapten.

Di Rusia, Hazard memang sudah menjadi pemain terpenting Belgia di Piala Dunia dengan dua gol dan dua assist dalam tiga pertandingan. Tak hanya itu, keberadaan Hazard di lapangan juga penting bagi pola permainan Belgia.

"Dia sudah menjadi kapten sesungguhnya, pemimpin sebenarnya yang selalu menjadi dirinya sendiri," kata Martinez dikutip dari fourfourtwo.

Saat ini Belgia sudah mencapai delapan besar dan akan bertarung dengan Brasil untuk merebut satu tiket di semifinal. Dan Martinez percaya Hazard akan sekali lagi menjadi pemain kunci di laga Brasil vs Belgia yang akan berlangsung di Stadion Nizhny Novgorod tersebut.

Mencapai Puncak

Martinez memuji bagaimana Hazard sudah menuntaskan tugas sebagai kapten dengan sangat baik. Dia juga percaya Hazard bisa terus menjadi penentu hasil pertandingan.

"Apa yang anda sukai dari temperamennya adalah apa pun kondisi nya, skor, lawan, momen, dia selalu berhasil mendapatkan bola dan menjadi penentu."

"Level permainannya sudah mencapai titik tertinggi, dia jadi penentu dalam penyerangan, pemimpin dalam target grup ini," imbuh dia.

Sepak Bola Jadi Indah

Lebih lanjut, Martinez pun memuji bagaimana Hazard juga sukses membuat sepak bola menjadi lebih indah. Dia percaya permainan Hazard bisa menorehkan senyum di wajah penikmat sepak bola.

"Kami adalah tim dan dalam sepak bola internasional, menjadi satu tim itu tidak mudah. Dia (Hazard) berperan besar sebagai kapten tim ini."

"Anda melihat banyak kapten di tim ini. Ketika anda melihat Hazard menikmati sepak bolanya, dia membuat sepak bola jadi lebih indah, die menorehkan senyum di wajah," pungkas dia.

 

Sumber: Bola.net

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Saingi Tik Tok, Aplikasi Ini Dilengkapi 300 Efek Unik

Posted: 05 Jul 2018 10:30 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Selain Tik Tok, ada juga aplikasi berbagi video sejenis bernama Like. Menariknya aplikasi ini dilengkapi lebih dari 300 efek unik.

Beberapa di antaranya adalah efek melakukan sihir dengan menggunakan sistem Augmented Reality (AR) dan Artificial Intelligence (AI) untuk memanipulasi bentuk tubuh dari ujung rambut hingga ujung kaki serta memberikan efek make up dan menghilangkan noda.

Lalu ada 4D Magic yang memungkinkan pengguna memakai latar belakang dan efek dinamis. Kemudian Music Magic yang mengidentifikasi dan memilih latar musik sembari mencocokkan efek khusus pada suara apapun.

Like bahkan memiliki sistem penyaringan dan pelaporan yang terintegrasi dengan teknologi AI. Selain mengandalkan AI, monitoring juga dilakukan oleh manusia secara manual (7x24 jam) untuk membangun ekosistem dan konten berkualitas.

"Aplikasi Like berkomitmen membentuk sebuah komunitas video pendek yang sehat dan kreatif bagi kaum muda. Teknologi AI dan efek sihir yang dikembangkan secara independen memungkinkan semua pengguna untuk menunjukkan bakat dan kreativitas mereka," ujar Aaron Wei, Wakil Presiden Senior BIGO Technology selaku induk usaha Like melalui keterangan tertulisnya, Jumat (6/7/2018).

Selain tim di Indonesia, aplikasi Like juga memiliki pusat Riset dan Pengembangan (R&D) di Singapura yang saat ini sedang merekrut tim yang terdiri dari 100 ahli AI dan insinyur untuk melakukan monitoring konten video.

Mengedepankan Kualitas Konten

Mengedit video menggunakan aplikasi LIKE. Liputan6.com

Pusat R&D ini juga bertanggung jawab untuk kemajuan serta kualitas konten perusahaan. Sistem AI ini akan menghapus semua konten video negatif yang di-upload para pengguna.

Selain sistem kontrol konten yang komprehensif, Like juga memungkinkan pengguna untuk membuat konten unik dan super kreatif dengan berbagai efek sihirnya.

Sejak diluncurkan 11 bulan lalu, aplikasi yang ditujukan bagi pengguna berusia 16 tahun ke atas ini diklaim sudah menjadi salah satu komunitas video pendek paling populer di kalangan anak muda di Indonesia.

Diluncurkan pada Agustus 2017, Like telah memiliki lebih dari 50 juta pengguna di lebih dari 200 negara.

Platform ini juga telah dianugerahi predikat 'The Best Social App', 'The Most Popular App', 'The Most Entertaining App' di Google Play Awards 2017 dan memuncaki Apple App Store di Amerika Serikat, Rusia, dan India.

(Isk/Ysl)

Saksikan Video Pilihan Berikut Ini

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

VIDEO: Wow, Balita Ikut Taekwondo Coba Patahkan Kayu

Posted: 05 Jul 2018 10:30 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Untuk mendapatkan sabuk pertamanya di kelas taekwondo, seni bela diri kecil berusia 3 tahun ini harus lulus dari tes pertama.

Setelah berteriak "AYA!" beberapa kali selama berbagai usahanya, bocah kecil itu akhirnya bisa memecahkan papan dan mengenakan sabuk putihnya dengan bangga.

 

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Peretas Web Bawaslu: Situs Pemerintah Lemah

Posted: 05 Jul 2018 10:23 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - DS alias Mister Cakil ditangkap polisi karena telah meretas situs Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu). Dia ditangkap oleh aparat kepolisian pada Sabtu, 30 Juni 2018 lalu di kawasan Kramat Jati, Jakarta Timur.

DS mengatakan, motif melakukan perbuatannya itu hanya iseng dan ingin menguji kemampuannya meretas.

"Iseng doang enggak ada maksud apa-apa. Nyesel belakangan," kata DS di Kantor Dit Tipid Siber Bareskrim, Cideng, Jakarta Pusat, Jumat (6/7/2018).

DS mengaku tak hanya meretas situs Bawaslu, tetapi situs kecil hingga universitas.

"Secara random (retasnya) kadang situs kecil dan situs besar. Bangga bisa meretas dan iya sangat lemah situs pemerintah. Ada universitas juga," katanya.

Kasubdit II Dit Tipid Siber Bareskrim Polri Kombes Pol Asep Safrudin mengimbau kepada masyarakat agar tak lagi meretas situs apa pun, terutama milik pemerintah.

"Imbauan jangan meretas terhadap situs dan website apa pun, karena bisa dijerat UU ITE dan dipidana 10 tahun," imbau Asep.

Atas perbuatannya, Cakil dijerat dengan Pasal 46 juncto Pasal 32 atau Pasal 49 juncto Pasal 32 Undang-Undang Nomor 19 Tahun 2016 tentang Informasi dan Transaksi Elektronik dengan ancaman kurungan penjara maksimal 10 tahun.

Reporter: Nur Habibie

Sumber: Merdeka.com

Saksikan video pilihan di bawah ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Ditolak Eropa, Sawit RI Siap Serbu Afrika dan Timur Tengah

Posted: 05 Jul 2018 10:17 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Kelapa sawit Indonesia mendapat kampanye buruk di Uni Eropa (UE), bahkan akan ada pembatasan pada beberapa tahun ke depan. Namun, pemerintah terus memutar akal untuk menciptakan pasar baru bagi produk kelapa sawit Indonesia.

Menteri Perdagangan, Enggartiasto Lukita, mengungkapkan Kementerian Perdagangan telah membidik beberapa negara untuk menjadi tujuan ekspor sawit Indonesia.

"Kami buka pasar baru di Afrika, Timur Tengah," kata Enggartiasto seperti ditulis Jumat (6/7/2018).

Kendati demikian, diplomasi sawit dengan UE pun akan tetap berjalan. Sebab, jika UE terus menolak sawit Indonesia maka hal tersebut bisa menciptakan sebuah trade war (perang dagang).

"Dengan UE sendiri kita meyakinkan kepada mereka, sebab kalau sekarang UE tidak mau dengan perang dagang, Anda menyampaikan Anda tidak suka Amerika, tapi basically dengan apa yang you lakukan (mencekal sawit) you start the trade war, so what the difference?" ujarnya.

Adapun pasar baru kelapa sawit saat ini baru memasuki tahap promosi. Namun, Enggartiasto menegaskan ekspor sawit ke negara lain harus disertai perjanjian perdagangan sejak awal. "Kalau enggak, kita kena tarif tinggi," ucapnya.

 

Merayu

Kawasan kebun kelapa sawit plasma (Liputan6.com/Nefri Inge)

Enggartiasto mengungkapkan telah merayu beberapa negara untuk bisa menerima sawit Indonesia.

"Saya kemarin ke Tunisia dan Maroko. Tunisia mudah-mudahan tahun ini kita bisa finalised PTA. Begitu selesai PTA, ada trust di antara kita, kita start lakukan FTA, sebab kalau mulai dengan FTA itu enggak akan selesai 1 tahun, bisa 2-3 tahun," kata dia.

"Kemudian yang dengan Australia saya harap selesai tahun ini, akhir tahun ini selesai. Indonesia-Australia CEPA. Kemudian Mozambik barangkali bisa tahun ini. Maroko kita harapkan di awal tahun depan tp kita akan kejar tahun ini," ucapnya.

Enggartiasto mengungkapkan negara-negara Afrika tersebut dipilih sebagai pasar baru sawit Indonesia, sebab ada perjanjian zero tarif.

"Selain Afrika itu growing, sekarang dari Tunisia ke Eropa, Maroko ke Eropa dilihat dari peta itu dekat sekali, dan mereka ada perjanjian zero tarif. Demikian juga ke dalam Afrika itu, demikian juga dengan Timur Tengah. Di Maroko sudah ada Indomi, saya senang sekali, karena 50 persen ekspor dari Indonesia," kata dia.

Reporter: Yayu Agustini Rahayu

Sumber: Merdeka.com

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Live Streaming Liga 1 Sriwijaya Vs PS Tira di Vidio.com

Posted: 05 Jul 2018 10:15 PM PDT

Liputan6.com, Palembang - Sriwijaya FC berhadapan dengan PS Tira pada pekan ke-14 Liga 1, Jumat (6/7/2018) di Stadion Jakabaring, Palembang. Meski tampil di markas lawan, PS Tira ternyata membidik kemenangan di bawah pelatih baru, Nil Maizar.

PS Tira butuh kemenangan demi menjauhkan diri dari zona degradasi. Hingga pekan ke-13 Liga 1, PS Tira masih berada di peringkat ke-14 dengan 16 poin.

PS Tira boleh saja mematok kemenangan. Namun hal itu jelas bukan perkara mudah.

Sriwijaya FC juga sedang butuh poin demi naik ke tiga besar klasemen. Laga melawan PS Tira jadi kesempatan emas mengingat tim peringkat ketiga, Persija Jakarta bakal bersua pemuncak klasemen, PSM Makassar.

Live streaming Vidio.com Sriwijaya FC Vs PS Tira di Liga 1 dimulai pukul 15.30 WIB. Dapatkan link live streaming pada halaman selanjutnya.

Link Live Streaming

Untuk link live streaming Vidio.com: Sriwijaya Vs PS Tira di Liga 1 silakan klik di sini...

Prediksi Susunan Pemain Sriwijaya Vs PS Tira

Sriwijaya FC (4-3-3): Teja Paku Alam, Marco Meraudje, Hamka Hamzah, Mohamadou Ndiaye, Alfin Tuasalamony, Zulfiandi, Adam Adalis, Makan Konate, Esteban Viscarra, Manucechr Dzalilov, Alberto Goncalves

Pelatih: Rahmad Darmawan

PS Tira (4-4-2): Teguh Amiruddin, Ganjar Mukti, Kim Sang Min, Andi Setyo Nugroho, Iman Paturohman, Rony Sugeng, Dimas Drajad, Wawan Febrianto, Pandi Lestaluhu, Mariano Berriex, Alexander Rakic

Pelatih: Nilmaizar

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Tak Menyanyi, Diah Ayu Lestari Malah Jadi MC di Acara Masak-memasak

Posted: 05 Jul 2018 10:10 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Artis penyanyi Diah Ayu Lestari membuktikan diri bahwa dirinya tak hanya bisa menjadi penyanyi. Penyanyi yang sering menyanyikan aliran musik jazz ini membuat sebuah event di luar profesinya sebagai penyanyi. Melalui program team development yang diadakan oleh PPM School og Management, Team Studio Rasa membuat sebuah event di PPM Tugu Tani, pada Sabtu (7/7/2018) besok.

Diah Ayu Lestari bertindak sebagai ketua pelaksana acara tersebut. Acaranya sendiri diberi nama "Get Eat Fast', yakni lomba masak yang berbeda dengan lomba masak yang lainnya.

"Jadi 'Get Eat Fast' ini memadukan lomba memasak dengan Amazing Race. Nantinya setiap kelompok diberi waktu untuk belanja bahan-bahan yang diperlukan para peserta di tempat yang telah ditentukan. Para peserta akan diberi petunjuk untuk mencari tempat tujuan yang harus mereka datangi," ujar Diah Ayu Lestari dalam keterangannya kepada wartawan baru-baru ini usai mengisi acara halalbihalal di Kemenhan, Jakarta Pusat.

Juri Kompeten

Diah Ayu Lestari

Diterangkan Diah Ayu Lestari, setelah peserta berbelanja dengan bahan pokok yang dibutuhkan, mereka diwajibkan untuk kembali ke tempat semula dan memulai lomba masaknya. Setelah semua peserta selesai memasak, sesuai dengan waktu yang ditentukan, masakan akan dicicipi oleh para juri untuk diberikan penilaian.

"Kita siapkan juri yang kompeten di bidangnya (masak-memasak). Dan semua masyarakat bisa hadir untuk ikut berlomba dan menyaksikan acara yang seru ini. Kebetulan, selain sebagai ketua pelaksana acara, saya juga dipercaya sebagai MC (pembawa acaranya). Ini pengalaman baru juga untuk saya. Seru dan enjoy banget pastinya," jelas Diah Ayu Lestari.

 

Rangkaian Acara

Diah Ayu Lestari saat traveling di Mesir

Acara tersebut akan dihadiri oleh berbagai elemen masyarakat Jakarta dan wilayah lainnya serta berbagai segmentasi dengan jumlah 30 peserta lomba. Acara sendiri dimulai pada pukul 08.00 WIB dan berakhir pada pukul 13.30 WIB.

Pada kesempatan itu, hadir bintang tamu Chef Aristya Indrawan dan Founder of Honu Poke & Matcha Bar, yaitu Kevin Rumantir, Sasha Rosari, dan Jenda Bandilangoe. Pembukaan acara akan dibuka oleh Ibu Dr. Eva Hotnaidah Saragih, M.A selaku Ketua Program Sarjana PPM School of Management.  

Tidak itu saja, hadir juga Ibu Annisa Dwiyana, S.Pt, MM selaku penanggung jawab mata kuliah Team Development dan Kemahasiswaan PPM School of Management. Ibu Nanda Aulia Sari, BM, MM selaku mentor acara akan hadir untuk mengikuti serangkaian acara yang telah ditentukan.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Terbongkar Praktik Curang Terjadi Saat Seleksi Masuk STAN, Pelaku 5 Orang

Posted: 05 Jul 2018 10:05 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Praktik curang menodai pelaksanaan Seleksi Penerimaan Mahasiswa Baru (SPMB) di Politeknik Keuangan Negara Sekolah Tinggi Akuntansi Negara (PKN STAN).

Praktek curang itu dilakukan oleh 5 calon peserta SPMB PKN STAN di Makassar, Sulawesi Selatan, dalam dua waktu yang berbeda. Pelanggaran pertama dilakukan satu orang pada 29 Juni 2018, berikutnya pelanggaran kedua terjadi pada 30 Juni 2018 yang dilakukan 4 orang.

Dalam rilis yang diterima Jumat (6/7/2018), Kepala Biro Sekretariat Jenderal Biro Komunikasi dan Layanan Informasi Kementerian Keuangan, Nufransa Wira Sakti, mengatakan kecurangan yang dilakukan para calon peserta SPMB itu yakni membawa alat komunikasi berupa handphone, kamera, dan bluetooth earphone yang dipasang di tubuh.

Beruntung, praktik curang ini berhasil diendus panitia. "Panitia berhasil menemukan pelanggaran tersebut pada saat melakukan pemeriksaan dengan metal detector dan pemeriksaan fisik saat verifikasi peserta," demikian rilis dari Nufransa Wira Sakti.

Selain menyita alat bukti, kelima calon peserta itu kemudian diperiksa dan diinterogasi. Kelimanya kemudian dinyatakan gugur.

"Proses SPMB PKN STAN Tahun 2018 diilakukan dengan menjunjung tinggi nilai kejujuran dan intergritas. Panitia akan menindaklanjuti segala bentuk kecurangan yang dilakukan peserta maupun calon peserta dalam setiap tahapan ujian," jelas Nufransa Wira Sakti.

 

Ancaman Drop Out

Tidak hanya menindak peserta saat kecurangan berlangsung, panitia juga mengancam akan memberikan sanksi kepada peserta yang ketahuan melakukan kecurangan di kemudian hari. Sanksi berupa drop out jika masih menjadi mahasiswa, sedangkan kalau sudah lulus dan menjadi alumnus, ijazahnya akan dibatalkan dan statusnya sebagai ASN akan dicabut.

Jika menemukan indikasi kecurangan, masyarakat diminta melapor melalui Whistle Blowing System Kementerian Keuangan melalui portal: https//www.wise.kemenkeu.go.id atau email ke pengaduan.bppk@kemenkeu.go.id

 

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Balon Raksasa 'Bayi Trump', Cara Unik Aktivis Inggris 'Sambut' Kedatangan Donald Trump

Posted: 05 Jul 2018 10:00 PM PDT

Liputan6.com, London - Donald Trump dijadwalkan mengunjungi Inggris dalam waktu dekat. Orang Nomor Satu di Amerika Serikat itu akan menemui Ratu Elizabeth II dan Perdana Menteri Theresa May di London pada 13 Juli, demikian menurut keterangan dari Duta Besar AS untuk Inggris Robert Wood Johnson.

Namun, sejumlah aktivis di negara tersebut berencana menggelar demonstrasi saat Trump menginjakkan kakinya di Inggris selama tiga hari. Mereka memilih cara unik untuk "menyambut" kedatangan Presiden AS: sebuah balon raksasa "Bayi Trump".

Atas izin Wali Kota London, Sadiq Khan, benda setinggi 6 meter itu akan dilayangkan di atas gedung Parlemen Inggris. "Lampu hijau" diberikan oleh wali kota Muslim tersebut setelah sebuah petisi -- yang mendukung penerbangan balon berwajah Donald Trump -- ditandatangani oleh lebih dari 10.000 orang.

Balon udara raksasa bertema 'Bayi Trump' akan melayang di atas gedung Parlemen Inggris pada Jumat, 13 Juli guna menyambut kunjungan tiga hari Donald Trump ke Inggris. (www.crowdfunder.co.uk)

Sementara itu, total dana terkumpul untuk mendukung kampanye tersebut yakni 16 ribu pound sterling atau Rp 304,8 juta. "Bayi Trump" raksasa akan ditempatkan di atas parlemen selama dua jam pada Jumat pagi, 13 Juli. Di waktu yang sama, aksi unjuk rasa "Stop Trump" akan digelar di pusat kota London.

Juru bicara Sadiq mengatakan, "Wali kota mendukung segala bentuk protes warganya yang dilaksanakan dengan damai. Pihaknya telah menemui penyelenggara dan memberi mereka izin untuk menggunakan Parliament Square Garden sebagai titik landasan balon udara."

"Namun, panitia juga harus menerima persyaratan yang diajukan oleh Metropolitan Police dan National Air Traffic Service."

"Prioritas utama Sadiq adalah keselamatan warga London dan para pengunjung yang datang. Kami juga telah berkoordinasi dengan Metropolitan Police dan lembaga-lembaga penting lainnya untuk memastikan segala sesuatunya berjalan aman dan terkendali," kata juru bicara itu menjelaskan.

"Bayi Trump" tidak akan melayang di atas 30 meter. Meski demikian, kemunculan balon berpopok itu mungkin bisa memperburuk ketegangan antara Sadiq Khan dan Donald Trump, yang sebelumnya saling cibir di Twitter.

 

Saksikan video pilihan berikut ini:

 

 

 

 

Kata Para Aktivis

Amerika Serikat resmi membuka kedutaan barunya di London, Inggris, pada hari Selasa, 16 Januari 2018. (AFP)

Salah seorang aktivis yang menjadi 'dalang' dibalik pembuatan 'Bayi Trump' mengatakan, cara protes mereka sebelumnya ditolak oleh Walikota Sadiq.

"Namun setelah mendapat dukungan publik melalui petisi, ia berubah pikiran. Sepertinya orang-orang di Balai Kota telah menemukan kembali selera humornya. Bayi Trump akan terbang!" kata Leo Murray.

Sementara itu, Trump sempat mengkritik lokasi bangunan baru Kedutaan Besar Amerika Serikat di Inggris, yang berlokasi di kawasan London Selatan.

Ia menggambarkan kawasan London selatan "kurang bergengsi" dan "mengerikan". Hal tersebut disampaikannya ketika berpidato di Michigan pada awal April lalu.

Disampaikan pula oleh Trump bahwa penjualan gedung Kedubes AS yang lama di Grosvenor Square, Mayfair, merupakan sebuah "kesepakatan buruk". Gedung lama itu nantinya akan kembali beroperasi sebagai hotel mewah.

Trump menyalahkan pendahulunya, Barack Obama, atas kesepakatan pindah gedung ini. Namun, faktanya kesepakatan tersebut dicapai selama masa kepresidenan George W Bush.

Seperti dikutip dari BBC, Kedubes AS untuk Inggris yang baru berlokasi di Vauxhall. Biaya pembangunannya dilaporkan mencapai USD 1 miliar dan mempekerjakan 800 staf. Menurut Trump, gedung yang lama dijual seharga USD 250 juta.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

4 Cara Alami Hilangkan Belang pada Kulit Setelah Berenang

Posted: 05 Jul 2018 10:00 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Berenang menjadi salah satu aktivitas olahraga yang menyenangkan. Selain tidak membuat kulit menjadi semakin berminyak, berenang juga menjadi sarana hiburan yang menyehatkan. Ketika hendak berenang, jangan lupa untuk mengaplikasikan losion tabir surya untuk mengurangi efek kulit gelap.

Meski sudah menggunakan losion, kulit Anda yang terbuka tetap akan menjadi lebih gelap terkena paparan sinar matahari. Sementara, kulit yang tertutup baju renang masih akan seperti warna asli kulit Anda. Untuk mengatasi kulit belang setelah berenang, Anda bisa menggunakan empat berikut ini, seperti dikutip dari Purewow, Jumat (6/7/2018).

1. Shower scrub

Ingin tanning sendiri tanpa belang pada kulit? Lakukan beberapa trik di bawah ini. (Foto: iStockphoto)

Hal pertama yang patut Anda lakukan adalah pengelupasan kulit. Anda harus mengelupas lapisan atas kulit untuk memudarkan bekas kulit yang gelap. Namun jika kulit Anda sampai terbakar, jangan langsung lakukan eksfoliasi. Tunggu beberapa hari sampai kondisi kulit benar-benar tenang.

2. Jus lemon

Jus lemon menjadi pengelupas alami yang memiliki tekstur lebih lembut. Anda tidak perlu menggosok kulit terlalu keras untuk membuatnya terkelupas. Baluri jus lemon pada seluruh bagian tubuh yang belang. Tunggu selama 25 menit, lalu bilas.

3. Potongan timun

Ilustrasi timun (iStock)

Timun memiliki kandungan air dan vitamin C yang tinggi. Timun akan menyehatkan kulit, terutama untuk mengurangi garis cokelat setelah berenang. Anda hanya perlu meletakkan potongan timun pada daerah yang belang. Atau haluskan menjadi pasta dan oleskan pada area yang belang. Tunggu 20 menit, lalu bilas.

4. Potongan kentang

Kentang yang mengandung banyak air bisa menjadi obat yang baik untuk membantu menyembuhkan sengatan sinar matahari. Letakkan potongan kentang pada bagian yang belang. Tunggu 15 menit dan kemudian bilas.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Mau Dapat Diskon Saat Beli Ban, Begini Caranya

Posted: 05 Jul 2018 10:00 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Ban merupakan komponen terpenting pada kendaraan. Karena ban merupakan komponen yang bersentuhan langsung dengan permukaan jalan, seiring waktu ban akan menjadi aus sehingga membutuhkan penggantian.

Ketika membeli ban, ada baiknya bertindak sedikit lebih teliti. Soalnya, hal ini dapat membantu dalam mendapatkan ban dengan harga yang miring seperti yang tertulis dalam rilis Auto2000 kepada Otosia, Jumat (29/06/2018).

Caranya dengan memeriksa informasi berupa 4 angka yang tercetak di sisi dinding ban. Keempat angka tersebut menunjukkan waktu dikeluarkannya ban dari pabrik. Sebagai contoh 2214, angka ini berarti menunjukkan bahwa ban baru dikeluarkan dari pabrik pada minggu ke-22 dan tahun 2014.

Potongan harga sendiri bisa didapatkan apabila Anda membeli ban dengan kode tahun yang sudah lewat. Semakin lama tanggal dikeluarkan ban maka semakin besar pula besaran diskonnya. Dimana terdapat batasan penggunaan ideal yaitu 5 tahun sejak tanggal dikeluarkan dari pabrik.

Sebagai contoh ban yang dijual pada akhir tahun 2017, apabila kodenya menunjukkan tahun 2014 maka potongannya 20 persen, 2013 potongannya 40 persen dan 2012 potongannya 60 persen. Sedangkan apabila keluarannya tahun 2011 sebaiknya jangan dibeli karena sudah melebihi dari masa pakai ideal. Hal ini disebabkan karena kondisi karet pada ban yang berusia 5 tahun sudah mengeras dan masuk dalam kategori kadaluarsa. Di mana apabila tetap digunakan memiliki bahaya cukup tinggi.

Reporter : Muhammad Hafid Asisi

Sumber : Otosia.com

Mengenal Jenis dan Perbedaan Tapak Ban Mobil

Jenis-jenis tapak ban (Otosia.com)

Jika Anda memperhatikannya, setiap merek ban memiliki beragam jenis dengan pola tapak yang berbeda-beda. Meskipun demikian, pola tapak tersebut tetap mengacu pada standar dasar yang sama.

Melansir OTO.com, pola tapak ban ini bisa dibedakan menjadi tiga pola, yakni simetris, asimetris, dan directional atau uni-directional. Ketiganya memiliki karakter yang juga berbeda dan memiliki kemampuan membuang air yang juga berbeda.

 

 

 

Simetris

Pola ini paling umum ditemui pada kebanyakan ban di masa sekarang. Sesuai dengan namanya, pola pada tread atau permukaan karet paling luar yang diusung menganut desain yang simetris antara kedua sisinya, yakni sisi luar dan dalam di sepanjang tread mengelilingi ban. Serta motif desain yang juga serupa antara satu blok dengan blok yang lainnya.

Desain tersebut kemudian menghasilkan pola untaian yang seperti gelombang, dengan alur utama berfungsi membuang air. ban dengan pola tread simetris biasanya tidak mempermasalahkan arah sehingga memakainya bisa dibolak balik arah rotasinya. Sementara karakter yang biasa diunggulkan dari ban berpola tapak simetris termasuk lebih nyaman dan tidak terlalu bising.

Asimetris

Pola ini menggunakan desain yang berbeda antara kedua sisinya. Hal itu menghasilkan daya cengkeram lebih baik. Ban dengan pola asimetris tampak seperti dua ban berbeda yang digabungkan menjadi satu karena pola alur sisi luar dan dalam berbeda. Pola sisi dalam biasanya lebih banyak dibandingkan sisi luar, sehingga menghasilkan karakter unggulan daya cengkeram lebih baik pada jalan basah.

Sementara sisi luar dengan pola lebih sedikit memberikan kontak yang baik pada permukaan jalan, serta meningkatkan daya cengkeram saat dipakai menikung dengan kencang. Yang perlu diperhatikan adalah pemasangannya yang harus benar yang mana sisi luar tidak bisa ditempatkan pada sisi dalam. kalau terbalik akan membahayakan dan mengacaukan performa. Namun secara rotasi biasanya tidak masalah sehingga bisa memindahkannya ke antara sisi kiri dan kanan mobil.

Directional (uni-directional)

Pola ini sangat berpegang teguh pada arah sehingga biasanya pola yang umum digunakan menyerupai arah panah atau huruf V dan terdapat tanda panah penunjuk arah rotasi pada dinding-dinding ban.

Ban dengan pola tapak ini bebas dipasang di mana saja selama sesuai dengan arah yang dianjurkan. Bentuk dari pola alur berfungsi optimal memecah air sehingga mengurangi kecenderungan terjadinya aquaplanning saat jalanan basah. Ban jenis ini juga memiliki cengkeraman yang baik pada jalan kering.

Sumber : Otosia.com

 

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Asyik, 3 Zodiak Ini Akan Bertemu Pujaan Hati di Bulan Juli

Posted: 05 Jul 2018 10:00 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Akhirnya bulan Juli telah tiba. Tak terasa kita telah berada di bulan ketujuh pada tahun 2018 ini. Tentu ada banyak harapan yang ingin dicapai pada bulan ini bukan? Tak hanya dalam urusan karier tapi juga percintaan.

Apa kalian berharap akan menemukan cinta pada bulan Juli? Nampaknya bulan Juli menjadi bulan yang membahagiakan bagi beberapa zodiak. Zodiak tersebut dikatakan akan menemukan pujaan hatinya loh.

Lantas zodiak apa saja yang beruntung menemukan cintanya di bulan ini? Yuk simak.

Libra

Tak hanya Capricon, orang Libra juga akan diselimuti kebahagiaan. Pasalnya seseorang yang ditunggu-tunggu akan datang di bulan ini. Kejelasan hubungan yang kalian tunggu-tunggu juga akan terjawab.

Capricon

Ilustrasi pasangan dan hubungan (iStockphoto)

Kalian berzodiak Capricon? Selamat ya, pasalnya tak lama lagi kalian akan menyambut cinta seseorang. Memang, selama ini kalian dikatakan terlalu banyak memilih dan kerap bingung ketika menentukan pilihan. Oleh karena itu cobalah untuk lebih tenang dalam menentukan pilihan.  Jika akan datang seseorang jangan menutup diri.

Aquarius

Ilustrasi pasangan dan hubungan (iStockphoto)

Bagi kalian para Aquarius, jangan ragu dan gengsi untuk mengakui perasaan kalian. Jika kalian memang benar-benar punya perasaan kepadanya mengapa tak jujur pada dirimu sendiri dan mencoba mengungkapkannya? Yang terpenting adalah jujur dengan diri sendiri dan membuka diri adalah kunci menyambut cinta yang terbaik.

Reporter: Ayu Puji Lestari

Sumber: Vemale.com  

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Cara Kementerian PUPR Ajak Mahasiswa Peduli Infrastruktur

Posted: 05 Jul 2018 10:00 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) akan melaksanakan kegiatan Kuliah Kerja Nyata (KKN) Tematik Infrastruktur yang diikuti mahasiswa dari 22 perguruan tinggi di Indonesia.

Melalui kegiatan ini, mahasiswa dapat melihat langsung dan mendapatkan pemahaman mengenai infrastruktur dasar yang dibangun Kementerian PUPR seperti air minum pedesaan, sanitasi perdesaan, irigasi kecil dan jembatan gantung.

Dengan memahami manfaat langsung infrastruktur bagi masyarakat, mahasiswa dihararapkan dapat terlibat aktif dalam kegiatan pembangunan infrastruktur dasar.

"Kami mengucapkan terima kasih kepada 22 perguruan tinggi yang bekerja sama dalam meningkatkan kualitas sumber daya manusia terutama generasi muda dalam membangun infrastruktur," kata Sekretaris Jenderal Kementerian PUPR Anita Firmanti, seperti dikutip Jumat (6/7/2018) di Jakarta.

Sementara Sekretaris Ditjen Cipta Karya Rina Agustin selaku Ketua Pelaksana KKN Tematik Infrastruktur dalam laporannya mengatakan, tujuan dari kegiatan KKN Tematik Infrastruktur adalah mensinergikan kegiatan pemberdayaan masyarakat dengan keterlibatan mahasiswa melalui program KKN yang diselenggarakan oleh Perguruan Tinggi.

"Program ini sudah terlaksana sejak 2014 dan di tahun 2018 ini kami lakukan kerja sama dengan 22 Perguruan Tinggi," jelasnya.

Untuk menyukseskan program tersebut, dilaksanakan sosialisasi mengenai pembangunan infrastruktur di Indonesia kepada perwakilan perguruan tinggi.

"Agenda hari ini adalah pemaparan program secara panel, lalu esok hari (6/7) akan dilanjutkan penandatangan kesepakatan bersama dan perjanjian kerja sama KKN tematik infrastruktur antara Kementerian PUPR dengan Perguruan Tinggi," dia menambahkan.

Acara sosialisasi dihadiri para pimpinan perguruan tinggi, Kepala Pusat Studi Gender dan Ketua Lembaga Penelitian dan Pengabdian Masyarakat (LPPM) dari perguruan tinggi yang menjadi mitra.

Ke-22 kampus tersebut, yakni Universitas Lambung Mangkurat, Universitas Negeri Manado, Universitas Negeri Gorontalo, Universitas Sulawesi Barat, Universitas Khairun, Universitas Negeri Papua, Universitas Trunojoyo, Universitas Negeri Semarang, Institut Pertanian Bogor, Universitas Palangka Raya.

Selain itu, Universitas Borneo Tarakan, Universitas Riau, Universitas Jambi, UIN Sultan Thaha Saifuddin, Universitas Bangka Belitung, Universitas Bengkulu, Universitas Syiah Kuala, UIN Sumatera Utara, Universitas Cendrawasih, Universitas Maritim Raja Ali Haji, UIN Ar-raniry, dan Universitas Negeri Manado.

 

RI Gandeng Inggris Berbagi Ilmu dalam Infrastruktur

Penandatanganan Dokumen Kerjasama Knowledge Sharing Programme for Infrastructure Development pada Selasa (3/7/2018).

Pemerintah Indonesia melalui Kementerian PPN/Bappenas dan Pemerintah lnggris menyepakati kerja sama dalam pembangunan infrastruktur. Kerja sama tersebut ditandai dengan penandatanganan Dokumen Kerjasama Knowledge Sharing Programme for Infrastructure Development.

Menteri PPN/Kepala Bappenas, Bambang Brodjonegoro mengatakan, kerja sama tersebut merupakan bentuk komitmen pemerintah dalam pengembangan metodologi pembangunan infrastruktur yang lebih efektif, eflsien, tepat waktu, dan berkualitas, di tengah kebutuhan infrastruktur di Indonesia yang masih sangat besar.

Dokumen kerja sama kedua negara ini ditandatangani Deputi Bidang Sarana dan Prasarana Kementerian PPN/Bappenas Wismana Adi Suryabrata, Duta Besar lnggris untuk Indonesia Moazzam Malik, dan Chief Executive Officer The Infrastructure and Projects Authority (IPA UK) Tony Meggs. 

Bambang menjelaskan dengan kerja sama ini, Indonesia akan mendapatkan manfaat berupa acuan dalam menentukan proyek-proyek mana saja yang perlu dibangun sesuai dengan kebutuhan pemerintah, termasuk best practices dalam pengembangan metode standardisasi dalam tahap penyiapan, pengembangan, penyediaan, hingga pengevaluasian proyek dan program infrastruktur.

"Hal ini tentu diperlukan agar investasi yang dikeluarkan pemerintah dapat dilakukan secara efisien dan dirasakan manfaatnya oleh masyarakat," kata Bambang di kantornya, Selasa (3/7/2018).

Pemerintah lnggris melalui The Infrastructure and Projects Authority (IPA UK), Foreign and Commonwealth Office, dan the Department for Business Energy and Industrial Strategy (BEIS) akan berbagi pengalaman dengan Pemerintah Indonesia terkait kesuksesan Pemerintah lnggris dalam melibatkan sektor swasta pada pembangunan proyek infrastruktur.

"Melalui adaptasi-metodologi ke dalam sistem pembangunan kita, diharapkan sistem perencanaan dan penganggaran pembangunan infrastruktur di Indonesia dapat dilaksanakan secara sistematis dan efektif, khususnya dalam mendukung tahap inisiasi, penyiapan, pengembangan, hingga penyediaan proyek infrastruktur di Indonesia," ujar dia. 

Kerja sama ini diimplementasikan dalam bentuk Knowledge Sharing dan Training Programme berkelanjutan, yang didesain untuk menghasilkan dan memperbaiki keahlian dan metodologi yang digunakan dalam penyediaan infrastruktur di Indonesia.

 

Reporter: Yayu Agustini Rahayu

Sumber: Merdeka.com

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

8 Besar Piala Dunia: Belgia Siap Jungkalkan Brasil

Posted: 05 Jul 2018 10:00 PM PDT

Liputan6.com, Kazan - Belgia sudah siap melakoni duel besar melawan Brasil pada delapan besar Piala Dunia 2018 di Kazan Arena, Sabtu (7/7/2018) dini hari WIB. Belgia mengaku tak gentar menghadapi nama besar Brasil yang lebih difavoritkan.

Rasa takut mereka tepikan karena Belgia ingin lolos ke semifinal Piala Dunia untuk kedua kali dalam sejarah. Belgia yakin negara-negara Eropa bakal berjaya di sejarah mereka.

"Ini momen besar, Anda tak bisa sembunyikan itu. Jika Anda mencoba untuk sembunyikan ini, Anda tentu orang yang bodoh," kata Martinez seperti dikutip Marca.

"Kami siap seperti biasanya, kami sudah mempersiapkan momen seperti ini selama dua tahun sebelumnya. Brasil peringkat dua dunia, sedangkan kami nomor tiga. Kami tahu betul besarnya laga ini."

Belgia lolos ke delapan besar setelah kalahkan Jepang 3-2 di babak 16 besar Piala Dunia. Sementara Brasil menjungkalkan Meksiko 2-0.

 

Berkembang

2. Romelu Lukaku (Belgia) - 4 Gol. (AP/Hassan Ammar)

Belgia dinilai sudah banyak berkembang sejak kegagalan di Piala Eropa 2016. Saat itu, Belgia disingkirkan Wales di perempat final.

"Kami sudah siapkan semuanya sebagai tim. Kami sudah siapkan sebuah sistem permainan selama dua tahun ini," kata Romelu Lukaku, striker Belgia.

"Secara individual, kami sudah berkembang. Segalanya berjalan lancar dan bakal diuji pada saat lawan Brasil. Kami main melawan tim terbaik di turnamen ini, tim favorit, jadi ini ujian bagus," ia menambahkan.

Bukan Duel Terpenting

Meski duel besar, Lukaku menilai duel ini bakal tetap biasa saja nilainya. Soalnya, kalaupun Belgia lolos, mereka bakal menghadapi lawan lebih tangguh di perempat final.

"Duel nanti tak akan mudah, tapi kami punya kualitas untuk membuat perbedaan," ujar striker Manchester United ini.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Bowo Alpenliebe Bantah Pernah Gelar Meet and Greet Berbayar

Posted: 05 Jul 2018 10:00 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Sempat heboh dengan meet and greet bertarif 80 ribu sampai 100 ribu, nama Bowo Alpenliebe makin menyita perhatian publik. Namun, pengakuan Bowo Alpenliebe terhadap isu meet and greet tersebut baru-baru ini cukup membuat bingung publik.

Remaja bernama lengkap Prabowo Mondardo ini mengatakan bahwa acara dengan tiket masuk Rp 80 ribu itu tidak pernah ada.

Kehadiran Bowo Alpenliebe di kawasan Kota Tua, Jakarta, yang sempat membuat heboh itu diakuinya hanya sekadar main ke sana.

"Belum pernah (meet and greet), itu rencana, doang. Itu main, doang (di Kota Tua)," ungkap Bowo Alpenliebe saat ditemui di kawasan Mampang, Jakarta Selatan, Kamis, (5/7/2018).

Diajak Teman

Seleb Tik Tok, Bowo Alpenliebe ditemui di kawasan Tendean, Jakarta, Rabu (4/7). Sebelum resmi diblokir Kementerian Komunikasi dan Informatika, Bowo belakangan menjadi salah satu bintang Tik Tok yang ramai diperbincangkan. (Liputan6.com/Faizal Fanani)

Remaja 13 tahun ini juga mengaku hanya diajak temannya untuk bertemu dengan para penggemar. Dia tidak tahu-menahu dengan harga tiket Rp 80 ribu yang dijual kepada para penggemarnya yang menghadiri acara tersebut.

"Enggak (tiket bayar Rp 80 ribu), itu diajak temen. Awalnya enggak tahu apa-apa, dan uangnya enggak ke aku. Uangnya ke teman yang ngajak itu," ujarnya.

Lewat Pesan Instagram

Bowo Alpenliebe, artis Tik Tok yang digandrungi remaja perempuan masa kini. [foto:instagram.com/bowoo_alpenliebe]

Diceritakan oleh Bowo bahwa orang yang disebut teman tersebut menghubungi dirinya melalui pesan langsung dari Instagram. Dirinya juga sebenarnya tidak kenal dengan orang tersebut.

"Jadi dia nge-DM di IG, bilang 'Bowo mau nggak meet and greet?' Ya, aku kan enggak tahu ya, ya mau-mau saja," ungkapnya.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

VIDEO: Gerindra Akui Anies Masuk Daftar Capres

Posted: 05 Jul 2018 10:00 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Gerindra melalui Sandiaga Uno mengakui Anies Baswedan masuk dalam radar daftar calon Presiden.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

FOTO: Aksi Pemain Basket Korut dan Korsel di Laga Persahabatan

Posted: 05 Jul 2018 10:00 PM PDT

Fans Korea Utara saat menonton pertandingan antara Korea Utara dan Korea Selatan di Stadion Indoor Ryugyong Chung Ju-Yung, Pyongyang (5/7). 50 pemain pria dan wanita dari Korsel tiba di ibukota Utara 3 Juli untuk laga persahabatan. (AFP Photo/Kim Won-Jin)

Fans Korea Utara saat menonton pertandingan antara Korea Utara dan Korea Selatan di Stadion Indoor Ryugyong Chung Ju-Yung, Pyongyang (5/7). 50 pemain pria dan wanita dari Korsel tiba di ibukota Utara 3 Juli untuk laga persahabatan. (AFP Photo/Kim Won-Jin)

Suasana pertandingan basket antara Korea Utara (merah) dan Korea Selatan  (biru) di Stadion Indoor Ryugyong Chung Ju-Yung, Pyongyang (5/7). Tim pria Korea Utara memenangkan 82-70. (AFP Photo/Kim Won-Jin)

Suasana pertandingan basket antara Korea Utara (merah) dan Korea Selatan (biru) di Stadion Indoor Ryugyong Chung Ju-Yung, Pyongyang (5/7). Tim pria Korea Utara memenangkan 82-70. (AFP Photo/Kim Won-Jin)

Pemain Korea Utara (merah) berusaha melewati pemain Korea Selatan (biru) selama pertandingan basket pria di Stadion Indoor Ryugyong Chung Ju-Yung, Pyongyang (5/7). Tim pria Korea Utara memenangkan 82-70. (AFP Photo/Kim Won-Jin)

Pemain Korea Utara (merah) berusaha melewati pemain Korea Selatan (biru) selama pertandingan basket pria di Stadion Indoor Ryugyong Chung Ju-Yung, Pyongyang (5/7). Tim pria Korea Utara memenangkan 82-70. (AFP Photo/Kim Won-Jin)

Pemain Korea Selatan (Biru) membawa bola dari kawalan pemain Korea Utara (merah) selama pertandingan basket pria di Stadion Indoor Ryugyong Chung Ju-Yung, Pyongyang (5/7). (AFP Photo/Kim Won-Jin)

Pemain Korea Selatan (Biru) membawa bola dari kawalan pemain Korea Utara (merah) selama pertandingan basket pria di Stadion Indoor Ryugyong Chung Ju-Yung, Pyongyang (5/7). (AFP Photo/Kim Won-Jin)

Pemain Korea Selatan (Biru) berusaha memasukan bola ke dalam ring saat bertanding melawan Korea Utara (merah) selama pertandingan basket pria di Stadion Indoor Ryugyong Chung Ju-Yung, Pyongyang (5/7). (AFP Photo/Kim Won-Jin)

Pemain Korea Selatan (Biru) berusaha memasukan bola ke dalam ring saat bertanding melawan Korea Utara (merah) selama pertandingan basket pria di Stadion Indoor Ryugyong Chung Ju-Yung, Pyongyang (5/7). (AFP Photo/Kim Won-Jin)

Pemain Korea Utara (merah) bersalaman dengan pemain Korea Selatan (biru) usai pertandingan basket pria di Stadion Indoor Ryugyong Chung Ju-Yung, Pyongyang (5/7). (AFP Photo/Kim Won-Jin)

Pemain Korea Utara (merah) bersalaman dengan pemain Korea Selatan (biru) usai pertandingan basket pria di Stadion Indoor Ryugyong Chung Ju-Yung, Pyongyang (5/7). (AFP Photo/Kim Won-Jin)

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Amankan Android Kamu dari Orang Jahat dengan 3 Langkah Mudah Ini

Posted: 05 Jul 2018 10:00 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Tak dapat dimungkiri, banyak dari kita menyimpan data sensitif (foto, chat, email pribadi hingga laporan) di dalam smartphone agar tidak lupa atau mudah diakses.

Karena itu, wajar bilamana kamu harus mengamankan data-data sensitif yang tersimpan di dalam perangkat tersebut dengan cara apa pun agar terhindar dari orang jahat.

Selain mengamankan smartphone dengan fasilitas sidik jari, pin, password, atau pattern, cara lain yang bisa dan cukup manjur adalah dengan mengenkripsi ponsel.

Dengan cara begini, siapa pun yang mencuri smartphone kamu tak akan bisa mengakses data-data pribadi. Seluruh data yang tersimpan akan tetap aman dan terenkripsi.

Penasaran bagaimana cara mengenkripsi smartphone kamu? Simak tipsnya berikut ini, seperti yang dikutip dari laman Ubergizmo, Jumat (6/7/2018).

Android Versi 5.0 ke Atas

Sebelum mulai mengenkripsi perangkat, kamu akan diminta untuk menyambungkan smartphone ke listrik. Hal ini dilakukan agar perangkat tidak mati ketika proses berlangsung.

Yuk, kita mulai proses enkripsinya.

1. Buka Settings > Personal > Security. Cara ini mungkin sedikit berbeda, tergantung dari pabrikan perangkat. Namun opsi tersebut ada di semua sistem Android.

2. Kemudian kamu akan diminta untuk memasang PIN atau kata sandi untuk mengunci layar (jika kamu belum melakukannya).

Dengan begini, kamu akan selalu diminta untuk memasukkan PIN atau kata sandi setiap kali booting smartphone dan mengakses data-data yang sudah terenkripsi.

3. Beri centang untuk opsi "encrypt device using lock screen password"

 

Android Versi 4.4 ke Bawah

Ilustrasi smartphone Android. (Doc: Tech Radar) 

Jika smartphone Android hanya beroperasi menggunakan Android 4.4 atau sebelumnya, kamu harus memasang PIN atau password sebelum memulai proses enkripsi.

Untuk melakukannya, buka Settings> Security> Screen Lock dan pasang PIN atau password yang diinginkan.

Setelah selesai, buka laman Security dan ikuti proses yang sama seperti di atas.

 

Enkripsi SD Card

Ilustrasi Micro SD (Sumber: Android Pit)

Meski memori internal smartphone sudah dienkripsi, SD card yang tidak 'dikunci' masih dapat diakses oleh pencuri.

Agar lebih aman lagi, kamu juga bisa mengenkripsi SD card. Untuk mengakomodir hal tersebut, kami menyertakan caranya.

Untuk melakukannya tidaklah berbeda dari dua cara yang sudah dijelaskan di atas. Cukup ke menu Security, dan kamu akan melihat opsi "SD card encrption".

Bagaimana, cukup mudah bukan caranya? Selamat mencoba kawan.

Saksikan Video Pilihan Berikut Ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Hubungan dengan Zayn Malik Dianggap Rekayasa, Gigi Hadid Sentil Fans

Posted: 05 Jul 2018 09:50 PM PDT

Liputan6.com, Los Angeles - Kedekatan Gigi Hadid dan Zayn Malik memang kerap menjadi perhatian publik dunia. Setelah putus, baru-baru ini keduanya terlihat bersama kembali. Namun, tak sedikit yang menganggap keakraban mereka berdua tersebut hanyalah rekayasa agar mendapat sorotan.

Tanpa diduga, ketika seorang penggemar mengungkapkan kecurigaannya terhadap hubungan akrab yang terjalin Gigi Hadid dan Zayn Malik, Gigi malah meluapkan kekesalannya atas tuduhan itu, seperti disampaikan News.com.au, Jumat (6/7/2018).

Kabar dari E! News menyebutkan bahwa Gigi Hadid mengaku kesal ketika akun media sosialnya diseret bersama kalimat-kalimat negatif dari warganet. Kini, ia mengunci akun media sosialnya.

Sambil mengklarifikasi, Gigi Hadid turut menyindir beberapa penggemar yang hanya mengurusi kehidupan orang tanpa memikirkan apakah mereka sudah berada di tempat yang tepat.

Selalu Negatif

Zayn Malik (Rich Fury/Invision/AP)

"Sepertinya kalian menandai saya di unggahan baru setiap hari... tolong hentikan. Itu selalu negatif, saya benar-benar tidak memiliki perasaan mendalam terhadap kalian, saya hanya tahu ada dunia indah yang bisa dikunjungi dan hidup di dalamnya bukannya mencoba membedah hubungan antara dua orang yang kalian bahkan tidak tahu dan bahwa kalian tidak melihat 99 persen darinya," tulisnya.

Membalas

Zayn dan Gigi. (instagram/gigihadid)

Dalam unggahannya, penggemar tersebut juga mengungkit perihal Zayn Malik yang tidak mengikuti Gigi Hadid di Instagram.

Namun Gigi membalas secara elegan, "Bagi seseorang yang benar-benar tidak aktif di aplikasi, saya tidak perlu mengikuti dia. Mataku sudah ditato di dadanya."

Desember 2015

Zayn dan Gigi. (instagram/gigihadid)

Gigi Hadid dan Zayn Malik mulai berpacaran sejak Desember 2015 setelah Zayn batal bertunangan dengan Perrie Edwards. Gigi muncul sebagai model di lagu Zayn, "Pillowtalk" dan sempat muncul bersama di sampul salah satu majalah.

Mereka sempat putus pada Maret lalu, tapi belakangan keduanya kembali terlihat lengket. 

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Pensiunan PNS Ikut Nikmati Gaji ke-13 pada Awal Juli

Posted: 05 Jul 2018 09:48 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Sejak awal Juli 2018, para pegawai negeri sipil (PNS) menerima gaji ke-13. Ternyata, para pensiunan turut merasakan tambahan penghasilan tersebut. 

Demikian diungkapkan Kepala Biro Humas Kementerian PANRB, Herman Suryatman, saat dikonfirmasi Liputan6.com, Jumat (6/7/2018). "Selain PNS memang pensiunan juga dapat gaji ke-13," kata dia.

Dia menuturkan, pemerintah memiliki tujuan dari pemberian gaji ke-13 ini. Khusus bagi PNS diharapkan bisa membantu biaya pendidikan sekolah bagi anak para PNS. Demikian pula bagi pensiunan PNS, gaji ke-13 bertujuan membantu kebutuhan hidup. 

Pemerintah melalui Kementerian Keuangan (Kemenkeu) menganggarkan sekitar Rp 35 triliun untuk membayar gaji ke-13 dan Tunjangan Hari Raya (THR) bagi Pegawai Negeri Sipil (PNS) maupun pensiunan PNS.

"Dana sekitar Rp 35 triliun," kata Direktur Jenderal Perbendaharaan Kemenkeu, Marwanto Harjowiryono dalam pesan singkatnya kepada Liputan6.com, Jakarta, Rabu (23/5/2018).

Direktur Penyusunan Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara (APBN) Ditjen Anggaran Kemenkeu, Kunta Wibawa Dasa Nugraha merinci anggaran sekitar Rp 35 triliun tersebut, terdiri dari untuk pembayaran gaji ke-13 PNS maupun pensiunan ke-13 sekitar Rp 17,5 triliun serta THR PNS dan purna PNS sekitar Rp 17,5 triliun.

"Untuk THR Rp 17,5 triliun dan gaji ke-13 sekitar Rp 17,5 triliun. Mereka (PNS) terima take home pay," Kunta menegaskan.

Pembayaran THR dan gaji ke-13 PNS maupun purna PNS di 2018 sebesar Rp 35,76 triliun atau naik 68,92 persen dari pembayaran 2017, rinciannya:

1. THR Gaji Rp 5,24 triliun

2. THR Tunjangan Kinerja Rp 5,79 triliun

3. THR Pensiun Rp 6,85 triliun

4. Gaji ke-13 sebesar Rp 5,24 triliun

5. Tunjangan kinerja ke-13 Rp 5,79 triliun

6. Pensiun atau Tunjangan ke-13 sebesar Rp 6,85 triliun.

Menteri Keuangan (Menkeu) Sri Mulyani Indrawati sebelumnya menuturkan jika kebijakan pemberian THR dan gaji ke-13 bukan kebijakan baru. Kebijakan ini telah ditetapkan sejak 2016.

Penganggaran THR dan gaji ke-13 juga telah diatur setiap tahunnya melalui Peraturan Menteri Dalam Negeri (Permendagri) mengenai pedoman penyusunan APBD.

"Khusus untuk 2018 diatur dalam Permendagri Nomor 33 Tahun 2017 tentang pedoman penyusunan APBD 2018 yang mengatur penganggaran gaji pokok dan tunjangan PNS daerah disesuaikan dengan peraturan perundang-undangan, serta memperhitungkan rencana kenaikan gaji pokok dan tunjangan, dan pemberian gaji ke-13 dan 14 ini adalah nomenklatur gaji ke-14 yang disamakan dengan THR," ujar Sri Mulyani, Selasa (5/6/2018).

Tonton Video Menarik Ini:

 

Bukan Kebijakan Baru

Menteri Keuangan (Menkeu) Sri Mulyani Indrawati sebelumnya menuturkan, kebijakan pemberian THR dan gaji ke-13 bukan kebijakan baru. Kebijakan ini telah ditetapkan sejak 2016.

Penganggaran THR dan gaji ke-13 juga telah diatur setiap tahunnya melalui Peraturan Menteri Dalam Negeri (Permendagri) mengenai pedoman penyusunan APBD.

"Khusus untuk 2018 diatur dalam Permendagri Nomor 33 Tahun 2017 tentang pedoman penyusunan APBD 2018 yang mengatur penganggaran gaji pokok dan tunjangan PNS daerah disesuaikan dengan peraturan perundang-undangan, serta memperhitungkan rencana kenaikan gaji pokok dan tunjangan, dan pemberian gaji ke-13 dan 14 ini adalah nomenklatur gaji ke-14 yang disamakan dengan THR," ujar Sri Mulyani, Selasa (5/6/2018).

Lebih lanjut Sri Mulyani menjelaskan, THR dan gaji ke-13 telah dimasukkan dalam formula perhitungan Dana Alokasi Umum (DAU) 2018.

Pengalokasian DAU untuk setiap daerah telah dihitung dari alokasi dasar yang didasarkan pada belanja gaji PNS daerah dan juga celah fiskal, yaitu selisih antara kebutuhan fiskal daerah dengan kapasitas fiskalnya.

"Untuk perhitungan alokasi dasar telah memperhitungkan gaji PNS daerah berupa gaji pokok, tunjangan yang melekat sesuai ketentuan pemerintah tentang penggajian, tunjangan keluarga, tunjangan jabatan, tunjangan umum, tunjangan beras, termasuk telah memperhitungkan gaji ke-13 dan THR," kata Sri Mulyani.

 

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Brasil Vs Belgia: Duel Dua Kekuatan Setara

Posted: 05 Jul 2018 09:45 PM PDT

Jakarta - Duel Brasil vs Belgia di delapan besar Piala Dunia 2018 dini hari WIB nanti diprediksikan bakal berlangsung sengit. Pasalnya, kekuatan kedua tim saat ini nyaris setara.

Baik Brasil maupun Belgia memiliki pemain-pemain yang memiliki kemampuan olah bola tinggi. Tak pelak, laga Brasil vs Belgia adalah salah satu pertandingan yang ditunggu-tunggu di delapan besar Piala Dunia 2108.

Brasil punya Neymar, Belgia ada Eden Hazard. Brasil mengandalkan Philippe Coutinho, Belgia bertumpu pada Kevin De bruyne.

Namun pelatih Belgia, Roberto Martinez menegaskan pertandingan Brasil vs Belgiabukanlah duel tiap individu, melainkan pertarungan dua tim tangguh. Dia percaya kedua tim akan bermain terbuka dan saling menyerang.

"Kami sangat respek kepada Brasil dan Tite, pekerjaan yang sudah mereka perbuat. Pertandingan bukanlah untuk pelatih, tetapi untuk para pemain, Anda harus membantu pemain menjadi diri mereka sendiri di lapangan," ujar Martinez dikutip dari fourfourtwo.

Penguasaan Bola

Martinez tak segan mengakui Brasil sebagai tim kuat yang terus membuktikan kualitasnya di empat laga terakhir. Karena itu dia percaya yang akan jadi pemenang adalah tim yang bisa memanfaatkan penguasaan bola dengan baik.

"Kami menantikan laga itu. Talenta individu adalah senjata kuat bagi kedua tim, kami bergantung pada duel satu lawan saya, mencoba mencetak gol, sepak bola terbuka."

Bukan soal Bertahan

Lebih lanjut, Martinez juga menilai kedua tim tak terlalu baik saat bertahan. Karena itu, dia percaya laga ini akan ditentukan dengan efektivitas serangan kedua tim.

"Kami bukanlah tim yang kuat saat bertahan. Anda harus memiliki pertahanan kuat tetapi kami bergantung pada penguasaan bola, sama halnya dengan Brasil."

"Dengan segala hormat, anda hanya akan melihat respek Belgia pada Brasil untuk apa yang sudah diraih Tite bersama timnya," kata dia.

Duel Satu Lawan Satu

Striker Brasil, Neymar, digendong rekannya Paulinho merayakan gol ke gawang Meksiko pada babak 16 besar Piala Dunia di Samara Arena, Samara, Senin (2/6/2018). Brasil menang 2-0 atas Meksiko. (AP/Frank Augstein)

Terakhir, dia percaya timnya juga harus mencari cara mengatasi Neymar. Meski sepak bola adalah permainan tim, tetapi ancaman Neymar tetaplah patut dipertimbangkan.

"Dalam hal ini, Neymar adalah eksponen (duel satu lawan satu), sepak bola berteknik tinggi yang jadi penentu duel satu lawan satu."

"Kami harus menyadari itu, membuatnya tak berkutik dan membiarkan pemain kami memiliki peran lebih besar di pertandingan," tuturnya.

 

Sumber: Bola.net

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Wasekjen PAN: Agak Berat Beri Dukungan ke Jokowi

Posted: 05 Jul 2018 09:45 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Peluang Partai Amanat Nasional (PAN) bergabung ke koalisi pendukung Joko Widodo (Jokowi) tampaknya semakin jauh. Meski belum ada keputusan dan terkesan bimbang, PAN agak sulit untuk mendukung Jokowi di Pilpres 2019.

"Kalau PAN kelihatannya agak berat (beri dukungan) kepada Jokowi," kata Wasekjen PAN Saleh Daulay kepada wartawan di Jakarta, Jumat (6/7).

PAN juga legawa bila nantinya Ketua Umum Zulkifli Hasan tak diberi ruang untuk maju Pilpres, asalkan partai yang mengajak berkoalisi wajib berembuk bersama. Bukan malah ngotot menjagokan para figur-figur capres.

"Bagi PAN yang paling penting itu kan PAN rasional, enggak bisa kami ngotot jadi capres atau cawapres, makanya semua kan kami bicarakan. Andai kata, misalnya, saya kira PAN sudah berada di posisi yang terburuk sekali pun," ujar Saleh.

"Misalnya tidak bisa memajukan ketua umum begitu, PAN ya tetap menerima. Tapi dengan catatan yang lain jangan ngotot begitu, karena yang paling penting dari koalisi adalah membangun kebersamaan dan kemaslahatan bangsa ini," ujar Anggota Komisi IX DPR ini.

Partai berlambang matahari terbit ini juga tak ingin gagal seperti Pilpres 2014 lalu. Oleh karena itu, koalisi penantang Jokowi mesti melahirkan sosok capres yang kuat.

"Baru yang kedua mencari siapa yang bisa mengalahkan Jokowi, jangan sampai mencalonkan orang yang kalah, ngapain? Makanya di kubu umat ini, kan bagaimana mengalahkan Jokowi," ujar Saleh.

 

Reporter: Muhammad Genantan Saputra

Sumber: Merdeka.com

 

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Polisi dan TNI Jaga Ketat Rumah Terduga Pelaku Ledakan Bom di Bangil Pasuruan

Posted: 05 Jul 2018 09:45 PM PDT

Liputan6.com, Pasuruan - Polisi dan TNI masih berjaga ketat di rumah terduga pelaku peledakan Anwardi alias Abdullah alias Ahmad Muslim di Kelurahan Pogar, Kecamatan Bangil, Pasuruan, Jawa Timur.

Jalan menuju lokasi kejadian ledakan bom di Kelurahan Pogar hingga Jumat, 6 Juli 2018 pagi masih ditutup. Garis polisi membentang di rumah Anwardi yang rusak akibat ledakan bom berdaya ledak rendah.

Warga mengaku sudah lama menaruh curiga atas perilaku keluarga Anwardi.

Simak berita selengkapnya dalam Liputan6 Siang SCTV, Jumat (6/7/2018), pukul 12.00 WIB, di tautan ini.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Polisi Sebut Pelaku Peretas Situs Bawaslu Hanya Tes Ilmu

Posted: 05 Jul 2018 09:43 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta DM alias Cakil ditangkap penyidik Direktorat Tindak Pidana Siber Bareskrim Polri atas kasus dugaan ilegal akses dan peretasan situs Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu).

Kasubdit II Direktorat Tindak Pidana Siber Bareskrim Polri Kombes Asep Syafrudin mengatakan dari hasil pemeriksaan, tersangka mengaku hanya iseng meretas situs Bawaslu.

"Istilahnya dia (tersangka) hanya untuk ngetes ilmu," kata Asep di kantor Dir Tipid Siber Bareskrim Polri, Tanah Abang, Jakarta Pusat, Jumat (6/7/2018).

Menurut Asep, tersangka mendapatkan pengetahuan dan tata cara meretas lewat media sosial Facebook. Dari percakapan di grup Facebook, Cakil mempelajari tata cara meretas secara autodidak.

"Grup itu ada yang mengajari tentang tools-tools dan cara-cara melakukan peretasan," ucap Asep.

Asep menambahkan, tersangka hanya meretas tampil depan situs Bawaslu saja. Menurut Asep, tersangka tidak sampa meretas data dan sistem situs Bawaslu.

"Dia (meretas) tampil depan saja. Kalau untuk menguasai semua sistem dan data Bawaslu, dia tidak," kata Asep.

Atas perbuatannya, Cakil dijerat dengan Pasal 46 juncto Pasal 32 atau Pasal 49 juncto Pasal 32 Undang-Undang Nomor 19 Tahun 2016 tentang Informasi dan Transaksi Elektronik dengan ancaman kurungan penjara maksimal 10 tahun.

 

Saksikan video pilihan di bawah ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Polres Jakbar Tangkap Komplotan Rampok Anak Buah Moeldoko

Posted: 05 Jul 2018 09:41 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Satuan Polres Metro Jakarta Barat telah menangkap pelaku perampokan yang diduga terkait peristiwa yang menimpa seorang Tenaga Ahli Kantor Staf Presiden, Armedy Dewanga. Dia menjadi korban perampokan dengan modus kempis ban di kawasan Glodok, Tamansari, Jakarta Barat, (8/6/2018) lalu.

"Kami sudah menangkap salah satu pelaku dengan modus yang sama, inisialnya S. Yang ketemu barang bukti TKP (Tempat Kejadian Perkara) yang lain. Kita tunjukin barang buktinya, ternyata TKP-nya ada di Sawah Besar," kata Kapolres Metro Jakarta Barat Kombes Pol Hengki Kurniawan kepada wartawan, Jumat (6/7).

Kendati demikian, pihaknya masih terus melakukan pendalaman dalam kasus tersebut. Hal itu karena tak jarang para pelaku yang ditangkap tidak mengakui perbuatannya jika tidak ada laporan yang dibuat korban.

"Sedang kami dalami," ujarnya.

Selain itu, Polres Jakbar melakukan koordinasi dengan Polsek Sawah Besar untuk memastikan apakah S (pelaku) ada kaitannya atau tidak.

Sementara itu, Kapolsek Sawah Besar Kompol Mirzal Maulana membenarkan jika Polres Metro Jakarta Barat melakukan koordinasi dengan pihaknya. Dua tahanannya juga dipinjam untuk dimintai keterangan lantaran melakukan perampokan dengan modus yang sama.

Hal itu untuk mengetahui apakah mereka satu komplotan yang masih sama, sehingga perlu dimintai keterangan. Maka dari itulah mereka dipinjam untuk dilakukan pengembangan guna mencari tahu sosok pelaku.

"Kita mengamankan dua orang pelaku yang diduga ada kaitannya dengan itu (perampokan Armedy). Di-bon ya (dipinjam) untuk pengembangan ya. Sementara masih dimintai informasi atau keterangan," kata Mirzal.

 

Reporter: Nur Habibie

Sumber: Merdeka.com

 

Saksikan video pilihan di bawah ini:

 

 

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Shandy Aulia Akui Suaminya Jarang Meminta Maaf

Posted: 05 Jul 2018 09:40 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Hampir tujuh tahun mengarungi bahtera rumah tangga, Shandy Aulia dan suaminya, David Herbowo tentu telah melalui momen suka dan duka bersama. Tak dipungkiri, keduanya pernah terlibat cekcok hingga tak menegur satu sama lain.

Seperti yang diutarakan Shandy Aulia saat ditemui di Jalan Margonda, Depok, Kamis (5/7/2018). Menurutnya, konflik kecil yang terjadi di dalam rumah tangganya merupakan hal wajar.

"Pasti lah bohong kalau enggak. Pasti lah sama suami pernah juga enggak ngobrol-ngobrolan. Kesal-kesalan dua hari, kita enggak WhatsApp, terus pulang ke rumah tidur punggung-punggungan, pernah juga kayak gitu," ujar Shandy Aulia.

Menurut Shandy Aulia, cekcok dalam rumah tangga tak akan menjadi persoalan serius asalkan kedua belah pihak bisa meredam ego masing-masing. Sifat keras David Herbowo pun seakan bisa diimbangi dengan Shandy Aulia yang punya sifat sebaliknya.

 

 

 

Harus Mengalah

(Instagram/shandyaulia)

Shandy Aulia mengaku rela mengalah demi menyelesaikan masalahnya dengan suami. Maklum saja, kata Shandy Aulia, David Herbowo bukan tergolong orang yang gampang mengucapkan kata maaf.

 

Tetap Bersyukur

(Instagram/@ShandyAulia)

"Tapi ya kalau kita mau mempertahankan ego, enggak ada komunikasi, ketegangan kita juga susah, tapi saya bersyukur lah walaupun suami saya orang yang susah mengucapkan kata maaf tapi dengan dia mengenal Tuhan lebih dekat," tutup Shandy Aulia.

"Begitu saya say sorry atau begitu saya mengalah duluan, oh dia juga akhirnya, 'sorry ya gini-gini, jadi punya kesadaran'," tutup Shandy Aulia.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Menaker Ingatkan Dunia Industri Hindari Business Shock

Posted: 05 Jul 2018 09:35 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Era ekonomi digital turut mempengaruhi perubahan berbagai model bisnis. Untuk itu, Menteri Ketenagakerjaan RI (Menaker) M. Hanif Dhakiri mengingatkan dunia industri untuk menyiapkan strategi transformasi industri, agar bisnisnya tidak mengalami business shock atau guncangan.

Hal ini disampaikan Menteri Hanif saat menjadi narasumber diskusi dalam rangkaian acara Halalbihalal yang diselenggarakan DPN APINDO di Jakarta Selatan, Kamis (5/7).

"Kita harus buat strategi atau skema perubahan dalam dunia industri sehingga kita mampu mengantisipasi dampak negatif dalam era ekonomi digital," kata Menteri Hanif.

Kelengahan dunia industri dalam mengantisipasi, sebut Menteri Hanif, dapat menyebabkan dunia industri terjebak dalam business shock. 'Business shock' ini meliputi 2 hal. Pertama, industrial shock.

"Jangan sampai industri kalah bersaing, tidak relevan dalam era perubahan yang cepat, dan akhirnya tutup," ujar Menaker.

Kedua, manpower shock. Hal ini dikarenakan ekonomi digital turut mempengaruhi karakter pekerjaan di masa depan

"Oleh karenanya, mau tidak mau, suka tidak suka, cepat atau lambat kita harus bertransformasi dalam mengantisipasi perubahan yang penuh tantangan," kata Menaker Hanif.

Dikarenakan ekonomi digital mempengaruhi perubahan karakter pekerjaan, Menaker Hanif juga mengingatkan agar strategi transformasi industri tersebut juga harus mempertimbangkan perkembangan sektor ketenagakerjaan.

Pemerintah sendiri, jelas Menaker, juga melakukan berbagai kajian untuk mengantisipasi berbagai jenis pekerjaan yang akan hilang di masa depan maupun jenis pekerjaan baru yang akan muncul.

"Oleh karenanya, sinergi dan kerja sama dari pemerintah, dunia industri, dan pekerja itu sendiri menjadi sangat penting untuk kita tetap bertahan," kata Menaker menjelaskan.

Dalam kesempatan ini, Menaker pentingnya triple skilling untuk menghadapi manpower shock. Yakni skilling, upskilling, dan reskilling.

Skilling ditujukan bagi masyarakat yang belum terampil. Upskilling digunakan untuk meningkatkan keterampilan agar sesuai dengan kebutuhan perkembangan industri. Serta reskilling yang bertujuan untuk memberi keterampilan baru kepada masyarakat yang mana keterampilannya sudah tidak relevan dengan kebutuhan dunia industri.

"Inilah yang pemerintah siapkan antisipasinya, sehingga bisa tercipta long life learning dan long life employability," papar Menaker Hanif.

 

 

(*)

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Kehadiran Suzuki Burgman Street di Indonesia Masih Misteri

Posted: 05 Jul 2018 09:34 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Pasar skuter matik (skutik) masih jadi primadona di Tanah Air. Meskipun masih dikuasai kelas skutik bawah, untuk segmen premium juga tidak kalah menarik, dengan dua penguasa saat ini, Yamaha NMax dan Honda PCX 150.

Bahkan, kelas skutik di atas Rp 25 jutaan ini kabarnya bakal kehadiran pemain baru. Ya, motor yang selanjutnya digadang-gadang bakal bersaing dengan model penguasa saat ini adalah Suzuki Burgman Street.

Namun, pihak PT Suzuki Indomobil Sales (SIS) sendiri masih belum membocorkan kehadiran Suzuki Burgman Street. Pabrikan asal Jepang ini, terlihat masih berhati-hati jika berbicara soal skutik premiumnya tersebut.

"Banyak hal, dalam artian banyak hal itu kami tidak mau mengeluarkan sesuatu (sepeda motor) yang mengecewakan. Model yang kita keluarkan, harus sesuai dengan jiwa Suzuki," jelas Yohan Yahya, Sales & Marketing 2W Departement Head PT SIS, saat ditanya wartawan terkait lamanya waktu peluncuran skutik premiumnya, Kamis (6/7).

Lanjut Yohan, jika pihaknya hanya mengeluarkan model karena ikut-ikutan pasar bakal dianggap percuma. Tidak hanya itu, jika model yang dikeluarkan dianggap mengecewakan, dan otomatis tidak diterima pecinta roda dua Tanah Air bakal menjadi bumerang bagi pabrikan berlambang huruf 'S' tersebut.

"Tapi tetap kami persiapkan semuanya, semua model (segmen) juga. Jadi, skutik premium (Suzuki Brugman Street) tidak tahun ini? Ya liat waktulah nanti," pungkasnya.

Selanjutnya

Untuk diketahui, Suzuki Burgman Street bakal diluncurkan di India pada 19 Juli 2018. Di pasar global, Suzuki Burgman ditawarkan dalam berbagai varian mesin, mulai 125cc hingga 600cc. Tapi, khusus Suzuki Burgman Street hanya akan dibekali mesin 125 cc tanpa kehilangan aura maxi-skuternya.

Tampilannya kental dengan skutik Eropa yang agresif, gambot dan spoty. Kesan skuter touring juga muncul dengan penggunaan windshield di atas lampu utama LED.

Selain itu, jok dan ruang dek kaki Suzuki Burgman Street cukup luas guna menambah kenyamanan berkendara. Bagian buritan dibekali LED tail-lamp dan bodi yang cenderung meruncing.

Fitur yang disematkan pun terbilang up-to-date. Suzuki Burgman Street dibekali instrumen panel full-digital, bagasi luas, power-port, dan knalpot sporty seperti milik Suzuki Gixxer 150.

Di sektor dapur pacu, Suzuki menyematkan mesin 1 silinder SOHC yang berkapasitas 124,3 cc. Konfigurasi tersebut diklaim mampu menghasilkan tenaga 8,5 Tk dengan torsi 10,2 Nm.

Diprediksi, harga jual Suzuki Burgman Street akan berada di kisaran 67 hingga 70 ribu Rupee atau setara Rp14 jutaan namun tak lebih dari Rp15 juta.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

KPK Periksa Perdana Gubernur Aceh dan Bupati Bener Meriah Usai Ditahan

Posted: 05 Jul 2018 09:34 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Penyidik Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) memeriksa Gubernur Aceh Irwandi Yusuf dan Bupati Bener Meriah Ahmadi. Ini merupakan pemeriksaan perdana setelah keduanya ditahan, karena terjerat kasus dugaan suap dana Otonomi Khusus (Otsus) Provinsi Aceh tahun 2018.

Ahmadi datang terlebih dahulu ke Gedung KPK Kuningan, Jakarta Selatan, Jumat (6/7/2018) pukul 09.15 WIB. Selang lima menit kemudian, Irwandi Yusuf tiba di komisi antirasuah.

Irwandi Yusuf mengaku tidak tahu akan diperiksa dalam kapasitas sebagai saksi atau tersangka pada hari ini. Selain keduanya, KPK juga memeriksa dua tersangka lainnya, yaitu Staf Khusus Gubernur Hendri Yuzal serta pengusaha Syaiful Bahri.

"Enggak tahu," ucap Irwandi Yusuf singkat.

Dalam kasus ini, KPK menetapkan empat orang tersangka. Diduga sebagai penerima suap yakni Irwandi Yusuf, dan dua orang pengusaha Hendri Yuzal dan Syaiful Bahri. Sedangkan diduga sebagai pemberi adalah Bupati Bener Meriah Ahmadi.

Ahmadi diduga memberikan uang Rp 500 juta kepada Irwandi Yusuf. Uang itu merupakan bagian dari Rp 1,5 miliar yang diminta oleh Irwandi terkait fee ijon proyek-proyek pembangunan infrastruktur yang bersumber dari DOKA.

Mendagri Tunjuk Plt

Menteri Dalam Negeri Tjahjo Kumolo telah mendapatkan surat dari Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) untuk status Gubernur Aceh Irwandi Yusuf dan Bupati Bener Meriah Ahmadi. Ia pun langsung menunjuk para wakil kepada daerah di wilayah tersebut untuk jadi pelaksana tugas (Plt).

"Sudah (dapat surat dari KPK), Plt-nya Wagub dan wakilnya (bupati). Sudah dikirim supaya tidak ada perpanjangan permintaan," ucap Tjahjo di Jakarta, Kamis (5/7/2018) malam.

Dia menuturkan, formalnya hari Senin akan dilakukan di Jakarta. Sementara SK-nya telah dikirim hari ini.

"Tinggal formalnya hari Senin. Senin saya undang, SK-nya sudah dikirim supaya ada apa-apa bisa diproses secepatnya," Tjahjo memungkasi.

 

Saksikan video pilihan di bawah ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Pasokan Listrik di RI Bertambah 2.400 MW

Posted: 05 Jul 2018 09:32 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Indonesia ‎mendapat tambahan pasokan listrik sekitar 2.400 Mega Watt (MW) dalam enam bulan sejak Januari sampai Juni 2018. Tambahan pasokan listrik ini berasal dari pembangkit listrik dalam Program 35 Ribu MW.

Direktur Pengadaan Strategis PLN Supangkat Iwan Santoso‎ mengatakan, selama semester pertama 2018, pembangkit listrik bagian dari program 35 ribu MW yang telah beroperasi mencapai 2 ribu MW. Sementara target pengoperasian pembangkit pada tahun ini mencapai 4 ribu MW.

"Kami ada tambahan pasokan listrik 2.400 MW. Itu dari Januari sampai Juni,"kata Supangkat, di Jakarta, Jumat (6/7/2018).

Jenis pembangkit yang beroprasi dalam tambahan pasokan tersebut diantaranya adalah Pembangkit Listrik Tenaga Uap (PLTU) dan Pembangkit Listrik Tenaga Gas (PLTG).

"Itu ada yang berasal dari PLTU di luar Jawa. Jadi ada macam-macam, PLTU, PLTMG Priok sudah beroperasi kira-kira satu unit 250 MW," ‎ujarnya.

Supangkat mengungkapkan, dengan adanya tambahan pasokan listrik sebesar 2.400 MW selama semester pertama 2018, maka total pasokan listrik dari pembangkit Program Kelistrikan 35 Ribu MW sampai saat ini lebih dari 4 ribu MW.

Menurut Supangkat, tambahan pasokan listrik akan lebih banyak pada tahun depan, karena pembangkit program 35 ribu MW lebih banyak yang beroperasi. Dia memastikan tidak seluruhnya 35 ribu MW beroperasi tahun depan, karena menyesuaikan kebutuhan.

"Yang banyak tahun depan. Ada Jawa 7 masuk 2.000 MW, Cilacap 1.000 MW, itu dijumlah saja sudah 3 ribu MW. Terus masuk combain cycle masuk semua, jelas dia.

Tiga Pembangkit yang Diresmikan Jokowi Bisa Terangi 1,1 Juta Rumah

PLTU Cilacap adalah sebuah perusahaan Penananam Modal Asing (PMA) yang banyak mempekerjakan tenaga kerja asing (TKA) China saat pembangunannya. (Foto: Liputan6.com/Muhamad Ridlo)

Sebelumnya, Presiden Joko Widodo (Jokowi) meresmikan pengoperasian tiga pembangkit listrik di Sulawesi Selatan. Pasokan listrik dari ketiga pembangkit tersebut bisa melistriki sekitar 1,1 juta rumah.

Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) Ignasius Jonan mengatakan, pembangkit listrik yang diresmikan Jokowi merupakan Pembangkit Listrik Tenaga Bayu (PLTB) Sidrap berkapasitas 75 Mega Watt (MW).

Pembangkit tersebut, dapat melistriki 150 ribu rumah untuk daya 450 volt amper (va). PLTB Sidrap merupakan pembangkit tenaga tenaga angin yang pertama beroperasi di Indonesia.

"Di lokasi ini telah dibangun dan selesai PLTB 75 MW ini PLTB komersial pertama dibangun di Indonesia," kata Jonan pada Senin 2 Juli 2018.

‎Selain PLTB Sidrap, pembangkit lain yang resmi beroperasi adalah Pembangkit Listrik Tenaga Uap (PLTU) Punagaya di Jeneponto, Sulawesi Selatan, berkapasitas 2X100 MW. Pembangkit bagian dari program 35 ribu MW yang dibangun PT PLN (Persero) tersebut bisa memasok listrik ke 400 ribu rumah.

"Kami juga melaporkan ada PLTU Punagaya di Jeneponto 2X100 bagian 35 ribu bisa mengaliri listrik 400 ribu rumah," ‎tuturnya.

Jonan melanjutkan, Jokowi juga meresmikan PLTU Jeneponto Ekspansi 2X135 MW. Listrik pembangkit ini terletak bersebelahan dengan PLTU Punagaya yang bisa melistrik sekitar 500 ribu rumah.

‎"Untuk IPP ekspansi 2X135 MW dapat mengaliri listrik 500 ribu rumah dibangun 3 tahun, total pasokan bisa melistriki 1,1 juta rumah baru," tandasnya.

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Cerita Tahu Petis Cirebon dan Julukan Putri Ong Tin

Posted: 05 Jul 2018 09:31 PM PDT

Liputan6.com, Cirebon - Sebagai salah satu daerah yang terletak di wilayah Pantura, sebagian besar penduduk Cirebon berprofesi sebagai nelayan.

Bahkan, sejak zaman Sunan Gunung Jati maupun sebelum Cirebon berdiri, aktivitas masyarakat Cirebon berkaitan dengan laut. Termasuk, makanan khas dari wilayah ini yang kebanyakan merupakan olahan hasil laut berpadu dengan makanan lain yang ada, contohnya petis Cirebon.

Sekilas bentuk dan warna dari petis Cirebon tak jauh berbeda dengan petis pada umumnya. Namun, dari segi rasa, petis Cirebon banyak diminati.

"Petis dari dulu sampai sekarang bentuknya sama terlihat warna hitam, hanya campurannya saja yang berbeda. Nah, di Cirebon petisnya khas dicampur ebi atau rebon," kata filolog Cirebon Opan Rahman Hasyim, Jumat (6/7/2018).

Saking nikmatnya petis Cirebon, warga setempat memadukannya dengan tahu khas Pantura Cirebon. Dia mengaku, tahu petis menjadi salah satu kuliner populer pengunjung saat ke Cirebon.

Opan mengatakan, tahu petis khas Cirebon memiliki ciri khusus yang tidak ada di luar. Selain petis yang dipadukan dengan rebon, tahunya juga berasal dari kawasan Sindang Laut Cirebon.

"Beda dengan tahu Sumedang atau tahu di daerah Tegal tapi tetap enak kalau dicocol sama petis Cirebon," ujar dia.

Ratu Petis

Tahu Petis khas Cirebon menjadi salah satu makanan populer masyarakat maupun pengunjung. Foto (Liputan6.com / Panji Prayitno)

Opan mengatakan, kenikmatan petis khas Cirebon juga membuat Putri Ong Tin, istri Sunan Gunung Jati, jatuh hati. Dalam setiap aktivitas sehari-hari, Putri Ong Tin tak pernah jauh dari petis.

Kesukaan Putri Ong Tin terhadap petis Cirebon membuat Sunan Gunung Jati senang. Apalagi, Sunan Gunung Jati sangat mencintai sosok Putri dari Tiongkok itu.

"Terlihat suka saat pertama kali Putri Ong Tin datang disambut meriah dengan sukacita, tarian, hingga musik tradisional dan makanan. Uniknya, Putri Ong Tin suka sekali dengan petis Cirebon," ujar dia.

Bahkan, melihat sambutan tersebut, masyarakat Cirebon memberi julukan Putri Ong Tin si ratu petis. Opan mengatakan, petis merupakan salah satu jenis makanan yang berasal dari negeri Tiongkok.

Oleh karena itu, dia mengaku belum dapat mengidentifikasi asal-usul pembuatan petis Cirebon itu sendiri. Menurut Opan, petis sudah ada sejak zaman sebelum Cirebon berdiri.

"Sebelum Ong Tin datang kan ada Laksamana Ceng Ho yang mendarat tujuh hari di sini bahkan Mbah Kuwu Cirebon atau Pangeran Cakrabuana juga pembuat petis, terasi," dia menambahkan. 

Saksikan video pilihan berikut ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Jadwal Pertandingan 8 Besar Piala Dunia 2018: Brasil Vs Belgia

Posted: 05 Jul 2018 09:30 PM PDT

Jakarta - Brasil dan Belgia bakal saling bunuh di 8 besar Piala Dunia 2018 dinihari WIB nanti. Pertandingan ini akan digelar di Stadion Kazan Arena.

Kedua tim sama-sama menjadi tim unggulan dan berhasil memenuhi ekspektasi publik sepak bola dunia dengan lolos ke 8 besar Piala Dunia 2018. Namun, hanya satu tiket semifinal yang tersedia, yang harus diperebutkan dua tim tersebut. Laga dua tim favorit ini diprediksi berlangsung ketat dan menarik dari awal hingga akhir. 

Pertandingan ini juga menjadi aksi bintang-bintang di kedua kubu. Brasil memiliki pemain-pemain andalan seperti Neymar, Philippe Coutinho, dan Jesus Gabriel. Adapun di kubu Belgia ada Romelu Lukaku, Eden Hazard, dan Kevin De Bruyne. 

Kiprah Brasil dan Belgia semakin menjadi sorotan karena tim-tim besar bertumbangan. Sebut saja Jerman, Spanyol, Portugal, hingga Argentina sudah angkat koper dari Rusia. 

Bagaimana kans Belgia untuk mendepak Brasil yang sudah mengoleksi lima gelar juara dunia? Belgia menyadari punya senjata untuk mencetak gol dan tampil dominan jika dibutuhkan. 

Berikut ini jadwal pertandingan 8 Besar Piala Dunia 2018: Brasil Vs Belgia.

 

 

Jadwal

Sabtu, 7 Juli 2018

01.00 WIB, Brasil vs Belgia di Kazan Arena

Live di Trans TV

Pertandingan ini juga bisa dilihat di Bukalapak

Perkiraan Susunan Pemain

Brasil (4-2-3-1): Alisson; Fagner, Thiago Silva, Miranda, Marcelo; Fernandinho, Paulinho; Willian, Philippe Coutinho, Neymar; Gabriel Jesus

Belgia (3-4-2-1): Thibaut Courtois; Jan Vertonghen, Vincent Kompany, Toby Alderweireld; Thomas Meunier, Axel Witsel, Kevin De Bruyne, Yannick Carrasco; Dries Mertens, Eden Hazard; Romelu Lukaku

Saksikan video pilihan di bawah ini: 

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Nikita Mirzani Ingin Pensiun Dini Jadi Artis, Kenapa?

Posted: 05 Jul 2018 09:30 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Popularitas Nikita Mirzani di jagat hiburan Tanah Air tidak lagi diragukan. Namun siapa sangka, ibu dua anak itu sejak awal tidak pernah bermimpi untuk menjadi seorang selebritas.

Hal ini diungkapkan Nikita Mirzani saat menjadi bintang tamu dalam konten YouTube Boy William bertajuk #DrinksWithBoy, Kamis (5/7/2018). "Awalnya, gue enggak pernah mau terjun ke dunia ini (keartisan). Awalnya malah gue nganterin teman gue yang mau ikut audisi, ternyata dia enggak lolos, akhirnya gue yang masuk," ujarnya.

 

Kala itu itu Nikita Mirzani masuk ke dunia entertainment untuk mengisi waktu luang sebelum kerja. Namun ternyata bintang film Comic 8 itu menemukan kenyamanan menjadi artis ketimbang pekerja kantoran.

"Karena waktu itu gue belum kerja di kantor, jadi gue kayak ngisi waktu kosong aja sih. Gue kayak ngerasa, ini gue banget nih. Enggak harus stay di kantor, enggak harus nunggu bos, enggak dimarah-marahin," lanjut Nikita Mirzani.

 

Citra Negatif

Nikita Mirzani © KapanLagi.com/Muhammad Akrom Sukarya

Sayangnya, Nikita Mirzani justru lebih dikenal karena kontroversi sehingga citranya sudah kadung buruk. Padahal Nikita sendiri memiliki karya mulai dari bidang modeling, seni peran hingga dunia tarik suara pun sudah ia jajal.

"Akhirnya makin ke sini, mulai dapat bayaran yang cukup besar dan gue berpikir gue bisa tabung, bisa beliin ini itu, segala macam. Sampai akhirnya gue dapat masalah, orang malah 'sukurin lo' dan segala macam. Padahal mereka kan enggak tahu bagaimana real kejadiannya," katanya.

 

Pensiun Dini

Nikita Mirzani

Wajah cantik Nikita Mirzani belakangan semakin laris manis di layar kaca menjadi seorang presenter. Tapi ternyata Nikita tidak sepenuh hati menjalankan profesinya saat ini. Wanita yang selalu tampil seksi tersebut bahkan berniat untuk segera pensiun dari dunia keartisan.

"Gue sebenarnya dibilang jadi artis pun gue enggak terlalu suka. Malah gue berencana mungkin gue akan mengakhiri pekerjaan ini setelah semuanya sudah settle. Karena gue tidak mau selamanya di dunia (keartisan) ini," sambung Nikita.

 

Tidak Bebas

Nikita Mirzani (Deki Prayoga/bintang.com)

Menurut Nikita Mirzani, dunia keartisan ini penuh dengan kepalsuan. Istri Dipo Latief tersebut merasa tidak bisa menjadi dirinya sendiri sejak menjadi artis. Apa pun yang dilakukannya pasti disorot dan dikomentari.

"Gue tidak bisa menjadi diri gue sendiri, gue tidak bisa memakai baju apa yang mau gue pakai. Ya lo bayangin aja jadi gue, gue padahal di pantai pakai bikini tapi gue masih dibilang salah. Nah, itu tuh enggak enak banget. Biar pun artis, gue kan manusia biasa kayak lo," tutur Nikita kepada Boy William.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

VIDEO: Cara Cewek Keluarkan Mobil Ini, Bikin Gagal Paham

Posted: 05 Jul 2018 09:30 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Lihat saat seorang cewek mencoba mengeluarkan mobil dari parkiran. Ia begitu kesulitan dan butuh waktu beberapa menit untuk mengeluarkan mobilnya. Anda salah satunya?

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Makan Pedas Bukan Solusi Cerdas Atasi Sembelit

Posted: 05 Jul 2018 09:30 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Saat sembelit atau buang air besar (BAB) sebagian orang memilih memperbanyak makan buah seperti pepaya. Namun, ada juga yang memilih untuk mengonsumsi makanan pedas saat susah BAB.

Mengonsumsi makanan pedas, seperti bakso yang diberi sambal atau makan rujak pedas, memang bisa membuat seseorang buang air besar, tapi sayangnya berupa diare. Dokter spesialis gizi klinik Diana Sunardi tidak menyarankan Anda melakukan cara ini saat sembelit

"Cara itu salah. Kalau diare berarti ada proses infeksi dalam tubuh. Kalau tubuh bisa mengatasi bisa sembuh, tapi kalau tidak, bisa makin parah," kata Diana saat bertemu di kawasan Jakarta Selatan, pada Jumat (6/7/2018).

Salah satu penyebab BAB seseorang tidak lancar karena dehidrasi. Wanita yang aktif dalam Indonesia Hydration Working Group ini menyarankan untuk memperbanyak minum air putih ketika sembelit. Kehadiran cairan membantu feses jadi lebih lunak sehingga lebih mudah dikeluarkan.

 

Saksikan juga video menarik berikut:

Minum air hangat

Saat sembelit, seorang pakar kesehatan pencernaan dari Weill Medical College of Cornell University, Felice Schnoll-Sussman, menyarankan dengan minum air hangat. Suhu air yang hangat membantu melancarkan sistem pencernaan.

"Hangatnya suhu air yang masuk ke dalam tubuh dapat memperlebar pembuluh darah di dalam sistem pencernaan Anda. Sehingga aliran darah akan meningkat dan aktivitas sistem pencernaan bertambah," katanya mengutip laman Daily Mail, Jumat (6/7/2018).

Selain minum air hangat, aktivitas fisik juga mampu memperlancar pergerakan usus, buang air besar pun jadi lancar.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Kemnaker Bersama dengan Toyota Gelar Pelatihan Otomotif

Posted: 05 Jul 2018 09:28 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Kementerian Ketenagakerjaan dan Toyota mengadakan kerja sama program pelatihan teknisi otomotif di Balai Latihan Kerja Bantaeng, Sulawesi Selatan. Kerja sama pelatihan ini ditujukan untuk memperbanyak dan memperkuat kompetensi kerja instruktur dan teknisi otomotif yang sesuai dengan kebutuhan Industri.

Program pelatihan teknisi otomotif yang didukung Japan International Coopertion Agency (JICA), Ehime Toyota Motor Corporation Japan, dan PT Hadji Kalla Toyota Makassar ini telah menghasilkan lulusan pelatihan sebanyak 16 orang dengan rincian 6 instruktur dan 10 pencari kerja.

"Pemerintah menggandeng perusahaan-perusahaan swasta untuk bekerja sama meningkatkan kompetensi dan mutu pelatihan kerja di BLK, hal ini dilakukan agar lulusan pelatihan sesuai dengan kebutuhan industri dan pasar kerja," kata Sekretaris Direktorat Jenderal Pembinaan Pelatihan dan Produktivitas Kementerian Ketenagakerjaan, Kunjung Masehat pada acara wisuda program pelatihan teknisi otomotif di BLK Bantaeng, Sulawesi Selatan, Kamis (5/7/2018).

Kunjung mengatakan percepatan peningkatan kompetensi melalui penguatan akses dan mutu pelatihan kerja menjadi salah satu solusi dalam menjawab tantangan pembangunan sumber daya manusia (SDM) Indonesia.

"Kita berharap kerjasama perusahaan dengan BLK dalam pelatihan vokasinya berperan strategis dalam percepatan peningkatan kompetensi SDM di Indonesia. Tenaga kerja terampil penting bagi pertumbuhan ekonomi Indonesia yang berkeberlanjutan juga untuk mengoptimalkan puncak bonus demografi pada 2035," kata Kunjung.

Ia berharap, program percepatan peningkatan kompetensi tenaga kerja bisa dimanfaatkan secara optimal oleh masyarakat Indonesia. Baik program pelatihan di BLK maupun program pemagangan di perusahaan dapat diikuti oleh para pencari kerja atau para pekerja yang ingin meningkatkan kompetensi dan keterampilan kerjanya.

"Kita berharap masyarakat juga bisa mengoptimalkan program pemerintah. Apalagi pelatihan di BLK gratis dan tidak ada pembatasan umur serta latar belakang pendidikan. Semua ketentuan yang menyulitkan masyarakat untuk mengakses pelatihan kerja di BLK sudah dihapuskan," kata Kunjung.

Sementara itu, Senior Vice President Ehime Toyota Corporation, Mr. Hidekazu Futagami berharap semangat belajar alumni BLK Bantaeng terus terjaga dan meningkatkan kompetensi dan keterampilan kerja. Para peserta pelatihan yang sudah lulus ataupun yang akan memulai pelatihan harus terus belajar untuk menjawab tantangan ketenagakerjaan yang terus berkembang.

"Berbagai pelatihan keterampilan kerja yang telah dipelajari berguna melaksanakan pekerjaan nyata di tempat kerja nantinya. Program kerja sama pelatihan kerja di BLK ini juga penting untuk meningkatkan pertumbuhan ekonomi Indonesia yang berkelanjutan," katanya.

Kerja sama program pelatihan teknisi otomotif di BLK melatih angkatan 1 (pertama) selama dua tahun dengan materi ajar yang berstandar internasional Toyota level 2 (ahli). Total peserta pelatihan angkatan pertama sebanyak 16 orang dengan rincian 6 instruktur dan 10 pencari kerja. Progam pelatihan ini akan dilanjutkan dengan melatih peserta pelatihan angkatan ke -2 (dua).

 

(*)

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Sandiaga Sebut Anies Baswedan Curi Perhatian Usai Bertemu Prabowo

Posted: 05 Jul 2018 09:27 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Gubernur DKI Jakarta, Anies Baswedan menjadi salah satu nama yang digadang bakal maju di Pilpres 2019. Bahkan, sejumlah elite politik telah melempar wacana bahwa Anies cocok jika duet dengan Prabowo Subianto atau Agus Harimurti Yudhoyono (AHY).

Partai Gerindra memaklumi itu. Bahkan Anies dinilai berhasil menunaikan janji kampanyenya di DKI Jakarta meski baru setahun menjabat sebagai orang nomor satu di DKI Jakarta tersebut.

Ketua tim pemenangan Partai Gerindra, Sandiaga S Uno mengatakan, pasangannya di DKI Jakarta itu memang telah berhasil mencuri hati dan perhatian petinggi parpol dan juga masyarakat. Karena itulah tak heran jika nama Anies banyak disebut di dalam bursa calon pemimpin Indonesia.

"Sebagai kader Gerindra tadi hasil pertemuan dengan Pak Prabowo dan ya pembicaraan dengan kader Gerindra dan beberapa teman-teman di mitra koalisi, Pak Anies ini memang mencuri hati dan mencuri perhatian dari semua teman-teman dan dimana masyarakat juga dapat diterima," jelasnya di rumah Prabowo Subianto, Jalan Kertanegara, Kebayoran Baru, Jakarta Selatan, Kamis (5/7) malam.

Sandi mengatakan, Anies dinilai oleh Prabowo sebagai figur potensial. Gerindra bisa saja mengusung Anies sebagai cawapres Prabowo jika parpol koalisi lain sepakat.

"Kalau akhirnya menjadi konsensus dari mitra koalisi itu yang kita harapkan akan terus diskusi yang baik ke depan," ujarnya.

 

Melihat Aspirasi Masyarakat

Ketua Dewan Pembina Partai Gerindra, Prabowo Subianto memberikan potongan tumpeng ke Gubernur DKI Jakarta, Anies Baswedan dalam Hari Ulang Tahun ke-10 Tahun yang digelar di kantor DPP Partai Gerindra, Jakarta, Sabtu (10/2). (Liputan6.com/Herman Zakharia)

Namun demikian Gerindra juga tetap memutuskan dengan melihat aspirasi masyarakat. Sandi mengatakan, Anies dipilih sebagai gubernur oleh berbagai elemen masyarakat dan ini harus juga diperhatikan.

"Pak Anies ini diangkat oleh banyak elemen masyarakat. Tentunya kita harus mendengar aspirasi masyarakat. Tapi saya selalu ingin ingatkan elit, termasuk Gerindra, dengarkan aspirasi masyarakat," ujarnya.

Reporter: Hari Ariyanti

Sumber: Merdeka.com

 

Saksikan video pilihan di bawah ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Dokter Bimanesh: Saya Merasa Bersalah Merawat Setya Novanto

Posted: 05 Jul 2018 09:23 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Dokter spesialis penyakit dalam di Rumah Sakit Permata Hijau, Bimanesh Sutarjo bersikukuh tidak berniat merintangi penyidikan KPK. Pernyataan itu ia sampaikan dalam nota pembelaan atau pledoi di Pengadilan Tipikor, Jakarta Pusat.

Bimanesh mengklaim tindakannya merawat Setya Novanto, murni menjalankan profesinya sebagai dokter yang terikat sumpah bahwa seorang dokter harus menangani pasien apapun latar belakangnya. Soal adanya dampak dari perbuatannya itu, Bimanesh mengaku tak mengetahui.

Justru, kata Bimanesh, selama rawat inap Novanto satu malam di rumah sakit tersebut kuasa hukumnya lah yakni Fredrich Yunadi yang aktif menghalangi penyidik KPK bertugas. Bimanesh bahkan mengusulkan kepada penyidik dan dokter KPK untuk memindahkan Setya Novanto ke RSCM.

"Bersama dokter KPK kami diskusikan bagaimana agar Setya Novanto dievakuasi ke RSCM guna selanjutnya dilakukan penahanan karena pagi itu Fredrich bersikeras Setya Novanto tidak bisa ditahan. Saya mengusulkan agar dilakukan CT scan karena tidak bisa dilakukan di Permata Hijau," ujar Bimanesh, Jumat (6/7/2018).

Dalam pembelaannya itu pula, Bimanesh mengaku menyesal telah menulis larangan menemui pasien di pintu kamar rawat Novanto. Dia mengaku tidak menyangka bahwa tulisannya disalahgunakan oleh Fredrich yang sempat bersitegang dengan tim satuan tugas KPK.

Dia juga menyadari kesalahannya tetap merawat Setya Novanto meski sejak awal sudah menduga adanya kejanggalan.

"Saya merasa bersalah merawat Setya Novanto dalam keadaan tidak lazim yakni didorong menggunakan brankar secara tergesa-gesa oleh sopir dan ajudannya. Kepalanya juga ditutupi oleh selimut," ujarnya. 

 

Dituntut 6 Tahun Penjara

Sebelum nota pembelaan dibacakan oleh Bimanesh, jaksa penuntut umum pada KPK terlebih dahulu menuntutnya pidana penjara enam tahun dam denda Rp 300 juta atau subsider tiga bulan kurungan.

Ia dituntut lantaran dianggap telah melanggar Pasal 21 Undang-Undang Nomor 31 Tahun 1999 sebagaimana telah diubah dengan Undang-Undang Nomor 20 Tahun 2001 tentang pemberantasan tindak pidana korupsi Jo Pasal 55 Ayat 1 ke-1 KUHP.

 

Reporter: Yunita Amalia

Sumber: Merdeka.com

 

Saksikan video pilihan di bawah ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Kemenhub Lakukan Penilaian Terhadap Prima Unit Pelayanan Publik Bandara Sam Ratulangi

Posted: 05 Jul 2018 09:21 PM PDT

Liputan6.com, Manado Kualitas pelayanan bandara menjadi salah satu faktor yang dapat menentukan kepuasan pelanggan. Karena itu, pelayanan menjadi salah satu fokus dalam bisnis kebandarudaraan.

Sehubungan dengan hal tersebut, Kementerian Perhubungan melalui perwakilannya beserta tim penilai dari Obudsmand dan YLKI, datang ke Bandara Sam Ratulangi Manado pada Selasa (3/7/2018) guna melaksanakan penilaian pelayanan prima unit pelayanan publik sektor transportasi tahun 2018 di wilayah Sulawesi Utara (Sulut). Sebelum melaksanakan penilaian secara langsung ke terminal Bandara Sam Ratulangi, mereka mengadakan rapat terkait penilaian itu.

Yusman selaku PTS General Manager Bandara Sam Ratulangi, dalam rapat memaparkan pelayanan publik yang ada di Bandara Sam Ratulangi Manado, mulai dari standar pelayanan, kesiapan SDM hingga penghargaan, fasilitas.

"Kami akan terus bekerja sama memberikan pelayanan terbaik bagi seluruh pengguna jasa bandara dengan berbagai inovasi dan perbaikan fasilitas. Penilaian ini kiranya akan terus menjadi bahan evaluasi bagi kami untuk ke depannya dapat lebih baik lagi," ujarnya.

Dalam hal penilaian sendiri ada 30 unsur yang akan didalami, diantaranya terkait kebijakan pelayanan, profesionalisme SDM, sarana prasarana, sistem informasi pelayanan publik, serta konsultasi dan pengaduan.

"Kami ke sini dalam rangka penilaian pelayanan publik, terakhir kami lakukan di 2016. Namun, pada tahun lalu juga kami ke lapangan untuk melakukan pengecekan. Akan ada perbedaan indikator penilaian tahun ini, selain itu penilaian akan lebih mendetail sesuai peraturan menteri terbaru yang telah ditentukan," ujar Dwi Triswanto, tim pendamping dari Kementerian Perhubungan.

Sebagai bentuk komitmen Bandara Sam Ratulangi dalam memberikan pelayanan yang baik, pada Maret 2018 telah dilaksanakan penyusunan standar pelayanan yang melibatkan tokoh masyarakat, akademisi, dan pihak terkait lainnya. Selanjutnya, standar pelayanan tersebut dikukuhkan melalui berita acara yang ditandatangani oleh General Manager, Kepala Perwakilan Ombudsman Sulut, Perwakilan Kantor Otoritas Bandara Wilayah VIII, Perwakilan Mitra Kerja, Perwakilan masyarakat sekitar, perwakilan pemerintah, perwakilan airlines, dan perwakilan groundhandling.

Adanya standar pelayanan dimaksudkan agar pelayanan di Bandara Sam Ratulangi Manado sesuai dengan prosedur, juga untuk memberikan kepuasan kepada masyarakat yang ditunjukkan dengan nilai indeks kepuasan konsumen. Guna menerapkan standar pelayanan tersebut, Bandara Sam Ratulangi menetapkan maklumat pelayanan yang merupakan pernyataan kesanggupan dan kewajiban penyelenggara untuk melaksanakan pelayanan sesuai dengan standar pelayanan telah ditetapkan.

 

 

(*)

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Tidak ada komentar: