Selasa, 24 Juli 2018

Liputan6 : RSS2 Feed

Liputan6 : RSS2 Feed


Soal Mitos Gerhana Bulan, Kamu Perlu Tahu 6 Fakta Unik Ini

Posted: 24 Jul 2018 10:00 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Bicara tentang fenomena angkasa seperti gerhana bulan, memang selalu menarik perhatian. Di tahun ini ada prediksi besar bahwa akan terjadi gerhana bulan total, atau sering disebut Super Blood Moon.

Stasiun Geofisika BMKG Banjarnegara, Jawa Tengah, menjelaskan fenomena gerhana ini akan berlangsung pada Sabtu 28 Juli 2018. 

Uniknya, fenomena gerhana bulan super blood moon ini bisa kamu lihat di seluruh wilayah di Indonesia. Selain itu, ada perkirakan bahwa fenomena gerhana bulan total tahun ini dianggap paling lama terjadi karena sekita 103 menit.

Namun, sebelum kamu menunggu harinya tiba, pasti kamu pernah mendengar mitos-mitos seputar gerhana bulan yang selalu jadi bahan perbincangan. Seperti saat munculnya gerhana nanti, para ibu hamil dan anak-anak dianjurkan untuk menjauhkan diri dari bahaya.

Namun, apakah hal itu bisa dipercaya atau hanya mitos belaka? Dirangkum Vemale, berikut beberapa fakta unik soal gerhana bulan serta dampaknya bagi tubuh berikut ini.

 

6 fakta tentang gerhana bulan untuk tubuh

Gerhana bulan. (Ilustrasi: Huffington Post)
  1. Faktanya, menonton gerhana bulan tidak memberikan dampak berbahaya bagi mata, sedangkan gerhana matahari ternyata yang bisa berefek pada kerusakan sementara pada retina mata.
  2. Menurut literatur Allopathy, tidak ada dampak bahaya gerhana bulan bagi ibu hamil. Jadi mereka bisa aman untuk menyaksikan gerhana bulan.
  3. Tidak ada teori ilmiah yang pernah menyebutkan kalau melahirkan saat gerhana bulan bisa mengakibatkan bayi yang dilahirkan mengalami cacat.
  4. Gerhana bulan sering dikaitkan dengan dampaknya bagi kesehatan mental, namun ternyata gerhana bulan bisa mempengaruhi mood seseorang lo! Hal ini akan terjadi karena tekanan darah dan ritme jantung yang cenderung naik saat gelombang air laut yang lebih tinggi dari biasanya.
  5. Biasanya jumlah nyamuk akan semakin banyak pada saat fenomena ini. Peneliti menyebutkan ada jenis nyamuk yang bisa bertambah pada waktu tersebut adalah Aedes, Anopheles, Culex, dan Psorophora.
  6. Terakhir, hal yang paling berbahaya dari gerhana bulan adalah bulan tidak bersinar seterang biasanya. Jadi untuk kamu yang memilih berkendara saat fenomena ini berlangsung ada baiknya lebih berhati-hati karena suasana di sekitar menjadi lebih gelap.

Seperti dilansir dari catatan BMKG, kamu bisa mulai melihatnya gerhana bulan total dari pukul 02.30 WIB sampai 04.14 WIB. Jadi persiapkan dirimu untuk melihat fenomena unik ini ya!

Reporter

Luthfia Miranda Putri

Sumber: Vemale.com

Saksikan Video Pilihan di Bawah ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Reaktivasi SBI Belum Maksimal, Penguatan Rupiah Tertahan

Posted: 24 Jul 2018 10:00 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Nilai tukar rupiah terhadap dolar Amerika Serikat (AS) bergerak menguat pada perdagangan Rabu pekan ini. Rupiah masih ada peluang untuk kembali melemah pada perdagangan hari ini. 

Mengutip Bloomberg, Rabu (25/7/2018), rupiah dibuka di angka 14.517 per dolar AS, menguat jika dibandingkan dengan penutupan perdagangan sebelumnya yang ada di angka 14.545 per dolar AS.

Sejak pagi hingga siang hari ini, rupiah diperdagangkan di kisaran 14.505 per dolar AS hingga 14525 per dolar AS. Jika dihitung dari awal tahun, rupiah telah melemah 7,30 persen.

Sedangkan berdasarkan Kurs Referensi Jakarta Interbank Spot Dollar (JIsdor) Bank Indonesia (BI), rupiah dipatok di angka 14.515 per dolar AS. Patokan pada hari ini lebih menguat jika dibandingkan dengan patokan sehari sebelumnya yang ada di angka 14.541 per dolar AS.

Menurut analis senior CSA Research Institute Reza Priyambada, nilai tukar rupiah pada Rabu ini masih berpotensi mendapat tekanan dari dinamika pergerakan mata uang global. Depresiasi pada euro dan keberlanjutan devaluasi yuan China akan menjadi sentimen negatif bagi mata uang Garuda.

Euro melemah imbas kecemasan petinggi Uni Eropa terkait ancaman pengenaan tarif impor atau bea masuk oleh AS.

Di sisi internal, reaktivasi Sertifikat Bank Indonesia pada Senin lalu, belum banyak membantu menguatkan rupiah. SBI baru bisa menyerap modal asing setelah tujuh hari masa tunggu (holding period) oleh perbankan sebagai pembeli di pasar perdana selesai atau berarti pekan depan.

Rupiah kembali menembus level 14.500 per dolar AS setelah melemah pada akhir perdagangan kemarin.

Meski dolar AS sempat tertekan dalam beberapa hari terakhir, rupiah mesti tetap waspada dengan potensi penguatan kembali Greenback, Rabu ini. Rupiah bisa kembali bertenaga jika diberikan sentimen positif dari domestik.

Dibanding Negara Lain

Teller menghitung mata uang dolar di penukaran uang di Jakarta, Jumat (20/4). Nilai tukar rupiah terhadap dolar AS pagi ini melemah ke posisi di Rp 13.820. (Liputan6.com/Angga Yuniar)

Sebelumnya, Menteri Koordinator bidang Perekonomian Darmin Nasution mengatakan, pelemahan atau depresiasi nilai tukar Rupiah terhadap Dolar Amerika Serikat sejak Januari hingga 20 Juli 2018 telah mencapai 6,93 persen. Angka ini lebih tinggi dibandingkan beberapa negara seperti Malaysia, Vietnam dan Thailand.

Berdasarkan data Kementerian Koordinator bidang Perekonomian, depresiasi mata uang Malaysia sebesar 0,38 persen, Vietnam sebesar 1,52 persen, Thailand 2,60 persen dan China sebesar 4,42 persen. Namun di bawah Indonesia masih ada Filipina yang terdepresiasi sebesar 7,24 persen dan India sebesar 8,12 persen. 

"Rupiah itu melemah mulai Januari sampai sekarang 6,93 persen. Yang lebih baik dari kita adalah China 4,42 persen kemudian Thailand bath, dong Vietnam, ringgit Malaysia, Japanese yen. Yang lebih jelek dari kita cuma dua, satu Filipina peso, kedua India rupee," ujarnya pada Selasa 24 Juli 2018.

Data-data tersebut menunjukkan tidak hanya Indonesia yang mengalami pelemahan nilai tukar. Hal ini lebih kepada kondisi ekonomi global yang tidak menentu.

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Tidak Sarapan? 5 Efek Buruk Ini Mengintai

Posted: 24 Jul 2018 10:00 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Sarapan kerap diabaikan karena alasan kesibukan. Padahal, makan pagi memiliki banyak manfaat kesehatan yang telah dibuktikan oleh banyak penelitian.

Melewatkan sarapan bisa berdampak buruk pada kesehatan. Apalagi, jika hal tersebut sering dilakukan. Hal ini bisa membuat tubuh Anda menjadi rentan terhadap berbagai masala kesehatan.

Dilansir dari Times of India pada Rabu (25/7/2018), beberapa masalah kesehatan ini bisa timbul karena Anda sering melewatkan sarapan.

1. Kemungkinan diabetes

Melewatkan sarapan bisa meningkatkan risiko terkena diabetes. Sebuah penelitian yang dilakukan oleh Harvard University menemukan, wanita yang tidak makan pagi berisiko 20 persen lebih tinggi terkena diabetes tipe 2.

ini dikarenakan melewatkan sarapan terkait dengan gangguan intoleransi glukosa, pradiabetes, dan diabetes itu sendiri.

Simak juga video menarik berikut ini:

 

Berat Badan dan Metabolisme

Berat badan bisa bertambah jika Anda tidak sarapan (iStockphoto)

2. Cenderung menambah berat badan

Melewatkan sarapan tidak membuat berat badan berkurang. Hal itu malah membuatnya bertambah.

Sebuah penelitian membuktikan, orang yang rutin sarapan cenderung menjaga berat badan agar tetap sehat. Sementara, mereka yang melewatkannya malah makan lebih banyak di waktu lainnya.

3. Dampak pada metabolisme

Ketika Anda melewatkan sarapan, tubuh akan mengurangi tingkat metaboliknya untuk mengkompensasi pembatasan kalori.

Jika Anda tidak makan untuk waktu yang lama, itu akan mempengaruhi kemampuan tubuh dalam membakar kalori.

 

Marah dan Bau Mulut

Marah juga bisa disebabkan karena lapar akibat tidak sarapan (iStockphoto)​

4. Efek marah karena lapar

Marah ketika lapar atau "hangry" bisa ditimbulkan karena melewatkan sarapan. Sebuah penelitian menunjukkan bahwa pria yang sarapan setiap hari, memiliki suasana hati lebih positif daripada yang melewatkannya.

Melewatkan sarapan dapat menurunkan kadar gula darah, menyebabkan iritabilitas, dan menimbulkan kelelahan serta sakit kepala.

5. Bau mulut

Melewatkan makan pagi bisa membuat napas dan mulut menjadi bau tidak enak. Ini terjadi karena sarapan merangsang produksi air liur dan membantu menggosok bakteri dari lidah Anda.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

NBA: Cavaliers Perpanjang Kontrak Love

Posted: 24 Jul 2018 10:00 PM PDT

Liputan6.com, Cleveland- Setelah ditinggal LeBron James, Cleveland Cavaliers akan bertumpu pada Kevin Love. Cavaliers telah memberikan kontrak baru kepada eks pemain Minnesota Timberwolves itu.

Seperti dilaporkan ESPN, Love telah menyetujui kontrak baru berdurasi empat tahun. Nilai kontraknya mencapai 120 juta dolar Amerika Serikat. 

Love akan terikat kontrak sampai NBA musim 2022-2023. Kontrak baru ini baru berlaku di musim 2019-2020.

Pria asal Amerika Serikat itu bakal jadi tumpuan utama Cavaliers di NBA 2018-2019 setelah tak ada lagi LeBron James dan Kyrie Irving.

Irving pindah ke Boston Celtics tahun lalu, sedangkan LeBron memilih menjadi free agent musim panas ini dan akhirnya memutuskan memperkuat Los Angeles Lakers.

Love mulai memperkuat Cavaliers pada tahun 2014. Performa Love tidak terlalu stabil. Dia kerap diganggu cedera. Musim lalu, Love merupakan opsi kedua Cavaliers dalam urusan poin.

 

Kerja Keras

Pemain Cavaliers, Kevin Love (tengah) berebut bola dengan dua pemain Boston pada gim keempat final Wilayah Timur NBA basketball di Quicken Loans Arena (21/5/2018). Cavaliers menang 111-102. (AP/Tony Dejak)

Tanpa LeBron, Love harus berjuang keras musim depan. Cavaliers diprediksi akan babak belur usai ditinggal LeBron.

Musim lalu Cavaliers sukses lolos ke final NBA berkat kerja keras seorang LeBron. Dia mati-matian membawa Cavaliers ke puncak sebelum akhirnya kalah dari Golden State Warriors.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Wisata Gunung Batu, Bukti Cinta Lampung untuk Traveler

Posted: 24 Jul 2018 10:00 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Ingin berkunjung ke destinasi wisata unik namun mudah dijangkau? Lampung tempatnya. Di kawasan ini Anda bisa mengunjungi Gunung Batu, sebuah destinasi wisata unik berupa gundukan batu-batu besar yang sangat intagrambale. 

Berlokasi di Desa Srikaton, Tanjung Bintang, wisata Gunung Batu seolah menjadi surga yang tersembunyi karena belum banyak terekspose wisatawan. Menurut penelusuran Liputan6.com, ada dua tempat wisata batu di Tanjung Bintang, pertama ada di Gunung Batu yang ada di Desa Srikaton. Kedua, ada di Taman Batu di Desa Purwodadi. 

Kedua objek tersebut memiliki banyak perbedaan yang signifikan. Mulai dari jenis batu, ukuran, hingga tingkat keterawatan lokasi. Batuan yang ada di Purwodadi berjenis batu granit dengan ukuran yang tidak terlalu besar. Sedangkan batuan yang ada di Srikaton adalah batu marmer dengan ukuran lima kali lipat dari batu-batu yang ada di Purwodadi. Adapun untuk tingkat keterawatan lokasi, Srikaton juga dapat dikatakan unggul. Meskipun belum dikelola dengan baik, namun akses untuk menuju lokasi masih dapat di lalui dengan mudah.

Destinasi wisata ini buka setiap hari dari pagi hingga sore. Tidak ada batasan waktu yang ditetapkan oleh pengelola karena memang belum terlalu ramai pengunjung yang datang. Adapun waktu terbaik untuk mengunjungi destinasi wisata ini adalah ketika Minggu siang. Pada waktu tersebut, pengunjung dapat menikmati pemandangan dari atas batu secara lebih jelas dan jumlah pengunjung yang datang pun lebih banyak. Sebab, apabila di hari-hari biasa, pengunjung yang datang hanya sedikit, sehingga akan terasa sedikit was-was untuk berwisata di atas gunung.

Keindahan Gunung Batu Lampung

Gunung Batu Lampung. Foto: Kiki Novilia

Setelah berkendara selama kurang lebih satu setengah jam dari pusat kota Bandarlampung, Anda mulai memasuki area wisata. Sesampainya di sana, terdapat pohon-pohon karet yang berbaris rapi menyambut Anda. Suara gesekan dedaunan dan ringkikan jangkrik bersatu padu menciptakan harmoni serasi. Suasana alam mulai memenuhi rongga dada Anda yang selama ini sesak akan padatnya aktivitas sehari-hari.  

Selain itu, Anda juga akan disambut oleh tiga penjaga tiket sekaligus. Mereka duduk di dalam gubuk kecil yang di depannya terdapat banner bertuliskan "Ayo wisata ke Gunung Batu". Tiket yang ditawarkan di sini cukup terjangkau, yaitu Rp 5.000 untuk setiap orangnya dengan membawa kendaraan jenis apapun.

Setelah sampai di lokasi, Anda harus berjalan kaki sekitar 10 menit untuk dapat naik ke atas Gunung Batu. Objek tersebut harus dilalui dengan penuh perjuangan. Jalannya cukup menukik dan dipenuhi batu-batu licin sehabis terkena hujan. 

Namun, perjuangan tersebut tidak sia-sia. Sesampainya di atas, Anda akan disuguhi pemandangan yang luar biasa indah. Batu-batu besar tampak berdiri kokoh seolah menunggu kehadiran Anda. Dipandang dari berbagai sisipun, semuanya memancarkan pesona yang sama. Belum lagi, kalau Anda menoleh ke arah berlawanan, maka hamparan daerah Tanjung Bintang Lampung terlihat seperti rumah mainan anak-anak, kecil-kecil tapi penuh warna. Ahh, benar-benar mempesona. 

Penting untuk di ketahui, Gunung Batu Srikaton ini termasuk ke dalam kawasan Register 40. Oleh karena itu, kondisi sekitar Gunung Batu masih sangat alami. Hamparan pepohonan rindang melambai-lambai menarik perhatian. Tetapi perlu diingat, pastikan anda memakai lotion anti nyamuk sebelum datang ke sini. Berdasarkan pengalaman penulis, di sini masih banyak sekali nyamuk-nyamuk berterbangan. Anda tentu tidak ingin terganggu dan garuk-garuk selama wisata bukan?

Keindahan Gunung Batu Lampung

Gunung Batu Lampung. Foto: Kiki Novilia

Apabila dilihat secara seksama, batu-batuan di sana memiliki tekstur khas batu marmer pada umumnya. Padat dan kasar. Ukurannya juga beragam. Ada yang kecil, menengah, sampai yang seukuran rumah tipe 21. Ukuran sebesar itu mampu membuat Anda merasa seperti butiran debu apabila berdiri di sampingnya.

Anda mungkin bertanya-tanya, mengapa bisa ada batu-batu sebesar itu di atas gunung. Sumindar, salah seorang penjaga objek wisata tersebut menyatakan bahwa asal mula adanya gunung batu di Srikaton disebabkan oleh letusan gunung Krakatau ratusan tahun silam. "Kata nenek moyang kita dulu, ini dari letusan Krakatau," ungkap Sumindar. Semburan lava yang kuat dan tsunami dahsyat mengantarkan batu-batu sebesar rumah tersebut ke atas gunung.

Di antara batu-batu tersebut, ada yang saling bertumpang tindih dan ada juga yang berdiri sendiri. Adapun batu yang paling besar -biasanya disebut batu tumpang- ditopang oleh batu-batu lain yang ukurannya lebih kecil. Hal tersebut mengakibatkan terciptanya suatu ruang menyerupai goa kecil di bawahnya. Goa tersebut seluruh sisinya berupa batu dengan posisi sedikit menukik. Oleh karena itu, apabila anda ingin melintasinya, diperlukan kehati-hatian ekstra supaya tidak tergelincir.

Keindahan di Gunung Batu ini sukses menarik perhatian banyak wisatawan domestik, seperti dari Bandarlampung, Lampung Selatan, Lampung Tengah dan lain-lain. Beberapa wisatawan yang ditemui Liputan6.com bahkan ingin kembali ke tempat ini lagi.

 

Aksi Vandal

Gunung Batu Lampung. Foto: Kiki Novilia

Sayangnya keindahan wisata batu Lampung harus ternoda dengan aksi vandal oknum tidak bertanggung jawab. Didapati beberapa batuan rusak karena aski corat-coret yang mengganggu keindahan. Terkait hal ini, pihak pengelola Gunung Batu dan Kesatuan Pengelolaan Hutan (PKH) Gunung Wani berencana akan serius mengelola lokasi wisata ini. Langkah pertama yang akan mereka lakukan adalah revitalisasi dengan menghapus corat-coret yang mengganggu keindahan. (Kiki Novilia)

 

Simak juga video menarik berikut ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Sekali Posting Iklan di Instagram, Cristiano Ronaldo Raup Rp 10,8 Miliar

Posted: 24 Jul 2018 10:00 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Pesepak bola asal Portugal Cristiano Ronaldo ternyata tidak cuma terkenal sebagai pemain bola dan model. Di media sosial Instagram, dia punya follower yang cukup banyak, yakni 136 juta pengikut.

Gara-gara popularitasnya di lapangan dan media sosial, tidak heran kalau pria yang baru pindah ke Juventus ini meraup miliaran rupiah sekali unggah foto endorse di Instagram.

Laporan Daily Mail yang Tekno Liputan6.com kutip pada Rabu (25/7/2018), sekali iklan di Instagram, ayah tiga anak ini bisa mengantongi 570.000 Poundsterling atau setara Rp 10,8 miliar.

Nilai fantastis tersebut membuat Cristiano Ronaldo mengalahkan posisi Lionel Messi dan Neymar, menjadikannya sebagai olahragawan paling kaya di Instagram per 2018.

Berdasarkan HopperHQ.com yang menganalisa daftar influencer dan selebritas berbayaran tertinggi di Instagram, ada beberapa faktor yang membuat selebgram punya bayaran tinggi.

Dua di antaranya adalah seberapa sering mereka mengunggah gambar dan jumlah pengikut yang dimiliki.

Ronaldo kini memiliki 136 juta follower di Instagram. Ia juga aktif berbagi unggahan seputar kehidupan mewah dan karier suksesnya sebagai pesepak bola.

Gara-gara hal tersebut, Hopper.com menyebut Cristiano Ronaldo mendapatkan 570.000 Poundsterling (USD 750 ribu) atau setara Rp 10,8 miliar per unggahan.

Beckham di Bawah Ronaldo

David Beckham dan Sripun (Foto: Dok. Instagram/@davidbeckham).

Tidak cuma Ronaldo, pesepak bola lainnya yang juga masuk daftar antara lain ada Neymar, Lionel Messi, David Beckham, dan Gareth Bale.

Data yang sama menyebut, pesepakbola Brasil Neymar mendapat bayaran USD 600 ribu (setara Rp 8,7 miliar) sekali posting di Instagram. Sementara Lionel Messi mengantongi USD 500 ribu (setara Rp 7,2 miliar) sekali unggah.

Beckham yang telah gantung sepatu dan kini fokus menjadi brand ambassador beragam merek bisa mengantongi USD 300 ribu (setara Rp 4,3 miliar) sekali posting.

Sementara, Gareth Bale bisa mendapat USD 185 ribu (setara Rp 2,6 miliar) sekali unggah di Instagram.

Kylie Jenner Raup Rp 14,5 Miliar Sekali Posting

Kylie Jenner merasa bahwa orang-orang yang merasa terkena

Selain nama-nama terkemuka di dunia sepak bola, ada juga sejumlah selebritas terkemuka yang bisa mendapatkan miliaran rupiah sekali unggah iklan di Instagram.

Data yang sama menyebut, sosialita muda Kylie Jenner bakal mendapatkan USD 1 juta (setara Rp 14,5 miliar) sekali unggah.

Sementara, mantan kekasih Justin Bieber, Selena Gomez yang mengantongi USD 800 ribu (setara Rp 11,6 miliar) sekali posting foto endorse.

(Tin/Jek)

Saksikan Video Pilihan Berikut Ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Gara-Gara Leukemia, Motorik Anak Denada Melemah

Posted: 24 Jul 2018 10:00 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Sudah hampir dua bulan lamanya putri Denada dan Jerry Aurum, Shakira, menjalani perawatan di rumah sakit di Singapura akibat leukemia. Selama itu, Shakira sudah menjalani berbagai tindakan medis termasuk kemoterapi.

Gangguan kesehatan yang dialami anak Denada otomatis membuat aktivitasnya amat terbatas. Itu disebabkan karena saraf motoriknya yang kian hari, kian melemah.

"Main masih bisa dengan segala keterbatasannya. Yang paling penting kita menjaga jangan sampai dia mengalami jatuh atau apa karena motoriknya makin hari makin melemah," imbuh ayah Shakira dalam tayangan infotainment belum lama ini.

Keadaan Shakira tentu saja membuat Jerry Aurum merasa amat terpukul. Tak pernah terbayang sedikit pun di benaknya bahwa keceriaan Sahakira akan meredup karena sel kanker di tubuhnya.

"Memang merupakan pukulan. Bahkan dalam kesakitan seperti ini dia tetap berkata lembut, lirih. Sebenarnya itu yang bikin lebih sedih, kan," papar mantan suami Denada ini.

Pengaruh Obat

(Instagram/jerryaurum)

Dalam acara talk show beberapa waktu lalu, Denada juga sempat menjelaskan penyebab melemahnya saraf motorik Shakira. Selain kemoterapi, ada pula obat yang harus dikonsumsinya setiap hari. Obat tersebut memberi efek samping yang signifikan bagi kondisi tubuh anak 5,5 tahun tersebut.

Melemah

Denada

"Dia harus minum steroid setiap hari. Dan efek-efeknya adalah, pipinya jadi bengkak, perutnya jadi gede. Terus yang kedua kakinya jadi lemah," papar Denada.

"Dia kan suka banget nari, dia sekarang jalan aja bisa jatuh. Bisa bayang kan apa yang ada di kepala dia. Dengan kesukaannya yang begitu tiba-tiba dia ngerasa badannya enggak berdaya," Denada menandaskan.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

VIDEO: Wow, Tarif Iklan Instagram Ronaldo Rp 10,8 Miliar

Posted: 24 Jul 2018 10:00 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Cristiano Ronaldo dinobatkan sebagai atlet dengan tarif iklan media sosial paling mahal. Setelah Ronaldo siapa berikutnya?

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Polisi Ringkus Pembunuh Sadis Nenek Jeanne

Posted: 24 Jul 2018 09:59 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Polisi meringkus pelaku pembunuhan nenek Jeanne Setyadi (78). Mereka merupakan komplotan pencuri yang tidak segan beraksi meski melukai korbannya hingga tewas.

"Sudah kami tangkap," tutur Kasubdit Resmob Ditreskrimum Polda Metro Jaya AKBP Aris Supriyono saat dikonfirmasi, Rabu (25/7/2018).

Menurut Aris, pelaku berjumlah tiga orang. Satu di antaranya berperan sebagai otak dari aksi perampokan sadis tersebut. Sementara dua lainnya berperan sebagai penadah hasil rampokan.

"Total pelakunya ada tiga orang yang kami tangkap," jelas dia.

Aris masih enggan merinci kronologi penangkapan para pelaku. Termasuk juga membeberkan lokasi dan waktu tepatnya mereka dibekuk.

"Nanti Humas," Aris menandaskan.

 

Tewas Di Kediaman

Nenek Jeanne ditemukan tewas di kediamannya, Kompleks Loka Permai, Grogol Selatan, Kebayoran Lama, Jakarta Selatan, pada Minggu 27 Mei 2018 lalu.

Korban pertama kali ditemukan oleh dua saudari kandungnya dalam kondisi terlungkup bersimbah darah usai melaksanakan kebaktian di gereja. Sejumlah perhiasan milik korban seperti liontin, jam tangan, dan kalung emas pun digasak perampok.

Saksikan video pilihan di bawah ini

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Antisipasi Kedaruratan Penyakit Zoonosis, Indonesia Gelar Latihan Gabungan Bersama Amerika dan Australia

Posted: 24 Jul 2018 09:55 PM PDT

Liputan6.com, Medan Kementerian Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (Kemenko PMK) bersama Pemerintah Amerika melalui Badan Pembangunan Internasional Amerika Serikat (USAID) dan Perdagangan Australia (DFAT) melaksanakan Latihan Simulasi Table-Top Menghadapi Kedaruratan Penyakit Zoonosis Melalui Pendekatan One Health di Medan.

Simulasi ini bertujuan untuk meningkatkan kapasitas Indonesia untuk mencegah, mendeteksi dan mengatasi wabah Penyakit Infeksi Emerging (PIE) melalui peningkatan koordinasi multisektoral sesuai denganpedoman koordinasi pendekatan One Health yang diluncurkan pada bulan Februari 2018 lalu.

"Kegiatan ini bertujuan untuk membangun kesiapsiagaan menghadapi bencana non alam berupa wabah penyakit khususnya penyakit infeksi emerging dan zoonosis menggunakan buku Pedoman Koordinasi Lintas Sektor yang telah diluncurkan beberapa waktu lalu di Yogyakarta," terang Asisten Deputi Pencegahan dan Penanggulangan Penyakit, Kemenko PMK, Naalih Kelsum.

Latihan simulasi table-top ini merupakan simulasi keempat dan yang terakhir. Simulasi sebelumnya telah dilaksanakan di Bogor, Manado, dan Bali pada awal tahun ini. Latihan simulasi di Medan akan melibatkan perwakilan dari seluruh provinsi yang ada di pulau sumatera (Aceh, Riau, Riau Kepulauan, Sumut, Sumbar, Jambi, Bengkulu, Sumsel, Bangka Belitung, dan Lampung).

"Merupakan suatu kehormatan bagi Pemerintah Amerika Serikat untuk mendukung Pemerintah Indonesia dalam mengembangkan pedoman koordinasi pendekatan One Health yang akan memastikan bahwa mekanisme koordinasi yang dibutuhkan saat terjadinya wabah bersifat transparan dan dapat ditindaklanjuti," tutur Jessica Panchatha, Deputi Konsul Kedutaan Besar Amerika Serikat di Medan.

Indonesia adalah salah satu negara yang rentan terhadap ancaman PIE dan zoonosis. Hal ini disebabkan posisi Indonesia yang terletak di wilayah rawan akibat besarnya jumlah penduduk dan turis yang melakukan perjalanan baik domestik maupun internasional, iklim, keanekaragaman hayati dan tingginya interaksi antara manusia dan satwa liar. Sebagai contohnya, Indonesia merupakan daerah endemik untuk flu burung dan daerah persinggahan burung migrasi sehingga. pada periode 2003-2012 Indonesia menjadi negara yang paling parah terdampak virus flu burung dengan 200 kasus, 167 orang di antaranya meninggal dunia. 15 Provinsi dan 58 kabupaten/kota terdampak dengan kerugian finansial mencapai 3,87 triliun rupiah.

Kemenko PMK menunjuk Provinsi Sumatera Utara sebagai lokasi pelaksanaan simulasi kesiapsiagaan mengingat pada tahun 2006, Kabupaten Tanah Karo menjadi kluster kasus flu burung pertama dan terbesar di Indonesia. Provinsi Sumatera Utara juga memiliki dua taman nasional, yaitu; Taman Nasional Gunung Leuser (TNGL) dan Taman Nasional Batang Gadis (TNBG). Kedua taman nasional ini adalah rumah yang menaungi keanekaragaman hayati Indonesia baik flora maupun fauna. Provinsi ini memiliki posisi yang strategis karena berada di jalur pelayaran Selat Malaka sehingga berpeluang menjadi hub perdagangan internasional di Kawasan Asia Tenggara.

"Latihan simulasi ini sangat berguna bagi jajaran aparat pemerintahan provinsi dan kabupaten berikut pemangku kepentingan lain untuk dapat mempraktekan Pedoman Koordinasi tersebut sekaligus menyesuaikan dengan kondisi di wilayah masing-masing," ungkap Sekretaris Pemerintah Daerah Provinsi Sumatera Utara, R. Sabrina.

Selain menyusun pedoman koordinasi sejak 2016, Kemenko PMK juga menyusun dan melaksanakan program pencegahan, deteksi, dan kesiapsiagaan atas potensi wabah penyakit zoonosis dan PIE. Serangkaian kajian dan diskusi untuk memastikan program tersebut sejalan dengan kebijakan, strategi, dan prioritas, serta didukung dengan peraturan dan perundang-undangan yang ada. Seperti, pengesahan Undang-Undang Penanggulangan Bencana Nomor 24 Tahun 2007 yang menetapkan wabah penyakit sebagai salah satu bencana non-alam yang perlu dikelola potensi ancamannya.

 

 

(*)

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Sambut Asian Games 2018, Pemerintah Harus Sigap Cegah Kebakaran Hutan

Posted: 24 Jul 2018 09:53 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Asian Games 2018 akan berlangsung kurang dari sebulan lagi. Pesta olahraga terbesar se-Asia itu bakal digelar di Jakarta dan Palembang, 18 Agustus hingga 2 September 2018. Semua stakeholder kini bekerja sama menyukseskan ajang empat tahunan ini.

Selain infrastruktur, rangkaian pengamanan juga disiapkan melalui peran TNI dan Polri. Tak hanya gangguan terorisme, ancaman yang perlu diwaspadai adalah kebakaran hutan. 

Salim Fakhry, anggota Komisi IV DPR RI yang mengawasi masalah kehutanan dan lingkungan hidup, meminta pemerintah sigap mencegah kebakaran hutan. Salim Fakhry berharap ada langkah konkret agar kebakaran hutan tidak kembali melanda Indonesia saat Asian Games 2018, khususnya wilayah Pulau Sumatera serta Kalimantan.

"Pemerintah harus siap menempuh langkah konkret mencegah tidak ada lagi kebakaran hutan apalagi Asian Games tinggal menghitung hari. Kita harus jaga citra Indonesia siap sebagai tuan rumah Asian Games," ujar Salim Fakhry di Gedung DPR RI Jakarta, belum lama ini.

Sementara di tempat terpisah, Panglima TNI Marsekal TNI Hadi Tjahjanto, menjamin pelaksanaan Asian Games 2018 tidak akan diganggu ancaman terorisme atau kebakaran hutan. Panglima TNI menegaskan dirinya bersama Kapolri telah menyiapkan strategi sekaligus memantau langsung pencegahan kebakaran hutan.

"Saya konsentrasi dengan Kapolri menyiapkan strategi mitigasi untuk menghalau kebakaran hutan dan lahan. Mungkin sekitar tanggal 3 dan 4 Agustus saya bersama Kapolri ke Palembang untuk langkah ketat supaya Asian Games nanti tidak ada asap," tutur Panglima TNI.

Tiga Wilayah

Sebelumnya Panglima TNI juga menyebutkan pengamanan Asian Games 2018 akan fokus pada tiga wilayah, yaitu Jakarta, Sumatera Selatan, dan Jawa Barat. Ketiga wilayah itu diutamakan lantaran Jakarta dan Palembang menjadi kota tuan rumah yang terdapat venue laga Asian Games.

Adapun, Jawa Barat berperan sebagai kota pembantu yang turut memiliki venue Asian Games. Meski demikian, keamanan di wilayah lain tetap diperhatikan Panglima TNI bersama Kapolri demi suksesnya pelaksanaan Asian Games 2018.

Saksikan video pilihan di bawah ini

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Berdayakan Narapidana, BBPLK Medan Kerja Sama Pelatihan dengan Lapas

Posted: 24 Jul 2018 09:46 PM PDT

Liputan6.com, Medan Balai Besar Pengembangan Latihan Kerja (BBPLK) Medan menjalin kerja sama pelatihan dengan Lembaga Permasyarakatan (Lapas) Kelas I Medan, Sumatera Utara. Sebanyak 32 narapidana mendapatkan pelatihan untuk kejuruan konstruksi berupa teknik oles dan cabinet maker.

"Dalam rangka memberdayakan narapidana, kami bekerja sama dengan Lapas Kelas I Medan Sumatera Utara untuk melatih 32 orang warga binaan. Mereka menjalani pelatihan di dalam lapas dan dilatih oleh instruktur dari BBPLK Medan," kata Kepala BBPLK Medan, Fahrurozi, di Medan, Selasa (24/7/2018).

Fahrurozi mengatakan, target pelatihan tahun anggaran 2018 BBPLK Medan berjumlah 3.280 orang. Jumlah tersebut dibagi atas Pelatihan Berbasis Kompetensi (PBK) yang dilakukan di BBPLK Medan sebanyak 2048 orang, dan PBK di luar BBPLK Medan sebanyak 1.232 orang.

"Realisasi sampai dengan Juli 2018, sebanyak 544 orang telah kami latih. Sedangkan pelatihan yang sedang berjalan sebanyak 224 orang. Pada 23 Juli lalu telah dibuka pelatihan kerja sama dengan PT Inalum dan dengan Lembaga pemasyarakatan kelas I Medan Sumatera Utara," ujar Fahrurozi.

Sementara itu, untuk target 2019, Fahrurozi mengatakan BBPLK Medan akan menambah kapasitas pelatihan menjadi 4.192 orang. Jumlah tersebut bertambah sebanyak 912 orang atau naik 27,80 persen dari target 2018.

"Langkah-langkah yang kami lakukan untuk mencapai target pelatihan pada 2019 adalah kami telah melaksanakan program 3 R (Reorientasi, Revitalisasi, dan Rebranding)," ungkap Fahrurozi.

 

Pelatihan untuk kejuruan konstruksi berupa teknik oles dan cabinet maker.

Fahrurozi menjelaskan, reorientasi artinya BLK dipetakan kembali sesuai dengan kebutuhan pasar di dalam maupun luar negeri. Dalam hal ini BBPLK medan fokus pada dua bidang kejuruan pariwisata dan konstruksi.

Sedangkan, revitalisasi merupakan penguatan program (kurikulum) pelatihan yang disesuaikan dengan kebutuhan lapangan kerja, peningkatan jumlah maupun kualitas instruktur serta peningkatan kapasitas sarana dan prasarana.

"Rebranding dilakukan agar citra BLK menjadi lebih positif dan masyarakat semakin mengenal Balai Latihan Kerja (BLK) baik dari sisi kualitas maupun keberadaannya sehingga masyarakat lebih percaya dan mudah mengakses BLK," ucap Fahrurozi.

Agar lulusan pelatihan bisa terserap ke dunia kerja, BBPLK Medan juga telah menjalin kerja sama dengan sejumlah perusahaan, asosiasi, dan instansi pemerintah.

"Kami telah menjalin kerja sama dengan Badan Pertanahan Nasional (BPN), BPJS Ketenagakerjaan, Kementerian Hukum dan HAM, Asosiasi Profesi Pariwisata, Asosiasi Tenaga Insinyur Indonesia yang bergerak di bidang konstruksi maupun dengan Forum Penyuluh Narkotika Nasional dan dunia usaha lainnya. Kerja sama tersebut dilakukan dalam bentuk kerja sama penyelenggaraan pelatihan dan penempatan," kata Fahrurozi.

 

(*)

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Dikunjungi CdM Asian Games 2018, Timnas Indonesia U-23 Geber Persiapan

Posted: 24 Jul 2018 09:45 PM PDT

Liputan6.com, Gianyar - Timnas Indonesia U-23 saat ini telah fokus melakoni persiapan tahap akhir menuju Asian Games 2018. Dilakukan di Gianyar, Bali, pelatih Luis Milla juga melibatkan 24 pemain, termasuk empat pemain senior.

TC Timnas Indonesia U-23 itu sendiri sudah dimulai sejak 24 Juli di Stadion I Wayan Dipta. Namun, saat itu baru 21 pemain yang mengikuti sesi latihan. Tiga pemain yang belum hadir adalah Evan Dimas Darmono, Ilham Udin Armaiyn, dan Awan Setho Raharjo.

Pada hari pertama TC, Timnas Indonesia U-23 juga mendapat kunjungan spesial dari Ketua Inasgoc Erick Thohir dan Chief de Mission (CdM) Syafruddin. Dalam kunjungan itu, Syafruddin juga memberikan masukan untuk para pemain.

"Saya berharap para pemain mengambil pelajaran dari uji coba yang sudah dilakukan. Jadikan pengalaman sebagai modal untuk berusaha yang jauh lebih baik. Meski kami ingin Timnas U-23 lolos ke semifinal, tapi jangan jadikan itu beban," kata Syafruddin.

"Para pemain harus memanfaatkan Asian Games ini sebagai event spesial dan berbeda dengan ajang lainnya. Kita harus membuktikan kepada masyarakat Indonesia yang mayoritas menyukai sepak bola bahwa mereka memang pantas berada di sini dan berjuang untuk Merah Putih," Syafruddin menambahkan.

 

Lebih Fokus

Asisten pelatih Timnas Indonesia U-23, Bima Sakti. (Bola.com/Nicklas Hanoatubun)

TC kali ini akan berlangsung hingga 11 Agustus 2018. Nantinya, akan ada dua laga uji coba yang dihadapi mereka. Menurut Plt Ketua Umum PSSI Joko Driyono, mereka akan menghadapi salah satu tim Liga 1 dan Timor Leste.

Persiapan yang dilakukan jelas harus lebih matang karena target yang ditetapkan pemerintah begitu tinggi. Soal itu, asisten pelatih Timnas U-23, Bima Sakti pun mengakui pasukannya harus bisa bekerja lebih keras lagi.

"Banyak negara-negara yang sudah lebih berprestasi dari kami seperti Korea, Jepang, dan Iran. Kami harus lebih konsentrasi lagi, lebih fokus lagi agar bisa memberikan hasil yang terbaik nanti," timpal Bima.

 

Daftar Pemain Timnas

Kiper

Awan Setho, Bhayangkara FC

Muhammad Ridho, Borneo FC

Andritany Ardhiyasa , Persija

Bek

Gavin Kwan Adsit, Barito Putera

Hansamu Yama, Barito Putera

Ricky Fajrin, Bali United

Rezaldi Hehanusa, Persija

I Putu Gede, Bhayangkara FC

Andy Setyo, PS Tira

Bagas Adi, Arema FC

Tengah

Saddil Ramdani, Persela

Muhammad Hargianto,Bhayangkara FC

Evan Dimas, Selangor FA

Febri Haryadi, Persib

Stefano Lilipaly, Bali United

Hanif Sjahbandi, Arema FC

Zulfiandi, Sriwijaya FC

Irfan Jaya, Persebaya

Ilham Udin Armayn, Selangor

Osvaldo Ardiles Haay, Persebaya

Septian David Maulana, Mitra Kukar

Depan

Alberto Goncalves, Sriwijaya FC

Muhammad Rafli, Mitra Kukar

Ezra Walian, Almere City

 

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

IMF: Dolar AS Sudah di Atas Nilainya

Posted: 24 Jul 2018 09:45 PM PDT

Liputan6.com, Washington - Dana Moneter Internasional atau International Monetary Fund (IMF) menilai dolar Amerika Serikat (AS) overvalued atau di atas nilai sebenarnya. Sedangkan mata uang China yuan sejalan dengan fundamental.

Sementara itu, hampir setengah dari transaksi berjalan global sekarang berlebihan sehingga menambah risiko pertumbuhan dan ketegangan perdagangan.

IMF dalam laporan tahunannya External Sector Report menyebutkan nilai tukar dan surplus serta defisit neraca transaksi berjalan semakin terkonsentrasi di negara maju. Hal itu berdasarkan laporan pada data dan prosyeksi staf IMF pada 22 Juni 2018. Demikian mengutip laman Reuters, Rabu (25/7/2018).

Namun, yuan China telah turun secara signifikan dalam beberapa pekan terakhir. Ini karena ketegangan perdagangan yang meningkat dengan Amerika Serikat (AS).

Yuan China capai posisi terendah baru terhadap dolar Amerika Serikat (AS) dalam 13 bulan pada Selasa. Ini karena otoritas di Beijing isyaratkan pelonggaran moneter lebih lanjut untuk mendukung ekonomi di tengah perang tarif yang meningkat dengan AS.

Menteri Keuangan AS Steven Mnuchin mengatakan kekhawatiran tentang yuan merosot. Departemen Keuangan AS akan sangat hati-hati meninjau apakah China telah memanipulasi mata uang.

IMF menyatakan, surplus transaksi berjalan China tumbuh sedikit menjadi 1,7 persen dari produk domestik bruto (PDB) pada 2017. Selain itu, China juga mencatatkan saldo lebih dari negara lain. Menurut IMF, negara catatkan surplus berlebih termasuk Jerman, Korea Selatan, Belanda, Swedia dan Singapura.

Sedangkan negara-negara yang yang memiliki defisit neraca berjalan berlebihan yang meminjam terlalu banyak termasuk AS, Inggris, Turki dan Argentina.

Laporan itu menyatakan kalau dolar AS berada di atas nilai sebenarnya dibandingkan fundamental jangka menengah sekitar 8 persen-16 persen.

Adapun Presiden AS Donald Trump telah melanggar protokol dalam beberapa hari terakhir dan mengeluh kenaikan suku bunga the Federal Reserve menyebabkan nilai dolar AS menguat dan mengikis keunggulan kompetitif AS dalam ekspor.

 

Cerita Menko Darmin soal Sejarah Dolar AS Jadi Mata Uang Global

Pekerja menelaah paket lembaran 5 USD di Biro Pengukiran dan Percetakan AS, Washington, Amerika Serikat, Jumat (20/7). (Eva HAMBACH/AFP)

Sebelumnya, Menteri Koordinator bidang Perekonomian, Darmin Nasution menjelaskan awal mula mata uang dolar Amerika Serikat yaitu United States Dolar atau USD dijadikan sebagai mata uang global.

Hal ini tidak lepas dari peran Menteri Luar Negeri Amerika Serikat periode 1973 hingga 1977, Henry Alfred Kissinger. Presiden AS pada masa tersebut mengutus Henry Kissinger melakukan pertemuan dengan pemerintahan Arab Saudi untuk meminta dukungan mengenai penjualan minyak asal negara tersebut menggunakan dolar Amerika Serikat (AS).

"Pada 1973, waktu AS juga menghadapi tekanan dalam ekonominya kemudian Henry Kissinger diutus menemui Raja Faisal dan minta dukungannya supaya siapapun yang membeli minyak harus pakai dolar AS," ujar dia saat menjadi pembicara di Gedung Pusdiklat Kemenlu, Jakarta, Selasa 24 Juli 2018.

Sebelum dolar AS, jual beli minyak asal Arab Saudi menggunakan mata uang milik negara tersebut yaitu Riyal. Kesepakatan akhirnya tercapai, perdagangan minyak ke seluruh belahan bumi menggunakan dolar AS dengan jaminan janji politik bagi Arab Saudi.

"Kalau tadinya pakai Riyal itu. Dengan janji politik dan Saudi Arabia mau. Enggak lama negara-negara teluk lain mau. Sejak itu dolar diperlukan oleh semua negara," ujar Darmin.

Sejak dolar AS menjadi mata uang global, Amerika Serikat mulai memainkan perannya untuk menyelamatkan diri dari berbagai kondisi global. Salah satunya melalui krisis yang terjadi pada 2007 hingga 2008.

"Tapi AS bisa mencetak uang banyak-banyak tidak inflasi. Kenapa? Karena orang lain perlu dolar AS bukan cuma negaranya. Sehingga pada waktu dia menjalankan kebijakan menyelamatkan ekonomi dari krisis tahun 2007, 2008. Itu bank sentralnya membeli segala macam kredit macet yang enggak karu-karuan dan 2 hingga 3 tahun kemudian krisis sembuh," ujar dia.

 

Saksikan video pilihan di bawah ini:

 

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Kredit Tumbuh Tinggi, Saham BTN Diprediksi Ikut Terangkat

Posted: 24 Jul 2018 09:45 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Kinerja keuangan PT Bank Tabungan Negara Tbk (BBTN) berpotensi terus mengalami peningkatan seiring pertumbuhan kredit dan laba bersih perseroan yang masih sesuai target yang ditetapkan.

Head of Research Sinarmas Sekuritas Evan Lie Hadiwidjaja mengatakan, kinerja keuangan BBTN masih sesuai target (inline) dimana secara historis pencapaian di semester I 2018 sekitar 40 persen dari target sepanjang tahun ini.

"Kinerja pada semester I 2018 masih memuaskan dan memiliki peluang untuk tumbuh lebih baik," kata Evan dalam keterangannya, Rabu (25/7/2018).

Menurut Evan, dengan kondisi tersebut Sinarmas Sekuritas tetap menjadikan BBTN sebagai salah satu saham yang pantas untuk dibeli.

Meski tantangan masih ada di tengah ketatnya likuiditas dan suku bunga acuan yang cenderung naik, akan tetapi BTN cukup terbantu dari skema program sejuta rumah yang ada dikarenakan dalam skema tersebut margin bank tetap terjaga dan juga adanya bantuan likuiditas dari pemerintah.

"Sedangkan untuk kedepannya, lembaga Tapera akan dapat menopang kinerja Bank BTN. Kita rekomendasi BUY dengan target harga (TP) di Rp 3.475 per saham," ujar Evan.

 

Terdorong Permintaan Rumah Subsidi

Pengunjung memadati stan Indonesia Property Expo (IPEX) 2018 di Jakarta Convention Centre (JCC), Jakarta, Sabtu (3/3). PEX 2018 merupakan pameran yang digelar dalam rangka menyambut HUT ke-68 Bank BTN pada 9 Februari mendatang. (Liputan6.com/Angga Yuniar)

Sementara itu Analis MNC Sekuritas, Nurulita Harwaningrum mengungkapkan emiten Bursa Efek Indonesia berkode saham BBTN ini memiliki potensi ke depannya didorong KPR subsidi.

"Ini karena permintaan akan rumah subsidi (untuk golongan menengah bawah) itu masih tinggi," terangnya.

Disisi lain, hal tersebut juga terlihat dari pertumbuhan kredit BBTN yang mencapai 19 persen pada semester I-2018, sedangkan dari sisi kualitas aset juga masih terjaga, NPL BBTN juga turun menjadi 2,78 persen dari 3,23 persen di semester I-2017.

"Laba bersih BBTN juga masih tumbuh double digit dan kami tahun ini juga memperkirakan masih akan tumbuh double digit," tutupnya.

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Rahasia Cara Melahirkan Normal Untuk Mengurangi Rasa Sakit

Posted: 24 Jul 2018 09:45 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Ketika memasuki minggu-minggu menjelang melahirkan, tentu para ibu hamil sedang menimbang-nimbang untuk melahirkan menggunakan metode yang sesuai bagi mereka. Kebanyakan memang ibu hamil ingin melahirkan secara normal karena banyak alasan seperti penjelasan berikut.

Kelebihan dan manfaat melahirkan normal

1. Proses pemulihan ibu lebih cepat

Meski harus melalui proses yang berat dan lama selama melahirkan secara normal, proses pemulihan setelah melahirkan jauh lebih cepat dibandingkan dengan proses caesar. Paling tidak 6 jam sesudah melahirkan, ibu sudah dapat beraktivitas sendiri dan dapat bergerak dengan bebas.

2. Dapat meninggalkan rumah sakit, puskemas, atau bidan lebih cepat

Dikarenakan proses pemulihan yang lebih cepat, maka ibu akan lebih cepat pula keluar dari tempat di mana ibu melahirkan baik di rumah sakit, puskemas, maupun bidan. Dalam waktu 24 hingga 48 jam, ibu dinilai cukup sehat dan dapat meninggalkan rumah sakit dengan izin dokter maupun bidan.

3. Produksi kolostrum dan ASI baik

Pada ibu yang melahirkan secara normal, produksi kolostrum yaitu zat yang dikeluarkan oleh kelenjar ASI pada tahap akhir masa kehamilan akan lebih cepat, banyak, dan baik. Hal ini akan mendorong produksi ASI yang lebih berkualitas.

4. Ibu dapat langsung berinteraksi dengan bayi

Dengan cara melahirkan bayi secara normal, ibu dapat langsung berinteraksi dengan bayi sesaat setelah bayi dilahirkan. Dengan demikian pemberian ASI dapat diberikan secepatnya.

5. Berkurangnya risiko masalah pernapasan selama proses melahirkan

Banyak otot yang terlibat untuk memompa keluarnya cairan yang ada di paru-paru bayi selama proses melahirkan. Hal ini berdampak pada bayi yang memiliki kemungkinan lebih kecil mengalami masalah pernapasan.

6. Membangun sistem imunitas pada bayi

Selama melalui proses melahirkan yang normal, bayi yang sebelumnya tinggal dalam rahim dalam keadaan steril akan melewati vagina ibu yang penuh bakteri sehingga bayi dengan sendirinya akan membangun sistem imunitas dari bakteri.

7. Risiko pendarahan pada cara melahirkan normal lebih rendah

Ketika melahirkan secara caesar, bukan tidak mungkin ibu akan mengalami pendarahan dan infeksi jahitan. Sementara pada proses melahirkan normal, risiko ini akan lebih rendah.

8. Menghemat biaya

Sudah menjadi rahasia umum bahwa biaya untuk melahirkan secara normal akan lebih terjangkau daripada dengan proses kelahiran caesar.

Kelemahan melahirkan normal

Ibu hamil (Wavebreakmedia/Shutterstock)

Melahirkan normal memang memiliki banyak manfaat atau sisi positif. Namun bukan berarti bukan tanpa risiko atau kelemahan. Berikut adalah kelemahannya cara melahirkan dengan normal.

1. Adanya risiko kerusakan kulit dan jaringan di sekitar vagina

Melahirkan normal tentu melewati vagina. Oleh karena itu besar risiko bahwa kulit dan jaringan sekitar vagina akan mengalami melar dan robek. Hal ini akan membuat otot pinggul yang berfungsi sebagai pengontrol air seni dan isi perut ibu melemah atau bahkan mengalami cedera.

2. Rasa sakit pada perineum

Tidak hanya mengalami kesakitan pada vagina saja, ibu bisa pula merasakan kesakitan pada area antara vagina dan anus atau yang biasa disebut dengan perineum.

3. Cedera saat proses melahirkan

Hal ini memang terkesan menakutkan namun merupakan fakta. Ketika ukuran bayi terlalu besar, terdapat kemungkinan ibu dapat mengalami cedera seperti memar di kulit atau bahkan retak tulang.

Setelah mengetahui sisi keunggulan dan kelemahan dari melahirkan dengan normal, maka Anda pun merasa bahwa Anda melahirkan normal lebih sesuai dengan Anda. Kemudian, persiapan untuk proses melahirkan pun dilakukan. Berikut adalah beberapa tipsnya seperti yang dirangkum oleh Liputan6.com (25/7) dari berbagai sumber.

Persiapan proses melahirkan:

Ibu hamil (Africa-Studio/Shutterstock)

- Meyakinkan diri sendiri bahwa proses melahirkan akan berjalan dengan baik. Hal ini dibutuhkan agar kondisi mental ibu tidak drop ketika proses melahirkan berlangsung. Jangan berlarut-larut berada dalam ketakutan dan kecemasan ketika akan terjadi proses melahirkan. Hal ini akan membuat ibu menjadi tidak maksimal ketika proses melahirkan berlangsung.

- Lakukan pijatan-pijatan yang dikhususkan bagi ibu hamil selama proses kehamilan atau pada trisemester terakhir untuk memperbesar kemungkinan melahirkan secara normal dan mempelancar proses melahirkan.

- Melakukan latihan kegel yakni otot-otot pada area vagina sebelum melahirkan. Latihan ini berguna membantu melatih otot agar siap menjalani proses melahirkan, sekaligus mencegah wasir dan pembekuan darah serta terjadinya robekan.

- Mengikuti kelas persiapan melahirkan. Agar lebih siap dan matang untuk menghadapi proses melahirkan nantinya, Anda tidak perlu malu untuk mengikuti kelas persiapan melahirkan agar Anda semakin mengerti apa saja yang perlu dipersiapkan menjelang proses melahirkan. Lakukanlah kelas persiapan melahirkan bersama orang yang benar-benar paham atau memang ahlinya. Jangan malu untuk bertanya atau melontarkan pertanyaan yang ada di benak Anda.

- Latihan pernapasan yang baik agar tidak kehabisan napas saat proses melahirkan. Anda bisa berlatih pernapasan yang baik dan benar untuk proses kelahiran dengan berkonsultasi pada pakar. Cukupi kebutuhan tidur menjelang proses melahirkan. Anda tidak akan pernah tahu berapa lama proses kontraksi berlangsung, oleh karena itu banyak dan seringlah tidur menjelang proses melahirkan untuk mengumpulkan stamina dan menghindari kelelahan selama proses melahirkan. Dan juga jangan terlalu banyak beraktivitas. Jika Anda ibu yang bekerja, ambillah cuti menjelang proses melahirkan. Makan makanan bergizi untuk menambah stamina. Selain tidur, ibu juga perlu untuk makan makanan bergizi agar stamina penuh dan siap menjalani proses melahirkan.

Kini setelah Anda sudah mempersiapkan diri untuk melahirkan secara normal, ada baiknya Anda menengok beberapa panduan cara melahirkan normal berikut ini.

Cara melahirkan normal

Ibu hamil (Lucky Business/Shutterstock)

Tahap pertama

Tahap pertama merupakan tahap pembukaan di mana ditandai dengan keluarnya lendir bercampur darah karena serviks mulai membuka dan mendatar. Pecahnya pembuluh darah kapiler sekitar karnalis servikalis karena pergeseran ketika serviks mendatar dan terbuka merupakan penyebab keluarnya darah.

Pada tahap ini terbagi atas 2 fase :

  • Fase pertama : Merupakan pembukaan serviks yang berlangsung lambat, sampai pembukaan 3 cm.
  • Fase kedua : Terbagi atas 3 sub fase yaitu akselerasi, steady, dan deselerasi.

Pada tahap pertama ini kontraksi rahim akan secara berkala mendorong bayi menuju jalan keluarnya atau jalan lahir. Tahap 1 dikatakan lengkap ketika pembukaan jalan lahir sesudah mencapai 10 cm, yang berarti bayi siap keluar dari rahim. Masa ini merupakan masa yang paling sulit ketika melahirkan karena kemungkinan ibu akan merasakan sakit yang hebat dan sering. Ibu akan merasakan datangnya rasa mulas yang sangat hebat dan merasa adanya tekanan yang sangat besar ke arah bawah seperti ingin buang air.

Tahap kedua

Pada tahap ke dua ini, yakni pada tahap pengeluaran bayi, rasa mulas yang dirasakan semakin hebat dan semakin sering pula. Kepala bayi akan terus turun hingga masuk pada ruang panggul sehingga terjadilah tekanan pada otot-otot dasar panggul yang secara reflektoris menimbulkan rasa mengedan. Ibu merasa seperti mau buang air besar, dengan tanda anus terbuka.

Ada kemungkinan meskipun belum terjadi pembukaan yang sempurna, ada tekanan besar untuk melakukan dorongan. Tekanan yang besar untuk mendorong ini disebabkan oleh rahim yang merasa terus ingin mendorong tanpa bisa ibu menghentikannya. Lakukan hal yang diminta oleh bidan atau dokter seperti untuk mendorong secara perlahan atau sebaliknya.

Namun bisa juga terjadi, meskipun pembukaan sudah sempurna, ibu tidak merasa adanya tekanan yang besar untuk mendorong. Hal ini bisa terjadi karena bayi sedang melakukan gerakan di panggul dan mengubah posisi kepala untuk menemukan posisi keluar yang terbaik.

Beberapa dokter atau bidan akan memberikan anestesi epidural dengan disuntikkan pada daerah punggung untuk mengurangi rasa sakit pada daerah vagina, rahim, dan leher rahim. Apabila keinginan ibu untuk mendorong rendah atau hampir tidak ada, bidan atau dokter akan memandu ibu melakukan pendorongan.

Kemudian setelah itu Anda akan mengedan sehingga bayi perlahan-lahan keluar. Kepala bayi akan mulai terlihat dan ibu akan merasakannya. Vulva akan terbuka dan perineum akan meregang. Dengan mengedan yang dipandu oleh bidan atau dokter, maka bayi akan keluar mulai dari kepala hingga kaki.

Ketika mengedan, ada kemungkinan, bidan atau dokter memperkirakan dibutuhkan untuk melakukan pengguntingan di daerah perineum agar perineum tidak mengalami perobekan paksa akibat tekanan bayi.

Tahap ketiga

Setelah bayi berhasil keluar dengan selamat, plasenta bayi akan keluar dengan sendirinya. Pada tahap ini, ibu masih merasakan keinginan mendorong tapi tidak terlalu besar. Selama proses pengeluaran plasenta, ibu juga akan mengeluarkan darah kira-kira 100 - 200 cc. Setelah dirasa plasenta sesudah terlepas dari dinding rahim, maka bidan atau dokter atau perawat akan membersihkan segalanya termasuk ketika ibu perlu tindakan episiotomi.

Tahap keempat

Tahap terakhir dalam proses melahirkan secara normal adalah pengawasan. Hal ini dilakukan untuk melihat dan mengawasi apakah terjadi pendarahan pada ibu atau tidak. Bahkan setelah mengeluarkan plasenta pun ibu masih mengeluarkan darah dari vagina namun tidak banyak. Darah ini berasal dari dari pembuluh darah yang ada di dinding rahim tempat terlepasnya plasenta, dan setelah beberapa hari ibu akan mengeluarkan cairan sedikit darah yang disebut lokia yang berasal dari sisa-sisa jaringan.

Namun pada beberapa kasus, darah yang keluar bisa dalam jumlah banyak karena lemahnya kontraksi atau otot-otot rahim tidak berkontraksi. Oleh karena itulah perlu dilakukan pengawasan kurang lebih 2 jam setelah ibu melahirkan.

Melahirkan merupakan proses yang luar biasa untuk menghadirkan bayi ke dunia. Oleh karena itu pilihlah proses yang nyaman untuk diri Anda dan bayi sehingga risiko apapun menjadi lebih rendah.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Gerindra Akan Bahas Strategi Pencapresan Prabowo di Hambalang

Posted: 24 Jul 2018 09:43 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Partai Gerindra akan mengadakan Rapat Koodinasi Teknis (Rakornis) di Kediaman Ketua Umum Partai Gerindra Prabowo Subianto di Hambalang, Jawa Barat, hari ini (25/7/2018). Dalam Rakornis tersebut Gerindra akan bahas strategi pencapresan Prabowo di Pilpres 2019.

"Ya kurang lebih begitu (bahas strategi pencapresan Prabowo)," kata Ketua DPP Partai Gerindra, Ahmad Riza Patria, saat dihubungi, Rabu (25/7/2018).

Riza mengungkapkan, rapat itu juga akan membahas perihal evaluasi Pilkada 2018. Serta proses pencalegan yang sekarang ini tengah berlangsung di Komisi Pemilihan Umum (KPU).

"Ya pastikan membahas satu evaluasi pilkada, dua proses pencalegan, tiga ya pemilu 2019. Ya pencapresan pencawapresan," ungkapnya.

Namun, lanjut Wakil Ketua Komisi II DPR ini, dalam Rakornis tidak akan dibahas persiapan berkas pencapresan Prabowo. Kata dia, berkas pencapresan bukan bersifat teknis dan akan mengalir dengan sendirinya.

"Ya enggak itu kan teknis masa dibahas soal teknis. Itu kan administrasi bukan subtansi, administrasi mengalir aja," ucapnya.

Diketahui, Rakornis tersebut bersifat internal dan tak akan dihadiri ketua umum partai lain. Serta hanya berlangsung hari ini saja.

Reporter: Sania Mashabi

Sumber: Merdeka.com

Saksikan video pilihan di bawah ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Ini Bedanya 13 the Haunted dengan Film Horor Indonesia Lain

Posted: 24 Jul 2018 09:40 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Genre horor memang selalu memiliki tempat sendiri di hati pencinta film. Tak heran jika hingga pertengahan tahun ini, sedikitnya lima judul film horor Indonesia sudah tayang dan diapresiasi dengan baik.

RA Pictures pun tak mau kalah. Rumah produksi pimpinan Raffi Ahmad ini juga sudah menyiapkan film horor berjudul 13 the Haunted. Film ini antara lain dibintangi oleh Al Ghazali, Valerie Thomas, Endy Arfian, Atta Halilintar.

Di tengah persaingan yang begitu ketat, lantas apa bedanya 13 the Haunted dengan film horor lainnya? Rupanya salah satu yang membedakan ialah komposisi pemainnya.

"Kita bikin Desember tahun lalu, kita enggak nyangka horor membeludak. Kalau ini dibilang horor ya horor, tapi thriller adventure juga, milenial banyak melakukan hal ini," imbuh Raffi Ahmad, selaku produser di XXI Epicentrum Jakarta Selatan, Selasa (24/7/2018).

 

Senior dan Junior

Al Ghazali saat hadir dalam acara peluncuran teaser dan poster film 13 The Haunted di kawasan Sarinah, Thamrin, Jakarta Pusat, Jumat (27/4/2018). (Nurwahyunan/Bintang.com)

"Pemain ada yang senior Jeremy Thomas, ada Chef Juna, Fauzi Baadilah, Tia Ivanka. Lalu kita coba dengan pemain muda, dan itu dari berbagai lini, ada YouTuber, aktor, selebgram," sambungnya.

 

Sutradara Andal

Rudi Sujarwo

Tak ketinggalan, kekuatan film ini juga terletak pada tangan dingin sutradaranya, Rudi Soedjarwo. Ia terkenal piawai menggarap film berbagai genre, termasuk horor.

"Mas Rudi bisa membuat pemain jadi lebih hidup. Dulu, zaman dulu pernah disutradarai dia tegas banget orangnya. Dikasih masukan juga. Kan karakter di sini banyak, gue yakin tiap karakter itu bisa jadi kuat," tandas Raffi Ahmad.

Sinopsis

Pemain film 13 The Haunted (Adrian Putra/bintang.com)

Film 13 The Haunted menceritakan tentang persaingan antara dua geng YouTuber. Demi merebut kembali popularitasnya, salah satu geng kemudian memutuskan untuk membuat video tentang kisah misteri di sebuah pulau. Hanya saja, terjadi teror saat mereka tiba di sana.

Film 13 The Haunted akan tayang pada 26 Juli mendatang.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

KPK Kembali Periksa Petinggi Tower Bersama Terkait Suap Menara

Posted: 24 Jul 2018 09:38 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Penyidik Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) kembali memeriksa petinggi PT Tower Bersama terkait suap izin pembangunan menara telekomunikasi yang menjerat Bupati nonaktif Mojokerto Mustafa Kamal Pasa.

Kali ini giliran Chief Project & Implementation PT Tower Bersama Infrastruktur Tbk, Yogi Pamungkas yang akan dimintai keterangan oleh penyidik.

"Yang bersangkutan, Yogi Pamungkas akan diperiksa sebagai saksi untuk tersangka MKP (Mustafa Kamal Pasa)," ujar juru bicara KPK Febri Diansyah saat dikonfirmasi, Rabu (25/7/2018).

KPK tengah intens memeriksa petinggi-petinggi di Tower Bersama. Diduga pemeriksaan untuk mendalami keterliban korporasi dalam kasus suap izin pembangunan menara telekomunikasi di Kabupaten Mojokerto pada 2015 tersebut.

Beberapa korporasi yang tengah ditelusuri yakni PT Tower Bersama dan anak usahanya, PT Sarana Menara Nusantara Tbk (TOWR), PT Profesional Telekomunikasi Indonesia (PT Protelindo). Hal itu diketahui, setelah penyidik memeriksa sejumlah petinggi perusahaan tersebut.

"Pemeriksaan saksi-saksi dari perusahaan tersebut memang perlu dilakukan karena penyidik perlu merinci bagaimana proses perizinan yang dilakukan terkait pembangunan menara telekomunikasi tersebut," kata Febri.

 

Terima Suap

Sebelumnya, KPK menetapkan Bupati nonaktif Mojokerto Mustofa Kamal Pasa sebagai tersangka kasus dugaan suap terkait pembangunan menara telekomunikasi di Kabupaten Mojokerto tahun 2015.

KPK menduga Mustofa Kamal Pasa menerima suap dari Permit and Regulatory Division Head Tower Bersama Group, Ockyanto dan Direktur Operasi PT Profesional Telekomunikasi Indonesia, Onggo Wijaya.

Suap diberikan terkait pengurusan izin Pembangunan Menara Telekomunikasi di Kabupaten Mojoekerto tahun 2015. Mustafa Kamal diduga menerima suap sebesar Rp 2,7 miliar.

 

Saksikan video pilihan di bawah ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

FOTO: Gaya Melania Trump Bermain dengan Anak-Anak di Rumah Sakit

Posted: 24 Jul 2018 09:36 PM PDT

Ibu Negara AS, Melania Trump meniup gelembung sabun saat mengunjungi Rumah Sakit Anak Monroe Carell Jr. di Nashville, Selasa (24/7). Kedatangan istri Presiden Donald Trump itu untuk berdiskusi terkait Neonatal Abstinence Syndrome (NAS). (AFP/SAUL LOEB)

Ibu Negara AS, Melania Trump meniup gelembung sabun saat mengunjungi Rumah Sakit Anak Monroe Carell Jr. di Nashville, Selasa (24/7). Kedatangan istri Presiden Donald Trump itu untuk berdiskusi terkait Neonatal Abstinence Syndrome (NAS). (AFP/SAUL LOEB)

Ibu Negara AS, Melania Trump bermain dengan pasien anak, Essence dan Natalayah saat mengunjungi Rumah Sakit Anak Monroe Carell Jr. di Nashville, Selasa (24/7). Kedatangan Melania untuk berdiskusi terkait Neonatal Abstinence Syndrome (NAS). (AFP/SAUL LOEB)

Ibu Negara AS, Melania Trump bermain dengan pasien anak, Essence dan Natalayah saat mengunjungi Rumah Sakit Anak Monroe Carell Jr. di Nashville, Selasa (24/7). Kedatangan Melania untuk berdiskusi terkait Neonatal Abstinence Syndrome (NAS). (AFP/SAUL LOEB)

Ibu Negara AS, Melania Trump bermain dengan pasien anak, Essence dan Natalayah saat mengunjungi Rumah Sakit Anak Monroe Carell Jr. di Nashville, Selasa (24/7). Kedatangan Melania untuk berdiskusi terkait Neonatal Abstinence Syndrome (NAS). (AFP/SAUL LOEB)

Ibu Negara AS, Melania Trump bermain dengan pasien anak, Essence dan Natalayah saat mengunjungi Rumah Sakit Anak Monroe Carell Jr. di Nashville, Selasa (24/7). Kedatangan Melania untuk berdiskusi terkait Neonatal Abstinence Syndrome (NAS). (AFP/SAUL LOEB)

Ibu Negara AS, Melania Trump berbincang dengan pasien anak, Essence Overton saat mengunjungi Rumah Sakit Anak Monroe Carell Jr. di Nashville, Selasa (24/7). Kedatangan Melania untuk berdiskusi terkait Neonatal Abstinence Syndrome (NAS). (AFP/SAUL LOEB)

Ibu Negara AS, Melania Trump berbincang dengan pasien anak, Essence Overton saat mengunjungi Rumah Sakit Anak Monroe Carell Jr. di Nashville, Selasa (24/7). Kedatangan Melania untuk berdiskusi terkait Neonatal Abstinence Syndrome (NAS). (AFP/SAUL LOEB)

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Menaker Dukung Pelaku Industri Kreatif Otomotif

Posted: 24 Jul 2018 09:35 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Menteri Ketenagakerjaan M Hanif Dhakiri tampil beda saat datang bekerja di kantor Kementerian Ketenagakerjaan. Kalau sehari-hari menggunakan mobil dinas, kali ini Menaker Hanif datang dengan mengendarai motor hasil modifikasi yang keren.

Menaker Hanif tampak sporty dengan memakai jaket khas biker dan helm berwarna hitam. Secara tampilan, motor modifikasi milik Hanif memang terlihat keren dan unik, khas Scrambler. Hal inipun terlihat dari bentuk jok bergaya single seater yang tampak modis.

"Saya memang sejak lama suka menggemari motor modifikasi yang tampil penuh dengan ide kreatif. Ini merupakan salah satu bentuk dukungan bagi kemajuan industri kratif terutama bagi industri motor dan otomotif Indonesia," kata Menaker Hanif di kantor Kemnaker pada Selasa (24/7).

Awal mula Hanif memiliki motor bergaya scrambler setelah ia membelinya dari seorang pemilik bernama Didit yang memajang motor tersebut di acara kontes sepeda motor di HUT-15 Pablo Auto Club di Sawangan, Depok, Minggu (29/4/2018) lalu. motor tersebut hasil buah karya bengkel modifikasi Street Arts Custom, Depok.

Hanif mengaku sangat menggemari kreasi motor modifikasi asli hasil kreatif dari anak-anak muda Indonesia. Ide-ide orisinal yang penuh innovasi diyakini mampu bersaing di kontes-kontes modifikasi motor internasional.

"Motor-motor hasil modifikasi buatan anak muda Indonesia tak kalah bagus dengan hasil modifikasi dari luar negeri. Oleh karena itu, perlu dukungan dari semua pihak agar industri kreatif khususnya di industri motor dapat terus berkembang dan menambah nilai ekonomis," kata Hanif.

Hanif mengatakan pemerintah mendukung keberadaan komunitas-komunitas industri kreatif yang terus berkembang di Indonesia. Keberadaan mereka makin memperkaya ide dan kreasi yang mendorong pertumbuhan industri kreatif nasional.

"Kita terus dorong pertumbuhan industri kreatif karena memberikan banyak manfaat. Selain menciptakan lapangan kerja terlatih dan terdidik, sisi kreatifitas pun mampun mendongkrak nilai tambah dari bahan mentah menjadi barang baru yang berdaya nilai seni dan layak jual," kata Hanif.

Industri kreatif termasuk salah satu industri paling prioritas dalam perekonomian Indonesia, pertumbuhan industri kreatif terbilang cepat dan memberikan nilai tambah bagi masyarakat.

Pelaku industri kreatif di Indonesia bergerak di beberapa bidang seperti game, arsitektur, desain interior, desain produk, fashion, film, animasi, kuliner, seni rupa dan musik. Sebagian besar pelaku industri kreatif mengembangkan bisnisnya dalam bentuk perusahaan maupun usaha kecil dan menengah.

"Faktor utama yang mendorong pertumbuhan industri kreatif di Indonesia adalah kualitas SDM yang terus berkembang dan didominasi anak muda ditambah kemampuan SDM yang terus berkreasi," Kata Hanif.

Oleh karena itu, kata Hanif, Kementerian Ketenagakerjaan terus memberdayakan keberadaan Balai Latihan Kerja untuk meningkatkan kompetensi dan keterampilan pekerja, sekaligus menjadi wadah pengembangan industri kreatif di Indonesia.

Saat ini Secara keseluruhan di Indonesia ada 302 BLK yang berada di bawah pengelolaan pemerintah pusat (Kemnaker), pemerintah provinsi maupun kabupaten/kota. Sebanyak 18 BLK merupakan UPTP milik Kemnaker, sisanya dimiliki oleh Pemda Provinsi dan Kabupaten atau kota.

 

 

(*)

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Pemuda Sukabumi Alami Pening hingga Meninggal, Korban Tutut Beracun?

Posted: 24 Jul 2018 09:32 PM PDT

Liputan6.com, Sukabumi - Seorang pemuda bernama Muhammad Tamrin (18), warga Kampung Kebonkawung, Kabupaten Sukabumi, meninggal dunia usai menyantap kuliner tutut (keong sawah).

"Sebelum meninggal dunia, korban yang tinggal di RT 23/4 Desa Citamiang, Kecamatan Kadudampit tersebut sempat dirawat di RS Betha Medika Cisaat, tetapi nyawanya tidak tertolong," kata Kades Citamiang Ajang Sihabudin di Sukabumi, Selasa, 24 Juli 2018, dilansir Antara.

Informasi yang dihimpun dari Ajang, kasus dugaan keracunan tutut tersebut berawal pada Minggu, 22 Juli 2018, warga membeli tutut dari pedagang keliling. Pada malamnya, warga mulai merasa pusing dan semakin parah pada keesokan harinya, Senin, 23 Juli 2018.

Bahkan hingga Selasa kemarin, sudah ada 26 warga yang dilarikan ke rumah sakit karena kondisi tubuhnya melemah diduga keracunan kuliner tutut tersebut.

Tidak hanya di Desa Citamiang, keracunan tutut juga melanda desa tetangganya, yakni Desa Sukamanis, dengan jumlah warga yang mengalami gejala keracunan sebanyak delapan orang. Lima di antaranya dirawat di rumah sakit.

"Pengakuan dari warga yang membeli dan menyantap tutut tersebut malamnya baru terasa pusing, mual, dan buang air besar terus-menerus," kata Kades Sukamanis Ade Irawan.

Hingga saat ini, Muspika Kadudampit masih menyisir korban keracunan massal di dua desa tersebut. Sementara, Polres Sukabumi Kota saat ini sedang melakukan visum terkait kematian seorang warga usai menyantap tutut tersebut.

Saksikan video pilihan berikut ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Teknologi Besutan Hariff DTE Raih Penghargaan Tertinggi dari Kemenperin

Posted: 24 Jul 2018 09:31 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Perusahaan teknologi lokal kembali berjaya di dunia teknologi. Belum lama ini perusahaan yang bergerak di bidang pabrikasi alat telekomunikasi, PT Hariff Daya Tunggal Engineering (Hariff DTE) meraih penghargaan rintisan teknologi (Rintek) dari Kementerian Perindustrian Republik Indonesia (Kemenperin RI).

Produk yang dilombakan dalam ajang tersebut adalah BMS (Battlefield Management System) CY-16H. Penghargaan langsung diberikan oleh Menteri Perindustrian, Airlangga Hartato kepada Direktur Utama PT. Hariff DTE, Budi Permana di Gedung Kemenperin RI.

Penghargaan Rintek sendiri merupakan penghargaan tertinggi dari pemerintah pada perusahaan yang menghasilkan perekayasaan invensi dan inovasi teknologi di Indonesia.

Pada tahun ini, penghargaan Rintek diberikan dalam ajang Innofest, bertajuk "Internalisasi Industri 4.0:Building Innovation For Making Indonesia 4.0".

"Kami memberikan apresiasi setinggi-tingginya bagi para perusahaan penyedia layanan teknologi, yang telah berhasil mengembangkan industri berbasis teknologi di Indonesia. Semoga penghargaan yang kami berikan bisa memacu untuk bekerja lebih keras lagi," kata Menteri Perindustrian (Menperin) Airlangga Hartarto dalam keterangan resminya, Rabu (25/7/2018).

Produk BMS CY-16 H terpilih setelah melalui tahapan penilaian yang sangat kompetitif, di mana Hariff DTE menyisihkan 16 finalis yang berasal dari berbagai bidang teknologi.

Di samping itu, BMS CY-16H merupakan produk murni karya anak bangsa, dibuktikan dengan TKDN (Tingkat Komponen Dalam Negeri) yang tinggi.

 

Tanpa Bantuan Pihak Asing

Menperin Airlangga Hartarto dan Menkominfo Rudiantara mengunjungi pameran industri ajang Innofest di Plasa Kementerian Perindustrian, Jakarta. Dok: Hariff DTE

Melalui Litbanghan (Penelitian dan Pengembangan Pertahanan) bersama Dithubad (Direktorat Angkatan Darat) sejak 2012, seluruh rangkaian pembuatan, mulai dari rancangan hingga produksi didasarkan para doktrin TNI-AD dan dikerjakan sepenuhnya oleh engineer Indonesia tanpa bantuan pihak asing sedikit pun.

BMS CY-16H juga pernah dipamerkan dalam ajang berskala internasional, yaitu IDEF ( International Defense Industry Fair) di Turki pada 2017. Nama produk BMS CY-16H sendiri merupakan pemberian dari KSAD Jenderal Mulyono, yang memiliki arti Carati Yudha (pengatur pertempuran) 2016 Hariff.

"BMS CY-16H merupakan produk ICCS (Integrated Command & Control System) yang dapat menjembatani dan mengamankan komunikasi di seluruh hierarki yang ada di TNI-AD, mulai dari pos komando hingga pasukan", ujar Muhamad Uco Isnaini, General Manager PT.Hariff Daya Tunggal Engineering.

Dengan BMS, Isnaini melanjutkan, komando juga dapat memantau posisi dan kondisi pasukan yang ada di medan perang.

Layaknya smartphone, selain dapat mengkomunikasikan suara, BMS juga bisa mengkomunikasikan data-data yang ada di lapangan dengan kecepatan tinggi, sehingga dapat meminimalkan miss komunikasi dan mempercepat proses pengambilan keputusan.

Terpasang di Kendaraan Tempur TNI AD

Produk BMS CY-16H. Dok: Hariff DTE

BMS CY-16H saat ini sudah terpasang di sebagian kendaraan tempur (Ranpur) dan kendaraan taktis (Rantis) milik TNI-AD. Hariff DTE juga tengah mengembangkan BMS Personil untuk digunakan pasukan Infanteri TNI-AD.

Untuk diketahui, tahun ini merupakan kali kedua Hariff DTE memenangkan penghargaan Rintek, setelah sebelumnya mengusung produk HiMAX231 (Hariff Interoperability Microwave Access) pada 2008, yang termasuk dalam klasifikasi teknologi WiMAX (Worldwide Interoperability for Microwave Access).

"Dengan adanya penghargaan terhadap produk teknologi terbaru, yakni BMS CY-16 H, maka akan semakin memacu kami untuk melakukan inovasi-inovasi melahirkan produk teknologi yang memberikan manfaat bagi bangsa dan negara," ucap Budi Permana, Presiden Direktur PT. Hariff Daya Tunggal Engineering.

(Isk/Jek)

Saksikan Video Pilihan Berikut Ini

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Korban Tewas Kebakaran Hutan Yunani Bertambah Jadi 74 Orang

Posted: 24 Jul 2018 09:31 PM PDT

Liputan6.com, Athena - Kebakaran hutan yang melanda sejumlah wilayah di Yunani telah menewaskan sedikitnya 74 orang, baik anak-anak dan dewasa, kata para pejabat.

Setidaknya 187 orang, termasuk 23 anak, menjadi korban luka. Jumlah orang yang hilang akibat bencana itu masih belum jelas. Demikian seperti dikutip dari ABC.net.au, Rabu (25/7/2018).

Jumlah korban tewas itu melampaui angka kematian bencana serupa pada 2007, menjadikan kebakaran tahun ini menjadi yang terburuk dalam sejarah Yunani.

Para kru darurat menemukan satu kelompok yang terdiri dari 26 korban tewas, beberapa di antaranya anak-anak, tergeletak berdekatan di sebuah ladang hanya 30 meter dari laut dekat Mati di Yunani timur.

Nikos Economopoulos, Kepala Palang Merah Yunani, mengatakan kepada Skai TV bahwa mereka telah mencoba menemukan rute pelarian, "tapi sayangnya orang-orang ini dan anak-anak mereka tidak berhasil kabur tepat waktu".

"Secara naluriah, melihat ajal yang mendekat, mereka berpelukan," katanya.

Wakil Menteri Perdagangan Kelautan Yunani, Nektarios Santorinos, yang kementeriannya bertanggung jawab atas otoritas penjagaan pantai, mengatakan lebih dari 700 orang telah dievakuasi via laut oleh penjaga pantai.

Perdana Menteri Yunani Alexis Tsipras telah menyatakan tiga hari berkabung nasional untuk puluhan orang yang tewas.

"Hari ini Yunani sedang berduka. Untuk mengenang mereka yang hilang, kami menyatakan tiga hari berkabung," katanya.

"Tapi kita tidak boleh membiarkan kesedihan membanjiri kita, karena jam-jam ini adalah jam pertempuran, persatuan, keberanian, dan yang terpenting, solidaritas."

Kebakaran di Mati, 29 kilometer timur Athena, menghancurkan daerah itu.

"Bahkan permukiman di Mati sudah tak ada lagi," kata seorang perempuan kepada Skai TV milik pemerintah.

"Aku melihat jasad, mobil-mobil yang terbakar habis. Aku merasa beruntung masih hidup."

Mati berada di wilayah Rafina, Yunani, yang populer di kalangan wisatawan, area favorit bagi pensiunan dan anak-anak yang menghabiskan masa liburan.

 

Simak video pilihan berikut:

 

Melarikan Diri ke Pantai dan Laut

Kebakaran hutan dalam skala besar terjadi di sekitar ibukota Yunani, Athena, mengakibatkan setidaknya 20 orang tewas. (AFP/Valerie Gachel)

Pemerintah setempat kemudian mencari bantuan internasional untuk mengatasi kebakaran, yang telah menghancurkan puluhan rumah, membakar mobil dan mendorong penduduk dan turis untuk melarikan diri ke pantai di sebelah timur Athena, meminta diselamatkan dengan perahu.

Pihak Yunani mengatakan, Siprus menawarkan untuk mengirimkan petugas pemadam kebakaran dan Spanyol telah menawarkan pesawat bomber air.

Sementara itu, Perdana Menteri Yunani Alexis Tsipras mempersingkat kunjungan ke Bosnia pada Senin, 23 Juli. Ia langsung kembali ke Athena untuk memimpin pertemuan tanggap darurat dengan kepala pemadam kebakaran dan pejabat pemerintah.

"Kami berurusan dengan sesuatu yang benar-benar asimetris," kata Tsipras.

"Ini malam yang sulit bagi Yunani."

Angin mencapai 80 kilometer per jam ketika pihak berwenang mengerahkan seluruh armada pesawat dan helikopter yang menjatuhkan air ke negara itu, untuk memberi para turis waktu untuk melarikan diri.

Drone militer tetap mengudara di tengah angin kencang untuk membantu pejabat mengarahkan lebih dari 600 petugas pemadam kebakaran di darat.

Seorang pemadam kebakaran senior kemudian berbicara di Skai TV, mengimbau orang-orang agar meninggalkan daerah Kineta di sebelah barat Athena karena mencoba untuk tetap tinggal di properti mereka.

"Orang-orang harus pergi, menutup rumah mereka dan pergi begitu saja. Orang tidak dapat menoleransi begitu banyak asap selama berjam-jam," kata Achilleas Tzouvaras.

"Ini situasi yang ekstrem."

Kebakaran Melanda Beberapa Wilayah

Otoritas tengah memadamkan kebakaran di Yunani, Juli 2018 (Thanassis Stavrakis / AP PHOTO)

Kebakaran besar pertama terjadi di hutan pinus dekat permukiman tepi laut Kineta, 50 kilometer barat Athena dekat Corinth.

Setidaknya 220 petugas pemadam kebakaran berada di tempat kejadian di sana, sementara lima pesawat bomber air dan tujuh helikopter berjuang melawan kobaran api dari udara.

Masyarakat setempat dievakuasi dan api menjamah hampir 20 kilometer di dua jalan raya yang menghubungkan Peloponnese dengan pusat Yunani.

Asap tebal mengurangi jarak pandang di jalan raya menjadi hanya beberapa meter. Dalam cuplikan di stasiun TV Yunani, Skai, menunjukkan beberapa rumah terbakar.

Sejumlah penduduk menggunakan selang taman untuk mencoba menyelamatkan properti mereka sementara yang lain melarikan diri dengan mobil dan moped.

Beberapa jam setelah kebakaran dimulai, si jago merah menjamah ke pusat Athena.

Kebakaran besar kedua terjadi pada Senin sore di daerah Penteli dan Rafina di timur laut Athena. Warga kemudian mulai dievakuasi.

Tidak ada angka resmi tentang berapa banyak orang yang dievakuasi secara keseluruhan.

Wali Kota Rafina, Vangelis Bournous mengatakan dia percaya sekitar 100 rumah di daerah itu telah terbakar. Dinas pemadam kebakaran tidak dapat mengonfirmasi angka itu.

Kebakaran ketiga membakar lahan pertanian dan hutan di pulau selatan Kreta dan di Soufli, Yunani utara.

Departemen pemadam kebakaran mengatakan tiga kebakaran juga terjadi di daerah Corinth di Yunani selatan.

Tidak jelas bagaimana kebakaran itu terjadi.

Kebakaran hutan umum terjadi di Yunani selama musim kemarau yang kering dan panas. Yunani menghadapi suhu tinggi baru-baru ini hingga mencapai 40 derajat Celsius.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Menteri BUMN Undang Pengusaha AS Tanam Modal di RI

Posted: 24 Jul 2018 09:30 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Rini Soemarno mengundang para investor asal Amerika Serikat (AS) untuk menanamkan investasinya di tujuh sektor di Indonesia, yakni sektor energi terbarukan, pertambangan mineral, infrastruktur, transportasi darat, transportasi laut dan udara, industri manufaktur dan pariwisata.

Ketujuh sektor tersebut merupakan sektor yang tengah dipercepat pembangunannya oleh Pemerintah guna mendorong laju pertumbuhan ekonomi.

Rini menjelaskan, pemerintah percaya bahwa penting untuk melayani investor di masa akan datang dengan semua fasilitas yang dibutuhkan seperti listrik, konektivitas dan efisiensi ekonomi.

"Sudah menjadi tugas Saya untuk menarik investasi ke Indonesia sekaligus mengajak para investor untuk menjadi bagian dari pertumbuhan ekonomi Indonesia," kata Rini dikutip dari keterangan tertulis, Rabu (25/7/2018).

Di AS, Rini menghadiri acara Investment Forum Central for Strategic & International Studies (CSIS) - Bank BNI Roundtable. Rini hadir bersama Deputi bidang Usaha Jasa Keuangan, Jasa Survei dan Konsultan Gatot Trihargo, Deputi Bidang Usaha Pertambangan, Industri Strategis dan Media, Fajar Harry Sampurno bersama sejumlah Direktur Utama BUMN.

Hadir pula sejumlah Rektor Perguruan Tinggi Negeri seperti Rektor Universitas Indonesia Muhammad Anis, Rektor Universitas Gadjah Mada Panut Mulyono, Rektor Institut Teknologi Sepuluh Nopember Joni Hermana, Rektor Universitas Padjajaran Tri Hanggono Achmad dan Rektor Universitas Hasanuddin Dwia Aries Tina Pulubuhu.

Rini menjelaskan, pada sektor energi terbarukan, sesuai arahan Presiden Joko Widodo, Pemerintah tengah mengembangkan potensi besar dari energi panas bumi (geothermal), solar panel (tenaga surya) dan pembangkit listrik bertenaga angin.

Presiden menargetkan sedikitnya 23 persen bauran energi nasional akan berasal dari sumber terbarukan pada 2025. Oleh karena itu, lanjut Rini, BUMN energi saat ini tengah fokus mengembangkan proyek geothermal senilai US$ 19,3 miliar.

Indonesia terletak tepat di antara dua lempeng tektonik besar, memiliki 40 persen dari cadangan panas bumi dunia (setara dengan 28,5 GWe). Hal itu menjadikan Indonesia sebagai negara dengan potensi geothermal terbesar.

Indonesia juga terletak tepat di khatulistiwa dan salah satu negara yang memiliki garis pantai terpanjang di dunia. Ini berarti bahwa Indonesia juga memiliki potensi luar biasa untuk pembangkit listrik tenaga surya dan angin.

"Singkatnya, sektor energi Indonesia adalah pasar yang sangat strategis," ujar Rini.

 

Sektor Infrastruktur

Menteri BUMN Rini Soemarno menghadiri Investment Forum yang diprakarsai Central for Strategic & International Studies (CSIS) di Washington DC, Amerika Serikat.(Dok Kementerian BUMN)

Selain itu, Indonesia merupakan produsen batu bara terbesar kelima di dunia dengan memiliki cadangan batubara sekitar 26 miliar ton (per 2017). Pemerintah juga saat ini tengah serius mewujudkan hilirisasi hasil tambang Indonesia. Maka dari itu, dibutuhkan investasi besar untuk pembangunan pabrik pengolahan dan pemurnian mineral (smelter).

Pada sektor infrastruktur, Rini turut mengungkap peluang investasi pada Kawasan Ekonomi Khusus (KEK) di Walini, Jawa Barat. KEK Walini yang terletak di antara Jakarta dan Bandung ini akan fokus pada hiburan, pendidikan dan penelitian farmasi. Sedikitnya, nilai investasi yang ditawarkan pada proyek ini mencapai US$ 3,6 miliar.

Adapun peluang investasi di berbagai konsesi Transit Oriented Development (TOD) di Jakarta sebagai penghubung hub konektivitas berbagai area di kota melalui transportasi multimode.

"Tak hanya itu, sektor manufaktur Indonesia pun tak kalah menarik, ditopang dengan 128 juta tenaga kerja lokal. Adapun pada sektor pariwisata kami tengah mengembangkan kawasan ekowisata Mandalika di Lombok. Pengembangan landmark ini akan menjadikan Mandalika tujuan bagi 2 juta turis setiap tahunnya," ungkap Rini.

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

[Tanya BPJS Kesehatan] Kartu JKN-KIS Bisakah Dipakai di Luar Daerah?

Posted: 24 Jul 2018 09:30 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Pertanyaan: 

Apakah kartu JKN-KIS bisa digunakan di luar daerah?

 

Jawaban:

Setiap peserta program Jaminan Kesehatan Nasional - Kartu Indonesia Sehat (JKN-KIS) boleh memilih fasilitas kesehatan (faskes) yang akan dikunjungi untuk mendapat pelayanan kesehatan selama mengikuti prosedur yang berlaku. Peserta juga bisa memilih faskes tingkat pertama (FKTP) yang terdekat dari rumah.

Tapi, bagaimana jika peserta harus pergi keluar kota dan sesampainya di sana membutuhkan pelayanan kesehatan? Apakah peserta bisa mendapat pelayanan kesehatan di faskes terdekat?

Jangan panik, Undang-Undang No.40 Tahun 2004 tentang Sistem Jaminan Sosial Nasional (SJSN) dan Undang-Undang No.24. Tahun 2011 tentang Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS) mengamanatkan dalam penyelenggaraan program Jaminan Sosial menerapkan 9 prinsip salah satunya portabilitas.

Prinsip portabilitas itu ditujukan untuk memberikan jaminan yang berkelanjutan meskipun peserta berpindah pekerjaan atau tempat tinggal. Perlu diingat, pelayanan program JKN-KIS hanya berlaku di dalam negeri.

 

Salam,

 

 

Humas BPJS Kesehatan Kantor Pusat

 

 

Program Tanya BPJS Kesehatan tayang setiap Rabu pukul 11.30. Di dalamnya berisi pertanyaan yang paling sering dilontarkan masyarakat lewat aneka media BPJS Kesehatan. Jawaban dari pertanyaan yang dilontarkan diberikan oleh Humas BPJS Kesehatan Kantor Pusat.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

La Liga Rilis Jadwal 2018-19: Catat Tanggal Duel El Clasico

Posted: 24 Jul 2018 09:30 PM PDT

Liputan6.com, Madrid - Barcelona akan menjalani laga mudah di pekan perdana La Liga 2018-2019. Berstatus juara bertahan, Lionel Messi dan kawan-kawan melawan Alaves di partai pembuka La Liga musim depan.

Sementara itu, rival abadi Barcelona, Real Madrid, sudah harus melakoni derbi di pekan pertama. Namun, bukan melawan Atletico Madrid, melainkan Getafe, klub yang juga berasal dari ibu kota Spanyol tersebut.

Barcelona dan Real Madrid di atas kertas terhitung bisa mengatasi perlawanan di laga pembuka La Liga 2018-2019. Namun, kejutan tentu saja bisa terjadi.

Pertandingan menarik sudah harus tersaji di laga pembuka La Liga 2018-2019. Runner up musim lalu, Atletico Madrid, mesti menyambangi kandang Valencia, yang musim lalu finis keempat.

Laga Valencia melawan Atletico jadi sorotan partai pembuka La Liga. Pekan perdana La Liga musim ini dijadwalkan berlangsung 18-19 Agustus 2018.

Paling Ditunggu

Lionel Messi merepotkan pertahanan Real Madrid yang dijaga Sergio Ramos (JAVIER SORIANO / AFP)

Yang paling ditunggu dari La Liga tentu pertemuan Barcelona dengan Real Madrid atau yang biasa disebut El Clasico. Partai El Clasico akan digelar pada tahap awal musim.

Seperti yang diutarakan Ketua Liga Spanyol, Javier Tebas, laga El Clasico musim lalu tidak ideal karena berlangsung setelah Barcelona memastikan gelar La Liga. Pertemuan pertama El Clasico di La Liga musim 2018-2019 digelar 28 Oktober 2018.

Barcelona akan bertindak sebagai tuan rumah lebih dulu. Baru pada akhir pekan pertama Maret 2019, Real Madrid yang akan menjamu Blaugrana.

Derbi Madrid

Real Madrid akan menjamu rival sekota Atletico pada akhir September 2018 atau pada pertandingan pekan ketujuh La Liga musim depan. Los Blancos baru akan menyambangi kandang Atlecio pada 9-10 Februari 2019.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Acara Lamaran Lancar, Baim Wong Berencana Menikah Tahun Ini

Posted: 24 Jul 2018 09:30 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Baim Wong resmi melamar kekasihnya yang merupakan seorang model, Paula Verhoeven. Berbagai foto kebahagiaan saat Baim Wong melamar Paula Verhoeven di Semarang, Jawa Tengah, Sabtu (21/7/2018), banyak tersebar di media sosial.

Ditemui di kawasan Ampera, Jakarta Selatan, Selasa (24/7/2018), Baim Wong mengungkapkan bahwa acara lamaran berlangsung dengan lancar tanpa hambatan apa pun.

"Alhamdulillah lancar, lancar," kata Baim Wong.

Siap Menikah Tahun Ini

Baim Wong dan Paula Verhoeven

Menikah Tahun Ini

Dengan melamar sang kekasih, Baim Wong memastikan dirinya akan segera naik pelaminan tahun ini. Namun tepatnya kapan, hal itu masih dibicarakan kedua belah pihak keluarga untuk menemukan tanggal yang pas.

"Tahun ini yang pasti (menikahnya). Ini masih dihitung dulu," ucapnya.

Baim Wong dan Paula Verhoeven

Jakarta atau Bali

Selain belum menemukan tanggal yang pas, ternyata Baim Wong galau. Ia bingung ingin menggelar pernikahan di Jakarta, atau di Pulau Dewata, Bali, sepeti sahabatnya, Chicco Jeriko kala menikahi Putri Marino.

"Kayaknya antara Jakarta atau Bali sih yang pasti. Masih bingung," ujar Baim Wong.

Minta Didoakan

Baim Wong dan Paula Verhouven. (Muhammad Iqbal Nurfajri/Bintang.com)

Aktor 37 tahun itu pun meminta doa agar segala proses pernikahannya nanti bisa berjalan lancar. Telebih, sudah sejak lama ia menginginkan untuk naik ke pelaminan.

"Yah, mohon doanya saja," kata Baim Wong.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

VIDEO: Asal Buka Pintu, Penumpang Taksi Bikin Motor Celaka

Posted: 24 Jul 2018 09:30 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Seorang pengendara motor menabrak pintu mobil taksi yang dibuka mendadak. Insiden ini terjadi di persimpangan jalan kota Taguig, Filipina.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Plh Kalapas Sukamiskin Belum Tahu Kapan Fuad Amin Bisa Kembali ke Sel

Posted: 24 Jul 2018 09:29 PM PDT

Liputan6.com, Bandung - Terpidana kasus korupsi Fuad Amin dan Tubagus Chaeri Wardana alias Wawan tidak ada di sel ketika Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) melakukan operasi tangkap tangan (OTT) Kalapas Sukamiskin Wahid Husen.

Pelaksana harian (Plh) Kepala Lapas Sukamiskin Kusnali mengatakan, Fuad masih berada di Rumah Sakit Borromeus karena menderita sakit. Pihaknya terus memantau kondisi mantan Bupati Bangkalan itu setiap hari.

"Kami selalu monitor kaya minum obat. Satu hari dua kali. Pagi foto kirim ke saya, sore foto kirim ke saya," ujar Kusnali, Rabu (25/7/2018).

Meski begitu, Kusnali tak bisa memprediksi Fuad akan kembali mendekam ke delam selnya. "Kalau orang sakit tidak ada batasan waktu," katanya.

Ia pun menanggapi pertanyaan wartawan seputar penunjukan RS Borromeus sebagai rujukan.

"Itu bukan permintaan pribadi, memang rujukan," jelasnya.

Hal senada juga diungkapkan Pelaksana tugas (Plt) Kepala Kanwil Kemenhukam Jawa Barat Dodot Adi Kuswanto. Ia menyatakan Fuad masih dirawat di RS Borromeus.

"Fuad masih dirawat sampai nanti dokter memberikan sampai dia sehat kembali," ujarnya.

Berbeda dengan Fuad, Wawan sudah kembali ke Lapas Sukamiskin dan tinggal di sebelah sel yang disegel KPK.

 

Kantongi Surat Sakit

Sekretaris Ditjen Pemasyarakatan Kemenkumham RI Liberty Sitinjak menyebut Fuad sedang sakit. Dirjen Pemasyarakatan Kemenkumham RI Sri Puguh Budi Utami juga menyatakan hal serupa.

Fuad Amin pun disebut sudah mengantongi izin agar dirawat sejak 19 Juli lalu karena mengalami muntah darah.

Sel keduanya di Lapas Sukamiskin masih bersegel KPK. Pihak lapas juga menyatakan tak mau membuka kedua sel alias membiarkan hingga KPK mengambil langkah selanjutnya.

 

Saksikan video pilihan di bawah ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Sandy Tumiwa Segera Melepas Status Duda Lagi?

Posted: 24 Jul 2018 09:20 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Sandy Tumiwa rupanya tak betah berlama-lama seorang diri. Setelah bercerai dari Tessa Kaunang, ia kembali menikah dengan Diana Limbong.

Sayangnya, rumah tangga Sandy Tumiwa yang kedua ini pun tak bertahan lama. Usai menjalani hukuman, ia pun kembali berstatus duda.

Kabarnya, Sandy Tumiwa akan kembali mengakhiri kesendiriannya dalam waktu dekat ini. Ia pun meminta doa.

"Ya, Insyaallah (segera menikah) doakan saja. Semua itu kan harus ditata," ungkap Sandy Tumiwa, di Gusto Epiwalk, Kuningan, Jakarta Selatan, kala menghadiri ulang tahun sahabatnya, Rama Rimba, seperti dikutip dari kapanlagi.com.

 

Rahasia

Sandy Tumiwa (Adrian Putra/bintang.com)

Namun, Sandy Tumiwa belum mau mengungkapkan identitas calon istrinya tersebut. Menariknya, Sandy berkenalan dengan wanita itu melalui mantan istrinya, Diana Limbong.

"Kebetulan dikenalin sama mantan istri dan lawyer saya. Dikenalin sama Diana Limbong dan Krisna Murti, ya dua orang itu. Ada-lah pokoknya," lanjutnya.

 

Jalin Hubungan Baik

(Deki Prayoga/Bintang.com)

Diakui Sandy Tumiwa, walau sudah bercerai, dirinya dan mantan istri masih menjaga silaturahmi.

"Nah itu makanya yang saya salut. Ya enggak apa-apa. Makanya saya langsung respek. Dulu saya pernah sedikit masalah sama dia, makanya saya ke Jawa kan. Terus saya balik dan dikenalkan sama Diana, ya oke," pungkasnya. (Rahmi Safitri/kapanlagi.com)

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Saung Bambu di Lapas Sukamiskin Dibongkar, Kenapa?

Posted: 24 Jul 2018 09:17 PM PDT

Liputan6.com, Bandung - Puluhan petugas gabungan dari Kementrian Hukum dan HAM membongkar saung pengunjung warga binaan yang berada di dalam Lembaga Pemasyarakatan Sukamiskin, Bandung, Jawa Barat.

Pembongkaran dilakukan untuk menghilangkan penilaian negatif publik mengenai fasilitas istimewa di dalam Lapas Sukamiskin.

Ke depannya, Kemenkumham akan membangun ruang kunjungan yang lebih representatif dan tidak digunakan untuk kepentingan pribadi.

Simak berita selengkapnya di Liputan6 Siang SCTV, pukul 12.00 WIB. Anda juga dapat menyaksikan melalui live streaming di sini.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

BRI Kembali Cetak Prestasi Gemilang, Peringkat 2 dari 100 Perusahaan di ASEAN

Posted: 24 Jul 2018 09:17 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta PT Bank Rakyat Indonesia, Tbk (BRI) kembali menorehkan prestasi gemilang di kancah Internasional dengan menduduki peringat ke 2 dari 100 perusahan di ASEAN dengan peningkatan Wealth Added Index (WAI) sebanyak 5 kali sejak awal Tahun 2018. Sementara untuk di dalam negeri, saat ini Bank BRI menduduki peringkat pertama sebagai perusahaan yang memberikan index kekayaan terbaik bagi para pemegang saham secara nasional.

Peringkat yang diterima oleh BRI bukannya tak berdasar, peringkat sebagai perusahaan dengan tingkat WAI nomor 2 di Asean tersebut disematkan oleh Stern Value Management Consulting Firm.

Wealth Added Index (WAI) adalah metode pengukuran kinerja perusahaan yang sebagai indikator untuk menentukan peningkatan kekayaan yang dihasilkan perusahaan di atas return minimal yang diharapkan investor. Di dalam perhitungan WAI, harapan akan return didasari potential cost dan ditambah risiko yang ditanggung investor, yang kemudian diterjemahkan dalam cost of equity (CoE).

Apabila perusahaan menghasilkan total return untuk pemegang saham lebih besar dari CoE-nya maka dapat dikatakan WAI Positif atau wealth creators karena menghasilkan wealth added kepada pemegang saham. Sebaliknya bila perusahaan hanya menghasilkan TSR sama besar dengan CoE-nya, maka saham itu dianggap belum menghasilkan wealth added. WAI sendiri belakang ini merupakan salah satu rujukan untuk menentukan perusahaan yang prospektif untuk berinvestasi.

"Prestasi ini merupakan capaian Bank BRI, dalam memberikan return yang tinggi kepada para pemegang saham atau investor. Prestasi ini dapat memicu BRI untuk bekerja lebih baik lagi dan terus berinovasi untuk selalu menjadi pilihan utama perbankan bagi masyarakat Indonesia," ungkap Direktur Utama Bank BRI Suprajarto.

Setidaknya terdapat lima strategi yang selalu disampaikan Bank BRI kepada investor: Pertama, Re-Focusing bisnis perbankan ke segmen Micro Banking, hal ini terlihat jelas dari share segmen bisnis mikro yang terus meningkat. Kedua, Segmen korporasi difokuskan kembali kepada profitability business yang lebih besar seperti transaction banking dan value chain.

Ketiga, Peningkatan efisiensi dan produktivitas melalui digitizing proses business mikro, small & konsumer yang saat ini sudah ada seperti BRISpot dan MyBRI. Keempat, Peningkatan kapasitas IT yang akan menjadi backbone pertumbuhan bisnis BRI kedepan. Kelima, Peningkatan kontribusi dan sinergi perusahaan anak dimana integrated financial solution tidak hanya conventional banking, tapi juga sharia banking, insurance, multifinance dan venture capital.

"BRI senantiasa memberikan komunikasi yang transparan dan menyampaikan program yang konkret dapat dilakukan perusahaan kepada Investor," kata Suprajarto.

Hal tersebut dapat terlihat oleh Investor dengan terjaganya kinerja keuangan BRI hingga saat ini, seperti: tingkat pertumbuhan kredit diatas rata-rata Industri, profitablitas terjaga, dan tingkat kualitas kredit yang selalu terjaga.

Informasi mengenai BANK BRI dapat di akses melalui www.bri.co.id

 

 

(Adv)

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Ditahan di Lapas Sukamiskin, Suryadharma Ali Akui Ada Kulkas di Selnya

Posted: 24 Jul 2018 09:16 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Terpidana korupsi penyelenggaraan ibadah haji 2010-2013 Suryadharma Ali kembali menjalani sidang Peninjauan Kembali di Pengadilan Negeri Jakarta Pusat. Dalam kesempatan itu, mantan Menteri Agama era pemerintahan Susilo Bambang Yudhoyono ini sempat menyinggung fasilitas yang ada di Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) Sukamiskin, Bandung, Jawa Barat.

Dia mengakui dalam selnya terdapat lemari pendingin berukuran kecil untuk menyimpan obat-obatan. Adanya lemari pendingin, dikatakan Suryadharma, atas izin dari pihak lapas.

"Ada, kulkas kecil. Untuk naruh obat, sudah diizinkan," ujar Suryadharma di Pengadilan Negeri Jakarta Pusat, Rabu (25/7/2018).

Namun, dia mengaku tak tahu-menahu adanya fasilitas tidak wajar lainnya yang dinikmati penghuni Lapas Sukamiskin. Sejak tertangkapnya Kalapas Sukamiskin, Wahid Husen, terbukti adanya jual beli sel dengan fasilitas-fasilitas bak apartemen.

Fahmi Darmawansyah, terpidana suap pengadaan alat satelit monitoring di Badan Keamanan Laut (Bakamla), kedapatan menikmati selnya dengan fasilitas pendingin udara, kloset duduk, microwave, televisi berukuran sedang, dan lemari pendingin.

Ada kompensasi dari fasilitas sel yang ditempati Fahmi, yakni memberikan satu unit mobil Mitsubishi Triton dan uang ratusan juta untuk disetorkan kepada Kalapas.

 

Tak Pernah Ditawari

Sebagai sesama warga binaan, Suryadharma mengaku tidak pernah mendapat tawaran fasilitas lebih seperti yang terkuak setelah OTT KPK terhadap Kalapas Sukamiskin.

Suryadharma mendekam di Lapas Sukamiskin setelah divonis oleh Majelis Hakim Pengadilan Tipikor 6 tahun pidana penjara dan denda Rp 300 juta. Namun, di tingkat banding masa hukumannya diperberat menjadi 10 tahun pidana penjara serta pidana tambahan berupa pencabutan hak politik selama lima tahun sesudah menjalani pidana pokok.

Reporter: Yunita Amalia

Sumber: Merdeka.com

Saksikan video pilihan di bawah ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Jadwal Liga 1 Pekan 18

Posted: 24 Jul 2018 09:15 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta- Putaran kedua Go-Jek Liga 1 bersama Bukalapak yang disiarkan Indosiar akan dimulai akhir pekan ini. Laga pertama di putaran kedua mempertemukan Mitra Kukar dengan Arema FC pada Jumat (27/7/2018).

Laga seru lainnya adalah Persija kontra Bhayangkara FC. Pertandingan yang rencanana digelar di Stadion Sultan Agung Bantul itu juga digelar Jumat nanti pukul 18.30 WIB. 

Adapun pemuncak klasemen sementara Liga 1, Barito Putera, akan mendapat ujian berat pada pekan 18 ini. Pasukan Jacksen F Tiago ini bakal kedatangan Madura United.

Laga tak kalah seru lain di pekan 18 ini mempertemukan PS Tira dengan Persib Bandung. Pertandingan ini baru akan digelar 30 Juli nanti juga di Stadion Sultan Agung.

Sementara runner-up klasemen Liga 1 PSM Makassar harus melakoni laga tandang pada pekan 18 ini. Mereka bakal mengunjungi markas PSIS Semarang.

 

 

Jumat-Sabtu

Ilustrasi sepak bola (Abdillah/Liputan6.com)

Jadwal Pekan 18 Liga 1:

Jumat 27 Juli 2018

15.30 WIB, Mitra Kukar vs Arema

18.30 WIB, Persija vs Bhayangkara FC

Sabtu 28 Juli 2018

18.30 WIB, Barito Putera vs Madura United

19.00 WIB, PSMS Medan vs Bali United

Minggu-Selasa

Ilustrasi

Minggu 29 Juli 2018

15.30 WIB, Sriwijaya FC vs Borneo FC

18.30 WIB, Persela vs Persipura

Senin 30 Juli 2018

18.30 WIB, PSIS vs PSM

18.30 WIB, PS Tira vs Persib

Selasa 31 Juli 2018

13.30 WIB, Perseru vs Persebaya

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

FOTO: Pemandangan Mengerikan Usai Kebakaran Hebat Tewaskan 74 Orang di Yunani

Posted: 24 Jul 2018 09:15 PM PDT

Helikopter pemadam kebakaran menjatuhkan air untuk memadamkan api saat kebakaran di Desa Kineta, dekat Athena, Rabu (24/7). Selain menewaskan puluhan orang, api juga melahap rumah, mobil, dan hutan. (AFP Photo/Valerie Gache)

Helikopter pemadam kebakaran menjatuhkan air untuk memadamkan api saat kebakaran di Desa Kineta, dekat Athena, Rabu (24/7). Selain menewaskan puluhan orang, api juga melahap rumah, mobil, dan hutan. (AFP Photo/Valerie Gache)

Asap mengpul ke udara saat kebakaran hutan hebat melanda Kota Mati, timur Athena, Senin (23/7). Otoritas regional telah mengumumkan keadaan darurat di bagian timur dan barat wilayah Athena. (AP Photo/Thanassis Stavrakis)

Asap mengpul ke udara saat kebakaran hutan hebat melanda Kota Mati, timur Athena, Senin (23/7). Otoritas regional telah mengumumkan keadaan darurat di bagian timur dan barat wilayah Athena. (AP Photo/Thanassis Stavrakis)

Pemandangan udara menunjukkan kerusakan yang disebabkan oleh kebakaran hebat di dekat Desa Mati, dekat Athena, Selasa (24/7). Selain menewaskan 74 orang, 170 lainnya terluka dalam kebakaran hutan tersebut. (Savas Karmaniolas/AFP)

Pemandangan udara menunjukkan kerusakan yang disebabkan oleh kebakaran hebat di dekat Desa Mati, dekat Athena, Selasa (24/7). Selain menewaskan 74 orang, 170 lainnya terluka dalam kebakaran hutan tersebut. (Savas Karmaniolas/AFP)

Mobil-mobil yang terbakar berdiri di luar blok apartemen di Desa Mati, timur Athena, Selasa (24/7). Tim penyelamat melaporkan menemukan lebih dari 20 jenazah berkerumun di dekat pantai. (AP Photo/Thanassis Stavrakis)

Mobil-mobil yang terbakar berdiri di luar blok apartemen di Desa Mati, timur Athena, Selasa (24/7). Tim penyelamat melaporkan menemukan lebih dari 20 jenazah berkerumun di dekat pantai. (AP Photo/Thanassis Stavrakis)

Mobil-mobil yang terbakar berserakan di sepanjang sisi jalan di Desa Mati, timur Athena, Selasa (24/7). Kebakaran hutan diperparan dengan embusan angin kencang. (AP Photo/Thanassis Stavrakis)

Mobil-mobil yang terbakar berserakan di sepanjang sisi jalan di Desa Mati, timur Athena, Selasa (24/7). Kebakaran hutan diperparan dengan embusan angin kencang. (AP Photo/Thanassis Stavrakis)

Sejumlah pohon dekat pantai terbakar usai kebakaran hebat melanda Desa Mati, timur Athena, Selasa (24/7). Polisi dan petugas penyelamat masih bertugas di lokasi kebakaran untuk mencari para korban. (AP Photo/Thanassis Stavrakis)

Sejumlah pohon dekat pantai terbakar usai kebakaran hebat melanda Desa Mati, timur Athena, Selasa (24/7). Polisi dan petugas penyelamat masih bertugas di lokasi kebakaran untuk mencari para korban. (AP Photo/Thanassis Stavrakis)

Seorang wanita berjalan melewati tiang telegraf yang hancur di dekat Desa Neos Voutzas, dekat Athena, Selasa (24/7). Yunani mencari bantuan internasional melalui Uni Eropa ketika kebakaran hebat melanda negaranya. (AP Photo/Yorgos Karahalis)

Seorang wanita berjalan melewati tiang telegraf yang hancur di dekat Desa Neos Voutzas, dekat Athena, Selasa (24/7). Yunani mencari bantuan internasional melalui Uni Eropa ketika kebakaran hebat melanda negaranya. (AP Photo/Yorgos Karahalis)

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Aset Keuangan Syariah Indonesia Masih Tertinggal dari Malaysia

Posted: 24 Jul 2018 09:15 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Badan Perencanaan Pembangunan Nasional (Bappenas) menilai perkembangan keuangan syariah di Indonesia masih tertinggal bila dibandingkan negara tetangga seperti Malaysia.

Padahal, jumlah penduduk muslim di Indonesia sendiri terbesar di mata dunia. Menteri PPN/Kepala Bappenas Bambang Brodjonegoro menuturkan, aset keuangan syariah bahkan sulit lewati lima persen.

"Jadi perhatian kita kenapa dengan jumlah penduduk muslim yang masih dianggap terbesar di dunia keuangan syariah seolah jalan di tempat. Ada satu periode sulit sekali aset keuangan syariah kita melewati 5 persen. Ini konsen berat menjadi pertanyaan kemudian konsen tersebut jatuh pada pelaku industri keuangan syariah sendiri," kata Bambang dalam High Level Discussion Indonesia : Pusat Ekonomi Islam Dunia, di Kantornya, Jakarta, Rabu (25/7/2018). 

"Sehingga tidak bisa melampaui, dibandingkan dengan aset perbankan islam di Malaysia yang sudah 20 persen. Secara presentasi jauh di bawah," lanjut Bambang.

Bambang mengatakan, keuangan syariah di Indonesia yang masih ketinggalan dari Malaysia disebabkan karena sektor keuangan syariah di Indonesia masih berjalan secara sendiri-sendiri. Padahal, seharusnya untuk meningkatkan keuangan syariah perlu juga diikuti dengan sektor riil.

"Kita berpikir bahwa sektor keuangan konvensional dan syariah tidak bisa berdiri sendiri. Sektor keuangan akan bergerak pesat kalau dibarengi dengan sektor riil. Salah satu penyebab yang belum diharapkan karena sektor riil yang reafiliasinya dengan sayariah belum berkembang baik di Indonesia," ujar Bambang.

Bambang berharap, melalui diskusi yang digelar di kantornya ini dapat berjalan baik. Sehingga mampu memberikan solusi-solusi ke depan untuk meningkatkan keuangan syariah di indonesia.

"Meskipun perserta background-nya keuangan pasti akan bersinggungan dengan sektor riil yang butuh pembiayaan. Karena itu harapannya diskusi ini bicarakan riil kita jadi one of the best or the biggest in the world. selain regulator, sektor keuangan, kami undang pelaku usaha juga. Harapan kita ada interaksi yang cair. Sehingga pertukaran ide berjalan lancar," kata dia.

 

Reporter: Wilfridus Setu Embu

Sumber: Merdeka.com

Industri Keuangan Syariah RI Disebut Lamban, Ini Buktinya

Petugas Bank tengah menghitung uang rupiah di Bank BRI Syariah, Jakarta, Selasa (28/2). Nilai tukar rupiah terhadap dolar Amerika Serikat (AS) melemah tipis pada perdagangan Selasa pekan ini. (Liputan6.com/Angga Yuniar)

Sebelumnya, industri keuangan syariah di Indonesia dinilai masih bergerak lambat. Kondisi tersebut bisa terlihat dari pangsa pasar perbankan syariah yang masih sangat kecil jika dibandingkan dengan total pangsa pasar perbankan nasional.

"Perkembangan keuangan syariah di Indonesia lambat. Market share perbankan syariah hanya 5,78 persen dari total perbankan nasional. Industri keuangan nonbank lebih parah lagi market share-nya sekitar 4 persen," ungkap Direktur Utama PT Pegadaian (Persero), Sunarso, di Universitas Indonesia, Depok, Jawa Barat, Selasa 15 Mei 2018.

Sementara total dana masyarakat yang berhasil dikumpulkan perbankan syariah baru sekitar Rp 341 triliun dibandingkan total dana masyarakat di industri perbankan nasional sebesar Rp 5.289 triliun.

"Total kredit yang disalurkan perbankan nasional Rp 4.782 triliun. Penyaluran kredit perbankan syariahRp 291,18 triliun," tutur Sunarso. 

Salah satu alasan lambannya pertumbuhan industri keuangan syariah karena masih belum padu dan terintegrasinya peraturan yang dikeluarkan.

"Ada apa dengan keuangan syariah di Indonesia. Tidak berkembangnya keuangan syariah di Indonesia menurut saya karena terlalu banyak yang mau atur syariah. Terlalu banyak stakeholder yang mau me-regulate masing-masing. Jadi harus jadikan satu. Keluar dari satu pintu," tutur Sunarso. 

 

Saksikan video pilihan di bawah ini:

 

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

3 Tips Fashion Kenakan Basic Tanktop Agar Terlihat Lebih Keren

Posted: 24 Jul 2018 09:15 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Mengenakan tanktop atau atasan tanpa lengan memang jadi salah satu fashion item andalan saat cuaca panas. Namun, agar basic fashion item ini tidak terlihat terlalu biasa saja, Anda perlu memadukannya dengan bawahan yang trendi.

Simak cara padu padan tanktop agar penampilan Anda terlihat lebih up to date dari beberapa akun fashion di instagram berikut ini.

1. Padukan dengan rok ruffle

Coba padukan tanktop dengan maxi skirt berdetail ruffle warna netral. Agar tak penampilan Anda makin atraktif, lengkapi dengan aksesori kalung, ikat pinggang dan sling bag. Gaya fashion yang satu ini cocok untuk Anda yang berjiwa feminin.

 

2. Padukan dengan jeans warna putih

Saatnya Anda tampil lebih kekinian saat memadukan tanktop dan celana jeans warna putih. Pilih celana yang berpotongan mom jeans atau baggy untuk menyeimbangkan tanktop yang berbahan stretch. Jangan lupa tambahkan ikat pinggang sebagai aksen.

 

3. Padukan dengan bawahan bermotif

Anda bisa memadukan basic tanktop dengan pilihan celana panjang bermotif etnik untuk tampilan bergaya boho. Tampilan yang berkesan santai namun tetap stylish ini sangat cocok saat dilengkapi dengan sepatu mules andalan.

Foto: instagram.com/@thestylestalkercom

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

5 Tempat Wisata Hits Sekitar Jakarta untuk Nikmati Gerhana Bulan Total

Posted: 24 Jul 2018 09:09 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Fenomena alam Gerhana Bulan Total (GBT) akan melintasi wilayah Indonesia akhir pekan ini, Sabtu 28 Juli 2018. Gerhana bulan kali ini menjadi sangat spesial lantaran memiliki durasi yang lama, yakni mencapai 103 menit. Menurut Badan Metereologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG), ini menjadi yang terlama dan baru akan terjadi lagi dalam kurun waktu ratusan tahun.

Gerhana Bulan Total sendiri bisa disaksikan denga mata telanjang, namun demikian ada beberapa tempat pengamatan yang membuka peneropongan umum dengan bantuan alat, salah satunya adalah Planetarium Jakarta. Peneropongan umum di Planetarium dibuka mulai Jumat 27 Juli pukul 23.00 dan berakhir Jumat 28 Juli 2018 pukul 06.00 pagi.

Bagi Anda yang ingin menyaksikan momen langka ini sambil berwisata, ada beberapa tempat menarik di sekitar Jakarta yang bisa menjadi pilihan. Catatan dari BMKG, meski fenomena alam ini bisa disaksikan tanpa bantuan alat, namun tempat pengamatan yang nyaman, aman, bebas polusi, dan jauh dari gemerlap lampu kota jadi tempat yang tepat untuk menyaksikan Gerhana Bulan Total ini dengan sempurna.

Berikut 5 tempat di sekitar Jakarta yang bisa menjadi pilihan untuk menyaksikan fenomena alam Gerhana Bulan Total, seperti yang disusun tim Liputan6.com, Rabu (25/7/2018).

Situgunung

Situgunung bisa menjadi pilihan lokasi pengamatan GBT yang seru lantaran tempat wisata ini dilengkapi area camping tanpa repot-repot membawa tenda. Selain jauh dari hiruk-pikuk, tempat ini masih sangat alami, berada di ketinggian, dan yang pasti jauh dari polusi. Setelah mengatami gerhana bulan, keesokan harinya Anda bisa berkunjung ke jembatan gantung terpanjang, berenang di curug sawer, atau sekadar mengagumi keindahan. Pastikan keluasan lokasi pengamatan Anda dan tidak tertutup apa pun. 

 

Untuk mencapai lokasi danau Situ Gunung, Anda perlu treking 1 km atau selama 45 menit. Foto: Ahmad Ibo

Geopark Ciletuh

Pemandangan Curug Awang yang berada di desa Taman Jaya, Ciletuh, Sukabumi, Jawa Barat  (24/6). Curug Awang ini merupkan ikon dari Geopark Ciletuh karena bentuknya mirip dengan air terjun Niagara. (Merdeka.com/Arie Basuki)

Sebagai kawasan wisata dan konservasi, Ciletuh menawarkan keindahan alam yang asri dan tentunya jauh dari polusi. Tempat wisata yang dikukuhkan menjadi Geopark Nasional pada 2015 dan masuk sebagai anggota Geopark Dunia UNESCO ini merupakan tempat yang tepat untuk menyaksikan gerhana bulan yang sempurna. Apalagi kawasan ini juga dilengkapi banyak destinasi wisata alam yang memukau, mulai dari wisata pantai, wisata gunung, hingga wisata air terjun. Pastikan Anda telah mendapatkan izin sebelum menjadikan tempat ini sebagai lokasi pengamatan.

 

Gunung Parang

Wisatawan menikmati pemandangan di tempat wisata Gunung Parang di Kabupaten Purwakarta, Jawa Barat, Minggu (17/12). Gunung ini telah menjadi terkenal di dunia panjat tebing Indonesia sejak tahun 1980. (Liputan6.com/Herman Zakharia)

Masih ingat dengan hotel gantung yang hits pada awal 2017? Ya, kawasan Gunung Parang yang berlokasi di Kecamatan Tegal Waru, Kabupaten Purwakarta, Jawa Barat ini menjadi magnet baru bagi wisatawan domestik maupun mancanegara untuk menikmati wisata gunung dengan cara yang berbeda. Formasi batuan andesit dengan ketinggian mencapai 930 meter di atas permukaan laut bisa menjadi lokasi pengamatan gerhana bulan yang seru. Apalagi kawasan ini juga punya fasilitas hotel gantung yang makin hits di kalangan traveler.

 

Gunung Batu Jonggol

Foto: Andi Jatmiko/ Liputan6.com.

Meski hanya bukit dengan ketinggian sekitar 875 meter di atas permukaan laut, Gunung Batu Jonggol bisa menjadi lokasi yang asyik dan unik untuk mengamati keindahan Gerhana Bulan Total.  Ada dua akses jalan untuk bisa sampai ke lokasi ini menggunakan kendaraan pribadi, yatu via Cielengsi-Bogor menuju Kampung Menger, dan via Cibinong-Citereup menuju Tajur dan masuk ke kawasan Sukamakmur. Yang perlu menjadi catatan, sejauh ini belum ada transportasi umum yang melewati kawasan wisata ini.

 

Lembang Bandung

Meneropong Bandung dari Gunung Batu Lembang. (Liputan6.com/Huyogo Simbolon)

Siapa yang tidak kenal dengan kawasan wisata hits yang satu ini? Lembang Bandung nama yang sudah tidak asing lagi bagi traveler milenial. Selain punya fasilitas outbound, di kawasan ini juga banyak ditemukan resort mewah yang bisa jadi tempat instagramable untuk mengamati fenomena alam Gerhana Bulan Total terlama. Perlu menjadi catatan, untuk menghindari macet di jalan akses masuk, ada baiknya datang lebih awal dari tanggal munculnya fenomena gerhana bulan.

 

Simak juga video menarik berikut ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

5 Tips Mudah Jago Parkir Mobil

Posted: 24 Jul 2018 09:08 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Parkir, istilah ini pasti tak asing khususnya bagi para pengendara sepeda motor maupun mobil ketika ingin meninggalkan kendaraannya untuk sementara waktu.

Khusus bagi pemilik mobil, tak sedikit pengemudi jika berurusan soal parkir maka yang dirasakan cukup menakutkan. Hal ini karena kurangnya kemampuan atau teknik cara parkir yang benar.

Seperti dilansir situs Oto.com, ada beberapa langkah yang sudah agar memudahkan Anda mempelajari teknik parkir, antara lain:

1.  Dimensi

Pengemudi harus menyadarai berapa panjang, lebar dan tinggi kendaraan. Hal ini bisa pada dasarnya dapat ditemui dari data spesifikasi maupun buku panduan yang diberikan ketika membeli mobil.

Pengetahuan akan ukuran atau dimensi kendaraan akan menjadi penting agar Anda bisa memiliki orientasi yang baik akan postur kendaraan.

Parkir akan menjadi pekerjaan yang sangat menyulitkan jika Anda baru pertama kali berada di balik kemudi karena masalah orientasi dimensi ini.

Sebelum memarkir kendaraan di tempat umum, tak ada salahnya Anda berlatih terlebih dahulu untuk parkir dengan berbagai kondisi lahan. Selain memahami dimensi, Anda juga perlu memahami bagaimana pintu kendaraan Anda membuka. Pasalnya ketika pintu membuka, maka ruang yang dibutuhkan kendaraan pun akan bertambah.

Berbagai jenis pintu juga memiliki keuntungan dan kesulitan tersendiri ketika parkir. Pintu biasa yang terdapat di kebanyakan mobil memakan ruang sangat besar untuk membuka ke samping, sehingga Anda perlu memperhitungkan lebar bukaan pintu dengan ruang yang nantinya Anda butuhkan. Pintu yang paling tidak memakan ruang parkir adalah jenis pintu geser. 

2. Fitur kendaraan

Saat ini pabrikan sudah membuat kendaraan dengan berbagai fitur yang memudahkan pengemudi untuk melakukan parkir.

Misalnya saja sensor parkir. Bermodal pancaran ultrasonik yang dibaca kembali, mobil menjadi memiliki pemandu yang bisa membantu Anda menentukan jarak kendaraan dengan objek di sekitarnya.

Sistem lain yang bisa Anda gunakan untuk membantu parkir adalah kamera parkir. Dengan hadirnya kamera, Anda bisa memantau sudut kendaraan yang tak terlihat dari kaca spion.

Fitur lebih canggihnya lagi bahkan mengeliminir kemampuan pengemudi dalam menggerakkan setir saat parkir. Fitur ini dimiliki banyak model Mercedes-Benz saat ini. Fitur bernama Active Parking Assist ini membantu pengemudi menemukan spot yang sesuai untuk parkir dan mengendalikan arah kemudi saat mobil bergerak masuk ke lahan parkir. Pengemudi pun hanya perlu mengatur gas, rem dan posisi transmisi saja.

Yang tercanggih dari segala fitur parkir adalah Remote Control Parking, dengan sistem ini, pengemudi bahkan tak perlu berada di balik kemudi untuk memasukkan mobil ke tempat parkir. Kendaraan akan bergerak masuk atau keluar dengan perintah di remote saja. Sistem akan mengatur secara otomatis pergerakkan setir, gas, transmisi, bahkan mematikan mesin hanya dengan sedikit perintah di remote.

Jika mobil Anda memiliki salah satu dari fitur ini, tak ada salahnya memanfaatkan fitur ini agar parki tak lagi menjadi momok mengerikan saat akan beraktifitas.

 

3. Indoor atau Outdoor

Umumnya lokasi parkir bisa berada di dalam ruangan atau di luar ruangan. Untuk lokasi parkir yang berada di luar ruangan, pastikan lokasi parkir yang akan Anda pilih memiliki petugas khusus yang bertugas menjaga di wilayah tersebut.

Sebab, meski memarkir kendaraan di tempat berbayar sekalipun, bukan berarti mobil Anda terjaga keamanannya. Penyedia lahan parkir hanya memberikan lahan, dan tidak menjamin keamanan kendaraan Anda.

Jika terpaksa parkir di pinggir jalan, jangan lupa perhatikan rambu yang berlaku. Ketika akan memarkir kendaraan di area luar, pastikan kendaraan tidak berada di bawah objek yang berpotensi jatuh atau menjatuhkan sesuatu, misalnya pohon yang berbuah.

Akan lebih ringan potensi resikonya jika Anda berada di lahan parkir di dalam ruangan. Kendaraan Anda tak akan tertetes getah pohon ataupun kotoran burung. Namun, perhatikan juga kondisi gedung tempat Anda parkir. Beberapa gedung di Jakarta sempat terendam banjir di area parkir lantaran tak memiliki drainase yang baik.

 

 

 

 

 

4. Membaca Ruang Parkir

Ketika memilih spot atau ruang parkir, gunakan dengan baik pemahamaan Anda. Pastikan ruang yang terdapat untuk parkir bisa menyimpan mobil dengan rapi. Artinya ada ruang untuk bagian buritan masuk, ada pula ruang di sisi kiri dan kanan mobil untuk membuka pintu dengan aman.

Gunakan marka yang ada di lokasi parkir untuk menentukan arah parkir. Jangan memarkir kendaraan menyalahi marka yang ada. Jika kendaraan di sekitar space tersebut terparkir dengan tidak rapi, jangan paksakan untuk masuk, karena hanya akan merepotkan Anda untuk keluar-masuk nantinya.

 

5. Parallel atau Perpendicular?

Ada dua jenis cara parkir yang umum digunakan, paralel atau perpendicular. Parkir perpendicular biasanya akan lebih nyaman dengan memasukkan bagian buritan dahulu ke lokasi parkir. Hal ini akan terasa sulit di awal, namun ketika akan keluar, justu akan memudahkan Anda. Pasalnya bagian muka akan berada menghadap keluar lahan parkir. Hal ini untuk mengantisipasi ada kendaraan yang parkir paralel di depan Anda.

Jika Anda terpaksa parkir di lahan paralel, maka gunakan cara seperti di gambar. Gunakan metode S, yakni maju terlebih dahulu hingga sejajar dengan kendaraan di depan, lalu belokkan roda dan mundur perlahan agar buritan mobil masuk.

Begitu wajah mobil di belakang Anda terlihat separuh di kaca spion tengah. Putar kemudi ke arah berlawanan sambil terus mundur. Saat sudah berada dalam posisi mundur maksimal, majukan kendaraan agar memiliki ruang yang cukup antara kendaraan depan dan belakang Anda.

Sumber: Oto.com

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Curhat Kalapas Sidoarjo: Jangankan Jual Beli Kamar, Tampung Ribuan Napi Sudah Alhamdulillah

Posted: 24 Jul 2018 09:02 PM PDT

Liputan6.com, Surabaya - Kalapas II A Sidoarjo, Jumadi, menyayangkan aksi jual beli kamar mewah bagi narapidana korupsi yang dilakukan Kalapas Sukamiskin. Bukan tidak mungkin, hal itu berimbas kepada seluruh petugas lapas yang ada di seluruh Indonesia.

"Terus terang kami sangat menyayangkan tindakan tersebut. Pak Menteri kemarin bilang tindakan ini merupakan tamparan keras bagi kami, karena imbasnya bisa dirasakan seluruh petugas lapas," tutur Jumadi, Selasa, 24 Juli 2018.

Ia mengungkapkan lapas tipe IIA yang dipimpinnya sejak akhir 2017 lalu terbilang kecil dibandingkan dengan Rutan Medaeng dan Lembaga Pemasyarakatan Klas I Surabaya di Porong Sidoarjo. Lembaga pemasyarakatan yang memiliki luasan 1,5 hektare idealnya dihuni 350 orang.

"Nyatanya, ada sekitar 1.005 narapidana di sini. Jelas, sangat overload. Makanya saya bilang tadi, jangankan mau jual beli kamar yang dibuat mewah seperti itu, di sini bisa menampung ribuan napi saja sudah alhamdulilah," ucapnya.

Di lapas tersebut, ada sekitar 43 kamar. Terdiri atas Blok A berjumlah 18 kamar, Blok B berjumlah 14 kamar, Blok W (wanita) berjumlah tiga kamar, dan sel A dan B berjumlah delapan kamar. Kamar-kamar tersebut dihuni oleh narapidana kasus pidana umum, pidana khusus, teroris, dan narkoba.

"Untuk napi kasus korupsi berjumlah 42 orang, teroris ada dua orang, narkoba sekitar 448 orang, dan sisanya merupakan napi kriminal umum," tuturnya.

Ia menyatakan tidak ada perbedaan perlakuan terhadap narapidana Lapas Sidoarjo, baik umum maupun khusus. Hanya saja, napi kasus terorisme diberi tempat tersendiri.

Pihaknya pernah menawarkan pada napi teroris agar bisa digabungkan dengan napi lainnya. Alasannya, napi teroris tersebut sudah menandatangani program deradikalisasi.

"Selama ini, kami sudah memakai SOP yang ada. Baik peralatan maupun kelengkapan kamar, kita sama ratakan. Tidak ada pembedaan antara napi umum dan narkoba. Alasannya, tidak ada kamar lain lagi, kecuali teroris kita taruh di sel sendiri-sendiri," tuturnya.

Namun, pihak lapas berinisiatif memberikan masing-masing kamar satu kipas angin. Hal itu untuk mengurangi kondisi kamar yang panas dan sesak, lantaran kapasitas tempat yang tidak memadai.

"Masing-masing kamar sebenarnya ukurannya sama. Ada kamar yang besar dan ada kamar yang kecil. Untuk kamar berukuran besar, yakni sekitar 8x5 meter persegi, dihuni kurang lebih 60-an napi. Sedangkan untuk kamar kecil, dihuni antara lima-enam napi," tuturnya.

Saksikan video pilihan berikut ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

AS Sebut Myanmar Salah Satu Negara Terburuk Perdagangan Manusia, Indonesia?

Posted: 24 Jul 2018 09:01 PM PDT

Liputan6.com, Washington DC - Kementerian Luar Negeri Amerika Serikat merilis hasil kajian tahunan yang membahas isu perdagangan manusia di dunia. Rilis itu mengkaji tentang negara yang diklaim oleh AS memiliki aktivitas perdagangan manusia terburuk di mancanegara.

Rilis tahunan itu bernama 'Trafficking in Persons Report (TIP) 2018, US State Department'. Sejumlah negara yang masuk dalam kategori kualitas terburuk menurut rilis tersebut meliputi China, Rusia, Suriah, Iran dan Myanmar. Demikian seperti dikutip dari CNN, Rabu (24/7/2018).

Kemlu AS mengklaim TIP sebagai 'laporan paling komprehensif mengenai upaya yang dilakukan pemerintah berbagai negara terkait isu anti-perdagangan manusia'.

Salah satu hasil kajian TIP adalah pengkategorisasian (tier) -- berdasarkan tingkatan tinggi-rendahnya -- berbagai negara berdasarkan upaya mereka untuk mengeliminasi fenomena perdagangan manusia.

Pengkategorisasian itu mengacu pada ketentuan yang diatur dalam 'Protocol to Prevent, Suppress and Punish Trafficking in Persons, especially Women and Children', yang merupakan suplemen untuk Convention Against Transnational Organised Crime PBB pada tahun 2000.

Di Tier 1 atau tingkatan pertama merupakan kategori negara yang memiliki upaya terbaik untuk menghapuskan perdagangan manusia. Sedangkan Tier 3 merupakan yang terburuk.

Menurut laporan itu, jika sejumlah negara di Tier 3 terus memaksimalkan upaya penghapusan perdagangan manusia, mereka layak untuk naik ke tingkatan yang lebih tinggi, yakni ke 'Tier 2 Watch List', Tier 2, hingga ke Tier 1.

Sebaliknya, jika sejumlah negara di Tier 1 mengendurkan upaya penghapusan perdagangan manusia --dan diikuti peningkatan kuantitas kasus kejahatan itu, maka status mereka akan turun ke level yang lebih rendah.

Sementara itu, ada sejumlah kategori khusus, yakni 'Tier 2 Watch List' dan 'Special Case'.

'Tier 2 Watch List' digunakan untuk memperingatkan negara yang telah berada di Tier 2 selama bertahun-tahun, namun tidak melakukan upaya yang cukup maksimal dalam rangka penghapusan perdagangan manusia.

Jika dalam waktu dua tahun sebuah negara masih menyandang status 'Tier 2 Watch List', maka yang bersangkutan akan diturunkan ke level Tier 3.

Menurut laporan TIP, negara-negara yang masuk dalam Tier 3 "tidak memenuhi ketentuan standar minimum maupun melakukan upaya yang signifikan untuk menghapuskan fenomena perdagangan manusia. Maka, negara itu yang semula berada di Tier 2, diturunkan menjadi Tier 3, tingkatan terendah."

Myanmar turun dari posisinya di 'Tier 2 Watch List' ke Tier 3 menyusul tragedi kemanusiaan etnis Rohingya di Negara Bagian Rakhine, yang pecah pada Agustus 2017 lalu.

Berdasarkan laporan TIP 2018, negara yang masuk dalam Tier 3 dituduh terlibat dalam aktivitas seputar perdagangan manusia dan perbudakan modern. Aktivitas itu meliputi, jual-beli manusia (anak, perempuan, dan laki-laki), tenaga kerja paksa, perdagangan dan eksploitasi manusia untuk kepentingan seksual, serta sistem kerja paksa yang disponsori pemerintah.

 

Simak video pilihan berikut:

Bahrain dan Jepang Naik ke Tier 1, Indonesia Stagnan

Ilustrasi perdagangan manusia (iStock)

Beberapa negara dipuji karena mengambil langkah-langkah untuk meningkatkan penanganan kasus perdagangan manusia pada tahun 2018, termasuk Jepang dan Bahrain, dua dari enam negara yang naik dari Tier 2 ke Tier 1 dalam TIP 2018.

Laporan itu memuji Bahrain karena berhasil membuat gugatan hukum pertama terhadap warga dan pejabat negaranya yang dituduh mempraktikkan program kerja paksa terhadap sejumlah orang.

Duta Besar Bahrain untuk Indonesia Mohamed Ghassan Shaikho menyambut positif hasil laporan itu, sekaligus mengapresiasi "berbagai instansi pemerintah, penegak hukum, dan lembaga swadaya yang berhasil menyumbang kontribusi positif untuk memberantas perdagangan manusia," ujarnya di Jakarta, 24 Juli 2018.

Namun demikian, TIP 2018 mengkritisi pemerintah Bahrain karena "Secara tidak proporsional berfokus hanya pada perdagangan manusia untuk seksual, bukan pada kerja paksa.

Kendati begitu, Dubes Shaikho berargumen bahwa pemerintah negaranya tengah melakukan sebaik mungkin untuk melawan berbagai dugaan kasus praktik kerja paksa yang terjadi di Bahrain.

Indonesia Stagnan

Di sisi lain, Indonesia masuk dalam kategori Tier 2 menurut TIP 2018. Posisi Tanah Air mengalami stagnasi sejak 2010.

"Pemerintah Indonesia belum memenuhi standar minimum upaya penghapusan trafficking. Namun, mereka melakukan langkah yang signifikan," jelas laporan yang ditulis oleh TIP 2018 tentang hasil kajiannya mengenai Indonesia.

"Mereka menunjukkan langkah nyata dibanding tahun sebelumnya, dengan mempidanakan sejumlah pelaku perdagangan manusia, pengembangan SDM sistem peradilan pidana yang menangani kasus tersebut, peningkatan kesadaran dan pemberdayaan komunitas, serta membentuk skema dan mekanisme prosedur identifikasi korban," tambah laporan tersebut.

Laporan itu juga mengapresiasi upaya Kepolisian RI dalam membentuk Rencana Aksi Nasional Penghapusan Perdagangan Manusia 2015 - 2019.

TIP 2018 juga secara khusus mengapresiasi perempuan Indonesia, Maizidah Salas atas aktivismenya dalam memberdayakan korban perdagangan manusia serta para pekerja migran guna mencegah mereka untuk terjerumus menjadi korban.

"Salas telah menjadi pendukung setia korban perdagangan manusia dan keluarga mereka; meningkatkan pentingnya perlindungan, pemenuhan hak dan menawarkan layanan yang dibutuhkan kepada para korban," tulis TIP 2018.

"Dia juga telah meningkatkan kesadaran di kalangan orang Indonesia tentang perdagangan manusia melalui banyak kampanye penjangkauan publik, termasuk melalui perannya merilis film anti-perdagangan," lanjut laporan tersebut.

Baca dan unduh selengkapnya laporan US TIP 2018 di tautan berikut ini https://www.state.gov/documents/organization/282798.pdf

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Asian Games 2018 Harus Bebas Kebakaran Hutan

Posted: 24 Jul 2018 09:00 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta- Gelaran Asian Games 2018 tersisa kurang dari sebulan. Pesta olahraga terbesar se-Asia itu akan berlangsung di Jakarta dan Palembang pada 18 Agustus hingga 2 September mendatang. Seluruh stakeholder bekerja sama menyukseskan multievent empat tahunan tersebut.

Selain infrastruktur, rangkaian pengamanan juga disiapkan melalui peran TNI dan Polri. Tak hanya gangguan terorisme, ancaman yang perlu diwaspadai adalah kebakaran hutan. 

Salim Fakhry, anggota Komisi IV DPR RI yang mengawasi masalah kehutanan dan lingkungan hidup, meminta pemerintah sigap mencegah kebakaran hutan. Salim Fakhry berharap ada langkah konkret agar kebakaran hutan tidak kembali melanda Indonesia saat Asian Games 2018, khususnya wilayah Pulau Sumatera serta Kalimantan.

"Pemerintah harus siap menempuh langkah konkret mencegah tidak ada lagi kebakaran hutan apalagi Asian Games tinggal menghitung hari. Kita harus jaga citra Indonesia siap sebagai tuan rumah Asian Games," ujar Salim Fakhry di Gedung DPR RI Jakarta, belum lama ini.

Sementara di tempat terpisah, Panglima TNI Marsekal TNI Hadi Tjahjanto, menjamin pelaksanaan Asian Games 2018 tidak akan diganggu ancaman terorisme atau kebakaran hutan. Panglima TNI menegaskan dirinya bersama Kapolri telah menyiapkan strategi sekaligus memantau langsung pencegahan kebakaran hutan.

"Saya konsentrasi dengan Kapolri menyiapkan strategi mitigasi untuk menghalau kebakaran hutan dan lahan. Mungkin sekitar tanggal 3 dan 4 Agustus saya bersama Kapolri ke Palembang untuk langkah ketat supaya Asian Games nanti tidak ada asap," tutur Panglima TNI.

Tiga Wilayah

Pekerja sedang merampungkan pengerjaan logo Asian Games 2018 di Bundaran HI, Jakarta, (17/8/2017), Asian Games mengambil tema Energy Of Asia dan akan dibuka oleh Presiden Republik Indonesia Joko Widodo. (Bola.com/Nicklas Hanoatubun)

Sebelumnya Panglima TNI juga menyebutkan pengamanan Asian Games 2018 akan fokus pada tiga wilayah, yaitu Jakarta, Sumatera Selatan, dan Jawa Barat. Ketiga wilayah itu diutamakan lantaran Jakarta dan Palembang menjadi kota tuan rumah yang terdapat venue laga Asian Games.

Adapun, Jawa Barat berperan sebagai kota pembantu yang turut memiliki venue Asian Games. Meski demikian, keamanan di wilayah lain tetap diperhatikan Panglima TNI bersama Kapolri demi suksesnya pelaksanaan Asian Games 2018.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Bahasa Tubuh Ratu Elizabeth II dengan Keempat Anaknya

Posted: 24 Jul 2018 09:00 PM PDT

Liputan6.com, Inggris Ahli perilaku, Susan Constantine, berhasil menganalisis bahasa tubuh Ratu Elizabeth II dengan keempat anaknya. Bahasa tubuh Ratu mencerminkan bagaimana hubungan dirinya dengan Pangeran Charles, Putri Anne, Pangeran Andrew, dan Pangeran Edward.

Menurut Susan, yang juga penulis The Complete Idiot's Guide to Reading Body Language, Ratu Elizabeth II dipersiapkan dan dilatih membentuk bahasa tubuh yang baik. Ratu juga punya hubungan yang unik dengan keempat anaknya.

"Bisa dikatakan betapa dia mengagumi anak-anaknya," ujar Susan, sebagaimana dilansir GoodHousekeeping, Rabu (25/7/2018).

Begini hubungan Ratu Elizabeth II dengan keempat anaknya buah cinta dengan Pangeran Philip:

Pangeran Charles

Ratu Elizabeth II sering terlihat bersama putra sulungnya, Pangeran Charles, dibanding anak-anaknya yang lain. Ini terjadi mungkin karena Pangeran Charles akan menduduki takhta Kerajaan Inggris berikutnya, menggantikan ibunya.

"Menarik untuk dicatat, hubungan mereka amat menyenangkan dan membahagiakan," kata Susan.

"Saat mereka bersama, keduanya sepenuhnya tenggelam dalam momen kebersamaan. Secara harfiah, sepertinya seakan tidak ada orang lain bersama mereka."

Bahkan ketika Pangeran Charles mencium tangan ibunya, sang Ratu pun menunjukkan pandangan mata langsung kepadanya.

Dalam beberapa acara, Ratu tampak menyentuh lengan Pangeran Charles. Itu sebagai bukti, kata Susan, bahwa mereka menampilkan keintiman.

Putri Anne

Hubungan Ratu dengan Putri Anne.

Sebagai putri satu-satunya Ratu Elizabeth II, menurut Susan, tampaknya Putri Anne lebih tangguh daripada anak-anak lelaki lainnya.

"Jika saya tidak tahu mereka adalah ibu dan anak, saya tidak akan berpikir mereka saling berhubungan. Jarak dan formalitas di antara mereka sangat jelas terlihat, tetapi itu mungkin karena protokol saja," Susan menjelaskan.

Pakar bahasa tubuh, Patti Wood, mengungkap, Ratu dan Putri Anne berinteraksi dengan cara yang penuh kasih sayang. Meskipun mereka berpegangan tangan dan berciuman, tubuh mereka masih tetap berjauhan.

"Pada dasarnya, mereka dekat, tetapi tidak sedekat yang kita bayangkan," ungkap Patti.

Pangeran Andrew

Pangeran Andrew mengagumi Ratu.

Kekaguman yang dimiliki Pangeran Andrew terhadap ibunya tidak tertandingi.

"Anda bisa melihatnya di matanya," kata Susan.

"Matanya selalu mengarah ke Ratu. Ini cara dia menghormati dan menghargainya."

Ketika Anda menyelami foto-foto Ratu dan Pangeran Andrew, ada rasa gugup yang ditampilkan oleh Pangeran Andrew. Keduanya kerap menggerakkan tubuhnya secara bersamaan.

Misal, saat mereka berjalan dengan kaki yang maju bersama-sama. Momen ini bukti Pangeran Andrew ingin dekat dengan ibunya. Namun, dalam beberapa acara, Pangeran Andrew tidak bisa lebih dekat dengan ibunya.

"Tangannya dikepal untuk menahan diri agar tidak lebih intim. Karena dia tidak bisa mengulurkan tangan ke Ratu. Pangeran Andrew secara fisik mengubah posisi tubuhnya menghadap ke arah ibunya. Ini menunjukkan, bagaimana dia memerhatikan ibunya," kata Patti menambahkan.

Pangeran Edward

Pangeran Edward sangat berharga bagi Ratu.

Cukup satu pandangan, Pangeran Edward adalah anak paling bungsu yang berharga bagi Ratu Elizabeth II. Ketika Ratu berada di dekatnya, ia tersenyum seakan berkata, "Ini, anakku!" kata Susan.

Dalam sebuah foto, Ratu tampak berdiri di tengah-tengah antara dua putra bungsunya (Pangeran Andrew dan Pangeran Edward).

"Ini pertanda baik, ada jarak yang sama antara mereka berdua (kedua anaknya)," jelas Susan.

Hubungan Ratu dengan anak-anaknya tidak seperti keluarga lainnya. Hubungan mereka tidak menunjukkan hubungan keluarga yang normal. Ini karena anak-anak harus tahu, ibu mereka mencintai mereka, tanpa mereka harus menerima sentuhan secara fisik.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

PGN Tambah Pasokan Gas ke Area Jawa Timur

Posted: 24 Jul 2018 09:00 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - PT Perusahaan Gas Negara (PGN) Tbk menambah pasokan listrik di daerah Pasuruan, Jawa Timur. Tambahan pasokan gas tersebut untuk memenuhi kebutuhan dari pabrik tali sepatu PT Rajawali Cakra Sakti dengan volume 10 ribu–15 ribu m3.

Sales Area Head PGN Pasuruan, Agus Mustofa Hadi, mengatakan, PGN menunjukkan komitmen kuat untuk memperluas penyaluran gas bumi di seluruh Jawa Timur, termasuk di wilayah Pasuruan.

PGN telah melakukan dan mengoptimalkan survei pemetaan potensi calon pelanggan di sekitar jaringan pipa gas existing. Selain itu, PGN juga melakukan pembiayaan investasi dengan skema swadaya (sharing investasi) dengan calon pelanggan yang tidak layak secara perhitungan investasi oleh PGN.

"Kami juga aktif berkomunikasi dengan pengelola kawasan industri dan instansi pemerintah. Ini merupakan komitmen PGN untuk terus memperluas penyaluran kepada masyarakat dan industri di seluruh Jawa Timur," kata Agus, di Jakarta, Rabu (25/7/2018).

PT Rajawali Cakra Sakti terkontrak menggunakan gas bumi PGN dengan volume awal sebesar 10 ribu hingga 15 ribu m3. Tahun depan, volume pemakaian tersebut dapat naik dua kali lipat dengan rencana pengembangan usaha, yaitu pencucian kain bahan baku pembuatan sepatu dan sandal.

Direktur Utama PT Rajawali Cakra Sakti, Randy Firmansyah, mengaku gembira dengan mulai tersalurkannya gas bumi ini. Itu karena dengan beralihnya penggunaan batu bara ke gas bumi telah memberikan nilai tambah bagi perusahaan.

Selain ramah lingkungan, ia mengaku juga diuntungkan dengan peningkatan volume produksi sebesar 15 persen. Saat ini, perusahaan tersebut secara bekelanjutan telah memproduksi tali sepatu sebesar 50 ton per bulan. Hasil produksi itu sebagian besar digunakan untuk memenuhi kebutuhan pabrik alas kaki merk Ando.

Selain itu, perusahaannya kini tidak memerlukan tempat lagi untuk penyimpanan seperti ketika ia menggunakan batu bara.

"Walaupun harga sama, secara value memberikan dampak kenaikan sebesar 15 persen. Apalagi bahan bakar ini sangat ramah lingkungan, berbeda dengan batu bara. Di samping itu, kami juga belum menemui kesulitan dalam penggunaannya, karena kami dibantu tim dari PGN. Gas ini kami gunakan untuk pewarnaan benang," papar Randy.

Penyaluran di Jawa Timur

Petugas mengecek instalasi pipa metering regulating station PT Perusahaan Gas Negara (Persero) Tbk (PGN) di PT Lion Metal Works di Jakarta, (28/10/2015). PGN berkomitmen memperluas pemanfaatan gas bumi di sektor Industri. (Liputan6.com/Angga Yuniar)

Sejauh ini, total pelanggan PGN seluruh wilayah Jawa Timur telah mencapai 53.956. Untuk area Surabaya, total jumlah pelanggan mencapai 42.699 pelanggan, yang terdiri dari 42.351 pelanggan Rumah Tangga (RT), 132 Pelanggan Kecil (PK), 216 pelanggan Komersial dan Industri (KI).

Area Sidoarjo total jumlah pelanggan telah mencapai 10.784 pelanggan dengan perincian 10.570 RT, 15 PK dan 199 KI. Sedangkan untuk Area Pasuruan telah mencapai 473 pelanggan dengan perincian 364 RT, 2 PK, 107 KI.

Sementara total penyaluran gas bumi PGN pada Maret 2018 di seluruh wilayah Jawa Timur telah tercatat mencapai 118.591.490 m3 atau sekitar 4.291.300 million metric british thermal unit (MMBTU).

Dengan perincian, untuk Area Surabaya mencapai 48.572.009 m3 atau sekitar 1.775.019 MMBTU, Area Sidoarjo mencapai 44.641.449 m3 atau sekitar 1.576.536 MMBTU dan Area Pasuruan sebesar 25.378.032 m3 atau sekitar 939.745 MMBTU.

Terkait pembangunan infrastruktur pipa gas bumi PGN, saat ini di Jawa Timur lebih banyak pembangunan pipa untuk Customer Attachment, yaitu pembangunan pipa terkait penambahan pelanggan.

Ukuran Pipa

Petugas mengecek instalasi pipa metering regulating station PT Perusahaan Gas Negara (Persero) Tbk di PT Lion Metal Works di Jakarta, (28/10/2015). Sektor Industri kini mulai mengkonversi dari bahan bakar minyak ke gas alam. (Liputan6.com/Angga Yuniar)

Di area Surabaya, pekerjaan pembangunan pipa Customer Attachment dilakukan di daerah Karang Pilang, di Gresik ada di Manyar dan di Sidoarjo ada di area Taman Pinang. Khusus di Sidoarjo, selain itu juga ada sedikit pengembangan pipa induk tekanan menengah berdiameter 180 mm untuk pelanggan komersial, yaitu sepanjang 1,7 km.

Pengembangan jaringan yang belum lama ini selesai yaitu di sepanjang jalur Daendels Pantura di Gresik sepanjang 9,2 km dengan ukuran pipa diameter 24 inci, telah selesai pada akhir 2017. Kemudian jalur Purwosari dari pertigaan Purwosari ke arah Lawang dengan ukuran pipa diameter 10 inch sepanjang 2,8 km.

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

KPK Akan Periksa Zumi Zola sebagai Tersangka Gratifikasi Proyek di Jambi

Posted: 24 Jul 2018 09:00 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Penyidik Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) akan memeriksa Gubernur nonaktif Jambi Zumi Zola. Orang nomor satu di Jambi itu akan dimintai keterangan berkaitan dengan penerimaan gratifikasi terkait proyek-proyek di Jambi.

"Yang bersangkutan, ZZ (Zumi Zola), diperiksa dalam kapasitasnya sebagai tersangka," ujar juru bicara KPK Febri Diansyah saat dikonfirmasi, Rabu (25/7/2018).

Selain Zumi Zola, KPK juga akan memeriksa pihak swasta bernama Asrul Pandapotan Sitohang. Asrul, yang disebut sebagai orang kepercayaan Zumi Zola itu, diperiksa sebagai saksi untuk mantan artis itu.

Dalam kasus penerimaan gratifikasi, Zumi ditetapkan sebagai tersangka bersama dengan mantan Plt Kadis PUPR Jambi Arfan. Penetapan tersangka terhadap keduanya merupakan pengembangan dari kasus suap ketuk palu RAPBD Provinsi Jambi 2018.

Dalam kasus suap ketuk palu ini KPK menetapkan Arfan, anggota DPRD Jambi Supriyono, Sekda Provinsi Jambi Erwan Malik, dan Asisten Daerah II Jambi Syaifuddin.

Keempat orang tersebut divonis bersalah di Pengadilan Tipikor Jambi. Arfan, Erwan, dan Syaifudin mengajukan banding atas vonis tersebut, sementara Supriyono telah menerima vonis yang dijatuhkan majelis hakim.

 

Kasus Suap Ketuk Palu

Seiring berjalannya penyidikan dan pengembangan, KPK kemudian menjerat Zumi Zola sebagai tersangka dalam kasus suap ketuk palu ini. Zumi diduga mengetahui dan menyetujui suap yang diberikan kepada anggota DPRD Jambi untuk menyetujui RAPBD Provinsi Jambi.

Zumi Zola juga meminta kepada pelaksana tugas (Plt) Kadis PUPR Arfan dan Asisten Daerah II Syaifuddin untuk mencari uang agar mendapat pengesahan Raperda APBD Jambi 2018.

Selain itu, orang nomor satu di Jambi itu juga memerintahkan untuk melakukan pengumpulan dana dari kepala Organisasi Perangkat Daerah (OPD) dan pinjaman pada pihak lain. Pengumpulan dana tersebut diketahui untuk menyuap anggota DPRD Jambi untuk mengetuk palu APBD P Jambi 2018.

Dari dana yang terkumpul, ARN (Arfan) melalui orang kepercayaannya telah memberikan kepada sejumlah anggota DPRD Jambi sekitar Rp 3,4 miliar.

Saksikan video pilihan di bawah ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Top 3: Wilayah di Indonesia yang Punya Gunung Emas

Posted: 24 Jul 2018 09:00 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Salah satu wilayah di Indonesia yang terkenal akan hasil tambang emasnya yakni Papua. Selain Papua, Indonesia juga punya sejumlah wilayah lainnya yang turut memiliki hasil tambang emas yang melimpah.

Dari sini terbukti bahwa Indonesia merupakan negara dengan sumber daya alam yang melimpah dan makmur. Sejumlah tempat lainnya yang memiliki gunung emas meliputi wilayah Bengkulu, Bogor hingga Bali.

Artikel tentang empat wilayah lain di Indonesia yang memiliki gunung emas selain Papua, menjadi yang paling terpopuler di kanal Citizen6, Liputan6.com.

Disusul dengan artikel kedua terpopuler yakni enam spanduk jasa khitan yang paling nyeleneh. Sedangkan artikel tentang kota hantu yang terjual Rp 19,4 M menempati posisi ketiga terpopuler.

Berikut Top 3 Citizen6:

1. Tak Hanya Papua, 4 Wilayah di Indonesia Ini Punya Gunung Emas

Ilustrasi tambang emas (iStock)

Indonesia sendiri memiliki banyak hasil tambang emas, malahan menjadi salah satu terbesar di dunia.

Selain wilayah Papua yang terkenal akan gunung emasnya, ternyata Indonesia masih menyimpan harta karun emas di berbagai wilayah. Berikut beberapa wilayah yang memiliki hasil tambang emas di Indonesia, dirangkum oleh Merdeka.com.

Selengkapnya..

2. 6 Spanduk Jasa Khitan Paling Nyeleneh, Lucunya Enggak Ketulungan

(Foto: Brilio.net)

Di Indonesia, khitan atau sunat memang menjadi kewajiban yang harus dilakukan pria muslim.Hal tersebut tentu membuat jasa khitan makin berkembang pesat dan mudah ditemui. Banyak inovasi fasilitas bagi pasien yang akan menjalani khitan dengan iming-iming hadiah dan mengurangi rasa sakit.

Tak hanya inovasi yang mengikuti zaman. Iklan berupa poster atau spanduk jasa khitan juga unik-unik kontennya. Ada kreasi gambar yang nyeleneh sekaligus tulisan yang bikin tersenyum simpul.

Selengkapnya..

3. Kota Hantu Laku Terjual Rp 19,4 M, Siapa Pembelinya?

Doc: CNN Travel

Kota Cerro Gerdo dikenal sebagai kota hantu dari abad ke-19 dan terletak di California. Nama tersebut diberikan bukan karena tempatnya yang menyeramkan, melainkan karena telah ditinggalkan penghuninya karena berbagai alasan.

Kota hantu ini terjual pada pria bernama Brent Underwood seharga US$ 1,4 juta. Menurut agen properti Jake Rasmuson, awalnya kota ini dijual dengan harga US$ 925 ribu. Namun, karena peminat yang membludak, kota hantu akhirnya terjual pada Brent.

Selengkapnya..

Saksikan Video Pilihan di Bawah ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Dianggap Melecehkan Lisa BLACKPINK, Young Lex Dapat Ancaman Pembunuhan

Posted: 24 Jul 2018 09:00 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Young Lex lagi-lagi menuai kontroversi. Rapper bernama asli Samuel Alexander harus berurusan dengan para penggemar K-Pop khususnya Lisa BLACKPINK.

Baru-baru ini Young Lex membuat sebuah video dirinya membahas album terbaru BLACKPINK, Square Up. Pelantun "Nyeselkan" ini membuka satu per satu bagian album.

Namun ketika melihat foto-foto Lisa BLACKPINK, keluar kata-kata tak senonoh dari mulut Young Lex. Gara-gara itu, Young Lex dianggap melecehkan wanita asal Thailand tersebut.

Rapper 26 tahun ini langsung diserang dengan komentar pedas para penggemar Lisa BLACKPINK atas perkataannya. Parahnya lagi, Senin (24/7/2018) kemarin, Young Lex diancam akan dibunuh oleh seorang Blink--sebutan penggemar BLACKPINK--.

 

Pistol Hitam

Young Lex mendapat ancaman pembunuhan setelah dianggap melecehkan Lisa BLACKPINK. [foto: instagram.com/young_lex18]

Young Lex dikirimi foto pistol hitam oleh seorang warganet dengan akun @Ikochsq. Bersama gambar pistol tersebut, si pemilik akun mengancam akan membunuh Young Lex.

"Aku akan membunuhmu dengan pistolku. Aku akan datang di acara pembukaan dan tidak ragu untuk membunuhmu," kata @Ikochsq seperti dalam screen capture yang diunggah Young Lex di Instagram Stories-nya.

 

Akun Palsu

Young Lex dan Lisa BLACKPINK [foto: instagram.com/young_lex18/lalalalisa_m]

Young Lex sendiri menanggapi ancaman itu dengan santai karena si pelaku menggunakan akun palsu. Saat Liputan6.com mencoba menelusuri, akun @Ikochsq itu sudah menghilang.

"Tolong gunakan akun aslimu @Ikochsq. Serem ya mainnya bunuh2an, ketauan ya jadinya level semana, se bahasa kampungan dan gangan gue, gue ga pernah sampe mau bunuh orang, uuuu serem2," kata Young Lex.

 

Bertemu Lisa BLACKPINK

Lisa `BLACKPINK` (One Hallyu)

Lisa BLACKPINK sendiri rencananya akan menggelar jumpa penggemar di Indonesia pada Agustus 2018 mendatang. Dan Young Lex kabarnya mendapat kesempatan untuk menonton sang idola dari jarak dekat dalam acara tersebut.

Sayangnya, setelah ucapan tak senonohnya tersebar luas, banyak penggemar yang meminta pihak acara untuk batal mengundang Young Lex.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

VIDEO: Muggsy Bogues, Legenda NBA dengan Tubuh Terpendek

Posted: 24 Jul 2018 09:00 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Muggsy Bogues masih tercatat sebagai pemain paling pendek yang pernah berkiprah di NBA. Tingginya hanya 160 cm. Namun aksinya di atas lapangan selalu mengundang decak kagum.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Ikuti Apple, Samsung Tak Lagi Usung Fingerprint Scanner?

Posted: 24 Jul 2018 09:00 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Samsung dikabarkan bakal menghilangkan fingerprint scanner alias pemindai sidik jari pada perangkatnya. Dikutip dari Softpedia, Rabu (25/7/2018), kemungkinan pemindai sidik jari bakal absen di Galaxy Tab S4. Perangkat ini merupakan tablet premium milik Samsung.

Alih-alih fingerprint scanner, Samsung kabarnya akan menggantungkan keamanan Galaxy Tab S4 pada iris scanner dan facial recognition

Tentunya hal ini akan mengingatkan pengguna pada iPhone X yang lebih dahulu meninggalkan fingerprint scanner.

SamMobile dalam laporannya menganalisis firmware Galaxy Tab S4 untuk mencari beberapa metode pembuka kunci yang digunakan Samsung pada perangkatnya.

Dengan melihat banyak hal, tidak disebutkan adanya sensor sidik jari. Sementara, iris scanner dan pemindai wajah masih tetap ada digunakan, seperti produk smartphone premium Samsung lainnya.

Sebelumnya, Apple menghilangkan pemindai sidik jari milik iPhone X. Keputusan ini pun mendapat tanggapan beragam dari kustomer dan kompetitor. Bahkan, vendor lain mencela keputusan Apple dalam iklannya.

Samsung sendiri sejauh ini kelihatannya belum tertarik untuk menghilangkan fingerprint scanner di perangkatnya.

Perusahaan menyebut masih akan mencari opsi lain untuk membuat fingerprint scanner tetap ada di perangkat. Misalnya saja mengaplikasikan fingerprint di layar.

Teknologi fingerprint di layar ini sebelumnya sudah diaplikasikan oleh vendor Tiongkok lainnya. Sayangnya bagi perusahaan sekelas Apple dan Samsung, penempatan sensor fingerprint di layar dianggap belum memenuhi standar.

Meski Apple berhenti berusaha menghadirkan fingerprint di layar, Samsung masih berupaya agar teknologi tersebut bisa diaplikasikan.

Bahkan, flagship smartphone Samsung selanjutnya, yakni Galaxy S10 diduga akan hadir dengan dukungan fingerprint di layar.

Galaxy S10 Hadir dengan Fingerprint di Layar

Galaxy S9 Plus varian terbaru Sunrise Gold (Liputan6.com/ Agustin Setyo W)

Meski jauh dari waktu peluncurannya, Samsung Galaxy S10 sudah lebih dulu mencuri perhatian media karena beredarnya kabar hadirnya tiga lensa kamera di punggungnya.

Kabarnya, smartphone ini juga hadir tanpa pemindai mata (Iris Scanner). Mereka memutuskan memakai pemindai wajah (facial recognition) dan pemindai sidik jari di layar (in-display finger scanner).

Pemindahan pemindai sidik jari ke dalam layar menandakan hal baru bagi Samsung, karena selama ini pemindai sidik jari di smartphone mereka tersemat di bagian belakang.

Sementara, pemindai wajah di Galaxy S10 mengingatkan pada iPhone X yang memiliki 3D Facial Recognition.

Sebagai informasi, 3D Facial Recognition adalah pemindai wajah paling mutakhir karena dapat mengecek bentuk geometris wajah dengan akurat.

(Tin/Jek)

Saksikan Video Pilihan Berikut Ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Tidak ada komentar: