Kamis, 26 Juli 2018

Liputan6 : RSS2 Feed

Liputan6 : RSS2 Feed


Penyandang Disabilitas Kini Bisa Saksikan Asian Games 2018 di GBK

Posted: 26 Jul 2018 10:30 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Proyek renovasi dan pembangunan venue serta penataan Gelora Bung Karno (GBK) telah diselesaikan Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR). Ini dilakukan dalam rangka mendukung penyelenggaraan Asian Games 2018.

Rencananya ajang olah raga terbesar di Asia ini akan dimulai pada 18 Agustus 2018. Kompleks GBK juga akan digunakan pada event olahraga Asian Paragames pada Oktober 2018.

Ditjen Cipta Karya memastikan jika renovasi dan pembangunan venue ini telah memenuhi standar internasional pada setiap cabang olahraga. Selain itu, konstruksi juga turut mengakomodir kebutuhan penyandang disabilitas sesuai dengan Peraturan Menteri PUPR Nomor 14 Tahun 2017 tentang Persyaratan Kemudahan Bangunan.

Mengutip laporan Kementerian PUPR, Jumat (27/7/2018), berikut detail fasilitas bagi penyandang disabilitas yang tersedia di Kompleks GBK untuk ajang Asian Games 2018.

1. Stadion Utama Gelora Bung Karno

Terdapat akses berupa ramp yang bisa dilalui kursi roda dengan lebar dan tingkat kemiringan sudah sesuai pedoman teknis. Terdapat 264 kursi di tribun penonton bagi penyandang disabilitas dan pendamping. Fasilitas lainnya adalah 6 toilet khusus disabilitas dilengkapi tanda dan penunjuk arah.

2.Training Facility

Fasilitas bagi penyandang disabilitas yakni parkir bagi pengunjung dan atlet, lokasi drop-off yang terkoneksi dengan ramp, toilet, lift dan tempat penonton. Selain itu dibangun jalur pemandu (guiding block) pada trotoar di depan bangunan.

3. Stadion Renang (Aquatic)

Terdapat 2 pintu akses bagi penyandang disabilitas disisi Timur dan Barat dan jalur ramp mulai dari loket tiket hingga tribun. Kursi penonton penyandang disabilitas sebanyak 100 buah.

4. Lapangan Hoki, Lapangan Panahan, dan Sepakbola ABC

Tersedia ramp sebagai akses masuk hingga ke tribun serta adanya toilet disabilitas.

5. Istana Olahraga (Istora)

Tersedia fasilitas akses ramp di sisi utara dan selatan stadion, ramp pada setiap ruangan yang berbeda elevasi, toilet disabilitas di lantai 1 dan lantai 2.

Sedangkan untuk atlet penyandang disabilitas, fasilitas tidak berbeda dengan penonton, dimana akses menuju arena pertandingan juga relatif mudah, karena tersedia ramp. Pada ruang ganti atlet desain juga sudah disesuaikan dengan kebutuhan disabilitas, diantaranya lebar daun pintu dan toilet khusus. 6. Stadion Tenis Indoor

Untuk akses penonton penyandang disabilitas, sudah disediakan melalui jalur pintu barat, dimana sudah ada penambahan ramp kecil yang menghubungan toilet disabilitas dan area bagi penonton penyandang disabilitas yang terletak di lantai dasar.

Akses ke tribun melalui koridor sisi barat gedung dan tambahan ramp portable karena adanya beda elevasi lantai koridor dengan area pertandingan. Kapasitas untuk kursi roda sebanyak 25 kursi di sisi barat stadion.

 

Fasilitas Lain

Fasilitas untuk Penyandang Disabilitas di Gelora Bung Karno. Dok: Kementerian PUPR

7. Stadion Tenis Outdoor

Tersedia akses bagi penyandang disabilitas menuju kursi penonton. Kursi penonton disabilitas di lantai dasar berkapasitas 36 kursi roda, di lantai atas terdapat tribun VIP berkapasitas 5 kursi roda dan akses VIP ke lantai atas menggunakan Lift di sisi utara.

8. Gedung Basket

Tersedia akses bagi pengunjung penyandang disabilitas yang bisa diakses melalui pintu utara dan barat. Kursi penonton berada di sisi area pertandingan yang dapat diakses dengan mudah oleh penyandang disabilitas.

9. Stadion Madya

Penyandang disabilitas yang ingin menonton, dapat mengakses tribun secara langsung atau melalui ramp pada bagian depan bangunan. Pada lantai dasar tribun barat dan timur, bagi penonton penyandang disabilitas telah disediakan area untuk menonton pertandingan. 10. Lapangan Softball

Akses pengunjung penyandang disabilitas adalah melalui pintu barat.

11. Lapangan Baseball

Penonton penyandang disabilitas dapat mengakses tribun secara langsung atau melalui Ramp pada bagian depan bangunan. Tersedia tribun penonton penyandang disabilitas di lantai 2 yang dilengkapi akses ramp.

12. Penataan Kawasan GBK

Tersedia jalur pemandu (guiding block) pada sepanjang koridor dan trotoar di kawasan GBK. Kawasan GBK juga dilengkapi toilet bagi penyandang disabilitas.

13. Lapangan Squash

Tersedia akses masuk bagi penyandang disabilitas di bagian pintu utama yang dapat diakses bersamaan dengan pintu masuk penonton umum. Tersedia ruang bagi penonton penyandang disabilitas yang menggunakan kursi roda berkapasitas 20 orang.

(Maulandy Rizky Bayu Kencana)

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Arak-arakan Lima Tifa Raksasa Masyarakat Marin Merauke

Posted: 26 Jul 2018 10:30 PM PDT

Merauke - Berbagai cara tengah dilakukan masyarakat adat Merauke untuk mengangkat kembali nilai-nilai leluhurnya. Salah satunya suku asli Marin yang menggelar festival kandara atau tifa, yaitu alat musik pukul tradisional khas dari Papua.

Festival Tifa Merauke ini melibatkan suku asli Marin dari empat penjuru mata angin, yakni empat wilayah adat seperti Suku Marin Kanume, Kima-kima, Makleo, Dahukhe, Rausi, Yei, dan Rahuk. Mereka berjalan kaki dari Bundaran Brawijaya ke Taman Mandala, Merauke dengan memikul lima buah kandara raksasa, Selasa, 24 Juli 2018, sore.

Ketua Panitia Penyelenggara Festival Tifa Merauke, Isaiyas Ndiken menjelaskan, festival ini digelar untuk pengenalan nilai-nilai budaya dan pengelolaan aset daerah dengan harapan festival ini terdaftar sebagai budaya nusantara.

Selain itu, kata Isaiyas, kegiatan Festifal Tifa Merauke ini juga sebagai salah satu cara uji publik untuk rencana pengembangan pariwisata daerah.

"Karena masih bertaraf uji publik, makanya kami undang sejumlah pakar budaya yang tergabung dalam ivent organaiser Jogja. Sehingga mereka yang menilai apakah layak atau tidaknya, iven budaya ini digelar di Merauke," ungkapnya.

Festival Tifa Merauke dengan tema "Lima Raja Tifa" itu melambangkan perwakilan dari lima wilayah zona geografis dan masing-masing zona mempunyai ciri khas yang berbeda. Penentuan lima zona wilayah adat berdasarkan letak geografis itu melalui penelitian selama 30 tahun.

"Di Merauke ini ada ada beberapa sub-suku yang hidup di sejumlah wilayah adat berdasarkan zona geografis. Pendekatan geografis inilah yang melahirkan berbagai ciri khas dari berbagai atribut adat. Misalkan zona rawa, zona pesisir, zona tanah tinggi, dan zona lapang (safana). Mereka mempunyai ciri khas masing-masing," jelas Isaiyas.

 

Baca berita menarik lainnya dari KabarPapua.co di sini.

 

Simak video pilihan berikut ini:

Gubernur Maluku Utara Abdul Gani Kasuba memukul alat musik Papua, yaitu Tifa, pada peluncuran turnamen mancing Internasional terbesar di Indonesia bertajuk 'Widi International Fishing Tournament' (WIFT) di Jakarta, (4/6). (Liputan6.com/Helmi Afandi)

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Begini Penanganan Ibu Hamil yang Positif Hepatitis B

Posted: 26 Jul 2018 10:30 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Salah satu cara penularan hepatitis B, yakni dari ibu ke anak. Ibu hamil yang positif hepatitis B bisa menularkan virus kepada bayinya yang berada dalam kandungan.

Ketika ibu hamil yang positif hepatitis B namun tidak terdeteksi, maka bayi yang akan lahir berisiko tinggi terkena penyakit menular tersebut. Virus hepatitis B yang menyerang hati menyebabkan kerusakan hati kronis. Bila tak segera ditangani, sirosis hati bisa berujung kanker hati.

Untuk menghindari itu, ibu hamil dianjurkan untuk melakukan cek darah. Jika ditemukan virus hepatitis B pada ibu, ada penanganan yang dilakukan untuk ibu hamil dan bayi.

Dalam acara "Peranan Uji Diagnostik dalam Memerangi Hepatitis," Ketua PB Perhimpunan Peneliti Hati Indonesia, Irsan Hasan menjelaskan hal tersebut. "Di dalam kandungan, jika ibu kena hepatitis B, maka bayi tidak diapa-apain (tidak diintervensi). Bayi baru diintervensi setelah lahir," jelas Irsan saat ditemui di Plaza Kuningan, Jakarta, ditulis Jumat (27/7/2018).

Setelah lahir, bayi dari ibu yang positif hepatitis B akan divaksin. Vaksin pun harus segera dilakukan setelah lahir dan tidak boleh menunggu lama, apalagi hingga berhari-hari.

"Ada beberapa ibu, yang memang keberatan kalau anaknya divaksin setelah lahir. Maunya ya seminggu kemudian, tapi kalau begitu virus hepatitis B sudah telanjur masuk ke hati bayi," Irsan melanjutkan.

 

 

Simak video menarik berikut ini:

Minum obat jelang kelahiran

Hepatitis B juga bisa ditularkan dari ibu ke anaknya. (Liputan6.com/Fitri Haryanti Harsono)

Irsan, yang juga dokter spesialis penyakit dalam gastroenterologi RS Cipto Mangunkusumo Jakarta menambahkan, ada intervensi yang diberikan pada ibu hamil yang positif hepatitis B.

"Walau ibu sudah divaksin dan dikasih immunoglobulin (antibodi), bayi bisa terkena hepatitis B juga (5 persen). Intervensi pada ibu, yaitu ibunya minum obat selama tiga bulan jelang melahirkan," ujar Irsan.

Intervensi yang dilakukan pada ibu hamil tersebut merupakan kebijakan baru dari Perhimpunan Peneliti Hati Indonesia untuk menangani kasus hepatitis pada ibu hamil, tapi belum jadi kebijakan pemerintah.

"Kita mengharapkan, kalau vaksin dan immunoglobulin sudah bagus, maka ke depannya, ini (pemberian obat pada ibu hamil selama tiga bulan jelang melahirkan) yang harus dikerjakan," Irsan melanjutkan.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Mission Impossible Fallout Sukses, Henry Cavill Ingin Jadi James Bond

Posted: 26 Jul 2018 10:30 PM PDT

Liputan6.com, Los Angeles - Penampilan Henry Cavill di Mission: Impossible - Fallout berhasil menarik hati para pecinta film laga. Pasalnya, akting Henry sebagai August Walker bisa dibilang lebih berbahaya ketimbang saat ia menjadi Superman.

Merasa tak cukup hanya beradu akting dengan Tom Cruise, Henry Cavill berharap setelah Mission: Impossible - Fallout ia bisa tampil dalam film terbaru James Bond yang akan datang, seperti disampaikan Cbr.com, Jumat (27/7/2018).

Tak sekadar tampil dalam film James Bond, Henry Cavill juga mengungkapkan ketertarikannya untuk berperan sebagai agen rahasia bernomor sandi 007 tersebut.

"Saya ingin sekali melakukannya, tentu saja. Saya pikir Bond akan menjadi peran yang sangat menyenangkan. Dia Inggris, itu keren. Saya pikir bahwa sekarang saya memiliki lencana Mission: Impossible, kami dapat melakukan adegan berbahaya sungguhan dan benar-benar meningkatkannya juga," kata Henry Cavill.

Menyenangkan

Henry Cavill di film Mission: Impossible Fallout. (Paramount)

"Bukan bermaksud mengatakan mereka tidak melakukan aksi sungguhan. Saya hanya mengatakan bakal menyenangkan bagi saya untuk benar-benar menerima apa yang telah saya pelajari tentang ini dan membawanya ke sebuah film seperti Bond," ia melanjutkan.

Orang Inggris

Henry Cavill (AFP/Bintang.com)

Tak sampai situ, Henry Cavill turut berandai-andai jika dirinya ditawari tampil di film James Bond, "Saya ingin bermain sebagai orang Inggris. Saya jarang menjadi orang Inggris. Jadi ya, saya akan menyukai peluang dan jika mereka meminta saya akan mengatakan ya."

James Bond sendiri merupakan karakter yang menjadi waralaba film berjenis mata-mata dan laga. Waralabanya sudah berjalan 50 tahun dengan enam aktor yang memerankannya termasuk yang terakhir, Daniel Craig.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

VIDEO: Bayi Baru Lahir Ditemukan Terbakar di Tong Sampah

Posted: 26 Jul 2018 10:30 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Warga Batam dikagetkan dengan penemuan bayi baru lahir di tempat sampah dalam keadaan terbakar.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

DANA dan Tix.id Umumkan Pemenang Kompetisi TIXCOPTER

Posted: 26 Jul 2018 10:30 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Kompetisi bertajuk TIXCOPTER yang digelar layanan dompet digital DANA dan aplikasi Tix.id telah selesai. Ada 12 orang terpilih yang berhasil mendapatkan kesempatan untuk menonton film Misson Impossible dengan dijemput helikopter.

Para pemenang juga ditemani selebritas idola, seperti Raditya Dika, Awkarin, Kemal Palevi, dan Ria Ricis. Selama kompetisi digelar mulai 16 hingga 23 Julis, ada lebih dari 1.600 orang yang berpartipasi dengan mengunggah foto kreatif di akun media sosialnya.

"Kompetisi #TIXCOPTER merupakan awal dari kejutan mengesankan lain yang akan kami hadirkan secara konsisten di masa-masa mendatang melalui layanan TIX ID berkolaborasi dengan dompet digital DANA sebagai infrastruktur pembayarannya," tutur Director Tix.id Sean Kim dalam keterangan resmi, Jumat (27/7/2018).

Sean menuturkan, ke depannya Tix.id tidak hanya sekadar menjadi layanan untuk pembelian tiket film. Menurutnya, pengguna juga dapat mengakses informasi seputar film yang sedang tayang, agenda konser musik, termasuk beragam pertunjukkan lain.

Tix.id sendiri, menurut Sean, berupaya memperkenalkan gaya hidup masa depan yang dapat dinikmati lewat konsep one stop entertainment platform. Layanan ini juga didukung dengan platform pembayaran dari dompet digital DANA.

Marketing Director DANA Timothius Martin mengatakan, DANA hadir sekaligus memberikan edukasi mengenai gaya hidup masa depan yang dinamis dan revolusioner, termasuk dalam hal pembayaran. Karenanya, DANA sangat antusias menggelar program bersama Tix.id untuk menawarkan gaya hidup futuristik.

"Ke depan, DANA akan terus berkolaborasi dengan Tix.id untuk menghadirkan program-program kejutan seru. Pengguna dapat memantau informasinya di akun media sosial DANA dan Tix.id," tuturnya.

Beli Tiket Bioskop Lewat Tix.id Makin Untung dengan DANA

Seorang wanita menunjukkan layanan DANA di Jakarta, Rabu(21/3). DANA, Dompet Digital Indonesia merupakan sebuah layanan dari perusahaan rintisan (start up) di bidang teknologi finansial. (Liputan6.com/Angga Yuniar)

Sebelumnya, Tix.id bersama DANA juga memiliki program serupa yang digelar pada Juni 2018. Marketing Director DANA Timothius Martin saat bertemu dengan tim Tekno Liputan6.com menuturkan program yang digelar menawarkan gratis tiket dan cashback bagi pengguna. 

"Di bulan ini, kami memiliki promo di Tix.id, yakni promo buy one get one untuk hari Senin dan cashback Rp 20 ribu setiap pembelian tiket saat akhir pekan (Jumat, Sabtu, dan Minggu)," tuturnya.

Platform Tix.id sendiri saat ini hanya melayani pembelian tiket untuk jaringan bioskop dari Cineplex 21 Group (XXI). Promo cashback ini berlaku untuk semua jenis kelas bioskop, seperti reguler, 2D/3D, IMAX, dan The Premiere.

Bagi kamu yang tertarik, harus memasang aplikasi Tix.id terlebih dulu di smartphone. Setelah itu, pilih film yang ingin ditonton termasuk waktu tayang dan lokasi bioskop. 

"Lalu, kamu dapat membayarnya dengan DANA. Jika belum punya, kamu dapat langsung mendaftar di Tix.id dan tinggal mengisi saldonya dengan metode transfer," tutur Timothius menjelaskan. 

DANA Optimistis Jadi Salah Satu Dompet Digital Terbesar di Indonesia

CEO Dana, Vincent Iswara memberi penjelasan tentang DANA di Jakarta, Rabu(21/3). Layanan ini membuat masyarakat Indonesia berdaya saing dengan kemampuan transaksi nontunai yang transparan, aman, dan efisien. (Liputan6.com/Angga Yuniar)

Saat pertama kali meluncur pada Februari tahun ini, DANA pun optimistis akan menduduki posisi tiga besar dompet digital di Tanah Air dan menumbuhkan transaksi nontunai.

"Kami ingin berada di posisi tiga besar dompet digital di Indonesia. Untuk mencapai target ini, kami memiliki berbagai persiapan mulai dari teknologi-teknologi baru hingga memperbanyak merchant mitra," tutur Vincent.

Ia menjelaskan, DANA memiliki peluang besar untuk tumbuh, kendati harus menghadapi persaingan dari para kompetitornya. Terlebih, pemerintah juga mendorong Gerakan Nasional Non Tunai (GNNT), sehingga ada peluang besar untuk mendorong lebih banyak masyarakat menggunakan nontunai sebagai alat transaksi.

Dari internal DANA sendiri, dompet digital ini akan memiliki serangkaian teknologi baru yang sedang disiapkan.

Beberapa teknologi tersebut adalah QR code, serta pengenalan wajah dan gambar. Serangkaian teknologi baru itu disiapkan oleh tim DANA, yang sebagian besar terdiri dari bagian teknis.

(Dam/Isk)

Saksikan Video Pilihan Berikut Ini: 

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

OJK Catat Baru 63 Fintech P2P Lending Kantongi Izin

Posted: 26 Jul 2018 10:28 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Otoritas Jasa Keuangan (OJK) menyatakan saat ini baru terdapat 63 perusahaan financial technology (Fintech) peer to peer lending (P2P) yang sudah mendaftar dan mengantongi izin.

Ketua Satgas Waspada Investasi, Tongam L. Tobing menyatakan, per hari ini, pihaknya mencatat ada 227 fintech peer to peer lending yang tidak memiliki izin.

"Satgas Waspada Investasi menemukan 227 entitas yang tidak memiliki izin, sehingga berpotensi merugikan masyarakat," ujar dia di Kantor OJK, Jakarta, Jumat (27/7/2018).

Padahal, menurut dia, berdasarkan Peraturan OJK No 77/POJK.01/2016, semua penyelenggara peer to peer lending wajib mendaftarkan diri dan mendapatkan izin dari OJK.

Oleh karena itu, dia meminta masyarakat untuk lebih waspada dan teliti sebelum memanfaatkan produk yang ditawarkan fintech peer to peer lending, karena tidak berada di bawah pengawasan OJK.

"Kami pun akan rutin menyampaikan informasi terkait perusahaan peer to peer lending yang tidak berizin. Selain itu peran serta masyarakat sangat diperlukan terutama untuk tidak menjadi peserta kegiatan entitas tak berizin tersebut," ujar dia.

Peer to peer landing atau disebut P2P merupakan salah satu jenis fintech. PSP ini mempertemukan antara pemberi pinjaman dengan para pencari pinjaman dalam satu flatform. Investor atau pemberi pinjaman akan mendapatkan bunga dari dana yang dipinjamkan.

 

Reporter: Wilfridus Setu Embu

Sumber: Merdeka.com

 

Jangan Tergiur Penawaran Kredit Online, Lihat Kredibilitasnya di OJK

Tulisan OJK terpampang di Kantor Otoritas Jasa Keuangan (OJK), Jakarta,(4/11/2015). Pengawas Pasar Modal OJK mengatakan pembahasan enam langkah sudah final karena tidak ada lagi perdebatan dari segi substansi. (Liputan6.com/Angga Yuniar)

Sebelumnya, pesatnya perkembangan teknologi saat ini membuat masyarakat semakin mudah dalam hal memilih produk. Salah satunya memilih produk di bidang finansial teknologi. Namun, tanpa diikuti dengan pengawasan yang ketat, masyarakat seringkali justru mendapatkan informasi yang tidak utuh, bahkan bisa menjadi korban penipuan konsumen.

Yayasan Lembaga Konsumen Indonesia (YLKI) misalnya, sejak Januari 2018 telah mencatatkan 50 lebih pengaduan terhadap kredit online. Pengaduan ini mulai dari cara penagihan, sistem perhitungan bunga, dan denda yang dipandang kurang jelas.

"Berdasarkan pengamatan YLKI melalui Otoritas Jasa Keuangan (OJK) banyak pelaku usaha di bidang kredit online yang diadukan konsumen pada YLKI adalah mereka yang tak terdaftar di OJK, Hal ini berdampak buruk bagi konsumen karena transaksi terhitung ilegal," tutur Ketua Pengurus Harian YLKI Tulus Abadi dalam keterangan resmi, Senin 9 Juli 2018.

"Pemberi pinjaman online yang tak terdaftar di OJK tidak akan dinaungi oleh OJK serta aturan terkait pinjam meminjam secara online tersebut," kata dia.

Sementara itu, jika pemberi pinjaman yang sudah terdaftar di OJK dan tetap melanggar atau merugikan konsumen, YLKI mendesak OJK agar secara tegas untuk menolak hingga membatalkan proses perizinannya.

Oleh karena itu, YLKI menilai bahwa bisnis yang dijalankan oleh Perusahaan Kredit Online sangatlah berisiko, dengan hanya sistem validasi online ditambah konsultasi dengan pihak ahli tanpa melihat kondisi pada Sistem Informasi Debitur pada Bank Indonesia.

Atas masalah ini YLKI meminta OJK, Kominfo maupun Bareskrim Mabes POLRI untuk segera mengantisipasi hal ini agar tidak banyak konsumen yang menjadi korban.

"OJK seharusnya melakukan edukasi kepada konsumen terkait prinsip kehati-hatian pada data pribadinya," ucap dia.

 

Saksikan video pilihan di bawah ini:

 

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Adiknya Ditangkap KPK, Begini Curahan Hati Zulkifli Hazan

Posted: 26 Jul 2018 10:20 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Ketua Umum PAN Zulkifli Hasan mengkonfirmasi soal adiknya yang merupakan Bupati Lampung Selatan Zainudin Hasan, dimana telah ditangkap oleh Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK).

Atas peristiwa ini, Zulkifli pun merasa sedih lantaran adiknya terjerat kasus korupsi.

"Sebagai kakak tertua, wakil orang tua, kami sangat prihatin dan sedih atas musibah yang terjadi. Kami sejak kecil dididik untuk selalu bekerja keras dan berbuat jujur. Peristiwa ini menjadi ujian bagi keluarga kami," ucap Zulkifli dalam keterangannya, Jumat (27/7/2018).

Dia mengatakan, akan mengikuti proses hukum dan meminta Zainudin untuk kooperatif.

"Sebagai Ketua Umum PAN, saya selalu mengingatkan kader-kader dimanapun berada untuk menjauhi perilaku korupsi," jelas Zulkifli.

Dia juga meminta maaf atas tindakan adiknya, khususnya kepada masyarakat Lampung. Dirinya juga menyerahkan sepenuhnya kepada KPK dalam menangani kasus ini.

"Sebagai kakak, saya memohon maaf kepada masyarakat Lampung Selatan khususnya, dan seluruh masyarakat Lampung atas apa yang terjadi. Saya menyerahkan sepenuhnya penanganan kasus ini kepada KPK. Saya percaya KPK akan bertindak professional," pungkasnya.

Menyita Rp 700 Juta

Selain Bupati Lampung Selatan, KPK juga mengamankan sejumlah pihak yang totalnya 11 orang dari unsur anggota DPRD, pihak swasta dan lainnya.

"Nanti direncanakan sebagian akan dibawa ke kantor KPK di Jakarta. Tim akan mempertimbangkan dari hasil pemeriksaan di Polda sejak tadi malam," ujar Febri.

Dari operasi senyap ini, tim KPK menyita uang Rp 700 juta. Diduga penangkapan tersebut terkait dengan proyek infrastruktur.

"Tim mengamankan uang Rp 700 juta dalam pecahan Rp 100 ribu dan Rp 50 ribu," ucap Ketua KPK Agus Rahardjo saat dikonfirmasi.

Saat ini, KPK memiliki waktu 1x24 jam untuk menentukan status Bupati Lampung Selatan Zainudin Hasan dan 11 orang lainnya yang turut diamankan.

Saksikan video pilihan di bawah ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Demi Perankan Ibu, Putri Ayudya Lakukan Ini

Posted: 26 Jul 2018 10:20 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Putri Ayudya, menjadi salah satu selebritas yang ikut bermain dalam film Kafir besutan rumah produksi Starvision. Ia pun kedapatan peran sebagai Sri, ibu dua anak.

Bagi Putri Ayudya, mendapat kesempatan menjadi tokoh utama menjadi kebanggaan tersendiri. Dan ini merupakan tantangan, apalagi dirinya belum pernah bermain film horor sebelumnya.

Putri Ayudya pun tak mau menyerah. Ia pun menyanggupi tantangan tersebut, dan berupaya total bermain.

"Awalnya ditelepon film makernya, diajakin. Katanya pernah melihat aku di film Pinky Promise. Padahal di situ cuma dua scene aja. Kata tim film ada sosok ibu Sri dari diri aku. Padahal di sini bu Sri itu perannya besar, dan mereka pun mengingatkan supaya aku siap-siap," kata Putri usai press screening  film Kafir Bersekutu dengan Setan di Epicentrum, Kuningan, Jakarta, Kamis (27/7/2018) .

 

Akting Depan Cermin

Putri Ayudya (Foto: Instagram)

"Memang ada beberapa info yang harus aku pelajari, karena aku enggak pernah main genre ini kan jadi lebih teknis sih. Aku belum pernah lihat ekspresi ala film horor gitu, jadi aku coba coba di depan kaca, gimana gestur aku, dan lain lain. Selebihnya, aku yakin satu tokoh hanya hidup kalau berinteraksi dengan yang lainnya, jadi aku banyak komunikasi dengan pemeran suami dan anak-anakku di film ini," kata Putri.

 

Lelah

Film Kafir Bersekutu dengan Setan (Foto: Instagram)

Memerankan tokoh Ibu Sri, diakui Putri Ayudya sangat melelahkan. Banyak adegan yang menguras energinya. Oleh karena itu, selain mencari berbagai referensi untuk mendalami karakter, ia juga menyiapkan kondisi fisik yang prima sebelum menjalankan syuting.

"Fisik, mental, dan perasaan sih pastinya. Film ini banyak adegan fisiknya, jadi aku jogging, menjaga badan, dan aku menurunkan berat badan juga sih," kata Putri.

 

Harapan

Putri berharap aktingnya dalam film Kafir Bersekutu dengan Setan, mampu memikat banyak penonton. Ia juga berharap film itu akan menuai sukses di pasaran.  

"Aku berharap film ini bisa memikat hati penonton sehingga mereka tahu betapa kami sudah berusaha agar film ini bagus," pungkas Putri Ayudya.

Selain dirinya, film ini juga dibintangi Sujiwo Tedjo, Indah Permatasari, Rangga Azof, Nadya Arina, Teddy Syach, dan Nova Eliza. Rencananya film tersebut bakal tayang di bioskop Tanah Air pada 2 Agustus 2018.(Dadan Reva/bintang.com)

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Dinilai Terlalu Gemuk, Bek MU Kesal

Posted: 26 Jul 2018 10:15 PM PDT

Liputan6.com, Manchester - Bek kiri Manchester United (MU), Luke Shaw, menegaskan dia tak pernah kehilangan kebugarannya setelah menderita cedera berkepanjangan. Sang pemain juga marah dinilai terlalu gemuk.

Shaw memang kesulitan menembus skuat inti MU setelah Jose Mourinho menggantikan Louis van Gaal pada 2016 silam. Mantan pemain Southampton ini hanya tampil delapan kali di Premier League musim lalu.

Beberapa kritikus menilai Shaw menjalani diet yang buruk. Dia dianggap terlalu gemuk dan kondisi fisiknya inilah yang jadi alasan Mourinho menepikannya. Bahkan Mou lebih memilih pemain senior seperti Ashley Young untuk posisi bek kiri.

Kendati demikian, pemain berusia 23 tahun ini menyatakan pembelaannya. Dia mengaku siap berjuang merebut kembali tempat utama di skuat MU.

"Orang-orang berpikir saya terlalu besar dari kondisi saya yang sebenarnya. Orang-orang bisa berkata saya gemuk tetapi saya paham betul kondisi tubuh saya sendiri," kata Shaw dinukil dari fourfourtwo.

"Tentu saja saya selalu tampak besar karena tubuh saya memang tumbuh besar secara alami. Anda bisa katakan tubuh saya seperti tipe tubuh Wayne Rooney."

 

Terus Bekerja Keras

Walaupun demikian, Luke Shaw tak lantas mengabaikan kritik tersebut. Dia tetap menggunakan kritikan itu sebagai landasan untuk terus berlatih keras, berusaha meningkatkan level permainannya.

"Namun tentu saja saya bekerja keras dan bukan hanya untuk mereka (kritikus), saya ingin melakukannya untuk diri saya sendiri, mencapai kondisi terbaik."

"Kondisi saya bagus untuk memulai musim, pramusim, tetapi sekarang saya bekerja lebih keras dari biasanya dan di laga pertama musim ini saya ingin terlihat 10 kali lebih baik," imbuh Shaw.

"Tentu saja kami memiliki pelatih kebugaran yang baru dan dia bekerja keras dengan kami semua dan itulah yang saya butuhkan."

Sumber: bola.net

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Harga Cabai dan Bawang Kompak Turun

Posted: 26 Jul 2018 10:13 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Harga sejumlah bahan pangan di Pasar Rumput, Jakarta Selatan, terpantau turun pada Jumat ini. Salah satunya adalah komoditas cabai.

Pedagang sayur di Pasar Rumput, Samsudin (59), membanderol harga cabai merah senilai Rp 25 ribu per kilogram (kg). Sedangkan harga cabai rawit merah ia banderol di kisaran Rp 50 ribu - Rp 55 ribu per kg.

Sebelumnya, harga cabai rawit merah per kg sempat menyentuh Rp 60 ribu per kg. Penurunan harga cabai rawit merah sebesar Rp 5 ribu sampai Rp 10 ribu per kg.

"Lagi sepi sekarang, pada turun. Bingung juga ya ini kenapa tiba-tiba sepi begini," tuturnya kepada Liputan6.com, di Pasar Rumput, di Jakarta, Jumat (27/7/2018).

Pedagang lain, Samiati (34), menuturkan hal yang sama. Harga cabai di Pasar Rumput mengalami penurunan harga. Samiati menjelaskan, pasokan cabai dari Pasar Kramat Jati terbilang lancar pada pekan ini.

"Cabai keriting merah besar Rp 32 ribu per kg, turun Rp 8 ribu dari Rp 40 ribu per kg kemarin. Harga cabai rawit merah juga turun Rp 5 ribu menjadi Rp 55 ribu per kg," ucapnya.

 

Bawang Merah

Harga bawang merah di Pasar Kebayoran Lama, Jakarta Selatan, naik dari Rp 30 ribu per kg jadi Rp 35 ribu per kg.

Sementara itu, Samsudin membanderol bawang merah dan bawang putih di kisaran harga Rp 25 ribu - Rp 40 ribu per kg. Baik bawang merah dan bawang putih, kini mengalami penurunan harga.

Kemudian, Samiati mematok bawang merah seharga 30 ribu per kg dan bawang putih seharga Rp 30 ribu hingga Rp 35 ribu per kg.

Melansir dari Info Pangan DKI Jakarta 26 Juli 2018, maka harga komoditas cabai dan bawang terbukti turun pada hari ini di Pasar Rumput, Jakarta Selatan.

Adapun harga bawang merah sebesar Rp 31.027 dan bawang putih Rp 30.621 Kemudian harga cabai merah besar dibanderol Rp 41.054 dan cabai rawit merah dipatok Rp 56.891.

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Anies Ganti JPO dengan Pelican Crossing, Ini Bedanya dari Zebra Cross

Posted: 26 Jul 2018 10:03 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan merencanakan untuk merobohkan jembatan penyeberangan orang (JPO) di jalan Thamrin. Nantinya, JPO tersebut akan diganti dengan Pelican Crossing karena JPO tersebut dianggap menghalangi pemandangan ke Monumen Selamat Datang dari arah Monas.

Apa sebenarnya pelican crossing tersebut? Lalu, apa bedanya dengan zebra cross biasa? Melansir dari safedrivingforlife.info, ini dia.

1. Zebra Cross

 

Ya, namanya juga netizen! Tapi, nggak ada salahnya untuk melihat berbagai pendapat netzen soal JPO di HI yang diganti dengan pelican crossing. (Ilustrasi: Pexels.com)

Zebra cross mudah dikenali karena garis hitam dan putih yang melintasi lebar jalan. Jika Anda pengguna jalan, dari kejauhan Anda akan melihat garis-garis tersebut.

Karena tidak ada lampu lalu lintas, pastikan tak ada pejalan kaki yang ingin menyeberang bila Anda meliwati zebra cross. Pastikan untuk memeriksa kedua sisi penyeberangan dan berhati-hati dengan pejalan kaki yang mendekat atau mencoba berlari.

Anda tidak boleh mengklakson atau memaksa pejalan kaki berjalan lebih cepat di zebra cross. Beri mereka waktu untuk menyeberang jalan.

Pengemudi secara hukum diwajibkan memberi jalan pada pejalan kaki yang akan menyeberang. Tidak memberi jalan pada pejalan kaki atau bahkan menabrak mereka merupakan pelanggaran krimilan.

 

2. Pelican crossing

Doc: www.driving-school-beckenham.co.uk

Penyeberangan pelican (pelican crossing) biasanya ditandai dengan jalur zig-zag serta garis lurus di sisi jalan. Yang pasti, penyeberangan pelican memiliki lampu lalu lintas yang lampu hijaunya baru bisa diaktifkan bila pejalan kaki menekan tombol.

Seperti lampu merah kebanyakan, terdapat tiga warna lampu pada lampu lalu lintas di penyeberangan pelican, yakni merah, kuning, dan hijau. Penyeberangan pelican adalah satu-satunya tempat penyeberangan yang memiliki lampu kuning yang berkedip sebagai bagian dari urutannya.

Lampu kuning yang berkedip dapat berarti Anda diperbolehkan lewat selama tidak terdapat pejalan kaki yang akan menyeberang di jalur tersebut. Tapi, Anda harus memberikan jalan pada pejalan kaki jika lampu berwarna hijau.

Jika Anda adalah pengendara motor/mobil dan melihat pejalan kaki menunggu di pinggir jalan, tampak seolah-olah mereka telah menekan tombol, kurangi kecepatan sebagai antisipasi lalu lintas akan segera berubah.

Selain kedua penyeberangan tersebut, juga terdapat nama penyeberangan lain. Berikut contohnya seperti dikutip dari driving-school-beckenham.co.uk.

 

3. Puffin crossing

Pelican Crossing. (Ilustrasi: Pexels.com)

Ini merupakan bentuk penyeberangan untuk jangka pendek. Penyeberangan ini terlihat sangat mirip dengan pelican, tapi memiliki sensor di atas lampu lalu lintas. Sensor-sensor ini akan mendeteksi jika pejalan kaki menyeberang dan menahan lampu merah lebih lama jika diperlukan. Bedanya, ini tidak memiliki lampu kuning seperti penyeberangan pelican.

4. Pegasus crossing

Tidak semua tempat memiliki jenis lampu penyeberangan seperti ini. Lampu lalu lintas ini hanya terdapat di daerah yang banyak pengendara kudanya. Yang membedakannya dari yang lain adalah terdapat lampu penanda penunggang kuda akan menyeberang.

Tombolnya juga ada dua. Tombol setinggi orang normal untuk menyeberang serta tombol setinggi orang di atas kuda.

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Tabung Gas Elpiji Meledak Lagi? Gunakan Rubber Seal Inovasi Pusat Penelitian Karet

Posted: 26 Jul 2018 10:00 PM PDT

Liputan6.com, Palembang - Fenomena tabung gas elpiji meledak ternyata masih menjadi momok yang menakutkan bagi masyarakat sampai dengan saat ini. Kasus terbaru terjadi pada Kamis (28/7/2018), di sebuah rumah makan di Depok, Jawa Barat (Jabar). Insiden mengakibatkan dua orang pegawainya mengalami luka bakar.

Kasus ini sepertinya belum dianggap serius oleh berbagai pihak. Terbukti dengan masih maraknya kejadian ledakan tabung gas elpiji. Apalagi sejak dicanangkan konversi minyak tanah ke gas elpiji pada tahun 2007.

Berdasarkan hasil analisis dan penelitian, kebocoran gas elpiji dapat disebabkan oleh beberapa faktor, salah satunya penggunaan rubber seal yang mutunya kurang baik. Rubber seal merupakan karet perapat yang dipasang pada katup tabung gas elpiji untuk mencegah terjadinya ledakan akibat kebocoran gas elpiji.

Sebenarnya pemerintah telah melakukan antisipasi gas elpiji meledak dengan membuat Standar Nasional Indonesia (SNI) Nomor 7655:2010 tentang 'Karet Perapat (Rubber Seal) pada Katup Tabung Elpiji'.

Di tahun 2012, SNI tersebut telah diberlakukan secara wajib berdasarkan Peraturan Menteri (Permen) Perindustrian RI Nomor: 67/M-IND/PER/6/2012. Namun dalam praktiknya di lapangan, masih banyak beredar karet perapat yang belum memenuhi persyaratan SNI.

Sebanyak delapan buah sampel karet perapat yang beredar di pasaran telah diuji berdasarkan parameter yang dipersyaratkan di dalam SNI, yaitu uji dimensi dan ketahanan di dalam n-pentana atau cairan uji pengganti LPG.

Hasil sampel tersebut tidak memenuhi dimensi yang dipersyaratkan di dalam SNI. Sedangkan untuk parameter ketahanan di dalam n-pentana, sebanyak 67% atau empat dari enam sampel rubbel seal yang berlogo SNI tidak memenuhi persyaratan. Untuk sampel non-SNI, keduanya tidak memenuhi persyaratan SNI.

Data tersebut menggambarkan rendahnya kesadaran pelaku bisnis akan pentingnya penerapan SNI dalam kehidupan sehari-hari, terutama yang berkaitan dengan nyawa dan keselamatan manusia.

Pengawasan yang rendah dari pemerintah juga menjadi salah satu faktor yang menyebabkan masih maraknya peredaran karet perapat yang belum memenuhi persyaratan SNI di tengah-tengah masyarakat, padahal ini sangat diperlukan.

Regulasi dan sanksi yang tegas bagi produsen dan distributor karet perapat non-SNI, perlu disusun untuk menjamin keselamatan masyarakat pengguna gas elpiji, agar tidak terjadi lagi kasus gas elpiji meledak.

 

Kualitas Rubber Seal

Karet gas elpiji yang Rubber Seal Inovasi Pusat Penelitian Karet yang sudah ber-SNI (Dok. Hani Handayani untuk Nefri Inge / Liputan6.com)

Pusat Penelitian (Puslit) Karet sebagai lembaga Pusat Unggulan Iptek (PUI) bidang perkaretan yang telah ditetapkan oleh Kementerian Riset dan Teknologi dan Pendidikan Tinggi (Kemenristekdikti) di tahun 2014, telah berhasil menciptakan inovasi karet perapat gas elpiji berbasis karet alam yang memenuhi persyaratan SNI.

Penelitian mengenai rubber seal berbasis karet alam oleh Pusat Penelitian Karet telah dimulai sejak tahun 2015-2016 dengan dukungan pendanaan dari Kemenristekdikti melalui program Insentif Riset Sistem Inovasi Nasional (Insinas). Di tahun 2017 dilanjutkan dengan skema pendanaan yang lebih besar, yaitu Insentif Teknologi yang Dimanfaatkan di Industri.

Rubber seal hasil inovasi dari Puslit Karet menggunakan campuran bahan alam, yaitu karet alam, sehingga dapat meningkatkan penyerapan karet alam di dalam negeri dan mendukung kearifan sumber daya lokal. Karet perapat hasil inovasi Puslit Karet dapat dipakai lebih dari 30 hari.

Sedangkan umur pakai karet perapat lain yang ada di pasaran umumnya kurang dari 30 hari. Karena itu, setiap kali melakukan pengisian ulang gas elpiji, karet perapat wajib diganti dengan yang baru.

Persaingan harga yang ketat di pasaran, sepertinya menjadi faktor lain yang menyebabkan peredaran karet perapat dengan mutu yang belum memenuhi persyaratan SNI. Karet perapat ini masih diminati terutama oleh Stasiun Pengisian Bahan Bakar Elpiji (SPBE) di seluruh Indonesia.

Harganya pun dijual di bawah Rp 100 per buah, sedangkan karet perapat ber-SNI hasil inovasi Pusat penelitian Karet di kisaran Rp 120 per buah.

 

Keselamatan Pengguna Elpiji

Gas elpiji pertamina dengan jenis gas 3 kilogram, 12 kilogram dan Bright Gas (Liputan6.com / Nefri Inge)

Secara produksi dan mutu, karet perapat dengan harga di bawah Rp 100 sulit memenuhi persyaratan SNI, karena cukup tingginya harga bahan-bahan untuk formulasi komponen karet agar dapat memenuhi persyaratan SNI.

Lebih tingginya harga karet perapat yang sudah memenuhi persyaratan SNI, menyebabkan daya saingnya di pasar menurun. Jika dibandingkan dengan pengaruhnya terhadap keselamatan nyawa, tentu perbandingan Rp 20 adalah nominal yang sangat kecil.

Kurangnya kesadaran pelaku bisnis akan pentingnya menggunakan karet perapat yang aman dan memenuhi persyaratan SNI. Serta, kurangnya pengawasan penerapan SNI tersebut, perlu mendapat perhatian. Dua hal di atas sangat penting, karena dampaknya dapat mengancam keselamatan jika menggunakan karet perapat yang mutunya tidak memenuhi persyaratan SNI.

Pada akhirnya, masyarakat yang dirugikan dengan maraknya kejadian ledakan tabung gas elpiji. Akankah kita merelakan nyawa kita melayang sia-sia hanya karena nilai uang Rp 20? Tentu kita semua tidak menginginkan hal tersebut terjadi.

Karena itu, mari kita dukung penerapan SNI untuk karet perapat gas elpiji dengan menggunakan produk yang sudah memenuhi persyaratan SNI, seperti yang sudah dihasilkan oleh Pusat Penelitian Karet.

 

Penulis : Hani Handayani

Peneliti Pusat Penelitian Karet Bogor

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Jangan Ditiru, Pengendara Mobil Ini Palsukan Pelat Nomor untuk Mencurangi Ganjil Genap

Posted: 26 Jul 2018 10:00 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Ada-ada saja kelakuan pengendara mobil untuk melanggar aturan. Segala cara dilakukan untuk mengelabui polisi agar bisa melewati kawasan yang terkena perluasan ganjil genap.

Seperti yang dilakukan pemilik mobil Ertiga bernomor polisi B 2276 TZA yang tertangkap polisi di kawasan Sudirman.

Berdasarkan foto yang diunggah akun Instagram @tmcpoldametro, mobil tersebut mempunyai pelat palsu, dimana nomor polisinya digandakan dan diubah digit belakangnya menjadi angka ganjil yaitu B 2279 TZA.

Hal ini dilakukan agar ia bisa bebas melintasi kawasan ganjil genap dengan menukar pelat nomor kendaraan sesuai dengan tanggalnya.

Sebelumnya, uji coba perluasan ganjil genap memang menuai banyak kritik. Pasalnya, dikhawatirkan akan ada bentuk-bentuk pelanggaran mengingat betapa mudahnya pelat nomor palsu bisa dibuat dan dibeli di ibukota.

 

 

Selanjutnya

Wadirlantas Polda Metro Jaya AKBP Nurhandono mengatakan, pihaknya tinggal menunggu peraturan gubernur (pergub) terkait penindakan perluasan ganjil genap selama Asian Games 2018, terbit. Sebab tanpa aturan itu, polisi tidak bisa sembarangan melakukan penindakan pelanggar ganjil genap.

"Kalau sudah ada pergubnya kita lakukan penegakan hukumnya. Kalau belum ada ya tidak bisa, belum ada landasan hukumnya. Jadi kita menunggu dari Pergub, pada saat tanggal 1 Agustus kita kalau ada pergub, kita siap melakukan penegakan hukum," kata Nurhandono.

 

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Menpora Sebut Arena Paralayang Siap untuk Asian Games 2018

Posted: 26 Jul 2018 10:00 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Menpora Imam Nahrawi, menyebut arena paralayang sudah siap digunakan untuk Asian Games. Hal itu dia ungkapkan saat meninjau pelatnas paralayang di Puncak, Jawa Barat, Kamis (26/7/2018).

"Ini venue yang luar biasa, terbaik yang ada di Indonesia," kata Imam, saat meninjau arena paralayang di Bukit Pasir Sumbul, Puncak pass.

Menpora terlihat puas setelah meninjau arena Paralayang yang akan dipakai untuk Asian Games 2018. Dia juga memuji jalanan menuju arena yang sangat mulus, dan rapi.

"Kondisi jalan licin (rapi-red) banget, apalagi tempat ini jadi arena paralayang, inilah salah satu berkah Asian Games," katanya.

Menurutnya, salah satu berkah Asian Games 2018 adanya warisan arena yang ke depan dapat dimanfaatkan untuk menciptakan prestasi yang mampu dibuat oleh para atlet nasional.

"Ke depan saya kira akan ada prestasi yang ditoreh dengan arena yang luar biasa ini," katanya.

2 Arena

Menpora Imam Nahrawi (kedua kiri) bersama pelatih kepala tim paralayang Indonesia, Gendon Subandono saat meninjau latihan tim di kawasan Puncak, Cianjur, Jawa Barat, Kamis (26/7). Menpora juga meninjau kesiapan venue. (Liputan6.com/Helmi Fithriansyah)

Sementara itu, Kepala Pelatih Tim Nasional Paralayang Indonesia, Gendon Subandono mengatakan, cabang olahraga paralayang memiliki dua arena, yakni arena Bukit 250 Gunung Mas, Puncak untuk nomor akurasi, dan Bukit Pasir Sumbul, Cianjur untuk nomor lintas alam.

"Arena ini (Bukit Pasir Sumbul) arena lama yang dibarukan, ini arena terbaik di Indonesia, cukup punya prestasi di Puncak untuk lintas alam," kata Gendon.

Menurut Gendon, sebelumnya, arena paralayang hanya di Gunung Mas, tetapi karena ketinggiannya hanya 250 kurang cocok bagi lintas alam.

 

Ketinggian 300 Meter

Arena Bukit Pasir Sumbul dinilai cocok dari ketinggiannya mencapai 300 meter, sehingga sangat baik bagi atlet untuk lepas landas pada saat perlombaan lintas alam.

"Jadi nanti nomor akurasi akan lepas landas di Gunung Mas, sedangkan lintas alam di Bukit Pasir Sumbul," kata Gendon.

Kejuaraan paralayang di Asian Games akan diikuti oleh 18 negara, yang akan memperebutkan enam medali emas untuk dua nomor masing-masing, putra-putri perseorangan dan beregu. (Ant)

Simak video pilihan berikut ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Mesra di Drama, Park Seo Joon - Park Min Young Dikabarkan Pacaran Betulan

Posted: 26 Jul 2018 10:00 PM PDT

Liputan6.com, Seoul - Serial What's Wrong with Secretary Kim belakangan ini tengah begitu menarik perhatian pecinta drama Korea. Terutama karena chemistry dua bintang utamanya, Park Seo Joon dan Park Min Young.

Kini muncul satu berita mengejutkan tentang keduanya. Park Seo Joon dan Park Min Young dikabarkan tak hanya mesra di dalam drama, tapi juga di kehidupan nyata.

Dilansir dari Soompi, pada Jumat (27/7/2018), seseorang yang mengaku sebagai reporter mengunggah foto bocoran artikel surat kabar Sports DongA yang akan terbit. Artikel yang disebut tanpa rekayasa ini, berisi tentang kabar bahwa Park Seo Joon dan Park Min Young merupakan kekasih di dunia nyata.

Keduanya bahkan disebut telah berpacaran selama tiga tahun.

Perasaan Kuat

What's Wrong with Secretary Kim yang dibintangi Warganet juga menggali bukti tentang kebenaran kabar hubungan asmara Park Seo Joon dan Park Min Young. (Foto: YouTube.com)

Artikel ini menyertakan sejumlah pernyataan narasumber yang dekat dengan pasangan ini. Salah satunya menyebutkan bahwa keduanya sangat berhati-hati dalam hubungan mereka agar tidak memengaruhi proyek drama yang tengah mereka kerjakan.

Tak hanya itu, keduanya juga disebut memiliki perasaan yang kuat satu sama lain.

Ini Buktinya?

엄마랑오랜만에데이트❤️

A post shared by 박민영 Minyoung Park (@rachel_mypark) on

Setelah bocoran ini terkuak, sejumlah warganet lantas menggali media sosial aktor dan aktris ini demi mencari bukti hubungan mereka.

Salah satu 'bukti' ini ditemukan warganet dalam unggahan Park Min Young pada Maret 2017. Kala itu ia membagikan video saat berpose dengan mengenakan topi dan sepasang sepatu bermerek terkenal.

Sepatu dan topi yang sama persis, muncul dalam video yang diunggah Park Seo Joon sebulan sebelumnya.

A post shared by 박서준 (@bn_sj2013) on

Reaksi Agensi

(Instagram/ rachel_mypark)

Hanya saja, berita ini ternyata dibantah oleh agensi keduanya. "Park Seo Joon dan Park Min Young hanya rekan yang dekat. Kabar soal hubungan asmara itu tak benar. Kami yakin banyak yang tertarik dengan [hal ini] karena chemistry keduanya dalam drama," tutur juru bicara agensi yang menaungi Park Seo Joon, Awesome ENT.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Lakukan Percobaan Gaya Rambut pada Anak, Kim Kardashian Diserang Penggemar

Posted: 26 Jul 2018 10:00 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Bagi Anda pemilik rambut gelombang dan keriting biasanya membutuhkan perawatan rambut khusus agar lebih mudah ditata. Tak jarang, wanita memilih meluruskan rambutnya agar memiliki penampilan yang berbeda dan tak perlu repot mengurus rambut keriting.

Namun ternyata, meluruskan rambut tidak sepenuhnya menjadi langkah yang disetujui banyak orang ketika Anda ingin mengubah penampilan. Kim Kardashian misalnya. Ia mendapat banyak serangan dari para penggemarnya karena meluruskan rambut putrinya, North West, pada awal pekan ini.

Serangan penggemar untuk Kim Kardashian muncul setelah unggahan foto di Twitter yang memperlihatkan keakraban Kanye West dengan North West. Dalam foto tersebut, terlihat rambut North West mengenakan gaun berwarna pink dan memiliki rambut yang lurus.

Melihat hal ini, para penggemar pun menanggapi bahwa tidak seharusnya Kim Kardashian meluruskan rambut anaknya. Menurut mereka, teknik pelurusan rambut dapat merusak ikal alaminya, meski pada akhirnya rambut North West kembali keriting seperti semula.

Diizinkan untuk meluruskan rambut

Kim Kardashian pun menjawab bahwa North West hanya diperbolehkan meluruskan dua kali dalam setahun. Yakni pada hari ulang tahunnya dan ketika pesta ulang tahunnya. Foto ini sendiri sebenarnya diambil pada Juni 2018 ketika North West berulang tahun.

Sering lakukan percobaan gaya rambut

Ini bukan pertama kalinya, Kim Kardashian melakukan percobaan gaya rambut pada anaknya. Beberapa waktu lalu, Kim Kardashian telah mengenakan kepang Fulani yang menjadi kepang tradisional warisan orang Afrika pada North West. Percobaan kedua kalinya, membuat Kim Kardashian disebut melakukan perampasan budaya.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Menguji Kamera Xiaomi Mi A2 di Madrid, Ini Hasil Bidikannya

Posted: 26 Jul 2018 10:00 PM PDT

Liputan6.com, Madrid - Bertempat di WiZink Center, Madrid, Spanyol, Xiaomi resmi mengungkap dua seri Android One, yakni Mi A2 dan Mi A2 Lite pada Selasa (23/72018) waktu setempat.

Selain datang langsung dalam acara peluncuran tersebut, tim Tekno Liputan6.com pun berkesempatan untuk menjajal Xiaomi Mi A2 di kota asal tim berjuluk Los Blancos tersebut.

Smartphone yang memiliki layar berukuran 5,99 inci ini digadang-gadang sebagai seri Android One dengan dual kamera terbaik di kelasnya.

Diketahui, Mi A2 memiliki kombinasi lensa ganda 12MP dan 20MP dengan aperture f1.8.

Seperti smartphone yang ada di pasaran saat ini, Mi A2 mengandalkan kemampuan artificial intelligence (AI) di kamera agar mendapatkan hasil terbaik.

Dengan teknologi AI ini, kamera utama Mi A2 akan secara otomatis 'mengaktifkan' lensa mana yang terbaik ketika akan mengambil objek foto.

Penasaran seperti apa kemampuan kamera Xiaomi Mi A2? Sebagai informasi, seluruh foto yang diambil menggunakan mode auto.

Kondisi Cahaya Terang

Pemandangan sisi kota Toledo. (Liputan6.com/ Yuslianson)

Sudut jalan di samping hotel The Westin, Madrid. (Liputan6.com/ Yuslianson)

Hasil Foto Lainnya

San Martin Bridge, Toledo. (Liputan6.com/ Yuslianson)

Salah satu sudut jalan di Toledo. (Liputan6.com/ Yuslianson)

Pemandangan sisi kota Toledo. (Liputan6.com/ Yuslianson)

Kondisi Cahaya Minim

Sudut jalan di samping hotel The Westin, Madrid, di malam hari. (Liputan6.com/ Yuslianson)

Catedral Primada Santa María de Toledo

Catedral Primada Santa María de Toledo

Catedral Primada Santa María de Toledo

 

Foto Mode Panorama

Chinchón, Madrid, Spain. (Liputan6.com/ Yuslianson)

(Ysl/Isk)

Saksikan Video Pilihan Berikut Ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

VIDEO: Tempat Strategis Melihat Gerhana Bulan Total Terlama

Posted: 26 Jul 2018 10:00 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Fenomena alam Gerhana Bulan Total akan terjadi pada Sabtu 28 Juli 2018. Fenomena ini melintasi seluruh wilayah Indonesia dan berikut beberapa tempat strategis untuk menikmatinya.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

4 Alasan Rumput Laut Baik untuk Ibu Hamil

Posted: 26 Jul 2018 10:00 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Asupan makanan selama hamil diperlukan agar ibu sehat dan janin tumbuh berkembang dengan baik. Salah satu asupan makanan bergizi untuk ibu hamil adalah rumput laut.

Dokter Astrid Wulan Kusumoastuti dari Klikdokter.com menuliskan aneka manfaat rumput laut dalam artikel berikut. 

Rumput laut adalah salah satu bahan makanan berkualitas gizi tinggi dan alami. Tak hanya kaya akan vitamin dan mineral, biota laut yang satu ini juga merupakan sumber protein nabati, serat, klorofil, dan berbagai enzim.

Rumput laut dan segudang nutrisinya memiliki berbagai manfaat bagi ibu hamil, baik untuk mendukung kesehatan ibu maupun perkembangan janin di dalam kandungan.

Terdapat berbagai jenis rumput laut yang bisa dikonsumsi. Kandungan gizinya pun beragam, meski kurang lebih serupa. Berikut adalah beberapa zat gizi pada rumput laut berserta manfaatnya bagi ibu hamil:

1. Yodium

Kekurangan yodium selama hamil dapat menyebabkan gangguan pertumbuhan dan perkembangan bayi yang baru lahir. Maka itu, zat gizi ini penting untuk disuplai sejak si Kecil masih berada di dalam kandungan.

Berita baiknya, rumput laut dapat menjadi solusi dari hal tersebut. Ini karena rumput laut mengandung sejumlah yodium yang dapat membantu memelihara fungsi tiroid pada ibu hamil, mengendalikan energi untuk beraktivitas, fungsi metabolisme dan produksi hormon untuk perkembangan serta pertumbuhan janin.

Anda dapat menjadikan rumput laut sebagai pemasok utama yodium menggantikan garam, agar risiko hipertensi selama kehamilan bisa ditekan.

 

2. Vitamin K

Kelompok Tani Sumber Laut Berjaya binaan PT Pertamina menjemur hasil panen rumput laut di Kampung Manggar, Balikpapan, Kamis (29/10). Pada 2020, Menteri Susi Pudjiastuti melarang ekspor bahan baku mentah rumput laut. (Liputan6.com/Immanuel Antonius)

2. Vitamin K

Vitamin K penting untuk mengoptimalkan pembentukan tulang oleh kalsium. Vitamin ini juga sangat dibutuhkan ibu hamil untuk proses penggumpalan darah, yang nantinya turut mencegah perdarahan yang bisa berujung pada kematian.

Sebagai sumber makanan yang kaya akan vitamin K, rumput laut dapat menjadi salah satu pilihan sumber makanan sehat untuk memenuhi kebutuhan zat gizi ini.

3. Asam folat

Asam folat sangat penting bagi ibu hamil. Zat gizi ini dibutuhkan untuk menunjang pembentukan sel-sel saraf janin, pembentukan sel-sel darah merah yang berkualitas, dan mencegah adanya kelainan perkembangan selongsong susunan saraf.

Asam folat memang dapat ditemukan pada susu dan ikan salmon. Namun, bila ibu hamil tak menyukai kedua asupan tersebut, rumput laut dapat dijadikan sebagai alternatifnya.

4. Vitamin B12

Bersama asam folat, vitamin B12 berfungsi untuk mendukung pembentukan dan perkembangan sel saraf janin, serta membantu produksi sel-sel darah merah. Vitamin B12 juga mencegah terjadinya anemia selama kehamilan. Rumput laut adalah satu dari sedikit sumber makanan nonhewani yang kaya vitamin B12.

Mengetahui bahwa rumput laut dapat mendatangkan segudang manfaat sehat bagi ibu hamil, apakah Anda tertarik untuk mengonsumsinya selama kehamilan? Jika ya, pastikan Anda tetap memperhatikan porsinya agar tidak berlebihan. Jangan lupa untuk mengombinasikan konsumsi rumput laut dengan penerapan gaya hidup sehat, berolahraga secara rutin dan teratur, cukup istirahat, serta melakukan pemeriksaan antenatal secara berkala, ya!

 

 

Penulis: dr. Astrid Wulan Kusumoastuti

Sumber: Klikdokter.com

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Menaker Hanif Hadiri Peringatan Kemerdekaan Peru

Posted: 26 Jul 2018 09:58 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Menteri Ketenagakerjaan (Menaker), M. Hanif Dhakiri, mewakili Presiden RI Joko Widodo menghadiri perayaan Peringatan Hari Kemerdekaan Peru ke-197 di Jakarta. Atas nama Pemerintah Indonesia, ia menyampaikan ucapan selamat dan berharap hubungan kerja sama yang selama ini telah berjalan baik antara Indonesia dan Peru dapat terus meningkat di tahun-tahun mendatang.

"Kami juga menyampaikan apresiasi kepada Duta Besar Peru untuk Indonesia Julio Cardenashas yang selama tahun pertama masa jabatanya telah berhasil memperluas kerjasama bilateral Indonesia dan Peru," ujar Hanif, di Jakarta, Kamis (26/7/2018).

Dalam sambutannya, ia mengatakan bahwa kerja sama diplomatik antara pemerintah Indonesia-Peru telah berumur 43 tahun. Selama ini, ujar Hanif, pemerintah Indonesia dan Peru telah menjalankan hubungan timbal balik untuk meningkatkan dan memperkuat tali persahabatan serta kerjasama berdasarkan kesetaraan dan penghormatan satu sama lain.

"Kerja sama bilateral dilakukan dalam berbagai hal, termasuk ekonomi dan perdagangan, pertanian, kelautan dan sosial budaya serta hubungan persahabatan antar rakyat," ucapnya.

Menurut Hanif, volume perdagangan bilateral antara Indonesia dan Peru menunjukkan tren positif. Pada 2016, total perdagangan antara dua Negara mencapai 218,41 juta dollar AS dan pada 2017 total perdagangan meningkat menjadi 229,98 dollar AS.

"Indonesia siap bekerja sama dengan Peru untuk meningkatkan hubungan dagang melalui misi perdagangan, kerja sama melalui kamar dagang dan partisipasi dalam pameran-pameran perdagangan, serta penetapan sebuah perjanjian ekonomi yang menyeluruh," kata dia.

Hanif juga menyambut baik hasil pertemuan antara Menteri Luar Negeri Retno Marsudi dan Menteri Luar Negeri Peru Nestor Popolizio di Lima pada akhir Mei 2018 yang menggarisbawahi pentingnya keberlangsungan perluasan kesempatan bisnis serta pemanfaatan potensi dan saling mengisi antara kedua Negara.

Dalam kerangka tersebut, lanjutnya, disepakati untuk meningkatkan koordinasi untuk langkah awal negosiasi perjanjian perdagangan yang akan menjadi dasar untuk pelaksanaan kerjasama bilateral untuk kerja sama yang lebih tinggi.

"Saya yakin bahwa kerja sama kedua negara di bidang ekonomi maupun perdagangan serta kerja sama di bidang lainnya dapat terus berkembang baik pada tahun-tahun mendatang," ujar Hanif.

Dalam kesempatan tersebut, ia juga menyampaikan bahwa Indonesia dan Peru memiliki jalinan erat dalam berbagai forum, termasuk forum multilateral. Atas nama pemerintah dan rakyat Indonesia, Hanif pun menyampaikan penghargaan atas dukungan pemerintah dan rakyat Peru selama masa pencalonan Indonesia sebagai anggota tidak tetap dewan keamanan PBB untuk masa 2019-2020.

"Dalam kerja sama erat dengan Peru dan negara-negara lain, Indonesia bersiap untuk memainkan sebuah peran global sebagai kekuatan konstruktif untuk perdamaian, kemakmuran, dan siap untuk bekerja sama erat dengan seluruh pihak demi tercapainya tujuan mulia tersebut," ucapnya.

 

 

(*)

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Novel Baswedan Minta Jokowi Bentuk Tim Pencari Fakta Atas Kasus Penyiraman Air Keras

Posted: 26 Jul 2018 09:56 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Penyidik Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) Novel Baswedan mengatakan bahwa Polri tak mau mengungkap kasus penyiraman air keras kepada dirinya. Pasalnya, sudah hampir 16 bulan sejak penyiraman air keras itu namun pelaku tak juga kunjung terungkap.

"Saya menyampaikan, saya mendesak Presiden dalam beberapa kesempatan. Kenapa? Kenapa saya tidak ke Kapolri atau institusi Polri? Saya tegaskan polisi gak mau ungkap ini. Makanya saya minta ke atasan polisi (Presiden Jokowi) untuk ungkap," ujar Novel di Gedung KPK Kuningan Jakarta Selatan, Jumat (27/7/2018).

Novel Baswedan pun mendesak Presiden Jokowi untuk membentuk Tim Gabungan Pencari Fakta (TGPF) untuk mengungkap pelaku penyiraman air keras. Menurut dia, langkah menuntut pengungkapan pelaku penyiraman air keras ini sama dengan kerja pemberantasan korupsi.

"Oleh karena itu saya meminta kepada atasannya polisi (Presiden Jokowi) untuk mengungkap (kasus) ini. Saya akan terus menyampaikan ini, apapun resikonya saya akan sampaikan terus," jelas Novel.

 

Kronologi Penyiraman Air Keras

Novel Baswedan diserang dengan air keras pada Selasa, 11 April 2017. Peristiwa terjadi usai Novel menunaikan salat subuh berjamaah di Masjid Al Ihsan Kelapa Gading, Jakarta Utara yang letaknya tidak jauh dari rumahnya.

Saat itu, dua orang yang berboncengan sepeda motor menyiramkan air keras ke wajahnya. Cairan asam pekat tersebut mengenai bagian mata.

Operasi demi operasi dijalani Novel Baswedan hingga ke Singapura. Dia kini sudah pulang ke Tanah Air setelah menjalani operasi operasi.

Polisi masih terus mengusut kasus penyerangan terhadap Novel tersebut. Hingga kini, belum ditemukan siapa pelakunya.

Saksikan video pilihan di bawah ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Kecelakaan Tunggal, Tol JORR Arah Pondok Indah Macet Total

Posted: 26 Jul 2018 09:49 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Sebuah kecelakaan terjadi di tol Serpong arah Pondok Indah. Akibatnya, arus lalu lintas tol tersendat.

Pembaca Liputan6.com, Tantri, mengatakan kemacetan mulai terasa saat pintu keluar Pondok Aren.

"Baru lima menit keluar Pondok Aren langsung tersendat, tidak bergerak," kata Tantri kepada Liputan6.com, Jumat (27/7/2018).

"Biasanya tidak kayak gini," keluh Tantri.

Akibat kecelakaan minibus tersebut, terjadi penyempitan ruas jalan atau bottle neck. Kendaraan bergantian melalui jalur yang tersisa karena evakuasi jalur.

"Biasanya empat jalur dan jadi satu jalur, selepas itu jalur lancar kembali," kata Tantri.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Pelatih Persib Puji Kedewasaan Bonek dan Bobotoh

Posted: 26 Jul 2018 09:45 PM PDT

Liputan6.com, Surabaya - Mario Gomez senang laga Persib Vs Persebaya Surabaya, Kamis (26/7/2018) di Stadion Gelora Bung Tomo berjalan dengan lancar. Terlebih lagi, 50 ribu suporter saling memuji satu sama lain meskipun laga dimenangkan tim tamu.

Dalam laga tersebut, Persib mampu unggul 4-3 atas tuan tuan rumah. Bahkan Tim Maung Bandung sempat unggul tiga gol terlebih dahulu.

Meski pertandingan berjalan ketat, suasana stadion tetap terkendali. Bahkan di tribun, Bonek dan Bobotoh adu kreativitas dengan nyanyian dan koreografi.

"Pertandingan sangat sulit dan tegang. Tapi saya salut pada Bonek dan Bobotoh," kata Gomez seperti dilansir laman resmi Persib.

"Meski di lapangan saling berbalas gol, mereka tetap bisa berdampingan. Ini sangat luar biasa karena tidak ada gesekan sedikit pun," dia menambahkan.

Nikmati Laga

Pendukung Persib memadati tribun penonton Stadion Pakansari, Bogor, Sabtu (13/8/2016). (Liputan6.com/Helmi Fithriansyah)

Kemenangan membuat Persib menjadi raja di paruh musim Gojek Liga 1 Bersama Bukalapak. Mereka mengoleksi 29 poin dari 17 laga.

Sementara itu, Persebaya tertahan di posisi ke-13. Mereka baru mengoleksi 22 poin dari 17 laga yang disiarkan langsung dan eksklusif oleh Indosiar ini.

"Kalian bisa melihatnya sendiri bukan? Kita bisa menikmati sepak bola indah jika tanpa aksi-aksi yang merugikan," ujar Gomez.

Jadwal Persib

Pendukung Persib memadati tribun penonton Stadion Pakansari, Bogor, Sabtu (13/8/2016). (Liputan6.com/Helmi Fithriansyah)

Persib tidak bisa bersenang hati setelah menjuarai paruh musim. Pasalnya, mereka akan menantang PS Tira untuk pekan selanjutnya.

"Saya merasa Bobotoh adalah energi yang terus memberikan kami semangat sepanjang musim ini," kata Gomez.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Jelang Pengumuman Pertumbuhan Ekonomi AS, Rupiah Tertekan

Posted: 26 Jul 2018 09:42 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Nilai tukar rupiah terhadap dolar Amerika Serikat (AS) bergerak melemah pada perdagangan Jumat ini. Rupiah harus bersiap menjelang pengumuman pertumbuhan ekonomi AS. 

Mengutip Bloomberg, Jumat (27/7/2018), rupiah dibuka di angka 14.485 per dolar AS. Angka ini melemah jika dibandingkan dengan penutupan perdagangan sebelumnya di angka 14.463 per dolar AS.

Sejak pagi hingga siang hari ini, rupiah diperdagangkan di kisaran 14.460 hingga 14.493 per dolar AS. Jika dihitung dari awal tahun, rupiah melemah 6,71 persen.

Adapun berdasarkan Kurs Referensi Jakarta Interbank Spot Dollar Rate (Jisdor) Bank Indonesia (BI), rupiah dipatok di angka 14.483 per dolar AS, atau melemah dibandingkan sehari sebelumnya di angka 14.443 per dolar AS.

Kurs dolar AS menguat terhadap mata uang utama lain pada akhir perdagangan Kamis, setelah keputusan Bank Sentral Eropa mempertahankan suku bunga acuannya dan menekankan keberlanjutan rencana mengakhiri gelontoran stimulusnya tahun ini.

Dolar AS juga tampak memiliki banyak amunisi tenaga hari ini, antara lain dari rencana rilis data pertumbuhan ekonomi Amerika Serikat periode April-Juni 2018.

"Rupiah harus siap-siap mendapat tekanan Jumat ini, menjelang pengumuman PDB AS," kata Analis Binaartha Sekuritas, M Nafan Aji dikutip dari Antara.

Pertumbuhan ekonomi Amerika Serikat diperkirakan positif. Presiden Donald Trump di akun Twitter-nya pertengahan pekan ini sesumbar AS memiliki angka-angka finansial terbaik di planet ini.

Jika pertumbuhan ekonomi negara Paman Sam terus membaik, ini akan semakin menguatkan ekspektasi tentang dua kali lagi kenaikan suku bunga The Federal Reserve pada lima bulan terakhir di 2018.

Dengan kondisi eksternal yang demikian, sentimen dari domestik seperti langkah pemerintah menggenjot ekspor, serta laju inflasi yang terus terkendali hingga Juli diharapkan dapat menopang nilai tukar rupiah.

Pemerintah Siapkan Kebijakan buat Jaga Rupiah

Petugas menunjukkan uang pecahan dolar Amerika di salah satu gerai penukaran mata uang di Jakarta, Jumat (18/5). Pagi ini, nilai tukar rupiah melemah hingga sempat menyentuh ke Rp 14.130 per dolar Amerika Serikat (AS). (Liputan6.com/Immanuel Antonius)

Pemerintah menyiapkan sejumlah kebijakan guna mengendalikan nilai tukar rupiah terhadap dolar Amerika Serikat (AS).

Selain itu, kebijakan tersebut diharapkan membuat depresiasi rupiah berdampak positif bagi perekonomian Indonesia.

Menteri Koordinator Bidang Perekonomian, Darmin Nasution, mengungkapkan, kebijakan yang tengah disiapkan pemerintah bukan seperti paket kebijakan ekonomi yang selama ini dikeluarkan, melainkan ada sejumlah kebijakan yang fokus pada masing-masing sektor. 

"Bukan paket, dalam arti banyak kebijakan," ujar dia di Hotel Grand Sahid Jaya, Jakarta, Kamis (26/7/2018).

Salah satu contohnya, kata Darmin, kebijakan terkait dengan penggunaan biodiesel B20. campuran CPO dalam solar akan ditingkatkan menjadi 20 persen. Kebijakan ini diharapkan bisa menekan impor BBM dan menghemat devisa.

‎"Dalam impornya yang pertama kita lakukan adalah B20 kita laksanakan penuh sehingga ada penghematan devisa," kata dia.

Selain itu, pemerintah juga akan meminta masukan dan berdiskusi dengan para pelaku usaha, khususnya eksportir dan importir mengenai hal ini.

Rencananya, pada sore nanti Presiden Joko Widodo (Jokowi) akan mengundang para eksportir dan importir tersebut ke Istana Bogor. "Nanti sore juga ada acara eksportir diundang ke Bogor," ujar dia.

 

 

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Pertemuan Prabowo dan SBY Perjelas Peta Politik Pilpres 2019

Posted: 26 Jul 2018 09:39 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Pesta demokrasi pemilihan Presiden 2019 semakin dekat, dinamika politik mulai memanas. Menjelang pendaftaran calon presiden-calon wakil presiden awal Agustus 2019 pertemuan antar ketua umum partai politik makin gencar.

Tidak hanya koalisi Jokowi, koalisi tim penantang juga semakin merapatkan barisan. Pertemuan politik presiden ke 6 yang juga Ketua Umum Demokrat Susilo Bambang Yudhoyono dan Ketua Umum Partai Gerindra Prabowo Subianto di Kediaman SBY kawasan Kuningan, Jakarta Selatan kian memperjelas peta politik nasional.

Dua tokoh bangsa ini menyepakati beberapa poin penting.

Simak berita selengkapnya di Liputan6 Siang SCTV, pukul 12.00 WIB. Anda juga dapat menyaksikan melalui live streaming, klik di sini.

 

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Taiwan Jadi Lawan Pertama Timnas Indonesia U-23 di Asian Games 2018

Posted: 26 Jul 2018 09:38 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Indonesia akan berhadapan dengan Taiwan di laga pertama Grup A cabor sepak bola Asian Games 2018. Sementara Laos akan berhadapan dengan Hong Kong.

Keputusan jadwal pertandingan terkini itu ditentukan dalam rapat yang digelar di Kantor Panitia Pelaksana Asian Games 2018 (Inasgoc), Kamis (26/7) malam. Dalam rapat tersebut laga pertama dalam cabang olahraga sepak bola putra mempertemukan Laos kontra Hong Kong.

Jadwal sepak bola putra sedikit berubah setelah Palestina dan Uni Emirat Arab ikut undian ulang yang dilakukan di Kantor AFC, Malaysia, Rabu (25/7/2018). Palestina sendiri berada di Grup A, sedangkan Uni Emirat Arab berada di Grup E.

"Dengan tersusunnya jadwal baru cabang sepakbola itu, maka pertandingan pertama Asian Games 2018 Jakarta Palembang akan digelar lebih awal dari jadwal sebelumnya," kata Ketua Panitia Pelaksana Asian Games 2018, Erick Thohir.

"Hal ini tidak bermasalah karena dari segi persiapan venue, kepanitiaan, perangkat pertandingan, dan hal-hal lain yang menyangkut kedatangan tim, seperti transportasi, akomodasi, dan tempat latihan semua sudah siap. Mari bersama kita sambut Asian Games 2018 yang dimulai lebih cepat," lanjutnya.

Inasgoc Lega

Gelandang timnas Indonesia U-23, Zulfiandi (kanan) mencoba melewati adangan pemain Korea Selatan U-23, Kim Moohwan pada laga persahabatan di Stadion Pakansari, Kab Bogor, Sabtu (23/6). Indonesia U-23 kalah 1-2. (Liputan6.com/Helmi Fithriansyah)

Erick mengatakan, Inasgoc lega undian ulang tak sepenuhnya dilakukan. Dia menyatakan rasa apresiasinya atas dukungan dari Dewan Olimpiade Asia (OCA) yang sejak awal memberikan persetujuan dilakukan undian susulan terhadap Palestine dan UEA di cabang sepak bola.

"Kami akan melaporkan jadwal terbaru ini kepada OCA, dan saya yakin spirit dan energy of Asia akan menaungi perhelatan pesta olahraga ini sehingga berjalan dengan baik dan lancar dilandasi semangat kebersamaan dan persatuan," ujar Presiden Inter Milan tersebut.

 

Sepak Bola Putri

Sementara itu, cabang sepakbola putri akan memulai laga pada tanggal 16 Agustus di Palembang, Sumatera Selatan dan digelar di dua stadion, yakni Bumi Sriwijaya dan Gelora Sriwijaya, Jakabaring Sport City.

Sedangkan, sepakbola putra akan berlangsung di empat stadion, yakni Patriot Bekasi, Wibawa Mukti (Cikarang), Pakansari (Cibinong) dan Si Jalak Harupat (Bandung).

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

VIDEO: Setelah 6 Bulan, Novel Baswedan Kembali Kerja

Posted: 26 Jul 2018 09:35 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Penyidik Senior KPK Novel Baswedan mulai kembali bekerja setelah 6 bulan absen karena menjalani serangkaian pengobatan mata. Novel tidak menyangka kondisi matanya cepat pulih.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Jenderal Iran: Ancaman Perang Trump Akan Menghancurkan Semua yang AS Punya

Posted: 26 Jul 2018 09:34 PM PDT

Liputan6.com, Teheran - Seorang komandan pasukan khusus Iran telah memperingatkan Presiden Donald Trump, bahwa jika Amerika Serikat menyerang Iran, semua yang dimiliki Negeri Paman Sam akan hancur.

Mayor Jenderal Qassem Soleimani, nama komandan tersebut, bersumpah bahwa jika pasukan AS memulai perang, Republik Islam Iran akan menumpas habis, demikian seperti yang dilaporkan kantor berita nasional Tasnim.

Dikutip dari BBC, Jumat (27/7/2018), sikap tegas Jenderal Soleimani itu disampaikan menyusul twit dengan hampir semuanya diketik dalam huruf kapital, yang diunggah oleh Donald Trump pada awal pekan ini.

Mayor Jenderal Soleimani --yang memimpin Pasukan Quds dari pengawal revolusi elite Iran-- mengatakan pada Kamis, 26 Juli 2018, bahwa: "Sebagai seorang prajurit, adalah tugas saya untuk menanggapi ancaman Anda (Trump)."

"Bicaralah padaku, jangan kepada presiden (Hassan Rouhani). Ini bukan martabat pemimpin kami untuk menanggapi Anda. Jika Anda memulai perang, kami akan mengakhiri perang. Anda tahu bahwa perang ini akan menghancurkan semua yang kamu miliki."

 

Dia juga menuduh Presiden AS menggunakan diksi "klub malam dan ruang perjudian", pilihan kata yang dianggap tak sopan.

Pada akhir pekan lalu, Presiden Trump sempat membuat twit yang mengejutkan, sebagai bentuk kemarahan terhadap Presiden Iran.

Sebagaimana dilansir kantor berita Tasnim, Presiden Hassan Rouhani sempat mengatakan, "Mereka harus tahu bahwa perdamaian dengan Iran adalah awal dari semua perdamaian, dan perang dengan Iran adalah awal dari semua perang."

Akan tetapi, dua hari kemudian, ketika berbicara dengan kelompok veteran, Donald Trump mengatakan AS "siap membuat kesepakatan nyata" dengan Iran.

 

Simak video pilihan berikut: 

Kontroversi Mundur dari Kesepakatan Nuklir

Detik-detik anggota parlemen Iran membakar dua lembar kertas bergambar bendera AS, Teheran, Iran, Rabu (9/5). Donald Trump menarik AS dari kesepakatan Nuklir Iran dan akan memberlakukan kembali sanksi terhadap Teheran. (AP Photo)

Pada Mei, Presiden Donald Trump mengumumkan bahwa AS menarik diri dari perjanjian nuklir Iran, yang disepakati di era pemerintahan Barack Obama.

Keputusan Trump itu dinilai kontroversial, dan bahkan ditentang keras oleh sekutu Eropa. Namun, Presiden AS ke-45 itu berdalih bahwa perjanjian terkait dinilai "cacat pada intinya".

Sebagai tanggapan, Iran mengatakan pihaknya sedang mempersiapkan untuk memulai kembali pengayaan uranium, kunci untuk membuat energi nuklir dan senjata.

Washington kini memberlakukan kembali sanksi terhadap minyak bumi di Iran, ekspor pesawat, dan perdagangan logam mulia.

AS seakan tidak peduli bahwa hal itu ditanggapi keberatan oleh Inggris, Prancis, China, Rusia dan Jerman, yang semuanya menandatangani perjanjian nuklir Iran pada 2015 lalu.

Selain menarik diri, AS juga disebut menaruh curiga pada aktivitas nuklir Iran sebagai ancaman yang berisiko merusak perdamaian di Timur Tengah.

Iran telah menegaskan bahwa program nuklirnya sepenuhnya damai, dan kepatuhannya dengan kesepakatan 2015 telah diverifikasi oleh Badan Energi Atom Internasional.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Demokrat: Kasus 'Kudatuli' Seharusnya Dituntaskan Zaman Megawati

Posted: 26 Jul 2018 09:33 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Sekjen Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDI-P) Hasto Kristiyanto meminta Ketua Umum Demokrat Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) bersaksi dalam kasus 'Kudatuli' di tahun 1996. Kasus itu merupakan peristiwa pendudukan Kantor PDIP Kubu Megawati di Menteng oleh massa kubu Suryadi yang dikenal sebagai 'Kudeta Dua Puluh Tujuh Juli'.

Wasekjen Partai Demokrat Rahclan Nashidik pun menanggapinya. Ia menilai, upaya PDIP yang melapor kasus Kudatuli ke Komnas HAM sebagai upaya kesiangan.

"Laporan itu adalah upaya politik yang sudah kesiangan. Tapi memanfaatkan kasus 27 Juli adalah ritual politik PDIP sejak Pak SBY mengalahkan Ibu Megawati dalam Pemilu 2004," kata Rachlan dalam keterangan tertulisnya, Jumat (27/7/2018).

Menurutnya penyelesaian kasus 'Kudatuli' seharusnya dilakukan ketika Megawati masih menjabat sebagai Presiden kelima. Pada saat itu, kata Rachlan, Mega seharusnya bisa menggunakan otoritasnya untuk menuntaskan masalah tersebut.

"Ia bisa menggunakan pengaruhnya untuk membuka jalan bagi investigasi, seperti kuat didesak masyarakat. Sayang, Mega memilih diam. Bahkan mengangkat Pak Sutiyoso, Pangdam Jaya saat kejadian, menjadi Gubernur DKI," ungkapnya.

"Pada 2004 Presiden Megawati malah menghalangi penyidikan Tim Koneksitas Polri atas kasus 27 Juli dengan alasan pemilu sudah dekat. Tak ada nama SBY dalam daftar orang yang disangka oleh Tim koneksitas Polri," lanjutnya.

 

Tak Dukung Rekonsiliasi

Ia melanjutkan, PDI-P juga tidak mendukung adanya penuntasan kasus tersebut melalui upaya pembentukan rekonsiliasi. Partai berlambang Banteng beromoncong putih itu paling keras menolak pembentukan tim tersebut.

"Sebagai Ketua Umum PDIP, Mega tidak memerintahkan fraksinya menyetujui inisiatif itu. Padahal bila Komisi terbentuk, Megawati mendapat alat yang kuat untuk mengungkap 27 Juli," ucapnya.

Rachlan meminta khalayak menilai sendiri maksud dari pelaporan tersebut. "Jadi nilai sendiri saja apa maksud laporan Hasto ke Komnas HAM itu sekarang, 22 tahun sejak para korban 27 Juli ditinggalkan Megawati," tandasnya.

 

Reporter: Sania Mashabi

Sumber: Merdeka.com

 

Saksikan video pilihan di bawah ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Jumlah Calon Haji Berisiko Tinggi di Embarkasi Solo Capai 70 Persen

Posted: 26 Jul 2018 09:31 PM PDT

Liputan6.com, Boyolali Jumlah calon jemaah haji (calhaj) yang masuk kategori risiko tinggi (risti) di Embarkasi Solo cukup tinggi, mencapai 70 persen. Tingginya jumlah angka tersebut disebabkan lamanya masa tunggu antrean keberangkatan haji yang mencapai 30 tahun.

Kabag Humas Panitia Penyelenggara Ibadah Haji (PPIH) Embarkasi Solo, Afief Mundzir jumlah calhaj kategori risti memang cukup tinggi karena mencapai 70 persen dari total 34.112 calhaj yang diberangkatkan dari Embarkasi Solo. Jumlah calhaj yang kategori risti memang sudah terjadi dari tahun-tahun sebelumnya.

"Dari tahun ke tahun jumlah calhaj risti selalu menempatkan dengan angka tinggi. Tahun ini saja berdasarkan laporan dari bidang kesehatan mencapai 60-70 persen," kata dia di Asrama Haji Donohudan Boyolali, Kamis, 26 Juli 2018.

Penyebab tingginya jumlah calhaj yang kategori risti, disebutkan Afief, karena daftar tunggunya cukup lama, yakni mencapai 30 tahun. Dengan jenjang waktu tunggu yang cukup lama mau tak mau para calhaj yang saat mendaftar masih berusia antara 40-50 tahun, ketika tiba waktunya untuk menunaikan ibadah haji sudah berusia di atas 70 tahun.

"Taruhlah daftarnya usianya 40 tahun terus dengan waiting list sekitar 30 tahun, maka calhaj akan berangkat di usia 70 tahun. Jadi, ini adalah sesuatu yang memang harus terjadi dan tidak bisa kita hindari karena memang dihadapkan seperti itu," sebutnya.

Meski demikian, ia mengungkapkan tingginya jumlah calhaj risti menjadi persoalan. Pasalnya, hal tersebut sudah terjadi dari tahun ke tahun. Untuk itu, langkah antisipasi yang dilakukan yakni dengan memberikan pendampingan yang lebih baik kepada calhaj yang berisiko tinggi.

"Persoalan seperti itu sudah otomatis akan selalu ada di depan mata kita. Solusinya yang harus disiapkan adalah pedampingan yang maksimal kepada calhaj yang memang sudah sejak awal ristinya tinggi," ucapnya.

Afief mengungkapkan kategori risti itu diberikan kepada para calhaj yang memasuki usia 60 tahun ke atas. Hanya saja, ia menyatakan bahwa tidak semua calhaj yang ketagori risti  belum tentu sakit. Bahkan, berdasarkan rekomendasi dari dinas kesehatan meskipun sudah termasuk kategori risti, mereka bisa berangkat haji.

"Faktanya dari sekian banyak risti, menurut teman-teman kesehatan itu istitoah bisa berangkat menunaikan ibadah haji. Kan tidak semua jemaah yang dinyatakan risti memiliki rekam jejak tidak sehat, kan, tidak," tegasnya.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

BAKTI Siapkan Satelit Multifungsi untuk Sentuh Wilayah Pelosok

Posted: 26 Jul 2018 09:31 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Akses telekomunikasi harus diakui merupakan permasalahan yang masih dihadapi Indonesia. Kendati demikian, Badan Aksesbilitas Telekomunikasi dan Informasi (BAKTI) terus melakukan upaya pemerataan akses telekomunikasi dan informasi.

"Kami menargetkan Indonesia dapat Merdeka Sinyal pada 2020, jadi seluruh wilayah di Indonesia sudah terjangkau jaringan internet," ujar Direktur Utama BAKTI Anang Latif saat bertemu dengan awak media di Jakarta, Rabu (25/7/2018) kemarin.

Menurut Anang, BAKTI memiliki sejumlah program untuk mendukung pemerataan sinyal di seluruh Tanah Air. Salah satunya adalah pengadaan Based Transceiver Station (BTS) untuk wilayah 3T (terluar, terdepan, dan tertinggal), termasuk perbatasan.

Selain pengadaan BTS, BAKTI juga berencana memanfaatkan satelit multifungsi untuk menjangkau wilayah yang benar-benar tidak terjangkau. Anang menuturkan, setidaknya ada 150 ribu titik di Indonesia yang tidak terjangkau jaringan terestrial.

"Karena begitu pelosok, wilayah tersebut tidak terjangkau jaringan seluler. Jadi, solusi yang paling andal dan ekonomis menggunakan satelit. Sebab, sudah dilakukan analisis kalau memakai jaringan terestrial terlalu berat biayanya," tuturnya menjelaskan.

Namun, Anang mengatakan, BAKTI tidak menggunakan teknologi satelit yang ada saat ini. Mereka akan menggunakan satelit yang memancarkan internet berkecepatan tinggi atau yang dikenal high throughput satellite (HTS).

"Biaya menggunakan HTS juga lebih murah ketimbang satelit yang ada saat ini. Harapannya, HTS dapat menambah jumlah site 4G yang ada di Indonesia," tuturnya.

Saat ini, Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kemkominfo) sendiri tengah melakukan pra kualifikasi satelit.

Proses pengembangan yang dibutuhkan hingga satelit ini dapat meluncur diperkirakan tiga tahun. Oleh sebab itu, BAKTI berencana untuk menyewa satelit HTS yang berada di wilayah Indonesia sambil menunggu proses pengembangan yang baru akan dilakukan.

"Rencananya, pemenang proyek ini sudah dapat diketahui akhir tahun. Namun, sambil menunggu waktu pengembangan, kami berencana untuk menyewa kapasitas satelit lain dengan teknologi serupa untuk tetap dapat menggelar layanan internet," ujar Anang.

Kemkominfo Buka Prakualifikasi Satelit

Ilustrasi satelit

Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kemkominfo) baru saja mengumumkan pembukaan prakualifikasi untuk pengadaan badan usaha proyek satelit multifungsi.

Menurut Kemkominfo, baik badan hukum nasional dan internasional bisa mengikuti prakualifikasi pengadaan badan usaha pelaksana proyek kerja sama dengan badan usaha multifungsi permerintah tersebut.

Proses pengadaan ini akan dilakukan sesuai dengan Peraturan Kepala Lembaga Kebijakan Pengadaan Barang/Jasa Pemerintah Nomo 19 Tahun 2015 tentang Tata Cara Pelaksanaan Pengadaan Badan Usaha Kerjasama Pemerintah dengan Badan Usaha dalam Penyediaan Infrastruktur.

Nantinya, ruang lingkunp proyek tersebut bakal meliputi pembiayaan, perancangan, pengadaan, pembangunan, peluncuran, pengoperasian, dan pemeliharaan satelit multifungsi pemerintah.

Dalam pernyataan resmi tertulisnya, Kemkominfo memperkirakan nilai investasi ini sebanyak Rp 6,85 triliun.

Informasi Seputar Pengadaan Satelit Multifungsi

Menteri PPN / Kepala Bappenas, Bambang Brodjonegoro (kedua kiri) dan Menkominfo Rudiantara (ketiga kiri) menghadiri Indonesia Development Forum (IDF) 2018 yang digelar selama 2 hari pada 10-11 Juli di Jakarta, Selasa (10/7). (Liputan6.com/HO/Bappenas)

Untuk Badan Usaha Indonesia dan/atau Badan Usaha Asing yang ingin mengikuti prakualifikasi ini, bisa mengambil Dokumen Prakualifikasi di alamt Panitia Pengadaan yang berlokasi di Wisma Kodel, lantai 6, Jalan Rasuna Said, Jakarta, dalam periode 24 Juli-20 Agustus 2018.

Mereka juga bisa mengirimkan persyaratan pengambilan dokumen prakualifikasi lewat email ke alamat email di satelit@baktikominfo.id.

"Panitia Pengadaan bakal mengirimkan dokumen prakualifikasi lewat email setelah menerima persyaratan pengambilan dokumen dimaksud melalui email secara lengkap," kata Kemkominfo.

(Dam/Isk)

Saksikan Video Pilihan Berikut Ini: 

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Live Streaming Indosiar Mitra Kukar Vs Arema di Liga 1

Posted: 26 Jul 2018 09:30 PM PDT

Liputan6.com, Tenggarong - Mitra Kukar akan menghadapi Arema di Stadion Aji Imbut, Tenggarong, Jumat (27/7/2018) pada pekan ke-18 Liga 1. Duel ini bakal disiarkan live dan eksklusif di Indosiar.

Tuan rumah wajib mewaspadai Arema. Kebetulan performa Arema sedang menanjak. Enam pertandingan terakhir mereka belum tersentuh kekalahan. Bahkan pekan lalu, Hamka Hamzah dkk. baru saja mempermalukan Sriwijaya FC di Palembang dengan skor mencolok 3-0.

Ketika Arema sedang menanjak, justru Mitra Kukar sedang tidak konsisten. Mereka juga kehilangan pelatih kepala Rafael Berges yang sudah mundur karena tidak bisa mengangkat prestasi tim berjuluk Naga Mekes tersebut. Kini mereka dinahkodai sementara waktu oleh Asep Suryadi.

Melihat Arema yang sedang menanjak, Mitra Kukar terlihat agak cemas. Karena mereka sebenarnya ingin bangkit setelah dikalahkan oleh Persija Jakarta di laga sebelumnya.

Live Streaming Indosiar Mitra Kukar Vs Arema di Liga 1 dimulai pukul 15.30 WIB. Dapatkan link Live Streaming Indosiar Mitra Kukar Vs Arema di Liga 1 di halaman selanjutnya.

Link Live Streaming

Untuk link Live Streaming Persebaya Vs Persib di Indosiar silakan klik di sini.....

Perkiraan Susunan Pemain

Mitra Kukar (4-2-3-1): Gerri Mandagi (Kiper); Rendy Siregar, Dedi Gusmawan, Mauricio Leal, Abdul Gamal (Belakang); Bayu Pradana, Danny Guthrie, Dedi Hartono, Anindito Wahyu, Septian David Maulana (Tengah); Fernando Rodriguez (Depan)

Pelatih: Asep Suryadi

Arema FC (4-4-2): Srdan Ostojic (Kiper); Alfin Tuasalamony, Hamka Hamzah, Arthur Cunha, Ahmad Alfarizi (Belakang); Jefri Kurniawan, Hendro Siswanto, Makan Konate, Dendi Santoso (Tengah); Dedik Setiawan, Rivaldi Bawuo (Depan)

Pelatih: Milan Petrovic

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

FOTO: Salam Komando Novel Baswedan dan Pimpinan KPK di Hari Pertama Ngantor

Posted: 26 Jul 2018 09:30 PM PDT

Penyidik senior KPK Novel Baswedan (dua kiri) berjabat tangan dengan mantan Wakil Ketua KPK Bambang Widjojanto (kanan) di Gedung KPK, Jakarta, Jumat (27/7). Novel disambut langsung oleh Ketua KPK Agus Rahardjo dan jajarannya. (Merdeka.com/Dwi Narwoko)

Penyidik senior KPK Novel Baswedan (dua kiri) berjabat tangan dengan mantan Wakil Ketua KPK Bambang Widjojanto (kanan) di Gedung KPK, Jakarta, Jumat (27/7). Novel disambut langsung oleh Ketua KPK Agus Rahardjo dan jajarannya. (Merdeka.com/Dwi Narwoko)

Penyidik senior KPK Novel Baswedan (tengah) berpelukan dengan Wakil Ketua KPK Saut Situmorang di Gedung KPK, Jakarta, Jumat (27/7). Sebelumnya Novel Baswedan absen 16 bulan untuk menyembuhkan matanya yang diserang air keras. (Merdeka.com/Dwi Narwoko)

Penyidik senior KPK Novel Baswedan (tengah) berpelukan dengan Wakil Ketua KPK Saut Situmorang di Gedung KPK, Jakarta, Jumat (27/7). Sebelumnya Novel Baswedan absen 16 bulan untuk menyembuhkan matanya yang diserang air keras. (Merdeka.com/Dwi Narwoko)

Ketua KPK Agus Rahardjo, Wakil Ketua KPK Saut Situmorang, mantan Ketua KPK Abraham Samad dan mantan Wakil Ketua KPK Bambang Widjojanto foto bersama saat menyambut penyidik senior KPK Novel Baswedan, Jakarta, Jumat (27/7). (Merdeka.com/Dwi Narwoko)

Ketua KPK Agus Rahardjo, Wakil Ketua KPK Saut Situmorang, mantan Ketua KPK Abraham Samad dan mantan Wakil Ketua KPK Bambang Widjojanto foto bersama saat menyambut penyidik senior KPK Novel Baswedan, Jakarta, Jumat (27/7). (Merdeka.com/Dwi Narwoko)

Penyidik senior KPK Novel Baswedan (dua kiri) berbincang dengan mantan Ketua KPK Abraham Samad (dua kanan) saat Ketua KPK Agus Rahardjo (kanan) berbicara dalam penyambutan dirinya di Gedung KPK, Jakarta, Jumat (27/7). (Merdeka.com/Dwi Narwoko)

Penyidik senior KPK Novel Baswedan (dua kiri) berbincang dengan mantan Ketua KPK Abraham Samad (dua kanan) saat Ketua KPK Agus Rahardjo (kanan) berbicara dalam penyambutan dirinya di Gedung KPK, Jakarta, Jumat (27/7). (Merdeka.com/Dwi Narwoko)

Penyidik senior KPK Novel Baswedan (tengah) dan mantan Wakil Ketua KPK Bambang Widjojanto (kiri) mendengarkan mantan Ketua KPK Abraham Samad (kanan) berbicara saat penyambutan dirinya di Gedung KPK, Jakarta, Jumat (27/7). (Merdeka.com/Dwi Narwoko)

Penyidik senior KPK Novel Baswedan (tengah) dan mantan Wakil Ketua KPK Bambang Widjojanto (kiri) mendengarkan mantan Ketua KPK Abraham Samad (kanan) berbicara saat penyambutan dirinya di Gedung KPK, Jakarta, Jumat (27/7). (Merdeka.com/Dwi Narwoko)

Penyidik senior KPK Novel Baswedan (kiri) berjabat tangan dengan Ketua KPK Agus Rahardjo (tengah) di Gedung KPK, Jakarta, Jumat (27/7). Novel Baswedan kembali bekerja setelah absen selama 16 bulan. (Merdeka.com/Dwi Narwoko)

Penyidik senior KPK Novel Baswedan (kiri) berjabat tangan dengan Ketua KPK Agus Rahardjo (tengah) di Gedung KPK, Jakarta, Jumat (27/7). Novel Baswedan kembali bekerja setelah absen selama 16 bulan. (Merdeka.com/Dwi Narwoko)

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Ini Alasan Wiro Sableng Muncul di Gim AoV

Posted: 26 Jul 2018 09:30 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Tak hanya di film layar lebar yang bakal tayang 30 Agustus mendatang, Wiro Sableng ternyata juga bakal beraksi dalam sebuah gim populer, Arena of Valor (AoV).

Ini, tentu menjadi kejutan tersendiri untuk para penggemar tokoh maupun gim ini. Hebatnya, Wiro Sableng menjadi hero lokal pertama dalam game AoV.

Sheila Timothy sebagai produser Lifelike Pictures yang memproduksi Wiro Sableng menjelaskan mengapa tokoh ciptaan Bastian Tito tersebut muncul dalam gim ini.

"Sejak awal kami sudah memutuskan bahwa Wiro Sableng ini akan menjadi punya banyak turunan. Bukan cuma film," ucapnya ketika ditemui di kawasan SCBD, Jakarta Selatan, Kamis (26/7/2018).

 

Profil Menarik

Produser Sheila Timothy. (Liputan6.com/Faizal Fanani)

"Terus Caravan Studio menawarkan bagaimana kalau kita kerja sama dengan game. Nah, game yang diajukan waktu itu adalah AoV. Nah ketika kami pelajari, AoV punya profil yang sangat menarik," tambahnya lagi.

Mewakili Indonesia

Intelectual Property atau disingkat IP dari Wiro Sableng adalah alasan utama bagaimana akhirnya karakter ini dapat merambah ke dunia game. Menurut perempuan yang akrab disapa Lala ini, Wiro Sableng memiliki IP yang menarik dan menjanjikan.

"Dan seperti yang dijelaskan AOV oleh Garena, bahwa Wiro kan IP yang udah dikenal di Indonesia dari tahun 1967. Fansnya banyak dan sangat mewakili Indonesia. Karena dia ceritanya sangat Indonesia, martial art-nya juga Indonesia banget pencak silat," jelasnya.

Animo Bangkit

Vino G Bastian. (Adrian Putra/Bintang.com)

"Dan Wiro Sableng juga akan keluar filmnya di 30 Agustus besok. Jadi animonya bangkit kembali, orang percaya lagi dan orang kangen lagi sama Wiro. Sehingga akhirnya AoV Garena memutuskan untuk mau kerja sama," pungkasnya.

Di sisi lain, kejutan ini juga diberikan langsung oleh sang pemeran Wiro Sableng, Vino G Bastian via Instagram pribadinya beberapa waktu lalu dan mendapat respons positif dari warganet. (Akbar Prabowo Triyuwono / Kapanlagi.com)

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

VIDEO: Liburan Mewah Oka Antara di Genting Dream Cruise

Posted: 26 Jul 2018 09:30 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Oka Antara menghabiskan waktu liburannya bersama keluarga di Genting Dream Cruise, sebuah kapal pesiar yang memiliki fasilitas mewah dan lengkap. Liburan Oka semakin seru dengan kehadiran para karakter Hotel Transylvania.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

7 Cara Rumahan Atasi Jerawat Punggung

Posted: 26 Jul 2018 09:30 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Jerawat punggung bisa meradang serta terasa sakit ketika kita bersandar. Salah satu cara mengatasinya bisa dengan bahan-bahan alami yang ada di dapur. 

Tidak hanya bisa mempercepat kering, cara ini juga bisa mencegah jerawat punggung datang kembali. Dilansir dari Boldsky, berikut tujuh campuran bahan yang bisa mengatasi jerawat punggung.

1. Kunyit Bubuk + Minyak Kelapa

Kandungan antibakteri pada bubuk kunyit sangat bermanfaat ketika digabungkan dengan minyak kelapa. Campur sedikit kunyit bubuk dan satu sendok teh (sdt) minyak kelapa.

Aplikasikan campuran pada jerawat pada jerawat selama 10 menit sebelum dibilas dengan air hangat. Gunakan beberapa kali sehari agar jerawat lebih cepat menghilang.

 

2. Tea Tree Oil + Madu

Tea tree oil bisa membersihkan pori-pori, sedangkan madu mampu menghilangkan jerawat yang disebabkan bakteri. Jadi, keduanya bisa mencegah dan mengobati jerawat.

Campurkan 2-3 sdt tetes tea tree oil dengan setengah sdt madu. Aplikasikan pada jerawat selama 5 menit. Bilas dengan air hangat dan gunakan setiap hari supaya terhindar dari jerawat punggung.

 

Saksikan juga video menarik berikut:

Baking soda

Ilustrasi baking soda

3. Baking Soda + Air Mawar

Baking soda bermanfaat untuk membersihkan kulit. Air mawar bisa menenangkan permukaan kulit. Campuran ini sangat baik untuk menangani jerawat punggung.

Aduk sedikit baking soda dan 1 sdt air mawar. Pakaikan campuran tersebut pada jerawat selama 5 menit sebelum dibilas dengan air hangat. Gunakan campuran ini 3-4 kali seminggu untuk hasil yang maksimal.

4. Cuka Apel + Air

Manfaat cuka apel untuk menyembuhkan jerawat sudah tidak diragukan lagi. Aduk 3-4 tetes cuka apel dengan 1 sdt air bersih. Lalu, pakaikan pada jerawat dengan cotton bud atau kapas selama 5-10 menit. Bilas dengan air hangat dan gunakan 2 kali sehari.

Aloe Vera Gel

Ilustrasi aloe vera gel - jel lidah buaya (iStockphoto)

5. Aloe Vera Gel + Minyak Alpukat

Keduanya sangat cocok untuk mengobati dan mencegah jerawat serta mencegah supaya tidak timbul kembali. Campurkan 1 sdt aloe vera gel dengan 2-3 tetes minyak alpukat.

Gunakan selama beberapa menit sebelum dibilas dengan air hangat. Pakaikan sekali sehari supaya jerawat punggung menghilang.

6. Jus Lemon + Gandum

Campuran keduanya bisa mencegah kemerahan dan peradangan pada kulit. Campurkan setengah sdt gandum dan jus lemon. Lalu, aplikasikan pada jerawat selama 10-15 menit sebelum dibilas dengan air hangat. Ulangi langkah ini dua hari sekali agar punggung bebas dari jerawat.

7. Gula + Minyak Zaitun

Selain menghilangkan racun dari pori-pori, campuran ini bermanfaat untuk mencegah peradangan. Siapkan setengah sdt gula halus dan 1 sdt minyak zaitun.

Lalu, aduk hingga merata dan aplikasikan pada jerawat selama 15 menit sebelum dihapus menggunakan handuk lembap. Lakukan dua hari sekali agar kulit punggung terhindar dari jerawat.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Cari Spot Bagus di Cirebon untuk Berburu Foto? Ini 5 Tempatnya

Posted: 26 Jul 2018 09:29 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Cirebon memang tidak seramai Bandung atau Bogor sebagai destinasi liburan, tapi Anda dapat dengan mudah menemukan beragam tempat wisata yang seru. Wisata alam, hiburan, kuliner, hingga tempat-tempat yang punya lokasi foto Instagramable semuanya ada di sini. Kalau Anda pencinta fotografi yang ingin mengabadikan momen liburan di Cirebon, kunjungi lima tempat yang punya nuansa asyik untuk direkam melalui bidikan kamera berikut ini.

1. Restoran Klapa Manis

Klapa Manis merupakan tempat pertama yang harus Anda tuju saat mencari resto yang punya atmosfer alam dan konsep desain menarik. Klapa Manis mengusung perpaduan desain tradisional Sunda dan kontemporer yang membuat pengunjung betah berlama-lama di sini.

Di bagian interiornya saja Anda akan dibuat nyaman dengan kehadiran ornamen tradisional seperti lampu gantung, meja dan kursi kayu, serta pondasi dan struktur interior yang didominasi warna-warna alam.

Tak hanya itu, Klapa Manis juga merupakan salah satu restoran di Cirebon yang menyajikan pemandangan alam terbaik. Cobalah datang ke sini pada malam hari dan pilih meja di lantai dua. Dijamin Anda akan dibuat takjub dengan pemandangan alam sekitar sekaligus kerlipan lampu restoran yang mampu menciptakan nuansa syahdu.

2. The Radiant Bukit Gronggong

The Radiant sebenarnya merupakan hotel di kawasan wisata alam Bukit Gronggong yang terletak di perbatasan Cirebon dengan Kabupaten Kuningan. Yang membuat The Radiant banyak disambangi pencinta fotografi tidak lain adalah konsep desainnya yang mewah dan mengusung tema arsitektur khas Italia. Dari luarnya saja Anda sudah dapat merasakan atmosfer yang berbeda.

Balkon hotel dan jalanan setapak di area depan tampak manis dengan dominasi warna putih. Naik sedikit ke lantai atas hotel, Anda akan merasakan nuansa Eropa yang kental berkat plafon berdesain mewahnya.

3. Cirebon Waterland

Ini dia gudangnya spot Instagramable di Cirebon. Cirebon Waterland bukan sembarang waterpark. Di sini ada sejumlah spot menarik yang akan membuat galeri Instagram Anda makin ciamik. Ada pondokan bergaya tradisional, taman bermain anak bertema pulau tropis, restoran berbentuk kapal laut, hingga bangunan kapel segitiga yang tampak cantik pada malam hari.

4. Telaga Remis

Cari pemandangan alam yang autentik? Datang saja ke Telaga Remis. Di sini Anda dapat bebas mengambil potret alam yang hijau di antara deretan pepohonan tinggi dan danau yang dihuni beragam jenis ikan. Pemandangan alam luar biasa di Telaga Remis ini merupakan bagian dari kekayaan alam kawasan lereng Gunung Ciremai yang terkenal cantik.

5. Wanawisata Ciwaringin

Di perbatasan Kabupaten Cirebon dan Majalengka ada objek wisata alam yang punya pemandangan cantik, namanya Wanawisata Ciwaringin. Destinasi wisata satu ini memiliki area pemancingan, hutan lindung, hingga arena motorcross. Pemandangan di sini pun tidak kalah cantiknya, lo. Sebagian besar pengunjung bahkan datang ke Wanawisata Ciwaringin hanya untuk berburu foto.

Bagaimana, tertarik mengunjungi lima tempat wisata di Cirebon yang sudah disebutkan di atas? Jangan hanya menyiapkan perangkat memotret. Pastikan Anda juga memilih hotel murah di Cirebon dengan fasilitas lengkap agar liburan Anda di Kota Udang semakin nyaman.

Airyrooms.

Airy hadir menawarkan solusi penginapan murah terbaik. Tak hanya murah, Airy pun menghadirkan jaminan fasilitas seperti tempat tidur bersih, penyejuk ruangan, air minum gratis, TV layar datar, dan Wi-Fi. Kamar mandinya pun dilengkapi pancuran air hangat serta peralatan mandi yang bersih. Lengkap, bukan?

Makanya, segera booking kamar di hotel pilihan Anda melaluiwebsitemaupun aplikasi ponsel yang dapat diunduh di Play Store dan App Store. Setelah itu, lengkapi pembayarannya lewat transfer bank ataupun kartu kredit. Mudah, bukan?

Selamat liburan!

 

(Adv)

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

BEI Berencana Permudah Buka Rekening Investasi lewat Online

Posted: 26 Jul 2018 09:25 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Bursa Efek Indonesia (BEI) akan bertransformasi guna mempermudah proses investasi. Hal ini sejalan dengan program BEI yang giat meningkatkan jumlah investor khususnya di kalangan anak muda atau milenial.

Direktur Teknologi Informasi dan Manajemen Risiko BEI Fitri Hadi mengatakan, BEI akan fokus membangun cara-cara baru, terutama terbuka dengan anak muda dan juga digitalisasi.

"Jadi nanti kita akan otomatisasi proses bisnis karena dirasa selama ini masih banyak cara jadul yang kami lakukan, seperti misalnya buka rekening investasi nanti bisa online. Nggak perlu tatap muka dan tanda tangan basah. Pakai geometrik, hanya perlu gadget dan internet saja," ujar dia di Gedung BEI, Jumat (27/7/2018).

Menurut Fitri, hal ini penting mengingat pengguna internet yang terlansir dari Kementerian Komunikasi dan Informatika (KOMINFO) di Indonesia telah mencapai 101 juta pengguna.

"Selain itu, nanti juga transparansi emiten bisa ditemukan secara online. Kita juga coba ajak kemitraan lainnya karena trennya sekarang adalah kolaborasi," kata dia.

Fitri menekankan, implementasi rekening online ditargetkan rampung pada tahun ini. Proses membuka rekening investasi yang pada mulanya memakan waktu 4 hari, dengan program ini hanya menghabiskan waktu 1 hari saja.

"Yang biasanya 3 sampai 4 hari, nanti bisa 1 hari untuk buka rekening investasi. Kita juga nanti ajak startup company kedepanya, jadi nanti investasi ini bisa lewat tokopedia ataupun Go-Jek. Nanti ada simulasi online," ujarnya.

Selanjutnya, Fitri menjelaskan pada kuartal IV, program ini sudah bisa dinikmati.

"Di tahun ini, di kuartal IV. Programnya sudah dieksekusi dari sekarang. Nanti dalam 1 hari bisa selesai untuk buka rekening investasi. Kita sudah piloting, dan tahun ini diharapkan bisa implementasi hal tersebut," tuturnya.

"Jadi nanti bisa kerjasama dengan startup untuk buka rekening. E-commerce bekerja sama dengan Anggota Bursa (AB)," tandas dia.

Gaet Influencer Sosial Media, BEI Ingin Milenial Makin Melek Investasi

Pengunjung mengambil foto layar indeks harga saham gabungan yang menunjukkan data di Bursa Efek Indonesia, Jakarta, Selasa (2/1).(Liputan6.com/Faizal Fanani)

Bursa Efek Indonesia (BEI) membuka perdagangan bertajuk Social Media Influencers Investory pada pagi hari ini. BEI berupaya menggaet para influencers social media dengan tujuan menarik masyarakat, terutama milenial, untuk berani berinvestasi.

Direktur Pengembangan BEI Hasan Fauzi mengatakan, anak muda merupakan kunci untuk mendorong sekaligus meningkatkan minat atau literasi investasi di Indonesia. Oleh karena itu, Hasan menjelaskan, akan dilaksanakan one day invest camp pada hari ini.

"Anak muda adalah key opinion leaders yang digunakan masyarakat sebagai sumber informasi untuk dijadikan acuan dalam pengambilan keputusan. Salah satunya adalah acuan untuk berinvestasi," ujar dia di Gedung BEI, Jumat (27/7/2018).

"Oleh karena itu, invest camp one day program hari ini untuk pembekalan ilmu dan investasi saham bagi para social influencer dan teman-teman. Invest camp akan menunjukkan bagaimana transaksi saham bersama-sama secara langsung," kata dia.

Dalam program ini, BEI bekerja sama dengan tiga perusahaan sekuritas, antara lain PT Sinarmas Sekuritas, PT Philip Sekuritas Indonesia, dan PT Danareksa Sekuritas.

Adapun background para influencers tersebut beragam, antara lain kalangan artis, traveller, ibu rumah tangga, entrepreneur, pilot dan masih banyak lagi.

Beberapa di antaranya seperti Ibrahim Risyad, Martin Praja, Annoy Hari Prabowo, Gama Irdiansyah, dan Reza Phalevi.

Influencers diharuskan berpromosi di digital platform masing-masing pada periode Agustus-November 2018 terkait pentingnya investasi. Cerita inspiratif influencers juga ikut dikompetisikan untuk nantinya dipilih menjadi yang terbaik.

Selanjutnya, Hasan berharap tren saat ini menunjukan anak muda semakin melek dengan investasi.

"Dari BEI sendiri kami tidak menargetkan secara khusus prosentase peningkatan milenials dalam berinvestasi. Namun satu yang pasti, kita tak bisa menutup mata bahwa milenials kini memegang peranan penting dalam pengambilan keputusan dan juga berinvestasi," kata dia.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

13 The Haunted Sudah Tayang, Begini Komentar Penonton

Posted: 26 Jul 2018 09:20 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Film bertajuk 13 The Haunted telah menghiasi bioskop seluruh Indonesia sejak Kamis (26/7/2018) kemarin. Tentunya, sudah cukup banyak pencinta film yang sudah menonton film berjenis horor ini.

Disutradarai Rudy Soedjarwo, tentu banyak pencinta film horor penasaran dengan 13 The Haunted yang diproduseri Raffi Ahmad dan Fransen Susanto ini.

Beberapa penonton mengungkapkan kesan mereka setelah menyaksikan 13 The Haunted yang dibintangi Al Ghazali, Steffi Zamora, Valerie Thomas, Atta Halilintar, hingga Mikha Tambayong ini.

Kesan-kesan dari para penonton 13 The Haunted bisa disimak melalui media sosial Twitter. Kira-kira seperti apa ya?

Ketakutan

13 The Haunted (Instagram/ 13thehaunted)

Menelusuri linimasa di Twitter, seorang penonton mengakui bahwa film ini sukses membuatnya tak berani menatap layar bioskop.

"#NowWatching 13 The Haunted. Degdegan cemen segitu aja ketakutan," tulis pemilik akun @bahagiapuan.

Sementara penonton dengan akun @junehweo mengaku penasaran dengan sekuelnya, "Abis nonton 13 the haunted. b aja sih ya, cuma kenapa penasaran sama lanjutannya."

Hal Tak Diduga

Film 13 The Haunted garapan rumah produksi milik Raffi Ahmad. (Liputan6.com/Faizal Fanani)

Bahkan, pengguna akun @dellaauliya menemukan hal yang tak diduga selama menonton, "Habis nonton 13 the haunted, ada peran pacaran al ghazali sm valerie thomas, ga nyangka sih mereka bikin baper. Good act."

Bagi yang masih menerka-nerka seperti apa gambaran konsep film 13 The Haunted, barangkali bisa menyimak penjelasan dari pemilik akun @digigits berikut ini.

"Tapi kalo lo suka nonton crt ttg lifestyle-nya anak2 borju yg tergabung dlm Borju Vloger kayak yg disebut di film ini, lo bs tonton deh. Cowok2 ganteng, cewek2 cakep, mobil2 keren, dan tema tentang gimana caranya bikin vlog yg banyak viewers-nya," tulisnya.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Juara Paruh Musim Liga 1, Pelatih Persib Bicara soal Persija

Posted: 26 Jul 2018 09:15 PM PDT

Liputan6.com, Bandung Persib Bandung berhasil menutup putaran pertama Go-Jek Liga 1 bersama Bukalapak di posisi teratas. Kemenangan 4-3 atas tuan rumah Persebaya Surabaya di Stadion Gelora Bung Tomo (GBT), Kamis (26/7/2018), membuat tim berjuluk Pangeran Biru itu kini membukukan 29 poin.

Meski begitu, ada yang membuat pelatih Persib, Roberto Mario Carlos Gomez, kurang puas. Arsitek asal Argentina itu menyinggung Law of The Game yang diterapkan di Liga 1.

Gomez mempertanyakan ketentuan wasit saat memberikan kartu kepada pemain. Ada yang jor-joran, maupun pelit kartu. Misalnya, saat Persib bertandang ke markas Persija Jakarta pada 30 Juni lalu.

Menurut Gomez, saat itu pertandingan berjalan keras. Akan tetapi, wasit Faulor Rosy hanya dua kali menyodorkan kartu kuning dari sakunya. Sasarannya kepada Ghozali Siregar (Persib) dan Sandi Darman Sute (Persija).

"Opini saya, banyak kejadian mengherankan ketika pertandingan melawan Persija, misalnya, kartu kuning diberikan kepada Persib, tapi tidak ke Persija. Jadi ada pertanyaan dalam diri saya. Bukan untuk protes, tapi untuk ditanyakan," ujar Gomez.

Juara Paruh Musim

Pelatih Persib, Mario Gomez (kiri) memberi arahan jelang latihan resmi lanjutan Go-Jek Liga 1 Indonesia 2018 bersama Bukalapak di Stadion PTIK, Jakarta, Jumat (29/6). Persib akan melakoni laga melawan Persija, (30/6). (Liputan6.com/Helmi Fithriansyah)

Gomez bangga dengan pencapaian timnya di paruh musim kompetisi yang disiarkan langsung dan eksklusif di Indosiar ini. Apalagi, Pangeran Biru sempat terseok-seok di awal musim.

"Kami sangat bangga dengan pemain kami. Karena mereka berusaha sangat keras, meski skor sempat terkejar, tapi mereka berbuat semaksimal mungkin untuk membawa Persib ke puncak klasemen di paruh musim."

"Itu membuat saya bangga. Tidak mudah bertanding di Surabaya. Kami bekerja sangat keras," tutur Gomez.

Jadwal Persib

Senin, 30 Juli 2018

PS Tira Vs Persib Bandung

Stadion Sultan Agung, Bantul

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Top 3: Penangkapan Pelaku Pemerkosaan Mahasiswi Indonesia di Belanda

Posted: 26 Jul 2018 09:15 PM PDT

Liputan6.com, Amsterdam - Polisi Kota Rotterdam, Belanda berhasil menangkap pelaku tindak kejahatan seksual terhadap seorang mahasiswi Indonesia yang terjadi pada minggu lalu.

Penangkapan pelaku yang belum dijelaskan identitas lebih lanjut ini menjadi sorotan pembaca Liputan6.com pada Jumat (27/7/2018).

Sementara itu, hilangnya tiga orang anak buah kapal (ABK) di lepas pantai Hokkaido, Jepang pada Kamis, 26 Juli 2018 dan pendapat Lapan soal Gerhana Bulan pada 28 Juli mendatang yang disebut sebagai Micro Blood Moon tak kalah jadi sorotan.

Berikut Top 3 Global selengkapnya:

1. Pelaku Pemerkosaan Mahasiswi Indonesia di Belanda Ditangkap

Ilustrasi Foto Pemerkosaan dan Kejahatan Seksual (iStockphoto)

Pihak kepolisian Kota Rotterdam, Belanda, mengumumkan telah berhasil menangkap pelaku tindak kejahatan seksual terhadap seorang mahasiswi asal Indonesia, yang terjadi pada akhir pekan lalu.

Dikutip dari Rijnmond.nl, pelaku diketahui merupakan seorang remaja pria berusia 18 tahun. Kendati demikian, belum ada rincian lebih lanjut mengenai identitas pemerkosa.

Pelaku berhasil ditangkap setelah polisi menganalisis rekaman video dari beberapa kamera pengawas di sekitar lokasi kejadian. Menurut polisi, upaya itu menghasilkan gambaran singkat mengenai sosok tersangka pelaku tindak kejahatan seksual.

Selanjutnya...

2. 2 Kapal Korea Selatan Bertabrakan di Laut Jepang, 3 ABK WNI Hilang

Ilustrasi kapal (iStock)

Tiga anak buah kapal (ABK) yang dikabarkan berstatus sebagai warga negara Indonesia (WNI) menghilang, setelah dua kapal nelayan berbendera Korea Selatan bertabrakan di lepas pantai Hokkaido, Jepang pada Kamis, 26 Juli 2018, kata Penjaga Pantai Jepang (JCG).

Salah satu kapal tersebut tenggelam usai bertabrakan. Demikian seperti dikutip dari kantor berita China Xinhua News Agency.

Dari total 38 awak, 35 di antaranya berhasil diselamatkan. Sementara tiga lainnya, yang dikabarkan berstatus sebagai WNI, masih belum ditemukan.

Selanjutnya...

3. Gerhana Bulan 28 Juli 2018 Disebut Micro Blood Moon, Ini Kata LAPAN

Super Blue Blood Moon dikaburkan oleh awan yang menerangi gunung berapi Mayon saat menebarkan abu di dekat Kota Legazpi, provinsi Albay, Filipina, 31 Januari 2018. (AFP PHOTO/TED ALJIBE)

Ketika membahas tentang Bulan purnama, sebagian besar dari kita akan mengarah pada gambaran Bulan yang berbentuk bulat penuh, berukuran besar dan bersinar terang di langit malam.

Pada 28 Juli nanti, penduduk Bumi kembali disuguhi fenomena alam menarik, yakni gerhana Bulan total. Namun gerhana Bulan kali ini agak berbeda dari yang sudah pernah terjadi sebelumnya.

Selain menjadi yang terlama, gerhana Bulan kali ini tidak akan menampilkan ukuran raksasa dari satelit alam Bumi itu.

Selanjutnya...

 

Saksikan video pilihan di bawah ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

VIDEO: Bendungan Laos Jebol, 26 Tewas 131 Hilang

Posted: 26 Jul 2018 09:15 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Banjir akibat bendungan jebol di Laos terus memakan korban. Tercatat 26 orang tewas akibat banjir, dan hingga kini 131 orang dilaporkan hilang.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Legenda Taman Salimar Hadir di Jakarta Modest Fashion Week 2018

Posted: 26 Jul 2018 09:15 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Hari pertama gelaran Jakarta Modest Fashion Week 2018 menampilkan sederet desainer dari dalam maupun luar negeri. Sebanyak 20 negara menjadi partisipan dalam Jakarta Modest Fashion Week 2018. Salah satunya adalah Kirgiztan.

Dengan membawa merek luxury, Dilbar merepresentasikan pakaian modest asal Kirgiztan. Di Jakarta Modest Fashion Week 2018, Dilbar membawa cerita legenda tua dari Babilonia.

Koleksi yang menampilkan legenda tua ini dibuat khusus untuk Jakarta Modest Fashion Week 2018. Koleksinya sendiri bercerita tentang legenda tua yang disebut Garden of Salimar. Taman ini merupakan taman cantik yang berada di Babilonia.

Taman Salimar

Model mengenakan busana desainer Dilbar dari Kyrgystan dalam Jakarta Modest Fashion Week di Gandaria City, Jakarta, Kamis (26/7). Ajang fashion bergengsi ini diselenggarakan mulai 26-29 Juli 2018. (Liputan6.com/Faizal Fanani)

Meski bercerita tentang legenda tua Babilonia, rancangan Dilbar juga menekankan keindahan taman Indonesia dengan perpaduan warna hijau. Banyak elemen yang digunakan dalam rancangannya ini. Seperti menggunakan embroidery dan beludru yang menciptakan tekstur unik.

Aplikasi elemen mewah

Rancangan Dilbar ini juga begitu kaya dengan penggunaan warna. Karena menghadirkan merek luxury, Dilbar mengaplikasikan bulu dan kristal swarovsky pada beberapa rancangannya. Semua elemen mewah ini diaplikasikan pada rancangan berbentuk gaun yang dipadupadankan dengan turban.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Top 3 Tekno: Cara Melihat Gerhana Bulan Terlama Abad Ini Paling Hits

Posted: 26 Jul 2018 09:12 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Gerhana bulan terlama pada abad ini bisa kita saksikan di seluruh Indonesia pada Sabtu, 28 Juli 2018 dini hari. Cara melihat fenomena langka ini pun paling hits di kanal Tekno Liputan6.com, Kamis (26/7/2018) kemarin.

Berita lain yang tak kalah hits datang dari seorang admin di grup WhatsApp. Ia ditahan selama 5 bulan gara-gara sebuah pesan yang dikirimnya.

Lebih lengkapnya, simak tiga berita terpopuler di kanal Tekno Liputan6.com berikut ini.  

1. Tips Menyaksikan Gerhana Bulan Terlama pada 28 Juli

Gerhana bulan total yang bakal berlangsung pada akhir pekan ini bisa dibilang sangat spesial. Bagaimana tidak, gerhana bulan total kali ini disebut-sebut akan menjadi gerhana paling lama di abad ke-21.

Lembaga Penerbangan dan Antariksa Nasional (LAPAN), mengungkap peristiwa gerhana terjadi pukul 01.24-05.19 WIB. Sementara, fase total akan berlangsung pukul 02.30-04.13 WIB. Semua diperkirakan akan terjadi dalam durasi satu jam 43 menit.

Fenomena ini bisa kita saksikan di seluruh Indonesia pada Sabtu, 28 Juli 2018 dini hari. Bagi kamu yang tidak ingin melewatkan momen ini, berikut hal yang harus kamu perhatikan sebelum melihat gerhana bulan total, agar memberikan pengalaman berkesan.

Baca selengkapnya di sini 

2. Gara-Gara Jadi Admin Grup WhatsApp, Pria Ini Dikurung 5 Bulan

Seorang mahasiswa India bernama Junaid Khan ditahan selama 5 bulan gara-gara sebuah pesan [WhatsApp ](3183166 "" )yang disebut-sebut tak pernah dikirimkannya.

Sebagaimana dikutip Tekno Liputan6.com dari BBC, Kamis (26/7/2018), pria 21 tahun itu dituding melakukan penghasutan karena konten yang tidak menyenangkan. Sampai saat ini, tidak jelas pesan apa yang dimaksudkan sebagai pesan ofensif.

Saat keluhan diajukan, kepolisan menuding Khan merupakan admin grup WhatsApp. Pihak keluarga pun menyebut, Khan secara otomatis menjadi admin grup setelah admin asli meninggalkan grup.

Baca selengkapnya di sini 

3. Gerhana Bulan Total 28 Juli 2018, Gerhana Bulan Dengan Durasi terlama Abad Ini!

Ilustrasi gerhana bulan total. (Foto: Bambang E.Ros)

Pada hari Sabtu (28/7/201) akhir pekan nanti, sebuah gerhana bulan total akan terjadi. Gerhana bulan total kali ini terbilang istimewa karena durasi dari gerhana bulan total ini akan jadi yang terlama di abad ini.

Melansir pernyataan dari Peneliti Pusat Sains Antariksa LAPAN Rhorom Priyatikanto, gerhana bulan total kali ini akan berdurasi 1 jam 43 menit.

Gerhana bulan total kali ini terjadi karena bulan berada pada titik Apogee, atau titik terjauh dari Bumi. Gerhana bulan total ini juga bisa disebut sebagai Micromoon karena penampakannya yang kecil, kebalikan dari gerhana bulan total yang terjadi pada Januari lalu yang memiliki sebutan Super Blue Blood Moon di mana ukuran bulan terlihat lebih besar dan cerah.

Baca selengkapnya di sini 

(Isk/Jek)

Saksikan Video Pilihan Berikut Ini

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Anies Siapkan 425 Titik Penjemputan Ojek Online di Kantor Pemerintahan

Posted: 26 Jul 2018 09:11 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan meminta kepada Satuan Kerja Perangkat Daerah (SKPD) untuk mulai menyiapkan tempat antar jemput untuk ojek online. Ini disampaikannya saat memberikan arahan kepada SKPD dan para pengelola gedung Pemda Provinsi DKI Jakarta hari ini.

"Insyaallah dimulai hari Senin depan, diinstruksikan untuk menyiapkan tempat drop-off dan pick-up. Tempat pengantaran dan penjemputan untuk ojek," ujar Anies, di kantornya di Balai Kota, Jakarta Pusat, Jumat (27/7/2018).

Namun, dia menegaskan, tempat itu tidak diperuntukkan sebagai pangkalan ojek. Menurut dia, nantinya tempat tersebut hanya wadah transit antar pengemudi dan penumpang pada waktu-waktu awal kerja dan akhir jam kerja.

"Kalau pangkalan ojek untuk ngetem di situ bisa lama, kalau ini tidak. Tempat transit dan ini bukan pangkalan ojek," kata dia menegaskan.

Anies menjelaskan, tujuannya menginstruksikan SKPD Pemprov DKI tersebut untuk menguraikan kepadatan, yang menurut dia, ditimbulkan selama waktu penjemputan dan pengantaran penumpang.

"Kita mengetahui bahwa waktu-waktu penjemputan dan pengantaran adalah waktu di mana sering ada pengumpulan ojek yang menimbulkan gangguan pada arus lalu lintas pejalan kaki dan kendaraan bermotor," Anies menjelaskan.

Dia menuturkan, implementasinya masih eksperimen pengujian di lapangan. Ke depannya, Anies ingin membuat Instruksi Gubernur (Ingub) terkait ketentuan itu yang nantinya akan diterapkan juga untuk gedung-gedung selain di lingkungan Pemprov DKI.

"Instruksi gubernur tidak akan dikeluarkan tanpa data dulu tanpa ada pengujian di lapangan dulu. Dari situ nanti dibuat legal dokumen," tuturnya.

SKPD akan mencari lokasi yang pas untuk menentukan tempat pengantaran dan penjemputan di dekat kantornya masing-masing. Anies meminta agar tempat itu tidak boleh berada di trotoar dan tidak berada di jalan raya.

"Intinya tidak boleh menganggu lalu lintas pejalan kaki dan tidak boleh menganggu lalu lintas kendaraan, baik itu kendaraan bermotor ataupun tidak bermotor," kata Anies.

Total, kata Anies, ada 400an gedung, perkantoran yang disiapkan untuk titik penjemputan ojek online.

"Jumlahnya 425 gedung, perkantoran, SKPD, kantor wali kota, puskesmas, rumah sakit, terminal, gor jadi jumlahnya lebih dari 400 lokasi," Anies menandaskan.

 

Saksikan video pilihan di bawah ini

(Rangkuman Brilio.net dari Instagram @dramaojol.id dan @newdramaojol.id)

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

FOTO: Aksi Penyelam Istri Kapolri Bawa Api Obor Asian Games 2018

Posted: 26 Jul 2018 09:08 PM PDT

Ketua Umum WASI, Tri Suswati Karnavian membawa api obor Asian Games 2018 di perairan Pulau Piaynemo, Raja Ampat, Papua Barat, Kamis (26/7). Kegiatan ini sebagai bentuk dukungan perempuan terhadap kesuksesan Asian Games 2018. (Liputan6.com/HO/Mabes Polri)

Ketua Umum WASI, Tri Suswati Karnavian membawa api obor Asian Games 2018 di perairan Pulau Piaynemo, Raja Ampat, Papua Barat, Kamis (26/7). Kegiatan ini sebagai bentuk dukungan perempuan terhadap kesuksesan Asian Games 2018. (Liputan6.com/HO/Mabes Polri)

Ketua Umum Wanita Selam Indonesia (WASI), Tri Suswati Karnavian didampingi Nadine Chandrawinata dan 8 penyelam wanita membawa api obor Asian Games 2018 di perairan Pulau Piaynemo, Raja Ampat, Papua Barat, Kamis (26/7). (Liputan6.com/HO/Mabes Polri)

Ketua Umum Wanita Selam Indonesia (WASI), Tri Suswati Karnavian didampingi Nadine Chandrawinata dan 8 penyelam wanita membawa api obor Asian Games 2018 di perairan Pulau Piaynemo, Raja Ampat, Papua Barat, Kamis (26/7). (Liputan6.com/HO/Mabes Polri)

Ketua Umum WASI, Tri Suswati Karnavian membawa api obor Asian Games 2018 di perairan Pulau Piaynemo, Raja Ampat, Papua Barat, Kamis (26/7). Kegiatan ini sebagai bentuk dukungan perempuan terhadap kesuksesan Asian Games 2018. (Liputan6.com/HO/Mabes Polri)

Ketua Umum WASI, Tri Suswati Karnavian membawa api obor Asian Games 2018 di perairan Pulau Piaynemo, Raja Ampat, Papua Barat, Kamis (26/7). Kegiatan ini sebagai bentuk dukungan perempuan terhadap kesuksesan Asian Games 2018. (Liputan6.com/HO/Mabes Polri)

Ketua Umum WASI, Tri Suswati Karnavian membawa api obor Asian Games 2018 di perairan Pulau Piaynemo, Raja Ampat, Papua Barat, Kamis (26/7). Kegiatan ini sebagai bentuk dukungan perempuan terhadap kesuksesan Asian Games 2018. (Liputan6.com/HO/Mabes Polri)

Ketua Umum WASI, Tri Suswati Karnavian membawa api obor Asian Games 2018 di perairan Pulau Piaynemo, Raja Ampat, Papua Barat, Kamis (26/7). Kegiatan ini sebagai bentuk dukungan perempuan terhadap kesuksesan Asian Games 2018. (Liputan6.com/HO/Mabes Polri)

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Top 3: Foto yang Sering Dikira Editan Padahal Asli

Posted: 26 Jul 2018 09:07 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Momen yang pas saat mengambil gambar terkadang memang sulit disangka dapat menghasilkan foto menakjubkan. Karena fotografi berhubungan dengan pengambilan momen yang tepat, tak jarang hasil gambar kerap kali diragukan keasliannya ataupun dikira editan karena sangat bagus.

Seperti sejumlah gambar ini yang menunjukan keindahan tapi kerap kali disangka hasil rekayasa Photoshop. Dirangkum dari Elite Readers, 10 foto ini kerap disangka editan padahal asli.

Artikel tentang 10 foto asli yang kerap dikira editan menjadi yang paling terpopuler dikanal Citizen6, Liputan6.com.

Sementara itu, artikel kedua terpopuler yakni tidur dengan kipas angin memiliki empat dampak negatif. Disusul dengan artikel yakni wanita siarkan proses persalinan di kebun pada posisi ketiga terpopuler.

Berikut Top 3 Citizen6:

1. Dikira Editan, 10 Foto Ini Sebenarnya Asli Lo

Foto asli yang kerap dibilang editan (Foto: Feng Li/Getty)

Ada begitu banyak foto-foto indah yang berhasil ditangkap dan diabadikan oleh kamera. Karena terlalu indah dan sempurna, tak heran jika banyak yang tak percaya dengan keaslian foto tersebut.

Padahal nyatanya foto-foto indah tersebut benar-benar asli tanpa editan. Seperti foto-foto berikut ini yang kerap dikatakan sebagai editan padahal benar-benar asli.

Selengkapnya.. 

2. Waspada, 4 Dampak Negatif Tidur dengan Kipas Angin yang Mengintai Anda

Penggunaan kipas angin pada saat tidur memiliki dampak buruk bagi kesehatan tubuh (Sumber foto: vebma.com)

Tidur dengan kipas angin adalah suatu keharusan bagi beberapa orang. Terlebih, bila Anda tinggal di daerah tropis seperti Indonesia.

Meski memang tidur dengan kipas angin bisa membuat Anda tidur dengan nyenyak, namun menggunakan kipas angin sepanjang malam saat Anda tidur sesungguhnya memiliki beberapa dampak negatif. Melansir dari Ladbible.com, ini dia.

Selengkapnya.. 

3. Siarkan Proses Melahirkan di Kebun, Video Wanita Ini Ditonton 1,4 Juta Kali

Banyak yang mengira kalau bayi laki-laki tersebut adalah cucu dari sang nenek, padahal itu adalah anak laki-laki yang dilahirkannya secara normal. (Ilustrasi: Opposing Views)

Seorang ibu dari enam orang anak telah melahirkan di kebun belakangnya tanpa bantuan medis atau obat penghilang rasa sakit. Ia kemudian mengunggah video itu ke YouTube dan telah ditonton lebih dari 1,4 juta kali.

Sarah Schmid melahirkan anak bungsunya di halaman belakang. Ia kemudian memutuskan untuk menyiarkan semuanya secara online, agar orang-orang dapat menonton.

Selengkapnya.. 

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Tuntut Kasusnya Diungkap, Novel: Saya Tidak Akan Berhenti Bersuara

Posted: 26 Jul 2018 09:06 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Penyidik senior Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) Novel Baswedan kembali bekerja setelah 16 bulan fokus menjalani perawatan matanya yang tersiram air keras. Novel menegaskan dirinya tak akan berhenti bersuara menuntut agar pelaku teror terhadap dirinya diungkap.

"Saya sampaikan bahwa saya tidak akan berhenti bersuara agar semua diungkap. Saya tetap bersuara dengan risiko apa pun," kata Novel di Gedung KPK Kuningan, Jakarta Selatan, Jumat (27/7/2018).

Novel mengaku dirinya tak sedih dan terpukul atas teror air keras yang menyebabkan kedua matanya rusak. Kendati sudah memaafkan, Novel tetap mendesak pelaku penyiraman air keras diungkap.

"Saya menyampaikan ini bukan dari mulut saja, tapi dari hati," ujarnya.

Novel Baswedan diserang dengan air keras pada Selasa, 11 April 2017. Peristiwa terjadi usai Novel menunaikan salat subuh berjemaah di Masjid Al Ihsan Kelapa Gading, Jakarta Utara, yang letaknya tidak jauh dari rumahnya.

 

Diserang 2 Orang

Saat itu, dua orang yang berboncengan sepeda motor menyiramkan air keras ke wajahnya. Cairan asam pekat tersebut mengenai bagian mata.

Operasi demi operasi dijalani Novel Baswedan hingga ke Singapura. Dia kini sudah pulang ke Tanah Air setelah menjalani beberapa kali operasi.

Polisi masih terus mengusut kasus penyerangan terhadap Novel tersebut. Hingga kini, belum ditemukan siapa pelakunya.

Saksikan video pilihan di bawah ini

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Jasa Marga Jajaki Penerbitan Dinfra demi Perkuat Modal

Posted: 26 Jul 2018 09:05 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta PT Jasa Marga (Persero) Tbk tengah mengkaji penerbitan skema pendanaan baru demi menambah modal perusahaan. Setelah beberapa waktu lalu Jasa Marga mengeluarkan Reksa Dana Penawaran Terbatas (RDPT) kini inovasi baru yang tengah dijajaki adalah penerbitan Dana Investasi Infrastruktur Berbentuk Kontrak Investasi Kolektif (Dinfra).

Direktur Utama Jasa Marga Desi Arryani menjelaskan banyaknya proyek pembangunan jalan tol yang tengah dikerjakan menjadikan perseroan harus berinovasi demi menjaga margin keuangan perusahaan tetap sehat.

"Tahun lalu ada tiga. Sekuritisasi, project bound, dan global bound. Ketiganya satu hal baru. Tahun ini RDPT. Memang kita lagi coba kaji Dana Investasi Infrastruktur Berbentuk Kontrak Investasi Kolektif (Dinfra)," kata Desi kepada Liputan6.com, Jumat (27/7/2018).

Untuk diketahui, Dinfra sebelumnya dikenalkan Otoritas Jasa Keuangan (OJK) melalui Peraturan OJK Nomor 52/POJK.04/2017 yang terbit pada 20 Juli 2017. Dinfra merupakan reksadana yang dipergunakan untuk menghimpun dana investor yang nantinya akan diinvestasikan pada aset infrastruktur.

Manajer investasi hanya bisa menempatkan dana di aset infrastruktur, dengan porsi minimal 51 persen dari nilai aktiva bersih (NAB). Sisanya, maksimal 49 persen, bisa ditempatkan di instrumen pasar uang atau efek dalam negeri.

Berkomunikasi dengan OJK

Direktur Utama PT Jasa Marga Desi Arryani (Liputan6.com/Faizal Fanani)

Menurut Desi, skema pendanaan baru itu tengah dilakukan komunikasi dengan otoritas, dalam hal ini Kementerian Keuangan dan OJK.

"Dia (Dinfra) ini mirim RDPT tapi ada bedanya sedikit. Ini masih dikoordinasikan. Intinya memperkuat struktur permodalan karena investasi kita itu luar biasa," tegas Desi.

Tahun 2018, Jasa Marga membutuhkan pendanaan antara Rp 50 triliun-60 triliun. Sebagian besar dana tersebut untuk menyelesaikan proyek jalan tol Trans Jawa.

Tol Trans Jawa sendiri saat ini ada beberapa ruas yang belum rampung, seperti Batang-Semarang, Salatiga-Kartosuro, Sragen-Ngawi, Wilangan-Kertosono, Porong-Kejapanan, dan Pasuruan-Grati.

Belum lagi pendanaan tahun depan, di mana selain tol Trans Jawa, Jasa Marga masih memiliki proyek lain diantaranya jalan tol Jakarta-Cikampek Eleveted, jalan tol Bogor Outer Ring Road (BORR), tol Jakarta Outer Ring Road 2 (JORR 2), tol Cengkareng-Kunciran, Kunciran-Serpong, Serpong-Cinere, dan masih banyak lagi.

"Ini demi menjaga struktur permodalan, mengantisipasi deviasi, sehingga semua smooth. Semua ruas kita sudah ada back up finansialnya tapi kalau terus tidak improve nanti struktur modal jadi tidak sehat," pungkas Desi.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

1 komentar:

AMISHA mengatakan...




Saya selalu berpikir bahwa semua perusahaan pinjaman online curang sampai saya bertemu dengan perusahaan peminjam yang meminjamkan uang tanpa membayar terlebih dahulu.

Jika Anda mencari pinjaman, perusahaan ini adalah semua yang Anda butuhkan. setiap perusahaan yang meminta Anda untuk biaya pendaftaran lari dari mereka.

saya menggunakan waktu ini untuk memperingatkan semua rekan saya INDONESIANS. yang telah terjadi di sekitar mencari pinjaman, Anda hanya harus berhati-hati. satu-satunya tempat dan perusahaan yang dapat menawarkan pinjaman Anda adalah SUZAN INVESTMENT COMPANY. Saya mendapat pinjaman saya dari mereka. Mereka adalah satu-satunya pemberi pinjaman yang sah di internet. Lainnya semua pembohong, saya menghabiskan hampir Rp35 juta di tangan pemberi pinjaman palsu.

Pembayaran yang fleksibel,
Suku bunga rendah,
Layanan berkualitas,
Komisi Tinggi jika Anda memperkenalkan pelanggan

Hubungi perusahaan: (Suzaninvestment@gmail.com)

Email pribadi saya: (Ammisha1213@gmail.com)