Sabtu, 28 Juli 2018

Liputan6 : RSS2 Feed

Liputan6 : RSS2 Feed


Kisah Romantis Pria 91 Tahun Menabung 30 Tahun Demi Berhaji dengan Istri

Posted: 28 Jul 2018 10:00 PM PDT

Liputan6.com, Banyumas - Ibadah haji menjadi dambaan tiap muslim. Tak pandang kaya atau miskin, tua maupun muda. Namun, untuk mewujudkannya dibutuhkan niat yang kuat. Saat ada niat, semuanya seolah dimudahkan oleh Tuhan.

Pun dengan Ahmadi, veteran berusia 91 tahun, yang kini berprofesi sebagai penjaga makam. Sejak puluhan tahun silam, pria sepuh asal Desa Gumelar Lor Kecamatan Tambak Kabupaten Banyumas, Jawa Tengah ini bermimpi menunaikan ibadah haji.

Kondisi ekonomi Ahmadi yang serba pas-pasan tak menyurutkan niat Ahmadi untuk berangkat haji dengan istri tercinta, Sartoyah.

Maka, sejak 20 tahun silam, kakek yang memiliki 11 anak dan 21 cucu ini pun membulatkan tekad. Ia menabung sedikit demi sedikit untuk mencapai cita-citanya beribadah haji.

Padahal, jika menilik kesehariannya, keluarga Ahmadi hanya bisa hidup seadanya. Selain menjaga makam, Ahmadi hanya menggarap sebidang kebun yagng ditanaminya dengan sayur dan ubi.

Dari penghasilan tak menentu ini lah, Ahmadi tiap ada rejeki, selalu menyisihkan untuk ditabung. Singkat cerita, ia pun mendaftar haji pada tahun 2011.

Saksikan video pilihan berikut ini:

Ahmadi Urung Berangkat Haji 3 Kali Demi Tunggu Jadwal Haji Istri Tercinta

Calon jamaah haji tertua di Banyumas, Ahmadi (91) beraktifitas di sebidang kebun yang ditanaminya. (Foto: Liputan6.com/Muhamad Ridlo)

Saat itu, ia langsung dipanggil berangkat melalui program percepatan, karena usianya yang memang sudah 84 tahun. Namun, rupanya, tidak dengan istrinya, Sartoyah.

Sartoyah, masih harus menunggu pada tahun 2011 itu. Ahmadi hanya dipanggil berangkat haji sendirian tanpa istrinya.

Rasa sayangnya kepada istri membuat Ahmadi enggan berangkat tahun 2011. Ia rela menunggu hingga istrinya mendapat jadwal pada 2018 ini.

"Ya enggak mau berangkat haji sendirian," tukas Ahmadi, Sabtu, 28 Juli 2018.

Akhirnya, yang ditunggu pun tiba. Ahmadi dan Sartoyah masuk daftar pemberangkatan haji tahun 2018 ini. Kepastian jadwal itu membuat Ahmadi bertambah semangat.

Rupanya usia Ahmadi yang sudah lebih dari 90 tahun membuatnya banyak dikhawatirkan orang. Ia menjadi salah satu calon jemaah haji tertua, di Indonesia.

Namun, melihatnya beraktivitas, kekhawatiran itu seolah luruh. Pada usianya yang sudah 91 tahun, ia kelihatan cekatan. Olah raga pagi dan sore, selalu dilakukannya bersamaan dengan aktivitas ke kebun yang berjarak satu kilometer dari rumah.

Di kebun, Ahmadi membersihkan rumput, menyiram tanaman, serta memanen sayur dan cabai. Cabai itu dijualnya ke pasar. Dari kebun ini lah, sedikit demi sedikit, ia mengumpulkan tabungan untuk berangkat haji.

"Ya bagaimana caranya lah. Demi memenuhi panggilan Allah," dia menuturkan, dengan bahasa Panginyongan alias Banyumasan.

Inspirasi Kekuatan Niat Haji Ahmadi untuk Muslim Lainnya

Calon jamaah haji tertua di Banyumas, Ahmadi (91) yang juga penjaga makam membersihkan area makam tiap hari. (Foto: Liputan6.com/Muhamad Ridlo)

Aktivitas yang membuatnya tetap gesit di usia sepuh ini pun berlanjut dengan membersihkan makam, yang juga kompleks makam veteran. Ia mencabut rumput, menyingkirkan dedauan yang berserak, atau membabat semak yang mengotori area makam.

Camat Tambak, Dwi Irawan Sukma berharap keberangkatan haji Ahmadi dan Sartoyah bisa menginspirasi kaluarga lainnya. Dalam segala keterbatasan, nyatanya, Ahmadi dan istri tercintanya, bisa berangkat haji yang bagi sebagian dinilai berbiaya tinggi.

Ahmadi diketahui sudah sempat dipanggil berangkat haji pada 2011 dan tahun setelahnya, hingga tiga kali. Namun, Ahmadi enggan berangkat sendirian.

Ia tetap menunggu istri tercintanya Sartoyah, agar bisa berangkat haji bersama-sama, hingga akhirnya, jadwal keberangkatan haji istrinya tiba pada 2018 ini.

"Demi kecintaannya kepada istri, Mbah Ahmadi enggan berangkat sendirian," ucap Dwi Irawan.

Ahmadi tergabung dalam kelompok terbang (kloter) 91. Rencananya, Ahmadi dan Sartoyah berangkat ke tanah suci melalui Embarkasi Solo pada 13 Agutus 2018 nanti.

"Semoga Mbah Ahmadi jadi Haji yang mabrur. Waras, Slamet, hingga kepulangannya esok," kata Dwi, berdoa.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Asian Games 2018: Malaysia Anggap Drawing Ulang di Cabor Sepak Bola Memberatkan

Posted: 28 Jul 2018 10:00 PM PDT

Kuala Lumpur - Timnas Malaysia U-23 mengeluh setelah drawing ulang di cabor sepak bola Asian Games 2018 diulang pekan kemarin. Pasalnya, mereka akan mendapat lawan tambahan yakni Uni Emirat Arab (UEA) di Grup E.

Sebelumnya, Malaysia hanya satu grup dengan Korea Selatan, Kirgistan, dan Bahrain. Namun, masuknya UEA membuat skuat Ong Kim Swee tersebut kelimpungan.

Di atas kertas, materi pemain UEA dan Korea Selatan lebih baik dari Malaysia. Situasi itu membuat Harimau Malaya wajib memutar otak untuk melaju ke fase selanjutnya.

Apalagi, Malaysia juga dihadapkan dengan polemik internal. Sebagian besar pemain terancam absen karena jadwal Asian Games berbenturan dengan Piala Malaysia.

Pihak klub lantas berpotensi tidak mengizinkan para pemainnya tampil di Asian Games 2018. Meski dihadapkan sejumlah persoalan, Ong Kim Swee mengaku tetap optimistis dan akan berjuang maksimal demi mencapai target.

 

 

Komentar Malaysia

Pelatih Timnas Malaysia U-23, Ong Kim Swee (tengah) menyaksikan langsung laga Uzbekistan melawan Bahrain pada PSSI Anniversary Cup 2018 di Stadion Pakansari, Kab Bogor, Senin (30/4). Laga kedua tim berakhir imbang 3-3. (Liputan6.com/Helmi Fithriansyah)

"Di atas kertas kami memang tidak lebih baik dari UEA dan Korea Selatan. Namun, kami akan mencoba sebaik mungkin. Ini merupakan tantangan untuk tim," kata Ong Kim Swee, yang dilansir dari NST.

Presiden Deputi Asosiasi Sepak Bola Malaysia (FAM), Datuk Mohd Yusoff Mahadi, menilai situasi pelik itu dengan positif. Dia menjadikan peristiwa ini sebagai wadah untuk mengembangkan kualitas sepak bola Malaysia.

"Kami harus melihat ini sebagai peluang bagi tim kami untuk bermain melawan tim papan atas. Jika kami terus mengekspos pemain kami, tim nasional akan menjadi lebih baik," ujar Mahadi.

Malaysia bukanlah satu-satunya tim Asia Tenggara yang terkena dampak drawing ulang Asian Games. Indonesia juga mengalami hal serupa karena harus ketambahan satu lawan, yaitu Palestina.

Sumber: Bola.com

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Xiaomi Pocophone Usung Kamera Ganda Berkualitas Super?

Posted: 28 Jul 2018 10:00 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Xiaomi belum mengungkap secara resmi soal smartphone misteriusnya, Pocophone. Namun, beberapa kali informasi seputar perangkat ini ternyata bocor di internet.

Setelah sebelumnya disebut akan dipersenjatai dengan Snapdragon 845, kali ini giliran informasi dari departemen kamera yang sedikit terkuak. Informasi ini diketahui dari daftar yang ada di laman Bluetooth SIG.

Dikutip dari Phone Arena, Minggu (29/7/2018), Xiaomi menyertakan Pocophone F1 hadir dengan dukungan kamera utama ganda. Masing-masing lensa beresolusi 12MP dan 5MP.

Lensa utama perangkat ini sudah didukung dengan dual pixel autofocus dan 1,4 µm piksel. Sementara keperluan selfie diserahkan pada kamera depan beresolusi 20MP.

Kamera depan perangkat ini sudah mendukung teknologi Super Pixel yang mampu menggabungkan empat piksel sekaligus ke dalam sebuah piksel besar.

Dengan dukungan ini, gambar yang dihasilkan minim noise, menangkap lebih banyak cahaya, sekaligus meningkatkan kualitas foto secara keseluruhan, terutama dalam kondisi low-light.

Tak hanya itu, Pocophone F1 juga memiliki kamera infrared dan infrared illuminator. Keduanya disebut mampu meningkatkan kemampuan face unlock perangkat yang tidak hanya dapat dilakukan di saat terang, tapi juga gelap.

Perangkat ini hadir dalam dua varian berbeda, tergantung memori yang ditawarkan. Seperti biasa, Xiaomi menyediakan opsi RAM 6GB dengan 64GB dan RAM 6GB dengan ROM 128 GB.

Hadir dengan Harga Terjangkau

Flagship smartphone Xiaomi Mi 8 mulai diiklankan di berbagai tempat di Hong Kong. Liputan6.com/ Agustin Setyo W

Meski dipersenjatai dengan spesifikasi mumpuni, Pocophone disebut akan dibanderol dengan harga terjangkau, setidaknya untuk pasar Eropa. 

Adalah akun pembocor @rquandt, yang mengungkap sedikit informasi soal perangkat ini.

Varian pertama dengan RAM 6GB/ROM 64GB akan dibanderol dengan harga 420 euro (Rp 7,1 juta), sedangkan varian RAM 6GB/ROM 128GB akan dijual 460 euro (Rp 7,7 juta).

Jika benar, Pocophone akan menjadi perangkat berbekal Snapdragon 845 yang dijual dengan harga terjangkau di pasar Eropa. Terlebih, smartphone berlayar 5,99 inci ini akan memiliki resolusi 2.160 x 1.080 piksel.

Kedua varian akan hadir dalam pilihan warna grey dan blue. Sayangnya, hingga saat ini, Xiaomi belum berkomentar apapun terkait smartphone Pocophone ini.

Terdaftar Pula di Indonesia

Xiaomi Mi A2. Liputan6.com/ Yuslianson

Seri nama Pocophone ini bisa jadi juga merupakan kode nama wilayah untuk perangkat Xiaomi, entah itu Mi atau Redmi. Sebab, Xiaomi sendiri belum mengungkap identitas dari Pocophone.

Namun yang pasti, kehadiran Pocophone ini patut ditunggu, mengingat Xiaomi selalu mengklaim sebagai perusahaan yang inovatif pada fitur dan desain smartphone-nya.

Meski Xiaomi belum angkat bicara seputar smartphone ini, nama Pocophone sendiri ternyata sudah terdaftar di Indonesia.

Berdasarkan penelusuran Tekno Liputan6.com, nama Pocophone ada di situs sertifikasi Direktorat Jenderal Sumber Daya dan Perangkat Pos dan Informatika (SDPPI) Kementerian Komunikasi dan Informatika.

Terdaftar sebagai pengaju sertifikasi adalah PT Erajaya Swasembada, perangkat yang terdaftar dalam sertifikasi bernama Pocophone F1. Perangkat itu terdaftar bersama Xiaomi Redmi 6 dan Redmi 6A.

Selain di situs SDPPI, nama smartphone ini juga muncul di situs sertifikasi Tingkat Kandungan Dalam Negeri Kemeterian Perindustrian.

Di situs tersebut tertulis kode MI M1805E10A yang merupakan kode Pocophone. Perangkat ini memiliki nilai TKDN 30,03 persen.

(Dam/Jek)

Saksikan Video Pilihan Berikut Ini: 

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

VIDEO: Kumpulan Kiki Challenge yang Bakal Bikin Ngakak

Posted: 28 Jul 2018 10:00 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Untuk melakukan tantangan ini, biasanya kita harus keluar dari mobil yang berjalan sambil menari, diiringi lagu 'In My Feeling' dari Drake. Tantangan Kiki Challenge pun dilakukan oleh beberapa orang ini. Tapi, hasilnya kok malah bikin ngakak ya?

 

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

6 Alasan Pria Sensitif Ternyata Pasangan yang Baik dalam Hubungan Cinta

Posted: 28 Jul 2018 10:00 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Sadarkah Anda bahwa pria sensitif dapat menjadi pasangan yang terbaik dalam hubungan cinta? Jenis pria yang akan berkeluh kesah kepada Anda ketika terjadi sesuatu yang buruk di tempat kerjanya dan pria yang akan mendahulukan kepentingan Anda di atas kepentingannya sendiri.

Pria sensitif biasanya pria yang setia dalam hubungan cinta, karena mereka progresif dan mengutamakan kesetaraan dalam sebuah hubungan cinta. Simak di sini beberapa alasan pria sensitif adalah pasangan yang terbaik, seperti dilansir dari yourtango.com, Minggu (29/7/2018).

1. Pria ini peduli dengan hewan dan anak-anak

Ya, anggaplah ia sebagai pria yang klasik, ia suka menghabiskan waktu dengan keluarganya. Pria ini mungkin juga akan dengan sukarela membantu kesejahteraan hewan di sekitar tempat tinggalnya.

 

 

2. Pria ini akan menarik diri untuk menyembunyikan perasaannya

Ilustrasi pasangan bahagia - hubungan cinta (iStockphoto)

Pria ini tidak suka nongkrong atau berbicara terlalu lama dengan teman-temannya tentang perasaan atau amarahnya. Namun, bukan berarti ia tidak bisa marah, ia lebih memilih untuk mengalihkan perhatiannya sendiri atau mengisolasi diri.

3. Pria ini menerima kritik

Pria sensitif cenderung menerima kritik terlalu dalam, ia akan memikirkan hal-hal yang sebenarnya tidak terjadi hanya karena Anda berhenti menghubunginya. Lain kali Anda berhubungan dengan seorang pria sensitif, berhati-hatilah dalam berkata-kata, karena ia mudah terluka.

4. Pria ini akan memilih karier yang dapat membantu sesamanya

Entah itu seorang guru atau menjalankan organisasi nirlaba, kebanyakan pria sensitif akan memilih bekerja untuk melayani orang lain. Pria ini cenderung berpikir dalam gambaran yang besar.

5. Pria ini memiliki moral dan prinsip yang kuat

Ilustrasi kencan pertama - hubungan cinta. (iStockphoto)

Pria sensitif biasanya tidak akan meremehkan ketidakadilan, ia memiliki pikiran yang lebih terbuka daripada orang lain.

6. Pria ini akan menghargai Anda

Pria sensitif akan menghargai Anda, berusaha menyenangkan Anda apapun yang dilakukan dan di manapun itu. Selain itu, menurut penelitian, kaum pria ditemukan lebih emosional daripada wanita, namun memang mereka tidak bersedia untuk mengekspresikan diri secara terbuka.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Gempa Guncang Lombok, Pasokan BBM dan Elpiji Aman

Posted: 28 Jul 2018 09:51 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - PT Pertamina (Persero) memastikan kegiatan penyaluran bahan bakar minyak (BBM) dan elpiji masih berjalan normal usai gempa bumi  yang mengguncang‎ wilayah, Lombok, Bali dan sebagian Sumbawa dengan kekuatan 6,4 Skala Richter (SR).

Unit Manager Communication & CSR Pertamina Unita Jawa Timur, Bali dan Nusa Tenggara Rifky Rakhman‎ Yusuf mengatakan, ‎saat ini penyaluran BBM dan elpji di wilayah yang terguncang gempa masih berjalan lancar.

"Infonya masih berjalan normal," kata Rifky saat berbincang dengan Liputan6.com, di Jakarta, Minggu (29/7/2018).

Menurut Rifky, Pertamina telah mengirim tim untuk mendata seluruh fasilitas penyaluran BBM dan Elpiji di wilayah tersebut, hasilnya tidak ada fasilitas yang mengalami kerusakan akibat gempa yang mengguncang pada Minggu pagi.

"Tim sudah investarisir (fasilitas penyaluran BBM dan Elpiji) dan so far aman," ujarnya.

Dia mengungkapkan, Pertamina telah menyiagakan tim untuk mengantisipasi hal yang tidak diinginkan dan menjaga kelancaran pasokan BBM serta elpiji akibat  terjadinya gempa susulan.

"Tim kami juga standby untuk antisipasi lebih lanjut," tandasnya.

Korban Jiwa Gempa Lombok Bertambah Jadi 10 Orang

Korban gempa Lombok, Nusa Tenggara Barat, Minggu (29/7/2018). (Liputan6,com/Sunariyah)

Korban gempa berkekuatan 6,4 SR di Lombok, Nusa Tenggara Barat (NTB), Minggu pagi 29 Juli 2018 terus bertambah. Catatan terakhir korban jiwa 10 orang.

Kepala Pusat Data Informasi dan Humas Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) Sutopo Purwo Nugroho, seperti dilansir Antara, menyebutkan hingga Minggu pukul 09.45 WIB tercatat dampak gempa menyebabkan 10 orang meninggal dunia, 40 orang luka dan puluhan rumah rusak.

Diperkirakan dampak gempa akan bertambah mengingat pendataan masih berlangsung dan belum semua lokasi terdata. Data sementara dari BPBD Provinsi NTB,  tercatat di Kabupaten Lombok Timur terdapat delapan orang meninggal dunia, 10 orang luka berat, 10 orang luka ringan dan puluhan rumah rusak.

Dari delapan korban meninggal terdapat satu orang warga negara Malaysia. Identitas korban meninggal dunia: Isma Wida (30 tahun) warga negara Malaysia, Ina Marah (60 tahun), Ina Rumenah (58 tahun) dan 5 orang meninggal dunia dalam pendataan identitas oleh petugas.

Di Kabupaten Lombok Utara juga terdapat dua orang meninggal dunia, dan 13 orang luka-luka dirawat di Puskesmas Senaru, dan tujuh orang di Puskesmas Bayan.

Berdasarkan laporan juga terdapat longsor cukup besar dari Gunung Rinjani di mana material longsoran mengarah ke utara pascagempa 6,4 SR. Saat ini jalur pendakian ke Gunung Rinjani ditutup dan aparat masih melakukan pemantauan terhadap dampak longsor yang ada.

Gempa susulan juga masih terus berlangsung dan hingga pukul 09.20 WIB, BMKG mencatat telah terjadi 66 kali gempa susulan. Gempa susulan ini dengan kekuatan yang lebih kecil dan tidak berpotensi tsunami.

Ini adalah hal yang alamiah di mana setelah terjadi gempa besar, akan diikuti oleh gempa-gempa susulan yang lebih kecil dalam rangka mencari keseimbangan sistem lempeng atau sesar yang ada, ujarnya.

Petugas BPBD bersama TNI, Polri, Basarnas, SKPD, PMI, Tagana, dan relawan terus melakukan penanganan darurat. Posko BNPB terus berkoordinasi dengan BPBD Provinsi NTB dan BPBD Kabupaten/Kota terdampak gempa. Tim Reaksi Cepat BNPB juga telah menuju ke lokasi bencana untuk memberikan pendampingan BPBD.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

JK: Dukung Atlet Indonesia di Asian Games dengan Jadi Suporter yang Baik

Posted: 28 Jul 2018 09:47 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Wakil Presiden Jusuf Kalla meminta masyarakat untuk mendukung perhelatan olahraga Asian Games 2018 yang akan berlangsung di Jakarta dan Palembang. Salah satu cara untuk mendukung yaitu dengan menjadi penonton dan suporter yang baik.

"Kita harus menjadi tuan rumah yang baik, ramah, menolong, dan juga menjadi penonton, suporter untuk tim Indonesia yang bertanding," kata JK di Lapangan Silang Monumen Nasional (Monas), Jakarta Pusat, Minggu (29/7/2018).

Dengan jadi suporter yang baik, kata JK, bisa meningkatkan semangat para atlet Indonesia untuk memperoleh medali. Dan bisa jadi tuan rumah yang mendapatkan prestasi yang baik.

"Hari ini kita memberikan semangat, dorongan kepada para atlet, para penyelenggara, dan semua kita yang di Jakarta dan Palembang," papar JK.

Selain itu, JK yang hadir membuka acara senam kolosal dalam program lansia Jaminan Kesehatan Nasional Kartu Indonesia Sehat (JKN-KIS) se-Indonesia pada Minggu pagi, juga mengingatkan masyarakat agar selalu bergerak.

Dengan bergerak, kata dia, masyarakat tetap sehat. Sehingga BPJS-Kesehatan tidak perlu mengeluarkan banyak biaya untuk rumah sakit.

"Karena itulah maka inti pokok dalam kesehatan itu BPJS-Kesehatan itu mengharapkan Anda sehat. Tidak mengharapkan Anda sakit. Mengharapkan Anda sehat. Ya setidak-tidaknya mengurangi biayanya kan," kata JK.

"Karena itulah kita harus bergerak untuk hidup sehat. Bergerak, makan makanan yang sehat. Tidur yang baik. Jangan stres. Kemudian baru periksa kesehatan. Itu semua langkah yang baik," pungkas JK.

 

Reporter: Intan Umbari Prihatin

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

NBA: Houston Rockets Perpanjang Kontrak Clint Capela

Posted: 28 Jul 2018 09:45 PM PDT

Liputan6.com, Houston - Pebasket NBA Clint Capela, dikabarkan sudah menyepakati perpanjangan kontrak dengan Houston Rockets. Sebelumnya, kontrak Capela sempat habis dengan Rockets.

Kolumnis ESPN Adrian Wojnarowski pada Sabtu WIB melaporkan bahwa Capela akan menandatangani kontrak berdurasi 5 tahun senilai 90 juta dolar AS.

Kontrak itu seolah membayar kerja keras dan ketekunan Capela. Seperti diketahui, Capela jadi rekrutan ke-25 dalam NBA Draft 2014.

Di musim-musim awal tampil di NBA, Dwight Howard jadi mentor Capella. Perlahan, Capela menjelma jadi penerus Howard, bahkan menyingkirkan sang mentor di tim utama Rockets. Bahkan Capela juga menjalin kerja sama intensif dengan bintang Rokcets James Harden sehingga selalu menjadi pilihan utama.

Sepanjang empat musim kariernya, Capela membukukan rataan 27,5 menit bermain, 13,9 poin, 10,8 rebound dan 1,9 rebound per laga.

3 Musim Pertama

Pemain Houston Rockets, Clint Capela (kanan). (AP/Michael Wyke)

Bahkan setelah di tiga musim pertamanya hanya mencatatkan total 25 kali raihan dwiganda. Pada NBA musim lalu, Capela menorehkan 42 kali.

Sumbangsih positif Capela terlihat dengan rekor 42 kali menang dan tiga kali kalah yang diraih Rockets ketika ia Harden dan Chris Paul sama-sama melantai.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

FOTO: Kemeriahan Jakarta Modest Fashion Week Hari Ketiga

Posted: 28 Jul 2018 09:41 PM PDT

Model mengenakan busana rancangan desainer Sugeng Waskito dengan brand Gee Batik pada hari ketiga Jakarta Modest Fashion Week di Gandaria City, Jakarta, Sabtu (28/7). Gee Batik menampilkan 10 looks tema hitam dan putih. (Kapanlagi.com/Bayu Herdianto)

Model mengenakan busana rancangan desainer Sugeng Waskito dengan brand Gee Batik pada hari ketiga Jakarta Modest Fashion Week di Gandaria City, Jakarta, Sabtu (28/7). Gee Batik menampilkan 10 looks tema hitam dan putih. (Kapanlagi.com/Bayu Herdianto)

Model mengenakan busana koleksi brand Elda pada hari ketiga Jakarta Modest Fashion Week di Gandaria City, Jakarta, Sabtu (28/7). Brand dari Singapura itu menampilkan 10 looks tanpa hijab dengan tema yang colorful. (Kapanlagi.com/Bayu Herdianto)

Model mengenakan busana koleksi brand Elda pada hari ketiga Jakarta Modest Fashion Week di Gandaria City, Jakarta, Sabtu (28/7). Brand dari Singapura itu menampilkan 10 looks tanpa hijab dengan tema yang colorful. (Kapanlagi.com/Bayu Herdianto)

Model mengenakan busana koleksi brand Elda pada hari ketiga Jakarta Modest Fashion Week di Gandaria City, Jakarta, Sabtu (28/7). Brand dari Singapura itu menampilkan 10 looks tanpa hijab dengan tema yang colorful. (Kapanlagi.com/Bayu Herdianto)

Model mengenakan busana koleksi brand Elda pada hari ketiga Jakarta Modest Fashion Week di Gandaria City, Jakarta, Sabtu (28/7). Brand dari Singapura itu menampilkan 10 looks tanpa hijab dengan tema yang colorful. (Kapanlagi.com/Bayu Herdianto)

Seorang model berjalan bersama model cilik mengenakan busana rancangan Dhienda Nasrul pada hari ketiga Jakarta Modest Fashion Week di Gandaria City, Sabtu (28/7). Acara fashion ini diselenggarakan dari 26 hingga 29 Juli. (Kapanlagi.com/Bayu Herdianto)

Seorang model berjalan bersama model cilik mengenakan busana rancangan Dhienda Nasrul pada hari ketiga Jakarta Modest Fashion Week di Gandaria City, Sabtu (28/7). Acara fashion ini diselenggarakan dari 26 hingga 29 Juli. (Kapanlagi.com/Bayu Herdianto)

Seorang model berjalan di atas catwalk mengenakan busana rancangan Dhienda Nasrul pada hari ketiga Jakarta Modest Fashion Week di Gandaria City, Sabtu (28/7). Acara fashion ini diselenggarakan dari 26 hingga 29 Juli. (Kapanlagi.com/Bayu Herdianto)

Seorang model berjalan di atas catwalk mengenakan busana rancangan Dhienda Nasrul pada hari ketiga Jakarta Modest Fashion Week di Gandaria City, Sabtu (28/7). Acara fashion ini diselenggarakan dari 26 hingga 29 Juli. (Kapanlagi.com/Bayu Herdianto)

Model mengenakan busana Desert Cove asal Uni Emirat Arab pada hari ketiga Jakarta Modest Fashion Week di Gandaria City, Sabtu (28/7). Ajang fashion bergengsi tersebut diselenggarakan dari 26 hingga 29 Juli. (Kapanlagi.com/Bayu Herdianto)

Model mengenakan busana Desert Cove asal Uni Emirat Arab pada hari ketiga Jakarta Modest Fashion Week di Gandaria City, Sabtu (28/7). Ajang fashion bergengsi tersebut diselenggarakan dari 26 hingga 29 Juli. (Kapanlagi.com/Bayu Herdianto)

Model berpose di atas catwalk mengenakan busana Desert Cove asal Uni Emirat Arab pada hari ketiga Jakarta Modest Fashion Week di Gandaria City, Sabtu (28/7). Ajang fashion bergengsi ini diselenggarakan dari 26 hingga 29 Juli (Kapanlagi.com/Bayu Herdianto)

Model berpose di atas catwalk mengenakan busana Desert Cove asal Uni Emirat Arab pada hari ketiga Jakarta Modest Fashion Week di Gandaria City, Sabtu (28/7). Ajang fashion bergengsi ini diselenggarakan dari 26 hingga 29 Juli (Kapanlagi.com/Bayu Herdianto)

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

VIDEO: Korban Gempa Lombok Bertambah jadi 10 Orang

Posted: 28 Jul 2018 09:38 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Korban tewas gempa 6,4 SR yang menggoncang Lombok, NTB menjadi 10 orang. Puluhan lainnya dilaporkan terluka.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Gempa 6,4 SR Robohkan Puskesmas di Lombok Timur

Posted: 28 Jul 2018 09:30 PM PDT

Liputan6.com, Lombok - Sebuah video amatir merekam detik-detik awal setelah gempa mengguncang Puskesmas Kecamatan Sembalun, Lombok Timur, Nusa Tenggara Barat pada Minggu pagi. Sejumlah bagian tembok Puskesmas runtuh.

Seluruh penghuni Puskesmas termasuk pasien berhamburan ke tanah lapang di seberang Puskesmas. Lokasi itu kemudian mendadak jadi tempat perawatan korban gempa. Foto-foto kerusakan bangunan akibat gempa ini dengan cepat tersebar di media sosial salah satunya di Gerbang Taman Nasional Gunung Rinjani Pintu Senaru.

Simak berita selengkapnya di Liputan6 Siang SCTV, pukul 12.00 WIB. Anda juga dapat menyaksikan melalui live streaming, klik di sini.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Ajak Teman Khayalan, Sacred Riana Bikin Juri America's Got Talent Merinding

Posted: 28 Jul 2018 09:30 PM PDT

Liputan6.com, Los Angeles: Sacred Riana kembali tampil di America's Got Talent, 27 Juli 2018. Dalam penampilan keduanya di ajang pencarian bakat ternama itu, ilusionis Indonesia itu membuat juri dan penonton Amerrica's Got Talent ketakutan.

Kali ini, Sacred Riana mengajak teman khayalannya muncul di tengah-tengah panggung.

Seperti biasa, saat dipanggil ke atas panggung, Sacred Riana hanya terdiam. Padahal, Mel B, salah seorang juri bertanya, "apa yang ingin kau bawakan kali ini?"

Sacred Riana hanya berjalan ke arah juri America's Got Talent, Simon Cowell, Mel B, Heidi Klum dan Howie Mendel.

Mengajak Teman

Mel B dan Howie Mandel ketakutan memegang Riani, boneka milik Riana (YouTube)

Selama beraksi, ia memang selalu mengajak bonekanya yang diberi nama Riani. Tak lama, ilusionis pemenang Asia's Got Talent ini menyerahkan bonekanya kepada Mel B. 

Mel B yang ketakutan, sempat memberikan boneka itu kepada Howie Mendel. Namun Riana memaksa Mel B memangku Riani.

Mengerikan

Sacred Riana dalam penampilan keduanya di America's Got Talent (YouTube)

Simon Cowell hanya memandang penasaran ke arah Sacred Riana. Tak lama, Sacred Riana mengatakan, "teman khayalanku ingin bermain bersama."

Dengan diiringi suara musik mengerikan, Sacred Riana melanjutkan, "dan ia juga senang dengan horor."

Kosong

Sacred Riana dalam penampilan keduanya di America's Got Talent (YouTube)

Sacred Riana menunjukkan rumah bonekanya yang kosong. Ia kemudian memasukkan lonceng ke dalamnya.

Ia juga menuliskan, "kau mau bermain?" di buku. Tak lama, buku itu pun juga ikut dimasukkan ke dalam rumah kosong tersebut.

Ia membuka kembali rumah bonekanya. Rupanya pesan itu dijawab, "aku ingin bermain dengan Mel B."

Berubah

Sacred Riana dalam penampilan keduanya di America's Got Talent (YouTube)

Akhirnya, Riana meminta kembali bonekanya yang ada di gendongan Mel B. Ia pun memasukkan bonekanya ke dalam rumah mainan tersebut.

"Keluarlah, mari kita bermain dengan teman baru," sebut Sacred Riana.

Tak disangka, Riani berubah menjadi orang dengan penampilan yang sangat mirip dengan Riana. Penampilan Sacred Riana kali ini membuatnya lolos ke babak selanjutnya.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Live Streaming Liga 1 Sriwijaya FC Vs Borneo FC di Indosiar

Posted: 28 Jul 2018 09:30 PM PDT

Liputan6.com, Padang - Sriwijaya FC bakal menghadapi Borneo FC dalam lanjutan Gojek Liga 1 bersama Bukalapak di Stadion Haji Agus Salim, Padang, Minggu (29/7/2018). Laga ini akan menjadi ujian berat bagi tuan rumah.

Pasalnya, Sriwijaya sedang dalam kondisi tak stabil menyusul kepergian pelatih Rahmad Darmawan. Manajemen pun akhirnya memanggil kembali Subangkit untuk menjabat sebagai pelatih.

Di saat bersamaan, Sriwijaya juga tidak bisa memainkan laga ini di kandang mereka. Stadion Jakabaring, Palembang sedang disterikan untuk Asian Games 2018.

Kondisi berbeda dialami tim tamu, Borneo FC. Pesut Etam datang ke Padang dengan kondisi positif menyusul kemenangan di dua laga terakhir Liga 1.

Live Streaming Liga 1 Sriwijaya FC Vs Borneo FC di Indosiar akan dimulai pukul 15:30 WIB. Dapatkan link live streaming di halaman berikutnya.

Link Live Streaming

Untuk link live streaming Liga 1 Sriwijaya FC Vs Borneo FC, silakan klik di sini...

Perkiraan susunan pemain:

SFC (4-3-3): Teja Paku Alam, Ahmad Faris, Goran Gancev, Alan Henrique, Zalnando, Yu Hyun-koo, Syahrian Abimanyu, Nur Iskandar, Yogi Rahadian, Esteban Viscarra, Manucher Dzalilov

Borneo FC (4-3-3): Nadeo Arga Winata, Diego Michels, Wildansyah, Leonard Tupamahu, Abdul Rahman, Wahyudi, Srdan Lopicic, Ambrizal Umanaillo, Edi Gunawan, Sultan Samma, Lerby Eliandri

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Ijtima Ulama: Salim Segaf atau Ustaz Abdul Somad untuk Cawapres Prabowo

Posted: 28 Jul 2018 09:22 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Ijtima ulama dan tokoh nasional telah merekomendasikan beberapa nama untuk diusung sebagai pasangan calon atau paslon presiden dan wakil presiden di Pilpres 2019. Rekomendasi tersebut mengusung paslon dengan latar belakang nasionalis religius.

Ketua Gerakan Nasional Pengawal Fatwa Ulama (GNPF-U) Yusuf Muhammad Martak menyatakan, kedua nama yang direkomendasikan tersebut akan disandingkan bersama Ketua Umum Partai Gerindra Prabowo Subianto.

"Letjen Prabowo Subianto didampingi dengan cawapres yang kita rekomendasikan yaitu Salim Segaf Al Jufri. Insyaallah ini dapat kita perjuangkan dan kita pertanggungjawabkan," kata Yusuf di Menara Peninsula, Jakarta Barat, Minggu (29/7/2018).

Selain nama Ketua Majelis Syuro PKS itu, Prabowo direkomendasikan didampingi oleh ustaz Abdul Somad Batubara. Yusuf menyebut ulama memiliki peran dan kapasitas lebih.

"Keterwakilan umat Islam tidak pernah diakomodir, maka dari itu ijtima mengusulkan kedua-duanya punya ketokohan sebagai ulama," ucap Yusuf.

Sebelumnya, Sekretaris Steering Comitter (SC) GNPF-U dan tokoh nasional, Dani Anwar mengatakan juga mengerucutkan beberapa kriteria pemimpin bangsa. Kriteria itu terbagi kategori umum dan khusus.

Kriteria umum di antaranya beriman dan bertaqwa kepada Allah SWT Yang Maha Kuasa, memiliki ilmu dan kompetensi dalam penyelenggaraan negara yang konsisten dengan pembukaan UU 1945,

Selain itu, sehat jasmani dan rohani, memiliki keberpihakan kepada pribumi dan umat Islam, mampu menjaga kedaulatan negara dan melindungi segenap bangsa dan negara dari intervensi pihak asing. Serta bebas dari komunisme, liberalisme, sosialisme, kapitalisme dan aliran sesat.

 

Saksikan video pilihan di bawah ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Jokowi Jalan Sehat di Makassar, Ratusan Ribu Warga Padati Lapangan Karebosi

Posted: 28 Jul 2018 09:22 PM PDT

Liputan6.com, Makassar - Presiden Joko Widodo bersama Ibu Negara Iriana mengikuti Jalan Sehat Sahabat Rakyat Indonesia untuk Asian Games 2018 bersama ratusan ribu warga Makassar, Sulawesi Selatan, Minggu (29/7/2018).

Mengambil start di depan Rumah Jabatan Gubenur Sulsel Jalan Jenderal Sudirman berdekatan dengan Lapangan Hasanuddin, [Jokowi](/3603126 "") yang mengenakan kaus bergambar Asia Games, dan Iriana saat itu mengenakan kaus merah muda dipadukan topi, mengangkat tangannya menyapa peserta jalan sehat.

Terlihat pula beberapa pejabat negara seperti Menteri Pertanian Amran Sulaiman, Menteri Sosial Idrus Marham, Kepala Staf Presiden Moeldoko, Pejabat Gubernur Sulsel Soni Sumarsono, Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo, Wali Kota Makassar Moh Ramdhan Pomanto, politikus PDIP Maruarar Sirait, dan Gubernur Jatim terpilih Khofifah Indar Parawansa ikut dalam kegiatan itu.

Usai melepas peserta secara simbolis, Jokowi bersama Iriana langsung turun dari panggung kecil dan ikut berinteraksi dengan peserta sambil berjalan kaki bersama. Pasukan Pengamanan Presiden (Paspampres) juga terlihat mengawal orang nomor satu Indonesia ini, peserta semakin antusias ingin bersalaman serta berjalan kaki bersama dan sesekali memotret Presiden menggunakan ponselnya.

Seusai menerima peserta jalan santai di Lapangan Karebosi, Jokowi membagi-bagikan hadiah dan cenderamata kepada warga dari atas mobilnya yang berjalan pelan dengan dikawal Paspampres dari Karebosi menuju tempat istirahat di Hotel Swissbel Inn.

Berdasarkan informasi yang diterima, seperti dilansir Antara, jumlah peserta mencapai lima ratusan ribu lebih, sedangkan kupon yang disebar sekitar tujuh ratusan ribu lebih. Kegiatan ini sebagai bagian menyemarakkan pagelaran Asian Games 2018 di Indonesia.

"Ini presiden yang luar biasa. Selama 3,5 tahun sudah 10 kali kunjungi Makassar," ujar Menteri Pertanian Andi Amran Sulaiman.

Amran yang juga menjabat sebagai Dewan Penasehat SRI ini mengatakan bila kehadiran Jokowi hari ini adalah kehormatan bagi warga Makassar. SRI adalah relawan Jokowi yang dibentuk oleh Amran dan sudah berdiri di 34 provinsi di Tanah Air.

"Terima kasih Pak Jokowi, ini kehormatan bagi masyarakat khususnya Indonesia Timur," kata Amran yang langsung disambut tepuk tangan oleh masyarakat.

Tak hanya mampu menurunkan angka kemiskinan, lanjut Amran, banyak prestasi yang tertoreh di era Jokowi terutama di sektor pertanian. Di mana diketahui jumlah ekspor meningkat hingga 24 persen dengan nilai mencapai Rp 240 triliun. Untuk mendorong pertanian di Sulawesi Selatan pemerintah menggelontorkan dana sebanyak 3 triliun untuk membangun bendungan.

Sementara Jokowi mengimbau agar masyarakat yang tinggal di kawasan Timur Indonesia mampu menjaga persatuan dan kesatuan bangsa terutama di era pilkada semacam ini.

"Aset besar bangsa kita ini persatuan, kerukunan dan persaudaraan. Saya titip setelah pilkada di 187 wilayah, sekali lagi saya titip jangan sampai karena pilihan bupati dan gubernur kita retak. Tidak boleh," pinta Jokowi.

Ketua Umum Sahabat Rakyat Indonesia SukriAnsyah S Latief mengucapkan terima kasih kepada warga masyarakat Makassar dan Sulsel yang telah ikut berpartisipasi dalam jalan sehat ini.

"Ini membuktikan bahwa magnet Bapak Presiden Jokowi sangat kuat di Makassar dan Kawasan Indonesia Timur," kata Sukriansyah.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Alasan Dani Pedrosa Tolak Ambisius SIC Racing Malaysia

Posted: 28 Jul 2018 09:15 PM PDT

Liputan6.com, Sepang - Dani Pedrosa sempat ditawari proyek ambisius SIC Racing, yang merupakan proyek satelit Yamaha milik Sepang International Circuit (SIC). Namun, pembalap asal Spanyol tersebut menolak mentah-mentah.

Sejak mengumumkan putus kontrak bersama Honda, 5 Juni 2018 lalu, Dani Pedrosa banjir tawaran. Salah satunya dari SIC Racing yang tengah mengembangkan motor Yamaha di Malaysia.

Namun, pembalap 32 tahun itu langsung menolak tawaran yang diajukan SIC Racing. Kata CEO Sepang Dato' Razlan Razali, Pedrosa sudah tidak memiliki fisik yang prima untuk bergelut di lintasan.

"Dia menghubungi saya, dan menjelaskan mengapa tak dapat membalap tahun depan. Kami sudah siap merekrutnya, namun dengan kondisi mental dan fisiknya yang sudah tak sanggup, maka dia memutuskan pensiun," kata Dato' Razlan, dikutip Motorsport.

Dalam konferensi pers di Sachsenring beberapa waktu lalu, Dani Pedrosa memang menjadikan fisik sebagai alasan dia pensiun dari MotoGP. Terlebih dengan serangkaian cedera yang dia alami dalam dua musim terakhir.

 

Tubuh Kuat

Pembalap Spanyol, Dani Pedrosa pensiun dari MotoGP. (Foto: MotoGP)

"Saya mungkin ingin memiliki tubuh yang lebih kuat. Sesuatu yang dapat menahan dampak kecelakaan (lebih baik), agar bisa menderita lebih sedikit cedera dalam banyak situasi di mana saya bermasalah," ujar Pedrosa di Sachsenring.

Pedrosa memutuskan pensiun di akhir musim 2018 setelah memperkuat Honda selama 17 tahun. Posisi Pedrosa akan digantikan Jorge Lorenzo yang diikat kontrak selama dua musim hingga 2020.(David Permana)

Klasemen MotoGP 2018

Klasemen sementara MotoGP 2018

1. Marc Marquez (Repsol Honda) 165

2. Valentino Rossi (Movistar Yamaha) 119

3. Maverick Vinales (Movistar Yamaha) 109

4. Andrea Dovizioso (Ducati) 88

5. Johann Zarco (Yamaha Tech 3) 88

6. Jorge Lorenzo (Ducati) 85

7. Danilo Petrucci (Pramac Racing) 84

8. Cal Crutchlow (LCR Honda) 79

9. Andrea Iannone (Suzuki) 75

10. Jack Miller (Pramac Racing) 57

11. Alex Rins (Suzuki) 53

12. Dani Pedrosa (Repsol Honda) 49

13. Alvaro Bautista (Angel Nieto Team) 44

14. Pol Espargaro (KTM) 32

15. Tito Rabat (Avintia Racing) 30

16. Hafizh Syahrin (Yamaha Tech 3) 22

17. Franco Morbidelli (Marc VDS) 19

18. Aleix Espargaro (Aprilia) 16

19. Bradley Smith (KTM) 13

20. Scott Redding (Aprilia) 12

21. Takaaki Nakagami (LCR Honda) 10

22. Mika Kalilo (KTM) 6

23. Karel Abraham (Angel Nieto Team) 4

24. Thomas Luthi (Marc VDS) -

25. Stefan Bradl (Marc VDDS) -

26. Xavier Simeon (Ducati) -

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Top 3: Potret Planet Mars Terlihat Saat Gerhana Bulan Juli 2018

Posted: 28 Jul 2018 09:15 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Gerhana bulan total atau blood moon telah berlangsung pada Sabtu (28/7/2018). Fenomena alam ini dianggap menjadi yang paling terlama dalam satu abad karena terjadi hingga 103 menit.

Hal yang tak kalah menakjubkan lainnya dalam gerhana bulan, juga bisa melihat planet Mars melalui teropong khusus. Jika kamu penasaran, kami sudah rangkum hasil jepretan gerhana bulan total berserta planet Mars dari warganet.

Artikel tentang foto planet Mars menjadi yang paling terpopuler di kanal Citizen6, Liputan6.com.

Disusul dengan artikel kedua terpopuler yakni delapan meme kocak yang sindiri kaum bumi datar. Sedangkan, artikel enam patung absurd yang cuman bisa ditemukan di Indonesia menjadi ketiga terpopuler.

Berikut Top 3 Citizen6:

1. Keren, Ini Deretan Foto Planet Mars yang Ikut Terlihat Saat Gerhana Bulan Total

Gerhana bulan total terlihat di kota Semarang, Sabtu (28/7) dini hari. Gerhana bulan total tahun ini merupakan fenomena langka karena terjadi selama 1 jam 43 menit atau merupakan gerhana terlama yang terjadi di abad ini. (Liputan6.com/Gholib)

Tak hanya jadi yang terlama, nyatanya masih ada keistimewaan dari Gerhana Bulan dini hari tadi. Bagaimana tidak, kalian juga bisa melihat planet Mars bersamaan dengan terjadinya Blood Moon.

Waganet dari berbagai belahan dunia yang mengunggah foto planet Mars hasil jepretan mereka. Bahkan beberapa planet lain, juga terlihat meskipun dibutuhkan alat atau teropong khusus. Nah, untuk kalian yang penasaran di bawah ini adalah beberapa foto gerhana bulan serta planet mars yang berhasil ditangkap oleh warganet.

Selengkapnya..

2. 8 Meme Sindiran untuk Kaum Bumi Datar Ini Bikin Ketawa Geli

(Foto rangkuman Bored Panda)

Kaum bumi datar memang menjadi perdebatan dan lucu bagi banyak orang. Bagi mereka, perdebatan tentang bagaimana bentuk datar dari bumi harus diperjuangkan. 

Tapi, daripada berdebat sengit dengan para kelompok bumi datar. Warganet malah bikin meme lucu tentang bumi datar. Dilansir dari Bored Panda, berikut meme kocak bumi datar dari berbagai sumber.

Selengkapnya..

3. 6 Patung Absurd yang Cuma Bisa Ditemukan di Indonesia

Doc: Instagram @awreceh.id

Biasanya, patung dibuat dengan nilai seni yang tinggi dan bertujuan untuk membuat lingkungan indah. Akan tetapi, tidak jarang patung yang dibuat sembarangan akan menghasilkan bentuk yang aneh.

Dikutip dari akun Instagram @awreceh.id, berikut patung-patung absurd tersebut.

Selengkapnya..

Saksikan Video Pilihan di Bawah ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

PLN Perkenalkan Dunia Kelistrikan ke Anak-Anak

Posted: 28 Jul 2018 09:14 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Dalam rangka memperingati Hari Anak Nasional yang jatuh pada 23 Juli 2018, PT PLN Distribusi Jakarta Raya (Disjaya) mengenalkan dunia kelistrikan ke anak.

General Manager PLN Distribusi Jakarta Raya M Ik‎hsan mengatakan,Tema yang diusung pada kegiatan ini adalah GENIUS Gesit, Empati, Berani, Unggul dan Sehat,  dengan harapan kegiatan ini dapat menjadikan anak-anak sebagai penerus bangsa agar menjadi tongkat estafet dalam perjuangan menerangi negeri.

"Melalui kegiatan ini PLN ingin mengajak anak-anak untuk bersama-sama belajar dengan cara yang menyenangkan, terutama mengenai kelistrikan melalui fasilitas-fasilitas yang ada pada Museum Listrik dan Energi Baru ini," kata Ikhsan‎, di Jakarta, Minggu (29/7/2018).‎

Tidak hanya sekedar mengajak anak-anak belajar dengan cara yang menyenangkan, PLN Peduli juga memberikan bantuan sarana prasarana penunjang pendidikan, untuk sekolah dan bantuan buku perpustakaan yang dapat digunakan anak-anak untuk mengakses jendela dunia dengan dana CSR-nya.

Sebagai bentuknya, PLN Peduli mengajak siswa siswi dari Madrasah Ibtidaiyah Assa'adiyah Attahiriyah berkeliling di Museum Listrik dan Energi Baru untuk mengenalkan anak-anak terhadap listrik sejak dini, Jumat (27/7/2018). Peringatan Hari Anak Nasional ini bertujuan untuk merayakan kebebasan dan hak-hak anak di antaranya dalam memperoleh pendidikan.

‎Kegiatan ini pun disambut baik dan didukung penuh oleh Dinas Pendidikan Provinsi DKI Jakarta dan Pemerintah Kota Jakarta Timur yang turut hadir pada kesempatan tersebut. Turman  menambahkan, anak-anak yang diajak berkeliling Museum Listrik dan Energi Baru ini harus dapat memanfaatkan waktu mereka dengan sebaik-baiknya, untuk dapat memperoleh ilmu yang telah di bagi oleh PLN mengenai kelistrikan.

"Kami sangat berterima kasih kepada PLN karena telah memperhatikan anak-anak dalam hal pendidikan dan kami sangat mengapresiasi untuk kegiatan-kegiatan seperti ini," tandas Turman, sebagai perwakilan dari dinas pendidikan provinsi DKI Jakarta.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

BMKG: Gempa Susulan di Lombok Utara Sudah 64 Kali

Posted: 28 Jul 2018 09:12 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Hingga saat ini gempa Lombok yang berkekuatan 6,4 skala Richter berdampak pada kerusakan beberapa rumah di Lombok Utara dan Sumbawa Barat, Nusa Tenggara Barat. 

Beberapa desa yang mengalami kerusakan yaitu Desa Darakunci, Lombok Timur. Juga Desa Sambik Elen, Kec.Bayan, dan Desa Pendua di Kabupaten Lombok Utara. Selain itu kerusakan juga terjadi di Desa Tepes Sepakat, Kecamatan Berang Rea, Kabupaten Sumbawa Barat. 

"Adapun rincian jumlah kerusakan dan korban luka hingga saat masih dalam proses pendatan," jelas Kepala Bidang Informasi Gempabumi dan Peringatan Dini Tsunami BMKG Daryono dalam keterangan tertulis yang diterima Liputan6.com, Minggu (29/7/2018)..

Hasil monitoring BMKG hingga pukul 09.24 WIB menunjukkan telah terjadi 64 kali gempa bumi susulan. Gempa susulan yang paling kuat berkekuatan 5,7 SR yang terjadi pada pukul 08.50 WIB. 

Kekuatan gempa susulan kian melemah, karena itu masyarakat diimbau agar tetap tenang.

 

Saksikan video pilihan di bawah ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

FOTO: Buat Karang Baru, Lebanon Tenggelamkan Kendaraan Tempur ke Dalam Laut

Posted: 28 Jul 2018 09:09 PM PDT

Aktivis lingkungan menenggelamkan sebuah tank lama ke dasar Laut Mediterania di lepas pantai kota pelabuhan Sidon, Lebanon, Sabtu (28/7). Penenggelaman ini diharapkan bisa menciptakan surga baru bagi satwa liar di Laut Mediterania. (AFP / Mahmoud ZAYYAT)

Aktivis lingkungan menenggelamkan sebuah tank lama ke dasar Laut Mediterania di lepas pantai kota pelabuhan Sidon, Lebanon, Sabtu (28/7). Penenggelaman ini diharapkan bisa menciptakan surga baru bagi satwa liar di Laut Mediterania. (AFP / Mahmoud ZAYYAT)

Aktivis lingkungan menurunkan tank lama ke dasar Laut Mediterania di lepas pantai kota pelabuhan Sidon, Lebanon, Sabtu (28/7). Para aktivis berharap rumput laut akan segera menutupi tank, yang merupakan hadiah dari militer tersebut. (AFP / Mahmoud ZAYYAT)

Aktivis lingkungan menurunkan tank lama ke dasar Laut Mediterania di lepas pantai kota pelabuhan Sidon, Lebanon, Sabtu (28/7). Para aktivis berharap rumput laut akan segera menutupi tank, yang merupakan hadiah dari militer tersebut. (AFP / Mahmoud ZAYYAT)

Aktivis lingkungan menurunkan tank lama ke dasar Laut Mediterania di lepas pantai kota pelabuhan Sidon, Lebanon, Sabtu (28/7). Mereka menenggelamkan 10 tank lama yang yang merupakan hadiah  dari Angkatan Bersenjata Lebanon. (AFP / Mahmoud ZAYYAT)

Aktivis lingkungan menurunkan tank lama ke dasar Laut Mediterania di lepas pantai kota pelabuhan Sidon, Lebanon, Sabtu (28/7). Mereka menenggelamkan 10 tank lama yang yang merupakan hadiah dari Angkatan Bersenjata Lebanon. (AFP / Mahmoud ZAYYAT)

Aktivis lingkungan menenggelamkan sebuah tank lama ke dasar Laut Mediterania di lepas pantai kota pelabuhan Sidon, Lebanon, Sabtu (28/7). Penenggelaman ini diharapkan bisa menciptakan surga baru bagi satwa liar di Laut Mediterania. (AFP / Mahmoud ZAYYAT)

Aktivis lingkungan menenggelamkan sebuah tank lama ke dasar Laut Mediterania di lepas pantai kota pelabuhan Sidon, Lebanon, Sabtu (28/7). Penenggelaman ini diharapkan bisa menciptakan surga baru bagi satwa liar di Laut Mediterania. (AFP / Mahmoud ZAYYAT)

Aktivis lingkungan menurunkan tank lama ke dasar Laut Mediterania di lepas pantai kota pelabuhan Sidon, Lebanon, Sabtu (28/7). Para aktivis berharap rumput laut akan segera menutupi tank, yang merupakan hadiah dari militer tersebut. (AFP / Mahmoud ZAYYAT)

Aktivis lingkungan menurunkan tank lama ke dasar Laut Mediterania di lepas pantai kota pelabuhan Sidon, Lebanon, Sabtu (28/7). Para aktivis berharap rumput laut akan segera menutupi tank, yang merupakan hadiah dari militer tersebut. (AFP / Mahmoud ZAYYAT)

Aktivis lingkungan menenggelamkan sebuah tank lama ke dasar Laut Mediterania di lepas pantai kota pelabuhan Sidon, Lebanon, Sabtu (28/7). Mereka menenggelamkan 10 tank lama yang disediakan oleh Angkatan Bersenjata Lebanon. (AFP / Mahmoud ZAYYAT)

Aktivis lingkungan menenggelamkan sebuah tank lama ke dasar Laut Mediterania di lepas pantai kota pelabuhan Sidon, Lebanon, Sabtu (28/7). Mereka menenggelamkan 10 tank lama yang disediakan oleh Angkatan Bersenjata Lebanon. (AFP / Mahmoud ZAYYAT)

Aktivis lingkungan menurunkan sebuah tank lama ke dasar Laut Mediterania di lepas pantai kota pelabuhan Sidon, Lebanon, Sabtu (28/7). Penenggelaman ini diharapkan bisa menciptakan surga baru bagi satwa liar di Laut Mediterania. (AFP / Mahmoud ZAYYAT)

Aktivis lingkungan menurunkan sebuah tank lama ke dasar Laut Mediterania di lepas pantai kota pelabuhan Sidon, Lebanon, Sabtu (28/7). Penenggelaman ini diharapkan bisa menciptakan surga baru bagi satwa liar di Laut Mediterania. (AFP / Mahmoud ZAYYAT)

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Hujan Badai dan Banjir Melanda India Utara, 49 Orang Tewas

Posted: 28 Jul 2018 09:02 PM PDT

Liputan6.com, Uttar Pradesh - Hujan badai lebat yang memicu banjir dan menyebabkan bangunan runtuh, telah menewaskan sedikitnya 49 orang di negara bagian Uttar Pradesh, India utara sejak Kamis 26 Juli 2018, kata pejabat setempat.

Korban tewas disebabkan oleh tertimbun reruntuhan bangunan. Sementara yang lainnya mati tenggelam, tersengat listrik atau tewas dalam kecelakaan lalu lintas yang disebabkan oleh hujan, kata pejabat manajemen bencana India seperti dikutip dari Channel News Asia, Minggu (29/7/2018).

Sampai saat ini, badan meteorologi India masih mengeluarkan peringatan badai lanjutan di area tersebut.

Dengan banyaknya rumah yang rusak, pihak berwenang di Uttar Pradesh --rumah bagi sekitar 220 juta orang-- mengimbau warga untuk terus waspada dan agar semua bangunan yang berisiko roboh dapat segera dikosongkan.

New Delhi Terdampak

Hujan lebat juga menghantam New Delhi dan negara bagian Rajasthan di India barat yang populer di kalangan turis.

Menurut laporan badan meteorologi setempat, terjadi hujan dengan intensitas 11 cm dalam 24 jam di distrik Bharatpur, Rajasthan, pada Jumat 27 Juli 2018.

Hujan deras mengakibatkan Sungai Yamuna di New Delhi mencapai ketinggian bahaya 204 m dan meningkat satu meter lagi pada Sabtu 28 Juli 2018.

Hal itu memicu pihak berwenang untuk mengeluarkan peringatan. Tingkat air di Sungai Yamunia diperkirakan akan meningkat lebih lanjut, kata pemerintah Delhi.

Keruntuhan bangunan sering terjadi di India, terutama selama musim hujan yang terjadi dari akhir Juni hingga September.

Badan meteorologi setempat juga telah memperingatkan hujan lebat di sebagian besar India utara selama lima hari ke depan.

 

Simak video pilihan berikut:

Lebih dari 110 Orang Tewas dalam Serangan Badai Debu di India

Kondisi jelang badai debu India. (AP)

Sementara itu, beberapa bulan lalu, badai debu yang memicu angin dan petir kencang menyebabkan lebih dari 110 orang tewas dan ratusan lainnya terluka sejak Rabu, 2 Mei 2018, di wilayah barat laut India.

Di negara bagian Rajasthan, setidaknya 35 orang tewas dan lebih dari 200 orang terluka, setelah angin kencang merobohkan ribuan tiang listrik dan membuat ratusan pohon tumbang.

"(Badai) ini menyebabkan terputusnya aliran listrik dan air bersih. Mayoritas korban meninggal karena tertimpa dinding dan atap rumah yang roboh di tengah malam," ujar Ravi Kant, Komisioner Distrik Jaipur, sebagaimana dikutip dari CNN pada Jumat 4 Mei 2018.

Di wilayah tetangganya, di negara bagian Uttar Pradesh, korban tewas akibat badai debu mencapai setidaknya 73 orang, yang mayoritas (sebanyak 43 orang) terjadi di kota Agra.

Menurut kepala otoritas penanggulangan bencana di negara bagian Uttar Pradesh, Sanjay Kumar, tingginya jumlah korban tewas berasal dari mereka yang terjebak reruntuhan bangunan.

"Banyak bangunan rumah yang tidak kuat menahan terjangan angin kencang, tidak sedikit pula yang rusak akibat tertimpa pohon tumbang," jelas Sanjay.

Pemerintah negara bagian Uttar Pradesh telah menyatakan status waspada selama 48 jam sejak Kamis, 3 Mei 2018.

Ahli meteorologi CNN, Pedram Javaheri, menerangkan bahwa saat ini India tengah memasuki periode angin muson panas yang kerap membawa serta hujan.

Anomali cuaca pada wilayah Teluk, serta tekanan udara tinggi di kawasan barat perairan Samudra Hindia, juga memicu terjadinya kondisi ekstrem, seperti badai debu atau hujan lebat.

"Badai sore dan periode hujan deras telah lebih banyak terjadi di wilayah ini selama beberapa minggu terakhir," ujar Javaheri.

"Badai sore ini kemungkinan adalah pelakunya, mendorong angin kuat ke wilayah barat daya India, yang disertai debu dan pasir di dalamnya," ia menambahkan.

Selama beberapa tahun sebelumnya, menurut catatan Javaheri, wilayah barat laut India cenderung memiliki curah hujan di bawah rata-rata ketika memasuki periode angin muson musim panas.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Pemanah Cantik Indonesia Ingin Buktikan Diri di Asian Games 2018

Posted: 28 Jul 2018 09:00 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Atlet panah nasional, Dellie Threesyadinda tak ingin menyia-nyiakan kesempatan tampil di Asian Games 2018. Pemanah kelahiran Mei 1990 ini ingin tampil maksimal di pentas empat tahunan tersebut.

"Asian Games 2018 adalah panggung pembuktian dan saya berharap tampil sebagai juara," ujar Dinda seperti dilansir Antara.

Dinda akan turun di nomor compound beregu pada Asian Games 2018. Demi tercapainya target, Dinda pun berlatih keras dalam pemusatan latihan di Surabaya, Jawa Timur.

Dalam latihan tersebut, ia pun mengusung target pribadi. Dinda mengatakan, ada jumlah poin yang menjadi patokannya dalam pemusatan latihan kali ini.

"Setiap hari pokoknya harus 355 lagi. Kalau bisa lebih dari 355. Terakhir rekor saya latihan mendapat 355, sempurnanya di 360 poin. Kategori ini tertinggi 358 dari Korea atau dari 36 anak panah, dari 10 tembakan dia meleset cuma dua," kata Dinda.

 

Bernazar

Pepanah Indonesia, Dellie Threesyadinda (Bola.com/Vitalis Yogi Trisna)

Lebih lanjut, Dinda pun punya nazar jika ia berhasil meraih medali emas di Asian Games 2018. Tidak tanggung-tanggung, ia ingin gantung busur jika berhasil meraih target itu.

"Saya ingin mencari kesibukan lain. Kalau gagal meraih medali atau bukan medali emas berarti cita-citanya harus dikejar dong. Akan tetapi, kalau nanti meraih medali emas saya ingin istirahat dulu. Apakah saya akan kembali lagi atau benar-benar pensiun kita tidak tahu yang terjadi nanti. Saya sih ingin mencoba berwirausaha," ucap putri sulung legenda panahan Indonesia, Lilies Handayani.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Banyuwangi Produksi Kapal Tank Antasena, Pertama di Dunia?

Posted: 28 Jul 2018 09:00 PM PDT

Liputan6.com, Banyuwangi - Industri perkapalan di Kabupaten Banyuwangi, Jawa Timur, memproduksi "tank boat" atau kapal tank yang diklaim sebagai produksi pertama di dunia dengan nama "Antasena".

Menteri Pertahanan Ryamizard Ryacudu didampingi Bupati Banyuwangi Abdullah Azwar Anas meninjau proses produksi kapal serta meresmikan protipe kapal tempur itu di Banyuwangi, Sabtu 28 Juli 2018.

Kapal Antasena itu diproduksi oleh PT Lundin, produsen kapal berteknologi canggih yang berbasis di Banyuwangi, bekerja sama dengan PT Pindad Indonesia dan CMI Defense, industri pertahanan asal Belgia.

"Kami ke sini melihat kemajuan pengembangan kapal. Hasilnya sangat baik, sangat membanggakan. Bangsa kita mampu membuat kapal bagus, bahkan sudah banyak dipesan negara lain," kata Menhan, dilansir Antara.

Tank boat tersebut dinilai istimewa karena merupakan kapal tempur yang bisa dioperasikan tidak hanya di laut, tapi juga di perairan kecil, seperti kawasan pantai, rawa, dan sungai. Kapal dengan spesifikasi tersebut belum pernah diproduksi sebelumnya oleh industri kapal dunia.

Menurut Ryamizard, program pengembangan tank boat tersebut sudah dimulai sejak satu tahun lalu. Industri kapal di Banyuwangi dipercaya untuk memproduksi kapal bersama PT Pindad karena dinilai telah berpengalaman memproduksi kapal berteknologi canggih. Bahkan, telah banyak memenuhi pesanan militer internasional, termasuk dari Rusia.

"Kami targetkan tahun depan kapal sudah bisa dioperasikan. Kapal ini nantinya akan dioperasikan di wilayah yang daerahnya memiliki banyak sungai dan rawa, seperti Kalimantan dan Papua," ujar Menhan.

Direktur Utama PT Pindad Abraham Mose mengatakan, pihaknya bekerja sama dengan industri perkapalan Banyuwangi berdasarkan rekomendasi Kementerian Pertahanan. Industri kapal di Banyuwangi ini memproduksi kapalnya, sedangkan Pindad membangun canon-nya.

"Jadi ini memang produk baru yang belum pernah ada di dunia. Kapal tank ini dilengkapi canon kaliber 105 MM yang pas diajak berakselerasi dan menghancurkan kapal musuh," ujarnya.

Direktur PT Lundin Liza Lundin mengatakan, tank boat ini dibuat dengan hull ganda atau disebut sebagai catamaran. Dimensi bagian bawah kapal dibuat hanya setinggi satu meter, jadi bisa masuk ke perairan kecil seperti sungai dan rawa.

"Ini tank tapi bentuknya boat. Sehingga menjadi kapal tempur yang fleksibel. Misalnya, kalau dulu mengejar perompak, kapal patroli kesusahan saat perompaknya dari laut masuk ke sungai karena kapal patroli terlalu besar. Nah, dengan tank boat ini bisa," kata Liza.

Bupati Abdullah Azwar Anas menyampaikan terima kasih kepada Kementerian Pertahanan yang telah mempercayakan produksi alutsista negara di Banyuwangi.

"Produksi tank boat ini membuktikan industri kapal dalam negeri punya daya saing tinggi di kompetisi global, sekaligus mendukung visi kemaritiman Presiden Jokowi," ujar Anas.

 

Simak video pilihan berikut ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Video Musik MIC Drop Milik BTS Ditonton Lebih dari 300 Juta Viewers

Posted: 28 Jul 2018 09:00 PM PDT

Liputan6.com, Seoul - Grup boyband Bangtan Sonyeondan (BTS) kembali membuat fans semringah. Video musik "MIC Drop" versi remix sudah tayang lebih dari 300 juta kali di YouTube pada Kamis (26/7/2018) malam.

Video tersebut menjadi yang kelima bagi BTS yang mencapai raihan serupa. Satu dari kelima videonya adalah "DNA" yang sudah mencapai 400 juta kali penayangan, menurut Big Hit Entertainment, agensi BTS.

"Mic Drop" awalnya dirilis pada September 2017 dan tergabung dalam album "Love Yourself: Her". Lagu BTS ini diluncurkan kembali pada November 2017 dalam versi remix karya musisi Steve Aoki.

Lagu hasil remix ini kemudian memulai debutnya di tangga Billboard Hot 100 posisi ke-28, peringkat tertinggi untuk lagu K-pop saat itu, seperti disampaikan melalui laporan Kantor Berita Yonhap.

Album

Seperti diketahui, seblumnya BTS sudah merilis Love Yourself: Her pada 18 September 2017 dan Love Yourself: Tear pada 18 Mei 2018. Di album terbaru nanti terdapat 7 lagu baru. (Foto: soompi.com)

Seperti diketahui, BTS kini memang tengah menyiapkan album repackaged Love Yourself: Answer yang akan dirilis pada 24 Agustus mendatang.

Konser Dunia

Walaupun album ini belum dirilis, akan tetapi para penggemar sudah bisa memesan album ini. Sesi pemesanan preorder sendiri sudah dibuka pada 18 Juli. (Foto: soompi.com)

Sementara konser dunia mereka akan mulai digelar di Seoul, Korea Selatan, sehari setelah album mereka dirilis.

(ANT)

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Aksi Nyata Prilly Latuconsina Cegah Kanker Serviks

Posted: 28 Jul 2018 09:00 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Penyakit kanker serviks bisa dicegah dengan cara yang cukup efektif yaitu vaksin HPV. Seperti yang dilakukan aktris muda Prilly Latuconsina

"Sebenarnya aku juga ada pengalaman tante aku meninggal karena kanker serviks dan saat itu belum tahu vaksin," kata Prilly Latuconsina saat ditemui di Jakarta beberapa saat lalu. 

"Saat kasusnya Kak Julia Perez, waktu dia tiba-tiba jatuh sakit, dirawat dan rambutnya pada rontok karena kemoterapi dari situ aku juga ikut terpuruk," katanya. 

 

 

Saksikan juga video menarik berikut:

Vaksin HPV di 2017

Prilly Latuconsina (Foto: Nurwahyunan/Bintang.com)

Prilly yang merupakan duta kanker serviks melakukan vaksin sekitar tahun 2017. Ia melakukannya tak lama setelah mengetahui Julie Perez terkena kanker serviks.

"Aku sudah divaksin sebelum gabung jadi duta kanker serviks ini. Waktu Kak Jupe terkena kanker serviks terus aku tanya apa bisa disembuhin, ternyata bisa (dicegah) dengan vaksin. Aku langsung pergi ke dokter kandungan dan saat itu juga aku di vaksin," ungkapnya.

Kekasih Maxime Bouttier ini bersyukur bisa bergabung bersama Koalisi Indonesia Cegah Kanker Serviks (KICKS). Ia ikut aktif berbagi informasi terkait kanker serviks.

 

Sumber: Dream.co.id

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Prediksi Persela Vs Persipura: Misi Laskar Joko Tingkir Pertahankan Momentum

Posted: 28 Jul 2018 09:00 PM PDT

Jakarta Persela Lamongan akan menjamu Persipura Jayapura dalam laga pekan ke-18 Gojek Liga 1 bersama Bukalapak yang akan berlangsung di Stadion Surajaya, Lamongan, Minggu (29/7/2018) malam WIB. Laga ini menjadi momentum Laskar Joko Tingkir untuk mempertahankan kesucian kandang mereka.

 

Bermain di depan pendukung sendiri tentu saja menjadi suntikan moral buat Persela. Apalagi, Persela belum pernah menang dalam dua pertandingan terakhir yakni dengan meraih sekali kekalahan dan bermain sekali imbang.

Pada pertemuan pertama melawan Persipura, Persela sebenarnya mampu bersaing. Namun, Persela dipaksa menelan kekalahan 1-2 dalam lawatannya ke Bumi Cendrawasih.

Pertandingan ini menjadi momentum yang tepat bagi Persela membalaskan dendam pada Persipura. Apalagi, Persela punya catatan apik ketika bermain di kandang yakni belum pernah kalah dan meraih enam kemenangan serta imbang empat kali.

Raihan tiga poin nantinya bisa mendongkrak posisi Persela di tabel klasemen. Saat ini, Persela masih tercecer di papan tengah yakni posisi ke-10 dengan raihan 24 poin.

Meski begitu, pelatih Aji Santoso sadar lawan yang mereka hadapi tak akan mudah. Apalagi Persipura Jayapura memiliki pelatih anyar yang diprediksi Aji bakal memberikan permainan baru dalam tim.

"Kita semua tahu. Persipura adalah tim bagus, pelatih barunya juga bagus. Saya pikir akan memiliki cara bermain yang tidak sama dengan pelatih sebelumnya. Sebab, setiap pelatih memiliki filosofinya masing-masing. Akan tetapi, secara keseluruhan kami siap," kata Aji Santoso dalam jumpa pers sebelum pertandingan, Sabtu (28/7/2018).

Sementara itu, motivasi tinggi juga dimiliki Persipura dalam lawatannya ke markas Persela. Seperti diketahui, tim berjuluk Mutiara Hitam juga belum lagi meraih kemenangan dalam dua pertandingan terakhir usai bermain imbang.

Namun, Persipura tak boleh terlalu memandang enteng kekuatan Persela. Mengacu pada pertandingan tandang musim ini, Persipura hanya meraih satu kemenangan sisanya adalah menelan empat kekalahan dan empat kali imbang.

Pelatih Amilton Silva de Olivera menilai Persela bukan lawan yang mudah. Meski begitu, Amilton menegaskan timnya bertekad meraup poin penuh dari markas Persela.

"Pertandingan besok akan sulit, namun Persipura siap untuk menghadapi Persela. Persipura datang ke sini bukan untuk mencari satu poin, akan tetapi kami mengincar kemenangan," tegas Amilton.

Pertandingan nanti menjadi pertemuan ke-27 untuk kedua tim. Sejauh ini, Persipura masih berkuasa dengan meraih 18 kemeangan, Persela meraih tiga kemenangan, dan lima laga berakhir imbang.

Jadwal kick-off Persela Lamongan Vs Persipura Jayapura adalah Minggu (29/7/2018) pukul 18.30 WIB. 

Data - Fakta

Prakiraan susunan pemain

Persela Lamongan (4-3-3): Muhammad Ridwan (kiper), Wallace Costa, Arif Satria,Eky Taufik Febrianto, Ahmad Birrul Waliadain (belakang), Agung Pribadi, Ahmad Subagja Basith, Diego Assis (tengah), Fahmi Al Ayyubi, Loris Arnaud, Guntur Triaji (depan)

Pelatih: Aji Santoso (Indonesia)

Persipura Jayapura (4-3-3): Dede Sulaiman (kiper), Yohanis Tjoe, Boas Artururi, Ricardo Salampesy, Yustinus Pae (belakang), Imanuel Wanggai, Ian Louis Kabes, Muhammad Tahir (tengah), Boaz Solossa, Hilton Moreira, Gunansar Mandowen (depan)

Pelatih: Amilton Silva de Olivera (Brasil)

Head to head

  • 24/3/2018 - Persipura Jayapura 2-1 Persela Lamongan (Liga 1)
  • 9/3/2018 - Persela Lamongan 0-0 Persipura Jayapura (Liga 1)
  • 6/10/2017 - Persipura Jayapura 2-1 Persela Lamongan (Liga 1)
  • 14/6/2017 - Persela Lamongan 0-1 Persipura Jayapura (Liga 1)
  • 1/10/2016 - Persipura Jayapura 5-0 Persela Lamongan (ISC A)
  • 23/5/2016 - Persela Lamongan 0-1 Persipura Jayapura (ISC A)

Lima pertandingan terakhir Persela Lamongan

  • 23/7/2018 - Persela Lamongan 1-1 Madura United (Liga 1)
  • 16/7/2018 - Persib Bandung 1-0 Persela Lamongan (Liga1)
  • 11/7/2018 - Persela Lamongan 2-0 Borneo FC (Liga 1)
  • 7/7/2018 - Arema FC 1-0 Persela Lamongan (Liga 1)
  • 7/6/2018 - Persela Lamongan 3-1 Mitra Kukar (Liga 1)

Lima pertandingan terakhir Persipura Jayapura

  • 22/7/2018 - Perseru Serui 0-0 Persipura Jayapura (Liga 1)
  • 18/7/2018 - Persipura Jayapura 0-0 PSIS Semarang (Liga 1)
  • 12/7/2018 - PSMS Medan 1-3 Persipura Jayapura (Liga 1)
  • 7/7/2018 - Persipura Jayapura 0-2 Bhayangkara FC (Liga 1)
  • 3/7/2018 - Yakuhimo 0-3 Persipura Jayapura (Piala Indonesia)

Prediksi Bola.com

Persela Lamongan 45-55 Persipura Jayapura

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Ternyata, Anda Butuh Pelembap Tangan dan Tubuh yang Berbeda

Posted: 28 Jul 2018 09:00 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Apakah pelembap tangan dan tubuh benar-benar memiliki perbedaan? Mungkin ini merupakan salah satu pertanyaan yang paling banyak ditanyakan, apakah Anda juga merasa bingung?

Satu hal yang perlu diketahui adalah bahwa tangan sangat rentan terhadap kekeringan. Meskipun seringkali diabaikan, pelembap tangan sebenarnya dibuat dengan tekstur yang lebih tebal dan lebih emolien daripada pelembap tubuh.

Produk pelembap tubuh dan tangan juga bisa digunakan secara bergantian. Kecuali jika pada label pelembap tangan dicantumkan bahwa Anda tidak boleh menggunakannya untuk tubuh, seperti dilansir dari sheknows.com, Minggu (29/7/2018).

Ternyata Anda butuh pelembap tangan dan tubuh yang berbeda

Ilustrasi Lotion Bar

Selain itu, Anda harus memperhatikan beberapa produk pelembap tangan mengandung bahan keratolitik atau pengelupasan, seperti asam laktat untuk melembutkan kulit kasar. Walau bahan ini dapat digunakan pada siku, lutut, dan telapak kaki yang kasar, sebaiknya jangan digunakan di seluruh tubuh.

Ternyata Anda butuh pelembap tangan dan tubuh yang berbeda

Ilustrasi Foto Siku Tangan (iStockphoto)

Dan usahakan Anda selalu menggunakan produk pelembap yang mengandung SPF atau perlindungan terhadap sinar matahari. Anda juga bisa menambahkan kelembapan di tubuh dengan mengaplikasikan minyak kelapa yang sudah banyak dijual di pasaran dengan harga relatif murah.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Samsung Pilih 3 Startup Indonesia Berlaga di Asia Pasifik dan Oceania

Posted: 28 Jul 2018 09:00 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Samsung Electronics Co. Ltd meluncurkan Global Startup Acceleration Program (GSAP) di Indonesia. Program ini merupakan sebuah pembinaan bagi para mahasiswa maupun usia pekerja yang sedang merintis usaha startup kurang dari dua tahun.

Sesi pembinaan dalam Samsung GSAP 2018 ini dilaksanakan di Yogyakarta, dari 23 hingga 27 Juli 2018, melibatkan 32 relawan karyawan Samsung sebagai mentor dan 23 tim startup yang terpilih dengan total 63 peserta dari Jakarta, Medan, Bandung, Surakarta, Semarang, dan Yogyakarta.

Di akhir pelatihan, tiga startup dengan ide pengembangan terbaik akan dipilih untuk mendapatkan pembinaan lanjutan secara online selama enam bulan dan berkesempatan mengikuti kompetisi berskala Asia Pasifik dan Oceania, bersaing dengan negara lain seperti India, Malaysia, dan Afrika Selatan.

Program ini sendiri sejalan dengan gerakan nasional 1.000 startup digital yang dicanangkan Presiden Joko Widodo untuk membuat Indonesia menjadi titik fokus ekonomi digital di Asia. 

"Samsung hadir di Indonesia untuk menginpirasi masyarakat terutama generasi mudanya agar menjadi lebih produktif berkarya dan bisa melakukan lebih banyak hal dengan bantuan inovasi dan teknologi, dan kami juga secara aktif ingin mendukung pemerintah dalam memajukan bangsa. Dalam rangka itulah program ini kami bawa ke Indonesia," kata JaeHoon Kwon, President Samsung Electronics Indonesia dalam keterangan resminya, Minggu (29/7/2018).

Tujuannya, JaeHoon melanjutkan, agar para pelaku bisnis startup digital di Indonesia bisa lebih teredukasi dan termotivasi untuk mengembangkan bisnis mereka dengan wawasan global dan mampu menghadapi tantangan dengan mempelajari pengalaman dari para ahlinya.

"Harapan selanjutnya tentu agar bisnis mereka dapat membuka lebih banyak lapangan kerja, memperkuat ekonomi negara dan mendukung misi pemerintah dalam menghasilkan 1.000 startup digital pada tahun 2020," paparnya.

 

4 Negara Tujuan

Global Startup Acceleration Program. Dok: Samsung Electronics

Sebagai informasi, akan ada empat negara yang menjadi tujuan Program GSAP tahun ini, dan implmenetasinya di Indonesia dilaksanakan melalui kolaborasi dengan Universitas Gajah Mada yang juga menjadi tuan rumah selama proses pembinaan berlangsung.

Program GSAP juga mendapat dukungan positif dari Badan Ekonomi Kreatif (BEKRAF) yang turut dalam proses pemilihan tiga startup terbaik dalam program ini.

"Selain proses inovasi dari ide hingga menjadi produk yang menghasilkan nilai di pasar, startup juga perlu membangun tim pendiri yang kuat dan berkomitmen, mengembangkan keduanya bersama-sama menjadi bisnis dan organisasi yang bertumbuh," ujar Hari Sungkari, Deputi Infrastruktur BEKRAF.

Dalam program ini, Samsung Electronics Co. Ltd mengirimkan 32 orang karyawan sebagai relawan yang memberikan pelatihan selama lima hari, sebagai bagian dari kegiatan Employee Volunteering Program (EVP).

EVP adalah aksi sosial tahunan dari karyawan Samsung, di mana para peserta berkesempatan untuk mengikuti misi relawan selama seminggu ke negara lain untuk berbagi talenta mereka di berbagai tempat, dengan program yang disesuaikan dengan kebutuhan masing-masing area.

Tahun ini merupakan tahun ketiga aksi EVP kembali dilakukan di Indonesia setelah dua tahun sebelumnya kegiatan difokuskan dalam bidang pendidikan untuk memperbaiki sekolah dan membangun ruang kelas IT beserta perangkat pendukungnya.

(Isk/Jek)

Saksikan Video Pilihan Berikut Ini

 

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

VIDEO: Bengawan Solo Tercemar Limbah, Ikan pada Mati

Posted: 28 Jul 2018 09:00 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Pencemaran sungai bengawan Solo, makin hari makin mencemaska.

Limbah yang dibuang di sungai terpanjang di pulau jawa ini, mulai merusak lingkungan serta mengganggu warga yang beraktifitas di sepanjang aliran sungai. belum ada tindakan dari pemerintah setempat.

 

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Korban Jiwa Gempa Lombok Bertambah Jadi 10 Orang

Posted: 28 Jul 2018 08:52 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Korban gempa berkekuatan 6,4 SR di Lombok, Nusa Tenggara Barat (NTB), Minggu pagi 29 Juli 2018 terus bertambah. Catatan terakhir korban jiwa 10 orang.

Kepala Pusat Data Informasi dan Humas Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) Sutopo Purwo Nugroho, seperti dilansir Antara, menyebutkan hingga Minggu pukul 09.45 WIB tercatat dampak gempa menyebabkan 10 orang meninggal dunia, 40 orang luka dan puluhan rumah rusak.

Diperkirakan dampak gempa akan bertambah mengingat pendataan masih berlangsung dan belum semua lokasi terdata. Data sementara dari BPBD Provinsi NTB,  tercatat di Kabupaten Lombok Timur terdapat delapan orang meninggal dunia, 10 orang luka berat, 10 orang luka ringan dan puluhan rumah rusak.

Dari delapan korban meninggal terdapat satu orang warga negara Malaysia. Identitas korban meninggal dunia: Isma Wida (30 tahun) warga negara Malaysia, Ina Marah (60 tahun), Ina Rumenah (58 tahun) dan 5 orang meninggal dunia dalam pendataan identitas oleh petugas.

Di Kabupaten Lombok Utara juga terdapat dua orang meninggal dunia, dan 13 orang luka-luka dirawat di Puskesmas Senaru, dan tujuh orang di Puskesmas Bayan.

Berdasarkan laporan juga terdapat longsor cukup besar dari Gunung Rinjani di mana material longsoran mengarah ke utara pascagempa 6,4 SR. Saat ini jalur pendakian ke Gunung Rinjani ditutup dan aparat masih melakukan pemantauan terhadap dampak longsor yang ada.

Gempa susulan juga masih terus berlangsung dan hingga pukul 09.20 WIB, BMKG mencatat telah terjadi 66 kali gempa susulan. Gempa susulan ini dengan kekuatan yang lebih kecil dan tidak berpotensi tsunami.

Ini adalah hal yang alamiah di mana setelah terjadi gempa besar, akan diikuti oleh gempa-gempa susulan yang lebih kecil dalam rangka mencari keseimbangan sistem lempeng atau sesar yang ada, ujarnya.

Petugas BPBD bersama TNI, Polri, Basarnas, SKPD, PMI, Tagana, dan relawan terus melakukan penanganan darurat. Posko BNPB terus berkoordinasi dengan BPBD Provinsi NTB dan BPBD Kabupaten/Kota terdampak gempa. Tim Reaksi Cepat BNPB juga telah menuju ke lokasi bencana untuk memberikan pendampingan BPBD.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

VIDEO: Mencekam, Gempa 6,4 SR Guncang Lombok

Posted: 28 Jul 2018 08:45 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Gempa 6,4 SR mengguncang kawasan Lombok, NTB. Tiga orang dilaporkan tewas dan sejumlah bangunan mengalami kerusakan.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Dalih Mourinho Usai MU Dibantai Liverpool 1-4

Posted: 28 Jul 2018 08:45 PM PDT

Liputan6.com, Michigan - Manchester United (MU) kalah 1-4 dari Liverpool dalam laga persahabatan di Michigan, Amerika Serikat, Minggu (29/7/2018). Usai pertandingan, Manajer MU, Jose Mourinho mengungkapkan kekesalannya.

Menurut Mourinho, wasit turut andil dalam kekalahan tersebut. "Wasit, mereka datang ke sini karena kesalahan. Mereka pikir ini pertandingan baseball, mereka tiba dan ternyata ini pertandingan sepak bola," ujar Mourinho seperti dilansir Liverpool Echo.

MU tertinggal lebih dulu dalam pertandingan tersebut setelah Sadio Mane mencetak gol lewat penalti. Setan Merah -julukan MU- lalu menyamakan kedudukan berkat gol Andreas Pereira.

Pada babak kedua, gawang MU diberondong tiga gol masing-masing lewat penalti Sheyi Ojoye, gol Xherdan Shaqiri, dan gol Daniel Sturridge. MU mencoba memperkecil ketinggalan namun gagal.

Mourinho menambahkan, pertandingan berjalan kurang menarik. Manajer asal Portugal ini bahkan mengaku tak akan datang untuk menyaksikan pertandingan jika ia adalah penonton.

"Atmosfernya bagus, tetapi jika saya menjadi mereka, saya tak akan datang. Saya tak akan menghabiskan uang saya untuk melihat dua tim ini," kata Mourinho.

 

 

 

Bukan Skuat Inti

Striker Manchester United, Alexis Sanchez, terjatuh saat berebut bola dengan pemain Liverpool pada laga ICC 2018 di Stadion Ann Arbor, Michigan, Minggu (29/7/2018). Liverpool menang 4-1 atas Manchester United. (AP/Carlos Osorio)

Di sisi lain, Mourinho juga menyinggung komposisi tim yang dibawanya. Mourinho menilai, MU bermain dengan pemain cadangan, sementara Liverpool dengan skuat inti.

"Ini bukan tim kami, ini bukan skuat kami. Kami memulai pertandingan dengan hampir setengah dari pemain, yang bahkan tak akan ada dalam daftar tim pada 9 Agustus nanti," kata Mourinho.

Satu Kemenangan

Sementara itu, hasil minor ini membuat MU baru mengoleksi satu kemenangan dari empat laga ujicoba pramusim mereka. Satu-satunya kemenangan dipetik MU atas AC Milan lewat babak adu penalti.

Manchester United 1-1 Club America

Manchester United 0-0 San Jose Earthquake

Milan 1-1 Manchester United

Manchester United 1-4 Liverpool

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Potret Kondisi Korban Gempa Lombok 6,4 SR

Posted: 28 Jul 2018 08:38 PM PDT

Liputan6.com, Lombok - Gempa bumi berkekuatan 6,4 skala Richter mengguncang kawasan Lombok, Bali dan sebagian wilayah Sumbawa, Minggu pagi. Sebanyak tiga orang dilaporkan meninggal dunia akibat gempa tersebut.

"Ada tiga orang yang meninggal. Satu orang di Kecamatan Sambelia, Lombok Timur, dan 2 orang lainnya di Lombok Utara," ujar Kepala Pusat Data, Informasi dan Humas Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB), Sutopo Purwo Nugroho dalam pesan singkat yang diterima Liputan6.com, Minggu (29/7/2018).

Berikut potret korban gempa yang mendapat penanganan darurat usai terjadinya gempa.

Korban gempa Lombok, Nusa Tenggara Barat, Minggu (29/7/2018). (Liputan6,com/Sunariyah)Korban gempa Lombok, Nusa Tenggara Barat, Minggu (29/7/2018). (Liputan6,com/Sunariyah)Korban gempa Lombok, Nusa Tenggara Barat, Minggu (29/7/2018). (Liputan6,com/Sunariyah)Korban gempa Lombok, Nusa Tenggara Barat, Minggu (29/7/2018). (Liputan6,com/Sunariyah)

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Keuntungan Pertamina Bakal Merosot pada 2018

Posted: 28 Jul 2018 08:36 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - PT Pertamina (Persero) diperkirakan sedikit tertekan dalam laporan keuangan kinerjanya pada 2018. Mengapa demikian? 

Direktur Eksekutif Economic Action Indonesia/EconAct, Ronny P Sasmita mengatakan, ada dua hal yang menjadikan keuntungan Pertamina tergerus pada 2018.

"Laba diperkirakan akan cenderung turun, lantaran Pertamina harus menanggung potential loss dalam jumlah besar," kata Ronny kepada Liputan6.com, Minggu (29/7/2018).

Ia menuturkan, membengkaknya potential loss disebabkan Pertamina tidak dapat menaikkan harga jual Premium dan solar di tengah meroketnya harga minyak dunia, yang mencapai USD 74,1 per barel. 

Dalam waktu hampir bersamaan, kurs rupiah juga cenderung melemah terhadap dolar Amerika Serikat (AS), yang berpotensi membengkakkan biaya operasional, terutama biaya pengadaan bahan bakar minyak.

"Potential loss tersebut menyiratkan peluang untuk menurunkan perolehan laba tahun 2018, tapi diperkirakan tidak sampai menyebabkan Pertamina mengalami kerugian usaha," ujar dia.

Oleh karena itu, Ronny menuturkan, Pertamina masih akan menanggung potential loss dalam jangka panjang yang berpotensi menggerus keuntungan Pertamina. 

"Namun ketika kerugian berlangsung secara berturut-turut dalam jangka panjang, tentu tidak mustahil Pertamina akan terancam bangkrut," ujar dia. (Yas)

Sebelumnya, bila melihat laporan keuangan Pertamina yang dikutip dari laman Pertamina, perseroan mencatatkan laba tahun berjalan yang dapat diatribusikan kepada pemilik entitas induk turun 19,28 persen menjadi USD 2,54 miliar pada 2017 dari periode sama tahun sebelumnya USD 3,14 miliar.

Sementara itu, penjualan dan pendapatan usaha lainnya naik 17,73 persen menjadi USD 42,95 miliar pada 2017 dari periode 2016  USD 36,48 miliar.

Beban pokok penjualan perseroan meningkat 28,81 persen menjadi USD 31,11 miliar pada 2017 dari periode sama tahun sebelumnya USD 24,15 miliar. Beban produksi hulu dan lifting meningkat menjadi USD 3,32 miliar pada 2017 dari periode sama tahun sebelumnya USD 2,97 miliar.

Total liabilitas Pertamina naik menjadi USD 27,38 miliar pada 2017 dari periode 2016 sebesar USD 25,15 miliar.Ekuitas perseroan naik menjadi USD 23,82 miliar pada 31 Desember 2017.

 

Pertamina Menanti Suntikan Pemerintah untuk Sehatkan Keuangan

Petugas mengisi BBM ke kendaraan konsumen di SPBU Abdul Muis, Jakarta, Senin (2/7). PT Pertamina (Persero) menaikkan harga Pertamax, Pertamax Turbo dan Pertamina Dex mulai dari Rp500 hingga Rp900 per liter mulai 1 Juli 2018. (Liputan6.com/Johan Tallo)

Sebelumnya, PT Pertamina (Persero) menanti kebijakan pemerintah, untuk meringankan beban keuangan akibat kebijakan harga Premium dan Solar bersubsidi yang ditetapkan pemerintah.

Direktur Keuangan PT Pertamina (Persero), Arief Budiman mengakui, kebijakan pemerintah dalam menetapkan harga Premium dan Solar subsidi yang tidak disesuaikan dengan kenaikan harga minyak dunia, membuat pendapatan perusahaan pada sisi hilir menurun.

"Ya, turun (pendapatan sisi hilir)," kata Arief, di Jakarta, Rabu 25 Juli 2018.

Arief menuturkan, Pertamina masih menunggu kebijakan pemerintah, untuk meringankan beban keuangan yang disebabkan pelaksanaan kebijakan tersebut. Dia pun berharap kebijakan yang dikeluarkan nantinya berdampak postif pada kinerja keuangan pe‎rusahaan.

"Ya kita masih lihat kebijakannya seperti apa. Mudah-mudahan secara total positif," ujar dia.

Terkait dengan rencana pemerintah untuk meringankan beban Pertamina, dengan menambah subsidi solar menjadi Rp 2 ribu per liter dan mengalihkan keuntungan atas penjualan minyak untuk menambal selisih harga Premium.

‎Arief menilai, dua rencana tersebut bisa menolong Pertamina jika diterapkan, sehingga bisa meringankan beban. Selain itu, kondisi keuangan Pertamina bisa jauh lebih sehat jika piutang atas subsidi yang telah disalurkan dibayar pemerintah.

"Membantu, pemerintah konsen masalah ini. Ini juga membantu kita banyak. Rp 15 triliun tagihan sudah dibayar yang piutang 2016. Kita sudah cukup banyak dibantu," ujar dia.

 

Saksikan video pilihan di bawah ini:

 

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Prediksi Sriwijaya FC Vs Borneo FC: Menanti Kebangkitan Laskar Wong Kito

Posted: 28 Jul 2018 08:30 PM PDT

Jakarta Sriwijaya FC bakal bentrok dengan Borneo FC pada lanjutan Gojek Liga 1 bersama Bukalapak di Stadion H Agus Salim, Padang, Minggu (29/7/2018). Laga itu berlangsung di Padang, karena Stadion Gelora Sriwijaya Jakabaring sedang steril jelang Asian Games 2018.

Laga pembuka putaran kedua kompetisi Liga 1 Indonesia 2018 ini juga akan menjadi debut bagi Subangkit yang kembali dipercaya menangangi Sriwijaya FC menggantikan Rahmad Darmawan yang menggundurkan. Pelatih senior asal Pasuruan ini pun menyebut dirinya tidak terlalu mempunyai banyak waktu jelang laga ini namun tetap menargetkan hasil maksimal.

"Saya sore tadi baru bertemu dengan seluruh pemain, beberapa di antaranya memang sudah tidak asing karena pernah bekerja sama di SFC U-21. Terkait laga besok saya berharap seluruh pemain fokus dan melupakan semua permasalahan saat sudah masuk ke lapangan. Target kami jelas ingin menang," ungkapnya pada Sabtu (28/7/2018).

Oleh karena itu Subangkit pun mengatakan pihaknya akan fokus membenahi mental pemain pascaalami dua kekalahan beruntun.

"Kami hanya punya 15 pemain lapangan (non-kiper) dan empat penjaga gawang, namun saya percaya mereka semua pasti akan siap memberikan yang terbaik. Kami ingin mengawali putaran kedua ini dengan bagus," tambahnya.

Penegasan yang sama juga disampaikan oleh kapten tim Sriwijaya FC, Yu Hyun-koo. "Pemain sudah berkumpul, semua sepakat ingin mengakhiri periode buruk setelah dua kekalahan. Sekarang jarak di klasemen sangat ketat, kalau menang bukan hanya akan memperbaiki posisi namun juga mengangkat mental pemain," tekadnya.

Sementara itu, pelatih Borneo FC Dejan Antonic mengaku enggan terlena dengan kondisi tim SFC saat ini dan menilai laga nanti akan tetap berlangsung ketat.

"Banyak berita di luar yang menyebut bahwa SFC kondisinya sedang timpang, namun saya tahu tim ini punya sejarah bagus dan materi pemainnya pun bagi saya masih berkualitas. Apalagi besok mereka sudah akan diperkuat dua pemain asing baru, jadi kami tetap harus kerja keras jika ingin meraih poin maksimal," ujarnya.

Dejan pun menyebut bahwa pihaknya akan memaksimalkan laga ini karena akan digelar di tempat netral. "Pasti ada pengaruhnya, bermain di kandang sendiri, Sriwijaya FC pasti akan didukung banyak suporternya. Namun saya sendiri lebih fokus bagaimana nantinya kami mampu memainkan sepakbola yang menarik. Ini tantangan buat kami karena di laga ini belum bisa diperkuat pemain asing tambahan dan harus kehilangan Tibo karena akumulasi," pungkasnya.

 

Perkiraan susunan pemain

Perkiraan susunan pemain:

SFC (4-3-3): Teja Paku Alam, Ahmad Faris, Goran Gancev, Alan Henrique, Zalnando, Yu Hyun-koo, Syahrian Abimanyu, Nur Iskandar, Yogi Rahadian, Esteban Viscarra, Manucher Dzalilov

Borneo FC (4-3-3): Nadeo Arga Winata, Diego Michels, Wildansyah, Leonard Tupamahu, Abdul Rahman, Wahyudi, Srdan Lopicic, Ambrizal Umanaillo, Edi Gunawan, Sultan Samma, Lerby Eliandri

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Mendiang Carrie Fisher Muncul Lagi di Star Wars: Episode IX

Posted: 28 Jul 2018 08:30 PM PDT

Liputan6.com, Los Angeles - Wajah mendiang Carrie Fisher bakal muncul kembali dalam Star Wars: Episode IX. Film besutan sutradara J.J. Abrams ini, nantinya menggunakan rekaman terakhir Carrie Fisher yang sebelumnya belum pernah dipakai oleh pihak produksi.

Kabar ini mencuat bersama munculnya konfirmasi bahwa Billy Dee Williams akan kembali berperan sebagai Lando Calrissian dan Mark Hamill sebagai Luke Skywalker. Aktor Anthony Daniels juga akan kembali memainkan perannya sebagai C-3PO di film kesembilan Star Wars itu.

Selain mereka, para aktor pendatang baru Star Wars, yakni Naomi Ackie dan Richard E. Grant, belum diketahui perannya. Tak diketahui juga siapa yang akan kembali di antara Daisy Ridley, Adam Driver, John Boyega, Oscar Isaac, Lupita Nyong'o, Domhnall Gleeson, Kelly Marie Tran, Joonas Suotamo, hingga Billie Lourd.

Naomi Ackie menyabet Penghargaan Film Independen Inggris tahun lalu untuk kategori pendatang baru paling menjanjikan. Ia tampil sebagai asisten rumah tangga tuna wicara dalam Lady Macbeth pada 2016. Sementara, Grant adalah aktor veteran yang dikenal melalui sejumlah karya seperti Withnail dan I, Gosford Park, Spice World, serta The Iron Lady.

Leia

Carrie Fisher, pemeran Princess Leia di film-film Star Wars. (The New York Times)

Kejutan sebenarnya adalah dari keputusan tim produksi untuk kembali ke cerita Leia dan menggunakan rekaman untuk mewujudkannya. Rekaman Carrie Fisher, yang meninggal pada Desember 2016 setelah menyelesaikan karya The Last Jedi adalah materi yang belum pernah dirilis dari penampilannya di The Force Awakens pada 2015 lalu.

Sejak Carrie Fisher meninggal, direktur pimpinan Lucasfilm, Kathleen Kennedy, mengatakan bahwa mereka tidak akan menyusun ulang atau menggunakan digitalisasi untuk menjaga karakter.

Namun, J.J. Abrams mengatakan tidak punya cara untuk menutup cerita, tanpa mengembalikan karakternya dengan cara tertentu.

"Kami sangat mencintai Carrie Fisher. Menemukan kesimpulan yang benar-benar memuaskan bagi saga Skywalker tanpa dia kami hindari. Kami tidak akan pernah menggunakan karakter CG. Dengan dukungan dan restu dari putrinya, Billie, kami telah menemukan cara untuk menghormati warisan dan peran Carrie sebagai Leia di Episode IX dengan menggunakan rekaman," papar dia dalam sebuah pernyataan seperti dilansir EW

Luke Skywalker

Luke Skywalker di planet Ahch-To dalam Star Wars: The Last Jedi. (Disney/LucasFilm)

Di sisi lain, Mark Hamill tidak bisa merahasiakan keinginannya untuk kembali sebagai Luke Skywalker. Dia berharap bisa memainkan kembali peran itu setelah The Last Jedi.

Pengumuman ini juga menegaskan bahwa komposer veteran John Williams akan kembali untuk Episode IX, setelah ia hanya berkontribusi pada sebagian kecil musik untuk Solo: A Star Wars Story

Pembuatan film Star Wars: Episode IX rencananya dimulai pada 1 Agustus 2018 di Pinewood Studios, di luar London dan akan dirilis pada Desember 2019.

(ANT)

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Dikabarkan Kirim Surat Izin Nyapres ke Jokowi, Ini Kata Anies

Posted: 28 Jul 2018 08:25 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Beredar kabar Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan telah mengirim surat kepada Presiden Joko Widodo (Jokowi). Surat yang dikirim Anies bertujuan meminta izin kepada Jokowi untuk maju Pilpres 2019.

Namun, Anies mengatakan ia tidak pernah mengirimkan surat itu. Ia justru mempertanyakan siapa yang menyebarkan kabar itu.

"Saya? Gak ada (kirim surat). Siapa yang bilang?," kata Anies di kawasan Kuningan, Minggu (29/7/2018).

Mantan Mendikbud itu memastikan dirinya tetap di Jakarta.

"Enggak. Siapa yang bikin kabar? Nggak. Saya standby di sini," ucap dia. 

Diketahui, Jokowi telah menandatangani Peraturan Pemerintah No 32 Tahun 2018 yang salah satunya mengatur soal kepala daerah harus meminta izin ke Presiden jika ingin mencalonkan diri di Pilpres.

Istana menegaskan PP tersebut adalah turunan dari UU Pemilu No 7 Tahun 2017.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Range Rover Evoque Rasa Suzuki Vitara Brezza

Posted: 28 Jul 2018 08:17 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Range Rover Evoque merupakan salah satu mobil mewah impian. Tak heran jika banyak orang yang menginginkannya.

Karena banderolnya yang tinggi, modifikasi menjadi cara lain untuk mewujudkan mimpi memiliki SUV asal Inggris tersebut. Hal itu seperti yang dilakukan rumah modifikasi dari India membangun Range Rover Evoque dari Suzuki Vitara Brezza.

Seperti diberitakan indianautosblog, terlihat dari bumper depan Vitara Brezza yang disesuaikan dengan bentuk bumper Range Rover Evoque.

Tapi bumper tersebut tetap dimodifikasi dimensinya, agar sesuai dngan dimensi Vitara Brezza yang lebih kecil. Selain itu, lampu depan Evoque, dua bilah grille yang dicat hitam polos tanpa badge oval Land Rover, penutup lampu kabut besar dan lis bumper besar juga melengkapi bagian depan replika Range Rover Evoque.

Di sisi samping, Brezza menggunakan velg 5-spokes yang lebih besar yang bukan milik Evoque. Begeser ke belakang, lampu belakang Brezza juga menggunakan lampu Evoque, susunan bumper dan faux chrome knalpot.

Secara keseluruhan, warna eksterior replika Evoque dari Brezza ini memiliki warna putih dan hitam gloss yang merupakan kombinasi khas Evoque.

 

Selanjutnya

Sementara di bagian interior, tak banyak yang dipamerkan. Hanya saja sekilas terlihat bahwa bagian interior menggunakan kombinasi warna merah dan hitam.

Kostum Vitara Brezza ini dikerjakan dengan rapi sehingga benar-benar menyerupai Range Rover Evoque. Namun, untuk urusan mesin, tentu tak bisa menggunakan mesin Evoque.

Replika Evoque ini masih menggunakan mesin aslinya yakni diesel 1.3L DDiS Vitara brezza yang bertenaga 90 Ps pada 4.000 rpm dan torsi 200 Nm pada 1.750 rpm dengan transmisi manual 5-percepatan.

Pemilik Vitara Brezza ini harus mengeluarkan uang sebanyak INR 600.000 atau RP 125,7 jutaan untuk bisa mendapatkan replika Range Rover Evoque.

Sumber: Otosia.com

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

FOTO: Ada Wanita Menyusup ke Bandara Munich, 200 Penerbangan Dibatalkan

Posted: 28 Jul 2018 08:15 PM PDT

Penumpukan penumpang terjadi setelah petugas keamanan menutup sementara Terminal 2 Bandara Munich di Jerman, Sabtu (28/7). Akibat penutupan itu 200 penerbangan dibatalkan, sementara 60 penerbangan lainnya mengalami penundaan. (MATTHIAS BALK/DPA/AFP)

Penumpukan penumpang terjadi setelah petugas keamanan menutup sementara Terminal 2 Bandara Munich di Jerman, Sabtu (28/7). Akibat penutupan itu 200 penerbangan dibatalkan, sementara 60 penerbangan lainnya mengalami penundaan. (MATTHIAS BALK/DPA/AFP)

Calon penumpang berkumpul di Terminal 2 Bandara Munich, Sabtu (28/7). Kepolisian Jerman menutup terminal 2 bandara tersebut setelah seorang wanita dilaporkan melewati pos keamanan tanpa menjalani pemeriksaan. (MATTHIAS BALK /DPA/AFP)

Calon penumpang berkumpul di Terminal 2 Bandara Munich, Sabtu (28/7). Kepolisian Jerman menutup terminal 2 bandara tersebut setelah seorang wanita dilaporkan melewati pos keamanan tanpa menjalani pemeriksaan. (MATTHIAS BALK /DPA/AFP)

Penumpukan penumpang terjadi setelah petugas keamanan menutup sementara Terminal 2 Bandara Munich di Jerman, Sabtu (28/7). Akibat penutupan itu 200 penerbangan dibatalkan, sementara 60 penerbangan lainnya mengalami penundaan. (MATTHIAS BALK/DPA/AFP)

Penumpukan penumpang terjadi setelah petugas keamanan menutup sementara Terminal 2 Bandara Munich di Jerman, Sabtu (28/7). Akibat penutupan itu 200 penerbangan dibatalkan, sementara 60 penerbangan lainnya mengalami penundaan. (MATTHIAS BALK/DPA/AFP)

Calon penumpang berkumpul di Terminal 2 Bandara Munich, Sabtu (28/7). Kepolisian Jerman menutup terminal 2 bandara tersebut setelah seorang wanita dilaporkan melewati pos keamanan tanpa menjalani pemeriksaan. (Matthias Balk/dpa via AP)

Calon penumpang berkumpul di Terminal 2 Bandara Munich, Sabtu (28/7). Kepolisian Jerman menutup terminal 2 bandara tersebut setelah seorang wanita dilaporkan melewati pos keamanan tanpa menjalani pemeriksaan. (Matthias Balk/dpa via AP)

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Marc Marquez dalam Kondisi Terbaik untuk MotoGP Ceko

Posted: 28 Jul 2018 08:15 PM PDT

Liputan6.com, Catalunya - Jelang balapan motor seri 10 MotoGP Republik Ceko, Marc Marquez berpartisipasi dalam acara maraton amal bertajuk Allianz Night Run di Montmelo. Dia menunjukkan kebugaran dalam lomba itu.

Bagi pemuncak klasemen sementara MotoGP 2018, lari merupakan salah satu cara untuk menjaga kebugaran. Marquez siap kembali mengaspal pekan depan.

"Saya sehat, fisik saya baik-baik saja, dan saya telah memaksimalkan waktu liburan untuk mengisi ulang tenaga. Sejauh ini saya telah berlatih dengan baik dan secara fisik sangat baik, itu sangat penting. Kami akan melihat bagaimana paruh kedua musim ini," tutur Marquez, seperti dikutip dari Marca, Minggu (29/7/2018).

Sirkuit Brno akan menandai paruh kedua MotoGP 2018. Marquez memiliki catatan yang bagus selama mengaspal di lintasan sepanjang 5,4km tersebut.

Tiga kemenangan berhasil diraih selama Marquez berkecimpung di dunia balap. Terakhir kali, Marquez naik di podium pertama pada tahun lalu.

Kurang Ideal

Pembalap Repsol Honda, Marc Marquez. (Twitter/Repsol Honda Team)

"Di Brno, Yamaha dan Ducati selalu sukses, sementara bagi Honda ini merupakan trek yang kurang ideal. Tapi kami melakukan tes dan itu bagus," jelas Marquez.

"Saya menatap pekan itu untuk menang. Kemudian pada hari Minggu (hari balapan), kami akan lihat apa yang bisa didapat. Apakah finis di urutan pertama, kedua, atau ketiga? Yang paling penting menambah poin," ungkap Marquez. (David Permana)

Klasemen MotoGP

Klasemen sementara MotoGP 2018

1. Marc Marquez (Repsol Honda) 165

2. Valentino Rossi (Movistar Yamaha) 119

3. Maverick Vinales (Movistar Yamaha) 109

4. Andrea Dovizioso (Ducati) 88

5. Johann Zarco (Yamaha Tech 3) 88

6. Jorge Lorenzo (Ducati) 85

7. Danilo Petrucci (Pramac Racing) 84

8. Cal Crutchlow (LCR Honda) 79

9. Andrea Iannone (Suzuki) 75

10. Jack Miller (Pramac Racing) 57

11. Alex Rins (Suzuki) 53

12. Dani Pedrosa (Repsol Honda) 49

13. Alvaro Bautista (Angel Nieto Team) 44

14. Pol Espargaro (KTM) 32

15. Tito Rabat (Avintia Racing) 30

16. Hafizh Syahrin (Yamaha Tech 3) 22

17. Franco Morbidelli (Marc VDS) 19

18. Aleix Espargaro (Aprilia) 16

19. Bradley Smith (KTM) 13

20. Scott Redding (Aprilia) 12

21. Takaaki Nakagami (LCR Honda) 10

22. Mika Kalilo (KTM) 6

23. Karel Abraham (Angel Nieto Team) 4

24. Thomas Luthi (Marc VDS) -

25. Stefan Bradl (Marc VDDS) -

26. Xavier Simeon (Ducati) -

 

 

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Gempa Susulan 5 SR Kembali Getarkan Lombok

Posted: 28 Jul 2018 08:14 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Gempa berkekuatan 5 skala Richter kembali mengguncang kawasan Lombok, Nusa Tenggara Barat, Minggu (29/7/2018) pagi. Lindu yang terjadi pada pukul 09.20 WIB itu berpusat di 8.26 Lintang Selatan, 116.49 Bujur Timur atau 26 kilometer Timur Laut Lombok Utara.

Sebelumnya, Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) mendata telah terjadi 31 kali gempa susulan pascagempa berkekuatan magnitudo 6,4 yang mengguncang Lombok, Bali dan Sumbawa pada Minggu, pukul 05.47 WIB.

Informasi dari Kepala Pusat Gempa Bumi dan Tsunami BMKG Rahmat Triyono di Jakarta, Minggu, menyebutkan, gempa bumi susulan (aftershock) yang paling kuat dengan magnitudo 5,7 SR.

Hingga kini, sebanyak tiga orang dilaporkan meninggal dunia akibat gempa berkekuatan 6,4 SR itu.

"Ada tiga orang yang meninggal. Satu orang di Kecamatan Sambelia, Lombok Timur, dan 2 orang lainnya di Lombok Utara," ujar Kepala Pusat Data, Informasi dan Humas Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB), Sutopo Purwo Nugroho dalam pesan singkat yang diterima Liputan6.com.

Sutopo memastikan gempa tidak berpotensi tsunami, hanya saja, dampaknya yang dirasakan masyarakat cukup besar.Sejumlah bangunan rumah warga dan fasilitas publik dilaporkan mengalami kerusakan akibat guncangan gempa.

 

Saksikan video pilihan di bawah ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Asian Games 2018: Tiongkok Pasang Target Tinggi di Loncat Indah

Posted: 28 Jul 2018 08:04 PM PDT

Beijing - Asosiasi Renang Tiongkok (CSA) memasang target tinggi di Asian Games 2018 untuk cabor loncat indah. Dilansir ESPN, CSA ingin atletnya menyamai sukses empat tahun lalu dengan meraih 10 emas.

China memang dikenal tangguh pada cabang olahraga loncat indah. Negeri Tirai Bambu itu meraih gelar juara dari berbagai nomor sekaligus menjadi juara umum loncat indah pada Asian Games 2014.

 

Pada Asian Games 2018, nomor loncat indah diharapkan mampu meraih banyak medali emas. Misi tersebut diyakini tak akan sulit mengingat tim loncat indah China masih diperkuat atlet-atlet berpengalaman semisal Shi Tingmao, Chen Aisen dan Qiu Bo.

Pertandingan cabang olahraga loncat indah bakal digelar pada 28 Agustus hingga 1 September 2018 di Jakarta. Cabang olahraga ini akan memperebutkan 10 medali emas.

 

Cabang Renang

Perenang berlatih di kolam latihan di Stadion Aquatic GBK, Jakarta, Selasa (5/12). Indonesia Open Aquatic Championship 2017 menjadi test event empat cabang olahraga akuatik, jelang Asian Games 2018. (Liputan6.com/Helmi Fithriansyah)

Tak hanya loncat indah, China juga memasang target tinggi dari cabang olahraga renang. Seperti diketahui, empat tahun lalu China berhasil meraih 22 medali emas dalam 41 nomor renang sekaligus menjadi juara umum.

Cabang olahraga renang pada Asian Games 2018 bakal digelar di Jakarta pada 19-24 Agustus dan memprebutkan 41 medali emas. China tentu saja menjadi lawan yang tangguh untuk tim renang Indonesia.

Sumber: Bola.com

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Gelar Acara Gowes Bareng, Gubernur BI Promosikan GPN untuk Asian Games

Posted: 28 Jul 2018 08:01 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Bank Indonesia (BI) menggelar acara fun bike pada Minggu pagi ini (29/7/2018). Fun bike ini diikuti oleh 850 peserta dan melalui rute sepanjang 20 kilometer (km) dimulai dari Gedung BI ke arah Balai Kota DKI Jakarta melewati Museum BI dan kembali ke garis finish.

Acara diikuti oleh banyak petinggi diantaranya Gubernur BI Perry Warjiyo, Menteri Komunikasi dan Informatika (Menkominfo) Rudiantara, Ketua Dewan Komisioner OJK Wimboh Santoso dan Ketua Dewan Komisioner LPS Halim Alamsyah.

Dalam sambutannya, Perry menyebutkan, acara tersebut termasuk dalam rangkaian kemeriahan hari ulang tahun BI yang ke-65 serta menyambut hari raya Kemerdekaan RI yang ke-73 serta Asian Games 2018.

"Ini bagian dai rangkaian HUT RI ke-73 dan ini menyongsong Asian Games 2018. Dalam konteks ini dalam mendukung asian games BI berkontribusi dalam suksesnya Asian Games terutama melalui GPN (Gerbang Pembayaran Nasional)," kata Perry.

Perry menjelaskan pihaknya akan memfokuskan GPN untuk mendukung kesuksesan Asian Games 2018 yang dilangsungkan di Jakarta dan Palembang.

"Di dalam kesuksesan ini kita sudah melakukan untuk elektronic money, dan kartu debet untuk alat transportasi khususnya LRT baik di Jakarta maupun Palembang. Itu semua kita selesaikan melalui GPN," ujarnya.

Selain itu, seluruh transaksi melalui merchant yang berlogo Asian Games akan otomatis terhubung dengan GPN.

"Demikian merchant kalau menggunakan debet di dalam merchant yang ada kaitannya dgn Asian Games itu juga diselesaikan melalui GPN."

Reporter: Yayu Agustini Rahayu

Sumber: Merdeka.com

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Pejabat Australia Sebut AS Bersiap Menyerang Fasilitas Nuklir Iran, Perang?

Posted: 28 Jul 2018 08:01 PM PDT

Liputan6.com, Canberra - Seorang pejabat senior Australia bidang keamanan nasional yang anonim mengatakan, pemerintahan Perdana Menteri Malcolm Turnbull memperkirakan bahwa Amerika Serikat tengah bersiap menyerang fasilitas nuklir Iran. Demikian menurut laporan ABC.net.au, seperti dikutip pada Minggu (29/7/2018).

Kemungkinan serangan bisa dilakukan secepatnya bulan depan, dan Australia diperkirakan akan dimintai bantuan untuk menentukan sasaran yang akan dibom.

Keterangan ini muncul di tengah semakin meningkatnya perang kata antara Presiden AS Donald Trump dan Presiden Iran Hassan Rouhani.

Keterangan yang diperoleh ABC Australia menyebutkan bahwa fasilitas pertahanan Australia yang dirahasiakan tempatnya akan memainkan peran menentukan target sasaran di Iran.

Pihak lain yang juga dilibatkan adalah dinas intelejen Inggris.

Namun pejabat senior bidang keamanan nasional tersebut menekankan adanya perbedaan besar antara memberikan data intelejen akurat dan analisa mengenai fasilitas Iran dengan keterlibatan dalam proses penyerangan.

"Membantu membangun informasi yang tepat sangat berbeda dengan berpartisipasi dalam serangan." kata sumber tersebut.

"Memberikan data intelejen dan memahami apa yang terjadi di lapangan dilakukan sehingga pemerintah dan pemerintah negara sekutu lainya betul-betul mengetahui saat mengambil keputusan. Itu berbedea dengan ikut melakukan serangan."

Fasilitas pertahanan Australia yang sangat dirahasiakan, Pine Gap di Northern Territory, dianggap sangat penting di kalangan mitra intelejen "Five Eyes" --AS, Inggris, Australia, Kanada, dan Selandia Baru-- dalam peran mengarahkan satelit mata-mata Amerika Serikat.

Para analis dari Organisasi bernama Australian Geospatial-Intelligence Organisation --yang tidak banyak diketahui keberadaannya-- juga diperkirakan akan memainkan peranan.

Sementara beberapa kalangan di dalam pemerintahan PM Turnbull yakin bahwa Trump sedang mempersiapkan kekuatan militer terhadap Iran, yang lain melihat hal tersebut hanyalah sebuah ancaman belaka.

Ini disebabkan karena konflik dengan Iran akan menghasilkan respons yang tidak bisa diduga di Timur Tengah.

Bila ada serangan, Kanada besar kemungkinan tidak akan berperan dalam aksi militer ke Iran, demikian juga dengan Selandia Baru.

Di sisi lain, Perdana Menteri Malcolm Turnbull hari Jumat 27 Juli 2018 mengatakan bahwa dia tidak merasa bahwa Amerika Serikat sedang mempersiapkan diri bagi konfrontrasi militer.

 

Simak video pilihan berikut:

Ancaman Donald Trump kepada Iran

Komandan pasukan khusus Iran Mayor Jenderal Qassem Soleimani (AP)

Awal pekan ini, Presiden Amerika Serikat Donald Trump kembali mengeluarkan pernyataan keras terkait Iran lewat akun Twitter pribadinya @realDonaldTrump. Pernyataan itu diutarakan Trump pada Senin, 23 Juli 2018.

Lewat sebuah twit, Trump memberi peringatan kepada Presiden Iran Hassan Rouhani agar tidak mengancam Amerika Serikat.

Hal itu tampak sebagai respons atas komentar Rouhani yang mengatakan bahwa dirinya bisa saja menghentikan pengiriman minyak ke AS jika Trump terus memprovokasi Iran. Demikian seperti dikutip dari DW, Senin 23 Juli 2018.

Menanggapi pernyataan Rouhani, Donald Trump di akun Twitter menulis dengan huruf besar "JANGAN PERNAH MENGANCAM AMERIKA SERIKAT LAGI."

Selanjutnya dia balas mengancam dan mengatakan bahwa Iran "AKAN MENANGGUNG KONSEKUENSI SEPERTI YANG SEBELUMNYA HANYA PERNAH DIDERITA BEBERAPA PIHAK SEPANJANG SEJARAH."

Tanggapan Iran

Seorang komandan pasukan khusus Iran telah memperingatkan Presiden Donald Trump, bahwa jika Amerika Serikat menyerang Iran, semua yang dimiliki Negeri Paman Sam akan hancur.

Mayor Jenderal Qassem Soleimani, nama komandan tersebut, bersumpah bahwa jika pasukan AS memulai perang, Republik Islam Iran akan menumpas habis, demikian seperti yang dilaporkan kantor berita nasional Tasnim.

Dikutip dari BBC, Jumat 27 Juli 2018, sikap tegas Jenderal Soleimani itu disampaikan untuk merespons twit Donald Trump di atas.

Mayor Jenderal Soleimani --yang memimpin Pasukan Quds dari pengawal revolusi elite Iran-- mengatakan pada Kamis, 26 Juli 2018, bahwa: "Sebagai seorang prajurit, adalah tugas saya untuk menanggapi ancaman Anda (Trump)."

"Bicaralah padaku, jangan kepada presiden (Hassan Rouhani). Ini bukan martabat pemimpin kami untuk menanggapi Anda. Jika Anda memulai perang, kami akan mengakhiri perang. Anda tahu bahwa perang ini akan menghancurkan semua yang kamu miliki."

Dia juga menuduh Presiden AS menggunakan diksi "klub malam dan ruang perjudian", pilihan kata yang dianggap tak sopan.

Pada akhir pekan lalu, Presiden Trump sempat membuat twit yang mengejutkan, sebagai bentuk kemarahan terhadap Presiden Iran.

Sebagaimana dilansir kantor berita Tasnim, Presiden Hassan Rouhani sempat mengatakan, "Mereka harus tahu bahwa perdamaian dengan Iran adalah awal dari semua perdamaian, dan perang dengan Iran adalah awal dari semua perang."

Akan tetapi, dua hari kemudian, ketika berbicara dengan kelompok veteran, Donald Trump mengatakan AS "siap membuat kesepakatan nyata" dengan Iran.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Bupati Batang Terkejut Tahu Kotak Perhiasan Buatan Warga Desanya

Posted: 28 Jul 2018 08:00 PM PDT

Liputan6.com, Batang - Pemerintah Kabupaten Batang, Jawa Tengah, siap mengembangkan kerajinan kotak perhiasan karena memiliki daya saing cukup besar di pasaran. Kotak perhiasan tersebut dibuat perajin Desa Keborangan,

Bupati Batang Wihaji mengatakan kerajinan kotak perhiasan itu akan dijadikan contoh konsep satu desa satu produk (one vilage one product) oleh pemkab, karena produk ekonomi kreatif itu sudah mendapat pelanggan dari para pemilik toko emas.

"Saya terkejut selama ini kotak perhiasan di toko emas ternyata pembuatannya adalah berasal dari para perajin Desa Keborangan. Ini sangat luar biasa," katanya di Batang, Sabtu 28 Juli 2018, dilansir Antara.

Ia mengatakan ekonomi kreatif menjadi bagian dari visi dan misi pemkab. Produk kerajinan kotak perhiasan akan dijadikan contoh "one vilage one product".

"Hal seperti inilah yang kami gali dan dikembangkan sebanyak-banyaknya. Kreativitas warga Desa Keborangan ini akan kami tularkan sebagai strategi bisnis karena pasarnya jelas, bahan bakunya mudah, dan pembuatanya pun mudah," katanya.

Dia menyatakan pemkab siap menggandeng usaha tersebut dengan penerima manfaat program keluarga harapan untuk membuat kelompok usaha meniru ekonomi kreatif itu.

Penerima manfaat, kata dia, akan terus dibina dan dilatih untuk meniru membuat kerajinan ekonomi kreatif semacam itu. "Selain membikin kotak perhiasan, kami berharap warga juga membikin kotak sarung dan kotak batik sehingga tidak bersaing dan pasarnya jelas," katanya.

Kepala Dinas Pariwisata Pemuda dan Olahraga Kabupaten Batang Wahyu Budi mengatakan kegiatan ekonomi kreatif yang dilakukan oleh kelompk usaha bersama (KUB) akan terus dibina dan dibantu dalam pemasarannya agar terus berkembang dan mampu bersaing dengan produk lain di pasaran.

"Produk kotak perhiasan akan diberi merek, melalui digital marketing dengan pemasaran 'online', membantu menjembatani dan permodalan. Selanjutnya, kegiatan ekonomi kreatif ini akan kami kembangkan menjadi salah satu tujuan objek wisata," katanya.

Ketua KUB Seruni Kastiah mengatakan pembuatan kotak perhiasan sudah dilakukan perajin selama 10 tahun dengan mempekerjakan 13 orang. Harga jualnya satu lusin mencapai Rp45 ribu hingga Rp55 ribu. Omzet mencapai Rp15 juta per bulan.

"Produk kotak perhiasan kami pasarkan ke Jakarta, Semarang, Pekalongan," katanya.

 

Simak video pilihan berikut ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Top 3 Hari Ini: Cara Melanjutkan Cinta yang Diawali Kebohongan

Posted: 28 Jul 2018 08:00 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Kebohongan yang terungkap bukanlah akhir dari sebuah hubungan cinta. Kebohongan seharusnya bisa menjadi momen untuk saling terbuka satu sama lain. Seorang konsultan profesional mengatakan kebohongan tidak selama menjadi titik akhir dari sebuah hubungan cinta.

Bersama dua berita lainnya artikel tentang kebohongan dalam sebuah hubungan ini menjadi yang terpopuler dari kanal Lifestyle. Berikut tiga berita terpopuler dari kanal Lifestyle Liputan6.com sepanjang Minggu (29/7/2018) selengkapnya.

Hubungan Cinta Tetap Langgeng Meski Diawali Kebohongan? Ini Tipsnya

Dalam membangun sebuah hubungan cinta, biasanyya Anda dan pasangan akan melewati fase pendekatan terlebih dahulu. Pada fase tersebut, kedua belah pihak saling membuka diri dan menggali banyak informasi mengenai satu sama lain.

Dapat dikatakan bahwa fase ini merupakan yang paling penting karena menjadi landasan dalam menjalin hubungan cinta dan saling mengenal lebih dalam.

Namun, apa jadinya apabila informasi yang didapatkan selama fase tersebut tidak benar atau dengan kata lain Anda telah dibohongi? Anahid Lisa Derbabian, MA, LPC, NCC, seorang konselor profesional mengatakan bahwa ternyata kebohongan tidak selamanya menjadi titik akhir dalam sebuah hubungan cinta. Baca selengkapnya di sini.

 

Menakjubkan, China Punya Air Terjun Buatan Tertinggi di Dunia

Air terjun buatan di sisi gedung pencakar langit Liebian International Plaza di Kota Guiyang, China, 20 Juli 2018. Air terjun buatan ini menggunakan air hujan dan air tanah yang dikumpulkan dalam tangki bawah tanah berukuran raksasa. (AFP/China OUT)

Semakin banyak gedung pencakar langit dibangun di China, semakin banyak pula ide gila bermunculan. Salah satunya adalah ide membangun air terjun buatan di salah satu sisi gedung pencakar langit yang ada di Guizhou, salah satu destinasi wisata terkenal di China.

Air terjun buatan terbesar dan tertinggi yang pernah ada di dunia ini menempel di Liebian International Plaza, sebuah hotel yang juga menjadi pusat perbelanjaan dan perkantoran. Baca selengkapnya di sini.

 

Seharusnya Berapa Lama Waktu dalam Sehari yang Dihabiskan Bersama Keluarga?

Awal tahun menjadi momen yang tepat untuk memulai hal-hal baru dan menantang. Salah satu yang bisa dilakukan adalah liburan yang memicu adrenalin. Tak perlu jauh-jauh ke luar negeri, cukup di Jakarta saja.

Mungkin Anda juga mengalaminya, keluarga di Amerika menghabiskan waktu berkualitas bersama-sama hanya selama 37 menit dalam sehari. Tidak heran, karena jam kerja dan kegiatan yang padat membuat banyak orang jauh dari keluarga mereka.

Menurut studi yang baru dilakukan bersama 2.000 orangtua dengan anak-anak mereka berusia sekolah, mereka mengaku bahwa waktu berkualitas menjadi semakin baik di akhir pekan. Rata-rata keluarga akan menghabiskan waktu bersama di akhir pekan selama 2 jam 40 menit dengan menonton film berdurasi panjang. Baca selengkapnya di sini.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Jangan Curiga, 5 Alasan Kenapa Pria Malas Unggah Foto Pacar di Media Sosial

Posted: 28 Jul 2018 08:00 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Banyak pasangan kekasih sering mengabadikan kebersamaan ketika dengan pasangan melalui foto, salah satunya untuk diunggah ke jejaring sosial yang mereka miliki. Namun sayangnya, banyak pria enggan atau jarang memamerkan kemesraan bersama pasangan di media sosial.

Jangan keburu marah, harus kamu ketahui kalau ia punya alasan tertentu yang harus kamu pahami.

Sama seperti pikiran wanita jika dipandang para pria, nyatanya pikiran pria juga susah ditebak bagi kaum hawa. Untuk itu, sebelum berpikiran yang aneh-aneh, sebaiknya ketahui lima alasan kenapa pria malas pamer foto pacar di media sosial.

1. Tidak ingin mengumbar kemesraan

Seorang pria tentunya ada yang memiliki sikap cuek jika ada yang dirasa tidak penting. Baginya ada hal yang lebih penting untuk dilakukan di media sosial daripada hanya sekedar untuk pamer kemesraan. Ia merasa membuktikan kasih sayang tidak harus selalu diumbar lewat media sosial.

2. Merasa kalau media sosial bukan tempat yang tepat

Bisa saja ia telah mengonsep media sosialnya hanya sebagai tempat mencari hiburan bukan untuk memamerkan pasangan. Tipe seperti ini enggak bisa dipaksa kalau harus mengunggah foto bersama pacar karena ia merasa hal itu bukan yang perlu untuk dilakukan.

 

3. Menjaga privasi

Ilustrasi instagram. (Foto: pexels.com)

Tipe pria ini biasanya memiliki kepribadian yang kaku dan serius. Namun, alasan lainnya juga bisa membuktikan bahwa ia seorang pencemburu tingkat tinggi yang tidak ingin miliknya jadi konsumsi publik. Ia menganggap pasangan bukanlah barang yang bisa dipamerkan dengan mudahnya.

4. Bukan termasuk pria romantis

Jangan keburu marah ya, siapa tahu ia memang merasa canggung dan malu karena memang ia bukan pria yang romantis. Jadi harus selalu kamu maklumi karena sifatnya yang seperti itu.

5. Menyembunyikan status

Media sosial khususnya Instagram memang banyak digunakan untuk mengunggah berbagai momen bersama pasangan, teman maupun keluarga melalui foto maupun video. Namun, kamu perlu berhati-hati jika pasanganmu tidak pernah mengunggah foto dirimu, bisa jadi dia ingin menyembunyikan statusnya. 

Reporter:

Luthfia Miranda Putri

Sumber: Vemale.com

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Bagaimana Caranya Pakai Vaseline untuk Mengatasi Jerawat?

Posted: 28 Jul 2018 08:00 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Anda mungkin pernah mendengar Vaseline dapat menyebabkan jerawat, komedo, dan menyumbat pori-pori. Namun kenyataannya, Vaseline justru dapat mengatasi masalah jerawat pada kulit Anda, benarkah?

Tekniknya disebut slugging dan mulai banyak orang terobsesi dengannya. Pada dasarnya, teknik untuk mengatasi masalah jerawat ini melibatkan pengolesan pelembap oklusif, yaitu Vaseline atau produk lainnya yang berbasis minyak dan sebenarnya tidak melembapkan.

Produk ini dapat menciptakan penghalang pada kulit untuk menangkap hidrasi dan mencegah air untuk keluar. Sebaiknya aplikasikan pelembap ini setelah pelembap biasa di malam hari untuk mengatasi masalah jerawat di kulit Anda, seperti dilansir dari stylecaster.com, Minggu (29/7/2018).

 

 

Mengatasi masalah jerawat pada kulit dengan Vaseline

Ilustrasi kecantikan pakai pelembap (iStockphoto/Youngoldman)

Menariknya, produk ini akan membuat produk lainnya, seperti serum bekerja lebih efektif, membuat kulit memperbaiki dan menyembuhkan diri sendiri dengan lebih baik. Anda akan mendapati kulit yang lebih halus merata di pagi hari berikutnya.

Beberapa orang bahkan membuktikan Vaseline tidak hanya bisa menyembuhkan jerawat kemerahan, namun juga membuat komedo naik dengan sendirinya ke permukaan kulit. Anda hanya perlu mengaplikasikannya di malam hari, sebelum tidur.

Mengatasi masalah jerawat pada kulit dengan Vaseline

Ilustrasi kecantikan pakai krim wajah (iStockphoto/Ridofranz)

Bagaimana Vaseline bisa bekerja mengatasi masalah jerawat? Sebenarnya molekul Vaseline terlalu besar untuk bisa masuk ke dalam pori-pori, membuat produk ini tidak komedogenik dan aman digunakan bagi kulit yang mengalami masalah jerawat.

Namun untuk mencobanya pada kulit Anda, sebaiknya lakukan percobaan terlebih dahulu. Bagaimanapun, jenis dan masalah kulit setiap orang berbeda-beda, apa kulit Anda juga mengalami masalah jerawat?

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Bandara Ini Sediakan Anjing Pelacak Kutu Busuk

Posted: 28 Jul 2018 08:00 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Anjing memang hewan yang memiliki kemampuan melacak sangat baik. Di Bandara Internasional Frankfurt, Jerman ada anjing pelacak yang bertugas mencari parasit di koper dan tas. 

Larry Hansen juga Mathias Krekel bersama dua anjing Cora dan Buddy merupakan anggota Bed-Bugs-Team Bandara Frankfurt di Jerman. Tugas mereka memburu parasit kutu busuk (bedbugs).

Cora dan Buddy adalah anjing melacak yang mampu mengendus jejak sekecil apapun dari parasit tersebut. Kedua anjing ini telah dilatih berbulan-bulan dan harus melewati tes.

Sejak tahun ini, Cora dan Buddy boleh mencari kutu busuk di koper dari para penumpang yang baru tiba dari bepergian. Bandara terbesar keempat di Eropa ini adalah satu-satunya di dunia yang memiliki tim khusus semacam ini

Lima tim, empat pria, satu wanita dan seekor anjing, bekerja dalam formasi yang berbeda dari sekitar pukul setengah lima pagi hingga jam sepuluh malam - selama ada pesawat yang mendarat di bandara. Mereka cukup sering menemukan kutu busuk.

 

Biaya

Ilustrasi anjing (iStock)

Namun, tidak ada penumpang yang akan dipaksa untuk memeriksakan kopernya. Jika ingin memeriksa koper,  perlu mendaftar secara online. Untuk pemeriksaan tiga koper dikenakan biaya 105 Euro, setiap koper tambahan ada biaya ekstra 30 Euro.

"Anjing memiliki tingkat ketepatan lebih dari 90 persen," kata Hansen bangga.

Untuk itu, koper harus dalam keadaan terbuka.

"Kami tidak melihat isinya," kata Mathias Krekel.

"Hanya untuk melihat apakah anjing itu menemukan sesuatu."

Anjing menunjukkan pakaian yang terkena kutu busuk dengan moncongnya.

Setelah sekitar 20 menit, anjing pelacak Buddy butuh istirahat. Mengendus dengan konsentrasi penuh sangat melelahkan bagi anjing.

Menurut Hansen, kutu busuk tidak hanya ditemukan di penginapan seperti hostel atau di tempat-tempat eksotis. Tidak ada hubungannya dengan higienis.

"Kutu busuk butuh darah. Jadi akan mencari dimana ada manusia."

Di Swedia, biaya mengatasi kutu busuk digantikan oleh asuransi harta benda. Di Perancis, bahkan kursi-kursi bioskopnya pun diperiksa oleh anjing pelacak kutu busuk. 

Anjing pelacak kutu busuk di bandara Frankfurt hanya bertugas untuk menemukan parasit tersebut. Pembersihannya harus ditangani tim lain.

"Ada dua orang yang bertugas khusus untuk pembersihan", jelas jubir Bandara Frankfurt, Sandy Chen.

Larry Hansen menyarankan para korban kutu busuk untuk menyerahkan koper dan tas bawaan mereka kepda petugas. "Nanti akan dibersihkan dengan suhu panas atau insektisida."

Sehari kemudian bisa diambil kembali atau dikirim langsung ke rumah. 

 

Penulis: Sonja Jordans

Sumber: DW

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

8 Model Samsung Galaxy Belum Bisa Cicipi Android Oreo, Ini Daftar Lengkapnya

Posted: 28 Jul 2018 08:00 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Samsung dilaporkan kembali menunda pembaruan untuk sejumlah model smartphone besutannya. Penundaan ini berlaku untuk sejumlah model yang tergolong sebagai perangkat kelas menengah.

Informasi ini diketahui pertama kali diungkap oleh Sam Mobile. Dikutip dari GSM Arena, Minggu (29/7/2018), ada delapan model smartphone yang mengalami penundaan, mencakup seri Galaxy A, Galaxy J, dan Galaxy C.

Adapun delapan model tersebut adalah Galaxy A9 Pro, Galaxy C7 Pro, Galaxy C9 Pro, Galaxy J7 2017, Galaxy J7 Neo, Galaxy On5 (2016), Galaxy On7 (2016), serta Galaxy On7 2018. Laporan menyebut seluruh model itu baru akan mendapat pembaruan pada Desember 2018.

Ini bukan pertama kali Samsung dilaporkan menunda pembaruan Android Oreo untuk sejumlah perangkatnya. Sebelumnya, sejumlah model Galaxy J generasi terbaru termasuk Galaxy A8 juga mengalami penundaan.

Secara umum, Android Oreo memang menjadi momok untuk sejumlah perangkat Galaxy milik Samsung. Prediksi menyebut karena ada pembaruan ini mengakibatkan bug, sehingga perusahaan membutuhkan waktu lebih lama untuk merilisnya.

Salah satu kasus terjadi saat pembaruan Android Oreo ke Galaxy S8 dan S8 Plus awal tahun ini. Sepekan setelah dilepas ke pengguna, sejumlah perangkat tiba-tiba mengalami masalah reboot mendadak.

Samsung sendiri mengaku sudah uji coba sebelum menggulirkan pembaruan. Namun, masalah ini tidak pernah muncul saat pengujian versi beta.

"Menyusul sejumlah kasus perangkat Galaxy S8 dan S8 Plus yang reboot tiba-tiba dengan Android 8.0 Oreo, kami menghentikan sementara peluncuran pembaruannya," tutur Samsung. Akan tetapi, kini pembaruan sudah kembali digulirkan.

Daftar Smartphone Samsung Galaxy J yang Bakal Cicipi Android Oreo

Samsung Galaxy J6 (sumber: istimewa)

Di sisi lain, Samsung ternyata sudah meloloskan 11 tipe Galaxy J untuk mendapatkan sertifikasi dari Wi-Fi Alliance.

Dikutip dari Phone Arena, Minggu (22/7/2018), seluruh perangkat yang didaftarkan itu sudah menjalankan Android Oreo 8.0 atau 8.1.

Sekadar diketahui, sertifkasi dari Wi-Fi Alliance biasanya merupakan tahap terakhir sebelum perusahaan siap merilis pembaruan software.

Karenanya, ada kemungkinan pembaruan ini baru meluncur setidaknya bulan depan.

Untuk mengetahui informasi lengkap seri Samsung Galaxy J yang lolos sertifikasi dan menjalankan Android Oreo, kamu dapat melihatnya di bawah ini.

1. Galaxy J3 (2017) : SM-J330FN

2. Galaxy J3 (2017) : SM-J330F, SM-J330F/DS

3. Galaxy J3 Pro : SM-J330G/DS, SM-J330G

4. Galaxy J7 Neo : SM-J701MT/SS, SM J701M/DS, SM-J701MT, dan SM-J701M

 

Samsung Mulai Gulirkan Android Oreo untuk Galaxy A8

Samsung Galaxy A8 Plus (Liputan6.com/ Agustin Setyo Wardani)

Sebelumnya, Samsung juga sudah meluncurkan pembaruan Android Oreo untuk Galaxy A8 dan Galaxy A8 Plus. 

Berdasarkan laporan Sam Mobile, pembaruan Android Oreo untuk Galaxy A8 dan Galaxy A8 Plus baru dirilis untuk beberapa wilayah saja.

Dikutip dari Phone Arena, Kamis (12/7/2018), pembaruan ini baru meluncur bagi pengguna di Rusia, Uzbekistan, Kazakhstan, dan Ukraina.

Bersamaan dengan pembaruan ini, Samsung juga menghadirkan dukungan VoLTE untuk kedua slotSIM. Selain itu, patch keamanan Juli 2018 telah disertakan dalam pembaruan ini.

Sayangnya, dukungan untuk Dolby Atmos tidak disebutkan dalam deskripsi pembaruan.

Sejumlah analis memperkirakan hal ini dilakukan sebab fitur Dolby Atmos di Galaxy A8 dan Galaxy A8 Plus hanya dapat digunakan saat terhubung dengan perangkat audio lain, baik kabel maupun nirkabel.

(Dam/Ysl)

Saksikan Video Pilihan Berikut Ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Tidak ada komentar: