Kamis, 19 Juli 2018

Liputan6 : RSS2 Feed

Liputan6 : RSS2 Feed


Top 3: Gagal Keren karena Status Bahasa Inggris yang Bikin Ngakak

Posted: 19 Jul 2018 11:00 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Bagi sebagian besar orang, menggunakan status bahasa Inggris mungkin akan membuat kita dipandang lebih berkelas dan keren.

Sayangnya, pandangan itu tak selalu dianggap demikian kalau kita kurang menguasai kosakata dan tata bahasa Inggris dengan baik. Alih-alih dianggap keren, kamu malah jadi bahan tertawaan warganet di jejaring sosial

Seperti sejumlah orang ini yang dengan percaya diri mengunggah status bahasa Inggris supaya dibilang keren. Kata-kata yang dituliskan orang-orang ini justru bikin kita gagal paham dan geleng-geleng kepala banyak orang.

Artikel tentang stastus bahasa Inggris yang bikin ngakak menjadi yang paling terpopuler di kanal Citizen6, Liputan6.com.

Sementara itu, artikel kedua terpopuler yakni tentang keluarga asal Malaysia yang dianggap seperti toko emas berjalan. Disusul artikel ketiga terpopuler tentang 10 makanan yang kerap diklaim dua negara.

Berikut Top 3 Citizen6:

1. Mau Keliatan Keren, Status Bahasa Inggris Malah Bikin Kita Ngakak

status bahasa inggris bikin gagal paham (brilio.net)

Tak jarang kita lihat orang kerap menulis status maupun keterangan pada foto yang mereka unggah dengan menggunakan bahasa inggris di media sosial. Biasanya hal ini dilakukan untuk terlihat lebih keren, apalagi bagi kalangan anak remaja.

Namun tak sedikit dari mereka yang justru membuat pembacanya tertawa. Hal ini lantaran kata-kata bahasa inggris yang ditulis tak sesuai dengan sebagaimana mestinya. Alih-alih jadi keren, status mereka justru kerap menjadi lelucon.

Selengkapnya..

2. Seperti Toko Emas Berjalan, Penampilan Keluarga Ini Jadi Gunjingan

Ibu ini disebut sebagai toko emas berjalan (dream.co.id/Facebook Jumrawati Paradillah)

Mengenakan perhiasan adalah hal yang lumrah. Namun, bagaimana jadinya jika perhiasan tersebut dikenakan dengan sangat berlebihan? Hal ini tentu bisa menarik perhatian dan mengundang tindak kejahatan.

Wanita bernama Jumrawati Paradillah ini mengunggah momen ketika dirinya menghadiri sebuah pesta pernikahan saudaranya. Yang membuatnya menjadi sorotan ialah perhiasan yang dia kenakan terbilang sangat banyak.

Selengkapnya..

3. Diklaim 2 Negara, 10 Makanan Ini Kerap Timbulkan Perdebatan

Kimchi (iStockPhoto)

Agar rasa makanan semakin enak dibuatlah cita rasa dengan berbagai racikan bumbu dan olahan. Setelah terasa enak, dibuatlah resep masakan enak secara turun-temurun. Hingga kemudian diwariskan dari generasi hingga generasi dan tersebar luas ke banyak wilayah.

Untuk beberapa rumpun negara yang saling berdekatan, kadangkala ada suatu kesamaan makanan. Hal ini kerap kali mengakibatkan pertikaian dan perdebatan di antara kedua negara. Klaim menjadi negara asal pembuat makanan pasti menjadi sengketa. 

Selengkapnya..

Saksikan Video Pilihan di Bawah ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Jadwal MotoGP 2018, 10 Seri di Paruh Kedua

Posted: 19 Jul 2018 11:00 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - MotoGP Jerman di Sirkuit Sachsenring jadi balapan terakhir paruh pertama musim 2018. Pembalap Repsol Honda, Marc Marquez tampil sebagai juara paruh musim. Kini, para rival Marquez hanya memiliki kesempatan pada 10 seri tersisa untuk memanaskan persaingan.

Sepanjang paruh pertama MotoGP 2018, Marquez memang jadi pembalap dengan performa paling mengesankan. Dari sembilan balapan, The Baby Alien mampu mengoleksi tujuh podium, lima di antaranya berupa kemenangan.

Puncak klasemen MotoGP pun dikuasai pembalap asal Spanyol itu dengan koleksi 165 poin. Menariknya, ia sudah unggul 46 poin atas rival terdekatnya, Valentino Rossi. Meski masih tersisa 10 seri, akan sulit bagi Rossi dan pembalap lain untuk mengejar Marquez.

Terlebih, ada seri di mana Marquez selalu tampil dominan. Hanya balapan MotoGP Thailand yang belum pernah dicicipi Marquez. Maklum, ini adalah tahun perdana di mana Thailand menggelar seri MotoGP.

Jadwal Paruh Kedua

5 Agustus 2018: MotoGP Republik Ceko

12 Agustus 2018: MotoGP Austria

26 Agustus 2018: MotoGP Inggris

9 September 2018: MotoGP San Marino

23 September 2018: MotoGP Aragon

7 Oktober 2018: MotoGP Thailand

21 Oktober 2018: MotoGP Jepang

28 Oktober 2018: MotoGP Australia

4 November 2018: MotoGP Malaysia

18 November 2018: MotoGP Valencia

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Melewatkan Makan Malam Bantu Pembakaran Lemak

Posted: 19 Jul 2018 11:00 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Selama ini ahli diet mengatakan untuk menurunkan berat badan, diet yang Anda lakukan tidaklah boleh melewatkan waktu makan. Yang perlu dilakukan adalah berusaha mengatur porsi makan.

Namun, studi baru menemukan, sesekali melewatkan makan malam bisa berefek positif untuk usaha penurunan berat badan. 

Studi tersebut menyimpulkan, mereka yang makan di siang hari dan puasa di malam hari mengalami proses pembakaran lemak yang lebih tinggi, melansir WebMD, Jumat (20/7/2018). Namun, meski pola diet ini membakar lebih banyak lemak di malam hari, tampaknya tidak meningkatkan pembakaran lemak secara keseluruhan. Itu karena, saat ini masih belum jelas bagaimana jadwal makan ini bisa memengaruhi penurunan berat badan secara umum.

"Pada titik ini, kami tidak yakin apakah pembakaran lemak total meningkat," kata penulis utama studi, Courtney Peterson, kepada Medical Daily dalam sebuah email baru-baru ini.

"Kita perlu melakukan penelitian yang lebih besar untuk mengetahui secara pasti apakah makan yang dibatasi waktu atau tidak meningkatkan pembakaran lemak."

Meski hasilnya tidak menunjukkan hubungan yang jelas antara puasa malam hari dan penurunan berat badan, mereka tetap penting bagi dunia nutrisi. Misalnya, Peterson mengatakan kepada Medical Daily, dia terkejut saat mengetahui merasa kelaparan, meskipun berpuasa setiap hari selama 18 jam.

"Jadi, kami membatalkan keyakinan bahwa berpuasa untuk jangka waktu yang lebih lama setiap hari (bila jumlah kalori total yang dimakan sama) secara intrinsik membuat seseorang lapar," tulis Peterson.

Adapun efek dari puasa telah dipelajari dan terbukti berhasil dalam model hewan pengerat, penelitian terhadap subjek manusia masih dalam tahap awal. Untuk alasan ini, Peterson menjelaskan bahwa terlalu dini untuk menyimpulkan, pemberian makanan yang dibatasi waktu akan memperbaiki penurunan berat badan pada manusia.

Namun, Peterson menjelaskan, mempraktikkan pola makan ini memang memiliki manfaat yang nyata, seperti mengurangi asupan makanan secara keseluruhan. Dia juga menyarankan, pola makan ini praktiknya dibatasi beberapa kali dalam seminggu saja, tidak setiap hari.

"Cara diet ini bisa digunakan untuk tujuan jangka pendek atau panjang," pungkas Peterson. "Sejauh yang kami tahu, aman untuk orang dewasa (bukan diet ketat). Tapi, ibu hamil dan anak-anak tidak boleh mencobanya."

Penulis: Michelle Tania

 

Saksikan juga video menarik berikut:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Honda Zoomer dan Yamaha Qbix, Skutik Nyentrik yang Menawan

Posted: 19 Jul 2018 11:00 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Yamaha Thailand baru saja memamerkan sebuah skuter unik dengan gaya futuristik bernama Yamaha Qbix. Motor ini dianggap  mampu menyaingi produk pabrikan Jepang lainnya, Honda Zoomer.

Keduanya merupakan skutik yang tampil beda dari motor kebanyakan. Bentuknya kompak dan menarik perhatian. Selain itu, baik Yamaha Qbix maupun Honda Zoomer, sama-sama didaulat sebagai skutik perkotaan modern.

Meski memiliki bahasa desain yang mirip, kapasitas mesin keduanya cukup berbeda. Yamaha Qbix mengusung dapur pacu 1-silinder 125cc berpendingin cairan. Konfigurasi tersebut mampu menghasilkan tenaga sebesar 9,5 Tk dengan torsi mencapai 9,6 Nm.

Sementara itu, Honda Zoomer hadir dengan mesin 1-silinder 108,2cc berpendingin udara layaknya skutik entry-level, Honda Beat series. Meski demikian, jantung pacu bertenaga 8,7 Tk dan torsi 9,3 Nm tersebut juga dibekali sistem ACG starter.

Bisa dibilang, tampilan Yamaha Qbix yang cenderung kotak atau biasa disebut boxy terlihat lebih futuristik ketimbang Honda Zoomer yang terkesan gahar dan tangguh. Selain itu, Yamaha Qbix sudah mengusung LED headlight dan taillight, sedangkan Honda Zoomer masih menggunakan bohlam.

 

Selanjutnya

Baik Honda Zoomer maupun Yamaha Qbix sudah menggunakan instrumen panel digital dan bagasi luas di bawah jok. Uniknya, jok Honda Zoomer tidak dibuka ke depan layaknya skutik pada umumnya, melainkan ke samping.

 

Beda lainnya, Honda Zoomer sudah menggunakan suspensi depan upside-down, sedangkan Yamaha Qbix masih teleskopik. Meski demikian, skutik pabrikan berlogo garpu tala tersebut memiliki power-socket charger yang tidak terdapat pada Honda Zoomer.

Sayangnya, kedua motor unik tersebut tidak atau masih belum dipasarkan di Indonesia. Mengenai harga, Yamah Qbix dibanderol mulai THB53.500 atau Rp23,5 jutaan hingga THB59.900, Rp26,3 jutaan. Sedangkan Honda Zoomer dijual di Filipina seharga PHP93.900 yang setara dengan Rp25,3 jutaan.

Sumber : Otosia.com

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

BI Tahan Suku Bunga, Rupiah Melemah hingga Level 14.545 per Dolar AS

Posted: 19 Jul 2018 11:00 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Nilai tukar rupiah terhadap dolar Amerika Serikat (AS) bergerak melemah pada perdagangan Jumat ini. Pelemahan rupiah hingga tembus level 14.500 per dolar AS.

Mengutip Bloomberg, Jumat (20/7/2018), rupiah dibuka di angka 14.477 per dolar AS, melemah jika dibandingkan dengan penutupan perdagangan sebelumnya yang ada di angka 14.4432 per dolar AS. Tak lama kemudian, rupiah terus melemah hingga menyentuh level 14.545 per dolar AS.

Sejak pagi hingga siang hari ini, rupiah bergerak di kisaran 14.474 per dolar AS hingga 14.545 per dolar AS. Jika dihitung dari awal tahun, rupiah melemah 6,54 persen.

Sedangkan berdasarkan Kurs Referensi Jakarta Interbank Spot Dollar AS, rupiah dipatok di angka 14.520 per dolar AS. Patokan pada hari ini melemah jika dibandingkan dengan patokan sehari sebelumnya yang ada di angka 14.418 per dolar AS.

Analis senior CSA Research Institute Reza Priyambada mengatakan, pergerakan rupiah masih melemah seiring imbas kenaikan dolar AS yang masih merespons pidato Gubernur Bank Sentral AS (The Federal Reserve) Jerome Powell akan optimismenya terhadap pertumbuhan ekonomi AS yang stabil.

"Meskipun di sisi lain Powell tidak menyampaikan secara detil kebijakan moneter The Fed ke depannya," ujar dia dikutip dari Antara.

Dari dalam negeri, ditahannya level suku bunga Bank Indonesia di level 5,25 persen tidak banyak membantu rupiah untuk bergerak menguat.

 

Pengaruh Suku Bunga BI

Petugas menunjukkan uang pecahan dolar Amerika di salah satu gerai penukaran mata uang di Jakarta, Jumat (18/5). Pagi ini, nilai tukar rupiah melemah hingga sempat menyentuh ke Rp 14.130 per dolar Amerika Serikat (AS). (Liputan6.com/Immanuel Antonius)

Sebelumnya, Gubernur Bank Indonesia (BI) Perry Warjiyo menyampaikan hasil Rapat Dewan Gubernur (RDG) 18-19 Juli 2018 yang memutuskan untuk mempertahankan BI 7-Day Reverse Repo Rate di level 5,25 persen.

Rilis Bank Indonesia yang mempertahankan level suku bunganya tidak sepenuhnya direspons positif oleh rupiah meski positif untuk kondisi makro ekonomi di mana pelonggaran makroprudensial dapat meningkatkan intermediasi dan fleksibilitas manajemen likuiditas dan intermediasi perbankan bagi pertumbuhan ekonomi.

"Dengan kondisi dolar AS yang masih bergerak positif maka akan disayangkan pergerakan rupiah yang masih berpeluang melemah. Tetap mencermati dan mewaspadai berbagai sentimen yang dapat membuat rupiah kembali melemah," kata Reza.

Ia memprediksi rupiah akan bergerak di kisaran 14.475 per dolar AS hingga 14.462 per dolar AS.

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Trailer Serial Titans, Robin Benci Batman?

Posted: 19 Jul 2018 11:00 PM PDT

Liputan6.com, Los Angeles - Setelah tampil di beberapa film layar lebar dan serial Gotham, Batman hingga kini masih belum dibuatkan serial khususnya. Namun, Dick Grayson alias Robin yang dikenal sebagai partnernya, bakal menjadi tokoh utama di serial terbaru bertajuk Titans.

Titans diadaptasi dari komik Teen Titans yang terbit pada era 1960-an dan dibuat menjadi serial animasi populer pada era 2000-an. Tentunya rujukan mengenai Batman ada di salah satu atau beberapa bagian ceritanya.

Begitu juga dengan serial Titans. Melihat trailer perdana yang dirilis oleh Berlanti Productions, DC Entertainment, dan Warner Bros. Television, terdapat satu kalimat dari Robin yang menyebutkan nama Batman.

Uniknya dalam trailer Titans ini, nama Batman disebut oleh Robin dengan kalimat yang seperti mengandung makna kebencian. Ketika para penjahat yang diserang Robin menanyakan di mana Batman, partner sang manusia kelelawar itu pun menjawab, "Pers**an Batman."

Menghormati Batman

Karakter di serial Titans. (Berlanti Productions/DC Entertainment/Warner Bros. Television)

Dialog tersebut sempat membuat beberapa penggemar terkejut. Pasalnya mereka selama ini mengetahui bahwa Robin adalah sosok karakter yang sangat menghormati Batman.

Bahkan, dalam trailer tersebut Robin tampak membunuh para penjahat yang melawannya. Alhasil, beberapa penggemar menganggap Robin versi Titans ini merupakan perpaduan Nightwing (Dick Grayson setelah meninggalkan jubah Robin) dan Jason Todd (mantan Robin kedua yang kemudian menjadi Red Hood).

Tim Pahlawan Super

Karakter di serial Titans. (Berlanti Productions/DC Entertainment/Warner Bros. Television)

Seperti Teen Titans, serial Titans juga menyorot Robin dan beberapa manusia super yang membentuk sebuah tim pahlawan super. Karakter komik seperti Starfire, Raven, Beast Boy, Hawk and Dove, hingga Robotman, Wonder Girl, sampai Jason Todd akan meramaikan serial ini.

Dijadwalkan, Titans bakal mengudara tahun ini namun belum jelas kapan tepatnya.

Karakter di serial Titans. (Berlanti Productions/DC Entertainment/Warner Bros. Television)

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

VIDEO: Antre WC dan ATM? Begini Caranya!

Posted: 19 Jul 2018 11:00 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Ngantre di WC atau ATM pasti pernah kita lakukan. Tapi tahu gak sih, ternyata ada loh cara benar ngantre di dua tempat tadi. Enggak tahu? Tenang, cek video ini. Kita kasih tahu caranya!

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Microsoft Tawarkan Rp 1 Miliar untuk Hacker yang Bisa Bobol Sistemnya

Posted: 19 Jul 2018 11:00 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Microsoft menggelar sebuah progam bug bounty yang menawarkan hadiah senilai USD 100.000 atau setara Rp 1 miliar untuk hacker yang berhasil menemukan celah keamanan di sistemnya.

Hacker yang dimaksud tentunya adalah hacker baik yang tidak akan menggunakan temuannya untuk sesuatu yang bersifat buruk atau mengarah ke tindak kriminal.

Program bug bounty Microsoft mengharuskan para peneliti keamanan untuk membagikan detail kerentanan-kerentanan yang ditemukannya kepada perusahaan.

Mengutip laman Softpedia, Jumat (19/7/2018), temuan celah keamanan pun dihargai masing-masing antara US$ 500 hingga US$ 100.000. Semuanya tergantung berdasarkan kualitas dan tipe celah yang ditemukan.

Dalam keterangannya, Microsoft menyebut, laporan berkualitas tinggi adalah laporan yang menyediakan berbagai informasi penting engineer untuk mereproduksi, memahami, dan memperbaiki masalah.

Biasanya dalam laporan berisi informasi latar belakang, deskripsi bug dan bukti konsep.

Microsoft menawarkan hadiah tertinggi bagi peneliti keamanan yang berhasil mem-bypass autentikasi multifaktor.

Sementara, hadiah terendah ditawarkan untuk pemalsuan permintaan lintas situs, cacat otorisasi, dan paparan data sensitif. Peretas bisa mendapatkan masing-masing US$ 500 jika menemukan celah semacam ini.

Program ini juga berlaku untuk aplikasi Microsoft Authenticator pada Android dan iOS.

Sekadar diketahui, Authenticator merupakan sebuah aplikasi yang memungkinkan pengguna smartphone untuk login dengan mudah ke akun mereka tanpa password. Semuanya bisa dilakukan dengan mengautorisasi proses pada smartphone.

Aplikasi ini akan menampilkan notifikasi kapanpun ada upaya untuk masuk akun si pengguna.

Manfaatkan Teknologi Pengenalan Wajah

Papan Nama Booth Microsoft di Computex 2017. Liputan6.com/Mochamad Wahyu Hidayat

Sebelumnya, perusahaan software Microsoft telah memanfaatkan teknologi pengenalan wajah. Karenanya, perusahaan teknologi yang berbasis di Redmond, Amerika Serikat itu mengusulkan agar ada aturan soal teknologi ini.

Melalui laman blog perusahaan, President Microsoft Brad Smith menyerukan agar pemerintah Amerika Serikat (AS) membuat peraturan termasuk menyiapkan norma sebagai acuan dalam pemanfaatan teknologi pengenalan wajah ini.

"Tanpa pendekatan yang bijaksana, otoritas publik akan melakukan pendekatan bias untuk memutuskan siapa yang melacak, menyelidiki, termasuk menangkap kriminal saat ada penyalahgunaan teknologi ini," tulisnya seperti dikutip dari Fox News, Kamis (19/7/2018).

Karena itu, Microsoft yang juga menyediakan teknologi pengenalan wajah, menolak permintaan pelanggan yang dianggap dapat melanggar hak-hak masyarakat.

Alasannya, teknologi ini sebenarnya memiliki penerapan positif, tapi dapat berpotensi melanggar hak seseorang. 

"Bayangkan sebuah toko di mal menggunakan pengenalan wajah untuk berbagi informasi seputar barang yang dibeli dan dilihat, tanpa meminta izin terlebih dulu," tulisnya.

Pernyataan Smith ini sejalan dengan sejumlah advokat dan kelompok sipil di Amerika Serikat yang meminta pemerintah AS mulai melakukan pengawasan pada teknologi pengenalan wajah. Mereka beralasan teknologi ini dapat disalahgunakan oleh sejumlah pihak.

"Bayangkan ada pusat data dari semua orang yang menghadiri acara berbau politik, padahal kehadiran di tempat seperti itu merupakan esensi dari kebebasan berbicara," ucapnya.

(Tin/)

Saksikan Video Pilihan Berikut Ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Kirab Obor Asian Games 2018 di Banyuwangi Akan Melewati Kawah Ijen

Posted: 19 Jul 2018 10:57 PM PDT

Liputan6.com, Banyuwangi Torch relay atau Kirab Obor Api Asian Games 2018 terus berlanjut. Pada 21-22 Juli, api obor dijadwalkan tiba di Banyuwangi. Api biru dari Kawah Ijen dan kekayaan budaya Banyuwangi sudah siap menyambutnya.

Menurut Bupati Banyuwangi, Abdullah Azwar Anas, kehadiran api obor tersebut dapat menjadi momentum tepat untuk mempromosikan pariwisata.

"Torch relay memiliki fungsi strategis. Agenda ini merupakan momen terbaik untuk mempromosikan potensi Banyuwangi, terutama pariwisata. Kami sudah siapkan penyambutan yang meriah," ujarnya, Rabu (18/7/2018).

The Sunrise of Java menjadi destinasi terakhir yang dikunjungi di Jawa Timur, setelah Blitar, Malang, Bromo, Probolinggo, Situbondo, dan Bondowoso. Setelah itu, api obor Asian Games 2018 akan menyeberang ke Bali.

Anas mengatakan, Banyuwangi turut bangga dengan status Indonesia sebagai tuan rumah Asian Games 2018.

"Banyuwangi sangat bangga dengan status Indonesia sebagai tuan rumah Asian Games. Ini menegaskan posisi Indonesia sebagai negara yang besar. Banyuwangi juga bangga karena masuk dalam rangkaian torch relay ini," ucapnya.

Selama di Banyuwangi, kirab obor akan melintasi puncak Gunung Ijen, Banyuwangi. Gunung ini terkenal dengan api birunya yang hanya ada dua di dunia. 

"Api biru Gunung Ijen adalah destinasi dan fenomena terbaik di dunia. Spotnya sangat indah. Karena langka, maka kami pilih sebagai salah satu perlintasan torch relay ini," kata Anas.

Dari puncak Gunung Ijen, api obor Asian Games 2018 akan diarak menuju Pendopo Kabupaten Banyuwangi melewati jalan utama kota. Api obor akan dibawa oleh atlet dan warga berprestasi Banyuwangi.

Selain itu, imbuh Anas, ada beragam kesenian Banyuwangi yang akan ditampilkan di sepanjang jalan Kirab Obor. Kesenian yang akan disajikan antara lain Tari Gandrung, Banyuwangi Ethno Carnival, dan Kesenian Barong. Suasana pun dijamin semakin meriah dengan penyelenggaraan Festival Komoditas Agrobisnis dan pentas musik Lalare Orchestra.

"Kami akan tunjukan kepada Asia dan dunia betapa kayanya Banyuwangi. Banyuwangi ini memiliki beragam seni budaya yang bagus. Selain itu, masyarakat di sini juga berkomitmen mendukung Asian Games ini. Apalagi, tidak mudah untuk mejadi tuan rumah Asian Games," ujarnya.

Kirab Obor Asian Games 2018 akan berlangsung hingga 18 Agustus 2018 dengan finish di Stadion Utama Gelora Bung Karno. Total jarak yang ditempuk sekitar 18 ribu kilometer dengan melewati 64 kota dari 18 provinsi.

Menteri Pariwisata (Menpar), Arief Yahya, menjelaskan pawai obor Asian Games dapat menjadi promosi terbaik daerah untuk mengenalkan pariwisata dan potensi lainnya.

"Kota/kabupaten yang dilalui torch relay ini sangat beruntung. Sebab, banyak aspek yang ada di daerah itu akan ikut terangkat. Sebab, pergerakan obor Asian Games ini selalu diikuti oleh media. Jadi, momen ini harus dioptimalkan dengan baik," ucapnya.

 

 

(*)

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Jokowi dan PDIP Tunggu Putusan MK soal Gugatan Masa Jabatan Jusuf Kalla

Posted: 19 Jul 2018 10:55 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Belum ada kepastian tentang nama yang dipilih Joko Widodo atau Jokowi untuk mendampingnya dalam Pilpres 2019. Ketua DPP PDIP Hendrawan Supratikno menuturkan, Jokowi dan PDIP masih menunggu keputusan Mahkamah Konstitusi terkait masa jabatan wakil presiden yang digugat.

"Posisi Pak Jokowi, PDIP pasti sifatnya pasif menunggu hasil Mahkamah Konstitusi," kata Hendrawan saat dihubungi Merdeka.com, Jakarta, Jumat (20/7/2018).

Sebelumnya, Partai Perindo mengajukan gugatan terhadap masa jabatan Presiden dan Wakil Presiden dalam Pasal 169 huruf n UU Nomor 7 Tahun 2017 tentang Pemilu ke Mahkamah Konstitusi. Hal itu guna mengupayakan Jusuf Kalla maju lagi menjadi wakil presiden. Terlebih, tim ahli Wakil Presiden Sofjan Wanandi mengatakan, JK bersedia kembali maju sebagai pendamping Jokowi.

Hendrawan menambahkan, kalau hakim Konstitusi menolak mengabulkan permohonan itu, maka pihaknya bakal mencari sosok yang bisa menggantikan Jusuf Kalla sebagai pendamping Jokowi.

"Kalau hasilnya tetap ya sudah. Cari calon yang setara JK," ujar Hendrawan.

Selama ini, koalisi pendukung Jokowi belum memutuskan lantaran belum dilakukannya pertemuan antara pimpinan partai. Hendrawan menuturkan, pertemuan itu bukan berarti akan dilakukan setelah putusan Mahkamah Konstitusi keluar.

"Ya pasif menunggu, tapi tidak termangu," ucap dia.

Saksikan video pilihan di bawah ini:

Sibuk Pileg

Hendrawan mengatakan, partai-partai masih sibuk mengurus pendaftaran calon legislatif. Urusan tersebut, masih banyak menyita waktu partai sampai seminggu ke depan karena masih banyak masalah berkas pendaftaran.

Oleh karena itu, dia mengatakan, pertemuan pimpinan partai tidak dilaksanakan dalam waktu dekat.

"KPU bilang masih banyak kekurangan kalau bisa minggu ini lah sampai tanggal empat," kata Hendrawan.

Reporter: Ahda Bayhaqi

Sumber: Merdeka.com

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Gempa Malang Tidak Berpotensi Tsunami

Posted: 19 Jul 2018 10:51 PM PDT

Liputan6.com, Malang - Meski getarannya cukup keras, gempa berkekuatan 5,5 Skala Richter (SR) yang menggoyang Kabupaten Malang dan sekitarnya tidak berpotensi tsunami.

Kepala Badan Mitigasi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Karangkates Malang, mengimbau masyarakat tetap tenang dan tidak terpengaruh oleh isu yang tidak dapat dipertanggungjawabkan kebenarannya.

"Hasil analisis BMKG menunjukkan informasi, awal gempa berkekuatan 5,8 SR yang selanjutnya dilakukan pemutakhiran menjadi 5,5 SR," kata Musripan.

Episenter atau titik gempa di Malang terletak pada koordinat 09,8 Lintang Selatan (LS) dan 112,72 Bujur Timur. Atau tepatnya berlokasi di tengah laut, pada jarak 184 Km arah selatan Kota Kepanjen, Kabupaten Malang, pada kedalaman 46 Km.

Melihat lokasi episenter dan kedalaman hiposenter, tampak bahwa gempa bumi berkedalaman dangkal ini diakibatkan oleh aktivitas subduksi lempeng Indo-Australia yang menyusup ke bawah Lempang Eurasia.

Guncangan Gempa Dirasakan Sampai Denpasar

Ilustrasi Gempa Bumi (Liputan6.com/Sangaji)

Hasil analisis mekanisme sumber menunjukkan, bahwa gempa ini dibangkitkan dengan mekanisme pergerakan sumber jenis sesar naik (thrust fault).

Guncangan gempa dilaporkan dirasakan di daerah Blitar, Malang, Sawahan, Kediri, Pandaan, Denpasar.

"Hingga saat ini belum ada laporan dampak kerusakan yang ditimbulkan akibat gempa bumi tersebut," tegasnya.

 

Repoter: Darmadi Sasongko

Sumber: Merdeka.com

 

Saksikan video pilihan di bawah ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Polri Godok Mekanisme Pelibatan Perwira TNI di Densus 88 Antiteror

Posted: 19 Jul 2018 10:49 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Polri saat ini tengah menggodok mekanisme pelibatan TNI di dalam Densus 88 Antiteror.

"Mekanismenya sedang digodok, tapi yang pasti kami dengan TNI tetap berbagi tugas. Kami libatkan teman-teman TNI, kami nggak ada masalah," ujar Kepala Divisi Humas Polri Irjen Setyo Wasisto, Jakarta, Jumat (20/7/2018).

Menurut Setyo, pelibatan tersebut akan disesuaikan dengan Undang-Undang Nomor 5 Tahun 2018 tentang Pemberantasan Terorisme yang baru disahkan DPR.

Setyo menampik, pelibatan TNI di Densus 88 Antiteror terkait dengan adanya sejumlah event besar di Indonesia. Menurut dia, TNI sudah sering dilibatkan dalam operasi yang dilakukan Polri. Salah satunya Operasi Tinombala di Poso, Sulawesi Tengah.

"Sebelum ada UU (anti-terorisme yang baru) pun Operasi Tinombala sudah melibatkan TNI dengan kemampuan TNI yang ada di gunung, lembah, yang memang Polri tidak menjangkau ke sana," ucapnya.

 

Pilih Perwira Menengah

Sebelumnya, Panglima TNI Marsekal Hadi Tjahjanto menyebut, pihaknya akan mengirim perwira menengah berpangkat kolonel sebagai petugas penghubung di Densus 88 Antiteror Polri.

Bukan hanya itu, TNI juga akan meminta Polri mengirimkan perwiranya sebagai LO yang duduk di Komando Pasukan Khusus (Koopsus) TNI. Hal ini dilakukan demi keseimbangan tugas memberantas terorisme.

Koopsus TNI merupakan nama baru dari Komando Operasi Khusus Gabungan (Koopsusgab). Nama tersebut resmi berubah setelah Revisi Undang-Undang Anti-Terorisme disahkan pada Mei 2018 lalu.

Saksikan video pilihan di bawah ini:

 

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

VIDEO: Pegang Pantat Pelayan, Lelaki Ini Kena Batunya

Posted: 19 Jul 2018 10:45 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Seorang pelayan, perempuan berusia 21 tahun di Georgia, Amerika Serikat, bernama Emilia Holden, mendapat banyak pujian. Ia membanting seorang lelakai tambun, yang memegang pantatnya di restoran. Pelaku bernama Ryan Cherwinski kemudian ditangkap polisi.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Tarif Tol Semarang-Bawen Disesuaikan Mulai 24 Juli, Golongan I Naik

Posted: 19 Jul 2018 10:45 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Berdasarkan Keputusan Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Nomor 429/KPTS/M/2018 tanggal 10 Juli 2018 tentang Penyesuaian Tarif Tol pada Jalan Tol Semarang–Solo Seksi I dan Seksi II (Semarang–Bawen), PT Trans Marga Jateng akan melakukan penyesuaian tarif tol mulai hari Selasa tanggal 24 Juli 2018 pada pukul 00.00 WIB.

Manajer Operasi TMJ Fauzi Abdul Rahman menjelaskan, penyesuaian dan evaluasi tarif tol setiap dua tahun ini dilakukan berdasarkan tarif lama yang disesuaikan dengan laju inflasi.

Berdasarkan Peraturan Pemerintah Nomor 15 Tahun 2005 Pasal 68 tentang sebagaimana telah diubah dengan Peraturan Pemerintah Nomor 43 Tahun 2013, yang menyebutkan bahwa evaluasi dan penyesuaian tarif tol dilakukan setiap dua tahun oleh Badan Pengatur Jalan Tol (BPJT), berdasarkan tarif lama yang disesuaikan dengan laju inflasi di wilayah tertentu.

"Tarif tol awal dihitung berdasarkan kemampuan bayar pengguna jalan tol, besar keuntungan biaya operasi kendaraan, dan kelayakan investasi," katanya, Jumat (20/7/2018).

Sedangkan perhitungan usulan tarif tol dilakukan oleh Badan Usaha Jalan Tol (BUJT) yang kemudian dievaluasi oleh BPJT berdasarkan data inflasi dari Badan Pusat Statistik (BPS) selama dua tahun terakhir.

Ditambahkan Fauzi, dalam menyesuaikan tarif tol di ruas jalan tol dimaksud, PT Trans Marga Jateng senantiasa meningkatkan pemenuhan indikator Standar Pelayanan Minimal (SPM) yang meliputi: kondisi jalan tol, kecepatan tempuh rata-rata, aksesibilitas, mobilitas keselamatan, unit pertolongan atau penyelamatan dan bantuan pelayanan, serta kebersihan lingkungan maupun kelaikan tempat istirahat (TI).

Dalam penyesuaian ini, tarif tol rata-rata naik Rp 500 sampai Rp 1.000 untuk kendaraan golongan I dan II, dan turun antara Rp 3.000 hingga Rp 12.500 untuk kendaraan golongan III, IV dan V.

PT Trans Marga Jateng, kelompok usaha PT Jasa Marga (Persero) Tbk, selaku pengelola Jalan Tol Semarang-Solo juga selalu berupaya melakukan perbaikan dan peningkatan berkelanjutan dalam rangka meningkatkan pelayanan bagi pengguna jalan.

"Diantaranya adalah peningkatan kapasitas dan layanan transaksi, peningkatan dan atau penanganan kondisi sarana penunjang jalan tol, peningkatan layanan dan sarana prasarana lalu lintas, memberikan pelayanan informasi yang bersifat real time seperti Close Circuit Television (CCTV) dan Variable Message Sign (VMS). 

Rincian Tarif

Penyesuaian tarif Tol pada Jalan Tol Semarang-Solo Seksi I dan Seksi II (Semarang-Bawen). (Dok Jasa Marga)

Berikut ini rincian tarif seusai penyesuaian:

 

Semarang-Solo Seksi I (Semarang-Ungaran)

Golongan I Rp 7.500

Golongan II Rp 11.000

Golongan III Rp 11.000

Golongan IV Rp 15.000

Golongan V Rp 15.000

 

Semarang Solo Seksi II (Ungaran-Bawen)

Golongan I Rp 8.000

Golongan II Rp 12.000

Golongan III Rp 12.000

Golongan IV Rp 16.000

Golongan V Rp 16.000.

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Alisson Pulang Liburan Lebih Cepat Demi Berkostum Liverpool

Posted: 19 Jul 2018 10:45 PM PDT

Liputan6.com, Liverpool - Penjaga gawang anyar Liverpool, Alisson Becker, mengaku dirinya sampai rela memotong masa liburan demi merampungkan transfernya dari AS Roma menuju The Reds.

Di Liverpool, kiper internasional Brasil itu sepakat menandatangani kontrak jangka panjang setelah menjalani tes medis dan tahap-tahap lain untuk menyelesaikan proses kepindahan ini.

Meski tak disebutkan secara rinci, tapi media- media menyebut Liverpool diklaim harus membayar senilai 70 juta euro plus 5 juta euro dalam bentuk bonus untuk memboyong Alisson ke Anfield.

Itu menjadikan Alisson sebagai kiper termahal di dunia saat ini. Sebelumnya, rekor transfer termahal penjaga gawang dipegang Ederson kala dibeli Manchester City 40 seharga juta euro.

Kesampingkan Keluarga

Alisson Becker resmi menjadi kiper Liverpool. (Twitter/Liverpool)

Alisson sejatinya masih menjalani masa liburan usai memperkuat Brasil di pentas Piala Dunia 2018. Namun kemudian datang tawaran dari Liverpool dan ia tak bisa menolaknya.

"Ya, saya sedikit memotong masa liburan tapi saya sangat-sangat puas melakukannya, untuk membuat impian ini menjadi nyata dan mengambil langkah selanjutnya dalam karier saya," ujar Alisson di laman resmi klub.

"Ini adalah langkah maju dan ketika Anda senang dengan apa yang Anda lakukan, tak ada yang namanya pengorbanan, jadi saya mengesampingkan keluarga saya untuk menyelesaikan masalah ini," lanjutnya.

Rumah Baru

Liverpool tak akan menjadi kota asing bagi Alisson karena sebelumnya sudah ada pemain Brasil lainnya, Roberto Firmino serta pemain yang baru bergabung musim panas ini, Fabinho.

Karena itu, Alisson mengaku sudah tak sabar ingin segera memboyong keluarganya untuk tinggal di kota Merseyside tersebut.

"Saya juga mewakili mereka di sini, mereka di sini bersama saya di hati saya. Saya sangat senang dengan apa yang saya lihat di sini, sungguh teratur. Kota ini akan menjadi rumah baru kami," tuturnya.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Semarak Musim Panas dengan Riasan Bernuansa Sunset

Posted: 19 Jul 2018 10:45 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Musim panas tak selalu terpaku pada gaya makeup lembut dan natural. Tapi, Anda juga bisa mengaplikasikan makeup bergaya ceria dengan permainan kombinasi warna seru yang mencuri perhatian. Kali ini, Anda bisa mengadopsi nuansa sunset yang hangat sebagai warna pada makeup mata Anda. Penasaran bagaimana caranya? Simak video makeup tutorial berikut ini. 

Semarak Musim Panas dengan Riasan Bernuansa Sunset

Riasan ini fokus pada permainan warna pada area mata yang terinspirasi dari nuansa warna matahari terbenam yang memancarkan dimensi warna cantik sekaligus romantis. 

Untuk menciptakan look ini, Anda membutuhkan kombinasi dua warna eyeshadow bernuansa cokelat bata dan kuning. Aplikasikan bagian kelopak mata dengan warna kuning, lalu baurkan dengan rona merah bata pada area luar hingga dalam mata. Jika sudah terbaur sempurna, jangan lupa untuk membingkai mata dengan eyeliner pada bagian atas mata.

Semarak Musim Panas dengan Riasan Bernuansa Sunset

Untuk kompleksi, cukup ratakan warna kulit dengan penggunaan foundation yang diiringi dengan bedak tabur serta highlighter untuk memberikan dimensi pada wajah. Lalu agar terkesan tak berlebih, rona nude pada bibir bisa dijadikan opsi penyempurna tampilan yang tepat.

Get The Look!

1. The Body Shop Eyeshadow Santiago Citrine

2. The Body Shop Eyeshadow Kaku Jesper

3. The Body Shop Mascara

 

 

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Kejati DKI Jakarta Akan Siapkan Tim Khusus untuk Kasus Sohibul Iman

Posted: 19 Jul 2018 10:44 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Kejaksaan Tinggi DKI Jakarta mengaku sudah menerima Surat Pemberitahuan Dimulainya Penyidikan (SPDP) terkait kasus dugaan pencemaran nama baik dengan terlapor Presiden Partai Keadilan Sejahtera (PKS), Sohibul Iman. Hal itu dibenarkan oleh Kepala Seksi Penerangan Hukum Kejati DKI Jakarta, Nirwan Nawawi.

"Kejati DKI Jakarta telah menerima SPDP atas nama terlapor Muhammad Sohibul Iman. Ini masih terlapor ya, statusnya masih terlapor," ujar Nirwan saat dikonfirmasi wartawan, Jumat (20/7/2018).

Pihaknya telah bersiap menunjuk jaksa peneliti guna memantau perkembangan kasus yang sudah naik ke penyidikan tersebut. Namun, dia belum bisa memperkirakan berapa banyak jaksa peneliti yang akan ditunjuk.

"Kalau itu merupakan kewenangan pimpinan. Kewenangan pimpinan untuk menentukan siapa jaksa peneliti Kejati DKI Jakarta segera menunjuk jaksa peneliti yang akan menangani perkembangan perkara atas nama terlapor Muhammad Sohibul Iman," kata Nirwan.

"Biasanya sih minimal dua. Tapi kita masih melihat ringan beratnya perkara ini, karena jaksa peneliti itu nanti kan disidangkan juga di kejari. Biasanya dua atau tiga," sambung dia.

Untuk itu, pihaknya akan terus menunggu perkembangan penyidikan kasus Sohibul Iman di kepolisian.

"Kita masih menunggu nih, kita melihat perkembangan penyidik. Dalam artian ini kita akan menunggu berkas perkara yang akan dilimpahkan dari pihak penyidik Polda Metro Jaya kepada jaksa peneliti di Kejati DKI. Nah setelah berkas itu sampai akan dilihat ketentuan formalnya, materiil dam formilnya, apakah sudah memenuhi syarat untuk dinaikan ke persidangan atau belum seperti itu," ujar Nirwan.

Saksikan video pilihan di bawah ini:

 

Keyakinan Fahri Hamzah

Wakil Ketua DPR RI Fahri Hamzah mengaku dicecar 16 pertanyaan oleh polisi, terkait laporannya yang menyebut Presiden PKS Sohibul Iman melakukan dugaan pencemaran nama baik. Pemeriksaan berlangsung dari pukul 13.00 hingga 16.00 WIB, Selasa 17 Juli 2018 di Gedung Direktorat Reserse Kriminal Khusus Polda Metro Jaya.

"Datang pemeriksaan untuk BAP karena proses laporan saya sudah memasuki tahap penyidikan dan kami sudah diberikan SPDP, pemberitahuan dimulainya penyidikan. Artinya, penyidik sudah sampai kepada kesimpulan telah ditemukannya dua alat hukti yang mencukupi untuk menentukan bahwa perkara ini naik ke penyidikan dan tentunya ada tersangka," kata Fahri di lokasi, Selasa.

Pada pemeriksaan ini, Fahri Hamzah tak menyebutkan secara tegas kalau Sohibul Iman sudah menjadi tersangka. Sebab, lanjut dia, hal itu menjadi wewenang kepolisian untuk mengungkapkannya.

"Itu kan wilayah penyidik tapi kami yang jelas sudah diberitahu ini sudah naik ke penyidikan, artinya sudah ada dua alat bukti si orang itu sudah melakukan tindak pidana yang disangkakan, siapakah orangnya? Enggak usah terlalu detail lah biar enggak repot," ujar Fahri.

Reporter: Ronald

Sumber: Merdeka.com

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Undian Hadiah Fans Games Dimulai Pekan Ini. Sudah Ikutan?

Posted: 19 Jul 2018 10:42 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Apakah kalian sudah voting di Fans Games Atlet Favorit #PesonaAsianGames2018? Kalau sudah, sekarang saatnya kalian memantau Genpi.co. Sebab, undian dilakukan pada pekan ini.

Rencananya, undian pertama Fans Games akan dilakukan Jumat (20/7/2018). Akan dipilih enam pemenang yang masing-masing mendapatkan Rp 500.000.

"Jadi, dalam Fans Games para netizen bisa memilih atau vote atlet Asian Games favorit mereka, baik pria maupun wanita. Caranya, dengan klik genpi.co/vote/asiangames. Ada dua periode voting. Periode pertama, ada 100 atlet yang bisa dipilih pada 6-22 Juli, sedangkan periode kedua (dapat) memilih 10 atlet pria favorit dan 10 atlet wanita favorit, yaitu pada 23 Juli - 2 September 2018," ujar Koordinator Fans Games, Alqi Almakiyah.

Menurutnya, selama periode tersebut akan dilakukan undian setiap minggunya. Namun, hanya berlaku bagi para netizen yang sudah memilih.

"Sebanyak 50 orang netizen yang sudah vote, punya kesempatan memenangkan hadiah undian uang tunai sebesar total Rp 25 juta. Atau, sebesar Rp 500 ribu per orang. Jadi, sebanyak 6-7 voter yang menang undian akan memperoleh uang tunai tiap minggunya. Pengumuman dilakukan tiap Jumat di tiap pekan sampai periode voting berakhir," ucap Alqi.

Menteri Pariwisata, Arief Yahya, pun mengajak para netizen untuk voting atlet favorit Asian Games.

"Dan jangan lupa pantau terus IG dan FB-nya. Karena kuis ada mingguan serta hadiah menarik juga. Semuanya total senilai Rp 25 juta. Pemenang (voters) langsung diundi tiap minggunya," kata dia.

Arief melanjutkan, voting atlet dan lomba video tersebut adalah bentuk dukungan untuk para atlet Indonesia yang akan berlaga di Asian Games 2018 sekaligus untuk mempromosikan pariwisata Indonesia.

"Ini adalah cara kami mengajak seluruh masyarakat Indonesia untuk memberikan dukungan kepada atlet kita di Asian Games. Ini juga menjadi apresiasi kita terhadap perjuangan para atlet sekaligus bersama-sama mempromosikan wisata kita," ujarnya.

Arief berharap, cara tersebut mampu meningkatkan gaung Asian Games yang digelar 18 Agustus-2 September 2018.

"Kita tidak ingin saat pertandingan nanti kurang diminati karena atletnya kurang dikenal. Dengan adanya vote atlet ini, diharapkan melahirkan idola-idola baru, sehingga masyarakat mau datang menyaksikan pertandingannya. Karena itu, kita angkat profil atlet Asean Games agar atlet lebih dikenal hingga mendatangkan penonton saat berlaga nanti," ucapnya.

Arief juga meminta pengaruh media sosial untuk Asian Games ditingkatkan dengan menggunakan tagar #PesonaAsianGames2018, #PesonaVideoAG2018, #PesonaIndonesia, #WonderfulIndonesia, dan #Genpi.

"Kami mengajak netizen dan GenPI di 25 provinsi untuk partisipasi di fans games. GenPI ini merupakan endorser community. Mereka yang selama setahun ini selalu membuat trending topic di media sosial, memviralkan destinasi wisata, mempromosikan calendar of events dan kebijakan pariwisata," kata dia.

 

 

(*)

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Agnez Mo Luncurkan Lagu Duet dengan Chris Brown di Indonesia

Posted: 19 Jul 2018 10:40 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Peluncuran lagu duet Agnez Mo dengan Chris Brown berjudul "Overdose" dilakukan serentak di seluruh dunia pertengahan Juli 2018 ini.

Indonesia menjadi negara pertama yang dipilih Agnez Mo untuk memperkenalkan lagu terbarunya dengan salah satu rapper internasional itu.

Proses pelucuran lagu baru Agnez Mo berduet dengan Chris Brown diawali dengan pemutaran preview lagu tersebut di media sosial.

"Sebenarnya tanggal 20 Juli waktu sana (Amerika) ya, dan itu pre sale atau pre save nya di semua digital platform dan lagunya sendiri akan keluar seminggu setelah itu," kata Agnez Mo saat ditemui di acara peluncuran Mobil DFSK SUV Glory 580 di Kota Kasablanka, Jakarta Selatan, Kamis (19/7/2018) malam.

 

 

 

Perdana

Agnez Mo - Chris Brown. (instagram/chrisbrownofficial)

Penyanyi bernama asli Agnes Monica Muljoto ini juga mengatakan lagu "Overdose" bakal resmi diluncurkan perdana di Indonesia.

"Di Indonesia, memang aku minta ke label aku yang ada di sana, maksudnya aku pengin ngeluarin hari pertama di Indonesia dulu. Baru dua hari setelahnya, maksudnya satu setengah hari setelah rilis di Indonesia, baru akan rilis di US," kata Agnez Mo.

 

 

Media Sosial

Agnez Mo dan Chris Brown (Instagram/chrisbrownofficial)

Untuk yang penasaran, Agnez Mo berjanji akan menyampaikan detail informasi terkait peluncuran lagu "Overdose" melalui media sosial miliknya.  

"Iya preview yang 15 detik itu semuanya bakal ada informasinya di my social media," kata Agnez Mo.

Seperti diketahui, Agnez Mo dan Chris Brown sebelumnya pernah menggarap lagu kolaborasi berjudul "On Purpose". (Bintang.com/ Dadan Deva)

 

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

FOTO: Polda Metro Jaya Ungkap Peredaran 2.915 Pil Ekstasi Jaringan Nigeria

Posted: 19 Jul 2018 10:37 PM PDT

Petugas menunjukkan barang bukti pil ekstasi sebelum dimusnahkan di Polda Metro Jaya, Jakarta, Jumat (20/7). Dalam pengungkapan kasus peredaran pil ekstasi itu polisi menangkap dua tersangka, salah satunya masih di bawah umur. (Liputan6.com/Arya Manggala)

Petugas menunjukkan barang bukti pil ekstasi sebelum dimusnahkan di Polda Metro Jaya, Jakarta, Jumat (20/7). Dalam pengungkapan kasus peredaran pil ekstasi itu polisi menangkap dua tersangka, salah satunya masih di bawah umur. (Liputan6.com/Arya Manggala)

Petugas menunjukkan barang bukti pil ekstasi sebelum dimusnahkan di Polda Metro Jaya, Jakarta, Jumat (20/7). Polisi berhasil mengungkap peredaran 2.915 butir pil ekstasi dari jaringan internasional Nigeria-Indonesia. (Liputan6.com/Arya Manggala)

Petugas menunjukkan barang bukti pil ekstasi sebelum dimusnahkan di Polda Metro Jaya, Jakarta, Jumat (20/7). Polisi berhasil mengungkap peredaran 2.915 butir pil ekstasi dari jaringan internasional Nigeria-Indonesia. (Liputan6.com/Arya Manggala)

Salah satu tersangka memusnahkan pil ekstasi menggunakan blender di Polda Metro Jaya, Jakarta, Jumat (20/7). Dalam pengungkapan kasus peredaran pil ekstasi itu polisi menangkap dua tersangka, salah satunya masih di bawah umur. (Liputan6.com/Arya Manggala)

Salah satu tersangka memusnahkan pil ekstasi menggunakan blender di Polda Metro Jaya, Jakarta, Jumat (20/7). Dalam pengungkapan kasus peredaran pil ekstasi itu polisi menangkap dua tersangka, salah satunya masih di bawah umur. (Liputan6.com/Arya Manggala)

Kadiv Humas Polda Metro Jaya Kom bes Pol Argo Yuwono menunjukkan barang bukti kasus peredaran pil ekstasi di Polda Metro Jaya, Jumat (20/7). Modus dalam pengungkapan narkoba jaringan internasional ini adalah pengiriman paket. (Liputan6.com/Arya Manggala)

Kadiv Humas Polda Metro Jaya Kom bes Pol Argo Yuwono menunjukkan barang bukti kasus peredaran pil ekstasi di Polda Metro Jaya, Jumat (20/7). Modus dalam pengungkapan narkoba jaringan internasional ini adalah pengiriman paket. (Liputan6.com/Arya Manggala)

Petugas dan seorang tersangka memusnahkan pil ekstasi menggunakan blender di Polda Metro Jaya, Jakarta, Jumat (20/7). Polisi berhasil mengungkap peredaran 2.915 butir pil ekstasi dari jaringan internasional Nigeria-Indonesia. (Liputan6.com/Arya Manggala)

Petugas dan seorang tersangka memusnahkan pil ekstasi menggunakan blender di Polda Metro Jaya, Jakarta, Jumat (20/7). Polisi berhasil mengungkap peredaran 2.915 butir pil ekstasi dari jaringan internasional Nigeria-Indonesia. (Liputan6.com/Arya Manggala)

Petugas memusnahkan pil ekstasi menggunakan blender di Polda Metro Jaya, Jakarta, Jumat (20/7). Dalam pengungkapan kasus peredaran pil ekstasi itu polisi menangkap dua tersangka, salah satunya masih di bawah umur. (Liputan6.com/Arya Manggala)

Petugas memusnahkan pil ekstasi menggunakan blender di Polda Metro Jaya, Jakarta, Jumat (20/7). Dalam pengungkapan kasus peredaran pil ekstasi itu polisi menangkap dua tersangka, salah satunya masih di bawah umur. (Liputan6.com/Arya Manggala)

Seorang tersangka membuang barang hukti pil ekstasi yang sudah dimusnahkan menggunakan blender di Polda Metro Jaya, Jakarta, Jumat (20/7). Modus dalam pengungkapan narkoba jaringan internasional ini adalah pengiriman paket. (Liputan6.com/Arya Manggala)

Seorang tersangka membuang barang hukti pil ekstasi yang sudah dimusnahkan menggunakan blender di Polda Metro Jaya, Jakarta, Jumat (20/7). Modus dalam pengungkapan narkoba jaringan internasional ini adalah pengiriman paket. (Liputan6.com/Arya Manggala)

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Baterai Motor Listrik UNS-Pertamina Bisa Dipakai Gesits, Asal...

Posted: 19 Jul 2018 10:37 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Baterai motor listrik murah garapan Universitas Sebelas Maret (UNS) dan PT Pertamina (Persero) memang masih dalam tahap riset. Namun, battery pack yang disebut Lithium Ion Battery (LIB) siap diproduksi massal dan dijual ke konsumen dalam waktu dekat.

Dengan baterai yang mampu menempuh jarak 80 sampai 100 km hanya dengan isi ulang setara Rp 5.000, sudah sangat cocok digunakan untuk calon motor listrik karya anak bangsa, Gesits.

Namun, saat diluncurkan nanti, motor hasil kolaborasi Institut Sepuluh Nopember (ITS) dengan PT Gesits Technologies Indo (GTI) ini masih bakal menggunakan baterai impor dari Korea Selatan dan Cina.

Dijelaskan Harun Sjech, Direktur Utama PT GTI, pihaknya siap untuk menggunakan baterai motor listrik bikinin anak bangsa ini jika memang sudah diproduksi massal.

"Saat ini masalahnya masih riset generasi kedua, jadi butuh waktu. Jika sudah diproduksi massal, kita siap gunakan baterai motor listrik dari UNS-Pertamina ini," jelas Harun saat dihubungi Liputan6.com, Jumat (20/7/2018).

 

Selanjutnya

Sementara itu, menurut Ketua Pusat Unggulan Iptek Sistem dan Kontrol Otomotif (PUI SKO) ITS, Muhammad Nur Yuniarto, untuk dunia industri memang ada banyak pertimbangan. Sedangkan untuk riset teknologi, memang tidak terlalu banyak pertimbangan seperti jika sudah masuk industri.

"Tim peneliti dalam negeri memang terlambat mulainya (riset baterai kendaraan listik). Kita masih menguji baterai di kendaraan listrik kita, kita tes di lapangan juga," tegasnya.

Meskipun begitu, strategi untuk baterai UNS-Pertamina ini memang sudah tepat. Jadi, jika baterai ini memang sudah siap dan terbukti tidak ada masalah, dan memiliki harga yang kompetitif mau tidak mau industri dalam negeri pasti menggunakan baterai ini.

"Dalam industri itu pertimbangannya simple, mana yang lebih menguntungkan," pungkasnya.

Saksikan Juga Video Pilihan di Bawah Ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Menelisik Keterlibatan Model Steffy Burase dalam Kasus Suap Otsus Aceh

Posted: 19 Jul 2018 10:36 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Model Fenny Steffy Burase sempat menjalani pemeriksaan penyidik Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) pada Rabu, 18 Juli 2018. Usai pemeriksaan, Steffy melalui penasihat hukumnya, Fahri Timur, membenarkan adanya aliran suap terkait alokasi dana otonomi khusus (otsus) Aceh tahun anggaran 2018.

"Aliran dana itu memang ada. Tapi Bu Steffy sendiri tidak pernah tahu dana itu," ujar Fahri usai mendampingi Steffy di Gedung KPK, Kuningan Persada, Jakarta Selatan.

Menurut juru bicara KPK Febri Diansyah, pemeriksaan terhadap Steffy dan saksi lainnya berkaitan dengan pengetahuan mereka tentang aliran suap yang diterima Gubernur Aceh Irwandi dari Bupati Bener Meriah.

"Jadi, untuk kasus suap terkait dengan dana DOK (dana otonomi khusus) Aceh ini dua hari ini melakukan pemeriksan secara intensif terhadap beberapa orang, kami tentu mendalami dana DOK Aceh dan mekanismenya, termasuk juga pengetahuan mereka tentang aliran dana yang jadi pertanyaan-pertanyaan dan konsen penyidik," kata Febri saat dikofirmasi.

Dalam kasus ini, Gubernur Irwandi diduga menerima uang sebesar Rp 500 juta dari komitmen fee sebesar Rp 1,5 miliar. Steffy Burase menyatakan tak mengetahui sumber dana aliran suap tersebut.

Diduga, uang Rp 500 juta itu digunakan untuk membeli medali dan pakaian atlet di ajang International Aceh Marathon yang akan digelar pada 29 Juli 2018 di Sabang, Aceh. Dalam ajang tersebut, Steffy ditunjuk sebagai tenaga ahli.

Steffy membenarkan untuk pembelian medali ajang tersebut mencapai Rp 500 juta. Namun, Steffy menyatakan tak tahu uang yang akan digunakan untuk membeli medali berasal dari uang suap.

"Sebenarnya kalau untuk total medali sendiri mencapai Rp 500 juta. Medali saja ya, tapi kalau untuk bajunya ada hampir Rp 300 sampai Rp 400 juta, saya kurang jelas. Pokoknya kalau untuk total event keseluruhan itu mencapai Rp 13 miliar, sudah semuanya," kata Steffy.

Steffy Burase mengatakan, dengan adanya penangkapan terhadap Gubernur Aceh Irwandi, ajang maraton di Aceh akan ditunda. Keputusan penundaan ajang itu ada di tangan pemerintah Aceh.

 

Harapan Irwandi

Namun, Gubernur Irwandi sendiri berharap ajang tersebut tetap terlaksana.

"Maraton saya harap oleh plt (pelaksana tugas) tetap dilaksanakan, tapi mungkin nanti ditunda. Ditunda sampai dua bulan," kata Irwandi usai diperiksa KPK pada Kamis, 19 Juli 2018.

Irwandi sempat membantah dirinya terlibat suap seperti yang disangkakan KPK kepadanya. "Saya sama sekali enggak tahu. Orang lain makan nangka, saya kena getah," kata Irwandi.

Irwandi juga membantah adanya kabar terkait uang suap tersebut dia berikan kepada Steffy dan untuk dibelikan medali serta pakaian atlet. Menurut Irwandi, pernyataan penasihat hukum Steffy yang menyebut soal kebenaran adanya suap itu tak benar.

"Enggak. Enggak mengalir ke rekening saya. Melalui siapa pun, enggak mengalir ke saya. Itu sudah jelas," kata Irwandi.

Dalam kasus ini KPK menetapkan empat orang tersangka, yakni Gubernur Irwandi dan dua pihak swasta bernama Hendri Yuzal dan Teuku Syaiful Bahri. Ketiga ditetapkan tersangka sebagai pihak penerima suap dari tersangka Bupati Bener Meriah Ahmadi.

 

Saksikan video pilihan di bawah ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Hingga Pagi Tadi, Gempa Susulan di Selatan Malang Terjadi 38 Kali

Posted: 19 Jul 2018 10:32 PM PDT

Liputan6.com, Malang - Hingga pagi tadi, sudah terjadi 38 gempa susulan, setelah lindu berkekuatan 5,5 skala Richter (SR) mengguncang selatan Malang.

Menurut Kepala Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Karangkates Malang, Musripan, gempa susulan dirasakan di seluruh wilayah selatan Jawa Timur dan Bali, Kamis malam, 19 Juli 2018.

"Hingga pagi ini Jumat, 20 Juli 2018, pukul 08.00 WIB, sudah terjadi 38 kali gempa susulan di selatan Malang," kata Musripan dalam pesannya, Jumat (20/7/2018).

Meski kekuatan gempa terbilang cukup besar, aktivitas gempa tergolong masih wajar dan normal.

Tipe Gempa Malang

Ilustrasi Gempa Bumi (iStockphoto)

Menurut ahli gempa asal Jepang, lindu yang terjadi di selatan Malang ini disebut gempa tipe I, yaitu tipe aktivitas gempa yang diawali dengan gempa pendahuluan (foreshocks).

Setelah itu dilanjutkan dengan gempa utama (mainshock) dan diikuti serangkaian gempa susulan (aftershocks) yang cukup banyak.

"Gempa selatan Malang ini menjadi menarik karena mengingatkan kita dan menjadi penanda aktifnya zona megathrust di selatan Malang," katanya.

Namun demikian, berdasarkan data, gempa susulan di Malang memiliki kecenderungan kekuatan yang semakin melemah dengan frekuensi kejadian yang semakin jarang.

 

Reporter: Darmadi Sasongko

Sumber: Merdeka.com

 

Saksikan video pilihan di bawah ini: 

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Meninggal, 1 Nelayan Hilang Korban KM Joko Berek Tenggelam di Jember

Posted: 19 Jul 2018 10:31 PM PDT

Liputan6.com, Jember - Satu jenazah korban kapal motor (KM) Joko Berek yang terbalik di perairan Plawangan Puger, Kabupaten Jember, Jawa Timur berhasil ditemukan di tepi Pantai Pancer pada Jumat (20/7/2018) pagi.

"Jenazah nelayan itu ditemukan warga di tepi pantai, kemudian warga melapor ke Posko Terpadu SAR gabungan dan langsung dilakukan evakuasi terhadap jenazah tersebut," kata Anggota Basarnas Pos Jember Rudi Prahara di Jember, dilansir Antara.

Dia mengungkapkan korban yang meninggal dunia tersebut atas nama Budi, warga Desa Mojosari, Kecamatan Puger, Jember. Dia sebelumnya masuk dalam daftar nelayan yang hilang akibat musibah laut itu.

"Dengan ditemukan satu korban meninggal, sehingga total jumlah korban kecelakaan laut di Plawangan Puger yang meninggal dunia menjadi tujuh orang," tuturnya.

Ia menjelaskan tim SAR gabungan terus melakukan pencarian terhadap anak buah kapal "Joko Berek" yang masih hilang di sekitar lokasi terbaliknya perahu payang dan penyisiran di tepi pantai.

Berdasarkan data Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Jember, jumlah korban yang meninggal akibat kapal terbalik diterjang ombak tinggi di Plawangan Puger tujuh orang. Lima adalah warga Desa Puger Kulon, Kecamatan Puger, terdiri dari Cecep (45), So'im (60), Hadi (21), Ulum (35), dan Abdul Kowi (55).

Seorang lainnya bernama Hasan (50), warga Desa Karangsemanding, Kecamatan Balung, dan Budi (47), warga Desa Mojosari di Kecamatan Puger.

Ia mengatakan lima ABK segera ditemukan dalam kondisi meninggal dunia setelah perahu payang tersebut terbalik. Sementara, jasad Abdul Kowi ditemukan pada Kamis sore, 19 Juli 2018, di bawah perahu yang terbalik.

 

2 Masih Hilang

Evakuasi dan pencarian korban musibah perahu tenggelam setelah tergulung ombak besar di perairan Pelawangan Puger, Kecamatan Puger, Jember. (Foto: Dok. BNPB/Sutopo Purwo Nugroho)

Sementara, korban yang juga ABK yang masih hilang dua orang, yakni Munaji (45) dan Syafii (45). Keduanya warga Desa Puger Kulon, Kecamatan Puger, sedangkan jumlah korban yang selamat 13 orang, termasuk nakhoda kapal motor atau perahu payang, bernama Dirman.

"Awalnya memang data nama-nama korban yang hidup dan hilang masih simpang siur, sehingga kami melakukan kroscek kepada nelayan di lapangan, sehingga data terbaru tersebut sudah kami klarifikasi dan valid," kata Kepala Bidang Kedaruratan dan Logistik BPBD Jember Heru Widagdo.

Korban atas nama Pong awalnya masuk dalam daftar ABK yang hilang. Setelah dicek, ternyata yang bersangkutan berhasil selamat dari ganasnya ombak laut selatan dan diantar oleh rekan nelayan yang lain ke rumahnya.

Nakhoda kapal yang juga pemilik kapal motor "Joko Berek" masih menjalani perawatan intensif di Rumah Sakit Graha Puger.

Perahu payang atau kapal motor "Joko Berek" yang dinakhodai Dirman dengan membawa 21 ABK dihantam gelombang laut tinggi saat pulang melaut, melewati pintu masuk perairan Plawangan Puger, Kecamatan Puger, Kabupaten Jember, Kamis, 19 Juli 2018, pukul 08.15 WIB.

Saksikan video pilihan berikut ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Tak Berobat Usai Digigit Ular Berbisa, Wanita Ini Mengalami Mati Otak

Posted: 19 Jul 2018 10:31 PM PDT

Liputan6.com, Weinan - Seorang perempuan berusia 21 tahun di Weinan, Provinsi Shaanxi, China, mengalami mati otak setelah digigit ular berbisa yang dia beli secara online. Demikian dilaporkan koran Huashang pada Selasa, 17 Juli 2018 lalu.

Menurut riwayat pembelian e-commerce dan obrolan korban yang dikenal sebagai Xiao Fang, diketahui ia membeli ular krait mematikan itu untuk membuat sejenis ramuan.

Namun, alasan mengapa Xiao Fang berurusan dengan ular berbisa tak diketahui pasti. Sebab, ia kini mengalami mati otak dan tak bisa ditanyai.

Seperti dikutip dari Asia One, Kamis (19/7/2018), Xiao Fang digigit ular berbisa itu pada 9 Juli. Dia kemudian hanya membalut lukanya, tak mengobati atau memeriksanya ke dokter.

Tak berapa lama kemudian, masih pada hari itu, dia merasa tidak enak badan sehingga salah satu anggota keluarga membawanya ke Weinan Third Hospital.

Seorang dokter mengatakan Xiao Fang mengalami kesulitan bernapas dan serangan jantung. Kemudian, ditemukan luka kecil pada jari telunjuk kirinya yang tertutup perban. Petugas medis menduga itu adalah gigitan ular.

Menurut surat kabar Huashang, setelah diberi bantuan pernapasan melalui CPR, Xiao Fang mengalami koma dan akhirnya disuntik antivenin ular yang biasa digunakan setelah digigit reptil tersebut.

Xiao Fang lalu dipindahkan ke Rumah Sakit Shaanxi Provincial People pada 11 Juli. Dokter di sana kemudian menyarankan agar pengobatan dihentikan karena ia divonis mengalami mati otak.

 

 

Saksikan juga video berikut ini:

 

Ular Pengigit Tewas

Ilustrasi Foto Dokter Laki-laki (iStockphoto)

Sementara itu, ular yang diyakini telah menggigit Xiao Fang ditemukan mati oleh seorang pekerja sanitasi pada 10 Juli di dekat rumahnya.

Sejauh ini, tak ada kasus gigitan ular tambahan dilaporkan dari daerah tersebut.

Ular berbisa krait dijual di China. Kendati demikian, perdagangan spesies itu hanya diperbolehkan dijual oleh spesialis dengan kualifikasi tertentu. Penjualan secara online dianggap ilegal dan tidak sah.

Kasus gigitan ular Krait ini sedang diselidiki oleh Biro Kkeamanan Umum Distrik Huazhou di Weinan.

Dokter kemudian menyarankan korban gigitan ular untuk mengambil foto ular dan mencari bantuan medis segera. Hal itu agar dampaknya tak fatal atau berakibat kematian.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Dukung Kinerja Ekspor RI, BNI Salurkan Pinjaman Berdenominasi Yen Pertama

Posted: 19 Jul 2018 10:30 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta PT Bank Negara Indonesia (Persero) Tbk atau BNI mengucurkan kredit berdenominasi Yen menggunakan skema jaminan SBLC untuk perusahaan-perusahaan berorientasi ekspor.

Langkah ini sebagai upaya meningkatkan pertumbuhan ekspor Indonesia. Penyaluran kredit berdenominasi Yen ini baru pertama kali dilaksanakan bank lokal di Indonesia dan disalurkan secara simbolis di Jakarta, Jumat (20 Juli 2018) pada acara Penandatanganan Perjanjian Kredit.

Pada kesempatan ini, BNI menyalurkan Kredit Berdenominasi Yen kepada salah satu perusahaan lokal penghasil suku cadang kendaraan yang berorientasi ekspor, yaitu PT Banshu Electric Indonesia. Hadir pada kesempatan tersebut Direktur Tresuri dan Internasional BNI Rico Rizal Budidarmo.

Rico menjelaskan, skema kredit ini menggunakan pola penjaminan berupa Standby Letter of Credit (SBLC) dari parent company yang berada di Jepang dan diterbitkan oleh bank rekanan BNI di Jepang. Dengan pola ini, maka assesment risiko juga ditekankan kepada Counterparty (bank Penerbit/ Penjamin SBLC), bukan ditekankan pada calon debiturnya.

Pola ini juga memberikan alternatif jaminan yang semula berupa fixed asset menjadi jaminan dari perbankan Jepang berupa SBLC.

"Pinjaman dalam bentuk Yen ini dimungkinkan dengan adanya dukungan dari Cabang BNI yang berada di Tokyo, Jepang dan juga dari bank rekanan BNI di Jepang yaitu The Hyakujushi Bank Ltd., sehingga BNI dapat memberikan pinjaman Yen dengan bunga yang kompetitif," ungkapnya.

Dia menambahkan, skema pinjaman dengan jaminan SBLC ini relatif lebih mudah diaplikasikan bagi perusahaan-perusahaan Jepang di Indonesia.

"Kami hanya menggunakan syarat 1 tahun untuk laporan keuangan perusahaan dan jaminan SBLC dari bank mereka yang berada di Jepang. Bank tersebut harus sudah bekerja sama dengan BNI.

Dengan kemudahan syarat tersebut, maka dimungkinkan bagi perusahaan Jepang yang baru beroperasi minimal 1 (satu) tahun untuk mendapatkan fasilitas pembiayaan," tuturnya.

Pemberian pinjaman kepada perusahaan Jepang ini merupakan bentuk komitmen BNI dalam mendorong / mendukung investasi asing khususnya perusahaan-perusahaan Jepang di Indonesia dan sekaligus memberikan layanan perbankan secara menyeluruh kepada nasabah-nasabah pelaku usaha mikro dan kecil (UKM).

Nasabah UKM BNI ini juga merupakan perusahaan asal Jepang yang tercatat sebagai nasabah Bank Regional Jepang (JRB) yang telah bekerja sama dengan BNI.

"Kami mengharapkan UKM Jepang lainnya juga tertarik untuk mendapatkan pembiayaan melalui skema ini. Bila ada perusahaan Jepang yang telah menggunakan bank lain tentunya mereka akan mereferalkannya kepada perusahaan Jepang lainnya," tambah Rico.

PT Banshu Electric Indonesia merupakan perusahaan Penanaman Modal Asing (PMA) asal Jepang joint venture dengan perusahaan lokal indonesia yang memproduksi spare part otomotif wire harness.

 

Persaingan Global

BNI menyalurkan Kredit Berdenominasi Yen kepada PT Banshu Electric Indonesia. Foto: Dok BNI

Dengan adanya persaingan global yang menuntut perusahaan-perusahaan lokal yang berorientasi ekspor untuk lebih efisien dalam hal cost of money, maka dengan jaringan global dan dukungan dari kantor-kantor cabang BNI yang berlokasi di 7 negara, BNI dapat memberikan dukungan dalam bentuk International Banking Product melalui skema pembiayaan yang kebih menarik dan kompetitif.

Kerja sama BNI dengan PT Banshu Electric Indonesia ini merupakan dukungan terhadap peningkatan hubungan ekonomi antara Indonesia dengan Jepang.

Mengingat pentingnya hubungan ekonomi di antara dua negara ini, BNI telah menandatangani Nota Kesepahaman (MoU) dengan perbankan Jepang (Japan Regional Bank/ JRB).

Langkah BNI ini merupakan upaya untuk memaksimalkan bisnis perbankan di Tanah Air, menyusul semakin besarnya arus investasi asing khususnya investasi Jepang ke Indonesia. Dalam kerja sama dengan JRB tersebut terbuka peluang bagi BNI untuk menyediakan jasa perbankan bagi investor Jepang yang menanamkan modalnya di Indonesia.

Kerja sama ini juga membuka peluang bagi BNI untuk mendukung ekspor bagi perusahaan-perusahaan lokal di Indonesia yang mempunyai hubungan kerja sama dengan investor-investor dari luar negeri.

Seperti diketahui saat ini BNI telah mempunyai Unit Japan Desk sebagai unit khusus yang menangani perusahaan-perusahaan Jepang yang akan berinvestasi di Indonesia maupun yang telah beroperasi di Indonesia.

Lokasinya tersebar di kawasan industri di Indonesia antara lain Kawasan Industri KIIC, MM2100, Jababeka, EJIP, hingga Suryacipta. Sebagian besar perusahaan Jepang tersebut banyak beroperasi di Pulau Jawa sehingga diharapkan akan lebih menyebar ke kawasan industri lainnya di luar Pulau Jawa seperti di Batam, Makasar.

Berbagai fasilitas telah disiapkan BNI bagi calon nasabah UKM asal Jepang. Fasilitas tersebut adalah membantu relokasi usahanya ke Indonesia, pemberian kredit, cash management, jasa foreign exchange (forex), penerbitan L/C dan informasi tentang kondisi perekonomian Indonesia, iklim investasi di Indonesia, dan penyelesaian perizinan usaha di Indonesia.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

VIDEO: Ditemukan Denah Candi Peninggalan Kerajaan Kediri

Posted: 19 Jul 2018 10:30 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Pusat Penelitian Arkeologi Nasional, Puslitarkenas,  Kementerian Pendidikan Dan Kebudayaan menemukan bangunan candi dan patirtan yang saling berkaitan pada era kerajaan kediri abad ke-9. 

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Ucapan 'Aku Jijik Mas' Naysila Mirdad Viral, Eka Gustiwana Perlihatkan Versi Remix-nya

Posted: 19 Jul 2018 10:30 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Baru-baru ini, cuplikan adegan di sinetron SCTV, Orang Ketiga mendadak viral di media sosial. Pada adegan tersebut Afifah yang diperankan oleh Naysila Mirdad meminta pengakuan dari suaminya tentang masalah perselingkuhan.

Dalam cuplikan salah satu episode Orang Ketiga, Afifah terlihat begitu marah dengan Aris (Rionaldo Stockhorst) hingga mengucapkan kata "Aku Jijik Sama Mas". Gaya bicara Afifah yang manja justru terlihat lucu ketika ia sedang marah. 

Dialog tersebut ditambah ekpresi Naysila Mirdad yang dramatis langsung menarik perhatian publik. Cuplikan adegan Orang Ketiga tersebut langsung viral dan banyak dijadikan meme oleh warganet.

Kehebohan yang ditimbulkan oleh potongan adegan tersebut rupanya juga diketahui oleh Naysila Mirdad sendiri. Ternyata, ia justru mengapresiasi dengan mengunggah salah satu video karya Eka Gustiwana.

Kalimat Unik

Seperti diketahui, Eka Gustiwana memang terkenal dengan kreatifitas hasil remix videonya yang seringkali mengangkat kalimat-kalimat unik dari para figur publik.

"Sound on. 'aku jyjyk' on the next level. Rap version. This one is dope! Credit to @ekagustiwana," tulis Naysila Mirdad dalam keterangan di videonya tersebut.

 

Dipuji

Adegan sinetron Orang Ketiga

Unggahan tersebut langsung menuai beragam komentar dari publik. Mereka memuji adegan yang di-remix hingga menjadi lucu dan unik tersebut. Apalagi Eka Gustiwana membuatnya seperti versi rap sehingga sangat menarik.

 

Kreatif

Adegan sinetron Orang Ketiga (Sinemart)

"Demi tuhan nay aku ngakak hahaha @naymirdad," tulis akun @sherlyl_yasaran.

"Lucu hahahahaha. Kreative bnget yg bikin," tulis akun @frdn_.

"Hahahhahahahaaaaa asemmm bikin aku ngakak aja," tulis akun @sheryn_ramadhanie85.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Google Kena Denda Rp 72 Triliun, Donald Trump Labrak Komisi Eropa

Posted: 19 Jul 2018 10:30 PM PDT

Liputan6.com, Washington DC - Google harus menghadapi masalah baru pada pekan ini. Kali ini, raksasa teknologi asal Negeri Paman Sam tersebut harus berurusan dengan Komisi Eropa karena sistem operasi besutannya, Android, dianggap sebagai cara ilegal perusahaan mengukuhkan mesin pencarinya.

Perusahaan yang berbasis di Mountain View, Amerika Serikat (AS) itu bahkan dituding telah melakukan monopoli bisnis. Komisi Eropa juga meminta perusahaan mengubah model bisnisnya.

Tak cuma itu, Google juga mendapat hukuman berupa denda dari rata-rata omzet harian global, di mana mereka harus membayar 4,3 miliar euro atau setara engan Rp 72 triliun.

Mengetahui hal tersebut, Presiden AS Donald Trump pun geram dan mengecam Komisi Eropa karena dianggap telah memanfaatkan AS.

Dalam cuitan akun resmi Twitter-nya, @realDonaldTrump, suami dari Melania Trump tersebut mengakui kalau Google adalah salah satu perusahaan yang hebat. Tak mau tinggal diam, Donald Trump akan segera mengambil tindakan.

"Sudah saya bilang! Komisi Eropa baru saja mendenda lima miliar dolar ke salah satu perusahaan terbaik kita, Google. Mereka benar-benar mengambil untung dari Amerika Serikat, tetapi hal ini tentu tidak akan berlangsung lama!" cuit Donald Trump.

Sekadar informasi, hubungan Donald Trump dan Komisi Eropa belum lama ini memang tidak berjalan dengan baik. Ia bahkan menyebut Komisi Eropa dengan julukan "musuh".

Advokat anti-monopoli Gene Kimmelman, melihat apa yang dilakukan Donald Trump justru tidak akan membuat kondisi menjadi lebih baik. Bahkan apa yang diucapkannya tak akan membantu Google.

"Jelas (apa yang dilakukan Donald Trump) adalah sesuatu yang kontraproduktif. Jadi apakah kita mau menyukai hasilnya atau tidak, ini jelas menjadi penegakan hukum di Eropa, dan kita tentu tak ingin siapapun menganggu penegakan hukum di AS," ujar Kimmelman.

Dituding Monopoli, Google Kena Denda Rp 72 Triliun

Kantor pusat Google di Mountain View. Liputan6.com/Jeko Iqbal Reza

Seperti diketahui, Google kini mewajibkan OEM Android untuk menyertakan sejumlah aplikasi besutan perusahaan, termasuk Google Search dan Google Chrome. Langkah itu yang kini ditentang Komisi Eropa.

Vestager menilai ada tiga cara ilegal yang dilakukan Google dalam menjalankan bisnis Android. Pertama, manufaktur perangkat Android diharuskan memasang aplikasi Google Search dan browser Chrome sebagai syarat mendapatkan akses ke Play Store.

"Google juga membayar sejumlah manufaktur dan operator yang setuju memasang aplikasi Google Search secara eksklusif di perangkatnya," tuturnya.

Tak hanya itu, Google juga dianggap mencegah manufaktur menjual perangkat yang menjalankan versi Android alternatif. Caranya, perangkat mereka diancam tidak mendapatkan izin untuk menggunakan aplikasi Android. 

Di sisi lain, Vestager sebenarnya mengetahui bahwa Android tidak melarang penggunanya mengunduh peramban alternatif atau memakai mesin pencari lain. Namun, hanya ada satu persen pengguna yang memilih mesin pencari lain dan 10 persen peramban alternatif.

"Begitu pengguna memilikinya (aplikasi Google Search dan Google Chrome) dan bekerja, akan sangat sedikit pengguna yang penasaran untuk mencari aplikasi atau peramban lain," tuturnya menjelaskan.

Permintaan Komisi Eropa

Bulding 43, kantor pusat Google pertama yang didirikan di Mountain View. Liputan6.com/Jeko Iqbal Reza

Komisi Kompetisi Eropa merasa Google telah memanfaatkan momen kebangkitan internet seluler untuk mendulang kesuksesan sama seperti di desktop. Salah satu hal yang menjadi perhatian adalah persoalan iklan di layanan Google.

Karena itu, Vestager meminta Google untuk menghentikan semua praktik yang dilakukannya saat ini. Selain itu, perusahaan juga diminta untuk tidak melakukan tindakan lain dengan motif serupa.

"Rusia menjadi salah satu contoh baik bahwa ada alternatif lain yang dapat dilakukan," tuturnya.

Sekadar diketahui, sejak ada keluhan dari regulator Rusia, Google kini menambah daftar mesin pencari utama yang dipakai di Chrome.

Selain Google, perusahaan turut menyertakan mesin pencari lain, yakni Yandex dan Mail.ru. Dengan cara ini, Yandex yang notabene aplikasi lokal Rusia, berhasil menaikkan sahamnya berkat pertumbuhan pencarian di perangkat mobile.

Aksi Google sebenarnya sudah cukup lama diintai oleh Komisi Eropa, yakni seja April 2015. Ketika itu, ada laporan dari kelompok dagang Fairsearch yang beberapa anggotanya adalah Microsoft, Nokia, dan Oracle.

Namun ketika itu, proses penyelidikan tidak berjalan lancar, karena Google disebut kerap berkelit. Oleh sebab itu, kelompok ini menyambut baik intervensi dari Komisioner Kompetisi Uni Eropa.

"Ini merupakan langkah penting untuk mendisiplinkan Google terutama soal tindakannya dengan sistem operasi Android ini," tutur juru bicara Fairsearch Thomas Vinje. Aksi ini juga disambut baik oleh perwakilan perdagangan operator mobile.

(Jek/Isk)

Saksikan Video Pilihan Berikut Ini: 

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Mengenaskan, Kaki Terluka Cukup Serius Setelah Injak Tanaman Ubi

Posted: 19 Jul 2018 10:30 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Apa jadinya jika kita tanpa sadar menginjak tanaman yang justru bisa melukai kita? Hal mengenaskan ini menimpa seorang wanita di Vermont. Dia mengalami luka bakar cukup serius di kedua kakinya setelah menginjak tanaman ubi jalar tanpa sengaja. 

Dilansir dari Foxnews pada Jumat, 20 Juli 2018, wanita yang diketahui bernama Charlotte Murphy itu sedang dalam perjalanan menuju tempat magangnya bersama artis lokal. Ketika dia berhenti di sisi jalan, kakinya menginjak tanaman ubi liar.

Charlotte tak tahu kalau tanaman itu beracun. Alhasil, kakinya mengalami luka bakar tingkat dua.

Dua hari setelah kejadian, Charlotte melihat benjolan kecil berwarna merah mulai muncul di bagian kakinya, tanpa rasa gatal atau rasa sakit. Kemudian dia menggaruknya dan lecet. Pagi berikutnya, kakinya bengkak sehingga tidak bisa berjalan.

 

Tanaman Ubi Liar

Ilustrasi ubi jalar (iStock)

Tanaman tersebut menyerupai wortel sementara akarnya berwarna krem dan dapat dimakan, tapi getah tanaman itu berbahaya.

Menurut ahli biologi di Pennsylania State University, tanaman ubi liar tersebut dapat tumbuh hingga lebih dari 60 inci (150 cm) dan terdapat beberapa bunga berwarna kuning kecil berbentuk seperti payung yang tumbuh di atasnya,masing-masing sekitar 2 inci (5 cm).

Sama seperti tumbuhan hogweed, getah ubi liar ini mengandung furanocoumarins (senyawa yang menyebabkan luka bakar)

Menurut majalah Wisconsin Natural Resources, ubi liar mengandung bahan kimia furanocoumarins di dalam daun, batang, dan buahnya yang dapat menyebabkan luka bakar intens. Ketika bahan kimia tersebut terserap ke dalam kulit, bisa membuat orang lebih sensitif terhadap sinar ultraviolet.

Furanocoumarins berikatan dengan DNA nuklir dan membran sel yang bisa menghancurkan sel dan jaringan kulit, meskipun reaksinya membutuhkan waktu untuk kerusakan yang terlihat.

Charlotte mengunggah foto-foto luka bakarnya di Facebook, dan menulis harapanya agar meningkatkan pengetahuan mengenai tanaman ubi liar dan hal-hal mengerikan lainnya seperti minyak dari batang, daun, dan bunga yang dapat melukai kulit.

Penulis : Nita Utami

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Polisi Buru Penjambret Wanita di Kawasan Asian Games Senayan

Posted: 19 Jul 2018 10:28 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Polisi memburu penjambret yang beraksi di kawasan Venue Senayan, Jakarta Pusat, Rabu malam, 18 Juli 2018. Dalam peristiwa ini, korban Fauzia Hafiz telah kehilangan gadgetnya yang dijambret pelaku.

Kapolsek Metro Tanah Abang, AKBP Lukman Cahyono menyatakan, pihaknya juga memeriksa terhadap sejumlah saksi di lapangan yang mengetahui kejadian pejambretan yang dialami oleh Fauzia saat menunggu Grab ingin pulang kerja.

"Iya kami akan periksa saksi di lapangan. Siapa yang melihat kejadiannya. Tentu kronologis juga," kata Lukman saat dikonfirmasi, Jakarta, Jumat (20/7).

Selain memeriksa saksi yang melihat kejadian penjambretan tersebut. Lukman mengaku, penyidik juga melakukan pemeriksaan terhadap terlapor (Fauzia).

"Nanti kami sesuaikan dengan keterangan saksi," ujarnya.

Lukman membantah jika kawasan Senayan yang merupakan venua utama dalam Asian Games terbilang rawan kejahatan, meskipun Fauzia telah menjadi korban penjambretan.

Lukman mengklaim, kalau dirinya sudah mengerahkan anak buahnya untuk mengamankan kawasan tersebut. "Ada Patko juga yang disana. Nanti petugas akan dimaksimalkan," tandasnya.

Dengan adanya kejadian tersebut, dirinya mengimbau masyarakat agar lebih waspada terhadap penjambret. Terlebih saat menggunakan handphone di jalan.

 

Reporter: Nur Habibie

 

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

FOTO: Bintang NBA Ikut dalam Misi Penyelamatan Migran di Mediterania

Posted: 19 Jul 2018 10:27 PM PDT

Bintang NBA asal Spanyol, Marc Gasol ambil bagian dalam misi penyelamatan bersama kapal milik LSM Proactiva Open Arms di Laut Mediterania, 16 Juli 2018. Gasol terlibat dalam penyelamatan pungungsi migran di lepas pantai Libya. (AFP)

Bintang NBA asal Spanyol, Marc Gasol ambil bagian dalam misi penyelamatan bersama kapal milik LSM Proactiva Open Arms di Laut Mediterania, 16 Juli 2018. Gasol terlibat dalam penyelamatan pungungsi migran di lepas pantai Libya. (AFP)

Bintang NBA asal Spanyol, Marc Gasol ambil bagian pada misi penyelamatan bersama kapal milik LSM Proactiva Open Arms di Laut Mediterania, 16 Juli 2018. Gasol tergerak membantu usai melihat foto yang viral pada 2015 tentang anak Suriah, Aylan Kurdi. (AFP)

Bintang NBA asal Spanyol, Marc Gasol ambil bagian pada misi penyelamatan bersama kapal milik LSM Proactiva Open Arms di Laut Mediterania, 16 Juli 2018. Gasol tergerak membantu usai melihat foto yang viral pada 2015 tentang anak Suriah, Aylan Kurdi. (AFP)

Bintang NBA asal Spanyol, Marc Gasol ambil bagian pada misi penyelamatan bersama kapal milik LSM Proactiva Open Arms di Laut Mediterania, 16 Juli 2018. Pada 2016, Gasol bertemu pendiri Proactiva Open Arms dan memutuskan bergabung saat waktu luang. (AFP)

Bintang NBA asal Spanyol, Marc Gasol ambil bagian pada misi penyelamatan bersama kapal milik LSM Proactiva Open Arms di Laut Mediterania, 16 Juli 2018. Pada 2016, Gasol bertemu pendiri Proactiva Open Arms dan memutuskan bergabung saat waktu luang. (AFP)

Bintang NBA asal Spanyol, Marc Gasol ambil bagian dalam misi penyelamatan bersama kapal milik LSM Proactiva Open Arms di Laut Mediterania, 16 Juli 2018. Proactiva Open Arms adalah sebuah LSM yang berusaha membantu para migran di laut yang tenggelam. (AFP)

Bintang NBA asal Spanyol, Marc Gasol ambil bagian dalam misi penyelamatan bersama kapal milik LSM Proactiva Open Arms di Laut Mediterania, 16 Juli 2018. Proactiva Open Arms adalah sebuah LSM yang berusaha membantu para migran di laut yang tenggelam. (AFP)

Bintang NBA asal Spanyol, Marc Gasol ambil bagian dalam misi penyelamatan bersama kapal milik LSM Proactiva Open Arms di Laut Mediterania, 16 Juli 2018. Gasol terlibat dalam penyelamatan pungungsi migran di lepas pantai Libya. (AFP)

Bintang NBA asal Spanyol, Marc Gasol ambil bagian dalam misi penyelamatan bersama kapal milik LSM Proactiva Open Arms di Laut Mediterania, 16 Juli 2018. Gasol terlibat dalam penyelamatan pungungsi migran di lepas pantai Libya. (AFP)

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Hanya 5 Menit, Kim Kardashian Raup Uang US$ 5 Juta

Posted: 19 Jul 2018 10:20 PM PDT

Liputan6.com, Los Angeles - Kim Kardashian bisa dianggap sebagai pebisnis yang sukses. Selama kurang dari dua tahun, KKW Beauty yang merupakan brand miliknya, meraih banyak penghargaan. Bahkan, produknya selalu laris hanya dalam hitungan jam.

Reality star berusia 37 tahun ini baru saja menghasilkan uang US$ 5 juta dalam waktu lima menit. Kim Kardashian baru saja merilis parfum terbarunya pada Selasa lalu. Dilansir dari TMZ, produknya habis dalam sekejap mata.

Bukan hal baru bagi Kim memperoleh uang berjumlah fantastis. Namun yang luar biasa kali ini adalah Kim tak mengeluarkan uang sepeser pun untuk memasarkan produknya. Dengan kekuatan media sosial, ia bisa menjual habis semua parfumnya dalam waktu lima menit.

Kim Kardashian juga memanfaatkan lingkaran pertemanan untuk memasarkan parfum terbarunya. Salah satunya Drew Barrymore yang mendapatkan parfum bertema emoji ini sebelum resmi dirilis.

Menghemat Biaya

Kim Kardashian. (Charles Sykes/Invision/AP)

Harga parfum yang dijual Kim ini dibanderol US$ 45 per botol. Penjualannya pun dilakukan melalui sistem online. Dengan menjual secara online, Kim juga menghemat biaya produksi. Kim tak mengeluarkan dana iklan dan operasional toko.

Bukan Pertama Kali

Kim Kardashian (AP Files)

Ini bukan pertama kaliya Kim menjual parfum dengan cara ini. Sebelumnya, ia juga menjual secara cerdas parfum dalam versi botol tubuhnya, kristal dan permen hati. Ratu media sosial ini mungkin sering tampil sukar ditebak, tapi bisa dibilang ia memiliki otak bisnis yang luar biasa.

Penulis: Rezka Aulia

Sumber: Kapanlagi.com

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

KPK Minta KPU Coret Eks Napi Korupsi yang Daftar Caleg

Posted: 19 Jul 2018 10:16 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Tiga mantan narapidana korupsi ikut maju lagi sebagai calon legislatif (caleg) pada Pemilu 2019 mendatang. Mereka adalah M Taufik, TM Nurlif, dan Iqbal Wibisono.

TM Nurlif dan Iqbal Wibisono maju jadi caleg DPR RI dari Partai Golkar. Sementara M Taufik, Ketua DPD Partai Gerindra DKI yang maju sebagai caleg DPRD DKI Jakarta.

Majunya tiga mantan napi itu sangat disayangkan dari pihak Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK).

"Dari aspek pencegahan tentu sangat disayangkan jika mantan napi kasus korupsi justru digunakan untuk mendulang suara," ungkap juru bicara KPK Febri Diansyah seperti dikutip dari JawaPos.com, Jumat (20/7/2018).

Febri menyebut bahwa KPK tidak dapat mengintervensi keputusan tersebut. Sebab, pelarangan mantan napi koruptor mencalonkan diri sebagai caleg merupakan aturan dari KPU. Maka, penyelenggara pemilu itulah yang lebih berhak menentukan mantan koruptor layak maju atau tidak.

"Ketika partai politik mengajukan calon anggota legislatif, sementara ada aturan KPU yang membatasi pencalonan untuk terpidana kasus korupsi, maka dibutuhkan ketegasan KPU. Jika memang ada calon terpidana kasus korupsi diajukan dan tidak sesuai aturan KPU maka tinggal dicoret saja atau tidak disetujui," jelas Febri.

Mantan aktivisi ICW ini juga mengungkapkan hingga saat ini belum ada permintaan dari KPU terkait daftar nama para mantan terpidana kasus korupsi.

Diketahui, partai Golkar telah mendaftarkan dua nama mantan narapidana koruptor. Mereka adalah Ketua DPD Partai Golkar Aceh.

Diketahui saat ini Teuku Muhammad Nurlif menjabat sebagai Ketua DPD Partai Golkar Aceh dan Iqbal Wibisono sebagai Ketua Harian DPD Golkar Jawa Tengah.

Nurlif merupakan mantan terpidana cek pelawat dugaan suap dalam pemilihan DGS Bank Indonesia Miranda Gultom. Dia telah divonis pidana penjara 1 tahun 4 bulan oleh Majelis Hakim Pengadilan Tindak Pidana Korupsi (Tipikor).

Sementara itu, Iqbal ikut terlibat dalam korupsi Bansos Jateng untuk Kabupaten Wonosobo pada tahun 2008. Atas yaang melilitnya, Iqbal telah divonis 1 tahun penjara. Sedangkan M Taufik, mantan Ketua KPU DKI Jakarta yang tersandung kasus korupsi pengadaan logistik pemilu yang ketika itu ditangani kejaksaan.

Baca berita lain JawaPos.com di sini.

Saksikan video pilihan di bawah ini:

 

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Harga Cabai Naik di Pasar Kebayoran Lama

Posted: 19 Jul 2018 10:15 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Harga komoditas cabai, antara lain cabai rawit merah, cabai rawit hijau, dan cabai merah keriting di Pasar Kebayoran Lama, Jakarta, terpantau naik menjelang akhir pekan.

Pedagang mengaku itu disebabkan lantaran minimnya stok dari pihak pengepul. Salah seorang pedagang di Pasar Kebayoran Lama, Uus (50), mengaku harga cabai rawit merah yang dijualnya saar ini terus meroket hingga Rp 70 ribu per kg.

"Cabai rawit merah lagi naik, dari Rp 60 ribu per kg jadi Rp 70 ribu per kg. Baru tiga hari ini naiknya. Penyetor bilang kosong, soalnya petani ngirim ke agennya telat," ucap dia saat berbincang dengan Liputan6.com di Pasar Kebayoran Lama, Jakarta, Jumat (20/7/2018).

Kenaikan harga jual cabai rawit merah juga diikuti oleh cabai rawit hijau yang dimiliki Uus, yakni dari Rp 45 ribu per kg jadi Rp 50 ribu per kg. Begitu pula dengan cabai merah keriting, yang melonjak dari Rp 35 ribu per kg jadi Rp 40 ribu per kg. "Semua cabai-cabaian sekarang lagi pada naik," dia mengeluhkan.

Berbanding terbalik dengan produk cabai-cabaian, komoditas bawang di tempatnya kini mulai turun harga jualnya. Sebagai contoh, Uus mengatakan, bawang merah per kilogram yang ditawarkannya kini turun Rp 5 ribu.

"Bawang merah turun, dari Rp 35 ribu per kg jadi Rp 30 ribu per kg. Kirimnya lagi banjir (dari pengepul)," ujar dia.

Sementara itu, harga bawang putih bulat dan bawang putih cutting terpantau stabil. Bawang putih bulat dijual Uus Rp 25 ribu per kg, sedangkan bawang putih cutting Rp 30 ribu per kg.

Sedikit berbeda dengan bawang bombay yang justru harganya meningkat. "Bombay naik, sekarang Rp 18 ribu per kg. Tadinya Rp 15 ribu (per kg)," ungkapnya.

Untuk harga produk sayuran lain, dia menyampaikan, ada yang naik juga ada yang turun. "Tomat sekarang jadi Rp 12 ribu per kg, tadinya Rp 10 ribu per kg. Sudah seminggu. Tapi kentang turun, dari Rp 15 ribu (per kg) jadi Rp 12 ribu (per kg), udah semingguan juga," ujar dia.

 

Pasokan Minim, Harga Cabai Rawit Merah Masih Tinggi

Pantauan pasar harga cabai (Foto:Liputan6.com/Maulandy R)

Sebelumnya, harga sejumlah komoditas sayuran di pasar tradisional masih terpantau tinggi pada Senin (16/7/2018). Hal itu disebabkan pasokan dari pihak pengepul yang masih terbatas. Salah satunya, harga cabai rawit merah. 

Uus (50), pedagang sayuran di Pasar Kebayoran Lama, mengatakan harga cabai rawit merah terus naik sejak pekan lalu, dan kini ia menjualnya pada kisaran Rp 60 ribu per kg.

"Rawit merah lagi naik, Rp 60 ribu (per kg), tadinya Rp 40 ribu (per kg). Sudah seminggu ini naiknya," keluh dia kepada Liputan6.com di Pasar Kebayoran Lama, Jakarta, Senin, 16 Juli 2018.

Uus menambahkan, harga cabai meroket lantaran pasokan dari pengepul kurang. "Kosong," jawabnya singkat.

Jika ditelusuri lebih jauh, harga cabai rawit merah yang kini dijual Uus justru cenderung masih berada di bawah harga pasaran. Sebab, pedagang lain di tempat yang sama seperti Utin (47) menyampaikan, harga cabai rawit merah stabil tinggi pada angka Rp 65 ribu sejak sepekan lalu.

"Masih 65 ribu per kg, sama seperti kemarin-kemarin. Belum turun lagi harganya," ungkap Utin.

Sementara itu, kenaikan harga juga terjadi untuk komoditas cabai lain, seperti cabai rawit hijau dan cabai merah keriting. Uus menyatakan, cabai rawit hijau di tempatnya adalah Rp 45 ribu per kg, naik dari harga normal Rp 30 ribu per kg.

"Kalau cabai merah keriting sekarang Rp 35 ribu per kg, biasanya aja Rp 30 ribu (per kg)," ujar dia.

Lonjakan harga jual pun ikut berdampak pada komoditas sayuran lain di lapak dagangannya. Seperti kentang, yang sudah sepekan ini naik dari Rp 10 ribu per kg jadi Rp 14 ribu per kg. Begitu juga tomat buah, yang menanjak dari Rp 10 ribu per kg menjadi Rp 12 ribu per kg.

Beda cerita dengan komoditas bawang, yang justru harganya menurun dalam waktu dekat ini. Uus mengumumkan, bawang merah yang ia tawarkan saat ini harganya Rp 30 ribu per kg, turun dari Rp 35 ribu per kg.

"Sudah semingguan ini turunnya. Bawang putih (bulat) juga, dari Rp 35 ribu (per kg) sekarang Rp 30 ribu (per kg). Kalau yang (bawang putih) cutting itu Rp 35 ribu (per kg), sebelumnya Rp 40 ribu (per kg)" ucapnya.

Penurunan harga ini, kata dia, disebabkan oleh jumlah permintaan pasar yang banyak. "Mereka (pengepul) beralasan katanya permintaan lagi banyak," Uus menandaskan.

 

 

Saksikan video pilihan di bawah ini:

 

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Klasemen Liga 1 2018: PSM dan Barito Bersaing Ketat di Puncak

Posted: 19 Jul 2018 10:15 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Go-Jek Liga 1 bersama Bukalapak memasuki pekan ke-17. Ini merupakan pekan terakhir dari putaran pertama.Berikut selengkapnya klasemen Liga 1 2018.

Persaingan di papan atas klasemen Liga 2018 pun semakin sengit. PSM Makassar dan Barito Putera bersaing di puncak dengan selisih satu poin.

Sementara klub-klub seperti Persib Bandung, Sriwijaya FC, Bali United, dan Persipura Jayapura bersiap menyalip dari papan tengah.

Di papan bawah persaingan juga cukup ketat. PSMS Medan yang berada di posisi paling buncit, hanya butuh tiga poin untuk masuk zona aman.

Sebaliknya, tim-tim seperti Mitra Kukar, Arema FC, atau Perseru, bisa saja masuk jurang degradasi jika tak waspada. Berikut selengkapnya klasemen Liga 1 2018:

 

Klasemen Liga 1

Klasemen Liga 1 2018 (Soccerway)

Jadwal Hari ini

Jumat, 20 Juli 2018

18.30 WIB: PS Tira vs Borneo FC (Vidio.com)

Simak video pilihan berikut ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Dikenal Pendiam, 3 Zodiak Ini Punya Gairah Seks Paling Liar di Ranjang

Posted: 19 Jul 2018 10:05 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Setiap orang tentu memiliki kepribadian yang berbeda, termasuk soal gairah seksual di atas ranjang. Meski dengan penampilan kalem dan pendiam, ternyata tak menjamin orang tersebut tidak akan liar di ranjang.

Dilansir dari Bustle.com, profesional astrologer Rachel Lang mengungkapkan bahwa sekian zodiak yang tampak diam di luar, ternyata menyimpan gairah liar di ranjang.

Siapa saja mereka? Berikut beberapa zodiak yang dikenal liar di ranjang meski memiliki penampilan luar yang pendiam.

1. Aries (21 Maret - 19 April)

Aries mungkin bukan zodiak paling pendiam di antara 12 zodiak, tapi ada kalanya ia menjadi sosok yang serius dan dewasa. Di balik penampilan lincahnya yang seakan tidak memikirkan seks, ternyata ia punya gairah meluap-luap ketika di balik pintu kamar tidur.

2. Scorpio (23 Oktober - 21 November)

Sosok Scorpio yang terkenal sebagai sosok romantis yang dari luar memang tidak terlihat menggebu-gebu secara seksual. Namun, jangan heran jika diam-diam ia menyimpan gairah yang tak terduga di atas ranjang.

Ia membawa sisi romantis dari luar ke atas ranjang juga. Semua ini dilakukan pemilik zodiak ini karena merasa kepuasan pasangan adalah prioritasnya.

3. Libra (23 September - Oktober 22)

Ilustrasi hubungan cinta - pasangan bahagia (iStockphoto)

Pemilik zodiak ini memang dikenal senang memperlihatkan kemesraan di depan umum ketika bersama pasangan. Keterbukaan tersebut yang membuat Libra liar atau memiliki dorongan seksual tinggi ketika di ranjang.

Jadi, kamu jangan tertipu dengan tampilan seseorang dari luar ya.

Reporter:

Febi Anindyakirana

Sumber: Vemale.com

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Ini 3 Mantan Napi Korupsi yang Tetap Nyaleg di Pileg 2019

Posted: 19 Jul 2018 10:04 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Komisi Pemilihan Umum (KPU) melarang mantan narapidana kasus korupsi menjadi caleg Pada Pemilu 2019. Peraturan KPU (PKPU) Nomor 20 Tahun 2018 ini juga didukung Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK). Alasannya, agar calon legislatif memiliki kredibilitas yang baik.

Meski ada larangan, dua partai politik tetap mendaftarkan mantan koruptor sebagai caleg. Apalagi setelah aturan KPU ini tengah digugat ke Mahkamah Agung.

Berikut 3 mantan narapidana kasus korupsi yang tetap nekat menjaadi caleg.

1. Teuku Muhammad Nurlif

Ketua DPD I Golkar Aceh Teuku Muhammad Nurlif merupakan eks napi kasus korupsi. Dia terjerat kasus korupsi suap pemilihan deputi gubernur senior bank Indonesia tahun 2004 dan dihukum penjara selama 16 bulan. Kali ini, Nurlif bakal maju lagi dari Aceh.

2. Iqbal Wibisono

Ketua Harian DPD I Golkar Jawa Tengah Iqbal Wibisono juga seorang eks narapinada kasus korupsi. Dia pernah dihukum satu tahun penjara karena kasus korupsi dana bantuan sosial Pemprov Jateng di Wonosobo pada 2008. Kini dia kembali maju di dapil Jawa Tengah.

3. M Taufik

Sementara Partai Gerindra mengusung M Taufik sebagai caleg, meski ada larangan dari KPU. Taufik terjerat kasus korupsi saat menjabat sebagai komisioner KPU DKI Jakarta.

Ia saat itu divonis 18 bulan penjara pada 27 April 2004. Dia didakwa merugikan uang negara sebesar Rp 488 juta dalam kasus korupsi pengadaan barang dan alat peraga Pemilu 2004.

 

KPU Kecewa

Komisioner Komisi Pemilihan Umum (KPU) Wahyu Setiawan menyayangkan partai politik atau parpol yang mendaftarkan mantan narapidana korupsi menjadi bakal calon legislatif (caleg) . Padahal KPU telah mengimbau dari jauh-jauh hari.

Dia mengatakan Peraturan KPU telah disahkan. Sehingga semua pihak dapat menghormati dan menaatinya.

"Iya itulah, kita juga sudah jauh hari mengimbau agar parpol agar mencalonkan kader-kader parpol yang baik," kata Wahyu di kantor KPU, Menteng, Jakarta Pusat, Kamis (19/7/2018).

Sementara itu, dia menyebut pihaknya tetap menghormati upaya pengajuan judicial review atau uji materi oleh beberapa pihak mengenai PKPU Nomor 20 Tahun 2018 tentang Pencalonan Anggota DPR, DPRD Provinsi dan DPRD Kabupaten atau Kota.

Reporter : Fellyanda Suci Agiesta

Sumber: Merdeka.com

Saksikan video pilihan di bawah ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Pakai PLTS, Menteri Jonan Pamer Bayar Listrik Rumah di Bawah Rp 1 Juta

Posted: 19 Jul 2018 10:04 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) Ignasius Jonan mengaku senang karena kini tak perlu lagi mengeluarkan uang yang besar untuk membayar listrik di kediamannya.

Hal itu terjadi setelah Jonan memutuskan untuk menggunakan Pembangkit Listrik Tenaga Surya (PLTS) di atap rumah (roof top).

‎Jonan mengaku telah menggunakan PLTS di kediaman, baik rumah dinas maupun rumah pribadi, dengan kapasitas 15,4 kilo Watt peak (kWp).

"Saya sudah menggunakan, rumah dinas dan rumah pribadi," kata Jonan, seperti dikutip Jumat (20/7/2018).

Menurut Jonan, ‎setelah menggunakan PLTS roof top untuk melistriki rumah, hal yang paling dirasakan sebelum dan sesudah penggunaan adalah penghematan pembayaran listrik yang cukup fantastis.

"Tagihannya (listrik) mungkin Rp 4 juta sampai Rp 5 juta, mungkin sekarang enggak nyampe Rp 1 juta," tutur Jonan.

Dia pun punya gagasan untuk mendorong penggunaan PLTS pada bangunan. Namun, dia harus mengeluarkan peraturan terlebih dahulu.

Pasalnya, penggunaan PLTS roof top selain dapat menghemat tagihan listrik,‎ tetapi juga dapat meningkatkan kapasitas listrik terpasang.

"Kalau ditawarkan ke pelanggan PLN, mungkin bisa 5 sampai 10 tahun bisa tambah 10 ribu Mega Watt," dia menandaskan.

Kementerian ESDM Bagikan Lampu Tenaga Surya di NTT

Petugas memasang Lampu Tenaga Surya Hemat Energi (LTSHE) di rumah penduduk di desa terpencil Papua. Pada 2017 Kementrian ESDM telah membagikan paket LTSHE untuk 79.564 rumah di 1.027 desa.  (Liputan6.com/HO/Hadi M Djuraid)

Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) membagikan lampu tenaga surya hemat energi (LTSHE) di pulau kecil di Nusa Tenggara Timur (NTT).

Pembagian lampu tersebut dilakukan ke wilayah yang rasio elektrifikasinya masih rendah. NTT termasuk wilayah yang rasio elektrifikasinya di bawah 65 persen dan terendah kedua setelah Papua.

Sebelumnya, Kementerian ESDM berupaya menerangi wilayah Indonesia, terutama desa-desa belum berlistrik dan belum akan dialiri listrik dari PLN dalam waktu dekat, dengan membagikan LTHSE kepada masyarakat di daerah 3T, yaitu terdepan, terluar, dan tertinggal. Ini sebagai langkah untuk mewujudkan pelayanan yang berkeadilan sosial.

"Pelayanan berkeadilan sosial terjemahan kita adalah semua kebutuhan dasar bagi seluruh warga sebisa mungkin terpenuhi, dengan baik dan terjangkau harganya. Jadi, kalau ada listrik, tetapi masyarakat tidak mampu bayar, juga sia-sia," ujar Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) Ignasius Jonan saat kunjungan kerja ke Desa Welai Timur, Kabupaten Alor, NTT, seperti ditulis Sabtu (31/3/2018).

Rasio elektrifikasi masih rendah menjadi salah satu alasan Jonan blusukan ke NTT.

"Kita sama-sama akan kejar agar rasio elektrifikasi di sini sampai akhir 2019 juga bisa mencapai 99 persen. Tapi saya juga minta tolong, bapak gubernur, bupati, serta aparat keamanan untuk juga membantu layanan (pengurusan perizinan) kelistrikan dan air supaya cepat. Kalau ada hambatan kecil-kecil bisa diselesaikan. Arahan Bapak Presiden, administrasi prosedur itu dipersingkat supaya tidak ruwet, tidak panjang," ucap Jonan.

Dalam kunjungannya, Jonan meresmikan 21 unit pembangkit listrik Energi Baru Terbarukan (EBT), 12 sumur bor air bersih dengan pembiayaan APBN 2016-2017. Jonan juga membagikan 1.747 lampu tenaga surya hemat energi (LTSHE) dengan pembiayaan APBN 2018. Keseluruhannya di NTT.

"Penerima LTSHE di NTT tahun ini sebanyak 1.747 keluarga yang belum menikmati listrik. Kalau kurang, Kepala Dinas ajukan lagi tapi usulkan by name by address, jadi lebih cepat prosesnya. Ini gratis, dipasangkan gratis dan tidak perlu bayar iuran listrik," ucap Jonan.

Dari tempat terpisah, masyarakat desa pulau Buaya, Kabupaten Alor, sebagai salah satu yang menikmati listrik dari pembangkit listrik EBT menyampaikan apresiasi kepada Menteri ESDM Ignasius Jonan.

"Kami masyarakat pulau buaya sejak Oktober 2017 lalu sudah bisa menikmati listrik dari PLTS terpusat, kami terima kasih kepada bapak Presiden dan Bapak Menteri," ungkap Mantan Kepala Desa Pulau Buaya.

Selain berterima kasih atas PLTS yang diterima, warga desa pulau buaya juga meminta bantuan air bersih karena mereka kesulitan air, bahkan harus menyeberang pulau untuk mendapatkannya.

Menanggapi hal tersebut, Jonan bertanya berapa jumlah masyarakat di Pulau Buaya. "Ada 1695 jiwa atau 378 KK seluruhnya," jawab mantan Kepala Desa Pulau Buaya.

Jonan mengatakan, pihaknya akan membangun satu sumur bor untuk Desa Pulau Buaya pada 2018. Satu sumur bor air tanah dapat menghasilkan debit air sekitar dua liter per detik dan  dapat dinikmati oleh lebih dari 2.000 jiwa.

 

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Cerita Bocah Dibawa Kabur Penipu dari Lamongan dan Ditinggalkan di Magelang

Posted: 19 Jul 2018 10:00 PM PDT

Lamongan - Jangan mudah percaya pada orang yang belum dikenal. Pelajaran penting itu didapat Yuwarina (30), warga asal Desa Sendang, Kecamatan Jatirogo, Tuban, saat meminjamkan sepeda motor beserta cucu pemilik kos tempatnya tinggal kepada dua penipu.

Kasat Reskrim Polres Lamongan, AKP Norman Wahyu Hidayat menuturkan peristiwa nahas dialami korban pada Minggu, 15 Juli 2018 lalu. Dua orang mengaku bernama Junaidi dan Yani datang ke tempat kos korban di Desa Karanglangit, Kecamatan Lamongan.

Keduanya mengaku akan mengucapkan terima kasih kepada pemilik kos karena pernah ditolong menginap saat tidak punya uang. Kedua penipu tersebut, lanjut dia, kemudian ingin menginap lagi.

Karena penampilannya meyakinkan, korban percaya. Bahkan saat mereka meminjam sepeda motornya bernopol S 3114 MY untuk jalan-jalan juga diserahkan. Korban semakin percaya karena cucu pemilik kos bernama NPM (12) juga diajak naik motor tersebut.

Namun, kedua penipu itu tak kunjung kembali. Korban kemudian melapor ke Polres Lamongan, Senin, 16 Juli 2018.

Setelah penyelidikan, NPM akhirnya ditemukan. Bocah warga Desa Karanglangit, Kecamatan Lamongan, ditemukan di salah satu tempat kos di Desa/Kecamatan Secang, Magelang. Dia tiba di Mapolres Lamongan, Kamis, 19 Juli 2018, setelah dijemput dari Magelang.

"'Anak itu dibawa komplotan sampai Magelang dan ditinggal di salah satu tempat kos sendirian. Sedangkan dua orang tak dikenal yang membawanya, telah pergi," kata Norman.

Baca berita menarik JawaPos.com lainnya di sini.

 

Perjalanan Si Bocah

Ilustrasi kekerasan pada anak| Via: childteaching.com

Dari keterangan singkat korban, setelah keluar bersama dua orang tak dikenal dari rumah kos milik neneknya, dia diajak naik sepeda motor ke arah barat. Kemudian, dia diajak berganti naik truk sebanyak dua kali dan sekali naik mobil L 300, sebelum sampai di tempat kos di Magelang.

"Korban mengaku, sampai tempat kos di Magelang malam hari. Namun pagi harinya ditinggal oleh dua orang yang mengajaknya itu dan tak kembali lagi," ujarnya.

Selama perjalanan, korban mengaku sangat takut dan tak berani melakukan apapun. Si penipu, menurut korban, juga sempat meminjam uang seorang yang kos bersebelahan dengan kamar korban sebanyak Rp 400 Ribu.

"Kasus itu terungkap, setelah pemilik kos curiga ada anak perempuan sendirian di dalam kamar, padahal sebelumnya dibawa dua orang dewasa. Kemudian dilaporkan," tutur Norman.

Saksikan video pilihan berikut ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Kemudi Mobil Didesain Lingkaran, Apa Alasannya?

Posted: 19 Jul 2018 10:00 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Pernahkan Anda membayangkan mengapa lingkar kemudi berbentuk lingkaran, bukan kotak atau segitiga?

Penyematan kemudi berbentuk lingkaran atau roda sebenarnya memiliki sejarah tersendiri. Dilansir dari carfromjapan.com, Rabu (18/07/2018), pada awalnya kemudi mobil tidak berbentuk lingkaran namun tuas seperti pada transmisi.

Bentuk kemudi seperti ini cukup mudah digunakan hanya saja tidak memiliki keakuratan yang baik ketika mengarahkan roda. Hal tersebut membuat mobil dengan kemudi tuas sulit untuk diparkirkan. Sedangkan kemudi berbentuk lingkaran sangat ideal untuk urusan parkir.

Alasan lain mengapa kemudi berbentuk lingkaran yaitu memudahkan ketika memutar balik. Di mana arah ban dapat diatur sesuai keinginan secara presisi. Karena bentuknya yang melingkar, tenaga yang dibutuhkan untuk memutar kemudi juga menjadi rata. Hal itu akan berbeda jika kemudinya tidak berbentuk lingkaran.

[Kemudi ](kemudi "")berbentuk lingkaran juga cukup aman. Karena tidak ada sudutnya, risiko terbentur tangan ketika berputar sangat minim. Bayangkan jika bentuknya persegi empat, sudut-sudutnya yang tajam bisa saja melukai pengendara.

 

Selanjutnya

Namun begitu, saat ini tak semua kemudi kendaraan berbentuk lingkaran penuh. Beberapa pabrikan membuat kemudi dengan bagian bawahnya datar. Hal tersebut diadaptasi dari mobil balap yang memiliki ruang cukup sempit. Dengan adanya kemudi yang bagian bawahnya datar mengizinkan pengendara untuk keluar dari kendaraan tanpa harus tersangkut kemudi.

Sumber: Otosia.com

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Bertemu Vladimir Putin, Melania Trump Pasang Ekspresi 'Horor'

Posted: 19 Jul 2018 10:00 PM PDT

Liputan6.com, Helsinki - Dalam pertemuan antara Presiden AS dan Rusia di Finlandia, Melania Trump tak luput jadi sorotan. Kali ini terkait ekspresi wajahnya yang horor setelah bersalaman dengan Vladimir Putin.

Seketika citra elegan pada Melania Trump hilang.

Dalam rekaman yang beredar, seperti dikutip dari News.com.au, Kamis (19/7/2018), terlihat Melania berdiri di samping Donald Trump dan tersenyum saat menyapa Vladimir Putin lalu berjabat tangan. Setelah sedikit basa-basi, dia melangkah mundur dan mengamati ruangan.

Saat itulah ekspresi wajahnya terlihat berubah, aneh dan membeku, terdiam beberapa saat.

Beberapa orang menggambarkan ekspresi wajahnya terlihat netral. Namun yang lainnya menganggapnya seperti habis melihat sesuatu yang horor.

"Dia terlihat seperti menatap dengan tatapan jahat," kata seorang pengguna akun media sosial tentang klip saat Melania Trump bersalaman dengan Vladimir Putin.

"Satu-satunya di ruangan yang mengerti betapa berbahayanya pria itu sebenarnya," kata Aaron McCord terkait video itu juga.

Ibu negara AS itu juga disebut-sebut menunjukkan kombinasi ekspresi antara terkejut, kagum, bingung, ngeri, setelah bersalaman dengan Presiden Rusia Vladimir Putin.

Di media sosial, video klip itu dibandingkan dengan reaksi yang sama dari Melania Trump saat pelantikan suaminya.

Dalam rekaman kala itu, ia terekam begitu berseri-seri saat Donald Trump disambut tepuk tangan kerumunan di upacara pelantikannya pada Januari 2017. Tetapi saat suaminya membalikkan punggung, wajahnya mendadak suram. 

"Sama seperti saya menganggap diri saya bertanggung jawab atas hal-hal yang terjadi di negara ini. Jadi tentu saja sebagai pemimpin suatu negara Anda harus menahannya bertanggung jawab, ya," kata presiden.

Video itu muncul saat Donald Trump mendapat kritik deras dari berbagai pihak, termasuk sejumlah politikus Partai Republik. Ini terjadi setelah dia mengutarakan komentar yang mengisyaratkan bahwa dirinya senada dengan Presiden Vladimir Putin soal isu campur tangan Rusia dalam Pilpres AS 2016 (populer disebut Russian Meddling).

Komentar Trump datang setelah dirinya melakukan pembicaraan tatap muka perdana dengan Putin di Helsinki pada Senin, 16 Juli 2018.

Pada konferensi pers bersama Trump, Putin menegaskan bahwa Rusia tidak pernah sekalipun ikut campur tangan dalam urusan dalam negeri Amerika Serikat.

"Saya perlu menegaskan kembali hal yang sudah pernah saya katakan sebelumnya: Rusia tidak pernah mencampuri (Pilpres AS 2016), dan tidak akan mencampuri urusan internal Amerika, termasuk proses pemilu," ujar Putin seperti dikutip dari The New York Times, 17 Juli 2018.

Trump turut menegaskan bahwa tidak ada alasan bagi Rusia untuk ikut campur dalam Pilpres AS 2016.

"Mereka menuduh Rusia (melakukan campur tangan dalam Pilpres AS 2016)," kata Trump. Dia menambahkan, "Tapi Presiden Putin mengatakan, 'bukan Rusia'. Jadi saya tak melihat alasan mereka melakukannya."

Pernyataan dari kedua pemimpin itu tampak mengabaikan peristiwa yang terjadi pada Jumat, 13 Juli, di mana Kejaksaan Federal AS mendakwa 12 agen dan perwira Badan Intelijen Militer Rusia (GRU) terkait dugaan campur tangan mereka dalam Pilpres AS 2016.

Dakwaan itu merupakan bagian dari investigasi Penyelidik Khusus Kementerian Kehakiman AS, Robert Mueller, atas skandal campur tangan Rusia dalam Pilpres AS 2016, yang diduga berdampak pada kemenangan Donald Trump dalam pemilu.

Para terdakwa dituduh terlibat dalam upaya berkelanjutan untuk meretas jaringan internet Kampanye Kongres Demokrasi Partai Demokrat, Komite Nasional Partai Demokrat, dan tim kampanye Capres Hillary Clinton --semuanya merupakan saingan Trump dan Partai Republik pada Pilpres dua tahun lalu. Demikian seperti dikutip dari ABC News.

Sementara itu, komunitas intelijen AS juga telah lama meyakini bahwa Rusia memang mencampuri Pilpres AS 2016.

 

 

 

Saksikan juga video tentang Melania Trump berikut ini:

Reaksi Kaget Melania Saat Dilempar Bola oleh Donald Trump

Melania Trump memangku bola Piala Dunia yang sebelumnya dilempar oleh Presiden AS Donald Trump. Bola tersebut merupakan pemberian Presiden Rusia Vladimir Putin kepada sang presiden AS (AFP PHOTO)

Sebelumnya, reaksi lain Melania Trump di pertemuan itu juga menjadi perbincangan.

Bermula saat Presiden Rusia Vladimir Putin memberikan Presiden Amerika Serikat Donald Trump buah tangan berupa sebuah bola Piala Dunia 2018, usai keduanya melaksanakan pertemuan tingkat tinggi di Helsinki, Finlandia pada Senin 16 Juli 2018.

Putin memberikan bola itu kepada Trump di depan mimbar, saat mereka melaksanakan konferensi pers bersama para delegasi dari AS dan Rusia serta awak pers, guna menjabarkan hasil pertemuan yang berlangsung sebelumnya.

Saat memberikan bola itu kepada Trump, Putin mengatakan, "Pak Presiden, saya memberikan bola ini kepada Anda dan bola ini akan berada di lapangan Anda," jelasnya, menandai bahwa Amerika Serikat, Kanada dan Meksiko akan menjadi tuan rumah Piala Dunia 2026.

Donald Trump membalas, "Benar kami akan menjadi tuan rumah (Piala Dunia 2026) dan kami berharap akan melakukannya dengan baik. Terima kasih. (Bola) ini akan diberikan kepada anak saya Barron."

Hingga akhirnya Trump mengatakan, "Melania, ini dia," seraya melempar bola itu kepada istrinya yang duduk di barisan paling depan. Demikian seperti dikutip dari Daily Mail, Selasa 17 Juli 2018.

Melania --yang tampaknya agak terkejut dengan lemparan Trump-- luput menangkap bola tersebut.

Bola itu sempat memantul di paha atas Melania, untuk kemudian ditangkap oleh Menteri Luar Negeri AS Mike Pompeo yang duduk di sebelah kirinya.

Pompeo kemudian menyerahkan bola itu kepada Melania.

Sang Ibu Negara AS kemudian menerima dan memangku bola itu sambil tersenyum lebar sepanjang konferensi pers berlangsung.

Selepas konferensi pers, istri Donald Trump itu menyerahkan bola tersebut kepada delegasi AS.

Berikut ini videonya:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Laga Pramusim Pertama, Manchester United Gagal Bungkam Club America

Posted: 19 Jul 2018 10:00 PM PDT

Liputan6.com, Arizona - Manchester United mengawali tur pramusim di Amerika Serikat dengan hasil yang kurang memuaskan. Menghadapi tim asal Meksiko, Club America, Setan Merah hanya mampu bermain imbang dengan skor 1-1.

Pada laga ini Manchester United tertinggal 1-0 lebih dahulu oleh Henry Martin sebelum Juan Mata menyamakan kedudukan di pertengahan babak kedua.

Menurunkan gabungan tim muda dan tim muda, Manchester United langsung tampil menggebrak di awal laga. Mereka berusaha untuk mencuri gol semenjak awal laga.

Setan merah terus melancarkan serangan. Namun Club America bermain dengan disiplin sehingga United kesulitan menembus areal pertahanan mereka.

Di menit 12 United memiliki peluang emas dari Anthony Martial yang melepaskan tembakan melengkung dari luar kotak penalti, namun bola masih melebar tipis di atas mistar gawang Club America.

Tiga menit berselang giliran Juan Mata yang memiliki peluang emas setelah tembakan mendatarnya berhasil mengelabuhi kiper Club America. Namun sayang bola itu mengenai tiang gawang sehingga tidak tercipta gol.

Club America sendiri bukannya tanpa peluang berarti di babak pertama ini. Di menit 33 mereka berhasil mengancam melalui serangan kombinasi 1-2 penyerang mereka, namun Lee Grant yang bertugas sebagai penjaga gawang berhasil mematahkan peluang tersebut.

Jual beli serangan terus terjadi di babak pertama namun skor 0-0 tidak berubah hingga turun minum.

Tertinggal

Skuat Manchester United berlatih di AS pada pramusim 2018/2019. (Twitter MU)

Sama seperti babak pertama, Manchester United mencoba untuk mengambil inisiatif serangan, sementara Club America lebih bersabar menunggu dan mengandalkan serangan balik.

Baru 7 menit laga berjalan, Club America mulai menebar ancaman melalui skema serangan balik, namun Joel Perreira yang masuk menggantikan Lee Grant berhasil mematahkan peluang tersebut.

Pada menit 60 hal yang ditakutkan akhirnya terjadi. Melalui skema serangan balik, Henry Martin sukses menyundul bola ke gawang Pereira memanfaatkan umpan lambung dari sisi kiri serangan mereka. Skor berubah menjadi 1-0 untuk keunggulan Club America.

Tertinggal satu gol membuat United mulai meningkatkan tempo serangan mereka. Baru dua menit paska gol tersebut, mereka sudah memiliki peluang emas melalui sepakan melengkung Luke Shaw, namun sekali lagi bola masih melebar tipis dari gawang Club America.

 

Pergantian

Jose Mourinho memutuskan untuk melakukan pergantian pemain usai kebobolan. Anthony Martial ditarik keluar untuk digantikan Thahith Chong dan Demetri Mitchell ditarik untuk digantikan Matteo Darmian. Sementara 10 menit berselang giliran Mason Greenwood yang masuk menggantikan Luke Shaw.

Masuknya Chong dan Greenwood ini sedikit banyak mengubah permainan United. Mereka lebih agresif dalam melakukan serangan. Alhasil di menit 78 United berhasul menyamakan kedudukan setelah tembakan mendatar Juan Mata gagal diantisipasi kiper pengganti Club America. Skor kembali imbang 1-1.

Di sisa babak kedua ini, United kembali melakukan perganitan. Jose Mourinho menarik keluar Scott McTominay yang mengalami cedera dan Juan Mata untuk digantikan dengan Angel Gomez dan Axel Tuanzebe.

United mencoba untuk mengejar gol kedua namun hingga wasit meniupkan peluit tanda berakhirnya pertandingan, skor tetap bertahan 1-1.

Sumber: Bola.net

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Melihat Satu Bulan Kemeriahan Piala Dunia 2018 di Twitter

Posted: 19 Jul 2018 10:00 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Kemeriahan Piala Dunia 2018 tidak hanya bisa dirasakan di Rusia, tapi juga Twitter. Banyak warganet berkicau tentang Piala Dunia di Twitter, termasuk untuk merayakan kemenangan, mendapatkan informasi atau analisis pertandingan, hingga menunjukkan sporitivitas.

Setelah 64 pertandingan, termasuk laga Final Piala Dunia antara Kroasia dan Prancis, Twitter menganalisis percakapan yang terjadi.

Analisis ini dilakukan untuk menggambarkan peran signifikan Twitter bagi para penggemar sepak bola sejak #PialaDunia dimulai 14 Juni lalu hingga 15 Juli lalu.

Berdasarkan analisis, twit terkait #PialaDunia menghasilkan 115 miliar impresi (disaksikan sebanyak 115 miliar kali di Twitter) selama turnamen berlangsung.

Seluruh twit mencakup berbagi keseruan saat tim favorit menyumbangkan gol, memprediksi hasil pertandingan berikutnya, serta membahas cedera pemain atau kontroversi keputusan wasit.

"Para penggemar datang ke Twitter untuk membahas semua hal yang terkait dengan #PialaDunia," tulis Twitter dalam keterangan resminya, Jumat (20/7/2018).

Piala Dunia di Twitter (II)

Gaya Kolinda Grabar Kitarovic (kanan) dan Presiden Prancis, Emannuel Macron pada final Piala Dunia 2018 di Luzhniki Stadium, Moskow, Rusia, (15/7/2018). Meski Kroasia kalah Kolinda Grabar-Kitarovic tetap tersenyum manis. (AP/Matthias Schrader)

Twitter juga menyampaikan data-data menarik lainnya terkait pertandingan sepak bola terbesar terebut, seperti pertandingan dan momen yang paling banyak dibicarakan. Berikut rangkumannya:

Pertandingan yang paling banyak dibicarakan di Twitter selama Piala Dunia berlangsung:

- Prancis vs Kroasia (#WorldCupFinal 15 Juli)

- Brasil vs Belgia (#BRABEL 6 Juli)

-Brasil vs Meksiko (#BRAMEX 2 Juli)

-Prancis vs Argentina (#FRAARG 30 Juni)

-Kosta Rika vs Brasil (#BRACRC 22 Juni)

Momen yang paling banyak dibicarakan di Twitter:

Berikut adalah lima momen yang paling banyak dibicarakan di Twitter, berdasarkan jumlah twit per menit (TPM) sepanjang turnamen berlangsung:

-Kylian Mbappé (Perancis) mencetak gol ke-4 untuk Prancis, yang membuat negara tersebut memimpin dengan skor 4-1 di laga Final (15 Juli)

-Philippe Coutinho mencetak gol di pertambahan waktu, menjadikan Brasil unggul 1-0 atas Kosta Rika (22 Juni)

-Korea Selatan mengalahkan Jerman 2-0 (27 Juni)

-Final Whistle: Prancis mengalahkan Kroasia 4-2 di laga Final (15 Juli)

-Final Whistle: Belgia menang 2-1 atas Brasil (6 Juli)

Piala Dunia di Twitter (III)

Pelukan hangat Presiden Kroasia, Kolinda Grabar-Kitarovic untuk Luka Modric usai final Piala Dunia 2018 di Luzhniki Stadium, Moskow, Rusia, (15/7/2018). Meski Kroasia kalah Kolinda tetap tersenyum manis. (AP/Thanassis Stavrakis)

Hasil analisis Twitter juga mencakup soal tim dan pemain yang paling banyak dibicarakan.

Berikut adalah negara dengan jumlah twit terbanyak selama Piala Dunia berlangsung:

-Brasil

-Jepang

-Inggris

-Amerika

-Prancis

Pemain yang paling banyak dibicarakan selama turnamen:

-Neymar Jr. (@neymarjr, Brazil)

-Lionel Messi (Argentina)

-Cristiano Ronaldo (@Cristiano, Portugal)

-Kylian Mbappé (@KMbappe, Perancis)

-Philippe Coutinho (@Phil_Coutinho, Brazil)

Tim yang paling banyak dibicarakan di Twitter selama #PialaDunia berlangsung

-Brasil (@CBF_Futebol)

-Prancis (@equipedefrance)

-Argentina (@Argentina)

-Inggris (@England)

-Portugal (@selecaoportugal)

(Din/Ysl)

Saksikan Video Pilihan Berikut Ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Top 3 Showbiz: Kontroversi Kemarahan Iis Dahlia di Audisi Penyanyi Dangdut

Posted: 19 Jul 2018 10:00 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Penyanyi dangdut Iis Dahlia tiba-tiba menjadi buah bibir. Sayangnya, ini bukan karena prestasi atau lagu baru yang hendak dikeluarkan sang pedangdut.

Iis Dahlia menyulut kontroversi saat menjadi juri di sebuah acara kompetisi pencarian bakat penyanyi dangdut. Berita tentang hal ini, melejit sebagai artikel yang paling banyak dibaca pengunjung kanal Showbiz Liputan6.com sepanjang hari kemarin, Kamis (19/7/2018).

Selain Iis Dahlia, berita tentang Aming dan Nagita Slavina juga turut memancing rasa penasaran pembaca.

Berikut artikel yang masuk dalam Top 3 Kanal Showbiz Liputan6.com:

1. Dihujat karena Marahi Peserta Audisi, Iis Dahlia Malah Santai

Iis Dahlia memarahi peserta audisi yang menurutnya tampil kurang pantas, karena muncul di audisi tanpa berdandan. Komentar Iis Dahlia ini, memicu kemarahan warganet.

Namun ia justru santai dalam menanggapi hal tersebut. Cek selengkapnya di sini.

 

2. Unggah Foto Ini, Aming Di-unfollow Ratusan Warganet

Aming.  (Instagram/psychodiva2016)

Karena satu foto ini, Aming langsung di-unfollow secara massal. Tapi Aming mengatakan, bahwa foto tersebut sebenarnya adalah tes psikologi.

Baca selengkapnya di sini.

3. Tampil dengan Rambut Baru, Nagita Slavina Memukau bak Gadis Korea

Nagita Slavina. (Foto: instagram.com/raffinagita1717)

Nagita Slavina dikenal sebagai salah satu seleb yang memiliki wajah manis. Penampilannya makin menggemaskan dengan potongan rambut baru.

Seperti apa penampilan Nagita? Intip di sini.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

VIDEO: Penculik Bayi di Bandung Dikenal Baik dan Pendiam

Posted: 19 Jul 2018 10:00 PM PDT

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Libas Bintik Hitam di Wajah dengan 5 Perawatan Murah Ini

Posted: 19 Jul 2018 10:00 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Bintik hitam akibat paparan sinar ultraviolet (UV) atau sunspots yang muncul pada kulit lebih jelas terlihat pada orang-orang yang punya kulit terang.  

Bintik hitam bisa muncul di bagian kulit mana pun, seperti pipi, hidung, dahi, lengan dan lainnya. Tentunya ini bisa mengganggu penampilan.

Kali ini ada beberapa tips menghilangkan bintik hitam pada tangan akibat sinar matahari. Jika bintik hitam tidak berbahaya, maka ada beberapa pengobatan rumah yang mudah dan bisa diterapkan.

1. Susu

Susu mengandung asam laktat dapat membantu memudarkan bintik karena matahari dan meratakan warna kulit.

Siapkan cangkir susu dan kapas. Pertama, hangatkan susu di dalam panci. Celupkan kapas ke dalam susu hangat, dan oleskan di tangan sebelum tidur. Diamkan semalaman dan cuci dengan air biasa saat bangun tidur.

2. Lemon

Lemon selain membantu menghilangkan sel-sel kulit mati, juga dapat mencerahkan bintik-bintik hitam.

Siapkan lemon dan potong menjadi 2 bagian. Peras jus lemon dan oleskan di tangan, tunggu selama 15 menit dan kemudian bilas dengan air hangat.

Lakukan setidaknya dua kali seminggu untuk hasil yang lebih baik. Pastikan tidak berlebihan saat penggunaan, karena jus lemon juga bisa membuat kulit kering.

 

Hilangkan Bintik Hitam di Wajah

Ilustrasi ciri atau bentuk wajah (iStockphoto)

3. Bawang

Bawang adalah bahan terbaik untuk menghilangkan bintik-bintik matahari di tangan.

Belerang dan vitamin C dalam bawang membantu dalam menghilangkan sel-sel kulit mati dan mencerahkan kulit.

Siapkan bawang merah potong kecil-kecil,dan campurkan beberapa tetes jus lemon taruh di mangkok, lalu oleskan ini pada area bintik, dan biarkan selama 20 menit, setalah itu cuci dengan air dingin. Hindari menggunakan obat ini jika terdapat luka di tangan.

4. Cuka Apel

Cuka apel membantu memudarkan bintik matahari di tangan dengan menutup pori-pori yang terbuka, dan menjaga keseimbangan ph kulit.

Siapkan 1 sendok makan cuka apel, dan kapas. Oleskan cuka dengan menggunakan kapas di tangan yang berbintik, lalu diamkan 20 menit, bilas dengan air dingin dan gunakan pelembab. Ulangi pemakaian tiga kali seminggu untuk hasil yang lebih cepat dan lebih baik.

5. Baking Soda dan Air Mawar

Dengan mencampurkan keduanya dapat menyamarkan bintik hitam pada tangan, dan membantu dalam menghidrasi kulit.

Siapkan 2 sendok takar air mawar, 3 sdm baking soda 1 sdm madu. Campurkan air mawar, soda kue, dan madu dalam mangkuk bersih.

Selanjutnya, terapkan ini di tangan yang terdapat bintik hitam. Biarkan selama 20 menit dan kemudian bilas dengan air dingin.

Laporan: Qonita Lutfia / Dream.co.id

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Tips Menghemat Pengeluaran di Tanggal Tua

Posted: 19 Jul 2018 10:00 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Apakah Anda pernah merasakan persediaan uang yang semakin tipis di tanggal-tanggal tua? Biasanya di tanggal tua keuangan sudah mulai agak macet, bahkan mencekik.

Beberapa dari Anda bahkan harus kuat menahan diri untuk tidak jajan karena memang tanggal gajian yang masih terhitung lama.

Agar kondisi keuangan seperti ini tak terjadi setiap bulan, ada beberapa hal yang bisa Anda lakukan sejak awal bulan. Tanpa perlu terlalu mengencangkan ikat pinggang, beberapa tips keuangan dari Cashbac berikut ini bisa Anda coba.

1. Pilih Transportasi Umum yang Gratis

Untuk Anda yang tinggal di kota besar, ada beberapa jenis transportasi umum yang memang disediakan pemerintah secara gratis. Jangan malu dan ragu untuk menggunakan moda transportasi ini. Jika di daerah Anda belum bisa ditemukan transportasi umum yang gratis, minimalkan pengeluaran dengan menggunakan satu jenis transportasi yang bisa berbagi membayarnya bersama rekan kantor yang satu arah.

2. Bawa Kopi dari Rumah

Tanpa disadari, kebiasaan minum kopi saat berada di kantor menjadi salah satu pengeluaran yang cukup menguras tabungan. Tidak ada salahnya jika Anda menyiapkan sendiri kopi dari rumah dan dimasukkan ke dalam tumbler agar tetap hangat saat sampai di tempat tujuan. Selain lebih hemat, tentunya Anda juga lebih bisa bebas berkreasi untuk mendapatkan rasa yang pas di lidah.

 

3. Sarapan di Rumah

Ilustrasi Foto Sarapan (iStockphoto)

Tidak berbeda jauh dengan membawa kopi, sarapan di rumah juga akan mengurangi pengeluaran Anda. Tidak jarang Anda akan menjadi lebih loyal untuk membeli banyak jenis makanan saat melihat varian menu sarapan yang berlimpah di kantor. Bandingkan jika Anda telah terlebih dahulu sarapan di rumah, sehingga perut pun terasa sudah lebih kenyang dan tidak tertarik lagi untuk jajan.

4. Pintar-pintar Pilih Promo

Ilustrasi promo online (iStockPhoto)

 

Meski irit, tapi janganlah pelit. Satu hal yang bisa Anda lakukan saat tanggal tua sudah menerjang adalah dengan memanfaatkan promo sebaik mungkin. Banyak cara yang bisa dipilih untuk mendapatkan promo terbaik, mulai dari langsung mencari dari restoran yang biasa Anda kunjungi atau menggunakan aplikasi pendukung yang akan memberikan keuntungan dengan mengurangi nilai transaksi Anda.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Orang Kepercayaan Bupati Labuhanbatu Buron, KPK Akan Terbitkan DPO

Posted: 19 Jul 2018 09:59 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) memburu beberapa pihak yang diduga terlibat kasus suap sejumlah proyek di Kabupaten Labuhanbatu, Sumatera Utara. Salah satunya adalah Afrizal Tanjung, Direktur PT Peduli Bangsa (PB). Afrizal berperan sebagai pihak yang mencairkan cek di Bank Pembangunan Daerah (BPD) Sumut.

"KPK sedang melakukan pencarian terhadap saksi Afrizal Tanjung," ujar Juru Bicara KPK Febri Diansyah saat dikonfirmasi, Jumat (20/7/2018).

Afrizal merupakan orang kepercayaan Effendy Syahputra selaku pemilik PT Binivan Konstruksi Abadi (BKA). Afrizal yang mencairkan cek Rp 576 juta dari Effendy di BPD Sumut yang kemudian menitipkannya kepada petugas bank.

Dari pencairan Rp 576 juta, Afrizal mentransfer Rp 16 juta ke rekening dirinya dan Rp 61 juta ditransfer ke rekening Effendy. Kemudian sisanya sekitar Rp 500 juta dititipkan kepada petugas bank.

Uang sekitar Rp 500 juta itu kemudian diambil oleh orang kepercayaan Bupati Labuhanbatu Pangonal Harahap bernama Umar Ritonga. Saat hendak ditangkap tim penindakan KPK, Umar kabur dan hampir menabrak petugas KPK.

Kepada Umar, KPK meminta untuk segera menyerahkan diri. Febri menyarankan kepada kolega dan kerabat Umar untuk mengajak Umar menyerahkan diri ke kantor kepolisian terdekat atau langsung ke Gedung KPK.

"Imbauan ini berlaku sampai Sabtu, 21 Juli 2018. Jika tidak KPK akan memproses penerbitan DPO untuk yang bersangkutan," kata Febri.

 

Bupati Labuhanbatu Tersangka

Bupati Labuhanbatu Pangonal Harahap memakai rompi tahanan usai menjalani pemeriksaan di Gedung KPK, Jakarta, Rabu (18/7). KPK menahan Bupati Pangonal pasca operasi tangkap tangan di Labuhanbatu pada Selasa (17/7). (Merdeka.com/Dwi Narwoko)

Dalam kasus ini, KPK menetapkan Bupati Labuhanbatu Pangonal Harahap sebagai tersangka kasus dugaan suap proyek-proyek di Kabupaten Labuhanbatu, Sumatera Utara.

Selain Bupati Pangonal, KPK juga menetapkan dua orang lainnya sebagai tersangka. Yakni Umar Ritonga selaku pihak swasta dan Effendy Syahputra selaku pemilik PT Binivan Konstruksi Abadi (BKA).

Saut mengatakan, Bupati Pangonal dan Umar Ritonga diduga menerima suap dari Effendy melalui beberapa perantara sebesar Rp 576 juta. Namun uang tersebut masih belum disita oleh tim penindakan KPK.

Tim penindakan hanya menyita bukti transfer. Menurut Saut, bukti transaksi sebesar Rp 576 juta dalam kegiatan ini diduga merupakan bagian dari pemenuhan dari permintaan Bupati Panganol sekitar Rp 3 milyar.

Sebelumnya sekitar bulan Juli 2018 diduga telah terjadi penyerahan Cek sebesar Rp 1.5 milyar, namun tidak berhasil dicairkan.

Adapun, uang Rp 576 juta yang diberikan Effendy kepada Pangonal melalui Umar Ritonga bersumber dari pencairan dana pembayaran proyek pembangunan RSUD Rantau Prapat, Labuhanbatu.

 

Saksikan video pilihan berikut ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Iriana Jokowi: UMKM Harus Kembangkan Sistem Online

Posted: 19 Jul 2018 09:59 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Ibu Negara Iriana Joko Widodo (Jokowi) membuka pameran usaha Mikro, kecil, dan Menengah (UMKM) dengan tajuk Karya Kreatif Indonesia 2018 di Jakarta Convention Centre (JCC), Jakarta, pada Jumat ini. Pameran ini menyajikan berbagai macam perajin kain batik dan kain tradisional dari seluruh Indonesia yang merupakan mitra binaan Bank Indonesia (BI).

Di acara ini, Iriana menitipkan pesan kepada para pelaku UMKM untuk terus meningkatkan inovasi. Tdak hanya inovasi produk melainkan juga inovasi dalam hal pemasaran.

"Seiring persaingan global UMKM harus terus meningkatkan inovasi. Harus bisa juga untuk mengembangkan online," kata Iriana di JCC, Jumat (20/7/2018).

Diakuinya, UMKM menjadi salah satu jenis usaha yang tahan terhadap gejolak ekonomi global. Di sisi lain UMKM juga mampu menciptakan banyak lapangan kerja. "UMKM adalah tulang punggung nasional yang mempekerjakan banyak orang," tambah Iriana Jokowi.

Dengan terus berkembangnya UMKM dan banyaknya lapangan kerja nantinya mampu mengurangi angka pengangguran dan meningkatkan kesejahteraan masyarakat Indonesia.

Di kesempatan ini, Iriana juga berkesempatan untuk mengunjungi berbagai stand yang ada di JCC. Iriana tertarik dengan kain tenun asal Nusa Tenggara Timur (NTT).

Di stand ini, selain menyajikan kain tenun NTT juga memperlihatkan cara pembuatan dan bahan apa saja yang digunakan.

"Ini daun-daun ini digunakan untuk pewarnanya ya?" tanya dia ke pengrajin kain tenun tersebut.

Tak pikir panjang, Iriana Jokowi meminta ajudannya untuk membeli kain tersebut. Kain corak warna biru yang dinamakam Sarung Sabu menjadi pilihannya dengan harga Rp 2,5 juta.

Pameran BI

Gubernur Bank Indonesia (BI), Perry Warjiyo saat jumpa pers di Gedung BI, Jakarta, Jumat (29/06). Pada Rapat Dewan Gubernur BI suku bunga Deposit Facility (DF) juga naik 50 bps menjadi 4,50%, (Liputan6.com/Herman Zakharia)

Untuk diketahui, Gubernur Bank Indonesia (BI) Perry Warjiyo membuka pameran Usaha Menengah Kecil dan Mikro (UMKM) dengan tema Karya Kreatif Indonesia 2018. Pameran tersebut turut dihadiri oleh Ibu Negara Iriana Joko Widodo dan Mufidah Jusuf Kalla.

Pameran ini diselenggarakan untuk mengangkat karya kreatif dan UMKM binaan Bank Indonesia kepada masyarakat luas. Selain itu, oameran juga dilakukan untuk mendorong perluasan akses UMKM ke pasar nasional dan bahkan global.

"Karena itu, tema Pameran Karya Kreatif Indonesia tahun 2018 mengambil tema, yaitu Sinergitas Pengembangan Karya Kreatif Indonesia Menembus Pasar Global," ujar Perry di Hall A, JCC, Jakarta, Jumat (20/7/2018). 

Perry mengatakan Ibu Negara meminta BI terus mendorong munculnya pelaku usaha muda kreatif yang dapat menjadi motor penggerak ekonomi daerah, memperluas akses pasar termasuk ekspor, menciptakan pengusaha wanita yang tangguh, serta mengangkat citra budaya daerah.

"Menindaklanjuti arahan Ibu Negara tersebut, Bank Indonesia melalui program UMKM unggulan telah mendorong terciptanya usaha kreatif yang mengangkat budaya daerah dan melebarkan sayapnya dari pasar lokal dan nasional ke pasar global," jelasnya.

Untuk mendorong terciptanya usaha kreatif yang mengangkat budaya daerah, Bank Indonesia juga menjalin sinergi dengan berbagai pihak. Salah satu contoh kerjasama antara lain dengan Badan Ekonomi Kreatif dalam program Inovatif dan Kreatif Melalui Kolaborasi Nusantara (IKKON).

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Tidak ada komentar: