Sabtu, 14 Juli 2018

Liputan6 : RSS2 Feed

Liputan6 : RSS2 Feed


Raup 10 Medali, Atlet Wushu Junior Indonesia Berkibar di Kejuaraan Dunia

Posted: 14 Jul 2018 09:55 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Olahragawan Indonesia terus mengguncang dunia. Kini giliran tim wushu yang mencatat prestasi pada Kejuaraan Dunia Wushu Junior di Brasilia, Brasil. 

Hingga hari kedua penyelenggaraan, kontingen wushu Indonesia meraup 10 medali. 

"Sementara ini, tim kita telah mengumpulkan [sebanyak] 1 medali emas, 4 perak, dan 5 perunggu," kata Menteri Perindustrian Airlangga Hartarto yang juga Ketua Umum Pengurus Besar Wushu Indonesia (PB WI) dalam siaran pers, Sabtu (14/7/2018).

Airlangga optimistis para atlet wushu Indonesia mampu memberikan penampilan yang terbaik dan bisa menambah perolehan medali. Pertandingan ini berlangsung selama 9 Juli-16 Juli 2018. PB WI mengirimkan sebanyak 20 atlet wushu junior, terdiri dari 12 atlet Taolu dan 8 atlet Sanda.

"Mereka merupakan hasil Kejuaraan Nasional senior dan junior Piala Raja di Yogyakarta Maret lalu," ungkapnya.

Berdasarkan catatan PB WI, ke-10 medali yang disabet tim wushu Indonesia dicatat berkat kontribusi dari Jevon Kusmoyo yang berhasil mendapat medali emas di nomor Taiji Pedang. Lebih lanjut, medali perak diraih oleh Nadya Permata di nomor Changquan, Jevon Kuswoyo di nomor Taiji, Joyceline di nomor Jianshu, dan Nadya Permata di nomor Ginshu A.

 

Prestasi Lain

Sedangkan, medali perunggu, diperoleh Thalia Marvelina di nomor Gunshu, Nelson Louis di nomor Jianshu, Patricia Geraldine di nomor Jianshu, Ahmad Gifari di nomor Tombak, dan Joyceline di nomor Nanquan B.

"Tim wushu junior kita ini akan menjadi cikal bakal pelapis tim senior yang ada sekarang. (Oleh karena itu) agar tidak ada kesenjangan antara junior dengan senior, perlu diberikan kesempatan kepada junior untuk menimba pengalaman di kejuaraan dunia," jelasnya.

Menurutnya, wushu merupakan salah satu cabang olahraga yang bisa diandalkan oleh Indonesia untuk dapat meraih medali. Hal ini dibuktikan dari berbagai kejuaraan tingkat internasional, di mana tim wushu Indonesia mampu meraih medali emas.

Muhammad Zohri

Sebelumnya Indonesia Raya berkumandang dan Merah Putih berkibar sudah di ajang olahraga tingkat kejuaraan dunia. Prestasi ini dicatat Lalu Muhammad Zohri yang berhasil menjadi sprinter pertama Indonesia dengan meraih medali emas pada nomor lari 100 meter di Kejuaraan Dunia Atletik U20 IAAF 2018 di Tampere, Finlandia.

 

Baca berita menarik Solopos.com lainnya di sini.

 

Saksikan video pilihan di bawah ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Diikuti Sandiaga Uno, Pelari Kenya Juara Lari di Jakarta

Posted: 14 Jul 2018 09:50 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Wakil Gubernur DKI Jakarta, Sandiaga Uno turut serta di acara MILO Jakarta International 10K 2018. Acara tahunan ini memperebutkan total hadiah senilai lebih dari Rp 520 juta.

Diikuti 16 ribu peserta, baik dari dalam maupun luar negeri, MILO Jakarta International 10K diselenggarakan sebagai bagian dari rangkaian perayaan hari ulang tahun DKI Jakarta ke-491 dilangsungkan di kawasan Rasuna Said, Jakarta, Minggu (15/7/2018). 

Di samping kategori 10K dan 5K, ajang kali ini juga kembali menghadirkan kategori Family Run 1,7K dengan kuota peserta yang lebih banyak dibandingkan dengan tahun lalu. Family Run diikuti 1.500 keluarga.

Selain itu, MILO juga turut mendukung perwujudan gaya hidup sehat dan aktif dengan mengajak para peserta berdonasi lewat event ini. Para peserta yang sudah mendaftarkan diri di setiap kategori turut menyumbangkan Rp 10 ribu dari biaya pendaftaran yang nantinya akan dikumpulkan dan didonasikan dalam bentuk sepatu olahraga kepada anak-anak yang membutuhkan di DKI Jakarta, termasuk wilayah Kepulauan Seribu.

Para peserta kategori 10K akan melalui rute yang dimulai dari Kawasan Epicentrum kemudian menyusuri jalan Jalan HR Rasuna Said menuju ke arah Mampang, lalu putar balik di lampu merah Kuningan kembali ke jalan Jl Rasuna Said menuju ke arah Taman Menteng.

Kemudian dilanjutkan dengan turun jembatan berbelok ke Jl Sumenep, Jl Latuharhari, Jl Cimahi, Jl Kusuma Atmaja, Jl HOS Cokroaminoto, kemudian kembali ke Jl Rasuna Said di jalur lambat lalu berhenti di garis finish di Kawasan Epicentrum.

 

Pelari Kenya Juara

Ribuan peserta ikut Milo Jakarta International 10K (istimewa)

Pelari asal Kenya, Kennedy Lilan menjuarai kategori 10K Open International Putra dengan catatan waktu 29 menit 34 detik. "Ini kali kedua saya ikut di Milo Jakarta International 10K. Tahun lalu saya finis di posisi keenam," katanya saat konfrensi pers dengan wartawan.

Sedangkan atlet lokal juga mencatatkan prestasi. Pada kategori 10K Indonesian Only Putra, Ridwan kembali menjadi yang terbaik dengan catatan waktu 32 menit dan Odekta Vina Naibaho menjadi juara kategori 10K Indonesian Only Putri dengan catatan waktu 37 menit 3 detik.

"Saya sudah ikut acara ini dalam tujuh tahun terakhir. Namun, baru dalam dua tahun terakhi baru bisa raih podium pertama," ujar Odekta Vina Naibaho.

 

Simak video pilihan berikut ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Bela Ikan Hiu, Begini Gaya Menteri Susi saat Joget Baby Shark

Posted: 14 Jul 2018 09:47 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Meskipun ganas, ikan hiu masih rentan jadi sasaran untuk diambil siripnya. Menyadari hal tersebut, Menteri Kelautan dan Perikanan (KKP) Susi Pudjiastuti menjadikan kelestarian ikan hiu sebagai fokus orasinya pada peresmian Pandu Laut Nusantara di acara Car Free Day (CFD).

Susi menilai banyaknya perdagangan ikan hiu di Indonesia memberikan dua dampak negatif, yaitu merusak keberagaman lautan dan mempermalukan Indonesia di mata dunia.

"Keberagamannya (dari lautan) juga terancam karena masih pengekspor tertinggi sirip ikan hiu di dunia. Label ini bikin malu karena dicibir dunia," kata Susi pada Minggu (16l5/7/2018) di CFD Jakarta.

Turut menjadi pembicara bersama Menteri Susi adalah Kaka Slank. Ia menjelaskan bahwa justru sirip hiu tak baik untuk dimakan.

"Itu justru banyak merkurinya," jelasnya. Terlihat, Kaka Slank juga memakai topi bertuliskan 'I Love Hiu.'

Setelah acara berakhir, mendadak ada musik 'Baby Shark'. Susi spontan turun panggung dan bersama-sama berjoget bersama peserta yang hadir sambil membagikan kaos.

Pada kaos tersebut, Susi memakai kacamata hitam dan headdress dan dan bracelet layaknya Wonder Woman dan berpose memamerkan otot lengannya ala ikon feminis Rosie the Riveter.

 

Kaos Tenggelamkan Menteri Susi. Dok: Tommy Kurnia/Liputan6.com

Susi turut berpesan agar civil society (masyarakat sipil) ikut berperan menjaga kelestarian laut.

"Menjaga laut bukan tugas pemerintah saja tapi kita semua," ujar Susi seraya meminta masyarakat untuk membersihkan sampah bila melihatnya.

"Kalau tidak, saya tenggelamkan," canda Susi.

Susi Ultimatum Pemelihara Ikan Arapaima

Menteri Kelautan dan Perikanan Susi Pudjiastuti di 3rd Bali Tuna Conference (Dok Foto: Humas KKP)

Sebelumnya, Susi juga pernah memberikan ultimatum pada pemelihara ikan arapaima. 

eberadaan ikan jenis predator berukuran besar asal Sungai Amazon, Amerika Selatan, itu sebelumnya terpantau berenang secara berkelompok di aliran Sungai Brantas, Jawa Timur. Puluhan ikan arapaima sempat ditangkap oleh warga Desa Mliriprowo, Kecamatan Tarik, Kabupaten Sidoarjo, provinsi setempat, pada 26 dan 27 Juni lalu.

Jumlahnya diperkirakan mencapai 30 ekor, yang diduga milik seorang penghobi ikan, yang terlepas atau sengaja dilepas dari kolamnya.

Susi mengungkapkan, jika ikan jenis air tawar yang disebut terbesar di dunia itu oleh pemeliharanya dilepas di sungai, dipastikan akan menghabisi populasi ikan.

"Karenanya saya imbau bagi masyarakat yang memelihara ikan arapaima untuk menyerahkannya secara sukarela kepada petugas kami yang ada di daerah dekat tempat tinggalnya," ucapnya, dilansir Antara.

Tentu saja, pelanggaran bagi masyarakat Indonesia yang diketahui memelihara ikan predator ini bukan menjadi wewenang Kementerian Kelautan dan Perikanan yang dipimpinnya. "Itu urusannya penegak hukum," imbuh Menteri Susi.

Menyikapi kejadian ini, pemerintah di antaranya telah menerbitkan Surat Edaran tertanggal 29 Juni 2018, yang memerintahkan Balai Besar Karantina Ikan, Pengendalian Mutu dan Keamanan Hasil Perikanan (BKIPM) di seluruh daerah Indonesia untuk membuka pos komando (Posko) pelaporan dan penyerahan sukarela bagi masyarakat pemelihara ikan arapaima.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

VIDEO: Dian Sastrowadoyo akan Bawa Obor Asian Games 2018

Posted: 14 Jul 2018 09:46 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Dian Sastrowardoyo terpilih untuk membawa obor Asian Games 2018 di Solo, Jawa Tengah. Berbagai persiapan pun telah ia lakukan.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Ada Penembakan Teroris, Jokowi tetap Kunjungi Yogyakarta

Posted: 14 Jul 2018 09:41 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Presiden Jokowi memastikan tetap akan pergi ke Yogyakarta, meskipun sempat terjadi insiden penembakan terduga teroris di kawasan Kaliurang, Sabtu 14 Juli 2018.

"Tetap (ke sana)," kata Jokowi di gerbang Tol Ngemplak, Solo, Jawa Tengah, Minggu (15/7/2018).

Mantan Gubernur DKI Jakarta ini tak menampik bahwa kejahatan dan aksi terorisme di Indonesia masih ada. Oleh sebab itu, ia meminta agar masyarakat dapat bekerjasama dengan aparat untuk menyelesaikan masalah ini.

"Pemerintah sudah melakukan pendekatan, pendekatan lunak pendekatan keras. Semuanya dilakukan, tapi sekali lagi ini merupakan ancaman yang memang harus diselesaikan dengan baik oleh aparat hukum," tandas Jokowi.

Seperti diketahui, Jokowi berencana melakukan kunjungan kerja ke Yogyakarta pada Minggu (15/7/2018) setelah menggelar serangkaian kunjungan kerja di Sragen, Karanganyar dan Solo di Provinsi Jawa Tengah.

Tiga Terduga Teroris

Sebelumnya, pada Sabtu 14 Juli 2018 kemarin jajaran Detasemen Khusus 88 Antiteror Polri terlibat baku tembak dengan empat terduga teroris di Jalan Kaliurang, Yogyakarta.

Pihak kepolisian menyatakan, ada tiga terdugateroris yang meninggal dalam kejadian itu.

"Benar, sekitar pukul 17.30 WIB di Jalan Kaliurang KM 10 terjadi beberapa tembakan dari petugas Densus 88 AT yang akan melakukan upaya penanggulangan terorisme terhadap 3 terduga teroris," kata Kepala Biro Penerangan Masyarakat Divisi Humas Polri Brigjen M. Iqbal saat dikonfirmasi, Sabtu 14 Juli 2018.

Iqbal mengatakan, ketiga terduga teroris tersebut melakukan perlawanan dan menyerang dengan senjata tajam dan senjata api. Densus 88 pun langsung melakukan tindakan tegas terhadap tiga terduga teroris itu.

"Karena sangat membahayakan nyawa petugas dan masyarakat, maka ketiga terdugateroris terpaksa dilakukan tindakan tegas terukur, yang akibatnya tiga terduga teroris meninggal dunia," jelas dia.

Saksikan Video Pilihan Berikut Ini: 

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Klasemen Liga 1: Kesempatan PSM Kembali ke Puncak

Posted: 14 Jul 2018 09:40 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - PSM Makassar berkesempatan merajai kembali klasemen Liga 1. Syaratnya mereka mengalahkan Bhayangkara FC di Stadion I Wayan Dipta pada lanjutan kompetisi, Minggu (15/7/2018).

Juku Eja saat ini menempati posisi dua klasemen Liga 1. Mereka tertinggal dua angka di belakang Barito Putera dengan sama-sama bertanding 15 kali.

Bukan tugas mudah bagi PSM untuk membungkam Bhayangkara. Pasalnya, sang juara bertahan kompetisi yang disiarkan live dan eksklusif Indosiar ini dalam performa impresif. Mereka tidak terkalahkan dalam lima pertandingan terakhir di seluruh kompetisi.

Di Stadion Kanjuruhan, misi Arema FC menjauhi zona degradasi terus berlanjut. Mereka coba memetik poin sempurna atas sesama rival di papan bawah PS Tira.

Singo Edan memiliki 19 angka, unggul dua nilai dari PS Tira yang berada di ambang klasemen Liga 1.

Klasemen Liga 1

Klasemen Liga 1. (Soccerway)

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Makin Berani, Justin Bieber dan Hailey Baldwin Pamer Ciuman di Bak Mandi

Posted: 14 Jul 2018 09:40 PM PDT

Liputan6.com, Los Angeles - Justin Bieber dan Hailey Baldwin saat ini sedang dimabuk asmara. Kemesraan pun kian meliputi pasangan yang belum sebulan kembali sebagai kekasih ini. Setelah mantap bertunangan, mereka pun mulai berani memamerkan foto-foto lebih intim.

Kini Justin Bieber dan Hailey Baldwin benar-benar menikmati masa indah mereka. Pasangan ini bahkan tak segan memperlihatkan kemesraan mereka tak hanya di depan umum tetapi juga di media sosial.

Terbukti, belum lama ini Justin Bieber mengunggah foto terbarunya bersama Hailey lewat akun Instagram. Di sana ia memperlihatkan momen intim mereka saat berciuman di dalam hot tub alias bak mandi berisi air panas.

Menikmati momen kencan romantisnya, Hailey Baldwin dan Justin Bieber terlihat sangat natural saat berpose di depan kamera. Tak hanya berbagi ciuman mesra, pasangan ini juga tampak berpelukan seakan tak terpisahkan.

Tak Ada Keterangan

Justin Bieber dan Hailey Baldwin di media sosial. (Instagram/justinbieber)

Tak menuliskan keterangan apapun dalam foto tersebut, Justin Bieber sukses membuat para penggemarnya patah hati. Mereka yang belum bisa menerima kenyataan idolanya itu sudah bertunangan, kembali bersedih karena kemesraan yang dipamerkan Bieber di laman Instagram miliknya.

Tagar Jailey

Hailey Baldwin - Justin Bieber. (instagram/justinbieber)

Meskipun begitu, tak sedikit pula fans yang ikut bahagia melihat romantisnya hubungan Justin Bieber dan Hailey Baldwin. Bahkan, di media sosial sudah ramai tagar #Jailey untuk memberikan dukungan kepada kisah cinta mereka.

Penulis: Soraya

Sumber: Kapanlagi.com

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Pevita Pearce Terharu Film Buffalo Boys Disambut Meriah di World Premiere Montreal

Posted: 14 Jul 2018 09:30 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Pevita Pearce gembira sekaligus terharu. Itu karena film Buffalo Boys, yang dibintanginya, mendapat sambutan meriah dari penonton di Fantasia International Film Festival 2018, di Montreal, Kanada.

Acara world premiere di ajang festival bergengsi ini digelar Sabtu (14/7/2018) malam waktu setempat atau Minggu (15/7/2018) waktu Indonesia.

Buffalo Boys yang dibintangi Pevita Pearce diputar di studio utama dengan kapasitas 700 kursi penonton.

"Aku yang kaget gitu lihat antusias penonton yang datang. Apalagi sepanjang film diputar kan penonton juga memberikan tanggapan positif. Ya tepuk tangan itu lho," papar Pevita Pearce usai world permiere Buffalo Boys di George Williams Campus, Montreal, Sabtu malam waktu setempat.

Kiona Dipuji

Pevita Pearce di film Buffalo Boys.

Akting Kiona, karakter yang diperankan Pevita Pearce, juga mendapat pujian. "Ya aku bersyukur sekali penonton di Montreal menikmati filmnya. Tapi juga ada yang tepuk tangan ya pas adegan aku memanah dan naik kerbau," kata Pevita Pearce sambil tersenyum.

Bangga Kerja Keras

Buffalo Boys di Fantasia International Film Festival Montreal Kanada. (Telni Rusmitantri)

Pevita Pearce hadir di world premiere Buffalo Boys di Montreal bersama sutradara Mike Wiluan dan co writer Rayya Makarim. Mereka duduk di deretan kursi tenga berbaur dengan penonton film lainnya. "Bangga aja kerja keras kita dipuji penonton dunia," kata Pevita Pearce.

Screenplay Infitine Films juga membawa Buffalo Boys untuk diputar world premiere di New York Asian Film Festival, Minggu (15/7/2017). "Ya abis acara di Montreal, Pak Mike dan Mbak Rayya akan ke New York City. Aku balik ke Jakarta. Karena Kamis 19 Juli kan film ini diputar serentak di bioskop Indonesia," papar Pevita Pearce.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Pacquiao Pukul KO Lucas

Posted: 14 Jul 2018 09:30 PM PDT

Liputan6.com, Bukit Jalil - Manny Pacquiao merebut gelar juara dunia kelas welter versi WBA dari tangan Lucas Martin Matthysse. Petinju berjuluk Pacman itu menang KO setelah menjatuhkan Lucas di ronde ketujuh.

Ini merupakan kemenangan pertama Manny Pacquiao setelah kalah dari Jeff Horn di Australia, 15 Juli 2017. Saat itu, petinju Filipina ini kalah angka mutlak 111-117, 113-115, dan 113-115.

Bertarung di Axiata Arena, Bukit Jalil, Malaysia, Minggu (15/7/2018), Pacquiao mendapatkan dukungan penuh dari penonton. Sejak awal ronde pertama, mereka terus meneriakkan Pacquiao, Pacquiao, Pacquiao.

Pacquiao pun menyambut dukungan itu dengan bermain menyerang. Sejumlah pukulannya, baik hook kiri maupun jab kanan mendarat di wajah Lucas. Namun, petinju asal Argentina itu tidak tinggal diam dengan melepaskan sejumlah pukulan.

Pada ronde kedua, Manny Pacquiao terus berinisiatif melepaskan pukulan. Sementara Lucas mencoba bertahan dan membalas dengan pukulan-pukulan jab.

Terjatuh

Petinju asal Filipina, Manny Pacquiao berteriak saat mengikuti sesi latihan di sebuah gym di Kuala Lumpur, Malaysia (11/7). Manny Pacquiao akan bertanding pada kelas welter melawan petinju Argentina Lucas Matthysse. (AFP Photo/Mohd Rasfan)

Di ronde ketiga, hook kiri Pacquiao mendarat keras di wajah Lucas dan membuat petinju berusia 35 tahun itu terjatuh. Wasit sempat memberikan hitungan, namun Lucas masih mampu melanjutkan pertarungan.

Memasuki ronde empat, Pacquiao masih mengungguli Lucas. Tapi, Lucas mencoba bangkit dan sejumlah pukulannya sempat menghujani wajah Pacquiao.

Situasi di ronde kelima tidak berubah. Pacquiao terus melepaskan hook kiri andalannya. Memasuki ronde keenam, pertarungan sempat dihentikan karena pukulan Lucas mendarat di bawah perut Pacquiao.

Di ronde ketujuh, pukulan kombinasi Pacquiao membuat Lucas tertekan. Hingga akhirnya, pukulan hook kiri Pacquia membuat Lucas terjatuh dan tak sanggup melanjutkan pertarungan.

Rekor KO

Kemenangan atas Lucas menambah daftar panjang kemenangan KO Pacquiao. Petinju berusia 39 tahun itu kini mencatat 39 kemenangan KO dari 69 pertarungan selama karier tinju profesionalnya.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Live Streaming O Channel: Arema FC Vs PS Tira di Liga 1

Posted: 14 Jul 2018 09:30 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Arema FC siap menjaga tren bagus di Go-Jek Liga 1 bersama Bukalapak. Dalam empat pertandingan terakhir, Singo Edan tak terkalahkan, tiga kali menang dan sekali seri.

Sore ini, saat duel lawan PS Tira, target menang pun mereka apungkan. Apalagi Arema FC akan bermain di kandang sendiri, Stadion Kanjuruhan, Malang.

Namun, Arema juga harus waspada. Sebab, PS Tira juga bukanlah tim yang mudah dikalahkan.

Pekan lalu, misalnya, mereka sukses menahan tim kuat, Mitra Kukar 0-0. Hasil positif ini, tentu jadi modal bagus bagi PS Tira untuk menantang Arema FC.

Live Streaming O Channel: Arema FC Vs PS Tira di Liga 1 dimulai pukul 15.30 WIB.

Dapatkan link Live Streaming O Channel: Arema FC Vs PS Tira di Liga 1 di halaman selanjutnya.

Link Live Streaming

Untuk link Live Streaming O Channel: Arema FC Vs PS Tira di Liga 1 silakan klik di sini....

Perkiraan Susunan Pemain

Arema FC (4-4-2): Joko Ribowo (kiper); Ricky Ohorella, Arthur Cunha, Hamka Hamzah, Bagas Adi (belakang); Jefri Kurniawan, Hendro Siswanto, Hanif Sjahbandi, Ahmad Alfarizi (tengah); Dedik Setiawan, Rivaldi Bawuo (depan).

Pelatih: Milan Petrovic.

PS Tira (4-2-3-1): Syahrul Fadilah (kiper); Mahdi Albar, Kim Sang Min, Andy Setyo, Ganjar Mukti (belakang), Wawan Febrianto, Ahmad Nufiandani; Ahmad Nufiandani, Mariano Roman, Gustavo Lopez (tengah), Alexandar Rakic (depan).

Pelatih: Nilmaizar 

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Kemenkeu: Persepsi Risiko Investasi RI Masih Batas Aman

Posted: 14 Jul 2018 09:30 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Pemerintah melalui Kementerian Keuangan (Kemenkeu) memastikan selalu memantau pergerakan credit default swap (CDS) atau persepsi risiko investasi. Ini karena berkaitan dengan imbal hasil atau yield surat berharga negara (SBN).

Hal itu disampaikan Kepala Biro Komunikasi dan Layanan Informasi Kementerian Keuangan, Nufransa Wira Sakti lewat akun facebooknya Nufransa Wira Sakti, seperti dikutip Minggu (15/7/2018).

Nufransa menuturkan, CDS menunjukkan pandangan pasar keuangan terhadap risiko kredit suatu entitas yang terbagi dalam jangka waktu (tenor) tertentu. Makin tinggi CDS, makin tinggi risiko kredit entitas itu.

"Sejak awal 2018 hingga 11 Juli 2018, CDS Indonesia untuk tenor 10 tahun telah meningkat 57 basis poin menjadi 211,16 bps. Sementara itu untuk tenor lima tahun meningkat 41,52 bps menjadi 126,52 bps," tulis dia.

Ia menilai, kondisi CDS tenor 10 tahun saat ini masih lebih rendah dibandingkan kondisi akhir 2016 sebesar 225,33 bps. Ini juga berlaku untuk CDS tenor lima tahun di akhir 2016 sebesar 157,55 bps. "Perubahan CDS Indonesia selama tahun ini masih dalam batas aman," kata dia.

Ia menyebutkan, jika dibandingkan dengan saat krisis keuangan global 2008, CDS Indonesia tertinggi mencapai 1295 bps untuk tenor 10 tahun. Sedangkan tenor lima tahun 1256,7 bps. Kemudian jika dibandingkan lagi dengan negara peers lain, kondisi CDS tenor 10 tahun Indonesia per 11 Juli 2018, menurut Nufransa masih relatif baik. Ini kalau melihat negara lain Turki sebesar 397,92 bps, Brazil 356,53 bps dan Vietnam sebesar 227,53 bps.

"Pemerintah senantiasa memantau pergerakan CDS karena erat kaitannya dengan yield Surat Berharga Negara (SBN). Dalam kondisi saat ini, di mana investor dan pelaku pasar masih wait and see atas perubahan kondisi perekonomian yang menuju keseimbangan baru, perilaku pelaku pasar cenderung mixed," kata dia.

Nufransa menuturkan, dalam seminggu terakhir, CDS Indonesia malah menurun masing-masing 6 bps dan 11 bps untuk masing-masing tenor lima dan 10 tahun. "Ini karena seiring menurunnya yield SBN kita," ujar dia.

Ia juga menjelaskan soal external vulnerability indicator (EVI). EVI merupakan indikator yang menunjukkan kerentanan suatu negara ditinjau dari rasio utang luar negeri jangka pendek, utang luar negeri jangka panjang yang akan jatuh tempo dan deposito asing selama setahun terhadap cadangan devisa. Indikator ini dikeluarkan setahun sekali.

Prediksi indikator untuk tahun 2018 yang dipublikasikan oleh lembaga rating Moody's berdasarkan wawancaranya di Bloomberg menyebutkan EVI Indonesia untuk tahun 2018 berada pada 51,3 persen, sementara India 74,2 persen dan Malaysia 145,6 persen.

"Kondisi EVI Indonesia selama beberapa tahun belakangan ini berkisar antara 50,9 persen (2003) hingga 71,1 persen (2010). Sebagai gambaran, EVI Indonesia tiga tahun terakhir adalah tahun 61,7 persen (2014), 58,8 persen (2015), 52,5 persen (2016), dan 50,3 persen (2017). Dapat dilihat bahwa terjadi penurunan dalam tiga tahun terakhir, mencerminkan kondisi Indonesia yang masih cukup aman," kata dia.

 

Ini Tantangan Ekonomi RI pada Semester II 2018

lustrasi Investasi Penanaman Uang atau Modal (iStockphoto)

Sebelumnya, Indonesia akan menghadapi banyak tantangan di paruh kedua tahun ini. Selain lantaran akan adanya pemilihan umum (pemilu) di tahun depan, pelemahan nilai tukar rupiah dan naiknya harga minyak mentah dinilai akan berdampak pada pertumbuhan ekonomi nasional.

Ketua Dewan Pertimbangan Asosiasi Pengusaha Indonesia (Apindo) Sofjan Wanandi mengatakan, pelemahan rupiah yang masih terus berlanjut menjadi penghambat pertumbuhan ekonomi di tahun ini. Selain itu, pelemahan ini juga dikhawatirkan berdampak pada inflasi yang selama ini masih terjaga rendah.

"Pelemahan rupiah ini, lebih tinggi dari interest rate. Ini membuat pertumbuhan kita melambat, inflasi naik," ujar dia di Jakarta, Kamis 5 Juli 2018.

Selain itu, jelang menghadapi pelaksanaan pemilu di tahun depan, lanjut dia, pemerintah mau tidak mau akan mengeluarkan kebijakan yang populer dan merakyat. Salah satunya soal subsidi bahan bakar minyak (BBM) yang akan ditambah karena harga minyak dunia yang terus meningkat.‎

"Karena ada ada pemilu pasti semua melakukan polulist policy. Ini defisit kita meningkat, karena subsidi ditambah, karena harga minyak naik," kata dia.

Sementara, kinerja ekspor Indonesia juga belum mengalami perbaikan sejak awal tahun. Buktinya, neraca perdagangan Indonesia sejak awal tahun terus mengalami defisit, kecuali pada Maret yang mengalami suplus USD 1 miliar.

"Kita selalu ada kelebihan di trade tapi sekarang kita defisit, belum ditambah defisit dari services industry. Itu yang akan berakibat pada masalah, APBN kita defisit, trade kita defisit, ini menimbulkan ketidakpastian," tandas dia.

 

Saksikan video pilihan di bawah ini:

 

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

FOTO: Gaya Menteri Susi Joget Baby Shark Dance Saat Resmikan Pandu Laut Nusantara

Posted: 14 Jul 2018 09:30 PM PDT

Menteri KKP, Susi Pudjiastuti bersama sejumlah Pemerhati Laut berjoget baby shark dance saat meresmikan 'Pandu Laut Nusantara' di CFD kawasan Bundaran HI, Jakarta, Minggu (15/7). (Liputan6.com/Arya Manggala)

Menteri KKP, Susi Pudjiastuti bersama sejumlah Pemerhati Laut berjoget baby shark dance saat meresmikan 'Pandu Laut Nusantara' di CFD kawasan Bundaran HI, Jakarta, Minggu (15/7). (Liputan6.com/Arya Manggala)

Menteri KKP, Susi Pudjiastuti berjoget baby shark dance saat meresmikan 'Pandu Laut Nusantara', Jakarta, Minggu (15/7). Tiupan terompet Kaka Slank dan pemberian syal oleh Susi menjadi tanda Pandu Laut Nusantara diresmikan.  (Liputan6.com/Arya Manggala)

Menteri KKP, Susi Pudjiastuti berjoget baby shark dance saat meresmikan 'Pandu Laut Nusantara', Jakarta, Minggu (15/7). Tiupan terompet Kaka Slank dan pemberian syal oleh Susi menjadi tanda Pandu Laut Nusantara diresmikan. (Liputan6.com/Arya Manggala)

Menteri KKP, Susi Pudjiastuti bersama sejumlah Pemerhati Laut berjoget baby shark dance saat meresmikan 'Pandu Laut Nusantara' di CFD kawasan Bundaran HI, Jakarta, Minggu (15/7). (Liputan6.com/Arya Manggala)

Menteri KKP, Susi Pudjiastuti bersama sejumlah Pemerhati Laut berjoget baby shark dance saat meresmikan 'Pandu Laut Nusantara' di CFD kawasan Bundaran HI, Jakarta, Minggu (15/7). (Liputan6.com/Arya Manggala)

Menteri Kelautan dan Perikanan Susi Pudjiastuti berjoget baby shark dance saat meresmikan 'Pandu Laut Nusantara' sebagai wadah bersama untuk para pemerhati laut di CFD kawasan Bundaran HI, Jakarta, Minggu (15/7). (Liputan6.com/Arya Manggala)

Menteri Kelautan dan Perikanan Susi Pudjiastuti berjoget baby shark dance saat meresmikan 'Pandu Laut Nusantara' sebagai wadah bersama untuk para pemerhati laut di CFD kawasan Bundaran HI, Jakarta, Minggu (15/7). (Liputan6.com/Arya Manggala)

Menteri Kelautan dan Perikanan Susi Pudjiastuti berjoget baby shark dance saat meresmikan 'Pandu Laut Nusantara' sebagai wadah bersama untuk para pemerhati laut di CFD kawasan Bundaran HI, Jakarta, Minggu (15/7). (Liputan6.com/Arya Manggala)

Menteri Kelautan dan Perikanan Susi Pudjiastuti berjoget baby shark dance saat meresmikan 'Pandu Laut Nusantara' sebagai wadah bersama untuk para pemerhati laut di CFD kawasan Bundaran HI, Jakarta, Minggu (15/7). (Liputan6.com/Arya Manggala)

Menteri KKP, Susi Pudjiastuti bersama sejumlah Pemerhati Laut berjoget baby shark dance saat meresmikan 'Pandu Laut Nusantara' di CFD kawasan Bundaran HI, Jakarta, Minggu (15/7). (Liputan6.com/Arya Manggala)

Menteri KKP, Susi Pudjiastuti bersama sejumlah Pemerhati Laut berjoget baby shark dance saat meresmikan 'Pandu Laut Nusantara' di CFD kawasan Bundaran HI, Jakarta, Minggu (15/7). (Liputan6.com/Arya Manggala)

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Jadwal MotoGP Jerman, Balapan Hari Ini

Posted: 14 Jul 2018 09:20 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - MotoGP Jerman di Sirkuit Sachsenring segera berlangsung. Pimpinan klasemen Marc Marquez berpeluang mempertegas dominasinya.

Marquez menunjukkan kualitas dengan menjadi yang tercepat pada kualifikasi. Dia membukukan waktu satu menit 20,270 detik.

Juara dunia MotoGP empat kali tersebut unggul atas Danilo Petrucci (satu menit 20,295 detik) dan Jorge Lorenzo (satu menit 20,327 detik).

Kesempatan Marquez berjaya juga sangat terbuka melihat kinerjanya di Jerman. Dia merupakan Raja Sachsenring dengan memenangkan delapan balapan terakhir, tiga di antaranya ketika masih berkutat di 125cc dan Moto2.

Apakah Marquez bakal mempertahankan supremasinya? Berikut jadwal MotoGP Jerman hari ini.

Jadwal MotoGP Jerman

Minggu, 15 Juli 2018

Pemanasan: 14.40-15.50 WIB

Balapan: 19.00 WIB

Klasemen MotoGP

Posisi Pembalap Poin

1. Marc Marquez 140

2. Valentino Rossi 99

3. Maverick Viñales 93

4. Johann Zarco 81

5. Andrea Dovizioso 79

6. Cal Crutchlow 79

7. Jorge Lorenzo 75

8. Danilo Petrucci 71

9. Andrea Iannone 71

10. Jack Miller 55

11. Alex Rins 53

12. Dani Pedrosa 41

13. Alvaro Bautista 33

14. Pol Espargaro 32

15. Tito Rabat 27

16. Franco Morbidelli 19

17. Hafizh Syahrin 17

18. Aleix Espargaro 16

19. Scott Redding 11

20. Takaaki Nakagami 10

21. Bradley Smith 7

22. Mika Kallio 6

23. Karel Abraham 4

 

Saksikan video pilihan di bawah ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

3 Jenazah Terduga Teroris Kaliurang Dijaga Ketat di RS Bhayangkara

Posted: 14 Jul 2018 09:20 PM PDT

Liputan6.com, Yogyakarta - Jenazah tiga terduga teroris yang tewas dalam baku tembak dengan Densus 88 di Jalan Kaliurang, Ngaglik, Kabupaten Sleman kini dijaga ketat sejumlah anggota Brimob bersenjata lengkap di Rumah Sakit Bhayangkara Kepolisian Daerah Istimewa Yogyakarta.

Seperti dilansir dari Antara, pada pukul 08.30 WIB, nampak anggota Brimob dengan senjata laras panjang berjaga di depan lobi RS Bhayangkara. Begitu pun dengan setiap sudut rumah sakit, garis polisi juga melintang.

"Dari pagi sampai sekarang kondisinya seperti ini sepi. Cuma aparat berjaga-jaga saja," kata seorang petugas RS Bhayangkara yang enggan disebut namanya.

Sebelumnya, aggota Detasemen 88 Antiteror Mabes Polri menembak mati tiga orang terduga teroris di Jalan Kaliurang KM 10 Yogyakarta, Sabtu, 14 Juli 2018, sekitar pukul 17.30 WIB.

Kepala Bidang Humas Polda DIY Ajun Komisaris Besar Polisi (AKBP) Yulianto menyatakan, akan memberikan keterangan terbaru terkait penanganan tiga jenazah teroris tersebut. Namun, belum menyebutkan waktunya.

2 Anggota Densus 88 Terluka

Dua anggota Densus 88 terluka di pinggang dan punggung saat hendak menangkap terduga teroris di Kaliurang Yogyakarta. (Liputan6.com/Switzy Sabandar)

Selain menewaskan tiga terduga teroris, dua anggota Detasemen Khusus (Densus) 88 Antiteror juga terluka. 

"Dua orang anggota (Densus) terluka di tangan dan pinggang saat penangkapan," kata Kabid Humas Polda DIY AKBP Yulianto. 

Dari lokasi kejadian yang berjarak sekitar 100 meter dari Polsek Ngaglik Sleman di Kaliurang itu, polisi menyita empat buah parang dan sebuah senjata api.

Satu terduga teroris yang kabur kini tengah diburu.

 

Saksikan video pilihan selengkapnya di bawah ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Mesra di Kolam Renang, Gaya Pacaran Al Ghazali Kembali Dikritik

Posted: 14 Jul 2018 09:20 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Al Ghazali dan kekasihnya, Alyssa Daguise, memang diketahui sedang berlibur di Pulau Dewata, Bali. Meski keduanya sering sekali dikritik publik karena gaya pacarannya yang dianggap terlalu berlebihan, Al Ghazali rupanya tak kapok membagikan foto-foto mesra liburannya bersama kekasihnya ini.

Seperti baru-baru ini, Al Ghazali kembali mengunggah foto mesranya bersama Alyssa Daguise. Dalam foto tersebut, keduanya terlihat menunjukan kemesraannya saat berenang bersama Alyssa Daguise dengan latar belakang pemandangan pantai.

Al Ghazali terlihat memeluk Alyssa Daguise yang sedang mencium pipinya.

"Livin' on the edge," tulis Al Ghazali dalam keterangan foto tersebut pada Sabtu (14/7/2018). Hingga saat ini, foto tersebut telah disukai lebih dari 200 ribu pengguna Instagram.

Dikritik

Al Ghazali dan kekasih, Alyssa Daguise [foto: instagram/alghazali7]

Melihat unggahan tersebut, warganet pun kembali mengkritik gaya pacaran Al Ghazali yang dinilai sudah seperti pasangan menikah. Warganet juga meminta ibunda Al Ghazali, Maia Estianty, agar menegur perilaku putranya tersebut dan segera menikahkan saja Al Ghazali.

Awasi

Al Ghazali dan kekasih barunya, Alyssa Daguise [foto: instagram/alghazali7]

"Bunda @maiaestiantyreal awasi anaknya,udh ngerih tuh pergaulannya," tulis akun @syajidasyifa.

"Yg anehnya bunda nya @maiaestiantyreal ngasi like," tulis akun @aria.sandra.

"Hhhmmzzz padahal bunda maya begitu sangat terhormat dan gk kya gtu kok ank nya gtu sih," tulis akun @nenk_ennha_thea.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Final Piala Dunia 2018: Penentuan Peraih Ballon d'Or ?

Posted: 14 Jul 2018 09:10 PM PDT

Jakarta - Prancis dan Kroasia akan saling berhadapan di final Piala Dunia 2018. Laga ini akan digelar di Stadion Luzhniki, malam ini.

Laga final Piala Dunia 2018 ini diprediksi akan berjalan ketat, tim yang berhasil mencuri gol lebih dahulu akan diuntungkan. Di atas kertas, Prancis memang lebih diunggulkan karena memiliki materi pemain yang lebih baik. Namun jika berbicara soal mentalitas, Kroasia jagonya.

Mantan peraih trofi Piala Dunia, David Trezeguet pun percaya laga ini bukan hanya soal persaingan kedua tim, melainkan beberapa pemain bintang di Prancis dan Kroasia. Menurutnya laga ini akan jadi penentu pemenang Ballon d'Or berikutnya.

"Ya, itu (Ballon d'Or) akan bergantung pada hasil laga final Piala Dunia 2018 ini namun ini di antara (Antoine) Griezmann, (Kylian) Mbappe dan (Luka Modric). Saya berpikir Mbappe lebih favorit, dia sudah menjad sensasi di usianya yang baru 19 tahun dan dia bisa berbuat lebih di masa depan," kata Trezeguet di marca.

Kekuatan Eropa

Pemain timnas Prancis, Antoine Griezmann merayakan kemenangan atas Belgia pada babak semifinal di Stadion St. Petersburg, Selasa (10/7). Gol Samuel Umtiti mengantarkan Prancis mendepak Belgia sekaligus lolos ke final Piala Dunia 2018. (AP/Pavel Golovkin)

Final Piala Dunia kali ini sekali lagi menjadi pertunjukan dominasi tim-tim Eropa. Trezeguet pun mengaku tak terkejut dengan fakta ini, sebab baginya dalam beberapa tahun terakhir sepak bola Eropa terus berkembang melewati sepak bola Amerika Selatan.

"Ya, realitanya adalah sepak bola Eropa telah menjadi kian penting dalam beberapa tahun terakhir ketimbang sepak bola Amerika Selatan. Karena itulah kami (Eropa) menguasai keempat semifinalis."

"Prancis adalah contoh jelas soal ambisi sejak awal, meskipun Inggris mengejutkan saya dengan hasrat pemain muda mereka," imbuhnya.

"Belgia juga menunjukkan latar belakang kerja keras yang terus mereka lakukan di Eropa, adalah hal normal kontinen ini akan mendominasi."

Pertandingan Menarik

Menyoal laga final nanti, Trezeguet tak ragu laga itu akan menyajikan pertunjukan menarik. Dia percaya kedua tim memiliki gaya sepak bolanya masing-masing, yang sama baiknya. Pertandingan itu akan berjalan terbuka.

"Itu (final) akan menjadi pertandingan yang sangat atraktif karena kedua tim memainkan sepak bola yang bagus. Prancis terus konsisten di level tertinggi, mereka berkembang berdasarkan kerja keras di kompetisi Eropa."

"Mereka sudah menunjukkan kekuatan menyerang yang luar biasa, Prancis juga selalu punya magis seperti di masa lalu. Ini akan jadi laga final yang sangat terbuka," tutup Trezeguet. (mrc/dre)

 

Sumber: Bola.net

Saksikan video pilihan di bawah ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Hajatan 70 Tahun, Ratusan Sportscar Porsche Lintas Zaman Berkumpul di Thailand

Posted: 14 Jul 2018 09:06 PM PDT

Liputan6.com, Bangkok- Untuk merayakan hari jadi ke-70 tahun, Porsche mengadakan Sportscar Together Day (SCTD), di Show DC Oasis Arena, Bangkok, Thailand, Sabtu (14/7/2018). Beruntung, Liputan6.com bisa mengunjungi secara langsung acara pabrikan asal Jerman ini, atas undangan Porsche Asia Pacific.

Sebelum menyambangi gelaran ini, Liputan6.com juga berkesempatan untuk mencoba beberapa line-up Porsche, yaitu 911 Carrera T dan Panamera. Perjalanan ini sendiri, dimulai dari Changi Airport, Singapura menuju Bangkok, Thailand.

Gelaran SCTD ini berlangsung mulai mulai pukul 13.00 hingga malam hari. Berbagai klub Porsche dari negara Asia turut hadir, termasuk Indonesia.

Selain itu, untuk menghadiri gelaran ini juga, lebih dari 200 mobil sport dari Jerman ini melakukan konvoi dari Vietnam, Kamboja, Malaysia, dan Singapura turut hadir, dan bergabung dengan Das Treffen, sebuah reuni Porsche terbesar di Asia Tenggara yang didirikan untuk menyaingi pertemuan yang telah diselenggarakan di Amerika Serikat, Eropa, dan Australia.

Begitu tiba di tempat acara, pengunjung sudah disambut oleh model pertama Porsche, 356, kemudian memasuki acara berbagai stand makanan yang disebut Porsche Curves Caffe, sebuah beer garden khas Jerman dengan berbagai kios makanan di sekitarnya, dengan menyajikan masakan khas Jerman dan Thailand.

"Kegiatan ini merupakan rangkaian dari perayaan 70 tahun Porsche Sports Cars," jelas Arthur Willman, Managing Director Porsche Asia Pacific Pte Ltd, di tempat acara.

 

Selanjutnya

Porsche 356 merupakan kendaraan pertama yang menandakan keberadaan Porsche sejak 1948. (Arief/Liputan6.com)

Meskipun berlabel acara sportscar, namun gelaran ini seperti lebih berorientasi keluarga, dengan pengalaman Porsche Virtual Reality dan E-Performance showcase, Sekolah Mengemudi Anak-Anak dan wahana hot-lap di 918 Spyder.

Selain itu, terdapat garasi khusus untuk model sport legendaris Porsche, 911 dan 356.

Sedangkan di sisi lain, terdapat unit dari museum Porsche AG, dengan menampilkan ratusan mobil klasik dan ikonik.

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

World Premiere Buffalo Boys, Tepuk Tangan Bergema untuk Koboi Jawa

Posted: 14 Jul 2018 09:05 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Film Buffalo Boys diputar di Fantasia International Film Festival, Montreal, Kanada, Sabtu (14/7/2018) malam waktu setempat atau Minggu waktu waktu Indonesia. Film produksi Screenplay Infinite Films ini diputar secara world premiere di festival bergengsi itu.

Sejak Sabtu sore hari, gedung pertunjukan di George Williams Campus, di kawasan sibuk Montreal itu sudah dipenuhi pencinta film yang penasaran dengan Buffalo Boys. Bukan hanya masyarakat Indonesia, justru kebanyakan anak-anak muda warga Montreal. 

Pevita Pearce, pemain utama film dan sutradara, Mike Wiluan turut hadir sama-sama menyaksikan film dengan ratusan penonton yang memenuhi studio. Termasuk co writer Rayya Makarim yang duduk di antara kursi penonton bersama Liputan6.com di Montreal.

"Aku malahan belum nonton. Ya ini baru pertama kali lihat film yang sudah jadi," ujar Pevita yang memerankan karakter Kiona, dalam film Buffalo Boys.

Tepuk Tangan

Pemain Film Buffalo Boys (Adrian Putra/bintang.com)

Saat layar dibuka dan film baru diputar beberapa menit, tepuk tangan menggema di gedung pertunjukkan berkapasitas 700 orang itu. Itu terjadi saat Ario Bayu dan Yosi Sudarso beraksi ala koboi yang baru pulang kampung ke Tanah Jawa.

Tepuk tangan selalu diberikan penonton yang memenuhi gedung setiap aksi laga dua koboi Jawa ini. Termasuk saat adegan Kiona memanah dan juga menunggang kerbau, karakter yang diperankan Pevita Pearce.

Buffalo Boys bercerita tentang dua bersaudara pemuda jawa yang pulang ke kampung halaman untuk membalas atas kematian ayahnya. Jammar dan Suwo, yang diperankan Ario Bayu dan Yosi Sudarso, malahan mendapatkan kenyataan mengejutkan tentang Van Trach musuh bebuyutan ayahnya.

Setting cerita memang tentang Indonesia di jaman penjajahan Belanda dengan aksi berantem ala koboi lantaran dua kakak beradik ini sempat hidup di zaman wild wild west saat terbuang dari Tanah Air. Film ini juga dibintangi Zack Lee, Hannah Al Rashid dan masih banyak artis top lainnya.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Israel dan Hamas Sepakati Gencatan Senjata di Kawasan Gaza Palestina

Posted: 14 Jul 2018 09:03 PM PDT

Liputan6.com, Gaza - Pejabat Palestina mengatakan bahwa Israel dan Hamas telah sepakat untuk melakukan gencatan senjata sejak Sabtu, 14 Juli 2018.

Kesepakatan itu dilakukan menyusul meningkatnya kekerasan dan aksi balas-membalas bombardir antara kedua belah pihak akhir pekan ini. Demikian seperti dikutip dari CNN, Minggu (15/7/2018).

Juru bicara Hamas Fawzi Barhoum mengatakan kepada CNN bahwa "sejak dimulainya serangan Israel di Gaza, berbagai upaya mediasi (yang dipimpin oleh Mesir) untuk menghentikan agresi telah berhasil membawa ketenangan dan menghentikan eskalasi agresif ini."

Sementara itu, juru bicara organisasi sayap Hamas Islamic Jihad, Daoud Shihab mengatakan kepada CNN, "Ada upaya besar ... untuk mengembalikan ketenangan ke Gaza. Kami telah menyetujui upaya Mesir dan menyetujui ketenangan dan gencatan senjata pada pukul 20.00 waktu setempat, jika Pasukan Pendudukan (Israel) setuju untuk menghentikan agresinya."

Kendati demikian, tidak dijelaskan seberapa lama gencatan senjata itu akan berlangsung.

Di sisi lain, seorang juru bicara kantor Perdana Menteri Israel mengatakan Israel tidak berkomentar mengenai laporan perjanjian gencatan senjata.

Sebelumnya, militer Israel telah melancarkan serangan udara terbesar terhadap Gaza, Palestina sejak 2014. Tak tinggal diam, Hamas membalas dengan menembakkan roket ke dalam wilayah Israel.

Serangan udara Israel dimulai dini hari waktu setempat Sabtu, 14 Juli 2018. Israel mengatakan, pihaknya menyerang lebih dari 40 sasaran Hamas --organisasi Palestina yang menguasai Gaza.

Hal itu dibalas dengan tembakan mortir dan roket dari pihak Hamas Palestina.

Pihak militer Israel mengklaim, Hamas membalas dengan 50 tembakan roket.

Seorang pejabat Palestina mengatakan kepada Reuters, Mesir dan pihak internasional lain telah berbicara dengan Israel dan Hamas dalam upaya memulihkan ketenangan itu.

 

Simak video pilihan berikut:

Remaja Palestina Tewas dalam Bentrokan Terbaru

(ilustrasi) Pelayat menyuarakan slogan kemarahan saat pemakaman perawat Palestina, Razan Najjar di Kota Khan Younis, Jalur Gaza Selatan, Sabtu (2/6). Setelah ditembak, Razan sempat dilarikan ke rumah sakit meski nyawanya tidak tertolong. (AP Photo/Khalil Hamra)

Aksi saling balas tembakan roket pada Sabtu 14 Juli 2018 itu terjadi setelah kematian seorang remaja Palestina pada Jumat 13 Juli 2018.

Remaja itu tewas ketika berlangsung protes di perbatasan Gaza dan Israel, sebuah kejadian yang terjadi setiap pekan.

Kementerian Kesehatan Gaza pada Jumat 13 Juli mengatakan, remaja usia 15 tahun itu tewas ketika berlangsung bentrokan yang juga mencederai 25 orang.

Seorang warga Palestina usia 20 tahun kemudian meninggal akibat cederanya di RS, sehingga jumlah korban warga Palestina mencapai paling sedikit 137 orang sejak protes mingguan yang meletus sejak akhir Maret lalu.

Israel telah menyaksikan sejumlah kebakaran akibat alat-alat pembakar, acapkali berupa kain yang dicelup bensin dan disulut api. Orang Palestina menerbangkan benda-benda terbakar itu melintasi perbatasan dengan layang-layang atau balon udara.

Pemrotes juga melemparkan bom api, bahan peledak, dan ban bekas yang dibakar kearah pasukan Israel.

Komunitas internasional mengecam aksi balasan Israel yang sarat akan kekerasan, menyebabkan puluhan warga Gaza Palestina tewas dan ratusan lainnya terluka.

Di sisi lain, Israel berdalih bahwa tindakannya itu merupakan bentuk pertahanan diri. Mereka menilai bahwa aksi para demonstran mengancam keamanan dan keselamatan para pasukan Israel di perbatasan Gaza-Israel.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Menteri Susi: Indonesia Penyumbang Sampah Plastik Terbesar Kedua Dunia

Posted: 14 Jul 2018 09:02 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Menteri Kelautan dan Perikanan, Susi Pudjiastuti mengatakan saat ini Indonesia merupakan negara penyumbang sampai plastik terbesar kedua di dunia.

"Karena Indonesia sekarang jadi penyumbang sampah plastik terbesar No.2 di dunia. Itu banyak Sampah plastik yang akhirnya dibuang ke laut," ujar Susi Pudjiastuti usai meresmikan 'Pandu Laut Nusantara', di acara Car Free Day Bundaran HI, Jakarta Pusat, Minggu (15/7/2018).

Untuk mengurangi penggunaan sampai plastik, Susi mengajak masyarakat untuk meninggalkan botol minumal plastik, seperti kemasan air mineral yang kerap digunakan masyarakat.

"Tidak boleh lagi beli minuman air mineral dalam botol plastik. Setuju tidak?," tanya Menteri Susi kepada para peserta acara yang hadir.

Selain itu, Susi juga menyerukan masyarakat untuk tidak lagi menggunakan sedotan plastik dan kantong kresek. Sebagai gantinya, dia mengajak masyarakat untuk menggunakan barang-barang yang dapat didaur ulang. Susi megatakan, segala tindakan ini harus dimulai dari diri sendiri.

"Berawal dari diri kita sendiri. Semua pake bahan-bahan yang recycle," ujar mantan Bos Susi Air itu.

Pandu Laut Nusantara sendiri merupakan wadah bersama untuk para pecinta laut yang baru saja diresmikan Susi hari ini. Peresmian itu dilakukan lewat tiupan terompet yang dibunyikan oleh Kaka Slank dan pemberian slayer secara simbolis oleh Susi terhadap sejumlah pemerhati laut dari mulai penyelam dan asosiasi para pecinta laut.

Saksikan Video Pilihan Berikut Ini: 

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Diresmikan Jokowi, Jalan Tol Kartasura-Sragen Mulai Beroperasi

Posted: 14 Jul 2018 09:01 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Presiden Joko Widodo (Jokowi) meresmikan jalan tol Solo Ngawi Segmen Kartasura-Sragen hari ini, Minggu (15/7/2018). Peresmian dilakukan di Gerbang Tol (GT) Ngemplak, Kabupaten Boyolali.

Turut hadir dalam peresmian yaitu Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (KemenPUPR) Basuki Hadimuljono, Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Rini M Soemarno, Menteri Sekretaris Negara Pratikno, Direktur Jenderal Bina Marga- KemenPUPR Arie Setiadi Moerwanto, Kepala Badan Pengatur Jalan Tol-KemenPUPR (BPJT), Herry Trisaputra Zuna, Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo, Direktur Utama PT Jasa Marga (Persero) Tbk Desi Arryani, Direktur Utama PT Jasamarga Solo Ngawi David Wijayatno.

Menteri PUPR Basuki Hadimuljono dalam laporannya menyatakan, Jalan Tol Solo Ngawi yang dibangun dengan nilai invetasi Rp 13,4 triliun memiliki keunikan karena bersinergi dengan moda transportasi kereta bandara.

"Di belakang (ROW dari Kadipiro-Purwodadi hingga Bandara Adi Soemarmo) yang ada crane merupakan jalur kereta api ke bandara yg sudah mulai dikerjakan," jelasnya.

Selain itu pembangunan infrastruktur jalan tol juga memperhatikan pertumbuhan Usaha Mikro, Kecil dan Menengah (UMKM) dengan Pemerintah Daerah setempat.

Dalam sambutannya, Jokowi mengatakan, Jalan Tol Trans Jawa secara bertahap akan tersambung dari Merak hingga Banyuwangi. "Saya gembira karena Jalan Tol Ruas Kartasura-Sragen selesai dan secara bertahap Ruas Tol Trans Jawa tersambung dari Merak hingga Banyuwangi,".

Selain itu, Jokowi juga menitipkan pesan untuk pengembangan UMKM, "Saya titip, jalan tol bukan hanya memperlancar barang, jasa dan orang, menurunkan biaya logistik. Pada kesempatan yang baik ini, tadi sudah disinggung oleh Menteri PU mengenai rest area, jangan sampai titik yang ada kegiatan ekonomi diisi oleh merek, brand asing, namun diisi dengan produk makanan dan kerajinan lokal," jelasnya.

 

Tarif Tol

Jalan Tol Solo-Ngawi, Segmen Kartasura-Sragen (Dok Foto: PT Jasamarga Solo Ngawi)

Bertepatan dengan pengoperasian Jalan Tol Solo-Ngawi Segmen Kartasura-Sragen, Kementerian PUPR telah menetapkan golongan jenis kendaraan bermotor dan besaran tarif tol pada Jalan Tol Segmen Kartasura-Sragen melalui Surat Keputusan Menteri No 388/KPTS/M/2018 tanggal 8 Juni 2018.

Berdasarkan SK Menteri PUR tersebut, maka penetapan golongan kendaraan bermotor dan besaran tarif tol yang akan berlaku mulai tanggal 17 Juli 2018 mulai pukul 00.00 WIB bagi kendaraan golongan I dari Kartasura menuju Sragen adalah Rp 35.000.

Rincian tarif tol bagi golongan kendaraan dan penetapan tarif lebih jelas bisa dilihat pada infografis terlampir. David Wijayatno, Direktur Utama PT JSN menyatakan,Jalan Tol Solo-Ngawi Segmen Kartasura-Sragen bisa langsung dilewati oleh pengguna jalan tol sesaat seteleh peresmian.

"Mulai sore ini (Minggu), masyarakat bisa menikmati kembali Jalan Tol Solo-Ngawi. Namun mulai Selasa, 17 Juli 2018 pukul 00.00 WIB sudah diberlakukan tarif," jelas David.

Jalan Tol Solo- Ngawi menerapkan cashless payment, sehingga pengguna jalan tol yang akan melakukan transaksi tol harus mempersiapkan uang elektronik dengan kecukupan saldo.PT Jasamarga Solo Ngawi merupakan kelompok usaha Jasa Marga yang mengelola Jalan Tol Solo-Ngawi.

Selain dilengkapi dengan delapan Gerbang Tol (GT), yakni GT Colomadu, GT Bandara, GT Ngemplak, GT Purwodadi, GT Karanganyar, GT Sragen, GT Sragen Timur, dan GT Ngawi (Kota Ngawi), untuk mempermudah masyarakat dalam mengakses jalan tol, PT JSN juga mempersiapkan 8 simpang susun (SS) di SS Kartasura/Colomadu, Bandara, Ngemplak, Purwodadi, Karanganyar, Sragen, Sragen Timur dan Ngawi.

Jalan Tol Solo-Ngawi terdiri dari tiga pentahapan pengoperasian Tahap I Segmen SS Ngawi-Klitik (Ngawi) sepanjang 4 Km telah beroperasi sejak 30 Maret 2018, Tahap II Kartasura-Sragen diresmikan pada 15 Juli 2018, Tahap III Sragen-Ngawi dalam tahap penyelesaian konstruksi lima overpass.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Jadwal Liga 1, Siaran Langsung 15 Juli 2018

Posted: 14 Jul 2018 09:00 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Go-Jek Liga 1 bersama Bukalapak 2018 kembali bergulir. Kompetisi yang disiarkan live dan eksklusif Indosiar itu hari ini menghadirkan dua pertandingan.

Memasuki putaran 16 kompetisi, Arema FC dijadwalkan menjamu PS Tira di Stadion Kanjuruhan. Sedangkan PSM Makassar meladeni juara bertahan Liga 1 Bhayangkara FC di Stadion I Wayan Dipta.

Arema FC bertemu PS Tira bermodal performa positif. Mereka tidak terkalahkan dalam empat laga terakhir, tiga di antaranya berupa kemenangan. Sebaliknya, PS Tira cuma berjaya sekali dari enam pertandingan teranyar.

PSM berusaha kembali ke jalur positif saat bersua Bhayangkara FC. Sebelum dikalahkan Bali United, Juku Eja sukses memetik delapan poin di empat partai.

Sementara Bhayangkara FC mulai menunjukkan kapasitas dengan memetik empat hasil positif pada lima laga terakhir di seluruh kompetisi.

Berikut jadwal Liga 1 hari ini:

Jadwal Liga 1

Arema FC vs PS Tira

15.30 WIB (O Channel)

 

PSM Makassar vs Bhayangkara FC

18.30 WIB (Vidio.com)

 

Saksikan video pilihan di bawah ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Ini Program 100 Hari Kerja Pasangan Rindu Setelah Dilantik

Posted: 14 Jul 2018 09:00 PM PDT

Liputan6.com, Cirebon - Gubernur dan Wakil Gubernur Jawa Barat terpilih Ridwan Kamil - Uu Ruzhanul Ulum (Rindu) akan segera ditetapkan oleh KPU sebagai pemenang dalam Pilkada Serentak 2018 Jawa Barat. Dalam persiapan menjalankan roda pemerintahan setelah Aher ini, Ridwan Kamil mengklaim akan komitmen memenuhi janjinya semasa kampanye.

Dia mengatakan, setelah penetapan, akan meningkatkan pelayanan publik dalam 100 hari kerja ke depan. Emil, biasa dipanggil, menjelaskan pelayanan publik menjadi gerakan pertama 100 hari kedepan karena dianggap sebagai sesuatu yang mudah dilakukan.

"Kemenangan pilkada bukan tujuan akhir tapi memastikan janji dan cita-cita alasan mendukung saya sesuai janji kampanye lima tahun kedepan. Termasuk tim relawan Baraya Ridwan Kamil akan mengawal janji kampanye saya," kata Ridwan Kamil saat mendatangi acara syukuran kemenangan di Cirebon, Sabtu (14/7/2018).

Dia mengatakan, pelayanan publik menjadi program pertamanya karena sudah terbukti saat dia menjabat sebagai Wali Kota Bandung. Menurut dia, peningkatan pelayanan publik dianggap penting dan mudah dilakukan.

Untuk program yang sifatnya fisik, Ridwan Kamil akan fokuskan pada 2019 mendatang. Termasuk, pemberian bantuan dan dana hibah dari pemerintah Provinsi Jawa Barat.

"Kalau hanya pelayanan publik di Jawa Barat jadi standart juara saat ini juga bisa saya lakukan. Tapi kalau fisik infrastruktur butuh perencanaan, pelalangan dan waktu jadi tahun depan sudah bisa dilakukan," ujar dia.

Ridwan Kamil mengaku hingga saat ini rencana pelantikannya akan digelar pada 17 September 2018. Dia mengaku, kemenangan pada Pilkada Serentak 2018 Jawa Barat sudah diakui oleh seluruh pasangan lain.

"Pengumuman penetapan KPU dijadwalkan hari Senin karena tidak ada gugatan ke MK dan perbedaan mendekati 1 juta suara, semua pasangan lawan sudah memberikan semangat. Setelah itu informasinya kemungkinan dilantik 17 September," kata dia.

Taman hingga Bus Pariwisata

Gubernur Jawa Barat terpilih Ridwan Kamil akan meningkatkan pelayana publik dalam program 100 hari kerja. (Liputan6.com/Panji Prayitno)

Tak hanya program di Jawa Barat, pada persiapan merealisasikan janjinya, Ridwan Kamil juga memiliki sejumlah program untuk wilayah Cirebon, Indramayu, Majalengka, dan Kuningan (Ciayumajakuning).

Dia berkomitmen meningkatkan Sumber Daya Manusia wilayah Ciayumajakuning. Ridwan Kamil juga akan meningkatkan program infrastruktur serta pariwisata yang ada di Pantura Jawa Barat ini.

"Lima tahun kedepan teman-teman media bisa memantau perkembangan gagasan baru kami dalam mensejahterakan masyarakat Pantura," ujar dia.

Tidak hanya itu, Ridwan Kamil juga berjanji akan meningkatkan program hibah dan bantuan ke masyarakat di Jawa Barat. Seperti pengelolaan alun-alun, bis pariwisata, program smart city hingga berbagai macam pusat kreatif anak muda di Jawa Barat.

Dia menyebutkan, akan menggelontorkan dana hibah untuk alun-alun yang ada di kota/kabupaten di Jawa Barat. Dia menginginkan agar setiap kabupaten/kota di Jawa Barat memiliki kalun-alun yang bagus.

"Seperti yang sudah saya lakukan untuk Kota Bandung saya ingin bawa program alun-alun keren ini ke Jawa Barat," kata dia. 

Saksikan video pilihan berikut ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Menilik Kepribadian Pangeran Harry dan Meghan Markle Lewat Tanda Tangan

Posted: 14 Jul 2018 09:00 PM PDT

Liputan6.com, Inggris  

Kepribadian Pangeran Harry dan Meghan Markle yang dilihat dari tanda tangan mereka masing-masing berhasil diungkapkan ke publik. Ahli grafika Michelle Dresbold berani menilai kepribadian kedua pasangan kerajaan ini.

Ia pertama kali melihat tanda tangan Pangeran Harry dan Meghan Markle saat keduanya dalam kunjungan kenegaraan ke Irlandia Utara pada minggu lalu. Di mata Dresbold, meski tanda tangan mereka membentuk nama sendiri, tapi makna keduanya sangat berbeda.

"Anda bisa merasakan keragu-raguan dalam tanda tangan Meghan Markle," kata Dresbold, sesuai dikutip dari GoodHousekeeping, Sabtu (14/7/2018). "Bentuk cambuk di ujung tanda tangan menandakan, dia sangat keras pada dirinya sendiri dan mencoba untuk memahami, bagaimana persepsi publik terhadap dirinya.

Berbeda dengan Meghan, tanda tangan Harry hanya menonjol dari huruf "H", sisanya sulit dibaca karena berbentuk coretan tak jelas.

"Tanda coretan di namanya menunjukkan rasa malu," kata Dresbold. "Ini cara dia memberi tahu orang lain, kalau dia (Pangeran Harry) tidak ingin orang lain benar-benar bisa membacanya."

 

 

Simak video menarik berikut ini:

Trauma pada diri Pangeran Harry

Ada trauma pada diri Pangeran Harry, yang dipicu karena kematian ibunya, Putri Diana.

Pada tanda tangan Harry, huruf "y" seakan berubah menjadi "x" atau tanda salib. Ini menunjukkan ada trauma yang dimiliki Pangeran Harry.

"Jika Anda melihat lebih dekat tanda tangan Harry, Anda akan melihat, tanda salib berbentuk setengah. Artinya, trauma Harry terjadi sejak dia berusia 12-15 tahun. Yang pada waktu itu, Lady Diana meninggal secara tragis saat Harry baru berusia 12 tahun," Dresbold melanjutkan.

Harry punya waktu untuk memahami, bagaimana ia ingin dipandang baik oleh orang lain. Itulah sebabnya tanda tangannya berbentuk nama.

Meghan punya kecerdasan tinggi

Meghan Markle dan Pangeran Harry pergi ke Irlandia Utara untuk bertemu beberapa politisi. Namun, mereka mengalami kejadian yang enggemaskan. (Getty Images/Cosmopolitan)

Huruf "M" pada awal nama depan dan belakang punya nilai yang sangat tinggi. Menurut Dresbold, itu menunjukkan kecerdasannya yang tinggi dan kecenderungan untuk mencapai kepuasan maksimal untuk mendapatkan jawaban.

"Tapi huruf "M" pada nama belakangnya tidak setinggi nama pertamanya, coretannya rendah. Bisa berarti, dia masih berjuang membuang kebenciannya di masa lalu. Mungkin kesusahan keluarga?"

Sesuai dengan bentuknya, tanda tangan Meghan berbentuk coretan panjang yang sempurna. Dresbold menjelaskan, Meghan takut akan masa depan.

"Garis lurus dan terus-menerus ini adalah caranya dia berkata, 'Saya belum siap untuk masa depan,'" tambah Dresbold. Kita tidak bisa menyalahkannya karena ada banyak perubahan besar dalam hidupnya (setelah masuk menjadi anggota keluarga kerajaan)."

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Top 3: Manfaat Makan Pepaya, Gaya Via Vallen Nonton Piala Dunia

Posted: 14 Jul 2018 09:00 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Agar tubuh menjadi sehat, makan buah merupakan hal penting untuk dikonsumsi. Ya buah-buahan yang kaya serat seperti pepaya dianggap penting dalam diet keseharian kita. 

Adapun cara dikonsumsinya dengan berbagai macam cara, pepaya merupakan buah enak yang memiliki manfaat lainnya yang bagus untuk tubuh. Kandungan vitamin dalam pepaya mampu memperkuat sistem imun tubuh dan bagus untuk mencegah penyakit jantung.

Artikel tentang lima manfaat hebat buah pepaya menjadi yang paling terpopuler di kanal Citizen6, Liputan6.com.

Sementara itu, artikel kedua terpopuler yakni, gaya sporty pedangdut Via Vallen saat menonton Piala Dunia 2018 di Rusia. Disusul dengan artikel yang mengajakmu untuk menemukan anjing tersembunyi dalam foto.

Berikut Top 3 Citizen6:

1. 5 Manfaat Dahsyat yang Didapat Jika Makan Pepaya Tiap Hari

Ilustrasi pepaya (iStock)

Seperti yang kita ketahui, pepaya memang menjadi salah satu buah tersehat yang kaya akan vitamin dan mineral, seperti fosfor, kalium, besi, magnesium, kalsium dan sebagainya. Maka dari itu, biasanya buah ini diselipkan pada menu diet.

Orang yang memakan pepaya sering mendapatkan berbagai manfaat kesehatan. Penasaran apa saja manfaat mengkonsumsi pepaya? Berikut ulasannya seperti melansir dari Boldsky.

Selengkapnya

2. Begini Gaya Via Vallen Saat Nonton Piala Dunia di Rusia

(Foto: © instagram.com/viavallen)

Penyanyi dangdut Via Vallen memang terkenal sebagai penggemar sepak bola. Malahan, pedangdut asal Jawa Timur itu mengungkapkan dukungannya terhadap sejumlah timnas di Piala Dunia 2018.

Karena memang gemar menyaksikan sepak bola, Via Vallen kerap kali diundang ke sejumlah acara bertajuk olahraga, khususnya sepak bola. Saat babak semifinal Inggris melawan Kroasia, Via Vallen sempat mengunjungi Rusia untuk memberikan dukungan terhadap tim The Three Lions.

Selengkapnya..

3. Ada Anjing Ini di Foto Ini, Bisa Kamu Temukan?

Doc: Mail Online

Ini mungkin terlihat seperti foto taman biasa, tapi ada sesuatu yang bersembunyi di antara pot dan bunga. Pemilik taman tersebut, Mike Simcox (37) dari Birmingham, mengambil foto anjingnya yang bersembunyi di antara bunga.

Anjing itu bersembunyi dengan lihai dan tanpa sengaja menjadikan foto tersebut sebagai foto yang penuh teka-teki. Dengan hamparan bunga yang penuh sesak dan tanaman bunga, anjing dengan jenis terrier Staffordshire Bull itu nyaris tak terlihat.

Selengkapnya..

Saksikan Video Pilihan di Bawah ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

FOTO: Menteri Susi dan Sejumlah Pemerhati Laut Resmikan Pandu Laut Nusantara

Posted: 14 Jul 2018 09:00 PM PDT

Menteri Kelautan dan Perikanan Susi Pudjiastuti memasangkan syal ke Kaka Slank saat meresmikan  'Pandu Laut Nusantara' sebagai wadah bersama untuk para pemerhati laut di CFD kawasan Bundaran HI, Jakarta, Minggu (15/7). (Liputan6.com/Arya Manggala)

Menteri Kelautan dan Perikanan Susi Pudjiastuti memasangkan syal ke Kaka Slank saat meresmikan 'Pandu Laut Nusantara' sebagai wadah bersama untuk para pemerhati laut di CFD kawasan Bundaran HI, Jakarta, Minggu (15/7). (Liputan6.com/Arya Manggala)

Menteri KKP, Susi Pudjiastuti saat meresmikan 'Pandu Laut Nusantara', Jakarta, Minggu (15/7). Susi mengatakan, gerakan ini akan membuat semacam jambore, pendidikan berenang, menyelam, merawat, menjaga, dan mencintai laut. (Liputan6.com/Arya Manggala)

Menteri KKP, Susi Pudjiastuti saat meresmikan 'Pandu Laut Nusantara', Jakarta, Minggu (15/7). Susi mengatakan, gerakan ini akan membuat semacam jambore, pendidikan berenang, menyelam, merawat, menjaga, dan mencintai laut. (Liputan6.com/Arya Manggala)

Menteri Kelautan dan Perikanan Susi Pudjiastuti memasangkan syal ke Ridho Slank saat meresmikan  'Pandu Laut Nusantara' sebagai wadah bersama untuk para pemerhati laut di CFD kawasan Bundaran HI, Jakarta, Minggu (15/7). (Liputan6.com/Arya Manggala)

Menteri Kelautan dan Perikanan Susi Pudjiastuti memasangkan syal ke Ridho Slank saat meresmikan 'Pandu Laut Nusantara' sebagai wadah bersama untuk para pemerhati laut di CFD kawasan Bundaran HI, Jakarta, Minggu (15/7). (Liputan6.com/Arya Manggala)

Menteri KKP, Susi Pudjiastuti saat meresmikan 'Pandu Laut Nusantara', Jakarta, Minggu (15/7). Tiupan terompet Kaka Slank dan pemberian syal secara simbolis oleh Susi menjadi tanda Pandu Laut Nusantara diresmikan.  (Liputan6.com/Arya Manggala)

Menteri KKP, Susi Pudjiastuti saat meresmikan 'Pandu Laut Nusantara', Jakarta, Minggu (15/7). Tiupan terompet Kaka Slank dan pemberian syal secara simbolis oleh Susi menjadi tanda Pandu Laut Nusantara diresmikan. (Liputan6.com/Arya Manggala)

Kaka dan Ridho Slank memberi keterangan saat meresmikan  'Pandu Laut Nusantara' sebagai wadah bersama untuk para pemerhati laut di CFD kawasan Bundaran HI, Jakarta, Minggu (15/7). (Liputan6.com/Arya Manggala)

Kaka dan Ridho Slank memberi keterangan saat meresmikan 'Pandu Laut Nusantara' sebagai wadah bersama untuk para pemerhati laut di CFD kawasan Bundaran HI, Jakarta, Minggu (15/7). (Liputan6.com/Arya Manggala)

Penyanyi Marcell Siahaan bersama Kaka dan Ridho Slank saat meresmikan  'Pandu Laut Nusantara' sebagai wadah bersama untuk para pemerhati laut di CFD kawasan Bundaran HI, Jakarta, Minggu (15/7). (Liputan6.com/Arya Manggala)

Penyanyi Marcell Siahaan bersama Kaka dan Ridho Slank saat meresmikan 'Pandu Laut Nusantara' sebagai wadah bersama untuk para pemerhati laut di CFD kawasan Bundaran HI, Jakarta, Minggu (15/7). (Liputan6.com/Arya Manggala)

Menteri KKP, Susi Pudjiastuti saat meresmikan 'Pandu Laut Nusantara', Jakarta, Minggu (15/7). Tiupan terompet Kaka Slank dan pemberian syal secara simbolis oleh Susi menjadi tanda Pandu Laut Nusantara diresmikan.  (Liputan6.com/Arya Manggala)

Menteri KKP, Susi Pudjiastuti saat meresmikan 'Pandu Laut Nusantara', Jakarta, Minggu (15/7). Tiupan terompet Kaka Slank dan pemberian syal secara simbolis oleh Susi menjadi tanda Pandu Laut Nusantara diresmikan. (Liputan6.com/Arya Manggala)

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Top 3 Tekno: Teknologi Penyembuh Luka dalam Waktu Singkat Tuai Perhatian

Posted: 14 Jul 2018 09:00 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Bagi kamu yang pernah merasakan perihnya luka di kulit, sebentar lagi rasa sakit tersebut bisa dihilangkan dengan sekejab. 

Baru-baru ini ilmuwan dari Ohio State University menemukan sebuah perangkat yang mampu menyembuhkan luka hanya dalam waktu singkat. Perangkat ini dinamai Tissue Nanotransfection (TNT).

Berita ini sontak menuai perhatian para pembaca di kanal Tekno Liputan6.com, Sabtu (14/7/2019) kemarin. Berita lain yang tak kalah menarik datang dari bocoran Galaxy Note 9.

Lebih lengkapnya, simak tiga berita terpopuler di kanal Tekno Liputan6.com berikut ini. 

1. Ajaib, Luka Bisa Langsung Sembuh dengan Perangkat Canggih Ini

Ilmuwan dari Ohio State University belum lama ini ini menemukan sebuah perangkat yang mampu menyembuhkan luka hanya dengan sekali sentuhan. Perangkat tersebut dinamai Tissue Nanotransfection (TNT).

Perangkat ini mampu bekerja untuk semua tipe sel sehingga bisa diterapkan di seluruh tubuh pasien dan bisa menyembuhkan luka dalam waktu yang sangat cepat.

Teknologi yang ada di dalam perangkat, bisa bekerja memperbaiki jaringan yang rusak akibat luka serta menggantikan fungsi jaringan yang mengalami penuaan, termasuk organ, aliran darah, dan sel-sel saraf.

Baca selengkapnya di sini 

2. Lagi, Bocoran Galaxy Note 9 Tak Sengaja Nongol di Internet

Samsung lagi-lagi tak membocorkan smartphone terbarunya, yakni Galaxy Note 9.

Sebelumnya, informasi sertifikasi perangkat ini sempat bocor di Tiongkok, Kolombia, bahkan sampai Amerika Serikat (dua kali). Diduga, sebuah unit Galaxy Note 9 hilang, dan kemunculannya 'bocor' di empat situs resmi Samsung.

Kini, kejadian yang tak sengaja kembali terjadi dan memberikan kesempatan kepada fans berat Samsung untuk melihat seri terbaru Galaxy Note 9 ini lebih awal.

Baca selengkapnya di sini 

 

3. Katy Perry Kehilangan 2,8 Juta Follower Gara-Gara Kebijakan Twitter Berubah

Katy Perry (John Shearer/Invision/AP)

Kebijakan Twitter berubah sejak Kamis 12 Juli 2018, sebagai bagian dari upaya meningkatkan kredibilitas platform.

Gara-gara perubahan kebijakan, firma data Keyhole menyebut, 100 juta pengguna Twitter yang paling populer rata-rata kehilangan sekitar 2 persen follower mereka.

Sekadar diketahui, hal ini terjadi karena Twitter tidak lagi menghitung pengguna yang akunnya ditangguhkan karena dianggap akun palsu. Menurut Chief Executive Officer Twitter Jack Dorsey, akun yang ditangguhkan tidak lagi dihitung sebagai pengguna aktif harian maupun bulanan.

Baca selengkapnya di sini 

(Isk/Ysl)

Saksikan Video Pilihan Berikut Ini

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Liburan Bersama, Afgan dan Vidi Aldiano Sukses Bikin Penggemar Bingung

Posted: 14 Jul 2018 09:00 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Vidi Aldiano masih terlihat menikmati liburannya di Inggris. Tak hanya dengan adiknya, rupanya sang sahabat, Afgan, terlihat ikut berlibur bersama Vidi Aldiano di London, Inggris.

Momen pertemuan keduanya ini pun diunggah Vidi Aldiano di akun Instagram milikinya pada Sabtu (14/7/2018).

Dalam foto tersebut, Afgan dan Vidi Aldiano tampil kompak dengan kemeja, celana pendek, sepatu kets, tas selempang, dan kacamata yang serupa.

"Dua pemuda di London" tulis Vidi aldiano dalam keterangan foto tersebut. Hingga saat ini, foto tersebut telah disukai lebih dari 46 ribu pengguna Instagram.

Pilih

Vidi Aldiano (Instagram/vidialdiano)

Ketampanan Vidi Aldiano dan Afgan pun sukses membuat warganet yang melihat unggahan tersebut bingung. Sebagian warganet menilai di antara keduanya sulit untuk dipilih. Tak hanya itu, beberapa dari mereka pun mengharapkan kolaborasi antara Vidi Aldiano dan Afgan.

 

Bingung

Vidi Aldiano

"Dilema untuk pilih yang mana," tulisakun @sorayahsnaa.

"Bingung mau pilih yang mana," tulis akun @maulasari2611.

"Raisa sama Isyana udah. Vidi dan Afgan kapan bikin lagu kolaborasi. Pasti seru ni," tulis akun @cetungningrum.

"Kolaborasi pleaseeee!," tulis akun @vennarf.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

VIDEO: Napi Kasus Pembunuhan Tewas di Ruang Tahanan

Posted: 14 Jul 2018 09:00 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Bembe, seorang narapidana yang baru saja di pindahkan dari lapas Mamasa ke lapas Polewali Mandar, Sulawesi Barat, ditemukan tewas sel khusus tahanan lapas Polewali, Jumat (13/7/2018).

Narapidana kasus pembunuhan ini ditemukan sipir lapas dalam keadaan sudah tak bernyawa di ruang isolasi khusus. Hingga kini belum diketahui penyebab kematian korban. Polisi masih menunggu hasil visum dari rumah sakit.

 

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Gucci Rancang Koleksi Pakaian Lucu untuk Anak

Posted: 14 Jul 2018 09:00 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Identik dengan kesan rancangan yang elegan untuk wanita dan pria dewasa, kini Gucci mencoba untuk membawa tampilan mewah itu pada anak-anak. Untuk pertama kalinya, Gucci menghadirkan koleksi lucu yang mewah untuk pakaian anak-anak.

Koleksi pakaian ini diperuntukkan bagi anak-anak pada rentang usia bayi hingga 12 tahun. Rencananya, Gucci akan memulai penjualan koleksi anak-anak pada 16 Juli hingga enam minggu ke depan di Net A Porter, sebuah portal penjualan fashion kelas dunia. Penasaran seperti apa rancangan mewah Gucci pada koleksi pakaian anak-anak ini?

Dibuat versi kecil

Identik dengan kesan elegan, Gucci merancang pakaian anak-anak ini dengan warna berani khas Gucci, sweater dengan animal printed, dan pola-pola klasik. Untuk potongannya sendiri, Gucci merancang playsuit, joggers, gaun pesta, dan babygros.

Beberapa produk Gucci yang laris di pasangan akan dibuat versi kecil dan khusus untuk anak-anak. Seperti beberapa fanny packs dan sepatu bulu.

"Permainan pop-up di net a porter adalah momen yang sangat menarik bagi kami. Ini adalah upaya pertama kami ke dalam kategori dan kami telah menemukan mitra yang sempurna di Gucci," kata Alison Loehnis selaku Presiden net-a-porter & Mr. Porter.

Pose anak-anak keren

 

SANTANNA for @gucci X @netaporter 🌟 #NETAPORTERxGucciKids #netaporter #gucci

A post shared by Santanna (@sanforshort) on

Gucci dan Net-A-Porter bekerja sama dalam pembuatan kampanye terbaru yang mengambil estetika vintage khas Gucci. Kampanye ini merupakan kisah The Imagination Botth dan menampilkan beberapa anak-anak yang berfoto di depan photo booth bertema fantasi.

Anak-anak ini didandani dengan tampilan yang keren. Mereka mengenakan jaket bomber, rajutan pelangi, dan beberapa produk khas Gucci lainnya. Dengan diriliskan koleksi anak-anak dari Gucci ini, memungkinkan anak Anda juga tampil keren dan trendy di usianya yang masih sangat muda.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Final Piala Dunia 2018: Kaka Sebut Modric Berdansa di Lapangan

Posted: 14 Jul 2018 08:50 PM PDT

Jakarta - Kroasia secara gemilang akhirnya sukses menembus final Piala Dunia 2018. Di laga terakhir, semifinal, mereka mengalahkan tim unggulan Inggris, 2-1.

Banyak yang menyebut sukses Kroasia tak lepas dari sosok gelandang Luka Modric. Tak pelak, sukses pemain Real Madrid itu membawa Kroasia ke final Piala Dunia 2018 mendapat banyak pujian, termasuk dari mantan bintang Brasil, Ricardo Kaka.

Tak hanya bermain bola, di lapangan, Kaka menyebut Modric ibarat penari. "Bermain di Piala Dunia sangat sulit. Dan dia memainkannya seperti hal normal. Baginya seperti berdansa," ujar Kaka.

Minggu (15/7) pukul 22.00 WIB besok, Modric akan sekali lagi membantu Kroasia di laga final Piala Dunia 2018  lawan Prancis. Sejauh ini Modric berperan sangat penting bagi keberhasilan Kroasia, dia sukses tiga kali meraih gelar man of the match dan selalu menjadi pemain penting di setiap laga.

Kaka sendiri pernah bermain bersama Modric selama semusim di Real Madrid sebelum kembali ke AC Milan. Karena itulah dia paham betul sifat Modric di dalam dan di luar lapangan, dia percaya Modric memang layak dianggap sebagai pemain terbaik.

Terlihat Mudah

Menurut Kaka, permainan yang ditampilkan Modric telah membuat sepak bola terlihat lebih mudah. Kaka menyebut bermain sepak bola adalah pekerjaan sulit, tetapi Modric mampu membuatnya seakan mudah bagi siapa pun.

"Luka menunjukkan kepada kami bahwa itu (sepak bola) mudah dimainkan. Percaya saya, bermain bola itu sangat, sangat sulit," kata Kaka kepada fourfourtwo.

Layak

Lebih lanjut, Kaka menilai kemampuan Modric memang layak dipuji. Dia menyebut pemain Real Madrid itu terus bermain di level tertinggi dalam beberapa tahun terakhir, gelar liga Champions baru dia dapatkan dan mungkin dikawinkan dengan juara dunia.

"Dan sekarang dia adalah pemain hebat di level tinggi. Empat Liga Champions, final Piala Dunia dan menjadi kapten tim."

"Itu sangat bagus dan dia layak mendapatkannya karena dia adalah pria baik, selalu rendah hati, selamat untuk Modric," tutup Kaka.

Sumber: Bola.net

Saksikan video pilihan di bawah ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Prediksi Prancis Vs Kroasia: Puncak Pertempuran

Posted: 14 Jul 2018 08:40 PM PDT

Jakarta - Timnas Prancis bersua Kroasia di di partai puncak Piala Dunia 2018 yang berlangsung di Rusia malam ini WIB. Laga nanti diprediksi menghadirkan pertempuran sengit, karena merupakan partai puncak turnamen empat tahunan ini. 

Hal itu berlatar jalinan pertemanan di level klub yang bakal berubah menjadi permusuhan kala berada di atas rumput Stadion Luzhniki Stadium, Moskow, Minggu (15/7/2018) malam WIB.

Pada pertandingan ke-64 sepanjang perhelatan Rusia 2018 tersebut, kreasi seni teman ketika berjibaku di pentas liga domestik, bakal beradu kala membela panji negara. Itulah yang terjadi ketika para persona kunci Prancis dan Kroasia akan membawa negara mereka mencetak sejarah.

Yup, sejarah baru akan menjadi milik Prancis dan Kroasia jika mengangkat trofi Piala Dunia 2018 di Moskow. Prancis akan menambah gelar juara dunia menjadi dua, sementara Kroasia akan mengejutkan jagad raya andai bisa merengkuh prestasi mengesankan sebagai jawara untuk kali pertama.

"Kami hanya ingin fokus pada permainan sendiri, karena saya yakin di antara kami tak ada lagi rahasia. Satu yang pasti, konsistensi akan menjadi kunci, termasuk mental di dalamnya," sebut Blaise Matuidi, gelandang Prancis, seperti dirilis France Football, Sabtu (14/7/2018).

Ungkapan Matuidi terkait tak ada lagi yang perlu ditutup-tutupi sangat beralasan. Deretan pemain kunci Prancis dan Kroasia sudah saling mengenal, karena sepanjang musim lalu berjuang bareng di level klub. Hal itu terjadi pada Luka Modric dan Mateo Kovacic yang bekerja keras bersama Raphael Varane di Real Madrid.

Selain itu ada juga gelandang Kroasia Ivan Rakitic yang saling mengenal dengan bek Prancis asal Barcelona, Samuel Umtiti. Sedangkan para pejuang berlabel Atletico Madrid ada pada Šime Vrsaljko (Kroasia) dan Antoine Griezmann - Lucas Hernández.

Status saling mengenal membuat mereka tak segan saling memberi pujian jelang final Piala Dunia 2018. Luka Modric dan Ivan Rakitic misalnya, menyebut area belakang Prancis bakal menjadi pekerjaan rumah terbesar mereka di Moskow.

Gambaran Kekuatan

Maklum, duo palang pintu, Samuel Umtiti - Raphael Varane, sudah membuktikan diri berstatus benteng tangguh. "Saya pikir Varane sangat berkembang, dan dia semakin sulit kami lewati," tegas Modric. Sedangkan Rakitic mengakui sosok Umtiti punya kelebihan dalam membaca situasi.

Sementara Varane tak malu menyebut Luka Modric sebagai satu di antara pemain terbaik pada Piala Dunia 2018. Status kreator dan inisiator setiap bola yang hendak mengarah ke area lawan, menjadi bukti.

"Modric, juga Rakitic dan Perisic, memiliki segalanya untuk mengatur bola. Kondisi itulah yang harus kami waspadai sejak awal, sehingga tak harus terus tertekan," sebut Varane.

Ragam pujian tersebut diamini banyak pihak. Satu di antaranya datang dari Kolumnis The Guardian, Andy Roxburgh. Ia menganggap, Kroasia bakal bergantung pada 'keindahan seni' Modric, sementara Prancis menggantungkan asa pada keseimbangan dua bek tengah, Varane - Umtiti.

"Tak bisa disangkal lagi. Kualitas Modric terukur dengan fakta sejak babak grup, sementara Varane - Umtiti memiliki bukti statistik yang empirik. Jadi, tiga nama tersebut memang bakal menjadi sentral, meski pemain lain tak bisa dimentahkan begitu saja," ungkap Roxburgh.

Pelatih Kroasia, Zlatko Dalic sependapat dengan Roxburgh. Setidaknya, dari sisi strategi, ia mengaku terus berpikir bagaimana cara memecah sistem pertahanan Prancis.

Fakta membuktikan, duet Varane - Umtiti hanya kebobolan via open play, yakni kala bersua Argentina. Lalu, gol Australia datang dari titik penalti. "Itu menjadi motivasi, dan kami akan menemukan itu," tegas Dalic.

 

Spirit Kroasia

Komentar Dalic dilandasi spirit memberi hadiah lanjutan untuk hari kemerdekaan Kroasia pada 25 Juni lalu. Gelandang Luka Modric menyebut, mereka tak ingin pulang dengan tangan hampa kala mendapat kesempatan terbuka di depan mata.

"Jutaan masyarakat di belakang kami, sementara puluhan ribu pasang mata ada bersama kami di Luzhniki. Jadi, kami tak akan memberi ruang bagi Prancis," ancam Modric.

Tantangan Modric mendapat balasan dari kubu Prancis. Gelandang Blaise Matuidi menganggap Kroasia belum layak menjadi jawara dunia. "Momentum itu menjadi milik kami, dan kami akan menyelesaikan tugas ini dengan sempurna," katanya.

Matuidi tak asal berucap. Komposisi pemain Prancis di pentas Piala Dunia 2018 dianggap mirip dengan apa yang mereka miliki 20 tahun lalu. France Football dan L'Equipe, dua media besar di Prancis, menyebut, tim Didier Deschamps seolah menjadi reinkarnasi dari Zinedine Zidane dkk yang menjadi juara di Stade de France.

Gambaran itu terlihat dari duet Umtiti - Varane yang seperti Marcel Desailly - Frank Lebouf, lalu kualitas Hugo Lloris bak aksi Fabien Barthez. Begitu juga dengan dua bek, Benjamin Pavard dan Lucas Hernandez yang mirip gaya agresinya dengan Lilian Thuram serta Bixente Lizarazu.

Pada area tengah, di sana ada Paul Pogba, N'Golo Kante dan Blaise Matuidi, yang mirip dengan peran Didier Deschamps, Christian Karembeu serta Emmanuel Petit. Meski berbeda gaya, Antoine Griezmann dan Kylian Mbappe bisa menjadi cermin seniman seperti Zidane. Sedangkan Giroud melengkap peran sebagai target man, sama seperti Stephane Guivarc'h.

 

Fakta Energi Tambahan

Well, genderang perang sudah dibuka. Setidaknya, Prancis dan Kroasia tengah berada di titik kulminasi motivasi. Les Blues misalnya, datang ke Luzhniki dengan status tak terkalahkan dalam lima pertandingan terakhir kontra Kroasia. Mereka berhasil menuai tiga kemenangan dan dua seri.

Prancis juga hanya kalah sekali dari 14 pertandingan fase knock-out di pentas Piala Dunia, dengan 11 kemenangan dan 2 seri. Kekalahan itu terjadi saat bersua Jerman di perempat final Piala Dunia 2014 (0-1).

Motivasi Prancis semakin tinggi, karena mereka sudah masuk dalam jajaran negara yang berhasil melangkah ke final tiga kali atau lebih. Prancis mengikuti jejak Jerman (8 kali), Brasil dan Italia (6), Argentina (5) dan Belanda (3).

Namun, Kroasia juga tak bisa dipandang remeh. Mereka menjadi negara ke-13 yang mampu merangsek ke partai final. Sebelumnya, dua negara yang baru merasakan partai final adalah Prancis (1998) dan Spanyol (2010).

Mental Kroasia menjadi senjata ampuh. Bagaimana tidak, Luka Modric dkk berstatus tim pertama yang mampu mencapai babak final Piala Dunia dengan melakoni tiga partai beruntun via perpanjangan waktu.

Kini, publik bakal menjadi saksi apa yang bakal terjadi dengan final Piala Dunia 2018. Sudah pasti catatan sejarah bakal terjadi, namun apakah Prancis atau Kroasia, itulah yang layak kita tunggu.

Prakiraan Pemain:

Prancis: Hugo Lloris; Benjamin Pavard, Raphael Varane, Samuel Umtiti, Lucas Hernandez; Paul Pogba, Ngolo Kante; Kylian Mbappe, Antoine Griezmann, Blaise Matuidi; Olivier Giroud.

Kroasia: Danijel Subasic; Sime Vrsaljko, Dejan Lovren, Domagoj Vida, Ivan Strinic; Ivan Rakitic, Marcelo Brozovic; Ante Rebic, Luka Modric, Ivan Perisic; Mario Mandzukic.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Maia Estianty Pamer Kemudikan Private Jet

Posted: 14 Jul 2018 08:40 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Maia Estianty memang dikenal sebagai artis Tanah Air yang sukses dalam musik maupun dalam bisnis. Ibu tiga anak tersebut juga sering kali menunjukkan gaya hidup mewahnya melalui media sosial.

Selain memiliki barang-barang dan pakaian mahal, Maia Estianty juga sering memperlihatkan saat numpang pesawat private jet. Bahkan, Maia Estianty baru-baru ini kembali terlihat pergi menggunakan jet pribadi menuju ke Malang, Jawa Timur.

Kali ini, Maia Estianty bukan hanya memperlihatkan foto-foto dirinya saat berada di dalam kabin jet pribadi. Dalam foto- foto tersebut, Maia Estianty justru terlihat duduk di bangku pilot pesawat jet pribadi.

Dalam keterangan foto tersebut, Maia Estianty juga menjelaskan bahwa dirinya melanjutkan perjalanan dari Malang menuju ke Pulau Langkawi, Malaysia.

Nyupir

Maia Estianty  (instagram/maiaestiantyreal)

"Dari pegunungan (Batu Malang) ke pasir putih di Pulau Langkawi. Ngeeenngggggg.... Nyupir nyupir..... ala2 simulator," tulis Maia Estianty. Entah benar-benar sedang mengemudikan private jet atau hanya sekedar pose. Yang jelas Maia dipuji.

 

Takjub

Maia Estianty  (instagram/maiaestiantyreal)

Foto-foto yang diunggah Maia Estianty ini pun berhasil menarik perhatian para warganet. Banyak warganet yang mengaku takjub setelah melihat Maia Estianty duduk di kursi pilot.

"Omg. Bunda maia kok semakin berkilau iih semakin ok. Ibu ibu canggih," tulis akun @anggraeni_nurjulita.

"Tau kan Bun....lagi2 kamu memamerkan kebahagiaanmu," tulis akun @sofiefebriani.

"Wooow bunda @maiaestiantyreal Kereenn love deehh," tulis akun @anitananospraymci.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Terobos Mapolres Indramayu, Dua Orang Tak Dikenal Lemparkan Bom Panci

Posted: 14 Jul 2018 08:32 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Dua orang tak dikenal melempar sebuah panci yang diduga berisi bahan peledak di Markas Kepolisan Resort (Mapolres) Indramayu, Jawa Barat. Polisi hingga kini masih terus melakukan pengembangan terkait apakah motif penyerangan terkait dengan aksi terorisme.

"Benar memang ada aksi penyerangan itu. Tapi kita masih terus melakukan pengembangan," ujar Kabid Humas Polda Jabar Kombes Trunoyudo Wisnu Andiko saat dihubungi Liputan6.com, MInggu (15/7/2018).

Berdasarkan informasi yang diterima Liputan6.com, insiden penyerangan tersebut berlangsung Minggu (15/7/2018) dini hari sekitar pukul 02.35 WIB. Saat itu, ada dua orang menggunakan satu unit sepeda motor mencoba menerobos pagar Mapolres Indramayu.

Dua pelaku itu berupaya masuk ke dalam lingkungan Mapolres Indramayu dan mengejar salah seorang anggota kepolisian. Polisi lain yang melihat kemudian berupaya melakukan penyergapan.

Sempat terjadi aksi kejar-kejaran antara polisi dengan dua pelaku tersebut. Saat sedang dikejar polisi, satu orang pelaku melemparkan panci yang berisi bahan peledak ke arah penjagaan Polres. Pelaku lalu langsung melarikan diri.

Hingga kini polisi masih berupaya melakukan pengejaran terhadap dua pelaku tersebut. Sementara itu, panci yang berisi bahan peledak masih dalam penanganan oleh Tim dari Gegana.

Saksikan Video Pilihan Berikut Ini: 

 

 

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Menteri Susi Semprot Pemburu Ikan Hiu yang Rusak Citra RI

Posted: 14 Jul 2018 08:31 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Menteri Kelautan dan Perikanan (KKP) Susi Pudjiastuti resmikan gerakan Pandu Laut Nusantara sebagai bentuk langkah menyiapkan lautan sebagai masa depan Indonesia. Pandu Laut Nusantara dijadikan Susi sebagai wadah bagi organisasi dan klub pecinta laut.

Menteri Susi memandang pemerintah tak bisa sendirian menjaga laut, melainkan butuh dukungan elemen. "Yang suka snorkeling, paddler, berlayar, dan seterusnya, semua asosiasi atau organisasi atau klub jadi satu wadah, Pandu Laut. Nanti untuk laut Indonesia yang paling sehat," tegas Susi pada acara Car Free Day (CFD) Minggu (15/7/2017) di Jakarta.

Susi juga tidak mau Indonesia dicibir dunia karena predikat buruk seperti pembuang sampah terbesar di laut dan memburu hiu untuk mengambil siripnya. Ia pun menekankan fokus tersebut.

"Selain ilegal fishing, ancaman laut juga dari sampah. Kita penyumbang sampah sebesar. Keberagamannya (dari lautan) juga terancam karena masih pengekspor tertinggi sirip ikan hiu di dunia. Label ini bikin malu karena dicibir dunia," jelas Susi.

Susi turut menyayangkan pihak-pihak yang masih saja memakai teknik destruktif dalam menangkap ikan, salah satunya memakai dinamit dan potas (potassium sianida) yang bisa merusak lautan, bahkan bila digunakan dalam jumlah kecil. Parahnya, ada pihak yang memakai potas dalam jumlah besar. 

"Ada lagi pakai potas, sianida. Satu gram merusak enam meter persegi. Ada nelayan bawanya literan. 10 liter. 10 liter berarti membunuh 60 ribu meter persegi, kan gila," ujar Menteri Susi.

 

Aksi bersihkan sampah

Menteri Kelautan dan Perikanan Susi Pudjiastuti meresmikan 'Pandu Laut Nusantara'. (Liputan6.com/Yunizafira Putri)

Selain mengajak masyarakat berjanji agar tidak membeli air botol plastik, memakai sedotan dan plastik kresek lagi, sang menteri pun mengajak rakyat dari Sabang sampai Merauke untuk berdiri di pinggir laut pada 18 Agustus nanti.

"18 Agustus, setelah pesta kemerdekaan, kita semua berdiri di sepanjang pantai. Kita bersihkan sampah yang ada. Dari Sabang sampai Merauke kita berdiri di laut jam empat sore. Kita bersihkan laut. Supaya laut sehat, ikannya banyak sehingga bukan untung snorkeling saja, tapi untuk makan," jelasnya.

Setelah acara selesai, Susi menyempatkan diri berjoget lagu 'Baby Shark' bersama para peserfa CFD yang hadir sembari membagikan kaos bertuliskan 'tenggelamkan.'

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Prancis Vs Kroasia: Tim Mana yang Dijagokan Evan Dimas?

Posted: 14 Jul 2018 08:30 PM PDT

Jakarta - Laga Prancis vs Kroasia di final Piala Dunia 2018 jadi pembicaraan di mana-mana. Termasuk para pemain timnas Indonesia. Salah satunya, Evan Dimas.

Di pertandingan Prancis vs Kroasia ini, pemain asal Surabaya ini memprediksi Tim Ayam Jago akan tampil sebagai pemenang di laga final nanti. Prancis, kata Evan Dimas akan mampu mengalahkan Kroasia.

Semenjak turnamen Piala Dunia 2018 dimulai, Prancis memang digadang-gadang akan menjadi kandidat kuat juara Piala Dunia 2018. Maklum, Skuat besutan Didier Deschamps itu merupakan finalis Euro 2016, tetapi pada saat itu mereka tumbang di tangan Portugal dengan skor 0-1.

Sempat tampil kurang meyakinkan di fase grup, Prancis mulai bertaji di fase gugur. Mereka menumbangkan 3 unggulan kuat juara, yaitu Argentina, Uruguay dan Belgia untuk mencapai final.

Melihat performa cemerlang skuat Les Bleus itu, Evan Dimas tidak ragu untuk menyebut Paul Pogba dkk untuk menjadi juara. "Kalau saya sih menjagokan Prancis," ujar Evan saat diwawancarai oleh Bola.net.

 

Piala Dunia 2018 Prancis Vs Kroasia (Bola.com/Adreanus Titus)

Konsisten

Mantan pemain Persebaya Surabaya itu menilai Prancis sudah bermain dengan konsisten semenjak awal turnamen. Sehingga di laga final, mereka punya potensi untuk mengalahkan Kroasia.

Evan Dimas sendiri mengaku sangat mengagumi permainan tim asuhan Didier Deschamps itu. "Mereka mainnya bagus selama Piala Dunia ini, jadi saya rasa mereka bisa jadi juara," ujarnya.

Mbappe Pemain Terbaik

Pada kesempatan ini Evan juga memprediksi bahwa penyerang muda Prancis, Kylian Mbappe akan menjadi pemain terbaik di Piala Dunia nanti.

"Kalau pemain terbaik mungkin [Kylian] Mbappe ya, karena saya lihat dia selama World Cup ini tampil menonjol." tutup pemain 23 tahun tersebut.

Sumber: Bola.net

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Top 3 Lifestyle: Ini Cara Asyik Menjelajah New Zealand

Posted: 14 Jul 2018 08:30 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta New Zealand dikenal sebagai salah satu destinasi wisata yang memiliki daya tarik pada pemandangan alamya. Tak hanya itu saja, namun selandia baru juga mempunyai ragam atraksi wisata seru yang akan membuat liburan Anda kian berkesan. Lalu bagaimana cara asyik untuk menjelajah New Zealand? Simak selengkapnya dalam Top 3 Lifestyle, Minggu (15/7/2018) berikut ini.

1. 5 Cara Asyik Berpetualang di Selandia Baru Versi Tourism New Zealand

Siapa yang tidak mau berwisata ke Selandia Baru? Selain punya pemandangan alam yang menawan, negeri kiwi ini juga menawarkan beragam atraksi wisata yang berkesan. Bahkan di Selandia Baru, Anda bisa menikmati salju dan bermain air laut di hari yang sama. Tak hanya itu, kemudahan akses dan transportasi memudahkan traveler untuk mengeksplore lebih jauh hingga ke pelosok Selandia Baru. Simak selengkapnya di sini.

2. 11 Cara Menghaluskan Wajah dan Membuatnya Bersinar Sekaligus

Ilustrasi wanita cantik (iStockphoto)

Siapa yang tidak ingin memiliki kulit wajah yang halus bersinar? Tak hanya wanita, pria pun pasti menginginkannya. Wajah halus memang tidak dimiliki oleh semua orang. Ada yang karena sering terkena polusi dan debu mengakibatkan kulit kering sehingga mengelupas dan kasar. Ada pula yang karena memiliki bekas jerawat, bopeng bekas cacar, atau bekas luka sehingga tampilan kulit wajah jadi tidak mulus. Simak selengkapnya di sini.

3. Intip Kemegahan Rumah Kayu dengan Pemandangan Indah di Cornwall, Inggris

The Treehouse bukanlah tempat peristirahatan pedesaan biasa. Properti baru dari Luxury Lodges David Lloyd Collection yang terletak di Clowance Resort Inggris ini menawarkan beberapa fitur yang sangat menarik untuk menginap. (Foto: Instagram @martindalepam

Apakah Anda akan berkunjung ke Inggris dalam waktu dekat? Khusus untuk Anda yang suka dengan wisata alam, Anda wajib mampir ke lokasi ini. Dikelilingi oleh tanaman hijau yang melimpah, bunga berwarna-warni, dan beberapa panorama yang indah, Anda mungkin berpikir rumah kayu ini tersembunyi di hutan eksotis di sudut-sudut dunia yang jauh. Baca selengkapnya di sini.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Menanti Pendamping Jokowi dan Prabowo pada Pilpres 2019

Posted: 14 Jul 2018 08:25 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Sejumlah partai politik mengaku masih mencari kandidat sepadan untuk menjadi calon wakil presiden bagi sejumlah capres, seperti Jokowi atau Prabowo Subianto.

Seperti ditayangkan Liputan6 SCTV, Minggu (15/7/2018), para calon pendamping ini diharapkan menjadi pasangan yang sepadan untuk kandidat capres yang ada. Partai Demokrat masih membuka peluang koalisi baik bagi partai pendukung petahana atau pun kubu oposisi.

Namun, mensyaratkan dialog terbuka antar ketua umum dan tak mengumumkan kandidat capres jelang pendaftaran berakhir. Sedangkan Partai Keadilan Sejahtera (PKS) menyatakan tetap akan berada pada oposisi untuk tak mencalonkan kembali Presiden Jokowi.

Di mata pengamat politik Emrus Sihombing, ada dua calon kuat pendamping Jokowi, yaitu Airlangga Hartanto dan Mahfud MD. Hal ini disimpulkan dari kedekatan mereka dengan presiden dan kondisi bangsa saat ini.

Sejumlah nama mencuat menjadi pendamping Jokowi dalam konstelasi politik 2019. Setidaknya ada 10 nama terkuat yang masih dirahasiakan untuk menjadi calon wakil presiden petahana.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Inter Milan Berencana Datangkan Angel Di Maria

Posted: 14 Jul 2018 08:20 PM PDT

Liputan6.com, Paris - Tak ingin kalah bersaing dengan Juventus dan AS Roma dalam perburuan pemain baru, Inter Milan juga mulai bergeliat di bursa transfer. Kali ini, Inter disebut tengah membidik jasa pemain PSG, Angel Di Maria.

Nama Di Maria sejatinya sudah masuk dalam daftar pemain incaran Inter sejak musim lalu. Tapi, Inter terhadang kondisi finansial. Inter Milan harus berhemat untuk terhindar dari pelanggaran aturan Financial Fair Play.

Masuk bursa transfer musim panas 2017/18, Inter Milan kini punya modal yang cukup apik. Karena itu, Di Maria pun kembali masuk dalam daftar belanja untuk bisa bersaing dengan klub-klub lain pada musim depan.

Kans Inter untuk mendapatkan Di Maria pun diyakini bakal cukup terbuka. Namun, ada beberapa klub lain yang siap untuk menjadi pesaing untuk mendapatkan jasa pemain asal Argentina.

Tak Dibutuhkan Tuchel

Angel Di Maria menjadi salah satu pilihan Barcelona untuk menggantikan Neymar yang telah dikontrak PSG engan biaya 222 juta euro (sekitar Rp 3,5 triliun). (AFP/Fred Tanneau)

PSG akan memiliki pelatih baru untuk musim 2017/18. Pelatih baru tersebut adalah Thomas Tuchel, eks pelatih Borussia Dortmund. Nah, laporan dari Paris United, menyebut jika Tuchel tak memasukkan nama Di Maria dalam rencana yang disusun.

Di Maria pun diyakini bakal dilepas ke klub lain. Apalagi, jika tetap bertahan, dia akan menjadi beban klub secara finansial. Sebab, Di Maria jadi salah satu pemain dengan yang tinggi.

Karena itu, Inter coba untuk memberi tawaran pada pemain berusia 30 tahun. Meskipun tak akan menawarkan gaji dan kontrak fantastis, Inter siap menjadikan Di Maria sebagai pemain utama.

 

50 Juta Euro dan Atletico

Demi mendapatkan jasa Di Maria, Inter disebut telah menyiapkan dana belanja hingga mencapai 50 juta euro. Harga tersebut lebih mudah dari yang dikeluarkan oleh PSG saat membeli Di Maria dari Manchester United pada tahun 2015, 63 juta euro.

Namun, harga tersebut dinilai sudah cukup layak untuk mendapatkan servis eks pemain Real Madrid.

Tapi, Inter juga punya beberapa pesaing yang ingin mendapatkan jasa Di Maria. Salah satu pesaing yang kompetitif dan cukup serius adalah Atletico Madrid. Atletico punya pelatih Diego Simeone, sejawat Di Maria dari Argentina.

Inter memang harus mendatangkan banyak pemain bintang musim depan. Sebab, mereka akan kembali bermain di Liga Champions. Agar bisa bersaing tentu saja butuh skuat yang tangguh dan mumpuni.

Setelah sukses mendatangkan Radja Nainggolan dari Roma dan Stefan De Vrij dari Lazio, kini Di Maria yang masuk dalam incaran Inter.

Sumber: Bola.net

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Intip Isi Apartemen Mewah Kim Jaejoong JYJ yang Bikin Melongo

Posted: 14 Jul 2018 08:20 PM PDT

Liputan6.com, Seoul - Kekayaan Kim Jaejoong sebagai bintang K-Pop kenamaan tampaknya tidak perlu diragukan lagi. Hal ini dibuktikan personel JYJ itu dalam wujud apartemen mewah miliknya yang berlokasi di kawasan elit di Seoul, Korea Selatan.

Saat menjadi bintang tamu di salah satu program televisi Jepang, Kim Jaejoong memamerkan isi apartemennya yang super mewah tersebut. Seperti dikutip dari Pann-Choa, Sabtu (14/7/2018).

Kim Jaejoong memperlihatkan sebuah karya seni yang terletak di samping pintu seharga 2000 US$ atau setara Rp 287 juta. Kemudian ada pajangan berbentuk labu kuning seharga 200 ribu US$ atau setara Rp 2,8 miliar.

Selanjutnya ada sebuah karpet berwarna hitam dengan corak abstrak seharga 40 ribu US$ atau setara Rp 575 juta. Kemudian ada meja makan marmer seharga 5 juta yen atau setara Rp 639 juta.

 

Apartemen mewah Kim Jaejoong [foto: pann-choa]

Tiga Lantai

Apartemen mewah Kim Jaejoong [foto: pann-choa]

Yang lebih mengejutkan lagi, tiga lantai terakhir dari gedung apartemen tersebut semuanya ditempati oleh Jaejoong. Sehingga lift digunakan eksklusif hanya untuknya.

Kim Jaejoon juga memperlihatkan sebuah kamar mewah serta tiga kamar mandi. Di dalamnya terdapat bath tub yang dilengkapi dengan televisi dan lemari penuh sepatu.

Barang paling murah yang dimiliki Jaejoong dalam rumahnya yakni sebesar 9 ribu US$ atau setara Rp 129 juta.

 

Parkir Pribadi

Apartemen mewah Kim Jaejoong [foto: pann-choa]

Biasanya, para pengguna apartemen akan berbagi tempat parkir. Tapi tidak dengan Kim Jaejoong. Mantan personel TVXQ tersebut memiliki lahan parkir khusus kendaraan miliknya.

Tampak beberapa mobil mewah milik Kim Jaejoong berjajar di parkiran. Jika ditotal, rumah Jaejoong bernilai 5 juta US$ atau setara dengan Rp 72 miliar. Mencengangkan bukan?

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Ketua PBNU Masuk Bursa Cawapres Jokowi, Ini Respons PPP

Posted: 14 Jul 2018 08:13 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Nama Said Aqil Siraj masuk dalam bursa survei calon wakil presiden 2019. Ketua Pengurus Besar Nahdatul Ulama (PBNU) tersebut juga masuk nominasi cawapres yang akan mendampingi Jokowi.

Menanggapi itu, Wasekjen DPP PPP Achmad Baidowi mengatakan pihaknya tak fokus pada nama nama yang muncul di publik sebagai cawapres Jokowi termasuk Said Aqil. Tugas PPP hanya menyarankan kriteria yang cocok dan menyerahkan sepenuhnya kepada Jokowi.

"PPP itu dari awal tidak mau terjebak pada nama, kami hanya menyampaikan kriteria kepada pak Jokowi, soal nama itu silakan saja beliau yang tentukan, tentu saja dengan sejumlah konsekuensi konsekuensi," katanya saat dihubungi, Minggu (14/7/2018).

Nantinya, kata dia, Jokowi bakal menyampaikan sendiri kepada partai pendukungnya. PPP sendiri tidak protes atau memberi saran jika Jokowi telah menentukan pendampingnya.

"Enggaklah (memberi saran ke Jokowi), kan sudah komit dari awal, bahwa itu sudah disampaikan pak Jokowi, kriteria pak Jokowi yang memilih kan nyamannya dengan siapa," ujar dia.

Partai pimpinan Romahurmuziy ini juga tak mempersoalkan bila mantan Gubernur DKI Jakarta tersebut memilih cawapres dengan latar belakang tokoh agama, militer, profesional maupun partai politik. Pilihan yang Jokowi pilih baginya sudah final dan PPP siap dukung.

"Kalau PPP begitu (siap dukung),saya kira dengan komitmen yang sama cawapres diserahkan kepada pak Jokowi itu tergantung pak Jokowinya," tandas Baidowi.

Survei SMRC

Ketua Umum PBNU Said Aqil Siroj berbincang dengan Mustofa Bisri saat menghadiri peringatan Sewindu Haul Gus Dur di Jakarta, Jumat (22/12). Peringatan tersebut mengangkat tema Semua Demi Bangsa dan Negara. (Liputan6.com/Herman Zakharia)

Dalam survei cawapres Saiful Mujani Research and Consulting (SMRC) nama Said Aqil masuk posisi teratas bersama Mahfud MD dan Sri Mulyani. Survei itu memiliki responden elite, pembuat opini atau opinion leader dan media massa pemilih nasional.

Penilaian survei berdasarkan penilaian kapabilitas, integritas, empati, akseptabilitas, kontinuitas.

Mahfud MD di posisi pertama (7,2), Sri Mulyani di posisi kedua (7), Said Aqil menempati posisi ketiga dengan skor 6,3, lalu Airlangga Hartarto di posisi keempat (6,1) dan Zainul Majdi (6,1).

Said Aqil pun mengatakan sampai saat ini belum ada partai politik yang berusaha meminang dirinya jadi cawapres.

"Belum. Belum ada," kata Said Aqil ditemui usai acara Halal Bihalal PP Muslimat NU di Kalibata, Jakarta Selatan, Minggu (8/7).

Dia juga menampik jika PBNU telah memberikan dukungan terhadap Ketua Umum PKB Muhaimin Iskandar alias Cak Imin sebagai Cawapres Jokowi. Dia menyebut hal itu untuk mendoakan saja.

"Sebenarnya bukan dukung. Bukan. Cak Imin datang. Kita merestui dan mendoakan saja bahasanya. Mendoakan berhasil," ucap dia.

 

Saksikan Video Pilihan Berikut Ini: 

 

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Prancis vs Kroasia: Luka Modric Bisa Jadi Penentu

Posted: 14 Jul 2018 08:10 PM PDT

Moskow - Duel Prancis vs Kroasia akan terhampar di laga final Piala Dunia 2018, malam ini. Kedua tim pun siap habis-habisan untuk menjadi yang terbaik.

Kubu Prancis mengaku sangat mewaspadai Kroasia, yang muncul sebagai tim kejutan. Pelatih timnas Prancis, Didier Deschamps tak segan memuji kekuatan Luka Modric di timnas Kroasia.

Dia sama sekali tak menilai Modric lebih lemah dari Lionel Messi atau Eden Hazard. Penampilan Modric menurut Deschamps, bukan tak mungkin jadi penentu laga Prancis vs Kroasia.

Sebelumnya, Prancis sukses mengalahkan Argentina dan Belgia, dua tim kuat. Di kedua laga tersebut, Deschamps berhasil merancang taktik yang mematikan pergerakan Lionel Messi dan Eden Hazard.

Alhasil, banyak pihak menilai Prancis tak akan kesulitan mengatasi Modric. Sebab Modric dianggap tak terlalu sering bergerak sebagaimana yang dilakukan Messi atau Hazard. Itu mungkin bakal dia lakukan lagi di laga Prancis vs Kroasia.

Tidak Lebih Mudah

Namun, Deschamps membantah anggapan tersebut. Baginya Modric adalah pemain yang berbahaya, bahkan lebih banyak bergerak ketimbang Messi atau Hazard.

"Maaf, tetapi sepertinya anda tidak melihat Modric yang sama dengan saya jika anda berpikir daya jelajahnya kurang," ujar Deschamps di fourfourtwo.

"Dia bisa bermain di tengah, tidak selalu, tetapi jelas dia memiliki kualitas teknis yang sesuai dengan rekannya Ivan Rakitic, dan dia bermain sangat cerdas, jadi jelas dia sangat berpengaruh pada timnya."

Berbeda

Luka Modric mencetak gol lewat penalti saat Kroasia melawan Nigeria pada laga grup D Piala Dunia 2018 di Kaliningrad Stadium, Kaliningrad, Rusia, (16/6/2018). Kroasia menang 2-0. (AP/Michael Sohn)

Lebih lanjut, soal menjaga Modric, Deschamps mengaku timnya akan bekerja lebih keras daripada biasanya. Memang Modric adalah pemain yang berbeda dengan Messi dan Hazard, tetapi justru di situlah tantangannya.

"Dia tidak bermain seperti Messi dan Hazard karena dia bukanlah pemain individu. Dia adalah gelandang, seorang gelandang serang, Hazard dan Messi lebih sering berperan sebagai penyerang," tutupnya.

Sejauh ini Modric sudah tiga kali dinobatkan sebagai man of the match, catatan tertinggi di Piala Dunia 2018 bersama Eden Hazard. (fft/dre)

 

Sumber: Bola.net

Piala Dunia 2018 Prancis Vs Kroasia (Bola.com/Adreanus Titus)

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Kencan Singkat Bersama Honda PCX Hybrid, Sesuai Harapan?

Posted: 14 Jul 2018 08:06 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Honda PCX Hybrid resmi dipasarkan dengan harga Rp 40,3 juta on the road Jakarta. Artinya, harga sepeda motor yang dilengkapi mesin bensin dan listrik ini lebih mahal sekitar Rp 10 juta dengan PCX 150 buatan lokal.

Bertepatan dengan pengumuman harga PCX Hybrid, PT Astra Honda Motor (AHM) selaku agen tunggal pemegang merek sepeda motor Honda di Indonesia, juga mempersilakan awak media, termasuk Liputan6.com untuk menjajal skuter bongsor buatan Sunter, Jakarta Utara.

Pengujian Honda PCX Hybrid ini memang tidak dilakukan dengan jarak antar kota, melainkan hanya di sekitar lahan parkir Jakarta International Expo, Kemayoran, Jakarta.

Panitia penyelenggara mengatur jalur pengujian ini mirip trek mini, dengan beragam kelokan menggunakan sejumlah cone dan ban.

Mau tahu rasanya Honda PCX Hybrid, berikut ulasannya.

Desain

 

All new PCX Hybrid (Arief/Liputan6.com)

Sebelum merasakan bagaimana performa Honda PCX Hybrid, ada baiknya sedikit mengulas desain skuter tersebut.

Ya, jika dilihat secara bentuk, Honda PCX Hybrid ini tak ada bedanya dengan PCX 150 buatan lokal yang telah diluncurkan beberapa waktu lalu.

Bahkan secara dimensi sama persis, yaitu panjang 1.923 mm, lebar 745 mm dan tinggi 1.107 mm. Ketinggian tempat duduk juga masih sama yaitu 764 mm, jarak sumbu roda 1.313 mm dan jarak terendah ke tanah 137 mm.

Yang membedakan adalah bobotnya. PCX Hybrid lebih berat empat kg atau mencapai 136 kg, sedangkan PCX 150 ABS beratnya 132 kg dan model standar 131 kg.

Sementara yang paling membedakan antara PCX Hybrid dan PCX 150 lokal yaitu pilihan warna, dimana PCX Hybrid hanya menawarkan satu warna yang mereka sebut, Hybrid Blue.

Untuk lebih tampil berbeda, PCX Hybrid juga dilengkapi emblem bertuliskan hybrid di bagian samping dan pada bagian jok dilengkapi jahitan dengan benang berwarna biru senada warna bodi.

 

Fitur

Tes ride Honda PCX Hybrid. (Nazar Ray)

Meski beda sekitar Rp 10 juta, ternyata untuk fitur-fitur yang dibenamkan tak ada perbedaan mencolok antara PCX Hybrid dan PCX 150.

Kedua model skuter ini sama-sama memiliki, fitur idling stop system, anti-locking breaking system, rem cakram di kedua roda, charger untuk smartphone, panel instrumen digital, sistem pencahayaan led, hingga penggunaan smart key system.

Sementara yang membuat PCX Hybrid berbeda yaitu adanya fitur riding mode terletak di handle grip sebelah kiri di atas tombol lampu. Cara penggunaanya cukup ditekan sekali. Sebagai catatan, ada dua pilihan untuk riding mode yaitu D atau Drive dan S atau Sport.

Performa

Seperti disebutkan di atas, pengujian memang tak dilakukan jarak jauh. First impression Honda PCX Hybrid kesannya memang biasa saja. Sebab, jika dilihat dari bodi secara keselurahan memang sama.

Akan tetapi, saat pedal gas diulir, kesan responsif begitu terasa. Skuter ini langsung lari dengan sangat mudah di trek dengan panjang tak kurang dari 100 meter.

Tak hanya itu, meski bodi terlihat gambot ditambah bobotnya bertambah empat kg, ternyata hal itu tak membuat PCX Hybrid berat atau sulit bermanuver.

Buktinya, kelokan yang dibuat sempit oleh penyelenggara bisa dengan mudah dilibas semua peserta yang menguji.

Seperti disebutkan sebelumnya, keberadaan fitur riding mode juga tak lupa dipraktikkan oleh kami. Hasilnya, memang terasa berbeda ketika menarik gas.

Ketika menggunakan mode D, maka tarikan kurang terasa. Akan tetapi Honda mengklaim hal itu dapat membuat pengendara merasakan berkendara santai, performa bertenaga, namun hemat bahan bakar (mode standar saat motor menyala).

Sebaliknya, jika ketika menggunakan mode S, maka akselerasi akan lebih responsif, dengan kata lain tarikan lebih enteng. Pengendara yang ingin menghentikan fungsi dari fitur Idling Stop System (ISS) dengan tenaga yang sama seperti mode D.

Honda PCX Hybrid ini dilengkapi mesin 4 Langkah, SOHC, PGM-FI, berpendingin cairan, eSP dan berkapasitas  mesin 149,3 cc.

Dengan mesin bensin daya maksimum yang dihasilkan bisa mencapai 14,5 Tk pada 8.500 rpm dan tambahan dari mesin listrik sebesar 1,8 Tk pada 3.000 rpm.

Untuk torsi maksimum dengan mesin besin bisa sebeara 13,2 Nm pada 6.500 rpm dan torsi saat menggunakan motor listrik sebesar 4,3 N.m pada 3.000 rpm.

Kesimpulan

Tes ride Honda PCX Hybrid. (Nazar Ray)

Kelebihan

- Menggunakan hybrid akan terasa lebih memahami kendaraan hemat energi.

- Meski bobot bertambah, tarikan cukup responsif dan handling ringan.

- Dengan menggunakan mode riding, pengendara bisa lebih leluasa untuk berkendara.

Kekurangan

- Harga jauh lebih mahal

- Tak banyak fitur unggulan yang diterapkan

- Minimnya lokasi pengujian membuat tak leluasa untuk menyiksa skuter tersebut

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Audit LPPDK Pilkada Jabar Dapat Sejumlah Catatan Bawaslu

Posted: 14 Jul 2018 08:04 PM PDT

Liputan6.com, Bandung - Badan Pengawas Pemilu atau Bawaslu Jawa Barat memiliki sejumlah catatan dalam laporan terkait sumber atau sumbangan dana kampanye yang tidak jelas dari keempat pasangan calon di Pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur (Pilgub) Jabar 2018. Sumbangan tersebut terdiri dari perorangan maupun perusahaan.

Koordinator Divisi Pengawasan Bawaslu Jabar, Abdullah mengungkapkan, dari hasil audit Laporan Penerimaan dan Pengeluaran Dana Kampanye (LPPDK) yang dilakukan secara umum keempat pasangan calon dinilai patuh. Hanya saja, masih ditemukan sejumlah catatan terkait LPPDK yang diterima.

Abdullah mengatakan, pihaknya mengaku masih menemukan laporan terkait penerimaan atau sumbangan dana kampanye yang tidak jelas sumbernya. Mulai tidak ada nama, tidak menyertakan NPWP dan temuan lainnya.

Padahal, kata dia, apabila mengacu pada Undang-Undang Nomor 1/2015 tentang Pilkada dalam pasal 76 disebutkan bila sumber dana atau pihak penyumbang harus jelas data dan identitasnya.

"Terkait larangan sumber dana kampanye, tidak dari sumber asing, sumber BUMN/BUMD, ada larangan sumber tidak jelas identitas seperti tidak ada nama, alamat, NPWP dan nomor kontak," kata Abdullah di Kantor KPU Jabar, Jumat 13 Juli 2018.

Abdullah menjelaskan, berdasarkan LPPDK yang diterima dari keempat paslon masih ditemukan sumber dana kampanye yang tidak jelas identitasnya.

Untuk pasangan Ridwan Kamil-Uu Ruzhanul Ulum misalnya, dari 459 penyumbang perorangan ada 212 penyumbang tidak menyertakan NPWP, satu orang tidak ada NIK atau KTP, 12 orang tidak ada nomor handphone, 2 orang tidak sesuai alamat KTP, 17 orang tidak ada email, 4 orang pekerjaan tidak jelas, 1 orang alamat pekerjaan dirahasiakan dan 26 orang tidak menyantumkan alamat pekerjaan.

Kemudian, untuk pasangan TB Hasanudin-Anton Charliyan juga ditemukan hal yang sama.

"Kalau dari sisi penerimaan untuk paslon nomor 2, ada informasi yang tidak lengkap dari 27 penyumbang perorangan seperti ketidaklengkapan identitas. Lalu ada lima orang yang tidak menyertakan asal perolehan dana," tuturnya.

Untuk pasangan Sudrajat-Ahmad Syaikhu dia menemukan tiga penyumbang dari parpol yang menyertakan NPWP partai dan akta pendirian partai. Sementara untuk penyumbang perseorangan ada 41 orang yang tidak menyertakan alamat pekerjaan.

 

Pasangan Deddy-Dedi

Sedangkan pasangan Deddy Mizwar-Dedi Mulyadi pihaknya menemukan dua orang yang tidak menyertakan NPWP dalam laporannya.

"Ada satu yang tidak menyertakan alamat kerja dan satu penyumbang yang tidak mencantumkan asal perolehan dana. Untuk badan hukum tidak menjelaskan informasi penyumbang dari mana dananya," ujarnya.

Dia mengungkapkan telah memberikan sejumlah catatan laporan tersebut kepada KPU. Laporan dan temuan itu bisa dijadikan sebagai pembanding dengan hasil audit yang dilakukan KPU melalui kantor akuntan publik.

"KPU memang sudah mengaudit LPPDK dua hari lalu bersama kantor akuntan publik. Tapi catatan kami penting untuk menjadi pembanding," ucapnya.

Dia menambahkan, catatan dan temuan ini harus diklarifikasi secara resmi. Karena bila tidak, sumber dana yang tidak jelas itu harus dikembalikan ke kas negara dalam waktu 14 hari setelah audit LPPDK diserahkan kepada KPU.

Sementara itu, Ketua KPU Jabar Yayat Hidayat mengatakan, seluruh LPPDK keempat paslon dinyatakan patuh.

"Kalau hasil audit LPPDK dari Kantor Akuntan Publik menyatakan empat paslon patuh, penilaiannya berarti tidak ada masalah," ujar Yayat.

 

Saksikan video pilihan berikut ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Mengenal Pemusnah Wereng Ultrasonik-LED Karya Mahasiswa Unsoed

Posted: 14 Jul 2018 08:03 PM PDT

Liputan6.com, Purwokerto - Tiap musim tanaman, hama wereng selalu menjadi momok yang menakutkan petani. Sebab, dalam stadium berat, serangan wereng bisa menyebabkan gagal panen atau puso.

Antara Oktober 2016 sampai Agustus 2017 lalu, sekitar 63 ribu hektare tanaman padi di wilayah Jawa Barat, Jawa Tengah, dan Jawa Timur, terkena serangan hama wereng. Itu termasuk hamparan tanaman padi organik di Desa Piasa Kulon, Somagede, Banyumas.

Serangan wereng ini membuat lima mahasiswa Fakultas Pertanian (Faperta) dan Fakultas Teknik (FT) Universitas Jenderal Soedirman (Unsoed), Purwokerto, Jawa Tengah, prihatin. Mereka pun terpantik untuk menciptakan alat pemusnah wereng.

Melalui Program Kreativitas Mahasiswa Pengabdian Masyarakat (PKM-M), yang didanai oleh Kemenristekdikti, mereka bergerak untuk membantu petani di Desa Piasa Kulon. Mereka adalah Hatika Rahmawan dan Ria Elsani (Jurusan Agroteknologi Faperta) dan Imaludin Sopandi, Aris Budiyanto, dan Muhammad Yusuf Fadillah (Jurusan Elektro FT).

"Serangan hama wereng yang menimpa petani sangat merugikan, petani mengalami kerugian gagal panen, serangan hama wereng tersebut tidak dapat dihindari, Hal ini mendasari kami untuk menciptakan teknologi yang dapat membantu petani," ucap ketua tim pengabdian masyarakat, Hatika Rahmawan, dalam keterangan tertulis yang diterima Liputan6.com dari Humas Unsoed, Jumat, 13 Juli 2018.

Dia menjelaskan, tim menyurvei lokasi tanaman padi milik kelompok tani organik Ngudi Mratani Desa Piasa Kulon, pada April 2018. Kelompok tani ini adalah salah satu kelompok tani yang mengalami kerugian akibat hama wereng.

Tim menerapkan teknologi Hibrida Ultrasonik-LED. Teknologi ini dikembangkan berdasar penelitian sebelumnya mengenai gelombang ultrasonik dan Light trap atau lampu perangkap untuk hama wereng.

"Teknologi ini merupakan teknologi terbaru yang menggabungkan keduanya," dia menambahkan.

Cara Kerja Alat

Serangan hama wereng dalam stadium sedang dan berat menyebabkan tanaman padi gosong. (Liputan6.com/Muhamad Ridlo)

Hatika menjelaskan, frekuensi gelombang ultrasonik (frekuensi 40 - 60 kHz) akan menyebabkan gerakan hama wereng pasif tak bergerak. Pasifnya gerakan hama wereng memengaruhi pola makan sehingga pencernaannya terganggu. Lama kelamaan, wereng bisa mati.

"Kami menggunakan hasil penelitian yang telah ada sebelumnya mengenai ultrasonik dan juga cahaya, serta menggabungkan keduanya. Teknologi ini kami namakan Teknologi Hibrida Ultrasonik-LED," dia menjelaskan.

Sosialisasi telah dilakukan di Balai Desa Piasa Kulon, Banyumas pada18 April 2018. Dalam sosialisasi tersebut dipaparkan pengenalan alat dan prinsip kerja alat hybrid yang dikembangkan.

Pembimbing penelitian dan pengabdian masyarakat yang juga Dosen Teknik Pertanian Fakultas Pertanian Unsoed, Ardiansyah berharap teknologi ini dapat membantu mengatasi serangan hama wereng yang menyerang petani, khususnya pada pertanian organik yang tidak menggunakan pestisida dan pupuk sintesis.

"Diharapkan, meskipun tidak menggunakan pestisida, serangan hama tetap dapat dikendalikan dan mengurangi resiko gagal panen karena dibantu juga oleh teknologi hibrid," kata Ardiansyah.

Dia pun berharap meski masih berupa hibrid, efektivitas alat pemusnah hama wereng ini akan diuji coba lapangan. Jika berhasil, alat akan terus dikembangkan untuk membantu para petani.

Saksikan video pilihan berikut ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

5 Cara Paling Populer dan Efektif Jualan Pakai Video

Posted: 14 Jul 2018 08:01 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Video khusus adalah alat untuk membantu perusahaan dan merek mencapai sasaran bisnis jangka pendek dan panjangnya. Apakah tujuan Anda adalah untuk mengarahkan lalu lintas, mendidik pelanggan saat ini atau calon pelanggan, atau membagikan testimoni yang terpercaya.

Video adalah salah satu cara tercepat dan paling menarik yang dapat Anda gunakan untuk berinteraksi dengan pelanggan Anda, tidak seperti percakapan tatap muka.

Berikut adalah beberapa jenis pemasaran video yang paling sering digunakan untuk bisnis, seperti dikutip dari Laruno.id:

1. Video produk

Video produk adalah video yang berfokus pada produk baru yang inovatif, di mana Anda memiliki kemampuan yang tajam untuk menunjukkan dan memberi tahu tentang keunggulan produk tersebut.

Gunakan video produk untuk menjelaskan produk kompleks Anda dengan cara yang disederhanakan yang membangun antusiasme, menyoroti manfaatnya, dan menunjukkan cara kerjanya. Lanjutkan dengan keseluruhan tema tentang bagaimana produk Anda bermaksud untuk membuat kehidupan pelanggan lebih baik. Menginspirasi pelanggan dengan melukiskan gambar gaya hidup tertentu dan menunjukkan bagaimana produk Anda dapat berfungsi dengan sempurna.

2. Video Perusahaan

Sampaikan kepada staf baru, mitra, investor, atau pelanggan Anda dengan video yang mengangkat tujuan dan visi perusahaan Anda. Gunakan grafik, gambar di kamera, atau pengisi suara untuk menjelaskan apa yang dilakukan perusahaan Anda, mengapa Anda berbeda dan apa yang membuat Anda hebat.

Gunakan video profil perusahaan Anda di beranda situs web Anda, sehingga pengunjung dapat dengan cepat memahami merek Anda, visi Anda, dan bagaimana Anda dapat membantu mereka. Video perusahaan juga dapat digunakan untuk merekrut bakat terbaik di jejaring sosial, dan untuk memotivasi investor dan sekutu untuk mencari Anda.

3. Video Animasi

Ilustrasi keluarga di mobil (iStockphoto)​

Memiliki sesuatu yang rumit atau baru yang perlu dijelaskan? Tidak ada cara yang lebih baik untuk menyampaikan pesan Anda selain dengan video animasi visual yang sangat kuat.

Buat lokasi, aktor, dan properti yang sulit, atau bahkan tidak mungkin di dunia nyata dengan menggunakan kekuatan animasi, Anda dapat melakukannya. Dengan kombinasi suara audio dan grafis yang menawan, Anda dapat mengungkap topik yang kompleks lebih cepat daripada dalam video yang diceritakan secara normal.

4. Video situs web

Baik Anda menawarkan layanan atau produk, video yang dipasang di situs web Anda adalah cara tercepat bagi pelanggan untuk memahami apa yang Anda tawarkan.

Untuk merek e-commerce, video web yang menyenangkan dapat memberi pelanggan gambaran sekilas yang akurat dan menarik tentang produk Anda yang biasanya tidak akan disinggahi tanpa mengunjungi toko. Dengan video yang ada di situs web Anda, pengguna akan berinteraksi lebih banyak dengan konten Anda. Dan seperti yang kita semua tahu, semakin lama orang tinggal di situs web Anda, semakin tinggi tingkat konversi Anda.

5. Video testimoni

Video testimoni tersebut membuat finalis mengulas kembali kegiatan yang sudah dilakukan selama bergabung di CJA

Terkadang cara terbaik untuk meyakinkan pelanggan untuk membeli produk atau jasa Anda adalah dengan memamerkan pelanggan bahagia yang telah membeli produk Anda.

Mendengarkan testimonial dapat menjadi sentuhan akhir yang menutup kesepakatan. Pamerkan fitur atau aspek perusahaan atau layanan Anda yang paling disukai pelanggan Anda. Orang cenderung mempercayai testimonial karena berasal dari pihak ketiga dan terasa lebih obyektif.

Semoga bermanfaat.

GRATIS... Pelatihan 365 hari bersama Tung Desem Waringin yang bisa merevolusi bisnis, marketing, sales, karier, kehidupan, kesehatan, kebahagiaan, dan keuangan, bahkan percintaan dengan materi terbaru seharga Rp 2.997.000.

Khusus untuk 97 orang pembaca Liputan6.com hari ini jadi gratis.

Daftar sekarang juga, klik di sini untuk daftar 

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Pangeran Harry: 5 Anak Terlalu Banyak

Posted: 14 Jul 2018 08:00 PM PDT

Liputan6.com, Dublin, Irlandia  

Sejak Pangeran Harry dan Meghan Markle menikah pada 19 Mei 2018 di Kapel St. George, London, Inggris, usai, demam pernikahan kerajaan akhirnya mereda. Kini, para penggemar kerajaan mengalihkan fokus kepada calon anak dari pengantin baru ini di masa depan.

Sebagaimana dilansir News, Sabtu (14/7/2018), penggemar Kerajaan Inggris senang saat mendengar Pangeran Harry dan Meghan berencana membangun sebuah keluarga. Namun, sepertinya keduanya tidak ingin punya banyak anak.

Salah satu penggemar kerajaan, Elaine Adam-Stewart sempat mengobrol dengan Pangeran Harry saat Harry dan Meghan menghadiri sebuah acara di Dublin, Irlandia pada minggu lalu.

"Suami saya memberi saya lima anak. Lantas kapan Anda dan Meghan akan seperti itu juga?" tanya Adam-Stewart kepada Pangeran Harry.

Pangeran Harry pun menjawab sambil tertawa, "Lima anak? Itu terlalu banyak."

 

Simak video menarik berikut ini:

Bangun sebuah keluarga

Meghan Markle dan Pangeran Harry ingin bangun sebuah keluarga. (Daniel LEAL-OLIVAS / AFP)

Tekanan publik untuk Pangeran Harry dan Meghan segera punya anak tampaknya meningkat. Namun, mereka menginginkan sebuah keluarga.

Hal tersebut diungkapkan Pangeran Harry pada November 2017, tak lama setelah ia dan Meghan bertunangan.

"Selangkah demi selangkah, semoga kami akan memulai sebuah keluarga dalam waktu dekat," ucap Harry.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Final Piala Dunia 2018: 3 Alasan Kroasia Dapat Tumbangkan Prancis

Posted: 14 Jul 2018 08:00 PM PDT

Moskow - Kroasia sukses mencetak sejarah di Piala Dunia 2018. Secara mengejutkan mereka lolos ke final Piala Dunia 2018 usai mengalahkan Inggris 2-1 di semifinal.

Dengan demikian, tim asuhan Zlatko Dalic itu menjadi negara ke-13 yang tampil di final turnamen akbar empat tahunan tersebut. Mereka saat ini sudah melewati pencapaian para senior mereka yang finis di posisi ketiga pada edisi 1998.

Di partai final Piala Dunia 2018, Kroasia akan menantang Prancis di Luzhniki Stadium, Moskow pada Minggu (14/07) malam WIB. Meski Prancis sangat difavoritkan tapi Kroasia bisa menjadi juara.

Kroasia akan memasuki partai final sebagai underdog, tetapi pada saat yang sama, mereka juga dipenuhi rasa percaya diri karena mereka sudah meraih kesuksesan yang belum pernah terjadi sebelumnya dalam satu bulan terakhir.

Setiap pemain sudah menunjukkan permainan terbaiknya sehingga tidak akan ada penyesalan ketika peluit akhir dibunyikan. Kroasia tidak akan membuat perubahan taktik dan akan bermain sesuai dengan kekuatannya.

Berikut ini tiga alasan mengapa Kroasia bisa mengalahkan Prancis di final Piala Dunia 2018 seperti dilansir Sportskeeda.

Kesempatan Emas Juara

Bek Kroasia, Sime Vrsaljko merayakan kesuksesan timnya ke final Piala Dunia 2018 setelah mengalahkan Inggris pada laga semifinal di Stadion Luzhniki, Moskow, Rabu (11/7/2018). (AP Photo/Frank Augstein)

Kroasia pada Piala Dunia 1998 di Prancis dijuluki sebagai generasi emas karena mampu finis di tempat ketiga. Namun, generasi emas kedua ini mampu melewati prestasi seniornya dan mencapai final.

Kroasia sangat sadar kalau mereka tidak seperti negara-negara sepakbola besar seperti Jerman, Argentina, dan Brasil yang bisa membangun skuat yang kuat setiap empat tahun untuk menjadi pesaing gelar.

Kroasia harus menunggu 20 tahun untuk mencapai fase knockout di Piala Dunia dan tidak akan membuang kesempatan emas ini. Negara Eropa Timur itu bisa dbilang tidak akan pernah mendapatkan kesempatan lainnya untuk menorehkan namanya dalam sejarah sepakbola.

Delapan tahun lalu pada edisi 2010, Belanda nyaris menciptakan sejarah, tetapi tekanan bermain di final Piala Dunia sepertinya membuat mereka tidak bisa memenangkan pertandingan dan kalah 1-0 di perpanjangan waktu melawan Spanyol.

Kroasia akan mengambil pelajaran dari masa lalu dan memastikan bahwa tekanan tidak boleh sampai mempengaruhi penampilan mereka.

Sikap Pantang Menyerah Kroasia

Para pemain timnas Kroasia melakukan pemanasan selama mengikuti sesi pelatihan tim di Moskow, Rusia, (13/7). Kroasia akan bertanding melawan timnas Prancis pada Final Piala Dunia 2018. (AFP Photo/Adrian Dennis)

Kroasia memulai kampanye Piala Dunia mereka dengan meraih kemenangan 2-0 atas Nigeria. Mereka kemudian mengalahkan Argentina 3-0 untuk memastikan tiekt ke babak 16 besar. Mereka menjadi juara grup dengan sembilan poin dan difavoritkan untuk memenangkan pertandingan babak 16 besar melawan Denmark.

Kroasia sempat kebobolan lebih dulu saat melawan Denmark. Namun, beberapa menit kemudian striker Kroasia Mario Mandzukic mencetak gol untuk menyamakan kedudukan.

Kapten Kroasia Luka Modric memiliki kesempatan untuk membawa timnya unggul pada menit ke-116 dari titik penalti tetapi berhasil digagalkan oleh kiper Denmark Kasper Schmeichel dan pertandingan harus ditentukan lewat adu penalti.

Denmark cukup percaya diri karena mereka sebelumnya berhasil menggagalkan penalti Modric. Namun, Kroasia menunjukkan mental yang kuat dan akhirnya menang 3-2 pada babak tos-tosan.

Pada pertandingan perempat final melawan Rusia, Kroasia lagi-lagi kebobolan terlebih dahulu tetapi kemudian mampu menyamakan kedudukan sebelum turun minum. 90 menit tidak cukup untuk menemukan pemenang dan Kroasia kembali memasuki perpanjangan waktu.

Domagoj Vida sukses mencetak gol pada menit ke-100 dan tampaknya Kroasia akan menuju ke semifinal Piala Dunia pertama mereka dalam 20 tahun. Namun, Rusia bisa menyamakan kedudukan tapi pertandingan harus ditentukan adu penalti.

Kroasia menang dengan skor 4-3 dalam drama adu penalti dan menjadi tim kedua dalam sejarah Piala Dunia yang memenangkan dua adu penalti secara berturut-turut setelah Argentina pada 1990.

Pertandingan semifinal melawan Inggris kembali menunjukkan cerita yang sama ketika Kroasia kebobolan lebih dulu dan melakukan comeback di perpanjangan waktu.

Selama babak knock out, Kroasia harus bermain selama 120 menit dalam tiga pertandingan berturut-turut dan mereka nyaris gagal di setiap kesempatan tetapi menolak untuk menyerah.

Pengalaman melakukan comeback dalam tiga pertandingan berturut-turut tentu akan sangat berguna dalam pertandingan final melawan Prancis.

Kekuatan Lini Tengah

Gelandang Kroasia, Luka Modric, berusaha melewati gelandang Rusia, Artyom Dzyuba, pada laga perempat final Piala Dunia di Stadion Fisht, Sochi, Sabtu (7/7/2018). Kroasia menang 2-2 (4-3) atas Rusia. (AP/Manu Fernandez)

Kroasia mencapai sukses belakangan ini karena lini tengah mereka yang tangguh. Pemain seperti Ivan Rakitic, Ivan Perisic, Mateo Kovacic dan kapten Luka Modric sangat penting dalam membangun lini tengah yang kuat dan menjadi pemain kunci dari generasi emas Kroasia saat ini.

Permainan transisi merupakan salah satu kekuatan terbesar Kroasia dan lini tengah memainkan peran yang sangat penting dalam hal itu.

Secara historis, lini tengah yang kuat sudah terbukti sangat penting untuk kesuksesan tim. Era keemasan Spanyol diperkuat oleh gelandang seperti Xavi Hernandez, Andres Iniesta, Sergio Busquets dan Xabi Alonso. Mereka mampu membawa La Roja ke level yang sangat tinggi.

Jerman yang menjuara Piala Dunia di Brasil empat tahun lalu juga punya gelandang yang kuat seperti Bastian Schweinsteiger, Toni Kroos dan Mario Gotze.

Kemampuan lini tengah Kroasia bisa menjadi kekuatan terbesar mereka di pertandingan final melawan Prancis karena setiap pemain punya kemampuan untuk membawa timnya meraih kesuksesan di Piala Dunia.

Sumber: Bola.net

Saksikan video pilihan di bawah ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Apple Setop Produksi MacBook Pro 2015, Pengguna Kecewa Berat

Posted: 14 Jul 2018 08:00 PM PDT

Liputan6.com, Cupertino - Apple baru saja mengumumkan telah menyetop produksi lini laptop MacBook Pro-nya. Laptop yang dimaksud adalah MacBook Pro Retina 15 inci versi 2015.

Per hari ini, Jumat (13/7/2018), perusahaan asal Cupertino itu juga telah menghapus produk tersebut dari toko online-nya.

Kabar Apple menghentikan produksi MacBook Pro versi 2015 ternyata menuai reaksi negatif dari Apple Fanboy (sebutan bagi pengguna Apple garis keras).

Menurut mereka, laptop tersebut adalah salah satu laptop terbaik Apple yang pernah diproduksi.

Pada November 2017, pendiri Tumblr Marco Ament juga mengungkapkan ekspresi kekecewaannya terhadap nasib produk MacBook.

Dalam unggahannya di Tumblr, penggagas aplikasi Instapaper dan Overcast itu berujar kalau MacBook terbaik Apple ternyata ada di periode produksi 2012-2015.

Sementara MacBook yang diproduksi 2015 ke atas, menurutnya malah 'gagal' di pasaran.

"MacBook terbaik itu adalah produksi 2012-2015, puncaknya itu ya di 2015. Setelahnya takada lagi," ujarnya seperti dikutip Mashable.

Untuk diketahui, MacBook Pro Retina merupakan salah satu gagasan Steve Jobs sebelum dirinya meninggal dunia pada 2011.

MacBook Pro yang diproduksi pada periode 2012-2015 hadir dengan sejumlah pembaruan signifikan, seperti desain yang ramping, bobot ringan, kinerja cepat, serta hadir dengan port HDMI dan port Thunderbolt.

Adapun MacBook terbaru yang diproduksi mulai 2016 dan seterusnya, hadir dengan desain yang kontras. Seperti apa perubahan yang dibawa?

MacBook Pro Edisi 2016

MacBook

Lewat acara yang diadakan pada Kamis (27/10/2016), Apple memperkenalkan MacBook Pro edisi 2016.

Laptop ini melenggang dengan wujud baru, desain super ramping, dan tentunya keyboard yang dihiasi panel touchscreen OLED.

MacBook Pro generasi terbaru ini disebut sebagai 'reinkarnasi' MacBook Air—laptop Apple dengan dimensi tipis.

Wajar, mengingat dimensi MacBook Pro 2016 benar-benar tipis seperti Air. Bahkan, laptop tersebut juga 17 persen lebih tipis dan 23 persen lebih kecil ketimbang MacBook Pro generasi sebelumnya (untuk versi 13 inci).

Sementara versi 15 inci lebih tipis 14 persen dan lebih kecil 20 persen ketimbang seri pendahulu.

Perubahan drastis yang hadir pada MacBook Pro 2016 adalah munculnya Touch Bar—layar sentuh berpanel OLED yang hadir di atas keyboard laptop.

Apple mengklaim, layar sentuhnya ini dilapisi material sapphire dan menggunakan sensor mutakhir yang didukung chip teranyar Apple T1.

Touch Bar memiliki banyak kegunaan, salah satunya memudahkan untuk melakukan navigasi aplikasi, mengatur pencahayaan dan warna, scrolling, hingga melakukan pembayaran Apple Pay dan memindai sidik jari.

Trackpad Lebih Besar

Selain Touch Bar, MacBook Pro 2016 juga hadir dengan trackpad lebih besar yang didukung teknologi Force Touch.

Layar laptop ini tentu sudah memiliki resolusi tajam, serupa dengan layar Retina MacBook 12 inci yang dirilis pada tahun lalu.

MacBook Pro 2016 hadir dalam dua versi, 13 inci dan 15 inci. Untuk dapur pacu, keduanya menggunakan prosesor generasi ke-6 Intel Core i5/i7.

Ukuran 13 inci akan menggunakan grafis Intel Iris, sementara yang 15 inci memiliki opsi bagi pengguna untuk menggantinya dengan GPU AMD Radeon Pro yang didukung dengan VRAM 4GB.

Selain itu, laptop ini memiliki empat lubang port Thunderbolt 3 yang bisa digunakan sebagai DisplayPort, port USB dan HDMI.

Lubang tersebut juga menjadi tempat pengisian charger pengguna. Sayangnya, port SD Card absen di laptop tersebut.

Sementara untuk daya tahan, dua versi MacBook Pro 2016 bisa bertahan hingga 10 jam.Bagi kamu yang ingin membeli MacBook Pro edisi anyar ini, sebaiknya siap-siap merogoh kocek yang dalam. 

Sebab, laptop tersebut masih memiliki harga yang cukup tinggi. Untuk versi ukuran 13 inci, Apple pasang harga mulai dari US$ 1.799 (Rp 23 jutaan).

Sementara, versi 15 inci dipatok mulai dari US$ 2.399 (Rp 31 jutaan). Laptop ini akan tersedia di toko-toko resmi Apple dalam waktu 2-3 minggu lagi.

(Jek/Ysl)

Saksikan Video Pilihan Berikut Ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Sandiaga Pastikan Bangunan Hilang di Kota Tua Bukan Cagar Budaya

Posted: 14 Jul 2018 08:00 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Sebuah bangunan di kawasan Kota Tua, Jakarta, rata dengan tanah sejak sebulan lalu. Bangunan itu adalah gudang yang diapit cagar budaya Restoran Galangan Kapal VOC dan Restoran Raja Kuring di Jalan Tongkol, Penjaringan, Jakarta Utara.

Wakil Gubernur DKI Jakarta Sandiaga Uno memastikan bangunan yang roboh bukan bagian dari cagar budaya.

"Itu tidak bagian dari cagar budaya, sekarang lagi diteliti itu bagian dari gedung di antara cagar budaya," kata Sandi di kawasan Koja, Jakarta Utara, Minggu (15/7/2018).

Sandiaga mengatakan, timnya masih meneliti penyebab robohnya gudang itu. Namun, hasil penelitian sementara bangunan itu roboh karena faktor usia dan kurangnnya perawatan.

"Jadi sekarang tim ahli sedang menekuni karena rubuhnya diakibatkan tentunya usia juga perawatan, kita harapkan jangan mengubah tekstur dan kontur Kota Tua, karena ini yang sedang ingin kita revitalisasi ke depan," jelas Sandi.

 

Bukan Kesengajaan

Sandiaga Uno memastikan robohnya gedung itu bukan karena kesengajaan atau dirobohkan.

"Bukan dirobohkan memang keadaannya roboh karena usia dan perawatan," Sandi menegaskan.

Sementara itu, Managing Director Konsorsium Kota Tua Jakarta, Eddy Sambuaga saat dikonfimasi Liputan6.com mengaku belum mengetahui terkait hilangnya satu bangunan di Kota Tua.

Dia juga belum dapat memastikan apakah bangunan yang rata dengan tanah itu termasuk cagar budaya atau bukan.

"Saya mesti cek dulu ya, soalnya bangunan ada banyak," ujar Eddy, Minggu (15/7/2018).

 

Saksikan video pilihan di bawah ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Tidak ada komentar: