Jumat, 27 Juli 2018

Liputan6 : RSS2 Feed

Liputan6 : RSS2 Feed


Denyut Pasar Antik Jalan Surabaya yang Mulai Ditinggal Turis Mancanegara

Posted: 27 Jul 2018 09:33 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Nama Jalan Surabaya, di kawasan Menteng, Jakarta Pusat, mungkin tidak asing lagi. Jalan Surabaya memang sudah tenar sejak lama. Ketenarannya adalah menjadi tempat penjualan barang-barang antik. Namun, kini popularitas Jalan Surabaya kian meredup. Namanya juga mungkin termakan oleh waktu.

Berdasarkan salah satu mantan pedagang yang kini menjadi koordinator pedagang di Jalan Surabaya, Ujang, saat ini memang mulai sudah mulai sepi.

Ujang mengaku sudah berdagang di Jalan Surabaya sejak 1970 silam. Saat masih berjualan barang antik, dagangannya laris manis. Para pembeli dari luar kota ataupun luar negeri berdatangan.

"Dulu ramai banget lagi zaman Pak Harto (mantan Presiden). Jadi pengunjung itu luar dalam (negeri), sama orang kita," kata Ujang, saat berbincang dengan Liputan6.com di Jalan Surabaya, Jumat (27/7).

 

Rombongan Lima Bus

Pasar Antik di Jalan Surabaya, Menteng, Jakarta Pusat.

Kala itu, menurut Ujang, sekali datang pengunjung bisa empat sampai lima bus. Tetapi kini, sudah tidak seperti itu lagi. Pernah ada yang datang banyak, tapi itu juga hanya menggunakan minibus.

Di kios seluas lebar 2 meter dan panjang 2,5 sampai 3 meter, para pedagang barang antik tetap setia berjualan. Mereka tidak membayar sewa lagi karena rata-rata langsung membeli kios masing-masing. Menurut Ujang, harga kios zaman dahulu itu hanya Rp 70 ribu saja.

"Dulu tahun 70 udah ramai, cuma belum kaya gini (bentuk kios), masih pakai peti-peti jualannya, naro (barang dagangan) enggak di kios, di perumahan dulu. Bangunannya udah milik pribadi, udah dibayarin dari dulu. Tapi itu bangunannya aja, kalau tanahnya enggak, hak DKI," ujar dia.

Ujang menyayangkan sepinya pembeli di tempat barang antik Jalan Surabaya. Dia mengaku rindu karena pernah mengantarkan barang pesanan ke para pelanggannya, seperti ke hotel-hotel.

 

Sejak Teror Bom

Pasar Antik di Jalan Surabaya, Menteng, Jakarta Pusat.

Dia bercerita, pembeli di Jalan Surabaya, mulai sepi sejak kejadian bom di Hotel JW Marriot pada 2003 lalu. Ditambah lagi serangkaian peristiwa bom Bali pada 2002 dan 2005. Kemudian terakhir bom Thamrin 2016 yang semakin membuat sepi para turis datang ke Jalan Surabaya.

Meski begitu, tetap saja ada peminat barang antik yang datang. Walau tak seramai dulu, Ujang bersyukur masih ada pembeli yang datang mencari barang antik di Jalan Surabaya.

 

Beragam Barang Antik

Pasar Antik di Jalan Surabaya, Menteng, Jakarta Pusat.

Ujang menunjukkan beberapa barang antik yang ada di kios dekatnya. Ada cangkir, sendok, teko, lampu-lampu dinding, hingga pajangan-pajangan antik.

Harganya pun bervariasi. Ujang mencontohkan yang termurah adalah sendok antik dibanderol dengan harga Rp 50 ribu sampai Rp 100 ribu satuannya.

Sedangkan barang-barang lain, harganya bervariasi. Mulai dari ratusan, hingga bahkan puluhan juta Rupiah.

"Barang termahal kalau yang udah kuno benar. (Yang mahal) misalnya lampu-lampu besar dua, tiga tingkat," kata Ujang.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Paul Walker Kecil Muncul di Trailer Film Dokumenter

Posted: 27 Jul 2018 09:30 PM PDT

Liputan6.com, Los Angeles - Trailer perdana film dokumenter bertajuk I Am Paul Walker telah dirilis oleh Paramount. Film ini menyorot kehidupan mendiang aktor Paul Walker yang meninggal dunia di usia 40 karena kecelakaan tragis pada 2013 silam.

Adegan dalam trailer I Am Paul Walker yang dirilis pada Kamis (26/7/2018), menyorot rekaman awal dari keseluruhan film dokumenter yang rencananya akan ditayangkan pada 11 Agustus 2018.

Tentunya, trailer film dokumenter ini menimbulkan perasaan haru tersendiri bagi para penggemar. Trailer dibuka dengan rekaman Paul Walker saat ia masih kecil yang ternyata sudah murah senyum.

Lalu, adegan beralih kepada beberapa video rekaman Paul Walker saat sudah dewasa, remaja, sampai balita. Beberapa sesi wawancara dan adegan dalam Fast and Furious juga dimasukkan ke dalam film dokumenter ini.

Orang Terdekat

Tyrese Gibson (AFP/Bintang.com)

Nantinya, film ini juga menghadirkan wawancara dengan beberapa orang yang dekat dengan Paul Walker. Salah satunya Tyrese Gibson yang dalam trailernya mengatakan, "Jika kamu mencintainya seperti yang kami lakukan maka kamu akan berkata, 'Yah, mengapa dia dan bukan kita?'"

Meskipun dibuat dalam format dokumenter, namun film ini memiliki slogan khusus yang cukup mengharukan:

"Ayah. Kemanusiaan. Teman. Paul Walker pernah punya kehidupan yang sepenuhnya dijalani, dan warisan kebaikan dan welas asihnya yang terus mengilhami orang lain."

Di Tengah Syuting

Adegan Fast and Furious 7.(dok. Universal)

Paul Walker meninggal dunia di sela-sela syuting Fast and Furious 7. Ia tewas setelah mobil yang ditumpanginya bersama temannya menabrak tiang lampu hingga terbakar. Teman Paul yang mengemudikan mobilnya juga meninggal di tempat kejadian.

Putri Paul Walker, Meadow Walker, mendirikan The Paul Walker Foundation tak lama setelah ayahnya meninggal dunia dengan visi melestarikan lautan.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Cuaca Ekstrim Tak Halangi Animo Fans Saksikan Suzuka 8 Hours

Posted: 27 Jul 2018 09:30 PM PDT

Liputan6.com, Suzuka - Cuaca ekstrim rupanya jadi tantangan tersendiri bagi para pembalap di ajang Suzuka 8 Hours di Sirkuit Suzuka, Perfectur Mie, Jepang. Setelah diterpa cuaca panas dalam beberapa hari, kini awan mendung bahkan sempat turun hujan jelang race Suzuka 4 Hours, Sabtu (28/7/2018).

Meski begitu animo penonton yang ingin menyaksikan balapan tak lantas menjadi surut. Mereka dengan mengenakan jas hujan tetap tenang dan tertib menonton jalannya lomba.

Bahkan, sebagian penonton di sebelah timur tribun utama sengaja memasang tenda meski beralaskan rumput. Okanagi, salah seorang penonton, mengaku sengaja memasang tenda untuk mengantisipasi cuaca panas dan hujan di Suzuka.

"Biar aman dan terlindung," kata Okanagi kepada Liputan6.com.

Pawang Hujan

Hujan mengguyur Sirkuit Suzuka, Jepang, Sabtu (28/7/2018) sebelum 4 Hours Endurance. (Foto: Achmad Yani Yustiawan/Liputan6.com)

Sebelumnya, Senior Manager Safety Riding dan Motorsport Astra Honda Motor (AHM), Anggono Iriawan, juga menyebut masalah cuaca, terutama hujan, bisa jadi penentu keberhasilan para pembalapnya.

"Masalahnya di sini (Suzuka) tak ada pawangnya," kata Anggono.

Peluang Pembalap AHRT

Hari ini dua pembalap Astra Honda Racing Team (AHRT), Tommy Salim dan M Febriansyah tengah bertarung di Suzuka 4 Hours.

Hingga berita ini disusun, Tommy dan Feri yang turun bergantian masih berada di urutan 5 besar. Sebelumnya, Tommy mengakui lawan yang turun di Suzuka 4 Hours sangat berat.

Kendati begitu peluang dirinya masih besar, karena balapan ini, lebih menitik beratkan soal ketahanan. "Soal cuaca, saya justru lebih suka jika turun hujan," katanya.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Kampung Warna Warni Ramaikan Asian Games 2018

Posted: 27 Jul 2018 09:28 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Gelaran Asian Games 2018 Jakarta-Palembang bakal digelar dalam waktu dekat. Warga DKI turut berpartisipasi untuk meramaikan perhelatan olahraga se-Asia empat tahunan ini.

Salah satunya yang terlihat di Jalan Sunter Kemayoran RW 07 Kebun Kosong, Kemayoran, Jakarta Pusat. Pantauan Liputan6.com, Kamis (27/7/2018), kampung ini telah disulap menjadi kampung warna-warni.

Jika diperhatikan, kampung ini memang berada tepat di seberang Wisma Atlet Kemayoran, di mana tempat para atlet nantinya akan tinggal selama Asian Games berlangsung.

Mencoba menelusuri gang-gang sempit yang ada di RW 07, kini kampung ini menjadi meriah berwarna-warni. Rumah-rumah terlihat tidak hanya sekedar dicat, tetapi juga digambar agar terlihat cantik dan menarik.

Jalan-jalan di gang pun juga tampak indah karena berwarna-warni. Ada bunga cantik, hingga tokoh kartun ada di jalan juga tembok rumah.

Maskot Asian Games juga tergambar di tembok rumah warga. Begitu pula gema semangat untuk menyemangati para atlet.

Berada persis di pinggir Kali Kali Sentiong atau Kali Hitam, kampung ini memang terlihat indah dan cantik berwarna-warni. Tembok pinggir kali juga dicat aneka warna.

 

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Presiden Filipina Rodrigo Duterte Sahkan Perjanjian Otonomi dengan Pemberontak Muslim

Posted: 27 Jul 2018 09:22 PM PDT

Liputan6.com, Manila - Para pejabat Filipina menyatakan Presiden Rodrigo Duterte telah menandatangani suatu legislasi mengenai pembentukan kawasan otonom Muslim baru. Kesepakatan ini bertujuan untuk menyelesaikan pemberontakan Muslim selama hampir setengah abad di bagian selatan negara itu.

Duterte khawatir bahwa kelompok militan ISIS berusaha menanamkan pengaruhnya di kawasan tersebut. Demikiaan seperti dikutip dari VOA Indonesia, Jumat (27/7/2018).

Juru bicara presiden, Harry Roque, dan seorang staf kepercayaan Duterte, pada Kamis malam mengatakan kepada para wartawan tanpa memaparkan rinciannya bahwa sang presiden menandatangani legislasi mengenai pembentukan kawasan itu, yang disebut sebagai Bangsamoro.

Perjanjian otonomi, yang telah dirundingkan selama dua dekade lebih di bawah kepemimpinan empat presiden Filipina, disetujui pekan ini oleh majelis di Kongres.

Ini adalah upaya penting terbaru yang dilakukan pemerintah Filipina untuk mengakhiri pemberontakan Muslim, yang telah menyebabkan lebih dari 120 ribu orang tewas dan menghambat pembangunan di kawasan termiskin di negara tersebut.

 

Saksikan video pilihan berikut ini:

Puluhan Ribu Pemberontak Filipina Serahkan Senjata Terkait Kesepakatan Otonomi

Al Haj Murad Ebrahim dari Front Pembebasan Islam Moro. (AP)

Sementara itu, pemimpin kelompok pemberomtak Muslim terbesar di Filipina mengatakan, 30 ribu hingga 40 ribu pejuangnya harus menyerahkan senjata mereka jika kesepakatan otonomi tersebut ditandatangani Rodrigo Duterte.

Al Haj Murad Ebrahim dari Front Pembebasan Islam Moro mengatakan kepada wartawan, Selasa 24 Juli 2018, bahwa para penghuni enam kamp terbesar kelompok gerilyawan di Filipina Selatan itu saat ini sedang dilatih menjadi komunitas sipil yang produktif untuk membantu para pemberontak kembali ke kehidupan yang normal.

Murad menyerukan agar komunitas internasional menyumbang dana perwalian yang akan digunakan untuk membiayai transisi para pemberontak itu ke kehidupan sipil, setelah bertahun-tahun terlibat pertempuran.

Sebelumnya, Murad menyambut ratifikasi kesepakatan otonomi yang dibuat Kongres Filipina, yang dikirim ke Presiden Duterte, untuk ditandatangani secepatnya.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Jumlah Penumpang Air Asia Turun pada Kuartal II 2018

Posted: 27 Jul 2018 09:15 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - PT AirAsia Indonesia Tbk (IAA), menyampaikan statistik usaha kuartal II 2018. Kinerja maskapai ini belum begitu menggembirakan.

Pada kuartal II 2018, AirAsia Indonesia mencatat tingkat keterisian pesawat sebesar 81 persen, turun sebesar 4 persen dibandingkan periode yang sama pada tahun sebelumnya (YoY).

"Secara umum kuartal kedua merupakan periode low season dengan permintaan pasar untuk perjalanan udara yang cukup rendah, sehingga berdampak pada turunnya jumlah penumpang sebesar 4 persen YoY menjadi 1,155 juta penumpang," kata Head of Corporate Communications AirAsia Indonesia Baskoro Adiwiyono dalam keterangan tertulis, Sabtu (28/7/2018).

Sementara itu, kapasitas kursi penumpang meningkat satu persen YoY, menjadi sebanyak 1,425 juta kursi. Ini seiring dengan penambahan satu unit pesawat yang menggenapkan total armada Air Asia Indonesia menjadi 15 unit pesawat.

"IAA telah memprediksi dan memanfaatkan situasi tersebut dengan menjadwalkan perawatan pesawat pada periode yang dimaksud guna mengantisipasi peningkatan permintaan pasar pada Juni 2018 yang bertepatan dengan Lebaran dan musim liburan sekolah," papar Baskoro.

 

Berencana Tambah Tiga Pesawat

Pesawat Air Asia (Liputan6.com/Faisal R Syam)

Sebelumnya, PT AirAsia Indonesia Tbk akan kembali menambah tiga armada pesawat baru jenis Airbus A320 pada 2018. Direktur Utama PT Air Asia Indonesia Tbk, Dendy Kurniawan menuturkan, penambahan armada ini akan dilakukan secara bertahap pada pertengahan dan akhir tahun 2018.

"Rencana kita akan tambah tiga pesawat. Rencananya pada Juli dan Desember," ujar dia.

Dendy mengatakan, penambahan armada ini termasuk cukup banyak dibandingkan pada tahun lalu. Sepanjang tahun lalu, perusahaan hanya menambah satu pesawat. Dengan tambahan tiga armada pesawat, lanjut Dendy, jumlah total armada AirAsia menjadi 18 unit.

Saat ini, perusahaan baru memiliki 15 unit pesawat dengan sembilan rute penerbangan domestik dan 21 internasional. Selain penambahan tiga pesawat baru, Air Asia juga telah menambah rute penerbangan baru. Yakni  rute penerbangan Medan-Singapura. "Rute baru pasti ada, nanti kalau ada pasti kita umumkan. Untuk saat ini baru itu," ujar dia. (Yas)

 

 

Saksikan video pilihan di bawah ini:

 

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

De Gea Antusias Sambut Musim Baru Bersama MU

Posted: 27 Jul 2018 09:15 PM PDT

Liputan6.com, Manchester - Kiper Manchester United (MU), David de Gea antusias menyambut musim 2018/19. Kiper asal Spanyol ini pun bertekad bisa kembali bugar secepatnya.

"Cuaca yang indah dan saya ingin bugar secepat mungkin," kata De Gea seperti dilansir Sports Mole.

De Gea menjalani musim panas dengan kurang mengenakkan. Ia gagal tampil maksimal saat membela timnas Spanyol di Piala Dunia 2018.

Langkah La Furia Roja -julukan Spanyol- hanya bisa melangkah hingga Babak 16 Besar. De Gea pun terpaksa berlibur lebih cepat.

Kendati demikian, De Gea memilih tak terlalu pusing menanggapi hal itu. Ia pun bersyukur bisa menjalani liburan.

"Sangat bagus bisa mengambil jeda, santai dan menikmatinya bersama orang-rang terdekat," kata De Gea.

Kini, De Gea sudah kembali bergabung dengan skuat MU. Ia pun senang bisa berkumpul bersama para pemain MU lainnya.

"Saya sangat senang kembali ke tim bersama rekan-rekan setim saya," kata De Gea.

 

Targetkan Trofi

David de Gea (AFP/Glyn Kirk)

Untuk musim ini, De Gea tak ingin main-main. Kiper berusia 27 tahun ini menargetkan untuk mendapatkan trofi.

"Semuanya dimulai kembali dan harapannya, kami bisa bersama-sama mencoba memenangkan seesuatu yang besar," kata De Gea.

"Latihan perdana selalu sulit. Saya harus tetap fokus dan berlatih keras," ujar De Gea menambahkan.

Tur Pra Musim

MU saat ini sedang berada di Amerika Serikat dalam rangka turnamen International Champions Cup. Di Negeri Paman Sam, pasukan Jose Mourinho akan berhadapan dengan sesama tim Inggris seperti Liverpool dan tim dari liga lain seperti AC Milan dan Real Madrid.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Tertarik dengan Honda BR-V Bekas, Simak Daftar Harganya

Posted: 27 Jul 2018 09:07 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Mobil Honda BR-V bermain pada segmen Low SUV atau crossover dan sebenarnya pabrikan mobil Honda sendiri sudah memiliki mobil lainnya yang bermain di segmen crossover, yaitu mobil Honda HR-V.

Namun, tampilan dan spesifikasi dari mobil Honda BR-V mirip dengan mobil Honda Mobilio. Perbedaannya terdapat pada ground clearance, Honda BR-V lebih tinggi dibandingkan dengan Honda Mobilio.

Honda BR-V bekas tentunya juga tetap diburu oleh sebagian orang. Bukan hanya memburu harga Honda BR-V yang lebih murah, tetapi juga spesifikasi yang mumpuni. Bisa dibilang murah tapi tak murahan. Kondisi bekas sendiri dari Honda BR-V cukup banyak di pasar Indonesia, pasalnya sudah 3 tahun mobil ini mengaspal di Tanah Air.  

Peminat yang cukup banyak dari Honda BR-V bekas mengakibatkan banyaknya konsumen yang mencari informasi tentang harga Honda BR-V bekas. Kami juga sudah sajkan harga Honda BR-V bekas terbaru yang berhasil dihimpun dari Jual Beli Otosia.com. Berikut ini daftar harga Honda BR-V bekas.

Daftar Harga

Tipe Honda BR-V Bekas

Tahun

Harga

Honda BR-V E CVT

2017

Rp195.000.000

Honda BR-V Prestige CVT

2016

Rp197.000.000

Honda BR-V Prestige CVT

2017

Rp202.500.000

Sumber: Otosia.com

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

FOTO: Cantiknya Gerhana Bulan Total Terlama dari Beberapa Negara

Posted: 27 Jul 2018 09:05 PM PDT

Bulan tampak berwarna merah darah saat terjadinya fenomena gerhana bulan total  di Bernkastel-Kues, Jerman, Jumat (27/7). Gerhana bulan yang terlama pada abad ini dapat disaksikan di seluruh dunia dengan mata telanjang. (Harald Tittel/dpa via AP)

Bulan tampak berwarna merah darah saat terjadinya fenomena gerhana bulan total di Bernkastel-Kues, Jerman, Jumat (27/7). Gerhana bulan yang terlama pada abad ini dapat disaksikan di seluruh dunia dengan mata telanjang. (Harald Tittel/dpa via AP)

Fenomena gerhana bulan total

Fenomena gerhana bulan total

Bulan tampak berwarna merah darah saat terjadinya fenomena gerhana bulan total  di Luzern, Swiss, Jumat (27/7). Gerhana bulan yang terlama pada abad ini dapat disaksikan di seluruh dunia dengan mata telanjang. (Christian Merz/Keystone via AP)

Bulan tampak berwarna merah darah saat terjadinya fenomena gerhana bulan total di Luzern, Swiss, Jumat (27/7). Gerhana bulan yang terlama pada abad ini dapat disaksikan di seluruh dunia dengan mata telanjang. (Christian Merz/Keystone via AP)

Fenomena gerhana bulan total

Fenomena gerhana bulan total

Bulan berwarna merah darah terlihat di atas Menara Petronas saat terjadinya fenomena gerhana bulan total  di Kuala Lumpur, Malaysia, Sabtu (28/7). Gerhana bulan terlama pada abad ini dapat disaksikan di seluruh dunia dengan mata telanjang. (AP/Yam G-Jun)

Bulan berwarna merah darah terlihat di atas Menara Petronas saat terjadinya fenomena gerhana bulan total di Kuala Lumpur, Malaysia, Sabtu (28/7). Gerhana bulan terlama pada abad ini dapat disaksikan di seluruh dunia dengan mata telanjang. (AP/Yam G-Jun)

Fenomena gerhana bulan total

Fenomena gerhana bulan total

Bulan tampak berwarna merah darah saat terjadinya fenomena gerhana bulan total  di atas langit Tel Aviv, Israel,, Jumat (27/7). Gerhana bulan terlama pada abad ini dapat disaksikan di seluruh dunia dengan mata telanjang. (AP/Ariel Schalit)

Bulan tampak berwarna merah darah saat terjadinya fenomena gerhana bulan total di atas langit Tel Aviv, Israel,, Jumat (27/7). Gerhana bulan terlama pada abad ini dapat disaksikan di seluruh dunia dengan mata telanjang. (AP/Ariel Schalit)

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Top 3 Tekno: Gerhana Bulan Total Terlama Abad Ini Paling Diburu

Posted: 27 Jul 2018 09:04 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Berita seputar gerhana bulan total terlama yang berlangsung dini hari tadi paling diburu para pembaca di kanal Tekno Liputan6.com. Salah satu yang menjadi perhatian adalah efek dari fenomena langka itu sendiri.

Peneliti LAPAN, Thomas Djamaluddin, mengimbau masyarakat untuk mewaspadai efek gabungan gelombang tinggi laut dengan pasang maksimum saat purnama dan gerhana bulan.

Kemudian, Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG), mengungkapkan gerhana bulan total pada 28 Juli terdiri dari beberapa fase yakni P1, U1, U2, Puncak, U3, U4 dan P4.

Lebih lengkapnya, simak tiga berita terpopuler di kanal Tekno Liputan6.com berikut ini.

1. Waspadai Efek Gerhana Bulan Total Terlama Abad Ini

Fenomena gerhana bulan total akan terjadi besok, Sabtu (28/2018) dini hari, dan bisa dilihat dari Indonesia. Di tengah euforia masyarakat menyambut gerhana bulan ini, Lembaga Penerbangan dan Antariksa Nasional (LAPAN) mengimbau agar tetap waspada terhadap efek yang ditimbulkan.

Bulan tampak berwarna merah darah saat terjadinya fenomena gerhana bulan total  di Bernkastel-Kues, Jerman, Jumat (27/7). Gerhana bulan yang terlama pada abad ini dapat disaksikan di seluruh dunia dengan mata telanjang. (Harald Tittel/dpa via AP)

Peneliti LAPAN, Thomas Djamaluddin, mengimbau masyarakat untuk mewaspadai efek gabungan gelombang tinggi laut dengan pasang maksimum saat purnama dan gerhana bulan.

Angin dari selatan-tenggara masih cukup kencang sekitar 30 km/jam, menyebabkan gelombang laut lebih dari 3 meter di samudera Hindia yang mengarah pantai selatan Jawa, Bali, dan Nusa Tenggara Barat, serta pantai barat Sumatera.

Baca selengkapnya di sini 

2. Serba-serbi Gerhana Bulan Terlama di Abad Ini

Gerhana bulan total terlama abad ini akan terjadi pada Sabtu dini hari (28/7/2018) dan dapat diamati dari seluruh wilayah Indonesia. Jika cuaca bagus, maka gerhana ini bisa disaksikan di hampir seluruh wilayah dunia, kecuali Greenland, Kanada dan Amerika Serikat (AS).

Gerhana bulan total terlihat di kota Semarang, Sabtu (28/7) dini hari. Gerhana bulan total tahun ini merupakan fenomena langka karena terjadi selama 1 jam 43 menit atau merupakan gerhana terlama yang terjadi di abad ini. (Liputan6.com/Gholib)

Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG), mengungkapkan gerhana bulan total pada 28 Juli terdiri dari beberapa fase yakni P1, U1, U2, Puncak, U3, U4 dan P4.

P1 adalah gerhana mulai, U1 gerhana sebagian mulai, U2 gerhana total mulai, Puncak adalah puncak gerhana, U3 gerhana total berakhir, U4 gerhana sebagian berakhir, dan P4 gerhana berakhir.

Baca selengkapnya di sini 

3. Cek Jadwal Live Streaming Gerhana Bulan Terlama Abad Ini

Fenomena gerhana bulan total

Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG), mengungkapkan gerhana bulan total pada 28 Juli terdiri dari beberapa fase yakni P1, U1, U2, Puncak, U3, U4 dan P4.

P1 adalah gerhana mulai, U1 gerhana sebagian mulai, U2 gerhana total mulai, Puncak adalah puncak gerhana, U3 gerhana total berakhir, U4 gerhana sebagian berakhir, dan P4 gerhana berakhir.

Fase-fase tersebut memiliki waktunya sendiri. Fase P1 dimulai pada pukul 00:13 WIB dan U1 01.24 WIB. Kemudian fase gerhana bulan total mulai yakni U2 dimulai pada pukul 02.30 WIB, puncaknya 03.22 WIB dan berakhir pada 04.13 WIB.

Baca selengkapnya di sini 

(Isk/Jek)

Saksikan Video Pilihan Berikut Ini

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Siswa Palembang Tetap Masuk Sekolah Selama Perhelatan Asian Games

Posted: 27 Jul 2018 09:03 PM PDT

Liputan6.com, Palembang - Pemerintah Provinsi Sumatera Selatan memutuskan tidak memberikan hari libur untuk siswa sekolah selama Asian Games 2018 pada 18 Agustus-2 September 2018.

Gubernur Sumsel Alex Noerdin di Palembang, Jumat, mengatakan, meski Asian Games merupakan ajang akbar tetapi pemprov menilai kebijakan libur tidak tepat karena kegiatan belajar dan mengajar di sekolah juga penting.

"Saat Asian Games sekolah tidak libur. Tapi nanti akan diarahkan untuk nonton rame-rame event Asian Games," ujar Gubernur Sumsel Alex Noerdin, dilansir Antara, Jumat 27 Juli 2018.

Ia mengatakan pengerahan siswa untuk menonton pertandingan sangat mungkin dilakukan karena Palembang sudah memiliki moda transfortasi massal Light Rail Transit (LRT) yang bisa membawa pengunjung ke Kompleks Olahraga Jakabaring Sport City.

"Di Palembang ini beruntungnya tidak ada aturan ganjil genap seperti di Jakarta untuk antisipasi kemacetan. Nantinya anak-anak sekolah akan diarahkan untuk nonton ramai-ramai, tentunya secara bergantian," kata Alex.

Kepala Dinas Pendidikan Provinsi Sumsel Widodo mengatakan pemprov bakal mengerahkan ribuan siswa ke berbagai vanue di kawasan Jakabaring Sport City (JSC) untuk mendukung dan memeriahkan even tersebut.

Jadwal Nonton Bergantian

Ilustrasi Asian Games

Dinas Pendidikan akan mengerahkan siswa Sekolah Menengah Atas (SMA) dan Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) untuk datang secara bergantian ke beberapa venue di JSC saat pertandingan berlangsung.

"Beberapa sekolah akan datang ke JSC untuk menyaksikan pertandingan sekaligus memberikan dukungan pada tim Indonesia saat Asian Games," kata dia.

Menurut Widodo, setiap sekolah akan didampingi beberapa orang guru selama di kawasan JSC Palembang. Selain mendukung tim Indonesia, siswa juga akan diberi tugas membuat laporan yang dikaitkan dengan pelajaran masing-masing.

"Setelah berkunjung mereka harus membuat laporan sesuai dengan pelajaran saat hari berkunjung tersebut, bisa jadi tugas bahasa, sejarah dan lain sebagainya," kata dia.

Menurutnya, jumlah siswa yang akan dikerahkan ke JSC sendiri mencapai ribuan siswa dari berbagai sekolah di Sumsel baik SMA maupun SMK. Namun, untuk SMA-SMK di kabupaten/kota akan diambil perwakilan saja untuk datang ke JSC sesuai dengan jadwal yang telah ditentukan sebelumnya.

"Kami ingin siswa berbaur dan berinteraksi dengan para turis dari berbagai negara tersebut. Mereka bisa menggali berbagai infomrasi dan meningkatkan kemampuan bahasa mereka baik bahasa inggris, arab, mandarin dan bahasa lainnya," kata dia.

 

Simak video pilihan berikut ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Erick Thohir Berharap Filipina Batal Mundur dari Asian Games 2018

Posted: 27 Jul 2018 09:00 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Keputusan Timnas Bola Basket Filipina untuk mundur dari Asian Games 2018 mendapat tanggapan dari Erick Thohir. Ketua Panitia Penyelenggara Asian Games 2018 (Inasgoc) tersebut berharap langkah itu dapat diralat.

Sebelumnya, Federasi Bola Basket Filipina (SBP) mengumumkan keputusan untuk mundur dari cabang olahraga (cabor) bola basket Asian Games 2018 menyusul perkelahian yang terjadi pada Kualifikasi Piala Dunia FIBA 2019 Zona Asian menghadapi Australia.

Buntut kericuhan itu, Komisi Disiplin (Komdis) FIBA menjatuhkan hukuman terhadap 10 pemain Filipina, termasuk untuk asisten pelatih Joseph Uichico dan pelatih kepala Vincent Reyes.

"Kami masih ingin Filipina bermain di Asian Games 2018," ujar Erick di Jakarta, Jumat (27/7/2018).

"Sampai saat ini, belum ada keterangan resmi dari Filipina (terkait mundur dari Asian Games 2018)," katanya menambahkan.

SBP Meminta Maaf

Pebasket Indonesia, Ebrahim Lopez Enguio (kiri) mencoba memasukkan bola ke jala Filipina di laga final SEA Games ke-28 di OCBC Arena Singapore, Senin (15/6/2015). Indonesia kalah 64-72 dari Filipina. (Liputan6.com/Helmi Fithriansyah)

Dalam pernyataan resminya, SBP meminta maaf kepada Inasgoc.

"SPB tetap menjaga komitmen untuk pengembangan bola basket Filipina yang berkesinambungan dan meraih hasil terbaik bagi tim kami di panggung global. Kami berterima kasih kepada Rain or Shine, khusunya pemilik mereka Terry Que dan Raymond Yo, pelatih NLEX Yeng Gulao dan pelatih Rain or Shine Caloy Garcia, atas kesediaan mereka mewakili negara kami di Asian Games mendatang," tulis SBP.

"Kendati demikian, untuk memberikan kesempatan tim nasional dan organisasi kami melakukan reorganisasi, mempersiapkan proses banding atas putusan Komisi Disiplin FIBA baru-baru ini dan membidik kesuksesan berkelanjutan di turnamen-turnamen mendatang, termasuk laga lanjutan kualifikasi Piala Dunia FIBA dan Piala Dunia FIBA 2023. Kami telah mencapai keputusan, dengan berbagai pertimbangan dan konsultasi dengan komunitas bola basket, bahwa waktu dan kesempatan yang ada tidak optimal untuk berpartisipasi di Asian Games 2018."

"Kami memohon maaf kepada panitia Asian Games dan penggemar timnas Filipina serta masyarakat basket Asia atas pengunduran diri ini. SBP bertekad untuk meningkatkan sistem dan mempersiapkan berbagai program yang akan memastikan penampilan terhormat tim kami di dunia internasional, sesuatu yang akan bisa dibanggakan masyarakat negara kami."

Peserta Berkurang

Dengan mundurnya Filipina, maka peserta cabor bola basket Asian Games 2018 berkurang menjadi 14. Mulanya, Filipina tergabung di Grup B bola basket putra bersama Iran, Suriah, dan Uni Emirat Arab.

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Pakai Kostum Nomor 10, Striker Liverpool Antusias Sambut Musim Baru

Posted: 27 Jul 2018 09:00 PM PDT

Liputan6.com, Liverpool - Sadio Mane tak sabar untuk menyambut musim baru bersama Liverpool. Apalagi musim ini ia akan memakai kostum bernomor 10.

Nomor kostum 10 sempat kosong selama beberapa waktu setelah Philippe Coutinho hengkang ke Barcelona. Sane akhirnya meninggalkan kostum bernomor 19 yang sebelumnya dia kenakan.

Nomor tersebut terbukti manjur bagi Mane. Dia menggunakannya untuk pertama kali saat Liverpool melawan Manchester City di International Champions Cup (ICC) beberapa waktu lalu. Pemain berdarah Senegal ini sukses mencetak satu gol yang membantu Liverpool menang 2-1.

Mantan pemain Southampton ini juga mengenakan nomor punggung 10 saat membela Senegal di Piala Dunia 2018 Rusia lalu. Dia mengaku nomor tersebut memang selalu menjadi favoritnya karena kerap menyumbangkan keberuntungan.

"Nomor 10 selalu menjadi nomor keberuntungan saya, jadi saya senang menggunakannya musim ini," kata Mane dikutip dari Tribalfootball.

"Namun yang terpenting adalah apa yang saya coba lakukan untuk tim dan khususnya membantu tim semampu saya untuk memenangkan pertandingan."

 

Performa Musim Lalu

Satu gol pemain Liverpool, Sadio Mane menutup malam indah The Reds pada leg pertama perempat final Liga Champions 2017/2018 di Anfield, Liverpool, (4/4/2018). Liverpool menang 3-0. (AFP/Anthony Devlin)

Musim lalu, Mane sukses mencetak lebih dari 20 gol bagi Liverpool di seluruh kompetisi. Dia pun berharap bisa mengulangi performa yang sama dan bahkan meningkatkannya.

"Kami sangat bahagia berada di sini dan menantikan musim baru. Kami akan mencoba melakukan yang terbaik seperti biasanya," ujarnya.

Permainan Mane dikenal dengan kecepatan dan daya jelajahnya yang tinggi. Dia dinilai bisa tampil lebih baik musim depan dengan bantuan pemain-pemain baru Liverpool.

Sumber: Bola.net

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Top 3: 8 Benda Aneh Tersangkut di Kendaran yang Bikin Kita Heran

Posted: 27 Jul 2018 09:00 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Sebelum berkendara ada baiknya kalian memeriksa keseluruhan kendaraan kalian. Hal ini perlu dilakukan demi menghindari berbagai hal yang tidak diinginkan. Tak hanya mesin, kalian jika harus memeriksa bagian belakang ataupun atas kendaraan jangan-jangan ada benda yang tersangkut di sana.

Seperti beberapa foto yang menunjukkan benda-benda aneh dan tak masuk akal yang tersangkut pada kendaraan ini. Bahkan benda-benda tak masuk akal itu membuat siapapun yang melihatnya tertawa.

Artikel tentang benda-benda aneh yang tersangkut di kendaraan tersebut menjadi yang paling terpopuler dikanal Citizen6, Liputan6.com.

Sementara itu, artikel kedua terpopuler yakni cara absurd orang-orang memanfaatkan berbagai benda. Disusul dengan artikel tentang ular piton raksasa yang ditemukan warga Sulawesi Tenggara pada posisi ketiga terpopuler.

Berikut Top 3 Citizen6:

1. 8 Benda Tersangkut di Kendaraan Bakal Buatmu Bergumam: Kok Bisa?

(Foto rangkuman dari Brilio.net)

Memang selalu ada saran untuk memeriksa kendaraan sebelum melakukan perjalanan. Bukan tanpa alasan, bahwa hal itu perlu dilakukan supaya perjalananmu menjadi lancar.

Jangan sampai ada kejadian aneh yang tersangkut dalam kendaraanmu, malah bikin pengendara lain gagal fokus dan justru tertawa.

Berikut ini merupakan kejadian unik saat berkendara karena benda asing yang tidak terduga tersangkut dalam kendaraan.

Selengkapnya...

2. Bikin Ilfil, Cara Absurd Manfaatkan Barang Ini Hanya Ada di Indonesia

(Foto rnagkuman dari berbagai sumber)

Pada situasi tertentu kadangkala kita bisa manfaatkan benda-benda tak terpakai di sekitar kita untuk menjadi efektif. Apalagi saat dihadapkan situasi genting, ide liar yang kadangkala tak pernah kita pikirkan bisa saja muncul.

Orang-orang Indonesia ternyata mampu loh mengatasi hal genting tersebut. Terbukti dengan sejumlah potret ini yang menunjukkan kreativitas mereka, tapi di sisi lain juga bikin kita enggak habis pikir.

Dikutip dari berbagai sumber, berikut tingkah orang Indonesia saat manfaatkan barang ini bikin kita ketawa, sekaligus heran secara bersamaan karena ide-ide kocak mereka.

Selengkapnya...

3. Ngeri, Warga Sulawesi Tenggara Temukan Ular Piton Raksasa

Ular Piton Raksasa (Foto: Facebook.com/Widia Agil Labuku)

Warga di Desa Puuwanggudu, Kecamatan Asera, Kabupaten Konawe Utara, Sulawesi Tenggara dibuat geger lantaran penemuan ular piton raksasa. Tak main-main, ular sepanjang 7 meter itu memiliki ukuran tubuh yang sangat besar.

Ular tersebut ditemukan salah seorang warga yang sedang memancing di sungai setempat. Betapa terkejutnya warga tersebut ketika melihat ular piton raksasa itu. Beruntung, ular itu sudah mati.

Dia kemudian memanggil warga lainnya dan mereka memutuskan untuk menarik ular itu ke daratan dengan menggunakan tali yang menjerat bagian kepala. Sebuah akun di Facebook bernama Widia Agil Labuku lantas mengunggah foto-foto ular tersebut.

Selengkapnya...

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Tak Cuma Seru, Ini Manfaat Yoga di Atas Air

Posted: 27 Jul 2018 09:00 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Yoga di atas air (floating yoga) merupakan hal baru di Indonesia. Di Bali atau Flores, yoga di atas air sudah ada yang dilakukan di laut bukan kolam renang yang dikenal dengan stand up paddle surfing (SUP).

Seperti namanya, olahraga yoga ini dilakukan di atas air bukan daratan. Yoga di atas air memiliki manfaat seperti yoga di daratan yakni membantu tubuh lebih fleksibel hingga melatih pernapasan. Bedanya, yoga di atas air ini lebih menantang seperti disampaikan instruktur yoga, Ronald Johan.

"Manfaatnya lebih melatih fokus dan keseimbangan ya, karena untuk kita berdiri di atas board saja sudah perlu usaha, sehingga keseimbangan penting sekali di sini," kata Ronald usai sesi Pristine 8+ Floating Yoga di Sinarmas World Academy, Tangerang Selatan, ditulis Sabtu (27/7/2018).

Ketika melakukan gerakan ini, kata Johan, peserta harus sadar setiap melakukan gerakan. Jika sembarangan, bisa jatuh ke dalam air.

"Seperti moving meditation, jadi pikiran enggak kemana-mana tapi fokus dan sadar setiap kali menggerakkan tubuh dan bernapas," katanya.

Menurunkan stres

Floating yoga atau yoga di atas air.

Di kesempatan yang sama, instruktur yoga Tio Rosaline mengatakan yoga ini memaksa orang yang melakukannya untuk lebih fokus. Hal ini amat bermanfaat bagi masyarakat perkotaan seperti Jakarta yang setiap hari stres dan banyak pikiran.

"Kita dipaksa seolah-olah untuk fokus ke satu titik dan napas sehingga membantu menurunkan stres level. Ketika saat fokus menikmati napas, menikmati gerakanm secara tidak langsung stres level perlahan turun," kata Tio.

Jika floating yoga dilakukan di kolam renang, sensasi jatuh pun jadi hal yang seru.

"Walaupun jatuh, it's okay. It's all about fun," tutur wanita cantik ini.

Bagi Anda yang tertarik ikut floating yoga, dua instruktur ini pun mengatakan olahraga ini aman. Asalkan berada di kolam renang yang tidak terlalu dalam. Bagi Anda yang pintar renang, juga tak perlu khawatir melakukan aktivitas ini.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Dosen S2 Sabrina Chairunnisa Ternyata Lebih Muda dari Deddy Corbuzier

Posted: 27 Jul 2018 09:00 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Kegembiraan masih terpancar dari dalam diri Deddy Corbuzier dan wanita yang dikabarkan sebagai kekasihnya, Sabrina Chairunnisa. Belum lama ini, Sabrina meraih gelar S2 setelah berhasil menempuh sidang pascasarjana di Universitas Pelita Harapan, pada Kamis (26/7/2018).

Ungkapan kebahagiaan sempat disampaikan Sabrina melalui media sosial. Kini, giliran Deddy Corbuzier yang meluapkan kegembiraan kepada para penggemarnya di media sosial pada hari ini, Jumat (27/7/2018).

Melalui akun Instagram @mastercorbuzier, Deddy Corbuzier mengunggah foto yang sempat dipamerkan oleh Sabrina kemarin. Ia pun menuliskan ucapannya khusus kepada wanita sedang dekat dengannya itu.

"Selamat sayangku @sabrinachairunnisa_ kamu baru saja melewati langkah lain dari perjalanan kehidupan. Sekarang S2 ya... Tapi perjalanan masih belum selesai.. Jadilah seseorang yang bisa menginspirasi orang lain.. Karena itulah yang kita butuhkan di sini. Kecantikan akan memudar.. Pengetahuan tidak," tulis Deddy Corbuzier dalam keterangan fotonya yang sebagian besar dalam bahasa Inggris, Jumat.

Fakta Menarik

Sabrina Chairunnisa dan Deddy Corbuzier. (Instagram/sabrinachairunnisa_)

Selain menyampaikan selamat dan pesan-pesannya kepada Sabrina, Deddy Corbuzier juga membeberkan fakta menarik seputar dosen yang membimbing Sabrina.

"Fakta seru: Saya lebih tua dari sebagian besar ^Dosen yang ngajar dia... ^ tapi dengan otot yang lebih besar dan senyum yang lebih baik..," ia menambahkan yang sebagian juga ditulis dalam bahasa Inggris.

Baru Kali Ini

Deddy Corbuzier © KapamLagi.com®/Bayu Herdianto

Masih di keterangan yang sama, Deddy Corbuzier juga menjelaskan perihal alasan dirinya yang baru kali ini memasang foto berdua dengan Sabrina.

"Saya tidak mengunggah sesuatu yang tidak memiliki dampak positif. Bahkan untuk sebuah hubungan sekalipun. Kita semua harus menjaganya tetap privasi.. 1. Hubungan kami 2. Pendapatan kami 3. Tujuan kami. Jadi.. Cinta masih tetap berjalan... Menginspirasi orang-orang.. MEMBUAT KAMI BANGGA," terang Deddy.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

VIDEO: Takut Kehujanan, Pria Taruh Anak di Kantong Plastik

Posted: 27 Jul 2018 09:00 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Ada-ada saja yang dilakukan pria ini agar anaknya tak kehujanan. Ia menaruh sang anak didalam kantung plastik dan menentengnya sepanjang jalan.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Berjuang Lawan Leukemia, Kiper Premier League Pilih Gantung Sepatu

Posted: 27 Jul 2018 08:45 PM PDT

Liputan6.com, Wolverhampton - Kiper Wolverhampton Wanderers, Carl Ikeme, telah mengumumkan mundur dari sepak bola setelah berjuang selama satu tahun melawan penyakit leukemia. Pernyataan itu dikeluarkan klub yang baru promosi ke Premier League ini.

Pemain internasional Nigeria berusia 32 tahun itu sangat setiap bersama Wolves. Total sudah lebih dari 200 penampilan dia jalani dengan seragam Wolves.

"Saya telah bicara dengan dokter dan dia menyarankan saya untuk mundur, karena peralatan perawatan telah berada di tubuh saya," kata Ikeme, seperti dilansir situs resmi klub.

Ikeme mengatakan, keputusannya untuk mundur karena mendapat saran dari dokter. Ikeme sudah setahun berjuang dan terus-menerus melakukan kemoterapi.

Kabar ini sangat disayangkan, mengingat Wolverhampton bakal bermain di kompetisi teratas Inggris, Premier League. Bermain di Premier League tentu akan menjadi sensasi sendiri bagi Ikeme.  

"Menurut dia ini yang terbaik bagi saya dan saya tidak bisa mengambil resiko untuk kembali bermain, kesehatan saya adalah prioritas," ujarnya.

 

Habiskan Waktu

"Saya ingin berada di sini untuk anak-anak saya, keluarga dan teman-teman, ini harga minimum yang harus saya bayar untuk menghabiskan waktu istirahat saya bersama keluarga," tuturnya.

Musim lalu, Wolves sukses finis di peringkat teratas klasemen Divisi Championship Inggris. Tim asuhan Nuno Santo itu mengoleksi 99 poin dari 46 pertandingan.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

PKS Ingin Pertemuan dengan SBY Punya Kesan Beda

Posted: 27 Jul 2018 08:44 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Ketua Umum Partai Demokrat Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) berencana melakukan safari politiknya menjelang pendaftaran calon presiden dan calon wakil presiden. Usai menemui Ketum Gerindra Prabowo Subianto dan Ketum PAN Zulkifli Hasan, SBY dalam waktu dekat berencana menemui Presiden PKS Sohibul Iman.

Hal ini juga dibenarkan oleh Direktur Pencapresan DPP PKS Suhud Aliyudin. Menurut Suhud, pertemuan Presiden PKS dengan SBY akan dilakukan pada Senin 30 Juli 2018 mendatang. Namun, Suhud mengaku partainya ingin pertemuan dengan SBY berlangsung berbeda.

"Kami Insha Allah akan bertemu dengan Pak SBY hari Senin malam. Mungkin berbeda dengan pertemuan sebelumnya, kami meminta kepada pak SBY, kami yang jadi tuan rumah," kata Suhud dalam sebuah diskusi di kawasan Cikini, Menteng, Jakarta Pusat, Sabtu (28/7/2019).

"Kami yang menjamu lah skarang. Kami yang menerima," sambung Suhud.

Suhud menambahkan, pihaknya siap mencarikan tempat yang netral untuk bertemu dengan Presiden RI ke-6 itu.

"Mungkin nanti kami cari tempat yang netral. Bukan di DPP PKS tentunya," ucap dia.

Menurut Suhud, partainya sudah lama merencanakan pertemuan dengan SBY. Ia pun berharap pertemuan partainya dengan SBY mampu membangun komunikasi politik untuk koalisi.

"Ini sebagai perluasan dukungan bagi oposisi yang akan menantang pak Jokowi," tandas Suhud.

 

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Tangis Haru Anne Avantie di Pagelaran Terbesar Selama 29 Tahun Berkarya

Posted: 27 Jul 2018 08:40 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Anne Avantie melambaikan tangannya sambil menahan tangis usai fashion show terbesar sepanjang 29 tahun berkarya. Ia berjalan di catwalk berwarna putih yang terlihat dibangun di atas danau resort Rumah Luwih, Gianyar, Bali, semalam (27/7/2018).

Di sisi kanan dan kiri lintasan, berbaris para model yang memakai koleksi busana kebaya kontemporer rancangan Anne Avantie. Di ujung lintasan, ia menundukkan kepala sebagai ucapan terima kasih karena menjadikan pagelaran ini termegah sepanjang kariernya.

"... Terima kasih untuk pagelaran yang terlalu indah untuk dilupakan dalam hidup saya...," begitu penggalan caption dalam video yang diunggah @anneavantieheart, Sabtu (28/7/2018).

Para Puteri Indonesia

Anne Avantie bersama para Putri Indonesia dan Owner Rumah Luwih Feroline (Instagram @anneavantieheart)

"...Saya percaya ini bukan karena kekuatan saya sendiri, tapi turut campur yang begitu besar terjadi dalam hidup," tuturnya di postingan Instagram yang berbeda.

Proses GR yang diabadikan, memperlihatkan kemegahan lintasan para model yang akan mempresentasikan busananya. Dari panggung level tertinggi, Anne Avantie terlihat sedang mengamati para model yang berlatih blocking.

Terlihat beberapa perwakilan Puteri Indonesia seperti Whulandary, Bunga Jelitha, dan Elvira Devinamira. Serta host acara Indra Bekti dan Indy Barends.

 

 

Pagelaran CINTA PUTIH ..di rumah luwih kali ini adalah pagelaran terbesar yang pernah terjadi dalam sejarah 29 tahun saya berkarya.. 😍>>Yang hanya dipersiapkan selama 3 bulan ❤️<< Saya percaya bahwa ini bukan karena kekuatan saya sendiri tetapi karena turut campur yang begitu besar terjadi dalam hidup saya. Saya menanti kehadiran semua yang terkasih untuk hadir malam ini.. semoga menjadi berkat dan mengispirasi semuanya.. Salam kasih❤🙏 ______ #anneavantieheart #cintaputihanneavantiebali #rumahluwih #rumahluwihbali #pagelarancintaputih #bribritama #thepalace #mustikaratu #metrotv #mncfashion #anneavantiemall #mahakaryaanneavantie #fashionshow #fashiondesigner #theheritagebyanneavantie #29thAnneAvantie #29thAnneAvantieberkarya #beautypeagent #putriindonesia #missuniverse #fashionshowAnneavantie #inspirasikebaya #kebayaAnneAvantie #foranneavantie

A post shared by Anne Avantie Heart (@anneavantieheart) on

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Heboh Warganet Saksikan Gerhana Bulan Total Terlama

Posted: 27 Jul 2018 08:38 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Warganet masih belum move on dengan fenomena gerhana bulan total yang terjadi Sabtu dini hari (28/7/2018). Buktinya, topik tentang gerhana bulan total dengan durasi terlama di abad 21 ini masih menghiasi lini masa Twitter.

Bahkan, topik tentang tagar gerhana bulan total masih memuncaki trending topic di Twitter Indonesia.

Ungkapan warganet pun beragam, ada yang menyesal karena ketinggalan fenomena langka ini, ada juga kagum karena melihat planet Mars dalam jarak terdekatnya dengan Bumi.

Seperti apa kata warganet tentang gerhana bulan total, berikut adalah sejumlah cuitan yang dihimpun Tekno Liputan6.com dari linimasa Twitter.

Pengguna dengan akun @Chantiq16 bertanya-tanya apa hanya dirinya yang tidak sempat menyaksikan gerhana bulan total tadi malam.

Pengguna lain dari Jambi @IyankCatro mencuitkan gambar gerhana bulan yang berhasil diabadikannya.

Ada juga pengguna yang bertanya apakah udara dingin pagi ini adalah efek dari gerhana bulan total.

Pemilik akun @shintacarolin_ mencuit meski tidak bisa menyaksikan gerhana bulan total dia beruntung karena banyak orang yang mengabadikan momen langka tersebut.

Beberapa pemilik akun Twitter juga menyebut tidak sempat melihat gerhana bulan dini hari tadi karena ketiduran.

Efek Gerhana Bulan Total

Mitos gerhana bulan. (Ilustrasi: Bambang E.Ros)

Sebelumnya, Lembaga Penerbangan dan Antariksa Nasional (LAPAN) mengimbau agar tetap waspada terhadap efek yang ditimbulkan gerhana bulan total yang terjadi Sabtu dini hari (28/7/2018).

Kepala LAPAN, Thomas Djamaluddin, mengimbau masyarakat untuk mewaspadai efek gabungan gelombang tinggi laut dengan pasang maksimum saat purnama dan gerhana bulan.

Angin dari selatan-tenggara masih cukup kencang sekitar 30 km/jam, menyebabkan gelombang laut lebih dari 3 meter di samudera Hindia yang mengarah pantai selatan Jawa, Bali, dan Nusa Tenggara Barat, serta pantai barat Sumatera.

Sementara purnama, khususnya sekitar waktu gerhana bulan, gaya pasang surut (pasut) bulan diperkuat gaya pasut matahari.

"Akibatnya pasang air laut menjadi maksimum. Efek gabungan gelombang tinggi dan pasang maksimum bisa menyebabkan banjir pasang (rob) melimpas ke daratan yang lebih jauh," jelas Thomas seperti dikutip tim Tekno Liputan6.com dari akun Facebook resminya, Jumat (27/7/2018).

Dijelaskannya, gerhana bulan total pada saat punama terjauh (media menyebutnya micro-moon) akan terjadi pada dini hari, Sabtu (28/7/2018) di langit barat.

Fase gerhana sebagian mulai pukul 01.24 sampai pukul 05.19 WIB (untuk WITA dan WIT menyesuaikan). Pada rentang waktu tersebut disunnahkan shalat gerhana bulan.

Fase total terjadi pada pukul 02.30-04.13 WIB, selama 107 menit, terlama di abad ini. Pada saat gerhana bulan total, bulan berwarna merah darah sehingga disebut blood-moon.

Warna merah darah itu disebabkan pembiasan cahaya matahari oleh atmosfer bumi, sehingga warna merah cahaya matahari yang menimpa purnama.

"Maka media sering menyebut fenomena akhir Juli ini sebagai micro-blood-moon. Gerhana saat ini menjadi yang terpanjang pada abad ini, karena lintasannya dekat dengan garis tengah lingkaran bayangan bumi dan jarak bulan terjauh dari bumi. Dengan dua fator itulah, purnama berada dalam kegelapan bayangan bumi lebih lama daripada gerhana bulan pada umumnya," ungkap profesor riset astronomi astrofisika LAPAN tersebut.

(Tin/Isk)

Saksikan Video Pilihan Berikut Ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Prediksi PSMS Vs Bali United: Tuan Rumah Percaya Diri

Posted: 27 Jul 2018 08:30 PM PDT

Medan - PSMS sangat percaya diri jelang laga melawan Bali United petang ini di Stadion Teladan Medan. Terlebih dalam laga terakhir Gojek Liga 1 Bersama Bukalapak, Tim Ayam Kinantan menang atas PSM.

Bagi pelatih Peter Butler, kemenangan atas tim Juku Eja memang semakin membangkitkan motivasi bertanding timnya untuk meraih hasil serupa. Untuk itu, dirinya menuntut konsistensi permainan timnya saat menjamu Serdadu Tridatu.

"Saya senang permainan saat ini berjalan sesuai rencana. Namun, kita harus menjaga level performa seperti itu. Pemain harus bekerja sama dengan baik karena Bali United tim yang bagus," kata Peter Butler.

Hanya saja, PSMS sedikit mengalami kendala dalam hal komposisi pemain. Menjamu Bali United, tim kebanggaan masyarakat Kota Medan itu kemungkinan besar hanya diperkuat satu pemain asing yakni stoper Reinaldo Lobo.

Striker Wilfried Yessoh dikabarkan ngambek dan enggan bermain lantaran merasa akan dicoret. Sementara itu, dua pemain anyar yakni gelandang asal Yunani, Alexandros Tanidis dan striker asal Brasil, Filipe Dos Santos belum bisa diturunkan.

Praktis, Butler hanya bisa mengandalkan pemain lokal sebagai ujung tombak. Antoni Putro Nugroho digadang-gadang disiapkan untuk mengisi lini depan bekerja sama dengan Choiril Hidayat, Erwin Ramdhani, maupun rekrutan anyar, Rahmad Hidayat.

"Kami masih memiliki stok penyerang lokal yang bagus. Memang postur mereka tidak terlalu tinggi untuk duel udara. Namun mereka punya keunggulan dalam hal kecepatan yang akan kami maksimalkan," tegas eks pelatih Persipura Jayapura itu.

Di sisi lain, Bali United datang dengan modal kurang apik usai ditekuk Bhayangkara FC, 2-3 di kandang sendiri. Padahal sebelumnya skuat asuhan Widodo Cahyono Putro menghajar tuan rumah Persija Jakarta.

Sang mentor menyebut mencuri poin jadi target yang dicanangkan melawan PSMS. Ia juga enggan melihat kondisi Ayam Kinantan yang sedang pincang dan memilih fokus ke tim sendiri.

"PSMS juga tim bagus saat melawan PSM. Kami tidak akan melihat kondisi mereka yang tengah terpuruk di papan bawah, apa yang mereka pertontonkan saat menjajal PSM, bukan sebuah keuntungan," tegas Widodo.

Komposisi Pemain

Striker Bali United, Irfan Bachdim, saat latihan jelang laga final Piala Presiden 2018 di SUGBK, Jakarta, Jumat (16/2/2018). Bali United akan berhadapan dengan Persija, (Bola.com/M Iqbal Ichsan)

Prakiraan Susunan Pemain

PSMS Medan (3-4-3): Abdul Rohim (Kiper); M. Roby, Reinaldo Lobo, Roni Fatahillah (Belakang); Firza Andika, Legimin Raharjo, Abdul Azis, Fredyan Wahyu Sugiantoro (Tengah); Erwin Ramdani, Antoni Putro Nugroho, Rachmat Hidayat (Depan)

Pelatih: Peter Butler

Bali United (4-3-3): Wawan Hendrawan (Kiper); Made Andhika Wijaya, Mahamodou Ndiaye, Agus Nova, Novan Setya Sasongko (Belakang), Fadil Sausu, Nick van der Velden, Taufiq (Tengah); Melvin Platje, Ilija Spasojevic, Yabes Roni Malaifani (Depan)

Pelatih: Widodo Cahyono Putro

Sumber: Bola.com

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Yuk Segera Tukar dengan Kartu ATM Berlogo GPN

Posted: 27 Jul 2018 08:30 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Bank Indonesia (BI) dan perbankan akan menggelar kampanye Gerbang Pembayaran Nasional (GPN) dengan menyelenggarakan kegiatan pekan penukaran kartu berlogo GPN di beberapa titik di wilayah Indonesia.

Semua diselenggarakan oleh Bank Indonesia dan bekerjasama dengan perbankan. Direktur Eksekutif Departemen Komunikasi Bank Indonesia, Agusman menjelaskan kegiatan ini diselenggarakan sekaligus untuk memperingati Hari Kemerdekaan Republik Indonesia ke-73. 

"Kampanye akan diselenggarakan serentak pada hari Minggu, 29 Juli 2018 yang dilanjutkan dengan kegiatan penukaran kartu pada 30 Juli sampai dengan 3 Agustus 2018," kata dia, Sabtu (28/7/2018). 

Melalui kegiatan ini, masyarakat memperoleh kesempatan untuk menukarkan kartu ATM/Debet bank yang dimilikinya menjadi kartu berlogo GPN. 

Selain dilakukan penukaran kartu dan sosialisasi, kegiatan juga diramaikan dengan kegiatan seni, olahraga, dan hiburan. Pekan penukaran kartu berlogo GPN merupakan tindak lanjut acara peluncuran bersama kartu berlogo GPN di Jakarta pada 3 Mei 2018.

Sesuai dengan tema kampanye 'GPN Pemersatu Transaksi Pembayaran Nasional', dengan menggunakan kartu berlogo GPN diharapkan masyarakat mendapatkan kemudahan untuk melakukan transaksi pembayaran pada seluruh kanal pembayaran (EDC) yang tersedia, sehingga akan meningkatkan efisiensi waktu dan biaya.

Selain itu, dengan GPN keamanan data lebih terjaga karena seluruh proses dilakukan di dalam negeri melalui jaringan domestik (ATM Bersama, Prima, Alto, dan Link). 

"Bahkan masyarakat juga dapat menikmati biaya administrasi yang lebih murah karena seluruh pemrosesan dilakukan di domestik dan bank tidak dikenakan biaya lisensi logo," pungkas Agusman. (Yas)

 

Himbara Siap Terapkan GPN

Bank Indonesia resmi meluncurkan aturan Gerbang Pembayaran Nasional atau National Payment Gateway (NPG), Senin (4/12/2017).

Sebelumnya, Himpunan Bank Milik Negara (Himbara) menyatakan siap mengimplementasikan sistem Gerbang Pembayaran Nasional (GPN) atau National Payment Gateway yang telah diresmikan Bank Indonesia (BI).

Ini diungkapkan Ketua Himpunan Bank Milik Negara, Maryono di Jakarta, Rabu 6 Desember 2017. Ia mengatakan untuk menindaklanjuti peluncuran GPN, perbankan BUMN telah siap mendistribusikan kartu debit berlogo Garuda Merah.

Rencananya awal Januari 2018 kartu debit tersebut sudah bisa dibagikan kepada para nasabah di seluruh Indonesia.

"Saya kira Himbara sudah siap mengimplementasikan GPN. Kita terus sesuaikan untuk perubahan kartu, karena perubahan logo akan disesuaikan seperti keinginan BI. Karena itu kartunya akan satu dan bisa dilakukan di semua bank termasuk Himbara," tutur dia.

Menurut Maryono, meski seiring pemberlakuan GPN, tarif transaksi hanya dikenakan satu persen dari sebelumnya 2-3 persen, namun hal ini tidak akan menurunkan keuntungan bank. 

"Dengan adanya penurunan tarif ini, akan membuat transaksi masyarakat menggunakan kartu debit meningkat signifikan," ujarnya.

 

Saksikan video pilihan di bawah ini:

 

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

BPJS Kesehatan Tetap Jamin Layanan Katarak, Rehab Medik dan Bayi Baru Lahir

Posted: 27 Jul 2018 08:30 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Per 25 Juli 2018, BPJS Kesehatan menerapkan implementasi Peraturan Direktur Jaminan Pelayanan Kesehatan Nomor 2 Tahun 2018 Tentang Penjaminan Pelayanan Katarak Dalam Program Jaminan Kesehatan, Peraturan Direktur Jaminan Pelayanan Kesehatan Nomor 3 Tahun 2018 Tentang Penjaminan Pelayanan Persalinan Dengan Bayi Lahir Sehat, dan Peraturan Direktur Jaminan Pelayanan Kesehatan Nomor 5 Tahun 2018 Tentang Penjaminan Pelayanan Rehabilitasi Medik.

Kepala Humas BPJS Kesehatan Nopi Hidayat menegaskan berlakunya Peraturan Direktur Jaminan Pelayanan ini jangan disalahartikan bahwa penjaminan akan pelayanan kesehatan katarak, fisioterapi dan bayi baru lahir sehat diberhentikan atau dicabut. Jadi tidak benar ada penghentian penjaminan pelayanan terhadap 3 hal itu.

"Kami tegaskan, semua pelayanan itu tetap dijamin oleh skema JKN-KIS. Perdir itu terbit dimaksudkan untuk mengoptimalkan mutu pelayanan dan efektivitas penjaminan kesehatan. Jadi tidak benar bahwa Perdir tersebut untuk menghapuskan penjaminan pelayanan, misalnya menghapuskan penjaminan pelayanan katarak atau menghapuskan penjaminan pelayanan rehabilitasi medik. Ini yang perlu publik pahami," tegas Nopi.

Nopi menjelaskan, dalam peraturan mengenai pelayanan katarak, BPJS Kesehatan akan menjamin pelayanan operasi katarak. Peserta penderita katarak dengan visus (lapang pandang penglihatan) pada kriteria tertentu dengan indikasi medis dan perlu mendapatkan operasi katarak, akan tetap dijamin BPJS Kesehatan. Penjaminan juga memperhatikan kapasitas fasilitas kesehatan seperti jumlah tenaga dokter mata dan kompetensi dokter mata yang memiliki sertifikasi kompetensi.

Lebih lanjut Nopi menjelaskan terkait dengan peraturan mengenai bayi baru lahir sehat, disampaikan bahwa BPJS Kesehatan akan menjamin semua jenis persalinan baik persalinan biasa/normal (baik dengan penyulit maupun tanpa penyulit) maupun tindakan bedah caesar, termasuk pelayanan untuk bayi baru lahir yang dapat ditagihkan oleh fasilitas kesehatan dalam satu paket persalinan untuk ibunya. Namun apabila bayi membutuhkan pelayanan atau sumber daya khusus, maka diatur dalam Perdirjampelkes Nomor 3, faskes dapat menagihkan klaim diluar paket persalinan.

Terakhir, terkait dengan peraturan yang mengatur tentang rehabilitasi medik atau fisioterapi, pelayanan tersebut tetap dijamin dengan kriteria frekuensi maksimal yang ditetapkan dalam Perdirjampelkes Nomor 5.

"Perlu kami tekankan bahwa dengan diimplementasikan 3 peraturan ini, bukan dalam artian ada pembatasan pelayanan kesehatan yang diberikan kepada peserta JKN-KIS. Namun penjaminan pembiayaan BPJS Kesehatan disesuaikan dengan kemampuan keuangan BPJS Kesehatan saat ini." ujar Nopi.

Menurut Nopi, BPJS Kesehatan akan tetap memastikan bahwa Peserta JKN-KIS mendapat jaminan pelayanan kesehatan sesuai dengan ketentuan. BPJS Kesehatan mengapresiasi dan menampung semua aspirasi, baik Kementerian Kesehatan, DJSN, asosiasi, perhimpunan profesi dan pihak terkait lainnya. Implementasi Perdirjampelkes 2,3 dan 5 untuk ditingkatkan menjadi peraturan badan, melalui mekanisme dan ketentuan yang ada.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Meghan Markle dan Pangeran Harry Cuek Ciuman di Arena Pacuan Kuda

Posted: 27 Jul 2018 08:30 PM PDT

Liputan6.com, London - Menyandang gelar sebagai Duke dan Duchess of Sussex, Pangeran Harry dan Meghan Markle harus menjalani kegiatan terkait kerajaan Inggris. Baru-baru ini saja, mereka datang ke pertandingan Sentebale ISPS Handa Polo Cup. Acara tersebut diselenggarakan di Royal County of Berkshire Polo Club, Inggris.

Rupanya, Pangeran Harry ikut bertanding dalam pertandingan polo kali ini. Tak heran Meghan Markle ikut hadir dan memberikan dukungan untuk sang suami yang tampak gagah di arena pacuan kuda.

Benar saja, berkat semangat dari Meghan Markle, Pangeran Harry berhasil memenangkan pertandingan dengan skor final 5-4. Ia akhirnya menerima penghargaan dan piala yang diberikan langsung oleh sang kapten, Nacho Figueras, seperti dilansir dari Us Magazine.

Saat itulah terjadi sebuah momen mengejutkan yang sama sekali tak terduga. Bahagia dengan kemenangan tim suaminya, Meghan Markle pun langsung memberikan sebuah hadiah berupa ciuman romantis tepat di bibir Pangeran Harry.

Pemandangan Langka

Duke dan Duchess of Sussex, Pangeran Harry dan Meghan Markle. (Dominic Lipinski/Pool Photo via AP)

Tentu saja ini menjadi sebuah pemandangan langka yang tak akan pernah dilewatkan oleh kamera media. Rupanya, pasangan pengantin baru ini tak peduli dengan aturan Kerajaan Inggris yang tak memperbolehkan mereka untuk mengumbar kemesraan di depan umum (PDA).

Menjadi yang Pertama

Duchess of Sussex, Meghan Markle menghadiri pesta kebun Istana Buckingham di London, Selasa (22/5). Royal hat senada dari Philip Treacy juga tak kalah menjadikan Meghan Markle tampil mengagumkan. (Dominic Lipinski/Pool Photo via AP)

Momen ciuman ini menjadi yang pertama bagi Harry dan Meghan setelah kemesraan yang mereka tampilkan dalam acara Royal Wedding pada Mei lalu. Akankah setelah ini keduanya terus memamerkan hubungan romantisnya pada publik dan juga media?

Penulis: Soraya

Sumber: Kapanlagi.com

 

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

PKS Usung Anies-Aher Jika Prabowo Tak Maju jadi Capres

Posted: 27 Jul 2018 08:18 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Direktrur Pencapresan DPP PKS Suhud Aliyudin mengungkapkan, Ketua Umum Partai Gerindra Prabowo Subianto sempat berbicara mengenai figur lain yang akan didorong menjadi calon presiden di Pilpres 2019.

Menurut Suhud, apabila langkah Prabowo ini benar, PKS akan mencari alternatif calon yang kuat menggantikan Prabowo sebagai capres.

Salah satu alternatif yang akan diusung PKS yakni pasangan Gubernur DKI Jakarta dan mantan Gubernur Jawa Barat, Anies Baswedan-Ahmad Heryawan.

"Kalau ini betul, ini lebih mudah bagi koalisi untuk mencari alternatif-alternatif yang kuat. Karena ada beberapa figur yang kuat kita dorong, misal Pak Anies dan Pak Aher (Ahmad Heryawan)," kata Suhud dalam sebuah diskusi di kawasan Cikini, Jakarta Pusat, Sabtu (28/7/2018).

 

Tunggu Keputusan Gerindra

Menurut Suhud, partainya masih menunggu keputusan dari Partai Gerindra terkait nama capres dan cawapres yang akan diusung dan didaftarkan ke Komisi Pemilihan Umum (KPU) pada Agustus 2018 mendatang.

Meskipun, kata dia, saat ini Gerindra masih tetap ngotot mengusung Prabowo Subianto sebagai capres.

"Buat kami sebenarnya menyerahkan ke pihak Gerindra dan hak Pak Prabowo untuk memutuskan. Jadi siapapun yang dicalonkan, apakah Pak Prabowo maju sebagai capres atau sebagai king maker, itu tidak masalah bagi kami," ucap Suhud.

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Menpar Sebut Terminal Berbiaya Murah Penting Untuk Tingkatkan Wisman

Posted: 27 Jul 2018 08:15 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Menteri Pariwisata Arief Yahya makin serius menggenjot terminal berbiaya murah, low cost carrier terminal (LCCT), dan bandar udara berbiaya rendah atau low cost carrier airport (LCCA). Keseriusan itu disampaikan dalam Rapat Koordinasi Nasional (rakornas) Pariwisata di Kementerian Pariwisata, Kamis (26/7). Menurutnya, LCCT adalah komponen penting untuk meningkatkan jumlah kunjungan wisatawan asing (Wisman).

"Kita punya target wisman 17 juta sampai akhir 2018 nanti. Kalau tidak punya LCCT, target itu tidak tercapai. Jumlah Low Cost Carriers tumbuh 55 persen per tahun. Di Indonesia sendiri LCC tumbuh sekitar 12 persen per-Tahun. Dan itu kurang, kita butuh 21 persen untuk menggapai target wisman tahun 2018," kata Menpar.

Menurut data terakhir Kementerian Pariwisata, wisman masuk sampai akhir tahun 2017 berjumlah 14 juta. Itu artinya, Kemenpar memiliki pekerjaan rumah untuk mendatangkan 3 juta wisman sampai akhir 2018 nanti. Menpar mengklaim sebagian besar angka wisman akan terpenuhi bila bandara berbiaya rendah dicanangkan.

LCCT akan menjadi lokasi pendaratan maskapai berbiaya rendah atau low cost carrier (LCC). ndonesia sendiri tidak memiliki LCCT. Maskapai LCC yang masuk Tanah Air akan membayar biaya pajak dengan tarif full service carrier terminal (FSC).

Bila LCCT diterapkan, sejumlah keuntungan akan dirasakan, khususnya bagi budget traveler atau backpacker dan bagi perusahaan maskapai berbiaya rendah.

Managing Director Lion Group Daniel Putut Kuncoro Adi mengatakan, biaya penjualan tiket maskapai, seperti AirAsia, Lion Air, Wings Air, dan Malindo, dimungkinkan mengalami penurunan. Namun bisa terbantu dengan LCCT.

"Mungkin dengan adanya LCCT, tarif pajak bandara bisa diturunkan. Bila semula Rp 150 ribu, mungkin saja bisa jadi Rp 50 ribu. Komponen tiket untuk penumpang juga akan ikut turun," ujarnya di Kementerian Pariwisata di sela-sela rakornas.

Bandara yang dimungkinkan menjadi LCCT adalah Terminal 2 di Soekarno-Hatta Jakarta. Sedangkan Bandara Banyuwangi, Bandara Silangit, dan Bandara Komodo di Labuan Bajo dicanangkan sebagai bandara berbiaya rendah.

"Kalau sudah dideklarasi menjadi LCCT, tarif penjualan tiket maskapai pun akan disesuaikan. Kami tinggal menunggu pengumuman pihak Angkasa Pura menginformasikan tarif bandara," ujar Daniel.

Dikesempatan yang sama, AirAsia Group Chief Executive Officer (CEO) Dendy Kurniawan juga menyambut gembira LCCT yang rencananya tereasliasi tahun ini.

"Dengan adanya LCCT, sudah pasti Passengger service charge (PSC) akan lebih murah, karena saat in PSC dibebankan ke penumpang," ujarnya.

Menurut Dendy, diera milenial saat ini penumpang makin selektif. Mereka tidak peduli mau yang full service atau LCC yang terpenting sampai di destinasi tujuan.

"Di luar negeri perkembangannya lebih ke smart traveler. Lebih selektif. Ngapain juga saya bayar mahal-mahal kalo sampai ke destinasinya sama saja. Apalagi era milenial saat ini sudah tidak terlalu care tentang masalah ini kan. Yang penting sampe di destinasi tujuan. Harga tiketnya lebih avordeble, kelas manapun juga akan tertarik sehingga berkunjung ke Indonesia bisa lebih atraktif," ujarnya.

 

(*)

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Arsenal Belum Tutup Pintu Belanja Pemain Baru

Posted: 27 Jul 2018 08:15 PM PDT

Liputan6.com, Singapura - Unai Emery tak mau menutup pintu jika ada pemain baru yang ingin gabung Arsenal musim ini. Padahal The Gunners sendiri sudah resmi mendatangkan lima pemain.

Kelimanya adalah Lucas Torrerira dan Matteo Guendouzi di lini tengah, Sokratis dan Stephan Lichtsteiner di lini belakang dan Bernd Leno di posisi penjaga gawang. Emery memang sedang berusaha membangun skuat anyar yang lepas dari bayang-bayang Arsene Wenger.

Sejauh ini proses adaptasi Emery dengan klub dan para pemain Arsenal dianggap sudah berjalan cukup baik. Sebagaimana diketahui, tugas Emery tak mudah, dia harus menerapkan filosofi baru, setelah Arsene Wenger melakukannya selama 22 tahun lebih.

"Saya memiliki cara saya sendiri dan saya ingin bekerja dengan mentalitas sama yang saya terapkan sepanjang karier saya," ujar Emery.

"Saya ingin membangun tim dengan semangat bagus, energi positif dan para pemain yang sangat berkualitas."

"Setiap pemain sudah berkomitmen untuk bekerja keras musim ini dan menyadari tuntutan yang ada. Setiap pemain dan para pelatih sudah bekerja keras di bawah kondisi ini sepanjang karier kami," kata mantan pelatih PSG ini.

 

Belum Tutup Pintu

Para pemain Arsenal melakukan pemanasan saat mengikuti sesi latihan tim di Singapura (27/7). Arsenal akan bertanding melawan PSG pada International Champions Cup 28 Juli. (AFP Photo/Roslan Rahman)

Meski mewarisi skuat Arsenal yang dinilai tak terlalu apik, Emery tetap percaya penuh pada setiap pemain yang ada. Dia percaya para pemain saat ini sudah sangat berkualitas, meski tak menutup kemungkinan mendatangkan pemain baru lagi.

"Saya percaya pada pemain-pemain ini dan sekarang saya sangat bahagia mellihat para pemain yang bekerja keras setiap hari. Senin nanti kami juga akan kedatangan pemain yang kembali dari Piala Dunia."

"Bagi saya, jika ada kemungkinan untuk mendatangkan pemain lain, saat ini tak begitu penting, tetapi selama jeda transfer terbuka kami bisa mendiskusikan kemungkinannya," Emery mengakhiri.

Sumber: Bola.net

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Lapas 'High Risk' Nusakambangan Selesai Tahun Ini, untuk Napi Koruptor?

Posted: 27 Jul 2018 08:03 PM PDT

Liputan6.com, Cilacap - Sel fasilitas mewah dan perbedaan perlakuan untuk narapidana atau napi koruptor berduit dengan napi biasa membuka borok sejumlah pejabat dan petugas di Lapas Sukamiskin.

Wacana pemindahan napi koruptor ke lapas yang lebih ketat pun berkembang. Bicara soal lapas ketat dengan pengamanan maksimal, tak sahih rasanya jika tak menyebut lapas di Nusakambangan, Jawa Tengah.

Apalagi, diketahui Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia (Kemenkumham) sedang membangun sebuah lapas berpengamanan super, Lapas "High Risk" Karanganyar. Lapas untuk napi berisiko tinggi ini disebut akan menjadi salah satu Lapas bersistem pengamanan terbaik.

Di pulau penjara ini, sekarang sudah ada enam lapas tertutup dan satu lapas terbuka. Dua di antaranya, berkategori lapas berpengamanan maksimal, yakni Lapas Batu dan Lapas Pasir Putih.

Lapas Batu, Nusakambangan adalah lapas khusus untuk bandar narkoba. Adapun Lapas Pasir Putih digunakan untuk membui napi terorisme yang berbahaya.

Dikategorikan berbahaya lantaran mereka disinyalir akan melakukan kejahatan yang sama dari balik penjara. Napi narkoba, bisa mengedarkan atau bahkan mengendalikan bisnis haram dari balik jeruji besi.

Sedangkan, napi terorisme dikhawatirkan menyebarkan pengaruh radikal kepada napi lainnya. Dikhawatirkan pula, mereka mengatur aksi teror dari balik penjara.

Namun, wacana bahwa Lapas Karanganyar Nusakambangan bakal digunakan untuk membui napi koruptor ditampik oleh Menteri Hukum dan HAM, Yasonna Laoly. Menurut dia, napi koruptor tak berbahaya.

Saksikan video pilihan berikut ini:

 

Lapas Karanganyar Khusus Napi Risiko Tinggi

Menkumham Yasonna Laoly dan Menteri PUPR Basuki Hadimuljono. (Foto: Liputan6.com/Muhamad Ridlo)

Hanya saja, napi koruptor, ada yang meminta fasilitas mewah dan memperoleh perlakukan khusus. Kemungkinan, lantaran kekuatan finansialnya.

"Lapas Karanganyar pembangunannya tidak ada hubungannya dengan Napi Koruptor," katanya, di Dermaga Wijayapura, Nusakambangan, Cilacap, Jawa Tengah, Jumat (27/7/2018).

Yasonna mengatakan koruptor bukanlah napi high risk atau berbahaya. Sebab itu, napi koruptor tak akan dimasukkan ke Lapas Super Maximum Security (SMS) Karanganyar yang kini tengah dibangun khusus untuk napi risiko tinggi atau berbahaya.

Napi yang dikategorikan high risk, menurut Yasonna, di antaranya berisiko melarikan diri atau melakukan kejahatan di dalam lapas. Selain itu, parameter lainnya adalah masa tahanan yang panjang, seumur hidup hingga hukuman mati.

Para napi berkategori risiko tinggi ini bisa napi pidana khusus, seperti terorisme dan narkoba maupun pidana umum. Adapun napi pidana khusus korupsi, menurut dia, tak berpotensi melarikan diri. Hanya saja, koruptor menuntut fasilitas mewah. Sebab itu, risikonya dianggap berbeda.

"Yang high risk? Yang koruptor itu bukan high risk, mereka hanya menuntut fasilitas mewah. Nah, itu yang enggak boleh," ujarnya.

Kemenkumham Bakal Tambah Lapas Super Maksimum Security

Pagar Lapas Karanganyar, Nusakambangan di area seluas 25 hektar di awal pembangunan . (Foto: Liputan6.com/Muhamad Ridlo)

Dengan penambahan Lapas High Risk Karanganyar, maka Nusakambangan bakal memiliki tiga lapas berpengamanan maksimum. Yakni, Lapas Batu khusus untuk Napi risiko tinggi narkoba, Lapas Pasir Putih khusus untuk napi terorisme risiko tinggi dan Lapas Karanganyar.

Namun, dua lapas yang sudah beroperasi ini sempat dipakai untuk menampung ratusan napi dan tahanan dari Rutan Mako Brimob Kelapa Dua, Depok, sehingga kapasitasnya berkurang. Sebab itu, pembangunan Lapas Karanganyar akan dipercepat.

Lapas Karanganyar didesain aman dan steril, menggunakan sistem IT dan berteknologi tinggi. Petugasnya pun khusus. Napi akan ditempatkan satu orang satu sel atau One cell one person.

"Kita harapkan, bisa kita selesaikan akhir tahun. Kita harapkan. Jadi, saya mkinimal akan dua bulan sekali melihat progress," dia menjelaskan.

Kemenkumham rencananya juga bakal menambah satu Lapas berpengamanan maksimum pada 2019. Hal itu dilakukan melihat kebutuhan yang sudah semakin mendesak.

"Ini (Lapas Karanganyar) betul-betul super maksmimum. Dan kita akan menambah lagi nanti, tahun depan, mudah-mudahan, satu atau dua lapas lagi, untuk yang maksimum security," dia mengungkapkan.

Selain membangun Lapas High Risk Karanganyar, Kemenkumham saat ini juga tengah membangun rumah susun, perumahan khusus (Rusus) serta infrastruktur pendukung untuk petugas Lapas Nusakambangan.

Petugas-petugas lajang akan ditempatkan di rusun. Adapun yang sudah berkeluarga akan ditempatkan di rusus atau perumahan susun khusus.

Menurut Yasonna, penempatan petugas di perumahan yang berada di Pulau Nusakambangan akan membuat Nusakambangan jadi semakin steril.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

FOTO: KPK Resmi Tahan Bupati Lampung Selatan

Posted: 27 Jul 2018 08:02 PM PDT

Bupati Lampung Selatan Zainudin Hasan menuju mobil tahanan seusai pemeriksaan di gedung KPK, Jakarta, Jumat (27/7). Zainudin yang terjaring OTT ditahan usai ditetapkan sebagai tersangka dugaan suap terkait proyek infrastruktur. (Merdeka.com/Dwi Narwoko)

Bupati Lampung Selatan Zainudin Hasan menuju mobil tahanan seusai pemeriksaan di gedung KPK, Jakarta, Jumat (27/7). Zainudin yang terjaring OTT ditahan usai ditetapkan sebagai tersangka dugaan suap terkait proyek infrastruktur. (Merdeka.com/Dwi Narwoko)

Bupati Lampung Selatan Zainudin Hasan menuju mobil tahanan seusai pemeriksaan di gedung KPK, Jakarta, Jumat (27/7). KPK resmi menahan adik Ketum PAN Zulkifli Hasan itu selama 20 hari di Rutan Klas I Jakarta Timur cabang KPK. (Merdeka.com/Dwi Narwoko)

Bupati Lampung Selatan Zainudin Hasan menuju mobil tahanan seusai pemeriksaan di gedung KPK, Jakarta, Jumat (27/7). KPK resmi menahan adik Ketum PAN Zulkifli Hasan itu selama 20 hari di Rutan Klas I Jakarta Timur cabang KPK. (Merdeka.com/Dwi Narwoko)

Bupati Lampung Selatan Zainudin Hasan meninggalkan Gedung KPK seusai menjalani pemeriksaan di Jakarta, Jumat (27/7). KPK resmi menahan adik Ketum PAN Zulkifli Hasan itu terkait dugaan suap proyek infrastruktur. (Liputan6.com/Faizal Fanani)

Bupati Lampung Selatan Zainudin Hasan meninggalkan Gedung KPK seusai menjalani pemeriksaan di Jakarta, Jumat (27/7). KPK resmi menahan adik Ketum PAN Zulkifli Hasan itu terkait dugaan suap proyek infrastruktur. (Liputan6.com/Faizal Fanani)

Bupati Lampung Selatan Zainudin Hasan berada di mobil tahanan seusai pemeriksaan di Gedung KPK, Jakarta, Jumat (27/7). KPK resmi menahan adik Ketum PAN Zulkifli Hasan itu selama 20 hari di Rutan Klas I Jakarta Timur cabang KPK. (Merdeka.com/Dwi Narwoko)

Bupati Lampung Selatan Zainudin Hasan berada di mobil tahanan seusai pemeriksaan di Gedung KPK, Jakarta, Jumat (27/7). KPK resmi menahan adik Ketum PAN Zulkifli Hasan itu selama 20 hari di Rutan Klas I Jakarta Timur cabang KPK. (Merdeka.com/Dwi Narwoko)

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

PAN Yakin Tak Ada Politisasi soal Adik Zulkifli Hasan yang Ditangkap KPK

Posted: 27 Jul 2018 08:01 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Wakil Sekjen Partai Amanat Nasional (PAN), Rosaline Irene Rumaseuw memastikan bahwa tidak ada unsur politik dalam operasi tangkap tangan (OTT) yang dilakukan oleh Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) terhadap Bupati Lampung Selatan Zainudin Hasan.

Zainudin Hasan sendiri merupakan adik kandung Ketum PAN Zulkifli Hasan. Ia ditangkap sehari usai Zulhas bertemu dengan Ketua Umum Partai Demokrat Susilo Bambang Yudhoyono (SBY).

"Saya kira enggak ada kaitannya ya," kata Rosaline dalam sebuah diskusi di kawasan Cikini, Jakarta Pusat, sabtu (28/7/2018).

Menurut Rosaline, sebagai Ketum PAN Zulhas sudah meminta maaf kepada semua masyarakat atas kasus hukum yang menyeret adik kandungnya itu.

Zulhas, kata Rosaline, menyerahan semua proses hukum atas adiknya tersebut ke pihak terkait yaitu KPK.

"Beliau juga berbesar hati mengembalikan ke KPK bahwa menjalani seperti apa yang harus dijalani," ucap Rosaline.

Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) menahan Bupati Lampung Selatan Zainudin Hasan. Adik Ketua Umum PAN Zulkifli Hasan itu ditahan usai ditetapkan sebagai tersangka kasus dugaan suap terkait proyek infrastruktur di Kabupaten Lampung Selatan.

"ZH (Zainudin Hasan) ditahan selama 20 hari pertama di Rutan Klas I Jakarta Timur cabang KPK," kata Juru Bicara KPK Febri Diansyah saat dikonfirmasi, Jumat 27 Juli 2018.

KPK juga telah menahan tiga tersangka lainnya yaitu, anggota DPRD Provinsi Lampung Fraksi PAN Agus Bhakti Nugroho, Kadis PUPR Lampung Selatan Anjas Asmara, dan pemilik CV 9 Naga Gilang Ramadhan. Ketiganya ditahan selama 20 hari kedepan selama 20 hari kedepan.

"AA (Anjar Asmara) di Rutan Klas I Jakarta Timur Cabang KPK yang beralamat di Pomdam Jaya Guntur, GR (Gilang Ramadhan) di rutan pada Kepolisian Resor Jakarta Timur, dan ABS (Agus Bhakti Nugroho) di rutan pada Kepolisian Resor Jakarta Pusat," jelas Febri.

Sebelumnya, KPK menetapkan empat orang sebagai tersangka kasus dugaan suap proyek infrastruktur. Mereka adalah Bupati Lampung Selatan Zainudin Hasan, Kadis PUPR Kabupaten Lampung Selatan Anjar Asmara, anggota DPRD Provinsi Lampung Agus Bhakti Nugraha, dan pemilik CV 9 Naga Gilang Ramadhan.

Fee Proyek

Bupati Lampung Selatan Zainudin Hasan tersenyum saat tiba di KPK, Jakarta, Jumat (27/7). Zainudin Hasan akan menjalani pemeriksaan 1x24 jam diduga menerima suap terkait proyek infrastruktur. (Merdeka.com/Dwi Narwoko)

Zainudin diduga menerima fee proyek sebesar 10 hingga 17 persen di Pemkab Lampung. Dia juga diduga

Dari kasus yang bermula dari operasi tangkap tangan (OTT) ini, KPK mengamankan Rp 600 juta. Rp 200 juga yang diamankan dari tangan Agus Bhakti Nugroho. Uang tersebut berasal dari pencairan uang muka empat proyek senilai Rp 2,8 miliar.

 

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Abadikan Momen Langka, Astronaut Tangkap Gambar Gerhana Bulan dari Angkasa Luar

Posted: 27 Jul 2018 08:01 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Masyarakat dunia telah menjadi saksi peristiwa gerhana Bulan yang berlangsung beberapa jam Sabtu dini hari tadi. Fenomena alam ini menjadi gerhana Bulan paling lama di Abad 21.

Lembaga Penerbangan dan Antariksa Nasional (LAPAN) mengungkap, peristiwa gerhana Bulan terjadi dalam durasi 1 jam 43 menit.

Banyak masyarakat dunia yang telah mempersiapkan diri untuk menyaksikan momen langka tersebut. Tak terkecuali masyarakat Indonesia yang turut penasaran dan sengaja keluar rumah untuk melihat gerhana bulan.

Namun, sudahkah Anda melihat foto gerhana Bulan yang diambil dari angkasa luar? Seorang astronaut dari Badan Antariksa Eropa bernama Alexander Gerst mengabadikan momen itu.

Seperti dikutip dari laman Sciencealert.com, Sabtu (28/7/2018), foto ini dianggap sebagai salah satu sudut terbaik yang diambil dari Stasiun Luar Angkasa.

Dalam akun Twitter-nya, Alexander Gerst mengatakan bahwa ia telah menangkap gambar gerhana Bulan dan meninggalkan bayangan Bumi.

Meski demikian, tak semua masyarakat dunia beruntung. Sejumlah lokasi di Amerika Serikat dan Inggris tak dapat melihat gerhana Bulan lantaran cuaca mendung.

 

Saksikan videeo pilihan di bawah ini:

Berada di Titik Terjauh dari Bumi

Foto fase gerhana bulan total dI langit kota Jakarta, Sabtu (28/7) dini hari. Gerhana bulan total tahun ini merupakan fenomena langka karena terjadi selama 1 jam 43 menit atau merupakan gerhana terlama yang terjadi di abad ini. (Liputan6.com/Johan Tallo)

Penyebab kedua adalah gerhana Bulan total 28 Juli 2018 terjadi pada saat Bulan di sekitar titik terjauhnya dari Bumi, yang dikenal sebagai titik apoge. Berdasarkan perhitungan, Bulan mencapai titik apoge pada 27 Juli 2018 pukul 12.44 WIB sejauh 406.223 km.

Empat belas jam kemudian, tepatnya ketika puncak gerhana terjadi, jarak Bumi dan Bulan menjadi lebih dekat 270 km daripada saat di apoge tersebut.

Secara umum, semakin jauh jarak Bumi dan Bulan, maka akan semakin kecil penampakkan ukuran Bulan, sehingga berpotensi menyebabkan Bulan akan lebih lama berada di umbra Bumi jika dibandingkan dengan Bulan saat berada di daerah titik perigenya.

Dengan demikian, gerhana Bulan total pun berpotensi terjadi lebih lama.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Asian Games 2018: Ketua KOI Apresiasi Jaminan BPJS untuk Atlet Indonesia

Posted: 27 Jul 2018 08:00 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Total 1.306 atlet dan ofisial Tim Indonesia yang berkiprah di Asian Games 2018 akan mendapatkan jaminan keselamatan kerja dari Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS) Ketenagakerjaan. Sehingga, para atlet dan ofisial tidak perlu khawatir menderita cedera ketika bertanding. Sebab, biaya untuk penyembuhan seluruhnya bakal ditanggung BPJS Ketenagakerjaan.

"Banyak atlet berkarya serta berkarier dengan hal-hal yang luar biasa. Meninggalkan masa mudanya, orang tuanya, ketika mereka mencurahkan segala fokus mereka, harus berhenti karena cedera atau paling parah, kecelakaan," ujar Ketua Umum Komite Olahraga Indonesia (KOI), Erick Thohir, di sela-sela penandatanganan kerja sama dengan BPJS Ketenagakerjaan di Jakarta, Jumat (27/7/2018).

"Ini yang kita jaga dan misi yang sama kita jalankan. Bagaimana keuntungan dari BPJS Ketenagakerjaan ingin mengukur figur atlet dan menjaga atlet ke depan," katanya menambahkan.

BPJS Ketenagakerjaan memberikan perlindungan kepada para atlet Tim Indonesia di Asian Games 2018 saat berangkat dari rumah, berlatih, hingga bertanding. Jaminan ini meliputi Jaminan Kecelakaan Kerja (JKK) dan Jaminan Kematian (JKm).

Dengan adanya jaminan dari BPJS Ketenagakerjaan, Tim Indonesia di Asian Games 2018 diharapkan dapat fokus membawa harum nama Indonesia. Pasalnya, segala sesuatu terkait penanganan kecelakaan saat beraktivitas, bakal mendapat tanggungan dari BPJS Ketenagakerjaan.

Apresiasi Erick Thohir

Tim Indonesia Dapat Jaminan dari BPJS Ketenagakerjaan di Asian Games 2018. (Muhammad Adi Yaksa / Liputan6.com).

Terpilihnya enam atlet sebagai duta tim Indonesia di Asian Games 2018, termasuk dua atlet yang hadir pada penandatanganan kerja sama dengan BPJS Ketenagakerjaan, yaitu Arki Wisnu dan Pungky Afriecia, mendapat pujian dari Erick. Pria yang juga menjabat sebagai Ketua Panitia Penyelenggara Asian Games 2018 (Inasgoc) itu tidak ingin generasi masa kini hanya mengetahui atlet fenomenal dari luar negeri. Tapi, juga mengenali atlet kebanggaan Indonesia.

"Mereka sudah berjuang untuk merah putih untuk sekian kalinya. Track recordnya bagus sebagai atlet maupun publik figur. Saat ini pilihan tepat tidak hanya mengundang prestasi, tapi juga wajahnya," tutur Erick.

6 Duta Tim Indonesia

Selain Arki dan Pungky, duta Tim Indonesia di Asian Games 2018 lainnya ialah I Gede Siman Sudartawa, Diananda Choirunisa, Eko Yuli Irawan, dan Raphael Maitimo.

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Modifikasi Honda Brio yang Terinspirasi Warung Makan

Posted: 27 Jul 2018 08:00 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Dunia otomotif, khususnya dunia balap identik sebagai olahraga yang digemari oleh pria. Namun, wanita pun sah-sah saja jika terjun di dunia ini. Salah satunya Umalisa, wanita kelahiran Banten yang mengaku menggemari dunia balap sejak dulu.

Bahkan saking gemarnya terhadap dunia balap, wanita yang akrab disapa Mami Lisa ini sampai-sampai memodifikasi mobilnya dengan konsep rally look. Di mana kesan sebagai mobil balap terlihat membalut seluruh sektor baik eksterior maupun interior pada Honda Brio miliknya.

"Modif konsep ini atas kemauan saya sendiri. Soalnya saya memang suka racing, kebetulan suami juga suka drag race. Dan dulu aku pernah ikut balapan juga." jelas wanita yang tergabung dalam komunitas Brionesia chapter jakarta #batavia.

Ubahan yang diberikan Lisa cukup unik. Tengok saja bodinya yang dipenuhi permainan cat dan cutting sticker. Uniknya motif sticker yang diaplikasikan adalah nama dari usaha makanan miliknya. Hasilnya cukup memberikan tampilan mencolok dengan warna dominan kuning dan merah.

"Kebetulan saya wirausaha di bidang makanan, namanya Warung Sambel Racing. Kalau di komunitas biasa disebut SR. Nah ini saya pasang di bodi biar unik," jelas Lisa.

Di samping itu, Lisa juga mengganti pelek standar Honda Brio dengan dengan Enkei R15 yang dipadukan ban Toyo 205/50 sehingga tampilan balapnya semakin kuat. Tak hanya itu ternyata Lisa juga sangat memperhatikan sisi performa. Soalnya Ia juga telah menyematkan sistem pembuangan gas ADR, spoiler dan diffuser. "Mesin masih standar, tapi diseting agar lebih cepat. Ya lumayan bisa lari sampai 180 km per jam," jelas Lisa.

 

Selanjutnya

Interior tetap memperlihatkan kesan anggun (Hafid/Otosia.com)

Sentuhan konsep balap juga diterapkan Lisa di sektor interior. Jok racing berwarna merah tampak terpatri di kedua bagian baik pengendara maupun penumpang depan. Lisa tetap memberikan sentuhan seorang wanita pada ubahan interior seperti yang terlihat pada karpetnya yang memiliki motif kartun.

Untuk menyelesaikan modifikasi tersebut secara keseluruhan, Lisa mengaku membutuhkan waktu hingga 1 tahun. Ia pun kembali berniat untuk melakukan peningkatan lagi ketika mendapatkan kesempatan yang tepat.

"Sebenarnya bisa cepat, tapi saya agak nahan-nahan. Soalnya takut keblablasan modifnya, nambah terus," jelas Lisa.

 

 Reporter: Hafid

Sumber : Otosia.com

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

6 Patung Absurd yang Cuma Bisa Ditemukan di Indonesia

Posted: 27 Jul 2018 08:00 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Biasanya, patung dibuat dengan nilai seni yang tinggi dan bertujuan untuk membuat lingkungan indah. Akan tetapi, tidak jarang patung yang dibuat sembarangan akan menghasilkan bentuk yang aneh. Dikutip dari akun Instagram @awreceh.id, berikut patung-patung tersebut.

1. Ini Superman-nya kok nyungsep?

Doc: Instagram @awreceh.id

2. Eng, ini harimau jenis apa sih?

Doc: Instagram @awreceh.id

3. Kalau Teletubbies kaya gini, yang ada anak-anak pada nangis

Doc: Instagram @awreceh.id

4. Keluarga Incredible versi kearifan lokal?

Doc: Instagram @awreceh.id

5. Kaya Kung Fu Panda, tapi kok beda?

Doc: Instagram @awreceh.id

6. Katanya patung kuda, kok janggal ya?

Doc: Instagram @awreceh.id

Penulis: 

Weni Arfiyani

Sumber: Brilio.net

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

2 Hari 2 Malam, Si Doel The Movie Gelar Gala Premiere

Posted: 27 Jul 2018 08:00 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Setelah sukses menggelar World Gala Premiere film Si Doel The Movie di Pathe Tuschinski, Amsterdam, Belanda, Falcon Pictures kembali menggelar acara serupa di Jakarta. Tidak kalah menariknya, gala premiere di Jakarta akan digelar selama 2 hari 2 malam, dan dalam acara tersebut, akan disajikan bermacam-macam makanan khas Betawi dan hiburan yang luar biasa. 

Makanan yang akan dihadirkan dalam acara gala premier Si Doel The Movie yang ada di Epicentrum di antaranya adalah Dodol, Bir Pletok dan Kerak Telor. Sedangkan untuk acara hiburannya akan digelar pertunjukan Marching Band, Ondel-ondel, dan perhelatan Abang None Jakarta. Selain itu ada juga pembuatan dodol dan batik khas Betawi.

"Ini cara baru yang kita lakukan untuk menggelar acara gala premier. Tapi, semua itu kami lakukan untuk menanggapi respon positif dari masyarakat. Saya berharap, apa yang kami lakukan di Jakarta ini, tidak kalah dengan yang di Belanda. Untuk itulah, selain kepada masyarakat, kami juga membutuhkan dukungan dari teman-teman media untuk Si Doel The Movie," ucap Produser Falcon Pictures, Frederica dalam keteranganya kepada wartawan, Jumat (27/7/2018).

 

Tanpa Alasan

Para pemain Si Doel The Movie sesaat sebelum acara gala premier di Amsterdam, Belanda

Frederica juga menambahkan digelarnya acara Gala Premier selama 2 hari 2 malam itu juga bukan tanpa alasan. 

"Acara Gala Premier 2 hari 2 malam ini, kami gelar untuk mengapresiasi keinginan masyarakat. Begitu banyaknya masyarakat yang kangen terhadap Si Doel," ujarnya.

 

Tayang Serentak

Para pemain dan kru film Si Doel The Movie yang berangkat ke Belanda

Film Si Doel The Movie akan tayang serentak di seluruh bioskop di Indonesia pada 2 Agustus 2018. Film Si Doel The Movie sendiri merupakan kelanjutan dari sinetron Si Doel Anak Sekolahan. 

Film Si Doel The Movie tetap mempertahankan pemain-pemain lawasnya seperti Rano Karno, Maudy Koesnaedi, Mandra, Cornelia Agatha, Ahong, Suti Karno, Adam Jagwani, dan Aminah Cendrakasih.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Jadwal Liga 1 2018, Siaran Langsung Sabtu 28 Juli

Posted: 27 Jul 2018 08:00 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Kompetisi Go-Jek Liga 1 bersama Bukalapak bakal menyajikan dua pertandingan pekan ke-18 pada hari ini, Sabtu (28/7/2018). Yang pertama, Barito Putera akan menjamu Madura United di Stadion 17 Mei, Banjarmasin.

Partai ini dapat disaksikan melalui live streaming di Vidio.com mulai pukul 18.30 WIB.

Berikutnya, PSMS Medan bakal meladeni perlawanan Bali United di Stadion Teladan. Pertandingan ini ditayangkan secara langsung oleh Indosiar pukul 19.00 WIB.

Saat ini, Persib untuk sementara memuncaki klasemen Liga 1. Tim berjuluk Pangeran Biru itu mengumpulkan 29 poin dari 17 pertandingan, unggul satu poin dari Barito Putera di peringkat kedua.

Adapun, tiga posisi terbawah klasemen Liga 1 masih ditempati PSIS Semarang (19 poin), PS Tira (18 poin), dan PSMS (18 poin).

Jadwal Pertandingan

PSMS Medan vs Bali United

Sabtu, 27 Juli 2018

Vidio.com

18.30 WIB: Barito Putera Vs Madura United

Stadion 17 Mei, Banjarmasin

Indosiar

19.00 WIB: PSMS Medan Vs Bali United

Stadion Teladan

Klasemen Liga 1 Pekan Ke-18

Klasemen Liga 1 Pekan ke-18. (Soccerway)

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Perkuat Travel and Tourism Competitiveness Index, Lintas Sektoral Bersih-Bersih Sungai Arau

Posted: 27 Jul 2018 08:00 PM PDT

 
Liputan6.com, Padang Penguatan standard Travel and Tourism Competitiveness Index (TTCI) Indonesia terus dilakukan. Salah satunya dengan bersih-bersih yang melibatkan lintas sektoral. Objeknya adalah Sungai Batang Arau di Padang, Sumatera Barat.
 
"Sungai Batang Arau aset besar bersama. Ada banyak manfaat jika sungai bersih. Aktivitas pariwisata akan tumbuh di sekitar Sungai Batang Arau. Lalu, ujungnya perekonomian masyarakat naik," ungkap Komisaris Utama Bank Rakyat Indonesia (BRI) Andrinof Chaniago, kemarin.
 
Aksi bersih-bersih Sungai Batang Arau di Kota Padang akan dilakukan, Minggu (29/7). Program ini akan dilakukan secara massif dengan melibatkan berbagai kalangan. Kegiatan ini akan dimotori oleh enam BUMN. Mereka adalah Bank Rakyat Indonesia (BRI), Pegadaian, Telkom Indonesia, Pertamina, Angkasa Pura II, hingga Pelindo II.
 
"Kegiatan ini merupakan bentuk kepedulian kami. Sebab, kami ingin mendorong kawasan ini menjadi destinasi wisata yang bebas sampah. Harapannya, jumlah kunjungan wisatawan akan semakin banyak," jelas Adrinof lagi.
 
Mendukung kebersihan lingkungan Sungai Batang Arau Padang, dana sebesar Rp75 juta disuntikan. Jumlah tersebut untuk operasional teknis pelaksanaan kegiatan. Sebab, program ini mendapat respon besar dari masyarakat. Dari target keikutsertaan 150 orang, aktivitas sosial ini mampu menarik sekitar 1.000 peserta. Para relawan ini berasal dari berbagai latar belakang.
 
Rinciannya, 250 orang berasal dari TNI Angkatan Darat. Ada juga 45 relawan dari Komunitas Amphibi, termasuk 67 relawan Komunitas Sepeda. Bergabung juga Komunitas Pejalan Kaki yang berjumlah 80 orang hingga 40 relawan dari Komunitas Garis Pantai. Partisipasi aktif juga dilakukan akademisi Padang. Diantaranya, 80 pelajar SMP 35 Padang hingga 10 siswa SD Tirtonadi dan MIN.
 
"Kami gembira karena publik antusias menyambut program ini. Dana Rp 75 juta memang dialokasikan untuk kegiatan pebersihan Sungai Batang Arau ini. Kelanjutannya adalah membangun kesadaran dari masyarakat untuk tidak membuang sampah ke sungai," tegas Adrinof.
 
Lebih spesial lagi, kegiatan ini juga mendapatkan perhatian publik mancanegara. Buktinya, sekitar 40 mahasiswa dan mahasiswi asing ikut dalam kegiatan ini. Mereka tertarik untuk ikut mengkampanyekan lingkungan bersih bebas sampah. Adrinof menambahkan, kehadiran akademisi asing ini akan menaikan motivasi masyarakat untuk menjaga kebersihan sungai.
 
"Mahasiswa dan mahasiswi asing ini sudah memberikan konfirmasi. Dengan kehadiran mereka, kami berharap masyarakat di sini semakin termotivasi untuk menjaga Sungai Batang Arau ini bebas sampah. Dengan potensinya, Sungai Batang Arau ini menjadi destinasi wisata terbaik di sini," lanjutnya.
 
Sungai di beberapa wilayah lain memang jadi komoditi wisata menjanjikan. Sebut saja Sungai Barito di Banjarmasin, Kalimantan Selatan, yang terkenal dengan Pasar Terapung. Adrinof mengatakan, banyak aktivitas yang bisa dikembangkan dari wisata sungai. Ada kuliner, persewaan perahu, berlayar, berfoto, juga lainnya. Lalu, ujungnya adalah aliran inkam dan perbaikan ekonomi masyarakat.
 
"Kalau dilihat, ada banyak muara sungai yang penuh dengan sampah. Kondisi ini tentu menghilangkan kesempatan tumbuh sehat anak-anak. Spesies ikan yang menjadi mata pencaharian juga berkurang, lalu peluang usaha ikut terganggu. Namun, sebaliknya bila bersih. Semua bagus dan peluang usaha lancar," tutur Adrinof lagi.
 
Aksi peduli lingungan di Sungai Batang Arau mendapatkan apresiasi dari Menteri Pariwisata (Menpar) Arief Yahya. Menpar menerangkan, gerakan sungai bersih akan memberi pengaruh positif luas. Sebab, daya tarik wisata dan penggerak ekonomi masyarakat akan naik. 
 
"Dua Jempol buat Gerakan Sungai Bersih yang didukung 6 BUMN di Sumatera Barat dan diinisiasi oleh Bapak Andrinof Chaniago di Sungai Batang Arau, Kota Padang," katanya.
 
Menurutnya, langkah ini pantas dicontoh semua daerah di tanah air. "Karena semua bergerak bersama, Indonesia Incorprated, Pentahelix Model, kolaborasi serempak ABCGM - Academician, Business, Community, Government dan Media," paparnya.
 
Dijelaskannya, sungai adalah beranda depan rumah kita. "Sungai juga potensi wisata alam yang tangible, tampak mata. Bersih-bersih sungai akan sempurna sekaligus mendongkrak indeks daya saing pariwisata indonesia pada TTCI WEF di elemen environmental sustainability serta health and hygiene," terangnya.
 
Menpar tak lupa mengajak anak-anak komunitas Genpi untuk turut berperan.
 
"Viralkan  Gerakan Sungai Bersih di Batang Arau kota Padang! Semakin dilestarikan, Semakin mensejahterakan. Salam Pesona Indonesia!" tutur Menpar Arief Yahya.
 
(*)

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Kiat Calon Paskibraka 2018 Agar Nilai Sekolah Tidak Anjlok

Posted: 27 Jul 2018 08:00 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Selain jauh dari orangtua, konsekuensi paling berat yang dirasakan seluruh calon Paskibraka 2018 yang melenggang ke tingkat nasional adalah, tersisihnya waktu belajar di sekolah.

Namun, tiga orang peserta pendidikan dan pelatihan Paskibraka 2018 ini, punya kiat masing-masing untuk mengantisipasinya.

Wakil dari Kalimantan Timur, Meiti Adella Panggabean, misalnya. Satu minggu sebelum berangkat ke Jakarta, siswi SMA N 2 Sangatta Utara menitipkan banyak buku catatan ke teman terdekatnya.

 

Meiti, Calon Paskibraka 2018 dari Kalimantan Timur Menitipkan Banyak Buku Catatan ke Teman Terdekatnya yang Ada di Kelas. (Liputan6.com/M Fajri Erdyansyah)

Meiti adalah siswi dari jurusan Ilmu Pengetahuan Alam (IPA). Namun, bukan mata pelajaran terkait jurusannya itu yang bikin dia pusing, melainkan mata pelajaran lintas minat yang diambilnya, yaitu ekonomi dan sejarah.

"Saya IPA yang tidak terlalu suka pelajaran IPS. Jadi, kalau saya tidak mengikuti semua materi dari dua pelajaran itu, nilai dan peringkat saya jadi turun," kata Meiti yang baru pertama kali jauh dari orangtua selama ini.

Hal yang kurang lebih sama juga dirasakan Reskindar Tonapa, calon Paskibraka 2018 dari Sulawesi Barat.

"Ketakutannya sama, cuma beda di pelajaran saja. Saya takut nilai matematika dan kimia saya turun," ujarnya saat berbincang dengan Diary Paskibraka di sela-sela jam istirahat latihan pada Sabtu, 28 Juli 2018.

 

Ketakutan yang Sama Dirasakan Juga oleh Calon Paskibraka 2018 dari Sulawesi Barat Ini. Jika Meiti Lebih Takut Nilai Pelajaran Ekonomi Anjlok, Beda dengan Reskindar yang Takut Nilai-Nilai MIPA Merosot Tajam (Liputan6.com/M Fajri Erdyansyah)

Calon Paskibraka 2018 Yakin Pihak Sekolah Akan Membantunya

Sukma dari Provinsi Bali Sangat Menyadari Bahwa Banyak Konsekuensi yang Harus Dia Terima Begitu Dinyatakan Lolos Paskibraka Nasional 2018. Selain tentu Saja Mengesampingkan Hobinya (Liputan6.com/M Fajri Erdyansyah)

Meski demikian mereka sangat yakin bahwa pihak sekolah tidak akan mempersulit anak didiknya memperoleh nilai yang semestinya.

Seperti yang dikatakan calon Paskibraka 2018 dari Bali, Ni Putu Sukma Dewi Widyanti. Siswi SMA N 2 Negara sudah siap menerima konsekuensi apa pun yang bakal dia hadapi, termasuk hobi yang tersampingkan dan waktu belajar yang tersisihkan.

 

Meski Ada Ketakutan Nilai Anjlok, tapi Sukma Yakin Bahwa Pihak Sekolah Akan Banyak Membantunya karena Keterlibatannya di Paskibraka Tingkat Nasional juga untuk Mengharumkan Nama Sekolahnya (Liputan6.com/M Fajri Erdyansyah)

"Kita di sini mewakili provinsi, tidak lagi diri sendiri. Pihak sekolah tahu itu. Mereka juga yang memberikan saya izin mengikuti kegiatan terbesar sekali seumur hidup ini," kata Sukma.

"Jadi, pihak sekolah pasti mengizinkan kami selaku anak didiknya untuk dapat menyusul ujian atau apa pun yang sekiranya tidak bisa kami ikuti selama kami diklat Paskibraka 2018," katanya menambahkan.

Satu pelajaran yang cukup membuatnya pusing jika tidak dipelajari setiap hari adalah matematika dan sejarah.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Cari Properti? Rumah.com Beri Promo Diskon Uang Muka

Posted: 27 Jul 2018 08:00 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Rumah.com meluncurkan program Rumah.com DealJuara. Program yang berlangsung dari 23 Juli 2018 sampai 30 September 2018 ini menawarkan banyak keuntungan untuk para pencari rumah dari lebih 15 proyek properti di Indonesia.

Selama program DealJuara berlangsung, pencari rumah di Indonesia berkesempatan untuk mendapatkan penawaran spesial dari proyek-proyek ternama di Indonesia. Dimulai dengan kisaran harga Rp 200 juta hingga Rp 1 miliar, pilihan properti yang mencakup rumah tapak hingga apartemen di berbagai jenis dan unit pilihan. Semua penawaran terbatas tersebut dapat diakses di www.Rumah.com/DealJuara.

Head of Marketing Rumah.com, Ike Hamdan, menjelaskan bahwa program ini bertujuan untuk memudahkan pencari rumah untuk memiliki rumah idaman dengan cara yang memudahkan calon pembeli untuk memiliki rumah idaman dengan memanfaatkan promo-promo menarik yang ditawarkan dari para pengembang yang berpartisipasi di Program DealJuara.

Program DealJuara ini merupakan komitmen Rumah.com dalam membantu pencari rumah mendapatkan rumah idaman. Deal yang dapat dimanfaatkan dalam kesempatan ini antara lain banyak promo-promo menarik seputar uang muka.

"Hal ini kami sampaikan kepada masyarakat karena sesuai dengan hasil survei Rumah.com Property Affordability Sentiment Index H2-2017, alasan utama mengapa orang belum punya atau membeli properti adalah tidak punya uang untuk DP atau uang mukanya." Ujar Ike dikutip dari keterangan tertulis, Sabtu (28/7/2018).

Terselenggaranya program DealJuara tahun ini seiring dengan optimisme pasar properti Indonesia yang kembali pulih di tahun ini. Data Rumah.com Property Index menunjukkan terjadi kenaikan index harga properti sebesar 2,3 persen dari kuartal keempat 2016 ke kuartal keempat 2017.

Melihat siklusnya, pada kuartal keempat 2018 akan mengalami kenaikan hingga 5 persen dari kuartal keempat 2017.

Pada kuartal pertama 2018, Rumah.com Property Index mengalami kenaikan sebesar 6,8 persen dibandingkan dengan kuartal keempat 2017 (q-o-q). Secara tahunan, suplai properti residensial nasional mengalami peningkatan sebesar 8,1 persen.

"Tahun ini adalah waktu yang tepat untuk membeli rumah karena pasar properti mulai mengalami pemulihan. Program DealJuara merupakan salah satu cara kami untuk memudahkan pencari rumah untuk memanfaatkan momen ini. Selain mempermudah urusan DP, berbagai penawaran menarik lain seperti cashback, subsidi biaya, dan hadiah menarik lainnya juga dapat dinikmati dalam program DealJuara ini", tambah Ike.

 

Lebih dari 15 Pengembang Berpartisipasi

Pengunjung melihat maket perumahan di pameran properti di Jakarta, Kamis (8/9). Dengan dilonggarkannya rasio LTV, BI optimistis pertumbuhan KPR bertambah 3,7%year on year (yoy) hingga semester I-2017. (Liputan6.com/Angga Yuniar)

Lily Nurlita, GM Corporate Communications & CRM PT Metropolitan Land Tbk mengatakan bahwa program DealJuara Rumah.com merupakan salah satu upaya yang baik untuk melakukan penjualan rumah secara online.

"Kami menyambut baik program DealJuara Rumah.com untuk melihat peluang penjualan properti dilakukan secara online. Dengan program DealJuara Rumah.com diharapkan terjadi pergeseran gaya bertransaksi termasuk transaksi pembelian properti." Ujar Lily.

Metropolitan Land adalah salah satu pengembang yang berpartisipasi di DealJuara dengan empat proyek ternama – Metland Menteng, Metland Transyogi, Metland Cileungsi dan Kaliana Apartment. Keempat proyek ini menawarkan penawaran eksklusif yang hanya ada di DealJuara.

Metland saat ini sedang melakukan program Yuk Punya Rumah dengan berbagai kemudahaan mulai dari subsidi uang muka sampai dengan 12,5 persen dan diskon sampai dengan 30 persen, hadiah langsung Logam Mulia.

"Kami pun membantu untuk meringankan biaya BPHTB dan biaya-biaya lainnya. Khusus transaksi di DealJuara Rumah.com akan mendapatkan tambahan voucher belanja hingga Rp 5 Juta.". Tambah Lily.

Selain developer, Rumah.com juga menggandeng BNI Syariah sebagai salah satu bank yang berpartisipasi di dalam program ini, sehingga memudahkan mereka untuk mengajukan KPR. Selain itu, Bank BNI Syariah memberikan penawaran-penawaran menarik bagi pencari rumah yang memesan melalui DealJuara.

"Dengan peluncuran program DealJuara ini, kami berupaya mendorong masyarakat untuk mewujudkan cita-cita mereka dalam menemukan dan memiliki rumah idaman mereka. Sebagai portal properti terkemuka dan terdepan di Indonesia, kami memiliki posisi yang baik untuk bekerja dengan pengembang dan bank ternama untuk memberikan penawaran eksklusif yang menarik kepada pembeli rumah," ujar Marine Novita, Country Manager Rumah.com.

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Wiro Sableng Siap Berlaga di Arena of Valor Bulan Depan

Posted: 27 Jul 2018 08:00 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Daftar hero yang dapat dimainkan di Arena of Valor (Aov) dipastikan bertambah. Sebab, Garena selaku pengembang AoV telah bekerja sama dengan Lifelike Pictures untuk menghadirkan hero baru dalam permainan.

Adapun hero yang dimaksud adalah Wiro Sableng. Berdasarkan keterangan resmi yang diterima Tekno Liputan6.com pada Sabtu, (27/7/2018), Wiro Sableng merupakan hero lokal pertama yang hadir dalam AoV.

Kehadiran Wiro Sableng ini merupakan proyek kolaborasi kerja sama antara Lifelike Pictures, Caravan Studio, Tencent Timi Studio, bersama Garena Indonesia.

Pemeran Wiro Sableng dalam film terbarunya, Vino G. Bastian, juga ikut berpartisipasi dalam pembuatan hero ini.

Sayangnya, tidak banyak informasi yang diungkap mengenai hero ini, termasuk skill yang dimilikinya. Namun, karakter ini dipastikan siap berlaga di ajang AoV mulai Agustus 2018.

Sekadar informasi, Wiro Sableng merupakan tokoh fiksi yang serial novel karya Bastian Tito. Kisahnya sendiri menceritakan tentang petualangan Wiro Sableng yang bersenjatakan kapak maut Naga Geni 212.

Serial ini pernah diadaptasi dalam sinetron dari tahun 1994 hingga 2002 dan diangkat menjadi film pada 1988 dan 1989. Lalu di tahun ini, kisah Wiro Sableng kembali diangkat ke layar lebar dengan judul Wiro Sableng 212.

Film ini merupakan hasil kerja sama Lifelike Pictures dengan 20th Century Fox. Proyek ini merupakan kolaborasi perdana antara rumah produksi Hollywood dengan rumah produksi lokal Asia Tenggara.

Arena of Valor Sambangi Nintendo Switch Tahun Ini

Arena of Valor akan sambangi Nintendo Switch

Sekadar informasi, Arena of Valor dipastikan akan segera menyambangi Nintendo Switch. Sebagai persiapan, pengembang sudah bersiap membuka uji coba beta bagi para pemain dalam waktu dekat.

Dikutip dari Gamespot, Kamis (28/6/2018), uji coba closed beta ini akan dibuka mulai 28 Juni hingga 12 Juli 2018.

Dalam uji coba, pemain dapat bermain melawan komputer atau bertanding dalam pertarungan online.

Ada lebih dari 30 hero yang dapat dimainkan dalam uji coba, termasuk sejumlah karakter DC. Kendati demikian, dalam uji coba masih akan ada sejumlah perubahan yang dihadirkan oleh para pengembang.

Salah satunya adalah resolusi gim ingin ditingkatkan secara bertahap. Rencananya, saat gim ini rilis, resolusinya mampu ditampilkan 1080 piksel dengan 60 fps.

Di tahap beta, Arena of Valor baru tampil dengan resolusi 900 piksel dan berjalan kecepatan 45 fps.

Tencent selaku pengembang telah bekerja sama dengan Nintendo untuk menghadirkan Arena of Valor di Switch.

Saat rilis nanti, Arena of Valor versi Switch akan menampilkan seluruh karakter hero termasuk konten lain yang baru tersedia di versi mobile.

Kisah Arena of Valor di Nintendo Switch

Keseruan Grand Final turnamen Oppo F5 x AoV di Manado Town Square. Liputan6.com/Jeko Iqbal Reza

Kabar mengenai Arena of Valor akan menyambangi Nintendo Switch sebenarnya sudah diketahui sejak tahun lalu. Informasi itu diungkap saat gelaran live streaming Nintendo Direct.

Deputy General Manager Nintendo, Yaoshiaki Koizumi, Nintendo Direct yang berlangsung pada 14 September 2017 mengungkap gim mobile Arena of Valor akan menyambangi konsol Nintendo Switch.

Akhir tahun lalu, Arena of Valor juga mendatangkan sejumlah pembaruan besar-besaran. Perubahan yang dihadirkan gim ini terdiri dari penyeimbangan hero, item, gameplay, termasuk kehadiran fitur anyar.

Tak hanya hero, penyeimbangan juga dilakukan pada sejumlah item dalam permainan. Hal ini dilakukan guna menciptakan pengalaman bermain yang lebih dinamis dan adil.

Pada pembaruan ini, fitur streaming juga dibuat lebih mudah. Kali ini, para pemain dapat secara langsung terhubung dengan Facebook untuk melakukan live streming.

Selain itu, ada pula fitur best moment recording, yang memungkinkan sistem secara otomatis merekam momen-momen penting saat pertandingan di Arena of Valor. 

Penyesuian lain dilakukan dari sisi gameplay. Salah satunya penyesuaian Abyssal Dragon. Kontribusi Abyssal yang melampaui ekpekstasi ternyata mempengaruhi pengalaman bermain.

(Dam/Jek)

Saksikan Video Pilihan Berikut Ini: 

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

4 Langkah Mudah Facial Sendiri di Rumah

Posted: 27 Jul 2018 08:00 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Facial merupakan perawatan kulit mulai dari membersihkan, mengangkat sel kulit mati, hingga memberikan nutrisi agar wajah terlihat lebih bersih dan lembut. Perawatan sederhana ini dapat menjadikan kulit Anda lebih segar, cerah dan indah.

Tidah harus mengunjungi salon kecantikan, Anda bisa melakukan facial sendiri di rumah. Berikut ini langkah-langkah melakukan facial sendiri di rumah seperti dilansir dari Allwomanstalk, Sabtu (28/7/2018).

1. Mencuci Wajah

Langkah awal facial adalah mencuci wajah secara mendalam. Cuci wajah Anda menggunakan pembersih yang lembut dan berbusa sedikit. Kemudian bilas menggunakan air hangat dan tepuk-tepuk wajah dengan handuk lembut hingga kering. Pastikan makeup Anda telah dihapus sebelumnya.

 

Langkah facial di rumah

Berikut empat langkah mudah facial di rumah. (Foto: iStockphoto)

2. Membuat scrub dengan bahan alami

Anda dapat menggunakan scrub wajah menggunakan bahan alami yang ada di rumah. Campurkan gula, madu, dan air lemon kemudian haluskan hingga menjadi adonan. Scrub yang mengandung gula yang dapat mengangkat kulit mati tanpa merusak kulit yang sehat di bawahnya.

4. Mengaplikasikan scrub

Setelah membuat ramuan scrub sendiri, aplikasikan secara lembut dengan gerakan melingkar di seluruh wajah Anda, dari T-zone ke bawah hidung, di pipi, dan di bawah dagu Anda. Jangan terlalu menekan, biarkan scrub yang bekerja mengelupaskan secara lembut mengangkat lapisan atas sel-sel kulit mati.

 

Langkah facial di rumah

Berikut empat langkah mudah facial di rumah. (Foto: iStockphoto)

5. Akhiri dengan masker, toner, dan pelembap

Gunakan air hangat untuk membilas scrub, hasilnya wajah lebih segar dan bercahaya. Tepuk lembut wajah Anda dengan handuk, dan biarkan hingga kering. Akhiri dengan mengaplikasikan masker, toner dan pelembap.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Politisi Oposisi Hadiri Ijtima Ulama Bahas Pilpres 2019

Posted: 27 Jul 2018 07:58 PM PDT

Fokus, Jakarta - Ketua umum Partai Gerindra Prabowo Subianto, Jumat malam, 27 Juli 2018, menghadiri acara ijtima ulama dan tokoh nasional di sebuah hotel, di kawasan Jakarta Barat. Acara ini juga dihadiri ketua umum partai politik yang tengah membangun koalisi, serta Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan.

Seperti ditayangkan Fokus Indosiar, Sabtu (28/7/2018), Prabowo yang datang didampingi Fuad Bawazier disambut sejumlah ulama. Kehadiran Prabowo untuk memenuhi undangan dari Gerakan Nasional Pengawal Fatwa (GNPF). Namun, Prabowo tak menjawab pertanyaan wartawan dan langsung menuju ruang pertemuan.

Setelah Prabowo, mantan Gubernur Jawa Barat Ahmad Heryawan, Gubernur dan Wakil Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan dan Sandiaga Uno, serta sejumlah ketua umum partai politik seperti Yusril Ihza Mahendra, Ketua Umum PAN Zulkifli Hasan, Amien Rais, dan Ketua Umum Partai Berkarya Tommy Soeharto terlihat hadir.

Acara ini digelar GNPF untuk membahas capres dan cawapres pada Pilpres 2019. Acara ini juga menjadi kelanjutan dari aksi 411 dan 212 yang berlangsung saat proses Pilgub DKI tahun lalu. (Galuh Garmabrata)

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Bentrok Ojol dan Opang Meluas di Bandung, Petugas Kewalahan

Posted: 27 Jul 2018 07:54 PM PDT

Fokus, Bandung - Keributan antara pengemudi ojek online dan pangkalan kembali terjadi. Kali ini keduanya terlibat bentrokan di kawasan Bojongsoang, Bandung, Jawa Barat. Pemicunya adalah penganiayaan yang dilakukan sekelompok orang terhadap pengemudi ojek pangkalan. Situasi sempat mencekam karena bentrokan pecah di sejumlah tempat.

Seperti ditayangkan Fokus Indosiar, Sabtu (28/7/2018), ratusan aparat kepolisian dikerahkan untuk membubarkan massa yang terlibat bentrokan sejak Jumat sore, 27 Juli kemarin. Massa pengemudi ojek online mendesak polisi untuk menangkap sekelompok orang yang menganiaya rekan mereka. Hingga Jumat tengah malam, situasi di kawasan Bojongsoang, Bandung, masih mencekam.

Polisi cukup kesulitan untuk melerai, karena  bentrokan pecah di sejumlah tempat. Massa pun bertambah banyak karena insiden ini cepat menyebar. Bentrokan bahkan menjurus anarkis. Sejumlah sepeda motor dirusak dan diceburkan ke sungai. Spanduk larangan masuk bagi pengemudi ojek online juga disobek.

Massa pengemudi ojek online akhirnya bisa ditenangkan setelah polisi berjanji akan menangkap pelaku penganiayaan terhadap rekan mereka. Situasi mulai mereda setelah dua kekuatan personel dari Polda Jabar dan TNI dikerahkan ke  lokasi. (Galuh Garmabrata)

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Aher soal Cawapres: Kalau Disuruh Maju, Siap

Posted: 27 Jul 2018 07:47 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Mantan Gubernur Jawa Barat Ahmad Heryawan atau Aher mengatakan, dirinya siap menjadi cvalon wakil presiden (cawapres). Namun, dia menegaskan, tetap ikut mekanisme saja.

"Tentu saya kader PKS, saya masuk di antara 9 nama. Saya ikut mekanisme saja. Kalau disuruh siap-siap saya siap. Kalau tidak, ya enggak kenapa," kata Ahmad Heryawan atau Aher di Hotel Menara Peninsula, Jakarta, Sabtu (28/7/2018) dini hari.

Dia menuturkan, mekanisme pemilihan cawapres terus berjalan, sampai mengerucut jadi satu. Kemudian baru dibicarakan dengan koalisi.

Aher tak membantah bahwa nama cawapres PKS itu telah mengerucut. Menurut info yang diterima dari Ketua Majelis Syuro PKS Salim Segaf Al Jufri, namanya lah yang masuk.

Tapi, Aher mengaku enggan mengungkap lebih jauh kebenaran nama yang beredar tersebut.

"Tentu teman-teman tahu masih sembilan. Saya dengar begitu (sudah mengerucut), tapi tunggu saja," pungkas Ahmad Heryawan.

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

ONE Championship: Kevin Belingon Pupus Ambisi Martin Nguyen

Posted: 27 Jul 2018 07:45 PM PDT

Liputan6.com, Manila - Atlet seni bela diri campuran asal Filipina, Kevin Belingon, memupus ambisi Martin Nguyen untuk menjadi juara dunia di tiga divisi ONE Championship. Petarung yang dijuluki The Silencer itu menang angka mutlak atas juara dunia ONE Featherweight dan Lightweight tersebut.

Bertarung di Mall of Asia Arena, Manila, Filipina, Jumat (27/7/2018), Belingon yang mendapatkan dukungan penuh dari para penonton mampu merepotkan Nguyen sejak dari ronde pertama. Serangan dengan pukulan hook kiri dan tendangan berputar beberapa kali mendarat wajah dan tubuh Nguyen.

Menjelang berakhirnya ronde ketiga, wasit terpaksa menghentikan pertarungan. Sebab, Nguyen memukul bagian bawah perut Belingon ketika melepaskan tendangan berputar dan membuatnya sangat kesakitan. Kontan, aksi Nguyen mendapat sorakan protes dari penonton ONE Championship.

Di ronde keempat, Belingon terus bertarung agresif dengan pola serangan yang sama. Sementara itu, beberapa tendangan yang dilepaskan Nguyen hanya menerpa angin.

Memasuki ronde kelima, Nguyen mencoba bertarung lebih agresif. Petarung berjuluk The Situ-Asian terus berupaya menyerang Belingon. Tapi, Belingon mampu memberikan perlawan dan mampu menghindar.

Di akhir pertarungan, ketiga juri memberikan kemenangan mutlak bagi Belingon usai pertarungan ketat sepanjang lima ronde dan meraih gelar ONE Interim Bantamweight World Championship di panggung ONE Championship.

Bahagia

Belingon tak bisa menutupi kebahagiaannya usai mengalahkan Nguyen. Ia merasa kerja kerasnya selama ini telah membuahkan hasil.

"Saya tidak bisa mengungkapkan apa yang saya rasakan. Saya atlet paling bahagia malam ini. Terima kasih untuk semua orang yang datang dan mendukung saya, dan tentunya kepada ONE Championship, team saya, para pelatih, serta rekan-rekan setim," ucapnya usai petarungan.

"Untuk Martin (Nguyen), ini menjadi sebuah kehormatan bertarung melawan Anda. Anda adalah atlet yang hebat dan seorang juara. Saya berlatih sangat keras untuk pertarungan ini, hanya untuk mendapatkan sabuk juara. Saya bangga dapat menjadi juara yang mewakili Filipina," jelasnya.

Fernandes

Martin Nguyen (One Fighting Championship)

Selanjutnya, Belingon akan segera dijadwalkan bertarung dengan juara di kelas bantam dari Brasil, Babiano Fernandes. Duel tersebut sebenarnya sudah dijadwalkan. Tetapi karena Fernandes cedera dan harus menjalani perawatan, Belingon akhirnya menerima tantangan dari Nguyen.

"Bibiano (Fernandes), saya menghormatinya sebagai juara, namun kini kami berada di kelas bobot yang sama dan saya adalah penantang utama. Jadi, tak ada jalan keluar untuk menghadapi saya. Saya berharap Anda dapat pulih dengan cepat dan kita akan bertarung tahun ini," paparnya.

Hasil Lengkap Pertarungan ONE: REIGN OF KINGS

Hasil Lengkap Pertarungan ONE: REIGN OF KINGS

Laga ONE Interim Bantamweight World Championship: Kevin Belingon mengalahkan Martin Nguyen dengan Kemenangan Angka Mutlak (Unanimous Decisio) setelah 5 ronde

Laga Lightweight: Shinya Aoki mengalahkan Shannon Wiratchai dengan TKO (Strikes) pada menit 2:16 di ronde 1

Laga kelas welter (Welterweight): Renzo Gracie mengalahkan Yuki Kondo dengan Kuncian (Rear Naked Choke) pada menit 1:40 di ronde 2

Laga kelas ringan (Lightweight): Eduard Folayang mengalahkan Aziz Pahrudinov dengan Kemenangan Angka Mutlak (Unanimous Decisio) setelah 3 ronde

Laga kelas ringan (Lightweight): Garry Tonon mengalahkan Rahul Raju dengan kuncian (Rear Naked Choke) pada menit 3:27 di ronde 3

Laga ONE Super Series (Muay Thai) Catch Weight (72.5kg): Chris Ngimbi mengalahkan Armen Petrosyan dengan Split Decision (SD) setelah 3 ronde

Laga ONE Super Series (Muay Thai) Bantamweight: Panicos Yusuf mengalahkan Han Zi Hao dengan Kemenangan Angka Mutlak (Unanimous Decisio) setelah 3 ronde

Laga kelas Strawweight: Joshua Pacio mengalahkan Pongsiri Mitstatit dengan Kuncian (Armlock) pada menit 3:37 di ronde 1

Laga ONE Super Series (Muay Thai) Catch Weight (68.0kg): Chamuaktong Fightermuaythai mengalahkan Brown Pinas dengan Kemenangan Angka Mutlak (Unanimous Decision) setelah 3 ronde

Laga Kelas Strawweight: Rene Catalan mengalahkan Stefer Rahardian dengan Kemenangan Angka Mutlak (Unanimous Decision) setelah 3 ronde

Laga Kelas Featherweight: Xie Bin mengalahkan Sor Sey dengan Kuncian (Guillotine) pada menit 1:55 di ronde 1.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Tercatat Banyak Bacaleg Korupsi, Gerindra Instrusikan Ganti

Posted: 27 Jul 2018 07:44 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Hasil temuan Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) RI mencatat, 27 bakal calon legislatif (bacaleg) dari Partai Gerindra untuk pendaftaran DPRD Provinsi, Kabupaten, dan Kota adalah mantan narapidan korupsi. Partai pimpinan Prabowo Subianto itu pun didapuk menjadi partai terbanyak mendaftarkan bacaleg eks napi korupsi.

Terkait hal itu, Ketua DPP Partai Gerindra Ahmad Riza Patria menyatakan, bahwa partainya telah menginstruksikan untuk mengganti bacaleg tersebut dari data pendaftaran.

"Kita sudah instruksikan agar diganti, di DPRD provinsi, kabupaten-kota, ini semua diganti ya kan sesuai dengan peraturan KPU kan tidak boleh. Jadi insya Allah tidak ada masalah," ujar Riza Patria kepada wartawan, Jumat (27/27/2018).

Menurut dia, partainya merupakan parpol yang memiliki komitmen dan konsisten terhadap pemberantasan korupsi. Riza Patria mengklaim, itu dapat dibuktikan dengan tidak pernah adanya anggota legislatif di DPR RI asal partainya yang tersandung kasus korupsi, selama partai Gerindra masuk ke dalam parlemen.

"Sudah kita buktikan di DPR di parlemen kita mendukung penuh KPK. Mendukung anggaran KPK, semua. Dan kita juga menolak revisi UU KPK itu bentuk komitmen kita thdp pemberantasan korupsi dan pada KPK," ujarnya.

Dia menjelaskan, sebelum mendaftarkan bacalegnya, partai Gerindra telah memerintahkan jajaran partainya di seluruh Indonesia untuk mendandatangani pakta integritas. Juga, meminta mereka untuk mencalonkan bacaleg yang memiliki kompetensi, berintegritas, jujur, baik, amanah, dan bertanggung jawab.

Karenanya Riza Patria mengaku, partai Gerindra kaget atas data temuan dari Bawaslu tersebut. Dia pun menyebutkan, parpolnya akan mengecek dan meneliti terkait kebenaran laporan dari temuan Bawaslu itu. Bisa jadi, kata dia, bacaleg bermasalah tersebut bukan lah kader partainya sejak awal.

"Darimana orang-orang itu, apakah kader partai Gerindra atau kader dari partai lain atau darimana. Kan banyak nih kader-kader pindahan dari partai-partai lain dan sebagainya. Sedang kita cek dan teliti," imbuhnya.

 

Daftar Caleg Koruptor di Tiap Partai

Ilustrasi borgol (Abdillah/Liputan6.com)

Diketahui, dalam temuan Bawaslu, terdapat 199 bakal calon legislatif (bacaleg) mantan narapidana korupsi yang mendaftar untuk pemilu legislatif 2019. Mereka terdiri dari bacaleg DPRD Provinsi, Kabupaten, dan Kota. Berikut nama Parpol dan jumlah bacaleg yang terdeteksi sebagai mantan napi korupsi:

Gerindra: 27, Golkar: 25, Nasdem: 17, Berkarya: 16, Hanura: 15, PDIP: 13, Demokrat: 12, Perindo: 12, PAN: 12, PBB: 11, PKB: 8, PPP: 7, PKPI: 7, Garuda: 6, PKS: 5, Partai Sira: 1, PSI: 0, Partai Aceh: 0, Partai Daerah Aceh: 0, Partai Nanggroe Aceh: 0

Tidak dijelaskan partainya: 5

Total: 199

 

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Harga Emas Antam Naik Rp 1.000 per Gram

Posted: 27 Jul 2018 07:40 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Harga emas PT Aneka Tambang Tbk (Antam) atau emas Antam naik Rp 1.000 ke posisi Rp 645 ribu per gram pada perdagangan Sabtu (28/7/2018). Pada perdagangan Jumat kemarin, harga emas Antam dijual Rp 644 ribu per gram.

Antam menjual emas dengan ukuran mulai 1 gram hingga 500 gram. Hingga pukul 08.26 WIB, sebagian besar emas Antam tidak tersedia.

Harga emas Antam ini berlaku di kantor Antam Pulogadung, Jakarta. Sedangkan di gerai penjualan emas Antam lain bisa berbeda.

Sementara untuk harga emas Antam bercorak batik dengan ukuran 10 gram dipatok Rp 6.810.000 atau Rp 681.000 per gram. Sedangkan ukuran 20 gram di angka Rp 13.066.000 atau Rp 653.300 per gram.

Harga emas Antam sudah termasuk PPh 22 sebesar 0,9 persen. Sertakan Nomor Pokok Wajib Pajak (NPWP) untuk memperoleh potongan pajak lebih rendah (0,45 persen).

 

Daftar Harga Emas Antam

Petugas menunjukan emas batangan di kantor BNI Syariah, Jakarta, Senin (30/11). Harga jual-beli kembali (buyback) emas Antam turun Rp 1.000 usai akhir pekan kemarin naik di tengah turunnya harga emas global. (Liputan6.com/Angga Yuniar)

Berikut daftar harga emas yang dijual Antam:

* Pecahan 1 gram Rp 645.000

* Pecahan 5 gram Rp 3.082.000

* Pecahan 10 gram Rp 6.114.000

* Pecahan 25 gram Rp 15.210.000

* Pecahan 50 gram Rp 30.370.000

* Pecahan 100 gram Rp 60.691.000

* Pecahan 250 gram Rp 151.602.000

* Pecahan 500 gram Rp 303.002.000.

 

Saksikan video pilihan di bawah ini:

 

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

FOTO: Momen Gerhana Bulan Total Blood Moon di Kota Semarang

Posted: 27 Jul 2018 07:34 PM PDT

Bulan tampak berwarna merah darah saat terjadinya fenomena gerhana bulan total di atas Masjid Baiturahman Semarang, Sabtu (278/7) dini hari.  Gerhana bulan ini disebut paling lama di abad 21 dan berdampingan dengan planet mars. (Liputan6.com/Gholib)

Bulan tampak berwarna merah darah saat terjadinya fenomena gerhana bulan total di atas Masjid Baiturahman Semarang, Sabtu (278/7) dini hari. Gerhana bulan ini disebut paling lama di abad 21 dan berdampingan dengan planet mars. (Liputan6.com/Gholib)

Bulan tampak berwarna merah darah saat terjadinya fenomena gerhana bulan total di atas Masjid Baiturahman Semarang, Sabtu (278/7) dini hari.  Gerhana bulan ini disebut paling lama di abad 21 dan berdampingan dengan planet mars. (Liputan6.com/Gholib)

Bulan tampak berwarna merah darah saat terjadinya fenomena gerhana bulan total di atas Masjid Baiturahman Semarang, Sabtu (278/7) dini hari. Gerhana bulan ini disebut paling lama di abad 21 dan berdampingan dengan planet mars. (Liputan6.com/Gholib)

Gerhana bulan total terlihat di kota Semarang, Sabtu (28/7) dini hari. Gerhana bulan total tahun ini merupakan fenomena langka karena terjadi selama 1 jam 43 menit atau merupakan gerhana terlama yang terjadi di abad ini. (Liputan6.com/Gholib)

Gerhana bulan total terlihat di kota Semarang, Sabtu (28/7) dini hari. Gerhana bulan total tahun ini merupakan fenomena langka karena terjadi selama 1 jam 43 menit atau merupakan gerhana terlama yang terjadi di abad ini. (Liputan6.com/Gholib)

Pemandangan planet Mars berdampingan dengan gerhana bulan total terlihat di atas Masjid Baiturahman Semarang, Sabtu (278/7) dini hari.  Gerhana bulan total

Pemandangan planet Mars berdampingan dengan gerhana bulan total terlihat di atas Masjid Baiturahman Semarang, Sabtu (278/7) dini hari. Gerhana bulan total

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Banyak Caleg Eks Napi, Begini Alasan Para Pimpinan Partai

Posted: 27 Jul 2018 07:31 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) telah meluncurkan daftar nama bakal caleg mantan napi korupsi di DPRD provinsi, kabupaten, dan kota, yang didaftarkan parpol-parpol peserta pemilu ke KPU. Dalam daftar itu, diketahui parpol peserta Pemilu tetap mendaftarkan caleg eks napi korupsi.

Misalnya di Partai Bulan Bintang (PBB) pimpinan Yusril Ihza Mahendra, ada 11 orang yang merupakan eks napi korupsi. Meski demikian, Yusril mengatakan tak mengetahuinya.

"Mungkin saja. Nanti kita koreksi. DPP PBB itu tidak mengetahui siapa-siapa yang diajukan di daerah-daerah. Caleg itu seperti itu. Tapi di pusat tidak ada," ucap Yusril di Hotel Menara Peninsula, Jakarta, Sabtu (28/7/2017) dini hari.

Sementara di PKS, ada 5 orang eks napi korupsi yang maju. Presiden PKS Sohibul Iman mengatakan, akan segera menggantinya.

"Segera diganti, sedang dicari penggantinya. Jadi itu kecolongan kami," jelas Sohibul.

Hanya satu partai politik yang tidak mencalonkan eks napi korupsi, yakni Partai Solidaritas Indonesia (PSI).

Pengamat politik Universitas Padjajaran, Muradi, menilai hal itu terkait ide partai bersih yang selalu didengungkan oleh partai pimpinan Grace Natalie tersebut.

Karena itu, tak ada pilihan lain bagi PSI selain menyodorkan nama-nama bakal caleg baru yang fresh dan tak pernah jadi napi korupsi. "Hal ini ditegaskan sebagai bagian dari upaya menyandingkan nilai penguatan yang menjadi platform dari PSI, saya kira penting juga untuk mencermati langkah PSI tersebut," kata Muradi.

 

3 Alasan

Dia menilai fenomena parpol membandel dengan tetap mencalonkan mantan napi korupsi menjadi caleg bisa dilihat dalam tiga perspektif.

Pertama, berkaitan dengan sikap pragmatisme dan keengganan partai politik untuk memunculkan figur baru kadernya untuk berkontestasi mmeraih kemenangan.

"Karena kader yang koruptor tersebut dianggap memiliki peluang untuk memenangkan kursi di parlemen," katanya.

Perspektif kedua, target lolos ambang batas parlemen yang memungkinkan berkurangnya kursi jika memunculkan nama caleg baru untuk mengganti caleg berlabel koruptor.

"Apalagi pemilih juga cenderung merasa bahwa figur-figur koruptor yang diajukan oleh partai politik tersebut memiliki kedekatan dan meyakinkan untuk dipilih," katanya.

Kemudian perspektif ketiga, adanya kekhawatiran dari parpol-parpol tersebut atas hasil survei yang menggambarkan kemungkinan perolehan suara pada Pileg 2019 yang dianggap mengkhawatirkan bagi mereka.

"Tidak heran jika banyak partai kemudian pragmatis menyandingkan caleg artis dan juga figur koruptor namun memiliki potensi keterpilihan yang besar," pungkasnya.

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Tidak ada komentar: