Selasa, 10 Juli 2018

Liputan6 : RSS2 Feed

Liputan6 : RSS2 Feed


5 Bakal Calon Anggota DPD RI Daftar ke KPU Bengkulu

Posted: 10 Jul 2018 10:02 PM PDT

Liputan6.com, Bengkulu - Sebanyak 5 orang Bakal Calon atau Balon anggota Dewan Perwakilan Daerah (DPD) RI yang akan bertarung dalam Pemilihan anggota Legislatif tahun 2019 memasukkan berkas pendaftara ke Komisi Pemilihan Umum Provinsi Bengkulu. Kelimanya mendaftar setelah dinyatakan lolos verifikasi faktual dukungan oleh KPU beberapa waktu lalu.

Ketua KPU Provinsi Bengkulu Irwan Saputra mengatakan, lima orang yang memasukkan berkas pendaftaran tersebut pada dua hari pertama sejak pendaftaran dibuka tanggal 9 Juli kemarin.

"Total 14 bakal calon anggota DPD RI yang lolos verifikasi faktual, baru lima orang yang mendaftar," ungkap Irwan di Bengkulu Selasa 10 Juli 2018.

Mereka adalah Anggota DPD RI pertahana yang juga tercatat sebagai anggota DPD termuda periode 2014-2019 Riri Damayanti. Pertahana lain yang juga mendaftar adalah Ahmad Kanedi, mantan anggota DPRD Provinsi Bengkulu Fraksi PDI Perjuangan Fatrolazi. Dua lainnya adalah Abdul Kharis Makmun dan Abdul Rauftika.

Menurut Irwan, pihaknya akan melakukan pemeriksaan berkas pendaftaran Balon DPD secara teliti sebelum memutuskan bakal balon tersebut memenuhi syarat atau tidak dan membuka kesempatan untuk perbaikan dan melengkapi berkas pendaftaran.

"Semua berkas termasuk Laporan Harta Kekayaan yang disahkan Komisi Pemberantasan Korupsi," tegas Irwan Saputra.

Saksikan video pilihan di bawah ini:

 

 

 

 

 

 

Senator Termuda Kembali Bertarung

Anggota DPD RI termuda periode 2014-2019 Riri Damayanti kembali mendaftar untuk bertarung dalam Pileg 2019 (Liputan6.com/Yuliardi Hardjo)

Anggota DPD RI termuda yang memimpin sidang perdana tanggal 1 Oktober 2014 lalu Riri Damayanti kembali medaftarkan diri dan siap bertarung merebut satu dari empat kursi DPD Daerah Pemilihan Provinsi Bengkulu.

Usai mendaftar, Riri menyatakan ada beberapa tugas DPD yang belum tuntas dilaksanakan dalam periode 2014-2019. Salah satunya adalah penguatan peran DPD di MPR dan amandemen kelima UUD 45.

"Saya mendaftar untuk melanjutkan tugas yang belum tuntas, mohon dukungan masyarakat Bengkulu," ujar Riri.

Tugas lain yang juga menjadi catatan khusus Riri adalah ketimpangan pembangunan Provinsi Bengkulu. Meskipun berada di wilayah Barat Indonesia, Bengkulu masih sangat jauh tertinggal dengan angka kemiskinan yang masih tinggi.

"Tidak mudah untuk mensejajarkan Bengkulu dengan wilayah lain di Indonesia Bagian Barat, butuh kerja keras dan dukungan semua pihak," kata Riri Damayanti.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Elegi Anak-Anak Pinggir Hutan Bayar Sekolah dengan Hasil Bumi

Posted: 10 Jul 2018 10:01 PM PDT

Liputan6.com, Banyumas - Matahari baru mengintip di balik kabut lereng hutan Gunung Slamet. Seiring dengan itu, Saepuri (13) dan ayahnya, Darso, tergesa-gesa memasuki gerbang sederhana sekolah alam MTs Pakis Gunung Lurah, Cilongok, Kabupaten Banyumas, Jawa Tengah.

Selasa, 10 Agustus 2018, adalah hari kali pertama mereka hadir di sekolah untuk anak-anak pinggir hutan ini. Mereka khawatir telat. Meski sebenarnya, mereka menjadi calon siswa dan wali murid yang pertama kali tiba.

Mereka tergopoh berjalan kaki menyusuri hutan pinus dari Dusun Karanggondang, Desa Sambirata, yang terletak sekitar tiga kilometer dari sekolah alam MTs Pakis yang terletak di Dusun Pesawahan, Gunung Lurah.

Sang ayah, Darso, bersimbah peluh memanggul ketela pohon, bersama dengan pangkal batangnya yang dipotong pendek. Sementara, Saepuri, berpakaian rapi, tapi bukan seragam sekolah. Ia mengenakan kemeja dan celana panjang untuk ke sekolah alam ini.

Lain lagi dengan Nia Anzalia dan ibundanya, Waridah. Mereka menenteng dua ikat talas. Nia juga berasal dari Dusun Karanggondang, Sambirata, namun berbeda RT dengan Saepuri.

Berbeda dengan dua calon siswa MTs Pakis yang disebut mula-mula, Gayuh David dan ibunya, Karti, warga Pesawahan Desa Gununglurah, BAnyumas, membawa butiran kelapa. Mereka datang belakangan, ketika teman-teman seangkatannya sudah mendaftar ulang.

Hasil bumi atau pertanian itu bukan untuk dijual. Kelapa, ketela, dan talas itu digunakan untuk daftar ulang, sebagai prasyarat menjadi siswa baru di MTs Pakis.

Di luar ketela, kelapa, dan talas, calon siswa dan orang tua lainnya membawa aneka sayuran seperti pare, kacang panjang, wortel, kangkung, welok, beras, serta pisang.

Hasil bumi untuk daftar ulang itu dijejer di meja ruang kelas, dan akan menjadi pertanda diterimanya mereka menjadi bagian dari sekolah alam MTs Pakis yang menjadi lembaga pendidikan alternatif bagi anak-anak pinggir hutan ini.

Saksikan video pilihan berikut ini:

 

13 Anak Pemberani dari Lereng Gunung Slamet

Orang tua mengantar anak-anak menyambut masa depannya cukup dengan hasil bumi di sekolah alam MTs Pakis, Gunung Lurah, Cilongok, Banyumas. (Liputan6.com/Muhamad Ridlo)

"Tahun ini, kami meminta agar orang tua ikut berperan terhadap sekolah anaknya, yakni dengan membawa hasil bumi atau hasil panen pertanian," kata Kepala Sekolah MTs Pakis, Isrodin kepada Liputan6.com, kemarin sore.

Isrodin berujar, daftar ulang menggunakan hasil bumi ini bukannya tanpa pesan. Orang tua siswa diharapkan turut terlibat dalam pendidikan anak-anak di MTs Pakis yang menerapkan sekolah berbasis Agroforestry atau sekolah alam.

Sebabnya, dari orang tua lah, anak-anak ini pertama kali mengenal dunia pertanian, sebuah dunia yang bakal digeluti beriringan dengan akademik dan pendidikan ilmu agama.

"Tahun lalu daftar ulangnya menggunakan bibit tanaman pertanian. Sebelumnya lagi, alat-alat pertanian, Tahun ini hasil pertanian," Isrodin menerangkan.

Penerapan membayar daftar ulang dengan hasil pertanian kebun orang tua juga merupakan bentuk keringanan pihak sekolah kepada wali murid. Pihak sekolah paham, kebanyakan penduduk pinggir hutan berasal dari kalangan tak mampu atau miskin.

Mereka tak sanggup meneruskan pendidikan ke tingkat SLTP ke daerah bawah yang jaraknya sekian kilometer. Biaya dan transportasi menjadi ganjalan bagi anak-anak pinggir hutan lereng Gunung Slamet, Banyumas untuk merengkuh cita-citanya.

"Ya, rata-rata memang berasal dari ekonomi kebanyakan. Tidak mampu untuk meneruskan pendidikan, apalagi ke perkotaan," dia mengungkapkan.

Pada Selasa, 10 Juli 2018, sebanyak 13 siswa mendaftar ulang. Angka yang lumayan, dibanding tahun-tahun sebelumnya, yang hanya berjumlah delapan dan 10 anak.

 

Sekolah Alam yang jadi Sekolah Alternatif untuk Kaum Duafa

Kegiatan siswa MTs Pakis Cilongok, Banyumas, bertani dan belajar sesuai dengan kurikulum pendidikan nasional. (Liputan6.com/Muhamad Ridlo)

Bahkan, tahun ini MTs Pakis tak menelurkan satu lulusan pun. Empat anak yang mestinya berada di kelas 9, satu per satu terpaksa keluar.

Dua orang keluar lantaran merantau ke Jakarta, satu orang menikah, satu lainnya tak tahan duduk sendirian di kelas. Lagi-lagi, kemiskinan menjadi kendala pendidikan.

Masalah inilah yang dihadapi oleh MTs Pakis untuk meluluskan siswanya. Acap kali, mereka memutuskan berhenti sekolah lantaran tuntutan hidup keluarganya.

Tiga belas siswa yang mendaftar ulang hari ini, rata-rata bukanlah yang secara sadar mendaftar ke MTs Pakis. Sebagian besar mendaftar karena didatangi oleh para pendamping MTs Pakis.

Para orang tua disadarkan pentingnya pendidikan demi mengubah nasib. Anak-anak pinggir hutan ini dibujuk untuk melanjutkan sekolah.

"Kami menyisir ke penjuru desa. Dapatnya 13 anak ini, Alhamdulillah," ujarnya.

Isrodin pun yakin, jumlah 13 anak akan bertambah. Namun, jumlahnya tak akan sebanyak ini. "Paling hanya satu dua tambahnya," dia menerangkan.

Tahun 2018 adalah tahun ke-7 MTs Pakis beroperasi. Anak-anak lulusan terdahulu, kini sudah ada yang kuliah. Beberapa lainnya, meneruskan di Sekolah Kader Desa Brilian, sebuah pendidikan program paket C di Kampung Sidat, Desa Singasari Kecamatan Karanglewas, Banyumas.

Dua sekolah ini sama-sama menggabungkan pertanian, peternakan dan perikanan dalam kurikulum keseharian mereka. Dari hasil bumi atau peternakannya, mereka bisa menyambung asa untuk bersekolah.

"Yang sudah kuliah atau sekolah setingkat SMA menjadi pendamping mereka. Kakak kelas, atau senior juga ikut mendampingi," katanya.

Kemiskinan selalu menjadi masalah laten pada masyarakat pinggir hutan Gunung Slamet. Namun, kemiskinan bukan alasan untuk memupus cita-cita para pemberani. Dan MTs Pakis, menjadi pendidikan alternatif untuk menyambut masa depan nan cemerlang.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Prediksi Bali United Vs PSM: Dendam Juku Eja

Posted: 10 Jul 2018 10:00 PM PDT

Jakarta Bali United bakal menjamu PSM Makassar dalam laga pekan ke-15 Gojek Liga 1 bersama Bukalapak yang ditayangkan Indosiar di Stadion Kapten I Wayan Dipta, Gianyar, Bali, Rabu (11/7/2018). Irfan Bachdim dan kawan-kawan harus kerja keras untuk meraih kemenangan mengingat Juku Eja bermain cukup baik dalam dua laga tandang terakhir.

Bali United saat ini terlempar ke posisi ke-13 dalam klasemen sementara Liga 1 2018 setelah kekalahan dari Persebaya Surabaya dalam laga terakhir mereka. Kondisi tersebut membuat Serdadu Tridatu wajib untuk bisa meraih kemenangan ketika menjamu PSM di depan pendukungnya sendiri.

 

Pelatih Bali United, Widodo Cahyono Putro, menegaskan pentingnya meraih poin penuh dalam pertandingan kandang di pekan ke-15 ini bagi Serdadu Tridatu. Mantan striker Timnas Indonesia itu pun berharap para pemain bisa memperlihatkan permainan terbaik untuk bisa memperbaiki posisi di tangga klasemen.

"Kami siap tampil untuk pertandingan ini karena kami juga memerlukan poin untuk mendongkrak posisi kami. Saya berharap para pemain bekerja keras untuk memenangi pertandingan," ujar Widodo Cahyono Putro.

PSM datang ke Bali dengan kekuatan penuh, di mana Wiljan Pluim yang sebelumnya absen karena akumulasi kartu kuning sudah bisa kembali tampil. Namun, hal tersebut tak memengaruhi keyakinan Widodo bahwa Bali United bisa meraih kemenangan.

"Saya yakin dengan kemampuan pemain yang kami miliki meski PSM saat ini berada di papan atas dan datang dengan skuat penuh. Kami yakin kami bisa meraih kemenangan," tegas pelatih Bali United asal Cilacap itu.

 

PSM Ingin Hapus Kenangan Buruk

PSM saat persiapan jelang laga melawan Bali United di Bali. (Bola.com/Abdi Satria)

PSM Makassar mengusung misi menghapus memori buruk saat menghadapi Bali United. Alasannya jelas, PSM dua kali dijegal skuat Widodo C. Putro pada musim lalu.

Dalam pertemuan pertama di Stadion Kapten I Wayan Dipta, PSM takluk tiga gol tanpa balas. Kekalahan itu pun menjadi penyebab lengsernya PSM dari puncak klasemen sementara yang mereka kuasai sejak awal musim.

Kekalahan kedua lebih miris. PSM takluk 0-1 di Stadion Andi Mattalatta Mattoangin. Hasil minor itu tak hanya mempermalukan Juku Eja, tapi juga menutup peluang PSM meraih juara Liga 1 2017.

Pelatih PSM, Robert Alberts tentu tak ingin memori minor itu terulang. Apalagi, pada pertandingan nanti, PSM bakal tampil dengan kekuatan penuh, termasuk Wiljan Pluim, kreator serangan PSM yang absen saat dijamu Persija Jakarta (6/7/2018) karena akumulasi kartu.

Meski lebih diunggulkan, Robert merasa perlu mengingatkan skuatnya agar waspada. Posisi kedua tim yang jomplang di klasemen tidak menjadi ukuran di mata pelatih asal Belanda ini.

"Seperti yang sering saya bilang, tak ada partai di Liga 1 yang mudah untuk dimenangi, apalagi menghadapi Bali United," tegas Robert.

Menurut Robert, dengan materi pemain yang berkualitas, Bali United diyakini bisa bangkit dengan cepat. Robert melempar sinyal memainkan striker Bruce Djite sejak awal.

"Saya butuh peran Bruce untuk memenangkan duel bola atas. Semoga dia bisa memenuhi harapan saya," tegas Robert.

Prakiraan Susunan Pemain

Bali United (4-4-2): Wawan Hendrawan (kiper); Made Andhika Wijaya, Ahn Byung-keon, Demerson Bruno, Ricky Fajrin (belakang); Fadhil Sausu, Muhammad Taufiq, Nick van der Velden, Nyoman Sukarja (tengah); Stefano Lilipaly, Ilija Spasojevic (depan)

Pelatih: Widodo Cahyono Putro

PSM (4-3-3): M. Syaiful (kiper); Hasim Kipuw, Abdul Rahman, Steven Paulle, Reva Adi Utama (belakang); Rizky Pellu, Marc Klok, Wiljan Pluim (tengah); Guy Junior, Bruce Djite, M. Rahmat (depan)

Pelatih: Robert Alberts

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

4 Negara Penghasil Polusi Terbesar, Bikin Rusak Bumi

Posted: 10 Jul 2018 10:00 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Tak dapat dipungkiri bahwa bumi kita semakin lama mengalami perubahan ekstrem. Polusi dan pemanasan global adalah bukti nyata yang disebabkan akibat kelalaian manusia untuk menjaga kelestarian bumi.

Selain merusak, polusi sebenarnya juga menyebabkan masalah kesehatan bagi manusianya sendiri. Hal ini dibuktikan dengan banyaknya pencemaran air, udara, serta hutan dan lainnya.

Tidak hanya mengancam tubuh, polusi ini juga dapat menyebabkan ancaman pada keberlangsungan hidup hewan dan manusia. Bisa jadi polusi yang kita lakukan dapat menyebabkan kepunahan bagi semua mahluk hidup.

Jika diusut lebih dalam, ternyata banyak negara menghasilkan berbagai macam polusi pada bumi. Namun ada empat negara yang di antaranya terkenal sebagai penghasil polusi terbesar.

1. Tiongkok

Polusi udara di China (aljazeera.com)

Menurut data terbaru dari Global Carbon Project, China adalah penghasil emisi karbon dioksida terbesar di dunia. China memancarkan sekitar 10.357 juta metrik ton per tahunnya. Menurut Departemen Kesehatan China, polusi udara menyebabkan kanker sebagai penyebab utama kematian di China. Hanya 1 persen dari 560 juta penduduk kota yang bisa menghirup udara bersih dan dianggap aman oleh Uni Eropa, karena semua kota-kota besarnya terus tertutup abu-abu beracun.

2. Amerika Serikat

Ilustrasi polusi udara (iStock)

Amerika Serikat menjadi negara kedua, dengan sekitar 5.414 juta metrik ton emisi karbon dioksida per tahun. Menurut laporan "Keadaan Udara" American Lung Association 2018, lebih dari 133,9 juta orang AS tinggal di daerah dengan tingkat pencemaran udara yang tidak sehat. Polusi menyebabkan berbagai penyakit, termasuk asma, kanker paru-paru, dan rentang hidup yang singkat.

3. India

mobil pribadi semakin banyak karena harganya yang semakin murah.

India memancarkan sekitar 2.274 juta metrik ton polusi per tahun. Bahkan ada ramalan pada tahun 2030, sekitar separuh penduduk India diperkirakan pindah ke kota lain untuk memperoleh udara bersih.

Di ibukota, Delhi, partikel-partikel mikroskopis beracun telah melonjak hingga 75 kali lipat dari tingkat aman menurut WHO.

4. Rusia

Ilustrasi polusi udara oleh asap pabrik. (Sumber Environmental Protection Agency/EPA)

Rusia memancarkan sekitar 1.617 juta metrik ton per tahun. Penyebabnya adalah beragam masalah lingkungan, termasuk penggundulan hutan, penggunaan energi yang berlebihan, polusi, dan limbah nuklir.

Menurut Kementerian Sumber Daya Alam dan Lingkungan Rusia, Rusia saat ini memanas 2,5 kali lebih cepat daripada bagian dunia lainnya.

Reporter

Sumber: Merdeka.com 

Saksikan Video Pilihan di Bawah ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

FOTO: Euforia Warga Prancis Lolos ke Final Piala Dunia 2018

Posted: 10 Jul 2018 10:00 PM PDT

Luapan kegembiraan warga atas kemenangan Prancis saat menghadapi Belgia pada babak semifinal Piala Dunia 2018, Paris, Prancis, Selasa (10/7). Prancis maju ke babak final. (AP Photo/Thibault Camus)

Luapan kegembiraan warga atas kemenangan Prancis saat menghadapi Belgia pada babak semifinal Piala Dunia 2018, Paris, Prancis, Selasa (10/7). Prancis maju ke babak final. (AP Photo/Thibault Camus)

Seorang pria menggendong pasangannya di atas pundak untuk merayakan kemenangan Prancis atas Belgia pada semifinal Piala Dunia 2018, Paris, Prancis, Selasa (10/7). Prancis maju ke babak final. (AP Photo/Jean-Francois Badias)

Seorang pria menggendong pasangannya di atas pundak untuk merayakan kemenangan Prancis atas Belgia pada semifinal Piala Dunia 2018, Paris, Prancis, Selasa (10/7). Prancis maju ke babak final. (AP Photo/Jean-Francois Badias)

Warga saling berpelukan saat peluit akhir pertandingan antara Prancis dengan Belgia pada semifinal Piala Dunia 2018, Marseille, Prancis, Selasa (10/7). Prancis menaklukkan Belgia dan maju ke babak final. (AP Photo/Claude Paris)

Warga saling berpelukan saat peluit akhir pertandingan antara Prancis dengan Belgia pada semifinal Piala Dunia 2018, Marseille, Prancis, Selasa (10/7). Prancis menaklukkan Belgia dan maju ke babak final. (AP Photo/Claude Paris)

Luapan kegembiraan warga saat peluit akhir pertandingan antara Prancis dengan Belgia pada semifinal Piala Dunia 2018, Marseille, Prancis, Selasa (10/7). Prancis menaklukkan Belgia dan maju ke babak final. (AP Photo/Claude Paris)

Luapan kegembiraan warga saat peluit akhir pertandingan antara Prancis dengan Belgia pada semifinal Piala Dunia 2018, Marseille, Prancis, Selasa (10/7). Prancis menaklukkan Belgia dan maju ke babak final. (AP Photo/Claude Paris)

Luapan kegembiraan warga saat peluit akhir pertandingan antara Prancis dengan Belgia pada semifinal Piala Dunia 2018, Marseille, Prancis, Selasa (10/7). Prancis menaklukkan Belgia dan maju ke babak final. (Anne-Christine POUJOULAT/AFP)

Luapan kegembiraan warga saat peluit akhir pertandingan antara Prancis dengan Belgia pada semifinal Piala Dunia 2018, Marseille, Prancis, Selasa (10/7). Prancis menaklukkan Belgia dan maju ke babak final. (Anne-Christine POUJOULAT/AFP)

Luapan kegembiraan warga saat peluit akhir pertandingan antara Prancis dengan Belgia pada semifinal Piala Dunia 2018, Marseille, Prancis, Selasa (10/7). Prancis menaklukkan Belgia dan maju ke babak final. (BORIS HORVAT/AFP)

Luapan kegembiraan warga saat peluit akhir pertandingan antara Prancis dengan Belgia pada semifinal Piala Dunia 2018, Marseille, Prancis, Selasa (10/7). Prancis menaklukkan Belgia dan maju ke babak final. (BORIS HORVAT/AFP)

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Manajer MU: Pahlawan Sesungguhnya Ada di Thailand

Posted: 10 Jul 2018 10:00 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Misi penyelamatan 12 tim sepak bola remaja Thailand bersama pelatihnya di dalam gua mendapat perhatian dari para bintang lapangan hijau. Apalagi hal tersebut terjadi bersamaan dengan momen Piala Dunia.

Para bintang lapangan hijau dari berbagai penjuru memberikan pujian kepada tim penyelamat, khususnya penyelam Thailand Saman Kunan yang kehilangan nyawanya dalam tugas tersebut.

Mengutip Russia Today, Rabu (11/7/2018), manajer Manchester United Jose Mourinho memberi penghormatan kepada petugas yang beraksi dalam misi tersebut. Dia membandingkan apa yang terjadi di Thailand dengan Piala Dunia.

"Saya kagum dengan apa yang terjadi di Thailand. Para pahlawan kita ada di sana, bukan di Piala Dunia," ujar Mourinho.

"Anak-anak dan terutama para penyelam serta mereka yang terlibat dalam penyelamatan. Bagi saya, Piala Dunia adalah yang kedua," kata pria asal Portugal itu.

 

Saksikan juga video menarik berikut ini:

 

Paul Pogba Dedikasikan Kemenangan Perancis

Selain Mourinho, pemain tim nasional Prancis Paul Pogba juga mendedikasikan kemenangannya versus Belgia di laga semi-final Piala Dunia untuk anak-anak tersebut.

Hal ini dia tuliskan di akun Twitter @paulpogba. "Kemenangan ini untuk para pahlawan hari ini, anak-anak lelaki yang baik. Anda begitu kuat #thaicaverescue #chiangrai."

 

 

Iker Casillas

Lalu, mantan kapten Timnas Spanyol Iker Casillas juga mengungkapkan hal ini dalam unggahan di Instagram dan Twitternya.

"Saman Kunan, pahlawan sejati. Dia kehilangan kesadaran ketika meninggalkan kompleks gua Tham Luang. Dia membawa pasokan untuk para anak laki-laki itu," tulisnya.

Ucapan David Beckham

Lewat akun Instagramnya, mantan pemain timnas Inggris yang juga seorang aktivis sosial ini mengucapkan rasa sukacita sekaligus dukacita dan kebanggaannya pada para pahlawan di insiden gua Chiang Rai tersebut.

"Sangat senang mendengar berita dari Thailand. Anak-anak ini adalah pahlawan, seperti pelatihnya, pria dan wanita yang mempertaruhkan hidup menyelamatkan mereka dan Saman Kunan yang luar biasa. Kisah positif yang meneguhkan," tulis Beckham.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Mengenakan Hijab, Fitri Tropica Ungkap Ketakutannya

Posted: 10 Jul 2018 10:00 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Keinginan Fitri Tropica untuk menutup auratnya dengan hijab sudah terlaksana. Ia pun mendapat dukungan dari sang suami Irvan Toge.

Sebelum berhijab, Fitri Tropica pun sempat melakukan percakapan dengan sang suami. Ia pun mengungkapkan ketakutannya.

Itu dituliskan di akun Instagram, Rabu (11/7/2018). Fitri Tropica pun mengunggah foto dirinya yang sudah memakai jilbab.

Baginya, ini merupakan percakapan yang paling menyejukkan hati bagi Fitri Tropica. Lantaran sang suami sangat mendukung pilihannya. 

 

Ketakutan

Keinginan Fitri Tropica untuk menutup auratnya dengan hijab sudah terlaksana. (Instagram/fitrop)

"Tapi gak tau kenapa aku kok ada perasaan takut, cemas was-was sama gelisah gini ya..," ungkap Fitri Tropica.

Sebagai suami, Irvan pun menyakinkan presenter kocak yang kerap disapa Fitrop ini, bahwa keputusannya tak salah.

"Takut kenapa? Yg pake hijab cakep2 aja kok! Kalo takut soal rezeki jangan khawatir. Kapan pun kamu mantap, langsung pakai hijabnya. Apa pun yang terjadi kita hadapin sama-sama," jawabnya.

 

Makin Cinta

(Foto: instagram.com/fitrop)

Dengan pernyataan sang suami membuat Fitri Tropica semakin cinta. "Terimakasih @irvantoge Jose Miguel Despacito Havana U Nana Dametukochita, chyntamu mengalir dalam pembuluh vena serta aorta di tubuh batita centhylku ini."

 

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

VIDEO: Fitur Question di Instagram, Begini Cara Pakainya

Posted: 10 Jul 2018 10:00 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Instagram secara resmi memberi petunjuk bagaimana cara menggunakan fitur 'Question'. Pasalnya fitur tersebut sempat menjadi perdebatan warganet.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Hindari 3 Kesalahan Besar Ini Saat Mengembangkan Karier

Posted: 10 Jul 2018 10:00 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Tidak ada manusia yang sempurna dan tanpa cela. Setiap orang pasti pernah melakukan kesalahan. Salah satunya adalah tidak waspada dengan hal-hal yang bisa saja menghambat perkembangan karier Anda.

Terkadang, kesalahan ini bahkan tidak disadari. Untuk itu, Anda perlu menghindari kesalahan-kesalahan ini, agar suskses dalam menjalani karier. Seperti dilansir dari Forbes, Rabu (11/7/2018), berikut tiga kesalahan yang tidak boleh Anda lakukan saat ingin mengembangkan karier.

1. Membiarkan Orang Lain Mengatur Karir Anda

Karier Anda adalah jalan yang dipilih oleh diri sendiri. Oleh karena itu semua keputusan berada di tangan Anda. Jika membiarkan orang lain mengatur karier Anda akan memberikan mereka peluang untuk menjatuhkan Anda. Jadi mulai dari sekarang ambilah kontrol untuk karier diri sendiri.

 

Memutus Hubungan Baik dengan Perusahaan Sebelumnya

Berikut tiga kesalahan dalam menjalani karier yang harus Anda hindari. (Foto: iStockphoto)

2. Memutus Hubungan Baik Dengan Perusahaan Sebelumnya

Mungkin pada akhirnya Anda keluar dari pekerjaan yang tidak disukai atau berpindah ke departemen yang lebih baik. Jika ini terjadi, jangan putuskan hubungan dengan orang-orang di tempat Anda bekerja sebelumnya. Tetaplah menjaga hubungan baik, karena tidak menutup kemungkinan suatu saat Anda membutuhkannya.

 

Tidak Menyisihkan Waktu untuk Kehidupan Pribadi

Berikut tiga kesalahan dalam menjalani karier yang harus Anda hindari. (Foto: iStockphoto)

3. Tidak Menyisihkan Waktu untuk Kehidupan Pribadi

Keseimbangan antara pekerjaan dan kehidupan pribadi memang tidak mudah untuk dilakukan. Namun jangan kesibukan dalam bekerja membuat Anda melupakan kehidupan sosial. Menyisihkan waktu yang cukup untuk kehidupan pribadi, akan mendukung kinerja di kantor. Jika Anda dapat membagi waktu dengan baik, hal ini akan menghindari Anda dari rasa lelah dan bosan dalam bekerja.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

2 Pengendara Motor Tewas Diduga Tabrak Separator Busway di Gunung Sahari

Posted: 10 Jul 2018 09:58 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Dua pengendara sepeda motor tewas diduga menabrak separator busway di Jalan Gunung Sahari, Sawah Besar, Jakarta Pusat. Kejadian tersebut beralangsung pukul 3 dini hari, waktu setempat.

"Korban bernama Wisnu(21) sebagai pengemudi, dan Aris (25) yang membonceng, keduanya meninggal dunia di tempat, mereka mengalami luka di kepala," kata Kasatlantas Jakarta Pusat AKBP Juang, dalam keterangan tertulis yang diterima Liputan6.com, Rabu (11/7/2018).

Juang menjelaskan, sebelum terjadinya kecelakaan tersebut, motor bernomor polisi B-4440-TBQ melintas dari arah Utara ke Selatan di Jalan Gunung Sahari.

"Saat di depan Gedung P-Kool menabrak separator busway yang berada di tengah jalan tersebut," kata Juang.

Polisi langsung olah tempat kejadian perkara guna mengetahui penyebab kecelakaan. Sementara korban dilarikan ke Rumah Sakit Cipto Mangunkusumo atau RSCM

 

Saksikan video pilihan di bawah ini

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Ramai Meme Christiano Ronaldo Transfer ke Juventus di Media Sosial

Posted: 10 Jul 2018 09:56 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Belum usai Piala Dunia 2018, publik sepak bola dunia sudah dihebohkan dengan kabar terbaru dari Cristiano Ronaldo. Alasannya, pemain asal Portugal itu resmi pindah ke Juventus.

Kepindahan bintang Real Madrid itu pun dengan cepat menjadi sorotan. Dikutip dari Mirror, Rabu (11/7/2018), Juventus harus menyiapkan sebesar 105 juta pound untuk memboyong pemain tersebut.

Ronaldo disebut sudah meneken kontrak berdurasi empat musim. Sontak, kabar ini dengan cepat menjadi bahan perbincangan para penggila sepak bola di media sosial.

Seperti biasa, kepindahan Ronaldo ke Juventus ini juga ditandai dengan meme yang mulai bersliweran di media sosial. Banyak di antaranya berisi lelucon mengenai skuad Juventus yang makin mumpuni di musim depan.

Tak hanya itu, ada pula meme yang menyebut berita kepindahan Ronaldo ini telah menggeser perhatian publik dari gelaran Piala Dunia 2018 yang sedang berlangsung.

Bagi kamu yang penasaran, seperti apa meme dari para warganet tersebut. Berikut ini ada sejumlah meme pilihan yang sudah dihimpun dari media sosial. 

Ronaldo Resmi Bergabung, Saham Juventus Naik 34 Persen

Bintang Portugal, Cristiano Ronaldo, saat diperkenalkan sebagai pemain baru Real Madrid di Stadion Santiago Bernabeu, Madrid, Selasa (6/7/2018). CR 7 mengakhiri kebersamaan sembilan tahun bersama Madrid untuk hijrah ke Juventus. (AFP/Dani Pozo)

Cristiano Ronaldo meninggalkan Real Madrid. Bintang Timnas Portugal tersebut merapat ke klub Italia, Juventus.

Belum sehari di Turin, Juventus sudah mendapat keuntungan dari kehadiran Ronaldo. Dikutip dari Football Italia, saham Juventus melonjak drastis.

Harga saham Juventus naik hingga 34,8 persen dalam waktu seminggu. Kenaikan ini setelah Juventus dirumorkan bakal meminang Ronaldo sejak 2 Juni lalu.

Kini, saham Juventus dihargai sebesar 0,898 euro atau Rp 15.103 per lembar. Seminggu lalu, saham Juventus hanya digargai 0,666 euro per lembar.

Saham terbaru Juventus hampir menyamai rekor tertinggi mereka pada 10 Mei 2017. Ketika itu harga saham Si Nyonya Tua mencapai 0,9655 euro per lembar.

(Dam/Isk)

Saksikan Video Pilihan Berikut Ini: 

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Usai Ronaldo, Juventus Bajak Marcelo?

Posted: 10 Jul 2018 09:55 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Urusan Juventus dan Real Madrid nampaknya tidak akan selesai di nama Cristiano Ronaldo saja. Menurut beberapa laporan yang beredar, Bianconeri juga ingin membajak bek kiri Los Blancos, Marcelo.

Pada hari Selasa (10/7) malam kemarin, Juventus dan Real Madrid secara resmi merampungkan transfer Cristiano Ronaldo. Untuk mendapatkan jasa bintang Portugal itu, Bianconeri harus memberi mahar sebesar 100 juta euro yang dibayar selama dua tahun.

Dengan demikian, Ronaldo pun didapuk sebagai pemain termahal Serie A saat ini. Memecahkan rekor yang sebelumnya dipegang oleh Gonzalo Higuain saat dirinya juga pindah ke Bianconeri dengan bandrol sebesar 94 juta euro di tahun 2016.

Proses transfer Ronaldo sudah rampung, tapi hubungan antara Juventus dan Real Madrid nampaknya belum usai. Menurut laporan Mediaset Premium, sang jawara Serie A itu juga berencana untuk mendaratkan pemain Los Merengues lainnya ke Turin.

Sosok yang diyakini akan mengikuti jejak Ronaldo ke Juventus adalah bek kiri asal Brasil, Marcelo. Sang pemain diproyeksikan akan mengisi tempat yang kemungkinan akan ditinggalkan oleh rekan senegaranya, Alex Sandro.

Sandro merupakan salah satu pemain yang cukup santer diberitakan akan meninggalkan Bianconeri pada musim depan. Beberapa klub besar pun diberitakan sudah melakukan ancang- ancang untuk membelinya, seperti Chelsea dan Manchester United.

 

Sandro Masih Bisa Bertahan

Tetapi, Marcelo mungkin saja bisa didapatkan oleh Juventus tanpa harus membuat Alex Sandro hengkang. Sebab baru-baru ini, mereka ditinggalkan oleh bek kiri lainnya, Kwadwo Asamoah, yang memutuskan untuk bergabung dengan Inter Milan.

Juventus sejatinya telah punya penggantinya, yakni Leonardo Spinazzola, dari Atalanta. Sayangnya, sang pemain harus menepi cukup lama karena mengalami cedera ligamen pada bulan Mei yang lalu.

Selain itu, kabar mengenai perpanjangan kontrak Sandro juga sudah pernah tersiar beberapa waktu lalu. Isunya, sang pemain akan disuguhi kontrak baru dengan bayaran sebesar lima juta euro per musim dengan durasi lima tahun.

Sumber: bola.net

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Ingin Daftar Seleksi CPNS 2018, Perhatikan Hal Ini

Posted: 10 Jul 2018 09:47 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Badan Kepegawaian Negara (BKN) memastikan penerimaan dan pendaftaran Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) Tahun Anggaran 2018 secara resmi segera diumumkan secara terbuka kepada masyarakat.

Deputi Bidang Sistem Informasi Kepegawaian (Sinka) BKN Iwan Hermanto mengemukakan, untuk mekanisme pendaftaran dan pelaksanaan seleksi CPNS akan dilakukan secara terpusat atau terintegrasi.

Menurut Deputi bidang Sinka BKN itu, berbeda dengan proses seleksi sebelumnya, mulai tahun ini seluruh pelaksanaan seleksi kompetensi dasar (SKD) dan seleksi kompetensi bidang (SKB) hanya akan dilakukan melalui seleksi berbasis Computer Assisted Test (CAT).

Ini akan diselenggarakan BKN selaku Pelaksana Panitia Seleksi Nasional (Panselnas). "Dengan perubahan mekanisme ini seluruh proses seleksi CPNS dipastikan sesuai ekspektasi publik," kata Iwan seperti mengutip laman Sekretariat Kabinet, Rabu (11/7/2018).

Selain perubahan dari proses seleksi, lanjut Iwan, pendaftaran CPNS akan dilakukan terintegrasi melalui portal nasional via http://sscn.bkn.go.id , dan tidak ada pendaftaran melalui portal mandiri oleh instansi.

Dengan perubahan mekanisme ini, diyakini Deputi Sinka BKN, alur pendaftaran CPNS akan lebih singkat sehingga memudahkan pelamar dalam pendaftaran satu pintu.

 

Mau Daftar CPNS 2018? Simak Syarat yang Harus Disiapkan di Sini

Kenapa harus daftar CPNS 2018? Ya, kenapa nggak? (Ilustrasi: Liputan6.com)

Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (PANRB) memastikan akan membuka penerimaan Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) pada Juli 2018.

Kepala Biro Hukum, Komunikasi dan Informasi Publik (Humas) Kementerian PANRB Mudzakir menyatakan, Kementerian PANRB kini tengah merumuskan mengenai formasi penerimaan CPNS 2018. Ia berharap dalam waktu dekat sudah bisa diumumkan kepada masyarakat.

"Perihal tersebut sedang dalam pembahasan, diharapkan dalam waktu dekat dapat diinfokan ke publik. Nanti akan saya bagikan informasinya segera," ungkapnya kepada Liputan6.com, seperti ditulis Selasa (10/7/2018).

Mudzakir memastikan, informasi penerimaan CPNS 2018 akan segera diketahui masyarakat.

"Pasti, saya kan baru dilantik juga ya, jadi saya collect dulu semua info dan datanya, dalam waktu dekat kami bagikan dan umumkan kepada masyarakat," tandasnya.

 

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Di Juventus, Gaji Cristiano Ronaldo Nyaris Rp 1 Juta per Menit

Posted: 10 Jul 2018 09:45 PM PDT

Liputan6.com, Turin - Juventus sedang demam Cristiano Ronaldo. Sukses Juve mendatangkan bintang Portugal dari Real Madrid memang jadi pembicaraan di mana-mana.

Sejak 10 hari terakhir, rumor bakal bergabungnya Cristiano Ronaldo ke Juventus memang telah ramai. Rumor kepergiannya dari Santiago Bernabeu menuju Italia pun banyak dibicarakan hampir di seluruh dunia.

Dan, Selasa (10/7) malam, rumor itu menjadi kenyataan. Juventus dan Real Madrid sama-sama mengonfirmasi transfer Cristiano Ronaldo. Kabarnya, transfer tersebut melibatkan uang dalam jumlah yang fantastis.

Di Juventus, Cristiano Ronaldo mendapatkan kontrak berdurasi empat tahun dan gaji fantastis, 30 juta euro per tahun dengan gaji sekitar 570 ribu euro per pekan.

Bila dirinci lebih jauh, pundi-pundi pendapatan Cristiano Ronaldo bahkan akan terus mengalir hingga hitungan menit, hingga detik. Per menit, gaji Ronaldo mencapai 50,64 pounds, alias mendekati Rp 1 juta!

 

Harga Transfer

Cristiano Ronaldo(AFP/Dani Pozo)

Juventus sendiri tak mengungkap harga transfer yang mereka keluarkan untuk mendatangkan mantan pemain Manchester United itu. Namun, diperkirakan jumlahnya mencapai 120 juta euro.

Jumlah itu sekaligus mengalahkan jumlah yang dikeluarkan Juve ketika mendatangkan penyerang Gonzalo Higuain. Pada 2016, Higuain didatangkan dari Napoli dengan transfer sebesar 90 juta euro.

Breakdown Gaji Ronaldo di Juventus

£106,180,616 (€120m) = kontrak empat tahun

£26,545,154 (€30m) = 1 tahun

£2,212,096 (€2.5m) = 1 bulan

£510,483 (€576,923) = 1 minggu

£72,925 (€82,417) = 1 hari

£3,038 (€3,434) = 1 jam

£50.64 (€57.23) = 1 menit

*kurs: 1 pounds = Rp 19,044,00

Sumber: Bola.net

Saksikan video pilihan di bawah ini

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Polisi Berhasil Identifikasi 21 Kapal Terbakar di Pelabuhan Benoa

Posted: 10 Jul 2018 09:45 PM PDT

Liputan6.com, Bali - Petugas dari Polda Bali terus mendata kapal yang terbakar di dermaga barat Pelabuhan Benoa, Denpasar, Bali.

Sebanyak 21 kapal yang terbakar berhasil diidentifikasi, sehingga telah diketahui pemilik kapal, nama nakhoda, jumlah ABK, taksiran nilai kapal, hingga kondisi kapal usai kebakaran.

Selain mengidentifikasi data kapal yang terbakar, polisi telah memeriksa 14 orang saksi. Salah satunya adalah kapten kapal Cilacap Jaya Karya, karena kebakaran diduga berasal dari percikan api mesin Kapal Cilacap Jaya yang akan berangkat dari dermaga barat Benoa.

Simak berita selengkapnya dalam Liputan6 Siang SCTV, Rabu (11/7/2018), di tautan ini.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

FOTO: Deretan Pejabat Negara di HUT ke-72 Bhayangkara

Posted: 10 Jul 2018 09:43 PM PDT

Wakil Ketua KPK, Basaria Panjaitan (tengah) dan Saut Situmorang menghadiri upacara peringatan HUT ke-72 Bhayangkara di Istora Senayan, Jakarta, Rabu (11/7). Acara ini juga dihadiri menteri kabinet dan pejabat negara lainnya. (Liputan6.com/Johan Tallo)

Wakil Ketua KPK, Basaria Panjaitan (tengah) dan Saut Situmorang menghadiri upacara peringatan HUT ke-72 Bhayangkara di Istora Senayan, Jakarta, Rabu (11/7). Acara ini juga dihadiri menteri kabinet dan pejabat negara lainnya. (Liputan6.com/Johan Tallo)

Gubernur DKI Jakarta, Anies Baswedan dan Ketua KPK, Agus Rahardjo menghadiri upacara peringatan HUT ke-72 Bhayangkara di Istora Senayan, Jakarta, Rabu (11/7). Acara ini juga dihadiri menteri kabinet dan pejabat negara lainnya. (Liputan6.com/Johan Tallo)

Gubernur DKI Jakarta, Anies Baswedan dan Ketua KPK, Agus Rahardjo menghadiri upacara peringatan HUT ke-72 Bhayangkara di Istora Senayan, Jakarta, Rabu (11/7). Acara ini juga dihadiri menteri kabinet dan pejabat negara lainnya. (Liputan6.com/Johan Tallo)

Panglima TNI Marsekal TNI Hadi Tjahjanto didampingi istri, Nanik  menghadiri upacara peringatan HUT ke-72 Bhayangkara di Istora Senayan, Jakarta, Rabu (11/7). Acara ini juga dihadiri menteri kabinet dan pejabat negara lainnya. (Liputan6.com/Johan Tallo)

Panglima TNI Marsekal TNI Hadi Tjahjanto didampingi istri, Nanik menghadiri upacara peringatan HUT ke-72 Bhayangkara di Istora Senayan, Jakarta, Rabu (11/7). Acara ini juga dihadiri menteri kabinet dan pejabat negara lainnya. (Liputan6.com/Johan Tallo)

Ketua MPR, Zulkifli Hasan dan Wakil Presiden ke-6 Try Sutrisno menghadiri upacara peringatan HUT ke-72 Bhayangkara di Istora Senayan, Jakarta, Rabu (11/7). Acara ini juga dihadiri menteri kabinet dan pejabat negara lainnya. (Liputan6.com/Johan Tallo)

Ketua MPR, Zulkifli Hasan dan Wakil Presiden ke-6 Try Sutrisno menghadiri upacara peringatan HUT ke-72 Bhayangkara di Istora Senayan, Jakarta, Rabu (11/7). Acara ini juga dihadiri menteri kabinet dan pejabat negara lainnya. (Liputan6.com/Johan Tallo)

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Jadikan Gadis 11 Tahun Istri Ketiga, Pria 'Berkepala 4' di Malaysia Didenda Rp 6,4 juta

Posted: 10 Jul 2018 09:41 PM PDT

Liputan6.com, Kelantan - Pria Malaysia yang menikahi gadis 11 tahun asal Thailand sebagai istri ketiganya, dijatuhi hukuman denda 1.800 ringgit (sekitar Rp 6,4 juta) oleh pengadilan syariah setempat.

Vonis itu diberikan setelah pria itu mengaku bersalah atas perbuatannya. Demikian seperti dikutip dari The Guardian, Rabu (11/7/2018).

Tervonis, Che Abdul Karim Che Abdul Hamid (41), yang sudah memiliki dua istri dan enam anak, didakwa dengan pasal seputar poligami dan melakukan pernikahan tanpa izin pengadilan.

Pengadilan Negara Bagian Kelantan mendakwa pria pengusaha karet itu dengan pasal 19 dan 124 Hukum Keluarga Islam Malaysia.

Menghadapi hukuman denda dan enam bulan penjara, Hakim Mohd Surbaineey Hussain pada hari Senin memvonis pria itu dengan denda sebesar 900 ringgit untuk masing-masing dakwaan (total 1.800 ringgit), menurut sebuah laporan Harian Metro.

Meski begitu, Che Abdul Karim Che Abdul Hamid tidak didakwa dengan pasal pidana pernikahan di bawah umur, seperti yang dikatakan oleh pengacara Malaysia Syahredzan Johan di Twitter.

"Inilah sebabnya mengapa undang-undang pidana pernikahan anak diperlukan," tulisnya,

"Di tingkat federal seharusnya merupakan pelanggaran hukum pidana bagi seseorang untuk menikahi seorang anak."

Perkawinan yang dirayakan pada Juni ini di sebuah masjid di kota perbatasan selatan Thailand yang berpenduduk mayoritas Muslim, memicu kemarahan di Malaysia.

Hal itu menghidupkan kembali perdebatan tentang perlunya reformasi hukum untuk menghentikan pernikahan anak di Negeri Jiran.

 

Simak video pilihan berikut:

Geger

Bendera Malaysia (iStockphoto via Google Images)

Publik Malaysia dibuat geger dengan kabar seorang pria 'berkepala empat' --berusia 41-- yang menikahi gadis cilik berusia 11 tahun asal Thailand. Hal itu memicu kecaman luas di tengah masyarakat Negeri Jiran yang berpenduduk mayoritas muslim.

Pria itu pun dijuluki sebagai predator anak.

Muncul kabar bahwa muslim Malaysia di bawah usia 16 tahun diizinkan untuk menikah melalui pengadilan agama. Namun hal itu dibantah keras oleh Kementerian Perempuan dan Keluarga setempat, yang mengatakan tidak ada otoritas keagamaan menyetujui pernikahan di bawah umur.

Menurut hukum Malaysia, jika pria terkait terbukti melakukan pernikahan dengan gadis di bawah umur tanpa izin, maka ia terancam hukuman penjara enam bulan.

Lembaga pemerhati isu anak dari PBB, UNICEF, mengaku "marah" atas insiden tersebut, dan mendesak pemerintah Malaysia melakukan reformasi hukum yang tegas terkait perlindungan anak.

"Ini mengejutkan dan tidak bisa diterima. UNICEF​​... meminta pemerintah untuk mewujudkan janji manifestonya untuk melarang pernikahan anak," kata perwakilan Unicef untuk Malaysia, Marianne Clark-Hattingh.

Sementara itu, para aktivis Malaysia menyerukan reformasi hukum untuk mengakhiri pernikahan anak, yang mereka katakan tersebar luas di antara penduduk Muslim di negara itu.

Mereka menyebut sekitar 16.000 anak perempuan Malaysia di bawah usia 15 tahun sudah menikah.

"Menikahi gadis berusia 11 tahun seperti perilaku predator anak atau pedofil," kata Syed Azmi Alhabshi, seorang aktivis anak.

Alhabshi mengatakan pelaku pernikahan anak itu adalah seorang pedagang sukses yang telah menikah dengan dua orang wanita, sementara orang tua gadis cilik yang dinikahinya adalah petani karet yang miskin.

Saat ini, pria muslim Malaysia diperbolehkan menikah secara poligami hingga empat istri.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Putri David Beckham Dapat Kado Imut dari Ibunya di Ultah ke-7

Posted: 10 Jul 2018 09:40 PM PDT

Liputan6.com, London - Putri bungsu David Beckham dan Victoria Beckham, Harper Beckham, baru saja merayakan ulang tahun yang ke-7. Anak perempuan satu-satunya Beckham itu pun menggelar pesta pada Selasa (10/7/2018) lalu.

David Beckham mengunggah sejumlah foto menggemaskan sang anak di hari spesialnya. Si bungsu ini memang dikenal sangat lengket dengan ayahnya. Bila ditinggal David untuk bekerja, ia yang paling merindukan ayahnya.

Foto-foto David Beckham dan Harper dihiasi oleh banyak emoji cinta yang diunggah melalui Instagram Story. Beckham pun mengungkapkan rasa cintanya kepada sang anak melalui unggahan tersebut.

"Apa yang bisa kukatakan selain putri kecilku sangat sempurna. Harper Seven kini berusia tujuh tahun. Selamat ulang tahun gadisku. Si kecil ini sangat dicintai oleh semua kakaknya, ibu, dan ayah. Gadis kecil yang amat spesial. Kau membuatku tersenyum setiap hari," David Beckham menyampaikan dalam keterangannya.

Pesta Sederhana

Ungkapan manis David Beckham di hari ulang tahun sang anak. (Instagram)

Sebuah pesta sederhana digelar keluarga Beckham di halaman belakang rumah mereka. Sejumlah balon pink menghiasi ruangan. Harper tampak bahagia dengan kue ulang tahunnya yang berbentuk unicorn pink.

 

Squishy

Putri David Beckham, Harper Beckham, mendapat hadiah squishy dari ibunya, Victoria Beckham. (instagram.com/victoriabeckham)

Apa hadiah yang membuat si kecil ini tersenyum lebar? Jawabannya adalah Squishy! Sejumlah squishy imut dihadiahkan oleh Victoria untuk gadis kecilnya itu. Bisa dibilang demam squishy sudah merambah sampai ke anak David Beckham.

Penulis: Rezka Aulia

Sumber: Kapanlagi.com

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Tim Satgas Tinombala Masih Buru Kelompok Teroris Santoso di Poso

Posted: 10 Jul 2018 09:37 PM PDT

Liputan6.com, Poso - Video munculnya Ali Kalora yang mengambil alih pimpinan Kelompok Santoso di Poso, Sulawesi Tengah beredar di media sosial.

Seperti ditayangkan Liputan6 SCTV, Rabu (11/7/2018), dalam video berdurasi 2,15 menit, tampak Ali Kalora yang dikawal dua orang bersenjata lengkap menantang aparat keamanan dan mengaku akan terus melakukan perlawanan.

Menanggapi beredarnya video yang diduga sengaja diunggah oleh anggota Kelompok Santoso. Kapolda Sulawesi Tengah, Brigadir Jenderal Ermi Widyatno, justru meminta agar hal tersebut tidak dibesar-besarkan.

Sebagai antisipasi, Tim Satgas Tinombala terus memburu Kelompok Santoso yang berjumlah 10 orang, dan diyakini masih bersembunyi di wilayah Pegunungan Biru, Kabupaten Poso.

Hingga kini Tim Satgas Tinombala sudah menangkap dua orang yang diduga sebagai anggota Kelompok Santoso.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Elliott Management Sita AC Milan

Posted: 10 Jul 2018 09:37 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Nasib AC Milan akhirnya menemui kejelasan. Setelah berbulan-bulan menjadi bahan spekulasi karena sang pemilik Yonghong Li tak juga melunasi utangnya, kini Elliott Management resmi menyita Rossoneri.

Seperti diketahui, Li meminjam uang ke Elliott saat membeli AC Milan dari Silvio Berlusconi. Li juga meminjam uang untuk mendanai transfer Milan. Secara total, pada April 2017, Li meminjam 303 juta euro dari Elliott.

Utang jangka pendek dengan bunga tinggi itu sebagian jatuh tempo bulan lalu dan sebagian besar lainnya akan jatuh tempo pada Oktober mendatang. Jika ditotal dengan bunganya, Li harus membayar lebih dari 350 juta euro.

Bulan lalu Li harusnya membayar utang ke Elliott dan memasukkan uang ke kas AC Milan untuk menaikkan modal sebesar 32 juta euro. Dalam perjanjiannya, jika Li sampai gagal membayar utang sampai jatuh tempo, Elliott bisa menyita AC Milan, melalui perusahaan induknya, Rossoneri Sport Investment Lux.

Melalui Business Wire, Elliott menyatakan telah menyita AC Milan. Berikut pernyataan resmi mereka.

Kepemilikan dan kendali perusahaan induk yang memiliki AC Milan telah ditransfer ke Elliott Advisirs (UK) Limited ("Elliott"). Transfer ini terjadi akibat langkah-langkah yang ditempuh Elliott untuk mengamankan kepentingan mereka setelah pemilik AC Milan sebelumnya lalai membayar utangnya kepada Elliott.

Setelah mengambil kendali, visi Elliott terkait AC Milan cukup jelas: untuk menciptakan stabilitas finansial dan menciptakan manajemen yang bagus. Untuk mencapai sukses jangka panjang bersama AC Milan dengan memfokuskan kinerja pada aspek fundamental dan memastikan bahwa klub ini selalu memiliki modal yang cukup. Dan Elliott juga ingin Milan dijalankan dengan model operasional yang berkelanjutan, yang sesuai dengan regulasi Financial Fair Play UEFA.

Dengan kata lain, ketakutan bahwa Elliott akan "memutilasi" Milan dengan menjual aset-asetnya terbukti tidak terjadi. Jika melihat kata-kata di atas, Elliott justru ingin menjadikan Milan menjadi bisnis yang menguntungkan.

Tantangan Berat

Elliott menyadari bahwa membuat Milan menjadi klub yang menguntungkan bukanlah perkara mudah. Mengelola klub sepak bola dan menjadikannya sebagai bisnis yang menguntungkan bukanlah perkara mudah.

Namun, Elliott tampaknya sudah siap untuk mewujudkannya. Mereka bahkan siap mengucurkan dana lagi untuk operasional Milan.

Elliott sepenuhnya menyadari tantangan yang akan datang serta tanggung jawab yang muncul dari memiliki sebuah institusi besar seperti Milan. Elliott senang bukan hanya untuk mendukung klub ini di masa sulit, tapi kami juga siap mengejar target ambisius di masa depan lewat kesuksesan di atas lapangan, di bawah kepemimpinan pelatih Gattuso dan para pemainnya.

Sebagai langkah awal, Elliott berniat mengucurkan 50 juta euro dalam bentuk penyertaan modal untuk menstabilkan keuangan klub. Elliott juga siap mengucurkan dana tambahan seiring waktu untuk membiayai transformasi AC Milan.

Pendiri dan pemiliki Elliott, Paul Singer, tak mau ketinggalan memberikan komentarnya. Saat ini Singer masih menjabat sebagai Co-CEO dan Co-CIO Elliott Management.

"Dukungan finansial, stabilitas, dan pengawasan yang benar adalah syarat penting untuk mencapai sukses di lapangan serta pengalaman kelas dunia bagi fans. Elliott siap menghadapi tantangan untuk mewujudkan potensi klub dan mengembalikannya ke puncak klub-klub sepak bola Eropa, tempat klub yang seharusnya. Elliott juga percaya bahwa Milan adalah sebuah peluang untuk menciptakan nilai lebih," urai Singer.

Elliott Management memang dikenal sebagai pemberi utang yang kejam. Mereka siap menghadapi siapa pun dan bahkan pernah mencoba menahan pesawat dan kapal perang Argentina yang memiliki utang kepada mereka.

Sumber: bola.net

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Kubu OSO Tuding Wiranto Gelar Pertemuan Terlarang dengan Pejabat MA

Posted: 10 Jul 2018 09:37 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Partai Hanura kubu Oesman Sapta Odang (OSO)-Herry Lontung Siregar, menuding Ketua Dewan Pembina Hanura Wiranto, telah melakukan pertemuan terlarang dengan Mahkamah Agung dan Ketua PTUN Jakarta. Pertemuan itu diduga untuk mengurusi dualisme kepengurusan di kubu partai Hanura.

"Pertemuan 'terlarang' Wiranto dengan pejabat Mahkamah Agung, membuat noda hitam dalam kabinet kerja presiden Jokowi," ucap Wakil Sekjen Bidang Hukum DPP Hanura Petrus Selestinus dalam keterangan yang diterima Liputan6.com, Selasa (10/7).

Dia menuturkan, pertemuan yang dimaksud adalah pertemuan Menko Polhukam itu dengan sejumlah pejabat di kantornya, pekan lalu yang membicarakan masalah Hanura. Menurutnya apa yang dilakukan oleh Wiranto telah menyandera kekuasaan MA.

"Ini jelas melanggar asas penyelenggaraan kekuasaan Kehakiman yang merdeka yang mengancam dengan pidana segala campur tangan dalam urusan peradilan oleh pihak lain di luar kekuasaan kehakiman. Rakortas Menko Polhukam merupakan perbuatan melanggar prinsip negara hukum, terlebih-lebih telah menyandera kebebasan hakim dalam memutus perkara perselisihan Partai Hanura, yang saat ini dalam proses banding," tutur Petrus.

Dia menuturkan, sikap Wiranto tersebut mengandung itikad tidak baik. Karena sudah tahu ada banding. Seharusnya Wiranto berkoordinasi dengan OSO dan sekjen Herry Lontung sebagai yang berhak bertindak mewakili Partai Hanura.

"Wiranto dikesankan seolah-olah bertindak sebagai pembina teknis bagi Badan Peradilan, padahal pembinaan teknis bagi Peradilan, sepenuhnya menjadi milik Mahkamah Agung, itu-pun dengan syarat tidak boleh mengurangi kebebasan hakim dalam memeriksa dan memutus perkara. Langkah Wiranto, tidak memiliki dasar hukum dan menjadi kontraproduktif, karena proses perkara yang sedang berjalan tidak menghambat kepemimpinan Oesman Sapta-Herry Lontung Siregar di Partai Hanura, untuk mendaftarkan para caleg di KPU," ungkap Petrus.

Sebelumnya, Kamis 5 Juli 2018, Wiranto memanggil sejumlah instansi, salah satunya Komisi Pemilihan Umum (KPU) ke kantornya, untuk membahas masalah Hanura. "Membahas tindak lanjut putusan PTUN tentang Hanura. Jadi kan ini sudah masa pendaftaran, jadi bagaimana cara menindaklanjuti putusan PTUN tersebut. KPU menjelaskan yang dikerjakan KPU, itu kan berjenjang," ucap Ketua KPU Arief Budiman di lokasi.

 

 

Diselesaikan dengan Musyawarah

Ketua Umum Partai Hanura Oesman Sapta Odang (tengah) saat memimpin rapat koordinasi bersama Ketua DPD Partai Hanura se-Indonesia di Jakarta, Rabu (6/6). Rapat membahas komunikasi dan koordinasi DPD Partai Hanura se-Indonesia. (Liputan6.com/JohanTallo)

Dia menuturkan, pihaknya telah bertanya ke Kemenkum HAM, lantaran lembaga yang berhak mengeluarkan daftar kepengurusan partai politik. Kemudian diketahui harus kembali ke pengurusan, yang tertera dalam Keputusan Menteri Hukum dan HAM Nomor M.HH-22.AH.11.01, dengan Ketua Umum Oesman Sapta Odang dan Sekjen Sarifuddin Sudding.

Saat ditanya apakah tak takut disebut diintervensi oleh Hanura, mengingat Wiranto merupakan Ketua Dewan Pembina Hanura? Arief menuturkan "Enggak. Yang hadir disini kan bukan hanya orang KPU. Ini Menko Polhukam, ada kemudian Kementerian Hukum dan HAM, ada dari PTUN, ada dari DKPP juga ada. Jadi bukan hanya kami sendiri dan semua berikan pendapat. Kita hanya mendiskusikan pendapat hukum yg paling bisa membuat tahapan pemilu ini tetap bisa berjalan lancar. Jadi enggak ada yang terganggu," ujarnya.

Diketahui, Wiranto menganjurkan agar konflik dalam tubuh partai besutannya diselesaikan dengan musyawarah. Dia menuturkan, agar kader Hanura bisa taat hukum.

"Syarat dengan kebersamaan. Taat hukum, itu merupakan suatu hal yang dilakukan dalam kita sedang tidak cocok dengan yang lain maka kita harus berusaha masuk dalam satu konsep tadi," papar Wiranto.

Konsep bersatu juga kata Wiranto harus dilakukan pada tubuh Hanura. Sebab dengan cara tersebut kata dia bisa mempesatukan partai serta tidak ada konflik kembali.

"Konsep resolusi untuk bersatu. Dengan persatuan itulah kita dapat mencapai hasil baik. Tidak mungkin kita namanya punya cita-cita tapi mengupayakan dengan cara-cara tidak damai. Cara-cara dendam dan benci saya kira tidak akan menghasilkan yang baik," papar Wiranto.

 

Saksikan video pilihan di bawah ini

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

FOTO: Ratusan Anak di Michigan Bersenang-senang dengan Lumpur

Posted: 10 Jul 2018 09:33 PM PDT

Ratusan anak berlari ke dalam kubangan berisi lumpur saat perayaan Mud Day atau Hari Lumpur Tahunan di Westland, Michigan, AS, Selasa (10/7). Dalam Mud Day kali ini para pesertanya yang ikut adalah anak-anak.  (AP/Carlos Osorio)

Ratusan anak berlari ke dalam kubangan berisi lumpur saat perayaan Mud Day atau Hari Lumpur Tahunan di Westland, Michigan, AS, Selasa (10/7). Dalam Mud Day kali ini para pesertanya yang ikut adalah anak-anak. (AP/Carlos Osorio)

Emily Jamerson jatuh ke dalam kubangan berisi lumpur saat perayaan Mud Day atau Hari Lumpur Tahunan di Westland, Michigan, AS, Selasa (10/7). Dalam Mud Day kali ini para pesertanya yang ikut adalah anak-anak.  (AP/Carlos Osorio)

Emily Jamerson jatuh ke dalam kubangan berisi lumpur saat perayaan Mud Day atau Hari Lumpur Tahunan di Westland, Michigan, AS, Selasa (10/7). Dalam Mud Day kali ini para pesertanya yang ikut adalah anak-anak. (AP/Carlos Osorio)

Lilly Fielauer berendam dalam dalam kubangan berisi lumpur saat perayaan Mud Day atau Hari Lumpur Tahunan di Westland, Michigan, AS, Selasa (10/7). Dalam Mud Day kali ini para pesertanya yang ikut adalah anak-anak.  (AP/Carlos Osorio)

Lilly Fielauer berendam dalam dalam kubangan berisi lumpur saat perayaan Mud Day atau Hari Lumpur Tahunan di Westland, Michigan, AS, Selasa (10/7). Dalam Mud Day kali ini para pesertanya yang ikut adalah anak-anak. (AP/Carlos Osorio)

Ratusan anak bermain dalam kubangan berisi lumpur saat perayaan Mud Day atau Hari Lumpur Tahunan di Westland, Michigan, AS, Selasa (10/7). Dalam Mud Day kali ini para pesertanya yang ikut adalah anak-anak.  (AP/Carlos Osorio)

Ratusan anak bermain dalam kubangan berisi lumpur saat perayaan Mud Day atau Hari Lumpur Tahunan di Westland, Michigan, AS, Selasa (10/7). Dalam Mud Day kali ini para pesertanya yang ikut adalah anak-anak. (AP/Carlos Osorio)

Anak-anak perempuan dipenuhi lumpur setelah bermain pada perayaan Mud Day atau Hari Lumpur Tahunan di Westland, Michigan, AS, Selasa (10/7). Dalam Mud Day kali ini para pesertanya yang ikut adalah anak-anak.  (AP/Carlos Osorio)

Anak-anak perempuan dipenuhi lumpur setelah bermain pada perayaan Mud Day atau Hari Lumpur Tahunan di Westland, Michigan, AS, Selasa (10/7). Dalam Mud Day kali ini para pesertanya yang ikut adalah anak-anak. (AP/Carlos Osorio)

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Standar Emisi Euro4 Segera Berlaku di Indonesia

Posted: 10 Jul 2018 09:33 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Soal standar emisi, Indonesia masih kalah dengan beberapa negara ASEAN lainnya, sebut saja Singapura, Thailand dan Malaysia. Untuk mengejar ketertinggalan, Indonesia bakal langsung menaikan dua tingkat dari standar yang berlaku sekarang.

Jika sebelumnya, kebanyakan mobil di Indonesia bersandar emisi Euro II, maka yang sebentar lagi diberlakukan adalah Euro IV.

Menurut Yohanes Nangoi selaku ketua umum asosiasi kendaraan bermotor di Indonesia Gaikindo, informasi yang ia terima menunjukkan kalau aturan emisi itu akan berlaku dalam beberapa bulan mendatang.

"Euro IV bulan Oktober sudah harus jalan. Sesuai dengan peraturan dari Kementerian LHK (Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan), sesuai dengan pembicaraan Kementerian Perindustrian," kata dia.

Lalu bagaimana penerapannya? Ia juga memberikan gambaran tahap-tahap yang akan berlaku.

Pada bulan tersebut, produsen otomotif sudah harus menerapkan mobil dengan standar emisi Euro IV.

Ia pun menambahkan bahwa peraturan ini baru berlaku untuk kendaraan bermesin bensin.

"Otomotif harus menyiapan kendaraan Euro IV ready untuk kendaraan bensin. Jadi pada saat bulan Oktober kendaraan yang dikeluarkan Euro IV," kata dia.

 

Mobil yang Wajib Pakai Standar Emisi Baru

Lalu bagaimana nasib kendaraan-kendaraan sebelumnya. Sebab, kebanyakan kendaraan Indonesia saat ini masih berstandar Euro II, bahkan mobil-mobil lawas pun masih banyak beredar.

"Yang sudah beredar enggak ada masalah," kata dia lalu menjelaskan soal penerapan penggunaan bahan bakar.

Menurutnya, mobil-mobil tersebut nantinya akan meminum bahan bakar dengan standar emisi baru.

"Jadi begitu beredar (aturan Euro IV dan bahan bakarnya), (mobil lama) diisi dengan bahan bakar Euro IV malah lebih baik. Enggak ada masalah," kata dia.

Penulis: Dimas Wahyu Trihardjanto

Sumber: Otosia.com

Simak Video Pilihan Berikut Ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Inkopkar Bakal Bangun Rumah Murah di Jakarta dan Jawa Timur

Posted: 10 Jul 2018 09:31 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Induk Koperasi Karyawan (Inkopkar) akan membangun rumah murah bagi para pekerja, khususnya yang menjadi anggota dari koperasi karyawan. Rencananya perumahan tersebut dibangun di wilayah DKI Jakarta dan Jawa Timur.

‎Ketua Umum Inkopkar, Fadel Muhammad mengatakan, Inkopkar ingin berpatisipasi membantu program satu juta rumah setiap tahun yang dicanangkan pemerintahan Joko Widodo (Jokowi) dengan menyediakan rumah terjangkau bagi pekerja.

"Target pemerintah 5 juta rumah dalam lima tahun. Nah bagaimana kita mengambil peran di situ. Sampai saat ini kita memiliki tanah di Jawa Timur sekitar 24 hektar dan di DKI Jakarta ada 13 hektar. Rencananya kami akan membangun rumah bagi pekerja di sana," ujar dia di Jakarta, Rabu (11/7/2018).

Fadel melanjutkan, selain menyediakan rumah, Inkopkar juga berencana menyediakan bahan baku kebutuhan pokok terjangkau bagi pekerja. Lantaran, selain rumah, ketersediaan bahan  baku pokok yang terjangkau merupakan salah satu faktor yang dapat menjamin kesejahteraan pekerja.

"Kita hanya bisa mengangkat kesejahteraan kalau kita bisa menyediakan kebutuhan pekerja yang terjangkau. Kita berjuang bagaimana mendapatkan barang dengan harga yang murah," kata dia.

Inkopkar merupakan organisasi induk dari Pusat Koperasi Karyawan (Puskopkar) yang ada di 23 provinsi di Indonesia. Saat ini ada sekitar 20 juta anggota koperasi karyawan di Indonesia.

 

 

Menteri Hanif Sambut Positif

Ilustrasi Foto Property Rumah (iStockphoto)

Rencana ini pun mendapatkan sambutan baik dari Menteri Ketenagakerjaan M Hanif Dhakiri. Terlebih lagi, saat ini kebutuhan akan perumahan bagi kalangan pekerja masih sangat tinggi.‎

"Tentu ini menjadi suatu berita baik agar pekerja-pekerja juga mendapat kemudahan dalam memperoleh rumah karena ketersediaan tanah terbatas dan harga rumah yang mahal," ungkap dia.

Hanif mengatakan akan mengkoordinasikan ide Inkopkar tersebut dengan BPJS Ketenagakerjaan. Mengingat BPJS Ketenagakerjaan juga memiliki program penyediaan rumah bagi pekerja.

"Tapi memang perlu ada koordinasi antara Inkopkar ini dengan BPJS Ketenagakerjaan yang juga memiliki program penyediaan rumah bagi pekerja sehingga bisa terjalin harmonisasi di antara keduanya," ujar dia.

 

Saksikan video pilihan di bawah ini:

 

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Modus Komplotan Lintas Pulau Menggarong Nasabah Bank di Malang

Posted: 10 Jul 2018 09:31 PM PDT

Liputan6.com, Malang - Komplotan penjahat beranggotakan tujuh warga Sumatera Selatan dan Jawa Timur ini mengintai calon mangsanya sejak di bank. Mereka menguntit korban dengan kendaraan dan menggarong uangnya. Aksi kejahatan itu mengantar mereka ke dalam jeruji Polres Malang Kota.

Anggota komplotan ini antara lain, AA warga Sidoarjo, MA warga Pasuruan Jawa Timur. Selain itu, ada AI, IJ, ME, HW warga Kota Lubuk Linggau, dan AG warga Musi Rawas, Sumatera Selatan. Di antara komplotan itu, AA, AI, dan AG, sudah ditangkap Polres Kota Malang, pada 6 Juli lalu.

"Tiga orang ditangkap di Pasuruan. Anggota lainnya melarikan diri, kami masukkan daftar pencarian orang," ucap Kapolres Malang Kota, AKBP Asfuri di Malang, Selasa, 10 Juli 2018.

Komplotan ini berangkat bersama dari rumah kontrakan di Pasuruan menuju Kota Malang. Di kota ini mereka berhenti di sebuah bank. Dari tujuh anggota, dua di antaranya masuk ke dalam mencari calon korban yang mengambil uang dalam jumlah besar.

Tahu ada seseorang mengambil uang dalam jumlah besar, segera diinformasikan ciri-cirinya ke rekannya yang menunggu di luar. Adapun sang korban tak tahu nasib buruk akan menimpanya. Pada 5 Juli lalu, komplotan ini masuk ke dalam sebuah bank di Jalan Kawi.

Mereka mendapati Agus S, warga Jalan Danau Matana, Sawojajar, Kota Malang, mengambil uang tunai Rp 100 juta. Korban keluar bank dengan membawa segepok duit dan menaruhnya dalam jok sepeda motor. Sepanjang perjalanan tak paham jika di belakangnya dibuntuti komplotan itu.

"Begitu korban tiba dan masuk ke rumah sebentar, jok motor langsung dicukit oleh dua pelaku. Pelaku lainnya berjaga. Korban lapor ke kami setelah tahu uangnya hilang," ujar Kepala Polres Malang Kota.

Saksikan video modus komplotan lintas pulau menggarong nasabah bank berikut ini:

Modus Pecah Ban

Penggarong uang nasabah bank di Kota Malang ditembak polisi. (Liputan6.com/Zainul Arifin)

Petugas Polres Malang Kota bergerak setelah ada laporan tersebut. Sehari kemudian, tiga pelaku ditangkap dengan timah panas menembus kakinya. Ketiganya mengaku sebelumnya sudah dua kali menggarong warga yang baru mengambil uang di bank di wilayah Kota Malang.

Lokasi kejadiannya antara lain di Rumah Makan Padang Jalan Danau Maninjau dan Depo Bangunan Jalan Soekarno–Hatta. Uang yang dibawa kabur para pelaku dari dua korban berbeda itu masing-masing Rp 200 juta dan Rp 100 juta.

Dua aksi itu dilakukan pada April dan Juni 2018. Modusnya pun sama, mengintai mereka sejak di dalam bank dan menguntit saat keluar bank. Kemudian menggembosi ban mobil kendaraan para korbannya dengan paku yang sudah disiapkan.

"Begitu lengah, uang segera disikat. Ini modus pecah ban. Di antara para pelaku saling berbagi tugas," ujar Adsfuri.

Kepolisian masih mendalami kasus ini. Tak menutup kemungkinan, kejahatan dengan modus pecah ban ini sudah sering mereka lakukan. Lokasi kejadian juga tak hanya di wilayah Kota Malang. Anggota komplotan ini melakukan kejahatan lintas pulau.

Pencurian uang dari warga yang baru saja mengambil uang dari bank ini pernah marak terjadi di Kota Malang pada 2016 dan 2017. Saat itu, memecahkan kaca mobil jadi modus yang paling sering terjadi. Kepolisian pernah menembak mati pelaku kejahatan ini pada 2017 silam.

"Saya ingatkan pada siapa saja. Polisi akan menindak tegas, bila perlu menembak pelaku kejahatan jalanan," ucap Asfuri.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Live Streaming Indosiar Bhayangkara Vs Persebaya di Liga 1

Posted: 10 Jul 2018 09:30 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Laga seru bakal berlangsung di Stadion PTIK, Jakarta. Bhayangkara FC akan menjamu Persebaya Surabaya pada pekan ke-15 Gojek Liga 1 bersama Bukalapak.

Dalam jadwal Liga 1 hari ini, duel Bhayangkara FC kontra Persebaya Surabaya bisa disaksikan secara langsung dan eksklusif di Indosiar mulai pukul 15.30 WIB.

Duel ini menjanjikan pertandingan sengit. Hal ini terkait dengan problem dualisme yang pernah menerpa di antara keduanya. Bhayangkara FC pernah memakai nama 'Persebaya' untuk berkompetisi, sementara Persebaya justru tidak diakui sebagai anggota PSSI.

Saat ini, keduanya telah berkompetisi dengan nama dan tim yang berbeda. Selain dualisme, ini juga merupakan pertemuan antara dua tim dengan status sebagai juara Liga Indonesia.

Bhayangkara FC berstatus sebagai juara bertahan Liga 1 atas raihannya musim lalu. Sedangkan Persebaya, tim promosi yang berhasil menjuarai Liga 2 2017.

Dapatkan Live Streaming Indosiar Bhayangkara Vs Persebaya yang dimulai pukul 15.30 WIB pada halaman selanjutnya.

Link Live Streaming

Untuk link Live Streaming Indosiar Bhayangkara Vs Persebaya silakan klik di sini...

Prakiraan Susunan Pemain

Bhayangkara FC (4-2-3-1): Awan Setho (kiper); Putu Gede, Vladimir Vujovic, Jajang Mulyana, Alsan Sanda (belakang); Hargianto, Lee Yu-joon, Paulo Sergio, Wahyu Subo Seto, Vendry Mofu (tengah); Herman Dzumafo (depan)

Pelatih: Simon McMenemy

Persebaya Surabaya (4-3-3): Miswar Saputra (kiper); Abu Rizal Maulana, Otavio Dutra, M. Syaifuddin, Andri Muliadi,(belakang); M. Hidayat, Misbakus Solikin, Robertino Pugliara (tengah); Oktafianus Fernando, David da Silva, Irfan Jaya (depan)

Pelatih: Angel Alfredo Vera

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

[Tanya BPJS Kesehatan] Peserta JKN-KIS Bolehkah Naik Kelas Saat Dirawat di RS?

Posted: 10 Jul 2018 09:30 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Pertanyaan:

Bolehkan pasien JKN-KIS naik kelas perawatan saat mendapatkan pelayanan di rumah sakit?

 

Jawaban:

Peserta JKN-KIS bisa meningkatkan kelas perawatan atas permintaan sendiri saat memperoleh pelayanan di Fasilitas Kesehatan Rujukan Tingkat Lanjutan (FKRTL)yang bekerja sama dengan BPJS Kesehatan. Ketentuan ini hanya berlaku bagi peserta JKN-KIS Kategori non-Penerima Bantuan Iuran (non-PBI), yaitu peserta Pekerja Penerima Upah (PPU), Peserta Pekerja Bukan Penerima Upah (PBPU) atau peserta mandiri, serta peserta Bukan Pekerja (BP).

Ketentuan di atas tercantum dalam Peraturan Menteri Kesehatan Nomor 28 Tahun 2014.

Pasien JKN-KIS yang naik kelas rawat atas permintaan sendiri hanya diperbolehkan naik kelas perawatan sebanyak satu kali dalam satu episode perawatan. Sesuai dengan Peraturan Menteri Kesehatan Nomor 4 Tahun 2017, peserta JKN-KIS yang naik kelas rawat inap diwajibkan membayar selisih biaya antara tarif INA CBG's di kelasnya saat ini dengan tarif INA CBG's di kelas yang dikehendaki.

Jika ada peserta kelas III yang akan naik kelas rawat inap di kelas II, maka ia harus membayar selisih biaya antara tarif INA CBG's kelas II dengan kelas III. Apabila ia ingin naik ke kelas I, maka ia harus membayar selisih biaya antara tarif INA CBG'skelas III dan kelas I.

Jika peserta kelas III tersebut naik ke kelas VIP, maka harus membayar selisih biaya antara tarif INA CBG's kelas I dengan kelas III ditambah paling banyak 75 persen dari tarif INA CBG's kelas I.

Kesimpulannya, naik kelas perawatan diperbolehkan, asal peserta JKN-KIS bersedia menanggung selisih biaya sesuai dengan ketentuan yang berlaku. Meski demikian, agar terhindar dari penarikan biaya tambahan dari fasilitas kesehatan mitra BPJS Kesehatan, kami menyarankan peserta JKN-KIS untuk memanfaatkan masing-masing hak kelas perawatannya.

 

Salam,

 

Humas BPJS Kesehatan Kantor Pusat

 

 

Program Tanya BPJS Kesehatan tayang setiap Rabu pukul 11.30 berisi pertanyaan yang paling sering dilontarkan masyarakat lewat aneka media BPJS Kesehatan. Jawaban dari pertanyaan yang dilontarkan diberikan oleh Humas BPJS Kesehatan Kantor Pusat.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Sebelum Lamar Hailey Baldwin, Justin Bieber Minta Restu Calon Mertua

Posted: 10 Jul 2018 09:30 PM PDT

Liputan6.com, Los Angeles - Meski dikenal sebagai anak muda yang kerap membuat kontroversi, Justin Bieber ternyata masih tahu tata krama. Lihat saja, sebelum melamar Hailey Baldwin, Justin Bieber menyempatkan diri untuk meminta restu dari calon mertuanya, aktor Stephen Baldwin.

Dilansir dari E! News, Rabu (11/7/2018), hal ini diungkapkan oleh salah satu sumber yang dekat dengan pasangan ini.

Lantas, bagaimana reaksi sang calon mertua setelah mengetahui maksud Justin Bieber untuk melamar putrinya?

"Dia sangat berbahagia dalam memberikan restunya," tutur sumber tersebut.

Peran Penting Stephen Baldwin

Stephen Baldwin. (JASON KEMPIN / GETTY IMAGES NORTH AMERICA / AFP)

Stephen Baldwin memang memiliki peran penting dalam hubungan Justin Bieber dan Hailey Baldwin.

Ia yang memperkenalkan Justin Bieber pada putrinya saat masih remaja dulu. Justin, Hailey, dan Stephen, juga pernah berfoto bersama dalam karpet merah premier film Never Say Never pada 2011 silam.

Wanita yang Tepat

Hailey Baldwin - Justin Bieber (instagram/haileybaldwin)

Seperti telah diberitakan sebelumnya, Justin Bieber melamar Hailey Baldwin pada 7 Juli lalu. Ia juga telah mengonfirmasi hal ini lewat media sosial miliknya.

"Kamu adalah cinta dalam hidupku Hailey Baldwin dan aku tak mau menghabiskannya bersama orang lain. Kamu membuatku menjadi orang yang lebih baik dan kita saling melengkapi!!!" tulisnya.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Top 3 Tekno: Manusia Purba Bakal Dibangkitkan Lagi Paling Hits

Posted: 10 Jul 2018 09:30 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Artikel tentang sekelompok ilmuwan menciptakan robot dari sel induk manusia purba Neanderthal jadi sorotan para pembaca di kanal Tekno Liputan6.com.

Informasi lain yang juga menjadi sorotan datang dari daftar harga terbaru dan termurah laptop Asus, dan Nokia X5 debut 11 Juli 2018.

Lebih lengkapnya, simak tiga berita terpopuler di kanal berikut ini.

1. Ilmuwan Bakal Bangkitkan Manusia Purba dengan Cara Ini

....

Sekelompok ilmuwan dilaporkan baru saja menciptakan robot dengan konsep yang unik.

Robot tersebut diciptakan dengan sel induk dari manusia purba Neanderthal. Nantinya, sel induk manusia purba itu akan 'hidup' di dalam otak robot ini.

Dilansir Science Magazine pada Selasa (10/7/2018), ilmuwan University of California San Diego School of Medicine (UCSD) itu memanfaatkan alat penyunting gen bernama CRISPR dan organ buatan untuk menciptakan sel induk.

Baca selengkapnya di sini

 

2. Harga Laptop Asus Terbaru dan Termurah 2018, mulai ROG hingga Vivobook

Asus kembali menghadirkan tiga laptop gaming premium terbaru, Asus ROG GL552JX, ROG G501JW dan ROG G751JY.

Salah satu kebutuhan yang seakan wajib dipenuhi oleh masyarakat modern adalah laptop. Tanpa komputer lipat ini, berbagai pekerjaan, tugas kuliah, bahkan konten-konten hiburan tak akan semudah itu bisa kita kerjakan dan nikmati.

Salah satu nama top di industri laptop adalah Asus. Perusahaan teknologi yang bermarkas di Taipei, Taiwan ini, adalah salah satu produsen komputer terbesar di dunia, bertarung dengan nama-nama seperti HP, Lenovo, Dell, Apple, serta Acer.

Di aspek laptop, Asus tersohor dalam memproduksi Chromebook yakni notepad murah yang berjalan di Chrome OS, lalu Vivobook yang merupakan lini laptop terjangkau, serta ROG yang merupakan laptop gaming papan atas.

Baca selengkapnya di sini

3. Nokia X5 Bakal Debut 11 Juli?

Jajaran smartphone Nokia (Foto: screenshot)

HMD Global dilaporkan akan mengumumkan smartphone baru pada pekan ini. Smartphone bernama Nokia X5 tersebut akan diumumkan pada 11 Juli 2018.

Dilansir Phone Arena, Selasa (10/7/2018), Nokia X5 disebut akan menjadi varian lain dari X6 yang telah terlebih dahulu diumumkan. Nokia X6 tersedia eksklusif untuk Tiongkok, sedangkan X5 nantinya bakal dirilis ke berbagai negara.

Nokia X5 merupakan handset kelas menengah, sehingga harganya akan cukup terjangkau. Materi iklan mengenai smartphone tersebut juga telah muncul di Tiongkok. Namun pada iklan itu, tidak dicantumkan nama seri Nokia X yang akan diumumkan.

Baca selengkapnya di sini

(Ysl/Isk)

Saksikan Video Pilihan Berikut Ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

VIDEO: Unggah Kalimat Ini, Nikita Mirzani Hijrah?

Posted: 10 Jul 2018 09:30 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Mengunggah kalimat untaian doa dan tak pamer aktivitasnya di medsos, Nikita Mirzani disebut-sebut menuju hijrah oleh warganet.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

KPU: 8 Daerah Berpotensi Gugat Hasil Pilkada 2018 ke MK

Posted: 10 Jul 2018 09:27 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Ketua Komisi Pemilihan Umum (KPU) Arief Budiman, mengatakan, ada sebanyak 8 daerah yang berpotensi menggugat hasil Pilkada 2018 ke Mahkamah Konstitusi (MK).

"Sampai dengan tadi sore, data 8 daerah yang saya sebutkan masuk ambang batas 0,5 sampai 2 persen," ucap Arief di kantornya, Jakarta, Selasa (10/7/2018).

Dia menuturkan, adapun daerah tersebut, yaitu Maluku Utara untuk pemilihan Gubernur. Sementara untuk tingkat Bupati/Walikota di antaranya Kota Cirebon, Kota Tegal. Kemudian Kabupaten Sampang, Kabupaten Nagekeo.

"Kabupaten Bolaang Mongondow, Kabupaten Deiyai, serta Kabupaten Timor Tengah Selatan," jelas Arief.

Dia menuturkan, penetapan daerah yang tidak ada sengketa Pilkada di MK, akan dilakukan setelah kepastian dan konfirmasi dari MK, bahwa memang daerah tersebut tak ada gugatan.

"Sedangkan bagi daerah yang ada sengketa di MK, penetapan dilakukan setelah adanya putusan MK," ujar Arief.

Dia pun menuturkan, sampai hari ini, telah diajukan permohonan Perselisihan Hasil Pemilihan (PHP) ke MK sebanyak 29 permohonan. Meski demikian, nomor perkara akan diberikan oleh MK setelah dicatat dalam buku register perkara konstitusi (BRFK).

Saksikan video pilihan di bawah ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Komisoner KPU Temui Jokowi di Istana

Posted: 10 Jul 2018 09:24 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Seluruh komisioner Komisi Pemilihan Umum (KPU) menyambangi Istana Negara. Mereka akan melakukan pertemuan langsung dengan Presiden Joko Widodo atau Jokowi.

"Ya. Betul (ke Istana hari ini)," ujar Komisioner KPU Ilham Saputra, Rabu (11/7/2018).

Menurut dia, agenda KPU bertemu dengan Jokowi untuk melapor terkait apa yang telah dan akan dikerjakan. Seperti Pilkada 2018 yang telah digelar dan Pemilu 2019 yang akan datang. 

"Melapor saja. Beberapa hal yang sudah kami kerjakan dan akan kami kerjakan," ucap Ilham.

[vidio:KPU tetapkan Capres-Cawapres]()

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Ronaldo Gabung Juventus, Del Piero Berbunga-bunga

Posted: 10 Jul 2018 09:21 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Kepindahan Cristiano Ronaldo dari Real Madrid ke Juventus mendapatkan sambutan positif serta meriah dari para penggemar dan juga sosok-sosok berpengaruh lainnya. Legenda Bianconeri, Alessandro Del Piero, sangat bahagia dengan transfer ini.

Proses transfer Ronaldo dipastikan rampung dengan pernyataan resmi dari Real Madrid pada malam tadi. Untuk mendapatkan jasa pemain Portugal itu, Juventus harus mengeluarkan dana sebesar 100 juta euro yang dibayar selama dua musim.

Walaupun kepindahannya sudah tercium sejak beberapa hari yang lalu, kabar tersebut tetap disambut dengan antusias oleh para penggemar di seluruh dunia. Beberapa sosok berpengaruh bahkan turut memberikan komentarnya.

Salah satu dari sekian sosok yang berbicara ke depan publik adalah Del Piero. Mantan kapten sekaligus legenda Juventus itu tak bisa menyembunyikan kebahagiaannya saat mendengar kabar bergabungnya Ronaldo dengan bekas klubnya.

"Ini bagus untuk Juventus dan sepak bola Italia. Saya pikir ini akan meningkatkan level kompetisi di Italia dan juga menambah keinginan untuk mengalahkan Juve yang telah memenangi tujuh gelar berturut-turut," ujar Del Piero kepada Sky Sport Italia.

"Dan hari ini, orang-orang di seluruh dunia membicarakan Juventus, Turin, dan Italia yang telah lama tak terjadi dalam beberapa tahun terakhir," katanya.

 

Pandangan Del Piero

Del Piero pun memberikan gambaran mengenai kualitas Juventus dari pandangannya. Menurut dia, pria berumur 33 tahun tersebut memiliki teknik olah bola yang apik serta kemampuan mencetak gol yang hebat.

"Dia adalah pemain yang bisa mencetak gol dari berbagai sudut dan punya teknik yang hebat," katanya.

"Saya pikir dia akan membawa keinginan yang besar untuk menang. Rasa lapar yang ia miliki, cara dirinya ingin menjadi yang terbaik, adalah sesuatu yang membawanya terus ke depan," pungkasnya.

Ronaldo merupakan salah satu pemain terbaik di dunia yang telah meraih berbagai prestasi di Real Madrid. Pada bulan Mei lalu, ia turut membantu Los Merengues menang atas Liverpool di final Liga Champions dan meraih trofi yang ketiga berturut-turut.

Sumber: bola.net

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Sambil Menangis, Nikita Mirzani Ungkap Titik Balik Hijrahnya

Posted: 10 Jul 2018 09:20 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Nikita Mirzani telah menjemput hidayahnya. Artis yang dikenal memiliki kesan seksi ini sudah memutuskan untuk mengenakan hijab. Ia bertekad menjalani kewajibannya sebagai muslimah.

Nikita Mirzani tampil dengan hijab pertama kali melalui sebuah acara talk show yang dipandunya, Rabu (11/7/2018). Dalam kesempatan itu, ia bercerita tentang titik awal dari proses hijrahnya.

"Apalagi hidup ini yang Niki cari, semua Allah permudah. Rezeki Allah kasih, anak Allah kasih, semua kalau Niki mau apa dipermudah juga, gampang. Terus Niki berpikir, apa yang kurang dalam hidup ini," ucap Nikita Mirzani dalam acara talk show tersebut.

"Oh, iya, kebahagiaan dan ketenangan di jalan Allah yang Niki belum pernah rasakan. Ketika Niki memutuskan berhijrah, di situ Niki merasa seperti lahir kembali. Niki tenang banget," katanya sembari menangis.

Di hari pertama saat memutuskan berhijrah, kedua orangtua Nikita Mirzani yang sudah meninggal dunia, hadir dalam mimpi. Mereka seolah bahagia melihat perubahan anaknya ke jalan yang baik.

Mendiang Orangtua

Nikita Mirzani (Nurwahyunan/bintang.com)

"Sejak awal Mama sudah meninggal, Papa juga sudah meninggal, baru kemarin orangtua Niki datang di mimpi. Mereka senyum ke Niki dan di mimpi itu mereka bertemu dengan Niki yang sudah menggunakan hijab," ia menuturkan.

Jemput Hidayah

(Adrian Putra/Bintang.com)

Mimpi tersebut membuatnya semakin yakin bahwa sudah saatnya ia menjemput hidayah. "Jadi kalau kita enggak pernah jemput hidayah itu, hidayah itu enggak pernah datang," ia menandaskan.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Kisruh Sistem Zonasi di PPBD, Ridwan Kamil: Semua Sekolah di Bandung Sama Saja

Posted: 10 Jul 2018 09:19 PM PDT

Fokus, Bandung - Dipicu kekecewaan sistem Penerimaan Peserta Didik Baru atau (PPDB) puluhan orangtua calon siswa di Bandung, Jawa Barat, mendatangi Kantor Dinas Pendidikan Kota Bandung. Mereka datang untuk mempertanyakan nasib anak mereka yang dinilai menjadi korban sistem zonasi.

Seperti ditayangkan Fokus Indosiar, Rabu (7/11/2018), menanggapi protes orangtua siswa, Wali Kota Bandung, Ridwan Kamil, mengimbau agar para orangtua dan siswa tidak khawatir dengan sistem yang diterapkan zonasi, karena kualitas sekolah di Kota Bandung sudah merata.

Pemkot Bandung akan bertindak tegas terhadap kepala sekolah ataupun pihak pihak terkait yang melakukan pelanggaran dalam PPDB tersebut.

Jika ditemukan pelanggaran, sanksinya diberhentikan hingga dipidanakan. (Galuh Garmabrata)

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Sepekan, 490 Pengendara Motor Bandel Kena Tilang di JLNT Kasablanka

Posted: 10 Jul 2018 09:17 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Pesepeda motor masih banyak yang tidak menggubris larangan melintas di Jalan Layang Non Tol atau JLNT Kasablanka. Dirazia selama sepekan, sebanyak 490 pengendar roda dua bandel kena tilang petugas.

Dirlantas Polda Metro Jaya Kombes Yusuf menyampaikan, pihaknya melakukan operasi penertiban berlalu lintas di JLNT Kasablanka sejak 30 Juni sampai dengan 7 Juli 2018.

"Tidak ada toleransi lagi. Saya tegaskan diberi tindakan yang tegas untuk pelanggar," tutur Yusuf saat dikonfirmasi, Rabu (11/7/2018).

Yusuf kemudian ikut langsung memantau pada Selasa 10 Juli 2018. Menurutnya, pengendara motor nekat menggunakan JLNT Kasablanka dengan melihat kondisi penjagaan oleh petugas.

"Ini demi keselamatan untuk para pengendara motor. Jangan karena tidak ada polisi, terobos JLNT Kasablanka," jelas Yusuf.

Polisi Disiagakan

Kasubdit Bin Gakkum Ditlantas Polda Metro Jaya AKBP Budiyanto menambahkan, polantas sudah selalu disiagakan di JLNT Kasablanka.

"Dari 490 pengendara motor yang ditilang, kami menyita 336 SIM dan 154 STNK," kata Budiyanto.

Berdasarkan Undang-Undang Lalu Lintas Pasal 287 ayat 1 dan 2, setiap pengemudi kendaraan bermotor yang melanggar isyarat rambu lalu lintas, dapat dipidana dengan kurungan penjara paling lama dua bulan atau denda maksimal Rp 500 ribu.

 

Saksikan video pilihan di bawah ini:

Ulah para pemotor nekat yang melintas di Jalan Layang Non Tol Casablanca (JLNT) beberapa hari terakhir menjadi sorotan.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Bea Masuk RI ke Amerika Terancam Dicabut, Darmin Kumpulkan Para Menteri

Posted: 10 Jul 2018 09:15 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Menteri Koordinator bidang Perekonomian Darmin Nasution mengundang sejumlah menteri untuk membahas antisipasi evaluasi Amerika Serikat terhadap fasilitas generalized system of preferences (GSP) Indonesia. GSP adalah negara yang mendapat fasilitas keringanan bea masuk impor dari negara maju.

Rapat koordinasi ini dihadiri Kepala Badan Koordinasi Penanaman Modal (BKPM) Thomas Lembong dan Menteri Perdagangan Enggartiasto Lukita.

"Ya kita sedang menyiapkan ya, tentu saja GSP itu fasilitas yang diberikan AS ke sejumlah negara termasuk Indonesia. Fasilitasnya itu kita bisa mengekspor barang kesana dengan bea masuk rendah," ujar Menko Darmin di Kantornya, Jakarta, Rabu (11/7).

Menko Darmin mengatakan, Amerika Serikat menganggap Indonesia sebagai salah satu negara yang menyebabkan neraca perdagangan negara tersebut defisit. Selain Indonesia, dalam daftar Amerika Serikat ada juga Brazil dan Kazakhstan.

"Sekarang AS menganggap Indonesia itu masuk sebagai negara yang membuat dia defisit besar. Kita nomor 16 apa. Dia mau review, ada Brazil, Kazakhstan. Ini fasilitas dia. Kita lakukan meyakinkan dia. Tapi tentu saja yang putuskan dia. Kita tentu jadi lebih mahal barang-barangnya," jelasnya.

Pemerintah hingga kini telah berkomunikasi dengan pemerintah Amerika Serikat. Rencananya pemerintah juga akan mengirim tim negosiasi pada Akhir Juli mendatang.

"Sudah ada komunikasi. Pagi ini kita mau rapat untuk siapkan bahan-bahan Menteri Perdagangan bertemu dengan Menteri Perdagangan sana. Enggak lama juga paling akhir bulan ini," tandasnya.

Sebelumnya, Mantan Menteri Perdagangan Mari Elka Pangestu mengatakan, Indonesia berpotensi kehilangan nilai ekspor sebesar USD 1,8 miliar apabila perlakuan GSP terhadap 124 produk Indonesia ke Amerika Serikat dicabut. Generalized Sisytem of Preference (GSP) yaitu negara yang mendapat fasilitas keringanan bea masuk dari negara maju untuk produk-produk ekspor negara berkembang dan miskin.

"Dan pembaruan fasilitas GSP kalau saya tidak salah sekutar USD 1,8 miliar dari total ekspor kita ke AS. Sekarang sekitar USD 19 miliar ya. Sekitar 10 persen dari ekspor kita itu mendapat fasilitas GSP biaya yang lebih rendah," ujar Mari saat ditemui di Hotel Ritz Carlton, Jakarta, Selasa (10/7).

Reporter: Anggun P. Situmorang

Sumber: Merdeka.com

RI Lobi AS untuk Tetap Dapat Fasilitas Impor

Aktivitas bongkar muat barang ekspor impor di Pelabuhan Tanjung Priok, Jakarta, Senin (17/7). Badan Pusat Statistik (BPS) melaporkan kinerja ekspor dan impor Indonesia mengalami susut signifikan di Juni 2017. (Liputan6.com/Angga Yuniar)

Indonesia perlahan mulai terseret ke dalam arus perang dagang antara Amerika Serikat (AS) dan China. Ini setelah Negeri Paman Sam memutuskan untuk mengevaluasi 124 produk Tanah Air yang menjadi komoditas ekspor andalan Indonesia.

Menyikapi situasi tersebut, pemerintah melalui Kementerian Perdagangan (Kemendag) terus berupaya untuk bernegosiasi dengan AS, agar Indonesia tetap berstatus sebagai negara yang diberikan manfaat pemotongan bea masuk impor melalui program Generalized System of Preference (GSP).

Direktur Jenderal Perdagangan Luar Negeri Kemendag Oke Nurwan mengatakan, selain akan mengirimkan tim negosiator yang berangkat ke AS pada akhir Juli, pihaknya pun sudah menyampaikan surat yang menekankan bahwa Indonesia masih berhak untuk mendapat fasilitas laiknya negara GSP.

"Secara surat menyurat sudah kita sampaikan, dan tanggal 17 (Juli) kita submit lagi. Yang pertama harus kita submit lagi itu bahwa kita masih dinyatakan sebagai negara yang eligible untuk GSP," ujar dia di Jakarta, seperti dikutip Selasa (10/7/2018).

Namun begitu, ia menambahkan, isi surat tersebut belum menyinggung terkait 124 produk Tanah Air yang kini tengah dikaji Pemerintah AS untuk memastikan apakah Indonesia masih pantas menerima manfaat dari fasilitas GSP.

Terkait penetapan suatu negara berkembang masih laik memperoleh status GSP, Oke menjelaskan, negara maju rutin mengkaji hal itu setiap tahunnya.

"Itu ada kriteria yang harus disampaikan, bahwa Indonesia itu masih eligible untuk menerima GSP. Setelah itu baru kita berunding, yang mana saja. Karena kan ada batasannya, kriteria," terang dia.

Adapun kriteria tersebut, ia melanjutkan, terbilang banyak dan variatif pada tiap-tiap negara maju yang membuka diri untuk mau memberikan bantuan dan fasilitas GSP kepada negara berkembang.

"Tetapi kita menyampaikan bahwa dari kriteria tersebut kita masih eligible. Kita yang harus datang ke sana (AS) untuk menyampaikan," Oke menukaskan.

 

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Kapten Real Madrid Melepas Kepergian Ronaldo ke Juventus

Posted: 10 Jul 2018 09:15 PM PDT

Liputan6.com, Madrid - Kapten Real Madrid, Sergio Ramos sudah rela melepas kepergian Cristiano Ronaldo yang hengkang ke Juventus. Ramos mendoakan kesuksesan pemain timnas Portugal itu bersama Si Nyonya Tua.

Si Nyonya Tua dikabarkan merogoh kocek sebesar 105 juta pound sterling (Rp 1,9 triliun) untuk memboyong Ronaldo dari Real Madrid. Ronaldo pun menyepakati kontrak berdurasi empat tahun bersama Juventus.

Selama sembilan tahun bersama Real Madrid, Ramos memiliki kenangan manis bersama Ronaldo. Terlebih lagi, keduanya memenangi empat gelar Liga Champions, tiga di antaranya secara beruntun.

"Cristiano, gol Anda, angka-angka Anda, semua yang kita menangkan secara bersama-sama telah membuat certia sendiri," kata Ramos, di akun Instagram pribadinya.

Cristiano Ronaldo merupakan merupakan pencetak gol terbanyak sepanjang sejarah Real Madrid. Pemain berusia 33 tahun berhasil mencetak 450 gol selama sembilan musim berseragam Los Merengues.

"Anda sudah mendapatkan tempat khusus dalam sejarah Real Madrid. Sebagai Madridistas, kami selalu mengingat Anda. Senang bisa bermain bersama Anda. Semoga berhasil (di Juventus)," tulis bek asal Spanyol tersebut.

Harga Ronaldo

Jersey Juventus dengan nama dan nomor punggung Cristiano Ronaldo sudah dijual. (Dok. Daily Mail).

Berdasarkan laporan jurnalis senior Sky Sport, Ronaldo sepakat menandatangani kontrak berdurasi empat musim atau sampai 30 Juni 2022 bersama Juventus. Selain itu, dia juga akan menerima gaji hingga 30 juta euro (Rp 504 miliar) per musim dari I Bianconeri.

Juventus dikabarkan merogoh kocek 105 juta pounds (Rp 1,9 triliun) untuk memboyong eks pemain Manchester United tersebut ke Turin.

"Berdasarkan permintaan dari Cristiano Ronaldo, Real Madrid sepakat untuk melepasnya ke Juventus. Hari ini, kami ingin menyampaikan rasa terima kasih kepada Ronaldo yang telah menorehkan sejarah hebat bersama klub kami dan dunia," demikian pernyataan Real Madrid.

 

Fakta Menarik Ronaldo

Berikut lima fakta menarik Ronaldo gabung Juventus:

1. Dari 915 laga sepanjang karier profesionalnya, Ronaldo mencetak rata-rata 0,7 gol per pertandingan. Dari 915 laga tersebut, Ronaldo mencetak 658 gol.

2. Ronaldo mencetak gol paling banyak (152 gol) di antara menit ke-75 sampai menit ke-90 dalam setiap pertandingan.

3. Ronaldo menciptakan gol paling banyak pada musim 2011-2012. Ketika itu, kapten timnas Portugal mengemas 69 gol di semua kompetisi.

4. Ronaldo merupakan pemain paling produktif sepanjang sejarah Real Madrid. Selama sembilan musim, bomber berusia 33 tahun berhasil menjaringkan 450 gol.

5. Juventus berharap kedatangan Ronaldo bisa mengubah peruntungan mereka di Liga Champions sejak terakhir kali meraih gelar tahun 1996. Ronaldo merupakan pencetak gol terbanyak sepanjang sejarah Liga Champions dengan torehan 120 gol.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Hindari 6 Kebiasaan Buruk yang Dapat Menghambat Karier Anda

Posted: 10 Jul 2018 09:15 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Masing-masing orang memiliki kebiasaan buruk. Terkadang, Anda tidak sadar bahwa kebiasaan tersebut dapat berakibat buruk pada karier dan pekerjaan. Mulai dari hubungan dengan atasan hingga rekan kerja.

Untuk itu Anda perlu memperhatikan kebiasaan buruk ini agar tidak berlarut-larut. Seperti dilansir dari situs Forbes, Rabu (11/7/2018) berikut ini 6 kebiasaan buruk yang dapat menghancurkan karier Anda.

1. Mengkritik Atasan

Mengkritik dalam kondisi yang diperlukan dan memberikan solusi mungkin saja akan sangat berguna dalam pekerjaan Anda. Namun jika Anda tidak yakin dan disampaikan kepada atasan, hal ini dapat sangat membahayakan karier Anda.

2. Tidak Dapat Melakukan Hal Baru

Menempatkan diri sebagai orang yang tidak mengerti apa-apa, atau tidak dapat melakukan hal baru yang ditawarkan atasan, hanya akan membuat karier Anda sulit berkembang. Anda tidak dapat memberikan target kepada diri sendiri. Sehingga kemampuan dan karier yang dimiliki tidak berkembang.

 

Kebiasaan yang menghancurkan karier

Berikut enam kebiasaan buruk yang bisa menghancurkan karier Anda. (Foto: iStockphoto)

3. Menyalahkan Orang Lain

Menyalahkan orang lain dalam pekerjaan adalah sebuah tindakan yang akan memperlihatkan bahwa Anda tidak memiliki keterampilan. Jadi jangan pernah menyalahkan orang lain atas kesalahan yang telah Anda perbuat. Cobalah untuk bertanggungjawab sehingga Anda profesional dalam bekerja.

4. Mengeluh

Pengeluh biasanya akan fokus pada masalah bukan pada solusi dan jalan keluar. Daripada Anda mengeluhkan masalah, lebih baik Anda memikirkan solusi yang baik bagaimana menyelesaikan masalah tersebut.

 

Kebiasaan yang menghancurkan karier

Berikut enam kebiasaan buruk yang bisa menghancurkan karier Anda. (Foto: iStockphoto)

7. Menunda Pekerjaan

Bekerja menunggu deadline hanya akan menghancurkan karier Anda. Jika Anda memiliki waktu luang saat ini, lebih baik selesaikan pada saat yang sama. Hal ini membuat Anda akan semakin disiplin dalam bekerja. 

8. Membenci Pekerjaan Saat Ini

Ini adalah hal yang paling fatal dalam pekerjaan. Jika Anda telah membenci pekerjaan yang tengah dilakukan, Anda tidak akan fokus mengerjakan apapun. Karier Anda akan berantakan dan Anda terancam kehilangan pekerjaan saat ini.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Kasus Kebakaran Gedung Kemenhub Dilimpahkan ke Polda Metro Jaya

Posted: 10 Jul 2018 09:11 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Kasus kebakaran Gedung Kementerian Perhubungan (Kemenhub) dilimpahkan ke Subdit Keamanan Negara (Kamneg) Ditreskrimum Polda Metro Jaya. Dalam kasus ini, tiga orang meninggal dunia karena menghirup asap kebakaran.

"Sudah kami limpahkan ke Polda," tutur Kapolres Metro Jakarta Pusat Kombes Roma Hutajulu saat dikonfirmasi, Rabu (11/7/2018).

Roma menyebut, pelimpahan dilakukan pada Selasa 10 Juli 2018. Hanya saja, dia enggan merinci alasan pengalihan penanganan perkara kebakaran tersebut.

"Ke Polda penanganan kasusnya," jelas Roma.

Kabid Humas Polda Metro Jaya Kombes Raden Prabowo Argo Yuwono mengatakan, pihaknya masih menyelidiki unsur pidana atas peristiwa kebakaran Gedung Kemenhub di Jalan Medan Merdeka Barat, Jakarta Pusat itu.

"Kita belum dapat informasi hasil dari labfor. Jadi kita nunggu saja," ujar Argo.

 

Akibat Korsleting Listrik

Kebakaran terjadi di Gedung Kemenhub pada Minggu 8 Juli 2018 pagi. Sumber api diduga berasal dari korsleting listrik di ruangan CCTV lantai P1.

Tiga orang tewas dalam peristiwa tersebut. Mereka diduga kehabisan oksigen akibat kepulan asap pekat yang memenuhi gedung saat kebakaran terjadi.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Gambarkan Sejarah untuk Milenial, Stadhuis Schandaal Pakai Teknologi CGI

Posted: 10 Jul 2018 09:10 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Kemampuan Adisurya Abdy sebagai sutradara, kembali terlihat melalui film terbarunya, Stadhuis Schandaal. Film ini akan berbeda dari karya Adisurya Abdy sebelumnya karena kali ini ia memanfaatkan teknologi CGI (Computer Generated Imagery).

Meskipun beberapa film Indonesia sempat menggunakan teknologi CGI, Stadhuis Schandaal tetap menjadi terobosan baru. Pasalnya ini menjadi yang pertama film Indonesia bertema sejarah menggunakan teknologi itu.

Adisurya Abdy turut mengakui bahwa penggunaan teknologi CGI di Stadhuis Schandaal sangat membantu agar film tersebut bisa dinikmati oleh penonton generasi masa kini alias kaum milenial.

"Di produksi film saya berjudul Stadhuis Schandaal, saya berusaha maksimal baik dari unsur cerita dan teknologi. Karena hasrat dan selera penonton terus berubah. Ketika film memasuki zaman milenial, kami juga hadir di era kekinian," kata Adisurya Abdy ditemui pewarta di Gedung Pusat Perfilman Haji Usmar Ismail (PPHUI), Jakarta Selatan, Senin (9/7/2018).

Pendekatan Masa Kini

Film Stadhuis Schandaal yang disutradarai Adisurya Abdy. (Istimewa)

Stadhuis Schandaal mengangkat nilai sejarah dengan pendekatan masa kini yang dibuat dengan cara modern. Menurut Adisurya Abdy, cara ini juga bisa membantu para penonton dari generasi milenial bisa mengerti sejarah.

"Kelemahan film kita adalah mengangkat kisah nyata sejarah tapi tidak dalam wujud kekinian, dalam artian memakai format pendekatan hiburan dan pop," kata Adisurya memperkuat filmnya.

"Kalau kita bicara sejarah tempo dulu, maka mereka tidak paham. Filmlah yang memiliki ruang dan alat untuk memberi tahu mereka, apa dan siapa yang pernah terjadi di negeri ini. Caranya ikuti selera milenial," lanjutnya.

Sinopsis

Film Stadhuis Schandaal yang disutradarai Adisurya Abdy. (Istimewa)

Film Stadhuis Schandaal mengisahkan tentang Fei (Amanda Rigby), seorang mahasiswi Ilmu Budaya Universitas Indonesia yang sedang mengerjakan tugas kampus mengenai The Old Batavia.

Saat mencari bahan dan riset di kawasan Kota Tua Jakarta, ia merasa diperhatikan seorang gadis keturunan Belanda dan Jepang yang kemudian dikenal sebagai Saartje Specx alias Sarah (Tara Adia).

Sarah kemudian menghilang dari pandangan Fei saat dering telepon berbunyi. Pertemuan Fei dengan Sarah membuat ia tidak dapat menghilangkan pertanyaan dalam pikiran siapa sosok wanita yang memperhatikannya di Museum Fatahillah yang dulu bernama Stadhuis itu.

Dua Waktu

Film Stadhuis Schandaal yang disutradarai Adisurya Abdy. (Istimewa)

Ada dua kurun waktu yang ditampilkan dalam film terbaru karya Adisurya Abdy ini, yakni setting zaman kolonial pada abad ke-16 dan masa kini (modern). Tidak hanya menyutradarai, Adisurya juga menulis skenario film yang mengambil lokasi pengambilan gambar di Jakarta, Pangkalan Bun, Kalimantan Tengah, dan Shanghai, Tiongkok. Film ini rencananya akan diputar di bioskop Tanah Air pada pertengahan tahun 2018.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Plus Minus Suzuki Nex II

Posted: 10 Jul 2018 09:10 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Suzuki Nex II menjadi senjata andalan PT Suzuki Indomobil Sales (SIS) untuk bermain di kelas skutik entry level. Sejumlah ubahan menjadikan skutik ini nampak berbeda dari pendahulunya.

Dan yang pasti, skutik bermesin 115 cc ini menggugah rasa penasaran. Liputan6.com mendapat kesempatan untuk merasakan kemampuan Suzuki Nex II melalui rangkaian acara media test ride yang diselenggarakan PT SIS, Selasa (10/7).

Menempuh jarak kurang lebih 50 kilometer dari kawasan Kemang, Jakarta, menuju Alam Sutera, Tangerang, kami melalui beragam kontur jalan. Tidak melulu melintasi jalan dengan aspal mulus, kami juga merasakan jalan rusak yang tentunya membutuhkan konsentrasi lebih untuk mengendalikan skutik mungil ini.

Diikuti sedikitnya 20 jurnalis, rombongan media test ride Suzuki Nex II mencuri perhatian pengguna jalan lainnya. Bisa jadi mereka penasaran dengan skutik yang hadir dengan banyak pilihan warna dan corak grafis tersebut.

Seperti diketahui, dibanding pendahulunya tampang Suzuki Nex II jauh lebih agresif. Itu bisa dilihat dari sudut meruncing pada bodi yang membungkus lampu utama. Tak cuma itu, sudut lancip itu juga terlihat pada spakbor hingga buritan.

Seperti motor-motor masa kini, lampu utama Suzuki Nex II sudah menganut LED, sehingga jadi lebih modern dan terlihat elegan. Khusus varian tertinggi, Suzuki menyematkan USB charger untuk mengisi daya baterai ponsel.

Hal lain yang membuat motor berbanderol Rp 14 jutaan ini nyaman adalah ruang kaki yang lega. Lantai dek cukup luas sehingga kaki bisa leluasa bergerak.

 

Selanjutnya

Selama perjalanan, skutik dengan dimensi panjang 1.890 mm, lebar 675 mm dan tinggi 1.045 mm itu terasa lincah. Handling skutik ini terbilang baik dan enak untuk bermanuver.

Tidak cuma kami buktikan di tengah kemacetan dan tetapi juga saat sesi tes dengan metode safety riding ala pengujian bikin Surat Izin Mengemudi (SIM).

Soal performa mesin, untuk ukuran skutik kecil ini terbilang cukup. Tidak terlalu responsif namun tetap bertenaga. Hal itu dapat dimaklumi lantaran motor ini ditujukan untuk penggunaan harian yang mengejar efisiensi bahan bakar lebih irit.

Meski nyaman dikendarai, ada beberapa hal yang membuat kami agak terganggu selama perjalanan. Bisa jadi ini karena postur kami yang tergolong besar. Kami merasa jok kurang lebar sehingga ini membuat bokong cepat panas dan pegal saat riding terlalu lama.

Selain itu, suara starter yang kasar juga menjadi perhatian kami. Meski tidak mempengaruhi performa mesin, sebaiknya Suzuki memperbaiki sektor ini untuk memberikan ketenangan bagi si pengguna.

Mengingat kompetitor sudah menyematkan standar samping yang bisa mematikan mesin saat diturunkan, ada baiknya Suzuki mempertimbangkan pengadopsian fitur ini pada Nex II.

Simak Video Pilihan Berikut Ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Humas PN Depok: 3 Bos First Travel Banding, Berkas Sudah di PT Bandung

Posted: 10 Jul 2018 09:07 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Humas PN Depok Teguh menegaskan tiga bos First Travel, Andika Surachman, Anniesa Devitasari Hasibuan, dan Siti Nuraidah alias Kiki, mengajukan banding. Berkas banding diketahui sudah diteruskan ke Pengadilan Tinggi (PT) Bandung, untuk dipelajari. 

"Jadi ketigaya banding, sekarang perkaranya di PT Bandung, bandingnya di sana," kata Teguh saat dihubungi, Rabu (11/7/2018).

Terkait alasan banding tiga bos First Travel ini, Teguh mengaku tidak mengetahui secara rinci. Kendati, setiap banding diajukan atas vonis hakim dikarenakan tidak puas dengan keputusan sidang majelis.

"Pernyataan bandingnya ada, tanda tangannya berkas sudah ada juga di PT Bandung. Soal alasan tanya ke mereka (pengacara), intinya mereka tidak terima dengan putusan kami," jelas Teguh.

Diketahui, berkas banding tiga bos First Travel ini sudah diajukan sejak sebulan lalu. Salah seorang pengacara mereka, Wiranda Gumilang bertandang ke Pengadilan Negeri Depok, Selasa 5 Juni 2018.

Divonis 20 Tahun Penjara

Mereka mendaftarkan banding atas amar putusan majelis hakim Pengadilan Negeri Depok beberapa waktu lalu. Ketiga bos First Travel dihukum berat dalam kasus penipuan, dan penggelapan serta tindak pidana pencucian uang.

Sebelumnya, Majelis Hakim Pengadilan Negeri Depok memvonis hukuman 20 tahun bui kepada Andika Surachman, 18 tahun bui untuk Anniesa Hasibuan, dan 15 tahun bui untuk Siti Nuraida alias Kiki Hasibuan. Mereka itu dinilai terbukti secara sah dan meyakinkan melakukan penipuan dan pencucian uang.

 

Saksikan video pilihan di bawah ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

FOTO: Menengok Lokasi Pengungsian Korban Banjir Jepang

Posted: 10 Jul 2018 09:05 PM PDT

Para pengungsi beristirahat di lokasi pengungsian di Mabi, Prefektur Okayama, Jepang, Rabu (11/7). Pemerintah Jepang menyatakan banjir disertai tanah longsor telah menewaskan 179 orang. (Martin BUREAU/AFP)

Para pengungsi beristirahat di lokasi pengungsian di Mabi, Prefektur Okayama, Jepang, Rabu (11/7). Pemerintah Jepang menyatakan banjir disertai tanah longsor telah menewaskan 179 orang. (Martin BUREAU/AFP)

Seorang pengungsi sedang menelepon di lokasi pengungsian di Mabi, Prefektur Okayama, Jepang, Rabu (11/7). Pemerintah Jepang menyatakan banjir disertai tanah longsor telah menewaskan 179 orang. (Martin BUREAU/AFP)

Seorang pengungsi sedang menelepon di lokasi pengungsian di Mabi, Prefektur Okayama, Jepang, Rabu (11/7). Pemerintah Jepang menyatakan banjir disertai tanah longsor telah menewaskan 179 orang. (Martin BUREAU/AFP)

Pengungsi Akira Tanimoto bersama istrinya, Chieko Tanimoto memeriksa burung peliharaannya di pusat evakuasi di Hiroshima, Jepang, Selasa (10/7). Pemerintah Jepang menyatakan banjir disertai tanah longsor telah menewaskan 179 orang. (AP Photo/Haruka Nuga)

Pengungsi Akira Tanimoto bersama istrinya, Chieko Tanimoto memeriksa burung peliharaannya di pusat evakuasi di Hiroshima, Jepang, Selasa (10/7). Pemerintah Jepang menyatakan banjir disertai tanah longsor telah menewaskan 179 orang. (AP Photo/Haruka Nuga)

Pengungsi Akira Tanimoto menunjukkan burung parkit peliharaannya di pusat evakuasi di Hiroshima, Jepang, Selasa (10/7). (AP Photo/Haruka Nuga)

Pengungsi Akira Tanimoto menunjukkan burung parkit peliharaannya di pusat evakuasi di Hiroshima, Jepang, Selasa (10/7). (AP Photo/Haruka Nuga)

Seorang pengungsi berbaring di tempat tidur sambil melihat anjing peliharaannya di pusat evakuasi di Soja, Prefektur Okayama, Jepang, Selasa (10/7). (Takaki Yajima / Kyodo News via AP)

Seorang pengungsi berbaring di tempat tidur sambil melihat anjing peliharaannya di pusat evakuasi di Soja, Prefektur Okayama, Jepang, Selasa (10/7). (Takaki Yajima / Kyodo News via AP)

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Di Bawah Pimpinan Presiden Erdogan, Komitmen Turki Terkait NATO Diragukan

Posted: 10 Jul 2018 09:03 PM PDT

Liputan6.com, Ankara - Hari ini, Presiden Turki Recep Tayyip Erdogan, akan bertemu dengan rekan-rekannya dari pihak Barat pada pertemuan puncak NATO di Brussels, Belgia.

Pertemuan rutin tersebut digelar di tengah keraguan mengenai komitmen Turki terhadap aliansi militer Atlantik Utara itu, mengingat negara itu disebut meningkatkan hubungannya dengan Rusia. 

Di bawah pemerintahan Presiden Erdogan, sebagaimana dikutip dari VOA Indonesia pada Rabu (11/7/2018), hubungan Turki-Rusia secara politik dan ekonomi makin erat. Kedua negara, bersama Iran, saling bekerja sama dalam upaya untuk mengakhiri perang Suriah.

Keputusan Ankara untuk membeli rudal S-400 dari Rusia, dinilai oleh sebagian besar anggota NATO, membahayakan sistem militer negara itu, sekaligus memicu kegelisahan di tingkat regional.

"Kita perlu memutuskan antara NATO, Uni Eropa dan Iran-Rusia," kata analis politik Atilla Yesilada dari Global Source Partners.

"Akan menjadi pilihan tersulit yang pernah dibuat. Kita tidak bisa lagi diam, di sisi mana pun kita berpihak, pihak lainnya akan memberikan hukuman," lanjutnya memperingatkan. 

Di lain pihak, pemerintah Turki bersikeras untuk berkomitmen pada aliansi strategisnya dengan pihak Barat. Ankara beralasan bahwa hubungannya dengan Teheran dan Moskow didasarkan pada perdagangan, dan kebutuhan untuk bekerja sama guna menyelesaikan konflik Suriah.

"Turki selalu menggunakan diplomasi keseimbangan kekuatan ini," kata profesor hubungan internasional Huseyin Bagci, dari Universitas Teknik Timur Tengah Ankara.

"Hubungan Turki-Rusia akan semakin mengarah ke arah yang positif, tetapi Turki tahu keterbatasan dari hubungan ini. Turki tidak akan meninggalkan NATO; itu tidak mungkin," lanjut Bagci. 

 

Simak video pilihan berikut: 

 

Imbau Peningkatan Anggaran untuk NATO

Pasukan marinir AS bersenjata lengkap melakukan operasi pendaratan saat latihan militer Baltops 2018 di Laut Baltik, Lithuania (4/6). (AP/Mindaugas Kulbis)

Sementara itu, Presiden Amerika Serikat (AS) Donald Trump, belum lama ini, mengirim surat kepada para pemimpin negara anggota NATO, meminta untuk meningkatkan anggaran belanja pertahanan mereka.

Dalam surat itu, sebagaimana dilaporkan oleh New York Times pada Senin, 1 Juli 2018, Presiden Trump juga mengancam akan mengubah kehadiran militer AS di tingkat global, jika permintaan terkait tidak diindahkan.

Dikutip dari CNN, seluruh surat tersebut dikirim pada bulan lalu, untuk ditanggapi sebelum berlangsungnya pertemuan puncak NATO di Brussels, pada pekan depan.

Sebuah sumber diplomatik mengatakan bahwa surat-surat tersebut digambarkan berisi pesan yang "terlihat sulit", yakni berupa permintaan meningkatan anggaran pertahanan. Oleh beberapa pengamat, hal itu dinilai sebagai bentuk ketidaksabaran AS terhadap menguatnya pengaruh Rusia di kawasan Atlantik Utara.

New York Times melaporkan bahwa Presiden Donald Trump menggunakan "bahasa yang sama" dalam surat-surat tersebut, kecuali yang ditujukan kepada Kanselir Jerman Angela Merkel, di mana disebut lebih kritis.

"Berlanjutnya kebijakan Jerman melakukan pengeluaran minimum (underspending) pada sektor pertahanannya, telah merusak keamanan aliansi, dan memberikan validasi kepada sekutu lain yang melihat tindakan (Jerman) itu sebagai teladan," tulis New York Times

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Kapolri Promosikan Film '22 Menit' di Hadapan Jokowi

Posted: 10 Jul 2018 09:02 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Polri merayakan hari ulang tahun ke-72 Bhayangkara di Istora Senayan, Jakarta Pusat. Acara tersebut dihadiri oleh Presiden Joko Widodo atau Jokowi, Wakil Presiden Jusuf Kalla, Panglima TNI Marsekal Hadi Tjahjanto, dan para pejabat tinggi negara lainnya.

Kapolri Jenderal Tito Karnavian mengajak masyarakat untuk menonton film 22 Menit di mana ia ikut ambil peran di dalamnya. Hal itu dia sampaikan saat memberikan sambutan di hadapan Jokowi, Jusuf Kalla, dan lainnya.

"Kami laporkan bahwa pada tanggal 19 Juli 2018, akan mulai ditayangkan secara serentak di seluruh jaringan bioskop XXI di Tanah Air film dengan judul 22 Menit. Film drama action ini diinspirasi dari kisah nyata aksi teror di Jalan Thamrin, Jakarta Pusat tanggal 14 Januari 2016," ujar Tito di Istora Senayan, Jakarta Pusat, Rabu (11/7/2018).

Kapolri mengatakan, film tersebut secara tidak langsung memberikan gambaran betapa bahayanya aksi terorisme. Dengan begitu, masyarakat bisa meningkatkan kewaspadaan.

"Melalui film ini Polri hendak menyampaikan pesan kepada masyarakat tentang bahaya terorisme, sekaligus mengajak seluruh elemen untuk meningkatkan kewaspadaan dan kebersamaan dalam penanggulangan terorisme di Indonesia," ujarnya.

Di hadapan Jokowi, Kapolri ingin melakukan atau menyelenggarakan acara nonton bersama film 22 Menit dengan TNI, jajaran pemda, tokoh masyarakat, tokoh agama, pelajar, mahasiswa, dan seluruh elemen masyarakat. Hal itu dilakukan agar pesan dalam film itu tersampaikan secara lebih luas.

"Saya mengajak seluruh hadirin, pada tanggal 19 Juli 2018 dan seterusnya mari kita beramai-ramai menyaksikan film tersebut. Karena anggaran Polri tidak tersedia maka disarankan menonton di bioskop, mohon maaf dengan bayar sendiri," ujar Tito.

Reporter: Nur Habibie

Sumber: Merdeka.com

 

Saksikan video pilihan di bawah ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Larangan bagi Perokok Saat Berkunjung ke Taman Nasional Komodo

Posted: 10 Jul 2018 09:02 PM PDT

Liputan6.com, Kupang - Balai Taman Nasional Komodo di Pulau Flores, Nusa Tenggara Timur, melarang pengunjung membuang puntung rokok. Sebab, perbuatan itu dapat menyebabkan kebakaran hutan.

"Pengunjung yang aktivitasnya diketahui menimbulkan kebakaran hutan dapat dikenai sanksi pidana sesuai peraturan perundang-undangan," ucap Kepala Balai Taman Nasional Komodo Budi Kurniawan kepada Liputan6.com, Selasa, 10 Juli 2018.

Budi meminta setiap pengunjung ikut menjaga kelestarian Taman Nasional Komodo sebagai satu-satunya habitat satwa purba komodo (varanus komodoensis), yang merupakan bagian dari tujuh keajaiban dunia (New7 wonders) di wilayah barat Pulau Flores itu.

Untuk mencegah kebakaran, ia menjelaskan, Balai TN Komodo telah menerbitkan surat imbauan yang isinya mengingatkan pengunjung tentang larangan membuang puntung rokok atau melakukan hal-hal yang dapat menyebabkan kebakaran hutan.

Peristiwa kebakaran hutan seperti di Loh Namu atau Loh Pede, Pulau Komodo, beberapa waktu lalu, menurut Budi, menjadi pelajaran penting untuk meningkatkan kewaspadaan dini agar tidak terulang.

Balai TN Komodo mengimbau setiap pengunjung berperan aktif mencegah kebakaran hutan di kawasan wisata Komodo. Terutama, tidak membuang puntung rokok ataupun membuat perapian di seluruh kawasan wisata komodo.

Ia mengatakan pula, terkait upaya antisipasi kebakaran, pihaknya telah berkoordinasi Balai Pengendalian dan Perubahan Iklim, Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan untuk dukungan sarana pemadaman kebakaran hutan. Misalnya, jet shooter, kepyok api (flaper), perlengkapan lapangan berupa baju anti api, helm, dan lainnya.

"Selain itu kami juga tentu meningkatkan intensitas patroli deteksi dini serta sosialiasi kepada para pengunjung," Kepala Balai Taman Nasional Komodo memungkasi.

Saksikan video pilihan di bawah ini:

Jangan Beri Makan Apa pun ke Komodo

Salah satu objek wisata di Labuan Bajo. (Liputan6.com/Ola Keda)

Otoritas Balai Taman Nasional (TN) Komodo memasang tanda larangan memberikan makanan untuk satwa purba bernama Latin Varanus komodoensis itu. Larangan ditujukan terutama, bagi setiap pengunjung di kawasan wisata setempat.

"Tanda larang ini sudah terpasang sekitar 10 titik terutama di zona inti untuk mengingatkan setiap pengunjung agar tidak memberi makan kepada satwa komodo," ucap Kepala Balai TN Komodo Budi Kurniawan, saat dihubungi dari Kupang, Nusa Tenggara Timur, Selasa, 24 April 2018.

Ia menjelaskan, tanda larangan memberi makan komodo itu sudah dipasang di hampir setiap pulau di dalam kawasan wisata komodo.

Pengunjung dilarang keras memberikan berbagai jenis makanan apa pun kepada komodo. Terutama di zona inti seperti Loh Baru, Loh Wawu, Loh Dasami, Loh Wenci yang menyebar di Pulau Komodo dan Pulau Rinca.

"Sehingga tidak berdampak pada kondisi kesehatan satwa komodo itu sendiri karena rantai makanan mereka sudah ada di alam," katanya.

Apalagi, komodo sudah menyatu dengan kehidupan liar dalam mendapatkan sumber makanannya. Komodo yang berukuran besar mengonsumsi makanan seperti babi hutan, rusa, dan kuda. Sementara, komodo yang berukuran kecil memakan serangga, unggas, dan lainnya.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Top 3: Ilustrasi Konyol Merawat Bayi, Bocah Korbankan Nyawa untuk Adik

Posted: 10 Jul 2018 09:01 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Menjadi orangtua baru tentu menjadi hal yang sangat menyenangkan. Sayangnya, tak sedikit dari mereka yang masih bingung ketika merawat anak mereka yang baru lahir karena belum banyaknya pengalaman. Oleh karena itu, alangkah baiknya orangtua yang baru memiliki anak memahami betul bagaimana cara merawat bayi yang benar.

Baru-baru ini, beredar ilustrasi cara merawat bayi yang benar dan salah yang menjadi viral di media sosial. Hal ini lantaran berbagai cara yang salah dari ilustrasi tersebut sangat tak dianjurkan untuk dilakukan dan terkesan sangat konyol.  

Artikel tentang ilustrasi cara merawat bayi yang super kocak tersebut menjadi yang paling terpopuler di kanal Citizen6, Liputan6.com.

Disusul dengan artikel kedua yakni tentang bocah 7 tahun yang mengidap penyakit mematikan dan rela korbannya nyawa demi adiknya. Disusul dengan artikel tentang model sepatu nyeleneh yang bikin kita tak habis pikir dibuatnya.

Berikut Top 3 Citizen6:

1. Jangan Ditiru, Ini 10 Ilustrasi Cara Merawat Bayi yang Super Kocak

Rangkuman Brilio.net dari Twitter/@donromen)

Pasangan suami-istri berbahagia ketika menjadi orangtua baru. Namun, karena belum memiliki pengalaman merawat anak sebelumnya, terkadang membuat orangtua baru ini memiliki masalah sendiri dalam mengurus anaknya. Cara asuh yang salah tentu bisa menimbulkan masalah besar nantinya.

Untuk itu, mengetahui cara merawat bayi yang benar dan tepat perlu diketahui oleh mereka. Selain belajar bersama dalam kelompok dukungan, caranya bisa dengan melihat gambar atau bahkan juga video yang sangat mudah dicari di YouTube.

Selengkapnya…

2. Alami Penyakit Mematikan, Bocah 7 Tahun Korbankan Nyawa Demi Adiknya

(Foto: © China Press) Wang Yue, bocah 7 tahun yang mengalami komplikasi penyakit mematikan.

Seorang gadis kecil di Tiongkok sempat menarik perhatian banyak orang atas aksinya untuk menolong sang adik. Gadis itu bernama Wang Yue. Meski usianya masih tujuh tahun, tapi ia rela mengorbankan nyawanya untuk menyelamatkan sang adik dari penyakit mematikan.

Rasa cintanya kepada sang adik sontak menyentuh banyak orang terhadap pilihannnya itu. Yue mungkin belum genap menjadi remaja ataupun orang dewasa, namun kebaikan hatinya mampu mengalahkan banyak orang lainnya.

Yue sendiri sebenarnya menderita osteoporosis, kondisi dimana tulang-tulangnya menjadi lebih rapuh. Bisa dibilang penyakit itu terbilang langka untuk gadis seumurannya.

Selengkapnya…

3. Bikin Ngakak, Ini 7 Model Sepatu Nyeleneh yang Diburu Warganet

Sepatu aneh dan unik (photo: Instagram crimesagainstshoemanity/boredpanda)

Sepatu menjadi salah satu fashion item yang selalu digunakan setiap hari oleh sebagian besar orang. Tak hanya sebagai alas kaki, sepatu juga bisa melengkapi penampilan kalian. Hal itu yang membuat ada banyak model sepatu yang bisa menjadi pilihan baik bagi wanita maupun pria.

Ya, saat ini ada begitu banyak pilihan model sepatu yang cantik serta elegan bagi wanita dan keren bagi pria. Mulai sepatu berjenis kasual, formal, hingga sneakers sekalipun kalian tak akan kehabisan pilihan sepatu-sepatu tersebut.

Selengkapnya…

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Prediksi Barito Putera Vs Arema: Laskar Antasari Enggan Remehkan Singo Edan

Posted: 10 Jul 2018 09:00 PM PDT

Jakarta Barito Putera, yang saat ini berada di puncak klasemen Gojek Liga 1 bersama Bukalapak yang ditayangkan Indosiar, akan menjamu Arema FC di Stadion 17 Mei, Banjarmasin, pada laga pekan ke-15, Rabu (11/7/2018). Laskar Antasari enggan meremehkan Singo Edan di laga ini. 

Pelatih Barito Putera, Jacksen F. Tiago, menegaskan prestasi timnya dengan berada di puncak klasemen justru menjadi ujian yang sebenarnya dan akan terasa lebih berat.

"Kami tak ingin bermain terlalu percaya diri melawan Arema. Untuk posisi kami yang berada di puncak klasemen, itu sebuah kebetulan yang terjadi pada awal musim saja," ujar Jacksen.

Menurut Jacksen, Arema merupakan lawan yang tak bisa dianggap enteng meski saat ini  berada di peringkat ke-12 dalam klasemen Liga 1 2018. Meski Barito Putera baru meraih kemenangan dalam laga tandang kontra Mitra Kukar berkat empat gol yang dicetak Samsul Arif, Jacksen menegaskan perlunya konsentrasi saat menghadapi Arema.

"Satu hal yang paling penting, kami bermain dengan konsentrasi bagus dan disiplin," lanjut pelatih yang kenyang pengalaman di sepak bola Indonesia sejak menjadi pemain itu.

Di sisi lain, Arema FC bertandang ke markas Barito Putera dengan kondisi kelelahan. Jarak pertandingan yang hanya berselang tiga hari, plus skuat Singo Edan sempat kehabisan tiket penerbangan langsung menuju Banjarmasin dan akhirnya harus terbang lebih dulu ke Jakarta, menjadi penyebab kondisi kebugaran pemain tak terlalu baik.

Namun, pelatih Arema, Milan Petrovic, menegaskan timnya tak akan mengeluh dengan kondisi tersebut dan siap tampil maksimal untuk bisa mencuri poin di Banjarmasin. Ujian berat ke Banjarmasin membuat Arema justru termotivasi untuk bisa meraih hasil positif.

Tak Ingin Keluhkan Perjalanan, Arema Siap Curi Poin

Pemain Arema FC menjalani tes fisik setelah libur Idulfitri. (Bola.com/Iwan Setiawan)

"Kami sudah memprediksi laga tandang kontra Barito Putera terasa berat. Namun, ini semua harus tetap dijalani. Semoga perjuangan ini tidak sia-sia," ujar Milan Petrovic.

Arema FC berlatih di lapangan Universitas Muhammadiyah Malang (UMM). (Bola.com/Iwan Setiawan)

Tak hanya terkendala kondisi fisik akibat kelelahan, Arema juga harus kehilangan dua pemain inti, yaitu Purwaka Yudi dan Thiago Furtuoso. Dua pemain tersebut masih dalam pemulihan cedera dan ditinggal di Malang. Meski merasa cukup kehilangan, Milan menegaskan sudah mempersiapkan pemain pengganti yang akan membuktikan Arema tetap bisa berjuang.

"Sebenarnya akan lebih baik jika mereka juga ada di sini. Namun, penggantinya sudah kami siapkan. Semoga semua berjalan sesuai dengan rencana. Tentu kami ingin perlahan bisa naik dalam klasemen, dan caranya dengan tidak kehilangan banyak poin," ujar pelatih berusia 57 tahun itu.

Prakiraan Susunan Pemain

Barito Putera (4-3-3): Aditya Harlan (kiper); Gavin Kwan Adsit, Aaron Evans, Hansamu Yama, Rony Beroperay (belakang); Juan Pino, Paulo Sitanggang, Matias Cordoba (tengah); Douglas Packer, Samsul Arif, Rizky Pora (depan)

Pelatih: Jacksen Tiago

Arema FC (4-4-2): Joko Ribowo (kiper); Ricky Ohorella, Arthur Cunha, Israel Wamiau, Bagas Adi (belakang); Dendi Santoso, Hendro Siswanto, Hanif Sjahbandi, Ahmad Alfarizi (tengah); Rivaldi Bawuo, Dedik Setiawan (depan).

Pelatih: Milan Petrovic

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Kementerian PUPR Tuntas Tata Trotoar di Kawasan GBK

Posted: 10 Jul 2018 09:00 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Jelang Asian Games 2018 yang akan dibuka pada 18 Agustus mendatang, penataan pedestrian sepanjang 2 km di kawasan sekitar Gelora Bung Karno (GBK), Jakarta saat ini telah selesai 100 persen.

Pejabat Pembuat Komitmen (PPK) Pelaksanaan Penataan Bangunan Strategis 2, Direktorat Jenderal Cipta Karya Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat, Kusworo Darpito, mengatakan bahwa porsi pengerjaan Kementerian PUPR yang meliputi pedestrian di Jalan Gerbang Pemuda, Jalan Asia Afrika dan Jalan Pintu Satu Senayan telah rampung.

"Kalau Jalan Sudirman kan (Pemprov) DKI yang kerjakan. Untuk yang kita kerjakan sudah selesai 100 persen, tinggal perapihan-perapihan sedikit," ucap Kusworo kepada Liputan6.com, Rabu (11/7/2018).

Dia menambahkan, bentuk perapihan pedestrian yang sekarang tengah pihaknya kerjakan yakni berupa pengecatan dan pembersihan trotoar.

Sebelumnya, Menteri PUPR Basuki Hadimuljono sempat memprioritaskan, penataan jalan dan trotoar demi mendukung kelancaran perhelatan Asian Games 2018 di Jakarta sudah selesai 100 persen pada 21 Juli 2018.

Menteri Basuki pun menyatakan, pada 31 Juli nanti seluruh kegiatan pengerjaan sudah harus dihentikan, lantaran para tamu mancanegara pesta olahraga terbesar se-Asia ini sudah mulai datang.

Kusworo mengamini hal tersebut, dan menjamin semua proyek penataan pedestrian yang menjadi bagian Kementerian PUPR bisa terselesaikan akhir Juli nanti. "Pasti, 31 (Juli) nanti tinggal cek yang kurang rapi sama cleaning saja," tandasnya.

Wijaya Karya Pastikan Penataan Trotoar Sudirman Selesai Akhir Juli

Pekerja menyelesaikan penataan jalur pedestrian di sepanjang Jalan Jenderal Sudirman - Jalan MH Thamrin, Jakarta, Selasa (10/7). Gubernur DKI Anies Baswedan menyatakan pelebaran trotoar itu  akan rampung Juli ini. (Merdeka.com/Imam Buhori)

PT Wijaya Karya Tbk (WIKA) memastikan pengerjaan penataan jalan dan trotoar di Jakarta dapat selesai pada akhir Juli 2018.

PT Wijaya Karya Tbk mengerjakan pekerjaan trotoar koridor Sudirman dari Patung Pemuda hingga Kali Krukut.

Sekretaris Perusahaan PT Wijaya Karya Tbk, Puspita Anggraeni menuturkan, pihaknya bersama PT Jaya Konstruksi Manggala Tbk (JKON) mengerjakan proyek trotoar sepanjang 4,1 kilometer (km). PT Wijaya Karya Tbk mengerjakan trotoar sepanjang 2,5 km.

"Wika mengerjakan pekerjaan koridor Sudirman dari Patung Pemuda hingga Kali Krukut," ujar Puspita saat dihubungi Liputan6.com, Selasa (10/7/2018).

Puspita menuturkan, porsi Wika untuk sisi sebelah barat akan selesai pada akhir Juli 2018. Sisi sebelah barat itu Patung Pemuda-Hotel Sultan hingga JCC. Selesainya trotoar tersebut akan mendukung pelaksanaan Asian Games di venue-venue di area sekitar tersebut.

Sebelumnya pemerintah provinsi DKI Jakarta menugaskan PT Wijaya Karya Tbk dan PT Jaya Konstruksi Manggala Pratama Tbk untuk kerjakan proyek perombahan Sudirman-Thamrin. Pengerjaan penataan jalan dan trotoar diperkirakan selesai sebelum penyelenggaraan Asian Games 2018.

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Tidak ada komentar: