Sabtu, 07 Juli 2018

Liputan6 : RSS2 Feed

Liputan6 : RSS2 Feed


Gara-Gara Flu, Kaki dan Tangan Pria Ini Terpaksa Diamputasi

Posted: 07 Jul 2018 10:10 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Seorang pria di Texas, AS terpaksa harus kehilangan 9 jari tangan dan kedua kakinya karena komplikasi penyakit flu. Pria bernama Brian Herndon (51) itu didiagnosis menderita flu pada 4 Januari 2018 dan dirawat di salah satu rumah sakit Fort Worth karena penyakit dengan pneumonia.

Keesokan harinya, Herndon diterbangkan ke Baylor University Medical Center di Dallas di mana dia tinggal untuk mendapatkan Unit Perawatan Intensif selama empat minggu. Menurut NY Daily News, Herndon telah diintubasi, namun kesadarannya tidak stabil selama berada di rumah sakit.

Intubasi endoktrakeal merupakan tindakan medis dengan memasukan tabung endotrakeal lewat mulut atau hidung untuk menghubungkan udara luar dengan kedua paru. Pada penderita yang pernapasannya terganggu biasanya dilakukan tindakan ini untuk mengatasi napas yang tersumbat.

Salah satu anggota keluarga mengatakan bahwa Herndon mengalami syok septik, yakni satu keadaan di mana pasien mengalami tekanan darah yang bisa membeku dan membahayakan nyawa akibat infeksi.

 

Diamputasi

Gara-gara Sakit Flu, Kedua Kaki Pria Ini Harus Diamputasi (nydailynews)

Karena alasan itulah dokter terpaksa mengamputasi kedua kakinya tepat di bawah pergelangan kaki dan memotong sembilan jarinya. Sang istri, Jaye Herndon, mengaku bahwa suaminya sebelumnya tidak memiliki riwayat medis terkait penyakit flu berbahaya.

"Dia benar-benar bersuhu tubuh 104,7, dan mengalami kesulitan pernapasan. Akhirnya kami segera membawanya ke UGD, dan itu terjadi begitu cepat sekali," ujarnya.

Ia juga menambahkan bahwa suaminya tidak mendapat suntikan flu tahun ini dan mereka telah membeli Tamiflu, namun tidak memiliki kesempatan untuk mulai memakainya sebelum dibawa ke rumah sakit.

Sementara Wali Kota Cuomo mendesak warga New York untuk mendapatkan vaksinasi karena kasus flu yang meningkat. Sang istri pun berharap suaminya bisa segera keluar dari ICU secepatnya. Teman-teman Herndon juga telah menyiapkan akun di situs GoFundMe untuk membantu membayar biaya pengobatannya.

Penulis:

Dhita Koesno

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

 

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Kalau Sudah Begini, Shock Sudah Harus Diganti

Posted: 07 Jul 2018 10:08 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Shock absorber menjadi salah satu komponen penting pada kendaraan. Sebagai bagian dari sektor kaki-kaki mobil, shock absorber menjadi penentu kenyamanan berkendara karena fungsinya sebagai peredam tumbukan saat mobil melaju.

Tanpanya, badan akan sakit-sakit, karena artinya benturan dari medan jalan terasa langsung ke pengemudi ataupun penumpang.

Di sejumlah mobil modern, perannya masih sama. Komponen dengan sebutan lain shock breaker itu akan bekerja bersama per keong supaya peredaman terasa lebih maksimal.

Namun, akan ada masanya shock absorber tidak lagi berfungsi sebagaimana mestinya. Artinya bagian yang berbentuk panjang dan bisa naik turun mirip teropong satu lensa tersebut harus diganti.

Tandanya adalah bantingan mobil terasa lebih keras dari sebelum-sebelumnya. Hal ini pun dipaparkan lebih jauh oleh Suroto, teknisi Jakarta Ban.

"Misalnya tingkat baliknya sudah lama," ujar dia merujuk pada naik turun selongsong shock absorber.

Ketika selongsong itu tertekan, seharusnya bagian tersebut segera berbalik ke posisi semula.

 

Selanjutnya

Namun jika shock sudah aus, maka selongsong itu tidak segera kembali ke posisi semula. Akibatnya, peredaman pun tidak sempurna. Makanya mobil seperti terbentur keras.

Ia lantas menjelaskan mengapa hal tersebut bisa terjadi. Karena shock umumnya menggunakan oli, volume oli di dalamnya sudah tidak sebanyak seharusnya.

"Olinya sudah merembas. Sebenarnya kalau sudah begini sebaiknya ganti," ujarnya.

Sumber: Otosia.com

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Sandiaga Sebut Banyak Gedung di Jakarta Minim Akses Tanggap Bencana

Posted: 07 Jul 2018 10:07 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Wakil Gubernur DKI Sandiaga Uno meminta pihak pengelola gedung di Jakarta bisa segera menginvetarisir problem terkait mitigasi bencana. Hal ini mengacu pada rentannya insiden kebakaran yang sewaktu-waktu dapat terjadi dan memakan korban.

"Ini menjadi catatan, kita mengimbau untuk pengelola gedung tinggi, kesiapan gedung ini harus dipastikan, sehingga tidak ada satu pun celah untuk adanya kejadian. Apalagi (akan) ada MRT," imbau Sandiaga di Halte TransJakarta Museum Nasional, Jakarta, Minggu (8/7/2018).

Menurut Sandi, di Jakarta masih kerap ditemukan gedung yang sulit mendapat akses cepat tanggap bencana, khususnya kebakaran. Karenanya, pencegahan awal seperti pemasangan smoke detector, pemadam asap (apar) dan hydrant, adalah perlengkapan wajib.

"Kelengkapan ini imbauan dari Pak Bejo (Kepala Dinas Pemadam Kebakaran DKI) untuk bersama mendeteksi, mendata, mengindentifikasi, sehingga kita cegah musibah yang memakan korban jiwa," tegas Sandi.

Sebelumnya, Minggu dini hari, sekira pulul 04.00 WIB, terjadi insiden kebakaran di gedung Kementerian Perubungan Jakarta. Belasan orang berhasil diselamatkan, sedangkan tiga orang meninggal dunia dalam kebakaran ini.

"Mereka meninggal diduga kehabisan oksigen," ujar Kadis Pemadam Kebakaran DKI Jakarta Subejo di lokasi kejadian.

 

Saksikan video pilihan di bawah ini:

Akses yang Cukup

Ke depan, Sandiaga menegaskan kepada setiap pengelola gedung untuk bisa melakukan pembinaaan, khususnya dalam hal mitigasi kebakaran. Hal ini dimaksudkan bila terjadi insiden, mobil pemadam bisa mendapat akses cukup untuk bertindak cepat.

"Jadi kita harap nanti setiap gedung, perbaiki akses. Seandainya terjadi keadaan darurat, mobil unit damkar ini punya akses ke titik api ke depan," tandas dia.

Sementara, petugas jaga Sudin Pemadam Kebakaran Jakarta Pusat, Endang, saat dihubungi Liputan6.com mengungkapkan, dalam kejadian ini pihaknya menerjunkan 18 unit. Saat ini, petugas masih melakukan pendinginan.

Sejumlah orang yang merupakan pekerja renovasi terjebak di lantai 18 gedung Kementerian Perhubungan di Jakarta.

"Ruangan lantai 18 gedung Kemenhub sedang direnovasi, ada tukang yang terjebak di sana," ujar staf Kemenhub Supandi, di Jakarta, Minggu (8/7/2018) seperti dikutip Antara.

Kebakaran di Gedung Kemenhub telann korban. (Merdeka.com/Hari Ariyanti)

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Asap Tebal Jadi Penghalang Proses Penyisiran Kebakaran di Kemenhub

Posted: 07 Jul 2018 10:01 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Sekretaris Jenderal Kementerian Perhubungan Djoko Sasono mengapresiasi kesigapan petugas pemadam kebakaran yang telah berhasil mengendalikan kebakaran di Kantor Pusat Kementerian Perhubungan, Jakarta Pusat, Minggu (8/7/2018).

"Kami mengapresiasi petugas pemadam kebakaran yang telah berhasil dalam waktu singkat mengendalikan kondisi, saat ini asap menjadi masalah yang masih harus perlu dikendalikan extra tetapi saat ini bisa diatasi," kata Djoko dalam keterangan tertulis, Minggu (8/7/2018).

Terkait jumlah korban akibat kebakaran ini, petugas pemadam kebakaran masih dalam proses penyisiran dari lantai dasar hingga lantai paling atas.

Sebelumnya dilaporkan kronologis kejadian, api diketahui sekitar pukul 03.30 WIB. Saat itu petugas keamanan kantor yang sedang bertugas langsung memadamkan panel listrik yang berada di Gedung Karya Lantai 1 Kemenhub.

"Menurut laporan api diketahui pukul 03.30 dan satpam yang bertugas langsung mematikan panel listrik. Kemudian petugas pemadam kebakaran datang pukul 04.00," terang Djoko.

Lebih lanjut Djoko menyampaikan apresiasi Menhub kepada petugas pemadam kebakaran yang cepat tanggap dalam mengatasi kebakaran di Kantor Kemenhub.

"Menhub menyampaikan apresiasi dan terima kasih kepada petugas pemadam kebakaran dan aparat keamanan yang cepat tanggap datang ke lokasi untuk memadamkan kebakaran. Kami juga ucapkan terima kasih kepada petugas yang sudah berhasil menemukan sumber api dan memadamkannya," jelas dia.

20 Korban Selamat Dievakuasi dari Kebakaran

Kebakaran di Gedung Kemenhub telann korban. (Merdeka.com/Hari Ariyanti)

Sampai saat ini Suku Dinas Pemadam Kebakaran Jakarta Pusat mencatat ada 20 korban selamat dalam kebakaran di Gedung Karya Kementerian Perhubungan, Jalan Medan Merdeka Barat, Jakarta Pusat. Seluruh korban saat ini sudah dievakuasi.

Petugas Bagian Komunikasi Sudin Damkar Jakarta Pusat Adi Nugroho menyampaikan, dalam peristiwa nahas itu, ada empat orang ditemukan meninggal dunia. Korban meninggal diperkirakan karena kehabisan oksigen.

"Korban meninggal empat orang. Korban selamat 20 orang," sebut dia, Minggu (8/7/2018).

Adi mengatakan, dalam peristiwa tersebut sebanyak 17 unit mobil Damkar dikerahkan. Unit pertama tiba di lokasi sekitar pukul 04.20 WIB. Setelah tiba di lokasi tim langsung melakukan pendinginan dan penyelamatan korban kebakaran yang masih terjebak.

Sementara itu, Kapolres Jakarta Pusat Kombes Pol Roma Hutajulu mengatakan belum mengetahui identitas korban kebakaran yang meninggal dunia, apakah yang bersangkutan pekerja atau petugas keamanan.

"Ini kita masih melakukan identifikasi dan mencari tahu siapa-siapa saja yang bermalam di gedung tersebut dari security sini. Karena tadi berdasarkan keterangan dari anggota saya, bahwa para korban tadi sudah dalam keadaan buka baju dan tidak melekat identitas di tubuhnya," jelas Roma.

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Jelang Subuh Orang Tak Dikenal Berondong Tembakan di Lapas Pekanbaru

Posted: 07 Jul 2018 10:01 PM PDT

Liputan6.com, Pekanbaru - Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) Kelas IIA Gobah, Kota Pekanbaru, Provinsi Riau, pada Minggu dini hari tadi, diberondong tembakan oleh orang tak dikenal.

Kepala Polsek Bukit Raya, Kompol Pribadi di tempat kejadian perkara mengatakan, sedikitnya terjadi lima tembakan yang menyasar ke lapas yang berlokasi di Jalan Lembaga Pemasyarakatan, Gobah, Pekanbaru tersebut.

Ia menjelaskan, insiden penembakan tersebut terjadi dua kali. Pertama terjadi pada pukul 03.30 WIB, sedangkan penembakan kedua terjadi pada pukul 04.00 WIB atau berselang setengah jam kemudian.

"Tembakan pertama terjadi jam setengah empat pagi. Ada tembakan sekali. Setengah jam berikutnya ada empat tembakan beruntun," ucapnya, dilansir Antara, Minggu (8/7/2018).

Ia merincikan, pada tembakan pertama pukul 03.30 WIB, petugas jaga yang berada di dalam gedung Lapas Kelas IIA Pekanbaru sempat mendengar dan keluar untuk memastikan suara ledakan. Namun, petugas tidak menemukan hal mencurigakan, termasuk peluru yang melubangi salah satu jendela kaca bagian depan.

"Lalu petugas masuk dan kembali menutup pintu jaga," ujarnya.

Namun, selang setengah jam kemudian terjadi empat tembakan yang menyasar ke bagian pintu pelayanan. Pribadi mengatakan tidak ada korban jiwa dalam insiden penembakan tersebut.

Saat ini Polisi masih melakukan olah tempat kejadian perkara. Tampak belasan petugas kepolisian bersenjata lengkap juga berada di lokasi untuk mengamankan Lapas Pekanbaru.

Saksikan video pilihan di bawah ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

11 Manfaat Mencuci Pakaian dengan Cuka, Sudah Pernah Coba?

Posted: 07 Jul 2018 10:00 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Tahukah Anda bahwa cuka juga bisa berfungsi untuk mencuci pakaian? Beberapa manfaat mencuci pakaian menggunakan cuka adalah mencerahkan warna, menghilangkan bau, dan mengatasi noda yang sulit dihilangkan.

Untuk keterangan lebih lanjut, simak di sini beberapa manfaat mencuci pakaian dengan cuka, seperti dilansir dari hunker.com, Jumat (6/7/2018). Penasaran?

1. Mencerahkan warna

Untuk mencerahkan warna pakaian Anda, tambahkan setengah cangkir cuka ke dalam cucian pakaian. Cuka dapat membantu deterjen bekerja lebih efektif, serta melindungi warna, dan memudarkan noda-noda yang membuat warna pakaian Anda menjadi kusam.

2. Pelembut pakaian

Ganti pelembut pakaian Anda dengan cuka. Cuka juga dapat berfungsi sebagai pelembut pakaian alami, tanpa meninggalkan residu apapun. Anda hanya perlu menambahkan setengah cuka ke bilasan terakhir saat mencuci pakaian.

3. Peredam statis

Tambahkan setengah cangkir cuka ke dalam bilasan terakhir saat mencuci pakaian.

 

 

Manfaat mencuci pakaian dengan cuka

Ilustrasi mesin cuci (iStockphoto)

4. Menghilangkan residu sabun

Asam asetat dalam cuka dapat memecah residu sabun yang mungkin telah terakumulasi pada pakaian, handuk, selimut, dan seprai Anda. Residu ini dapat mengiritasi kulit sensitif, terutama pada bayi dan anak kecil.

Anda hanya perlu menambahkan satu cangkir cuka ke dalam bilasan terakhir saat mencuci pakaian untuk menghilangkan penumpukan sabun. Atau dua cangkir cuka saat mencuci handuk, seprai, dan selimut.

5. Meminimalisir bulu-bulu hewan peliharaan

Cuka juga dapat membantu meminimalisir serat dan menghilangkan bulu-bulu dari hewan peliharaan Anda. Tambahkan setengah cangkir cuka ke dalam bilasan terakhir saat mencuci pakaian/

6. Menjaga warna putih

Cuka dapat membantu Anda menjaga warna putih pada pakaian dan membersihkan noda kotor. Tambahkan satu setengah cangkir cuka ke dalam bilasan terakhir saat mencuci pakaian berwarna putih.

7. Membersihkan noda

Anda bisa menyemprotkan cuka pada noda kopi, anggur, soda, cokelat, atau jelly. Sedang untuk noda yang terkena pada pakaian berbahan katun 100% poliester, Anda bisa mengoleskan langsung cukanya.

Biarkan selama sepuluh menit, lalu gosok perlahan dengan sikat lembut, dan cuci sesuai petunjuk perawatan pakaian. Untuk noda deodoran, gosokkan sebuah kain lap yang telah diberikan cuka secara perlahan.

Manfaat mencuci pakaian dengan cuka

Ilustrasi mesin cuci (iStockphoto)

8. Menghilangkan bau

Cuka dikenal sangat baik dalam menghilangkan bau, bahkan bau asap dan jamur. Tambahkan satu cangkir cuka ke dalam bilasan terakhir saat mencuci pakaian.

Untuk bau asap, isi bak mandi dengan air panas dan tambahkan dua cangkir cuka. Gantungkan pakaian di atas bak mandi dan cuka akan menyerap bau asap pada pakaian Anda.

9. Mencegah warna pakaian yang memudar

Pakaian berwarna cerah cenderung cepat memudar, jika Anda tidak merawatnya sesuai petunjuk. Anda dapat mencegah hal ini dengan merendam pakaian dalam larutan satu cuka dan satu bagian air selama 20 menit.

10. Untuk mencuci dengan tangan

Gunakan cuka sebagai pengganti deterjen. Caranya mudah, tambahkan seperempat cangkir cuka ke dalam wastafel yang telah terisi penuh dengan air hangat, rendam pakaian selama 15 hingga 30 menit, kemudian bilas hingga bersih, dan biarkan kering.

11. Mencuci dengan mesin cuci

Residu sabun dan mineral dapat mengendap di dalam mesin cuci Anda. Hilangkan buih sabun dalam mesin cuci Anda dengan menambahkan satu cangkir cuka ke dalam mesin cuci yang telah kosong, dan menjalankannya seperti saat Anda mencuci pakaian, tanpa ada pakaian di dalamnya. Lakukan sekali dalam sebulan.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Sering Makan Burger, Risiko Asma Meningkat

Posted: 07 Jul 2018 10:00 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Terlalu sering mengonsumsi makanan junk food seperti burger telah terbukti berdampak buruk bagi kesehatan. Banyak riset ilmiah yang menunjukkan hal itu.

Hasil riset terbaru mengungkap, makan hamburger tiga kali atau lebih dalam seminggu bisa meningkatkan risiko asma. Para peneliti Tiongkok menemukan, junk food dikaitkan dengan kondisi paru kronis. Kondisi tersebut melanda sekitar lima juta orang di Inggris.

Sering mengonsumsi hamburger juga meningkatkan risiko mengi serta penyakit terkait alergi lain seperti demam hay serta alergi rhinitis. Demikian ungkap studi yang dimuat dalam jurnal Respirology, melansir laman New York Post, Minggu (8/7/2018).

Para peneliti dari Sichuan University mengatakan, "Dalam dekade terbaru ini, makanan cepat saji jadi komponen penting pola makan, terutama di negara-negara yang mengadopsi gaya hidup Barat dan berpendapatan tinggi. Konsumsi makanan cepat saji itu dikaitkan dengan kualitas makan yang buruk, asupan kalori tinggi, kelebihan berat badan serta obesitas pada anak-anak dan dewasa. Obesitas adalah risiko mandiri untuk asma dan sensitisasi alergi."

 

 

Saksikan juga video berikut ini: 

Perlu Studi Lebih Lanjut

Studi terbaru mengungkap, ibu hamil yang mengonsumsi sayuran hijau selama trimester pertama kehamilan membantu mencegah janin mengidap asma nantinya. (iStockphoto)

Menurut mereka, kualitas diet atau pola makan yang buruk juga berkontribusi terhadap perkembangan dan peningkatan asma atau mengi melalui banyak mekanisme.

"Contohnya, asam lemak jenuh bisa mengaktifkan reseptor yang memicu pelepasan kimiawi pro-inflamasi yang menyebabkan masalah peradangan kronis di saluran napas," jelas mereka.

Makanan tinggi lemak memperparah peradangan pada asma. Ditambah lagi, konsumsi makanan cepat saji akan mengurangi konsumsi makanan yang kaya kandungan nutrisi baik seperti sayuran dan buah-buahan.

Sayuran dan buah-buahan mengandung banyak zat kimia yang mengandung antioksidan dan antiperadangan. Kurangnya asupan buah dan sayur akan berdampak pada prevalensi asma.

Meski begitu, penulis utama studi Dr Gang Wang mengatakan perlu studi lebih lanjut untuk mengonfirmasi hasil analisis ini.

 

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Eks Presiden Real Madrid Tak Kaget Ronaldo Pilih Juventus

Posted: 07 Jul 2018 10:00 PM PDT

Liputan6.com, Madrid - Rencana Cristiano Ronaldo untuk meninggalkan Real Madrid mendapat atensi dari Ramon Calderon. Eks Presiden Los Galacticos itu tak kaget jika akhirnya CR7 bergabung ke Juventus.

Belakangan ini rumor Ronaldo ke Juventus semakin kencang. Ia dikabarkan sudah tak betah lagi membela Real Madrid.

Agen Ronaldo, Jorge Mendes juga mengungkapkan kliennya sedang mencari tantangan baru. Apalagi selama sembilan tahun, Ronaldo sudah meraih semua gelar di Real Madrid.

"Saya jadi ingat ketika kami membelinya tahun 2009. Dia memang pindah pada musim panas, namun negosiasi sudah dilakukan sejak beberapa bulan sebelumnya," kata Calderon seperti dilansir Calciomercato.

"Ronaldo sendiri yang memang ingin gabung ke Real Madrid. Dan dia memegang peranan penting dalam negosiasi itu," ujarnya menambahkan.

 

Pilihan Bagus

Penyerang Real Madrid Cristiano Ronaldo menggendong trofi sambil menunjukkan lima jarinya usai menjadi juara Liga Champions di Stadion NSK Olimpiyskiy, Ukraina (26/5). (AP/Pavel Golovkin)

Calderon juga menyebut Juventus bukan pilihan aneh bagi Ronaldo. Terlebih Serie A merupakan pengalaman baru bagi pemain asal Portugal tersebut.

"Penghasilan Juventus akan berlipat dengan kedatangan Ronaldo. Selain itu Serie A juga mendapat keuntungan besar," ujar Calderon.

"Ronaldo masih dalam performa terbaik. Dia bisa mempertahankan permainannya hingga empat atau lima tahun ke depan."

Pertahankan

Bintang Real Madrid, Cristiano Ronaldo, bersama kekasih merayakan gelar juara Liga Champions ke-13 usai mengalahkan Liverpool di Stadion Olimpiyskiy, Kiev, Sabtu (26/5/2018). Madrid menang 3-1 atas Liverpool. (AP/Darko Vojinovic)

Meski demikian Calderon masih berharap Real Madrid mampu mempertahankan Ronaldo musim panas ini.

"Florentino Perez harus mengetahui arti penting pemain seperti Ronaldo untuk fans. Dia harus mendapat perlakuan yang lebih baik," ujarnya.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Siti Badriah Buka Suara soal Kontroversi Lagi Syantik

Posted: 07 Jul 2018 10:00 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Di tengah popularitas "Lagi Syantik" yang dibawakan Siti Badriah, Syahrini bereaksi. Syahrini dan manajemennya mengklaim, kata-kata tersebut diambil dari jargon yang dipopulerkan penyanyi 35 tahun tersebut.

Seolah tak ingin terus menerus disalahkan, Siti Badriah akhirnya buka suara. Ia mengakui bahwa kata "syantik" adalah jargon Syahrini, tapi bukan berarti "Lagi Syantik" terinspirasi dari Syahrini.

"Syantik itu dari Incess (Syahrini), tapi ketika penciptanya tahunya dari Mimi Peri mau gimana, ya kan?" ujar Siti Badriah seperti dikutip melalui infotainment Hot Shot, belum lama ini.

"Ya walaupun itu memang sudah jargonnya Incess, tapi kalau memang kita sering lihatnya Mimi Peri, 'Syantik, 17 kali Syantik bla bla bla', ya mau gimana lagi gitu kan," sambungnya.

Kata Pencipta Lagu

Syahrini

Sementara itu, Yogi RPH selaku pencipta lagu "Lagi Syantik" menegaskan bahwa lagu ciptaannya itu sama sekali tidak mengandung plagiarisme.

Seperti yang dikatakan sebelumnya, Yogi RPH juga menyanggah anggapan yang menyebut dirinya mencuri kata "syantik" dari Syahrini.

Bukan Plagiarisme

Siti Badriah (Deki Prayoga/bintang.com)

"Kita juga enggak pakai cantik, judulnya juga bukan judul lagu mereka, notasinya juga enggak, liriknya pun juga enggak, temanya juga beda," ujar Yogi RPH saat ditemui di kawasan Menteng, Jakarta Pusat, Kamis (5/7/2018).

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Rodrigo Duterte: Kalau Ada Bukti Tuhan Nyata, Saya Akan Mundur Sebagai Presiden

Posted: 07 Jul 2018 10:00 PM PDT

Liputan6.com, Davao - Presiden Filipina Rodrigo Duterte, yang baru-baru ini menyatakan pernyataan kontroversial tentang Tuhan, mengulangi hal serupa kala berpidato dalam forum sains dan teknologi di Kota Davao, Jumat 6 Juli 2018 lalu.

Duterte mengatakan, jika ada seseorang yang mampu memberikan bukti eksistensi Tuhan, maka ia akan langsung mundur dari jabatannya sebagai presiden Filipina. Demikian seperti dikutip dari media Filipina Inquirer, Minggu (8/7/2018).

"Bawakan saya satu orang, cukup satu, yang mampu mengatakan, 'Tuhan benar-benar ada, saya punya fotonya dan berswafoto dengannya'," kata Rodrigo Duterte.

"Anda lakukan itu hari ini, (memberikan saya) satu saksi, manusia yang mampu melihat dan berbicara dengan Tuhan ... saya hanya butuh satu. Dan jika ada, bapak dan ibu sekalian, saya akan mengumumkan pengunduran diri saya segera."

Kendati demikian, Duterte dalam kesempatan yang sama juga mengatakan:

"Omong-omong, saya percaya pada satu Tuhan. Saya tidak pernah mengatakan saya tidak percaya pada Tuhan. Saya bukan agnostik, bukan ateis. Saya kebetulan menjadi manusia yang percaya ada pikiran universal di suatu tempat yang mengendalikan alam semesta."

"Jadi saya tidak percaya pada Tuhan? Ya, tentu saja saya percaya Tuhan ada," tambah Rodrigo Duterte.

 

Simak pula video pilihan berikut:

Duterte Dikecam karena Mempertanyakan 'Logika' Tuhan

Presiden Filipina Rodrigo Duterte bersama Menhan Rusia, Sergei Shoigu (kanan) memegang senapan serbu AK-47 sumbangan dari Rusia di atas kapal perusak Rusia Admiral Panteleyev di pelabuhan Metro Manila, Filipina (25/10). (AFP Photo/Robinson Ninal)

Presiden Filipina Rodrigo Duterte kembali memicu kontroversi. Kali ini, ia membuat berang warganya yang mayoritas penganut Katolik, karena menyebut Tuhan 'bodoh'.

Pernyataan itu segera diklarifikasi oleh juru bicara sang presiden sebagai "kritik terhadap keyakinan pribadinya", bukan menyinggung ajaran Katolik.

Dikutip dari News.com.au, pernyataan kontroversial itu dilontarkan oleh Rodrigo Duterte pada Jumat malam, 22 Juni 2018, ketika berpidato di hadapan massa di kota kelahirannya, Davao.

Saat itu, ia mempertanyakan logika Tuhan dalam kisah penciptaan Adam dan Hawa. Ia mengaku masih kebingungan tentang hukuman yang diberikan kepada leluhur manusia itu, yakni saat diturunkan ke Bumi karena memakan buah terlarang.

"Adam makan (buah terlarang), lalu kebencian lahir. Siapa Tuhan 'bodoh' ini?" ujar Duterte.

"Sangat membingungkan. Ada sebuah penciptaan yang sempurna, dan kemudian Tuhan memikirkan suatu peristiwa tentang godaan, yang di kemudian hari merusak hasil karya-Nya," lanjutnya, merujuk pada peristiwa diusirnya Hawa dan Adam dari surga.

Ia juga mempertanyakan alasan "dosa awal" yang dilakukan oleh Adam dan Hawa. "(Dosa) Itu adalah hasil perbuatan ibu dan ayah manusia, jauh sebelum kita lahir. Tapi, sekarang justru belum juga bisa ditebus. Agama macam apa itu? Saya tidak bisa menerimanya."

Di tengah kritik atas pernyataannya, juru bicara kepresidenan, Harry Roque, mendesak publik untuk menerima bahwa Duterte "cenderung menggunakan bahasa yang kuat ketika mengungkapkan keyakinannya".

"Itu adalah kepercayaan pribadi presiden," katanya. "Kami bebas untuk percaya pada agama, dan kami juga bebas untuk tidak percaya pada agama. Presiden memiliki keyakinan spiritual pribadinya."

Di masa lalu, Presiden Rodrigo Duterte juga pernah melakukan tindakan yang menyinggung Gereja Katolik Filipina. Ia menuduh tanpa cukup bukti, bahwa imam besar kala itu, terlibat tuduhan korupsi dan pelecahan seksual.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Selamatkan Bocah Terjebak di Gua, Elon Musk Kirim Kapal Selam Mini

Posted: 07 Jul 2018 10:00 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Elon Musk mungkin adalah salah satu figur di industri teknologi yang kini namanya cukup mendunia.

Bagaimana tidak? miliarder muda pendiri perusahaan Tesla dan SpaceX tersebut kerap dikenal dengan gagasan 'gila' yang ingin membawa manusia ke planet Mars.

Tak cuma itu, ia pun dikenal sebagai 'Iron Man' yang ada di dunia nyata karena menghamburkan kekayaannya demi proyek-proyek ambisius.

Terlepas dari itu, Elon Musk ternyata juga dikenal sebagai sosok yang dermawan dan murah hati.

Belum lama ini, pria yang juga mendirikan Boring Company tersebut baru saja mengirimkan tim khusus SpaceX ke Thailand untuk menyelamatkan 12 bocah dan satu orang dewasa yang terjebak di sebuah gua.

Seperti dilansir Ubergizmo, Minggu (8/7/2018), dalam cuitan akun Twitter resminya @elonmusk, Elon Musk mengungkapkan akan menghadirkan solusi di mana pihaknya akan menggarap sebuah kapal selam beruuran mini dengan teknologi oksigen cair.

Dengan kapal selam mini tersebut, oksigen cair yang ada di dalamnya diharapkan bisa membawa para korban yang terjebak di dalam gua yang berukuran sangat sempit itu.

"Aku dapat masukan dari Thailand, mereka berkata kalau jalur ke dalam gua itu sangat kecil. Jadi saya ciptakan kapal selam ala roket Falcon berukuran kecil yang kiranya mampu membawa mereka keluar dari gua itu," cuit Elon Musk.

Elon Musk juga mengungkap kalau proses manufaktur kapal selam tersebut hanya memakan waktu delapan jam, dan akan dikirim ke Negeri Gajah Putih hanya dalam waktu 17 jam saja.

Saat tiba di Thailand, kapal selam mini tersebut akan dikontrol oleh tim SpaceX yang dikirim Elon Musk.

 

SpaceX Tunda Rencana Tamasya ke Bulan

Mobil Tesla Roadster yang dilengkapi manekin astronot bernama Starman berada di roket Falcon Heavy (6/2). SpaceX melontarkan mobil listrik Tesla Roadster berwarna cherry red ke orbit Mars. (Ho/SpaceX/AFP)

Orang-orang yang tak sabar jalan-jalan ke bulan harus kembali sabar menunggu. Pasalnya, SpaceX menunda rencana mereka untuk membawa manusia tamasya ke bulan.

SpaceX didirikan Elon Musk dengan ambisi membawa manusia berkelana ke angkasa luar, salah satunya yang ditawarkan mereka adalah jalan-jalan ke bulan selama seminggu.

Awalnya, rencana itu bisa direalisasikan pada akhir 2018, tapi sekarang diundur sampai 2019 nanti, demikian lansiran Futurism, Kamis (7/6/2018.)

"SpaceX masih berencana menerbangkan orang-orang ke bulan dan sudah ada peningkatan ketertarikan dari banyak pelanggan," ucap Juru Bicara SpaceX James Gleeson.

Pengumuman tamasya ke bulan diumumkan Elon Musk pada Februari lalu. Ia berkata dua pelanggan akan bisa naik kapsul buatan SpaceX bernama Dragon.

Namun, karena SpaceX sering mengalami penundaan, tak tertutup kemungkinan tamasya ke bulan akan kembali diundur.

Pengumuman penundaan ini juga diiringi informasi bahwa peluncuran yang dilakukan SpaceX akan berkurang tahun ini karena kurangnya permintaan dan keperluan untuk meluncurkan satelit besar ke luar angkasa.

SpaceX dan NASA Mencari Planet Baru

Bagian kemudi dari mobil Tesla Roadster yang dilengkapi manekin astronot saat berada di roket Falcon Heavy (6/2). Roket tersebut berhasil diluncurkan pada Rabu (7/2) pagi atau Selasa pukul 15:45 waktu Florida, Amerika Serikat. (Ho/SpaceX/AFP)

Terlepas dari rencana tamasya ke Bulan, NASA bersama SpaceX dilaporkan telah menjalin kerja sama meluncurkan sebuah misi terbaru. Dalam misi ini, dua badan antariksa tersebut berupaya untuk mencari planet lain yang dapat mendukung kehidupan.

Dikutip dari Fortune, misi ini akan dilakukan oleh satelit baru yang diberi nama Transiting Exoplanet Survey Satellite (TESS). Satelit nantinya ditugaskan untuk mencari keberadaan exoplanet atau planet lain yang mirip Bumi.

"Bagi saya, TESS merupakan kesempatan pertama untuk benar-benar membuat kemajuan dalam percobaan menemukan tanda-tanda kehidupan di dunia lain," tutur profesor astrofisika MIT Sara Seager.

NASA menyebut TESS akan mengamati dan mengumpulkan lebih dari 200 ribu bintang di luar angkasa untuk mencari keberadaan planet lain. Satelit juga akan memindai sistem tata surya tetangga untuk mencari bintang-bintang yang juga berpotensi.

Pencarian eksoplanet baru tersebut akan diluncurkan melalui roket Falcon 9 milik SpaceX. Peluncuran akan dilakukan pada Senin, 16 April 2018 waktu Amerika Serikat melalui stasiun udara Cape Caneveral, Florida, Amerika Serikat.

NASA sendiri sebelumnya juga sudah meluncurkan misi serupa melalui teleskop luar angkasa Kepler yang diluncurkan pada 2009. Sekadar informasi, Kepler adalah teleskop luar angkasa yang digunakan untuk memantau dan mengetahui jumlah planet serupa Bumi.

Karena itu, TESS nantinya akan digunakan sebagai perpanjangan tangan dari teleskop Kepler. Menurut NASA, TESS akan langsung memantau dan memastikan apakah sebuah planet benar-benar memiliki potensi seperti Bumi, termasuk layak huni.

(Jek/Ysl)

Saksikan Video Pilihan Berikut Ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

VIDEO: Tips Hindari Penjambret di Jalan Raya

Posted: 07 Jul 2018 10:00 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Kejahatan penjambretan sedang marak terjadi di jalan raya. Berikut beberapa tips menghindarinya.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Polisi Amankan 2 Orang Terkait Kebakaran Kemenhub

Posted: 07 Jul 2018 09:59 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Anggota polisi berpakaian preman membawa dua orang dari lokasi kebakaran Gedung Kementerian Perhubungan (Kemenhub). Dua orang itu digelandang ke dalam mobil Toyota Kijang hitam milik institusi Bhayangkara.

Polisi berpakaian preman tersebut sempat mengatakan dua orang yang digelandang merupakan korban.

Namun Kapolres Metro Jakarta Pusat Kombes Roma Hutajulu mengaku pihaknya telah mengamankan dua orang untuk diperiksa di kantornya.

"Benar, (dua orang diperiksa terkait Kebakaran Kemenhub)," ujar dia saat dikonfirmasi, Minggu (7/8/2018).

Namu dia enggan merinci apakah dua orang tersebut merupakan pelaku terkait kebakaran yang memakan tiga korban meninggal dunia. "Nanti yah. Kami masih menyelidiki," kata dia.

 

Saksikan video pilihan di bawah ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Bersinar di Piala Dunia 2018, Kiper Inggris Tetap Membumi

Posted: 07 Jul 2018 09:58 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Timnas Inggris lolos ke semifinal Piala Dunia 2018 Rusia setelah mengalahkan Swedia 2-0 di partai perempat final, Sabtu (7/7) malam WIB. Dua gol Inggris yang dicetak Harry Maguire dan Dele Alli. Namun kiper Jordan Pickford menuai pujian.

Penampilan Inggris di laga itu bisa dibilang tepat. Inggris bermain seperlunya, setelah mencetak gol pembuka, permainan Inggris otomatis lebih defensif - meski masih menguasai bola. Tetapi sikap Inggris sudah jelas, yakni mempertahankan kemenangan. 

Selain itu, Inggris juga dinilai tampil utuh sebagai satu tim. Skuat Inggris racikan Gareth Southgate saat ini memang merata, tidak ada pemain bintang yang terlalu menonjol.

Pickford pun terpilih sebagai Man of the Match pertandingan itu. Penampilan kokoh Pickford dinilai penting dalam membatalkan beberapa peluang matang Swedia. Dia pun merasa mampu menjaga gawangnya nirbobol karena permainan Inggris sebagai tim.

"Kami selalu mengatakan bahwa kami menghadapi pertandingan satu demi satu, kami tahu kemampuan kami dan yang terpenting adalah kebersamaan," kata Pickford di situs FIFA.

"Jika ada kebersamaan, yang memang selalu ada, kami bisa mengontrol kemampuan kami di lapangan. Karena itulah kami menang, menjaga gawang tidak kebobolan, kami bekerja keras sebagai tim."

Nikmati Momen

Kiper timnas Inggris, Jordan Pickford menggagalkan tendangan penalti pemain Kolombia pada 16 besar Piala Dunia 2018 di Stadion Spartak, Selasa (3/7). Inggris lolos ke perempat final setelah menang adu penalti 4-3 atas Kolombia. (AP/Matthias Schrader)

Menyoal dirinya yang terpilih jadi pemain terbaik, Pickford tak terlalu menganggap penting hal tersebut. Dia mengaku hanya ingin menikmati setiap momen dan bermain sebaik mungkin.

"Sepak bola adalah soal berada di panggung besar. Saya tak pernah menempatkan diri saya di bawah tekanan. Saya hanya menikmati momen, bermain di momen itu," sambungnya.

"Saya merasa kuat, tidak ada yang mengganggu saya. Saya hanya ingin jadi sebaik mungkin. Kritik tidak memengaruhi saya karena itu hanya akan membuat saya ingin jadi yang terbaik."

Inggris saat ini tengah bersiap menantikan semifinal Piala Dunia 2018 Rusia, Kamis (12/7) dini hari WIB nanti kontra pemenang laga Rusia vs Kroasia.

Sumber Bola.net

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Jelang Semifinal Piala Dunia 2018, Prancis Dapat Kabar Baik

Posted: 07 Jul 2018 09:51 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Bek timnas Prancis, Raphael Varane yakin cedera lutut yang diderita rekan setimnya, Samuel Umtiti bukanlah masalah besar. Varane meyakini Umtiti akan bisa turun saat melawan Belgia di semifinal Piala Dunia 2018 Rusia, Rabu (11/7) dini hari WIB nanti.

Umtiti memang terus berurusan dengan masalah lutut sejak awal Piala Dunia, dia bahkan harus menepi di laga terakhir Grup C saat Prancis bermain imbang 0-0 dengan Denmark. 

Bek berusia 24 tahun ini kembali di susunan pemain utama saat Prancis menaklukkan Argentina (4-3) di 16 besar dan bermain penuh 90 menit kontra Uruguay (2-0) di perempat final meskipun harus menggunakan pelindung lutut.

Varane percaya Umtiti akan berusaha semaksimal mungkin mengembalikan kondisinya tepat waktu untuk menghadapi Belgia. Dia percaya keberadaan Umtiti sangat penting untuk menahan serangan Belgia yang mengandalkan Romelu Lukaku.

"Sam (Umiti) baik-baik saja. Dia menderita sedikit masalah kemarin setelah pertandingan, tetapi itu sesuatu yang bisa dia atasi," kata Varane di fourfourtwo.

"Dia tahu perhatian yang harus dia berikan (pada cedera). Kami sangat mengenal satu sama lain dan saya tidak terlalu khawatir soal itu.

Peluang

Bek Prancis Samuel Umtiti (kiri) berebut bola dengan striker Uruguay Luis Suarez pada laga 8 besar Piala Dunia 2018 di Nizhny Novgorod Stadium, Jumat (6/7/2018). (AFP/Kirill Kudryavtsev)

Menyoal peluang Prancis melawan Belgia, Varane percaya diri timnya mampu meraih hasil maksimal. Baginya skuat Prancis bisa bermain lebih tenang karena keberadaan Hugo Lloris di pos penjaga gawang.

"Dia (Lloris) luar biasa. Rasanya menenangkan memiliki pemain seperti dia di belakang kami."

"Kami tidak terkejut, kami tidak pernah meragukan dia, kami tahu kualitasnya. Dia memiliki rasa percaya diri dan konsistensi," tandasnya.

Prancis diprediksi akan menghadapi ujian sesungguhnya saat menghadapi Belgia. Serangan-serangan Belgia dinilai sebagai salah satu yang terbaik di Piala Dunia ini.

Sumber Bola.net

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Sudah 20 Korban Selamat Dievakuasi dari Kebakaran Gedung Kemenhub

Posted: 07 Jul 2018 09:51 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Sampai saat ini Suku Dinas Pemadam Kebakaran Jakarta Pusat mencatat ada 20 korban selamat dalam kebakaran di Gedung Karya Kementerian Perhubungan, Jalan Medan Merdeka Barat, Jakarta Pusat. Seluruh korban saat ini sudah dievakuasi.

Petugas Bagian Komunikasi Sudin Damkar Jakarta Pusat Adi Nugroho menyampaikan, dalam peristiwa nahas itu, ada empat orang ditemukan meninggal dunia. Korban meninggal diperkirakan karena kehabisan oksigen.

"Korban meninggal empat orang. Korban selamat 20 orang," sebut dia, Minggu (8/7/2018).

Adi mengatakan, dalam peristiwa tersebut sebanyak 17 unit mobil Damkar dikerahkan. Unit pertama tiba di lokasi sekitar pukul 04.20 WIB. Setelah tiba di lokasi tim langsung melakukan pendinginan dan penyelamatan korban kebakaran yang masih terjebak.

Sementara itu, Kapolres Jakarta Pusat Kombes Pol Roma Hutajulu mengatakan belum mengetahui identitas korban kebakaran yang meninggal dunia, apakah yang bersangkutan pekerja atau petugas keamanan.

"Ini kita masih melakukan identifikasi dan mencari tahu siapa-siapa saja yang bermalam di gedung tersebut dari security sini. Karena tadi berdasarkan keterangan dari anggota saya, bahwa para korban tadi sudah dalam keadaan buka baju dan tidak melekat identitas di tubuhnya," jelas Roma.

 

Reporter: Hari Ariyanti

Sumber: Merdeka.com

 

Saksika video pilihan di bawah ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Piala Dunia 2018: Neville Kecam Perlakuan kepada Sterling

Posted: 07 Jul 2018 09:45 PM PDT

Liputan6.com, Moskow - Eks bek Timnas Inggris, Garry Neville mengecam perilaku suporter kepada Raheem Sterling di media sosial. Sterling dicemooh saat tampil menghadapi Swedia pada babak 8 besar Piala Dunia 2018, Sabtu (7//72018).

Neville memberikan reaksi saat menjadi komentator laga Piala Dunia untuk stasiun tv Inggris, ITV.

"Perlakuan kepada Sterling pada pertengahan babak di media sosial benar-benar menjijikan, dan tidak menunjukkan penampilannya di pertandingan itu," kata Neville seperti dilansir Sports Mole.

Inggris sukses menang 2-0 melawan Swedia pada laga tersebut berkat gol Harry Maguire dan Dele Alli. Inggris sebetulnya bisa saja menang lebih besar andai Sterling sukses mengeksekusi dua peluang yang didapatnya.

Berkat kemenangan ini, Inggris lolos ke semifinal Piala Dunia 2018. 

 

Tetap Brilian

Gary Neville (AFP/Paul Ellis)

Neville menilai, cemoohan kepada Sterling tidak pantas. Meski tak mencetak gol, Neville menganggap Sterling bermain brilian dalam pertandingan itu.

"Ok, dia tidak mencetak gol, yang membuat Anda tiba-tiba menjadi pahlawan. Tetapi itu penampilan yang sangat baik," kata Neville.

  Lawan Kroasia

Di sisi lain, keberhasilan Inggris melenggang ke semifinal merupakan yang pertama sejak 1990. Pada babak semifinal, Inggris akan berduel melawan Kroasia.

Kroasia melaju usai mengandaskan perlawanan tuan rumah Rusia. Bermain imbang 2-2 di waktu normal, Kroasia lolos lewat adu penalti.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

MU Siapkan Pemain Meksiko untuk Gantikan Martial

Posted: 07 Jul 2018 09:43 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Manchester United (MU) mulai bersiap ditinggal Anthony Martial. The Red Devils menyiapkan pemain Meksiko Hirving Lozano sebagai pengganti Martial.

Dalam kurun waktu dua tahun terakhir, Martial memang kerap dikabarkan tidak bahagia di United. Ia disebut tidak senang karena minim mendapatkan jam bermain di bawah asuhan Jose Mourinho. 

Kekesalan Martial itu memuncak pada musim panas ini. Melalui sang agen, Martial menyebut ingin pergi dari Old Trafford pada musim panas ini.

MU sendiri masih berupaya untuk mempertahankan sang pemain. Namun dilansir dari Tuttomercatoweb, Setan Merah sudah menyiapkan rencana B dengan mengincar jasa Hirving Lozano.

Lozano sendiri memiliki reputasi sebagai salah satu bakat muda terbaik yang dimiliki Timnas Meksiko. Di usianya yang masih 21 tahun ia memenangkan CONCACAF Champions League dan menjadi top scorer pada laga itu dengan mengemas 8 gol.

Bersinar di PSV

3. Hirving Lozano (Meksiko) - Pemain 22 tahun ini sukses mempecundangi juara bertahan Jerman lewat gol tunggalnya. Kecepatan serta kekuatan fisik menjadikanya sebagai senjata timnas Meksiko untuk membongkar pertahanan lawan. (AP/Antonio Calanni)

Bakat besar Lozano langsung diamankan oleh PSV Eindhoven musim lalu. Di musim perdananya, ia sanggup mengemas 17 gol dari 29 penampilan di Eredivisie.

Ia juga tampil cemerlang di Piala Dunia 2018. Ia berhasil menghantarkan El Tri ke babak 16 besar, di mana ia mencetak gol kemenangan Meksiko atas Timnas Jerman di laga pembuka fase grup.

Salah satu penghalang United untuk mendatangkan Lozano pada musim panas ini adalah harganya yang diprediksi akan sangat mahal.

Lozano seperti yang sudah diketahui baru dibeli PSV dari Pachucha. Ia dibeli dengan harga sebesar 7,2 juta pounds.

Namun di PSV, Lozano diikat dengan kontrak berdurasi enam tahun, di mana kontraknya akan habis di tahun 2023. Dengan kontraknya yang masih lama itu, United diprediksi harus merogoh kocek yang cukup dalam untuk sang pemain.

Setan Merah sendiri bukan satu-satunya peminat pemain 22 tahun ini. Mereka harus bersaing dengan Arsenal dan Barcelona untuk mendatangkan sang pemain.

Sumber Bola.net

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Inggris Lolos ke Semifinal, Warganet Bersorak-sorai

Posted: 07 Jul 2018 09:43 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Piala Dunia 2018 kembali dihebohkan dengan kemenangan Inggris dalam pertandingannya melawan Swedia pada Sabtu  malam (7/7/2018).

Tercatat, Inggris berhasil menaklukan Swedia dengan skor 2-0 dalam laga perempat final di Samara Arena. 

Untuk diketahui, ini kali pertama Inggris akhirnya lolos ke semifinal sejak mereka melaju ke semifinal pada Piala Dunia 1990 di Italia.

Waktu itu, timnas Inggris berhasil lolos ke semifinal saat melawan Jerman Barat dalam adu penalti.

Nanti, di semifinal Inggris akan berhadapan dengan Kroasia pada Minggu dini hari (8/7/2018).

Kemenangan Inggris atas Swedia tentu menyedot perhatian warganet di linimasa. Kebanyakan mengungkapkan ekspresi sukacita karena Inggris akhirnya melaju ke semifinal Piala Dunia setelah sekian lama.

Untuk lebih lengkap, kamu bisa lihat cuitan sorak-sorai warganet soal Inggris dan Swedia berikut ini.

Brasil Pulang Kampung dari Piala Dunia 2018 Tuai Perhatian Warganet

Pemain timnas Brasil meninggalkan lapangan dengan kecewa setelah kalah dari Belgia pada laga perempat final Piala Dunia 2018 di Stadion Kazan Arena, Jumat (6/7). Brasil terdepak dari Piala Dunia 2018 setelah takluk dari Belgia 1-2. (Roman Kruchinin/AFP)

Kekalahan timnas Brasil dari Belgia dalam babak perdelapan final Piala Dunia 2018 membuat tim Samba harus pulang kampung.

Hengkangnya Brasil dari kejuaraan dunia inipun mencuri perhatian warganet di media sosial, khususnya Twitter. Terutama karena Brasil merupakan salah satu tim yang diunggulkan menjadi juara dunia dalam Piala Dunia 2018.

Topik mengenai Brasil pun menjadi salah satu trending topic di linimasa Twitter Indonesia. Reaksi warganet atas kekalahan tim Neymar Jr dan kawan-kawan itupun ditanggapi beragam.

Pantauan Tekno Liputan6.com di linimasa Twitter Indonesia, Sabtu (7/7/2018), ada sejumlah warganet yang tak percaya Brasil kalah dari Belgia, ada yang bakal berhenti menonton piala dunia gara-gara Brasil gagal melesat ke semi final, hingga sejumlah cuitan kocak. Pengguna Twitter dengan akun @Rifkysikai menertawakan kekalahan Brasil.

Pengguna dengan akun @nairhita justru berpikiran positif atas kalahnya Brasil dari Belgia. Menurutnya Brasil telah memenangi Piala Dunia sebanyak lima kali sehingga tidak apa-apa jika tim lain memenangkan piala dunia 2018.

Pemilik akun @paul_smithh merasa kekalahan Brasil membuatnya ingin berhenti menonton piala dunia.

Begitu juga dengan pengguna dengan akun @goodheadjack yang masih tetap jadi fans Brasil meski tim favoritnya harus tersingkir.

Ada juga yang tak rela kekalahan Brasil atas Belgia disebut tidak seharusnya. Pengguna dengan akun @CardStarter menulis, Belgia merupakan tim yang bagus dan terbukti bisa menembus pertahanan Brasil.

Warganet dengan akun @achfaro malah mengunggah sebuah cuitan disertai gambar kocak. Menurutnya, Brasil kalah lantaran tidak memasukkan Ronaldowati dkk dalam permainan.

Prediksi AI yang Salah

Bek Brasil, Miranda (tengah) dan rekan setimnya, Neymar (kiri) terlihat kecewa setelah kalah dari Belgia pada laga perempat final Piala Dunia 2018 di Stadion Kazan Arena, Jumat (6/7). Timnas Brasil takluk 1-2 di tangan timnas Belgia. (Luis Acosta/AFP)

Sebelumnya, teknologi machine learning pernah memprediksikan pemenang piala dunia yakni antara Jerman dan Brasil. Sayangnya prediksi tersebut melenceng jauh karena kedua tim pulang kampung.

Pengguna Twitter dengan akun @aakarpost pun membahas hal tersebut. Menurutnya, hal ini jadi alasan kenapa kecerdasan buatan belum bisa mengambil alih pekerjaan manusia.

Pemilik akun @mxm249 pun kecewa dengan kekalahan tim Brasil sehingga membuatnya ingin membakar paspornya.

Pulangnya Brasil dari ajang piala dunia juga membuat sejumlah warganet kembali membahas Neymar.

Pemain bernomor punggung 10 itu disindir terlalu egois dan tidak bermain sebagai tim. "Kalau saja Neymar bermain sebagai tim, Brasil masih punya kesempatan untuk menjadi juara," cuit pengguna akun @Er1CK_.

Kekalahan Brasil menambah daftar tim dari negara-negara di luar Eropa yang harus pulang kampung. Hal ini kemudian menjadi lelucon.

Ada saja warganet yang menyebut Piala Dunia bukanlah World Cup, melainkan European Championship, sebab tim yang berlaga hingga akhir adalah timnas negara-negara Eropa.

(Jek/Ysl)

Saksikan Video Pilihan Berikut Ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Debut 10 Tahun Lalu, Ini yang Bikin IU Makin Sukses

Posted: 07 Jul 2018 09:40 PM PDT

Liputan6.com, Seoul - Lee Ji Eun atau yang lebih dikenal sebagai IU merupakan penyanyi sekaligus aktris ternama di Korea Selatan. Tak terasa IU sudah 10 tahun merasakan asam dan garam dunia hiburan, dilansir dari KoreaBoo, Sabtu (7/7/2018).

Pada 2008 silam, IU debut dengan "Lost Child". Sebelumnya, ia menjadi trainee selama 10 bulan.

IU punya rahasia saat tampil total di depan penggemar: berlatih keras.

Sebuah sumber menyebutkan, sang idol rela melakukan latihan berat demi tampil total. Bahkan, IU melakukannya berulang-ulang, diwartakan Naver, baru-baru ini.

Sangat Terkenal

IU (Kmazing)

Berdasarkan jajak pendapat yang dikeluarkan Gallup Korea terhadap 4.200 orang, menyebutkan, IU dikenal luas sebagai penyanyi paling sukses di Korea Selatan. IU meraih 15,2 persen suara.

IU mendominasi hasil jajak pendapat. Alasannya, IU rajin tampil di berbagai acara di televisi. Selain itu, IU juga banyak membintangi sederet iklan ternama.

Sukses Akting

IU di drama Scarlet Heart (dramafever.com)

IU juga terjun ke dunia akting. Meski sempat diragukan, IU sukses memerankan karakternya dengan baik di beberapa drama ternama termasuk Producer (2014) dan You're the Best, Lee Soon-shin (2013).

Kemampuan akting IU makin diacungi jempol setelah bermain di Scarlet Heart (2016) bersama Lee Jun Ki. Kali ini, IU tampil dengan drama barunya, My Ahjussi.

Penghargaan

IU (Naver)

IU membawa pulang sederet penghargaan bergengsi, baik dari panggung musik maupun dunia peran. Salah satunya, SBS Drama Awards 2016. Penghargaan itu dimenangkan IU lewat drama Scarlet Heart.

Untuk penghargaan menyanyi, IU berhasil membawa pulang Golden Disc Awards 2018.

Pendapatan Selangit

IU (DramaFever)

Dengan kemampuannya yang mumpuni, IU berhasil merajai industri K-Pop dengan cara sendiri. IU disebut sebagai salah satu artis Korea Selatan dengan pendapatan selangit.

Sebuah laporan menyebutkan, IU berhasil mengantungi US$ 15 juta atau setara Rp 204 juta.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Menko Puan Bersyukur Pilkada Tidak Membuat Bangsa Tercerai-Berai

Posted: 07 Jul 2018 09:32 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Menteri Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (PMK) Puan Maharani bersyukur Pilkada Serentak 2018 yang telah selesai beberapa waktu lalu tidak membuat warga di seluruh Indonesia terpecah belah.

"Ternyata alhamdulillah pilkada sudah selesai pada 27 Juni lalu dan tidak membuat kita tercerai berai," kata Menko Puan pada puncak Hari Keluarga Nasional di Manado, Sulawesi Utara, Minggu (8/7/2018).

Pada Harganas 2018, menurut Puan, semua kepala daerah tetap semangat menghadiri meski sebelumnya ikut bertarung di pilkada daerah masing-masing.

"Alahmdulillah kepala daerah semuanya hadir di sini, apakah yang ikut bertarung maupun tidak bertarung, semua hadir si sini," ujar dia.

Menko Puan juga mengaku bersyukur karena tidak ada dendam di antara kepala daerah setelah pilkada berlangsung.

"Kalau saya lihat tidak ada yang musuhan, semuanya tetap berbaikan dan senyum-senyum semua, artinya menunjukkan bahwa kita adalah keluarga besar Indonesia," kata dia.

Dengan gambaran gelaran Pilkada Serentak yang berlangsung aman dan damai, Puan yakin Pilpres 2019 mendatang juga akan berlangsung aman.

"Sebentar lagi pun kita akan menuju tahun politik yang lebih panas, panas dalam artian mencakup seluruh Indonesia, semuanya, karena sebagai warga Indonesia kita tetap bersatu," tandas Menko Puan.

Pada Harganas tahun ini, pemerintah melalui Kemenko PMK memberikan penghargaan kepada para individu, keluarga, tokoh masyarakat, maupun kepala daerah yang dinilai menunjukkan komitmen dan dukungan, serta berjasa dalam program KKBPK (Kependudukan Keluarga Berencana dan Pembangunan Keluarga) di wilayahnya.

Sebanyak 21 gubernur, bupati dan wali kota menerima penghargaan Satyalancana Pembangunan, 2 orang yang berasal dari TP PKK NTB dan Muslimat NW NTB, menerima penghargaan Satyalancana Wira Karya.

 

Saksikan video pilihan di bawah ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Live Streaming Liga 1 Madura United Vs PSMS Medan di Vidio.com

Posted: 07 Jul 2018 09:30 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Madura United berupaya untuk memperbaiki posisi di klasemen sementara Go-Jek Liga 1 bersama Bukalapak ketika menghadapi PSMS Medan. Sebagai tuan rumah, tim berjuluk Laskar Sapeh Kerrab tersebut membidik kemenangan.

Partai pekan ke-14 Liga 1 ini bakal digelar di Gelora Stadion Ratu Pamelingan, Pamekasan, Minggu (8/7/2018). Stasiun televisi Indosiar akan menayangkan secara live mulai pukul 15.00 WIB.

Madura United saat ini bercokol di peringkat ke-12 klasemen sementara Liga 1 dengan torehan 18 poin dari 13 pertandingan. Adapun, PSMS terpuruk di zona degradasi, tepatnya posisi ke-17 setelah hanya mengumpulkan 13 poin dari 13 laga.

Kemenangan akan membuat Madura United menyamai perolehan poin Persija di peringkat kelima. Sementara untuk PSMS, poin penuh dapat mengantar pasukan Djadjang Nurdjaman ini keluar dari zona merah.

Selain di Indosiar, partai Madura United Vs PSMS juga bakal mengudara di Vidio.com. Berikut link live streaming-nya.

Link Live Streaming

Striker Madura United, Greg Nwokolo, saat melawan Bhayangkara FC pada laga Liga 1 di Stadion PTIK, Jakarta, Kamis, (07/6/2018). Bhayangkara FC menang 1-0 atas Madura United. (Bola.com/M Iqbal Ichsan)

Untuk link live streaming Vidio.com: Madura United Vs PSMS Medan di Liga 1 silakan klik di sini...

Prediksi Susunan Pemain

Madura United (4-3-3): Hery Prasetyo; Beny Wahyudi, Fabiano Beltrame, Fachrudin Aryanto, Alfath Faathier; Nuriddin Davronov, Slamet Nurcahyo, Zah Rahan; Bayu Gatra, Greg Nwokolo, Raphael Maitimo.

Pelatih: Gomes de Oliveira

PSMS Medan (4-3-2-1): Abdul Rohim; Amarzukih, Reinaldo Lobo, M. Roby, Jajang Sukmara; Legimin Raharjo, Dilshod Sharofetdinov, Abdul Aziz; Suhandi, Fredyan Wahyu; Wilfried Yessoh.

Pelatih: Djadjang Nurdjaman

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Lebih Suka Film Drama daripada Horor, Herjunot Ali Penakut? 

Posted: 07 Jul 2018 09:30 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Herjunot Ali memang pernah terlibat dalam sebuah film horor berjudul The Doll 2. Namun nyatanya, aktor berusia 32 tahun mengaku bukan penggemar film horor. 

Hal tersebut diungkap Herjunot Ali saat ditemui di kawasan Senayan, Jakarta Pusat, Jumat (6/7/2018). Menurutnya, film drama lebih menarik daripada film dengan konten menyeramkan. 

Lantas, apakah Herjunot Ali termasuk pria yang penakut hingga dirinya tak mau terlalu banyak menonton film horor?

"Bukannya takut tapi kaya ke enggak aja sih, bukan penggemar film horor tapi lebih ke drama sih," ujar Herjunot Ali. 

 

Kualitas Film Horor

(Instagram/herjunot7ali)

Lebih lanjut, Herjunot Ali pun mengutarakan pendapat soal perkembangan film horor di Indonesia. Menurut kekasih aktris Tatjana Saphira itu, kualitas film sangat dipengaruhi oleh selera penonton.

"Bagus atau enggak itu kan masalah selera sih. Jadi kalau misalnya, kita lihat saja nanti mudah-mudahan terus variasi, industrinya bagus, penontonnya banyak segala macem," ucap Herjunot Ali.

 

Relatif

(Instagram/herjunot7ali)

"Pada akhirnya ya cuma itu doang yang bisa diharapkan dari kualitas film Indonesia. Kalau soal suka enggak suka kan relatif," sambung Herjunot Ali. 

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Sibuk Mengurus Kim Woo Bin, Shin Min Ah Kembali dengan Drama Baru

Posted: 07 Jul 2018 09:20 PM PDT

Liputan6.com, Seoul: Shin Min Ah sempat vakum dari industri hiburan. Hampir empat tahun, Shin Min Ah jarang terdengar kabarnya.

Ia hanya sempat menghebohkan publik dengan kisah cintanya yang terungkap. Shin Min Ah berpacaran dengan Kim Woo Bin yang usianyna lebih muda darinya.

Drama terakhir Shin Min Ah, Oh My Venus. Drama itu juga dibintangi So Ji Sub. Oh My Venus menjadi drama dengan rating tinggi.

Kini, Shin Min Ah kembali dengan drama barunya, Diva of the Diving World atau Diva. Menurut rencana, drama itu akan tayang dalam waktu dekat, diwartakan Naver, Sabtu (7/7/2018).

Genre Thriller

Shin Min Ah (Soompi/ELLE)

Shin Min Ah kali ini muncul dengan drama thriller. Ini untuk pertama kalinya, ia bermain di genre tersebut.

Diva mengisahkan tentang seorang wanita yang kehilangan ingatan. Drama ini dipenuhi dengan misteri.

Penasaran

Shin Min Ah (Soompi/ELLE)

Shin Min Ah berperan sebagai Lee Young Ae. Ia mengalami kecelakaan, kehilangan ingatannya.

Ia mengumpulkan puing-puing ingatan. Ternyata, ia malah menemukan sebuah kebenaran yang disebut-sebut membuat penonton terkejut.

Mengurus Kim Woo Bin

Kim Woo Bin dan Shin Min Ah (Foto: Soompi.com)

Sebuah kabar menyebutkan, selama ini, Shin Min Ah sibuk mengurus Kim Woo Bin. Kekasih Shin Min Ah itu mengidap kanker.

Shin Min Ah terus mendampinginya. Bahkan, artis cantik ini juga disebut-sebut kerap kali mengantarkan Kim Woo Bin berobat.

Setia

Shin Min Ah (Soompi/ELLE)

Sementara itu, Shin Min Ah dalam sebuah pernyataan juga menjelaskan dirinya akan berada di samping Kim Woo Bin yang terkena kanker. Shin Min Ah juga akan terus membantu sang kekasih.

"Aku akan melakukan berbagai cara untuk membantu Kim Woo Bin," sebut Shin Min Ah.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Pasokan Jagung Turun, Harga Pakan Ternak Bakal Naik

Posted: 07 Jul 2018 09:17 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Harga pakan ternak ayam diperkirakan akan naik pada semester II 2018. Hal ini dipacu oleh menurunnya pasokan jagung dari dalam negeri.

Ketua Umum Gabungan Pengusaha Makanan Ternak (GPMT) Desianto Budi Utomo mengatakan, jagung merupakan bahan baku yang dominan dalam pakan ternak. Menurunnya pasokan jagung akan membuat harga pakan melonjak.

"Pakan jagung sekitar 45 persen dari produksi pakan nasional. (Produksi pakan) kami estimasi sekitar 19,5 juta ton (per tahun)," ujar dia di Jakarta, Minggu (8/7/2018).

Saat ini harga bahan baku jagung berada di kisaran Rp 4.100-Rp 4.200 per kg. Namun dengan menurunnya pasokan akan berimbas pada kenaikan harga pakan.

"Semester II produksi jagung nasional hanya sekitar 35 persen-40 persen. Kemungkinan harga jagung naik. Ini akan menjadi faktor penambah kenaikan harga pakan karena sekitar 45 persen pakan ayam dari jagung, secara volume," jelas dia.

Namun demikian, hal yang menggembirakan, sejak 2017 Indonesia sudah tidak lagi ketergantungan pada impor jagung sebagai bahan baku pakan. Sebab produksi petani lokal telah memenuhi kebutuhan jagung di dalam negeri.

"Dalam negeri selama ini cukup. 2017 tidak impor. 2018 semester I tidak impor jagung. Mudah-mudahan kalau produksi bisa dipertahankan, kita tidak impor sampai semester 2 2018," tandas dia.

RI Akan Ekspor 100 Ribu Ton Jagung ke Filipina

Seorang petani menunjukkan jagung hasil panen raya di Tuban, Jawa Timur, Jumat (9/3). Petani menerapkan pola panen kering hingga hasilnya lebih menguntungkan. (Liputan6.com/Angga Yuniar)

Sebelumnya, Menteri Pertanian (Mentan) Amran Sulaiman mengatakan akan kembali mengekspor salah satu komoditas strategisnya, yakni jagung. Dalam waktu dekat, akan ada 100 ribu ton jagung yang dikirim dari Indonesia menuju Filipina.

"Kita (Kementerian Pertanian) produksi. Kita orientasi ekspor. Besok ekspor jagung ke Filipina," ujar Amran Senin 19 Maret 2018.

Dia mengaku sesuai rencana sudah mengekspor 100 ribu ton jagung. Targetnya, jagung yang diekspor total mencapai 300 ribu ton.

Amran mengatakan, selain jagung, Indonesia juga akan mengekspor bawang merah ke enam negara, di antaranya Malaysia dan Filipina.

Meskipun demikian, Amran tidak membeberkan secara lebih rinci rencana ekspor bawang ke enam negara tersebut.

"Kita ekspor bawang merah ke 6 negara. Bawang merah itu (diekspor) ke Malaysia, Filipina dan beberapa Negara lainnya. Ekspor kita naik 24 persen. Naik luar biasa tingginya," dia menandaskan. 

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Keluarga Korban Kebakaran Gedung Kemenhub Datangi RSCM

Posted: 07 Jul 2018 09:15 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Sejak Minggu pagi, rekan serta kerabat ketiga korban kebakaran di Gedung Kemenhub mendatangi Rumah Sakit Cipto Mangunkusumo untuk menunggu hasil autopsi yang tengah dilakukan pihak Forensik RSCM.

Tiga orang dipastikan tewas dalam insiden kebakaran ini. Ketiganya terjebak di tiga lantai berbeda di gedung tersebut.

Simak berita selengkapnya di Liputan6 Siang SCTV, pukul 12.00 WIB. Anda juga dapat menyaksikan melalui live streaming, klik di sini.

 

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Persija Jakarta Resmi Lepas 3 Pemain

Posted: 07 Jul 2018 09:15 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Persija Jakarta resmi melepas tiga pemain pada bursa transfer paruh musim Go-Jek Liga 1 bersama Bukalapak. Ketiganya adalah Addison Alves, Marco Kabiay, dan Dany Saputra.

Addison dicoret setelah tampil kurang memuaskan sejauh ini. Bomber asal Brasil tersebut hanya mampu membukukan 1 gol dari 11 penampilan.

Adapun, kontrak Kabiay diputus karena dinilai kurang memenuhi ekspektasi sebagai pelapis Ismed Sofyan. Pemain asal Papua tersebut baru sekali memperkuat Persija pada musim ini.

"Ya kami lepas Kabiay setelah melakukan evaluasi dengan tim pelatih Persija. Kami lepas dengan baik-baik dengan memberikan kompensasi kepadanya," ujar Direktur Utama Persija, Gede Widiade.

"Terima kasih tentunya untuk Kabiay yang sudah pernah berjuang bersama kami di Persija. Semoga karier Kabiay semakin sukses di mana pun nantinya ia bermain," katanya menambahkan.

Pinjamkan Dany Saputra

Gelandang Bhayangkara FC, Vendry Mofu, berusaha melewati bek Persija Jakarta, Dany Saputra, pada laga Liga 1 di SUGBK, Jakarta, Jumat (23/3/2018). Kedua klub bermain imbang 0-0. (Bola.com/Vitalis Yogi Trisna)

Nasib berbeda dialami Dany Saputra. Bila dua rekannya dicoret, Dany malah dipinjamkan ke mantan klubnya, Bhayangkara FC.

Gede mengatakan, Dany dikirim ke Bhayangkara FC hingga akhir musim. Di Persija, pemain berusia 27 tahun itu kalah bersaing dengan Valentino Telaubun sebagai pelapis Rezaldi Hehanussa.

"Ya, kami resmi meminjamkan Dany Saputra ke Bhayangkara FC. Dia juga sudah minta izin kepada kami untuk bermain di sana selama enam bulan. Dany akan mulai bergabung ke Bhayangkara FC pada 9 Juli mendatang," tutur Gede.

"Saya mewakili keluarga besar Persija Jakarta mengucapkan terima kasih yang sebesar-besarnya kepada Dany karena sudah pernah berjuang bersama kami. Semoga di Bhayangkara FC kariernya semakin sukses," imbuhnya.

Bursa Transfer Persija Sejauh Ini

Masuk: Ivan Carlos (Asing), Osas Saha

Keluar: Addison Alves (Asing), Marco Kabiay, Dany Saputra

 

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

FOTO: Messi dan Ronaldo Ikut Menonton Laga Rusia Vs Kroasia

Posted: 07 Jul 2018 09:13 PM PDT

Suporter berpose memakai topeng bintang Portugal, Cristiano Ronaldo dan bintang Argentina, Lionel Messi sebelum laga babak perempat final Piala Dunia 2018 antara Rusia dan Kroasia di Stadion Olimpiade Fisht, Sabtu (7/7). (AFP PHOTO/Kirill KUDRYAVTSEV)

Suporter berpose memakai topeng bintang Portugal, Cristiano Ronaldo dan bintang Argentina, Lionel Messi sebelum laga babak perempat final Piala Dunia 2018 antara Rusia dan Kroasia di Stadion Olimpiade Fisht, Sabtu (7/7). (AFP PHOTO/Kirill KUDRYAVTSEV)

Suporter mengenakan topeng bintang Portugal, Cristiano Ronaldo dan bintang Argentina, Lionel Messi sebelum laga babak perempat final Piala Dunia 2018 antara Rusia dan Kroasia di Stadion Olimpiade Fisht, Sochi, Sabtu (7/7). (AP Photo/Manu Fernandez)

Suporter mengenakan topeng bintang Portugal, Cristiano Ronaldo dan bintang Argentina, Lionel Messi sebelum laga babak perempat final Piala Dunia 2018 antara Rusia dan Kroasia di Stadion Olimpiade Fisht, Sochi, Sabtu (7/7). (AP Photo/Manu Fernandez)

Suporter berpose memakai topeng bintang Portugal, Cristiano Ronaldo dan bintang Argentina, Lionel Messi sebelum laga babak perempat final Piala Dunia 2018 antara Rusia dan Kroasia di Stadion Olimpiade Fisht, Sabtu (7/7). (AFP PHOTO/Kirill KUDRYAVTSEV)

Suporter berpose memakai topeng bintang Portugal, Cristiano Ronaldo dan bintang Argentina, Lionel Messi sebelum laga babak perempat final Piala Dunia 2018 antara Rusia dan Kroasia di Stadion Olimpiade Fisht, Sabtu (7/7). (AFP PHOTO/Kirill KUDRYAVTSEV)

Suporter mengenakan topeng bintang Portugal, Cristiano Ronaldo dan bintang Argentina, Lionel Messi sebelum laga babak perempat final Piala Dunia 2018 antara Rusia dan Kroasia di Stadion Olimpiade Fisht, Sochi, Sabtu (7/7). (AP Photo/Manu Fernandez)

Suporter mengenakan topeng bintang Portugal, Cristiano Ronaldo dan bintang Argentina, Lionel Messi sebelum laga babak perempat final Piala Dunia 2018 antara Rusia dan Kroasia di Stadion Olimpiade Fisht, Sochi, Sabtu (7/7). (AP Photo/Manu Fernandez)

Seorang suporter berpose memakai topeng bintang Portugal, Cristiano Ronaldo sebelum laga babak perempat final Piala Dunia 2018 antara Rusia dan Kroasia di Stadion Olimpiade Fisht, Sochi, Sabtu (7/7). (AFP PHOTO/Kirill KUDRYAVTSEV)

Seorang suporter berpose memakai topeng bintang Portugal, Cristiano Ronaldo sebelum laga babak perempat final Piala Dunia 2018 antara Rusia dan Kroasia di Stadion Olimpiade Fisht, Sochi, Sabtu (7/7). (AFP PHOTO/Kirill KUDRYAVTSEV)

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

VIDEO: Kemenhub Kebakaran, 4 Orang Meninggal

Posted: 07 Jul 2018 09:10 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Kebakaran terjadi di gedung Kementerian Perhubungan Minggu (8/7) dini hari. Hingga saat ini 4 orang dinyatakan tewas akibat kebakaran.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

2 Korban di Lantai 25 Gedung Kemenhub dalam Proses Evakuasi

Posted: 07 Jul 2018 09:08 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Sejumlah petugas pemadan kebakaran (Damkar) masih berada di Gedung Karya Kementerian Perhubungan (Kemenhub), Jalan Medan Merdeka Barat, Jakarta Pusat. Petugas menyisir ke setiap lantai pascakebakaran pada Minggu (8/7/2018) dini hari untuk memeriksa kemungkinan masih ada korban yang terjebak.

Salah seorang petugas Damkar mengatakan, saat ini timnya sedang melakukan evakuasi di lantai 25. Dikabarkan ada dua orang yang masih berada di lantai tersebut.

"Diperkirakan ada dua orang. Tapi saya belum tahu karena saya belum ngecek lagi di atas. Kalau enggak salah ada dua orang," ujar petugas ini. Ia pun mengaku belum tahu kondisi korban di lantai 25 ini.

Ia mengatakan, korban kebakaran yang selamat dan berhasil dievekuasi sebanyak 17 orang. Sekitar pukul 10.00 WIB, tiga korban selamat dibawa ke Polres Jakarta Pusat menggunakan mobil polisi untuk dimintai keterangan sebagai saksi. Sebelum dibawa ke Polres Jakpus, tiga orang ini telah mendapat perawatan dan pemeriksaan oleh petugas medis.

Kapolres Jakarta Pusat Kombes Pol Roma Hutajulu menyampaikan, berdasarkan informasi awal, sumber asap berasal dari lantai 5, 8, dan 12. Pihaknya bersama tim Damkar melakukan penyisiran ke sumber asap.

"Tapi tidak ada api. Jadi setelah itu dilakukan penyisiran setelah asapnya itu sudah mulai bisa dikendalikan. Kemudian tim dari Damkar melakukan penyisiran, sampai sekarang masih melakukan penyisiran di setiap lantai di Gedung Karya itu," jelasnya.

Korban meninggal dunia yang ditemukan diperkirakan karena kehabisan oksigen. "Lebih banyak CO2-nya di ruangan tersebut," ujarnya. Korban meninggal kemudian dibawa ke RSCM.

"Dari pihak kepolisian dalam hal ini pihak Polres Metro Jakarta Pusat dan Polsek Metro Gambir dan juga dari Koramil Gambir menunggu tanda dari petugas pemadam kebakaran apakah TKP sudah dinyatakan aman untuk kita melakukan identifikasi," pungkas Roma.

 

Reporter: Hari Ariyanti

Saksikan video pilihan di bawah ini:

 

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Kronologi Operasi Penyelamatan 9 Jam Penumpang Kapal Kandas di Ketapang

Posted: 07 Jul 2018 09:03 PM PDT

Liputan6.com, Pontianak - Evakuasi terhadap ratusan penumpang kapal kandas di Kabupaten Ketapang, Kalimantan Barat (Kalbar), berjalan sukses. Sebelumnya, tim gabungan yang terdiri dari SAR dan instansi terkait lainnya, mengevakuasi 668 penumpang KMP Dharma Fery II yang kandas di Muara Sungai Pawan, Kabupaten Ketapang, sejak Jumat, 6 Juli, sekitar pukul 19.00 WIB.

"Alhamdulillah, proses evakuasi berhasil kami lakukan bersama instansi terkait lainnya," ucap Kepala SAR Pontianak, Hery Marantika, di Pontianak, Sabtu, 7 Juli 2018, dilansir Antara.

Ia menjelaskan, KMP Dharma Fery II berangkat dari Pelabuhan Tanjung Emas Semarang menuju Pelabuhan Sukabangun Kabupaten Ketapang, karena kondisi air Sungai Pawan sedang surut, sehingga kapal kandas.

"Keseluruhan penumpang berhasil dievakuasi dengan selamat menggunakan RIB Pos SAR Ketapang, kapal cepat milik KSOP dan lainnya," katanya.

Begitu mendapat informasi, pihaknya bersama instansi terkait langsung melakukan pemindahan penumpang dengan alat transportasi yang lebih kecil dan lebih aman. Hal itu dilakukan sebagai bentuk antisipasi bila terjadi hal-hal yang tidak diinginkan dikarenakan kondisi alam atau lainnya.

Ia menambahkan, proses evakuasi tersebut melibatkan 30 anggota tim SAR gabungan yang dimulai pukul 05.00 WIB pagi hingga pukul 14.00 WIB atau berlangsung selama sembilan jam.

Sebanyak 668 penumpang kapal kandas itu terdiri dari 615 orang dewasa, 45 anak, dan delapan bayi atau balita.

"Selama proses evakuasi bersama instansi terkait pelabuhan melaksanakan pengamanan dan pengawasan para penumpang agar tidak panik saat dilakukan evakuasi secara bertahap menggunakan Ponton GT. 265 yang di tarik oleh tugboat," ungkap Danposal ketapang, Letda Laut (P) Asep.

Dalam pelaksanaan proses evakuasi terhadap para penumpang kapal kandas itu, aparat TNI AL Ketapang dan instansi terkait menggunakan peralatan 1 ponton GtT 265, 2 Speed KSOP, 3 perahu karet Pos TNI AL, dan 4 Speed Basarnas.

Saksikan video pilihan di bawah ini:

 

Penumpang Wanita Keguguran

Penumpang Kapal Dharma Ferry 2 yang Kandas di Ketapang dievakusi dengan selamat. (Istimewa/Dok. Dinas Penerangan Lantamal XII)

Jumlah penumpang sesuai dengan manifes kapal berjumlah 668 orang. Terdiri dari 615 orang dewasa, 45 anak, dan 8 bayi atau balita. Selanjutnya, kendaraan yang berada di kapal terdiri dari truk besar 3 unit, truk sedang 11 unit, sepeda motor 28 unit, dan mobil pribadi 13 unit.

"Selama proses evakuasi para penumpang kapal Dharma Ferry 2, yang dilakukan aparat, dengan menggunakan kapal Ponton GT. 265 no. 671/1991 yang ditarik tugboat hingga para penumpang terevakuasi semua ke darat dalam keadaan selamat," pungkas Danposal Ketapang Letda Laut (P) Asep Supiana.

Selanjutnya untuk barang dan kendaraan yang berada di dalam kapal menyusul bersama kapal, menunggu waktu pasang di lokasi kandas pada Sabtu pukul 18.30 WIB.

KMP Dharma Fery II akan sandar di dermaga Pelabuhan Sukabangun, Kabupaten Ketapang, dengan pengawalan petugas SAR Gabungan unsur maritim Kabupaten Ketapang.

Ada penumpang yang dievakuasi dibawa ke rumah sakit terdekat, yakni 2 wanita dengan satu orang dalam kondisi hamil keguguran dan satu anak muntah-muntah dirujuk ke RSU Agoes Djam, Ketapang.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Korea Utara: Pembicaraan dengan Menlu AS Mike Pompeo Mengecewakan

Posted: 07 Jul 2018 09:02 PM PDT

Liputan6.com, Pyongyang - Menteri Luar Negeri Amerika Serikat Mike Pompeo mengakhiri kunjungannya selama dua hari ke Korea Utara pada Sabtu 7 Juli 2018. Dua hari di sana, ia sama sekali tak punya kesempatan bertemu dengan Kim Jong-un.

Ini adalah kali pertamanya Pompeo menginjakkan kaki di Korea Utara pasca-pertemuan bersejarah antara Donald Trump dan Kim Jong-un di Singapura Juni 2018 lalu. Sebelumnya, ia sudah dua kali ke Pyongyang.

Pompeo mengaku optimistis dengan hasil kunjungannya, di mana ia melakukan negosiasi dengan pejabat senior Korut Kim Yong-chol, yang disebut-sebut sebagai tangan kanan Kim Jong-un.

"Saya pikir kami membuat kemajuan di setiap elemen yang didiskusikan," kata Pompeo kepada wartawan asal AS yang menemaninya ke Pyongyang, seperti dikutip dari The Week, Sabtu (7/7/2018).

Ia menambahkan, ada kemajuan di beberapa hal. Sementara, masih banyak pekerjaan yang harus dirampungkan terkait sejumlah isu.

Pompeo tidak banyak mengungkap soal isi pembicaraannya dengan pihak Korut. Ia hanya mengatakan, kedua pihak membahas soal perlucutan senjata, termasuk penghancuran fasilitas pengujian mesin rudal.

"Ini adalah hal yang rumit tetapi kami membuat kemajuan di hampir semua masalah utama."

Di sisi lain, Korea Utara justru mengatakan, sikap AS pada pembicaraan terakhir mengenai program nuklirnya amat 'disesalkan'.

Pernyataan pihak Kementerian Luar Negeri Korea Utara, yang disiarkan oleh kantor berita KCNA menyebut, sikap AS mengkhianati semangat KTT, dengan menempatkan tekanan sepihak pada Korut untuk melepaskan senjata nuklirnya.

Seperti dikutip dari USA Today, AS dianggap membuat tuntutan sepihak terkait CVID (Complete, Verifiable and Irreversible Dismantlement) atau denuklirisasi Korea Utara yang lengkap, dapat diverifikasi dan tidak dapat diubah.

Pejabat Korut yang tak disebut namanya tersebut mengatakan, pembicaraan dengan Pompeo "benar-benar mengecewakan."

"Kami mengharapkan pihak AS akan datang dengan langkah-langkah produktif yang kondusif untuk membangun kepercayaan sejalan dengan semangat KTT Amerika-Korut," kata pihak Korut, seperti dimuat Yonhap.

"Namun, sikap dan pendirian Amerika Serikat di pertemuan pejabat tingkat tinggi pertama sangatlah disesalkan."

Juru bicara Departemen Luar Negeri AS Heather Nauert mengatakan, pihaknya bersikap tegas dalam pertemuan tersebut, meminta agar tiga hal dipenuhi pihak Korut: denuklirisasi menyeluruh di Korea Utara, jaminan keamanan, dan repatriasi jasad tentara Amerika yang tewas selama Perang Korea. "Kebijakan kami belum berubah," kata dia.

Sebelum kedatangan Pompeo, media Korut mengecam Washington DC atas kritiknya terhadap catatan hak asasi manusia Korea Utara.

Kecaman itu, yang diterbitkan di situs Uriminzokkiri yang dikelola rezim Kim Jong-un, mengatakan Washington harus berhenti memprovokasi Korea Utara dengan 'kebisingan soal HAM yang ketinggalan zaman' di tengah upaya peningkatan hubungan diplomatik.

 

Saksikan video menarik berikut ini:

Rocket Man

Mike Pompeo, Direktur CIA pada era Presiden Donald Trump (Associated Press)

Menteri Luar Negeri Amerika Serikat Mike Pompeo tiba di Pyongyang pada Jumat 6 Juni 2018.

Kedatangannya di ibu kota Korea Utara itu membawa misi khusus, yakni berjumpa dengan Kim Jong-un guna mengorek kejelasan denuklirisasi yang dijanjikannya, menyusul pertemuan bersejarah antara dirinya dan Presiden Donald Trump di Singapura bulan lalu.

Pompeo disambut oleh 'tangan kanan' Kim Jong-un, Kim Yong-chol, dan Menlu Ri Yong-ho, demikian seperti dikutip dari NDTV.

"Dalam kunjungan ini, ia (Pompeo) ingin menegaskan kembali tentang kejelasan komitmen tersebut dan ingin melanjutkan momentum menuju implementasi dari yang dijanjikan kedua pemimpin," kata juru bicara Menlu AS, Heather Nauert.

Namun ada satu benda istimewa yang menyita perhatian awak media. Benda tersebut dibawa Pompeo dalam lawatannya ke Korea Utara, hadiah khusus dari Donald Trump untuk Kim Jong-un: sebuah CD 'Rocket Man' karya penyanyi legendaris Elton John.

Selain kepingan CD, sepucuk surat yang ditulis langsung oleh Trump juga diserahkan kepada Kim Jong-un.

Mengutip sumber tanpa nama di Washington, surat kabar Korea Selatan Chosun Ilbo melaporkan, CD itu mencerminkan keyakinan Trump bahwa Kim akan menindaklanjuti komitmen yang disetujui mereka saat jumpa di Singapura.

Sebelumnya Trump pernah menyebut Sang Diktator sebagai "manusia roket kecil", lalu Kim Jong-un membalasnya dengan julukan "orang tua gila".

Selama pertemuan tersebut, Trump sesekali bertanya kepada Kim Jong-un tentang lagu itu dan Kim mengaku belum pernah mendengar "Rocket Man". Inilah yang mendorong Trump menghadiahi CD Elton John kepada Kim Jong-un.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Bek Inggris: 'Football's Coming Home' Segera Menjadi Kenyataan

Posted: 07 Jul 2018 09:00 PM PDT

Liputan6.com, Samara - Ungkapan 'Football's Coming Home' begitu menggema setelah Timnas Inggris lolos dari babak penyisihan Grup Piala Dunia 2018. Lebih-lebih saat tim berjuluk The Three Lions itu kini meraih tiket ke babak semifinal, ungkapan tersebut kian menggelegar.

Inggris berhasil mengalahkan Swedia 2-0 pada babak perempat final untuk melangkah ke semifinal melawan Kroasia. Bek The Three Lions, Harry Maguire, kian yakin bahwa ungkapan 'Football's coming home' dapat menjadi kenyataan.

Masyarakat Inggris percaya bahwa sepak bola adalah olahraga yang lahir di Tanah Britania. Saat ini, menjadi momen yang tepat untuk memulangkan trofi Piala Dunia 2018 ke daratan Inggris. Kurang lebih, begitu maksud dari ungkapan 'Football's Coming Home' yang ramai belakangan ini.

"Mudah-mudahan (Football's coming home)," ujar bek Inggris, Harry Maguire, disadur dari Goal, menanggapi keinginan penggemar The Three Lions untuk memenangi gelar Piala Dunia 2018.

Maguire berperan besar atas keberhasilan Inggris mengalahkan Swedia. Bek Leicester City itu mencetak gol pembuka di menit ke-30 sebelum Dele Alli menutup kemenangan menjadi 2-0 di menit ke-59.

Peluang Inggris

Selebrasi para pemain Timnas Inggris usai Harry Maguire menjebol gawang Swedia pada perempat final Piala Dunia 2018

Keberhasilan Inggris menjenjang semifinal Piala Dunia merupakan yang pertama dalam 18 tahun belakangan. Prestasi terbaik The Three Lions selain memenangi edisi 1966 ialah melangkah ke empat besar pada Piala Dunia 1990.

Di semifinal, Inggris akan menantang Kroasia. Ujian yang berat untuk pasukan Gareth Southgate mengingat lawannya itu tidak terkalahkan sejauh ini.

Jadwal Inggris

Semifinal Piala Dunia 2018

Kamis, 12 Juli dini hari WIB

Kroasia Vs Inggris

Stadion Luzhniki

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Ketahui 3 Jenis Terapi untuk Atasi Kecanduan

Posted: 07 Jul 2018 09:00 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Kecanduan atau ketergantungan terhadap sesuatu misalnya gim online memerlukan terapi yang disebut psikoterapi. Lewat psikoterapi, tingkat kecanduan seseorang bisa berkurang.

Dokter spesialis kesehatan jiwa, Kristiana Siste dari Departemen Psikiatri Fakultas Kedokteran Universitas Indonesia mengatakan ada tiga jenis terapi yang digunakan para praktisi psikiatri untuk menangani kasus adiksi atau kecanduan ini yakni:

1. Cognitive Behavior Therapy (CBT)

Orang yang memiliki ketergantungan terhadap sesuatu, dia sudah mempunyai pola pikir tertentu. Untuk itu, CBT digunakan untuk memodifikasi pikiran-pikiran negatif agar dapat disubstitusi dengan pola pikir yang lebih positif.

"Dia kan sudah punya pikiran bahwa dengan main game saya senang, kalau saya mau senang saya harus game. Nah, untuk memodifikasi pikirannya, kita ganti menggunakan metode ini", ujar Siste mengutip rilis dari Sehat Negeriku, Minggu (8/7/2018).

 

Saksikan juga video menarik berikut:

 

2. Motivational Interview (MI)

Ilustrasi terapi kecanduan (iStockphoto)

 

Metode ini lebih cocok bagi pasien para remaja dan dewasa muda. Mengingat pengambilan keputusan (otonomi) dalam terapi sepenuhnya ada di tangan pasien.

3. Terapi Perilaku

Metode ini dilakukan dengan cara memodifikasi lingkungan untuk menurunkan motivasi pasien untuk menghambat ketergantungannya. Salah satu contohnya, untuk pasien yang kecanduan gadget dan internet, perlu membuat aturan misalnya menggunakan gawai hanya di area keluarga atau tidak ada jaringan WIFI di kamar.

Ditambahkan oleh dokter Eva Suryani, SpKJ pada pasien dengan co-morbid, misalnya dengan gangguan kecemasan atau depresi dilakukan dengan pendekatan pengobatan.  "Selain psikoterapi dengan farmakoterapi dengan obat-obatan tergantung gejala yang dialami," kata Eva.

 

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Belanja Perabotan Unik dan Etnik untuk Dekorasi Rumah di Teras Indonesia

Posted: 07 Jul 2018 09:00 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Rumah akan terasa lebih nyaman jika diisi oleh beragam perabotan yang sesuai. Terlebih jika perabotan yang mengisi rumah Anda adalah kerajinan unik. Nuansa etnik akan begitu terasa di rumah Anda.

IKEA Indonesia sebagai salah satu penyedia perabotan rumah melakukan kerja sama dengan Yayasan Dharma Bhakti Astra menggelar Teras Indonesia. Ini merupakan pameran produk UKM yang menampilkan produk unggulan berupa kerajinan tangan kreatif berbahan dasar kain perca, asesoris unik dari batu alam, manik-manik, sulam, serta seni rajut, dan berbagai tas menarik berbahan batik dan tenun.

Diikuti oleh 3 peserta

Teras Indonesia digelar sebagai bentuk ajakan pada masyarakat Indonesia untuk mengapresiasi produk (Liputan6/pool/IKEA indonesia)

Kegiatan ini diselenggarakan sejak 6 hingga 8 Juli 2018 di area pintu masuk toko IKEA Alam Sutera. Sebanyak tiga peserta UKM mengikuti kegiatan ini, seperti, Cempaka Craft, Naureen Krakatau Craft, dan La Suntu Tastio.

"IKEA Indonesia konsisten melaksanakan kegiatan ini dalam rangka memperkenalkan produk-produk UKM yang sangat unik dan khas, juga digemari oleh para pengunjung kami. Ini merupakan pameran Teras Indonesia di mana produk pada pameran juga dapat dibeli oleh pengunjung IKEA," ujar Country Marketing Manager IKEA Indonesia, Eliza Fazia.

Diberi bekal pengetahuan

Teras Indonesia digelar sebagai bentuk ajakan pada masyarakat Indonesia untuk mengapresiasi produk (Liputan6/pool/IKEA indonesia)

Sebelum pameran digelar, tim desainer interior IKEA memberikan pengetahuan tentang tips menata display yang menarik layaknya ritel berkelas kepada para peserta pameran. Ini akan membantu meningkatkan nilai produknya sendiri. Selain itu, IKEA Indonesia juga mengajak masyarakat untuk mengapresiasi karya dan produk buatan Indonesia melalui pameran ini.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Top 3: Aksi Begal Kejam, Reaksi Driver Ojol Saat Dicuekin

Posted: 07 Jul 2018 09:00 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Tindakan mengerikan begal memang membuat publik resah akhir-akhir ini. Pasalnya, para pelaku begal yang kejam dengan berani merampas kendaraan dan harta benda korbannya.

Malahan, mereka juga tak takut sampai membuat korbannya tewas. Meski aksi ini bukan menjadi hal yang baru di kota-kota besar. Tetap saja aksi kriminal begal selalu membuat publik geram. Ada tiga kasus begal yang tercatat sangat keji dan dikutuk opleh berbagai kalangan.

Artikel tentang aksi begal ini menjadi yang paling terpopuler di kanal Citizen6, Liputan6.com.

Sementara itu, artikel tentang tujuh reaksi driver yang dicuekin penumpangnya menempati kedua terpopuler. Sedangkan, artikel ketiga terpopuler tentang reporter yang dicium dua suporter wanita.

Berikut Top 3 Citizen6:

1. Tak Hanya Rampas Motor, Ini 3 Aksi Begal Kejam yang Meresahkan

Ilustrasi Begal Motor

Saat ini memang rawan terjadinya begal dan penjambretan. Meski tindakan kriminal itu bukan hal baru di Indonesia, tetap saja masyarakat dibuat resah dengan para pelaku pembegalan.

Para pelaku aksi pembegalan juga tak tanggung-tangung, berani untuk mengambil pilihan ekstrem sampai membuat korbannya tewas. Berikut ini merupakan tiga kasus begal di Indonesia yang mengerikan dan bikin geram publik.

Selengkapnya..

2. Bukannya Marah, 7 Reaksi Driver Ojol Saat Dicuekin Pelanggan Ini Justru Bikin Ngakak

(Rangkuman Brilio.net dari berbagai sumber)

Lagi-lagi kisah tentang para pengemudi ojek online (ojol). Begitulah, banyak kisah unik yang mewarnai kegiatan mereka setiap harinya. Banyaknya pelanggan tak lantas membuat pekerjaan driver ojol menjadi lebih mudah.

Pasalnya, nggak jarang ada oknum-oknum pelanggan yang menguras kesabaran para driver. Dari permintaan yang aneh hingga chat yang nggak kunjung dibalas, pastinya bikin para driver kesal sendiri. Berikut tujuh chat driver ojek online dicuekin pelanggan yang dirangkum dari berbagai sumber.

Selengkapnya..

3. Bikin Iri, Reporter Ini Dicium 2 Suporter Wanita Saat Siaran Piala Dunia 2018

(Foto: © MBN via World of Buzz) Kwon Qwal-Yel, merupakan reporter stasiun TV Korea Selatan, MBN dianggap beruntung karena dicium wanita Rusia saat sedang siaran

Memang banyak momen menarik yang terjadi di luar lapangan Piala Dunia 2018. Kali ini, sebuah kejadian lucu dialami oleh reporter asal Korea Selatan. Kwon Qwal-Yel, merupakan reporter stasiun TV Korea Selatan, MBN. Saat melakukan siaran langsung di luar stadium, ada momen kocak yang mungkin tak akan dia lupakan.

Reporter itu dicium oleh dua suporter wanita asal Rusia yang bikin banyak pria di dunia menjadi iri.

Selengkapnya..

Saksikan Video Pilihan di Bawah ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

VIDEO: Highlights Liga 1 2018, Persebaya Vs Bali United 1-0

Posted: 07 Jul 2018 09:00 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Highlights Gojek Liga 1 2018 bersama Bukalapak antara Persebaya Surabaya melawan Bali United yang berakhir dengan skor 1-0, Sabtu (7/7)

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Dikomentari Soal Perut, Ini Jawaban Marissa Nasution

Posted: 07 Jul 2018 09:00 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Marissa Nasution tengah bahagia atas kehadiran anaknya dalam pernikahannya dengan Benedikt Brueggemann. Ia pun kerap memperlihatkan kebahagiaan rumah tangganya.

Seperti yang diunggah di akun Instagram, baru-baru ini, Marissa Nasution bersama suami dan putri semata wayangnya sedang jalan-jalan. Alaia Moana berada dalam kereta dorong.

Sementara, Marissa bergandengan dengan sang suami. mantan DJ MTV ini pun mengenakan dress tanpa lengan berwarna biru, sementara Benedikt memakai kemeja lengan panjang yang dipadukan celana pendek.

Namun bukan kebahagiaan Marissa Nasution yang menjadi fokus warganet, melainkan perut Marissa yang terlihat masih besar.

 

Tak Terima

Marissa Nasution (Foto: Instagram)

Seorang warganet menuliskan, "Perutnya kok masih gendut bun."

Marissa Nasution pun tak menerima atas pernyataan di kolom komentarnya yang tak ditutup itu. Ia pun memberikan jawaban, "Kok belom ganteng?"

 

Pamer Senyum Pertama

Marissa Nasution (Foto: Instagram)

Marissa Nasution tak habis-habisnya mengunggah putri pertamanya di akun Instagramnya. Ia pun memperlihatkan senyum pertama Alaia Moana.

"First hints of a smile (after she pooped on mama. obviously she was very proud) @lamamatropicana #AlaiaMoana," tulisnya sebagai keterangan foto.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Nokia X6 Segera Meluncur ke Luar Tiongkok, Tapi...

Posted: 07 Jul 2018 09:00 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Meski HMD Global menyangkal belum ada rencana meluncurkan Nokia X6 di luar pasar Tiongkok, beberapa bocoran terbaru dan polling di akun Twitter perusahaan berkata lain.

Dilansir Mobile Magazine HK, Minggu (8/7/2018), perusahaan akan meluncurkan seri Nokia X6 di berbagai negara di dunia.

Hanya smartphone tersebut tidak akan bernama Nokia X6, melainkan Nokia 6.1 Plus.

Sumber dalam perusahaan mengatakan, Nokia 6.1 Plus ini akan meluncur pertama kali di Hong Kong pada 19 Juli. Diikuti oleh negara-negara lain.

Ia juga menyebutkan, Nokia 6.1.Plus akan beroperasi menggunakan Android 8.1 (Oreo). Meski belum ada konfirmasi resmi dari perusahaan, tidak mengerankan bilamana bocoran informasi terbukti benar di masa mendatang.

Informasi, berhubung HMD Global mengumumkan peluncuran Nokia X6 pada Mei 2018, besar kemungkinan peluncuran Nokia 6.1 Plus ini akan meluncur dalam waktu dekat ini.

 

Spesifikasi Nokia X6

Tampilan Nokia X6 yang baru dirilis HMD Global (sumber: Nokia)

Walau belum ada bocoran informasi tentang hardware Nokia 6.1 Plus, Nokia X6 merupakan smartphone Nokia pertama yang mengusung notch.

Selain itu, smartphone ini menampilkan kamera ganda berkemampuan 16MP dan 5MP, kamera selfie 16MP, rasio layar 19:9.

Nokia X6 hadir dengan menggunakan prosesor octa-core snapdragon 636, RAM 6GB, memori internal 64GB, dan baterai berkapasitas 3,060mAh.

Saat meluncur di Tiongkok, HMD Global menjual smartphone ini dengan kisaran harga Rp 2,8 juta hingga Rp 3,8 juta.

Jika jadi meluncurkan Nokia 6.1 Plus, kemungkinan smartphone tersebut bakal dijual dengan kisaran harga yang tak jauh berbeda.

(Ysl)

Saksikan Video Pilihan Berikut Ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Korban Meninggal Kebakaran di Kemenhub Diduga Kehabisan Oksigen

Posted: 07 Jul 2018 08:46 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Kepala Dinas Pemadam Kebakaran (Kadis Damkar) DKI Jakarta Subejo menyebut korban meninggal kebakaran di gedung Kemenhub tiga orang. Korban meninggal itu diduga kehabisan oksigen untuk bernapas.

"Karena diduga kehabisan oksigen," ujar Subejo di lokasi kejadian, Minggu (8/7/2018).

Menurut dia, api yang membakar gedung Kemenhub relatif kecil. Namun karena asap yang masuk ke dalam ruangan-ruangan yang membuat korban meninggal dunia.

"Kalau kebakaran sebetulnya relatif kecil ya, karena bisa dikuasai cepat, tapi asapnya ini sudah terlanjur menyebar ke ruangan-ruangan. Itu makanya menimbulkan korban. Karena yang membunuh itu biasanya asap, yang pertama (membunuh) itu asap," kata dia.

Subejo mengatakan, berdasarkan penyisiran pihaknya di lokasi, sejuah ini terdapat tiga korban meninggal dan 14 korban selamat. "Yang meninggal dua dari kontraktor, dan satu pegawai Dishub," kata dia.

Sebelumnya, jumlah korban tewas dalam kebakaran di gedung Kemenhub disebutkan empat orang.

"Betul (korban tewas yang sudah dievakuasi 4 orang). Ditemukan di lantai 5, 8, 11, dan 12," ujar petugas Command Center Dinas Pemadam Kebakaran DKI Jakarta yang enggan disebut namanya saat dihubungi Liputan6.com, Jakarta, Minggu (8/7/2018).

Saat ini petugas yang ada di lapangan tengah melakukan pendinginan, mengusir asap, dan menyisir korban di Gedung Kemenhub. Penyisiran dilakukan hingga lantai 12 atau rooftop gedung tersebut.

 

Saksikan video pilihan di bawah ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Liverpool Wajib Beli Striker Baru

Posted: 07 Jul 2018 08:46 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Manajer Liverpool Jurgen Klopp disarankan legenda klub John Barnes untuk merekrut penyerang baru pada bursa transfer musim panas 2018.

Raksasa Premier League itu terlihat sangat sibuk di bursa transfer musim panas ini. Mereka sudah berhasil mendatangkan Fabinho dan Naby Keita. 

Liverpool sejatinya hampir merekrut playmaker Lyon Nabil Fekir. Namun, riwayat cedera lututnya memaksa The Reds untuk menarik diri dari kesepakatan.

Barnes menegaskan kalau Klopp perlu mendatangkan seorang striker musim panas ini. Dia mengatakan bahwa The Reds tidak bisa terlalu bergantung kepada Mo Salah.

Ketika ditanya apakah Klopp perlu mendatangkan pelapis untuk Mohamed Salah, Firmino dan Sadio Mane, Barnes mengatakan kepada Express Sport: "Saya pikir begitu.

"Saya berharap tapi saya tidak mengharapkan Mo Salah mencetak 40 gol musim depan atau sebanyak yang dia lakukan tahun ini. Kami tidak boleh berpikir 'Dia pasti akan melakukannya lagi tahun depan'.

"Saya ingin kami memiliki penyerang tengah. Firmino adalah pemain fantastis dan saya akan memiliki dia di tim sepanjang hari tapi dia bukan No 9. Saya suka pemain di kotak penalti karena ada kalanya itu bukan permainan terbuka dan tim tidak akan menyerang kami untuk meninggalkan ruang.

"Dia [Klopp] mungkin harus mendatangkan No 9 klasik."

Firmino

John Barnes, sayap kiri Liverpool era 80 hingga 90an. Berhasil tampil sebanyak 314 kali bersama The Reds dan berhasil mencetak 84 gol. (Istimewa)

Firmino tampil mengesankan di bawah Klopp musim lalu dengan mencetak 26 gol dan mengemas 14 assist di semua ajang kompetisi. Meskipun begitu, Barnes menilai Firmino lebih cocok sebagai gelandang serang.

"Firmino bukan striker, dia bermain di belakang penyerang tengah. Itu posisi sebenarnya.

"Firmino bisa menjadi No 10. Jika Anda bertanya apakah saya lebih suka mendapatkan No 10 baru atau No 9 klasik, saya lebih suka memiliki striker karena Firmino bisa bermain di belakang striker."

Sumber Bola.net

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Prediksi Madura United Vs PSMS: Tes Perdana Gomes de Oliveira

Posted: 07 Jul 2018 08:45 PM PDT

Jakarta Gomes de Oliveira kembali dipercaya menangani Madura United. Sebelumnya dia pernah menjadi pelatih Madura sebelum Gojek Liga 1 bersama Bukalapak bergulir.

Pelatih asal Brasil itu akan menjalani debut di Liga 1 2018 saat Madura United menjamu PSMS Medan di Stadion Gelora Ratu Pamelingan, Pamekasan, Minggu (8/7/2018), pada pekan ke-14.

Pelatih asal Brasil itu mendapatkan mandat sebagai pelatih lagi, menggantikan Milomir Seslija yang dipecat. Madura United dalam kondisi terpuruk di bawah asuhan Milo.

Gomes punya tantangan untuk kembali membawa Madura United meraih kemenangan. Maklum, Laskar Sape Kerap sudah melewati lima laga tanpa sekali pun meraih tiga poin.

"Saya datang ke sini untuk membantu lagi Madura yang sedang membutuhkan kemenangan. Saya yakin pemain akan bekerja keras untuk bisa mendapat tiga poin lagi. Kami juga terus berusaha maksimal untuk itu," kata Gomes.

Bagi Gomes, bukan hal yang sulit untuk bisa beradaptasi dengan pemain. Sebab, mayoritas pemain Madura United merupakan pemain yang didatangkan Gomes saat menjadi pelatih musim 2016 dan 2017.

"Kami semua siap untuk bertanding. Kondisi pemain juga sangat bagus dan akan menunjukkan penampilan yang diharapkan," imbuh pelatih berusia 55 tahun tersebut.

Kebetulan, hampir semua pemain Madura United bisa diturunkan di laga ini. Hanya Rifad Marasabessy dan Andik Rendika Rama saja yang akan absen karena membela Timnas Indonesia U-19 dan terkena akumulasi kartu.

 

Rekor Buruk Laga Tandang

Di sisi lain, PSMS menilai laga kontra tuan rumah Madura United jadi pertarungan yang berat. Hal itu mengacu pada catatan Sape Kerap yang tampil superior saat berlaga di kandang sendiri dan hanya dua kali bermain imbang saat ditahan Persebaya Surabaya (25/5/2018) dan Bali United (3/6/2018).

Selama ini PSMS memiliki rekor buruk pada enam laga tandang sebelumnya lantaran dari laga itu, PSMS tak sekali pun pulang dengan membawa poin. Anak-anak Medan itu kalah dari Bali United, Persela Lamongan, PSIS Semarang, PS Tira, Mitra Kukar, dan Borneo FC.

"Pertandingan tandang pasti sulit. Apalagi kami memiliki rekor tandang yang buruk karena belum meraih satu poin pun. Namun, kami bertekad tampil baik dan berusaha semaksimal mungkin di pertandingan nanti," kata pelatih PSMS, Djadjang Nurdjaman.

Madura United dalam sesi latihan. (Bola.com/Aditya Wany)

Pelatih yang akrab disapa Djanur itu mengakui tim lawan memiliki materi pemain yang berkualitas. Meski demikian, eks pelatih Persib itu meyakini persiapan timnya untuk laga ini sudah maksimal setelah kembali berlatih seusai Lebaran.

"Setelah libur, kami sudah menyusun agenda latihan dengan matang untuk melawan Madura United. Kami juga membawa pemain terbaik dengan misi mendapatkan angka tandang pertama," ujar Djanur.

Bek sayap PSMS, Frediyan Wahyu Sugiantoro, menyebut semua pemain Madura United berkualitas. Namun, dirinya secara khusus menunjuk tiga sosok penting di tim lawan, yakni Raphael Maitimo, Greg Nwokolo, dan Bayu Gatra.

Baginya, tiga pemain itu merupakan trio maut Madura United selama ini. Pemain yang akrab disapa Ucil itu juga mewaspadai sosok striker Alberto De Paula yang dinilai cukup berbahaya di depan gawang.

"Madura United tim kuat, namun saya pribadi dan seluruh pemain optimistis bisa mencuri poin di sana nanti," tegas Frediyan.

Prakiraan Susunan Pemain

Prakiraan Susunan Pemain

Madura United (4-3-3): Hery Prasetyo (kiper); Beny Wahyudi, Fabiano Beltrame, Fachrudin Aryanto, Alfath Faathier (belakang); Nuriddin Davronov, Slamet Nurcahyo, Zah Rahan (tengah); Bayu Gatra, Greg Nwokolo, Raphael Maitimo (depan)

Pelatih: Gomes de Oliveira

PSMS Medan (4-3-2-1): Abdul Rohim (kiper); Amarzukih, Reinaldo Lobo, M. Roby, Jajang Sukmara (belakang); Legimin Raharjo, Dilshod Sharofetdinov, Abdul Aziz, Suhandi, Fredyan Wahyu (tengah); Wilfried Yessoh (depan)

Pelatih: Djadjang Nurdjaman

Sumber Bola.com

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Rupiah Terus Melemah, Simak Penjelasan 2 Ekonom Ini

Posted: 07 Jul 2018 08:43 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Kurs Rupiah terhadap mata uang Paman Trump, untuk menyebut istilah baru selain Paman Sam, masih melemah.

Mengutip Bloomberg, pada Jumat (6/7/2018) kemarin, Rupiah dibuka di angka 14.402 per dolar AS, melemah jika dibandingkan dengan penutupan perdagangan sebelumnya yang ada di angka 14.394 per dolar AS. Jika dihitung dari awal tahun, Rupiah melemah 6,33 persen.

Sementara itu, berdasarkan Kurs Referensi Jakarta Interbank Spot Dollar Rate (Jisdor) Bank Indonesia (BI), Rupiah dipatok di angka 14.409 per dolar AS, melemah jika dibandingkan dengan patokan sehari sebelumnya yang ada di angka 14.387 per dolar AS.

Jika saja Bank Indonesia tidak menaikkan suku bunga acuan Bank Indonesia cukup drastis, Jumat (29/6/2018), sebesar 0,50 persen (50 basis point) dari 4,75 persen menjadi 5,25 persen, kurs Rupiah mungkin mencapai zona baru Rp 15.000 per dolar AS.

Fluktuasi nilai tukar Rupiah belakangan ini patut dicermati. Jika terus melemah, efek beruntunnya harus diperhatikan oleh para investor dan pengambil kebijakan ekonomi Indonesia. Termasuk masyarakat Indonesia yang bertransaksi dengan Rupiah di dalam negeri.

Agar kamu memahami situasi ini dengan kepala dingin, mari kita ikuti penjelasan dari dua pakar ekonomi dan investasi kepada HaloMoney.co.id, beberapa waktu lalu.

Kedua pakar ekonomi tersebut adalah Budi Hikmat, Investment Strategist and Wealth Educator Bahana TCW Investment Management serta Arif Budimanta, pakar ekonomi yang kini menjabat Wakil Ketua Umum Komite Ekonomi dan Industri Nasional (KEIN), salah satu lembaga yang memberikan pendapat ekonomi kepada Presiden Joko Widodo.

Budi Hikmat, Investment Strategist dan Wealth Educator Bahana TCW Investment Management

Budi Hikmat, Investment Strategist dan Wealth Educator Bahana TCW Investment Management (Halomoney.co.id)

Mengapa Rupiah terus tertekan dan berimbas pada bursa saham Indonesia sejak Februari 2018 lalu?

Pelemahan Rupiah memang sangat besar pengaruhnya pada bursa saham Indonesia. Ketika Rupiah melemah seperti terjadi tahun 2013, saat itu tertekan hingga 26 persen, itu sangat menekan aset saham dan surat utang negara. Di dua tahun terakhir di 2016 dan 2017 ketika Rupiah stabil, kinerja kedua aset tersebut sangat baik.

Dan sepanjang tahun ini hingga 27 April, Rupiah melemah 2 persen, kedua aset tersebut dalam posisi minus, masing-masing minus 6,9 persen (bursa) dan 0,9 persen (surat utang negara). Ini frame work yang saya gunakan untuk melihat situasi. Data terbaru masih saya elaborasi untuk macro update awal Juli 2018.

Mengapa Rupiah terus melemah? Akibat faktor eksternal atau internal?

Kebijakan stimulus tax cut di Amerika yang dibuat oleh Presiden Trump ini seperti menyiram bensin kepada sesuatu yang sedang terbakar karena ekonomi AS sedang menguat. Inilah yang membuat the Fed meningkatkan suku bunga acuannya.

The Fed sejak akhir 2015 sudah mengurangi stimulus dan menaikkan suku bunganya. Tadinya dipertahankan mendekati 0 persen. Tahun ini diperkirakan The Fed akan menaikkan dua atau tiga kali lagi sehingga menjadi empat kali sejalan dengan penurunan tingkat pengangguran dan kenaikan upah pekerja AS.

Selain meningkatkan suku bunga the Fed mengurangi stimulus lainnya, yakni mengurangi quantitatif. Kita tahu setelah krisis 2008, the Fed melonggarkan likuiditas dengan membeli surat utang negara dan korporasi di AS. Langkah ini disebut quantitative easing dengan tujuan agar likuiditas di AS meningkat.

Ini alasan mengapa ekonomi global saat ini membaik, dimotori oleh Amerika, China, Eropa. Akibatnya harga komoditas seperti energi meningkat. Sehingga kondisi ini harus disikapi pemerintah dan investor.

Bagaimana prospek ekonomi AS benarkah akan terus membaik?

Proyeknya bisa kita lihat dari leading indicator. Ini yang jarang dibahas di banyak pertemuan. Yaitu yield spread obligasi AS yang short term dan long term ternyata menipis. Ini menandakan siklus bisnis di Amerika tidak akan terus naik tinggi.

Polanya, tren yield spread yang positif mengawali penguatan ekonomi. Demikian pula sebaliknya, jika trennya negatif, maka ekonomi AS akan melambat.

Dengan yield spread di AS yang menipis, diduga ekonomi AS tidak terlalu ekspansif sehingga The Fed diduga tidak akan terlalu tinggi dari proyeksi pertumbuhan ekonomi AS. Jelas tidak mungkin suku bunga the Fed akan melebihi pertumbuhan ekonomi AS karena itu akan membunuh pertumbuhan ekonomi AS.

Ini pula yang melandasi kondisi dolar AS ke depan yang diduga tidak terlalu kuat. Investor tentu akan memindahkan asetnya ke negara-negara yang memberikan peluang pertumbuhan yang lebih baik.

 

Tapi mengapa investor asing masih keluar dari pasar keuangan RI?

Ilustrasi penurunan rupiah (Liputan6.com)

Sejak Mei 2017 asing menunjukkan outflow (aliran uang keluar dari pasar keuangan Indonesia). Tahun ini setelah sempat naik, namun kemudian terus turun. Ini sangat terkait dengan keraguan investor asing terkait dengan polemik penurunan daya beli yang terjadi sejak tahun lalu.

Tetapi di obligasi justru terjadi inflow (uang masuk) dari investor asing hingga mencapai angka tertinggi Rp 880 triliun. Ini terjadi setelah kenaikan peringkat (rating upgrade) terhadap surat utang negara. Namun mulai berubah sejak Januari setelah terjadi perubahan yield obligasi di AS. Kemudian di April terjadi penurunan lagi akibat penurunan nilai tukar rupiah.

Investor menduga mendekati pemilu, kebijakan pemerintah akan cenderung populis dalam bentuk menahan subsidi energi padahal harga minyak dunia sedang naik. Di masa lalu, kebijakan populis ini cenderung membuat rupiah melemah.

Jadi secara umum investor saham meragukan kecepatan pemulihan ekonomi, dan kembali melemah karena ada risiko nilai tukar rupiah. Pelemahan nilai tukar rupiah ini karena ada rotasi aset para investor yang diduga dipindah ke negara lain.

Bagaimana sebaiknya kebijakan pemerintah mengatasi harga minyak?

Ujian bagi pemerintah sekarang ialah harus tanggap mengantisipasi harga minyak (crude oil price) karena ini berkorelasi dengan defisit neraca minyak.

Pemerintah harus mempercepat reformasi di sektor energi dan transportasi. Kita harus mendorong teknologi dan sistem transportasi yang tidak tergantung pada minyak yang mempengaruhi pergerakan rupiah.

Forecast consensus bloomberg di akhir 2018, rupiah kembali menguat karena pelemahan rupiah sekarang terkait dengan musim emiten menyiapkan cash dividend untuk investor asing. Seperti Telkom harus membayar dividen kepada Singtel selaku pemegang saham terbesar Telkomsel.

Penjelasan lengkap, termasuk pengaturan lalu lintas devisa, baca di blog HaloMoney.co.id.

Arif Budimanta, Wakil Ketua Komisi Ekonomi dan Industri Indonesia (KEIN)

Arif Budimanta, Wakil Ketua Komisi Ekonomi dan Industri Indonesia (KEIN) (Halomoney.co.id)

Rupiah terus melemah, apakah fundamental ekonomi kita sedang dalam trend negatif?

Dari sisi neraca, posisi defisit neraca keuangan kita relatif lebih baik dalam tiga tahun terakhir. Dari sisi fundamental juga bukan suatu masalah. Maksud saya track ekonomi kita mengarah lebih baik. Memang tantangan kita dalam membuat current account surplus adalah dalam primary income, jasa, dan neraca perdagangan.

Momentum menguatnya USD ini sebenarnya sangat baik sekali untuk meningkatkan daya saing ekspor kita. Dengan tren kenaikan suku bunga Amerika Serikat secara bertahap, karena ekonominya membaik, dalam konteks ini kita harus melihat sebagai sebuah peluang. Sebab Amerika adalah salah satu mitra dagang penting Indonesia sehingga diplomasi perdagangan kita ke Amerika harus kita perkuat.

Misalnya sawit. Kita harus bisa ekspor sawit ke AS dan mengatakan minyak sawit kita adalah renewable resources. Ini paling penting sehingga kuota kita lebih bagus dan hambatan produk kita ke AS lebih mudah dan longgar.

Mengapa sektor jasa sejak dulu sampai sekarang selalu defisit?

Sektor yang selalu menjadi faktor pengurang dalam current account memang adalah jasa. Ini adalah PR lama kita sejak dulu. Sekarang pemerintah sedang bangun infrastruktur, pelabuhan, itu sebenarnya untuk menekan agar neraca jasa kita bisa lebih baik.

Misalnya di sektor jasa ini adalah pelayaran dari luar negeri sehingga butuh dolar. Ini terjadi dari dulu sampai sekarang sehingga kebutuhan dollar di dalam negeri cukup tinggi untuk membayar jasa perusahaan asing yang jasanya digunakan untuk perdagangan internasional. Ini yang harus dikurangi.

Menurut pandangan kami, kita harus memanfaatkan kebijakan yang ada di dunia seperti One Belt One Road (OBOR) disatukan dengan poros maritim Indonesia. Ini bisa mengurangi pembayaran dollar di sektor jasa.

Nilai tukar rupiah terhadap dolar Amerika Serikat (AS) terus menguat, Jakarta, Kamis (23/10/2014) (Liputan6.com/Johan Tallo)

Dari dulu jasa dalam negeri belum siap juga ya untuk menopang perdagangan internasional?

Tidak selalu karena bukan masalah siap atau tidak siap perusahaan dalam negeri, tapi pelaku usaha selalu melihat dari sisi ekonomisnya. Misalnya dari sisi pelayaran, belum tentu perusahaan dalam negeri lebih murah dari perusahaan pelayaran global yang melayani perdagangan antar negara. Di sinilah diplomasi perdagangan kita harus bergerak untuk menekan defisit di sektor jasa dalam current account.

Misalnya kita memperkuat pelabuhan yang paling dekat dengan jalur OBOR atau jalur perdagangan dengan 64 negara yang dimotori China. Apakah Priok atau di Kalimantan dan Sulawesi? Sehingga pemerintah akan memprioritaskan industri yang ada di sekitar pelabuhan tersebut.

Neraca perdagangan kita dengan China masih negatif sehingga OBOR harus dimanfaatkan untuk mempersempit defisit neraca perdangan. Bahkan seharusnya bisa seimbang, tidak defisit lagi.

Dan China kita tahu juga membawa uang mereka. Tidak harus membangun di Jawa dalam konteks OBOR ini, mengapa tidak di luar Jawa yang dekat dengan jalur OBOR.

Penjelasan lebih lengkap, baca blog HaloMoney.co.id.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Saingan dengan Justin Bieber, Selena Gomez Ingin Punya Kekasih Baru

Posted: 07 Jul 2018 08:40 PM PDT

Liputan6.com, Los Angeles: Justin Bieber yang makin mesra dengan Hailey Baldwin dikabarkan mempengaruhi kehidupan Selena Gomez. Mantan bintang jebolan Disney itu disebut-sebut sangat gusar.

Selena Gomez disebut-sebut tak rela melihat Justin Bieber dengan mudahnya ke pelukan wanita lain. Selena Gomez ingin punya kekasih baru, diwartakan The Hollywood Life, Sabtu (7/7/2018).

Seorang sumber menyebutkan, Selena Gomez merasa bersaing ketat dengan Justin Bieber, termasuk menemukan pasangan baru.

Selena Gomez juga ingin menunjukkan dirinya baik-baik saja tanpa Justin Bieber. Ia berusaha keras melakukannya.

Kekasih Baru

Selena Gomez (John Salangsang / Invision / AP )

"Saat ini, ia ingin berkencan dengan pria lain. Ia tengah mencari kandidat baru," sumber tersebut menambahkan.

 

 

Privacy

Penampilan Selena Gomez membawakan lagu

Selena Gomez juga bungkam saat media bertanya mengenai Justin Bieber. Ia hanya akan tersenyum.

Laman GossipCop mewartakan, Selena Gomez, artis yang menyukai privacy-nya tersimpan rapat. Ia jarang mengungkapkan masalah pribadinya di depan publik.

 

 

Hidup Indah

Selena Gomez (AP Files)

Sebuah kabar menyebutkan, Selena Gomez ingin waktu untuk dirinya sendiri. Tanpa Justin Bieber, Selena Gomez lebih bahagia.

Bersyukur

Selena Gomez (AP/Chris Pizzello)

Selena Gomez baru saja sembuh dari penyakit yang dideritanya. Bahkan, ia sampai melakukan transplantasi ginjal.

Selena Gomez bersyukur dirinya masih bisa diberikan kesempatan untuk hidup lebih lama lagi.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

9 Perusahaan Terbitkan Obligasi di BEI Pekan Ini

Posted: 07 Jul 2018 08:39 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Sembilan obligasi korporasi telah tercatat di Bursa Efek Indonesia (BEI) pada pekan ini. Total emisi Obligasi dan Sukuk yang tercatat di BEI berjumlah 358 emisi dengan nilai Rp 403,01 triliun dan USD 47,5 juta.

Mengutip dari laman KSEI, Minggu (08/7/2018) tiga obligasi dicatatkan pada Rabu ini yaitu Obligasi Berkelanjutan III Bank Panin Tahap I Tahun 2018 dan Obligasi Subordinasi Berkelanjutan III Bank Panin Tahap I Tahun 2018 dengan masing-masing nilai nominal Rp 100 miliar dan Rp1 ,3 triliun.

Kemudian di hari yang sama, Obligasi Berkelanjutan II MNC Kapital Indonesia Tahap I Tahun 2018 diterbitkan oleh PT MNC Kapital Indonesia Tbk dengan nilai nominal Rp 300 miliar.

Selanjutnya dua obligasi dan satu sukuk wakalah dicatatkan pada Kamis adalah Obligasi I Pelindo IV Tahun 2018 yang diterbitkan oleh PT Pelabuhan Indonesia IV (Persero) dengan nilai nominal Rp 3 triliun.

Menuju akhir pekan, empat obligasi dicatatkan pada Jumat ini adalah Obligasi Berkelanjutan III Tower Bersama Infrastructure Tahap I Tahun 2018 diterbitkan oleh PT Tower Bersama Infrastructure Tbk dengan nilai nominal Rp 608 miliar.

kemudian Obligasi Subordinasi Berkelanjutan I Bank Central Asia Tahap I Tahun 2018 yang diterbitkan oleh PT Bank Central Asia Tbk dengan nilai nominal Rp 500 miliar.

Serta Obligasi Berkelanjutan III Mandala Multifinance Tahap I Tahun 2018 diterbitkan oleh PT Mandala Multifinance Tbk dengan nilai nominal Rp450 miliar.

Terakhir Obligasi Subordinasi Berkelanjutan I Bank Sumut Tahap I Tahun 2018 yang diterbitkan oleh PT Bank Pembangunan Daerah Sumatera Utara dengan nilai nominal Rp 444 miliar. Sepanjang tahun 2018 total emisi Obligasi dan Sukuk yang sudah tercatat adalah 52 Emisi dari 37 emiten senilai Rp 64,34 triliun.

Dengan kesembilan pencatatan ini, maka total emisi Obligasi dan Sukuk yang tercatat di BEI berjumlah 358 emisi dengan nilai nominal outstanding sebesar Rp 403,01 triliun dan USD 47,5 juta yang diterbitkan oleh 114 Emiten.

Obligasi Jangka Pendek Jadi Pilihan Investor saat Rupiah Bergejolak

Pekerja bercengkerama di depan layar pergerakan Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG) di BEI, Jakarta, Rabu (16/5). IHSG ditutup naik 3,34 poin atau 0,05 persen ke 5.841,46. (Liputan6.com/Angga Yuniar)

Sebelumnya, Executive Vice President Intermediary Business PT Schroder Investment Management Indonesia Renny Raharja mengatakan, obligasi jangka pendek kini berpotensi menjadi pilihan.

"Karena tekanan rupiah belum mereda, investor lebih menginginkan imbal hasil (yield) yang lebih besar. Jadi obligasi jangka pendek bisa jadi pilihan," tutur dia pada Kamis 5 Juli 2018.

"Mereka ingin yield lebih tinggi karena memperhitungkan aspek dari rupiah ini nantinya kepada total return yang mereka harapkan. Mereka minta lebih tinggi karena tekanan rupiah yang akan berdampak pada imbal hasil mereka," ujarnya.

Renny menambahkan hal ini seperti terlihat dari dana kelola oleh perusahaan. Hingga akhir Juni 2018, perseroan mencatatkan dana kelola sebesar Rp 83,2 triliun.

"Ini tercermin dari reksa dana yang dikelola Schroders Indonesia. Per akhir Juni 2018 Schroders Indonesia memiliki dana kelolaan sekitar Rp 83,2 triliun. Reksa dana yang menjaring paling banyak dana kelolaan adalah reksa dana campuran dan obligasi jangka pendek," tandasnya. 

 Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Piala Dunia 2018: Prancis Ogah Diunggulkan Lawan Belgia

Posted: 07 Jul 2018 08:30 PM PDT

Liputan6.com, Moskow - Hugo Lloris menilai Prancis tak layak diunggulkan untuk juara Piala Dunia 2018. Ia tak mau timnya mengulangi kegagalan di Piala Eropa 2016.

Ya, saat itu Prancis sangat diunggulkan untuk meraih kemenangan atas Portugal di laga final. Terlebih mereka berstatus sebagai tuan rumah.

Sayangnya mereka justru takluk 0-1 melawan Portugal. Satu-satunya gol saat itu diciptakan oleh Eder.

"Saya pikir kami bukan favorit. Belgia mengalahkan Brasil yang merupakan tim hebat, jadi mereka jelas lebih diunggulkan," ujar Lloris seperti dilansir Daily Mail.

"Untuk bisa menang di semifinal, kami harus bermain lebih baik ketimbang lawan Uruguay. Laga bakal berjalan seru, semoga saja kami siap."

 

Reuni

Kiper Prancis, Hugo Lloris, mengamankan bola saat melawan Rusia pada laga persahabatan di Stadion St Petersburg, Rusia, Selasa (27/3/2018). Rusia kalah 1-3 dari Prancis. (AP/Dmitri Lovetsky)

Menariknya, Lloris bakal bereuni dengan beberapa pemain Belgia yang sama-sama membela Tottenham Hotspur.

"Ya, saya sangat familiar dengan Jan Vertonghen, Toby Alderweireld dan Moussa Dembele. Belgia tim yang fantastis," ujarnya.

"Semoga saja salah satu dari pemain Tottenham akan juara Piala Dunia. Ini sangat baik untuk citra klub," ujarnya menambahkan.

Jadwal Piala Dunia 2018

Para pemain Prancis bersama suporter merayakan kemenangan atas Uruguay pada laga perempat final Piala Dunia di Stadion Nizhny Novgorod, Nizhny Novgorod, Jumat (6/7/2018). Prancis menang 2-0 atas Uruguay. (AP/Martin Meissner)

Berikut jadwal semifinal Piala Dunia 2018:

11 Juli 2018

Prancis Vs Belgia (01.00 WIB)

12 Juli 2018

Kroasia Vs Inggris (01.00 WIB)

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Top 3 Hari Ini: Keberuntungan Akan Menyapa 4 Zodiak di Bulan Juli

Posted: 07 Jul 2018 08:30 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Setiap orang pasti ingin memiliki keberuntungan di dunia ini. Terutama untuk Anda yang memiliki beberpa keinginan yang belum terwujud. Menurut prediksi, pada bulan Juli ini menjadi giliran empat zodiak untuk meraih keberuntungan.

Artikel ini berhasil masuk dalam jajaran Top 3 kanal Lifestyle Liputan6.com, Minggu pagi (8/7/2018) bersama dengan dua artikel lainnya. Simak selengkapnya di sini.

Keberuntungan Akan Menyapa 4 Zodiak di Bulan Juli, Termasuk Anda?

Menurut prediksi ramalan zodiak, bulan Juli ini menjadi giliran empat zodiak berikut untuk mendapatkan keberuntungan. Seperti dikutip dari Boldsky pada Sabtu (7/7/2018), bulan Juli bisa dikatakan sebagai bulan yang baik untuk kehidupan keempat zodiak ini. Siapa saja mereka? Apakah zodiak Anda termasuk di dalamnya? Simak selengkapnya di sini.

5 Hal Ini Benarkan Wanita Lebih Cerdas dari Pria

Ilustrasi orang cerdas (iStockphoto)​

Beberapa penelitian menunjukkan bahwa pria dan wanita memiliki kecerdasan umum yang sama, namun tidak dengan kecerdasan emosionalnya. Setelah diteliti, kaum wanita memiliki skor kecerdasan emosional beberapa poin lebih tinggi daripada pria. Mereka memiliki keterampilan yang lebih besar dalam menggunakan emosi untuk keuntungan mereka sendiri. Simak artikel selengkapnya di sini.

7 Gelas Kopi Sehari Dapat Memperpanjang Umur, Benarkah?

Ilustrasi Foto Biji Kopi (iStockphoto)

Tak lengkap menjalani hari tanpa kopi bagi para pecintanya. Namun terlalu banyak kopi konon tidak baik bagi kesehatan tubuh. Sebenarnya manfaat kesehatan kopi masih diperdebatkan hingga kini. Namun sebuah penelitian terbaru membawa kabar baik bagi para pecinta kopi.

Menurut laporan peneliti dari National Cancer Institute dan National Institutes of Health menemukan bahwa minum kopi dapat dikaitkan dengan risiko kematian dini yang lebih rendah.

Laporan tersebut juga mengatakan minum hingga tujuh cangkir kopi sehari dapat menurunkan tingkat kematian hingga 16 persen, seperti mengutip dari Independent, Sabtu (7/7/2018). Padahal Badan Standard Makanan Inggris hanya merekomendasikan setengah dosis kafein dari tujuh cangkir tersebut. Simak penjelasan selengkapnya di sini.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Bosan Disebut Jon Snow dari Game of Thrones, Ini yang Dilakukan Kit Harington

Posted: 07 Jul 2018 08:30 PM PDT

Liputan6.com, Los Angeles: Jon Snow, karakter kunci di Game of Thrones diperankan Kit Harington. Sosok yang digambarkan berambut gondrong dan berjenggot itu membangun cerita tersendiri.

Salah satu ciri khas Jon Snow lainnya: memakai jaket bulu yang tebal. Sosok Jon Snow itu tak bisa dipisahkan dari Kit Harington.

Serial ternama HBO tersebut kini memasuki babak akhir. Kit Harington ingin melepaskan image dirinya sebagai Jon Snow.

Bukannya ia tak bersyukur karena populer akibat Jon Snow, ia ingin dikenal sebagai dirinya sendiri, diwartakan The Hollywood Reporter, baru-baru ini. Kit Harington berharap disebut sebagai aktor Game of Thrones.

Hilangkan Image

Kit Harrington pemeran Jon Snow di Game of Thrones.(EW)

Dalam sebuah wawancara, Kit Harington menyebutkan, berusaha menghilangkan image Jon Snow. Ia memangkas habis rambut gondrongnya.

Potong Rambut

Kit Harrington (AP Photo)

"Akhirnya, aku bisa memotong rambutku. Aku ingin tak terlalu dikenal lagi sebagai Jon Snow," kata Kit Harington, seperti diwartakan The Huffington Post.

Menikmati Kebebasan

Kit Harrington (AP Photo)

Memotong rambut juga dianggap sebagai sebuah kebebasan bagi Kit Harington. Selepas Game of Thrones, ia ingin melakukan hal baru dalam hidupnya.

"Aku benar-benar ingin melakukan suatu hal yang belum pernah aku lakukan sebelumnya," sebut Kit Harington lagi.

Menikah

Hal itu terjadi pada tahun 2012 saat karakter Kit, Jon Snow dan Rose, Widling Ygritte saling  jatuh cinta. (Getty Images/Cosmopolitan)

Kit Harington dan Rose Leslie menikah, Juni 2018. Aktor dan aktris yang berperan sebagai Jon Snow dan Ygritte di Game of Thrones ini melangsungkan pernikahannya di sebuah gereja di Aberdeen, Skotlandia.

Keduanya memang terlibat cinta lokasi. Kit Harington dan Rose Leslie berpacaran selama kurang lebih dua tahun.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Rahasia di Balik Tangguhnya SUV Chevrolet

Posted: 07 Jul 2018 08:28 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Sebagai pionir di segmen sport utility vehicle (SUV) sejak beberapa dekade, Chevrolet memiliki pengalaman untuk mengembangkan sebuah kendaraan yang tangguh libas jalanan ekstrim.

Hal tersebut, dibuktikan dengan peluncuran all-new Trailblazer dan Colorado.

Teknisi General Motors (GM), telah mempersiapkan SUV premium ini untuk menghadapi berbagai kondisi berkendara, dengan menyematkan rangka baru dan melakukan pengujian ketangguhan secara ketat selama 18 bulan yang dibutuhkan untuk pengembangan dan validasi kendaraan.

Persiapan dan pengujian yang serupa juga dilakukan untuk truk ikonis, Chevrolet Colorado yang telah diluncurkan di Indonesia.

"Ragam kondisi jalan di Indonesia serta perbedaan cara penggunaan SUV dan truk oleh konsumen Indonesia, mengharuskan adanya versatilitas cukup tinggi pada Trailblazer dan Colorado, agar mampu menghadapi tantangan," ujar Chatchawan Chantaket, General Director of Product Engineering, GM Southeast Asia, dalam pernyataan resmi yang diterima Liputan6.com.

Meskipun pengguna SUV dan pickup truck tidak di lintasan off road, pemiliknya sering berkendara pada permukaan jalan yang tidak mulus dan berlubang yang dapat merusak roda ban, suspensi, sehingga mempengaruhi kondisi kendaraan.

Untuk memastikan ketangguhan dalam menghadapi kondisi berkendara tersebut, Trailblazer dan Colorado telah diuji pada area pengujian GM berupa jalan dengan kondisi berlubang, mulai dari ringan hingga mampu menggetarkan chassis.

Kondisi jalan buruk ini sengaja dibuat untuk membantu para teknisi dalam mengurangi guncangan kendaraan serta menyesuaikan suspensi dalam meminimalisir ketidaknyamanan penumpang.

Selanjutnya

Berikut, beberapa parameter pengujian yang harus dilalui sebelum masuk ke proses produksi meliputi:

1) Road and rig tests – Tim penguji mengemudikan kendaraan pada kondisi ekstrem yang merepresentasikan jalan yang akan dihadapi kendaraan selama masa penggunaan.

2) Extreme test tracks – Belgian Block loop (lintasan dari paving blok yang dibentuk menjadi piramida landai), berkendara di jalan berlubang, gundukan berderet, belokan tajam, marka kejut dan berbagai rintangan lain digunakan untuk menguji kendaraan.

3) Humidity chambers – Setiap kendaraan disimpan dalam ruang kelembaban. Dalam berbagai kesempatan, kendaraan akan dimasukkan ke dalam ruang korosi selama berjam-jam untuk memantau ketahanan suhu dan kelembabannya.

4) Climatic wind tunnells – Fasilitas ini dapat mensimulasikan berbagai kondisi, mulai dari angin taifun hingga badai hujan. Temperatur udara dalam fasilitas ini dapat mencapai 60 derajat celcius, karena adanya simulasi sinar matahari dan dapat turun hingga –40 derajat celcius dengan kecepatan angin hingga 241 km/jam.

5) Dynamometer tests – Fasilitas ini digunakan sebagai simulasi berkendara dengan beban, dalam jalan menanjak. Hal ini dilakukan dengan cara memberikan tekanan pada roda dynamometer, sebuah alat yang mensimulasikan kecepatan berkendara hingga 250 km/jam.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Korban Selamat Kebakaran di Kemenhub Dievakuasi ke RSCM

Posted: 07 Jul 2018 08:22 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Korban selamat dari kebakaran di gedung Kementerian Perhubungan (Kemenhub), Jalan Medan Merdeka Barat dievakuasi ke RSCM. Sejauh ini 14 korban selamat yang sudah dievakuasi.

"Sudah kita selamatkan, 14 orang sudah selamat dan kita evakuasi ke RSCM," ujar Kadis Damkar DKI Jakarta Subejo di lokasi kejadian, Minggu (8/7/2018).

Dia berharap sudah tak ada lagi korban jiwa. Sejauh ini, korban meninggal sebanyak 3 orang.

"Dua dari kontraktor. Satu pegawai Dishub," kata dia.

Subejo mengatakan, jajarannya kini masih menyisir lokasi kebakaran guna memastikan tidak ada lagi korban yang terjebak.

"Sekarang kami sedang melakukan penyisiran untuk memastikan apakah ada tambahan (korban) atau tidak. Sekarang seluruh ruangan kita sisir sehingga dipastikan nanti jelas korbannya berapa," terang Subejo.

Sebelumnya, jumlah korban tewas dalam kebakaran di gedung Kemenhub disebutkan empat orang.

"Betul (korban tewas yang sudah dievakuasi 4 orang). Ditemukan di lantai 5, 8, 11, dan 12," ujar petugas Command Center Dinas Pemadam Kebakaran DKI Jakarta yang enggan disebut namanya saat dihubungi Liputan6.com, Jakarta, Minggu (8/7/2018).

Saat ini petugas yang ada di lapangan tengah melakukan pendinginan, mengusir asap, dan menyisir korban di Gedung Kemenhub. Penyisiran dilakukan hingga lantai 12 atau rooftop gedung tersebut.

"Kalau korban selamat jumlahnya belum pasti karena ada yang belum sempat didata dan langsung mendapat penanganan medis. Sekitar belasan orang," katanya.

 

Saksikan video pilihan di bawah ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Tidak ada komentar: