Senin, 16 Juli 2018

Liputan6 : RSS2 Feed

Liputan6 : RSS2 Feed


Mengenal 2 Jenis Sistem Pendingin pada Sepeda Motor

Posted: 16 Jul 2018 10:11 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Mungkin Anda yang termasuk tak peduli dengan jenis sistem pendingin pada sepeda motor. Padahal, sistem pendingin ini bertugas untuk mengoptimalkan suhu mesin agar performanya maksimal.

Motor modern, beruntungnya sudah memiliki sistem pendingin. Di pasaran, ada dua jenis sistem pendingin, yakni pendingin udara dan pendingin cairan. Apa bedanya? Simak penjelasan dari Suzuki Indonesia.

Pendingin Udara

Sistem pendingin udara ini umumnya dilakukan dengan cara memanfaatkan udara yang masuk lewat celah mesin. Cara kerjanya cukup sederhana, udara akan masuk lewat celah fairing atau cover bodi depan (biasanya berbentuk sirip), kemudian masuk ke dalam celah mesin.

Hal paling mendasar tentang mesin berpendingin udara adalah toleransi mesin terhadap suhu panas bisa dibilang cukup tinggi, sehingga motor dengan sistem pendingin udara bisa digunakan dalam berbagai kondisi cuaca, dari mulai musim deingin, hingga musim panas, tapi tidak cocok digunakan di jalanan macet.

 

 

Pendingin cairan

Berbeda dengan sistem pendingin udara, sistem pendinginan cairan kebanyakan menggunakan radiator coolant mirip dengan sistem pendingin pada mobil, tapi dalam sistem yang lebih simple. Kebanyakan sistem pendingin cairan digunakan untuk motor perkotaan atau yang digunakan sehari-hari.

Cara kerjanya, cairan pendingin akan masuk lewat jalur khusus menuju ruang mesin dan menyerap panas di area tersebut. Setelah itu, cairan akan kembali ke ruang radiator untuk diinginkan kembali, dan mengalir lagi ke ruang mesin untuk menyerap panas di sana. Begitu seterusnya.

Sistem pendingin ini cukup efektif untuk jenis motor yang digunakan untuk keperluan sehari-hari dengan kondisi jalanan yang tidak menentu, seperti daerah perkotaan yang cenderung padat dan berisiko macet, kontur jalan yang kurang baik dan biasa berkendara di jalur lambat.

Sumber :Otosia.com

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Menhub: Tak Ada Toleransi bagi Kendaraan Kelebihan Muatan

Posted: 16 Jul 2018 10:10 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Kementerian Perhubungan (Kemenhub) bersama sejumlah pihak seperti Direktorat Jenderal Bina Marga Kementerian PUPR dan Direktorat Kerjasama Pemerintah-Swasta Kementerian ATR/PPN mengadakan Forum Group Discussion (FGD) dengan tema Implementasi Otomatisasi Jembatan Timbang di Fairmont Hotel, Jakarta, Selasa (17/7/2018).

Pada kesempatan tersebut, Menteri Perhubungan (Menhub) Budi Karya Sumadi menekankan, topik ini sangat penting karena mulai 1 Agustus 2018 penurunan barang pada truk atau kendaraan logistik yang overdimensi dan overloading hingga 100 persen mulai diterapkan.

"Pemandangan yang memalukan melihat truk yang overdimensi karena melakukan itu dengan sewenang-wenang. Sakit mata ini. Oleh karenanya, saya berpesan kepada pak Dirjen (Perhubungan Darat Kemenhub, Budi Setiyadi), kirim surat peringatan untuk asosiasi-asosiasi yang belum menaati aturan ini," tegas dia di Fairmont Hotel, Jakarta, Selasa (17/7/2018).

Teguran keras itu ia berikan, lantaran masih ada dua asosiasi yang belum mau berkomitmen terhadap penandatanganan deklarasi perjanjian angkutan barang. "Sekitar dua atau satu bulan lalu kita sudah tandatangani deklarasi, tapi asosiasi semen dan baja belum tanda tangan," tambahnya.

Menhub Budi pun menyatakan, keberadaan kendaraan berat bermuatan berlebih sangat berakibat fatal bagi arus lalu lintas. Sebagai contoh, dia menyebutkan Tol Jakarta-Karawang yang tekstur jalannya babak belur akibat banyak angkutan besar yang mengindahkan aturan.

"Ada suatu tekanan yang luar biasa untuk titik-titik itu akibat adanya kendaraan bermuatan berlebih. Itu kayak pisau, jalan kayak dicacah-cacah," dia mengeluhkan.

 

Penindakan

Oleh karena tindakan yang sudah melampaui batas tersebut, dia mengambil tindakan dengan bekerjasama dengan Kapolri untuk mulai melakukan penindakan terhadap kendaraan barang yang melanggar aturan muatan pada 1 Agustus nanti.

"Kita minta asosiasi baja dan semen ikuti apa yang kita lakukan. Karena dengan tidak adanya kendaraan yang overdimensi dan overloading, tingkat kecepatan di ruas jalan juga akan meninggi," ujar dia.

Aturan ini, lanjutnya, tidak hanya akan diterapkan di ruas jalan tol atau jalan arteri besar saja, tapi juga di titik-titik terluar seperti jalan tikus.

"Kita akan serius, enggak mau main-main. Nanti aturan ini bakal diberlakukan juga di banyak jalan-jalan tikus. Law enforcement di luar titik akan dipusatkan di Jawa Timur dan Jawa Barat, karena pusat barang bergerak ada di dua tempar itu," tutur dia.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Film Si Doel The Movie Tayang di Bioskop Bersejarah

Posted: 16 Jul 2018 10:10 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Si Doel The Movie bakal segera tying. Film yang diangkat dari sinetron legendaris berjudul Si Doel Anak Sekolahan ini akan tayang serentak di seluruh bioskop di Indonesia pada tanggal 2 Agustus 2018. Namun sebelumnya, Falcon Pictures dan Karno's Film yang membuat film ini akan merilisnya secara resmi di negara Kincir Angin, Belanda. 

Film Si Doel The Movie pun mendapatkan sebuah penghargaan dengan menggelar gala premier di Belanda. Sebagai sutradara dan pemain film Si Doel, Rano Karno mengungkapkan, banyaknya permintaan, yang menjadi alasan film Si Doel The Movie menggelar Gala Premier di Belanda.

"Saat kita syuting di Belanda, banyak yang minta agar film Si Doel The Movie di putar di Belanda. Saya sampaikan ke Falcon, dan mereka menyambut baik. Awalnya Mereka minta di putar di KBRI, tapi ternyata diputarnya di bioskop yang sangat prestisius di Belanda. Tidak sembarang film bisa diputar di sana. Selain itu juga banyak bloger di Eropa yang minta agar ditayangkan di Inggris dan Paris. Tapi, kita pusatkan semuanya di Belanda. Mereka nanti akan datang ke Belanda untuk ikut gala premier film Si Doel The Movie," ujar Rano Karno saat jumpa pers di Shangri-La Hotel, Jakarta, Senin (16/7/2018).

 

Budaya Betawi

Antusias masyarakat Indonesia yang ada di Belanda menjadi salah satu alasan film kelanjutan sinetron Si Doel Anak Sekolahan itu di putar lebih dulu di Belanda. (Nurwahyunan/Bintang.com)

Rano Karno juga menambahkan, Gala Premier Si Doel The Movie, selain mengapresiasi warga Indonesia yang ada di Belanda, juga akan diangkat dan diperkenalkan budaya Betawi kepada masyarakat Belanda. 

"Si Doel The Movie diputar di Bioskop Tuchinski, kita patut bangga. Karena tidak semua film bisa ditayangkan disana. Kalau saya nanti akan memakai pakaian khas Betawi saya pakai baju Demang, Mandra, Ray dan Ahong juga akan memakain baju identitas betawi," ujar Rano Karno.

 

Penasaran

Dalam acara tersebut, Rano Karno tetap akan mengusung budaya Betawi. Hadir dalam galapremiere tersebut akan mengenakan busana demang Betawi. (Nurwahyunan/Bintang.com)

Produser Falcon Pictures, Frederica mengungkapkan, digelarnya Gala Premier Si Doel The Movie di Belanda, merupakan sebuah prestasi yang membanggakan buat Falcon Pictures. 

"Karena sinetron Si Doel memang sangat fenomenal jadi banyak yang penasaran dengan kelanjutannya. Bukan hanya penggemar dari Indonesia, dari luar negeri banyak yang penasaran," ungkapnya.

Film Si Doel The Movie yang diangkat dari sinetron yang fenomenal di era tahun 1990-an ini tetap mempertahankan pemain-pemain lawasnya, seperti Rano Karno, Maudy Koesnaedi, Cornelia Agatha, Mandra, Suti Karno, Ahong, dan pemain baru Rey Bong dan Kurtubi.

 

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Kasus Laporan Fahri Hamzah atas Presiden PKS Naik ke Penyidikan

Posted: 16 Jul 2018 10:09 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Penyidik Subdit Cyber Crime Polda Metro Jaya menaikan status laporan dugaan pencemaran nama baik yang diduga dilakukan oleh Presiden Partai Keadilan Sejahtera (PKS) Sohibul Iman ke tahap penyidikan. Kasus itu dilaporkan oleh Wakil Ketua DPR Fahri Hamzah.

Hal ini dibenarkan oleh Kabid Humas Polda Metro Jaya Kombes Raden Prabowo Argo Yuwono. "Iya sudah (naik status penyelidikan ke penyidikan)," kata Argo kepada merdeka.com, Selasa (17/7/2018).

Naiknya status laporan itu berdasarkan pemeriksaan saksi-saksi dan bukti pendukung. Meski demikian, Argo tak bisa memastikan kapan naiknya status tersebut.

"Saya cek dulu ya," ujarnya.

Yang jelas, sejauh ini polisi belum menetapkan tersangka dalam kasus ini.

"Belum, sidik kan mencari siapa pelakunya," pungkasnya.

Seperti diketahui, Fahri Hamzah melaporkan Sohibul Iman ke polisi, karena diduga Sohibul telah melakukan pencemaran nama baik. Sebab, Fahri disebut sebagai pembohong dan pembangkang di PKS.

 

 

Laporan Fahri

Laporan Fahri itu telah diterima dan teregistrasi dengan nomor LP/1265/III/2018/PMJ/Dit. Reskrimsus per 8 Maret 2018. Terlapor Sohibul Iman diduga telah melakukan pelanggaran Pasal 27 ayat 3 dan Pasal 45 ayat 3 UU RI Nomor 19/2016 tentang perubahan UU RI Nomor 11/2008tentang Informasi dan Transaksi Elektronik, dan atau Pasal 311 KUHP dan 310 KUHP.

Fahri sempat mencabut laporannya sebelum memasuki bulan Ramadhan 1439H. Namun, dibatalkan setelah Idul Fitri.

Reporter: Ronald

Saksikan video pilihan di bawah ini

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Melenggang ke Indonesia Besok, Ini Spesifikasi Lengkap Oppo Find X

Posted: 16 Jul 2018 10:03 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Kurang dari sebulan lalu, Oppo memperkenalkan flagship smartphone pertamanya di Paris, Prancis. Smartphone yang dimaksud tidak lain adalah Oppo Find X.

Tak mau buang waktu lebih lama, Oppo langsung siap menghadirkan Find X ke Indonesia. Rencananya, smartphone pabrikan Tiongkok itu bakal dirilis di Indonesia pada 18 Juli 2018.

Buat kamu yang sudah penasaran dengan kehadiran smartphone bezeless Oppo yang tampil dengan kamera tersembunyi ini, berikut adalah spesifikasi lengkapnya sebagaimana dikutip dari CNET.

Untuk diketahui, Oppo Find X mengusung layar lengkung AMOLED seluas 6,4 inci dengan rasio bodi 93,8 persen. Soal resolusi layar, smartphone memiliki resolusi 2.340x1.080 piksel dan aspek rasio 19,5:9.

Oppo Find X juga tidak hadir dengan poni atau notch. Ya, tidak semua orang senang dengan adanya notch di layar, maka dari itu Oppo membuat desain kamera depan dan belakang tersembunyi atau pop-up camera guna membuat bezel lebih tipis.

Menyoal kamera, Oppo Find X dibekali kamera utama ganda dengan resolusi 16MP dan 20MP. Sementara untuk kamera depannya, Oppo tidak tanggung-tanggung membekali Find X dengan kamera selfie 25MP.

Hadir dengan kamera pop-up, Oppo menggunakan teknologi mekanisme motoris yang hanya butuh waktu 0.5 detik untuk menampilkan kamera.

Pengguna pun hanya perlu membuka aplikasi kamera, kamera Oppo Find X pun akan langsung keluar dan siap menjepret gambar.

Dukungan Prosesor Terbaik

Oppo Find X. (Foto: Oppo)

Soal performa, tidak main-main, kinerja Oppo Find X ditopang dengan prosesor Snapdragon 845 dari Qualcomm, RAM seluas 8GB dan memori internal 256GB. Tidak heran rasanya jika performanya pun kian ngebut.

Masih seputar kinerja, Oppo Find X dilengkapi baterai berkapasitas 3.730mAh yang didukung pengisian daya cepat VOOC.

Beranjak ke soal keamanan, Oppo Find X didukung teknologi face unlock berteknologi 3D alias pengenalan wajah untuk membuka kunci. Walau begitu, smartphone ini hadir tanpa pemindai sidik jari.

Adapun untuk software, Oppo Find X berjalan di atas sistem operasi Android 8.1 Oreo yang dikustom dengan Color OS milik Oppo.

Hingga kini, Oppo masih belum mengungkap varian Find X mana yang akan meluncur ke Indonesia, begitu pun dengan harganya. Yang pasti, pantau terus Tekno Liputan6.com untuk mengetahui update Oppo Find X.

(Tin/Jek)

Saksikan Video Pilihan Berikut Ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Persija Siap Putus Rekor Buruk di Liga 1

Posted: 16 Jul 2018 10:00 PM PDT

Jakarta - Persija Jakarta kembali turun gelanggang di Go-Jek Liga 1 bersama Bukalapak, malam ini. Di Stadion Sultan Agung, Bantul, mereka akan menjamu Bali United.

Kemenangan tentu menjadi target utama Persija di laga yang akan disiarkan live dan eksklusif di Indosiar itu. Pasalnya, mereka sudah melewati tiga pertandingan tanpa poin penuh sejak kemenangan 1-0 atas Persib Bandung, 30 Juni 2018.

Persija masing-masing kalah dari Perseru Serui (3/7/2018), dan dua kali imbang saat menjamu PSM Makassar (6/7/2018) dan dijamu Sriwijaya FC (10/7/2018). Bek kiri Persija, Rezaldi Hehanusa  berharap timnya bisa memutus tren minor itu.

"Kami ingin berusaha mendapatkan kemenangan karena tiga laga terakhir belum menang lagi. Mudah-mudahan hasilnya besok sesuai dengan harapan," ungkap pemain yang akarab disapa Bule itu dalam sesi jumpa pers, Senin (16/7/2018).

 

Butuh Tiga Poin

Tim Macan Kemayoran memang butuh tambahan tiga poin untuk mendongkrak posisi di klasemen sementara. Persija saat ini masih tertahan di posisi keenam dengan 22 poin. Jika mampu mengalahkan Bali United, tim asal ibu kota itu akan menyodok ke posisi tiga besar.

Bule mengakui termotivasi membawa Persija kembali menang. Apalagi menurutnya, persiapan tim untuk menghadapi pasukan Serdadu Tridatu sudah maksimal.

"Sebagai pemain, saya akan bekerja keras dan tampil semaksimal mungkin. Bermain dengan baik untuk membawa Persija meraih kemenangan," tegas wing back Timnas Indonesia U-23 itu.

Perkiraan Susunan Pemain

Persija Jakarta (4-4-2): Andritany Ardhiyasa (kiper); Ismed Sofyan, Jaimerson Xavier, Maman Abdulrahman, M Rezaldi Hehanusa (belakang); Novri Setiawan, Rohit Chand, Sandi Sute, Riko Simanjuntak (tengah); Marko Simic, Ivan Carlos (depan)

Pelatih: Stefano Cugurra Teco

Bali United (4-3-3): Wawan Hendrawan (kiper); Dias Angga, Agus Nova Witiarsa, Ahn Byung Keon, Ricky Fajrin (belakang); Taufik, Melvin Platje, Nick Velden (tengah); I Nyoman Sukarja, Ilija Spasojevic, Stefano Lilipaly

Pelatih: Widodo Cahyono Putro

Sumber: Bola.com

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

ITB dan Bio Farma Kembangkan Kit Diagnostik Virus Hepatitis B

Posted: 16 Jul 2018 10:00 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta  

Institut Teknologi Bandung bekerja sama dengan PT Bio Farma (Persero) melakukan penelitian dan pengembangan kit diagnostik untuk mendeteksi keberadaan virus Hepatitis B pada serum atau plasma darah manusia.

Direktorat Humas dan Publikasi ITB dalam siaran persnya, Selasa, melaporkan total peneliti yang terlibat dalam kegiatan ini berjumlah 10 orang, diketuai oleh Ernawati Arifin Giri-Rachman M Si, Ph D dan dibiayai pihak LPDP (Lembaga Pengelola Dana Pendidikan).

Salah seorang peneliti, Meutia Diva Hakim mengatakan, dengan kit diagnostik tersebut, status infeksi seseorang bisa diketahui dengan cepat dan akurat tanpa perlu lagi menggunakan kit diagnostik impor yang harganya mahal.

Selain itu, Penyakit Hepatitis B merupakan penyakit yang sangat serius. Jika tidak segera ditangani, penyakit tersebut dapat menyebabkan kanker hati dan berujung pada kematian.

Oleh karena itu perlu upaya pencegahan terhadap infeksi Hepatitis B.

"Keunggulan dari kit diagnostik ini ialah komponen utamanya dikembangkan sendiri mulai dari antibody, sampai komponen penting lainnya," katanya.

Meutia Diva Hakim yang merupakan peneliti lulusan SITH ITB angkatan 2012 tersebut, ada dua kit diagnostik yang telah dikembangkan sementara ini, yaitu kit diagnostik untuk mendeteksi infeksi penyakit Hepatitis B, dan kit diagnostik untuk menguji keberhasilan vaksinasi Hepatitis B.

Kedua kit diagnostik ini dikembangkan bersama, karena penting untuk pencegahan dan terapi.

"Misalkan setelah dicek dengan menggunakan kit diagnostik yang pertama, tidak terdeteksi adanya infeksi Hepatitis B, maka akan diberikan vaksinasi untuk mencegah infeksi. Nah, kit yang kedua kemudian digunakan untuk menguji??keberhasilan vaksinasi," kata dia.

Hasil pengujian saat ini menunjukkan bahwa kit diagnostik yang dikembangkan tersebut memiliki sensitivitas, akurasi dan keandalan yang setara dengan kit impor yang saat ini tersedia.

Diharapkan dalam waktu yang tidak lama lagi kedua kit diagnostik yang dikembangkan ini akan bisa dikomersialisasikan. (Antaranews/ASJ)

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Ditinggal Saat Hamil, Gadis Ini Aborsi Lalu Kirim Janinnya ke Mantan Pacar

Posted: 16 Jul 2018 10:00 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Masalah aborsi masih menjadi topik yang diperdebatkan di belahan dunia manapun hingga saat ini. Bagi sebagian orang aborsi merupakan tindakan buruk.

Tapi terkadang tak ada pilihan lain bagi wanita hingga akhirnya nekat untuk memilih tindakan tersebut. Tiga tahun lalu, warga Thailand pernah digegerkan dengan tindakan aborsi seorang wanita. Namun, setelah wanita itu melakukan aborsi, dia membawa janinnya ke mantan pacarnya. 

Kisah memilukan tersebut dilaporkan tejadi di Bangkok pada 2015. Wanita yang didientifikasi bernama Waew malakukan aborsi ketika memasuki minggu ke 28 saat mengandung anaknya. Setelah mengeluarkan bayinya, wanita itu kemudian mengirim janinnya dengan kotak untuk diberikan kepada mantan pacarnya yang tinggal di distrik Samrong Nua.

Ditingalkan saat mengaku hamil

Ilustrasi aborsi

Menurut laporan Bangkok Post, Waew mengirimkan sendiri janinnya ke rumah mantan pacarnya itu dengan menggunakan taksi. Setelah sampai, ia langsung memberikan kotak tersebut kepada saudara perempuan dari mantan pacarnya, bersama sepucuk surat.

Bedasarkan keterangan Waew, ketika ia membicarakan kehamilannya, pacarnya memintanya untuk menjaga bayinya. Sayangnya, tindakan pacarnya justru mengecewakan Waew. Dalam surat itu Waew menulis bahwa pacarnya kejam dan berhati dingin karena meninggalkannya ketika hamil dan mencari wanita lain.

Baginya, surat dan tindakan untuk menggugurkan bayinya merupakan hasil dari perasaan yang menyakitkan dari tindakan sang pacar. Karena ia dibiarkan menjalani kehamilan itu sendirian. Waew kemudian berharap bayinya yang mati akan berfungsi sebagai pengingat bagi pacarnya yang tidak bertanggung jawab.

Saksikan Video Pilihan di Bawah ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

VIDEO: Anies Harus Izin Jokowi untuk Maju Pilpres

Posted: 16 Jul 2018 10:00 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Anies Baswedan disebut-sebut masuk dalam bursa capres cawapres. Jika ingin maju, ternyata Anies harus meminta izin Presiden Joko Widodo.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Miss Grand Indonesia 2018 Masuki Babak Penentuan

Posted: 16 Jul 2018 10:00 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Ajang Miss Grand Indonesia 2018 telah menjalani setengah perjalanannya selama masa karantina. Para finalis Miss Grand Indonesia ini sudah masuk ke babak preliminary pada Senin (16/7/2018) di Sari Pacific, Jakarta.

Babak ini sendiri menjadi babak yang cukup menentukan karena para dewan juri akan diperkenalkan kepada publik. Para finalis pun untuk pertama kali akan tampil dengan kostum tradisional yang merepresentasikan provinsi perwakilannya di ajang Miss Grand Indonesia 2018.

Babak yang menentukan

Finalis Bengkulu, Nadia Purwoko menampilkan bakat dalam balutan busana tradisional dari daerahnya saat babak preliminary Miss Grand Indonesia 2018 di Jakarta, Senin (16/7). Sebanyak 30 finalis mencapai babak preliminary. (Liputan6.com/Faizal Fanani)

Dengan kostum tradisional ini, para finalis berlomba untuk memberi kesan dan menarik perhatian para dewan juri. Dikna Faradiba selaku National Director Miss Grand Indonesia menuturkan bahwa babak preliminary ini menjadi babak yang begitu penting di mana babak ini juga menentukan langkah para finalis untuk menjadi juara.

"Menurut saya babak preliminary ini penting sekali artinya bagi para finalis. Harusnya di kesempatan ini para finalis menampilkan kemampuan terbaiknya. Karena inilah kesempatan mereka tampil dengan traditional costume dan evening gown untuk pertama kalinya di hadapan para Dewan Juri Miss Grand Indonesia 2018," ungkap Dikna.

Mempesona dengan gaun malam

Finalis Jawa Tengah, Bunga Ghassani menampilkan bakat dalam balutan busana tradisional dari daerahnya saat babak preliminary Miss Grand Indonesia 2018 di Jakarta, Senin (16/7). Sebanyak 30 finalis mencapai babak preliminary. (Liputan6.com/Faizal Fanani)

Selain mengenakan kostum tradisional, para finalis Miss Grand Indonesia 2018 tampil begitu menawan di depan dewan juri dan publik dengan gaun malam.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

FOTO: Melihat Aksi Qhouirunnisa, Hijaber 18 Tahun yang Jago Mengolah Bola

Posted: 16 Jul 2018 10:00 PM PDT

Aksi Qhouirunnisa Endang Wahyudi saat men-juggling bola di sebuah taman di Klang, Kuala Lumpur, (11/7). (AFP Photo/Mohd Rasfan)

Aksi Qhouirunnisa Endang Wahyudi saat men-juggling bola di sebuah taman di Klang, Kuala Lumpur, (11/7). (AFP Photo/Mohd Rasfan)

Freestyler sepak bola, Qhouirunnisa Endang Wahyudi saat menunjukkan keterampilannya men-juggling bola di sebuah taman di Klang, Kuala Lumpur, (11/7). (AFP Photo/Mohd Rasfan)

Freestyler sepak bola, Qhouirunnisa Endang Wahyudi saat menunjukkan keterampilannya men-juggling bola di sebuah taman di Klang, Kuala Lumpur, (11/7). (AFP Photo/Mohd Rasfan)

Aksi Qhouirunnisa Endang Wahyudi saat mengontrol bola di sebuah taman di Klang, di pinggiran Kuala Lumpur, (11/7). Dengan mengenakan hijab, aksi mengolah bola gadis 18 tahun ini ramai diperbincangkan. (AFP Photo/Mohd Rasfan)

Aksi Qhouirunnisa Endang Wahyudi saat mengontrol bola di sebuah taman di Klang, di pinggiran Kuala Lumpur, (11/7). Dengan mengenakan hijab, aksi mengolah bola gadis 18 tahun ini ramai diperbincangkan. (AFP Photo/Mohd Rasfan)

Aksi Qhouirunnisa Endang Wahyudi saat men-juggling bola di sebuah taman di Klang, Kuala Lumpur, (11/7). (AFP Photo/Mohd Rasfan)

Aksi Qhouirunnisa Endang Wahyudi saat men-juggling bola di sebuah taman di Klang, Kuala Lumpur, (11/7). (AFP Photo/Mohd Rasfan)

Freestyler sepak bola, Qhouirunnisa Endang Wahyudi saat menunjukkan keterampilannya men-juggling bola di sebuah taman di Klang, Kuala Lumpur, (11/7). (AFP Photo/Mohd Rasfan)

Freestyler sepak bola, Qhouirunnisa Endang Wahyudi saat menunjukkan keterampilannya men-juggling bola di sebuah taman di Klang, Kuala Lumpur, (11/7). (AFP Photo/Mohd Rasfan)

Freestyler sepak bola, Qhouirunnisa Endang Wahyudi melakukan pemanasan sebelum menunjukkan keterampilannya mengolah bola di sebuah taman di Klang, Kuala Lumpur, (11/7). (AFP Photo/Mohd Rasfan)

Freestyler sepak bola, Qhouirunnisa Endang Wahyudi melakukan pemanasan sebelum menunjukkan keterampilannya mengolah bola di sebuah taman di Klang, Kuala Lumpur, (11/7). (AFP Photo/Mohd Rasfan)

Freestyler sepak bola, Qhouirunnisa Endang Wahyudi berpose sebelum menunjukkan keterampilannya mengolah bola di sebuah taman di Klang, Kuala Lumpur, (11/7). (AFP Photo/Mohd Rasfan)

Freestyler sepak bola, Qhouirunnisa Endang Wahyudi berpose sebelum menunjukkan keterampilannya mengolah bola di sebuah taman di Klang, Kuala Lumpur, (11/7). (AFP Photo/Mohd Rasfan)

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Salah Lihat, Kakek 66 Tahun Duel dengan Beruang Madu

Posted: 16 Jul 2018 10:00 PM PDT

Liputan6.com, Banjarmasin - Namanya Muhammad Rum atau Kai Rum, seorang petani karet di Kecamatan Karang Intan, Kalimantan Selatan. Di usianya yang 66 tahun, ia harus berduel dengan pambayak atau beruang madu (Helarctos malayanus), ketika sedang menyadap karet tak jauh dari tempat tinggalnya.

Peristiwa diawali ketika seekor beruang madu melewatinya saat bekerja. Diperkiraan beruang madu itu cukup besar, sebesar karung beras ukuran 50 kilogram.

Menurut Kai Rum  kepada Radar Banjarmasin (Jawa Pos Grup), penglihatannya memang kabur. Apalagi hari masih pagi. Itulah sebabnya ia berani mengusir beruang madu itu yang dikiranya babi hutan.

Tak disangka, beruang tersebut balas menyerang. Tempat kerja Kai Rum menyadap karet memang dijadwalkan pagi hari.

Setelah beruang balas menyerang, terjadi duel dan Kai Rum pingsan. Padahal, ia bermaksud mengambil sebilah parang yang terselip di pinggangnya.

"Pingsan sebentar setelah diserang, saya langsung pulang ke rumah.Alhamdulillah diselamatkan oleh warga yang kebetulan melintas," kata Kai Rum dikutip dari Radar Banjarmasin (Jawa Pos Group), Selasa (17/7/2018).

Sementara itu, menurut Babinsa Karang Intan, Serda Khaidir, binatang liar tersebut datang dari arah belakang korban. Akibat kejadian tersebut, Kai Rum luka di kepala, tangan dan bahu.

Setelah kejadian, korban langsung dilarikan ke Puskesmas setempat.

"Ini kejadian pertama tahun 2018, sedangkan tahun 2017 silam sudah ada 6 kasus perkelahian manusia dengan beruang madu," kata Serda Khaidir.

Simak berita menarik dari Jawapos.com di tautan berikut ini.

Saksikan video pilihan berikut ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Terkuak di Internet, iPad Terbaru Apple Bakal Usung Face ID?

Posted: 16 Jul 2018 10:00 PM PDT

Liputan6.com, Cupertino - Apple dilaporkan tengah menyiapkan sejumlah iPad baru. Laporan ini kian diperkuat dengan informasi tentang dua tablet baru Apple.

Dilansir Apple Insider, Selasa (16/7/2018), informasi tentang dua iPad baru dilaporkan muncul di dalam data Eurasian Economic Commission (EEC).

Hal ini menunjukkan kedua tablet tengah bersiap untuk dijual di Rusia dan sejumlah pasar lain di wilayah tersebut.

Kedua tablet itu memiliki nomor model A1895 dan A1980. Menurut laporan, Apple belum menggunakan kedua nomor model tersebut untuk produknya, baik iPad atau iPhone.

Sayangnya, data tersebut tidak dilengkapi dengan nama yang akan digunakan tablet. Namun, data mengindikasikan produk tersebut sebagai perangkat iOS.

Sejauh ini, tablet tersebut diperkirakan akan menjadi iPad high-end atau iPad Pro dan memiliki fitur-fitur premium.

Salah satunya fitur pengenalan wajah Face ID dengan kamera TrueDepth dan layar 11 inci, tapi tidak mengusung tombol Home dan Touch ID.

LG Suplai Empat Juta Panel OLED untuk Apple

Sebuah iPhone X terbaru dipajang di gerai  iBox, Central Park, Jakarta, Jumat (22/12). iPhone 8, iPhone 8 Plus, dan iPhone X dijual dengan harga 15 hingga 20 juta rupiah tergantung kapasitas memori. (Liputan6.com/Angga Yuniar)

Di luar dari iPad, Apple juga dilaporkan sedang menyiapkan smartphone baru. LG dilaporkan akan menjadi mitra Apple untuk iPhone terbaru. Perusahaan asal Negeri Ginseng itu akan menyuplai panel LCD dan OLED untuk Apple.

Dalam sebuah laporan baru disebutkan, LG akan menyuplai sekira tiga atau empat juta panel OLED untuk Apple pada tahun ini. Panel tersebut diperuntukkan bagi iPhone X Plus dengan ukuran layar 6,5 inci. LG akan memproduksi panel itu di pabrik E6 miliknya di Korea Selatan (Korsel).

Selain itu, LG kemungkinan juga akan memproduksi sebagian besar OLED 6,5 inci untuk Apple pada tahun depan. Karenanya, perusahaan tengah bekerja keras meningkatkan kapasitas produksi hingga menjadi berkisar 10 juta unit.

Lebih lanjut, LG juga dilaporkan akan memainkan peran besar untuk iPhone 6,1 inci yang dijual lebih murah daripada iPhone X Plus. Pasalnya, perusahaan akan menyuplai sekira 20 juta unit layar LCD untuk smartphone "murah" itu.

Selain LG Display, panel LCD untuk iPhone juga akan diproduksi oleh Japan Display, sedangkan Samsung masih akan mengambil sebagian besar pesanan OLED.

Kendati pesanan untuk OLED masih didominasi Samsung, LG tetap berusaha meningkatkan kapasitas produksinya seiring Apple yang berusaha mengurangi ketergantungan terhadap Samsung. Hal ini membuat LG memiliki peluang besar untuk mendapatkan lebih banyak pesanan dari Apple.

iPhone 2019 Usung Tiga Kamera Belakang dengan Teknologi AR?

Karyawan menunjukkan iPhone X dan iPhone 8 pada penjualan perdana di gerai iBox, Central Park, Jakarta, Jumat (22/12). Calon pembeli rela antre untuk membeli iPhone terbaru sejak pagi hari. (Liputan6.com/Angga Yuniar)

Beragam informasi tentang iPhone baru pada tahun depan telah cukup banyak beredar. Salah satunya menyebutkan iPhone yang dirilis pada 2019, akan memiliki tiga kamera belakang dan mendukung teknologi Augmented Reality (AR).

Sebuah laporan dari Korsel menyebutkan, Apple "menunjuk" perusahaan lokal, JSCK, agar merakit dan memeriksa 3D-sensing kamera belakang untuk iPhone baru. Smartphone Apple yang dimaksud kemungkinan besar adalah iPhone 2019.

Cara kerja fitur tersebut mirip dengan kamera TrueDepth pada iPhone X, yang menggunakan iluminasi inframerah untuk memetakan dan memeriksa wajah. Fitur ini berfungsi untuk membuka kunci ponsel atau meniru mimik pengguna melalui Animoji.

Modul yang dikembangkan JSCK kemungkinan tidak menggunakan inframerah, karena berfungsi untuk memindai objek di jarak yang lebih jauh. Jika proses pengembangan berjalan lancar, Apple kemungkinan akan meneruskan rencananya dan menyertakan unit tiga kamera pada iPhone 2019 untuk mendukung teknologi AR.

JSCK akan bersaing dengan kamera Innotek milik LG untuk mendapatkan "hak istimewa". Jika berhasil merakit modul 3D-sensing sesuai standar Apple, maka produksi massal produk bisa dimulai pada akhir kuartal II 2019.

Apple sendiri tidak menjanjikan apapun sampai JSCK mampu membuktikan kualitas dan kemampuannya. "Apple tidak berjanji menggunakannya jika JSCK tidak dapat berkembang hingga awal tahun depan," tutur seorang pengamat industri.

(Din/Jek)

Saksikan Video Pilihan Berikut Ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Seru, Ini Cara Masyarakat Banyuwangi Saat Berkumpul di Bandung

Posted: 16 Jul 2018 09:59 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Sebagian masyarakat Banyuwangi adalah perantau. Mereka tersebar ke penjuru tanah air. Termasuk di Bandung, Jawa Barat. Minggu (15/7), Ikatan Masyarakat Banyuwangi (Ikawangi) berkumpul di STIE Ekuitas, Bandung. Mereka melakukan halal bi halal.

Keseruan tercipta. Apalagi kegiatan ini diikuti sekitar 500 warga asal Banyuwangi. Gebyar seni penuh kekeluargaan mewarnai jalannya pertemuan.

Berbagai pertunjukan ditampilkan dalam Halal bihalal ini. Mulai dari Tari Gandrung, Tari Jaran Goyang, Tari Sorote Lintang hingga lagu-lagu Kuntulan khas Banyuwangi sukses menghibur.

Selain itu, kuliner yang disajikan pun merupakan menu asal Banyuwangi. Begitu juga dengan dress code. Yaitu Batik berwarna merah dengan motif Banyuwangi yang mendominasi ruangan sebagai seragam panitia.

Hadir dalam acara ini, Menteri Pariwisata Arief Yahya bersama istri, Walikota Bandung Terpilih Oded N Danial, Kepala Pusat Vulkanologi dan Mitigasi Bencana Geologi, serta beberapa tokoh Ikawangi.

Menteri Pariwisata Arief Yahya mengatakan, hubungan antar warga jauh lebih kuat dan dahsyat dibandingkan hubungan bisnis. Walaupun berada jauh dari Banyuwangi, tetap bisa memberikan sumbangsih dalam memajukan kota kelahiran.

"Masio ning kadohan, isun tetep lare osing, yang yang artinya walaupun jauh dari tanah kelahiran, saya tetap orang Osing (Banyuwangi)," ujar Menpar Arief Yahya, Minggu (15/7).

Menpar menilai Banyuwangi sudah sangat berkembang. Namun masih perlu sumbangan pemikiran bagi masyarakat Banyuwangi. Khususnya masyarakat Banyuwangi yang juga ada di luar daerah atau pun yang saat ini tinggal di luar negeri.

"Saya gembira dengan perkembangan yang ada. Tentu masih ada kekurangan, itu pasti. Nah itu ayo diperbaiki dan dibantu bersama-sama," ujar Menpar Arief Yahya yang lahir dan menghabiskan masa kecil hingga remaja di Banyuwangi.

Dia menjelaskan, ada 3 sektor yang diukur sebagai kemajuan wilayah, yaitu TTI (Trade, Tourism, Investment), di antara 3 itu, Banyuwangi memilih Tourism sebagai prioritas. Dengan fokus pada Trade, Investment otomatis mengikuti, maka tidak bisa dielakkan lagi Pariwisata merupakan sektor yang paling bisa diandalkan di Indonesia.

"Sudah banyak yang sudah dicapai oleh Banyuwangi, diantaranya kabupaten dengan event terbanyak nasional, mengalahkan Solo dan Yogyakarta. Amenitasnya, selama Saya jadi Menteri, Banyuwangi telah membangun 3 hotel bintang 4. Aksesnya, sudah banyak direct flight dari banyak maskapai ke Banyuwangi," papar Menpar Arief Yahya.

Menpar Arief Yahya sarankan Bandung mulai fokuskan pada trade dan tourism seperti Banyuwangi. Apalagi Bandung sudah memiliki modal kuat dalam hal pariwisata, termasuk kulinernya.

"Bila pariwisata maju, maka trade akan otomatis ikut maju. Bandung sudah menjadi pusat trade Jawa Barat, maka akan lebih mudah mengembangkan pariwisatanya," terang mantan Dirut PT Telkom ini.

Walikota Bandung Terpilih Oded N Danial mengatakan, keluarga Ikawangi yang ada di Bandung sudah menjadi keluarga warga Bandung. Dia berharap Ikawangi menjadi bagian dari Bandung dalam meraih prestasi-prestasi di masa depan.

"Saya berharap keluarga Ikawangi Bandung bisa berkolaborasi mengikuti segala kebijakan dan regulasi pemerintah Bandung. Kedepan Ikawangi pasti memberikan sesuatu yang berarti bagi Bandung," ujar Oded.

Sebagai orang nomor satu di Kota Kembang ini, Oded mengakui prestasi yang berhasil diraih Banyuwangi membuatnya lebih bersemangat dalam ikut memajukan pariwisata di Bandung.

"Istri Saya orang Karangrejo, Banyuwangi. Saya dikasih sarapan pecel tiap pagi. Minggu kemarin Saya dan keluarga ke Banyuwangi, kami menyaksikan sendiri pembangunannya yang luar biasa. Kami pun sempat berwisata di Pulau Hijau yang indah," ungkap Oded.

Sedangkan Ketua Ikawangi Slamet Suprapto menambahkan, keberadaan masyarakat asli dari Banyuwangi di Kota Bandung sangat banyak. Mereka sudah membaur dan hidup rukun dengan warga Kota Bandung

Dia menyebutkan, saat ini warga asli Banyuwangi di Kota Bandung sangat banyak. Bisa mencapai ribuan jika digabungkan seluruh Jawa Barat.

"Yang menjadi anggota tetap saja ada 300 lebih. Mereka dari berbagai profesi. Harapannya, selalu menjalin tali silahturahmi serta bisa berbaur dengan masyarakat di mana pun mereka tinggal," jelas Slamet.

Menurutnya, warga Banyuwangi kerap membuat kegiatan silahturahmi. Namun, umumnya berskala kecil. Khusus untuk halal bil halal, kata dia, tercatat merupakan kali keriga digelar.

Kedepan, lanjut Slamet, masyarakat Banyuwangi yang tinggal di Bandung diharapkan mendaftar menjadi anggota tetap Ikawangi. Apalagi, Ikawangi Bandung sejak 2016 sudah terdaftar secara legal sebagai paguyuban di Kemenkumham.

"Kita sudah memiliki legalitas yang sah. Maka dari itu diharapkan makin banyak yang bergabung di Ikawangi Bandung. Banyak manfaatnya, seperti Anggota tetap bakal dapat santunan saat sakit atau meninggal," ungkapnya.

Sementara itu, Kepala Bidang Pemasaran Area I Kementerian Pariwisata, Wawan Gunawan mengatakan, masyarakat asli Banyuwangi di Kota Bandung memiliki rasa kebersamaan yang tinggi. Apalagi, budaya asal Kota kelahiran juga tetap dilestarikan.

Apa yang dikatakan Wawan ini benar adanya. Terbukti semua seniman yang tampil dalam Gebyar Seni Banyuwangi merupakan keluarga Ikawangi.

"Tujuannya untuk menumbuhkan dan melestarikan seni budaya Banyuwangi dalam rangka meningkatkan rasa memiliki dan mencintai budaya dan tradisi asli Banyuwangi. Ini sangat bagus," ujarnya.

 

 

(*)

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

RI Butuh Strategi Jitu Bikin Pertumbuhan Ekonomi Merata

Posted: 16 Jul 2018 09:57 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Menteri PPN/Kepala Bappenas Bambang Brodjonegoro mengaku pemerintah tengah menjalankan konsep pertumbuhan ekonomi yang berbasis pemerataan. Terlebih luas wilayah Indonesia cukup luas dan terdiri dari berbagai pulau.

Bambang menuturkan, sudah seharusnya pemikiran pembangunan berubah. Jika pemerataan ingin dijamin lebih baik, sejak awal perlu direncanakan strategi pemerataan sudah harus menjadi target pembangunan. 

Oleh karena itu, menurut dia, jangan sampai kegiatan pembangunan yang beriorientasi pada pertumbuhan malah membuat pemerataan semakin memburuk sehingga membuat persoalan kembali.

"Oleh karena itu, agar kita tidak terlalu banyak membuang-buang energi mengatasi kesenjangan wilayah akibat pembangunan yang terlalu fokus pada pertumbuhan, sebaiknya aspek pemerataan sudah harus menjadi mainstream pembangunan. Tidak lagi hanya sekadar efek samping pembangunan,"  ujar Bambang dalam keterangan tertulis, Selasa (17/7/2018).

Bambang menambahkan, saat ini, pembangunan sosial dan ekonomi yang tidak merata antarwilayah merupakan salah satu tantangan utama pembangunan Indonesia.

Pertumbuhan ekonomi selama dua dekade terakhir masih terkonsentrasi di pulau Jawa, yang berkontribusi sekitar 58 persen terhadap Produk Domestik Bruto (PDB) Indonesia.

Di sisi lain, pembangunan sosial dan ekonomi di luar pulau Jawa, khususnya bagian timur Indonesia mengalami ketertinggalan (seperti tingkat kemiskinan dan Indeks Pembangunan Manusia/IPM) meskipun daerah tersebut kaya sumber daya alam. 

Dengan kesenjangan antarwilayah di Indonesia yang bersifat kompleks dan multisektoral, berbagai upaya untuk mengatasinya, dinilai masih perlu ditingkatkan lagi. 

Dari berbagai program pemerintah yang sudah berjalan, menurut Bambang terdapat beberapa kemajuan, di antaranya rasio ketimpangan Indonesia yang terus membaik. 

"Rasio ketimpangan atau yang dikenal dengan rasio gini Indonesia terus mengalami perbaikan sejak 2014," ujar dia.

Pada 2017, rasio gini Indonesia tercatat 0,391 dan pemerintah menargetkan untuk menurunkannya sampai 0,380 pada 2018.

Ditambah lagi, dalam kurun waktu tiga tahun, tingkat kemiskinan Indonesia menurun menjadi 10,12 persen pada 2017 dari 10,96 persen pada 2014. Indeks pembangunan manusia juga meningkat menjadi 70.81 persen pada 2017 dari 70,18 dari tahun sebelumnya.    

 

Ketimpangan Perkotaan dan Pedesaan Bakal Makin Melebar

Aktivitas pekerja saat menyelesaikan proyek 6 Ruas Tol Dalam Kota tahap pertama seksi Kelapa Gading-Pulo Gebang, Jakarta, Minggu (15/7). Total panjang 69,7 Kilometer dengan nilai investasi Rp 41,17 triliun. (Merdeka.com/Iqbal S. Nugroho)

Selain antarwilayah, kata Bambang, ketimpangan juga terjadi antara kawasan perkotaan dan perdesaan. Keduanya memiliki kualitas pelayanan dasar yang tidak merata.

Padahal, hal ini sangat krusial bagi produktivitas ekonomi dan kesejahteraan sosial penduduk. Hal ini, diprediksi semakin lebar pada masa mendatang sehingga menyebabkan ketimpangan wilayah lebih besar.

"Ketimpangan wilayah yang terus berlanjut akan memperlemah suatu daerah, akibat dari pengurasan sumber daya oleh daerah yang lebih maju serta berpindahnya penduduk usia produktif dari daerah tertinggal," ujar dia.

Untuk mengatasi ketimpangan wilayah yang terjadi antarwilayah dan intrawilayah, Bambang menilai strategi yang di ke depankan mengarah pada pembangunan dengan karakteristik wilayah tertentu, yaitu pertama, pembangunan wilayah dengan potensi dan daya ungkit pertumbuhan ekonomi nasional yang tinggi, dengan menitikberatkan pada percepatan pembangunan pusat-pusat pertumbuhan dan pembangunan perkotaan metropolitan. 

Kedua, pembangunan wilayah dengan skala ekonomi wilayah dan ekonomi lokal yang potensial, dengan menitikberatkan pada pembangunan pusat kegiatan wilayah atau lokal, kawasan pedesaan, dan kota-kota sedang. 

Ketiga, pembangunan wilayah dengan infrastruktur dan pelayanan dasar yang tertinggal, yang menitikberatkan pada pembangunan di daerah tertinggal, kawasan perbatasan, daerah kepulauan, dan kawasan timur Indonesia. 

 

 

Saksikan video pilihan di bawah ini:

 

 

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Munchen Ganjal Rencana Real Madrid Pulangkan James

Posted: 16 Jul 2018 09:56 PM PDT

Liputan6.com, Madrid - Rencana Real Madrid untuk memulangkan James Rodriguez menemui jalan terjal. Pasalnya, Bayern Munchen bertekad untuk mempertahankan gelandang asal Kolombia itu musim depan.

Musim lalu James memang harus mengungsi ke Bayern Munchen. Ia dipinjamkan selama dua musim di Jerman setelah tidak masuk dalam rencana Zinedine Zidane.

Namun pada musim panas ini Zinedine Zidane memutuskan untuk mundur dari jabatan pelatih Real Madrid. Penggantinya, Julen Lopetegui dikabarkan ingin menggunakan jasa James Rodriguez pada musim panas ini.

Menurut laporan yang dilansir ESPN, keinginan Lopetegui itu nampaknya akan gagal terwujud di musim panas ini. Hal ini dikarenakan Bayern Munchen tidak mengijinkan sang pemain pulang lebih cepat.

Dijelaskan oleh agen James, Gestifute, Bayern harus membayarkan sejumlah uang untuk meminjam James tahun lalu. Sebagai gantinya, Bayern memasukan opsi bahwa sang pemain harus menyelesaikan masa peminjamannya selama dua tahun di Allianz Arena.

Dalam kontrak itu juga tidak ada klausul yang mengatur pemulangan lebih awal James dari masa peminjamannya. Alhasil Bayern tidak mengijinkan sang pemain untuk pulang ke Santiago Bernabeu.

 

Usaha Real Madrid

Gelandang Bayern Munchen, James Rodriguez mengikuti latihan di Stadion Santiago Bernabeu di Madrid (30/4). Pada leg pertama Munchen takluk atas Madrid 2-1 di Allianz Arena, Jerman.  (AFP Photo/Christof Stache)

Real Madrid sendiri bukannya tanpa usaha. Mereka dikabarkan sudah menjalin komunikasi dengan Bayern untuk pemulangan sang playmaker.

Laporan itu menyebutkan bahwa negosiasi yang terjadi antara kedua tim cukup alot, terutama masalah kompensasi pemulangan James lebih awal.

Gestifute juga mengatakan bahwa tidak ada kemajuan berarti dalam pembicaraan antara Madrid dan Munchen tersebut. Alhasil sang pemain kemungkinan besar akan tetap bertahan di Jerman untuk musim depan.

James sendiri musim lalu bermain cukup reguler di Bayern Munchen. Ia mencatatkan 39 penampilan bagi The Bavaria dengan mencetak delapan gol.

Sumber: Bola.net

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Jajaki Koalisi, Prabowo akan Kunjungi kediaman SBY Besok

Posted: 16 Jul 2018 09:52 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Ketua Umum Partai Demokrat, Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) akan bertemu Ketua Umum Partai Gerindra, Prabowo Subianto. Keduanya berencana membahas rencana koalisi dalam Pilpres 2019 mendatang.

Pertemuan akan berlangsung di kediaman SBY di Mega Kuningan, Jakarta Selatan. Pertemuan dijadwalkan berlangsung pada Rabu 18 Juli 2018 sore.

"Di Kuningan tetap (lokasi pertemuan). Rencana sore dan sekarang saya belum konfirmasi jam berapa. Tapi sore rencananya, di atas jam 15.00," kata Ketua DPP Partai Demokrat, Ferdinand Hutahaean, Selasa (17/7/2018).

Dalam pertemuan ini, SBY rencananya bakal didampingi pengurus DPP Partai Demokrat. Kemungkinan akan ada pembicaraan empat mata antara kedua pimpinan parpol ini.

"Kalau membicarakan hal-hal spesifik bisa saja duduk di pojok berdua tapi pasti hasilnya akan disampaikan saat jumpa pers," jelasnya.

Ferdinand belum bisa memastikan apakah pertemuan ini akan menghasilkan kesepakatan koalisi dan keputusan Demokrat bergabung dengan Gerindra mendukung Prabowo sebagai calon presiden.

 

Berniat Bangun Koalisi

Kesekapatan akan dicapai setelah terjadi pembicaraan kedua belah pihak. Namun memang kedua ketua umum parpol ini sama-sama berniat untuk membangun koalisi.

"Pembicaraan kedua ketua umum belum terlaksana tapi niatnya baik untuk koalisi. Tentu alasannya bagaimana kedua partai bakal berkoalisi terutama dalam capres dan cawapres nanti. Sekarang kita baru berharap pertemuan besok berlangsung dengan baik," jelasnya.

"Jadi kita tunggu besok dan peetemuan ini dirancang untuk persamaan tujuan. Apakah koalisi terwujud, tergantung pembicaraan besok," lanjutnya.

Pertemuan SBY dengan Prabowo besok merupakan tindak lanjut pertemuan Ketua Harian Partai Demokrat, Syarief Hasan pada Kamis (5 Juli 2018) lalu. Pada pertemuan yang berlangsung di rumah Prabowo di Jalan Kertanegara, Kebayoran Baru, Jakarta Selatan. Syarief Hasan diutus SBY bertemu Prabowo untuk membahas Pilpres 2019.

 

Saksikan video pilihan di bawah ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

FOTO: Biar Kinclong, Pagar Pembatas Ruas Jalan Raya Bogor Dicat Ulang

Posted: 16 Jul 2018 09:50 PM PDT

Petugas PPSU Kelurahan Kramat Jati mengecat ulang pagar pembatas Jalan Raya Bogor, Jakarta, Selasa (17/7). Pengecatan sebagai upaya perawatan berkala terhadap sarana dan prasarana yang sudah mulai kehilangan fungsi atau rusak. (Liputan6.com/Arya Manggala)

Petugas PPSU Kelurahan Kramat Jati mengecat ulang pagar pembatas Jalan Raya Bogor, Jakarta, Selasa (17/7). Pengecatan sebagai upaya perawatan berkala terhadap sarana dan prasarana yang sudah mulai kehilangan fungsi atau rusak. (Liputan6.com/Arya Manggala)

Petugas PPSU Kelurahan Kramat Jati melakukan pengecatan ulang pagar pembatas Jalan Raya Bogor, Jakarta, Selasa (17/7). Upaya penataan sekaligus mempercantik kawasan terus dilakukan jelang Asian Games dan Hari Kemerdekaan RI. (Liputan6.com/Arya Manggala)

Petugas PPSU Kelurahan Kramat Jati melakukan pengecatan ulang pagar pembatas Jalan Raya Bogor, Jakarta, Selasa (17/7). Upaya penataan sekaligus mempercantik kawasan terus dilakukan jelang Asian Games dan Hari Kemerdekaan RI. (Liputan6.com/Arya Manggala)

Petugas PPSU Kelurahan Kramat Jati mengecat ulang pagar pembatas Jalan Raya Bogor, Jakarta, Selasa (17/7). Pengecatan sebagai upaya perawatan berkala terhadap sarana dan prasarana yang sudah mulai kehilangan fungsi atau rusak. (Liputan6.com/Arya Manggala)

Petugas PPSU Kelurahan Kramat Jati mengecat ulang pagar pembatas Jalan Raya Bogor, Jakarta, Selasa (17/7). Pengecatan sebagai upaya perawatan berkala terhadap sarana dan prasarana yang sudah mulai kehilangan fungsi atau rusak. (Liputan6.com/Arya Manggala)

Petugas PPSU Kelurahan Kramat Jati melakukan pengecatan ulang pagar pembatas Jalan Raya Bogor, Jakarta, Selasa (17/7). Upaya penataan sekaligus mempercantik kawasan terus dilakukan jelang Asian Games dan Hari Kemerdekaan RI. (Liputan6.com/Arya Manggala)

Petugas PPSU Kelurahan Kramat Jati melakukan pengecatan ulang pagar pembatas Jalan Raya Bogor, Jakarta, Selasa (17/7). Upaya penataan sekaligus mempercantik kawasan terus dilakukan jelang Asian Games dan Hari Kemerdekaan RI. (Liputan6.com/Arya Manggala)

Petugas PPSU Kelurahan Kramat Jati mengecat ulang pagar pembatas Jalan Raya Bogor, Jakarta, Selasa (17/7). Pengecatan sebagai upaya perawatan berkala terhadap sarana dan prasarana yang sudah mulai kehilangan fungsi atau rusak. (Liputan6.com/Arya Manggala)

Petugas PPSU Kelurahan Kramat Jati mengecat ulang pagar pembatas Jalan Raya Bogor, Jakarta, Selasa (17/7). Pengecatan sebagai upaya perawatan berkala terhadap sarana dan prasarana yang sudah mulai kehilangan fungsi atau rusak. (Liputan6.com/Arya Manggala)

Petugas PPSU Kelurahan Kramat Jati melakukan pengecatan ulang pagar pembatas Jalan Raya Bogor, Jakarta, Selasa (17/7). Upaya penataan sekaligus mempercantik kawasan terus dilakukan jelang Asian Games dan Hari Kemerdekaan RI. (Liputan6.com/Arya Manggala)

Petugas PPSU Kelurahan Kramat Jati melakukan pengecatan ulang pagar pembatas Jalan Raya Bogor, Jakarta, Selasa (17/7). Upaya penataan sekaligus mempercantik kawasan terus dilakukan jelang Asian Games dan Hari Kemerdekaan RI. (Liputan6.com/Arya Manggala)

Petugas PPSU Kelurahan Kramat Jati mengecat ulang pagar pembatas Jalan Raya Bogor, Jakarta, Selasa (17/7). Pengecatan sebagai upaya perawatan berkala terhadap sarana dan prasarana yang sudah mulai kehilangan fungsi atau rusak. (Liputan6.com/Arya Manggala)

Petugas PPSU Kelurahan Kramat Jati mengecat ulang pagar pembatas Jalan Raya Bogor, Jakarta, Selasa (17/7). Pengecatan sebagai upaya perawatan berkala terhadap sarana dan prasarana yang sudah mulai kehilangan fungsi atau rusak. (Liputan6.com/Arya Manggala)

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Gara-Gara Piala Dunia 2018, Rizki Alatas Sempat Alami Iritasi

Posted: 16 Jul 2018 09:50 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Pesinetron Rizky Alatas menjadi salah satu yang ikut menikmati gemuruh Piala Dunia 2018 Rusia. Sejak kick off pertadingan pertama, lelaki kelahiran 27 Juli 1991 itu selalu mengikuti setiap pertandingan yang tayang di televisi. 

"Bagi saya, tidak ada yang mengalahkan euphoria menonton FIFA World Cup," ujar Rizky Alatas dalam keterangannya kepada wartawan di acara Insto Buka Mata Nonton Bola Yogyakarta, baru-baru ini.

Diakui oleh Rizky Alatas jika menonton pertandingan sepakbola lebih seru jika dilakukan bersama teman-teman. Apalagi, pertandingan yang lebih sering berlangsung malam hari, mau tak mau membuat jam tidur Rizky menjadi berkurang.

"Saya dan teman-teman beramai-ramai bahkan rela begadang agar bisa menyaksikan setiap babak FIFA World Cup dengan mata yang segar," katanya.

 

Terganggu

Rizky Alatas. (foto: instagram.com/rizkyalatas)

Kendati begitu, Rizky Alatas tetap bangun pagi untuk bekerja dan melakukan aktifitas seperti biasa. Terkadang lantaran kurang tidur dan terlalu lama nonton, matanya cenderung terasa sepet, perih, dan berpasir. Namun itu semua bisa diatasinya.

"Penglihatan saya pun terganggu. Ternyata saya baru menyadari bahwa ketidaknyamanan tersebut merupakan gejala kekeringan pada mata," ujarnya.

 

Piala Dunia

Rizky Alatas resmi melamar anak Adi Bing Slamet, Adzana Bing Slamet (Instagram/@adzanabs)

Piala Dunia 2018 yang dihelat di Rusia ditutup manis dengan permainan cantik Prancis. Pertandingan Perancis vs Kroasia berakhir dengan skor akhir 4-2.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Kapolres Sebut Tawuran Remaja di Kota Bogor Hal Biasa

Posted: 16 Jul 2018 09:49 PM PDT

Liputan6.com, Bogor - Tawuran antarkelompok remaja kerap terjadi di Kota Bogor, Jawa Barat. Hampir setiap akhir pekan, terutama jelang tengah malam hingga dini hari, polisi kerap menerima laporan aksi tawuran tersebut.

Minggu (15/7/2018) dini hari misalnya, terdapat lima kejadian kasus tawuran antarkelompok remaja. Empat di antaranya berhasil dicegah aparat kepolisian sehingga tidak menimbulkan korban jiwa.

Akan tetapi, tawuran dua kelompok remaja di Jalan Ahmad Yani pecah hingga menimbulkan jatuhnya korban jiwa.

Raihan Ilham Febriansyah (18), pelajar SMA YPHB Kota Bogor tewas dibacok sekelompok remaja usai nonton bareng (nobar) Piala Dunia 2018 bersama teman-temannya.

Namun begitu, Kapolresta Bogor Kota, Kombes Pol Ulung Sampurna Jaya menganggap kasus tawuran antarkelompok remaja hal yang biasa terjadi di Kota Hujan.

"Sebetulnya di hari yang sama ada lima kejadian. Empat lokasi berhasil dicegah. Kejadian ini sudah hal biasa, jadi tidak perlu dibesar-besarkan," kata Kapolresta Bogor Kota, Kombes Pol Ulung Sampurna Jaya, kepada wartawan, Senin (16/7/2018).

Ulung mengaku, sudah banyak tindakan yang dilakukan aparat kepolisian, meski tawuran masih saja kerap terjadi.

"Ya kita sudah lakukan pencegahan dengan patroli. Pencegahan yang efektif ya media gencar sosialisasikan imbauan ini," ujar Ulung.

Kasat Reskrim Polresta Bogor Kota Kompol Agah Sanjaya mengatakan ada beberapa titik lokasi yang rawan dijadikan tempat tawuran antar remaja. Di antaranya di Jalan Baru, Bale Binarum, Jalan Ahmad Yani, Gang Aut, Taman Heulang, dan kawasan Bogor Nirwarna Residence.

"Mereka kan mobile, bergerombol konvoi pake motor. Ketemu kelompok lain langsung tawuran. Ini yang membuat kami kesulitan lakukan pencegahan," kata dia.

Penyidikan

Ilustrasi tawuran pelajar. Foto: tawuransejabodetabek.blogspot.com

Untuk kasus pelajar SMA YPHB Kota Bogor yang tewas dibacok sekelompok orang, ujar Agah, saat ini sedang ditangani oleh anggotanya. Namun, pihaknya belum bisa menyimpulkan secara detail terkait kasus tersebut karena masih diselidiki lebih dalam.

"Dari keterangan saksi di TKP, diduga pelaku sekitar tujuh orang. Sementara dari pihak korban ketika itu sedang berboncengan tujuh motor atau sekitar 14 orang. Kesimpulan sementara, peristiwa ini bukan begal karena tidak ada satu barang korban yang hilang," kata dia.

Hasil keterangan sementara, korban bersama teman-temannya pergi menggunakan tujuh sepeda motor usai nobar di kawasan Bogor Permai.

Saat melintas di Jalan Ahmad Yani, Kecamatan Tanah Sareal, mereka bertemu dengan kelompok remaja lain hingga keduanya terlibat tawuran.

Warga Cimahpar, Kecamatan Bogor Utara, Kota Bogor ini terkena sabetan senjata tajam dan dirawat di Rumah Sakit PMI. Akibat mengalami luka parah, Raihan akhirnya meninggal dunia pada Minggu malam.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Konser Kirab Obor Asian Games 2018 Eksklusif di Indosiar

Posted: 16 Jul 2018 09:45 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Hari pelaksanaan Asian Games 2018 semakin dekat. Emtek Group sebagai Official Broadcaster Asian Games 2018 telah menyiapkan sederet rangkaian acara untuk meluaskan gaung perhelatan olahraga paling akbar se-Asia ini ke seluruh penjuru nusantara.

Sebelumnya, Emtek Group telah menghadirkan Konser Energi Asian Games 2018 melalui stasiun televisi SCTV, Maret 2018. Selain itu, kemeriahan juga bertambah dengan acara Konser 100 Hari Menuju Asian Games 2018 yang tayang  di Indosiar, Mei lalu.

Selanjutnya, Torch Relay Concert Asian Games 2018 di Candi Prambanan, Jawa Tengah, Rabu (18/7/2018) juga akan tayang secara langsung dan tunda oleh Indosiar pukul, 20.30-21.30 WIB. 

Lebih dari sekadar konser seremonial, event ini menjadi penanda dimulainya Kirab Obor Asian Games menyambangi berbagai daerah di Indonesia. Prosesi perjalanan obor sejatinya dimulai dari Stadion Nasional Dhyan Chand, New Delhi-India, yang menjadi arena pelaksanaan perdana Asian games di tahun 1951. Selanjutnya, Api dari India ini akan disatukan dengan api abadi Mrapen dari Purwodadi oleh Susy Susanti dan Yustedjo Tarik untuk kemudian rencananya akan diserahkan kepada Wakil Presiden Jusuf Kalla.

Kedua api yang telah menyatu sebagai obor itu kemudian diestafetkan kepada para atlet yang akan membawanya berkeliling ke 54 titik di penjuru Indonesia. Puncak perjalanan Kirab Obor saat dinyalakannya api obor pada kaldron Stadion Gelora Bung Karno, Jakarta, di Opening Ceremony 18th Asian Games 18 Agustus 2018 mendatang. 

"Kebanggaan Emtek Group dapat menjadi bagian dari Asian Games 2018 di Indonesia kami buktikan dengan terus menerus gaungkan berbagai kemeriahan Asian Games hingga ke pelosok tanah air melalui integrasi multiplatform media yang Emtek Group miliki. Komitmen kami selain menayangkan cabang olahraga, sajian Asian Games juga harus sarat informasi sekaligus menghibur dari berbagai sisi," kata Direktur Programming SCM, Harsiwi Achmad. 

Keragaman Budaya

Logo Asian Games 2018 resmi diluncurkan pada peringatan Haornas ke-32.

Torch Relay Concert yang dipandu Darius Sinathrya dan Ary Kirana ini akan menampilkan kemegahan dan keragaman budaya dari lima bagian benua Asia. Berbagai atraksi memikat akan disuguhkan di atas panggung yang juga berfungsi sebagai video mapping projection lengkap dengan pesona Candi Prambanan sebagai latar. Hadir sebagai pengisi acara Cakra Khan dan Armada yang akan membawakan Official Song Asian Games, "Bright as the Sun".

Torch Relay Asian Games 2018 di Candi Prambanan, Jawa Tengah, pada Rabu, 18 Juli 2018 akan tayang secara LIVE Delay di Indosiar pada pukul 20.30 – 21.30 WIB.Indosiar juga akan menayangkan Breaking News Spesial untuk mengulas perjalanan Kirab Obor yang akan melewati berbagai kota dan kabupaten di Indonesia.

Selain itu, perjalanan kirab obor ini juga dapat disaksikan di laporan–laporan khusus di semua program pemberitaan Indosiar, SCTV dan seluruh lingkup media online Emtek Group yakni Liputan6.com, Bola.com, Bola.net, Vidio.com serta super apps BBM.

Pemirsa dapat menyaksikan berbagai atraksi seni-budaya yang dipersiapkan khusus untuk menyambut kedatangan Obor dari semua titik yang dilewati, termasuk prosesi para atlet ternama Indonesia saat Api Abadi ini singgah ke 54 destinasi di Nusantara.

 

 

Peta Tayangan Asian Games

Peserta berkostum Emtek memeriahkan parade Asian Games 2018 di Jalan Thamrin, Jakarta, Minggu (13/5). Tak hanya dari komunitas, peserta parade ini juga datang dari karyawan PT Elang Mahkota Teknologi (Emtek). (Liputan6.com/Arya Manggala)

Asian Games 2018 akan berlangsung di Jakarta dan Palembang, 18 Agustus – 2 September 2018. Sejumlah cabang olahraga seperti sepak bola sudah memulai debutnya pada 13 Agustus 2018. Emtek sebagai Official Broadcaster Asian Games 2018 juga akan menyiarkan pertandingan melalui siaran TV terestrial (UHF antena), yaitu SCTV, Indosiar, dan O Channel serta layanan pay TV Nexmedia.

Secara umum, SCTV akan mendedikasikan slot jam tayang antara pukul 12.30–17.00 WIB untuk menghadirkan cabang olahraga pilihan. Sementara Indosiar berkomitmen melakukan hal yang sama di jam tayang pukul 17.00–20.00 WIB.

Selain ditayangkan di SCTV dan Indosiar, pemirsa juga dapat mengikuti jalannya pertandingan Asian Games 2018 melalui siaran O Channel pukul 20.00–00.00 WIB serta melalui tayangan TV berbayar Nexmedia di Channel A sepanjang hari.

Masyarakat Indonesia yang tidak terjangkau oleh siaran TV terestrial tersebut di atas pun tetap dapat mengakses pertandingan Asian Games 2018 via online di Vidio.com yang menyajikan 12 Channel Live Streaming dan konten Highlights Exclusive lainnya.

Custom Channel dengan aneka sajian menarik seperti jadwal pertandingan, hasil pertandingan, statistik pertandingan, rekor pertandingan, serta konten menarik lainnya, dapat dinikmati di Liputan6.com, Bola.com serta Bola.net, Kemudahan lain juga dapat dinikmati melalui super apps BBM yang memungkinkan masyarakat menyaksikan Asian Games lewat fitur BBM Live TV. 

Saksikan juga video menarik di bawah ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Moeldoko Pimpin Delegasi Indonesia di OGP Global Summit 2018

Posted: 16 Jul 2018 09:43 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Kepala Staf Kepresidenan (KSP) Moeldoko memimpin delegasi Indonesia dalam Konferensi Tingkat Tinggi kelima Open Government (OGP) Global Summit 2018 di Tbilisi, Georgia, 16-18 Juli 2018.

Forum ini dihadiri delegasi dari 96 negara terdiri dari perwakilan pemerintah, parlemen, peneliti, akademisi dan aktivis masyarakat sipil yang bergerak dalam isu anti korupsi, keterbukaan dan pelayanan publik.

"Forum ini sangat penting karena menunjukkan kepedulian kita terhadap tata kelola pemerintah, terutama mewujudkan keterbukaan dan percepatan perbaikan pelayanan publik," ujar Moeldoko melalui pesan tertulis, Selasa (17/7/2018).

Pada forum multilaretal ini Indonesia duduk sebagai Dewan Pengarah untuk periode 2015-2018.

Ikut mendampingi Moeldoko adalah Deputi II Kepala Staf Kepresidenan Yanuar Nugroho. Hadir di antara delegasi Indonesia adaah Ketua KPK Agus Rahardjo dan Wakil Ketua DPR Fadli Zon.

Dalam pertemuan itu Moeldoko menyatakan, bahwa KSP bersama Bappenas, Kemenlu dan organisasi masyarakat sipil bertugas memastikan penerapan prinsip keterbukaan melalui inisiatif Open Government di Indonesia.

Moeldoko memaparkan, pemerintah Indonesia telah melakukan berbagai langkah penguatan bagi masyarakat sipil, di antaranya mempromosikan keterbukaan informasi, meningkatkan partisipasi publik, serta menekankan respons pemerintah dalam pemenuhan aspirasi publik.

"Memenuhi kebutuhan pelayanan publik yang efektif merupakan tugas yang harus dijalankan pemerintah dalam upaya membangun kepercayaan dari warganya," tegas Moeldoko.

Kunjungi Layanan Satu Atap Georgia

Kepala Kantor Staf Presiden (KSP), Moeldoko memberikan sambutan saat merayakan ulang tahunnya yang ke-61 di Taman Suropati, Jakarta, Minggu (8/7). Moeldoko merayakan momen pergantian tahunnya bersama istri dan keluarga. (Liputan6.com/Herman Zakharia)

Di Tbilisi, Moeldoko juga berkunjung ke Public Service Hall, yang merupakan layanan satu atap pemerintah Georgia. Layanan satu atap ini sudah mulai diadopsi di Indonesia melalui hadirnya Mal Pelayanan Publik (MPP) di berbagai daerah.

"Kantor Staf Presiden siap memperluas cakupan MPP bekerjasama dengan Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi," kata Moeldoko.

 

Saksikan video pilihan di bawah ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Kemenhub Permudah Pengukuran Kapal Ikan

Posted: 16 Jul 2018 09:42 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Direktorat Jenderal Perhubungan Laut Kementerian Perhubungan terus berupaya mempercepat dan mempermudah proses pengukuran kapal-kapal ikan yang berukuran 7 GT ke bawah.

Syarat-syarat pengajuan permohonan pengukuran kapal ikan pun dipermudah, cukup dengan surat keterangan dari tukang kapal yang dilegalisasi oleh Lurah dan Camat juga foto copy KTP pemilik kapal.

Salah satu bentuk keseriusan Kemenhub dalam membantu mempermudah para pemilik kapal ikan dalam memperoleh legalisasi hak kepemilikan kapalnya tersebut adalah seperti yang dilakukan oleh kantor Kesyahbandaran dan Otoritas Pelabuhan (KSOP) Kelas V Marunda Jakarta Utara kemarin (16/7/2018).

Di lokasi tersebut tidak kurang dari 70 kapal ikan berukuran 7 GT ke bawah yang siap untuk diukur. Berkas-berkas permohonan pengukuran puluhan kapal ikan itu pun sudah diterima oleh kantor KSOP Marunda.

"Bantuan dengan sistem 'jemput bola' ini dilakukan untuk mempermudah para nelayan dalam pengurusan dokumen kapalnya serta mempercepat proses pengukuran dan pendaftaran kapal yang merupakan persyaratan wajib dipenuhi ketika kapal akan digunakan untuk berlayar di laut," kata Kasubdit Pengukuran Pendaftaran dan Kebangsaan Kapal Direktorat Perkapalan dan Kepelautan Capt Diaz Saputra dalam keterangannya, Selasa (17/7/2018).

Persyaratan itu wajib dipenuhi oleh kapal penangkap ikan sesuai dengan Keputusan Direktur Jenderal Perhubungan Laut Nomor PK.201/1/16/DJPL-16 tentang Pembagian Jenis dan Tipe Kapal serta Pembagian Kode Kapal Barang, Kapal Penumpang, dan Kapal Penangkap Ikan.

 

Lebih cepat dan transparan

Sebelumnya, Direktorat Jenderal Perhubungan Laut Kemenhub juga menerbitkan Surat Edaran Nomor UM.003/47/16/ DJPL-15 pada 10 Juli 2015 tentang Verifikasi atau Pengukuran Ulang Terhadap Kapal Penangkap Ikan.

Pengukuran kapal-kapal ikan yang langsung ke lokasi nelayan tersebut sebagai wujud negara hadir di tengah-tengah rakyat atau nelayan sesuai semangat Nawa Cita. Pengukuran kapal nelayan tersebut juga dilakukan dalam rangka pelayanan jasa transportasi laut yang bersih, cepat dan transparan.

"Nantinya berdampak positif bagi para nelayan agar bisa mencari nafkah dengan aman dan nyaman. Sebab dengan selesainya pengukuran kapal, para nelayan nantinya akan mendapat pas kecil dimana selain sebagai tanda kebangsaan kapal, pas kecil ini juga menjadi bukti kepemilikan kapal sehingga nelayan memiliki dokumen yang benar dan legal serta akan mempermudah pemerintah dalam pengawasan keselamatan kapalnya," kata Diaz.

Diaz menegaskan, Kementerian Perhubungan tidak akan mempersulit pelaksanaan pengukuran ulang kapal ikan dan akan segera memprioritaskan penyelesaian ukur ulang kapal ikan sesegera mungkin. "Bahkan kami akan proaktif mendatangi para nelayan yang kapalnya telah siap untuk diukur seperti yang dilakukan oleh KSOP Marunda hari ini," katanya.

Sementara itu, Kepala KSOP Kelas V Marunda Yuserizal mengatakan, sesuai perintah Direktur Jenderal Perhubungan Laut dan arahan Direktur Perkapalan dan Kepelautan, KSOP Marunda berkomitmen membantu mempermudah para pemilik kapal nelayan berukuran 7 GT ke bawah untuk memiliki legalitas kepemilikan kapal.

"Pengukuran kapal ini sebagai syarat utama untuk dikeluarkannya pas kecil atau surat keterangan kepemilikan kapal yang wajib dimiliki oleh setiap kapal yang dioperasikan atau berlayar," kata Yuserizal.

Yuserizal menegaskan, dengan pengukuran kapal berarti aspek keselamatan kapal ikan tersebut dapat lebih terjamin serta memudahkan pemerintah dalam membantu para nelayan bila suatu saat dibutuhkan. Termasuk memberikan bantuan alat-alat keselamatan berlayar lainnya seperti life jacket.

Kegiatan gerai pengukuran kapal ikan di bawah 7 GT ini akan dilaksanakan selama 3 hari, mulai hari Senin hingga Rabu (16/7 s.d. 18/7). Meskipun demikian, bila ada kapal nelayan yang belum sempat mendaftar untuk pengukuran kapalnya, KSOP Marunda mempersilahkan mereka datang ke kantor KSOP untuk meminta kapalnya diukur.

Saat ini yang sudah memasukan berkas pendaftaran sekitar 70 kapal ikan. Sedangkan total jumlah kapal ikan yang beroperasi di wayah Marunda ada sekitar 150 unit.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Tak Tahu Mengidap Leukemia, Putri Denada Ketakutan ke Rumah Sakit

Posted: 16 Jul 2018 09:40 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Putri Denada harus menjalani perawatan intensif lantaran penyakit leukemia yang diidapnya. Namun, hingga kini, Shakira masih belum mengetahui penyakitnya tersebut.

"Terus terang sampai sekarang dia belum tahu dia sakit apa," terang Denada dalam sebuah cuplikan video acara Rumpi No Secret yang diunggah Instagram gosip @lambenyinyir, Selasa (17/7/2018).

Selama satu setengah bulan, Denada menemani putri semata wayangnya di National University Hospital, Singapura. Dia pun harus menjalani pengobatan.

"Untuk harus melewati semua yang sudah dia lewati, tusuk sini, tusuk sana, ambil darah enggak bisa, tusuk lagi, angkat lagi, tusuk lagi. Kasih obat tidur, operasi dipasang selang yang langsung masuk ke pembuluh darah utama," lanjutnya. 

Ketakutan

Denada dan sang buah hati, Shakira Aurum. (Instagram/denadaindonesia)

Denada pun menceritakan perasaan buah cintanya yang berusia lima setengah tahun itu.

"Pernah satu hari dia ketakutan karena hari itu dia harus ke rumah sakit, dia mau kemo. Tapi dia enggak tahu mau ditusuk," tambahnya.

Lakukan Bersama

(Sumber foto: denadaindonesia/instagram)

Denada pun tahu perasaan Shakira. Ia pun tak ingin terlihat lemah di hadapan anaknya.

"Aku cuma bilang sama dia, 'Shakira takut?' Yes ibu I am so scared'. Aku pegang tangannya dan bilang lagi, 'I know, I know. We do this together. 'Ya ibu'. Yes, i am doing this together with you all the way'. Di situ aku tahu aku enggak boleh lemah, enggak boleh break down karena she need," pungkasnya.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Bawa Prancis Juara Piala Dunia, Mbappe Diyakini Bisa Raih Ballon d'Or

Posted: 16 Jul 2018 09:39 PM PDT

Liputan6.com, Paris - Lothar Matthaus ikut bicara soal penampilan Kylian Mbappe di Piala Dunia 2018. Legenda timnas Jerman itu menilai Mbappe layak untuk meraih Ballon d'Or.

Mbappe menjadi salah satu pencetak gol dalam laga final Piala Dunia kontra Kroasia pada hari Minggu (15/7) kemarin, dan membuat Prancis menang dengan skor 4-2. Selain dirinya, Antoine Griezmann dan Paul Pogba juga turut membubuhkan namanya di papan skor.

Penampilannya di sepanjang pagelaran Piala Dunia kali ini juga tak henti-hentinya membuat publik berdecak kagum. Puncaknya adalah kala Les Blues mengalahkan Argentina di babak 16 besar, di mana Mbappe berhasil menyarangkan dua gol.

Dengan prestasinya ini, Mbappe pun digadang-gadang sebagai salah satu calon terkuat peraih Ballon d'Or, yang dalam beberapa tahun terakhir selalu didominasi oleh Cristiano Ronaldo. Matthaus juga memiliki keyakinan yang sama.

"Dia bermain dengan sangat mudah, tetapi juga selalu merendah diri. Mbappe bermain dengan serius, dia tidak bermain untuk pertunjukan," ujar Matthaus kepada Bild.

"Dia sekarang menjadi juara dunia dan pastinya sangat diunggulkan untuk penghargaan pemain terbaik 2018," katanya menambahkan.

 

Belum Meyakinkan

Pogba dan Mbappe merayakan kesuksesan Prancis menjadi juara Piala Dunia 2018. (AP/Matthias Schrader)

Mbappe, 19 tahun, merupakan salah satu dari 15 penggawa muda Prancis di bawah asuhan Didier Deschamps. Les Blues pun menjadi tim termuda kedua di turnamen bergengsi itu.

Oleh karena itu, sebagian besar publik meyakini bahwa Prancis akan mendominasi sepak bola dalam beberapa tahun ke depan. Namun Matthaus tidak sepakat dengan pendapat tersebut.

"Saya tidak percaya bahwa Prancis akan menegakkan sebuah era. Tim ini tidak mengadopsi gaya apapun ataupun tampak meyakinkan dengan sepak bola yang mengesankan."

Sumber: Bola.net

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Begini Luapan Marah Bima Arya ke Pelajar Hendak Tawuran Bawa Senjata

Posted: 16 Jul 2018 09:36 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Wali Kota Bogor Bima Arya marah besar mendengar sejumlah pelajar SMK tertangkap polisi hendak tawuran, Senin (16/7/2018) sore.

Ia begitu emosi ketika melihat langsung para pelajar dari dua SMK swasta di Kota Bogor membekali diri dengan senjata tajam (sajam) seperti celurit dan samurai.

Di Mapolsek Tanah Sareal, Politisi PAN ini langsung mengambil dua dari empat bilah celurit barang bukti yang disita dari para pelajar tersebut.

Dengan sorotan mata tajam dan wajah merah, dia kemudian mempertanyakan kepemilikan senjata tajam yang diduga digunakan untuk tawuran di Jalan Soleh Iskandar, Senin sore.

"Ini siapa yang punya?. Kira-kira rasanya apa kalau ini saya babat ke leher kalian? Siap nggak!" kata Bima sambil memegang celurit berukuran lebih dari satu meter itu.

Bima kemudian menaruh dua bilah cerulit dengan cara dilempar ke lantai tepat dihadapan para pelajar yang tertunduk ketakutan.

"Ini kalau terbukti, bisa disangka pembunuhan berencana. Hukumannya seumur hidup," ucap Bima.

 

Wali Kota Bogor Bima Arya marah kepada pelajar pelaku tawuran (Liputan6.com/Achmad Sudarno)

Bima murka mengingat kasus tawuran antar kelompok remaja, yang berstatus pelajar marak di Kota Bogor. Bahkan, seorang pelajar bernama Raihan Ilham Ferbriansyah (17) tewas akibat dibacok usai nonton bareng Piala Dunia pada Minggu (15/7/2018) dini hari.

Menurutnya, peristiwa hampir serupa bisa saja terjadi jika tidak ada kesigapan dari petugas di lapangan. Belakangan diketahui, tawuran tersebut direncanakan melibatkan dua sekolah, yakni SMK Tri Dharma dan SMK YKTB Kota Bogor.

Dari keterangan polisi, dari delapan orang yang diamankan, tiga diantaranya alumni sekolah tersebut. Diduga alumni tersebut berperan sebagai provokator aksi tawuran itu.

"Saya sudah berkoordinasi dengan Pak Kapolres dan Pak Dandim untuk memproses ini. Kita ingin ada tindakan tegas di sini. Kita ingin tahu motif dan latar belakangnya hingga ungkap ke akarnya," jelas Bima.

Namun begitu, Kapolresta Bogor Kota, Kombes Pol Ulung Sampurna Jaya menganggap kasus tawuran antar kelompok remaja hal yang biasa terjadi di Kota Hujan.

"Sebetulnya di hari yang sama ada lima kejadian. Empat lokasi berhasil dicegah. Kejadian ini sudah hal biasa, jadi tidak perlu dibesar-besarkan," kata Kapolresta Bogor Kota, Kombes Pol Ulung Sampurna Jaya, kepada wartawan, Senin (16/7/2018).

 

Sanksi Bagi Sekolah

Tidak hanya bagi pelajar pelaku tawuran, kata Bima, sanksi tegas juga akan diberikan kepada pihak sekolah di mana pelajar yang bersangkutan menuntut ilmu.

"Dua sekolah ini sudah berulang-ulang seperti itu. Kali ini pasti ada tindakan berbeda. Nanti kita lihat dan kaji karena ada kewenangan provinsi juga di sini. Mungkin selama ini sanksinya kurang keras," ujar Bima.

Ia juga menyampaikan untuk memutus mata rantai tawuran di Kota Bogor, tidak pemkot bisa saja menutup sementara angkatan penerimaan siswa baru di sekolah tersebut. Sebab, keterlibatan kakak kelas dan alumni yang masih memelihara permusuhan ini meregenerasi hingga angkatan selanjutnya.

"Sangat memungkinkan itu. Kita akan kaji sanksi yang paling keras ini. Karena sanksinya terlalu lemah sehingga muncul terus menerus," kata dia.

 

Saksikan video pilihan di bawah ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

FOTO: Kelurahan Cawang Sosialisasi Asian Games Lewat Mural

Posted: 16 Jul 2018 09:31 PM PDT

Petugas PPSU membuat mural bertema Asian Games di kawasan Cawang, Jakarta, Selasa (17/7). Mural tersebut dibuat untuk sosialisasi sekaligus bentuk dukungan terhadap perhelatan Asian Games pada Agustus 2018 mendatang. (Liputan6.com/Faizal Fanani)

Petugas PPSU membuat mural bertema Asian Games di kawasan Cawang, Jakarta, Selasa (17/7). Mural tersebut dibuat untuk sosialisasi sekaligus bentuk dukungan terhadap perhelatan Asian Games pada Agustus 2018 mendatang. (Liputan6.com/Faizal Fanani)

Petugas Penanganan Prasarana dan Sarana Umum (PPSU) membuat mural bertema Asian Games 2018 di kawasan Cawang, Jakarta, Selasa (17/7). Mural tersebut untuk menyambut dan memeriahkan Asian Games 2018 pada Agustus mendatang. (Liputan6.com/Faizal Fanani)

Petugas Penanganan Prasarana dan Sarana Umum (PPSU) membuat mural bertema Asian Games 2018 di kawasan Cawang, Jakarta, Selasa (17/7). Mural tersebut untuk menyambut dan memeriahkan Asian Games 2018 pada Agustus mendatang. (Liputan6.com/Faizal Fanani)

Petugas PPSU membuat mural bertema Asian Games di kawasan Cawang, Jakarta, Selasa (17/7). Mural tersebut dibuat untuk sosialisasi sekaligus bentuk dukungan terhadap perhelatan Asian Games pada Agustus 2018 mendatang. (Liputan6.com/Faizal Fanani)

Petugas PPSU membuat mural bertema Asian Games di kawasan Cawang, Jakarta, Selasa (17/7). Mural tersebut dibuat untuk sosialisasi sekaligus bentuk dukungan terhadap perhelatan Asian Games pada Agustus 2018 mendatang. (Liputan6.com/Faizal Fanani)

Petugas Penanganan Prasarana dan Sarana Umum (PPSU) membuat mural bertema Asian Games 2018 di kawasan Cawang, Jakarta, Selasa (17/7). Mural tersebut untuk menyambut dan memeriahkan Asian Games 2018 pada Agustus mendatang. (Liputan6.com/Faizal Fanani)

Petugas Penanganan Prasarana dan Sarana Umum (PPSU) membuat mural bertema Asian Games 2018 di kawasan Cawang, Jakarta, Selasa (17/7). Mural tersebut untuk menyambut dan memeriahkan Asian Games 2018 pada Agustus mendatang. (Liputan6.com/Faizal Fanani)

Petugas PPSU membuat mural bertema Asian Games di kawasan Cawang, Jakarta, Selasa (17/7). Mural tersebut dibuat untuk sosialisasi sekaligus bentuk dukungan terhadap perhelatan Asian Games pada Agustus 2018 mendatang. (Liputan6.com/Faizal Fanani)

Petugas PPSU membuat mural bertema Asian Games di kawasan Cawang, Jakarta, Selasa (17/7). Mural tersebut dibuat untuk sosialisasi sekaligus bentuk dukungan terhadap perhelatan Asian Games pada Agustus 2018 mendatang. (Liputan6.com/Faizal Fanani)

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Misterius, 6 Orang Ini 'Mempecundangi Maut' tapi Meninggal Tak Lama Kemudian

Posted: 16 Jul 2018 09:31 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Ini adalah jalan cerita film Final Destination yang dirilis pada tahun 2000: Seorang pemuda bernama Alex Browning mendapat semacam 'penglihatan' yang menunjukkan pesawat yang akan dinaikinya Volee Air Penerbangan 180 bakal celaka.

Ia pun sengaja memancing keributan di pesawat hingga diusir dari Boeing 747 itu. Seorang guru dan sejumlah rekannya juga diminta keluar untuk menjaga Browning.

Benar saja, hanya beberapa saat pesawat yang seharusnya mereka tumpangi pun meledak, menewaskan seluruh penumpang yang ada di dalamnya.

Meski lolos dari kematian, hal aneh kemudian terjadi pada mereka yang selamat. Satu per satu dari mereka tewas secara misterius.

Mirip dengan alur dalam kisah tersebut, sejumlah orang di kehidupan nyata berhasil lolos dari insiden maut, kecelakaan pesawat maupun tragedi lainnya, namun meninggal tak lama kemudian.

Kisah-kisah mereka dianggap terlalu aneh untuk dianggap sebagai sebuah kebetulan. Seperti dikutip dari Listverse, Senin (16/7/2018), ini enam di antaranya:

1. Hilda Yolanda Mayol

United Airlines Penerbangan 175 menabrak Menara Selatan WTC (Wikipedia)

Hilda Yolanda Mayol bekerja di sebuah restoran di menara kembar World Trade Center. Untungnya, ia sedang berada di lantai dasar ketika teror 9/11 terjadi. Perempuan itu sempat meloloskan diri.

Namun, keberuntungannya tak berlangsung lama. Ia menjadi salah satu dari 265 orang yang tewas dalam kecelakaan American Airlines Penerbangan 587 di Queens, New York pada 12 November 2001 -- hanya dua bulan setelah tragedi 9/11.

Kala itu, Mayol yang berusia 26 tahun terbang menuju Republik Dominika, kampung halamannya, untuk menghabiskan waktu bersama ibu dan anak-anaknya.

Tragisnya ia pergi ke negara kepulauan itu untuk memulihkan mentalnya pascateror 9/11.

2. Ye Meng Yuan

Ilustrasi Kecelakaan Pesawat

Ye Meng Yuan masih berusia 16 tahun saat ia menjadi penumpang Asiana Airlines Penerbangan 214 pada 2013.

Ia dalam perjalanan dari China menuju Southern California untuk mengikuti perkemahan musim panas. Namun, tragedi terjadi.

Pesawat yang terbang dari Seoul, Korea Selatan itu, diduga terhempas di ujung landasan dengan sangat keras.

"Semua terjadi dalam 10 detik. Kami mendengar ledakan yang sangat keras dan kemudian berakhir," kata Vedpa Singh, salah satu penumpang yang mengalami patah tulang, seperti dikutip USA Today.

Pesawat yang mengangkut 291 penumpang dan 16 kru itu juga terbakar. Bagian ekornya patah. Yuan berhasil selamat dari kecelakaan itu, tetapi dia terluka. Setelah keluar dari pesawat, ia tergeletak di jalan dan tertabrak sebuah truk pemadam kebakaran yang bergegas menuju lokasi untuk memadamkan api.

Tiga orang meninggal dunia dalam tragedi tersebut, termasuk Ye Meng Yuan.

Petugas koroner San Mateo County, Robert Foucrault mengaku, dia mendapat informasi dugaan bahwa salah satu korban menderita cedera fatal dari sumber lain, "yang bukan kecelakaan pesawat".

Foucrault mengatakan, pejabat senior Pemadam Kebakaran San Francisco juga mengatakan pada dia dan stafnya di TKP Sabtu lalu bahwa seorang gadis diduga tertabrak di landasan pesawat. Korban ditemukan di sayap kiri, sekitar 30 kaki atau 9 meter dari badan pesawat.

Ia mengaku tiba di TKP, 35 menit setelah kecelakaan, dan ditunjukkan ke lokasi dua korban tewas oleh petugas pemadam kebakaran.

"Yang pertama di temukan di depan pesawat, sementara lainnya ditemukan lebih dekat ke lokasi kecelakaan pertama, di mana pesawat menghantam dinding laut," kata dia.

Orangtua Yuan sempat melayangkan gugatan pada pihak maskapai, namun dua tahun kemudian mencabutnya. ""Para pihak telah mencapai penyelesaian rahasia dengan syarat yang disetujui bersama."

3. Fagilyu Mukhametzyanov

Ilustrasi Foto Jenazah (iStockphoto)

Pada 2011, Fagilyu Mukhametzyanov dinyatakan meninggal dunia. Perempuan yang kala itu berusia 49 tahun dinyatakan tutup usia setelah terjatuh akibat serangan jantung.

Namun, ia sejatinya belum tamat. Mukhametzyanov terbangun di tengah upacara pemakamannya.

Dari dalam peti mati, ia berteriak dan kemudian kolaps setelah kembali mengalami serangan jantung.

Mukhametzyanov segera dilarikan ke rumah sakit, namun 12 menit kemudian, ia kembali dinyatakan meninggal dunia. Kali itu, ia tak bangun lagi.

"Matanya bergerak dan kami cepat-cepat membawanya ke rumah sakit. Namun, ia hanya sempat hidup selama 12 menit di ICU sebelum akhirnya meninggal dunia," kata sang suami. "Saya marah bukan main dan menuntut jawaban."

4. David Furr

Ilustrasi Kecelakaan Mobil (iStockPhoto)

Pada 13 Desember 1977, tim basket Purple Aces dari University of Evansville bertolak ke Middle Tennessee State University di Murfreesboro, Tennessee. Mereka akan bertanding di sana.

Sesaat setelah lepas landas, pesawat bermesin ganda yang membawa mereka kehilangan kendali dan jatuh di sebuah lapangan. Sebanyak 29 orang yang ada di dalamnya tewas.

Seluruh anggota tim Purple Aces meninggal dunia, kecuali satu pemain. Dia adalah David Furr.

Nyawanya selamat gara-gara tak ikut dalam penerbangan akibat mengalami cedera pada pergelangan kaki.

Namun, keberuntungannya tak lama. Dua pekan setelahnya, David Furr dan saudaranya tewas tertabrak pengemudi yang mabuk.

Kematiannya berarti bahwa semua anggota tim basket Purple Aces telah meninggal pada akhir 1977.

5. Jessica Ghawi

Ilustrasi Foto Penembakan (iStockphoto)

Jessica Ghawi atau Jessica Redfield adalah seorang komentator olahraga yang sedang merintis karier.

Pada Juni 2012, ia lolos dari penembakan di food court Eaton Centre di Toronto pada Juni 2012. Ia memesan makanan dan memutuskan untuk membawanya pergi, bukannya menyantapnya di tempat.

Hanya beberapa menit kemudian, orang bersenjata melepas tembakan di sana, menyebabkan dua orang tewas dan lainnya luka-luka.

Jessica mengaku mengalami perasaan aneh yang membuatnya meninggalkan food court. Ternyata, itu adalah firasat yang menyelamatkan hidupnya.

Pengalaman mengerikan itu ditulis Ghawi dalam blognya. "Aku tak mampu mengeluarkan perasaan aneh di dadaku ini," tulis dia, 5 Juni 2012. "Perasaan kosong, memuakkan ini tak bisa pergi. Perasaan yang sama ketika aku berada di Eaton Center, Toronto, hanya beberapa detik sebelum seorang pria melepaskan tembakan di food court."

"Sebuah perasaan aneh yang menuntunku pergi dan tanpa sadar, keluar dari bahaya. Sulit bagiku untuk memikirkan bagaimana perasaan aneh itu menyelamatkanku dari pengalaman berada di tengah adegan penembakan."

Ghawi kembali menulis, "Sabtu itu aku menyaksikan bagaimana rentannya hidup. Aku diingatkan bahwa kita tak tahu kapan dan di mana kehidupan kita menemui titik akhir. Kapan dan di mana kita akan menghembuskan napas terakhir."

Namun, sebukan kemudian, Jessica menjadi salah satu korban tewas dalam tragedi penembakan di Aurora, Colorado. Kala itu, James Eagen Holmes melepas tembakan memberondong penonton bioskop yang sedang menyaksikan pemutaran perdana Film Batman "The Dark Knight Rises".

 

6. Johanna Ganthaler

Pihak Angkatan Laut Brasil mengangkat bagian pesawat Air France 447 di Samudra Atlantik. (Sumber AP)

Johanna Ganthaler, seorang warga Italia, sedang bersama sang suami di Brasil. Mereka telah memesan penerbangan ke Paris pada 31 Mei 2009 menggunakan Air France Penerbangan  447.

Namun, kapal terbang itu tak pernah sampai tujuan. Pesawat Air France Penerbangan 447 yang membawa 228 orang celaka di Lautan Atlantik pada 1 Juni 2009. 

Untungnya, Ganthaler dan suaminya ketinggalan pesawat saat tiba di Bandara Rio de Janeiro pada 31 Mei 2009. Keduanya pun memutuskan untuk balik kanan.

Mereka terbang ke Eropa sehari kemudian dan menyewa mobil untuk pulang ke rumahnya yang terletak di Provinsi Bolzano-Bozen.

Ketika berada di jalanan di Kufstein, Austria, mobil mereka membelok ke jalur yang berlawanan dan menabrak truk. Ganthaler meninggal di rumah sakit tak lama kemudian. Sementara, suaminya menderita luka serius namun berhasil selamat. 

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Kejurnas Perahu Naga Jadi Test Event Venue Dayung Asian Games 2018

Posted: 16 Jul 2018 09:30 PM PDT

Liputan6.com, Palembang - Kejurnas Perahu Naga Piala Presiden 2018 yang digelar di venue dayung Kompleks Jakabaring Sport City (JSC), Palembang, 14-15 Juli 2018, merupakan bagian dari test event ajang Asian Games 2018. Kejuaraan ini diselenggarakan oleh Pengurus Besar Persatuan Olahraga Dayung Seluruh Indonesia (PB Podsi).

Kejurnas ini sendiri dibuka Presiden RI, Joko Widodo, Sabtu (14/7). Jokowi yang turut didampingi Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Basuki Hadimuljono bahkan sempat mencoba menyempatkan diri untuk mendayung bersama beberapa atlet dayung perahu naga sejauh lebih kurang 300 meter.

Kejurnas Perahu Naga Piala Presiden 2018 ini diikuti oleh sebanyak 619 peserta yang berasal dari 17 provinsi dan 4 kontingen TNI/Polri. Pada kompetisi tersebut, ada dua nomor lomba yang dipertandingkan untuk putera dan Puteri, yakni nomor 500 meter dan 200 meter.

"Kita menargetkan Indonesia bisa merebut dua emas untuk kedua nomor lomba tersebut pada saat Asian Games 2018," kata Menteri Basuki dalam keterangan tertulisnya, Minggu (15/7/2018).

Menteri Basuki yang juga menjabat sebagai Ketua Pelaksana Bidang Sarana dan Prasarana Asian Games ke-18 menyatakan, fasilitas venue dayung ini telah mendapatkan pengakuan sebagai yang terbaik di Asia menurut Olympic Council of Asia (OCA).

"Bahkan menurut Presiden Konfederasi Canoe Asia (ACC) Shoken Narita, venue dayung ini yang terbesar dan terbaik di dunia," ungkapnya.

 

Seluas 200 Meter

Adapun biaya pembangunan venue dayung terdiri dari konstruksi venue-nya atau Jakabaring Rowing and Canoeing Regatta Course sebesar Rp 136 miliar, serta pembangunan Embung Jakabaring seluas 3,1 juta m3 dengan biaya Rp 140 miliar.

Venue dayung itu sendiri memiliki lintasan dengan lebar seluas 200 meter dan panjang 2200 meter serta kedalaman 5 meter. Di samping itu, tempat tersebut juga dilengkapi tribun penonton dengan kapasitas 2.144 kursi dan menara start-finish.

Saksian video pilihan di bawah ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Iko Uwais Muncul di Poster Film Hollywood Mile 22

Posted: 16 Jul 2018 09:30 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Seperti kita ketahui, Iko Uwais bakal tampil dalam film Hollywood bertajuk Mile 22. Meskipun bukan sebagai karakter utamanya, suami Audy Item itu tetap memiliki porsi yang besar dalam film bergenre laga tersebut.

Bahkan seperti terlihat dalam Instagram @iko.uwais, aktor laga Tanah Air tersebut menjadi model untuk poster film Mile 22. Dalam posternya, desain foto Iko Uwais dibuat sama seperti Mark Wahlberg.

Di situ, foto Iko Uwais dibuat dalam balutan efek pixelate hitam putih. Ia terlihat sedang berdiri sambil menggenggam senjata api. Nama Iko Uwais, judul Mile 22, dan tanggal rilisnya, 17 Agustus, turut tertera di poster itu.

"The information he has can save millions of lives. #Mile22 @audyitem @rickysiahaan @ramadhan_ruswadi @ryan_hahaha," tulis Iko Uwais sebagai keterangan foto tersebut, Senin (16/7/2018).

Peran Krusial

Mile 22. (STXfilms)

Dari keterangan foto tersebut, dipastikan karakter yang dimainkan Iko Uwais dalam Mile 22 akan memiliki peran krusial menyangkut jutaan nyawa manusia berdasarkan informasi yang didapatnya.

Tak Sabar

Mile 22. (STXfilms)

Berkat poster ini, para pecinta film mengungkapkan ketidaksabaran mereka untuk menyaksikan Mile 22. Hal itu bisa terlihat dalam komentar yang bermunculan.

"Can't wait mau nonton film iniiii... @opqmaulana," kata @firlyarimbi.

"Congrats mas uwais," ujar @anggi_widya_iswara_damanik.

"Penasaran sm ini film udah ga sabar pengen nonton," tulis @dimazrizky.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Ciena Siap Letakkan Dasar Jaringan Adaptif untuk Ekonomi Digital di Indonesia

Posted: 16 Jul 2018 09:30 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Indonesia tengah menuju era ekonomi digital, dimana perusahaan penyedia jaringan telah mengidentifikasi komponen yang tepat untuk merancang jaringan pada pertumbuhan di masa mendatang. Hal ini didasari juga oleh pengguna internet di Indonesia terus meningkat dari tahun ke tahun.

Menurut laporan Dunia Digital Asia Tenggara Tahun 2018 dari HootSuite, di Indonesia terdapat lebih dari 130 juta pengguna internet dan 91 persen di antaranya mengakses internet dari perangkat smartphone masing-masing.

Sebagai pasar utama di Asia Tenggara dengan populasi yang tersebar di ribuan pulau, penyedia layanan di Indonesia memiliki berpeluang untuk memenuhi permintaan jaringan internet yang berkualitas dan memperoleh pangsa pasar pengguna broadband yang luas di wilayah ekonomi terbesar di Asia Tenggara ini.

Seiring dengan semakin meluasnya "gelombang digital" di seluruh wilayah Indonesia, Ciena berada di baris depan proses digitalisasi ini. Ciena adalah perusahaan strategi dan teknologi yang berpengalaman selama lebih dari 25 tahun melayani kebutuhan pelanggan di seluruh dunia

"Kami memberikan solusi yang memungkinkan penyedia layanan membuat jaringan yang lebih responsif terhadap kebutuhan pelanggan saat ini, sambil meletakkan dasar persyaratan masa depan untuk mendukung 5G dan IoT (Internet of Things)," kata Rick Seeto.

Rick Seeto.

Sebagian besar sistem terdahulu pada penyedia layanan di seluruh Indonesia tidak mampu menskalakan atau menyesuaikan diri dengan cepat untuk mendukung permintaan aplikasi digital yang tak terduga.

Sebagai titik awal, terdapat kebutuhan kuat untuk mengintegrasikan serat optik ke dalam jaringan kabel yang ada. Namun untuk selanjutnya, penyedia layanan harus menerapkan pendekatan yang lebih menyeluruh terkait proses pembuatan jaringanyang lebih responsif, terotomatisasi, dan cerdas, terutama jaringan adaptif.

Jaringan adaptif adalah pendekatan inovatif yang memperluas konsep jaringan otonom untuk mengubah jaringan statis ke lingkungan yang dinamis, dengan diprogram oleh analytics dan kecerdasan. Itu termasuk tiga lapisan yang penting yaitu : Programmable infrastructure, Analytics and intelligence, sofware control and automation. Selengkapnya klik di sini.

Beragamnya infrastruktur yang ada di masing-masing penyedia layanan membuat proses ini memerlukan waktu lebih lama. Satu kesamaan yang ada di semua penyedia layanan di Indonesia adalah bahwa langkah pertama menuju jaringan adaptif akan melibatkan investasi untuk membuat jaringan lebih terbuka, aman, dan dapat diskalakan.

Elemen ini merupakan dasar jaringan adaptif yang dapat disesuaikan terhadap perubahan permintaan jaringan seiring dengan perkembangan ekonomi digital yang semakin mendasar di seluruh Indonesia.

 

(Adv)

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

VIDEO: Atlet Karate Indonesia Sabet 5 Medali di Yordania

Posted: 16 Jul 2018 09:30 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Timnas Karate Indonesia berhasil menyabet 5 medali dalam kejuaraan Karate internasional yang diselenggarakan di Yordania.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Ups, Bos Samsung Ketahuan Pakai Galaxy Note 9

Posted: 16 Jul 2018 09:30 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Samsung akan mengumumkan flagship smartphone terbarunya, Galaxy Note 9, pada awal bulan depan.

Kali ini, kembali muncul informasi tentang smartphone tersebut, yang langsung berasal dari pemimpin Samsung.

Dilansir Sam Mobile, Selasa (17/7/2018), informasi tentang Galaxy Note 9 ini bukan merupakan konfirmasi langsung dari pihak Samsung, melainkan dari perangkat yang dipegang CEO divisi mobile Samsung, DJ Koh. Ia dilaporkan terlihat menggunakan Galaxy Note 9 di ruang publik.

Galaxy Note 9 yang digunakan Koh disebut memiliki bezel bawah di sisi depan lebih tipis dibandingkan Galaxy Note 8. Namun, keduanya tampak memiliki desain serupa secara keseluruhan.

Perbedaan yang kentara yaitu dua kamera belakang Galaxy Note 9 memiliki desain berbeda, serta sensor sidik jari berada di bawah sensor kamera.

CEO divisi mobile Samsung, DJ Koh, diyakini sedang mengggunakan Galaxy Note 9 (Foto: screenshot via Sam Mobile)

Berdasarkan foto yang beredar, Koh tampak melakukan sesuatu dengan S Pen, tapi tangannya menutupi sebagian besar bodi belakang perangkat. Alhasil, sulit untuk melihat perubahan desain pada stylus baru itu.

Adapun Samsung akan mengumumkan Galaxy Note 9 dalam sebuah acara di New York, Amerika Serikat (AS), pada 9 Agustus 2018.

Perusahaan teknologi asal Negeri Ginseng itu diperkirakan akan mulai menjual perangkat tersebut pada 24 Agustus 2018.

Diumumkan 9 Agustus, Ini Perkiraan Harga Jual Galaxy Note 9

Pengunjung membeli ponsel Android, Samsung Galaxy Note 8 pada penjualan perdana di kawasan Kuningan, Jakarta, Jumat (29/9). Untuk diketahui, Galaxy Note 8 merupakan smartphone flagship jagoan terbaru Samsung. (Liputan6.com/Angga Yuniar)

Menjelang hari pengumumannya pada awal bulan depan, informasi tentang Galaxy Note 9 semakin banyak beredar, termasuk harga jualnya. Beberapa waktu lalu muncul informasi tentang harga jual dan tanggal peluncuran Galaxy Note 9 di Polandia.

Menurut laporan sebuah media Polandia, informasi ini berasal dari seorang karyawan Samsung yang menghadiri pertemuan tentang perangkat tersebut.

Dalam pertemuan itu, juru bicara perusahaan mengungkap jual Galaxy Note 9 akan djual dengan harga mulai dari US$ 1.158 atau berkisar 16,3 juta (asumsi kurs US$ 1/Rp 14.158). Harga tersebut untuk versi dasar dengan RAM 6GB dan memori internal 128GB.

Samsung akan menyambangi pasar Polandia pada 24 Agustus 2018 dengan pre-order dimulai pada hari pengumumannya. Samsung dilaporkan akan mengumumkan Galaxy Note 9 pada 9 Agustus 2018.

Selain itu, Samsung juga telah menyampaikan kisaran harga jual tersebut kepada mitra ritelnya. Sebuah toko lokal di Polandia juga memberikan konfirmasi tentang harga jual tersebut. Harga jual Galaxy Note 9 di pasar Eropa lainnya dinilai tidak akan jauh berbeda dengan Polandia.

Sayangnya, belum ada informasi tentang harga jual Galaxy Note 9 di wilayah Asia, termasuk Indonesia.

(Din/Jek)

Saksikan Video Pilihan Berikut Ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Tips Minum Wine Ala Orang Prancis

Posted: 16 Jul 2018 09:30 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Orang Prancis terkenal karena cara mereka menikmati hidup. Namun, kecintaan mereka terhadap wine, kuliner, dan keju seakan tidak mengenal batas.

"Orang Prancis suka dan menghormati wine mereka, yang mungkin menjadi alasan ada banyak etiket seputar bagaimana cara menikmatinya," jelas Julie Bardoz yang merupakan pakar wine Prancis seperti dilansir dari New York Post, Selasa (17/7/2018).

Bardoz menjelaskan apa yang boleh dan tidak boleh dilakukan saat minum wine, agar seperti orang erancis.

1. Jangan pernah minum wine tanpa makanan

Bagi orang Prancis, wine dan makanan berjalan seiring. Itulah sebabnya Anda jarang melihat mereka mengonsumsi anggur (terutama anggur merah) tanpa hidangan lain.

2. Bersulang dengan setiap tamu secara individual

Mengangkat gelas penting di Prancis. Namun, ada cara yang benar untuk melakukannya. Jika tidak, itu bisa membawa nasib buruk.

Caranya adalah dengan menunggu semua tamu datang, lalu bersulang dengan tamu di sebelah Anda. Kemudian, jangan lupa tatap matanya dan katakan "chin chin". Lakukan itu pada semua tamu setelahnya.

Saksikan juga video menarik berikut ini: 

Menuangkan Wine

Tips meminum wine yang tepat seperti orang Perancis (iStockphoto)

3. Jika Anda tamu, jangan menuangkan wine di gelas sendiri

Jika Anda adalah tamu di rumah seseorang dan menemukan gelas anggur sedang kosong, jangan mencoba menuangkannya sendiri. Hal itu dianggap tidak sopan.

Sebaliknya, tunggu tuan rumah apakah Anda ingin meminum lebih banyak dan dia akan menuangkannya.

4. Jangan minta segelas penuh

Jika tuan rumah menuangkan segelas wine, mereka tidak akan mengisinya sampai penuh. Jika Anda meminta memenuhi gelas, hal itu dianggap kasar dan mereka akan beranggapan Anda adalah orang yang penuh nafsu.

Di sisi lain, jika Anda menghentikannya ketika dia masih menuangkan wine, itu akan dianggap kasar dan tidak menghargai anggurnya.

5. Jangan beli wine termurah di toko

Jika Anda diundang untuk makan malan di Prancis, biasanya akan membawa sebotol wine atau cokelat. Namun, jangan membeli yang paling murah.

Anggur sering menjadi bagian dari percakapan. Pastikan membawa yang paling disukai dan tahu banyak tentangnya.

 

Cara Minum Wine

Tips meminum wine yang tepat seperti orang Perancis (iStockphoto)

6. Jangan tinggalkan bekas lipstik di gelas wine

Hal ini dianggap tidak sopan. Pastikan mengenakan lipstik yang bernoda tipis dan tahan lama.

7. Boleh menaruh es batu

Beberapa ahli anggur mengerutkan dahi ketika orang memasukkan es batu dalam wine mereka. Namun, orang Prancis memiliki istilah tersebut yaitu La Piscine de Rose.

8. Manjakan diri sendiri

Ada banyak peraturan tidak tertulis tentang cara menikmati anggur yang bisa membuat orang asing tidak nyaman. Namun, BArdoz menambahkan, di akhir hari, orang Prancis menyukai wine dan bersenang-senang.

Jadi, jika Anda melanggar beberapa aturan, hal itu tidak akan merusak seluruh dunia, terutama pada hari-hari perayaan besar di sana.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Dirjen Perhubungan Uji Kelayakan Maskapai Angkutan Haji 2018

Posted: 16 Jul 2018 09:29 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Dirjen Perhubungan Udara Kementerian Perhubungan (Kemenhub), Agus Santoso lakukan ramp check atau pemeriksaan kelaikan kendaraan terutama pesawat angkutan  haji 1439 Hijriah. Pemeriksaan kedua kalinya ini dilakukan untuk memastikan kelayakan pesawat dari sisi teknis dan kelengkapan. 

"Sebelumnya sudah dilakukan seminggu lalu dan ini untuk meyakinkan bahwa apa yang sudah diperiksa dilakukan dengan baik dan meyakinkan reparasi dari sisi teknis, pesawat terbang sudah siap," kata dia, Selasa (17/7/2018).

Dari 12 embarkasi yang akan melakukan perjalanan haji dari Indonesia menuju Jeddah dan Madinah pada hari ini, terbagi dalam 3 zona. Barat, tengah dan timur meliputi wilayah Pulau Sumatera, Aceh, Palembang, Medan, Padang, Batam. 

Sementara Jawa meliputi Jakarta, Solo, Surabaya. Lalu Kalimantan meliputi Balikpapan, Banjarmasin, Ujung Pandang dan Lombok. 

Pantauan di lokasi, pengecekan yang dilakukan tim teknis Kemenhub beserta  jajaran maskapai Garuda Indonesia selaku operator angkutan haji, yang dilakukan di area apron Terminal 2 Bandara Soetta. 

Memastikan secara rinci, dari sisi teknis dan kelengkapan pesawat dengan memeriksa seluruh bagian mesin, ban pesawat, area kockpit, dan ruang kabin penumpang secara detail. 

Agus menerangkan, pada penerbangan haji 2018, ada 511 kelompok terbang (kloter) yang menggunakan tiga jenis pesawat Garuda Indoensia. Sementara Saudi Airlines jenis 777, 330 dan 747 dengan total 31 pesawat yang digunakan selama masa angkutan haji. 

"13 dari Garuda dan 18 dari Saudi, walaupun asing nanti kita akan cek juga untuk saudi dengan standar kita di sini," ujar dia. (Pramita Tristiawati)

 

Kemenhub Mulai Ramp Check Seluruh Kapal di Danau Toba

Tim SAR terus mencari korban dan KM Sinar Bangun di Danau Toba. (Liputan6.com/Reza Efendi)

Sebelumnya, Direktur Jenderal Perhubungan Laut Kementerian Perhubungan (Kemenhub) R Agus H Purnomo menugaskan Direktur Kenavigasian, Sugeng Wibowo, dan Marine Inspector Direktorat Perkapalan dan Kepelautan untuk melakukan ramp check kelaiklautan kapal di Danau Toba, Sumatera Utara.

Hal tersebut sebagai tindak lanjut perintah Menteri Perhubungan, Budi Karya Sumadi, agar kapal-kapal di Danau Toba segera dilakukan ramp check kelaiklautan kapalnya dalam dua-tiga ke depan.

"Kami segera melakukan ramp check dengan menurunkan Marine Inspector dari Kantor Pusat Ditjen Perhubungan Laut dan Kantor Kesyahbandaran Utama Belawan yang dipimpin oleh Direktur Kenavigasian hingga tanggal 29 Juni 2018," ujar Dirjen Agus dalam keterangannya, Selasa 26 Juni 2018.

Adapun ramp check kelaiklautan kapal, di antaranya meliputi pemeriksaan konstruksi kapal, kelengkapan alat keselamatan pelayaran, pemuatan, jalur evakuasi, dokumen kapal, manifes penumpang dan pemenuhan batas kapasitas kapal yang disesuaikan dengan sertifikat kapal.

"Sebagaimana perintah Menteri Perhubungan bahwa pelaksanaan ramp check ini adalah wajib dan harus dilakukan dalam dua- tiga hari ke depan, dan jika ditemukan ada kekurangan kelaiklautan kapal, maka dengan tegas kapal tersebut dilarang beroperasi sampai dapat terpenuhi kelaiklautan kapalnya," ucapnya.

Agus menyebutkan, nantinya hasil pelaksanaan ramp check kelaiklautan kapal akan diserahkan ke Menteri Perhubungan dan Dirjen Perhubungan Darat serta instansi terkait lainnya.

Dia juga mengingatkan perlunya regulator, operator, dan user (pengguna jasa atau masyarakat) untuk bersinergi dalam mendukung terwujudkan keselamatan pelayaran.

"Keselamatan pelayaran harus menjadi kebutuhan dan tanggung jawab bersama. Jangan memaksakan naik ke atas kapal bila sudah penuh, dan pastikan selalu memakai life jacket di setiap pelayarannya. Dan untuk operator serta nakhoda, perhatikan faktor cuaca sebelum berangkat berlayar dan pastikan juga kapal laik laut," kata Agus.

 

 

Saksikan video pilihan di bawah ini:

 

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Nasdem Targetkan 3 Besar dan Raih 100 Kursi Lebih di Pemilu 2019

Posted: 16 Jul 2018 09:28 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Partai Nasional Demokrat (Nasdem) menjadi partai yang pertama yang mendaftarkan calon anggota DPR ke kantor Komisi Pemilihan Umum (KPU) Jakarta.

Seperti ditayangkan Liputan6 SCTV, Rabu (17/7/2018), di antara elite Partai Nasdem yang datang ke kantor KPU di Jalan Imam Bonjol, Jakarta Pusat, adalah Sekjen Nasdem Jhonny G Platte dan Ketua Badan Pemenangan Pemilu Nasdem Effendy Choiri.

Kedatangan rombongan disambut Komisioner KPU Ilham Saputra di lantai 2 gedung KPU. Mereka kemudian menyerahkan daftar caleg yang akan diusung.

Total ada 576 caleg DPR RI yang didaftarkan untuk 80 daerah pemilihan. Nasdem juga menargetkan bisa meraih pemenangan tiga besar dan 100 kursi lebih pada Pemilu 2019 mendatang.

"Nasdem akan gunakan strategi jitu termasuk untuk melaksanakan Pemilu dengan biaya yang efisien dan produktif," ujar Sekjen Nasdem Jhonny G Platte.

"Targetnya 100 kursi lebih, mohon doa restu Nasdem bisa bekerja sesuai aturan, menjalankan amanah, dan restorasi gerakan perubahan," kata Ketua Badan Pemenangan Pemilu Nasdem Effendy Choiri.

Partai Nasdem mendaftar di 2.552 daerah pemilihan di seluruh Indonesia dengan calon anggota legislatif sebanyak 20.391 orang. Termasuk di dalamnya 575 calon anggota DPR RI dengan jumlah 38 persen lebih perempuan.

Sejumlah publik figure yang diusung Nasdem sebagai caleg pun turut hadir, di antaranya Nafa Urbach, Afdhal Yusman, Tessa Kaunang, dan Wanda Hamidah. (Muhammad Gustirha Yunas)

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Caleg Nasdem Membonceng Jokowi

Posted: 16 Jul 2018 09:27 PM PDT

Liputan6.com, Denpasar - Dewan Pimpinan Wilayah (DPW) Partai NasDem Provinsi Bali mendaftarkan calon legislatif (caleg) mereka ke KPU Provinsi Bali. Menggunakan sepeda ontel, sekitar 300 pengurus NasDem Bali menggowes sepeda ontel dari kantor mereka. 

Dalam konvoi itu, mereka juga membawa replika pesawat pribadi Surya Paloh bertuliskan NasDem for Jokowi 2019. Mereka juga membawa tokoh pewayangan, Petruk.

Ketua DPW Partai NasDem Bali, Ida Bagus Oka Gunastawa membonceng replika Jokowi di sepeda ontelnya. Menurutnya itu untuk menunjukkan semangat yang diinspirasikan oleh Jokowi.

"Karena Jokowi adalah kita," kata Oka.

Partai Nasdem mengusung tagline 'dari rakyat kembali ke rakyat'. Dijelaskan Oka, tagline itu diharapkan akan membangun kesadaran para caleg bahwa mereka berangkat dari rakyat dan akan kembali menjadi rakyat.

"Tak boleh main-main dalam bekerja. Harus betul-betul mendedikasikan diri untuk kesejahteraan rakyat. Bekerja keras, rendah hati, tidak korup dan mengedepankan kepentingan rakyat. Itu yang kita harapkan," kata Gus Oka.

Konvoi dari Partai NasDem tiba di Kantor KPU Bali pukul 15.30 Wita. Mereka tiba tak lama setelah rombongan PDIP Bali tiba. Para pengurus Partai NasDem mengambil inisiatif bercengkrama dengan jajaran pengurus dan kader PDIP Bali yang berada di luar gedung KPU.

"Ini politik bergembira. Politik itu tidak harus tegang, musuh-musuhan meski kita bersaing," ucap kata Oka. 

Pada Pileg mendatang, NasDem mendaftarkan 100 persen jatah kursi masing-masing DPRD tiap tingkatan. Gus Oka optimistis akan terbentuk fraksi di sembilan kabupaten/kota di Bali.

Simak video menarik pilihan berikut:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Mourinho Minta FIFA Batasi Penggunaan VAR

Posted: 16 Jul 2018 09:25 PM PDT

Liputan6.com, Manchester - Jose Mourinho ikut bicara soal penggunaan VAR di Piala Dunia 2018. Manajer MU itu menilai VAR lebih banyak merugikan di lapangan.

Mourinho menyoroti keputusan wasit yang menghadiahkan penalti pada Prancis di final Piala Dunia 2018 kontra Kroasia (4-2) akhir pekan lalu. Menurutnya, wasit telah salah menggunakan VAR.

Pelatih nyentrik ini mengakui bahwa VAR sudah banyak membantu di Piala Dunia. Namun dia juga meminta penentuan batasan VAR yang lebih jelas, sebab baginya penalti di final itu adalah salah satu kesalahan VAR.

Bagi Mourinho, VAR hanya boleh digunakan pada kesalahan fatal saat wasit kesulitan mengambil keputusan. Selebihnya, dia percaya sebaiknya penggunaan VAR lebih dibatasi.

"Saya tidak begitu senang. Penalti untuk Prancis berperan besar dan, maaf, itu adalah keputusan yang tidak merepresentasikan konsep VAR," kata Mourinho dinukil dari Marca.

"Bagi saya, VAR harus digunakan untuk kesalahan fatal - situasi jelas dari kesalahan perwasitan - dan kemarin adalah contoh yang menimbulkan banyak keraguan dan ketidakadilan untuk tim yang sudah bekerja dengan sangat baik."

 

Komentari Piala Dunia

Pelatih Manchester United, Jose Mourinho dan David de Gea tampak lesu usai dikalahkan Chelsea pada laga final Piala FA 2017-2018 di Stadion Wembley, Sabtu (19/5/2018). Chelsea menang 1-0 atas Manchester United. (AFP/Glyn Kirk)

Lebih lanjut, saat ditanya pendapatnya soal Piala Dunia ini, bagaimanapun Mou mengakui Prancis memang layak juara. Dia menilai pasukan Didier Deschamps itu sudah belajar banyak dari kegagalan dua tahun lalu di Euro 2016.

Di saat yang sama, Mourinho juga kecewa melihat penampilan Brasil yang menurutnya bisa jauh lebih baik.

"Prancis datang dari final kompetisi Eropa dan dua tahun kemudian mereka di final Piala Dunia. Jika harus memillih satu tim yang mengecewakan saya, saya pilih Brasil," ucap Mou.

Sumber: Bola.net

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Berlibur Sambil Mengembalikan Kebugaran Tubuh di Nihi Sumba

Posted: 16 Jul 2018 09:25 PM PDT

Jakarta Tak hanya relaksasi, liburan di salah satu hotel terbaik yang ada di Sumba juga menawarkan beberapa aktivitas seru kebugaran tubuh. Nihi Sumba, kini bisa menjadi pilihan tepat untuk Anda pencinta gaya hidup sehat kekinian.

Saat liburan tentu Anda ingin melepaskan diri dari penatnya kegiatan sehari-hari. Namun, liburan yang sudah disusun sedemikian rupa terkadang tidak terlaksana sesuai rencana. Yang paling memusingkan yaitu bila tempat penginapan tidak sesuai harapan. Bila ingin berlibur ke tempat yang memberi kebaikan untuk diri sendiri, Anda bisa memilih Nihi Sumba.

Selain dapat menyegarkan pikiran dengan lingkungan dan fasilitas yang ada di sana, Nihi Sumba menawarkan sederet kegiatan yang dapat menyehatkan tubuh. Penasaran apa saja?

 

Lose yourself in wonderment ✨ . #nihigram by 📸 @nancyaryasubawa

Sebuah kiriman dibagikan oleh Nihi Sumba (@nihisumba) pada

Nihi Sumba

Seperti pada periode 27 Oktober hingga 3 November mendatang, pengunjung dapat menikmati sebuah paket healty lifestyle activities di Nihi Sumba. Kegiatannya meliputi cardio, yoga, hiking dan trekking, meditasi sunrise, konsultasi gizi, spa, berkuda di pantai, sampai menyegarkan tubuh dengan berendam di samudra Hindia. Terdengar mewah, juga lengkap, bukan?

Selain kegiatan, ditawarkan juga menu-menu makanan sehat seperti sarapan dengan oat serta parutan kacang dan kayu manis, ikan bakar dan stir fried tofu.

 

Nihi Reset

Paket istimewa yang dinamakan "Nihi Reset" ini memang bertujuan untuk membuat pengunjung merasakan baiknya menutrisi tubuh dengan aktivitas seperti olah raga atau meditasi dan makan makanan yang sehat. Nihi Reset nantinya akan dilaksanakan dengan instruktur tamu spesial seperti Tatiana Boncompagni Hoover yang merupakan co-author dari Model Trainer Method dan founder dari Sculptologie.

Sebuah paket wellness yang sayang dilewatkan bila kita memang sedang mencari liburan yang tidak hanya bersantai, atau menikmati keindahan alam. Dan dikemas secara apik oleh salah satu hotel terbaik di dunia, FIMELA percaya.

Penulis: Ayudya A

Sumber: Fimela.com

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Bangunan Roboh di Kota Tua Tak Masuk Cagar Budaya, Ini Penjelasannya

Posted: 16 Jul 2018 09:15 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Sebuah bangunan di kawasan Kota Tua rata dengan tanah sejak sebulan lalu. Bangunan itu merupakan gudang yang diapit bangunan cagar budaya, yakni restoran galangan kapal VOC dan restoran Raja Kuring di Jalan Kakap, Penjaringan, Jakarta Utara.

Wakil Gubernur DKI Jakarta Sandiaga Uno mengatakan bangunan yang roboh bukan bagian dari cagar budaya. Pelaksana tugas (Plt) Kepala Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Asiantoro juga menyatakan hal yang sama.

"Tidak masuk SK 475 tahun 93 tentang penetapan bangunan bangunan bersejarah," kata Asiantoro saat dihubungi Liputan6.com, Selasa (17/7/2018).

Beberapa syarat bangunan berhak menjadi cagar budaya adalah berusia minimal 50 tahun, serta memiliki nilai arsitektur, sejarah, dan budaya. Menurut tim sidang pemugaran, bangunan itu tidak memiliki salah satu dari syarat tersebut.

"Karena enggak masuk syarat (cagar budaya). Hasil peninjauan memang gudang, yang dan mungkin dulu untuk kantor ya," katanya.

Adapun dua gedung di kanan-kirinya adalah cagar budaya karena masuk dalam syarat. Keduanya berasal dari periode abad 17-18 dan beberapa bagian masih berupa kayu.

"Yang (dibongkar) ini dari abad 19, sudah beton. Memang beda periode (dengan gedung di sampingnya) makanya tim sidang memutuskan boleh dibongkar karena beda periode," ucapnya.

Selama kurang lebih empat bulan, pemilik mengajukan izin pemulihan gedung di Kawasan Kota Tua itu. Namun, ujar Asiantoro, izin pembongkaran baru dikeluarkan usai tim sidang pemugaran memastikan gudang itu bukanlah cagar budaya.

Aturan Bangunan Baru

Sementara itu, untuk bangunan baru di bekas lokasi gudang tersebut, Asiantoro menyebut pemilik tidak boleh asal memilih desain. Bangunan baru nantinya harus serasi dengan lingkungan sekitar, yakni kawasan cagar budaya.

"Mereka (pemilik) sudah punya desain, tapi kan desain harus serasi lingkungan. Tadinya desainnya semaunya nih minimalis, tapi tim pemugar bilang walau boleh bongkar tapi bangunan baru harus serasi lingkungan," katanya.

Saksikan video pilihan di bawah ini

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

PT LIB Keluarkan Jadwal Baru untuk Partai Mitra Kukar Vs Sriwijaya FC

Posted: 16 Jul 2018 09:15 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta PT Liga Indonesia Baru (LIB) selaku operator kompetisi Go-Jek Liga 1 bersama Bukalapak menunda partai Mitra Kukar kontra Sriwijaya FC yang seharusnya berlangsung hari ini, Selasa (17/7/2018) di Stadion Aji Imbut, Tenggarong. Pertandingan pekan ke-16 itu bakal digelar pada esok hari.

Dalam suratnya yang bernomor 222/LIB/VII/2018, PT LIB menerima permintaan Sriwijaya FC untuk menunda pertandingan lantaran pihak lawan kehabisan tiket pesawat menuju markas Mitra Kukar. Maka diputuskan, partai ini diundur selang sehari berikutnya.

"Menindaklanjuti surat Sriwijaya FC nomor: 180/SFC/VIII/2018 perihal Mohon Penyesuian Jadwal Pertandingan Mitra Kukar vs Sriwijaya FC tertanggal 16 Juli 2018 serta setelah melakukan koordinasi dengan pihak terkait termasuk klub dan host broadcaster, bersama ini PT. Liga Indonesia Baru (LIB) menyampaikan perubahan jadwal pertandingan Go-Jek Liga 1 2018 antara Mitra Kukar vs Sriwijaya FC dari sebelumnya dilaksanakan pada tanggal 17 Juli 2018 pukul 15.30 WIB berubah menjadi tanggal 18 Juli 2018 pukul 15.30 WIB," bunyi surat PT LIB bertandatangan CEO Risha Adi Widjaya.

Saat dikonfirmasi, kubu Sriwijaya FC membenarkan penundaang partai melawan Mitra Kukar hingga esok hari. "Benar, pertandingan melawan Mitra Kukar tidak dibatalkan. Hanya ditunda sampai besok," ujar Asisten Manajer Sriwijaya FC, Achmad Haris lewat pesan singkat kepada Liputan6.com, Selasa (17/7/2018).

Saat ini, skuat Sriwijaya FC telah berada di Jakarta untuk mempersiapkan diri menghadapi Mitra Kukar.

Jadwal Liga 1

Logo Liga 1 GoJek (Bola.com/Adreanus Titus)

Berikut Jadwal Siaran Langsung Hari Ini

Persija Jakarta Vs Bali United

18.30 WIB Indosiar

Madura United Vs Perseru Serui

18.30 WIB O Channel

Klasemen Liga 1

Klasemen Liga 1 pekan ke-16. (soccerway).

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Dapatkan Pengalaman Unik Ikuti Lomba Mewarnai di Atas Kabin Bianglala

Posted: 16 Jul 2018 09:15 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Mengawali tahun ajaran baru 2018 dan memperingati Hari Anak Nasional, J-Sky Ferriswheel Bianglala tertinggi di Indonesia akan menggelar lomba mewarnai "Coloring Competition In The Sky" yang bisa diikuti oleh anak-anak usia 4 – 12 tahun pada tanggal 28 Juli 2018.

Uniknya event "Coloring Competition In the Sky" merupakan lomba mewarnai pertama yang dilakukan dalam kabin bianglala tertinggi di Indonesia.

 

Lomba mewarnai tertinggi di Indonesia

Sambut tahun ajaran baru dengan lomba mewarnai unik di AEON Mall Jakarta Garden City

Acara lomba mewarnai di angkasa, menargetkan 400 orang Peserta. "Sesuai dengan salah satu visi misi perusahaan kami yaitu Innovasi, maka kali ini kami membuat suatu bentuk lomba yang dikhususkan untuk anak – anak. Mewarnai diatas ketinggian dan pemandangan dengan sensasi dan pengalaman yang berbeda, Kami berharap kedepannya J-Sky dapat menjadi salah satu ikon Pariwisata Jakarta Timur", Jelas Hironori Takano, Presiden Direktur PT. Momozen Amusement Indonesia.

Lomba mewarnai tertinggi di Indonesia

Sambut tahun ajaran baru dengan lomba mewarnai unik di AEON Mall Jakarta Garden City

"Kami bersyukur atas animo masyarakat yang sangat antusias, tercatat sudah puluhan peserta yang telah mendaftar pada hari pertama open register. Dan kami mengucapkan terima kasih untuk support dari AEON MALL Jakarta Garden City, Global Art dan para sponsorship kami Oil Pastel Pascola, So Nice, dan FROZEN mineral water dan Jakarta Garden City", tuturnya menutup pembicaraan.

Adapun pada saat bersamaan AEON MALL Jakarta Garden City bersama J-Sky Ferriswheel akan menggelar event music "Loft Park Summer Feast". Dengan sederet penampilan istimewa dari Reza Artamevia, Ten 2 Five, Devano Danendra tanggal 28 Juli 2018 serta Kahitna, Java Jive, dan Shojo Complex tanggal 29 Juli 2018.

Cukup dengan Rp60 ribu, Anda sudah bisa mendaftarkan sang buah hati untuk mengikuti lomba mewarnai unik ini. 

 

 

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Piala Dunia Bikin Harga Telur Melambung?

Posted: 16 Jul 2018 09:14 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Gejolak harga telur yang terjadi dalam beberapa pekan terakhir disebut lantaran meningkatkan permintaan. Salah satu hal yang membuat permintaan ini meningkat yaitu adanya gelaran Piala Dunia 2018.

Direktur Pengolahan dan Pemasaran Hasil Peternakan Kementerian Pertanian (Kementan) Fini Murfiani mengakui, salah satu penyebab lonjakan harga telur ayam lantaran terjadi penurunan produksi akibat penyakit dan libur Lebaran. Sehingga pasokan ke pasar juga berkurang.

"Terjadi penurunan produksi. Induknya tetap ada tapi tidak berproduksi. Itu yang akan kita selidiki. Memang menyebabkan tidak produksi itu karena adanya penyakit. macam-macam alasannya," ujar dia di Jakarta, Selasa (17/7/2018).

Lonjakan harga ini juga diperparah dengan tingginya permintaan membuat harga telur ayam semakin melonjak. Dia menyebut permintaan telur ayam meningkat hingga 30 persen dari normal.

"20 persen-30 persen kenaikan permintaan seperti yang disebutkan. Itu memang tidak diprediksi sehingga peningkatan permintaan itu tinggi sekali," kata dia.

Menurut Fini, ada sejumlah hal yang membuat permintaan akan telur meningkat tajam dalam beberapa pekan terakhir. Selain karena Lebaran, adanya gelaran Piala Dunia juga membuat permintaan telur meningkat.

"Seperti yang dikatakan Pak Menteri (Menteri Perdagangan Enggartiasto Lukita) bahwa ada kenaikkan demand karena libur panjang. Kita enggak siap dengan libur panjang. Lalu dengan bebagai event panjang kayak bola segala macem meningkatkan konsumsi makanan. Adanya pertandingan Piala Dunia ternyata memengaruhi. Saya pikir iya juga," ungkap dia.

Namun ada juga faktor lain yang menyebabkan permintaan akan telur naik, yaitu bantuan sosial untuk masyarakat miskin. ‎Telur menjadi salah satu komoditas yang masuk dalam bantuan tersebut.

"Juga karena adanya bantuan dalam bentuk telur. Menteri Sosial ada bantuan nontunai ke masyarakat miskin yang di Jakarta yang harganya disubsidi. Ada pembagian telur untuk rumah tangga miskin. itu pun menambah volume," tandas dia.

Produsen Jamin Harga Telur Ayam Bakal Turun dalam Waktu Dekat

Ingin Tingkatkan Kualitas Sperma Konsumsi Makanan Ini Telur By (LightField-Studios/Shutterstock)

Produsen memperkirakan harga telur ayam akan turun dalam waktu dekat. Saat ini harga telur ayam di tingkat peternak berada di kisaran Rp 21 ribu-Rp 22 ribu per kilogram (kg).

Ketua Perhimpunan Insan Perunggasan Rakyat Indonesia (Pinsar) Petelur Nasional, Feri mengungkapkan, produksi telur secara nasional mencapai 6.800 ton per hari. Namun saat ini tengah mengalami penurunan sekitar 20 persen.

"Sekarang turun 20 persen. 5 persen-10 persen karena penyakit, selebihnya karena afkir yang normal jelang Lebaran. Itu kita potong karena karakteristik ayam petelur yang dagingnya keras dan dicari untuk opor, pasti carinya ayam petelur atau ayam kampung. Jadi setiap tahun jelang Lebaram pasti kita afkir," ujar dia di Kantor Kementerian Perdagangan (Kemendag), Jakarta, Senin (16/7/2018).

Dia mengungkapkan, saat Lebaran, biasanya harga telur di tingkat produsen bisa mencapai Rp 25 ribu per kg. Sehingga sampai ke tangan konsumen bisa menembus angka Rp 30 ribu per kg.

"Itu tergantung kondisi, tapi biasanya tiap jelang lebaran itu siklusnya. Sekitar Rp 25 ribu. Itu di on farm.Di konsumen Rp 30 ribuan," kata dia.

Namun demikian, sebenarnya saat ini harga telur di tingkat produsen sudah relatif turun. Namun penurunan harga di tingkat pedagang masih dinilai masih membutuhkan waktu.

"Sudah turun. Harga farm dan harga eceran itu beda. Kita bicara harga farm. Kalau farm sudah turun tapi kalau ecer pasti turunnya butuh waktu bertahap. (Di peternak) Rp 21 ribu-Rp 23 ribu," tandas dia.

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Suap Dana Otonomi Khusus Aceh, KPK Blokir Rekening Gubernur Aceh

Posted: 16 Jul 2018 09:13 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) memblokir rekening Gubernur Aceh Irwandi Yusuf. Pemblokiran dilakukan terkait dugaan suap penggunaan Dana Otonomi Khusus Aceh (DOKA) tahun anggaran 2018.

Selain rekening Gubernur Aceh, KPK juga memblokir rekening tiga tersangka lainnya, yakni Bupati Bener Meriah Ahmadi, dan dua pihak swasta Hendri Yuzal dan Syaiful Bahri.

"KPK telah mengirimkan surat pada bank untuk pembekuan rekening para tersangka dan salah satu saksi yang dicegah ke luar negeri," ujar Juru Bicara KPK Febri Diansyah saat dikonfirmasi, Selasa (17/7/2018).

Salah satu saksi yang diduga rekeningnya diblokir adalah model cantik bernama Fanny Steffy Burase. Steffy Burase dicegah ke luar negeri bersama dengan mantan Kadis PUPR Rizal Iswandi, pejabat ULP Irwandi, dan Teuku Fadhilatul Amri.

Namun Febri mengaku belum bisa memastikan kebenaran rekening saksi yang diblokir milik Steffy Burase. Steffy disebut sebagai orang dekat Gubernur Aceh Irwandi Yusuf.

"Rekening saksi tersebut dibekukan karena diduga terkait dengan kasus yang sedang disidik," kata Febri.

 

Empat Tersangka

Dalam kasus ini, KPK menjerat empat orang tersangka. Gubernur Aceh Irwandi, dua pihak swasta bernama Hendri Yuzal dan Syaiful Bahri. Mereka diduga sebagai penerima suap. Sedangkan sebagai pemberi suap, KPK menjerat Bupati Bener Meriah Ahmadi.

Bupati Ahmadi diduga memberi suap Rp 500 juta dari total fee Rp 1,5 miliar terkait ijon proyek pembangunan infrastrukur yang bersumber dari Dana Otonomi Khusus Aceh tahun anggaran 2018. Pemberian dilakukan Bupati Ahmadi melalui Hendri Yuzal dan Syaiful Bahri.

Diduga uang suap dari Bupati Ahmadi diperuntukan untuk membeli medali dan pakaian atlet dalam ajang Aceh International Marathon 2018.

Sedangkan Steffy Burase merupakan tenaga ahli dalam event tersebut.

 

Saksikan video pilihan di bawah ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Stakeholder Perekonomian Yogyakarta Dukung Percepatan Pembangunan Bandara Internasional Yogyakarta Baru

Posted: 16 Jul 2018 09:12 PM PDT

Liputan6.com, Yogyakarta Komunitas Ekonomi Jogja Istimewa dan Masyarakat Peduli Bandara Internasional Yogyakarta Baru (NYIA) yang diwakili Kadin/Asosiasi/Himpunan, Organisasi Profesi/Kemasyarakatan/LSM, BUMN/BUMD/BUMS/BUMDes, IKM/UKM, Dunia Perbankan, serta warga terdampak NYIA, mendeklarasikan dukungannya kepada Pemerintah Republik Indonesia dan PT Angkasa Pura I (Persero) untuk mempercepat Pembangunan NYIA di Kulon Progo, Yogyakarta. Deklarasi dukungan disampaikan di Kampayo XT Square, Yogyakarta, Senin (16/7/2018). 

"Kami yang mewakili stakeholders perekonomian di Yogyakarta mendukung penuh Pemerintah RI serta Angkasa Pura I untuk mempercepat pelaksanaan pembangunan NYIA. Kami berharap proses pembangunan bandara dan pengelolaannya ke depan mengutamakan partisipasi pelaku usaha Yogyakarta dan warga lokal sesuai kualifikasi dan klasifikasi yang berlaku," ujar Inisiator Deklarasi, KRMT Indro "Kimpling" Suseno.

Para pelaku usaha meyakini pembangunan Bandara Internasional Yogyakarta mampu memberikan dampak positif di berbagai sektor untuk Provinsi Daerah Istimewa Yogyakarta, khususnya Kabupaten Kulon Progo.

"Kami meyakini bahwa hadirnya NYIA akan mampu meningkatkan kesejahteraan masyarakat, membuka akses internasional bagi masyarakat Yogyakarta, menampung tenaga kerja dari berbagai strata keahlian dengan jumlah cukup besar, membuka peluang usaha, serta meningkatkan akses kunjungan pariwisata, pendidikan, perdagangan, dan perekonomian ke semua penjuru domestik dan internasional," ucap Indro.

Direktur Utama Angkasa Pura I, Faik Fahmi, mengapresiasi dukungan dari Komunitas Ekonomi Jogja Istimewa terhadap proyek pembangunan NYIA yang merupakan salah satu Proyek Strategis Nasional (PSN). Bandara ini ditargetkan beroperasi April 2019.

"Saya kira ini merupakan satu hal yang sangat positif terkait dengan apa-apa yang sedang kita lakukan. Angkasa Pura I adalah Badan Usaha Milik Negara (BUMN) yang mana memang mendapat tugas dari negara untuk membangun bandara yang lebih baik di Yogyakarta, karena kalau kita melihat Bandara Internasional Adisutjipto saat ini sudah sangat tidak layak karena kapasitas yang sangat terbatas," kata dia.

"Kami berharap dengan dukungan dari 57 pelaku ekonomi dari Komunitas Ekonomi Jogja Istimewa dan Masyarakat Peduli Bandara di Yogyakarta yang telah menandatangani deklarasi dukungan percepatan bandara NYIA akan semakin meringankan langkah kami dalam pembangunan bandara ini. Selain itu, yang cukup utama dapat membantu pertumbuhan ekonomi Yogyakarta lebih signifikan. Dari sisi tourism, dampak yang paling nyata dari hadirnya NYIA nantinya, yaitu dari sisi kemampuan bandara ini yang bisa didarati oleh pesawat-pesawat besar hingga diharapkan dapat menampung turis dalam jumlah besar untuk datang ke Yogyakarta," ucap Faik.

Turut hadir dalam kesempatan tersebut Direktur Teknik Angkasa Pura I Lukman F. Laisa, Direktur SDM & Umum Angkasa Pura I Adi Nugroho, Pimpinan Proyek Pembangunan NYIA Sujiastono, dan Juru Bicara Proyek Pembangunan NYIA Agus Pandu Purnama.

 

 

(*)

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Dewan Pers: Media Hati-Hati Meliput Peradilan yang Melibatkan Anak-Anak

Posted: 16 Jul 2018 09:11 PM PDT

Liputan6.com, Bogor - Praktisi jurnalisme di Indonesia diminta lebih berhati-hati dalam memberitakan masalah peradilan, terutama kasus yang melibatkan anak-anak dan kejahatan seksual.

Seperti ditayangkan Liputan6 SCTV, Selasa (17/7/2018), hal itu disampaikan Ketua Dewan Pers Yosep Adi Prasetyo dan Ketua Mahkamah Agung Hatta Ali dalam lokakarya sekaligus pelatihan bagi para jurnalis tentang pembaruan peradilan di Bogor, Jawa Barat, Senin 16 Juli 2018.

Menurut pantauan dewan pers, media massa khususnya televisi dalam meliput peradilan yang melibatkan anak sering mengabaikan hak-hak anak. Padahal, ancaman atas pelanggaran itu adalah pidana penjara hingga 2 tahun.

Karenanya, diharapkan pemberitaan kasus peradilan yang melibatkan anak dan kejahatan seksual di masa mendatang dapat berimbang sesuai kode etik jurnalistik. (Muhammad Gustirha Yunas)

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Gagal Perhatikan Kondisi Ban dan Rem, Taruhannya Nyawa

Posted: 16 Jul 2018 09:08 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Ban dan rem, jadi satu satuan yang tak terpisahkan pada sebuah kendaraan, baik mobil maupun sepeda motor. Peran kedua komponen ini juga sangat vital.

Meski begitu, baik ban maupun rem juga tak lepas dari masalah. Bahkan, meski masalah itu sangat kecil, namun nyawa taruhannya.

Dilansir Oto.com, setidaknya ada cara untuk mengatasinya, Anda hanya perlu sedikit telaten dan 'perasa' sebelum, saat dan sesudah mengendarai mobil.

Inilah beberapa hal yang kami maksud:

Tekanan ban kurang atau berlebihan

Selalu periksa tekanan angin ban secara rutin. Minimal satu minggu sekali. Semakin sering tentunya akan semakin bagus, apalagi kalau mobil dipergunakan sebagai sarana transportasi sehari-hari.

Ban yang kebanyakan angin akan membuat tapak ban tidak mencengkeram sempurna. Kontak yang seharusnya optimal akan berkurang drastis dan mengakibatkan traksi ke permukaan jalan berkurang.

Betul ban yang diisi angin lebih akan membuat hambatan gulir berkurang dan konsumsi BBM bisa ditekan. Namun konsekuensinya, traksi yang berkurang akan membuat mobil sulit dikendalikan.

Sebaliknya, ban yang kurang angin juga memiliki konsekuensi sendiri. Pertama, mobil akan lebih boros BBM karena tapak ban yang mencengkram permukaan jalan menjadi lebih luas.

Kedua, struktur ban bisa terancam rusak karena beban yang ditanggungnya berlebihan, apalagi saat mobil diisi beban penuh dan melaju kencang. Kedua masalah ini berujung pada soal keselamatan. Karena itu, cek selalu tekanan angin ban.

 

Kembang Ban Menipis

Kembangan ban atau biasa juga disebut tread, adalah pola pada telapak ban yang memungkinkan karet bundar ini mencengkeram permukaan jalan.

Pola biasanya didesain sedemikian rupa, sesuai peruntukannya. Saat kembangan ini mulai menipis, itulah yang biasa disebut ban mulai botak.

Karena itu, penting untuk memperhatikan keausan tread ini dengan seksama. Ban yang botak tidak bisa mencengkeram jalan dengan optimal, dan berpotensi menimbulkan kecelakaan.

Bagaimana mengukurnya? Pabrikan ban biasanya membekali produknya dengan indikator segitiga yang bisa Anda lihat di bagian sisi kembangan ban.

Bila segitiga (atau disebut juga TWI, Tread Wear Indicator) sudah mulai mulai sejajar dengan permukaan ban, pertanda sudah harus diganti. Jika sudah hilang, Anda jangan main-main lagi, segera ganti.

Rem Berdecit

Ingat, rem yang berdecit, bukan ban yang mengunci karena direm. Selain bunyi itu adalah indikasi bahwa rem Anda sedang bekerja, juga menjadi pertanda waktunya memeriksa piringan dan kanvas (sepatu) rem.

Rem berdecit bisa jadi karena ada kotoran yang menempel, atau biasanya kanvas rem perlu diganti. Kami sarankan untuk segera membawa mobil ke bengkel terdekat untuk pengecekan.

 

Pedal Rem Bergetar

Rem bergetar bisa memiliki dua arti. Jika mobil Anda memiliki sistem ABS, maka saat pengereman yang cukup kuat, Anda akan merasakan pedal rem seolah berdenyut.

Namun kalau direm sedikit sudah terasa getarannya, sebaiknya periksa piringan rem.

Piringan rem bisa aus seiring dengan penggunaan, atau mengalami overheat karena pengereman berat terus menerus (saat jalan sedang menurun, misalnya).

Piringan rem yang tidak rata, mengakibatkan sepatu rem tidak mendapatkan cengkeraman yang sempurna, hasilnya adalah getaran yang timbul di pedal.

Pedal Rem Terasa Dalam

Sulit menentukan mana yang paling bahaya kalau membicarakan masalah pada rem karena semuanya krusial. Jika Anda merasa pedal rem terasa empuk dan dalam, bisa jadi ada kebocoran di sistem pengereman.

Kalau Anda bisa memperbaiki sendiri, segera perbaiki. Kalau tidak, panggil mobil derek untuk membawa mobil ke bengkel.

Mobil Banting Stir Saat Direm

Ini juga sangat berbahaya. Direm bukannya langsung berhenti, tapi malah berbelok. Selain entah di mana akan berhenti, bisa membahayakan untuk orang lain. Hal ini bisa terjadi karena penyaluran minyak rem yang tidak sempurna.

Entah karena tersumbat, atau ada udara yang masuk ke selang rem. Atau bisa juga karena ada salah satu piston (yang mendorong kanvas rem) yang macet. Sekali lagi, jika hal ini terjadi, langsung kontak bengkel.

Sumber:Oto.com

 

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Berhentikan Wali Kota Via WhatsApp, Sandiaga: Zaman Now Ya

Posted: 16 Jul 2018 09:03 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Para wali kota yang dicopot oleh Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan mengaku diberitahu akan diberhentikan dari jabatan melalui telepon dan pesan WhatsApp (WA).

Wakil Gubernur DKI Jakarta Sandiaga Uno mengatakan, pemberitahuan via WA tidak terlalu masalah selama sesuai prosesur. Apalagi, kata dia, saat ini sudah zamannya menggunakan aplikasi.

"Zaman now ya, menurut saya selama sesuai dengan ketentuan dan prosedur, dan dijalankan sesuai apa yang sudah digariskan melalui sistem personalia di DKI," kata Sandiaga di Balai Kota Jakarta, Selasa (17/7/2018).

Menurut Sandi, perombakan ini bukan karena masalah personal dan mendadak, sebab proses seleksi sudah dilakukan sejak tiga bulan lalu. "Pak Anies sama saya enggak ada melihat ini secara personal atau emosional, (rencana perombakan) ini satu hal yang sudah diumumkan jauh-jauh hari, assessmentnya, terbuka juga waktu itu," katanya.

Menurut Sandi, semua pejabat yang dirombak adalah pejabat senior yang sudah bekerja sangat baik. Oleh karena itu tidak perlu ada drama berlebihan terkait perombakan itu.

"Bapak-bapak yang senior, pak wali maupun kepala dinas itu sudah mengabdi di pemprov puluhan tahun dan biasanya di organisasi berganti," ujar Sandiaga.

 

Tak Perlu Didramatisir

Sandi meminta agar perombakan wali kota ini tak perlu didramatisir. Sebab hal ini sangat lazim untuk penyegaran.

"Kita punya hubungan baik, baik wali kota, kepala dinas, mereka bertugas dengan baik dan saya ucapkan terima kasih," tambah Sandi.

Politisi Gerindra itu memastikan proses perombakan akan terbuka dan sesuai ketentuan.

"Kita melakukan semuanya berdasarkan transparansi keterbukaan dan ketentuan. Ini sudah lama kan prosesnya, proses asessment sudah dilakukan, sudah disampaikan bahwa jabatan itu amanah. Sudah dilakukan proses review dan pansel nya sudah ditunjuk dan bekerja sekitar Juni akhir dipimpin oleh Pak Sekda," tandas Sandi.

 

Saksikan video pilihan di bawah ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Kemarau, Ribuan Warga Cilacap Kini Konsumsi Air Asin dan Berbau

Posted: 16 Jul 2018 09:02 PM PDT

Liputan6.com, Cilacap - Dampak kemarau panjang 2018 di Kabupaten Cilacap, Jawa Tengah, semakin meluas. Tak hanya daerah pegunungan, daerah dataran rendah pun mulai terdampak krisis air bersih.

Tampak aneh memang. Daerah yang penuh air dan berdekatan dengan sungai-sungai besar terdampak kemarau yang baru tiba pada Juni 2018 lalu. Daerah dengan aliran air sepanjang tahun, mestinya luput dari bencana krisis air bersih.

Salah satunya adalah Desa Patimuan Kecamatan Patimuan, Cilacap. Saat ini seribuan keluarga di dua dusun Desa Patimuan, yakni Langensari dan Kalenpring sudah terdampak krisis air bersih.

Kepala Desa Patimuan, Icuk Sudiarto menerangkan, Desa Patimuan berada di bantaran sungai Citanduy dan berimpitan dengan Laguna Segara Anakan. Ketersediaan air tak jadi soal di desa ini.

Masalahnya, pada kemarau, sumur dan sumber air warga berwarna keruh, berbau, dan berasa asin. Pasalnya, Patimuan adalah daerah dataran rendah yang masih terpengaruh oleh pasang surut air laut.

Intrusi air laut atau payau menyebabkan sumur warga berasa asin. Pada masa lalu, daerah ini adalah laguna atau rawa. Akibatnya, air tanah berbau busuk jika musim kamarau dan menyebabkan krisis air bersih.

"Kondisi geografis tanahnya itu, kalau pas hujan banyak air, tapi terang hanya satu mingguan saja sudah tidak ada air. Ada juga airnya sudah tidak layak minum, karena asin dan berwarna. Berbau juga," dia menjelaskan, Minggu, 15 Juli 2018.

Icuk menerangkan, warga sebenarnya sudah berupaya mencari cara untuk mengubah air keruh, berbau, dan asin itu menjadi layak konsumsi dengan menyaringnya. Namun, hasil saringan itu tak bisa menghilangkan rasa asin dan bau tersebut. Akibatnya, warga terpaksa membeli air kemasan atau galon untuk konsumsi.

Dia mengklaim pemerintah desa telah melayangkan permintaan bantuan air bersih pada krisis air bersih 2018. Dia khawatir, air tak layak konsumsi itu bakal menyebabkan penyakit.

"Bantuan baru dua tangki air bersih. Itu pas dua hari sebelum lebaran. Dikirim lagi Sabtu," Icuk menjelaskan kepada Liputan6.com.

Krisis Air Bersih di 3 Kecamatan

Sebanyak 77 desa di 13 kecamatan di Kabupaten Cilacap rawan krisis air bersih. (Liputan6.com/Muhamad Ridlo)

Serupa dengan Desa Patimuan, Desa Ujung Manik, Kecamatan Kawunganten yang berada di dataran rendah juga mulai krisis air bersih. Kepala Desa Ujung Manik Sugeng Budiarto mengatakan, tiap musim kemarau desanya selalu terdampak krisis air bersih.

Sama dengan Patimuan yang terpengaruh pasang surut air laut, Ujung Manik juga berimpitan dengan Laguna Segara Anakan. Akibatnya, air yang dikonsumsi warga berasa asin dan berbau.

Namun begitu, menurut dia, krisis air bersih tahun ini tak separah tahun-tahun sebelumnya. Sebab, PDAM telah memasang jaringan pipa di jalur-jalur jalan besar.

Namun, di daerah pedalaman sisi utara yang jauh dari akses utama, sekitar 1.000 keluarga dari total 2.600-an keluarga masih terdampak krisis air bersih. Sejauh ini, warga baru dibantu droping air bersih sebanyak lima tangki.

"Sudah ada empat tangki bantuan. Kemudian kemarin saya minta Al Irsyad, dikirimi satu tangki. Tapi ya bagaimana, cukup tidak cukup, wong sehari satu tangki saja tidak cukup," ucap Sugeng.

Kepala Bidang Kedaruratan dan Logistik Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Cilacap, Martono, mengatakan hingga 10 Juli 2018, bantuan air bersih telah menjangkau delapan desa di tiga kecamatan.

Sebanyak 30 tangki air bersih dikirimkan untuk 2.263 keluarga yang terdiri dari sekitar 8.510 jiwa. Pengiriman bantuan air bersih ini merupakan kerjsama BPBD, PDAM Tirta wijaya dan PMI Cilacap.

Delapan desa yang dikirimi air bersih meliputi Bringkeng, Ujungmanik, Bojong, Grugu, Sidaurip, dan Kubangkangkung di Kecamatan Kawunganten, Desa Patimuan di Kecamatan Kawunganten, dan Desa Binangun, Kecamatan Bantarsari.

Saksikan video pilihan berikut ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Lava Gunung Api Kilauea Hantam Perahu Wisata, 13 Orang Luka Bakar Serius

Posted: 16 Jul 2018 09:01 PM PDT

Liputan6.com, Honolulu - Terjangan lava Gunung Api Kilauea di Kepulauan Hawaii, Amerika Serikat (AS), dilaporkan menghantam sebuah perahu wisata, dan melukai sedikitnya 13 orang.

Lava panas yang membawa bebatuan dan puing-puing vulkanis itu terbang melewati atap sebuah kapal wisata, membuat seorang penumpang mengalami patah tulang, dan 13 orang lainnya terkena luka bakar cukup serius.

Dikutip dari BBC, Selasa (17/7/2018), lava tersebut berasal dari sisa aktivitas vulkanik Gunung Api Kilauea yang berawal sejak Mei lalu, dan sejak itu sesekali terus memuntahkan gas dan batuan cair.

Akibat diterjang lava panas, muncul lubang menganga di bagian atap perahu wisata itu, yang membuat penumpang panik. Beruntung, jalur pelayaran berhasil ditarik keluar ke zona yang lebih aman, dan kapal bantuan datang beberapa saat setelahnya.

Para korban yang mengalami luka segera dibawa ke rumah sakit terdekat, dengan tingkat lukar bakar bervariasi, termasuk salah satu yang harus menjalani operasi penyambungan tulang.

Beberapa penumpang mengatakan kepada Departemen Tanah dan Sumber Daya Alam Hawaii bahwa kapal yang mereka naiki, berlayar di luar zona aman yang dibangun oleh otoritas penjaga pantai.

Para pejabat telah memperingatkan tentang bahaya asap beracun, yang tercipta ketika batuan cair menghantam lautan dan membentuk awan berbahaya yang mengandung asam klorida dan partikel kaca.

Kilauea adalah salah satu gunung api paling aktif di dunia, di mana letusannya telah menghancurkan ratusan rumah dan memaksa ribuan orang mengungsi.

Pekan lalu, para ilmuwan di US Geological Survey mengatakan aliran lava Kilauea telah menciptakan pulau kecil baru, tidak jauh dari pesisir Big Island.

 

Simak video pilihan berikut:

Lava Menyatu ke Lautan Pasifik

Lava pijar Gunung Kilauea saat mengalir ke laut di dua lokasi dekat Pahoa, Hawaii, Amerika Serikat, Minggu (20/5). (AP Photo/Jae C. Hong)

Sementara itu, lava pijar dari gunung api Kilauea diketahui terus mengalir hingga ke lautan Pasifik, dan berisiko memicu bahaya baru.

Interaksi antara lava dan air laut menciptakan awan uap bercampur asam klorida dan partikel kaca halus, yang dapat mengiritasi kulit dan mata, serta menyebabkan masalah pernapasan.

Menurut Wendy Stovall, seorang ilmuwan dari Survei Geologi AS, aliran lava dan awan panas Gunung Api Kilauea baru bereaksi sebatas di sepanjang pesisir.

Namun, pihak berwenang memperingatkan bahwa gelombang dan angin laut bisa mengubah arah lava di lautan, termasuk ke area pesisir pulau-pulau di sekitarnya.

Observatorium Gunung Api Hawaii mengatakan, aliran lava dan awan panas tersebut telah meningkatkan emisi sulfur dioksida hingga tiga kali lipat.

Beberapa minggu sebelumnya, tepatnya pada 17 Mei 2018, Gunung Kilauea mengeluarkan letusan dahsyat yang menyemburkan abu vulkanis hingga ketinggian 9.000 meter.

Letusan di puncak Gunung Kilauea itu terjadi setelah aktivitas vulkanik selama dua pekan yang memuntahkan lahar mengalir ke permukiman dan menghancurkan sedikitnya 31 rumah.

Para ilmuwan mengatakan letusan itu adalah yang paling kuat sejauh ini, meski hanya berlangsung beberapa menit.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Tidak ada komentar: