Kamis, 08 Agustus 2019

Liputan6 : RSS2 Feed

Liputan6 : RSS2 Feed


Persela Lamongan vs Persib: Imbang, Robert Rene Semringah

Posted: 08 Aug 2019 10:04 PM PDT

Liputan6.com, Bandung - Persib Bandung pulang membawa satu poin saat dijamu Persela Lamongan di laga Shopee Liga 1 2019, Kamis (8/8) di Stadion Surajaya, Lamongan. Mereka berhasil memaksakan tuan rumah hasil imbang 2-2.

Dalam laga yang disiarkan Indosiar ini, dua gol Persib masing-masing dicetak Esteban Vizcarra dan Ahmad Jufiryanto. Sementara gol Persela diborong oleh penyerang asing asal Brasil mereka, Alex dos Santos Goncalves.

Pelatih Persib, Robert Rene Alberts, tampak semringah dengan hasil yang didapat pasukannya ini.

"Saya cukup senang dengan semua tugas yang sudah dijalankan pemain. Karena tidak mudah menghadapi Persela yang bermain di kandang," ujar Robert di situs resmi Persib.

Pelatih yang baru musim ini melatih Persib itu menambahkan, "Karena kami tidak hanya bermain melawan 11 pemain. Kami juga melawan tim yang didukung penuh oleh pendukungnya."

Persela Menyulitkan

Pelatih Persib Bandung Robert Rene Alberts ingin tim Maung Bandung bangkit saat menghadapi Barito Putera. (Liputan6.com/Huyogo Simbolon)

Robert mengakui, tidak mudah menghadapi Persela di kandang mereka. Tim asuhan Nilmaizar itu, kata Robert sangat menyulitkan pasukannya.

"Ya, kira-kira untuk 10 sampai 15 menit kita bermain dengan tempo tidak cepat. Persela cukup dominan dalam penyerangan. Apalagi di sektor kiri dan mereka bisa menciptakan gol," kata Robert.

Puji Vizcarra

Robert secara khusus memuji Vizcarra. Golnya, yang menyeimbangkan kedudukan menjadi 1-1 kata Robert sangat penting bagi Persib di laga itu.

Dengan Gol Vizcarra itu, Persib kembali percaya diri dan mampu bangkit. "Kami bisa bangkit dan membalas lewat Esteban. Dia bisa membuktikan di pertandingan ini. Dia kembali dan pemain yang sangat penting di tim ini," katanya.

Dia menambahkan, "Setelah itu, pertandingan saya pikir seimbang dan kami memiliki beberapa peluang bagus juga. Sempat unggul tentunya itu sangat bagus untuk kami."

Saksikan video pilihan di bawah ini

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Daftar Kendaraan yang Bebas Melalui Rute Ganjil Genap

Posted: 08 Aug 2019 10:03 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Pemberlakuan perluasan ganjil genap kendaraan bermotor di sejumlah ruas jalan akan dilaksanakan mulai 9 September 2019 mendatang. Hal itu diungkapkan langsung Kepala Dinas Perhubungan DKI Jakarta, Syafrin Lupito.

Untuk itu, sosialisasi terkait peraturan ini akan mulai dilaksanakan 7 Agustus-8 September 2019 dan langkah selanjutnya ialah uji coba mulai 12 Agustus-6 September 2019.

Berlaku untuk kendaraan roda empat, ganjil genap akan diberlakukan hari Senin sampai Jumat, kecuali hari libur, pada pukul 06.00-10.00 dan pukul 16.00-21.00 WIB.

Meski demikian, Dinas Perhubungan DKI Jakarta menyebut ada beberapa kendaraan yang bebas tilang saat memasuki wilayah ganjil-genap, berikut daftarnya:

a. Kendaraan yang membawa masyarakat disabilitas.

b. Kendaraan Ambulance.

c. Kendaraan Pemadam Kebakaran.

d. Kendaraan Angkutan Umum (plat kuning).

e. Kendaraan yang digerakkan dengan motor listrik

f. Sepeda Motor.

g. Kendaraan angkutan barang khusus bahan bakar minyak dan bahan bakar gas.

h. Kendaraan Pimpinan Lembaga Tinggi Negara Republik Indonesia yakni :

1. Presiden / Wakil Presiden.

2. Ketua Majelis Permusyawaratan Rakyat / Dewan Perwakilan Rakyat/ Dewan Perwakilan Daerah.

3. Ketua Mahkamah Agung / Mahkamah Konstitusi / Komisi Yudisial / Badan Pemeriksa Keuangan.

i. Kendaraan Dinas Operasional berplat dinas. TNI dan Polri.

j. Kendaraan Pimpinan dan Pejabat Negara Asing serta Lembaga Internasional yang menjadi tamu negara.

k. Kendaraan untuk memberikan pertolongan pada kecelakaan lalu lintas.

l. Kendaraan untuk kepetingan tertentu menurut pertimbangan petugas Polri, seperti kendaraan pengangkut uang (Bank Indonesia, antar Bank, pengisian ATM) dengan pengawasan dari Polri.

Ruas Jalan Ganjil Genap

Ruas jalan yang terkena perluasan sistem ganjil genap, yaitu:

- Jalan Pintu Besar Selatan - Jalan Gajah Mada- Jalan Hayam Wuru- Jalan Majapahit- Jalan Sisingamangaraja - Jalan Panglima Polim - Jalan RS Fatmawati (mulai simpang Jalan Ketimun 1 sampai dengan simpang Jalan TB Simatupang).- Jalan Suryopranoto - Jalan Balikpapan - Jalan Kyai Caringin - Jalan Tomang Raya - Jalan Pramuka - Jalan Salemba Raya - Jalan Kramat Raya - Jalan Senen Raya- Jalan Gunung Sahari

Sistem ganjil genap juga tetap diberlakukan di ruas jalan, di antaranya yakni:

- Jalan Medan Merdeka Barat - Jalan MH Thamrin - Jalan Jenderal Sudirman - Sebagian Jalan Jenderal S Parman, dari ujung simpang Jalan Tomang Raya sampai simpang Jalan KS Tubun.- Jalan Gatot Subroto - Jalan Jenderal MT Haryono - Jalan HR Rasuna Said - Jalan DI Panjaitan - Jalan Jenderal Ahmad Yani (mulai simpang Jalan Perintis Kemerdekaan sampai dengan simpang Jalan Bekasi Timur Raya).

Produk kebijakan usang ganjil genap menjadi solusi dari Pemerintah DKI Jakarta atas tingkat polusi yang semakin parah. Gubernur DKI Jakarta, Anies Baswedan resmi menerbitkan Instruksi Gubernur (Ingub) Nomor 66 Tahun 2019 tentang Pengendalian Kualitas Udara. Dalam Ingub tersebut, terdapat sejumlah instruksi kepada kepala satuan kerja perangkat daerah (SKPD), dan salah satunya meminta Dinas Perhubungan DKI Jakarta untuk menyiapkan peraturan gubernur tentang perluasan sistem pembatasan kendaraan bernomor polisi ganjil dan genap (gage).

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Wakil Ketua DPRD soal Wagub DKI: Kita Fokus APBDP Dulu

Posted: 08 Aug 2019 10:02 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Hampir satu tahun, Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan memimpin Ibu Kota tanpa wakil gubernur (wagub). Tepat pada 10 Agustus 2018, Sandiaga Uno mengundurkan diri sebagai Wagub DKI Jakarta. 

DPRD DKI belum juga memperoleh titik temu tentang siapa calon yang cocok menduduki kursi Wagub DKI. Padahal, dua nama sudah disepakati.

Wakil Ketua DPRD DKI M Taufik menyatakan, DPRD sedang fokus membahas Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah Perubahan (APBDP).

"Kan sekarang sudah ada pembahasan APBDP, fokus dulu," ucap M Taufik, saat dikonfirmasi, Kamis 8 Agustus 2019.

Dia menyebut, ada kemungkinan pemilihan Wagub DKI Jakarta baru bisa dilaksanakan saat periode baru DPRD DKI. "Mungkin saja kan, kita kan ada APBD Perubahan ini sekarang," kata Taufik.

Ketua DPD Gerindra DKI itu menyebut APBDP harus segera diselesaikan sebelum anggota dewan berganti. Apabila tidak, maka APBD 2020 terancam molor.

"Kalau APBD diselesaikan di periode yang akan datang. Bisa telat APBD 2020, jadi harus selesai sekarang," ucap Taufik.

 

Anniversary Jomblo

Deretan gedung bertingkat terlihat dari jendela gedung pencakar langit di kawasan Jakarta, Kamis (2/5/2019). Sebagian besar atau 42 persen dari gedung-gedung pencakar langit memiliki ketinggian di atas 150 meter umumnya digunakan untuk perkantoran. (Liputan6.com/Angga Yuniar)

Sebelumnya, Anies bercerita tentang pengalamannya setahun menjomblo memimpin DKI. Dia pun mengutarakan harapannya tentang Wagub DKI.

"Anniversary jomblo ya? Hahaha... Kita berharap DPRD segera menyiapkan agar segera bersidang karena ini adalah bulan terakhir DPRD bertugas," kata Anies di Hotel Sultan, Jalan Jenderal Sudirman, Jakarta, Kamis (8/8/2019).

Anies menuturkan anggota DPRD DKI Jakarta bertanggung jawab atas kekosongan kursi wagub itu.

"Harapan saya, mereka bisa tuntaskan sebelum selesai masa jabatannya. Jadi supaya dicatat dalam sejarah. Kan catatan sejarahnya terjadi kekosongan gubernur, DPRD bertanggung jawab mengisi kekosongan, nah ini tinggal satu bulan. Mudah-mudahan nanti mereka bersidang dan terpilih salah satu," ucapnya.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Cantiknya Istri Bule Cucu Soeharto dalam Balutan Kebaya di Acara Tujuh Bulanan

Posted: 08 Aug 2019 10:01 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Acara mitoni atau tujuh bulanan kehamilan istri Panji Adhikumoro Trihatmodjo, Varsha Strauss Adhikumoro, baru saja terlaksana pada Selasa, 6 Agustus 2019. Dipayungi sang cucu Soeharto, bule asal Austria ini tampak menawan dalam balutan kebaya berwarna beige.

Lewat rangkaian foto yang dibagikan dalam sebuah unggahan di akun Instagram Titiek Soeharto, @titieksoeharto, beberapa waktu lalu, kebaya dengan aksen transparan dan manik-manik hampir di seluruh bagiannya dipadankan dengan kain dominasi warna cokelat tua.

Serasi dengan perempuan yang telah dipinang pada awal Agustus 2018, Panji Trihatmodjo terlihat gagah memakai beskap berwarna senada, dilengkapi kain sebagai bawahan dan blangkon untuk melengkapi penampilan.

Tujuh bulanan kehamilan istri Panji Adhikumoro, Varsha Strauss Adhikumoro. (dok. Instagram @titieksoeharto/https://www.instagram.com/p/B02GtxbjsoL/)

Di foto lain, yakni di momen sungkeman, Varsha terlihat berbeda memakai kain terusan berwarna biru elektrik yang dipadankan dengan kebaya putih full lace. Rambut panjang pirangnya tampak ditata jadi konde besar berhias rangkaian melati.

Acara tujuh bulanan ini diselengggarakan, berdasarkan keterangan yang ditulis Titiek, merupakan anjuran mendiang Tien Soeharto untuk ikut serta melestarikan budaya Jawa.

Di samping sang cucu Soharto, di momen tujuh bulan kehamilan Varsha, tampak hadir pula ayah Panji, Bambang Trihatmodjo, yang memakai batik dominasi warna beige dan Halimah yang kompak memakai kebaya oranye dengan ibunda Varsha.

Bukan Kali Pertama

Panji Adhikumoro dan istrinya, Varsha Strauss Adhikumoro. (dok. Instagram @varshaadhikumoro/https://www.instagram.com/p/BzXkg5Pg91t/)

Momen tjuh bulanan ini tentu bukan kali pertama publik melihat Varsha tampil cantik dalam balutan kebaya. Perempuan yang menghabiskan masa kecil di Amerika Serikat ini sempat memperlihatkan penampilan serupa saat mengumumkan kehamilan di akun Instagram-nya, @varshaadhikumoro.

Bersama kabar bahagia tersebut, Varsha memperliatkan baby bump dalam balutan kebaya baby grey berpadu kain dan sampiran selendang. Sementara, Panji tampak rapi dalam balutan batik dan celana panjang hitam.

Sentuhan adat Jawa sebenarnya sudah terlihat sejak hari pernikahan keduanya. Saat prosesi akad nikah, Varsha tampak cantik mengenakan kebaya putih dan kain batik. Rambutnya disanggul dan memakai paes seperti pengantin Jawa pada umumnya. 

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Mengenal Ongole, Sapi Kurban Pilihan Presiden Jokowi untuk Warga Maluku

Posted: 08 Aug 2019 10:00 PM PDT

Liputan6.com, Ambon - Presiden Joko Widodo menyumbangkan seekor sapi berjenis ongole yang akan dijadikan hewan kurban saat perayaan Hari Raya Idul Adha 2019.

Sapi dengan berat 850 kilogram akan diserahkan oleh Gubernur Maluku Murad Ismail kepada jemaah di Masjid Raya Alfatah pada Sabtu, 10 Agustus 2019 nanti.

Kepala Dinas Pertanian Maluku, Diana Padang menuturkan sapi bantuan Presiden akan diserahkan bersamaan dengan sapi kurban bantuan Gubernur Maluku seberat 800 Kilogram.

"Sapi jenis ongole merupakan jenis sapi unggul yang merupakan hasil pengembangan program Sapi Indukan Wajib Bunting (Siwab)," kata Diana, seperti dikutip dari Antara.

Pengembangan Siwab mencakup dua program utama yakni Inseminasi Buatan (IB) dan Intensifikasi Kawin Alam (Inka) dengan tujuan mengakselerasikan percepatan pemenuhan populasi sapi potong.

"Sapi kurban Presiden dan Gubernur merupakan hasil program IB. Indukannya adalah sapi Bali, sedangkan spermanya sapi Ongole. Bila tunggu kawin alamiah akan memakan waktu lama," ujarnya.

Dia menambahkan, proram Siwab merupakan salah satu program pemerintah di bawah kepemimpinan Presiden Jokowi dan Wapres Jusuf Kalla untuk mengejar swasembada sapi yang ditargetkan pada 2026.

Diana menambahkan, sapi yang dipilih untuk dijadikan hewan kurban, selain memperhatikan berat badannya, juga harus diperiksa kesehatannya oleh dokter hewan sehingga dapat dipastikan bebas dari berbagai penyakit.

"Staf Kepresidenan turun langsung ke lokasi pengembangan ternaknya di kabupaten Pulau Buru untuk melihat dan memilih hewannya, serta bertemu dengan peternak," katanya.

Setelah sapi kurban dipilih, kemudian diperiksa kesehatannya oleh dokter hewan guna memastikan ternaknya bebas dari berbagai jenis penyakit, dan ditindaklanjuti dengan mengeluarkan surat kesehatan hewan.

 

Jaminan Kesehatan Hewan Kurban

Petugas Dinas Peternakan dan Pertanian memeriksa selaput lendir sapi kurban yang dijual di Mall Hewan Kurban H. Doni, Depok, Jawa Barat, Senin (29/7/2019). Pemeriksaan guna menjamin kelayakan dan kesehatan medis hewan kurban untuk dikonsumsi pada Idul Adha mendatang. (Liputan6.com/Immanuel Antonius)

Dinas Pertanian setempat memastikan semua ternak yang dijual sebagai hewan kurban pada perayaan Idul Adha 1440 Hijriah yang jatuh pada 12 Agustus 2019, aman dikonsumsi karena sudah melalui pemeriksaan kesehatan secara detail.

"Warga yang membeli maupun menerima daging hewan kurban tidak perlu khawatir karena semua hewan kurban telah melewati tahapan pemeriksaan kesehatan," kata Kepala Dinas Pertanian Maluku, Diana Padang, di Ambon, Kamis (8/8/2019).

Berdasarkan hasil pemeriksaan yang dilakukan tim dokter hewan, hingga saat ini belum ditemukan penyakit berbahaya, baik zoonosis maupun penyakit lainnya.

Setiap tahun, Dinas Pertanian Maluku melakukan pengawasan dan pemeriksaan rutin kesehatan semua hewan kurban, baik yang disalurkan pemerintah maupun masyarakat umum. Pemeriksaan tersebut dengan dasar surat edaran Dirjen Peternakan dan Kesehatan Hewan (PKH) Kementerian Pertanian tentang pengawasan dan pemeriksaan kesehatan hewan kurban.

Pemeriksaan hewan ternak yang akan dijual dilakukan di tempat penampungan yang disediakan oleh tim dokter hewan Distan Maluku dengan dibantu dua dokter dari Provinsi Sulawesi Selatan.

"Semua ternak yang ditampung para pengumpul diawasi oleh Distan dan kesehatannya diperiksa terlebih dahulu oleh dokter hewan sebelum dijual," katanya.

Saat ini, Distan Maluku memiliki dua dokter hewan, di samping dua dokter hewan yang diperbantukan dari Maros, Sulawesi Selatan. Mereka bertugas mengawasi dan melakukan pemeriksaan rutin terhadap sapi, kambing, maupun domba yang akan dijual sebagai hewan kurban.

"20 jam sebelum dipotong setiap tempat penampungan sudah dilakukan pemeriksaan guna memastikan daging hewan kurban sesuai dengan ketentuan dan aman dikonsumsi. Pendataan hewan kurban sudah dilakukan beberapa pekan lalu," katanya.

Petugas Distan Maluku juga melakukan pemeriksaan terhadap organ bagian dalam hewan, seperti jeroan, hati, dan limpa setelah hewannya dipotong.

Ia menjelaskan jika ditemukan indikasi gangguan kesehatan, maka dagingnya tidak akan disalurkan kepada warga yang berhak menerimanya.

Distan Maluku mencatat 900-an hewan kurban dijual untuk perayaan Idul Adha. Penjualan hewan kurban tahun ini mengalami penurunan, sekitar 25-40% karena kebanyakan penyumbang langsung membeli dari peternak di kabupaten dan menyalurkannya ke masjid-masjid.

Kebanyakan sapi yang dijual di Kota Ambon dibawa dari Kabupaten Seram Bagian Barat, Pulau Buru, dan Maluku Tengah, sedangkan kambing dan domba dari Maluku Barat Daya.

 

Simak video pilihan berikut ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Menkes Nila: Menyusui Bisa Cegah Perdarahan pada Ibu

Posted: 08 Aug 2019 10:00 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Menteri Kesehatan RI Nila Moeloek mengatakan memberikan Air Susu Ibu (ASI) tidak hanya menguntungkan bayi, juga ibu.

"Masa menyusui ini, (hormon) oksitosin mengembalikan fungsi organ-organ kita setelah melahirkan. Termasuk peranakan dikontraksikan sehingga kembali normal. Kalau tidak, bisa terjadi perdarahan," kata Nila dalam Puncak Pekan ASI Sedunia pada Rabu, 7 Agustus 2019 di Jakarta.

Kehadiran hormon oksitosin juga memberikan perasaan bahagia saat menyusui. Produksi ASI pun bertambah lancar.

Selain itu, Nila juga mengingatkan untuk pemberian cairan yang pertama keluar sebelum ASI (kolostrum) pada bayi baru lahir.

"Kolostrum ini membuat anak menjadi kuat dan tahan terhadap penyakit. Pemberian ASI Eksklusif juga perlu dilakukan hingga usia dua tahun serta pemberian makanan pendamping," tuturnya seperti dikutip rilis dari Humas Kementerian Kesehatan.

 

 

Jangan Asal-Asalan Beri MPASI

Ilustrasi/copyright shutterstock.com

Pemberian makanan pendamping pun tidak boleh sembarangan. jJangan asal campur garam atau gula karena dapat memicu diabetes dan hipertensi pada anak. Jangan pula dicampur dengan makanan yang belum layak untuk bayi karena dapat memicu penyakit.

Pemberian ASI secara optimal juga dapat membantu pembangunan kesehatan dan dapat membantu Rencana Pembangunan Jangka Menengah Nasional (RPJMN) yang salah satunya ingin mencega kematian ibu/anak dan hilangkan stunting.

Untuk saat ini tantangan yang dihadapi adalah banyaknya ibu bekerja yang kesulitan memerah ASI karena kurangnya fasilitas laktasi di tempat kerja. Oleh karena itu, Nila mendorong perusahaan Indonesia agar dapat membangun fasilitas menyusui untuk para pekerja wanita.

 

Penulis: Febrianingsih Alamako

 

Saksikan juga video menarik berikut ini:

[vidio:Pentingnya ASI Bagi Pertumbuhan Bayi Ia]()

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Live Streaming O Channel: Badak Lampung vs PSS Sleman di Shopee Liga 1 2019

Posted: 08 Aug 2019 10:00 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Badak Lampung FC bakal menghadapi PSS Sleman pada pekan ke-13 Shopee Liga 1 2019. Laga ini akan digelar di Stadion Sumpah Pemuda, Bandar Lampung, Jumat (9/8/2019).

Badak Lampung FC, yang kini ditukangi pelatih Milan Petrovic, ingin memanfaatkan keuntungan bertanding di hadapan para pendukung sendiri. Mereka tentunya ingin meraih poin maksimal dalam laga lanjutan Shopee Liga 1 2019.

Pasalnya, tim yang sebelumnya bernama Perseru Serui ini untuk sementara berada zona degradasi dengan raihan sembilan poin.

Badak Lampung bakal kembali mengandalkan pemain asingnya seperti Kunihiro Yamashita, Vinicius, dan pemain senior Talaohu Abdul Musafri.

Sementara itu, PSS Sleman sedang menikmati pekan menyenangkan. Dua pertandingan tandang mereka diraih dengan hasil gemilang. Empat poin dibukukan PSS saat mengalahkan Madura United dan mengimbangi Borneo FC.

Saksikan Live Streaming O Channel: Badak Lampung vs PSS Sleman di Shopee Liga 1 2019 dapat Anda saksikan mulai pukul 15.30 WIB.

Dapatkan link Live Streaming O Channel: Badak Lampung vs PSS Sleman di Shopee Liga 1 2019 pada halaman selanjutnya.

Link Live Streaming

Untuk link Saksikan Live Streaming O Channel: Badak Lampung vs PSS Sleman di Shopee Liga 1 2019 silakan klik di sini....

Prakiraan Susunan Pemain

Perseru Badak Lampung (4-3-3): Yoewanto Setya Beny (kiper); Kurniawan Karman, Kunihiro Yamasitha, Miftah Anwar, Rizky Abdiansyah (belakang); Marcus Vinicius Vidal, Aulia Hidayat, Fernandinho (tengah); Jefri Kurniawan, Francisco Torres, T.A Musafri (depan)

Pelatih: Milan Petrovic

PSS Sleman (4-3-3): Ega Rizky (kiper); Jajang Sukamara, Alfonso De La Cruz, Asyraq Gufron, Junius Bate (belakang); Dave Mustain, Brian Ferreira, Guilherme Batata (tengah); Irkham Zahrul Mila, Kushedya Hari Yudo, Yevhen Bokhasvili (depan)

Pelatih: Seto Nurdiyantoro

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Bendera Merah Putih Rusak dan Robek Berkibar di Makassar, Milik Siapa?

Posted: 08 Aug 2019 10:00 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Jelang Hari Ulang Tahun (HUT) ke-74 Republik Indonesia, hiasan di jalanan mulai ramai. Bendera merah putih mulai dikeluarkan, dikibarkan, dan jadi perhatian. Namun, ada yang mengganjal di salah satu sudut di Makassar.

 

Kepada Liputan6.com, seorang warga Makassar, Akbar Kurusi melaporkan adanya bendera merah-putih rusak berkibar di Jalan Racing Center atau kini telah berubah nama menjadi Jl  Prof Dr H Abdurrahman Basalamah, Makassar.

Dari foto yang dikirimkan, bendera itu tampak kusam. Ujung bendera pun telah sobek.

Sejak dulu

Bendera Negara rusak tampak berkibar di Makassar, Selasa (6/8/2019). Sumber: Akbar Mangenre Kurusi

Akbar menyadarinya sejak Senin (5/8/2019). Hingga keesokan harinya, Selasa (6/8/2019), bendera itu masih berkibar.

Meski baru Akbar menyadarinya sejak Senin (5/8/2019), warganet lain pun menyadari bendera rusak itu telah berkibar sejak dulu.

Diunggah di media sosial

Bendera Negara rusak tampak berkibar di Makassar, Senin (5/8/2019). Sumber: Akbar Mangenre Kurusi

Menyadari bendera rusak yang masih berkibar, Akbar pun mengunggah foto dan videonya melalui akun media sosialnya. Gambarnya itu diunggah di Facebook Akbar M Kurusi Enre' serta Youtube dan Instagram akbarmangenrekurusi.

Dalam unggahannya memang tampak bendera telah rusak. Melalui Youtube-nya, Akbar pun menuliskan bendera itu berada di depan perusahaan multi nasional di sekitar SPBU Jalan Racing Center, Makassar.

Hingga tulisan ini diterbitkan, penulis belum bisa memastikan pemilik atau instansi yang mengibarkan bendera itu. Namun, menurut komentar wargnet, itu berada di depan kantor PT Trakindo Utama.

MENYEDIHKAN.... JUAL DAN RENTALKAN ALAT BERAT MILYARAN RUPIAH TAPI BENDERA MERAH PUTIH YANG DIKIBARKAN DI DEPAN...

Posted by Akbar M Kurusi Enre' on Tuesday, 6 August 2019

Aturan bendera

Pemandangan ribuan bendera Merah Putih berkibar di perkebunan teh Kemuning, Desa Girimulyo, Karanganyar, Jawa Tengah, Sabtu (25/8). 1.970 bendera Merah Putih dikibarkan masyarakat setempat menyemarakkan HUT ke-73 RI. (Merdeka.com/Iqbal S. Nugroho)

Di beberapa tempat, bendera merah putih memang bukan hanya dikibarkan ketika HUT RI, melainkan sepanjang tahun. Namun, bendera itu tentu perlu dibersihkan atau diganti secara berkala agar tetap bersih.

Hal itu pun berkaitan dengan peraturan soal bendera yang diatur dalam UU No. 24/2009 tentang Bendera, Bahasa, dan Lambang Negara, serta Lagu Kebangsaan.

Pasal 24 huruf c menyatakan "Setiap orang dilarang: mengibarkan Bendera Negara yang rusak, robek, luntur, kusut, atau kusam."

Pelanggaran itu pun dapat dikenakan ketentuan pidana Pasal 67 (b) apabila sengaja mengibarkan Bendera Negara yang rusak, robek, luntur, kusut, atau kusam sebagaimana dimaksud dalam Pasal 24 huruf c, bisa dikenakan sanksi pidana penjara paling lama satu tahun atau denda paling banyak Rp100 juta rupiah.

 

Penulis:

Santi Muhrianti

Universitas Padjadjaran

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Isi Pesan WhatsApp Bisa Dimanipulasi, Yuk Update Versi Terbaru Sekarang!

Posted: 08 Aug 2019 10:00 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Perusahaan keamanan siber Checkpoint baru-baru ini menemukan celah di WhatsApp. Celah tersebut memungkinkan peretas mengubah teks dari pesan balasan yang dikirimkan oleh seseorang.

Celah ini kemudian memungkinkan peretas untuk memanipulasi pesan dalam percakapan publik dan pribadi di WhatsApp.

Hal itu meningkatkan potensi munculnya informasi tidak bertanggung jawab yang disebarkan oleh pihak yang tampaknya merupakan sumber tepercaya.

Bahayanya, pesan yang sudah diubah itu seakan-akan benar dikirimkan oleh si pengirim yang asli.

Menanggapi celah tersebut peliti keamanan Kaspersky, Victor Chebysev, menilai celah keamanan yang ditemukan pada WhatsApp memang menjadi hal yang perlu diperhatikan, karena dapat mengakibatkan hal seperti anggota grup yang mendapat tuduhan tidak bertanggung jawab karena menyebarnya pesan palsu.

"Namun, ini tidak berarti bahwa pengguna harus berhenti menggunakan WhatsApp. Karena, sementara bug tersebut memang berbahaya, mereka tidak biasa dalam semua jenis perangkat lunak," ujar Victor melalui keterangan resminya, Jumat (9/8/2019).

 

Saran Kaspersky

WhatsApp (AP Photo/Patrick Sison, File)

Ia menyarankan, para pengguna harus sangat berhati-hati saat berkontribusi pada percakapan dalam grup. Jika ada keraguan selama berlangsungnya korespondensi, konfirmasikan identitas penulis dalam percakapan pribadi.

"Kami sangat menyarankan untuk terus mengawasi kapan pembaruan WhatsApp dirilis dan segera lakukan pengunduhan versi terbaru agar tetap aman," ucap Victor menambahkan.

 

Penipuan Berkedok Kuota Gratis 1.000GB di WhatsApp

Ilustrasi WhatsApp (iStockPhoto)

Sebelumnya, para peneliti dari ESET menerima pesan mengejutkan. Pesan tersebut berisi penawaran kuota data 1.000GB untuk pengguna sebagai bentuk perayaan ulang tahun WhatsApp yang ke-10.

Mengutip laman Forbes, Rabu (31/7/2019), pesan tersebut tentunya bukan berasal dari WhatsApp dan sudah pasti merupakan penipuan belaka.

Namun, lantaran bertepatan dengan ulang tahun ke-10 WhatsApp, mungkin ada sejumlah pengguna yang bakal terkena jebakan ini.

Pesan yang dimaksud adalah "WhatsApp menawarkan kuota internet gratis sebesar 1.000GB!" dengan tautan yang bisa diklik untuk detail cara mendapatkan kuota tersebut.

Tautan itu tentu bukan resmi dari WhatsApp. Namun, mengingat banyak bisnis menjalankan promosi melalui organisasi pihak ketika, praktik ini masih berhasil membuat orang mengklik.

Jika korban mengklik, mereka akan masuk ke landing page dengan logo WhatsApp di dalamnya. Isinya "Kami menawarkan anda kuota internet 1.000GB gratis tanpa WiFi. Hadiah ini diberikan dalam rangka ulang tahun WhatsApp yang ke-10."

Masih pada laman palsu tersebut, terdapat banner stiker hitung mundur dan memberikan sejumlah hadiah yang tersisa serta pertanyaan yang perlu dijawab.

Minta Dibagikan ke 30 Pengguna

WhatsApp JUSTIN SULLIVAN / GETTY IMAGES NORTH AMERICA / AFP)

Nah, ketika pengguna menjawab pertanyaan itu, muncul pesan pop-up yang menyebutkan, pesan tersebut harus dibagikan ke 30 pengguna WhatsApp lainnya. Jika tak dibagikan, pengguna tidak akan mendapatkan hadiah.

Peneliti ESET mengatakan, tidak ada bukti dalam tautan itu tersimpan malware ataupun informasi personal si penjahat. Namun, tampaknya para penjahatnya senang memeras mendapatkan klik dari iklan palsu tersebut.

Apalagi para peneliti menemukan, domain yang dipakai oleh para penipu juga dipakai untuk menawarkan promosi palsu lainnya. Misalnya untuk merek Adidas, Nestle, dan Rolex.

Bagaimana Cara WhatsApp Menghindari Penipuan?

WhatsApp (YASUYOSHI CHIBA / AFP)

Head of Cyber Security untuk Amtrust International, Ian Thornton-Trump mengatakan, cara-cara penipuan semacam ini merupakan contoh bagaimana marketplace digital mengalami degradasi dan dipakai oleh aktor-aktor yang hendak mencari keuntungan semata.

"Strategi penetapan suatu produk atau layanan disediakan secara gratis telah merusak privasi dan keamanan siber," tutur Thornton -Trump.

Seperti yang disebut ESET, upaya penipuan ini bukanlah dalam bentuk phishing atau mendapatkan identitas milik pengguna. Namun, Thornton-Trump punya pendapat lain.

"Iming-iming kuota internet gratis sebanyak 1.000GB di ulang tahun ke-10 WhatsApp tentu sangat menggoda. Bisa jadi, ini merupakan upaya memancing korban untuk menyerahkan kredensial mereka dan kemudian mendapatkan akun lainnya. Karena biasanya orang menggunakan kata sandi yang sama di semua akun online mereka," ujar Thornton-Trump.

Apa yang dapat dilakukan oleh WhatsApp? Thornton-Trump menyebut, WhatsApp bisa melakukan kampanye mencegah kejahatan siber kepada penggunanya.

"Sampaikan kepada semua pengguna di berita maupun media sosial bahwa ada upaya penipuan mengatasnamakan mereka. Edukasi adalah jalan satu-satunya," tutur dia.

(Isk/Ysl)

Saksikan Video Pilihan Berikut Ini

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Tak Lagi Impor, Indonesia Kini Kembangkan Beras Khusus untuk Sushi

Posted: 08 Aug 2019 10:00 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Direktur Jenderal Tanaman Pangan Kementerian Pertanian (Kementan) Suwandi mengatakan, Indonesia sudah berhasil menghentikan impor beras Japonica selama kurun waktu 2015-2019. Jenis beras ini biasanya digunakan sebagai bahan baku utama pembuatan sushi.

Sebelumnya, tercatat impor terakhir beras Japonica pada 2014 sebesar 1.079 ton atau senilai Rp 18 miliar.

"Namun kini Indonesia bahkan termasuk dalam deretan penghasil beras Japonica disamping Jepang, Amerika Serikat, Prancis, Korea Selatan, dan Thailand," ujar Suwandi di Jakarta, seperti dikutip Jumat (9/8/2019).

 

Sebagai informasi, beras Japonica yang banyak tumbuh dan ditanam petani di Jepang banyak digunakan sebagai sumber pangan utama di restoran-restoran Jepang dan Korea. Jenis beras ini memiliki ciri-ciri kadar amilosa sekitar 12-15 persen, tekstur lengket, dan biasanya digunakan sebagai bahan utama pembuatan sushi.

Di Indonesia varietas beras yang hampir sama dengan Japonica ini dikenal dengan beras Tarabas. Beras Tarabas resmi dilepas oleh Menteri Pertanian pada Mei 2019, dan dinyatakan legal untuk diperdagangkan dan ditanam di seluruh wilayah Indonesia Tanah Air.

"Sejalan dengan kebijakan tersebut, kita telah melakukan upaya serius untuk mengembangkan beras Tarabas," ungkap Suwandi.

Dia menyebutkan, perkembangan sebaran tanaman Beras Tarabas di Indonesia cukup menggembirakan. Saat ini, keberadaan Beras Tarabas telah menyebar ke berbagai daerah, seperti di Jawa Barat (Subang, Karawang dan Cianjur), Jawa Timur, dan Lampung, dengan luas pertanaman sekitar 4.000 ha dan produktivitas rata-rata 50 kwintal per ha. Secara harga, petani menjualnya pada kisaran Rp 15 ribu per kg.

"Keberhasilan pertanaman ini tentu perlu diapresiasi dengan baik, mengingat sampai saat ini beras khusus lainnya belum mampu diproduksi massal di dalam negeri," ucapnya.

 

 

 

Stok Beras Tarabas Meningkat

Ilustrasi Beras (Istimewa)

Menurut Suwandi, dengan melihat pesatnya perkembangan pertanaman tarabas di Indonesia, maka sangat mungkin dalam dua atau tiga tahun ke depan stok Beras Tarabas akan terus berlipat dan menjadi beras unggulan tersendiri di Indonesa.

Ditambah lagi sudah adanya pengakuan dari pedagang beras Vietnam yang mengaku kaget dengan kualitas beras Japonica produk lokal yang dihasilkan di Karawang, Jawa Barat.

"Beras Tarabas yang ada di Karawang tersebut berukuran lebih besar dari beras Japonica yang biasa ditemukan di negaranya. Dengan ukuran bulir beras yang lebih besar dari yang lain pembuatan sushi menjadi lebih efisien dan secara otomatis akan lebih disukai oleh produsen sushi di berbagai negara," jelasnya.

Suwandi menyatakan, sampel beras Tarabas sebanyak 100 kg senilai Rp 25 ribu per kg sudah dikirim dua kali ke Jepang oleh eksportir beras PT Soyiz. Dia menyampaikan, beberapa negara ASEAN seperti Vietnam, Thailand dan Malaysia juga bahkan berminat terhadap beras Tarabas Indonesia.

"Dan ternyata mendapat pujian dan respon positif dan sedang dalam proses negosiasi ekspor lebih lanjut. Intinya kita siap memasuki pangsa pasar Internasional untuk memenuhi kebutuhan beras Japonica di luar negeri," pungkasnya.

Harga Tak Kompetitif, Beras Indonesia Tak Laku Diekspor

Ilustrasi Beras (Istimewa)

Sekretaris Jenderal Kementerian Perdagangan (Kemendag) Karyanto Suprih mengatakan, rencana Indonesia untuk mengekspor beras masih sulit terealisasi dalam waktu dekat. Faktor penyebabnya tak lain karena harga beras Indonesia yang tidak kompetitif dibandingkan dengan negara-negara produsen beras lainnya.

"Logika sederhana kan kita jual dengan harga yang bersaing dong. Kita tidak laku kalau harga kita tidak kompetitif," kata dia, saat ditemui, di JCC, Jakarta, Jumat (5/7/2019).

Harga beras Indonesia yang mahal kata dia bisa disebabkan karena ongkos produksi yang tinggi. Ongkos produksi tinggi dikarenakan pola produksi yang masih konvensional.

"Ekspor kan sederhana aja, kalau kita lebih produksinya, maka ekspor saja pertanyaannya kita harus lebih kompetitif baik dari sisi harga maupun kualitas," ujarnya.

Sebelumnya, Direktur Utama Perum Bulog, Budi Waseso mengungkapkan Indonesia masih sulit mengekspor beras ke luar negeri karena cost produksi (ongkos produksi) beras Indonesia yang terbilang mahal. Sebab, Indonesia masih menggunakan cara konvensional dalam mengelola beras.

"Yang butuh beras kita itu banyak, tapi sayang harganya tidak masuk," tuturnya di Jakarta, pada Selasa 2 Juli 2019.

Dia menjelaskan, karena beras Indonesia yang terlalu mahal, beras dalam negeri kalah diminati dibandingkan dengan negeri-negeri tetangga.

"Beras kita terlalu mahal, bahkan seburuk-buruknya gabah kita itu masih lebih mahal dibandingkan gabah luar negeri. Cost produksi kita terlalu mahal," imbuhnya.

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Anak Kedua Dede Sunandar Idap Penyakit Langka

Posted: 08 Aug 2019 10:00 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Dede Sunandar tengah dirundung duka. Anak keduanya, Ladzan Syafiq Sunandar, divonis mengidap penyakit langka. Hal itu diketahui dari obrolan Dede Sunandar dengan Raffi Ahmad di sebuah acara talkshow.

Ketika itu, Dede Sunandar menyebut putra keduanya itu mengidap penyakit Williams Syndrome (WS). Seperti diketahui, Williams Syndrome atau Sindrom Williams merupakan penyakit genetik yang memengaruhi bagian tubuh.

Efek dari sindrom ini, biasanya tampak pada fitur wajah. Pengidap WS pada bagian dahinya tampak lebar, hidung pendek dan pipi penuh. Selain itu, ada juga masalah pada gigi, jantung dan hiperkalsemia yang sering muncul.

"Dia punya penyakit yang beda dari semua orang, nama penyakitnya Williams Syndrome. Jadi kayak jantung, paru-paru terus lambung itu ada masalah. Jadi harus dioperasi mau-enggak mau," kata Dede Sunandar dikutip dari tayangan YouTube Okay Bos, Jumat (9/8/2019). 

Proses Panjang

Dede Sunandar

Pesinetron Super Dede ini sudah melakukan yang terbaik untuk pengobatan si kecil Ladzan. Namun, untuk menjalani proses penyembuhan, Dede harus bersabar lantaran dibutuhkan proses yang cukup panjang.

"Dioperasinya ada empat tahapan. (Operasi) 1-3 tahun, 7 tahun, 13 tahun sama 23 tahun. Sekarang Ladzan usianya satu tahun empat bulan. Kalau tindakan semaksimal keluarga Dede sudah," ucap Dede Sunandar.

"Sampai detik ini pun sudah sampai yang namanya dimasukkan ke dalam tubuh itu (MRI). Dan harus dicek setiap bulannya." ia menandaskan.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

VIDEO: Cantiknya Cahaya Gram, Influencer Virtual Asal Indonesia

Posted: 08 Aug 2019 10:00 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Warganet dihebohkan dengan adanya influencer virtual Indonesia di Instagaram. Ia adalah Cahaya Gram dengan akun Instagram bernama @cahaya.gram.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Soal Koalisi dengan Jokowi, Gerindra: Keputusan di Tangan Prabowo

Posted: 08 Aug 2019 09:56 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Ketua Umum Partai Gerindra Prabowo Subianto datang ke Kongres V PDIP di Sanur, Bali. Menanggapi hal itu, Juru Bicara Prabowo, Dahnil Anzhar Simanjutak menegaskan selama ini hubungan Megawati dan Prabowo memang sangat baik. Namun, semua keputusan Gerindra gabung ke koalisi pemerintahan berada ditangan Mantan Danjen Kopassus itu.

"Gerindra secara resmi sudah menyerahkan sepenuhnya keputusan akan berkoalisi artinya masuk pemerintahan atau menjadi mitra kritis di luar pemerintahan kepada Pak Prabowo," kata Dahnil pada merdeka.com, Jumat (9/8/2019).

Dahnil mengungkapkan, Prabowo dan Mega memang sering berbicara soal kebangsaan. Sehingga wajar jika suasana keduanya terlihat cair di acara kongres.

"Gerindra secara resmi sudah menyerahkan sepenuhnya keputusan akan berkoalisi artinya masuk pemerintahan atau menjadi mitra kritis di luar pemerintahan kepada Pak Prabowo," ungkapnya.

Dia pun menambahkan, keputusan koalisi tidak hanya berada ditangan Prabowo. Tetapi juga ditangan Megawati dan presiden terpilih Joko Widodo atau Jokowi.

"Nah terkait posisi dimana tentu beliau tahu persis etika politiknya, jadi sangat tergantung Bu Megawati dan Pak Jokowi membutuhkan Pak Prabowo dan Gerindra sebagai mitra kritis (oposisi) atau di dalam pemerintahan, bagi Pak Prabowo keduanya sama," ucapnya.

Kata Puan

Sebelumnya, Putri Megawati yang juga Ketua DPP PDIP, Puan Maharani menilai, peluang Gerindra bergabung koalisi makin terbuka lebar. Puan mengatakan, dinamika politik akan selaku berkembang.

Puan mengutip salah satu isyarat ajakan Megawati untuk berkoalisi dengan Prabowo. Puan menyinggung ketika Megawati meminta Prabowo mendekatinya. Puan menerjemahkan pernyataan tersebut sebagai sinyal koalisi. Apalagi dia mengartikan ajakan tersebut apabila Prabowo ingin maju untuk Pemilu 2024.

"Dinamika politik selalu berkembang. Tadi ibu dalam pidatonya menyampaikan makanya kalau 2024 mau maju lagi deket-deket saya ya. Silakan dipikirkan apa maksudnya," kata Puan di Hotel Grand Inna Beach, Bali, Kamis (8/8/2019).

 

Saksikan video pilihan berikut ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Sama-sama Senang Pakai Turban, Ini 7 Beda Gaya Astrid Kuya dan Viona Rosalina

Posted: 08 Aug 2019 09:50 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Istri dari Uya Kuya dan Eko Patrio sama-sama senang menggunakan model hijab turban. Bahkan, Astrid Kuya istri Uya Kuya ini cukup sering menggunakan model busana hijab yang cukup nyentrik. Ia juga sering mengunggah berbagai kegiatannya di akun Instagram pribadinya.

Tak hanya mengunggah aktivitasnya saja, akan tetapi Astrid Kuya juga cukup sering mengunggah gaya busana yang sedang dikenakan pada Instagram pribadinya. Astrid Kuya sendiri cukup sering tampil dengan gaya boyish. Ia juga sering menggunakan model hijab jenis turban pada penampilannya.

Tak hanya Astrid Kuya yang senang tampil dengan hijab model turban saja. Istri dari Eko Patrio, Viona Rosalina juga sering menggunakan model hijab turban pada setiap kesempatan. Jika Astrid Kuya lebih sering berpenampilan dengan boyish style, maka Viona justru sering tammpil dengan gaya lebih feminin dan mewah.

Dirangkum Liputan6.com dari berbagai sumber, berikut ini beberapa beda gaya Astrid Kuya dan Viona Rosalina saat menggunakan model hijab turban, Jumat (9/8/2019).

1. Begini gaya keduanya saat tengah menggunakan turban

Astrid Kuya dan Viona (Sumber: Instagram/viona__rosalina/astridkuya)

2. Astrid Kuya memang tampil lebih boyish menggunakan sneakers, sedangkan Viona lebih sering mengenakan heels.

Astrid Kuya dan Viona (Sumber: Instagram/viona__rosalina/astridkuya)

3. Astrid Kuya dan Viona memiliki gaya berbusana yang berbeda

Astrid Kuya dan Viona (Sumber: Instagram/viona__rosalina/astridkuya)

4. Begini gaya keduanya saat kenakan outer, handbag dan kacamata sebagai aksesoris tambahan.

Astrid Kuya dan Viona (Sumber: Instagram/viona__rosalina/astridkuya)

5. Tampil menawan dengan sebuah payung.

Astrid Kuya dan Viona (Sumber: Instagram/viona__rosalina/astridkuya)

6. Begini gaya Astrid Kuya dan Viona saat sedang berpergian.

Astrid Kuya dan Viona (Sumber: Instagram/viona__rosalina/astridkuya)

7. Meski beda gaya saat menggunakan turban, penampilan keduanya tetap memesona

Astrid Kuya dan Viona (Sumber: Instagram/viona__rosalina/astridkuya)

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

FOTO: Keakraban Jokowi dan PM Mahathir di Malaysia

Posted: 08 Aug 2019 09:47 PM PDT

Presiden Joko Widodo dan Perdana Menteri Malaysia Mahathir Mohamad saat melakukan pertemuan di Putrajaya (8/8/2019). Pertemuan ini merupakan kunjungan balasan yang dilakukan PM Mahathir tahun lalu. (Farhan Abdullah/Department Of Information/AFP)

Presiden Joko Widodo dan Perdana Menteri Malaysia Mahathir Mohamad saat melakukan pertemuan di Putrajaya (8/8/2019). Pertemuan ini merupakan kunjungan balasan yang dilakukan PM Mahathir tahun lalu. (Farhan Abdullah/Department Of Information/AFP)

Presiden Joko Widodo menandatangani dokumen disaksikan Perdana Menteri Malaysia Mahathir Mohamad di Putrajaya (8/8/2019). Pertemuan juga membahas masalah WNI di Malaysia hingga kelapa sawit dan kedua pemimpin tersebut akan Salat Jumat bersama. (Farhan Abdullah/Department Of Information/AFP)

Presiden Joko Widodo menandatangani dokumen disaksikan Perdana Menteri Malaysia Mahathir Mohamad di Putrajaya (8/8/2019). Pertemuan juga membahas masalah WNI di Malaysia hingga kelapa sawit dan kedua pemimpin tersebut akan Salat Jumat bersama. (Farhan Abdullah/Department Of Information/AFP)

Presiden Joko Widodo disambut Menteri Malaysia Mahathir Mohamad saat melakukan pertemuan di Putrajaya (8/8/2019). Pertemuan membahas sejumlah isu dan upaya peningkatan kerja sama antara Indonesia dan Malaysia. (Farhan Abdullah/Department Of Information/AFP)

Presiden Joko Widodo disambut Menteri Malaysia Mahathir Mohamad saat melakukan pertemuan di Putrajaya (8/8/2019). Pertemuan membahas sejumlah isu dan upaya peningkatan kerja sama antara Indonesia dan Malaysia. (Farhan Abdullah/Department Of Information/AFP)

Presiden Joko Widodo disambut Menteri Malaysia Mahathir Mohamad saat melakukan pertemuan di Putrajaya (8/8/2019). Pertemuan ini merupakan kunjungan balasan yang dilakukan PM Mahathir tahun lalu. (Farhan Abdullah/Department Of Information/AFP)

Presiden Joko Widodo disambut Menteri Malaysia Mahathir Mohamad saat melakukan pertemuan di Putrajaya (8/8/2019). Pertemuan ini merupakan kunjungan balasan yang dilakukan PM Mahathir tahun lalu. (Farhan Abdullah/Department Of Information/AFP)

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Bos BI: Pertumbuhan Ekonomi RI Bakal Tembus 6 Persen di 2024

Posted: 08 Aug 2019 09:45 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Gubernur Bank Indonesia (BI) Perry Warjiyo optimistis pertumbuhan ekonomi Indonesia akan menyentuh 6 persen di tahun 2024.

Pihaknya menjelaskan, mesti tahun lalu BI cenderung sulit untuk melakukan manuver pada kebijakan moneter, dirinya optimistis pertumbuhan ekonomi RI bakal terus menanjak kedepannya.

"Kami yakin pertumbuhan ekonomi ke depan akan terus enaik, memang agak slow di awal, tapi bakal lebih cepat kedepan," tuturnya di Jakarta, Jumat (9/8/2019).

Dia melanjutkan, BI selaku bank sentral akan terus melonggarkan kebijakannya untuk mestimulus pertumbuhan ekonomi. Meski masih dirundung ketidakpastian global, RI dinilai bakal tetap menyesuaikan untuk meningkatkan pertumbuhan ekonomi di tahun-tahun mendatang.

"Tahun ini memang masih di bawah 5,2 persen, tapi within the next 5 year kita bisa tembus 6 persen," ujarnya.

Oleh karena itu, lanjutnya, Pemerintah terus melakukan transformasi ekonomi yang salah satunya diimplementasikan melalui 10 destinasi wisata prioritas selain Bali.

"Ada Wakatobi, Labuan Bajo. Kita dorong transformasi ekonomi untuk pemerataan," pungkasnya.

Indef: Lebaran Tak Mampu Kerek Pertumbuhan Ekonomi

Suasana Terminal Nusantarapura, Pelabuhan Tanjung Priok, Jakarta, Kamis (30/5/2019). Jumlah pemudik yang menggunakan kapal laut dari Pelabuhan ini ke sejumlah kota di Pulau Jawa, Kalimantan, dan Sumatera diprediksi akan bertambah hingga hari puncak 1 Juni 2019. (merdeka.com/Iqbal S. Nugroho)

Wakil Direktur Ekonom Institute for Development of Economics and Finance (INDEF), Eko Listiyanto mengatakan, momentum lebaran 2019 tak signifikan berkontribusi terhadap pertumbuhan ekonomi.

Eko menjelaskan, selama 7 tahun terakhir, Lebaran tak selalu dapat dioptimalkan untuk mengkerek pertumbuhan ekonomi. Hal ini bertentangan dengan pertanyaan pemerintah yang menyebutkan momentum Lebaran berkontribusi pada pertumbuhan ekonomi.

"Pertumbuhan ekonomi kuartal II 2019 justru melambat jika dibandingkan triwulan II-2018. Ini menggambarkan stimulasi musiman hari raya semakin terbatas dalam mendorong perekonomian," tuturnya Rabu (7/8/2019).

Selain itu, lanjut Eko, meski konsumsi rumah tangga tercatat naik, faktanya laju investasi masih terbilang melempem.

"Pertumbuhan investasi turun jika dibandingkan pertumbuhan ekonomi nasional. Gimana mau dongkrak pertumbuhan ekonomi kalau pertumbuhan investasinya dibawah pertumbuhan ekonomi nasional," paparnya.

Di sisi lain, menurut Eko, hajatan demokrasi Pilpres 2019 juga tercatat belum cukup menstimulasi ekonomi.

"Secara proporsi, masih sangat terbatas dampaknya bagi perekonomian secara keseluruhan," terang dia.

Entrepreneur Bakal Jadi Sumber Pertumbuhan Ekonomi RI di 2045

Bisnis kecil yang biasa disebut juga dengan wirausaha biasanya identik dengan modal kecil dan risiko yang minim.

Menteri PPN/Kepala Bappenas Bambang Brodjonegoro menyatakan Indonesia akan menjadi negara maju dengan didukung banyaknya entrepreneur di bidang ekonomi kreatif.

Kata dia, potensi dari perkembangan ekonomi digital Indonesia akan menjadi katalisator atau roda penggerak pertumbuhan ekonomi di tahun 2045.

"Kami melihat tahun 2045 ekonomi digital bisa menjadi motor utama pertumbuhan ekonomi Indonesia. Dengan kata lain, startup yang muncul saat ini baik yang sudah decacorn dan unicorn atau masih awal, akan menjadi masa depan entrepreneur Indonesia," tuturnya di Jakarta, Selasa (23/7/2019). 

Menteri Bambang tidak menampik, kreatifitas anak-anak muda Indonesia pada ekonomi digitalmemang sungguh luar biasa. Hal ini sangat berbeda dengan kontribusi pengusaha RI di masa-masa sebelumnya.

"Di masa lalu, calon enterprenuer lebih banyak dibidang perdagangan, ritel atau jasa seperti restoran tapi belakangan ini bahwa anak-anak muda ternyata kreatifitasnya sudah luar biasa," terangnya.

Dia pun menerangkan, ekonomi Indonesia di masa depan akan disokong oleh pengusaha atau entrepreneur pada sektor ekonomi kreatif.

"Indonesia hanya bisa jadi negara maju kalau semakin banyak jadi enterpreuner, bukan semakin banyak jadi PNS," kata dia.  

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

VIDEO: Kebakaran Cipayung Tewaskan 3 Pegawai Toko

Posted: 08 Aug 2019 09:43 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta 3 orang meninggal dunia dalam musibah kebakaran di Cipayung Jakarta Timur. Peristiwa kebakaran ini menghanguskan sebuah bengkel dan toko sembako. Ketiga orang yang tewas adalah pegawai pada toko sembako. Jenazah ketiganya divisum di RS Polri Kramatjati.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Gojek Tanggapi Tarif Baru Ojek Online

Posted: 08 Aug 2019 09:43 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Kementerian Perhubungan (Kemenhub) telah memberlakukan tarif baru ojek online di 88 kota mulai hari ini, Jumat (9/8/2019).

Gojek sebagai salah satu penyedia layanan ojek online pun mengaku sudah menyesuaikan tarif sesuai arahan tersebut.

"Per hari ini (Jumat 9 Agustus 2019), kami telah menyesuaikan tarif sesuai arahan tersebut dengan menyesuaikan Biaya Jasa di wilayah tambahan yang ditentukan," kata Vice President Corporate Affairs Gojek, Michael Reza Say, saat dihubungi pada Jumat (9/8/2019).

Diungkapkannya, Gojek memiliki misi yang sama dengan pemerintah untuk memastikan kesinambungan pendapatan mitra driver. Selain itu, juga mendukung iklan persaingan sehat di Tanah Air.

"Sebagai ekosistem karya anak bangsa, Gojek akan terus menjadi yang terdepan dalam memastikan kepuasan mitra dan pengguna layanan Gojek," tuturnya.

Tarif Baru Ojek Online

Pengemudi ojek online menunggu penumpang di Senayan, Jakarta, Selasa (19/3). Permenhub No.12 tahun 2019 mengatur empat hal yakni, keselamatan, kemitraan, suspensi mitra driver dan biaya jasa atau tarif ojek online. (Liputan6.com/Helmi Fithriansyah)

Sebelum aturan ini berlaku, Kemenhub sudah melakukan uji coba. Hasilnya, para pengemudi ojek online setuju memberlakukan penuh aturan baru.

Aturan tercantum di dalam Peraturan Menteri Perhubungan Nomor 12 Tahun 2019 tentang Perlindungan Keselamatan Pengguna Sepeda Motor yang Digunakan untuk Kepentingan Masyarakat.

Soal kebijakan tarif ojek online terdapat dalam Keputusan Menteri Perhubungan (Kepmenhub) Nomor KP 348 tentang Pedoman Perhitungan Biaya Jasa Penggunaan Sepeda Motor Yang Digunakan Untuk Kepentingan Masyarakat Yang Dilakukan Dengan Aplikasi. Berikut tarif baru ojek online di wilayah Indonesia:

1. Tarif Ojek Online di Sumatera

Berdasarkan Keputusan Menteri Perhubungan Nomor KP 348 terdapat aturan soal besaran biaya jasa batas bawah, biaya jasa batas atas, biaya jasa minimal, yang ditetapkan berdasarkan sistem zonasi. Seperti zona I meliputi wilayah Sumatera, Jawa (kecuali Jabodetabek) dan Bali.

Tarif baru ojek online untuk zona I atau tiga wilayah tersebut, yakni tarif batas bawah Rp1.850/km, tarif batas atas Rp2.300/km, dan biaya jasa minimal Rp 7.000-Rp 10.000/4 km.

2. Tarif di Jabodetabek

Berdasarkan aturan Kementerian Perhubungan, wilayah Jakarta, Bogor, Tangerang, Depok dan Bekasi termasuk zona II. Tarif baru ojek online untuk wilayah Jabodetabek sebesar Rp2.000/km (tarif batas bawah), Rp2.500/km (tarif batas atas), dan Rp8.000-Rp10.000/4 Km (biaya jasa minimal).

Pekan depan aturan baru mengenai tarif ojek online akan diberlakukan. Direktur Jenderal Perhubungan Darat Kemenhub Budi Setiyadi mengatakan, sejak aturan baru ojek online berlaku penuh, evaluasi tarif akan dilakukan setelah tiga bulan berjalan.

"Di dalam peraturan 348 itu tiga bulan bisa kita lakukan evaluasi," katanya.

 

3. Kalimantan dan Sulawesi

Puluhan sepeda motor milik pengendara ojek online saat parkir di badan jalan kawasan Mangga Dua, Jakarta, Selasa (23/4). Kurangnya pengawasan petugas dan tidak disiplinnya pengendara ojek online menyebabkan kemacetan kendaraan yang melintas di kawasan tersebut. (merdeka.com/Iqbal S. Nugroho)

Wilayah Kalimantan dan Sulawesi termasuk ke dalam zona III. Tarif baru ojek online untuk kedua wilayah itu sebesar Rp2.100/km untuk tarif batas bawah, sementara Rp2.600/km untuk tarif batas atas dan Rp7.000-Rp10.000/4 km untuk biaya jasa minimal.

Tarif baru ini akan berlaku paling lambat pekan depan. Hal ini sesuai dengan kesepakatan antara Kementerian Perhubungan dan pengemudi ojek online.

"Saya ketemu dengan para pengemudi, masalah pendapatnya, kemudian PM 12, semua mendukung untuk diberlakukan. Saya kira paling lambat minggu depan," kata Direktur Jenderal Perhubungan Darat Kemenhub Budi Setiyadi di kantornya, Jakarta Pusat, Kamis (13/6).

Tidak hanya Kalimantan dan Sulawesi, Zona III juga diisi oleh wilayah lain, seperti Nusa Tenggara, Kepulauan Maluku dan Papua.

(Din/Isk)

Saksikan Video Pilihan Berikut Ini

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Rawan Kebakaran, Pemkab Sidoarjo Ingin Bentuk Forum Penanggulangan Bencana

Posted: 08 Aug 2019 09:42 PM PDT

Liputan6.com, Sidoarjo - Pemerintah Kabupaten (PemKab) Sidoarjo, Jawa Timur meminta terbentuknya forum pengurangan risiko bencana yang ada di wilayah setempat. Hal itu dilakukan agar mampu mengurangi terjadinya bencana yang sering kali terjadi di wilayahnya.

Bupati Sidoarjo, Saiful Ilah menyatakan, saat ini di Sidoarjo potensi kebencanaan cukup tinggi salah satu peristiwa kebakaran. Oleh karena itu, dia bersama pemerintah Sidoarjo mengajak untuk membentuk forum pengurangan risiko.

Beberapa waktu lalu, pihaknya sempat kunjungan kerja ke Finlandia. Di sana, ia melihat produksi alat pemadam api yang memiliki ketinggian sampai dengan 40 lantai.

"Sidoarjo harus punya alat untuk pemadaman itu untuk membantu pemadaman api di Sidoarjo," ujar dia, seperti dikutip Antara, di tulis Jumat (9/8/2019).

Ia menuturkan, dalam forum tersebut nantinya juga disepakati ada model penanganan bencana yang berlangsung secara gotong royong. Agar kelak pelaksanaan penanganan tersebut bisa berjalan maksimal.

Sementara itu, Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah Kabupaten Sidoarjo, Dwijo Prawito menerangkan, rapat koordinasi sinergitas pentahelix dalam penanggulangan bencana di Kabupaten Sidoarjo ini mesti dilakukan.

Mengingat kondisi Sidoarjo yang memiliki risiko bencana cukup tinggi. Bencana itu seperti ancaman banjir, dan cuaca ekstrem yang berpotensi terjadi kebakaran dan rusaknya lingkungan.

Dia menambahkan, dampak bencana akan merusak bangunan yang multisektoral hingga penanganan masyarakat lintas sektoral. Kegiatan tersebut di ikuti oleh akademisi, pelaku usaha, komunitas, pemerintah dan media.

"Kolaborasi semua elemen itu  memang di perlukan untuk menangani permasalahan bencana yang lebih komprehensif," katanya.

(Wiwin Fitriyani, mahasiswi Universitas Tarumanagara) 

Pemkab Sidoarjo Bakal Pasang Jaring di Batas Desa yang Dekat Aliran Sungai

Warga menggunakan perahu untuk memilah sampah plastik di aliran Sungai Citarum, Bandung, Jawa Barat, Rabu (26/6/2019). Berbagai upaya dilakukan pemerintah untuk membersihkan sungai yang menyandang predikat salah satu tempat paling tercemar di dunia ini. (Timur Matahari/AFP)

Sebelumnya, Wakil Bupati Sidoarjo, Nur Ahmad Syaifuddin menuturkan, di masing-masing batas desa yang teraliri aliran sungai dapat dipasang jaring untuk menghalau sampah.

"Karena kalau sampah itu terus dibiarkan, kasihan nantinya masyarakat yang ada di muara sungai," ujar dia seperti dilansir Antara, Rabu, 7 Agustus 2019.

Pernyataan ini mengingat banyaknya sampah rumah tangga yang ada di dalam aliran Sungai Gedangan Sidoarjo. Pemerintah Kabupaten Sidoarjo Jawa Timur pun menggunakan alat berat backhoe untuk mengoptimalkan pembersihan Sungai Gedangan itu.

Kepala Bidang Kebersihan Dinas Lingkungan Hidup dan Kebersihan Kabupaten Sidoarjo, Jawa Timur Fery Prasetio menuturkan, selain alat berat pihaknya juga mengerahkan tujuh unit truk yang digunakan untuk mengangkut sampah itu.

"Kami akan terus berupaya untuk membersihkan sampah di dalam sungai ini," ujar dia.

Sebelumnya, sejumlah warga Sidoarjo mengeluhkan banyaknya sampah rumah tangga yang ada di dalam Sungai Gedangan karena bisa hambat laju air.

"Terlebih sungai ini digunakan untuk mengairi tamba. Kami yang menggunakan air di hulu sungai yang sangat dirugikan kalau air sungainya tercemar," ujar Petani Tambak Khumaidi.

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Neil Harbisson, Manusia Cyborg Pertama dengan Kepala Terkoneksi Internet

Posted: 08 Aug 2019 09:40 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Di era yang serba canggih seperti sekarang ini, teknologi telah menyatu dalam kehidupan manusia. Seolah-olah manusia sudah terlena dengan kemudahan dan kepraktisan yang ditawarkan oleh teknologi seperti smartphone, komputer dan robot. Teknologi yang berkembang di sektor industri pun pelan-pelan menggantikan peran manusia untuk berproduksi.

Prediksi robot yang akan semakin banyak bermunculan di masa depan, sepertinya memang akurat. Hal tersebut dibuktikan dengan kemunculan manusia setengah robot. Sebelumnya CEO dari SpaceX, Elon Musk, mengatakan dirinya memiliki rencana untuk menyambungkan otak manusia dengan internet pada 2020 mendatang dengan chip.

Nampaknya sebelum chip yang direncanakan oleh Elon Musk direalisasikan, ternyata sudah ada manusia cyborg dengan otak yang tersambung dengan internet. Neil Harbisson, menjadi cyborg pertama yang diakui secara resmi di dunia dan memiliki kartu identitas, seperti yang Liputan6.com lansir dari Dezeen, Jumat (9/8/2019).

Cyborg merupakan singkatan dari Cybernetic Organism (Organisme Sibernetik) atau lebih dikenal sebagai manusia setengah robot. Pria asal Inggris ini memiliki sebuah antena di atas kepalanya dan benda itulah yang menjadikan ia terlihat seperti robot. Niel juga mengatakan bahwa antena tersebut bukanlah alat pembantu tapi dia mengaku antena sudah menjadi bagian dari anggota tubuhnya.

Cyborg Pertama di Dunia

Neil Harbisson, Manusia Cyborg Pertama (sumber: dezeen)

Neil Harbisson adalah manusia pertama di dunia yang telah mengimplankan komponen ke dalam tubuhnya. Komponen yang dimaksud adalah antena yang ia implan di atas kepalanya. Dia mengungkapkan jika antena itu telah menyatu dan ditanam di dalam tubuhnya sejak 2004. Perangkat itu lah yang bisa membuatnya melihat warna untuk pertama kali.

Neil Harbisson yang berprofesi sebagai seniman ini diketahui lahir dengan buta warna total. Namun kini Neil sudah bisa melihat warna, bahkan dapat mengubah warna menjadi frekuensi yang dapat di dengar. Sensor yang menggantung di atas kepalanya itu bisa menerjemahkan gelombang cahaya menjadi getaran.

"Antena ini membantu saya untuk mempelajari realitas di luar spektrum visual. Dengan begitu, saya juga bisa merasakan sinar inframerah dan ultraviolet. Saya juga punya koneksi internet di kepala saya. Jadi, saya bisa saja langsung terhubung ke satelit untuk bisa berkirim data dari atau ke luar angkasa," jelasnya.

Pria berusia 33 tahun itu mengklaim dirinya merupakan orang pertama yang memiliki kondisi setengah robot. Bahkan ini disebutnya sebagai tahap awal karena ke depan akan semakin banyak cyborg yang tercipta. Neil sendiri adalah co-founder Cyborg Society dan Transpecies Society.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Baim Wong dan Paula Verhoeven Bakal Mendapat Bayi Laki-Laki?

Posted: 08 Aug 2019 09:40 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Usia kandungan istri Baim Wong, Paula Verhoeven  sudah memasuki empat bulan. Saat ini Paula pun mengaku keadaannya dalam kondisi baik. Bahkan, bobot Paula saat ini sudah naik 4 kilogram. 

"Berat badan naik 4 kilogram ya. Aku nggak ngalami mual atau apa-apa sih," kata Paula Verhoeven dan Baim Wong saat ditemui di kawasan Tanah Kusir, Jakarta Selatan, Rabu (7/8/2019).

Namun meski begitu, Baim Wong mengaku ikut merasakan pusing saat awal-awal kehamilan sang istri. Namun saat ini, Baim Wong tak merasakan apapun, sementara Paula masih sering sakit-sakitan.

"Oh saya waktu awal-awal saja sih, sakit ya, sakit pusing. Pusing-pusing mulu setelah masuk bulan ketiga sudah nggak pusing lagi," ujar Baim Wong

Kelamin

Baim Wong dan Paula Verhoeven

Dalam kesempatan itu, pasangan yang menikah 22 November 2018 ini mengumumkan jenis kelamin calon anak mereka, yakni laki-laki. Hanya saja mereka belum melihat secara jelas wajah si janin saat pemeriksaan USG.

"Iya selentingan. Kan pas di-USG balik gitu, nah pas dia balik gitu kelihatan selintingan ada monasnya," ucap Baim.

"Dianya masih ngumpet. Cuma yang lihat dokter, kita nggak lihat sama sekali karena kan pergerakannya cepat, terus selalu menghadap ke belakang. Jadi kita juga belum bisa melihat mukanya secara jelas," tutup Paula.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Piala AFF 2019: Rekor Pertemuan Timnas Indonesia U-15 vs Vietnam

Posted: 08 Aug 2019 09:35 PM PDT

Chonburi - Timnas Indonesia U-15kembali bentrok dengan Vietnam di Piala AFF 2019. Namun, kali ini pertemuan kedua tim akan terjadi demi memperebutkan tempat ketiga di Institute of Physical Education Chonburi Campus Stadium, Chonburi, Jumat (9/8/2019).

Kedua tim gagal melaju ke final karena kalah dalam laga semifinal. Timnas Indonesia U-15 menelan kekalahan 0-2 dari Thailand, sedangkan Vietnam kalah 1-3 dari Thailand.

Meskipun sudah tidak menentukan, namun laga ini masih layak menyita perhatian. Kedua tim sama-sama ingin menutup Piala AFF 2019 dengan manis sekaligus jadi panggung pelipur lara.

Pertandingan melawan Vietnam selalu menarik untuk Tim Merah-Putih. Meskipun tidak secara langsung menjadi musuh bebuyutan, namun Vietnam kerap menjadi batu sandungan buat Tim Merah Putih.

Pertandingan ini akan menjadi pertemuan kesembilan sepanjang sejarah. Bicara kekuatan, kedua tim cukup berimbang dengan acuan catatan kemenangan.

Timnas Indonesia U-15 sudah meraih tiga kemenangan dan Vietnam juga menang tiga kali. Adapun dua laga sisanya berakhir imbang.

Lantas, seperti apa rekam jejak sejarah pertemuan kedua tim? Berikut ini catatan pertemuan Timnas Indonesia U-15 Vs Vietnam yang berhasil dirangkum Bola.com:

Catatan Pertemuan

  • 27/7/2019  Vietnam 0-2 Timnas Indonesia U-15 (Piala AFF 2019)
  • 24/9/2018  Timnas Indonesia U-16 1-1 Vietnam (Piala AFC 2018)
  • 2/8/2018  Vietnam 2-4 Timnas Indonesia U-15 (Piala AFF 2018)
  • 22/9/2010 Vietnam 1-0 Timnas Indonesia U-15 (Piala AFF 2010)
  • 25/9/2013 Timnas Indonesia U-16 1-2 Vietnam (Kualifikasi Piala AFC 2014)
  • 25/9/2013 Timnas Indonesia U-16 1-2 Vietnam (Kualifikasi Piala AFC 2014)
  • 3/11/2007 Timnas Indonesia U-16 4-1 Vietnam (Kualifikasi Piala AFC 2008)
  • 19/5/2001 Timnas Indonesia U-17 1-1 Vietnam (Kualifikasi Piala AFC 2002)

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Pesawat Jatuh Lalu Tabrak Pohon di Perumahan Philadelphia, 3 Orang Tewas

Posted: 08 Aug 2019 09:35 PM PDT

Liputan6.com, Willow Groove - Sebuah pesawat kecil jatuh di halaman belakang sebuah rumah di pinggiran Kota Philadelphia, Amerika Serikat pada Kamis 8 Agustus 2019 pagi waktu setempat. Menewaskan pasangan suami dan istri serta anak perempuan mereka yang berusia 19 tahun --seluruh penumpang di dalamnya.

Pesawat itu jatuh di Willow Grove, sekitar 30 mil (50 kilometer) utara Philadelphia, tak lama setelah lepas landas dari Bandara Northeast Philadelphia dalam perjalanan ke Columbus, Ohio. Para pejabat mengatakan itu bukan tujuan akhir tetapi tidak bisa diuraikan.

"Pesawat itu menabrak beberapa pohon sebelum berhenti, dan puing-puingnya tersebar di empat halaman belakang," kata Kepala Polisi Upper Moreland Michael Murphy seperti dikutip dari AP News, Jumat (9/8/2019).

John Quatrini yang tinggal di dekat situ memberi tahu Philadelphia Inquirer bahwa ia terkejut saat mendengar suara yang memekakkan telinga.

"Kedengarannya seperti pesawat menuju rumah saya," katanya. "Aku berpikir, 'Ini dia, aku akan mati."

Korban Diidentifikasi Sebagai Pasangan Dokter

ilustrasi dokter (Foto: Unsplash.com/Arvin Chingcuangco)

Para korban diidentifikasi sebagai Jasvir Khurana yang berusia 60 tahun, istrinya 54 tahun diketahui bernama Divya Khurana dan putri mereka Kiran. Semuanya dari Lower Merion Township, di pinggiran Kota Philadelphia.

Jasvir Khurana adalah seorang profesor patologi dan obat-obatan laboratorium di Fakultas Kedokteran Universitas Temple, tempat ia belajar penyakit tulang.

"Dr. Khurana telah menjadi anggota fakultas yang berharga di Departemen Patologi di Sekolah Kedokteran Lewis Katz di Temple University sejak 2002. Doa kami bersama keluarga dan orang-orang yang dicintainya," kata universitas itu dalam sebuah pernyataan.

Istrinya, Divya Khurana, adalah ahli saraf pediatrik di Rumah Sakit Anak-Anak St. Christopher dan seorang profesor di Fakultas Kedokteran Universitas Drexel.

Tidak ada seorang pun di darat yang terluka dan tidak ada rumah yang rusak, yang oleh Murphy disebut sebagai "keajaiban."

Dewan Keselamatan Transportasi Nasional tiba di tempat kejadian pada sore hari. Mereka kemudian melakukan penyelidikan, menurut Adam Gerhardt, seorang penyelidik lalu lintas udara dengan agen tersebut.

"Sejauh ini tadak ada indikasi pilot melakukan panggilan darurat dan pesawat itu hanya di udara sekitar tiga menit sebelum kecelakaan," kata Gerhardt.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Menjelang Idul Adha, Ini 3 Tradisi Unik di Jawa Timur

Posted: 08 Aug 2019 09:35 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Hari Raya Idul Adha atau hari Raya Kurban merupakan hari raya umat muslim yang identik dengan momen penyembelihan hewan kurban, seperti sapi dan kambing. Namun, tak hanya prosesi sembelih hewan kurban saja, berbagai daerah membuat setiap perayaan Idul Adha dengan cara meriah.

Beberapa daerah di Jawa Timur ini memiliki cara meriah dengan tradisi unik yang diadakan pada hari raya pemotongan hewan tesebut. Salah satunya Tradisi Manten Sapi di Pasuruan.

Berikut beberapa tradisi unik menjelang Idul Adha di Jawa Timur yang dirangkum Liputan6.com dari berbagai sumber, Jumat (9/8/2019). 

1. Jemur Kasur, Banyuwangi

Tradisi menjemur kasur jelang Idul Adha.

Jika di perkotaan memiliki tradisi memasak ketupat untuk menyambut dan merayakan Idul Adha, Banyuwangi mempunyai tradisi unik yang tidak berkaitan dengan lebaran hewan kurban yakni menjemur kasur. Tradisi unik ini biasa dilakukan oleh masyarakat suku Osing. Suku yang tinggal di Desa kemiren, Kecamatan Glagah, Banyuwangi, Jawa Timur.

Kasur yang dijemur bukanlah kasur biasa, yakni kasur gembil berwarna hitam dan merah. Kasur ini dijemur di depan rumah hingga sore hari serta kasur tersebut dipukul-pukul menggunakan rotan atau sapu lidi agar debu yang menempel hilang.

Selain itu tradisi ini dipercaya dapat menjauhkan mereka dari berbagai penyakit dan menjaga keharmonisan rumah tangga

2. Mantenan Sapi, Pasuruan

Tradisi unik Idul Adha Mantenan Sapi

Tradisi unik mantenan sapi dilakukan oleh masyarakat Desa Wates Tani, Kecamatan Grati, Kabupaten Pasuruan. Sapi dan kambing yang akan dikurbankan tersebut dihias dengan berbagai aksesoris yang meriah layaknya seorang pengantin.

Seperti kalung bunga tujuh rupa, balutan kain kafan, sorban, dan sajadah. Tradisi unik ini dilakukan bertujuan untuk menghormati hewan yang akan disembelihn.

3. Toron, Madura

Tradisi Toron, warga Madura mudik

Madura mempunyai tradisi unik dan berbeda dengan lainnya yaitu tradisi Toron. Toron adalah tradisi mudik yang dilakukan oleh warga Madura saat Idul Adha.

Jika sebagian besar masyarakat Indonesia berbondong-bondong mudik di Idul Fitri, maka penduduk di Madura justru mudik di Idul Adha. Tak heran kalau kawasan Suramadu ini selalu padat saat Idul Adha. Bagi warga Madura, toron a dapat memperkuat solidaritas untuk saling menjaga silatuhrami antar kerabat dan tetangga.

Selain itu Toron dipercaya akan mengembalikan jatidiri dan kodrat sebagai warga Madura. Sebab Toron sendiri merupakan bagian peristiwa budaya yang tidak lepas dari tingkah laku masyarakat (Madura) yang menjalankannya.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Jadi Tersangka KDRT, Berkas Perkara Nikita Mirzani Dilimpahkan ke Kejaksaan

Posted: 08 Aug 2019 09:31 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Polisi telah menetapkan artis Nikita Mirzani menjadi tersangka atas kasus dugaan penganiayaan atau Kekerasan Dalam Rumah Tangga (KDRT). Penganiayaan tersebut ia lakukan terhadap Dipo Latief.

Kasat Reskrim Polres Metro Jakarta Selatan, Kompol Andi Sinjaya mengatakan, saat ini berkas perkara Nikita Mirzani sudah dilimpahkan ke Kejaksaan Negeri Jakarta Selatan.

"Berkas Perkara NM saat ini sudah di kejaksaan, jadi penyidik masih menunggu petunjuk Jaksa," kata Andi saat dikonfirmasi, Jakarta, Jumat (9/8/2019).

Apabila pihak kejaksaan sudah menyatakan lengkap berkas milik Nikita Mirzani yang diajukan oleh penyidik. Maka, polisi akan melimpahkan tersangka serta barang bukti ke kejaksaan.

"Jika sudah lengkap (P21) maka tersangka saudara NM akan kita limpahkan ke kejaksaan," ujarnya.

Seperti diketahui, berkas kasus dugaan penganiayaan Nikita Mirzani terhadap Dipo Latief masuk ke Kejaksaan Negeri Jakarta Selatan, Selasa (6/8/2019). Berkas tercatat dengan nomor perkara /75/1189/VIII/2019/Satreskrim.

Tak Dicekal ke Luar Negeri

Nikita Mirzani telah menjadi tersangka kasus dugaan penganiayaan atau KDRT terhadap Dipo Latief. Saat ini berkasnya sudah masuk ke Kejaksaan Negeri Jakarta Selatan.

Di tengah kasus hukum yang sedang bergulir, Nikita Mirzani berlibur ke luar negeri. Sejak beberapa hari lalu, memboyong anaknya ke Paris, Prancis.

Kepergian Nikita Mirzani ke luar negeri pun memicu pertanyaan publik. Apakah polisi tak melakukan pencekalan terhadap ibu tiga anak ini mengingat statusnya sudah tersangka?

"Ini kan masih proses penyidikan masih kewenangan Polres Jakarta Selatan mengenai tindakan yang dapat diambil oleh penyidik Polres Jakarta Selatan," ungkap Kasi Intelijen Kejaksaan Negeri Jakarta Selatan, Tri Anggoro Mukti di kantornya, Selasa (6/8/2019).

Reporter: Nur Habibie

Sumber: Merdeka

Saksikan video pilihan berikut ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

7 Gaya Liburan Bayu Skak di Hong Kong, Pakai Batik ke Disney Land

Posted: 08 Aug 2019 09:30 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Bayu Skak merupakan YouTuber dan aktor Tanah Air yang sekarang tengah menikmati liburan di Hong Kong. Tak hanya berlibur, Bayu Skak juga menjadi pembicara acara di KJRI Hong Kong. Acara tersebut berisi tentang sharing berbagai tips seputar dunia kreatif seperti YouTube.

Selain memiliki agenda di Hong Kong, Bayu Skak juga mengunggah foto-foto dirinya selepas mengisi acara tersebut. Bayu berlibur di beberapa spot liburan di Hong Kong. Mulai dari menikmati wahana permainan di Disney Land hingga menikmati suasana sejuk di Tsim Sha Tsui.

Salah satu hal yang menarik dari gaya liburan YouTuber dari Malang ini ialah memakai batik. Bayu begitu bangga mengenakan batik saat berada di Disney Land. Tak ayal, potret Bayu memakai batik di Disney Land ini banjir apresiasi netizen.

Penasaran kan bagaimana potret Bayu Skak saat liburan ke Hong Kong? Berikut Liputan6.com rangkum dari Instagram @moektito tentang gaya liburan Bayu Skak, Jumat (9/8/2019).

1. Pemilik nama lengkap Bayu Eko Moektito ini tengah menikmati lengangnya jalanan Hong Kong.

7 Gaya Liburan Bayu Skak di Hong Kong, Pakai Batik ke Disney Land (sumber: Instagram.com/moektito)

2. Dengan bangga, Bayu Skak memakai batik saat berada di Disney Land.

7 Gaya Liburan Bayu Skak di Hong Kong, Pakai Batik ke Disney Land (sumber: Instagram.com/moektito)

3. YouTuber berusia 25 tahun ini banjir pujian dari netizen setelah dengan gagah memakai batik di Disney Land.

7 Gaya Liburan Bayu Skak di Hong Kong, Pakai Batik ke Disney Land (sumber: Instagram.com/moektito)

4. Tak hanya ke Disney Land, Bayu juga mengunjungi daerah Mong Kok, Hong Kong.

7 Gaya Liburan Bayu Skak di Hong Kong, Pakai Batik ke Disney Land (sumber: Instagram.com/moektito)

5. Penulis cerita film Yowis Ben ini tampak begitu menikmati setiap sudut kota Hong Kong.

7 Gaya Liburan Bayu Skak di Hong Kong, Pakai Batik ke Disney Land (sumber: Instagram.com/moektito)

6. Lulusan Universitas Negeri Malang ini begitu menikmati suasana jalanan Hong Kong saat malam hari.

7 Gaya Liburan Bayu Skak di Hong Kong, Pakai Batik ke Disney Land (sumber: Instagram.com/moektito)

7. Dengan gaya santai, Bayu Skak menikmati spot pemandangan yang indah di Tsim Sha Tsui.

7 Gaya Liburan Bayu Skak di Hong Kong, Pakai Batik ke Disney Land (sumber: Instagram.com/moektito)

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Kriss Hatta Tak Langsung Bebas dari Tahanan, Ibunda Menangis

Posted: 08 Aug 2019 09:30 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Anthony Hillenaar dan Kriss Hatta akhirnya sepakat menyelesaikan kasus hukum dengan menempuh jalan damai. Keduanya telah mencabut laporan masing-masing di Polda Metro Jaya, Kamis (8/8/2019) malam.

Meski laporan telah dicabut, Kriss Hatta rupanya tak bisa keluar tahanan pada hari itu juga. Hal ini membuat ibunda Kriss Hatta, Tuty Suratinah, merasa sangat bersedih.

"Saya sebenarnya berharap anak saya keluar malam ini. Tapi kenyataannya enggak bisa keluar. Kecewa, sedih, jadi satu itu pasti tapi kita harus tunggu prosesnya gimana. Gitu aja," ucap Tuty Suratinah sambil menitikkan air mata, di Polda Metro Jaya.

Hingga Kamis (8/8/2019) malam ibunda dan pengacara masih berupaya untuk segera mengeluarkan Kriss Hatta. Namun Tuty Suratinah tampaknya memang harus sedikit lebih bersabar untuk melihat anaknya bebas.

 

Berdoa

(Nurwahyunan/Bintang.com)

"Sebenarnya aku sudah habis untuk berkata-kata, tadi siang harapan aku mungkin 100 persen karena mungkin mama lemah, tapi pas masuk harapan itu hilang. Walau tidak hilang semua masih ada harapan. Tertundalah itu aja kali yang mungkin bikin mama sedih. Mungkin memang belum diizinkan untuk keluar kali. Paling kita berdoa," ibunda Kriss Hatta mengakhiri.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Kronologi Bentrok Warga dan Massa Diduga dari Perguruan Silat di Banyuwangi

Posted: 08 Aug 2019 09:30 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Belasan rumah warga di Desa Sukorejo, Kecamatan Bangorejo, Banyuwangi, rusak oleh massa yang diduga dari sebuah perguruan silat, Jumat (9/8/2019) dini hari. 

Kepala Polres Banyuwangi, AKBP Taufik Herdiansyah Zeinardi menuturkan, sweeping kelompok yang diduga dari perguruan silat ini berawal dari bentrok warga Minggu 4 Agustus 2019. Saat itu, sebuah kelompok perguruan silat menggelar acara pengesahan kenaikan tingkat di salah satu kecamatan.

"Saat mereka kembali ke tempat tinggalnya di kecamatan lain, pukul 18.30 WIB, mereka lewat di Desa Sukorejo Kecamatan Bangorejo. Ada masyarakat Sukorejo yang berkumpul saat itu, nah, bentrok di situ," kata Taufik ketika dihubungi Liputan6.com, Jakarta, Jumat (9/8/2019).

Dia menduga, luapan emosi warga itu merupakan akumulasi dari beberapa kejadian sebelumnya. Dia yakin, masyarakat tidak akan terpancing jika tak ada penyebab.

"Mungkin ada akumulasi. Mereka kan lewat di situ, lalu lalang. Masyarakat tidak akan serang dulu kan tentunya jika tidak ada sesuatu yang melatarbelakangi. Itu yang sedang kita selidiki," tutur Taufik soal bentrok warga dan massa perguruan silat.

 

Penindakan Hukum

Ilustrasi Foto Penangkapan (iStockphoto)

Taufik mengatakan, pada kejadian Minggu lalu, ada dua orang terluka. Sang pelaku juga telah ditangkap pada Minggu malam.

"Pukul 20.00 WIB itu 1 pelaku sudah ditangkap sebenarnya," kata Taufik.

Malam itu juga, polisi memediasi warga dengan massa yang diduga dari perguruan silat tersebut untuk menyelesaikan masalah.

"Karena pihak perguruan tidak hadir, saya temui di padepokan. Mereka minta si pelaku minta ditangkap karena identitasnya sudah disampaikan sebelumnya," ujar Taufik.

 

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Sri Mulyani Ungkap Penyebab Lambatnya Pertumbuhan Investasi RI

Posted: 08 Aug 2019 09:30 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Menteri Keuangan, Sri Mulyani Indrawati, mengatakan salah satu penyebab perlambatan investasi dikarenakan ekonomi Indonesia masih belum efisien. Hal ini pun ditandai dengan ratio Incremental Capital Output Ratio (ICOR) Indonesia yang juga belum menunjukan peranannya.

Menteri Sri Mulyani mengakui meski ICOR Indonesia berada di atas rata-rata negara Asia yakni di kisaran 6 persen namun jauh dibandingkan dengan China yang berada di atas 8 persen. Pertumbuhan China menjadi tinggi karena produksi output yang dihasilkan jauh lebih rendah dari input yang masuk.

 

ICOR sendiri merupakan rasio penambahan modal dengan penambahan pengeluaran. ICOR bisa menjadi salah satu parameter yang menunjukkan tingkat efisiensi investasi di suatu negara.

"Untuk Indonesia berbagai faktor fundamental yang mempengaruhi ICOR adalah Sumber Daya Mansuia (SDM). Karena terkendala masalah pendidikan relatif rendah dan skill terbatas," kata Sri Mulyani dalam katanya dalam Seminar Nasional Transformasi Ekonomi untuk Indonesia Maju, di Hotel Borobudur, Jakarta, Jumat (9/8).

Atas dasar ini lah, pemerintah terus mendorong kebijakan fiskalnya dengan memprioritaskan SDM agar mampu berdaya saing global. Sehingga peningkatan-peningatan baik itu pertumbuhan dan investasi dapat terus berada setingkat negara-negara maju.

"Untuk itu belanja di sektor pendidikan maupun kualitas belanjanya. 20 persen belanja APNN kita. Untuk bisa gunakan Rp 495 triliun dalam optimalkan masalah SDM," jelas Sri Mulyani.

Meski pemerintah telah menggelontorkan 20 persen APBN untuk SDM melalui sektor pendidikan namun masih belum dirasa optimal. Sebab, pemerintah sendiri dohadapkan dengam berbagai persoalan mengenai kualitas pengelolaan sekolah, biaya operasi sekolah, hingga kapsitas tenaga pengajar.

"Kita sudah hampir 10 tahun adopsi anggaran pendidikan hasilnya tidam seperti di Vietnam. Dari tes tidak memuaskan seperti yang diharapkan. Anggaran tetap tapi bagaimana kita gunakan dengan baik," pungkasnya.

 

Reporter: Dwi Aditya Putra

Sumber: Merdeka.com

 

Sri Mulyani Perkirakan Investasi Bakal Melaju di Semester II 2019

Menkeu Sri Mulyani memberi sambutan saat seremonial pembangunan Kantor Pusat Otoritas Jasa Keuangan (OJK) di Jakarta, Selasa (2/4). Gedung Indonesia Financial Center diperuntukkan bagi OJK dan Kementerian Keuangan. (Liputan6.com/Angga Yuniar)

Menteri Keuangan (Menkeu) Sri Mulyani Indrawati mengakui kalau dari sisi komposisi, saat ini konsumsi rumah tangga maupun dari belanja pemerintah masih sangat tinggi di kuartal II 2019. Karena itu, ia berharap pada investasi dan ekspor untuk ditingkatkan dalam menggenjot pertumbuhan ekonomi.

"Untuk eskpor tentu berkaitan dengan kondisi global dan kinerja ekspor kita masih jauh, namun dari sisi investasi tentu kita berharap sesudah adanya siklus politik ini di kuartal II, maka kuartal III akan mulai pick up," kata Sri Mulyani dikutip dari laman Setkab, Selasa (5/8/2019).

Menurut Sri Mulyani, beberapa indikator yang sebetulnya menunjukkan kemungkinan investasi akan pick up. Contohnya Penanaman Modal Asing (PMA) yang sudah tumbuh di atas 9 persen pada kuartal II.

"Saya masih cek di sektor keuangan serta pertumbuhan kredit maupun belanja dari capital dari perusahaan-perusahaan. Sebetulnya mereka relatif cukup positif. Jadi mungkin nanti akan terekam di kuartal III dan IV untuk investasi ya," terang Sri Mulyani.

Jika dilihat dari komposisi yang disampaikan oleh Badan Pusat Statistik (BPS), menurut Sri Mulyani, dua hal yang kuat adalah konsumsi rumah tangga yang 5,17 dan belanja pemerintah.

"Itu semua konsisten dengan belanja APBN kita. Di semester kedua kita harap harusnya indikator investasi maupun ekspor yang bisa pick up, gitu ya," pungkas Menkeu seraya berharap pada semester II tahun 2019 ini pertumbuhan ekonomi bisa mencapai 5,2 persen.

Tumbuh 5,05 Persen

Gedung bertingkat mendominasi kawasan ibu kota Jakarta pada Selasa (30/7/2019). Badan Anggaran (Banggar) DPR bersama dengan pemerintah menyetujui target pertumbuhan ekonomi Indonesia berada di kisaran angka 5,2% pada 2019 atau melesat dari target awal 5,3%. (Liputan6.com/Angga Yuniar)

Sebelumnya Kepala BPS Dr. Suhariyanto dalam keterangan persnya di kantor BPS Pusat, Senin (5/8) siang mengemukakan, ekonomi Indonesia triwulan II-2019 tumbuh 5,05 persen dibanding triwulan II-2018 (y-on-y). Sementara dibanding dengan triwulan sebelumnya, ekonomi Indonesia tumbuh 4,20 persen.

"Pertumbuhan tertinggi dicapai komponen Pengeluaran Konsumsi Lembaga Non Profit Yang Melayani Rumah Tangga (PK-LNPRT) sebesar 8,23 persen, diikuti Komponen Pengeluaran Konsumsi Pemerintah (PK-P) sebesar 8,23 persen, dan Komponen Pengeluaran Konsumsi Rumah Tangga (PK-RT) sebesar 5,17 persen," jelas Suhariyanto

Adapun pertumbuhan ekonomi pada semester I-2019 mencapai 5,06 persen, atau melemah dibanding dengan pertumbuhan pada periode yang sama tahun 2018 yang mencapai 5,17 persen.

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

FOTO: Aneka Balon Udara Warna-warni Hiasi Langit Inggris

Posted: 08 Aug 2019 09:30 PM PDT

Seorang pilot memeriksa balon udara selama festival tahunan balon udara panas Bristol di Bristol, Inggris (8/8/2019). Festival balon udara ini diadakan selama empat hari dari 8-11 Agustus 2019. (Ben Birchall/PA via AP)

Seorang pilot memeriksa balon udara selama festival tahunan balon udara panas Bristol di Bristol, Inggris (8/8/2019). Festival balon udara ini diadakan selama empat hari dari 8-11 Agustus 2019. (Ben Birchall/PA via AP)

Sejumlah balon udara lepas landas massal selama festival tahunan balon udara panas Bristol di Bristol, Inggris (8/8/2019). Ratusan balon terbang menghiasi langit Inggris dalam festival tahunan balon udara panas Bristol selama akhir pekan mendatang saat cuaca cerah. (Ben Birchall/PA via AP)

Sejumlah balon udara lepas landas massal selama festival tahunan balon udara panas Bristol di Bristol, Inggris (8/8/2019). Ratusan balon terbang menghiasi langit Inggris dalam festival tahunan balon udara panas Bristol selama akhir pekan mendatang saat cuaca cerah. (Ben Birchall/PA via AP)

Sejumlah balon bersiap lepas landas massal dalam festival tahunan balon udara panas Bristol di Bristol, Inggris (8/8/2019). Festival balon udara ini diadakan selama empat hari dari 8-11 Agustus 2019. (Ben Birchall/PA via AP)

Sejumlah balon bersiap lepas landas massal dalam festival tahunan balon udara panas Bristol di Bristol, Inggris (8/8/2019). Festival balon udara ini diadakan selama empat hari dari 8-11 Agustus 2019. (Ben Birchall/PA via AP)

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Mengenal Bendera yang Dibawa Enzo Taruna Akmil Blasteran Prancis yang Buat Heboh

Posted: 08 Aug 2019 09:25 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Pakar Studi Islam dari New York University, Amerika Serikat, Ismail Fajrie Alatas, menilai pengaitan bendera yang dibawa Enzo Zens Allie -Taruna Akmil blasteran Prancis, sebagai bendera teroris dan radikal adalah sikap yang kurang tepat. Menurut Ismail, memang tidak bisa dinafikan kalau ada beberapa kelompok teroris yang menggunakan simbol tauhid dengan latar hitam.

"Tapi kan itu tidak serta-merta orang yang menggunakan bendera itu kemudian teroris atau radikal," kata Ismail kala dihubungi Liputan6.com, Jakarta, Kamis (8/8/2019).

Menurutnya tulisan tauhid atau 'Laa Ilaha Illallah' itu merupakan milik semua umat Islam. Jadi sesuatu yang keliru mengaitkan itu dengan terorisme.

Ismail melanjutkan, di kalangan sejarahwan terjadi perdebatan mengenai bendera Islam. Memang, kata Ismail, ada riwayat-riwayat pada awal sejarah Islam yang menyatakan bahwa bendera Nabi Muhammad SAW berwarna hitam.

"Bendera nabi pada saat berperang dan pada saat beliau menaklukkan kota Mekkah itu berwarna hitam. Tapi kalau diteliti lebih lanjut, riwayat-riwayat tersebut dikumpulkan pada imperium Abbasiyah, yang mana khilafah Abbasiyah mengadopsi warna hitam sebagai warna official," tutur Ismail.

Masih menurut suami politikus Tsamara Amany ini, mengatakan pada saat itu tentara Islam tidak punya satu warna, melainkan berbeda-beda. Warnanya terbagi ke dalam legiun-legiun suku.

Karena saat itu, kata Ismail, ketentaraan dalam Islam tidak memiliki tentara profesional (standing army). Tentara-tentara dari berbagai suku tersebut dipimpin oleh panglima. Sistem ini menurut Ismail disebut 'al-tasanud'.

"Walaupun misalnya si panglimanya ini memiliki warna sendiri, tapi bukan berarti suku lain mau mengikuti warna itu. Dia punya warnanya sendiri. Jadi setiap suku itu punya warna-warnanya sendiri," dia memaparkan.

 

Canangkan Warna Hitam

Banner Polemik Bendera Tauhid dan HTI (Liputan6.com/Triyasni)

Panji atau bendera hitam, kata Ismail baru dicanangkan sebagai warna resmi pada kekhilafahan Abbasiyah. Yaitu pada masa Abu Jafar Abdullah bin Muhammad Al Mansur putra dari Muhammad bin Ali bin Abdullah bin Abbas bin Abdul Muthalib.

"Karena ini sudah imperium nih. Kalau imperium kan sudah ada birokrasi dan tentara profesional. Maka sudah bisa disatukan dalam satu warna," jelasnya.

Sebelumnya, Beredar isu bahwa pemuda blasteran Prancis bernama Enzo Zensi Ellie yang lolos akademi militer (Akmil) terpapar radikalisme. Isu ini berawal dari foto dalam akun Facebook Enzo Allié yang membawa panji hitam dengan tulisan Arab 'Laa Ilaha Illallah'.

Saksikan video pilihan di bawah ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Saksikan Exclusive Live Streaming SCTV Timnas Indonesia U-15 vs Vietnam di Vidio

Posted: 08 Aug 2019 09:21 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Timnas Indonesia U-15 akan menghadapi Vietnam pada perebutan peringkat ketiga Piala AFF 2019. Laga ini akan dimainkan di Institute of Physical Education Chonburi Campus Stadium, Chonburi, Jumat (9/8/2019).

Ini menjadi pertemuan kedua bagi Timnas Indonesia U-15 dan Vietnam. Sebelumnya di babak penyisihan, skuat besutan Bima Sakti menang 2-0.

Bima diyakini masih akan mengandalkan susunan pemain yang sama untuk menghadapi Vietnam. Mochamad Faizal Shaifullah bakal diplot sebagai pengatur serangan, sedangkan Marselino Ferdinan dijadikan ujung tombak.

Sementara itu, Vietnam juga masih akan mengandalkan skuat terbaiknya. Vietnam masih bergantung kepada Cai Van Quy dan Pham Van Phong.

Timnas Indonesia U-15 gagal melaju ke final setelah takluk 0-2 dari Thailand. Sedangkan Vietnam menyerah 1-3 dari Malaysia.

Selain di SCTV, Anda dapat menyaksikan pertandingan Timnas Indonesia U-15 vs Vietnam di Piala AFF 2019 melalui exclusive live streaming di Vidio Premier dengan berlangganan di link berikut ini...

Dapatkan cash back Rp 5 ribu dengan menggunakan DANA untuk langganan paket 7 hari seharga Rp 10 ribu. Promo ini berlaku hingga 30 Agustus 2019. Jangan lewatkan pula discount 74 % untuk 2 paket premier pada tanggal 14-17 Agustus 2019.

 

 

Prakiraan susunan pemain

Timnas Indonesia U-15: I Made Putra Kaicen (kiper), Alfin Farhan Lestaluhu, Kadek Arel Priyatna, Marcell Januar Putra (belakang), Marselino Ferdinan, Ruy Arianto, Dimas Juliono Pamungkas, Mochamad Faizal Shaifullah, Wahyu Agong Drajat Mulyono (tengah), Alexandro Felix Kamuru, Muhammad Valeron (depan)

Pelatih: Bima Sakti (Indonesia)

Vietnam (4-4-2): Nguyen Quang Truong (kiper), Ha Van Viet, Tran Dinh Thanh, Nguyen Hai Nam, Cam Ba Thanh (belakang), Vo Anh Quan, Nguyen Dinh Duc, Do Van Chi, La Minh Toan (tengah), Cai Van Quy, Pham Van Phong (depan)

Pelatih: Dinh The Nam (Vietnam)

Saksikan video menarik di bawah ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Prediksi Badak Lampung vs PSS Sleman: Menanti Kebangkitan Laskar Saburai

Posted: 08 Aug 2019 09:20 PM PDT

Lampung - Pertarungan menarik tersaji pada pekan ke-13 Shopee Liga 1 2019. Badak Lampung FC bakal menghadapi PSS Sleman di Stadion Sumpah Pemuda, Bandar Lampung, Jumat (9/8/2019).

Badak Lampung FC punya persiapan yang cukup matang menjelang pertempuran melawan PSS. Wagsley Torres dan kawan-kawan punya waktu selama sebelas hari persiapan lantaran pertandingan kontra Persela Lamongan ditunda. Berbeda dengan kondisi di PSS yang baru saja bertanding empat hari lalu di Samarinda.

Badak Lampung FC, yang kini ditukangi pelatih Milan Petrovic, tentu tak ingin melewatkan keuntungan tersebut. Apalagi mereka akan bertanding di hadapan para pendukung sendiri.

Tim yang sebelumnya bernama Perseru Serui ini untuk sementara berada zona degradasi dengan raihan sembilan poin. Sementara PSS Sleman nyaman di posisi kelima dengan 17 poin. Badak Lampung bakal kembali mengandalkan pemain asingnya seperti Kunihiro Yamashita, Vinicius, dan pemain senior Talaohu Abdul Musafri.

"Kami memang punya banyak waktu untuk mempersiapkan diri dengan batalnya pertandingan melawan Persela. Tapi, kami harus bisa memaksimalkan taktik dan strategi," ungkap pelatih Badak Lampung FC, Milan Petrovic dalam jumpa pers menjelang pertandingan, Kamis (8/8/2019).

Mantan juru taktik Arema ini juga mengaku telah mempelajari peta kekuatan calon lawannya, PSS Sleman. Dirinya menyebut PSS adalah tim yang tidak boleh diremehkan, terbukti dengan mampu meraih hasil yang baik di dua pertandingan tandang.

"Saya sudah mempelajari kekuatan PSS Sleman, dan sudah menyiapkan cara untuk mengalahkan mereka," bebernya.

PSS Harus Waspada

Para pemain PSS Sleman merayakan gol yang dicetak Yevhen Bokhashvili ke gawang Arema FC pada laga Liga 1 2019 di Stadion Maguwoharjo, Sleman, Rabu (15/5). PSS menang 3-1 atas Arema. (Bola.com/Yoppy Renato)

Sementara itu, PSS Sleman sedang menikmati pekan menyenangkan. Dua pertandingan tandang mereka diraih dengan hasil gemilang. Empat poin dibukukan PSS saat mengalahkan Madura United dan mengimbangi Borneo FC.

Namun, situasinya saat ini sedikit berbeda karena sejumlah pemain pilarnya absen. Kapten tim sekaligus bek kanan Bagus Nirwanto dibekap cedera. Sementara Derry Rachman harus menjalani akumulasi kartu kuning.

Nama pemain muda Junius Bate berpeluang masuk starter menggantikan Derry Rachman. Top scorer PSS, Yevhen Bokhasvili, tetap menjadi senjata utama di lini depan, dengan ditopang playmaker Brian Ferreira.

"Ada beberapa pemain cedera dan yang saya bawa adalah yang benar-benar fit. Semoga yang menggantikan menunjukkan kemampuan terbaik," kata pelatih PSS Sleman, Seto Nurdiyantoro.

Pelatih berusia 45 tahun ini turut melemparkan pujian untuk Badak Lampung FC yang disebutnya sebagai tim yang kuat. Terbukti Badak Lampung pernah menahan imbang PSS di Sleman dalam laga pramusim. Badak Lampung juga mampu menang dua laga tandang atas Kalteng Putra (28/5/2019) dan Semen Padang (21/6/2019).

"Mereka juga punya kualitas pemain yang mumpuni. Secara mental mereka baik, dengan bisa menang dalam dua laga tandang berarti kami harus waspada. Kemudian suasana akan berbeda dengan pelatih barunya," tutur Seto.

 

Prakiraan Susunan Pemain

Perseru Badak Lampung (4-3-3): Yoewanto Setya Beny (kiper); Kurniawan Karman, Kunihiro Yamasitha, Miftah Anwar, Rizky Abdiansyah (belakang); Marcus Vinicius Vidal, Aulia Hidayat, Fernandinho (tengah); Jefri Kurniawan, Francisco Torres, T.A Musafri (depan)

Pelatih: Milan Petrovic

PSS Sleman (4-3-3): Ega Rizky (kiper); Jajang Sukamara, Alfonso De La Cruz, Asyraq Gufron, Junius Bate (belakang); Dave Mustain, Brian Ferreira, Guilherme Batata (tengah); Irkham Zahrul Mila, Kushedya Hari Yudo, Yevhen Bokhasvili (depan)

Pelatih: Seto Nurdiyantoro

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Selain Makan, Ini 5 Penyebab Berat Badan Ibu Hamil Naik

Posted: 08 Aug 2019 09:20 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Bagi perempuan yang sedang hamil, kerap mengalami kenaikan berat badan yang begitu drastis. Kenaikan berat badan normal ibu hamil pada trimester pertama, berat badan akan meningkat relatif sedikit atau belum ada peningkatan sama sekali, bahkan berat badan cenderung berkurang karena muntah-muntah.

Namun berat badan ibu hamil akan meningkat tajam saat sudah memasuki trimester ke 2 hingga 3. Penyebab kenaikan berat badan saat hamil tidak hanya dikarenakan tingginya nafsu makan yang sering terjadi pada ibu hamil. 

Selain itu, ada juga beberapa bagian tubuh lainnya yang kerap meningkat atau bertambah seiring dengan betambahnya usia kandungan. Beberapa bagian tubuh yang meningkat jumlahnya ini berguna untuk mengakomodasi kebutuhan janin di dalam perut Anda.

Ya, tidak melulu karena konsumsi makan yang meningkat semasa hamil, ternyata ada beberapa penyebab lainnya yang mengakibatkan berat badan menjadi naik drastis saat sedang hamil. Berikut Liputan6.com, Jumat (9/8/2019) telah merangkum dari berbagai sumber beberapa alasan lainnya tubuh ibu hamil kerap mengalami kenaikan berat badan.

Ukuran Rahim yang Membesar

Ilustrasi Ibu Hamil (iStockphoto)

Saat tidak hamil, rahim seorang perempuan hanya berukuran sebesar jempol saja, yaitu hanya memiliki ketebalan 1,25 cm dan panjang sekitar 7,5 cm dengan berat 50-50 gram.

Namun, saat Anda sedang memasuki masa kehamilan, ketebalan dinding rahim menjadi meningkat. Hal ini mengakibatkan berat rahim selama masa kehamilan bisa mencapai 1-2 kilogram. Ini semua belum termasuk berat janin, pertambahan lemak, bertambahnya produksi air susu ibu, peredaran darah melebar, dan lain sebagainya.

Adanya Air Ketuban

Hamil / Sumber: iStockphoto

Nah, pada perut ibu hamil akan dititipi air yang kerap menyumbang kenaikan berat badan. Ini berupa cairan air ketuban yang bisa mencapai 1 kilogram. Cairan ketuban ini tidak hanya berisikan air saja, melainkan juga mengandung elektrolit, protein, dan nutrisi penting yang membantu tumbuh kembang janin.

Selain itu, cairan ketuban juga berfungsi untuk melindungi bayi dari goncangan di dalam tubuh Anda, serta membuatnya tetap hangat.

Adanya Ari-ari

Ilustrasi Ibu Hamil/copyright shutterstock

Pada ibu hamil, sejak trimester awal tepatnya di minggu pertama, organ berbentuk lempengan ini sudah mulai muncul. Fungsi dari ari-ari ini sangat vital, yaitu sebagai penghantar oksigen dan zat gizi yang bermanfaat bagi proses tumbuh kembang janin.

Nah, ari-ari ini ternyata kerap menyumbang kenaikan berat badan ibu yang sedang hamil 1 hingga 2 kilogram di trimester akhir.

Cadangan Lemak

Ibu Hamil / Sumber: iStockphoto

Selama masa kehamilan, tubuh menyimpan menyimpan cadangan lemak di bagian bokong, pinggul, hingga paha. Nah, cadangan lemak ini yang nantinya akan membantu produk ASI ketika bayi sudah lahir. Pada cadangan lemak yang terdapat di ibu hamil ini ternyata kerap menyumbang kenaikan berat badan saat hamil dari 2,5 kilohgram hingga 5 kilogram.

Berat Bayi

Risiko Berat Badan Berlebih pada Ibu Hamil (Africa Studio/Shutterstock)

Alasan terakhir dan yang paling utama dari kenaikan berat badan saat hamil karena adanya bayi di dalamnya. Ya, bayi yang ada di dalam kandungan Anda bisa menyumbang berat hingga 3,5 kilogram. Maka tak heran kalau berat badan Anda menjadi naik drastis.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Gundala Bakal Tayang di Toronto International Film Festival 2019

Posted: 08 Aug 2019 09:20 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Sebuah pencapaian membanggakan berhasil diraih oleh Gundala. Film yang akan tayang di bioskop Indonesia pada 29 Agustus mendatang ini berhasil menembus ajang bergengsi Toronto International Film Festival 2019.

Dalam festival film besar yang akan berlangsung pada 5-15 September mendatang ini, film Gundala masuk dalam program Midnight Madness. Dilansir dari pernyataan tertulis yang diterima Liputan6.com, film garapan Joko Anwar ini adalah satu-satunya wakil dari Asia Tenggara dalam kategori ini.

Tak hanya ditayangkan, Gundala juga akan bersaing dalam film lainnya untuk memperebutkan People's Choice Awards.

Toronto International Film Festival adalah satu dari lima festival film paling bergengsi dunia dan terkenal sangat ketat dan sulit ditembus. Setiap tahunnya festival ini dikunjungi sekitar 500 ribu penonton. Tahun ini, festival tersebut juga akan menayangkan sejumlah film yang ditunggu-tunggu para penikmat sinema. Dua di antaranya adalah Joker dari Todd Phillips dan Radioactive karya Marjane Satrapi.

Ditanggapi Antusias

Para pemain film Gundala (Bambang E. Ros/Fimela.com)

Salah satu produser Gundala dari Screenplay Films, Wicky V Olindo, menanggapi dengan antusias masuknya Gundala dalam Toronto International Film Festival.

"Suatu kehormatan Gundala bisa terpilih di sebuah festival bergengsi. Tentunya bangga film Indonesia bisa disejajarkan dengan film-film terbaik dari seluruh dunia," tuturnya. Sekadar informasi, film produksi Screenplay Films bertajuk Headshot juga pernah ditayangkan dalam festival ini pada 2016.

Sang sutradara, Joko Anwar, juga bersemangat atas kabar ini. "Ini bukti bahwa secara standar, kualitas film Gundala dapat pengakuan dari publik internasional," tuturnya.

Berita ini juga ditanggapi dengan sangat optimistis oleh Kepala Badan Ekonomi Kreatif, Triawan Munaf. "Film Gundala adalah awal dari serbuan 'local superheroes' yang akan meramaikan jagat perfilman nasional," kata dia.

 

Jagat Sinema Bumilangit

Poster film Gundala.(Screenplay Films/Legacy Pictures)

Seperti diberitakan sebelumnya, Gundala akan memulai sederetan film tentang jagoan dan jawara dari cergam-cergam Indonesia yang disebut Jagat Sinema Bumilangit.

Film yang dibintangi Abimana Aryasatya ini diproduksi Bumilangit Studios, Screenplay Film, dan bekerja sama dengan Legacy Pictures serta Ideosource Entertainment.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Topan Lekima Diprediksi Terjang China dari Taiwan, Tiongkok Siaga

Posted: 08 Aug 2019 09:17 PM PDT

Liputan6.com, Shanghai - Otoritas China, pada Jumat 9 Agustus 2019, telah mengumumkan status siaga menjelang Topan Lekima yang akan menerjang pesisir timur negara itu.

Topan Lekima saat ini tengah menghantam Taiwan, membawa angin ribut dengan kecepatan 190 km/jam.

Pada Sabtu 10 Agustus, Topan Lekima diperkirakan akan bergerak ke China, tepatnya di Provinsi Zhejiang, demikian seperti dikutip dari BBC, Jumat (9/8/2019). Status siaga dirilis oleh provinsi itu, begitu juga dengan Provinsi Jiangsu dan Shandong yang mengeluarkan imbauan serupa.

Kementerian penanganan bencana Tiongkok mengatakan telah mengerahkan tim tanggap darurat ke provinsi tersebut sebagai bentuk persiapan.

Sementara itu, otoritas di Shanghai, kota metropolitan di China timur, juga telah mengimbau warga di wilayah pesisir untuk bersiap mengungsi. Layanan kapal pesiar wisata dan kereta juga ditunda.

Imbauan mengenai potensi banjir di Sungai Yangtze dan Sungai Kuning juga dikeluarkan otoritas China, dengan jangka waktu hingga Rabu pekan depan. Ini juga merupakan bagian dari antisipasi bencana sampingan yang disebabkan oleh Topan Lekima.

Layanan kereta dari ibu kota China, Beijing ke area delta Yangtze juga ditunda menjelang topan.

Biro cuaca China mengatakan Lekima diperkirakan akan melemah pada saat mendarat. Negara ini memiliki sistem peringatan kode warna empat tahap, dengan warna merah mewakili cuaca paling parah.

Sekilas Topan Lekima

Ilustrasi topan (iStock)

Lekima adalah salah satu dari dua topan di Pasifik barat saat ini.

Lebih jauh di timur, Topan Krosa menyebarkan hujan lebat di Kepulauan Mariana Utara dan Guam. Angin ribut itu bergerak ke barat laut dan bisa menghantam Jepang minggu depan, kata peramal cuaca.

Lekima, yang merupakan topan kesembilan tahun ini, menguat menjadi topan super pada hari Rabu. Melewati utara Taiwan pada Jumat 9 Agustus, menyebabkan pembatalan penerbangan, penutupan sekolah dan kantor.

Listrik diputus untuk lebih dari 40.000 rumah dan layanan kereta api kecepatan tinggi di Pulau Formosa itu ditangguhkan di utara kota Taichung, lapor media setempat.

Badai besar datang sehari setelah Taiwan bagian timur dilanda gempa bermagnitudo 6. Para ahli mengatakan bahwa risiko tanah longsor yang dipicu oleh gempa akan semakin teramplifikasi oleh topan yang menumpahkan 900 mm hujan di pegunungan utara Taiwan.

Lekima juga membawa hujan lebat dan angin kencang ke barat daya Jepang pada Jumat 8 Agustus, memutus aliran listrik ke sekitar 14.000 rumah, stasiun televisi NHK melaporkan.

Simak video pilihan berikut:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Perry Warjiyo Sebut Bos The Fed Iri dengan BI, Kenapa?

Posted: 08 Aug 2019 09:15 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Gubernur Bank Indonesia (BI) Perry Warjiyo pagi ini hadir dalam ulang tahun Kemenko Bidang Perekonomian yang ke-54 di Hotel Borobudur, Jakarta.

Hadir dalam acara tersebut, Wakil Presiden RI Jusuf Kalla, Menteri Keuangan Sri Mulyani, Kepala BKPM Thomas Lembong dan Ketua Kadin Rosan Roeslani.

Di sela-sela pidatonya, Perry Warjiyo sempat mengatakan, bos bank sentral Amerika Serikat (AS) The Fed Jeremy Powell, kerapkali iri dengan BI.

Kata dia, Bos The Fed iri dengan hubungan BI yang terbilang harmonis dengan Pemerintah. Padahal, The Fed seringkali memproleh kritik tajam dari Pemerintah AS disana.

"Jeremy Powell iri dengan saya, mereka dikritik pemerintahnya. Kalau kita bisa dilihat BI bagaimana mesranya dengan Pemerintah. Tetapi tetap kami independent selaku bank sentral, tapi kita sangat kuat hubunganya dengan Pemerintah," tuturnya di Jakarta, Jumat (9/8/2019).

Selain itu, Perry juga membahas, setidaknya ada 5 sektor yang perlu digenjot Pemerintah untuk meningkatkan pertumbuhan ekonomi kedepannya. Salah satunya ialah sektor manufaktur.

"Untuk transformasi ekonomi setidaknya ada 5 sektor yang perlu kita dorong. Garmen, food, otomotif, dan elektronik," paparnya.

Destry Damayanti Indikasikan BI Bakal Kembali Longgarkan Suku Bunga

Destry Damayanti berjabat tangan dengan Gubernur Bank Indonesia Perry Warjiyo usai dilantik menjadi Deputi Gubernur Senior Bank Indonesia di Gedung MA, Jakarta, Rabu (7/8/2019). Destry dilantik menjadi Gubernur Senior BI periode 2019-2024. (Liputan6.com/Angga Yuniar)

Deputi Gubernur Senior Bank Indonesia (BI) Destry Damayanti mengatakan kedepan BI masih akan menerapkan kebijakan yang sifatnya akomodatif.

Keputusan ini menyesuaikan dengan ketidakpastian perekonomian global sekaligus menjaga stabilitas ekonomi di domestik. Sebab itu, BI akan melonggarkan kebijakan-kebijakanya.

"Di global, adanya perang dagang AS-Tiongkok telah membuat perlambatan ekonomi dunia kian makin nyata. Itu bisa dilihat dari The Fed yang melonggarkan kebijakan dengan penurunan suku bunga acuannya," tuturnya di Gedung Mahkamah Agung, Rabu (7/8/2019).

Destry melanjutkan, pelonggaran kebijakan BI bertujuan untuk menjaga inflasi di rentang yang terjaga. Selain itu, juga bertujuan menstimulus perekonomian Indonesia kedepannya.

"BI sudah lakukan easy monetary policy dengan penurunan GWM kemarinPerlu kita waspadai dan monitor bagaimana perkembangan yang terjadi di ekonomi global," paparnya.

Sah! Destry Damayanti Jadi Deputi Gubernur Senior BI

Destry Damayanti membacakan sumpah saat dilantik menjadi Deputi Gubernur Senior Bank Indonesia di Gedung MA, Jakarta, Rabu (7/8/2019). Destry Damayanti menjadi Deputi Gubernur Senior BI menggantikan Mirza Adityaswara. (Liputan6.com/Angga Yuniar)

Mahkamah Agung (MA) resmi melantik Destry Damayanti menjadi menjadi Deputi Gubernur Senior Bank Indonesia (BI) periode 2019-2024. Pelantikan dilakukan langsung oleh Ketua Mahkamah Agung RI Muhammad Hatta Ali di Gedung Mahkamah Agung RI pada hari ini, Rabu (7/8/2019).

Ketua MA Hatta Ali menyampaikan berdasarkan surat Keputusan Presiden RI Nomor 74/P/Tahun 2019 tanggal 29 Juli 2019, Destry Damayanti telah diangkat sebagai Deputi Gubernur Senior BI.

"Sebelum memangku jabatan Deputi Gubernur Senior BI wajib mengucapkan sumpah jabatan. Apakah anda bersedia mengucapkan sumpah jabatan menurut agama dan kepercayaan anda?," ujar Hatta Ali kepada Destry saat pelantikan di Gedung Mahkamah Agung RI, Jakarta, Rabu (7/8/2019).

Destry pun menyatakan kebersediaannya untuk mengucapkan sumpah jabatan sebagai Deputi Gubernur Senior BI. Kemudian dia menerima naskah sumpah jabatan dari Mahkamah Agung, Rohaniwan pun mendekatkan Alquran pada Destry Damayanti.

"Demi Allah saya bersumpah bahwa saya untuk menjadi Deputi Gubernur Senior BI langsung atau tidak langsung dengan nama dan dari apapun tidak menjanjikan atau memberikan sesuatu kepada siapapun juga. Saya bersumpah dalam melakukan apapun dalam jabatan ini langsung atau tidak langsung ataupun janji dalam bentuk apapun. Saya bersumpah bahwa saya akan melaksanakan tugas dan kewajiban tugas Deputi Gubernur Senior BI dengan sebaik-baiknya dan penuh tanggung jawab," ujar Destry.

Dengan demikian, saat ini Destry resmi menjadi bagian dari Dewan Gubernur BI, menggantikan posisi Mirza Adityaswara yang telah selesai masa baktinya.

Dalam pelantikan ini, turut hadir Gubernur BI Perry Warjiyo, Ketua Dewan Komisioner Otoritas Jasa Keuanhan (OJK) Wimboh Santoso, Ketua Dewan Komisioner Lembaga Penjamin Simpanan (LPS) Halim Alamsyah dan Agus Harimurti Yudhoyono (AHY).

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

MU Akan Menyesal Lepas Romelu Lukaku

Posted: 08 Aug 2019 09:15 PM PDT

Manchester - Romelu Lukaku resmi meninggalkan Manchester United (MU). Ia pindah ke Inter Milan. Kepindahan ini mungkin akan disesali Setan Merah di kemudian hari menurut analis dari Skysports, Nick Wright.

Striker asal Belgia itu mengalami periode tak mengenakkan di MU pada musim lalu. Ia hanya mencetak 15 gol di 45 penampilan di berbagai ajang. Lukaku gagal mempersembahkan satu trofi apapun buat United.

Suporter Man United dibuat frustrasi karena ketidakmampuan mencetak gol saat klub bersua enam klub rival papan atas. Style permainannya juga jadi sasaran kritik. Walau jika bicara fakta, Lukaku tetaplah seorang striker hebat yang pernah berkiprah di pentas Premier League.

Mengawali karier di Chelsea pada musim 2012-2013, Lukaku kesulitan menembus tim inti. Situasi itu memaksanya keluar dengan status pinjaman sebelum akhirnya pindah dari The Blues dengan status permanen.

Lukaku mencetak 17 gol di musim pertama bersama West Brom dengan status pinjaman. Dari Hawthorns ke Old Trafford, total keseluruhan gol yang ia cetak kini mencapai 129 dalam 262 pertandingan di berbagai ajang.

Performanya terus menanjak dari musim ke musim, dimulai saat resmi berkostum Everton pada 2013-2014 dan terakhir jadi bagian MU.

Torehan 113 gol Lukaku di Premier League  menempatkannya sejajar dengan Ian Wright di jajaran 20 besar penyerang paling subur di Liga inggris.

Pencapaian itu menjadi lebih mengesankan ketika melihat kenyataan ia baru berusia 26 pada bulan Mei lalu.

Tahun lalu, pemain Belgia itu menjadi pemain luar negeri termuda yang jumlah golnya menembus 100 buah. Hanya Michael Owen, Robbie Fowler, Wayne Rooney dan Harry Kane yang mencapai prestasi itu di usia yang lebih muda. Lukaku telah mencetak lebih banyak gol di Premier League dibanding Alan Shearer pada usia yang sama.

Rekor itu semestinya menempatkan Lukaku pada posisi terhormat. Sayangnya, khusus Romelu Lukaku, banyak orang lebih fokus melihat keterbatasannya. Ia kerap mendapat sasaran kritik yang kurang fair di MU, saat tampil canggung di sebuah laga.

Pencetak gol terbanyak di Premier League saat berusia 26 tahun:

  1. Wayne Rooney 126
  2. Harry Kane 125
  3. Michael Owen 122
  4. Robbie Fowler 114
  5. Romelu Lukaku 113
  6. Alan Shearer 112
  7. Cristiano Ronaldo 84
  8. Thierry Henry 83

Fisik yang Terkuras Pasca Piala Dunia

(AFP/Paul Ellis)

Setiap sentuhan yang buruk, setiap momen kesalahan kontrol, cenderung dimanfaatkan oleh para pengkritiknya untuk menstigmakan ia bukan striker bagus.

Momen-momen itu menjadi semakin sering di musim lalu. Orang seperti lupa di musim debutnya ia mencetak 27 gol di Old Trafford! Manchester United jadi runner-up Premier League saat itu.

Romelu Lukaku mungkin baru berusia 26 tahun, tetapi setelah berhasil menembus Anderlecht pada usia 16 tahun, ia sudah bermain secara reguler di tingkat senior selama satu dekade.

Banyaknya pertandingan yang telah ia mainkan (hampir 500 laga), sangat luar biasa untuk pemain seusianya. Totalnya termasuk 81 penampilan bersama Timnas Belgia.

Musim panas lalu, setelah musim domestik yang mengesankan di Manchester United (bermain di 51 laga), ia langsung tancap gas melakoni laga-laga Piala Dunia di Rusia. Timnas Belgia menyudahi turnamen dengan berada di peringkat tiga besar, di atas Timnas Inggris yang hanya jadi semifinalis tanpa raihan medali.

Dia tampil mengesankan di Rusia, tentu saja, menjadi pemain pertama yang mencetak dua gol dalam pertandingan Piala Dunia berturut-turut sejak Diego Maradona tertentu pada tahun 1986. Tetapi tidak mengherankan bahwa beban kerja mengambil banyak korban. Lukaku telah mengakui bahwa rentetan pertandingan yang ia jalani memicu masalah setelahnya.

"Di Premier League, saya tidak bisa bermain dengan kondisi kebugaran  yang sama dengan sepak bola internasional," katanya pada bulan Desember silam.

"Itu adalah sesuatu yang ketika saya kembali saya langsung tahu. Saya tidak bermain dengan intensitas atau agresi yang cukup. Kondisi kebugaran saya tidak dalam kondisi idel, pada dasarnya."

Komentar itu datang hanya beberapa minggu setelah masalah cedera hamstring yang membuatnya menepi sementara. Pasca itu dia menghabiskan sisa musim bermain mengejar ketinggalan dari penyerang-penyerang lain yang ada di Manchester United.

Ia kesulitan menemukan bentuk permainan terbaik karena masalah cedera, ambil contoh penampilan menawannya ketika menjebol dua kali gawang PSG di Liga Champions pada bulan Maret. Setelahnya ia kembali diganggu cedera hamstring. Di dua laga pertandingan terakhir musim lalu ia absen tanpa bisa berbuat apa-apa.

Sosok yang Amat Profesional

(AFP/Oli Scarff)

Perasaan Lukaku yang kurang fit memicu kritik dari beberapa kalangan, tetapi pertanyaan tentang profesionalismenya dinilai amat tidak beralasan bagi orang-orang yang mengenalnya selama ini.

Roberto Martinez, pelatih Timnas Belgia, memuji "hasrat dan disiplinnya" di Everton. Jose Mourinho sering memuji "sikapnya yang fantastis" di Manchester United. Baru-baru ini di bulan Maret, Ole Gunnar Solskjaer menggemakan kata-kata Mourinho ketika membicarakan pekerjaan ekstra Lukaku di lapangan pelatihan.

Ciri-ciri itu jelas bagi rekan satu tim dan juga pelatih. "Tekadnya untuk meningkatkan kemampuannya adalah contoh baik terbesar yang saya tiru," kata Marcus Rashford, penyerang utama Manchester United yang membuat Lukaku terpinggirkan. 

"Dia selalu ingin memperbaiki dirinya sendiri. Ketika dia melakukannya, itu mendorong orang lain untuk menjadi lebih baik," timpal Rashford lagi.

Gaya permainan Lukaku kerap dianggap kuno di era kekinian sepak bola. Ujung tombak yang kaku terlalu mengandalkan pasokan umpan dari lini kedua.

Padahal fakta itu mentah jika melihat kenyataan bahwa Lukaku adalah pemain yang produktif dan juga pemasok umpan yang trengginas.

Siapa Bilang Ia Striker yang Kaku

(AP/Owen Humphreys)

Sejak musim 2012-2013, ia telah memberikan 34 assist di Liga Inggris. Satu-satunya striker yang bisa mengunggulinya dalam rentang waktu yang sama adalah Sergio Aguero, yang mengoleksi 35 assist, dan Wayne Rooney, dengan 38 assist, karena ia sering difungsikan sebagai gelandang serang.

Lukaku memberikan demonstrasi yang bagus tentang kemampuan teknisnya yang diremehkan dalam penampilan terakhirnya di United.

Setelah menerima umpan Paul Pogba dalam posisi kiri-dalam, ia mengirim chip yang cerdas dan cekatan ke Luke Shaw, yang cut-back-nya dikonversi oleh Juan Mata menjadi gol.

Itu bukti lebih lanjut bahwa, ia bukan pemain yang kaku. Romelu Lukaku jauh lebih efektif ketika menghadapi pertahanan daripada bermain dengan punggungnya.

Striker penyumbang assist terbanyak di Premier League sejak musim 2012-2013:

  1. Wayne Rooney 38
  2. Sergio Aguero 35
  3. Romelu Lukaku 34
  4. Marko Arnautovic 33
  5. Alexis Sanchez 31

Bahkan, banyak pertunjukan terbaik dalam karirnya datang dari jauh di sebelah kanan, di mana kecepatan dan keterusterangannya dapat dimanfaatkan untuk efek yang menghancurkan pada serangan balik.

Dia telah menghancurkan Arsenal dua kali dari posisi itu (satu kali di Piala FA bersama Manchester United musim lalu dan satu kali dengan Everton pada 2014) - dan dia bahkan lebih mengesankan di sana di Belgia 2-1 atas Brasil di perempat final Piala Dunia tahun lalu, menyiksa dua bek Tim Samba, Marcelo dan Miranda, dan memberikan assist untuk gol penentu Kevin de Bruyne.

Namun, satu musim yang sulit kemudian, dan Manchester United telah memutuskan melepasnya.

Mungkin memang sang pemain memang tidak cocok untuk mereka. Mungkin mereka akan muncul lebih kuat di musim depan. Tapi yang pasti adalah bahwa Lukaku meninggalkan sepak bola Inggris sebagai salah satu striker paling produktif di Liga Premier. Prestasinya boleh saja diremehkan, tetapi warisan yang ditinggalkan akan tetap ditorehkan sejarah.

Sumber: Skysports

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Klasemen Piala AFF U-18 2019: Indonesia U-18 Kukuh di Puncak

Posted: 08 Aug 2019 09:11 PM PDT

Jakarta - Persaingan di Grup A Piala AFF U-18 2019 masih sengit. Sukses Timnas Indonesia U-18 mengalahkan Timor Leste 4-0 di laga kedua yang digelar Kamis (8/8/2019) membuat tim asuhan Fakhri Husaini itu kokoh di puncak klasemen. Mereka dibayangi Myanmar di posisi kedua.

Timnas Indonesia U-18 berada di puncak klasemen dengan enam poin dari dua laga. Setelah mencukur Filipina dengan skor 7-1 di laga pertama, Timnas Indonesia U-18 menang telak 4-0 atas Timor Leste pada laga kedua. Hal tersebut membuat Tim Garuda Muda kukuh di puncak klasemen.

Namun, posisi Bagus Kahfi dkk. tetap belum aman. Myanmar membayangi dari peringkat kedua dengan jumlah poin yang sama tapi kalah dari selisih dan produktivitas gol. Myanmar meraih enam poin setelah menang 4-1 atas Filipina dalam laga kedua mereka. Sementara pada laga pertama, Myanmar menang 3-1 atas Laos.

Timor Leste yang kalah dari Timnas Indonesia U-18 dan Laos yang kalah dari Myanmar di pertandingan pertama Piala AFF U-18 menguntit di posisi ketiga dan keempat dengan tiga poin. Timor Leste meraih tiga poin dari kemenangan di laga pertama mereka, yaitu 7-2 atas Brunei. Sementara Laos menang tipis 1-0 atas Brunei di laga kedua.

Brunei Darussalam dan Filipina pun berada di posisi dua terbawah dengan tanpa poin dalam dua laga yang sudah mereka mainkan. Timnas Indonesia U-18 pun diyakini masih akan tetap kukuh di puncak klasemen Piala AFFU-18 karena akan menghadapi Brunei dalam laga selanjutnya yang digelar pada Sabtu (10/8/2019).

Data dan Fakta Piala AFF U-18 2019

Hasil pertandingan kedua Grup A Piala AFF U-18 2019, Kamis (8/8/2019)

Laos 1-0 Brunei

(Thanouthong 21')

Indonesia 4-0 Timor Leste

(David Maulana 9', Salman Alfarid 41', Beckham Putra 45'+2, Sutan Zico 77')

Myanmar 4-1 Filipina

(Kaung Khant Kyaw 10', La Min Htew 45', Moe Swe 54', Hein Htet Aung 71' | Tacardon 90'+ 1)

Klasemen sementara Grup A Piala AFF U-18 2019

Klasemen Grup A Piala AFF U-18 2019. (Bola.com/Dody Iryawan)

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Selalu Kompak, Ini 6 Potret Nia Ramadhani dan Asisten Pribadinya

Posted: 08 Aug 2019 09:10 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Artis cantik Nia Ramadhani merupakan salah satu artis yang masih memiliki kegiatan padat di dunia hiburan. Meski telah menikah pada tahun April 2010 silam dan telah dikaruniai 4 orang anak, Nia masih punya segudang aktivitas.

Dari kegiatannya di layar kaca sebagai pembawa acara salah satu program hingga kegiatan lainnya, Nia Ramadhani kerap ditemani Theresa Winathan. Ia adalah asisten pribadi kesayangannya.

Theresa juga tergabung dalam Girls Squad bersama Nia Ramadhani. Tak hanya sebagai orang yang selalu menemani Nia, Theresia juga rekan kerja yang sering tampil kompak bersamanya.

Sama-sama cantik, berikut ini 6 potret kedekatan Nia Ramadhani dan Theresa Winathan yang selalu tampil seru dan kompak dilansir dari akun Instagram oleh Liputan6.com, Jumat (9/8/2019).

1. Theresa Winathan selain menjadi asisten Nia juga jadi rekan kerja dan sahabat dekatnya.

Nia Ramandhani dan Theresa Winathan, kerap tampil kompak. (Sumber: Instagram/@theresawienathan)

2. Mereka berdua kerap menghabiskan waktu bersama hingga liburan.

Nia Ramandhani dan Theresa Winathan, kerap tampil kompak. (Sumber: Instagram/@theresawienathan)

3. Sama-sama cantik, Nia dan Theresa bahkan terlihat seperti kakak adik ya?

Nia Ramandhani dan Theresa Winathan, kerap tampil kompak. (Sumber: Instagram/@theresawienathan)

4. Keduanya juga tergabung dalam Girls Squad yang berisi wanita-wanita sosialita.

Nia Ramandhani dan Theresa Winathan, kerap tampil kompak. (Sumber: Instagram/@theresawienathan)

5. Baik Nia dan Theresa, mereka kerap mengunggah foto bersama dengan caption yang menunjukkan keakraban mereka.

Nia Ramandhani dan Theresa Winathan, kerap tampil kompak. (Sumber: Instagram/@ramadhaniabakrie)

6. Meski jarang disorot media, Theresa Winathan juga punya selera fashion seperti Nia lho!

Nia Ramandhani dan Theresa Winathan, kerap tampil kompak. (Sumber: Instagram/@theresawienathan)

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Gempa 50 Ribu Kali Selama 3 Bulan, Status Gunung Slamet Jadi Waspada

Posted: 08 Aug 2019 09:08 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Aktivitas Gunung Slamet mulai meningkat sejak 1 Juni 2019 dan terus berlangsung hingga 8 Agustus 2019. Pantauan dari Pos PGA Gunung Slamet di Desa Gambuhan, Kecamatan Pulosari, Kabupaten Pemalang, asap kawah berwarna putih dengan intensitas tipis hingga tebal teramati dengan maksimum ketinggian 300 m dari atas puncak.

Gempa hembusan terjadi sebanyak 51.511 kali. Selain itu terjadi gempa tektonik lokal sebanyak 5 kali dan gempa tektonik jauh sebanyak 17 kali selama Juni hingga 8 Agustus.

"Selain gempa-gempa tersebut, pada akhir Juli 2019 mulai terekam getaran tremor dengan amplitudo maksimum 0.5-2 mm. Getaran Tremor ini masih terjadi hingga saat pelaporan. Energi kegempaan terdeteksi meningkat, secara gradual," demikian disampaikan Pusat Vulkanologi dan Mitigasi Bencana Geologi, Badan Geologi Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral dalam siaran persnya, Jumat (9/8/2019).

Pengukuran suhu mata air panas pada 3 lokasi menunjukkan nilai 44,8 hingga 50,8 derajat selcius. Nilai ini pada pengamatan jangka panjang berfluktuasi dan menunjukkan kecenderungan naik dibandingkan dengan pengukuran sebelumnya.

Dengan demikian, terjadi peningkatan aktivitas secara kegempaan dan deformasi yang cukup signifikan, namun secara visual belum teramati adanya gejala erupsi. Potensi erupsi dapat terjadi sewaktu-waktu.

Sementara, potensi bahaya Gunung Slamet adalah erupsi magmatik yang menghasilkan lontaran material pijar yang melanda daerah di sekitar puncak di dalam radius 2 km. Bisa juga erupsi freatik dan hujan abu di sekitar kawah berpotensi terjadi tanpa ada gejala vulkanik yang jelas.

Berdasarkan data tersebut, PVMBG berkesimpulan terjadi peningkatan yang cukup signifikan dan perlu diantisipasi jika terjadi erupsi, sehingga tingkat aktivitas Gunung Slametdinaikkan dari Level I (Normal) menjadi Level II (Waspada) terhitung sejak hari ini, 9 Agustus 2019 pukul 09.00 WIB.

Imbauan kepada masyarakat

Untuk itu, PVMBG mengimbau masyarakat dan wisatawan tidak beraktivitas dalam radius 2 km darikawah puncak Gunung Slamet.

Pemerintah Daerah, BPBD Provinsi dan Kabupaten agar senantiasa berkoordinasi dengan Pos PGA Slamet di Desa Gambuhan, KecamatanPulosari, Kabupaten Pemalang atau Pusat Vulkanologi dan Mitigasi Bencana Geologi di Bandung.

Saksikan video pilihan berikut ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Memori 512 GB Kunci Milenial Raih Eksistensi di Segala Bidang, Kok Bisa?

Posted: 08 Aug 2019 09:07 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Memori internal merupakan komponen penting dalam sebuah smartphone. Beberapa tahun ke belakang, kapasitas memori internal bukanlah menjadi faktor utama memilih smartphone. Umumnya pengguna gadget lebih mengutamakan kamera, ram, prosesor, desain, baterai, dan mungkin barulah memori internalnya.

Bahkan, memori internal yang besar belum dianggap perlu karena keberadaan memori eksternal dengan harga yang terjangkau. Namun, memasuki era digital dan perkembangan industri kreatif saat ini serta tuntutan untuk lebih produktif dapat bekerja dimana pun dan kapan pun membuat smartphone dengan memori besar mulai dibutuhkan.

Berikut ini beberapa keuntungan memiliki memori smartphone lebih besar dari yang sebelumnya hanya 32GB sampai 128GB.

1. Menyimpan lebih banyak file

(foto: Shutterstock)

Berkat kapasitas memori yang besar, smartphone dapat menyimpan segala hal terkait pekerjaan maupun hobi. File-file presentasi, foto, musik, video, bahkan film berukuran 4K pun bisa disimpan tanpa perlu khawatir. Kamu juga bisa menghemat waktu karena tanpa perlu menghapus file lain atau memindahkannya ke laptop dan komputer. Waktu kamu jadi lebih produktif dan melakukan sesuatu yang lebih bermanfaat.

2. Buka dan simpan file lebih cepat

(foto: Shutterstock)

Kamu bisa lebih cepat membuka dan menyimpan file-file daripada menggunakan memori eksternal yang dapat mengganggu kecepatan kinerja smartphone. Penyimpanan di dua memori internal dan eksternal juga menyebabkan kamu kesulitan menemukan film yang tersimpan. Semakin banyak file dan aplikasi, makin sulit menemukannya di smartphone.

3. Download dokumen tanpa perlu khawatir

Dengan memori yang besar, kamu bisa mendownload dokumen pekerjaan, foto atau bahkan video apapun, tanp perlu khawatir harus membuka laptop terlebih dahulu. Kamu pun jadi bisa mengecek pekerjaan lebih cepat bukan?

4. Merekam momen dan membuat konten lebih banyak

(foto: Shutterstock)

Memiliki memori internal yang lega membuat kamu jadi lebih tenang saat merekam setiap momen. Jepret foto sebanyak apapun dengan kualitas terbaik, begitu juga bagi para content creator yang dituntut membuat video berkualitas dan resolusi tinggi atau berkualitas 4K.

Namun, merekan video berkualitas 4K harus ditebus konsumsi memori yang besar, sebab untuk video 4K yang direkam selama 1 jam bisa memakan memori hingga 22,5GB. Dengan memori besar, kamu tidak harus buru-buru memindahkan data ke komputer atau laptop kalau lagi bikin vlog. Buat orang tua yang suka membuat video anak-anak pun tidak perlu khawatir smartphone cepat kehabisan memori.

5. Simpan game dan update aplikasi lain dengan tenang

(foto: Shutterstock)

Memori yang besar memberikan keuntungan tersendiri untuk bermain gim. Bebas download dan update semua game favorit. Mulai dari gim-gim kecil hingga berukuran lebih dari 2 GB seperti Fortnite dan PUBG Mobile. Koleksi aplikasi pun jadi lebih banyak kalau punya memori yang lega.

Buat kamu yang ingin eksis di segala bidang terutama industri digital seperti content creator, youtuber, vlogger, selebgram, stategis marketing, planner hingga e-commerce sudah waktunya membekali diri dengan smartphone yang memiliki memori besar. Tak cukup hanya di 128GB atau 256GB, kamu perlu tingkatkan lagi menjadi 512GB untuk merasakan pengalaman yang lebih baik.

Apalagi smartphone kini seolah menggantikan peran komputer atau laptop. Banyak hal yang sebelumnya hanya bisa dilakukan di komputer dan laptop, kini bisa melalui smartphone. Mulai dari mengetik, membuat slide presentasi, mengedit foto dan video, mendengarkan musik dan menonton film, bermain game, mengunduh aplikasi, termasuk menyimpan data berukuran besar di smartphone dan masih banyak lagi manfaatnya.

Saatnya move one ke smartphone berkapasitas memori internal besar.

 

(Adv)

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Cek Tarif Tol Pandaan-Malang yang Mulai Berlaku 9 Agustus

Posted: 08 Aug 2019 09:06 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - PT Jasa Marga Tbk mulai memberlakukan tarif tol pada Jalan Tol Gempol Pandaan (Pandaan IC-Pandaan) dan Pandaan-Malang (Pandaan-Singosari) pada 9 Agustus pukul 00.00 WIB .

Penerapan tarif tersebut berdasarkan  Keputusan Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat Nomor 712/KPTS/M/2019 dan Nomor 713/KPTS/2019.

Tarif untuk Jalan Tol Pandaan-Malang seksi I-III (Pandaan-Singosari) sepanjang 30,625 KM. Kemudian Jalan Tol Gempol-Pandaan Tahap II (Pandaan IC-Pandaan) yang merupakan akses menuju Jalan Tol Pandaan-Malang sepanjang 1,5 KM resmi diberlakukan. Kedua ruas jalan itu telah uji coba pengoperasian tanpa tarif tol sejak 14 Mei 2019.

Mengutip instagram@ official.jasamarga, tarif tol tersebut antara lain:

Pandaan IC-Purwodadi:

Golongan I: Rp 15.500

Golongan II: Rp 23.000

Golongan III: Rp 23.000

Golongan IV: Rp 31.000

Golongan V: Rp 31.000

Pandaan IC-Lawang:

Golongan I: Rp 22.500

Golongan II: Rp 33.500

Golongan III: Rp 33.500

Golongan IV: Rp 45.500

Golongan V: Rp 45.500

Pandaan IC-Singosari:

Golongan I: Rp 29.000

Golongan II: Rp 43.500

Golongan III: Rp 43.500

Golongan IV: Rp 58.000

Golongan V: Rp 58.000

Purwodadi hingga Pandaan IC

Jalan Tol Pandaan-Malang Seksi I-III sepanjang 30,6 km.

Purwodadi-Lawang:

Golongan I: Rp 7.000

Golongan II: Rp 11.000

Golongan III: Rp 11.000

Golongan IV: Rp 14.500

Golongan V: Rp 14.500

Purwodadi-Singosari:

Golongan I: Rp 13.500

Golongan II: Rp 20.500

Golongan III: Rp 20.500

Golongan IV: Rp 27.000

Golongan V: Rp 27.000

Purwodadi-Pandaan IC:

Golongan I: Rp 15.500

Golongan II: Rp 23.000

Golongan III: Rp 23.000

Golongan IV: Rp 31.000

Golongan V: Rp 31.000

 

Selanjutnya

Jalan Tol Pandaan - Malang mampu memangkas jarak tempuh perjalanan Surabaya - Malang (Liputan6.com/Zainul Arifin)

Lawang-Singosari:

Golongan I: Rp 6.500

Golongan II: Rp 9.500

Golongan III: Rp 9.500

Golongan IV: Rp 13.000

Golongan V: Rp 13.000

Lawang-Purwodadi:

Golongan I: Rp 7.000

Golongan II: Rp 11.000

Golongan III: Rp 11.000

Golongan IV: Rp 14.500

Golongan V: Rp 14.500

Lawang-Pandaan IC:

Golongan I: Rp 22.500

Golongan II: Rp 33.500

Golongan III: Rp 33.500

Golongan IV: Rp 45.500

Golongan V: Rp 45.500

Singosari-Lawang:

Golongan I: Rp 6.500

Golongan II: Rp 9.500

Golongan III: Rp 9.500

Golongan IV: Rp 13.000

Golongan V: Rp 13.000

Singosari-Purwodadi:

Golongan I: Rp 13.500

Golongan II: Rp 20.500

Golongan III: Rp 20.500

Golongan IV: Rp 27.000

Golongan V: Rp 27.000

Singosari-Pandaan IC:

Golongan I: Rp 29.000

Golongan II: Rp 43.500

Golongan III: Rp 43.500

Golongan IV: Rp 58.000

Golongan V: Rp 58.000

 

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Miliki Banyak Keutamaan, Ini Niat Puasa Idul Adha

Posted: 08 Aug 2019 09:05 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Pada Minggu, 11 Agustus 2019, seluruh umat Islam di dunia akan merayakan Idul Adha 1440 Hijriah. Hari Raya Idul Adha ini juga seringkali disebut sebagai Hari Raya Kurban atau Lebaran Haji.

Pada saat Idul Adha tanggal 10 Dzulhijah, seluruh umat muslim yang sedang berhaji juga melaksanakan ibadah puncaknya di Tanah Suci.

Namun, bagi yang tidak melaksanakan ibadah haji, Anda bisa melakukan puasa sunah. Karena, ada amalan puasa sunah yang dianjurkan dilakukan oleh umat Islam saat Dzulhijah.

Ada tiga jenis puasa sunah yang dianjurkan dilakukan itu. Ketiganya yakni puasa 1-7 Dzulhijah, puasa tarwiyah, dan puasa arafah.

Ketiganya memiliki keutamaan-keutamaan dan niat yang berbeda. Berikut niat dan keutamaan puasa sunah yang dilakukan saat bulan Dzulhijah jelang Idul Adha:

 

Puasa 1-7 Dzulhijah

Ilustrasi buka puasa dengan kurma (sumber: iStock)

Amalan puasa sunah pertama yang bisa dilakukan adalah saat tanggal 1-7 Dzulhijah. Puasa ini dikerjakan dari tanggal 1 hingga 7 Dzulhijah.

Puasa sunah ini merupakan salah satu amalan yang dianjurkan dikerjakan umat Islam pada 10 hari pertama bulan Dzulhijah.

Adapun niat saat puasa 1-7 Dzulhijah yaitu:

نَوَيْتُ صَوْمَ شَهْرِ ذِيْ الْحِجَّةِ سُنَّةً لِلَّهِ تَعَالَى

Nawaitu shouma syahri dzil hijjah sunnatan lillahi ta'ala

Artinya:

"Saya niat puasa sunah bulan Dzulhijah karena Allah Ta'ala"

 

Puasa Tarwiyah

Ilustrasi berbuka puasa (sumber: iStock)

Selain itu, ada juga puasa sunah tarwiyah. Puasa sunah tarwiyah ini dilakukan pada tanggal 8 Dzulhijah atau dua hari sebelum hari raya Idul Adha 10 Dzulhijah.

Keutamaan puasa tarwiyah adalah dapat menghapuskan dosa satu tahun bagi siapa pun yang melakukannya.

Adapun niat saat puasa tarwiyah yaitu:

نَوَيْتُ صَوْمَ تَرْوِيَةَ سُنَّةً لِّلِه تَعَالَى

Nawaitu shouma tarwiyata sunnatan lillahi ta'ala

Artinya:

"Saya niat puasa sunah tarwiyah karena Allah Ta'ala"

 

Puasa Arafah

Ilustrasi makan bersama sahur dan buka puasa (iStockphoto)

Dan terakhir adalah puasa arafah. Puasa arafah ini merupakan salah satu puasa sunah yang sangat dianjurkan, khususnya bagi umat muslim yang tidak beribadah haji.

Puasa arafah memiliki keutamaan yang sangat besar. Oleh karena itu, para ulama memasukkan puasa arafah ke dalam puasa sunah yang sangat dianjurkan atau muakkad.

"Puasa hari arafah dapat menghapus dosa dua tahun yang telah lalu dan akan datang, dan puasa Asyura (tanggal 10 Muharram) menghapus dosa setahun yang lalu," dikutip HR Muslim.

Adapun niat puasa Arafah yaitu:

نَوَيْتُ صَوْمَ عَرَفَةَ سُنَّةً لِّلِه تَعَالَى

Nawaitu shouma arafata sunnatan lillahi ta'ala

Artinya:

"Saya niat puasa sunah Arafah karena Allah Ta'ala"

 

(Desti Gusrina)

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

VIDEO: Serba Serbi Perluasan Ganjil Genap

Posted: 08 Aug 2019 09:04 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Perluasan ganjil genap telah resmi ditetapkan pada Rabu (7/8/2019). Aturan ini menjadi salah satu upaya mengurangi polusi udara di Jakarta.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Astra Honda Motor Hati-Hati Melangkah Soal Industri Motor Listrik di Indonesia

Posted: 08 Aug 2019 09:03 PM PDT

Liputan6.com, Denpasar - Presiden Republik Indonesia (RI), Joko Widodo menandatangani Peraturan Presiden (Perpres) mobil listrik. Dengan begitu, industri otomotif nasional kini sudah mulai harus bergerak menuju perkembangan mobil ramah lingkungan.

"Sudah, saya tandatangani hari Senin pagi," ujar pria yang akrab disapa Jokowi ini usai meresmikan Gedung Sekretariat ASEAN di Jakarta Selatan, seperti dilansir news Liputan6.com, Kamis (8/8/2019).

Peraturan itu tidak saja terkait mobil listrik namun juga kendaraan listrik lainnya. Menyikapi hal tersebut, Astra Honda Motor (AHM) masih belum mau banyak komentar tentang perencanaan mereka menjual motor listrik.

6 bulan lalu AHM telah resmi memperkenalkan dan menyewakan Honda PCX listrik. Tidak sampai di situ, Honda PCX listrik akhirnya dipakai perusahaan transportasi daring untuk armadanya.

"Kami belum lihat draft peraturan itu, apakah memang sama dengan yang sebelumnya diberitakan," ujar Thomas Wijaya, Direktur Pemasaran AHM, semalam di Denpasar, Bali.

Di luar AHM belum berani bereaksi menyikapi peraturan baru tersebut, AHM tetap yakin bahwa apa yang dikeluarkan pemerintah sudah melalui pertimbangan yang matang. "Pastinya pemerintah sudah banyak pertimbangan," tambah Thomas.

Bukan Sekedar Industri Motor Listrik

Astra Honda Motor masih terus mempelajari untuk menjual motor listrik di Indonesia. Setidaknya ada 4 komponen yang menjadi pertimbangan mereka nantinya.

"Industri motor listrik tidak cuma masalah regulasi insentif belaka, ada hal lain yang menyertainya," ujar pria berkacamata ini.

Hal lain yang perlu dipertimbangkan adalah daya dukung insfrastruktur. "Kalau untuk mobil sebaran utamanya ada di Jabodetabek, tapi motor lebih jauh lagi dan butuh infrastruktur yang berbeda."

Selain itu juga perlu diperhatikan adalah kesiapan konsumen. "Behavior juga berpengaruh, tapi yang tidak kalah penting adalah persoalan limbah baterai kendaraan listrik," jelas Thomas. Untuk itu AHM akan terus mempelajari tentang sebelum melangkah di industri motor listrik di Indonesia.

Simak Video Pilihan Berikut Ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Potret Ridwan Kamil Brewokan Disebut Mirip Brad Pitt

Posted: 08 Aug 2019 09:01 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil dikenal sangat aktif membagikan berbagai unggahan melalui media sosial. Tak jarang, ayah dua anak ini juga menampilkan potret sekaligus keterangan yang jenaka.

Lewat salah satu unggahan terbaru, Ridwan Kamil terlihat berfoto dengan Wak Doyok, seorang wirausaha sekaligus pesohor asal Malaysia yang identik dengan tampilan jenggot dan jambangnya.

Dalam potret yang dibagikan pada Kamis, 8 Agustus 2019, Ridwan Kamil tampak mengenakan kemeja biru muda lengan panjang yang dipadu dengan jas warna gelap. Ia juga memakai celana panjang warna senada dan sandal coklat tua.

Ridwan Kamil (dok. Instagram @ridwankamil/https://www.instagram.com/p/B05t1LUARWN/Putu Elmira)

Sedangkan Wak Doyok dalam balutan polo shirt kuning bersama jaket bomber hijau, celana panjang hitam, serta sneakers. Seperti biasa, rambut, kumis, jenggot, serta jambangnya tertata rapi.

Selain penampilan, keterangan potret yang disertakan Ridwan Kamil pun tak kalah mencuri perhatian. Ia pun sukses membuat para warganet penasaran seperti apa gayanya jika brewokan.

"Bertemu @wakdoyok, dan dinasehati agar brewokan. Saya cek pas tua nya seperti apa." tulis Ridwan Kamil.

Disebut Mirip Brad Pitt

Ridwan Kamil (dok. Instagram @ridwankamil/https://www.instagram.com/p/B05t1LUARWN/Putu Elmira)

Pada slide kedua unggahan di Instagram, Ridwan Kamil membagikan potret dirinya dalam balutan seragam sekaligus mengenakan peci hitam dan kaca mata. Yang menjadi sorotan adalah penampilannya yang brewokan.

Tak hanya itu, Ridwan juga mengunggah foto masih dengan brewokan pada slide ketiga. Suami Atalia Praratya ini terlihat mengenakan kemeja biru muda, jas garis-garis biru dongker, serta dasi bermotif yang dibalut nuansa biru dan hitam.

Potret Ridwan Kamil yang brewokan tersebut sukses jadi perhatian warganet. Tidak sedikit dari mereka yang membanjiri kolom komentar dengan pujian serta menyebutnya mirip aktor Amerika ternama.

"Ketampanan meningkat 50%. Okesip," tulis akun irwancihuy. "Handsome banget kang emil," tulis akun pujiedewi. "koyo bradpit," puji akun darapratamaaditya08. "Handsome banget kang Emil ada browok," tulis Wak Doyok.

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Ups, Mitra Instagram Diam-Diam Kumpulkan Stories dan Lokasi Pengguna

Posted: 08 Aug 2019 09:00 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Mitra marketing terpercaya Facebook dan Instagram, HyP3r, diam-diam mengumpulkan dan menyimpan lokasi dan jutaan data lain milik pengguna Instagram.

Apa yang dilakukan oleh Hyp3r ini melanggar kebijakan Facebook. Demikian dilaporkan oleh Business Insider.

Setelah media tersebut melaporkan temuannya kepada Instagram, platform itu lalu mengkonfirmasi, Hyp3r telah melanggar kebijakan layanan mereka. HyP3r telah dihapus dari Instagram.

Dalam pernyataan Facebook kepada TechCrunch yang dikutip Tekno Liputan6.com, Jumat (9/8/2019), juru bicara Facebook menyebut, aksi yang dilakukan Hyp3r itu telah dikenai sanksi karena melanggar kebijakan.

"Sebagai akibatnya, kami menghapus mereka dari platform kami. Facebook juga membuat perubahan yang membantu mencegah perusahaan atau pihak lain punya kemampuan mengakses lokasi dengan cara ini," kata Facebook dalam pernyataan.

Sekadar informasi, Hyp3r memulai bisnisnya sebagai sebuah platform di mana para pengiklan bisa menyasar audiens tertarget. Dalam kasus ini, Hyp3r menggunakan API resmi milik Instagram untuk mengumpulkan data.

Pengumpulan data semacam ini telah terjadi selama bertahun-tahun oleh perusahaan digital. Salah satu yang paling terkenal adalah kasus Cambridge Analytica yang menimpa Facebook dua tahun lalu.

Hyp3r memodifikasi informasi yang didapatkan, tidak hanya lokasi pengguna, tetapi objek apa yang difoto. Mereka kemudian mengkombinasikan demografi tersebut dengan informasi lainnya sehingga iklan yang tertarget yang dihasilkan benar-benar sampai ke targetnya.

Kemudian, pada awal 2018, Instagram telah membatasi akses Hyp3r ke API mereka, terutama ke akses lokasi dan data pengguna.

Meskipun ada laporan yang belum dikonfirmasi, kejadian ini menyebabkan PHK di Hyp3r sesaat setelahnya. Pasalnya, pembatasan akses API tersebut membuat pemasukan Hyp3r berkurang.

Simpan Stories Pengguna Instagram

Ilustrasi Instagram. (via: istimewa)

Menurut laporan Business Insider, Hyp3r mengembangkan perangkat untuk menghindari batasan pada pengumpulan lokasi dan menyimpan Stories milik pengguna.

Jika pengguna mengunggah sesuatu di salah satu dari ribuan lokasi yang dipantau oleh Hyp3r, mereka akan dimasukkan ke profil bayangan (target iklan).

Sekadar informasi, Hyp3r hanya mengumpulkan informasi Stories dari akun publik. Namun demikian, pengguna tentu tidak menghadapkan bahwa datanya diam-diam dikumpulkan oleh perusahaan, tanpa seizinnya.

Bantahan dari Hyp3r

Instagram Adalah Platform Berbagi Foto dan Video (sumber: istockphoto)

Sampai saat ini, Hyp3r masih bisa ditemukan di direktori Marketing Partner resmi Facebook.

Pihak Hyp3r sendiri cukup jelas tentang apa yang dilakukan. Mereka membangun profil berdasarkan lokasi pelacakan dan brand yang mungkin sesuai dengan yang tercantum di Facebook. Ketika laporan ini muncul, hak Marketing Partner-nya dibatalkan oleh pihak Facebook.

Hyp3r mengklaim, mereka "mematuhi peraturan privasi konsumen dan ketentuan layanan Facebook."

Hyp3r juga menekankan bahwa mereka hanya mengakses data pengguna yang memang ditampilkan secara publik, bukan pengguna yang akunnya diprivat.

(Tin/Ysl)

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Anak Hanya Imunisasi yang Dianjurkan Pemerintah, Bolehkah?

Posted: 08 Aug 2019 09:00 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Pemerintah melalui Kementerian Kesehatan memiliki program imunisasi rutin lengkap yang terdiri dari imunisasi dasar dan lanjutan. Amankah jika anak hanya mendapatkan imunisasi dasar lengkap dan lanjutan itu?

"Boleh saja, imunisasi itu (yang diwajibkan pemerintah) yang paling penting untuk melindungi anak dari penyakit infeksi," kata dokter spesialis anak konsultan tumbuh kembang, Hartono Gundardi menjawab pertanyaan warganet dalam Instagram Live Ikatan Dokter Anak Indonesia (IDAI) Jakarta pada Kamis (8/8/2019).

Menurut laman resmi Kementerian Kesehatan RI, untuk imunisasi dasar lengkap, bayi berusia kurang dari 24 jam diberikan imunisasi Hepatitis B (HB-0), usia 1 bulan diberikan (BCG dan Polio 1), usia 2 bulan diberikan (DPT-HB-Hib 1 dan Polio 2).

Lalu, usia 3 bulan diberikan (DPT-HB-Hib 2 dan Polio 3), usia 4 bulan diberikan (DPT-HB-Hib 3, Polio 4 dan IPV atau Polio suntik), dan usia 9 bulan diberikan (Campak atau MR).

Untuk imunisasi lanjutan, bayi bawah dua tahun (baduta) usia 18 bulan diberikan imunisasi (DPT-HB-Hib dan Campak/MR), kelas 1 SD/madrasah/sederajat diberikan (DT dan Campak/MR), kelas 2 dan 5 SD/madrasah/sederajat diberikan (Td).

Rekomendasi Imunisasi Lain dari IDAI

Ilustrasi vaksin/copyright shutterstock

Ada beberapa vaksin yang tidak diwajibkan pemerintah tapi masuk dalam rekomendasi IDAI untuk diberikan pada anak 0-18 tahun. 

"Seperti dari usia yang paling muda dua bulan ada imunisasi rotavirus untuk mencegah diare pada anak, vaskin pneumokokus (atau PCV: Pneumococcal Conjugate Vaccine) yang bertujuan menceh penyakit akibat kuman pneumokokus dengan jadwal 2,4,6 bulan. Ada vaksin influenza juga bisa dimulai dari umur 6 bulan," kata Hartono mencontohkan beberapa imunisasi yang direkomendasikan IDAI.

Namun, jika hanya mendapatkan vaksinasi yang dianjurkan pemerintah saja juga tidak tidak menjadi maslaah. "Jadwal yang dianjurkan pemerintah itu yang paling dibutuhkan anak," katanya.

Saksikan juga video menarik berikut

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Malam Jumat Gelar Konser, Kotak Band Didenda Seekor Kambing di Jambi

Posted: 08 Aug 2019 09:00 PM PDT

Liputan6.com, Sarolangun - Penyelenggaran konser tunggal Kotak Band di Kabupaten Sarolangun, Jambi, terganjal masalah adat dari masyarakat lokal di sekitar lokasi konser. Hal ini lantaran konser tersebut digelar pada malam Jumat. Panitia penyelenggara oleh masyarakat setempat dijatuhi denda adat berupa satu ekor kambing, 20 biji kelapa dan 20 gantang beras.

Wahyu, salah seorang warga di Kelurahan Gunung Kembang, Sarolangun, mengatakan, sejumlah warga dari lima Rukun Tetangga (RT) awalnya keberatan dengan penyelenggaraan konser Kotak Band. Warga merasa keberatan karena konser yang digelar Kamis (8/8/2019) atau malam Jumat itu tidaklah etis.

"Karena keberatan ini kemudian ada lima ketua RT yang tinggal di sekitar lokasi konser menggelar pertemuan dengan panitia. Hasilnya menjatuhkan hukuman denda adat kepada panitia konser," kata Wahyu dihubungi Liputan6.com.

Meskipun sempat dikenakan sanksi adat, konser band yang digawangi Tantri (vocal), Chua (bass), dan Cella (gitar) tetap gelar dan mendapat antusias dari para Kerabat Kotak. Pihak panitia juga telah mengumumkan penyelanggaraan konser bertajuk "Pesta Musik Istimewa" lewat media sosial sehari sebelumnya.

"Setelah melalui perundingan dan sanksi adat itu konser tetap dilaksanakan, dan acara konsernya ramai. Bahkan ada kerabat kotak dari provinsi tetangga yang datang, seperti Kerabat Kotak Padang itu datang," kata Wahyu.

 

Kesepakatan dengan Panitia

Salah seorang ketua RT di Kelurahan Gunung Kembang, Sarolangun, usai pertemuan dengan panitia konser Kotak Band. (Liputan6.com/Gresi Plasmanto)

Sementara itu, Ketua RT 14 Kelurahan Gunung Kembang, Lasdi mengatakan dalam perundingan adat tersebut, pihak panitia menyatakan telah meminta maaf karena keteledoran mereka. Panitia juga sepakat dikenakan denda adat yang memang telah menjadi tradisi masyarakat setempat bagi yang melanggar aturan.

"Secara aturan kami menilai sudah salah, karena hiburan ini dilaksanakan pada malam hari, apa lagi ini acaranya malam Jumat," kata Lasdi.

Menurut keterangan dari pihak panitia, kata Lasdi, penyelenggaraan konser pada malam Jumat ini bukan ditentukan oleh panitia lokal, tetapi yang menentukan dari panitia pusat. Panitia juga sepakat akan turut menjaga keamanan hingga acara konser usai.

Kabupaten Sarolangun, kata Lasdi, mempunyai julukan "Bumi Sepucuk Adat Serumpun Pseko" yang mempunyai hukum adat tersendiri. Bagi siapa pun yang melanggar aturan itu mendapat sanksi adat.

"Kami ketua RT banyak menerima protes dari warga kami karena ada konser musik pada malam Jumat, dan juga tidak koordinasi ke pihak desa ataupun RT setempat. Kami yang merasa punya rumah seharusnya mereka permisi terlebih dahulu," kata Lasdi.

 

Simak video pilihan berikut ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Tidak ada komentar: