Jumat, 23 Agustus 2019

Liputan6 : RSS2 Feed

Liputan6 : RSS2 Feed


Korea Utara Tembakkan Rudal Ketujuh Kalinya, Sinyal Buruk Apa?

Posted: 23 Aug 2019 10:03 PM PDT

Liputan6.com, Seoul - Pemerintah Korea Utara dikabarkan kembali menembakkan apa yang tampak sebagai dua rudal jarak dekat ke laut lepas pantai timurnya pada Sabtu, 24 Agustus 2019. Uji senjata ini adalah yang ketujuh kalinya dari serangkaian peluncuran dalam beberapa pekan terakhir.

Kepala Staf Gabungan Korea Selatan (JSC) mengatakan, rudal ini ditembakkan pukul 06.45 dan 07.00 waktu setempat, masing-masing dari sekitar Sondok, Provinsi Hamgyong Selatan. Sondok adalah situs lapangan terbang militer Korea Utara

"(Kedua rudal) terbang sekitar 380 kilometer dan mencapai ketinggian 97 kilometer," kata JSC.

Seorang pejabat AS mengatakan, dua senjata yang diluncurkan "tampaknya mirip dengan peluncuran dalam beberapa pekan terakhir," lapor Channel News Asia dikutip Sabtu (24/8/2019).

Peluncuran ini disinyalir akan mempersulit upaya untuk memulai kembali negosiasi antara AS - Korea Utara dalam pelucutan senjata nuklir. Padahal sebetulnya pemimpin kedua negara telah bertemu beberapa waktu lalu di perbatasan Korut dan Korsel.

Keduanya telah sepakat untuk memulai kembali perundingan tingkat kerja pada bulan Juni lalu. Namun sejauh ini, AS masih belum berhasil dalam upaya untuk melakukan pembicaraan serius.

Pekan ini akan diadakan pembahasan cara-cara negosiasi di Seoul. Utusan AS untuk Korea Utara Stephen Biegun mengatakan pihaknya telah siap untuk terlibat mengembalikan perundingan "ke jalurnya" setelah mereka mendengar "dari rekan-rekan kami di Korea Utara" katanya pada Rabu pekan ini.

 

Ada Hubungan dengan Latihan Militer AS-Korsel?

Korea Selatan dan Amerika Serikat menggelar latihan militer bersama di Seungjin, Seoul, Rabu (26/4). Latihan gabungan tersebut diselenggarakan berkenaan dengan spekulasi uji nuklir Pyongyang yang ke-enam. (AFP PHOTO / JUNG Yeon-Je)

Dalam beberapa waktu terakhir, Korea Utara gencar melancarkan kritik terhadap latihan militer gabungan Amerika Serikat dan Korea Selatan. Seoul juga sempat mengimpor teknologi tinggi untuk armada militernya, yakni jet siluman F-35. Selain itu, AS juga melakukan pengujian terhadap rudal jelajah jarak menengahnya.

Pada Jumat, diplomat top Korea Utara menyebut Menteri Luar Negeri AS Mike Pompeo sebagai "racun," dengan mengatakan "Kami siap untuk dialog dan kebuntuan."

Latihan Gabungan Telah Berakhir

Sementara itu dari Seoul, Dewan Keamanan Nasional Korea Selatan (NSC) menyatakan "keprihatinan yang kuat" atas peluncuran Korea Utara yang terus berlanjut meskipun fakta bahwa latihan militer gabungan Korea Selatan-AS yang dikecam oleh Pyongyang telah berakhir.

Lembaga itu menyerukan Korea Utara untuk menghentikan meningkatnya ketegangan militer di Semenanjung Korea.

NSC juga setuju untuk melakukan upaya diplomatik untuk membawa Korea Utara ke meja perundingan dengan Amerika Serikat sesegera mungkin untuk denuklirisasi Semenanjung Korea, kata kantor kepresidenan Korea Selatan dalam sebuah pernyataan.

 

Simak Video Pilihan Berikut:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Ketika Generasi Milenial Borong Buku untuk Dipajang di Medsos

Posted: 23 Aug 2019 10:00 PM PDT

Liputan6.com, Yogyakarta - Orang kerap salah sangka pada era digitalisasi. Mereka mengira kaum milenial sudah jauh dari buku dan lebih sibuk dengan gawainya. Asumsi itu dipatahkan oleh sastrawan Agus Noor dalam pembukaan MocoSik 2019, festival buku dan musik, di Jogja Expo Center (JEC) Yogyakarta, Jumat (23/8/2019).

"Koran mungkin turun, tetapi buku justru tumbuh," ujarnya.

Ia membandingkan buku sastra zaman Pramoedya Ananta Toer dan WS Rendra dicetak 3.000 buah hanya laku 100 dalam tiga tahun. Saat ini, buku sastra dalam sekali terbit bisa ludes dalam beberapa hari.

"Orang sekarang suka beli buku karena dipotret dan dipasang di Instagram, belum tentu langsung dibaca," ucap Agus Noor.

Pendapat Agus Noor itu tidak dibantah oleh Irwan Bajang, Direktur Program MocoSik 2019. Ia beranggapan kaum milenial memang cenderung tertarik dengan buku. Sekalipun latar belakangnya beragam.

"Banyak yang mengambil foto untuk berfoto atau kepentingan media sosial, tetapi itu lebih baik daripada tidak sama sekali," kata laki-laki yang juga seorang pegiat dunia penerbitan indie di Yogyakarta ini.

Ia  tidak mempermasalahkan kaum milenial yang sebagian memiliki kecenderungan menyukai buku karena tren. Irwan mencontohkan film Bumi Manusia yang diputar di bioskop membuat banyak anak muda, bahkan sampai mereka yang masih duduk di bangku SMA mencari novel karya Pramoedya itu.

Masyarakat diminta objektif membandingkan dengan generasi sebelumnya yang kebanyakan mengenal buku karya Pramoedya ketika sudah duduk di bangku kuliah.

"Saya melihat itu hal yang positif daripada mengikuti tren yang alay," ucap Irwan.

 

2 Jenis Buku yang Harus Dibaca Kaum Milenial

MocoSik 2019 digelar di Jogja Expo Center (JEC) Yogyakarta pada 23 sampai 25 Agustus 2019 dengan menggandeng 120 penerbit buku (Liputan6.com/ Switzy Sabandar)

Ia menuturkan saat ini kaum milenial cenderung tertarik dengan buku novel bergenre sastra, buku puisi, atau novel remaja. Mereka juga cenderung memilih buku yang berkolaborasi dengan seni rupa atau memiliki ilustrasi dan sampul yang menarik.

"Seperti buku-bukunya Agus Noor atau Joko Pinurbo," tuturnya.

Meskipun demikian, pada era yang berarus informasi deras seperti sekarang, setidaknya ada dua jenis buku yang harus dibaca oleh kaum milenial.

Pertama, buku yang memperkaya pandangan atau membuka perspektif baru. Misal, buku karya Kalis Mardiasih yang berjudul Muslimah yang Diperdebatkan. Buku ini menulis tentang bagaimana perempuan muslim diposisikan dalam konstruksi masyarakat.

Kedua, buku yang bercerita tentang perjalanan dan pertemuan dengan banyak orang. Contoh, buku karya Windy Ariestanty yang berjudul Life Traveler.

"Buku-buku semacam itu akan membuka perspektif kita tentang keberagaman, membaca tulisan seperti itu akan mencegah kita terprovokasi hal yang merusak kehidupan bermasyarakat," ujar Irwan.

 

Jutaan Buku Siap Diborong

MocoSik 2019 digelar di Jogja Expo Center (JEC) Yogyakarta pada 23 sampai 25 Agustus 2019 dengan menggandeng 120 penerbit buku (Liputan6.com/ Switzy Sabandar)

MocoSik 2019 melibatkan 120 penerbit dengan jutaan buku yang siap dipilih dan dibeli oleh pengunjung. Perhelatan yang berlangsung selama tiga hari, dari Jumat sampai Minggu (23-25/8/2019) ini juga menyediakan bazar buku murah. Stan yang terletak di sisi paling selatan ini menawarkan beragam jenis buku dengan harga Rp 10.000.

Selain konser musik dengan menampilkan penyanyi idola kaum milenial, seperti Tulus, Yura Yunita, Dialog Dini Hari, Sujiwo Tejo, dan sebagainya, MocoSik 2019 juga menghadirkan talkshow yang tidak kalah menarik.

"Ada talkshow membuat puisi cinta bersama dengan Agus Noor dan Joko Pinurbo," ucap Anas Syahrul Alimi, Founder MocoSik Festival.

Dalam MocoSik 2019 juga akan ditampilkan pembacaan karya Pramoedya Ananta Toer di Panggung Ontosoroh yang akan dihadiri oleh keluarga sastrawan legendaris Indonesia itu.

Anas mengungkapkan acara bertema Buku, Musik, Kamu ini sebagai penanda sekaligus pengingat kaum milenial bahwa semua kemajuan dan kemudahan teknologi yang mereka rasakan saat ini berawal dari buku. Kemunculan literasi menjadi simbol majunya sebuah peradaban.

 

Simak video pilihan berikut ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Pemerintah Targetkan Pengadaan 10 Ribu Mobil Listrik di 2025

Posted: 23 Aug 2019 10:00 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Pemerintah terus mendorong penggunaan kendaraan bermotor listrik, baik itu motor maupun mobil listrik kepada masyarakat luas. Selain karena ramah lingkungan, Indonesia juga ditargetkan untuk bisa memproduksi kendaraan listrik di tanah sendiri.

Direktur Jenderal Perhubungan Darat Kementerian Perhubungan (Kemenhub) Budi Setiyadi mengatakan, inisiasi pemerintah ini turut ditunjang oleh kesiapan beberapa produsen kendaraan roda dua dan roda empat dalam membuat pabrik kendaraan listrik di sejumlah wilayah.

Dalam waktu dekat ini, PT Wijaya Karya (Persero) Tbk atau Wika melalui anak usaha Wika Industri Manufaktur menyatakan kesiapan untuk membangun pabrik motor listrik Gesits di Bali. Namun, Budi mengaku belum mengetahui kabar tersebut.

"Oh, belum tahu juga," ungkapnya saat berbincang dengan Liputan6.com di Jakarta, seperti dikutip Sabtu (24/8/2019).

Akan tetapi, ia mendukung upaya berbagai perusahaan yang hendak membangun pabrik mobil listrik. Sebab, hasil produksi itu akan bantu target pengadaan kendaraan listrik pada 2025 yang sebanyak 10 ribu unit.

"Kalau target Kementerian Perindustrian tahun 2025 itu 10 ribu unit, banyak banget itu. Itu tantangan juga. Tapi sudah ada target dari Kementerian Perindustrian untuk bangun cukup banyak itu," ujar dia.

Bentuk keseriusan ini disebutnya memang sengaja ditampilkan untuk memperlihatkan kepada masyarakat bahwa pemerintah mau kendaraan listrik yang ramah lingkungan mulai menghiasai jalanan di berbagai kota di Tanah Air.

"Saya bukan bicara target angkanya, tapi adalah apa yang harus kita lakukan sekarang ini supaya cepat men-develop pabrik-pabrik itu segera bangun. Ini kita lakukan supaya masyarakat jadi lebih tahu bahwa ini sudah harus digunakan," tutur dia.

Selain di Jawa, Budi tak menutup kemungkinan jika pabrik kendaraan bermotor listrik turut didirikan di berbagai wilayah lain di Indonesia. Di samping itu, pemerintah juga bakal mengeluarkan peraturan khusus bagi para pengguna mobil listrik, seperti dibebaskan dari aturan ganjil-genap.

"Itu sangat mungkin. Mungkin nanti beberapa kota akan kita jadikan sebagai bahan proyek penggunaan sepeda motor, itu harus kita dorong. Misal, di Thamrin-Sudirman sampai sekarang boleh masuk (saat ganjil-genap diberlakukan). Itu supaya mendorong masyarakat beralih menggunakan motor listrik," pungkasnya.

Kemenhub Usul Angkutan Umum Gunakan Mobil Listrik

Bus listrik Transjakarta di Busworld South East Asia 2019

Direktur Jenderal Perhubungan Darat Kementerian Perhubungan (Kemenhub) Budi Setiyadi mengatakan, pemerintah mendorong pengembangan mobil listrik di Indonesia untuk lebih diterapkan pada transportasi publik sebelum dijual sebagai angkutan pribadi.

"Kemarin saya diskusi dengan beberapa asosiasi, termasuk dengan Gaikindo dan sebagainya, memang kalau kita mengembangkan ini lebih jauh. Saya lebih cenderung mendorong spesifikasi untuk angkutan umum dulu," ujar dia di Jakarta, Jumat (23/8/2019).

Sebagai bentuk implementasi, ia menyatakan, hal itu bisa diterapkan pada berbagai angkutan umum berdaya tampung besar seperti bus.

"Katakan di Jakarta kita gunakan angkutan umum dengan kendaraan listrik. Karena memang sejalan dengan apa yang disampaikan, tadi pak Menteri (Perhubungan) juga mengatakan Trans Jakarta, Damri juga sedang melakukan untuk itu semuanya," tuturnya.

Sebelumnya, Presiden Joko Widodo (Jokowi) telah menerbitkan Peraturan Presiden (Perpres) Nomor 55 Tahun 2019 tentang Percepatan Program KBL berbasis Baterai Untuk Transportasi Jalan, yang turut memangkas harga mobil listrik.

Insentif Mobil Listrik

Bus Listrik Garuda Indonesia (Dok: Garuda Indonesia)

Harga mobil listrik turun lantaran mendapat berbagai insentif baru yang masih dikaji, seperti Pajak Penjualan Atas Barang Mewah (PPnBM) yang akan dihilangkan.

Adapun meski mengalami penurunan harga, nilai jual mobil listrik masih tetap lebih mahal 15 persen dibanding mobil konvensional.

Menindaki hal tersebut, Budi Setiyadi melanjutkan, Kemenhub berupaya serius untuk menempatkan kendaraan listrik sebagai transportasi massal yang bisa digunakan semua kalangan.

"Jadi saya kira beberapa kota besar di Indonesia dan kita merencanakan untuk pengadaan kendaraan-kendaraan bus, atau kemudian ada skema yang by the service dari Dirjen Perhubungan Darat. Mungkin nanti alatnya dan kendaraan juga dari kendaraan bermotor listrik," pungkas dia. 

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Sajad Ukra Tak Berniat Bawa Kabur Anak Nikita Mirzani

Posted: 23 Aug 2019 10:00 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Nikita Mirzani dan Sajad Ukra masih berseteru soal anak. Nikita dinilai mempersulit Sajad untuk bertemu dengan anak semata wayangnya, Azka Raqila Mawardi. 

Sajad Ukra berharap Nikita Mirzani dapat melunak dan mengizinkan dirinya bertemu dengan Azka. Terakhir pertemuan ayah dan anak itu terjadi saat Azka masih berusia beberapa bulan. 

Kuasa hukum Sajad, Elza Syarif juga menegaskan bahwa kliennya tak akan membawa pergi Azka ke Singapura. Sajad Ukra memang diketahui menetap di sana.

"Enggak benar sama sekali (bawa kabur), Sajad hanya ingin ketemu," ucap Elza Syarif dalam konferensi pers di Menteng, Jakarta Pusat, Jumat (23/8/2019).

"Enggak mudahlah bawa-bawa anak lewat imigrasi, jadi enggak mungkin sama sekali. Mungkin hanya kekhawatiran Mbak Nikita Mirzani yang berlebihan," ia menyambung pernyataan.

Cabut Laporan

Nikita Mirzani (Nurwahyunan/Fimela.com)

Bila Nikita Mirzani berkenan mempertemukan kembali Sajad Ukra dengan Azka, maka bukan tidak mungkin Sajad akan mencabut laporan. Seperti diketahui, Nikita dilaporkan atas kasus dugaan penelantaran anak. 

"Bisa saja (dicabut), kalau nanti selanjutnya dibuat perjanjian yang jelas, jangan sekali ketemu dan besok enggak ketemu lagi," sang kuasa hukum menandaskan. 

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Nyaris 10 Tahun, Begini Kondisi Mobil Dinas Presiden hingga Menteri

Posted: 23 Aug 2019 10:00 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - 8 unit mobil dinas Mercedes-Benz S600 Pullman Guard dan puluhan Toyota Crown Royal Saloon sudah nyaris 10 tahun menemani perjalanan Presiden dan Wakil Presiden RI beserta para menteri kabinetnya. Bersama mobil-mobil ini, para pejabat negara itu melakukan aktivitasnya sehari-hari.

Namun, mobil-mobil dinas ini segera dipensiunkan. Pemerintah, memutuskan untuk mengganti kendaraan dinas pemimpinan negara dan menterinya dengan yang baru.

PT Astra International telah memenangkan tender pengadaan mobil dinas menteri dengan penawaran Rp 147.229.317.000. Mobil dinas ini bakal memiliki spesifikasi mesin 3.500 cc, enam silinder atau sport utility vehicle (SUV) 3.500 cc, enam silinder. Mobil yang dihadirkan bisa saja Toyota ataupun BMW.

Sementara mobil dinas Presiden akan tetap bertahan dengan kendaraan pabrikan asal Jerman. Kepala Sekretariat Presiden Heru Budi Hartono menilai, penggantian mobil dinas ini wajar dan bukan tanpa alasan. Dia mengatakan mobil Presiden sudah sering mogok.

"Ya kan berkali-kali (mogok). Power window (jendela) enggak jalan, elektrik enggak jalan. Lantas pernah semua sound system dalam mobil bunyi. Radio semua bunyi, kan enggak nyaman," kata Heru di Kemendagri, Jakarta, Kamis 22 Agustus 2019.

Selain itu, lanjut dia, indikator berwarna kuning dan merah di mobil Presiden pernah hidup semua. "Ya berarti kan enggak boleh dipakai," ungkap Heru.

Kondisi ini setali tiga uang dengan mobil mobil dinas menteri. "Saya dengar beberapa menteri enggak pakai kendaraan itu karena sering mogok. Mesinnya panas dan lain-lain," kata Heru.

Menteri Komunikasi dan Informasi (Menkominfo) Rudiantara mengatakan, mobil dinasnya saat ini relatif lancar. Namun, dia tak menepis pernah mengalami kendala dengan mobil dinasnya.

"Relatif oke, Alhamdulilah. Namanya mobil cukup berumur, pasti ada fungsi yang tidak lagi sempurna," kata Rudiantara kepada kanal News Liputan6.com, Kamis (22/8/2019).

Dia menceritakan, pernah sewaktu-waktu air conditioner atau pendingin mobil tak bekerja. Bahkan, bagasi belakang mobil tak bisa ditutup, sehingga harus di lakban hitam, untuk menyarukan warna cat kendaraannya.

"Pernah AC-nya tidak berfungsi, pernah trunk atau bagasi tidak bisa ditutup, sehingga harus menggunakan lakban hitam," ungkap Rudiantara.

Biasanya, untuk mengatasi masalah ini, dia menukar mobil dinas dengan mobil sewaan di kementerian atau menggunakan kendaraan pribadinya.

Sama seperti Kepala Staf Kepresidenan Moeldoko. Meski tergolong baru di kabinet. Dia sudah mencicipi pahitnya mobil dinasnya.

Mobil dinas yang dipakainya saat ini sudah beberapa kali masuk ke bengkel. Sehingga, Moeldoko hanya beberapa kali menggunakan mobil dinasnya. "Kadang-kadang pakai (mobil dinas). Cuma sudah ke bengkel. Mobil saya kan sudah beberapa kali ke bengkel," ujar dia.

Bagaimana Nasib Mobil Dinas Presiden Nantinya?

Berbeda dengan Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi mengaku mobilnya tak pernah mengalami masalah. Apalagi sampai mogok.

"Mobil yang saya gunakan bagus, enggak pernah mogok," kata Budi Karya kepada Liputan6.com, Kamis (22/8/2019).

Dia menuturkan, mobil dinasnya rutin diservis. Sehingga tak mengalami kendala berarti.

Lalu, bagaimana dengan nasib mobil dinas Presiden, Wakil Presiden dan para menteri yang lama?

Kepala Sekretariat Presiden Heru Budi Hartono mengatakan kendaraan ini akan menjadi cadangan ataupun kebutuhan tamu negara.

"Yang lama jadi cadangan. Belum untuk kebutuhan tamu negara, tamu negara kita hanya satu. Kira-kira seperti itu," kata Heru.

Sementara, ada kemungkinan mobil para menteri bakal dijual. 

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Kriminal Surabaya Sepekan: Kasus Pencurian Motor hingga Kekerasan Terhadap Ibu

Posted: 23 Aug 2019 10:00 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Pada pekan ini, sejumlah kasus kriminal terungkap di Surabaya dan sekitarnya. Meski demikian, ada juga sejumlah kasus yang masih dalam penyelidikan dan pemeriksaan saksi. Hal ini terkait insiden di asrama Mahasiswa Papua di Jalan Kalasan, Surabaya.

Selain itu, Polisi juga mengungkap kasus pencurian sepeda motor oleh komplotan curanmor asal Pasuruan. Ingin tahu kasus apa saja yang menjadi perhatian pada pekan ini? Berikut kasus yang menyedot perhatian selama pekan ini, yang dirangkum pada Sabtu, (24/8/2019).

1. Bocah Dianiaya Paman di Gresik

Seorang anak berinisial ZA, warga Desa Teluk Jati Dusun, dianiaya pamannya di atas kapal penumpang Expres Bahari, dari Pulau Bawean menuju Gresik.

"Peristiwa tersebut terjadi pada hari Sabtu, 17 Agustus 2019, sekitar pukul 11.30 WIB. Insiden tersebut terekam warga dan beredar di media sosial," tutur Kabid Humas Polda Jatim, Kombes Pol Frans Barung Mangera, Senin 19 Agustus 2019.

Insiden bermula ketika korban ingin pulang ke Gresik tanpa membeli tiket Expres Bahari dan tanpa seizin keluarga yang ada di Bawean.

Pamannya mengetahui dan mengajak korban turun dari kapal dan mengajak pulang namun korban tidak mau turun dan diajak pulang. Penumpang pun meneriaki dan akhirnya paman korban memukul, menendang, dan menginjak korban agar mau diajak pulang.

Berita selengkapnya baca di sini

2. Polisi Periksa 6 Saksi Insiden Asrama Mahasiswa Papua di Surabaya

Kapolda Jatim, Irjen Pol Luki Hermawan telah mendatangkan 6 orang untuk menjadi saksi dalam penyelidikan insiden Mahasiswa Papua di Jalan Kalasan, Surabaya pada 16-17 Agustus 2019.

"Kami sudah mendatangkan enam orang yang menjadi saksi dari luar pagar atau warga sekitar, yang melihat dua orang warga Papua melakukan pengerusakan tiang bendera, tapi saksi tersebut tidak melihat wajahnya," tutur Luki mendampingi Gubernur Khofifah usai pertemuan dengan rombongan anggota DPR RI Dapil Papua di Gedung Negara Grahadi Surabaya, Rabu, 21 Agustus 2019.

Luki menjelaskan, dari penyidikan kepada 42 penghuni asrama Papua di Surabaya, seluruh mahasiswa Papua mengaku tidak mengetahui insiden tersebut.

Berita selengkapnya baca di sini

3. Pencurian Motor Terekam CCTV

Pencurian motor yang terekam CCTV kembali terjadi di Surabaya pada Minggu 18 Agustus 2019. Video tersebut diunggah kembali dalam akun instagram @ini_surabaya.

Menurut keterangan yang ditulis dalam kolom caption disebutkan kali ini pelaku menghampiri Rumah Kos Jalan Bringin Sekolahan RT 01 RW 01, Sambikerep, Surabaya. Rumah Kos ini terletak di belakang salah satu minimarket di Bringin.

Dalam video itu, terlihat pelaku berjumlah dua orang, dan salah satu pelaku masuk ke area depan rumah kosan.

Pengunggah video asli dengan akun @apriliaikp, menyebutkan dalam instasory-nya, motor yang dicuri adalah motor Honda Scoopy. Setelah membobol motor, pelaku langsung menaiki dan keluar dari rumah kosan tersebut.

Berita selengkapnya baca di sini

4. Kekerasan Anak Terhadap Ibu

Karena kesal tak diberi uang dan dimarahi oleh sang ibu, seorang berinisial AP tega melakukan perbuatan tak menyenangkan terhadap ibunya, yaitu menendang kepala sang ibu.

Polisi Tegal Sari Surabaya yang mengetahui kejadian tersebut langsung menyelidiki dan mengamankan AP. AP yang sedang diamankan dan menyesali perbuatannya. Sementara itu, setelah dilakukan pemeriksaan, akhirnya polisi mempertimbangkan permintaan keluarga agar dilakukan mediasi dan diselesaikan secara kekeluargaan.

Berita selengkapnya baca di sini

5. Polisi Amankan 19 Unit Motor Hasil Curian Motor dari Komplotan

Polda Jatim mengamankan 19 unit motor curian dari komplotan maling sepeda motor asal Pasuruan. Belasan motor itu adalah hasil curian komplotan selama satu tahun.

Kombes Pol Gupuh Setiyono Dirreskrimum Polda Jatim menyampaikan, komplotan ini kerap beraksi di wilayah Gresik dan Mojokerto.

Melansir dari suarasurabaya.net, komplotan yang terdiri dari lima orang ini sudah berhasil ditangkap. Gupuh mengungkapkan, pelaku tertangkap saat hendak melakukan transaksi.

"Kasus ini terungkap setelah anggota kami menemukan pergerakan mereka. Pelaku mau menjual motor curiannya. Saat mau transaksi, kami tangkap. Selanjutnya dilakukan pengembangan, dan pelaku lainnya tertangkap," kata Gupuh untuk suarasurabaya.net, Kamis, 22 Agustus 2019.

Berita selengkapnya baca di sini

 

 

(Tito Gildas, Mahasiswa Kriminologi Universitas Indonesia)

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

10 Tagar di Twitter yang Bikin Heboh Warganet pada 2019

Posted: 23 Aug 2019 10:00 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Twitter merupakan salah satu media sosial yang kerap menjadi tempat bagi warganet membicarakan berbagai hal. Biasanya, mereka menggunakan tagar-tagar tertentu di dalam twitnya.

Melalui penggunaan tagar dengan simbol #, penguna Twitter dimudahkan dalam mengelompokkan setiap percakapan. Chris Messina dengan akun #chrismessina merupakan yang pertama kali memperkenalkan penggunaan tagar 12 tahun lalu di Twitter.

Setiap tahun akan ada beberapa tagar populer yang banyak digunakan oleh para pengguna Twitter.

Dalam rangka merayakan #HariTagar, Twitter merilis 10 tagar populer yang bikin heboh warganet Indonesia sejak Januari - Juli 2019. Berikut rinciannya:

1. #Pemilu2019

Masyarakat Indonesia pada 17 April 2019 memberikan hak pilih mereka dalam pemilihan presiden, wakil presiden, dan anggota legislatif. Tagar #Pemilu2019 pun banyak digunakan untuk berbagi dan mencari informasi mengenai pesta demokrasi tersebut.

2. #SetorFotoPolusi

Pada awal 2019, Greenpeace dan AirVisual IQ mengeluarkan sebuah penelitian yang menunjukkan tingkat polusi di Jakarta ternyata empat kali lebih tinggi dari standar Organisasi Kesehatan Dunia (WHO).

Dimulai dari gerakan masyarakat, kemudian muncul tagar #SetorFotoPolusi yang berisi kumpulan foto yang menggambarkan kualitas udara di berbagai kota di Indonesia.

Tagar Populer (II)

Ilustrasi Twitter (Liputan6.com/Sangaji)

3. #AvengersEndGame

Pada Mei 2019, setelah 11 tahun dan 22 film Marvel, penonton di seluruh dunia dengan enggan menerima akhir suatu era. Selain memecahkan rekor box office, Avengers: Endgame juga menjadi film yang paling banyak dibicarakan di Twitter, dengan lebih dari 50 cuitan sejak awal 2019.

Para penonton di Indonesia bergabung di Twitter untuk membagikan momen-momen favorit dan emosional dari film tersebut menggunakan tagar #AvengersEndGame.

4. #HiduplahImajinasiRaya

Tagar ini diciptakan oleh pengusaha dan animator Wahyu Aditya (@maswaditya). Melalui tagar tersebut, Wahyu membagikan karya seni dan cintanya kepada sepatu olahraga dengan pengguna Twitter di Indonesia.

Selain itu, ia juga menunjukkan kebanggaannya terhadap budaya Indonesia dengan seringnya menampilkan merek-merek lokal dalam karyanya.

5. #BiroJomblo

Tagar #BiroJomblo pertama kali dibuat oleh Alitt Susanto (@shitlicious), sebagai cara mempertemukan mereka yang berstatus single alias "jomblo." Alitt sering berbagi cuitan menggunakan tagar tersebut dan mengajak pengguna yang berstatus jomblo untuk berbagi cerita lucu.

Tagar Populer (III)

Ilustrasi Twitter  (iStockPhoto)

6. #RecehkanTwitter

Banyak twit dapat menciptakan kegembiraan dan membuat orang tertawa. Mulai dari permasalahan percintaan, pekerjaan dan kejadian sehari-hari, yang semua dapat diubah menjadi lelucon menggunakan tagar #RecehkanTwitter.

7. #DariHalteKeHalte

Cukup baru di Twitter, akun Dari Halte Ke Halte (@drhaltekehalte) semakin populer karena digunakan untuk berbagi lokasi restoran dan kafe baru, serta tempat-tempat menarik untuk dikunjungi di Jakarta. Hal ini terutama yang berlokasi di dekat halte bus Trans Jakarta, stasiun MRT, LRT dan kereta api.

Tagar #DariHalteKeHalte mendukung perkembangan bisnis lokal, serta seringkali menyoroti kisah mengesankan pemilik toko tersebut dan mendorong masyarakat untuk menggunakan transportasi umum.

8. #JokePuasaLawas

Pada hari pertama bulan suci Ramadan, masyarakat Indonesia meramaikan Twitter dengan tagar #JokePuasaLawas.

Tagar ini berfungsi sebagai wadah untuk berbagi lelucon selama bulan puasa. Lelucon yang dibagikan pun bervariasi, mulai dari efek menahan lapar yang menimbulkan "halusinasi" melihat benda mati sebagai makanan, pendapat-pendapat lucu mengenai puasa, dan kejadian lucu lainnya.

Tagar Populer (IV)

Ilustrasi Twitter. Kredit: Photo Mix via Pixabay

9. #WanPerfekSyot

Film merupakan topik favorit yang sering dibicarakan di Twitter. Melalui tagar #WanPerfekSyot, pengguna Twitter di Indonesia dapat mengorelasikan kejadian sehari-hari dengan referensi di film atau merangkai judul film sendiri yang menggambarkan foto dan video tersebut.

Selanjutnya, pengguna juga menyebutkan nama sutradara, sinematografer atau pemain dalam twit tersebut.

10. #HariPertamaSekolah

Menjelang awal semester baru, anak-anak sekolah dan mahasiswa menanti hari pertama kembali ke sekolah.

Memanfaatkan momentum yang penuh antisipasi ini, banyak pengguna Indonesia, bahkan merek memenuhi linimasa Twitter dengan mengekspresikan semangat tersebut.

(Din/Isk)

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Kondisi Korban Selamat KM Santika Nusantara yang Ditampung di Pemkab Sumenep

Posted: 23 Aug 2019 10:00 PM PDT

Fokus, Sumenep - Setidaknya 89 korban selamat dalam kebakaran kapal motor atau KM Santika Nusantara dengan rute perjalanan Surabaya-Balikpapan. Saat ini para penumpang ditampung pihak Pemerintah Kabupaten Sumenep, Jawa Timur, begitu mereka tiba di Pelabuhan Kalianget, Sabtu dini hari.

Seperti ditayangkan Fokus Indosiar, Sabtu (24/8/2019), di tempat penampungan ini, selain di data, korban selamat juga mendapat penanganan kesehatan. Kebanyakan mengalami dehidrasi.

Kebakaran yang menimpa KM Santika Nusantara di Perairan Masalembo, Sumenep, berlangsung Jumat kemarin. Api mulai menyala Kamis malam dan terus membesar. Evakuasi dilakukan petugas menggunakan sejumlah kapal termasuk kapal nelayan.

Namun, hingga kini berapa tepatnya jumlah penumpang dalam kapal dengan rute Surabaya menuju Balikpapan itu masih simpang siur.

Berdasarkan data nakhoda kapal, jumlah penumpang beserta awak kapal 277 orang. Sedangkan data dari Badan SAR Nasional 253 orang, termasuk tiga penumpang yang meninggal dunia.

Dengan kondisi adanya perbedaan data manifes, pihak Basarnas hingga kini terus melakukan pencarian dengan menyisir sekitar lokasi kapal.

Sabtu pagi, pencarian juga dilakukan melalui pantauan udara menggunakan helikopter. Saat ini penyebab kebakaran masih dalam penyelidikan.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Sindrom Rapunzel, Remaja Ini Makan 1,3 Kg Rambutnya Sendiri

Posted: 23 Aug 2019 10:00 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Remaja di India memakan rambut secara diam-diam akibatnya rambut tersebut tertimbun di dalam perutnya. Ia didiagnosis memiliki sindrom Rapunzel suatu kondisi langka yang membuat remaja itu makan rambutnya sendiri.

Awalnya, remaja 14 tahun ini mengeluh sakit perut dan muntah-muntah. Setelah diperiksa, dokter menemukan gumpalan rambut 1,3 kilogram di perutnya.

Dari sinilah diketahui bahwa remaja ini memiliki sindrom Rapunzel. Dalam medis kondisi ini dikenal dengan sebutan trichobezoar yakni suatu kondisi ketika benda yang tidak dapat dicerna sehingga menumpuk di saluran pencernaan. 

Beruntung, kondisinya kian stabil setelah melakukan perawatan dan operasi seperti dilansir Live Science, Sabtu (24/8/2019).

 

Kasus Langka

Dalam jurnal Pediatric Reports, Amerika Serikat, hanya ada sekitar 60 kasus sindrom Rapunzel yang telah dilaporkan sejak tahun 1968. Sebagian besar kasus ini didiagnosis pada anak-anak dan dewasa pada usia 13 hingga 20 tahun. 

Orang dengan sindrom Rapunzel biasanya memiliki gangguan pada kondisi kesehatan mental yang dikenal dengan trichophagia yakni kebiasaan memakan rambut. Kondisi ini juga terkait pada gangguan kejiwaan lain yang dikenal dengan trichotillomania atau keinginan untuk mencabut rambut seseorang. 

Menurut jurnal Pancreas, Amerika Seikat, hanya ada sekitar 10 hingga 30 persen orang dengan trichophagia dan trichotillomania. Dan dari kedua kondisi tersebut, hanya ada sekitar 1 persenorang yang bermasalah dengan saluran pencernaan mereka. 

Memakan rambut dapat menyebabkan komplikasi yang serius, termasuk penyumbatan usus bahkan kematian. Pada 2017 lalu, seorang gadis di Inggris meninggal karena sindrom Rapunzel karena infeksi fatal akibat gumpalan rambut di perutnya.

 

 

Penulis: Diviya Agatha

Saksikan juga Video Menarik Berikut Ini

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

VIDEO: Samboja Kalimantan Timur, Lokasi Ibu Kota Baru?

Posted: 23 Aug 2019 10:00 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Presiden Joko Widodo (Jokowi) meminta izin untuk memindahkan ibu kota ke Kalimantan pada pidato kenegaraan memperingati. Hari Kemerdekaan Indonesia ke-74 di gedung DPR RI. Jokowi tidak menyebut secara rinci provinsi atau kota yang bakal jadi ibu kota baru. Namun setelah pidato tersebut anggota DPD asal Kalimantan Timur (Kaltim) yang memimpin doa.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Hadapi Arsenal, Klopp Fokus Asah Taktik Liverpool

Posted: 23 Aug 2019 10:00 PM PDT

Liputan6.com, Liverpool - Liverpool akan meladeni Arsenal dalam lanjutan Liga Inggris, Sabtu (24/8/2019) di Anfield WIB. Manajer Liverpool, Jurgen Klopp mengatakan, timnya telah berlatih ekstra keras demi meraih tiga poin di laga itu.

"Kami fokus sekali ke taktik, biasanya Anda hanya memiliki waktu 20 menit. Tetapi pekan ini, kami punya tiga hari di mana kami bisa fokus latihan dan apa yang harus kami perbaiki," kata Klopp seperti dilansir Liverpool Echo.

Liverpool saat ini sedang memimpin klasemen sementara Liga Inggris dengan enam poin. Sementara, Arsenal berada di bawahnya dengan jumlah poin yang sama, namun kalah produktivitas gol.

Situasi ini lah yang membuat laga di Anfield diprediksi bakal berlangsung seru. Liverpool sebagai tuan rumah tak ingin kehilangan muka di hadapan suporternya sendiri.

Di saat bersamaan, Liverpool juga harus pandai memanfaatkan situasi pesaing utama mereka, Manchester City. Tim berjuluk The Citizens itu sedang tertinggal dua poin dari Liverpool usai hanya bermain imbang 1-1 dengan Tottenham Hotspur.

Sementara Arsenal, tim asuhan Unai Emery ini juga ingin tiga poin. Kans untuk duduk di puncak klasemen bakal terbuka jika hal itu terwujud.

Klopp pun sadar akan hal ini. Pelatih berusia 52 tahun tersebut meyakini Arsenal sudah bekerja keras untuk menang melawan Liverpool.

 

 

Ingin Ulangi Musim Lalu

Pelatih Liverpool, Jurgen Klopp (AFP/Paul Ellis)

Lebih lanjut, Klopp mengaku targetnya saat ini adalah mengulangi performa di musim lalu. Setelah itu, eks pelatih Borussia Dortmund ini ingin timnya berada satu level di atas.

"Sekarang kami mencoba menjadi sempurna. Kami mungkin tidak akan mencapainya, tetapi kami tetap berusaha," ujarnya mengakhiri.

Lima Pertemuan Terakhir Liverpool vs Arsenal

Liverpool 5-1 Arsenal

Arsenal 1-1 Liverpool

Arsenal 3-3 Liverpool

Liverpool 4-0 Arsenal

Arsenal 3-4 Liverpool

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Anies Baswedan: Jakarta Jadi Tuan Rumah dari Seluruh Suku

Posted: 23 Aug 2019 09:59 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan memastikan wilayahnya aman pascakerusuhan yang terjadi di Papua pada 19 Agustus 2019 lalu.

Anies menegaskan, keadaan di Jakarta akan selalu kondusif dan tidak terpengaruh kerusuhan di daerah lain.

Menurutnya, warga Jakarta pastinya akan tetap menjaga persatuan dan kesetaraan antarsesama anak bangsa.

"Kita bersyukur bahwa alhamdullilah suasana di Jakarta aman, tertib dan kota ini sudah menjadi rumah bagi seluruh suku bangsa yang ada di Indonesia," ujar Anies di Monas, Jakarta, Sabtu (24/8/2019).

Dia menegaskan, Jakarta adalah tuan rumah bagi banyak suku etnis bangsa yang ada di Indonesia.

Jakarta jugalah salah satu simpul utama persatuan. Sebab, Anies Baswedan menilai masyarakat Betawi sebagai tuan rumah selalu memfasilitasi setiap warga bangsa agar merasa setara.

"Kesetaraan yang ada itu kuat sekali, dan itu kita juga rasakan. Jadi mudah-mudahan ini bisa kita jaga terus," dia mengakhiri.

Aktor Kerusuhan Papua

Untuk mengungkap aktor intelektualnya, Badan Intelijen Negara (BIN) sudah memetakan siapa dalang di balik aksi tersebut.

"Ya sudah, sudah ada pemetaan. Siapa bermain, siapa itu sudah ada pemetaan. Dan kami antisipisi supaya bisa segera dilakukan peredaan ketegangan," kata juru bicara BIN Wawan Hari Purwanto, saat dikonfirmasi, Rabu (21/8/2019).

Dia menuturkan, pihaknya sudah melihat gejala-gejala ini. Hanya saja tak ingin gegabah.

"Memang inikan kita semua itu harus menahan dirilah. Artinya tidak gegabah. Semua ini kan ada sensitifitas," jelas Wawan.

Dia juga meminta semua pihak untuk tak asal berkomentar. Karena akan bisa menimbulkan perbedaan pandangan. "Maka cooling down itu penting," ungkap Wawan.

Pihaknya juga menyampaikan sudah berkoordinasi dengan lembaga lain untuk melaporkan kondisi terkini di Papua.

"Itu memang tugas dalam berbagai macam kegiatan. Apalagi dalam suasana yang sedang on begini, kami melakukan koordinasi," pungkasnya.

Saksikan video pilihan di bawah ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

7 Gaya Modis Fitri Carlina Saat di Bandara, Tampil Kece dan Memesona

Posted: 23 Aug 2019 09:50 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Menjadi seorang selebritis kerap kali disibukkan dengan berbagai kegiatan. Baik di dalam kota ataupun di luar kota. Tentu saja di tengah kesibukan tersebut, para selebritis juga dituntut untuk selalu tampil dengan maksimal. 

Bahkan, penampilan selebritis saat akan berpergian ke luar kota juga menjadi sorotan publik. Menjadi seorang penyanyi biasanya lebih disibukkan dengan manggung di satu kota ke kota lainnya. Hal ini pula yang dialami oleh pedangdunt Fitri Carlina.

Penampilan Fitri Carlina saat akan berpergian juga menjadi sorotan. Bahkan, wanita kelahiran 29 Mei 1987 ini kerap membagikan foto saat berada di bandara. Penampilan Fitri Carlina saat berada di bandara juga terbilang modis dan juga mempesona.

Dirangkum Liputan6.com dari akun Instagram @fitricarlina, Sabtu (24/8/2019) berikut ini beberapa gaya modis Fitri Carlina saat berada di bandara.

1. Penampilan Fitri Carlina saat di bandara pun selalu terlihat kece.

Fitri Carlina (Sumber: Instagram/fitricarlina)

2. Kacamata hitam pun tak pernah ketinggalan.

Fitri Carlina (Sumber: Instagram/fitricarlina)

3. Gaya busana Fitri Carlina saat di bandara juga selalu dipadukan menggunakan sneakers.

Fitri Carlina (Sumber: Instagram/fitricarlina)

4. Ia juga beberapa kali menggunakan kaos bertuliskan Wonderful Indonesia.

Fitri Carlina (Sumber: Instagram/fitricarlina)

5. Penampilan Fitri Carlina juga terlihat memesona.

Fitri Carlina (Sumber: Instagram/fitricarlina)

6. Meski menggunakan busana serba hitam, akan tetapi gaya busana Fitri Carlina di bandara ini juga mendapat pujian dari netizen.

Fitri Carlina (Sumber: Instagram/fitricarlina)

7. Fitri Carlina memang cukup sering mengunggah foto saat berada di bandara pada akun Instagram pribadinya.

Fitri Carlina (Sumber: Instagram/fitricarlina)

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Polisi Sebut Ada 3 Kelompok Pelaku Rasis ke Mahasiswa Papua

Posted: 23 Aug 2019 09:41 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Pihak kepolisian masih mengusut pelaku rasis yang terekam dalam video saat penggerudukan sejumlah massa di asrama mahasiswa Papua, Surabaya, Jawa Timur. Disinyalir, ada tiga kelompok terduga pelaku rasisme di lokasi.

Kabid Humas Polda Jatim Kombes Frans Barung Mangera menyampaikan, kelompok tersebut adalah dari TNI, ormas, dan masyarakat sipil.

"Rasis di video itu ada tiga kelompok. Kelompok TNI ditangani TNI, kelompok Ormas kita tangani dengan yang sipil," tutur Barung saat dihubungi Liputan6.com di Jakarta, Sabtu (24/8/2019).

Frans menyebut, masih belum ada yang ditetapkan sebagai pelaku rasis terhadap mahasiswa Papua. Namun sudah ada belasan saksi yang dimintai keterangan, baik dari ormas maupun sipil.

"Ormas dan sipil sudah diperiksa (bertambah) lima lagi," jelas Barung.

Kepala Kantor Staf Kepresidenan Moeldoko menyebut, Presiden Joko Widodo atau Jokowi telah meminta Kapolri Jenderal Tito Karnavian dan Panglima TNI Marsekal Hadi Tjahjanto untuk menindak tegas oknum aparatnya yang bertindak rasis terhadap mahasiswa Papua di Jawa Timur.

Hal ini dikatakan Moeldoko menanggapi desakan sejumlah pihak agar Jokowi memberikan sanksi kepada oknum aparat yang berbuat rasis, sehingga memicu kericuhan di Papua. Moeldoko sepakat aparat yang melakukan hal itu diberikan sanksi secara hukum.

"Presiden kemarin juga sudah menyampaikan kepada Panglima, kalau memang ada aparatnya yang nyata-nyata melakukan hal seperti itu (rasis), tindak, enggak ada alasan," kata Moeldoko di Kompleks Istana Kepresidenan Jakarta, Kamis 22 Agustus 2019.

Jokowi Panggil Kapolri dan Panglima TNI

Kepala Staf Presiden RI, Jenderal TNI (Purn) Moeldoko. (Liputan6.com/Faizal Fanani)

Menurut Moeldoko, Presiden Jokowi telah memanggil Kapolri, Panglima TNI, dan Menko Polhukam Wiranto untuk membicarakan hal tersebut. Moeldoko menduga tindakan rasis itu terjadi lantaran ada oknum yang tidak paham situasi di lapangan.

"Karena ini enggak boleh terjadi. Siapa pun enggak boleh terjadi. Apalagi selaku, walaupun itu oknum ya, jelas-jelas oknum yang tidak memahami situasi lingkungan yang begitu dinamis," ujar mantan Panglima TNI itu.

Sebelumnya, kerusuhan pecah di Manokwari, Papua Barat, Senin, 19 Agustus 2019. Massa membakar Gedung DPRD Manokwari dan beberapa fasilitas umum. Tak hanya di Manokwari, unjuk rasa juga terjadi di Jayapura, Papua.

Kedua aksi ini ditengarai akibat kemarahan masyarakat Papua sebagai buntut dari peristiwa yang dialami mahasiswa asal Papua di Surabaya dan Malang, Jawa Timur serta Semarang Jawa Tengah beberapa waktu lalu.

Presiden Jokowi mengaku terus memantau kondisi keamanan di Papua dan Papua Barat pascakerusuhan. Mantan Gubernur DKI Jakarta ini mengatakan, kondisi di dua wilayah tersebut saat ini telah kondusif.

"Tadi pagi saya telepon Pak Gubernur Mandacan (Dominggus Mandacan) di Papua Barat untuk tanyakan mengenai Manokwari seperti apa. Sudah baik, Sorong seperti apa, sudah baik," kata Jokowi saat melakukan kunjungan kerja di Kota Kupang, Provinsi NTT, Rabu 21 Agustus 2019. 

Saksikan video pilihan di bawah ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

VIDEO: Spesifikasi Keamanan Mobil Dinas Presiden Jokowi

Posted: 23 Aug 2019 09:38 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Kemensetneg memilih Mercedes-Benz S600 Guard untuk mobil dinas Presiden Jokowi. Mobil asal Jerman itu dilengkapi dengan teknologi terbaik bagi kepala negara.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

FOTO: Jonatan Christie Tumbang di Perempat Final Kejuaraan Dunia Bulu Tangkis 2019

Posted: 23 Aug 2019 09:37 PM PDT

Pebulu tangkis India Sai Praneeth Bhamidipati mengembalikan kok saat bertanding melawan wakil Indonesia Jonatan Christie dalam perempat final tunggal putra Kejuaraan Dunia Bulu Tangkis 2019 di St Jakobshalle, Basel, Swiss, Jumat (23/8/2019). Sai menang dua gim langsung. (FABRICE COFFRINI/AFP)

Pebulu tangkis India Sai Praneeth Bhamidipati mengembalikan kok saat bertanding melawan wakil Indonesia Jonatan Christie dalam perempat final tunggal putra Kejuaraan Dunia Bulu Tangkis 2019 di St Jakobshalle, Basel, Swiss, Jumat (23/8/2019). Sai menang dua gim langsung. (FABRICE COFFRINI/AFP)

Pebulu tangkis Indonesia Jonatan Christie mengembalikan kok saat bertanding melawan wakil India Sai Praneeth Bhamidipati dalam perempat final tunggal putra Kejuaraan Dunia Bulu Tangkis 2019 di St Jakobshalle, Basel, Swiss, Jumat (23/8/2019). Jonatan takluk dua gim langsung. (FABRICE COFFRINI/AFP)

Pebulu tangkis Indonesia Jonatan Christie mengembalikan kok saat bertanding melawan wakil India Sai Praneeth Bhamidipati dalam perempat final tunggal putra Kejuaraan Dunia Bulu Tangkis 2019 di St Jakobshalle, Basel, Swiss, Jumat (23/8/2019). Jonatan takluk dua gim langsung. (FABRICE COFFRINI/AFP)

Pebulu tangkis India Sai Praneeth Bhamidipati mengembalikan kok saat bertanding melawan wakil Indonesia Jonatan Christie dalam perempat final tunggal putra Kejuaraan Dunia Bulu Tangkis 2019 di St Jakobshalle, Basel, Swiss, Jumat (23/8/2019). Sai menang dua gim langsung. (FABRICE COFFRINI/AFP)

Pebulu tangkis India Sai Praneeth Bhamidipati mengembalikan kok saat bertanding melawan wakil Indonesia Jonatan Christie dalam perempat final tunggal putra Kejuaraan Dunia Bulu Tangkis 2019 di St Jakobshalle, Basel, Swiss, Jumat (23/8/2019). Sai menang dua gim langsung. (FABRICE COFFRINI/AFP)

Pebulu tangkis Indonesia Jonatan Christie mengembalikan kok saat bertanding melawan wakil India Sai Praneeth Bhamidipati dalam perempat final tunggal putra Kejuaraan Dunia Bulu Tangkis 2019 di St Jakobshalle, Basel, Swiss, Jumat (23/8/2019). Jonatan takluk dua gim langsung. (FABRICE COFFRINI/AFP)

Pebulu tangkis Indonesia Jonatan Christie mengembalikan kok saat bertanding melawan wakil India Sai Praneeth Bhamidipati dalam perempat final tunggal putra Kejuaraan Dunia Bulu Tangkis 2019 di St Jakobshalle, Basel, Swiss, Jumat (23/8/2019). Jonatan takluk dua gim langsung. (FABRICE COFFRINI/AFP)

Ekspresi pebulu tangkis India Sai Praneeth Bhamidipati usai mengalahkan wakil Indonesia Jonatan Christie dalam perempat final tunggal putra Kejuaraan Dunia Bulu Tangkis 2019 di St Jakobshalle, Basel, Swiss, Jumat (23/8/2019). Sai menang dua gim langsung 22-24, 14-21. (FABRICE COFFRINI/AFP)

Ekspresi pebulu tangkis India Sai Praneeth Bhamidipati usai mengalahkan wakil Indonesia Jonatan Christie dalam perempat final tunggal putra Kejuaraan Dunia Bulu Tangkis 2019 di St Jakobshalle, Basel, Swiss, Jumat (23/8/2019). Sai menang dua gim langsung 22-24, 14-21. (FABRICE COFFRINI/AFP)

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Prediksi Norwich City vs Chelsea: The Blues Bidik Kemenangan Perdana

Posted: 23 Aug 2019 09:35 PM PDT

Norwich - Chelseaakan bertandang ke Carrow Road, markas dari Norwich City pada lanjutan pertandingan Liga Inggris, Sabtu (24/8/2019). Manajer Frank Lampard masih berusaha mempersembahkan kemenangan pertama untuk The Blues musim ini. 

Chelsea baru meraup satu poin di Premier League musim ini. Setelah kalah 0-4 di kandang Manchester United pada pekan pembuka, Chelsea imbang 1-1 menjamu Leicester City pada pekan kedua. Selain 1 poin di Premier League, Chelsea juga kalah adu penalti melawan Liverpool di UEFA Super Cup.

Lampard pun menjadi manajer Chelsea pertama yang gagal memenangi 3 pertandingan pertamanya, sejak Rafael Benitez pada musim 2012/13. Lampard tentu tak mau hal ini berlarut-larut. Melawan Norwich, dia harus memeras otak guna meramu strategi yang pas demi poin penuh.

Norwich memang tim promosi. Namun, tidak bakal mudah bagi Chelsea untuk meraih poin.

Norwich kalah 1-4 di kandang Liverpool pada pekan pembuka, tetapi kemudian bangkit dan menang 3-1 menjamu Newcastle United. Teemu Pukki, yang mencetak satu gol kontra Liverpool dan mengukir hat-trick kontra Newcastle, adalah ancaman terbesar buat Chelsea pada laga nanti.

Prakiraan Susunan Pemain

Premier League. (dok. Premier League)

Norwich City: Fahrmann; Lewis, Hanley, Godfrey, Aarons; Trybull, Leitner; Buendia, Stiepermann, Cantwell; Pukki

Manajer: Daniel Farke

Chelsea: Kepa; Emerson, Christensen, Zouma, Azpilicueta; Mount, Jorginho, Kante; Pulisic, Giroud, Willian

Manajer: Frank Lampard

5 Pertemuan Terakhir

  • 18-01-2018 Chelsea 1-1 Norwich (FA Cup)
  • 07-01-2018 Norwich 0-0 Chelsea (FA Cup)
  • 02-03-2016 Norwich 1-2 Chelsea (EPL)
  • 21-11-2015 Chelsea 1-0 Norwich (EPL)
  • 04-05-2014 Chelsea 0-0 Norwich (EPL)

5 Pertandingan Terakhir Norwich

  • 27-07-2019 Luton 1-5 Norwich (Friendly)
  • 31-07-2019 Norwich 1-4 Atalanta (Friendly)
  • 03-08-2019 Norwich 1-0 Toulouse (Friendly)
  • 10-08-2019 Liverpool 4-1 Norwich (EPL)
  • 17-08-2019 Norwich 3-1 Newcastle (EPL)

5 Pertandingan Terakhir Chelsea

  • 01-08-2019 Salzburg 3-5 Chelsea (Friendly)
  • 03-08-2019 Gladbach 2-2 Chelsea (Friendly)
  • 11-08-2019 MU 4-0 Chelsea (EPL)
  • 15-08-2019 Liverpool 2-2 Chelsea (UEFA Super Cup)
  • 18-08-2019 Chelsea 1-1 Leicester (EPL)

Prediksi Bola.com:

Norwich City 50-50 Chelsea

Sumber Asli: Bola.net (Gia Yuda Pradana, published in 23/8/2019)

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Top 3: Kisah Haru Driver Ojek Online yang Jadi Orangtua Tunggal

Posted: 23 Aug 2019 09:31 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Bagi seorang anak, keberadaan orangtua lengkap adalah sebuah kebutuhan. Terlebih untuk anak yang masih dalam masa tumbuh kembang.

Namun, ada kalanya seorang anak hanya dibesarkan oleh orangtua tunggal. Berbagai alasan menyebabkan hal tersebut terjadi. Alhasil, seorang anak tak mendapat kasih sayang lengkap.

Artikel tentang kisah haru driver ojek online yang jadi orangtua tunggal menjadi yang terpopuler di kanal Citizen6, Liputan6.com. Disusul dengan artikel tentang beauty fail yang bikin ngakak.

Sementara artikel terpopuler ketiga tentang bedanya orang kalau lagi di tanggal tua dengan di tanggal muda.

Berikut Top 3 Citizen6:

1. Jadi Orangtua Tunggal, Ini Kisah Haru Driver Ojek Online Besarkan Anaknya

Potret Driver Ojek Online Bawa Anak Saat Bekerja Ini Bikin Haru (sumber:Instagram/@newdramaojol.id)

Seorang ayah atau ibu yang baik, akan berusaha melengkapi kebutuhan anaknya meski dia adalah orang tua tunggal. Seperti kisah curhat seorang pria yang baru-baru ini viral di Facebook.

Selengkapnya...

2. Niatnya Tampil Cantik, 7 Beauty Fail Ini Bikin Penampilan Enggak Karuan

foto: Brightside

Setiap wanita tentu ingin selalu tampil cantik dan menarik. Tak heran jika banyak dari mereka yang melakukan berbagai hal, mulai memakai makeup hingga melakukan perawatan secara rutin.

Namun sayangnya, banyak pula upaya tersebut yang malah berujung gagal. Alih-alih jadi cantik, mereka justru terlihat aneh bahkan menyeramkan.

Selengkapnya...

3. 7 Ilustrasi Beda Orang Saat Tanggal Tua Vs Tanggal Muda

Foto: twitter/@rndy11

Momen gajian menjadi saat yang paling ditunggu-tunggu oleh banyak orang. Hal ini tentu saja lantaran di tanggal tua seperti ini banyak orang yang telah khawatir lantaran dompet semakin "tipis."

Saat tanggal muda kamu bisa dengan mudah pergi dan makan di restoran manapun, tapi tidak saat tanggal tua. Nampaknya perbedaan kondisi seseorang saat tanggal muda dan tanggal tua tersebut bisa kamu lihat dari berbagai ilustrasi kocak berikut ini.

Selengkapnya...

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Cara Menurunkan Berat Badan dengan Kopi

Posted: 23 Aug 2019 09:30 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Selama ini minum kopi sering dikaitkan dengan masalah kesehatan, terutama karena kandungan kafein di dalamnya. Banyak yang menilai kalau terlalu banyak minum kopi bisa memengaruhi kerja jantung atau bikin kepala pusing.

Tapi ternyata kopi ada kaitannya dengan penurunan berat badan.  Dilansir dari Men's Health, penulis Bob Arnot, M.D., dalam bukunya 'The Coffee Lover's Diet' (sekarang dikenal sebagai The Coffee Lover's Bible) menulis manfaat dan sisi lain dari kopi.

Menurut Bob, minum tiga cangkir kopi sehari, tak hanya mencegah penyakit, tetapi juga membantu membakar lemak.

"Jumlah minum kopi ini akan meningkatkan metabolisme dan fungsi kardiovaskular Anda, dan juga bisa memacu penurunan berat badan," ucap Arnot yang juga seorang dokter penyakit dalam.

Tak hanya minum tiga cangkir kopi hitam sehari, Anda juga harus membatasi kalori maksimal 1.500 per hari. Kalori tersebut biasanya harus berasal dari protein tanpa lemak, biji-bijian, banyak buah dan sayuran.

Sejumlah penelitian menunjukkan, tiga cangkir kopi setiap hari menawarkan manfaat kesehatan. Namun harus diingat, yang terbaik adalah kopi hitam saja. Tanpa krim. Tanpa gula maupun pemanis lainnya.

Hal itu juga tidak berlaku bagi varian selain kopi hitam, seperti mocha latte macchiato dengan marshmallow atau camilan. Dan bukan kopi instan maupun botolan yang sekarang banyak dijual.

Meningkatkan Daya Ingat

Amankah Minum Kopi Sebelum Olahraga? (Ovcharenko/Shutterstock)

Meski begitu, bukan berarti cukup minum kopi tanpa bergerak. Hal itu bisa efektif kalau diseimbangkan dengan olahraga. Hanya saja, jangan berharap itu semua akan berhasil secara instan untuk membakar lemak dalam waktu cepat.

Selain itu, tiap orang memproses kopi dengan cara yang berbeda. Sebuah klinik kesehatan punya kesimpulan lain. Mereka merekomendasikan seseorang membatasi asupan kafein pada 400 miligram setiap hari. Itu sama dengan empat cangkir kopi.

Sekadar informasi, ilmuwan pada 1970-an dan 1980-an merasa khawatir kalau kopi dapat menyebabkan masalah kesehatan. Namun seiring berjalannya waktu, para peneliti menemukan antioksidan, senyawa yang dapat mencegah atau menunda kerusakan sel di dalam kopi.

Jadi selain menurunkan berat badan, kopi hitam yang diseduh penuh dengan antioksidan dapat meningkatkan kewaspadaan. Bahkan bisa mencegah batu ginjal, meningkatkan daya ingat, meningkatkan suasana hati Anda, dan diyakini dapat menghambat peradangan gusi. Nah, Anda sudah siap menurunkan berat badan dengan minum kopi?

Saksikan video pilihan di bawah ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Live Streaming Indosiar: Persebaya vs Persija Exclusive di Vidio

Posted: 23 Aug 2019 09:30 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Persebaya Surabaya terlibat big match melawan Persija Jakarta pada lanjutan hopee Liga 1 2019 di Stadion Gelora Bung Tomo, Sabtu (24/8/2019).

Selain gengsi, kedua tim mengincar kemenangan pada laga yang disiarkan Indosiar ini demi memperbaiki posisi di klasemen.

Persebaya menempati peringkat enam dengan raihan 21 poin, tertinggal 13 angka di belakang pemuncak tabel Bali United. Sementara Persija lebih buruk. Macan Kemayoran baru mengoleksi 12 nilai.

Sebagai tim besar, posisi tersebut jelas memalukan bagi keduanya. Persebaya dan Persija pun siap tempur demi meraih kemenangan.

Selain di Indosiar, Anda dapat menyaksikan pertandingan Persebaya vs Persija melalui exclusive live streaming di Vidio Premier dengan berlangganan di link berikut ini...

Dapatkan cash back Rp 5 ribu dengan menggunakan DANA untuk langganan paket 7 hari seharga Rp 10 ribu. Promo ini berlaku hingga 30 Agustus 2019.

Perkiraan Susunan Pemain

Persebaya (4-3-3): Miswar Saputra; Novan Setya, Muhammad Syaifuddin, Andri Muliadi, Ruben Sanadi; Muhammad Hidayat, Fandi Eko Utomo, Rendi Irwan; Damian Lizio, Oktafianus Fernando, Amido Balde

Persija (4-3-3): Shahar Ginanjar; Dany Saputra, Ryuji Utomo, Maman Abdurahman, Tony Sucipto; Sandi Sute, Rohit Chand, Ramdani Lestaluhu; Riko Simanjuntak, Novri Setiawan, Marko Simic

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Pertamina Energy Hackathon 2.0 Tarik Peserta dari Sorong hingga Singapura

Posted: 23 Aug 2019 09:30 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - PT Pertamina (Persero) melalui Pertamina Energy menggelar acara Pertamina Energy Hackathon 2.0 di Hotel Mercure Sabang, Jakarta, pada hari ini.

Senior Vice President (SVP) Pertamina Jeffrey Tjahja Indra mengatakan, 2019 merupakan tahun kedua bagi perseroan dalam melakukan transformasi digital. Dia percaya bahwa kemampuan Pertamina dalam mengembangkan solusi tidak terlepas dari bagaimana teknologi Information Technology (IT) itu sudah menjamur di pasar.

"Untuk itu maka kami membuka diri, Pertamina membuka diri, insan ICT Pertamina membuka diri, untuk melihat bagaimana solusi itu bisa dilakukan dari sudut pandang orang luar," ujar dia di Hotel Mercure Sabang, Jakarta, Sabtu (24/8/2019).

Kesempata ini disebutnya juga sekaligus membuka kesempatan kepada pihak eksternal untuk dapat memberikan saran, solusi dan bantuan bagi perusahaan dalam hal teknologi informasi.

Dia menyampaikan, animo peserta pada ajang tahun ini begitu luar biasa. Pada saat pendaftaran Pertamina Energy Hackathon 2.0 kali ini diikuti oleh 847 programmer yang terbagi dalam 268 tim yang berasal dari 64 kota, mulai dari Sorong hingga Singapura.

"Jadi mereka itu berpartisipasi, dan mereka telah melalui saringan awal. (Sebagai hasil akhir) kita mendapatkan jumlah peserta 100 orang yang terbagi dalam 31 tim," jelas Jeffrey.

 

Kolaborasi dengan Pemenang

Besok, Pertamina Energy Gelar Hackathon 2.0 Berhadiah Ratusan Juta Rupiah. Sumber: hackathon.pertamina.com

Hingga berganti hari pada tengah malam nanti, para peserta terpilih akan berkompetisi dengan 3 tema bisnis yang jadi sorotan Pertamina. Pertama yakni B2B e-commerce, lalu B2C e-commerce, serta Asset Optimization.

Jeffrey melanjutkan, pihaknya menaruh harapan besar bahwa perseroan nantinya bisa berkolaborasi baik dengan pemenang dalam kompetisi ini. Sebab, ia meneruskan, Pertamina ingin mendapatkan manfaat dari kehadiran bisnis berbasis teknologi informasi yang kian menjamur di pasaran.

"Tidak menutup kemungkinan setelah acara ini bagi para peserta yang kami anggap bagus dan layak serta punya solusi yang baik, kami akan lakukan kerjasama yang pada akhirnya secara sinergi bisa memberikan yang terbaik bagi perusahaan, dan pada akhirnya bagi bangsa dan negara ini," tukas dia.

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Live Streaming Film Spesial HUT SCTV Ke-29 Warkop DKI Reborn Jangkrik Bos Part 1

Posted: 23 Aug 2019 09:30 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Film Spesial HUT SCTV ke-29 masih berlanjut ditayangkan hingga Sabtu (24/8/2019) siang ini.

Pada pukul 12.00 WIB giliran film Warkop DKI Reborn Jangkrik Bos Part 1 yang ditayangkan SCTV.

Dan, film spesial HUT SCTV ke-29 ini juga bisa disaksikan via live streaming dengan klik di sini.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Prediksi Bali United vs Arema FC: Menunggu Pembuktian Sylvano Comvalius

Posted: 23 Aug 2019 09:20 PM PDT

Bali - Tanah Dewata menjadi saksi bagaimana mengerikannya Sylvano Comvalius bersama Bali United pada Liga 1 2017. Tak hanya menjadi top skorer kompetisi, ia juga sukses memecahkan rekor jumlah gol dalam semusim di Liga Indonesia.

Comvalius berhasil menorehkan 37 gol dari 34 pertandingan bersama Bali United pada musim 2017. Torehan itu mendapuknya sebagai pemain tersubur semusim dalam sejarah Liga Indonesia.

Kini, Comvalius kembali ke Pulau Dewata bukan sebagai kawan, namun menjadi lawan. Penyerang asal Belanda itu saat ini memperkuat Arema FC, setelah gagal total bersama klub Thailand, Suphanburi dan tim Malaysia, Kuala Lumpur FC, seusai meninggalkan Bali United setelah Liga 1 2017 rampung.

Comvalius bersama Arema FC akan menantang Bali United pada pekan ke-16 Shopee Liga 1 2019 di Stadion Kapten I Wayan Dipta, Gianyar, Sabtu (24/8/2019).

Meski begitu, Stefano Cugurra Teco selaku pelatih Bali United tak menaruh atensi berlebihan kepada Comvalis. Seluruh pemain Arema FC dianggapnya sangat berbahaya.

"Ya, Arema FC punya pemain depan bagus di antaranya Sylvano Comvalius dan juga ada Makan Konate. Yang pasti ketika kami kehilangan bola, semua pemain harus fokus untuk memberikan marking kepada para pemain Arema FC. Tapi saya rasa Arema FC bukan hanya Comvalius dan Konate saja. Pemain-pemain lainnya dari Arema FC juga punya kualitas," imbuh Teco.

Bersama Arema FC di musim ini, Comvalius belum kembali ke permainan terbaiknya kala masih membela Bali United. Striker berusia 32 tahun itu baru membukukan empat gol dari 12 penampilan. Laga ini harus jadi pembuktian bahwa ketajamannya sudah kembali. 

Arema FC Bermain Lepas

(Bola.com/Iwan Setiawan)

Di kubu Arema FC, mereka tidak gentar dengan catatan luar biasa Bali United saat ini. Pelatih Arema, Milomir Seslija jauh-jauh hari sudah menekankan agar pemainnya agar tampil lepas di Bali, sehingga tidak terbebani.

"Ini pertandingan yang prestise. Dua tim papan atas bertemu. Meskipun pertandingan bakal berat, pemain sudah siap," kata pelatih asal Bosnia itu.

Secara teknis, Arema tidak ingin bertahan total dalam laga ini. Mereka butuh poin untuk tetap bisa bersaing di papan atas. Tentunya misi memangkas jarak 9 poin dengan Bali United juga membakar semangat Dendi Santoso dkk.

"Kami tahun ada sejumlah pemain Bali United ke timnas. Dua bek sayap juga. memang ada celah. Tapi mereka juga punya pemain yang bagus. Intinya, kami instruksikan pemain untuk terus berlari dan menciptakan ruang untuk memberikan perlawanan dan tontonan yang menarik," sambungnya.

Prakiraan Susunan Pemain

Bali United (4-3-3): Wawan Hendrawan (k); Dias Angga, Leonard Tupamahu, Willian Pacheco, Michael Orah (b); Brwa Nouri, Fadil Sausu, Paulo Sergio (t); Stefano Lilipaly, Melvin Platje, Ilija Spasojevic (d)

Pelatih: Stefano Cugurra Teco

Arema FC (4-2-3-1): Kartika Ajie (kiper); Agil Munawar, Arthur Cunha, Hamka Hamzah, Alfin Tuasalamony (belakang); Hendro Siswanto, Hanif Sjahbandi; Dendi Santoso, Makan Konate, Ricky Kayame (tengah); Sylvano Comvalius (depan).

Pelatih: Milomir Seslija.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

5 Fakta Sosok Aceng Fikri, Mantan Bupati Garut yang Terjaring Razia Satpol PP

Posted: 23 Aug 2019 09:20 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Publik kembali dihebohkan dengan berita mantan Bupati Garut Aceng Fikri terjaring razia Satpol PP Kota Bandung. Aceng terjaring Satpol PP saat berada di salah satu hotel Melati di kawan Lengkong, Kota Bandung. 

Pada saat penjaringan, Satpol PP menemukan Aceng Fikri sedang bersana perempuan di satu kamar. Awalnya Satpol PP menduga perempuan yang bersama Aceng Fikri bukanlah pasangannya, namun mantan Bupati Garut itu dapat membuktikan perempuan yang satu kamar dengannya ialah istrinya bernama Siti Elina Rahayu.

Aceng membuktikan Siti Elina adalah istrinya dengan menunjukkan bukti berupa Kartu Tanda Penduduk (KTP), surat nikah dan foto nikah. Meski begitu, Satpol PP tetap mencurigai Aceng Fikri karena alamat KTP Siti Elina berbeda dengan alamat Aceng Fikri.

"Kita sempat periksa dan beliau memperlihatkan surat nikah, foto nikah. Soal KTP, karena beliau baru melangsungkan pernikahan jadi belum mengubah identitas," ujar Kasi Penyidikan dan Penyelidikan Satpol PP Kota Bandung Mujahid Syuhada seperti dilansir dari Antara, Jumat (23/8/2019). 

Terlepas dari kasus terjaringnya Aceng Fikri oleh Satpol PP Kota Bandung, berikut Liputan6.com rangkum dari berbagai sumber, fakta sosok Aceng Fikri, Sabtu (24/8/2019).

 

1. Aceng Fikri seorang penjabat negara

5 Fakta Sosok Aceng Fikri, Mantan Bupati Garut yang Terjaring Razia Satpol PP

Nama Aceng Fikri bukan sesuatu yang baru bagi publik. Ia sempat menjadi viral di beberapa kasus yang menjeratnya. Seperti diketahui, nama Aceng Fikri viral saat menjadi Bupati Garut. Aceng menjabat menjadi Bupati Garut hingga 26 Februari 2013 atau 6 tahun lalu.

Setelah menjadi Bupati Garut, kini Aceng Fikri menjadi salah satu pejabat penyelenggara negara. Ia berstatus sebagai anggota DPD RI periode 2014-2019. Aceng menjabat sebagai senator mewakili wilayah Jawa Barat.

2. Pernah menjadi bos satpol PP kabupaten Garut.

Aceng Fikri, mantan Bupati Garut yang tengah menjadi perbincangan publik usai ia terjaring razia Satpol PP Kota Bandung. Ada hal menarik dari sosok Aceng Fikri, yakni saat menjabat sebagai Bupati Garut, Aceng terkenal menjadi bos satpol PP. Sayangnya, kini malah Aceng yang terjaring oleh Satpol PP.

3. Viral karena pernikahan singkat

5 Fakta Sosok Aceng Fikri, Mantan Bupati Garut yang Terjaring Razia Satpol PP (Liputan6.com/Jayadi Supriadin)

Nama Aceng Fikri mulai dikenal publik karena pernikahan singkatnya dengan Fani Oktora pada tahun 2012. Cara Aceng menceraikan Fani bahkan tidak biasa. Fani yang saat itu berusia 18 tahun diceraikan melalui pesan singkat. Alasan Aceng menceraikan Fani karena dianggap sudah tidak perawan dan bau mulut.

Perlakuan Aceng Fikri tersebut sontak membuat geger publik. Ia dianggap berlaku semena-mena terhadap perempuan. Perlakuan Aceng tersebut membuat ia banyak didemo, dihujat hingga muncul banyak tuntutan publik agar diberhentikan dari jabatan Bupati Garut.

4. Diberhentikan dari Bupati Garut oleh SBY

Banyaknya tuntutan publik agar Aceng Fikri diberhentikan dari Bupati Garut, mendapat respon dari pemerintah. Tepat pada tanggal 25 Februari 2012 Presiden ke-6 RI, Susilo Bambang Yudhoyono menandatangani surat pemberhentian Aceng Fikri sebagai Bupati Garut.

Aceng Fikri diberhentikan menjadi Bupati Garut sesuai dengan Keputusan Presiden RI No 17/P 2013 tanggal 20 Februari 2013. Sesuai Pasal 35 ayat (1) Undang-undang Nomor 32/2004 tentang pemerintahan daerah pasal 131 ayat (1) Peraturan Pemerintah No 6/2005 tentang Pemilihan, Pengesahan, Pengangkatan dan Pemberhentian Kepala Daerah dan Wakil Kepala Daerah. 

Aceng Fikri merupakan sosok pejabat pertama negara yang diberhentikan karena alasan rumah tangga. Ya, perlakuan semena-mena terhadap perempuan membuatnya masuk dalam catatan peta perpolitikan modern pascareformasi, sebagai pejabat negara yang lengser karena alasan tak masuk akal.

5. Terjaring razia Satpol PP di hotel terindikasi 'negatif'

Mantan Bupati Garut Aceng Fikri bersama istrinya terjaring razia Satpol PP di sebuah hotel di kawasang Lengkong, Bandung, Jabar. (Antara)

Kemarin malam (23/8/2019), Aceng Fikri terjaring razia Satpol PP Kota Bandung di salah satu hotel melati di kawasan Lengkong, Kota Bandung. Aceng terjaring tengah berdua bersama seorang wanita bernama Siti Elina.

Meski Aceng memberikan bukti bahwa ia baru menikah dengan Siti Elina, namun Satpol PP tetap menaruh rasa curiga. Selain alamat di KTP Siti Elina berbeda dengan Aceng, keduanya juga berada di hotel melati yang terindikasi hotel 'negatif'.

"Kalau memang ada indikasi digunakan tempat negatif ya kita lakukan penindakan. Jadi kemarin hotel tersebut diindikasikan. Karena tempo hari juga kita melakukan razia ke situ menemukan warga negara asing yang langsung dideportasi," ujar Kasi Penyidikan dan Penyelidikan Satpol PP Kota Bandung Mujahid Syuhada, Jumat (23/8/2019).

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Yorrys Raweyai: Masyarakat Papua Ingin Pemerintah dan Polisi Transparan

Posted: 23 Aug 2019 09:16 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Anggota Dewan Perwakilan Daerah (DPD) terpilih asal Papua, Yorrys Raweyai mengatakan, masyarakat Papua dan Papua Barat hanya ingin pemerintah serta pihak kepolisian mengungkap kasus yang menimpa mahasiswa di Malang dan Surabaya secara transparan. Begitu juga dengan kerusuhan di Manokwari dan kota lainnya.

Yorrys menyebut, hal itu disampaikannya di hadapan Menko Polhukam Wiranto, Kapolri Jenderal Tito Karnavian, dan Panglima TNI Marsekal Hadi Tjahjanto saat kunjungan pada 22 Agustus 2019 di Manokwari, Papua Barat.

"Persoalannya hanya satu bagaimana pemerintah pihak Kepolisian bisa mengungkap secara transparan memberikan hukuman apakah pelaku atau memprovokasi. Kita melihat ini adalah bukan hal baru, ini di Surabaya," kata Yorrys dalam diskusi 'Bagaimana Sebaiknya Mengurus Papua' di Restoran Gado-gado Boplo, Jakarta Pusat, Sabtu (24/8/2019). 

Menurut dia, masalah tersebut bukanlah masalah baru di Papua. Masalah sudah terjadi sejak 1965 di Manokwari dan kini terjadi di asrama mahasiswa Papua, Surabaya.

Masyarakat Papua Kecewa

Massa turun ke jalan dalam unjuk rasa yang berujung kerusuhan di Manokwari, Papua, Senin (19/8/2019). Mereka membakar gedung DPR juga memblokade jalan dengan membakar ban sebagai buntut dari peristiwa yang dialami mahasiswa Papua di Surabaya dan Malang, serta Semarang beberapa hari lalu. (STR / AFP)

Insiden tersebut, lanjut Yorrys membuat masyarakat Papua kecewa dan akhirnya menimbulkan reaksi.

"Diviralkan seluruh Papua dan dengan akumulasi kekecewaan dan membuat semangat kolektif membangun aspirasi. Ada yang menyampaikan aspirasi seperti di Papua. Sekarang spektrumnya tiba-tiba bangkit satu gerakan," kata Yorrys.

Sebelumnya Menko Polhukam Wiranto didampingi Panglima TNI Marsekal Hadi Tjahjanto dan Kapolri Jenderal Tito Karnavian duduk bersama dengan Kapolda Papua Barat Brigjen Rudolf Nahak, Pangdam Kasuari Joppy Onesimus Wayangkau, dan Gubernur Papua Barat Dominggus Mandacan, Kamis siang, 22 Agustus 2019. 

Dalam kesempatan tersebut Wiranto menyampaikan kondisi Sorong saat ini sudah kondusif. Pelayanan di fasilitas umum seperti bandara dan kantor pelayanan publik sudah kembali normal.

 

Reporter: Intan Umbari Prihatin

Sumber: Merdeka 

Saksikan video pilihan di bawah ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

FOTO: Cantiknya IU, Pemeran Utama Drama Hotel Del Luna

Posted: 23 Aug 2019 09:13 PM PDT

Wajah cantik IU sudah terlihat sejak ia kecil. (Liputan6.com/IG/@dlwlrma)

Wajah cantik IU sudah terlihat sejak ia kecil. (Liputan6.com/IG/@dlwlrma)

Postur tubuhnya yang mungil dan kulitnya yang putih membuat penampilan IU semakin imut. (Liputan6.com/IG/@dlwlrma)

Postur tubuhnya yang mungil dan kulitnya yang putih membuat penampilan IU semakin imut. (Liputan6.com/IG/@dlwlrma)

Saat ini, Hotel Del Luna menjadi salah satu drama terkenal yang berhasil meraih rating tinggi dan menghadirkan cameo-cameo keren seperti Lee Joon Ki, Sulli, dan Nam Da Reum. (Liputan6.com/IG/@dlwlrma)

Saat ini, Hotel Del Luna menjadi salah satu drama terkenal yang berhasil meraih rating tinggi dan menghadirkan cameo-cameo keren seperti Lee Joon Ki, Sulli, dan Nam Da Reum. (Liputan6.com/IG/@dlwlrma)

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Mengenal Penyakit Dispepsia, Nyeri Ulu Hati yang Tak Boleh Dianggap Remeh

Posted: 23 Aug 2019 09:10 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Penyakit dispepsia merupakan gangguan yang terjadi di daerah perut bagian tengah. Dispepsia ini bisa memunculkan sekumpulan gejala berupa rasa nyeri , kembung, mual, muntah, dan lain sebagainya. Dispepsia biasanya terjadi setelah seseorang mengonsumsi makanan atau minuman. 

Penyakit dispepsia bisa terjadi karena kadar asam lambung yang tinggi, sehingga menyebabkan peradangan pada selaput lambung. Penyakit ini bisa kambuh dengan tiba-tiba dan semakin lama akan semakin parah. Oleh karena itu, penderitanya harus lebih selektif lagi dalam mengonsumsi makanan.

Penyakit dispepsia ini tidak bisa dianggap remeh. Tanpa adanya perbaikan pola hidup maupun pemeriksaan dan penanganan yang tepat dari dokter, dispepsia bisa menjadi gejala penyakit pencernaan yang parah.

Berikut Liputan6.com, Sabtu (24/8/2019) telah merangkum dari berbagai sumber membahas seputar penyakit dispepsia; cara mengatasi dispepsia hingga makanan yang perlu dihindari. 

Mengenal tentang Penyakit Dispepsia

ilustrasi penyakit pencernaan (Sumber:pixabay)

Dispepsia merupakan gangguan yang terjadi di daerah perut bagian bawah. Gangguan ini bisa memunculkan gejala berupa rasa nyeri pada ulu hati, kembung, mual, muntah, dan lain sebagainya. Nyeri ini dapat hilang dan timbul, tetapi biasanya terjadi secara terus-menerus.

Dispepsia biasanya disebabkan oleh gaya hidup seseorang yang cenderung tidak sehat. Selain itu, dispepsia juga bisa dikaitkan dengan infeksi, kondisi pencernaan atau kelebihan asam lambung. Disini asam lambung memecah mukosa sehingga menyebabkan iritasi dan pembengkakan. Dimana hal ini memicu rasa tidak nyaman pada sistem pencernaan.

Biasanya penyakit dispepsia ini lebih dapat dirasakan pada saat makan atau setelah mengonsumsi makanan dan minuman. Meskipun rasa tidak nyaman sudah mulai bisa dirasakan sebelum makan. Saat menjelang makan, lambung akan menghasilkan asam.

Nah, pada kondisi tertentu jumlah asam yang diproduksi oleh lambung bisa meningkat, sehingga menyebabkan iritasi pada dinding permukaan lambung. Bahkan keluhan bisa terasa hingga kerongkongan. Keluhan nyeri pada lambung inilah yang sering membuat dispepsia dikenal sebagai keluhan nyeri lambung atau sakit maag.

Cara Mengatasi Penyakit Dispepsia

Sistem Pencernaan yang Terganggu

Bagi penderita penyakit ini, kerap kali mencari beragam pengobatan untuk meredakan atau bahkan menyembuhkan rasa sakitnya. Namun pengobatan untuk penyakit dispepsia ini sangat beragam tergantung pada apa yang menyebabkannya dan seberapa gejala yang dirasakan.

Pertolongan pertama untuk mengatasi nyeri ulu hati atau dispepsia dapat dilakukan dengan meminum obat yang direkomendasikan oleh dokter. Misalnya, dengan mengonsumsi obat yang mengandung antasida untuk mengurangi asam lambung. Jangan lupa untuk makan makanan apa pun yang ada, memperbanyak konsumsi air putih, serta istirahat.

Selain itu, kebanyakan orang mampu mengatasi maupun mencegah gangguan pencernaan dengan membuat perubahan pola makan dan gaya hidup yang lebih baik. Berikut ini ada beberapa perubahan pola makan dan gaya hidup untuk mengatasi penyakit dispepsia.

- Makan sedikit demi sedikit dan kunyah makanan secara perlahan dan menyeluruh.

- Hindari makanan yang berlemak dan pedas seperti makanan olahan, minuman bersoda, kopi, teh, alkohol, rokok, dan lainnya yang bisa memicu produksi asam lambung berlebih.

- Mempertahankan berat badan yang sehat.

- Lakukan olahraga secara teratur.

- Mengelola stres.

- Hindari kebiasaan segera berbaring setelah makan. Kamu bisa menunggu setidaknya dua hingga tiga jam setelah makan sebelum berbaring.

Makanan dan Minuman yang Perlu Dihindari

Makanan Pedas

Makanan Pedas

Hal yang perlu dihindari bagi penderita dispepsia adalah mengurangi konsumsi makanan pedas. Ya, mengonsumsi makanan pedas bisa memperburuk kondisi penyakit ini. Pasalnya makanan pedas ini dapat meningkatkan kadar asam lambung dengan cepat dan menyebabkan radang pada lambung. Pada selaput lambung yang rusak karena dispepsia akan terus meradang jika terkena makanan yang pedas.

Makanan Asam

Selain makanan pedas, makanan asam juga perlu dihindari bagi penderita dispepsia. Ya, makanan asam bisa menyebabkan masalah pencernaan. Buah-buahan dengan tingkat keasaman tinggi seperti jeruk dan lemon juga harus dihindari.

Makanan Berlemak

Makanan dengan kandungan lemak tinggi juga bisa meningkatkan peradangan pada selaput lambung, sehingga menyebabkan dispepsia atau sakit maag. Makanan berlemak biasanya ditemukan pada masakan yang digoreng.

Oleh karena itu, disarankan bagi penderita dispepsia untuk menghindari makanan yang digoreng secara berlebihan. Selain memperparah kondisi dispepsia, makanan berlemak juga dapat meningkatkan tekanan darah dan membuat obesitas.

Makanan dan Minuman yang Perlu Dihindari Lainnya

Makanan dan Minuman Manis

Makanan dan minuman yang dibuat dengan pemanis buatan juga bisa menyebabkan penyakit maag kambuh pada seseorang. Hal ini dikarenakan pemanis tidak dapat sepenuhnya dicerna dan diserap oleh tubuh sebelum mencapai usus.

Minuman Berkafein

Penderita penyakit dispepsia juga harus mengurangi konsumsi minuman yang mengandung kafein. Hal ini dikarenakan minuman dengan kafein bisa meningkatkan asam lambung, sehingga menyebabkan dispepsia kambuh. Minuman yang mengandung kafein tinggi seperti kopi, teh, soda, dan coklat.

Minuman Beralkohol

Penderita dispepsia juga harus menghindari minuman yang mengandung alkohol. Hal ini dikarenakan minuman beralkohol mempunyai sifat yang dapat mengiritasi lapisan lambung, sehingga bisa menyebabkan rasa nyeri kambuh.

Selain itu, alkohol juga dapat menyebabkan gangguan pencernaan dan penyakit hati. Alkohol juga tidak mengandung protein, vitamin, atau nutrisi lainnya yang berguna untuk tubuh.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Protes Hong Kong Berlanjut dengan Rantai Manusia Sejauh Hampir 50 Kilometer

Posted: 23 Aug 2019 09:03 PM PDT

Liputan6.com, Hong Kong - Sebuah jalinan panjang rantai manusia membentang beberapa kilometer di kedua sisi pelabuhan Hong Kong pada Jumat malam, ketika demonstran melanjutkan protes damai, yang disebut terinspirasi oleh pengunjuk rasa anti-Soviet tiga dekade lalu.

Dengan bergandengan tangan dan menyanyikan lagu-lagu, puluhan ribu demonstran berjejer di trotoar, jembatan layang, dan taman-taman Hong Kong.

Dikutip dari The Guardian pada Sabtu (24/8/2019), barisan cahaya ponsel dilambaikan sebagai penutup jenis protes yang baru pertama kalinya terjadi di Hong Kong itu.

Protes Jumat malam itu tidak berizin, tapi berlangsung damai. Hal tersebut berbalik kontras dengan kekerasan dan kebrutalan polisi yang terjadi pada beberapa protes tak berizin sebelumnya.

Untuk demonstrasi "Hong Kong Way" hari Jumat, panitia telah menyerukan agar orang-orang berkumpul mengikuti satu garis yang panjangnya kira-kira serupa dengan total jalur kereta bawah tanah, yang meliuk-liuk hampir 30 mil, atau setara 50 kilometer.

Jalur rantai anusia itu membentang terpisah dari Pulau Hong Kong, Semenanjung Kowloon, dan wilayah New Territories dekat perbatasan China daratan.

Massa yang diprakarsai oleh barisan Hong Kong --yang mengenakan pakaian hitam dan masker-- mulai membentuk rantai manusia pada sekitar pukul 20.00 waktu setempat. Tua, muda, dan pekerja kantor berjas ikut serta dalam aksi tersebut.

 

 

Terinspirasi oleh Baltik Way

Bendera Uni Soviet (Wikipedia/Public Domain)

Aksi itu sekaligus memperingati kejadian serupa pada 23 Agustus 1980, ketika sekitar 2 juta pengunjuk rasa membentuk rantai manusia yang membentang 600 mil (setara 600 kilometer), melintasi Estonia, Latvia, dan Lithuania.

Dikenal sebagai "Baltik Way", aksi itu merupakan sebuah pembangkangan massal terhadap kebijakan otoriter Uni Soviet. Dalam jangka waktu setahun kemudian, ketiga negara tersebut merdeka dari Moskow.

Para pengunjuk rasa mengutip rantai manusia Baltik sebagai inspirasi.

"Di tempat itu, pada waktu itu, orang-orang mencoba menggunakan bentuk ekspresi ini untuk menyuarakan keinginan mereka agar bebas dari negara Soviet," kata seorang demonstran.

"Dalam istilah yang sangat mirip, orang-orang Hong Kong berusaha untuk mengekspresikan diri mereka dan mengekspresikan kerinduan mereka atas kebebasan dan hak asasi manusia," lanjutnya.

Tidak seperti protes lain yang menghantui Hong Kong dalam beberapa bulan terakhir, demonstran kali ini berbaris menyamping di sepanjang trotoar.

Rantai putus dan terbentuk lagi di persimpangan jalan untuk menghindari gangguan lalu lintas.

Setelah protes berakhir pada pukul 21.00 waktu setempat, demonstran melebur kembali ke jalan-jalan, mengikuti salah satu semboyan tidak resmi dari gerakan itu: "Jadilah seperti air".

Protes Terbesar Sejak 1997

Bendera Hong Kong dan China berkibar berdampingan (AFP)

Sebelas pekan sudah protes silih berganti digelar di Hong Kong, menjadikannya sebagai yang terbesar dan terparah sejak kota itu dikembalikan dari kolonial Inggris ke China pada 1997 silam.

Pemerintah China telah menuduh pengunjuk rasa terpapar terorisme, bekerja dengan kekuatan asing, dan mengobarkan "revolusi warna" melawan pemerintahan pusat Beijing.

Ketika protes Hong Kong dimulai pada bulan Juni, itu dipicu oleh kemarahan atas RUU Ekstradisi yang memungkinkan tersangka ditangkap dan diadili sepihak oleh otoritas China daratan.

Namun, meski akhirnya RUU tersebut ditangguhkan, protes terlanjur meluas menjadi gerakan pro-demokrasi, yang meminta China tetap mempertahankan konsep "satu negara, dua sistem" sebagaimana mestinya.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Persebaya Hadapi Persija di GBK Sore Ini Tanpa 3 Pilar Inti

Posted: 23 Aug 2019 09:00 PM PDT

Fokus, Surabaya - Persebaya Surabaya kini dalam kondisi rasa percaya diri yang tinggi. Dalam laga terakhir mereka menang 3-1 di markas Perseru Badak Lampung. Apalagi Persebaya punya kenangan manis menghadapi Persija.

Seperti ditayangkan Fokus Indosiar, Sabtu (24/8/2019), menghadapi pertandingan besar di Stadion Gelora Bung Tomo, Surabaya, sore ini, Persebaya tak bisa menggunakan sejumlah pemain intinya, seperti Irfan Jaya, Hansamu Yama, dan Otavio Dutra yang memperkuat Timnas Garuda.

Osvaldo Haay dan Rian Irianto juga dipastikan absen akibat koleksi kartu. Nantinya Persebaya akan mengandalkan Elisa Basna dan Ruben Sanadi di sektor pertahanan.

Di sisi lain, Persija Jakarta juga dalam kondisi bagus usai memutus rentetan hasil minornya. Kemenangan tiga gol atas Kalteng Putra di laga terakhir mereka membuat mental anak asuh Julio Banuelos kembali terangkat.

Persija memang tak pernah menang dalam tiga pertandingan melawan Persebaya. Namun, di laga kandang, Persebaya juga tidak terlalu garang. Mereka cuma meraih tiga kemenangan di delapan laga kandangnya. Ini bisa dimanfaatkan oleh Persija.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Soal Pro-Kontra Pemindahan Ibu Kota, Ini Kata Bos Bappenas

Posted: 23 Aug 2019 09:00 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Menteri Perencanaan Pembangunan Nasional (PPN)/Kepala Bappenas, Bambang Brodjonegoro, tidak mau menanggapi pro dan kontra para anggota DPR yang tidak sependapat dengan pemindahan ibu kota.

Dia menjelaskan nanti pemerintah akan menjelaskan proses dan alasan mengapa ibu kota dipindah.

"Siapa DPR menentang (pemindahan ibu kota). Kalau satu dua anggota ya, jadi nanti ada prosesnya," kata Bambang di Istana Kepresidenan, Jakarta Pusat, Jumat (23/8).

Sementara Kepala Staf Kepresidenan Moeldoko menyatakan, pemindahan ibu kota sudah dipikir matang untuk 100 tahun ke depan. Dia meminta masyarakat menyikapi dengan positif. Kemudian, rencana tersebut kata dia sudah dibicarakan sejak lama. Jika tidak direalisasikan, menurut dia, tidak akan terjadi pemindahan ibu kota.

"Kalau dipikirkan terus kan tidak terealisasi. Terus kapan mau move on-nya? Ini mau di-move on-kan," ungkap Moeldoko.

 

 

Reporter: Intan Umbari Prihatin

Sumber: Merdeka.com

PKS: Pemindahan Ibu Kota Bukan Program Prioritas

Pemandangan gedung bertingkat di Jakarta, Selasa (30/4/2019). Presiden Joko Widodo atau Jokowi kembali melontarkan wacana pemindahan ibu kota dari Jakarta ke luar Pulau Jawa. (Liputan6.com/JohanTallo)

Fraksi Partai Keadilan Sejahtera (PKS) menyoroti kebijakan pemindahan ibu kota yang dicanangkan oleh pemerintah. Pemindahan ibu dinilai belum merupakan program prioritas saat ini.

"FPKS memandang kebijakan pemindahan ibu kota bukan menjadi prioritas untuk menjawab permasalahan-permasalahan strategis nasional," kata politikus PKS, Andi Akmal Pasluddin, dalam Rapat Paripurna, di DPR RI, Jakarta, Kamis (22/8/2019).

Pemindahan ibu kota, kata dia, perlu mempertimbangkan kebutuhan anggaran yang besar. Juga proses pembangunan yang tentu memakan banyak waktu.

"Dan kepentingan strategis sebagai bangsa. Kebijakan ini membutuhkan konsesus nasional mengingat kebijakan ini bukan hanya untuk kepentingan pemerintah saat ini karena akan melibatkan pemerintah selanjutnya," ungkapnya.

"Jika terjadi perubahan orientasi pada dari pemerintahan 5 tahunan, maka investasi yang besar tersebut terancam mangkrak dan gagal," ucapnya.

Selain itu, menilik konteks kepentingan pembangunan bangsa dengan perkembangan era teknologi baru, maka pemindahan ibu kota yang bersifat fisik menjadi tidak relevan.

"Kebutuhan dana yang begitu besar lebih baik digunakan untuk investasi pembangunan teknologi dan infrakstruktur sains untuk kemajuan dan kesejahteraan rakyat serta menjawab permasalahan permasalahan fundamental bangsa," tegasnya.

Reporter: Wilfridus Setu Embu

Sumber: Merdeka.c

Jokowi: Pemindahan Ibu Kota Simbol Kemajuan Bangsa

Pemandangan gedung bertingkat di Jakarta, Selasa (30/4/2019). Pemerintah berencana memindahkan ibu kota dari Jakarta lantaran Pulau Jawa dinilai sudah terlalu padat penduduk. (Liputan6.com/JohanTallo)

Presiden RI Joko Widodo (Jokowi) memaparkan belanja negara pada tahun 2020 akan difokuskanuntuk pengurangan ketimpangan antar wilayah.

Oleh karena itu, dijelaskan Jokowi, kita akan melanjutkan pengembangan berbagai kawasan ekonomi di luar Jawa, melanjutkan industrialisasi dalam bentuk hilirisasi hasil tambang maupun perkebunan, dan mengembangkan beberapa wilayah metropolitan di luar Jawa, supaya bisa menjadi sumber ekonomi baru.

"Selama ini, denyut kegiatan ekonomi secara umum masih terpusat di Jakarta dan Pulau Jawa. Sehingga Pulau Jawa menjadi sangat padat dan menciptakan ketimpangan dengan pulau-pulau di luar Jawa," kata Jokowi dalam Nota Keuangan di Gedung DPR RI, Jakarta, Jumat (16/8/2019).

Jokowi melanjutkan, apabila membiarkan hal ini berlanjut tanpa ada upaya yang serius, maka ketimpangan akan semakin parah.

Untuk itu, kata Jokowi, rencana pemindahan ibu kota ke Pulau Kalimantan diletakkan dalam konteks ini, sehingga akan mendorong pertumbuhan ekonomi baru, sekaligus memacu pemerataan dan keadilan ekonomi di luar Jawa.

"Ibu kota baru dirancang bukan hanya sebagai simbol identitas, tetapi representasi kemajuan bangsa, dengan mengusung konsep modern, smart, and greencity, memakai energi baru dan terbarukan, tidakbergantung kepada energi fosil," tegas dia.

Dukungan pendanaan bagi pemindahan ibu kota, kata Jokowi, akan sekecil mungkin menggunakan APBN. "Kita dorong partisipasi swasta, BUMN, maupun skema Kerja sama Pemerintah Badan Usaha (KPBU)," pugkas Jokowi. 

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Melihat Konsep Forest City, Ibu Kota Baru RI Bakal di Tengah Hutan Kaltim

Posted: 23 Aug 2019 09:00 PM PDT

Liputan6.com, Balikpapan - Ibu kota baru di Kalimantan Timur (Kaltim) nantinya mengusung konsep forest city (kota hutan). Pemerintah mengolaborasikan konsep kota modern, smart, beautiful, and suistainable dengan kekayaan hutan tropis.

"Konsep ibu kota baru Indonesia nantinya forest city," kata Deputi Bidang Pengembangan Kementerian Badan Perencanaan Pembangunan Nasional (Bappenas) Yudy R Prawiradinata di Balikpapan, Kamis, 22 Agustus 2019.

Bappenas sedang mengkaji lokasi strategis kandidat ibu kota yang ada di Kalimatan. Pertengahan tahun ini hasilnya mengerucut dua kandidat terletak di Provinsi Kalimantan Timur (Kaltim) dan Kalimantan Tengah (Kalteng).

Khusus Kaltim, Presiden Joko Widodo (Jokowi) sempat meninjau sejumlah lokasi, Taman Hutan Rakyat (Tahura) Bukit Soeharto, Samboja Kutai Kartanegara (Kukar), dan Penajam Paser Utara (PPU). Pemerintah memang belum memutuskan di mana persisnya lokasinya.

Yudy mengatakan, pengembangan ibu kota negara harus mempertimbangkan upaya pelestarian alam dan lingkungan. Pemerintahan pun meminimalkan pilihan peralihan alih fungsi lahan konservasi yang ada di Kalimantan.

Ini sesuai pernyataan langsung Menteri Bappenas Bambang Brodjonegoro untuk menjaga pelestarian hutan konservasi Kalimantan. Ia bahkan komitmen membantu upaya restorasi hutan terdampak pengembangan ibu kota.

Idealnya, pemerintah membangun kota hijau memaksimalkan daya dukung alam Kalimantan. Sehingga, ibu kota baru menjadi kawasan paru-paru dunia.

"Daya dukung dan daya tampung Kalimantan masih tersedia. Pengembangan ibu kota baru nanti tinggal menjaga komitmen bersama pembangunan konsep forest city," ujar Yudy.

Ibu kota terbagi area inti seluas 2 ribu hektare. Di sinilah lokasi istana negara, kantor lembaga negara, taman negara, dan botanical garden. Pembangunan area inti dilaksanakan selama lima tahun ke depan.

Selanjutnya, pemerintah fokus perluasan kawasan seluas 440 ribu hektare untuk permukiman ASN/TNI/Polri, perwakilan diplomatik, fasilitas pendidikan/kesehatan, universitas, penelitian, taman nasional, konservasi orangutan, kluster permukiman, dan lain lain. Perluasan pembangunan ibu kota selama 10 tahun ke depan.

"Total anggaran dibutuhkan sekitar Rp 466 triliun termasuk dengan pemindahan 1,5 juta ASN," ungkap Yudy.

Kawasan istimewa ini pun nantinya ditangani badan pengelola khusus yang bertanggung jawab langsung pada presiden. Pemerintah nantinya merumuskan undang-undang pengelolaan kawasan khusus ibu kota Kalimantan.

"Pengelolaannya suatu badan khusus dilindungi peraturan hukum. Agar tidak terjadi dualisme pengelolaan seperti kasus yang terjadi di Batam," papar Yudy.

Sebenarnya, konsep forest city merupakan hasil kajian Badan Perencana Pembangunan Daerah (Bappeda) Kaltim. Selama ini, Bappenas memang menampung usulan Bappeda se-Kalimantan.

"Memang menjadi usulan Kaltim saat diminta memaparkan agenda pemindahan ibu kota ke Kalimantan," ungkap Kepala Bidang Prasarana dan Wilayah Bappeda Kaltim Yusliando.

Padahal konsep forest city, menurut Yusliando, sangat sederhana. Pemerintah hanya memaksimalkan potensi ruang tanpa membebani keuangan negara dan mengganggu lingkungan.

"Konsepnya memanfaatkan 30 persen area hutan untuk pembangunan ibu kota. Sisa area dipertahankan sebagai hutan konservasi," paparnya.

Sehingga artinya, konsep ibu kota RI di Kalimantan nantinya terletak di tengah hutan. Hutan menjadi sarana buffer zone pelindung ibu kota.

 

Konsep Paling Relevan

Presiden Joko Widodo mengecek lokasi ibu kota negara. (Liputan6.com/Abelda Gunawan)

Selanjutnya, Yusliando meminta badan pengelola tegas menjaga aturan tata ruang dan wilayah sesuai masterplan ibu kota. Aktivitas publik tidak sembarangan bisa berinteraksi selama berada di kawasan ibu kota.

"Para ASN dan pegawai kementerian tinggal di area sekitar ibu kota. Pemerintah akhirnya harus membangun sarana transportasi massal memadai selama memasuki area ibu kota," ujarnya.

Konsep forest city ini sesuai kawasan Tahura Bukit Soeharto. Area konservasi milik negara yang berada di tengah kota Kaltim, Balikpapan, Samarinda, dan Kukar.

"Dalam bayangan saya memang Bukit Soeharto, namun konsep ini juga bisa dilaksanakan di provinsi lain sesuai keinginan pemerintah," sebutnya.

Forest city memperoleh sanjungan di Balikpapan. Konsepnya pun dinilai unik kolaborasi potensi alam sudah ada.

"Konsep ini unik untuk direalisasikan dalam agenda ibu kota, sepertinya belum pernah dilakukan negara lain," papar Wahyulloh, praktisi tata kota Balikpapan.

Wahyulloh mengatakan, konsep ini relevan untuk kepentingan konservasi lingkungan Kalimantan. Pemerintah pun tidak terbebani pembangunan perkantoran yang memakan dana untuk kebutuhan lahan.

Namun demikian, Wahyulloh meminta pemerintah berpikir lebih revolusioner penerapan konsep forest city plus digital infrastruktur. Suatu konsep pengembangan kota berwawasan infrastruktur informasi teknologi muktahir.

"Seperti Silicon Valley di California Amerika Serikat. Kota berkonsep teknologi digital menjadi lokasi perusahaan Google, Apple, Facebook dan lain lain," tuturnya.

Sehingga, dari kaca mata Wahyulloh, ibu kota Indonesia menjadi layak huni sekaligus modern mengadopsi teknologi mutakhir. Ibu kota hanya berdiri sejumlah bangunan utama pemerintahan dilengkapi infrastruktur digital.

"Sehingga tidak perlu terlalu banyak membangun puluhan gedung bertingkat. Pelayanan publik bisa dilakukan secara proses online saja," papar Wahyulloh.

 

Simak video pilihan berikut ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Sabda Rasulullah Mengenai Keistimewaan Madinah

Posted: 23 Aug 2019 09:00 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Jemaah haji Indonesia sebagian sudah mulai bergerak ke Madinah, untuk melaksanakan rangkaian ibadah Arbain.

Membahas mengenai Madinah, sejumlah sabda Nabi Saw mengungkapkan keistimewaan Madinah al-Munawwarah. Hal ini dikutip dalam buku Rujukan Sifat Haji Dan Umrah Wanita karya Dr. 'Ablah Muhammad al-Kahlawi :

1. "Sesungguhnya Ibrahim telah menyucikan Makkah dan mendoakan kebaikan bagi penduduknya,dan aku menyucikan Madinah sebagaimana Ibrahim menyucikan Makkah.

Aku juga mendoakan keberkahan untuk takaran dan mud di madinah sebagaimana Ibrahim mendoakan kebaikan untuk penduduk Makkah," (HR Muslim)

2. "Sesungguhnya Ibrahim telah menyucikan Makkah dan aku menyucikan Madinah; di antara dua gunungnya tidak boleh ditebang tanamannya dan diburu hewannya," (HR Muslim)

3. "Keimanan akan selalu mengelilingi madinah sebagimana ular mengelilingi liang rumahnya," (HR al-Bukhari)

4. "Madinah adalah tanah haram antara gunung Air dan Tsawr. Barang siapa berbuat jahat di dalamnya atau melindungi orang jahat maka dia akan mendapat laknat dari allah,malaikat,seluruh manusia,dan Allah tidak akan menerima secuil pun kebaikannya. Haram meotong tanamannya,memburu hewannya,dan mengambil barang yang terlantar kecuali untuk menyelamatkannya. Siapa pun tidak diperkenankan mengangkat pedang dan berperang di dalamnya atau memotong rerumputan kecuali untuk memberi makan unta," (HR al-Bukhari).

5."Akan datang satu masa ketika seseorang akan mengajak sepupu dan kerabatnya mencari kesejahteraan. Seandainya mereka mengetahui,Madina lah tempat yang paling cocok untuk tujuan mereka.

Demi Allah yang menggenggam jiwa ragaku, tidak ada seorang pun yang keluar dari Madinah sambil membawa kedengkian kecuali Allah akan menggantinya dengan orang lain yang lebih baik.

Ingatlah! Madinah tak ubahnya seperti ubupan api tukang besi yang menyingkirkan hal-hal buruk. Kiamat takkan terjadi sampai Madinah menyingkirkan orang-orang jahat di dalamnya sebagaimana ubupan api menyingkirkan kotoran besi," (HR Muslim)

6. "Siapa yang meninggal dunia di Madinah hendaknya dia menerimanya (dengan bahagia) karena tidak ada orang yang meninggal dunia di Madinah kecuali kelak aku akan memberi syafaat kepadannya," (HR Ibnu Majah dan al-Turmudzi).

 

(Desti Gusrina)

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Persija ke Markas Persebaya Bukan untuk Tamasya

Posted: 23 Aug 2019 09:00 PM PDT

Liputan6.com, Surabaya - Persija Jakarta menyambangi markas Persebaya Surabaya pada lanjutan Shopee Liga 1 2019. Laga berlangsung di Stadion Gelora Bung Tomo, Sabtu (24/8/2019).

Kiper Shahar Ginanjar menyatakan ambisi Macan Kemayoran merebut tiga angka pada partai yang disiarkan Indosiar ini.

"Sekali lagi di sini bukan untuk jalan-jalan. Kita ke sini untuk bermain bola dan menargetkan pulang untuk bawa poin," tegas Shahar, dilansir situs resmi Persija.

Persija memburu hasil positif demi memperbaiki posisi di klasemen. Saat ini Ismed Sofyan dan kawan-kawan terdampar di peringkat 14 dengan raihan 12 angka.

Mereka hanya unggul produktivitas gol atas Barito Putera, Persela Lamongan, dan Perseru Badak Lampung. Persija memang baru bertanding 11 kali, jauh lebih sedikit dibanding rival.

Namun, mereka tetap perlu memenangkan pertandingan-pertandingan tersebut jika mau benar-benar meninggalkan persaingan zona degradasi.

Pengalaman Musim Lalu

Kiper Persija, Shahar Ginanjar, merayakan kemenangan atas Persela pada laga Liga 1 di SUGBK, Jakarta, Selasa (20/11). Persija menang 3-0 atas Persela. (Bola.com/Vitalis Yogi Trisna)

Shahar beraksi pada kunjungan ke markas Persebaya pada pertemuan di tempat sama musim lalu. Dia harus tiga kali memungut bola di dalam gawang dan Persija tumbang 0-3.

Kali ini dia kembali menggantikan Andritany Ardhiyasa yang dipanggil mengikuti pemusatan timnas. "Setiap hasil yang lama itu jadi pembelajaran dan pengalaman buat saya. Buat laga nanti kita tatap lagi dengan baik," ungkap kiper berusia 28 tahun tersebut.

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Wajib Tahu, Aturan Bersikap pada Anak Berkebutuhan Khusus

Posted: 23 Aug 2019 09:00 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Informasi yang kurang membuat sebagian di antara kita bersikap kurang tepat terhadap anak berkebutuhan khusus (ABK). Misalnya, seseorang secara tidak sadar memperhatikan ABK dalam waktu yang lama.

Ada juga yang memberikan tatapan sinis, atau bahkan mengeluarkan kalimat negatif. Bahkan tak jarang, anak berkebutuhan khusus menjadi korban perundungan (bullying) fisik ataupun mental. 

Padahal, bullying secara langsung dan tidak langsung akan memberikan efek pada korbannya. Menurut pendiri Yayasan Masyarakat Peduli Autisme Indonesia (MPATI) sekaligus orang tua ABK, Gayatri Pamoedji, efek bullying pada ABK tergantung pada cara diperlakukan di rumah. 

"Jika dia diperlakukan dengan sangat baik, ia akan merasa aman. Saya selalu bilang pada anak saya, apa pun yang terjadi di luar, kamu aman di rumah. Dan itu membuat dia menjadi pribadi yang kuat," jelas Gayatri Pamoedji dalam press conference SPEKIX 2019 di Jakarta Convention Center (JCC), Jumat (23/8/2019).

Berikut aturan bersikap ketika bertemu ABK:

Aturan bersikap sebagai orangtua

Sebagai orangtua atau keluarga dengan anak berkebutuhan khusus, Anda harus menggali pengetahuan dan informasi mengenai penanganan yang tepat. 

"Orang tua harus pintar, jangan nunggu harus ada ahlinya. Karena penelitian membuktikan, 80 persen anak berkebutuhan khusus sukses karena orang tuanya. Informasi dapat diterima lewat seminar terutama dari para ahli," ucap Gayatri.

 

Aturan bersikap sebagai keluarga besar

Ilustrasi/copyright shutterstock.com

Tak hanya orangtua, keluarga besar juga memegang peran penting dalam penanganan ABK. Setelah diagnosis dari dokter keluar, keluarga besar juga harus memberikan dukungan dan bersikap suportif.

"Menjadi orang tua ABK saja tidak mudah, bagaimana jika tidak didukung oleh keluarga yang suportif dan fasilitas yang cukup?" tambah Gayatri.

Aturan bersikap sebagai orang awam

Seringkali orang yang tidak memiliki relasi dengan ABK mengeluarkan perlakuan yang kurang tepat. Gayatri menjelaskan, jika Anda melihat seseorang tantrum di tempat umum, jangan melihat mereka terlalu lama.

"Saya selalu bilang di mana-mana, 5 seconds rule. Artinya jangan lihat mereka lebih dari 5 detik. Karena melihat saja selain tidak menolong, juga membuat mereka merasa terpojok. Mereka juga memiliki perasaan dan bisa merasakan ketidaknyamanan," tutup Gayatri.

 

 

Penulis: Diviya Agatha

Saksikan Juga Video Menarik Berikut

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Top 3 Tekno: Tukar Tambah iPhone Bekas ke Samsung Galaxy Note 10 Bikin Penasaran

Posted: 23 Aug 2019 09:00 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Ajang Consumer Launch Galaxy Note 10 di Jakarta ternyata juga bisa menjadi tempat untuk tukar tambah smartphone lama.

Salah satu merek smartphone yang bisa pengguna trade in (tukar tambah) ke Galaxy Note 10 Series adalah iPhone, khususnya iPhone XS Max dengan kapasitas 256GB.

Informasi ini bikin penasaran para pembaca di kanal Tekno Liputan6.com, Jumat (23/8/2019). Berita lain yang juga populer datang dari Xiaomi Mi Mix 4 yang ditopang Snapdragon 855 Plus, RAM 12GB, dan kamera 108MP.

Lebih lengkapnya, simak tiga berita terpopuler di kanal Tekno Liputan6.com berikut ini.

1. Tukar iPhone ke Galaxy Note 10 Cukup Tambah Rp 800 Ribuan

Selain jadi tempat untuk menjual Galaxy Note 10 Series, ajang Consumer Launch Galaxy Note 10 juga bisa menjadi tempat untuk tukar tambah smartphone lama.

Salah satu merek smartphone yang bisa pengguna trade in ke Galaxy Note 10 Series adalah iPhone. Penukaran iPhone ke Galaxy Note 10 Series mulai dari Rp 800 ribuan. Namun, ini berlaku untuk model iPhone XS Max dengan kapasitas 256GB.

Pasalnya, di ajang Consumer Launch Galaxy Note 10, iPhone XS Max 256GB dihargai Rp 13.150.000. Artinya, untuk mendapatkan Galaxy Note 10 versi 256GB pengguna mesti membayar Rp 13.999.000.

Baca selengkapnya di sini

2. Xiaomi Mi Mix 4 Usung Snapdragon 855 Plus, RAM 12GB, dan Kamera 108MP

Informasi terbaru tentang Mi Mix 4 kembali ramai bermunculan di internet. Kali ini, beredar bocoran yang menyebutkan smartphone itu akan meluncur awal bulan depan.

Tak hanya itu, bocoran informasi penting tentang smartphone terbaru milik Xiaomi itu pun semakin ramai. Salah satu informasi datang tipster (pembocor informasi) dari Tiongkok tentang spesifikasi Mi Mix 4.

Dikutip dari Gizchina, Jumat (23/8/2019), Mi Mix 4 akan hadir dengan konsep layar lengkung yang sudah mendukung resolusi hingga 2K. Dalam hal hardware, Xiaomi dikabarkan akan menyematkan chipset terbaru milik Qualcomm, yakni Snapdragon 855 Plus.

Baca selengkapnya di sini

 

3. Google Tunda Penutupan Hangout bagi Pengguna G Suite

Google Hangout

Google menunda penutupan layanan Hangout bagi pengguna G Suite hingga tahun depan. Sebenarnya, layanan Hangouts bagi pengguna G Suite bakal dilakukan mulai Oktober mendatang.

Namun kabar terbaru menyebutkan, Hangouts masih tetap bisa dinikmati pengguna G Suite setidaknya hingga Juni 2020.

Mengutip laman The Verge, Jumat (23/8/2019), penutupan Hangouts akan membuat pengguna G Suite harus fokus mencari layanan chatting lain.

Baca selengkapnya di sini

(Isk/Ysl)

 

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

HUT ke-29, Inilah 5 Telenovela Ngetop yang Pernah Tayang di SCTV

Posted: 23 Aug 2019 09:00 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Tahukah Anda, SCTV di era 1990-an menjadi stasiun televisi primadona para ibu. Itu karena SCTV memelopori program telenovela.

Sejumlah telenovela ngetop pernah tayang di SCTV antara lain Ines Sang Sekretaris, Maria Cinta Yang Hilang, Si Cantik Clara, dan Cara Sucia yang menampilkan tokoh utama Esterlita Montenegro alias Si Muka Kotor.  

Opera sabun dengan tokoh utama wanita cantik miskin tapi baik hati yang memikat pria tampan kaya membuai hati kaum hawa.

Merayakan HUT SCTV ke-29Showbiz Liputan6.com mengajak Anda bernostalgia mengingat 5 telenovela momumental yang sempat menggegerkan industri layar kaca Indonesia. Apa saja?

 

 

Maria Mercedes (1993)

Maria Mercedes adalah sinema kejar tayang asal Spanyol yang berjenre drama percintaan.

Salah besar jika tak menyebut Maria Mercedes saat membahas fenomena telenovela di Tanah Air. Maria Marcedes yang tayang Senin, Rabu, dan Jumat sekitar jam 9 pagi adalah fenomena dahsyat.

Sebuah literatur bahkan menyebut, Maria Mercedes satu-satunya telenovela yang berhasil mengubah jam memasak ibu-ibu di Indonesia, saking tak mau ketinggalan cerita. Maria Mercedes si gadis miskin penjual lotere diperankan Thalia.

Ia dinikahi konglomerat yang sakit-sakitan, Santiago. Sebelum meninggal, Santiago mewariskan seluruh hartanya pada Maria. Ini membuat salah satu keluarga Santiago, Malvina, murka dan berencana menghabisi Maria. Sialnya, putra Malvina, Jorge Luis, jatuh hati padanya. Saking legendarisnya, Maria Marcedes ditayangkan ulang pada 1998 dan 2016!

 

 

Kassandra (1994)

Telenovela Kassandra (iMDb)

Maria Mercedes pamit, Kassandra datang menyapa. Hadir di SCTV mulai 9 Maret 1994 hingga 8 Maret 1995, telenovela ini mengisahkan Andreina yang meninggal saat melahirkan bayi perempuan.

Ibu tiri Andreina, Herminia, menukar bayi itu dengan bayi seorang gipsi yang wafat. Lalu terciptalah kisah cinta pelik. Demam Kassandra yang mewabah seantero Tanah Air direspons SCTV dengan menghadirkan pemeran Kassandra, Coraima Torres, ke Indonesia pada November 1994.

Coraima melawat dua kota, Jakarta dan Surabaya. Ia menyapa penggemar Jakarta di kawasan Ancol, 11 November 1994. Bayangkan, tak kurang dari 20 ribu penggemar memadati lokasi!

 

 

Esmeralda (1998)

Esmeralda. (Foto: via bagusseven.blogspot.com, Desain: Muhammad Iqbal Nurfajri/Bintang.com)

Bianca, istri Rodolfo Penareal, melahirkan bayi perempuan dalam kondisi meninggal. Sang dukun bayi, Dominga, menukarnya dengan bayi laki-laki yang lahir di malam yang sama. Saat hendak mengubur bayi Bianca, Dominga terkejut. Rupanya bayi itu masih hidup.

Dominga mengasuhnya dan menamainya Esmeralda. Ia tumbuh menjadi gadis cantik tapi buta. Itulah inti kisah Esmeralda yang kali pertama tayang di SCTV pada 1998, dalam bahasa Inggris.

Tahun 2001, SCTV menayangkan ulang dengan sulih suara bahasa Indonesia. Selain Esmeralda, ada tokoh antagonis Latina yang ikonis. Justru saat tayang ulang, Esmeralda populer.

 

 

Rosalinda (2000)

Rosalinda adalah serial tv tahun 2000an yang diadaptasi dari telenovela Maria Teresa.

Rosalinda kembali menempatkan diva telenovela Thalia sebagai pemeran utama. Di Rosalinda, ia adu akting dengan aktor ganteng Fernando Carrillo yang memerankan Fernando Jose.

Seperti telenovela lain, Rosalinda menyajikan kisah cinta berliku. Titik balik telenovela ini terletak pada adegan kebakaran hebat di rumah sakit yang menewaskan banyak jiwa. Rosalinda yang ada di situ diduga tewas.

Kematiannya ditangisi Fernando Jose dan pemirsa. Di sebuah episode, Fernando Jose kemudian bertemu dengan model cantik yang wajahnya sama persis dengan Rosalinda. Fernando Jose terkejut, pemirsa di rumah termasuk kami pun histeris. Hobah!

 

 

Amigos (2001)

Penggemar telenovela pada tahun 2000 pasti mengenal drama Amigos X Siempre!

Saat telenovela memasuki era senjakala, SCTV masih punya sebuah peluru emas yakni Amigos yang berjudul asli Amigos X Siempre.

Di Indonesia, Amigos meledak saat tayang pada 2001. Tak seperti kebanyakan telenovela yang menampilkan kisah cinta si kaya dan si miskin, Amigos punya cerita segar. Tokoh utamanya gadis berusia 10 tahun bernama Ana.

Ceritanya dibalut tema fantasi dengan kemasan musikal. Kisah sukses Amigos di Indonesia melewati proses panjang. Dalam catatan kami, episode perdana Amigos hanya beroleh rating 5 persen. Beberapa pekan kemudian, rating Amigos menjulang hingga 11,2 persen. (Wayan Diananto)

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

VIDEO: Ingat, Jangan Keseringan Kirim Pesan ke Pasangan

Posted: 23 Aug 2019 09:00 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Seberapa sering kamu kirim pesan ke pasangan dalam satu hari? Jangan terlalu sering genks, ternyata keseringan kirim pesan ke pasangan gak baik untuk kesehatan.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

JX International Cari Solusi agar Kegiatan Pasar Seni Lukis Indonesia Tetap Jalan

Posted: 23 Aug 2019 08:57 PM PDT

Liputan6.com, Surabaya - Manajemen JX-International meminta maaf akibat kekeliruan administrasi sehingga sempat membuat pelaksanaan Pasar Seni Lukis Indonesia (PLSI) batal pada 2019. Manajemen JX-International akan mencari solusi agar kegiatan tersebut dapat terlaksana.

"Saya baru satu tahun bergabung di Management JX-International, sehingga kurang paham atas event-event reguler yang sudah berulang digelar di tempat ini. Salah satu di antaranya Pasar Seni Lukis Indonesia (PSLI) yang sudah memasuki tahun ke-13 pada Oktober ini, 8 tahun berturut di antaranya digelar di JX-International," kata Arief Wisnu Cahyono, Direktur Utama PT Gedhung Expo Wira Jatim atau JX-International, Jumat, 23 Agustus 2019.

Pria alumni ITS yang akrab dipanggil Wisnu ini menambahkan, jika management JX akan mencarikan solusi terbaik, agar kegiatan Pasar Seni Lukis Indonesia ini bisa terlaksana.

Apalagi kegiatan ini merupakan rangkaian kegiatan Hari Jadi Provinsi Jawa Timur, serta masuk dalam Kalender Wonderfull Indonesia 100 kegiatan Nasional. Pihaknya pun mendukung kegiatan yang perduli terhadap perkembangan kesenian, terutama seni lukis Indonesia.

"Kami terus berusaha keras, agar event ini tidak batal. Langkah yang sedang ditempuh, terus berkomunikasi dengan Pak Anis sebagai Ketua Sanggar Merah Putih dan Pelaksana Event PSSLI. Pokoknya segera akan kami lakukan," kata Wisnu. 

Saat ditanya mengenai apakah akan ada rencana pertemuan dengan M Anis dan kenapa harga sewa gedung berubah, Wisnu menjawab mengenai harga, tetap berpatokan pada penyelenggaraan lama. 

"Kalau ada perbedaan, satunya itu hanya menawarkan dan deal-nya bisa dinegosiasikan. Pokoknya, nanti akan saya bahas dengan Pak Anis," ucap Wisnu.

Wisnu kembali meminta maaf kepada M. Anis, karena penyelenggaraan Pasar Seni Lukis Indonesia menjadi tidak nyaman pada 2019.  "Melalui teman-teman wartawan, sekali lagi kami minta maad kepada Pak Anis dan para pelukis yang telanjur menyatakan ikut. Management tetap bertekad, agar event kesenian yang memberi wadah bertemunya pelukis dan kolektor, penikmat seni ini bisa berlangsung di JX seperti yang sudah direncanakan," ujar Wisnu.

Pasar Seni Lukis Indonesia Batal Digelar di Surabaya, Begini Kronologinya

Sebelumnya, Pasar Seni Lukis Indonesia (PSLI) ditiadakan pada 2019.  PSLI XII seharusnya berlangsung 11-20 Oktober di JX International Jl. Ahmad Yani nomor 99 Surabaya, Jawa Timur.

Ajang yang diikuti sekitar 200 pelukis dari seluruh Indonesia ini sudah setiap tahun digelar di gedung milik Pemerintah provinsi Jawa Timur (Jatim) itu, karena memang PSLI diselenggarakan untuk memeriahkan HUT  Jawa Timur.

Ketua Sanggar Merah Putih sebagai penyelenggara, M.Anis mengatakan, dirinya sudah menyampaikan surat pembatalan PSLI itu kepada Gubernur Jawa Timur, Khofifah Indar Parawangsa, di Gedung Grahadi Surabaya pada Selasa, 20 Agustus 2019.

"Dalam surat itu saya sampaikan permohonan maaf karena kami terpaksa membatalkan PSLI tahun ini, disebabkan tidak profesionalnya dan sewenang-wenangnya pihak pengelola gedung JX International, yaitu PT Gedung Expo Wira Jatim sebagai anak perusahaan BUMD PT PWU (Panca Wira Usaha)," kata M. Anis di Surabaya, Rabu (21/8/2019).

Anis kemudian membeberkan kronologi ketidak profesionalan pengelola gedung JX International.

"Juni kami menerima  surat konfirmasi dari PT Gedung Expo yang menyebut PSLI  berlangsung sesuai rencana yaitu 11 sampai 20 Oktober 2019.Tanggal itu memang sesuai dengan bookinggedung yang kami lakukan bulan Oktober tahun lalu. Dalam surat tersebut juga dicantumkan besarnya  biaya sewa gedung selama 10 hari yaitu Rp 330 juta, termasuk PPN 10 persen," tutur dia.

 

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Prediksi Madura United vs PSIS: Menanti Kebangkitan Laskar Sape Kerap

Posted: 23 Aug 2019 08:55 PM PDT

Pamekasan - Madura Unitedmengusung ambisi bangkit pada pekan ke-16 Shopee Liga 1 2019. Laskar Sape Kerap bakal menjamu PSIS Semarang di Stadion Gelora Madura, Pamekasan, Sabtu (24/8/2019) malam WIB. 

Sebelumnya, Slamet Nurcahyo dkk. tercatat hanya meraih tiga seri dan dua kalah dalam lima laga terakhir. Situasi itulah yang memaksa pelatih kepala Dejan Antonic memutuskan mundur dari jabatannya sebagai pelatih kepala. 

Madura United menunjuk Rasiman yang sebelumnya merupakan asisten pelatih menjadi caretaker. Dia akan memimpin skuat tim asal Pulau Garam itu meladeni PSIS Semarang yang juga menarget kemenangan di laga ini. 

Madura United bakal tampil compang-camping seiring kehilangan sejumlah pemain andalan. Jaimerson Xavier dipastikan absen karena kartu merah yang didapatnya pekan lalu. Sementara pemain pemain lainnya, yaitu Andik Vermansah, Greg Nwokolo, Zulfiandi, dan Beto Goncalves mengkuti pemusatan latihan bersama Timnas Indonesia.

Dengan skuat seadanya, Rasiman optimistis timnya bisa berbuat banyak. Itu sudah pernah terbukti saat Laskar Sape Kerap melakoni pertandingan tandang tanpa kekuatan penuh karena mayoritas pemainnya cedera. 

"Saya menilai tim ini memiliki kapabilitas. Absennya sejumlah pemain membuat pemain lain berusaha keras untuk mendapatkan poin. Mereka sudah buktikan itu saat kami melawat ke markas Persebaya dan Bhayangkara FC," ucap Rasiman. 

Dua laga itu seolah menunjukkan keajaiban Madura United. Tanpa skuat yang dilabeli Los Galacticos Indonesia, mereka justru mencuri poin. Masing-masing 1-1 di kandang Bhayangkara FC dan 2-2 di markas Persebaya. 

Saat melawan Persebaya, mereka justru kehilangan delapan pemain sekaligus. Para pemain pelapis yang diturunkan justru mampu memberikan perlawanan yang menyulitkan Bajul Ijo. Berkat mereka pula, Djadjang Nurdjaman kehilangan jabatannya sebagai pelatih kepala Persebaya.

Sayang, Madura United memiliki catatan kurang apik melawan PSIS. Dua kali berjumpa, tim asal Pulau Garam itu tak pernah menang. Bahkan, Madura United ditahan 2-2 saat bertindak sebagai tuan rumah pada musim lalu (26/11/2019).

 

PSIS Ingin Mencuri Poin

(Bola.com/Yoppy Renato)

PSIS Semarang tampil dengan nakhoda antar, Bambang Nurdiansyah. Debutnya musim ini cukup positif dengan mengantarkan PSIS menahan imbang tuan rumah Bhayangkara FC dengan skor 0-0, Selasa (20/8/2019).

Racikan pelatih berusia 58 tahun tersebut dapat menentukan kebangkitan PSIS setelah sempat menelan empat kekalahan beruntun.

"Saya masih meraba dengan kekuatan tim kami karena juga baru satu pertandingan kemarin melawan Bhayangkara FC. Saya masuk ketika tim ini kalah 4 kali beruntun, semoga nanti hasilnya lebih baik lagi," kata Bambang.

PSIS makin optimistis setelah dua pemain pilar, Hari Nur Yulianto dan Arthur Bonai pulih dari cedera.

Banur mengaku timnya mengalami progres, berkaca dari hasil imbang di kandang Bhayangkara FC. Hanya, masih ada sejumlah catatan masih yang perlu diperbaiki, terutama penyelesaian akhir.

"Bagaimana pun juga PSIS sebenarnya sudah sering membuat gol sebelum saya datang. Ini perlu ditingkatkan," katanya.

Sementara itu, bek PSIS, Wallace Costa berharap timnya menjaga motivasi. Menurut Costa, Madura United merupakan satu di antara kontestan kuat di Liga 1.

"Madura tim yang bagus, dengan motivasi tinggi. Kami juga memilik waktu yang terbatas dalam mempersiapkan diri," beber pemain berpaspor Brasil ini. 

Prediksi Susunan Pemain

(Bola.com/Aditya Wany)

Madura United (4-3-3): Ridho Djazulie (kiper); Marckho Meraudje, Fachruddin Aryanto, Fandry Imbiri, Andik Rendika (belakang); Asep Berlian, Syahrian Abimanyu, Slamet Nurcahyo (tengah); David Laly, Aleksandar Rakic, Engelberd Sani (depan). 

Pelatih interim: Rasiman

PSIS Semarang (4-4-2): Joko Ribowo (kiper); Soni Setiawan, Wallace Costa, Rio Saputro, Safrudin Tahar (belakang); Patrick Mota, Arthur Bonai, Bayu Nugroho, Septian David Maulana (tengah); Hari Nur Yulianto, Silvio Escobar (depan).

Pelatih: Bambang Nurdiansyah

Video Highlights Madura United

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Akun Instagram Asli Faro dan Paskibraka Nasional 2019 Lainnya

Posted: 23 Aug 2019 08:55 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Masing-masing anggota Paskibraka Nasional 2019 memiliki akun Instagram. Namun, setelah pengibaran atau penurunan bendera merah putih, tiba-tiba bermunculan akun Instagram palsu yang mengatasnamakan mereka.

Dan, biasanya yang sering menjadi korban keusilan pihak-pihak tidak bertanggung jawab adalah dua orang pembawa baki dan enam orang yang bertugas mengibarkan dan menurunkan bendera merah putih.

Begitu pun yang terjadi pada Pembawa Baki Paskibraka Nasional 2019, Salma El Mutafaqqiha Putri Achzaabi dan Aisyah Rahmawati.

Nah, sebelum kamu terkecoh sama akun-akun Instagram palsu, berikut ini daftar akun Instagram asli tim pengibar dan penurunan bendera merah putih Paskibraka Nasional 2019.

Pembawa Baki Paskibraka Nasional 2019, Salma

Salma, Paskibraka Nasional 2019 dari Jawa Tengah, memiliki Instagram dengan nama https://www.instagram.com/salmabii/ . Jumlah pengikutnya ada 15,5 ribu

Pembawa Baki Paskibraka Nasional 2019, Aisyah Rahmawati

Sementara pembawa baki Paskibraka Nasional 2019 di sore hari, Aisyah Rahmawati, aktif di akun Instagram https://www.instagram.com/aisyahrahmawati233/ . Hati-hati, sudah ada akun fake yang memakai foto yang sama. Pengikutnya Aisyah sudah 10,7 ribu

Alfaro, Paskibraka Nasional 2019 dari DKI Jakarta

Paskibraka Nasional 2019 dari Tim Merah yang bertugas sebagai pembentang, Alfaro, memiliki akun Instagram dengan nama https://www.instagram.com/rayhanalfaroo/ . Pengikutnya sudah 12,2 ribu. Jangan sampai salah follow ya :)

Paskibraka Rangga dari Jawa Barat Sang Penggerek

Bila menemukan akun Instagram yang memakai nama Rangga, hati-hati, jangan percaya. Paskibraka Nasional 2019 dari Jawa Barat ini aktif di https://www.instagram.com/rwmahardikaa/

Paskibraka Nasional 2019 dari Banten, Rafi Ahmad Falah

Paskibraka Nasional 2019 yang bertugas sebagai Komandan Kelompok 8 Tim Merah sekaligus Lurah Desa Bahagia cuma memiliki akun Instagram yang ini https://www.instagram.com/rafifalah30/. Sisanya dipastikan fake atau palsu

Paskibraka Nasional 2019 dari Jawa Tengah, Fany

Paskibraka yang merupakan rekan satu provinsi Salma bertugas sebagai Danpok 8 Tim Putih. Fany hanya aktif di akun Instagram yang ini https://www.instagram.com/mfanynwb/

Paskibraka Pembentang dari Tim Putih, Zaini Fahmi

Zaini, Paskibraka Nasional 2019 dari Kalimantan Tengah hanya memiliki satu Instagram, yaitu https://www.instagram.com/znfhmi_/

Paskibraka Nasional 2019 dari Lampung, Bagas

Penggerek Tim Putih yang merupakan anggota Paskibraka Nasional 2019 dari Lampung, Bagas, aktif di Instagram. Follow Instagramnya di sini https://www.instagram.com/bgstrwjya/

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Anak Idap Autisme, Ini Cerita Dian Sastrowardoyo Berjuang Demi Kesembuhannya

Posted: 23 Aug 2019 08:45 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Memiliki seorang anak dalam sebuah pernikahan tentu saja termasuk hal yang membahagiakan dan cukup dinantikan. Setiap orang tua tentu akan memberikan yang terbaik bagi sang buah hati. Hal ini pula yang dilakukan oleh aktris Dian Sastrowardoyo

Baru-baru ini Dian Sastro mengungkapkan jika sang buah hati yang bernama Shailendra Naryama Sastraguna Sutowo mengidap autisme. Kondisi sang anak yang mengidap autisme baru diungkap ke publik oleh Dian Sastrowardoyo setelah bertahun-tahun. Dian Sastrowardoyo baru mengetahui hal tersebut saat sang anak berusia enam bulan.

Menurut wanita kelahiran 16 Maret 1982 ini, perkembangan Shailendra pada saat itu tak seperti bayi pada umumnya. Ia juga menyadari perbedaan perkembangan sang anak dari instingnya sebagai seorang ibu.

"Di sini insting seorang ibu muncul. Sorry to say, tapi ini fakta kalau insting ibu lebih kuat. Kita harus early intervention untuk mengetahui gejala dini pada anak," ujar Dian Sastrowardoyo di JCC, Jakarta Pusat, Jumat (23/2/2019).

Tentu saja, mengetahui ada gejala yang berbeda dari anak tercintanya, Dian Sastrowardoyo pun melakukan konsultasi dengan dokter. Setelah melakukan konsultasi dan mengetahui hasilnya, rupanya benar jika anaknya didiagnosa mengidap autisme. Selain itu, menurutnya setelah konsultasi dengan dokter, ia pun melihat tujuh ciri pengidap autisme pada diri anaknya.

Lakukan terapi dan pengobatan

Dian Sastrowardoyo (Sumber: Instagram/therealdisastr)

Tentu saja, mengetahui sang anak mengidap autisme, membuat Dian Sastrowardoyo mencurahkan segala usaha untuk kesembuhannya. Dian juga mengaku akibat dari anaknya yang termasuk 'spesial', dirinya tak bisa melakukan bonding layaknya ibu dan anak pada umumnya. Hal ini pulalah yang membuat Dian cukup sedih.

"Lalu jarang ada kontak mata, kita juga merindukan koneksi batin, bonding. Itu enggak pernah terjadi di anak saya. Aku rindu loh ada eye contact sama anak saya, aduh saya kalau ngomong begini pengin nangis loh," ujar Dian.

Masa-masa pengobatan yang membutuhkan banyak kesabaran pun dilakukan oleh Dian Sastrowardoyo demi kesembuhan sang anak. Mulai dari menjalani pengobatan dan juga terapi.

"Dia terapi dan juga banyak bantuan dari psikolog dan juga dokter anak. Saya memberikan terapi wicara, terapi okupasi, dan juga terapi perilaku buat anak saya," ungkapnya.

Karena kesabaran dan pendampingan dari keluarga terhadap kondisi sang buah hati, Shailendra kini pun sudah dianggap seperti anak normal lainnya. Kabar membahagiakan diketahui oleh Dian Sastrowardoyo saat usia sang anak berumur 6 tahun.

Kedekatan dengan sang anak

Dian Sastrowardoyo (Sumber: Instagram/therealdisastr)

Meski Dian Sastrowardoyo cukup disibukkan dengan segala kegiatan di industi hiburan Tanah Air, ia tetap menyempatkan untuk tetap menjalin interaksi dan komunikasi pada keluarga.

Bahkan, Dian juga cukup sering mengunggah foto bersama anak-anaknya dan sang suami di akun Instagram pribadinya. Kedekatan dan keakraban keluarga kecil ini juga terlihat dari unggahan foto pada akun Instagram.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Top 3: Mengungkap Gempa Hingga Nama Merek yang Berubah Jadi Versi Lokal

Posted: 23 Aug 2019 08:45 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Umumnya gempa dan letusan gunung berapi bisa dideteksi oleh alat ukur khusus, tapi fenomena alam ini tidak semuanya bisa dijabarkan hanya dengan mengamati lempengan yang selalu bergerak di bawah kaki kita.

Berita terungkapnya pergerakan lamban gempa yang ada di bawah kaki kita menjadi berita paling populer di kanal Global.

Berita menarik lainnya, deretan hal-hal yang menakjubkan di balik terbakarnya hutan Amazon.

Berita populer ketiga, beberapa merek dagang dunia yang mengubah namanya menjadi nama versi lokal mereka.

Berikut ringkasan Top 3 berita terpopuler di kanal Global, hari Sabtu (24/8/2019) Liputan6.com:

1. Terungkap, Gempa Lamban yang Bergerak di Bawah Kaki Manusia

Ilustrasi Gempa Bumi (iStockphoto)

Bawah permukaan Bumi adalah tempat yang sangat aktif, di mana terdapat gerakan dan gesekan lempeng yang aktif yang membentuk lansekap dunia ini, serta mengatur intensitas risiko di atas tanah.

Meskipun pergerakan gempa bumi dan letusan gunung berapi telah direkam baik dengan menggunakan alat ukur khusus, dianalisis oleh para peneliti, dan dibatasi dengan persamaan matematika, tetapi fenomena alam ini tidak menjabarkan tentang lempeng yang bergerak di bawah kaki kita.

Selengkapnya...

2. Hal Menakjubkan di Balik Terbakarnya Hutan Amazon

Kebakaran dahsyat di hutan hujan Amazon Brasil (AFP/A. Scorza)

Membentang di sebagian besar Amerika Selatan, hutan hujan termegah di dunia dan paling memiliki keanekaragaman hayati, Amazon, penuh dengan kejutan.

Meski dianggap misterius, Hutan Amazon tetap menjadi salah satu ekosistem yang paling banyak diteliti dan dipelajari oleh para ilmuwan dari seluruh penjuru negeri.

Namun, keberadaan hutan lebat ini sekarang sedang terancam. Data resmi yang dirilis oleh pemerintah Brasil menunjukkan hampir 73.000 kebakaran hutan tercatat di Negeri Samba dalam delapan bulan pertama tahun 2019 --jumlah tertinggi untuk setiap tahun sejak 2013. Sebagian besar berada di Amazon.

Selengkapnya...

3. Merek Makanan yang Berubah Nama Menjadi Versi Lokal

McDonald's Malaysia Berubah Nama Jadi Mekdi

Beberapa merek global paling terkenal ini mengubah nama mereka untuk pasar lokal.

Mereka menggunakan logo atau warna yang sama dan, jika mungkin, slogan yang serupa. Tetapi, nama mereka bisa berbeda tergantung pada negara mana yang menjadi target pasarnya.

Beberapa merek global paling terkenal ini mengubah nama mereka untuk pasar lokal.

McDonald's di Malaysia adalah contoh terbaru. Gerai waralaba yang pertama berdiri di Negeri Jiran mengubah namanya menjadi 'Mekdi' --sebuah penulisan berdasarkan penyebutan lidah lokal dari singkatan nama restoran waralaba asli Amerika Serikat itu.

Selengkapnya...

 

Reporter: Windy Febriana

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Prediksi Borneo FC vs Semen Padang: Tekad Pesut Etam Jaga Rekor Tak Terkalahkan

Posted: 23 Aug 2019 08:35 PM PDT

Samarinda - Borneo FCbelum terkalahkan dalam sembilan partai terakhir. Tim berjulukan Pesut Etam itu berhasil mencatatkan empat kemenangan dan sisanya imbang.

Alhasil, Borneo FC kini makin nyaman di papan tengah klasemen sementara Shopee Liga 1 2019. Pesut Etam mengumpulkan 21 poin dari 13 pertandingan.

Terdekat, Borneo FC bakal menjamu Semen Padang pada pekan ke-16 Liga 1 2019. Partai tersebut bakal berlangsug di Stadion Segiri, Samarinda, Jumat (23/8/2019).

"Apa saja bisa terjadi dalam sepak bola. Dan kita sudah merasakan beberapa kali kegagalan di kandang. Tapi sepak bola memang begitu, ada kalah, menang, dan imbang. Saya tak mau menyalahkan pemain dalam hal ini, karena mereka sudah berjuang maksimal saat bertemu Persipura Jayapura saat seri 1-1," ujar Dandri Dauri, Manajer Borneo FC dinukil dari laman klub,

"Tapi saya berharap ke depannya akan lebih baik lagi. Sebab di depan masih banyak laga penting. Yang terdekat adalah melawan Semen Padang. Saya sudah katakan kepada pemain Borneo FC, bahwa semua pertandingan adalah final," imbuh Dandri Dandri.

Misi Bangkit Semen Padang

(Bola.com/Yoppy Renato)

Sementara itu, Semen Padang mengusung misi bangkit. Tim berjulukan Kabau Sirah itu berambisi keluar dari zona degradasi.

"Kami akan menjalani dua laga tandang berat. Untuk itu, kami membawa pemain yang benar-benar siap untuk menghadapi dua laga tersebut," ujar pelatih Semen Padang Weliansyah,

"Motivasi pemain yang bagus karena berhasil meraih dua kemenangan beruntun kemarin diharapkan bisa berlanjut. Pada laga ini kami menargetkan bisa mendapatkan poin, kalau tidak bisa tiga poin, minimal satu poin, " tuturnya.

Prakiraan Susunan Pemain

Borneo FC (4-2-3-1): Nadeo Argawinata (k); Makarius Fredik, Wildanysah, Javlon Guseynov, Abdul Rahman (b); Dirga Lasut, Wahyudi Hamisi (t); Teresn Puhiri, Ambrizal Umanailo, Renan Silva (t); Lerby Eliandry (d)

Pelatih: Mario Gomez

Semen Padang (4-4-2): Rendy Oscario (k); Dedi Gusmawan, Shukur Pulatov, M. Rifku, Leo Guntara (b); Kristof Yoku, Manda Cingi, Dedi Hartono, Irsyad Maulana (t); Karl Max Barthelemy, Rudi

Pelatih: Weliansyah

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Jasa Raharja Jamin Santunan Korban Kecelakaan Kapal KM Santika Nusantara

Posted: 23 Aug 2019 08:33 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Kecelakaan Kapal kembali terjadi pada Kamis, (22/82019) pukul 20.45 WIB di Perairan P. Masalembo - Sumenep Madura, dimana Kapal KM. Santika Nusantara (Surabaya – Balikpapan) terbakar. Dalam Kapal tersebut dilaporkan dengan penumpang sekitar 277 orang. Berdasarkan update data yang terakhir diterima 152 orang penumpang diselamatkan ke Sumenep-Madura dan 10 orang korban luka- luka dirawat di RSUD Dr. Moh. Anwar Kab. Sumenep.

Sedangkan 89 penumpang diselamatkan ke Surabaya (tidak menjalani perawatan di rumah sakit), 3 penumpang dikabarkan meninggal dunia dan telah di bawa ke Puskesmas Masalembo serta 33 penumpang masih dalam proses pencarian. 

Jasa Raharja melalui Direktur Utama, Budi Rahardjo Slamet menyampaikan bela sungkawa dan prihatin atas kejadian tersebut. Budi Rahardjo menyampaikan bahwa korban terjamin Jasa Raharja dan berdasarkan Peraturan Menteri Keuangan No. 15 tahun 2017, bagi seluruh korban meninggal dunia, masing-masing ahli warisnya berhak menerima santunan sebesar Rp.50.000.000.

"Sementara untuk seluruh korban luka- luka, Jasa Raharja telah menerbitkan surat jaminan biaya perawatan kepada rumah sakit dimana korban dirawat, dengan biaya perawatan maksimum Rp.20.000.000,- serta menyediakan manfaat tambahan biaya P3K maksimum Rp.1.000.000,- dan Ambulance maksimum sebesar Rp.500.000,- terhadap masing-masing korban luka luka," terang Budi. 

Menindaklanjuti kejadian ini, Jasa Raharja yang telah menerima laporan langsung berkoordinasi dengan Basarnas Command Center Surabaya untuk mendata korban, menerbitkan Surat Jaminan Biaya Rawatan ke RSUD Dr. Moh. Anwar Kab. Sumenep bagi korban luka luka. Sementara bagi korban meninggal dunia, santunan akan diserahkan kepada masing-masing Ahli Waris sesuai domilisi korban.

"Kami masih terus berkoordinasi secara aktif dengan pihak Basarnas, Rumah Sakit dan pihak terkait agar proses penyelesaian santunan baik dalam hal penjaminan korban luka-luka di rumah sakit maupun penyerahan santunan meninggal dunia dapat berjalan dengan cepat dan tepat," ujar Budi.

 

(*)

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Harga Emas Antam Naik Rp 14 Ribu per Gram

Posted: 23 Aug 2019 08:30 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Harga emas produksi PT Aneka Tambang Tbk (Antam) atau emas Antam naik Rp 14.000 menjadi Rp 765 ribu per gram, pada perdagangan Sabtu (24/8/2019). Pada hari sebelumnya, harga emas mencapai Rp 751 ribu per gram.

Sedangkan untuk harga buyback emas Antam, pada hari ini juga turun Rp 13.000 menjadi Rp 692 ribu per gram dari sebelumnya 679 ribu per gram. Harga buyback ini adalah jika Anda menjual emas, Antam akan membelinya di harga Rp 692 ribu per gram.

Saat ini, Antam menjual emas dengan ukuran mulai 0,5 gram hingga 1.000 gram. Hingga pukul 08.30 WIB, mayoritas ukuran emas Antam masih tersedia.

Harga emas Antam ini berlaku di kantor Antam Pulogadung, Jakarta. Sementara, di gerai penjualan emas Antam lain bisa berbeda.

Sementara untuk harga emas Antam bercorak batik dengan ukuran 10 gram ditetapkan Rp 7.810.000. Sedangkan untuk ukuran 20 gram dijual Rp 14.910.000.

Harga emas Antam sudah termasuk PPh 22 sebesar 0,9 persen. Sertakan Nomor Pokok Wajib Pajak (NPWP) untuk memperoleh potongan pajak lebih rendah (0,45 persen).

 

Rincian Harga Emas

Wujud  emas  batangan yang dijual di gerai PT Aneka Tambang TBK (Antam), Jakarta, Senin (24/6/2019). Harga emas Antam naik Rp 3.500 per gram menjadi Rp 702.500 ribu per gram dari sebelumnya Rp 699 ribu per gram. (merdeka.com/Iqbal Nugroho)

* Pecahan 0,5 gram Rp 407.000

* Pecahan 1 gram Rp 765.000

* Pecahan 2 gram Rp 1.479.000

* Pecahan 3 gram Rp 2.197.000

* Pecahan 5 gram Rp 3.645.000

* Pecahan 10 gram Rp 7.225.000

* Pecahan 25 gram Rp 17.955.000

* Pecahan 50 gram Rp 35.835.000

* Pecahan 100 gram Rp 71.600.000

* Pecahan 250 gram Rp 178.750.000

* Pecahan 500 gram Rp 357.300.000

* Pecahan 1.000 gram Rp 705.600.000

 

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

[vidio:Yuk, Intip Cara Beli Emas di Butik Antam]()

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Pincang Lawan Persija, Persebaya Janji Tetap Maksimal

Posted: 23 Aug 2019 08:30 PM PDT

Liputan6.com, Surabaya - Absennya sejumlah pilar tidak mengurangi Persebaya Surabaya saat menjamu Persija Jakarta pada lanjutan Shopee Liga 1 2019 di Stadion Gelora Bung Tomo, Sabtu (24/8/2019). Bajul Ijo tetap memburu kemenangan.

Tuan rumah tampil pincang pada laga yang disiarkan Indosiar ini. Rachmat Irianto dan Osvaldo Haay absen karena akumulasi kartu. Sementara Irfan Jaya, Otavio Dutra, dan Hansamu Yama bergabung dalam pemusatan latihan timnas.

"Kami masih menunggu bila ada pemain timnas yang bisa bergabung dulu untuk melawan Persija. Namun, kalaupun tidak kita sudah siap," ujar caretaker Persebaya Sugiantoro, dikutip situs resmi klub.

"Seluruh pemain ingin menampilkan permainan terbaik," sambung sosok yang akrab disapa Bejo tersebut.

Selain hilangnya pemain, persiapan Persebaya juga diganggu waktu. Mereka hanya bisa berlatih dua kali sehabis menghadapi Perseru Badak Lampung, Selasa (20/8/2019).

Tampil sebagai Tim

Shopee Liga 1 - Persebaya Surabaya Vs Persija Jakarta Head to Head (Bola.com/Adreanus Titus)

Namun, Bejo tidak menganggapnya sebagai masalah. Dia ingin memuaskan puluhan ribu bonek yang bakal memadati Stadion Gelora Bung Tomo.

"Persiapan sudah maksimal, meski hanya dua kali latihan sepulang dari Lampung. Kami akan bermain sebagai tim," ungkap Sugiantoro.

"Dulu kami juga pernah bermain tidak full team, tapi bisa melalui laga dengan baik. Persebaya akan tampil sebagai satu tim, pemain-pemain yang sekarang mendapatkan kesempatan bisa menampilkan potensi mereka," lanjutnya.

Supriyadi Kembali

Lagipula, Persebaya tidak sepenuhnya dalam kondisi negatif jelang pertandingan ini. Mereka sukses meraih kemenangan pada duel versus Badak Lampung.

Supriadi juga siap membantu jika dibutuhkan. Pemain muda itu kembali bergabung setelah membela timnas di Piala AFF U-18. Pada ajang itu, dia mencetak lima gol.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Jangan Lupa, Saksikan Live Streaming Malam Puncak 29 Tahun SCTV di Vidio

Posted: 23 Aug 2019 08:30 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Tak terasa salah satu stasiun televisi kebanggaan Indonesia yakni SCTV telah menemani serta menghibur Tanah Air selama 29 tahun. Tepat pada Sabtu, 24 Agustus 2019, Malam Puncak 29 Tahun SCTV akan digelar di Indonesia Convention Exhibition (ICE) Hall 9 dan 10 BSD City, Tangerang.

Pada Malam Puncak 29 Tahun SCTV, masyarakat Indonesia akan disuguhkan dengan penampilan-penampilan menarik dari musisi kondang. Mereka adalah Iwan Fals, Agnez Mo, NOAH, Syahrini, Rossa, Afgan, Judika, Cakra Khan, dan masih banyak lagi.

Selain itu, acara ini juga dipandu oleh host kenamaan Tanah Air. Sebut saja Raffi Ahmad, Asrid Tiar, dan Andhika Pratama.

Jadi, jangan lupa saksikan Malam Puncak 29 Tahun SCTV yang akan disiarkan secara live di SCTV dan Anda juga bisa menyaksikannya secara streaming pada Sabtu, 24 Agustus 2019, pukul 19.00 di Vidio.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Terduga Teroris di Blitar Dikenal Ramah dan Sering Ikut Kerja Bakti

Posted: 23 Aug 2019 08:28 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Densus 88 Antiteror menangkap tiga teroris di Blitar, Jawa Timur, Jumat 23 Agustus 2019. Saat ini terduga teroris tersebut masih diperiksa oleh tim Densus.

"Memang benar bahwa Polres Blitar telah membantu backup giat penindakan yang dilakukan oleh Tim Densus Mabes Polri yang telah mengamankan terduga teroris di wilayah Blitar," kata Kapolres Blitar AKBP Anisullah M Ridho di Blitar, Sabtu (24/8/2019). Demikian dilansir Antara.

Ketiga yang diamankan adalah SU (53), warga Kelurahan Beru, Kecamatan Wlingi, Kabupaten Blitar. Ia merupakan seorang penjaga apotik dan diamankan oleh tim pada Jumat malam 23 Agustus sekitar pukul 18.20 WIB di Kelurahan Beru, Kabupaten Blitar.

Terduga lainnya adalah KU (48), warga Kelurahan Sentul, Kecamatan Kepanjen Kidul, Kota Blitar. Ia bekerja di laundry dan ditangkap pada Jumat sekitar pukul 15.52 WIB di depan rumahnya.

Dan, terduga lainnya yang juga diamankan oleh petugas adalah JO (47), warga Jalan Riam Kiri, Kecamatan Kepanjen Kidul, Kota Blitar. Ia bekerja di sebuah BPR di Kota Blitar dan ditangkap pada Jumat sekitar pukul 20.30 WIB.

Sejumlah warga mengaku kaget adanya petugas yang mengamankan tetangga mereka. Salah satunya diungkapkan oleh Sugiono, tetangga dari JO, warga Jalan Riam Kiri, Kecamatan Kepanjen Kidul, Kota Blitar.

"Kami tidak menyangka, sebab orangnya ramah dan sering ikut kerja bakti," kata Sugiono kepada wartawan.

Sita Barang Bukti

Ilustrasi Foto Teroris (iStockphoto)

Kapolres Blitar AKBP Anisullah M Ridho mengatakan, tim sempat melakukan penggeledahan dan sejumlah barang ikut diamankan, misalnya buku panduan jihad, senjata tajam, celurit, telepon seluler, komputer dan sejumlah barang lainnya.

Ia menambahkan, saat ini terduga teroris tersebut masih diperiksa oleh tim Densus. Sementara, untuk perkembangan lebih lanjut, dia masih menunggu dari Mabes Polri.

Tim kemudian langsung membawa terduga teroris tersebut ke Polres Blitar untuk konsolidasi lalu dibawa ke Polda Jatim untuk pemeriksaan lanjutan.

"Dari giat dimaksud ada satu terduga yang beralamat di Kabupaten Blitar dan dua orang terduga beralamat di Kota Blitar," kata dia.

Saksikan video pilihan di bawah ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Waspada, Ini Akun Instagram Palsu Salma Pembawa Baki Paskibraka Nasional 2019

Posted: 23 Aug 2019 08:27 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Muncul akun Instagram palsu Pembawa Baki Paskibraka Nasional 2019, Salma El Mutafaqqiha Putri Achzaabi.

Akun itu diberi nama @salma_elmutaffaqqiha. Saat ini jumlah pengikutnya (followers) sebanyak 15,6 ribu. Jumlah unggahannya ada 12 foto, yang beberapa di antaranya menggunakan foto Diary Paskibraka Liputan6.com .

Bahkan, foto profil yang dipakai oleh si pembuat akun Instagram palsu Salma adalah hasil jepretan tim Diary Paskibraka Liputan6.com saat para Paskibraka Nasional 2019 akan dikukuhkan oleh Presiden Joko Widodo pada Kamis, 15 Agustus 2019.

Foto tersebut diambil saat Salma selesai dirias dan siap-siap menuju Istana Negara.

 

Akun Instagram palsu Pembawa Baki Paskibraka Nasional 2019, Salma El Mutafaqqiha Putri Achzaabi.

Kejanggalan lainnya, akun tersebut membuka sesi tanya jawab pada 17 Agustus 2019. Yang mana, Salma baru saja selesai bertugas dan ponselnya masih ditahan sama pembina. Dan ponsel mereka sendiri baru dibagikan pada Kamis, 22 Agustus 2019 malam hari.

Sayangnya, Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil diketahui mengikuti akun Instagram palsu Pembawa Baki Paskibraka Nasional 2019 tersebut. Sehingga, dijadikan 'alat' seolah-olah akun tersebut merupakan asli.

Selain itu, dijadikan 'alat' untuk menerima iklan berbayar di Instagram.

 

Akun Instagram palsu Pembawa Baki Paskibraka Nasional 2019, Salma El Mutafaqqiha Putri Achzaabi.

Akun Instagram Salma, Pembawa Baki Paskibraka Nasional 2019

Akun asli Pembawa Baki Paskibraka Nasional 2019, Salma El Mutafaqqiha Putri Achzaabi.

Sementara itu, akun Instagram Salma El Mutafaqqiha Putri Achzaabi yang asli adalah @salmabii . Jumlah unggahan ada 21 dengan jumlah pengikut sebanyak 15,5 ribu.

Silakan diikuti https://www.instagram.com/salmabii

Simak Video Menarik Terkait Paskibraka Nasional

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Gemar Bercocok Tanam, Ini 6 Potret Melody Eks JKT48 di Tengah Sawah

Posted: 23 Aug 2019 08:25 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Melody Nurramdhani Laksani, seleb cantik Tanah Air eks member JKT48 ini makin banyak penggemar. Melody memiliki paras yang cantik, wajar jika banyak hal dibincangkan netizen. 

Sosok seleb cantik Melody ternyata tak hanya pandai bernyanyi, tapi juga sedang berkebun. Ia sering mengunggah fotonya sedang bercocok tanam di sawah. Merawat tanaman dan memanennya.

Dengan memakai caping dan sepatu boots, Melody tak ragu dan tak takut dengan panasnya sawah. Seleb cantik Melody terlihat begitu menikmati aktivitas bercocok tanamnya. Wajar saja jika Melody gemar bercocok tanam, karena ia merupakan lulusan UNPAD jurusan Agroteknologi.

Penasaran kan bagaimana potret Melody sedang bercocok tanam? Berikut Liputan6.com rangkum dari Instagram @melodylaksani92, potret Melody bercocok tanam di tengah sawah, Sabtu (24/8/2019).

1. Kegemaran Melody bercocok tanam dikarenakan ia lulusan Agroteknologi, Universitas Padjajaran Bandung.

Gemar Bercocok Tanam, Ini 6 Potret Melody Eks JKT48 di Tengah Sawah (sumber: Instagram.com/melodylaksani92)

2. Melody merupakan mahasiswi UNPAD angkatan 2009. Ia lulus dari Agroteknologi Maret 2016 lalu.

Gemar Bercocok Tanam, Ini 6 Potret Melody Eks JKT48 di Tengah Sawah (sumber: Instagram.com/melodylaksani92)

3. Setelah putuskan graduate dari JKT48, kini Melody menjadi Japan-ASEAN Goodwill Ambassador on Food&Agriculture.

Gemar Bercocok Tanam, Ini 6 Potret Melody Eks JKT48 di Tengah Sawah (sumber: Instagram.com/melodylaksani92)

4. Selain jadi Japan-ASEAN Goodwill Ambassador on Food&Agriculture, perempuan kelahiran Bandung, 24 Maret 1992 ini juga bekerja sebagai JKT48 Operation Tim.

Gemar Bercocok Tanam, Ini 6 Potret Melody Eks JKT48 di Tengah Sawah (sumber: Instagram.com/melodylaksani92)

5. Melody kerap kali mencoba menanam tanaman Jepang untuk ditanam di Indonesia, seperti Wortel Kuroda yang ditanam di Cianjur.

Gemar Bercocok Tanam, Ini 6 Potret Melody Eks JKT48 di Tengah Sawah (sumber: Instagram.com/melodylaksani92)

6. Kalau diperhatikan, Melody terlihat bahagia banget ya kalau sedang bercocok tanam. Perempuan idaman banget.

Gemar Bercocok Tanam, Ini 6 Potret Melody Eks JKT48 di Tengah Sawah (sumber: Instagram.com/melodylaksani92)

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Tidak ada komentar: