Minggu, 04 Agustus 2019

Liputan6 : RSS2 Feed

Liputan6 : RSS2 Feed


Bima Sakti Minta Pemain Timnas Indonesia U-15 Berjuang Tanpa Rasa Takut

Posted: 04 Aug 2019 09:35 PM PDT

Jakarta Timnas Indonesia U-15 meraih tiket semifinal Piala AFF 2019 setelah mengalahkan Myanmar dengan skor 5-0 pada pertandingan terakhir Grup A, Minggu (4/8/2019). Pelatih Bima Sakti menegaskan, timnya siap melawan siapa saja pada babak semifinal.

Gol kemenangan Timnas Indonesia U-15 dicetak Mochamad Faizal Shaifullah (9', 42'), Marselino Ferdinan (31'), Ruy Arianto (56'), dan Muhammad Valeron (81'). Kemenangan itu membuat Timnas Indonesia U-15 lolos dengan status juara Grup A.

Timnas Indonesia U-15 mengumpulkan 13 poin hasil empat kemenangan dan sekali imbang. Tim Merah Putih akan didampingi Vietnam yang jadi runner-up.

Predikat juara Grup A membuat Timnas Indonesia U-15 akan menghadapi Thailand atau Malaysia di babak semifinal. Pelatih Bima Sakti mengaku timnya tak gentar dan siap melanjutkan tren positif.

"Saya harap pada babak semifinal kami akan tampil lebih bagus. Siapa pun lawan di semifinal, saya tekankan pada anak-anak untuk terus berjuang tanpa rasa takut," kata Bima Sakti usai pertandingan.

"Baik Thailand maupun Malaysia, yang kini diunggulkan lolos semifinal dari grup sebelah, keduanya tim bagus dan kuat. Akan tetapi, bukan berarti tidak bisa dikalahkan. Kami Timnas Indonesia U-15 harus optimistis," ucap Bima Sakti.

Tak Terkalahkan

Timnas Indonesia U-15 melaju ke semifinal Piala AFF U-15 2019 setelah mengalahkan Myanmar dengan skor 5-0. (dok. PSSI)

Timnas Indonesia U-15 memiliki catatan apik di Piala AFF 2019. Tim asuhan Bima Sakti tak terkalahkan dengan meraih empat kemenangan dan sekali imbang.

Muhammad Valeron dkk tercatat sukses mencetak 15 gol dan hanya kebobolan sekali. Jumlah itu lebih baik ketimbang edisi tahun lalu di mana Timnas Indonesia U-15 kebobolan tiga kali di babak penyisihan.

Timnas Indonesia U-15 kini hanya membutuhkan dua kemenangan lagi untuk bisa mempertahankan gelar Piala AFF. Jadwal pertandingan semifinal akan berlangsung pada Rabu (7/8/2019).

 

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

7 Potret Khadijah Mellah, Joki Kuda Berhijab Pertama Asal Inggris

Posted: 04 Aug 2019 09:30 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Berkuda merupakan salah satu jenis olahraga yang cukup menyenangkan. Olahraga berkuda atau pacuan kuda merupakan olahraga yang sudah ada sejak lama.

Apalagi menurut Islam, berkuda adalah olahraga yang disunnahkan oleh Rasullullah. Wanita berhijab bernama Khadijah Mellah menjadi joki kuda berhijab pertama yang ada di arena pacuan kuda di Inggris, seperti yang Liputan6.com lansir dari Standar UK, Senin (5/8/2019).

Wanita berusia 18 tahun ini keluar menjadi pemenang dalam kompetisi Magnolia Cup pada musim panas 2019. Magnolia Cup merupakan kompetisi khusus wanita untuk joki amatir yang setiap tahunnya menjadi bagian dari Qatar Goodwood Festival. Mellah sudah bergabung dengan Ebony Horse Club, sebuah klub berkuda di Brixton, London, Inggris selama 2 tahun.

Mellah merupakan pebalap atau joki amatir dari Peckham, sebuah kota di London Selatan. Dia memenangkan perlombaan amal khusus perempuan dengan menunggangi Haverland yang dilatih oleh Charlie Fellowes. Mellah bahkan mengalahkan pembalap yang lebih senior seperti juara olimpiade bersepeda yang kini menjadi joki, Victoria Pendleton.

Berikut potret Khadijah Mellah atlet berkuda berhijab pertama asal Inggris yang Liputan6.com rangkum dari akun Instagram pribadinya, Senin (5/8/2019).

1. Awalnya tidak ada niatan khusus Mellah untuk menjadi joki. Siswa yang akan masuk perguruan tinggi jurusan teknik mesin pada September tersebut hanya iseng belajar naik kuda.

Khadijah Mellah (sumber: instagram/@khadijah_mellah)

2. Mellah mengaku tidak pernah memprediksikan kemenangannya. Lima bulan yang lalu, ambisi berkuda remaja Muslim ini hanya ingin mengikuti latihan di klub berkudanya.

Khadijah Mellah (sumber: instagram/@khadijah_mellah)

3. Namun, kini dia sudah siap bersaing dengan joki ternama lainnya, bahkan telah mengalahkan Victoria Pendleton, model Irlandia dan presenter TV Vogue Williams, dan runner-up Apprentice seri sembilan Luisa Zissman.

Khadijah Mellah (sumber: instagram/@khadijah_mellah)

4. Menekuni olahraga berkuda, Mellah juga menyukai aktivitas fisik lainnya. Dia merupakan pemegang sabuk hitam karate.

Khadijah Mellah (sumber: instagram/@khadijah_mellah)

5. Mellah juga mengidolakan atlet berhijab Mesir, Manal Rostom yang mendirikan grup pendukung hijabers Surviving Hijab.

Khadijah Mellah (sumber: instagram/@khadijah_mellah)

6. Kisah Mellah ini bahkan dimuat dalam sebuah film dokumenter berjudul Riding A Dream.

Khadijah Mellah (sumber: instagram/@khadijah_mellah)

7. Sambil menekuni dunia joki kuda, Mellah berusaha tetap menekuni studinya demi meraih nilai terbagus serta menjalani pekerjaan paruh waktu.

Khadijah Mellah (sumber: instagram/@khadijah_mellah)

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Top 3 Tekno: Tagar Mati Lampu Trending Topic Paling Hits

Posted: 04 Aug 2019 09:30 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Listrik padam yang terjadi di sejumlah wilayah di Jakarta dan sekitarnya menjadi perhatian warganet.

Alhasil, #matilampu langsung menjadi trending topic di lini masa Twitter dan menyedot perhatian pembaca di kanal Tekno Liputan6.com.

Dua artikel lain yang juga menjadi perhatian pembaca, termasuk mati listrik menjadi trending topic dunia, dan pernyataan Telkomsel tentang jaringan telekomunikasi yang terganggu karena pemadaman listrik.

Lebih lengkapnya, simak tiga berita terpopuler berikut ini.

1. Tagar Mati Lampu Trending Topic, Warganet: Kenapa Listrik Padam?

Ilustrasi. (Minivannews.com)

Tepat jam 11.50, Minggu (4/8/2019), sejumlah wilayah di Jakarta dan sekitarnya mengalami pemadam listrik.

Akibat pemadaman ini, berbagai aktivitas sejumlah warganet dikabarkan terganggun. Tak hanya itu, banyak pengguna media sosial bertanya apa yang terjadi dan wilayah mana saja yang terkena pengaruhnya.

Kabar listrik padam di area Jakarta, Bogor, Depok, Tangerang, dan Bekasi (Jabodetabek) juga menggema di media sosial.

Baca selengkapnya di sini

2. Mati Lampu di Jakarta dan Sekitarnya Jadi Trending Topic Dunia

Ilustrasi tarif Listrik Naik (Liputan6.com/Andri Wiranuari)

Sejumlah wilayah Jakarta dan sekitarnya mengalami mati lampu di pada jam 11.50, Minggu (4/8/2019).

Akibatnya, aktivitas masyarakat dan sejumlah fasilitas publik pun mengalami kendala.

Pantauan Tekno Liputan6.com di Twitter, tagar #matilampu mampu memuncaki trending topic dunia.

Tak hanya itu, sejumlah keyword dan hastag terkait mati lampu yang melanda Jakarta, seperti Jabodetabek dan #matilistrik juga muncul.

Baca selengkapnya di sini

3. Listrik Padam, Telkomsel Mendata Perangkat Jaringan Terkena Dampak

Ilustrasi BTS. Liputan6.com/Mochamad Wahyu Hidayat

Padamnya aliran listrik PLN pada hari ini, Minggu (4/8/201), di sejumlah wilayah termasuk Jabodetabek dan Jawa Barat, berdampak pada kualitas layanan telekomunikasi seluler. Operator seluler Telkomsel merupakan salah satu yang terdampak.

Vice Presiden Corporate Communications Telkomsel, Denny Abidin, mengungkapkan pihaknya saat ini masih menginvestarisasikan atau mengumpulkan data jumlah perangkat jaringan yang terkena dampak penurunan kualitas akibat gangguan ini.

Namun, ia memastikan cadangan listrik di perangkat jaringan Telkomsel masih berfungsi. "Kami memastikan back up power berfungsi di perangkat jaringan kami secara maksimal," tutur Denny dalam keterangan tertulis, Minggu (4/8/2019).

Baca selengkapnya di sini

(Ysl/Isk)

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Maia Estianty Sebut 3 Artis Cantik Ini Anaknya, Calon Menantu?

Posted: 04 Aug 2019 09:30 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Maia Estianty pekan lalu berlibur ke Labuan Bajo, Nusa Tenggara Timur, bersama keluarga. Selain Irwan Murssy, Maia Estianty membawa serta ketiga anaknya, Al Ghazali, El Rumi, dan Dul Jaelani.

Momen liburan bersama keluarga diabadikan Maia Estianty dalam format foto maupun video lalu diunggah ke Instagram.

Yang menarik, Maia Estianty menggunakan momen liburan untuk menjawab pertanyaan warganet. Salah satunya, soal punya anak perempuan bersama Irwan Mussry.  

Maklum, dari pernikahannya dengan Ahmad Dhani, Maia Estianty dikaruniai tiga anak laki-laki.

 

 

 

Tiga Perempuan

Senin (5/8/2019) pagi, Maia Estianty mengunggah fotonya bersama tiga seleb cantik, yakni Diandra Marsha Shafiera, Marsha Aruan, dan Aaliyah Massaid.

Menyertai foto itu, Maia Estianty menulis, "Pada bilang suruh punya anak perempuan. Lah ini sudah kayak anak-anak perempuan sendiri juga. Enak toh, enggak pakai ribet ngurusin dari kecil. Tahu-tahu sudah pada gede semua, bisa diajak main bareng pula." 

Maia Estianty mengakhiri status teksnya dengan emoji wajah tertawa. Selain itu, pencipta lagu "Sang Penggoda" menyertakan salah satu tagar yang menjadi ciri khasnya yakni #SemakinTuaSemakinBahagia.

 

Dikomentari Seleb

Maia Estianty (Liputan6.com/IG/@maiaestiantyreal)

Dalam waktu sejam, unggahan ini mendapat lebih dari 50 ribu tanda hati dari warganet. Ratusan komentar pun membanjir termasuk dari sejumlah seleb. "Gemeeesh!" seru Krisdayanti merespons foto Maia Estianty.

"Berasa keponakan, cepat banget gede enggak, sih? Tapi seru ya sudah bisa diajak jalan bareng," celetuk Mayangsari. Yang menarik, Maia Estianty menyinggung kebiasaan memasak bareng Aaliyah Massaid, putri Reza Artamevia dan Adjie Massaid.

Ini terungkap ketika Aaliyah berkomentar singkat, "He he he Bundaaa!" Lalu Maia menjawab, "Bisa masak bareng, toh ha ha ha." Beberapa minggu sebelumnya, lewat Instagram Stories, Maia mengabadikan momen kebersamaan Aaliyah Massaid dengan Dul Jaelani. Maia sempat menyinggung Dul Jaelani dan Aaliyah cocok sebagai pasangan seraya menyenggol akun Instagram Reza Artamevia. (Wayan Diananto)

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Operasional Kereta Api di Bandung Kembali Normal

Posted: 04 Aug 2019 09:29 PM PDT

Liputan6.com, Bandung - PT Kereta Api Indonesia (KAI) Daerah Operasi (Daop) 2 Bandung menyatakan operasional perjalanan kereta api pada Senin, 5 Agustus 2019 kembali normal. Sebelumnya terjadi keterlambatan keberangkatan dan juga kedatangan kereta api Argo Parahyangan relasi Bandung-Jakarta pulang pergi akibat listrik padam.

Juru bicara PT KAI Daop 2 Bandung, Noxy Citrea mengatakan, rata-rata keterlambatan lebih dari 60 menit. Atas kejadian tersebut, PTKA Daop 2 Bandung menyampaikan permohonan maaf kepada masyarakat pengguna kereta api.

"Kami mohon maaf atas keterlambatan kedatangan dan keberangkatan kereta api yang diakibatkan padamnya aliran listrik. Alhamdulillah pada hari ini semua sudah normal kembali seiring dengan arus listrik yang kembali mengalir," kata Noxy melalui keterangan resmi yang diterima Liputan6.com, Senin (5/8/2019).

Noxy juga mengatakan, saat listrik padam, semua jajaran PT KAI Daop 2 Bandung bersedia siaga untuk memastikan keselamatan operasional perjalanan kereta api. Seperti menjaga palang pintu perlintasan yang mengalami gangguan tetap doperasikan manual, oleh petugas kereta api dan juga dibantu oleh relawan pecinta kereta api.

Contohnya, sebut Noxy, seperti di Kiaracondong, Cimindi, dan Purwakarta. Sedangkan untuk pelayanan perjalanan di stasiun, PT KAI juga menerapkan pelayanan manual untuk pembelian Tiket Go Show, Check-in, dan Boarding saat pemadaman listrik berlangsung.

"Kami akan berupaya sebaik mungkin agar pelayanan di stasiun dan perjalanan KA dapat kembali normal," jelas VP Publik Relation PT KAI Edy Kuswoyo.

Edy menyampaikan permohonan maaf yang sebesar-besarnya atas ketidaknyamanan yang terjadi pada perjalanan Kereta Api Jarak Jauh, KRL, KA Bandara, dan KA Lokal kemarin akibat pemadaman listrik sejak 11.48 WIB.

Meski sempat terjadi pemadaman listrik aliran atas (LAA) untuk layanan KRL dan KA Bandara, pada pulul 20.00 WIB gardu traksi ujar Edy, berangsur-angsur mulai dinyalakan kembali sehingga perjalanan KRL dan KA Bandara diharapkan dapat segera beroperasi secara normal.

"Penumpang dapat membatalkan tiketnya, dan KAI akan mengembalikan tiket penumpang secara penuh," terang Edy.

PT KAI juga meminta maaf atas keterlambatan berbagai perjalanan KA yang terjadi akibat gangguan ini. Saat ini keterlambatan perjalanan KA sudah mulai terurai dan diharapkan dapat segera kembali tepat waktu. 

Simak juga video pilihan berikut ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Pemprov Jatim Minta Rumusan Kehidupan Hidup Layak untuk UMK 2021 Tuntas Akhir 2019

Posted: 04 Aug 2019 09:24 PM PDT

Surabaya - Menteri  Ketenagakerjaan diminta untuk segera menuntaskan peninjauan Kehidupan Hidup Layak (KHL) untuk menentukan Upah Minimum Kabupaten/Kota (UMK) Jawa Timur (Jatim) pada 2019. Hal itu merupakan permintaan dari Dinas Ketenagakerjaan dan Transmigrasi (Disnakertrans) Provinsi Jatim.

Ini sesuai Peraturan Pemerintah 78/2015 tentang pengupahan, penentuan UMK harus dilakukan setiap tahun berdasarkan Kebutuhan Hidup Layak (KHL). Sementara komponen dan jenis kebutuhan hidup dalam KHL sendiri harus diperbaharui setiap lima tahun sekali.

Kepala Dinas Ketenagakerjaan dan Transmigrasi (Disnakertrans) Jatim, Himawan Estu Bagijo menuturkan, KHL yang disusun Menteri bersama Dewan Pengupahan setiap lima tahun sekali, masa berlaku akan habis pada 2020. Himawan berharap, UMK 2021 sudah dibentuk sejak 2019 ini.

"Kalau untuk 2020, UMK masih berdasarkan KHL yang sekarang. Kami meminta kementerian supaya juklak dan juknis pengupahan 2021 itu tidak dibentuk pada 2020, tapi pada 2019. Ini supaya tidak mepet dengan perumusan UMK 2021 yang sudah harus dilakukan pada akhir 2020 mendatang, ujar dia, Minggu, 4 Agustus 2019, dilansir dari suarasurabaya.net.

Himawan menginginkan, UMK 2021 di Jawa Timur (Jatim) pada 2020 sudah matang. KHL juga sudah bisa dikaji bersama baik antara pemerintah daerah maupun serikat pekerja dan serikat buruh.

"Supaya, semua sama-sama duduk memahami itu, sehingga 2020 (saat perumusan UMK 2021) sudah tinggal berjalan," kata dia.

Komponen dan jenis kebutuhan dalam KHL memang harus ditinjau Menteri setiap lima tahun sekali berdasarkan kajian Dewan Pengupahan Nasional. Aturan ini sesuai dengan Pasal 43 PP 78/2015. Hasil dari pengkajian berdasarkan data dan informasi dari lembaga berwenang bidang statistic tersebut yang akan menjadi dasar perhitungan UMK. 

 

(Kezia Pricilla, Mahasiswa UMN)

 

 

Menaker: Revisi Aturan Upah Buruh Harus Untungkan Pekerja dan Pengusaha

Ratusan buruh menggelar aksi demo di kawasan industri Pulogadung, Jakarta, Selasa (24/11/2015). Buruh menuntut dicabutnya Peraturan Pemerintah No 78 Tahun 2015 tentang Pengupahan. (Liputan6.com/Yoppy Renato)

Sebelumnya, Menteri Ketenagakerjaan (Menaker) Hanif Dhakiri mengatakan permintaan buruh untuk merevisi Peraturan Pemerintah (PP) Nomor 78 tahun 2015 tentang Pengupahan harus dikaji lebih dalam. Dia menegaskan, revisi upah buruh harus saling menguntungkan baik bagi pekerja maupun pelaku usaha.

"Nanti kita kaji dulu bersama stakeholder terkait. Kalau soal permintaan kan yang minta bukan hanya serikat, dunia usaha juga punya permintaan. Itulah kenapa harus dikaji dulu bersama-sama," ujar Hanif saat ditemui di Kantor Kemenko Perekonomian, Jakarta, Kamis, 2 Mei 2019.

Apabila nantinya dilakukan revisi maka pemerintah juga akan mendengar masukan dari pengusaha dan stakeholder lainnya. Oleh karena itu, pihaknya belum menetapkan target kapan revisi PP dilakukan dan diselesaikan.

"Kalau di atas satu tahun kita sudah ada kebijakan Struktur Skala Upah. Jadi orang diupah berdasarkan masa kerja, pendidikan, kompetensi, produktivitas, dan sebagainya. Jadi saya kira enggak ada persoalan yang terlalu ini lah," tutur dia.

Tuntutan Buruh

Ilustrasi Demo Buruh | via: kaskus.co.id

Sebelumnya, Presiden Konfederasi Serikat Pekerja Indonesia (KSPI) Said Iqbal menyampaikan, Presiden Joko Widodo ( Jokowi) telah menyetujui tuntutan buruh terkait revisi Peraturan Pemerintah (PP) Nomor 78 Tahun 2015 tentang Pengupahan atau upah buruh. Persetujuan ini telah diutarakan Jokowi saat serikat pekerja diundang ke Istana Bogor pada Jumat lalu.

"KSPI mengapresiasi dan berterimakasih kepada presiden Jokowi yang menyetujui adanya revisi PP 78. Meski kita belum tahu siapa yang akan menjadi presiden berikutnya," ujar dia saat sesi konferensi pers di Hotel Mega Proklamasi, Jakarta, pada Senin 29 April 2019.

Dengan begitu, pernyataan Jokowi perihal revisi PP 78/2015 tersebut akan coba KSPI deklarasikan saat perayaan May Day pada 1 Mei mendatang. Menurutnya, perubahan formulasi peraturan tentang pengupahan ini wajib diimplementasikan, sebab kaum buruh menuntut untuk mendapat upah yang berkeadilan.

"Kita enggak setuju upah murah. Kita setujunya upah berkeadilan," seru Said Iqbal.

 

 

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Klasemen Shopee Liga 1 2019: Tekuk Persib, Barito Perbaiki Peringkat

Posted: 04 Aug 2019 09:24 PM PDT

Jakarta - Barito Putera sukses meraih tiga poin ketika menjamu Persib Bandung di Stadion Demang Lehman, Martapura, pada lanjutan Shopee Liga 1 2019, Minggu (4/8/2019). Kemenangan ini tentu saja memengaruhi posisi mereka di klasemen Shopee Liga 1.

Sukes Barito ditentukan lewat gol menit akhir yang dicetak oleh Ady Setyawan (menit ke-93). 

Konsentrasi menjadi kelemahan Maung Bandung pada menit akhir. Persib kebobolan pada menit ke-90+3. Gawang Made Wirawan jebol setelah Barito Putera mendapat peluang dari bola mati.

Samsul Arif mengeksekusi tendangan bebas, bola disambut oleh Ady Setiawan yang tak terkawal di depan mulut gawang Persib. Ady lalu menanduk bola dan masuk ke pojok kiri gawang Made Wirawan. Tak berselang lama, wasit pun mengakhiri laga.

Hasil ini tentu saja menjadi pukulan menyakitkan bagi Persib yang berharap meraih poin dalam lawatan mereka kali ini. Pada laga sebelumnya, Persib kalah 1-5 dari Arema FC di Malang.

Kemenangan 1-0 atas Persib membuat Barito Putera memperbaiki posisi mereka di klasemen Shopee Liga 1. Tim berjulukan Laskar Antasari itu naik tiga peringkat ke posisi 12 dengan torehan 12 poin.

Persib tertahan di posisi ke-11 klasemen Shopee Liga 1 dengan torehan 13 poin. Walau posisi mereka tak berubah, kekalahan di Martapura menjadi catatan negatif tim Maung Bandung.

Hingga pekan ke-12, Persib baru mengemas tiga kemenangan. Sementara dalam delapan pertandingan, mereka menelan kekalahan empat kali dan empat laga lainnya berakhir imbang.

Persib Bandung harus waspada karena akan melanjutkan laga tandang pada pekan depan melawan Persela Lamongan.

PSS Raih Poin di Kandang Borneo FC

Pada laga lain, PSS Sleman bermain sama kuat 2-2 kontra Borneo FC pada laga pekan ke-12 Shopee Liga 1 2019, di Stadion Segiri, Samarinda, Minggu (4/8/2019). 

PSS mencetak gol melalui aksi Brian Ferreira dan Yevhen Bokashvili. Sementara, dua gol Borneo FC dicetak oleh Nur Diansyah dan Renan Silva.

Hasil ini membuat PSS Sleman berada di peringkat keenam klasemen sementara Liga 1 dengan nilai 17. Mereka unggul tiga poin atas Borneo FC di posisi kedelapan.

Klasemen

Shopee Liga 1 2019 Logo Klub (Bola.com/Adreanus Titus)

Hasil pertandingan:

Borneo FC Vs PSS Sleman 2-2

Barito Putera Vs Persib Bandung 1-0

Klasemen sementara:

 
 
 
View this post on Instagram

Klasemen sementara Shopee Liga 1 2019, Sabtu (3/8). __ #ShopeeLiga1 #ShopeeForMen #ShopeeID

A post shared by Shopee Liga 1 (@liga1match) on

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Jadon Sancho Sukses Obrak-abrik Pertahanan Bayern Munchen

Posted: 04 Aug 2019 09:20 PM PDT

Munchen - Pemain Borussia Dortmund, Axel Witsel, menyatakan Jadon Sancho menjadi ancaman utama Bayern Munchen. Hal itu terbukti setelah Sancho menjadi momok Bayern Munchen pada laga Piala Super Jerman.

Borussia Dortmund menang 2-0a atas Bayern Munchen pada laga Piala Super Jerman. Sancho menjadi tokoh utama pada laga tersebut.

Winger asal Inggris itu mencatatkan satu assist dan satu gol untuk Borussia Dortmund. Sacho menjadi aktor utama keberhasilan Borrusia Dortmund dalam mengungguli Bayern Munchen.

Axel Witsel melayangkan pujian atas aksi yang ditunjukkan Sancho pada laga tersebut.

"Jadon adalah pemain yang sangat hebat. Ia memiliki talenta yang luar biasa," ujar Witsel.

"Para pemain bertahan Bayern Munchen terlihat sangat waspada ketika Jadon membuat pergerakan. Jadon berhasil menebar ancaman untuk Bayern Munchen."

"Ia sangat cepat dan memiliki teknik yang luar biasa. Ia bisa mencetak gol untuk dirinya sendiri atau memberikan ruang untuk rekannya. Jadon adalah pemain yang komplet," ungkap Witsel.

Jadon Sancho memutuskan untuk bertahan di Borussia Dortmund pada musim 2019-20. Sebelumnya, ia gencar dikabarkan ingin kembali ke Premier League dan bergabung dengan Manchester United.

Potensi Jadon Sancho Masih Besar

Borussia Dortmund menjuarai Piala Super Jerman 2019 setelah mengalahkan Bayern Munchen 2-0 di Signal Iduna Park, Minggu (4/8/2019) dini hari WIB. (AFP/Ina Fassbender)

Kapten Borussia Dortmund, Marco Reus, mengatakan kalau Jadon Sancho masih memiliki ruang untuk berkembang. Menurutnya, Sancho akan menjadi pemain yang hebat.

"Jadon adalah pemain yang hebat. Para pemain lawan tak memiliki kesempatan jika berhadapan satu melawan satu dengannya," ujar Reus.

"Ia adalah pemain yang fantastis, namun potensinya masih besar. Ia masih memiliki banyak ruang untuk berkembang," ungkap Reus.

Sumber: Bundesliga

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

FOTO: Momen Kebersamaan Raditya Dika Bersama Sang Putri Alinea Ava Nasution

Posted: 04 Aug 2019 09:20 PM PDT

Alinea Ava Nasution tengah terlelap dengan lucunya. Raditya Dika pun tak tahan untuk mencium kepala putri cantiknya tersebut. Memang keberadaan Alinea diharapkan menjadi alinea pembuka yang indah di kehidupan Raditya Dika. (Liputan6.com/IG/@raditya_dika)

Alinea Ava Nasution tengah terlelap dengan lucunya. Raditya Dika pun tak tahan untuk mencium kepala putri cantiknya tersebut. Memang keberadaan Alinea diharapkan menjadi alinea pembuka yang indah di kehidupan Raditya Dika. (Liputan6.com/IG/@raditya_dika)

Raditya Dika menikah dengan Anissa Aziza pada 5 Mei 2018. Setelah setahun menikah, akhirnya mereka berdua dikaruniai sang buah hati, Alinea. Kebahagiaan begitu terpancarkan dari komika tersebut saat memangku anaknya tersebut. (Liputan6.com/IG/@raditya_dika)

Raditya Dika menikah dengan Anissa Aziza pada 5 Mei 2018. Setelah setahun menikah, akhirnya mereka berdua dikaruniai sang buah hati, Alinea. Kebahagiaan begitu terpancarkan dari komika tersebut saat memangku anaknya tersebut. (Liputan6.com/IG/@raditya_dika)

Idul Fitri menjadi momen bahagia keluarga Raditya Dika dan Anisa Aziza. Dengan memakai busana serba putih, keluarga seleb ini terlihat begitu bahagia. Alinea juga terlihat sangat cantik dengan memakai bando di kepalanya. (Liputan6.com/IG/@raditya_dika)

Idul Fitri menjadi momen bahagia keluarga Raditya Dika dan Anisa Aziza. Dengan memakai busana serba putih, keluarga seleb ini terlihat begitu bahagia. Alinea juga terlihat sangat cantik dengan memakai bando di kepalanya. (Liputan6.com/IG/@raditya_dika)

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Pacar Guntur Triyoga Dipuji sebagai Bos Perhatian dan Baik

Posted: 04 Aug 2019 09:20 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Menjadi pucuk pimpinan sebuah perusahaan menjadi tantangan tersendiri bagi Apristiyah. Kekasih aktor Guntur Triyoga ini bahkan harus menjalin hubungan baik tak cuma dengan pelanggan bisnis kecantikan yang dikelolanya.

Apristiyah juga harus senantiasa memperhatikan karyawan yang selama ini telah membantu bisnis yang dikembangkannya itu. Beruntung, Apristiyah tak memiliki masalah dengan semua hal itu.

Ia dipuji sebagai pimpinan sekaligus leader yang baik dalam menjalankan manajemen bisnis. Meski sibuk memuaskan pelanggan, Apristiyah juga tak lupa memanjakan karyawannya.

Baru-baru ini, seorang karyawan yang bekerja di Alesha Beauty Center, bisnis kecantikan yang dikomandoi Apristiyah, memberikan pujian untuk atasannya itu.

 

 

Diberi Handphone

Guntur Triyoga dan Apristiyah

Baru-baru ini, Apristiyah memberikan handphone kepada karyawannya yang langsung direspons melalui media sosial, Instagram.

"Makasih ya ALLAH punya bu bos udah lembut, penyayang dan baik banget beli 6 hp buat semua asistennya, barakallah bu" tulis akun @rnose576, yang diketahui merupakan karyawan Apristiyah.

"Kita yang setiap hari bangun tidur ketemu sampai tidur lagi, tahu banget luar dalamnya, hatinya baik banget dan belum pernah ada bos yang selalu memberikan kado HP ke karyawan dan asistennya setiap berulang tahun," tambah akun tersebut.

 

Dukungan Guntur Triyoga

Guntur Triyoga (Instagram/@gunturtriyoga)

Terkait hubungannya dengan Guntur Triyoga, Apristiyah sering mendapatkan kejutan spesial saat ia merayakan ulang tahunnya.

Bahkan Guntur Triyoga sendiri mengaku mendukung karier Apristiyah yang pernah mendapat penghargaan sebagai The Most Recommended Quality And Service Excellence Beauty Awards 2019 dalam ajang tahunan Awards Night Ceremony 2019 di Jakarta.

"Saya sangat mendukung karier dia, kita saling pengertian, semoga karier dia dan saya sukses," tandas Guntur Triyoga yang merupakan seorang duda dan pernah membintangi film Mafia Insyaf

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Tegur Direksi PLN, Jokowi: Kalian kan Pinter-pinter

Posted: 04 Aug 2019 09:15 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Presiden Jokowi tidak puas mendengar penjelasan yang panjang lebar dari Plt Dirut PLN Sripeni Inten Cahyani terkait peristiwa pemadaman listrik di hampir seluruh Pulau Jawa. Kepada Jokowi, Inten menyampaikan bahwa penyebab listrik padam lantaran gangguan transmisi Ungaran dan Pemalang 500 kV.

"Pejelasannya panjang sekali. Pertanyaan saya, bapak, ibu semuanya ini kan orang pinter-pinter, apalagi urusan listrik dan sudah bertahun-tahun. Kok tahu-tahu drop itu, artinya pekerjaan yang ada tidak dihitung tidak dikalkulasi," ujar Jokowi di Kantor PT PLN Persero Jakarta Selatan, Senin (5/8/2019).

Menanggapi pertanyaan Jokowi, Sripeni lalu memberikan penjelasan teknis yang menyebabkan gangguan ini tidak terantisipasi. Sripeni menyebut, sistem kelistrikan di Jawa-Bali terdapat dua sistem, yaitu sistem utara dan selatan.

Jokowi kemudian meminta PT PLN Persero untuk segera memperbaiki kerusakan secepatnya. Dia tak ingin peristiwa listrik mati yang melanda sejumlah wilayah di Pulau Jawa terulang kembali.

"Yang paling penting saya minta perbaiki secepat-cepatnya. Yang memang dari beberapa wilayah yang belum hidup segera dikejar dengan cara apapun agar segera bisa hidup kembali," ucap Jokowi.

Usai mengatakan hal tersebut, Jokowi pun langsung pergi meninggalkan Kantor PLN.

Listrik Padam

Persiapan mati lampu (Foto: Unsplash)

Sebelumnya, wilayah Jakarta dan sekitarnya mengalami pemadaman listrik pada Minggu 4 Agustus 2019, sekira pukul 12.00 WIB. PT PLN (Persero) menyatakan bahwa telah terjadi gangguan pada sisi transmisi ungaran dan pemalang 500 kV. Dampak dagi gangguan tersebut aliran listrik ke Jakarta dan sekitarnya padam.

"Saat ini upaya penormalan terus kami lakukan, bahkan beberapa Gardu Induk sudah mulai berhasil dilakukan penyalaan," jelas Executive Vice President Corporate Communication & CSR PLN I Made Suprateka, seperti dikutip dari keterangan tertertulis, Minggu 4 Agustus 2019.

Selain itu terjadinya gangguan pada Transmisi SUTET 500 kV mengakibatkan padamnya sejumlah Area Jawa Barat.

"Sekali lagi kami mohon maaf dan pengertian seluruh pelanggan yang terdampak akibat gangguan ini, kami berjanji akan melakukan dan mengerahkan upaya semaksimal mungkin untuk memperbaiki sistem agar listrik kembali normal," Tutup Made.

Saksikan video pilihan berikut ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

YLKI Tagih Kompensasi PLN Akibat Listrik Padam

Posted: 04 Aug 2019 09:15 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Ketua Pengurus Harian Yayasan Lembaga Konsumen Indonesia (YLKI), Tulus Abadi menyebutkan PLN harus bertanggung jawab atas terjadinya listrik padam secara total atau black out hari Minggu kemarin. Black out tersebut disebut menimbulkan banyak kerugian materi dan nonmateri.

"YLKI meminta managemen PT PLN untuk menjelaskan pada publik apa penyebab gangguan pembangkit di Suralaya, dan lain-lain," kata dia, di Jakarta, Senin (5/8).

Tulus juga meminta PLN memberikan kompensasi pada pelanggannya. Kompensasi ini diberikan berdasarkan kerugian yang dialami masyarakat akibat listrik padam.

"YLKI meminta PT PLN memberikan kompensasi pada konsumen, bukan hanya berdasar regulasi teknis yang ada, tetapi berdasar kerugian riil yang dialami konsumen akibat pemadaman ini," tegasnya.

Tulus menilai, insiden listrik padam tersebut merupakan cerminan masih buruknya infrastruktur kelistrikan di Indonesia.

"Oleh karena itu, program pemerintah seharusnya bukan hanya menambah kapasitas pembangkit PLN, tetapi juga harus meningkatkan keandalan pembangkit PT PLN, dan infrastruktur pendukung lainnya, seperti transmisi, gardu induk, gardu distribusi, dan lain-lain," tutupnya.

 

Reporter: Yayu Agustini Rahayu Achmud

Sumber: Merdeka.com

Pengusaha Rugi Triliunan Rupiah Akibat Mati Lampu

Penumpang tak bisa masuk Stasiun MTR Bendungan Hilir lantaran sedang terjadi pamadaman listrik di wilayah Jabodetabek, Jakarta, Minggu (4/8/2019). Pemadaman listrik mengakibatkan layanan MRT berhenti dan lumpuh total. (Liputan6.com/JohanTallo)

Padamnya listrik atau mati lampu hampir 8 jam pada Minggu (4/8/2019) kemarin mengakibatkan lumpuhnya berbagai aktivitas bisnis dan pelayanan publik di Jakarta. Hal ini dinilai sesuatu yang harus serius disikapi dan diantisipasi oleh pemerintah melalui PLN.

Wakil Ketua Umum Kadin DKI Jakarta Sarman Simanjorang mengatakan, ketergantungan dunia usaha dan pelayanan publik terhadap listrik sangatlah besar.

"Oleh sebab itu, pelayanan PLN harus dievakuasi secara serius dan mendesak karena PLN adalan milik Pemerintah," ujar dia di Jakarta, Senin (5/8/2019). 

Menurut Sarman, kerugian yang dialami oleh pengusaha sangat besar akibat padamnya listrik. Selain itu, masalah ini juga berdampak pada banyaknya pesanan barang dan jasa yang tidak terlayani.

Industri Kecil Menengah (IKM) sangat terpukul dengan mati lampu yang cukup lama ini seperti industri kuliner, konveksi, restoran, cafe, catering, transportasi online, SPBU, bengkel, mebel, dan usaha lainnya.

Sedangkah pelayanan publik di Jakarta hampir lumpuh seperti MRT, Commuter Line, ATM, pelayanan pintu tol, jaringan komunikasi, pelayanan kesehatan dan lalu lintas dan lain lain akibat mati lampu.

"Kita agak sulit menghitung angka kerugian akan tetapi jika dihat dari banyaknya sektor usaha dan pelayanan publik yang terimbas maka bisa mencapai triliunan rupiah. Kejadian ini juga akan berdampak pada ketidakpercayaan investor untuk menanamkan modalnya di Indonesia jika kondisi pelayanan energi listrik seperti ini," jelas dia. 

Kronologi Mati Lampu Jakarta hingga Proses Pemulihan oleh PLN

Suasana halte bus Transjakarta listrik padam di Karet, Jakarta, Minggu (4/8/2019). Pemadaman listrik serentak yang terjadi sejak Minggu siang mengubah suasana malam di ibu kota menjadi gelap gulita. (merdeka.com/Iqbal S. Nugroho)

Sekitar pukul 12.00 WIB, listrik di daerah Jakarta dan sekitarnya mati total atau blackout. Ternyata, mati lampu tersebut tidak hanya di daerah Jakarta. Banten, Jawa Barat dan sebagian Jawa Tengah mengalami pemadaman listrik.

Kegiatan yang bergantung pada listrik menjadi lumpuh, termasuk layanan publik, transportasi, perbelanjaan hingga perbankan.

Pelaksana tugas (Plt) Direktur Utama PT PLN (persero), Sripeni Inten Cahyani mengungkapkan, PLN langsung melakukan recovery atau pemulihan gangguan. Adapun kronologi gangguan tersebut bermula sejak pukul 11.45 WIB.

"11.45 detik 27, pada saluran udara Ungaran terjadi gangguan pada sirkuit 1, kemudian disusul gangguan sirkuit kedua. Akibatnya di menit 48 detik ke 11, menyebabkan jaringan SUTP Depok Tasik mengalami gangguan," kata dia di Depok, Minggu (4/8/2019).

Dia menegaskan, hal tersebut merupakan awal dari terjadinya pemadaman di sistem Jawa barat, Banten dan DKI Jakarta. "Pada saat 11.45 detik ke 27 saat itu Jawa tengah normal, hanya Brebes saja, tapi Brebes sebenarnya masuk dalam sistem Jawa Barat," ujarnya.

Kemudian, pada pukul 11.48 WIB, Jabar, Banten dan DKI mengalami mati lampu. "Kami manajemen PLN memimpin langsung dan mengawal langsung proses recovery. Dari sini kita bisa memantau bagaimana pasokan listrik dari timur ke barat untuk mendukung pasokan," ujarnya.

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Finis Keenam di MotoGP Ceko, Rossi Ungkap Kekurangan Yamaha

Posted: 04 Aug 2019 09:15 PM PDT

Liputan6.com, Brno - Pembalap Monster Energy Yamaha, Valentino Rossi harus puas finis di posisi keenam saat balapan MotoGP Ceko di Sirkuit Brno, Minggu (4/8/2019). Di balapan ini, Rossi harus memeras keringat demi mendapatkan poin.

Rossi mengatakan, dirinya sangat kesulitan mengejar pembalap di depan pada MotoGP Ceko. Dia tertinggal hampir tiga detik dari pembalap LCR Honda, Cal Crutchlow yang finis di posisi kelima.

Lebih lanjut, Rossi menjelaskan, dirinya sangat kesulitan mencapai kecepatan penuh dari motor Yamaha. Rata-rata kecepatannya di Sirkuit Brno hanya 163,8 km/jam.

"Kami kehilangan akselerasi, kemudian kesenjangan yang sangat besar dalam hal kecepatan. Kami sangat jauh tertinggal untuk mendapatkan kecepatan tertinggi," kata Rossi, seperti dikutip dari Crash.

"Saya juga bekerja keras di bagian mesin. Yamaha harus bekerja banyak karena tim lain membuat langkah besar. Kami perlu mendapat sesuatu yang penting untuk memperpendek kesenjangan," ucap rider MotoGP berusia 40 tahun itu.

 

 

Motor yang Sensitif

Pembalap Monster Energy Yamaha, Valentino Rossi. (AFP/Tobias Schwarz)

Rossi juga mengatakan, Yamaha YZR-M1 merupakan motor yang sangat sensitif saat menjalani perubahan cuaca. Rossi menyebut motornya lemah saat berpacu di lintasan basah.

"Ya, itu benar. Biasanya kami memiliki hal yang sempurna dengan cuaca (lintasan) kering. Kami bisa lebih cepat jika aspalnya kering," ujarnya.

"Namun sesuatu yang aneh terjadi bila hujan atau suhunya berubah. Ini membuat kami menjadi lebih menderita," kata Rossi.

Klasemen MotoGP

1. Marc Marquez (Repsol Honda) 210 poin

2. Andrea Dovizioso (Ducati) 147 poin

3. Danilo Petrucci (Ducati) 129 poin

4. Alex Rins (Suzuki) 114 poin

5. Maverick Vinales (Monster Energy Yamaha) 91 poin

6. Valentino Rossi (Monster Energy Yamaha) 90 poin

7. Jack Miller (Pramac Ducati) 86 poin

10. Cal Crutchlow (LCR Honda) 78 poin

9. Fabio Quartararo (Petronas Yamaha SRT) 76 poin

10. Pol Espargaro (KTM) 61 poin

11. Takaaki Nakagami (LCR Honda) 57 poin

12. Franco Morbidelli (Petronas Yamaha SRT) 52

13. Joan Mir (Suzuki) 39 poin

14. Aleix Espargaro (Aprilia) 31 poin

15. Andrea Iannone (Aprilia) 21 poin

16. Jorge Lorenzo (Repsol Honda) 19 poin

17. Johann Zarco (KTM) 18 poin

18. Miguel Oliveira (KTM Tech 3) 18 poin

19. Francesco Bagnaia (Pramac Ducati) 15 poin

20. Tito Rabat (Avintia Racing) 14 poin

21. Stefan Bradl (Honda) 13 poin

22. Michele Pirro (Ducati) 9 poin

23. Sylvain Guintoli (Suzuki) 3 poin

24. Karel ABRAHAM (Avintia Racing) 3 poin

25. Hafizh Syahrin (KTM Tech 3) 3 poin

Saksikan video pilihan berikut ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

VIDEO: Siap-Siap, Hari Ini Pemadaman Listrik Bergilir Masih Terjadi

Posted: 04 Aug 2019 09:13 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Perusahan Llstrik Negara memastikan proses pemulihan listrik padam masih terus berjalan. Hingga Senin (6/8) pemadaman listrik bergilir masih terjadi di beberapa lokasi.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Plt Dirut PLN: Pemadaman Listrik Bergilir Berlangsung hingga Sore Ini

Posted: 04 Aug 2019 09:11 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Plt Direktur Utama PT PLN Persero Sripeni Inten Cahyani menyebut, pemadaman listrik bergilir akan terjadi hingga sore ini. Hal ini imbas terjadinya gangguan pada jaringan transmisi yang terjadi sejak Minggu 4 Agustus 2019.

"Sampai dengan siang-sore mohon maaf MLS (manual load shedding) atau (pemadaman) bergilir masih terjadi," kata Inten di Kantor Pusat PLN Jakarta Selatan, Senin (5/8/2019).

Dia mengaku belum dapat memastikan wilayah mana saja dan berapa jam sekali pemadaman listrik terjadi. Inten menyebut pihaknya menargetkan pasokan listrik kembali normal pasa Senin malam ini.

"Mudah-mudahan nanti malam ya (listrik sudah normal), target itu saya mengharapkan nanti jam 16.00 WIB ada dua unit PLTU akan masuk, jadi kira-kira 1.000 MW lalu PLTU-PLTU lainnya yang kapasitas 300 MW akan masuk juga tetapi agak menjelang malam," jelas dia.

Sebelumnya, Presiden Joko Widodo atau Jokowi menegur para jajaran direksi PT PLN Persero terkait aliran listrik yang mati di hampir seluruh Pulau Jawa. Jokowi heran mengapa backup plan PLN tidak berjalan baik saat pemadaman listrik.

Hal itu dikatakan Jokowi saat bertemu Plt Dirut PLN Sripeni Inten Cahyani dan jajaran direksi lainnya di Kantor PLN Pusat Jakarta Selatan, Senin (5/8/2019).

"Dalam sebuah manajemen besar seperti PLN mestinya, menurut saya, ada tata kelola risiko yang dihadapi dengan manajemen besar tentu saja ada contigency plan, ada back up plan. Pertanyaan saya kenapa itu tidak bekerja dengan cepat dan dengan baik," kata Jokowi.

Mantan Gubernur DKI Jakarta itu mengatakan bahwa hal serupa juga pernah terjadi pada tahun 2002 dan seharusnya bisa dijadikan pelajaran. Jokowi pun meminta penjelasan dari Plt Dirut PLN terkait permasalahan pemadaman listrik total di Jabodetabek dan sekitarnya.

"Saya tahu ini tidak hanya bisa merusak reputasi PLN namun banyak hal di luar PLN terutama konsumen sangat dirugikan. Pelayanan transportasi umum sangat berbahaya sekali, MRT misalnya" kata Jokowi.

 

Gratiskan

Petugas PLN memperbaiki jaringan listrik di Palu, Sulawesi Tengah, Sabtu (6/10). PT Perusahaan Listrik Negara (PLN) memastikan kondisi listrik di Kota Palu semakin membaik pasca gempa dan tsunami. (Liputan6.com/Fery Pradolo)

PT PLN (Persero) janjikan adanya kompensasi untuk masyarakat yang mengalami listrik padam pada Minggu (5/8/2019). Kompensasi ini dengan memberikan listrik gratis.

Pelaksana Tugas (Plt) Sripeni Inten Cahyani mengatakan, sesuai dengan peraturan menteri Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) Nomor 27 Tahun 2017 tentang standar mutu pelayanan, PLN akan memberikan kompensasi ke masyarakat atas listrik padam yang hampir terjadi di seluruh Jawa.

"Kompensasi kepada masyarakat sudah ada aturanya Permen ESDM PLN komit melaksanakannya," kata Inten, di Kantor Pusat PLN, Jakarta, Senin (5/8/2019).

Menurut Inten, untuk besaran insentif yang diberikan akan dihitung berdasarkan formula yang telah ditetapkan sesuai dengan lama listrik padam dan kelompok kWh pelanggan.

"Sudah ada formulasinya kita ikuti saja, ada hitunganya sekian jam kali sekian. KWH akan gratiskan itu tergantung kelompoknya," tuturnya.

Inten mengungkapkan, saat ini pihaknya sedang melakukan pendataan pelanggan yang mengalami pemadaman listrik, kemudian kompensasi diberikan dengan mengurangi tarif tagihan penggunaan listrik sesuai dengan hitungan masing masing pelanggan.

"Dari area-area terdampak itu dihitung diformulasikan. Ini kemudian menjadi pengurang untuk tagihan berikutnya," tandasnya.

Saksikan video pilihan di bawah ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Ingat Rainie Yang Meteor Garden? Ini 6 Potret Terbarunya yang Awet Muda

Posted: 04 Aug 2019 09:10 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Generasi 90-an pasti tidak asing dengan serial TV Taiwan yang berjudul Meteor Garden. Meteor Garden menceritakan tentang kisah cinta antara Tao Ming Tse yang diperankan Jerry Yan dan San Chai yang diperankan Barbie Hsu.

Serial yang diadaptasi dari manga Jepang 'Hana Yori Dango' ini memang sangat populer pada masanya. Bagaimana tidak, ceritanya yang fresh sangat digandrungi oleh anak muda. Terlebih, pemainnya juga berparas tampan dan cantik.

Berbicara tentang Meteor Garden memang tak akan ada habisnya. Khususnya berbicara tentang para pemainnya. Belasan tahun berlalu, para pemain Meteor Garden sudah tumbuh semakin dewasa dengan penampilannya yang bikin pangling.

Salah satunya Rainie Yang, pemeran Xiao Yu yang merupakan sahabat San Chai. Meski dirinya hanya muncul beberapa kali saja, namun pesonanya sukses menyihir publik. Kini, Rainie Yang sudah menjelma menjadi artis papan atas Taiwan.

Penasaran seperti apa potret terbarunya sekarang? Selengkapnya, berikut Liputan6.com sajikan 6 potret terbaru Rainie Yang pemeranXiao Yu di Meteor Garden seperti yang telah dihimpun dari akun Instagram pribadinya @rainie77, Senin (5/8/2019).

1. Rainie Yang lahir pada 4 Juni 1984, namun wajahnya tetap awet muda di usianya yang ke-35 tahun

Rainie Yang (Sumber: Instagram/rainie77)

2. Jika dulu Rainie Yang dikenal dengan aktingnya, kini Rainie memilih menekuni dunia tarik suara sebagai seorang penyanyi

Rainie Yang (Sumber: Instagram/rainie77)

3. Meski hampir berkepala empat, Rainie Yang masih saja tampak seperti anak remaja

Rainie Yang (Sumber: Instagram/rainie77)

4. Selain aktif sebagai penyanyi, Rainie Yang juga kerapkali diundang di acara TV sebagai bintang tamu

Rainie Yang (Sumber: Instagram/rainie77)

5. Rainie Yang baru saja dilamar oleh kekasihnya, Li Ronghao yang juga seorang penyanyi pada 11 Juli lalu

Rainie Yang (Sumber: Instagram/rainie77)

6. Rainie Yang dan Li Ronghao sudah menjalin asmara selama hampir 4 tahun

Rainie Yang (Sumber: Instagram/rainie77)

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Tiga Ruko di Penjaringan Terbakar Saat Listrik Padam, Satu Keluarga Tewas

Posted: 04 Aug 2019 09:07 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Insiden listrik mati yang terjadi pada Minggu 4 Agustus 2019 menimbulkan duka yang mendalam bagi satu keluarga di Jalan K, Teluk Gong, Penjaringan, Jakarta Utara.

Satu keluarga yang diketahui bernama Tony, Jeny Ruslan, Erica Wisely, dan Kent Wisely diduga menjadi korban kebakaran. Penyebabnya, lilin yang mereka gunakan untuk penerangan, malah membakar tiga ruko di kawasan tersebut.

Kanit Reskrim Polsek Penjaringan, Kompol Mustakim mengatakan, kebakaran terjadi pada Senin (5/8/2019) dini hari sekira pukul 00.53 WIB.

"Benar, itu korban satu keluarga," kata Mustakim saat dikonfirmasi, Senin (5/8/2019).

Saat peristiwa terjadi, Tony yang merupakan kepala keluarga mendengar jeritan istri, meminta tolong dari lantai atas ruko. Tony kemudian nekat masuk, meski ruko sudah dikepung kobaran api.

"Selanjutnya korban terjebak di dalam rumahnya," kata Mustakim.

Korban meninggal dengan luka bakar disekujur tubuhnya. Mereka tewas dalam posisi berpelukan.

"Selanjutnya keempat korban meninggal dunia dibawa ke RSCM untuk dilakukan visum," pungkas Mustakim.

Berdasarkan informasi, kebakaran di tiga ruko tersebut dipadamkan pada Senin (5/8/2019) sekira pukul 02.15 WIB dengan mengerahkan 13 unit pemadam kebakaran.

Listrik Padam

Persiapan mati lampu (Foto: Unsplash)

Sebelumnya, wilayah Jakarta dan sekitarnya mengalami listrik padam pada Minggu 4 Agustus 2019, sekira pukul 12.00 WIB. PT PLN (Persero) menyatakan bahwa telah terjadi gangguan pada sisi transmisi ungaran dan pemalang 500 kV. Dampak dagi gangguan tersebut aliran listrik ke Jakarta dan sekitarnya padam.

"Saat ini upaya penormalan terus kami lakukan, bahkan beberapa Gardu Induk sudah mulai berhasil dilakukan penyalaan," jelas Executive Vice President Corporate Communication & CSR PLN I Made Suprateka, seperti dikutip dari keterangan tertertulis, Minggu 4 Agustus 2019.

Selain itu terjadinya gangguan pada Transmisi SUTET 500 kV mengakibatkan padamnya sejumlah Area Jawa Barat.

"Sekali lagi kami mohon maaf dan pengertian seluruh pelanggan yang terdampak akibat gangguan ini, kami berjanji akan melakukan dan mengerahkan upaya semaksimal mungkin untuk memperbaiki sistem agar listrik kembali normal," Tutup Made.

 

 

Reporter: Ronald

Sumber: Merdeka.com

Saksikan video pilihan berikut ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

VIDEO: Perpanjang Izin, Syarat Ini Belum Dilengkapi FPI

Posted: 04 Aug 2019 09:02 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta FPI tengah mengurus perpanjangan izin ormas. Kemendagri mengungkap lima syarat yang belum dipenuhi pihak FPI.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Top 3 : Deretan Cara Ini Ampuh Buat Tubuh Segar Kembali Saat Lelah

Posted: 04 Aug 2019 09:02 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Ketika melakukan aktivitas sehari-hari kita tentu tak jarang merasakan lelah. Rasa lelah tersebut tentunya bisa menghambat kinerja menjadi tak optimal.

Namun jangan khawatir, ada berbagai hal yang bisa kalian lakukan agar tubuh menjadi segar kembali dalam waktu singkat.

Artikel tentang deretan hal yang bisa dilakukan agar tubuh segar kembali saat lelah menjadi yang terpopuler di kanal Citizen6, Liputan6.com. Disusul dengan artikel tentang kepribadian tersembunyi yang bisa dilihat dari cara memasak telurnya.

Sementara artikel terpopuler ketiga tentang cara mudah buat es kopi susu kekinian yang wajib kalian coba.

Berikut Top 3 Citizen6:

1. Cegah Lelah Berlebihan, Lakukan 5 Cara Ini Agar Tubuh Segar Kembali

Ilustrasi (freepik)

Lelah bisa tiba-tiba datang ditengah aktivitas kita. Setelah beraktivitas di pagi hari, semakin sore energi kita bisa berkurang sehingga merasa semakin lelah. Padahal Anda mungkin masih perlu beraktivitas.

Agar masih bisa beraktivitas secara optimal, ada beberapa cara untuk mencegah rasa lelah di penghujung hari. Caranya, Anda perlu melakukan sedikit penyesuaian pada kebiasaan Anda.

Selengkapnya…

2. Ungkap Kepribadian Tersembunyi Berdasarkan Masakan Telur Favorit

Ilustrasi sarapan olahan dari telur.

Untuk mengetahui kepribadian seseorang memang bisa dengan berbagai cara, salah satunya dari aktivitas yang biasa dilakukan seseorang. Kali ini, kami akan membantu kamu untuk mengetahui kepribadian bawah sadar kamu.

Nah, salah satunya dilihat dari masakan telur kesukaanmu. Melansir dari Metro, Minggu (4/8/2019), olahan atau masakan telur bisa menebak kepribadian seseorang. Orang yang suka dengan telur rebus memiliki kepribadian yang cukup berbeda dengan orang yang suka dengan telur goreng. Begitu juga dengan kepribadian orang yang suka telur ceplok dengan telur dadar.

Selengkapnya…     

3. Tak Perlu Beli, Ini Cara Mudah Buat Es Kopi Susu Kekinian yang Nikmat

Ilustrasi es kopi susu./Copyright unsplash.com/Thomas Vimare

Kopi susu nampaknya saat ini sangat digemari, tak hanya oleh orang dewasa tapi juga oleh kalangan anak muda. Ada begitu banyak minuman kopi susu yang bisa kalian beli di berbagai kedai kopi.

Namun tak harus selalu beli kok, kalian bisa juga loh membuatnya sendiri di rumah. Bahan yang perlu dipersiapkan pun sangat sederhana dan tentunya mudah untuk dibuat. Bagi kalian yang ingin mencoba, berikut resepnya.

Selengkapnya…

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Listrik Padam, Sandiaga Uno dan Hengky Kurniawan Kesulitan Cari Tempat Makan

Posted: 04 Aug 2019 09:01 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Wilayah Jakarta dan sekitarnya mengalami pemadaman listrik pada Minggu, 4 Agustus 2019 siang. Kejadian tersebut juga berimbas pada agenda pertemuan Sandiaga Uno bersama Wakil Bupati Bandung Barat Hengky Kurniawan.

Sandiaga Uno membagikan video singkat di akun Instagram pribadi yang menampilkan saat ia dan Hengky mengunjungi satu demi satu tempat makan yang berada di kawasan Senopati, Jakarta Selatan.

Hengky bahkan sempat menyarankan untuk minum kopi bersama. "Kita ngopi aja kayaknya seru. Minum kopi bareng Mas Sandi," kata suami Sonya Fatmala tersebut dalam video.

"Karena mati listrik, siang tadi susah sekali mencari tempat makan bersama mas @hengkykurniawan. Insya Allah kedepan tidak ada lagi kejadian mati lampu seperti hari ini." tulis Sandiaga Uno.

Hengky Kurniawan juga turut mengunggah video kebersamaannya dengan Sandiaga Uno. Ia pun bertanya pada warganet terkait pemadaman listrik yang ia rasakan kemarin.

"Siapa yang merasakan mati lampu ? Siang ini bersama papa online @sandiuno kami juga bolak balik berpindah tempat mencari tempat makan yg tidak mati lampu untuk diskusi. Alhamdulilah ketemu juga," tulis Hengky.

Kebersamaan Sandiaga Uno dan Hengky Kurniawan

Hengky Kurniawan dan Sandiaga Uno (dok. Instagram @sandiuno/https://www.instagram.com/p/B0v0pOeBT7f/Putu Elmira)

Sandiaga Uno juga mengabadikan kebersamaannya dengan Hengky Kurniawan yang tengah berkunjung ke Jakarta dalam sebuah potret. Keduanya tampak saling menempelkan kepalan tangan sembari tersenyum ke arah kamera.

"Makan siang bersama Wakil Bupati Bandung Barat, Mas @hengkykurniawan. Terima kasih sudah jauh-jauh ke Jakarta, dan menyempatkan untuk berdiskusi," tulis Sandiaga Uno.

Besar harap ayah tiga anak ini agar ikhtiarnya dan Hengky untuk membuka luas lapangan kerja, khususnya untuk anak-anak muda dapat tercapai dengan baik.

Semangat itu juga disampaikan Hengky Kurniawan di akhir keterangan video unggahannya. "Sukses untuk Milenial Indonesia yang sedang membangun usaha. Salam sukses dari kami berdua," tulis Hengky.

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Ganti Salib dengan Piramida, 2 Pembina Gereja Jadi Tersangka Penistaan Agama

Posted: 04 Aug 2019 09:00 PM PDT

Liputan6.com, Jayapura - Dua pimpinan kelompok Doa Hati Kudus Allah Kerahiman Ilahi di Kota Mimika, Kabupaten Timika ditetapkan sebagai tersangka dalam kasus dugaan aliran sesat atau penistaan agama. Kelompok itu secara terang-terangan menjadikan pendirinya, Salvator Kameubun, sebagai nabi. 

Dua pimpinan tersebut adalag David Kanangopme (45) sebagai pembina kelompok doa dan Yohanis Kasamol (65) sebagai Ketua kelompok doa. David diketahui menjabat sebagai salah satu kepala bidang di Dinas Perhubungan Kabupaten Mimika. Sementara Yohanis adalah pensiunan ASN dengan jabatan terakhir sebagai Assisten III Setda Kabupaten Mimika.

Polisi menjerat keduanya dengan pasal 156 (a) KUHP tentang penistaan agama dengan ancaman pidana maksimal 5 tahun penjara.

Kapolres Mimika, AKBP Agung Marlianto mengatakan, pihaknya masih mengejar satu orang lainnya dalam kasus ini, yakni Salvator Kemeubun yang beralamat di Tual, Maluku Tenggara. Polisi juga memasukkannya dalam daftar pencarian orang (DPO).

"Ada dugaan dia melarikan diri ke kampungnya. Kami masih terus mengejar pelaku ini," kata Agung kepada Liputan6.com, Senin (5/8/2019).

Agung mengungkapkan, saat ditangkap kedua pimpinan kelompok doa tersebut telah mengakui perbuatannya dan berjanji tak akan aktif kembali dalam kelompok aliran sesat itu. Keduanya juga telah membuat surat permintaan maaf kepada Pastor Paroki dan Kesukupan Jayapura dan mengakui kesalahannya menjadikan Salvator sebagai nabi.

Selain itu, kelompok doa Hati Kudus Allah Kerahiman Ilahi juga dianggap menodai ajaran agama Katolik, dengan mengganti tanda salib dalam peribadatan dengan bentuk piramida.

Diketahui, sebelumnya pengikut kelompok doa yang dibentuk pada 2005 ini mencapai 100-an orang. Namun seiring berjalannya waktu, anggotanya makin berkurang, hingga akhirnya tersisa hanya 4 orang.

"Kelompok doa ini tak mengakui Yesus adalah Tuhan dan menyembah Salvator Kameubun yang merupakan pendiri kelompok itu sebagai nabi. Oleh kelompoknya, Salvator dipercaya sebagai penghubung antara Allah dengan pengikutnya," kata Agung.

Pastor Gereja Katolik di Mimika, Pater Lambertus Nita, OFM menuturkan gereja  telah membuka pintu maaf kepada pelaku penistaan agama ajaran Katolik.

Hanya saja, pihaknya tetap meminta kedua tersangka untuk menjalani proses hukum terkait aliran sesat itu, agar umat Katolik yang kecewa tidak melakukan tindakan main hakim sendiri.

Simak juga video pilihan berikut ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

VIDEO: Detik-Detik Powerbank Meledak Dalam Tas Turis di Bandara

Posted: 04 Aug 2019 09:00 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Seorang turis asal Afrika terlihat panik saat mengetahui tasnya terbakar karena powerbank miliknya meledak. Insiden ini terjadi di Bandara Internasional Chiang Mai, Thailand.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Dianggap Gulma, Ternyata 5 Tumbuhan Ini Bermanfaat Bagi Kesehatan

Posted: 04 Aug 2019 09:00 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Gulma merupakan tumbuhan pengganggu yang kehadirannya tidak diinginkan dan banyak tumbuh di sekitar rumah. Tidak seperti jenis tanaman lain yang membutuhkan perawatan khusus agar dapat tumbuh, Gulma dapat tumbuh di mana saja dengan lebat dan bergerombol meski tidak dirawat sekalipun.

Namun, tak banyak yang mengetahui jika beberapa tumbuhan gulma ini memiliki manfaat untuk kesehatan. Beberapa daerah di Indonesia masih menggunakan pengobatan tradisional yang berasal dari tumbuhan untuk mengobati berbagai penyakit.

Berikut ini beberapa tumbuhan gulma yang sering dijumpai yang memiliki banyak khasiat dan manfaat bagi kesehatan seperti Liputan6.com rangkum dari berbagai sumber, Senin (5/8/2019).

1. Pegagan

Batu pegagan. (Foto: http://www.motherearthliving.com/)

Daun pegagan atau dalam bahasa ilmiah disebut dengan Centella asiatica merupakan tumbuhan gulma yang umumnya tumbuh di sekitar area perkebunan, persawahan, ladang, hingga pinggiran jalan.

Centella asiatica mengandung sejumlah zat bioaktif yang bersifat sebagai antioksidan, antivirus, antibakteri, dan antiulcer. Kandungan yang dimiliki oleh daun pegagan menghasilkan berbagai manfaat untuk kesehatan tubuh seperti dapat meningkatkan daya ingat, meningkatkan stamina tubuh, meningkatkan sirkulasi darah, dan untuk menurunkan gejala stres dan depresi.

2. Krokot

Pada umumnya tanaman ini tumbuh liar dan tak banyak yang memperhatikan krokot ini.

Krokot juga merupakan salah satu jenis gulma yang cukup banyak dan mengganggu. Namun, ternyata di balik segala kerugiannya, tumbuhan krokot mengandung omega 3, asam alfa-linilenat dan asam lemak.

Kandungan asam lemak pada krokot lebih tinggi daripada ikan. Daun krokot memiliki kandungan vitamin A tertinggi jika dibandingan dengan sayuran lainnya. Tanaman krokot juga mengandung vitamin C dan Vitamin B kompleks (karotenoid, prydoxine, ribolavin dan niacin).

Berbagai kandungan yang dihasilkan krokot memiliki berbagai manfaat untuk kesehatan seperti menyehatkan mata, anti radang, antioksidan, mengurangi resiko stoke, penawar bisa lipan, mengobati wasir dan sakit kuning.

3. Rumput Mutiara

Rumput Mutiara (Sumber: Wikipedia.id)

Rumput mutiara adalah tumbuhan gulma yang termasuk ke dalam Famili Rubiaceae dan dikenal dengan nama daerah rumput siku-siku, daun mutiara, lidah ular, atau katepan. Rumput ini tumbuh subur di tanah yang lembab, di kebun kososng yang basah, halaman rumah, pinggir jalan dan selokan.

Rumput mutiara mengandung dua senyawa aktif, yaitu asam ursolat dan asam uleanolat yang terbukti dapat mencegah perkembangan pembelahan sel kanker ke tahap yang lebih ganas. Seluruh bagian tumbuhan dapat dimanfaatkan dengan cara dikeringkan terlebih dahulu.

Selain kanker, rumput mutiara memiliki banyak manfaat untuk kesehatan seperti untuk menyembuhkan tonsilitis, pharyngitis, bronkitis, pneumonia, gondongan, radang usus buntu, hepatitis, dan cholecytitis. Rumput mutiara juga digunakan untuk menyembuhkan penyakit luar seperti bisul, uci-uci, dan luka infeksi.

4. Cakar Ayam

Cakar Ayam (Sumber: Wikipedia.id)

Tumbuhan cakar ayam (Selaginella doederlinni hieron) merupakan tumbuhan gulma yang tumbuh pada tempat-tempat yang teduh dan berhawa sejuk. Tumbuhan ini banyak terdapat di tepi-tepi jurang yang berlumut dan lembab, daunnya memiliki bentuk menyerupai cakar ayam sehingga dinamai tumbuhan cakar ayam.

Tumbuhan cakar ayam memiliki banyak khasiat untuk kesehatan. Manfaat tumbuhan cakar ayam untuk mengobati kanker paru, mengobati bronkitis, mengatasi radang paru, tonsilis, mengobati batuk, mengatasi korengan, obat perut busung, obat infeksi saluran kencing dan obat rheumatik.

5. Rumput Teki

Rumput Teki (Sumber : Pixabay.com)

Rumput teki (Cyperus rotundus L) adalah tumbuhan liar yang sering dianggap gulma. Rumput teki banyak tumbuh pada lahan pertanian, halaman rumah, tepi jalan dan pada tempat-tempat terbuka.

Rumput ini memiliki daun memanjang dan berbungan serta memiliki umbi pada akarnya. Rumput teki adalah gulma yang sulit dikendalikan dan sering tumbuh pada area lahan tanaman budidaya.

Bagian dari rumput teki yang dimanfaatkan sebagai obat adalah umbinya. Manfaat dan khasiat umbi rumput teki adalah untuk mengobati kencing batu, memperbaiki siklus menstruasi, menyembuhkan berbagai penyakit kulit, mempercepat proses pembekuan darah, memperlancar buang air besar, merangsang produksi ASI, menurunkan demam, sebagai anti nyamuk dan mengobati keputihan.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Pemadaman Listrik Bergilir Masih akan Berlangsung hingga Sore

Posted: 04 Aug 2019 09:00 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - PT PLN (Persero) mengakui masih ada wilayah yang mengalami pemadaman listrik. Bahkan pemadaman bergilir masih diberlakukan sampai kondisi pasokan listrik normal.

Pelaksana Tugas (Plt) Direktur Utama PLN Sripeni Inten Cahyani mengatakan, pemadaman bergilir masih terjadi sampai sore. Hal ini lanjutan dari pemadaman yang terjadi pada Minggu (5/8/2019).

 

"Sampai dengan siang-sore mohon maaf MLS (Manual Load Shedding), atau bergilir masih terjadi," kata Inten, di Kantor Pusat PLN, Jakarta, Senin (5/8/2019).

Namun Inten belum bisa memastikan periode waktu pemadaman listrik bergilir yang akan diterapkan pada hari ini. Selain itu dia juga belum bisa menyebutkan wilayah yang akan mengalami pemadaman bergilir.

"Kami nanti informasikan saya enggak bawa data, mudah-mudahan ada daftarnya nanti akan diberikan rekan rekan distribusi," tuturnya.

Inten pun berharap, pembangkit listrik skala besar segera beroperasi mengalirkan listrik, sehingga pemadaman listrik bergilir berakhir dan masyarakat bisa menikmati listrik dengan normal.

"Mudah-mudahan dengan segera masuknya pembangkit besar mudah-mudahan nanti yang jumlah bergilir semakin sedikit," tandasnya

 

PLN: Pembangkit Belum Optimal, Masih Ada Wilayah Padam

Suasana Stasiun MTR Bendungan Hilir saat terjadi pamadaman listrik di wilayah Jabodetabek, Jakarta, Minggu (4/8/2019). Hingga kini PLN masih terus berupaya untuk memperbaiki gangguan yang menyebabkan pemadaman listrik. (Liputan6.com/JohanTallo)

PT PLN (Persero) menyatakan tidak ada pemberlakuan pemadaman listrik bergilir setiap tiga jam sekali. Beredar info di media sosial bahwa masih akan ada pemadaman listrik bergilir.

Vice President Public Relation PLN Dwi Suryo Abdullah mengatakan, kabar pemadaman bergilir adalah tidak benar. PLN tidak sedang memberlakukannya. "Enggak benar itu, hoaks," kata Dwi, di Kantor Pusat PLN Jakarta, Senin (5/8/2019).

Terkait masih ada wilayah yang mengalami pemadaman, Dwi menyebutkan penyebabnya adalah pasokan listrik dari Pembangkit yang belum optimal. "Karena memang ada kita menunggu masuknya (pasokan listrik)," tuturnya.

Saat ini pasokan listrik yang masuk ke dalam sistem Jawa-Bali hanya baru dari Pembangkit Suralaya, sehingga masih menunggu tambahan Pasokan dari Pembangkit lainnya.

"Soalnya kan baru satu yang masuk. PLTU baru satu dari Suralaya. Masih nunggu beberapa pembangkit karena memang ada kita menunggu masuknya," tandasnya.

Untuk diketahui, telah beredar informasi di media sosial yang mengatasnamakan pegawai PLN bahwa perusahaan listrik tersebut akan mematikan bergilir setiap tiga jam sekali. 

Dalam info tersebut, masyarakat diminta untuk segera mengisi air dan mengisi daya baterai handphone dan lampu cadangan.  

Pengusaha Rugi Triliunan Rupiah Akibat Mati Lampu

Penumpang MRT Jakarta berhasil dievakuasi setelah terjebak di bawah tanah pasca listrik padam (Foto: Twitter/MRTJakarta)

Padamnya listrik atau mati lampu hampir 8 jam pada Minggu (4/8/2019) kemarin mengakibatkan lumpuhnya berbagai aktivitas bisnis dan pelayanan publik di Jakarta. Hal ini dinilai sesuatu yang harus serius disikapi dan diantisipasi oleh pemerintah melalui PLN.

Wakil Ketua Umum Kadin DKI Jakarta Sarman Simanjorang mengatakan, ketergantungan dunia usaha dan pelayanan publik terhadap listrik sangatlah besar.

"Oleh sebab itu, pelayanan PLN harus dievakuasi secara serius dan mendesak karena PLN adalan milik Pemerintah," ujar dia di Jakarta, Senin (5/8/2019). 

Menurut Sarman, kerugian yang dialami oleh pengusaha sangat besar akibat padamnya listrik. Selain itu, masalah ini juga berdampak pada banyaknya pesanan barang dan jasa yang tidak terlayani.

Industri Kecil Menengah (IKM) sangat terpukul dengan mati lampu yang cukup lama ini seperti industri kuliner, konveksi, restoran, cafe, catering, transportasi online, SPBU, bengkel, mebel, dan usaha lainnya.

Sedangkah pelayanan publik di Jakarta hampir lumpuh seperti MRT, Commuter Line, ATM, pelayanan pintu tol, jaringan komunikasi, pelayanan kesehatan dan lalu lintas dan lain lain akibat mati lampu.

"Kita agak sulit menghitung angka kerugian akan tetapi jika dihat dari banyaknya sektor usaha dan pelayanan publik yang terimbas maka bisa mencapai triliunan rupiah. Kejadian ini juga akan berdampak pada ketidakpercayaan investor untuk menanamkan modalnya di Indonesia jika kondisi pelayanan energi listrik seperti ini," jelas dia. 

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

4 Hal yang Wajib Diperhatikan Sebelum Membeli Honda ADV150

Posted: 04 Aug 2019 09:00 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Kehadiran Honda ADV150 semakin meramaikan segmen skutik. Motor ini menjadi pilihan bagi yang ingin naik kelas dari skutik entry level. Namun, sebelum membeli Honda ADV150, ada 4 hal yang harus dipertimbangkan.

1. Pahami Ukuran Motor

Biasanya, panjang skutik kelas pemula itu tak lebih dari 1.900 mm. Begitu pula dengan tinggi dan lebarnya. Sementara, maxi scooter seperti Honda ADV150 secara keseluruhan lebih besar. Untuk urusan ini, Anda mesti beradaptasi. Biar tidak salah antisipasi saat menemui berbagai kondisi jalan.

Apalagi Honda ADV150 punya tongkrongan cukup tinggi. Lebih jangkung dari Yamaha NMax atau Honda PCX. Alias sama dengan Yamaha XMax (tinggi jok sama-sama 795 mm). 

Ketika kami mencobanya, untuk postur 173 cm dan berat 65 kg, pijakan kaki ke aspal masih jinjit. Buat mengatasinya, tinggal ubah sedikit posisi duduk saja. Misalnya, agak ke depan. Jadi, ada baiknya juga Anda membiasakan diri dengan test ride ADV150 di dealer.

Bobot, jelas berbeda dari skutik yang lebih ringkas. Honda ADV150 punya berat total 132-133 kg. Pastikan Anda mampu menjinakkannya sebelum meminangnya. 

 

2. Pilih ABS atau Non-ABS

Honda ADV 150 mampu bergerak lincah melewati barisan cone. (ist)

Pilihan varian ini lagi-lagi terkait soal kebiasaan. Jika terbiasa dengan rem konvensional atau non-ABS, sebaiknya Anda pilih ADV150 tipe CBS-ISS. Lagi pula, teknologi rem combi brake system pada motor-motor Honda berfungsi memberi pengereman di kedua roda. Walaupun hanya menekan tuas rem sebelah kiri saja.

Sementara rem ABS, memang aman karena mencegah roda terkunci ketika melakukan pengereman mendadak. Berarti, titik berhentinya lebih pendek dari rem non-ABS. Sebagai penggambaran, misal: rem non-ABS berhenti di 10 meter. Nah, rem ABS bisa 8 meter dari objek di depan.

Jika perlakuan Anda sama dengan rem biasa, maka risiko tumbukan lebih tinggi. Belum lagi adanya gaya sentrifugal (membuang), kalau kecepatan motor terlalu tinggi. Alhasil, stabilitas jadi berkurang. Baiknya pahami dulu kinerjanya sebelum memutuskan untuk meminang Honda ADV150 ABS ya.

 

3. Mesin 150 cc

Wakil Presiden RI Jusuf Kalla menjajal kebolehan Honda ADV 150 usai membuka pameran Gaikindo Indonesia Internasional Auto Show (GIIAS) 2019 di ICE BSD, Tangerang, Kamis (18/7/2019). Tahun ini pameran otomotif terbesar di Indonesia tersebut mengusung tema Future in Motion. (Liputan6.com/Fery Pradolo)

Kalau sehari-hari Anda menunggangi motor bermesin 110 cc, pastikan Anda coba dulu performa ADV150. Soalnya, PT Astra Honda Motor memang menyajikan secara spesial model ini dengan mesin 149,3 cc. Unit ini siap melontarkan tenaga hingga 14,3 Tk. Torsinya bahkan mencapai 13,8 Nm. Jumlah itu tentu membutuhkan sedikit adaptasi agar Anda tak sembarangan membetot gasnya. 

4. Cicilan lebih Mahal

Dari segi harga, skutik gambot sudah beda dengan skutik entry level. Begitu juga dengan down payment (DP) yang sudah pasti lebih besar. Uang muka Honda ADV150 dimulai dari Rp 2,8-5,6 juta. Sementara di skutik entry level, pilihan uang mukanya tidak sampai Rp 1 juta. Dampaknya juga terlihat dari cicilan per bulan. Sebagai contoh angsuran ADV150 dimulai dari Rp 1,3 jutaan. Itupun untuk tenor 35 bulan. Dengan jangka waktu pembayaran serupa, skutik kelas 110cc hanya 600 ribuan.

Informasi, contoh simulasi ini kami ambil dari website resmi Honda Cengkareng. Model pembanding yang digunakan, Honda ADV150 CBS-ISS dan Honda BeAT eSP CBS. Jadi, pastikan Anda sudah siap secara materi sebelum memutuskan mengambil Honda ADV150.

Sumber: Oto.com

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Legenda MU Prediksi Manchester City Juara Liga Inggris Lagi

Posted: 04 Aug 2019 09:00 PM PDT

Liputan6.com, Manchester - Rio Ferdinand memprediksi Manchester City akan mempertahankan gelar Liga Inggris musim ini. Legenda MU itu menilai kedalaman skuat The Citizens tidak dimiliki pesaing lainnya.

Manchester City meraih gelar perdananya musim ini, Minggu (4/8/2019). Mereka meraih Community Shield usai mengalahkan Liverpool melalui adu penalti.

Musim lalu Manchester City menjadi juara Liga Inggris pada pekan terakhir. Namun hal sama diprediksi Ferdinand takkan terjadi lagi musim ini.

"Manchester City menang lawan Liverpool yang menurunkan skuat terbaiknya. Padahal City tampil tanpa Fernandinho, Sergio Aguero, dan Aymerick Laporte, pemain terpenting musim lalu," kata Ferdinand seperti dilansir Metro.

"Kemenangan ini menunjukkan kedalaman skuat Manchester City. Saya pikir mereka sangat menakutkan bagi semua pesaing," ujar Ferdinand menambahkan.

 

 

Bantahan Guardiola

Manajer Manchester City, Pep Guardiola, mengaku puas dengan pertandingan kontra Liverpool pada laga Community Shield 2019, di Stadion Wembley, Minggu (4/8/2019). (AFP/Ian Kington)

Meski demikian prediksi Ferdinand tak sepenuhnya disetujui manajer Manchester City, Pep Guardiola. Ia justru menilai persaingan menjadi juara bakal semakin berat.

"MU akan kembali menjadi penantang serius. Demikian juga Arsenal, Tottenham, dan Chelsea," kata Guardiola.

"Jujur saya tidak tahu apa yang terjadi musim ini. Ada lima sampai enam tim kandidat juara," kata Guardiola.

Hasil

Community Shield

Manchester City 1-1 Liverpool (5-4 pen)

Saksikan video pilihan di bawah ini

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Di-bully Soal Video Pamit, Ria Ricis Ancam Laporkan Haters ke Polisi

Posted: 04 Aug 2019 09:00 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Karena sejumlah alasan, beberapa waktu lalu Ria Ricis membuat video pamit dari dunia YouTube. Namun dua hari kemudian, ia kembali lagi dan kini masih aktif membuat berbagai konten.

Video pamit itu lantas menuai banyak respons negatif dari sejumlah warganet. Di tengah maraknya pemberitaan ini, Ria Ricis menyambangi kantor polisi setempat.

Hal ini ia ungkap melalui akun Instagram pribadinya. Dalam keterangannya ia seolah memberi peringatan kepada para warganet.

"Salam cinta untuk netijen, mimpi indah," tulisnya, Sabtu (3/8/2019). Dalam foto itu Ria Ricis berdiri sembari memperlihatkan simbol finger heart.

Dalam waktu singkat warganet pun memenuhi kolom komentar Ria Ricis. Ada yang menulis kalimat positif, namun tak sedikit pula yang berujar negatif.

Ancam Polisikan Haters

(Instagram: @tantee_rempoong_officiall)

"Ibarat menelan kembali muntahan ludah sendiri ya.. katanya video yutube trakhir eh ada lagi tiba tiba wkwkw. Trus dihujat akibat DRAMAnya malah lapor, makanya jangan drama.. Gak ada asap kalo gak ada api sih," kata @dariusandana.

Komentar itu pun dibalas oleh Ria Ricis dengan nada peringatan. "Masih di Polres nih, mau sekalian?" ucap wanita berhijab itu.

Sayangnya unggahan tersebut telah dihapus, namun berhasil diunggah ulang oleh sejumlah akun gosip di Instagram. Hingga kini belum diketahui juga laporan apa yang ia layangkan ke Polres setempat.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Kembangkan Solusi Diabetes, Celestine Wenardy Raih Penghargaan Internasional

Posted: 04 Aug 2019 09:00 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Generasi muda Indonesia kembali menorehkan prestasi dalam kancah internasional melalui inovasi di bidang kesehatan. Dia adalah Celestine Wenardy, pelajar 16 tahun yang menjadi satu dari lima penerima penghargaan di ajang Google Science Fair 2019.

Celestine meraih Virgin Galactic Pioneer Award melalui proyek alat glukometer non-invasif yang dikembangkannya. Alat yang digagas oleh Celestine itu bisa mengukur konsentrasi kadar gula dalam darah tanpa harus melakukan pengambilan sampel darah, tepatnya melalui metode interferometri dan teknologi termal.

Alat tersebut menjadi penting karena faktanya tak sedikit masyarakat Indonesia, khususnya yang tinggal di pedalaman, yang segan dengan jarum suntik.

Keakuratan glukometer mencapai koefisien determinasi 0,843. Harganya pun lebih terjangkau dibandingkan glukometer invasif yang tersedia di pasaran (1.000 USD = Rp1.400.000), yakni 63 dollar atau setara dengan Rp882.000.

Bila berhasil dikembangkan dengan baik, alat glukometer ini diharapkan bisa menurunkan angka kasus diabetes serta memangkas kerugian akibat penyakit tersebut. Alat ini juga diharapkan bisa menjadi alternatif bagi masyarakat untuk mencegah dan mengobati penyakit yang bisa dideteksi melalui darah.

 

Tergerak Temukan Alat Pengukur Gula Darah

Keakuratan glukometer mencapai koefisien determinasi 0,843. Harganya pun lebih terjangkau dibandingkan glukometer invasif yang tersedia di pasaran.

Inisiatif Celestine mengembangkan alat pengukur gula darah non invasif iitu bermula dari keprihatinannya terhadap masalah kesehatan di Indonesia. Menurutnya, biaya kesehatan di Indonesia, khususnya bagi penyakit diabetes belum cukup terjangkau untuk semua kalangan. Terlebih tak semua klinik di Indonesia menyediakan fasilitas dasar yang diperlukan masyarakat. Itu sebabnya Celestine berniat meningkatkan kehidupan diabetesi dengan menghadirkan alat pengukur gula darah yang lebih murah, mengutip siaran pers yang diterima oleh Health-Liputan6.com.

Melalui glukometer yang dikembangkannya, Celestne tak hanya meraih penghargaan, tapi juga berhak atas beasiswa pendidikan sebesar 15.000 USD, berkunjung ke kantor pusat Virgin Galactic, serta berkesempatan bertemu mentor teknik dari Virgin Galactic selama satu tahun.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Pulang Kampung, Simon Mignolet Resmi Hengkang dari Liverpool

Posted: 04 Aug 2019 08:55 PM PDT

Jakarta Kebersamaan Simon Mignolet selama enam tahun dengan Liverpool segera mendekati akhir. Sang kiper disebut bakal pulang kampung ke Belgia, gabung Club Brugge.

Pernyataan Club Brugge menyebut Simon Mignolet sudah menyepakati kontrak berdurasi lima tahun, namun masih menunggu jadwal tes medis.

Ada kabar, Liverpool dan Club Brugge sepakat di harga transfer mencapai 6,4 juta paun (Rp110,5 miliar), dan dengan add-ons, bisa meningkat hingga 8,2 juta paun (Rp141,6 miliar).

Mignolet belakangan ini sudah kehilangan tempat di Anfield. Ia gagal menggeser Loris Karius sebagai kiper utama, dan ketika Karius membuat beberapa blunder hingga akhirnya dipinjamkan ke Besiktas sekalipun, ia masih tetap gagal menduduki kiper utama mengingat setelah itu, muncul Allison Becker.

Mignolet tercatat hanya tampil dalam dua pertandingan Liverpool selama musim lalu, pada ajang Piala Liga. Ia jadi cadangan saat Liverpool takluk dari Manchester City dalam duel Community Shield, Minggu malam (4/8/2019).

 

Sampaikan Keinginan

Pada sesi latihan pramusim, Mignolet disebut sudah menyampaikan keinginannya pada manajer Jurgen Klopp, untuk bermain di tim utama.

Klopp pada awalnya ingin ia bertahan dan menolak keinginan Mignolet untuk pindah, namun pada akhirnya ia merestui niat sang kiper untuk hijrah.

Mignolet langsung terbang ke Belgia setelah pertandingan kontra Manchester City di Wembley Stadium, untuk menuntaskan kepindahannya. Di sisi lain, Liverpool bakal mencari kiper berpengalaman anyar sebagai pengganti Mignolet sebelum bursa transfer ditutup pada Kamis (8/8/2019).

Sumber: The Guardian

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

FOTO: Didera Teror Penembakan Massal, Gedung Putih Kibarkan Bendera Setengah Tiang

Posted: 04 Aug 2019 08:52 PM PDT

Pemandangan bendera nasional AS yang berkibar setengah tiang di Gedung Putih, Washington DC, Minggu (4/8/2019). Presiden Donald Trump memerintahkan bendera dikibarkan setengah tiang selama lima hari sebagai simbol dukacita atas dua penembakan massal di El Paso, Texas, dan Ohio. (Eric BARADAT/AFP)

Pemandangan bendera nasional AS yang berkibar setengah tiang di Gedung Putih, Washington DC, Minggu (4/8/2019). Presiden Donald Trump memerintahkan bendera dikibarkan setengah tiang selama lima hari sebagai simbol dukacita atas dua penembakan massal di El Paso, Texas, dan Ohio. (Eric BARADAT/AFP)

Bendera Amerika Serikat berkibar setengah tiang di Gedung Putih, Washington DC, Minggu (4/8/2019). Presiden Donald Trump memerintahkan pengibaran bendera setengah tiang di semua gedung pemerintah guna mengenang korban tewas dalam dua penembakan massal di El Paso, Texas, dan Ohio. (Alastair Pike/AFP)

Bendera Amerika Serikat berkibar setengah tiang di Gedung Putih, Washington DC, Minggu (4/8/2019). Presiden Donald Trump memerintahkan pengibaran bendera setengah tiang di semua gedung pemerintah guna mengenang korban tewas dalam dua penembakan massal di El Paso, Texas, dan Ohio. (Alastair Pike/AFP)

Pemandangan bendera nasional AS yang berkibar setengah tiang di Gedung Putih, Washington DC, Minggu (4/8/2019). Presiden Donald Trump memerintahkan bendera dikibarkan setengah tiang selama lima hari sebagai simbol dukacita atas dua penembakan massal di El Paso, Texas, dan Ohio. (Alastair Pike/AFP)

Pemandangan bendera nasional AS yang berkibar setengah tiang di Gedung Putih, Washington DC, Minggu (4/8/2019). Presiden Donald Trump memerintahkan bendera dikibarkan setengah tiang selama lima hari sebagai simbol dukacita atas dua penembakan massal di El Paso, Texas, dan Ohio. (Alastair Pike/AFP)

Bendera Amerika Serikat berkibar setengah tiang di Gedung Putih, Washington DC, Minggu (4/8/2019). Presiden Donald Trump memerintahkan pengibaran bendera setengah tiang di semua gedung pemerintah untuk mengenang korban tewas dalam dua penembakan massal di El Paso, Texas, dan Ohio. (AP/Andrew Harnik)

Bendera Amerika Serikat berkibar setengah tiang di Gedung Putih, Washington DC, Minggu (4/8/2019). Presiden Donald Trump memerintahkan pengibaran bendera setengah tiang di semua gedung pemerintah untuk mengenang korban tewas dalam dua penembakan massal di El Paso, Texas, dan Ohio. (AP/Andrew Harnik)

Pemandangan bendera nasional AS yang berkibar setengah tiang di Gedung Putih, Washington DC, Minggu (4/8/2019). Presiden Donald Trump memerintahkan bendera dikibarkan setengah tiang selama lima hari sebagai simbol dukacita atas dua penembakan massal di El Paso, Texas, dan Ohio. (AP/Andrew Harnik)

Pemandangan bendera nasional AS yang berkibar setengah tiang di Gedung Putih, Washington DC, Minggu (4/8/2019). Presiden Donald Trump memerintahkan bendera dikibarkan setengah tiang selama lima hari sebagai simbol dukacita atas dua penembakan massal di El Paso, Texas, dan Ohio. (AP/Andrew Harnik)

Bendera Amerika Serikat berkibar setengah tiang di Gedung Putih, Washington DC, Minggu (4/8/2019). Presiden Donald Trump memerintahkan pengibaran bendera setengah tiang di semua gedung pemerintah untuk mengenang korban tewas dalam dua penembakan massal di El Paso, Texas, dan Ohio. (AP/Andrew Harnik)

Bendera Amerika Serikat berkibar setengah tiang di Gedung Putih, Washington DC, Minggu (4/8/2019). Presiden Donald Trump memerintahkan pengibaran bendera setengah tiang di semua gedung pemerintah untuk mengenang korban tewas dalam dua penembakan massal di El Paso, Texas, dan Ohio. (AP/Andrew Harnik)

Pemandangan bendera nasional AS yang berkibar setengah tiang di Gedung Putih, Washington DC, Minggu (4/8/2019). Presiden Donald Trump memerintahkan bendera dikibarkan setengah tiang selama lima hari sebagai simbol dukacita atas dua penembakan massal di El Paso, Texas, dan Ohio. (AP/Andrew Harnik)

Pemandangan bendera nasional AS yang berkibar setengah tiang di Gedung Putih, Washington DC, Minggu (4/8/2019). Presiden Donald Trump memerintahkan bendera dikibarkan setengah tiang selama lima hari sebagai simbol dukacita atas dua penembakan massal di El Paso, Texas, dan Ohio. (AP/Andrew Harnik)

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

YLKI: Mati Lampu Rugikan Konsumen dan Investasi

Posted: 04 Aug 2019 08:50 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Mati lampu yang berlangsung selama berjam-jam tidak hanya merugikan konsumen. Listrik yang padam dan menjadi sorotan dunia tersebut juga mengganggu iklim investasi Indonesia.

Ketua Pengurus Harian Yayasan Lembaga Konsumen Indonesia (YLKI), Tulus Abadi menyebutkan mati lampu, apalagi di Jabodetabek, bukan hanya merugikan konsumen residensial saja tetapi juga sektor pelaku usaha.

"Dan hal ini bisa menjadi sinyal buruk bagi daya tarik investasi di Jakarta dan bahkan Indonesia," kata dia, di Jakarta, Senin (5/8).

Tulus menjelaskan, investor akan beranggapan buruk mengenai kondisi di Indonesia. Sebab di Ibu Kota yang merupakan daerah vital saja dapat terjadi black out selama berjam-jam apalagi di daerah lainnya.

"Kalau di Jakarta saja seperti ini, bagaimana di luar Jakarta, dan atau di luar Pulau Jawa?," ujarnya.

Dia mengaku sangat menyesalkan terjadinya mati lampu secara total di wilayah Jabodetabek, bahkan area Jabar lainnya.

"Hal ini bisa menjadi tengara bahwa infrastruktur pembangkit PT PLN belum handal. Oleh karena itu, program pemerintah seharusnya bukan hanya menambah kapasitas pembangkit PLN, tetapi juga harus meningkatkan keandalan pembangkit PT PLN, dan infrastruktur pendukung lainnya, seperti transmisi, gardu induk, gardu distribusi, dan lain-lain," tutupnya.

Kronologi Mati Lampu Jakarta hingga Proses Pemulihan oleh PLN

Penghuni melintasi lorong saat berlangsungnya pemadaman listrik di salah satu unit Apartemen Mediterania Palace, Jakarta, Rabu (31/7/2019). Sejumlah unit dan ruko mengalami mati listrik total meskipun penghuni sudah membayar biaya apartemen kepada pihak pengelola. (merdeka.com/Iqbal S. Nugroho)

Sekitar pukul 12.00 WIB, listrik di daerah Jakarta dan sekitarnya mati total atau blackout. Ternyata, mati lampu tersebut tidak hanya di daerah Jakarta. Banten, Jawa Barat dan sebagian Jawa Tengah mengalami pemadaman listrik.

Kegiatan yang bergantung pada listrik menjadi lumpuh, termasuk layanan publik, transportasi, perbelanjaan hingga perbankan.

Pelaksana tugas (Plt) Direktur Utama PT PLN (persero), Sripeni Inten Cahyani mengungkapkan, PLN langsung melakukan recovery atau pemulihan gangguan. Adapun kronologi gangguan tersebut bermula sejak pukul 11.45 WIB.

"11.45 detik 27, pada saluran udara Ungaran terjadi gangguan pada sirkuit 1, kemudian disusul gangguan sirkuit kedua. Akibatnya di menit 48 detik ke 11, menyebabkan jaringan SUTP Depok Tasik mengalami gangguan," kata dia di Depok, Minggu (4/8/2019).

Dia menegaskan, hal tersebut merupakan awal dari terjadinya pemadaman di sistem Jawa barat, Banten dan DKI Jakarta. "Pada saat 11.45 detik ke 27 saat itu Jawa tengah normal, hanya Brebes saja, tapi Brebes sebenarnya masuk dalam sistem Jawa Barat," ujarnya.

Kemudian, pada pukul 11.48 WIB, Jabar, Banten dan DKI mengalami mati lampu. "Kami manajemen PLN memimpin langsung dan mengawal langsung proses recovery. Dari sini kita bisa memantau bagaimana pasokan listrik dari timur ke barat untuk mendukung pasokan," ujarnya.

Berjalan 4 Jam

Suasana Stasiun MTR Bendungan Hilir saat terjadi pamadaman listrik di wilayah Jabodetabek, Jakarta, Minggu (4/8/2019). Hingga kini PLN masih terus berupaya untuk memperbaiki gangguan yang menyebabkan pemadaman listrik. (Liputan6.com/JohanTallo)

Selama 4 jam gangguan terjadi, listrik di beberapa wilayah sudah dapat dipulihkan dan berfungsi kembali.

PLN berhasil mengoperasikan PLTA Saguling dan PLTA Cirata yang berfungsi sebagai penstabil daya dan tegangan sekaligus untuk mengirimkan pasokan listrik dari Timur ke Barat menuju PLTU Suralaya melalui GITET (Gardu Induk Tegangan Extra Tinggi) Cibinong, Depok, Gandul, Lengkong, Balaraja dan Suralaya agar dapat beroperasi secara bertahap mencapai kapasitas 2800 MW.

"Pukul 16.27 Alhamdulillah listrik dari Jatim masuk ke Saguling dan cireta. PLTA Cireta dan Saguling berfungsi sebagai menstabilkan aliran. Kita tunggu masuk ke Cibinong dan Depok, Alhamdulillah 16.27 pasokan masuk ke Gardu Gandul," ungkapnya.

Dari GITET (Gardu Induk Tegangan Extra Tinggi) Gandul akan disalurkan ke PLTGU Muara Karang untuk memasok aliran listrik ke DKI Jakarta, diperkirakan bertahap hingga 3 jam untuk pulih secara keseluruhan.

"Fokus kami mengirim pasokan ke PLTGU Muara Karang dan PLTGU Priok agar sistem DKI - Jakarta segera pulih. Proses di Muara Karang ini PLTGU cepat sekali bisa masuk ke sistem, artinya bisa cepat, tapi perlu waktu untuk perjalanan, Mudah-mudahan sistem DKI Jakarta kalau baik dan lancar, kira kira 3 jam akan bisa pulih DKI Jakarta Dan Banten Jawa barat akan dipasok dari Suralaya, kemudian akan membebani Interbus Transformator (IBT) kemudian ke pelanggan," ujarnya.

Normalisasi Lebih Lama

Bus Transjakarta berhenti untuk mengangkut penumpang saat listrik padam di Halte Tosari, Jakarta, Minggu (4/8/2019). Pemadaman listrik serentak yang terjadi sejak Minggu siang mengubah suasana malam di ibu kota menjadi gelap gulita. (merdeka.com/Iqbal S. Nugroho)

Kendati demikian dia menyebutkan normalisasi layanan pada pelanggan akan memakan waktu lebih lama pasca recoovery tersebut. "Nah penormalan pelanggan memang masih lama, bisa 4-5 jam lagi. Mudah mudahan tidak lewat sampai pukul 00.00 ya. Kami berupaya seoptimal mungkin," ujarnya.

Dia mengungkapkan proses recovery juga terkendala jaringan komunikasi yang ikut terdampak oleh adanya pemadaman listrik tersebut.

"Ini jadi proses improvement, banyak hal yang harus kita improve, mana yang masih lemah dan sebagainya, kami serius menangani perbaikannya. Kami mohon dukungan rekan rekan semua, dan keikhlasan dari para pelanggan. Hari ini kita juga sulit berkomunikasi. Jadi kami mohon maaf," tutupnya.

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Kang Daniel dan Jihyo TWICE Dikabarkan Kencan, Dispatch Rilis Foto Keduanya

Posted: 04 Aug 2019 08:50 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Berita mengejutkan datang dari para artis Korea Selatan. Senin 5 Agustus 2019, Dispatch, salah satu media besar di Korea merilis bahwa solois Kang Daniel dan Jihyo TWICE menjalin hubungan spesial. 

Kang Daniel dikenal publik setelah mengikuti acara survival Produce 101 musim kedua di tahun 2017 lalu. Berhasil masuk dalam line-up debut bersama Wanna One, nama Kang Daniel terus dikenal masyarakat luas. Setelah kontrak habis dengan Wanna One, kini Daniel disibukkan dengan debut solonya di bawah agensi yang ia buat sendiri. 

Sedangkan Jihyo lebih dulu terkenal bersama grupnya TWICE di bawah naungan agensi JYP Entertainment. Menempati sebagai leader dan main vocal, Jihyo salah satu anggota yang banyak memiliki penggemar.

Nah, berikut kabar Kang Daniel dan Jihyo TWICE berkencan ternyata diketahui lewat foto rilisan Dispatch seperti Liputan6.com kutip dari Allkpop, Senin (5/8/2019).

 

Berita Kencan Dirilis oleh Dispatch

Kang Daniel dan Jihyo TWICE dikabarkan berpacaran.(Sumber: Allkpop)

Media Dispatch pada Senin 5 Agustus 2019 merilis berita kedekatan Kang Daniel dan Jihyo yang memiliki hubungan satu sama lain. Dispatch menambahkan bahwa kedua idol ini telah menjalin hubungan sejak awal tahun 2019 ini, dikutip dari Allkpop. 

Selain membeberkan berita, Dispatch juga mengungkapkan lokasi yang menjadi pertemuan Daniel dan Jihyo. Kang Daniel dan Jihyo pernah terlihat berkencan di kawasan Hannam di Seoul pada 1 Agustus 2019 lalu.

Keduanya dilaporkan bertemu di rumah Kang Daniel dan Jihyo mengemudi di sana dengan mobilnya sendiri, dikutip dari Soompi. Pertemuan kedua mereka dilaporkan tahun lalu melalui tim senior dari industri yang mereka berdua kenal.

Tahun ini Kang Daniel dan Jihyo disibukkan dnegan kegiatan artis mereka masing-masing. Meski begitu, menurut laporan Dispatch keduanya bertemu setidaknya sekali dalam seminggu. Mereka akan selalu bertemu sebelum meninggalkan negara dan sehari setelah kedatangan mereka kembali ke Korea.

 

Kang Daniel dan Jihyo TWICE dikabarkan berpacaran.(Sumber: Allkpop)

Belum Ada Tanggapan Agensi

Kang Daniel dan Jihyo TWICE dikabarkan berpacaran.(Sumber: Allkpop)

Setelah beberapa waktu berita dirilis oleh Dispatch, media langsung menyoroti kabar ini. Banyak penggemar yang turut mengamati dua idol yang memang tengah sibuk dan naik daun ini. kabar ini cukup mengejutkan lantaran Daniel tengah disibukkan dengan album debut solonya sedangkan Jihyo sibuk menggelar tour dunia bersama grupnya TWICE. 

Menanggapi berita ini, kedua agensi masih belum memberikan kepastian hubungan kedua idol ini. KONNECT Ent dan JYP Entertainment masih menyelidiki kebenaran dari dua selebriti tersebut. 

Pihak dari KONNECT Entertainment memberikan pernyataan,

"Kami sedang melihat artikel itu dan memeriksanya secara internal," dikutip dari Naver. 

Dipihak lain, JYP Entertainment masih belum merilis pernyataan resmi apapun. 

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Lampu Lalu Lintas di Jakarta Belum Seluruhnya Normal

Posted: 04 Aug 2019 08:46 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Jajaran Direktorat Lalu Lintas Polda Metro Jaya menerjunkan ratusan personel guna menjaga tiap-tiap persimpangan jalan. Sebab, lampu lalu lintas masih belum dapat berfungsi normal karena aliran listrik belum stabil.

"Tadi pagi pukul 6-7 pagi. Masih 19 titik yang belum normal," ujar Kasubdit Gakum Polda Metro Jaya AKBP Muhammad Nasir saat dikonfirmasi, Senin (5/8/2019).

Nasir menjelaskan, 19 titik itu tersebar di beberapa wilayah. Kendati demikian, hal ini bisa bertambah maupun berkurang.

"Ada tujuh di Jakarta Pusat, lima di Jakarta Barat, tiga di Jakarta Selatan, dua di Jakarta Utara dan Timur. Ini bisa bertambah dan berkurang ya," kata dia.

Menurut Nasir, hal ini disebabkan pasokan listrik yang belum stabil. Lebih lanjut ia mengimbau agar pengguna jalan lebih berhati-hati dalam berkendaraan.

"Listrik belum stabil, jadi pengguna jalan hati-hati jangan asal gas, lihat kanan kiri ya," pungkas Nasir.

Jokowi Tegur PLN

Presiden RI Joko Widodo (Jokowi) mengunjungi Kantor Pusat PLN Jakarta, Senin (5/8/2019).

Presiden Jokowi menegur para jajaran direksi PT PLN Persero terkait listrik mati di sebagian wilayah Jawa. Jokowi heran mengapa sistem antisipasi PLN tidak berjalan baik saat insiden itu terjadi pada Minggu 4 Agustus 2019.

Hal itu dikatakan Jokowi saat bertemu Dirut PLN Sripeni Inten Cahyani dan jajaran direksi lainnya di Kantor PLN Pusat Jakarta Selatan, Senin (5/8/2019).

"Dalam sebuah manajemen besar seperti PLN mestinya, ada tata kelola risiko yang dihadapi dengan manajemen besar tentu saja ada kontijensi plan, ada back up plan. Pertanyaan saya kenapa itu tidak bekerja dengan cepat dan dengan baik," kata Jokowi.

Mantan Gubernur DKI Jakarta pun meminta penjelasan dari Plt Dirut PLN terkait permasalahan listrik padam di sebagian wilayah Jawa.

"Saya tahu ini tidak hanya bisa merusak reputasi PLN namun banyak hal di luar PLN terutama konsumen sangat dirugikan. Pelayanan transportasi umum sangat berbahaya sekali, MRT misalnya," jelas Jokowi.

 

Reporter: Ronald Chaniago

Sumber: Merdeka

Saksikan video pilihan di bawah ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Barcelona Mau Neymar, PSG Ajukan Syarat Ini

Posted: 04 Aug 2019 08:45 PM PDT

Paris - PSG berencana memulangkan Neymar ke Barcelona. Namun mereka takkan cuma-cuma memberikan pemain Brasil tersebut.

PSG sudah siap berpisah dengan Neymar. Pemain asal Brasil itu disebut tidak menghormati PSG karena meminta untuk dijual pada bursa transfer musim panas 2019.

Neymar disebut sudah berbicara kepada petinggi klub. Ia mengancam tidak mau lagi bermain untuk PSG.

Manajemen PSG pun mengaku tak bergantung kepada satu pemain saja. Manajemen mempersilakan Neymar untuk hengkang jika ada klub yang bisa menebusnya dengan harga 180 juta euro.

Hingga saat ini, Barcelona menjadi klub yang paling berminat kepada Neymar. Skenario untuk membawa Neymar kembali ke Camp Nou muncul.

Namun, Barcelona tak memiliki kapasitas untuk memboyong Neymar. Hal itu dikarenakan mereka baru menebus Antoine Griezmann dari Atletico Madrid seharga 120 juta euro.

Kondisi itu membuat PSG siap meminjamkan Neymar dengan jaminan Barcelona akan menebusnya pada akhir musim 2019-20.

Lionel Messi Inginkan Neymar

Pemain Argentina, Lionel Messi (kiri) dipeluk rekan setimnya di Barcelona, Neymar sebelum laga  Kualifikasi Piala Dunia 2018 zona Amerika Selatan di Stadion Governador Magalhaes Pinto, Belo Horizonte, Kamis (10/11/2016). (AFP/Douglas Magno)

Keinginan Barcelona untuk mendatangkan Neymar kembali disebut karena faktor Lionel Messi. Megabintang Blaugrana itu meminta manajemen klub untuk menjadikan transfer Neymar sebagai prioritas.

Barcelona telah menawarkan tiga pemain kepada PSG untuk bisa mengamankan jasa Neymar. Namun, tawaran tersebut ditolak.

PSG hanya ingin uang tunai dari pembelian Neymar. Hal itu membuat PSG memberikan waktu kepada Barcelona untuk mendapatkan dana transfer sekaligus menghindari hukuman FFP.

Sumber: Bola.com

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Listrik Padam Mulai Pulih, Jaringan Indosat Ooredoo Kembali Nomal

Posted: 04 Aug 2019 08:44 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Setelah jaringannya terdampak gangguan yang disebabkan karena pemadaman aliran listrik PLN, Indosat Ooredoo mengumumkan jaringannya kembali normal.

Dalam keterangan resmi kepada media, Senin (5/8/2019), Indosat Ooredoo menyebut jaringannya telah normal dan dapat melayani seluruh pelanggan.

"Sebelumnya, jaringan Indosat Ooredoo mengalami kendala sehubungan gangguan pasokan listrik di beberapa daerah seperti Jabodetabek, Jawa Barat, Jawa Tengah, dan Jawa Timur," kata SVP Head of Corporate Communications Indosat Ooredoo Turina Farouk.

Ia pun mengatakan, tim teknikal Indosat di lapangan terus bekerja memastikan kondisi jaringan tetap normal, guna menjaga kualitas layanan bagi pelanggan.

Sebelumnya, jaringan Indosat Ooredoo ikut terkena dampak pemadaman aliran listrik PLN. Hal ini pun berimbas pada penurunan kualitas layanan.

"Sehubungan dengan gangguan pasokan listrik di beberapa daerah seperti Jabodetabek, Jawa Barat, Jawa Tengah, dan Jawa Timur, 10 persen jaringan Indosat Ooredoo terkena dampak. Dan ini berimbas pada menurunnya kualitas layanan," tutur Turina Farouk, kepada Liputan6.com, Minggu (4/8/2019).

 

Minta Maaf ke Pelanggan

BTS (wikimedia.org)

Diungkapkan Turina, tim teknikal Indosat Ooredoo di lapangan saat ini sedang melakukan pemulihan agar pelanggan dapat menikmati kembali layanan secara optimal. Pihaknya akan terus memonitor jaringan agar kembali normal secepat mungkin.

"Oleh karena itu, kami memohon maaf kepada para pelanggan atas ketidaknyamanan yang dirasakan. Semoga kondisi ini akan pulih segera," katanya.

Seperti diketahui sebelumnya, pemadaman listrik PLN ini disebabkan gangguan yang terjadi pada sisi transmisi Ungaran dan Pemalang 500 kV.

Akibatnya, transfer energi dari timur ke barat mengalami kegagalan, dan diikuti trip seluruh pembangkit di sisi tengah dan barat Jawa.

Gangguan ini mengakibatkan aliran listrik di Jabodetabek, sebagian Jawa Barat, dan Jawa Tengah, padam.

(Tin/Ysl)

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Ganggu Kesehatan, Ini 5 Dampak Buruk dari Keseringan Mengupil

Posted: 04 Aug 2019 08:40 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Mengupil merupakan sebuah aktivitas untuk mengambil kotoran seperti ingus atau barang asing yang ada di hidung dengan menggunakan jari. Memang, ini merupakan salah satu kebiasaan yang dianggap wajar atau umum untuk dilakukan. Pada dasarnya juga mengupil juga bukan sesuatu yang berbahaya bagi kesehatan.

Namun kebiasaan ini bisa menjadi berbahaya bahkan bisa sampai mengganggu kesehatan apabila terlalu sering melakukannya. Pasalnya, kebiasaan mengupil bisa membuat kamu berisiko mengalami gangguan kesehatan. Melansir dari Klikdokter, pada European Respiratory Journal mengatakan bahwa mengupil dapat menyebarkan bakteri berbahaya penyebab pneumonia.

Selain dapat meningkatkan risko pneumonia, mengupil juga bisa meningkatkan risiko terjadiya beberapa masalah kesehatan lainnya. Berikut Liputan6.com, Senin (5/8/2019) telah merangkum dari berbagai sumber beberapa masalah kesehatan yang bisa menghampiri ketika kamu memiliki kebiasaan mengupil dengan jangka waktu yang sering.

Meningkatkan Risiko Radang Otak

Radang Otak - KlikDokter.com (BlurryMe/Shutterstock)

Tak banyak orang yang kerap mengupil ditambah dengan kebiasaan suka mencabut bulu hidung. Kebiasaan yang kerap dilakukan berbarengan ini ternyata bisa menimbulkan luka dan bisul dalam hidung.

Ya, luka yang diakibatkan oleh tindakan tersebut dapat menjadi sumber infeksi dan peradangan ke otak, karena adanya pembuluh darah di daerah nasal bridge (jembatan hidung) yang langsung menuju ke otak.

Perlu diketahui bahwa area jembatan hidung hingga sudut mulut disebut dengan triangle of death. Nah, jika wilayah ini mengalami infeksi, maka akan mengalami gangguan yang akan langsung menjalar ke otak dan menyebabkan gumpalan di sinus kavernosus.

Pertahanan Tubuh Jadi Melemah

Pertahanan Tubuh Melemah (Angelo-Cordeschi/Shutterstock)

Kotoran yang ada di dalam hidung atau upil merupakan produk normal tubuh yang berperan dalam mempertahankan kesehatan hidung. Upil sendiri sebenarnya merupakan hasil pengeringan mukus atau lendir hidung.

Lendir hidung yang terproduksi merupakan mekanisme pertahanan tubuh untuk menyaring berbagai partikel asing yang berbahaya bagi tubuh saat bernapas. Ya, upil dan lendir akan selalu ada di dalam hidung kamu untuk melubrikasi rongga hidung, baik dalam keadaan sehat atau normal maupun dalam keadaan peradangan.

Nah, kalau hidung terinfeksi sesutai, maka produksi lendir akan bertambah, bahkan bisa keluar dari rongga hidung.

Berisiko Mengalami Mimisan

Ilustrasi Mimisan (sumber: iStockphoto)

Mimisan merupakan darah yang keluar dari lubang hidung. Mimisan merupakan suatu efek samping dari kebiasaan sering mengupil. Kondisi ini paling sering dan banyak terjadi pada anak-anak.

Hal ini bisa terjadi karena mengupil dengan jari sangat memungkinkan kuku jari melukai bagian dalam hidung, yang kemudian menyebabkan luka dan perdarahan. Inilah yang akan memperbesar peluang untuk terjadinya infeksi di dalam lubang hidung.

Infeksi Lubang Hidung

Infeksi Hidung  / Sumber: iStockphoto

Infeksi yang terjadi di dalam lubang hidung merupakan kondisi yang mungkin terjadi dari kebiasaan sering mengupil. Hal ini bisa terjadi karena pada jari yang digunakan untuk mengupil bisa saja tidak bersih dan penuh bakteri. Maka tak heran kalau bakteri ini nantinya bisa berpindah dari jari ke dalam hidung.

Hal ini akan meningkatkan kemungkinan seseorang mengalami infeksi vestibulus atau bagian atas hidung yang cukup sensitif.

Menimbulkan Bisul di Bagian dalam Hidung

Ilustrasi hidung (iStock)

Selain itu, bakteri dan kuman penyakit juga dapat mempengaruhi dan menginfeksi bagian rambut folikel hidung. Rambut folikel hidung ini umumnya berfungsi untuk menyaring kotoran dari udara yang masuk ke hidung. Apabila bagian ini terganggu, maka hidung tidak lagi dapat dengan baik menyaring kotoran yang masuk melalui udara yang terhirup.

Nah, bakteri yang paling banyak ditemukan saat seseorang mengupil adalah Staphylococcus Aureus merupakan jenis bakteri yang dapat mengakibatkan timbulnya jerawat atau bisul di dalam lubang hidung. Saat jerawat atau bisul ini terbentuk di dalam hidung, maka akan membuat saluran napas menjadi tersumbat dan mempengaruhi sistem pernapasan.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Tak Mau Tampil Seksi Lagi, Dinar Candy Banjir Dukungan

Posted: 04 Aug 2019 08:40 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta DJ Dinar Candy membuat perubahan yang cukup besar dalam penampilannya. Selama ini, Dinar Candy dikenal cukup berani tampil terbuka.

Namun sepertinya penampilan seperti itu sudah tidak akan lagi diperlihatkan oleh Dinar Candy. Pasalnya, ia mengumumkan bahwa dirinya meninggalkan kebiasaannya tersebut.

Dinar Candy mengatakan akan tampil dengan gaya baru. Hal itu disampaikannya lewat unggahan di Instagram.

"Jangan heran kalu style Nge-Dj aku pakai pakaian sporty aja, karna aku menyadari cantik sexy dari dalam itu lebih luar biasa," tulis Dinar Candy di Instagram-nya pada Sabtu (3/8/2019).

Respons Positif

Dinar Candy (Sumber: Instagram/dinar_candy)

Unggahan Dinar Candy itu langsung direspons positif oleh warganet. Banyak yang mendukung keputusan Dinar Candy tersebut.

"Setujuuuuu... tunjukan klo DJ itu gk selalu identik dg Sexy dn narkoba Good job idolaaaaaaa..," dukung @thary_21maurettha.

"Nah gini atuh, jadi mindset gue terhadap dj cewe itu ngga cuma nunjukin t*** aja. Tapi jugaskill ngeDJ nyaa," tambah @dirga_rhdy.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Evra: Pogba Tak Dicintai di MU

Posted: 04 Aug 2019 08:35 PM PDT

Liputan6.com, Manchester - Patrice Evra menjelaskan alasan Paul Pogba tidak nyaman bermain di MU. Ia menilai Pogba tak merasa dicintai oleh klub yang membesarkan namanya tersebut.

Pogba terus menjadi sorotan dalam bursa transfer kali ini. Ia dikabarkan ingin pindah dari MU secepatnya.

Bahkan Pogba tidak ikut dalam ujicoba terakhir MU dalam pramusim melawan AC Milan. Padahal pemain asal Prancis itu tidak dalam kondisi cedera.

"Saya tidak tahu soal masa depan Pogba. Yang saya tahu dia tidak merasa dicintai di MU," ujar Evra seperti dilansir Daily Mail.

"Pogba justru lebih merasa nyaman di Juventus. Padahal kita semua tahu dia adalah pemain yang hebat di lapangan," kata eks bek MU itu menambahkan.

 

 

Saran Evra

Gelandang MU, Paul Pogba. (AP Photo/Rui Vieira)

Evra juga menilai Pogba seringkali menjadi kambing hitam saat MU terpuruk. Menariknya ia menilai hal itu disebabkan karena gaya hidup Pogba di luar lapangan.

"Seharusnya Pogba dikritik saat dia bermain buruk saja. Jadi berikan pujian juga saat dia bermain bagus," ujar Evra menambahkan.

"Saya selalu bilang pada Pogba, jangan bertingkah layaknya pahlawan. Dia bisa melakukan segalanya di luar lapangan, namun jika itu berdampak pada penampilannya di lapangan maka harus dihentikan."

Hasil pramusim MU

MU 2-0 Perth Glory

MU 4-0 Leeds United

MU 1-0 Inter Milan

MU 2-1 Tottenham

MU 1-0 Kristiansund

MU 2-2 AC Milan (5-4 pen)

Saksikan video pilihan di bawah ini

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Beri Kompensasi, PLN Bakal Gratiskan Pemakaian Listrik

Posted: 04 Aug 2019 08:35 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - PT PLN (Persero) menjanjikan adanya kompensasi untuk masyarakat yang mengalami listrik padam pada Minggu (5/8/2019). Kompensasi ini adalah dengan memberikan listrik gratis.

Pelaksana Tugas (Plt) Sripeni Inten Cahyani mengatakan, sesuai dengan peraturan Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) Nomor 27 Tahun 2017 tentang standar mutu pelayanan, PLN akan memberikan kompensasi ke masyarakat atas listrik padam yang hampir terjadi di seluruh Jawa.

"Kompensasi kepada masyarakat sudah ada aturannya, Permen ESDM PLN komit melaksanakannya," kata Inten, di Kantor Pusat PLN, Jakarta, Senin (5/8/2019).

Menurut Inten, untuk besaran insentif yang diberikan akan dihitung berdasarkan formula yang telah ditetapkan sesuai dengan lama listrik padam dan kelompok kWh pelanggan.

"Sudah ada formulasinya, kita ikuti saja. Ada hitunganya sekian jam kali sekian. KWH akan gratiskan itu tergantung kelompoknya," tuturnya.

Inten mengungkapkan, saat ini pihaknya sedang mendata pelanggan yang mengalami pemadaman listrik. Kompensasi diberikan dengan mengurangi tarif tagihan penggunaan listrik sesuai dengan hitungan masing-masing pelanggan.

"Dari area-area terdampak itu dihitung diformulasikan. Ini kemudian menjadi pengurang untuk tagihan berikutnya," ucapnya.

Pengusaha Rugi Triliunan Rupiah akibat Mati Lampu

Suasana Stasiun MTR Bendungan Hilir saat terjadi pamadaman listrik di wilayah Jabodetabek, Jakarta, Minggu (4/8/2019). PLN memohon maaf atas pemadaman listrik yang terjadi. (Liputan6.com/JohanTallo)

Padamnya listrik atau mati lampu hampir 8 jam pada Minggu (4/8/2019) kemarin mengakibatkan lumpuhnya berbagai aktivitas bisnis dan pelayanan publik di Jakarta. Hal ini dinilai sesuatu yang harus serius disikapi dan diantisipasi oleh pemerintah melalui PLN.

Wakil Ketua Umum Kadin DKI Jakarta Sarman Simanjorang mengatakan, ketergantungan dunia usaha dan pelayanan publik terhadap listrik sangatlah besar.

"Oleh sebab itu, pelayanan PLN harus dievakuasi secara serius dan mendesak karena PLN adalan milik pemerintah," ujar dia di Jakarta, Senin (5/8/2019).

Menurut Sarman, kerugian yang dialami oleh pengusaha sangat besar akibat padamnya listrik. Selain itu, masalah ini juga berdampak pada banyaknya pesanan barang dan jasa yang tidak terlayani.

Industri Kecil Menengah (IKM) sangat terpukul dengan mati lampu yang cukup lama ini. seperti industri kuliner, konveksi, restoran, kafe, katering, transportasi online, SPBU, bengkel, mebel, dan usaha lainnya.

Sedangkah pelayanan publik di Jakarta hampir lumpuh, seperti MRT, Commuter Line, ATM, pelayanan pintu tol, jaringan komunikasi, pelayanan kesehatan dan lalu lintas akibat padamnya listrik.

"Kita agak sulit menghitung angka kerugian. Akan tetapi, jika dilihat dari banyaknya sektor usaha dan pelayanan publik yang terimbas, maka bisa mencapai triliunan rupiah. Kejadian ini juga akan berdampak pada ketidakpercayaan investor untuk menanamkan modalnya di Indonesia jika kondisi pelayanan energi listrik seperti ini," ucap dia.

PLN: Mati Lampu Tak Sampai Pukul 00.00 WIB

Suasana Halte Senen, Jakarta Pusat saat mati lampu, Minggu (4/8/2019). (Liputan6.com/ Thomas)

T PLN (Persero) memastikan padamnya listrik untuk wilayah Jabodetabek hingga Jawa Tengah tak sampai pukul 00.00 WIB. Hal itu disampaikannya pada konferensi pers di P2B Gandul Minggu sore ini.

"Kalau Jakarta kita perkirakan memakan waktu 3 jam. Kalau Jawa Barat dan Banten 4 sampai 5 jam. Mudah-mudahan tidak lewat pukul 00.00 WIB, (Senin dini hari)," tutur Plt Dirut PLN Sripeni Inten Cahyani di Depok, Jawa Barat, Minggu (4/8/2019).

Inten menegaskan, saat ini pihaknya tengah berupaya memasok listrik kembali dari timur ke barat untuk memulihkan pemadaman listrik yang terjadi.

"Kita memerlukan waktu karena perjalanan tadi ke PLTGU Muara Karang. Insha Allah mudah-mudahan berjalan lancar proses recovery," ujarnya.

Dia pun menjelaskan, PLN terus mengoptimalkan proses recovery dari kantor pusat sebagai pengatur beban.

"Mudah-mudahan di DKI, kira-kira tiga jam lagi segera pulih. Dari sini kita bisa memantau listrik dari timur ke barat untuk mensuplai pasokan di barat," paparnya.

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Mati Lampu di Jakarta, Striker Persija Memilih Berdoa di Rumah Ibadah

Posted: 04 Aug 2019 08:30 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Dampak mati listrik di setengah Pulau Jawa juga dirasakan pemain Persija Jakarta, Marko Simic. Bahkan pemadaman listrik masih dirasakan di Jabodetabek hingga Senin (5/8//2019) pagi WIB.

Padamnya listrik di sebagian besar Pulau Jawa ini terjadi sejak Minggu (4/8/2019) siang WIB. PT PLN (Persero) mengatakan, pihaknya mengalami gangguan pada saluran udara tegangan ekstra tinggi Ungaran-Pemalang.

Hal ini seperti melumpuhkan kehidupan warga Jabodetabek. Bahkan, mereka menumpahkan kekesalannya kepada PT PLN. Namun Simic berbeda, striker Persija berusia 31 tahun itu memilih berdoa.

Ya, melalui akun Instagram pribadinya, Simic mengunggah situasinya saat menghadapi pemadaman listrik. Simic memilih pergi ke gereja di kawasan Jakarta.

"Black out Jakarta," kicau striker Persija berkebangsaan Kroasia sebagai keterangan di Instagram Story miliknya.

 

Striker Haus Gol

Striker Persija Jakarta, Marko Simic. (Bola.com/Yoppy Renato)

Simic merupakan striker haus gol yang didatangkan Persija dari Melaka United pada 2018. Di musim pertamanya, dia mencetak 18 gol dari 30 pertandingan di Liga 1 dan membawa Persija menjadi juara.

Pada musim ini, mantan striker Negeri Sembilan itu masih menjadi mesin gol Macan Kemayoran. Simic telah mencatatkan tujuh gol dari delapan pertandingan di Shopee Liga 1 2019.

 

Final Piala Indonesia

Simic sendiri, saat ini, sedang mempersiapkan diri untuk tampil di leg kedua final Piala Indonesia. Dia akan tampil bersama Persija melawan PSM Makassar di Stadion Andi Mattalatta, Selasa (5/8/2019).

Di partai final ini, Macan Kemayoran sudah unggul agregat 1-0 ketika bemain di Stadion Utama Gelora Bung Karno, Jakarta, 21 Juli lalu. Gol tunggal Persija dicetak oleh Ryuji Utomo.

Saksikan video pilihan berikut ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Penyuplai Komponen iPhone 11 Hanya Terima Sedikit Pesanan

Posted: 04 Aug 2019 08:30 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Apple sedang menyiapkan iPhone 11, yang direncanakan rilis pada September 2019. Informasi tentang pengembangan produk tersebut juga sudah beredar di internet.

Dilansir Phone Arena, Minggu (5/8/2019), para penyuplai komponen iPhone 11 dilaporkan hanya menerima sedikit pesanan. Komponen ini termasuk pesanan untuk layar sentuh.

Apple disebut sedang bersiap untuk produksi massal iPhone 11, tapi karena pesanan komponen yang rendah, penjualan smartphone tersebut diperkirakan tidak akan terlalu tinggi.

Apple diduga memperkirakan penjualan gabungan varian iPhone 11 bisa setara atau di bawah iPhone XS dan XR.

iPhone 11 merupakan smartphone baru Apple untuk tahun ini. Namun menurut laporan, tidak akan ada begitu banyak peningkatan dari seri terdahulunya.

Pihak Apple sendiri belum memberikan konfirmasi tentang tanggal peluncuran iPhone 11. Seperti tahun-tahun sebelumnya, semakin dekat waktu peluncuran, akan kian banyak bocoran tentang iPhone baru beredar di internet.

Spesifikasi iPhone 11

iPhone (AP Photo/Charles Rex Arbogast, File)

Apple diperkirakan menghadirkan dua varian iPhone baru dengan ukuran layar OLED 5,8 inci dan 6,5 inci. Layar tersebut akan tetap memiliki desain notch atau "poni" di bagian atasnya.

Selain itu, juga akan ada kamera selfie 12MP, serta fitur Face ID yang bisa bekerja bekerja pada jarak yang lebih pendek dan sudut lebih luas. Namun, masih belum ada informasi apakah sistem Face ID akan bisa mendukung kemampuan unlocking secara horizontal atau terbalik.

Kemudian pada bagian belakang, tiga varian iPhone 11 akan memiliki tiga kamera dengan resolusi 12MP. Namun salah satunya dilaporkan memiliki lensa super wide-angle baru untuk mendukung fitur bernama Smart Frame.

(Din/Ysl)

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Kementan Apresiasi Daerah yang Tolak Izin Pembangunan Perumahan Demi Lahan Pertanian

Posted: 04 Aug 2019 08:30 PM PDT

Liputan6.com, Purwakarta Menjaga lahan pertanian dari alih fungsi lahan terutama areal pertanian seperti pesawahan dan perkebunan, menjadi konsen berbagai daerah. Salah satunya Kabupaten Purwakarta, yang tidak mengeluarkan izin rekomendasi pembangunan perumahan.

Bupati Purwakarta Anne Ratna Mustika pada awal pertama menjabat dirinya sudah mengeluarkan aturan larangan izin membangun perumahan sejak Oktober 2018.

"25 Oktober 2018 saya mengeluarkan intruksi kepada kepala dinas penanaman modal perizinan terpadu satu pintu itu untuk menghentikan mengeluarkan rekomendasi perizinan lokasi dan lain sebagainya untuk membangun terutama perumahan," tegas Anne, Minggu (4/8).

Terlebih lagi, keberadaan pembangunan perumahan baru harus disesuaikan dengan kebutuhan perumahan, khususnya untuk masyarakat Purwakarta. Sehingga ketika perumahan baru muncul yang menikmati bukan masyarakat Purwakarta.

Bahkan pihaknya sudah menginstruksikan Distarkim untuk membuat sample berapa persen masyarakat Purwakarta yang membutuhkan rumah, terutama di kawasan zona industri.

"Jangan sampai ada pembangunan perumahan ternyata masyarakat purwakarta nya tidak menikmati," jelasnya.

Adapun kendala di lapangan Anne pun menjelaskan bahwa sampai hari ini review Perda RT/RW masih ada di pihak Pemerintah Provinsi, hal tersebut merupakan pegangan pemerintah daerah Purwakarta terkait izin.

"Walaupun sampai 2031 tapi per 5 tahun harus ada review namun ya itu sejak 2017 evaluasinya belum turun dan itu menjadi kendala bagi kita terkait rekomendasi," jelasnya.

Direktur Jenderal Prasarana dan Sarana Pertanian (PSP) Kementan, Sarwo Edhy mengatakan mengapresiasi keputusan Pemda Purwakarta ini. Menurutnya, jika area persawahan dialihfungsi menjadi bangunan, maka upaya budidaya pertanian akan menjadi sia-sia. Warga pun akan kesulitan untuk mendapatkan makanan.

"Untuk mencegah alih fungsi tersebut, maka pemerintah daerah diharapkan tidak memberikan izin bangunan yang akan berdiri di area persawahan. Terutama yang berada di zona lahan abadi," ujar Sarwo Edhy.

Sarwo Edhy menjelaskan, salah satu kewajiban pemerintah untuk menetapkan lahan pangan berkelanjutan sudah diatur dalam Undang-Undang Nomor 41 Tahun 2009 Tentang Perlindungan Lahan Pertanian Pangan Berkelanjutan.

"Saat ini kami sedang melakukan harmonisasi data luas lahan baku sawah dengan beberapa lembaga terkait guna mempercepat penerbitan Peraturan Presiden (Perpres)," pungkas Sarwo Edhy.

 

(*)

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Pekan Pertama, Pendapatan Film Hobbs and Shaw di Indonesia Tertinggi Se-Asia

Posted: 04 Aug 2019 08:30 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Di pengujung parade film musik panas, Hobbs and Shaw membukukan pencapaian fantastis. Hobbs and Shaw yang merupakan spin-off alias sempalan Fast and Furious meraup laba kotor 180,8 juta dolar AS atau sekitar 2,53 triliun rupiah dari seluruh dunia.

Hobbs and Shaw digadang-gadang mampu menyusul pencapaian Fate and Furious yang mengeruk laba kotor 1,2 miliar dolar AS atau lebih dari 17 triliun rupiah. Rupanya, pencapaian Hobbs and Shaw tak luput dari sumbangsih penggemar Fast and Furious di Indonesia.

Pertanyaan yang kemudian muncul berapa jumlah penonton Hobbs and Shaw di Indonesia? Di Indonesia, Hobbs and Shaw tayang mulai 31 Juli 2019 atau 2 hari lebih cepat ketimbang Amerika Serikat.

Mengutip data dari akun Twitter pemerhati film @bicaraboxoffice, hingga kini Hobbs and Shaw menguasai 1.300 layar bioskop. "Angka opening weekend #HobbsAndShaw di Indonesia (yakni 7,7 juta dolar AS) adalah (tertinggi) nomor 3 internasional," tulis akun @bicaraboxoffice pada Minggu (4/8/2019) kemarin.

Bicaraboxoffice menambahkan, pencapaian Indonesia hanya kalah dari Rusia (8,2 juta dolar AS) dan Inggris (7,8 juta dolar AS). "(Pendapatan film Hobbs and Shaw di Indonesia, nomor satu se-Asia, di atas India dan Jepang. Memang sih, belum ada (data dari) Korea Selatan (tayang 15 Agustus) dan China (23 Agustus). Tapi (angka ini) tetap membuktikan betapa kuatnya franchise Fast and Furious di sini (Indonesia)," imbuh Bicaraboxoffice. Dengan pencapaian sebagus ini, Hobbs and Shaw diprediksi akan bertahan lama di bioskop.

Setara 2 Jutaan Penonton

Film Fast and Furious: Hobbs and Shaw. (Foto: imdb.com)

Sebagai informasi, pendapatan 7,7 juta dolar AS (sekitar 107,8 miliar rupiah) tersebut setara dengan sekitar 2,43 juta penonton. Kabarnya, jilid kesembilan Fast and Furious akan rilis pada 20 Mei 2020. Sementara Idul Fitri pada tahun depan diprediksi tanggal 23 dan 24 Mei 2020.

Sudah jadi tradisi, pada libur Lebaran banyak film Indonesia berbujet besar dilempar ke pasar. Tak ayal sekitar 4 atau 5 film Indonesia akan mengeroyok Fast and Furious 9. Siapakah pemenangnya? (Wayan Diananto)

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

KAI Minta Maaf, Kereta Menuju Jateng dan Jatim Terlambat Tiba Akibat Listrik Padam

Posted: 04 Aug 2019 08:26 PM PDT

Yogyakarta - Akibat listrik padam di sejumlah wilayah di Pulau Jawa, kereta api jurusan Jakarta menuju Jawa Tengah, Yogyakarta, dan Jawa Timur mengalami keterlambatan.

Manajer Humas PT KAI Daop 5 Purwokerto, Supriyanto, Senin (5/8/2019) mengungkapkan, perjalanan KA-KA keberangkatan dari stasiun Gambir maupun Pasarsenen mengalami keterlambatan, masuk stasiun Purwokerto, akibat listrik padam.

"Keterlambatan  terjadi mulai Minggu (4/8/2019) malam hingga Senin (5/8/2019) pagi," kata  Supriyanto, dikutip laman KrJogja, Senin (5/8/2019).

Dirinya menjelaskan sejumlah KA yang mengalami keterlambatan di Stasiun Purwokerto,yakni KA Bima relasi Gambir - Purwokerto - Malang yang seharusnya tiba 21.28,  datang pukul 01.13 atau mengalami keterlambatan 225 menit. KA Gajayana relasu Gambir - Purwokerto - Malang. seharusnya tiba di Stasiun Purwokerto pukul 22.34, datang 01.48, mengalami keterlambatan 194 menit. 

Kemudian KA Sawunggalih, relasi Pasarsenen - Purwokerto- Kutoarjo, seharusnya tiba pukul  23.22, datang di Stasiun Purwokerto puk 00.16  mengalami keterlambatan 54 menit.KA Senja Utama relasi Pasarsenen- Purwakerto - Yogyakarta, seharusnya tiba pukul 23.52, datang di Stasiun Purwokerto pukul 00.28 mengali keterlambatan 36 menit. 

Selanjutnya KA Argo Lawu, relasi  Gambir - Lurwokerto - Solo, yang  seharusnya tiba 01.09, datang  di Stasiun Purwoketo pukul 04.02 mengalami keterlambatan 173 menit. KA Taksaka relasi Gambir - Purwokerto - Yogyakarta seharusnya tiba pukul 01.43, datang  04.36 terlambat 173 menit. KA Mataram, relasi  Pasarsenen-Lempuyangan seharusnya tiba pukul 01.56, datang pukul 02.17 terlambat 21 menit.

KA Bogowonto, Pasarsenen - purwokerto - Lempuyangan seharusnya jam 02.40, datang di Purwokerto 03.08 terlambat 28 menit. KA Senja Utama Solo, relasi Pasarsenen, Purwokerto, Solo, seharusnya tiba 02.54, datang di Stasiun Purwokerto 03.37 terlambat 43 menit. 

Berkaitan dengan keterlambatan perjalanan sejumlah KA tersebut, PT KAI menyampaikan permohonan maaf.

Baca juga berita Krjogja.com lainnya di sini.

Simak jugta video pilihan berikut ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

RSUD Soetomo Minta Ada Pemeriksaan Kesehatan untuk Ikut Surabaya Marathon

Posted: 04 Aug 2019 08:23 PM PDT

Surabaya - Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) dr Soetomo Surabaya menyatakan panitia penyelenggara Surabaya Marathon 2019 seharusnya membuat satu sistem tentang kelayakan peserta untuk bisa ikut dan mungkin pembagian kategori. Misalkan peserta layaknya di kategori (5KK) dan di kategori (10K).

Hal ini mengingat ada insiden meninggalnya dua peserta Surabaya Marathon 2019 yaitu Chusnun N Djuraid (60) da Oentung P.Setiono (55).

"Kalau iya, kalau sesuai peraturannya mesti ada kewajiban memeriksakan kesehatan. Tapi ini tidak diverifikasi, apa memang kondisinya ini memungkinkan," ujar Humas RSUD dr Soetomo Surabaya, Pesta Parulian, seperti dikutip dari suarasurabaya.net, Senin (5/8/2019).

RSUD dr Soetomo pun menyesalkan dengan ada insiden tersebut. "Kami tentunya menyayangkan, ini acara besar dengan membutuhkan beban fisik yang juga besar. Mestinya panitia penyelenggara membuat satu sistem verifikasi tentang kelayakan peserta," kata Pesta.

Pesta mengatakan, RSUD dr Soetomo Surabaya tidak dilibatkan secara aktif di kepanitiaan sehingga tidak bisa berbuat banyak untuk mengantisipasi kedaruratan saat kegiatan itu berlangsung.

"Terus kita sudah punya sistem penanggulangan darurat terpadu. Tentu dengan acara sebesar ini, maunya kita dilibatkan. Sehingga semuanya bisa terantisipasi. Paling tidak panitia bisa menduga dari 6.000 peserta ini apa yang perlu disiapkan," ujar dia.

Pesta menegaskan, panitia tidak berkoordinasi dengan RSUD dr Soetomo Surabaya secara resmi dalam bentu kepanitiaan. Panitia hanya meminjam ambulans dan minta disiapkan ambulans dalam acara tersebut.

"Secara resmi koordinasi dalam bentuk kepanitiaan, ya tidak ada. Panitia hanya minjam ambulans dan minta disiapkan ambulans di acara tersebut. Kita sudah memenuhi. Tetapi koordinasi sebagai tim kita tidak ada," kata dia.

Tidak Bisa Dipastikan Penyebab Utama Meninggalnya Peserta Surabaya Marathon

Dengan insiden dua peserta meninggal, tim RSUD dr Soetomo tidak bisa memastikan penyebab utama meninggalnya dua peserta itu. Apalagi tidak ada rekam medis dan riwayat kesehatan peserta dan kondisi fik peserta yang sudah diverifikasi.

"Karena untuk memastikannya.tentunya kita melakukan otopsi atau visum. Nah, dengan usia sedemikian dan berat badan sedemikian, dan tidak adanya tahapan-tahapan verifikasi seorang itu ikut di nomor mana, ini semakin membuat kita sulit menentukan kira-kira orang ini kenapa. Bisa saja stroke. Bisa saja memang ada penyakit jantung, bisa saja asma. Kita belum tahu," ujar dia.

Pesta menuturkan, kedua peserta ketika datang ke rumah sakit sudah dalam kondisi meninggal dunia. Rumah sakit masih berupaya melakukan pertolongan pertama pada jantung.

"Namun, setelah masing-masing kita lakukan resuitasi sepanjang 30 menit, ternyata gagal untuk mengembalikan detak jantungnya. Ya, kita serahkan kepada keluarga," ujar dia.

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Listrik Padam, Jokowi Tegur Jajaran Direksi PLN

Posted: 04 Aug 2019 08:22 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Presiden Jokowi menegur para jajaran direksi PT PLN Persero terkait listrik mati di sebagian wilayah Jawa. Jokowi heran mengapa sistem antisipasi PLN tidak berjalan baik saat insiden itu terjadi pada Minggu 4 Agustus 2019.

Hal itu dikatakan Jokowi saat bertemu Dirut PLN Sripeni Inten Cahyani dan jajaran direksi lainnya di Kantor PLN Pusat Jakarta Selatan, Senin (5/8/2019).

"Dalam sebuah manajemen besar seperti PLN mestinya, ada tata kelola risiko yang dihadapi dengan manajemen besar tentu saja ada kontijensi plan, ada back up plan. Pertanyaan saya kenapa itu tidak bekerja dengan cepat dan dengan baik," kata Jokowi.

Mantan Gubernur DKI Jakarta pun meminta penjelasan dari Plt Dirut PLN terkait permasalahan listrik padam di sebagian wilayah Jawa.

"Saya tahu ini tidak hanya bisa merusak reputasi PLN namun banyak hal di luar PLN terutama konsumen sangat dirugikan. Pelayanan transportasi umum sangat berbahaya sekali, MRT misalnya" jelas Jokowi.

Sripeni Inten Cahyani mengakui proses penanganan listrik mati yang melanda sejumlah wilayah Jawa Tengah, Jawa Barat, DKI Jakarta, hingga Banten berjalan lambat. Dia pun menyampaikan permohonan maaf terkait peristiwa pemadaman listrik pada Minggu kemarin.

"Kami mohon maaf pak prosesnya lambat, kami akui prosesnya lambat," kata Sripeni di hadapan Jokowi.

Listrik Padam

Persiapan mati lampu (Foto: Unsplash)

Sebelumnya, wilayah Jakarta dan sekitarnya mengalami pemadaman listrik pada Minggu 4 Agustus 2019, sekira pukul 12.00 WIB. PT PLN (Persero) menyatakan bahwa telah terjadi gangguan pada sisi transmisi ungaran dan pemalang 500 kV. Dampak dagi gangguan tersebut aliran listrik ke Jakarta dan sekitarnya padam.

"Saat ini upaya penormalan terus kami lakukan, bahkan beberapa Gardu Induk sudah mulai berhasil dilakukan penyalaan," jelas Executive Vice President Corporate Communication & CSR PLN I Made Suprateka, seperti dikutip dari keterangan tertertulis, Minggu 4 Agustus 2019.

Selain itu terjadinya gangguan pada Transmisi SUTET 500 kV mengakibatkan padamnya sejumlah Area Jawa Barat.

"Sekali lagi kami mohon maaf dan pengertian seluruh pelanggan yang terdampak akibat gangguan ini, kami berjanji akan melakukan dan mengerahkan upaya semaksimal mungkin untuk memperbaiki sistem agar listrik kembali normal," Tutup Made.

Saksikan video pilihan berikut ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Listrik di Beberapa Wilayah Bogor Masih Padam Sejak Minggu

Posted: 04 Aug 2019 08:22 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Sebagian wilayah Jabodetabek, Bandung dan sekitarnya mengalami mati listrik. Setelah sempat kembali normal, Senin (5/8/2019) pagi masyarakat di beberapa wilayah Bogor mengeluhkan aliran listrik kembali padam.

Di daerah Kota Batu, Kecamatan Ciomas Kabupaten Bogor, aliran listrik di wilayah itu sempat menyala sekitar pukul 12.00 WIB malam tadi.

"Baru tadi jam 9-an mati lagi," ujar Rahmat Angga, warga Kota Batu melalui pesan singkatnya.

Senada juga dialami warga Desa Cijujung dan Pasir Laja, Kecamatan Sukaraja, Kabupaten Bogor. Di wilayah tersebut sekitar pukul 01.00 WIB dini hari tadi listrik di rumahnya kembali padam.

"Kemarin sore jam 17.30 WIB listrik nyala, sekitar jam 01.00 WIB malam mati lagi sampai sekarang," kata Bambang warga Desa Cijujung.

Bahkan, ada juga beberapa wilayah di Kabupaten Bogor yang sampai saat ini masih mati lampu sejak Minggu siang 4 Agustus 2019. Di antaranya wilayah Desa Pagelaran, Kecamatan Ciomas, sebagian wilayah Kecamatan Caringin, dan wilayah Desa Cibanon Kecamatan Ciawi.

"Sebagian wilayah di Caringin masih modar ti kamari beurang (mati lampu dari kemarin siang)," kata Acep Mulyana, warga Caringin.

Listrik padam hampir selama 24 jam membuat aktivitas warga Caringin terganggu. Mereka terpaksa menimba air di sumur untuk kebutuhan sehari-hari.

 

Minta PLN Tanggung Jawab

Petugas PLN memperbaiki jaringan listrik di Palu, Sulawesi Tengah, Sabtu (6/10). PT Perusahaan Listrik Negara (PLN) memastikan kondisi listrik di Kota Palu semakin membaik pasca gempa dan tsunami. (Liputan6.com/Fery Pradolo)

Adanya pemadaman listrik ini, warga berharap pemerintah bertanggungjawab atas kerugian yang telah dialami warga. Sebab, masyarakat yang usahanya mengandalkan aliran listrik terpaksa berhenti mencari nafkah.

"Tah, tanggung semua dosana (tuh tanggung semua dosanya). Giliran 2 bulan telat bayar listrik diputus," ujar Septian warga Desa Cibanon.

Sementara itu, listrik padam juga masih terjadi wilayah perbatasan kota dengan Kabupaten Bogor. Bukan hanya aktivitas warga terganggu, traffic light mati di Simpang Pomad mati sehingga membuat lalu lintas di kawasan itu terganggu.

Saksikan video pilihan di bawah ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Mati Lampu, Tasya Kamila Panik Pikirkan Nasib ASI-nya

Posted: 04 Aug 2019 08:20 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Mati lampu total yang terjadi di Jakarta dan sekitarnya pada Minggu (4/8/2019) membuat banyak orang kelimpungan. Termasuk para ibu-ibu muda. Salah satunya adalah Tasya Kamila. 

Saat peristiwa mati lampu terjadi, Tasya Kamila ternyata sedang berada di luar kota. Namun ia tetap ikut pusing memikirkan soal ketiadaan daya listrik ini. Pasalnya, ia menyimpan stok ASI di rumahnya. 

"Lagi di luar kota, katanya di rumah mati lampu. Langsung panik minta orang rumah buat selamatkan stop ASIP yang aku simpan di freezer," kata pelantun "Anak Gembala" itu di Instagram Story.

Seperti banyak warga Jabodetabek lainnya, mantan artis cilik ini bertanya-tanya kapan mati lampu ini akan berakhir.

"Dear @pln_id, kira-kira sampai kapan ya mati lampunya? Aku harus gimana ini buat menyelamatkan ASI perahku," kata Tasya Kamila menambahkan. 

Tak Hanya Tasya

Keluarga Putri Titian - Junior Liem (Liputan6.com/putrititian)

Tak hanya Tasya, Putri Titian juga dibuat pusing lantaran kejadian ini. Apalagi ia tengah sendirian menjaga anak pertamanya, Theodore Iori Liem, yang sedang dirawat di rumah sakit. Sedangkan anak keduanya, Mykah Iago Liem, berada di rumah.

"Yang satu lagi di RS, satu lagi di rumah ama Oma. Terus sekarang mati listrik, telepon enggak bisa CCTV mati, internet down. Kepala puyeng sepuyengnya puyeng. Cobaan macam apa ini!" curhat Tian di Instagram Story.

(Antaranews.com)

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Paul Ince: Sikap Pemain MU Memalukan

Posted: 04 Aug 2019 08:15 PM PDT

Liputan6.com, Manchester - Paul Ince sangat geram melihat situasi di MU sepeninggal Alex Ferguson. Ia menilai banyak pemain yang bersikap seolah-olah lebih besar dari klub.

MU belum bisa juara Liga Inggris sejak Ferguson pensiun tahun 2013. Bahkan sejumlah manajer kenamaan seperti Louis van Gaal, Jose Mourinho, hingga David Moyes kariernya berakhir dengan mengecewakan.

Banyak yang menyebut kegagalan MU karena sikap para pemainnya yang terlalu berlebihan di luar lapangan. Hal ini juga pernah diutarakan mantan kapten MU, Roy Keane sebelum Ince.

"Tidak ada kontrol untuk pemain saat ini. Mereka bisa bertindak semaunya," kata Ince seperti dilansir Power Magazine.

"Hal ini tidak mungkin terjadi saat MU ditangani Fergie atau bahkan dilatih Guardiola. Yang terjadi sekarang pemain justru mengontrol petinggi klub dan manajernya," kata Ince geram.

 

 

Biang Kerok

Dua pemain Manchester United asal Inggris, Marcus Rashford dan Jesse Lingard. (AFP/Oli Scarff)

Bahkan Ince tak segan menyebut dua pemain MU yang dianggap biang masalah. Yakni Paul Pogba dan Jesse Lingard.

"Lingard pemain rata-rata. Saya akan malu jika jadi dia mengumbar sesuatu di media sosial," kata Ince.

"Lalu ada lagi Pogba, pemain termahal MU. Dia bilang ingin pergi hanya di depan pers, seharusnya dia bilang hal itu di depan ribuan penonton di stadion, sungguh memalukan."

Hasil

Hasil pramusim MU

MU 2-0 Perth Glory

MU 4-0 Leeds United

MU 1-0 Inter Milan

MU 2-1 Tottenham

MU 1-0 Kristiansund

MU 2-2 AC Milan (5-4 pen)

Saksikan video pilihan di bawah ini

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Jokowi: Listrik Padam Rusak Reputasi PLN

Posted: 04 Aug 2019 08:15 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Presiden Joko Widodo (Jokowi) menyatakan, semua pihak dirugikan akibat listrik padam hampir di seluruh Jawa pada Minggu (4/8/2019). Dia pun menyesalkan peristiwa tersebut.

Jokowi mengatakan, beberapa pelayanan mengalami gangguan akibat listrik padam, salah satunya adalah pelayan transportasi seperti MRT. Kondisi ini pun sangat berbahaya bagi penumpang.

"Pelayanan transportasi umum sangat berbahaya sekali, MRT misalnya. Oleh sebab itu pagi hari ini saya ingin mendengar langsung," kata Jokowi, di Kantor Pusat PLN, Jakarta, Senin (5/8/2019).

Menurut Jokowi, listirk padam tersebut sangat merugikan semua pihak. Dia pun menyesalkan peristiwa tersebut terjadi dan ingin mendengarkan langsung penyebabnya dari pihak PLN.

"Saya tahu ini tidak hanya bisa merusak reputasi PLN namun banyak hal di luar PLN, terutama konsumen sangat dirugikan. Tolong disampaikan yang simpel-simpel saja," tuturnya.

Jokowi pun mempertanyakan listrik padam tersebut bisa terjadi, sebab sebagai perusahaan besar seharusnya PLN bisa memitigasi dan melakukan upaya penanganan dengan cepat.

"Apakah tidak dihitung apakah tidak dikalkukasi kalau akan ada kejadian-kejadian. Sehingga kita tahu sebelumnya. Kok tahu-tahu drop. Artinya pekerjaan yang ada tidak dihitung tidak dikalkulasi. Dan itu betul-betul merugikan kita semuanya," tandasnya.

Jokowi Pertanyakan Lambatnya Penanganan Listrik Padam

Presiden Joko Widodo (Jokowi) mendengarkan penjelasan saat mendatangi Kantor Pusat PLN (Persero) di Jakarta Selatan, Senin (5/8/2019). Kedatangan Jokowi untuk meminta penjelasan direksi PLN menyusul peristiwa pemadaman listrik di hampir seluruh Pulau Jawa. (Liputan6.com/Angga Yuniar)

Presiden Joko Widodo (Jokowi) mendatangi Kantor Pusat PT PLN (Persero) pada Senin (5/8/2019). Hal ini untuk mendengar langsung penyebab listrik padamyang terjadi pada Minggu (4/8/2019) tidak terulang kembali.

Jokowi mengatakan, ke datanganya ke kantor PLN untuk mengetahui langsung penyebab pemadaman listrik pada Minggu. Dia pun menyesalkan peristiwa tersebut. Pasalnya, sebagai perusahaan besar ada mitigas dan jalan keluar untuk menghadapi kendala yang terjadi.

"Pagi hari ini saya datang ke PLN. Pertama saya ingin mendengar langsung peristiwa pemadaman total minggu kemarin. Dan dalam sebuah manajemen besar seperti PLN mestinya, menurut saya, ada tata kelola risiko yang dihadapi dengan manajemen besar tentu saja ada contigency plan, ada back up plan," kata Jokowi, di Kantor Pusat PLN Jakarta, Senin (5/8/2019).

Jokowi pun mempertanyakan, penanganan listrik padam yang tidak segera dilakukan dengan baik. Dia pun menyebut, peristiwa pemadaman listrik secara merata di Jawa Bali pun terjadi lagi setelah 17 tahun berlaku.

"Pertanyaan saya kenapa itu tidak bekerja dengan cepat dan dengan baik. Saya tahu peristiwa seperti ini pernah kejadian di tahun 2002, 17 tahun lalu untuk Jawa dan Bali," tuturnya.

Menurut Jokowi, seharusnya peristiwa padaman listriknyang terjadi pada 2002 lalu menjadi perlajaran, agar listrik padamsecara merata tidak terjadi lagi. Kondisi ini merusak reputasi PLN dan banyak konsumen yang dirugikan.

"Oleh sebab itu pagi hari ini saya ingin mendengar langsung, tolong disampaikan yang simpel-simpel saja. Kemudian kalau ada hal yang kurang ya blak-blakan saja. Sehingga bisa diselesaikan dan tidak terjadi lagi untuk masa masa yang akan datang," tandasnya.  

PLN: Pemadaman Listrik Maksimal Jam 00.00 WIB

Petugas PLN memperbaiki jaringan listrik di Palu, Sulawesi Tengah, Sabtu (6/10). PT Perusahaan Listrik Negara (PLN) memastikan kondisi listrik di Kota Palu semakin membaik pasca gempa dan tsunami. (Liputan6.com/Fery Pradolo)

PT PLN (Persero) memastikan bahwa mati lampu yang terjadi di Jakarta, Banten, Jawa Barat dan sebagian Jawa Tengah tidak akan sampai pukul 00.00 WIB (dini hari). Saat ini PLN telah melakukan pemulihan dan beberapa wilayah sudah kembali terang.

"Kalau Jakarta kita perkirakan memakan waktu 3 jam. Kalau Jawa Barat dan Banten 4 jam sampai 5 jam. Mudah mudahan tidak lewat pukul 00.00 WIB," tutur Plt Dirut PLN Sripeni Inten Cahyani di Depok, Jawa Barat, Minggu (4/8/2019). Hitungan 3, 4 hingga 5 jam tersebut mulai pukul 16.27 WIB. 

Artinya, untuk wilayah Jakarta bisa diperkirakan normal kembali sekitar pukul 19.27 WIB. Sedang untuk wilayah Jawa Barat dan Banten sekitar pukul 21.27 WIB.

Inten menegaskan, saat ini PLN terus berupaya memasok listrik kembali dari timur ke barat untuk memulihkan pemadaman listrik yang terjadi.

"Kita memerlukan waktu karena perjalanan tadi ke PLTGU Muara Karang. Insha Allah mudah-mudahan berjalan lancar proses recovery," ujarnya.

Dia pun menjelaskan, PLN terus mengoptimalkan proses recovery dari kantor pusat sebagai pengatur beban.  

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Tidak ada komentar: