Senin, 26 Agustus 2019

Liputan6 : RSS2 Feed

Liputan6 : RSS2 Feed


Anak Takut Jarum Suntik? Ini 7 Trik Mengatasinya

Posted: 26 Aug 2019 10:00 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Jarum suntik bisa membuat anak takut. Tak jarang banyak orangtua deg-degan ketika anaknya bakal disuntik.

Rasa takut pada sesuatu memang wajar dialami oleh siapa saja. Namun, mengingat pentingnya suntikan untuk kesehatan anak, orangtua harus bisa mengatasi ketakutan anak terhadap jarum suntik.

Dilansir dari laman Parents, ada beberapa cara mengatasi ketakutan anak pada jarum suntik:

1. Memberi tahu pentingnya suntikan

Mengatakan betapa pentingnya suntikan untuk anak tanpa berbohong akan membuat anak merasa lebih tenang.

Seperti yang disampaikan oleh Margaret Fisher, ketua dari salah satu bagian di American Academy of Pediatrics, "Memastikan anak tahu bahwa suntikan bisa melindunginya dari berbagai penyakit, bisa jadi cara mengatasi ketakutan pada anak."

2. Membatasi informasi berlebihan

Apabila anak sudah tahu dia akan disuntik ke dokter sejak jauh-jauh hari, anak akan menjadi sangat cemas dan takut. Rasa takutnya ini bisa membuat anak memberontak dan melakukan segala cara supaya tidak jadi pergi ke dokter.

Senada dengan apa yang disampaikan oleh ahli parenting Baby 411, Ari Brown, mengatakan, "Memberi tahu anak terlalu cepat, akan merusak rasa tenang anak dan membuat mereka khawatir."

 

3. Mengalihkan rasa takut

Anak menangis usai disuntik(CHAIDEER MAHYUDDIN/AFP)

Orangtua juga bisa mengatasi ketakutan anak lebih aman dengan mengalihkan perhatian anak, seperti menceritakan cerita lucu atau memberikan mainan kesukaannya.

4. Meminta bantuan tenaga medis

Cara mengatasi ketakutan anak yang satu ini memang cukup unik dan terkadang orangtua tidak tega. Ketidaktegaan inilah yang membuat anak menjadi bertambah takut dan tambah memberontak. Tenaga medis seperti perawat dan dokter mungkin punya cara tersendiri untuk menenangkan anak.

5. Membangun kepercayaan anak

Membangun kepercayaan antara orangtua dan anak menjadi suatu hal yang penting untuk dilakukan. Jangan pernah membohongi anak karena mengurangi rasa kepercayaan anak pada orang tua.

Kurangnya rasa percaya anak pada orangtua juga memberi dampak pada anak ketika hendak disuntik. Sebanyak apapun orangtua memberi pemahaman tentang pentingnya suntikan, akan kalah dengan rasa takut anak ditambah dengan rasa tidak percaya kepada orangtua.

 

6. Memberi hadiah

Cara mengatasi ketakutan anak yang paling mudah ialah dengan menjanjikan hadiah apabila anak berhasil mengatasi ketakutannya pada jarum suntik.

Inisiatif ini biasanya mampu mengurangi rasa takut pada anak. Perlakuan khusus pada anak sangat dinanti-nantikan oleh anak, seperti halnya memberi hadiah. Anak akan menjadi senang dan lebih berpikiran positif. Cara mengatasi ketakutana anak ini juga kerap dilakukan oleh dokter anak atau rumah sakit anak.

7. Berjaga-jaga di sekitar anak

Ketika anak hendak disuntik, pastikan orangtua berada di jarak yang tak terlalu jauh dari anak. Walau harus bersembunyi, carilah tempat terdekat masih masih mudah dijangkau untuk berjaga-jaga.

Selain itu, orangtua juga harus berjaga-jaga terhadap reaksi dan efek suntikan yang diberikan. Tanyakan pada dokter, efek apa saja yang mungkin muncul setelah suntikan. Bagi sebagian anak, mungkin saja akan mengalami pembengkakan di sekitar kulit yang disuntik, sakit kepala hingga demam.

Pelukan orangtua dan pujian pasti sangat dibutuhkan anak yang sudah berhasil mengatasi rasa takutnya pada jarum suntik.

 

 

Penulis: Siwi Nur Wakhidah/Dream.co.id

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Akhir Tragis Pelaku Jambret saat Beraksi di Kawasan Tampan

Posted: 26 Aug 2019 10:00 PM PDT

Liputan6.com, Pekanbaru - Dua siswa di Pekanbaru diduga telah merencanakan aksi jambret dan mencari mangsa di Jalan Srikandi, Kecamatan Tampan.

Aksi keduanya pun berjalan sukses ketika melihat pengendara sedang memakai telepon genggam. Namun upaya melarikan diri keduanya gagal setelah dihadang pohon di pinggir jalan.

Salah satu pelaku terjtuh dan dikabarkan meninggal dunia akibat pendarahan di kepalanya. Satunya lagi diserahkan warga ke Mapolsek Tampan untuk diproses hukum.

Menurut Kapolsek Tampan Ajun Komisaris Juper Lumban Toruan, korban jambret dibawa ke rumah sakit terdekat karena terjatuh saat mengejar kedua pelaku.

"Korban juga syok atas kejadian ini," sebut Juper dikonfirmasi, Senin petang, 26 Agustus 2019.

Juper menyatakan, kedua pelaku merupakan peserta didik salah satu sekolah menengah kejuruan di Pekanbaru. Hal ini diperkuat dengan seragam yang masih dipakai pelaku saat beraksi.

Juper membantah tewasnya pelaku karena dihakimi masyarakat yang melintas di lokasi. Dia memastikan kedua pelaku mengalami kecelakaan setelah berusaha meloloskan diri dari kejaran korban.

"Jadi pelaku melihat telepon genggam di dasbor depan sepeda motor korban," kata Juper.

Usai itu, kedua pelaku tancap gas melewati satu persatu kendaraan di jalan. Hanya saja keduanya gagal melewati salah satu mobil dan memutuskan banting stir ke arah kanan.

"Ada pohon di sebelah kanan, tak bisa dielakkan pelaku. Soerang pelaku luka parah di bagian kepala karena tak memakai helm," tegas Juper.

Pelaku jambret tewas ini akhirnya dibawa ke Rumah Sakit Bhayangkara Polda Riau di Jalan Kartini, Pekanbaru.

"Saat ini masih didalami sudah berapa kali pelaku yang diserahkan ke Polsek terlibat jambret," sebut Juper.

Simak video pilihan berikut:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Klasemen Shopee Liga 1 2019: Persija Masih di Papan Bawah

Posted: 26 Aug 2019 10:00 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Persija Jakarta sebagai juara bertahan di kasta tertinggi sepak bola Indonesia masih terseok-seok di papan bawah klasemen Shopee Liga 1 2019. Macan Kemayoran baru mengantongi dua kemenangan dari 12 pertandingan.

Macan Kemayoran, sebutan Persija, berada di urutan ke-15 dalam klasemen Shopee Liga 1 2019 dengan mengemas 13 poin. Di pertandingan sebelumnya, Persija gagal mengalahkan Persebaya Surabaya di Stadion Gelora Bung Tomo. Persija bermain imbang 1-1 melawan Persebaya.

Sementara itu, kemenangan 2-1 Bali United atas Arema di Stadion Kapten I Wayan Dipta, Gianyar, Sabtu (24/8/2019) membuat tim asuhan Stefano Cugurra Teco itu semakin mantap di puncak klasemen Shopee Liga 1 2019 dengan raihan 37 poin.

Dengan tujuh kemenangan beruntun di Shopee Liga 1 2019 membuat Bali United kian meninggalkan Tira Persikabo yang berada di posisi kedua. Saat ini, Bali United unggul lima poin dari Tira Persikabo.

Tira Persikabo semakin tertinggal dari Bali United setelah mereka menelan kekalahan telak dari Persela Lamongan pada Minggu (25/8/2019). Tim asuhan Rahmad Darmawan itu dibantai 1-6 dari Persela di Stadion Surajaya, Lamongan.

Sedangkan Persib Bandung berada di posisi ke-12 dalam klasemen Shopee Liga 1 2019 dengan mengemas 16 poin. Di pertandingan terakhirnya, Maung Bandung bermain imbang 1-1 melawan Badak Lampung.

 

Klasemen Shopee Liga 1 2019

Lihat klasemen Shopee Liga 1 2019 melalui link berikut ini.

Simak video pilihan berikut ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Perubahan Iklim itu Nyata, Ini Pemakaman untuk Glester Pertama yang Mencair di Islandia

Posted: 26 Aug 2019 10:00 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Perubahan iklim terjadi di seluruh dunia. Bumi semakin panas setiap harinya karena efek dari pemanasan global. Berbagai lembaga dan aktivis pecinta lingkungan juga semakin gencar mengajak orang-orang di sekitarnya untuk menjaga bumi dengan berbagai cara.

Salah satu yang menjadi korban perubahan iklim adalah Okjokull, sebuah glester yang pernah menjadi ikon Islandia. Okjokull dinyatakan mati pada 2014 karena telah mencair. Padahal, dulu glester tersebut sempat membentang sejauh 15 kilometer persegi.

Pendakian 2 Jam

Pendakian menuju Ok. (AP Photo/Felipe Dana)

Hari Minggu (18/8/2019), sekitar 100 orang melakukan pendakian di gunung berapi selama dua jam. Mereka menuju tempat Okjokull dahulu sempat 'hidup'.

Sesampainya di sana, mereka memasang plakat yang merupakan peringatan kepada masa depan. Sekarang glester yang sudah mati itu disebut 'Ok', kata 'Jokull' dihapus karena berarti glester dalam bahasa Islandia.

Plakat di Ok

Plakat peringatan untuk masa depan di Ok. (Foto: Jeremie Richard/AFP/Getty Images)

"Ok adalah glester Islandia pertama yang kehilangan statusnya sebagai glester. Dalam 200 tahun ke depan, semua glester kita akan mengikuti jalan yang sama. Monumen ini adalah untuk mengakui bahwa kita tahu apa yang terjadi dan tahu apa yang perlu dilakukan. Hanya anda yang tahu jika kami melakukannya," tertulis dalam plakat yang dipasang di Ok dalam bahasa Islandia dan Inggris seperti dilansir dalam BuzzFeed.

Perubahan Iklim Menjadi Prioritas

Pendakian menuju Ok. (AP Photo/Felipe Dana)

Orang-orang yang ikut mendaki gunung untuk 'memakamkan' Okjokull juga termasuk Perdana Menteri Islandia, mantan presiden Irlandia, para pejabat Islandia, aktivis, dan lainnya. Di atas gunung, mereka berpuisi, melakukan saat hening, dan pidato politik mengenai kebutuhan mendesak untuk memerangi perubahan iklim. Mereka juga menyampaikan selamat tinggal kepada Okjokull.

"Kematian simbolis glester adalah peringatan bagi kita, dan kita perlu bertindak," ujar Mary Robinson, mantan presiden Irlandia, seperti dilansir pada APnews.

Sementara itu Perdana Menteri Islandia, Katrin Jakobsdottir, akan mengangkat isu perubahan iklim menjadi prioritas. Ia akan menyampaikan hal tersebut kepada para pemimpin Nordik dan Kanselir Jerman ketika mereka bertemu.

"Kami melihat konsekuensi dari krisis iklim," kata Katrin Jakobsdottir, "Kita tidak punya waktu untuk kalah."

 

Penulis:

Timothy Juliano

Universitas Multimedia Nusantara

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Biaya Pindah Ibu Kota Rp 466 Triliun, Bisa Buat Apa Saja?

Posted: 26 Aug 2019 10:00 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Presiden Joko Widodo mengungkap ibu kota Indonesia akan pindah ke wilayah Kalimantan Timur. Pemerataan ekonomi dan mitigasi bencana menjadi alasan terdepan pemerintah dalam mendukung rencana ini.

"Jakarta saat ini menyangga beban yang sudah terlalu berat sebagai pusat pemerintahan, pusat bisnis, pusat keuangan, pusat perdagangan, dan pusat jasa," ungkap Jokowi pada Senin, 26 Oktober 2019.

Biaya yang dikeluarkan pemerintah untuk ibu kota baru adalah Rp 466 triliun. Pemerintah berjanji uang itu hanya memakai 19 persen dana APBN dan sisanya kerja sama dengan swasta.

Bila melihat dari sudut pandang lain, kira-kira apa saja yang bisa dibayar dengan biaya Rp 466 triliun? Berikut Liputan6.com tampilkan empat hal lain yang bisa dana pemindahan ibu kota gunakan.

1. Lunasi Defisit BPJS Kesehatan

Peserta Jaminan Kesehatan Nasional di BPJS Kesehatan Malang (Liputan6.com/Zainul Arifin)

Kondisi BPJS Kesehatan sudah tidak sehat sejak 2014. Defisit berlangsung dari 2014 dan masih terjadi hingga kini. Pada 2018 lalu, BPJS Kesehatan mencatat defisit hingga Rp 9,1 triliun.

Pemerintah sebenarnya sudah memberi suntikan dana ke BPJS Kesehatan sebesar Rp 10,3 triliun, tetapi masih ada sisa klaim Rp 9,1 triliun yang belum terbayarkan tersebut. Pada tahun 2019 ditakutkan akan muncul defisit lebih besar lagi.

Alhasil, Menko Kemaritiman Luhut Pandjaitan ikut berinovasi dengan berdikusi bersama Grup Ping An asal China demi membantu efisiensi keuangan BPJS Kesehatan.

2. Setara 24 Burj Khalifa

Bendera Indonesia ditampilkan di eksterior gedung tertinggi sedunia, Burj Khalifa (Liputam.com/KBRI Abu Dhabi)

Gedung tertinggi di dunia yakni Burj Khalifa merupakan menjadi ikon wisata tersohor di Jazirah Arab. Adapun biaya pembangunannya sebesar USD 1,5 miliar.

Dengan biaya pindah ibu kota sebesar Rp 466 triliun atau Rp 37,2 miliar (USD 1 = Rp 14.240), maka negara bisa membangun hingga 24 Burj Khalifa.

Tak hanya itu, dana Rp 466 triliun juga bisa membangun delapan markas Apple: Apple Park. Markas unik berbentuk UFO itu dibangun dengan biaya USD 4 miliar.

3. Kuliahkan 100 Ribu Orang ke Harvard

Pendiri Facebook, Mark Zuckerberg dalam acara pembukaan penyambutan angkatan 2017 di Universitas Harvard, Kamis (25/5). Setelah dropout dari Harvard selama 12 tahun, Zuckerberg akhirnya menerima gelar Doktor kehormatan Bidang Hukum (AP Photo/Steven Senne)

Menurut CNBC, biaya ongkos kuliah S1 di Universitas Harvard bisa mencapai USD 73.800 - USD 78.200 per tahun. Biaya itu sudah termasuk biaya buku, ruang asrama, ongkos travel, dan biaya lainnya.

Bila mematok biaya termahal, yakni USD 78.200 (Rp 1,1 miliar), maka dana kuliah empat tahun di Universitas Harvard ialah USD 312.800 (Rp 4,4 miliar).

Dengan demikian, dana pindah ibu kota Rp 466 triliun bisa untuk mengkuliahkan hingga 105 ribu orang Indonesia ke universitas nomor satu di dunia itu.

4. Bisa Bangun 29 MRT dan 22 LRT

Warga menaiki kereta MRT di pintu masuk Stasiun MRT Bundaran HI, Jakarta, Minggu (24/3). Moda Raya Terpadu (MRT) Jakarta Fase 1 dengan rute Bundaran HI - Lebak Bulus resmi beroperasi. (Liputan6.com/Faizal Fanani)

MRT sempat menjadi hype bagi warga Jakarta dan sekitarnya. Kualitas MRT di Jakarta pun tidak kalah dengan yang ada di Singapura.

Biaya pembangunan MRT Fase I (Lebak Bulus - Bundaran HI) mencapai Rp 16 triliun. Biayanya berasal dari pinjaman Japan International Cooperation Agency Jepang (JICA).

Sementara, LRT hingga kini masih dibangun untuk wilayah Jakarta Bogor Depok dan Bekasi (Jabodebek). Total biayanya adalah Rp 20,7 triliun.

Jika memakai biaya Rp 466 triliun, negara bisa saja membangun 29 MRT dan 22 LRT di berbagai kota.

Saksikan Video Pilihan Berikut Ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Smartfren Siap Kembangkan Jaringan di Ibu Kota Baru

Posted: 26 Aug 2019 10:00 PM PDT

 

Liputan6.com, Jakarta - Operator telekomunikasi Smartfren mengaku siap mengembangkan jaringan di ibu kota Indonesia terpilih, yakni Kabupaten Kutai Kartanegara dan Kabupaten Penajam Paser Utara.

Diungkapkan oleh Direktur Utama Smartfren, Merza Fachys, kapan pun pemerintah mencanangkan pemindahan ibu kota, Smartfren siap mengembangkan lebih lanjut di wilayah yang dipilih jadi ibu kota baru.

"Smartfren siap untuk mendukung tersedianya infrastruktur telekomunikasi demi terciptanya kelancaran masyarakat berkomunikasi serta jalannya pemerintahan berbasis sistem elektronik," kata Merza dalam keterangan resmi yang diterima Liputan6.com, Selasa (27/8/2019).

Sejauh ini, operator milik grup Sinar Mas itu menyebut, terus mengikuti rencana lebih lanjut dari pemerintah dalam program pemindahan ibu kota tersebut.

Merza mengatakan, program pembangunan infrastruktur di ibu kota yang baru tentu akan melewati banyak tahapan dan waktu, dan Smartfren harus seiring dan sejalan dengan tahapan-tahapan tersebut.

"Smartfren juga berharap agar pemerintah ikut memfasilitasi dengan membangun infrastruktur utama seperti jaringan transmisi backbone dengan kapasitas besar, sarana serta prasarana seperti ducting bersama, menara telekomunikasi, dan lainnya," ujar Merza.

 

Produk Andalan Smartfren

Ilustrasi Tower BTS (iStockPhoto)

Sejak Juli 2019 jaringan Smartfren serta produk andalannya, seperti Super 4G Kuota dan Super 4G Unlimited sudah hadir di Balikpapan dan Samarinda.

Dengan demikian, saat pemerintah mencanangkan tanggal pemindahan ibu kota, Smartfren siap mengembangkan layanan di kedua kabupaten, tempat ibu kota terpilih.

Smartfren sendiri menyambut baik dan mendukung setiap langkah yang sudah dan akan diambil pemerintah guna memenuhi kepentingan warga negaranya, serta pengembangan bangsa secara adil dan merata.

(Tin/Ysl)

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Jemaah Haji Diimbau Kurangi Kegiatan 3 Hari Jelang Kepulangan

Posted: 26 Aug 2019 10:00 PM PDT

Liputan6.com, Jeddah - Jemaah haji diminta mengurangi kegiatan tiga hari jelang kepulangan ke Tanah Air. Langkah ini demi mencegah kelelahan yang bisa mempengaruhi kesehatan saat akan kembali ke Indonesia.

Demikian diungkapkan Kepala Seksi Kesehatan Bandara Jeddah-Madinah Karmidjono Pontjo di Jeddah, Selasa (27/8/2019).

"Mohon untuk jemaah yang akan pulang sebaiknya minimal tiga hari sebelum jadwal kepulangan sudah tidak melakukan aktivitas yang berlebihan," jelas dia.

Dia berharap jemaah haji segera menyelesaikan rangkaian ibadah haji seperti umrah dan thawaf wada, bila mengetahui akan segera pulang ke Indonesia.

Usai itu, bila akan melakukan ibadah lainnya dan merasa fisik sudah dalam keadaan lelah sebaiknya tidak memaksakan diri. Tak harus ke Masjidil Haram, ibadah bisa dilakukan di masjid terdekat dari penginapan.

Dia menyebut, tubuh yang lelah setidaknya membutuhkan waktu 3 hari untuk kembali pulih. "Me-recovery tubuh setelah pasca Mina itu minimal tiga hari," dia mencontohkan.

Sebab bila tubuh lelah bisa memicu berbagai penyakit kronis bawaan yang diidap jemaah haji. Seperti diabetes melitus, jantung, darah tinggi dan lainnya. 

Kondisi ini yang kerap ditemukan pada jemaah saat tiba di bandara jelang kepulangan. Bila ini terjadi maka jemaah harus masuk perawatan hingga kondisinya memungkinkan untuk dibawa ke Tanah Air.

Tercatat hingga kemarin, sudah ada 14 jemaah haji yan harus dirujuk ke rumah sakit Arab Saudi. Dari jumlah ini, dua sudah diperbolehkan pulang. Meski kemudian masuk kembali satu orang yang diketahui saat sudah masuk ke dalam pesawat.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

VIDEO: Kejutan di Trailer Star Wars: The Rise of Skywalker

Posted: 26 Aug 2019 10:00 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Trailer Star Wars: The Rise of Skywalker resmi dirilis. Walaupun berisi kombinasi footage baru dan film sebelumnya, ada beberapa kejutan yang dihadirkan untuk pecinta Star Wars.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Setelah Ria Ricis, Giliran Atta Halilintar Pamit dari YouTube

Posted: 26 Aug 2019 10:00 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Atta Halilintar saat ini masuk dalam jajaran 10 YouTuber terkaya di dunia. Berkat konten-konten yang menarik, Atta Halilintar telah memiliki 18 juta lebih subscribers.

Namun di tengah kesuksesannya, Atta Halilintar mengunggah satu video yang mengejutkan publik. Pada Minggu (25/8/2019) malam, Atta Halilintar mengunggah sebuah video berjudul "VLOG TERAKHIR Atta. Pamit Dulu. Butuh istirahat sejenak".

Sebelumnya, YouTuber Ria Ricis pernah mengunggah video berjudul "SAYA PAMIT." yang bikin heboh masyarakat. Ria Ricis juga sempat di-bully oleh warganet karena video tersebut. Dengan maraknya YouTuber yang pamit dari Youtube, apakah Atta Halilintar juga memutuskan untuk berhenti?

"Terima kasih banyak udah ikutin. Ini mungkin habis vlog terakhir. Ini adalah saatnya saya pamit dulu sama temen-temen semua. Makasih," tutur Atta Halilintar.

Kemudian, Atta Halilintar menjelaskan mengapa ia berhenti dari YouTube. Atta Halilintar mengungkapkan bahwa dirinya membutuhkan udara segar. Dia merasakan kepenatan karena sibuk memikirkan konten YouTube-nya.

"Ini mungkin bakal jadi vlog terakhir aku karena... aku... Ya, gimana ya, guys. Dan namanya manusia biasa, ya punya fisik, punya limit gitu lho, guys. Dan kita juga butuh namanya penyegaran," lanjut Atta Halilintar dalam vlog tersebut. 

Targetkan 20 Juta Subscriber

Atta Halilintar. (Adrian Putra/Fimela.com)

Waktu yang diluangkan Atta Halilintar ini bertujuan untuk mempersiapkan dirinya menuju tantangan 900 hari nonstop mengunggah video di kanal YouTube. Selain itu, Atta Halilintar juga mengutarakan kegembiraan dalam menyambut 20 juta subscribers.

"Ini bakal jadi vlog yang luar biasa pokoknya. I love you, guys. Thank you udah support sampe titik ini. Dan kita akan menuju 20 juta subscribers pertama di Asia," ujar Atta Halilintar dalam video pamitnya.

Meski Atta Halilintar sering menerima komentar negatif, ia menekankan bahwa kunci kesuksesannya adalah konsistensi. Atta Halilintar tak menghiraukan cemoohan warganet dan bersikeras untuk terus membuat karya di Youtube.

 

I Love You

Pintu bergaya modern. (Youtube/Atta Halilintar)

Perjalanan Atta Halilintar sebagai YouTuber membuatnya memiliki banyak penggemar. Seorang penggemar dari Malaysia dengan akun tuan fauzan berkomentar, "Fans ahha dri malaysia. Kota bharu kelantan. Moga sukses brooo... I love you ahha.."

Warganet lain dengan nama akun Kevin Tandilangi mencurahkan dukungannya pada Atta Halilintar. Ia menuliskan, "Pokoknya yang terbaik buat bang atta, yang suka nyindir bang atta itu karna mereka belum pernah ngerasain rasanya upload tiap hari, bang atta bilang pamit karna dia pengen istirahat, bang atta juga manusia bukan robot. sukses bang atta."

(Affiyah Tri Yuni Sari/mgg)

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

7 Kisah Cinta Netizen Berawal dari Twitter yang Berujung ke Pelaminan

Posted: 26 Aug 2019 09:55 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Di dunia ini tidak ada yang tahu siapa jodoh kita dan kapan bertemu. Jodoh pun bisa bertemu di mana saja, bisa di jalan, di kelas, di tempat kerja, atau mungkin pacarnya teman. Namun banyak pula yang dapat menemukan jodoh melalui media sosial, khususnya media sosial Twitter.

Ketika membuat cuitan di Twitter, bisa saja akan ada orang yang mungkin sepemikiran denganmu yang nantinya akan jadi sebuah percakapan panjang. Seperti halnya yang diunggah oleh @luluhusnaa di media sosial Twitternya.

Unggahannya di media sosial Twitter memuat sebuah cuitan @luluhusnaa dan pria yang kini menjadi suaminya pada tahun 2014. Pada waktu itu bermula dari sebuah cuitan biasa dan kini mereka pun sudah menjadi sepasang suami istri. Unggahan ini pun viral, hingga sampai saat ini telah mendapat 4,2 ribu retweet dan 8,3 ribu like.

Banyak dari netizen lain yang melihat cuitan @luluhusnaa pun ikut mengirimkan kisahnya dengan pasangannya yang berawal dari media sosial Twitter. Berikut kisah cinta netizen berawal dari Twitter yang Liputan6.com rangkum dari berbagai sumber, Selasa (27/8/2019).

1. Mengaku dibajak oleh oknum dan berakhir dalam kata 'Sah'

7 Kisah Cinta Netizen (Sumber: Twitter/lzakiamiyoso)

2. Emoji pesawat di Twitter bisa mengantarkan ke pelaminan

7 Kisah Cinta Netizen (Sumber: Twitter/luluhusnaa)

3. Berawal dari kode nonton sendiri, akhirnya hidup bersama

7 Kisah Cinta Netizen (Sumber: Twitter/finskey)

4. The power of om-om malah berujung kisah yang indah

7 Kisah Cinta Netizen (Sumber: Twitter/nihaqus)

5. Berawal dari coba-coba akhirnya sayang dan naik ke pelaminan

7 Kisah Cinta Netizen (Sumber: Twitter/hay_yusse)

6. Sebuah cuitan sepele bisa jadikan titik temu dengan jodohmu

7 Kisah Cinta Netizen (Sumber: Twitter/johnLembong)

7. Melalui Twitter hatinya diambil dan kini menjadi pasangan suami istri

7 Kisah Cinta Netizen (Sumber: Twitter/ivasyavira)

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Geger Istri - Anak Berkomplot Bunuh dan Bakar Suami Serta Anak Tiri

Posted: 26 Aug 2019 09:52 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Warga kampung Bondol, Kabupaten Sukabumi, Jawa Barat geger dengan temuan dua jenazah yang hangus di dalam minibus bernomor polisi B 2983 SZH yang terbakar pada Minggu 25 Agustus 2019.

Jenazah ditemukan di bagian jok belakang mobil. Kondisi tidak bisa dikenali dengan tangan terikat. Polisi memastikan dua jasad di Toyota Calya B 2983 SZH terbakar itu korban pembunuhan.

Tak lama kemudian, polisi menangkap seorang pelakunya. Pelaku berinisial AK ditangkap di kawasan Cilandak, Jakarta Selatan pada Senin 26 Agustus 2019

Identitas dua jenazah tersebut kemudian terkuak. Mereka merupakan ayah dan anak, bernama Edi Chandra Purnama alias Pupung Sadili (54) dan M Adi Pradana alias Dana (23).

"Kalau identitas korban bapak sama anak domisili di Lebak Bulus," kata Kapolres Sukabumi AKBP Nasriadi kepada merdeka.com, Senin 26 Agustus 2019.

Hasil hasil penyelidikan, AK yang ditangkap di kawasan Cilandak merupakan istri korban Pupung. 

"Otak pelaku berhasil diamankan yaitu saudari AK umur 35 tahun tidak lain adalah istri dari korban," Kapolres Nasriadi.

Polisi juga menyita barang bukti berupa mobil Calya nomor polisi B 2620 BZM saat menangkap pelaku. Serta selimut yang berbau bensin dan handphone tersangka.

 

Berkomplot dengan Anak

Ilustrasi Pembunuhan (iStock)

Nasriadi mengatakan, korban dibunuh di kawasan Lebak Bulus, Jakarta Selatan pada 24 Sabtu 24 Agustus. "Dua korban diculik dan dilumpuhkan di rumah korban di alamat Lebak Bulus 1 Kav 129 B blok U 15 RT 3 RW 05, Lebak Bulus Jaksel," ungkap Nasriadi.

Setelah dieksekusi, korban diletakkan di SPBU Cirendeu dalam kondisi sudah tidak bernyawa.

Setelah itu, para eksekutor menyuruh AK untuk mengambil mobil yang berisi 2 jenazah yang sudah dibunuh," ungkap Nasriadi.

Kemudian pada Minggu, 25 Agustus, AK dan anaknya menjemput bola mobil berisi 2 jenazah bapak dan anak tersebut.

"Kemudian pagi pada tanggal 25 Agustus hari minggu pukul 07.00 pagi AK dan anaknya KV mengambil mobil yang sudah berisikan mayat tersebut, dan membawa mayat itu ke Cidahu," tutur Nasriadi.

Di TKP, AK membeli satu botol bensin. "Dan menyerahkannya ke anaknya KV untuk membakar mobil tersebut," tuturnya.

Alhasil, mobil berisi dua mayat dalam kondisi terikat itu terbakar hingga meledak. "Ledakan juga ikut membakar KV di bagian wajah, kaki dan tangan. Sekarang dirawat di RS Pertamina. Keduanya langsung kabur ke RS Pertamina setelah membakar mobil," ungkapnya.

Motif

Nasriadi mengatakan, motif pembunuhan terhadap Edi Chandra Purnama alias Pupung (54) dan anaknya, M Adi Pradana alias Dana (23) karena masalah rumah tangga dan utang piutang.

"Motifnya adalah tersangka saudari AK menyewa empat eksekutor untuk membunuh suaminya, Edi Candra dan anak tirinya, Dana karena masalah rumah tangga dan utang piutang," ujar Nasriadi.

 

 

Reporter : Muhamad Agil Aliansyah, Ya'cob Billiocta, Henny Rachma Sari

Sumber: Merdeka

Saksikan video pilihan di bawah ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Jadwal Persija Jakarta vs PSM Makassar, Live di Indosiar

Posted: 26 Aug 2019 09:51 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Duel sengit Persija Jakarta vs PSM Makassar bakal terhampar di ajang Shopee Liga 1 2019. Pertandingan ini akan digelar di Utama Gelora Bung Karno (SUGBK), Senayan, Jakarta.

Pertandingan ini dipastikan bakal berlangsung sengit, mengingat kekuatan kedua tim yang relatif berimbang. Keduanya juga punya nama besar sebagai mantan tim era perserikatan.

Misi meraih kemenangan pun diusung tuan rumah Persija. Makum, mereka memang masih membutuhkan poin-poin segar untuk memperbaiki posisi mereka di klasemen Shopee Liga 1.

Saat ini, Tim Macan Kemayoran masih tertahan di peringkat ke-15 dengan 13 poin dari 12 pertandingan.

Sementara posisi PSM sendiri, lebih baik dibanding Persija. Tim Juku Eja berada di peringkat ke-sembilan dengan 19 poin dari 11 pertandingan.

Berikut jadwal Persija vs PSM di Shopee Liga 1 yang akan disiarkan di Indosiar.

Jadwal

Gelandang Persija Jakarta, Sandi Sute, berebut bola dengan pemain PSM Makassar, Rasyid Bakri, pada laga Piala Indonesia 2019 di SUGBK, Jakarta, Minggu (21/7). Persija menang 1-0 atas PSM. (Bola.com/M Iqbal Ichsan)

Rabu, 28 Agustus 2019

15.30 WIB, Persija vs PSM Makassar

Stadion Utama Gelora Bung Karno (GBK)

Live Indosiar

Klasemen Shopee Liga 1

Lihat klasemen Shopee Liga 1 2019 melalui link berikut ini.

Simak video pilihan berikut ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Pertamina Bakal Ekspor Solar dan Avtur

Posted: 26 Aug 2019 09:46 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta PT Pertamina (Persero) mengalami kelebihan produksi solar dan avtur. Akibat kelebihan produksi ini, rencananya Bahan Bakar Minyak (BBM) tersebut akan diekspor.

Direktur Keuangan Pertamina Pahala N Masury mengatakan, kelebihan pasokan ini terjadi sejak Mei 2019. Dengan demikian pada bulan itu juga, Indonesia sudah tidak perlu impor avtur dan solar.

"Dari BBM kita menghentikan impor solar dan impor avtur," kata Pahal, di Jakarta, Selasa (26/8/2019).

Pahala melanjutkan, agar avtur dan solar Pertamina yang berlebih tidak mengendap, ada rencana mengola bahan bakar tersebut untuk dijadikan produk turunan dari petrokimia.

‎"Sebenarnya dari sisi volume tidak terlalu besar. Sebenarnya avtur dan solar base-nya sama, sulit juga mengalihkan jenis produk yang sama. Solusinya mungkin kita bisa olah kembali," paparnya.

Pahala melanjutkan, produk turunan solar dan avtur dari pengolahan petrokimia rencananya akan diekspor. Hal ini sedang dijajaki oleh perusahaan energi plat merah tersebut.

"Jenis produk lain, kita jual, memang ini penjajakan, kita masih lihat realisasinya. Dari pada jadi persediaan, perlu kita lakukan ekspor," tandasnya.

Laba Pertamina Semester 1 2019 Meroket 112 Persen

Ilustrasi Perusahaan Minyak dan Gas Pertamina

PT Pertamina (Persero) mencatat pencapaian laba bersih semester 1 2019 mengalami peningkatan 112 persen dibanding periode yang sama pada 2018.

‎Direktur Keuangan Pertamina Pahalah N Mansury mengatakan, pencapaian laba bersih semester 1 2019‎ sebesar USD 660 juta atau Rp 9,4 triliun, lebih tinggi dari periode yang sama tahun lalu sebear USD 311 juta atau Rp 4,4 trilin

"Memang meningkat signifikan dibanding semester pertama tahun lalu," kata Pahala, di Kantor Pusat Pertamina, Jakarta, Senin (26/8/2019).

Pahala mengungkapkan, peningkatan laba bersih Pertamina disebabkan penurunan harga minyak dunia sepanjang periode tersebut dengan rata-rata USD 63 per barel, sehingga membuat biaya produksi Bahan Bakar Minyak (BBM) mengalami penurunan.

‎"Memang komposisi signifikan adalah minyak mentahnya kita produksi BBM tapi crude diproduksi kilang kita," tuturnya.

Hingga Semester I 2019, Penjualan BBM Pertamina Meningkat

Petugas mengisi BBM ke kendaraan konsumen di SPBU Abdul Muis, Jakarta, Senin (2/7). PT Pertamina (Persero) menaikkan harga Pertamax, Pertamax Turbo dan Pertamina Dex mulai dari Rp500 hingga Rp900 per liter mulai 1 Juli 2018. (Liputan6.com/Johan Tallo)

PT Pertamina (Persero) menyatakan produksi minyak mentah dan penjualan Bahan Bakar Minyak (BBM) mengalami kenaikan selama semester I 2019.

Direktur Keuangan Pertamina Pahala N Masyuri mengatakan, produksi minyak Pertamina semester I 2019 sebesar 413 ribu barel per hari (bph), meningkat dari periode yang sama pada tahun lalu sebesar 385 bph.

‎"Produksi minyak mentah meningkat 6 persen dari tahun lalu," kata Pahala, di Kantor Pusat Pertamina, Jakarta, Senin (26/8/2019)‎.

Pahal melanjutkan, penjualan Bahan Bakar Minyak (BBM) Pertamina pada semester I 2019 sebesar 34,1 juta Kilo liter, lebih tinggi dibanding periode yang sama tahun lalu sebesar 33,9 juta Kl.

"Selain itu volume penjualan meningkat 700 ribu Kl," tuturnya.

Sementara itu, untuk penjualan produk non-BBM juga mengalami peningkatan dari periode sebelumnya sebesar 7,9 juta KL menjadi 8,3 juta KL. "Bahkan sejak Mei 2019, Avtur dan Solar sudah tidak perlu diimpor karena telah dapat dipenuhi dari produksi kilang Pertamina," ujarnya.

Menurut Pahala, dengan beroperasinya kilang Proyek Langit ‎Biru Cilacap (PLBC), produksi Bahan Bakar Minyak (BBM) Pertamina dengan standar Euro 4 meningkat menjadi 1,6 juta barel per hari.

"Salah satu milestone cukup penting adalah PLBC memproduksi produk selama ini belum mampu produksi, dengan PLBC ini kita mengasilkan produk Pertaseries," tandasnya.

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Hama dan Penyakit Tanaman serta Cara Mengatasinya yang Perlu Diketahui

Posted: 26 Aug 2019 09:45 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Hama dan penyakit tanaman membuat pertumbuhan dan perkembangan tanaman tidak maksimal. Biasanya penyebab suatu tanaman tidak dapat tumbuh dan berkembang dengan maksimal disebabkan karena penyakit yang menyerang serta hama pengganggu.

Ada berbagai macam hama dan penyakit tanaman yang menjadi momok bagi para petani atau peladang. Akibatnya, mereka mengalami kerugian besar karena masalah hama dan penyakit tanaman yang menyerang perkebunan atau pertanian mereka.

Hama dan penyakit tanaman perlu diketahui agar bisa diatasi. Apalagi dalam budidaya berbagai tanaman, kadang hama dan penyakit menjadi hal yang biasa terjadi. Namun, kamu bisa mengendalikannya agar tetap mendapatkan hasil yang baik.

Berikut Liputan6.com rangkum dari berbagai sumber, Selasa (27/8/2019) tentang hama dan penyakit tanaman.

Hama

Hama dan Penyakit Tanaman (Sumber: Pixabay)

Ada berbagai macam hama dan penyakit tanaman yang perlu kamu ketahui. Hama adalah hewan yang biasanya menyerang atau menggangu tanaman, sehingga tanaman tersebut tidak bisa tumbuh dan berkembang dengan optimal. Berikut macam-macam hama:

Tikus

Hama dan penyakit tanaman tentunya memang sangat merugikan bagi petani. Salah satu hama yang paling banyak merugikan petani adalah tikus. Hal ini disebabkan karena tikus memiliki mobilitas yang tinggi serta daya adaptasi dan perkembangbiakan yang juga sangat tinggi.  

Tikus biasanya menyerang tanaman padi, dan sering bergerak pada malam hari. Biasanya target utama tikus dalam menyerang padi adalah biji dan batangnya. Dengan giginya yang tajam, tikus dapat memakan biji-bijian padi. Biasanya tikus membuat lubang didekat sawah dan bersembunyi diantara semak-semak.

Kamu bisa mengendalikan hama satu ini dengan beberapa cara, yaitu:

- Menutup lubang yang ada disekitar sawah yang digunakan sebagai tempat persembunyian, lalu menangkap tikus

- Gunakan ular yang sudah dijinakkan untuk mengusir atau memangsa tikus.

- Menggunakan pembasmi tikus atau umpan beracun, namun dalam menerapkan cara ini harus berhati-hati

Ulat

Hama selanjutnya adalah ulat. Biasanya ulat akan memakan daun serta batang tumbuhan. Hal ini bahkan mungkin sering kamu lihat di lingkungan sekitar.

Cara mengendalikan hama ulat ini adalah sebagai berikut:

- Mengecek bagian bawah daun, apabila terdapat telur kupu berwarna putih maka segera dibersihkan

- Genangilah tempat persemaian dengan air agar ulat naik ke atas dan mudah untuk dibasmi

- Apabila cara sebelumnya tidak efektif, maka opsi terakhir adalah dengan menggunakan pestisida

 

Hama Lainnya

hama wereng  (Foto: Liputan6.com/Dinkominfo PBG/Muhamad Ridlo)

Walang Sangit

Walang sangit merupakan salah satu hama yang cukup meresahkan para petani. Walang sangit dapat merusak tanaman dengan meloncat ataupun terbang dari satu tanaman ke tanaman lain sambil mengeluarkan bau yang tidak sedap.

Adapun cara mengendalikan hama walang sangit adalah sebagai berikut:

- Menerapkan sistem tanam serentak

- Menjaga kebersihan sawah dari rumput liar

- Menangkap walang sangit

- Menggunakan predator seperti laba-laba

- Menanam jamur yang memberikan efek bagi walang sangit

- Menggunakan insektisida

Wereng

Hama selanjutnya adalah hama wereng. Wereng biasanya menyerang daun dan batang pada tumbuhan sehingga menyebabkan tumbuhan tersebut menjadi mati. Hama wereng ini menjadi salah satu penyebar virus yang menyebabkan penyakit tungro.

Adapun cara untuk menangani hama wereng adalah sebagai berikut:

- Mengatur Pola Tanam pada tanaman dengan melakukan penanaman bersamaan atau bergilir untuk memutus siklus hidup hama wereng.

- Menggunakan Predator seperti kumbang Paederuss fuscipes, Ophinea nigrofasciata dan laba-laba Lycosa Pseudoannulata.

- Menggunakan insektisida. Namun cara ini harus dilakukan dengan efisien dan tetap dengan menjaga lingkungan

Selain berbagai hama yang telah disebutkan, ada beberapa hama lagi yang juga termasuk ke dalam hama dan penyakit tanaman. Diantaranya adalah Kutu kecil atau tungau, babi hutan, belalang, lalat buncis, kumbang, lalat buah, serta burung pipit.

Penyakit Tanaman

Tanaman Tembakau (Sumber: Pixabay)

Setelah membahas tentang macam macam hama, selanjutnya kamu bisa melanjutkan ke penyakit tanaman dalam pembahasan hama dan penyakit tanaman ini.

Penyakit pada tumbuhan umumnya disebabkan oleh mikroorganisme berupa virus, bakteri dan jamur. Tumbuhan yang terserang penyakit akan mengalami hambatan dalam pertumbuhan dan perkembangannya, bahkan terkadang terdapat pula yang mengalami pertumbuhan tidak normal.

Akan tetapi, penyakit yang menyerang tumbuhan tidak hanya diserang oleh mikroorganisme saja, melainkan juga dikarenakan kekurangan unsur hara atau unsur tanah lainnya. Jadi terdapat banyak faktor yang menyebabkan penyakit tanaman.

Berikut beberapa penyakit tanaman yang sering ditemui:

Penyakit Tungro

Salah satu hama dan penyakit tanaman yang paling sering terjadi, terutama pada tanaman padi adalah penyakt tungro. Penyakit ini menyebabkan produksi padi nasional kehilangan hasil yang cukup tinggi.

Penyakit Tungro disebabkan oleh dua jenis virus yaitu, Rice Tungro Bacilliform Virus dan Rice Tungro Spherical Virus. Kedua jenis virus ini bisa menginfeksi tanaman secara bersamaan karena tidak memiliki kekerabatan serologi. Virus tungro juga bisa ditularkan oleh wereng.

Kamu bisa melihat tanaman yang terkena penyakit tungro dengan melihat beberapa gejala seperti muncul seminggu sesudah inokulasi, adanya diskolorasi berwarna kuning, dan adanya klorisi pada daun. Bila kamu menemukan hal-hal tersebut pada padi, maka akan mempengaruhi hasil panen.

Penyakit Mosaik

Penyakit mosaik merupakan penyakit yang sering menyerang tanaman tembakau. Penyakit ini disebabkan oleh virus yang bernama Tobacco Mosaic Virus atau sering disingkat sebagai TMV. Adapun gejala tanaman yang terserang penyakit ini adalah pada daunnya terdapat bercak hijau muda atau kuning yang tersebar, apabila semainya terinfeksi maka tidak lama kemudian semai tersebut akan mati, ukuran buahnya menjadi kecil, pada batangnya terdapat garis hitam yang menandakan bahwa terdapat jaringan yang mati.

Selain kedua penyakit tersebut, ada beberapa penyakit tanaman yang juga cukup sering ditemui, yaitu Penyakit Embun Tepung, Penyakit Layu Cabai, Penyakit Hawar Daun Kentang, Penyakit Daun Berlubang, Penyakit Semai Roboh, Penyakit VSD (Vascular Streak Diaback) hingga Penyakit Bubuk Coklat.

Cara Mengatasi Hama dan Penyakit Tanaman

Ilustrasi Pestisida (iStock)

Hama dan penyakit tanaman hingga saat ini sangat merugikan banyak pihak, baik itu para petani maupun konsumen. Maka dari itu, sudah banyak metode untuk mengatasi hama dan penyakit tanaman yang bisa diterapkan. Berikut cara mengatasi hama dan penyakit tanaman:

Pengendalian Mekanis

Mengendalikan hama dan penyakit tanaman secara mekanis adalah dengan tindakan nyata untuk mengurangi hama dan penyakit tersebut. Cara ini dapat dikatakan sebagai cara tradisional, dikarenakan tidak menggunakan zat kimia semacam insektisida, akan tetapi dengan alat-alat seperti sabit, gunting tanaman dan lain sebagainya. Cara ini membutuhkan waktu yang lama, hasilnya pun tidak maksimal dikarenakan perkembangan hama dan penyakit pada tanaman yang menyebar luas.

Pengendalian Biologis

Mengendalikan hama dan penyakit tanaman secara biologis adalah mengendalikan hama dengan menggunakan predator untuk memangsa para hama tersebut. Akan tetapi pengendalian secara biologis ini dapat dikatakan kurang maksimal, hal tersebut dikarenakan hewan predator yang kadang sulit ditemukan.

Pengendalian Kimia

Mengendalikan hama dan penyakit tanaman secara kimia adalah cara terakhir apabila cara sebelumnya tidak membuahkan hasil yang maksimal. Cara pengendalian hama dan penyakit dengan kimia adalah dengan menggunakan pestisida seperti insektisisa, fungisida dan herbisida. Pengendalian ini memang terbilang mudah dan hasilnya maksimal, akan tetapi memiliki dampak negatif bagi lingkungan sekitar, salah satunya adalah menimbulkan polusi udara.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Kalah di Laga Perdana, AC Milan Hidupkan Lagi Minat pada Bek Juventus

Posted: 26 Aug 2019 09:45 PM PDT

Liputan6.com, Milan - AC Milan rencananya akan menggelar pertemuan dengan manajemen Juventus, Selasa (27/8/2019). Kedua tim akan membahas lagi soal perekrutan pemain belakang Demiral.

Jurnalis terkenal Italia, Gianluca Di Marzio, seperti dilansir Sport Mediaset, menyatakan AC Milan telah lama dikaitkan dengan pemain tengah Turki ini, tetapi mereka malah mengontrak Leo Duarte dari Flamengo.

Demiral baru bergabung dengan Juventus musim panas ini. Tapi, ia kesulitan mendapat tempat utama, karena kalah bersaing dengan Matthijs de Ligt, Leonardo Bonucci, Giorgio Chiellini dan Daniele Rugani.

Namun, pembelian itu tampaknya bukan satu-satunya solusi yang AC Milan inginkan untuk lini belakang. Dan, sekarang AC siap menawarkan 35 juta euro untuk pemain berusia 21 tahun.

Tapi, rencana tersebut, akan sangat tergantung pertemuan kali ini, apakah Juventus bisa diyakinkan untuk melepas pemainnya ke AC Milan.

 

Tunggu Sinyal Juventus

Merih Demiral (Dok Juventus)

Selain itu, AC Milan juga harus menunggu perkembangan di Juventus. Pasalnya, jika mantan bek Sassuolo ini harus pergi kekuatan skuat Juventus bakal berkurang.

Juventus sendiri dikabarkan lebih ingin menjual Rugani. Hal ini tentu akan menjadi dorongan besar bagi Milan untuk mendapatkan Demiral.

Kurang Memuaskan

Sementara itu, AC Milan memulai kompetisi Serie A dengan hasil kurang memuaskan. Mereka menuai kekalahan 0-1 dari Udinese di laga perdana Serie A, Minggu 25 Agustus 2019 lalu.

Pelatih AC Milan, Marco Giampaolo, menyebut timnya masih perlu banyak berbenah. Dia pun akan coba membenahi dan menganalisis segala kekurangan agar AC Milan bisa tampil lebih baik pada laga berikutnya.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

DPR Bacakan Surat Jokowi Soal Pemindahan Ibu Kota di Rapat Paripurna

Posted: 26 Aug 2019 09:40 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - - Dewan Perwakilan Rakyat (DPR) menggelar rapat paripurna di Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta, Selasa (27/8/2019). Dalam rapat itu pimpinan Wakil Ketua DPR Fahri Hamzah mengatakan pihaknya sudah menerima surat Presiden Joko Widodo (Jokowi) soal kajian pemindahan ibu kota.

"Kami beritahukan kepada pimpinan dewan, bahwa telah menerima surat dari presiden nomor R34/PRES/08/2019 tanggal 23 Agustus 2019, perihal penyampaian hasil kajian dan permohonan dukungan pemindahan ibu kota," kata Fahri.

Fahri menjelaskan dengan diterimanya surat dari presiden, DPR segera menindaklanjutinya. Hal itu, kata dia sesuai dengan peraturan tata tertib DPR.

"Untuk surat tersebut sesuai keputusan DPR RI Nomor 1 tahun 2014 tentang tata tertib akan dibahas lebih lanjut sesuai mekanisme yang berlaku," ungkapnya.

Sebelumnya, Presiden Jokowi mengumumkan lokasi ibu kota baru. Jokowi mengatakan, lokasi ibu kota baru akan berada di kabupaten Penajam Paser Utara dan Kutai Kartanegara.

"Pemerintah telah melakukan kajian mendalam dan kita intensifkan dalam 3 tahun. Dan lokasi ibu kota baru adalah di sebagian kabupaten Penajam Paser Utara dan sebagian di Kabupaten Kutai Kartanegara, Provinsi Kalimantan Timur," jelas Jokowi di Istana Kepresidenan, Jakarta, Senin (26/8/2019).

Revisi UU

Anggota DPR RI dari fraksi Partai Persatuan Pembangunan (PPP), Arsul Sani menyampaikan bahwa DPR perlu merevisi atau membuat undangan-undang terkait pemindahan ibu kota ke Kalimantan Timur (Kaltim) tersebut.

"Saya kira di DPR ini harus kita segera lakukan adalah kajian perundangan-undangannya. Apakah misalnya perlu revisi undang-undang atau bahkan mungkin dengan diintroduksi undang-undang yangg baru ya," kata Arsul.

Menurutnya, saat ini undang-undang yang masih berlaku soal pengaturan ibu kota ialah menetapkan DKI Jakarta sebagai ibu kota negara. Maka, lanjut Asrul, jika pemerintah hendak memindahkan ibu kota, DPR harus merevisi undang-undang.

Hal itu menurut Asrul perlu dilakukan supaya pemindahan ibukota tidak menyalahi perundangan-undangan yang berlaku.

"Kan kita punya undang-undang yang dari tahun lama, tahun 1964 tentang ketetapan Jakarta sebagai ibu kota," ujar Asrul.

"Sekalian (juga) nanti dibuat undang-undang yang baru yang mengatur segala sesuatu terkait pemindahan ibu kota negara itu," imbuhnya.

Reporter: Sania Mashabi

Sumber: Merdeka

Saksikan video pilihan berikut ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Stars of The West End Bakal Kembali Sapa Penggemar

Posted: 26 Aug 2019 09:40 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Indonesia kembali bakal kedatangan grup musik dari mancanegara, yaitu Stars of The West End. Grup musik yang terdiri dari empat personel ini akan menyajikan musik rock, di Makara Ballroom, Double Tree by Hilton, Jakarta, pada 23 September 2019 mendatang.

Ini merupakan konser kedua bagi Stars of The West End di Indonesia. Sebelumnya, mereka tampil pada 2017 lalu dengan personel Mike Sterling, Shona Lindsay, Tom Solomon, dan Yildiz Hussein.

Kali ini, pertunjukan musik rock Stars of The West End yang diproduksi oleh British Theatre Playhouse and Worldwide Entertainment tetap dengan empat personel tapi berbeda orang.

Mike Sterling, Shona Lindsay, Ross William Wild, dan Carole Stennett, yang akan menyapa penggemarnya pada pukul 20.00 WIB. 

 

Harga Tiket

Stars of The West End (Foto: Istimewa)

Bagi penggemar Stars of The West End bersiap untuk membeli tiket yang sudah disiapkan penyelenggara.

Untuk tiket kelas Silver dibanderol harga Rp 750 ribu, sedangkan Gold Rp 1.250 ribu. Sementara untuk kelas Diamond diberi harga Rp 1.750 ribu, dan Platinum Rp 2.250 ribu.

 

Sejak 2011

Stars of The West End (Foto: Istimewa)

Stars of The West End memulai pertunjukkan sejak 2011 silam. Mereka telah melakukan tur ke berbagai penjuru negara, khususnya Inggris dan Eropa mereka kerap melakukan pertunjukkan di berbagai teater dan tempat lain.

Pertunjukkan terbaik Stars of The West End adalah di Cadogan Hall London, pada 2014 silam, dan di Louvre, Paris, pada 2015.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Mitra Kukar Bakal Jadi Klub Ibu Kota Gantikan Persija?

Posted: 26 Aug 2019 09:35 PM PDT

Jakarta - Rencana pemindahan Ibu Kota ke Kalimantan Timur ternyata berdampak pada Mitra Kukar. Hal ini disampaikan oleh Media Officer Mitra Kukar, Agri Winata.

Agri mungkin belum menyiapkan kata-kata tepat untuk menyambut identitas baru terhadap Mitra Kukar. Dalam beberapa tahun mendatang, Mitra Kukar punya dua julukan. Selain Naga Mekes, klub yang bermarkas di Stadion Aji Imbut itu bakal menyandang status sebagai tim ibu kota.

"Sekarang (nanti) jadi tim ibu kota, ya," kata Agri, singkat, sambil menyelipkan emoji tertawa.

Agri memang belum dapat berbicara panjang lebar. Namun, ia memberitahukan kejadian menarik. Akun Instagram Mitra Kukar, @mitrakukarfc.official tiba-tiba dibanjiri warganet.

 
 
 
View this post on Instagram

Stop Rasis, Karena Kita Satu Indonesia 🇮🇩🇮🇩🇮🇩 #stoprasis #saynotoracism #MitraKukarFC

A post shared by Mitra Kukar FC (@mitrakukarfc.official) on

Komentar warganet beragam. Ada yang mendoakan Mitra Kukar untuk segera promosi ke Liga 1, ada pula yang memberikan selamat dan saran yang bermanfaat.

Bersama Penajam Utama, Mitra Kukar akan menyandang status sebagai tim ibu kota menggantikan Persija Jakarta.

Kepastian itu seiring dengan keputusan Presiden Joko Widodo yang memindahkan ibu kota ke Kabupaten Penajam Paser Utara dan Kabupaten Kutai Kartanegara, Kalimantan Timur.

Peluang Berat

Gelandang Mitra Kukar, Atep, saat melawan Bali United pada laga Piala Presiden 2019 di Stadion Patriot, Jawa Barat, Minggu (3/3). Bali United menang 3-0 atas Mitra Kukar. (Bola.com/M Iqbal Ichsan)

Mitra Kukar kini berkiprah di Liga 2 2019 setelah terdegradasi dari Liga 1 musim lalu. Naga Mekes yang tergabung di Grup Timur, masih terseok-seok di papan tengah.

Dari 11 peserta, Mitra Kukar bercokol di peringkat keenam dengan 14 poin dari 11 pertandingan. Liga 2 2019 kini memasuki putaran kedua.

Liga 2 tahun ini terbagi dalam dua wilayah. Selain 11 tim di Grup Timur, ada pula 12 kontestan di Grup Barat. Empat klub berperingkat teratas bakal lolos ke sistem knock out yang terbagi ke dalam dua grup, A dan B.

Dua tim teratas dari Grup A dan B bakal bentrok di babak semifinal. Dua tim yang lolos dari empat besar dipastikan mendapatkan tiket promosi ke Liga 1 2019. Sementara satu tempat lainnya, akan diperebutkan oleh pemenang peringkat ketiga.

Jalan Mitra Kukar untuk promosi pada tahun depan memang berat. Namun, Naga Mekes masih punya waktu untuk mengangkat derajat sepak bola Kabupaten Kutai Kartanegara sebelum pemindahan ibu kota. Maksimal, Mitra Kukar segera naik kasta ke divisi teratas Liga Indonesia pada 2023.

Sumber: Bola.com

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

FOTO: Istri Cantik Andi Narogong Diperiksa KPK Terkait Kasus E-KTP

Posted: 26 Aug 2019 09:33 PM PDT

Istri siri terpidana korupsi e-KTP Andi Agustinus alias Andi Narogong, Inayah (kanan) menunggu untuk menjalani pemeriksaan di Gedung KPK, Jakarta, Selasa (27/8/2019). Inayah digali keterangannya dalam kapasitasnya sebagai Direktur Utama PT Selaras Korin Pratama. (merdeka.com/Dwi Narwoko)

Istri siri terpidana korupsi e-KTP Andi Agustinus alias Andi Narogong, Inayah (kanan) menunggu untuk menjalani pemeriksaan di Gedung KPK, Jakarta, Selasa (27/8/2019). Inayah digali keterangannya dalam kapasitasnya sebagai Direktur Utama PT Selaras Korin Pratama. (merdeka.com/Dwi Narwoko)

Istri siri terpidana korupsi e-KTP Andi Agustinus alias Andi Narogong, Inayah bersiap menjalani pemeriksaan di Gedung KPK, Jakarta, Selasa (27/8/2019). Inayah diperiksa sebagai saksi kasus proyek pengadaan E-KTP dengan tersangka Dirut PT Sandipala Arthaputra, Paulos Tannos. (merdeka.com/Dwi Narwoko)

Istri siri terpidana korupsi e-KTP Andi Agustinus alias Andi Narogong, Inayah bersiap menjalani pemeriksaan di Gedung KPK, Jakarta, Selasa (27/8/2019). Inayah diperiksa sebagai saksi kasus proyek pengadaan E-KTP dengan tersangka Dirut PT Sandipala Arthaputra, Paulos Tannos. (merdeka.com/Dwi Narwoko)

Istri siri terpidana korupsi e-KTP Andi Agustinus alias Andi Narogong, Inayah bersiap untuk menjalani pemeriksaan di Gedung KPK, Jakarta, Selasa (27/8/2019). Inayah digali keterangannya dalam kapasitasnya sebagai Direktur Utama PT Selaras Korin Pratama. (merdeka.com/Dwi Narwoko)

Istri siri terpidana korupsi e-KTP Andi Agustinus alias Andi Narogong, Inayah bersiap untuk menjalani pemeriksaan di Gedung KPK, Jakarta, Selasa (27/8/2019). Inayah digali keterangannya dalam kapasitasnya sebagai Direktur Utama PT Selaras Korin Pratama. (merdeka.com/Dwi Narwoko)

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Tujuh Capim KPK Jalani Tes Uji Publik Hari Pertama

Posted: 26 Aug 2019 09:32 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Sebanyak tujuh calon pimpinan Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) menjalani tes uji publik di Kantor Sekretariat Negara, Jakarta. Mereka akan menerima pertanyaan terbuka oleh para panitia seleksi yang dibantu dua orang panelis, Meutia Gani dan Luhut Pangaribuan.

"Hari ini 7 peserta dahulu, total ada 20 orang akan mengikuti tahap akhir wawancara dan uji publik ini," kata Ketua Pansel Capim KPK, Yenti Garnasih di lokasi, Jalan Veteran III, Jakarta Pusat, Selasa (27/8/2019).

Sisanya, panitia seleksi akan membaginya ke hari yang berbeda, 28 dan 29 Agustus. Diketahui, hasil dari uji publik ini akan dikombinasikan dengan tes kesehatan yang mereka ikuti kemarin di RSPAD Gatot Subroto.

Sebagai informasi, pansel dan panelis memiliki total waktu 60 menit untuk menggali informasi lewat sesi pertanyaan terbuka kepada para masing-masing calon pimpinan. Giat ini dimulai sejak pukul 09.00 WIB, hingga 7 orang yang diuji hari ini mendapat giliran.

 

7 Capim yang Diuji

Berikut 7 capim KPK yang mendapat giliran hari ini:

1. Komisioner KPK, Alexander Marwata

2. Wakabareskrim, Irjen Anton Novambar

3. Dosen Sespim Polri, Brigjen Bambang Sri Herwanto

4. Karyawan BUMN, Cahyo R.E Wibowo

5. Kapolda Sumatera Selatan, Irjen Firli Bahuri

6. Auditor BPK, I Nyoman Wara

7. Penasihat Menteri Desa, Jimmy Muhammad Rifai Gani

Saksikan video pilihan berikut ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Proses Pemadaman Belum Selesai, Hutan Amazon Terbakar Lagi

Posted: 26 Aug 2019 09:31 PM PDT

Liputan6.com, Brasilia - Proses pemadaman Hutan Amazon masih berjalan, dengan Brasil turut menerjunkan pesawat C-130 Herculesnya sejak Minggu. Namun, saat api belum sepenuhnya padam, ratusan kebakaran baru telah berkobar. 

Kebakaran Hutan Amazon yang terbaru itu mengirim asap hingga Kota Port Velho, dengan bandara setempat terpaksa ditutup selama hampir dua jam.

"Asapnya bisa sangat agresif dan yang paling terpengaruh adalah anak-anak dan orang tua," kata Sergio Pereira, kepala rumah sakit anak-anak di kota itu seperti dikutip dari Channel News Asia, Selasa (27/8/2019).

Sebanyak 70 personel petugas pemadam kebakaran telah dikerahkan sejak Sabtu oleh pemerintah Brasil, guna memadamkan api. Dalam sebuah posting Twitter, tampak regu pemadam mengenakan pakaian oranye membawa air untuk memadamkan api.

Dalam beberapa tahun terakhir, kebakaran Hutan Amazon telah menyebabkan petak-petak tanah yang hangus di daerah terpencil. Menurut ahli, hal itu salah satunya diperparah oleh peningkatan pembukaan lahan untuk pertanian atau penggembalaan.

Saat ini, Presiden Brasil Jair Bolsonaro telah memerintahkan penyelidikan atas insiden ini.

Bikin Bolsonaro Ribut dengan Presiden Prancis

Presiden Prancis Emmanuel Macron (AP/Phillipe Wojazer)

Kasus kebakaran Hutan Amazon ini telah memicu pertikaian antara Bolsonaro dengan Presiden Prancis Emmanuel Macron. Macron sendiri telah meminta Brasil untuk bertanggung jawab terhadap wana itu - yang sangat berpengaruh bagi dunia.

Macron pada Senin, mengutuk komentar Bolsonaro terhadap istrinya yang disebut "luar biasa kasar."

Sementara tiu, Bolsonaro menuduh Macron memperlakukan Brasil seperti "sebuah koloni atau tanah tak bertuan."

Pertengkaran itu terjadi ketika pertemua G7 Prancis sepakat untuk menggelontorkan uang US $ 20 juta di Amazon, terutama untuk mengirim pesawat pemadam kebakaran.

NASA Rilis Foto Penampakan Kebakaran Hutan Amazon

Kebakaran hutan Amazon tertangkap kamera satelit NASA dari antariksa. (NASA)

Sementara itu, NASA telah merilis gambar-gambar kebakaran hutan hujan Amazon dari angkasa luar. Data satelit yang dikumpulkan oleh National Institute for Space Research (INPE) Brasil dari 22 Agustus 2019, mengungkapkan total sekitar 75.000 kasus terjadi di seluruh Amazon sejak awal tahun.

Sekarang, Earth Observing System Data and Information System (EOSDIS) Worldview mengungkapkan foto kepulan asap yang disebabkan oleh kebakaran tersebut.

"Potret alami dari asap dan kebakaran di beberapa negara bagian di Brasil termasuk Amazonas, Mato Grosso, dan Rondônia dikumpulkan oleh NOAA/NASA Suomi NPP menggunakan instrumen VIIRS (Visible Infrared Imaging Radiometer Suite) pada 20 Agustus 2019," menurut unggahan NASA.

Hanya sehari sebelum foto diambil, asap hitam raksasa menyelimuti kota Sao Paulo dan menjerumuskan kota ini ke dalam kegelapan di siang bolong.

Instrumen Atmospheric Infrared Sounder (AIRS) NASA, juga telah merilis gambar pergerakan karbon monoksida di atmosfer Bumi, terkait dengan kebakaran hutan hujan Amazon.

"Polutan semacam ini dapat melakukan perjalanan jarak jauh, karbon monoksida bisa bertahan di atmosfer selama sekitar satu bulan. Gas tersebut punya efek pada udara yang kita hirup," ujar NASA, seperti dikutip dari situs interestingengineering.com.

"Namun, angin kencang dapat membawanya ke bawah, di mana itu secara signifikan mampu memengaruhi kualitas udara. Karbon monoksida merupakan komponen utama dalam polusi udara dan perubahan iklim," imbuh badan antariksa Amerika Serikat tersebut.

Foto di bawah ini diambil dari instrumen NASA Worldview yang menampilkan tingkat kebakaran di Amazon. Setiap titik merah pada gambar mewakili api atau "anomali termal".

Kebakaran hutan merupakan kejadian yang lumrah terjadi di kawasan Amazon selama musim kemarau dari Juli hingga Oktober. Namun, para pencinta lingkungan khawatir bahwa aktivitas manusia mungkin memperburuk masalah ini.

Pembakaran di wilayah tersebut dipandang sebagai cara paling efektif untuk membuka lahan untuk pertanian atau deforestasi.

Simak pula video pilihan berikut:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Waskita Beton Siap Dukung Pemindahan Ibu Kota ke Kalimantan Timur

Posted: 26 Aug 2019 09:30 PM PDT

 

Liputan6.com, Jakarta Pengumuman Kalimantan Timur ditetapkan bakal menjadi pengganti Jakarta sebagai Ibu Kota Negara nampaknya menjadi peluang berbagai perusahaan untuk menggarap wilayah tersebut. Salah satunya PT Waskita Beton Precast Tbk (WSBP).

Direktur Utama PT Waskita Beton Precast Tbk Jarot Subana mengatakan perusahaannya siap mendukung pembangunan ibu kota baru di Penajam Paser Utara dan sebagian di Kabupaten Kutai Kertanegara.

Salah satu upaya yang sudah disiapkan peruashaan yaitu dengan pembangunan Plant Penajam yang terletak di Penajam Paser Utara.

Hingga saat ini, progres pembangunan plant telah mencapai 70 persen, di mana pembangunan plant ditargetkan akan selesai pada awal tahun 2020.

Lokasi Plant Penajam ini berjarak sekitar 15 km ke Pusat Pemerintahan Kabupaten Penajam dan sekitar 120 km ke Kabupaten Kutai Kertanegara.

"Melalui plant ini, WSBP ingin menyerap potensi pasar ke depan di wilayah tengah dan timur Indonesia, bahkan pasar regional di Asia Tenggara," ujar Jarot kepada wartawan, Selasa (27/8/2019).

 

Proyek Bidikan WSBP

Maket Ibu Kota Baru Indonesia di Kalimantan Timur. (dok Kementerian PUPR)

Saat ini, WSBP tengah menyuplai produk untuk proyek RDMP RU V Balikpapan. Adapun salah satu potensi proyek yang dibidik yaitu Proyek Jembatan Tol Teluk Balikpapan-Penajam, yang akan menghubungkan Kota Balikpapan ke Ibu Kota Baru.

Plant dengan luas 11,6 ha yang akan memiliki kapasitas produksi sebesar 250 ribu ton/tahun ini direncanakan memproduksi produk Box Girder, PCI Girder, CCSP, Square Pile,U Ditch, dan produk Pre-tension.

Nantinya, dengan fasilitas penunjang yang sudah ada berupa area Produksi, area Workshop dan Area pengolah limbah, perusahaan berencana untuk melakukan ekspansi dengan memiliki dermaga sendiri.

Strategi ini dilakukan untuk mempermudah akses pengiriman produk-produk precast langsung dari plant ke pulau-pulau lainnya, karena memiliki lokasi yang strategis dekat dengan Teluk Balikpapan.

Keputusan Jokowi Pindahkan Ibu Kota Indonesia Disorot Dunia

Presiden Jokowi didampingi Menteri ATR/BPN Sofyan Djalil memberikan keterangan pers rencana pemindahan Ibu Kota Negara di Istana Negara, Senin (26/8/2019). Lokasi Ibu Kota berada di wilayah Kabupaten Pejaman Penajam Pasar utara dan Kabupaten Kutai Kartanegara di Kaltim. (Liputan6 com/Angga Yuniar)

Senin 26 Agustus 2019, teka-teki di mana lokasi Ibu Kota baru Republik Indonesia akhirnya terjawab. Presiden Jokowi mengumumkan, Kalimantan Timur sebagai jawaban atas pertanyaan tersebut.

"Pemerintah telah melakukan kajian-kajian negara lokasi ibu kota baru yang paling ideal adalah sebagian di Kabupaten Penajam Paser Utara dan sebagian di Kabupaten Kutai Kartanegara Provinsi Kalimantan Timur," kata Jokowi di Istana, hari Senin.

Keputusan Jokowi soal pemindahan ibu kota itu menjadi sorotan dunia. Mulai dari Asia hingga Amerika.

Dari Malaysia, The Star Online yang dikutip Selasa (27/8/2019) mengulasnya melalui artikel bertajuk "Jakarta-based diplomats question capital move". Di mana mengulik soal kantor diplomatik, kantor regional dan waktu relokasi. Situs ini juga membandingkan perpindahan ibu kota Jakarta dengan hal serupa yang dilakukan Korea Selatan pada 2012.

Media Taiwan, Taipei Times, juga turut mengangkat isu yang tengah hangat tersebut dengan tulisan "Jokowi picks new Indonesian capital". Sedangkan Taiwan News melalui "Indonesia to move capital from Jakarta to East Kalimantan". 

Sementara itu, dari Singapura, The Straits Times, memaparkannya dalam artikel "East Kalimantan to be home of Indonesia's new capital: Jokowi".

"Presiden Indonesia Joko Widodo telah memilih Kalimantan Timur sebagai lokasi ibu kota baru Indonesia untuk meredakan ketegangan di Jakarta," tulis media tersebut.

Situs berita Filipina, Manila Times, juga tak ketinggalan mengangkat isu soal pemindahan ibu kota Indonesia itu. Melalui sebuah tulisan yang diberi tajuk "Borneo Indonesia's new capital".

Negeri Tiongkok melalui South China Morning Post, juga mengulasnya dari sisi biaya perpindahan ibu kota dengan artikel "Indonesia picks area on Borneo for new capital, with relocation estimated to cost US$33 billion".

Dari Negeri Sakura, Nikkei Asian Review memuat isu tersebut lewat "Jokowi announces Indonesia's new capital in East Kalimantan". Sedangkan NHK dengan "Indonesian capital to shift to Borneo".

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

VIDEO: Komentar 3 Kepala Daerah di Kaltim Tentang Ibu Kota Baru

Posted: 26 Aug 2019 09:30 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Presiden Jokowi mengumumkan lokasi Ibu Kota baru akan berada di Kalimantan Timur. Tiga kepala daerah di Kaltim menyambut positif pemindahan Ibu Kota ke daerahnya.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Tak Kenal, Hotman Paris Heran Andar Situmorang Cari Masalah dengannya

Posted: 26 Aug 2019 09:30 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Perseteruan jilid dua antara Hotman Paris Hutapea dengan Andar Situmorang kembali berlanjut. Hotman Paris melaporkan balik Andar Situmorang atas kasus dugaan fitnah dan pencemaran nama baik melalui ITE.

Sebelumnya, Andar Situmorang juga sempat memolisikan Hotman Paris terkait kasus dugaan pornografi. Ini bukan perseteruan pertama Hotman Paris versus Andar Situmorang. Sekitar empat tahun lalu, keduanya terlibat saling sindir ketika Andar melaporkan Inul Daratista ke polisi.

Hotman Paris yang menjadi kuasa hukum Inul, meragukan kapabilitas Andar Situmorang sebagai pengacara. "Kita juga heran, Inul saja tidak kenal dengan dia. Kalau disejajarkan di televisi, wajah dia dan Hotman ya saya cuma bilang 'Hello Andar' (lebih ganteng Hotman)," ceplos Hotman Paris Hutapea di SPKT Polda Metro Jaya, Jakarta Selatan, Jumat (13/11/2015).

"Coba rekam gaya bicara dia di televisi. Anda bisa simpulkan sendiri orang seperti apa dia. Yang jelas dia enggak punya Bentley (mobil mewah) kali ya?" sambung Hotman sembari bergegas masuk ke mobil mewahnya tersebut.

Sindiran Hotman Paris itu sempat direspons oleh Andar Situmorang. Dia bahkan menyebut Hotman Paris dengan plesetan rubbish yang berarti sampah.

"Saya datang, karena saya dengar Ainur Rokhimah alias Inul dan Hotman Rubbish (sampah) ke sini. Ternyata saya dilaporkan, dan saya buat laporan balik. Tuduhannya laporan palsu. Dia orang terbodoh di dunia, tapi tak apalah. Apalagi ITE lagi," balas Andar Situmorang kala itu.

 

Heran

Hotman Paris Hutapea © KapanLagi.com/Budy Santoso

Alhasil, perseteruan jilid dua ini membuat Hotman Paris heran. Pasalnya, Hotman mengaku tak pernah kenal atau bertemu langsung dengan Andar Situmorang. Dengan gaya nyentrik khasnya, Hotman Paris menganggap Andar Situmorang bukan lawan yang sepadan untuknya.

"Hari ini baru BAP atas laporan saya terhadap Andar Situmorang. Saya Enggak pernah ketemu tampangnya seumur hidup, dulu ada laporan kecil terhadap Inul, dan anak buah saya yang paling junior menghadapinya dan kami menang," ujar Hotman Paris di Polda Metro Jaya, Jakarta Selatan, Senin (26/8/2019).

"Saya pribadi enggak pernah (hadapi Andar), karena saya untuk kelas-kelas kakap. Dalam karier saya untuk perkara kakap, saya enggak pernah ketemu Andar," ia menandaskan.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

XL Axiata Akan Bangun 250 BTS USO di Daerah 3T

Posted: 26 Aug 2019 09:30 PM PDT

Liputan6.com, Sumbawa - Operator seluler XL Axiata bakal membangun 250 BTS USO (universal service obligation) di daerah terdepan, terluar, tertinggal atau 3T.

Pembangunan BTS USO ini merupakan salah satu program pemerintah dengan maksud untuk membuat masyarakat di daerah 3T dapat menikmati akses internet.

Group Head Technology Strategy & Architecture XL Axiata I Gede Darmayusa di Sumbawa, Nusa Tenggara Barat (NTB) mengatakan, "BTS USO akan ada di remote area itu di daerah 3T, XL berkomitmen pada 2019-2020 ada 500 (BTS USO), namun 2019 kami menargetkan 250 BTS USO."

Rencananya, kata Gede, BTS USO bakal dibangun di daerah-daerah 3T di Pulau Kalimantan bagian Barat dan Timur, Pulau Sulawesi, Sumatera bagian selatan, Maluku dan Papua, serta sebagian Pulau Jawa.

"Dari 500 BTS USO yang jadi komitmen kami, sebagian besar ada di Indonesia Timur di Papua dan Maluku, kami memiliki komitmen untuk menghubungkan Maluku dan Papua saat Palapa Ring masuk," katanya.

Sekadar informasi, sebelumnya di tahun 2018, XL telah membangun 64 BTS dari dana USO yang lokasinya di pulau-pulau di atas.

Khusus untuk BTS yang bakal dibangun 2019 ini, XL menyebut BTS itu bakal berteknologi 2G sekaligus LTE.

 

Pembangunan BTS Ditentukan Pemerintah

Petugas teknisi XL Axiata melakukan pemeriksaan terhadap perangkat BTS 4G yang berada di ruas Jalan Tol Merak, Jakarta (Foto: XL Axiata)

Gede mengatakan, berbeda dengan BTS milik operator, penentuan tempat pembangunan BTS USO ditentukan pemerintah, dalam hal ini adalah Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kemkominfo) atas masukan dari Pemda.

"Pemda bertugas menyiapkan lahan dan perizinan, BAKTI (Badan Aksesibilitas Telekomunikasi dan Informasi) bertugas mengkoordinasikan tower provider, power, satelit dan equipment. Sementara, operator (XL) bisa melakukan design review di beberapa lokasi. Tujuannya adalah memastikan kesiapan infrastruktur, tanah udah siap belum, perizinan, power-nya juga," kata Gede.

Tidak hanya itu, XL Axiata yang tengah ekspansi di wilayah Indonesia Timur juga berharap agar BTS USO bisa melengkapi jaringan yang sudah ada.

"Kami berharap, USO yang tadinya ada di daerah terpencil, suatu saat nanti bisa berkembang menjadi site biasa, bukan lagi USO. Karena USO sekarang masih menggunakan satelit yang kapasitasnya terbatas," ujar Gede.

 

Daerah Terpencil Bisa Tumbuh

Seorang petugas di menara BTS berupaya memperkuat jaringan XL di sepanjang tol baru untuk keperluan mudik 2017 (Sumber: XL Axiata)

Gede berharap, dalam 2-3 tahun lagi, sesuai dengan perkembangan masyarakat, wilayah, dan sebagainya bisa membuat daerah yang tadinya terpencil bisa tumbuh potensial dan terhubung dengan jaringan gelombang micro (microwave).

Gede mengatakan, saat ini XL Axiata sudah melihat ada beberapa site BTS USO yang memiliki pendapatan cukup besar. Hal ini dianggap potensial untuk dikembangkan menjadi microsite biasa.

"Sekarang masih 2G, konfigurasi power daya yang tersedia terbatas, tapi ternyata kalau dilihat ada trafik tinggi. Ini bisa dijadikan ekspansi tambahan sehingga kapasitasnya cukup dan masyarakat di sana merasa nyaman dengan layanan internetnya," ucapnya menambahkan.

Sayang, dia tidak menyebut BTS USO mana saja yang berpotensi untuk dijadikan microsite biasa karena tingginya trafik.

(Tin/Isk)

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Komnas HAM Nilai Hukuman Kebiri Kimia Langgar Hak Asasi Manusia

Posted: 26 Aug 2019 09:28 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Komisi Nasional Hak Asasi Manusia (Komnas HAM) menganggap Muhammad Aris (20) terpidana kasus kekerasan seksual sejak 2015 lebih baik diberi hukuman kurungan seumur hidup ketimbang kebiri kimia.

Hal ini menanggapi putusan Pengadilan Negeri Mojokerto yang menjatuhkan hukuman tambahan pidana kebiri kimia terhadap Aris yang sudah melakukan kekerasan seksual terhadap sembilan anak.

Komisioner Komnas HAM, Mochammad Choirul Anam menilai, hukum kebiri tidak membuat jera. Hukuman yang bisa membuat efek jera adalah dengan menghukum seberat-beratnya yakni hukuman kurungan seumur hidup.

"Bagi Komnas HAM hukuman seberat-beratnya sebenarnya hukuman seumur hidup. Tapi kalau ini dilakukan oleh residivis misalnya pemerkosaan, dia bisa dihukum seumur hidup dan dipastikan hukuman seumur hidup itu bisa ditambah dengan hukuman sosial," ujar Anam di Mapolda Jawa Timur di Surabaya, Senin, melansir Antara, ditulis Selasa (27/8/2019).

Sejak awal, Komnas HAM sudah menolak Peraturan Perundang-undangan itu. Komnas HAM menilai hukuman kebiri kimia melanggar Hak Asasi Manusia.

"Sikap Komnas HAM sejak awal, sejak dibentuknya peraturan tersebut (kebiri) di Perpu itu kami menolak," kata Anam.

Penolakan itu karena adanya Konvensi Antipenyiksaan yang di dalamnya ada pelarangan penghukuman yang sifatnya penyiksaan dan merendahkan martabat. 

Alasan lain penolakan Komnas HAM adalah karena dalam 10 tahun terakhir tata kelola pemidanaan Indonesia, termasuk hukumannya sudah direformasi. Menurut Komnas HAM, hukuman kebiri kimia menunjukkan adanya kemunduran. 

"Nah, dengan adanya hukuman kebiri ini mundur. Sebenarnya penghukuman dengan kebiri Ini zaman 'baheula', zaman kerajaan. Pada akhirnya penghukuman itu diganti dengan hukuman badan atau kurungan kok ini tiba-tiba balik lagi seperti Zaman Jahiliyah," katanya.

Anam menanggap keadaban hukum Indonesia sebenarnya sudah maju dari berbagai model penghukuman. Salah satunya adalah dengan meninggalkan penghukuman fisik cambuk. Oleh sebab itu Ia tak ingin hukuman Indonesia kembali lagi ke zaman dahulu.

Walau menolak, Anam menegaskan pihaknya sangat mengecam siapapun pelaku pemerkosaan. Dia menuturkan, perbuatan ini merendahkan martabat manusia. Namun tetap,  bukan berarti pelaku harus dihukum kebiri.

(Kezia Priscilla, mahasiswi UMN)

Kronologi

Ilustrasi Penangkapan (Liputan6.com/M.Iqbal)

Sebelumnya, Muhammad Aris sejak 2015 lalu terbukti telah mencabuli 9 anak gadis yang tersebar di Mojokerto. Aksi pelaku sempat terekam kamera CCTV salah satu perumahan di Kecamatan Prajurit Kulon, Kota Mojokerto, Kamis 25 Oktober 2019 sekitar pukul 16.30 WIB. Akhirnya pelaku berhasil diringkus polisi pada 26 Oktober 2018.

Lalu, Hakim Pengadilan Negeri (PN) Mojokerto menjatuhkan vonis bersalah pada Aris karena melanggar Pasal 76 D juncto Pasal 81 ayat (2) UU RI nomor 23 tahun 2002 tentang Perlindungan anak. Vonis tersebut tertuang dalam Putusan PN Mojokerto nomor 69/Pid.sus/2019/PN.Mjk tanggal 2 Mei 2019.

Hukuman 12 tahun penjara dan denda Rp100 juta subsider 6 bulan kurungan pun dijatuhkan pada Aris. Sebagai hukuman tambahan, hakim memerintahkan pada jaksa agar melakukan 'kebiri kimia'.

Dalam kasus ini, Aris sempat minta banding ke Pengadilan Tinggi (PT) Jawa Timur karena tidak terima dengan putusan hakim. Namun, oleh hakim PT, putusan hakim Pengadilan Negeri (PN) Mojokerto justru dikuatkan.

Vonis tersebut tertuang dalam Putusan PT Surabaya nomor 695/PID.SUS/2019/PT SBY pada 18 Juli 2019. Putusan ini pun dianggap berkekuatan hukum tetap, lantaran Aris tak lagi mengajukan keberatan alias kasasi.

 

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Cara Menghitung Kalori Makanan untuk Diet, Tepat dan Cepat

Posted: 26 Aug 2019 09:25 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Kalori digunakan untuk menghitung banyaknya energi dalam makanan dan minuman. Nah, jika ingin menurunkan berat badan, salah satu cara yang bisa dilakukan yaitu dengan diet kalori. Bagi kamu yang ingin melakukan diet tentunya membutuhkan cara menghitung kalori makanan untuk diet.

Diet ini merupakan pola makan yang membatasi asupan kalori yang dikonsumsi. Ya, hal ini perlu dilakukan karena merupakan kunci utama dari segala jenis diet adalah pengaturan porsi, jadwal, serta jenis makanan yang akan dikonsumsi dan berolahraga rutin. Semua hal ini merupakan yang paling dasar untuk mendapatkan berat badan yang ideal.

Namun ada beberapa hal yang bisa kamu lakukan untuk diet cepat berhasil, misalnya saja dengan cara menghitung kalori makanan yang kamu makan. Tujuan dari menghitung kalori makanan adalah untuk meningkatkan kesadaran kamu terhadap apa yang kamu makan. Nah, dengan mengetahui semua kalori dari makanan yang kamu konsumsi, kamu bisa lebih berhati-hati dalam memilih makanan yang akan dimakan.

Berikut ini Liputan6.com, Selasa (27/8/2019) telah merangkum dari berbagai sumber tentang cara menghitung kalori makanan untuk diet.

Pentingnya Menghitung Kalori Makanan untuk Diet

Menghitung Kalori (Via: weightlossmiss.com)

Terdapat berbagai cara yang bisa dilakukan untuk membantu menurunkan berat badan. Melakukan diet sehat dan mengurangi kalori merupakan cara yang paling aman dan praktis. Namun, mencari tahu jumlah kalori yang dibutuhkan tubuh dan yang harus dikurangi cukup membingungkan dan sulit untuk dihitung.

Pasalnya, kunci utama dari segala jenis diet adalah mengatur porsi, jadwal, serta jenis makanan yang dikonsumsi secara rutin. Semuanya itu merupakan hal yang paling dasar untuk mendapatkan berat badan yang ideal. Ada beberapa hal yang bisa kamu lakukan untuk membuat diet cepat berhasil, salah satunya adalah dengan cara menghitung kalori makanan untuk diet.

Terdapat berbagai macam persamaan, estimasi dan grafik yang dapat membantu kamu untuk menghitung tingkat kalori dalam menurunkan berat badan. Selain menggunakan kalkulator atau grafik yang sudah tersedia di internet, ada persamaan yang dapat digunakan untuk menentukan target kalori khusus untuk tubuh kamu.

Metode dengan cara menghitung kalori makanan untuk diet sebenarnya sama saja seperti ketika kamu membuat jadwal atau diari makanan setiap harinya. Memiliki tujuan yang sama, di mana dengan menghitung kalori makanan agar kamu bisa lebih meningkatkan kesadaran terhadap apa yang kamu makan.

Cara Menghitung Kalori Makanan untuk Diet

Cara Menghitung Kalori Makanan untuk Diet

Nah, dengan mengetahui semua kalori dari makanan yang kamu monsumsi, kamu bisa lebih berhati-hati lagi dalam emmilih makanan yang akan dimakan. Berikut cara menghitung kalori makanan untuk diet yang perlu kamu terapkan demi mendapatkan hasil yang maksimal.

Menghitung dengan Menggunakan Rumus Harris-Bennedict

Cara menghitung kalori makanan untuk diet yang pertama adalah bisa menggunakan rumus Harris-Benedict. Rumus ini termasuk rumus yang sering digunakan oleh ahli gizi. Rumus Harris-Bennedict memperhitungkan usia, jenis kelamin, berat badan, tinggi badan, hingga level aktivitas fisik kamu.

Cara menghitung kalori makanan untuk diet untuk kebutuhan energy laki-laki adalah:

66,5 + 13,8 x (berat badan dalam kilogram) + 5 x (tinggi badan dalam cm) dibagi dengan 6,8 x usia

Sedangkan untuk perempuan:

655,1 + 9,6 x (berat badan dalam kilogram) + 1,9 x (tinggi badan dalam cm) dibagi dengan 4,7 x usia

Nah, hasil dari perhitungan tersebut kemudian dikalikan dengan faktor aktivitas fisik kamu. Apabila aktivitas fisik kamu rendah, maka dikalikan dengan 1,2. Sedangkan untuk aktivitas fisik sedang dikalikan dengan 1,3. Sementara untuk aktivitas fisik berat dikalikan dengan 1,4.

Menghitung dengan Rumus World Health Organization (WHO)

Cara menghitung kalori makanan untuk diet selanjutnya adalah dengan menggunakan rumus WHO. Berbeda dengan rumus sebelumnya, rumus ini lebih sederhana dan tidak memperhitungkan tinggi badan. Rumus WHO ini dibagi sesuai dengan kategori umur.

Contohnya saja, untuk mencari kebutuhan energy perempuan berusia 18 – 29 tahun digunakan rumus 14,7 x (berat badan dalam kilogram) + 496.

Sedangkan untuk mencari kebutuhan energy laki-laki usia 18 – 29 tahun digunakan rumus 15,3 x (berat badan dalam kilogram) + 679. Lalu hasilnya dikalikan dengan faktor aktivitas fisik.

Lakukan Prosedur Ini Saat Menjalankan Diet

Ilustrasi diet. Sumber foto: unsplash.com/rawpixel.

Jangan Mengandalkan Ingatan Saja

Bagi sebagian orang kerap hanya mengingat berapa kalori makanan yang telah dikonsumsi sebelumnya. Namun, ada baiknya untuk tetap mencatat atau memiliki catatan khusus untuk setiap saat kalori yang kamu konsumsi setiap harinya.

Bisa Menggunakan Alat Pencatat Kalori

Namun kamu tak perlu menggunakan alat yang canggih untuk mencatat kalori. Kamu hanya membutuhkan sebuah buku catatan kecil dan alat tulis yang bisa kamu bawa ke mana pun. Hal ini penting untuk dilakukan agar kamu mudah dalam menghitung serta mencatat kalori.

Hitung Kalori Makanan Ringan Juga

Jangan lupa untuk menghitung makan-makanan kecil dah hal lainnya yang mungkin bisa membuat diet kamu kamu gagal. Meskipun kamu ngemil dalam jumlah yang sedikit, tetapi tetap saja ada kandungan kalori di dalamnya.

Kamu juga bisa melihat onformasi nilai gizi dari kemasan camilan yang kamu makan, sehingga kamu tak perlu repot untuk menghitungnya kembali.

Biasakan untuk Langsung Mencatat Setelah Makan

Jangan menunda-nunda untuk mencatat kalori makanan yang akan atau telah kamu makan. Oleh karena itu, penting untuk selalu membawa buku catatan kecil kemana-mana.

Jangan Mengira-ngira

Kelebihan asupan kalori bisa berasal dari perkiraan kamu yang selalu meleset. Banyak makanan yang justru kamu nilai kalorinya sedikit karena kamu tidak menggunakan porsi aslinya. Penting untuk menghitung porsi menggunakan ukuran rumah tangga untuk memudahkan.

Gunakan Timbangan Makanan

Jika ingin lebih akurat lagi, kamu bisa menggunakan timbangan makanan untuk menghitung kalori. Hal ini bisa kamu lakukan saat kamu sebelum mengonsumsi makanan. Penting untuk menimbang makanan tersebut sehingga mudah dikonversikan ke dalam kalori dan zat gizi lainnya. Kamu bisa menggunakan alat konversi online untuk mengetahui kalori makanan tersebut.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

2 Striker Cedera, PSG Batal Lepas Neymar?

Posted: 26 Aug 2019 09:20 PM PDT

Paris - Kabar buruk diterima PSG pekan ini. Dua striker mereka, Kylian Mbappe dan Edinson Cavani cedera dan harus absen beberapa pekan ke depan.

Kylian Mbappe dan Edinson Cavani sama-sama keluar lapangan pada laga melawan Toulouse pada akhir pekan kemarin. Hal itu membuat PSG kehilangan pemain andalan mereka setelah Neymar.

Mbappe mengalami cedera hamstring saat sedang melakukan sprint. Setelah menjalani pemeriksaan, Mbappe diprediksi harus menepi selama empat pekan.

Cedera tersebut membuat Mbappe tak bisa membela PSG saat laga Liga Champions pada pertengahan September mendatang. Kondisi itu membuat PSG berada di posisi yang merugikan.

Mbappe tak sendiri, karena Cavani juga mengalami cedera. Striker asal Uruguay itu mengalami cedera pinggul dan harus menepi selama tiga pekan.

Kondisi tersebut membuat PSG harus berpikir ulang untuk melepas Neymar.

Peluang Neymar Hengkang

Pemain PSG, Edinson Cavani. (AFP/Pierre-Philippe Marcou)

Peluang Neymar untuk hengkang dari PSG masih terbuka. Saat ini, Barcelona dan Real Madrid menjadi klub yang paling berpeluang untuk menampungnya.

Namun, cedera yang dialami Mbappe dan Cavani membuat PSG akan berpikir ulang untuk melepasnya. PSG membutuhkan Neymar untuk bisa menghadapi laga-laga berikutnya.

Sumber: Bola.com

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Kebakaran Dahsyat Hutan Amazon, Leonardo DiCaprio Donasikan Rp 71 Miliar

Posted: 26 Aug 2019 09:20 PM PDT

Liputan6.com, Los Angeles - Leonardo DiCaprio rupanya merasa unggahan keprihatinan di media sosial tak cukup untuk menanggulangi kebakaran dahsyat di Hutan Amazon. Ia juga melakukan aksi nyata, berupa memberi sumbangan dalam jumlah yang terbilang fantastis.

Dilaporkan oleh BBC, Selasa (27/8/2019), Earth Alliance, organisasi lingkungan yang didirikan dan dipimpin Leonardo DiCaprio bersama Laurene Powell Jobs dan Brian Sheth, mendonasikan uang senilai US$ 5 juta atau sekitar Rp 71 miliar.

Uang ini akan diberikan kepada kelompok setempat dan masyarakat asli yang membantu melindungi Hutan Amazon.

"Kami sangat prihatin dengan krisis yang terjadi di Amazon, terutama karena berkaitan dengan keseimbangan yang rapuh antara iklim, biodiversitas, dan kesejahteraan masyarakat asli di sana," begitu isi pernyataan resmi dari Earth Alliance.

Sebelumnya, lewat akun Instagram-nya Leonardo DiCaprio juga sempat berbicara mengenai langkah khusus yang diambil organisasinya ini dalam melawan kebakaran Hutan Amazon. 

Ajak Berdonasi

Aktor Hollyood Leonardo DiCaprio (AFP/Valerie Macon)

Lewat Instagram-nya, aktor Titanic ini juga menyatakan Earth Alliance memulai gerakan bertajuk Amazon Forest Fund. Dalam gerakan ini, masyarakat dunia bisa menyalurkan bantuan mereka kepada lembaga maupun masyarakat lokal yang selama ini berada di garda terdepan dalam melindungi Amazon.

"Amazon benar-benar butuh bantuan kita. Apakah Anda aktif dalam kegiatan filantropi, atau perseorangan, mohon ikut berdonasi di @EarthAlliance Amazon Forest Fund untuk membantu partner lokal kami dan masyarakat asli untuk melindungi Amazon, kehidupan yang ada di sana, dan kesehatan dari planet ini pada umumnya," tulis Leonardo DiCaprio.

 

Tak Mampu Menyumbang? Ada Cara Lain

Leonardo DiCaprio. (ROBYN BECK  AFP)

Lantas, bagaimana bila seseorang tidak mampu menyumbang? Jangan khawatir, pria 44 tahun ini mengatakan masih ada cara lain untuk ikut membantu Amazon.

"Bila kalian tidak bisa berkontribusi, ikuti [akun] @EarthAlliance dan sebarkan pesannya sehingga kami bisa mengumpulkan aksi dan membuat perubahan. Kami harap kalian bisa bergabung, apa pun yang kalian bisa."

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Ibu Kota Baru, Polri Rapatkan Satuan Kerja yang Bakal Pindah

Posted: 26 Aug 2019 09:19 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - - Pemerintah telah resmi mengumumkan pemindahan ibu kota dari Jakarta ke Penajam Paser Utara dan Kukar, Kalimantan Timur. Pengumuman pemindahan ibu kota ini diumumkan langsung oleh Presiden Joko Widodo.

Dengan adanya pemindahan ibu kota, secara otomatis sebagian besar pusat kegiatan di Jakarta pun akan bergeser ke Kalimantan Timur.

Menanggapi hal itu, Wakapolri Komjen Ari Dono Sukmanto mengatakan, pihaknya sudah melakukan rapat persiapan untuk memindahkan beberapa satuan-satuan kerja.

"Kita sudah rapat-rapat untuk pemindahan satuan-satuan kerja mana yang akan digeser dan tetap disini, (Jakarta)" kata Ari Dono usai membuka Rapat Koordinasi Pembina Samsat Tingkat Nasional 2019 dengan tema 'Peningkatan Pelayanan Publik Yang Mudah, Cepat, Transparan, dan Akuntabel Dengan Berbasis IT' di Hotel Bidakara, Pancoran, Jakarta Selatan, Selasa (27/8/2019).

Meski begitu, ia mengaku untuk pelayanan terhadap masyarakat di masing-masing Polda, Polres hingga Polsek tetap sama saja dan tak ada perubahan.

"Iya Mabes Polri, pemerintahan pusat kegiatan administrasi daripada kepolisian khususnya tentang strategi dan kebijakan pasti bergeser semua ke sana (Kaltim). Untuk pelayanan kan tetap sama seperti Polda-Polda ada, hanya pusat Mabes Polrinya saja," jelasnya.

Dengan adanya pemindahan ibu kota ke Kalimantan Timur, pihaknya tidak secara langsung untuk memindahkan semuanya.

"Iya, Insya Allah semua pasti akan simultan di sana," ujarnya.

Siapkan RUU

Menteri Perencanaan Pembangunan Nasional (PPN)/Kepala Bappenas, Bambang Brodjonegoro menyebut, perlu payung hukum untuk memindahkan ibu kota baru ke wilayah Kalimantan Timur. Pemerintah, kata dia, akan menyiapkan rancangan undang-undang (RUU) tentang ibu kota baru.

"Yang pasti satu UU mengenai ibu kota baru dan mungkin UU untuk Jakarta yang baru. Status Jakarta yang baru," ujar Bambang di Kompleks Istana Kepresidenan Jakarta, Senin (26/8/2019).

Bambang mengatakan, pemerintah secepatnya menyiapkan dokumen-dokumen terkait pemindahan ibu kota. Selain menyiapkan payung hukum, pemerintah juga akan membentuk sebuah badan khusus untuk menangani pembangunan di wilayah Kaltim.

"Ya nanti akan dibentuk badan yang menangani pembangunannya sekaligus pemindahan. Jadi satu badan," katanya.

Saksikan video pilihan berikut ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Capaian Kinerja Positif bank bjb Triwulan II 2019

Posted: 26 Aug 2019 09:17 PM PDT

Liputan6.com, Denpasar Di tengah perkembangan arus digitalisasi yang melaju semakin kencang, industri perbankan dituntut untuk terus melakukan inovasi dalam rangka merespon kebutuhan konsumen. Digitalisasi-pun menghadirkan era ekonomi digital yang serba instan, cepat, dan transparan menggantikan era ekonomi konvensional. 

Dalam konteks memenuhi kebutuhan transaksi digital yang kini menjadi andalan masyarakat, bank bjb telah melakukan berbagai langkah strategis, termasuk di antaranya dengan berfokus pada pengembangan aplikasi bjb Digi yang menjadi rumah bagi layanan berbagai fitur transaksi digital bank bjb.

Langkah konkret lain yang mencerminkan keseriusan bank bjb dalam menatap arus digitalisasi ini ialah dengan membentuk direktorat baru yang secara khusus berfokus pada bidang teknologi informasi dalam rangka mendukung penetrasi bisnis dan pelayanan bank bjb kepada masyarakat yakni Direktorat  IT, Treasury dan International Banking. 

Dengan keberadaan direktorat baru ini, pengembangan produk-produk digital yang selama ini dilakukan akan semakin terakselerasi. Nantinya, berbagai layanan digital yang digulirkan akan berorientasi untuk menciptakan model transaksi yang memudahkan, cepat, nyaman dan ramah bagi pengguna.

Bank dengan kode emiten BJBR ini, berhasil menorehkan capaian positif pada Triwulan II 2019. bank bjb berhasil mencatatkan pertumbuhan aset yang sebesar Rp120,7 triliun atau tumbuh sebesar 6,4% year on year. Diikuti oleh pertumbuhan kredit 8,2% menjadi sebesar Rp78,2 triliun dengan tetap memperhatikan kualitas kredit yang berhasil dijaga dengan baik, dimana rasio Non Performing Loan (NPL) dapat bertahan di level 1,7% atau lebih baik dibanding rasio NPL industri perbankan yang sebesar 2,61%. Dana Pihak Ketiga (DPK) yang dihimpun juga tercatat positif sebesar Rp95,1 triliun atau tumbuh 7% y-o-y. sehingga bank bjb berhasil membukukan laba bersih sebesar Rp803 miliar. 

Berbagai hasil positif ini diperoleh berkat komitmen bank bjb untuk terus-menerus meningkatkan kualitas pelayanan kepada masyarakat. Inovasi terus dilakukan guna merespon kebutuhan nasabah sekaligus memberikan kemudahan kepada para nasabah di era yang serba cepat. Peningkatan positif ini diharapkan berlangsung terus-menerus sehingga bank bjb tetap eksis di masa yang akan datang dan dapat merengkuh visi untuk bisa menjadi 10 bank terbesar dan berkinerja baik di Indonesia lewat bisnis yang berkualitas dan berkelanjutan, ujar Yuddy selaku Direktur Utama bank bjb. 

Atas kinerja positif yang berhasil ditorehkan Perseroan, sampai Triwulan II 2019 bank bjb berhasil mendapatkan beberapa penghargaan di antaranya Top Brand Award 2019 untuk kategori Provincial Bank Savings Account  In Recognition of Outstanding Achievement in Building the Top Branding untuk produk Tandamata My First  dari Top Brand, The Big – 3 The Best Indonesia Sales & Marketing Award III 2019  dalam kategori Regional Bank - Public Company dari Economic Review, Top Digital Transformation in Smart Regional Banking Industry 2019 dalam TOP IT & TELCO Award 2019, Peringkat 38 dalam Top 100 Indonesia Most Valuable Brand 2019 dari Brand Finance SWA, Investro Award Best bank 2019 Inovasi Layanan Perbankan Digital dalam kategori Bank Pembangunan Daerah dari Majalah Investor.

"Kami meyakini di dalam setiap perubahan akan selalu ada peluang dan tantangan untuk dihadapi. bank bjb selalu menghadapi tantangan-tantangan baru ini dengan kacamata optimis dan menganggap hal tersebut sebagai ajang pembuktian bahwa bank bjb memang merupakan perbankan yang adaptif dan dinamis dalam merespon kebutuhan masyarakat," tutup Yuddy.

 

 

(Adv)

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

VIDEO: Hindari Hujan Pertama Setelah Kemarau Panjang

Posted: 26 Aug 2019 09:16 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Setelah kemarau panjang, beberapa daerah di Indonesia mulai hujan. Namun ternyata hujan pertama setelah kemarau panjang bisa berdampak buruk.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

7 Monumen Megah Dunia yang Ternyata Punya Makna Mengejutkan

Posted: 26 Aug 2019 09:15 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Setiap monumen megah dan indah yang menghias kota, tentu memiliki arti yang mendalam. Selain memiliki arti, sebuah monumen pun dibuat untuk mengenang sebuah peristiwa yang terjadi di masa lalu agar orang di kehidupan mendatang tetap ingat akan kejadian masa itu.

Banyak sekali seniman yang tersebar di seluruh dunia yang mencurahkan segala ide dan keahliannya dalam membuat sebuah karya seni. Dalam setiap seninya pasti memiliki makna dan latar belakang dalam pembuatannya.

Setelah karya seni berupa monumen ini selesai, hasil kerja kerasnya pun di pajang di sebuah tempat yang mudah disaksikan oleh masyarakat. hal itu agar makna yang diungkapkannya dapat diketahui dan tersebar luas di masyarakat.

Ada beberapa monumen yang dalam penempatannya sering berpindah-pindah. Berpindahnya ini pun agar orang-orang yang berada di wilayah tersebut dapat melihat dan mengetahui makna yang disampaikan.

Berikut 7 monumen megah dunia yang miliki makna mengejutkan yang Liputan6.com lansir dari brightside, Selasa (27/8/2019).

1. Knife Angel dibuat oleh seniman Alfie Bradley yang ada di Inggris

Knife Angel oleh Alfi Bradley (Sumber: britishironworkcentre)

Alfie Bradley menciptakan patung malaikat setinggi 8,2 meter yang menakjubkan. Patung malaikat ini terbuat lebih dari 100.000 pisau yang dikumpulkan oleh pihak kepolisian Inggris dari pelaku kriminal. Patung ini pun untuk menyadarkan masyarakat bahwa pisau adalah sebuah benda yang sangat berbahaya apabila digunakan dalam tindak kejahatan, meski pisau sering ada di dapur untuk memasak.

Monumen ini pun dalam beberapa waktu tertentu akan berpindah-pindah ke sudut kota-kota di Inggris untuk memberitahukan kepada masyarakat luas akan berbahayanya sebuah pisau dalam tindak kejahatan.

 

 

2. The Miraculous Journey oleh Damien Hirst yang ada di Qatar

The Miraculous Journey oleh Damien Hirst (Sumber: East News/Abd Rabbo Ammar)

Sebuah monumen yang menakjubkan ini terletak di luar Pusat Penelitian dan Medis Sidra di Doha, Qatar. Monumen ini terdiri dari 14 patung perunggu berukuran besar yang masing-masing menunjukkan tahap pertumbuhan embrio dalam rahim dari konsepsi hingga kelahiran. The Miraculous Journey membangkitkan perasaan kontroversial kepada pengamat di timur dan bahkan tertutup dari pandangan publik selama beberapa waktu.

Inilah yang dikatakan Damien Hirst, pencipta monumen tentang ide-ide yang dialamatkan dalam karyanya.

"Pada akhirnya, perjalanan yang dilalui bayi sebelum kelahiran lebih besar daripada apa pun yang akan ia alami dalam kehidupan manusianya. Saya berharap patung itu akan menanamkan rasa kagum dan kagum pada pemirsa pada proses manusia yang luar biasa ini, yang akan segera terjadi di Pusat Medis Sidra, serta setiap detik di seluruh dunia. " 

3. Building Bridges oleh Lorenzo Quinn di Venesia

Building Bridges oleh Lorenzo Quinn di Venice (Sumber: Instagram/mickyintour)

Bagaimana kita membuat dunia menjadi tempat tinggal yang lebih baik? Persahabatan, kebijaksanaan, bantuan, iman, harapan, dan cinta ini adalah bahan untuk dunia yang lebih baik dan orang-orang yang lebih bahagia menurut Lorenzo Quinn, seorang seniman Italia yang terkenal.

6 kebajikan ini diwujudkan dalam 6 pasang tangan yang membangun jembatan bersama. Ini adalah salah satu karya terbaru Quinn yang dibangun untuk Venice Art Biennale 2019.

4. Corporate Head oleh Terry Allen di California, USA

Corporate Head oleh Terry Allen di California, USA (Sumber: Instagram/kwgulozbek)

Patung perunggu seukuran manusia yang mengesankan dari seorang pria yang telah membenamkan kepalanya di gedung itu berada di Los Angeles, California di AS. Patung tersebut mewujudkan seorang pengusaha yang telah mencurahkan seluruh hidupnya untuk mendapatkan keuntungan bagi dirinya dan perusahaan tempat dia bekerja. Dia dipisahkan dari gedung kantor hanya dari leher ke bawah, yang berarti pikirannya telah sepenuhnya diserap oleh pendirian tempat dia bekerja.

Patung itu menggambarkan langkah kehidupan modern di mana orang harus memikul beban ekonomi dan menghabiskan seluruh hidup mereka bekerja dalam bisnis, sering kali kehilangan hal-hal yang jauh lebih penting daripada kekayaan materi.

5. Sphere Within a Sphere oleh Arnaldo Pomodoro di Vatikan Museum

Sphere Within a Sphere oleh Arnaldo Pomodoro di Vatican Museum (Sumber: Instagram/allegra_guastella)

Patung indah ini memukau pemirsa penonton dengan struktur kompleks bola yang retak pada bagian luar dan bagian dalam serta banyak roda gigi rumit di dalamnya. Seniman, Arnaldo Pomodoro, suka mempelajari bentuk-bentuk geometris sederhana dalam karyanya dan berhasil menyembunyikan makna yang mendalam di balik bentuk-bentuk sederhana itu.

Sphere Within a Sphere sekali lagi mengingatkan kita bagaimana segala sesuatu di alam semesta saling berhubungan, betapa rapuhnya dunia kita, dan betapa mudahnya ia dapat dipecah-pecah.

6. Pria yang Mengukur Awan oleh Jan Fabre

Pria yang Mengukur Awan oleh Jan Fabre (Sumber: Instagram/_just.steph)

Karya seni unik ini dengan sentuhan akhir daun emas adalah bagian dari Venice Art Biennale tahun 2019 dan memperlihatkan pemirsa seorang pria yang naik ke ketinggian 9 meter dan mencoba mengukur awan dengan penggaris. Patung ini dapat diartikan sebagai upaya putus asa seseorang untuk membuat yang tidak mungkin menjadi mungkin, sebagai upaya kita yang tak berkesudahan untuk melampaui diri kita sebagai umat manusia, atau sebagai anggukan pada filsafat kuno yang berpikir bahwa manusia adalah tolok ukur dari semua hal.

7. Diserap oleh Cahaya karya Gali Lucas dan Karoline Hinz

Diserap oleh Cahaya oleh Gali Lucas dan Karoline Hinz (Sumber: Instagram/stefansagmeister)

3 Orang duduk di bangku dan tersedot oleh ponsel mereka sedemikian rupa sehingga mereka bahkan tidak saling memperhatikan. Apa yang bisa menggambarkan era kita lebih baik?

Instalasi yang merupakan bagian dari Amsterdam Light Festival melambangkan bagaimana teknologi modern menghubungkan dan memutus kita pada saat yang sama. Ketika kamu berjalan di malam hari di lain waktu, melihat-lihat dan kamu akan melihat gambar yang sama. Puluhan orang di sekitar dengan wajah mereka yang cerah oleh ponsel mereka.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Wonderkid Barcelona Nyaris Pindah ke Real Madrid

Posted: 26 Aug 2019 09:15 PM PDT

Liputan6.com, Barcelona- Ansu Fati jadi buah bibir di Spanyol pekan ini. Remaja 16 tahun itu untuk pertama kalinya tampil di tim senior Barcelona kala bersua Real Betis pada Minggu (27/8/2019).

Pada laga yang dimenangi Barcelona 5-2, Fati masuk sebagai pemain pengganti di menit 78. Fati menggantikan pemain muda lainnya Carlez Perez.

Dengan bermain pada laga tersebut, Ansu masuk dalam buku sejarah Tim Catalan. Pemain asal Guinea-Bissau tersebut berstatus sebagai pesepak bola muda kedua yang memperkuat Barcelona, dalam usia 16 tahun 298 hari.

Dia hanya terpaut 20 hari dari Vicenc Martinez yang menjadi pemain termuda yang membela Blaugrana di La Liga. Martinez menorehkan hal tersebut pada musim 1941-1942, atau 78 tahun silam.

Rupanya Fati sempat hampir pindah ke Real Madrid. Sebelum memutuskan bergabung dengan Barcelona, Fati mendapat tawaran mewah dari Real Madrid.

Komentar

Ansu Fati (Twitter)

"Saya mendapat tawaran dari Madrid untuk uang yang banyak, tetapi Albert Puig datang dan mengatakan kepada saya bahwa mereka adalah Barca dan mereka memiliki proyek," ungkap ayah Fati, Bori kepada RAC1.

"Dalam beberapa tahu saya akan melihatnya disana. Kami tahu dia bekerja keras tapi kami tidak dapat membayangkan bila dia dapat bermain dengan binatang buas ni. Berlatih bersama Gerard Pique," tegas Bori.

Klasemen Liga Spanyol

 

 

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Mobil Listrik Diusulkan Bebas Ganjil Genap dan Gratis Parkir di Mall

Posted: 26 Aug 2019 09:15 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Kamar Dagang dan Industri (Kadin) Indonesia menyatakan optimisme terkait pengembangan mobil listrik di Tanah Air. Itu lantaran kekayaan alam Nusantara yang banyak menyediakan bahan baku untuk produksi kendaraan listrik.

Namun begitu, Ketua Umum Kadin Indonesia Rosan P Roeslani memperingatkan, negara masih punya pekerjaan rumah untuk meningkatkan pengetahuan teknis terkait produksi kendaraan listrik.

"Marilah kita mengambil momentum ini untuk membangun industri elektrifikasi kendaraan bermotor di kita. Di kita alhamdulilah raw material lengkap, tinggal technical know-how yang diperbaiki," imbuh dia di Menara Kadin, Jakarta, Selasa (27/8/2019).

Senada, Wakil Ketua Umum Kadin Bidang Perindustrian Johnny Darmawan menyampaikan rasa syukur bahwa tanah Indonesia menyimpan kekayaan bahan baku mobil listrik. Dia juga mengajak pihak terkait untuk lebih memperdalam teknik produksinya.

"Ada satu bahan baku yang kecil tapi kita belum punya, yaitu teknologi. Saya mengharapkan dengan ada pakar di sini bisa memperbaiki juknis sehingga nantinya secara produksi bisa mendekati sempurna," tutur dia.

 

Bebas Ganjil Genap

Ketua Umum Kamar Dagang dan Industri, Rosan P. Roeslani saat berpidato pada pertemuan dengan MAVCAP (Malaysia Venture Capital Management Berhad)  di Jakarta, Selasa (23/2). (Liputan6.com/Angga Yuniar)

Lebih lanjut, Rosan mengutarakan, berdasarkan Peraturan Presiden (Perpres) Nomor 55/2019, pada 2025 nanti setidaknya ditargetkan ada 20 persen kendaraan listrik di pasar otomotif Indonesia. Maka dari itu, ia menekankan pentingnya kolaborasi dari semua pelaku industri terkait.

Tak hanya pelaku industri, pemerintah baik pusat dan daerah dinilainya juga perlu membuat kebijakan yang dapat mendorong masyarakat untuk beralih menggunakan kendaraan listrik.

"Saya sempat ngomong dengan pak Anies (Baswedan), nanti kalau electric car gak usah kena ganjil-genap dan kena ongkos parkir di mall lah. Itu supaya kita mau beralih ke electric car," ujar dia.

 

 

 

Pemerintah Targetkan Pengadaan 10 Ribu Mobil Listrik di 2025

Teknologi fast charging pada mobil listrik BMW i8 Roadster dipamerkan dalam GIIAS 2019 di ICE BSD, Tangerang, Jumat (19/7/2019). Konsumsi bahan bakar gabungan dalam siklus pengujian kendaraan plug in hybrid adalah 47,6 km/liter, ditambah 14.5 kWh energi listrik per 100 km. (Liputan6.com/FeryPradolo)

Pemerintah terus mendorong penggunaan kendaraan bermotor listrik, baik itu motor maupun mobil listrik kepada masyarakat luas. Selain karena ramah lingkungan, Indonesia juga ditargetkan untuk bisa memproduksi kendaraan listrik di tanah sendiri.

Direktur Jenderal Perhubungan Darat Kementerian Perhubungan (Kemenhub) Budi Setiyadi mengatakan, inisiasi pemerintah ini turut ditunjang oleh kesiapan beberapa produsen kendaraan roda dua dan roda empat dalam membuat pabrik kendaraan listrik di sejumlah wilayah.

Dalam waktu dekat ini, PT Wijaya Karya (Persero) Tbk atau Wika melalui anak usaha Wika Industri Manufaktur menyatakan kesiapan untuk membangun pabrik motor listrik Gesits di Bali. Namun, Budi mengaku belum mengetahui kabar tersebut.

"Oh, belum tahu juga," ungkapnya saat berbincang dengan Liputan6.com di Jakarta, seperti dikutip Sabtu (24/8/2019).

Akan tetapi, ia mendukung upaya berbagai perusahaan yang hendak membangun pabrik mobil listrik. Sebab, hasil produksi itu akan bantu target pengadaan kendaraan listrik pada 2025 yang sebanyak 10 ribu unit.

"Kalau target Kementerian Perindustrian tahun 2025 itu 10 ribu unit, banyak banget itu. Itu tantangan juga. Tapi sudah ada target dari Kementerian Perindustrian untuk bangun cukup banyak itu," ujar dia.

Bentuk keseriusan ini disebutnya memang sengaja ditampilkan untuk memperlihatkan kepada masyarakat bahwa pemerintah mau kendaraan listrik yang ramah lingkungan mulai menghiasai jalanan di berbagai kota di Tanah Air.

"Saya bukan bicara target angkanya, tapi adalah apa yang harus kita lakukan sekarang ini supaya cepat men-develop pabrik-pabrik itu segera bangun. Ini kita lakukan supaya masyarakat jadi lebih tahu bahwa ini sudah harus digunakan," tutur dia.

Selain di Jawa, Budi tak menutup kemungkinan jika pabrik kendaraan bermotor listrik turut didirikan di berbagai wilayah lain di Indonesia. Di samping itu, pemerintah juga bakal mengeluarkan peraturan khusus bagi para pengguna mobil listrik, seperti dibebaskan dari aturan ganjil-genap.

"Itu sangat mungkin. Mungkin nanti beberapa kota akan kita jadikan sebagai bahan proyek penggunaan sepeda motor, itu harus kita dorong. Misal, di Thamrin-Sudirman sampai sekarang boleh masuk (saat ganjil-genap diberlakukan). Itu supaya mendorong masyarakat beralih menggunakan motor listrik," pungkasnya.

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Polda Jatim Kembali Periksa Tujuh Saksi soal Insiden Asrama Mahasiswa Papua di Surabaya

Posted: 26 Aug 2019 09:11 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Penyelidikan insiden di depan asrama Mahasiswa Papua di Jalan Kalasan Surabaya dibagi dalam dua kasus yang ditangani Tim Polda Jatim dan Polrestabes Surabaya.

"Penyelidikannya dibagi dua kasus, yakni pertama dugaan perusakan bendera dan lainnya tentang ujaran kebencian atau rasisme," ujar Kapolda Jatim Luki Hermawan, seperti melansir Antara, Selasa (27/8/2019).

Dia menuturkan, Polrestasbes Surabaya menangani kasus dugaan perusakan bendera. Sedangkan Polda Jatim menangani dugaan ujaran rasis.

Tim Polrestabes Surabaya masih melakukan pemeriksaan terhadap sejumlah saksi yang terdiri atas 42 mahasiswa Papua dan sisanya dari masyarakat serta organisasi masyarakat (ormas) sehingga totalnya ada sekitar 64 saksi.

"Kasus bendera ini kasus inti atau yang awal sebelum terjadi masalah lain," tutur dia.

Para mahasiswa telah diperiksa pada Sabtu, 17 Agustus 2019  dan diamankan di Mapolrestabes yang semuanya menyatakan tidak tahu tentang perusakan bendera di depan asrama mahasiswa Papua di Surabaya.

Adapun dugaan ujaran rasial yang ditangani Polda Jatim pada Sabtu, 24 Agustus 2019, sembilan orang diperiksa yaitu dari unsur ormas, petugas kecamatan dan masyarakat setempat.

Pada Senin, ia menuturkan juga dilakukan kembali pemeriksaan terhadap tujuh saksi. "Kami lihat hasil pemeriksaan, kalau ada perkembangan lalu mengarah ke mana, nanti kami sampaikan," ujar dia.

 

(Wiwin Fitriyani, mahasiswi Universitas Tarumanagara)

Jatim Jadi Tuan Rumah Pertemuan Bahas Solusi Papua

Khofifah Indar Parawansa (Sumber: Instagram/@khofifah.ip)

Sebelummya, Kementerian Dalam Negeri memastikan Jawa Timur menjadi tuan rumah pertemuan dan silaturahim membahas penyelesaian tentang persoalan di Papua serta Papua Barat. Pertemuan itu ditargetkan berlangsung akhir bulan ini.

"Kami usahakan akhir Agustus 2019. Cuma, jadwalnya kami serahkan sepenuhnya ke Gubernur," ujar Pelaksana Tugas (Plt) Direktur Jenderal Otonomi Daerah Akmal Malik usai menggelar pertemuan dengan Gubernur Jatim Khofifah Indar Parawansa di Gedung Negara Grahadi di Surabaya, Selasa 20 Agustus 2019, dilansir Antara.

Selain Gubernur Jatim sebagai tuan rumah, akan hadir pada pertemuan itu adalah Gubernur Papua Lukas Enembe, Gubernur Papua Barat Dominggus Mandacan, Menteri Dalam Negeri Tjahjo Kumolo, Menkopolhukam Wiranto, dan Kapolri Jenderal Polisi Tito Karnavian.

Menurut dia, pertemuan tersebut menjadi langkah untuk memberikan jaminan bagi warga Papua yang menempuh pendidikan di Jawa Timur dan sebaliknya, warga Jatim yang ada di Papua dan Papua Barat.

Sementara itu, Gubernur Khofifah mengaku siap menjadi tuan rumah untuk menyelesaikan persoalan di Papua, sekaligus menggagas adanya sister province antara Jatim dan Papua serta Papua Barat.

"Biasanya sister city itu dengan luar negeri, tapi sekarang provinsi dengan provinsi. Jadi, akan ada provinsi kembar antara Papua Barat dan Jatim, lalu Papua dan Jatim. Jadi, bisa saja kerja sama di dunia pendidikan hingga life skill vocasional training," katanya.

Dia mengatakan pihaknya akan segera mengatur waktunya dan berkoordinasi intensif dengan Mendagri.

"Saya berharap tidak terlalu lama dan formatnya nanti ada kesepakatan kerja sama di bidang pendidikan hingga sumber daya manusia," kata mantan menteri sosial tersebut.

 

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Diam-Diam, Suzuki Patenkan Desain Hayabusa Terbaru

Posted: 26 Aug 2019 09:08 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Suzuki Hayabusa merupakan sportsbike asal Jepang yang tersohor namanya di berbagai belahan dunia. Pada tahun 1991 silam, motor ini menjadi motor terkencang di dunia dengan kecepatan 310 kpj.

Tahun lalu, setelah 20 tahun mengaspal, Suzuki Hayabusa secara resmi disuntik mati. Hal itu tak terlepas dari mesinnya yang tak sesuai dengan standar emisi gas buang di Eropa.

Ternyata Suzuki tak benar-benar menghapus nama Hayabusa. Januari 2019 lalu, pabrikan asal Jepang itu mematenkan mesin baru, dan diduga kuat akan digunakan pada generasi teranyar Suzuki Hayabusa.

Kini, mengutip dari Bennetts.co.uk, Suzuki kembali mematenkan gambar terbaru Suzuki Hayabusa. Dokumen ini memuat keterangan yang lebih lengkap, mulai bagian depan sampai belakang.

 

 

Desain Terbaru

Desain Suzuki Hayabusa 2021 (Bennetts.co.uk)

Sektor depannya tampak dihuni suspensi upside-down dan setang clip-on. Komponen ini jelas mengindikasikan bahwa motor tersebut adalah sebuah sportsbike.

Mesinnya terlihat sedikit berbeda dengan paten Januari 2019. Dapur pacu tersebut nampaknya masih akan menggunakan transmisi konvensional. Jantung penggerak ini tentu dikawinkan dengan knalpot yang lebih rendah emisi.

Menariknya, beredar rumor bahwa mesin Suzuki Hayabusa nantinya juga memiliki varian transmisi semi-auto. Hanya saja, masih belum ada informasi lebih detail terkait isu tersebut.

Kabarnya, Suzuki Hayabusa terbaru ini akan menampakkan wujudnya pada tahun 2020 mendatang. Bisa jadi, sportsbike legendaris tersebut dijual mulai 2021 di seluruh dunia. Menarik untuk ditunggu.

Sumber: Otosia.com

  

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Donald Trump Bersikeras Ingin KTT G7 2020 Digelar di Resor Mewahnya

Posted: 26 Aug 2019 09:07 PM PDT

Liputan6.com, Biarritz - Meski mengakui ingin menggelar KTT G7 tahun depan di salah satu resor mewahnya, namun Presiden Amerika Serikat (AS) Donald Trump membantah hal itu sebagai upaya mencari keuntungan saat maju di pemilu presidensial 2020.

Trump mengatakan pada hari Senin, bahwa selama menjabat presiden AS, dia telah mengeluarkan biaya antara US$ 3 miliar (setara Rp 42,7 triliun) hingga US$ 5 miliar (setara Rp 7,11 triliun).

"Saya tidak ingin menghasilkan uang. Saya tidak menghasilkan uang," kata Donald Trump, sebagaimana dikutip dari The Guardian pada Selasa (27/8/2019).

Pernyaraan tersebut disampaikan Trump di hadapan wartawan dalam konferensi pers bersama dengan Presiden Prancis Emmanuel Macron, Senin 26 Agustus, sebelum penutupan KTT G7.

Donald Trump mengkonfirmasi untuk pertama kalinya bahwa resor Trump National Doral Miami, yang sedang menjalani renovasi di negara bagian Florida, adalah pilihan paling mungkin untuk penyelenggaraan KTT G7 tahun depan.

Menurut para pengamat, menjadi tuan rumah KTT G7 2020 akan membebani pembayar pajak AS hingga ratusan juta dollar.

Dana sebesar itu digunakan untuk membiayai penyelenggaraan agenda terkait di Doral, sebuah resol golf seluas 800 acre (sekitar 3,2 hektar) milik Donald Trump, yang berlokasi dekat dengan Bandara Internasional Miami.

 

 

Klaim Trump Dinilai Tidak Mendasar

Donald Trump dalam safari politiknya di Biloxi, negara bagian Mississippi, pada November 2018 (AFP/Jim Watson)

Di lain pihak, Donald Trump mengatakan dia telah kehilangan uang sebagai presiden.

"Saya sudah menghabiskan, dan saya pikir saya akan, dalam kombinasi kerugian dan peluang, mungkin akan dikenakan biaya di mana saja dari US$ 3 miliar hingga US$ 5 miliar untuk menjadi presiden. Satu-satunya hal yang saya pedulikan adalah negara ini," kata Trump.

"Saya dulu menghasilkan banyak uang untuk berpidato. Sekarang saya memberikan pidato sepanjang waktu, dan apa yang saya dapat? Zippo (merek pemantik api)," lanjutnya.

Banyak pengamat menilai klaim Trump tidak berdasar, karena angka nominal besar di atas tidak dapat diperhitungan begitu saja.

Namun, Trump menjejali kerumunan pers di Biarritz tentang statistik real estat dan fakta terkait properti Doral.

"Kebetulan, Doral hanya berjarak lima menit dari bandara, tepat di sebelhnya," kata Trump.

"Dan omomg-omomg, orang (di pemerintahan) saya mensurvei 12 lokasi lain, semuanya bagus, tetapi itu ada berjarak dua jam dari bandara, bahkan ada juga yang hingga empat jam," lanjutnya.

"Kami (di Trump Property) memiliki serangkaian bangunan yang luar biasa, kami menyebutnya bungalow, masing-masing menampung 50 hingga 70 kamar, mereka memiliki pemandangan yang luar biasa. Dan salah satu yang juga kami miliki adalah Miami,", sambung Trump.

 

Trump: Saya Tidak Peduli Menghasilkan Uang

Ekspresi Presiden AS Donald Trump saat menghadiri National Prayer Breakfast atau Sarapan Doa Nasional di sebuah hotel di Washington DC (8/2). (AFP Photo/Mandel Ngan)

Donald Trump melanjutkan promosinya dengan menyebut luasnya lahan parkir yang tersedia, di mana menurut koran Washington Post, hal itu sebagai dampak menurunnya pendapatan bersih operasional sebanyak 69 persen dalam dua tahun terakhir.

"Ballroom kami adalah yang terbesar di Florida, dan juga yang terbaik," kata Trump. "Setiap negara dapat memiliki villa sendiri, atau bungalow mereka sendiri, dan bungalow seperti yang saya katakan tadi, memiliki banyak unit di dalamnya."

Trump menyimpulkan: "Saya tidak ingin menghasilkan uang. Saya tidak peduli untuk menghasilkan uang ... Ini bukan tentang saya, ini tentang mendapatkan lokasi yang tepat."

Saksikan video pilihan di bawah ini: 

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Jadi Ibu Kota Baru, Ini 5 Fakta Penajam Paser Utara yang Jarang Diketahui

Posted: 26 Aug 2019 09:05 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Beberapa waktu terakhir Kalimantan Timur ramai menjadi perbincangan masyarakat karena disebut-sebut sebagai lokasi ibu kota baru menggantikan DKI Jakarta. Pada Senin Siang, (26/8/2019) di Istana Negara Presiden Joko Widodo akhirnya resmi mengumumkan lokasi yang dipilih sebagai calon ibu kota Indonesia yang baru.

Sebelumnya kabar mengenai ibu kota baru ini mulai ada titik temu saat Jokowi meminta izin di hadapan anggota dewan dalam pidato kenegaraan sebelum Hari Kemerdekaan Indonesia. Presiden Joko Widodo atau Jokowi mengumumkan lokasi ibu kota baru berada di sebagian Kabupaten Penajam Paser Utara dan di sebagian Kutai Kartanegara, Provinsi Kalimantan Timur.

Jokowi mengatakan, ada alasan mengapa ibu kota dipindah ke kedua wilayah tersebut. Pertama, kondisi kedua wilayah tersebut sudah dikaji kurang lebih tiga tahun dan jauh dari potensi bencana alam seperti gempa. Kedua, lokasinya strategis berada di tengah-tengah Indonesia. Ketiga, dekat dengan wilayah kota yang berkembang, yaitu Balikpapan dan Samarinda.

Namun berbicara mengenai Penajam Paser Utara, mungkin tidak banyak tahu dan baru mengetahui calon ibu kota negara ini. Berikut Liputan6.com rangkum dari berbagai sumber 5 fakta Penajam Paser Utara calon ibu kota baru yang jarang diketahui, Selasa (27/8/2019).

1. Penajam Paser dulunya merupakan sebuah kerajaan

Dulunya wilayah Penajam dihuni Suku Paser Tunan dan Suku Paser Balik. Kelompok-kelompok suku di sana hidup secara terpencar.

Masing-masingnya mendirikan kerajaan kecil yang biasa disebut Kerajaan Adat. Mereka menjalankan tradisi yang telah diwariskan secara turun-temurun, salah satunya bermatapencaharian sebagai nelayan dan petani.

Banyak di antaranya mengalami kepunahan hingga menyimpan legenda yang selalu hidup di masyarakat hingga saat ini. Sangat disayangkan belum ada catatan resmi tentang kisah dari kerajaan kecil yang dulu pernah berjaya. Sejak Kerajaan Paser mulai berdiri, kawasan pemerintah Suku Adat Tunan dan Penajam jadi bagian wilayah kerajaan.

2. Wilayah Penajam Paser Utara

Wilayah Kabupaten PPU yang terletak di Kalimantan Timur tersebut dipimpin oleh Bupati bernama Abdul Gafur Mas'ud, yang terpilih untuk periode 2018-2023. Berdasarkan data dari Badan Pusat Statistik, Kabupaten PPU tercatat memiliki wilayah seluas 3.333,06 km persegi, yang terdiri dari 3.060,82 km persegi wilayah daratan, serta 272,24 km persegi wilayah laut.

3. Ekonomi masyarakat Penajam Paser Utara

Kabupaten Penajam Paser Utara memiliki sumber daya alam yang cukup banyak dan beragam. Baik sumber daya hutan berikut hasilnya, perkebunan, pertanian, perikanan, peternakan, pertambangan serta Kehutanan. Potensi ekonomi tersebut merupakan peluang bagi penduduk untuk menambah pendapatan mereka dan meningkatkan kesejahteraan masyarakat.

4. Penduduk Penajam Paser Utara

Wilayah Penajam Paser Utara identic dengan wilayah transmigran. Warga asal pulau Jawa, menempati porsi sekitar 60 persen menempati wilayah Penajam Paser Utara (PPU) yang sebagian besar wilayah transmigrasi.

Sementara, sisanya berasal dari Sulawesi dan juga Kalimantan Selatan. Diperkirakan jumlah penduduk di Penajam Paser Utara sebanyak 157.711 jiwa, Kabupaten PPU tercatat memiliki empat kecamatan yakni Kecamatan Babulu, Kecamatan Waru, Kecamatan Penajam, dan Kecamatan Sepaku.

5. Wisata di Penajam Paser Utara

Jika berbicara mengenai wisata yang ada di Penajam Paser Utara mungkin belum banyak yang terekspos dan dikelola dengan baik. Namun, potensi wisata di calon ibu kota negara ini sedikit banyaknya sudah ada. Seperti, air terjun tersembunyi yang bernama air terjun Tembinus, penangkaran rusa yang cukup luas, pantai Sipakario dan taman hutan mangrove.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

FOTO: Tolak Diskriminasi, Disabilitas Gelar Pawai Budaya

Posted: 26 Aug 2019 09:03 PM PDT

Sejumlah penyandang disabilitas mengikuti pawai budaya di kawasan MH Thamrin, Jakarta, Selasa (27/8/2019). Kegiatan bertema

Sejumlah penyandang disabilitas mengikuti pawai budaya di kawasan MH Thamrin, Jakarta, Selasa (27/8/2019). Kegiatan bertema "Menuju Disabilitas Merdeka" tersebut menuntut pemerintah Indonesia untuk tidak melakukan diskriminasi terhadap mereka. (Liputan6.com/Faizal Fanani)

Sejumlah penyandang disabilitas mengikuti pawai budaya di kawasan MH Thamrin, Jakarta, Selasa (27/8/2019). Kegiatan bertema

Sejumlah penyandang disabilitas mengikuti pawai budaya di kawasan MH Thamrin, Jakarta, Selasa (27/8/2019). Kegiatan bertema "Menuju Disabilitas Merdeka" tersebut menuntut pemerintah Indonesia untuk tidak melakukan diskriminasi terhadap mereka. (Liputan6.com/Faizal Fanani)

Penyandang disabilitas netra mengikuti pawai budaya di kawasan MH Thamrin, Jakarta, Selasa (27/8/2019). Kegiatan bertema

Penyandang disabilitas netra mengikuti pawai budaya di kawasan MH Thamrin, Jakarta, Selasa (27/8/2019). Kegiatan bertema "Menuju Disabilitas Merdeka" tersebut menuntut pemerintah Indonesia untuk tidak melakukan diskriminasi terhadap mereka. (Liputan6.com/Faizal Fanani)

Sejumlah penyandang disabilitas mengikuti pawai budaya di kawasan MH Thamrin, Jakarta, Selasa (27/8/2019). Kegiatan bertema

Sejumlah penyandang disabilitas mengikuti pawai budaya di kawasan MH Thamrin, Jakarta, Selasa (27/8/2019). Kegiatan bertema "Menuju Disabilitas Merdeka" tersebut menuntut pemerintah Indonesia untuk tidak melakukan diskriminasi terhadap mereka. (Liputan6.com/Faizal Fanani)

Penyandang disabilitas dengan menggunakan kendaraan yang dimodifikasi khusus mengikuti pawai budaya di kawasan MH Thamrin, Jakarta, Selasa (27/8/2019). Kegiatan bertema

Penyandang disabilitas dengan menggunakan kendaraan yang dimodifikasi khusus mengikuti pawai budaya di kawasan MH Thamrin, Jakarta, Selasa (27/8/2019). Kegiatan bertema "Menuju Disabilitas Merdeka' itu menuntut pemerintah untuk tidak melakukan diskriminasi terhadap mereka. (Liputan6.com/Faizal Fan

Penyandang disabilitas dengan menggunakan kendaraan yang dimodifikasi khusus mengikuti pawai budaya di kawasan MH Thamrin, Jakarta, Selasa (27/8/2019). Kegiatan bertema

Penyandang disabilitas dengan menggunakan kendaraan yang dimodifikasi khusus mengikuti pawai budaya di kawasan MH Thamrin, Jakarta, Selasa (27/8/2019). Kegiatan bertema "Menuju Disabilitas Merdeka' itu menuntut pemerintah untuk tidak melakukan diskriminasi terhadap mereka. (Liputan6.com/Faizal Fan

Penyandang disabilitas mengikuti pawai budaya di kawasan MH Thamrin, Jakarta, Selasa (27/8/2019). Kegiatan bertema

Penyandang disabilitas mengikuti pawai budaya di kawasan MH Thamrin, Jakarta, Selasa (27/8/2019). Kegiatan bertema "Menuju Disabilitas Merdeka" tersebut menuntut pemerintah Indonesia untuk tidak melakukan diskriminasi terhadap mereka. (Liputan6.com/Faizal Fanani)

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Deretan Foto Sineenat, Selir Raja Thailand nan Rupawan

Posted: 26 Aug 2019 09:03 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Nama Sineenat Wongvajirapakdi mendadak jadi pusat perhatian setelah ia dinobatkan sebagai selir Kerajaan Thailand. Belakangan foto-fotonya yang kebanyakan diambil secara candid disebar secara resmi oleh pihak Istana hingga menyebabkan laman tak bisa diakses sementara waktu.

Foto-foto tersebut menampilkan sisi lain perempuan berusia 34 tahun itu saat masih aktif menjadi anggota militer. Tampak ia mengenakan baju loreng hijau berdiri berdampingan dengan Raja Thailand Maha Vajiralongkorn.

Selir kerajaan Thailand Sineenat Wongvajirapakdi. (dok. AFP PHOTO / THAILAND'S ROYAL OFFICE)

Dalam foto berbeda, ia terlihat sedang menerbangkan pesawat tempur didampingi rekan prianya. Ia juga sempat terekam saat bersiap terjun payung, lengkap dengan peralatan yang melingkari tubuhnya.

Tapi, foto yang paling menarik perhatian publik adalah saat selir kerajaan itu mengenakan crop top abu-abu bermotif loreng. Busananya saat itu memperlihatkan bagian perut Sineenat yang rata. Sementara, wajahnya terlihat serius seolah sedang berpikir tentang sesuatu.

Raja Thailand Maha Vajiralongkorn dan selir kerajaan Sineenat Wongvajirapakdi. (dok. AFP PHOTO / THAILAND'S ROYAL OFFICE)

Ragam foto tersebut menunjukkan sisi tomboi mantan perawat Angkatan Darat sekaligus pengawal raja. Pasalnya, dalam foto berbeda, ia terlihat feminin saat tampil mengenakan baju tradisional perempuan Thailand berwarna biru.

Dalam salah satu foto, ia terlihat duduk di dekat kaki Raja Vajiralongkorn sambil tersenyum lebar. Sementara, sang raja duduk tegak di singgasananya.

Selir Kerajaan Pertama

Raja Thailand Maha Vajiralongkorn dan selir kerajaan Sineenat Wongvajirapakdi. (dok. AFP PHOTO / THAILAND'S ROYAL OFFICE)

Sineenat diangkat sebagai selir kerajaan pada ulang tahun Raja Vajiralongkorn ke-67, Juli 2019 lalu, atau dua bulan setelah ia menikah dengan Sang Ratu, Suthida Tijai. Ia menganugerahi perempuan yang mahir menggunakan senapan itu dengan gelar Chao Khun Phra.

Sineenat menjadi perempuan pertama yang mendapatkan gelar kehormatan tersebut dalam kurun waktu seabad terakhir. Menurut laman Telegraph, selir terakhir di Kerajaan Thailand tak ada lagi, jauh sebelum berakhirnya masa kekuasaan kerajaan absolut pada 1932.

Selir kerajaan Thailand Sineenat Wongvajirapakdi. (dok. AFP PHOTO / THAILAND'S ROYAL OFFICE)

Dikutip dari laman ndtv.com, perempuan kelahiran Provinsi Nan sebelah utara itu merupakan lulusan Royal Thai Army Nursing College. Ia berlatih sebagai pilot di Thailand dan luar negeri hingga terpilih sebagai salah satu pengawal kerajaan. Pangkat terakhirnya adalah Mayor Jenderal pada Mei 2019.

Perempuan penyuka olahraga sepeda dan penerbangan itu mengabiskan banyak waktunya di Jerman. Namun, ia kembali ke negerinya dan terlibat dalam prosesi penobatan Vajiralongkorn pada Mei lalu yang digelar selama tiga hari berturut-turut.

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

1.000 Hektare Sawah Puso, Bagaimana Ketahanan Pangan Kebumen?

Posted: 26 Aug 2019 09:00 PM PDT

Liputan6.com, Kebumen - Kemarau tahun ini di Kebumen datang lebih cepat dari biasanya. Dampaknya begitu terasa, mulai dari krisis air bersih hingga sawah puso.

Data Dinas Pertanian Kebumen, sedikitnya 1.000 hektare sawah puso. Sebagian besar sawah puso merupakan sawah tadah hujan. Namun, ada pula sawah yang berada di saluran irigasi, tetapi terancam puso.

Kepala Bidang Tanaman Pangan Dinas Pertanian Kebumen, Tri Haryono menyebut angka 1.000 hektare itu baru estimasi atau perkiraan. Jumlah sawah puso ini masih mungkin bertambah lantaran Dinas Pertanian masih menunggu data-data per kecamatan.

"Ini kan sedang ramai-ramainya panen. Kalau estimasi kita sekitar 1.000 hektare. Tapi kita juga masih menunggu laporan per kecamatan," katanya, Senin, 26 Agustus 2019.

Kemarau tahun ini tiba lebih cepat dari biasanya. Kemarau yang biasanya dimulai Juni tiba pada Mei 2019. Akibatnya, tanaman padi berusia muda banyak yang terdampak dan menyebabkan sawah puso.

Pasalnya, padi usia muda sangat membutuhkan air. Kekurangan air pada tanaman padi usia muda menyebabkan padi gagal panen atau hasil panennya menurun drastis.

Bahkan, kemarau yang tiba lebih awal ini juga berimbas di sawah-sawah yang sebenarnya teraliri irigasi. Debit air waduk dan bendungan tak cukup untuk dialirkan sehingga sawah puso.

Waduk Sempor, misalnya, telah menghentikan aliran irigasi sejak awal Juni 2019. Pembangkit listrik di waduk ini juga telah berhenti beroperasi sebulan sebelumnya.

Saksikan video pilihan berikut ini:

Ketahanan Pangan Kebumen

Debit Bendung Menganti, Sungai Citanduy, Jawa Barat menyusut drastis akibat kemarau. (Foto: Liputan6.com/Muhamad Ridlo)

"Kalau yang di aliran irigasi ada yang berkategori puso, tapi tidak total. Ya tetap masih ada panen, tapi sedikit," dia menerangkan.

Kondisi kekurangan air ini menyebabkan produksi gabah di Kebumen turun. Dalam kondisi normal produksi gabah Kebumen mencapai 400 ribu ton per tahun.

Jumlah ini diperoleh dari dari luasan sawah 39.500 hektare. Namun, diperkirakan tahun ini jumlah panen menurun kisaran 10 persen akibat kemarau dini.

Meski begitu, Tri mengklaim penurunan produksi gabah tak mengganggu ketahanan pangan Kebumen. Jumlah gabah tahun ini masih disebut masih aman.

"Kita ada perhitungan dari total panen, kemudian diperhitungkan dengan jumlah total warga sekitar 1,3 juta. Masih aman," dia mengungkapkan.

Dampak kemarau lainnya, tentu saja adalah krisis air bersih yang semakin meluas. Pertengahan Agustus 2019 saja, terdapat 20 desa di delapan kecamatan yang sudah mengalami krisis air bersih.

Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kebumen, Eko Widiyanto memperkirakan pada 2019 ini ada 60 desa di 18 kecamatan yang rentan mengalami krisis air bersih.

Karenanya, BPBD menyiapkan sebanyak 1.450 tangki bantuan air bersih. Selain anggaran BPBD untuk pengadaan air bersih, BPBD juga menggandeng berbagai pihak, seperti BUMN, perbankan, perusahaan swasta dan kelompok masyarakat yang peduli dengan bencana kekeringan Kebumen untuk menyediakan bantuan air bersih.

Tahun 2018 lalu, sekitar 1.700 tangki bantuan air bersih disalurkan ke wilayah yang mengalami krisis air bersih. Jumlah bantuan air bersih di luar alokasi dari APBD mencapai 515 tangki.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Orangtua adalah Terapis Terbaik bagi Anak Berkebutuhan Khusus

Posted: 26 Aug 2019 09:00 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Bagi orangtua yang dikaruniai anak berkebutuhan khusus biasanya fokus mencari terapis. Mereka mencari terapis wicara maupun okupasi terbaik untuk melatih dan meningkatkan kemampuan anak.

Setelah bertemu terapis yang tepat, serangkaian program terapi untuk anak berkebutuhan khusus akan diterapkan. Biasanya, ada jadwal sesi latihan beberapa hari dalam seminggu. Namun, bantuan dari terapis yang hanya bertemu beberapa hari dan jam saja tidaklah cukup bagi anak. 

"Saya punya anak yang juga mengalami gangguan bicara. Dia pernah menjalani terapi okupasi seminggu sekali selama satu jam. Rentang waktu itu tidaklah cukup. Lantas ke mana enam hari lainnya?" terang terapis wicara Jaqueline Cotton dalam acara SPEKIX 2019 di Jakarta Convention Center, ditulis Selasa (27/8/2019).

Jaqueline yang asal Australia menerangkan bahwa peran orangtua penting dalam kemajuan anak berkebutuhan khusus. Terapis hanya membantu, memandu, dan mengarahkan apa yang sebaiknya dilakukan.

"Saya katakan dengan tegas bahwa peran orangtua itu justru lebih efektif. Anak berkebutuhan khusus kan menghabiskan lebih banyak waktu di rumah. Kalau pertemuan dengan terapis ya hanya sebentar saja dan terbatas waktunya," lanjut Jaqueline.

Orangtua Menjadi Mitra Terbaik

Orangtua adalah mitra terbaik buat anak. Photo by Luis Quintero from Pexels

Jaqueline menceritakan pengalaman berhadapan dengan klien. Seringkali klien mempertanyakan kenapa anaknya tidak mengalami kemajuan atau lama sekali berbicara meski bahasa dengan sederhana.

"Pernah juga orangtua berkomentar, kalau mereka sibuk, 'Urusan terapi kan tugasnya terapis. Kami sudah bayar Anda mahal-mahal. Kami serahkan anak kepada Anda'," ujar Jaqueline yang pernah bekerja sama dengan berbagai terapis okupasi.

Ketika berhadapan dengan pertanyaan klien, Jaqueline menjawab:

"Saya bilang, 'Sesi terapi yang hanya satu jam seminggu saja tidaklah efektif. Itu memang membantu anak tapi tidak cukup. Dalam hal mengajar, menstimulasi, dan memperbaiki kemampuan anak, semua orang di rumah, termasuk orangtua dilibatkan," jawabnya.

"Saya kasih analogi, balita saja latihan jalan kaki kan belajar setiap hari."

Untuk membantu orangtua melatih anak berkebutuhan khusus di rumah, Jaqueline pun memberikan arahan apa saja yang bisa dilakukan orangtua. Latihan sederhana, seperti bermain bersama anak bisa diterapkan orangtua.

Simak Video Menarik Berikut Ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Anies Baswedan Tak Yakin Kemacetan Berkurang Meski Ibu Kota Pindah

Posted: 26 Aug 2019 09:00 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan tidak yakin ada dampak signifikan terhadap kemacetan meski ibu kota pindah. Sebagaimana pernyataan presiden saat mengumumkan perpindahan ibu kota, Anies menuturkan jika Jakarta tetap menjadi pusat bisnis maka tingkat polusi dan kemacetan menurutnya tidak terpengaruh besar.

Ada dua sumber kemacetan di Jakarta yakni transportasi rumah tangga dan transportasi bisnis.

"Saya tidak yakin (kurangi kemacetan). Kalau dari sisi jumlah karena kontribusi kemacetan terbesar itu kegiatan transportasi rumah tangga yang kedua adalah kegiatan transportasi keluarga," ujar Anies di Balai Kota, Selasa (27/8/2019).

Kendati demikian, ia berkomitmen pemerintah Provinsi DKI Jakarta akan terus meningkatkan kualitas transportasi umum. Sehingga, pengguna transportasi pribadi beralih ke transportasi publik.

Meski tidak secara instan, mantan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan itu meyakini para pengguna transportasi pribadi akan beralih ke transportasi publik seiring dengan tingkat kenyamanan.

"Tetap kita harus memperbaiki transportasi umum supaya rumah tangga dan dunia usaha gunakan transportasi umum," tandasnya.

 

Siapkan RUU

Menteri Perencanaan Pembangunan Nasional (PPN)/Kepala Bappenas, Bambang Brodjonegoro menyebut, perlu payung hukum untuk memindahkan ibu kota baru ke wilayah Kalimantan Timur. Pemerintah, kata dia, akan menyiapkan rancangan undang-undang (RUU) tentang ibu kota baru.

"Yang pasti satu UU mengenai ibu kota baru dan mungkin UU untuk Jakarta yang baru. Status Jakarta yang baru," ujar Bambang di Kompleks Istana Kepresidenan Jakarta, Senin (26/8/2019).

Bambang mengatakan, pemerintah secepatnya menyiapkan dokumen-dokumen terkait pemindahan ibu kota. Selain menyiapkan payung hukum, pemerintah juga akan membentuk sebuah badan khusus untuk menangani pembangunan di wilayah Kaltim.

"Ya nanti akan dibentuk badan yang menangani pembangunannya sekaligus pemindahan. Jadi satu badan," katanya.

Reporter: Yunita Amalia

Sumber: Merdeka

Saksikan video pilihan berikut ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Jadwal Shopee Liga 1 2019 Pekan Ini: Arema FC vs PSIS Live di Indosiar

Posted: 26 Aug 2019 09:00 PM PDT

Liputan6.com, Malang - Tiga pertandingan pekan ketujuh Shopee Liga 1 2019 bakal berlangsung pada tengah pekan ini. Sementara pekan ke-17 akan berlangsung mulai Jumat, 30 Agustus 2019

Pada Rabu (28/8/2019), Persija Jakarta akan menjamu PSM Makassar. Pertandingan tunda di pekan ketujuh Shopee Liga 1 2019 itu bakal berlangsung di Stadion Utama Gelora Bung Karno, Jakarta.

Ini akan menjadi partai ulang final Piala Indonesia yang berlangsung awal Agustus lalu. Ketika itu, PSM menjadi juara Piala Indonesia usai menang 2-0 atas Persija pada leg kedua.

Duel tak kalah seru bakal berlangsung pada Sabtu (31/8/2019) di Stadion Kanjuruhan, Malang. Arema FC akan menjamu PSIS Semarang, pada pekan ke-17 Shopee Liga 1 2019. Duel ini bakal disiarkan langsung oleh Indosiar.

Dalam pertemuan sebelumnya, 4 November tahun lalu, PSIS Semarang mampu menang 2-1 atas Arema pada kompetisi Liga 1. Namun, dalam dua pertemuan di Stadion Kanjuruhan, Singo Edan selalu meraih kemenangan atas PSIS Semarang.

Lihat jadwal Shopee Liga 1 2019 yang bakal berlangsung pada pekan ini.

 

Jadwal Shopee Liga 1 2019

Pekan ke-7 Liga 1 2019

28 Agustus 2019

15.30 WIB, Persija Jakarta Vs PSM Makassar (Indosiar)

18.30 WIB, Madura United Vs Semen Padang (O Channel)

18.30 WIB, Bali United Vs Borneo FC (Indosiar)

Pekan Ke-17

30 Agustus 2019

18.30 WIB, Persib Bandung Vs PSS Sleman (Indosiar)

31 Agustus 2019

15.30 WIB, Bhayangkara FC Vs Persebaya Surabaya (Indosiar)

18.30 WIB, Arema FC Vs PSIS Semarang (Indosiar)

 

Jadwal Shopee Liga 1 2019

1 September 2019

13.30 WIB, Persipura Jayapura Vs Bali United (Vidio.com)

15.30 WIB, Semen Padang Vs Barito Putera (Vidio.com)

15.30 WIB, Persija Jakarta Vs Perseru Badak Lampung (Indosiar)

18.30 WIB, PSM Makassar Vs Persela Lamongan (Indosiar)

18.30 WIB, Tira Persikabo Vs Borneo FC (Vidio.com)

15.30 WIB, Madura United Vs Kalteng Putra (O Channel)

Simak video pilihan berikut ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Redmi Pastikan Note 8 Punya Prosesor Snapdragon 665

Posted: 26 Aug 2019 09:00 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Redmi akan mengumumkan smartphone baru, Note 8, pada 29 Agustus 2019. Informasi tentang smartphone tersebut juga sudah beredar di ranah internet.

Dilansir GSM Arena, Selasa (27/8/2019), Brand Manager Redmi, Lu Weibing, dan akun resmi perusahaan mengungkapkan informasi mengenai chipset yang akan digunakan pada Redmi Note 8. Smartphone tersebut akan disokong prosesor Snapdragon 665.

Selain itu, varian Redmi Note 8 Pro hadir dengan prosesor Helio 90T besutan Mediatek. Sebelumnya, seri Redmi Note 8 Pro dilaporkan dilengkapi empat kamera belakang dengan salah satunya memiliki resolusi 64MP. Sementara berdasarkan teaser resminya, Redmi Note 8 biasa akan memiliki kamera beresolusi 48MP.

Adapun sejauh ini belum ada informasi mengenai harga jual dan tanggal peluncuran seri Redmi Note 8 di pasar. Jika merujuk pada pendahulunya, Redmi Note 7, smartphone tersebut dijual dengan harga mulai dari USD 150.

Foto Bodi Redmi Note 8 Muncul di Internet

Bocoran foto bodi Redmi Note 8. (Doc: SlashLeaks)

Sebelumnya juga beredar foto diduga Redmi Note 8 di ranah maya. Berdasarkan gambar yang beredar, smartphone tersebut tampak memiliki empat kamera belakang.

Dilansir Slashleaks, bagian bawah smartphone tampak memiliki port headphone jack, USB type-C untuk pengisian daya baterai smartphone, dan speaker.

Slot microSIM dan kartu memori berada di bagian kiri smartphone.

Menurut laporan, smartphone ini sudah masuk ke dalam proses produksi massal sejak beberapa waktu lalu. Pihak Redmi meyakini stok smartphone ini akan cukup untuk memenuhi permintaan di pasar nanti.

(Din/Why)

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Top 3: Tulisan-Tulisan Nyeleneh di Bagian Belakang Truk, Bikin Ngakak

Posted: 26 Aug 2019 09:00 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Ketika berkendara, kamu tentu sering melihat kendaraan truk di jalan-jalan besar. Salah satu hal identik dari kendaraan truk adalah tulisan-tulisan unik di bagian belakangnya.

Ya, banyak pemilik truk yang menghiasi kendaraannya dengan menggunakan stiker atau tulisan-tulisan unik tertentu.

Artikel tentang tulisan kocak di bagian belakang truk menjadi yang terpopuler di kanal Citizen6, Liputan6.com. Disusul dengan artikel tentang reaksi kocak warganet ibukota pindah ke Kalimantan Timur.

Sementara artikel terpopuler ketiga tentang video viral guru hancurkan makeup murid pakai palu.

Berikut Top 3 Citizen6:

1. 7 Tulisan Nyeleneh di Bagian Belakang Truk, Kreatif tapi Absurd

foto: twitter

Tulisan di belakang truk tersebut biasanya terbuat dari cat atau stiker. Tulisan tersebut biasanya berupa kata-kata bijak, himbauan berkendara, kata-kata galau atau tulisan absurd. Tidak jarang kita dibuat tertawa sendiri ketika membacanya.

Selengkapnya...

2. Ibu Kota Indonesia Pindah ke Kaltim, Begini Reaksi Kocak Warganet

Foto: twitter/@RaaHasanah

Pemindahan Ibu Kota dari Jakarta ke Kalimantan Timur menuai beragam komentar masyarakat dari berbagai kalangan tak terkecuali warganet. Melalui media sosial mereka menuliskan beragam reaksi salah satunya di Twitter.

Tak sedikit dari mereka yang justru menuliskan twit nyeleneh jika seandainya Ibu Kota benar-benar sudah pindah ke Kalimantan Timur. 

Selengkapnya...

3. Viral, Video Guru Hancurkan Makeup Milik Siswa Pakai Palu

Guru hancurkan alat make up siswi SMP (twitter: @azkaduttt)

Dalam video yang baru viral tersebut terlihat seorang guru yang juga menggunakan palu menghancurkan barang yang dibawa muridnya. Berbeda dengan sebelumnya, kali ini barang yang menjadi korban penghancuran adalah alat makeup.

 

Selengkapnya...

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

VIDEO: Polisi Todongkan Pistol ke Demonstran Hong Kong

Posted: 26 Aug 2019 09:00 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Kepolisian Hong Kong angkat bicara soal anggotanya yang menodongkan pistol ke arah demonstran. Kepolisian mengklaim tindakan tersebut adalah perlindungan diri.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Cerita Mathias Muchus Hidup Terisolasi Di Pulau Bersama Biawak Sebesar Bayi

Posted: 26 Aug 2019 09:00 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Mathias Muchus punya cerita tak terlupakan selama syuting film Kapal Goyang Kapten, di Maluku. Dalam film karya Raymond Handaya itu, aktor peraih 2 Piala Citra ini memerankan Sentot, awak kapal yang terdampar di pulau terisolasi selama 10 tahun.

Dikisahkan, bertahan hidup sendiri berkawan benda-benda mati membuat kejiwaan Sentot terguncang. Bisa dibilang otaknya rada sedeng. Demi menghayati peran, Mathias Muchus rela tinggal di Pulau Kei sendirian selama beberapa malam. 

"Dibutuhkan tekanan yang intens untuk peran ini. Makanya saya tidak dekat-dekat amat dengan lawan main. Saya lebih banyak mengisolasi diri. Saya menginap di pulau sendirian untuk meresapi kesendirian meski banyak biawak dan ular," jelas bintang film Istana Kecantikan kepada Showbiz Liputan6.com di Jakarta, Senin (26/8/2019).

 

Awalnya produser tidak mengizinkan atau membolehkan dengan pengawalan. "Tapi saya ngotot dan menegaskan ini bagian dari pekerjaan seorang aktor," kata Mathias Muchus menyambung. 

 

Menyenangkan

Mathias Muchus (Deki Prayoga/bintang.com)

Mathias Muchus menambahkan, "Di pulau itu, banyak biawak sebesar bayi tinggal di balik bukit-bukit batu karang. Ada juga ular. Jujur, ini menyenangkan sekaligus menyeramkan." Menyeramkan, karena bisa saja saat tertidur Mathias Muchus diserang hewan liar. Menyenangkan karena pemandangan di pantai lepas kala malam sangat indah.

Selain mempertajam akting, hikmah lain yang didapat Mathias Muchus selama menginap di pulau tak berpenghuni, bisa hidup tanpa sebentar-sebentar memegang ponsel. 

Jelang Subuh

Foto Syukuran Film

"Sebenarnya manusia bisa hidup tanpa ponsel. Kita saja yang menganggap ponsel terlalu penting," Mathias Muchus menyimpulkan. Suami Mira Lesmana ini lantas mengimbau masyarakat perkotaan meluangkan waktu sejenak ke luar Jawa untuk menyepi dan mendekatkan diri dengan alam.

"Saya ingat betul selama menginap di pulau sendirian, saya tidur di atas pasir menghadap langit yang awannya menyerupai kelambu bertabur bintang-bintang. Saking indahnya sampai tak bisa tidur. Saya baru tidur jelang subuh," ujarnya.

(Wayan Diananto)

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Status Keistimewaan Jakarta Tak Boleh Hilang

Posted: 26 Aug 2019 09:00 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Pengusaha Jakarta mendukung langkah pemerintah memindahkan ibu kota dari Jakarta ke Kalimantan Timur. Namun demikian, Jakarta diharapkan tetap memiliki status khusus meski sudah tidak menjadi ibu kota.

Ketua Umum DPD Himpunan Pengusaha Pribumi Indonesia (HIPPI) DKI Jakarta Sarman Simanjorang mengatakan, para pelaku usaha mendukung kebijakan pemerintah untuk memindahkan ibu kota. Terlebih tujuannya untuk meratakan pembangunan ekonomi di seluruh wilayah Indonesia.

"Karena ini merupakan kebijakan pemerintah kita pelaku usaha tentu mendukung rencana tersebut. Apalagi tujuannya adalah dalam rangka pemerataan pembangunan ekonomi. Kita pelaku usaha tentu menunggu konsep atau grand design ibu kota tersebut dari sisi tata kotanya sehingga pelaku usaha dapat berperan serta atau berinvestasi di sana," ujar dia saat berbincang dengan Liputan6.com di Jakarta, Senin (26/8/2019).

Menurut dia, para pengusaha juga siap membantu pemerintah dalam membangun ibu kota baru yang diumumkan oleh Presiden Joko Widodo (Jokowi) berlokasi di Kabupaten Panajam Paser Utara dan Kabupaten Kutai Kartanegara. 

"Karena untuk membangun ibu kota baru tentu ada yang menjadi tanggung jawab pemerintah, ada yang memang menjadi peluang bagi swasta seperti fasilitas pendukung misalnya hotel, kafe dan restoran, pusat perbelanjaan, perumahan, transportasi dan lain-lain," jelas dia.

Namun, lanjut Sarman, ada hal-hal yang perlu diperhatikan oleh pemerintah dalam proses pemindahan ibu kota, khususnya terkait dengan munculnya para spekulan tanah di lokasi ibu kota baru. Hal ini dinilai akan sangat merugikan para pengusaha dan investor yang ingin berkontribusi membangun ibu kota baru.

"Yang harus di waspadai adalah munculnya mafia-mafia tanah yang mengakibatkan harga tanah akan melonjak naik dan akan menyulitkan pelaku usaha yang akan investor. Ini agar serius di sikapi dan dijaga pemerintah," tandas dia.

Jokowi: Ibu Kota Baru di Penajam Paser dan Kutai Kertanegara, Kaltim

Presiden Jokowi mengumumkan pemindahan Ibu Kota negara baru ke Penajam Paser Utara dan Kutai Kertanegara. (Liputan6.com/Lizsa Egeham)

Teka-teki di mana lokasi Ibu Kota baru Republik Indonesia akhirnya terjawab. Presiden Jokowi mengumumkan, lokasi Ibu Kota baru berada di Kalimantan Timur.

"Pemerintah telah melakukan kajian-kajian negara lokasi ibu kota baru yang paling ideal adalah sebagian di Kabupaten Penajam Paser Utara dan sebagian di Kabupaten Kutainegara Provinsi Kalimantan Timur," kata Jokowi di Istana, Senin (26/8/2019).

Jokowi mengatakan, ada alasan mengapa Ibu Kota dipindah ke kedua wilayah tersebut.

"Pertama, risiko bencana minimal. Baik banjir, gempa bumi, tsunami, kebakaran hutan, gunung berapi, dan longsor," kata Jokowi dalam jumpa pers di Istana Kepresidenan, Senin (26/8/2019).

Kedua, lokasinya strategis berada di tengah-tengah Indonesia. Ketiga, dekat dengan wilayah kota yang berkembang, yaitu Balikpapan dan Samarinda.

"Empat, infrastruktur lengkap dan lima, telah tersedia lahan pemerintah 158 ribu hektare," kata Jokowi.  

Begini Nasib Jakarta jika Ibu Kota Pindah

Pemandangan gedung bertingkat di Jakarta, Selasa (30/4/2019). Presiden Joko Widodo atau Jokowi mengatakan, pemerintah saat ini masih terus mengkaji wilayah yang layak untuk menjadi ibu kota baru pengganti Jakarta. (Liputan6.com/JohanTallo)

Direktur Eksekutif Komite Pemantauan Pelaksanaan Otonomi Daerah (KPPOD) Robert Endi Jaweng salah satu yang harus dilakukan pemerintah dalam proses pemindahan ibu kota adalah persiapan pencabutan status Jakarta sebagai ibu kota negara. Jika tidak tentu Indonesia akan punah dua ibu kota.

"Kan nggak mungkin kita punya dua ibu kota pasar 4 UU 29/2007 itu kan jelas. Provinsi DKI Jakarta berkedudukan sebagai ibu kota negara. Kalau kemudian kita sepakat untuk pindah ke suatu tempat, ini cabut dulu, karena perintah undang-undang," kata dia, saat ditemui, di Jakarta, Sabtu (24/8).  

Meskipun demikian, dia mengaku tidak bisa memberikan jawaban tegas terkait masa depan status 'Daerah Khusus' yang selama ini melekat pada Jakarta. Sebagai pusat bisnis, Jakarta bisa saja masih menyandang 'Daerah Khusus'.

"Saya nggak tahu. Itu diskusi berikutnya. Apakah statusnya sebagai daerah khusus. Mungkin Jakarta tetap sebagai daerah khusus tapi bukan DKI. Daerah Khusus saja 'I' (Ibu kota)-nya pindah. Mungkin Daerah Khusus Jakarta karena dia adalah pusat ekonomi yang besar.

Tapi tidak juga tertutup kemungkinan, Jakarta menjadi sama dengan provinsi otonom lain, tanpa embel-embel 'Daerah Khusus'. "Atau mungkin dia sama seperti yang lain, provinsi otonom biasa. Kan belum. Ini isunya berlapis-lapis," ujarnya.

Karena itu, selain membuat kajian, pemerintah perlu juga menyusun revisi Undang-Undang, yakni revisi terhadap Undang-Undang yang memandatkan Jakarta sebagai ibu kota negara maupun revisi terhadap Undang-Undang APBN.

"Ini isinya politik bagaimana ini masuk ke legislasi sana. Minimal dua Undang-Undang untuk pencabutan UU 29/2007 dan Undang-Undang tentang pembuatan APBN karena alokasi pendanaan untuk awal setahun dan dua tahun pertama pasti bersumber dari APBN. Nggak bisa kita harapkan swasta langsung urun untuk terlibat dalam pembiayaan," tandasnya.  

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

2 komentar:

RASHID HUSAEN mengatakan...

Selamat siang semuanya !!!
Nama saya Tn. Rashid Husaen dan saya berasal dari Jawa Barat, Indonesia dan saya berbicara sebagai salah satu orang paling bahagia di dunia saat ini dan saya mengatakan pada diri sendiri bahwa pemberi pinjaman menyelamatkan keluarga saya dari situasi buruk kami, saya akan memberi tahu namanya kepada dunia. dan saya sangat senang mengatakan bahwa keluarga saya kembali selamanya karena saya membutuhkan pinjaman sebesar Rp300.000.000,00 untuk memulai hidup saya karena saya adalah seorang ayah tunggal dengan 5 anak dan dunia sepertinya bergantung pada saya ketika saya mencoba untuk mendapatkan pinjaman Dari bank dan bank online menolak pinjaman saya, mereka mengatakan bahwa penghasilan saya rendah dan saya tidak memiliki jaminan untuk pinjaman jadi saya online dan hal-hal semakin sulit karena mereka merobek uang saya dengan janji manis untuk membantu saya

Sampai saya melihat posting ibu Nyonya Maria dari sebuah blog dan saya memohon padanya, dia memberi saya semua syarat dan ketentuan dan saya setuju dan dia mengejutkan saya dengan pinjaman yang mengubah hidup saya dan keluarga saya, dan pada awalnya saya berpikir ini tidak mungkin terjadi karena pengalaman masa lalu saya dan janji-janji palsu tetapi saya terkejut, saya menerima pinjaman saya sebesar Rp300.000.000,00 dan saya akan menyarankan siapa pun yang benar-benar membutuhkan pinjaman untuk menghubungi Nyonya Maria Alexander wanita kata-katanya, melalui email : (mariaalexander818@gmail.com) karena mereka adalah pemberi pinjaman yang paling memahami dan baik. siapa pun yang ingin pinjaman atau cara mendapatkan pinjaman asli, harus menghubungi Via


email: (mariaalexander818@gmail.com)
whatsapp: (+1 651-243-8090)
Viber; (+1 651-243-8090)

Anda dapat menghubungi saya Ny. Rashid untuk informasi lebih lanjut (rashidhusaen18@gmail.com)

Allah Maha Besar
Terima kasih semuanya

RASHID HUSAEN mengatakan...

Selamat siang semuanya !!!
Nama saya Tn. Rashid Husaen dan saya berasal dari Jawa Barat, Indonesia dan saya berbicara sebagai salah satu orang paling bahagia di dunia saat ini dan saya mengatakan pada diri sendiri bahwa pemberi pinjaman menyelamatkan keluarga saya dari situasi buruk kami, saya akan memberi tahu namanya kepada dunia. dan saya sangat senang mengatakan bahwa keluarga saya kembali selamanya karena saya membutuhkan pinjaman sebesar Rp300.000.000,00 untuk memulai hidup saya karena saya adalah seorang ayah tunggal dengan 5 anak dan dunia sepertinya bergantung pada saya ketika saya mencoba untuk mendapatkan pinjaman Dari bank dan bank online menolak pinjaman saya, mereka mengatakan bahwa penghasilan saya rendah dan saya tidak memiliki jaminan untuk pinjaman jadi saya online dan hal-hal semakin sulit karena mereka merobek uang saya dengan janji manis untuk membantu saya

Sampai saya melihat posting ibu Nyonya Maria dari sebuah blog dan saya memohon padanya, dia memberi saya semua syarat dan ketentuan dan saya setuju dan dia mengejutkan saya dengan pinjaman yang mengubah hidup saya dan keluarga saya, dan pada awalnya saya berpikir ini tidak mungkin terjadi karena pengalaman masa lalu saya dan janji-janji palsu tetapi saya terkejut, saya menerima pinjaman saya sebesar Rp300.000.000,00 dan saya akan menyarankan siapa pun yang benar-benar membutuhkan pinjaman untuk menghubungi Nyonya Maria Alexander wanita kata-katanya, melalui email : (mariaalexander818@gmail.com) karena mereka adalah pemberi pinjaman yang paling memahami dan baik. siapa pun yang ingin pinjaman atau cara mendapatkan pinjaman asli, harus menghubungi Via


email: (mariaalexander818@gmail.com)
whatsapp: (+1 651-243-8090)
Viber; (+1 651-243-8090)

Anda dapat menghubungi saya Ny. Rashid untuk informasi lebih lanjut (rashidhusaen18@gmail.com)

Allah Maha Besar
Terima kasih semuanya