Rabu, 28 Agustus 2019

Liputan6 : RSS2 Feed

Liputan6 : RSS2 Feed


Ahli Temukan Stiker Ajaib, Bisa Pantau Denyut Nadi Secara 'Wireless'

Posted: 28 Aug 2019 10:31 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Saat ini, teknologi sudah semakin berkembang termasuk dalam bidang kesehatan. Beberapa alat medis pun semakin canggih.

Para peneliti di Stanford University telah membuat stiker unik. Tidak seperti stiker pada umumnya, benda elektronik fleksibel itu dapat secara nirkabel (wireless) memantau denyut nadi, pernapasan, dan aktivitas otot seseorang; seperti dilansir dari laman Science Alert, Rabu (28/8/2019). 

Sistem itu diberi nama BodyNet, mengklaim memiliki sensor lembut dan ringan yang nyaman untuk digunakan di kulit. Perangkat stiker nirkabel yang presisi ini kemudian dipancarkan dari stiker ke alat penerima fleksibel di dekatnya.

Pada masa yang akan datang, tim peneliti berencana memperbaiki desain agar semakin fleksibel. Dengan alat itu, mereka berharap dokter dapat menggunakan perangkat untuk melacak gangguan tidur dan kondisi jantung secara real time.

"Kami pikir suatu hari nanti akan dimungkinkan untuk membuat sensor kulit seluruh tubuh untuk mengumpulkan data fisiologis tanpa mengganggu perilaku normal seseorang," kata insinyur kimia Zhenan Bao.

Mimpi itu masih jauh, tetapi penelitian tentang teknologi medis yang fleksibel semakin berkembang. Dalam beberapa tahun terakhir, para insinyur dari seluruh dunia telah mengembangkan cara-cara baru untuk menempelkan perangkat medis ke kulit atau menanamkan sensor medis dalam tinta tato.

Stiker Itu Punya Antena

Ilustrasi sampah medis. (Foto: Pixabay)

Stiker yang menggunakan sistem nirkabel itu memiliki antena khusus yang terbuat dari tinta metalik. Benda itu dicetak di layar pada stiker karet yang dapat menekuk dan meregang secara elastis seperti kulit manusia.

Saat melewati gerakan tertentu, arus listrik yang mengalir melalui tinta logam ini melakukan pengukuran fisik seseorang.

Sistem nirkabel yang digunakan didasarkan pada  identifikasi frekuensi radio  (RFID), yang merupakan teknologi yang memungkinkan Anda mengakses kamar hotel dengan kartu ID.

Sistem hanya berfungsi ketika kartu kunci diletakkan di dekat penerima, karena ini memungkinkan kartu kunci bebas-baterai mencuri sedikit energi dari alat pembaca. Dengan menggunakan dorongan ini, kartu menghasilkan kode akses yang kemudian dikirim kembali ke penerima untuk akses.

Simak pula video pilihan berikut:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Jadwal Drawing Liga Champions: Real Madrid Bukan Unggulan Pertama

Posted: 28 Aug 2019 10:30 PM PDT

Liputan6.com, Nyon - Real Madrid harus membayar mahal keterpurukan mereka di musim lalu. Bukan hanya tak mendapat trofi, kegagalan itu juga berdampak kepada penempatan mereka dalam undian fase grup Liga Champions.

Seperti dilansir Sportskeeda, Real Madrid hanya dapat masuk ke pot kedua dalam undian. Los Galacticos -julukan Real Madrid- setara dengan tim sekota mereka, Atletico Madrid, juga runner up Liga Champions musim lalu, Tottenham Hotspur.

Berada di pot kedua membuat Real Madrid harus siap ditempatkan satu grup dengan tim-tim unggulan di pot pertama. Di pot itu, bercokol antara lain juara bertahan Liga Champions, Liverpool serta raksasa Italia, Juventus.

Dua tim itu mungkin bakal berada satu grup dengan Real Madrid di Liga Champions musim ini. Selain Liverpool dan Juventus, pasukan Zinedine Zidane juga dapat saja satu grup dengan Manchester City atau Bayern Munchen.

Yang mengejutkan, wakil Rusia, Zenit St. Petersburg turut masuk ke dalam pot pertama itu. Hal itu tak terlepas dari kesuksesan mereka menjuarai Liga Rusia.

Seperti diketahui musim lalu, Real Madrid mengalami paceklik gelar. Usai kalah bersaing dengan Barcelona di level domestik, Real Madrid disingkirkan Ajax Amsterdam di babak 16 besar Liga Champions.

 

Inter Milan di Pot Ketiga

Para pemain Inter Milan (AP Photo/Luca Bruno)

Di sisi lain, Inter Milan yang baru kembali ke Liga Champions di musim ini berada di pot ketiga. Nerrazuri -julukan Inter- kembali setelah finis di peringat ketiga Liga Italia musim lalu.

Menatap Liga Champions, Inter Milan kini berada di bawah asuhan Antonio Conte. Reputasi sang pelatih membuat Inter patut diwaspadai, meski hanya berada di pot ketiga.

Undian Liga Champions sendiri bakal dilakukan Kamis (29/8/2019) hari ini di markas UEFA di Nyon, Swiss.

Berikut Daftar Pembagian Pot Liga Champions

Pot 1: Barcelona, Manchester City, Liverpool, Chelsea, Bayern Munchen, Paris Saint Germain, Juventus, Zenit St. Petersburg

Pot 2: Real Madrid, Atletico Madrid, Borussia Dortmund, Napoli, Tottenham Hotspur, Shakthar Donetsk, Ajax Amsterdam, Benfica.

Pot 3: Olympique Lyonnais, Bayer Leverkusen, RB Salzburg, Olympiakos, Club Brugge, Dinamo Zagreb, Inter Milan, Valencia

Pot 4: Lokomotiv Moskow, Genk, Red Star Belgrade, RB Leipzig, Lille, Atalanta, Slavia Praha, Galatasaray.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

OJK Minta Bank Pembangunan Daerah Genjot Salurkan Kredit untuk UMKM

Posted: 28 Aug 2019 10:30 PM PDT

Liputan6.com, Surabaya - Otoritas Jasa Keuangan (OJK) mendorong Bank Pembangunan Daerah (BPD) konsentrasi mengawal pelaku usaha mikro kecil dan menengah (UMKM).

Salah satunya adalah Bank Jatim untuk berkontribusi terhadap UMKM di Jawa Timur agar tumbuh lebih kuat. Kabag Otoritas Jasa Keuangan (OJK) Iswara Rosya menuturkan, lembaganya mempunyai fungsi, tugas dan wewenang pengaturan, pengawasan, pemeriksaan dan penyidikan.

"Untuk itu OJK mendorong BPD seperti Bank Jatim bisa berkembang mengawal UMKM," ujar dia, seperti ditulis Kamis (29/8/2019).

Pak Yan, sapaan Iswara Rosya menambahkan, Bank Jatim diharapkan mampu intervensi dan menjadi lokomotif penurunan kemiskinan di Jatim lewat pemberian serta penyaluran akses modal melalui kredit usaha rakyat (KUR) dan menyasar kredit ritel melalui pemberdayaan koperasi dan  penyaluran  corporate sosial responsibility (CSR) untuk masyarakat Jawa Timur.

Pemimpin Divisi Kredit Mikro Ritel dan Program Bank Jatim, Taufan Muhamad menuturkan, pihaknya berupaya memberi kontribusi bagi pemerintah provinsi Jawa Timur. Salah satunya lewat pembagian dividen.

Bank Jatim menyetujui pembayaran dividen senilai Rp 45,61 per saham dengan nilai dividen tahun buku 2018 sebesar Rp 683,86 miliar. Kucuran kredit Bank Jatim per 22 Agustus 2019 tumbuh 9,3 persen meningkat dari bulan sebelumnya 8,25 persen.

Selain itu, perseroan pun akan memacu penyaluran kredit, serta menekan beban dana (Cost of Fund/CoF) dengan fokus menghimpun current account saving account (CASA) atau simpanan berbiaya murah pada semester II 2019. "Kami akan terus meningkatkan porsi kredit UMKM yang jumlahnya cukup besar di Jatim," ujar dia.

 

Program Bank Jatim

Sekretaris Perusahaan Bank Jatim, Glemboh Priambodo menambahkan, sejumlah program sudah disiapkan Bank Jatim agar program Nawa Bhakti Satya bisa terwujud.

Salah satunya dengan penguatan program tangung jawab sosial perusahaan atau coorporate social rensponsibility (CSR). CSR tersebut untuk membantu masyarakat mengembangkan usaha. Selain itu, CSR ini juga untuk menunjang warga Jatim.

"Saat ini, realisasi CSR yang sudah kami kucurkan sebanyak Rp10 miliar. Hingga akhir tahun ini kami targetkan sebanyak Rp20 miliar," kata Glemboh.

Sejumlah program Nawa Bhakti Satya yang sinergi dengan program CSR Bank Jatim ini diantaranya, Jatim Sejahtera. Ini merupakan program Pemprov Jatim dalam pengentasan kemiskinan. Kemudian Jatim Cerdas. CSR Bank Jatim dipergunakan untuk meningkatkan kualitas pendidikan di Jatim.

"Tak hanya CSR, program Bank Jatim lain yang sejalan dengan Nawa Bhakti Satya (Jatim Akses) adalah kami ikut dalam pembiayan infrastruktur. Kami juga berupaya terus memperkuat kredit sektor usaha kecil (Jatim Berdaya," ucap Glemboh.

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Kehadiran Mobil Listrik Bakal Tekan Impor Minyak

Posted: 28 Aug 2019 10:30 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Pemerintah telah resmi mengeluarkan aturan tentang mobil listrik. Aturan tersebut tertuang dalam Peraturan Presiden (Perpres) Nomor 55 tahun 2019 tentang Percepatan Program Kendaraan Bermotor Listrik (KBL) berbasis baterai Untuk Transportasi Jalan.

Sekretaris Jenderal Kementerian Perhubungan, Djoko Sasono, mengatakan dengan sudah diterbitkannya perpres mobil listrik ini diharapkan masyarakat bisa beralih menggunakan kendaraan bermotor listrik. Sebab kehadiran kendaraan listrik dapat berpengaruh pada tiga sektor yakni ekonomi lingkungan dan energi.

"Dalam hal energi kehadiran kendaraan listrik dapat menurunkan impor minyak mentah," kata dia dalam sebuah diskusi di Jakarta, Kamis (29/8).

Djoko mengatakan, dengan semakin banyak mobil listrik diproduksi maka akan membuat rasio energi mengalami penurunan. Emisi karbon juga akan ikut mengalami penurunan, hal ini secara ekonomi mampu menurunkan impor minyak dan merangsang investasi.

Oleh karenanya, Kementerian Perhubungan terus berkomitmen mendorong penggunaan angkutan umum bertenaga listrik, dengan memberikan sejumlah insentif dan regulasi.

"Sebagai tahap awal penggunaan transportasi ramah lingkungan ini bisa dimanfaatkan untuk angkutan transportasi Transjakarta maupun Damri sebagai angkutan perkotaan," imbuh dia.

Pengoperasian angkutan umum berbasis tenaga listrik ini pun diharapkan memberikan dukungan dalam bidang pelestarian lingkungan juga memberikan nilai tambah terkait dengan program ketahanan dan bauran energi nasional.

"Ini juga bisa pengurangan penggunaan dan subsidi BBM, serta program pengurangan emisi gas buang yang dilaksanakan pemerintah," tandas dia

 

Reporter: Dwi Aditya Putra

Sumber: Merdeka.com

Menteri Jonan Minta Daerah Siapkan Regulasi Mobil Listrik

Banner Infografis Selamat Datang Era Mobil Listrik di Indonesia. (Liputan6.com/FeryPradolo)

Pemerintah telah menerbitkan Perpres nomor 55 tahun 2019 sebagai payung hukum bagi kendaraan dengan energi terbarukan. Dengan adanya payung hukum pengembangan mobil listrik ini, pemerintah daerah pun diminta membuat regulasi sebagai turunan Perpres tersebut. Hal ini untuk mempercepat penerapan kendaraan listrik di daerah masing-masing.

"Paling cepat menerapkan penggunaaan kendaraan listrik mau biocell, hybrid atau apapun sebetulnya bikin Perda, Pergub atau Perbup," kata Menteri Energi Sumber Daya Mineral (ESDM) Ignasius Jonan usai menghadiri acara International Conference of Resources and Environmental Economics (ICREE) 2019 di Bogor, Kamis (22/8/2019).

Kementeriannya siap membangun infrastruktur pendukungnya jika ada daerah ingin menjalankan program kendaraan listrik sebagai solusi mengurangi polusi. Misalnya membangun stasiun pengisian listrik umum (SPLU).

"Ajuannya tinggal dikirim ke kami, nanti kami minta PLN atau swasta untuk bangun (SPLU)," ujar mantan Menteri Perhubungan ini.

Jonan menyebut pemerintah saat ini tengah menggodok peraturan untuk memudahkan impor kendaraan listrik. Sehingga harganya bisa lebih terjangkau.

"Ini lagi dibahas, kendaraan listrik dengan bea masuk dan PPnBM yang rendah itu harganya bisa lebih terjangkau," tutur mantan Direktur Utama PT Kereta Api Indonesia (persero) tersebut.

Kendaraan listrik dapat mengurangi kuota impor BBM karena energi primer kendaraan listrik diproduksi di dalam negeri, seperti batubara, gas, angin maupun matahari sehingga tidak perlu melakukan impor BBM.

Selain itu, pemerintah juga bisa memberikan fasilitas tambahan bagi pengguna mobil listrikbebas dari kebijakan ganjil genap.

"Misalnya begini, Gubernur DKI Jakarta bilang akan perluasan ganjil-genap, tapi nanti kalau kendaraan listrik bebas (ganjil-genap), itu bagus kan?" kata dia.

Pemerintah Gencar Bangun Mobil Listrik, Bagaimana Nasib B30?

Pengisian baterai mobil listrik di Cina (China Daily)

Sebelumnya, pemerintah akan menerapkan program campuran 30 persen biodiesel dengan solar (B30) pada 2020, namun disisi lain juga sedang mendorong pengembangan kendaraan listrik.

Lalu bagaimana nasib B30 saat kendaraan listrik juga dikembangkan?

Kepala Badan Penetlitian Pengembangangan Kementerian Energi Sumber Data Mineral (ESDM) Dadan Kusdiana mengatakan, program B30 akan tetap berjalan meski disisi lain penggunaan kendaraan listrik sedang digalakan. Sebab, pemerintah tidak langsung mengganti kendaraan berbahan bakar diesel konsumsi solar. 

"Pemerintah juga tidak mengganti kendaraan sekarang," kata Dadan, di Jakarta, Senin (19/8/2019).

Menurut Dadan, konsumsi solar akan meningkat seiring dengan pertumbuhan, ditambah dengan mesin diesel yang sudah beroperasi. Tercatat saat ini konsumsi solar mencapai 23 juta Kilo liter per tahun, kondisi ini membutuhkan program B30 tetap Diterapkan.

"Konsumsi meningkat, akan Ada kendaraan mesin diesel eksisting sekarang total konsumsi solar 22 -23 juta Kl per Tahun," tuturnya.

Dadan mengungkapkan, salah satu manfaat dari program B30 adalah mengurangi impor solar, sebab 30 persen digantikan biodiesel yang diproduksi dari dalam negeri. Hal ini juga akan meredam defisit neraca perdagangan dari sektor migas.

"Manfaatnya mengurangi impor juga menekan defisit, karena biodiesel dari dalam negeri maafnya juga dirasakan petani kita" tandasnya. 

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

VIDEO: Ngeri, 227 Kerangka Bocah Tumbal Ritual Ditemukan di Peru

Posted: 28 Aug 2019 10:30 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Tim arkeolog Peru menemukan 227 kerangka anak-anak yang diyakini sebagai tumbal ritual kebudayaan penghuni setempat ratusan tahun silam.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

FOTO: Presiden Bolivia Terjun Langsung Padamkan Kebakaran Hutan

Posted: 28 Aug 2019 10:30 PM PDT

Presiden Bolivia Evo Morales menyemprotkan air saat berusaha memadamkan api dalam kebakaran hutan di pinggiran Robore, Bolivia, Selasa (27/8/2019). Kebakaran hutan membuatnya menunda kampanye pemilihan presiden selama sepekan. (Raul Martinez/Bolivia's Communication Ministry press office via AP)

Presiden Bolivia Evo Morales menyemprotkan air saat berusaha memadamkan api dalam kebakaran hutan di pinggiran Robore, Bolivia, Selasa (27/8/2019). Kebakaran hutan membuatnya menunda kampanye pemilihan presiden selama sepekan. (Raul Martinez/Bolivia's Communication Ministry press office via AP)

Presiden Bolivia Evo Morales menyemprotkan air saat berusaha memadamkan api dalam kebakaran hutan di pinggiran Robore, Bolivia, Selasa (27/8/2019). Kebakaran telah menghancurkan lebih dari 1,2 juta hektare hutan Bolivia tahun ini. (Raul Martinez/Bolivia's Communication Ministry press office via AP)

Presiden Bolivia Evo Morales menyemprotkan air saat berusaha memadamkan api dalam kebakaran hutan di pinggiran Robore, Bolivia, Selasa (27/8/2019). Kebakaran telah menghancurkan lebih dari 1,2 juta hektare hutan Bolivia tahun ini. (Raul Martinez/Bolivia's Communication Ministry press office via AP)

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Usai Pamit Atta Halilintar Minta Maaf, pada Siapa?

Posted: 28 Aug 2019 10:30 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Di tengah popularitasnya sebagai YouTuber, Atta Halilintar justru mengeluarkan berita yang mengejutkan publik. Ia mengaku ingin istirahat sejenak dari aktivitasnya sebagai YouTuber.

Padahal, Atta Halilintar, sudah memiliki lebih dari 18 juta subscribers. Ia juga tercatat sebagai 10 YouTuber terkaya di dunia.

Rupanya, Atta Halilintar, mengalami tekanan selama delapan bulan belakangan ini. Pengakuan ini diunggah Atta di Instagram Stories-nya, Rabu (28/8/2019).

"Sebelumnya Aku Minta Maaf kalau ada salah silap yang disengaja maupun tidak disengaja. Aku bukan malaikat atau nabi yang tidak punya salah. Aku juga manusia yang 8 bulan terakhir penuh tekanan," tulisnya.

 

Minta Bukti

Atta Halilintar (Foto: Instagram/@attahalilintar)

Selain minta maaf, Atta Halilintar juga mempertanyakan kabar yang menyebut dirinya sebagai pria muda yang berpenghasilan fenomenal. Ia minta kebenaran dari kabar tersebut.

"Memberitakan saya sebagai Youtuber No. 8 Terkaya di dunia dengan penghasilan 700 juta perhari? really? apakah itu benar? Apakah berita ini prestasi buat saya? Apakah pernah liat bukti transferan dengan jumlah2 seperti itu? Banyak efek samping dari berita2 seperti ini. yang tidak ada bukti kongkritnya. Semua hanya demi menaikkan followers," lanjutnya.

Ingin Kebenaran

Atta Halilintar. (Liputan6.com/IG/@attahalilintar)

Atta Halilintar merasa banyak orang yang memanfaatkan namanya untuk mendapatkan keuntungan pribadi. Meski selama ini ia diam, tak berarti kabar itu semua benar adanya.

"Ada juga yang menceritakan buruk ttg saya padahal ktemunya sudah dari jaman jahiliyah yg lalu. Hingga terakhir tuduhan saya menipu duit2 endorsement? Semua berita ini terjadi bersamaan? Dan semua memanfaatkan berita utk memburukkan saya untuk nambah followers? untuk nama toko? atau utk nama pribadi? Bukan berarti saya diam sepenuhnya orang lain benar," paparnya.

Inikah alasan Atta Halilintar akhirnya pamit dari kegiatan yang melambungkan namanya?

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Penghuni Vila di Pasuruan Tewas Mendadak Usai Minum Kopi

Posted: 28 Aug 2019 10:29 PM PDT

Patroli Indosiar, Pasuruan - Seorang pria yang sedang menyewa sebuah vila di kawasan wisata Prigen, Pasuruan, Jawa Timur, tiba- tiba meninggal dunia. Dia tewas sesaat setelah meminum kopi yang baru saja dibelinya.  

Seperti ditayangkan Patroli Indosiar, Kamis (29/8/2019), saat ditemukan jenazah pria tersebut telah terbujur kaku di dalam kamar. 

Polisi yang menghampiri lokasi melakukan identifikasi. Sekilas tak ada tanda-tanda kekerasan di tubuh korban.

Menurut laporan yang diterima polisi, kala itu korban keluar vila sejenak untuk membeli sebungkus nasi dan kopi.

Sepulangnya dari warung, korban meminum kopi hitam yang baru saja dibelinya. Seketika ia kejang-kejang dan jatuh pingsan. Tak lama kemudian dia meninggal dunia.  

Untuk memastikan penyebab kematian korban, polisi mengamankan sisa kopi. Kini, petugas masih menunggu hasil laboratorium forensik.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Sering Berperan Antagonis, Ini 6 Pesona Cantik Claudia Andhara Mylka

Posted: 28 Aug 2019 10:25 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Bagi penggemar sinetron Tanah Air, pasti sudah tidak asing lagi dengan wajah cantik Claudia Andhara Mylka. Claudia Andhara Mylka diketahui sudah memulai kariernya di dunia hiburan tanah Air sejak 2007 lalu.

Sejak kemunculannya, Claudia Andhara sudah membintangi 12 sinetron dan 2 FTV. Bahkan 2 sinetron yang ia bintangi pernah berada dalam tiga besar sinetron paling banyak ditonton di Indonesia.

Dari banyaknya sinetron yang telah ia bintangi, cewek 21 tahun ini ternyata kerap mendapatkan peran antagonis. Menurutnya mendapatkan peran antagonis adalah tantangan dalam dunia seni peran karena harus membuat penonton benar-benar membenci sang aktor. Claudia juga merasa senang dengan perannya sebagai sosok antagonis. Bahkan ia mengaku wajahnya tidak cocok untuk peran protagonis.

Selama memerankan sosok antagonis, Claudia juga merasa pede dan nyaman. Namun siapa sangka, kehidupan nyata sang aktris cantik ini sungguh berbeda dari di sinetron. Selain terkenal pandai berakting, cewek kelahiran Jakarta ini juga terkenal pandai di bidang akademik. Claudia juga merupakan sosok yang mudah bergaul, asyik, dan ramah.

Penasaran dengan pesona Claudia di luar sinetron? Berikut 6 pesona Claudia Andhara Mylka yang telah Liputan6.com rangkum dari berbagai sumber, Kamis (29/8/2019).

1. Claudia Andhara Mylka lahir di Jakarta, 14 November 1997. Ia memulai kariernya di dunia hiburan Tanah Air sebagai seorang aktris dan model.

Pesona Claudia Andhara Mylka (sumber: instagram/@claudiaudie)

2. Cewek 21 tahun ini sudah memulai kariernya sejak umur 10 tahun. Debut aktingnya adalah saat memerankan sosok Dindit dalam sitkom 'Suami Suami Takut Istri'.

Pesona Claudia Andhara Mylka (sumber: instagram/@claudiaudie)

3. Tak hanya sukses dengan kariernya dalam berakting, Claudia juga sukses dalam pendidikannya. Diketahui Claudia telah lulus dari Universitas Indonesia jurusan Hukum.

Pesona Claudia Andhara Mylka (sumber: instagram/@claudiaudie)

4. Claudia Andhara merupakan anak pertama dan anak perempuan satu-satunya dalam keluarga. Ia mempunyai dua saudara yang kesemuanya adalah laki-laki.

Pesona Claudia Andhara Mylka (sumber: instagram/@claudiaudie)

5. Claudia Andhara pernah mengeyam pendidikan di SMA Glojay lalu pindah ke SMA 78 dan sekarang Claudia Andhara sudah menyelesaikan kuliah di Universitas Indonesia.

Pesona Claudia Andhara Mylka (sumber: instagram/@claudiaudie)

6. Walaupun sering mendapatkan komentar pedas dari netizen karena perannya, Claudia mengaku tidak terganggu dan fokus dengan karier dan pendidikannya.

Pesona Claudia Andhara Mylka (sumber: instagram/@claudiaudie)

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

VIDEO: Polisi Tangkap 12 Pengedar dan Pemakai Narkoba di Madura

Posted: 28 Aug 2019 10:24 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Perang terhadap pengedar barang haram narkoba, terus dilakukan aparat Polres Pamekasan Madura.

12 pengedar dan pemakai narkoba, beserta sabu seberat 16 gram lebih, disita polisi. Sementara di Surabaya, Satnarkoba Polrestabes meringkus tujuh pelaku jaringan pengedar sabu dan pil LL di salah satu lapas di Jawa Timur. 43 ribu butir pil LL yang dikemas dalam botol Vitamin B disita petugas.

12 belas pelaku pengedar dan pemakai narkoba jenis sabu ditangkap di wilayah hukum Polres Pamekasan. Tiga pelaku sebagai pengedar, yakni AK, AR, serta AH warga Kecamatan Omben, Kabupaten Pamekasan. Sementara sembilan lainnya adalah pemakai. Dari penangkapan ini, petugas menyita sabu seberat 16,83 gram.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

2 Okum Wartawan Gadungan Peras Kepala Sekolah di Cirebon

Posted: 28 Aug 2019 10:20 PM PDT

Patroli Indosiar, Cirebon - Dua orang wartawan gadungan di daerah Cirebon, Jawa Barat, tertangkap tangan saat tengah memeras korbannya seorang kepala sekolah sebuah sekolah dasar (SD).  

Seperti ditayangkan Patroli Indosiar, Kamis (29/8/2019), kedua pelaku tertangkap tangan saat tengah memeras korban dengan barang bukti uang Rp 29 juta.

Pemerasan dengan kedok menjaga nama baik seorang kepala sekolah dasar di daerah Jawa Barat ini menjadi modus dua pria ini dalam menipu korban dengan mengaku sebagai wartawan.  

"Mengancamnya dia akan melapor ke dinas jika tak memberi uang," ujar korban bernama Masyuri.  

Awalnya para pelaku meminta uang kepada korban sebesar Rp 160 juta dengan ancaman tidak akan menyebarkan bukti perbuatan tidak baik korbannya yang menjadi target.  

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Larassati Kusnandar Terpilih Jadi Host Hikmah SCTV

Posted: 28 Aug 2019 10:20 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Larassati Kusnandar mulai merasakan manfaat dari keputusannya berhijab. Semenjak meninggalkan dunia malam karena aktivitasnya sebagai Disc Jockey (DJ), kehidupan Larassati Kusnandar berubah drastis.

"Alhamdulillah, karena aku ngerasa setelah hijrah begitu banyak kenikmatan-kenikmatan yang Allah kasih ke aku," kata Larassati Kusnandar saat ditemui di Jakarta, baru-baru ini.

Perubahan yang ia rasakan berupa ketenangan batin yang sebelumnya tak pernah dialami dara yang sebelumnya dikenal dengan nama Barbie Larassati.

"Lebih tenang, lebih nyaman untuk melangkah karena apapun atas dasar agama," dia menerangkan.

 

 

 

Jadi Host Program SCTV

Larassati Kusnandar

Keputusan berhijrah sempat membuat Larassati Kusnandar galau akan pekerjaannya. Tapi itu tak bertahan lama. Niat yang kuat untuk memperbaiki hidup dengan nilai-nilai agama, justru menuntun Larassati Kusnandar memperoleh rezeki jauh lebih baik.

Kini, Larassati Kusnandar fokus di depan layar kaca. Ia terlibat dalam salah satu judul FTV dan host program acara televisi. Tak hanya itu, ia juga sudah memiliki single religi berjudul "Mencari Ridho-Mu". 

"Alhamdulillah, setelah hijrah jadi dipercaya untuk menjadi host di acara Hikmah SCTV dan banyak tawaran FTV. Sampai sekarang juga masih aktif di FTV Indosiar nyanyi off air keluar kota dan beberapa endorse di Instagram," dia menjelaskan.

 

 

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Tradisi Ganti Nama Usai Berhaji ke Tanah Suci

Posted: 28 Aug 2019 10:18 PM PDT

Liputan6.com, Jeddah - Ada satu tradisi menarik yang dilakukan jemaah haji usai kembali dari Tanah Suci di beberapa daerah. Yakni tradisi mengganti nama, salah satunya di Madura, Jawa Timur.

Adalah Mistiya (58), haji asal Pamekasan, Madura. Usai pulang dari Tanah Suci dia mengubah namanya menjadi, Hj Siti Solihah. Sementara suaminya, Sapari (63) berubah menjadi H Syamsuddin.

Nama baru tersebut ternyata tidak asal-asalan, karena merupakan hasil dari konsultasi keduanya kepada kiai pembimbing haji.

Jemaah haji asal Madura yang menginap di Hotel Arkan Bakkah di wilayah Misfalah Mekkah baru selesai berkumpul dengan pembimbing haji. Di lokasi inilah, mereka meminta nama baru.

"Tidak dipungut biaya saat meminta nama dari kiai kami," ujar Mistiya.

Mistiya menunjukkan nama barunya lewat secarik kertas yang ditulis dengan tulisan Arab. "Saya mendapatkan nama baru ini dari KH Muhammad Hariri. Kita semua yang meminta diberi nama baru lalu ditulis dalam sebuah kertas putih," kata Mistiya di Hotel Arkan Bakkah, Makkah.

 

Usai mendapatkan nama baru, Mistiya kemudian mengabari nama barunya kepada keluarga di Tanah Air. Terutama anak-anaknya.

"Saya akan kabari anak saya lewat SMS untuk memberitau nama baru setelah haji sekaligus ngirim foto saya dan suami di Makkah. Foto dan nama barunya akan dicetak lalu dipigura dan ditempel di atas tembok buat hiasan dinding sekaligus mengumumkan kepada para tetangga nama baru kami setelah haji," ujar Mistiya.

Sang suami, Sapari menjelaskan nama baru ini biasanya ditanyakan oleh para tetangga setelah pulang haji. Bahkan nama baru ini menjadi panggilan sehari- hari menggantikan nama sebelumnya.

"Seperti saya ini mendapatkan nama baru Haji Syamsuddin, nanti di kampung orang-orang tidak lagi memanggil Sapari tapi Haji Syamsuddin. Dan nanti nama baru itu akan lebih terkenal dibandingkan nama lamanya," ujar Sapari bersemangat.

Meski demikian, perubahan nama tersebut tidak akan mengubah data-data pada dokumen kependudukan atau dokumen-dokumen penting lainnya seperti KTP, KK, atau Ijazah lulusan lembaga sekolah.

"Di dokumen akan tetap menggunakan nama lama, nama baru ini hanya nama dan gelar setelah haji tapi akan menjadi nama panggilan populer di masyarakat," ujar Sapari.

 

 

Sah-sah Saja

Tradisi ganti nama dinilai sah-sah saja dilakukan sebagai bagian dari tradisi yang baik di sejumlah daerah di Indonesia salah satunya Madura.

Konsultan Ibadah Daerah Kerja Mekkah KH Ahmad Wazir menjelaskan dari sisi sejarah dan syariat terkait tradisi ganti nama setelah haji sebenarnya sudah ada sejak zaman dahulu.

"Tentang ganti nama itu terjadi ketika haji zaman dulu diurus oleh maktab dari para syekh yang menjadi pemandu jemaah haji. Dari sisi agama, literatur belum saya jumpai, itu hanya aspek tradisi maksudnya ya untuk tabarruk, ngalap berkah," kata KH Ahmad Wazir.

Dia menuturkan, jikanama asli jelek, memang seharusnya diganti yang lebih bagus. Penggantian nama dalam tradisi Jawa diistilahkan kabotan jeneng (keberatan nama), sehingga kerap kali dipercaya membuat seseorang sering sakit-sakitan karena namanya yang tidak sesuai untuk dirinya.

"Sebagian kyai ada yang menyarankan ganti nama, kalau yang terakhir ini ada penjelasannya dalam sebagian kitab, ini banyak benarnya," dia menambahkan.

Dia mencontohkan jia seseorang memiliki unsur nama fa. Biasanya saat kecil akan sakit-sakitan terus. Sebab fa' itu karakternya bawa penyakit. "Ummul Kita itu hurufnya gak ada fa, sebab Qur'an itu jika diperas jadi fatihah, sedangkan sebutannya adalah 'syifa' sebagai obat penyembuh, biar tidak kontradiktif Allah memilihkan huruf dalam Ummul Kitab tidak ada fa," jelas dia.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Tak Punya Gedung, Siswa SMP di Bogor 8 Tahun Telantar

Posted: 28 Aug 2019 10:18 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Jakarta Meski sudah delapan tahun berdiri, Sekolah Menengah Pertama (SMP) Terbuka 1 Cijeruk, Kabupaten Bogor, Jawa Barat masih belum memiliki gedung.

Sejak awal berdiri tahun 2011, kegiatan belajar mengajar (KBM) siswa sekolah tersebut berpindah-pindah menumpang di sekolah lain. Dan kini puluhan siswa terpaksa belajar di halaman rumah setelah diusir pemilik madrasah.

Cucu Sumiati bersama almarhum suaminya, Gunawan mendirikan sekolah gratis pada tahun 2011 di tempat tinggalnya Jalan Sukabakti, Desa Palasari, Kecamatan Cijeruk, Kabupaten Bogor.

Didirikannya sekolah SMP yang menginduk ke SMP Negeri 1 Cijerukt itu, kata Cucu, lantaran warga Desa Palasari mayoritas kurang mampu untuk menyekolah anaknya ke jenjang SMP.

Tidak hanya itu, murid-murid SD yang telah tamat enggan melanjutkan pendidikannya, lantaran jarak dari desa ke SMP terdekat tergolong jauh atau sekira 10 kilometer.

"Waktu itu kami melihat di desa kami banyak murid SD putus sekolah. Makanya saya bersama suami berinisiatif untuk mendirikan sekolah SMP,'' kata Cucu, Kamis (29/8/2019).

Dalam menjalankan KBM, sejak berdiri acap kali berpindah-pindah tempat mulai menumpang di SDN Langensari Cijeruk sampai menyewa gedung madrasah. Kini KBM dilakukan di belakang dan samping halaman rumahnya karena diusir lantaran adanya perebutan tanah wakaf.

"Ada konflik antara keluarga yang memberikan tanah wakaf, jadi sekolah pindah lagi dan siswa belajar di halaman depan dan belakang rumah," tuturnya.

Selain belajar beratapkan awan, sekolah ini juga minim fasilitas. Yang ada di halaman rumah hanya tersedia kursi lipat dan papan tulis. Beberapa diantaranya duduk mengampar di bale halaman belakang.

"Dulu buku dapat bantuan dari donatur. Dari sekolah induk pernah ngasih tapi kurikulum KTPS, sementara sekarang kurtilas. Klo ATK kita beli sendiri," terangnya.

Setiap menerima pelajaran, seluruh siswa kelas 7, 8, dan 9 menyiapkan sendiri kursi lipat yang telah tersedia di halaman rumahnya.

 

Menumpang Madrasah

Didirikannya sekolah SMP yang menginduk ke SMP Negeri 1 Cijerukt itu, kata Cucu, lantaran warga Desa Palasari mayoritas kurang mampu untuk menyekolah anaknya ke jenjang SMP

Ia mengakui, sejak berdirinya SMP T911, dia dan suaminya yang mengajar peserta didiknya. Setelah suaminya meninggal dunia 2018 lalu tepatnya saat sekolah itu menumpang di madrasah, Cucu mengajar seorang diri siswa kelas 7 sampai 9.

"Saya ngajar estapet. Setelah ngajar kelas 7, terus ngajar kelas 8, lalu kelas 9. Begitu seterusnya sampai jam pelajaran habis. Alhamdulillah sudah biasa dengan tehnik dan metode lari-lari ke kelas lain," ungkap Cucu.

Meski berjuang seorang diri, lanjut dia, semangatnya tak pernah padam. Ia memberikan ilmu kepada seluruh siswa sesuai dengan kurikulum. Tak hanya itu, siswa belajar selama lima hari seperti sekolah pada umumnya.

''Untuk hari Sabtu kita belajar di outdoor," jelas Cucu.

Cucu mengaku mengajar di sekolah itu hanya mendapat honor sebesar Rp 260 ribu per bulan. Itu pun dibayar tiga bulan sekali berasal dari dana BOSS.

"Honor dibayar dari dana BOSS SMPN 1 Cijeruk. Saya ikhlas karena niatnya ingin bantu anak-anak kurang mampu," kata dia.

Namun begitu, dirinya berharap ada pihak yang mau membantu mendirikan atau menyewakan gedung untuk peserta didiknya agar mereka bisa belajar dengan tenang, aman dan nyaman.

"Kalau anak-anak sih engga manja, paling ngeluh panas aja. Karena ada yang belajat tanpa pake terpal," kata dia.

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

First Trip, Ini 5 Gaya Liburan Alinea Anak Raditya Dika di Singapura

Posted: 28 Aug 2019 10:15 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Raditya Dika merupakan seleb Tanah Air yang multitalenta. Radit terkenal sebagai komika, penulis dan aktor. Raditya Dika menikah dengan Anissa Aziza pada 5 Mei 2018 lalu. Dari pernikahan tersebut, Annisa melahirkan putri cantik bernama Alinea Ava Nasution.

Alinea selalu diekspos oleh Raditya Dika dan Annisa di media sosial Instagram ataupun YouTube. Tingkah laku keseharian Alea, sapaan Alinea, selalu diumbar oleh Radit atau Annisa, mulai dari bermain-main dengan Alea hingga terbaru mengajak putri kecilnya ke Singapura.

"Alinea's first trip," tulis Raditya Dika di Instagram pribadinya (27/8/2019). Keterangan Raditya Dika di foto tersebut memperjelas bahwa liburan mereka di Singapura menjadi yang pertama bagi Alea. Tidak hanya liburan, Alea diketahui memiliki agenda juga di Google Singapura. Hal tersebut diketahui dari postingan selanjutnya Raditya Dika.

"Cieee Alea jadi tamunya Google Singapura.." tulis Radit kemarin di Instagram (28/8/2019).

Penasaran kan bagaimana potret Alinea putri Raditya Dika selama di Singapura? Berikut Liputan6.com rangkum dari Instagram @raditya_dika dan @annisaaziza, Kamis (29/8/2019).

1. Bersama dengan orangtuanya yang memakai kacamata hitam, Alinea Ava Nasution akan terbang ke Singapura.

First Trip, Ini 5 Gaya Liburan Alinea Anak Raditya Dika di Singapura (sumber: Instagram.com/anissaaziza)

2. Wajah lucu Alea saat di pesawat. Menggemaskan sekali bukan?

First Trip, Ini 5 Gaya Liburan Alinea Anak Raditya Dika di Singapura (sumber: Instagram.com/anissaaziza)

3. Tidak hanya berlibur, Alea juga menjadi tamu dari Google Singapura.

First Trip, Ini 5 Gaya Liburan Alinea Anak Raditya Dika di Singapura (sumber: Instagram.com/anissaaziza)

4. Radit dan Annisa membawa Alea jalan-jalan ke Grand Park Orchard.

First Trip, Ini 5 Gaya Liburan Alinea Anak Raditya Dika di Singapura (sumber: Instagram.com/anissaaziza)

5. Alea tengah digendong mesra ibunya, Annisa. Annisa bahkan tidak ragu menyebut keluarga mereka dengan sebutan 'keluarga imutku'.

First Trip, Ini 5 Gaya Liburan Alinea Anak Raditya Dika di Singapura (sumber: Instagram.com/anissaaziza)

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

KPU Tetapkan Caleg DPR Terpilih pada 31 Agustus

Posted: 28 Aug 2019 10:14 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Komisi Pemilihan Umum (KPU) segera menetapkan calon anggota legislatif (caleg) DPR terpilih periode 2019-2024. Penetapan itu dilakukan pada 31 Agustus mendatang.

"Betul (penetapan 31 Agustus)," kata Komisioner KPU Ilham Saputra, kepada Merdeka, Kamis (29/8/2019).

Dia mengatakan, nantinya, penetapan caleg DPR terpilih tersebut dilakukan di Kantor KPU Jalan Imam Bonjol, Jakarta Pusat. Pada penetapan itu, KPU akan membacakan perolehan suara para caleg terpilih di tiap daerah pemilihan.

Acara itu juga akan dihadiri oleh pimpinan partai oleh partai politik, DKPP, Bawaslu, TNI, Polri, hingga Komisi II DPR.

Diketahui, sejumlah petinggi partai politik kembali mencalonkan anaknya maju sebagai caleg dalam Pemilu 2019. Hasil Pemilu 2019, mereka pun berhasil lolos ke Senayan.

Nama-nama tersebut adalah anak politikus senior PAN Hanafi Rais, anak Ketua Umum PDIP Puan Maharani, anak Ketua Umum Nasdem Prananda Paloh, serta anak Ketua Umum Partai Demokrat Edhie Baskoro Yudhoyono.

Tak Ada Eks Napi Korupsi Jadi Caleg

Badut berbentuk kotak suara Komisi Pemilihan Umum (KPU), ondel-ondel, dan marching band ikut meramaikan pawai Deklarasi Kampanye Damai di Monas, Minggu (23/9). (Merdeka.com/Iqbal Nugroho)

Komisioner Komisi Pemilihan Umum (KPU) Ilham Saputra memastikan, tidak ada calon legislatif atau caleg yang merupakan mantan narapidana korupsi di daftar calon tetap (DCT) sebagai anggota DPR di Pemilu 2019.

"Jadi saya mengklarifikasi bahwa di DCT DPR RI tidak ada calon mantan napi korupsi," kata Ilham di kantor KPU, Jalan Imam Bonjol, Jakarta Pusat, Kamis (20/9/2018).

Dia menjelaskan, awalnya, terdapat nama caleg eks koruptor dari PDIP dan Partai Hanura. Untuk PDIP, Ilham menyebut satu mana itu yakni Maman Yuda.

"Dalam peraturan itu tidak boleh, kami sudah mengusulkan agat diganti orang baru. Tapi tidak dilakukan sehingga kami menolak untuk digantikan atau digantikan orang lain dari dapil lain," ucapnya.

Sementara itu, dia menyebut, untuk Partai Hanura tidak mengganti dua caleg mantan narapidana korupsi.

"Kemudian yang Hanura (Abdul Hafid dan Agus Supriyadi) tidak digantikan oleh partai," kata Ilham.

 

Reporter: Sania Mashabi

Sumber: Merdeka

Saksikan Video Terkait di Bawah Ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

FOTO: Operasi Patuh Jaya Digelar, Pelanggar Lalin Siap-Siap Kena Tilang

Posted: 28 Aug 2019 10:14 PM PDT

Polisi lalu lintas melakukan tilang terhadap pengendara motor saat razia Operasi Patuh Jaya 2019 di kawasan Kebon Nanas, Jakarta, Kamis (29/8/2019). Operasi ini diharapkan dapat meningkatkan kepatuhan dan ketertiban dalam berlalu lintas serta mengurangi angka kecelakaan. (merdeka.com/Imam Buhori)

Polisi lalu lintas melakukan tilang terhadap pengendara motor saat razia Operasi Patuh Jaya 2019 di kawasan Kebon Nanas, Jakarta, Kamis (29/8/2019). Operasi ini diharapkan dapat meningkatkan kepatuhan dan ketertiban dalam berlalu lintas serta mengurangi angka kecelakaan. (merdeka.com/Imam Buhori)

Polisi lalu lintas memberhentikan pengendara sepeda motor saat menggelar razia Operasi Patuh Jaya 2019 di kawasan Kebon Nanas, Jakarta, Kamis (29/8/2019). Diketahui, Operasi Patuh Jaya 2019 di wilayah hukum Polda Metro Jaya mulai digelar hari ini hingga 11 September 2019. (merdeka.com/Imam Buhori)

Polisi lalu lintas memberhentikan pengendara sepeda motor saat menggelar razia Operasi Patuh Jaya 2019 di kawasan Kebon Nanas, Jakarta, Kamis (29/8/2019). Diketahui, Operasi Patuh Jaya 2019 di wilayah hukum Polda Metro Jaya mulai digelar hari ini hingga 11 September 2019. (merdeka.com/Imam Buhori)

Polisi lalu lintas memeriksa kelengkapan surat pengendara saat razia Operasi Patuh Jaya 2019 di kawasan Kebon Nanas, Jakarta, Kamis (29/8/2019). Operasi ini diharapkan dapat meningkatkan kepatuhan dan ketertiban dalam berlalu lintas serta mengurangi angka kecelakaan. (merdeka.com/Imam Buhori)

Polisi lalu lintas memeriksa kelengkapan surat pengendara saat razia Operasi Patuh Jaya 2019 di kawasan Kebon Nanas, Jakarta, Kamis (29/8/2019). Operasi ini diharapkan dapat meningkatkan kepatuhan dan ketertiban dalam berlalu lintas serta mengurangi angka kecelakaan. (merdeka.com/Imam Buhori)

Polisi lalu lintas melakukan tilang terhadap pengendara motor saat razia Operasi Patuh Jaya 2019 di kawasan Kebon Nanas, Jakarta, Kamis (29/8/2019). Operasi ini diharapkan dapat meningkatkan kepatuhan dan ketertiban dalam berlalu lintas serta mengurangi angka kecelakaan. (merdeka.com/Imam Buhori)

Polisi lalu lintas melakukan tilang terhadap pengendara motor saat razia Operasi Patuh Jaya 2019 di kawasan Kebon Nanas, Jakarta, Kamis (29/8/2019). Operasi ini diharapkan dapat meningkatkan kepatuhan dan ketertiban dalam berlalu lintas serta mengurangi angka kecelakaan. (merdeka.com/Imam Buhori)

Polisi lalu lintas melakukan tilang terhadap pengendara motor saat razia Operasi Patuh Jaya 2019 di kawasan Kebon Nanas, Jakarta, Kamis (29/8/2019). Operasi ini diharapkan dapat meningkatkan kepatuhan dan ketertiban dalam berlalu lintas serta mengurangi angka kecelakaan. (merdeka.com/Imam Buhori)

Polisi lalu lintas melakukan tilang terhadap pengendara motor saat razia Operasi Patuh Jaya 2019 di kawasan Kebon Nanas, Jakarta, Kamis (29/8/2019). Operasi ini diharapkan dapat meningkatkan kepatuhan dan ketertiban dalam berlalu lintas serta mengurangi angka kecelakaan. (merdeka.com/Imam Buhori)

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Fakta-Fakta Menarik Mocoan Lontar Yusuf Tradisi Suku Osing Banyuwangi

Posted: 28 Aug 2019 10:10 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Mocoan Lontar Yusuf adalah tradisi yang dilakukan suku Osing Banyuwangi berupa pembacaan lontar (naskah) Yusuf. Lontar Yusuf merupakan kitab bertuliskan huruf Arab dengan bahasa Jawa Kuno yang dikenal oleh suku Osing sejak agama Islam masuk ke Banyuwangi.

Lontar Yusuf digunakan sebagai sarana berdoa oleh suku Osing kepada Tuhan yang diharapkan agar memiliki kehidupan seperti Nabi Yusuf. Dinamakan Lontar Yusuf karena sebelum ada kertas, kisah Nabi Yusuf ditulis di daun lontar.

Selain itu, bentuknya berupa puisi tradisional yang terikat dalam aturan yang disebut pupuh. Terdapat 12 pupuh, 593 bait, dan 4.366 larik di dalam Lontar Yusuf. Jenis pupuh dalam Lontar Yusuf ada empat yaitu kasmaran, durmo, sinom dan pangkur.

Mocoan Lontar Yusuf merupakan tradisi yang erat dengan kehidupan spiritualitas warga suku Osing dan terus dilestarikan hingga saat ini. Berikut, fakta-fakta menarik Mocoan Lontar Yusuf yang dikutip Liputan6.com dari Banyuwangikab, Kamis (29/8/2019).

1. Ditetapkan Sebagai Warisan Budaya Tak Benda

Mocoan Lontar Yusuf (Sumber: banyuwangikab)

Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan RI menetapkan salah satu tradisi budaya masyarakat suku Osing Banyuwangi yakni Mocoan Lontar Yusuf sebagai Warisan Budaya Tak Benda (WBTB) 2019.

"Alhamdulillah, pada tahun ini budaya dan tradisi Banyuwangi kembali dietapkan menjadi Warisan Budaya Tak Benda, melengkapi tradisi lain yang telah ditetapkan sebelumnya. Selain aspresiasi dari pusat, ini akan menambah semangat untuk terus lebih giat menjaga dan melestarikan tradisi luhur Banyuwangi," tutur Bupati Banyuwangi Abdullah Azwar Anas, Selasa (27/8/2019).

2. Mocoan Lontar Yusuf Biasanya Dilakukan Sebagai Pengiring Ritual Tradisi

Tradisi Petik Laut

Mocoan lontar biasanya digelar sebagai bagian dari acara tradisi di Banyuwangi. Seperti acara ruwatan , bersih desa, atau petik laut serta pada acara ritual peralihan (tujuh bulanan, kelahiran, khitanan, pernikahan).

Mocoan Lontar Yusuf berlangsung selepas isya dan baru berakhir menjelang subuh hingga lontar Yusuf itu khatam.

3. Mocoan Lontar Yusuf, Tirakat Suku Osing Banyuwangi

Mocoan Lontar Yusuf (Sumber: banyuwangikab)

Mocoan lontar Yusuf merupakan suatu ikhtiar untuk mengambil berkah dari kemuliaan para nabi. Diyakini dengan pembacaan lontar, harapan dan keinginan bisa terkabulkan. Meski arti bahasa lontar Yusuf ini tak dimengerti, kesakralannya tetap diyakini.

Maka tak heran jika para pendengar mocoan kerap menitipkan benda-benda yang terkait dengan hajatnya. Benda tersebut diletakkan di bawah lontar yang akan dibaca, agar terkabul harapannya. Seperti bedak dan sisir, sebagai keinginan memiliki rupa yang menarik dan memesona seperti Nabi Yusuf.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Renault Umumkan Harga Resmi Triber, Berapa?

Posted: 28 Aug 2019 10:03 PM PDT

Liputan6.com, New Delhi - Renault Triber pertama kali diperkenalkan di India pada Juni 2019 lalu. Tak lama kemudian, Triber resmi diperkenalkan di Indonesia saat GIIAS 2019. Meski sudah menerima pemesanan, harga jual resmi belum diumumkan.

Tapi di India, Renault Triber sudah punya banderol harga. Dilansir Rushlane, harga Renault Triber di India mulai INR 495.000 atau Rp 98,3 jutaan (Kurs INR 1 = Rp 198), untuk varian terendah RXE.

Sementara itu, varian RXL dibanderol INR 549.000 (Rp 109 jutaan), varian RXT seharga INR 599.000 (Rp 119 jutaan), dan varian tertinggi RXZ dibandrol seharga INR 649.000 (Rp 129 jutaan). Semua banderol harga Triber di India itu berstatus ex-showroom.

Harga Triber cukup kompetitif, mengingat mobil terbaru Renault ini memiliki kapasitas 7 orang penumpang. Apalagi jika melihat fitur MPV yang memakai platform CMF-A ini.

 

 

Spesifikasi Renault Triber Spesifikasi Renault Triber

Renault triber memliki dimensi 3.990 mm x 1.730 mm x 1.643 mm dengan panjang sumbu 2.636 mm. Dimensi itu membuat Triber memiliki kapasitas bagasi 625 liter dan ground clearance 182 mm, serta kapasitas tangki bahan bakar 40 liter.

Triber dibekali haeadlamp projector, LED fog lamp dan LED DRL. Triber memakai velg alloy 5 bilah, roof rail, body cladding, dan skid plates yang membuatnya terkesan sporty.

Kabinnya cukup lega, dengan fitur-fitur kekinian. Ada layar sentuh 8-inci untuk sistem infotainment Media Nav Evolution. Sistem itu kompatibel dengan Android Auto dan Apple CarPlay. Melengkapi komponen dalam kabin, ada instrumen cluster ful digital LED. Fitur keselamatan Triber dibekali speed alert system, rear parking sensor, seat belet reminder, dan kamera mundur.

Sistem mekanisnya memakai mesin bensin berkapasitas 1.0L 3-silinder bertenaga 72 PS dan torsi 96 Nm. Mesin itu dikawinkan dengan gearbox manual. Kabarnya di India, Renault juga akan menambah pilihan transmisi otomatis.

  

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Jelang Protes Baru, 3 Matra Angkatan Bersenjata China Masuk ke Hong Kong

Posted: 28 Aug 2019 10:02 PM PDT

Liputan6.com, Hong Kong - China telah menggilir secara bergantian sejumlah pasukannya di pangkalan Tentara Pembebasan Rakyat (PLA) yang terdapat di Hong Kong, pada Kamis 29 Agustus 2019. Akibat rotasi itu, angkatan bersenjata dari tiga matra: darat, udara, dan laut memasuki wilayah Hong Kong.

Tindakan China memobilisasi tentaranya pada dini hari tadi, dianggap oleh media Tiongkok sebagai tindakan yang "rutin". 

Kantor berita pemerintah China, Xinhua, mengatakan militer China akan berkontribusi untuk menjaga kemakmuran dan stabilitas Hong Kong.

"Militer telah menyelesaikan rotasi pasukan rutin di Hong Kong, dengan pasukan udara, darat dan maritim memasuki wilayah tersebut," kata laporan itu seperti dilansir dari Channel News Asia, Kamis (29/8/2019).

Langkah itu dilakukan beberapa hari sebelum para demonstran berencana mengadakan pawai dan menggalang unjuk rasa baru yang menuntut demokrasi penuh bagi kota itu.

Demonstrasi yang dimaksud telah berlangsung selama tiga bulan, yang tak jarang diwarnai bentrok antara massa aksi dan aparat.

Pada tahun lalu, China telah mengatakan jumlah tentara dan peralatan pasukan militer di Hong Kong "dipertahankan tanpa ada perubahan" seperti diwartakan Antara.

Namun hingga saat ini belum ada pembaruan terkini soal informasi sejenis.

Ribuan Tentara Bersiaga?

Demonstrasi di area industri Kwun Tong itu dihujani tembakan gas air mata yang dilepaskan polisi antihuru-hara Hong Kong. (AFP)

Para pengamat memperkirakan jumlah angkatan bersenjata China (garnisun) di Hong Kong antara 8.000 dan 10.000 pasukan. Mereka terdiri atas pangkalan-pangkalan di Cina selatan dan jaringan bekas barak tentara Inggris di Hong Kong.

Xinhua mengatakan: "Garnisun Hong Kong dari Tentara Pembebasan Rakyat China melakukan rotasi ke 22 anggotanya pada dini hari Kamis."

"Disetujui oleh Komisi Militer Pusat, langkah tersebut adalah rotasi tahunan rutin normal sejalan dengan Undang-Undang Republik Rakyat Tiongkok."

Xinhua memperlihatkan foto-foto pengangkut personel lapis baja dan truk yang membawa pasukan di perbatasan, meskipun tidak jelas, apakah mereka lewat atau keluar dari Hong Kong.

Dalam media itu juga ditunjukkan gambar sebuah kapal angkatan laut kecil yang tiba di Hong Kong.

China juga menggilir pasukan di negara tetangga Macau, bekas jajahan Portugis yang kembali ke kekuasaan Tiongkok pada 1999.

 

 

Menyuruh Negara Lain Jangan Intervensi

Demonstran prodemokrasi membentuk rantai manusia di jalanan Hong Kong, Jumat (23/8/2019). Menurut panitia, panjang rantai manusia tersebut sekitar 30 mil atau hampir 50 kilometer. (AP Photo/Kin Cheung)

China beberapa waktu lalu juga telah mengirim sinyal intervensi, sebagai peringatan keras bagi pihak yang dituduh mencampuri urusan dalam negerinya - Tiongkok sering menuduh AS.

Beijing kembali memperingatkan pemerintah asing yang "ikut campur dalam protes Hong Kong" pada Selasa lalu. Yakni, setelah pertemuan puncak G7 dari tujuh negara industri menyerukan agar kekerasan dihindari dan mendukung Hong Kong tetap otonom.

Di lain sisi, Pemimpin Hong Kong Carrie Lam juga tidak mengesampingkan kemungkinan pemerintahannya yang dapat meminta kekuatan darurat untuk memadamkan protes. Dia mengatakan dalam sebuah jumpa pers pada Selasa, kekerasan menjadi lebih serius tetapi yakin pemerintah dapat menangani krisis itu sendiri.

Simak video pilihan berikut ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Soal Perdamaian Semenanjung Korea, Megawati Tawarkan Solusi Ini

Posted: 28 Aug 2019 10:01 PM PDT

Liputan6.com, Seoul - Presiden kelima RI, Megawati Soekarnoputri, menawarkan solusi musyawarah mufakat untuk mendorong perdamaian antara Korea Utara dan Selatan.

Hal ini disampaikannya saat berpidato dalam DMZ International Forum on the Peace Economy, di Hotel Lotte Seoul, Korea Selatan, Kamis (29/8/2019).

"Musyawarah mufakat adalah suatu metode komunikasi politik yang membuka ruang dialog terbuka tanpa hasrat dominasi terhadap pihak lain. Tema-tema yang telah disepakati, lalu dibicarakan tidak dengan paradigma mayoritas dan minoritas," ucap Megawati di Hotel Lotte Seoul, Korea Selatan, Kamis (29/8/2019).

Dia menjelaskan, prinsip demokrasi yang terkandung dalam Pancasila, berjumlah lima prinsip yang menjadi penuntun dalam kehidupan berbangsa dan bernegara, yaitu; Ketuhanan Yang Maha Esa, nasionalisme, internasionalisme, demokrasi, dan keadilan sosial.

Dengan metode itulah, demokrasi yang ada di dalam Pancasila adalah musyawarah dan mufakat. Dan itu membuka dialog terbuka tanpa dominasi. Metode itu mendorong pencapaian satu kesepakatan yang di dalam kesepakatan itu terpatrikan keputusan politik tindakan afirmasi negara kepada rakyat.

"Bukan suatu hal yang mudah untuk dijalankan, tetapi bukan berarti tidak mungkin," kata Megawati.

Sementara Perdana Menteri Korea Selatan, Lee Nak Yeon, dalam pernyataannya melalui rekaman video mengakui topik pembahasan di DMZ adalah hal menarik. Sebab Korut dan Korsel sudah mengalami konflik lebih dari 70 tahun. Dan akhir-akhir ini ada perubahan lebih baik.

"Memang belum sempurna tapi perdamaian sudah dimulai," kata Lee Nak Yeon.

 

Zona Demiliterisasi Korea

Yang terlihat adalah zona demiliterisasi Korea (Korean Demilitarized Zone/DMZ) yang merupakan wilayah terdepan dari konflik kedua negara. Sekarang wilayah itu perlahan sudah menuju zona damai. Berbagai langkah terus dilakukan. Perubahan-perubahan ke arah lebih baik juga berjalan.

"Memang jalan menuju perdamaian tak mulus. Tapi kita punya tujuan sama menuju perdamaian, karena hanya dengan itulah kita mencapai kesejahteraan bersama," pungkasnya.

Dalam acara tersebut, turut dihadiri, mantan Kanselir Jerman Gerhard Schroder, mantan PM Jepang Yukio Hatoyama, Presiden pertama Mongolia Punsalmaagiin Ochirbat, serta beberapa tokoh penting lainnya dari Rusia, AS, dan Norwegia.

Saksikan video pilihan di bawah ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Detail Kartu Ucapan yang Dikirimkan Pangeran William pada Orang Asing

Posted: 28 Aug 2019 10:01 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Pangeran William mendapat banyak ucapan selamat pada momen ulang tahunnya yang ke-37 pada Juni lalu. Kini, ayah tiga anak tersebut tengah mengirimkan kartu ucapan pada sejumlah orang asing sebagai wujud terima kasih.

Lewat sebuah kicauan beberapa waktu lalu, pemilik akun Twitter Gert's Royal Replies memperlihatkan kartu ucapan berisi kata-kata ungkapan terima kasih Pangeran William beserta foto saat wawancara bersama Britih GQ pada 2017.

Foto yang juga digunakan dalam kiriman kartu ucapan terima kasih di 2017 dan 2018 itu datang bersama pesan dari Pangeran William, "Duke of Cambridge sangat berterima kasih pada Anda untuk ucapan yang dkirimkan di ulang tahunnya yang ke-37.".

"Itu sangat bermakna dan Pangeran William mengucapkan terima kasih paling hangat dan mengharapkan segala yang terbaik terjadi di hidup Anda," tambah catatan yang tertera di kartu ucapan tersebut.

Pangeran William bersama istri dan ketiga anaknya, baru saja melakoni penerbangan pulang ke Norfolk pada Selasa, 27 Agustus 2019, waktu setempat. Mereka kedapatan menghabiskan waktu libur bersama Ratu Elizabeth II dan Pangeran Philip di Balmoral.

Bakal Jadi Minggu Sibuk

Foto kartu Natal keluarga Pangeran William dan Kate Middleton bersama ketiga anaknya. (Foto: instagram.com/mattporteous)

Di tengah pemberian kejutan manis berupa kartu ucapan, melansir dari Hello, Kamis (29/8/2019), minggu ini sebenarnya bakal jadi sangat sibuk, tak hanya bagi Pangeran Willliam, tapi juga anggota keluarga Cambridge lainnya.

Putri Charlotte akan kembali ke sekolah pada Kamis, 5 September 2019. Putri semata wayang Pangeran William dan Kate Middleton itu akan bersekolah bersama kakaknya, Pangeran George, di Thomas's Battersea di barat daya London, tak jauh dari rumah mereka, Istana Kensington.

Kamis, 6 September 2019, Pangeran William akan menyambangi Hendon Football Club di Kigsbury untuk belajar tentang inisiatif pengenalan kesehatan mental yang merupakan bagian dari kampanye Kerajaan Inggris.

Kate sendiri belum diberi tugas yang dirilis langsung ke publik. Tapi, Duchess of Cambridge hampir pasti terlihat mengantar putrinya di hari pertama masuk sekolah.

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Ingin Namamu Ada di Planet Mars? Begini Caranya

Posted: 28 Aug 2019 10:00 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta National Aeronautics and Space Administration (NASA) adalah perusahaan badan penerbangan dan antariksa milik Amerika Serikat. NASA telah melakukan banyak program penelitian di luar angkasa, yang jauh dari jangkauan manusia.

Tahun depan, NASA memiliki rencana menerbangkan rover ke Planet Mars pada bulan Juli tahun 2020. Direncanakan rover tersebut akan mendarat di Planet Merah pada bulan Februari tahun 2021 dan akan menetap di Mars sekitar 687 hari.

Mengajak dari Twitter

NASA mengajak seluruh dunia untuk menerbangkan nama mereka ke Planet Mars. (twitter: @NASA)

Pada Senin (26/8/2019), NASA melalui akun twitter @NASA mengajak masyarakat dari seluruh dunia untuk mendaftarkan nama di situs internet NASA. Jutaan nama yang terkumpul akan disimpan dalam sebuah microchip yang diletakkan pada rover yang akan terbang ke Mars.

"Saat rover #Mars2020 kami mendarat di Planet Merah pada 2021, ia (rover) akan membawa microchip yang terukir nama jutaan orang dari planet Bumi. Apakah namamu ada di dalamnya?

Jangan lewatkan: dapatkan tiket penerbangan dan terbangkan namamu di rover #Mars2020! Pesan sekarang," tulis akun twitter @NASA.

NASA kan menerbangkan rover ke Planet Mars tahun 2020. (sumber: mars.nasa.gov)

Cara Mendaftar

Cara mendaftarkan nama untuk diterbangkan ke Mars. (sumber: mars.nasa.gov)

Untuk mendaftarkan nama, Anda hanya perlu membuka situs internet NASA melalui link yang telah diberikan. Kemudian Anda dapat menuliskan nama depan, nama belakang, negara, kode pos, dan email. Dengan begitu nama Anda akan terdaftar untuk diterbangkan ke Planet Merah.

Tiket Penerbangan

Tiket penerbangan yang akan diterima pendaftar. (twitter: @NASA)

Bila pendaftaran sukses, Anda juga akan mendapatkan tiket penerbangan layaknya penerbangan asli bersama NASA. Nama pendaftar akan tertera dalam tiket tersebut dan dapat disimpan secara digital sebagai kenang-kenangan.

Pendaftaran dapat Anda lakukan di situs internet NASA, https://go.nasa.gov/2zmYUX8 sebelum pendaftaran ditutup pada 30 September 2019.

 

Penulis:

Timothy Juliano

Universitas Multimedia Nusantara

Saksikan video pilihan di bawah ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Fakta di Balik Kisah Viral Pasangan Menikah di Rumah Sakit Ponorogo

Posted: 28 Aug 2019 10:00 PM PDT

Liputan6.com, Ponorogo - Suasana lobi di ruang Tulip RSUD dr Harjono Ponorogo, Rabu (28/8/2019), terlihat berbeda. Ada kursi dan meja yang berjejer di tengah-tengah lobi.

Tak lama, sepasang kekasih Widayanto (28) dan Eka Widya Ristanti (25) muncul dari sisi selatan. Widayanto terlihat mendorong kursi roda yang diduduki Eka.

Dengan lancar, Widayanto pun bisa melafalkan ijab kabul. Akhirnya pasangan yang sudah bertunangan 5 tahun itu sah menjadi pasangan suami istri.

"Alhamdulillah ijab kabulnya lancar. Walaupun harus menikah di rumah sakit," kata Widayanto.

Widayanto mengatakan, rencana menikah telah ditetapkan jauh-jauh hari. Namun mendekati hari H, Eka mengalami kecelakaan. Kekasihnya itu patah tulang paha kanan dan dirawat di RSUD dr Harjono.

Pria asal Kecamatan Sooko, Kabupaten Ponorogo itu menjelaskan setelah hari nahas itu yang dipikirkan hanya kesehatan Eka. Namun, kedua belah pihak juga sudah sepakat untuk tetap melaksanakan pernikahan.

Keduanya sudah melakukan lamaran pada Maret. Dari hasil hitung-hitungan penanggalan Jawayang disebut Weton, keduanya harus menikah Rabu, 28 Agustus 2018). Jika tidak, kata dia, dirinya akan batal menikah.

"Makanya saya nekat menikah hari ini," katanya. Apalagi tahun depan jatah cutinya sudah habis.

Namun proses pernikahan tidak semulus apa yang dibayangkan. Usai berkonsultasi dengan dokter, Eka belum diperbolehkan pulang. 

Akhirnya, atas pertimbangan weton, Widayanto nekat menikahi kekasihnya itu di lobi rumah sakit tempat istrinya dirawat.

"Ya akhirnya pernikahan impian kami terwujud di rumah sakit. Walaupun harus dengan sangat sederhana sekali. Tapi kami bahagia," katanya.

 

Pengakuan Eka

Sementara, si pengantin wanita, Eka mengaku pernikahan dengan Widayanto adalah impiannya. Pasalnya sudah 5 tahun bertunangan dan terpisah jarak.

"Saya kan kerja sebagai TKW di Hongkong. Sedangkan mas (Widayanto) kerja di Jepang. Kami balik ke Ponorogo untuk menikah," katanya.

Dia mengaku tidak pernah bermimpi menikah si rumah sakit. Dirinya bahkan terharu ketika melihat televisi ada sepasang kekasih menikah di rumah sakit.

"Eh tahunya malah saya melakoni itu. Menikah di rumah sakit," katanya.

Eka juga mengaku menyesal lantaran tidak mendengarkan nasihat sang ibu yang bilang tidak boleh keluar rumah saat masa pingit.

"Tapi saya tetap berangkat. Ya karena mau menghadiri nikahan teman. Ibu tahu, tapi ibu tak minta untuk tidak bilang ke mbah-mbah yang melarang pergi," katanya.

Namun, sifat keras kepalanya itu malah membuat nahas. Dirinya pun mengalami kecelakaan dengan truk di Kecamatan Sambit.

"Setelah kecelakaan ya akhirnya menyesal. Tapi ya sudah terjadi mau bagaimana lagi," terang warga Kelurahan Berduri ini.

Dia mengatakan, pernikahan di rumah sakit ini menjadi pengalaman. Dirinya harus berdandan di ruang rumah sakit. Lalu harus melepas infus. "Disuntik anti nyeri," katanya.

Dari situ, Eka menjelaskan bahwa saat harus menikah di rumah sakit pun tidak keras kepala lagi. Karena masih dalam masa penyembuhan.

"Mau tidak mau. Dari pada saya ngeyel (keras kepala) lagi bisa bikin celaka lagi. Ya sekarang manut - manut saja," katanya.

Namun, karena undangan terlanjur menyebar. Dia mengatakan jika pihak keluarga tetap melakukan resepsi. Hanya saja tidak ada dirinya dan suami.

"Tamu ya datang. Penerima tamu pake makeup. Orangtua tidak sih. Resepsi tetap digelar," jelasnya.

Dia berharap, untuk segera sembuh. Karena ingin menyusul suaminya yang sekarang bekerja di salah satu pabrik di Kabupaten Karawang, Jawa Barat.

 

Kata Pihak Rumah Sakit

Sementara, Humas RSUD dr Harjono, Suprapto menyampaikan bahwa pernikahan di RSUD dr Harjono baru sekali. Karena memang sang pasien meminta.

"Ya karena diminta. Kami berusaha memfasilitasi saja untuk pernikahannya. Cuma ya itu sangat sederhana sekali," kata Suprapto.

Pun karena pertimbangan kesehatan. Pasalnya jika pasien dalam hal ini pengantin perempuan harus memaksakan pulang tidak bisa.

"Kami memberikan yang terbaik. Jadi jalan tengahnya memang harus menikah di rumah sakit," pungkasnya.

 

Simak juga video pilihan berikut ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Tiru China, Pengembangan Mobil Listrik RI Harus Tepat Sasaran

Posted: 28 Aug 2019 10:00 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Ketua Komisi V Dewan Perwakilan Rakyat (DPR) Fary Djami Francis memberikan beberapa catatan kepada Kementerian Perhubungan (Kemenhub) mengenai program Kendaraan Bermotor Listrik (KBL). Menurut dia, salah satu upaya untuk mempercepat program KBL diperlukan regulasi yang tepat sasaran.

"Kenapa mobil listrik di China menjadi sangat berkembang? karena ada dukungan pemerintah yang tepat sasaran. Baik itu komponen dan juga dukungan pembangunan infrastruktur," katanya dalam diskusi di Jakarta, Kamis (29/8).

Fary menyampaikan dukungan pemerintah China terhadap perkembangan mobil listrik di sana cukup berperan besar. Sehingga, bukan sesuatu yang sulit untuk mengembangkan mobil listrik di sana.

"Oleh karena itu diperlukan dukungan nyata dari regulasi seperti Peraturan Pemerintah (Permen) bahkan jika diperlukan revisi Undang-Undang jalan," imbuh dia

Sementara berkaitan dengan pemberian insentif, Fary meminta agar pemerintah lebih mewaspadai dan tegas dalam pengembangannya. Jangan sampai kata dia, pemenuhan impor untuk komponen mobil listrik justru membuat penggunaan bahan balu lokal menjadi lemah.

"Juga jangan sampai ada intervensi pihak asing misalnya seperti pabrik nanun kesepakatan akan mengacaukan," katanya.

Dia menambahkan, selain pemberian insentif yang tepat sasaran, khusus pengguna mobil listrik nantinya juga diberikan insentif lain. Diantaranya yakni bebas biaya parkir, hingga terbebas dari ganjil genap.

"Apabila gratis dan bebas ganjil genap dilakukan maka akan mendorong masyarakat beralih. Dibuat juga menarik investasi agar harga jual di luar kemampuan tingkat masyarakat," kata dia.

Seperti diketahui, pemerintah telah resmi mengeluarkan aturan tentang mobil listrik. Aturan tersebut tertuang dalam Peraturan Presiden (Perpres) Nomor 55 tahun 2019 tentang Percepatan Program Kendaraan Bermotor Listrik (KBL) berbasis baterai Untuk Transportasi Jalan.

 

Reporter: Dwi Aditya Putra

Sumber: Merdeka.com

 

Pemerintah Targetkan Pengadaan 10 Ribu Mobil Listrik di 2025

Mobil listrik DFSK Glory E3 dipamerkan dalam GAIKINDO Indonesia International Auto Show (GIIAS) 2019 di ICE BSD, Tangerang, Jumat (19/7/2019). Mobil dengan panjang 4385 mm dan lebar 1850 mm ini memiliki kemampuan jarak tempuh hingga 405 kilometer. (Liputan6.com/Fery Pradolo)

Pemerintah terus mendorong penggunaan kendaraan bermotor listrik, baik itu motor maupun mobil listrik kepada masyarakat luas. Selain karena ramah lingkungan, Indonesia juga ditargetkan untuk bisa memproduksi kendaraan listrik di tanah sendiri.

Direktur Jenderal Perhubungan Darat Kementerian Perhubungan (Kemenhub) Budi Setiyadi mengatakan, inisiasi pemerintah ini turut ditunjang oleh kesiapan beberapa produsen kendaraan roda dua dan roda empat dalam membuat pabrik kendaraan listrik di sejumlah wilayah.

Dalam waktu dekat ini, PT Wijaya Karya (Persero) Tbk atau Wika melalui anak usaha Wika Industri Manufaktur menyatakan kesiapan untuk membangun pabrik motor listrik Gesits di Bali. Namun, Budi mengaku belum mengetahui kabar tersebut.

"Oh, belum tahu juga," ungkapnya saat berbincang dengan Liputan6.com di Jakarta, seperti dikutip Sabtu (24/8/2019).

Akan tetapi, ia mendukung upaya berbagai perusahaan yang hendak membangun pabrik mobil listrik. Sebab, hasil produksi itu akan bantu target pengadaan kendaraan listrik pada 2025 yang sebanyak 10 ribu unit.

"Kalau target Kementerian Perindustrian tahun 2025 itu 10 ribu unit, banyak banget itu. Itu tantangan juga. Tapi sudah ada target dari Kementerian Perindustrian untuk bangun cukup banyak itu," ujar dia.

Bentuk keseriusan ini disebutnya memang sengaja ditampilkan untuk memperlihatkan kepada masyarakat bahwa pemerintah mau kendaraan listrik yang ramah lingkungan mulai menghiasai jalanan di berbagai kota di Tanah Air.

"Saya bukan bicara target angkanya, tapi adalah apa yang harus kita lakukan sekarang ini supaya cepat men-develop pabrik-pabrik itu segera bangun. Ini kita lakukan supaya masyarakat jadi lebih tahu bahwa ini sudah harus digunakan," tutur dia.

Selain di Jawa, Budi tak menutup kemungkinan jika pabrik kendaraan bermotor listrik turut didirikan di berbagai wilayah lain di Indonesia. Di samping itu, pemerintah juga bakal mengeluarkan peraturan khusus bagi para pengguna mobil listrik, seperti dibebaskan dari aturan ganjil-genap.

"Itu sangat mungkin. Mungkin nanti beberapa kota akan kita jadikan sebagai bahan proyek penggunaan sepeda motor, itu harus kita dorong. Misal, di Thamrin-Sudirman sampai sekarang boleh masuk (saat ganjil-genap diberlakukan). Itu supaya mendorong masyarakat beralih menggunakan motor listrik," pungkasnya.  

Kemenhub Usul Angkutan Umum Gunakan Mobil Listrik

PT Angkasa Pura II menguji coba bus listrik prototipe milik PT Mobil Anak Bangsa (MAB) di Bandara Internasional Soekarno Hatta.

Direktur Jenderal Perhubungan Darat Kementerian Perhubungan (Kemenhub) Budi Setiyadi mengatakan, pemerintah mendorong pengembangan mobil listrik di Indonesia untuk lebih diterapkan pada transportasi publik sebelum dijual sebagai angkutan pribadi.

"Kemarin saya diskusi dengan beberapa asosiasi, termasuk dengan Gaikindo dan sebagainya, memang kalau kita mengembangkan ini lebih jauh. Saya lebih cenderung mendorong spesifikasi untuk angkutan umum dulu," ujar dia di Jakarta, Jumat (23/8/2019).

Sebagai bentuk implementasi, ia menyatakan, hal itu bisa diterapkan pada berbagai angkutan umum berdaya tampung besar seperti bus.

"Katakan di Jakarta kita gunakan angkutan umum dengan kendaraan listrik. Karena memang sejalan dengan apa yang disampaikan, tadi pak Menteri (Perhubungan) juga mengatakan Trans Jakarta, Damri juga sedang melakukan untuk itu semuanya," tuturnya.

Sebelumnya, Presiden Joko Widodo (Jokowi) telah menerbitkan Peraturan Presiden (Perpres) Nomor 55 Tahun 2019 tentang Percepatan Program KBL berbasis Baterai Untuk Transportasi Jalan, yang turut memangkas harga mobil listrik. 

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Asteroid Seukuran Gedung Pencakar Langit Bakal Lintasi Bumi Pada 14 September

Posted: 28 Aug 2019 10:00 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Pada 14 September 2019, sebuah asteroid bakal melintasi Bumi. Ukuran asteroid ini disebut-sebut berdiameter sebesar gedung pencakar langit tertinggi di dunia Burj Khalifa di Dubai.

NASA mengidentifikasi asteroid yang dimaksud sebagai 2000 QW7. Mengutip laman CNN, Kamis (28/8/2019), diameter asterioid ini diperkirakan 290 hingga 650 meter atau sekitar 2.132 kaki.

Sementara, tinggi Burj Khalifa adalah 2.717 kaki dan gedung tertinggi kedua di dunia, Shanghai Tower setinggi 2.073 kaki.

Masih menurut laporan yang sama, asteroid ini akan meluncur dengan kecepatan 14.361 mil per jam. Jarak terdekatnya dengan Bumi saat melintas adalah 3.312.944 mil pada 14 September 2019.

Meski ukurannya besar dan melintas di dekat Bumi, astronom percaya asteroid ini tidak berpotensi bahaya. Demikian menurut Pusat Studi Benda-Benda di Dekat Bumi NASA yang telah berhasil melacak keberadaan asteroid ini.

Pada Juni lalu, para astronom menunjukkan, hasil pengamatan lewat teleskop bisa jadi alat akurat untuk memberi peringatan ke manusia, jika ada asteroid yang hendak menabrak Bumi.

Dikenali Lewat Teleskop Atlas

Ilustrasi asteroid (Wikipedia)

Para astronom di University of Hawaii menggunakan teleskop Atlas dan Pan-Starrs untuk mendeteksi asteroid kecil sebelum batuan angkasa itu memasuki atmosfir Bumi pada bulan Juni lalu.

Saat itu, asteroid yang dimaksud bernama 2019 MO dengan diameter 13 kaki dan jaraknya sangat dekat, hanya 310 ribu mil dari Bumi. Dasilitas Atlas ini mengobservasi asteroid 2019 MO selama 4 kali dengan waktu lebih dari 30 menit, tengah malam di Hawaii.

Analis Software di Jet Propulsion Laboratory NADA melihat ada potensi tabrakan dengan skala Scout 2. Sekadar informasi, skala 0 artinya "tidak akan (bertabrakan)". Sementara skala 4 artinya "ada kemungkinan (bertabrakan)".

Navigator Engineer di JPL NASA Davide Farnocchia meminta observasi lanjutan karena ia mendeteksi, asteroid 2019 MO ini telah berada sangat dekat dengan Puerto Rico.

Bantu Ilmuwan Identifikasi Asteroid

Ilustrasi lintasan asteroid menuju Bumi. (Sumber Pixabay)

Teleskop Pan-Starrs juga dioperasikan dan berhasil menangkap bagian langit yang bisa menampilkan gambaran mengenai si asteroid.

Sejumlah gambar dari teleskop Pan-Starr membantu para ilmuwan untuk menentukan lebih baik jalan masuk bagi asteroid ini, di mana asteroid tersebut menabrak dengan skala Scout 4 .

Kalkulasi ini cukup tepat, pasalnya radar udara di San Juan mendeteksi asteroid itu terbakar saat hendak masuk atmosfer Bumi. Meteor--asteroid yang memasuki Bumi--masuk ke atmosfer Bumi di laut, 236 mil sebelah selatan kota.

Dua teleskop Atlas yang berjarak 100 mil dari Big Island dan Maui telah memindai seluruh langit selama dua malam. Dengan begitu, mereka bisa tahu kalau asteroid tersebut bisa menabrak Bumi.

Teleskop ini mampu menemukan asteroid kecil sekalipun, setengah hari sebelum asteroid tiba di Bumi. Sementara untuk asteroid besar, bisa dideteksi berhari-hari sebelumnya.

(Tin/Why)

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

AS Terbuka 2019: Atasi Rasa Sakit, Djokovic ke Putaran 3

Posted: 28 Aug 2019 10:00 PM PDT

Liputan6.com, New York - Unggulan pertama Novak Djokovic mampi mengatasi rasa sakit akibat cedera pada bahunya untuk mengalahkan Juan Ignacio Londero pada pertandingan putaran kedua turnamen tenis grand slam AS Terbuka di New York, Kamis (29/8/2019) pagi WIB.

Juara bertahan AS Terbuka dari Serbia itu sempat mendapat perawatan medis di lapangan sebelum memastikan kemenangan 6-4, 7-6 (7/3), 6-1 atas Londero, petenis Argentina peringkat 56 dunia.

"Cedera ini sangat mempengaruhi pukulan servis dan backhand saya. Tapi saya tidak ingin membicarakan hal ini terlalu banyak," kata Djokovic seperti dikutip AFP.

"Dengan rasa sakit, pertandingan tadi jadi tidak mudah, namun kita harus berharap mendapat kesempatan dan menemukan jalan untuk melawan," katanya.

Lawan Djokovic berikutnya adalah pemenang antara unggulan ke-27 Dusan Lajocvic dan Denis Kudia dari AS. Ia baru bertanding pada Jumat, sehingga punya kesempatan untuk pemulihan bahunya.

"Saya mungkin akan mengistirahatkan tangan saya selama 48 jam, tidak melakukan apa-apa dan kita lihat apa yang terjadi," ujar Djokovic.

Petenis Serbia, Novak Djokovic mengembalikan bola ke arah lawannya Juan Ignacio Londero dari Argentina pada babak kedua AS Terbuka 2019 di Arthur Ashe Stadium, Rabu (28/8/2019). Novak Djokovic  lolos setelah menyudahi perlawanan Londero dengan skor 6-4, 7-6 (7-3), dan 6-1. (AP/Charles Krupa)

Ashleigh Barty Bungkam Lauren Davis

Sementara itu pada tunggal putri juara French Open 2018 Ashleigh Barty lolos ke putaran tiga setelah berhasil mengalihkan pemain peringkat 73 dunia Lauren Davis dari AS.

Barty selanjutnya akan menghadapi pemenang antara Maria Saikkan dari Yunani dan petenis China Peng Shuai, yang pertandingannya ditunda hingga Kamis karena hujan. (Ant)

Saksikan video pilihan di bawah ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

VIDEO: Derita Ratusan Korban Kebakaran Semanan

Posted: 28 Aug 2019 10:00 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Hampir 500 jiwa warga Semanan, Kalideres, Jakarta Barat kehilangan tempat tinggal akibat kebakaran hebat yang melanda wilayahnya. Pemkot Jakbar telah mendirikan lokasi pengungsian dan dapur umum.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Abimana Aryasatya Bicara Peluang Tampil di Sekuel Gundala Putra Petir

Posted: 28 Aug 2019 10:00 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Sebelum melangkah ke karpet merah, sineas Joko Anwar mengonfirmasi bahwa judul sekuel film Gundala yakni Gundala Putra Petir. Awak media lantas bertanya apakah para pemain inti film Gundala termasuk Abimana Aryasatya akan tampil di sekuel?

Dikonfirmasi soal ini, Abimana Aryasatya mengaku belum bisa memastikan. Kepada Showbiz Liputan6.com, Abimana Aryasatya menyatakan, belum ada diskusi mendetail dengan Joko Anwar terkait Gundala Putra Petir.

"Saya dari dulu enggak pernah punya planning ke depan, saya jalani saja. Nah, terkait Gundala Putra Petir, Joko Anwar juga belum cerita panjang lebar soal treatment dan skripnya kepada saya," beri tahu Abimana Aryasatya di Jakarta Selatan, Rabu (28/8/2019).

Proyek sekuel membutuhkan perencanaan matang terkait konten naskah, perkembangan karakter, evaluasi film sebelumnya, hingga nilai produksi. "Sudah pasti akan diskusi panjang soal itu (semua) dengan Joko Anwar," sambung bintang film Belenggu.

Sebagai aktor, Abimana Aryasatya akan lebih banyak berdiskusi dengan Joko Anwar. Sementara manajernya akan membahas kontrak kerja dengan produser. Lantas apakah Abimana Arysatya punya syarat khusus untuk tampil di Gundala Putra Petir? Dan apakah kontrak kerja sekuel sudah diteken?

"Itu pertanyaan (mereka) yang khawatir saya tidak kembali di sekuel Gundala, ha-ha-ha! Makanya Gundala Putra Petir harus lebih sulit dari Gundala," beber aktor kelahiran 24 Oktober 1982.

Suka Tantangan

Empat bintang Gundala, Abimana Aryasatya, Hannah Al Rashid, Kelly Tandiono, Dimas Danang menyapa masyarakat Jakarta di Stasiun MRT Dukuh Atas, Jumat (26/7/2019). (Screenplay Films/BumiLangit)

Abimana Aryasatya menambahkan, "Saya akan bertanya kepada diri sendiri, mampu enggak saya melakukan (tantangan yang lebih sulit) itu? Kalau ada pertanyaan itu, pasti akan saya lakukan di sekuelnya. Apa yang kurang di Gundala, ayo kita perbaiki di sekuelnya."

Makin susah tantangan di sekuel Gundala nantinya, Abimana Aryasatya makin bersemangat. "Saya kalau dapat kesusahan, malah senang," seloroh Abimana Aryasatya yang bangga Gundala berlaga di Festival Film Internasional Toronto, Kanada. (Wayan Diananto)

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Rokok Elektrik di India Terancam Dilarang Pemerintah

Posted: 28 Aug 2019 10:00 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Kementerian Kesehatan India dilaporkan mengambil langkah ekstrem untuk mencegah dampak buruk dari vape. Mereka mengusulkan larangan produksi, impor, hingga peraturan eksekutif terkait penggunaan rokok elektrik untuk publik.

"Rokok elektrik dan teknologi serupa yang mendorong penggunaan tembakau atau berdampak bagi kesehatan masyarakat, berbahaya bagi pengguna aktif maupun pasif," kata rilis dari Kemenkes India seperti yang diterima oleh Reuters, dikutip dari India Today pada Rabu (28/8/2019).

Kemenkes India mengusulkan hukuman penjara tiga tahun, serta denda 500 ribu rupee atau hampir 100 juta rupiah, bagi mereka yang telah melakukan pelanggaran berulang.

Sementara itu, rancangan regulasi mengancam mereka yang pertama kali melanggar dikenai hukuman satu tahun penjara serta denda 100 ribu rupee atau sekitar 19 juta rupiah.

Kemenkes India Tolak Berkomentar

Ilustrasi Rokok Elektrik atau Vape (iStockphoto)

Namun, regulasi ini baru sebuah usulan. Peraturan tersebut bisa gugur jika tidak disetujui oleh parlemen dalam sesi sidang berikutnya, yang kemungkinan diadakan pada November.

Reuters sendiri melaporkan bahwa mereka telah menghubungi Kemenkes India, namun mereka belum memberikan tanggapan terkait kabar tersebut.

Kemenkes setempat juga menambahkan argumen dari para aktivis penentang rokok elektrik yang menyatakan bahwa produk tersebut mampu menyebabkan kecanduan nikotin.

"Ada bukti bahwa produk-produk ini merupakan pintu gerbang ke produk-produk tembakau, serta mendorong remaja dan dewasa muda untuk menggunakan nikotin yang mengarah pada kecanduan," tulis dokumen tersebut.

Kematian Pertama Terkait Vape

Ilustrasi Rokok Elektrik atau Vape (iStockphoto)

Vape serta penggunaan rokok elektrik lainnya baru-baru ini kembali mendapatkan sorotan. Baru-baru ini, Amerika Serikat melaporkan kematian pertama dari pengguna vape.

"Dia dirawat di rumah sakit karena penyakit yang tidak dapat dijelaskan, setelah penggunaan vape atau rokok elektronik," kata dokter Jennifer Layden, kepala petugas medis dan ahli epidemiologi di Illinois seperti dikutip dari BBC.

"Kematian tragis di Illinois ini memperkuat risiko serius yang terkait dengan produk rokok elektrik," ujar Direktur Centers for Disease Control and Prevention (CDC) Robert Redfield.

Simak Juga Video Menarik Berikut Ini

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

FOTO: Ekspresi Serena Williams Saat Tekuk McNally di AS Terbuka

Posted: 28 Aug 2019 09:59 PM PDT

Petenis Serena Williams mengangkat tinjunya setelah mengalahkan Caty McNally dalam putaran kedua turnamen tenis AS Terbuka di New York, Amerika Serikat, Rabu (28/8/2019). Williams menang 5-7, 6 -3, 6-1. (AP Photo/Charles Krupa)

Petenis Serena Williams mengangkat tinjunya setelah mengalahkan Caty McNally dalam putaran kedua turnamen tenis AS Terbuka di New York, Amerika Serikat, Rabu (28/8/2019). Williams menang 5-7, 6 -3, 6-1. (AP Photo/Charles Krupa)

Ekspresi petenis Serena Williams saat memperoleh satu poin dalam laga melawan Caty McNally selama putaran kedua turnamen tenis AS Terbuka di New York, Amerika Serikat, Rabu (28/8/2019). Williams menang 5-7, 6 -3, 6-1. (AP Photo/Charles Krupa)

Ekspresi petenis Serena Williams saat memperoleh satu poin dalam laga melawan Caty McNally selama putaran kedua turnamen tenis AS Terbuka di New York, Amerika Serikat, Rabu (28/8/2019). Williams menang 5-7, 6 -3, 6-1. (AP Photo/Charles Krupa)

Petenis Serena Williams mengembalikan pukulan Caty McNally selama putaran kedua turnamen tenis AS Terbuka di New York, Amerika Serikat, Rabu (28/8/2019). Williams menang 5-7, 6 -3, 6-1. (AP Photo/Charles Krupa)

Petenis Serena Williams mengembalikan pukulan Caty McNally selama putaran kedua turnamen tenis AS Terbuka di New York, Amerika Serikat, Rabu (28/8/2019). Williams menang 5-7, 6 -3, 6-1. (AP Photo/Charles Krupa)

Petenis Serena Williams berteriak saat memperoleh satu poin dalam laga melawan Caty McNally selama putaran kedua turnamen tenis AS Terbuka di New York, Amerika Serikat, Rabu (28/8/2019). Williams menang 5-7, 6 -3, 6-1. (AP Photo/Charles Krupa)

Petenis Serena Williams berteriak saat memperoleh satu poin dalam laga melawan Caty McNally selama putaran kedua turnamen tenis AS Terbuka di New York, Amerika Serikat, Rabu (28/8/2019). Williams menang 5-7, 6 -3, 6-1. (AP Photo/Charles Krupa)

Petenis Serena Williams mengangkat tangannya setelah kehilangan satu poin dari Caty McNally selama putaran kedua turnamen tenis AS Terbuka di New York, Amerika Serikat, Rabu (28/8/2019). Williams menang 5-7, 6 -3, 6-1. (AP Photo/Charles Krupa)

Petenis Serena Williams mengangkat tangannya setelah kehilangan satu poin dari Caty McNally selama putaran kedua turnamen tenis AS Terbuka di New York, Amerika Serikat, Rabu (28/8/2019). Williams menang 5-7, 6 -3, 6-1. (AP Photo/Charles Krupa)

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Duka Keluarga Serda Ricson yang Meninggal Saat Amankan Demo di Papua

Posted: 28 Aug 2019 09:46 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Seorang anggota TNI meninggal dunia saat mengamankan demo yang berakhir ricuh di Kabupaten Deiyai, Papua. Dia adalah Serda Ricson Edi Candra yang bertugas di Satuan Yonif Kaveleri/Serbu, Kodam II Sriwijaya yang merupakan warga Jambi.

Ayah Serda Ricson Edi Candra, Suardi di Jambi Kamis (29/8/2019) mengatakan, sebelum meninggal, putranya itu sempat memberi kabar dua hari yang lalu. 

"Dua hari yang lalu sebelum kejadian sempat menelepon dan mengirim pesan singkat (SMS) nanyain kabar kedua orang tuanya di Jambi. Namun kemarin keluarga dikejutkan dengan menerima kabar anak meninggal dunia saat menjalankan tugasnya di Papua," kata Suardi dan Armaneli selaku ayah dan ibu Serda Ricson saat ditemui di rumahnya di Jalan Nuri 1, RT 25, Kecamatan Jelutung, Kota Jambi seperti dilansir Antara.

Suardi menegaskan, anaknya itu bertugas di Satuan Yonif Kafaleri/Serbu, Kodam II Sriwijaya. Serda Ricson meninggalkan 1 istri dan dua anak yang berada di Sumatera Selatan.

Dia mengatakan, pihak keluarga mendapat kabar, Serda Ricson menjadi korban akibat panah dan pembacokan saat terjadi kerusuhan di Papua.

"Kami keluarga di Jambi mendapat kabar, pada Rabu (28 Agustus 2019) sekitar pukul 16.00 WIB. Korban tersebut akan langsung dibawa ke Prabumulih, Sumatra Selatan," kata Suardi.

 

Anak Kedua dari 4 Bersaudara

Mahasiswa Papua yang tergabung dalam Aliansi Mahasiswa Anti Rasisme, Kapitalisme, Kolonialisme, dan Militerisme berunjuk rasa di depan Istana Merdeka, Jakarta, Rabu (28/8/2019). Mahasiswa berkali-kali berteriak Papua Merdeka dan menyanyikan lagu Bintang Kejora. (Liputan6.com/Angga Yuniar)

Serda Ricson merupakan anak kedua dari empat bersaudara dari pasangan Suardi dan Armaneli. Ricson menjadi anggota TNI sejak tahun 2000 dan langsung berdinas di Sumatera Selatan. Ricson bertugas di Papua sejak 3 Juli 2019 dalam menjalani tugas Satgas Operasi Papua - Papua Newgenei.

Dalam kerusahan di Papua itu anggota TNI Serda Ricson meninggal dunia dengan luka bagian kepala terkena senjata tajam sejenis parang dan luka panah pada bagian kepala.

Sementara itu Sertu Sunendra rekannya mengalami luka akibat terkena panah pada bagian pantat dan punggung sebelah kanan dan Serka Arif Y almai luka akibat senjata tajam sejenis parang di bagian kepala dan pelipis.

Sebelumnya, aksi unjuk rasa hingga berakhir ricuh terjadi di Kabupaten Deiyai, Papua. Demo menuntut referendum Papua itu menewaskan satu prajurit TNI dan melukai lima anggota kepolisian.

Kepala Biro Penerangan Masyarakat Divisi Humas Polri Brigjen Dedi Prasetyo mengatakan, demo berlangsung di Kantor Bupati Deiyai, Papua hari ini, Rabu (28/8/2019). Awalnya, massa yang berdemo hanya berjumlah sekitar 150 orang.

Aparat TNI-Polri yang diterjunkan untuk mengamankan unjuk rasa mencoba bernegosiasi dengan demonstran. Saat itu, ribuan massa dari berbagai macam penjuru tiba-tiba datang dengan membawa senjata tajam dan panah.

"Langsung menyerang aparat keamanan. 1 TNI (meninggal dunia), dan lima (anggota) Polri terluka terkena panah," ucap Dedi saat ditemui di Ancol, Jakarta Utara.

Dia mengatakan, pihak keamanan terus mengimbau masyarakat melalui tokoh-tokoh masyarakat kemudian melalui Pemda setempat untuk tidak terprovokasi terhadap pasukan-pasukan, sekelompok orang yang akan memanfaatkan situasi seperti ini.

Saksikan video pilihan di bawah ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

7 Potret Putri Titian Asuh Kedua Anaknya Tanpa Baby Sitter

Posted: 28 Aug 2019 09:45 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Jarang muncul di layar kaca, Putri Titian kini memilih fokus untuk mengurus kedua anaknya. Pasangan Putri Titian dan Junior Liem menikah pada tanggal 21 Mei 2016. Kini kebahagiaan keduanya semakin lengkap dengan kehadiran anak kedua.

Putri Titian melahirkan anak keduanya pada 15 Maret 2019 lalu dan diberi nama Mykah Iago Liem. Kedua putra pasangan seleb ini yakni Mykah Iago Liem dan Theodore Iori Liem memiliki rentang usia kurang lebih 2 tahun. Oleh karena itulah, kini Tian lebih sibuk mengurus kedua anaknya. Apalagi sekarang Iori sudah resmi menjadi kakak dan masih sering cemburu.

Memiliki dua anak laki-laki yang masih kecil di usia muda tentu menjadi kenikmatan tersendiri bagi artis yang akrab disapa Tian. Apalagi anak pertamanya Iori masih belum mengerti kalau dirinya sekarang telah memiliki adik. Tentunya Putri Titian harus ekstra sabar dalam mengasuh kedua buah hatinya.

Meski sangat sibuk, Putri terlihat sangat menikmati perannya sebagai seorang ibu dari kedua anaknya dan memilih tak menggunakan jasa baby sitter. Terkadang merasa kewalahan, namun Putri Titian merasa senang karena mendapatkan waktu yang berkualitas bersama dua anaknya. Berikut 7 potret Putri Titian mengasuh anak yang telah Liputan6.com rangkum dari berbagai sumber, Kamis (29/8/2019).

1. Tanpa baby sitter, Tian merasa sangat bangga bisa mendamping kedua anaknya dalam masa pertumbuhan mereka. Apalagi sekarang kakak Iori sudah mulai sangat aktif dan ingin tahu banyak hal.

Potret Putri Titian Asuh Kedua Anaknya Tanpa Baby Sitter (sumber: instagram/@putrititian)

2. Tak heran jika wanita 28 tahun ini lebih memilih fokus untuk keluarga dibanding karier. Selain mengurus baby Iago, Tian juga selalu menyempatkan diri mengajari kakak Iori belajar.

Potret Putri Titian Asuh Kedua Anaknya Tanpa Baby Sitter (sumber: instagram/@putrititian)

3. Potret keseruan Putri Titian bersama sang putri di arena bermain.

Potret Putri Titian Asuh Kedua Anaknya Tanpa Baby Sitter (sumber: instagram/@putrititian)

4. Walaupun tanpa baby sitter, Putri Titian tetap bisa menikmati liburannya, ditambah bisa quality time dengan sang anak.

Potret Putri Titian Asuh Kedua Anaknya Tanpa Baby Sitter (sumber: instagram/@putrititian)

5. Putri Titian juga sering berbagi cerita bagaimana keseharian Iori dan Iago, di mana sang kakak masih belum mengerti kalau dia punya adik.

Potret Putri Titian Asuh Kedua Anaknya Tanpa Baby Sitter (sumber: instagram/@putrititian)

6. Lucunya Iori mengerti kalau Iago butuh perhatian lebih dari sang ibu sehingga dirinya lebih memilih untuk bermanja dengan sang ayah.

Potret Putri Titian Asuh Kedua Anaknya Tanpa Baby Sitter (sumber: instagram/@putrititian)

7. Tian pun berharap kedua anaknya bisa tumbuh menjadi anak yang saling menyayangi satu sama lain.

Potret Putri Titian Asuh Kedua Anaknya Tanpa Baby Sitter (sumber: instagram/@putrititian)

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Top 3 Tekno: Bos Taksi di Malaysia Minta Maaf Sebut Indonesia Miskin

Posted: 28 Aug 2019 09:45 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Permintaan maaf pendiri sekaligus bos Big Blue Taxi di Malaysia yang menyebut Gojek sebagai layanan untuk orang miskin, mencuri perhatian pembaca kanal Tekno Liputan6.com.

Berita lain yang juga menjadi sorotan datang dari pengembang gim dituding melakukan pelecehan seksual, dan bocoran spesifikasi Redmi Note 8 Pro.

Lebih lengkapnya, simak tiga berita terpopuler berikut ini.

1. Bos Big Blue Taxi Minta Maaf Sebut Indonesia Miskin setelah Serbuan Warganet

CEO Big Blue Taxi Shamsubahrin Ismail menggelar konferensi pers dan meminta maaf karena menyebut Indonesia negara miskin (Foto: The Star)

Pendiri sekaligus bos Big Blue Taxi Datuk Shamsubahrin Ismail meminta maaf kepada masyarakat Indonesia dan driver Gojek karena menyebut Indonesia dan warganya miskin. Shamsubahrin mengatakan, dia menerima banyak komentar dari warganet Indonesia di media sosialnya.

"Saya harap tidak ada demonstrasi, untuk kepentingan dan hubungan antara kedua negara," kata Shamsubahrin dalam konferensi pers, sebagaimana dikutip dari The Star, Rabu (28/8/2019).

Shamsubahrin melanjutkan, "Saya tidak berniat merendahkan orang Indonesia. Baik Indonesia maupun warganya, sama-sama berada dalam hati saya."

Baca selengkapnya di sini

 

2. Sejumlah Pengembang Gim Dituding Lakukan Pelecehan Seksual

Gim mobile pilihan minggu kedua Februari 2016

Sejumlah pengembang gim terkemuka dituding telah melakukan pelecehan seksual. Salah satu tudingan ini dilayangkan oleh artis sekaligus desainer gim, Nathalie Lawhead.

Lawhead membongkar pelecehan seksual itu melalui unggahan blog-nya yang berjudul "calling out my rapist" alias "panggilan untuk pemerkosa saya".

Mengutip laman The Verge, Rabu (28/8/2019), pengembang gim yang dimaksud Lawhead adalah Jeremy Soule, komposer musik gim ternama di Star Wars: Knights of the Old Republic dan The Elder Scrolls.

Baca selengkapnya di sini

3. Besok Diumumkan, Spesifikasi dan Harga Redmi Note 8 Pro Sudah Bocor

Redmi Note 8 dan Note 8 Pro bakal diumumkan besok. (Doc Techradar)

Redmi dijadwalkan bakal mengumumkan smartphone terbarunya, Redmi Note 8, pada 29 Agustus 2019.

Rencananya, perusahaan asal Tiongkok itu akan mengungkap dua varian smartphone anyar, yakni Redmi Note 8 dan Note 8 Pro.

Adapun Redmi Note 8 Pro bakal mengusung sensor 64MP di salah satu dari tiga kameranya, sementara Redmi Note 8 hanya menggunakan sensor 48MP.

Baca selengkapnya di sini

(Ysl/Why)

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Eks Striker Arsenal Nicklas Bendtner Unggah Video Bugil Sang Pacar

Posted: 28 Aug 2019 09:45 PM PDT

Liputan6.com, Kopenhagen - Mantan striker Arsenal, Nicklas Bendtner, kembali memicu kontroversi. Pemain asal Denmark itu belum lama ini mengunggah video bugil kekasihnya di media sosial Instagram.

Seperti dilansir The Sun, Bendtner kini membela klub Norwegia, Rosenborg. Selama setahun terakhir menjalin hubungan asmara dengan model seksi Philine Roepstorff.

Pemain berusia 31 tahun itu telah berpisah dengan ibu dari putranya, Caroline Iuel-Brockdorff. Setelah perpisahan itu, Bendtner banyak membuat kehebohan.

Tahun lalu, dia sempat dihukum penjara setelah memukul supir taksi. Tahun ini, Bendtner mengunggah video bersama sang kekasih, tanpa busana di Instagram.

Bendtner memperlihatkan Philine Roepstorff tengah naik ke atas koper dan bergaya seperti Superman terbang. Saat beraksi, Philine sibuk menutup payudaranya dengan tangan.

 
 
 
View this post on Instagram

Stunner

A post shared by Nicklas Bendtner (@bendtner14) on

Philine mencoba mengendarai koper itu dan mengelilingi kamar. Gadis cantik berambut cokelat itu kemudian menari dan melompat-lompat setelah berhasil melakukan aksinya.

Sudah Dicopot

Nicklas Bendtner, mantan striker Arsenal yang kerap membuat kontroversi (foto: istimewa).

Di video itu, gadis berusia 24 tahun itu masih memakai celana dalam hitam. Sementara Bendtner, yang bertelanjang dada asyik menertawakan tingkah laku Philine.

Namun, video yang muncul di Instastory akun Bendtner itu hanya bertahan satu jam. Eks pemain Wolfsburg tersebut langsung mencopot video tersebut, meski sejumlah media dan orang keburu menyimpannya.

Cetak 35 Gol

Sejak bergabung dengan Rosenborg pada tahun 2017, dia telah mencetak 35 gol dalam 86 pertandingan. Bendtner juga memenangkan dua gelar Liga Norwegia dan satu Piala Norwegia.

Saksikan video pilihan di bawah ini

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Gubernur BI: Perang Dagang jadi Tanda Kematian Era Globalisasi

Posted: 28 Aug 2019 09:40 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Gubernur Bank Indonesia Perry Warjiyo menyampaikan keynote speech pada Konferensi Internasional Bulletin of Monetary Economics and Banking (BEMB) yang ke-13. Acara yang berlangsung di Bali ini dihadiri akademisi dari seluruh dunia dan bertajuk menjaga stabilitasi di era disrupsi digital.

Pidato Gubernur Perry bertema Dead of Globalization and the Rise of Digitalization (Kematian Globalisasi dan Kebangkitan Digitalisasi). Ia mengajak para akademisi dan pengambil kebijakan memahami pertanda terjadinya fenomena itu demi merespons secara bijak dan Perry menyebut ada empat pertanda.

"Bank Sentral mesti memahami lebih baik apa saja karakteristik di era kematian globalisasi dan kebangkitan digitalisasi. Karakteristik pertama adalah kebangkitan anti-perdagangan global. Kita sedang menghadapi perang dagang antara AS dan China, serta AS dengan negara lain," ujar Gubernur Perry pada Kamis (29/8/2019) di Bali.

Menurutnya, perang dagang justru berbeda dari teori-teori ekonomi yang ada karena perdagangan global justru bisa meningkatkan pertumbuhan ekonomi, produktivitas, dan kemakmuran. Efek perang dagang pun menjalar ke negara-negara lain, termasuk negara Asia.

"Ini perlu kita sikapi bahwa ketegangan perdagangan tidak baik. Itu akan menurunkan perdagangan internasional, menurunkan pertumbuhan ekonomi tak hanya dua negara yang berperang tapi juga semua negara," ujar Perry.

Gubernur BI juga mengingatkan pertanda lain kematian globalisasi dan bangkitnya digitalisasi, yakni seperti arus modal antar negara dan nilai yang volatile, respons Bank Sentral yang perlu ditingkatkan, serta maraknya digitalisasi sektor keuangan.

Kalangan ekonom memprediksi AS akan mengalami resesi pada 2021 mendatang jika perang dagang berlanjut antara AS-China. Proteksionisme AS juga berpotensi berlanjut jika Presiden Trump terpilih kembali di pemilu 2020.

 

BI Dukung Pemerintah Genjot Pertumbuhan Ekonomi

Gubernur BI Perry Warjiyo (kiri) dan jajaran Dewan Gubernur memberi keterangan kepada media di Jakarta, Kamis (22/8/2019). Rapat Dewan Gubernur (RDG) BI memutuskan untuk menurunkan BI 7-day Reverse Repo Rate sebesar 25 basis poin menjadi 5,50 persen. (Liputan6.com/Angga Yuniar)

Gubernur Bank Indonesia (BI) Perry Warjiyo membeberkan fokus Bank Indonesia di tengah ketidakpastian kondisi ekonomi dunia. Meskipun BI punya tujuan utama menjaga kestabilan nilai rupiah, namun BI menilai fokus itu tidaklah cukup.

Perry menyatakan Indonesia juga harus memiliki pertumbuhan ekonomi yang baik. BI ingin agar kestabilan tetap terjaga, namun ekonomi Indonesia tetap tumbuh sesuai target.

"BI pro stability dan pro growth. Bank sentral harus fokus agar nilai tukar stabil, itu ilmu lama. Kalau bank sentral di negara maju, turunin suku bunga saja sudah cukup. Tapi beda dengan negara berkembang seperti Indonesia, fokus kebijakannya juga harus bisa mendorong pertumbuhan ekonomi," ujarnya dalam acara Kadin Talks di Menara Kadin, Senin (26/08/2019).

Perry menambahkan, ada 5 elemen ilmu yang jadi dasar bank sentral mengambil kebijakan, antara lain suku bunga, nilai tukar, kebijakan makroprudensial, dorongan pembiayaan ekonomi dan ekonomi digital.

Untuk menentukan kebijakan, maka BI akan meramu sedemikian rupa 5 elemen tersebut, mana yang harus diturunkan atau dinaikkan, mana yang harus dilonggarkan dan sebagainya.

"Mana yang jadi jamu pahit, mana yang jadi jamu manis. Dari tahun kemarin sampai sekarang, suku bunga kredit turun. Itu karena ada 1 jamu manis (elemen suku bunga diturunkan) meskipun 4-nya jadi jamu pahit," lanjutnya.

Tahun ini, Perry melanjutkan, 5 elemen tersebut akan jadi 'jamu manis' untuk pertumbuhan ekonomi, mengingat dalam dua kuartal berturut-turut, pertumbuhan ekonomi Indonesia tidak mencapai target.

Di sisi lain, BI juga mengajak para pengusaha untuk lebih proaktif dan tidak hanya wait and see.

"Kalau sudah dilonggarkan kebijakannya, diturunkan suku bunganya, tapi pelaku usaha masih wait and see, kan sama saja," tutupnya.  

Kisah Anak Petani Miskin yang Kini Jadi Gubernur BI

Gubernur BI Perry Warjiyo berbincang dengan Presdir BCA Jahja Setiaatmadja dan CEO Link Aja Danu Wicaksana pada peluncuran standar QR Code di kantor BI, Jakarta, Sabtu (17/8/2019). QR Code untuk pembayaran aplikasi uang elektronik QRIS efektif berlaku mulai 1 Januari 2020. (Liputan6.com/HO/Rizal)

Nama Perry Warjiyo, susah sangat terkenal di dunia moneter dan juga industri perbankan. Bukan tanpa alasan karena ia saat ini menjadi Gubernur Bank Indonesia (BI).

Namun siapa sangka, masa kecilnya tidak seberuntung anak-anak seusianya kala itu.

Dalam acara Kadin Talks yang dimoderatori oleh Ketua Umum Kamar Dagang Indonesia (Kadin) Rosan Perkasa Roeslani, Perry membeberkan bahwa orang tuanya dulu adalah seorang petani tembakau.

"Dulu, orang tua saya bekerja sebagai petani tembakau, cukup sukses, tapi pas saya mau lulus SD, bangkrut. Akhirnya jadi petani sawah," tuturnya di Jakarta, Senin (26/08/2019).

Perry Warjiyo, yang merupakan anak ke-6 dari 9 bersaudara dituntut untuk sukses. Dirinya memutuskan untuk melanjutkan sekolah ke Universitas Gadjah Mada (UGM) dengan mengambil jurusan kedokteran.

Namun, karena uang pembayaran formulir pendaftarannya tidak cukup, Perry akhirnya masuk jurusan ekonomi.

"Dulu saya ingat ibu saya meminjam uang dari desa sebelah sebesar Rp 35 ribu. Rp 25 ribunya untuk formulir pendaftaran, sisanya untuk ongkos dari Solo ke Jogja. Ternyata, nggak cukup (untuk daftar kedokteran), cukupnya untuk daftar ke jurusan ekonomi," ungkapnya.

Setelah itu, Perry Warjiyo belajar dengan giat hingga lulus dari UGM dan mendapatkan beasiswa dari Bank Indonesia. Dalam jangka waktu 4,5 tahun, Perry berhasil meraih gelar S2 dan S3, membawanya menjadi Gubernur BI hingga sekarang.

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Tersangka Ujaran Rasis di Insiden Asrama Mahasiswa Papua Terancam Hukuman 6 tahun Penjara

Posted: 28 Aug 2019 09:39 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Kepolisian Daerah Jawa Timur (Jatim) menyatakan sudah memeriksa 29 saksi terkait insiden Asrama Mahasiswa Papua di Jalan Kalasan Surabaya. Dari pemeriksaan, Polda Jatim telah menetapkan terduga pelaku ujaran rasis  saat aksi di Asrama Mahasiswa Papua di Surabaya, berinisial TS menjadi tersangka.

Kapolda Jawa Timur (Jatim), Irjen Pol Luki Hermawan menuturkan, Polda Jatim sudah memeriksa 29 saksi terkait kasus insiden asrama Mahasiswa Papua di Surabaya.

Dari saksi yang diperiksa antara lain tujuh saksi ahli, dan 22 saksi masyarakat. Dari 22 saksi masyarakat tersebut, Polda Jatim sudah menetapkan satu tersangka berinisial TS. Polda Jatim menjerat TS dengan sejumlah pasal Undang-Undang (UU) Informasi dan Transaksi Elektronik (ITE). TS menjadi tersangka atas kasus penyebaran informasi yang tidak benar atau hoaks.

"Kami sudah tetapkan satu tersangka berinisial TS yang kami jerat pada beberapa pasal Undang-Undang ITE kami kenakan, UU KUHP Pasal 160 dan UU Nomor 1 tentang peraturan hukuman pidana, buat provokasi, libatkan keributan atau kerusuhan. Ini sementara sudah dilayangkan sebagai tersangka," ujar Luki saat konferensi pers, Kamis (29/8/2019).

Adapun pasal 160 KUHP mengatur tentang penghasutan untuk melakukan perbuatan pidana, kekerasan terhadap penguasa hukum atau tidak menuruti undang-undang dengan ancaman kurungan maksimal enam tahun.

Lebih lanjut Luki mengatakan, terkait insiden kasus asrama Mahasiswa Papua di Surabaya, TS melakukan hoaks pada 16 Agustus 2019. Kemudian, TS juga kumpulkan organisasi masyarakat (ormas) dan bertindak sebagai koordinator lapangan (korlap).

"Dia kumpulkan sebagai ormas dan korlap didukung saksi yang lain. Jadi leader di lapangan terapkan semuanya," ujar Luki.

Adapun sejumlah barang bukti yang disita antara lain handpone, akun-akun, kumpulan video, dan baju yang digunakan pada aksi 16 Agustus 2019.

Saat ditanya mengenai penahanan terhadap TS, Luki belum dapat menjelaskan lebih detil. "Nanti kita lihat," ujar dia.

Selain itu, Polda Jatim juga mencekal enam orang di imigrasi untuk kepentingan proyek penyelidikan. Enam orang sebagai saksi itu juga terus didalami dalam insiden Asrama Mahasiswa Papua di Jalan Kalasan Surabaya. "Ada enam dicekal di imigrasi untuk kepentingan proses penyelidikan," ujar Luki.

Terduga Kasus Insiden Asrama Mahasiswa Papua Belum Tahu Berstatus Tersangka

Sebelumnya, Tri Susanti alias Susi, terduga pelaku ujaran rasis saat aksi di Asrama Mahasiswa Papua di Surabaya, mengaku belum mengetahui penetapan dirinya sebagai tersangka.

Melalui kuasa hukumnya, Sahid, ia menyatakan, hingga kini tidak mengetahui soal penetapan status tersangka kliennya. Sebab, sejak diperiksa oleh Polda Jatim beberapa waktu lalu pihaknya tidak mendapat pemberitahuan dari polisi.

"Iya, saya juga tahunya dari wartawan. Sampai sekarang belum ada pemberitahuan dari polisi," ujar dia, Rabu, 28 Agustus 2019.

Ia menambahkan, dalam penetapan status tersangka ini biasanya dirinya dikabari oleh penyidik. Namun, hingga kini baik dirinya maupun Susi belum mendapatkan kabar dari penyidik Subdit V Cyber Ditreskrimsus Polda Jatim.

Selain itu, dalam penetapan tersangka kliennya ini, ada perubahan pasal. Ia menuturkan, pada saat pemeriksaan sebagai saksi di Polda Jatim, kliennya diperiksa dalam kaitannya pasal 45 jo 28 ayat 2 UU ITE.

Namun, dari penetapan tersangka ini, yang diketahuinya dari media, kliennya justru ditetapkan dengan pasal yang berbeda, yakni pasal 45A undang-undang yang sama.

"Ya ada perubahan pasal. Sebab, saat diperiksa di Polda, ia diperiksa dalam kaitannya dengan pasal 45 jo 28 ayat 2. Lah sekarang 45A. Kalau pasal 45 itu tentang perjudian. Tapi ini pasal 45A jo 28 ayat 2. Tapi untuk pastinya nanti kita cari tahu dulu ya. Karena biasanya kita diberitahu. Kali ini masih belum diberitahu," tegasnya.

Sebelumnya, Kepala Biro Penerangan Masyarakat (Karopenmas) Divisi Humas Mabes Polri Brigjen Pol Dedi Prasetyo dalam keterangan tertulis menyatakan, polisi telah menetapkan satu orang tersangka dalam kasus insiden di asrama mahasiswa Papua di Surabaya.

"Dilaporkan bahwa telah ditetapkan satu tersangka berinisial TS (Tri Susanti). Dia adalah Wakil Ketua Ormas FKPPI (Forum Komunikasi Putra Putri Purnawirawan TNI-POLRI)," kata Kepala Biro Penerangan Masyarakat (Karopenmas) Divisi Humas Mabes Polri Brigjen Pol Dedi Prasetyo dalam keterangan tertulis, Rabu pekan ini.

 

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

5 Cara Bersihkan Sayuran Hijau Agar Terbebas dari Ulat Sebelum Dimasak

Posted: 28 Aug 2019 09:35 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Sayuran hijau merupakan salah satu bahan makanan yang kerap dipilih untuk dijadikan olahan masakan yang lezat. Selain lezat untuk dijadikan berbagai masakan, sayuran hijau juga dikenal memiliki kandungan nutrisi yang sangat tinggi. Dimana kandungan nutrisi pada sayuran hijau dapat membantu menjaga kesehatan tubuh.

Namun, pada sayuran hijau terkadang sering ditemui ulat yang menyelip di antara sela-sela bagian sayur. Bagi sebagian orang kerap terganggu dengan adanya ulat di sayur ini. Pasalnya, jika ulat pada sayuran hijau ikut termasak ke dalam olahannya membuat selera makan hilang.

Tetapi mengeluarkan atau menghilangkan ulat dari sayuran hijau bukan sesuatu yang mudah untuk dilakukan. Hal ini dikarenakan ulat biasa bersembunyi dengan lihai di antara sayuran. Buat orang yang merasa takut atau geli dengan kehadiran ulat, maka cukup sulit untuk membersihkannya sampai benar-benar bersih.

Tenang saja, berikut sudah ada beberapa cara membersihkan sayuran hijau agar terbebas dari ulat sebelum memasaknya menjadi makanan lezat. Berikut Liputan6.com, Kamis (29/8/2019) telah merangkum dari berbagai sumber beberapa cara membersihkan sayuran dari gangguan ulat sayur.

Merendam Sayuran dengan Air Garam

Air Garam (Alexeysun/Shutterstock)

Garam merupakan bahan yang cukup efektif untuk menghilangkan kotoran. Begitu juga untuk menghilangkan ulat atau larva yang menempel pada sayuran hijau. Hal ini dikarenakan memiliki tingkat kepekatan yang lebih tinggi daripada cairan yang ada pada tubuh ulat.

Di mana garam akan mengganggu metaboliesme ulat yang bisa membuatnya mati. Kamu bisa merendam sayuran hijau di dalam air garam.

Cara membuatnya adalah dengan campurkan garam dan air secara merata. Kemudian rendam sayuran hijau yang ingin kamu masak selama beberapa menit. Setelah itu cuci dengan menggunakan air yang mengalir.

Bersihkan dengan Baking Soda

Baking Soda /Copyright shutterstock.com

Selain menggunakan garam, cara efektif untuk menghilangkan ulat yang ada pada sayuran hijau dengan mencucinya dengan baking soda. Hal ini dikarenakan pada baking soda sudah terbukti ampuh melarutkan kotoran atau residu yang menempel pada sayuran. Ya, kamu bisa menghilangkan kotoran baik yang ada di permukaan kulit atau lapisan yang lebih dalam.

Cara membersihkan sayuran hijau agar terbebas dari ulat adalah dengan mencampurkan dua sendok makan baking soda ke dalam segelas air. Kemudian rendam sayuran di dalamnya beberapa menit. Pastikan semua kotorannya benar-benar luruh, kemudian bilas dengan menggunakan air yang mengalir.

Merendam dengan Air Cuka

Cuka

Cara lain untuk menghilangkan ulat yang ada di sayuran hijau selanjutnya adalah dengan menggunakan air cuka. Ya, membersihkan sayuran hijau dengan menggunakan air cuka dipercaya bisa membersihkan berbagai residu yang menempel, seperti pestisida.

Walaupun akan meninggalkan bekas berupa aroma yang tidak sedap pada sayuran hijau, namun cara ini dirasa ampuh untuk menghilangkan berbagai kotoran yang ada di sayuran hijau.

Caranya, kamu bisa mencampurkan dua sdm cuka masak ke dalam satu baskom air. Kemudian rendam sayuran selama beberapa menit dengan air cuka tersebut. Setelah itu bilas sayuran tersebut dengan menggunakan air bersih.

Mencucinya dengan Air yang Mengalir

Mencuci Air dengan Air Mengalir

Cara lainnya untuk membersihkan sayuran hijau agar terbebas dari ulat adalah dengan mencucinya dengan menggunakan air yang mengalir. Cara ini akan membantu kotoran dan hewan-hewan kecil untuk luruh.

Sementara untuk sayuran yang memiliki romgga seperti kankung, bisa memberi perhatian lebih untuk membersihkannya. Karena bisa saja rongga tersebut terdapat ulat dan lintah yang bersembunyi.

Membersihkan Sela-sela Sayuran

Membersihkan Sela-sela Sayuran

Ketika sedang membersihkan sayuran, kamu bisa lebih teliti lagi untuk memperhatikan bagian sela-sela dan batangnya. Biasanya di bagian tersebut kotoran dan ulat lebih banyak dijumpai.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Hindari Cicak Vs Buaya, Capim KPK Ini Tak Akan Usut Korupsi di Polri dan Kejaksaan

Posted: 28 Aug 2019 09:35 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Calon Pimpinan Komisi Pemberantasan Korupsi (capim KPK) Roby Arya Brata tak akan mengusut kasus dugaan korupsi yang melibatkan institusi Polri dan Kejaksaan jika terpilih menjadi komisioner jilid V periode 2019-2023.

"Kalau saya ke depan, KPK enggak punya lagi kewenangan untuk menyidik korupsi di Kepolisian dan Kejaksaan, tidak lagi," ujar dia saat uji publik capim KPK di Sekretariat Negara, Jakarta Pusat, Kamis (29/8/2019).

Dia mengatakan, jika KPK memiliki kewenangan mengusut kasus korupsi di Polri dan Kejaksaan, maka tak menutup kemungkinan cicak versus buaya akan kembali muncul.

"Kesalahannya karena KPK punya kewenangan untuk menyidik korupsi di Kepolisian dan Kejaksaan. Yang terjadi cicak (vs) buaya satu sampai tiga itu terjadi, karena KPK merangsek masuk ke Polri," kata dia.

Dia menduga, jika KPK tak berusaha mengungkap kasus korupsi di Polri, maka tak akan ada penyerangan air keras yang diterima penyidik senior KPK Novel Baswedan.

"Karena KPK punya kewenangan itu, KPK enggak bisa bekerja. Coba, tidak ada jaminan, kasus Novel Baswedan dan cicak buaya tidak akan terjadi lagi ke depan kalau KPK masih punya kewenangan untuk tangani korupsi di Mabes Polri," kata Roby dalam tes capim KPK hari ini.

 

Lebih Baik Diserahkan ke Kompolnas

Ilustrasi Foto Berkas atau Dokumen. (iStockphoto)

Menurut dia, penanganan kasus dugaan korupsi yang terjadi di Polri lebih baik dilimpahkan ke Komisi Kepolisian Nasional (Kompolnas).

"Bukannya menghilangkan (kasus korupsi di Polri), tapi memindahkan kewenangan itu pada Kompolnas, beri Kompolnas kewenangan penyidikan. Ini terjadi di Australia," kata dia.

Setidaknya, menurut Roby, jika KPK tak mengusut kasus korupsi di Polri, maka hubungan antar kedua lembaga penegak hukum itu akan harmonis. Sebab, jika KPK mengusut kasus di Polri, maka akan ada perlawanan balik.

"Kalau KPK tidak punya kewenangan, akan harmonis itu lembaga-lembaga," kata Roby.

Saksikan Video Pilihan Berikut Ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

FOTO: Antusias Siswa SD Kunjungi Pameran Foto Rekam Jakarta

Posted: 28 Aug 2019 09:35 PM PDT

Siswa SD Negeri Menteng 01 mengamati karya foto yang dipamerkan dalam pameran fotografi Rekam Jakarta di Taman Menteng, Kamis (29/8/2019). Kegiatan tersebut dalam rangka edukasi bagi siswa mengenal profesi foto jurnalistik. (merdeka.com/Iqbal S Nugroho)

Siswa SD Negeri Menteng 01 mengamati karya foto yang dipamerkan dalam pameran fotografi Rekam Jakarta di Taman Menteng, Kamis (29/8/2019). Kegiatan tersebut dalam rangka edukasi bagi siswa mengenal profesi foto jurnalistik. (merdeka.com/Iqbal S Nugroho)

Siswa SD Negeri Menteng 01 menulis keterangan pada salah satu karya foto dalam pameran fotografi Rekam Jakarta di Taman Menteng, Kamis (29/8/2019). Kegiatan tersebut dalam rangka edukasi bagi siswa mengenal profesi foto jurnalistik. (merdeka.com/Iqbal S Nugroho)

Siswa SD Negeri Menteng 01 menulis keterangan pada salah satu karya foto dalam pameran fotografi Rekam Jakarta di Taman Menteng, Kamis (29/8/2019). Kegiatan tersebut dalam rangka edukasi bagi siswa mengenal profesi foto jurnalistik. (merdeka.com/Iqbal S Nugroho)

Siswa SD Negeri Menteng 01 mengamati karya foto yang dipamerkan dalam pameran fotografi Rekam Jakarta di Taman Menteng, Kamis (29/8/2019). Kegiatan tersebut dalam rangka edukasi bagi siswa mengenal profesi foto jurnalistik. (merdeka.com/Iqbal S Nugroho)

Siswa SD Negeri Menteng 01 mengamati karya foto yang dipamerkan dalam pameran fotografi Rekam Jakarta di Taman Menteng, Kamis (29/8/2019). Kegiatan tersebut dalam rangka edukasi bagi siswa mengenal profesi foto jurnalistik. (merdeka.com/Iqbal S Nugroho)

Siswa SD Negeri Menteng 01 mengamati karya foto yang dipamerkan dalam pameran fotografi Rekam Jakarta di Taman Menteng, Kamis (29/8/2019). Kegiatan tersebut dalam rangka edukasi bagi siswa mengenal profesi foto jurnalistik. (merdeka.com/Iqbal S Nugroho)

Siswa SD Negeri Menteng 01 mengamati karya foto yang dipamerkan dalam pameran fotografi Rekam Jakarta di Taman Menteng, Kamis (29/8/2019). Kegiatan tersebut dalam rangka edukasi bagi siswa mengenal profesi foto jurnalistik. (merdeka.com/Iqbal S Nugroho)

Siswa SD Negeri Menteng 01 mengamati karya foto yang dipamerkan dalam pameran fotografi Rekam Jakarta di Taman Menteng, Kamis (29/8/2019). Kegiatan tersebut dalam rangka edukasi bagi siswa mengenal profesi foto jurnalistik. (merdeka.com/Iqbal S Nugroho)

Siswa SD Negeri Menteng 01 mengamati karya foto yang dipamerkan dalam pameran fotografi Rekam Jakarta di Taman Menteng, Kamis (29/8/2019). Kegiatan tersebut dalam rangka edukasi bagi siswa mengenal profesi foto jurnalistik. (merdeka.com/Iqbal S Nugroho)

Siswa SD Negeri Menteng 01 mengamati karya foto yang dipamerkan dalam pameran fotografi Rekam Jakarta di Taman Menteng, Kamis (29/8/2019). Kegiatan tersebut dalam rangka edukasi bagi siswa mengenal profesi foto jurnalistik. (merdeka.com/Iqbal S Nugroho)

Siswa SD Negeri Menteng 01 mengamati karya foto yang dipamerkan dalam pameran fotografi Rekam Jakarta di Taman Menteng, Kamis (29/8/2019). Kegiatan tersebut dalam rangka edukasi bagi siswa mengenal profesi foto jurnalistik. (merdeka.com/Iqbal S Nugroho)

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Direksi MU Blokade Rencana Transfer Solskjaer

Posted: 28 Aug 2019 09:35 PM PDT

Liputan6.com, Manchester - Rencana yang disiapkan Manajer Manchester United (MU) Ole Gunnar Solskjaer dikabarkan tidak berjalan sepenuhnya. Sebab, masih ada jajaran direksi yang memblokade beberapa rencana transfer Solskjaer.

Solskjaer ditunjuk sebagai manajer MU pada Desember 2018. Pria asal Norwegia tersebut menggantikan peran yang sebelumnya dibebankan kepada Jose Mourinho.

Pada bursa transfer Januari 2019, tidak ada satu pun pemain yang dibeli Solskjaer. Lantas, pada bursa transfer musim panas 2019, tiga pemain dibeli oleh manajer berusia 47 tahun untuk memperbaiki skuat.

Namun, muncul kabar jika tidak semua rencana Solskjaer mendapat dukungan dari direksi MU. Ada beberapa rencana transfer yang diblokade oleh klub.

 

Upaya Solskjaer Bangun Kembali Skuat MU

Pelatih Manchester United (MU) Ole Gunnar Solskjaer, memberi arahan kepada Victor Lindelof pada laga Premier League 2019 di Stadion Old Trafford, Minggu (11/8). Manchester United menang 4-0 atas Chelsea. (AP/Dave Thompson)

Ole Gunnar Solskjaer datang dengan mewarisi skuat yang dibangun oleh Jose Mourinho. Solskjaer memiliki ide yang berbeda dengan sang pendahulu. Solskjaer ingin Setan Merah bermain menyerang, cepat, dan atraktif.

Karena itu, Solskjaer meminta sejumlah pemain untuk dibeli. Mantan manajer Cardiff City tersebut lantas mendapatkan Daniel James, Aaron Wan-Bissaka, dan Harry Maguire. Mereka adalah pemain yang sesuai dengan permintaan Solskjaer.

Namun, seperti dikutip dari Standard, Solskjaer sejatinya ingin membeli lebih banyak pemain baru di bursa transfer. Setidaknya, masih ada satu lagi pemain yang menjadi impian Solskjaer. Pemain itu adalah Bruno Fernandes.

Hanya saja, pihak MU memblokade upaya Solskjaer untuk mendapatkan servis pemain asal Portugal itu. Salah satu cara yang dipakai adalah dengan keengganan melepas Fred. Dengan Fred masih di skuat, maka MU tak akan punya tempat untuk Bruno Fernandes.

 

Sulitnya MU Melepas Pemain

Solskjaer punya beberapa nama pemain yang memang sudah tidak lagi masuk dalam rencananya. Romelu Lukaku dan Alexis Sanchez masuk daftar itu. Keduanya pun sudah terpental dari skuad United dan pindah ke Inter Milan.

Selain itu, Solskjaer juga ingin merampingkan komposisi pemain di posisi bek. Setidaknya, ada dua nama yang hendak di lepas oleh Solskjaer agar skuatnya menjadi cukup ideal

Dua pemain yang hendak dilepas tersebut adalah Matteo Darmian dan Marcos Rojo. Namun, direksi MU seolah enggan melepas keduanya. Harga jualnya dibuat tinggi hingga klub peminatnya mundur.

Kasus yang hampir sama juga terjadi pada Chris Smalling dan Phil Jones. Mereka sudah tidak masuk dalam ide Solskjaer. Tapi, pihak klub bersikeras untuk tetap mempertahankan dua bek tengah senior tersebut.

Sumber asli: Standard

Disadur dari: Bola.net

(Penulis Asad Arifin, published 29/08/2019)

Saksikan video pilihan berikut ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Bintang Kejora Depan Istana: Tito Perintahkan Usut, Moeldoko Inginkan Kepala Dingin

Posted: 28 Aug 2019 09:35 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Kapolri perintahkan usut pengibaran bendera bintang kejora saat demo di istana

Kapolri Jenderal Tito Karnavian memerintahkan Polda Metro Jaya untuk mengusut kasus pengibaran Bendera Bintang Kejora saat unjuk rasa mahasiswa di seberang Istana Kepresidenan, Jakarta Pusat, Rabu (28/8/2019).

"Peristiwa pengibaran bendera di Jakarta. Saya sudah perintahkan Kapolda tangani," kata Tito di Mabes Polri, Kamis (29/8/2019).

Tito menegaskan, hukum harus ditegakan tanpa tebang pilih.

"Hukum sesuai apa adanya. Kita harus hormati hukum," tutup dia.

 

Kepala Dingin

Lain halnya dengan Kepala Staf Kepresidenan Moeldoko yang tidak mempermasalahkan aksi puluhan mahasiswa Papua yang mengibarkan bendera bintang kejora kemarin.

Dia mengatakan pemerintah saat ini tidak ingin emosi sesaat untuk menghadapi hal tersebut.

"Kalau kita itu bermain di batas psikologi. Jadi kita juga harus ukur dengan baik. Kita juga enggak boleh emosional," kata Moeldoko di Komplek Istana Kepresidenan, Jakarta Pusat, Rabu.

Menurut dia jika pemerintah melakukan aksi balasan maka akan semakin tidak kondusif. Agar tidak terjadi provokasi seperti apa yang diharapkan pihak lain.

"Karena kalau kita ikut larut dalam emosi maka langkah tindakan menjadi tidak terkontrol. Memang sengaja diprovokasi untuk itu, tujuannya apa, agar kita melakukan tindakan. Apalagi angkatan bersenjata seperti TNI atau Polri itu sangat diharapkan. Ada korban baru digulirkan," kata Moeldoko.

Sebelumnya, para mahasiswa Papua kembali menggelar aksi di depan Istana Kepresidenan. Mereka mengibarkan bendera bintang kejora dan meminta untuk dilakukan referendum.

Saksikan video pilihan di bawah ini:

Mahasiswa Papua yang tergabung dalam Aliansi Mahasiswa Anti Rasisme, Kapitalisme, Kolonialisme, dan Militerisme berunjuk rasa di depan Istana Merdeka, Jakarta, Rabu (28/8/2019). Mahasiswa berkali-kali berteriak Papua Merdeka dan menyanyikan lagu Bintang Kejora. (Liputan6.com/Angga Yuniar)

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Tencent Gelar Turnamen Auto Battler Pertama di Indonesia

Posted: 28 Aug 2019 09:30 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Publisher gim kenamaan asal Tiongkok, Tencent Games, untuk kali pertama menggelar Total Rush, turnamen auto battler di Indonesia.

Dari sekitar 5.000 orang pemain yang mendaftar, sebanyak 32 pemain dengan peringkat tertinggi di leaderboard Indonesia akan bertanding memperebutkan prizepool sebesar Rp 50 juta.

Di antara 32 peringkat tertinggi di leaderboard Indonesia saat ini juga ada beberapa pemain dari tim profesional, seperti Jungsi (ONIC Esports), ZOQCKA (ONIC Esports), Warpath, bfl-, dan Junior*Jr.

Registrasi tim yang ingin bertanding pada Total Rush telah dibuka sejak 12 Agustus 2019. Peserta yang sudah mendaftar akan memiliki kesempatan untuk bermain dengan NIMOTV Streamer (IOS, Emperor, dan InYourDream) serta satu pemenang dari NIMOTV Player Invitational (Dawang).

Dalam keterangan pers yang Tekno Liputan6.com terima, Kamis (29/8/2019), acara ini juga akan dimeriahkan oleh esports influencer terkemuka, seperti Grace Martha, Momochan, Clara Mongstar, dan Kelvin Alfiando.

 

Menggairahkan Komunitas Esports

Beberapa gamer sedang bermain gim (Dewi Widya Ningrum/Liputan6.com)

Melalui Total Rush, Tencent berharap dapat kembali menggairahkan komunitas esports di Indonesia dengan menyasar pangsa gamer yang lebih beragam.

Pada 2017 lalu, tren gim mobile dimeriahkan oleh permainan-permainan dari genre multiplayer online battle arena (MOBA) dan first person shooter (FPS). Pada pertengahan 2019 ini, tren mulai bergulir dengan kehadiran genre baru, yaitu auto battler.

Tencent menciptakan permainan dengan genre baru ini melalui Chess Rush. Setelah sukses besar dengan PUBG Mobile, Tencent menggarap Chess Rush dengan beberapa inovasi.

Salah satu di antaranya Turbo Mode untuk permainan yang lebih cepat. Chess Rush juga klaim sebagai permainan auto battler dengan grafis dan user interface terbaik.

(Isk/Ysl)

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

FOTO: 25 Orang Tewas dalam Serangan Klub Penari Telanjang di Meksiko

Posted: 28 Aug 2019 09:30 PM PDT

Polisi menjaga klub penari telanjang yang menjadi lokasi penyerangan di Coatzacoalcos, Veracruz, Meksiko, Rabu (28/8/2019). Kantor Kejaksaan Agung mengatakan serangan itu disengaja. (AP Photo/Felix Marquez)

Polisi menjaga klub penari telanjang yang menjadi lokasi penyerangan di Coatzacoalcos, Veracruz, Meksiko, Rabu (28/8/2019). Kantor Kejaksaan Agung mengatakan serangan itu disengaja. (AP Photo/Felix Marquez)

Pintu keluar darurat klub penari telanjang dipasangi garis polisi usai penyerangan di Coatzacoalcos, Veracruz, Meksiko, Rabu (28/8/2019). Gubernur Veracruz Cuitlahuac Garcia mengatakan insiden itu terjadi akibat perkelahian antar geng. (AP Photo/Felix Marquez)

Pintu keluar darurat klub penari telanjang dipasangi garis polisi usai penyerangan di Coatzacoalcos, Veracruz, Meksiko, Rabu (28/8/2019). Gubernur Veracruz Cuitlahuac Garcia mengatakan insiden itu terjadi akibat perkelahian antar geng. (AP Photo/Felix Marquez)

Polisi menjaga klub penari telanjang yang menjadi lokasi penyerangan di Coatzacoalcos, Veracruz, Meksiko, Rabu (28/8/2019). Beberapa media Meksiko melaporkan, orang-orang bersenjata telah melepaskan tembakan ke bar sebelum akhirnya melemparkan bom molotov. (AP Photo/Felix Marquez)

Polisi menjaga klub penari telanjang yang menjadi lokasi penyerangan di Coatzacoalcos, Veracruz, Meksiko, Rabu (28/8/2019). Beberapa media Meksiko melaporkan, orang-orang bersenjata telah melepaskan tembakan ke bar sebelum akhirnya melemparkan bom molotov. (AP Photo/Felix Marquez)

Polisi menjaga klub penari telanjang yang menjadi lokasi penyerangan di Coatzacoalcos, Veracruz, Meksiko, Rabu (28/8/2019). Setelah melakukan penembakan, para pelaku penyerangan menghalangi pintu keluar dan mulai membakar seluruh bangunan klub. (AP Photo/Felix Marquez)

Polisi menjaga klub penari telanjang yang menjadi lokasi penyerangan di Coatzacoalcos, Veracruz, Meksiko, Rabu (28/8/2019). Setelah melakukan penembakan, para pelaku penyerangan menghalangi pintu keluar dan mulai membakar seluruh bangunan klub. (AP Photo/Felix Marquez)

Polisi menjaga klub penari telanjang yang menjadi lokasi penyerangan di Coatzacoalcos, Veracruz, Meksiko, Rabu (28/8/2019). Menurut Gubernur Veracruz Cuitlahuac Garcia, salah seorang pelaku penyerangan adalah Ricardo

Polisi menjaga klub penari telanjang yang menjadi lokasi penyerangan di Coatzacoalcos, Veracruz, Meksiko, Rabu (28/8/2019). Menurut Gubernur Veracruz Cuitlahuac Garcia, salah seorang pelaku penyerangan adalah Ricardo

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Bebby Fey Sudah Diingatkan Sahabat soal Ajakan YouTuber ke Hotel

Posted: 28 Aug 2019 09:30 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Bebby Fey mengaku ditipu oleh seorang YouTuber top. Pemain disk jockey ini mengaku sempat dijanjikan kerja sama konten YouTube, asalkan mau tidur dengan sang YouTuber.

Alih-alih cepat tenar, Bebby Fey justru cuma bisa mengelus dada. Usai hubungan terlarang yang dilakukannya di sebuah hotel dengan YouTuber, Bebby Fey justru dicampakkan.

Kontak teleponnya diblokir YouTuber tersebut. Janji manis yang semula tercium harum, kini cuma tinggal harapan. Rupanya sebelum pergi menemui sang YouTuber, Bebby Fey sempat dinasihati sahabatnya, Gebby Vesta.

Menurut Gebby, YouTuber dengan clue 'Gledek' itu sudah sering mendekati para wanita. "Aku pernah suruh jangan mau. Karena dia kan juga pernah dekat sama temanku dan sama banyak cewek," kata Gebby Vesta kepada Showbiz Liputan6.com, Kamis (29/8/2019).

Kaget

Bebby Fey (Foto: Instagram/@bebby_fey)

Kekhawatiran Gebby Vesta akhirnya terjawab. Usai mengiyakan ajakan YouTuber untuk bertemu di hotel, Bebby Fey pun harus menerima kenyataan pahit terbuai janji manis belaka.

"Tapi si Fey tahu-tahunya sudah janjian check in sampai lanjut ke hubungan intim. Pas Fey cerita, aku shock. Kenapa mau sih? Cuma ya ada janji dari Gledek buat bantu Fey soal YouTube, eh tahunya dibohongi," ia menandaskan.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

VIDEO: PDIP Minta Jatah Menteri Terbanyak ke Jokowi?

Posted: 28 Aug 2019 09:30 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Presiden ke-5 RI Megawati Soekarnoputri meminta semua pihak menahan diri soal pengumuman kabinet jokowi-Ma'ruf. Ia uga menjelaskan soal jatah menteri yang diminta kepada Presiden Jokowi.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Kala Pemimpin Dunia Tanya Megawati Soal Ibu Kota Baru: Jawa Akan Tenggelam?

Posted: 28 Aug 2019 09:27 PM PDT

Liputan6.com, Seoul - Presiden ke-V RI, Megawati Soekarnoputri, didaulat menjadi pembicara di pembukaan DMZ Internasional Forum on the Peace Economy di Seoul, Korea Selatan, Kamis (29/8/2019). Ada hal menarik ketika Mega disinggung para pemimpin dunia mengenai rencana pemindahan Ibu Kota di Jakarta ke Kalimantan Timur.

Pantauan Liputan6.com di tempat kegiatan, Megawati terlihat berbincang dengan mantan Kanselir Jerman Gerhard Schroder, mantan PM Jepang Yukio Hatoyama, Presiden pertama Mongolia Punsalmaagiin Ochirbat, serta beberapa tokoh penting lainnya dari Rusia, AS, dan Norwegia di ruang tunggu.

Menariknya, meski sama-sama akan menjadi pembicara untuk perdamaian Semenanjung Korea, pemindahan ibu kota Indonesia ke Kalimantan Timur sempat disinggung. Hal ini berawal, saat Kepala National Research Council for Economics, Humanities and Social Sciences NRC, Korsel, Seong Kyoung Ryung, menanyakan kabar itu. 

Mega mengatakan, bahwa langkah pemuda untuk memindahkan ibu kota bukan keputusan kemarin sore. Namun, sudah sejak dulu rencana ini terbersit di pemerintah untuk memindahkan ibu kota karena beban yang semakin berat.

"Ini langkah pertama setelah mungkin lebih dari lima tahun untuk membicarakan hal ini sebelum akhirnya diputuskan," kata Megawati yang duduk di antara mantan PM Jepang Yukio Hatoyama dan mantan Kanselir Jerman Gerhard Schroder.

Megawati pun kembali ditanya, apakah salah satu alasan pemindahan karena ancaman Pulau Jawa akan tenggelam? Tentunya Ketua Umum PDIP itu pun menampik kabar tersebut.

"Tentu saja tidak," ujar Megawati sambil tertawa dan diikuti para pemimpin dunia lain.

Menurut dia, Jakarta sudah terlalu ramai. Sehingga memang harus dipindahkan.

"Jakarta sebagai ibu kota negara sekarang crowded dan sehingga diputuskan untuk memindahkan ke Kalimantan Timur. Sepertinya butuh lima tahun untuk pindah ke Kalimantan Timur. Pemindahan itu tidaklah mudah," ungkap Megawati.

 

Belajar ke Korsel

Ketua Umum PDIP Megawati Soekarnoputri memberi sambutan saat penyerahan KTA PDIP kepada tokoh agama, purnawirawan TNI-Polri, dan akademisi di Jakarta, Selasa (2/4). Sejumlah tokoh agama, purnawirawan TNI-Polri, dan akademisi menyatakan bergabung dengan PDIP. (Liputan6.com/Faizal Fanani)

Mendengar penjelasan itu, Seong menjelaskan bahwa Korsel juga sebenarnya memindahkan pusat pemerintahan sekitar tujuh tahun lalu.

"Bila diperlukan, Pemerintah Indonesia bisa belajar dari pengalaman Korsel," tambah Seong.

Usai para tokoh beramah tamah, acara dimulai dengan sambutan melalui video Perdana Menteri Korsel Lee Nak-yon, dilanjutkan Megawati menjadi pembicara pertama yang menyampaikan pandangannya di forum itu.

Forum Internasional DMZ untuk Ekonomi Damai itu diselenggarakan oleh The Korean Institute for International Economy Policy (KIEP) dan National Research Council for Economics, Humanities, and Social Sciences (NRC). Tema forum adalah 'ekonomi damai dan kesejahteraan di Semenanjung Korea dan sekitarnya'.

Saksikan video pilihan di bawah ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Ulang Tahun Ke-32, Ini 7 Potret Transformasi Rio Dewanto dari Kecil Hingga Kini

Posted: 28 Aug 2019 09:25 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Aktor Rio Dewanto baru saja merayakan ulang tahunnya yang ke-32. Istri dari Rio Dewanto, Atiqah Hasiholan memberikan kejutan kecil kepada sang suami bersama dengan putri tercinta mereka. 

Atiqah Hasiholan memberikan kue ulang tahun lengkap dengan lilin angka 3 dan 2 yang menunjukan usia dari Rio Dewanto.

Atiqah Hasiholan juga mengunggah momen kejutan kecil yang diberikan kepada Rio Dewanto di akun Instagram pribadinya. Bukan hanya itu saja, Ia juga mengunggah foto masa kecil Rio Dewanto dan ucapan selamat ulang tahun.

Lama berkecimpung di industri hiburan, membuat nama Rio Dewanto kerap menjadi sorotan. Nama Rio Dewanto mulai dikenal publik saat bermain dalam film Pintu Terlarang dan Ratu Kosmopolitan sebagai pemeran figuran ditahun 2009 dan 2010.

Namun pada tahun 2011 Rio Dewanto berkesempatan mendapat pemeran utama pada film garapan sutradara Hanung Bramantyo dengan judul Tanda Tanya. Sejak saat itulah, dirinya sering didapuk menjadi pemeran utama dalam film layar lebar.

Menggeluti dunia akting dan model sejak 10 tahun yang lalu, tak sedikit pula netizen yang penasaran mengenai penampilan Rio sebelumnya. Dirangkum Liputan6.com dari berbagai sumber, berikut ini beberapa transformasi Rio Dewanto yang baru menginjak usia 32 tahun, Kamis (29/8/2019).

1. Atiqah Hasiholan juga pernah mengunggah foto bayi dari Rio Dewanto. Mirip enggak dengan Salma?

Rio Dewanto (Sumber: Instagram/atiqahhasiholan)

2. Ini foto Rio Dewanto saat masih kanak-kanak.

Rio Dewanto (Sumber: Instagram/atiqahhasiholan)

3. Rio Dewanto pandai berpose di depan kamera sejak kecil ya.

Rio Dewanto (Sumber: Instagram/chicco.jerikho)

4. Rio Dewanto juga sering mengunggah momen saat sedang bermain film di akun Instagram pribadinya.

Rio Dewanto (Sumber: Instagram/riodewanto)

5. Penampilan Rio Dewanto dalam semua film dan iklan yang diperankan olehnya mampu membuat penonton terpesona.

Rio Dewanto (Sumber: Instagram/riodewanto)

6. Ia juga pernah memerankan seorang tentara dalam film I Leave My Heart In Lebanon. Bahkan, Rio terlihat keren dengan gaya rambut khas tentara Indonesia.

Rio Dewanto (Sumber: Instagram/riodewanto)

7. Berumur 32 tahun, tentu saja banyak doa dan harapan yang diucapkan untuk Rio Dewanto.

Rio Dewanto (Sumber: Instagram/riodewanto)

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Cari Solusi Kebakaran Hutan Amazon, Brasil Gelar Pertemuan Amerika Selatan

Posted: 28 Aug 2019 09:25 PM PDT

Liputan6.com, Brasilia - Presiden Brasil Jair Bolsonaro mengatakan pada Rabu 29 Agustus, bahwa negara-negara Amerika Selatan akan bertemu untuk menentukan kebijakan bersama tentang pelestarian hutan hujan Amazon, dan mengambil langkah lain dalam menanggapi tawaran bantuan kelompok G7 di Prancis senilai US$ 20 juta, atau setara Rp 285 juta.

Dalam sebuah indikasi, Bolsonaro terlihat sedang menjalin hubungan yang lebih dekat dengan negara-negara tetangga daripada Eropa, presiden Brasil itu juga menerima bantuan empat pesawat dari Chile untuk membantu memerangi kebakaran hutan hujan Amazon, yang disebut sebagai tragedi terbesar dalam jenisnya.

Berbicara kepada wartawan setelah menerima kunjungan Presiden Chile Sebastian Pinera di Brasilia, Bolsonaro mengatakan pertemuan dengan para tetangga regional --kecuali Venezuela-- untuk membahas kebijakan pertahanan bersama di Amazon akan diadakan pada 6 September mendatang di kota Leticia, Kolombia.

Dalam sebuah pernyataan, sebagaimana dikutip dari Al Jazeera pada Kamis (29/8/2019), kedua pemimpin mengatakan tantangan lingkungan harus dipenuhi dengan tetap menghormati "kedaulatan nasional".

Ditambahkan oleh mereka, bahwa setiap negara harus memiliki kendali atas "penggunaan sumber daya alam yang rasional dan berkelanjutan, sesuai dengan kewajiban lingkungan dan kebutuhan warga negara mereka, termasuk masyarakat adat".

Keduanya juga menyoroti betapa "berharga dan pentingnya" kerja sama bilateral dan dukungan keuangan internasional untuk menghadapi krisis lingkungan di Amazon, khususnya di Brasil

Pinera, yang memiliki hubungan dekat dengan Bolsonaro, adalah sosok yang semakin penting dalam krisis lingkungan yang dipicu oleh kebakaran hutan Amazon.

Bahkan, dia langsung mengunjungi Brasilia sekembalinya dari KTT G7 di Prancis, di mana ia hadir sebagai perwakilan bergilir untuk Amerika Latin.

Chile juga akan mengadakan KTT iklim COP25 pada Desember mendatang, setelah mengambil alih dari tuan rumah semula, Brasil, setelah Bolsonaro terpilih sebagai presiden.

 

 

Perseteruan Bolsonaro dan Presiden Prancis

Presiden Brasil Jair Bolsonaro (AP/Eraldo Peres)

Sementara itu, Bolsonaro kembali bertengkar dengan Prancis, mengatakan kedaulatan Brasil tidak "tanpa harga, bahkan US$ 20 triliun sekalipun", sebuah rujukan ke tawaran bantuan yang diumumkan oleh Presiden Emmanuel Macron pada KTT G7, akhir pekan lalu.

Bolsonaro menolak tawaran itu karena dianggap sebagai upaya menghina untuk "membeli" kedaulatan Brasil.

Sebaliknya, Macron menuduh Bolsonaro, yang sejak lama skeptis terhadap masa lingkungan, berbohong tentang dalih perubahan iklim sebagai penyebab kebakaran hutan Amazon.

Di lain pihak, menyusul pertemuan dengan Presiden Paraguay Mario Abdo pada hari Rabu, pemimpin Chile Sebastian Pinera berbicara tentang perlunya membangun infrastruktur di seluruh wilayah Amerika Selatan, untuk memerangi risiko kebakaran hutan yang semakin lazim di sana.

Pinera mengatakan blok regional baru, Forum untuk Kemajuan dan Pengembangan Amerika Selatan (Prosur), dapat berkontribusi pada upaya tersebut.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Samara Weaving Bintang Film Ready Or Not Pernah Sekolah di Jakarta

Posted: 28 Aug 2019 09:20 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Film Ready Or Not menyapa pencinta layar lebar di Indonesia sejak Rabu (28/8/2019) kemarin. Ready Or Not menempatkan aktris cantik Samara Weaving sebagai pemeran utama.

Nama Samara Weaving belum familier di kuping masyarakat Indonesia. Publik Indonesia baru melihatnya tiga tahun lalu saat tampil di film Monster Trucks.

Padahal, pemeran Grace dalam Ready Or Not ini pernah tinggal di Jakarta, loh! Ingin mengenal Samara Weaving lebih dekat?

Kami sajikan lima fakta Samara Weaving yang kami himpun dari berbagai sumber, untuk Anda.

 

1. Keponakan Bintang Film The Matrix

Hugo Weaving (Foto: Instagram/@weaving.hugo)

Samara Weaving adalah keponakan aktor Hugo Weaving yang kita kenal lewat peran Agent Smith di film laris The Matrix. Samara Weaving lahir di Adelaide, Australia Selatan, 23 Februari 1992.

Meski lahir di Benua Kanguru, ia pernah tinggal di sejumlah negara yakni Singapura, Republik Kepulauan Fiji, dan Indonesia. Bahkan bintang film Three Billboards Outside Ebbing Missouri dan The Babysitter ini pernah bersekolah di Jakarta.

 

2. Mirip Margot Robbie

Samara Weaving pemain Ready Or Not (Foto: Instagram/@samweaving)

Samara Weaving sering dianggap mirip dengan aktris Australia, Margot Robbie. Ia beberapa kali dibanding-bandingkan dengan aktris nomine Oscar itu.

Merespons perbandingan ini, Samara Weaving menyatakan, "Margot pribadi yang menyenangkan. Ia aktris besar, saya merasa tersanjung orang mengira saya adalah Margot. Saya anggap itu pujian."

Namun Samara berharap publik tak melulu mengaitkannya dengan Margot Robbie. "Saya harap publik sadar bahwa membandingkan dua perempuan akan tampak konyol," ujar Samara Weaving kepada The Daily Telegraph.

 

3. Korban Hoaks Jelang Pilpres

Samara Weaving pemain Ready Or Not (Foto: Instagram/@samweaving)

Samara Weaving rupanya pernah menjadi korban hoaks atau kabar palsu sekitar empat tahun lalu. Kala itu foto Samara Weaving penuh dengan luka memar dan darah tersebar di situs pertemanan Facebook.

Lewat foto itu, ia disebut pendukung Donald Trump yang jadi korban kekerasan oleh pendukung pesaing. Padahal foto tersebut adalah tampilan wajah dengan tata rias untuk perannya di serial Ash vs Evil Dead. Seperti diketahui, dalam serial itu, Samara Weaving memerankan Heather.

 

4. Mantan Model Pakaian Dalam

Samara Weaving pemain Ready Or Not (Foto: Instagram/@samweaving)

Samara Weaving pernah menjadi model untuk merek pakaian dalam asal Australia, Bonds. Karier aktingnya dimulai pada 2008 saat memerankan Kirsten Mulroney di serial televisi Out of the Blue.

Di serial itu, Samara Weaving tampil sebanyak 48 episode. Setahun kemudian, ia tampil di film pendek Sprung dan Steps. Pada 2013, barulah ia mendapat kesempatan tampil di layar lebar lewat film Mystery Road.

Dalam film itu, ia beradu akting dengan Aaron Pedersen dan Hugo Weaving.

 

5. Bertunangan dengan Seorang Produser

Samara Weaving pemain Ready Or Not (Foto: Instagram/@samweaving)

Menjadi model pakaian dalam Bonds pada 2012 mengharuskan Samara Weaving aktif berpartisipasi di sejumlah kampanye perusahaan. Pada kampanye pertama 2014, publik memergoki Samara Weaving dekat dengan surfer Owen Wright.

Namun gosip ini tak berlangsung lama. Samara Weaving makin fokus berkarier. Barulah pada 10 Maret 2019, ia mengumumkan pertunangannya dengan produser kreatif Jimmy Warden. Wah, fans cowok langsung patah hati, nih!

(Wayan Diananto)

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

1 komentar:

Amisha mengatakan...

Saya telah berpikir bahwa semua perusahaan pinjaman online curang sampai saya bertemu dengan perusahaan pinjaman Suzan yang meminjamkan uang tanpa membayar lebih dulu.

Nama saya Amisha, saya ingin menggunakan media ini untuk memperingatkan orang-orang yang mencari pinjaman internet di Asia dan di seluruh dunia untuk berhati-hati, karena mereka menipu dan meminjamkan pinjaman palsu di internet.

Saya ingin membagikan kesaksian saya tentang bagaimana seorang teman membawa saya ke pemberi pinjaman asli, setelah itu saya scammed oleh beberapa kreditor di internet. Saya hampir kehilangan harapan sampai saya bertemu kreditur terpercaya ini bernama perusahaan Suzan investment. Perusahaan suzan meminjamkan pinjaman tanpa jaminan sebesar 600 juta rupiah (Rp600.000.000) dalam waktu kurang dari 48 jam tanpa tekanan.

Saya sangat terkejut dan senang menerima pinjaman saya. Saya berjanji bahwa saya akan berbagi kabar baik sehingga orang bisa mendapatkan pinjaman mudah tanpa stres. Jadi jika Anda memerlukan pinjaman, hubungi mereka melalui email: (Suzaninvestment@gmail.com) Anda tidak akan kecewa mendapatkan pinjaman jika memenuhi persyaratan.

Anda juga bisa menghubungi saya: (Ammisha1213@gmail.com) jika Anda memerlukan bantuan atau informasi lebih lanjut