Jumat, 30 Agustus 2019

Liputan6 : RSS2 Feed

Liputan6 : RSS2 Feed


VIDEO: Sandal Batik dari Magetan Tembus Pasar Timur Tengah

Posted: 30 Aug 2019 10:01 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Sandal dan sepatu batik buatan warga Magetan, Jawa Timur, makin diminati masyarakat luas, tak heran, jika alas kaki berbahan limbah kain perca itu, kini mampu menembus pasar di Timur Tengah.

Selain klasik, dan bentuknya yang elegan, sandal batik tersebut cocok dipakai saat santai. Di Dusun Ngambakan, Desa Baleasri, Kecamatan Ngariboyo, Magetan, inilah berbagai macam souvenir batik dibuat oleh warga. Mulai dari sandal, sepatu, topi pantai hingga dompet. Semua dibuat dari kain batik limbah. 

Meski dibuat secara manual, tetapi hasilnya sangat luar biasa. Tak heran, jika alas kaki berbahan perca ini, banyak diminati semua kalangan. Selain laku dijual di sejumlah kota, seperti Yogyakarta, Solo dan Surabaya, kini alas kaki batik itu tembus negara Timur Tengah, seperti Arab Saudi. Yuk simak videonya seperti ditayangkan dalam program Fokus, ditulis Sabtu (31/8/2019).

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Palembang Segera Operasikan Pembangkit Listrik Tenaga Sampah

Posted: 30 Aug 2019 10:00 PM PDT

Liputan6.com, Palembang - Permasalahan volume sampah yang kian menumpuk di Tempat Pembuangan Sampah (TPS) dan aliran anak Sungai Musi di Kota Palembang, Sumatera Selatan (Sumsel) kini lebih ditangani serius oleh Pemerintah Kota (Pemkot) Palembang.

Wali Kota (Wako) Palembang Harnojoyo sudah berkoordinasi dengan Direktur Jendral (Ditjen) Energi Baru Terbarukan dan Konservasi Energi (EBTKE) Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM).

Koordinasi ini menghasilkan Memorandum of Understanding (MoU) dan Perjanjian Kerjasama (PKS) untuk mengoperasikan Pembangkit Listrik Tenaga Sampah (PLTSa).

Penandatanganan MoU dan PKS itu dilakukan Wako Palembang Harnojoyo, Ditjen EBTKE Kementerian ESDM FX Sutijastoto dan pihak ketiga PT NW Resources, di kantor Ditjen EBTKE Jakarta, Rabu (28/8/2019).

Wako Palembang Harnojoyo mengatakan, PLTSa ini diharapkan dapat segera beroperasi, untuk menekan angka volume sampah yang tidak bisa ditanggulangi secara keseluruhan.

"Dalam sehari, Kota Palembang dipenuhi 120 Ton sampah. Hanya setengahnya atau sekitar 60 Ton yang bisa ditangani," katanya.

Kendala mengolah ratusan ton sampah di Kota Palembang, diakuinya karena belum optimal penanganan sampah di sektor hilir dan kebiasaan masyarakat membuang sampah sembarangan.

Dengan adanya program PLTSa ini, Wako Palembang optimis langkah ini menjadi motivasi dan solusi peningkatan penanganan sampah di Ibu Kota Sumsel.

PLTSa ini sendiri adalah pembangkit listrik thermal, dengan memanfaatkan uap supercritical stem dan berbahan bakar sampah, atau gas metana sampah.

Menurut Direktur Jenderal EBTKE Kementerian ESDM FX Sutijastoto, PLTSa hanya sarana efisiensi penanganan sampah terutama di Kota Palembang. Optimalisasi penanganan sampah juga, bergantung pada karakteristik serta andil masyarakat.

 

Optimalisasi PLTSa Sukawinatan

Wako Palembang Harnojoyo dan Direktur Jenderal EBTKE Kementrian ESDM FX Sutijastoto seusai menandatangani MoU dan PKS pengolahan PLTSa Sukawinatan Palembang (Dok. Humas Pemkot Palembang / Nefri Inge)

"Penanganan sampah ini harus mensinergikan seluruh pemangku kepentingan. Apalagi ada nilai-nilai energi baru dalam pengolahan sampah ini yang harus dilakukan secara berkelanjutan," ujarnya.

Dia berharap, keberadaan PLTSa Sukawinatan ini dapat memberikan nilai tambah secara ekonomi terhadap lingkungan sekitar.

Seiring dengan perkembangan teknologi, EBTKE Kementrian ESDM melakukan berbagai upaya untuk mereduce sampah. Yaitu dengan memanfaatkan fasilitas yang ada sehingga bisa menghasilkan listrik sebesar 500 KWH.

Jika nanti sudah tercapai optimal, akan dilakukan serah terima PLTSa. Pengoperasian PLTSa juga bisa segera dinikmati masyarakat Kota Palembang.

"Akan terus dilakukan berbagai upaya agar PLTSa Sukawinatan ini dapat beroperasi secara optimal. Sehingga keberadaan PLTSa ini tak hanya menghasilkan tenaga listrik saja, tapi mampu memberikan nilai tambah secara ekonomi kepada masyarakat sekitar," ujarnya.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Gemerlap Balikpapan jadi Pemandangan Indah Ibu Kota Baru

Posted: 30 Aug 2019 10:00 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Setelah Presiden Joko Widodo memutuskan untuk memindahkan ibu kota negara dari Jakarta ke Penajam Paser Utara dan Kutai Kartanegara, Kalimantan Timur, berbagai tokoh menyampaikan pandangannya.

Termasuk mantan Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Dahlan Iskan. Dalam catatan pribadinya, Dahlan menggambarkan pancaran kecantikan kota Balikpapan bila dilihat dari ibu kota baru nantinya.

"Dari ibu kota baru, nanti orang bisa memandang gemerlapannya Kota Balikpapan. Yang konturnya berbukit-bukit. Lampu di atas bukit-bukit itu akan terlihat indah. Bercampur dengan lampu pinggir pantai. Yang pantulan cahayanya berkilauan di atas air laut," tulis Dahlan, sebagaimana dikutip dari situs pribadinya, Disway, Sabtu (31/08/2019).

Dahlan mengakui sudah tahu pemilihan lokasi ibu kota baru, yaitu di sisi kiri Teluk Balikpapan. Teluk ini berukuran panjang dan menjorok masuk ke dalam daratan Kalimantan. Kota Balikpapan berlokasi tepatnya di mulut kanan Teluk tersebut, sedangkan ibu kota akan bertempat di sisi kirinya.

"Air di teluk ini dalam, tapi tenang. Tidak pernah terjadi pendangkalan. Tidak ada sungai besar yang bermuara di teluk itu," tuturnya.

Dahlan menambahkan, akses konektivitas di sana terbantu bandara di Balikpapan yang sedang dibangun akses ke Samarinda. Dia juga memperkirakan dibangunnya exit tol menuju ibu kota di jalan tersebut.

"Dan Jakarta tidak perlu galau. Tidak jadi ibu kota kan tidak apa-apa. Masih bisa jadi Bapak Kota," guyonnya.

Sementara, tertulis juga siapa saja pemilik tanah di daerah yang akan jadi ibu kota tersebut, salah satunya Prabowo.

Dahlan Iskan Ungkap Nama Tuan Tanah di Ibu Kota Baru

Pemandangan gedung bertingkat di Jakarta, Selasa (30/4/2019). Presiden Joko Widodo atau Jokowi kembali melontarkan wacana pemindahan ibu kota dari Jakarta ke luar Pulau Jawa. (Liputan6.com/JohanTallo)

Mantan Menteri Badan Usaha Milik negara (BUMN) Dahlan Iskan menyebut mengetahui soal lokasi ibu kota baru yang dipilih pemerintahan Joko Widodo. Dahlan menyebut lokasinya di sisi kiri Teluk Balikpapan.

"Kota Balikpapan berlokasi di mulut kanan Teluk itu. Lokasi ibu kota baru nanti di kiri Teluk tersebut," ujar Dahlan Iskan dalam situs pribadinya disway.id, Selasa (27/8/2019).

Dahlan bercerita bahwa teluk itu sangat panjang, dalam, dan tenang. Pantai di kiri teluk itu memasuki wilayah Kabupaten Penajam Paser Utara dan sebagai lagi masuk ke Kabupaten Kutai Kartangera.

Dahlan berkata gemerlap kota Balikpapan dapat terlihat dari ibu kota baru. Bila ibu kota dibangun dengan pantai, cahaya kota Balikpapan dapat berpadu dengan kilauan air laut.

"Dari ibu kota baru itu nanti orang bisa memandang gemerlapannya Kota Balikpapan. Yang konturnya berbukit-bukit. Lampu di atas bukit-bukit itu pun akan terlihat indah. Bercampur dengan lampu di pinggir pantai. Yang pantulan cahayanya berkilauan di atas air laut," tulis Dahlan.

Terkait konektivitas, Dahlan berkata ibu kota baru bisa mengandalkan bandara di Balikpapan yang sedang dibangun akses ke Samarinda. Dahlan memprediksi kehadiran exit tol menuju ibu kota di jalan tol tersebut.

"Dan Jakarta tidak perlu galau. Tidak jadi ibu kota kan tidak apa-apa. Masih bisa jadi Bapak Kota," tutup Dahlan.

Ia juga mengungkapkan siapa saja pemilik tanah di daerah tersebut. Salah satu nama yang disebut Prabowo.

Isi Lengkap Tulisan Dahlan Iskan

Saya tahu lokasi itu. Yang direncanakan jadi ibu kota baru Republik Indonesia itu. Yang kemarin diumumkan sendiri oleh Bapak Presiden Jokowi itu.

Di Kaltim ada kota besar bernama Balikpapan. Dua jam penerbangan dari Jakarta. Balikpapan disebut juga kota minyak. Sejak zaman Belanda. Ada kilang minyak di sana. Seperti juga Dumai di Riau dan Pangkalan Brandan di Sumut.

Yang terpenting di Balikpapan ada Teluk Balikpapan.

Teluk itu sangat panjang. Menjorok masuk ke dalam daratan Kalimantan. Kota Balikpapan berlokasi di mulut kanan Teluk itu. Lokasi ibu kota baru nanti di kiri Teluk tersebut.

Di tengah teluk itu ada pulau kecil. Saya pernah ingin membelinya. Saya anggap ideal untuk lokasi pembangkit listrik tenaga nuklir Thorium. Tentu saya urungkan saja niat itu. Pulau itu akan berada persis di depan ibu kota. Posisinya lebih dekat dari Pulau Seribu yang di depan pantai Jakarta. Pulau ini hanya 1 km dari pantai ibu kota baru itu.

Kalau jadi.

Teluk itu begitu panjangnya. Pantai di kiri teluk itu sebagian masuk wilayah Kabupaten Penajam Paser Utara. Sebagian lagi masuk Kabupaten Kutai Kartanegara. Yakni yang posisinya melengkung di ujung teluk. Melengkung sampai sisi kanan teluk. Sampai dengan wilayah kota Balikpapan.

Dari ibu kota baru itu nanti orang bisa memandang gemerlapannya Kota Balikpapan. Yang konturnya berbukit-bukit. Lampu di atas bukit-bukit itu pun akan terlihat indah. Bercampur dengan lampu di pinggir pantai. Yang pantulan cahayanya berkilauan di atas air laut.

Itu kalau ibu kotanya dibangun di dekat pantai.

Air di teluk ini dalam. Tapi tenang. Tidak pernah terjadi pendangkalan. Tidak ada sungai besar yang bermuara di teluk itu.

Ketika kawasan itu masih hutan pernah disebut sebagai kawasan emas hijau. Kayunya menghasilkan dolar tidak henti-hentinya. Kayu-kayu besar ditebang. Diekspor dalam bentuk gelondongan. Lewat teluk itu.

Hak penebangan hutan itu diberikan ke perusahaan asing. Dari Amerika. Namanya: ITCI (International Timber Corporation Indonesia). Yang berpusat di Oregon itu.

Sebut saja nama ITCI. Di tahun 1970-an. Semua orang Kaltim tahu. Dekade itu saya hidup di Kaltim. Menjadi aktivis mahasiswa di sana. Juga memulai karir wartawan dari sana.

Tentu sudah tidak ada lagi hutan itu di sana. Juga tidak ada lagi ITCI. Pemilik perusahaan itu sudah bukan orang Amerika lagi. Sudah berganti orang Indonesia. Namanya Prabowo Subianto.

Tapi masih ada tambang-tambang batu bara di sekitarnya.

Untuk menuju lokasi itu tentu harus melalui mulut Teluk Balikpapan. Mulut teluk ini ramai sekali. Banyak lalu-lintas speed boat. Atau kapal rakyat. Orang Balikpapan banyak yang menyeberang ke Panajam, satu kecamatan di Paser. Orang Panajam banyak menyeberang ke Balikpapan. Hanya 15 menit.

Dari Panajam itu orang bisa naik mobil sampai jauh sekali. Melintasi trans Kalimantan. Sampai ke Banjarmasin.

Orang Kalsel yang mau ke Samarinda juga bisa ke Panajam dulu. Lalu menyeberang ke Balikpapan. Untuk meneruskan perjalanan dengan mobil sampai Samarinda.

Saya pernah memutuskan untuk menyetujui dibangunnya jembatan tol. Yang membentang panjang di atas mulut teluk itu.

Tahun 1980-an sudah ada jembatan yang menghubungkan dua sisi teluk itu. Letaknya tidak di mulut teluk. Melainkan jauh di dalam teluk. Untuk mendapatkan bentangan jembatan yang lebih pendek. Tapi karena posisi jembatan ini tidak di mulut teluk, tetap saja banyak yang memilih menyeberang dengan speed boat.

Kini sudah jelas. Lokasi yang disebutkan Bapak Presiden meliputi dua kabupaten: Penajam Paser Utara dan Kutai Kartanegara. Berarti lokasi itu tepat di lengkung terdalam teluk tersebut. Persis di bekas Hak Pengusahaan Hutan ITCI.

Berarti ibu kota baru nanti tidak perlu membangun bandara baru. Cukup menggunakan bandara Balikpapan yang sekarang.

Toh dari bandara ini sudah dibangun jalan tol ke Samarinda. Sedang dikerjakan. Kelak bisa saja ada exit di jalan tol ini. Exit ke ibu kota --yang entah apa nama kota itu nanti.

Lokasi ini letaknya juga hanya sekitar 40 km dari Bukit Soeharto --yang pernah disebut-sebut sebagai lokasi ibu kota.Berarti tidak akan ada persoalan tanah. Cukup menggunakan tanah ITCI itu --berapa ribu hektar pun.Dan Jakarta tidak perlu galau. Tidak jadi ibu kota kan tidak apa-apa. Masih bisa jadi Bapak Kota. (Dahlan Iskan) 

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Akibat Gigitan Kucing, Bocah 6 Tahun Nyaris Meninggal

Posted: 30 Aug 2019 10:00 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Alice Hudson sedang bermain dengan kucing kesayangannya, Tigger ketika dia digigit oleh hewan itu. Hal itu nyaris membuatnya meninggal dunia.

Kucing yang telah dianggapnya sebagai saudara laki-laki awalnya bermain tanpa masalah. Namun tiba-tiba, secara tidak sengaja, dia menggigit bocah 6 tahun itu dan membuatnya menjerit kesakitan.

Gigitan dari kucing berusia satu tahun jenis setengah Bengal itu membuat ibu Alice, Chantelle membawanya ke dokter. Di rumah sakit, bocah asal Yorkshire, Inggris itu dirawat tiga hari karena terinfeksi bakteri Pasteurella, bakteri yang biasa ditemukan di mulut kucing.

"Kami sudah memiliki Tigger sejak dia masih kecil," kata ibu 30 tahun itu seperti dikutip dari Mirror pada Sabtu (31/8/2019). Dia mengatakan bahwa keduanya adalah teman baik dan sering bermain hingga tidur bersama.

Harus Dioperasi

Gadis ini nyaris meninggal setelah digigit kucing (Sumber: iStockphoto)

Ketika dirawat, Chantelle mengetahui bahwa gigitan Tigger menginfeksi putrinya. Dia pun harus menjalani operasi pengangkatan jaringan terinfeksi. Awalnya, sang ibu merasa dokter berlebihan.

"Ketika mereka mengatakan kepada saya bahwa dia harus dioperasi, saya merasa terluka," katanya. Dokter mengatakan bahwa hal itu harus dilakukan agar infeksi jaringan lunak tidak berkembang menjadi sepsis atau meningitis.

Operasi berlangsung selama satu jam. Ketika Chantelle dan suaminya, Michael melihat putrinya, bocah itu tidak berbicara selama 10 menit dan wajahnya merah padam.

48 jam pertama setelah operasi, Alice diberi antibiotik lewat infus. Dia juga diberikan resep antibiotik oral dua minggu setelah dibawa pulang pada 10 Agustus.

Berteman Lagi dengan Tigger

Gadis ini nyaris meninggal setelah digigit kucing (Sumber: iStockphoto)

Di rumah, Alice awalnya sedikit takut untuk dekat-dekat dengan kucing kesayangannya. "Tigger terus mendatanginya dengan kepala tertunduk seolah tahu Alice tidak ada di rumah karenanya," kata Chantelle yang juga seorang perawat itu.

"Mungkin dia terkejut karena Alice tidak bermain dengannya dan tidak ingin duduk di sampingnya."

Untunglah, secara perlahan dan dengan pengawasan orangtuanya, keduanya kembali dekat dan bisa kembali bermain bersama. Tangan Alice pun juga sudah membaik setelah dia keluar dari rumah sakit.

"Tigger adalah salah satu teman terbaikku, senang berada di rumah bersamanya lagi," kata Alice.

"Lenganku sakit di rumah sakit, tapi sekarang semuanya lebih baik."

Saksikan Juga Video Menarik Berikut Ini

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Studi: Polusi Udara Bisa Picu Gangguan Mental

Posted: 30 Aug 2019 10:00 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Polusi menjadi hal yang hangat dibicarakan akhir-akhir ini. Terlebih lagi setelah Jakarta disebut sebagai kota dengan tingkat polusi tertinggi di dunia. Perhatian masyarakat dan pemerintah untuk memerangi polusi pun terus ditingkatkan.

Namun tahukah Anda bahwa sebuah penelitian menyatakan bahwa orang yang tumbuh di daerah dengan kualitas udara yang buruk memiliki kemungkinan lebih besar untuk mengalami depresi dan gangguan bipolar seperti dilansir dari Independent.

Penelitian di Amerika dan Denmark

Ilustrasi Foto Peneliti (iStockphoto)

Berdasarkan penelitian yang dipimpin oleh para ilmuwan di University of Chicago, ditemukan hubungan antara kualitas udara dan kesehatan yang buruk. Data populasi yang diambil adalah dari Amerika Serikat dan Denmark, menggunakan data dari asuransi kesehatan Amerika yang mencapai 151 juta orang.

Hasil Penelitian di Amerika

Ilustrasi Amerika Serikat (AP)

Para peneliti itu menemukan bahwa negara dengan kualitas udara yang buruk mengalami peningkatan gangguan bipolar hingga 27 persen dan jumlah orang dengan depresi berat lebih tinggi 6 persen. Hal tersebut dibandingan dengan negara-negara yang memiliki kualitas udara lebih baik.

"Ada beberapa pemicu yang diketahui (untuk penyakit mental) tetapi polusi adalah hal baru," ujar Andrey Rzhetsky, Profesor Kedokteran dan Genetika Manusia.

"Penelitian pada anjing dan hewan pengerat menunjukkan polusi udara dapat masuk ke otak dan menyebabkan peradangan yang menghasilkan gejala yang menyerupai depresi. Sangat mungkin hal yang sama terjadi pada manusia," tambahnya.

Penelitian yang sama dilakukan di Denmark

Ilustrasi Denmark (AFP)

Tim peneliti juga menerapkan metodologi yang sama untuk data 1,4 juta pasien Denmark. Bekerja sama dengan peneliti dari Universitas Aarhus Denmark, mereka memeriksa jumlah penyakit neuropsikiatrik pada orang dewasa di Denmark yang tinggal di daerah dengan kualitas udara buruk hingga usia 10 tahun. Peningkatan gangguan kesehatan mental ditemukan hingga mencapai 29 persen.

"Studi kami di Amerika Serikat dan Denmark menunjukkan bahwa tinggal di daerah yang tercemar, terutama sejak kecil dapat diprediksi mengalami gangguan mental," kata Ahli Biologi Komputer, Atif Khan, rekan penulis dari penelitian tersebut yang diterbitkan dalam PLOS Biology.

Terus dikaji

ilustrasi hasil penelitina (sumber: iStockphoto)

Dr Daniel Maughan, rekanan pendaftar di Royal College of Psychiatrists, mengatakan bahwa penelitian ini dibangun atas 'semakin banyak bukti' dari hubungan antara polusi udara dan kejadian penyakit mental. Ia menyebut bahwa sementara penelitian belum menunjukkan bahwa polusi udara menyebabkan penyakit mental, namun menunjukkan 'hubungan yang kuat' antara paparan awal dan peningkatan risiko kejadian penyakit mental.

Meski begitu, World Health Organisation (WHO) memperkirakan bahwa polusi membunuh 7 juta orang setiap tahun, setara dengan 13 kematian setiap menit. Angka tersebut lebih dari total gabungan kematian karena perang, pembunuhan, TBC, HIV, AIDS, dan malaria. 

 

Penulis:

Timothy Juliano

Universitas Multimedia Nusantara

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Jadwal Shopee Liga 1 2019, Siaran Langsung Arema FC Vs PSIS Semarang Hari Ini

Posted: 30 Aug 2019 10:00 PM PDT

Liputan6.com, Malang - Arema akan menjamu PSIS Semarang dalam lanjutan Shopee Liga 1 2019, Sabtu (31/8/2019) di stadion Kanjuruhan, Malang. Tuan rumah berambisi memetik tiga poin demi kembali ke jalur persaingan di papan atas.

Singo Edan -julukan Arema- baru saja takluk 1-2 dari Bali United pada Shopee Liga 1 2019 pekan sebelumnya. Itu membuat mereka berada di peringkat keempat dengan 25 poin.

Arema tertinggal 15 poin dari Bali United yang memuncaki klasemen sementara. Namun tim asuhan Milomir Seslija ini masih bisa bersaing untuk finis di empat besar klasemen.

Di sisi PSIS, Mahesa Jenar juga butuh poin penuh setelah lima laga menelan empat kekalahan dan satu hasil imbang. Rentetan hasil buruk itu membuat PSIS baru mengemas 15 poin dan berpotensi terperosok ke zona degradasi.

Pasalnya, PSIS hanya unggul dua poin dari tim perigkat 16 saat ini, Perseru Badak Lampung. Jika kalah dari Arema, bukan tidak mungkin PSIS akan masuk ke zona merah.

Selain Arema FC vs PSIS Semarang, ada juga pertandingan antara Bhayangkara FC vs Persebaya Surabaya. Laga ini kiranya tak kalah seru lantaran kedua tim juga butuh tiga poin, terutama Bhayangkara.

Bhayangkara dalam lima laga terakhirnya tak pernah menang. Sementara Persebaya baru menang dua kali dalam lima pertandingan terakhir.

Berikut jadwal Shopee Liga 1 2019

Jadwal Shopee Liga 1 2019

Shopee Liga 1 - Arema FC Vs PSIS Semarang (Bola.com/Adreanus Titus)

 

Sabtu 31 Agustus 2019

15.30 WIB, Bhayangkara FC vs Persebaya Surabaya, Indosiar

18.30 WIB, Arema FC vs PSIS Semarang, Indosiar

Saksikan video menarik di bawah ini.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Google Perluas Cakupan Program Imbalan bagi Penemu Penyalahgunaan Data

Posted: 30 Aug 2019 10:00 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Google meluaskan cakupan Google Play Security Reward Program (GPSRP). Kini peneliti keamanan akan diberi imbalan jika menemukan bug di semua aplikasi di Google Play yang telah dipasang 100 juta kali atau lebih.

Selain itu, sebagaimana dikutip dari Venture Beat, Sabtu (31/8/2019), Google juga meluncurkan Developer Data Protection Reward Program (DDPRP).

Program yang bekerja sama dengan HackerOne ini akan berfokus pada pemberian imbalan bagi mereka yang menemukan penyalahgunaan data di aplikasi Android, proyek OAuth, dan ekstensi Chrome.

Untuk diketahui, Google telah menggelontorkan lebih dari USD 15 juta sejak meluncurkan program ini pada 2010 silam sebagai imbalan bagi peneliti keamanan.

Program Imbalan Bug

Program imbalan bug (bug bounty program) dianggap dapat melengkapi program keamanan internal perusahaan.

Program ini membantu memotivasi individu dan kelompok peretas untuk tidak hanya menemukan celah keamanan, tetapi juga mengungkapkannya dengan benar, alih-alih menggunakannya dengan jahat atau menjualnya ke pihak ketiga liannya.

Dilihat dari segi biaya yang dikeluarkan, memberi imbalan kepada peneliti keamanan bukan apa-apa jika dibandingkan dengan menangani masalah keamanan serius yang disebabkan oleh celah keamanan pada produk itu sendiri.

(Why/Isk)

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Farhan Shock Mendengar McDanny dan Reno Fenady Ditangkap karena Narkoba

Posted: 30 Aug 2019 09:50 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Komika McDanny dan Reno Fenady tertangkap Polresta Tangerang, pada 25 Agustus 2019 lalu terkait kasus dugaan narkoba. Keduanya kedapatan membawa dua paket sabu seberat 0,97 gram.

Ternyata, tak banyak yang mengetahui komika McDanny dan Reno Fenady ditangkap, termasuk mantan bos manajemennya, presenter Farhan.

McDanny dan Reno Fenady sempat bergabung dengan manajemen milik Farhan sejak 2013 hingga 2015. Meski tak lagi bergabung, hubungan mereka masih baik.

"Saya juga baru tahu semalam, jam 12 malam telepon krang kring. Ternyata tertangkapnya dari Sabtu malam lalu. Setahu saya Sabtu malam itu dia ada acara sama Danny, setelah itu saya baru tahu belakangan. Minggu malam, istrinya Danny dan pacarnya Reno sama-sama nyari, kok nggak ada kabar sama sekali," terang Farhan, saat dihubungi Liputan6.com melalui sambungan telepon, Sabtu (31/8/2019). 

 

Shock

Foto profil Farhan (Adrian Putra/bintang.com)

Meski tak lagi bergabung dalam manajemen, Farhan tetap shock mendengar kabar Reno Fenady dan McDanny ditahan.

"Shock juga kita. Kamis malam, ada beberapa teman nengok, tapi saya belum dengar apa-apa. Bahkan saat ketemu ketua PaSKI (Persatuan Seniman Komedi Indonesia) Kang Maman, enggak ngomong apa-apa karena memang tidak tahu," lanjut Farhan.

 

Khawatir

Reno Fenady - McDanny (Foto: Instagram/@renofenady)

Tertangkapnya McDanny dan Reno Fenady menjadi kekhawatiran tersendiri bagi Farhan.

"Saya khawatirnya, mereka itu menjadi korban dari makin luasnya jaringan pemasaran sabu-sabu kualitas rendah. Saya kan pernah menjadi penggiat anti narkoba dari 1999 sampai 2012," papar Farhan.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

5 Fakta Kasus Artis Stand Up Comedy Ditangkap karena Konsumsi Narkoba

Posted: 30 Aug 2019 09:50 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Tahun 2019 nampaknya tengah diramaikan dengan penangkapan artis-artis yang terjerat kasus narboka. Banyaknya jumlah artis dan figur publik yang tertangkap dalam kasus narkoba ini, tentu menimbulkan kesan buruk dan akan mencoreng citra pelaku dunia seni. Setelah beberapa waktu lalu kalangan artis perfilman, kini kasus narkoba menjerat artis stand up comedy.

Baru-baru ini kasus penyalahgunaan narkoba kembali menodai industri hiburan Tanah Air. Kali ini, dua artis stand up comedy berinisial RN (32) dan DN (39), diciduk anggota Polres Metro Tangerang di kawasan Salemba, Jakarta Pusat, Kamis (25/8) lalu. Hal ini juga dibenarkan oleh pihak kepolisian.

"Kami pantau kos-kosan mereka. Akhirnya ditemukan RN dan DN yang merupakan publik figur. Kemudian kami amankan, Tersangka masih aktif mengikuti stand up comedy tingkat nasional" ungkap Kombes Pol Abdul Karim kepada wartawan di Polresta Tangerang, Jumat (30/8/2019).

Kapolresta Tangerang Kombes Pol Abdul Karim mengungkapkan bahwa pihaknya sebelumnya telah menemukan adanya indikasi peredaran narkoba di Tangerang. Setelah dilakukan pemantauan selama sepekan, akhirnya polisi mendapati peredaran narkoba hingga ke Jakarta. Aaat ini polisi masih melakukan pemeriksaan terhadap tersangka McDanny dan Reno Fenady.

Berikut fakta penangkapan kasus narkoba McDanny dan Reno Fenady yang telah Liputan6.com rangkum dari berbagai sumber, Sabtu (31/8/2019).

1. Barang Bukti

Sabu-sabu. Ilustrasi: Dwiangga Perwira/Kriminologi.id

Dari hasil penyergapan Kamis lalu, polisi menemukan dua paket sabu. Masing-masing seberat 0,65 gram dan 0,32 gram. Menurut pengakuan keduanya mendapatkan sabu dari pelaku RL yang sekarang menjadi buronan Satnarkoba Polres Metro Tangerang Kota.

2. Alasan Menggunakan Narkoba

Saat diperiksa kepolisian keduanya mengaku mengonsumsi sabu untuk menambah stamina dan menambah kepercayaan diri. Akibat jam terbang yang tinggi, mereka pun memutuskan untuk mengambil jalan pintas.

"Dari pendalaman, menurut pelaku keduanya ini pakai sabu untuk keperluan biar percaya diri dan stamina saat manggung," ucap Kapolresta Tangerang Kombes Pol Abdul Karim.

3. Hukuman 20 Tahun Penjara

Sabu-sabu. Ilustrasi: Dwiangga Perwira/Kriminologi.id

Untuk saat ini, pihak kepolisi masih mendalami soal pengedar narkoba yang dijual ke McDanny dan Reno Fenady. Akibat perbuatannya, kedua pelaku dijerat pasal 114 ayat (1) Undang-undang nomor 35 tahun 2009 tentang narkotika. McDanny dan Reno Fenady terancam hukuman 6 tahun penjara dan paling lama 20 tahun penjara.

"Ancaman hukuman enam tahun penjara, paling lama 20 tahun penjara atau seumur hidup," ujar Karim.

4. Punya Jam Terbang Tinggi

Reno Fenady - McDanny (Foto: Instagram/@renofenady)

McDanny dan Reno Fenady bisa dibilang komika yang miliki jam terbang tinggi. McDanny Wardhana juga komika sekaligus aktor yang cukup sering tampil di sinetron maupun televisi. McDanny ikut bermain dalam beberapa film layar lebar di antaranya Marmut Merah Jambu, Bajaj Bajuri The Movie, This Is Cinta, Koala Kumal, Warkop DKI Reborn: Jangkrik Boss! Part 1. Sedangkan Reno Fenady pernah berakting juga di Manusia Setengah Salmon, Malam Minggu Miko The Movie.

5. Lokasi Penangkapan

McDanny dan Reno Fenady diciduk polisi saat berada di kamar kos di kawasan Salemba, Jakarta Pusat. Belum ada keterangan pasti letak penyimpanan sabu atau aktivitas dua komika tersebut saat penamkapan.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Top 3 Global: 7 Misteri Rahasia Dunia hingga Ultimatum Massa di Hong Kong

Posted: 30 Aug 2019 09:48 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Rahasia adalah sesuatu yang ditutp-tutupi agar tidak ada orang yang mengetahuinya. Namun, terdapat istilah rahasia umum yang berarti seharusnya tidak diketahui tapi secara umum banyak orang yang mengetahuinya.

Deretan misteri rahasia-rahasia umum yang pernah didengar publik dunia menjadi artikel yang menarik perhatian sehingga menjadi berita paling populer pada kanal Global Liputan6.com, edisi Sabtu 31 Agustus 2019.

Berita menarik lainnya, NASA yang melakukan persiapan terkait dengan isu kedatangannya Badai Dorian.

Berita populer ketiga, mengenai ultimatum yang diberikan oleh para demonstran Hong Kong.

Berikut rangkuman Top 3 berita paling populer edisi, Sabtu 31/8/2019, di Kanal Global Liputan6.com:

1. Deretan Misteri Rahasia Dunia yang Didengar Publik

Area 51 Nevada. (AFP)

Bagi sebagian besar orang, semakin seseorang mencoba untuk menutupi sesuatu, maka semakin banyak perhatian yang didapat terhadap rahasia tersebut.

Misalnya, jika Coca Cola memberi tahu semua orang tentang resep rahasia yang digunakan untuk minuman ringannya, maka perusahaan ini mungkin tidak akan lagi eksis karena banyak yang meniru untuk membuatnya.

Namun, bagaimanapun juga, rahasia adalah bagian dari hidup manusia dan merupakan sebuah misteri yang seharusnya tidak bisa terpecahkan.

Selengkapnya...

2. Persiapan NASA Hadapi Badai Dorian

Gambar satelit GOES-16 dari National Oceanic and Atmospheric Administration (NOAA) menunjukkan Dorian, badai Kategori 1, melintasi AS dan Kepulauan Virgin Britania Raya. (NOAA via AP)

NASA Kennedy Space Center dalam proses persiapan menghadapi Badai Dorian, yang diperkirakan akan melanda Florida pada awal pekan depan.

Dikutip dari Space.com, Jumat (30/8/2019), periapan yang dilakukan mencankup perlindungan untuk Mobile Launcher besar yang digunakan untuk pengujian dari program Artemis NASA dengan tujuan pendaratan astronot di Bulan pada 2024 medatang.

Selengkapnya...

3. Ultimatum Demonstran Hong Kong

Sejumlah mahasiswa saat menghadiri rapat umum di Edinburgh Place di Hong Kong (22/8/2019). Pemimpin mahasiswa Hong Kong memboikot perkuliahan selama dua minggu. (AFP Photo/Anthony Wallace)

Sebuah editorial surat kabar China Daily mengatakan pada Jumat 30 Agustus, tentara Tiongkok yang ditempatkan di Hong Kong akan bertindak jika situasi di kota itu memburuk. Mereka "tidak ada di sana hanya untuk tujuan simbolis", demikian bunyi editorial itu.

"Sementara pemerintah SAR (Hong Kong) sejauh ini belum merasa perlu untuk memanggil garnisun, itu tidak berarti tidak akan melakukan itu jika situasi mengharuskannya," kata editorial China Daily. 

Selengkapnya...

 

Reporter: Windy Febriana

Simak pula video pilihan berikut:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Konvoi Kendaraan Listrik jadi Momentum Penting Tekan Polusi Udara

Posted: 30 Aug 2019 09:45 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Kegiatan konvoi kendaraan listrik yang dilaksanakan untuk memperkenalkan mobil listrik sebagai salah satu media untuk mengurangi polusi udara kepada masyarakat merupakan upaya yang baik dan perlu mendapat apresiasi.

Konvoi kendaraan bertenaga listrik yang diikuti oleh berbagai lembaga, institusi dan perusahaan transportasi umum pada hari ini, Sabtu, 31 Agustus 2019 di kawasan Monas tidak terlepas dari Perpres 55 tahun 2019 tentang Percepatan Program Kendaraan Bermotor Listrik Berbasis Baterai Untuk Transportasi Jalan.

Pengamat Trasportasi, Djoko Setijowarno mengatakan wacana penggunaan kendaraan listrik belakangan ini mendapatkan perhatian yang lebih besar terkait pentingnya peningkatan pelestarian lingkungan, khususnya dengan terjadinya peningkatan polusi udara.

"Di samping itu, rencana pelaksanaan perluasan ganjil-genap juga menjadi perhatian masyarakat mengingat ketentuan tersebut juga akan membawa pengaruh dan dampak yang besar terhadap upaya pelestarian lingkungan (tingkat polusi udara)," ujar dia di Jakarta, Sabtu (31/8/2019).

Menurut Djoko, langkah dan upaya yang dilakukan untuk lebih memperkenalkan dan memudahkan pengoperasian kendaraan listrik perlu mendapatkan dukungan dari seluruh pemangku kepentingan.

Ini mengingat aspek efisiensi dan dampak yang dapat diberikan terhadap upaya pelestarian lingkungan, khususnya dalam upaya mengatasi masalah polusi udara.

"Dalam kaitan ini, rencana pemberian pengecualian terhadap kendaraan berplat hitam untuk memasuki kawasan yang terkena ketentuan ganjil-genap agar tidak dilaksanakan, mengingat selain akan terjadi inkonsistensi dalam pelaksanaan ketentuan dan peraturan, juga akan membawa dampak yang buruk terhadap polusi udara di Jakarta," tandas dia.

3 Menteri Konvoi Sosialisasikan Kendaraan Listrik

Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman Luhut Binsar Pandjaitan, Menteri Perindustrian Airlangga Hartarto, Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi konvoi kendaraan listrik di Monas. (Liputan6.com/Pebrianto Eko Wicaksono)

Menyambut penerbitan Peraturan Presiden Nomor 55 Tahun 2019 tentang kendaraan ‎listrik, berbagai kendaraan listrik dipamerkan di Silang Monas, Jakarta pada Sabtu (31/8/2019).‎

Pantauan Liputan6.com, di area pameran beberapamerk kendaraan listrik ‎diantaranya Toyota, Wuiling, Suzuki, DFSK, Nisan, BMW, Mitsubishi dan Renault‎.‎ Selain itu juga dipamerkan mobil listrik buatan perguruan tinggi seperti ITS dan UGM.

Tak mau ketinggalan, produksen kendaraan roda juga ikut memajang kendaraan listrik yaitu Honda, Yamaha, Viar, Selisdan motor listrik produksi dalam negeri Gesits.

Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi mengatakan, ‎pameran kendaraan listrik merupakan inisiatif dalam melaksanakan Peraturan Presiden Nomor 55 Tahun 2019, agar kebijakan tersebut bisa sambut dengan baik oleh para pemangku kepentingan dan memperkenalkan kendaraan listrik ke masyarakat.

‎"Pameran dan parade yang kita beri nama parade kendaraan bermotor listrik. Adalah suatu inisiatif bagaimana Perpres 55 2019 bisa diberlakukan dengan baik," kata Budi, dilokasi pameran.

Menurut Budi, Presiden Joko Widodo (Jokowi) telah memberikan arahan agar Peraturan Presiden Nomor 55 Tahun 2019 bisa diterapkan, sehingga penggunaan kendaraan listrik dapat diperluas.

"Bapak Presiden minta ini untuk segera dijalankan untuk dijadikan kendaraan umum pada khususnya," tutur Budi.

Selain memajang kendaraan listrik, para pejabat yang hadir dalam acara tersebut yaitu Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman Luhut Binsar Pandjaitan, Menteri Perindustrian Airlangga Hartarto, Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi, dan jajaran direksi PLN melakukan konvoi kendaraan listrik dengan rute dari Silang Monas berputar di Bundaran Hotel Indonesia dan kembali ke Silang Monas.

Kovoi tersebut diikuti oleh beberapa komunitas, penjedia jasa transportasi online dan produksen kendaraan listrik yang mengikuti pameran.

Pengembangan Kendaraan Listrik Memerlukan Insentif Pemerintah

Taksi listrik atau e-Taxi Blue Bird mengikuti konvoi kendaraan bermotor listrik (KBL) melintasi kawasan MH Thamrin, Jakarta, Sabtu (31/8/2019). Konvoi bertema Kendaraan Listrik Sebagai Solusi Pengurangan Polusi Udara dan Penggunaan BBM Jenis Kendaraan Listrik. (merdeka.com/Imam Buhori)

Peraturan Presiden No. 55/2019 mengamanatkan Pemerintah pusat dan daerah untuk memberikan insentif fiskal dan insentif nonfiskal untuk mempercepat program Kendaraan Bermotor Listrik (KBL) berbasis baterai.

Melihat hal tersebut, Kamar Dagang dan Industri (Kadin) Indonesia menilai tonggak baru dalam regulasi pengembangan industri kendaraan elektrifikasi di Indonesia siap berjalan.

"Ini merupakan upaya kuat dari pemerintah untuk mengakselerasi pengembangan Kendaraan Bermotor Listrik dan kami dari dunia usaha sangat mengapresiasi hal ini," kata Ketua Umum Kadin Indonesia, Rosan P. Roeslani di sela-sela forum diskusi Kajian Implementasi Kendaraan Elektrifikasi, Selasa (27/8/2019).

Menurutnya, insentif sangat penting bagi produsen dan pelaku industri karena pengembangan mobil listrik membutuhkan dukungan teknologi baterai hingga pajak.

Di sisi lain, potensi dan peluang pengembangan kendaraan listrik di Indonesia cukup menjanjikan karena industri otomotif telah menjadi pilar penting dalam sektor manufaktur. Terbukti ada banyak perusahaan mobil yang membuka pabrik untuk meningkatkan kapasitas produksi di Tanah Air dan ekspor.

Hal itu menjadikan industri otomotif mampu meningkatkan produk domestik bruto (PDB) per kapita. 

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Sulit Dapat Vidal, Inter Milan Berpaling ke Gelandang Juventus

Posted: 30 Aug 2019 09:45 PM PDT

Liputan6.com, Milan- Kabar mengejutkan berhembus di Italia jelang penutupan bursa transfer musim panas 2019. Inter Milan diklaim tertarik membajak gelandang Juventus Blaise Matuidi.

Inter Milan masih butuh tambahan satu gelandang lagi sebelum bursa transfer musim panas 2019 ditutup. Pelatih Antonio Conte menginginkan satu gelandang box to box.

Incaran utama Inter Milan adalah gelandang Barcelona Arturo Vidal. Sayangnya tawaran La Benamata untuk eks pemain Juventus itu ditolak oleh Barcelona.

Berkejaran dengan waktu, Inter Milan mencari alternatif lain. Menurut laporan Mercato365, Matuidi yang kini dipertimbangkan untuk direkrut.

Matuidi sebenarnya masuk daftar jual Juventus di penghujung bursa transfer musim panas 2019. Namun I Bianconeri diperkirakan akan keberatan melepas pemain 32 tahun itu ke rival abadinya di Liga Italia Serie A.

 

Tersingkir

Matuidi terancam tergusur dari tim utama Juventus musim ini. Pasalnya Juventus telah merekrut dua gelandang baru, Adrien Rabiot dan Aaron Ramsey.

Meski Juventus berniat menjualnya, pemain asal Prancis ini masih betah di Turin. Media-media Italia mengklaim Matuidi ingin bermain di Juventus setidaknya semusim lagi.

Klasemen Liga Italia

 

 

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

SBY: Ini Tahun Terberat Keluarga Kami

Posted: 30 Aug 2019 09:37 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Presiden keenam RI Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) mengatakan tahun 2019 merupakan tahun terberat bagi dirinya dan keluarga karena harus kehilangan dua sosok yang sangat disayangi.

"Tahun ini adalah tahun yang sangat berat bagi kami, saya dan keluarga," kata SBY dalam sambutannya Pendopo Puri Cikeas, seperti dikutip Antara, Sabtu (31/8/2019).

Ketua Umum Partai Demokrat itu menyampaikan, belum genap tiga bulan jenazah istrinya Ani Yudhoyono tiba di Pendopo Cikeas dari Singapura. Kemudian pada hari ini, dia mengatakan keluarganya menghadapi cobaan yang sama.

"Tapi saya yakin ujian cobaan kepada saya dan keluarga ini masih belum apa-apanya dibandingkan dengan anugerah yang diberikan Allah kepada saya dan keluarga," kata dia.

Oleh karena itu, kata SBY, dirinya harus menerima dengan tawakal, tabah dan percaya bahwa takdir, rencana dan keputusan Allah tersebut jauh lebih baik dan indah dari pada yang mungkin dirinya dan keluarga harapkan dan inginkan.

SBY mengatakan sebagai manusia biasa dirinya tentu kehilangan dengan kedua orang yang disayanginya. "Saya kira itu manusiawi tapi keimanan saya, akal sehat saya bisa menerima seluruhnya semua takdir Allah SWT ini," kata dia.

SBY mengucapkan rasa terima kasihnya kepada para pelayat yang hadir mendoakan almarhumah ibundanya.

SBY menyampaikan bahwa para pelayat memintanya untuk kuat. Dia mengucapkan terima kasih atas perhatian besar tersebut.

"Tadi saya dengarkan satu demi satu ucapan bapak ibu kepada saya, untuk saya kuat, saya sabar, dan stay strong. Saya mengucapkan terima kasih atas motivasi dan kata-kata yang baik dan menguatkan hati saya itu," ujar SBY.

Sejumlah Tokoh Melayat

Pada kesempatan itu tampak hadir sejumlah tokoh antara lain, Wapres RI Jusuf Kalla, fungsionaris Partai Demokrat, AM Hendropriyono, Aburizal Bakrie, Oesman Sapta Odang, Sandiaga Uno dan lain-lain.

Rencananya jenazah Siti Habibah akan diberangkatkan dari rumah duka ke pemakaman di TPU Tanah Kusir setelah salat Dzuhur. Kemudian dilanjutkan dengan prosesi pemakaman di TPU Tanah Kusir sekitar pukul 14.30 WIB.

Siti Habibah wafat di RS Mitra Keluarga Cibubur, Jumat (30/8) malam, setelah sempat dirawat selama dua pekan di ruang unit perawatan intensif atau ICU.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Evra Pede Pogba Takkan Gabung Real Madrid Musim Ini

Posted: 30 Aug 2019 09:35 PM PDT

Manchester - Legenda Manchester Unitedm Patrice Evra mengaku yakin Paul Pogba akan tetap bermain di Old Trafford, sekalipun Real Madrid terus melakukan manuver untuk memboyong gelandang serang asal Prancis tersebut.

Real Madrid ingin membawa Pogba ke Santiago Bernabeu sebelum jendela transfer Eropa ditutup pada 2 September ini. Manchester United tidak mau melepas begitu saja salah satu aset berharganya.

Kalaupun sang pemain harus pergi, Los Blancos harus membayar dengan angka yang mendekati 222 juta euro seharga Neymar saat didatangkan Paris Saint-Germain dari Barcelona pada 2017 lalu.

Evra mengklaim Pogba tidak merasa dicintai di Manchester, meskipun mantan bek kiri Setan Merah itu menyarankan rekan senegaranya untuk tetap di United.

"Paul fokus, Paul ada di Manchester dan dia akan tetap di Manchester," kata Evra, yang memenangkan lima gelar Liga Premier dan Liga Champions di antara penghargaan lainnya di Old Trafford.

"Sudah ada diskusi, tapi itu bagus untuk klub dan bagus untuknya untuk tetap bertahan. Sekarang akan sulit baginya untuk pergi Manchester.

"Meninggalkan klub pada akhir jendela transfer dan pindah ke Real Madrid ketika musim kompetisi di Inggris sudah dimulai, rasanya tidak mungkin. Saya harap dia akan memiliki musim yang hebat bersama Manchester," timpal Evra yang senegera dengan Paul Pogba.

Kritikan Tajam

Gelandang Manchester United, Paul Pogba. (AFP/Oli Scarff)

"Paul, dia saudaraku. Jika dia tidak bahagia di Manchester, aku akan menyuruh Paul pergi. Jika dia senang di Manchester, aku akan menasehatinya untuk tinggal. Dan Sejujurnya, saya amat menginginkan Paul untuk tinggal. "

Hubungan Paul Pogba dan Manchester United campur aduk di awal musim ini. Ia jadi objek kritikan suporter seiring penampilan buruk Tim Setan Merah di dua laga terakhir Premier League.

Ia sempat terlibat percekcokan dengan Jose Mourinho musim lalu. Pelatih asal Portugal itu meminta klub menyingkirkan Pogba, namun yang terjadi sebaliknya: Jose yang dipecat. Akankah Ole Gunnar Solskjaer bisa sabar menghadapi polah tingkah salah satu bintang utamanya tersebut?

Sumber: Sportskeeda

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Tiga Menteri Jokowi Ramaikan Konvoi Kendaraan Bermotor Listrik

Posted: 30 Aug 2019 09:34 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Kementerian Perhubungan menggandeng sejumlah perusahaan otomotif dan Menteri Kabinet Kerja untuk melakukan konvoi menggunakan kendaraan bermotor listrik (KBL) di kawasan Monas, Jakarta, Sabtu (31/8/2019).

Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi mengatakan, ‎pameran kendaraan listrik merupakan inisiatif dalam melaksanakan Peraturan Presiden Nomor 55 Tahun 2019, agar kebijakan tersebut bisa sambut dengan baik oleh para pemangku kepentingan dan memperkenalkan kendaraan listrik ke masyarakat.

‎"Pameran dan parade yang kami beri nama parade kendaraan bermotor listrik ini adalah suatu inisiatif bagaimana Perpres 55 2019 bisa diberlakukan dengan baik," kata Budi, dilokasi pameran.

Para pejabat yang hadir dalam acara tersebut di antaranya Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman Luhut Binsar Pandjaitan, Menteri Perindustrian Airlangga Hartarto, Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi, dan jajaran direksi PLN.

Mereka melakukan konvoi kendaraan listrik dengan rute dari Silang Monas berputar di Bundaran Hotel Indonesia dan kembali ke Silang Monas.

Kovoi tersebut diikuti oleh beberapa komunitas, penjedia jasa transportasi online dan produsen kendaraan listrik yang mengikuti pameran.

Peserta

Sejumlah perusahaan otomotif yang ikut serta dalam kegiatan konvoi kendaraan listrik di antaranya,  produsen kendaraan Listrik dalam negeri  seperti, Gesits dan beberapa perguruan tinggi yang memproduksi kendaraan listrik seperti Universitas Indonesia, Institut Teknologi Bandung (ITB), Institut Teknologi Surabaya (ITS), dan Brawijaya.

Selain itu, ikut hadir pula produsen kendaraan ternama di antaranya, Toyota, Honda, Nissan, Suzuki, Mitsubishi, Tesla, dan perusahaan aplikator ojek online Grab dan Gojek.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

FOTO: Jenazah Ibunda SBY Disemayamkan di Pendopo Puri Cikeas

Posted: 30 Aug 2019 09:31 PM PDT

Presiden ke-6 Susilo Bambang Yudhoyono memberikan sambutan untuk para pelayat di Puri Cikeas, Bogor, Jawa Barat, Sabtu (31/8/2019) Jenazah ibunda SBY, Siti Habibah, disemayamkan di pendopo Puri Cikeas dan akan dimakamkan di TPU Tanah Kusir setelah salat dzuhur. (Liputan6.com/Herman Zakharia)

Presiden ke-6 Susilo Bambang Yudhoyono memberikan sambutan untuk para pelayat di Puri Cikeas, Bogor, Jawa Barat, Sabtu (31/8/2019) Jenazah ibunda SBY, Siti Habibah, disemayamkan di pendopo Puri Cikeas dan akan dimakamkan di TPU Tanah Kusir setelah salat dzuhur. (Liputan6.com/Herman Zakharia)

Sejumlah orang melayat Ibunda Susilo Bambang Yudhoyono (SBY), Siti Habibah, di pendopo Puri Cikeas, Bogor, Jawa Barat, Sabtu (31/8/2019) Ibunda SBY meninggal pada Jumat (30/8) di RS Mitra Keluarga Cibubur dan akan dimakamkan pada Sabtu ini di TPU Tanah Kusir. (Liputan6.com/Herman Zakharia)

Sejumlah orang melayat Ibunda Susilo Bambang Yudhoyono (SBY), Siti Habibah, di pendopo Puri Cikeas, Bogor, Jawa Barat, Sabtu (31/8/2019) Ibunda SBY meninggal pada Jumat (30/8) di RS Mitra Keluarga Cibubur dan akan dimakamkan pada Sabtu ini di TPU Tanah Kusir. (Liputan6.com/Herman Zakharia)

Putra sulung Presiden ke-6 Susilo Bambang Yudhoyono, Agus Harimurti dan sang istri Anisa Pohan berada dekat jenazah neneknya almarhumah Siti Habibah di pendopo Puri Cikeas, Bogor, Sabtu (31/8/2019) Ibunda SBY, Siti Habibah, akan dimakamkan di TPU Tanah Kusir. (Liputan6.com/Herman Zakharia)

Putra sulung Presiden ke-6 Susilo Bambang Yudhoyono, Agus Harimurti dan sang istri Anisa Pohan berada dekat jenazah neneknya almarhumah Siti Habibah di pendopo Puri Cikeas, Bogor, Sabtu (31/8/2019) Ibunda SBY, Siti Habibah, akan dimakamkan di TPU Tanah Kusir. (Liputan6.com/Herman Zakharia)

Presiden ke-6 Susilo Bambang Yudhoyono memberikan sambutan untuk para pelayat di Puri Cikeas, Bogor, Jawa Barat, Sabtu (31/8/2019) Jenazah ibunda SBY, Siti Habibah, disemayamkan di pendopo Puri Cikeas dan akan dimakamkan di TPU Tanah Kusir setelah salat dzuhur. (Liputan6.com/Herman Zakharia)

Presiden ke-6 Susilo Bambang Yudhoyono memberikan sambutan untuk para pelayat di Puri Cikeas, Bogor, Jawa Barat, Sabtu (31/8/2019) Jenazah ibunda SBY, Siti Habibah, disemayamkan di pendopo Puri Cikeas dan akan dimakamkan di TPU Tanah Kusir setelah salat dzuhur. (Liputan6.com/Herman Zakharia)

Sejumlah orang melayat Ibunda Susilo Bambang Yudhoyono (SBY), Siti Habibah, di pendopo Puri Cikeas, Bogor, Jawa Barat, Sabtu (31/8/2019) Ibunda SBY meninggal pada Jumat (30/8) di RS Mitra Keluarga Cibubur dan akan dimakamkan pada Sabtu ini di TPU Tanah Kusir. (Liputan6.com/Herman Zakharia)

Sejumlah orang melayat Ibunda Susilo Bambang Yudhoyono (SBY), Siti Habibah, di pendopo Puri Cikeas, Bogor, Jawa Barat, Sabtu (31/8/2019) Ibunda SBY meninggal pada Jumat (30/8) di RS Mitra Keluarga Cibubur dan akan dimakamkan pada Sabtu ini di TPU Tanah Kusir. (Liputan6.com/Herman Zakharia)

Presiden ke-6 Susilo Bambang Yudhoyono, Agus Harimurti Yudhoyono dan Anisa Pohan memanjatkan doa untuk almarhum Siti Habibah di Puri Cikeas, Bogor, Sabtu (31/8/2019) Ibunda SBY wafat pada Jumat (30/8) di RS Mitra Keluarga Cibubur dan akan dimakamkan di TPU Tanah Kusir. (Liputan6.com/Herman Zakharia)

Presiden ke-6 Susilo Bambang Yudhoyono, Agus Harimurti Yudhoyono dan Anisa Pohan memanjatkan doa untuk almarhum Siti Habibah di Puri Cikeas, Bogor, Sabtu (31/8/2019) Ibunda SBY wafat pada Jumat (30/8) di RS Mitra Keluarga Cibubur dan akan dimakamkan di TPU Tanah Kusir. (Liputan6.com/Herman Zakharia)

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Yuk, Nikmati Tjangkroean Djoeang di Tugu Pahlawan Surabaya

Posted: 30 Aug 2019 09:30 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Dinas Kebudayaan dan Pariwisata (disparbud) Kota Surabaya, Jawa Timur menggelar acara bertajuk "Tjangkroean Djoeang". Perhelatan tersebut diselenggarakan di area parkir kompleks Monumen Tugu Pahlawan yang berlangsung mulai 31 Agustus 2019.

Cangkrungan digelar di sisi barat Monumen Tugu Pahlawan Surabaya. Adapun mengutip journal Universitas Airlangga, cangkrukan mulai populer ketika masyarakat berinteraksi dan berusaha berkumpul dengan anggota masyarakat yang lain sehingga tiap individunya merasa nyaman untuk membicarakan segala sesuatu.

Dilansir dari instagram @surabayasparkling, Cangkrungan ini dilangsungkan pada Sabtu mulai pukul 18.00-23.00 WIB dan Minggu mulai pukul 18.00-22.00 WIB.

Di sini, pengunjung dapat menikmati aneka sajian makanan dan minuman tradisional khas Surabaya, Jawa Timur. Sambil berwisata kuliner, pengunjung dapat menyaksikan obyek koleksi pendukung lainnya seperti relief, dan patung di komplek Tugu Pahlawan.

Untuk tiap malam Sabtu, para tamu akan diajak nonton bareng film-film yang terkait dengan perjuangan. Penetapan nonton genre film tersebut semakin memperkuat julukan kota itu sendiri sebagai Kota Pahlawan yang penuh dengan perjuangan.

Selain itu, pengunjung juga akan merasakan sajian atau live musik dari para musisi jalanan kota ini. Selama memberikan penampilannya, musisi jalanan akan mengenakan kostum yang terkait dengan perjuangan, atau bisa juga memakai baju tradisional daerah setempat.

Ditambah dengan nuansa musiknya yang ala-ala perjuangan. Jadi, luangkan waktu akhir pekan Anda untuk datang ke Tjangkroean Djoeang. Kapan lagi bisa kulineran sambil nikmati live musik dari musisi jalanan di Surabaya.

(Wiwin Fitriyani, mahasiswi Universitas Tarumanagara)

Taman Sejarah, Saksi Bisu Perjuangan Pemuda Surabaya

Ilustrasi Taman di Surabaya, Jawa Timur (Foto:Liputan6.com/Dian Kurniawan)

Sebelumnya, Surabaya, Jawa Timur kental dengan aneka tempat yang menyimpan segudang rahasia. Berbagai lokasi yang penuh dengan sejarah itu pun kini banyak difungsikan sebagai tempat wisata yang menarik.

Tidak terkecuali tamannya, taman yang ada di kota ini pun turut serta selaku saksi bisu perjuangan pemuda Surabaya kala itu. Salah satunya adalah Taman Sejarah.  

Berlokasi di Jalan Taman Jayengrono No.2-4, Krembangan, Taman Sejarah sempat mengalami beberapa kali pergantian nama. Awalnya, taman ini biasa disebut Willemsplein, yang diambil dari nama Willem seorang Raja Belanda yang berkuasa ketika bentrokan itu terjadi.

Mengutip dari surabaya.go.id, taman yang berada di sebelah Jembatan Merah ini dulunya merupakan tempat berlangsungnya pertempuran antara Arek-Arek Suroboyo dengan pasukan Inggris. Sampai-sampai Jenderal Inggris yang bernama A.W.S Mallaby meninggal dunia saat itu.

Singkat cerita, Willemsplein berganti nama menjadi Taman Jayengrono. Kata Jayengrono itu sendiri diambil dari nama Adipati Jayengrono, taman tersebut diresmikan oleh Wali Kota Surabaya Tri Rismaharini pada Desember 2012.

Wali Kota Surabaya kemudian mengganti nama taman menjadi Taman Sejarah. Hal tersebut karena taman ini dinilai memiliki aspek historis yang cukup kuat, seperti dikutip dari kominfo.jatimprov.go.id.

Taman Sejarah dikelilingi oleh bangunan-bangunan dengan gaya arsitektur kolonial Belanda. Bangunan bersejarah tersebut di antaranya Jembatan Merah, Gedung Cerutu, Gedung Internatio, dan Gedung Garuda.

Memiliki luas 5.300 meter persegi, taman ini dilengkapi dengan berbagai fasilitas umum, antara lain panggung dengan latar belakang Gedung Internatio, dan area pertunjukan seni yang berada di bagian tengah taman.  Selain itu, di beberapa sudut taman disediakan jalur relaksasi, dan juga air mancur.

Pemerintah Kota (pemkot) Surabaya semakin menambah nuansa cantik di taman ini dengan menambahkan hiasan lampu-lampu yang berbentuk lorong dan bambu runcing. Lampu tersebut diletakkan sejajar, sehingga warna-warninya terlihat menarik ketika dinyalakan pada malam hari.

(Wiwin Fitriyani, mahasiswi Universitas Tarumanagara)

 

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Tampilan Kompak Annisa Pohan dan Mendiang Ibunda SBY Pakai Kebaya Hijau

Posted: 30 Aug 2019 09:30 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Kehilangan Siti Habibah yang merupakan ibunda Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) untuk selama-lamanya, Annisa Pohan memilih membagikan momen dengan perempuan yang dipanggilnya sebagai eyang tersebut.

Lewat sebuah unggahan di akun Instagram-nya, Jumat, 30 Agustus 2019, istri dari Agus Harimukti Yudhoyono (AHY) ini berbagai sepenggal memori, di mana tampak mereka kompak memakai kebaya hijau.

Duduk di kursi roda, Siti Habibah mengenakan kebaya hijau selaras dengan hijab, ditambah kain sebagai bawahan, serta satu potongnya dipakai jadi selendang dan disampirkan di bagian bahu.

Annisa Pohan sendiri tampak cantik juga dengan balutan kebaya hijau beraksen transparan di bagian lengan. Seperti nenek mertuanya, perempuan 37 tahun ini memakai kain sebagai bawahan. Tampilannya kian anggun dengan rambut ditata rapi menjadi konde.

Tak hanya Annisa Pohan dan Siti Habibah, kebaya hijau juga tampak dikenakan buah hati Annisa, Almira Tunggadewi Yudhoyono, dan mendiang Ani Yudhoyono. Sementara para lelaki, yakni SBY, AHY, dan Edhie Baskoro Yudhoyono atau Ibas, kompak memakai batik bermotif serupa.

Doa Annisa Pohan

Annisa Pohan kenang momen bersama ibunda SBY. (dok. Instagram @annisayudhoyono/https://www.instagram.com/p/B1yhiNfDJdh/)

Setealah Siti Habibah menghembuskan nafas terakhir, lewat Instagram Story, Annisa Pohan memanjatkan doa untuk almarhumah. "Ya Allah, ampunilah ibu Siti Habibah binti Abdul Kohar. Berilah rahmat padanya, selamatkanlah ia dan maafkanlah ia," tulis ibu anak satu tersebut.

Ungkapan duka ini kemudan juga diunggah Annsa ke feed Instagram-nya, di mana ia memperlihatkan tak hanya momen kebersamaan dirinya dengan mendiang, tapi juga cicit dari Siti Habibah yang merupakan putri Annisa, Almira.

Tiga hari sebelum ini, Annisa sempat meminta warganet untuk turut mendoakan Siti Habibah. Kala itu, sebagaimana dituliskan Annisa, ibunda SBY tengah menjalani perawatan di ICU.

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Prediksi Bhayangkara FC vs Persebaya Surabaya: Persebaya Tanpa Ruben Sanadi

Posted: 30 Aug 2019 09:30 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Bhayangkara FC vs Persebaya Surabaya akan dilangsungkan di Satadion Patriot Chandrabhaga, Sabtu (31/8/2019) sore WIB. Persebaya Surabaya akan dijamu Bhayangkara FC pada pekan ke-17 Shopee Liga 1 2019.

David Aparecido da Silva saat ini menjadi sosok yang paling sering dibicarakan. David juga diyakin akan melakoni laga debut Persebaya Surabaya setelah bergabung pada bursa transfer paruh musim saat menghadapi Bhayangkara FC.

Menariknya, David adalah pemain buangan Bhayangkara FC pada Liga 1 2018. Ia didepak sesaat sebelum kompetisi dimulai.

Pemain asal Brasil itu lalu merapat ke Persebaya Surabaya dan berhasil membukukan 20 gol dari 23 pertandingan. Setelahnya, ia pindah ke Pohang Steelers di Liga Korea Selatan sebelum kembali ke Kota Pahlawan di pertengahan musim ini.

"Kehadiran David Silva dan Aryn Williams menambah kekuatan Persebaya Surabaya. Kami tahu bahwa David musim lalu pernah menjadi bagian dari Bhayangkara FC," tutur caretaker

"Kami berikan David ke Persebaya Surabaya pada menit-menit akhir. Pemain yang ada sekarang saya pikir pernah melihat bahkan berlatih dengan David. Semua pemain Persebaya Surabaya bermain kolektif," imbuh Yeyen.

Pertandingan Bhayangkara FC melawan Persebaya Surabaya akan disiarkan Indosiar dimulai pukul 15.30 WIB. 

Persebaya Tanpa Ruben Sanadi

Persebaya Surabaya datang ke markas Bhayangkara FC tanpa kekuatan penuh. Tiga pemain terpaksa absen, yaitu Hansamu Yama, Irfan Jaya, dan Ruben Sanadi, yang mengikuti pemusatan latihan Timnas Indonesia.

Sebelumnya, Persebaya sempat meminjam Ruben Sanadi dari Timnas Indonesia. Sayang, mereka malah mendapat surat pemulangan Otavio Dutra yang masih memegang paspor Brasil sampai sekarang.

Pelatih interim Persebaya, Sugiantoro sudah memasang skema dengan kehadiran Ruben Sanadi. Tanpa Ruben Sanadi, dia harus kembali mengubah game plan sekaligus mencari pengganti yang pas.

"Ada wilayah manajemen sendiri yang akan berusaha pinjam. Saya siapkan beberapa opsi seandainya kakak Ruben Sanadi tidak diizinkan memperkuat tim nanti," kata Bejo, panggilan Sugiantoro.

Sugiantoro bertekad kuat ingin memenangi laga ini. Sebab, duel ini menjadi penutup putaran pertama Liga 1 2019.

Di sisi lain, ini juga menjadi kesempatan terakhirnya jadi pelatih sementara. Setelah itu, skuat Bajul Ijo akan diambil alih oleh Alfred Riedl sebagai pelatih kepala.

"Persiapan kami sudah maksimal, mulai kami punya jeda waktu lima hari untuk mengakhiri putaran pertama. Saya sebagai caretaker tetap ingin memberikan hasil yang positif di sisa kepercayaan untuk saya," ungkap Bejo.

Selain itu, duel ini bakal menjadi debut David. Pemain berusia 29 telah sah menjadi pemain asing anyar Persebaya setelah kepergian Amido Balde.

Prakiraan Susunan Pemain

Bhayangkara FC (4-3-1-2): Wahyu Tri Nugroho (k); I Putu Gede, Anderson Salles, Indra Kahfi, Fatchu Rochman (b); Lee Yuu-jun, Wahyu Subo Seto, Sani Rizki (t); Flavio Beck Junior (t); Dendy Sulistyawan, Ramiro Fergonzi (d)

Caretaker: Yeyen Tumena

Persebaya Surabaya (4-3-3): Miswar Saputra (k); Abu Rizal Maulana, Mokhamad Syaifuddin, Andri Muliadi, Elisa Basna (b); Muhammad Hidayat, Damian Lizio, Fandi Eko Utomo (t); Oktafianus Fernando, David da Silva, Osvaldo Haay (d)

Caretaker: Sugianto

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Pertamina Tunda Penyaluran BBM di Jayapura hingga Situasi Kondusif

Posted: 30 Aug 2019 09:30 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - PT Pertamina mengambil langkah preventif dengan menunda penyaluran Bahan Bakar Minyak (BBM) di wilayah Jayapura. Ini menyusul aksi masyarakat di wilayah tersebut pada Kamis (29/8/2019) yang berujung kericuhan.

Unit Manager Communication, Relations, & CSR Marketing Operation Region VIII Maluku-Papua PT Pertamina (Persero), Brasto Galih Nugroho mengatakan,aksi masa yang berujung pada perusakan fasilitas umum dan pembakaran, serta blokade di beberapa titik sepanjang jalur Abepura, Kota Jayapura menyebabkan situasi tidak kondusif untuk penyaluran BBM.

Hingga saat ini, penyaluran menuju lembaga penyalur di wilayah Kota dan Kabupaten Jayapura untuk sementara tidak dapat dilakukan sampai kondisi kembali kondusif. Sementara itu, penyaluran terakhir telah dilakukan pada Kamis pagi namun SPBU memilih tidak beroperasi dengan pertimbangan keamanan.

"Stok di TBBM Jayapura Jumat (30/8) dalam kondisi aman dan truk tangki telah siap menyalurkan BBM, namun belum dapat disalurkan ke lembaga penyalur sampai kondisi aman," kata Brasto, di Jakarta, Sabtu (31/8/2019).

Penghentian sementara penyaluran BBM untuk mempertimbangkan keselamatan Awak Mobil Tangki (AMT) dan kendaraan pengangkut BBM serta operasional di lembaga penyalur, termasuk personel dan infrastrukturnya.

"Kami berharap agar situasi keamanan dapat segera kondusif kembali dan Pertamina dapat menyalurkan BBM seperti biasanya," tuturnya.

Menurut Brasto tidak semua SPBU di Jayapura tidak beroperasi, masih ada SPBU yang beroperasi berada di wilayah Sentani, Kabupaten Jayapura.Pertamina terus berkoordinasi dengan aparat Kepolisian dan TNI yang melakukan pengamanan sampai situasi kembali aman dan kondusif.

"SPBU di wilayah Sentani yakni SPBU Hawaii Sentani dan SPBU Doyo masih melayani pembelian BBM, sementara SPBU lainnya di wilayah Kota Jayapura tidak beroperasi dengan pertimbangan keamanan," tandasnya.

Kuota BBM Berpotensi Jebol Akibat Evaluasi Harga Tak Optimal

Petugas mengisi BBM pada sebuah motor di salah satu SPBU, Jakarta, Sabtu (5/1/2019). PT Pertamina (Persero) menurunkan harga BBM non subsidi masing-masing Dexlite Rp 200 per liter, dan Dex Rp 100 per liter. (Liputan6.com/Angga Yuniar)

Badan Pengatur Kegiatan Hilir Minyak dan Gas Bumi (BPH Migas) memprediksi kuota Bahan Bakar Minyak (BBM) bersubsidi atau Jenis Bahan Bakar Tertentu (JBT) berpotensi jebol. Hal tersebut terjadi akibat penyaluran BBM Bersubsidi bocor atau digunakan oleh pihak yang tidak berhak.

Direktur Eksekutif Indonesia Resouces Studies (IRESS) Marwan Batubara mengatakan, BBM bersubsidi yang digunakan oleh pihak yang tidak berhak merupakan dampak dari penyaluran BBM bersubsidi tidak tepat sasaran.

"APBN telah dikorbankan untuk membiayai subsidi yang tidak tepat sasaran," kata Marwan, di Jakarta, Kamis (22/8/2019).

Seharusnya, pihak yang tidak berhak menggunakan BBM nonsubsidi. "Konsumsi BBM lebih banyak dinikmati oleh kalangan mampu, termasuk sektor-sektor perkebunan, pertambangan dan industri yang seharusnya membeli Solar sesuai harga keekonomian," lanjut Marwan.

Menurutnya, kondisi tersebut disebabkan oleh penerapan evaluasi harga BBM bersubsidi setiap 3 bulan yang tidak berjalan, sehingga perbedaan harga BBM bersubsidi dan nonsubsidi besar. Kondisi ini membuat pihak yang tidak berhak lebih memilih BBM yang harganya lebih murah.

Sebab itu, pemerintah perlu mengkaji ulang dan memperbaiki kebijakan dan peraturan terkait dengan penetapan harga dan subsidi BBM, yakni Peraturan Presiden Nomor 191 Tahun 2014.

"Perpres tersebut telah mengamanatkan untuk melakukan evaluasi harga BBM setiap 3 bulan, tapi evaluasi harga tersebut tidak dilakukan," ujarnya.

Lebih Selektif

Petugas mengisi Bahan Bakar Minyak (BBM) ke kendaraan konsumen di SPBU Abdul Muis, Jakarta, Senin (2/7). PT Pertamina (Persero) secara resmi menaikkan harga Pertamax Cs akibat terus meningkatnya harga minyak dunia. (Liputan6.com/Johan Tallo)

Ketua Pengurus Besar Nahdlatul Ulama (PBNU) Marsudi Syuhud mengungkapkan, pemerintah harus lebih selektif untuk menentukan kalangan yang berhak mendapatkan subsidi BBM, sebab subsidi merupakan bentuk Perlindungan sosial kepada masyarakat yang tidak mampu, bukan kalangan mampu seperti industri atau pertambangan.

"Perlu upaya untuk mendorong masyarakat agar bersedia menggunakan BBM non subsidi," tuturnya.

Sebelumnya, Kepala BPH Migas Fanshurullah Asa mengatakan, berdasarkan pengamatan penyaluran solar subsidi, konsumsi bahan bakar tersebut berpotensi melebihi kuota yang ditetapkan pada tahun ini sebesat 14,5 juta Kilo liter (Kl).

"Kita prediksikan potensi over kuota, dari kuota 14,5 juta untuk solar potensi 0,8 sampai 1,3 juta Kl," kata Fanshurullah.

Fanshurullah mengungkapkan, potensi jebolnya kuota solar disebabkan penyaluran BBM bersubsidi yang tidak sesuai dengan ketentuan ‎yang diatur dalam Peraturan Presiden Nomor 191 Tahun 2014.

Dia menyebut, penyelewangan BBM subsidi dila‎kukan pada kendaraan tambang dan perkebunan. Padahal kendaraan tersebut tidak berhak menggunakan BBM berusbsidi.

"Di duga wilayah penyimpangan BBM subsidi banyak terjadi di daerah tambang dan perkebunan," tandasnya. 

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

VIDEO: Guru Hancurkan Makeup Punya Siswa dengan Palu

Posted: 30 Aug 2019 09:30 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Seorang guru dengan menggunakan palu menghancurkan barang yang dibawa muridnya ke sekolah. Barang tersebut adalah alat makeup. Para murid pun berteriak heboh ketika sang guru satu per satu menghancurkan makeup di hadapan mereka.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Wapres JK Melayat Ibunda SBY di Puri Cikeas

Posted: 30 Aug 2019 09:29 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Wakil Presiden RI Jusuf Kalla melayat almarhumah ibunda Presiden keenam RI Susilo Bambang Yudhoyono, Siti Habibah di Puri Cikeas, Bogor, Jawa Barat, Sabtu (31/8/2019).

Wapres JK datang ke kediaman SBY sekitar pukul 10.55 WIB bersama istri, Mufidah Kalla. JK melayat sekitar 15 menit sebelum kemudian meninggalkan kediaman SBY.

Seperti dikutip dari Antara, sebelum JK, tampak hadir lebih dulu sejumlah tokoh seperti Sandiaga Uno, Oesman Sapta Odang, Aburizal Bakrie, AM Hendropriyono dan sejumlah fungsionaris Partai Demokrat.

Rencananya sebelum diberangkatkan ke TPU Tanah Kusir, jenazah akan disalatkan terlebih dulu di Pendopo Cikeas setelah Salat Dzuhur.

SBY dalam sambutannya sebelum Wapres JK tiba, menyatakan rasa terima kasihnya kepada para pelayat yang hadir mendoakan almarhumah ibundanya.

SBY Berterimakasih

SBY menyampaikan bahwa para pelayat memintanya untuk kuat, sabar. Dia mengucapkan terima kasih atas perhatian besar tersebut.

"Tadi saya dengarkan satu demi satu ucapan bapak ibu kepada saya, untuk saya kuat, saya sabar, dan stay strong. Saya mengucapkan terima kasih atas motivasi dan kata-kata yang baik dan menguatkan hati saya itu," ujar SBY.

 

Saksikan video pilihan berikut ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Yudi Latif Sebut Ada Dua Penyebab Munculnya Fasisme

Posted: 30 Aug 2019 09:22 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Cendikiawan sekaligus mantan Kepala Badan Pembinaan Ideologi Pancasila (BPIP), Yudi Latif menganggap ada dua faktor munculnya gelombang fasisme baik di dunia, maupun di Indonesia.

Menurut Yudi, faktor pertama ialah karena ruang-ruang pertemuan seakan hilang. Hal tersebut, menurut Direktur Eksekutif Reform Institute itu adalah sebuah paradoks.

"Di satu sisi, media sosial banyak memfasilitasi komunikasi, tapi tersegmentasi," kata Yudi di Hotel Sahid, Jalan Jenderal Sudirman, Jakarta Selatan, Sabtu (31/8/2019).

Menurutnya, media sosial yang seharusnya bisa melekatkan hubungan dan bisa mengetahui perspektif berbeda dari identitasnya. Namun, lanjut Yudi, yang terjadi justru anak muda Indonesia banyak yang mengakses media sosial berdasarkan kesamaan identitas dirinya.

Hal itu, menurut Yudi Latif, bisa mengarahkan kepada kesempitan pikiran.

Sedangkan faktor kedua, hadirnya sekolah-sekolah di Indonesia terfragmentasi berdasarkan agama maupun suku atau ras. Selain itu, perumahan-perumahan juga mengalami hal yang sama.

Pemicu Pikiran Rasisme

Hal itu akhirnya pertemuan antarindividu cenderung terbatas dan pandangan berbeda minim diketahui. Bagi Yudi, hal itu akan mendorong pemikiran fasis dan rasisme.

"Kalau di Singapura, apartemen bahkan ada kuotanya berdasarkan ras. Jadi apartemen itu harus multi ras. Dan jika kuotanya untuk Melayu, maka ras atau bangsa lain tidak bisa menempatinya," ungkap Yudi.

Ditambah juga, pakaian-pakaian seragam yang dikenakan oleh beberapa pihak, kata Yudi juga akan cenderung mendekatkan pada perilaku radikalisme.

"Kerudung ala Indonesia ini lebih seragama dari pada kerudung dari dunia Arab," katanya.

Saksikan video pilihan berikut ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Prediksi Juventus vs Napoli: Reuni Maurizio Sarri

Posted: 30 Aug 2019 09:20 PM PDT

Turin - Selama delapan musim terakhir, Juventus selalu mendominasi Serie A dan meraih Scudetto. Selama periode yang sama, Napoli empat kali jadi runner-up di belakang La Vecchia Signora. Musim ini, dua tim itu kembali digadang-gadang sebagai kandidat terkuat dalam perburuan gelar juara.

Juara bertahan Juventus akan menjamu runner-up musim lalu, Napoli, di Allianz Stadium pada pekan ke-2 Serie A 2019/20, Minggu (01/9/2019) dini hari. Ini bisa dibilang sebagai 'Scudetto Showdown' kepagian.

Banyak hal menarik yang melatarbelakangi grande partita di Turin ini. Salah satunya adalah keberadaan Maurizio Sarri, eks pelatih Napoli yang kini menakhodai Bianconeri.

Pada pekan pembuka, Juventus menang tipis 1-0 di kandang Parma lewat gol tunggal Giorgio Chiellini. Sarri, yang diketahui menderita pneumonia, absen di Ennio Tardini. Namun, kondisi Sarri kabarnya sudah membaik, dan bisa mendampingi timnya saat meladeni Napoli.

"Menghadapi Sarri sebagai lawan rasanya aneh," kata penyerang Napoli, Lorenzo Insigne, seperti dikutip Football Italia. "Namun, kami tak boleh memikirkannya lagi. Kami hanya boleh berpikir tentang bagaimana caranya menampilkan performa hebat."

Ketika melawan Parma, tak ada pemain-pemain baru di starting XI sang juara bertahan. Kali ini, situasinya bisa berubah. Adrien Rabiot berpeluang melengserkan Blaise Matuidi ke bangku cadangan. Sementara itu, Matthijs de Ligt bisa melakoni debutnya di Serie A bersama Juventus.

Jangan Remehkan Napoli

(AP/Ciro Fusco)

Di lini depan, Gonzalo Higuain bakal kembali dipercaya main dari menit awal. Striker Argentina eks Napoli itu bakal tetap jadi pilihan utama, selama masa depan Paulo Dybala masih menggantung setidaknya hingga bursa transfer ditutup pada 2 September mendatang. Douglas Costa dan Cristiano Ronaldo bakal menggenapi trident lini depan tuan rumah.

Juventus mungkin sedikit lebih diunggulkan. Namun, Napoli musim ini benar-benar tak bisa diremehkan. Setelah membuka musim dengan kemenangan 4-3 dalam thriller spektakuler di markas Fiorentina, pasukan Carlo Ancelotti berani menatap lawatan ke Turin dengan target optimal.

Insigne menyumbang dua gol dan dua assist ketika melawan Fiorentina. Jose Callejon menyumbang satu gol dan satu assist, sedangkan Dries Mertens juga tak ketinggalan membobol gawang Fiorentina. Mereka bertiga bakal jadi ancaman utama buat La Vecchia Signora.

"Pelatih sudah bicara pada kami tentang Scudetto sejak hari pertama. Kami bisa juara musim ini," tegas Insigne.

Napoli yakin musim ini bisa jadi juara. Kemenangan atas Fiorentina merupakan indikasi awal bahwa tim ini punya mental juara. Bentrokan langsung melawan sang juara bertahan adalah ajang untuk membuktikan kelayakan mereka.

Data-Fakta

(International Champions Cup/Thananuwat Srirasant)

Prakiraan Susunan Pemain:

Juventus (4-3-3): Szczesny; De Sciglio, Bonucci, Chiellini, Alex Sandro; Khedira, Pjanic, Rabiot; Douglas Costa, Higuain, Cristiano Ronaldo.

Pelatih: Maurizio Sarri

Napoli (4-2-3-1): Meret; Maksimovic, Manolas, Koulibaly, Mario Rui; Allan, Zielinski; Callejon, Fabian Ruiz, Insigne; Mertens.

Pelatih: Carlo Ancelotti

 

Head-to-Head (Serie A):

  • Pertemuan: 146
  • Juventus menang: 68
  • Gol Juventus: 215
  • Imbang: 47
  • Napoli menang: 31
  • Gol Napoli: 157

 

5 Pertemuan Terakhir:

  • 04-03-2019 Napoli 1-2 Juventus (Serie A)
  • 29-09-2018 Juventus 3-1 Napoli (Serie A)
  • 23-04-2018 Juventus 0-1 Napoli (Serie A)
  • 02-12-2017 Napoli 0-1 Juventus (Serie A)
  • 06-04-2017 Napoli 3-2 Juventus (Coppa Italia)

Sumber asli: Bola.net

Disadur dari: Bola.net (Gia Yuda Pradana, Published 30/08/2019)

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

6 Momen Haru SBY Salat Jenazah Ibundanya, Hatta Rajasa Jadi Imam

Posted: 30 Aug 2019 09:20 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta 3 Bulan yang lalu Presiden Indonesia ke-6, Susilo Bambang Yudyono kehilangan sosok istrinya, Ani Yudhoyono. Jumat malam (30/8/2019)  SBY kembali kehilangan sosok yang dicintainya yakni sang ibunda. 

Ibunda yang bernama Siti Habibah meninggal dunia di RS Mitra Keluarga Cibubur. Kabar ini disampaikan oleh Wakil Sekjen Partai Demokrat, Rachland Nashidik pada Jumat silam.  "Telah berpulang ke rahmatullah, Ibu Siti Habibah, ibunda dari Bapak Susilo Bambang Yudhoyono (SBY), pada hari Jumat, tanggal 30 Agustus 2019, Pukul 19.21, di RS Mitra Keluarga Cibubur," ungkapnya.

Siti Habibah tutup usia setelah menjalani perawatan intensif di ruang ICU, di Rumah Sakit Mitra Keluarga Cibubur, ibunda SBY ini dikabarkan jatuh sakit karena usia. Siti Habibah menghembuskan napas terakhirnya di umur 87 tahun.

Dipimpin oleh Hatta Rajasa, SBY bersama para takziah melangsungkan salat jenazah untuk alamarhumah ibunda SBY  di Puri Cikeas, Bogor pada Jumat malam.  Dalam salat jenazah tersebut terlihat putra sulung SBY, Agus Yudhoyono turut menemani sang ayah. Siti Habibah rencananya dimakamkan di TPU Tanah Kusir Jakarta Selatan sesudah waktu dzuhur sekitar pukul 14.00 WIB. 

Dilansir dari akun instagram @kibcentre, berikut Liputan6.com ulas 6 momen harus SBY saat salat jenazah untuk ibunda, Sabtu (31/8/2019) 

 

 

1. Siti Habibah, ibunda SBY menghembuskan napas terakhir di Rumah Sakit Mitra Keluarga Cibubur di usianya ke 87 tahun.

Momen Haru SBY (Sumber: Instagram/kibcentre)

2. Dipimpin Hatta Rajasa, SBY bersama para takziah melangsungkan salat jenazah di Puri Cikeas, Bogor.

Momen Haru SBY (Sumber: Instagram/kibcentre)

3. Salat jenazah tersebut terlihat khusyuk dan penuh haru.

Momen Haru SBY (Sumber: Instagram/kibcentre)

4. Putra sulung SBY, Agus Yudhoyono turut mengantarkan sang eyang menuju peristirahatan terakhir.

Momen Haru SBY (Sumber: Instagram/kibcentre)

5. Presiden ke-6 Indonesia bersama Agus saat memindahkan jenazah almarhumah Siti Habibah ke dalam keranda.

Momen Haru SBY (Sumber: Instagram/kibcentre)

6. Siti Habibah rencananya akan dimakamkan di Tempat Pemakaman Umum (TPU) Tanah Kusir, Jakarta usai Dzuhur pada Sabtu (31/8/2019)

Momen Haru SBY (Sumber: Instagram/kibcentre)

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Pakai Sabu, Komika McDanny dan Reno Fenady Terancam Penjara Seumur Hidup

Posted: 30 Aug 2019 09:20 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - McDanny dan Reno Fenady menambah daftar hitam selebritas yang menggunakan narkoba. Kedua komika ini diciduk Polresta Tangerang di kawasan Salemba, Jakarta Pusat, Minggu (25/8/2019).

McDanny dan Reno Fenady diamankan terkait penyalahgunaan narkoba jenis sabu. Dalam penangkapan keduanya, polisi mendapatkan barang bukti berupa dua paket sabu seberat 0,97 gram beserta alat isapnya.

Dalam pemeriksaan awal, McDanny dan Reno Fenady mengungkapkan motif mengonsumsi sabu. Menurut mereka, sabu tersebut dikonsumsi untuk meningkatkan rasa percaya dirinya ketika hendak naik panggung stand up comedy.

"Dari pendalaman, menurut pelaku keduanya ini pakai sabu untuk keperluan biar percaya diri dan stamina saat manggung," ujar Kapolresta Tangerang, Kombes Pol Abdul Karim kepada wartawan di Polresta Tangerang, Jumat (30/8/2019).

 

Ancaman Hukuman

McDanny dan Reno Fenady ditangkap polisi karena kasus narkoba. (sumber: merdeka.com)

Akibat perbuatannya, polisi menjerat McDanny dan Reno Fenady diduga melanggar pasal 114 ayat (1) UU Nomor 35 tahun 2009 tentang Narkoba. "Ancaman hukumannya enam tahun penjara, paling lama 20 tahun penjara atau seumur hidup," Kombes Pol Abdul Karim menjelaskan.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

VIDEO: Ibunda SBY Akan Dimakamkan di TPU Tanah Kusir

Posted: 30 Aug 2019 09:13 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Jenazah Ibunda Presiden ke-6 Susilo Bambang Yudhoyono (SBY), Siti Habibah berada di rumah duka di Puri Cikeas Bogor hari Sabtu (31/8/2019). Rencananya akan dimakamkan di TPU Tanah Kusir Jakarta Selatan.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

LIPI Sebut Ada Empat Akar Konflik di Papua

Posted: 30 Aug 2019 09:10 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Peneliti Tim Kajian Papua dari Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia (LIPI) Aisah Putri Budiarti mengatakan, ada empat temuan akar masalah konflik di Papua. Penelitian itu sudah dilakukan pada 2009, namun terkonfirmasi dengan peristiwa kerusuhan yang terjadi di Papua kemarin.

Diskriminasi rasial terhadap masyarakat Papua salah satu temuan kajian LIPI. Masalah itu menjadi pemicu konflik di Papua baru-baru ini. Yaitu kasus kekerasan rasial di Surabaya, Jawa Timur.

"Salah satunya diskriminasi itu, salah satu masalah saja dan itu terbukti dan kita menemukan di kejadian di Jawa Timur ini," kata Aisah di kawasan Cikini, Jakarta Pusat, Sabtu (31/8/2019).

Namun, menurutnya bukan hanya masalah rasial saja yang memicu konflik di Papua. Aisah menyebut, akar konflik berikutnya adalah pelanggaran HAM di tanah Papua. Kasus tersebut menumpuk sejak zaman orde baru dan perilaku represif kerap terjadi sampai saat ini. Salah kasus yang terjadi saat masa reformasi adalah kasus Wasior Wamena

"Dan udah dinyatakan Jokowi, minta dituntaskan pada Jokowi terpilih di awal 2014," kata Aisah.

Masalah berikutnya adalah kegagalan pembangunan di Papua. Kata Aisah, masalah pembangunan tersebut masih terjadi hingga kini. Berdasarkan riset LIPI, kondisi kemiskinan semakin tinggi dan indeks pembangunan manusia (IPM) semakin rendah di wilayah kabupaten dan kota dengan mayoritas orang asli Papua. Padahal, Otsus yang diperuntukkan bagi orang Papua sudah diberlakukan sejak lama.

"Ini Ironi sebenarnya, karena Otsus sudah berjalan hampir 30 tahun, tapi kok ga ada perubahan padahal Otsus itu untuk orang asli Papua," jelas Aisah.

 

Faktor Sejarah Masuknya Papua

Masalah terakhir adalah status politik dan sejarah masuknya Papua ke Indonesia. Pemerintah, kata Aisah, cenderung menghindari masalah tersebut. Padahal seharusnya diperhatikan pemerintah. Aisah menyarankan, pemerintah harus memperhatikan masalah ini.

"Ini ada perbedaan prespektif tentang status politik dan integrasi Papua masuk ke Indonesia. Ini harus diperhatikan," kata Aisah.

 

Reporter: Ahda Bayhaqi

Sumber: Merdeka.com

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

VIDEO: Ini Kesalahan Mak Susi dalam Kerusuhan Papua

Posted: 30 Aug 2019 09:03 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Tri Susanti alias Mak Susi dianggap sebagai pemicu aksi kerusuhan mahasiswa Papua.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Dennis Suryana, Viral karena Mengejar Begal dan Tawuran di Gim

Posted: 30 Aug 2019 09:03 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Siapa sangka berawal dari sebuah keisengan bisa menjadi awal dari perjalanan menjadi content creator. Hal tersebut dialami oleh Dennis Suryana, seorang content creator yang fokus dengan konten gaming dan roda dua di YouTube.

Dennis yang baru berhasil menembus 100.000 subscriber ini pertama kali mengunggah video 11 tahun yang lalu. Kontennya terbilang sederhana, hanya video tentang temennya di kelas. "aku dari 2008 sudah upload video, hampir 11 tahun lalu. Video yang pertama kali aku upload temen yg lagi dorong-dorongan di kelas. Di Bandung terkenal yg namanya pogo, seperti dorong-dorongan konser metal," ungkap Dennis.

Meski berawal dari keisengan, Dennis mengaku mulai serius menggarap konten tentang sepeda motor. "aku pertama kali serius upload video naik motor, istilahnya motovlogger. Ternyata banyak orang yang penasaran. Penonton serasa naik motor. Nah itu yang aku jual ke penonton," sambungnya.

Berhasil mendapatkan banyak views memiliki sisi gelap tersendiri. Salah satunya adalah komentar negatif yang menghiasi kolom komentar. Dennis tak ambil pusing mengenai hal ini. " Saya bersyukur ada hater, saya berterima kasih. Dengan mereka komen, comment section ramai, dia menambah engagement, artinya menambah algoritma video saya untuk lebih viral," tanggap Dennis.

 

Pernah Mengejar Begal

Dennis Suryana saat mengendarai moge (ist)

Banyak hal tak terduga bisa terjadi saat membuat konten. Dennis mengaku pernah mengejar begal menggunakan R6. 

"Aku pernah ngejar begal pakai motor R6, padahal gak sengaja. Jadi ceritanya temen aku ditabrak, terus yang nabraknya kabur, terus aku kejar dong. Dia pakai matik, dan aku ga tau dia begal, jadi kebetulan ngerekam. Nah, si orang ini kaburnya kaya dikejar hantu, dan dia manuver yang sangat berbahaya. Akhirnya aku putuskan untuk berhenti, karena tidak sepadan. Karena niat aku minta pertanggungjawabannya. Ternyata dia begal, temennya jatuh lalu ditinggalin. Saya rekam, saya upload, sekarang viewnya 1,2 juta," ungkap Dennis

 

Tawuran di Gim

Gaming menjadi salah satu passion Dennis Suryana

Selain membuat konten sepeda motor, Dennis juga berkomitmen untuk membuat konten video game. " Konten gaming sudah lumayan, terutama GTA online. Saya bikin skenario lucu, misalkan persaingan minimarket A dan minimarket B. Saya juga bikin konten tawuran supporter bola di dalam game," sambung Dennis.

Skenario tersebut dimainkan oleh banyak pemain, dan satu orang di dunia nyata memainkan satu orang di dunia game. "  Tapi jadinya lucu karena kita bikin konten rame-rame, direkam, dan malah jadi konyol. Misalkan lagi berantem, lalu ada yang menerbangkan mobil di tengah-tengah. Jadi pesannya kalau mau berantem, cukup di game saja," pungkas Dennis.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Reka Ulang Detik-Detik Pembunuhan Tukang Parkir di Palembang

Posted: 30 Aug 2019 09:00 PM PDT

Liputan6.com, Palembang - Kasus pembunuhan MY yang berprofesi sebagai tukang parkir di toko roti di Jalan Dempo Kelurahan 15 Ilir Kecamatan Ilir Timur (IT) I Palembang, dilakoni tersangka RR (22), AL (20) dan rekannya RK yang masih buron.

Ketiga tersangka itu melakukan penganiayaan terhadap MY, pada hari Senin (15/10/2018), di tempat kerja korban. Dua dari tiga tersangka berhasil ditangkap di Kota Medan, Sumatera Utara (Sumut) setelah hampir satu tahun menjadi buronan.

RR dan AL merupakan kakak beradik yang berkomplot menghabisi nyawa korban. Mereka memperagakan reka ulang pembunuhan korban di Polsek IT I Palembang, pada hari Kamis (28/8/2019) siang.

Menurut Kapolsek IT I Palembang Kompol Edi Rahmat, tindak pidana penganiayaan yang menyebabkan korban meninggal dunia ini, karena dendam masalah utang piutang uang parkir.

"Reka ulang digelar untuk mempermudah proses penyelidikan sebelum kasusnya dilimpahkan ke kejaksaan. Dari hasil reka ulang, penyidik akan mendapat gambaran tentang kejadian sebenarnya," ujarnya, Jumat (29/8/2019).

Sebanyak 12 adegan diperagakan kedua tersangka kakak beradik ini, sedangkan korban dilakoni oleh anggota kepolisian.

Kejadian berawal saat korban bersama saksi Rio, sedang duduk mengobrol di lokasi kejadian. Lalu datang ketiga pelaku berboncengan mengendarai satu unit sepeda motor.

RR yang menjadi eksekutor, langsung turun dari sepeda motor sembari memegang sebilah pisau mendekati korban.

Melihat senjata tajam (sajam) di tangan RR, membuat korban takut dan berlari menjauhi tersangka. Setelah berlari sejauh empat meter, korban berhenti dan adu fisik dengan RR tidak terelakkan.

Tersangka RR lalu menghunuskan pisau tajam ke perut korban, seketika tubuh MY tersungkur ke aspal di Jalan Dempo Palembang. Korban yang masih tersadar, sempat menendang tersangka RR hingga terjatuh.

"Saksi Rio dan Andre menghentikan aksi RR yang kembali ingin menganiaya korban. Ketiga tersangka langsung kabur dengan mengendarai sepeda motor," ucapnya.

 

Buru Tersangka Lainnya

Reka ulang pembunuhan tukang parkir di Palembang yang dilakoni dua kakak beradik dan satu orang tersangka yang buron (Liputan6.com / Nefri Inge)

Melihat kondisi korban yang penuh bersimbah darah, para saksi dan warga setempat langsung melarikan MY ke Rumah Sakit (RS) AK Gani di Jalan Merdeka Palembang.

Diduga karena kehabisan darah, korban akhirnya meninggal dunia di rumah sakit. Setelah menangkap tersangka ini, aparat kepolisian masih memburu satu lagi tersangka yaitu RK yang hilang tanpa jejak.

"Anggota kita masih melakukan pengejaran terhadap salah satu tersangka. Atas perbuatan kriminal ini, para tersangka akan dijerat Pasal 351 ayat 3 KUHP Jo Pasal 56 KUHP, tentang penganiayaan yang menyebabkan korban meninggal dunia," katanya.

Sementara itu, untuk menjaga kondusifitas di Kota Palembang terutama di sektor lalu lintas (lalin), Polresta Palembang menggelar operasi Patuh Musi 2019 yang dilakukan selama 14 hari hingga 11 September 2019.

Wakapolresta Palembang AKBP Andes Purwanti mengatakan, kegiatan ini dilakukan untuk menekan angka pelanggaran yang dilakukan warga Palembang, khususnya yang menggunakan kendaraan roda dua dan roda empat.

"Ini menjadi konsekuensi karena meningkatnya juga jumlah populasi penduduk, yang tentunya membutuhkan kendaraan untuk mobilitas. Apalagi di era digital perkembangan tranportasi order angkutan publik hanya lewat ponsel,"ucapnya.

Dia berharap anggota terus mengemban amanah undang undang nomor 22 tahun 2009 lalu lintas. Yaitu memelihara keamanan, keselamatan, kelancaran serta ketertiban lalu lintas. Serta meningkatkan kualitas, keselamatan dan menurunkan tingkat fatalitas korban kecelakaan.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Top 3 Tekno: Tanggal Peluncuran Lini iPhone Teranyar Diungkap

Posted: 30 Aug 2019 09:00 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Video tentang peluncuran seri iPhone teranyar pada 10 September 2019, di California, Amerika Serikat, membuat penasaran pembaca kanal Tekno Liputan6.com.

Berita lain yang juga paling banyak dibaca, termasuk update tentang layanan SMS dan telepon milik Telkomsel dan XL Axiata yang berangsur pulih di sebagian Papua.

Lebih lengkapnya, simak tiga berita terpopuler berikut ini.

1. VIDEO: Catat, Tanggal Rilis iPhone 11

Penampakan iPhone 11. Dok: 9to5mac.com

Produsen smartphone iPhone, Apple akan merilis lini ponsel pintar terbarunya pada bulan 10 September 2019. Diduga akan ada lebih dari satu model iPhone yang bakal dirilis.

Baca selengkapnya di sini

 

2. Telkomsel: Layanan SMS dan Telepon di Sebagian Papua Berangsur Pulih

Foto: BTS Telkomsel

Setelah dikabarkan sempat padam, layanan SMS dan Telepon di sebagian wilayah Papua kini mulai berangsur pulih. Demikian disampaikan Telkomsel melalui keterangan resminya, Jumat (30/8/2019).

VP Corporate Communications Telkomsel, Denny Abidin, mengatakan Telkomsel terus berupaya melakukan percepatan pemulihan layanan telepon dan SMS secara optimal.

"Perusahaan fokus menjalankan kegiatan pengamanan dan penjagaan aset Telkomsel sekaligus Telkom Group. Saat ini kantor layanan Telkomsel di Kota Jayapura belum dapat beroperasi hingga waktu yang belum dapat ditentukan," tutur Denny dalam keterangannya.

Baca selengkapnya di sini

3. Layanan SMS dan Telepon XL Axiata di Papua Mulai Normal setelah Listrik Menyala

BTS 4G LTE milik XL Axiata di Kota Sumbawa, Nusa Tenggara Barat. (Liputan6.com/ Agustin Setyo W).

XL Axiata menyatakan layanan telekomunikasi SMS dan telepon di Jayapura, Papua sempat terganggu karena pemadaman listrik.

Namun, Group Head Corporate Communication XL Axiata Tri Wahyuningsih memastikan XL Axiata tidak mematikan jaringan SMS atau telepon.

Baca selengkapnya di sini

(Ysl/Why)

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Jajal Motor Listrik Gesits, Ini Kata Menko Luhut

Posted: 30 Aug 2019 09:00 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman Luhut Binsar Panjaitan, Menteri Perindustrian Airlangga Hartarto, dan Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi menjajal motor listrik buatan dalam negeri, Gesits.

Pantauan Merdeka.com, setelah menjajal Gesist ketiganya tampak tersenyum dan menampilkan wajah sumringah. Tiga anak buah Joko Widodo ini mengaku puas dengan performa Gesist.

 

"Gesits tadi saya coba. Paten," kata dia, saat ditemui, di Monas, Jakarta, Sabtu (31/8).

Menko Kemaritiman Luhut Binsar Panjaitan mencoba motor listrik Gesits

Mantan Kepala Staf Kepresidenan ini pun mengaku bunyi mesin Gesits amat halus. Dia bahkan bergurau, saking halusnya bunyi Gesits, dia hanya mendengar suara dua rekannya di kabinet.

"Saya dengar suaranya Pak Budi sama Pak Airlangga," ungkapnya.

Luhut menggunakan kesempatan tersebut untuk mempromosikan produk kendaraan buatan dalam negeri. "Pokoknya kita pakai sebanyak mungkin produk dalam negeri kalau boleh,"

Meskipun demikian, dia menegaskan pemerintah tentu memberikan kesempatan kepada investor yang membangun pabrik di Indonesia untuk mengimpor kendaraan listrik dalam kurun waktu tertentu.

"Tapi orang dia mau impor selama dia pembangunan pabriknya, kita berikan. kita juga realistis lah. Nggak mungkin orang mau lakukan kalau nggak ada market-nya dia," tandasnya.  

 

Promosikan Kendaraan Listrik Lokal

Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi (kiri) dan Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman Luhut Binsar Pandjaitan melakukan konvoi kendaraan bermotor listrik (KBL) melintasi kawasan MH Thamrin menuju Bundaran HI, Jakarta, Sabtu (31/8/2019). (merdeka.com/Imam Buhori)

 

Sementara Budi Karya, tidak berkomentar banyak meskipun juga tampak puas. Dia hanya memberikan komentar pendek yang menunjukkan bahwa dirinya puas akan performa Gesist.

"Enjoy sekali," ujar Budi singkat.

Pernyataan itu pun ditanggapi dengan ungkapan serupa dari Airlangga. "Saya juga cuma dengar suara Pak Menko dan Pak Budi. Ban ketemu aspal ada lah bunyinya," ujar Airlangga.

Meskipun kemudian, Airlangga mengatakan bahwa bunyi kendaraan juga penting. Jadi tidak boleh terlalu halus. Setting bunyi Gesits, kata dia, akan dilakukan seiring dengan tahap perkembangan motor listrik buatan anak negeri tersebut.

"Nanti saja kita bertahap," ujar dia.

 

Mobil Listrik Bakal Gantikan Kendaraan Berbahan Bakar B20

Mobil listrik Renault Twizy dipamerkan dalam GAIKINDO Indonesia International Auto Show (GIIAS) 2019 di ICE BSD, Tangerang, Jumat (19/7/2019). Mobil dengan panjang 2.338 mm dan lebar 1.381 mm ini menggunakan baterai lithium-ion 6,1 kWh yang mampu dikendarai sejauh 100 km. (Liputan6.com/Fery Pradolo)

Liputan6.com, Jakarta - Ekonom dari Universitas Indonesia (UI) Haryadin Mahardika menilai keberadaan mobil listrik akan menggantikan mobil-mobil yang masih menggunakan bensin, solar dan biodiesel B20. Hal ini seiring dengan pengembangan mobil listrik di Indonesia setelah regulasi berupa Peraturan Presiden (Perpres) telah ditandatangani Presiden Joko Widodo (Jokowi).

"Harusnya iya tergantikan, menurut saya semua jenis mobil yang masih menggunakan bahan bakar fosil atau baurannya, seperti bensin, solar, biodiesel B20 dan B30, memang itulah yang seharusnya digantikan oleh mobil listrik mengingat emisinya yang kurang baik. Kecuali kendaraan yang menggunakan bahan bakar gas," ujar Haryadin Mahardika dikutip dari Antara di Jakarta, Senin (12/8/2019). 

Selain itu dia juga menambahkan, mungkin sudah waktunya untuk memulai konversi mobil-mobil yang menggunakan bahan bakar bensin dan solar ini ke gas dengan menggunakan konverter.

Dengan menggunakan konverter, maka mobil-mobil konvensional atau biasa tersebut akan menjadi mobil yang menggunakan bahan bakar ganda yakni bisa mengonsumsi bensin atau solar dan gas. Upaya konversi mobil-mobil berbahan bakar bensin atau solar tersebut ke gas sebenarnya perlu didorong oleh pemerintah.

Sebelumnya, Pemerintah berupaya mempercepat pengembangan produksi mobil listrik di dalam negeri, sesuai pernyataan Presiden Joko Widodo yang telah menandatangani Perpres terkait hal tersebut, dengan harapan para pelaku industri otomotif di Indonesia merancang dan membangun pengembangan mobil listrik.

Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) Ignasius Jonan menyebut program B20 akan tetap berjalan kendati perpres mobil listrik disahkan.

Menurut Jonan, pembangkit listrik tanah air akan memanfaatkan B20 sebagai bahan bakarnya.

Menteri ESDM itu menambahkan bahwa kedua program akan tetap berjalan, mengingat program B20 dan kendaraan listrik merupakan upaya pemerintah menekan impor BBM dan menyelamatkan devisa negara.  

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

FOTO: Ibunda SBY Meninggal, Karangan Bunga dari Megawati-Menteri Jokowi Berjejer di Cikeas

Posted: 30 Aug 2019 09:00 PM PDT

Sejumlah karangan bunga untuk almarhumah Siti Habibah, Ibunda Presiden ke-6 RI, Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) di Puri Cikeas, Bogor, Sabtu (31/8/2019). Karangan bunga duka cita terus berdatangan di Puri Cikeas menyusul meninggalnya ibunda SBY pada Jumat (30/8). (Liputan6.com/Herman Zakharia)

Sejumlah karangan bunga untuk almarhumah Siti Habibah, Ibunda Presiden ke-6 RI, Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) di Puri Cikeas, Bogor, Sabtu (31/8/2019). Karangan bunga duka cita terus berdatangan di Puri Cikeas menyusul meninggalnya ibunda SBY pada Jumat (30/8). (Liputan6.com/Herman Zakharia)

Pengendara melintasi karangan bunga untuk almarhumah Siti Habibah, Ibunda Presiden ke-6 RI, Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) di Puri Cikeas, Bogor, Sabtu (31/8/2019). Karangan bunga duka cita berdatangan di Puri Cikeas menyusul meninggalnya ibunda SBY pada Jumat (30/8). (Liputan6.com/Herman Zakharia)

Pengendara melintasi karangan bunga untuk almarhumah Siti Habibah, Ibunda Presiden ke-6 RI, Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) di Puri Cikeas, Bogor, Sabtu (31/8/2019). Karangan bunga duka cita berdatangan di Puri Cikeas menyusul meninggalnya ibunda SBY pada Jumat (30/8). (Liputan6.com/Herman Zakharia)

Polisi bediri dekat karangan bunga untuk almarhumah Siti Habibah, Ibunda Presiden ke-6 RI, Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) di Puri Cikeas, Bogor, Sabtu (31/8/2019). Karangan bunga duka cita berdatangan di Puri Cikeas menyusul meninggalnya ibunda SBY pada Jumat (30/8). (Liputan6.com/Herman Zakharia)

Polisi bediri dekat karangan bunga untuk almarhumah Siti Habibah, Ibunda Presiden ke-6 RI, Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) di Puri Cikeas, Bogor, Sabtu (31/8/2019). Karangan bunga duka cita berdatangan di Puri Cikeas menyusul meninggalnya ibunda SBY pada Jumat (30/8). (Liputan6.com/Herman Zakharia)

Sejumlah karangan bunga untuk almarhumah Siti Habibah, Ibunda Presiden ke-6 RI, Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) di Puri Cikeas, Bogor, Sabtu (31/8/2019). Salah satu karangan bunga duka cita dikirim Menteri Hukum dan HAM Yasonna H Laoly . (Liputan6.com/Herman Zakharia)

Sejumlah karangan bunga untuk almarhumah Siti Habibah, Ibunda Presiden ke-6 RI, Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) di Puri Cikeas, Bogor, Sabtu (31/8/2019). Salah satu karangan bunga duka cita dikirim Menteri Hukum dan HAM Yasonna H Laoly . (Liputan6.com/Herman Zakharia)

Sejumlah karangan bunga untuk almarhumah Siti Habibah, Ibunda Presiden ke-6 RI, Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) di Puri Cikeas, Bogor, Sabtu (31/8/2019). Salah satu karangan bunga duka cita dikirim Menteri LHK Siti Nurbaya dan  Ketua MPR RI Zulkifli Hasan . (Liputan6.com/Herman Zakharia)

Sejumlah karangan bunga untuk almarhumah Siti Habibah, Ibunda Presiden ke-6 RI, Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) di Puri Cikeas, Bogor, Sabtu (31/8/2019). Salah satu karangan bunga duka cita dikirim Menteri LHK Siti Nurbaya dan Ketua MPR RI Zulkifli Hasan . (Liputan6.com/Herman Zakharia)

Polisi bediri dekat karangan bunga untuk almarhumah Siti Habibah, Ibunda Presiden ke-6 RI, Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) di Puri Cikeas, Bogor, Sabtu (31/8/2019). Karangan bunga duka cita berdatangan di Puri Cikeas menyusul meninggalnya ibunda SBY pada Jumat (30/8). (Liputan6.com/Herman Zakharia)

Polisi bediri dekat karangan bunga untuk almarhumah Siti Habibah, Ibunda Presiden ke-6 RI, Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) di Puri Cikeas, Bogor, Sabtu (31/8/2019). Karangan bunga duka cita berdatangan di Puri Cikeas menyusul meninggalnya ibunda SBY pada Jumat (30/8). (Liputan6.com/Herman Zakharia)

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Live Streaming Shopee Liga 1 2019 Arema FC Vs PSIS Semarang Exclusive di Vidio

Posted: 30 Aug 2019 09:00 PM PDT

Liputan6.com, Malang - Arema akan menjamu PSIS Semarang dalam lanjutan Shopee Liga 1 2019, Sabtu (31/8/2019) di stadion Kanjuruhan, Malang. Tuan rumah berambisi memetik tiga poin demi kembali ke jalur persaingan di papan atas.

Singo Edan -julukan Arema- baru saja takluk 1-2 dari Bali United pada Shopee Liga 1 2019 pekan sebelumnya. Itu membuat mereka berada di peringkat keempat dengan 25 poin.

Arema tertinggal 15 poin dari Bali United yang memuncaki klasemen sementara. Namun tim asuhan Milomir Seslija ini masih bisa bersaing untuk finis di empat besar klasemen.

Di sisi PSIS, Mahesa Jenar juga butuh poin penuh setelah lima laga menelan empat kekalahan dan satu hasil imbang. Rentetan hasil buruk itu membuat PSIS baru mengemas 15 poin dan berpotensi terperosok ke zona degradasi.

Pasalnya, PSIS hanya unggul dua poin dari tim perigkat 16 saat ini, Perseru Badak Lampung. Jika kalah dari Arema, bukan tidak mungkin PSIS akan masuk ke zona merah.

Selain di Indosiar, Anda dapat menyaksikan pertandingan Arema FC vs PSIS Semarang melalui exclusive live streaming di Vidio Premier dengan berlangganan di link berikut ini...

 

Prakiraan susunan pemain

Arema FC (4-2-1-3): Kartika Ajie (kiper); Agil Munawar, Arthur Cunha, Hamka Hamzah, Nasir (belakang); Hendro Siswanto, Takafumi Akahoshi; Makan Konate (tengah); Dendi Santoso, Sylvano Comvalius, Ricky Kayame (depan).

Pelatih: Milomir Seslija

PSIS Semarang (4-4-2): Joko Ribowo (kiper); Soni Setiawan, Wallace Costa, Kelvin Wopi, Safrudin Tahar (belakang); Patrick Mota, Arthur Bonai, Heru Setyawan, Finky Pasamba (tengah); Septian David Maulana, Claudir Marini Jr (depan).

Pelatih: Bambang Nurdiansyah

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Persib Menang, Omid Nazari: Malam yang Sempurna

Posted: 30 Aug 2019 09:00 PM PDT

Liputan6.com, Bandung - Omid Nazari menjalani debutnya bersama Persib Bandung dengan kemenangan. Bahkan, pesepak bola Iran kelahiran Swedia keturunan Filipina itu mengaku sudah melewati malam yang luar biasa.

Nazari merasa senang karena turut berkontribusi dalam kemenangan Persib atas PSS Sleman pada pekan ke-17 Shopee Liga 1 2019 yang disiarkan Indosiar. Maung Bandung menang 1-0 di Stadion Si Jalak Harupat, Bandung, Jumat (30/8/2019).

Gelandang bernomor punggung 91 ini pun tidak segan membeberkan rahasia yang sangat memotivasi dirinya di laga tersebut. "Amazing. Saya begitu takjub dengan atmosfer di dalam stadion," ucapnya seperti dikutip dari laman Persib.

"Orangtua saya hadir menonton di tribun. Itu yang membuat saya semakin semangat. Dan, tim kami meraih kemenangan penting. Ini malam yang sempurna," tambah Nazari.

Ia menyebut kemenangan Persib atas PSS merupakan modal berharga untuk menatap putaran kedua kompetisi Shopee Liga 1. "Kami harus pertahankan, lalu meningkatkan ini semua. Kami sangat optimistis untuk memulai putaran kedua," tandasnya.

 

Dipuji Pelatih Persib

Pelatih Persib Bandung Robert Rene Alberts. (Liputan6.com/Huyogo Simbolon)

Pelatih Persib Robert Alberts mengaku terkesan dengan penampilan Omid Nazari. Ia juga memuji pemain anyar asing lainnya, Nick Kuipers.

"Saya pikir Omid di tengah dan Nick di belakang sangat luar biasa dan begitu nyata kualitas mereka," kata juru taktik asal Belanda itu.

Sedangkan untuk Kevin van Kippersluis, dia berharap pemain asal Belanda itu mampu menyusul dan memberikan kontribusi nyata bagi Persib ke depannya. "Kalau Kevin masih butuh satu laga lagi untuk menunjukan kemampuannya karena setiap orang butuh waktu beradaptasi dan beraklimatisasi dan saya menaruh harapan pada Kevin," Robert mengakhiri.

 

Klasemen Shopee Liga 1 2019

Untuk klasemen lengkap Shopee Liga 1 2019, silakan klik di sini...

Saksikan video menarik di bawah ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Top 3: Deretan Potret Perbedaan Orang Sebelum Vs Setelah Memiliki Anak

Posted: 30 Aug 2019 09:00 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Ada begitu banyak perbedaan orang ketika sebelum dan setelah memiliki anak. Tentu sebelum memiliki anak seseorang akan menghabiskan banyak waktu untuk diri sendiri berbeda ketika memiliki anak.

Artikel tentang deretan potret sebelum dan setelah memiliki anak menjadi yang terpopuler di kanal Citizen6, Liputan6.com. Disusul dengan artikel tentang meme KKN di desa penari yang sedang jadi perbincangan hangat warganet.

Sementara artikel terpopuler ketiga tentang 5 zodiak yang dikatakan akan sulit memaafkan pasangannya yang selingkuh.

Berikut Top 3 Citizen6:

1. 8 Potret Sebelum Vs Setelah Memiliki Anak, Berbeda Jauh

Foto: Boredpanda

Menjadi orangtua tentu sangat menyenangkan. Ya, hidupmu tentu akan lebih berwarna dengan kehadiran buah hati. Namun, di sisi lain menjadi orangtua bukanlah hal yang mudah.

Pasalnya, tentu akan ada begitu banyak perubahan yang kamu rasakan ketika menjadi orangtua. Contohnya saja ketika belum memiliki anak pasangan suami istri hanya akan berfokus kepada kebahagiaan diri mereka berdua. Berbeda ketika memiliki anak, kamu tentu akan memprioritaskan kebahagiaan anak dalam segala hal.

Selengkapnya...

2. 9 Meme KKN di Desa Penari, Kisah Horor yang Viral di Media Sosial

Sumber: Twitter @RakhaFradina

Tak jarang , cerita horor menarik perhatian warganet Indonesia. Begitu pun dengan cerita horor yang akhir-akhir ini viral, KKN di Desa Penari.

Cerita itu berawal dari utas akun Twitter @SimpleM81378523 (Simple Man) yang diunggahnya Juni 2019. Utas itu menceritakan enam orang yang sedang melaksanakan Kuliah Kerja Nyata (KKN) di desa di tengah hutan. Saat KKN, mereka pun merasakan hal-hal mistis.

Selengkapnya...

3. 5 Zodiak Ini Sulit Memaafkan Pasangannya yang Selingkuh

ilustrasi selingkuh/copyright Shutterstock

Setiap hubungan ada pasang-surutnya. Namun, kadang keadaan jadi lebih buruk dan perselingkuhan pun terjadi.

Bila pasangan Anda melakukannya, apa yang akan Anda lakukan? Ada sebagian orang yang memaafkan pasangan setelah menimbang banyak hal, tapi ada pula yang memilih mengakhrinya.

Selengkapnya...

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Badai Dorian yang 'Sangat Berbahaya' Akan Menerjang Tenggara AS

Posted: 30 Aug 2019 09:00 PM PDT

Liputan6.com, Tallahassee - Warga Florida, pada Jumat 30 Agustus 2019, mulai bersiap menghadapi terjangan badai Dorian dari Atlantik yang dilaporkan mulai menguat saat hendak mendarat di daratan tenggara Amerika Serikat pekan depan.

Badai Dorian telah mengkhawatirkan para peramal yang khawatir bagian-bagian Florida akan ditabrak angin kencang, gelombang badai, dan hujan lebat dalam waktu yang lama ketika badai itu mendarat awal minggu depan, demikian seperti dikutip dari Al Jazeera, Sabtu (31/8/2019).

Gubernur Florida Ron DeSantis mendesak penduduk untuk menimbun setidaknya makanan, air dan obat-obatan selama seminggu, mengatakan pada konferensi pers di Tallahassee bahwa mereka harus siap untuk "bencana berhari-hari".

Negara Bagian Florida telah menyatakan situasi darurat menjelang badai.

Dua ribu pasukan Garda Nasional akan dimobilisasi untuk badai pada akhir Jumat, dengan 2.000 lainnya bergabung dengan mereka pada hari Sabtu, kata Mayor Jenderal Pengawal Nasional Florida James Eifert.

Pejabat Florida juga memastikan semua panti jompo dan fasilitas kesehatan memiliki generator, agar pelayanan tetap berjalan selama situasi darurat.

Badai Dorian diperkirakan akan membawa gelombang badai yang mengancam jiwa yang menaikkan level air sebanyak tiga hingga 4,5 meter di atas level normal di bagian Bahama barat laut, kata badan cuaca nasional AS. Di dekat pantai, gelombang akan disertai dengan ombak besar nan destruktif.

Badai Kategori 4: Sangat Berbahaya

Ilustrasi badai (AP/Berau of Meteorology)

Dorian mulai pada hari Jumat di atas Atlantik sebagai badai Kategori 2 pada Skala Angin Saffir-Simpson (1 untuk ringan hingga 5 untuk paling berbahaya). Badai itu menguat ke Kategori 3 di kemudian hari. Itu memiliki angin berkelanjutan maksimum 185km per jam, kata peengamat cuaca nasional.

Jika, seperti yang diharapkan, Dorian mencapai kekuatan Kategori 4 (sangat berbahaya) selama akhir pekan, anginnya akan bertiup lebih dari 210 km / jam. Saat ini bergerak pada kecepatan 16 km / jam, memberikan lebih banyak waktu untuk mengintensifkan sebelum membuat pendaratan di AS.

Peramal cuaca memperkirakan akan berada di atas Bahama barat laut pada hari Minggu dan dekat semenanjung Florida pada Senin malam. Diproyeksikan akan mendarat di Florida Selatan dan kemudian menuju bagian tengah negara bagian.

Curah hujan juga diperkirakan tinggi, sekitar 150 hingga 300mm (enam hingga 12 inci), dengan ketinggian hingga 460mm ( 18 inci) di beberapa daerah di Bahama barat laut dan Florida.

Persiapan Lembaga Federal AS

Ilustrasi Badai Tornado (Wikimedia Commons)

Pejabat dari Badan Manajemen Darurat Federal AS (FEMA), yang dikritik keras pada 2005 karena tanggapannya yang lambat terhadap Badai Katrina, telah melapor kepada Kongres AS (parlemen) pada hari Jumat tentang langkah-langkah yang mereka ambil untuk bersiap menghadapi badai.

FEMA telah mulai memindahkan personel dan peralatan ke Georgia, termasuk truk dan kru jalur yang akan membantu menyalakan dan menghidupkan kembali listrik jika ada gangguan layanan serius di Florida, menurut seorang politikus fraksi Partai Demokrat di Dewan Perwakilan Rakyat AS yang mengetahui tentang pengarahan tersebut.

Gubernur Georgia Brian Kemp telah mengumumkan keadaan darurat di 12 kabupaten di negara bagian itu.

Presiden Donald Trump pada hari Kamis membatalkan perjalanan akhir pekan yang direncanakan ke Polandia sehingga ia dapat memastikan sumber daya diarahkan dengan baik untuk badai itu.

Dorian dapat mengaduk-aduk puluhan landasan peluncuran milik NASA, Angkatan Udara dan perusahaan-perusahaan antariksa seperti SpaceX milik Elon Musk dan Blue Origin milik Jeff Bezos.

Simak video pilihan berikut:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Viral KKN di Desa Penari, Ini Penjelasan Ilmiah Kenapa Orang Suka Cerita Horor

Posted: 30 Aug 2019 09:00 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Warganet Indonesia akhir-akhir ini dihebohkan dengan cerita horor berjudul "KKN di Desa Penari." Kisah yang diklaim diangkat dari kisah nyata tersebut sukses membuat orang penasaran dan mengikuti cerita viral tersebut.

Masyarakat Indonesia sendiri memang dikenal mudah tertarik dengan cerita horor, khususnya yang berbau mistis dan dunia gaib. Walaupun begitu, kecintaan seseorang akan kisah-kisah seram banyak adalah hal yang umum di seluruh dunia. Ada penjelasan ilmiah untuk hal ini.

Menurut Irving Biederman, profesor ilmu saraf di Harold W. Dornsife Professor of Neuroscience di USC (University of Southern California) Dornsife College of Letters, Arts and Sciences hal tersebut karena seseorang suka akan pengalaman yang berbeda dari yang dirasakannya sehari-hari.

"Beberapa daya tarik ketakutan berasal dari penyimpangan dari pengalaman baru yang selama ini kita tahu aman," kata Biederman seperti dikutip dari laman USC News pada Jumat (30/8/2019).

Alex Ago, pakar film dari USC mengatakan bahwa rasa takut yang juga terkait dengan perasaan aman, melepaskan opioid alami seperti endorfin yang menandakan kesenangan, bersama dopamin, kimia yang terkait dengan perasaan dihargai di otak.

Identitas, Moralitas, dan Kultur

Ilustrasi cerita horor (iStock)

Tok Thompson, associate professor bidang antropologi dan komunikasi USC Dornsife mengatakan bahwa cerita-cerita seram juga membentuk identitas pribadi serta sistem moralitas.

Contohnya, ketika orang-orang mulai merenungkan arti hidup dan mati, cerita bisa dimuali dengan perjuangan untuk melawan roh jahat dalam diri mereka. "Dalam arti tertentu, monster adalah kita," kata Thompson.

"Mereka adalah bagian yang sangat berbahaya dari kita dan bagus untuk mengenali dan takut pada bagian-bagian jahat dari diri Anda," ujarnya.

Dari sisi kultural, cerita tentang hantu atau monster juga bisa melihat pengaruh budaya ketika itu menyebar di dunia. Zombi yang merupakan bagian dari tradisi Afrika, vampir dari Eropa Timur, hingga jin yang berasal dari Arab.

"Ada peran yang menarik dimainkan monster-monster ini dalam membentuk budaya kita," kata Thompson.

"Dan orang-orang terus menerus menciptakan kembali kisah-kisah ini, untuk berbicara tentang apa yang menakuti dan menghantui mereka."

Simak juga Video Menarik Berikut Ini

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

KPU Tetapkan Perolehan Suara Sah Nasional Partai Politik Peserta Pemilu 2019

Posted: 30 Aug 2019 08:59 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Komisi Pemilihan Umum (KPU) RI menetapkan jumlah perolehan suara sah secara nasional partai politik peserta Pemilu 2019, Sabtu (31/8/2019). Penetapan ini dilaksanakan setelah KPU menindaklanjuti dan melaksanakan keputusan Mahkamah Konstitusi (MK) atas hasil sengketa Pemilu.

Ketua KPU RI, Arief Budiman menyampaikan jumlah suara sah partai politik sebanyak 139.970.810. Sebanyak 9 parpol memenuhi ambang batas parlemen 4 persen dan 7 parpol lainnya tak memenuhi ambang batas.

Parpol dengan suara terbanyak atau di atas 10 persen yaitu PDIP, Gerindra, dan Golkar. Sembilan parpol yang lolos ke parlemen yaitu PDIP, Gerindra, Golkar, NasDem, PAN, Demokrat, PKS, PKB, dan PPP.

Sementara tujuh parpol yang tidak lolos ke parlemen yaitu Hanura, PBB, PSI, PKPI, Garuda, Berkarya, dan Partai Persatuan Indonesia.

Arief Budiman membacakan perolehan suara parpol sesuai nomor urut, sebagai berikut:

1. PKB

Suara sah: 13.570.097

Persentase: 9,69

2. Partai Gerindra

Suara Sah: 17.594.839

Persentase: 12,57

3. PDIP

Suara sah: 27.053 961

Persentase: 19,33

4. Golkar

Suara sah: 17.229.789

Persentase: 12,31

5. NasDem

Suara sah: 12.661.792

Persentase: 9,05

6. Partai Garuda

Suara sah: 702.536

Persentase: 0,50

7. Partai Berkarya

Suara sah: 2.902. 495

Persentase: 2,09

8. PKS

Suara sah: 11.493.663

Persentase: 8,21

9. Partai Persatuan Indonesia

Suara sah: 3.738.320

Persentase: 2,67

10. PPP

Suara sah: 6.323.147

Persentase: 4,52

11. PSI

Suara sah: 2.650.361

Persentase: 1,89

12. PAN

Suara sah: 9.572.623

Persentase: 6,84

13. Hanura

Suara sah: 2.161.507

Persentase: 1,54

14. Demokrat

Suara sah: 10.876.057

Persentase: 7,77

15. PBB

Suara sah: 1.099.848

Persentase: 0,79

16. PKPI

Suara sah: 312.775

Persentase: 0,22

"Jumlah seluruh suara sah parpol 139.970.810," kata Arief.

Semua Parpol Setuju

Sebelum mengesahkan perolehan suara, Arief menanyakan kepada perwakilan parpol maupun Bawaslu yang hadir untuk bersuara atau untuk mengajukan protes. Namun semua perwakilan parpol maupun Bawaslu tak keberatan dengan hasil tersebut.

"Baik, bapak ibu sekalian kita sahkan perolehan suara sah nasional dan pemenuhan ambang batas 4 persen," jelasnya.

Rapat pleno ini berdasarkan Peraturan KPU Nomor 14 Tahun 2019 tentang perubahan kelima atas PKPU Nomor 7 Tahun 2017 tentang tahapan program dan jadwal penyelenggaraan Pemilu tahun 2019.

Selain menetapkan perolehan suara secara nasional, KPU juga menetapkan perolehan kursi parpol peserta Pemilu 2019 dan penetapan calon terpilih anggota DPR dan DPD hasil pemilu 2019.

"Hasil keputusan pleno terbuka pada hari ini akan dituangkan dalam berita acara dan ditetapkan dalam keputusan KPU mengenai penetapan hasil pemilu 2019. Penetapan perolehan kursi partai politik, dan penetapan calon terpilih anggota DPR dan DPD. Selanjutnya sesuai Pasal 31 PKPU nomor 5 tahun 2019, KPU akan mengusulkan calon terpilih anggota DPR dan DPD untuk pengucapan sumpah janji kepada presiden dan Mahkamah Agung," tutupnya.

Saksikan video pilihan berikut ini:

[vidio:DKPP Peringatkan KPUD DKI]()

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Prediksi Burnley vs Liverpool: Misi The Reds Pertahankan Singgasana

Posted: 30 Aug 2019 08:55 PM PDT

Burnley - Liverpool tengah on-fire. Puncak klasemen Premier League masih berada dalam genggaman The Reds dengan rekor sempurna di tiga pertandingan. Burnley pun siap mereka jadikan mangsa berikutnya.

Liverpool akan bertandang ke Turf Moor untuk menghadapi Burnley pada pekan ke-4 Premier League 2019/20, Sabtu (31/8/2019).

Di tiga pekan pertama, Liverpool berturut-turut mengalahkan Norwich 4-1, Southampton 2-1, dan Arsenal 3-1. Mohamed Salah sudah mengukir tiga gol di Premier League musim ini, sedangkan Roberto Firmino, Sadio Mane, Divock Origi, Joel Matip, dan Virgil van Dijk masing-masing telah mencetak satu gol untuk Liverpool.

Melawan Burnley, sang manajer Jurgen Klopp bakal tetap mengandalkan trio Salah, Mane dan Firmino di lini serang. Di bawah mistar, Adrian masih akan mengantikan Alisson yang cedera.

Barisan belakang Liverpool yang digalang van Dijk harus mewaspadai pemain-pemain ofensif tuan rumah. Ancaman utama datang dari Ashley Barnes, yang mengusung target pribadi menjadi pemain Burnley pertama yang mencetak gol dalam lima penampilan beruntun di liga.

Liverpool memenangi tiga laga terakhirnya melawan Burnley di Premier League. Kali ini, The Reds kembali diunggulkan untuk merebut tiga poin.

Liverpool selalu menang dalam 12 laga terakhirnya di liga. Jika menang, maka anak-anak asuh Klopp akan mencatatkan rekor klub yang baru, 13 kemenangan beruntun di liga, melewati rekor 12 kemenangan beruntun Liverpool besutan Kenny Dalglish pada Oktober 1990 silam.

Data-Fakta

(AP Photo/ Rui Vieira)

Prakiraan Susunan Pemain:

Burnley (4-4-2): Pope; Pieters, Mee, Tarkowski, Lowton; McNeil, Westwood, Cork, Hendrick; Wood, Barnes

Manajer: Sean Dyche

Liverpool (4-3-3): Adrian; Robertson, van Dijk, Matip, Gomez; Henderson, Fabinho, Milner; Mane, Firmino, Salah

Manajer: Jurgen Klopp

 

Head-to-Head (Premier League):

  • Pertemuan: 10
  • Burnley menang: 1
  • Gol Burnley: 8
  • Imbang: 1
  • Liverpool menang: 8
  • Gol Liverpool: 23

 

5 Pertemuan Terakhir:

  • 10-03-2019 Liverpool 4-2 Burnley (EPL)
  • 06-12-2018 Burnley 1-3 Liverpool (EPL)
  • 01-01-2018 Burnley 1-2 Liverpool (EPL)
  • 16-09-2017 Liverpool 1-1 Burnley (EPL)
  • 12-03-2017 Liverpool 2-1 Burnley (EPL)

 

Sumber asli: Bola.net

Disadur dari: Bola.net (Gia Yuda Pradana, Published 30/08/2019)

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Tertangkap karena Kasus Narkoba, Komika Reno Fenady Di-bully

Posted: 30 Aug 2019 08:50 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Komika Reno Fenady, bersama rekannya McDanny, tertangkap Polresta Tangerang terkait kasus dugaan narkoba, 25 Agustus 2019 lalu. Dari tangan mereka, polisi mengamankan dua paket sabu seberat 0,97 gram bersama alat isapnya.

Kabar tertangkapnya Reno Fenady, dengan McDanny sampai juga ke Instagram gosip. Tak sedikit warganet yang penasaran dengan Reno.

Mereka pun berbondong-bondong mengunjungi Instagram pribadi Reno Fenady. Tak ada postingan baru di sana.

Terakhir, postingan yang diunggah Reno Fenady saat ia akan tampil di acara stand up comedy terbesar di Indonesia pada Agustus 2019 lalu.

 

Di-bully

Reno Fenady (Foto: Instagram/@renofenady)

Warganet tak menanyakan postingan tersebut. Mereka justru mem-bully Reno Fenady di kolom komentar.

"Nyabu terussss," tulis akun @hadiprasetyo.o.

"Cie, lbh terkenal daripada saat jd komika," tambah akun @ijoenisti.

"Kirain komedi elu slama ini bakat alam, tahu ny proses nyabu dulu," timpal akun @dhaka_90.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Beda Usia 10 Tahun, Ini 6 Potret Cantik Angbeen Rishi Kekasih Adly Fairuz

Posted: 30 Aug 2019 08:50 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Adly Fairuz, seleb tampan Tanah Air ini dikenal multitalenta. Tak hanya akting, Adly Fairuz juga pernah menjajaki dunia tarik suara. Adly pernah menyanyikan lagu berjudul 'Wanita Pilihan' tahun 2018. 

Kini kesibukan Adly Fairuz ialah syuting stripping sinetron di televisi swasta. Namun di sela-sela kesibukannya, Adly masih menyempatkan mengucapkan selamat ulang tahun kepada kekasihnya yang bernama Angbeen Rishi.

Angbeen Rishi berulang tahun tanggal 27 Agustus 2019. Kekasih seleb tampan Adly Fairuz ini berusia 22 tahun. Hal yang cukup menarik mengingat usia Adly saat ini ialah 32 tahun. Meskipun berbeda 10 tahun, keduanya tetap terlihat kompak dan mesra.

Penasaran kan bagaimana potret cantik kekasih seleb Adly Fairuz? Berikut Liputan6.com rangkum dari Instagram @angbeenrishi, potret Angbeen Rishi, Sabtu (1/9/2019).

1. Ini dia pujaan hati Adly Fairuz, namanya Angbeen Rishi.

Berbeda 10 Tahun, Ini 6 Potret Cantik Angbeen Rishi Kekasih Adly Fairuz (sumber: Instagram.com/angbeenrishi)

2. Nama Angbeen mulai dikenal publik saat memerankan Vampire di sinetron Ganteng Ganteng Serigala

Berbeda 10 Tahun, Ini 6 Potret Cantik Angbeen Rishi Kekasih Adly Fairuz (sumber: Instagram.com/angbeenrishi)

3. Kini dirinya disibukkan dengan sinetron Jodoh Wasiat Bapak memerankan karakter Eva.

Berbeda 10 Tahun, Ini 6 Potret Cantik Angbeen Rishi Kekasih Adly Fairuz (sumber: Instagram.com/angbeenrishi)

4. Tak hanya sinetron, Angbeen pernah bermain di film 'Pohon Keramat' yang tayang tahun 2015.

Berbeda 10 Tahun, Ini 6 Potret Cantik Angbeen Rishi Kekasih Adly Fairuz (sumber: Instagram.com/angbeenrishi)

5. Kini Angbeen telah berusia 22 tahun. Beda usia Angbeen dengan Adly Fairuz 10 tahun.

Berbeda 10 Tahun, Ini 6 Potret Cantik Angbeen Rishi Kekasih Adly Fairuz (sumber: Instagram.com/angbeenrishi)

6. Meski berbeda usia 10 tahun, tidak membuat hubungan keduanya renggang. Keduanya tetap terlihat tampil mesra di berbagai kesempatan.

Berbeda 10 Tahun, Ini 6 Potret Cantik Angbeen Rishi Kekasih Adly Fairuz (sumber: Instagram.com/angbeenrishi)

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Mungkinkah Ibrahimovic Kembali ke MU?

Posted: 30 Aug 2019 08:45 PM PDT

Liputan6.com, Manchester- Manajer Manchester United (MU) Ole Gunnar Solskjaer menanggapi candaan Zlatan Ibrahimovic yang siap kembali ke Old Trafford. Solskjaer tak menutup kemungkinan merekrut kembali pemain asal Swedia tersebut.

Ibrahimovic belum lama ini bercanda bersedia untuk membantu MU jika membutuhkan striker lagi. Ibrahimovic merasa dirinya masih bisa bersaing di Liga Inggris meski sudah berusia 37 tahun dan akan segera memasuki 38 tahun bulan depan.

Pernyataan ini dilontarkan Ibrahimovic setelah MU krisis striker. Setan Merah tak membeli penyerang baru setelah melepas Romelu Lukaku. Praktis MU kini tinggal punya Anthony Martial dan Marcus Rashford di lini depan.

Komentar Ibrahimovic itu langsung dibalas Solskjaer. Pria Norwegia itu tak menutup kemungkinan merekrut eks pemain Inter Milan tersebut.

"Jika dia berusia 28 dan bukan 38 bulan depan, itu adalah perbedaan besar, tetapi Zlatan telah bersenang-senang di sini dan tentu saja dia masih mampu melakukan dengan baik tetapi dia hanya sial karena dia mendapatkan cedera ketika di sini (MU)," kata Solskjaer.

 

 

Nomor Solskjaer

"Siapa tahu, dia punya nomor saya. Dia tidak pernah menyewa rumahku tetapi dia melihatnya. Jika ini serius, saya akan selalu berbicara dengan Zlatan," tegas Solskjaer.

Meski demikian Solskjaer tidak yakin Ibrahimovic akan benar-benar kembali bergabung bersama MU. Pasalnya Ibrahimovic masih terikat kontrak dengan Los Angeles Galaxy.

Pesimis

Zlatan Ibrahimovic (AFP/Katharine Lotze)

"Saya tidak berpikir itu akan terjadi. Saya pikir dia memiliki waktunya di klubnya, dia memiliki karier fantastis di klubnya," tegas Solskjaer.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Labuan Bajo Diguncang Gempa Magnitudo 4,1

Posted: 30 Aug 2019 08:40 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Gempa bumi dengan magnitudo 4,1 mengguncang Kota Labuan Bajo, Manggarai Barat, Nusa Tenggara Timur pada Sabtu (31/8/2019), pukul 09.15 WITA.

Kepala BMKG Stasiun Geofisika Robert Owen Wahyu mengatakan, pusat gempa itu berada pada kedalaman 128 kilometer di koordinat 8.73 Lintang Selatan dan 119.60 Bujur Timur.

"Atau berada pada 41 kilometer Barat kota Labuan Bajo, Manggarai Barat, " kata Robert seperti dikutip dari Antara.

Menurut dia, BMKG sudah melakukan pengecekan dampak gempa di Labuan Bajo namun belum menerima laporan mengenai adanya kerusakan atau korban akibat gempa tersebut.

"Kami belum terima dampak dari gempa dengan kekuatan 4,1 tersebut. Bahkan info soal apakah gempa tersebut dirasakan atau tidak belum kami dapatkan informasi," tambah dia.

Selama sebulan terakhir gempa yang terjadi wilayah NTT diperkirakan bisa mencapai 60 kali.

Intensitas gempa yang terjadi dalam beberapa hari terakhir ini kata dia, karena adanya tabrakan antarlempeng yang mengakibatkan patahan-patahan kecil.

 

Pertemuan Lempeng

Wilayah Indonesia termasuk wilayah NTT terdiri dari tiga lempeng besar yakni di bagian selatan lempeng Indo-Australia, kemudian lempeng Eurasia, dan di bagian timur ada lempeng Pasifik.

"Pertemuan antara lempeng Indo-Australia dan Eurasia saling mendorong yang menimbulkan masa yang lebih berat sehingga tekanan itu menimbulkan getaran di atas permukaan bumi," tambah dia.

Getaran atau guncangan gempa dengan magnitudo skala kecil kata dia justru lebih bagus karena hanya menimbulkan patahan yang kecil, dibandingkan gempa yang magnitudonya besar dan hanya terjadi satu kali saja dalam setahun dampaknya sangat besar.

Saksikan video pilihan berikut ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Kriminal Surabaya Sepekan: Hukuman Kebiri Kimia hingga Penangkapan Residivis Curanmor

Posted: 30 Aug 2019 08:38 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Sejumlah kasus kriminal terungkap di Surabaya dan daerah sekitarnya di Jawa Timur (Jatim) pada pekan ini. Kasus kriminal yang terungkap cukup beragam mulai dari kasus narkoba, pencurian, penetapan tersangka kasus penyebaran hoaks. 

Adapun dari kasus narkoba, oknum Pegawai Negeri Sipil (PNS) yang tertangkap pakai sabu di Jombang menyita perhatian. Polisi juga meringkus pengedar narkoba di rumah kos di Wonokromo, Surabaya, Jawa Timur.

Tak hanya itu, rencana penerapan hukuman kebiri terhadap pelaku kekerasan seksual terhadap sembilan anak di Mojokerto juga menyedot perhatian pembaca.  Polisi yang menetapkan tersangka dalam kasus penyebaran hoaks terkait insiden Asrama Mahasiswa Papua di Jalan Kalasan Surabaya juga curi perhatian.

Berikut berita kriminal yang terjadi pada pekan ini di Surabaya dan sekitarnya, seperti yang dirangkum pada Sabtu, (31/8/2019):

1. Hukuman Kebiri Kimia yang Menyedot Perhatian

Muhammad Aris (20) telah melakukan kekerasan seksual terhadap sembilan anak di bawah umur. Akibat kejahatannnya, pelaku diganjar hukuman 12 tahun penjara dan denda Rp100 juta. Namun yang menjadi kontroversi adalah adanya hukuman tambahan berbentuk kebiri kimia.

Hukuman tambahan ini menuai banyak pro dan kontra. Sisi pihak pro menyatakan ini sebagai salah satu bentuk penjeraan dan kepastian hukum sementara pihak kontra menyatakan hukuman ini melanggar Hak Asasi Manusia pelaku. Hukuman kebiri kimia sendiri baru pertama kali diterapkan di Indonesia pada kasus ini.

Berita selengkapnya baca di sini

2. Tri Susanti Jadi Tersangka Penyebaran Hoaks

Kepolisian Daerah Jawa Timur (Jatim) menetapkan Tri Susanti (Susi) sebagai tersangka dalam kasus insiden Asrama Mahasiswa Papua di Surabaya pada 16-17 Agustus 2019. Ia ditetapkan sebagai tersangka kasus penyebaran informasi tidak benar atau hoaks.

Susi pun terjerat pasal 45A ayat (2) juncto Pasal 28 ayat (2) No.19 Tahun 2019 tentang ITE. Lalu pasal 160 KUHP tentang Peraturan Hukum Pidana.

Pada kasus ini, polisi menyita sejumlah barang bukti antara lain 11 lembar screen shoot percakapan, empat handphone, kemeja lengan panjang warna biru, topi, syal dan beberapa akun tersangka di media sosial.

Berita selengkapnya baca di sini

3. PNS Tersangka Pesta Sabu di Jombang

Dua oknum Pegawai Negeri Sipil (PNS) Kabupaten Jombang digerebek Satuan Reserse Narkoba Polres, saat mengkonsumsi sabu di rumahnya, Desa Candi Jombang.

Dari hasil penggerebekan aparat berhasil mengamankan satu paket sabu dan alat hisapnya. Kedua tersangka berinisial BT dan SY langsung diamankan polisi. Awal penangkapan bermula dari penangkapan bandar sabu berinisial JL.

Berita selengkapnya baca di sini

Sita Sabu

Sabu-sabu. Ilustrasi: Dwiangga Perwira/Kriminologi.id

4. Polisi Sita Sabu 16 Gram Di Madura

Satnarkoba Polrestabes Surabaya meringkus tujuh pelaku jaringan pengedar sabu dan pil LL di salah satu lapas di Jawa Timur. 43 ribu butir pil LL yang dikemas dalam botol Vitamin B disita petugas.

12 belas pelaku pengedar dan pemakai narkoba jenis sabu ditangkap di wilayah hukum Polres Pamekasan. Tiga pelaku sebagai pengedar, yakni AK, AR, serta AH warga Kecamatan Omben, Kabupaten Pamekasan.

Dari penangkapan ini, petugas menyita sabu seberat 16,83 gram. Akibat perbuatannya, tersangka dikenakan pasal 112 ayat 1 Junto 114 ayat 1 Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 35 Tahun 2009, tentang narkoba dengan ancaman hukuman penjara lima tahun ke atas.

Berita selengkapnya baca di sini

5. Polisi Tangkap Dua Pencuri Uang Rp 100 Juta di Sumenep

Anggota Satreskrim Polres Sumenep bekerjasama dengan Polres Sampang berhasil menangkap dua pelaku pencurian uang senilai Rp 100 juta milik Syaifullah warga Dusun Kayu Aru Desa Kangayan, Kecamatan Kangayan Kabupaten Sumenep, Madura, Jawa Timur.

Dua pelaku pencurian uang tersebut bernama Ali Idrus alias Sumbing bin Husein, warga jalan DI Panjaitan Kelurahan Bagus Kuning, Kecamatan Plaju Kabupaten Palembang. Kemudian, Moh Sholeh bin Nasaruddin warga Dusun Raas Desa Kemuning Kecamatan Traga Kabupaten Bangkalan.

Kabid Humas Polda Jatim, Kombes Pol Frans Barung Mangera menceritakan, kronologi kejadian tersebut pada Senin 26 Agustus, sekitar pukul 11.00 WIB, korban tiba di toko Mofit di Jalan Imam Bonjol Desa Pamolokan Kecamatan Kota Kabupaten Sumenep, Jawa Timur.

Berita selengkapnya baca di sini

6.Polisi Ringkus 7 Pengedar Narkoba di Rumah Kos Wonokromo Surabaya

Polrestabes Surabaya menangkap tujuh orang pengedar narkotika pada Selasa, 20 Agustus 2019. Usai mendapatkan informasi dari masyarakat setempat kemudian ditindaklanjuti pihak kepolisian.

Tujuh pelaku itu masing-masing EA (27) perempuan asal jalan Kedungdoro, Surabaya, AL (20) dan AS (22), keduanya warga Jalan Wonorejo, Surabaya. GN (24) warga Jalan Wonokromo Surabaya, JY (21) warga Jalan Jangkungan Surabaya, DA (23) warga Jalan Pandegiling Surabaya dan AG (24) Jalan Kalijudan Surabaya.

Tim Satnarkoba mengamankan pelaku tersebut berdasarkan informasi dari masyarakat. Hasil dari penyelidikan pada Selasa, 20 Agustus 2019 sekitar pukul 18.30 WIB, di dalam kamar 204 sebuah kos di daerah Wonokromo Surabaya, diamankan 1 orang tersangka perempuan inisial EA yang ketika itu diduga usai memakai sabu.

Berita selengkapnya baca di sini

7. Polisi Ringkus Residivis Curanmor yang Sudah Beraksi di 10 Lokasi

Upaya pelaku kejahatan untuk menguasai pistol polisi tidak hanya terjadi di Jambi, seorang residivis pencurian kendaraan bermotor, curanmor nekat merampas pistol polisi saat hendak ditangkap  di Surabaya.

Beruntung berhasil digagalkan dan pelaku dilumpuhkan dengan ditembak di bagian kakinya. SJI, pelaku curanmor yang kerap melakukan aksinya di beberapa tempat berbeda, terpaksa dilumpuhkan aparat kepolisian Polsek Sukolilo, Surabaya, dengan ditembak di bagian kakinya.

Tindakan tegas polisi, dilakukan karena residivis curanmor ini, mencoba merampas pistol milik petugas saat hendak ditangkap.  Awalnya tersangka melakukan aksi kejahatannya, di Kawasan Jalan Pumpungan 2 Surabaya. Tersangka melakukan aksinya bersama seorang temannya berinisial ADL di sebuah tempat kos.  Namun, saat melakukan pencurian motor, kunci T yang digunakannya patah.

Berita selengkapnya baca di sini

 

(Tito Gildas, Mahasiswa Universitas Kriminologi Universitas Indonesia)

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Prediksi Bhayangkara FC vs Persebaya Surabaya: Teror David da Silva

Posted: 30 Aug 2019 08:35 PM PDT

Jakarta - David Aparecido da Silva menjadi sosok yang paling sering dibicarakan jelang laga Bhayangkara FC vs Persebaya Surabaya pada pekan ke-17 Shopee Liga 1 2019. Partai tersebut akan berlangsung pada Sabtu (31/8/2019) malam WIB.

David diyakini akan melakoni laga debutnya bersama Persebaya Surabaya setelah bergabung pada bursa transfer paruh musim saat menghadapi Bhayangkara FC.

Menariknya, David adalah bomber buangan Bhayangkara FC pada Liga 1 2018. Ia didepak sesaat sebelum kompetisi dimulai.

Striker asal Brasil itu lalu merapat ke Persebaya Surabaya dan berhasil membukukan 20 gol dari 23 pertandingan. Setelahnya, ia hijrah ke Pohang Steelers di Liga Korea Selatan sebelum kembali ke Kota Pahlawan di pertengahan musim ini.

"Kehadiran David Silva dan Aryn Williams menambah kekuatan Persebaya Surabaya. Kami tahu bahwa David musim lalu pernah menjadi bagian dari Bhayangkara FC," kata caretaker Bhayangkara FC, Yeyen Tumena.

"Kami berikan David ke Persebaya Surabaya pada menit-menit akhir. Pemain yang ada sekarang saya pikir pernah melihat bahkan berlatih dengan David. Semua pemain Persebaya Surabaya bermain kolektif," imbuh Yeyen.

Persebaya Kehilangan Ruben Sanadi

Aksi pemain Persebaya Surabaya, Mochamad Supriadi (depan), pada laga kontra Persija Jakarta di Stadion Gelora Bung Tomo, Surabaya, Sabtu (24/8/2019). (Bola.com/Aditya Wany)

Persebaya Surabaya datang ke markas Bhayangkara FC tanpa kekuatan penuh. Tiga pemain terpaksa absen, yaitu Hansamu Yama, Irfan Jaya, dan Ruben Sanadi, yang mengikuti pemusatan latihan Timnas Indonesia.

Sebelumnya, Persebaya sempat meminjam Ruben Sanadi dari Timnas Indonesia. Sayang, mereka malah mendapat surat pemulangan Otavio Dutra yang masih memegang paspor Brasil sampai sekarang.

Pelatih interim Persebaya, Sugiantoro sudah memasang skema dengan kehadiran Ruben Sanadi. Tanpa Ruben Sanadi, dia harus kembali mengubah game plan sekaligus mencari pengganti yang pas.

"Ada wilayah manajemen sendiri yang akan berusaha pinjam. Saya siapkan beberapa opsi seandainya kakak Ruben Sanadi tidak diizinkan memperkuat tim nanti," kata Bejo, panggilan Sugiantoro.

Sugiantoro bertekad kuat ingin memenangi laga ini. Sebab, duel ini menjadi penutup putaran pertama Liga 1 2019.

Di sisi lain, ini juga menjadi kesempatan terakhirnya jadi pelatih sementara. Setelah itu, skuat Bajul Ijo akan diambil alih oleh Alfred Riedl sebagai pelatih kepala.

"Persiapan kami sudah maksimal, mulai kami punya jeda waktu lima hari untuk mengakhiri putaran pertama. Saya sebagai caretaker tetap ingin memberikan hasil yang positif di sisa kepercayaan untuk saya," ungkap Bejo.

Selain itu, duel ini bakal menjadi debut David. Pemain berusia 29 telah sah menjadi pemain asing anyar Persebaya setelah kepergian Amido Balde.

Prakiraan Susunan Pemain

Gelandang Bhayangkara FC, Flavio Beck Junior, disambut oleh rekan-rekan setimnya usai mencetak gol ke gawang Barito Putera dalam laga pekan ketiga Shopee Liga 1 2019 di Stadion Patriot Candrabhaga, Bekasi, Selasa (28/5/2019). Flavio Beck Junior sukses mencetak hattrick. (Bola.com/Yoppy Renato)

Bhayangkara FC (4-3-1-2): Wahyu Tri Nugroho (k); I Putu Gede, Anderson Salles, Indra Kahfi, Fatchu Rochman (b); Lee Yuu-jun, Wahyu Subo Seto, Sani Rizki (t); Flavio Beck Junior (t); Dendy Sulistyawan, Ramiro Fergonzi (d)

Caretaker: Yeyen Tumena

Persebaya Surabaya (4-3-3): Miswar Saputra (k); Abu Rizal Maulana, Mokhamad Syaifuddin, Andri Muliadi, Elisa Basna (b); Muhammad Hidayat, Damian Lizio, Fandi Eko Utomo (t); Oktafianus Fernando, David da Silva, Osvaldo Haay (d)

Caretaker: Sugiantoro

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Anies Baswedan Sebut Pemprov DKI Bantu Pencari Suaka Atas Dasar Kemanusiaan

Posted: 30 Aug 2019 08:34 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Gubernur DKI Jakarta, Anies Baswedan menegaskan bahwa Provinsi DKI Jakarta telah berupaya sebaik mungkin dalam membantu para pencari suaka di Kalideres, Jakarta Barat.

Namun, kata Anies, Pemprov DKI tidak memiliki kewenangan terhadap para pencari suaka tersebut. Anies pun menyerahkan permasalahan ini ke pemerintah pusat dan United Nations High Commissioner for Refugees (UNHCR).

"Pemprov DKI itu membantu atas dasar kemanusiaan, kewenangan dimiliki oleh UNHCR dan pemerintah pusat. Tapi karena faktanya ada pribadi yang statusnya pengungsi ada di wilayah Jakarta, maka atas prinsip kemanusiaan yang adil dan beradab itulah menyantuni," ungkap Anies usai acara di Lapangan Silang Monas, Jakarta, Sabtu (31/8/2019).

Meski begitu, Anies mengaku tak bisa hanya tinggal diam melihat kesulitan yang dihadapi pencari suaka. Dia pun terus mendorong pihaknya untuk membantu mereka yang membutuhkan.

Atas Dasar Kemanusiaan

Itulah mengapa bantuan kebutuhan dasar seperti makan dan minum disediakan atas dasar rasa kemanusiaan.

"Kita tidak boleh diam begitu saja, pribadi yang membutuhkan bantuan apalagi kebutuhan dasar minum, makan, MCK itu kan kebutuhan dasar sekali," ungkapnya.

"Jadi kita di Jakarta membantu prinsip kemanusiaan, tapi kalau pengelolaan semua ada di UNHCR dan pemerintah pusat," dia mengakhiri.

 

Saksikan video pilihan berikut ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Tonton Live Streaming Indosiar: Bhayangkara FC vs Persebaya Surabaya Exclusive di Vidio

Posted: 30 Aug 2019 08:30 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta- Duel sengit akan terjadi di Stadion Patriot Chandrabhaga, Sabtu (31/8/2019) sore WIB. Bhayangkara FC bakal menjamu Persebaya Surabaya pada pekan ke-17 Shopee Liga 1 2019.

David Aparecido da Silva jadi sorotan utama di laga ini. David diyakini akan melakoni laga debutnya bersama Persebaya Surabaya setelah bergabung pada bursa transfer paruh musim saat menghadapi Bhayangkara FC.

Menariknya, David adalah bomber buangan Bhayangkara FC pada Liga 1 2018. Ia didepak sesaat sebelum kompetisi dimulai.

Striker asal Brasil itu lalu merapat ke Persebaya Surabaya dan berhasil membukukan 20 gol dari 23 pertandingan. Setelahnya, ia hijrah ke Pohang Steelers di Liga Korea Selatan sebelum kembali ke Kota Pahlawan di pertengahan musim ini.

Duel Bhayangkara FC melawan Persebaya akan disiarkan Indosiar dimulai pukul 15.30 WIB. Pertandingan ini juga bisa disaksikan melalui melalui exclusive live streaming di Vidio Premier dengan berlangganan di link berikut ini...

 

 

Prakiraan Susunan Pemain

Bhayangkara FC (4-3-1-2): Wahyu Tri Nugroho (k); I Putu Gede, Anderson Salles, Indra Kahfi, Fatchu Rochman (b); Lee Yuu-jun, Wahyu Subo Seto, Sani Rizki (t); Flavio Beck Junior (t); Dendy Sulistyawan, Ramiro Fergonzi (d)

Caretaker: Yeyen Tumena

Persebaya Surabaya (4-3-3): Miswar Saputra (k); Abu Rizal Maulana, Mokhamad Syaifuddin, Andri Muliadi, Elisa Basna (b); Muhammad Hidayat, Damian Lizio, Fandi Eko Utomo (t); Oktafianus Fernando, David da Silva, Osvaldo Haay (d)

Caretaker: Sugiantoro

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

VIDEO: Detik-Detik Bentrokan Warga Kashmir dengan Polisi

Posted: 30 Aug 2019 08:30 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Bentrokan pecah di Kashmir setelah warga menjalankan ibadah salat Jumat. Warga lempari pasukan keamanan India dengan batu.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Tidak ada komentar: