Selasa, 27 Agustus 2019

Liputan6 : RSS2 Feed

Liputan6 : RSS2 Feed


Jangan Disepelekan, Ini 5 Tanda Tubuh Kekurangan Zat Besi

Posted: 27 Aug 2019 10:45 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Di setiap bagian tubuh yang ada di dalam diri kamu ini kerap membutuhkan nutrisi yang berguna untuk menjalankan fungsinya masing-masing. Namun, apabila kebutuhannya tidak tercukupi maka akan mengganggu sistem kerjanya dan akan berdampak buruk terhadap tubuhmu. Salah satu nutrisi yang dibutuhkan oleh tubuh adalah zat besi.

Zat besi merupakan senyawa yang berperan penting dalam membentuk sel darah merah. Fungsinya adalah untuk mengangkut oksigen ke seluruh tubuh sehingga organ-organ dapat bekerja dengan baik. Tetapi, apabila sel darah merah di dalam tubuh berkurang maka jaringan dan otot-otot tubuh tentu tidak akan mendapatkan cukup oksigen.

Hal ini bisa membuat terganggu dan memicunya gejala anemia defisiensi besi, alias kekurangan zat besi. Ya, kekurangan zat besi bisa terjadi pada siapapun. Namun enggak semua orang mengetahui apa saja tanda kekurangan zat besi. Padahal jika dibiarkan, kekurangan zat besi bisa menyebabkan beragam gangguan kesehatan.

Berikut ini Liputan6.com, Rabu (28/8/2019) telah rangkum dari berbagai sumber lima gangguan kesehatan yang diakibatkan dari kekurangan zat besi.

Wajah Pucat

Wajah Pucat

Wajah terlihat pucat merupakan salah satu tanda dari tubuh kekurangan zat besi. Ya, ketika tubuh kekurangan zat besi, maka tubuh akan memproduksi hemoglobin lebih sedikit dari biasanya. Hal ini membuat rona merah di wajah jadi berkurang sehingga terlihat lebih pucat dari biasanya.

Nah, untuk mengetahui kondisi wajah pucat atau tidak, kamu bisa mendeteksinya dengan melihat area kelopak mata bawah di bagian dalamnya. Apabila warnanya terlihat lebih pucat atau tidak secerah dan semerah biasanya, maka bisa jadi kamu kekurangan zat besi.

Selain itu, kamu juga mendeteksinya dengan melihat kondisi gusi dan bibir kamu. Apabila gusi dan bibir kamu tampak lebih pucat dari biasanya, maka kamu mungkin kekurangan zat besi. Kamu bisa membandingkan kondisi gusi dan bibir kamu ini dengan orang lain yang sehat.

Rambut Rontok

Rambut rontok. (Foto: shutterstock.com By DimaBerlin)

Kekurangan zat besi juga bisa menyebabkan folikel rambut tidak memperoleh oksigen secara maksimal. Pada kondisi ini, tubuh akan lebih memfokuskan oksigen pada organ-organ yang lebih penting, seperti jantung.

Apabila rambut kamu rontok sebanyak 100 helai dalam sehati, maka segera tangani dengan bantuan medis atau perawatan alami agar tidak memperparah kondisinya.

Sakit Kepala

Pusing (Ilustrasi/iStockphoto)

Seseorang yang kekurangan zat besi bisa ditandai dengan sakit kepala. Hal ini dikarenakan tingkat hemoglobin yang rendah dalam sel darah merah dapat mencegah oksigen mencapai ke otak. Kondisi ini bisa mengakibatkan pembengkakan pembuluh darah, yang pada akhirnya menyebabkan sakit kepala.

Mudah Lelah

Mudah Lelah

Pada seseorang yang mengalami kekurangan zat besi biasanya sering merasa lesu, lelah, dan sulit fokus. Beberapa tanda tersebut juga umum terjadi karena kecapekan. Tetapi ini juga bisa menjadi pertanda bahwa tubuh kamu tidak memiliki cukup hemoglobin.

Hemoglobin merupakan suatu protein yang ditemukan di dalam sel darah merah, yang memiliki fungsi untuk membantu membawa oksigen ke seluruh tubuh. Nah kalau kadar hemoglobin di dalam tubuh sedikit, maka oksigen yang akan diedarkan ke seluruh tubuh juga akan berkurang. Hal ini mengakibatkan jaringan dan otot-otot tubuh jadi kekurangan energi.

Untuk menggantikannya, maka organ hatilah yang harus bekerja lebih keras untuk memindahkan lebih banyak darah kaya oksigen ke seluruh tubuh. Hal inilah yang menjadikan tubuh kamu malah semakin lelah.

Lidah Bengkak

Lidah yang bengkak / Source: Playground

Melansir dari Klikdokter, The National Heart, Lung and Blood Institue mengatakan bahwa lidah bengkak juga menjadi tanda lain dari kekurangan zat besi di dalam tubuh. Ya, lidah kamu akan terasa lebih bengkak dan sakit karena kadar hemoglobin yang rendah.

Tak hanya itu, bagian mulut lainnya juga akan tanmpak pecah-pecah dan warnanya berubah menjadi lebih pucat. Pada sebuah artikel di Western Journal of Medicine juga melaporkan bahwa sariawan juga bisa terjadi ketika tubuh mengalami abemia atau kekurangan zat besi.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Media Asing Soroti Pilihan Nama untuk Ibu Kota Baru Indonesia

Posted: 27 Aug 2019 10:42 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Presiden Joko Widodo akan memindahkan ibu kota dari DKI Jakarta ke Kalimantan Timur. Dua kota telah dipilih, yakni Kutai Kartanegara dan Penajam Paser Utara. Kabar itu tidak hanya santer diwartakan oleh media lokal dan nasional, namun juga internasional.

Baru-baru ini, sebuah media asing yang berbasis di Singapura, Channel News Asia, menyoroti pilihan nama untuk ibu kota baru Indonesia. Pada Selasa 27 Agustus 2019, portal yang kerap disebut CNA itu mengutip pemberitaan Reuters tentang banyaknya warganet yang mengusulkan nama-nama unik. 

"Masyarakat Indonesia tergerak untuk memberikan saran nama bagi ibu kota masa depan mereka... setelah pengumuman yang telah ditunggu-tunggu sejak nama terkait lokasi baru," lapor Channel News Asia dikutip Rabu (28/8/2019).

Nama yang disorot oleh kedua media itu, Reuters dan CNA adalah "Jokograd" dan "Sant Jokoburg" yang telah disarankan oleh pengguna twitter bernama @Enggalpm

"Semoga keduanya dapat dipertimbangkan," tulis @Enggalpm.

Sementara itu, pengguna bernama @IdThalamus mengusulkan "Mandalanusa" yang memiliki arti sebagai pusat kepulauan. Adapun @AnugrahArgaS6 mengusulkan "Sri Mahendrakerta" yang berarti sebuah kota yang diberkati oleh para Dewa untuk membawa kebijaksanaan, menegakkan keadilan, dan menciptakan kemakmuran.

Di bagian akhir, Channel News Asia mengakui pemilihan nama memang sangat sensitif di Indonesia yang multietnis. Adapun saat ini, badan perencanaan pembangunan nasional (BAPPENAS) mengatakan nama ibu kota baru belum diputuskan.

Keputusan Jokowi Pindahkan Ibu Kota Disorot Dunia

Presiden Jokowi didampingi Menteri ATR/BPN Sofyan Djalil memberikan keterangan pers rencana pemindahan Ibu Kota Negara di Istana Negara, Senin (26/8/2019). Lokasi Ibu Kota berada di wilayah Kabupaten Pejaman Penajam Pasar utara dan Kabupaten Kutai Kartanegara di Kaltim. (Liputan6 com/Angga Yuniar)

Sementara itu, keputusan Jokowi memindahan ibu kota itu menjadi sorotan dunia. Mulai dari Asia hingga Amerika.

Dari Malaysia, The Star Online mengulasnya melalui artikel bertajuk "Jakarta-based diplomats question capital move". Di mana mengulik soal kantor diplomatik, kantor regional dan waktu relokasi. Situs ini juga membandingkan perpindahan ibu kota Jakarta dengan hal serupa yang dilakukan Korea Selatan pada 2012.

Media Taiwan, Taipei Times, juga turut mengangkat isu yang tengah hangat tersebut dengan tulisan "Jokowi picks new Indonesian capital". Sedangkan Taiwan News melalui "Indonesia to move capital from Jakarta to East Kalimantan". 

Sementara itu, dari Singapura, The Straits Times, memaparkannya dalam artikel "East Kalimantan to be home of Indonesia's new capital: Jokowi".

"Presiden Indonesia Joko Widodo telah memilih Kalimantan Timur sebagai lokasi ibu kota baru Indonesia untuk meredakan ketegangan di Jakarta," tulis media tersebut.

Situs berita Filipina, Manila Times, juga tak ketinggalan mengangkat isu soal pemindahan ibu kota Indonesia itu. Melalui sebuah tulisan yang diberi tajuk "Borneo Indonesia's new capital".

Negeri Tiongkok melalui South China Morning Post, juga mengulasnya dari sisi biaya perpindahan ibu kota dengan artikel "Indonesia picks area on Borneo for new capital, with relocation estimated to cost US$33 billion".

Dari Negeri Sakura, Nikkei Asian Review memuat isu tersebut lewat "Jokowi announces Indonesia's new capital in East Kalimantan". Sedangkan NHK dengan "Indonesian capital to shift to Borneo".

 

Australia hingga Amerika

Presiden Joko Widodo (Jokowi) meninjau progres pembangunan Runway 3 Bandara Internasional Soekarno Hatta, Kota Tangerang, Jumat (21/6/2019).

Negeri Kanguru pun ikut menggulirkan isu pemindahan ibu kota Indonesia yang baru saja diumumkan oleh Jokowi. Situs ABC News dengan "Indonesia picks Jakarta capital replacement in East Kalimantan province on Borneo", memaparkan detik-detik keputusan tersebut.

"Provinsi Kalimantan Timur yang berpenduduk jarang, yang terkenal dengan hutan hujan dan orangutan, akan menjadi lokasi ibu kota baru Indonesia, kata Presiden Joko Widodo," tulis media itu.

Artikel "Indonesia picks Borneo island as site of new capital", menjadi tajuk pemberitaan media Amerika BBC. Sementara New York Times mengulas dengan "Indonesia's Capital is Sinking, Polluted and Crowded. It's Leader Wants to Build a New One." 

Lalu media Time ikut membahasnya melalui "Indonesia Plans to Move Its Capital to the Island of Borneo". Sementara media Inggris laiinya, The Telegraph memuatnya dengan "Indonesia will move capital to island of Borneo", juga "Why Indonesia's government is moving capital from Jakarta to a 'strategic location' in Borneo".

Sedangkan Bloomberg dengan "Jokowi Picks Borneo for New Indonesia Capital".

Media Amerika, Voice of America membahasnya dengan "Indonesian President: New Capital Will Be on Borneo". 

Simak pula video pilihan berikut:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Investor Inggris Minat Tambah Investasi Jasa Keuangan di Indonesia

Posted: 27 Aug 2019 10:42 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Sejumlah perusahaan investasi yang berasal dari Inggris menyatakan tertarik untuk memperbanyak investasinya di sektor jasa keuangan terutama yang berhubungan dengan green financing dan menunjang pencapaian program pembangunan berkelanjutan.

Demikian pernyataan yang mengemuka dalam pertemuan United Kingdom Financial Services Dialogue 2019, akhir pekan lalu di Jakarta yang dihadiri Ketua Dewan Komisioner OJK Wimboh Santoso, Duta Besar Inggris untuk Indonesia Owen Jenkins serta puluhan investor dan jajaran eksekutif pasar keuangan Inggris.

Acara itu diselenggarakan oleh Young Indonesian Professionals Association (YIPA) Inggris Raya yang berkerja sama dengan OJK and BritCham Indonesia dan didukung oleh British Embassy Jakarta, ICMA, ASIFMA, Equatorise, Accenture dan Ginting & Reksodiputro.

"Acara ini diadakan karena ada ketertarikan untuk semakin mempererat hubungan bisnis dan investasi dari Inggris ke Indonesia" kata Direktur Eksekutif, YIPA Inggris Raya Steven Marcelino dalam keterangannya, Rabu (28/8/2019).

Dubes Owen Jenkins juga menjelaskan bahwa Inggris sudah memposisikan diri sebagai negara mitra bagi Indonesia untuk berkolaborasi dalam green finance, Islamic finance, fintech dan berbagai insitiatif penting lainnya di pasar keuangan.

Sampai 2019, indikator 'perekonomian hijau' di Indonesia tumbuh cukup signifikan dengan total green loans di USD 133 miliar (Rp 1,850 triliun). Sedangkan pengeluaran akumulatif green bonds USD 169 juta dan pengeluaran green sukuk Pemerintah USD 2 juta.

 

Industri Jasa Kaungan Indonesia Stabil

Ketua Dewan Komisioner Otoritas Jasa Keuangan (OJK) Wimboh Santoso saat menggelar jumpa pers tutup tahun 2018 di Gedung OJK, Jakarta, Rabu (19/12). (Liputan6.com/Faizal Fanani)

Wimboh Santoso dalam kesempatan itu menyampaikan bahwa kondisi perekonomian Indonesia serta sektor jasa keuangan berada dalam kondisi yang stabil dan terjaga termasuk untuk menghadapi kondisi pelambatan perekonomian global.

OJK, menurut Wimboh, bersama Bank Indonesia dan Pemerintah Indonesia memiliki komitmen kuat untuk merespons tantangan-tantangan eksternal dengan berbagai kebijakan yang antisipatif. Diantaranya Pemerintah meluncurkan berbagai tax incentives untuk menarik investasi masuk ke Indonesia dan Bank Indonesia sendiri telah menurunkan suku bunga sebanyak 50 bps ke level 5,5 persen dalam dua bulan terakhir untuk antisipasi perlambatan pertumbuhan ekonomi global.

OJK berkerja sama dengan berbagai pihak termasuk pemerintah baik pusat maupun daerah, Kadin, Apindo dan pelaku di industri keuangan untuk pengembangan sektor unggulan. 

Sektor unggulan yaitu Pariwisata, Manufaktur, Pertambangan, Agribisnis dan Perikanan. Pengembangan sektor unggulan ini diharapkan dapat meningkatkan ekspor dan substitusi impor, membuka lapangan kerja dan meningkatkan tax based.

Strategi Sri Mulyani Gaet Lebih Banyak Investasi di 2020

Menkeu Sri Mulyani memberi sambutan saat seremonial pembangunan Kantor Pusat Otoritas Jasa Keuangan (OJK) di Jakarta, Selasa (2/4). Gedung Indonesia Financial Center diperuntukkan bagi OJK dan Kementerian Keuangan. (Liputan6.com/Angga Yuniar)

Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati menghadiri rapat paripurna dengan Dewan Perwakilan Rakyat (DPR). Rapat tersebut membahas mengenai tanggapan pemerintah terhadap pernyataan fraksi atas Rancangan Anggaran Penerimaan Belanja Negara (RAPBN) 2020.

Dalam kesempatan itu, Sri Mulyani membeberkan strategi pemerintah untuk menarik lebih banyak investasi ke Indonesia. Salah satunya melalui pemberian dukungan dalam bentuk insentif fiskal maupun non-fiskal.

"Kinerja investasi akan mengambil peran penting dalam mendorong percepatan pertumbuhan ekonomi ke depan. Untuk itu, Pemerintah telah berupaya menyelesaikan berbagai hambatan dan melakukan berbagai terobosan kebijakan yang tepat," ujarnya di Gedung DPR, Jakarta, Selasa (27/8/2019).

"Yaitu melalui perbaikan dan penyederhanaan regulasi untuk mempermudah usaha, promosi investasi, pendalaman sektor keuangan, dan peningkatan partisipasi swasta. Di samping itu, Pemerintah juga akan memberikan dukungan dalam bentuk insentif fiskal maupun non-fiskal," sambunya.

Sri Mulyani melanjutkan, pemerintah bersama otoritas moneter dan jasa keuangan juga selalu memantau dan menyiapkan langkah antisipatif untuk merespons dinamika ketidakpastian perekonomian global yang terjadi saat ini serta di waktu ke depan. Hal ini berpotensi dapat memengaruhi momentum peningkatan pertumbuhan perekonomian nasional.

Sri Mulyani mengatakan, pemerintah akan mendorong sektor sekunder tumbuh lebih tinggi. Antara lain melalui berbagai insentif fiskal pada sektor industri dalam bentuk tax allowance, tax holiday, subsidi pajak, insentif PPN, serta fasilitas kepabeanan untuk pengembangan kawasan tertentu.

"Diharapkan dengan insentif fiskal tersebut dapat meningkatkan kinerja sektor industri yang dapat memberikan nilai tambah terhadap produk ekspor yang bernilai tambah tinggi serta industri padat karya yang mendorong pertumbuhan ekonomi," tandasnya.

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Heboh Isu Manipulasi Suara Produce X 101, Anggota X1 Buka Suara

Posted: 27 Aug 2019 10:40 PM PDT

Liputan6.com, Seoul - Boyband X1 telah menggelar pertunjukan debut mereka pada Selasa (27/8/2019) di Gocheok Sky Dome, Seoul, Korea Selatan. Dalam pertunjukan tersebut, X1 menampilkan lagu-lagu yang pernah menjadi lagu konsep di acara Produce X 101, seperti "Pretty Girl", "U Got It", dan "Move".

Kemeriahan acara mencapai puncaknya ketika para personel X1 mepersembahkan lagu debut mereka berjudul "Flash". Video musik "Flash" hingga saat berita ini ditulis telah ditonton lebih dari 5 juta kali.

Sebelum tampil di pertunjukan debut, boyband X1 terlebih dahulu mengadakan konferensi pers terkait debut mereka. Dilansir dari Soompi, Rabu (28/8/2019), seorang reporter bertanya mengenai perasaan para personel X1 terkait kontroversi manipulasi suara yang terjadi di acara Produce X 101. 

Seperti diberitakan sebelumnya, setelah babak final Produce X 101 tayang, muncul kecurigaan telah terjadi manipulasi suara. Dugaan ini, kini tengah diusut pihak berwenang Korea Selatan. 

Sebagai leader X1, Han Seung Woo, merespons pertanyaan tersebut dengan tenang. Ia menjelaskan bahwa grupnya saat ini sedang fokus mempersiapkan debut sehingga mereka tak mendapat banyak informasi mengenai investigasi kasus tersebut.

"Seperti yang saya sebutkan sebelumnya, kami fokus berlatih untuk debut kami dan memiliki jadwal yang sibuk, jadi kami tidak dapat mendengar banyak tentang [penyelidikan]," ucap Han Seung Woo.

Janji X1

X1 (Sumber: tvN)

Ia kemudian menambahkan bahwa saat ini X1 berupaya untuk membalas cinta yang telah diberikan para penggemar. 

"Pada akhirnya, kami ingin membalas apa yang telah kami terima dari para penggemar yang menunggu kami dan memberi mereka kesan positif tentang kami. Kami bekerja keras demi orang-orang yang mencintai kami, dan kami berharap album ini akan menghapus [kekhawatiran mereka]," lanjut Han Seung Woo.

 

X1 Flash

X1 (Sumber: tvN)

Sementara itu, X1 sudah mulai sibuk dengan sejumlah acara TV yang mengundang mereka. Salah satunya, variety show populer Idol Room yang akan menampilkan seluruh personel X1.

Tak hanya itu, mereka juga punya reality TV show sendiri yang bertajuk X1 Flash. Acara ini akan menayangkan proses di balik layar pembuatan album mereka. Mulai dari proses rekaman, latihan koreografi, hingga pengambilan foto konsep dan video musik.

Di Indonesia, X1 Flash akan ditayangkan mulai hari ini di tvN

(Affiyah Tri Yuni Sari/mgg)

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Bosan di MU, Keputusan Lukaku Pindah ke Inter Milan Sudah Tepat

Posted: 27 Aug 2019 10:30 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Romelu Lukaku sudah meninggalkan Manchester United (MU) dan pindah ke Inter Milan. Pelatih Belgia, Roberto Martinez, yakin bahwa keputusan itu sudah tepat.

Martinez melihat pemain yang berposisi sebagai penyerang tersebut, sedang merasa bosan di Old Trafford. Lukaku meninggalkan skuat asuhan Ole Gunnar Solskjaer itu setelah ditebus Inter Milan dengan harga mencapai 80 juta euro.

Ia langsung diturunkan begitu Nerazzurri melakoni laga pekan perdananya di Serie A kontra Lecce, Selasa 27 Agustus 2019 lalu.

Pada pertandingan yang digelar di San Siro tersebut, Lukaku langsung mencetak gol perdananya bersama Inter maupun di Italia. Gol itu juga mengantar pasukan Antonio Conte meraih kemenangan telak dengan skor 4-0.

Usai pertandingan, pelatih Inter Milan itu melayangkan pujian habis-habisan untuk penyerang berumur 26 tahun tersebut. Rasa senang yang sama juga terlihat dalam pernyataan Roberto Martinez belum lama ini.

Lukaku Bosan

Striker Inter Milan (kanan) Romelu Lukaku menaklukkan kiper Lecce Gabriel Ferreira pada laga Seri A di Stadio Giuseppe Meazza, Senin (26/8/2019) atau Selasa dini hari WIB. (AP Photo/Luca Bruno)

Martinez meyakini bahwa keputusan untuk meninggalkan Manchester United memang sudah seharusnya diambil. Sebab, ia melihat Lukaku tumbuh dengan rasa bosan selama berseragam the Red Devils selama dua tahun ini.

"Romelu membutuhkan tantangan yang baru. Terkadang anda hanya merasa kebosanan akan sebuah klub," tutur pelatih asal Spanyol itu kepada VTM.

"Bekerja dengan Conte akan membuatnya senang dan proyek Inter, yang akan mengejar gelar, itu menarik. Saya melihat Lukaku tertawa lagi dan itu membuat saya senang," lanjutnya

Berpengaruh Positif ke Timnas

Dengan kembalinya Lukaku mencetak gol, tentu hal tersebut akan berpengaruh positif kepada Timnas Belgia. Seperti yang diketahui, ketajaman Lukaku menurun jauh begitu Manchester United masuk ke musim 2018/19 kemarin.

Sebagai perbandingan, Lukaku berhasil mencetak 27 gol dari 51 laga di semua kompetisi pada musim perdananya. Sementara pada musim lalu, ia hanya mampu mencetak 15 gol dari 45 penampilan.

Roberto Martinez pun bisa mengalihkan perhatiannya kepada bek berumur 32 tahun yang sedang membela Tottenham, Jan Vertonghen. Saat ini, status Vertonghen tengah dibekukan dari klub dan belum pernah bermain lagi di Premier League musim ini.

"Jan telah menjadi pemain kami yang paling konsisten dalam tiga tahun terakhir," tambahnya. "Kami akan membantunya untuk bisa kembali bugar dalam pertandingan. Dia tidak menjadi pesepakbola yang buruk dalam waktu dua bulan terakhir," tandasnya.

 

Sumber asli: Goal International

Disadur dari: Bola.net (Penulis,Yaumil Azis, published 28-08-2019)

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Live Streaming Persija Jakarta vs PSM Makassar, Duel Klasik Bertensi Tinggi

Posted: 27 Aug 2019 10:30 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Pada Rabu (28/8/2019) duel seru antara Persija Jakarta melawan PSM Makasar akan tersaji di Stadion Utama Gelora Bung Karno. Pertandingan ini merupakan pertandingan tunda dari pekan ketujuh Shopee Liga 1 2019.

Duel ini akan tersaji dengan seru, pasalnya keduanya sudah bersaing di liga Indonesia sejak sangat lama. Duel klasik ini bakal menjadi penentu posisi klasemen keduanya di Shopee Liga 1. Saat ini Persija masih tercecer di peringkat ke-15 dengan raihan 13 poin. Sementara PSM lebih baik dengan catatan 19 poin dan berada di posisi ke-9.

Laga ini bisa menjadi momen kebangkitan Macan Kemayoran. Apalagi jelang laga melawan PSM Makassar, hampir dipastikan Persija siap tempur dengan skuad yang lengkap kecuali absennya Sandi Sute karena mendapatkan akumulasi karu kuning.

Di skuad PSM Makassar, dikabarkan laga melawan Persija Jakarta dikabarkan akan menjadi pertandingan terakhir bagi penyerang asing berpaspor Finlanda, Eero Markkanen. Markkanen hanya mampu cetak satu gol saja bersama PSM. Gol yang dicetak Markkanen terjadi saat PSM dibeku PSS Sleman 3-2 (24/8/2019).

Keinginan Persija Jakarta memperbaiki peringkat dan motivasi Markkanen ingin menunjukkan performa terbaiknya, membuat laga klasik ini dipastikan sayang buat dilewatkan. Apalagi kamu juga bisa menyaksikan pertandingan seru ini secara eksklusif live streaming di Video Premier.

Prakiraan Susunan Pemain

Shopee Liga 1 2019: Persija Jakarta vs PSM Makassar. (Bola.com/Dody Iryawan)

Laga klasik akan tersaji sore nanti (28/8/2019) di Stadion Utama Gelora Bung Karno antara Persija Jakarta melawan PSM Makassar. Kedua tim akan tampil maksimal demi mendulang tiga poin. Adu strategi dipastikan terjadi antara pelatih Persija Julio Banuelos dengan pelatih PSM Makassar Darije Kalezic.

Berikut prediksi starting line up Persija Jakarta Vs PSM Makassar.

Persija Jakarta (4-3-3): Shahar Ginanjar (kiper), Rezaldi Hehanusa, Maman Abdurrahman, Ryuji Utomo, Novri Setiawan (belakang), Tony Sucipto, Rohit Chand, Ramdani Lestaluhu (tengah), Heri Susanto, Riko Simanjuntak, Marko Simic (depan)

Pelatih: Julio Banuelos (Spanyol)

PSM Makassar (4-3-3): Rivki Mkodompit (kiper), Asnawi Mangkualam, Aaron Evans, Abdul Rahman, Beny Wahyudi (belakang), Wiljan Pluim, Marc Klok, Muhammad Arfan (belakang), Zulham Zamrun, Eero Markkanen, Muhammad Rahmat (depan)

Pelatih: Darije Kalezic (Bosnia)

Live Streaming Persija Jakarta Vs PSM Makassar

Laga big match Shopee Liga 1 antara Persija Jakarta Vs PSM Makassar akan disiarkan langsung di Indosiar pukul 15.30 WIB. Selain di Indosiar, pencinta sepak bola Tanah Air juga bisa menyaksikan secara exclusive live streaming di Video Premier dengan berlangganan di sini.

Video Premier akan menyiarkan secara eklusif laga Persija Jakarta Vs PSM Makassar. Cara menyaksikan di video premier ialah dengan berlangganan di Vidio.com. Kamu hanya perlu keluarkan dana Rp 10 ribu saja, kamu bisa mendapatkan paket 7 hari menyaksikan video premier di Vidio.com. Dapatkan juga cash back Rp 5 ribu dengan menggunakan DANA. Promo ini berlaku hingga 30 Agustus 2019.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Maia Estianty Sudah Tinggalkan Dunia Musik

Posted: 27 Aug 2019 10:30 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Setelah menikah dengan Irwan Mussry, Maia Estianty terlihat menikmati kesehariannya sebagai seorang istri. Alhasil, saat sang suami bepergian ke luar kota ataupun ke luar negeri, ia wajib menemani.

"Sekarang banyak traveling menemani suami, tugas ibu negara. Punya suami yang kerjaannya pergi-pergi mau enggak mau harus ikut. Jadinya capek-capek happy," ujar Maia Estianty dalam tayangan Halo Selebriti yang diunggah di YouTube SCTV, Rabu (28/8/2019).

Menariknya, pada kesempatan yang sama Maia Estianty juga mengaku telah meninggalkan dunia musik, sehingga ia punya banyak waktu menemani suami. Meskipun, tak menutup kemungkinan suatu hari ia bisa kembali bermusik.

"Musik, alhamdulillah sudah aku tinggalkan. Kecuali kemarin sama Tata, karena dia merengek minta dibuatkan lagu. Tapi bisa balik lagi suatu hari kalau aku lagi mood. Harus dari dalam hati, karena musik itu darahku," terang Maia Estianty kepada wartawan, seperti terlihat dalam video Selebrita yang diunggah di Twitter, Selasa (27/8/2019).

Intimate dengan Keluarga

Irwan Mussry dan Maia Estianty. (dok. Instagram @maiaestiantyreal/https://www.instagram.com/p/BzP64LcnjMm/Putu Elmira)

Perjalanan Maia Estianty ke Labuan Bajo bersama keluarga, diakui Maia baru pertama kali dialaminya. Maia pun menceritakan bagaimana suaminya benar-benar cinta dengan keluarganya.

"Kemarin itu (ke Labuan Bajo) request-nya suamiku. Dia pengin banget intimate dengan anak-anak, orang tua, dan semuanya," terang Maia pada kesempatan yang sama.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

VIDEO: Kerap Meresahkan Pengendara, Petugas Razia Pak Ogah

Posted: 27 Aug 2019 10:30 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Satpol PP razia pemandu parkir liar atau Pak Ogah. Razia ini dilakukan karena laporan dari pengendara yang resah dengan ulah pemandu parkir liar.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Bawaslu Usul ke Jokowi Ubah UU Pilkada Agar Eks Koruptor Tak Bisa Calonkan Diri

Posted: 27 Aug 2019 10:29 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Presiden Joko Widodo (Jokowi) menerima Ketua Bawaslu RI Abhan dan Menteri Dalam Negeri Tjahjo Kumolo di Istana Kepresidenan, Jakarta Pusat, Rabu (28/8/2019).

Abhan menjelaskan dalam pertemuan tersebut dirinya melaporkan kinerja pengawasan pemilu 2019 kepada Jokowi. Tidak hanya itu mereka juga melaporkan persiapan Pilkada Serentak 2020.

Dalam pertemuan tersebut Abhan juga meminta Jokowi merevisi UU Nomor 10 Tahun 2016 tentang Pilkada. Yaitu tentang pelarangan pencalonan eks koruptor diatur dalam undang-undang.

"Soal sarat calon napi koruptor saya kira harus dipertegas dengan UU pilkada ini. Kalau kita semua bahwa calon yang diusung parpol di Pilkada adalah orang yang bebas dari napi koruptor dan harus di UU. Tidak cukup dengan PKPU," kata Abhan usai bertemu Jokowi di Istana Kepresidenan, Jakarta Pusat, Rabu (28/8/2019).

Dalam pertemuan tersebut Abhan juga menyerahkan naskah akademik atas usulan revisi UU tersebut.

"Tadi kami melakukan usulan itu kepada pemerintah, dan kami juga menyerahkan naskah akademik atas usulan revisi UU 10 tahun 2016. kira-kira itu," lanjut Abhan.

Jokowi Usul Kampanye Singkat

Terkait usulan tersebut, Mantan Gubernur DKI Jakarta itu juga merespon positif. Tidak hanya itu, Jokowi juga mengusulkan agar masa kampanye dilakukan dengan waktu yang singkat.

"Pak Presiden merespon baik, bahkan misalnya soal masa kampanye gimana kalau diefektifkan, jangan terlalu panjang, yang kayak gitu. itu nanti kami koordinasi lebih lanjut dengan mendagri, sebagai leading sector, untuk kemudian berkomunikasi lebih lanjut dengan DPR RI," ungkap Abhan.

Reporter: Intan Umbari Prihatin

Sumber: Merdeka

Saksikan video pilihan berikut ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Anies Salurkan Bantuan Kartu Penyandang Disabilitas, Ini Jumlahnya

Posted: 27 Aug 2019 10:27 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan melakukan peluncuran dan penyaluran Kartu Penyandang Disabilitas (KPD) Jakarta. Tahun 2019 ini, KPD diberikan kepada 7.137 orang penyandang disabilitas.

"Nilai yang diberikan pada warga per bulan Rp 300.000 yang diberikan per tiga bulan, kali ini kita langsung berikan 6 bulan, jadi mereka mendapatkan Rp 1,8 juta hari ini," ungkap Anies di Gelanggang Olahraga Remaja (GOR), Jakarta Timur, Rabu (28/8/2019).

"Sebagian dari warga penyandang disabilitas itu memang tidak memiliki kemampuan untuk rutin ke ATM, jadi bisa digunakan melalui keluarganya," lanjut Anies.

Penyandang disabilitas yang akan menerima KPDJ harus terdaftar dalam Basis Data Terpadu (BDT), memiliki NIK provinsi DKI Jakarta, dan berada di luar panti pemerintah maupun daerah.

Kepala Dinas Sosial Irmansyah menjelaskan, dana ini diambil dari alokasi pajak warga Jakarta.

"Tahun 2019 ini diberikan Rp 25 miliar lebih untuk 7.137 orang, dan insyaallah tahun depan sesuai dengan data BDT jumlahnya 14.459 orang yang terima tahun depan, insyallah," ujarnya.

 

Pesan untuk Bank DKI

Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan meluncurkan Kartu Penyandang Disabilitas, Rabu (28/8/2019). (Liputan6.com/ Ratu Annisaa)

Anies menegaskan, dia ingin warga di Jakarta yang berkebutuhan khusus bisa terpenuhi kebutuhannya. Karena itu, Anies meminta Bank DKI untuk memperlakukan para pemegang kartu dengan baik.

"Saya pesankan kepada Bank DKI sebagai penyalur untuk menghargai para penyandang disabilitas sebagai customer platinum. Kalau mereka datang ke fasilitas Bank DKI, hargai, hormati mereka, dan layani dengan sebaik-baiknya," tutur Anies.

Selain itu, Anies mengatakan, saat ini pengintegrasian data sebagai Jakarta Satu tengah dilakukan.

"Sejauh ini kita masih mengandalkan basis data terpadu, tapi kita ke depan nanti berharap menggunakan data Jakarta satu dan dari situ insyaallah bisa lebih lengkap," kata Anies.

"Harapannya nanti para penyandang disabilitas di Jakarta bisa merasakan kesetaraan kesempatan dan juga bisa mandiri tumbuh berkembang dengan baik," Anies mengakhiri.

 

Saksikan video pilihan di bawah ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

FOTO: Usut Korupsi Proyek Jalan, KPK Periksa Eks Kadis PU Papua Mikael Kambuaya

Posted: 27 Aug 2019 10:26 PM PDT

Mantan Kadis PU Provinsi Papua Mikael Kambuaya usai pemeriksaan di Gedung KPK, Jakarta, Rabu (28/8/2019). Mikael diperiksa sebagai tersangka kasus dugaan korupsi pengadaan pekerjaan peningkatan jalan Kemiri-Depapre Kabupaten Jayapura pada APBD-P Pemprov Papua TA 2015. (merdeka.com/Dwi Narwoko)

Mantan Kadis PU Provinsi Papua Mikael Kambuaya usai pemeriksaan di Gedung KPK, Jakarta, Rabu (28/8/2019). Mikael diperiksa sebagai tersangka kasus dugaan korupsi pengadaan pekerjaan peningkatan jalan Kemiri-Depapre Kabupaten Jayapura pada APBD-P Pemprov Papua TA 2015. (merdeka.com/Dwi Narwoko)

Mantan Kadis PU Provinsi Papua Mikael Kambuaya usai pemeriksaan di Gedung KPK, Jakarta, Rabu (28/8/2019). Mikael diperiksa sebagai tersangka kasus dugaan korupsi pengadaan pekerjaan peningkatan jalan Kemiri-Depapre Kabupaten Jayapura pada APBD-P Pemprov Papua TA 2015. (merdeka.com/Dwi Narwoko)

Mantan Kadis PU Provinsi Papua Mikael Kambuaya usai pemeriksaan di Gedung KPK, Jakarta, Rabu (28/8/2019). Mikael diperiksa sebagai tersangka kasus dugaan korupsi pengadaan pekerjaan peningkatan jalan Kemiri-Depapre Kabupaten Jayapura pada APBD-P Pemprov Papua TA 2015. (merdeka.com/Dwi Narwoko)

Mantan Kadis PU Provinsi Papua Mikael Kambuaya usai pemeriksaan di Gedung KPK, Jakarta, Rabu (28/8/2019). Mikael diperiksa sebagai tersangka kasus dugaan korupsi pengadaan pekerjaan peningkatan jalan Kemiri-Depapre Kabupaten Jayapura pada APBD-P Pemprov Papua TA 2015. (merdeka.com/Dwi Narwoko)

Mantan Kadis PU Provinsi Papua Mikael Kambuaya usai pemeriksaan di Gedung KPK, Jakarta, Rabu (28/8/2019). Mikael diperiksa sebagai tersangka kasus dugaan korupsi pengadaan pekerjaan peningkatan jalan Kemiri-Depapre Kabupaten Jayapura pada APBD-P Pemprov Papua TA 2015. (merdeka.com/Dwi Narwoko)

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Cerita Eks Pimpinan LPSK Tak Direspons Saat Hendak Lindungi Pegawai KPK

Posted: 27 Aug 2019 10:24 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Calon Pimpinan Komisi Pemberantasan Korupsi (Capim KPK) Lili Pintauli Siregar yang merupakan Wakil Ketua LPSK dua periode, 2008-2013 dan 2013-2018 bercerita saat lembaganya tak direspons ketika hendak melindungi pegawai KPK.

"Ada salah satu metode yang bisa digunakan (LPSK), jemput bola untuk merespons itu. Tapi sampai hari ini LPSK mencoba jemput bola ke pegawai-pegawai KPK yang alami ancaman tapi tidak terespons," ujar Lili di hadapan Pansel Capim KPK, Sekretariat Negara, Jakarta Pusat, Rabu (28/8/2019).

Menurut dia, saat hendak berupaya memberikan perlindungan kepada pegawai KPK yang diduga menerima ancaman, LPSK mendapatkan kesulitan. Salah satunya harus mendapat izin dari pimpinan KPK.

"Tugas pokok LPSK memang memberikan perlindungan bagi saksi dan korban. Beberapa kasus yang dialami KPK, kami jemput bola tapi tidak direspons. Tidak berkenan, harus izin pimpinan dan sebagainya," kata dia.

Lili berharap nantinya pimpinan KPK tak mempersulit jika pihak LPSK berupaya melindungi pegawainya.

"Kalau dilihat karena sering kali terjadi. Pimpinan yang dikriminalisasi, kekerasan, setidaknya ini catatan bagi pimpinan untuk memulai mengantisipasi apakah perlindungan itu bisa dilihat case by case. Karena tidak bisa dipungkiri kerja di KPK itu sangat perhatian dan sorotan untuk dapatkan ancaman," kata dia.

 

Uji Publik

Ketua Pansel KPK Yenti Ganarsih (tengah) memberikan keterangan terkait hasil profile assessment calon pimpinan KPK periode 2019-2023 dalam konferensi pers di Jakarta, Jumat (23/8/2019). Tahapan keempat seleksi calon pimpinan capim KPK telah selesai dan menyisakan 20 nama. (Liputan6.com/Angga Yuniar)

Pansel Capim KPK kembali melakukan uji publik terhadap tujuh kandidat komisioner KPK pada Rabu (28/8/2019).

Ketujuh Capim KPK yang akan menjalani uji publik tersebut adalah Direktur Tata Usaha Negara pada Jaksa Agung Muda Perdata dan Tata Usaha Negara Johanis Tanak, advokat yang juga mantan Wakil Ketua Lembaga Perlindungan Saksi dan Korban (LPSK) Lili Pintauli Siregar, akademisi Luthfi Jayadi Kurniawan, mantan jaksa M Jasman Panjaitan, hakim Pengadilan Tinggi Bali Nawawi Pomolango, dosen Neneng Euis Fatimah, dan dekan Fakultas Hukum Universitas Jember Nurul Ghufron.

Uji publik berlangsung di ruang serba guna gedung III Sekretariat Negara Jakarta dan dimulai pukul 08.00 WIB.

Sembilan orang Pansel Capim KPK yaitu Yenti Garnasih, Indriyanto Senoadji, Harkristuti Harkrisnowo, Marcus Priyo Gunarto, Diani Sadia Wati, Mualimin Abdi, Hendardi, Hamdi Moeloek, dan Al Araf akan mengajukan pertanyaan kepada para capim secara bergantian selama 1 jam.

Selain pansel, ada dua orang panelis juga yang akan bertanya yaitu sosiolog hukum Universitas Indonesia Meutia Ghani Rochman dan pengacara Luhut Pangaribuan.

Saksikan Video Pilihan Berikut Ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

6 Potret Terbaru Banadhi Kurnia, Mantan Personel Cherrybelle yang Makin Memesona

Posted: 27 Aug 2019 10:20 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Siapa yang tak mengenal Cherrybelle, girlband asal Indonesia yang kemunculannya menambah ramai industri musik Tanah Air. Tahun 2011, belantika musik Tanah Air sedang ramai diwarnai kemunculan boyband dan girlband, salah satunya Cherrybelle.

Cherrybelle hadir dengan konsep anak remaja yang manis dan ceria. Cherybelle memiliki 9 anggota dan selama perjalanan karier mereka setidaknya sudah berganti 6 kali formasi.

Hal ini lantaran sejak terbentuknya tahun 2011, satu persatu anggota Cherrybelle memilih keluar dari grup yang melambungkan namanya tersebut. Ditinggal anggotanya, manajemen Cherrybelle pun mengadakan audisi untuk melengkapi formasi grup tersebut. Salah satu member yang cukup menarik perhatian adalah Banadhi Kurnia Dewi atau disapa Onad.

Onad adalah sosok peserta yang lolos dalam audisi tersebut dan masuk sebagai anggota Cherrybelle formasi kelima tahun 2015. Selain punya visual cantik, Onad yang kini jadi mantan Cherrybelle tersebut juga jago nge-dance dan nge-rap. Gadis cantik ini bahkan menyandang sebagai Putri Pariwisata Indonesia Intelegensia 2017. 

Berikut ini 6 potret kecantikan Banadhi Kurnia Dewi, eks Cherrybelle yang makin memesona dilansir dari Instagram @onanad oleh Liputan6.com, Rabu (28/8/2019). 

1. Banadhi Kurnia Dewi atau yang akrab disapa Onad, salah satu member Cherrybelle formasi 5 di tahun 2015.

Banadhi Kurnia, eks Cherrybelle yang makin memesona dan cantik. (Sumber: Instagram/@onanad)

2. Onad memiliki kemampuan ngerap, vokal, dan menari yang sangat bagus nih!

Banadhi Kurnia, eks Cherrybelle yang makin memesona dan cantik. (Sumber: Instagram/@onanad)

3. Tak hanya jago nyanyi dan menari, Onad bahkan menyandang gelar Putri Pariwisata Indonesia Intelegensia 2017 lho!

Banadhi Kurnia, eks Cherrybelle yang makin memesona dan cantik. (Sumber: Instagram/@onanad)

4. Ia kemudian aktif mempromosikan wisata Indonesia dalam berbagai kesempatan dan acara.

Banadhi Kurnia, eks Cherrybelle yang makin memesona dan cantik. (Sumber: Instagram/@onanad)

5. Punya banyak bakat, Onad ternyata anak kelahiran tahun 1997 di Pangkal Pinang. Masih muda ya?

Banadhi Kurnia, eks Cherrybelle yang makin memesona dan cantik. (Sumber: Instagram/@onanad)

6. Cantik dan berbakat, tak heran kalau Onad punya banyak penggemar nih!

Banadhi Kurnia, eks Cherrybelle yang makin memesona dan cantik. (Sumber: Instagram/@onanad)

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Syuting Rumah Kentang: The Beginning, Jajang C. Noer Berpikir Akan Mati

Posted: 27 Aug 2019 10:20 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Jajang C. Noer turut membintangi film Rumah Kentang: The Beginning. Artis senior 67 tahun ini merasakan banyak tantangan dalam film besutan Rizal Mantovani tersebut.

Selain lokasi syuting yang begitu dingin, Jajang C. Noer juga mendapat peran yang cukup ekstrem. Pemeran Pendukung Wanita Terbaik FFI 1992 ini harus melakoni adegan dramatis ketika dirinya tertiban tempat tidur dan dicekik menggunakan gorden.

"Saya ditiban tempat tidur. Saya dicekik dengan gorden. Itu yang bikin bete, sampai enggak bisa bernapas. Itu saja sih yang seram dan susah," ungkap Jajang C. Noer di kawasan Pengalengan, Jawa Barat, baru-baru ini.

Tak cuma sekali, adegan itu diulang-ulang hingga beberapa kali. Saking beratnya adegan tersebut, Jajang C. Noer sempat berpikir akan meninggal dunia. Beruntung, Jajang C. Noer bisa pulang syuting dalam keadaan sehat wal afiat.

Rumah Kentang: The Beginning (Dok. Hitmaker Studios)

Panik

Rumah Kentang: The Beginning (Dok. Hitmaker Studios)

"Tiga kali (adegan dicekik). Sempat panik sih, 'Eh gue mau mati beneran nih'. Ceritanya yang nyekek entah siapa. Ternyata anak kentang, tapi enggak dikasih lihat. Itu saja yang susah. Yang lain oke saja karena sutradaranya tahu yang dia mau," ucap Jajang C. Noer.

"Enggak ada luka-luka juga sih. Karena kan ada triknya yang tertiban kasur. Tetapi memang itu tertiban beneran," tutupnya.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Ikut Pameran di Jepang, RI Bukukan Potensi Ekspor Perikanan Rp 607 Miliar

Posted: 27 Aug 2019 10:17 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Kementerian Kelautan dan Perikanan (KKP) kembali ikut serta dalam Japan International Seafood and Technology Expo (JISTE) yang berlangsung pada 21-23 Agustus 2019 di Tokyo Big Sight, Jepang. Dalam pameran ini, KKP menghasilkan nilai potensi transaksi ekspor perikanan sebesar USD 42,62 juta atau sekitar Rp 607,9 miliar (kurs Rp 14.264 per dolar AS)

Pameran ini merupakan pameran seafood terbesar di Jepang yang diikuti oleh sekitar 800 exhibitor dari 20 negara. Diisi sekitar 1.400 booth, JISTE dihadiri oleh industri retail, food services, trading, wholesaler, distributor, dan food processing dari seluruh wilayah Jepang dan sekitarnya.

Pada pameran JISTE kali ini, KKP mengikutsertakan 8 eksportir yang bergabung dalam Paviliun Indonesia seluas 84 m2 di South Hall 2 Booth No. BG-12. Selama pameran, eksportir Indonesia menampilkan beraragam produk perikanan antara lain fresh dan frozen tuna, preecooked, smoked dan canned tuna, value added shrimp dan tilapia, patsteurized clams, crabs dan shrimps, serta unagi kabayaki.

Direktur Pemasaran, Direktorat Jenderal Penguatan Daya Saing Produk Kelautan dan Perikanan (PDSPKP) KKP, Machmud mengatakan, keikutsertaan Indonesia pada pameran JISTE bertujuan untuk meningkatkan ekspor perikanan ke pasar Jepang dan membuka peluang baru ekspor produk perikanan Indonesia di pasar internasional.

"Jepang merupakan mitra dagang utama kedua sebagai negara tujuan ekspor perikanan Indonesia setelah Amerika Serikat (AS) dengan nilai USD 676,58 juta atau 13,92 persen dari total nilai ekspor perikanan Indonesia tahun 2018," ujarnya dalam keterangan tertulis di Jakarta, Rabu (28/8/2019).

Dalam kesempatan tersebut, dilaksanakan juga penandatanganan kerja sama suplai whole round tuna antara PT Perikanan Nusantara (Perinus) yang diwakili Andre F. Budihardjo dengan beberapa buyers antara lain Avis Cooperation, Kanzai Search Business Development dan Kaitokikaku Coorporation senilai USD 3,78 juta, Mushasi Co. Ltd. dengan nilai USD 2,7 juta dan Laut Trans dengan nilai USD 1,35 juta.

Selain itu, turut dilakukan penandatanganan kerja sama antara PT Perinus dengan Kaneshime Matsuda Suisan Co. Ltd. di bidang penguatan kapasitas staf bidang pengolahan ikan. Kerja sama juga dilakukan oleh PT Perinus dengan K-Laboratory di bidang penanganan dan budidaya benih sidat/belut (unagi).

Nilai Ekspor Perikanan Indonesia

Pedagang menata ikan di Pelelangan ikan Muara Baru, Jakarta, Sabtu (6/7/2019). Berdasarkan data Kementerian Kelautan dan Perikanan, selama semester I-2019 nilai ekspor produk perikanan Indonesia mencapai Rp40 triliun. (Liputan6.com/Angga Yuniar)

Keikutsertaan KKP dalam JISTE selama tiga hari ini telah menghasilkan nilai potensi transaksi sebesar USD 42,62 juta atau sekitar Rp 607,9 miliar. Angka ini meningkat 14,67 persen dibandingkan nilai potensi transaksi pada pameran tahun sebelumnya. Produk yang diminati para buyers antara lain udang jenis windu dan vaname, tuna segar dan beku, gurita, produk olahan berbasis surimi, dan unagi kabayaki. Para buyers berasal dari Jepang, AS, China, Mexico, Taiwan dan Oman.

Sebagai informasi, total nilai ekspor produk perikanan Indonesia pada tahun 2018 mencapai USD 4,86 miliar. Jepang merupakan mitra dagang utama kedua setelah AS (USD 1.876,9 juta) dengan nilai ekspor USD 676,58 juta atau 13,92 persen dari total nilai ekspor perikanan Indonesia tahun 2018. Sementara itu, tujuan utama pasar produk perikanan Indonesia lainnya ialah Tiongkok (USD 675,9 juta), ASEAN (USD 520,1 juta), dan Uni Eropa (USD 382,7 juta).

Komoditas ekspor utama perikanan Indonesia ke Jepang ialah udang (USD334,94 juta), tuna cakalang dan tongkol (USD 133,26 juta), rajungan/kepiting (USD 36,47 juta), dan cumi-sotong-gurita (USD 17,9 juta).

 

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Belum Pulih dari Hantaman Badai, Spanyol Kini Siaga Hadapi Hujan Sangat Lebat

Posted: 27 Aug 2019 10:16 PM PDT

Liputan6.com, Madrid - Beberapa bagian timur Spanyol dan kepulauan Balearic bersiap menghadapi hujan lebat, setelah Madrid dan daerah sekitarnya dilanda badai hebat yang memicu banjir bandang pada Senin 26 Agustus 2019.

Jalan-jalan di sekitar ibu kota Spanyol tergenang banjir, banyak penerbangan dialihkan dari Bandara Internasional Barajas yang terdampak. Layanan kereta bawah tanah pun terpengaruh pada Senin malam, ketika depresi badai terus bergerak melintasi pusat Semenanjung Iberia.

Dikutip dari The Guardian pada Rabu (28/8/2019), langit di atas Kota Madrid dan sekitarnya diterangi oleh lebih dari 9.300 kilat akibat badai terkait, lapor kantor meteorologi Spanyol, Aemet.

Salah satu daerah yang paling terpukul akibat badai tersebut adalah kota satelit Arganda del Rey, di mana mobil dan tempat sampah berhamburan terdorong banjir.

Penduduk setempat akhirnya menggunakan sekop untuk membersihkan jalan dan trotoar oleh puing-puing yang hanyut akibat hujan dingin.

Aemet mengatakan kota itu telah diguyur hujan setara 46,4 liter sir per meter persegi ketika badai mulai menghantam.

Situasi serupa membuat stasiun bawah tanah Arganda, yang merupakan salah satu pusat komuter di pinggiran Madrid, ditutup hingga Selasa pagi akibat sebagian jalur yang tergenang air.

Terdapat 1.134 Pengaduan Terkait Badai

Ilustrasi topan terbentuk (NASA/AP)

Pada Senin malam, Isabel Díaz Ayuso, pemimpin wilayah metropolitan Madrid, mengatakan petugas pemadam kebakaran telah menangani lebih dari 200 insiden akibat hantaman badai, dan meminta publik untuk tetap berhati-hati.

Layanan darurat Madrid mengatakan mereka telah menerima 1.134 pengaduan terkait dampak badai di sepanjang Senin sore hingga malam.

Departemen terkait juga telah mengkoordinasikan upaya pembersihan jalan-jalan dari reruntuhan pohon dan puing akibat banjir bandang, termasuk memompa genangan air dari banyak lingkungan pemukiman.

Aemet mengatakan bagian depan badai dingin itu telah bergerak ke arah timur, dan menempatkan kota Valencia, Alicante, Murcia, dan Balearics dalam status siaga.

Ditambahkan oleh Aemet bahwa laju badai yang terisolasi itu akan berlanjut hingga Rabu siang waktu setempat, ketika tekanannya bergerak menuju Italia utara.

Terjadi Lebih Dini

Ilustrasi Hujan (iStockphoto)

Seorang juru bicara Aemet mengatakan bahwa meskipun fenomena cuaca seperti itu lebih sering terlihat pada bulan-bulan musim gugur, terkadang hujan es dan hujan lebat bisa terjadi lebih awal, seperti Agustus tahun ini.

"Apa yang terjadi kemarin adalah bahwa wilayah Madrid, yang menanggung beban terbesarnya, bukanlah wilayah yang sangat terbiasa dengan tingkat curah hujan ini," kata Rubén del Campo.

"Biasanya wilayah Mediterania yang mendapatkan hujan paling deras. Tapi itu jarang terjadi, dan kini kami kaget saat melihat hujan yang sangat deras dan hujan es terjadi di Arganda del Rey," lanjut del Campo.

Masih menurut del Campo, sudah jelas bahwa suhu laut dan udara yang lebih tinggi, menyediakan lebih banyak energi dan bahan bakar untuk badai yang memicu bada hebat ketika bersinggungan dengan kondisi atmofer tertentu

Dia menambahkan: "Sangat sulit untuk mengatakan bahwa apa yang terjadi di Madrid kemarin adalah karena perubahan iklim. Tetapi, kita hidup dalam situasi di mana tidak ada keraguan bahwa suhu yang lebih tinggi berarti ada lebih banyak uap air di atmosfer, dan itulah bahan bakar yang memberi makan badai. Itu fakta."

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

FOTO: Ancaman Banjir dan Longsor, Jepang Evakuasi 240 Ribu Warga

Posted: 27 Aug 2019 10:15 PM PDT

Banjir merendam rumah-rumah di Takeo, Prefektur Saga, Jepang, Rabu (28/8/2019). Otoritas Jepang memerintahkan evakuasi bagi 240 ribu warga di kawasan barat daya akibat hujan lebat selama beberapa hari belakangan. (Kyodo News via AP)

Banjir merendam rumah-rumah di Takeo, Prefektur Saga, Jepang, Rabu (28/8/2019). Otoritas Jepang memerintahkan evakuasi bagi 240 ribu warga di kawasan barat daya akibat hujan lebat selama beberapa hari belakangan. (Kyodo News via AP)

Pasukan Bela Diri Jepang menyusuri banjir saat operasi penyelamatan di Takeo, Prefektur Saga, Jepang, Rabu (28/8/2019). Perintah evakuasi 240 ribu warga di Kyushu dan sekitarnya dikeluarkan usai seorang warga dilaporkan tewas akibat terkena imbas hujan deras di Kota Saga. (Kyodo News via AP)

Pasukan Bela Diri Jepang menyusuri banjir saat operasi penyelamatan di Takeo, Prefektur Saga, Jepang, Rabu (28/8/2019). Perintah evakuasi 240 ribu warga di Kyushu dan sekitarnya dikeluarkan usai seorang warga dilaporkan tewas akibat terkena imbas hujan deras di Kota Saga. (Kyodo News via AP)

Petugas kepolisian mengatur jalan raya saat banjir merendam Saga, Jepang, Rabu (28/8/2019). Pejabat Badan Meteorologi Jepang, Yasushi Kajiwara memperingatkan warga yang tinggal di lokasi-lokasi rawan untuk segera angkat kaki tanpa menunggu peringatan lanjutan. (Takuto Kaneko/Kyodo News via AP)

Petugas kepolisian mengatur jalan raya saat banjir merendam Saga, Jepang, Rabu (28/8/2019). Pejabat Badan Meteorologi Jepang, Yasushi Kajiwara memperingatkan warga yang tinggal di lokasi-lokasi rawan untuk segera angkat kaki tanpa menunggu peringatan lanjutan. (Takuto Kaneko/Kyodo News via AP)

Banjir merendam stasiun kereta api di Saga, Jepang, Rabu (28/8/2019). Agensi Meteorologi Jepang (JMA) telah mengeluarkan peringatan level tertinggi akan kemungkinan terjadinya bencana alam cukup signifikan. (Kyodo News via AP)

Banjir merendam stasiun kereta api di Saga, Jepang, Rabu (28/8/2019). Agensi Meteorologi Jepang (JMA) telah mengeluarkan peringatan level tertinggi akan kemungkinan terjadinya bencana alam cukup signifikan. (Kyodo News via AP)

Sebuah taksi terjebak banjir di Saga, Jepang, Rabu (28/8/2019). Sejumlah lokasi rawan banjir dan tanah longsor di Jepang saat ini mencakup Saga, Fukuoka, dan Nagasaki di utara Kyushu. (Kyodo News via AP)

Sebuah taksi terjebak banjir di Saga, Jepang, Rabu (28/8/2019). Sejumlah lokasi rawan banjir dan tanah longsor di Jepang saat ini mencakup Saga, Fukuoka, dan Nagasaki di utara Kyushu. (Kyodo News via AP)

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

7 Tanda Tersembunyi Risiko Serangan Jantung, Jangan Abaikan

Posted: 27 Aug 2019 10:10 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Serangan jantung menjadi salah satu penyakit kardiovaskular yang meyumbang kematian terbesar di dunia. Berdasarkan data WHO, diperkirakan 17,9 juta orang meninggal karena penyakit kardiovaskular pada tahun 2016, mewakili 31% dari semua kematian global. Dari kematian ini, 85% disebabkan oleh serangan jantung dan stroke.

Ada beberapa kondisi jantung yang dapat menyebabkan serangan jantung. Salah satu penyebab paling umum adalah penumpukan plak di arteri (atherosclerosis) yang menyumbat darah sampai ke otot jantung. Serangan jantung juga bisa disebabkan oleh gumpalan darah atau pembuluh darah yang robek. Lebih jarang, serangan jantung disebabkan oleh kejang pembuluh darah.

Serangan jantung terjadi secara tiba-tiba, tetapi biasanya disebabkan oleh penyakit jantung yang sudah berlangsung lama. Serangan jantung adalah keadaan darurat medis. Oleh karena itu sangat penting untuk mengetahui tanda-tanda seseorang memiliki risiko serangan jantung.

Beberapa orang yang mengalami serangan jantung merasakan tanda-tanda peringatan, sementara yang lain tidak menunjukkan tanda-tanda apapun. Berikut tanda-tanda seseorang berisiko mendapatkan serangan jantung, dirangkum Liputan6.com dari berbagai sumber, Rabu (28/8/2019).

Nyeri dada, tekanan, dan ketidaknyamanan

ilustrasi serangan jantung/Photo by Giulia Bertelli on Unsplash

Kebanyakan orang dengan serangan jantung mengalami semacam nyeri dada atau ketidaknyamanan. Tetapi penting untuk memahami bahwa nyeri dada tidak terjadi pada setiap serangan jantung. Nyeri dada adalah tanda umum serangan jantung. Orang-orang menggambarkan sensasi ini sebagai perasaan seperti seekor gajah berdiri di dada mereka.

Beberapa orang tidak menggambarkan nyeri dada sebagai rasa sakit sama sekali. Sebagai gantinya, mereka mungkin mengatakan mereka merasa sesak dada atau merasa seperti diremas. Terkadang ketidaknyamanan ini bisa terlihat buruk selama beberapa menit dan kemudian hilang. Kadang pula rasa tidak nyaman datang kembali berjam-jam atau bahkan sehari kemudian. Ini semua bisa menjadi pertanda otot jantung tidak mendapatkan cukup oksigen.

Rasa nyeri menjalar ke bagian lain

Ilustrasi periksa jantung. (foto: shutterstock)

Rasa sakit dan sesak juga dapat menjalar di area lain dari tubuh. Kebanyakan orang mengaitkan serangan jantung dengan rasa sakit yang turun di lengan kiri. Itu bisa terjadi, tetapi rasa sakit juga bisa muncul di lokasi lain, termasuk perut atas, bahu, punggung, leher, gigi atau rahang.

Menurut American Heart Association, wanita cenderung mendapatkan serangan jantung yang menyebabkan rasa sakit khususnya di perut bagian bawah dan dada bagian bawah. Rasa sakit mungkin tidak terkonsentrasi di dada sama sekali. Itu bisa terasa seperti tekanan di dada dan rasa sakit di bagian lain dari tubuh. Nyeri punggung bagian atas adalah gejala lain yang lebih sering dialami wanita daripada pria.

Berkeringat siang dan malam

Ilustrasi Foto Pria Berkeringat (iStockphoto)

Berkeringat lebih dari biasanya terutama jika tidak berolahraga atau aktif bisa menjadi tanda peringatan dini masalah jantung. Memompa darah melalui arteri yang tersumbat membutuhkan lebih banyak upaya dari jantung. Ini membuat tubuh lebih berkeringat untuk menjaga suhu tubuh selama menghasilkan tenaga ekstra. Jika mengalami keringat dingin atau kulit lembab sepanjang hari, segera hubungi dokter.

Berkeringat di malam hari juga merupakan gejala umum bagi wanita yang mengalami masalah jantung. Wanita mungkin salah mengira gejala ini sebagai efek menopause. Namun, jika wanita bangun dengan seprai basah atau tidak bisa tidur karena berkeringat, ini bisa menjadi pertanda serangan jantung.

Kelelahan

Ilustrasi lelah (iStockphoto)

Kelelahan bisa menjadi tanda serangan jantung yang kurang dikenal pada wanita. Menurut American Heart Association, beberapa wanita bahkan mungkin berpikir gejala yang dialami adalah flu biasa. Serangan jantung dapat menyebabkan kelelahan karena tekanan ekstra pada jantung untuk mencoba memompa sementara area aliran darah tersumbat.

Jika sering merasa lelah atau kelelahan tanpa alasan, itu bisa menjadi pertanda bahwa ada sesuatu yang salah pada tubuh. Kelelahan dan sesak napas lebih sering terjadi pada wanita daripada pria dan dapat dimulai berbulan-bulan sebelum serangan jantung. Itulah mengapa penting untuk mengunjungi dokter sedini mungkin ketika mengalami tanda-tanda awal kelelahan.

Sesak napas

ilustrasi sesak napas (sumber: iStockphoto)

Pernafasan dan jantung memompa darah secara efektif sangat erat terkait. Jantung memompa darah sehingga dapat bersirkulasi ke jaringan serta mendapatkan oksigen dari paru-paru. Jika jantung tidak dapat memompa darah dengan baik, Anda bisa merasa sesak napas.

Sesak napas kadang-kadang bisa menjadi gejala yang menyertai kelelahan yang tidak biasa pada wanita. Sebagai contoh, beberapa wanita melaporkan bahwa mereka akan kehabisan napas dan lelah karena aktivitas sederhana yang mereka lakukan. Ini bisa menjadi tanda umum serangan jantung pada wanita.

Gangguan pencernaan, mual, muntah dan sakit kepala ringan

Mual dan muntah (iStock)

Seringkali orang mulai mengalami gangguan pencernaan ringan dan masalah pencernaan lainnya sebelum serangan jantung. Karena serangan jantung biasanya terjadi pada orang tua yang biasanya memiliki masalah pencernaan.

Sakit kepala ringan dan pusing dapat terjadi bersama serangan jantung dan seringkali merupakan gejala yang digambarkan wanita. Beberapa wanita melaporkan bahwa mereka merasa akan pingsan jika mereka mencoba berdiri atau memaksakan diri. Sensasi ini tentu bukan perasaan yang normal dan tidak boleh diabaikan jika mengalaminya.

Jantung berdebar

Ilustrasi penyakit jantung (foto: shutterstock)

Jantung berdebar dapat berkisar dari merasa seperti jantung berdetak kencang hingga mengalami perubahan irama jantung yang bisa terasa seperti jantung berdebar-debar. Jantung dan tubuh mengandalkan detak yang konsisten dan mantap untuk menggerakkan darah ke seluruh tubuh. Jika irama keluar dari ritme, ini bisa menjadi tanda Anda mengalami serangan jantung.

Jantung berdebar karena serangan jantung dapat menciptakan perasaan tidak nyaman atau cemas, terutama pada wanita. Beberapa orang mungkin menggambarkan jantung berdebar sebagai sensasi yang berdebar di leher, bukan hanya di dada.

Perubahan ritme jantung tidak boleh diabaikan, karena begitu jantung secara konsisten keluar dari ritme, itu memerlukan intervensi medis untuk kembali ke ritme. Jika jantung berdebar disertai pusing, tekanan dada, nyeri dada, atau pingsan, itu bisa menjadi konfirmasi bahwa serangan jantung sedang terjadi.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Sejumlah Pengembang Gim Dituding Lakukan Pelecehan Seksual

Posted: 27 Aug 2019 10:07 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Sejumlah pengembang gim terkemuka dituding telah melakukan pelecehan seksual. Salah satu tudingan ini dilayangkan oleh artis sekaligus desainer gim Nathalie Lawhead.

Lawhead membongkar pelecehan seksual itu melalui unggahan blog-nya yang berjudul "calling out my rapist" alias "panggilan untuk pemerkosa saya".

Mengutip laman The Verge, Rabu (28/8/2019), pengembang gim yang dimaksud Lawhead adalah Jeremy Soule, komposer musik gim ternama di Star Wars: Knights of the Old Republic dan The Elder Scrolls.

Pemerkosaan disebut-sebut terjadi ketika Lawhead dan si komposer bekerja sama di sebuah studio gim di Vancouver pada 2008.

Unggahan blog ini juga menuding lingkungan kerja menjadi sangat terdegradasi setelah pelecehan terjadi. Lawhead merasa dirinya tak dihormati di tempat kerja dan harus berjuang untuk mendapatkan gaji. Bahkan, Lawhead juga dipecar dari pekerjaannya.

Tudingan Lawhead ini bukannya tidak berdasar. Ia mengklaim, memiliki dokumentasi ekstensif dalam bentuk lusinan email, terkait kejadian mengerikan tersebut.

"Saya berbagi cerita, tidak berharap untuk mendapatkan serangan balik, dianggap bohong, alasan, dan fanbase yang mencerca. Saya mau membagikan ini dengan harapan wanita di luar sana bisa mendapatkan informasi," tutur Lawhead dalam unggahan blog-nya.

Banyak Korban Lain Ikut Bersuara

Ilustrasi kekerasan pada anak. Sumber: Istimewa

Setelah adanya unggahan Lawhead, ada pihak lain yang mulai berbicara. Pengembang sekaligus penulis gim Depression Quest dan Crash Override, Zoe Quinn, mengunggah dugaan pelecehan dari pengembang gim indi Alec Holowka. Holowka terkenal karena karyanya di gim Aquaria dan Night in the Woods.

"Saya sudah diam mengenai hal ini selama hampir seluruh karier dan saya tak bisa diam lagi," tulis Quinn.

Unggahan tersebut mengatakan, Quinn bersembunyi di kamar mandi untuk menghindari pelecehan. Ia pun menceritakan kisahnya karena terinspirasi Lawhead.

Sementara itu, dalam pernyataan di Twitter, Scott Benson yang bekerja untuk Holowka di Night in the Woods menuliskan, "kami percaya dengan tulisan Zoe mengenai tingkah Alec, kami sangat sedih dan sangat marah (atas pelecehan tersebut)."

Marak di Industri Gim

Ilustrasi/copyright shutterstock

Insiden ketiga yang terungkap adalah pengembang indie Adelaide Gardner menulis utas Twitter yang panjang, menuduh Luc Shelton, programer gaming di studio Inggris melakukan pelecehan psikologis dan fisik berkelanjutan.

"Sudah dua tahun dan sekali-sekali, seperti sekarang, saya sadar saya masih takut padanya," kata Gardner.

Hal serupa juga dialami oleh Mina Vanir dan penulis gim Insomniac Games Mary Kenny yang buka-bukaan tentang cerita mereka mengalami pelecehan seksual.

Ini bukan pertama kalinya laki-laki di industri gim dituding melakukan pelecehan seksual.

Banyaknya cerita yang muncul ditambah dengan tudingan membuat pelecehan di industri gim begitu signifikan. Mencuatnya sejumlah pengakuan korban, diharapkan bisa mengurangi terjadinya kasus serupa. 

(Tin/Ysl)

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Ribuan Angkot Listrik Bakal Beroperasi di Indonesia

Posted: 27 Aug 2019 10:07 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Selain mendorong masyarakat untuk menggunakan kendaraan ramah lingkungan sebagai angkutan pribadi, Pemerintah juga akan mendorong pengembangan mobil listrik di Indonesia dengan menerapkannya sebagai transportasi publik.

Sesuai Peraturan Presiden (Perpres) Nomor 22 Tahun 2017 tentang rencana umum energi nasional, salah satu target yang ingin dicapai pada 2025 ialah 2.200 mobil listrik, 711.000 mobil hybrid serta 2,1 juta sepeda motor listrik.

"Pemerintah sudah memiliki target dengan Perpres sebelumnya. Sesuai Perpres Nomor 22 tahun 2017, Pemerintah sudah menargetkan kapan kendaraan umum itu harus menggunakan mobil listrik," kata Dwi Wahyono, Ahli Kendaraan/Sarana Ikatan Penguji Kendaraan Bermotor Indonesia (IPKBI) dalam acara Ngobrol Perihal Transportasi (Ngopi) di Kelapa Gading, Jakarta.

Selain itu, Dwi menegaskan pada 2025 sebanyak 10 persen dari jumlah total angkutan umum yang tersebar secara nasional harusnya sudah menggunakan kendaraan berbasis listrik.

"Kalau untuk DKI Jakarta saja ada sekitar 60 ribu, maka tahun 2025 itu minimal 6.000 unit kendaraan umum berbasis listrik sudah beroperasi," ujar Dwi.

Angkutan Perkotaan Tenaga Listrik

Peraturan tersebut diungkapkan Dwi berlaku khusus angkutan perkotaan (angkot) di seluruh wilayah Indonesia. Hal itu tentu saja menjadi acuan masyarakat untuk bersiap mengahadapi era kendaraan listrik.

"Untuk angkutan perkotaan, jadi nanti dalam perjalanannya skala prioritasnya bergandengan dengan ketersediaan infrastruktur yang ada," tutur Dwi.

 

Saksikan Juga Video Pilihan di Bawah Ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Menguak Makanan Terakhir yang Dinikmati Putri Diana Sebelum Meninggal Dunia

Posted: 27 Aug 2019 10:02 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Kepergian Putri Diana untuk selamanya pada 31 Agustus 1997 tidak hanya meninggalkan duka mendalam bagi keluarga dan rekan-rekan, tetapi juga para penggemar. Tepat tiga hari lagi akan jadi momen memperingati 22 tahun Princess of Wales tiada.

Tragedi meninggalnya Putri Diana bisa dikatakan sebagai salah satu peristiwa yang menggemparkan seantero jagat. Ia mengembuskan napas terakhir usai kecelakaan di jalan terowong Pont de l'Alma, Paris, Prancis.

Pemilik nama lengkap Diana Frances Spencer tersebut tidak sendiri di dalam mobil, tetapi bersama teman dekatnya Dodi Al-Fayed dan sopir Henri Paul. Sang sopir mengemudi dengan kecepatan tinggi untuk menghindari kejaran paparazi.

Menjelang peringatan lebih dari dua dekade kepergian Putri Diana, ada begitu banyak tanya yang masih tersimpan di benak penggemar. Satu di antaranya adalah apa makanan terakhir yang disantapnya?

Melansir dari Huffington Post, Rabu (28/8/2019), makan malam Diana ternyata sangat sederhana. Dilaporkan ia menikmati hidangan Dover, tempura sayur, telur dadar jamur, dan asparagus.

Sebelum tiada, Putri Diana menyantap deretan hidangan tersebut di restoran mewah bernama L'Espadon. Restoran ini berada di Ritz Paris, hotel berbintang lima di pusat kota Paris.

Restoran Mewah L'Espadon

Restoran L'Espadon (Screenshot Instagram @ritzparis/https://www.instagram.com/p/B1eR6qIiPVm/Putu Elmira)

L'Espadon, tempat terakhir Putri Diana menikmati santapan, menawarkan pengalaman gastronomi dengan sentuhan berbeda. Restoran ini terbagi atas empat sajian berdasarkan waktu makan.

Dilansir dari laman resmi Ritz Paris, pembagian terdiri atas Le Marins de L'Espadon (sarapan), Les Jardins de L'Espadon (makan siang), La Table de L'Espadon (makan malam), dan Les Week-ends de L'Espadon dengan a la carte brunch.

Restoran ini juga menyediakan ruang makan pribadi yang dapat menampung hingga 10 tamu. Harga makanan yang ditawarkan juga berbeda, seperti untuk sarapan ada american breakfast dan japanese breakfast seharga 66 euro atau sekitar Rp1,1 juta, serta the prestige breakfast 120 euro atau setara Rp1,9 juta.

Untuk makan siang, hadir ragam pilihan menu, mulai dari dua courses seharga 95 euro (Rp1,5 juta), tiga courses 115 euro (Rp1,8 juta), empat courses 135 euro (Rp2,1 juta), dan lima courses 150 euro (R2,4 juta)

Makan malam dengan berbagai menu dibanderol mulai 34 euro (Rp534 ribu) hingga 350 euro (Rp5,5 juta). Lalu untuk a la carte brunch seharga 125 euro (Rp2 juta).

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Mendarat Terlalu Keras, Badan Pesawat Ini Sampai Penyok

Posted: 27 Aug 2019 10:00 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Dalam perjalanan menggunakan pesawat, pendaratan pesawat menjadi salah satu momen yang ditunggu-tunggu. Mendarat berarti penumpang pesawat telah sampai di tempat tujuan. Namun, pendaratan juga menjadi salah satu saat paling menegangkan dari penerbangan karena bila terjadi kesalahan dapat membahayakan seluruh penumpang.

 

Salah satu pesawat dari maskapai Delta Airlines mengalami pendaratan yang terlalu keras pada Minggu (18/8/2019). Pendaratan pesawat tidak berjalan mulus sehingga pesawat mendarat dengan sangat keras hingga membuat eksterior pesawat menjadi penyok.

Penerbangan New York ke Sao Miguel

Delta Airlines (AFP)

Melansir dari The Sun, boeing 757-200 yang menerbangkan penumpang dari New York , Amerika, ke Sao Miguel, salah satu pulau Portugis. Penerbangan selama satu malam ini tiba di Bandara Ponta Delgada, Sao Miguel, pada pukul 8:24 pada hari Minggu saat pendaratan keras tersebut terjadi.

Tidak Ada Korban

Pesawat penyok karena pendaratan yang terlalu keras. (sumber: twitter @AeronewsRO)

Pesawat tetap parkir dan menurunkan penumpang secara normal dan tanpa masalah. Tidak ada korban dalam kejadian ini, seluruh penumpang pesawat dikabarkan selamat dan tanpa cedera. Namun, yang mengalami cedera adalah pesawat milik Delta Airlines itu sendiri.

Selanjutnya

Penyok di bagian sayap pesawat. (sumber: twitter @AeronewsRO)

Gambar yang diunggah oleh Aeronews melalui akun twitternya @AeronewsRO memperlihatkan badan dan sayap pesawat yang penyok akibat pendaratan tersebut.

"Pendaratan keras pagi ini di Ponta Delgada (PDL), Azores – Boeing 757 @Delta," ujar akun twitter @AeronewsRO.

Twitter @AeronewsRO

Komentar Penumpang

Penyok di bagian badan pesawat. (sumber: twitter @AeronewsRO)

Sao Miguel merupakan salah satu pulau di Azores. The Sun menuliskan bahwa wilayah ini memang terkenal dengan anginnya yang kencang sehingga membuat pendaratan pesawat semakin sulit. Penumpang yang berada di tempat kejadian memberikan beberapa komentar akan kejadian ini.

"Saya ada dalam penerbangan itu – saya telah melakukan lebih dari seribu penerbangan dalam hidup saya sampai saat ini, dan sejauh ini merupakan pendaratan terkeras yang pernah saya alami."

"Angin besar menerpa tepat saat kami mendarat."

"Pilot dan kru melakukan pekerjaan yang baik terlepas dari keadaan."

 

Penulis:

Timothy Juliano

Universitas Multimedia Nusantara

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Keluarga Korban Harap Hukuman Setimpal untuk Pelaku Pemerkosaan Anak

Posted: 27 Aug 2019 10:00 PM PDT

Surabaya - Pihak keluarga korban predator anak di Mojokerto menilai hukuman kebiri kimia tetap tidak sebanding dengan perbuatan pelaku kekerasan seksual terhadap terhadap anak pada 2015 silam.

"Sebenarnya itu (hukuman kebiri kimia) tidak sebanding. Karena korbannya tidak hanya satu orang, tapi banyak anak dan menimbulkan trauma," kata SW salah satu keluarga korban, pada Fuad reporter Maja FM seperti melansir suarasurabaya.net, Senin, 26 Agustus 2019.

Bagi SW, hukuman kebiri kimia dan hukuman 12 tahun penjara serta denda Rp100 juta subsider 6 bulan kurungan, belum cukup untuk membayar perbuatan Aris. Namun, pihak keluarga menyerahkan sepenuhnya persoalan tersebut kepada penegak hukum.

"Saya inginnya pelaku dilumpuhkan, biar tidak bisa jalan. Karena bagaimana pun saya masih waswas. Tapi sekali lagi saya serahkan ke pengadilan terkait hukuman itu," ujar dia.

SW mengaku sebenarnya pihak keluarga tidak ingin berurusan dengan pro dan kontra perihal hukuman yang harus diberikan pada pelaku termasuk hukuman kebiri kimia. Bahkan SW menyampaikan pihak keluarga sudah berusaha melupakan insiden mengenaskan itu.

"Saya awalnya tidak tahu, tapi kami ada WA (WhatsApp) grup keluarga dari situ saya tahu kalau lagi ramai. Soalnya memang kami sudah tidak mau mengikuti soal kasus itu," ucapnya.

Walau begitu, menurut keluarga, memang pelaku patut diganjar dengan hukuman maksimal. Hal itu sangat wajar, lantaran aksi bejat Aris sudah merenggut masa depan buah hatinya. SW juga menyampaikan kondisi psikologis anaknya sudah membaik walau sempat mengalami terauma.

"Sekarang sudah sekolah biasa. Dulu sempat sedikit trauma tapi sepertinya sudah bisa melupakan kejadian itu," kata SW.

 

Putusan PN Mojokerto

Sebelumnya, Nugroho Wisnu Kasi Intelejen Kejari Mojokerto menyampaikan, Kejaksaan Negeri akan segera melakukan eksekusi hukuman kebiri kimia terhadap terdakwa pemerkosaan anak, Muhammad Aris, 21 tahun, warga Dusun Mengelo, Desa/Kecamatan Sooko, Kabupaten Mojokerto.

Dalam Putusan PN Mojokerto nomor 69/Pid.sus/2019/PN.Mjk tanggal 2 Mei 2019, pelaku yang bekerja menjadi tukang las itu, divonis bersalah. Ia melanggar Pasal 76 D juncto Pasal 81 ayat (2) Undang-undang Nomor 23 Tahun 2002 tentang Perlindungan Anak.

Terdakwa dijatuhi hukuman 12 tahun penjara dan denda Rp100 juta subsider 6 bulan kurungan. Selain itu, majelis hakim juga menjatuhkan hukuman tambahan berupa hukuman kebiri kimia kepada Aris.

(Kezia Priscilla, mahasiswi UMN)

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

VIDEO: Berkat CCTV, Pelaku Kekerasan Seksual terhadap Anak di Mojokerto Tertangkap

Posted: 27 Aug 2019 10:00 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - MA, pemuda 20 tahun, warga Desa Mengelo, Kecamatan Suko, Kabupaten Mojokerto, Jawa Timur ini hanya bisa tertunduk lesu, setelah dijatuhi hukuman kebiri kimia usai menjalani sidang putusan di Pengadilan Negeri Mojokerto.

Terpidana yang berprofesi sebagai tukang las ini, terbukti telah melakukan tindak kekerasan seksual terhadap sembilan orang gadis di bawah umum. MA diringkus petugas Satreskrim Polres Mojokerto Kota pada Oktober 2018 lalu berkat rekaman kamera CCTV saat melancarkan aksi bejatnya terhadap salah satu korban.

"Terpidana ini adalah modusnya pulang bekerja sambil mencari korban selanjutnya, anak-anak di bawah ke tempat sepi, lakukan kekerasan seksual. Sampai saat ini kami berencana eksekusi kebiri kimia," ujar Nugroho Wisnu, Kasi Intel Kejaksaan Negeri Mojokerto seperti ditayangkan program Liputan6.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

7 Meme Kocak Monas Pindah dari Jakarta Ini Bikin Geleng Kepala

Posted: 27 Aug 2019 10:00 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Keputusan memindah Ibu Kota Republik Indonesia sudah diputuskan Senin (26/8/2019) di Istana Negara oleh Presiden Jokowi. Tentu hal ini mengundang banyak sekali reaksi oleh masyarakat luas. Baik itu seorang ahli, pejabat daerah, pengusaha maupun netizen. 

Ibu Kota baru akan berada di wilayah Kalimantan Timur, tepatnya di Kabupaten Penajam Paser Utara dan Kabupaten Kutai Kertanegara. Perpindahan ini pun tidak bisa semerta-merta bisa langsung pindah. Karena dibutuhkan pembangunan infrastruktur baru yang nantinya digunakan untuk jadi pusat pemerintahan.

Sejak dikatahui pastinya lokasi Ibu Kota Republik Indonesia yang baru, banyak netizen yang membuat sebuah meme lucu mengenai pindahnya ibu kota.

Di Jakarta, Monumen Nasional (Monas) adalah sebuah ikon dari ibu kota. Pindahnya ibu kota ini pun lantas membuat netizen membuat meme menganai pindahnya monas sebagai simbol pindahnya ibu kota.

Berikut 7 meme kocak Monas pindah yang Liputan6.com rangkum dari berbagai sumber, Rabu (28/8/2019)

1. Monas memiliki roket untuk langsung terbang menuju Kalimantan

Meme monas pindah (Sumber: Twitter/ardhie_9179)

2. Monas diangkat oleh empat orang untuk diangkut menuju Kalimantan

Meme monas pindah (Sumber: Twitter/mentari02319171)

3. Pakai pewasat hercules, Monas ikut pindah

Meme monas pindah (Sumber: Twitter/ayuu1411)

4. Kreatifnya netizen memang tak ada duanya

Meme monas pindah (Sumber: Twitter/bungyas2019)

5. Begini puncak Monas bila berada di tengah hutan

Meme monas pindah (Sumber: Twitter/kangno2018)

6. Monas berada di pegunungan dan di tengah sawah

Meme monas pindah (Sumber: Twitter/tahergmailcom5u)

7. Helikopter yang seperti angkot mengangkut Monas pindah dari Jakarta

Monas diangkut helikopter yang seperti angkot (Sumber: twitter.com/lilisuparli18)

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Bandara Kalimarau Jadi Pintu Gerbang Wisata ke Derawan

Posted: 27 Aug 2019 10:00 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Sebagai salah satu akses cepat menuju tempat wisata seperti Pulau Derawan, Maratua, Kakaban dan lainya, Bandara Kalimarau yang berlokasi di Kecamatan Teluk Bayur, Kabupaten Berau, Kalimantan Timur (Kaltim) terus berkomitmen memberikan pelayanan yang maksimal bagi pengguna jasa transportasi udara.

Bandara yang dibangun Pemerintah Kabupaten Berau dan dikelola penuh Direktorat Jenderal Perhubungan Udara Kementerian Perhubungan melalui Unit Penyelenggara Bandar Udara (UPBU) Kelas I Kalimarau, ini sebagai pintu gerbang wisatawan menuju Berau yang telah ditetapkan sebagai kota Wisata.

"Kami terus berkomitmen untuk memberikan layanan yang maksimal bagi pengguna jasa transportasi udara dari dan ke Kabupaten Berau melalui Bandara Kalimarau. Para pengguna jasa transportasi udara dapat merasakan kenyamanan saat tiba dan memberikan kesan," tutur Direktur Jenderal Perhubungan Udara Polana B Pramesti di Jakarta, Rabu (28/8/2019).

Menurut Polana, memberikan pelayanan maksimal di bandara merupakan satu di antara tiga aspek yang diprioritaskan Ditjen Perhubungan Udara yaitu keselamatan, keamanan dan pelayanan. Sehingga diharapkan, semua stakeholder penerbangan hingga pengguna jasa transportasi udara dapat berperan serta untuk mengutamakan tiga hal tersebut.

 

Peningkatan Fasilitas Bandara

Kondisi salah satu sisi landasan pacu atau runway Bandara Internasional Yogyakarta, Kulon Progo, DI Yogyakarta, Rabu (24/4). Landasan pacu Bandara Internasional Yogyakarta memiliki panjang 3.250 meter dengan lebar 45 meter. (Liputan6.com/Helmi Fithriansyah)

Sementara itu, Kepala Kantor UPBU Kelas I Kalimarau, Bambang Hartato menjelaskan, berbagai upaya telah dilakukan untuk memberikan kenyamanan kepada pengguna jasa transportasi udara.

Bandar Udara Kalimarau yang didirikan sejak 1976 ini semula berkategori bandara perintis. Fasilitas bandara beberapa kali telah ditingkatkan, di antaranya mulai peningkatan landasan pacu (runway) dan peralatan navigasi yang kemudian menjadikan bandara ini sebagai bandara kelas I.

"Rencananya ke depan, bandara ini dapat melayani pesawat jenis Boeing 737-800 NG/737-900 ER dan Airbus A20, selain itu, kami telah melakukan berbagai hal untuk memberikan kenyaman ke pengguna jasa transportasi udara," ungkap Bambang.

Untuk kenyamanan, Bambang menyebutkan, di terminal Bandar Udara Kalimarau disediakan beberapa fasilitas seperti working space, live music, nursey room, air minum gratis, playground dan wahana bermain outdoor. "Peningkatan kebersihan juga terus ditingkatkan," tambah dia.

Bandar Udara Kalimarau saat ini memiliki landas pacu sepanjang 2.250 meter, dengan luas terminal penumpang 16.667m2, terminal VIP 505 m2 dan terminal kargo 592 m2.

 

Daftar Rute Maskapai

Pesawat milik sejumlah maskapai terparkir di areal Bandara Soekarno Hatta, Tangerang, Banten, Kamis (16/5/2019). Pemerintah akhirnya menurunkan tarif batas atas (TBA) tiket pesawat atau angkutan udara sebesar 12-16 persen yang berlaku mulai Kamis hari ini. (Liputan6.com/Faizal Fanani)

Adapun maskapai yang beroperasi saat ini sebagai berikut : Maskapai Garuda Indonesia dengan jenis pesawat CRJ-1000 melayani penerbangan 2 x sehari dengan rute Berau – Balikpapan PP, Sriwijaya Air dengan menggunakan pesawat Boeing 737/300/400/500 melayani rute Berau – Balikpapan PP (setiap hari) dan Berau – Surabaya PP (selasa, kamis dan sabtu). Wings Air menggunakan pesawat ATR 73 – 500/600 melayani penerbangan 3x sehari rute Berau – Balikpapan PP dan 1x sehari Berau-Samarinda, Express Air menggunakan pesawat ATR 42/300/500 melayani rute Berau – Samarinda PP setiap hari dan Berau – Tarakan setiap hari dan Susi Air (perintis) dengan menggunakan jenis pesawat C208 melayani penerbangan 1x seminggu rute Tarakan – Maratua – Kalimarau PP.

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Pique: Semua Pemain Barcelona Bakal Sambut Neymar

Posted: 27 Aug 2019 10:00 PM PDT

Liputan6.com, Barcelona- Gerard Pique menjadi salah satu pemain Barcelona yang akan menyambut kehadiran Neymar di Camp Nou. Perpisahan Neymar dengan Barcelona pada 2017 memang kontroversial.

Meski begitu, Pique meyakini pemain asal Brasil itu akan disambut seluruh pemain Barcelona. Dia berharap transfer Neymar bisa rampung sebelum deadline transfer tutup.

"Tentu saja kami ingin dia kembali. Namun ini bukan sesuatu yang berada dalam kontrol kami. Kami serahkan ini kepada pembuat keputusan dan setelah itu kita tunggu saja," katanya seperti dikutip Marca.

Transfer Neymar makin dibutuhkan setelah Barcelona memutuskan untuk meminjamkan Philippe Coutinho. Penyerang asal Brasil itu dipinjamkan ke Bayern Munchen untuk durasi satu musim.

Barcelona juga semakin jengkel dengan Ousmane Dembele. Pemain asal Prancis ini kemungkinan bakal jadi bagian transfer Neymar dari PSG.

 

 

Berubah

Neymar saat masih bersama Barcelona (AP/Eugene Hoshiko)

Pique meyakini Neymar bukan tipikal pemain yang ceroboh dalam mengambil keputusan. Sikapnya yang terdahulu kerap dipertanyakan, tapi Pique yakin Neymar kini sudah berubah.

"Dia selalu memikirkan segala hal dan dia melakukan semuanya dengan baik," kata Pique.

Barcelona semakin optimistis bisa memboyong kembali Neymar ke Camp Nou. Bintang asal Brasil itu saat ini masih menjadi milik Paris Saint-Germain (PSG) namun nasibnya masih belum jelas.

Keyakinan ini diungkapkan direktur Barcelona, Javier Bordas. Pertemuan pertama pada Selasa (27/8/2019) memang belum menghasilkan apa-apa.

Delegasi Barcelona yang terdiri dari Javier Bordas, Oscar Grau, Eric Abidal dan Andre Cury sudah jumpa dengan direktur PSG. Mereka meminta agar Neymar bisa kembali ke Camp Nou.

"Masih belum ada persetujuan. Kami sedang negoisasi, kami semakin dekat," kata Bordas seperti dikutip Marca.

Kabarnya, Barcelona bakal kembali menggelar pertemuan dalam waktu dekat. Lalu apa yang ditawarkan Barcelona?

Tawaran Barcelona

Barcelona sendiri dikabarkan menawarkan uang 170 juta euro yang akan dicicil dua kali pembayaran. Lalu, Azulgrana menambahkan Ousmane Dembele di transfer ini.

Namun PSG dikabarkan tak puas dengan tawaran ini. Meski begitu, kemana Neymar pergi sudah jelas.

Neymar sudah jelas mengatakan hanya ingin gabung Barcelona, bukan Real Madrid atau Juventus.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Kapolri Sebut Pengiriman Pasukan ke Nduga karena Ada Pembantaian Karyawan Istaka

Posted: 27 Aug 2019 10:00 PM PDT

Liputan6.com, Jayapura - Adanya pembantaian 34 karyawan PT Istaka membuat Kapolri Jenderal Pol Tito Karnavian mengirim pasukan ke Nduga, Papua.

"Faktor itulah yang menyebabkan pasukan dikirim ke Nduga," kata Jenderal Pol Tito Karnavian seusai pertemuan dengan tokoh agama dan masyarakat di Jayapura, Selasa malam, (28/8/2019).

Tito mengatakan, sebelum terjadi pembantaian karyawan PT Istaka ada beberapa kejadian yang dilakukan kelompok Egianus Kogoya, namun pihaknya tidak mengirim pasukan. Tetapi dengan adanya pembantaian ini maka pengiriman pasukan dilakukan untuk mengamankan wilayah tersebut.

Selain untuk mengamankan, pasukan yang ada juga untuk penegakan hukum terhadap kelompok tersebut, kata Tito Karnavian seraya mengakui, dalam pertemuan itu juga ada yang menyampaikan permintaan penarikan pasukan namun pihaknya menyatakan pasukan masih dibutuhkan untuk mengamankan kawasan tersebut.

Jika ada tokoh yang kredibel yang bisa menjamin keamanan di wilayah itu khususnya tidak ada lagi gangguan dari kelompok Egianus Kogoya maka penarikan pasukan bisa dipertimbangkan.

"Namun hingga kini tidak ada tokoh kredibel yang bisa menjamin keamanan di wilayah tersebut," kata Kapolri Jenderal Pol Tito Karnavian menegaskan.

Dalam kunjungan kerjanya ke Papua, Kapolri dan Panglima TNI membawa tiga mantan petinggi, yaitu dua mantan kapolda yakni Irjen Pol Paulus Waterpauw dan Irjen Pol Martuani Sormin serta Mayjen TNI George Supit, mantan Pangdam XVII Cenderawasih.

Simak juga video pilihan berikut ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Sahabat Bocorkan Sosok YouTuber yang Diduga Menipu Bebby Fey

Posted: 27 Aug 2019 10:00 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - DJ Bebby Fey baru saja mengalami kejadian tak mengenakkan. Ia mengaku ditipu oleh seorang YouTuber terkenal.

Bebby Fey kemudian menceritakan pengalaman pahitnya itu ke Instagram-nya pada Selasa (27/8/2019). Dalam unggahan, Bebby Fey memang tidak menyebut siapa YouTuber tekenal tersebut.

Namun sahabat Bebby Fey, Gebby Vesta, sepertinya mengetahui siapa sosok yang dimaksud. Gebby Vesta meninggalkan komentar di unggahan Bebby Fey dan memberikan petunjuk terkait siapa sosok YouTuber yang diduga meniduri sahabatnya tersebut.

"Atta geledek, kan kakak udah pernh bilang jangan mau, jijik kaya kiwil tapi km bilang dia baik," tulis Gebby Vesta. 

 

 

Tak Menyebut Nama

DJ Bebby Fey (Sumber: Instagram/bebby_fey)

Dugaan mengerucut ke satu nama dari yang disebutkan Gebby Vesta. Tak sedikit warganet yang menduga Gebby Vesta menuding salah satu YouTuber top. Alhasil, banyak yang memperingatkan Gebby Vesta, lantaran komentarnya bisa dianggap sebagai pencemaran nama baik.

Terkait hal tersebut, Gebby Vesta memiliki jurus untuk mengelak. "@marshellasafitri masa??Gue cemarin nama siapa?? Gue bilang atta geledek emang ada ya YouTube atas nama atta geledek?? lagian fey punya bukti smua," tulis Gebby Vesta membalas salah satu warganet. 

 

Menebak

Bebby Fey (Foto: Instagram/@bebby_fey)

Sementara itu, Bebby Fey sendiri belum mengungkap siapa YouTubers terkenal itu. Di unggahan Instagram Story yang lain, ia membiarkan orang menebak-nebak siapa YouTuber yang dimaksud.

"Tebak Aja YouTuber Yang Mendadak Ganti Nama Line Mengatas Namakan Artis Lain Supaya Menghilangkan Jejak Atas Perbuatan Buruknya Agar Tetap Terlihat Baik Didepan Publik, Inget Tuhan Tidak Tidur Pelan Pelan Juga Pasti Akan Nampak Semuanya," tulis Bebby Fey.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

VIDEO: BMKG Jepang Umumkan Peringatan Bencana Berbahaya

Posted: 27 Aug 2019 10:00 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta BMKG Jepang mengumumkan peringatan bencana berbahaya akibat hujan deras dan banjir yang terjadi di Kyushu. BMKG mengimbau warga untuk segera dievakuasi.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Polisi Kejar Pasutri yang Kenalkan Aulia ke Pembunuh Bayaran di Lampung

Posted: 27 Aug 2019 09:59 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Jajaran Subdit Jatanras Direktorat Reserse Kriminal Umum (Ditreskrimum) Polda Metro Jaya tengah mencari seorang perempuan dan juga suaminya, yang diduga ikut terlibat dalam kasus pembunuhan Edi Chandra Purnama (54), dan M Adi Pradana alias Dana alias D (23).

Keduanya mengenalkan Aulia Kesuma alias AK kepada para eksekutor untuk menghabisi nyawa suami dan anak tirinya itu.

"Mantan pembantu dan suami pembantu itu masih kita cari, masih diburu," kata Kabid Humas Polda Metro Jaya Kombes Pol Raden Prabowo Argo Yuwono saat dikonfirmasi, Rabu (28/8/2019).

Dia mengatakan, tim masih melacak dan mengejar keberadaan dua orang tersebut. 

Sebelumnya, Kabid Humas Polda Metro Jaya Kombes Raden Prabowo Argo Yuwono mengatakan, Aulia Kesuma alias AK (35), telah merencanakan pembunuhan terhadap suaminya bernama Edi Chandra Purnama alias ECP (54) dan anak tirinya M Adi Pradana alias Dana alias D (23). AK terlilit utang hingga menyewa pembunuh bayaran dari Lampung.

"AK ini mempunyai utang kemudian dia ingin menjual rumahnya. Tapi karena suami ini mempunyai anak, tidak setuju dan dia mengatakan 'kalau menjual rumah ini kamu akan saya bunuh'," kata Argo di Mapolda Metro Jaya, Selasa malam 27 Agustus 2019.

Karena tak dikasih, AK lalu menghubungi mantan pembantunya untuk menanyakan kenalan orang asal Lampung.

"Yang bersangkutan pernah mempunyai pembantu, dan pembantu ini sudah tidak ada lagi di situ, dia seorang perempuan dan suami pembantu ini inisial A disuruh menghubungi dua orang yang ada di Lampung. Setelah dihubungi, datanglah dua orang laki-laki inisial S dan A datang ke Jakarta menggunakan travel kemudian oleh tersangka AK ini dijemput di Kalibata, dijemput kemudian dua orang A da S ini masuk ke mobil," bebernya.

Saat di dalam mobil, kata Argo, AK menceritakan mempunyai punya utang dan segala kerisauhannya hingga akhirnya meminta bantuan untuk membunuh suami dan anak tirinya. AK berjanji akan memberikan Rp 500 juta apabila rencana berhasil.

"AK ini sebagai istri korban ini curhat menyampaikan kepada dua orang tadi inisial A dan S curhat kalau dia dililit utang, dia menjual rumah tidak diperbolehkan, dia diancam di situ. Akhirnya di dalam mobil deal membantu eksekusi dan membunuh korban dengan perjanjian akan dibayar 500 juta," pungkas Argo.

Kronologi Pembunuhan

Ilustrasi Pembunuhan (iStock)

Nasriadi mengatakan, korban dibunuh di kawasan Lebak Bulus, Jakarta Selatan pada 24 Sabtu 24 Agustus. "Dua korban diculik dan dilumpuhkan di rumah korban di alamat Lebak Bulus 1 Kav 129 B blok U 15 RT 3 RW 05, Lebak Bulus Jaksel," ungkap Nasriadi.

Setelah dieksekusi, korban diletakkan di SPBU Cirendeu dalam kondisi sudah tidak bernyawa.

Setelah itu, para eksekutor menyuruh AK untuk mengambil mobil yang berisi 2 jenazah yang sudah dibunuh," ungkap Nasriadi.

Kemudian pada Minggu, 25 Agustus, AK dan anaknya menjemput bola mobil berisi 2 jenazah bapak dan anak tersebut.

"Kemudian pagi pada tanggal 25 Agustus hari minggu pukul 07.00 pagi AK dan anaknya KV mengambil mobil yang sudah berisikan mayat tersebut, dan membawa mayat itu ke Cidahu," tutur Nasriadi.

Di TKP, AK membeli satu botol bensin. "Dan menyerahkannya ke anaknya KV untuk membakar mobil tersebut," tuturnya.

Alhasil, mobil berisi dua mayat dalam kondisi terikat itu terbakar hingga meledak. "Ledakan juga ikut membakar KV di bagian wajah, kaki dan tangan. Sekarang dirawat di RS Pertamina. Keduanya langsung kabur ke RS Pertamina setelah membakar mobil," ungkapnya.

 

Reporter: Ronald Chaniago

Sumber: Merdeka

Saksikan video pilihan di bawah ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Wolfgang Pikal Dampingi Riedl Tangani Persebaya

Posted: 27 Aug 2019 09:58 PM PDT

Liputan6.com, Surabaya - Persebaya merekrut Wolfgang Pikal sebagai pendamping Alfred Rield. Hal itu disampaikan oleh manajemen usai penandatanganan kontrak Pikal, Selasa (27/8/2019) malam.

Persebaya akhir pekan lalu menunjuk Riedl sebagai pelatih kepala. Ia menggantikan Djadjang Nurdjaman yang akhirnya berlabuh ke Barito Putera.

Pikal bukan sosok asing bagi Riedl. Pria ini pernah mendampingi Riedl saat menangani timnas Indonesia.

Selain Pikal, Persebaya juga tetap mempertahankan Bejo Sugiantoro sebagai asisten pelatih. Manajemen yakin kombinasi ketiganya bakal membuat performa Persebaya membaik musim ini.

Persebaya sendiri tidak sembarangan menunjuk Pikal. Selain berpengalaman, Pikal juga memegang lisensi UEFA B, Lisensi FA, dan KNVB Belanda.

 

 

Komentar Pikal

Asisten pelatih Indonesia, Wolfgang Pikal, memberikan instruksi kepada pemain saat melawan Vietnam dalam laga leg pertama semifinal Piala AFF 2016 di Stadion Pakansari, Bogor, Sabtu (3/12/2016). (Bola.com/Peksi Cahyo)

"Alfred Riedl memang belum datang, jadi saya dan Bejo akan menjalankan program dari beliau. Setiap hari kami akan koordinasi dengan beliau," ucap Pikal dilansir laman resmi Persebaya.

"Ada beberapa hal yang akan kami bahas. Bejo adalah sosok yang paling mengerti Persebaya saat ini," katanya menambahkan.

"Yang jelas saya sangat bangga bisa bergabung dengan Persebaya. Ini tim yang besar, dengan fan base yang luar biasa, serta punya potensi."

Jadwal Shopee Liga 1

Pekan ke-7 Liga 1 2019

Rabu, 28 Agustus 2019

15.30 WIB, Persija Jakarta Vs PSM Makassar (Indosiar)

18.30 WIB, Madura United Vs Semen Padang (O Channel)

18.30 WIB, Bali United Vs Borneo FC (Indosiar)

Saksikan video pilihan berikut ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Ini Kata M Taufik yang Dicalonkan Lagi Jadi Wakil Ketua DPRD DKI Jakarta

Posted: 27 Aug 2019 09:51 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Gerindra menjadi salah satu partai yang mendapat jatah kursi pimpinan di DPRD DKI Jakarta. Nama calon pimpinan DPRD DKI masih digodok di tingkat DPP.

Salah satu kandidat terkuat adalah M Taufik. Pada periode 2014-2019, dia menjabat sebagai Wakil Ketua DPRD DKI Jakarta.

Taufik mengatakan, dia tengah menunggu SK dari DPP Partai Gerindra. "Sebentar lagi SK-nya dikeluarin dari DPP," kata Taufik, saat dihubungi, Jakarta, Rabu (28/8/2019).

Namun, dia enggan berkomentar dan mengonfirmasi terkait namanya yang disebut-sebut sebagai calon terkuat pimpinan DPRD DKI Jakarta dari Fraksi Gerindra. Dia mengatakan, keputusan soal calon pimpinan DPRD DKI Jakarta ada di tangan DPP Gerindra.

"Lihat saja nanti ya. Insyaallah lah (kembali memimpin), doain aja," ujar Taufik.

Surat keputusan ini diperkirakan keluar dalam waktu dekat sesuai dengan permintaan Sekretaris Dewan. Pimpinan  akan diisi pimpinan definitif paling lambat dua pekan setelah pelantikan.

Setelah pelantikan pada Senin kemarin, kursi pimpinan sementara diisi Pantas Nainggolan dari PDIP dan Syarifudin dari Gerindra.

"Kita kemarin sepakat harusnya dua minggu lagi maksimal. Dua minggu sudah selesai semua itu," jelasnya.

Sesuai perolehan kursi terbanyak dalam Pemilu 2019, PDIP memperoleh kursi terbanyak di DKI Jakarta. Disusul kemudian Gerindra, PKS, Demokrat, dan PAN. Lima partai ini yang kemungkinan besar akan duduk di kursi pimpinan DPRD DKI Jakarta.

 

Dipastikan

Ketua Pengadilan Tinggi DKI Jakarta Syahrial Sidik membacakan sumpah bagi sejumlah anggota DPRD DKI Jakarta yang terpilih dalam Pemilu 2019 di Gedung DPRD DKI Jakarta, Senin (26/8/2019). Sebanyak 106 anggota DPRD DKI Jakarta 2019-2024 resmi dilantik hari ini. (Liputan6.com/Faizal Fanani)

 

Partai besutan Prabowo Subianto, Gerindra memastikan, M Taufik kembali dicalonkan sebagai Wakil Ketua DPRD DKI Jakarta periode 2019-2024. Ini merupakan periode kedua Taufik menjabat sebagai pimpinan DPRD DKI Jakarta.

Wakil Ketua DPRD sementara dari partai Gerindra, Syarif memastikan Taufik diajukan kembali sebagai pimpinan DPRD berdasarkan keputusan Dewan Pengurus Pusat (DPP).

Disinggung mengenai alasan kembali mencalonkan Taufik, secara normatif Syarif mengatakan hal itu merupakan pertimbangan dan kewenangan DPP.

"Sudah ada, Pak Taufik. Tetap. Kan ditunjuk oleh DPP saya enggak bisa jawab," kata Syarif usai mengikuti rapat Badan Musyawarah DPRD DKI Jakarta, Selasa (27/8/2019).

Sementara itu, Ketua DPRD DKI Jakarta sementara dari PDIP Pantas Nainggolan mengatakan, sudah ada tiga nama yang disodorkan masuk ke dalam bursa Ketua DPRD.

"Pak Pras (Prasetyo Edi Marsudi) masuk, Pak Gembong (Gembong Warsono) masuk, namanya sekretaris bendahara masuk kan gitu. Ada Ida Mahmudah," kata Pantas.

 

Reporter: Hari Ariyanti

Sumber: Merdeka

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Hampir 40 Tahun Bersama, Ini 6 Momen Manis Iwan Fals dan Istri yang Harmonis

Posted: 27 Aug 2019 09:50 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Siapa yang tak kenal dengan salah satu musisi legendaris Indonesia Iwan Fals ini? Berkarya sejak tahun 1975, pemilik nama lengkap Virgiawan Listanto masih eksis hingga saat ini. 

44 Tahun berkarya di dunia musik, pria kelahiran Jakarta ini telah menelurkan puluhan lagu dan album. Lewat lagu-lagunya, Iwan selalu bercerita tentang kehidupan sosial ataupun tentang kasih sayang. Dibalik kesuksesan pria 57 tahun ini, ada wanita hebat di belakangnya, ialah Rosana atau akrab disapa Mbak Yos.

Bertemu saat duduk di kampus Institut Kesenian Jakarta, pelantun lagu "Bento" ini akhirnya resmi meminang Mbak Yos pada tahun 1980. Kehidupan Iwan dan Mbak Yos terasa lengkap akan kehadiran tiga buah hatinya, Galang Rambu Anarki, Annisa Cikal Rambu Bassae dan Raya Rambu Rabbani. Sayangnya, putra sulungnya Galang terlebih dahulu berpulang saat usianya 15 tahun pada 1997 silam. 

Hampir 40 tahun bersama, hubungan pernikahan Iwan dan Mbak Yos justru jauh dari gosip miring. Lewat akun instagram pribadinya Iwan kerap kali membagikan momen manis serta caption romantis dengan istri yang sekaligus manajer pribadinya ini. Penasaran bagaimana potret harmonisnya pasangan ini? Berikut Liputan6.com rangkum dari akun instagram Iwan Fals, 6 potret harmonis Iwan Fals dan istri, Rabu (28/8/2019).

1. Menikah sejak tahun 1980, Iwan dan Rosana telah 39 tahun bersama. Awet banget ya, hampir 4 dekade loh!

Iwan Fals dan Sang Istri  (Sumber: Instagram/iwanfals)

2. Yos, istri sekaligus manajer pribadi Iwan ini selalu setia menemani musisi legendaris manggung ataupun beraktivitas.

Iwan Fals dan Sang Istri  (Sumber: Instagram/iwanfals)

3. Dalam laman instagramnya, Iwan kerap kali menuliskan kalimat romantis untuk sang istri.

Iwan Fals dan Sang Istri  (Sumber: Instagram/iwanfals)

4. Bahkan saat hari ulang tahun Mbak Yos, pria 57 tahun ini memberikan kejutan ulang tahun pada sang istri dengan setangkai bunga di atas panggung.

Iwan Fals dan Sang Istri  (Sumber: Instagram/iwanfals)

5. Menikmati suasana sore hari di taman menjadi pillihan quality time untuk pasangan legendaris ini.

Iwan Fals dan Sang Istri  (Sumber: Instagram/iwanfals)

6. Di tengah kesibukannya, tak lupa pasangan ini pergi berlibur di Pulau Dewata bersama kedua buah hatinya. Keluarga yang harmonis ya!

Iwan Fals dan Sang Istri  (Sumber: Instagram/iwanfals)

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Anies Minta Kualitas Udara Jakarta Dibandingkan dengan Kota Lainnya di Indonesia

Posted: 27 Aug 2019 09:49 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - - Gubernur DKI Jakarta, Anies Baswedan mengatakan kualitas udara di Jakarta akan membaik seiring dengan datangnya musim hujan. Menurutnya, polusi udara saat ini sedang meningkat karena musim kemarau.

Anies pun mengimbau agar masyarakat melihat keseluruhan data Air Visual dengan seksama. Artinya, jangan hanya membandingkan polusi di Jakarta dengan kota di dunia tapi juga dengan kota lain di Indonesia.

"Kalau melihat data Air Visual, ada baiknya dilihat semua kota-kota besar di Indonesia. Tapi kalau melihatnya antar ibu kota dunia, kita tidak memiliki potret yang lengkap karena permasalahan udara, tidak dibatasi oleh perbatasan geografis tata pemerintahan," ujar Anies Baswedan di GOR, Jakarta Timur, Rabu (28/8/2019).

Tiadanya hujan, kata Anies, berpotensi membuat kualitas udara di kota-kota di Indonesia menurun.

Anies menegaskan, kualitas udara harus dilihat sebagai suatu kesatuan. Sebab, masalah polusi tidak hanya terjadi di kota Jakarta saja di Indonesia.

Membaik Jika Hujan Datang

Dia berharap, kualitas udara bisa semakin membaik bila musim hujan datang. Selain itu, adanya ganjil genap pun dinilainya sudah membantu kualitas udara di Jakarta.

"Jadi misalnya perbatasan Jakarta Timur, Jakarta Selatan. Kalau pindah kantor administrasi, kualitas udaranya tidak langsung berubah. Karena itulah kalau melihat kualitas udara lihatlah sebagai wilayah kesatuan," ungkapnya.

"Jadi kita bisa mengundang pada semua perhatikan polanya beberapa kota secara lintas waktu," Anies mengakhiri.

Saksikan video pilihan berikut ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

KEIN: Soal Wisata, Manado Bisa Lebih Besar dari Bali

Posted: 27 Aug 2019 09:48 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Komite Ekonomi dan Industri nasional (KEIN) memlihat Manado menjadi salah satu wilayah yang memiliki potensi pariwisata unggulan di Indonesia. Ini bisa menjadi senjata utama Indonesia dalam mendatangkan wisatawan asing.

Anggota KEIN Pokja Industri Pariwisata Dony Oskaria bahkan menyatakan Manado bisa lebih besar daripada Bali jika dilihat dari berbagai destinasi yang ditawarkannya.

"Secara geografis, negara-negara maju cenderung berada di utara. Negara-negara ini memiliki kapasitas ekonomi yang sangat baik, sehingga tingkat kesejahteraan masyarakatnya juga sangat baik. Artinya, potensi besar wisawatan dunia ada di utara. Dan secara geografis pula, dalam konteks Indonesia, Manado berada pada sisi paling utara atau yang paling cepat terjangkau oleh para wisatawan dunia," kata Donny kepada wartawan, Rabu (28/8/2019).

Menurut KEIN, faktor tren wisatawan dunia dan faktor geografis, membuat cost of product ke Manado jauh lebih murah. Ini dinilai bisa menjadi pertimbangan signifikan untuk Manado dalam menyusun tourism master plan ke depan dengan target wisman sekira 8-9 juta di tahun 2024.

"Saat ini, dengan sentuhan yang tidak terlalu signifikan, Manado berhasil mendapatkan wisman lebih dari 1 juta. Jadi bisa dibayangkan jika Manado ditata dan dikelola dengan serius, saya yakin tahun 2024 Manado visa mendapatkan 8-9 juta wisman dan pada satu titik Manado bisa meraih kunjungan wisman lebih besar dari Bali," tambah Dony.

 

Potensi Wisatawan China

Wisatawan mancanegara menikmati keindahan taman laut Pulau Bunaken di Manado dari atas kapal, Sabtu (17/12). Taman Nasional Bunaken pernah bersaing dengan Pulau Dewata, Bali sebagai tempat wisata laut paling indah di Tanah Air. (Liputan6.com/Fery Pradolo)

Selain faktor-faktor itu, kata Dony, ada satu lagi faktor potensial yang perlu dimaksimalkan oleh Manado dan Indonesia, yakni wisman dari China.

Negara Tirai Bambu memiliki kelas menengah yang sangat besar akibat lompatan pertumbuhan ekonomi yang masif selama dua dekade terakhir. Sehingga otomatis, wisman China akan menjadi target pasar potensial bagi Manado.

"Lonjakan wisman yang terjadi di Manado dalam setahun terakhir adalah bukti nyata betapa besarnya potensi wisatawan China. Beberapa penerbangan langsung dari beberapa kota di China telah dibuka ke Manado, sehingga mendadak Manado menorehkan lonjakan angka wisman yang luar biasa. Fakta ini harus segera disikapi dengan penyiapan-penyiapan yang matang," ujar Dony.

Menurut Dony, dari sisi Manado pun sudah bisa dibilang siap. Manado sudah memiliki ekosistem pariwisata yang cukup baik, amenitas utamanya terbilang lumayan di mana hotel-hotel berbintang banyak terdapat di Manado. Pun dari sisi destinasi dan atraksi, Manado memiliki keberagaman yang lumayan banyak dan unik.

 

Pembenahan Manado

Saat Jokowi Menikmati Keindahan Taman Nasional Bunaken Manado (Foto: Liputan6/ Yoseph Ikanubun)

Untuk itu, Dony menyarankan, ke depan beberapa persoalan di Manado harus segera dibenahi. Mulai dari persoalan aksesibilitas sampai pada pembenahan destinasi dan penciptaan atraksi.

Mneurutnya, langkah pertama, bandara di Manado harus di-upgrade agar berkelas dunia. Lalu setelah dilakukan market mapping, langkah kedua adalah membuka penerbangan langsung ke negara-negara target pasar utama, tidak hanya dari China.

"Philipine yang sangat dekat pun harus diraih, karena negara itu saat ini sedang berada dalam kondisi ekonomi yang baik, pertumbuhan kelas menengahnya lumayan. Lalu penerbangan langsung dari Jepang, Korea, Vietnam, Malaysia, Singapore, dan negara-negara Eropa dan Amerika," Donny menjelaskan.

Dan ketiga, dikatakan Dony, membenahi destinasi dengan skema-skema pengembangan yang sesuai, ada destinasi bertema budaya, alam, buatan, dan lainya.

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

4 Jajanan Khas Jawa Timur Berbahan Ketan, Camilan yang Bikin Kenyang

Posted: 27 Aug 2019 09:45 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Berbicara tentang kuliner di Jawa Timur, pasti tidak ada habisnya, sebab setiap daerah memiliki makanan khas yang tentunya menggoda selera. Tidak hanya makanannya, jajanannya pun tidak kalah enak dan unik. 

Berkunjung ke Jawa Timur rasanya kurang lengkap tanpa mencicipi kuliner berbagai jajanan yang khas dan lezat. Mulai dari Mojokerto, Tulungagung, hingga Bojonegoro punya camilan khas yang sayang untuk dilewatkan.

Di Jawa Timur kamu bisa menemukan berbagai kuliner jajanan dari bahan dasar ketan yang membuat perutmu kenyang seperti jajanan Onde-Onde.

Penasaran seperti apa camilan yang membuat perutmu kenyang. Berikut 5 jajanan berbahan ketan dirangkum liputan6.com dari berbagai sumber, Rabu (28/8/2019).

1. Wingko Babat

Wingko Babat (Sumber: Vidio.com/Masak.tv)

Wingko Babat merupakan jajanan khas Kabupaten Lamongan. Jajanan ini memiliki cita rasa manis dan tekstur yang keras. Bahan utama jajanan ini adalah tepung beras ketan.

Wingko biasanya memiliki bentuk kotak atau bulat. Selain itu jajanan ini memiliki aroma yang menggugah selera.

2. Kue Gemblong

Kue Gemblong (Sumber: kulinersehat.com)

Kue Gemblong adalah kue tradisional yang termasuk ke dalam kelompok jajanan pasar. Kue Gemblong terbuat dari adonan tepung beras ketan putih yang dibentuk bulat memanjang dan kemudian digoreng setelah dilapisi larutan gula aren.

Gemblong mirip dengan jajanan getas, namun getas terbuat dari ketan hitam. Keduanya memiliki rasa yang sama-sama enak.

3. Onde-Onde

Onde-Onde (Sumber: wikiresep.com)

Jajanan Onde-Onde banyak ditemukan di Mojokerto dan daerah Jawa Timur lainnya. Jajanan ini berbentuk bulat dengan biji wijen yang meyelimutinya.

Dahulu Onde-Onde diisi dengan kacang hijau, sekarang sudah beragam jenisnya. Jajanan ini berbahan dasar ketan yang dicampur dengan sagu dan bagian luarnya dilapisi wijen. Jajanan ini cocok untuk dijadikan camilan yang enak dan mengenyangkan.

4. Kue Mendut

Kue Mendut terbuat dari tepung ketan yang dicampur dengan santan dan sedikit garam supaya gurih. Di dalam Mendut terdapat unti (isian kelapa) yang terbuat dari campuran parutan kelapa, gula merah, vanili, dan sedikit garam yang dimasak hingga bercampur.

Biasanya Mendut disiram dengan sedikit santan kental ketika sedang dibungkus.Jajanan ini dibungkus dengan daun pisang. dan memiliki rasa manis, kenyal dan lembut.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

FOTO: Travis Scott Peluk Cium Kylie Jenner di Pemutaran Perdana Filmnya

Posted: 27 Aug 2019 09:45 PM PDT

Travis Scott (kiri) berpose bersama Kylie Jenner saat menghadiri pemutaran perdana Netflix

Travis Scott (kiri) berpose bersama Kylie Jenner saat menghadiri pemutaran perdana Netflix

Travis Scott (kiri) mencium dan memeluk Kylie Jenner saat menghadiri pemutaran perdana Netflix

Travis Scott (kiri) mencium dan memeluk Kylie Jenner saat menghadiri pemutaran perdana Netflix

Travis Scott (kiri) mencium dan memeluk Kylie Jenner saat menghadiri pemutaran perdana Netflix

Travis Scott (kiri) mencium dan memeluk Kylie Jenner saat menghadiri pemutaran perdana Netflix

Travis Scott (kiri) berpose bersama Kylie Jenner saat menghadiri pemutaran perdana Netflix

Travis Scott (kiri) berpose bersama Kylie Jenner saat menghadiri pemutaran perdana Netflix

Travis Scott (kiri) berpose bersama Kylie Jenner (kanan) dan anak mereka Stormi Webster (tengah) saat menghadiri pemutaran perdana Netflix

Travis Scott (kiri) berpose bersama Kylie Jenner (kanan) dan anak mereka Stormi Webster (tengah) saat menghadiri pemutaran perdana Netflix

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

5 Fakta Terbaru Aulia Kesuma, Otak Pembunuhan Suami dan Anak Tiri

Posted: 27 Aug 2019 09:40 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Perlahan kasus penemuan jasad di mobil yang terbakar kini mulai menemui titik terang usai usai pihak yang berwajib melakukan pemeriksaan kepada tersangka. Polisi sudah mengantongi beberapa nama yang terlibat dalam kasus pembunuhan berencana ini. Salah satu nama yang mencuat adalah Aulia Kesuma (35).

Aulia Kesuma merupakan istri muda dari korban pembakaran mobil, Edi Chandra Purnama (54) alias Pupung Sadili. Aulia juga ibu tiri dari M Adi Pradana (23). Aulia diketahui merencanakan pembunuhan berencana kepada suami dan anak tirinya dengan sangat detail.

Kedua jasad tersebut ditemukan hangus terbakar di dalam minibus bernomor polisi B 2983 SZH di Kampung Bondol, Kabupaten Sukabumi, Jawa Barat pada Minggu 25 Agustus 2019. Jenazah ditemukan di bagian jok belakang dengan kondisi tak dikenali dan tangan terikat.

Kini motif dari pembunuhan berencana yang dilakukan oleh Aulia Kesuma mulai terbongkar. Aulia Kesuma sudah ditangkap dan diamankan oleh pihak kepolisian lengkap dengan barang bukti berupa mobil Calya milik tersangka dengan nomor polisi B2620 BZM, handphone tersangka dan selimut berbau bensin.

Dari penyelidikan kepoisian ditemukan fakta-fakta terbaru tentang kasus mobil terbakar ini. Berikut Liputan6.com rangkum dari beberapa sumber, fakta-fakta Aulia Kesuma otak dari pembunuhan mobil terbakar, Rabu (28/8/2019).

1. Aulia menyewa empat eksekutor untuk membunuh suami dan anak tirinya

5 Fakta Terbaru Aulia Kesuma, Otak dari Pembunuhan Suami dan Anaknya (sumber: Merdeka.com)

Aulia Kesuma diketahui telah merencanakan pembunuhan berencana terhadap suaminya Edi Chandra Purnama (54) dan anak tirinya M. Adi Pradana (23). Untuk melancarkan rencananya, Aulia bahkan menyewa eksekutor.

Menurut laporan penyelidikan kepolisian, ada setidaknya 4 orang yang disewa oleh Aulia Kesuma. Dua orang dengan inisial A dan S sudah ditangkap. Sementara dua lainnya sedang diburu. Pembunuh bayaran ini disewa dari daerah Lampung.

"Datang ke Jakarta menggunakan travel kemudian oleh tersangka AK dijemput di Kalibata, kemudian dua orang A dan S ini masuk ke mobil," kata Kabid Humas Polda Metro Jaya Kombes Raden Prabowo Argo Yuwono di Mapolda Metro Jaya, seperti Liputan6.com kutip dari Merdeka.com, Selasa (27/8) malam.

2. Aulia janjikan 500 juta untuk para eksekutor

5 Fakta Terbaru Aulia Kesuma, Otak dari Pembunuhan Suami dan Anaknya (sumber: Merdeka.com)

Aulia menjadi otak dari pembunuhan keji suami dan anak tirinya. Aulai menyewa empat pembunuh bayaran. Melalui penyelidikan kepolisian terkuak dana yang dikeluarkan oleh Aulia untuk menyewa pembunuh bayaran tersebut. Aulia menjanjikan Rp 500 juta kepada para eksekutor yang disewanya. Agar rencana pembunuhan berjalan sukses, Aulia memberikan Rp 130 juta terlebih dahulu kepada para eksekutor.

"AK ini sebagai istri korban curhat menyampaikan kepada dua orang tadi kalau dililit utang. Dia ingin menjual rumah tidak diperbolehkan, dia diancam. Akhirnya di dalam mobil deal membantu eksekusi korban dengan perjanjian dibayar 500 juta," ujar Kabid Humas Polda Metro Jaya Kombes Raden Prabowo Argo Yuwono, seperti Liputan6.com kutip dari Merdeka.com, Selasa (27/8) malam.

 

 

3. Motif Aulia membunuh suaminya sudah terungkap

Ilustrasi Pembunuhan (iStock)

Kasus pembakaran mobil yang terdapat dua jenazah, perlahan mulai terungkap. Kapolres Sukabumi AKBP Nasriadi kemarin malam (27/8/2019) mengungkap motif Aulia Kesuma sebagai pemilik ide pembunuhan terhadap Edi Chandra Purnama (54) dan M Adi Pradana (23).

"Motifnya ingin menguasai harta si suami (korban) itu dengan cara menyuruh pembunuh bayaran," kata Nasriadi saat dihubungi Liputan6.com, Selasa (27/8/2019).

Aulia Kesuma memiliki hutang dan berencana ingin menjual rumah Edi di kawasan Lebak Bulus. Cara yang dipakai agar bisa mendapatkan harta Edi ialah dengan cara membunuhnya.

"AK ini mempunyai utang kemudian dia kepingin menjual rumahnya. Tapi karena suami ini mempunyai anak tidak setuju dan dia mengatakan 'kalau menjual rumah ini kamu akan saya bunuh'," Kabid Humas Polda Metro Jaya Kombes Raden Prabowo Argo Yuwono di Mapolda Metro Jaya, seperti Liputan6.com kutip dari Merdeka.com, Selasa (27/8) malam.

4. Kronologi ide pembunuhan Aulia Kesuma

5 Fakta Terbaru Aulia Kesuma, Otak dari Pembunuhan Suami dan Anaknya (sumber: Merdeka.com)

Aulia mengakui bahwa ia merupakan dalang pembunuhan tragis dengan membakar mobil yang terdapat dua orang di dalamnya. Karena motif ingin menguasai harta suami, Aulia merencanakan pembunuhan berencana dengan menyewa empat eksekutor. Empat eksekutor diberi ide Aulia bagaimana cara membunuh Edi Chandra Purnama (54) dan M Adi Pradana (23).

Aulia menceritakan ke pihak berwajib bahwa korban Edi dicekoki minuman keras yang sudah dicampur oleh racun. Hal itu dilakukan agar eksekutor yang ia bayar berhasil menjalankan tugasnya dengan mudah. Setelah suaminya mabuk, lalu Edi dibekap dan dihabisi hingga tewas oleh eksekutor.

"Lalu diberikan miras dan racun, namun hasil minuman ini belum tahu hasilnya apa. Kemudian korban pingsan lalu dibekap dengan dipegang oleh dua org tersangka ini (yang diamankan di Lampung)," kata Kasubdit Jatanras Polda Metro Jaya AKBP Jerry Siagian, seperti Liputan6.com kutip dari merdeka.com, Selasa (27/8).

Tidak puas dengan suaminya yang sudah tewas, Aulia juga merencanakan membunuh anak tirinya bernama Dana. Dana dipancing oleh anak dari Aulia yang berinisial KV untuk datang ke rumah. Setelah itu Dana diajak meminum minuman kerras, kemudian dibekap hingga tewas.

"Lalu kembali AK ini panggil anaknya. Dipanggil oleh D untuk ke rumah lalu diajak minuman miras, setelah setengah sadar korban dibekap oleh handuk dengan dipegangi oleh kedua orang tersangka," pungkas Jerry.

5. Anak kandung Aulia Kesuma ikut terlibat

Ilustrasi Pembunuhan (iStock)

Selain membayar eksekutor, Aulia Kesuma juga mengajak seorang lelaki berinisial KV (25). Setelah dilakukan pemeriksaan terhadap Aulia Kesuma, ia mengakui KV adalah anak kandungnya. Namun pihak kepolisian masih meragukan keterangan Aulia terkait selisih umur Aulia dengan KV.

"Ini salah satu yang kami bahas. (AK) mengaku bahwa (KV) itu adalah anaknya. Tapi usianya hanya terpaut sepuluh tahun," kata Kapolda Jabar, Irjen Rudy Sufahriadi di Mapolrestabes Bandung Jalan Jawa, Kota Bandung, seperti Liputan6.com rangkum dari Merdeka.com, Selasa (27/8) malam.

Kini anak Aulia Kesuma yakni KV masih dirawat di rumah sakit Pertamina Jakarta. KV mengalami luka bakar saat membakar mobil berisi jenazah Edi Chandra Purnama (54) dan M. Adi Pradana (23) di kawasan Cidahu, Sukabumi. Bukti luka bakar ini menjadi salah satu kunci terbongkarnya kasus pembunuhan berencana yang dilakukan Aulia Kesuma.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Kartika Putri Berencana Melahirkan di Air

Posted: 27 Aug 2019 09:40 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Kehamilan Kartika Putri tak terasa sudah memasuki bulan kedelapan. Persiapan jelang melahirkan pun tentu sudah menjadi skala prioritasnya ketimbang hal lain.

Namun, Kartika Putri mengubah rencana proses persalinannya. Awalnya, ia ingin agar anaknya lahir caesar. Namun setelah diyakinkan sang suami, Habib Usman Bin Yahya, Kartika pun berubah pikiran.

"Tadinya awal-awal caesar, awalnya aku mikir mau enaknya saja kan. Tapi dibilang suami, 'Mendingan normal, karena bagus buat kamunya, recovery-nya lebih cepat'," tutur Kartika Putri kepada wartawan, seperti dikutip dari tayangan Halo Selebriti, Rabu (28/8/2019).

Menariknya, Kartika Putri juga mengungkapkan niatnya untuk melahirkan dengan proses water birth atau melahirkan di air.

Alasan Lain

Kartika Putri dan suami (Instagram/kartikaputriworld)

"Terus gara-gara lihat di handphone, tiba-tiba pengin water birth, pengin lahiran di air. Cuma lihat mengalirnya bagaimana sih," terangnya.

Selain itu, Kartika Putri juga punya alasan lain untuk melahirkan secara normal. "Kalau punya anak lagi, jangka waktunya enggak ditentukan. Kalau caesar kan tergantung kondisi jahitan," ia mengutarakan.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

VIDEO: Ini Fasilitas PNS yang Ikut Pindah ke Kalimantan Timur

Posted: 27 Aug 2019 09:39 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Menpan RB, Syafruddin ungkapkan fasilitas untuk ASN yang pindah ke ibu kota baru.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

VIDEO: Terlilit Utang, Motif Istri Bakar Suami di Sukabumi

Posted: 27 Aug 2019 09:38 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Diduga terlilit utang Istri sewa pembunuh bayaran menghabisi ayah dan anak dengan imbalan Rp 500 juta. Polisi berhasil mengungkap kasus ini dan menangkap 2 pembunuh bayaran tersebut di Lampung. 

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Prediksi Bali United Vs Borneo FC: Sama-Sama Ingin Jaga Rekor

Posted: 27 Aug 2019 09:35 PM PDT

Gianyar - Bali United akan menjamu Borneo FC pada partai tunda pekan ketujuh Shopee Liga 1 2019 di Stadion Kapten I Wayan Dipta, Gianyar, Rabu (28/8/2019). Bali United dan Borneo FC sama-sama ingin menjaga rekor.

Seperti diketahui, tuan rumah Bali United selalu meraih kemenangan ketika delapan kali bermain di Kapten Dipta pada musim ini. Adapun, Borneo FC tak terkalahkan dalam sepuluh laga terakhirnya, baik kandang maupun tandang.

Rekor kedua tim berpotensi pecah pada duel nanti. Bali United yang bermain di kandang, berpeluang untuk memutus rekor Borneo FC.

"Borneo FC bermaterikan pemain-pemain berkualitas. Kami wajib menjaga fokus dan konsentrasi ketika hilang bola. Seperti halnya di pertandingan sebelumnya, kami bisa bermain secara seimbang ketika bertahan dan menyerang. Itu juga yang harus kami lakukan di pertandingan besok," imbuh pelatih Bali United, Stefano Cugurra Teco dinukil dari laman klub.

Teco menaruh atensi lebih terhadap gelandang serang Borneo FC, Renan Silva. Maklum, keduanya adalah sosok penting di balik kesuksesan Persija Jakarta meraih gelar Liga 1 musim lalu. Saat itu, Teco sebagai pelatih dan Renan bergabung pada putaran kedua.

"Renan adalah pemain yang musim lalu saya bawa ke Persija. Saya sudah kenal dia ketika tim saya melawan dia di Liga Thailand. Saya rasa dia pemain yang tampil sangat bagus saat di Persija karena dia mampu adaptasi dengan cepat. Kami juga memenangkan banyak pertandingan musim lalu," imbuh Teco.

"Tapi tahun ini situasi kami berbeda. Renan ke Borneo FC dan saya di Bali United. Saya rasa proses adaptasi dia di Borneo FC juga bagus dengan beberapa gol yang sudah dicetak. Bagi saya dia merupakan gelandang serang yang memiliki akurasi umpan dan tendangan berkualitas dengan kaki kirinya," tutur arsitek asal Brasil itu.

Borneo FC Ingin Akhiri Keangkeran Kandang Bali United

Shopee Liga 1 2019: Bali United vs Bornoe FC. (Bola.com/Dody Iryawan)

Bali United perlu waspada. Borneo FC datang ke Pulau Dewata tak hanya sekadar mencuri poin belaka. Tim tamu bahkan ingin mempermalukan tuan rumah.

"Kami akan menghadapi Bali Unitef yang sedang berada di papan atas dan juga tim yang kuat. Ini adalah laga terkuat saat ini dan kami membutuhkan pemain segar," kata pelatih Borneo FC, Mario Gomez, disadur dari laman klub.

Gomez menekankan vitalnya menjaga rekor tak terkalahkan Borneo FC. Apalagi, tim berjulukan Pesut Etam tersebut kerap minus dua pemain asing, Matias Conti dan Jan Lammers. Belakangan, nama terakhir telah dicoret Gomez.

"Sekarang kami mempunyai sepuluh pertandingan tak terkalahkan. Satu pertanyaan untuk kalian, apakah ini sangat penting bagi klub? Setiap tim, apakah penting atau tidak? Sangat penting, iya," kata Gomez.

"Pada tujuh laga terakhir, kami bermain tanpa dua pemain utama, Matias Conti dan Jan Lammers. Kemudian para pemain mulai bekerja lebih keras tentu saja karena 10 pertandingan tanpa kekalahan tanpa dua pemain asing tersebut dan semua laga itu sangat penting," tutur Gomez.

Prakiraan Susunan Pemain

Pemain Bali United merayakan gol yang dicetak Stefano Lilipaly ke gawang Tira Persikabo pada laga Shopee Liga 1 di Stadion Patriot Pakansari, Bogor, Kamis (15/8). Bali menang 2-1 atas Tira Persikabo. (Bola.com/Yoppy Renato)

Bali United (4-3-3): Wawan Hendrawan (k); Dias Angga, Willian Pacheco, Leonard Tupamahu, Michael Orah (b); Brwa Nouri, Fadil Sausu, Paulo Sergio (t); Stefano Lilipaly, Melvin Platje, Ilija Spasojevic (d)

Pelatih: Stefano Cugurra Teco

Borneo FC (4-2-3-1): Nadeo Argawinata (k); Diego Michiels, Wildansyah, Javlon Guseynov, Abdul Rahman (b); Dirga Lasut, Wahyudi Hamisi (t); Ambrizal Umanailo, Terens Puhiri, Renan Silva (t); Lerby Eliandry (d)

Pelatih: Mario Gomez

 

Sumber: Bali United

Disadur dari: Bola.com

(Penulis: Muhammad Adyaksa/Editor: Wiwig Prayugi , published 28/8/2019)

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Pertamina Garap Blok Migas West Ganal di Kalimantan Timur

Posted: 27 Aug 2019 09:33 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Konsorsium Pertamina memenangkan Wilayah Kerja Migas West Ganal di Lepas Pantai Kalimantan Timur, bersama Eni Indonesia Limited dan Neptune Energy West Ganal B.V pada lelang Wilayah Kerja Migas Konvensional Tahap II. Hal ini melengkapi bisnis hulu di wilayah Kalimantan.

Direktur Hulu Pertamina Dharmawan Samsu mengatakan, wilayah kerja West Ganal akan melengkapi portofolio bisnis hulu Pertamina. Dengan wilayah kerja baru ini, perusahaan dapat melakukan sinergi dengan blok migas lainnya yang juga dikelola anak usaha Pertamina, khususnya di Kalimantan Timur.

"Kami menyambut baik kepercayaan Pemerintah kepada Pertamina sebagai perusahaan energi nasional dan diharapkan dapat menciptakan efisiensi yang lebih maksimal pada pengelolaan blok migas di wilayah tersebut," kata Dharmawan, di Jakarta, Rabu (28/8/2019).

Wilayah Kerja (WK) atau Blok West Ganal yang diperkirakan masih memiliki kandungan gas lebih dari 600 BSCF, merupakan WK keempat yang akan berkontribusi bagi produksi migas Pertamina di wilayah Kalimantan Timur setelah Blok Mahakam, Blok Sangasanga, dan Blok East Kalimantan-Attaka.

Saat ini di sektor Hulu Pertamina melalui anak Perusahaannya PT Pertamina Hulu Indonesia (PHI) telah beroperasi di Kalimantan Timur melalui anak perusahaannya yakni PT. Pertamina Hulu Kalimantan Timur (PHKT), Pertamina Hulu Mahakam (PHM), dan Pertamina Hulu Sanga-sanga (PHSS).

Menurut Dharmawan, Pertamina bersama konsorsium berkomitmen untuk melakukan eksplorasi melalui kegiatan study G&G, Sesmik 2D sepanjang 600km dan Sesmik 3D seluas 600 km², serta pemboran empat sumur eksplorasi.

"Di wilayah kerja ini, bersama konsorsium kami memiliki komitmen pasti untuk melakukan eksplorasi, termasuk pengeboran empat sumur," pungkasnya.

Konsorsium Pertamina Bakal Garap Blok West Ganal

Di tengah kebutuhan energi nasional yang terus meningkat, menemukan minyak dan gas bumi (migas) menjadi semakin sulit

Kementerian Energi Sumber Daya Mineral (ESDM) mengumumkan, ada satu Kontraktor Kontrak Kerjasama (KKKS) yang memenangkan lelang Blok‎ atau Wilayah Kerja atau Minyak dan Gas (WK Migas) Tahap II Tahun 2019.

Wakil Menteri ESDM Arcandra Tahar mengatakan, dalam lelang konvensional Tahap II Tahun 2019, kementerian ESDM menawarkan emapat blok migas yang terdiri dari tiga blok eksplorasi, yaitu Bone, Kutai dan West Ganal dan satu blok produksi habis, yaitu West Kampar.

‎"Ada empat WK, banyak yang akses, akses data ada 13 (perusahaan KKKS),‎" kata Arcandra, di Kantor Kementerian ESDM, Jakarta, Senin (26/8/2019).

Arcandra melanjutkan, dari 13 KKKS yang mengakses data dokumen lelang dan proses seleksi. Hanya saja Kementerian ESDM hanya menetapkan satu blok yang dinyatakan pemenang lelangnya. Blok tersebut yaitu West Ganal dengan perusahaan pemenang konsorsium Eni Indonesia Limited-PT Pertamina (Persero)-Neptune Energy West Ganal B.V.

‎"N‎amun demikian setelah proses penantian pemenang kita putuskan ‎West Ganal ada pemenang k‎onsorsium Eni Indonesia, Pertamina dan Neptune Energy‎," tuturnya.

Sudah Memenuhi Kriteria

Ilustrasi tambang migas  (iStockPhoto)

Pelaksana Tugas Direktur Jenderal Migas Kementerian ESDM Djoko Siswanto mengungkapkan, pemilihan pemenang lelang tersebut sudah memenuhi kriteria yang ditetapkan Kementerian ESDM.

"Mempunyai kemampuan finansial dan teknis, memenuhi syarat ketentuan pokok, rekam jejak baik dalam kegiatan perminyakan,‎" tandasnya. 

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Polisi Gelar Prarekonstruksi Pembunuhan Satu Keluarga di Banyumas

Posted: 27 Aug 2019 09:32 PM PDT

Liputan6.com, Banyumas - Menindaklanjuti temuan empat kerangka manusia di Banyumas, petugas Satuan Reserse Kriminal Kepolisian Resor Banyumas menggelar prarekonstruksi kasus pembunuhan yang dilakukan oleh satu keluarga terhadap empat saudaranya itu.

Prarekonstruksi kasus pembunuhan tersebut digelar di rumah Misem (76), warga Desa Pasinggangan RT 07 RW 03, Kecamatan Banyumas, Kabupaten Banyumas, Jawa Tengah, Rabu (28/8/2019). Misem merupakan ibu atau nenek dari keempat tersangka maupun keempat korban.

Dalam prarekonstruksi kasus pembunuhan terhadap Supratno (usia saat dibunuh 51 tahun) yang merupakan anak pertama Misem, Sugiono (46) anak kedua Misem, Heri (41) anak kelima Misem, dan Vivin (21) anak dari Supratno, polisi menghadirkan keempat tersangka yang terdiri atas Saminah (52) beserta tiga anaknya, yakni Irfan (32), Putra (27), dan Saniah (37). Tersangka Saminah merupakan anak kedua dari Misem.

Ratusan warga tampak memadati sekeliling tempat kejadian perkara (TKP) yang dijadikan sebagai lokasi prarekonstruksi.

Mereka tampak penasaran terhadap kasus pembunuhan yang terjadi pada tanggal 9 Oktober 2014 dan baru terungkap setelah kerangka keempat korban ditemukan pada tanggal 24 Agustus 2019.

"Ingin lihat saja," kata seorang warga dikutip laman Antara.

Mantan Ketua RT 07 RW 03 Desa Pasinggangan, Sihat mengatakan sejak Selasa (27/8/2019) malam, rumah Misem ramai didatangi warga.

"Mereka mengira prarekonstruksi tersebut digelar tadi malam. Makanya, istri saya diungsikan dulu karena dia lemah jantung," kata dia yang rumahnya tidak jauh dari rumah Misem.

Sementara itu, saat keempat tersangka tiba di TKP atau lokasi prarekonstruksi, warga yang berada di luar garis polisi langsung menyoraki mereka. Oleh karena itu, polisi segera menenangkan warga agar tidak menyoraki para tersangka.

Sebelumnya, empat kerangka manusia ditemukan seorang warga bernama Rasman (63) saat membersihkan halaman belakang rumah Misem di Desa Pasinggangan RT 07 RW 03, Kecamatan Banyumas, Kabupaten Banyumas, pada hari Kamis (22/8).

Akan tetapi Rasman baru menceritakan penemuan tengkorak atau kerangka manusia itu kepada Saren (55) pada hari Sabtu (24/8) yang dilanjutkan dengan laporan ke Kepolisian Sektor Banyumas. 

Simak juga video pilihan berikut ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

13.553 Jemaah Haji Pulang Lewat Jalur Eyab dari Madinah

Posted: 27 Aug 2019 09:32 PM PDT

Liputan6.com, Jeddah - Sebanyak 13.553 jemaah haji Indonesia dari 32 kelompok terbang (kloter) akan mendapatkan layanan jalur khusus kepulangan Eyab di Bandara Prince Mohammed bin Abdulaziz, Jeddah.

Sebelumnya layanan Eyab diberikan bagi 16 kloter jemaah haji Indonesia yang terbang dari Bandara King Abdulaziz, Jeddah.

"Itu akan dilakukan mulai tanggal 4 sampai 14 September dan jumlah jemaahnya pun jauh lebih banyak dibandingkan periode awal kepulangan dari Bandara Jeddah," ujar Kepala Daerah Kerja (Kadaker) Bandara Jeddah-Madinah, Arsyad Hidayat di Jeddah, Kamis (28/8/2019)

Jemaah haji yang mendapatkan layanan Eyab di Madinah berasal dari Embarkasi Jakarta-Bekasi sebanyak 19 kloter dan 13 kloter dari Surabaya. Per hari, rata-rata pemberangkatan jemaah haji sebanyak 2 sampai 4 kloter per hari.

Dia menuturkan, bila melalui fasilitas Eyab, jemaah haji harus tiba di bandara 3 sampai 4 jam sebelum keberangkatan.

Saat tiba di bandara, jemaah langsun didorong ke Gate Haji, pemeriksanaan imigrasi dan masuk ke Lounger Eyab di ruang tunggu internasional

Terkait keberangkatan jemaah haji, Eyab juga mengurusi soal bagasi jemaah. "Bagasi yang ditempeli QR Card dikirim ke bandara 24 jam sebelum keberangkatan," dia menandaskan.

Pemulangan Jemaah Haji dari Jeddah Berakhir 1 September

Jemaah haji akan kembali ke Indonesia melalui jalur Eyab. Darmawan/ MCH

Pemulangan jemaah haji Indonesia dari Bandara King Abdulaziz, Jeddah akan berakhir pada 1 September 2019. Ini merupakan jemaah haji yang masuk dalam gelombang pertama kedatangan di Arab Saudi.

Demikian diungkapkan Kepala Daerah Kerja (Kadaker) Arsyad Hidayat di Jeddah, Rabu (28/8/2019).

"Di satu sisi kita akan menyelesaikan (pemulangan) di King Abdulaziz Jeddah. Di sisi yang lain kita akan mulai pemulangan jemaah haji melalui Bandara Madinah," ujar dia.

Rencananya, pemulangan jemaah haji dari Bandara Prince Mohammed bin Abdulaziz dimulai pada 30 Agustus. Jemaah ini masuk dalam gelombang kedua yang tiba di Arab Saudi. 

Usai dari Makkah, jemaah haji gelombang kedua didorong ke Madinah untuk melaksanakan rangkaian ibadah Arbain. Hingga kemudian dipulangkan ke Tanah Air.

Adapun jemaah haji yang sudah diberangkatkan dari Bandara Jeddah tercatat mencapai 76.129 orang hingga hari ini. Mereka berasal dari 187 kelompok terbang (kloter) dari seluruh embarkasi di Indonesia.

Demikian mengutip data Sistem Informasi dan Komputerisasi Haji Terpadu (Siskohat) Kementerian Agama (Kemenag).

Dari jumlah tersebut, 72.487 yang berasal dari 178 kloter telah tiba di Indonesia. Sementara jumlah jemaah yang wafat sebanyak 360 orang.

 Tonton Video Ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Saksikan Live Streaming Vidio Exclusive Persija Jakarta vs PSM Makassar di Indosiar

Posted: 27 Aug 2019 09:30 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Persija Jakarta akan menjamu PSM Makassar di Stadion Utama Gelora Bung Karno, Selasa (28/8/2019). Pertandingan yang tertunda di pekan ketujuh Shopee Liga 1 2019 bakal disiarkan langsung di Indosiar.

Macan Kemayoran, sebutan Persija, saat ini berada di peringkat ke-15 dengan raihan 13 poin, sedangkan PSM berada di posisi kesembulan dengan 19 angka. Jadi, bisa dibilang kedua tim akan bekerja keras untuk bisa memanfaatkan laga tunda sebagai panggung perbaikan peringkat.

Persija dalam kondisi siap tempur jelang menghadapi PSM. Hanya Sandi Sute yang dipastikan absen karena mendapatkan sanksi akumulasi kartu kuning.

Laga melawan Persija kabarnya menjadi yang terakhir buat Eero Markkanen. Hal itulah yang membuat pemain berpaspor Finlandia itu dituntut untuk tampil impresif plus mencetak gol bila ingin dipertahankan PSM.

Markkanen sejauh ini baru mencetak satu gol buat PSM di Shopee Liga 1 2019. Hal itu dilakukannya dalam laga kekalahan 2-3 dari PSS Sleman (24/8/2019).

Selain di Indosiar, Anda dapat menyaksikan pertandingan Persija Jakarta vs PSM Makassar melalui exclusive live streaming di Vidio Premier dengan berlangganan di link berikut ini...

Dapatkan cash back Rp 5 ribu dengan menggunakan DANA untuk langganan paket 7 hari seharga Rp 10 ribu. Promo ini berlaku hingga 30 Agustus 2019.

 

Prakiraan susunan pemain

Persija Jakarta (4-3-3): Shahar Ginanjar (kiper), Rezaldi Hehanusa, Maman Abdurrahman, Ryuji Utomo, Novri Setiawan (belakang), Tony Sucipto, Rohit Chand, Ramdani Lestaluhu (tengah), Heri Susanto, Riko Simanjuntak, Marko Simic (depan)

Pelatih: Julio Banuelos (Spanyol)

PSM Makassar (4-3-3): Rivki Mkodompit (kiper), Asnawi Mangkualam, Aaron Evans, Abdul Rahman, Beny Wahyudi (belakang), Wiljan Pluim, Marc Klok, Muhammad Arfan (belakang), Zulham Zamrun, Eero Markkanen, Muhammad Rahmat (depan)

Pelatih: Darije Kalezic (Bosnia)

Saksikan video pilihan berikut ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Top 3 Tekno: Redmi Note 8 Pakai Prosesor Snapdragon 665 Jadi Sorotan

Posted: 27 Aug 2019 09:30 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Pembaca di kanal Tekno Liputan6.com menyoroti kabar kehadiran smartphone terbaru Redmi yang bakal diumumkan besok, yakni Redmi Note 8.

Tak hanya itu, berita lain yang juga menjadi sorotan datang dari bocoran Mate 30 Pro dan Apple bakal perbarui lini MacBook Pro.

Lebih lengkapnya, simak tiga berita terpopuler berikut ini.

1. Redmi Pastikan Note 8 Punya Prosesor Snapdragon 665

Bocoran foto bodi Redmi Note 8. (Doc: SlashLeaks)

Redmi akan mengumumkan smartphone baru, Note 8, pada 29 Agustus 2019. Informasi tentang smartphone tersebut juga sudah beredar di ranah internet.

Dilansir GSM Arena, Selasa (27/8/2019), Brand Manager Redmi, Lu Weibing, dan akun resmi perusahaan mengungkapkan informasi mengenai chipset yang akan digunakan pada Redmi Note 8. Smartphone tersebut akan disokong prosesor Snapdragon 665.

Selain itu, varian Redmi Note 8 Pro hadir dengan prosesor Helio 90T besutan Mediatek. Sebelumnya, seri Redmi Note 8 Pro dilaporkan dilengkapi empat kamera belakang dengan salah satunya memiliki resolusi 64MP. Sementara berdasarkan teaser resminya, Redmi Note 8 biasa akan memiliki kamera beresolusi 48MP.

Baca selengkapnya di sini

 

2. Huawei Mate 30 Pro Punya 4 Kamera Belakang

Foto render Huawei Mate 30 Pro muncul di internet. (Doc: SlashLinks)

Bocoran soal smartphone terbaru Huawei, Mate 30 Pro, kembali beredar di ranah internet. Informasi baru ini berupa gambar yang diduga sebagai Mate 30 Pro.

Dilansir Phone Arena, Selasa (27/8/2019), Huawei Mate 30 Pro tampak memiliki empat kamera belakang. Empat kamera itu diletakkan di dalam lingkaran.

Untuk spesifikasinya, kamera belakang Mate 30 Pro memiliki dua resolusi 40MP yang salah satunya berfungsi untuk pengambilan gambar ultra wide-angle dengan sudut pandang 120°.

Baca selengkapnya di sini

3. Apple Perbarui Lini MacBook Pro Berlayar Besar

MacBook Pro 2016 (Sumber: The BitBag)

Pada event yang akan diadakan bulan depan, Apple disebut-sebut tidak hanya memperkenalkan iPhone terbaru. Perusahaan yang berbasis Cupertino itu dilaporkan juga akan memperbarui lini MacBook Pro besutannya.

Berdasarkan laporan terbaru dari Bloomberg, MacBook Pro anyar ini akan menjadi yang terbesar dari lini laptop tersebut, setelah sebelumnya model 17 inci dihentikan pada 2012.

Adapun seperti dikutip dari Digital Trends, Senin (26/8/2019), laptop baru ini akan berukuran 16 inci. MacBook Pro terbaru ini digadang sebagai pengganti model 15 inci yang ada sekarang.

Baca selengkapnya di sini

(Ysl/Why)

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Bukan Manusia, Restoran di India Melayani Pelanggan dengan Robot

Posted: 27 Aug 2019 09:30 PM PDT

Liputan6.com, India - Robot Restaurant menjadi tempat makan pertama di India dengan pelayanan makanan dilakukan alat yang dikendalikan mesin. Pihak restoran mengklaim, tempat makan di Bangalore tersebut sebelumnya telah sukses di dua lokasi yang ada di India, yakni Chennai dan Coimbatore.

"Restoran itu berlokasi di Jalan India Nagar dan menampung sekitar 50 pelanggan," tulis pihak restoran pada laman The Economic Times.

"Sajian menunya akan menyajikan makanan Indo-Asia dan juga menu eksotis mocktail," lanjutnya.

Ada 6 robot yang ada siap melayani pelanggan. Setiap meja dilengkapi dengan tablet, sehingga pengunjung dapat memesan dan memanggil robot. Kemudian, layanan makanan dilakukan oleh robot.

Robot-robot tersebut sangat interaktif. Uniknya, benda yang menyerupai manusia ini dapat menyanyikan lagu selamat ulang tahun dan ucapan lain pada acara khusus.

"Bangalore sudah memiliki beragam pengalaman kuliner dan kami yakin bahwa robot akan disambut dengan tangan terbuka di Bangalore," ujar pemilik restoran, Venkatesh Rajendaran.

Antusias Pengunjung

Ilustrasi Robot (iStockPhoto)

Arya, Ramya, Zoey, Alice dan Sansa adalah robot-robot yang berada di restoran daerah Bangalore itu.

Setelah restoran robot diresmikan pada 18 Agustus, ribuan pelanggan dari Bangalore hingga luar kota pun, telah datang dan dilayani oleh para robot.

"Per harinya dalam hitungan 7 jam, sekitar 500 sampai 600 orang datang ke restoran. Kami tidak memilik waktu untuk beristirahat sejak jam makan siang," ujar Karthikeyan Ramesh, manager restoran, yang dikutip dari The Indian Express.

"Tidak perlu pergi ke luar negeri untuk merasakan sensasi ini jika di negara kami memiliki teknologi robot untuk melayani. Saya telah menunggu hal seperti ini dalam waktu yang lama, dan sekarang saya telah dilayani oleh robot-robot," kata Pavitra VN, seorang dokter saat menyantap di sana.

Dengan memiliki kapasitas 50 pengunjung, tempat ini dibangun dengan luas antara lorong untuk membantu robot bernavigasi dengan lancar.

Rajendran mengatakan, tablet robot dibuat oleh teknologi dari Jepang yang diimpor China.

"Kami telah mendapatkan beberapa permintaan terkait restoran serupa dari beberapa negara. Sampai sekarang, kami telah merencanakan di daerah Timur Tengah yaitu Arab Saudi dan Dubai," tambahnya.

 

 

Reporter: Aqilah Ananda Purwanti

Saksikan video pilihan di bawah ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Tyler Cameron, Bintang Acara Pencarian Jodoh yang Jadi Gandengan Baru Gigi Hadid

Posted: 27 Aug 2019 09:30 PM PDT

Liputan6.com, Los Angeles - Gigi Hadid mencuri perhatian publik dalam ajang MTV Video Music Awards 2019 yang baru saja berlangsung. Bukan hanya penampilannya yang menawan, tapi juga gandengan yang kabarnya bersama model cantik ini di after party acara tersebut.

Pria yang menemani Gigi Hadid tersebut adalah Tyler Cameron. Dilansir dari ET, Rabu (28/8/2019), seorang sumber mengatakan hubungan mereka berjalan baik dan keduanya mulai menuju ke arah yang lebih serius.

"Tyler bergabung dengan Gigi dalam pesta usai VMA yang digelar Republic Records, dan jelas terlihat bahwa mereka adalah pasangan," tutur sumber itu menambahkan.

Publik Amerika Serikat sudah akrab dengan gandengan baru Gigi Hadid ini, tapi mungkin tidak demikian dengan khalayak di Indonesia. Siapa Tyler Cameron sebenarnya?

 

Model dan Bintang Reality Show

Tyler Cameron (Instagram/ tylerjcameron3)

Dilansir dari Marie Claire, Tyler Cameron adalah seorang model berusia 26 tahun. Namanya melesat setelah bergabung sebagai peserta dalam The Bachelorette musim ke-15 yang tayang tahun ini.

Sekadar informasi, The Bachelorette adalah reality show di ABC untuk menemukan pasangan hidup. Tyler Cameron bersama belasan pria lainnya, bersaing untuk mendapatkan hati protagonis dalam acara ini, Hannah Brown.

Dekat dengan Hannah

Tyler Cameron (Instagram/ tylerjcameron3)

Dalam episode final, Tyler Cameron sebenarnya berada pada urutan kedua. Hanya saja setelah kontes ini berakhir, Jed Wyatt yang berada di posisi pertama diberitakan sudah memiliki pasangan saat mengikuti syuting The Bachelorette. Alhasil, Hannah memutuskan pertunangannya dengan Jed Wyatt.

Tak berapa lama, Hannah disebut kembali lengket dengan Tyler Cameron. Namun pada saat yang hampir bersamaan, rumor kedekatan Tyler dengan Gigi Hadid merebak, terutama karena mereka tepergok saat tengah berkencan.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Tidak ada komentar: