Senin, 19 Agustus 2019

Liputan6 : RSS2 Feed

Liputan6 : RSS2 Feed


KPK Panggil Dirjen Dukcapil Terkait Korupsi e-KTP

Posted: 19 Aug 2019 09:55 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) memanggil Direktur Jenderal Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Dirjen Dukcapil) Kemendagri, Zudan Arif Fakrulloh terkait kasus korupsi e-KTP.

Juru Bicara KPK Febri Diansyah menyampaikan, Zudan akan dimintai keterangan dengan kapasitas sebagai saksi atas tersangka Paulus Tanos (PLS).

"Dipanggil sebagai saksi terkait tersangka PLS," tutur Febri dalam keterangannya, Selasa (20/8/2019).

Selain Zudan, lanjutnya, ada lima saksi lain yang turut dipanggil. Mereka adalah pihak swasta, Kartika Wulansari; mantan Direktur Produksi Perum Percetakan Negara Republik Indonesia (PNRI), Yuniarto; pegawai PT SAP Indonesia, Muda Ikhsan Harahap; Komisaris PT Delta Resource, Andy Wardhana; dan Manager Legal PT Sinarmas Sekuritas, Anthony Pheanto.

Tanos sendiri merupakan satu dari empat tersangka baru dalam kasus korupsi e-KTP. Mereka adalah mantan anggota Komisi II DPR RI Fraksi Partai Hanura, Miryam S Haryani; Direktur Utama Perum Percetakan Negara RI (PNRI) sekaligus ketua Konsorsium PNRI, Isnu Edhi Wijaya; Ketua Tim Teknis Teknologi Informasi Penerapan KTP, Husni Fahmi; dan Dirut PT Shandipala Arthaputra, Paulus Tanos.

Wakil Ketua KPK Saut Situmorang menyebut keempatnya memiliki peran masing-masing dalam kasus yang merugikan negara hingga Rp 2,3 triliun. Menurut Saut, peran Miryam yakni meminta USD 100 ribu kepada mantan pejabat Kemendagri Irman yang sudah divonis 15 tahun penjara atas kasus e-KTP.

"Setelah RDP (rapat dengar pendapat) antara Komisi II DPR RI dan Kemendagri dilakukan, MSH (Miryam) meminta USD 100 ribu kepada Irman untuk membiayai kunjungan kerja Komisi II ke beberapa daerah," ujar Saut dalam jumpa pers di Gedung KPK, Kuningan, Jakarta, Selasa (13/8/2019).

Saut mengatakan, Irman menyanggupi permintaan Miryam dan menyerahkan uang tersebut di SPBU Pancoran. Uang itu diterima orang kepercayaan Miryam. Uang diduga berasal dari bancakan proyek e-KTP.

Tak hanya itu, menurut Saut, sepanjang tahun 2011-2012, Miryam diduga menerima uang beberapa kali dari Irman dan Sugiharto. Sugiharto merupakan anak buah Irman di Kemendagri dan sudah dijerat 15 tahun penjara dalam kasus ini.

"Sebagaimana telah muncul di fakta persidangan dan pertimbangan hakim dalam perkara dengan terdakwa Setya Novanto, Miryam diduga diperkaya USD 1,2 juta terkait proyek e-KTP ini," kata Saut.

Sementara Dirut PNRI Isnu Edhi Wijaya (ISE) sempat menemui Irman dan Sugiharto ketika tahu akan adanya lelang proyek e-KTP. Isnu Edhi menemui Irman dan Sugiharto ditemani oleh pengusaha Andi Agustinus alias Andi Narogong. Andi divonis 13 tahun penjara dalam kasus ini.

"Setelah ada kepastian dibentuknya beberapa konsorsium, tersangka ISE (Isnu) dan Andi menemui Irman dan Sugiharto agar salah satu dari konsorsium dapat memenangkan proyek e-KTP," kata Saut.

Atas permintaan Isnu dan Andi, Irman menyetujui dan meminta komitmen pemberian uang kepada anggota DPR RI. Kemudian Isnu bersama dengan Paulus Tanos dan perwakilan vendor-vendor lainnya membentuk Konsorsium PNRI.

Menurut Saut, pemimpin Konsorsium disepakati berasal dari Badan Usaha Milik Negara (BUMN) yaitu PNRI, agar mudah diatur karena dipersiapkan sebagai Konsorsium yang akan memenangkan lelang proyek e-KTP.

Pada pertemuan selanjutnya, Anang Sugiana Sudihardjo selaku Dirut PT Quadra Solution bersedia untuk bergabung di Konsorsium PNRI. Kemudian Ansi, Paulus Tanos, dan Isnu Edhi menyampaikan apabila ingin bergabung dengan Konsorsium PNRI maka ada komitmen fee untuk pihak di DPR RI, Kemendagri, dan pihak lain.

"Tersangka ISE (Isnu) bersama konsorsium PNRI mengajukan penawaran paket pengerjaan dengan nilai kurang lebih Rp 5,8 triliun," kata Saut.

Sementara peran Husni Fahmi yakni diduga telah melakukan beberapa pertemuan dengan pihak-pihak vendor. Padahal Husni dalam hal ini adalah Ketua Tim Teknis dan juga panitia lelang.

"Pada Mei atau Juni 2010, HSF (Husni) ikut dalam pertemuan di Hotel Sultan bersama Irman, Sugiharto, Andi Agustinus. Dalam pertemuan tersebut diduga terjadi pembahasan tentang proyek e-KTP yang anggaran dan tempatnya akan disediakan oleh Andi Agustinus," kata Saut.

Ubah Spesifikasi

Saut mengatakan, dalam pertemuan tersebut, Husni diduga ikut mengubah spesifikasi, Rencana Anggaran Biaya, dan seterusnya dengan tujuan mark up. Setelah itu, Husni sering melapor kepada Sugiharto.

Husni juga diberi tugas berhubungan dengan vendor dalam hal teknis proyek e-KTP dan pernah diminta oleh Irman mengawal konsorsium PNRI, Astragraphia, dan Murakabi Sejahtera. Husni ditugaskan untuk membenahi administrasi supaya dipastikan lulus.

"Tersangka HFS diduga tetap meluluskan tiga konsorsium, meskipun ketiganya tidak memenuhi syarat wajib, yakni mengintegrasikan Hardware Security Modul (HSM) dan Key Management System (KMS)," kata Saut.

Dalam fakta persidangan dengan terdakwa Setya Novanto, Husni diduga diperkara USD 20 ribu dan Rp10 juta.

Untuk peran Paulus Tanos, menurut Saut, sebelum proyek e-KTP dimulai pada Tahun 2011, Paulus diduga telah melakukan beberapa pertemuan dengan pihak-pihak vendor termasuk dan tersangka Husni dan Isnu di sebuah ruko di kawasan Fatmawati, Jakarta Selatan.

Pertemuan-pertemuan tersebut berlangsung kurang lebih selama 10 bulan dan menghasilkan beberapa output, diantaranya adalah Standard Operating Procedure (SOP) pelaksanaan kerja, struktur organisasi pelaksana kerja, dan spesifikasi teknis yang kemudian dijadikan dasar untuk penyusunan Harga Perkiraan Sendiri (HPS).

"HPS tersebut kemudian pada tanggal 11 Februari 2011 ditetapkan oleh Sugiharto selaku Pejabat Pembuat Komitmen (PPK) Kemendagri," kata Saut.

Selain itu, Paulus juga diduga melakukan pertemuan dengan Andi Agustinus, Johannes Marliem dan Isnu Edhi untuk membahas pemenangan konsorsium PNRI dan menyepakati fee sebesar 5 persen sekaligus skema pembagian beban fee yang akan diberikan kepada beberapa anggota DPR RI dan pejabat pada Kemendagri.

"Sebagaimana di fakta persidangan dengan terdakwa Setya Novanto, PT Sandipala Arthaputra diduga diperkaya Rp 145,85 miliar terkait proyek e-KTP ini," kata Saut.

 

Saksikan video pilihan berikut ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Sekutu Nicolas Maduro Pertimbangkan Gelar Pilpres Venezuela

Posted: 19 Aug 2019 09:52 PM PDT

Liputan6.com, Caracas - Sekutu Presiden Venezuela Nicolas Maduro telah berdiskusi untuk mengadakan pemilihan presiden dalam beberapa bulan mendatang selama pembicaraan untuk menemukan terobosan dalam krisis politik negara itu.

Dikutip dari laman Channel News Asia, Selasa (20/8/2019), sementara itu, politisi oposisi akan melakukan perjalanan ke Washington untuk berbicara dengan pejabat AS pekan ini.

Maduro dan sebuah delegasi yang mewakili pemimpin oposisi Juan Guaido telah mengadakan pertemuan di Barbados sebagai bagian dari perundingan untuk menyelesaikan kebuntuan politik.

Delegasi Guaido telah mengusulkan pemilihan presiden dalam enam hingga sembilan bulan pada sejumlah kondisi termasuk perubahan pada dewan pemilihan dan pengadilan tertinggi.

Secara teori, pemerintah Venezuela menyetujui pemungutan suara presiden dengan syarat Amerika Serikat mencabut sanksi ekonomi.

Maduro juga diizinkan mencalonkan diri sebagai kandidat Partai Sosialis.

Namun, pemerintah sejak itu menarik diri dari pembicaraan untuk memprotes putaran baru sanksi oleh Washington, dan tidak ada tanggal baru yang telah ditetapkan untuk melanjutkan pembicaraan, meskipun ada kunjungan oleh pejabat kementerian luar negeri Norwegia ke Venezuela.

Venezuela Temui Mediator untuk Akhiri Krisis Politik

Seorang pengunjuk rasa membentangkan bendera Venezuela (AP Photo/Ariana Cubillos)

Beberapa hari lalu, Menteri Luar Negeri Venezuela Jorge Arreaza mengatakan bahwa pemerintah akan bertemu dengan para mediator Norwegia dalam upaya memulai kembali pembicaraan dengan oposisi yang bertujuan menyelesaikan krisis politik negara tersebut.

Menlu Arreaza mengatakan kepada wartawan di Venezuela bahwa pemerintah sedang mencari perubahan pada mekanisme pembicaraan sebelum akan kembali ke meja perundingan.

"Akan ada kontak dengan para utusan dan kami pasti akan dapat membangun kembali dialog dengan mekanisme yang dipikirkan kembali," kata Menlu Arreaza.

"Kita harus memiliki mekanisme yang menjamin perdamaian dan koeksistensi," tambahnya, tetapi tidak memberikan perincian tentang perubahan yang dicari pemerintah.

Sebelumnya, pemimpin oposisi Juan Guaido mengungkapkan bahwa para pejabat Norwegia berada di negara itu dalam upaya untuk memulai kembali perundingan.

Negosiasi untuk mengakhiri krisis politik -- dipicu ketika Guaido menyatakan dirinya sebagai presiden pada Januari -- dimulai di Oslo.

Tetapi Presiden Nicolas Maduro membatalkan pembicaraan seminggu yang lalu sebagai tanggapan atas sanksi baru Amerika Serikat terhadap pemerintahnya.

Arreaza bersikeras bahwa Maduro hanya "menerapkan jeda" dan tidak mogok.

"Kami belum menarik diri dari proses dialog dengan oposisi politik," kata menteri Venezuelayang merupakan anggota kunci tim perunding Maduro.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Staf Presiden hingga Risma Bakal Kunjungi Asrama Mahasiswa Papua di Surabaya

Posted: 19 Aug 2019 09:51 PM PDT

Liputan6.com, Surabaya - Gejolak di Manokwari dan Jayapura akibat ada informasi yang tidak benar tentang pengusiran Mahasiswa Papua di Surabaya dan Malang, langsung direspons cepat Lenis Kagoya, staf presiden khusus wilayah Papua, Lenis Kagoya. 

"Besok (hari ini-red) InsyaAllah pak Lenis Kagoya akan ke Surabaya. Tadi saya telepon, kita akan cocokan programnya dengan pak Lenis. Pak Lenis ini staf presiden khusus untuk wilayah Papua.  Dulu kami sering ke Papua bersama beliau," tutur Khofifah usai acara cangkrukan di rumah dinas Kapolda Jatim Irjen Pol Luki Hermawan di jalan Begawan Surabaya, Senin, 19 Agustus 2019.

"Tadi kita kontak - kontakan, saya belum dapat jam-nya. Kalau beliau ke sini saya akan cocokan formatnya supaya sama-sama efektif," Khofifah menambahkan. 

Saat ditanya mengenai, rencana bertemu dengan Gubernur Papua, Khofifah menyampaikan dirinya telah telepon Gubernur Papua, Lukas Enembe, dan ada rencana ke Jawa Timur. 

"Tapi tadi Mendagri menyampaikan, kemungkinan Mendagri akan mengundang Gubernur Papua, Papua Barat, dan Jawa Timur," ucapnya. 

Khofifah mengatakan, pihaknya akan mengikuti arahan Mendagri. Kalau Mendagri berkenan ke Jawa Timur tentu pihaknya akan bersuka cita menerima Gubernur Papua dan Papua Barat. 

"Tentu dalam koordinasi Mendagri sekaligus bisa bersilahturahim dengan mahasiswa Papua di Jawa Timur. Malang juga siap membantu jadi tuan rumah," ujar dia. 

Disinggung mengenai rencana ke asrama Papua, Khofifah menyampaikan, menurut informasi, Wali Kota Surabaya Tri Rismaharini (Risma) akan ke asrama Papua di Surabaya pada Selasa, 20 Agustus 2019. 

"Jadi kita saling saja, saling menunjang, saling mengisi. Kalau besok ternyata pak Lenis ke sini dan ingin ke asrama Papua maka saya akan siap mengantar pak Lenis," ucap Khofifah. 

Forkopimda Jatim Jalin Komunikasi dengan Warga Papua

Kapolda Jatim menggelar cangkrukan bersama Forum Koordinasi Pimpinan Daerah (Forkopimda) dan Ikatan Keluarga Besar Papua Surabaya (IKBPS) pada Senin, 19 Agustus 2019 (Foto: Liputan6.com/Dian Kurniawan)

Sebelumnya, Kapolda Jawa Timur, Irjen Pol Luki Hermawan menggelar cangkrukan bersama Forum Koordinasi Pimpinan Daerah (Forkopimda) dan Ikatan Keluarga Besar Papua Surabaya (IKBPS) di rumah dinas Kapolda Jatim, Jalan Bengawan Surabaya, Senin, 19 Agustus 2019.

Gubernur Jawa Timur, Khofifah Indar Parawansa didampingi Wakil Gubernur Jawa Timur, Emil Dardak yang turut hadir dalam acara tersebut menyampaikan, sebetulnya cangkrukan ini sudah bagian dari meluaskan komunikasi dengan mahasiswa Papua di Jawa Timur.

"Gubernur Papua, Lukas Enembe saat syaa telepon menyampaikan akan ada rencana menggelar pertemuan yang sama dengan mahasiswa Papua yang ada di Jawa Timur," tutur Khofifah.

Khofifah menuturkan, pihaknya saling mendiskusikan mana yang mungkin bisa kita jalin, bergandengan tangan, semua kita ajak bersama.

"Kita juga saling membangun dan memunculkan understanding. Ini penting supaya kalau ada sesuatu yang meragukan kebenarannya, maka harus ada klarifikasi dan verifikasi. Muncul understanding ini bisa dibangun kalau kita saling ketemu," kata dia.

Khofifah menuturkan, setelah saling mengerti akan muncul kepercayaan. Saling percaya, tidak mudah untuk terpancing. Kemudian muncul saling menghormati satu sama lain.

"Jadi bangunan untuk saling memahami, percaya dan menghormati itu saling terkait. Jadi persaudaraan yang sejati memang harus dibangun di atas ke salingan itu. Saling memahami, mempercayai dan menghormati," ujar dia.

Sementara itu, Ketua Ikatan Keluarga Besar Papua Surabaya (IKBPS) Pieter F Rumaseb mengapresiasi kepada Forkopimda Jatim karena telah berusaha membangun situasi yang kondusif.

"Saya atas nama IKBPS menitipkan saudara kita semua pada bapak dan ibu, kami ingin beraktivitas, bekerja, berkuliah dengan damai," ujarnya. 

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Pemerintah Dorong Pertamina Gunakan Teknologi EOR Buat Kelola Blok Rokan

Posted: 19 Aug 2019 09:45 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Kementerian Energi Sumber Daya Mineral (ESDM) meminta PT Pertamina (Persero) segera menerapkan teknologi Enchanced Oil Recovery (EOR) untuk meningkatkan produksi minyak di lapangan lapangan tua.

Pelaksana Tugas Direktur Jenderal Minyak dan Gas Bumi Djoko Siswanto mengatakan, sumber minyak Indonesia yang ditemukan sejak zaman Belanda, dengan teknologi yang ada saat ini, hanya mampu mengangkat minyak sebanyak 50 persen. Sedangkan untuk mengeluarkan 50 persen minyak sisanya ‎harus menggunakan teknologi EOR.

"Untuk mengambil sisanya, jalan yang harus dilakukan adalah melalui teknologi EOR," kata Djoko, dikutip dari situs resmi Ditjen Migas, di Jakarta, Selasa (20/8/2019).

Proyek awal EOR yang telah dilakukan, terbukti berhasil menaikkan produksi minyak. Misalnya di Lapangan Tanjung dengan menggunakan metodepolymer flooding dan Lapangan Duri dengan teknologi injeksi uap atau steamflood.

"Di Lapangan Tanjung, 8 bulan (terapkan EOR) sudah kelihatan responnya kok. Orang (Pertamina) di lapangan ini lambat ambil keputusan untuk EOR. Kalau itu segera diterapkan, pasti (produksi) naik," papar Djoko.

 

Blok Rokan

Sumur migas milik PT Pertamina Hulu Energi (PHE), salah satu anak usaha PT Pertamina (Persero). (Dok PHE)

Penerapan EOR juga diharapkan dapat segera dilakukan Pertamina di Blok Rokan yang akan dikelola mulai tahun 2021. Meski saat ini masih dalam tahap transisi dengan PT Chevron Indonesia, namun seharusnya teknologi EOR sudah dapat diterapkan.

"Rokan ini geregetan juga saya. Biaya (pilot project) sudah keluar US$ 235 juta, sudah berhasil di Minas. Harusnya sekarang kan sudah masa transisi nih, langsung diterapkan (EOR). Diinjeksi bahan kimianya. Sekarang apa yang dilakukan? Nothing!" jelas Djoko.

Semakin cepat EOR dilakukan di lapangan-lapangan tua yang dikelola Pertamina, diyakini peningkatan produksi akan semakin cepat. Pemerintah juga menghimbau agar dalam penerapan EOR menggunakan produk dalam negeri.

"Sejak misalnya pilot project itu selesai dan bisa menaikkan produksi, mestinya bisa langsung (diterapkan EOR)," tandasnya.

 

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Live Streaming Shopee Liga 1 Semen Padang vs Persela di O Channel

Posted: 19 Aug 2019 09:45 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Performa Semen Padang mulai menanjak di Shopee Liga 1 2019. Pekan lalu, mereka menang 1-0 atas PSIS Semarang, di kandang sendiri, Stadion Agus Salim, Padang.

Ini merupakan kemenangan pertama mereka di ajang Shopee Liga 1 2019. Sebelumnya, dalam 11 laga, Semen Padang hanya mampu meraih empat hasil imbang dan tujuh kali kalah.

Sore ini, mereka kembali berpeluang meraih kemenangan karena kembali akan tampil di kandang sendiri. Lawan mereka adalah Persela Lamongan.

Tapi, tentu Persela tentu bukan PSIS. Dan, bukan tak mungkin akan memberi perlawan ekstrakeras ketimbang PSIS Semarang.

Live Streaming Shopee Liga 1 Semen Padang vs Persela di O Channel dimulai pukul 15.30 WIB.

Dapatkan link Live Streaming Semen Padang vs Persela di O Channel pada halaman selanjutnya.

 

Link Live Streaming

Untuk link Live Streaming Semen Padang vs Persela di O Channel silakan klik di sini......

Prediksi Susunan Pemain

Semen Padang:

Rendy Oscario; Leo Guntara, Dedi Gusmawan, Shukurali Pulatov, Boas Atururi; Manda Cingi, Rosad Setiawan, Jose Sardon, Irsyad Maulana; Risky Novriansyah, Karl Max Barthelemy.

Pelatih: Wildansyah

Persela:

Dian Agus; Birrul Walidain, M. Zaenuri, Mawouna Amevor, Eky Taufik; Kei Hirose, Ahmad Baasith, Rafael Oliveira, Sugeng Effendi, Delvin Rumbino; Alex Goncalves.

Pelatih: Nilmaizar

 

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

5 Momen Spesial Ulang Tahun Adipati Dolken, Rayakan Tanpa Pasangan

Posted: 19 Aug 2019 09:40 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Pada Senin (19/8/2019) menjadi hari yang sangat membahagiakan bagi aktor Adipati Dolken. Pemeran karakter Hardo di film Perburuan ini berulang tahun yang ke-28. Di hari tahun kali ini, Adipati merayakannya bersama teman dan fansnya. 

Adipati Dolken mendapat banyak kejutan dari teman-temannya. Mulai dari surprise tengah malam hingga saat berkumpul dengan rumah produksi DOT Entertainment di Grand Indonesia, Jakarta Pusat.

"Kemarin (malam) gue bikin surprise buat orang yang mau surprise-in gue. Jadi di rumah gue ada CCTV kan, banyak orang yang datang ke rumah gue buat kasih surprise, tapi gue muter lewat belakang terus gue yang (sambil videoin) selamat ulang tahun semuanya," ujar Adipati Dolken saat ditemui di Grand Indonesia, seperti Liputan6.com kutip dari KapanLagi.com, Senin (19/8).

Di momen ulang tahun ke-28, cowok yang akrab disapa Dodot ini mengaku tidak ada orang spesial di kehidupan asmaranya. Meski begitu, Adipati berharap di umurnya yang sekarang, ia bisa berpikir lebih dewasa.

"Iya harapannya semoga gue bisa lebih dewasa dalam berpikir, lebih tenang melakukan sesuatu, lebih bersyukur apa yang gue udah dapatin sekarang, juga semoga goals-goals gue kedepan (tercapai), tetap semangat di umur sekarang gue jalanin dan semoga sehat terus pastinya," tutup Adipati.

Berikut Liputan6.com rangkum dari berbagai sumber, momen-momen spesial di ulang tahun Adipati Dolken, Selasa (20/8/2019).

1. Pemilik nama lengkap Adipati Koesmadji meniup lilin yang di terpasang di kue ulang tahunnya.

Meski Tanpa Pasangan, Ini 5 Momen Spesial Ulang Tahun Adipati Dolken (sumber: instagram.com/snap.nuel)

2. Meski merayakan ulang tahun tanpa pasangan, Adipati tetap mendapat banyak surprise dari teman dan fansnya.

Meski Tanpa Pasangan, Ini 5 Momen Spesial Ulang Tahun Adipati Dolken (sumber: instagram.com/delladartyan)

3. Adipati menyempatkan waktu bercengkerama dengan fans yang menyebut diri mereka Adiccted.

Meski Tanpa Pasangan, Ini 5 Momen Spesial Ulang Tahun Adipati Dolken (sumber: instagram.com/asnap.nuel)

4. Inilah rumah produksi DOT Entertaiment yang memberikan kejutan untuk Adipati Dolken di Grand Indonesia.

Meski Tanpa Pasangan, Ini 5 Momen Spesial Ulang Tahun Adipati Dolken (sumber: instagram.com/snap.nuel)

5. Di ulang tahunnya ke-28, Adipati berharap bisa jadi pribadi yang lebih dewasa lagi.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Perankan Joker, Joaquin Phoenix Belajar dari Penderita Gangguan Tertawa

Posted: 19 Aug 2019 09:40 PM PDT

Liputan6.com, Los Angeles - Joker menjadi salah satu film yang ditunggu-tunggu para penikmat film tahun ini. Apalagi, film yang dibintangi Joaquin Phoenix ini akan berkisah tentang latar belakang  Arthur Fleck sehingga mengadopsi alter ego Joker.

Joaquin Phoenix ternyata tak main-main dalam mendalami karakter tokoh antagonis populer tersebut. Terutama soal tawa Joker yang ikonis. 

Soal ini, Joaquin Phoenix ternyata mengaku terinspirasi dari orang-orang yang menderita tawa patologis, atau sejenis gangguan tertawa tanpa sebab dan tidak bisa dikontrol.

Dilansir dari NME, Selasa (20/8/2019), Joaquin Phoenix mengungkapkan hal ini dalam sebuah wawancara dengan Vernerdi.

"Saya melihat video yang menunjukkan orang yang menderita tawa patologis, penyakit mental yang membuat mimikri tidak dapat dikendalikan," kata Joaquin Phoenix. 

Komedian Gagal

Joker (Warner Bros/ DC Comics)

Pada film sebelumnya, Joker diperlihatkan berhadapan dengan Batman. Namun dalam film ini, dia akan bertempur melawan korporasi Amerika yang jahat.

Phoenix berperan sebagai Joker atau Arthur Fleck, seorang komedian gagal yang akhirnya menjadi psikopat kriminal. Joker berubah sebagai penjahat dan melakukan kekejaman di Kota Gotham.

 

Bikin Penonton Gila

Warner Bros/ DC Entertainment Sumber: imdb.com

Sutradara Joker, Todd Phillips, belum lama ini mengakui bahwa filmnya akan membuat penonton "gila" karena menyimpang sepenuhnya dari komik DC.

"Kami tidak mengikuti apa pun dari buku komik, yang membuat orang-orang marah," ungkap Phillips belum lama.

"Kami baru saja menulis versi kami sendiri soal kemungkinan dari mana orang seperti Joker berasal. Itu yang menarik bagi saya. Kami bahkan tidak membuat Joker, tetapi kisah ini akan menjadi Joker. Ini tentang pria ini," lanjutnya.

 

(Antaranews.com)

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Musim Haji Usai, Saatnya Jemaah Kunjungi Tempat-Tempat Bersejarah di Madinah

Posted: 19 Aug 2019 09:36 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Sangat disayangkan,bila jemaah haji tidak memanfaatkan waktu untuk berpergian ke tempat wisata yang memiliki nilai sejarah yang menarik di Madinah.

Namun, di kota Madinah ini, umat Islam bisa mendapati beberapa tempat yang ketika mendatanginya menjadi sebuah pahala bahkan menambah wawasan ilmu spiritual

Dikutip dari buku Menjadi Muthawif Anda di Tanah Suci karya Rafiq Jauhary, berikut beberapa tempat yang bisa dikunjungi oleh jemaah haji di Madinah :

Kebun Kurma

Pekerja Palestina menaiki pohon kurma saat akan memanen buahnya di perkebunan Al Zawayda, Jalur Gaza, Selasa (10/10). Hasil dari perkebunan ini digunakan memenuhi kebutuhan hidup warga di tengah perebutan wilayah perbatasan oleh Israel. (AP/Adel Hana)

Hampir bisa dipastikan,setiap jemaah haji tidak akan melewatkan tempat yang satu ini. Dilihat sepintas memang tidak ada yang menarik dari tempat kecil yang biasa disebut sebagai kebun kurma ini, namun begitu masuk di dalamnya jangan disangka, jemaah seolah tak ingin beranjak pulang karena begitu sibuknya berbelanja.

Berbagai jenis oleh-oleh mulai dari kurma muda,kurma berlapis coklat, kacang Arab dan roti-rotian yang dijual dalam toko yang ada di muka kebun ini.

"Anda yang tidak tertarik berbelanja pun tetap dapat menikmati tempat ini dengan hidangan teh gratis yang disediakan di hamparan kebun kurma," Tulis Rafiq

Medan Magnet

Suasana sekitar medan magnet di Arab Saudi. (Liputan6.com/Muhamad Ali)

Medan magnet dikenal jemaah haji Indonesia sekitar tahun 2005, yakni selepas kepulangan seorang artis Tanah Air yang mengunjungi tempat ini dan mempromosikannya melalui infotaiment yang meliputnya.

Penduduk sekitar mengenal daerah ini sebagai "Manthiqah Baidha" atau berarti daerah putih. Nama ini diambil dari pegunungan di sekitarnya yang memiliki warna lebih putih dibanding pengunungan lainnya yang berwarna kuning kemerahan.

Kini medan magnet menjadi ikon tersendiiri bagi para peziarah kota Nabi. Letaknya tepat di daerah bernama wadi Jin (Lembah Jin), atau 33 km arah utara Masjid Nabawi.

As-Sab'ul Masajid (Tujuh Masjid)

Suasana di Masjid Nabawi, Madinah, Arab Saudi. (Liputan6.com/Wawan Isab Rubiyanto)

Tujuh masjid ini dibangun untuk mengenang jasa seorang sahabat cerdik bernama Salman Al-Farisi. Seorang insyiur pada perang Khandaq ini memiliki ide menggali parit untuk mengadang serbuan 10.000 pasukan kafir yang hendak melumat umat Islam di Madinah yang ketika itu jumlahnya belum mencapai 10.000 jiwa.

Pada pertempuran itu, parit selebar 4,6 meter, memiliki kedalaman 3,2 meter dan membentang mengelilingi sisi barat hingga ke selatan kota Madinah sepanjang 5,5 km berhasil digali selama 90 hari. Dan disepanjang itulah dibangun tujuh pos yang digunakan untuk mengintai pasukan musuh.

Ketujuh pos itulah yang kini disebut sebagai As-sab'ul Masajid (tujuh masjid), di antara masjid yang berjumlah tujuh itu salah satu di antarannya dibangun lebih besar dan dinamakan Masjid Fath.

Komplek Percetakan Al-Qur'anul Karim Raja Fadh

Pencetakan Al-Qur'an braille menggunakan mesin cetak khusus di Percetakan Braille Yayasan Penyantun Wyata Guna yang akan dikirim ke beberapa daerah di Indonesia, Bandung, Jabar. (Antara)

Banyak Travel yang menjadikan tempat ini sebagai salah satu destinasi wisata di madinah, tetapi ketika sampai di depan kompleknya tak sedikit jemaah yang mengurungkan niat untuk memasukinya.

Selain, hanya laki-laki saja yang diperbolehkan masuk ke dalam komplek ini, yang menjadikan pengujung urung memasukinya ialah antrean yang sangat panjang. Terlebih ketika musim haji, pengunjung di seluruh dunia akan dibiarkan membuat antrean sepanjang lebih dari 1 km di halaman percetakan yang panas dan tak beratap ini.

Sekalipun setiap pengunjung berhasil measukinya akan diberikan cindera mata berupa mushaf Al-Qur'an satu buah, tapi panjangnya antrean kadang membuat usaha dan hasilnya tidak sebanding.

Disana, pengunjung akan menyaksikan sebuah kompleks percetakan mushaf Al-Qur'an terbesar di dunia. 30 juta Al-Qura'an dicetak dipercetakan ini setiap tahun, dan dibagikan secara gratis kepada umat Islam.

Masjid Qiblatin

Masjid Qiblatain dikenal dengan masjid 2 arah kiblat. (Liputan6.com/Wawan Isab Rubiyanto)

Masjid ini pernah dijadikan para sahabat sebagai tempat untuk shalat dengan dua arah kiblat. Yaitu yang semula menghadap masjid Aqsha, setelah ada seorang sahabat yang mengabarkan bahwa telah turun ayat yang memerintahkan umat Islam agar shalat menghadap Kakbah.

Seketika para sahabat lainnya, yang ketika itu sedang mengerjakan shalat, membalikkan arahnya mengahadap kakbah yang semula mengahadap ke Utara, berubah menghadap ke Selatan.

Maka masjid di mana terjadi peristiwa perpindahan qiblat ini dinamakan Masjid Qiblatain. Masjid ini dahulu adalah sebuah masjid yang dimiliki Bani Salimah, sebuah kampung yang dimiliki kaum Khazraj.

 

(Desti Gusrina)

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

FOTO: Detik-Detik Penyelamatan 4 Nelayan India di Tengah Banjir

Posted: 19 Aug 2019 09:36 PM PDT

Prajurit Angkatan Udara India turun dari helikopter untuk menyelamatkan para nelayan yang terperangkap dalam banjir di Sungai Tawi di Jammu, India (19/8/2019). Permukaan air di banyak sungai di India utara meningkat setelah hujan lebat di musim hujan. (AP Photo/Channi Anand)

Prajurit Angkatan Udara India turun dari helikopter untuk menyelamatkan para nelayan yang terperangkap dalam banjir di Sungai Tawi di Jammu, India (19/8/2019). Permukaan air di banyak sungai di India utara meningkat setelah hujan lebat di musim hujan. (AP Photo/Channi Anand)

Seorang Angkatan Udara India bersiap  menyelamatkan dua di antara empat nelayan yang terperangkap dalam banjir di Sungai Tawi di Jammu, India (19/8/2019). Permukaan air di banyak sungai di India utara meningkat setelah hujan lebat di musim hujan. (AP Photo/Channi Anand)

Seorang Angkatan Udara India bersiap menyelamatkan dua di antara empat nelayan yang terperangkap dalam banjir di Sungai Tawi di Jammu, India (19/8/2019). Permukaan air di banyak sungai di India utara meningkat setelah hujan lebat di musim hujan. (AP Photo/Channi Anand)

Warga menyaksikan dua nelayan India berpegangan pada tali ketika mereka diselamatkan oleh helikopter Angkatan Udara India dari banjir di Sungai Tawi di Jammu, India (19/8/2019). Dua nelayan selamat kemudian berenang ke tempat yang aman. (AP Photo/Channi Anand)

Warga menyaksikan dua nelayan India berpegangan pada tali ketika mereka diselamatkan oleh helikopter Angkatan Udara India dari banjir di Sungai Tawi di Jammu, India (19/8/2019). Dua nelayan selamat kemudian berenang ke tempat yang aman. (AP Photo/Channi Anand)

Seorang nelayan India berenang di tengah air Sungai Tawi setelah operasi penyelamatan menggunakan helikopter Angkatan Udara India gagal setelah tali putus di Jammu, India (19/8/2019). Permukaan air di banyak sungai di India utara meningkat setelah hujan lebat di musim hujan. (AP Photo/Channi Anand)

Seorang nelayan India berenang di tengah air Sungai Tawi setelah operasi penyelamatan menggunakan helikopter Angkatan Udara India gagal setelah tali putus di Jammu, India (19/8/2019). Permukaan air di banyak sungai di India utara meningkat setelah hujan lebat di musim hujan. (AP Photo/Channi Anand)

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Jaksa yang Terjaring OTT di Yogyakarta Dibawa ke Gedung KPK

Posted: 19 Aug 2019 09:33 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) membawa lima orang yang ditangkap terkait Operasi Tangkap Tangan (OTT) di Yogyakarta ke Gedung KPK, Kuningan, Jakarta Selatan. Mereka diterbangkan dari Solo sekitar pukul 06.00 WIB pagi tadi.

Juru Bicara KPK Febri Diansyah menyampaikan, pihaknya menangkap lima orang, dari yang sebelumnya empat orang.

Kelima orang tersebut terdiri dari seorang jaksa yang menjabat sebagai Jaksa Fungsional dan bertugas di Tim Pengawal, Pengamanan Pemerintah dan Pembangunan Daerah (TP4D) Kejaksaan Negeri Yogyakarta, dua orang pihak swasta, Kepala Bidang SDA Dinas PUPK Kota Yogyakarta, dan Ketua Pokja Badan Layanan Pengadaan Kota Yogyakarta.

"Sekarang dalam proses pemeriksaan secara intensif," tutur Febri dalam keterangannya, Selasa (20/8/2019).

Gelar Perkara

Menurut Febri, gelar perkara dilakukan di KPK siang ini, berkaitan dengan status hukum perkara tersebut. Termasuk siapa saja yang akan ditetapkan sebagai tersangka.

"Akan diputuskan di forum ini oleh Pimpinan setelah mendengar Tim Penindakan yang melaksanakan tugasnya dalam beberapa waktu belakangan," jelas dia.

Nantinya, lanjutnya, hasil dari gelar perkara akan disampaikan pada sore hari.

"Mereka tadi sampai di K4 sekitar pukul 08.0p WIB," Febri menandaskan.

Saksikan video pilihan berikut ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

10 Ledakan Terjadi di Hari Kemerdekaan Afghanistan, 66 Orang Terluka

Posted: 19 Aug 2019 09:33 PM PDT

Liputan6.com, Jalalabad - Puluhan orang, termasuk anak-anak, terluka setelah serangkaian ledakan menyerang beberapa restoran dan alun-alun di Kota Jalalabad, Afghanistan timur, Senin 19 Agustus 2019.

Serangan itu terjadi bertepatan dengan perayaan 100 tahun kemerdekaan Afghanistan dari kolonial Inggris, demikian sebagaimana dikutip dari Al Jazeera pada Selasa (20/8/2019).

Wakil juru bicara gubernur Provinsi Nangarhar, Noor Ahmad Habibi mengatakan bahwa sekitar 66 orang terluka akibat sepuluh ledakan di dalam dan sekitar Jalalabad.

Hingga berita ini dimuat, belum ada pihak yang mengklaim tanggung jawab atas serangan tersebut.

"Kami hendak merayakan kemerdekaan (Afghanistan) di alun-alun, ketika tiba-tiba ada beberapa ledakan mengejutkan. Saya terluka dan kemudian seseorang membawa saya ke rumah sakit," kata Walid (17), pemuda dari distrik Pachir Agaam di Jalalabad.

Kesepuluh ledakan itu terjadi setelah serangan bom pada akhir pekan lalu, yang menargetkan sebuah resepsi pernikahan di ibu kota Kabul, di mana sebanyak 63 orang dilaporkan tewas, dan 200 lainnya luka-luka.

Serangan tersebut diklaim dilakukan oleh ISIS cabang Afghanistan melalui seorang militan --yang diakui-- dari Pakistan.

Rp 64,8 Miliar untuk Perayaan HUT Afghanistan

Tentara Afghanistan dalam perang melawan Taliban (AP/Rahmat Gaul)

Tadinya, perayaan kemerdekaan direncanakan berlangsung secara ekstensif di seluruh Afghanistan pada hari Senin. Hal tersebut telah dituangkan dalam dekrit presiden pada Juni lalu, dengan menggelontorkan anggaran senilai US$ 4,8 juta, atau setara Rp 68,4 miliar.

Namun di Kabul, agenda peringatan kemerdekaan Afghanistan dibatasi untuk menghormati mereka yang tewas dalam serangan bom hari Sabtu.

Acara utama yang bertepatan dengan pembukaan kembali Istana Darulaman, yang rusak parah selama perang saudara pada 1990-an, juga ditunda.

Dalam pidato hari kemerdekaan, Presiden Afghanistan Ashraf Ghani meminta masyarakat internasional untuk mendukung upaya pembasmian "sarang militan"

"Pertarungan kami melawan Daesh akan berlanjut," katanya, merujuk pada kelompok yang berafiliasi dengan ISIS.

Terjadi Bersamaan dengan Perundingan AS-Taliban

Seorang tentara nasional Afghanistan memegang bendera resmi negara tersebut (AFP Photo)

Di Jalalabad, di mana jalan-jalan dipenuhi poster dan mobil-mobil berbalut bendera Afghanistan, banyak warga yang melukis wajah mereka dengan warna-warna kebanggaan setempat, yakni hitam, merah dan hijau.

Kelompok usia muda Afghanistan, termasuk anak-anak, terlibat dalam tarian massal yang mengiringi pemutaran lagu-lagu nasional.

"Kami semua datang ... untuk merayakan kemerdekaan. Kami membeli pengeras suara untuk memainkan musik nasional, dan sementara kami semua menari, bom pertama meledak," ujar Zahir Jan, seorang warga Jalalabad.

"Saya tidak tahu apa yang terjadi setelahnya, tetapi ketika membuka mata, saya sudah di rumah sakit. Polisi mengatakan delapan orang terluka," lanjutnya.

Ledakan hari Senin dan serangan akhir pekan lalu terjadi ketika Amerika Serikat dan Taliban tengah melanjutkan pertemuan rutin di Qatar, guna mencoba mengakhiri perang 18 tahun di Afghanistan.

Jika perundingan membuahkan hasil, menurut para pengamat, itu berfokus penarikan sekitar 14.000 tentara AS dari Afghanistan, dan memberikan imbalan jaminan keamanan dari Taliban.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

VIDEO: Fakta-Fakta OTT KPK di Yogyakarta

Posted: 19 Aug 2019 09:31 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Komisi Pemberantasan Korupsi gelar operasi tangkap tangan di Yogyakarata Senin (19/8/2019) malam. Salah satu yang terjaring adalah seorang jaksa. Simak fakta-fakta lainnya terkait OTT tersebut.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

7 Potret Kemesraan Muzdalifah dan Fadel Islami Saat Liburan ke Bali

Posted: 19 Aug 2019 09:30 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Kehidupan rumah tangga antara Muzdalifah dan Fadel Islami kini memang semakin mesra. Beberapa kali keduanya saling mengunggah foto kemesraan dan kebahagiaan keduanya di berbagai momen. Senyum Muzdalifah selalu menghiasi di setiap foto yang diunggahnya.

Kemesraan dan romantisnya hubungan keduanya sudah tidak sungkan untuk dibagikan ke publik, khususnya di media sosial Instagram. Setelah sebelumnya kabar santer bahwa rumah mewah Muzdalifah dari peninggalan mantan suami akan dijual, rumah tersebut pun dibanderol lebih dari 30 miliar. Kini Kabarnya rumah tersebut masih dalam proses tawar menawar.

Selain itu, keduanya kini fokus pada bisnis kuliner, dengan nama Hidangan Muzdalifah. Bisnis kuliah memang digemari oleh para seleb, tak terkecuali Muzdalifah.

Kini keduanya terlihat sedang menikmati liburan bersama di Pulau Bali. Hal ini pun diketahui dari unggahan terbaru Muzdalifah di media sosial Instagram yang menunjukan keduanya sedang menikmati liburan.

Berikut potret kemesraan Muzdalifah dan Fadel saat liburan ke Bali yang Liputan6.com rangkum dari @muzdalifah999 dan @fadelislami__, Selasa (20/8/2019)

1. Bikin iri muda-mudi, kemesraan keduanya ketika menikmati waktu liburan di Bali.

Kemesraan Muzdalifah dan Fadel Islami saat di Bali (Sumber: Instagram/fadelislami__)

2. Muzdalifah yang kini jadi istri Fadel dengan mesra menyuapi suaminya di pinggir kolam renang.

Kemesraan Muzdalifah dan Fadel Islami saat di Bali (Sumber: Instagram/fadelislami__)

3. Keduanya tampak serasi saat berjalan-jalan dan berfoto pada tiap sudut tempat di Bali.

Kemesraan Muzdalifah dan Fadel Islami saat di Bali (Sumber: Instagram/muzdalifah999)

4. Menikmati floating breakfast di kolam renang memang salah satu andalan hotel-hotel di Bali.

Kemesraan Muzdalifah dan Fadel Islami saat di Bali (Sumber: Instagram/muzdalifah999)

5. Tak ada duanya mnikmati pantai di Bali dengan hangout di sebuah Beach Club, seperti pasangan ini

Kemesraan Muzdalifah dan Fadel Islami saat di Bali (Sumber: Instagram/muzdalifah999)

6. Sepertinya, keduanya cukup banyak berpindah ke berbagai tempat yang berbeda pada hari yang sama.

Kemesraan Muzdalifah dan Fadel Islami saat di Bali (Sumber: Instagram/muzdalifah999)

7. Banyak netizen yang mengungkapkan bahwa Muzdalifah kini semakin cantik semenjak menikah dengan Fadel Islami.

Kemesraan Muzdalifah dan Fadel Islami saat di Bali (Sumber: Instagram/muzdalifah999)

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Jadwal MotoGP Inggris: Marc Marquez Berjaya Lagi?

Posted: 19 Aug 2019 09:30 PM PDT

Liputan6.com, London - MotoGP 2019 akan berlangsung di Sirkuit Silverstone, Inggris akhir pekan ini. Di musim lalu, seri Silverstone batal digelar karena sirkuit yang tergenang air tak bisa dipakai balapan.

Pembalap Repsol Honda, Jorge Lorenzo menjadi yang tersukses di sirkuit ini dengan total tiga podium pertama. Namun pembalap berjuluk X Fuera itu tampaknya akan kesulitan untuk menambah catatan itu pada MotoGP Inggris kali ini.

Pasalnya, Lorenzo belum juga menemukan sentuhan terbaiknya. Padahal, ia pindah ke Honda dari Ducati dengan target kembali menjadi pesaing Valentino Rossi dan rekan setimnya, Marc Marquez.

Jika tak ada insiden, Marquez pun sepertinya akan kembali bertaji akhir pekan nanti. Pembalap asal Spanyol ini bakal bersaing dengan Andrea Dovizioso dari tim Ducati.

Bagaimana dengan Rossi? pembalap berjuluk The Doctor ini masih bergelut dengan masalah motornya. Monster Yamaha sebagai tim Rossi belum juga bisa menemukan setelan terbaik untuk sang pembalap.

Rossi pun berharap cuaca akan membantunya melesat di Silverstone. "Saya harap cuaca ramah karena saya sangat suka lintasannya," ujar Rossi seperti dilansir Crash.

Berikut jadwal lengkap MotoGP Inggris 2019:

Jadwal MotoGP

Pembalap Honda, Marc Marquez (AFP/Vladimir Simicek)

Jumat, 23 Agustus 2019

15.55-16.40 WIB: Latihan bebas 1

20.10-20.55 WIB: Latihan bebas 2

Sabtu, 24 Agustus 2019

15.55-16.40 WIB: Latihan bebas 3

19.30-20.00 WIB: Latihan bebas 4

20.10-20.25 WIB: Kualifikasi 1

20.35-20.50 WIB: Kualifikasi 2

Jadwal Balapan

Minggu, 25 Agustus 2019

15.30-15.20 WIB: Pemanasan

19.00 WIB: Balapan

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Kekhawatiran Resesi AS Mereda, Rupiah Melemah ke 14.272 per Dolar AS

Posted: 19 Aug 2019 09:30 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Nilai tukar rupiah terhadap dolar Amerika Serikat (AS) melemah pada perdagangan Selasa ini. Dolar AS bertahan di area positif seiring meredanya kekhawatiran pasar terhadap resesi ekonomi AS.

Mengutip Bloomberg, Selasa (20/8/2019), rupiah dibuka di angka 14.240 per dolar AS, melemah tipis jika dibandingkan dengan penutupan perdagangan sebelumnya yang ada di angka 14.238 per dolar AS. Menjelang siang, rupiah terus tertekan ke level 14.272 per dolar AS.

Sejak pagi hingga siang hari ini, rupiah bergerak di kisaran 14.240 per dolar AS hingga 14.272 per dolar AS. Jika dihitung dari awal tahun, rupiah masih mampu menguat 0,82 persen.

Sedangkan berdasarkan Kurs Referensi Jakarta Interbank Spot Dollar Rate (Jisdor) Bank Indonesia (BI), rupiah dipatok di angka 14.262 per dolar AS, melemah jika dibandingkan dengan patokan sehari sebelumnya yang ada di angka 14.203 per dolar AS.

Pergerakan nilai tukar rupiah pada Selasa ini melemah. Kepala Riset Monex Investindo Futures Ariston Tjendra mengatakan dolar AS bertahan di area positif seiring meredanya kekhawatiran pasar terhadap resesi ekonomi Amerika Serikat.

"Imbal hasil obligasi AS yang cenderung meningkat menandakan kekhawatiran pasar akan resesi ekonomi AS mereda," katanya dikutip dari Antara.

Di sisi lain, lanjut dia, pemerintah AS yang sepakat untuk memperpanjang penangguhan sementara hukuman perusahaan telekomunikasi Huawei turut mempengaruhi pergerakan dolar AS.

"Situasi itu membuat tensi kekhawatiran mengenai politik dan ekonomi antara AS-China di pasar keuangan mereda, dolar AS kembali diminati," katanya.

Sementara dari internal, lanjut Ariston, sentimen positifnya relatif masih minim, pelaku pasar sedang menanti kebijakan dari Rapat Dewan Gubenur (RDG) Bank Indonesia yang sedianya akan dilaksanakan pada 21-22 Agustus 2019.

Di sisi lain, ia mengharapkan, upaya pemerintah untuk terus mengembangkan sektor manufaktur dalam rangka mendorong ekonomi Indonesia tumbuh lebih tinggi dan berkelanjutan dapat menahan tekanan rupiah lebih dalam.

"Perkembangan manufaktur nasional masih menjadi perhatian pasar, karena sektor itu dinilai memainkan peran penting untuk meningkatkan lapangan kerja dan meningkatkan kesejahteraan masyarakat," katanya.

Pemerintah Prediksi Rupiah Melemah ke 14.400 per Dolar AS di 2020

Pekerja bank menghitung uang dollar AS di Jakarta, Jumat (20/10). Pagi ini, Rupiah dibuka di Rp 13.509 per USD atau menguat tipis dibanding penutupan perdagangan sebelumnya di Rp 13.515 per USD. (Liputan6.com/Angga Yuniar)

Sebelumnya, pemerintah memperkirakan nilai tukar rupiah terhadap dolar Amerika Serikat (AS) akan melemah pada tahun depan. Hal tersebut terjadi karena adanya gejolak ekonomi dunia.

Dalam pidato Nota Keuangan di Gedung DPR/MPR, Jakarta, Jumat (16/8/2019), Presiden Joko Widodo (Jokowi) menyatakan bahwa target ekonomi masih akan tinggi, tetapi untuk nilai tukar rupiah akan melemah.

Ia menyebut target pertumbuhan ekonomi Indonesia pada tahun 2020 adalah 5,3 persen. Sumber pertumbuhan ekonomi tahun depan ditekankan pada sektor konsumsi. 

"Pertumbuhan ekonomi akan berada pada tingkat 5,3 persen dengan konsumsi dan investasi sebagai motor penggerak utamanya. Inflasi akan tetap dijaga rendah pada tingkat 3,1 persen untuk mendukung daya beli masyarakat," ujar dia.

Jokowi menyebut nilai tukar rupiah akan melemah menuju 14.400 per dolar AS. Ia menyebut hal itu diakibatkan kondisi ekonomi global yang volatile alias penuh ketidakpastian.

Meski sedang ada disrupsi dagang, Jokowi yakin Indonesia akan tetap menjadi primadona investasi. Pasalnya, Indonesia memiliki telah mendapatkan citra positif dan iklim investasi akan terus dijaga.

"Pemerintah yakin investasi terus mengalir ke dalam negeri, karena persepsi positif atas Indonesia dan perbaikan iklim investasi," ujar Jokowi.

 

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Keluarga Angkat Bicara soal Pernikahan Glenn Fredly dan Mutia Ayu

Posted: 19 Aug 2019 09:30 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Setelah bertahun-tahun menyandang status duda, Glenn Fredly akhirnya menikah untuk kedua kalinya. Ia telah mempersunting pedangdut cantik Mutia Ayu, Senin (19/8/2019).

Pernikahan Glenn Fredly dan Mutia Ayu pun dilakukan secara tertutup dari awak media. Rumah Kajoe Ampera yang menjadi tempat berlangsungnya acara pun dijaga dengan sangat ketat.

Usai resepsi dilangsungkan, pihak keluarga pun akhirnya bersedia menemui awak media. Moses, adik Glenn Fredly membenarkan bahwa sang kakak telah menikahi Mutia Ayu.

"Benar adanya Bung Glenn menikah sama Ayu Mutia dan mohon maaf juga teman-teman kalau tidak bisa masuk," ucap Moses di Rumah Kajoe Ampera, Jakarta Selatan, Senin (19/8/2019) malam. 

Momen Sakral

Mutia Ayu. (Istimewa)

Dalam kesempatan itu, Moses mengatakan bahwa pemberkatan pernikahan telah dilakukan pada Senin sore. Momen sakral itu hanya dihadiri sahabat dekat dan pihak keluarga.

"Memang kita melakukan ini di sini secara internal dan juga privasi. Tapi ya kita butuhkan dukungan doa aja untuk Bung Glenn dan Ayu," ucap Moses.

"Memang ada pemberkatan ibadah, habis itu lanjut ke resepsinya dan celenartion-nya. Keduanya bahagialah, tentu bahagia," ia menandaskan.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Forkopimda Jatim Jalin Komunikasi dengan Warga Papua

Posted: 19 Aug 2019 09:27 PM PDT

Liputan6.com, Surabaya - Kapolda Jawa Timur, Irjen Pol Luki Hermawan menggelar cangkrukan bersama Forum Koordinasi Pimpinan Daerah (Forkopimda) dan Ikatan Keluarga Besar Papua Surabaya (IKBPS) di rumah dinas Kapolda Jatim, Jalan Bengawan Surabaya, Senin, 19 Agustus 2019.

Gubernur Jawa Timur, Khofifah Indar Parawansa didampingi Wakil Gubernur Jawa Timur, Emil Dardak yang turut hadir dalam acara tersebut menyampaikan, sebetulnya cangkrukan ini sudah bagian dari meluaskan komunikasi dengan mahasiswa Papua di Jawa Timur.

"Gubernur Papua, Lukas Enembe saat syaa telepon menyampaikan akan ada rencana menggelar pertemuan yang sama dengan mahasiswa Papua yang ada di Jawa Timur," tutur Khofifah.

Khofifah menuturkan, pihaknya saling mendiskusikan mana yang mungkin bisa kita jalin, bergandengan tangan, semua kita ajak bersama.

"Kita juga saling membangun dan memunculkan understanding. Ini penting supaya kalau ada sesuatu yang meragukan kebenarannya, maka harus ada klarifikasi dan verifikasi. Muncul understanding ini bisa dibangun kalau kita saling ketemu," kata dia.

Khofifah menuturkan, setelah saling mengerti akan muncul kepercayaan. Saling percaya, tidak mudah untuk terpancing. Kemudian muncul saling menghormati satu sama lain.

"Jadi bangunan untuk saling memahami, percaya dan menghormati itu saling terkait. Jadi persaudaraan yang sejati memang harus dibangun di atas ke salingan itu. Saling memahami, mempercayai dan menghormati," ujar dia.

Sementara itu, Ketua Ikatan Keluarga Besar Papua Surabaya (IKBPS) Pieter F Rumaseb mengapresiasi kepada Forkopimda Jatim karena telah berusaha membangun situasi yang kondusif.

"Saya atas nama IKBPS menitipkan saudara kita semua pada bapak dan ibu, kami ingin beraktivitas, bekerja, berkuliah dengan damai," ujar dia.

Gubernur Khofifah Nyanyikan 2 Lagu Daerah Papua Saat Cangkrukan

Kapolda Jatim menggelar cangkrukan bersama Forum Koordinasi Pimpinan Daerah (Forkopimda) dan Ikatan Keluarga Besar Papua Surabaya (IKBPS) pada Senin, 19 Agustus 2019 (Foto: Liputan6.com/Dian Kurniawan)

Sebelumnya, Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa bersama sejumlah warga Papua di Surabaya menyanyikan lagu-lagu daerah asal Papua. Hal itu dilakukan di sela cangkrukan pejabat Forkopimda setempat di kediaman Kapolda Jatim di Surabaya, Senin malam, 19 Agustus 2019.

"Semoga diskusi dalam cangkrukan ini menguatkan persaudaraan demi NKRI," ujar Khofifah di sela kegiatan cangkrukan, seperti melansir Antara.

Khofifah menyanyikan dua lagu, masing-masing berjudul "Tanah Papua" dan "Aku Papua".

Khofifah yang didampingi Wakil Gubernur Jatim Emil Elestianto Dardak dan Kapolda Jatim Irjen Pol Luki Hermawan tampak sangat hafal lirik-lirik kedua lagu tersebut.

Tepuk tangan meriah dari sejumlah undangan terus menggema dan kesempatan tersebut tak disia-siakan wartawan untuk mengabadikannya. Di sela kegiatan cangkrukan, tak hanya diisi kegiatan diskusi, tapi juga makan malam dengan suguhan kopi, kue serta beraneka macam buah-buahan.

Pada kesempatan tersebut, hadir sejumlah perwira Polda Jatim, lalu sejumlah kepala organisasi perangkat daerah (OPD) Pemrov Jatim serta sejumlah perwakilan tokoh Papua yang tergabung pada Ikatan Keluarga Besar Papua Surabaya (IKBPS).

Ketua IKBPS Pieter F Rumaseb mengapresiasi kepada Forkopimda Jatim karena telah berusaha membangun situasi yang kondusif.

"Saya atas nama IKBPS menitipkan saudara kita semua pada bapak dan ibu, kami ingin beraktivitas, bekerja, berkuliah dengan damai," ujar dia.

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Tak Terima Ditilang Elektronik, Usaha Denny Kandas di Praperadilan

Posted: 19 Aug 2019 09:23 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Hakim tunggal Pengadilan Negeri Jakarta Selatan, Sudjarwanto, menolak permohonan praperadilan pemilik mobil yang ditilang secara elektronik karena dianggap melanggar ganjil-genap.

"Permohonan praperadilan pemohon tidak berlandaskan hukum dan harus dinyatakan tidak diterima. Menimbang karena permohonan tidak dapat diterima maka biaya perkara ini dibebankan kepada pemohon," kata hakim Sudjarwanto di PN Jakarta Selatan, Selasa (20/8/2019).

Tim Biro Hukum Polda Metro, AKBP DR Nova Irone Surentu menyampaikan, bahwa hal itu bukanlah ranah praperadilan.

"Bahwa dikaji oleh hakim ini tidak masuk ranah praperadilan. Sesuai pasal 77 sampai 83 dan diperluas dengan putusan MK nomor 21," tegas Nova.

Sebelumnya, Denny Andrian mengajukan gugatan praperadilan terhadap Polda Metro Jaya karena tidak terima ditilang elektronik atas pelanggaran yang tidak dia lakukan.

Tilang itu dilayangkan kepadanya karena mobilnya pada saat itu digunakan oleh saudara iparnya, yakni Mahfudi.

Mobil tersebut kemudian diketahui terekam kamera tilang elektronik di lokasi JPO Kemenpan RB, Jakarta Selatan pada 17 Juli lulu.

Denny menyampaikan, seharusnya bukan dia selaku pemilik mobil yang terkena tilang melainkan pihak yang mengendarai mobil tersebut.

Saksikan video pilihan di bawah ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

VIDEO: Ibu Kota Pindah, PNS Kementerian Ini Ikut Pindah

Posted: 19 Aug 2019 09:22 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Pemindahan ibu kota akan diikuti pemindahan PNS. Kepala BKN Bima Haria Wibisana ungkap kementerian yang harus pindah.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Demi Belikan Kado Branded Teman, Wanita Ini Rela Makan Mi Instan Sebulan

Posted: 19 Aug 2019 09:20 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Hari ulang tahun tentunya menjadi momen yang sangat ditunggu dan menjadi momen yang mengingatkan bahwa usia semakin bertambah. Bagi sebagian orang, ketika hari ulang tahun tiba tak jarang untuk menggelar perayaan guna memperingati hari kelahirannya.

Perayaan ulang tahun bisa dengan berbagai cara. Ada yang sekadar mengucap rasa syukur dan dihadiri keluarga saja, ada pula yang merayakannya dengan pesta dan mengundang sanak saudara hingga teman-teman untuk hadir di pesta tersebut.

Saat menghadiri pesta ulang tahun tentu tak lengkap rasanya jika tak membawa kado bagi yang sedang berulang tahun. Kado menjadi sebuah simbol ucapan selamat bagi yang merayakan. Sebenarnya tak ada spesifikasi kado apa yang cocok untuk diberikan, namun seorang wanita di Malaysia ini rela memberikan kado keluaran brand terkenal meski harus makan mi instan selama sebulan.

Wanita ini rela tak makan apapun selain mi instan demi memberikan kado ke temannya dengan barang branded. Pasalnya perayaan ulang tahun temannya tersebut digelar secara mewah dan teman-teman lainnya memberikan kado-kado yang mahal. Namun sayangnya, setelah ia rela hanya makan mi instan saja, perlakuan tak mengenakkan ia terima dari temannya yang sedang berulang tahun tersebut. Kisahnya pun viral setelah ia tulis di media sosial.

Temannya Berulang Tahun ke-21

Makan mi instan sebulan demi beli kado branded untuk temannya. (Sumber: World of Buzz)

Dilansir dari World of Buzz oleh Liputan6.com, Selasa (20/8/2019) seorang wanita yang tak menyebutkan identitas dirinya tersebut menuliskan kisah mirisnya di laman sebuah web pada 16 Agustus 2019 lalu. 

Kala itu, ia mendapatkan undangan dari temannya di kampung halamannya yang akan menggelar pesta ulang tahunnya ke-21. Pesta ulang tahun itu digelar dengan mewah lantaran merayakan usia 21 tahun dianggap sama seperti ketika merayakan ulang tahun ke-17. Pesta itu mengundang semua temannya termasuk dirinya. 

Wanita ini pun berniat memberikan kado dengan brand terkenal karena ia ingin menghormati temannya yang sudah menggelar pesta dengan mewah. Bahkan ia rela makan mi instan selama sebulan demi mengumpulkan uang untuk membeli kado branded tersebut. Ia juga membeli tiket bus untuk bisa pergi kesana. 

Dapat Perlakuan Tak Menyenangkan

Ilustrasi ulang tahun (ist)

Berada di lokasi yang cukup jauh dari rumah temannya di kampung halamannya, ia pun datang terlambat ketika menghadiri pesta ulang tahun tersebut. Bukannya mendapatkan sambutan, ia justru dikritik oleh temannya itu. Ditambah lagi ia hanya memiliki waktu dua jam sebelum harus kembali ke kampusnya untuk mengikuti ujian.

Wanita itu merasa sakit hati setelah dikritik temannya karena terlambat datang padahal ia telah melakukan yang terbaik yang ia bisa bahkan rela sampai hanya makan mi intan selama sebulan serta harus kembali lagi karena ada ujian. 

Awalnya ia tak memikirkan perkataan temannya itu. Namun ia tak bisa menahannya dan merasa sakit hati ketika wanita yang tak menyebutkan identitasnya ini berulang tahun ke-21. Ia berharap mendapatkan ucapan selamat dari temannya yang ia beri kado branded itu, namun sayangnya tidak.

"Aku melihat banyak orang mengucapkan harapan dan selamat padamu, jadi jika aku mengucapkannya juga padamu maka itu tidak akan istimewa," ucap temannya itu yang ia tulis di web tersebut. 

Ia bahkan tak habis pikir karena apa yang ia lakukan sebelumnya hingga rela menabung dan makan mi instan selama sebulan justru mendapatkan balasan yang tak menyenangkan meski ia tak mengharapkan kado yang sama. Ia hanya mendapatkan ucapan selamat, namun hal itu tak pernah terucap dari temannya itu.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Cristiano Ronaldo Bisa Seharian di Depan Cermin

Posted: 19 Aug 2019 09:20 PM PDT

Liputan6.com, Turin - Cristiano Ronaldo ternyata sosok yang sangat memikirkan penampilan. Penyerang Juventus itu disebut kerap menghabiskan waktu berlama-lama di depan cermin.

Hal ini diungkap Diego Forlan, mantan rekan setim Cristiano Ronaldo di Manchester United (MU). Forlan membeberkan kelakuan kapten Timnas Portugal itu di ruang ganti.

Selain itu, Forlan juga membandingkan Cristiano Ronaldo dengan mantan bintang MU lainnya, David Beckham, pemain yang juga terkenal karena kemampuan dan ketampanannya.

"Cristiano (Ronaldo) adalah seorang egosentris di ruang ganti, tidak seperti Beckham," kata Forlan kepada Daily Mirror, seperti dikutip El Mundo Deportivo.

"Cristiano selalu ingin berada dekat dengan cermin. Dia menghabiskan satu hari hanya untuk melihat satu bagian tubuhnya," ujar Forlan, menggambarkan kebiasaan Cristiano Ronaldo.

Berbeda dengan Beckham

Bintang Juventus, Cristiano Ronaldo dibandingkan dengan mantan pemain Manchester United, David Beckham. (AFP/Marco Bertorello)

Ketika Cristiano masih berkostum Real Madrid, dia kerap bertemu dengan Forlan di lapangan. Forlan pernah menjadi andalan Atletico Madrid, klub La Liga Spanyol lainnya.

Forlan menilai, Beckham lebih santai dan tidak banyak bersolek. Tapi, eks pemain Timnas Uruguay itu tidak memungkiri kehabatan Cristiano Ronaldo dan Beckham ketika berada di atas lapangan.

Usaha Keras

"Ronaldo akan berganti-ganti gaya di depan cermin dan terlihat luar biasa, sementara Beckham lebih alami, mereka berbeda. Cristiano berusaha lebih keras," tutur Forlan.

Saksikan video pilihan di bawah ini

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Tampil di 3 Meals A Day, Bintang Film Parasite Tinggal di Desa Terpencil

Posted: 19 Aug 2019 09:20 PM PDT

Liputan6.com, Seoul - Salah satu variety show populer 3 Meals A Day, kini memasuki musim terbarunya. Yang menarik, serial dari produser kenamaan Na Young Seok alias Na PD ini menampilkan cast yang seluruhnya merupakan wanita.

Bintang yang hadir dalam acara dengan tajuk resmi 3 Meals A Day - Mountain Village ini adalah bintang film sukses Parasite Park So Dam. Ia ditemani dua bintang drama populer Sky Castle, Yum Jung Ah dan Yoon Se Ah.

Dalam musim kali ini, mereka akan tinggal di sebuah desa terpencil yang terletak di daerah pegunungan Provinsi Gangwon, Korea Selatan.

Seperti 3 Meals A Day musim-musim sebelumnya, ketiganya ditinggal di desa terpencil dan mendapat tugas untuk menyiapkan makanan tiga kali sehari dengan menggunakan alat dan bahan seadanya yang telah disediakan.

Na PD mengungkapkan bila dibandingkan dengan musim sebelumnya, ada perbedaan di seri kali ini. 

Nuansa Pedesaan

3 Meals A Day - Mountain V3 Meals A Day - Mountain Village (tvN)illage

Na PD menyebut bahwa musim terbaru dari variety show yang ditayangkan tvN ini, akan menampilkan nuansa pedesaan yang lebih kuat.

"Memang, seri sebelumnya lebih fokus memperlihatkan pada penonton tentang makanan yang lezat. Namun kali ini, kami akan menggambarkan pandangan yang lebih realistis tentang kehidupan di desa," tuturnya seperti disebutkan dalam keterangan tertulis yang diterima Liputan6.com.

Jung Woo Sung Jadi Bintang Tamu

Jung Woo Sung. (Foto: Allkpop.com)

Tiga artis yang juga merupakan koki pemula ini juga akan menerima tamu para artis top yang akan makan malam bersama mereka. Salah satunya adalah, Jung Woo Sung, aktor terkenal yang membintangi drama Athena: Goddess of War.

Dilansir dari Soompi, variety show ini mendapat sambutan hangat di negaranya, terlihat dari rating yang terbilang tinggi. Acara 3 Meals A Day sendiri sudah mulai ditayangkan di Indonesia sejak 17 Agustus lalu.

 

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Intip Produk Kecantikan yang Bisa Melindungi Kulit Sensitif

Posted: 19 Aug 2019 09:18 PM PDT

Jakarta Produk kecantikan Korea digandrungi karena memiliki kandungan alami dan bersifat ramah lingkungan. Sehingga hasilnya adalah kulit yang sehat dan glowing bak perempuan Korea yang menjadi pedoman kecantikan di tanah air saat ini.

Tidak heran produk kecantikan asal Negeri Ginseng ini menjamur hadir di tanah air. Yang terbaru dua brand kecantikan asal Korea hadir di e-commerce Zalora, yaitu Pyunkang Yul dan Benton.

Zalora sebagai e-commerce fashion, kini menghadirkan pilihan skincare dan makeup lebih lengkap untuk membuatmu lebih mudah mendapatkan produk kecantikan dan terjamin keasliannya.

Pyunkang yul adalah salah satu brand asal Korea Selatan yang diluncurkan oleh Pyunkang Oriental Medicine Clinic, institusi yang berfokus mengatasi masalah kulit atopik. Brand ini mengusung skin care dengan bahan paling aman untuk melindungi dan menyediakan solusi untuk kulit sensitif tanpa adanya kandungan kimia berbahaya.

Produk kecantikan ini menawarkan rangkaian dari mulai sabun pembersih muka hingga cream jerawat. Klaimnya, dengan memakai produk Pyungkang Yul secara rutin maka kulit akan terawat, terhindar dari iritasi, dan tetap lembab.

"Pyungkang Yul dapat menutrisi sampai lapisan kulit terdalam. Kondisi kulit kenyal banget. Biarpun semalam kayak oily glowing semua menyerap pagi-pagi jadi kenyal banget. Bakal aku pakai terus dan aku cobain lebih lanjut," kata Angelicca Marthin dengan akun instagram @gelangelica salah satu beauty influencer Indonesia.

 

Produk kecantikan alami dari Korea Selatan

Produk kecantikan untuk kulit sensitif. (Foto: Dok. Zalora)

Selain itu, juga ada produk Benton yang terinspirasi dari film 'The Curious Case of Benjamin Button'. Dalam film tersebut, Benjamin menjadi lebih muda setiap tahunnya. Benton Cosmetics berkomitmen untuk mengembalikan kondisi kulit menjadi lebih muda dengan menggunakan kandungan yang sehat dan aman serta memberikan efek jangka panjang terhadap kulit.

 

Produk kecantikan Benton

Produk kecantikan untuk kulit sensitif. (Foto: Dok. Zalora)

Kandungan produk Benton ini sangat aman untuk kulit sensitif sekalipun. Benton juga berkomitmen untuk tidak melakukan animal testing pada semua produknya sehingga produk benton bersertifikat cruelty-free. Sejaun ini, produk andalan mereka berbahan dasar Aloe, Tea Tree, dan Snail Bee.

"Produk Benton bagus untuk kulit yang jerawatan, dan ingredients gak mengandung macem-macem karena cuman ada 10 kandungan dengan 70% adalah tea tree water dan tea tree oil," kata Hellua Puspoyo pemilik akun instagram @thelipstickmafiaaa yang merupakan influencer kecantikan tanah air.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Jokowi Siapkan Dana Otonomi Khusus Papua Rp 8,3 Triliun di 2020

Posted: 19 Aug 2019 09:15 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Pemerintah mengalokasikan anggaran sebesar Rp22,748 triliun pada Rencana Anggaran Pembangunan dan Belanja Negara (RAPBN) Tahun Anggaran 2020 untuk Dana Otonomi Khusus dan Dana Keistimewaan Daerah Istimewa Yogyakarta.

Dikutip dari laman Setkab.go.id, Saelasa (20/8/2019), dalam Buku I Rancangan Undang-Undang (RUU) tentang Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara (APBN) Tahun Anggaran 2020 disebutkan, Dana Otonomi Khusus sebagaimana dimaksud direncanakan sebesar Rp21,428 triliun, yang terdiri atas:

1. Alokasi Dana Otonomi Khusus Provinsi Papua dan Provinsi Papua Barat sebesar Rp8,374 triliun (Papua Rp5,861 triliun, Papua Barat Rp2,512 triliun);

2. Alokadi Dana Otonomi Khusus Provinsi Aceh sebesar Rp8,374 triliun;

3. Dana Tambahan Infrastruktur dalam rangka Otonomi Khusus Provinsi Papua dan Provinsi Papua Barat sebesar Rp4,680 triliun.

"Dana Keistimewaan Aceh sebesar Rp1,320 triliun," bunyi Pasal 14 ayat (3) RUU tersebut.

Dalam Buku II Nota Keuangan beserta RAPBN Tahun Anggaran 2020 disebutkan, arah kebijakan umum Dana Otonomi Khusus (Otsus) dan Dana Tambahan Infrastruktur (DTI) tahun 2020 antara lain yaitu: (i) meningkatkan kualitas perencanaan dan ketepatan penggunaan anggaran;(ii) mendorong peningkatan efektivitas pelaksanaan; (iii) meningkatkan akuntabilitas melalui penyaluran berdasarkan kinerja pelaksanaan; (iv) memperkuat monitoring dan evaluasi melalui sinergi dengan K/L terkait;

Kemudian, (v) meningkatkan sinkronisasi rencana penggunaan dengan prioritas nasional melalui pembahasan usulan dengan K/L terkait; (vi) memperbaiki fokus dan prioritas penggunaan anggaran, terutama untuk pendidikan, kesehatan, dan infrastruktur; dan (vii) memperbaiki tatakelola Dana Otsus dan DTI dengan memperkuat peran APIP dalam mengawasi dan memberikan rekomendasi penyaluran.

 

Dana Keistimewaan DIY

Tugu Golong Gilig, sebagai ikon Kota Yogyakarta

Sementara kebijakan umum Dana Keistimewaan Daerah Istimewa Yogyakarta tahun 2020 diarahkan untuk: (i) meningkatkan kualitas perencanaan dan ketepatan penggunaan anggaran; (ii) meningkatkan kualitas pelaksanaan pemantauan dan evaluasi; serta (iii) mendorong percepatan pelaporan atas pelaksanaan kegiatan oleh pemerintah daerah.

Saat menyampaikan Keterangan Pemerintah atas RUU APBN Tahun Anggaran 2020 Beserta Nota Keuangannya di hadapan Sidang Paripurna Gabungan DPR RI dan DPD RI, di Senayan, Jakarta, Jumat (16/8), Presiden Joko Widodo mengatakan, belanja negara pada tahun 2020 juga difokuskan untuk pengurangan ketimpangan antar wilayah.

 

Pemerataan Ekonomi

Massa Aksi Rusak Fasilitas di Bandara Sorong, Papua (Foto: Istimewa)

Oleh karena itu, pemerintah akan melanjutkan pengembangan berbagai kawasan ekonomi di luar Jawa, melanjutkan industrialisasi dalam bentuk hilirisasi hasil tambang maupun perkebunan, dan mengembangkan beberapa wilayah metropolitan di luar Jawa, supaya bisa menjadi sumber ekonomi baru.

"Selama ini, denyut kegiatan ekonomi secara umum masih terpusat di Jakarta dan Pulau Jawa. Sehingga Pulau Jawa menjadi sangat padat dan menciptakan ketimpangan dengan pulau-pulau luar Jawa. Apabila kita membiarkan hal tersebut berlanjut tanpa ada upaya yang serius, maka ketimpangan akan semakin parah," kata Presiden Jokowi saat itu.

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Live Streaming Bhayangkara FC vs PSIS Semarang di Vidio

Posted: 19 Aug 2019 09:15 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Bhayangkara FC berusaha bangkit dari keterpurukan di Shopee Liga 1. Dalam lima laga terakhir, tak sekalipun mereka meraih kemenangan.

Bhayangkara FC hanya mampu dua kali bermain imbang lawan Persija Jakarta dan Madura United masing-masing dengan skor 1-1. Sisanya, di Shopee Liga 1, tiga kali mereka kalah.

Namun, mereka kini berpeluang bangkit saat menjamu PSIS Semarang, malam ini. Pertandingan ini akan digelar di Stadion Patriot, Bekasi.

Namun, Bhayangkara FC tetap harus waspada. Pasalnya, PSIS jug berambisi bangkit di Shopee Liga 1 usai di pertandingan sebelumnya kalah 0-1 dari Semen Padang.

Live Streaming Bhayangkara FC vs PSIS Semarang di Vidio dimulai pukul 15.30 WIB.

Dapatkan link Live Streaming Bhayangkara FC vs PSIS Semarang di Vidio di halaman selanjutnya.

 

Link Live Streaming

Untuk link Live Streaming Bhayangkara FC vs PSIS Semarang di Vidio silakan klik di sini....

Prediksi Susunan Pemain

Bhayangkara FC (4-3-3)

Wahyu Tri Nugroho; Putu Gede, Anderson Salles, Jajang Mulyana, Muhammad Fathurocham; Alsan Sanda, Lee Yoon Jon, Flavio Beck. Junior; Wahyu Suboseto, Herman Dzumafo, Ramiro Fergonzi

PSIS Semarang (4-5-1)

Jandia Eka Putra; Fredyan Wahyu, Wallace Costa, Rio Saputra, Safrudin Tahar; Patrick Mota, Tegar Infantrie, Bayu Nugroho, Septian David Maulana, Shohei Matsunaga; Silvio Escobar

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Berteman Sejak Tahun 1998, Ini 6 Potret Persahabatan Desta dan Vincent

Posted: 19 Aug 2019 09:10 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Desta Mahendra dan Vincent Rompies nampaknya seperti tidak pernah terpisahkan. Dua komedian dan presenter yang selalu terlihat kompak ini, awalnya dipertemukan lewat sebuah band bernama Club Eighties.

Namun, Desta dan Vincent memutuskan untuk mengundurkan diri dari Club Eighties pada tahun 2009. Setelah hengkang dari Club Eigthies, keduanya membentuk band baru bernama The Cash bersama Tora Sudiro dan disusul Ringgo sebagai Vokalis.

Hingga kini Desta dan Vincent memandu acara yang sama yakni menjadi host di acara talkshow salah satu stasiun TV swasta. Jauh sebelum terjun ke dunia hiburan, keduanya sudah berteman baik dari tahun 1998 hingga sekarang.

Di salah satu episode tayangan talkshow-nya, Desta dan Vincent memberikan tips agar pertemanan awet.

"Kalau mau berteman lebih lama atau tahan lama adalah jangan pernah dipikirkan, dijalankan saja" Tutur Vincent 

Penasaran seperti apa kompaknya persahabatan Desta dan Vincent, Berikut potret persahabatan Desta dan Vincent dirangkum Liptan6.com, Selasa (20/8/2019)

1. Berteman Dekat dari Tahun 1998 Hingga Sekarang

Desta dan Vincent (Sumber: Instagram/@desta80s)

2. Desta dan Vincent Dulu Sama-Sama Menjadi Personel Band Club Eighties

Desta dan Vincent (Sumber: Instagram/@desta80s)

3. Desta dan Vincent Membuat Band Bernama The Cash, setelah Hengkang dari Club Eighties

Desta dan Vincent (Sumber: Instagram/@desta80s)

4. Tak Hanya Tampil di Layar Kaca, Keduanya Sering Berlibur Bersama di Luar Negeri

Desta dan Vincent (Sumber: Instagram/@desta80s)

5. Desta, Vincent dan Andre Taulany, Ketiganya Sama-Sama Pecinta Vespa

Desta dan Vincent (Sumber: Instagram/@desta80s)

6. Desta dan Vincent Main Film Bareng Berjudul Pretty Boys

Desta dan Vincent (Sumber: Instagram/@desta80s)

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Ironis, Pengemudi Gagal Mengerem Menabrak Toko Servis Rem

Posted: 19 Aug 2019 09:09 PM PDT

Liputan6.com, Greenville - Seorang pengemudi bernama Jaderric Freeman menabrak toko servis rem, Brakes-4-less di Greenville, South Carolina setelah gagal menghentikan laju mobilnya. Pria 21 tahun tersebut disinyalir berada dalam pengaruh alkohol.

Dilansir Carscoops.com, pihak kepolisian menyatakan bahwa pengemudi tersebut menabrak kendaraan lain sebelum kehilangan kendali dan menabrak toko servis rem. Freeman sudah ditahan dan dituntut atas pelanggaran berkendara sambil berada di bawah pengaruh alkohol.

Pengendara dari mobil yang ditabrak Freeman dikabarkan dibawa ke rumah sakit karena luka ringan.

Keadaan toko servis rem tersebut rusak cukup parah. Pintu dan kaca depan hancur berantakan. Sementara, beberapa mobil yang sedang berada di dalam mengalami kerusakan akibat tabrakan tersebut. 

Belum diketahui apakah kejadian ini terjadi karena pengemudi berada di bawah pengaruh alkohol atau rem yang tidak dapat berfungsi. Jika karena rem yang tidak berfungsi, tentu kejadian ini sangat ironis melihat Freeman menabrak toko servis rem.

 

5 Fakta Menarik Seputar Rem Mobil

Salah satu faktor yang memengaruhi rasa percaya diri saat berkendara adalah rem. Komponen ini berperan untuk mengurangi kecepatan hingga menghentikan laju mobil. Jika rem tak berfungsi, potensi timbulnya kecelakaan semakin besar.

Ternyata, di balik fungsinya yang vital itu, rem menyimpan berbagai fakta menarik. Bahkan beberapa di antaranya jarang diketahui khalayak.

 

 
 

 

Berikut 5 fakta menarik tentang rem mobil berdasarkan Astrobrake.co.za:

1. ABS

Anti-lock brake system (ABS) adalah salah satu fitur keselamatan pada rem. Teknologi ini membuat kampas tidak akan mengunci sehingga mobil tidak mudah tergelincir. Ternyata, ABS pertama kali digunakan pada 1929 untuk pesawat. Barulah pada 1970 fitur ini diterapkan di mobil.

2. Hybrid

Rem pada mobil hybrid ternyata tak hanya berfungsi untuk menahan laju. Part ini juga bisa mengisi ulang daya baterai motor listrik. Setiap kali rem bekerja, daya yang masuk ke baterai pun semakin banyak.

3. Suhu

 

Pernahkah Anda terpikir suhu tertinggi piringan rem cakram saat bekerja? Rata-rata, suhu rem mencapai 350 derajat celcius hingga 750 derajat celcius ketika membawa muatan berat sembari melalui jalan menurun.

4. Rem tromol

Pendiri Renault Motors, Louis Renault, berperan besar dalam penemuan rem tromol di tahun 1902. Tak hanya rem tromol, perusahaan asal Prancis itu juga berpartisipasi dalam pengembangan beberapa teknologi mobil lain, seperti suspensi hidrolik, gearbox, dan turbocharger.

5. Rem terkuat

Salah satu material terkuat di dunia, silicon carbide, diracik dan kemudian dipasang pada McLaren P1. 

Sumber : Otosia.com

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

VIDEO: Wawancara Khusus Dirut KS, Silmy Karim

Posted: 19 Aug 2019 09:08 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Liputan6.com berkesempatan mewawancarai Dirut Krakatau Steel, Silmy Karim. Silmy menjawab pertanyaan seputar kinerja PT Krakatau Steel (Persero) Tbk di Semester I 2019.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

3 Pernyataan Kapolri soal Kerusuhan Manokwari Papua Barat

Posted: 19 Aug 2019 09:07 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Kerusuhan pecah di Manokwari, Papua Senin, 19 Agustus 2019. Massa membakar Gedung DPRD Manokwari dan beberapa fasilitas umum. Tak hanya di Manokwari, unjuk rasa juga terjadi di Jayapura.

Kedua aksi ini ditengarai akibat kemarahan masyarakat Papua sebagai buntut dari peristiwa yang dialami mahasiswa asal Papua di Surabaya dan Malang, Jawa Timur serta Semarang Jawa Tengah beberapa waktu lalu.

Kapolri Jenderal Tito Karnavian angkat bicara. Aksi yang sempat memanas hingga blokade jalan dan lalu lintas disebut Tito sudah mulai kondusif.

"Situasi (Papua) berangsur kondusif. Kalau perlu ada dukungan pasukan tambahan, kita kirim, dari Maluku dan Sulawesi, tapi liat kondisinya," ujar Tito.

Tito juga menyesalkan terjadinya aksi kerusuhan di Papua Barat. Menurutnya, ada kesalahpahaman dari kata-kata yang kurang nyaman sehingga membuat oknum mengembangkan informasi yang memperkeruh suasana.

Berikut 3 pernyataan Kapolri Jenderal Tito Karnavian terkait aksi kerusuhan yang terjadi di Papua dihimpun Liputan6.com:

 

1. Sesalkan Kerusuhan Terjadi

Kapolri Jenderal Tito Karnavian bersama Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa di Surabaya, Jawa Timur (Foto:Liputan6.com/Dian Kurniawan)

Kapolri Jenderal Polisi Tito Karnavian menyesalkan adanya kerusuhan di Manokwari, Papua Barat yang mengakibatkan gedung DPRD setempat dibakar oleh massa.

"Hari ini di Manokwari ada aksi anarkis dan pengumpulan massa di Jayapura. Ini memang di-triger dari adanya kejadian di Jatim, khususnya Surabaya dan Malang. Ini yang disesalkan," ujar Tito seperti dilansir Antara.

Menurut dia, kejadian itu sebenarnya tidak perlu terjadi karena selama ini anak-anak dari Papua yang bersekolah di beberapa daerah seperti Jawa Timur, Jawa Tengah, Jawa Barat, Jakarta tidak pernah ada masalah.

"Cuma kemarin di-triger ada kesimpangsiuran informasi atau kesalahpahaman. Mungkin juga ada yang membuat kata-kata yang kurang nyaman sehingga saudara kita di Papua merasa terusik dengan bahasa-bahasa seperti itu," ucap Tito.

 

2. Ada Penyebar Hoaks

Massa turun ke jalan dalam unjuk rasa yang berujung kerusuhan di kota Manokwari, Papua, Senin (19/8/2019). Aksi masyarakat Papua ini merupakan buntut dari kemarahan mereka atas peristiwa yang dialami mahasiswa asal Papua di Surabaya dan Malang, serta Semarang beberapa hari lalu. (STR / AFP)

Tito menuturkan, kemarin memang ada kesimpangsiuran informasi atau kesalah pahaman dan ada yang membuat kata-kata yang tidak nyaman sehingga masyarakat Papua terusik dengan bahasa-bahasa seperti itu.

"Dan ada pihak yang mengembangkan informasi seperti itu untuk kepentingan mereka sendiri," kata Tito.

Tito mengatakan, kejadian yang ada di Surabaya dan Malang adalah peristiwa kecil yang sebetulnya sudah dilokalisir dan diselesaikan oleh Muspida setempat, baik oleh Gubernur Jawa Timur, Kapolda Jawa Timur dan juga Pangdam V Brawijaya.

"Tapi kemudian muncul hoaks mengenai adanya kata-kata yang kurang etis dari oknum tertentu. Dan ada juga hoaks gambar seolah - olah ada mahasiswa Papua yang meninggal, padahal tidak ada," ucapnya.

Tito menuturkan, hoaks ini berkembang dan ada yang mengembangkan. Berkembang di Manokwari dan Jayapura. Dan kemudian terjadi mobilisasi massa.

"Kami minta kepada masyarakat Papua agar tidak mudah terpancing dengan adanya berita - berita yang tidak benar," ujarnya.

 

3. Ingin Semua Seperti Saudara

Kapolri Jenderal Tito Karnavian menunjukkan sketsa tersangka kasus penyerangan Novel Baswedan usai pertemuan tertutup dengan Presiden Jokowi di Istana, Jakarta, Senin (31/7). Polri akan membentuk tim gabungan Polri-KPK (Laily Rachev/Biro Pers Setpres)

Tito pun meminta kepada masyarakat di luar Papua seperti di Jawa Timur, Jawa Tengah, Jawa Barat dan lain-lain, supaya memperlakukan warga Papua seperti saudara karena mereka adalah bagian dari anak bangsa.

"Komunikasi harus terjalin baik dari Papua maupun di luar Papua, jangan mau di adu domba dan terpancing dengan informasi tidak benar," ucap Tito.

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Usai Gejolak Manokwari, Pemprov Jatim Bakal Bangun Asrama Mahasiswa Nusantara

Posted: 19 Aug 2019 09:05 PM PDT

Liputan6.com, Surabaya - Pemerintah Provinsi (Pemprov) Jawa Timur (Jatim) mempunyai gagasan untuk membangun asrama mahasiswa nusantara. Pembangunan asrama ini dilakukan setelah gejolak di Manokwari, Papua Barat dan Jayapura, Papua terkait informasi tidak benar tentang pengusiran Mahasiswa Papua di Surabaya dan Malang, Jawa Timur.

Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa menyampaikan, dirinya mencocokkan dengan Wakil Gubernur Jatim, Emil Dardak bersama Sekretaris Daerah (Sekda) dan beberapa Organisasi Perangkat Daerah (OPD) untuk asrama mahasiswa nusantara.  Khofifah menilai, sebenarnya kebhinekaan saat ini masih banyak yang lapis luarnya saja, belum kebhinekaan yang substansif. 

"Bagaimana kalau mahasiswa kita siapkan asrama mahasiswa nusantara. Dengan meminta keikhlasan mahasiswa Jawa Timur. Karena kalau kita ingin menyiapkan asrama mahasiswa nusantara, maka kita akan memplot Kalimantan berapa, Papua berapa, Sulawesi berapa, dan sebagainya," tutur dia, Senin, 19 Agustus 2019.

Khofifah menuturkan, ada asrama mahasiswa nusantara, akan memanggil memori semuanya, bagaimana sebetulnya Young Java, Young Selebes, Young Kalimantan Won. 

"Itu semua mereka kemudian mengikrarkan dirinya, mengikatkan dirinya untuk bersama - sama berkomitmen tumpah darah kita, Indonesia. Kita punya bahasa, bahasa Indonesia. Dan seterusnya," ujar dia.

Dengan ada asrama mahasiswa nusantara, yang ada di dalam diri masyarakat adalah bagaimana mereka menjadi Indonesia dengan beragam suku, agama, adat istiadat, dan akhirnya kemudian tepo seliro-nya akan muncul. 

"Kita ingin menggagas tentang asrama mahasiswa nusantara. Dan kita lagi mengurus ke BPN," tutur dia.

Gubernur Khofifah Nyanyikan 2 Lagu Daerah Papua Saat Cangkrukan

Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa memberikan keterangan kepada awak media usai menemui Presiden Joko Widodo di Istana Kepresidenan, Jakarta, Selasa (18/6/2019). Khofifah mengaku membahas sejumlah proyek infrastruktur dan transportasi di Jawa Timur. (Liputan6.com/Angga Yuniar)

Sebelumnya, Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa bersama sejumlah warga Papua di Surabaya menyanyikan lagu-lagu daerah asal Papua. Hal itu dilakukan di sela cangkrukan pejabat Forkopimda setempat di kediaman Kapolda Jatim di Surabaya, Senin malam, 19 Agustus 2019.

"Semoga diskusi dalam cangkrukan ini menguatkan persaudaraan demi NKRI," ujar Khofifah di sela kegiatan cangkrukan, seperti melansir Antara.

Khofifah menyanyikan dua lagu, masing-masing berjudul "Tanah Papua" dan "Aku Papua".

Khofifah yang didampingi Wakil Gubernur Jatim Emil Elestianto Dardak dan Kapolda Jatim Irjen Pol Luki Hermawan tampak sangat hafal lirik-lirik kedua lagu tersebut.

Tepuk tangan meriah dari sejumlah undangan terus menggema dan kesempatan tersebut tak disia-siakan wartawan untuk mengabadikannya. Di sela kegiatan cangkrukan, tak hanya diisi kegiatan diskusi, tapi juga makan malam dengan suguhan kopi, kue serta beraneka macam buah-buahan.

Pada kesempatan tersebut, hadir sejumlah perwira Polda Jatim, lalu sejumlah kepala organisasi perangkat daerah (OPD) Pemrov Jatim serta sejumlah perwakilan tokoh Papua yang tergabung pada Ikatan Keluarga Besar Papua Surabaya (IKBPS).

Ketua IKBPS Pieter F Rumaseb mengapresiasi kepada Forkopimda Jatim karena telah berusaha membangun situasi yang kondusif.

"Saya atas nama IKBPS menitipkan saudara kita semua pada bapak dan ibu, kami ingin beraktivitas, bekerja, berkuliah dengan damai," ujar dia.

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Presiden Jokowi Bakal Hadiri Muktamar PKB di Bali

Posted: 19 Aug 2019 09:01 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) menggelar muktamar atau rapat besar ke-4 di Nusa Dua, Bali. Muktamar rencananya akan dihadiri dan dibuka oleh Presiden Joko Widodo (Jokowi). Berdasarkan susunan agenda, Presiden akan menyampaikan sambutan pembuka pada malam hari.

Sementara itu, Wakil Sekretaris Jenderal Dewan Pengurus Pusat PKB, Ahmad Iman mengatakan ada tiga ribu hingga enam ribu para muktamirin yang hadir.

"Ibu Rini Soemarno dan Bapak Mahyudin konfirmasi hadir," ujar Iman saat di jalan menuju Hotel Nusa Dua, Bali, Selasa (20/8/2019).

Pejabat negara yang juga dikabarkan hadir adalah Tjahjo Kumolo sebagai Menteri Dalam Negeri, Yasonna Laoly sebagai Menteri Hukum dan HAM, Rini Soemarno sebagai Menteri BUMM, dan sejumlah menteri lainnya.

Muktamar PKB akan dihelat pukul 19.00 WITA. Digadang-gadang, muktamar kali ini kembali menghasilkan Muhaimin Iskandar atau Cak Imin sebagai Ketua Umum. Meski begitu, Cak Imin enggan berkomentar mengenai hal tersebut.

"Soal pemilihan ketum, saya pada posisi nunggu saja pada para peserta muktamar. Semua kami serahkan pada mereka untuk ngambil keputusan. Saya gak bisa banyak berkomentar sebelum saatnya," ujar Imin usai meninjau persiapan tempat acara di Hotel Westin, Senin (19/8/2019).

Alasan Pilih Lokasi di Bali

Sebelumnya, Ketua Umum DPP PKB Muhaimin Iskandar atau Cak Imin punya alasan tersendiri memilih Bali sebagai lokasi dihelatnya muktamar.

"Bali kita pilih sebagai tempat muktamar karena sangat trategis, bahwa Bali ini berhasil menjadi simbol kebhinekaan," ucap Cak Imin.

Sementara itu, soal Ketua Umum PKB, Cak Imin mengaku dalam posisi menunggu aspirasi dari peserta muktamar.

"Soal pemilihan ketum, saya pada posisi nunggu saja pada para peserta muktamar. Semua kami serahkan pada mereka untuk ngambil keputusan. Saya gak bisa banyak berkomentar sebelum saatnya," ujar dia.

Hanya saja, Cak Imin berpesan agar pemilihan Ketua Umum PKB dilakukan secara musyawarah mufakat. "Sistem yang dikedepankan pada muktamar ini adalah musyawarah nomor satu, sampai pada mufakat. Usahakan bisa terjadi tanpa voting. Kalau terpaksa baru voting," kata dia.

 

Reporter: Yunita Amalia

Saksikan video pilihan di bawah ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Menikmati Menu Kue yang Lezat Sembari Bersantai Sore

Posted: 19 Aug 2019 09:01 PM PDT

Jakarta Bagi Anda pecinta kue, sore hari tentu merupakan momen yang tepat menikmatinya sembari menyeruput secangkir teh. Kue yang manis dan lezat akan memberikan sensasi rasa bahagia dan memberikan efek relaksasi setelah seharian beraktivitas. Salah satu destinasi toko kue lezat yang harus Anda kunjungi dan cicipi yaitu Lumpang Emas.

Lumpang Emas, sebuah kedai makan Indonesia yang pertama kali didirikan pada tahun 2013 dan merupakan unit bisnis dari Umara Group meluncurkan produk camilan terbarunya. Anda bisa mencicipi varian kue terbarunya untuk menemani santai sore bersama orang tersayang.

Lumpang Emas menyediakan 3 varian kue terbaru dengan kombinasi unik dan cita rasa yang lezat. Menu pertama adalah Kue Coklat Tempoe Doeloe yang memadukan rasa manis dengan aroma khas coklat dan dapat dinikmati semua orang terutama pecinta coklat.

Kedua, kue Kopi Susu Jadoel with Boba yang menawarkan cita rasa klasik kopi dengan topping saus creamy dan boba. Tekstur boba memberikan sentuhan modern dari cita rasa klasik kopi susu khas Indonesia.

Kemudian yang ketiga Kue Cubit Cream Cheese Boba yang hanya dapat ditemui di Lumpang Emas, menjadikan kudapan masa kecil ini menjadi semakin unik dan menarik untuk dicicipi. Perpaduan gurih keju dan saus cream cheese boba yang lezat sangat memanjakan lidah pecinta makanan manis.

 

Paket kue yang lezat

Menikmati kue santai sore. (Foto: Dok. Lumpang Emas)

Selain menyuguhkan dalam menu Ala Carte yang dapat dinikmati setiap saat, Lumpang Emas juga menyediakan paket spesial 'SANTAI SORE' yang bisa dinikmati dari pukul 15.00 WIB - 17.00 WIB. 

 

Menu kue yang bisa dinikmati sambil santai sore

Menikmati kue santai sore. (Foto: Dok. Lumpang Emas)

Terdapat dua paket SANTAI SORE yang dapat dinikmati mulai dari harga Rp50 ribu. Anda dapat menikmati 1 varian kue terbaru dengan 1 gelas teh dan free 1 kali refill. Lumpang Emas juga menyediakan Kue Coklat Tempoe Doeloe dan Kue Kopi Susu Jadoel dalam satuan loyang yang dapat dipesan minimum dua hari sebelumnya.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

FOTO: Sambil Berlutut, Putin Beri Bunga kepada Istri Presiden Prancis

Posted: 19 Aug 2019 09:01 PM PDT

Presiden Prancis Emmanuel Macron (tengah) dan istrinya Brigitte (kiri) menyambut Presiden Rusia Vladimir Putin di Benteng Bregancon, Bormes-les-Mimosas, Prancis, Senin (19/8/2019). Putin menemui Macron untuk membahas krisis dunia. (Gerard Julien, Pool via AP)

Presiden Prancis Emmanuel Macron (tengah) dan istrinya Brigitte (kiri) menyambut Presiden Rusia Vladimir Putin di Benteng Bregancon, Bormes-les-Mimosas, Prancis, Senin (19/8/2019). Putin menemui Macron untuk membahas krisis dunia. (Gerard Julien, Pool via AP)

Presiden Prancis Emmanuel Macron (kiri) dan istrinya Brigitte Macron (kanan) menyambut Presiden Rusia Vladimir Putin (tengah) di Benteng Bregancon, Bormes-les-Mimosas, Prancis, Senin (19/8/2019). Macron dan Putin mencoba meningkatkan hubungan Uni Eropa dengan Moskow. (Gerard JULIEN/POOL/AFP)

Presiden Prancis Emmanuel Macron (kiri) dan istrinya Brigitte Macron (kanan) menyambut Presiden Rusia Vladimir Putin (tengah) di Benteng Bregancon, Bormes-les-Mimosas, Prancis, Senin (19/8/2019). Macron dan Putin mencoba meningkatkan hubungan Uni Eropa dengan Moskow. (Gerard JULIEN/POOL/AFP)

Presiden Prancis Emmanuel Macron (kiri) dan istrinya Brigitte menyambut Presiden Rusia Vladimir Putin di Benteng Bregancon, Bormes-les-Mimosas, Prancis, Senin (19/8/2019). Macron dan Putin membahas di antaranya krisis Ukraina, Iran, dan Suriah. (Alexei Druzhinin, Sputnik, Kremlin Pool Photo via AP)

Presiden Prancis Emmanuel Macron (kiri) dan istrinya Brigitte menyambut Presiden Rusia Vladimir Putin di Benteng Bregancon, Bormes-les-Mimosas, Prancis, Senin (19/8/2019). Macron dan Putin membahas di antaranya krisis Ukraina, Iran, dan Suriah. (Alexei Druzhinin, Sputnik, Kremlin Pool Photo via AP)

Presiden Rusia Vladimir Putin (kanan) berbincang dengan Presiden Prancis Emmanuel Macron (tengah) disaksikan Brigitte Macron di Benteng Bregancon, Bormes-les-Mimosas, Prancis, Senin (19/8/2019). Macron dan Putin mencoba meningkatkan hubungan Uni Eropa dengan Moskow. (Gerard Julien, Pool via AP)

Presiden Rusia Vladimir Putin (kanan) berbincang dengan Presiden Prancis Emmanuel Macron (tengah) disaksikan Brigitte Macron di Benteng Bregancon, Bormes-les-Mimosas, Prancis, Senin (19/8/2019). Macron dan Putin mencoba meningkatkan hubungan Uni Eropa dengan Moskow. (Gerard Julien, Pool via AP)

Presiden Prancis Emmanuel Macron (kanan) menyambut Presiden Rusia Vladimir Putin di Benteng Bregancon, Bormes-les-Mimosas, Prancis, Senin (19/8/2019). Pertemuan Putin dan Macron untuk membahas krisis dunia. (Gerard JULIEN/POOL/AFP)

Presiden Prancis Emmanuel Macron (kanan) menyambut Presiden Rusia Vladimir Putin di Benteng Bregancon, Bormes-les-Mimosas, Prancis, Senin (19/8/2019). Pertemuan Putin dan Macron untuk membahas krisis dunia. (Gerard JULIEN/POOL/AFP)

Istri Presiden Prancis Emmnanuel Macron, Brigitte Macron tersenyum saat pertemuan suaminya dengan Presiden Rusia Vladimir Putin di Benteng Bregancon, Bormes-les-Mimosas, Prancis, Senin (19/8/2019). Pertemuan Putin dan Macron untuk membahas krisis dunia. (Gerard Julien, Pool via AP)

Istri Presiden Prancis Emmnanuel Macron, Brigitte Macron tersenyum saat pertemuan suaminya dengan Presiden Rusia Vladimir Putin di Benteng Bregancon, Bormes-les-Mimosas, Prancis, Senin (19/8/2019). Pertemuan Putin dan Macron untuk membahas krisis dunia. (Gerard Julien, Pool via AP)

Presiden Prancis Emmanuel Macron (kanan) dan Presiden Rusia Vladimir Putin (kiri) menghadiri konferensi pers di Benteng Bregancon, Bormes-les-Mimosas, Prancis, Senin (19/8/2019). Macron dan Putin akan membahas krisis Ukraina, Iran, dan Suriah. (Gerard Julien, Pool via AP)

Presiden Prancis Emmanuel Macron (kanan) dan Presiden Rusia Vladimir Putin (kiri) menghadiri konferensi pers di Benteng Bregancon, Bormes-les-Mimosas, Prancis, Senin (19/8/2019). Macron dan Putin akan membahas krisis Ukraina, Iran, dan Suriah. (Gerard Julien, Pool via AP)

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Liburan Pakai Jet Pribadi, Meghan Markle dan Pangeran Harry Menuai Kritik Pedas

Posted: 19 Aug 2019 09:01 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Meghan Markle dan Pangeran Harry mengisi waktu musim panas dengan menghabiskan liburan bersama buah hati, Archie. Momen ini sekaligus menjadi perjalanan ke luar negeri kedua untuk bayi yang berusia tiga bulan tersebut.

Dilansir dari People, Selasa (20/8/2019), keluarga kecil ini menuju Kota Nice di Prancis selatan dengan jet pribadi. Meghan Markle, Pangeran Harry, dan Archie dilaporkan menginap di sebuah vila yang menghadap ke laut Mediterania.

Kedatangan pasangan yang menikah pada 19 Mei 2018 ini ke French Riviera hanya dua hari setelah mereka kembali dari Ibiza, Spanyol. Kala itu, mereka liburan pada 4 Agustus 2019 saat Meghan ulang tahun yang ke-38.

Terkait perjalanan liburan itu, kantor pasangan ini menolak untuk memberikan komentar apa pun. Sebelumnya, The Sun mengabarkan Meghan dan Pangeran Harry memakai jet pribadi untuk kedua liburan, termasuk pesawat Cessna dengan 12 kursi yang digambarkan dalam surat kabar Inggris itu.

Bicara soal pemakaian jet pribadi Cessna, Anggota Parlemen Inggris Teresa Pearce buka suara. "Saya menemukan ini cukup mengejutkan karena tidak sesuai dengan citra publik mereka dan cara mereka begitu peduli dengan planet ini," kata Teresa.

Ia menilai perjalanan liburan Meghan Markle dan Pangeran Harry meninggalkan jejak karbon yang besar. Hal ini merujuk kepada mereka yang memakai jet pribadi ke Prancis Selatan, dua hari setelah liburan ke Ibiza.

Perjalanan Menuai Kritik

Meghan Markle dan Pangeran Harry tampil pertama kali dengan buah hati. (Dominic Lipinski / POOL / AFP)

Dilansir dari The Sun, perjalanan Meghan Markle dan Pangeran Harry ke Kota Nice menciptakan emisi karbon tujuh kali lebih banyak per orang dibanding penerbangan komersial. Mereka menyewa jet pribadi seharga lebih dari 20 ribu Pound sterling atau sekitar lebih dari Rp345 juta.

Saat tiba, Meghan tampil dalam balutan blus putih dan topi krem sembari menggendong Archie. Sedangkan Pangeran Harry memakai polo shirt hijau, topi biru.

Pasangan ini berangkat ke Prancis pada pekan lalu dan melakukan perjalanan 20 mil dari Windsor ke Bandara Farnborough pribadi. Mereka menaiki Cessna seharga 15 juta Pound sterling atau sekitar Rp259 miliar.

Saat turun, Pangeran Harry berusaha menghindari dengan melihat ke bawah. Harry, Meghan, dan Archie ditemani para penjaga yang langsung menuju ke mobil mewah warna hitam.

Perjalanan dengan jet pribadi dibanjiri kritik, termasuk Teresa. Ia meminta Harry dan Meghan untuk 'memberi contoh' mengingat masalah lingkungan telah menjadi isu besar di berbagai belahan Bumi.

"Mengingat posisi yang mereka ambil di depan umum tentang bertanggung jawab atas perubahan iklim, ini tampaknya merupakan anomali yang harus mereka perhatikan," jelas Teresa.

Ia melanjutkan untuk dapat memangkas emisi karbon dan jumlah penerbangan yang diambil selama setahun. "Itu benar-benar penting dan seseorang high profile yang seharusnya memimpin dengan memberi contoh," tambahnya.

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Soal Normalisasi Listrik, PLN Diminta Belajar dari AS

Posted: 19 Aug 2019 09:00 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta MMenteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Rini M Soemarno meminta direksi PT PLN (Persero) belajar dari negara lain soal kecepatan normalisasi pasokan listrik saat terjadi gangguan.

Pemadaman listrik (blackout) bukan hanya terjadi di Indonesia tapi juga terjadi di berbagai negara seperti Brasil, Amerika Serikat, Argentina dan Inggris. Namun, skema distribusi listrik di negara-negara tersebut menggunakan house load system. Sehingga dapat dinormalisasi kembali dalam jangka waktu dua jam.

"Kami meminta maaf kepada seluruh masyarakat Indonesia yang terkena dampak pemadaman. Saya meminta direksi PLN untuk belajar dengan negara lain dalam hal normalisasi pemadaman listrik. Seperti di London, blackout (gelap total) yang terjadi bisa dipulihkan paling lambat dua jam," ujar Rini saat bertemu dengan pimpinan media di PLN Unit Distribusi Jakarta Raya, Gambir, Jakara Pusat, Senin (19/8/2019).

Dengan skema house load system ini, jika ada gangguan maka listrik yang mati hanya satu desa atau satu wilayah saja sehingga pemulihannya akan lebih mudah. 

"Untuk itu, kami akan menggunakan house hold system di kota-kota besar seperti Bandung, Jakarta dan Surabaya. Saya harap kejadian gangguan listrik yang terjadi menjadi pembelajaran kami semua," pungkasnya.

Untuk itu, Rini meminta PLN untuk menyusun emergency scenario untuk mempercepat upaya normalisasi gangguan pemadaman listrik.  Ia pun mendorong PLN untuk meningkatkan infrastruktur dan system crisis center. 

"Penggunaan crisis center ini nantinya akan disinergikan bersama BUMN dengan menggunakan call center bersama. PLN pun akan melakukan pengelolaan data dan informasi para pelanggan," terangnya.

 

Kerjasama dengan Pemda

Ilustrasi sutet listrik.

PLN juga diminta untuk kerja sama dengan Pemerintah Daerah (Pemda) dalam membebaskan Right of Way atau jarak bebas minimum di bawah Saluran Udara Tegangan Ekstra Tinggi (SUTET).

Saat ini, ROW telah diatur dalam Peraturan Menteri (Permen) ESDM Nomor 2 Tahun 2019 Tentang Ruang Bebas dan Jarak Bebas Minumum pada SUTT, SUTET dan SUTT Arus Searah untuk Penyaluran Tenaga Listrik.

"Ini yang akan menjadi concern kita bersama antara pemerintah, pemerintah daerah dan BUMN," kata Rini

Cek Cara dapat Ganti Rugi dari PLN Akibat Mati Lampu Massal

Pasukan Elit PLN saat beraksi di Menara Sutet Jalan Asia Afrika, Jakarta, Rabu (12/8/2015). Pekerjaan tersebut mengandung resiko besar karena jaringan listrik masih dipelihara tanpa dipadamkan. (Liputan6.com/Helmi Afandi)

PT PLN (Persero) menyebut akan memberi ganti rugi kepada masyarakat yang dirugikan akibat mati lampu massal pada Minggu, 4 Agustus 2019 lalu. PLN menyediakan layanan khusus di situsnya agar masyarakat bisa mengajukan klaim.

"Besaran kompensasi yang diterima dapat dilihat pada tagihan rekening bulan September 2019 atau pada bukti pembelian token pertama setelah 1 September 2019 untuk konsumen prabayar," jelas Vice President Public Relations PLN Dwi Suryo Abdullah dalam pernyataan resminya, Senin (19/8/2019).

Bila ingin mengunjungi layanan ganti rugi PLN klik di sini.

Pelanggan juga bisa mengakses lewat situs resmi PLN untuk melihat jumlah kompensasi yang bisa didapat, berikut langkahnya:

1. Masuk ke website resmi PLN, www.pln.co.id

2. Klik menu

3. Klik pelanggan

4. Klik layanan online

5. Klik Info kompensasi

6. Masukkan IDPEL (ID Pelanggan) dan input kode disamping yang ada

7. Akan muncul estimasi atau perkiraan nilai kompensasi yang didapat pelanggan. Dwi menyebut pembayaran kompensasi akan dipercepat PLN. Pembayaran pun dilakukan sebulan lebih awal, yakni bulan September.

"Dalam kondisi normal, seharusnya pembayaran kompensasi dibayarkan pada Bulan Oktober. Namun untuk kali ini, kami mempercepat pembayaran kompensasi di bulan September, baik pra bayar maupun pasca bayar." Tambah Dwi.

Kompensasi akan diberikan sebesar 35 persen dari biaya beban atau rekening minimum untuk konsumen golongan tarif adjustment, dan sebesar 20 persen dari biaya beban atau rekening minimum untuk konsumen pada golongan tarif yang tidak dikenakan penyesuaian tarif tenaga listrik (Non Adjustment).

Untuk pelanggan prabayar, pengurangan tagihan disetarakan dengan pengurangan tagihan listrik pascabayar. Khusus untuk pelanggan premium, PLN akan memberikan kompensasi sesuai Service level Agreement (SLA) yang telah ditandatangani bersama.

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

7 Tempat Wisata di Riau yang Terbaik dan Populer, Wajib Dikunjungi

Posted: 19 Aug 2019 09:00 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Tempat wisata di Riau didominasi oleh wisata alam dan budaya. Provinsi yang terletak di sebelah timur Sumatera Barat dan sebelah selatan Sumatera Utara ini memiliki berbagai wisata alam mulai dari wisata air hingga wisata hutan.

Kamu bisa menikmati pemandangan alam yang indah, serta pemandangan bangunan-bangunan tua atau bangunan budaya yang jarang kamu lihat di tempat lainnya. Apalagi dengan budaya melayu yang kental, membuat tempat wisata di Riau semakin unik.

Tempat wisata di Riau menyajikan berbagai pengalaman yang menakjubkan. Di lokasi-lokasi kebudayaan maupun di wisata alamnya, kamu bisa mengabadikan kunjunganmu dengan berfoto dan mencoba berbagai aktivitas lainnya.

Nah, berikut ini Liputan6.com rangkum dari berbagai sumber, Selasa (20/8/2019) ragam tempat wisata di Riau yang sayang banget buat dilewatkan.

Tempat Wisata di Riau

Ulu Kasok adalah lokasi wisata yang memiliki pesona pemandangan seperti Raja Ampat, Papua Barat. (Liputan6.com/M Syukur)

Ulu Kasok

Terletak di Desa Pulau Gadang, Kecamatan XIII, Koto Kampar, tempat wisata di Riau ini menawarkan pemandangan yang sekilas mirip dengan Raja Ampat. Bahkan, wisatawan yang ke lokasi ini menyebutnya dengan Raja Ampat ala Kampar.

Ulu Kasok terdiri dari beberapa pulau yang terletak di tengah bendungan Pembangkit Listrik Tenaga Air (PLTA) Koto Panjang. Air yang mengelilingi pulau masih hijau dengan hutan yang masih lebat, sehingga menyajikan pemandangan yang menakjubkan. Ulu Kasok menyajikan tiga objek wisata, di antaranya air terjun Ulu Kasok, wisata pulau dengan naik speedboat untuk berkeliling ataupun mengitari pulau, dan terakhir adalah Puncak Ulu Kasok. Dari Kota Pekanbaru, jarak tempuh ke Ulu Kasok sekitar satu setengah jam.

Candi Muara Takus

Tempat wisata di Riau berikutnya adalah satu-satunya candi peninggalan umat Budaha di Riau, yaitu Candi Muara Takus. Terletak di Desa Muara Takus Kecamatan Koto Kampar XIII, Kabupaten Kampar, Provinsi Riau, Candi Muara Takus terbuat dari berbagai bahan yang berbeda dengan candi-candi yang ada di Pulau Jawa. Candi ini dibuat dari batu pasir, batu sungai dan batu bata. Meski lokasinya cukup jauh dari pusat Kota Pekanbaru, tentunya belum lengkap liburan ke tempat wisata di Riau bila belum mampir ke Candi Muara Takus ini.  

Tempat Wisata di Riau

Istana Siak Sri Indrapura (Liputan6.com/Faizal Fanani)

Sungai Kampar

Buat kamu yang memiliki hobi berselancar, bisa mencoba berkunjung ke tempat wisata di Riau yang satu ini. Namanya adalah sungai Kampar. Ketika biasanya orang-orang berselancar di laut, kamu bisa melakukannya di sungai Kampar ini. Adanya gelombang pasang surut atau ombak yang dikenal secara lokal sebagai Bono, yang bergegas dengan suara menderu keras pada kecepatan 40 kilometer per jam.

Tempat wisata di Riau satu ini sudah dikenal oleh dunia internasional. Buktinya banyak peselancar dunia yang sudah mencoba ombak di sungai Kampar ini. Gelombang di sungai ini memiliki sifat yang berbeda dengan laut terbuka. Ini dikarenakan kekuatan gelombang yang melaju, arus yang bergegas ke hulu akan menyebabkan gelombang dari kedua sisi kiri setelah memukul kedua tanggul sungai. Meski hanya berupa sungai, tinggi Gelombang Bono bisa mencapai 6 meter dengan kecepatan mencapai 40 km/jam.

Istana Siak Sri Indrapura

Tempat wisata di Riau selanjutnya adalah Istana Siak Sri Indrapura. Pekanbaru merupakan salah satu kota di Indonesia yang memiliki rekam jejak budaya Melayu. Salah satunya adalah Istana Siak Sri Indrapura ini. Istana ini merupakan peninggalan Kesultanan Siak yang konon adalah salah satu kesultanan kuat di Semenanjang Malaya. Di sini kamu bisa menikmati gaya arsitekturnya yang indah dan benda-benda peninggalan Kesultanan Siak.

Tempat Wisata di Riau

Masjid An-Nur Pekanbaru (Liputan6.com / M.Syukur)

Pulau Jemur

Pulau Jemur terletak kurang lebih sekitar 45 mil dari ibukota kabupaten Rokan Hilir. Tempat wisata di Riau ini terdiri dari beberapa pulau-pulau kecil, seperti pulau Tekong Emas, pulau Tekong Simbang serta pulau Labuhan Bilik. Di pulau ini, kamu bisa melihat beragam spesies penyu.

Selain itu, Pulau Jemur juga menyimpan beberapa potensi wisata lain di antaranya adalah Goa Jepang, Menara Suar, bekas tapak kaki manusia, perigi tulang, sisa-sisa pertahanan Jepang, batu Panglima Layar, Taman Laut, dan pantai berpasir kuning emas.

Masjid Agung An Nur

Masjid Agung An Nur ini merupakan masjid termegah di Pekanbaru. Masjid ini didesain dengan gaya ala Melayu, Arab, Turki, dan India yang membuat bangunan masjid tampak eksotis dan megah. Masjid ini disebut-sebut sebagai Taj Mahal-nya Riau. Selain megahnya bangunan masjid, di depan masjid ini juga terdapat kolam yang menambah keindahan.

Selain menjadi rumah ibadah, masjid ini menjadi salah satu tempat wisata di Pekanbaru yang banyak dikunjungi. Apalagi saat memasuki bulan Ramadhan, kawasan masjid ini dijadikan lokasi untuk ngabuburit dan dipenuhi oleh pedagang makanan dan pakaian.

Desa Okura

Tempat wisata di Riau satu ini menawarkan berbagai macam kegiatan seru. Kamu bisa bersampan menyusuri sungai, melihat kebudayaan tradisional, bersepeda di antara rimbunan pohon sagu dan berkuda di padang pasir.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Top 3: Deretan Outfit Anak-Anak Ini Bikin Kita Bingung Melihatnya

Posted: 19 Aug 2019 09:00 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Memilih baju anak tentu menjadi hal yang menyenangkan. Pasalnya ada begitu banyak model baju dengan berbagai gambar yang lucu dan menggemaskan.

Namun jangan salah, nyatanya banyak pula loh baju anak yang memiliki gambar nyeleneh. Tak cuma bikin bingung melihatnya, kalian juga dijamin akan berpikir dua kali untuk membelinya.

Artikel tentang deretan outfit absurd anak-anak menjadi yang terpopuler di kanal Citizen6, Liputan6.com. Disusul dengan artikel tentang seorang bocah 10 tahun asal Kamboja yang memiliki perawakan layaknya orang lanjut usia.

Sementara artikel terpopuler ketiga tentang 5 meme kocak superhero Jagat Bumilangit buatan warganet.

Berikut Top 3 Citizen6:

1. 7 Outfit Anak-Anak Ini Absurd Banget, Bikin Mikir Dua Kali Buat Beli

foto: brilio

Tak hanya orang dewasa, setiap tahun tren fashion anak-anak juga semakin beragam. Mulai dari pakaian, sepatu hingga outfit lain seperti tas dan topi dengan model yang selalu berubah dan kian menarik.

Selain model, perubahan juga selalu bisa dilihat dari desain gambar pada outfit-outfit tersebut. Tentu saja desain gambar pada outfit tersebut menjadi pertimbangan yang membuat orang tua tertarik membeli.

Selengkapnya...

2. Baru Berusia 10 Tahun, Penampilan Bocah Ini Layaknya Seorang Nenek

foto: Viral Press/Mirror

Sebagian besar orang khususnya wanita tentu ingin terlihat selalu awet muda. Oleh karena itu banyak yang melakukan perawatan diri secara rutin.

Namun hal malang harus dialami oleh seorang bocah asal Kamboja bernama Bo Rakching. Meski masih berusia sangat muda, dia sudah harus mengalami penuaan pada kulitnya hingga nampak seperti orang lanjut usia.

Selengkapnya...

3. 5 Meme Kocak Superhero Jagat Bumilangit

Nicholas Saputra sebagai Aquanus di Jagat Sinema Bumilangit (Twitter/ jokoanwar)

Gebrakan besar dalam film superhero Indonesia diumumkan pada Minggu (18/8/2019). Joko Anwar mengumumkan Jagat Sinema Bumilangit atau Bumilangit Cinematic Universe (BCU). Sebanyak 19 aktor berkelas yang akan berlakon di BCU diperkenalkan beserta karakter yang akan dimainkan.

Mulai dari Abimana Aryasatya sebagai Gundala, Chicco Jerikho sebagai Godam, Nicholas Saputra sebagai Aquanus, Della Dartyan sebagai Nila Umaya, hingga Dian Sastro sebagai Dewi Api. Antusiasme netizen terhadap BCU cukup tinggi, terutama melihat aktor dan aktris besar yang akan memerankan karakter jagoan mereka.

Selengkapnya...

Saksikan video pilihan di Bawah Ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Gubernur Ganjar Jamin Keamanan Warga Papua di Jawa Tengah

Posted: 19 Aug 2019 09:00 PM PDT

Liputan6.com, Solo - Gubernur Jawa Tengah, Ganjar Pranowo menjamin keamanan warga Papua yang tinggal di Jawa Tengah. Sebagian besar warga Papua tersebut sedang menimba ilmu di sejumlah perguruan tinggi di Jawa Tengah.

Ganjar mengaku sudah menjalin komunikasi dengan sejumlah warga Papua yang tinggal di Semarang. Dari pertemuan itu disebutkan bahwa kondisi mahasiswa asal Papua yang ada di Jawa Tengah baik-baik saja.

"Saya bilang kepada keluarga yang di Papua enggak usah takut, saya menjamin keamanan kepada mereka yang sekolah di Jawa Tengah," kata dia ketika ditemui usai Konser Kebangsaan Apresiasi Prestasi Pancasila di De Tjolomadoe, Karanganyar, Senin malam, 19 Agustus 2019.

Ganjar mengatakan sebelumnya memang ada pemasangan spanduk oleh warga di Asrama Mahasiswa Papua Tegal Wareng di Kelurahan Candi Semarang. Hanya saja dirinya telah memerintahkan untuk mencopot spanduk tersebut. Seperti diketahui, sejumlah oknum melakukan provokasi melalui pemasangan spanduk di asrama tersebut.

"Kemarin tak suruh nyopot, dari Pak Kapolda juga sudah dicopot. Kalau (spanduk) itu nanti bisa merangsang dan mengganggu perasaan orang kan tidak enak. Diajak ngobrol saja, saya sudah komunikasi dengan teman-teman kita dari Papua dan mereka oke-oke saja," ungkapnya.

Untuk menghindari terjadinya kerusuhan, Ganjar mengimbau kepada masyarakat Jawa Tengah untuk tidak memprovokasi. Ia juga meminta kepada semua pihak untuk mengedepankan komunikasi dan dialog untuk memecahkan permasalahan.

"Jangan memprovokasi, kita ngomong saja baik-baik. Kalau ada yang tidak benar didialogkan dan pemerintah siap fasilitasi," harapnya.

 

Simak video pilihan berikut ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Wolves vs MU, Bisikan Rashford kepada Pogba Sebelum Gagal Penalti

Posted: 19 Aug 2019 09:00 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Paul Pogba gagal mencetak gol dari titik putih penalti saat Manchester United (MU) bertemu Wolverhampton Wanderers pad a pekan kedua Premier League, Selasa dinihari WIB (20/8/2019). Akibatnya MU harus puas berbagi poin dengan Wolves.

Bertanding di Molineux Stadium, Wolverhampton, skuat Setan Merah sebenarnya sempat memimpin melalui gol yang dicetak Anthony Martial pada menit ke-27. Namun tuan rumah masih berhasil menyamakan kedudukan pada menit ke-55 lewat Ruben Neves.

Pada menit ke-68, MU mendapat peluang emas untuk kembali memimpin setelah wasit Jonathan Moss menunjuk titik putih atas pelanggaran yang dialami Pogba di kotak terlarang lawan. Seperti dilansir Metro, fans MU berharap Marcus Rashford yang sukses mengeksekusi penalti saat menang 4-0 melawan Chelsea pekan lalu kembali maju ke titik 12 pas.

Namun yang maju justru Pogba setelah berbincang sebentar dengan Rashford. Dalam tayangan ulang, Rashford tampak menanyakan apakah Pogba ingin maju sebagai eksekutor dan dijawab ya oleh pemain Prancis itu. Rashford kemudian menepuk bagian pundak Pogba.

Penyerang berusia 21 tahun itu kemudian memungut bola. Daniel James tampak berbincang dengannya sebelum Rashford melempar bola di tangannya kepada Pogba.

Pogba kemudian maju dan mengeksekusi tendangan penalti itu. Sayang sepakannya masih mampu diblok oleh kiper Wolves. Ini sekaligus menjadi kegagalan penalti keempat yang dialami mantan pemain Juventus itu sejak awal musim lalu hingga kini. Dalam kurun waktu itu, Pogba jadi pemain MU yang paling sering gagal mencetak gol dari titik putih.

Posisi di Papan Klasemen

Para pemain Wolverhampton merayakan gol yang dicetak Ruben Neves ke gawang Manchester United pada laga Premier League di Stadion Molineux, Wolverhampton, Senin (19/8). Kedua klub bermain imbang 1-1. (AFP/Paul Ellis)

MU sendiri sebenarnya mengawali Premier League musim ini dengan hasil fantastis. Pasukan Ole Gunnar Solskjaer berhasil menggunduli Chelsea 4-0 di laga perdana, pada pekan lalu. 

Hasil imbang melawan Wolves membuat MU kini menempati posisi keempat papan klasemen sementara dengan koleksi 4 poin. Sedangkan Wolves berada di urutan 13 dengan 2 poin.

Sesali Kegagalan Pogba

Gelandang Manchester United Paul Pogba dilanggar oleh bek Wolverhampton Wanderers Conor Coady dalam kotak penaldi saat bertanding dalam Liga Inggris di Stadion Molineux, Wolverhampton, Inggris, Senin (19/8/2019). Pertandingan berakhir 1-1. (Paul ELLIS/AFP)

Rashford sebenarnya tidak keberatan memberi jatah penalti kepada Pogba. Dia juga senang Pogba percaya diri untuk mengemban tugas yang tidak mudah itu.

Hanya saja, Rashford tetap kecewat Pogba gagal mencetak gol. "Sangat disayangkan dia (Pogba) tidak mencetak gol, tetapi itu adalah sepakbola. Keyakinan bahwa Anda akan mencetak gol selalu sama," ucap Rashford, seperti dilansir Tribal Football.

"Kami berlatih penalti sepanjang minggu dan mayoritas dari kami mencetak gol."

Saksikan juga video menarik di bawah ini:

 

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Alasan Mulia di Balik Keinginan Paskibraka Galuh dari DIY Jadi Dokter Anak

Posted: 19 Aug 2019 09:00 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Saat mengunjungi Markas Besar Kepolisian Republik Indonesia di Trunojoyo, Jakarta Selatan pada Senin, 19 Agustus 2019, banyak anggota Paskibraka Nasional 2019 yang tunjuk jari kala ditanya siapa yang bercita-cita menjadi taruni atau taruna Akademi Kepolisian (Akpol).

Di antara yang tidak tunjuk jari itu, ada sosok Paskibraka dari DI Yogyakarta, Galuh Kumala Hapsari. Gadis berjilbab dari SMA Negeri 8 Yogyakarta ini mengaku sejauh ini belum tertarik ke arah tersebut.

"Enggak kepikiran sama sekali," kata Galuh kepada Diary Paskibraka Liputan6.com .

Galuh mengatakan cita-citanya adalah menjadi dokter. Sebab, profesi satu ini menjadi keinginan keluarga besar dari mamanya yang belum terwujud.

"Sampai sekarang baru dari keluarga ayah, satu orang. Dari keluarga mama belum ada. Katanya, satu oranglah jadi dokter. Jadi, Galuh penginnya ke situ," kata Paskibraka Nasional 2019 kelahiran Yogyakarta, 13 September 2019.

 

Paskibraka Nasional 2019 Galuh Ini Jadi Dokter Anak

Galuh, Paskibraka Nasional 2019 dari Yogyakarta ini ingin ada satu orang dari keluarga mamanya yang menjadi dokter. (Liputan6.com/Aditya Eka Prawira)

Sejauh ini, Galuh bermimpi bisa menempuh pendidikan dokter spesialis anak. Oleh sebab itu, sepulangnya nanti dia ke Yogyakarta, Galuh akan belajar sungguh-sungguh biar nilainya enggak jeblok.

"Aku itu bukan anak yang berprestasi banget. Tapi, setidaknya, nilai-nilaiku jangan sampai jelek banget dan turun," kata Galuh.

Alasan Paskibraka Galuh memilih menjadi dokter anak, karena dia ingin berkontribusi buat bangsa ini.

"Pemikirannya tuh kayak, kalau aku bisa menyehatkan anak, berarti aku juga bisa menyukseskan anak itu supaya bisa bermanfaat buat negaranya sendiri," kata Galuh.

"Ketika anak itu sehat, lalu dia belajar yang giat, kemudian menjadi pintar, ke depan dia pun bisa menyukseskan negaranya sendiri," Galuh menambahkan.

Video Menarik Paskibraka Nasional

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Penyedia Rental WiFi Lokal Ini Ajak Milenial Jadi Pejuang Masa Depan

Posted: 19 Aug 2019 09:00 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Dalam memeriahkan HUT ke-74 RI, JavaMifi yang dikenal sebagai brand lokal penyedia rental WiFi mengajak milenial untuk menjadi pejuang bangsa di masa sekarang dan masa depan.

Melalui program 'More Victory to Explore', JavaMifi mengundang seluruh anak bangsa yang akan berpartisipasi dan berjuang (melakukan kegiatan positif) di kancah internasional.

Program ini juga terbuka bagi masyarakat yang ingin merekomendasikan suatu kegiatan yang dibawa oleh anak bangsa ke luar negeri. Dukungan yang diberikan JavaMifi adalah berupa penggunaan WiFi outbound gratis selama berjuang di luar negeri.

"Kami dari JavaMifi bermaksud ikut serta dan berkontribusi untuk dapat mendukung Pejuang Bangsa di masa sekarang dan akan datang dengan sumber daya yang kami miliki saat ini, yaitu koneksi internet tanpa batas," kata Arindro Nugroho, General Manager JavaMifi melalui keterangannya, Selasa (20/8/2019).

Arindro melanjutkan, bentuk dukungan perusahaan bagi Para Pejuang ini adalah dengan memastikan komunikasi tetap terhubung dengan rekan, kerabat dan keluarga yang dicintai melalui media sosial, WhatsApp, email bahkan video call.

 

Rilis Microsite

Dok: JavaMifi

Dalam program ini JavaMifi akan meluncurkan sebuah microsite www.moretoexplore.id untuk mengekspos perjuangan atau prestasi yang telah diraih sehingga tujuan program ini dapat tercapai yaitu mengundang, memotivasi, dan mendukung.

"Yang tidak kalah penting adalah menyebarkan berita baik kepada masyarakat umum bahwa kita Indonesia, kita besar, dan kita mampu membentuk citra positif Indonesia di kancah internasional," ucap Arindro menambahkan.

(Isk/Ysl)

 

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

5 Fakta Perjalanan Karier Rich Brian, Rapper Dunia Asal Indonesia

Posted: 19 Aug 2019 09:00 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Konser Head In The Clouds Festival 2019 diadakan di Los Angeles, AS, bertepatan dengan Hari Kemerdekaan Indonesia. Ada tiga musikus Tanah Air yang tampil dalam festival musik tersebut. Mereka adalah Rich Brian, Niki Zefanya, dan Stephanie Poetri.

Sementara Niki Zefanya melantunkan lagu kebangsaan Indonesia Raya pada festival tersebut, hal berbeda ditampilkan oleh Rich Brian. Saat tampil di panggung, Rich Brian hadir dengan panggung latar bendera Merah Putih.

Aksi Brian menuai pujian dari penonton yang memberikan tepuk tangan. Rapper kelahiran Jakarta ini membawakan 12 lagu dari album pertamanya. Rich Brian tampil selama 45 menit dan terus menunjukkan energinya yang luar biasa.

Berikut adalah 5 fakta perjalanan karier Rich Brian, rapper asal Indonesia yang mendunia. 

1. Berawal dari YouTube

Rich Brian dalam pameran The Sailor Experience di Pangeran Antasari, Jakarta Selatan, Rabu (7/8/2019). (Maverick/Spotify)

YouTube berhasil mencetuskan beberapa artis ternama dunia. Salah satunya Rich Brian. Rich Brian memulai kariernya sebagai seorang Youtuber. Lewat YouTube, Rich Brian belajar bahasa Inggris secara otodidak. Rich Brian juga sering mendengarkan musik-musik rap.

Pada 17 Juli 2015, Rich Brian telah merilis lagu pertamanya yang berjudul "Living Dream" melalui akun YouTube-nya. Kemudian disusul lagu "Dat $tick" yang mendongkrak ketenarannya hingga dikenal skala internasional.

2. Berkolaborasi dengan Rapper Terkenal

Rich Brian dalam pameran The Sailor Experience di Pangeran Antasari, Jakarta Selatan, Rabu (7/8/2019). (Maverick/Spotify)

Setelah kesuksesannya pada lagu "Dat $tick", Rich Brian banyak berkolaborasi dengan para penyanyi rap ternama dunia. Rich Brian berkolaborasi dengan Zhu, Skrillex, serta THEY untuk lagunya yang berjudul "Working for It".

Tidak ketinggalan, musisi asal Asia juga ia ajak untuk berkolaborasi. Pada lagu "Gospel". Di situ, Rich Brian menggandeng Keith Ape asal Korea Selatan dan XXXTentacion asal Amerika Serikat.

3. Konser di Amerika

Rich Brian atau yang dulu lebih dikenal dengan Rich Chigga adalah rapper muda asal Indonesia. Namanya melambung saat dirinya masih berusia 16 tahun. Brian mulai dikenal setelah 88Rising membuat reaksi tentang single-nya 'Dat $tick'.(Liputan6.com/IG/@brianimanuel)

Sebelum sukses dan pindah ke Amerika, Rich Brian memiliki mimpi untuk tinggal di Amerika. Impiannya pun terwujud melalui kerja kerasnya. Pasalnya, pada 2017 lalu Rich Brian telah berhasil menggelar konser pertamanya di Los Angeles, Amerika Serikat.

4. Penghargaan sebagai Rapper Muda

Rich Brian dalam pameran The Sailor Experience di Pangeran Antasari, Jakarta Selatan, Rabu (7/8/2019). (Maverick/Spotify)

Karena karya-karya yang telah ia ciptakan, Rich Brian memenangkan penghargaan Indonesian Choice Awards ke-4 sebagai Breakthrough Artist of The Year pada 2017.

Setelah itu, Rich Brian bergabung dengan 88Rising, sebuah perusahaan yang mengumpulkan musikus dan rapper Asia. Rich Brian membuat album internasional pertamanya bertajuk Amen pada Agustus 2017. Untuk mempromosikan albumnya, wajah Rich Brian terpampang di area Times Square, Amerika Serikat.

5. Bertemu Presiden Jokowi

Kebersamaan Rich Brian dan Jokowi di Istana Bogor. (dok. Instagram @jokowi/https://www.instagram.com/p/BznabvoBx_2/Putu Elmira)

Pada 7 Juli 2019 lalu, Rich Brian diundang oleh Presiden Jokowi ke Istana Bogor. Dalam pertemuan itu, Presiden Jokowi dan Rich Brian membahas tentang perkembangan musik Tanah Air.

Rich Brian didampingi oleh Ketua Badan Ekonomi Kreatif, Triawan Munaf. Ia mengatakan bahwa Rich Brian bisa menjadi inspirasi untuk anak-anak muda di Indonesia.

Pasalnya, Rich Brian mencetak rekor sebagai artis pertama Asia yang mampu memuncaki tangga album iTunes untuk musik hip hop.

(Maria Advensiani/mgg)

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Gubernur Khofifah: Saya Siap ke Papua

Posted: 19 Aug 2019 08:59 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa mengatakan, dirinya siap pergi ke Papua. Hal ini dilakukan untuk menjelaskan ke masyarakat Papua secara langsung terkait peristiwa yang terjadi di Surabaya dan Malang.

"Saya siap dengan suka cita ke Papua. Ikut arahan Pak Mendagri," ucap Khofifah kepada Liputan6.com, Selasa (20/8/2019).

Adapun, hari ini, dirinya akan berkoordinasi dengan Gubernur Papua Lukas Enembe, Gubernur Papua Barat Dominggus Mandacan, dan Pelaksana Tugas Dirjen Otonomi Daerah Kemendagri, Akmal Malik, di Surabaya.

"Pertemuan dengan Gubernur Papua dan Papua Barat akan diatur Mendagri (Kemendagri) Plt. Dirjen Otda jam 13.00 akan ke Grahadi (Gedung Grahadi Surabaya). Jam 16.00 Pak Lenis juga ke Grahadi," kata Khofifah.

Dikonfirmasi terpisah, Akmal pun membenarkan ada pertemuan di Surabaya. "Saya lagi ada di Surabaya," ujarnya.

Minta Maaf

Khofifah sudah meminta maaf atas insiden mahasiswa Papua di Surabaya dan Malang, Jawa Timur.

"Saya ingin menyampaikan bahwa itu sifatnya personal, itu tidak mewakili suara masyarakat Jawa Timur," tutur Khofifah, Senin (19/8/2019).

"Oleh karena itu saya ingin menyampaikan permohonan maaf atas nama masyarakat Jawa Timur. Sekali lagi itu tidak mewakili masyarakat Jawa Timur," Khofifah menambahkan.

Saksikan video pilihan berikut ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Kisah dan Tangis Senator Muslim AS yang Sempat Dilarang ke Israel Bertemu Nenek

Posted: 19 Aug 2019 08:56 PM PDT

Liputan6.com, New York - Seorang anggota kongres Amerika Serikat Rashida Tlaib tertangkap kamera menyeka air matanya, saat mengecam keputusan PM Israel Benjamin Netanyahu yang sempat melarangnya mengunjungi Israel. Padahal sang nenek tengah berada di Tepi Barat, wilayah yang diduduki oleh pemerintah Tel Aviv.

Rashida Tlaib muncul bersama anggota kongres yang lain, Ilhan Omar baru-baru ini. Kedua wakil rakyat AS yang merupakan Muslim itu hadir dalam sebuah konferensi pers menolak masuk ke wilayah Israel, meski PM Netanyahu pada akhirnya mencabut larangan tersebut. 

Dalam kesempatan itu, Tlaib mengenang kunjungannya ke Tepi Barat, menemui keluarganya di mana tanah air mereka diduduki Israel.

"Saya memperhatikan ketika ibu saya harus melewati pos-pos pemeriksaan yang tidak manusiawi," tuturnya seperti dikutip dari Daily Mail, Selasa (20/8/2019).

"Saya ada di sana ketika nenek saya mengalami kecelakaan yang mengerikan, dan saya serta sepupu menangis agar dia dapat memiliki akses ke rumah sakit terbaik, yang berada di Yerusalem," lanjutnya dalam sebuah pidato yang emosional.

"Saya ingat gemetaran ketakutan ketika pos pemeriksaan muncul di desa kecil ... tank dan senjata di mana-mana," papar Tlaib.

Dalam pidato itu, Tlaib menyeka air matanya; lalu melanjutkan ceritanya bagaimana sang nenek menyebutnya berhasil sebagai "burung yang bebas".

"Ia (nenek) mengatakan saya adalah mimpinya yang terkabul. Saya bak burung yang bebas," kata senator itu.

Donald Trump Mendukung Keputusan PM Israel

Donald Trump telah mengancam penutupan sangat lama terhadap pemerintah AS apabila pendanaan untuk pembangunan tembok perbatasan tidak direstui. (AP File)

Sementara itu, Presiden AS Donald Trump berpihak pada keputusan PM Israel Benjamin Netanyahu. Ia sempat melontarkan cuitan kontroversial.

"Kalau Israel mengizinkan kunjungan Omar dan Tlaib, itu akan menunjukkan kelemahan besar. Kedua orang itu benci pada Israel dan rakyatnya, dan tidak ada apapun yang bisa dilakukan untuk mengubah pendirian mereka."

Pada Jumat malam, Trump kembali mencuit pernyataan yang juga kontroversial.

"Tlaib dari Partai Republik menulis surat kepada para pejabat Israel dengan putus asa. Ia ingin mengunjungi neneknya. Izin diberikan dengan cepat, di mana Tlaib dengan menjengkelkan menolak persetujuan itu... Satu-satunya pemenang nyata di sini adalah nenek Tlaib. Dia tidak harus melihatnya (Rashida Tlaib) sekarang!" kicaunya dalam akun resmi pribadi.

Ketua DPR AS Nancy Pelosi mengatakan komentar Trump itu "adalah tanda kebodohan dan penghinaan yang tidak sesuai dengan martabat jabatan kepresidenan."

Pelosi mengatakan, penolakan kunjungan Omar dan Tlaib menunjukkan "kelemahan Israel yang tidak sesuai dengan martabat negara Israel yang besar."

Nenek Rashida Tlaib: Semoga Tuhan Hancurkan Donald Trump

Donald Trump dalam safari politiknya di Biloxi, negara bagian Mississippi, pada November 2018 (AFP/Jim Watson)

Meski saat ini dua wanita itu telah diperbolehkan datang ke Israel, namun hal itu tidak serta merta memadamkan emosi nenek Rashida Tlaib yang bernama Muftia Tlaib (90).

Sang nenek telah mengecam Donald Trump dengan menggunakan bahasa Arab dalam sebuah wawancara di Tepi Barat yang diduduki Israel.

"Semoga Allah menghancurkannya," kata Muftia merujuk kepada Donald Trump seperti dikutip dari Daily Mail, menanggapi pernyataan sang presiden nyentrik AS bahwa dirinya 'beruntung tidak harus melihat cucunya.'

Sementara itu, meski saat ini Rashida Tlaib telah bisa berkunjung ke Israel, namun ia menolak tawaran itu. Ia menyebut, Israel telah berupaya memberlakukan pembatasan itu yang dimaksudkan untuk mempermalukannya.

Simak pula video pilihan berikut:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Prediksi Bhayangkara FC Vs PSIS: Menanti Kiprah Pelatih Anyar

Posted: 19 Aug 2019 08:55 PM PDT

Bekasi- Bhayangkara FC akan berhadapan dengan PSIS Semarang pada laga pekan ke-15 Shopee Liga 1 2019 yang berlangsung di Stadion Patriot Candrabhaga, Kota Bekasi, Selasa (20/8/2019). Laga ini akan bakal menjadi panggung pembuktian pelatih anyar.

Setelah memecat Angel Alfredo Vera (15/8/2019), Bhayangkara FC belum juga menemukan pelatih anyar. The Guardians saat ini sementara diasuh Yeyem Tumena.

Pada debutnya memegang tim, Yeyen gagal mempersembahkan kemenangan. Bhayangkara FC menyerah 0-1 dari Perseru Badak Lampung FC (16/8/2019).

Kekalahan tersebut semakin membuat posisi Bhayangkara FC terpuruk. Indra Kahfi dkk tercecer ke peringkat 10 dengan raihan 17 poin.

Selain itu, kekalahan itu juga menambah panjang catatan Bhayangkara FC tanpa kemenangan. Terhitung sudah lima laga Bhayangkara FC gagal menyegel poin penuh, perinciannya adalah tiga kali kalah dan dua kali imbang.

Jadi, melawan PSIS jadi kesempatan emas buat Bhayangkara FC untuk bangkit. Pelatih Yeyen Tumena menegaskan, timnya saat ini dalam kondisi terbaik dan siap kembali ke jalur kemenangan.

"Kami sudah melakukan evaluasi setelah laga sebelumnya. Kami sudah perbaiki dalam latihan. Hal yang diperbaiki adalah aspek bertahan, menyerang, dan transisi menjadi fokus perhatian kami," kata Yeyen Tumena.

"Kami juga sudah mempelajari bagaimana PSIS bermain melalui analisis video. Mereka sedang dalam ambisi cukup besar untuk mencuri poin di sini dan itulah yang menjadi tugas kami, agar tidak sampai kalah dalam motivasi dan semangat juang," tegas Yeyen.

Bhayangkara FC dipastikan tak akan diperkuat lima pemain dalam laga melawan PSIS Semarang. Pemain yang akan absen adalah Awan Setho, Muhammad Hargianto, Jajang Mulyana, Putu Gede, dan Dendy Sulistyawan.

Misi Akhiri Catatan Negatif

PSIS dalam laga terakhir melawan Persela di Stadion Moch. Soebroto, Magelang, Sabtu (6/7/2019). (Bola.com/Vincentius Atmaja)

Sementara itu, PSIS datang ke Bekasi demi tekad memutus rantai catatan negatif. Seperti diketahui, tim tamu menelan empat kekalahan beruntun yang menggambarkan kondisi rapuhnya PSIS saat ini.

Rentetan hasil negatif itu membuat posisi PSIS melorot ke peringkat ke-13 dengan raihan 14 poin. Asisten pelatih Widyantoro meminta pemain menunjukkan seluruh kemampuan terbaik demi mengakhiri hasil buruk.

"Apa pun yang terjadi, kami sudah siap menghadapi Bhayangkara FC. Taktik dan strategi sudah disiapkan, targetnya tidak hanya mencuri poin, namun bisa mengalahkan tuan rumah," kata Widyantoro.

"Kami memang kalah empat kali beruntun, tiga di antaranya di kandang sendiri. Di sisi lain, Bhayangkara FC merupakan lawan yang kuat, kami tidak boleh putus asa. Dengan skuat yang ada kami harus bekerja keras," lanjutnya.

Laga ini juga akan menandai debut Bambang Nurdiansyah sebagai pelatih anyar PSIS. Pelatih berusia 58 tahun itu dipercaya manajemen PSIS untuk menjabat jabatan pelatih kepala menggantikan posisi Jafri Sastra.

Dalam debutnya, pelatih yang akrab disapa Banur itu harus memutar otak menemukan formasi ideal untuk PSIS. Sebab, PSIS kehilangan tiga pemain inti untuk laga nanti, yakni Arthur Bonai dan Hari Nur Yulianto yang terkena akumulasi kartu kuning, dan kiper Jandia Eka Putra karena cedera.

Data dan Fakta

Prakiraan susunan pemain

Bhayangkara FC (4-3-3): Wahyu Tri Nugroho (kiper), Arif Setiawan, Indra Kahfi, Anderson Salles, Nurhidayat (belakang), Flavio Beck, Lee Yoo-joon, Alsan Sanda (tengah), Ramiro Fergonzi, Wahyu Subo Seto, Herman Dzumafo (depan)

Pelatih sementara: Yeyen Tumena (Indonesia)

PSIS Semarang (4-3-3): Joko Ribowo (kiper), Fredyan Wahyu, Wallace Costa, Rio Saputro, Safrudin Tahar (belakang), Shohei Matsunaga, Patrick Mota, Heru Setiawan (tengah), Septian David Maulana, Silvio Escobar, Aldair Makatindu (depan)

Pelatih: Bambang Nurdiansyah (Indonesia)

Head to head

  • 24/2/2019 - PSIS Semarang 1-4 Bhayangkara FC (Piala Presiden 2019)
  • 19/2/2019 - Bhayangkara FC 1-1 PSIS Semarang (Piala Presiden 2019)
  • 13/8/2018 - PSIS Semarang 1-2 Bhayangkara FC (Liga 1 2018)
  • 7/4/2018 - Bhayangkara FC 1-1 PSIS Semarang (Liga 1 2018)
  • 20/1/2018 - Bhayangkara FC 1-0 PSIS Semarang (Piala Presiden 2018)

Lima laga terakhir Bhayangkara FC

  • 16/8/2019 - Bhayangkara FC 0-1 Perseru Badak Lampung (Liga 1 2019)
  • 10/8/2019 - Persija Jakarta 1-1 Bhayangkara FC (Liga 1 2019)
  • 5/8/2019 - Bhayangkara FC 1-1 Madura United (Liga 1 2019)
  • 26/7/2019 - Arema FC 3-2 Bhayangkara FC (Liga 1 2019)
  • 21/7/2019 - Bhayangkara FC 0-1 Persipura Jayapura (Liga 1 2019)

Lima laga terakhir PSIS Semarang

  • 16/8/2019 - Semen Padang 1-0 PSIS Semarang (Liga 1 2019)
  • 6/8/2019 - PSIS Semarang 1-3 Persipura Jayapura (Liga 1 2019)
  • 2/8/2019 - PSIS Semarang 0-2 Tira Persikabo (Liga 1 2019)
  • 21/7/2019 - PSIS Semarang 0-1 Persib Bandung (Liga 1 2019)
  • 17/7/2019 - PSS Sleman 1-3 PSIS Semarang (Liga 1 2019)

Prediksi Bola.com

Bhayangkara FC 50-50 PSIS Semarang

Sumber Bola.com

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Gunung Merapi Semburkan Awan Panas Sejauh 1 Kilometer

Posted: 19 Aug 2019 08:52 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Gunung Merapi kembali meluncurkan awan panas guguran, Selasa (20/8/2019) pukul 07.38 WIB. Awan panas gunung berapi yang ada di wilayah Jawa Tengah dan Yogyakarta itu meluncur sejauh 1.000 meter atau 1 kilometer ke arah hulu Kali Gendol.

Jarak luncuran dengan amplitude maksimal 65 mm dan durasi kurang lebih 100 detik ini masih di bawah rekomendasi jarak aman yang diberikan oleh Balai Penyelidikan dan Pengembangan Teknologi Kebencanaan Geologi (BPPTKG) Badan Geologi Kementerian ESDM sejauh 3 kilometer dari puncak.

Selama Agustus 2019, telah terjadi delapan kali luncuran awan panas guguran Gunung Merapi dengan jarak luncuran dari 950 meter hingga 1.200 meter. Sementara kegempaan yang terjadi masih terdata fluktuatif.

Dari tanggal 1 hingga 18 Agustus 2019, terjadi 10 kali kegempaan hembusan (DG), 3 kali kegempaan vulkanik dalam (VTA), 10 kali kegempaan dangkal (VTB) dan 53 kali kegempaan fase banyak (MP).

Sedangkan kegempaan guguran (RF) tercatat 292 kali, kegempaan frekuensi rendah (LF) tercatat 40 kali, dan kegempaan tektonik (TT) tercatat 46 kali.

Sementara untuk deformasi Gunung Merapi sendiri tercatat belum begitu signifikan. Meski demikian, dari adanya guguran lava yang terpantau serta kegempaan yang tercatat, memang terjadi supply magma dari dalam perut Gunung Merapi.

"Adanya guguran lava memberikan bukti adanya sifat magmatik dari aktivitas Merapi. Namun aktifitas Merapi sejak ditetapkan pada level II Waspada masih sangat fluktuatif," ujar Kepala Seksi Gunung Merapi BPPTKG, Agus Budi Santoso.

 

Jarak Aman 3 Kilometer

Pemandangan saat Gunung Merapi mengeluarkan asap terlihat dari Kaliadem, Sleman, DIY, Minggu (24/2). Menurut BPPTKG, telah terjadi sembilan kali gempa dan guguran lava ke Sungai Gendol dengan jarak luncuran 200-800 meter. (Liputan6.com/Gholib)

Agus justru mengemukakan bahwa fase Merapi seperti saat ini memberikan kesempatan masyarakat untuk menambah ketangguhan dalam menghadapi erupsi Merapi yang mungkin terjadi di masa depan. Bahkan bisa dimanfaatkan untuk meningkatkan edukasi dan wisata di wilayah Merapi.

"Dulu sebelum erupsi tahun 2006, angka kegempaan yang lebih besar daripada sekarang, masyarakat seringkali sengaja mengunjungi Stasiun Pengamatan Gunung Api Merapi untuk menyaksikan luncuran lava," kenang Agus.

"Namun tentu saja dilakukan sembari sadar akan mitigasi dan mengikuti rekomendasi yang diberikan oleh petugas pemantau," dia menambahkan.

Guguran lava yang saat ini terjadi dalam radius 450 meter hingga 950 meter memang memungkinkan untuk diamati dari beberapa Pos Pemantau bila udara cerah tanpa kabut, sehingga bisa menjadi atraksi tersendiri bagi warga masyarakat.

Pusat Vulkanologi dan Bencana Geologi, Badan Geologi, Kementerian ESDM menetapkan status Gunung Merapi pada level 2 Waspada pada tanggal 21 Mei 2018. Rekomendasi jarak aman yang diberikan adalah 3 kilometer dari puncak.

Saksikan video pilihan di bawah ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

6 Potret Terbaru Eddies Adelia, Pemeran Pocong Mumun yang Cantik Memesona

Posted: 19 Aug 2019 08:50 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Masih ingat dengan pocong Mumun? Ya, karakter yang tidak asing bagi generasi 90-an. Dulu Pocong Mumun begitu viral di sinetron 'Jadi Pocong'. Sinetron bergenre komedi-horor ini tayang di layar kaca hingga 2 season.

Salah satu hal menarik dari sinetron Jadi Pocong ialah pocong perempuan bernama Mumun. Dengan makeup tebal dan mata berwarna hijau, Mumun gentayangan menakuti para penontonnya. Sinetron Jadi Pocong ini berakhir 8 Oktober 2003.

Setelah sinetron Jadi Pocong tamat, pemeran Mumun yakni Eddies Adelia jarang muncul lagi di televisi. Kini penampilan Eddies Adelia tampak anggun dengan balutan hijab. Tak hanya anggun, Eddies juga makin cantik dan memesona.

Penasaran kan bagaimana potret terbaru pemeran Mumun Jadi Pocong? Berikut Liputan6.com rangkum dari Instagram @eddiesadellia tentang pesona Eddies Adelia, Selasa (20/8/2019).

1. Eddies Adellia, seleb kelahiran Yogyakarta, 26 Februari 1979.

6 Potret Terbaru Eddies Adelia, Pemeran Pocong Mumun yang Cantik Memesona (sumber: Instagram.com/eddiesadellia)

2. Paras cantik pemilik nama lengkap Ronih Ismawati Nur Azizah diturunkan dari ayah dan ibunya yang berasal dari Palembang dan Yogyakarta.

6 Potret Terbaru Eddies Adelia, Pemeran Pocong Mumun yang Cantik Memesona (sumber: Instagram.com/eddiesadellia)

3. Saat ini Eddies menyandang status janda. Ia telah bercerai dengan Ferry Setiawan di tahun 2016.

6 Potret Terbaru Eddies Adelia, Pemeran Pocong Mumun yang Cantik Memesona (sumber: Instagram.com/eddiesadellia)

4. Maret 2019 lalu, Eddies Adellia kehilangan ayahnya karena penyakit gagal ginjal.

6 Potret Terbaru Eddies Adelia, Pemeran Pocong Mumun yang Cantik Memesona (sumber: Instagram.com/eddiesadellia)

5. Sepanjang kariernya, Eddies sudah bermain di 10 judul film dan 2 sinetron.

6 Potret Terbaru Eddies Adelia, Pemeran Pocong Mumun yang Cantik Memesona (sumber: Instagram.com/eddiesadellia)

6. Terbaru, Eddies juga turut hadir di acara pernikahan Tania Nadira. Tak kalah cantik kan?

6 Potret Terbaru Eddies Adelia, Pemeran Pocong Mumun yang Cantik Memesona (sumber: Instagram.com/eddiesadellia)

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

FOTO: Mario Balotelli Resmi Diperkenalkan Brescia

Posted: 19 Aug 2019 08:49 PM PDT

Penyerang Mario Balotelli berpose dengan jersey klub barunya saat konferensi pers pengenalan dirinya di Brescia, Italia (19/8/2019). Balotelli memutus kontrak di klubnya lamanya Marseille dan memilih pulang ke kampung halamanya Italia. (AP Photo/Filippo Venezia)

Penyerang Mario Balotelli berpose dengan jersey klub barunya saat konferensi pers pengenalan dirinya di Brescia, Italia (19/8/2019). Balotelli memutus kontrak di klubnya lamanya Marseille dan memilih pulang ke kampung halamanya Italia. (AP Photo/Filippo Venezia)

Penyerang Marseille, Mario Balotelli berselfie dengan rekannya usai mencetak gol ke gawang Saint-Etienne di Stadion Velodrome, Prancis 3 Maret 2019. Balotelli mengatakan bahwa ibunya menangis ketika dia bergabung dengan klub kota kelahirannya, Brescia. (AFP Photo/Gerard Julien)

Penyerang Marseille, Mario Balotelli berselfie dengan rekannya usai mencetak gol ke gawang Saint-Etienne di Stadion Velodrome, Prancis 3 Maret 2019. Balotelli mengatakan bahwa ibunya menangis ketika dia bergabung dengan klub kota kelahirannya, Brescia. (AFP Photo/Gerard Julien)

Penyerang Italia, Mario Balotelli  mengontrol bola saat bertanding melawan Arab Saudi pada laga persahabatan di stadion Kybunpark di St. Gallen pada 28 Mei 2018. Balotelli bergabung ke Brescia demi memenuhi misinya untuk kembali berseragam Timnas Italia. (AFP Photo/Fabrice Coffrini)

Penyerang Italia, Mario Balotelli mengontrol bola saat bertanding melawan Arab Saudi pada laga persahabatan di stadion Kybunpark di St. Gallen pada 28 Mei 2018. Balotelli bergabung ke Brescia demi memenuhi misinya untuk kembali berseragam Timnas Italia. (AFP Photo/Fabrice Coffrini)

Gaya Mario Balotelli saat menghadiri acara Fashion For Relief Cannes di sela-sela Festival Film Cannes edisi ke-71 di Cannes Mandelieu Aeroport, Prancis selatan pada 13 Mei 2018. Super Mario berjanji akan tampil sebaik mungkin demi membawa Brescia bertahan di Serie A. (AFP Photo/Yann Coatsaliou)

Gaya Mario Balotelli saat menghadiri acara Fashion For Relief Cannes di sela-sela Festival Film Cannes edisi ke-71 di Cannes Mandelieu Aeroport, Prancis selatan pada 13 Mei 2018. Super Mario berjanji akan tampil sebaik mungkin demi membawa Brescia bertahan di Serie A. (AFP Photo/Yann Coatsaliou)

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Jadwal Play-off Liga Champions: Perjuangan Ajax Amsterdam Berlanjut

Posted: 19 Aug 2019 08:45 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Liga Champions 2019/2020 memasuki fase krusial. Klub terbaik Eropa kini melakoni putaran terakhir menuju fase grup.

Berdasar undian pada 5 Agustus lalu, 12 tim tersisa diadu di play-off dan memperebutkan enam tempat tersisa di babak utama Liga Champions.

Ketatnya persaingan sudah memunculkan sejumlah korban besar. Juara Skotlandia sekaligus penguasa Eropa 1967 Glasgow Celtic harus mengakui keunggulan wakil Rumania CFR Cluj.

Nasib sama dirasakan FC Porto (Portugal), Dynamo Kiev (Ukraina), serta PSV Eindhoven (Belanda).

Mereka yang lolos juga harus memeras keringat. Ajax Amsterdam, yang mencapai semifinal Liga Champions musim lalu, susah payah menyingkirkan andalan Yunani PAOK.

Calon Debutan

Liga Champions. (UEFA)

Ada beberapa nama asing pada play-off Liga Champions musim ini. LASK asal Austria dan wakil Rusia Krasnodar berusaha mencapai babak grup untuk pertama kali sepanjang sejarah klub.

LASK sebelumnya sempat tampil ketika kompetisi masih bernama Piala Champions. Mereka langsung disisihkan wakil Polandia Gornik Zabrze di putaran pertama edisi 1965/1966.

Jadwal Pertandingan

Selasa, 21 Agustus 2019

Jalur Juara

02.00 WIB: Cluj (Rumania) vs Slavia Prague (Rep Ceko)

02.00 WIB: APOEL (Siprus) vs Ajax Amsterdam (Belanda)

Jalur Liga

02.00 WIB: LASK (Austria) vs Club Brugge (Belgia)

 

Selasa, 22 Agustus 2019

Jalur Juara

02.00 WIB: Dinamo Zagreb (Kroasia) vs Rosenborg (Norwegia)

02.00 WIB: Young Boys (Swiss) vs Red Star Belgrade (Serbia)

Jalur Liga

Olympiakos (Yunani) vs Krasnodar (Rusia)

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Donald Trump Tak Ingin AS Jalin Kerja Sama dengan Huawei

Posted: 19 Aug 2019 08:42 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Presiden Amerika Serikat, Donald Trump mengatakan tidak ingin Amerika Serikat (AS) melakukan bisnis dengan perusahaan teknologi asal China Huawei, sekalipun pemerintah sedang mempertimbangkannya.

Reuters dan media lainnya melaporkan bahwa Departemen Perdagangan AS diharapkan untuk memperpanjang penangguhan hukuman yang diberikan kepada Huawei Technologies Co Ltd. Dengan penangguhan ini memungkinkan perusahaan China tersebut untuk memberikan pasokan ke perusahaan AS sehingga dapat melayani pelanggan yang sudah ada.

Menurut laporan Reuters "Lisensi sementara" akan diperpanjang kepada Huawei selama 90 hari. Pada hari Minggu Trump mengatakan kepada media bahwa ia tidak ingin melakukan bisnis dengan Huawei karena alasan keamanan nasional.

"Pada saat ini sepertinya kita tidak akan melakukan bisnis. Saya tidak ingin melakukan bisnis sama sekali karena ini adalah ancaman keamanan nasional dan saya benar-benar percaya bahwa media telah meliputnya dengan sedikit berbeda," jelas trump yang dikutip dari Asia Nikkei. Selasa (20/8/2019).

Trump mengatakan ada bagian kecil dari bisnis Huawei yang dapat dikecualikan dari larangan tersebut. Tetapi itu sangat sulit katanya.

Direktur Dewan Ekonomi Nasional Larry Kudlow mengatakan proses perpanjangan izin yang diberikan untuk Huawei hanyalah niat baik di tengah negosiasi perdagangan yang lebih luas dengan Cina.

Reporter: Chrismonica

Peluncuran Huawei Mate X Ditunda hingga November

Logo Huawei

martphone layar lipat Huawei Mate X diperkirakan tak akan dirilis sebelum bulan November.

Artinya, penundaan rilis perangkat ini berlanjut karena sebelumnya Huawei mengumumkan akan mengumumkan smartphone layar lipatnya pada September mendatang.

Mengutip TechRadar, Jumat (15/8/2019), Huawei meyakini Mate X akan dirilis sebelum akhir tahun 2019.

Kabar menariknya, Huawei Mate X versi selanjutnya bakal memiliki layar lebih banyak. Diperkirakan perangkat ini akan rilis paling cepat tahun depan.

Lalu di manakah perusahaan asal Tiongkok itu akan menempatkan layar pada Huawei Mate X versi selanjutnya?

Rupanya, Huawei akan menukar penutup belakang (yang pada Mate X versi pertama dibuat dari material baja) dengan kaca belakang. Permukaan kaca itu diprediksi bisa menjadi layar sentuh.

Tentunya, penambahan layar ini akan menjadi tantangan besar dari sisi engineering. Kemungkinan pengembangannya akan berjalan selama bertahun-tahun hingga perangkat benar-benar siap.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Tidak ada komentar: