Jumat, 16 Agustus 2019

Liputan6 : RSS2 Feed

Liputan6 : RSS2 Feed


Tonton Live Streaming Vidio Exclusive: Timnas Indonesia U-18 vs Malaysia di SCTV

Posted: 16 Aug 2019 10:00 PM PDT

Liputan6.com, Ho Chi Minh City - SCTV akan menyiarkan pertandingan Timnas Indonesia U-18 vs Malaysia di babak semifinal Piala AFF U-18 secara langsung. Pertandingan yang berlangsung di Go Dau Stadium, Ho Chi Minh City, Vietnam, Sabtu (17/8/2019) bertepatan dengan HUT ke-74 Republik Indonesia.

Dengan hari yang bersejarah ini, pelatih Timnas Indonesia U-18, Fakhri Husaini ingin menjadikan kemenangan atas Malaysia sebagai hadiah di hari kemerdekaan.

"Tentu anak-anak ketika mengetahui calon lawannya Malaysia mereka cukup antusias dan semangat. Hal ini menjadi modal utama buat kami untuk bertemu Malaysia. Kami pun termotivasi untuk mempersembahkan kemenangan di HUT ke-74 RI," ucap Fakhri, dikutip dari situs resmi PSSI.

Tak hanya Fakhri, para pemain Timnas Indonesia U-18 juga ingin memberikan kado HUT ke-74 RI dengan kemenangan melawan Malaysia. Motivasi kiper Ernando Ari terlecut saat bertanding di hari Dirgahayu RI.

"Memberikan kado istimewa, berupa kemenangan di Hari HUT ke-74 RI merupakan motivasi kuat saya dan teman-teman. Kami berharap dapat bermain dengan normal saat bertemu mereka," kata Ernando.

Selain di SCTV, Anda dapat menyaksikan pertandingan Timnas Indonesia U-18 vs Malaysia melalui exclusive live streaming di Vidio Premier dengan berlangganan di link berikut ini...

Dapatkan cash back Rp 5 ribu dengan menggunakan DANA untuk langganan paket 7 hari seharga Rp 10 ribu. Promo ini berlaku hingga 30 Agustus 2019. Jangan lewatkan pula discount 74 % untuk 2 paket premier pada tanggal 14-17 Agustus 2019.

 

Prakiraan Susunan Pemain

Timnas Indonesia U-18 (4-3-3): Ernando Ari (k); Bagas Kaffa, Muhammad Salman Alfarid, Alfeandra Santosa, Rizky Ridho Ramadhani (b); David Maulana, Brylian Aldama, Gian Zola (t); Bagus Kahfi, Sutan Zico, Mochammad Supriadi (d)

Pelatih: Fakhri Husaini

Malaysia U-18 (3-4-3): Firdaus Iman Fadhil (k); Ahmad Zikri, Muhammad Azrin, Harith Haiqal (b); Muhammad Fahmi, Akmal Hazim, Muhammad Firdaus, Muhammad Umar (t); Muhammad Faris, Luqman Hakim, Muhammad Atiq (d)

Pelatih: Bradley John Maloney

Saksikan video pilihan berikut ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Banyak Tantangan, Sulit Capai Target Pertumbuhan Ekonomi 5,3 Persen di 2020

Posted: 16 Aug 2019 10:00 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Presiden Republik Indonesia Joko Widodo (Jokowi) menargetkan pertumbuhan ekonomi sebesar 5,3 persen pada tahun 2020. Pertumbuhan tersebut akan didorong dengan meningkatkan konsumsi rumah tangga.

Peneliti Institute for Development of Economics and Finance (Indef), Rizal Taufikurahman mengatakan, target pertumbuhan ekonomi 5,3 persen pada 2020 itu pada dasarnya serupa dengan target pertumbuhan ekonomi 2019. Sebab itu, pihaknya menilai, target pertumbuhan ekonomi 2020 yang dipatok pemerintah tersebut justru menunjukan perekonomian nasional tidak mengalami pertumbuhan alias stagnan.

"Artinya perekonomian nasional tidak jauh lebih baik dari 2019 ini. Padahal sektor konsumsi dan investasi saat ini masih belum memberikan sinyal yang lebih baik sesuai yang diharapkan. Target investasi masih belum memberikan kontribusi signifikan terhadap pertumbuhan ekonomi kuartal II 2019," tuturnya kepada Liputan6.com, Sabtu (17/8/2019).

Rizal melanjutkan, dengan ketidakpastian perang dagang Amerika Serikat (AS)-Tiongkok hingga fluktuasi nilai tukar rupiah saat ini, sulit rasanya membawa angin positif bagi pasar khususnya dalam mengerek laju investasi.

"Termasuk dalam hal ini perlu kebijakan moneter yang kondusif. Efeknya tentu saja, aliran investasi (capital inflow) yang belum bisa dijamin masuk ke dalam negeri. Serta juga perlu perbaikan FDI yang perlu effort dalam antara kebijakan moneter yang ekspansif dan juga fiskalnya," ujarnya.

Di sisi lain, elastisitas harga minyak dunia juga masih sangat dipengaruhi oleh dinamika global.

"Dari kondisi ini, dapat dilihat bahwa tahun 2020 masih belum akan memberikan kondusifitas pertumbuhan ekonomi yang kian membaik," tegasnya.

Pemerintah Patok Pertumbuhan Ekonomi 2020 di Angka 5,3 Persen

Presiden Joko Widodo dengan baju adat suku Sasak NTB menyampaikan pidato kenegaraan dalam Sidang Bersama DPD-DPR di Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta, Jumat (16/8/2019). Setelah sidang tahunan MPR 2019 berakhir, agenda berlanjut ke sidang bersama DPD-DPR. (Liputan6.com/Johan Tallo)

Sebelumnya, Presiden Joko Widodo menyebut target pertumbuhan ekonomi Indonesia pada tahun 2020 adalah 5,3 persen. Sumber pertumbuhan ekonomi tahun depan ditekankan pada sektor konsumsi.

"Pertumbuhan ekonomi akan berada pada tingkat 5,3 persen dengan konsumsi dan investasi sebagai motor penggerak utamanya. Inflasi akan tetap dijaga rendah pada tingkat 3,1 persen untuk mendukung daya beli masyarakat," ujar Presien Jokowi dalam pidato Nota Keuangan di Gedung DPR/MPR, Jakarta, Jumat (16/8/2019). 

Lebih lanjut, Jokowi menyebut nilai tukar dolar AS akan melemah menuju Rp 14.400. Ia menyebut hal itu diakibatkan kondisi ekonomi global yang volatile alias penuh ketidakpastian.

Meski sedang ada disrupsi dagang, Jokowi yakin Indonesia akan tetap menjadi primadona investasi. Pasalnya, Indonesia memiliki telah mendapatkan citra positif dan iklim investasi akan terus dijaga.

"Pemerintah yakin investasi terus mengalir ke dalam negeri, karena persepsi positif atas Indonesia dan perbaikan iklim investasi," ujar Jokowi.

Jokowi menambahkan suku bunga SPN 3 bulan diperkirakan berada di tingkat 5,4%.

Pencapaian lain Indonesia adalah Indeks Pembangunan Manusia (IPM) naik dari 69,55 di 2015, menjadi 71,39 di 2018, atau masuk dalam status tinggi. Logistic Performance Index (LPI) naik dari peringkat 53 dunia pada 2014, menjadi peringkat 46 dunia pada 2018.

"Dalam Global Competitiveness Index, kualitas infrastruktur kita termasuk listrik dan air meningkat, dari peringkat 81 dunia pada 2015, ke peringkat 71 dunia pada 2018," jelas Jokowi.

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

VIDEO: Jejak Si Pitung, Pendekar Betawi

Posted: 16 Aug 2019 10:00 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Si Pitung merupakan tokoh penting bagi masyarakat Betawi. Banyak cerita tentang pendekar dari Rawabelong ini yang masih diselimuti mitos.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

PODCAST: Diponegoro, Sisi Lain Sang Pangeran

Posted: 16 Aug 2019 10:00 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Pangeran Antawirya yang dikenal sebagai Pangeran Diponegoro memiliki banyak sisi kehidupan. Sebagai seorang bangsawan, ia sangat memegang prinsip-prinsip ketatanegaraan yang berpihak kepada rakyat. 

Namun tak dapat dipungkiri juga karena pergaulan sebagai bangsawan pula, maka pergaulannya juga harus menyesuaikan dengan gaya hidup bangsawan. Peneliti Peter Carey dalam disertasinya menyebut sejumlah hal yang tak banyak diketahui publik.

Selain itu, sebagai manusia Jawa, Pangeran Diponegoro juga memiliki sejumlah piandel (semacam jimat). Sebuah keris bernama kyai Naga Siluman dan Kyai Bondowoso. Kebiasaan bangsawan keraton yang berpoligami dan juga gaya hidup dengan minum wine yang dianggap hasil kultur non Indonesia.

Namun karena ia diasuh diluar keraton, maka Pangeran Diponegoro juga sangat membumi dan sangat dekat dengan masyarakat awam. Nah bagaimana sisi lain Diponegoro?

Berikut cerita lengkapnya:

 

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Pesan Jokowi di HUT ke-74 RI

Posted: 16 Aug 2019 09:54 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Presiden Joko Widodo atau Jokowi berharap di Hari Kemerdekaan ke-74, persatuan Indonesia semakin erat. Keutuhan NKRI, kata dia, harus tetap dijaga dan jangan dikorban untuk apapun dan siapapun.

"Keutuhan Negara Kesatuan Republik Indonesia adalah segala-galannya jangan sampai dikorbankan yang namanya keutuhan NKRI karena pilihan bupati, pilihan gubernur, pilihan presiden, keutuhan NKRI harus ditempatkan di tempat yang paling penting," kata Jokowi sebelum melakukan upacara kemerdekaan di Istana Kepresidenan, Jakarta, Sabtu (17/8/2019).

Dia menjelaskan, tema peringatan kemerdekaan ke-74 ini adalah Sumber Daya Manusia Unggul Indonesia Maju. Ini merupakan bagian dari visinya untuk Indonesia.

"Pembangunan sumber daya manusia di mana dimulai dari bayi di dalam kandungan yang harus bagus nutrisinya bagus gizinya, begitu lahir dan juga memperhatikan berkaitan dengan gizi dan nutrisi tapi yang paling penting sejak awal harus dibangun dibentuk namanya karakter," ungkap Jokowi.

 

Pakai Baju Adat

Jokowi, AHY dan Jan Ethes Berfoto Bersama Sebelum Upacara HUT ke-74 RI (Liputan6/Lizsa Egeham)

Jokowi, pada Hari Kemerdekaan kali ini mengenakan busana adat Klungkung, Bali bersama anaknya Gibran Rakabumi dan cucunya Jan Ethes.

Ini bukan pertama kalinya Jan Ethes ikut upacara kemerdekaan. Tahun lalu putra pertama Gibran dan Selvi Ananda itu sudah berpartisipasi. Ia bahkan langsung menjadi pusat perhatian.

 

Reporter: Intan Umbari Prihatin

Sumber: Merdeka

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

VIDEO: Jokowi Salami Komandan Upacara HUT ke-74 RI

Posted: 16 Aug 2019 09:51 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Usai menjadi pimpinan upacara HUT ke-74 RI, Presiden Jokowi sempat turun mimbar menyalami sebagain tamu undangan. Jokowi juga menyalami pemimpin upacara yang bertugas pagi ini.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Rasa Haru dan Syukur Salma Usai Membawa Baki Bendera Pusaka

Posted: 16 Aug 2019 09:46 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Prosesi pengibaran Sang Saka Merah Putih oleh Paskibraka 2019 berlangsung sukses. Sorotan pun tertuju pada anggota Parkibraka yang bertugas sebagai pembawa baki. Ia adalah Salma El Mutafaqqiha Putri Achzaabi dari Boyolali, Jawa Tengah.

Usai upacara, anggota Paskibraka kelahiran Malang, Jawa Timur itu nampak terharu dan menyampaikan rasa syukurnya.

"Alhamdullilah bisa menjalankan dengan lancar, Paskibraka 2019," kata Salma di Istana Merdeka, Jakarta, Sabtu (17/8/2019).

Salma mengaku baru ditunjuk menjadi pembawa baki pukul 07.00 WIB atau pagi tadi. "Alhamdullilah sudah disiapkan mentalnya, jadi siap tidak siap, harus siap," ucapnya.

Ia mengaku tidak menyangka akan menjadi Paskibraka yang terpilih membawa baki. "Jujur nggak nyangka," katanya.

Anak pertama dari tiga bersaudara itu mengaku mendapat pesan khusus dari orangtuanya, yakni untuk selalu ingat pada Allah SWT.

"(Pesan orangtua) tetap berusaha ingat kepada Allah, kejar dulu akhiratnya, pasti dunia mengikuti," ucapnya.

Salma yang merupakan putri dari Achmad Aswin Achzaab dan Nurisah telah menerima Sang Saka Merah Putih dari Presiden Joko Widodo untuk dikibarkan. Ada pun yang menjadi tim pengibar dari Kelompok Merah adalah Rayhan Alfaro Ferdinan Siregar (Paskibraka Nasional 2019 DKI Jakarta), Rangga Wirabrata Mahardika (Jawa Barat), dan Rafi Ahmad Falah (Banten)

Selama pendidikan dan pelatihan di Pusat Pemberdayaan Pemuda dan Olahraga milik Kementerian Pemuda dan Olahraga di Cibubur, Jakarta Timur, Paskibraka kelahiran Malang, 16 Desember 2002 ini cukup sering dilatih sebagai pembawa baki 2019.

 

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Murah, Ini Biaya Transaksi Pakai QRIS besutan BI

Posted: 16 Aug 2019 09:45 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Gubernur Bank Indonesia (BI) Perry Warjiyo resmi meluncurkan sistem pembayaran digital QRIS (Quick Response Indonesia Standard). QRIS ini diklaim memudahkan dan menguntungkan pelanggan dan pedagang saat bertransaksi.

Perry mengatakan, QRIS bisa meningkatkan volume transaksi sehingga bisa menguntungkan pedagang kecil sekalipun.

"QRIS bisa dipakai oleh seluruh masyarakat, pedagang bakso, mie goreng, semuanya bisa menggunakannya. Transaksi semakin cepat dan volumenya semakin banyak," ujarnya usai upacara HUT RI ke-74 di Jakarta, Sabtu (17/08/2019).

Di sisi lain, skema harga QRIS juga beragam tergantung jenis transaksinya. Perry menguraikan, untuk transaksi merchant reguler, persentase Merchant Discount Rate (MDR) on us dan off us sebesar 0,7 persen.

Untuk transaksi khusus pendidikan, persentasenya 0,6 persen. Untuk transaksi bahan bakar (di SPBU), persentasenya 0,4 persen. Sedangkan untuk transaksi yang bersifat bantuan sosial dan donasi gratis.

Sebagai informasi, transaksi on-us adalah tansaksi untuk alat dan kode dari penerbit yang sama. Sedangkan untuk transaksi off-us adalah transaksi antar penerbit.

Dengan transaksi off-us, konsumen dapat membayar menggunakan uang elektronik berbasis server di berbagai mesin pembaca kode QR.

Meski sudah diresmikan hari ini, QRIS baru bisa serentak dan optimal digunakan pada 1 Januari 2020 mendatang. Dengan begitu, sistem pembayaran digital akan lebih lancar dan aman karena diawasi dari satu pintu.

Mengenal QRIS, Mentode Pembayaran Berbasis QR Code Besutan BI

Bank Indonesia (BI) meluncurkan QR Code Indonesia Standard alias QRIS. Peluncuran ini dihadiri langsung oleh Gubernur BI Perry Warjiyo di kompleks BI, Sabtu (17/08/2019).

Bank Indonesia (BI) meluncurkan sistem Quick Response Indonesia Standard (QRIS) sebagai metode pembayaran digital bagi seluruh masyarakat Indonesia pada Sabtu Ini. Peluncuran ini bertepatan dengan Hari Kemerdekaan Republik Indonesia yang ke-74. 

QRIS dicanangkan oleh BI yang bekerjasama dengan Asosiasi Sistem Pembayaran Indonesia (ASPI) dengan menggunakan standar internasional EMV. Tujuannya agar pembayaran digital menjadi lebih mudah dan dapat diawasi oleh regulator dari satu pintu. 

Deputi Gubernur BI Sugeng menjelaskan, QRIS diluncurkan demi mendukung perkembangan ekonomi digital. "QRIS dapat memperlancar sistem pembayaran nontunai secara aman dan lancar sekaligus mendorong ekonomi keuangan digital," ungkapnya di Kompleks Bank Indonesia, Sabtu (17/08/2019).

Sistem QR Code ini menggunakan Merchant Presented Mode (MPM), artinya untuk bertransaksi, pengguna hanya cukup scan QR yang tersedia di merchant-merchant yang bekerjasama dengan Penyelenggara Jasa Sistem Pembayaran (PJSP), contohnya Link Aja, Gopay, OVO, DANA dan lainnya. Pembayaran otomatis berhasil.

Saksikan video pilihan berikut ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Mengenal Andrea Putri Turk, Penyanyi Lagu Tanah Airku di HUT ke-74 RI di Istana Merdeka

Posted: 16 Aug 2019 09:40 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Penyanyi Andrea Putri Turk yang merupakan cicit dari pencipta lagu kebangsaan Indonesia, WR Supratman, menjadi bagian penting dalam acara Upacara Pengibaran Bendera untuk memperingati HUT ke-74 RI di Istana Merdeka, Sabtu (17/8/2019).

Dengan suara merdunya Andrea Putri Turk menyanyikan lagu "Tanah Airku" ciptaan Ibu Sud, di hadapan Presiden dan juga Wakil Presiden beserta para pejbata dan juga tamu undangan yang hadir di HUT ke-74 RI.

Penampilan suara merdu Andrea Putri Turk di HUT ke-74 RI tambah menarik lantaran dia mengenakan kebaya berwarna mewah jambu.

Tentang Andrea Putri Turk

Andrea Putri Turk (Sumber: Instagram/andreapturk)

Siapakah penyanyi cantik bersuara merdu ini? Andrea Putri Turk merupakan dara cantik berusia  berusia 18 tahun, dan baru saja sukses menyabet juara pertama dalam kompetisi menulis lagu, Young Songwriter Competition 2019 di London, Inggris lewat lagu  bertajuk Who We Are.

Mengutip dari berbagai sumber, darah seni mengalir dalam diri Andrea Putri Turk lantran ia merupakan salah satu cicit dari pencipta lagu kebangsaan "Indonesia Raya", yaitu WR Supratman. 

Andrea merupakan seorang penyanyi, penulis lagu, sekaligus produser muda. Ia baru saja menyelesaikan pendidikan SMA di Australian Independent School Indonesia (AIS Indonesia) pada 2018.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

VIDEO: Tangis Haru Tim Merah Paskibraka Usai Kibarkan Bendera

Posted: 16 Aug 2019 09:37 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Tim Merah terpilih menjadi pasukan yang mengibarkan bendera di upacara HUT ke-74 RI pagi ini. Usai menjalankan tugas, personel tim merah menangis terharu dan saling berpelukan.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

3 Pemain Timnas Indonesia U-18 yang Bisa Jadi Penentu Lawan Malaysia

Posted: 16 Aug 2019 09:35 PM PDT

Jakarta Timnas Indonesia U-18 ditantang Malaysia pada semifinal Piala AFF U-18 2019 di Go Dau Stadium, Ho Chi Minh City, Sabtu (17/8/2019).

Laju Timnas Indonesia U-18 di Piala AFF U-18 masih tanpa celah. Di babak penyisihan, Bagus Kahfi dan kawan-kawan mencatatkan empat kemenangan dan satu kali imbang.

Tim berjulukan Garuda Nusantara itu pun melaju ke babak semifinal berstatus sebagai kampiun Grup A.

Adapun, Malaysia berlabel runner up Grup B di babak empat besar. Sempat mengejutkan setelah mengalahkan Australia 3-0, armada Bradley John Maloney malah membuang peluang untuk menjadi juara grup setelah takluk 0-1 dari Thailand di pertandingan terakhir babak penyisihan.

Timnas Indonesia U-18 punya motivasi ekstra untuk menyingkirkan Malaysia karena berbarengan dengan Hari Ulang Tahun (HUT) ke-74 Republik Indonesia.

"Ini adalah pertandingan derbi Melayu. Di level apa pun, cabang olahraga apa pun, melawan Malaysia selalu menarik," kata Fakhri dinukil dari laman PSSI.

"Tentu anak-anak ketika mengetahui calon lawannya Malaysia mereka cukup antusias dan semangat. Hal ini menjadi modal utama buat kami untuk bertemu Malaysia. Kami pun termotivasi untuk mempersembahkan kemenangan pada HUT ke-74 RI," tutur Fakhri.

Untuk mengalahkan Malaysia, berikut tiga pemain Timnas Indonesia U-18 pada babak semifinal Piala AFF U-18:

Beckham Putra Nugraha

Pemain Persib Bandung, Beckham Putra berpose saat Peluncuran Shopee Liga 1 di SCTV Tower, Jakarta, Senin (13/5). Sebanyak 18 klub akan bertanding pada Liga 1 mulai tanggal 15 Mei. (Bola.com/Vitalis Yogi Trisna)

Fakhri Husaini begitu mengandalkan Beckham Putra Nugraha sebagai pengatur serangan Timnas Indonesia U-18. Di babak penyisihan, pemain Persib Bandung itu tampil empat kali dan hanya sekali absen.

Dari empat laga, Beckham mampu mencetak dua gol. Dua gol pemain berusia 17 tahun ini bersama Timnas Indonesia U-18 tercipta ketika membantai Timor Leste 4-0 dan mempermak Brunei Darussalam 6-1.

Sutan Zico

Striker Timnas Indonesia U-16, Sutan Zico, saat tiba di Bandara Soetta, Tangerang, Sabtu (23/9/2017). Timnas U-16 berhasil meraih hasil sempurna pada kualifikasi Piala Asia U-16 di Thailand. (Bola.com/Vitalis Yogi Trisna)

Sutan Zico adalah bomber utama Timnas Indonesia U-18 di Piala AFF U-18. Sepanjang babak penyisihan, penyerang Persija Jakarta U-20 itu dipercaya tampil sebanyak tiga kali.

Dari jumlah penampilan tersebut, Zico masih mampu mengemas dua gol. Pergerakannya di lini depan diyakini akan merepotkan lini belakang Malaysia.

Bagus Kahfi

Striker Timnas Indonesia U-16, Bagus Kahfi, merayakan gol yang dicetaknya ke gawang Vietnam bersama saudara kembar, Bagas Kaffa, dalam laga lanjutan Piala AFF U-16 2018 di Stadion Gelora Delta, Sidoarjo, Kamis (2/8/2018). (Bola.com/Aditya Wany)

Bagus Kahfi merupakan penyerang tersubur Timnas Indonesia U-18 di Piala AFF U-18. Dari empat laga, pemain berambut kribo itu mampu mengumpulkan lima gol.

Padahal, Bagus harus berbagi tempat di lini depan Timnas Indonesia U-18 bersama Sutan Zico. Namun, ketajamannya tidak memudar. Pemain Barito Putera U-20 ini masih menjadi setan kotak penalti.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Foto-Foto Tangis Haru Paskibraka Usai Pengibaran Sang Merah Putih di Istana

Posted: 16 Aug 2019 09:35 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Pasukan pengibar bendera pusaka (Paskibraka) Nasional bergegas masuk ke sebuah ruangan di Istana usai Sang Merah Putih dikibarkan. Usai menenangkan diri, seketika, tangis mereka pecah.

Keharuan sekaligus kelegaan campur aduk pada momen itu. Terutama bagi Tim Merah Paskibraka Nasional 2019 yang mendapat tugas untuk mengibarkan bendera di Istana Merdeka, Sabtu 17 Agustus 2019.

Pantauan Liputan6.com, Tim Merah Paskibraka memasuki ruang istirahat pada pukul 10.30 WIB. Awalnya, mereka berdiam di meja masing-masing sembari melihat satu sama lain sebelum tangisnya pecah.

Sebelumnya, detik-detik Proklamasi di Istana ditandai dengan 17 dentuman meriam. Dentuman meriam ini diiringi dengan bunyi sirene.

Meriam sendiri didentumkan dari Monas. Meriam disulut oleh personel TNI Angkatan Darat pada peringatan HUT ke-74 RI ini.

 

Bangga

Tangis haru Tim Merah Paskibraka Nasional 2019 usai menjalankan tugasnya mengibarkan bendera di Istana Merdeka, Sabtu (17/8/2019). (Liputan6.com/Ratu Annisa Suryasumirat)

Rasa bangga dan lega terpancar dari mereka yang telah sukses menjalankan tugasnya.

"Lega sekali, terima kasih kerja sama semuanya," ungkap Anggota Tim Merah Paskibraka 2019, Eugenia Agatha Rondonuwu dari Sulawesi Utara.

 

Berpelukan

Tangis haru Tim Merah Paskibraka Nasional 2019 usai menjalankan tugasnya mengibarkan bendera di Istana Merdeka, Sabtu (17/8/2019). (Liputan6.com/Ratu Annisa Suryasumirat)

Kata-kata pun tidak lagi terucap. Hanya tangis haru dan pelukan kepada satu sama lain.

Pembawa Bendera

Salma El Mutafaqqiha Putri Achzaabi, Paskibraka dari Jawa Tengah yang mendapat tugas sebagai pembawa baki saat pengibaran Sang Merah Putih pada HUT ke-74 RI. (Liputan6.com/Ratu Annisaa Suryasumirat)

Salah satu anggota Paskibraka yang tak kuasa menahan tangis adalah Salma El Mutafaqqiha Putri Achzaabi. Hari ini, Paskibraka dari Jawa Tengah itu mendapat tugas sebagai pembawa baki saat pengibaran Sang Merah Putih pada HUT ke-74 RI.

Bakal Rindu

Salah satu Paskibraka HUT ke-74 RI menangis haru. (Liputan6.com/Ratu Annisaa Suryasumirat)

Pastinya, mereka akan merindukan kehadiran masing-masing yang telah sebulan menjalani Diklat Paskibraka 2019 di PP-PON Cibubur, Jakarta Timur.

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Sejarah Baru, Menteri Pimpin Upacara HUT RI di Freeport

Posted: 16 Aug 2019 09:30 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) Ignasius Jonan memimpin upacara peringatan Hari Ulang Tahun (HUT) Kemerdekaan Republik Indonesia ke-74 di area PT Freeport Indonesia (PTFI).

Pelaksanaan upacara di tambang yang terletak di Papua ini merupakan pertama kalinya dipimpin seorang Menteri, sejak perusahaan ini beroperasi di Indonesia tahun 1967 silam.

Dalam upacara HUT RI ke-74, Jonan yang juga bertindak sebagai inspektur upacara mengatakan, kemerdekaan bukanlah sekedar anugerah dari Tuhan Yang Maha Kuasa, namun juga melalui perjuangan panjang yang diperoleh dengan tetesan darah dari para pahlawan bangsa.

Para Pejuang kita telah mengorbankan segala daya dan upaya, melalui harta benda, pikiran, bahkan nyawa demi merebut dan mempertahankan kemerdekaan bangsa.

"Buah dari perjuangan para pejuang tersebut dapat kita nikmati dan wajib kita pertahankan dan kita kembangkan sesuai dengan perkembangan zaman," kata Jonan, dalam keterangan tertulis, di Jakarta, Kamis (17/8/2019)

HUT Ke-74 RI yang mengusung tema pengembangan sumber daya manusia, sesuai arahan Presiden Joko Widodo (Jokowi) wajib mengembangkan potensi anak bangsa agar dapat mengikuti perkembangan zaman dan globalisasi yang berubah dari waktu ke waktu.

Berkaitan dengan tersebut, Jonan meminta agar Freeport Indonesia tetap terus mengembangkan sumber daya manusia yang ada.

"Kepada PTFI agar bisa terus dapat mengembangkan anak bangsa dan berpartisipasi dalam operasi PT Freeport Indonesia baik di Tembagapura atau di lokasi yang lain," ujar Jonan.

"Akhir tahun lalu, 51 persen saham PT Freeport Indonesia kembali ke Negara Indonesia. Saya mengucapkan terima kepada rekan-rekan yang bekerja disini, kepada PT Freeport Mc Moran dan rekan-rekan tenaga kerja asing yang telah membantu PT Freeport di Indonesia selama ini ," lanjut Jonan.

 

950 Orang

Saham Freeport bisa didapatkan secara gratis. Benarkah? (foto: dok. Inalum)

Apel HUT Ke-74 RI PT FI dilaksanakan di Lapangan Sport Hal 68, Tembagapura, dihadiri Presiden Direktur PT FI, Toni Wenas dan jajaran pimpinan PT FI. Sekitar 950 orang yang terdiri dari karyawan Freeport, masyarakat dan komunitas setempat, sekolah-sekolah, TNI dan Polri juga hadir pada upacara ini.

Usai upacara, acara dilanjutkan dengan acara hiburan tari-tarian dan berbagai lomba. Yang tidak kalah menarik adalah penampilan para tenaga kerja asing PT FI yang bersama-sama menyanyikan lagi padamu negeri.

Saksikan video pilihan berikut ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Salma, Paskibraka 2019 Pembawa Baki Asal Boyolali Bercita-cita jadi TNI AU

Posted: 16 Aug 2019 09:30 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Salma El Mutafaqqiha Putri Achzaabi, Paskibraka 2019 yang didapuk membawa baki pengibaran Bendera Merah Putih, menyimpan cita-cita mulia. Siswa SMA Pradita Dirgantara, Boyolali, Jawa Tengah ini rupanya ingin menjadi personel TNI AU.

"Tiga per tiga dari wilayah Indonesia ini merupakan udara, satu per tiga itu daratan, dua pertiganya laut. Makanya tiga per tiganya ini harus dijaga keselamatannya dan keutuhannya," kata Salma di Istana Merdeka, Jakarta, Sabtu (17/8/2019).

Salma menuturkan, dirinya tidak pernah menyangka akan terpilih menjadi Pembawa Baki dalam upacara HUT ke-74 Kemerdekaan RI.

"Alhamdullilah sudah disiapkan mentalnya jadi sudah siap tidak siap, harus siap. Jujur enggak nyangka," ujar Salma.

Gadis kelahiran Malang, 16 Desember 2002, bercita-cita menjadi pilot wanita TNI Angkatan Udara (AU).

"Aku mau jadi penerbang. Amin," kata Pembawa Baki berhijab ini kepada Diary Paskibraka Liputa6.com.

Ambisinya inilah yang membuatnya memilih kegiatan ekskul Paskibra di sekolahnya, SMA Pradita Dirgantara.

Salma mengatakan bahwa sekolahnya jugalah milik TNI AU yang berfokus agar murid-muridnya memiliki fisik dan mental yang kuat.

Pembawa Baki Paskibraka Nasional 2019 ini pun mampu mendapat program beasiswa 3 tahun yang ditawarkan oleh sekolah asrama tersebut.

"Asrama beasiswa, seragam dikasih semuanya. Cuma biaya hidupnya aja sih kayak peralatan pribadinya. Makan sudah ditanggung, buku juga," katanya.

Saksikan video pilihan di bawah ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Kenakan Baju Bodo‎, Chacha Frederica Hadir di Upacara HUT Ke-74 RI di Istana Merdeka

Posted: 16 Aug 2019 09:30 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Chacha Federica ikut menjadi bagian dalam Peringatan Detik-Detik Proklamasi di Istana Merdeka, Jakarta Pusat, Sabtu (17/8/2019) pagi.

Menggenakan baju Bodo khas perempuan dari Sulawesi Selatan, ‎ Chacha Federica nampak cantik  sebagai tamu undangan untuk memperingati HUT ke-74 RI, yang dihadiri oleh Presiden dan sejumlah  pejabat negara. 

Chacha Federica duduk tepat di sebelah Grace Natalie‎, ketua salah satu partai politik yang ikut bertanding di Pemilu 2019.

 

Chacha Frederica hadir di Peringatan Detik-Detik Proklamasi 2019 di Istana Merdeka

Doa

Foto Instagram

Sebelum menghadiri upacara di Istana Merdeka, Chacha Federika sempat mengunggah foto sednag mencium bendera merah putih di akun Instagramnya. ‎ Dalam keterangan foto tersebut, pesinetron yang kini berhijab itu mengajak segenap masyarakat untuk mendoakan Indonesia agar menjadi negara yang lebih baik lagi. 

"Aku mencintai Negri Indonesia ini bukan tanpa sebab, aku mencintai Negri ini karna Allah SWT.. karna Allah mentakdirkan saya, anda, dan kita semua di Negri Indonesia ini tentu bukan tanpa tujuan ... Allah titipkan, pinjamkan, Negri yang kaya akan hasil alam, subur, dan indah ini kepada kita semua.. mencintai dan menjaga tanah air atas dasar rasa Syukur kepada Allah SWT.. Doa Nabi Ibrahim AS seolah mengisyaratkan ... seorang muslim hendaknya berdoa untk tanah airnya .. "Dan (ingatlah), ketika Ibrahim berdoa, "Ya Tuhanku, jadikanlah negeri ini, negeri yang aman sentosa, dan berikanlah rezeki dari buah-buahan kepada penduduknya yang beriman diantara mereka kepada Allah dan hari kemudian."" 2:126 Allahuakbar ... di tambah lg bnyk landasan-landasan bernegara yg merngacu kepada AlQuran Pembukaan UUD 45 > Atas berkat rahmat Allah Yang Maha Kuasa dan dengan didorongkan oleh keinginan luhur, supaya berkehidupan kebangsaan yang bebas, maka rakyat Indonesia menyatakan dengan ini kemerdekaannya.Selain itu,Dasar negara adalah sikap hidup atau pandangan hidup yang jg berlandaskan KeTuhanan Yang Maha Esa. MasyaAllah .. Allah menitipkan Indonesia kepada kita semua .. sudah kah kita menjaga dan merawat Negri ini dgn sungguh2 sebagai bentuk syukur kita kepada Allah SWT ?.. sudahkah kita menjadi sesuatu yg manfaat untuk Negri ini?.. Ini Negaraku, ini Benderaku, akan ku jaga persatuan dan kesatuan Bangsa, dan akan ku jaga Kehormatan Bangsaku ❤️ #Bismillah #IndonesiaMerdeka #sdmmajuIndonesiaunggul," tulis Chacha dalam keterangan foto unggahannya.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Tiwul, Makanan Penyelamat Orang Indonesia yang Kerap Dipandang Sebelah Mata

Posted: 16 Aug 2019 09:30 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Ketika menyebut tiwul, kebanyakan masyarakat bakal mengasosiasikannya dengan makanan kaum miskin. Tidak salah juga mengingat makanan itu hadir sebagai solusi saat stok nasi menipis pada masa penjajahan, terutama masa penjajahan Jepang. Maka, tak salah membahas makanan ini dalam suasana HUT ke-74 RI.

Sejarawan Universitas Padjadjaran, Fadly Rahman menyebut panganan tersebut eksis di Indonesia sejak 1930an. Tapi, sejarah singkong sebagai bahan utama tiwul di Indonesia sudah ada sejak lama. Bibitnya dibawa oleh pengembara Spanyol dan Portugis, kemudian dibudidayakan oleh masyarakat Indonesia.

Tak dinyana, singkong tumbuh subur di daerah kering, termasuk di sekitar Jawa Tengah dan Yogyakarta. Singkong dipilih karena lebih mudah ditanam serta tidak memerlukan perawatan khusus seperti padi.

Oleh masyarakat Wonogiri, Wonosobo, dan Gunungkidul, singkong kemudian diolah menjadi tiwul. Mereka awalnya mengeringkan dan menumbuk singkong hingga menjadi tepung, kemudian dikukus.

Rasa tiwul yang kasang atau kering lalu diakali dengan beragam bahan, seperti gula merah, kelapa parut, dan taburan gula. Ada pula yang mencampurkannya dengan nasi untuk mencegah kembung setelah mengonsumsi tiwul.

Nasi tiwul ini juga dapat ditambahkan makanan pendamping agar rasa kasangnya semakin pudar. "Biasanya masyarakat Jawa menambahkan tempe, tahu dan ikan pada campuran nasi dan tiwul ini," ungkap Fadly kepada Liputan6.com, Jumat, 16 Agustus 2019. Saat ini, tiwul bahkan diolah menjadi nasi goreng yang tak kalah nikmat dan gurih.

Bukti Keberagaman Pangan Pokok Indonesia

Hingga kini, banyak orang Indonesia menggantungkan makanan pokoknya pada beras. Padahal berdasarkan data Kementerian Pertanian, olahan singkong dan jagung juga bisa menjadi makanan yang kita makan sehari-hari.

Gizi dari singkong dan jagung tak kalah dengan nasi. Keduanya sama-sama mengandung karbohidrat, lemak, energi dan protein yang cukup tinggi kandungannya.

Presiden ke-1 RI, Sukarno bahkan sempat mendorong masyarakat Indonesia untuk mendiversifikasi pangan pada masa Orde Lama. Ia merasa perlu mengakali pengadaan pangan pokok Indonesia dengan jagung dan singkong sehingga Indonesia tidak perlu mengimpor beras dari luar negeri.

Fadly juga menyetujui ide dari Bung Karno tersebut. Dia mengatakan bahwa masyarakat masih terpatok pikirannya bahwa nasi adalah makanan pokok, padahal Indonesia memiliki banyak potensi untuk mencari makanan pengganti nasi.

"Tiwul merupakan bukti keberagaman pangan pokok Indonesia," tambah Fadly lagi. (Novi Thedora)

 

 

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

[vidio:Nasi-Tiwul]()

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Tagar RI 74 Puncaki Trending Topic Dunia

Posted: 16 Aug 2019 09:29 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Warganet ramai-ramai merayakan hari kemerdekaan Republik Indonesia yang ke-74 (HUT RI ke-74) dengan gegap gempita. Alhasil, tagar #RI74 memuncaki trending topic dunia di Twitter.

Melalui tagar #RI74, sebagian besar dari warganet dengan bangga mengucapkan kecintaannya terhadap Tanah Air sebagai tempat kelahirannya.

Hingga berita ini naik, Sabtu (17/8/2019), tagar #RI74 telah dicuitkan hingga lebih dari 66 ribu kali.

Tagar RI 74 Puncaki Trending Topic Dunia. Dok: Twitter

Tak hanya berupa teks, warganet juga mengunggah foto atau gambar dan bahkan GIF yang menginspirasi seputar HUT RI ke-74.

Berikut ini cuitan warganet terkait tagar #RI74 yang Tekno Liputan6.com himpun.

Cuitan Selanjutnya

Pemerintah Provinsi DKI Jakarta menggelar upacara HUT ke-73 RI di Pulau Maju Reklamasi, Jakarta Utara untuk pertama kalinya. (Liputan6/Ika)

Keriuhan Warganet Peringati HUT ke-74 RI

Ilustrasi Upacara Bendera

Hari ini merupakan peringatan HUT ke-74 Republik Indonesia. Tidak hanya dengan aktivitas di lingkungan sekitar, semangat kemerdekaan ini juga digaungkan oleh para warganet.

Hal tersebut dapat dilihat dari topik HUT ke-74 RI yang kini mengisi Trending Topic di Twitter. Berdasarkan pantauan Tekno Liputan6.com, Sabtu (17/8/2019), sejumlah tagar seputar peringatan ini adalah HUTRI74TH, 74thIndonesia, dan RI74.

Kebanyakan cuitan itu merupakan bentuk syukur atas kemerdekaan yang sudah diperoleh bangsa Indonesia. Tidak sedikit pula yang mengajak agar masyarakat tetap untuk membangun Indonesia yang lebih baik.

Untuk mengetahui seperti apa cuitan warganet dalam memperingati HUT ke-74 RI, berikut ini ada beberapa tweet yang sudah dihimpun dari Twitter.

Menunggu Kejutan Jokowi di HUT ke-74 RI

Kereta kencana pembawa duplikat bendera pusaka memasuki Istana Merdeka saat Upacara Peringatan Detik-detik Proklamasi Kemerdekaan ke-73, Jakarta, Jumat (17/8). HUT ke-73 RI mengambil tema Kerja Kita Prestasi Bangsa. (Liputan6.com/HO/Bian)

Presiden Joko Widodo (Jokowi) menyiapkan kejutan khusus saat peringatan puncak HUT ke-74 RI. Peringatan Detik-Detik Proklamasi Kemerdekaan RI dipusatkan di Halaman Istana Merdeka, Jakarta pada 17 Agustus 2019.

Kepala Sekretariat Presiden Heru Budi Hartono memilih untuk merahasiakan kejutan itu. "Tentunya ada satu kejutan dan tentunya beda dengan tahun lalu dan tentu ada surprisenya kita tungu besok pagi," kata Heru di Kompleks Istana Kepresidenan Jakarta, Jumat (16/8/2019).

Peringatan Detik-Detik Proklamasi Kemerdekaan Republik Indonesia tersebut akan dimulai dengan kirab bendera pusaka.

Kemudian, kirab dilanjutkan dengan eks asli naskah proklamasi yang dimulai dari Monumen Nasional hingga Istana Merdeka untuk peringati HUT ke-74 RI. 

(Isk/Ysl)

Saksikan Video Pilihan Berikut Ini

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

China Libatkan Aktor Jackie Chan untuk Atasi Demo Hong Kong

Posted: 16 Aug 2019 09:26 PM PDT

Liputan6.com, Hong Kong - Hanya beberapa ratus meter dari kompleks olahraga Shenzhen Bay, di mana ribuan polisi paramiliter dan truk mereka berkumpul, turis serta penduduk setempat menikmati jalan-jalan sore di sepanjang teluk tersebut.

Beberapa orang tampaknya sadar akan pasukan yang telah dikumpulkan Pemerintah China di dalam stadion yang diamankan dengan ketat di dekatnya. Tetapi semua orang yang berbicara dengan ABC News sangat menyadari adanya kerusuhan, yang mencengkeram Hong Kong, kota yang hanya terletak beberapa kilometer jauhnya di seberang selat.

"Saya membaca berita tentang Hong Kong dan saya pikir mereka benar-benar di luar kendali. Orang-orang muda berhenti bekerja untuk memprotes," kata seorang perempuan berusia dua puluhan bernama Wang, yang menolak untuk memberikan nama lengkapnya seperti dikutip dari ABC Indonesia, Sabtu (17/8/2019).

Awalnya ketika protes dimulai, di mana dua juta orang berunjuk rasa menentang kesepakatan ekstradisi dengan China daratan, pasukan sensor Beijing mencoba untuk menghapus setiap penyebutan aksi ini dari internet di negara itu.

Tetapi dengan penyebaran berita yang masif, Pemerintah China tiba-tiba mengubah taktik.

Sebagai gantinya, mereka membuat Hong Kong sebagai berita utama, meluncurkan kampanye propaganda lengkap untuk menghujat para pemrotes sebagai "kriminal kejam", "penjahat" dan bahkan mengatakan beberapa di antaranya adalah "teroris".

Bentrokan kekerasan mingguan dengan polisi telah digambarkan oleh Beijing sebagai kesalahan total para pemrotes "radikal".

Di internet global di luar sensor China, perang informasi sengit telah meletus antara kelompok pro dan anti-China. Muncul video pendek yang sangat diedit dari kedua sisi sebagai alat utama pertempuran.

"Mereka meminta demokrasi pada orang Amerika kan?," kata seorang mahasiswa bermarga Zhang sambil menyeruput teh susu di tepi pantai Shenzhen Bay.

"Saya pikir pihak asing telah mendukung kerusuhan itu dan memperburuknya," katanya.

"Banyak anak muda Hong Kong yang menyalahgunakan demokrasi untuk memusnahkan hubungan China dan Hong Kong secara egois," katanya.

 

 

Kisruh

Seorang wanita memanjat paga saat bentrok dengan polisi anti huru hara di luar gedung Dewan Legislatif, Hong Kong, Rabu (12/6/2019). Polisi Hong Kong telah menggunakan gas air mata ke arah ribuan demonstran yang menentang RUU ekstradisi yang sangat kontroversial. (AP Photo/ Kin Cheung)

Dalam beberapa hari terakhir, upaya yang didalangi negara untuk mengendalikan narasi itu memburuk ketika sekelompok pemrotes di Bandara Internasional Hong Kong mengerumuni dua orang pria, mengikat mereka dan mempermalukan mereka sementara para turis yang telantar menyaksikannya.

Salah satu korban, seorang wartawan untuk Global Times dari Partai Komunis, ditemukan memiliki kaus pro-polisi, memicu tuduhan dari para pengunjuk rasa bahwa ia adalah seorang informan yang mencoba menyusup ke dalam kelompok tersebut.

Tetapi foto-foto dari sekelompok pemuda bertopeng yang menyorotkan amarah dan mengaraknya dengan troli bagasi dan tereksposmedia dunia telah menyebabkan kemarahan otoritas China daratan.

"Ia dipukuli hanya karena ia mendukung kepolisian Hong Kong. Ini sangat berbeda dari apa yang mereka katakan tentang demokrasi dan kebebasan. Ini konyol," kata seorang mahasiswa lain yang bermarga Qiu, yang juga tak ingin memberikan nama lengkapnya.

Jackie Chan Bela Bendera China

Anak Jackie Chan, Jaycee, ditahan 6 bulan di penjara Beijing karena tertangkap menggunakan narkoba pada tahn 2015. (STR / AFP)

Banyak penduduk China daratan merasa warga Hong Kong memiliki hak istimewa dan telah lama memandang rendah mereka sebagai sepupu yang lebih miskin dan tertindas yang tak memiliki kemakmuran global dari bekas koloni Inggris - sebuah persepsi yang diperkuat oleh aksi unjuk rasa ini.

"Sebagai orang daratan, kami mungkin didiskriminasi di Hong Kong," kata Qiu."Saya pikir Hong Kong adalah bagian dari China, kami adalah satu keluarga. Kami tak ingin mendengar 'persetan', kami ingin diperlakukan dengan adil," katanya.

Dalam beberapa pekan terakhir, media pemerintah China juga telah menggencarkan kampanye tentang bendera negara itu, setelah pengunjuk rasa memotong satu bendera dan melemparkannya di pelabuhan Hong Kong -tindakan yang akan dipenjarakan di China daratan.

Di antara selebritas terkemuka yang bergabung dengan kampanye online untuk "menjaga" kehormatan bendera itu adalah Jackie Chan, artis kelahiran Hong Kong, yang minggu ini muncul di televisi Pemerintah untuk mengekspresikan patriotismenya dan rasa hormatnya.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Hadiri Upacara HUT ke-74 RI, Ini Baju Adat yang Dipakai Jokowi, JK dan Ma'ruf Amin

Posted: 16 Aug 2019 09:25 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Hari ini rakyat Indonesia memperingati hari kemerdekaannya yang ke-74. Beragam selebrasi dilakukan oleh masyarakat untuk memeriahkan HUT ke-74 RI.

Mulai dari memasang umbul-umbul dan bendera Merah Putih di setiap rumah, hingga mengadakan event perlombaan untuk memperkuat semangat gotong royong. Hal ini sudah dilakukan setiap tahunnya demi memeriahkan HUT ke-74 RI.

Tak hanya itu, Presiden Joko Widodo (Jokowi) menggelar upacara HUT ke-74 RI di Istana Kepresidenan. Penampilan  pejabat dan petinggi Tanah Air tak kalah dari sorot kamera pewarta.

Pasalnya, tiap tahunnya para pejabat dan petinggi Tanah Air selalu berpenampilan yang berbeda dengan pakaian adat dari seluruh Indonesia. Berikut penampilan Jokowi, Jusuf Kalla dan Ma'ruf Amin saat hadiri upacara HUT ke-74 RI yang Liputan6.com rangkum dari berbagai sumber, Sabtu (17/8/2019).

Jokowi - Pakaian Adat Bali

Penampilan Jokowi, Ma'ruf Amin dan Agus Yudhoyono Sebelum Upacara

Presiden Joko Widodo atau Jokowi tampak berbeda di peringatan hari kemerdekaan, Sabtu (17/8). Dia mengenakan pakaian adat Bali, khas Pulau Dewata bermotif hitam dipadu dengan kain batik di bagian bawah. 

Tak lupa, Jokowi juga menambahkan ikat kepala untuk melengkapi pakaian adatnya. Mantan Gubernur DKI Jakarta ini juga mengajak cucu laki-lakinya, Jan Ethes menggunakan baju adat Bali berwarna kuning. 

Pada HUT ke-73 Kemerdekaan RI, Jokowi mengenakan pakaian adat yang berasal dari Provinsi Aceh. Tidak hanya Presiden Jokowi saja, saat itu Ibu Negara, Iriana Joko Widodo pun memakai baju adat yang berbeda yaitu dari Minangkabau.

Ma'ruf Amin - Pakaian Adat Betawi

Penampilan Jokowi, Ma'ruf Amin dan Agus Yudhoyono Sebelum Upacara

Wapres terpilih Ma'ruf Amin menghadiri Upacara Peringatan Detik-detik Proklamasi Kemerdekaan ke-74 RI di Istana Merdeka Jakarta bersama sang istri Wury Estu Handayani.

Tak seperti biasanya mengenakan sarung, Ma'ruf Amin kali ini memakai celana berwarna hitam. Ma'ruf Amin ternyata memilih mengenakan baju adat Betawi. 

Jusuf Kalla - Pakaian Adat Aceh

Penampilan Jokowi, Ma'ruf Amin dan Agus Yudhoyono Sebelum Upacara

Sementara itu Wakil Presiden Jusuf Kalla mengenakan pakaian khas daerah Aceh yang didominasi warna hitam. Disandingnya, Mufidah Jusuf Kalla menggunakan baju adat Aceh berwarna ungu. Pada tahun sebelumnya, Wakil Presiden Jusuf Kalla menggunakan baju adat daerah asalnya, Makassar. 

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

VIDEO: ASN Kerja Dari Rumah Menurut Sri Sultan

Posted: 16 Aug 2019 09:22 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Gubernur DIY, Sri Sultan Hamengkubuwono X tanggapi ASN kerja di rumah. Terkait wacana Kemenpan RB membentuk sistem kerja ASN.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

VIDEO: Pilot TNI AU Ucapkan Selamat HUT Ke-74 RI dari Udara

Posted: 16 Aug 2019 09:21 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Pilot pesawat jet TNI AU mengucapkan selamat HUT ke-74 RI langsung dari langit Jakarta. Ucapan langsung didengarkan Presiden dan tamu undangan di Istana Merdeka.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Prediksi Arsenal vs Burnley: Tuan Rumah Incar Kemenangan Kedua

Posted: 16 Aug 2019 09:20 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Arsenal bakal mengincar kemenangan kedua saat menjamu Burnley di Emirates Stadium, Sabtu (17/8/2019). Arsenal memulai musim dengan baik usai menang lawan Newcastle di laga pertama pekan lalu.

Pierre-Emerick Aubameyang bakal salah satu jadi tumpuan utama di lini serang Arsenal. Maklum, striker asal Gabon ini jadi pencetak gol tunggul Arsenal akhir pekan lalu.

Dua tim ini sama-sama mengawali musim dengan kemenangan.Di pekan perdana, Arsenal menang 1-0 atas tuan rumah Newcatle lewat gol tunggal Aubameyang. Sementara itu, Burnley menang 3-0 menjamu Southampton melalui dua gol Ashley Barnes dan satu gol Johann Gudmundsson.

Sosok Aubameyang dan Barnes patut diperhatikan.Arsenal memenangi kedua pertemuan melawan Burnley di Premier League musim lalu dengan skor identik 3-1, kandang dan tandang.

Di Emirates Stadium, Aubameyang mencetak dua gol untuk Arsenal, dan Barnes mencetak satu gol untuk Burnley. Di kandang Burnley, Aubameyang kembali memborong dua dari tiga gol Arsenal, dan Barnes lagi-lagi mencetak satu-satunya gol Burnley.

 

 

Ancaman Aubameyang

Striker Arsenal, Pierre-Emerick Aubameyang, melakukan selebrasi usai membobol gawang Newcastle United pada laga Premier League 2019 di Stadion St James' Park, Minggu (11/8). Arsenal menang 1-0 atas Newcastle United. (AP/Owen Humphreys)

Aubameyang telah mencetak enam gol dalam tiga penampilan melawan Burnley di Premier League. Dia bakal menjadi ancaman utama buat The Clarets di laga nanti.

Aubameyang bakal bekerja sama dengan Alexandre Lacazette di lini serang. Selain mereka berdua, rekrutan baru Nicolas Pepe juga berpeluang besar jadi starter, setelah main hanya 19 menit terakhir pada pekan pembuka.

Arsenal mengincar dua kemenangan beruntun di awal musim, untuk pertama kalinya sejak 2009/10 silam. Dengan kualitas skuat yang ada, The Gunners sangat berpeluang mewujudkannya.

Perkiraan Susunan Pemain

Arsenal (4-3-3): Leno; Monreal, Sokratis, Chambers, Maitland-Niles; Ceballos, Xhaka, Guendouzi; Aubameyang, Lacazette, Pepe.

Manajer: Unai Emery.

Info skuat: Bellerin (cedera), Mavropanos (cedera), Tierney (cedera), Smith Rowe (cedera), Elneny (meragukan), Ozil (meragukan), Xhaka (meragukan), Holding (meragukan).

 

Burnley (4-4-2): Pope; Pieters, Mee, Tarkowski, Lowton; McNeil, Westwood, Cork, Gudmundsson; Wood, Barnes.

Manajer: Sean Dyche.

Info skuat: Defour (cedera), Drinkwater (meragukan), Brady (meragukan), Taylor (meragukan).

 

Sumber: Bola.net/Gia Yuda Pradana

 

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Arti dan Perayaan Kemerdekaan WNI eks Timor Timur

Posted: 16 Aug 2019 09:18 PM PDT

Liputan6.com, Kupang - Noelbaki, hanyalah sebuah desa kecil di wilayah Kecamatan Kupang Tengah, Kabupaten Kupang, Nusa Tenggara Timur yang menjadi salah satu basis kehidupan WNI eks Timor Timur.

Mereka memilih tetap menjadi bagian dari Indonesia setelah Timor Timur meraih kemerdekaannya pada 20 Mei 2002 melalui sebuah referendum pada 30 Agustus 1999.

Sekitar 17 tahun lamanya, pesona kemerdekaan RI itu mereka harus rayakan di kamp-kamp pengungsian Timor Barat, Nusa Tenggara Timur (NTT), karena Timor Timur atau kini disebut Timor Leste, bukan lagi menjadi bagian dari provinsi ke-27 Indonesia.

Permukiman mereka di Noelbaki tampak begitu sempit, namun tidak mengurangi keceriahan mereka untuk tetap tertawa dan bersenda gurau bersama sanak saudara di sekitarnya.

Sejumlah bocah laki-laki tampak bahagia berkejaran dengan sepeda di bawah garangnya matahari timur sambil berteriak: "Merdeka ... merdeka!..."

"Ini bukti bahwa kami sangat mencintai Indonesia dan Merah Putih," kata Joao Magno de Araujo, veteran Seroja yang dinobatkan sebagai Pembela Kemerdekaan RI oleh mantan Menteri Pertahanan dan Keamanan Jenderal Edy Sudradjat (1995), dilansir Antara.

Karena rasa cintanya yang tulus terhadap Indonesia itulah, membuat Joao harus mengambil keputusan untuk membawa semua keluarganya ke Kupang di wilayah Timor bagian barat Nusa Tenggara Timur untuk tetap menjadi WNI.

"Kami ke sini (Kupang) karena berbeda ideologi politik dengan kelompok prokemerdekaan Timor Timur. Rasa cinta kami terhadap Indonesia, Pancasila, dan Merah Putih, sulit kami urai dengan kata-kata," katanya.

Sejak 1 September 1999, Joao bersama keluarganya serta ratusan warga Timor Timur lainnya memilih Desa Noelbaki di wilayah Kecamatan Kupang Tengah, Kabupaten Kupang sebagai ladang kehidupan terakhir.

"Kami bangun permukiman di sini, di atas sebidang tanah untuk ditempati sampai saat ini bersama warga Timor Timur lainnya," kata Joao.

Hingga saat ini, WNI eks Timor Timur yang mendiami Kamp Noelbaki tercatat sekitar 570 kepala keluarga dari sekitar 5.106 KK yang menyebar di berbagai daerah di Nusa Tenggara Timur. Mencintai Merah Putih Dinamika kehidupan warga eks pengungsi Timor Timur di Kamp Noelbaki memang masih tampak memprihatinkan meski sudah 20 tahun lamanya mereka tinggal di sana pascajajak pendapat di wilayah bekas koloni Portugis itu.

Tetap Cinta Indonesia

Bendera merah putih terpanjang yang dibentangkan di perbatasan RI - Timor Leste, Selasa (9/7/2019), memecahkan rekor dunia. (Liputan6.com/ Ola Keda)

Hak-hak mereka sebagai warga negara tampaknya masih jauh harapan. "Kami merasa seperti tidak mendapat hak yang sama sebagai warga negara. Kami tidak punya tanah sehingga sulit untuk berkebun demi kelangsungan hidup keluarga kami di sini," katanya.

Joao yang juga Ketua Komite Nasional Korban Politik Timor Timur, Dewan Pimpinan Daerah (DPD) Kabupaten Kupang itu merasa telah kehilangan masa depan bersama saudara-saudaranya dari Timor Timur yang telah memilih menjadi WNI.

"Kami telah meninggalkan tanah leluhur, kebun, harta benda, serta pusaka adat dan terpisah dari keluarga besar Timor Timur karena rasa cinta kami yang tulus terhadap Indonesia, Pancasila, dan Merah Putih. Namun, kami tidak pernah mendapat hak yang sama sebagai WNI," katanya.

Kini, sudah 20 tahun lamanya mereka hanya bisa merenda hari-hari untuk menatap dan memaknai Kemerdekaan yang diraih Indonesia 74 tahun yang lalu, dalam kondisi yang serba terbatas.

Ada banyak hal yang mereka lakukan, antara lain dengan menjadi buruh serta tukang bangunan di Kabupaten Kupang untuk mendapat satu dua sen demi kelangsungan hidup.

Jika mereka berkebun pun, hanya menumpang di atas lahan penduduk lokal, kemudian membagi hasil saat panen tiba. Itulah dinamika kehidupan yang dialami WNI eks Timor Timur di Kamp Noelbaki selama 20 tahun berpisah dari tanah kelahirannya.

Kehidupan WNI eks Timor Timur, baik di Desa Noelbaki maupun di sejumlah tempat lainnya di Timor Barat ibarat sedang dihantam gelombang besar saat mereka sedang mengarungi lautan lepas.

"Kami seperti terombang-ambing ibarat kapal di tengah hantaman gelombang di lautan lepas," kata Nyonya Joao menambahkan.

Sementara itu, Calisto da Costa Gomes, anggota Komite Nasonal Korban Politik Timor Timur, mengharapkan ada perubahan sikap dan kebijakan politik pemerintah Indonesia terkait dengan pemberian lahan bagi warga eks Timor Timur di Kamp Noelbaki pada HUT Ke-74 RI.

"Mungkin ini makna kemerdekaan yang lebih berarti bagi kami yang hidup di Kamp Noelbaki saat ini. Meski hidup susah di tanah rantau, kami tetap mencintai Indonesia, Pancasila, dan Merah Putih sesuai dengan komitmen politik kami," kata Calisto.

"Sengsara apa pun, kami tetap mencintai Indonesia. Tidak pernah terlintas dalam benak pikiran kami untuk melakukan pemberontakan atau menggerakkan orang-orang untuk melawan pemerintah. Indonesia tetap di hati kami," tambahnya. Dukungan PBBPada 30 Agustus 1999 secara resmi Provinsi Timor Timur melepaskan diri dari Indonesia. Selanjutnya 20 Mei 2002, Timor Timur diakui secara internasional sebagai negara Timor Leste dengan dukungan penuh dari Persatuan Bangsa-Bangsa (PBB).

Indonesia di Hati

Rumah Merah Putih yang diinisiasi Brigade Polisi Kresna Ola di wilayah perbatasan RI-Timor Leste. (Liputan6.com/Ola Keda)

Mayoritas warga Timor Leste pun pindah kewarganegaraan dan melepaskan status kewarganegaraan Indonesia. Namun, tidak sedikit warga Timor Leste yang memilih bertahan dan menetap di Indonesia, akibat rasa cintanya yang dalam terhadap NKRI.

"Indonesia itu sudah ada di hati kami, jadi saya lebih memilih menjadi WNI. Di sini saya merasakan kenyamanan dan aman, tingkat kesejahteraannya juga lebih baik. Sedangkan di sana, selalu ada konflik," ujar Alexander da Costa (48).

Meskipun sudah beda kewarganegaraan, Alexander tetap menjalin komunikasi dengan keluarganya di Timor Leste. Namun, dia hanya bisa memendam rasa rindunya di dalam hati, karena niatnya untuk bertemu keluarga belum kesampaian juga.

Belajar dari perjuangan rakyat Timor Leste, jika ada yang mencoba memecahbelahkan rakyat dan meruntuhkan ideologi bangsa Indonesia karena perbedaan politik, agama dan lain sebagainya, perlu mempertahankan secara baik.

Pancasila berhadapan dengan kebhinekaan yang ada di Nusantara ini sudah mampu merangkul semua orang menjadi satu kesatuan. Rekonsiliasi hati bisa menjadi langkah yang baik untuk menghangatkan situasi panas yang ada di NKRI.

"Tetaplah jaya Indonesia. Merdeka selalu Timor Leste," demikian Pater Hiasintus Ikun CFM, Claretian Indonesia-Timor Leste dalam Kisah, Karya dan Titian Harapan.

Saksikan video pilihan berikut ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Kriminal Surabaya Sepekan: Kasus Suami Jual Istri hingga Pencurian Motor

Posted: 16 Aug 2019 09:18 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Sejumlah kasus kriminal terungkap di Surabaya dan sekitarnya pada pekan ini. Pada pekan ini yang mengejutkan, kasus suami jual istri terjadi sampai dua kali. Teganya suami, sang istri dalam kondisi hamil dan dijual kepada pria hidung belang.

Selain itu, driver ojek online berinisial FF yang melecehkan penumpang di Surabaya juga menarik perhatian pada pekan ini. Saat itu penumpang yang baru turun dari terminal bungurasih ingin pergi ke Surabaya dan memesan ojek online lewat aplikasi. Dalam perjalanan,  driver ingin lecehkan penumpang membuat penumpang nekat loncat dari motor sehingga mengakibatkan sedikit luka. Penumpang pun tersebut mendapatkan pertolongan dari warga di Surabaya.

Pada pekan ini, kasus dugaan penipuan dan penggelapan mobil juga berhasil diungkap oleh polisi. Hal ini setelah pendengar melapor ke Radio Suara Surabaya. Para pendengar radio tersebut pun turut membantu menemukan mobil rental yang coba dilarikan.

Ingin tahu kasus kriminal yang terjadi pada pekan ini? Berikut rangkuman berita kriminal di Surabaya dan sekitarnya yang terjadi pada pekan ini:

1. Penangkapan Petani Bawang Merah yang Berjualan Sabu

Aparat Kepolisian Resort Kota Probolinggo menangkap seorang petani bawang merah yang sudah lanjut usia berinisial S (61) warga Kelurahan Kalirejo, Kota Probolinggo, Jawa Timur, yang memiliki puluhan gram narkotika jenis sabu-sabu di rumahnya.

"Seorang kakek yang memiliki enam cucu berinisial S berhasil kami amankan dalam kegiatan penangkapan penyalahgunaan narkotika dan obat-obatan terlarang (narkoba) jenis sabu–sabu," ujar Kapolresta Probolinggo AKBP Alfian Nurrizal dan Kapolsek Mayangan Kompol Achmad Firman di Mapolresta Probolinggo,Senin, 12 Agustus 2019 dilansir Antara.

Saat penangkapan ketika pelaku hendak bertransaksi, petugas berhasil mengamankan barang bukti berupa satu buah plastik klip berisi narokotika jenis sabu seberat 1,05 gram dan satu buah telepon genggam milik pelaku. Sementara saat penggeledahan petugas berhasil mengamankan barang bukti berupa 2 buah plastik klip berisi sabu dengan berat 18,71 gram dan 20,46 gram, 10 buah plastik klip kecil dan satu buah timbangan kecil warna abu-abu.

Pelaku akan dikenakan pasal 114 (2) UU RI Nomor 35 tahun 2009 tentang narkotika atau pasal 112 (2) UU RI tahun 2009 tentang narkotika dengan ancaman hukuman maksimal seumur hidup.

Berita selengkapnya baca di sini

2. Aksi Pencurian Motor di Tanjungsari

Aksi pencurian motor di daerah Tanjung sari, Surabaya beredar di internet. Dalam video berdurasi sekitar 23 detik, terlihat pencuri berhelm merah diam-diam masuk ke halaman rumah korban yang sedang tidak terkunci.

Dilansir dari instagram suarasurabayamedia, Senin 12 Agustus 2019, Motor yang dicuri adalah sepeda motor Honda Beat L 4594 AF. Aksi pelaku terekam oleh tetangga korban yang sedang berada di lantai rumahnya.

Berita selengkapnya baca di sini

3. Pelecehan Oleh Driver Ojek Online

Polisi mengamankan seorang driver ojek online karena terbukti melakukan tindakan pelecehan seksual terhadap penumpangnya.

Kejadian bermula ketika korban memesan ojek online untuk pergi ke Surabaya. Setelah mendapatkan ojek online, pelaku membawa korban menuju tempat sepi. Saat di Sumur Welut, pelaku beberapa kali berusaha menyentuh bagian tubuh korban. Sontak korban pun kaget dan loncat dari motor yangd ditumpangi. Warga pun segera menolong korban dan menghubungi polisi lewat aplikasi Jogo Suroboyo.

Polisi pun mengambil tindakan dan menyelidiki kasus tersebut. Polisi akhirnya menangkap pelaku di rumahnya di Jalan Panjang Jiwo, Surabaya pada Selasa 13 Agustus.

"Tersangka ditangkap di rumahnya. Barang bukti diamankan ada sepeda motor dua, helm, aplikasi, tidak ada perlawanan (saat ditangkap-red)," ujar Polrestabes Surabaya AKBP Sudamiran.

Berita selengkapnya baca di sini

4. Suami Jual Istrinya yang Hamil 4 Bulan

Satreskrim Polrestabes Surabaya menangkap seorang berinisial DTS yang tega menjual istrinya yang sedang hamil empat bulan. DTS tega menjual istrinya kepada pria hidung belang. Ia menjual lewat media sosial Facebook. Polisi kemudian mengamankan barang bukti berupa uang sejumlah Rp 2juta.

DTS pun telah melakukan aksinya sebanyak tiga kali. Menurut keterangan polisi, DTS telah dua kali melakukan aksi tersebut di rumahnya di Kediri.

"Miris dalam keadaan hamil 4 bulan, dan itu sudah dilakukan aksi ketiga, aksi sebelumnya di Kediri di rumah pelaku," ujar AKP Ruth Yeni, Kanit PPA Polrestabes Surabaya, dikutip dari Liputan6, Kamis, 15 Agustus 2019.

DTS pun terancam UU Perlindungan Anak dengan hukuman maksimal 15 tahun penjara.

Berita selengkapnya baca di sini

 

Kasus Penipuan

Ilustrasi Foto Penangkapan (iStockphoto)

5. Penangkapan Pelaku Penipuan Berkedok Pejabat Polda Jatim

Polda Jatim menahan dua laki-laki terkait kasus penipuan terhadap seorang pengusaha asal Gresik dengan modus mengaku sebagai Wadirreskrimsus AKBP Arman Asmara dan Kompol Stefanus.

"Jadi modus yang dilakukan pelaku dengan cara menghubungi pengusaha (korban), mengaku sebagai Wadirreskrimsus Polda Jatim AKBP Arman Asmara," kata Kanit III Subdit V Siber Ditreskrimsus Polda Jatim, AKP Harianto Rantaselu, Kamis, 15 Agustus 2019.

Pelaku menawari korban 5,7 ton tembaga hasil lelang dengan harga Rp 285juta dan meminta uang muka sebesar Rp 47juta. Mencatut nama penjabat polda jatim membuat korban percaya dan bersedia membayar DP. Namun walaupun sudah membayar DP, barang yang dipesan tidak kunjung datang. Akhirnya korban segera menghubungi Wadirreskrimsus yang asli dan ternyata penawaran tersebut tidak benar. Korban pun akhirnya melaporkan kejadian itu ke Polda Jatim. Kedua pelaku ini segera tertangkap.

Dari penangkapan, polisi mengamankan sejumlah barang bukti berupa empat handphone milik pelaku, dua kartu ATM, dan 12 sim card serta uang tunai sebesar Rp 1juta.

Pelaku pun dijerat dengan Pasal 28 Ayat 1 JO Pasal 45 Ayat 1 RI No.19 Tahun 2016 tentang Informasi dan Transaksi Elektronik dengan ancaman pidana penjara paling lama 6 tahun.

Berita selengkapnya baca di sini

6.Polrestabes Surabaya Tangkap Mucikari Prostitusi Lewat Online

Unit PPA Satreskrim Polrestabes Surabaya menangkap perempuan berinisial W (32) warga asal Kaliwates, wanita asal Jember, yang menjajakan rekannya untuk layanan kencan bertiga (threesome) kepada pria hidung belang dengan tarif Rp 1,8 juta sekali main di Surabaya, Jawa Timur.

"Kami menyita barang bukti berupa uang tunai senilai Rp 300 ribu, satu kondom yang sudah terpakai, tiga kondom yang masih baru, serta ponsel milik tersangka," tutur Kanit PPA Satreskrim Polrestabes Surabaya AKP Ruth Yeni, Kamis, 15 Agustus 2019.

Dia menuturkan, tersangka mempekerjakan korban untuk berhubungan seksual secara threesome dengan seorang tamu sejak April 2019. Tersangka menawarkan korban lewat Twitter dengan akun " *echanew94.

Berita selengkapnya baca di sini

7. Diduga Larikan Mobil Rental, Polisi Rungkut Surabaya Amankan Penyewa

Polsek Rungkut Surabaya mengamankan penyewa mobil rental yang diduga kabur berinisial (HYN).  Penyewa mobil rental itu diduga melarikan mobil rental yang telah disewa dari korban Rendy Dior.

Awalnya, HYN menyewa mobil Honda BRV putih bernopol L 1988 QE kepada Rendy selama tiga bulan dengan harga sewa Rp 5,6 juta. Setelah masa sewanya habis pada 5 Agustus, HYN tidak kunjung mengembalikan.

Rendy melaporkan hal tersebut ke radio suarasurabaya , dan beberapa pendengar sempat melaporkan melihat mobil tersebut di kawasan Gunung Anyar, melaju dari arah Pondok Candra ke sekolah pelayaran.

Berita selengkapnya baca di sini

8. Polda Jatim Bongkar Perdagangan Merkuri Ilegal

Subdit IV Tipidter Ditreskrimsus Polda Jawa Timur membongkar praktik produksi dan perdagangan merkuri ilegal. Selain itu, mengamankan lima tersangka berinisial AW (41), AB (49), AH (35), AS (50) dan MR (50) di tempat berbeda.

Dirreskrimsus Polda Jatim, Kombes Pol Akhmad Yusep mengatakan, pengungkapan praktik produksi dan perdagangan merkuri ini bermula dari petugas Subdit IV Tipidter melakukan penyelidikan di salah satu rumah Sidoarjo, pukul 09.00 WIB, Sabtu, 6 Juli 2019.

"Ternyata ada kegiatan pengemasan air raksa atau merkuri tanpa izin. Merkuri itu sudah siap diperdagangkan oleh tersangka AW," tutur Yusep di Mapolda Jatim, Selasa, 13 Agustus 2019.

Berita selengkapnya baca di sini

Selanjutnya

Ilustrasi Penangkapan (Liputan6.com/M.Iqbal)

9. Polisi Tangkap Dua Oknum LSM Peras Pejabat Pemkab Gresik

Anggota Satuan Reskrim Polres Gresik mengamankan dua anggota oknum lembaga swadaya masyarakat (LSM) Lembaga Investasi Penyelamatan Aset Negara (Lipan) di Kantor Pemkab Gresik, di Jalan Dr Wahidin Sudirohusodo Kecamatan Kebomas, Kabupaten Gresik, Jawa Timur.

Kedua pelaku tersebut berinisial (MP) warga Perum Mutiara Citra Graha 1 No. 5 Kecamatan Candi Kabupaten Sidoarjo. Selain itu pelaku berinisial (D), warga Perum Sidokare Indah Blok R No. 12 Kabupaten Sidoarjo. Sedangkan korban bernama Sukardi (S) selaku Kabag Umum Pemkab Gresik.

Kabid Humas Polda Jatim, Kombes Pol Frans Barung Mangera menceritakan, kronologi kejadian tersebut. Berawal pada Kamis 8 Agustus 2019, LSM Lipan mengirimkan surat permintaan klarifikasi kegiatan tahun 2018 kepada Kepala Bagian Umum Setda Kabupaten Gresik.

Berita selengkapnya baca di sini

10.Polda Jatim Terus Dalami Kasus Penipuan Percepatan Keberangkatan Haji 2019

Polda Jatim menyatakan akan fokus mengumpulkan bukti-bukti dari Kementerian Agama (Kemenag) terkait kasus dugaan percepatan keberangkatan haji 2019.

Usai menahan, tersangka Murtaji Junaedi pada Kamis 8 Agustus 2019, polisi akan memeriksa pegawai Kementerian Agama Provinsi Jawa Timur sebagai saksi.

AKBP Festo Ari Permana Kasubdit IV Renakta Ditreskrimum Polda Jatim menuturkan, munculnya pihak Kemenag dalam proses penyelidikan ini berdasarkan keterangan dari tersangka. Junaedi sempat mengaku, dalang dari kasus penipuan ini bernama Syaifullah. 

Kepada Junaedi, kata dia, sosok bernama Syaifullah ini mengaku kenal dekat atau mempunyai relasi dengan Kementerian Agama. Pemanggilan pihak Kemenag Jatim ini juga untuk mendalami siapa sosok Syaifullah, yang belum jelas keberadaannya. 

Berita selengkapnya baca di sini

11.Polisi Masih Selidiki Ambrolnya Tembok Penampungan Lumpur Sukomanunggal

Polisi masih tahap penyelidikan terkait ambruknya penampungan lumpor milik PT Sinar Suri, Jalan Sukomanunggal Nomor 168, Surabaya, Jawa Timur pada Sabtu, 10 Agustus 2019. Polisi masih memeriksa sekitar sembilan orang saksi terkait ambruknya penampungan lumpur.

"Masih tahap penyelidikan. 9 orang menjadi saksi. Gelar perkara dilakukan," ujar AKBP Sudamiran, Kasatreskrim Polrestabes Surabaya, saat dihubungi Liputan6.com lewat pesan singkat, ditulis Kamis, 15 Agustus 2019.

Ia juga membenarkan ambrolnya penampungan lumpur milik PT Sinar Suri, Jalan Sukomanunggal Nomor 168, Surabaya mengakibatkan korban jiwa. "Satu orang meninggal, karyawan pabrik sepatu," kata dia.

Berita selengkapnya baca di sini

12.Polda Jatim Ungkap Kasus Suami Jual Istri Hamil 6 Bulan

Unit III Asusila Subdit IV Renakta Ditreskrimum Polda Jawa Timur (Jatim) yang dipimpin AKP Jeni Jauza menggerebek suami tega jual istri di Hotel Rejeki, Jalan Masuk Telaga Sarangan, Kelurahan Sarangan, Kabupaten Magetan pada 14 Agustus 2019.

Dari penggerebekan tersebut, Polda Jatim menangkap pria asal Magetan, berinisial AA (30), yang tega menjajakan istrinya, JT (20), untuk layanan seks threesome kepada pria hidung belang. AA mematok harga Rp 1 juta untuk sekali bermain threesome.

Kabid Humas Polda Jatim, Kombes Pol Frans Barung Mangera menuturkan, saat penggerebekan ditemukan dua laki - laki dan satu perempuan sedang melakukan threesome. Selanjutnya ketiga orang itu diamankan ke polda Jatim untuk diperiksa lebih lanjut.

Berita selengkapnya baca di sini

 

(Tito Gildas, Mahasiswa Kriminologi UI)

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Mengenal QRIS, Mentode Pembayaran Berbasis QR Code Besutan BI

Posted: 16 Aug 2019 09:15 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Bank Indonesia (BI) meluncurkan sistem Quick Response Indonesia Standard (QRIS) sebagai metode pembayaran digital bagi seluruh masyarakat Indonesia pada Sabtu Ini. Peluncuran ini bertepatan dengan Hari Kemerdekaan Republik Indonesia yang ke-74. 

QRIS dicanangkan oleh BI yang bekerjasama dengan Asosiasi Sistem Pembayaran Indonesia (ASPI) dengan menggunakan standar internasional EMV. Tujuannya agar pembayaran digital menjadi lebih mudah dan dapat diawasi oleh regulator dari satu pintu.

Deputi Gubernur BI Sugeng menjelaskan, QRIS diluncurkan demi mendukung perkembangan ekonomi digital. "QRIS dapat memperlancar sistem pembayaran nontunai secara aman dan lancar sekaligus mendorong ekonomi keuangan digital," ungkapnya di Kompleks Bank Indonesia, Sabtu (17/08/2019).

Sistem QR Code ini menggunakan Merchant Presented Mode (MPM), artinya untuk bertransaksi, pengguna hanya cukup scan QR yang tersedia di merchant-merchant yang bekerjasama dengan Penyelenggara Jasa Sistem Pembayaran (PJSP), contohnya Link Aja, Gopay, OVO, DANA dan lainnya. Pembayaran otomatis berhasil.

 

Sumber Dana

Bank Indonesia (BI) meluncurkan QR Code Indonesia Standard alias QRIS. Peluncuran ini dihadiri langsung oleh Gubernur BI Perry Warjiyo di lapangan upacara kompleks BI, Sabtu (17/08/2018).

QRIS ini juga diklaim bisa memudahkan pengguna untuk bertransaksi dengan sumber dana yang beragam, mulai dari kartu debit, e-money hingga wallet, jadi tidak perlu repot top up dan transfer dana.

Selain itu, QRIS sudah bisa membedakan mana transaksi domestik dengan transaksi internasional.

Implementasi QRIS sudah dimulai dari hari ini, namun diharapkan dapat digunakan secara optimal pada 1 Januari 2020 mendatang. Hal ini karena BI ingin memberikan waktu transisi bagi para PJSP untuk mempersiapkan diri.

Saksikan video pilihan berikut ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

MU Masih Penasaran dengan Gelandang Newcastle

Posted: 16 Aug 2019 09:15 PM PDT

Liputan6.com, Manchester- Manchester United (MU) rupanya masih penasaran dengan gelandang Newcastle United Sean Longstaff. Setan Merah akan coba merekrut Longstaff lagi.

Longstaff termasuk salah satu pemain yang dikaitkan dengan MU di bursa transfer musim panas 2019. Namun The Red Devils akhirnya batal merekrut Longstaff.

Harga yang dipatok Newcastle untuk Longstaff membuat MU mundur. The Magpies meminta MU membayar 50 juta pound (Rp 863 miliar).

MU cuma merekrut tiga pemain saja di musim panas 2019 yakni bek Harry Maguire, bek kanan Aaron Wan-Bissaka dan sayap Daniel James. Total MU menghabiskan 140 juta pound.

Meski batal dibeli, Longstaff tetap diminati MU. Menurut laporan ESPN, MU akan mencoba merekrut Longstaff lagi pada bulan Januari 2020.

 

Amunisi Baru

MU membutuhkan Longstaff karena lini tengah perlu tambahan amunisi. MU telah melepas Marouane Fellaini dan Ander Herrera. Tapi tak ada penggantinya di musim panas 2019.

Newcastle sendiri akan mati-matian mempertahankan Longstaff. The Magpies ingin segera memperpanjang kontrak pemain berusia 21 tahun tersebut.

Klasemen Liga Inggris

 

 

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Tangis Haru Tim Paskibraka Usai Bertugas di Istana

Posted: 16 Aug 2019 09:13 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Tangis haru pecah dari para Tim Merah Paskibraka Nasional 2019 yang baru saja usai menjalankan tugasnya mengibarkan bendera di Istana Merdeka, Sabtu (17/8/2019). Bahkan, tepuk tangan puas Presiden Joko Widodo atau Jokowi menutup tugas mereka usai mengibarkan bendera. 

Pantauan Liputan6.com, Tim Merah memasuki ruang istirahat pada pukul 10:30 WIB. Awalnya, mereka berdiam di meja masing-masing sembari melihat satu sama lain. 

Namun, tak lama setelah itu tangisan pun pecah. Rasa bangga dan lega terpancar karena telah sukses menjalankan tugas khusus yang dibebankan negara di pundak mereka.

"Lega sekali, terima kasih kerja sama semuanya," ungkap anggota Tim Merah Paskibraka 2019, Eugenia Agatha Rondonuwu dari Sulawesi Utara. 

Kata-kata pun tidak lagi terucap. Hanya tangis haru dan pelukan satu sama lain di antara Tim Merah Paskibraka 2019. 

Pastinya, mereka akan merindukan kehadiran masing-masing yang telah sebulan terakhir menjalani Diklat Paskibraka 2019 di PP-PON Cibubur, Jakarta Timur.

Saksikan video pilihan di bawah ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

FOTO: Tarian Kuda Lumping Meriahkan HUT ke-74 RI di Istana Merdeka

Posted: 16 Aug 2019 09:10 PM PDT

Ratusan Penari menyuguhkan pementasan tarian kuda lumping selama HUT ke-74 RI di Istana Merdeka, Jakarta, Sabtu (17/8/2019). Kuda lumping juga disebut jaran kepang atau jathilan adalah tarian tradisional Jawa yang menampilkan sekelompok prajurit tengah menunggang kuda. (Liputan6.com/Lizsa)

Ratusan Penari menyuguhkan pementasan tarian kuda lumping selama HUT ke-74 RI di Istana Merdeka, Jakarta, Sabtu (17/8/2019). Kuda lumping juga disebut jaran kepang atau jathilan adalah tarian tradisional Jawa yang menampilkan sekelompok prajurit tengah menunggang kuda. (Liputan6.com/Lizsa)

Ratusan Penari menyuguhkan pementasan tarian kuda lumping selama HUT ke-74 RI di Istana Merdeka, Jakarta, Sabtu (17/8/2019). Kuda lumping juga disebut jaran kepang atau jathilan adalah tarian tradisional Jawa yang menampilkan sekelompok prajurit tengah menunggang kuda. (Liputan6.com/Lizsa)

Ratusan Penari menyuguhkan pementasan tarian kuda lumping selama HUT ke-74 RI di Istana Merdeka, Jakarta, Sabtu (17/8/2019). Kuda lumping juga disebut jaran kepang atau jathilan adalah tarian tradisional Jawa yang menampilkan sekelompok prajurit tengah menunggang kuda. (Liputan6.com/Lizsa)

Ratusan Penari menyuguhkan pementasan tarian kuda lumping selama HUT ke-74 RI di Istana Merdeka, Jakarta, Sabtu (17/8/2019). Kuda lumping juga disebut jaran kepang atau jathilan adalah tarian tradisional Jawa yang menampilkan sekelompok prajurit tengah menunggang kuda. (Liputan6.com/Lizsa)

Ratusan Penari menyuguhkan pementasan tarian kuda lumping selama HUT ke-74 RI di Istana Merdeka, Jakarta, Sabtu (17/8/2019). Kuda lumping juga disebut jaran kepang atau jathilan adalah tarian tradisional Jawa yang menampilkan sekelompok prajurit tengah menunggang kuda. (Liputan6.com/Lizsa)

Ratusan Penari menyuguhkan pementasan tarian kuda lumping selama HUT ke-74 RI di Istana Merdeka, Jakarta, Sabtu (17/8/2019). Kuda lumping juga disebut jaran kepang atau jathilan adalah tarian tradisional Jawa yang menampilkan sekelompok prajurit tengah menunggang kuda. (Liputan6.com/Lizsa)

Ratusan Penari menyuguhkan pementasan tarian kuda lumping selama HUT ke-74 RI di Istana Merdeka, Jakarta, Sabtu (17/8/2019). Kuda lumping juga disebut jaran kepang atau jathilan adalah tarian tradisional Jawa yang menampilkan sekelompok prajurit tengah menunggang kuda. (Liputan6.com/Lizsa)

Ratusan Penari menyuguhkan pementasan tarian kuda lumping selama HUT ke-74 RI di Istana Merdeka, Jakarta, Sabtu (17/8/2019). Kuda lumping juga disebut jaran kepang atau jathilan adalah tarian tradisional Jawa yang menampilkan sekelompok prajurit tengah menunggang kuda. (Liputan6.com/Lizsa)

Ratusan Penari menyuguhkan pementasan tarian kuda lumping selama HUT ke-74 RI di Istana Merdeka, Jakarta, Sabtu (17/8/2019). Kuda lumping juga disebut jaran kepang atau jathilan adalah tarian tradisional Jawa yang menampilkan sekelompok prajurit tengah menunggang kuda. (Liputan6.com/Lizsa)

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Usai Bertugas, Paskibraka 2019 dari Tim Merah Menangis dan Saling Peluk

Posted: 16 Aug 2019 09:09 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Tangis haru pecah dari para Tim Merah Paskibraka Nasional 2019 yang baru saja usai menjalankan tugasnya untuk mengibarkan bendera di Istana Merdeka, Sabtu 17 Agustus 2019.

Pantauan Diary Paskibraka Liputan6.com, Tim Merah memasuki ruang istirahat pada pukul 10:30 WIB. Awalnya, para Paskibraka Nasional 2019 berdiam di meja masing-masing sembari melihat satu sama lain.

Namun, tak lama setelah itu tangisan pun pecah. Rasa bangga dan lega terpancar dari mereka yang telah sukses menjalankan tugasnya.

"Lega sekali, terima kasih kerja sama semuanya," kata Anggota Tim Merah Paskibraka Nasional 2019 dari Sulawesi Utara, Eugenia Agatha Rondonuwu.

Kata-kata pun tidak lagi terucap. Hanya tangis haru dan pelukan kepada satu sama lain.

Pastinya, mereka akan merindukan kehadiran masing-masing yang telah sebulan menjalani Diklat Paskibraka 2019 di PP-PON Cibubur, Jakarta Timur.

Tangis Paskibraka Nasional 2019 Sulawesi Utara Pecah

Paskibraka Nasional 2019 dari Sulawesi Utara, Eugenia Agatha Rondonuwu. langsung memeluk pembina setelah selesai bertugas. (Ratu Annisa Suryasumirat/Liputan6.com)

Paskibraka Nasional 2019 dari Tim Merah Usai Bertugas di Istana Merdeka

Seluruh anggota Paskibraka Nasional 2019 dari Tim Merah Foto Bersama Para Pelatih Usai Melaksanakan Tugas (Ratu Annisa Suryasumirat/Liputan6.com)

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

VIDEO: FULL Pengibaran Sang Merah Putih Upacara HUT ke-74 RI

Posted: 16 Aug 2019 09:06 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Pasukan Pengibar Bendera Pusaka mengibarkan Sang Merah Putih di Istana Merdeka saat upacara HUT ke-74 RI disaksikan oleh Presiden Jokowi dan seluruh undangan.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Bom Meledak di Masjid Pakistan, Saudara Pemimpin Taliban Tewas

Posted: 16 Aug 2019 09:05 PM PDT

Liputan6.com, Quetta - Bom meledak di sebuah masjid Pakitan bertepatan dengan salat Jumat pada 16 Agustus 2019. Setidaknya empat orang tewas dalam insiden tersebut, menurut polisi.

Saudara dari pemimpin Taliban Afghanistan Haibatullah Akhunzada, dikonfirmasi turut tewas dalam kejadian tersebut. Ia adalah Hafiz Ahmadullah yang merupakan imam masjid Khair Ul Madarais di Kota Kuchlak di pinggiran Quetta, Pakistan.

"Benar bahwa saudara laki-laki Akhunzada, Hafiz Ahmadullah, tewas dalam ledakan itu," kata sumber itu kepada Al Jazeera dikutip Sabtu (17/8/2019), menambahkan dua keponakan Haibatullah juga terluka dalam ledakan yang menyasar barat daya Pakistan itu.

"Masjid ini adalah tempat di mana sebagian besar anggota Taliban biasa bertemu dan membahas permasalahan," kata sumber Taliban lain.

Sebuah dewan pimpinan Taliban yang disebut Quetta Shura memang telah lama bermukim di wilayah itu. Mereka mengungsi di Quetta, ibu kota Provinsi Balochista dekat perbatasan Pakistan- Afghanistan, setelah digulingkan oleh pasukan pimpinan Amerika Serikat pada tahun 2001, lima tahun setelah merebut kekuasaan.

Segera setelah bermukim di daerah tersebut, tugas memimpin masjid diserahkan kepada Ahmadullah oleh Haibatullah setelah ia ditunjuk sebagai emir kelompok Taliban (pada 2016).

Haibatullah Tokoh Cukup Sentral

Warga berjalan dalam kantor pemenangan calon presiden Afghanistan Amrullah Saleh usai serangan bom, Kabul, Senin (29/7/2019). Juru bicara kepolisian Kabul, Ferdous Faramarz mengatakan serangan itu diprediksi bom mobil bunuh diri. (AP Photo/Rahmat Gul)

Haibatullah Akhunzada, yang berusia 50-an dan berasal dari Provinsi Kandahar adalah tokoh cukup sentral. Ia pernah berperang melawan Rusia pada 1980-an dan kemudian bergabung dengan gerakan Taliban pada 1994. Saat itu ia dipimpin oleh pemimpin Taliban (almarhum) Mullah Omar, yang menetapkan hukum Islam yang ketat di Afghanistan.

Sebelumnya pada Jumat, polisi Pakistan mengkonfirmasi kepada wartawan bahwa imam masjid tewas dalam ledakan itu.

Hingga saat ini, masih belum ada kelompok yang mengaku bertanggung jawab atas serangan itu. Insiden ini terjadi hanya beberapa hari setelah perwakilan Taliban dan pejabat AS mengakhiri perundingan putaran kedelapan mereka di ibu kota Qatar, Doha.

Sejak tahun lalu, kedua belah pihak telah mengadakan diskusi mengenai perjanjian perdamaian yang difokuskan pada empat masalah utama: jaminan Taliban bahwa mereka tidak akan membiarkan kelompok bersenjata dan pejuang asing memanfaatkan Afghanistan; penarikan lengkap pasukan AS dan NATO; dialog intra-Afghanistan; dan gencatan senjata permanen.

Taliban telah lama menuntut penarikan penuh pasukan asing untuk "mengakhiri pendudukan" di Afghanistan.

Sekitar 14.000 tentara AS dan sekitar 17.000 tentara dari 39 sekutu NATO dan negara-negara mitra berada di Afghanistan dalam peran non-tempur.

Simak pula video pilihan berikut:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Menggemaskan, Jan Ethes Kenakan Pakaian Adat Bali di HUT Ke-74 RI

Posted: 16 Aug 2019 09:05 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Upacara HUT ke-74 RI, diselenggarakan di Istana Merdeka, Jakarta. Dalam acara yang disiarkan live semua stasiun televisi ini tampil Presiden Jokowi sebagai pemimpin upacara.

Kehadiran Jokowi ke acara HUT ke-74 RI tak sendiri. Mantan Walikota Solo ini juga didampingi ibu negara, Iriana, serta putra sulungnya, Gibran Rakabuming Gibran Raka, serta sang cucu, Jan Ethes.

Seperti Jokowi, Jan Ethes juga mengenakan pakaian adat Bali dalam perayaan HUT ke-74 RI. Seperti biasa, ia begitu menggemaskan.

Apalagi, saat Jan Ethes mengikuti Jokowi melambaikan tangan kepada para tamu yang hadir.

 

Bergandengan Tangan

Jan Ethes (Foto: Instagram/@janethesss)

Tangan mungil Jan Ethes memilih bergandengan tangan dengan Jokowi dibandingkan ayahnya sendiri, Gibran.

Bahkan, selama menyusuri karpet merah, kedua tangan itu tak saling melepaskan.

 

Ikutan Salam

Jan Ethes (Foto: Instagram/@janethesss)

Saat Agus Harimurti Yudhoyono dan sang istri, Annisa Pohan menghampiri Jokowi dan memberikan salam, Jan Ethes ikut bersalaman dengan pasangan suami istri tersebut.

Gaya Jan Ethes benar-benar menggemaskan bagi yang menyaksikannya.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Penampilan Berbeda Jokowi-JK Saat Upacara HUT ke-74 RI di Istana

Posted: 16 Aug 2019 09:05 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Upacara HUT ke-74 Kemerdekaan RI usai digelar. Presiden Joko Widodo atau Jokowi dan Wakil Presiden Jusuf Kalla tampak puas dengan rangkaian upacara yang digelar di Istana Merdeka itu. Tepuk tangan Jokowi menutup tugas Pasukan Pengibar Bendera Pusaka (Paskibraka) usai mengibarkan bendera.

Presiden Jokowi pagi ini tampil mengenakan baju adat Klungkung, Bali. Jokowi yang ditemani Ibu Negara Iriana tiba di Halaman Istana Merdeka pada pukul 09.57 WIB. Jokowi mengenakan baju adat Klungkung lengkap dengan kain batik sebagi bawahan dan penutup kepala.

Sementara itu, Iriana tampak menggunakan baju adat Tapanuli Utara, Sumatera Utara lengkap dengan aksesoris kepala. Tak hanya itu, Ibu Negara juga membawa tas yang bertuliskan 'Horas'.

Iriana dan Jokowi masuk ke arena upacara menggunakan mobil kepresidenan dan langsung masuk dari pintu Jalan Medan Merdeka Utara. Tampak pula Wapres Jusuf Kalla dan Ibu Mufidah semobil dengan Jokowi. Keduanya mengenakan pakaian adat dari Aceh.

Pada upacara pagi ini yang didapuk sebagai Komandan Upacara adalah Kolonel Laut (P) Hariyo Poernomo lulusan Akademi Angkatan Laut 1997. Saat ini Hariyo menjabat sebagai Kepala Departemen Strategi Sekolah Staf dan Komando Angkatan Laut (Seskoal).

Sementara yang bertindak sebagai Komandan Kompi Paskibraka ialah Kapten Infanteri Ar Razi Furqon Darya. Saat ini ia bertugas sebagai Komandan Kompi Senapan A Batalyon Infanteri Raider 500, Sikatan, Kodam V Brawijaya.

Adapun yang bertindak sebagai Perwira Upacara ialah Brigadir Jenderal Syafruddin, Kepala Staf Garnisun Tetap I Jakarta. Syafruddin merupakan lulusan Akademi Militer tahun 1989.

Tim Paskibaraka

Dalam upacara pagi ini, Tim Pasukan Pengibar Bendera Pusaka (Paskibraka) yang didaulat bertugas mengibarkan sang saka merah putih dalam Tim Merah.

Salma El Mutafaqqiha Putri Achzaabi anggota Paskibraka perwakilan dari Provinsi Jawa Tengah terpilih sebagai pembawa bendera Merah Putih. Salma saat ini menempuh pendidikan di SMA Pradita Dirgantara.

Tiga lainnya dari Kelompok 8 yang bertugas untuk mengibarkan bendera ialah Rafi Ahmad Falah sebagai Komandan Kelompok 8 yang mewakili Provinsi Banten, Rayhan Alfaro Ferdinand Siregar sebagai pembentang bendera yang mewakili Provinsi DKI Jakarta, dan Rangga Wirabrata Mahardika sebagai pengerek bendera yang mewakili Provinsi Jawa Barat.

 

Saksikan video pilihan di bawah ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Top 3: Foto-Foto Transformasi Menakjubkan Rias Pengantin Ini Bikin Bengong

Posted: 16 Aug 2019 09:00 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Seorang makeup artis asal Kosovo, Arber Bytygi membuat transformasi luar biasa untuk calon pengantin hingga pengantin pria mungkin berpikir dia muncul di pernikahan yang salah. Ciri khas makeover ala Arber adalah mengubah calon pengantin menjadi tampak glamor dengan mata belo, alis tebal, dan bibir merah merona.

Artikel tentang transformasi wanita di tangan makeup artis menjadi yang terpopuler di kanal Citizen6, Liputan6.com. Disusul dengan artikel tentang pria yang membantu promosikan dagangan temannya dengan cara unik.

Sementara artikel ketiga terpopuler tentang tingkah kocak driver ojek online saat sedang tidak ada orderan.

Berikut Top 3 Citizen6:

1. 8 Foto Sebelum dan Sesudah Makeover Rias Pengantin Ini Keren Banget

Doc: Instagram.com/@arber_bytyqi_mua

Untuk menunjukkan perubahan drastis tiap wanita yang ia rias, Arber mengambil foto sebelum dan sesudah klien-kliennya. Hasilnya benar-benar mencengangkan.

Selengkapnya...

2. Promosikan Dagangan Teman dengan Cara Unik, Unggahan Pria Ini Jadi Viral

foto: @_pkkuwans

Ketika ada seorang teman yang memiliki sebuah usaha tak jarang dari kalian tentu akan membantu mempromosikannya bukan? Ini tentu saja agar usaha tersebut diketahui oleh teman dan kerabat kita lainnya sehingga mendapatkan lebih banyak konsumen.

Selengkapnya...

3. 8 Tingkah Kocak Driver Ojek Online Kalau Lagi Tidak Ada Orderan

Doc: Instagram.com

Ojek online memiliki berbagai layanan yang memudahkan pelanggan memenuhi kebutuhan sehari-hari. Sering terjadi pengalaman unik yang dialami baik pelanggan atau pengemudi ojek online sendiri.

Tingkah manusia memang beragam. Itu sebabnya ada saja ulah driver ojek online yang membuat kita tertawa.

Selengkapnya...

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Menaker : HUT RI ke-74 Momentum Landasan Bekerja dan Berkarya

Posted: 16 Aug 2019 09:00 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Menteri Ketenagakerjaan M. Hanif Dhakiri mengajak semua pihak untuk menjadikan momentum peringatan Ulang Tahun Kemerdekaan ke 74 ini sebagai landasan bekerja dan berkarya dengan semangat kebangsaan dan persatuan dalam menghasilkan SDM yang berkualitas. Peningkatan kualitas SDM merupakan pembangunan pemerintah setelah memprioritaskan pembangunan infrastruktur. 

"Tidak hanya fokus pada pendidikan tetapi juga meningkatkan keterampilan melalui pelatihan vokasional dan Kementerian Ketenagakerjaan merupakan salah satu kementerian yang memiliki peran penting dalam mempersiapkan "Sumber Daya Manusia Unggul, Indonesia Maju", " ujar Hanif Dhakiri saat memberikan sambutan dalam peringatan HUT Proklamasi ke-74 di kantor Kemnaker, Jakarta, Sabtu (17/8/2019).  

Berbeda dengan peringatan HUT RI sebelumnya, perayaan HUT Kemerdekaan RI ke-74 ini terlihat menarik. Seluruh peserta upacara di halaman kantor Kemnaker mengenakan busana dari berbagai daerah di Indonesia. Mulai dari pakaian adat dari ujung Sumatera hingga Papua, dikenakan oleh pegawai Kemnaker. 

Hanif mengungkapkan pemerintah telah berhasil menciptakan 11.196.270 lapangan kerja baru dalam kurun waktu 4,5 tahun kepemimpinan Presiden Joko Widodo.  Angka tersebut telah melebihi target yang telah ditetapkan yakni penciptaan 10 juta lapangan kerja selama 5 tahun.

"Tingkat pengangguran di Indonesia saat ini berada di angka 5,01 persen, atau merupakan angka pengangguran terendah dalam sejarah Indonesia, " ujarnya.

Seluruh peserta upacara di halaman kantor Kemnaker mengenakan busana dari berbagai daerah di Indonesia. Mulai dari pakaian adat dari ujung Sumatera hingga Papua, dikenakan oleh pegawai Kemnaker.

Berdasarkan data BPS per-Febuari 2019, angkatan kerja Indonesia saat ini berjumlah 136 juta orang.  Jumlah penduduk yang bekerja sebanyak 129 juta orang atau  sekitar 94 persen, Jumlah penganggur sebanyak 6,82 juta orang (5,01 persen), komposisi tenaga kerja yang bekerja didominasi lulusan SD kebawah (42 persen) dan Tingkat Pengangguran Terbuka (TPT) didominasi oleh lulusan SMK sebesar 8,63 persen. 

"Dari data di atas, menjadi bahan renungan kita semua, terutama untuk kelompok masyarakat penganggur dan pekerja dengan latar belakang pendidikannya. Di samping itu juga perlu dipikirkan solusi bersama untuk kelompok pekerja yang kompetensinya disesuaikan dengan perkembangan teknologi sebagai dampak dari revolusi industri 4.0, " ujarnya.

Hanif menegaskan upaya penanggulangan masalah pengangguran dan peningkatan kualitas pekerja ini harus dilaksanakan secara nyata, agar dapat membawa manfaat bagi tenaga kerja yang pada akhirnya meningkatkan produktivitas perusahaan dan daya saing nasional. 

Menaker mengatakan dalam menghadapi tantangan dunia ketenagakerjaan yang semakin kompleks dan berat, dibutuhkan kolaborasi satu sama lain, bersinergi, bekerja sama dan bekerja dengan berbagai terobosan.

"Dengan demikian tugas-tugas pelayanan dan perlindungan pemerintah, perlindungan negara kepada pekerja maupun stakeholder ketenagakerjaan dapat dilaksanakan," katanya .

 

(*)

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

VIDEO: Deretan Pelajar Indonesia Toreh Prestasi Kancah Dunia

Posted: 16 Aug 2019 09:00 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Indonesia  dikenal sebagai negara kepulauan yang memiliki kekayaan baik SDA maupun SDM. Berikut nama-nama pelajar yang mampu mengharumkan nama Indonesia di kancah dunia. 

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Pecahkan Rekor, Bos Alibaba Segera Jadi Pemilik Klub NBA

Posted: 16 Aug 2019 09:00 PM PDT

Liputan6.com, Brooklyn- Salah satu petinggi Alibaba Grup Joe Tsai akan segera menjadi pemilik penuh klub NBA Brooklyn Nets. Tsai bakal memecahkan rekor pembelian sebuah franchise olahraga di Amerika Serikat.

Tsai saat ini sudah memiliki 49 persen saham Nets. Dia membelinya tahun 2018 lalu dari konglomerat Rusia, Mikhail Prokhorov. Tsai memiliki opsi menjadi pemilik pengendali klub NBA tersebut di 2021.

Namun menurut laporan AP, Tsai akan mempercepat menjadi pemilik penuh Nets. Dia sudah setuju untuk membeli sisa 51 persen Nets dan kandang tim Barclays Center dengan biaya senilai 3,4 miliar Amerika Serikat.

Sisa saham 51 persen Nets akan dibayarkan Tsai senilai 2,34 miliar dolar. Sedangkan Barclays Center senilai hampir satu miliar. Transaksi ini akan dipisah.

Perjanjian masih belum rampung sepenuhnya. Namun diperkirakan akan rampung akhir September setelah mendapat persetujuan dari NBA.

 

Rekor

Tsai membeli Nets tak lama setelah klub berhasil mendapatkan dua superstar NBA Kevin Durant dan Kyrie Irving pada Juli lalu.

Jika transaksi rampung, pembelian Nets ini menjadi rekor termahal untuk sebuah klub olahraga di Amerika Serikat. Rekor sebelumnya adalah 2,2 miliar dolar saat Tilman Fertitta membeli Houston Rockets.

Tsai merupakan wakil pemimpin Alibaba Grup. Dia juga sudah memiliki klub WNBA New York Liberty.

 

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Cara Sri Mulyani Kobarkan Semangat Nasionalisme ke Jajaran Kemenkeu

Posted: 16 Aug 2019 09:00 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Menteri Keuangan Sri Mulyani merayakan hari ulang tahun ke-74 Republik Indonesia bersama keluarga besar Kementerian Keuangan (Kemenkeu). Bertindak sebagai inspektur upacara, Sri Mulyani mengenakan kebaya merah dipadu bawahan kain batik berwarna coklat.

Dia mengajak segenap jajaran dan masyarakat untuk menjadikan HUT RI sebagai momen untuk memperkuat semangat kebangsaan dan mempertebal semangat juang dalam tugas pelayanan masing-masing.

Menurut dia, perayaan 17 Agustus merupakan saat bagi segenap bangsa Indonesia untuk mengenang detik-detik kemerdekaan. Tentu tak lupa pula mengenang jasa pahlawan.

"Dan ini untuk kembali menghidupkan semangat mengingat jasa pahlawan, jadi menghidupkan semangat kita untuk meneruskan mengejar cita-cita bangsa," kata dia, di Kementerian Keuangan, Jakarta, Sabtu (17/8/2019).

"Jadi dengan upacara, dengan kebersamaan melihat sang saka merah putih, menyanyikan lagu Indonesia raya itu semuanya membuat kita bersemangat. Saya rasa semangat itulah yang harus terus kita pelihara dari zaman ke zaman," lanjut Sri Mulyani.

 

Nasionalisme

Semangat nasionalisme terpancar dari kebaya merah Sri Mulyana dalam perayaan HUT RI Ke-74

Dia pun menambahkan, perayaan 17 Agustus juga merupakan momentum untuk memperkuat rasa kebersamaan dan nasionalisme.

"Ya seperti hari ini kan kita lihat, kita lihat dari kepanitiaan mereka menyampaikan dan mempresentasikan keberagaman itu sendiri," ungkapnya.

"Tadi ada tari Jawa, ada pakai kipas Bali tapi bentuknya bukan Bali, ini adalah suatu apresiasi kita kepada suatu bangsa yang begitu beragam bineka. Namun kita disamakan atau disatukan dengan satu tujuan. Disatukan dengan satu kebangsaan, bangsa Indonesia. Itulah semangat yang kita munculkan," imbuhnya.

Saksikan video pilihan berikut ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Top 3 Tekno: Dugaan Karyawan Huawei Bobol WhatsApp Politikus Afrika Tuai Perhatian

Posted: 16 Aug 2019 09:00 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Wall Street Journal melaporkan, karyawan Huawei yang bekerja di Uganda dan Zambia, disebut-sebut telah membantu pemerintah kedua negara tersebut untuk memata-matai lawan politiknya via grup WhatsApp.

Namun, Huawei dengan tegas membantah bahwa karyawannya terlibat dalam pembobolan grup WhatsApp politikus di dua negara Afrika tersebut.

Berita ini pun menuai perhatian para pembaca di kanal Tekno Liputan6.com. Berita lain yang juga menyedot perhatian datang dari Apple yang bakal merilis seri iPhone barunya, yakni iPhone 11, pada 11 September 2019.

Lebih lengkapnya, simak tiga berita terpopuler di kanal Tekno Liputan6.com berikut ini.

1. Huawei Bantah Karyawannya Terlibat Pembobolan Grup WhatsApp Politikus Afrika

Huawei dengan tegas membantah bahwa karyawannya terlibat dalam pembobolan grup WhatsApp politikus di dua negara Afrika.

Dalam keterangan resmi Huawei kepada Tekno Liputan6.com, Jumat (16/8/2019), pihak Huawei menyebut, pemberitaan yang awalnya dimuat di laporan Wall Street Journal adalah keliru.

"Huawei secara tegas menolak tuduhan keliru dan tidak berdasar dari Wall Street Journal terkait kegiatan bisnis kami di Aljazair, Uganda, dan Zambia," kata Huawei dalam keterangannya.

Baca selengkapnya di sini

2. Smartphone Baru Apple Akan Pakai Nama iPhone 11, iPhone 11 Pro, dan iPhone 11 Pro Max

Apple bakal merilis seri iPhone barunya, yakni iPhone 11, pada 11 September mendatang. Alih-alih menggunakan huruf X untuk penamaannya, Apple dilaporkan akan memberinya nama iPhone 11 series, bukan iPhone XI.

Seperti halnya tahun lalu, ada tiga iPhone yang kabarnya akan dirilis sekaligus. Ketiga iPhone yang dimaksud adalah iPhone 11, iPhone 11 Pro, dan iPhone 11 Pro Max. Demikian menurut sebuah laporan terbaru.

Sebagaimana dikutip dari Business Insider, Jumat (16/8/2019), hal ini berdasarkan sebuah blog bernama iPhone Soft. Mereka mengetahui nama seri iPhone terbaru dari dokumen milik ESR, sebuah perusahaan produsen casing untuk iPhone dan Samsung.

Baca selengkapnya di sini

 

3. Apple Tawarkan Rp 14,2 Miliar untuk Penemu Bug iPhone

Ilustrasi Apple (AP Photo/Mark Lennihan)

Apple membuat perubahan besar pada program bug bounty mereka. Program ini mengajak para ahli IT untuk masuk ke sistem dari iPhone dan produk Apple lainnya guna mengetahui kerentanan di infrastruktur Apple.

Selanjutnya, Apple akan memperbaiki kerentanan tersebut. Mereka yang berhasil menemukan celah inipun diganjar sejumlah hadiah berupa uang tunai.

Apple memperkenalkan program bug bounty ini pada 2016. Mengutip laman Business Insider, Jumat (16/8/2019), perusahaan menyebut, mereka akan membayar USD 1 juta (sekitar Rp 14,2 miliar) kepada peneliti keamanan yang dapat menyerang eksekusi kernel dengan metode zero-click.

Baca selengkapnya di sini

(Isk/Ysl)

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

FOTO: Kenakan Baju Adat Bali, Jokowi Ajak Jan Ethes di HUT ke-74 RI

Posted: 16 Aug 2019 08:55 PM PDT

Presiden Joko Widodo bersama putranya Gibran Rakabuming Raka dan cucunya Jan Ethes jelang upacara HUT ke-74 RI di Istana Negara, Sabtu (17/8/2019). Jokowi bersama Gibran dan Jan Ethes mengenakan pakaian adat Bali. (Liputan6.com/Lizsa)

Presiden Joko Widodo bersama putranya Gibran Rakabuming Raka dan cucunya Jan Ethes jelang upacara HUT ke-74 RI di Istana Negara, Sabtu (17/8/2019). Jokowi bersama Gibran dan Jan Ethes mengenakan pakaian adat Bali. (Liputan6.com/Lizsa)

Presiden Joko Widodo bersama putranya Gibran Rakabuming Raka dan cucunya Jan Ethes foto bersama dengan Agus Harimurti Yudhoyono dan istri Annisa Pohan jelang upacara HUT ke-74 RI di Istana Negara, Sabtu (17/8/2019). (Liputan6.com/Lizsa)

Presiden Joko Widodo bersama putranya Gibran Rakabuming Raka dan cucunya Jan Ethes foto bersama dengan Agus Harimurti Yudhoyono dan istri Annisa Pohan jelang upacara HUT ke-74 RI di Istana Negara, Sabtu (17/8/2019). (Liputan6.com/Lizsa)

Wakil Presiden terpilih Ma'ruf Amin menyapa awak media jelang upacara HUT ke-74 RI di Istana Negara, Sabtu (17/8/2019). Ma'ruf Amin datang bersama sang istri Wury Estu Handayani. (Liputan6.com/Lizsa)

Wakil Presiden terpilih Ma'ruf Amin menyapa awak media jelang upacara HUT ke-74 RI di Istana Negara, Sabtu (17/8/2019). Ma'ruf Amin datang bersama sang istri Wury Estu Handayani. (Liputan6.com/Lizsa)

Presiden Joko Widodo bersama putranya Gibran Rakabuming Raka dan cucunya Jan Ethes foto bersama dengan Agus Harimurti Yudhoyono dan istri Annisa Pohan jelang upacara HUT ke-74 RI di Istana Negara, Sabtu (17/8/2019). (Liputan6.com/Lizsa)

Presiden Joko Widodo bersama putranya Gibran Rakabuming Raka dan cucunya Jan Ethes foto bersama dengan Agus Harimurti Yudhoyono dan istri Annisa Pohan jelang upacara HUT ke-74 RI di Istana Negara, Sabtu (17/8/2019). (Liputan6.com/Lizsa)

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Prediksi Manchester City vs Tottenham: Menguji Sang Juara Liga Inggris

Posted: 16 Aug 2019 08:55 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Manchester City bakal menjalani ujian berat saat menjamu Tottenham Hotspur di pekan kedua Liga Inggris, Sabtu (17/8/2019) malam WIB. City harus bisa mengalahkan salah satu tim besar di Liga Inggris saat ini agar menjaga dominasi di Stadion Etihad nanti.

Sebagai juara bertahan, Manchester City mempersiapkan diri dengan baik. Mereka hanya kalah satu kali saja, di mana mereka juga memenangkan trofi Community Shield dengan mengalahkan Liverpool melalui babak adu penalti.

Bermodal kepercayaan diri yang bagus itu, City mengawali Premier League musim 2019/2020 dengan hasil maksimal. Mereka memukul mundur West Ham dengan skor telak 5-0 di pertandingan pekan pertama. Dengan modal positif ini, The Citizens berharap untuk melanjutkan momentum ini.

Namun di pekan kedua mereka langsung menghadapi partai big match. Mereka harus berhadapan dengan salah satu kandidat juara musim ini, Tottenham.

Manchester City memang memiliki urusan yang belum selesai dengan tim London Utara itu. Mereka gagal menjuarai Liga Champions musim lalu berkat The Lillywhites sehingga anak asuh Pep Guardiola ingin membuat perhitungan dengan Tottenham.

Namun Tottenham yang sekarang akan menjadi lawan yang berat bagi City. Tim besutan Mauricio Pochettino ini mendatangkan sejumlah pemain berkualitas ke London Utara yang diyakini akan menjadi lawan yang semakin berat.

Tottenham juga mengantongi sejumlah hasil positif jelang melawan Manchester City. Mereka menang 3-1 melawan Aston Villa sehingga mereka tidak akan gentar untuk bertandang ke Etihad Stadium.

 

 

Skuat Terbaik

Gelandang Manchester City, Raheem Sterling, menyapa suporter usai mengalahkan West Ham pada laga Premier League di Stadion London, London, Sabtu (10/8). West Ham kalah 0-5 dari City. (AFP/Ian Kington)

Pada laga ini Pep Guardiola bisa menurunkan komposisi tim terbaik mereka. Hanya Leroy Sane satu-satunya penggawa City yang tidak bisa bermain di laga ini.

Pep kemungkinan besar akan mengubah sedikit susunan lini serangnya. Sergio Aguero yang dicadangkan di pertandingan pertama akan menjadi starter di laga ini, dibantu oleh duo winger lincah, Raheem Sterling dan Riyad Mahrez. Di lini pertahanan, duet Aymeric Laporte dan John Stones masih akan dipercaya mengawal Ederson selaku palang pintu terakhir The Citizens.

Di kubu tim tamu, Pochettino datang ke Etihad Stadium dengan kaki pincang. Dele Alli dipastikan absen karena cedera, Son Heung-Min masih mengalami suspensi dan dua rekrutan baru mereka Juan Foyth dan Ryan Sessegnon juga harus absen di laga ini.

Pochettino kemungkinan besar tidak akan mengubah susunan pemain Tottenham. Harry Kane akan dipasang sebagai ujung tombak, di mana Christian Eriksen akan menjadi pengalir bola. Di lini tengah Harry Winks akan berduet dengan Tanguy Ndombele sementara gawang mereka akan dikawal oleh Hugo Lloris.

 

Statistik Kedua Tim dan Prediksi Susunan Pemain

Head to Head

20/04/19 Man City 1 - 0 Tottenham (EPL)

18/04/19 Man City 4 - 3 Tottenham (UCL)

10/04/19 Tottenham 1 - 0 Man City (UCL)

30/10/18 Tottenham 0 - 1 Man City (EPL)

15/04/18 Tottenham 1 - 3 Man City (EPL)

 

Lima Pertandingan Terakhir Manchester CIty (K-M-M-M-M)

20/07/19 Wolverhampton P 0 - 0 Man City FC (PLA)

24/07/19 Kitchee 1 - 6 Man City (Uji Coba)

27/07/19 Yokohama Marinos 1 - 3 Man City (Uji Coba)

04/08/19 Liverpool 1 - 1 P Man City (CS)

10/08/19 West Ham 0 - 5 Man City (EPL)

 

Lima Pertandingan Terakhir Tottenham Hotspur (K-M-M-K-M)

25/07/19 Tottenham 1 - 2 Man United (ICC)

30/07/19 Real Madrid 0 - 1 Tottenham (AUC)

01/08/19 Tottenham P 2 - 2 Bayern Munchen (AUC)

04/08/19 Tottenham 1 - 1 P Inter Milan (ICC)

10/08/19 Tottenham 3 - 1 Aston Villa (EPL)

 

Perkiraan Susunan Pemain Kedua Tim

Manchester City (4-3-3): Ederson; Zinchenko, Laporte, Tones, Walker; Silva, Rodrigo, De Bruyne; Sterling, Aguero, Mahrez

Tottenham Hotspur (4-2-3-1): Lloris; Rose, Sanchez, Alderweireld, Walker-Peters; Ndombele, Winks; Moura, Eriksen, Sissoko; Kane

 

Sumber: Bola.net/Serafin Unus Pasi

 

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Jungkir Balik Muhammad Adzan Menjadi Paskibraka Komandan Kelompok 17

Posted: 16 Aug 2019 08:53 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Keinginan Paskibraka 2019 dari Nusa Tenggara Barat (NTB), Muhammad Adzan, menempati posisi Komandan Kelompok (Danpok) 17 terwujud.

Hari ini, di upacara HUT ke-74 RI, Adzan memperoleh posisi yang diidam-idamkannya itu. Meski begitu, siapa sangka kalau Paskibraka Nasional 2019 dengan tinggi 181 cm ini sempat tak percaya bisa terpilih.

Adzan sendiri tidak dapat menghitung sudah berapa kali dilatih sebagai Paskibraka Danpok 17.

"Di Istana saja empat kali," kata Paskibraka 2019 Adzan kepada Diary Paskibraka Liputan6.com .

Menurut Adzan, dia bukan orang pertama yang langsung ditunjuk sama pelatih untuk dilatih sebagai Danpok 17.

Adzan, mengatakan, karena dua Paskibraka calon Danpok 17 sering sakit, dia pun memberanikan mengajukan diri sendiri untuk dilatih di posisi tersebut.

"Karena sering main, jadi Adzan yang dipakai," ujarnya.

Adzan, menambahkan, dia merasa memiliki nilai lebih yang tidak dimiliki para pesaingnya.

"Adzan itu bagus saat di belokan," katanya.

"Mungkin, itu juga yang menjadi penilaian pelatih," ujarnya.

Simak Video Menarik Terkait Paskibraka Nasional

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Siswa Ini Peragakan Bagaimana Cara Melamar, Aksinya Bikin Tepuk Jidat

Posted: 16 Aug 2019 08:50 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Setiap pasangan yang menjalin kasih, tentunya ingin meneruskan hubungan tersebut ke jenjang yang lebih serius. Biasanya, seorang pria akan melamar kekasihnya untuk menuju jenjang pernikahan.

Namun, bagaimana cara melakukannya? Apakah hanya mengirim pesan atau harus memberi kejutan dengan cara romantis. Mungkin kamu telah melihat berbagai film romantis yang memperlihatkan bagaimana karakter pria melamar pasangannya.

Tapi bisa saja kamu coba untuk peragakan sebuah gerakan lamaran kocak yang beda dari biasanya. Selain itu, menggunakan sebuah cara yang anti-mainstream tentu akan jadi sebuah kenangan yang tak terlupakan.

Seperti yang dilakukan oleh siswa-siswa ini, di mana mereka memeragakan sebuah gerakan cara melamar yang ada pada sebuah gambar dengan cara unik. Hal ini pun dilakukan dengan ekspresi unik yang bikin tepuk jidat.

Berikut potret gerakan cara melamar yang bikin tepuk jidat seperti Liputan6.com kutip dari Instagram @receh.id, Sabtu (17/8/2019).

Begini contoh cara melamar yang ada pada sebuah panduan

Cara melamar dengan cara unik (Sumber: Instagram/receh.id)

Sebuah panduan cara melamar dengan cara unik diunggah oleh akun media sosial Instagram @receh.id, Rabu (14/8/2019). Unggahan ini pun viral dan telah mendapatkan 26 ribu like sampai sekarang.

Memang cara melamar yang paling sering dilakukan orang adalah dengan cara sedikit jongkok. Dalam gambar tersebut yang diberi silang pasti sering kamu lihat di drama percintaan.

Siswa ini memeragakan cara melamar sesuai gambar pertama

Cara melamar dengan cara unik (Sumber: Instagram/receh.id)

Pada potret peragaan ini adalah sebuah gerakan yang sering dilakukan. Pada gambarnya pun diberi tanda silang karena ini adalah sebuah gerakan yang sudah biasa dan mainstream.

Melamar dengan gerakan bangau kaki satu

Cara melamar dengan cara unik (Sumber: Instagram/receh.id)

Belum pernah ada orang yang melamar dengan gerakan seperti ini. Namun hal ini patut kamu coba, tentu saat kamu melamar dan menyiapkan kameramen dan setelah diabadikan. Nantinya ketika anakmu telah besar mungkin akan jadi sebuah cerita menarik bagaimana cara melamar.

Ekspresi siswa ini bikin ketawa

Cara melamar dengan cara unik (Sumber: Instagram/receh.id)

Cara-cara biasa mungkin harus kamu tinggalkan untuk memberi kesan menarik yang tak akan dilupakan seumur hidup. Dengan cara melamar yang berbeda ini tentunya akan menjadi cerita untuk anak cucu yang menarik untuk dikenang sampai kapanpun.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Ketika Jokowi, AHY dan Gibran Kembali Bertemu di Istana

Posted: 16 Aug 2019 08:47 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Presiden Joko Widodo atau Jokowi bersiap memimpin upacara bendera peringatan HUT Kemerdekaan ke-74 Republik Indonesia di Istana Merdeka, Sabtu (17/8/2019) pagi.

Sekitar pukul sembilan pagi, Jokowi muncul dengan busana adat Klungkung, Bali bersama anaknya Gibran Rakabuming dan cucunya Jan Ethes Srinarendra. Bertiga mereka berdiri di hadapan wartawan yang sibuk mengabadikan momen tersebut.

Ini bukan pertama kalinya Jan Ethes ikut upacara Kemerdekaan di Istana. Tahun lalu, putra pertama Gibran dan Selvi Ananda itu sudah berpartisipasi. Ia ketika itu langsung menjadi pusat perhatian.

Yang berbeda, pagi ini Komandan Komando Satuan Tugas Bersama (Kogasma) Partai Demokrat Agus Harimurti Yudhoyono (AHY) juga terlihat hadir. AHY yang mengenakan pakaian adat dari Sumatera Barat dan Istrinya Anisa Pohan menyapa Jokowi di samping Istana. Mereka terlihat akrab.

Ini bukan pertemuan pertama bagi Jokowi, Gibran dan AHY. Pada Kamis 10 Agustus 2017, ketiganya juga pernah bertemu di Istana. Ketika itu AHY datang untuk meminta restu kepada Presiden Jokowi untuk peluncuran The Yudhoyono Institute.

Tak hanya meminta restu, AHY juga menikmati santap siang bersama Jokowi dan Gibran Rakabuming. Setelah makan siang bareng, Gibran bercerita soal pertemuan hari ini. Dia mengaku menyiapkan secara khusus hidangan santap siang hari ini, yaitu gudeg dan bubur lemu.

Jamuan makan siang ini digelar secara tertutup selama lebih-kurang 2 jam. Gibran mengatakan pertemuan berlangsung cair.

Megawati dan Ma'ruf

Putra sulung Presiden Joko Widodo, Gibran Rakabuming Raka, dan putra sulung Presiden RI ke-6 Susilo Bambang Yudhoyono, Agus Harimurti Yudhoyono (AHY), ketika berbincang di Istana Kepresidenan, Jakarta, Kamis (10/8/2017). (Liputan6.com/Pool)

Seperti tahun-tahun sebelumnya, upacara HUT Kemerdekaan RI di Istana tahun ini dipadati tamu, seperti mantan Presiden Megawati Soekarnoputri yang berbusana kebaya berwarna hijau.

Demikian pula Wakil Presiden terpilih Ma'ruf Amin yang memakai baju adat Betawi. Tak seperti biasanya mengenakan sarung, Ma'ruf kali ini memakai celana bewarna hitam.

Selain Ma'ruf, sejumlah pejabat negara juga telah hadir di Istana Merdeka. Mereka antara lain, Kapolri Jenderal Tito Karnavian, Panglima TNI Marsekal Hadi Tjahjanto, Menko PMK Puan Maharani, Menteri Sekretaris Negara Pratikno, hingga Sekretaris Kabinet Pramono Anung.

Para pejabat negara dan tamu undangan yang menghadiri upacara HUT ke-74 RI mengenakan pakaian adat dari berbagai daerah di Indonesia.

 

 

Saksikan video pilihan di bawah ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Timnas Indonesia U-18 Tantang Malaysia di Semifinal Piala AFF pada 17 Agustus

Posted: 16 Aug 2019 08:45 PM PDT

Liputan6.com, Thu Dau Mot - Timnas Indonesia U-18 akan menghadapi laga penting di ajang Piala AFF U-18 2019. Garuda Nusantara, sebutan Timnas Indonesia U-18, akan bertarung melawan Timnas Malaysia di babak semifinal turnamen tersebut.

Sesuai jadwal, partai semifinal Timnas Indonesia U-18 kontra Malaysia akan dimainkan pada Sabtu sore (17/8/2019). Laga ini digelar di Go Dau Stadium, Vietnam. Pertandingan bertepatan dengan peringatan HUT ke-74 Republik Indonesia.

Jika sukses melewati hadangan Malaysia, Timnas Indonesia U-18 kembali harus berhadapan dengan tim kuat. Indonesia menunggu pemenang laga Australia vs Myanmar U-18.

Australia dan Malaysia memenangi perebutan tiket ke semifinal dari Grup B. Partai Australia versus Myanmar digelar setelah laga Timnas Indonesia.

Timnas Indonesia U-18 maju ke babak semifinal Piala AFF U-18 2019 setelah tampil sebagai juara Grup A. Mereka lolos ke babak ini dengan mengemas 13 poin.

Lihat jadwal Timnas Indonesia U-18 di babak semifinal Piala AFF U-18 di halaman berikut. Pertandingan ini bakal disiarkan langsung di SCTV.

Jadwal Pertandingan

Sabtu, 17 Agustus 2019

16.30 WIB, Timnas Indonesia U-18 vs Timnas Malaysia

Venue: Go Dau Stadium

Live di SCTV

18.30 WIB, Australia vs Myanmar U-18

Venue: Go Dau Stadium

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Guyonan Upacara Netizen di Twitter Dijamin Bikin Kamu Terbahak-bahak

Posted: 16 Aug 2019 08:40 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Selain tagar #74thIndonesia dan #R174, Twitter juga diramaikan dengan tagar #UpacaraNetizen.

Melalui tagar Upacara Netizen, banyak warganet menulis candaan yang dijamin akan bikin kamu terbahak-bahak.

Banyak dari mereka melontarkan kisah-kisah fiktif seputar upacara dengan cara yang kreatif dan terbilang out of the box.

Penasaran seperti apa candaan kocak yang ditulis warganet di Twitter? Berikut sejumlah cuitan dari mereka yang Tekno Liputan6.com himpun, Sabtu (17/8/2019).

Keriuhan Warganet Peringati HUT ke-74 RI

Pasukan Pengamanan Presiden (Paspampres) mengendarai Kereta Kencana yang membawa duplikat Bendera Pusaka Merah Putih dan Teks Proklamasi ketika Parade Kirab Bendera Merah Putih menuju Istana Merdeka di Jakarta, Kamis (17/8). (Liputan6.com/Pool)

Hari ini merupakan peringatan HUT ke-74 Republik Indonesia. Tidak hanya dengan aktivitas di lingkungan sekitar, semangat kemerdekaan ini juga digaungkan oleh para warganet.

Hal tersebut dapat dilihat dari topik HUT ke-74 RI yang kini mengisi Trending Topic di Twitter. Berdasarkan pantauan Tekno Liputan6.com, Sabtu (17/8/2019), sejumlah tagar seputar peringatan ini adalah HUTRI74TH, 74thIndonesia, dan RI74.

Kebanyakan cuitan itu merupakan bentuk syukur atas kemerdekaan yang sudah diperoleh bangsa Indonesia. Tidak sedikit pula yang mengajak agar masyarakat tetap untuk membangun Indonesia yang lebih baik.

Untuk mengetahui seperti apa cuitan warganet dalam memperingati HUT ke-74 RI, berikut ini ada beberapa tweet yang sudah dihimpun dari Twitter.

Menunggu Kejutan Jokowi di HUT ke-74 RI

Jokowi, AHY dan Jan Ethes Berfoto Bersama Sebelum Upacara HUT ke-74 RI (Liputan6/Lizsa Egeham)

Presiden Joko Widodo (Jokowi) menyiapkan kejutan khusus saat peringatan puncak HUT ke-74 RI. Peringatan Detik-Detik Proklamasi Kemerdekaan RI dipusatkan di Halaman Istana Merdeka, Jakarta pada 17 Agustus 2019.

Kepala Sekretariat Presiden Heru Budi Hartono memilih untuk merahasiakan kejutan itu. "Tentunya ada satu kejutan dan tentunya beda dengan tahun lalu dan tentu ada surprisenya kita tungu besok pagi," kata Heru di Kompleks Istana Kepresidenan Jakarta, Jumat (16/8/2019).

Peringatan Detik-Detik Proklamasi Kemerdekaan Republik Indonesia tersebut akan dimulai dengan kirab bendera pusaka.

Kemudian, kirab dilanjutkan dengan eks asli naskah proklamasi yang dimulai dari Monumen Nasional hingga Istana Merdeka untuk peringati HUT ke-74 RI. 

(Isk/Ysl)

Saksikan Video Pilihan Berikut Ini

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Ingat Pasangan Viral Ini? Begini 6 Potret Terbaru Azhari Irsalna yang Bikin Pangling

Posted: 16 Aug 2019 08:40 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Pada tahun 2016 lalu, pasangan kekasih asal Purwakarta Adit dan Azhari namanya pernah menjadi perbincangan hangat di dunia maya karrna kisah cinta mereka. Pasalnya, sosok Aditya yang dianggap ganteng oleh netizen jatuh cinta pada Azhari Irsalna yang dianggap biasa-biasa saja. 

Kala itu, akun Instagram Aditya dipenuhi komentar nyinyir, tapi Aditya tak menghiraukannya dan malah membela sang pacar. Tak melihat seseorang dari tampilan fisiknya, banyak warganet yang merasa iri dengan kisah cinta mereka. Tak sedikit juga yang ingin memiliki pasangan seperti Aditya.

Tak terasa 3 tahun pun berlalu, pasangan yang sempat viral ini pun sudah beranjak dewasa. Sosok Azhari Irsalna yang menurut netizen kala itu wanita biasa-biasa saja menjelma menjadi wanita yang cantik. Kini, gadis asal Purwakarta ini bahkan sudah pintar berdandan, dan menjadi beauty vlogger loh!

Lantas, bagaiamana hubungan mereka? Dari laman Instagram Azhari, foto bersama Aditya pun sudah tak lagi terlihat. Nampaknya, pasangan yang sempat viral ini sudah tak lagi bersama. 

Nah, penasaran kan bagaimana potret Azhari saat ini? Dilansir dari akun Instagram Azhari Irsalna, berikut Liputan6.com tampilkan 6 potret terbarunya yang bikin kamu pangling, Sabtu (17/8/2019).

1. Momen kebersamaan Azhari dan Aditya saat duduk di bangku SMA di tahun 2016. Ternyata keduanya sudah dekat sejak di bangku SMP loh!

Adit & Azhari

2. Pada tahun 2018, keduanya masih terlihat bersama. Namun, nampaknya kini keduanya sudah tak lagi bersama.

Azhari Irsalna (Sumber: Instagram azhirs)

3. Mulai beranjak dewasa, gadis asal Purwakarta ini menjelma menjadi gadis yang cantik.

Azhari Irsalna (Sumber: Instagram azhirs)

4. Diketahui, Azhari kini sedang menempuh pendidikan di Unversitas Padjajaran.

Azhari Irsalna (Sumber: Instagram azhirs)

5. Tak hanya itu, ia kini menjadi selebgram dan beauty vlogger loh. Ia sering membagikan tips dan trik seputar kecantikan.

Azhari Irsalna (Sumber: Instagram azhirs)

6. Potret Azhari saat pergi berlibur di pantai. Tetep stylish nih!

Azhari Irsalna (Sumber: Instagram azhirs)

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Tiga Tahun Absen, Andien Ingin Ikut Lomba 17-an‎ di HUT RI ke-74

Posted: 16 Aug 2019 08:40 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Masyarakat Indonesia biasanya merayakan hari Kemerdekaan Republik Indonesia dengan berbagai macam perlombaan. Namun sudah beberapa tahun belakangan ini penyanyi Andien absen mengikuti perlombaan-perlombaan tersebut.

Bukan karena sibuk, namun Andien mengaku kesulitan mencari perlombaan yang biasanya ada di saat momen 17-an. Oleh karenanya Andien ingin sekali mengikuti lomba di HUT ke-74 RI.

"Beberapa tahun terakhir aku tuh nyari dimana lomba yang bisa aku ikutin. Karena sekarang sudah kurang banget perlombaan loh, kita enggak tahu dimana kita mau daftar untuk ikut lomba tersebut. Jadi aku juga sebenarnya merasa sangat kangen ikutan lomba," ujar Andien di Perpustakaan Nasional RI, Jakarta Pusat, Jumat (16/8/2019).

Kenang Lomba 17-an

Fashion Show Sapto Djojokartiko (Daniel Kampua/Fimela.com)

Kenang pengalamannya mengikuti lomba, saat kecil Andien mengaku senang dengan lomba masukin pensil ke dalam botol dan makan kerupuk. Namun ada juga perlombaan yang tidak disukai olehnya.

"Aku enggak suka lomba sepeda lambat, aku suka sepeda hias," kata Andien.

Mengenalkan Lomba pada Anak

Andien

Andien ingin sekali memperkenalkan lomba 17-an untuk memeriahkan hari Kemerdekaan Repiblik Indonesia kepada buah hatinya, Anaku Askara Biru. Salah satunya lomba makan kerupuk yang sangat ia sukai.

"Kangen ikutan lomba, dan memperkenalkan lomba makan kerupuk ke anak. Ya sekadar lihat aja," kata Andien.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Prediksi Southampton vs Liverpool: Adrian Bikin Was-Was

Posted: 16 Aug 2019 08:35 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Liverpool akan melakoni laga tandang melawan Southampton di St Mary Stadium, Sabtu (17/8/2019). Duel ini akan diliputi banyak pertanyaan soal kesiapan kiper Liverpool, Adrian di laga ini.

Maklum, Adrian bikin was-was karena dikabarkan mengalami bengkak kaki. Lucunya cedera eks kiper West Ham ini terjadi gara-gara ditekel fans Liverpool usai melawan Chelsea di final UEFA Super Cup lalu.

Kabar terakhir menyebutkan Adrian siap untuk tampil untuk Liverpool lawan Southampton. "Saya berharap setelah mendapatkan perawatan lebih, segalanya bisa jadi lebih baik. Saya optimistis bisa main di laga nanti," katanya seperti dikutip BBC.

Ini masih di awal musim. Namun, Liverpool sudah menunjukkan potensi kekuatan yang mereka miliki. Bertandang ke St Mary's Stadium, The Reds diyakini akan mampu meraih tiga poin.

Liverpool akan melawat ke markas Southampton pada pekan ke-2 Premier League 2019/20, Sabtu (17/8/2019). Pertandingan ini akan ditayangkan di TVRI, dengan kick-off pukul 21:00 WIB.

 

Kontras

Kiper Liverpool Adrian bersiap menghadapi tendangan penalti Chelsea pada UEFA Super Cup di Istanbul, Turki, Kamis (15/8/2019) dini hari WIB. Liverpool menang adu penalti 5-4 (2-2). (AP Photo)

Dua tim ini meraih hasil kontras di pekan pembuka. Southampton mengawali langkah di liga tertinggi Inggris musim ini dengan kekalahan telak. Mereka dihantam tuan rumah Burnley tiga gol tanpa balas.

Sementara itu, Liverpool menang 4-1 menjamu tim promosi Norwich City pada laga pembuka di Anfield. Pasukan Jurgen Klopp menang lewat bunuh diri Grant Harley serta gol-gol Mohamed Salah, Virgil van Dijk, dan Divock Origi.

Liverpool tercatat memenangi sepuluh laga terakhirnya di Premier League, terhitung dari sembilan laga penutup musim sebelumnya. Jika menang di markas Southampton, maka The Reds akan menyamai rekor terbaik mereka di Premier League, yakni 11 kemenangan beruntun bersama Brendan Rodgers antara Februari dan April 2014.

Liverpool besutan Jurgen Klopp ini punya kapasitas untuk melakukannya.

Perkiraan Susunan Pemain

 Southampton (3-5-2): Gunn; Danso, Vestergaard, Bednarek; Bertrand, Hojbjerg, Romeu, Ward-Prowse, Valery; Adams, Redmond.

Manajer: Ralph Hasenhuttl.

 

Liverpool (4-3-3): Adrian; Robertson, van Dijk, Gomez, Alexander-Arnold; Henderson, Lallana, Wijnaldum; Mane, Firmino, Salah.

Manajer: Jurgen Klopp.

Info skuat: Alisson (cedera), Clyne (cedera), Lovren (meragukan), Milner (meragukan), Keita (meragukan).

 

Head-to-Head (Premier League)

Pertemuan: 40

Southampton menang: 10

Gol Southampton: 43

Imbang: 10

Liverpool menang: 20

Gol Liverpool: 68.

 

5 Pertemuan Terakhir

06-04-2019 Southampton 1-3 Liverpool (EPL)

22-09-2018 Liverpool 3-0 Southampton (EPL)

11-02-2018 Southampton 0-2 Liverpool (EPL)

18-11-2017 Liverpool 3-0 Southampton (EPL)

07-05-2017 Liverpool 0-0 Southampton (EPL).

 

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Bendera Merah Putih Raksasa Berkibar di Sungai Kapuas

Posted: 16 Aug 2019 08:32 PM PDT

Liputan6.com, Pontianak - Ribuan warga di Kota Pontianak, Kalimantan Barat, Sabtu, melakukan upacara dan mengibarkan bendera merah putih dalam memperingati HUT ke-74 RI di atas Sungai Kapuas atau sungai terpanjang di Indonesia.

"Alhamdulillah upacara pengibaran bendera merah putih di atas Sungai Kapuas tahun ini berjalan dengan sukses dan lancar," kata Ketua Panitia Penyelenggaran Pengibaran Bendera Merah Putih Pontianak, Azrul di Pontianak, Sabtu (17/8/2019).

Ia menjelaskan, upacara itu dalam rangka HUT RI baru pertama kali digelar di Kota Pontianak, yang diikuti oleh sebanyak 90 komunitas dan masyarakat sekitar Sungai Kapuas Pontianak.

"Upacara ini kami gelar, karena Sungai Kapuas penuh dengan sejarah, dan mudah-mudahan terus menimbulkan semangat kecintaan masyarakat terhadap NKRI (Negara Kesatuan Republik Indonesia)," ujarnya dilansir Antara.

Motto kami (para komunitas dari berbagai relawan yang ada di Pontianak) dengan upacara di atas Sungai Kapuas ini, maka dari Pontianak untuk Indonesia.

Selain melakukan upacara pengibaran bendera merah putih di atas Sungai Kapuas Pontianak, para komunitas dari berbagai relawan tersebut juga membentangkan bendera merah putih berukuran "raksasa" atau besar di Jembatan Kapuas I sebagai simbol perayaan Hari Kemerdekaan Republik Indonesia.

Dalam kesempatan itu, Azrul menambahkan, digelarnya upacara pengibaran bendera merah putih di atas Sungai Kapuas, karena pihaknya juga ingin mengangkat kearifan lokal, salah satunya Sungai Kapuas tersebut.

Dari pantauan di lapangan, meskipun kabut asap cukup tebal, masyarakat yang mengikuti upacara pengibaran bendera merah putih tersebut tampak sangat antusias.

Saksikan video pilihan berikut ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Tidak ada komentar: