Sabtu, 03 Agustus 2019

Liputan6 : RSS2 Feed

Liputan6 : RSS2 Feed


Honda Jazz Terbaru Siap Debut Oktober 2019

Posted: 03 Aug 2019 10:12 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Siap digelar 24 Oktober 2019 hingga 4 November 2019, ajang otomotif akbar Tokyo Motor Show 2019 siap menghadirkan mobil terbaru, salah satunya Honda Jazz.

Telah cukup lama menjadi perbincangan pecinta otomotif dunia, Honda Jazz terbaru menjadi model yang mengalami perubahan total karena interior, eksterior dan mesin yang dibenamkan berbeda dengan generasi sebelumnya.

Tanpa ragu, perusahaan otomotif asal Jepang Honda akan menggunakan Jazz baru sebagai kendaraan ramah lingkungan karena disematkan sistem hybrid.

Seperti dilansir Motorbeam, Minggu (3/8/2019), Honda Jazz kemungkinan akan dikemas dengan ruang kabin yang lebih luas tanpa menambah panjangnya. Tak hanya itu, model terbaru ini akan memiliki sistem hybrid ringan akan bekerja dengan mesin bensin 1,2 liter i-VTEC.

Selain itu, Honda juga dikabarkan akan memberikan pilihan mesin diesel turbocharged i-DTEC 1,5 liter meski belum ada informasi resmi terkait hal tersebut. Dari sisi transmisi, Honda juga akan memberikan beberapa opsi seperti gearbox manual untuk kedua mesin (bensin / diesel).

Harga Lebih Mahal

Mobil berlambang 'H' tersebut juga memiliki desain revisi dari sisi eksterior. Terlihat lampu depan yang lebih ramping dengan DRL LED dan proyektor untuk mendapatkan cahaya lebih baik.

Bagian depan mobil juga dinilai lebih agresif dengan kap mobil yang didesain ulang, gril baru, dan bumper depan lebih segar.

Dengan perubahaan yang ditawarkan, Honda Jazz terbaru disinyalir memiliki harga lebih tinggi. Meski demikian, hingga saat ini belum ada keterangan resmi terkait hal tersebut.

Simak Video Pilihan Berikut Ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Donald Trump Sebut Penembakan El Paso Tindakan Pengecut

Posted: 03 Aug 2019 10:01 PM PDT

Liputan6.com, Washington DC - Presiden Amerika Serikatm (AS) Donald Trump mengutuk penembakan El Paso pada Sabtu, 3 Agustus 2019. Ia menyebut insiden yang terjadi di supermarket Walmart di Texas itu sebagai tindakan pengecut.

"Penembakan hari ini di El Paso, Texas tidak hanya tragis, itu adalah tindakan pengecut," tulis Donald Trump di Twitter.

Donald Trump, presiden nyentrik AS itu menambahkan, tidak ada pembenaran atas pembunuhan orang tak bersalah, seperti dikutip dari Channel News Asia, Minggu (4/8/2019).

Sebanyak 20 orang tewas akibat serangan oleh pria bersenjata pada Sabtu. Belasan orang lainnya juga luka-luka. Sementara para pembeli panik melarikan diri.

Insiden itu terjadi saat banyak warga tengah sibuk membeli peralatan sekolah di Walmart El Paso. Penembakan itu terjadi hanya enam hari pasca-seorang remaja bersenjata menewaskan tiga orang di sebuah festival makanan di California Utara.

"Hari itu akan menjadi hari normal bagi seseorang untuk berbelanja dengan santai, (namun) berubah menjadi salah satu hari paling mematikan dalam sejarah Texas," kata Gubernur Texas Greg Abbott dalam konferensi pers.

 

Tiga Warga Meksiko Ikut Tewas

Petugas keamanan dikerahkan pasca insiden penembakan di El Paso yang menewaskan 20 orang (AP/Mark Lambie)

Presiden Meksiko Andres Manuel Lopez Obrador mengatakan tiga orang Meksiko termasuk di antara yang tewas. Enam orang Meksiko terluka.

Insiden ini memang disebut sebagai penembakan massal terburuk kedelapan dalam sejarah AS modern, setelah penembakan 1984 di San Ysidro yang menewaskan 21 orang.

Tersangka diidentifikasi sebagai pria kulit putih berusia 21 dari Allen, Texas, sebuah distrik di pinggiran kota Dallas, sekitar hampir 1.000 kilometer di timur El Paso.

Ditanya selama wawancara CNN tentang laporan tentang adanya posting online yang dilakukan oleh tersangka, Jaksa Agung Texas Ken Paxton mengatakan dia tidak akan terkejut dengan cara apa pun.

"Saya pikir itu dapat membantu menjelaskan mengapa dia melakukannya," kata Paxton. "Mereka masih mewawancarainya."

Kepala polisi El Paso Greg Allen mengatakan pihak berwenang memiliki manifesto dari tersangka yang menunjukkan "ada potensi nexus dengan kejahatan rasial." Pejabat menolak untuk menguraikan dan mengatakan penyelidikan berlanjut.

Simak video pilihan berikut:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Live Streaming O Channel: Borneo vs PSS Sleman di Shopee Liga 1 2019

Posted: 03 Aug 2019 10:00 PM PDT

Liputan6.com, Samarinda - Borneo FC akan menjamu PSS Sleman di Stadion Segiri Samarinda, Minggu (4/8/2019) dalam lanjutan Shopee Liga 1 2019. Pertandingan ini bakal ketat karena kedua tim hanya terpaut satu poin.

Borneo FC kini berada di peringkat ke-8 dengan 15 poin dari sembilan pertandingan yang sudah mereka mainkan di Shopee Liga 1 2019. Adapun, PSS Sleman menduduki posisi ke-6 setelah meraup 16 angka dari 11 laga.

Borneo FC tak terkalahkan dalam lima partai terakhir Liga 1 2019. Pesut Etam memenangi tiga pertandingan di antaranya, dengan dua laga berakhir seri.

Sementara itu, PSS Sleman yang berstatus sebagai tim promosi, baru saja menaklukkan tim kuat Madura United. Bahkan tiga poin itu didapat di markas lawan. Praktis secara psikologis tim besutan Seto Nurdiyantoro, sedang meninggi.

Saksikan Live Streaming O Channel: Borneo vs PSS Sleman di Shopee Liga 1 2019 dapat Anda saksikan mulai pukul 15.30 WIB.

Dapatkan link Live Streaming O Channel: Borneo vs PSS Sleman di Shopee Liga 1 2019 pada halaman selanjutnya.

Link Live Streaming

Untuk link Saksikan Live Streaming O Channel: Borneo vs PSS Sleman di Shopee Liga 1 2019 silakan klik di sini....

 

Prakiraan Susunan Pemain

Borneo FC (4-4-2): Nadeo Agrawinata (kiper); Diego Michiels, Abdul Rahman, Fathul Rahman, Nurdiansyah (belakang); Ambrizal Umanailo, Asri Akbar, Renan Silva, Terens Puhiri (tengah); Lerby Eliandry, Rifal Lastori (depan)

Pelatih: Mario Gomez

PSS Sleman (4-4-2): Ega Rizky (kiper); Bagus Nirwanto, Ikhwan Ciptady, Asyraq Gufron, Derry Rachman (belakang); Dave Mustaine, Guilherme Felipe de Castro, Brian Ferreira, Irkham Zahrul Mila (tengah); Yevhen Bokhasvili, Kushedya Hari Yudo (depan)

Pelatih: Seto Nurdiyantoro

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Ungkap Kepribadian Tersembunyi Berdasarkan Masakan Telur Favorit

Posted: 03 Aug 2019 10:00 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Untuk mengetahui kepribadian seseorang memang bisa dengan berbagai cara, salah satunya dari aktivitas yang biasa dilakukan seseorang. Kali ini, kami akan membantu kamu untuk mengetahui kepribadian bawah sadar kamu.

Nah, salah satunya dilihat dari masakan telur kesukaanmu. Melansir dari Metro, Minggu (4/8/2019), olahan atau masakan telur bisa menebak kepribadian seseorang. Orang yang suka dengan telur rebus memiliki kepribadian yang cukup berbeda dengan orang yang suka dengan telur goreng. Begitu juga dengan kepribadian orang yang suka telur ceplok dengan telur dadar.

Nah, penasaran seperti apa? Berikut ulasannya.

1. Telur Dadar

Jika kamu menyukai telur dadar, berarti kamu sosok yang suka menjaga kebersihan. Tak heran jika dirimu individu yang teratur dan suka kerapian.

Selain itu, kamu juga cenderung perfeksionis tapi ramah, pandai bergaul dan menyenangkan. Itu yang membuatmu menjadi sosok yang diteladani orang-orang di sekitarnya.

 

 

2. Telur Rebus

Kamu yang suka dengan telur rebus biasanya memiliki kepribadian yang unik. Mereka penuh semangat, pola pikirnya matang dan suka tantangan. Tapi, mereka juga sedikit berantakan dan tak suka aturan. Mereka adalah pribadi yang cuek meski sebenarnya sangat peduli dengan penampilannya di hadapan orang lain.

3. Telur Orak-arik

Kamu yang menyukai menu masakan telur orak-arik biasanya yakni individu yang suka kebebasan dan punya kreatifitas tinggi. Kamu juga tidak suka aturan, tapi tak pernah melanggar aturan. Kamu adalah pribadi yang ramah, menyenangkan dan pandai bergaul.

4. Telur Ceplok

Jika kamu tipe individu yang suka memakan telur ceplok atau mata sapi, berarti kamu individu yang sulit ditebak. Namun, kamu dikenal individu periang yang membuat orang-orang di sekelilingmu terhibur.

Namun sayangnya, kamu sangat moody sehingga seketika suasana hati bisa berubah bak roaler coaster.

Reporter:

Mimi Rohmitriasih

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Tarot Cinta: Usahamu Membuahkan Hasil

Posted: 03 Aug 2019 10:00 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Kartu Ten of Wands muncul dalam prediksi Tarot Cinta periode 3 - 9 Agustus 2019, simak arti selengkapnya

 

Ten of Wands 

Usaha keras selama ini membuahkan hasil. Tidak ada proses yang sia-sia. Meskipun berat, namun akhirnya kamu mendapatkan yang kamu harapkan. 

 

Jomblo

Fokuslah dahulu pada pekerjaanmu. Buktikan bahwa kamu mampu. Tidak perlu banyak bicara, kerjakan saja. 

 

PDKT

Upaya pendekatanmu selama ini membuahkan hasil. Strategimu kali ini cukup jitu. Selamat!

 

 

 

Pacaran dan Menikah

Pacaran

Jika memang terasa berat, mengapa harus dilanjutkan? Cobalah berpikir dengan lebih jernih. 

 

Menikah 

Tidak ada proses yang sia-sia. Semua niat ditujukan untuk kebaikan bersama. Kerjasama akan membuat masalah jadi lebih ringan. 

 

Saran Cinta

Kartu Tarot The Hermit

The Hermit 

Solusi permasalahan cintamu dalam minggu ini semua kembali kepada dirimu. Refleksikan yang telah kamu alami. Tidak ada yang berakhir buruk. Semesta pasti memberikan yang terbaik untukmu. 

 

Konsultasi pribadi Dewi Tarot: 082242056585

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Cara Unik Berdialog Lintas Agama di Atas Kapal dari Jakarta ke Surabaya

Posted: 03 Aug 2019 10:00 PM PDT

Liputan6.com, Surabaya - Kementerian Agama (Kemenag) kembali menggelar dialog lintas agama, dalam rangka mengembangkan wawasan toleransi antaragama ke masyarakat. Kali ini para siswa dari berbagai kota diikutsertakan dalam dialog ini selama perjalanan menuju ke Surabaya.

Uniknya, dialog ini digelar di atas kapal yang berlayar dari Pelabuhan Tanjung Priok Jakarta menuju ke Pelabuhan Tanjung Perak Surabaya.

Kabid Litbang Pendidikan Agama dan Pendidikan Tinggi Keagamaan, Badan Litbang dan Diklat Kementerian Agama, Huriyudin mengatakan, ada 60 orang siswa terpilih yang mewakili tiga provinsi yaitu DKI Jakarta, Banten dan Jawa Barat (Jabar).

"Dialog lintas agama di atas kapal ini digelar selama dua hari perjalanan, yaitu pada Rabu 31 Juli 2019 hingga hari Minggu (1/8/2019) lalu," ujarnya di Surabaya, Minggu (4/8/2019).

Kegiatan ini sendiri merupakan program Kementerian Agama, untuk menumbuhkembangkan wawasan, sikap keberagaman, toleransi, meningkatkan kesadaran dan kelancaran komunikasi bagi siswa lintas agama.

Dialog lintas agama ini juga diharapkan bisa menyusun rencana aksi, membangun sikap keberagaman toleransi siswa lintas agama di sekolah.

"Para siswa yang ikut program ini, akan mengkampanyekan hasil diskusi. Dia juga diharapkan menbantu sekolah, agar mencegah masuknya isu tentang intoleransi," katanya.

Berbagai narasumber didatangkan Kemenag untuk memberikan wawasan ke para siswa, yaitu Junaidi Simun ,peneliti dari Center for the Study of Religion and Culture (CSRC) Universitas Islam Negeri (UIN) Jakarta.

Ada juga Iwan Buana Managing Director Yayasan Sabang-Merauke Reynold Hamdani, Irfan Amalee, Managing Indonesian Moslem Choir dan Co-Founder Peace Generation.

"Kita memberikan materi pengenalan, tidak sebatas identitas diri tapi juga menguak prasangka sehingga tidak hanya kenal dari luar namun juga dari dalam," ujar narasumber Junaidi.

Materi yang ditekankan pada dialog lintas agama ini dari pelabuhan Jakarta ke Surabaya ini, yaitu mengajak para peserta untuk bisa mengkampanyekan budaya damai mulai dari lingkungan sekolah.

Dia berharap, program ini bisa lebih meluas, sehingga antisipasi isu intoleran dapat segera dicegah. Para peserta juga bisa menyebarkan ilmunya ke sesama rekannya hingga komunitas lain.

 

Surabaya Gagas Beasiswa Pendidikan, Pemutus Rantai Kemiskinan

Wali Kota Surabaya Tri Rismaharini  (Foto: Liputan6.com/Dian Kurniawan)

Sebelumnya, Wali Kota Surabaya, Tri Rismaharini (Risma) menuturkan, salah satu memotong garis kemiskinan dengan memberikan pendidikan kepada anak-anak dari keluarga kurang mampu secara ekonomi.

"Sehingga mereka nantinya bisa langsung mendapatkan pekerjaan dan dapat meningkatkan status sosial ekonomi keluarganya," ujar Risma, seperti dilansir suarasurabaya.net, Jumat, 2 Agustus 2019 saat diskusi ITS bersama Pemkot Surabaya dan sejumlah dunia usaha.

Akan tetapi, lanjut Risma, masih banyak stigma yang beredar dalam masyarakat untuk melanjutkan pendidikan ke perguruan tinggi tentu membutuhkan biaya yang besar. 

Mengatasi hal tersebut, Risma mengaku sampai mendatangi anak-anak yang sebenarnya secara akademik bagus tetapi tidak melanjutkan pendidikannya.

Risma pun membujuk mereka agar mau untuk melanjutkan pendidikannya. Risma juga menuturkan, saat ini telah banyak sekali program dari Pemkot Surabaya yang telah berhasil memutus rantai kemiskinan.  Selain melalui program beasiswa pendidikan, terdapat juga pembinaan dalam hal start up atau kewirausahaan.

"Bahkan saat ini, beberapa dari mereka omzetnya sudah mencapai puluhan juta rupiah," kata Risma.

Sebenarnya, lanjut Risma kualitas kerja dari anak-anak yang berasal dari keluarga yang kurang mampu tersebut sangat luar biasa.

"Mereka rajin, loyal, dan dapat membantu keluarganya atau lingkungannya," papar perempuan yang pernah diniobatkan sebagai Wali Kota Terbaik Ketiga Sedunia ini.

 

Dukungan ITS

Kampus ITS (Foto: Dok ITS)

Sementara itu, Mochamad Ashari, Rektor ITS mengatakan, ITS mendukung penuh program beasiswa dari Pemkot Surabaya untuk siswa kurang mampu tersebut agar bisa berkuliah di ITS. 

"Sebenarnya banyak sekali program di ITS yang bisa diikuti oleh mereka, mulai dari program vokasi atau sarjana terapan, sarjana, pelatihan atau sertifikasi, dan lain sebagainya," terang Ashari yang juga guru besar Teknik Elektro ini mengingatkan.

Selain dari pihak Pemkot Surabaya dan jajaran pimpinan ITS, diskusi ini juga mendatangkan beberapa perwakilan dari perusahaan yang ada di Kota Surabaya dan sekitarnya. 

Harapannya, perusahaan-perusahaan tersebut bisa menerima para lulusan program beasiswa dari Pemkot Surabaya ini sesuai dengan apa yang mereka butuhkan.

 

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Facebook Depak Ratusan Akun, Halaman dan Grup Mencurigakan dari Tiga Negara Ini

Posted: 03 Aug 2019 10:00 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Facebook menghapus sejumlah akun, halaman, dan grup yang terindikasi melakukan aktivitas mencurigakan di Facebook dan Instagram.

Mengutip keterangan di halaman Newsroom Facebook, ditemukan dua operasi terpisah; satu berasal dari Uni Emirat Arab dan Mesir; satu lagi berasal dari Arab Saudi.

Dua operasi tersebut tidak terhubung satu sama lain. Namun, keduanya menciptakan jaringan akun untuk mengelabui orang-orang tentang siapa mereka dan apa yang mereka lakukan.

"Kami terus berupaya mendeteksi dan menghentikan jenis aktivitas ini karena kami tidak ingin layanan kami digunakan untuk memanipulasi orang," kata Facebook.

Lebih lanjut disebutkan bahwa penghapusan akun, halaman, dan grup itu dilakukan dengan mengacu pada aktivitas mereka, bukan pada konten yang mereka terbitkan.

Di setiap kasus ini, ujar Facebook, pihak di balik kegiatan ini berkoordinasi satu sama lain dan "menggunakan akun palsu untuk mengelabui orang-orang dan itulah yang menjadi dasar tindakan perusahaan."

 

Jumlah Akun, Halaman, dan Grup yang Dihapus

Perusahaan mengklaim telah menghapus 259 akun Facebook, 102 halaman Facebook, 5 grup Facebook, 4 acara (events) Facebook, dan 17 akun Instagram karena terlibat dalam perilaku mencurigakan yang berasal dari Uni Emirat Arab dan Mesir.

Mereka berfokus pada pengguna di sejumlah negara, terutama di Timur Tengah dan beberapa di Afrika Utara dan Timur, termasuk Libya, Sudan, Komoro, Qatar, Turki, Lebanon, Suriah, Yordania dan Maroko.

Selain itu, perusahaan juga mengklaim telah menyingkirkan 217 akun Facebook, 144 halaman Facebook, 5 grup Facebook dan 31 akun Instagram yang terlibat dalam perilaku mencurigakan yang berasal dari Arab Saudi.

Mereka berfokus terutama pada pengguna di Timur Tengah dan Afrika Utara, termasuk Qatar, Arab Saudi, UEA, Bahrain, Mesir, Maroko, Palestina, Lebanon dan Yordania.

(Why/Ysl)

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Rich Brian Diam-Diam Syuting Film Selama di Indonesia

Posted: 03 Aug 2019 10:00 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Menemani album barunya yang berjudul The Sailor, Rich Brian merilis film pendek berdurasi 15 menit. Film yang juga berjudul The Sailor ini, disutradarai oleh Sing J. Lee, sineas yang juga menggarap videoklip lagu Brian lainnya, "Kids".

Film pendek The Sailor dikerjakan di Jakarta pada Juli lalu saat Rich Brian pulang ke Indonesia. Mamag Studios merupakan nama di balik produksi film ini.

Studio tersebut diketahui pernah mendapat beberapa penghargaan. Bahkan, Mamag Studios sempat bekerjasama dengan Donald Glover, Adidas, Google, Spotify, dan The New York Times.

"Kita tidak bisa memungkiri bahwa sosok seperti Brian diperlukan di dunia musik," ujar Lee dalam keterangan tertulis soal Rich Brian yang diterima Liputan6.com, belum lama ini.

Rumah untuk Banyak Orang

Rich Brian (Instagram/brianimanuel)

"Lewat album ini, Brian berhasil menciptakan rumah untuk asal muasal dan mimpinya. Tanpa disadari apa yang dia lakukan juga memberikan rumah untuk banyak orang lain," lanjut Sing J. Lee.

Ketika diajak berkolaborasi dengan Rich Brian dan 88rising, Sing J. Lee bersama Sylvia Zakhary (pendiri Mamag Studios) ingin membuat sesuatu yang berkaitan dengan ide sebuah rumah.

"Kata-kata dari Rich Brian mengingatkan saya juga, seorang imigran, yang mana ide sebuah rumah menurut kami (imigran) dipertanyakan dan diartikan oleh orang lain atau masyarakat," Lee mengenang.

"Tetapi sebuah rumah sebenarnya berada di dalam hati dan pikiran. Rumah akan ada selama ada cinta. Cinta untuk segala macam pengalaman yang menjadikan dirimu seperti hari ini. Itulah puisi dari film pendek ini," tambahnya.

 

Tekad Semua Anak Muda

Kesuksesan karier bermusiknya di Hollywood mengantarkan Brian berkesempatan berkolaborasi dengan Pharrel Williams, Diplo dan Skrillex. Brian juga akhirnya di kontrak oleh label 88Rising bersama musisi-musisi besar Asia. (Liputan6.com/IG/@brianimanuel)

Dalam wawancara dengan Sean Evans dari First We Fest, Rich Brian menjelaskan tema lagu "The Sailor". Intinya adalah tentang Brian dan semua anak muda yang memiliki tekad tinggi dalam menjelajahi wilayah yang belum pernah disinggahi sebelumnya.

"Ini juga sebuah metafora tentang semua imigran yang datang ke Amerika Serikat untuk mendapatkan kehidupan yang lebih baik dan mencari kesempatan seperti yang tengah saya nikmati sekarang ini," terang Brian.

"The Sailor" yang merupakan album kedua Rich Brian dirilis pada Jumat (26/7/2019) oleh 88rising yang didistribusikan secara ekslusif oleh 12Tone. The Sailor pun menuai banyak pujian, salah satunya dari Hypebeast.

"Rich Brian dengan identitas Asia-nya berhasil tumbuh dan berkembang pesat," begitu ulasan dalam artikel tersebut.

Direkam di Amerika dan Indonesia

Rich Brian (Instagram/brianimanuel)

Proses rekaman The Sailor dilakukan tahun lalu di New York, Los Angeles, dan Jakarta. Album ini berisi beberapa single yang sudah dirilis terlebih dahulu seperti "Yellow" dan "Kids".

Album yang melibatkan Bekon & The Donuts, 1Mind, Frank Dukes dan Rich Brian sendiri ini, menceritakan kisah Brian yang beranjak dewasa di mata publik.

Berawal dari seorang anak yang nge-rap di internet dan viral, kemudian menjadi ikon Indonesia sekaligus pejuang yang mewakili anak-anak muda Asia di seluruh dunia.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

VIDEO: Aksi Berani Warga Kampar Bermain Dengan 2 King Kobra

Posted: 03 Aug 2019 10:00 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Seorang warga Desa Mentulik, Kabupaten Kampar, Riau, membuat geger karena menaklukkan 2 ular king kobra. Kemampuan pria ini menjadi viral hingga ke mancanegara.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Kualitas Udara di Area Car Free Day Jakarta Sempat Membaik

Posted: 03 Aug 2019 09:57 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Kualitas udara di kawasan hari bebas kendaraan bermotor atau car free day (CFD) pada Minggu (4/8/2019) sempat membaik. Berdasarkan data AirVisual.com, pada pukul 10.00 WIB indeks kualitas udara atau US Air Quality Indeks area CFD berada di angka 105.

Status udara di indeks AQI 105 memang berada di tingkat tidak sehat untuk kelompok sensitif, namun hampir mendekati kualitas udara baik secara rata- rata, yaitu di angka AQI 100.

Area car free day yang tersedia di sepanjang Jalan Sudirman hingga MH Thamrin ini mengurangi banyak sumber polutan di daerah Jakarta Pusat. Kendaraan bermotor yang diizinkan beroperasi hanya Transjakarta.

Namun hal ini tidak bertahan lama. Dilansir Antara, pada pukul 10.30 WIB memasuki waktu CFD berakhir, indeks kualitas udara di area Jalan MH Thamrin dan Sudirman meningkat kembali di angka AQI 144.

Hal ini membuktikan bahwa dengan berkurangnya kendaraan bermotor di wilayah Jakarta dapat memberikan kontribusi bagi kualitas udara di Jakarta menjadi lebih baik.

 

Terburuk Kedua di Dunia

Penampakan polusi udara di langit Jakarta Utara, Senin (29/7/2019). Kualitas udara Jakarta pagi ini berada pada posisi tidak sehat. (Liputan6.com/Faizal Fanani)

Sebelumnya, pada Minggu pagi ini, Jakarta menduduki posisi kedua sebagai negara dengan indeks kualitas udara terburuk di dunia dengan indeks kualitas udara di angka 152 atau tidak sehat.

Saksikan video pilihan di bawah ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

6 Situs untuk Buat Infografis Gratis, Tak Perlu Jago Desain

Posted: 03 Aug 2019 09:45 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Banyak yang mengatakan bahwa gambar bernilai ribuan kata. Ketika perhatian khalayak mulai menurun, penting untuk menempatkan gagasan dengan jelas dan ringkas. Saat inilah sebuah infografis berperan. Infografis biasa digunakan untuk menyampaikan sebuah pesan dengan tak hanya menggunakan tulisan melainkan juga menggunakan gambar dan ilustrasi menarik.

Infografis tidak hanya membantu mencerna informasi lebih cepat, tetapi juga memastikan bahwa gambar dan informasi itu tetap ada dalam pikiran untuk waktu yang lama. Lebih mudah mengingat pesan dalam sebuah infografis dengan desain menarik daripada hanya pesan dengan seribu kata.

Namun, membuat infografis yang indah dan menarik secara visual bukanlah tugas yang mudah bagi sebagian orang. Program MS Word atau Paint 3D tak dapat mendukungmu membuat infografis profesional. Kamu mungkin bisa menggunakan Photoshop atau CorelDraw, namun, bagi yang tidak terbiasa, butuh waktu lama untuk dapat membuat infografis yang bagus.

Tak perlu khawatir jika tak jago desain. Kini banyak situs yang memungkinkan kamu untuk membuat infografis secara online. Situs-situs ini memiliki semua template dan alat penting yang diperlukan untuk menghasilkan gambar yang kaya visual dalam hitungan menit.

Berikut 6 situs untuk buat infografis gratis yang berhasil Liputan6.com lansir dari Guiding Tech, Minggu (4/8/2019).

Visme

Visme (sumber: Guiding Tech)

Situs pertama dalam daftar adalah Visme. Dengan koleksi templat yang menarik, situs ini membuat bahkan infografis dengan cara menyenangkan. Yang menarik dari situs ini adalah beragamnya koleksi ikon, font, gambar, dan grafik.

Menggunakan situs ini sangat sederhana, bahkan jika kamu seorang pemula. Selain itu, Visme memiliki video instruksional yang akan memandumu melalui langkah-langkah untuk membuat infografis.

Selain itu, kamu dapat mengubah ukuran infografis, atau membuatnya dari awal. Lebih penting lagi, ada tombol Autosave, yang memastikan bahwa kamu tidak kehilangan proyek kreatif di saat yang tak diinginkan.

Visme tersedia gratis dalam paket freemium. Paket dasar ini memungkinkan kamu membuat hingga 5 proyek dan memberimu akses ke penyimpanan 100MB. Pada versi gratis ini templat, bentuk, dan ikon juga terbatas.

Canva

Canva

Canva tak dapat diragukan lagi kualitasnya dalam hal mendesain online. Mirip dengan Visme, situs ini dilengkapi dengan banyak aset gratis. Dari latar belakang yang menarik hingga ikon dan bentuk yang keren, kamu dapat menjelajahi banyak opsi.

Yang perlu kamu lakukan adalah mengetikkan infografis di bilah pencarian, dan semua templat terkait akan segera muncul. Pilih satu yang kamu sukai dan mulai kustomisasi sendiri. Atau, jika kamu ingin membuat semuanya dari awal, Canva memungkinkanmu melakukannya juga.

Semua aset dikategorikan dengan rapi untuk menjadikan semuanya mudah diakses, bahkan jika kamu sepenuhnya baru di platform. Beberapa ikon, gambar, atau bentuk gratis, sementara yang lain dibayar.

PiktoChart

PiktoChart (sumber: Guiding Tech)

Jika kamu mulai bosan dengan Canva, kamu mungkin bisa mulai menggunakan PiktoChart. Yang membuat PiktoChart menonjol dari yang lain adalah template yang bersih dan informatif. Mereka bebas dari kekacauan, yang membuat informasi mudah dikenali.

Dari segi stok elemen PiktoChart memiliki jangkauan yang luas. Cukup mencari mereka secara manual atau menggunakan drop-down, klik, dan item tersebut akan muncul pada layar. PiktoChart memungkinkanmu mengunduh resolusi gambar Normal dan Sedang dalam format PNG.

Snappa

Snappa (sumber: Guiding Tech)

Snappa adalah alat lain yang memungkinkanmu membuat infografis yang mengesankan dalam beberapa menit. Snappa memberimu banyak opsi untuk templat, tergantung pada tema yang diambil. Kamu juga dapat mengubah ukuran template.

Selain infografis, ini juga memungkinkan Anda membuat Sampul Facebook dan Twitter yang keren, Thumbnail YouTube dan Cerita & Tulisan Instagram. Versi dasar Snappa gratis untuk satu pengguna dan memungkinkanmu mengakses hingga 5000 templat berbeda bersama dengan grafik keren dan foto HD.

Adobe Spark

Adobe Spark (sumber: Guiding Tech)

Adobe Spark adalah alat keren lainnya untuk membuat infografis, mendesain poster, dan posting Instagram juga. UI di Adobe Spark memiliki nuansa old-school. Namun, set alat bawaan cukup lengkap untuk hampir semua hal.

Ada banyak template yang bisa kamu mainkan. Dari timeline sederhana hingga lembar fakta yang keren, kamu akan menemukan segalanya di sini. Bagian terbaik dari Spark adalah jika kamu merasa perlu mengubah gambar dasar, Spark akan secara otomatis menampilkan semua gambar yang terkait dengan tema inti templatmu.

Adobe Spark memungkinkanmu mengunduh format PNG, JPG, dan PDF dari gambar. Menariknya Adobe Spark adalah bahwa versi gratisnya tidak memiliki banyak keterbatasan. Penggunaan ikon, gambar, dan gaya teks hampir tidak terbatas. Satu-satunya kekurangan adalah bahwa ia mencap tanda air pada hasil karyamu. Mengupgrade ke paket Pro dapat menghilangkan tanda air ini.

Infogram

Infogram  (sumber: Guiding Tech)

Sesuai namanya, Infogram adalah pembuat infografis. Sorotan utama situs ini adalah pembuat bagannya, yang memungkinkanmu memasukkan dan mengedit data untuk bagan. Jadi jika kamu menemukan grafik Google Sheets sedikit rumit untuk digunakan, Infogram bdapat menudahkanmu.

Setelah memilih bagan, yang perlu kamu lakukan adalah mengklik dua kali pada legend atau bidang data, dan spreadsheet akan muncul langsung di sebelah kanan. Kamu bahkan dapat mengunggah file sendiri. Selain itu, Infogram memungkinkanmu bermain-main dengan elemen lain seperti bentuk, animasi, dan peta. Pengoperasiannya sesederhana drag and drop.

Satu-satunya kekurangan situs ini adalah dengan versi gratis Infogram, kamu tidak dapat mengunduh gambar ke PC. Sebagai gantinya, kamu dapat membagikannya langsung di media sosial.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

6 Potret Transformasi Leony Trio Kwek Kwek, San Chai-nya Indonesia

Posted: 03 Aug 2019 09:35 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Leony Vitria Hartanti, seorang mantan penyanyi cilik kelahiran 20 September 1987 ini dahulu namanya melejit lewat grup Trio Kwek Kwek. Sebuah trio yang anggota termudanya adalah Leony ini dahulunya populer dengan lagu anak-anak.

Namun selang beranjak dewasa, Leony lebih banyak menggeluti dunia peran daripada tarik suara. Sampai pada akhirnya dirinya memerankan seorang karakter bernama 'Ony' dalam sebuah sinetron Siapa Takut Jatuh Cinta pada tahun 2002.

Sinetron ini dahulunya adalah adaptasi dari sebuah serial Meteor Garden yang sangat populer di Indonesia. Sinetron Siapa Takut Jatuh Cinta 2002 ini pun karakternya hampir mirip dengan peran karakter seperti serial Meteor Garden dengan pentolannya Tao Ming Tse.

Pentolan geng F4 Indonesia dalam sinetron adaptasinya ini adalah Indra L Brugman, yang beradu akting dengan Leony. Sebagai generasi 90-an serial Meteor Garden dan Siapa Takut Jatuh Cinta tentu jadi sebuah tontonannya pada saat itu.

Nah kini setelah 17 tahun berlalu dari awal sinetron tersebut tayang, begini 6 potret transformasi Leony Trio Kwek Kwek yang Liputan6.com rangkum dari berbagai sumber, Minggu (4/8/2019).

Leony merupakan anggota termuda dari Trio Kwek Kwek

Leony dan dua personel Trio Kwek Kwek. (Instagram/leonyvh)

Saat berfoto dengan almarhumah Nike Ardila pada tahun 1994

Leony  yang kenakan apron tan ropi chef (Instagram/dea_ananda)

Leony saat berperan menjadi 'Ony' dalam sinetron Siapa Takut Jatuh Cinta tahun 2002

Leony dan para pemain sinetron Siapa Takut Jatuh Cinta 2002 (Sumber: Intagram/indrabruggman)

Leony kini memiliki sebuah bisnis kuliner di mana ia sendiri menggeluti bidang tersebut

Leony  yang kenakan apron dan topi chef (Instagram/leonyvh)

Potret Leony saat liburan bersama keluarga ke Jepang

Leony bersama keluarga (Instagram/leonyvh)

Potret terbaru Leony dengan Dea Ananda

Leony bersama Dea Ananda (Instagram/leonyvh)

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Barito Putera Vs Persib: Sama-Sama Kuat di Sektor Sayap

Posted: 03 Aug 2019 09:35 PM PDT

Jakarta Persib Bandung dan Barito Putera sama-sama mengincar kemenangan saat main di pekan ke-12 Shopee Liga 1 2019. Kedua tim yang akan bertanding di Stadion Demang Lehman, Martapura, Minggu (4/8/2019), itu butuh tiga poin penuh untuk mengkatrol posisi.

Barito Putera nihil kemenangan pada tiga pertandingan terakhir. Tim berjulukan Laskar Antasari itu kalah sekali dan bermain imbang dua kali. Kini, Rizky Pora dan kawan-kawan terjebak di peringkat ke-14 dengan sembilan poin dari 11 pertandingan. 

Namun, untuk menjamu Persib Bandung Barito Putera terancam kehilangan Evan Dimas Darmono. Pemain berusia 24 tahun itu masih mengalami cedera paha belakang.

Di kubu lawan, Persib berhasrat bangkit. Tim berjulukan Pangeran Biru itu selalu menelan kekalahan dalam dua laga terakhir, masing-masing 0-2 dari Bali United dan 1-5 dari Arema FC.

Saat ini, Persib berada di peringkat ke-11 dengan 13 angka. Pangeran Biru mencatatkan tiga kemenangan, tiga seri, dan tiga kekalahan.

Berikut duel antarlini Barito Putera dengan Persib Bandung yang dapat menambah keseruan pertandingan:

Persaingan Kiper Senior dan Junior

Kiper Barito Putera, Aditya Harlan, saat laga ujicoba melawan Persija Jakarta di Stadion Bea Cukai, Jakarta, Selasa (5/4/2016). Kedua tim bermain imbang 2-2. (Bola.com/Vitalis Yogi Trisna)

Persaingan kiper senior dan junior akan mewarnai pertandingan Barito Putera kontra Persib. Tuan rumah akan mengandalkan Aditya Harlan, penjaga gawang berusia 32 tahun.

Sementara Persib, kehilangan dua kipernya, Muhammad Nathsir dan I Made Wirawan yang menderita cedera. Pangeran Biru terpaksa mengandalkan penjaga gawang berusia 20 tahun, Aqil Savik.

Lini Pertahanan Keropos

Bek Persib Bandung, Bojan Malisic, memberikan arahan kepada rekannya saat melawan Persiwa Wamena pada laga Piala Indonesia di Stadion Si Jalak Harupat, Bandung, Senin (11/2). Persib menang 7-0 atas Persiwa. (Bola.com/M Iqbal Ichsan)

Baik Barito Putera dan Persib sama-sama memiliki pertahanan keropos. Tuan rumah telah kebobolan 19 kali dari 11 pertandingan.

Jumlah kebobolan Persib lebih baik, namun tetap tergolong buruk. Pangeran Biru 16 kali kebobolan dari 11 laga.

Untuk menghadapi Persib, pelatih Barito Putera, Yunan Helmi masih akan mengandalkan Lucas Silva di lini belakang. Sementara Persib, bakal memainkan Bojan Malisic.

Cepat di Sayap

Rizky Pora, gelandang sekaligus kapten Barito Putera. (Bola.com/Aditya Wany)

Yunan Helmi juga akan memberikan kepercayaan kepada Rizky Pora, sebagai motor serangan Barito Putera. Meski berposisi sebagai gelandang sayap, peran Pora begitu penting. Terbukti, pemain berusia 29 tahun itu memimpin daftar pencetak assist terbanyak dengan lima kali.

Persib pun punya kelebihan di sisi sayap. Pangeran Biru punya Esteban Vizcarra dan Febri Hariyadi. Nama terakhir mampu mengemas empat gol dari sepuluh pertandingan.

Menguji Keganasan Bomber Brasil dan Afrika

Striker Persib Bandung, Ezechiel Ndoussel, tampak kecewa usai gagal membobol gawang Arema FC pada laga persahabatan di Stadion GBLA, Bandung, Minggu (18/3/2018). Persib menang 2-1 atas Arema FC. (Bola.com/M Iqbal Ichsan)

Bicara lini depan, satu slot Barito Putera sudah pasti milik Rafael Silva. Penyerang asal Brasil itu telah membukukan enam gol dari sepuluh pertandingan.

Barito Putera perlu mewaspadai Ezechiel N'Douassel, mesin gol utama dari Persib. Meski striker asal Chad itu baru mencatatkan tiga gol, namun pergerakannya sangat membahayakan.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

6 Warna Lipstik yang Bisa Cerminkan Kepribadian Seseorang

Posted: 03 Aug 2019 09:30 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Hampir setiap wanita gemar menggunakan makeup untuk menunjang penampilannya. Tak hanya itu, makeup juga digunakan untuk meningkatkan rasa percaya diri wanita. Salah satu makeup yang tak pernah ketinggalan untuk dipakai adalah lipstik.

Warna lipstik yang tepat membuat wajah Anda tampak lebih menarik perhatian orang lain. Namun, tahukah Anda bahwa warna lipstik yang digunakan dapat mencerminkan karakter seseorang? Pemilihan warna pada lipstik ternyata secara tidak langsung dapat menampilkan karakter pribadi Anda.

Hal ini karena warna yang ditampilkan pada lipstik bisa mengungkapkan apa yang sedang dirasakan seseorang. Dilansir dari littlethings, Berikut Liputan6.com merangkumnya untuk Anda, Kamis (01/08/2019).

1. Merah

Warna lipstik merah menggambarkan kepribadian seseorang yang berani dan percaya diri. Biasanya seseorang yang memilih warna lipstik ini secara tidak sadar sudah menunjukkan bahwa dirinya pemberani.

Bibir yang berwarna merah bisa memberikan keyakinan pada diri Anda dan Dunia. Warna lipstik merah juga bisa menunjukkan bahwa Anda adalah orang yang suka dikagumi dan memiliki sifat naluri yang tinggi.

Warna lipstik ini mencerminkan sifat yang tangguh dan senang akan adanya tantangan baru. Untuk Anda yang kurang percaya diri, lipstik merah mungkin bisa menjadi opsi untuk membuat diri Anda lebih percaya diri dan kuat.

2. Oranye

ilustrasi lipstik (Sumber: herbeauty.co)

Selanjutnya ada warna lipstik yang lebih cerah, yakni oranye. Seseorang yang memakai warna lipstik ini akan terlihat sebagai pribadi yang ceria dan humoris. Tak hanya itu, warna oranye juga memberikan kesan wajah yang tidak membosankan.

Warna lipstik ini juga mencerminkan seseorang yang senang bergaul dan berinteraksi satu sama lain. Anda yang memakainya juga terlihat sangat segar dan bisa mencairkan suasana dengan sentuhan warna cerah ini.

Untuk Anda yang ingin tampil berbeda, warna ini bisa menjadi salah satu opsi Anda. Namun, warna oranye pada lipstik juga harus di sesuaikan dengan warna kulit Anda agar terlihat lebih cantik dan segar.

3. Peach

Ilustrasi lipstik (Pexels.com/Oleg Magni)

Warna lipstik yang satu ini ternyata mencerminkan kepribadian yang baik. Orang yang memakai warna ini memiliki sifat yang murah hati dan empati yang tinggi dengan orang-orang terdekat. Warna ini memperlihatkan kepribadian yang sopan dan lemah lembut.

Selain itu, warna lipstik peach juga menggambarkan bahwa Anda sangat peduli dengan keluarga dan teman-teman terdekat. Anda menjadi salah satu orang yang selalu mendukung dan menyemangati mereka.

Biasanya, orang yang suka dengan warna ini sering memberikan waktu, energi, dan cinta untuk orang-orang terdekat. Warna ini juga bisa menjadi pilihan untuk orang-orang yang ingin memiliki warna bibir natural tetapi tidak mencolok.

4. Merah Muda

Ilustrasi Lipstik (Foto: iStockphoto)

Bagi Anda yang menyukai warna ini biasanya lebih menyukai kehidupan yang penuh dengan kedamaian. Seseorang yang menyukai warna ini biasanya lebih terkesan tenang dan hati-hati dalam mengambil tindakan.

Tetapi, orang yang memakai warna ini juga tidak terlalu menunjukkan lebih jauh tentang kepribadiannya. Biasanya, orang yang memilih warna merah muda terlihat sedikit takut untuk mengambil risiko.

5. Taupe

ilustrasi lipstik (Sumber: herbeauty.co)

Penggemar lipstik berwarna taupe, mencerminkan pribadi yang mudah berhubungan dengan alam sekitar. Bahkan, hubungan tersebut bisa terbilang sangat dekat dan dalam. Salah satu sifat yang biasanya dimiliki adalah senang menghabiskan waktu bersama keluarga atau orang terdekat.

Warna lipstik yang satu ini juga bisa berkaitan dengan kisah asmara. Seseorang yang menyukai warnah lipstik taupe berkeinginan mempunyai hubungan yang matang dan juga serius terhadap pasangannya.

Tak hanya itu, warna ini juga dapat memperlihatkan diri Anda sebagai orang yang mudah akrab dengan orang lain. Selain itu, penggemar warna ini memiliki sifat yang bisa diajak bekerjasama dengan baik dan diandalkan oleh orang-orang sekitarnya.

6. Ungu

Ilustrasi memakai lipstik. (Pexels.com/Oleg Magni)

Warna terakhir adalah warna ungu, biasanya warna lipstik ini jarang digunakan oleh beberapa orang kecuali yang menyukainya. Lipstik berwarna ungu menunjukkan bahwa Anda dapat memperlihatkan rayuan dan ketertarikan dengan orang lain.

Seseorang yang menyukai warna ini umumnya bukan pribadi yang suka tergesa-gesa. Mereka lebih berhati-hati dan lebih memilih untuk menggunakan waktu sebaik-baiknya.

Jika dikaitkan dalama aspek percintaan, orang yang gemar dengan warna ini lebih suka dikejar terlebih dahulu daripada tanpa penaklukan yang cepat.(Devita Nur Azizah)

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

FOTO: 2000 Penari Suguhkan Tarian Khas Indonesia di CFD

Posted: 03 Aug 2019 09:30 PM PDT

Penari menampilkan tarian khas Indonesia saat car free day (CFD) di Jalan Sudirman, Jakarta, Minggu (4/8/2019). Acara yang bertujuan untuk merekatkan masyarakat ini digagas Belantara Budaya Indonesia dengan mengampanyekan slogan 'Tunjukkan Indonesiamu'. (Liputa6.com/JohanTallo)

Penari menampilkan tarian khas Indonesia saat car free day (CFD) di Jalan Sudirman, Jakarta, Minggu (4/8/2019). Acara yang bertujuan untuk merekatkan masyarakat ini digagas Belantara Budaya Indonesia dengan mengampanyekan slogan 'Tunjukkan Indonesiamu'. (Liputa6.com/JohanTallo)

Penari menampilkan tarian khas Indonesia saat car free day (CFD) di Jalan Sudirman, Jakarta, Minggu (4/8/2019). Sebanyak 2.000 penari menampilkan 10 tarian khas Indonesia untuk menyatukan masyarakat yang sempat terpecah belah sehabis Pemilu 2019. (Liputa6.com/JohanTallo)

Penari menampilkan tarian khas Indonesia saat car free day (CFD) di Jalan Sudirman, Jakarta, Minggu (4/8/2019). Sebanyak 2.000 penari menampilkan 10 tarian khas Indonesia untuk menyatukan masyarakat yang sempat terpecah belah sehabis Pemilu 2019. (Liputa6.com/JohanTallo)

Penari menampilkan tarian khas Indonesia saat car free day (CFD) di Jalan Sudirman, Jakarta, Minggu (4/8/2019). Acara yang bertujuan untuk merekatkan masyarakat ini digagas Belantara Budaya Indonesia dengan mengampanyekan slogan 'Tunjukkan Indonesiamu'. (Liputa6.com/JohanTallo)

Penari menampilkan tarian khas Indonesia saat car free day (CFD) di Jalan Sudirman, Jakarta, Minggu (4/8/2019). Acara yang bertujuan untuk merekatkan masyarakat ini digagas Belantara Budaya Indonesia dengan mengampanyekan slogan 'Tunjukkan Indonesiamu'. (Liputa6.com/JohanTallo)

Penari menampilkan tarian khas Indonesia saat car free day (CFD) di Jalan Sudirman, Jakarta, Minggu (4/8/2019). Sebanyak 2.000 penari menampilkan 10 tarian khas Indonesia untuk menyatukan masyarakat yang sempat terpecah belah sehabis Pemilu 2019. (Liputa6.com/JohanTallo)

Penari menampilkan tarian khas Indonesia saat car free day (CFD) di Jalan Sudirman, Jakarta, Minggu (4/8/2019). Sebanyak 2.000 penari menampilkan 10 tarian khas Indonesia untuk menyatukan masyarakat yang sempat terpecah belah sehabis Pemilu 2019. (Liputa6.com/JohanTallo)

Penari menampilkan tarian khas Indonesia saat car free day (CFD) di Jalan Sudirman, Jakarta, Minggu (4/8/2019). Acara yang bertujuan untuk merekatkan masyarakat ini digagas Belantara Budaya Indonesia dengan mengampanyekan slogan 'Tunjukkan Indonesiamu'. (Liputa6.com/JohanTallo)

Penari menampilkan tarian khas Indonesia saat car free day (CFD) di Jalan Sudirman, Jakarta, Minggu (4/8/2019). Acara yang bertujuan untuk merekatkan masyarakat ini digagas Belantara Budaya Indonesia dengan mengampanyekan slogan 'Tunjukkan Indonesiamu'. (Liputa6.com/JohanTallo)

Penari menampilkan tarian khas Indonesia saat car free day (CFD) di Jalan Sudirman, Jakarta, Minggu (4/8/2019). Sebanyak 2.000 penari menampilkan 10 tarian khas Indonesia untuk menyatukan masyarakat yang sempat terpecah belah sehabis Pemilu 2019. (Liputa6.com/JohanTallo)

Penari menampilkan tarian khas Indonesia saat car free day (CFD) di Jalan Sudirman, Jakarta, Minggu (4/8/2019). Sebanyak 2.000 penari menampilkan 10 tarian khas Indonesia untuk menyatukan masyarakat yang sempat terpecah belah sehabis Pemilu 2019. (Liputa6.com/JohanTallo)

Penari menampilkan tarian khas Indonesia saat car free day (CFD) di Jalan Sudirman, Jakarta, Minggu (4/8/2019). Acara yang bertujuan untuk merekatkan masyarakat ini digagas Belantara Budaya Indonesia dengan mengampanyekan slogan 'Tunjukkan Indonesiamu'. (Liputa6.com/JohanTallo)

Penari menampilkan tarian khas Indonesia saat car free day (CFD) di Jalan Sudirman, Jakarta, Minggu (4/8/2019). Acara yang bertujuan untuk merekatkan masyarakat ini digagas Belantara Budaya Indonesia dengan mengampanyekan slogan 'Tunjukkan Indonesiamu'. (Liputa6.com/JohanTallo)

Penari menampilkan tarian khas Indonesia saat car free day (CFD) di Jalan Sudirman, Jakarta, Minggu (4/8/2019). Sebanyak 2.000 penari menampilkan 10 tarian khas Indonesia untuk menyatukan masyarakat yang sempat terpecah belah sehabis Pemilu 2019. (Liputa6.com/JohanTallo)

Penari menampilkan tarian khas Indonesia saat car free day (CFD) di Jalan Sudirman, Jakarta, Minggu (4/8/2019). Sebanyak 2.000 penari menampilkan 10 tarian khas Indonesia untuk menyatukan masyarakat yang sempat terpecah belah sehabis Pemilu 2019. (Liputa6.com/JohanTallo)

Penari menampilkan tarian khas Indonesia saat car free day (CFD) di Jalan Sudirman, Jakarta, Minggu (4/8/2019). Acara yang bertujuan untuk merekatkan masyarakat ini digagas Belantara Budaya Indonesia dengan mengampanyekan slogan 'Tunjukkan Indonesiamu'. (Liputa6.com/JohanTallo)

Penari menampilkan tarian khas Indonesia saat car free day (CFD) di Jalan Sudirman, Jakarta, Minggu (4/8/2019). Acara yang bertujuan untuk merekatkan masyarakat ini digagas Belantara Budaya Indonesia dengan mengampanyekan slogan 'Tunjukkan Indonesiamu'. (Liputa6.com/JohanTallo)

Penari menampilkan tarian khas Indonesia saat car free day (CFD) di Jalan Sudirman, Jakarta, Minggu (4/8/2019). Sebanyak 2.000 penari menampilkan 10 tarian khas Indonesia untuk menyatukan masyarakat yang sempat terpecah belah sehabis Pemilu 2019. (Liputa6.com/JohanTallo)

Penari menampilkan tarian khas Indonesia saat car free day (CFD) di Jalan Sudirman, Jakarta, Minggu (4/8/2019). Sebanyak 2.000 penari menampilkan 10 tarian khas Indonesia untuk menyatukan masyarakat yang sempat terpecah belah sehabis Pemilu 2019. (Liputa6.com/JohanTallo)

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Kecelakaan Sepeda, Sutradara Anggy Umbara Alami Patah Tangan dan Kaki

Posted: 03 Aug 2019 09:30 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Sutradara Anggy Umbara baru saja mengalami kejadian tidak mengenakkan. Ia mengalami kecelakaan saat mengendarai sepeda.

Anggy Umbara mengalami kecelakaan pada Sabtu (3/8/2019). Saat dihubungi melalui sambungan telepon, Anggy Umbara menceritakan bagaimana kecelakaan tersebut terjadi.

"Jatuh, lagi sepedaan biasa aja. Sepedaan di Buperta situ, terus ada obstacle kecil kita coba lewatin terus pas udah landing oleng, saya juga heran oleng kenapa," kata Anggy Umbara melalui sambungan telepon pada Minggu (4/8/2019).

Karena kecelakaan itu, sutradara Warkop DKI Reborn: Jangkrik Boss! ini mengalami cedera yang cukup serius.

 

Patah Tulang

Anggy Umbara kecelakaan. (instagram.com/wita_priyanthi)

Anggy Umbara mengatakan bahwa setidaknya ada tiga bagian tubuhnya yang mengalami patah tulang. Di antaranya ada di kaki dan tangan Anggy Umbara.

"Ada tiga posisi multiple fracture (patah tulang), jadi di kaki tuh ada tiga pen, di kaki kanan ada dua atau tiga, terus di tangan kanan dan di bahu kiri," kata Anggy Umbara.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Dani Carvajal Sebut Zidane Sosok Penting Buat Real Madrid

Posted: 03 Aug 2019 09:20 PM PDT

Madrid - Real Madrid harus menjalani rentetan buruk selama pramusim. Meski begitu, bek kanan Real Madrid, Dani Carvajal, memberikan pembelaan kepada Zinedine Zidane. Carvajal mengungkapkan jika Zidane merupakan sosok penting bagi tim asal Madrid tersebut.

Carvajal juga menegaskan jika pelatih Real Madrid asal Prancis itu sudah lebih siap jelang bergulirnya musim 2019-2020.

"Zidane sangat penting, karena dia pernah sukses menjadi pemain dan pelatih di Real Madrid. Saya berharap dia akan menjadi sosok penting lagi dalam kesempatan keduany (sebagai pelatih)," ungkap Carvajal kepada Omnisport, seperti dilansir dari Football Italia, Sabtu (3/8/2019).

"Pelatih (Zinedine Zidane) lebih siap dari sebelumnya. Dia memiliki pengalaman yang tidak dia miliki sebelumnya. Dia memiliki rasa hormat dan kepercayaan diri kita semua dan itu adalah langkah pertama untuk melangkah jauh," imbuh pemain berusia 27 tahun itu.

Seperti diketahui, Real Madrid harus mendapatkan rentetan hasil minor laga pramusim. Dari lima pertandingan pramusim yang dijalani, tim besutan Zinedine Zidane itu hanya memeroleh sekali kemenangan dari Fenerbahce pada laga terakhir. 

 

Kemasukan 16 Gol

Pelatih Real Madrid, Zinedine Zidane. (AFP/AARON M. SPRECHER)

Selebihnya, El Real kalah serta imbang 2-2 ketika bersua Arsenal. Los Blancos mengalami kekalahan dari Bayern Munchen, Atletico Madrid, dan Tottenham Hotspur.

Selain itu, gawang Real Madrid juga sudah kemasukkan 16 gol dan hanya memasukkan 11 gol dalam lima pertandingan pramusim. 

Hasil tersebut tentunya bukan torehan yang bagus untuk tim sekelas Real Madrid. Apalagi Los Blancos telah menghabiskan lebih dari 300 juta euro (Rp 4,7 triliun) untuk belanja lima pemain.

Lima pemain sudah diboyong El Real adalah Eden Hazard, Eder Militao, Luka Jovic, Ferland Mendy, dan Rodrygo Goes. Eden Hazard menjadi pemain dengan banderol termahal, yakni 100 juta euro (Rp 1,5 triliun).

Namun, pemain asal Belgia itu belum menunjukkan kualitasnya selama pramusim. Hazard sama sekali belum mencetak gol pada lima laga pertamanya untuk Reald Madrid.

Sementara untuk keempat pemain lainnya, masing-masih ditebus Real Madrid dengan harga 45 juta euro untuk Rodrygo, Eder Militao 50 juta euro, Luka Jovic dengan 60 juta euro, dan Ferland Mendy 48 juta euro.

 

Sumber: Bola.com

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Respons Pengacara Soal Penetapan DPO Sjamsul Nursalim

Posted: 03 Aug 2019 09:17 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Kuasa Hukum Sjamsul Nursalim, Maqdir Ismail mempertanyakan dasar keputusan Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) yang memasukkan kliennya dalam Daftar Pencarian Orang (DPO). Menurut Maqdir, keputusan KPK itu menyimpang dari putusan kasasi Mahkamah Agung (MA).

"Keputusan KPK tidaklah masuk akal, karena MA telah memutuskan bahwa tindakan penerbitan surat keterangan lunas (SKL) oleh Syafruddin Arsyad Temenggung (SAT) bukan merupakan perbuatan pidana," ujar Maqdir Ismail saat dikonfirmasi, Minggu (4/8/2018).

Ia mengatakan, apabila Syafruddin dianggap tidak melakukan tindak pidana oleh MA, bagaimana mungkin Sjamsul Nursalim yang dikatakan bersama-sama dalam dakwaan dan putusan Pengadilan Tipikor terhadap Syafruddin bisa dianggap melakukan tindak pidana.

"KPK hingga kini belum bisa menjelaskan hal ini. Oleh karenanya, penetapan Sjamsul sebagai buronan merupakan suatu penyalahgunaan wewenang oleh KPK. Seharusnya komisioner KPK yang sudah mau berakhir masa jabatannya ini tidak menyandera pimpinan KPK yang akan datang," kata Maqdir.

Sebelum diputus bebas oleh MA, Pengadilan Tipikor memvonis Syafruddin 12 tahun penjara, dan Pengadilan Tinggi menghukum 15 tahun penjara terhadap mantan Kepala Badan Penyehatan Perbankan Nasional (BPPN) itu. Pengadilan Tipikor dan PT DKI sepakat perbuatan Syafruddin merugikan negara Rp 4.58 trilun lantaran menerbitkan SKL Bantuan Likuiditas BAnk Indonesia (BLBI) terhadap BDNI milik Sjamsul.

 

 

 

Dasar Hukum

Dalam unjuk rasa tersebut, massa membawa berbagai atribut dan topeng Obligor BLBI Bank BDNI Sjamsul Nursalim, Jakarta, Selasa (26/8/14). (Liputan6.com/Miftahul Hayat)

Maqdir juga mempertanyakan dasar hukum KPK dalam penetapan DPO tersebut. Menurut Maqdir, penetapan DPO hanya bisa diberikan kepada mereka yang melarikan diri dari hukum.

"KPK sama sekali tidak memiliki dasar hukum apapun untuk menetapkan Sjamsul sebagai buronan. Sedangkan SN tidak perlu melarikan diri dari apapun, karena Sjamsul tidak memiliki masalah dengan hukum," kata Maqdir.

KPK sebelumnya telah menetapkan Sjamsul Nursalim sebagai DPO. Hal itu dikonfirmasi Wakil Ketua KPK Saut Situmorang saat ditanya mengenai status Sjamsul.

"Iya DPO, iya," kata Saut di Gedung KPK, Kuningan, Jakarta Selatan, Jumat 2 Agustus 2018.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

KJRI Houston: Tidak Ada Korban WNI dalam Penembakan Massal di El Paso

Posted: 03 Aug 2019 09:11 PM PDT

Liputan6.com, Houston - Menanggapi penembakan massal yang menewaskan 20 orang di Kota El Paso, Amerika Serikat (AS), Konsulat Jenderal Republik Indonesia (KJRI) di ibu kota Negara Bagian Texas, Houston, telah mengonfirmasi bahwa tidak ada WNI menjadi korban.

Dalam siaran pers yang diterima Liputan6.com pada Minggu (4/8/2019), KJRI Houston mengatakan 11 orang WNI tinggal di El Paso, dan semuanya dalam kondisi aman.

Kabar tersebut dikonfirmasi setelah KJRI Houston menghubungi simpul masyarakat dan pengecekan langsung di wilayah terdampak.

Pasca-penembakan, KJRI Houston mengingatkan WNI yang tinggal di El Paso dan sekitarnya untuk tetap waspada, menghindari lokasi penembakan, memantau pemberitaan media massa, dan mematuhi aparat penegak hukum.

Adapun bagi WNI yang memerlukan bantuan, hotline darurat KJRI Houston dapat dihubungi di nomor +1 346 932 7284.

Penembakan yang menyasar sebuah cabang supermarket Walmart itu menewaskan 20 orang dan membuat sekitar 26 orang lainnya terluka.

 

 

Pengusutan Menyeluruh Sedang Dilakukan

Barisan petugas keamanan melakukan pengamanan pasca insiden penembakan di El Paso, yang menewaskan 20 orang (AFP Photo)

Pada Sabtu 3 Agustus 2019 siang waktu setempat, terjadi penembakan massal di pusat cabang supermarket Walmart di dalam Cielo Vista Mall, sebuah pusat perbelanjaan besar di pusat kota El Paso.

Gubernur Texas Greg Abott, didampingi Wali Kota El Paso, Donald Margo, mengeluarkan pernyataan resmi yang mengatakan seluruh korban tewas telah ditangani oleh pihak medis.

Masih menurut pernyataan yang sama, puluhan korban luka juga telah menjalani perawatan darurat di dua rumah sakit setempat.

Saat ini, FBI, badan pengawas senjata api (ATF), dan otoritas keamanan Texas telah dikerahkan untuk membantu kepolisian El Paso mengusut tuntas kasus penembakan terkait.

Kota dengan Tingkat Kriminalitas Rendah

Bendera Amerika Serikat (AP PHOTO)

Polisi El Paso telah menangkap tersangka penembakan, yakni seorang pria kulit putih berusia 21 asal distrik Allen di pinggiran Dallas, yang berjarak lebih dari 600 mil (setara 965 kilometer) jauhnya.

Saat ini tersangka masih diperiksa oleh pihak berwenang.

Menurut KJRI Houston, El Paso merupakan salah satu kota teraman dengan tingkat kriminalitas terendah di AS, sehingga peristiwa ini tidak diperkirakan oleh masyarakat dan aparat keamanan setempat.

El Paso terletak di Texas barat, tepat di perbatasan dengan Meksiko. Kota multikultur itu dihuni oleh sekitar 600 ribu penduduk, di mana 80 persen merupakan keturunan Latin.

Kota kembarannya di Meksiko, Ciudad Juárez, terletak tepat di seberang dinding pembatas yang membelah daerah pusat kota mereka. Lebih dari 23.000 pejalan kaki menyeberang dari Ciudad Juárez ke El Paso untuk bekerja setiap hari.

 

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

FOTO: Satpol PP Tertibkan PKL Car Free Day di Bundaran HI

Posted: 03 Aug 2019 09:03 PM PDT

Petugas Satpol PP melakukan sosialisasi saat menertibkan PKL di kawasan car free day (CFD), Bundaran HI, Jakarta, Minggu (4/8/2019). Penertiban dilakukan karena keberadaan PKL membuat tidak nyaman pengunjung CFD yang ingin berolahraga, berorasi, atau sekadar jalan-jalan. (Liputan6.com/Faizal Fanani)

Petugas Satpol PP melakukan sosialisasi saat menertibkan PKL di kawasan car free day (CFD), Bundaran HI, Jakarta, Minggu (4/8/2019). Penertiban dilakukan karena keberadaan PKL membuat tidak nyaman pengunjung CFD yang ingin berolahraga, berorasi, atau sekadar jalan-jalan. (Liputan6.com/Faizal Fanani)

Petugas Satpol PP melakukan sosialisasi saat menertibkan PKL di kawasan car free day (CFD), Bundaran HI, Jakarta, Minggu (4/8/2019). Penertiban dilakukan karena keberadaan PKL membuat tidak nyaman pengunjung CFD yang ingin berolahraga, berorasi, atau sekadar jalan-jalan. (Liputan6.com/Faizal Fanani)

Petugas Satpol PP melakukan sosialisasi saat menertibkan PKL di kawasan car free day (CFD), Bundaran HI, Jakarta, Minggu (4/8/2019). Penertiban dilakukan karena keberadaan PKL membuat tidak nyaman pengunjung CFD yang ingin berolahraga, berorasi, atau sekadar jalan-jalan. (Liputan6.com/Faizal Fanani)

Petugas Satpol PP melakukan sosialisasi saat menertibkan PKL di kawasan car free day (CFD), Bundaran HI, Jakarta, Minggu (4/8/2019). Penertiban dilakukan karena keberadaan PKL membuat tidak nyaman pengunjung CFD yang ingin berolahraga, berorasi, atau sekadar jalan-jalan. (Liputan6.com/Faizal Fanani)

Petugas Satpol PP melakukan sosialisasi saat menertibkan PKL di kawasan car free day (CFD), Bundaran HI, Jakarta, Minggu (4/8/2019). Penertiban dilakukan karena keberadaan PKL membuat tidak nyaman pengunjung CFD yang ingin berolahraga, berorasi, atau sekadar jalan-jalan. (Liputan6.com/Faizal Fanani)

Petugas Satpol PP melakukan sosialisasi saat menertibkan PKL di kawasan car free day (CFD), Bundaran HI, Jakarta, Minggu (4/8/2019). Penertiban dilakukan karena keberadaan PKL membuat tidak nyaman pengunjung CFD yang ingin berolahraga, berorasi, atau sekadar jalan-jalan. (Liputan6.com/Faizal Fanani)

Petugas Satpol PP melakukan sosialisasi saat menertibkan PKL di kawasan car free day (CFD), Bundaran HI, Jakarta, Minggu (4/8/2019). Penertiban dilakukan karena keberadaan PKL membuat tidak nyaman pengunjung CFD yang ingin berolahraga, berorasi, atau sekadar jalan-jalan. (Liputan6.com/Faizal Fanani)

Petugas Satpol PP menertibkan PKL di kawasan car free day (CFD), Bundaran HI, Jakarta, Minggu (4/8/2019). Penertiban dilakukan karena keberadaan PKL membuat tidak nyaman pengunjung CFD yang ingin berolahraga, berorasi, atau sekadar jalan-jalan. (Liputan6.com/Faizal Fanani)

Petugas Satpol PP menertibkan PKL di kawasan car free day (CFD), Bundaran HI, Jakarta, Minggu (4/8/2019). Penertiban dilakukan karena keberadaan PKL membuat tidak nyaman pengunjung CFD yang ingin berolahraga, berorasi, atau sekadar jalan-jalan. (Liputan6.com/Faizal Fanani)

Petugas Satpol PP menertibkan PKL di kawasan car free day (CFD), Bundaran HI, Jakarta, Minggu (4/8/2019). Penertiban dilakukan karena keberadaan PKL membuat tidak nyaman pengunjung CFD yang ingin berolahraga, berorasi, atau sekadar jalan-jalan. (Liputan6.com/Faizal Fanani)

Petugas Satpol PP menertibkan PKL di kawasan car free day (CFD), Bundaran HI, Jakarta, Minggu (4/8/2019). Penertiban dilakukan karena keberadaan PKL membuat tidak nyaman pengunjung CFD yang ingin berolahraga, berorasi, atau sekadar jalan-jalan. (Liputan6.com/Faizal Fanani)

Petugas Satpol PP menertibkan PKL di kawasan car free day (CFD), Bundaran HI, Jakarta, Minggu (4/8/2019). Penertiban dilakukan karena keberadaan PKL membuat tidak nyaman pengunjung CFD yang ingin berolahraga, berorasi, atau sekadar jalan-jalan. (Liputan6.com/Faizal Fanani)

Petugas Satpol PP menertibkan PKL di kawasan car free day (CFD), Bundaran HI, Jakarta, Minggu (4/8/2019). Penertiban dilakukan karena keberadaan PKL membuat tidak nyaman pengunjung CFD yang ingin berolahraga, berorasi, atau sekadar jalan-jalan. (Liputan6.com/Faizal Fanani)

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Tips Berolahraga Meski Polusi Udara Melanda dari Dokter Paru

Posted: 03 Aug 2019 09:00 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Kualitas udara di DKI Jakarta masih belum membaik dengan tingkat polusi udara yang masih buruk. Di sisi lain, untuk mempertahankan tubuh agar tetap aktif, seseorang disarankan untuk tetap bergerak atau berolahraga.

Meski polusi udara masih mengintai, tetap ada cara bagi Anda yang ingin beraktivitas fisik dan tetap sehat di Jakarta. Yang pertama harus dilakukan tentu saja memantau kualitas udara.

"Kalau ingin beraktivitas selama kondisi polusi, tentu kita harus melakukan pemantauan kualitas udara," kata dokter spesialis paru Agus Dwi Susanto dalam konferensi pers di Kantor Perhimpunan Dokter Paru Indonesia (PDPI), Jakarta beberapa waktu lalu, ditulis Minggu (4/8/2019).

Namun, ketika kualitas udara sedang buruk, Anda disarankan menghindari beraktivitas fisik di luar ruangan secara berlebihan. Salah satunya olahraga.

"Kalau olahraga pada saat kualitas udara sedang buruk, meningkatkan polutan juga masuk ke dalam tubuh dan ini dapat memberikan dampak yang tidak baik."

Tetap Bisa Olahraga Meski Diintai Polusi Udara

Berolahraga Meski Penuh Polusi Udara (sumber: iStockphoto)

Jika Anda ingin berolahraga, Agus menyarankan Anda untuk melakukan kegiatan yang bisa dilakukan di dalam ruangan. Beberapa kegiatan yang bisa dilakukan seperti yoga, senam, dan olahraga lain, cocok untuk kondisi ini.

Sementara, apabila ingin melakukan olahraga di luar ruangan, tentu saja harus menunggu sampai kualitas udara lebih baik.

"Lakukanlah saat kualitas udara sedang baik atau dilakukan di lokasi-lokasi yang kualitas udaranya termasuk baik," Agus menyarankan.

Anda juga bisa memilih waktu-waktu dengan kualitas udara lebih baik daripada biasanya. Contohnya akhir pekan.

"Jadi tetap harus dilakukan olahraga tersebut tetapi melakukannya dengan strategi untuk mengurangi dampak polusi," Agus menambahkan.

Selain itu, apabila Anda harus melakukan kegiatan lain selain olahraga di luar ruangan, gunakan masker untuk melindungi diri dari dampak negatif polusi udara

Simak juga Video Menarik Berikut Ini

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Unik, Desain Kutek Kuku Ini Terbuat dari Pensil Warna Sungguhan

Posted: 03 Aug 2019 09:00 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Selain makeup, kutek menjadi salah satu hal yang sering dipakai wanita untuk menunjang penampilan. Sesuai namanya, kutek kuku atau pewarna kuku digunakan untuk menghias, memperindah serta melindungi lempengan kuku. 

Ada banyak pilihan warna pada kutek kuku yang cocok bagi setiap wanita. Umumnya, kutek kuku hanya cukup mengolesinya dengan kuas khusus di atas kuku jari tangan maupun jari kaki. Namun kini tempat-tempat perawatan kecantikan semakin berkembang dan mulai menawarkan desain kutek kuku yan gunik dan beda dari biasanya. 

Seperti di sebuah salon di Rusia satu ini. Menawarkan desain kutek kuku yang unik membuatnya sempat viral di media sosial. Selain mengecat kuku dengan kutek, mereka juga menggambarkan dan menempelkan pensil warna atau crayon sungguhan agar semakin unik. 

Pakai Pensil Warna Sungguhan

Kutek kuku unik (Sumber: Elite Readers)

Dilansir dari Elite Readers oleh Liputan6.com, Minggu (4/8/2019) salon yang berada di Rusia, bernama Nail Sunny, menawarkan hal unik dan berbeda. Sempat viral di media sosial lantaran hasil yang ditawarkan tergolong nyeleneh. 

Mereka menyebutnya Colored Pencil Nails atau Kuku Pensil Warna. Sesuai dengan namanya, pensil warna itu benar-benar ditempelkan pada kuku pelanggannya. Tak hanya memberikan warna-warna cantik pda kuku tapi juga bisa sekaligus untuk menulis. 

Nail Sunny memang dikenal sebagai salon yang unik. Mulai dari perawatan tubuh, rambut hingga kini yang menyita perhatian netizen adalah perawatan kuku. Prosesnya hampir sama seperti mengutek kuku pada umumnya. 

Pertama, mengecat kuku dengan kutek kemudian memasang bagian dalam pensil warna sesuai dengan warna kutek yang diaplikasikan. Pensil warna itu ditempel pada ujung kuku. Hasilnya pun unik dan cukup banyak netizen yang kagum. 

Sempat Diragukan

View this post on Instagram

Crayon nails ? #nailsunnytutorial video by @edo_movs

A post shared by Nail Sunny (@nail_sunny) on

 

Meski menjadi viral di media sosial karena Colored Pencil Nails adalah desain kuku yang unik, tak sedikit yang mengomentarinya. Beberapa netizen meninggalkan komentar tak setuju dengan desain kukuini.

Mereka mengatakan bahwa dengan kuku seperti itu pelanggan akan kesulitan melakukan aktivitas sehari-hari seperti mengetik atau mengerjakan tugas lainnya. Para wanita mengomentari akan sulit bermakeup dengan kuku panjang dengan ujung pensil warna seperti itu, dikutip dari Elite Redears.

Meski demikian, banyak netizen yang mengaku terkesiam dengan desain ini. Sebagian megatakan bahwa salon ini selalu memberikan pelayanan terbaru dan unik. 

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Syifa Hadju Malu-Malu Akui Pacaran dengan Rizky Nazar

Posted: 03 Aug 2019 09:00 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Pekan ini warganet dihebohkan dengan video Syifa Hadju dan Rizky Nazar makan malam bersama di sebuah restoran seafood. Video ini disaksikan 2,4 juta kali lebih dan disukai 150 ribuan warganet. Selain itu, lebih dari lima ribu orang berkomentar.

Video ini seolah menguatkan rumor yang menyebut Syifa Hadju dan Rizky Nazar pacaran. Mengingat, sebelumnya Rizky Nazar dan Syifa Hadju kedapatan mengunggah foto di tempat yang sama via Instagram Stories. Keduanya mengunggah latar lampu-lampu hias yang tergantung di langit-langit ruangan.

Syifa Hadju lantas menghapus foto tersebut. Sayangnya, akun gosip Instagram bergerak lebih cepat mengabadikan kekompakan Instagram Stories keduanya. Benarkah Syifa Hadju dan Rizky Nazar pacaran?

"Pacaran? Intinya saya dan Rizky sedang nyaman dengan hubungan yang ada. Saya biarkan orang berspekulasi tentang hubungan kami kayak gimana. Mau bilang kami temanan, ya sudah. Mau bilang lebih (dari berteman) juga, ya sudah," ungkap Syifa Hadju kepada Showbiz Liputan6.com di Jakarta Selatan, Kamis (1/8/2019) kemarin.

Terkait video makan malam berdua di restoran seafood, Syifa Hadju bilang tak ada salahnya makan malam berdua. Masalahnya, ada yang memvideokan dan aksi ini tidak diantisipasi oleh Syifa Hadju maupun Rizky Nazar. Syifa Hadju sendiri tidak bisa menyalahkan orang yang merekam mengingat momen itu terjadi di ruang publik.

"Dia merekam dengan ponselnya sendiri meski sebenarnya itu melanggar privasi saya. Di satu sisi saya figur publik, status itu tak terhindarkan, ini risiko. Kalau ada yang komentar, ya sudah. Orang-orang di medsos wajar kalau berkomentar yang aneh-aneh," sambung Syifa Hadju.

Malu-Malu

Syifa Hadju dan Rizky Nazar (Instagram/syifahadjureal)

Syifa Hadju tak mau menggubris komentar warganet yang menyebut ia dan Rizky Nazar tidak cocok atau sebaliknya. Di medsos, orang bisa 180 derajat berbeda dengan karakter yang mereka bangun di kehidupan nyata.

Lantas apakah hubungannya dengan Rizky Nazar benar nyata? Syifa Hadju malu-malu untuk mengakui, "Yang tahu kebenarannya seperti apa cuma saya, Rizky, dan orang-orang terdekat kami. Saya bilang kami pacaran belum tentu orang percaya. Saya bilang kami temanan juga belum tentu orang percaya. Jadi terserah publik. Kami sedang enjoy dengan apa yang ada," pungkasnya. (Wayan Diananto)

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Top 3 Tekno: Facebook Ubah Nama Instagram dan WhatsApp Curi Perhatian

Posted: 03 Aug 2019 09:00 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Sejak Facebook resmi mengakuisisi Instagram dan WhatsApp, perusahaan bentukan Mark Zuckerberg itu berusaha keras untuk mengubah kedua merek tersebut.

Artikel tentang rencana Facebook untuk mengubah nama WhatsApp dan Instagram, menuai perhatian pembaca di kanal Tekno Liputan6.com.

Dua artikel lain yang juga menjadi perhatian pembaca, termasuk malware keuangan serang 430 ribu pengguna, dan bocoran kemampuan kamera Huawei Mate 30.

Lebih lengkapnya, simak tiga berita terpopuler berikut ini.

1. Facebook Bakal Ubah Nama Instagram dan WhatsApp

Ilustrasi WhatsApp (iStockPhoto)

Facebook dilaporkan akan sedikit mengubah merek aplikasi WhatsApp dan Instagram. Raksasa jejaring sosial itu disebut sudah menyampaikan rencana tersebut kepada para karyawan kedua aplikasi.

Dilansir GSM Arena, Sabtu (3/8/2019), tiga orang sumber mengatakan, Facebook akan mengubah nama kedua aplikasi menjadi WhatsApp from Facebook, dan Instagram from Facebook.

Rencana perubahan ini pun sudah dikonfirmasi oleh juru bicara Facebook. "Kami ingin memperjelas tentang berbagai produk dan layanan yang menjadi bagian dari Facebook," ungkapnya.

Baca selengkapnya di sini

 

2. Malware Keuangan Serang 430.000 Pengguna selama Paruh Pertama 2019

Malware (DAMIEN MEYER / AFP)

Laporan terbaru perusahaan keamanan siber Kaspersky menemukan sekitar 430.000 pengguna terkena malware yang menyasar bidang keuangan, cryptocurrency, dan layanan web-money selama paruh pertama 2019.

Dibandingkan dengan periode yang sama pada tahun lalu, angka serangan ini tujuh persen lebih tinggi.

Selain itu, sekitar 30,9 persen di antara pengguna yang terdampak adalah pengguna dari kalangan korporat. Angka ini dua kali lipat lebih banyak dibandingkan paruh pertama 2018 yang mencapai 15,3 persen.

Baca selengkapnya di sini

3. Huawei Mate 30 Memiliki Dua Kamera Berkemampuan 40MP?

Bocoran bodi Huawei Mate 30 Pro. (Doc: Gizchina)

Huawei dijadwalkan bakal meluncurkan smartphone teranyarnya, Mate 30, pada akhir tahun ini. Itupun bila perang dagang antara Amerika Serikat dengan Tiongkok sudah reda dan tidak menimbulkan masalah berkepanjangan.

Hadir sebagai smartphone flagship terbaru, penerus seri Mate 20 dikabarkan akan hadir dengan kombinasi tiga kamera utama.

Dikutip dari laman Gizchina, Sabtu (3/8/2019), kamera Mate 30 akan tampil dengan kombinasi lensa bersensor 40MP+40MP+8MP.

Baca selengkapnya di sini

(Ysl/Isk)

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Top 3: Kelakuan Nyeleneh Siswa Saat Lagi Bosan

Posted: 03 Aug 2019 09:00 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Bagi para siswa, sekolah telah menjadi rumah kedua mereka. Terlebih bila sekolah memiliki jadwal pelajaran yang padat hingga sore hari.

Sebagian besar waktu dihabiskan di sekolah, tidak mengherankan bila kebosanan melanda. Saat itu terjadi, ada-ada saja ide jahil yang dicetuskan oleh siswa.

Artikel tentang kelakuan kocak siswa kalau lagi bosan di sekolah menjadi yang terpopuler di kanal Citizen6, Liputan6.com. Disusul dengan artikel tentang zodiak yang punya kecenderungan lakukan ghosting.

Sementara artikel terpopuler ketiga tentang momen aneh orang terekam Google Street View.

Berikut Top 3 Citizen6:

1. 6 Kelakuan Kocak Siswa Kalau Lagi Bosan di Sekolah

Doc: Instagram.com

Bagi para siswa, sekolah telah menjadi rumah kedua mereka. Terlebih bila sekolah memiliki jadwal pelajaran yang padat hingga sore hari.

Selengkapnya...

2. Hati-Hati, 6 Zodiak Ini Punya Kecenderungan Lakukan Ghosting

Ilustrasi/copyright unsplash.com/@kotajue1117

Ghosting menjadi istilah yang populer belakangan ini. Terlebih bagi mereka yang menjadi korban seseorang yang ditinggalkan begitu saja tanpa kabar.

Pelaku ghosting akan meninggalkan korban mereka dalam kesulitan, tanpa penjelasan, dan tanpa mendengar sisi argumen mereka. Ghosting adalah tindakan ketidaktahuan selektif, penolakan, dan kekejaman.

Selengkapnya...

3. Bikin Bingung, 7 Momen Orang Terekam Google Street View Ini Aneh Banget

Doc: Twitter.com

Google Street View adalah fitur Google Maps yang amat membantu pengguna dalam melihat tempat yang dicari. Fitur ini memungkinkan kamu melihat secara langsung kondisi di sekitar alamat di Google Maps.

Selengkapnya...

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Risma: Surabaya Marathon Ajang Atlet Ukur Prestasi

Posted: 03 Aug 2019 09:00 PM PDT

Surabaya - Wali Kota Surabaya, Tri Rismaharini mengharapkan atlet-atlet lari Surabaya, Jawa Timur mampu mengukur prestasi dengan atlet luar negeri di ajang Surabaya Marathon 2019. Kegiatan Surabaya Marathon selain diikuti peserta dari dalam negeri, juga melibatkan 100 peserta dari mancanegara.

"Saya kira nanti mereka akan ketemu dengan atlet dari luar. Artinya mereka memang atlet beneran begitu. Jadi itu bisa dijadikan ajang untuk mengukur prestasi mereka, dengan pelari dari luar negeri," ujar Risma pada Minggu (4/8/2019) seperti dilansir suarasurabaya.net.

Untuk memfasilitasi itu, Risma juga mengundang seluruh pelari di kegiatan Surabaya Marathon 2019 untuk makan malam bersama di balaikota pada hari yang sama.

Ajang makan malam ini tentu bisa dimanfaatkan para atlet lari Surabaya untuk bertukar pengetahuan dengan atlet dari luar negeri. 

Risma juga menegaskan, Surabaya Marathon akan dijadikan agenda rutin tahunan. Selain peminat yang makin banyak, Risma mengaku makin banyak sponsor yang ingin terlibat dalam kegiatan lari di Surabaya ini.

Pelari Full Marathon Antusias Ikut Surabaya Marathon 2019

Surabaya Marathon 2018 (Foto:Liputan6.com/Dian Kurniawan)

Para pelari kategori full marathon dalam ajang Surabaya Marathon 2019 mengitari Surabaya sejauh 42,2 kilometer. Para pelari tersebut dilepas di garis start oleh Wali Kota Surabaya, Tri Rismaharini (Risma) pada Minggu, (4/8/2019) pukul 04.40 WIB dari Jalan Embong Malang, Surabaya.

Para pelari melintasi sejumlah jalan utama di Surabaya antara lain Jalan Ahmad Yani, Indragiri, Darmo hingga Underpass HR Muhammad. Sedangkan kategori lain yaitu half marathon akan berlari sejauh 21,1 kilometer dan dua kategori lainnya sejauh 10 kilometer dan 5 kilometer.

Meski kategori full marathon dilepas sangat pagi, tetapi antusiasme pelari yang berasal dari berbagai daerah di Indonesia dan mancanegara itu, sangat tinggi. Terpantau, sejak pukul 04.00 WIB, jalanan yang biasanya ramai oleh kendaraan ini telah dipenuhi oleh para pelari.

"Kita bersama-sama lari untuk kesehatan dan kebugaran kita. Teman-teman saya undang di Balaikota (Surabaya-red) untuk makan malam. Jadi jangan tidur dulu nanti," ujar Risma, seperti dikutip dari suarasurabaya.net.

Ketua APPBI Jatim, Sutandi Purnomosidi mengatakan, event lari tahun ini diikuti 6005 peserta dari 130 kota di Indonesia dan 100 orang dari luar negeri. Angka ini naik dari tahun lalu yang hanya menarik 4.400 orang.  Kegiatan lari ini diselenggarakan oleh Asosiasi Pengelola Pusat Belanja Indonesia (APPBI) DPD Jawa Timur bersama Pemkot Surabaya, Polrestabes Surabaya, dan Korem 084/Bhaskara Jaya. Kegiatan ini berhadiah total Rp500 juta.

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Saksikan Exclusive Live Streaming SCTV: Timnas Indonesia U-15 Vs Myanmar di Vidio

Posted: 03 Aug 2019 09:00 PM PDT

Liputan6.com, Chonburi - Timnas Indonesia U-15 akan menghadapi Myanmar pada laga terakhir Piala AFF U-15 Grup A. Pertandingan yang berlangsung di Chonburi Campus Stadium 1, Chonburi, bakal disiarkan langsung oleh SCTV.

Jelang menghadapi Myanmar dalam laga kelima Grup A Piala AFF U-15 2019, Timnas Indonesia U-15 berada di peringkat kedua dalam klasemen grup sementara. Tim asuhan Bima Sakti ini hanya kalah selisih poin dari Timor Leste yang berada di puncak klasemen dengan jumlah poin yang sama, yaitu 10 poin.

Posisi kedua tim sama-sama belum aman untuk melenggang ke semifinal Piala AFF U-15 2019. Vietnam masih membayangi kedua tim dari posisi ketiga dengan mengemas 9 poin. Vietnam pun akan menghadapi Timor Leste di laga terakhir, di mana pemenang dipastikan bakal melangkah ke semifinal.

Dengan kondisi tersebut, Timnas Indonesia U-15 hanya membutuhkan hasil imbang melawan Myanmar untuk lolos ke babak semifinal. Sedangkan Vietnam harus mengalahkan Timor Leste untuk melangkah ke babak empat besar.

Selain di SCTV, Anda dapat menyaksikan pertandingan Timnas Indonesia U-15 vs Singapura di Piala AFF U-15 melalui exclusive live streaming di Vidio Premier dengan berlangganan di link berikut ini...

Dapatkan diskon Rp 5 ribu dengan menggunakan kode vocher "VIDIO5K" di link berikut ini....

Prakiraan Susunan Pemain

Indonesia U-15 (4-3-3): I Made Putra Kaicen (kiper); Alfin Farhan Lestaluhu, Marcell Januar Putra, Mikael Alfredo Tata, Alexandro Felix Kamuru (belakang); Dimas Juliono Pamungkas, Marselino Ferdinan, Ruy Arianto (tengah); Faizal Shaifullah, Wahyu Agong, Valeron (depan)

Pelatih: Bima Sakti

Myanmar U-15 (4-3-3): Aung Kyaw Phyo (kiper); Htoo Myat Khant, Kaung Hiet Paing, Wai Yan Lin Thu, Aung Ko Min (belakang); Aung Kyaw Min, Htet Aung Win, Kyaw Min Khant (tengah); Hein Htet Zaw Win, Wai Phone Myint Kyaw, Zin Myo Aung (depan)

Pelatih: Torssten Frank Spittler

Saksikan video pilihan berikut ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Hati-Hati Macet, Ada Pemeliharaan di Tol Cikampek KM 26

Posted: 03 Aug 2019 09:00 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - PT Jasa Marga (Persero) Tbk terus meningkatkan kualitas kenyamanan pengguna jalan dengan menjaga kosistensi dalam bidang pemeliharaan jalan dengan metode rekonstruksi rigid setiap minggunya.

Di minggu pertama bulan Agustus ini, pekerjaan pemeliharahaan tersebut hanya akan dilakukan di satu lajur Jalan Tol Jakarta-Cikampek, yaitu jalur arah Cikampek tepatnya di Km 26+580 sampai Km 26+610 pada lajur 1 dengan panjang penanganan 30 m.

Pekerjaan akan dimulai hari Minggu, 4 Agustus 2019 pada pukul 00.00 WIB hingga hari Kamis, 8 Agustus 2019 pada pukul 05.00 WIB.

"Jasa Marga memohon maaf atas ketidaknyamanan yang ditimbulkan akibat pekerjaan rekonstruksi dimaksud karena akan berdampak penyempitan lajur menjelang lokasi pekerjaan," tutur Corporate Communication Department Head PT Jasa Marga (Persero) Tbk, Irra Susiyanti Minggu (4/8/2019).

Irra menjelaskan, untuk mengantisipasi kepadatan yang berpotensi terjadi akibat pekerjaan, Jasa Marga bekerjasama dengan Kepolisian telah menyiapkan mitigasi risiko melalui pengaturan lalu lintas di lokasi pekerjaan.

Itu seperti berupa sistem buka tutup di area pekerjaan yaitu penutupan bahu luar lokasi pekerjaan. Sedangkan lalu lintas arah Cikampek akan berjalan normal tidak ada penutupan total.

Selain itu, jika kondisi padat, maka dipersiapkan Contra Flow di Jalan Tol Jakarta-Cikampek yaitu dari Km 25+100 s.d Km 29+500 arah Cikampek untuk mencairkan kepadatan menjelang titik lokasi pekerjaan.

 

Koordinasi

Proyek Jalan Tol Layang Jakarta-Cikampek II atau Japek II Elevated. Dok PUPR

Untuk memastikan informasi ini diterima dengan baik oleh pengguna jalan, Jasa Marga Cabang Jakarta-Cikampek telah melakukan sosialisasi rencana pekerjaan dengan memasang media luar ruang berupa spanduk imbauan pekerjaan dan Variable Message Sign (VMS) di Jalan Tol Cikampek arah Cikampek.

Selain itu, juga berkoordinasi dengan pihak Manajemen Konstruksi (MK) untuk pengaturan jadwal dengan proyek lainnya yang ada di koridor Jalan Tol Jakarta-Cikampek.

Jasa Marga mengimbau pengguna jalan dapat mengantisipasi perjalanan sebelum memasuki jalan tol.

Jika akan mengambil jalur alternatif lain untuk menghindari lokasi pekerjaan maka pengguna jalan dapat keluar melalui Gerbang Tol (GT) Cibitung dan masuk kembali ke Jalan Tol Jakarta-Cikampek melalui GT Cikarang Barat.

Saksikan video pilihan berikut ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Kata Joshua Suherman, Ini Keistimewaan JICOMFEST 2019

Posted: 03 Aug 2019 08:57 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Joshua Suherman ternyata ikut hadir di Jakarta International Comedy Festival atau JICOMFEST 2019 untuk menyaksikan sebuah penampilan yang ia tunggu-tunggu.

"Kalau gue suka MLI (Majelis Lucu Indonesia) karena memang itu teman kantor gue semua jadi semua berangkat buat nonton MLI," kata Joshua saat ditemui dalam JICOMFEST 2019, di JI Expo Kemayoran, Sabtu (3/8/2019).

Joshua, yang kini juga menjajal dunia stand-up comedy, mengatakan JICOMFEST 2019 punya perbedaan bila dibandingkan festival sejenis.

" Menurut gue acara stand up kan memang banyak, cuma bedanya JICOMFEST internasional jadi memang komika-komika yang tampil punya standar yang lebih lagi, dan penontonnya juga banyak," ujar dia. 

Komika Kenamaan

Para pengisi JICOMFEST 2019. (Istimewa/Doc. JICOMFEST)

JICOMFEST 2019 memang diisi oleh sejumlah komika kenamaan. Mulai dari Ge Pamungkas, Boris Bokir, Aci, Mo Sidik, hingga komika Amerika Serikat keturunan Iran, Maz Jobrani.

Sementara hari pertama JICOMFEST 2019 ditutup dengan "Roasting Night" oleh Pandji Pragiwaksono, Ernest Prakasa, dan Adjis Doaibu. Tak tanggung-tanggung sosok yang menjadi sasaran komentar adalah Deddy Corbuzier.

 

(Dream.co.id/ Ferdike Yunuri Nadya)

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Pelatih Persija Bantah Perseteruan Marko Simic dan Bruno Matos

Posted: 03 Aug 2019 08:55 PM PDT

Jakarta Pelatih Persija Jakarta, Julio Banuelos, membantah kabar dua pemainnya Marko Simic dan Bruno Matos tidak akur. 

Ketika Persija bermain 2-2 melawan Arema FC pada pekan ke-12 Shopee Liga 1 2019 di Stadion Utama Gelora Bung Karno (SUGBK), Senayan, Sabtu (3/8/2019), kerja sama keduanya kembali tidak terlihat.

Sejak awal musim, Simic sebagai juru gedor kurang mendapat asupan bola matang dari Matos, yang berperan sebagai gelandang serang. Nama terakhir dinilai banyak pihak terlalu individualis dan bermain egois.

Untuk meredakan rumor ketidakharmonisan Simic dengan Matos, Julio menganggap dua pemainnya itu tak punya masalah. Hanya, keduanya memang bernafsu memberikan kontribusi lebih kepada Persija.

"Tidak ada masalah apa-apa antara Simic dengan Matos. Keduanya tidak punya kendala," ujar Julio pada konferensi pers setelah pertandingan kontra Arema.

"Yang terjadi di lapangan itu mungkin mereka saling ingin mencetak gol. Tapi tidak ada kendala apa-apa," kata pelatih Persija asal Spanyol itu.

 

Masih Terpuruk di Zona Degradasi

Dengan hasil ini, Persija masih terjerembab di zona degradasi. Tim berjulukan Macan Kemayoran tersebut menempati peringkat ke-17 dengan tujuh poin dari delapan laga.

Adapun, Arema FC masih tertahan di posisi keempat. Hamka Hamzah dan kawan-kawan mengoleksi 19 angka dari 11 partai.

 

Sumber: Bola.com

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Viral Ormas di Makassar Sisir Buku Diduga Berbau Komunis

Posted: 03 Aug 2019 08:53 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Sekelompok orang yang menamakan diri Brigade Islam Indonesia diduga merazia buku-buku berbau komunis di salah satu toko buku terbesar di Kota Makassar, Sulawesi Selatan. Peristiwa tersebut viral di media sosial.

Sebuah akun Instagram @tanah.merdeka memposting rekaman video tentang peristiwa tersebut. Dalam unggahannya, akun itu menyebut mereka menyisir buku tentang Marxisme dan Leninisme.

"Mereka menyisir buku-buku layaknya badan sensor, kemudian membawa beberapa buku yang dituding mengajarkan Marxisme dan Leninisme untuk tidak dijual di Gramedia lagi," tulis akun tersebut, Sabtu 3 Agustus 2019.

Postingan tersebut telah dilihat hingga 30 ribu kali dan mendapat lebih dari 1.000 komentar beragam warganet. Peristiwa tersebut juga viral di Twitter.

Kapolrestabes Makassar Kombes Wahyu Dwi Ariwibowo mengatakan, apa yang dilakukan oleh ormas tersebut bukan suatu bentuk razia. Menurut Wahyu, tindakan itu merupakan sebuah imbuan kepada pengelola toko buku untuk tidak menjual buku-buku berbau Komunisme-Marxisme.

"Kalau razia ndak ada. Itu hanya imbauan, imbauan bukan razia. Belum melakukan razia," ujar Wahyu saat dihubungi Liputan6.com, Jakarta, Minggu (4/8/2019).

Wahyu juga menyampaikan bahwa kejadian itu baru pertama kali terjadi di wilayahnya. Menurutnya, belum pernah terjadi hal serupa di toko buku lain di Makassar.

"Nggak, hanya di situ saja," ucap Wahyu.

 

Belum Ada Laporan Polisi

Saat ini kepolisian belum mengambil tindakan atas peristiwa yang terjadi di toko buku itu. Polisi akan menindaklanjutinya setelah ada laporan dari pengelola buku.

"Tapi selama ini tidak ada (laporan)," kata Wahyu mengakhiri.

 

Saksikan video pilihan berikut ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

6 Manfaat Jintan Putih yang Tak Cuma Sedapkan Masakan

Posted: 03 Aug 2019 08:50 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Jintan putih merupakan salah satu rempah yang kerap digunakan untuk menyedapkan makanan. Jintan putih memberi rasa khas pedas dan hangat untuk hidangan seperti kari atau gulai.

Ada dua jenis jintan yang diketahui, jintan putih dan jintan hitam. Pada umumnya jintan putih lah yang kerap digunakan dalam campuran masakan. Sementara jintan hitam atau yang juga dikenal sebagai Habbatussauda lebih sering dimanfaatkan untuk pengobatan.

Meski begitu khasiat jintan putih tak kalah hebat dari jintan hitam. Terlebih lagi, jintan putih juga telah lama digunakan dalam pengobatan tradisional di beberapa wilayah Asia. Studi modern telah mengonfirmasi beberapa manfaat kesehatan yang secara tradisional dikenal untuk jintan, termasuk mempromosikan pencernaan dan mengurangi infeksi yang ditularkan melalui makanan.

Penelitian juga mengungkapkan beberapa manfaat baru, seperti meningkatkan berat badan dan meningkatkan kontrol gula darah dan kolesterol. Memasukkan jintan putih pada masakan tak hanya sekadar melezatkan namun juga menyehatkan. Berikut manfaat jintan putih yang berhasil Liputan6.com rangkum dari berbagai sumber, Minggu (4/8/2019).

Lancarkan Pencernaan

Menyehatkan Sistem Pencernaan / Sumber: iStockphoto

Penggunaan jintan putih secara tradisional yang paling umum adalah untuk gangguan pencernaan. Faktanya, penelitian modern telah mengkonfirmasi bahwa jintan putih dapat membantu meningkatkan pencernaan normal.

Jintan putih dapat meningkatkan aktivitas enzim pencernaan, berpotensi mempercepat pencernaan. Jintan putih juga meningkatkan pelepasan empedu dari hati.

Empedu membantu mencerna lemak dan nutrisi tertentu dalam usus. Dalam satu studi, 57 pasien dengan sindrom iritasi usus besar (IBS) melaporkan gejala membaik setelah mengonsumsi jintan putih pekat selama dua minggu.

Atasi Diabetes

ilustrasi Diabetes (sumber: iStockphoto)

Beberapa komponen jintan putih menunjukkan manfaat mengobati diabetes. Satu studi klinis menunjukkan suplemen jinten putih pekat mendukung indikator awal diabetes pada individu yang kelebihan berat badan, dibandingkan dengan plasebo.

Jintan putih juga mengandung komponen yang melawan beberapa efek jangka panjang dari diabetes. Salah satu cara diabetes merusak sel-sel dalam tubuh adalah melalui Advanced glycation end product (AGE) atau produk akhir glikasi lanjut.

AGE diproduksi secara spontan dalam aliran darah ketika kadar gula darah tinggi dalam jangka waktu yang lama, seperti pada diabetes. AGE dibuat ketika gula menempel pada protein dan mengganggu fungsi normalnya. AGE kemungkinan bertanggung jawab atas kerusakan mata, ginjal, saraf, dan pembuluh darah kecil pada diabetes.

Sebuah studi menguji efek dari suplemen jinten putih pekat. Jika dikonsumsi secara rutin dalam bentuk bumbu masakan atau suplemen, ini dapat membantu mengontrol gula darah pada diabetes.

Stabilkan Kolesterol Darah

Stabilkan Kolesterol Darah

Dalam studi klinis jintan putih dapat menstabilkan kolesterol. Dalam sebuah penelitian, 75 mg jintan putih yang diminum dua kali sehari selama delapan minggu menurunkan trigliserida darah yang tidak sehat. Dalam penelitian lain, kadar kolesterol LDL teroksidasi "buruk" menurun hampir 10% pada pasien yang menggunakan ekstrak jintan lebih dari satu setengah bulan.

Satu studi terhadap 88 wanita mengamati apakah jinten memengaruhi kadar kolesterol HDL "baik". Mereka yang mengonsumsi 3 gram jintan dengan yogurt dua kali sehari selama tiga bulan memiliki tingkat HDL yang lebih tinggi.

Bantu Penurunan Berat Badan dan Pengurangan Lemak

Ilustrasi timbangan (foto: shutterstock)

Suplemen jintan putih pekat telah membantu mendorong penurunan berat badan dalam beberapa studi klinis. Satu studi terhadap 88 wanita kelebihan berat badan menemukan bahwa yogurt yang mengandung 3 gram jintan mampu meningkatkan penurunan berat badan.

Studi lain menunjukkan bahwa peserta yang mengonsumsi 75 mg suplemen jintan putih setiap hari kehilangan 1,4 kg lebih banyak daripada mereka yang menggunakan plasebo. Studi klinis ketiga melihat efek dari suplemen jinten pekat pada 78 pria dan wanita dewasa. Mereka yang mengonsumsi suplemen kehilangan 1 kg lebih dari delapan minggu.

Mencegah Keracunan Akibat Makanan

Ilustrasi keracunan (sumber: iStockphoto)

Salah satu peran tradisional jintan putih dalam bumbu juga untuk keamanan makanan. Banyak bumbu, termasuk jintan, tampaknya memiliki sifat antimikroba yang dapat mengurangi risiko infeksi yang ditularkan melalui makanan.

Beberapa komponen jintan mengurangi pertumbuhan bakteri yang ditularkan melalui makanan dan beberapa jenis jamur infeksius. Ketika dicerna, jintan putih melepaskan komponen yang disebut megalomicin, yang memiliki sifat antibiotik. Selain itu, studi tabung menunjukkan bahwa jintan mengurangi resistensi obat dari bakteri tertentu.

Cegah Peradangan

ilustrasi jintan/copyright Shutterstock

Studi tabung menunjukkan bahwa ekstrak jintan putih menghambat peradangan. Ada beberapa komponen jintan yang mungkin memiliki efek anti-inflamasi, tetapi para peneliti belum tahu mana yang paling penting.

Senyawa tanaman dalam beberapa rempah telah terbukti mengurangi kadar penanda peradangan utama, NF-kappaB. Jintan putih mengandung banyak senyawa tanaman yang dikaitkan dengan manfaat kesehatan potensial, termasuk terpen, fenol, flavonoid dan alkaloid. Beberapa di antaranya berfungsi sebagai antioksidan, yang merupakan bahan kimia yang mengurangi kerusakan pada tubuh dari radikal bebas.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

FOTO: Musim Kemarau, Harga Gabah Petani Alami Kenaikan

Posted: 03 Aug 2019 08:45 PM PDT

Suasana saat para petani memanen padi di sawah yang terletak di belakang PLTU Labuan, Pandeglang, Banten, Minggu (4/8/2019). Kurangnya pasokan beras dari petani akibat musim kemarau menyebabkan harga gabah naik. (merdeka.com/Arie Basuki)

Suasana saat para petani memanen padi di sawah yang terletak di belakang PLTU Labuan, Pandeglang, Banten, Minggu (4/8/2019). Kurangnya pasokan beras dari petani akibat musim kemarau menyebabkan harga gabah naik. (merdeka.com/Arie Basuki)

Suasana saat para petani memanen padi di sawah yang terletak di belakang PLTU Labuan, Pandeglang, Banten, Minggu (4/8/2019). Musim kemarau menyebabkan harga gabah di tingkat petani mengalami kenaikan dari Rp 3.600 menjdi Rp 4.300 per kilogram. (merdeka.com/Arie Basuki)

Suasana saat para petani memanen padi di sawah yang terletak di belakang PLTU Labuan, Pandeglang, Banten, Minggu (4/8/2019). Musim kemarau menyebabkan harga gabah di tingkat petani mengalami kenaikan dari Rp 3.600 menjdi Rp 4.300 per kilogram. (merdeka.com/Arie Basuki)

Suasana saat para petani memanen padi di sawah yang terletak di belakang PLTU Labuan, Pandeglang, Banten, Minggu (4/8/2019). Kurangnya pasokan beras dari petani akibat musim kemarau menyebabkan harga gabah naik. (merdeka.com/Arie Basuki)

Suasana saat para petani memanen padi di sawah yang terletak di belakang PLTU Labuan, Pandeglang, Banten, Minggu (4/8/2019). Kurangnya pasokan beras dari petani akibat musim kemarau menyebabkan harga gabah naik. (merdeka.com/Arie Basuki)

Petani memisahkan bulir padi dari tangkainya saat panen di sawah yang terletak di belakang PLTU Labuan, Pandeglang, Banten, Minggu (4/8/2019). Musim kemarau menyebabkan harga gabah di tingkat petani mengalami kenaikan dari Rp 3.600 menjdi Rp 4.300 per kilogram. (merdeka.com/Arie Basuki)

Petani memisahkan bulir padi dari tangkainya saat panen di sawah yang terletak di belakang PLTU Labuan, Pandeglang, Banten, Minggu (4/8/2019). Musim kemarau menyebabkan harga gabah di tingkat petani mengalami kenaikan dari Rp 3.600 menjdi Rp 4.300 per kilogram. (merdeka.com/Arie Basuki)

Petani memisahkan bulir padi dari tangkainya saat panen di sawah yang terletak di belakang PLTU Labuan, Pandeglang, Banten, Minggu (4/8/2019). Kurangnya pasokan beras dari petani akibat musim kemarau menyebabkan harga gabah naik. (merdeka.com/Arie Basuki)

Petani memisahkan bulir padi dari tangkainya saat panen di sawah yang terletak di belakang PLTU Labuan, Pandeglang, Banten, Minggu (4/8/2019). Kurangnya pasokan beras dari petani akibat musim kemarau menyebabkan harga gabah naik. (merdeka.com/Arie Basuki)

Petani memisahkan bulir padi dari tangkainya saat panen di sawah yang terletak di belakang PLTU Labuan, Pandeglang, Banten, Minggu (4/8/2019). Musim kemarau menyebabkan harga gabah di tingkat petani mengalami kenaikan dari Rp 3.600 menjdi Rp 4.300 per kilogram. (merdeka.com/Arie Basuki)

Petani memisahkan bulir padi dari tangkainya saat panen di sawah yang terletak di belakang PLTU Labuan, Pandeglang, Banten, Minggu (4/8/2019). Musim kemarau menyebabkan harga gabah di tingkat petani mengalami kenaikan dari Rp 3.600 menjdi Rp 4.300 per kilogram. (merdeka.com/Arie Basuki)

Pemandangan sawah yang terletak di belakang PLTU Labuan, Pandeglang, Banten, Minggu (4/8/2019). Kurangnya pasokan beras dari petani akibat musim kemarau menyebabkan harga gabah naik. (merdeka.com/Arie Basuki)

Pemandangan sawah yang terletak di belakang PLTU Labuan, Pandeglang, Banten, Minggu (4/8/2019). Kurangnya pasokan beras dari petani akibat musim kemarau menyebabkan harga gabah naik. (merdeka.com/Arie Basuki)

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Prediksi Borneo FC Vs PSS: Merebut Posisi 5 Milik Persebaya

Posted: 03 Aug 2019 08:35 PM PDT

Jakarta Borneo FC dan PSS Sleman siap mengejar posisi kelima yang saat ini dihuni Persebaya Surabaya di klasemen sementara Shopee Liga 1 2019, Persebaya Surabaya. Ini menjadi misi khusus yang diusung saat kedua tim bentrok pada pekan ke-12 di Stadion Segiri, Samarinda, Minggu (4/8/2019).

Borneo FC kini berada di peringkat ke-8 dengan 15 poin dari sembilan pertandingan. Adapun, PSS Sleman menduduki posisi ke-6 setelah meraup 16 angka dari 11 laga. 

Faktor bermain di kandang membuat Borneo FC lebih diunggulkan. Namun, tim berjulukan Pesut Etam itu tak ingin sesumbar.

"Kami sudah memelajari bagaimana cara bermain PSS sejauh ini. Mereka tidak bisa kami anggap remeh karena itu bakal berbahaya untuk kami. Apalagi kami sudah dalam tren yang bagus," ujar asisten pelatih Borneo FC, Ahmad Amiruddin seperti dilansir dari laman resmi klub.

Borneo FC tak terkalahkan dalam lima partai terakhir Liga 1 2019. Pesut Etam memenangi tiga pertandingan di antaranya, dengan dua laga berakhir seri.

Kata Amiruddin, Borneo FC kehilangan sejumlah pemainnya untuk melawan PSS. Namun, asisten pelatih yang lama memperkuat PSM Makassar sebagai pemain ini masih merahasiakan identitasnya.

"Coach Mario juga terus memberi motivasi ke pemain, terlebih pemain yang bakal jadi pengganti dari mereka yang absen. Tapi seperti kami bilang, setiap hari kita sangat percaya mereka dan mereka pasti berikan terbaik," tutur Amiruddin.

PSS Sleman Dalam Kondisi Bagus

Pemain Borneo FC, Ichsan Kurniawan (kiri), menempel pergerakan gelandang PSS, Brian Ferreira, dalam laga Piala Presiden 2019 di Stadion Maguwoharjo, Sleman, Jumat (8/3/2019). (Bola.com/Vincentius Atmaja)

 

Sementara itu, PSS Sleman yang berstatus sebagai tim promosi, baru saja menaklukkan tim kuat Madura United. Bahkan tiga poin itu didapat di markas lawan. Praktis secara psikologis tim besutan Seto Nurdiyantoro, sedang meninggi.

Pelatih PSS, Seto Nurdiyantoro cukup diuntungkan dengan kembalinya striker lincah, Kushedya Hari Yudo yang baru sembuh dari cedera. Pemain asal Malang ini sebelumnya absen setelah cedera saat melawan Barito Putera.

Hadirnya Kushedya Hari Yudo membuat lini depan Super Elang Jawa kembali lengkap dan bakal diduetkan dengan Yevhen Bokhasvili. Lini tengah PSS kembali mengandalkan playmaker Brian Ferreira disokong pemain yang sedang moncer, Irkham Zahrul Mila.

Duet bek lokal Ikhwan Ciptady dan Asyraq Gufron, mulai menarik perhatian Seto Nurdiyantoro dan akan kembali diturunkan sejak menit pertama. Seto Nurdiyantoro meminta para pemainnya untuk tetap fokus dan pantang terbuai dengan euforia kemenangan di Pamekasan.

"Kami sebenarnya belum konsisten. Terlebih dalam dua laga kandang terakhir yang belum maksimal. Borneo FC juga bukan tim sembarangan, yang jelas tiga poin di Pamekasan kemarin bukan menjadi patokan kami," beber Seto Nurdiyantoro.

 

Prakiraan Susunan Pemain

Borneo FC (4-4-2): Nadeo Agrawinata (kiper); Diego Michiels, Abdul Rahman, Fathul Rahman, Nurdiansyah (belakang); Ambrizal Umanailo, Asri Akbar, Renan Silva, Terens Puhiri (tengah); Lerby Eliandry, Rifal Lastori (depan)

Pelatih: Mario Gomez

PSS Sleman (4-4-2): Ega Rizky (kiper); Bagus Nirwanto, Ikhwan Ciptady, Asyraq Gufron, Derry Rachman (belakang); Dave Mustaine, Guilherme Felipe de Castro, Brian Ferreira, Irkham Zahrul Mila (tengah); Yevhen Bokhasvili, Kushedya Hari Yudo (depan)

Pelatih: Seto Nurdiyantoro

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Tak Hanya Tampil, Pandji Pragiwaksono Juga Girang Saksikan JICOMFEST 2019

Posted: 03 Aug 2019 08:21 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Jakarta International Comedy Festival atau JICOMFEST 2019 kini memasuki hari kedua. Salah satu pengisi acara, adalah komika kenamaan Pandji Pragiwaksono. 

Pada hari pertama penyelenggaraan di JIExpo Kemayoran, Jakarta, Pandji mendapat jatah manggung pada pukul sembilan malam. Namun, ia sudah datang sejak pukul 3 sore di lokasi acara JICOMFEST 2019.

Rupanya Pandji tak hanya bersemangat untuk tampil, tapi juga menjadi penonton JICOMFEST 2019.

 "Seneng aja pengin ngerasain pengalamannya di JICOMFEST. Enggak hanya pengen manggung tapi pengen jadi penikmat makanya saya tadi loncat-loncat dari satu stage ke stage lainnya buat ngeliat perform dari komika lain," tutur Pandji.

Ingin Digelar Lagi

Komika Pandji Pragiwaksono (kanan) meroasting Deddy Corbuzier (kiri) saat menjadi pengisi acara Jakarta Internasional Comedy Festival (JICOMFEST) 2019 di JIExpo, Kemayoran, Jakarta, Sabtu (3/8/2019). JICOMFEST 2019 menampilkan komedian dengan berbagai kategori. (Bola.com/Peksi Cahyo Priambodo)

Pandji juga ikut senang melihat antuasiasme para penonton di acara yang menurutnya merupakan terobosan baru. Bahkan ia ingin acara ini diadakan lagi pada tahun-tahun mendatang. Ia ingin acara serupa digelar setidaknya tiga kali. 

"Karena nanti dari yang pertama ini orang bakal ngomongin dan pastinya bakal nunggu lagi JICOMFEST berikutnya. Karena yang belum nonton di tahun pertama ini pasti nyesel dan pasti bakal nungguin terus di tahun-tahun seterusnya," kata Pandji.

(Rahmi Safitri/ Kapanlagi.com)

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Unik, Begini Rasanya Relaksasi dengan Cara Peluk Seekor Sapi

Posted: 03 Aug 2019 08:15 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Memiliki banyak pekerjaan dan banyak pikiran memang membuat seseorang mudah lelah dan bisa stres. Apalagi tidak diimbangi dengan istirahat yang cukup dan relaksasi diri yang memadai. Biasanya dalam mengisi hari-hari yang sibuk, terkadang kamu memiliki waktu satu sampai dua hari untuk istirahat.

Waktu itulah hari libur yang bisa digunakan untuk relaksasi diri agar tidak terlalu jenuh dengan apa yang sedang kamu kerjakan. Hal paling mudah untuk menghilangkan penat mungkin adalah liburan dengan jalan-jalan. Namun bila kamu ingin dengan cara lain, kamu bisa mencoba terapi memeluk sapi untuk relaksasi.

Terapi memeluk sapi memang sudah ada beberapa waktu belakangan ini di negara Eropa, seperti Swiss dan Belanda. Selain itu kini telah merambah sampai Amerika Serikat. Mungkin hal seperti ini lama-lama akan digunakan di berbagai peternakan yang memiliki sapi.

Berikut rasanya relaksasi dengan cara peluk seekor sapi yang Liputan6.com lansir dari odditycentral, Minggu (4/8/2019).

Peternakan di AS Sewakan Sapi untuk Terapi Relaksasi

Terapi memeluk sapi (Sumber: Instagram/mountainhorsefarm)

Terapi memeluk seekor sapi yang digunakan untuk merelaksasi memang sudah digunakan di negara Eropa, seperti Swiss dan Belanda pada beberapa tahun terkakhir. Peternakan-peternakan yang memiliki sapi di Eropa ini membuka peternakannya seperti sebuah kebun binatang kecil yang dapat dekat dengan seekor sapi.

Namun ternyata tren ini juga diadopsi di Amerika Serikat, karena di negara ini sendiri memang belum terkenal terapi memeluk sapi seperti ini. Nah yang membuka jasa terapi tersebut adalah sebuah peternakan yang berada di utara New York yang memeberikan kesempatan bagi orang Amerika untuk bisa berelaksasi dengan sapi yang mereka miliki dengan membayar Rp 1 juta per jamnya.

Suzanne Vullers, seorang penduduk asli Belanda yang mengelola peternakan ini dengan suaminya, membawa dua sapi dari kunjungannya ke Belanda, setelah mengetahui tentang manfaat kesehatan dari pelukan dengan sapi. Mountain House Farm, sebuah peternakan yang dimilikinya dengan luas 13 hektar yang indah di New York.

"Sejujurnya, kami tidak tahu bahwa itu sangat tidak dikenal di AS," kata Vullers kepada CNN.

"Banyak orang yang akrab dengan terapi anjing atau kucing ... orang tidak mengaitkan ini dengan hewan yang lebih besar, seperti sapi," tambahnya.

 

Begini Rasanya Relaksasi dengan Aapi

Terapi memeluk sapi (Sumber: Instagram/mountainhorsefarm)

Memeluk sapi bukanlah hal yang mudah, bagi orang yang takut dengan hewan besar ini tentu harus ditemani dengan pawang yang biasanya mengurusnya. Selain itu, sapi pun telah dilatih agar jinak kepada setiap orang yang akan memeluknya. Memeluk seekor sapi yang besat akan berikan sebuah perasaan hangat dan tenang.

Selain ternyata detak jantung sapi sedikit lebih lambat dari manusia dan seekor sapi yang pada umumnya adalah hewan yang tenang benar-benar memiliki cara untuk menenangkan orang di sekitar mereka. Suzanne mengklaim bahwa hanya dengan merasakan detak jantung sapi yang lebih lambat saat kamu berpelukan, turut membuat detak jantungmu juga melambat. Dan karena suasananya sangat sunyi, itu memberi peluang bagus untuk terhubung dengan para sapi.

Mountain House Farm menawarkan hanya satu atau dua sesi memeluk sapi per hari, yang biasanya dibatasi hanya sekitar dua orang. Pengalaman saat ini dihargai Rp 1 juta per jam, tetapi diklaim dapat membantu orang "tetap sehat, mental dan fisik".

Pemilik menekankan bahwa peternakan mereka bukan kebun binatang dan bahwa pengunjung yang ingin mengambil bagian dalam relaksasi ini harus mempertimbangkan diri mereka sendiri dan hewan. Jadi setiap sesi pelukan dijadwalkan sebelumnya dengan cara yang tidak mengganggu ritme alami sapi.

"Kami bukan kebun binatang. Ini tidak semua tentang Anda. Ini tentang kita dan mereka," kata Vullers melalui odditycentral. 

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

VIDEO: JICOMFEST 2019 Sukses Menarik Ribuan Pengunjung

Posted: 03 Aug 2019 08:15 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Antusiasme pengunjung pada perhelatan Jakarta International Comedy Festival atau JICOMFEST 2019. Festival komedi terbesar di Asia Tenggara ini digelar di JIExpo Kemayoran, Jakarta

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Asosiasi Driver Online Tolak Rencana Ganjil Genap untuk Motor

Posted: 03 Aug 2019 08:14 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Asosiasi Driver Online (ADO) DKI Jakarta keberatan dengan wacana aturan ganjil genap bagi sepeda motor.

"Itu akan semakin menyulitkan kami dalam mencari nafkah," kata Ketua DPD ADO DKI Jakarta Kaharudin di Jakarta, Sabtu 3 Agustus 2019.

Ia menjelaskan, Jakarta sebenarnya sudah cukup disulitkan dengan aturan ganjil genap bagi kendaraan roda empat saat ini, apalagi jika ditambah dengan aturan serupa bagi sepeda motor.

"Dengan aturan sekarang saja sudah pusing untuk mencari nafkah karena harus menyesuaikan tanggal dengan plat nomor kendaraan," kata dia dikutip dari Antara.

Ia mengaku aturan ganjil genap tersebut terkadang memaksa para pengemudi angkutan daring untuk libur atau tidak bekerja.

Hal itu disebabkan plat nomor kendaraan yang tidak sesuai dengan tanggal untuk digunakan saat penerapan aturan ganjil atau genap.

Terkait adanya wacana tambahan aturan ganjil genap bagi kendaraan roda dua itu, ia mengatakan, ADO DKI Jakarta akan berdiskusi dengan ADO se-Indonesia untuk mencarikan solusi permasalahan tersebut.

Selain itu, pihaknya juga akan segera mengadakan pertemuan dengan pemerintah atau kementerian terkait untuk membahas persoalan ganjil genap tersebut.

"Kami belum mengambil keputusan langkah ke depannya, namun kami berencana melayangkan surat ke kementerian terkait terlebih dahulu," ujarnya.

 

Masih Dikaji

Sementara itu, Kepala Dinas Perhubungan DKI Jakarta Syafrin Liputo mengatakan, pihaknya masih mengkaji penerapan aturan ganjil genap sepeda motor.

Dia menegaskan untuk saat ini peraturan ganjil genap masih diberlakukan untuk kendaraan roda empat.

"Kita sedang kaji, karena berdasarkan kajian jumlah sepeda motor saat diberlakukan ganjil genap volumenya 72 persen, hanya 28 persen roda empat," ujar Syafrin Liputo.

Saksikan video pilihan di bawah ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Prediksi Barito Putera vs Persib: Motivasi Tinggi Tim Tamu

Posted: 03 Aug 2019 08:10 PM PDT

Liputan6.com, Banjarmasin- Persib Bandung membawa motivasi yang cukup tinggi saat bertandang ke markas Barito Putera pada lanjutan Shopee Liga 1 yang disiarkan Indosiar di Stadion Demang Leman, Minggu (4/8/2019). Persib bakal tampil lebih komplet karena dua pemain andalan, Ezechiel N'douassel dan Bojan Malisic akan tampil.

Persib dalam tren buruk di dua pertandingan terakhir. Krisis kiper membuat mereka kebobolan 7 gol dalam dua pertandingan yaitu kalah 0-2 dari Bali United dan terjungkal 1-5 saat bertandang ke markas Arema. 

Pelatih Persib, Robert Rene Alberts tahu misi merebut kemenangan lawan Barito Putera bakal sulit. Meski begitu, tiga poin menjadi wajib hukumnya bagi "Maung Bandung" di laga ini.

"Jadi kami akan memastikan posisi kami lebih baik lagi di Liga. Kami tahu Barito Putera dalam beberapa laga terakhir mendapat hasil yang baik. Sebagai tim mereka sangat kuat dan akan bermain dengan kekuatan penuh," ujarnya seperti dikutip Bola.com

Roberts juga senang karena Ezechiel dan Malisic sudah kembali tampil. Lini pertahanan dan lini serang Persib bakal lebih baik karena dua pemain tersebut.

"Eze sangat penting untuk tim, terutama untuk mencetak gol. Begitu juga Bojan, dia punya kondisi fisik yang tangguh di lini belakang. Pada laga sebelumnya kami tidak melihat ada pemain yang bisa seperti itu. Ada keunggulan dari kedua pemain ini, jadi saya rasa kami akan bermain lebih baik," ucap Robert.

Mengenai pemain yang harus diwaspadai di tim Barito Putera, pelatih asal Belanda ini tidak hanya tertuju kepada penyerang tim lawan. Pemain Persib disebutnya selalu berusaha mematikan pemain kunci lawan.

"Filosofi kami adalah menghentikan semua pemain tim lawan dan mematikan pemain kunci mereka pada waktu yang bersamaan. Itu hal yang normal dan Barito juga akan berpikir bagaimana menghentikan pemain kami. Pertandingan ini saya pikir akan menarik," ucap Robert yang belum menunjukkan konsistensi hasil dengan Persib.

Ingin Menang

Shopee Liga 1 2018: Barito Putera vs Persib Bandung. (Bola.com/Dody Iryawan)

Sementara itu, Barito Putera juga ingin meraih kemenangan lawan Persib. Apalagi mereka sudah paceklik kemenangan di tiga pertandingan terakhir.

Skuat Laskar Antasari dalam kondisi terbaik saat menjamu Maung Bandung. Hampir semua pemain siap diturunkan pada partai bergengsi ini, kecuali bek tengah asal Brasil Lukas Silva yang terjerat akumulasi kartu kuning.

"Pemain punya motivasi tinggi untuk melawan Persib. Kami harus memenangkan pertandingan ini untuk mengejar ketinggalan kami. Tapi kami harus bekerja keras, karena Persib tim tangguh. Meskipun mereka baru saja kalah telak dari Arema," kata Yunan Helmi.

Yunan menilai kekalahan Supardi Nasir dkk. bisa jadi motivasi besar saat duel melawan Barito Putera. "Saya kira semua tim pasti ingin memenangkan pertandingan. Saya juga harus mewaspadai kebangkitan Persib. Saya juga tak meremehkan sedikit pun Persib yang tak diperkuat Rene Mihelic," ujarnya.

Yunan mengaku telah mempelajari permainan anak asuh Robert Alberts. "Semua strategi telah kami matangkan di latihan. Jika tak ada kendala, kami akan tampil rancak di permainan nanti. Saya berharap anak-anak tak lengah dan terus konsentrasi hingga peluit akhir," ucapnya.

Barito Putera juga bisa menurunkan lagi Rafael Silva yang sempat absen saat tandang ke PSS. "Samsul Arif fit. Gavin Kwan Adsit juga sedang on fire. Semoga Rafael Silva juga tak lupa cara mencetak gol, setelah absen sekali di Sleman lalu. Evan Dimas juga telah sembuh dari cedera hamstring," katanya.

Dalam daftar klasemen sementara, saat ini Rizki Pora dkk. menempati urutan ke-15 dengan sembilan poin. Sedangkan Persib Bandung berada di peringkat ke-11 dengan 13 angka.

Prediksi Susunan Pemain

Barito Putera (4-3-3): Aditya Harlan (kiper); Andri Ibo, Lucas Silva, Gavin Kwan Adsit, Nazar Nurzaidin, Rizki Pora (belakang), Donni Monim, Bayu Pradana, Evan Dimas (tengah); Samsul Arif, Ferdiansyah (depan).

Pelatih: Yunan Helmi

Persib (4-3-3): Muhammad Aqil Savik (kiper); Supardi Nasir (C), Achmad Jufriyanto, Bojan Malisic, Ardi Idrus; Kim Jeffrey Kurniawan, Hariono, Esteban Vizcarra; Febri Hariyadi, Ezechiel N'douassel, Ghozali Siregar (depan).

Pelatih: Robert Alberts

 

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Cari Skutik dengan Rem ABS, Ini Daftarnya

Posted: 03 Aug 2019 08:10 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Produsen otomotif di Indonesia mulai banyak memberikan fitur keselamatan tambahan. Salah satunya, penggunaan rem ABS (Anti-lock Braking System) yang sudah disematkan di berbagai model yang dipasarkan di Tanah Air.

Tak hanya pada kendaraan roda empat, penggunaan ABS juga sudah banyak digunakan untuk kendaraan roda dua, tak kecuali skuter matik alias skutik.

Teknologi ABS memiliki sensor yang dapat mendeteksi kemungkinan terkuncinya roda motor pada saat pengendara melakukan pengereman secara tiba-tiba. Pengendaraan jadi relatif lebih aman sehingga mengurangi risiko kecelakaan terutama saat kondisi jalan licin.

ABS dapat melakukan pegereman lebih cepat dibadingkan sistem pengereman konvensional, motor akan menjadi lebih stabil dan dapat dikendalikan arahnya saat terjadi pengereman mendadak.

Di balik keunggulannya, ABS juga memiliki kekurangan, salah satunya tak bekerja optimal apabila sensor basah terkena air dan kondisi jalan yang bergelombang atau berkerikil, sehingga pengendara harus tetap waspada berkendara saat hujan seperti dilansir Federal Oil, Sabtu (3/8/2019).

Daftar Skutik yang Memiliki Fitur ABS di Indonesia

1. Honda ADV150 ABS Rp36.5 juta

2. Honda PCX 150 ABS Rp31.934 juta

3. Yamaha Aerox 155 VVA ABS Rp27.575 juta

4. Yamaha Nmax 155 ABS Rp31.15 juta

5. Yamaha Lexi ABS Rp26.5 juta

6. Vespa GTS Super 150 i-get ABS Rp40 juta

7. Piaggio Medley S ABS Rp45.8 juta

 

Simak Video Pilihan Berikut Ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

BMKG: Kecepatan Informasi Bencana Lebih Penting Ketimbang Akurasi

Posted: 03 Aug 2019 08:07 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Kepala Bidang Mitigasi Gempa Bumi dan Tsunami Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Daryono mengatakan, kecepatan informasi bencana harus lebih diutamakan seperti dalam memberikan peringatan dini tsunami, dibandingkan akurasi.

"Kecepatan dan akurasi adalah dua hal yang tidak selalu memungkinkan terpenuhi dalam waktu yang bersamaan," kata Daryono, Minggu (4/8/2019).

Gempa tektonik berpotensi tsunami yang terjadi di wilayah Samudera Hindia selatan Banten, Jumat 2 Agustus malam lalu, BMKG awalnya menginfokan berkekuatan magnitudo 7,4 berkedalaman 10 km. BMKG kemudian memutakhirkan menjadi magnitudo 6,9 dengan kedalaman 48 km.

"Dari kasus Gempa Tohoku pada tahun 2011 yang lalu, Japan Meteorogical Agency (JMA) yang merupakan BMKG-nya Jepang, dalam waktu tiga menit langsung menyampaikan informasi kejadian gempa dengan Magnitudo 7,9 dan peringatan dini tsunami dengan ketinggian 6 meter," kata Daryono.

Dilansir Antara, pada menit ke-3 masih sebagian kecil sinyal-sinyal lindu tertangkap oleh jaringan sensor gempa JMA, yang baru mampu memberikan perhitungan magnitudo mencapai 7,9 beserta potensi kejadian tsunami.

Seketika itu juga di menit ke-3, masyarakat terdampak sudah dapat mulai siaga untuk menghadapi ancaman tsunami, dengan melakukan evakuasi mandiri.

Selanjutnya, pada menit ke-50 JMA memutakhirkan kembali magnitudo gempa menjadi 8,8 dan akhirnya magnitudo tersebut diperbaharui menjadi 9,0. Daryono menjelaskan, akurasi baru dapat dicapai setelah menit ke-50 untuk gempa dengan magnitudo 9,0.

Apabila peringatan dini diinformasikan setelah menit ke-50 karena menunggu akurasi, tsunami tentu sudah melanda lebih dulu pantai-pantai terdekat.

"Situasi dan kondisi geologi dan tektonik di Jepang hampir serupa dengan situasi dan kondisi di wilayah Indonesia," kata Daryono.

Daryono menuturkan, beberapa pantai di Indonesia juga berada pada posisi dengan sumber-sumber gempa bermagnitudo besar, yang akurasi perhitunganya baru bisa dicapai pada menit-menit yang akan selalu terlambat dengan kedatangan tsunami.

 

Sesuai Amanah UU

Anggota Yonif 320 Badak Putih Prajurit Jawara Kodam III Siliwangi membantu membersihkan reruntuhan bangunan usai gempa di Mandalawangi, Pandeglang, Banten, Sabtu (3/8/2019). Gempa Banten berkekuatan 6,9 magnitudo mengakibatkan lebih dari 200 rumah mengalami kerusakan. (merdeka.com/Arie Basuki)

Sementara itu, Kepala BMKG Dwikorita Karnawati menjelaskan bahwa prinsip yang mengutamakan kecepatan informasi ini menjadi pegangan lembaganya. Hal itu sesuai dengan amanah Undang-undang No 31 Tahun 2009 Pasal 37, sebagaimana halnya yang diterapkan di negara termaju dalam mitigasi dan peringatan dini tsunami.

Selain itu dengan mempertimbangkan kondisi geologi dan tektonik di berbagai pantai di Indonesia yang rawan tsunami cepat. Kecepatan ini yang membuat masyarakat memiliki waktu berharga (golden time) secara lebih dini untuk melakukan evakuasi mandiri.

"Untuk akurasi sebagaimana halnya dengan yang dilakukan di Jepang, dapat dicapai dengan proses updating (pemutakhiran) sesuai dengan perkembangan jumlah sinyal-sinyal kegempaan yang terekam oleh jaringan sensor gempabumi, kata Dwikorita menjelaskan.

Saksikan video pilihan di bawah ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Arkeolog Ini Ubah Wajah Manusia Purba Jadi Masa Kini, 6 Hasilnya Bikin Takjub

Posted: 03 Aug 2019 08:05 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Masa pra-sejarah merupakan salah satu perjalanan evolusi manusia sebelum mengenal teknologi. Manusia-manusia yang hidup pada masa itu disebut sebagai manusia purba. Mereka diperkirakan hidup sekitar 500.000 tahun yang lalu. 

Dari sisi penampakan dan struktur tengkorak, manusia purba memiliki perbedaan dari manusia masa kini. Di beberapa negara banyak yang menyimpan replika-replika manusia purba yang diletakkan di museum. Biasanya hal ini dilakukan untuk tujuan studi maupun penelitian. 

Seorang arkeolog Oscar Nilsson membuat hasil karya unik berdasarkan manusia purba yang telah lama ia geluti. Menjadi arkeolog sekaligus pematung, Oscar membuat replika wajah para manusia purba yang kemudian diubah menjadi manusia masa kini. Hasilnya pun menakjubkan. 

Berikut ini 6 hasil karya dari Oscar Nilsson yang berhasil ubah manusia purba jadi manusia masa kini dilansir dari Boredpanda oleh Liputan6.com, Minggu (4/8/2019). 

1. Ini adalah sosok Huarmey Queen yang fosilnya ditemukan di Peru pada tahun 2012 lalu. Oscar mengubah kerangka fosilnya menjadi sosok manusia pada masa kini.

Oscar Nilsson (Sumber: Boredpanda)

2. Diperkirakan wanita ini hidup di gua pada 5.500 tahun yang lalu. Dari Penelitiannya, ia diduga meninggal di usia ke-20 tahun. Kira-kira beginilah penampakan wajah gadis tersebut.

Oscar Nilsson (Sumber: Boredpanda)

3. Ia adalah Adelasius Elbachus. Kerangkanya menunjukkan dirinya kekurangan gizi dan infeksi kronis. Tetapi, ia memiliki gigi yang sehat, rata dan indah. Maka dari itu Oscar membuatnya jadi tersenyum.

Oscar Nilsson (Sumber: Boredpanda)

4. Pria ini diduga adalah seorang Viking Swedia yang hidup pada awal abad XI. Menurut Oscar, pria ini meninggal pada usia 45 tahun.

Oscar Nilsson (Sumber: Boredpanda)

5. Tulang-tulang pria ini menunjukkan bahwa ia adalah orang yang sangat kuat. Berdasarkan DNA yang dikumpulkan, hasil wajahnya seperti ini nih!

Oscar Nilsson (Sumber: Boredpanda)

6. Avgi adalah seorang gadis berusia 18 tahun yang hidup 7.000 tahun yang lalu. Setelah dibuat, kira-kira begini wajah Avgi kalau hidup pada masa modern berdasarkan tengkoraknya.

Oscar Nilsson (Sumber: Boredpanda)

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Tiga Kapal Ferry Terbalik di Perairan Filipina, 11 Orang Tewas

Posted: 03 Aug 2019 08:04 PM PDT

Liputan6.com, Manila - Tiga kapal ferry dilaporkan terbalik di perairan Filipina tengah pada hari Sabtu, menewaskan 11 orang dan membuat tiga orang lainnya hilang tanpa jejak.

"Sebanyak 43 orang berhasil selamat setelah gelombang besar menghantam kapal-kapal di Selat Guimaras," kata Rene Pamuspusan, kepala polisi setempat kepada wartawan. 

Dikutip dari Al Jazeera pada Minggu (4/8/2019), dua kapal mengalami kecelakaan beruntun dalam waktu kurang dari 20 menit, di lintas perairan antara pelabuhan Iloilo dan pulau Guimaras. 

Insiden itu memaksa otoritas penjaga pantai untuk sementara waktu menutup layanan feri tersebut.

Namun, setelah layanan feri kembali dilanjutkan pada sore harinya, kapal ketiga mengalami kecelakaan serupa dan terbalik, lapor media Filipina.

"Angin dan ombak tiba-tiba menjadi kuat," kata Armand Balilo, juru bicara penjaga pantai setempat kepada wartawan.

Menurut Balilo, kapal pertama, M/B Chichi, membawa setidaknya 42 penumpang, di mana 10 di antaranya tewas setelah perahu tebalik akibat dihantam angin kencang dan ombak besar.

Kapal lainnya, M/B Keizha, dilaporkan memiliki empat awak di atas kapal, sementara feri ketiga, M/B Jenny, mengangkut sekitar 30 penumpang, menurut laporan media setempat.

Media Filipina melaporkan bahwa satu orang penumpang kapal M/B Jenny tewas dalam kecelakaan tersebut.

 

 

Ada Potensi Hujan Lebat dan Angin Kencang

Ilustrasi badai Trevor yang melanda wilayah Northern Teritory di Australia (AP/Berau of Meterorology)

Palang Merah Filipina memposting foto-foto dua kapal pertama di media sosial, menunjukkan satu terbalik ketika petugas penyelamat berenang di dekatnya, sementara yang lain hampir sepenuhnya tenggelam, menyisakan hanya haluan di atas air.

Video dari jaringan televisi ABS CBN menunjukkan seorang penyelamat membawa anak dari perahu motor ke ambulans di dermaga Iloilo, tempat kerabat yang panik menunggu.

Di lain pihak, lembaga peramal cuaca setempat memperingatkan potensi hujan lebat dan angin kencang di perairan sekitar 875 kilometer lepas pantai timur negara itu.

Dilanda Sekitar 20 Badai Setiap Tahunnya

Ilustrasi topan badai di pesisir (AFP Photo)

Sementara itu, banyak aktivitas sekolah dan perkantoran ditangguhkan di ibu kota Filipina, Manila, di tengah hujan lebat dan banjir, yang menyebabkan banjir luas pada hari Jumat.

Biro cuaca nasional setempat mengatakan potensi badai diperkirakan akan menguat menjadi depresi tropis dalam 24 hingga 35 jam ke depan, di mana kondisi tersebut membawa lebih banyak hujan.

Sekitar 20 badai menghantam Filipina setiap tahunnya, menjadikan kepulauan yang terletak di jalur topan Pasifik dan sabuk gempa bumi itu merupakan salah satu negara paling rawan bencana di dunia.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Cerita Akhir Pekan: 6 Lomba Lari yang Mempromosikan Wisata di Dunia

Posted: 03 Aug 2019 08:03 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Sejumlah negara menggelar lomba lari bergengsi yang pesertanya dari berbagai negara. Tak sekadar untuk kesehatan, lari juga bisa digunakan sebagai bagian dari ajang promosi pariwisata.

Berlari sambil menyaksikan pemandangan yang indah jadi suatu bisa daya tarik tersendiri bagi peserta. Berkumpul dengan peserta lain juga bisa memperluas persahabatan.

Berikut sejumlah lomba lari marathon yang diselenggarakan di sejumlah tempat. Beberapa di antaranya Boston Marathon, London Marathon, New York Marathon, Berlin Marathon, Tokyo Marathon, dan Great Wall Marathon.

Boston Marathon

Boston Marathon merupakan acara tahunan yang digelar setiap Senin pada Minggu ketiga setiap April. Pesertanya berasal dari berbagai negara.Setiap tahun, pelari dari seluruh dunia bersaing di Boston Marathon yang terkenal, yang diadakan pada hari Senin ketiga di bulan April.

Marathon ini menempuh jarak sejauh 26 mil atau sekitar 41 km. Dimulai dari Hopkinton dan berakhir di seberang Perpustakaan Umum Boston dan Old South Church di Copley Square, Boston, yang terletak di lingkungan Back Bay.

New York Marathon

Sementara New York pun menggelar ajang lari tahunan yang diselenggarakan sejak 1970. Acara ini merupakan marathon besar tahunan sejauh 42,195 km.

New York Marathon juga melintasi lima wilayah di sana. Pada 2010, misalnya, 45.103 peserta mencapai garis akhir.

London Marathon

Kate Middleton memberi medali ke peserta saat London Marathon 2017 di London  (23/4). Acara ini diadakan guna mengatasi stigma, meningkatkan kesadaran, dan memberikan bantuan bagi orang-orang dengan masalah kesehatan mental. (AFP Foto/Pool/Yui Mok)

Selain Boston, London Marathon juga terkenal di dunia. Acara ini biasa diselenggarakan secara tahunan di London sejak 1981.

Untuk 2020 sudah dibuka pendaftaran dan acaranya akan berlangsung pada 26 April 2020. Peserta harus menempuh jarak 42,195 km. Kate Middleton sempat mengikuti acara ini dan bahkan memberikan medali kepada peserta pada 2017 lalu.

Berlin Marathon

Berlin Marathon adalah acara lari dan olahraga besar yang diadakan setiap tahun di Berlin. Para peserta harus menempuh jarak 42.195 kilometer. Ajang olahraga ini sudah ada sejak 1974 lalu.

Berbeda dengan yang lain, lomba lari ini diadakan tiap pekan terakhir pada September. Tak hanya dari Jerman, peserta juga datang dari berbagai negara.

Tokyo Marathon

Seorang peserta mengenakan kostum tradisional Jepang selama Tokyo Marathon 2019, Minggu (3/3). Ajang marathon terbesar ini diikuti ribuan peserta dari mancanegara. (AFP Photo/ Kazuhiro Nogi)

Sementara itu, di Asia ada juga Tokyo Marathon yang telah ada sejak 2007. Acara ini juga diikuti oleh peserta dari berbagai negara, seperti Ethiopia, Kenya, Swiss, Rusia, Indonesia.

Beberapa lokasi yang dilintasi peserta di antaranya juga bisa melihat berbagai pemandangan Gedung Pemerintahan Metropolitan Tokyo, Istana Kekaisaran Tokyo, Taman Hibiya, Shinagawa, Ginza, dan Tokyo Big Sight. Pada 2020 acara ini akan berlangsung pada 1 Maret.

Great Wall Marathon

Tak hanya Tokyo Marathon, ada juga Great Wall Marathon di China setiap Mei. Paket marathon dan liburan ini menggabungkan pengalaman Beijing klasik dengan sentuhan China yang modern.

Great Wall Marathon ini sangat menarik bagi penggemar lari dan para wisatawan. Mereka siap menghadapi tantangan dengan naik turun 5.164 anak tangga sepanjang jalan di atas Tembok Besar China di Tianjin.

Saksikan video pilihan di bawah ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Meredam Emosi Warga, Ratusan Polisi Berjaga di Kabupaten Empat Lawang

Posted: 03 Aug 2019 08:00 PM PDT

Liputan6.com, Palembang - Kasus penyerangan yang dilakukan puluhan warga ke aparat kepolisian di Rumah Sakit (RS) Tebing Tinggi, Kabupaten Empat Lawang, Sumatera Selatan (Sumsel) masih menjadi atensi dari Polda Sumsel.

Usai peristiwa penyerangan, ratusan personel kepolisian siaga untuk mengamankan kondisi di Kabupaten Empat Lawang ini. 

Menurut Kabid Humas Kombes Supriadi, ada ratusan personel sudah disiagakan di beberapa titik rawan di Kabupaten Empat Lawang. Terlebih ada beberapa orang anggota polisi yang menjadi korban penyerangan warga.

"Ada 259 orang personel yang bersiaga di Kabupaten Empat Lawang pascapenyerangan pada Rabu (31/7/2019). Ratusan polisi itu berasal dari Polres Lahat, Polres Pagar Alam, dan Polres Musi Rawas," katanya kepada Liputan6.com, Jumat (2/8/2019).

Saat ini ada 16 orang tersangka yang sudah diamankan. Tiga orang tersangka pengancaman yaitu IR ditahan di Polres Empat Lawang, ER dan EW yang dirawat di RS Tebing Tinggi Kabupaten Empat Lawang, usai mendapat tembakan dari polisi.

Sedangkan 13 orang yang menyerang polisi di RS Tebing Tinggi pada Rabu malam juga sudah ditangkap. Ada 11 orang sudah mendekam di balik jeruji besi di Polres Empat Lawang dan 2 orang lagi di rawat di RSUD Lahat, akibat mengalami luka saat penyerangan.

"Mereka ditangkap karena kasus pemilikan senjata tajam dan penyerangan ke rumah sakit," katanya.

Ratusan petugas kepolisian juga berjaga di Polres Empat Lawang, Polsek Ulu Musi dan Polsek Pendopo Kabupaten Empat Lawang. Hingga saat ini, para personel masih bersiaga hingga situasi di daerah tersebut aman.

Polda Sumsel masih belum bisa menambah atau mengurangi jumlah personel, karena masih memetakan bagaimana kondusifitas di Kabupaten Empat Lawang.

"Kalau sudah kondusif, mungkin akan kita kurangi personel yang berjaga di sana. Untuk jumlah tersangka penyerangan, bisa saja bertambah. Kita masih mengembangkan informasi dari 13 orang pelaku penyerangan kemarin," ungkapnya.

Karakter Warga

Kabid Humas Polda Sumsel Irjen Pol Supriadi (Liputan6.com / Nefri Inge)

Diakuinya, saat penyerangan warga ke polisi di RS Tebing Tinggi Kabupaten Empat Lawang, jumlah warga bisa sebanyak 50 orang hingga 70 orang. Namun hanya 13 orang yang berhasil ditangkap.

Senjata api rakitan (senpira) yang digunakan warga saat menyerang polisi di rumah sakit masih ditelusuri asalnya.

"(Penyerangan) ini memang murni dari adanya salah satu warga yang dirawat di rumah sakit dan ditahan polisi. Tidak ada kasus lainnya," ujarnya.

Seringnya bentrok di Kabupaten Empat Lawang, dinilai Kombes Pol Supriadi, karena tipikal warganya yang memiliki sifat temperamental. Kasus kecil bisa jadi masalah besar, karena kebiasaan warga yang mudah tersulut emosi.

Rasa solidaritas antarwarga juga memicu adanya penyerangan seperti yang terjadi oleh pihak kepolisian. Karena sifat warga Kabupaten Empat Lawang, tidak bisa membiarkan salah satu warganya bermasalah.

"Kalau ada salah satu warga bermasalah, yang lainnya ikutan juga. Kita sudah koordinasi dengan Babinkamtimnas di sana. Ada satu anggota yang berjaga di tiap satu desa. Itu yang kita dorong ke lapangan, untuk menjaga kondisi di sana," katanya.

Saksikan video pilihan berikut ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Jadwal MotoGP Ceko: Marc Marquez Balapan dari Posisi Terdepan

Posted: 03 Aug 2019 08:00 PM PDT

Liputan6.com, Brno - Pembalap Repsol Honda Team, Marc Marquez akan mengawali balapan MotoGP Ceko di Sirkuit Brno, Minggu (4/8/2019) dari posisi terdepan. Dia akan mendapat perlawanan dari Johann Zarco.

Saat sesi kualifikasi MotoGP Ceko, Marquez mencatat waktu 2 menit 2,753 detik. Dia unggul 2,524 detik dari rider Pramac Ducati, Jack Miller.

Sementara Zarco berada di posisi ketiga. Kecepatan pembalap Red Bull KTM Factory itu kala 2,598 detik dari Marquez, meski sudah memaju motornya hingga 299 km/jam.

Rival terberat Marquez dalam perburuan gelar juara dunia, Andrea Dovizioso berada di posisi keempat. Sedangkan Valentino Rossi akan menjalani balapan dari posisi ketujuh.

Lihat jadwal MotoGP Ceko di halaman selanjutnya.

 

Jadwal MotoGP

Minggu 4 Agustus 2019

14.40 -15.00 WIB, pemanasan

19.00 WIB, balapan

Live di Trans 7

Starting Grid MotoGP Ceko

CZECH REPUBLIC MOTOGP - FULL QUALIFYING RESULTS
POS RIDER NAT TEAM TIME/DIFF LAP MAX
1 Marc Marquez SPA Repsol Honda (RC213V) 2'2.753s 7/7 304k
2 Jack Miller AUS Pramac Ducati (GP19) +2.524s 6/7 303k
3 Johann Zarco FRA Red Bull KTM Factory (RC16) +2.598s 2/6 299k
4 Andrea Dovizioso ITA Mission Winnow Ducati (GP19) +2.837s 5/6 299k
5 Pol Espargaro SPA Red Bull KTM Factory (RC16) +2.957s 5/6 302k
6 Alex Rins SPA Suzuki Ecstar (GSX-RR) +3.419s 2/6 299k
7 Valentino Rossi ITA Monster Yamaha (YZR-M1) +3.480s 7/7 291k
8 Danilo Petrucci ITA Mission Winnow Ducati (GP19) +3.704s 3/7 302k
9 Maverick Viñales SPA Monster Yamaha (YZR-M1) +3.873s 2/6 297k
10 Fabio Quartararo FRA Petronas Yamaha (YZR-M1)* +3.895s 2/7 294k
11 Cal Crutchlow GBR LCR Honda (RC213V) +4.370s 3/7 298k
12 Franco Morbidelli ITA Petronas Yamaha (YZR-M1) +6.651s 2/5 284k
  Qualifying 1:          
13 Takaaki Nakagami JPN LCR Honda (RC213V) 2'5.265s 6/7 296k
14 Francesco Bagnaia ITA Pramac Ducati (GP18)* 2'5.286s 7/7 301k
15 Sylvain Guintoli FRA Suzuki Ecstar (GSX-RR) 2'5.551s 6/7 298k
16 Miguel Oliveira POR Red Bull KTM Tech3 (RC16)* 2'5.763s 7/7 298k
17 Stefan Bradl GER Repsol Honda (RC213V) 2'5.974s 5/7 298k
18 Aleix Espargaro SPA Factory Aprilia Gresini (RS-GP) 2'6.284s 6/6 300k
19 Joan Mir SPA Suzuki Ecstar (GSX-RR)* 2'6.554s 2/7 297k
20 Karel Abraham CZE Reale Avintia Ducati (GP18) 2'6.898s 7/7 296k
21 Hafizh Syahrin MAL Red Bull KTM Tech3 (RC16) 2'7.155s 6/6 297k
22 Tito Rabat SPA Reale Avintia Ducati (GP18) 2'7.315s 6/7 294k
23 Andrea Iannone ITA Factory Aprilia Gresini (RS-GP) 2'7.923s 3/6 298k

Saksikan video pilihan berikut ini:

 

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Cegah Lelah Berlebihan, Lakukan 5 Cara Ini Agar Tubuh Segar Kembali

Posted: 03 Aug 2019 08:00 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Lelah bisa tiba-tiba datang ditengah aktivitas kita. Setelah beraktivitas di pagi hari, semakin sore energi kita bisa berkurang sehingga merasa semakin lelah. Padahal Anda mungkin masih perlu beraktivitas.

Agar masih bisa beraktivitas secara optimal, ada beberapa cara untuk mencegah rasa lelah di penghujung hari. Caranya, Anda perlu melakukan sedikit penyesuaian pada kebiasaan Anda.

Dilansir dari hhdresearch.org Jumat (2/8/2019), berikut beberapa cara menghindari rasa lelah.

1. Minum air

Ilustrasi (TinnaPong/Shutterstock)

Dehidrasi sering menjadi akar dari kelelahan. Tubuh butuh terhidrasi agar sel dan sarag berfungsi dengan baik.

Ketika tubuh mengalami dehidrasi, darah akan mengental sehingga membuat jantung bekerja lebih keras. Oleh karenanya, Anda perlu konsisten minum air putih untuk menghidrasi tubuh.

Beberapa orang memercayai kebutuhan  minum orang dewasa sekitar 8 gelas per hari. Meski begitu, sebenarnya kebutuhan minum bisa berbeda setiap orang. Tubuh memiliki alarm haus yang memberi tahu Anda bahwa tubuh membutuhkan air, maka Anda juga bisa mengandalkan "alarm haus" itu. 

2. Sarapan

Ilustrasi Foto Sarapan (iStockphoto)Jangan sampai melewatkan sarapan dan pastikan Anda memilih menu dengan tepat, menu yang bergizi, menyehatkan, dan mampu 'memecut' semangat.

Sarapan dapat memasok energi Anda hingga siang hari. Jika terlewatkan, energi akan cepat menurun hingga merasa lelah.

Anda tidak perlu sarapan yang mahal, cukup yang bergizi. Anda bisa makan makanan yang mengandung karbohidrat komplek, protein, vitamin dan mineral.

Beberapa menu yang bisa Anda coba misalnya buah, kacang-kacangan, biji-bijian, atau yogurt. Pilih makanan yang bergizi untuk menunjang hari.

3. Olahraga ringan

Ilustrasi olah raga ringan (Sumber: Pexels)

Latihan olahraga ringan dapat memberikan manfaat bagi tubuh. Coba sempatkan olahraga di pagi hari. Anda bisa mencoba olahraga ringan seperti pemanasan, atau olahraga lainnya seperti lari, yoga, atau bersepeda. 

Dengan olahraga, pikiran Anda pun akan lebih baik dengan meningkatnya kadar oksigen dalam sistem Anda.

4. Istirahat

Ilustrasi (Copyright shutterstock.com)

Untuk mencegah dan mengatasi kelelahan, tentu Anda perlu beristirahat.

Kualitas istirahat yang baik merupakan hal penting bagi kesehatan fisik dan psikis. Durasi tidur yang cukup bisa berbeda-beda, tapi umumnya orang dewasa butuh tidur sekitar 7 hingga 8 jam.

Selain itu, agar bisa beristirahat dengan baik, kondisi kamar tidur pun perlu diperhatikan. Hindari kebisingan dan gangguan, atur tempat istirahat Anda senyaman mungkin untuk tidur.

5. Manfaatkan efek musik

Ilustrasi

Anda juga bisa memanfaatkan efek musik untuk mencegah lelah. Dengarkan musik bertempo cepat untuk membangunkan energi Anda.

Musik dapat memengaruhi kesadaran kita. Berbagai penelitian pun menunjukkan efek musik yang mencegah lelah ketika berolahraga, misalnya studi yang terbit di International Journal of Psychophysioogy.

Musik dapat berpengaruh pada psikologi manusia. Perubahan suasana hati atau pengalihan perhatian karena musik dapat membantu hari-hari Anda dari bosan dan lelah.

 

Penulis:

Santi Muhrianti

Universitas Padjadjaran

 

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Hebat, Industri Kereta Api Dunia Bergantung pada BUMN Indonesia

Posted: 03 Aug 2019 08:00 PM PDT

Liputan6.com, Cilegon - Kultur kereta api Jepang memang telah menjadi teladan di dunia, namun siapa sangka bahwa Indonesia menjadi salah satu penyokong dunia perkeretaapian dunia?

PT Barata Indonesia (Persero) merupakan salah satu dari sedikit pembuat bogie di dunia. Bogie merupakan komponen sistem kesatuan roda pada kereta api dan Barata menjadi pengekspor utamanya.

"DNA Barata ini kan manufaktur. Saya bersyukur Barata punya dua produk kebanggan ekspor. Satu komponen turbin, satu lagi di bogie, karena bogie ini uniknya yang produksi cuman tiga: India, China, dan Indonesia yang punya Barata," ujar Direktur Utama PT Barata Indonesia (Persero) Oksarlidady Arifin kepada Liputan6.com, Selasa (30/7/2019) di Cilegon.

Dua negara yang sudah menjadi pelanggan Barata Indonesia adalah Kanada dan Meksiko. Selain itu, gerbong yang diimpor PT Inka ke Bangladesh, Sri Lanka, dan Filipina juga menggunakan bogie dari Barata.

"Selama masih ada railway di dunia ini, ya cuman tiga yang bisa produksi di dunia. Dari tiga ini alhamdulilah Indonesia atau Barata mendapat porsi yang paling besar," jelas dirut yang akrab disapa Dady itu.

Dady tidak mengungkap berapa market share Indonesia dalam penjualan bogie, tetapi ia menyebut makin banyak pesanan ke Indonesia yang sebelumnya memilih pesan ke India. Beberapa faktor yang menurut Dady ikut berkontribusi adalah kualitas, delivery time, dan harga.

Pendapatan Barata Indonesia dari ekspor bogie pun cukup signifikan, yaitu hingga Rp 600 miliar. Produk bogie untuk kereta api ini pun dijadikan ikon bagi pabrik Barata di Gresik, sama halnya seperti komponen turbin yang menjadi ikon di pabrik Cilegon.

Ikon turbin di kantor PT Barata Indonesia (Persero) di Cilegon. Dok: Tommy Kurnia/Liputan6.com

Gandeng KAI dan INKA, Waskita Karya Ekspansi Bisnis ke Filipina

Sonar Bangla Express, kereta api super kuat buatan PT Inka yang diekspor ke Bangladesh. (Liputan6.com/Afra Augesti)

PT Waskita Karya (Persero) Tbk akan melebarkan sayap bisnis dengan berekspansi ke Filipina. Menggandeng PT Kereta Api Indonesia (Persero) (KAI) dan PT INKA (Persero), emiten dengan kode perdagangan WSKT tersebut menyasar proyek pembangunan kereta api di negara tetangga tersebut.

Direktur Utama Waskita Karya I Gusti Ngurah Putra mengatakan, perusahaan akan mengekspor pengalaman sukses membangun proyek kereta api ringan atau light rail transit (LRT) di Palembang ke Filipina.  

"Kita keluar negeri ada konsep kerjasama dengan teman-teman di kereta api. Pengalaman di Palembang kita mau ekspor," ujarnya saat ditemui di Hotel Pullman, Jakarta, Jumat (1/2/2019).

Adapun dalam kolaborasi ini, tukas Gusti, perseroan akan mengerjakan infrastruktur kereta api antara lain rel hingga stasiun. Adapun INKA bertindakn sebagai produsen kereta dan KAI operatornya.

"Jadi infrastruktur sipilnya ada (Waskita), rolling stocknya dari Inka, operatornya dari KAI. kita sudah menjajaki di Philipina untuk cari mulai pertama untuk kita bisa ekspor," paparnya.

Dia menambahkan, untuk pendanaannya sendiri berasal dari pinjaman dari Eximbank dan beberapa bank lainnya. Namun ia belum memaparkan lebih lanjut porsi masing-masing pinjaman tersebut.

"Pendanaannya dari Eximbank, itu kita masih jajaki. Nilainya belum ada masih kita cari," pungkasnya.

BUMN Bakal Investasi Kereta Api dan Tambang Emas di Afrika

© Shutterstock

Deputi Bidang Usaha Pertambangan, Industri Strategis, dan Media Kementerian BUMN Fajar Harry Sampurno mengatakan, PT INKA dan PT Timah akan berinvestasi di Afrika. Investasi yang dilakukan nanti terkait kereta api dan tambang emas.

"Ini mau baru. Jadi pertama mengenai kita di Sudan sama di Madagaskar. Madagascar itu kereta api, kemudian di Sudan tambang emas. Tambang, PT Timah, ada tambang crome, ada tambang emas dan macam macam," ujarnya di Kemenlu, Jakarta, Rabu, 24 Juli 2019.

Fajar mengatakan, selain dua BUMN itu, masih ada BUMN lain seperti anak usaha Garuda Indonesia yaitu GMF AeroAsia Tbk serta Lembaga Pembiayaan Ekspor Indonesia (LPEI) yang akan menandatangi 4 perjajian kerjasama. Rencana ini akan dibahas dalam pertemuan dengan Afrika di Bali pada 20-21 Agustus mendatang.

"GMF mau nambah lagi di Nigeria. Akan baru, kemudian nanti LPEI akan tandatangan 4 macam-macam aku tidak tahu. Nanti persiapan dulu, masih diomongin. Nanti akan diberesin. Nanti yang jelas untuk di Bali nah sudah pasti," jelasnya.

Sejauh ini, kata Fajar, sudah banyak BUMN Indonesia yang berhasil berinvestasi di Afrika. Beberapa di antaranya, Aljazair, Senegal dan Nigeria.

"Kita ada Wika di Aljazair, ada Wika di Nigeria, kemudian kita sudah ngirim pesawat terbang ke Senegal, kemudian Timah sudah mulai kerja di Nigeria. Jadi ada beberapa. GMF sudah ada di Nigeria. Nanti akan bikin baru lagi," tandasnya.

Saksikan Video Pilihan Berikut Ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Tiga Tahun Sukses di Jatim, Tabungan Sampoerna Alfaku Bersiap Perluas Skala Nasional

Posted: 03 Aug 2019 08:00 PM PDT

Liputan6.com, Surabaya - Pengembangan layanan Tabungan Sampoerna Alfaku (Tasaku) dari Bank Sampoerna mendapat respons yang menggembirakan di beberapa kota di Provinsi Jawa Timur (Jatim). Layanan ini akan dikembangkan secara nasional pada akhir tahun 2019 mendatang.

Branch Manager Bank Sampoerna Malang Bernard Erwin Karamoy mengatakan, layanan yang sudah dihadirkan sejak tiga tahun terakhir ini, cukup diterima oleh masyarakat di Jatim.

"Kita yakin seluruh masyarakat Indonesia layak juga memperoleh manfaat yang sama. Untuk itu kami akan memperluas jangkauan layanan Tasaku secara nasional," katanya, Minggu (4/8/2019).

Keunggulan dari layanan ini, para pengguna Tasaku bisa mengaksesnya ke seluruh jaringan Alfamart dan Alfamidi di seluruh Indonesia.

Perluasan layanan Tasaku secara nasional juga akan dilakukan, dengan menggandeng mitra strategis Bank Sampoerna, yaitu KSP Sahabat Mitra Sejati (Sahabat UKM). Layanan Tasaku juga dapat dilayani di cabang Sahabat UKM, yang tersebar di 27 provinsi di seluruh Indonesia.

"Jumlah nasabah Tasaku di wilayah Jawa Timur yaitu Malang, Surabaya, Sidoarjo dan Gresik mencapai 25 ribuan. Ada peningkatan 30 persen jika dibandingkan tahun lalu," kata dia.

Saat ini total dana Tasaku per Juni 2019 mencapai Rp 5 triliun, dengan total lebih dari 300 outlet Alfamart dan Alfamidi yang bisa mempermudah layanan Tasaku.

Peningkatan ini menjadi gambaran tingginya gairah masyarakat untuk mendapatkan kemudahan menabung. Mereka juga terus mengedukasi masyarakat, agar lebih memahami manfaat layanan yang disediakan Tasaku.

"Layanan Tabungan Sampoerna Alfaku ini menjadi langkah kami mendukung program Laku Pandai dari OJK. Kami ingin segera memperluas jangkauan layanan perbankan ini, terlebih kepada masyarakat yang belum terjangkau layanan perbankan," ungkapnya.

 

Program Menarik Lainnya

Bank Sampoerna

Aji, Project Manager Tasaku mengatakan, Tasaku memiliki beberapa program hadiah yaitu Undian Grand Prize Tasaku. Program undian triwulanan ini dilaksanakan pada Minggu (4/8/2019), di area Car Free Day di Simpang Balapan Kota Malang.

Dalam kegiatan ini dimeriahkan acara senam, zumba dan fun bike. Event ini juga semakin semarak dengan penampilan Cheerleader, TOP40 Band & Dance Competition.

"Kita siapkan hadiah menarik untuk nasabah Tasaku, yaitu hadiah utama saldo Kloning hingga Rp 20 juta, 3 buah LED TV, 3 kulkas 2 pintu, 3 sepeda gunung, 33 voucher belanja senilai Rp200 ribu. Ada juga ratusan door prize dengan hadiah utama LED TV," ujarnya.

Untuk membuka tabungan Tasaku, nasabah hanya perlu datang ke gerai Alfamart dan Alfamidi yang bertanda stiker Agen SAKU. Transaksi Tasaku juga bisa dilakukan hingga pukul 21.00 WIB, termasuk hari Sabtu, Minggu dan hari libur.

Nasabah bisa menikmati layanan bebas biaya administrasi bulanan, tanpa minimum saldo dan dijamin oleh Lembaga Penjamin Simpanan (LPS).

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Tampil di Pensi Sekolah, Rossa Rela Dibayar Murah

Posted: 03 Aug 2019 08:00 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Rossa sudah 20 tahun lebih berkecimpung di dunia tarik suara. Beberapa lagunya seperti "Nada Nada Cinta" dan "Ayat Ayat Cinta" mengantarkan Rossa sebagai salah diva Tanah Air.

Meski usianya tak lagi muda, namun lagu-lagunya masih didengarkan oleh generasi milenial. Bahkan Rossa, saat ini tengah ke‎banjiran job manggung di Pentas Seni (pensi) yang dibuat anak-anak sekolah.

Padahal lagu-lagu  Rossa ada yang tercipta saat mereka belum lahir.

"Jadi aku lagi kebanjiran tawaran nyanyi di Pentas Seni (Pensi) sekolahan. Ternyata musik itu enggak terukur oleh usia," kata Rossa, di kawasan Petogogan, Kebayoran Baru, Jakarta Selatan, belum lama ini.

Hafal

(Daniel Kampua/Fimela.com)

Rossa bangga ternyata lagunya didengarkan oleh semua kalangan. Terlebih banyak anak-anak milenial yang hafal dengan lagu-lagunya.

"Karena ternyata aku sudah sekelas seperti ini, orang misalnya bilang aku diva, aku bayarannya blablabla segala macem. Tapi yang buat aku bangga adalah, mereka generasi millenial itu mendengarkan dan hafal lagu aku. Itu buat aku priceless," ucapnya.

"Siapa sih yang enggak kepengin di tonton sama anak milenial?" tambahnya.

Diskon 50 Persen

Pemilik nama lengkap Sri Rossa Roslaina Handiyani itu kian terkenal di dunia hiburan. Tak hanya bersuara merdu, tembang-tembangnya juga selalu nikmat untuk didengar. Selain jago menyanyi, Rossa juga dikenal dengan wajahnya yang awet muda serta gayanya yang modis. (Liputan6.com/IG/@itsrossa910)

Untuk penampilan khususnya di acara Pensi sekolah, Ocha, begitu biasa disapa, tidak mematok harga tinggi. Ia akan memberikan diskon buat yang mau mengundang dirinya.

"Untuk mereka (generasi milenial) aku sama manajemenku mendiskon cukup banyak, bisa 50 persen untuk Pensi. Budget wajar. Go back to school," katanya.

 

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Tidak ada komentar: