Sabtu, 17 Agustus 2019

Liputan6 : RSS2 Feed

Liputan6 : RSS2 Feed


5 Tanaman Ini Bermanfaat untuk Sembuhkan Luka dan Cegah Infeksi

Posted: 17 Aug 2019 09:50 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Semua orang pasti pernah memiliki luka atau terluka di badan. Saat beraktivitas seringkali kamu tidak sengaja jatuh tersandung, jatuh dari kendaraan, terkena pisau saat memasak, atau terkena gigitan serangga yang menyebabkan luka hingga infeksi.

Hal itu membuat kebanyakan orang akan langsung panik dan cemas. Padahal, ada beberapa cara yang dapat dilakukan untuk mempercepat penyembuhan luka dengan menggunakan obat alami yang mudah dicari sebagai pengganti obat luka.

Obat alami yang bisa kamu pakai yaitu menggunakan tanaman untuk meredakan rasa sakit hingga dapat menyembuhkan luka. Tak perlu jauh untuk mencarinya karena tanaman ini bisa dengan mudah ditemukan di sekitar lingkungan kamu.

Berikut, 5 tanaman pengganti obat luka yang bisa kamu manfaatkan untuk menyembuhkan luka dan mencegah infeksi, dirangkum Liputan6.com dari berbagai sumber, Minggu (18/8/2019)

1. Pohon Yodium

Pohon Yodium (Sumber: Pixabay)

Pohon Yodium atau pohon betadin mungkin sudah tidak terdengar asing di telinga kamu. Pohon yodium sering digunakan sebagai obat alami yang dapat menyembuhkan luka.

Pohon ini memiliki kandungan alpha amirin, kampesterol, 7 alfa diol, stigmaterol, beta sitosterol, dan HCN serta batang pohon yodium juga mengandung alkaloid, saponin, flavonoid, dan tannin. Jadi tak heran, dengan banyaknya kandungan di tanaman yodium ini manjur untuk menyembuhkan luka ringan dan mencegah infeksi.

Caranya adalah cukup memetik selembar daun pohon yodium dan oleskan getah yang keluar dari ujung batangnya pada area yang terluka. Selain mempercepat penyembuhan luka, tanaman ini juga dapat menghilangkan bekas luka yang menghitam.

2. Cocor Bebek

Cocor Bebek

Tanaman hias cocor bebek ternyata memiliki banyak manfaat, salah satunya digunakan untuk obat luka. Daun cocor bebek mengandung antiinflamasi dan antibakteri alami yang sangat cocok sebagai pengganti antiseptik untuk menyembuhkan luka.

Untuk memanfaatkannya adalah dengan menumbuk daun cocor bebek hingga halus dan campur dengan air. Kemudian tempelkan daun yang sudah ditumbuk tersebut pada luka selama beberapa jam.

3. Lidah buaya

Ilustrasi lidah buaya. (dok. pixabay.com/Asnida Riani)

Tanaman lidah buaya mungkin sudah tak asing lagi. Tanaman yang terkenal memiliki manfaat untuk perawatan wajah dan rambut. Selain itu lidah buaya juga bermanfaat untuk menyembuhkan luka.

Tanaman lidah buaya memiliki berbagai jenis senyawa aktif seperti mannans acetate, polymannans, antrakuinon, lektin dan saponin serta senyawa antrakuinon. Senyawa antrakuinon yang ada di lidah buaya merupakan zat yang bisa mencegah bakteri.

Daun lidah buaya yang unik dan berduri ini memiliki zat anti-bakteri, anti jamur, dan anti-virus yang dapat menghindari luka-luka kamu dari infeksi. Selain itu, tanaman inimemiliki zat yang bisa merangsang pergantian kolagen yang membuat luka di kulit lebih cepat diobati.

Sederhana, kamu bisa memetik satu daun lidah buaya dan dipotong menjadi dua bagian. Ambil lendirnya dan tempelkan pada luka. Kandungan Vitamin B6 pada lidah buaya berperan mengobati rasa sakit dan menciptakan antibody yang digunakan untuk melindungi sistem kekebalan tubuh.

4. Batang Daun Talas

Daun Talas  (Sumber: Pixabay)

Tak perlu khawatir jika kamu terjatuh hingga terluka saat mendaki gunung, kamu bisa menggunakan obat alami penyembuh luka yaitu batang daun talas. Batang daun talas ternyata memiliki senyawa flavonoid yang bersifat antibakteri.

Senyawa flavonoid yang dimiliki batang daun talas dapat membentuk senyawa komplek yang ujung-ujungnya dapat stabilitas membran sel bakteri yang memicu infeksi pada luka. Selain itu, batang daun talas memilik antiinflamasi alias antiradang. Sehingga mampu menekan rasa nyeri akibat luka.

Senyawa lain yang dimiliki daun talas, yakni tanin yang dapat menunjang penyembuhan luka melalui fungsinya sebagai adstringen membuat pori-pori kulit mengecil sehingga meminimalisir pendarahan. Kamu bisa memetik batang daun talas, lalu tempelkan getah dari batang talas pada bagian yang luka dan diamkan beberapa saat.

5. Binahong

Daun Binahong (sumber: iStockphoto)

Binahong merupakan jenis tanaman menjalar yang tumbuh di dataran rendah hingga dataran tinggi, dan mempunyai banyak manfaat, salah satunya menyembuhkan luka. Daun binahong memiliki kandungan antiseptik yang dapat mempercepat proses penyembuhan luka.

Selain itu, daun binahong mempunyai kandungan antiinflamasi yang membantu meringankan memar memerah atau bengkak, bahkan menghilangkan luka bekas operasi.

Caranya, tumbuklah daun binahong yang masih segar lalu tempelkan ke bagian yang terluka.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Pesawat Tergelincir di Puncak Jaya, Ini Instruksi Kemenhub

Posted: 17 Aug 2019 09:46 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Direktorat Jenderal Perhubungan Udara Kementerian Perhubungan (Kemenhub), menyayangkan terjadinya insiden pecahnya ban pesawat udara Dimonim Air PK-HVL, type a/c : C208B milik PT Marta Buana Abadi di Bandar Udara Mulia di Pucak Jaya, Papua, pada Sabtu (17/8).

Direktur Jenderal Perhubungan Udara, Polana B Pramesti mengatakan,  kejadian ini agar menjadi pelajaran penting bagi para operator penerbangan untuk meningkatkan keselamatan, keamanan dan pelayanan terhadap pengguna jasa transportasi udara.

"Saya mengimbau kepada seluruh operator penerbangan untuk meningkatkan 3S + 1C (service, securty, service and compliance). Karena hal tersebut yang paling utama," tegas Polanan di Jakarta, Minggu (18/8/2019).

Terkait insiden tergelincirnya pesawat Dimonim Air, Polana menambahkan, saat ini pihak Ditjen Hubud Kemenhub melalui Otoritas Bandar Udara Wilayah X sedang melakukan koordinasi dengan aparat keamanan.

Adapun kronologi kejadian, pada waktu 03.30 UTC / 12.30 WIT, pesawat membawa sebanyak 9 penumpang, pada jam 01:45 UTC, pesawat Demonim Air pada saat mendarat pesawat keluar dari runway 27 ke sebelah kiri landasan yg mengakibatkan roda depan pesawat tersebut masuk kedalam selokan sedalam 50 cm.

Saat kejadian pesawat keluar runway dapat dilihat dari tower Bandara Mulia, setelah itu para petugas bandara (AVSEC dan PKP-PK) menuju ke TKP untuk membantu evakuasi penumpang dan pilot, semuanya dalam kondisi selamat saat di evakuasi.

Pasca insiden, Bandara Mulia sempat ditutup namun pada pukul 15.20 WIT dibuka untuk penerbangan dari Nabire menuju Mulia melalui Bandara Sugapa yg membawa teknisi dan peralatan untuk dukungan bantuan evakuasi pesawat.

 

Kemenhub Bakal Sulap Bandara Palu Jadi Tahan Gempa

Menhub, Budi Karya Sumadi (tengah) saat meninjau Bandara Internasional Yogyakarta, Kulon Progo, Rabu (24/4). Progres pembangunan Bandara Internasional Yogyakarta hampir 100 persen, sementara progres pembangunan keseluruhannya termasuk domestik mencapai 47 persen. (Liputan6.com/Helmi Fithriansyah)

Kementerian Perhubungan (Kemenhub) pada 2020 mendatang berencana untuk merenovasi Bandara Mutiara Sis Al-Jufrie di Kota Palu, Sulawesi Tengah. Secara dana, perbaikan lapangan udara tersebut memakan biaya Rp 400 miliar yang berasal dari pinjaman Asian Development Bank (ADB).

Menteri Perhubungan (Menhub) Budi Karya Sumadi mengatakan, pemerintah sebelumnya telah melakukan proses perbaikan struktur di Bandara Mutiara Sis Al-Jufrie, dengan biaya sebesar Rp 30 miliar.

"Jadi struktur utama itu sudah diperbaiki secara baik. Kita sudah menghabiskan Rp 30 miliar untuk recovery berkaitan dengan struktur," ujar dia di Bandara Mutiara Sis Al-Jufrie, Palu, Sulawesi Tengah, seperti dikutip Minggu (11/8/2019).

Selanjutnya, ia meneruskan, Kemenhub telah mendapat pinjaman dana dari ADB sebesar Rp 400 miliar untuk memperbaiki bandara pada tahun depan.

Perolehan dana tersebut separuhnya akan digunakan untuk memperkuat struktur lapangan udara sehingga lebih tahan getaran gempa bumi.

"Nah itu dibutuhkan dana yang lumayan banyak. Kita akan alokasi untuk di sini Rp 200 miliar, dan di air side Rp 200 miliar," jelas Menhub Budi.

 

Penggunaan Anggaran

Menhub Budi Karya Sumadi seusai memantau lokasi pembangunan kereta layang (Light Rail Transit/LRT), rute Cawang-Cibubur di tol Jagorawi Km 13, Jakarta, Minggu (8/1). LRT akan melewati 18 stasiun dengan panjang 42,1 km. (Liputan6.com/Helmi Afandi)

Adapun sisa budget Rp 200 miliar disebutnya bakal dipergunakan untuk memperpanjang landasan pacu (runway) hingga 2.500 meter, sehingga bisa meningkatkan nilai Pavement Classification Number (PCN) dari 50 menjadi 80.

Dia kemudian menargetkan, seluruh proses renovasi Bandara Mutiara Sis Al-Jufrie bisa dilakukan hanya dalam waktu 1 tahun saja, atau rampung pada 2021. "(Target selesai?) Kira kira 1 tahun pelaksanaannya, jadi tahun 2021 pertengahan selesai," pungkasnya.

Saksikan Video Pilihan Berikut Ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

FOTO: HUT ke-74 RI, Aktivis Upacara Menghadap Laut di Pulau Sangiang

Posted: 17 Aug 2019 09:45 PM PDT

Aktivis Yayasan Kehati Jakarta  bersiap melakukan upacara bendera menghadap laut dalam rangka HUT ke-74 RI di Pulau Sangiang, Banten, Minggu (18/8/2019). Dalam kegiatan ini juga dilakukan akbir bersih pantai dengan memungut sampah-sampah di seputaran pantai. (merdeka.com/Arie Basuki)

Aktivis Yayasan Kehati Jakarta bersiap melakukan upacara bendera menghadap laut dalam rangka HUT ke-74 RI di Pulau Sangiang, Banten, Minggu (18/8/2019). Dalam kegiatan ini juga dilakukan akbir bersih pantai dengan memungut sampah-sampah di seputaran pantai. (merdeka.com/Arie Basuki)

Aktivis Yayasan Kehati Jakarta  dan penjaga pulau melakukan upacara bendera menghadap laut dalam rangka HUT ke-74 RI di Pulau Sangiang, Banten, Minggu (18/8/2019). Kegiatan ini dilakukan serentak secara nasional di 73 titik untuk mencintai laut dan sumber daya alamnya. (merdeka.com/Arie Basuki)

Aktivis Yayasan Kehati Jakarta dan penjaga pulau melakukan upacara bendera menghadap laut dalam rangka HUT ke-74 RI di Pulau Sangiang, Banten, Minggu (18/8/2019). Kegiatan ini dilakukan serentak secara nasional di 73 titik untuk mencintai laut dan sumber daya alamnya. (merdeka.com/Arie Basuki)

Penjaga pulau membersihkan pantai usai melakukan upacara bendera menghadap laut dalam rangka HUT ke-74 RI di Pulau Sangiang, Banten, Minggu (18/8/2019). Dalam kegiatan ini juga dilakukan akbir bersih pantai dengan memungut sampah-sampah di seputaran pantai. (merdeka.com/Arie Basuki)

Penjaga pulau membersihkan pantai usai melakukan upacara bendera menghadap laut dalam rangka HUT ke-74 RI di Pulau Sangiang, Banten, Minggu (18/8/2019). Dalam kegiatan ini juga dilakukan akbir bersih pantai dengan memungut sampah-sampah di seputaran pantai. (merdeka.com/Arie Basuki)

Aktivis Yayasan Kehati Jakarta  membersihkan pantai usai melakukan upacara bendera menghadap laut dalam rangka HUT ke-74 RI di Pulau Sangiang, Banten, Minggu (18/8/2019). (merdeka.com/Arie Basuki)

Aktivis Yayasan Kehati Jakarta membersihkan pantai usai melakukan upacara bendera menghadap laut dalam rangka HUT ke-74 RI di Pulau Sangiang, Banten, Minggu (18/8/2019). (merdeka.com/Arie Basuki)

Aktivis Yayasan Kehati Jakarta  bersiap melakukan upacara bendera menghadap laut dalam rangka HUT ke-74 RI di Pulau Sangiang, Banten, Minggu (18/8/2019). Dalam kegiatan ini juga dilakukan akbir bersih pantai dengan memungut sampah-sampah di seputaran pantai. (merdeka.com/Arie Basuki)

Aktivis Yayasan Kehati Jakarta bersiap melakukan upacara bendera menghadap laut dalam rangka HUT ke-74 RI di Pulau Sangiang, Banten, Minggu (18/8/2019). Dalam kegiatan ini juga dilakukan akbir bersih pantai dengan memungut sampah-sampah di seputaran pantai. (merdeka.com/Arie Basuki)

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Lawan Rennes, PSG Coret Neymar

Posted: 17 Aug 2019 09:35 PM PDT

Jakarta Neymar nampaknya hampir pasti akan pergi dari Paris Saint-Germain. Pemain internasional Brasil kembali tidak dibawa PSG untuk laga Ligue 1 di kandang Rennes, Senin (19/7/2019) dini hari WIB. 

Sebelumnya, Neymar juga tidak disertakan dalam tim pada laga pembukaan Ligue 1 kontra Nimes pekan lalu. Jadi, pemain berusia 27 tahun itu dua pekan beruntun telah ditepikan dari tim. 

Sikap PSG tersebut diambil sebagai buntut keinginan Neymar yang ngotot meninggalkan Paris. Dua klub raksasa La Liga, Barcelona dan Real Madrid, dikabarkan tertarik memboyong sang pemain. 

Namun, PSG mengklaim belum menerima tawaran dari kedua klub tersebut. Padahal, di sisi lain fans PSG juga sudah kesal dan memaksa Neymar segera dijual. 

Pelatih PSG, Thomas Tuchel, mengatakan Neymar masih belum sepenuhnya fit sehingga tidak akan diturunkan menghadapi Rennes. "Dia tidak akan bersama kami," kata Tuchel, seperti dilansir BBC, Sabtu (17/8/2019). 

 

Pemain Penting

Pelatih PSG, Thomas Tuchel.  (dok. PSG)

Meskipun mengakui masa depan sang pemain belum diputuskan, Tuchel mengatakan mantan striker Barcelona itu masih menjadi pemain paling penting di klub. 

"Jika saya memikirkan PSG yang tangguh sebagai tim, saya memikirkan tentang tim yang ada Neymar di dalamnya," kata Tuchel. 

Sejak bergabung dari Barcelona ke PSG pada 2017, Neymar tercatat menyumbangkan 34 gol dalam dua musim di Parc des Princes. 

Sumber Bola.com

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Kecepatan Internet dan Kualitas Digital Indonesia Kalah dari Malaysia, Ini Alasannya

Posted: 17 Aug 2019 09:34 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Indonesia berada di peringkat ke-57 untuk kesetaraan digital dengan kecepatan internet. Kalah dibandingkan negara tetangga, seperti Malaysia, Thailand, dan Filipina.

Mengutip ABC Indonesia, Minggu (17/8/2019), pemeringkatan ini dilakukan oleh perusahaan penyedia jaringan privasi internet (VPN) Surfshark dengan menganalisa data lebih dari 5,5 miliar orang dari 65 negara, yang menggunakan database open-source dari PBB, Bank Dunia, serta organisasi Freedom House dan International Telecommunication Union.

Untuk menentukan skor kesetaraan digital, para peneliti melakukan penilaian pada sejumlah indikator seperti kecepatan internet, keterjangkauan harga internet, dan keamanan cyber.

Banyaknya pelayanan e-government yang tersedia serta peraturan soal perlindungan data pribadi juga termasuk yang diperhitungkan

Total skor yang diraih Indonesia adalah 0,4604, menduduki peringkat kesembilan dari bawah.

Bukan hanya kecepatan internet di Indonesia yang tertinggal dari Malaysia, Thailand, dan Filipina, jumlah layanan e-government di Indonesia pun masih sedikit dibandingkan negara-negara tersebut.

Secara keseluruhan Australia menduduki peringkat pertama dengan skor tertinggi, yakni 0,7992

Tapi kecepatan internet di Australia jauh tertinggal dengan negara-negara maju lainnya, bahkan berada di urutan ke 42.

 

 

Koneksi Tercepat

Ilustrasi pengguna internet (AP Photo/Rogelio V. Solis)

Saat ini kecepatan berinternet di ponsel paling cepat dimiliki oleh negara Islandia, disusul oleh Norwegia dan Kanada.

Singapura menduduki peringkat pertama untuk kecepatan internet broadband.

Negara Denmark memiliki pelayanan e-government paling banyak di dunia, diikuti Singapura dan Amerika Serikat.

"Pendapatan negara per kapita yang rendah memiliki korelasi dengan angka kesetaraan digital," tulis laporan tersebut.

"Setengah dari populasi dunia menggunakan internet dan kebanyakan interaksi sosial terjadi di dunia digital."Studi tersebut juga menemukan penetrasi jejaring sosial di dunia telah meningkat lebih dari 21 persen dan rata-rata orang menghabiskan 6 jam 42 menit di dunia online.

Saksikan Juga Video Berikut Ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Cara Ekstrem Penjual Buktikan Koper Dagangannya Tahan Banting

Posted: 17 Aug 2019 09:30 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Koper sebagai salah satu komponen perjalanan memang memiliki peran penting. Karenanya, kebanyakan orang akan mencari koper tahan banting sehingga barang-barang yang disimpan di dalamnya aman.

Hendak memenuhi kriteria tersebut, salah seorang penjual diketahui berlokasi di sebuah mal di Kuala Lumpur, Malaysia, memilih aksi ekstrem dalam membuktikan ketahaan koper dagangannya.

Lewat sebuah video yang beredar di Twitter, beberapa waktu lalu, tampak penjual tersebut 'menyerang' koper dagangannya habis-habisan. Koper itu lebih dulu diangkat ke udara sebelum dibanting cukup keras.

Tak sampai di situ, dalam rekam gambar berdurasi 22 detik tersebut, koper itu juga tampak dibuka dan diinjak-injak bagian luarnya, hingga kemudian dikembalikan lagi seperti sedia kala.

"Sekarang bila pihak maskapai memutuskan untuk sembarangan melempar koper Anda, setidaknya Anda tak usah khawatir," canda pemilik akun pengunggah video tersebut sembari menyertakan rekam gambar yang dimaksud.

Berapa Harganya?

Koper tahan banting. (dok. Twitter)

Koper yang memanang dijual dengan klaim tahan banting bersebut, melansir dari Says, Sabtu, 17 Agustus 2019, merupakan keluaran brand Alain Delon. Koper dengan ragam warna ini hadir dalam tiga ukuran, yakni 20, 24, dan 28 inchi.

Harga koper yang tingkat ketahanannya didemonstrasikan secara ekstrem ini dibanderol mulai dari 999 ringgit Malaysia atau setara Rp340 ribu.

Aksi pembuktian tahan banting koper ini kemudian menuai komentar warga dunia maya. "Wah boleh juga jadi alternatif," tulis alah satu warganet. Sejak diunggah, kicauan ini sudah di-retweet dan likes sebanyak ribuan kali.

 

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Sule Makin Akrab dengan Ibunda Naomi Zaskia

Posted: 17 Aug 2019 09:30 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Hubungan asmara Sule dan Naomi Zaskia saat ini sudah bukan rahasia lagi. Keduanya tak ragu untuk memamerkan kemesraan di resepsi pernikahan Siti Badriah pada akhir bulan lalu (27/7/2019).

Banyak momen yang memperlihatkan mereka bersama. Bisa dilihat di berbagai video yang beredar di YouTube channel milik Sule. Mulai dari liburan hingga syuting bareng.

Apakah hubungan Sule dan Naomi ini makin serius? Terlebih, Naomi juga sudah dekat dengan anak-anak Sule. Tak hanya itu, Sule juga tampak akrab dengan keluarga Naomi Zaskia.

Akrabnya Sule dengan ibunda Naomi terlihat ketika pelawak itu ikut memberikan kejutan ulang tahun. Ya, saat itu ibunda Naomi Zaskia tengah merayakan hari lahirnya. 

Merasa Terharu

Sule dan Naomi Zaskia (Sumber: Kapanlagi.com/Muhammad Akrom Sukarya)

Momen itu pun diunggah oleh rekan Sule yang kemudian di-repost oleh akun fansbase, @sulekersss. Dalam video itu, terlihat semua merasakan bahagia bisa merayakan ulang tahun ibunda Naomi.

Naomi sendiri yang membawakan kue ulang tahun untuk sang ibunda. Terlihat Sule tepat berada di sisi Naomi.

Banyak juga beberapa rekan yang hadir di sana dan menyanyikan lagu selamat ulang tahun bersama. Kejutan itu pun sukses membuat sang ibunda merasa terharu. (Galuh Esti Nugraini/Kapanlagi.com)

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Ketua MPR: Amandemen UUD 1945 Diperlukan Karena Masih Ada Ruang Kosong Konstitusi

Posted: 17 Aug 2019 09:22 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Ketua MPR Zulkifli Hasan menyatakan, amandemen Undang-Undang Dasar 1945 (UUD 45) diperlukan karena dirasakan masih ada ruang kosong dalam konstitusi 17 tahun terakhir.

UUD 1945 beberapa kali di amandemen. Yakni pada 19 Oktober 1999, 18 Agustus 2000, 9 November 2001 dan 10 Agustus 2002.

"Perubahan Undang-Undang Dasar 1945 yang disebut sebagai revolusi ketatanegaraan turut dihadapkan pada perkembangan nilai-nilai masyarakat yang tumbuh dan berkembang, sehingga perlu menjadi pertimbangan untuk melakukan penyesuaian," kata Zulkifli di Gedung Nusantara IV DPR/MPR RI, Jakarta, Minggu (18/8/2019).

Dia memandang, keberhasilan reformasi konstitusi tidak menjamin bahwa apa yang dikehendakinya dapat segera terwujud. Dimana, pada tingkat implementasi masih ditemukan adanya kekurangan dan bahkan ketidaksesuaian.

"Ada pengamat, bahkan Prosesor dari (Universitas) Gadjah Mada mengatakan, ada beberapa terjadi inkonsistensi antara konstitusi dan implementasi undang-undang yang ada," ungkap Zulkifli.

Ketua Umum PAN ini mencontohkan, bagaimana Pemilu serentak 2019, sebagai amanat UUD 1945 Pasal 22 E, sudah suskses, dan ini perlu disyukuri.

"Namun, Pemilu Serentak 2019 masih menyisakan sejumlah masalah, salah satunya adalah polarisasi di dalam masyarakat yang sangat mengkhawatirkan, bahkan cenderung terjadi perpecahan," pungkasnya.

Saksikan video pilihan di bawah ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

5 Momen Menarik Upacara Bendera 17 Agustus 2019 di Istana Merdeka

Posted: 17 Aug 2019 09:20 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta 17 Agustus 2019, seluruh rakyat Indonesia bersuka cita merayakan peringatan hari ulang tahun kemerdekaan. Perayaan hari yang sakral bagi seluruh rakyat Indonesia tersebut menjadi tanda kebebasan  Indonesia dari penjajahan Jepang dan Belanda pada tahun 1945 silam. Untuk memperingati hari bahagia ini, hal wajib yang selalu dilakukan adalah upacara bendera. Salah satunya upacara wajib di Istana Negara.

Upacara Kemerdekaan RI ke-74 di Istana Merdeka digelar pada Sabtu (17/8/2019) pagi. Berbeda dari upacara-upacara sebelumnya, pada peringatan hari Kemerdekaan RI ke-74 ini bisa dibilang unik. Dalam beberapa tahun ke belakang, acara puncak tersebut selalu dikemas dengan sesuatu yang baru. Tak ketinggalan pada tahun ini, pihak Istana memang telah mempersiapkan suatu hal yang berbeda dari tahun sebelumnya.

Berbeda dari sebelumnya peringatan detik-detik Proklamasi Kemerdekaan Republik Indonesia tahun ini dimulai dengan kirab bendera pusaka dan teks asli naskah proklamasi yang dimulai dari Monumen Nasional hingga Istana Merdeka. Tak hanya itu banyak momen-momen menarik yang tentunya berbeda dari tahun sebelumnya.

Berikut 5 momen menarik upacara peringatan detik-detik proklamasi yang Liputan6.com rangkum dari berbagai sumber, Minggu (18/8/2019).

1. Pakai Baju Adat

Upacara Bendera HUT RI-74

Upacara peringatan detik-detik proklamasi tahun ini sangat unik. Pasalnya Presiden Joko Widodo (Jokowi) dan sejumlah tokoh mengenakan pakaian adat dari berbagai daerah saat menghadiri upacara peringatan Hari Ulang Tahun ke-74 Kemerdekaan Indonesia di Istana Merdeka.

Jokowi dan para pimpinan lembaga pemerintah terlihat memakai baju adat yang berbeda-beda. Para tamu undangan yang hadir pun juga terlihat mengenakan pakaian adat khas dari sejumlah daerah di Indonesia. Tak hanya itu, bahkan sejumlah Pasukan Pengamanan Presiden (Paspampres) terlihat pula memakai pakaian adat.

Penggunaan pakaian adat juga sesuai dengan Peraturan Presiden Nomor 71 Tahun 2018 tentang Tata Pakaian Pada Acara Kenegaraan dan Acara Resmi. Jokowi mengenakan pakaian adat dari Klungkung, Bali sementara Iriana dari Tapanuli Utara. Sama, Wakil Presiden Jusuf Kalla dan Mufida‎ Kalla juga mengenakan pakaian adat dari Aceh.

2. Jan Ethes Curi Perhatian

Upacara Bendera HUT RI-74

Momen menarik selanjutnya datang dari cucu pertama Presiden Jokowi, Jan Ethes. Cucu pertama Presiden Joko Widodo (Jokowi), Jan Ethes Sri Narendra menjadi pusat perhatian para tamu undangan saat Upacara Peringatan Detik-Detik Proklamasi Kemerdekaan RI ke 74 Tahun di Istana Negara.

Ethes keluar digandeng sang kakek Jokowi. Sementara, Gibran Rakabuming Raka, berjalan di belakang Jokowi dan Ethes. Kehadiran Ethes yang memakai baju adat Bali berwarna kuning langsung menarik perhatian awak media dan tamu undangan di sekitar halaman Istana Merdeka.

Berjalan bersama Jokowi, Ethes tampak terlihat melambaikan tangan saat tamu undangan dan media memanggil nama Ethes. Tak hanya itu netizen juga dibuat gagal fokus dengan sepatu Jan Ethes. Selain mengagumi tampilan Ethes yang imut dan menggemaskan, sejumlah warganet juga menyoroti sepasang sepatu Gucci yang dikenakannya.

3. Jokowi Menghampiri Komandan Upacara, Menyalami dan Menepuk Bahunya.

Upacara Bendera HUT RI-74

Momen menarik lain yang belum pernah ada di upacara sebelumnya adalah ketika Presiden Joko Widodo (Jokowi) mendatangi langsung Komandan Upacara Peringatan Detik-Detik Proklamasi Kemerdekaan Republik Indonesia, Kolonel Laut (P) Hariyo Poernomo SE MM.

Tindakan Jokowi yang tak biasa ini langsung disambut meriah oleh para tamu undangan dan peserta upacara. Momen ini bermula saat Upacara Detik-detik Proklamasi 17 Agustus telah selesai dilangsung. Tamu undangan dan peserta upacara berdiri sebab Jokowi beserta Wakil Presiden Jusuf Kalla akan meninggalkan lokasi.

Sebelum pergi, Jokowi memilih turun dari podium dan mendatangi sejumlah tamu, termasuk para tamu undangan negara sahabat yang duduk di posisi paling depan. Setelah bersalaman dengan tamu undangan, Jokowi lantas berjalan menuju area tengah halaman Istana Merdeka. Rupanya, Jokowi ingin mengajak bersalaman dengan Komandan Upacara, Kolonel Laut (P) Hariyo Poernomo SE MM.

4. Penyanyi di Upacara HUT ke-74 RI adalah Cicit WR Soepratman

Andrea Putri Turk bawakan lagu Tanah Airku cipt Ibu Sud di Istana Merdeka dalam rangka HUT Ke-74 RI, Sabtu, 17 Agustus 2019

Dalam Upacara Peringatan Detik-detik Proklamasi di Istana Negara, terlihat sosok perempuan yang mencuri perhatian. Sosok wanita cantik berbalut kebaya berwarna merah muda dan sentuhan riasan yang lembut menjadi sorotan saat membawakan lagu Tanah Airku. Perempuan tersebut ialah Andrea Putri Turk, sosok yang menyanyikan lagu ciptaan ibu Sud. Ternyata Andrea Putri Turk adalah keturunan dari kakak kandung mendiang WR Soepratman, pencipta lagu 'Indonesia Raya'.

5. Hadiah untuk Baju Adat Terbaik

Wakil Presiden Jusuf Kalla saat mengikuti Upacara Peringatan Detik-detik Proklamasi Kemerdekaan ke-74 RI di Istana Merdeka, Jakarta, Sabtu (17/8/2019). Peringatan HUT RI tersebut mengangkat tema

Presiden Joko Widodo membagi-bagikan sepeda sebagai hadiah bagi mereka yang menang kontes kostum terbaik di upacara peringatan HUT RI ke-74 di Istana. 3 pemenang kontes tersebut dibacakan oleh Wakil Presiden Jusuf Kalla. Jusuf Kalla juga mengungkapkan para pemenang dengan kostum adat terbaik akan mendapatkan hadiah sepeda merah putih. Hal tersebut sontak disambut riuh tepuk tangan meriah dari para hadirin.

Kontes ini dimenangkan oleh istri Menteri Pertahanan Ryamizard Ryacudu, Nora Tristiana. Ia mengenakan pakaian adat Lampung Sementara itu, juara kedua ialah Sultan Gunung Tabur H. Adji Raden M Bachrul. Ia mengenakan pakaian adat dari Kerajaan Gunung Tabur, Berau, Kalimantan Timur. Dan ketiga ada Khalida merupakan masyarakat biasa yang mendapat undangan untuk ikut dalam upacara di Istana.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Gareth Bale Dipastikan Tetap di Real Madrid

Posted: 17 Aug 2019 09:20 PM PDT

Jakarta Pelatih Real Madrid, Zinedine Zidane memuji winger Gareth Bale, setelah timnya menang Celta Vigo di Stadion Balaidos, Vigo, Sabtu (17/8/2019). 

Dalam laga perdana di La Liga musim ini tersebut, Real Madrid menang dengan skor 3-1. Gareth Bale memang tak mencetak gol dalam laga itu. Namun, pemain asal Wales itu tampil apik dan memberikan assist pada gol Karim Benzema.

Zidane pun memastikan Bale bertahan di Santiago Bernabeu.

"Dia akan tinggal," kata Zidane kepada dalam konferensi pers usai laga, dikutip dari Marca.

"Setiap pemain yang kami miliki membantu untuk berpikir positif. Anda harus fokus pada kompetisi, tidak lebih. Cedera Eden Hazard adalah nasib buruk kami, tetapi itu tidak berpengaruh pada ide kami untuk menurunkan Bale sejak awal," katanya.

Real Madrid tampil dengan 10 pemain sejak menit ke-57 karena Luka Modric mendapat kartu merah setelah menjegal Denis Suarez. Beruntung, Los Blancos tetap dominan dan menambah dua gol pada babak kedua.

"Kami memainkan permainan yang sangat lengkap sejak awal dan melakukannya dengan sangat baik dengan 10 pemain. Kami menderita untuk mendapatkan hasilnya," kata Zidane.

"Vinicius dan Gareth tampil bagus dalam bertahan. Kemudian kami tahu apa yang bisa kami lakukan saat menguasai bola," tegas Zidane seraya menyebut kemenangan tersebut penting bagi Real Madrid pada musim ini. 

Sumber: Marca

Lupakan Pramusim

Pelatih Real Madrid, Zinedine Zidane melihat para pemainya bertanding melawan Tottenham Hotspur pada pertandingan Audi Cup 2019 di stadion Allianz Arena di Munich, Jerman (30/7/2019). Tottenham menang tipis atas Madrid 1-0. (AFP Photo/Christof Stache)

Zinedine Zidane lalu menyebut kemenangan pada laga perdana tersebut sangat berarti bagi Real Madrid, yang menjalani pramusm dengan hasil tak memuaskan.

"Kami puas dan bahagia. Tidak ada banyak tim yang menang di sini," katanya.

"Saya senang setelah pramusim yang rumit dalam hal hasil, tetapi kami bagus pada laga perdana Liga. Yang penting adalah kompetisi," tegas Zidane.

Sumber Bola.com

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

5 BUMN Ini Kompak Kampanyekan Diet Plastik Saat HUT ke-74 RI

Posted: 17 Aug 2019 09:15 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Sebanyak 4500 karyawan dan masyarakat turut memeriahkan kegiatan Jalan Sehat BUMN 5 km di seputaran kawasan Thamrin-Sudirman yang diselenggarakan dalam rangka HUT ke-74 RI sebagai bagian dari Program BUMN Hadir Untuk Negeri (BHUN) di wilayah DKI Jakarta.

Kegiatan ini dikoordinir oleh PT Pupuk Indonesia (Persero) bersama lima BUMN lainnya, yaitu PT Virama Karya, PT Indra Karya, PT Jakarta Industrial Estate Pulogadung (JIEP), PT PPD dan PT Petrokimia Gresik.

Pelepasan peserta sendiri dilakukan oleh Deputi Bidang Energi, Logistik, Kawasan dan Pariwisata Kementerian BUMN, Edwin Hidayat Abdullah bersama dengan para Direktur Utama BUMN.

Direktur Utama Pupuk Indonesia, Aas Asikin Idat, selaku penanggungjawab kegiatan BHUN wilayah DKI mengungkapkan Jalan Sehat bersama keluarga BUMN dan masyarakat ini hanya sebagian kecil dari sejumlah kegiatan yang dilakukan BUMN.

"Selain jalan sehat, pada kesempatan ini kami juga menggelar pemeriksaan kesehatan gratis untuk masyarakat di sekitar kantor Kementerian BUMN," jelas Aas di Kementerian BUMN, Minggu (18/8/2019).

Tercatat lebih dari 200 orang turut menerima fasilitas cek kesehatan gratis tersebut, yang terdiri dari pemeriksaan gula darah, tekanan darah, asam urat serta konsultasi dokter.

Selain itu, digelar juga Pameran UMKM binaan BUMN, kuliner gratis, aneka lomba, dan lain sebagainya. "Intinya, sesuai amanah Kementerian BUMN, kami ingin berbagi kebahagiaan dengan masyarakat di HUT ke-74 RI ini," kata Aas.

 

Kampanyekan Diet Plastik

Ades mengajak masyarakat ikut serta dalam kampanye positif dengan membawa tema #NiatMurni.

Jalan Sehat ini juga sekaligus dijadikan ajang untuk mengkampanyekan diet plastik kepada masyarakat. Para peserta dapat menukarkan botol plastik dengan produk ramah lingkungan seperti sedotan bambu dan tas daur ulang.

Botol plastik yang terkumpul akan diolah oleh Bank Sampah La Tanza binaan Pupuk Kujang untuk menjadi produk yang bermanfaat dan mempunyai nilai ekonomi serta turut memberdayakan nasabah bank sampah tersebut.

Program BUMN Hadir Untuk Negeri sendiri digelar di seluruh wilayah Indonesia secara serentak. Khusus untuk wilayah DKI, sebelumnya juga telah dilakukan penyerahan bantuan pembangunan Panti Asuhan di wilayah Palmerah, renovasi musholla di kawasan Sawah Besar, serta pembangunan MCK dan Penyediaan Air Bersih di Kelurahan Pasar Baru, Jakpus.

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Gerindra: Prabowo Setuju Pimpinan MPR Jadi 10 Orang

Posted: 17 Aug 2019 09:03 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Wakil Ketua Umum Partai Gerindra Edhy Prabowo mengatakan, Prabowo Subianto mendukung kursi pimpinan MPR ditambah jadi 10 kursi.

"Prabowo malah secara prinsip mendukung ini, karena kalau tidak salah pernah pimpinan berasal dari semua fraksi," kata Edhy Prabowo di kantor DPP Partai Gerindra, Jakarta, Sabtu 17 Agustus 2019.

Dia mengatakan, wilayah Indonesia sangat luas sehingga apabila ada perwakilan di pimpinan MPR akan sangat bagus.

Menurut dia, jumlah anggota DPR RI periode 2019-2024 sebanyak 575 orang dan DPD sebanyak 136 orang, masih sangat kecil dibandingkan luas wilayah Indonesia.

"Ini pandangan dari Prabowo tentang MPR yang disampaikan ke partai," ujarnya dikutip dari Antara.

Namun menurut dia secara prinsip, yang memutuskan adalah semua fraksi dan kelompok DPD RI di MPR apakah setuju.

Selain itu dia menilai penambahan jumlah kursi pimpinan MPR tidak akan menghabiskan anggaran negara yang besar karena ruangan dan kegiatan sudah ada.

"Anggaran yang masuk ke MPR dan DPR RI tidak lebih dari Rp5 triliun, coba saja hitung berapa persen dari anggaran negara," katanya.

Menurut dia, dengan anggaran senilai itu, DPR RI tetap berkomitmen untuk menghemat anggaran dengan menghemat anggaran perjalanan dan anggaran kunjungan.

Usulan PAN

Sebelumnya, Wakil Sekretaris Jenderal DPP PAN Saleh Partaonan Daulay mengusulkan agar kursi Pimpinan MPR RI berjumlah 10, terdiri dari sembilan berasal dari fraksi dan satu orang mewakili kelompok DPD RI.

"MPR harus dijadikan sebagai lembaga politik kebangsaan dimana semua fraksi dan kelompok menyatu. Di MPR mestinya tidak ada koalisi dan oposisi, tetapi justru yang perlu ditekankan adalah NKRI," kata Saleh di Jakarta, Senin 12 Agustus 2019.

Dia mengusulkan komposisi pimpinan MPR itu berasal dari semua fraksi yang ada ditambah dengan perwakilan kelompok DPD.

Saleh menilai beban anggaran untuk tambahan pimpinan MPR tidak terlalu besar jika dibandingkan dengan kebersamaan yang akan terbangun.

Saksikan video pilihan di bawah ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Pesta Rakyat Mewarnai Peringatan HUT ke-74 RI di KBRI Stockholm

Posted: 17 Aug 2019 09:02 PM PDT

Liputan6.com, Stockholm - "Hiduplah Indonesia Raya...", terdengar lagu Indonesia Raya dinyanyikan dengan semangat dan penuh hikmat.

Pagi hari pukul 09.00 waktu setempat, tanggal 17 Agustus 2019, bertempat di Wisma Duta RI, Lidingo, Stockholm, Swedia; ratusan WNI di sana mengikuti Upacara Bendera dalam memperingati HUT Proklamasi Kemerdekaan RI ke-74.

"Kita butuh ilmu pengetahuan dan teknologi yang membuat kita bisa melompat dan mendahului bangsa lain. Kita butuh terobosan-terobosan jalan pintas yang cerdik yang mudah yang cepat," ujar Dubes RI untuk Swedia, Bagas Hapsoro, yang bertindak selaku Pembina Upacara, dalam Amanat pada Upacara Bendera HUT RI ke-74, yang diintisarikan dari Pidato Kenegaraan Presiden RI, 16 Agustus 2019.

Ditambahkan Dubes Bagas bahwa Indonesia membutuhkan SDM unggul yang berhati Indonesia, berideologi Pancasila, unggul, toleran, berakhlak mulia yang mau terus belajar, bekerja keras, dan berdedikasi tinggi, demikian seperti dikutip dari rilis KBRI Stockholm yang dimuat Liputan6.com, Minggu (18/8/2019).

Ratusan WNI terlihat memadati tempat upacara. Diantara para WNI tersebut, terdapat sejumlah sesepuh dan WNI yang telah tinggal lebih dari 30 tahun di Swedia.

Raut kegembiraan dan kebanggaan ketika Indonesia Raya berkumandang, tercermin dari wajah para peserta upacara. Tidak sedikit yang terharu dan bahkan menitikkan air mata ketika Bendera Merah Putih dikibarkan.

 

Pesta Rakyat

(sumber: KBRI Stockholm)

Selesai upacara, seluruh peserta bersiap melangsungkan Pesta Rakyat.

Pesta Rakyat tahun ini dimeriahkan oleh banyak penampil. Diantaranya Tari Piring, Tari Ondel-Ondel, Tari Topeng Kipas Betawi, dan Tari Nandak Ganjen oleh Bagus Föreningen (Swedish Indonesia Bagus Organization), Tari Kuda Lumping oleh Ibu Juju Ekberg, dan Tari Saman oleh rekan-rekan pelajar yang tergabung dalam PPI Swedia.

Tidak lupa juga penampilan musik akustik dan band, dimana Dubes Bagas turut menampilkan keahlian bermain keyboard.

Keceriaan makin memuncak ketika dilakukan perlombaan-perlombaan gembira bagi anak-anak dan dewasa. Salah satunya adalah lomba oper tepung bagi dewasa, dimana tiap tim yang terdiri dari 5 orang mengoper tepung ke rekan satu tim dibelakangnya hanya dengan tangan.

Riuh rendah suporter dan para penonton, semakin menambah keriaan suasana.

Tidak hanya pertunjukkan di panggung gembira, masyarakat yang datang juga dimanjakan dengan bazaar penjualan makanan khas Indonesia. Dapat ditemukan berbagai makanan, seperti sate ayam, bakso, bakmi, hingga gorengan, panada, dan jajanan pasar.

Banyak juga masyarakat yang hadir mengenakan pakaian tradisional daerah di Indonesia. Seperti pasangan Sdr. Fajar dan Sdri. Laurina yang mengenakan busana khas Betawi.

"Kapan lagi bisa jadi Abang-None untuk satu hari," ujar Laurina.

Total tercatat lebih dari 300 WNI yang menghadiri kegiatan Pesta Rakyat tersebut.

Peringatan HUT RI tahun ini dirasakan cukup spesial, karena tahun ini, tanggal 17 Agustus jatuh pada hari Sabtu, sehingga kegiatan upacara dan Pesta Rakyat dilangsungkan sekaligus di satu hari. Antusiasme para WNI tercermin dari tumpah ruahnya kehadiran di hari itu.

Simak video pilihan berikut:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Ketika Turis Asing Semarakkan HUT RI di Bandara Ngurah Rai

Posted: 17 Aug 2019 09:00 PM PDT

Liputan6.com, Denpasar - Bandara Internasional I Gusti Ngurah Rai, Bali punya cara unik memperingati hari kemerdekaan Republik Indonesia. PT Angkasa Pura II selaku pengelola tak mau main-main dalam memperingati hari paling bersejarah bagi bangsa ini.

Dengan mengusung tema 'Indonesia Independence Day–SDM Unggul Indonesia Maju', suasana terminal Bandar Udara Internasional I Gusti Ngurah Rai bernuansa patriotik dengan dekorasi Bendera Sang Merah Putih berombak yang memanjang, gagah menghias langit-langit terminal keberangkatan domestik dan internasional.

Gerai-gerai komersial dan perbelanjaan di dalam terminal bandar udara pun tampak berlomba-lomba menghias dan mempercantik diri dengan nuansa kemerdekaan. Tidak ketinggalan, para staf yang bertugas di gerai komersial dan perbelanjaan turut mengenakan kostum bertema perjuangan untuk semakin memperkuat suasana hari kemerdekaan.

Bukan peringatan hari kemerdekaan namanya jika tidak ada perlombaan. Di dalam terminal keberangkatan domestik dan internasional Bandara I Gusti Ngurah Rai telah mempersiapkan berbagai perlombaan seru dan menarik untuk diikuti oleh para penumpang yang tengah menanti waktu keberangkatan.

Para penumpang dapat berpartisipasi dalam perlombaan seru seperti lomba lari kelereng (marble race) dan lomba memasukkan pena ke dalam botol (pen into the bottle challenge). Seperti biasa, Bandara I Gusti Ngurah Rai juga menyediakan berbagai hadiah menarik bagi para peserta yang berhasil memenangkan lomba.

Bangkitkan Nasionalisme

turis di bali ikut rayakan hari kemerdekaan RI ke-74 (Liputan6.com/Dewi Divianta)

Pantauan di terminal keberangkatan internasional, sejumlah [turis](4025037/ "") yang tengah menunggu keberangkatan ikut berpartisipasi mengikuti sejumlah lomba yang sudah disiapkan panitia. Terace salah satunya. Turis asal United Kingdom itu mengikuti lomba memasukkan pena ke dalam botol.

"Sulit sekali memasukkannya, apalagi tidak boleh dipegang. Tentu saya tahu ini hari Kemerdekaan Indonesia. Itu sebabnya saya berpartisipasi dalam lomba ini. Selamat hari kemerdekaan Indonesia," kata Terace, Sabtu (17/8/2019).

Suasana terminal bandar udara kali ini juga bertambah semarak dengan alunan lagu-lagu dari band akustik dengan tema hari kemerdekaan, serta penampilan tarian baris khas Bali yang menggambarkan prajurit Bali yang bersiap untuk maju bertempur ke medan laga.

"Event yang sangat menyenangkan. Saya bisa bermain dahulu sebelum boarding. Happy Independence Day, Indonesia!," ucap Alice, salah seorang penumpang asal Australia.

Co General Manager Commercial PT Angkasa Pura I (Persero) Kantor Cabang Bandar Udara Internasional I Gusti Ngurah Rai, Rahmat Adil Indrawan menegaskan semua kegiatan ini demi merayakan kemerdekaan Indonesia. "Sambil mereka menunggu di ruang tunggu, kita suguhi dengan kesenian dan permainan tradisional khas kemerdekaan. Turis sangat antusias berpartisipasi," ujarnya.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Jadwal Shopee Liga 1 2019: PSM Makassar vs Persib di Indosiar

Posted: 17 Aug 2019 09:00 PM PDT

Liputan6.com, Makassar - Pertandingan Shopee Liga 1 2019 kembali akan bergulir akhir pekan ini. Satu pertandingan seru akan tersaji akhir pekan ini saat PSM Makassar menjamu Persib Bandung pada pekan ke-15 Shopee Liga 1 2019.

Pertandingan yang akan disiarkan Indosiar ini, digelar di markas PSM, Stadion Andi Mattalatta, Makassar, Minggu (18/8/2019). Laga ini juga menjadi ajang reuni bagi pelatih Persib Robert Alberts, karena ia pernah menangani skuat Juku Eja selama tiga musim.

Robert mengakui pertemuan Persib dengan PSM akan berjalan menarik. Persib sudah tidak sabar menanti hari pertandingan tersebut.

"Ini akan menjadi pertandingan yang menarik dari segi taktikal karena kita akan menghadapi tim terbaik di liga. Maka itu kita nantikan laga yang menarik ini karena kedua tim memiliki permainan sepak bola yang bagus. Saya sangat menantikannya," ujarnya.

Di sisi lain, pelatih PSM, Darije Kalezic, mengaku sudah mempelajari kekuatan dan kelemahan Persib. "Kalau para pemain bermain sesuai strategi, PSM akan mendapatkan tiga poin pada laga besok dan membuat suporter bahagia," papar Darije.

Laga PSM versus Persib di Shopee Liga 1 2019 akan ditayangkan secara eksklusif oleh Indosiar dan live streaming di Vidio.

Jadwal Liga 1

Pelatih Persib Robert Rene Alberts (Bola.com/Yoppy Renato Manalu)

Jadwal: Minggu (17/8/2019)

Status: Pekan ke-15 Shopee Liga 1

Pukul: 18.30 WIB

Stadion: Andi Mattalatta, Makassar

Live: Indosiar

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Jemaah Haji Tiba di Indonesia, Kemenkes: Selama 14 Hari Kesehatannya Dipantau

Posted: 17 Aug 2019 09:00 PM PDT

Liputan6.com, Bekasi Sebanyak 404 jemaah haji kloter pertama JKS 1 dari Kabupaten Bogor dan 6 petugas haji tiba di Embarkasi Bekasi pada Minggu, 18 Agustus 2019 pukul 01.30. Sekretaris Jenderal Kementerian Kesehatan drg Oscar Primadi yang hadir menyambut pun mengatakan bahwa kesehatan mereka akan dipantau dalam dua pekan ke depan.

"Saya berpesan, jika dalam kurun waktu 14 hari ke depan Bapak dan Ibu mengalami sakit, Bapak dan Ibu wajib berobat ke Puskesmas dengan membawa Kartu Kewaspadaan Kesehatan Jemaah Haji (K3JH)," pesan Oscar.

Hal tersebut dilakukan untuk mengantisipasi kemungkinan terbawanya penyakit dari Arab Saudi ke Indonesia.

 

Sekjen Kemenkes, drg Oscar Primadi, menyambut jemaah haji di Embarkasi Bekasi. (Foto: Humas Kemenkes)

Oscar berharap jemaah haji yang telah kembali dari Tanah Suci diharapkan bisa menjadi agen kesehatan untuk berbagi pengalaman dan tips tetap sehat bagi para calon jemaah haji di lingkungan sekitar.

Agen kesehatan ini dimaksudkan untuk para calon jemaah haji lndonesia agar dapat mempersiapkan kesehatan diri dengan sebaik-baiknya. Sehingga para calon jemaah haji ini nantinya memenuhi syarat lstithaah kesehatan ketika tiba waktu bagi mereka untuk menunaikan ibadah selama di Tanah Suci.

Menutup sambutannya, Oscar mengucapkan selamat kembali he kampung halaman dan berkumpul kembali bersama keluarga serta menjadi Haji Mabrur dan Mabruroh.

 

Saksikan juga video berikut ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Tingkatkan Kualitas SDM, Pelindo III Siap Ekspansi ke Luar Negeri

Posted: 17 Aug 2019 09:00 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta PT Pelindo III (Persero) menjalin kerja sama pendidikan dan pelatihan pegawai operasional dengan Pelabuhan Johor di Malaysia.

Pelabuhan Johor merupakan gerbang logistik di selatan Negeri Jiran yang merupakan pelabuhan terintegrasi untuk berbagai komoditas (integrated multi-purpose), seperti peti kemas, curah cair dan kering.

"Pelindo III merespon cepat arahan Presiden Joko Widodo untuk menyiapkan SDM yang unggul dan menjadi pemain bisnis di level global. Salah satunya dengan menjalin kerja sama pendidikan dan pelatihan dengan Johor Port Skill Center. Salah satu pengelola pelabuhan besar di Asia Tenggara," jelas Direktur Utama Pelindo III Doso Agung dalam keterangannya, Minggu (18/8/2019).

Ia memaparkan, para port manager dan port supervisor di terminal-terminal yang dikelola Pelindo III akan diseleksi untuk mengikuti program pelatihan tersebut.

"Total akan ada 11 batch, yakni 7 batch untuk port supervisor dan 4 batch untuk port manager. Durasi setiap batch akan ditempuh selama 1 bulan untuk class training (pendidikan) dan on job training (magang) di Pelabuhan Johor. Setiap batch terdiri dari 12 pegawai yang dipilih dengan seleksi yang didasarkan pada hasil assesmen, kinerja, dan catatan disiplin," papar Doso Agung.

 

Tambahan Ketrampilan

Pelindo III memastikan semua layanan jadwal tambat kapal internasional (windows schedule) tidak ada yang pindah hari.

Direktur SDM Pelindo III Toto Heliyanto menambahkan, para pegawai yang dikirim ke Malaysia untuk pelatihan tersebut akan memulai dengan port visit atau kunjungan ke Pelabuhan Johor dan Pelabuhan Tanjung Pelepas.

Sementara itu beberapa keterampilan yang akan intensif dieksplorasi yaitu tentang kemampuan pengawasan operasional pelabuhan, baik untuk operasional general cargo dan peti kemas.

"Selain itu para peserta pelatihan juga akan meningkatkan pemahaman tentang aspek-aspek legal pada operasi pelabuhan dalam perspektif bisnis internasional, serta juga mengenal para pemangku kepentingan yang terlibat di dalamnya. Hal ini penting untuk menyiapkan SDM unggul Pelindo III yang berwawasan global, sehingga bisa mendorong ekspansi bisnis Pelindo III di masa depan," pungkas Toto Heliyanto.

Tingkatkan Kapasitas, Pelindo III Perpanjang Dermaga Pelabuhan Bagendang

Pelindo III memperpanjang dermaga Pelabuhan Bagendang, di Kotawaringin Timur, Kalimantan Tengah. (Foto: Liputan6.com/Dian Kurniawan)

PT Pelindo III (Persero) memperpanjang dermaga Pelabuhan Bagendang, di Kotawaringin Timur, Kalimantan Tengah, menjadi 440 meter. BUMN operator pelabuhan tersebut semula sudah mengoperasikan dua dermaga yang masing-masing sepanjang 120 meter.

"Setelah dibangun sejak Agustus tahun lalu, kini dermaga baru sepanjang 200 meter yang dibangun Pelindo III sudah siap disandari kapal-kapal besar," kata Direktur Teknik Pelindo III Joko Noerhudha dalam keterangannya, Senin (5/8/2019).

Joko Noerhudha melanjutkan, dengan total panjang dermaga yang mencapai 440 meter, maka secara otomatis kapasitas bongkar muat meningkat. "Semula hanya cukup untuk disandari dan melayani bongkar muat 2 unit kapal. Kini bahkan mampu melayani sandar dan bongkar muat 3 hingga 4 unit kapal secara bersamaan," jelasnya.

Dari Surabaya, Direktur Utama Pelindo III Doso Agung, menambahkan, hal tersebut akan berimbas pada meningkatnya produktivitas pelabuhan yang akan membawa manfaat turunan berupa peningkatan efisiensi logistik untuk pengangkutan dan distribusi barang di kawasan Kalimantan Tengah.

Ditegaskannya, efisiensi akan dirasakan mulai dari perusahaan pelayaran karena waktu tunggu kapal lebih singkat. Kemudian bagi para pemilik barang, barang dapat segera diangkut untuk didistribusikan. Dengan demikian, harapannya masyarakat sebagai end customer mendapatkan harga yang lebih murah.

"Proyeksi tersebut sesuai dengan komitmen untuk terus mengembangkan pelabuhan agar berkontribusi positif pada peningkatan efisiensi biaya logistik. Selain itu juga meningkatkan daya saing produk setempat, agar lebih mampu bersaing di pasar dengan biaya pengangkutan yang lebih efisien," tambah orang nomor satu di Pelindo III ini.

Saksikan Video Pilihan Berikut Ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Top 3: Deretan Foto Arsitektur Gagal Ini Bikin Kita Bingung Lihatnya

Posted: 17 Aug 2019 09:00 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Kalian tentu sering melihat sebuah bangunan atau hasil karya arsitektur yang sangat menakjubkan. Namun nyatanya tak selalu keren, banyak pula loh hasil karya arsitektur yang gagal dan justru bikin kita tak habis pikir melihatnya.

Artikel tentang deretan foto arsitektur gagal menjadi yang terpopuler di kanal Citizen6, Liputan6.com. Disusul dengan artikel tentang kisah gadis yang menginspirasi warganet dengan pamer foto penuh jerawat.

Sementara artikel ketiga terpopuler tentang 5 zodiak yang senang akan kedamaian.

Berikut Top 3 Citizen6:

1. 8 Foto Arsitektur Gagal, Bikin Bingung yang Lihat

Doc: Twitter.com

Tidak setiap orang bisa menjadi arsitek yang baik. Beberapa orang bahagia dan puas dengan apa yang telah mereka ciptakan bahkan meski hal tersebut sebenarnya konyol.

Seorang pengguna Twitter, Sarah Schauer baru-baru ini memutuskan untuk meminta orang-orang mengiriminya foto-foto desain/arsitektur terburuk yang pernah mereka lihat/miliki.

Selengkapnya...

2. Bangga Pamer Foto Penuh Jerawat, Gadis Ini Menginspirasi Warganet

Sumber: Instagram @nvnrsm (Novia Nur Ismi)

Bagi sebagian orang, kemunculan jerawat bisa menganggu. Disinggung karena muka berjerawat bisa jadi hal yang berat. Padahal, bukan tak ingin menghilangkannya, hanya kadang, hal itu tidak mudah.

Akhirnya, rasa tak percaya diri menghampiri. Namun, seorang perempuan bernama Novia Nur Ismi berhasil mengatasi rasa tidak percaya diri itu.

Selengkapnya...

3. Hanya Ingin Hidup Tenang, 5 Zodiak Ini Jadi si Penjaga Perdamaian

ilustrasi perempuan/copyright Shutterstock

Beberapa orang suka mencari masalah sementara yang lain ingin menjaga perdamaian. Orang-orang tipe ini cenderung membenci konfrontasi dan perkelahian.

Dalam astrologi, ada tanda-tanda zodiak tertentu yang ingin menjaga perdamaian dan melakukan apa yang mereka bisa untuk mencegah perkelahian, kerusuhan, dan ketegangan. Zodiak apa saja? Mengutip dari Yourtango, ini dia.

Selengkapnya...

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Kecelakaan di Kenjeran Surabaya, Pengendara Motor Meninggal Dunia

Posted: 17 Aug 2019 09:00 PM PDT

Liputan6.com, Surabaya - Kecelakaan terjadi di Jalan Raya Kenjeran, Surabaya, Jawa Timur pada Minggu (18/8/2019) sekitar pukul 07.30 wib. Kecelakaan karena korban gagal menyalip dump truck (truk jangkit).

"Sepeda motor korban berusaha menyalip truk dari kanan. Karena tidak cukup ruang, sepeda motor korban menabrak trotoar lalu terjatuh ke kiri, masuk ke kolong truk. Korban beserta sepeda motornya terseret sampai sejauh 22 meter," ujar AKP Fakih Kanit Laka Lantas Polrestabes Surabaya, kepada Radio Suara Surabaya, Minggu pekan ini.

Identitas korban kecelakaan adalah Mohammad Nur Huda, usia 25 tahun, warga Desa Butoh Lor, Kecamatan Sumberrejo, Kabupaten Bojonegoro. Sementara, sopir truk belum diketahui identitas dan keberadaannya.

"Sopir truk melarikan diri, tapi sudah kami telusuri ke perusahaannya. Truk itu milik PT. Wira Bumi Sejati dan bermuatan material," ujar Fakih. 

Sebelumnya, seorang pengendara sepeda motor meninggal dunia setelah terlibat kecelakaan dengan Dump Truck di Jalan Raya Kenjeran, Surabaya, Minggu pagi, 18 Agustus 2019.

Kecelakaan tersebut antara sepeda motor Honda Tiger bernomor S 2428 AD warna hitam silver dan Dump Truck bernomor polisi L 9508 L dengan bak berwarna warna oranye. Jenazah korban dilaporkan berada di bawah truk dengan kondisi luka berat di bagian kepala.

Bentur Truk, Pengendara Sepeda Motor Meninggal di Gresik

Ilustrasi Foto Kecelakaan Motor (iStockphoto)

Sebelumnya, kecelakaan terjadi di Jalan Raya Dr. Wahidin Sudirohusodo, Gresik, Jawa Timur pada Senin, 12 Agustus 2019. Akibat kecelakaan itu, seorang pengendara motor meninggal dunia.

Ipda Yoshi Kanit Laka Lantas Polres Gresik menuturkan, korban mengendari sepeda motor Supra W 6385 HX melaju dari barat ke timur dengan kecepatan tinggi. Ketika tiba di lokasi, korban tidak memperhatikan arah depan dengan jelas dan tidak menjaga jarak aman. Motor korban membentur ban samping kanan belakang truk box W9433NG yang melaju di depan.

"Sedangkan korban jatuh ke kiri dan membentur ban samping kanan belakang truk tronton L8792 UW yang melaju di sebelah kiri. Korban mengalami luka berat di kepala dan korban meninggal dunia di lokasi kejadian," ujar dia seperti dikutip dari suarasurabaya.net.

Korban meninggal dunia atas nama Santoso (40) warga Duduk Sampeyan, Gresik, Jawa Timur. "Saat ini jenazah korban sudah dievakuasi ke RS Ibnu Sina Gresik," ujar dia.

 

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Ternyata Raffi Ahmad Tak Diundang Asisten ke Pernikahannya

Posted: 17 Aug 2019 09:00 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Asisten Raffi Ahmad yang sudah 13 tahun mengabdi padanya, Merry, belum lama ini pamit kembali ke kampung halamannya di Madura. Merry pulang ke rumahnya untuk menikahi sang kekasih.

Soal pernikahan Merry, Raffi Ahmad mengaku bahwa dirinya dan sang istri Nagita Slavina, tak mendapat undangan. Ia menyarankan Raffi untuk tak menghadiri pernikahannya. Apa alasannya?

"Kita enggak diundang sama Merry. 'Merry boleh enggak datang ke sana?' kata dia 'Udah A jangan, ini di kampung, jauh, susah, jauh ke sini, jauh," ungkap Raffi Ahmad, di Green Andara, Jakarta Selatan, Jumat (16/8/2019).

Meski begitu, Merry tetap meminta hadiah pernikahan dari Raffi Ahmad. Ayah satu anak ini pun tak bisa menahan tawa saat mendengar permintaan asisten setianya tersebut.

 

Minta Mentahnya

Berhenti Bekerja Setelah 13 Tahun, Ini Momen Kebersamaan Merry dan Raffi Ahmad (sumber:Instagram/merryraffiahmad)

"Katanya, 'Nanti aja deh A, nikahnya kan sederhana aja. Nanti aja kapan aku bawa (istri) ke sana. Minta mentahnya aja'," papar Raffi Ahmad meniru gaya bicara Merry.

 

Balik ke Jakarta?

Berhenti Bekerja Setelah 13 Tahun, Ini Momen Kebersamaan Merry dan Raffi Ahmad (sumber:Instagram/merryraffiahmad)

Sementara itu, banyak pula yang bertanya-tanya apakah setelah menikah, Merry akan kembali ke Jakarta dan tetap bekerja dengan Raffi Ahmad. Presenter kondang itu pun belum bisa memastikan.

"Kasihan Merry nanti (kalau tidak kembali). Didoainlah nikahannya jadi, terus istrinya mau dibawa pulang ke sini nanti kalau sudah nikah," ia menandaskan.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Top 3 Tekno: Guyonan Upacara Netizen Paling Hits

Posted: 17 Aug 2019 09:00 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Twitter diramaikan dengan tagar #UpacaraNetizen saat hari kemerdekaan Republik Indonesia yang ke-74 (HUT RI ke-74), Sabtu (17/8/2019) kemarin.

Berita ini pun menjadi yang terpopuler di kanal Tekno Liputan6.com. Berita lain yang tak kalah populer datang dari tagar #RI74 yang memuncaki trending topic dunia di Twitter.

Lebih lengkapnya, simak tiga berita terpopuler di kanal Tekno Liputan6.com berikut ini.

1. Guyonan Upacara Netizen di Twitter Dijamin Bikin Kamu Terbahak-bahak

Selain tagar #74thIndonesia dan #R174, Twitter juga diramaikan dengan tagar #UpacaraNetizen.

Melalui tagar Upacara Netizen, banyak warganet menulis candaan yang dijamin akan bikin kamu terbahak-bahak.

Banyak dari mereka melontarkan kisah-kisah fiktif seputar upacara dengan cara yang kreatif dan terbilang out of the box.

Baca selengkapnya di sini

2. Tagar RI 74 Puncaki Trending Topic Dunia

Warganet ramai-ramai merayakan hari kemerdekaan Republik Indonesia yang ke-74 (HUT RI ke-74) dengan gegap gempita. Alhasil, tagar #RI74 memuncaki trending topic dunia di Twitter.

Melalui tagar #RI74, sebagian besar dari warganet dengan bangga mengucapkan kecintaannya terhadap Tanah Air sebagai tempat kelahirannya.

Hingga berita ini naik, Sabtu (17/8/2019), tagar #RI74 telah dicuitkan hingga lebih dari 66 ribu kali.

Baca selengkapnya di sini

 

3. HUT ke-74 RI, Warganet Malah Fokus ke Jan Ethes

Putra Presiden RI ke-6 SBY, Agus Harimurti Yudhoyono atau AHY didampingi istri Annisa Pohan foto bersama dengan Presiden Jokowi, Gibran Rakabuming Raka dan cucu Jan Ethes jelang Upacara HUT ke-74 RI di Istana Merdeka, Jakarta, Sabtu (17/8/2019). (Liputan6.com/HO/Anung Aninditio)

Sosok Jan Ethes tak dimungkiri telah menjadi magnet tersendiri bagi publik, tak terkecuali saat Upacara Peringatan HUT ke-74 RI di Istana Merdeka. Ketika itu, Presiden Joko Widodo mengajak Jan Ethes untuk menyapa tamu.

Pantauan Tekno Liputan6.com, mantan Gubernur DKI Jakarta itu keluar bersama Jan Ethes dari Istana Merdeka pukul 09.10 WIB. Keduanya mengenakan baju adat khas Bali.

Mantan Wali Kota Solo itu lantas mengajak Jan Ethes untuk menyalami para tamu undangan. Ada pula putra sulung Jokowi, Gibran Rakabuming Raka.

Baca selengkapnya di sini

(Isk/Ysl)

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

VIDEO: Penyelamatan Turis yang Rambutnya Tersangkut di Kursi Pijat

Posted: 17 Aug 2019 09:00 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Petugas pemadam kebakaran berupaya melepaskan rambut seorang turis yang tersangkut di kursi pijat. Insiden ini terjadi di ruang tunggu stasiun Kota Zunyi, China.

 

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Bagus Kahfi Masih Bisa Rebut Sepatu Emas Piala AFF U-18 2019

Posted: 17 Aug 2019 08:55 PM PDT

Jakarta Penyerang Timnas Indonesia U-18, Amiruddin Bagus Kahfi masih berpeluang mendapatkan sepatu emas Piala AFF U-18 2019

Hingga laga semifinal, Bagus telah mengumpulkan lima gol. Lima gol tersebut tercipta pada duel babak penyisihan Grup A, yakni kontra Filipina (2 gol), Brunei Darussalam (2 gol), dan Laos (1 gol).

Dalam daftar pencetak gol terbanyak Piala AFF U-18 2019, untuk sementara pemain Australia, Dylan Ruiz-Diaz berada di posisi pertama dengan torehan enam gol. Mouzinho Barreto de Lima dari Timor Leste, juga mencetak enam gol. Namun, peluangnya menambah gol sudah tertutup karena timnya tak lolos ke fase gugur.

Bagus Kahfi dipepet pemain Malaysia, Luqman Hakim Shamsudin yang telah mencetak empat gol. 

Melihat pertemuan terakhir, yakni final dan perebutan tempat ketiga, Bagus punya banyak peluang untuk melewati torehan gol Dylan Ruiz-Diaz.

Timnas Indonesia U-18 akan meladeni Myanmar pada perebutan tempat ketiga. Laga ini memang diprediksi berlangsung sengit mengingat pada pertemuan sebelumnya berakhir 1-1. 

Namun, tidak menutup kemungkinan Indonesia bisa menang telak, dengan catatan tampil tanpa beban setelah terhenti di semifinal.

Duel Australia dan Malaysia pada final juga bakal alot. Meski pada pertemuan di babak penyisihan menang 3-0, Malaysia bakal mendapat adangan dari Australia yang tampil apik kala melawan Myanmar.

Timnas Indonesia U-18 sejauh ini menjadi tim tersubur di Piala AFF U-18 2019. Tim Garuda Nusantara mencetak 20 gol pada babak penyisihan dan tiga gol pada semifinal.

 

Pencetak gol terbanyak

Timnas Indonesia U-18 Vs Malaysia pada babak semifinal Piala AFF U-18 2018 di Go Dau Stadium, Sabtu (17/8/2019). (PSSI).

Pencetak gol terbanyak

Dylan Ruiz-Diaz (Australia-6 gol)

Mouzinho Barreto de Lima (Timor Leste-6 gol)

Amiruddin Bagus Kahfi (Indonesia-5 gol)

Sieng Chanthea (Kamboja-4 gol)

Luqman Hakim Shamsudin (Malaysia-4 gol)

Sumber Bola.com

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

6 Aksi Orang Saat Prank di Tempat Umum Ini Bikin Emosi

Posted: 17 Aug 2019 08:50 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Belakangan ini prank menjadi ide yang banyak digunakan sebagai konten video. Aksi ngerjain orang sekitar ataupun teman sendiri ini terkadang memang mengundang tawa penontonnya. Namun bagi yang kena prank, tentu saja itu hal yang sangat menyebalkan.

Beberapa seleb dan YouTuber terkenal Indonesia masih banyak yang menjadikan prank sebagai ide utama dalam video vlognya. Atta Halilintar, Baim Wong, Raffi Ahmad dan masih banyak lagi contohnya. Ini yang kemudian menjadikan ide prank diterapkan oleh banyak orang di media sosial.

Sejak viral ide-ide prank di media sosial hal ini membuat banyak orang berfikir kreatif untuk membuat prank lainnya. Salah satunya ialah prank saat ditempat umum yang ramai dilalaui oleh orang. Berikut Liputan6.com rangkum dari berbagai sumber  6 aksi orang saat prank di tempat umum yang bikin emosi, Minggu (18/8/2019).

1. Ini enggak asik banget pranknya.

View this post on Instagram

Prank?

A post shared by receh tapi sayang (@recehtapisayang) on

2. Ini prank atau serius, kok serem banget.

3. Bisa ya hiu berenang di daratan.

View this post on Instagram

Ngebug

A post shared by 🅁🄴🄲🄴🄷 🅂🅀🅄🄰🄳 (@awreceh.id) on

4. Siap-siap kaget kalau si anak balik badan.

View this post on Instagram

Crispy

A post shared by Receh (@receh.id) on

5. Basahnya enggak seberapa, malunya ini yang luar biasa.

View this post on Instagram

When aing nebeng mobil temen

A post shared by Receh (@receh.id) on

6. Ada yang berani coba pelorot celana di depan umum gini?

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Anies Baswedan Resmikan Spot Budaya Dukuh Atas

Posted: 17 Aug 2019 08:40 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan meresmikan fasilitas publik spot budaya di kawasan Dukuh Atas, Sudirman, Jakarta Pusat pada Minggu (18/8/2019)

"Ini akan menjadi spot budaya, ruang ketiga bagi warga Jakarta untuk berekspresi dan berkegiatan," kata Anies dalam sambutannya seperti dilansir dari Antara.

Dalam kesempatan itu, Anies mengatakan bahwa spot budaya yang awalnya merupakan jalan raya itu diharapkan dapat menjadi ruang ketiga setelah rumah dan kantor. Menurut Anies, para pekerja kantor bisa memanfaatkan ruang terbuka ini untuk melakukan kegiatannya. 

Selain itu, Anies berharap, tempat tersebut bisa menjadi lokasi berkumpulnya warga. "Ruang ketiga ini memberi pesan kesetaraan, dengan level sosial ekonomi apa saja orang akan merasa nyaman ada di sini," ujarnya.

Kepala Dinas Bina Marga DKI Jakarta Hari Nugroho menyatakan, spot budaya dua ini memiliki luas 2.000 meter persegi.

Spot budaya Dukuh Atas memiliki fasilitas arena permainan papan luncur atau skateboard, viewing desk (tempat melihat pemandangan kota), dan mini hutan tropis.

Selain sebagai tempat olahraga, spot budaya ini juga bisa digunakan untuk pagelaran musik dan budaya.

Saksikan Video Pilihan Berikut Ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Bali United Pertahankan Akan 4 Pemain Asingnya

Posted: 17 Aug 2019 08:35 PM PDT

Jakarta Bali United kemungkinan akan pasif pada bursa transfer paruh musim Shopee Liga 1 2019. Tim berjulukan Serdadu Tridatu itu puas dengan komposisi tim saat ini yang yang dalam dan kuat.

Bursa transfer putaran kedua Liga 1 2019 akan dibuka PT Liga Indonesia Baru (LIB) selaku operator kompetisi, pada 27 Agustus-16 September 2019. 

Fakta sebagai pemuncak klasemen sementara membuat Bali United diyakini tak bakal banyak menambah pemain. Armada Stefano Teco diperkirakan hanya akan melepas pemain minim kontribusi ke klub lain.

Pelatih Bali United, Stefano Cugurra Teco juga tidak mau berkomentar banyak mengenai aktivitas timnya pada bursa transfer paruh musim.

Pelatih asal Brasil itu mengatakan, ia telah berbicara dengan manajemen mengenai rencana Serdadu Tridatu.

"Kami sering berdiskusi dengan manajemen. Ini semua keputusan ada di dalam manajemen untuk pemain baru. Manajemen Bali United yang akan memberi tahu nanti," kata Teco.

Puas dengan Penampilan 4 Pemain Asing

Pemain Bali United, Ilija Spasojevic dan Melvin Platje, merayakan gol ke gawang Mitra Kukar pada laga Piala Presiden 2019 di Stadion Patriot, Jawa Barat, Minggu (3/3). Bali United menang 3-0 atas Mitra Kukar. (Bola.com/M Iqbal Ichsan)

Ketika tim lainnya telah mengambil ancang-ancang untuk merombak pemain asing, Bali United malah kebalikannya. Teco tak berniat mengganti legiun impornya.

Penampilan Willian Pacheco, Brwa Nouri, Paulo Sergio, dan Melvin Platje sejauh ini telah membuat Teco puas. Alhasil, pelatih berusia 45 tahun ini menggaransi keempat pemainnya itu dapat bertahan di Bali United.

"Empat pemain asing, mereka punya proses di dalam tim sangat bagus. Saya pikir mereka bisa bantu banyak. Saya pikir mereka bisa lebih bagus di leg kedua saat kami mempertahankan mereka," tutur Teco.

Sumber Bola.com

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

FOTO: Rayakan HUT RI, Warga Aceh Main Sepak Bola Pakai Sarung

Posted: 17 Aug 2019 08:30 PM PDT

Penduduk desa bermain sepak bola dengan mengenakan sarung saat merayakan HUT ke-74 RI di Blang Pidie provinsi Aceh (17/8/2019). Indonesia merayakan kemerdekaan yang ke-74 dari pemerintahan kolonial Belanda. (AFP Photo/Chaideer Mahyuddin)

Penduduk desa bermain sepak bola dengan mengenakan sarung saat merayakan HUT ke-74 RI di Blang Pidie provinsi Aceh (17/8/2019). Indonesia merayakan kemerdekaan yang ke-74 dari pemerintahan kolonial Belanda. (AFP Photo/Chaideer Mahyuddin)

Penduduk desa bermain sepak bola dengan mengenakan sarung saat merayakan HUT ke-74 RI di Blang Pidie provinsi Aceh (17/8/2019). Indonesia merayakan kemerdekaan yang ke-74 dari pemerintahan kolonial Belanda. (AFP Photo/Chaideer Mahyuddin)

Penduduk desa bermain sepak bola dengan mengenakan sarung saat merayakan HUT ke-74 RI di Blang Pidie provinsi Aceh (17/8/2019). Indonesia merayakan kemerdekaan yang ke-74 dari pemerintahan kolonial Belanda. (AFP Photo/Chaideer Mahyuddin)

Penduduk desa bermain sepak bola dengan mengenakan sarung saat merayakan HUT ke-74 RI di Blang Pidie provinsi Aceh (17/8/2019). Indonesia merayakan kemerdekaan yang ke-74 dari pemerintahan kolonial Belanda. (AFP Photo/Chaideer Mahyuddin)

Penduduk desa bermain sepak bola dengan mengenakan sarung saat merayakan HUT ke-74 RI di Blang Pidie provinsi Aceh (17/8/2019). Indonesia merayakan kemerdekaan yang ke-74 dari pemerintahan kolonial Belanda. (AFP Photo/Chaideer Mahyuddin)

Penduduk desa bermain sepak bola dengan mengenakan sarung saat merayakan HUT ke-74 RI di Blang Pidie provinsi Aceh (17/8/2019). Indonesia merayakan kemerdekaan yang ke-74 dari pemerintahan kolonial Belanda. (AFP Photo/Chaideer Mahyuddin)

Penduduk desa bermain sepak bola dengan mengenakan sarung saat merayakan HUT ke-74 RI di Blang Pidie provinsi Aceh (17/8/2019). Indonesia merayakan kemerdekaan yang ke-74 dari pemerintahan kolonial Belanda. (AFP Photo/Chaideer Mahyuddin)

Penduduk desa bermain sepak bola dengan mengenakan sarung saat merayakan HUT ke-74 RI di Blang Pidie provinsi Aceh (17/8/2019). Indonesia merayakan kemerdekaan yang ke-74 dari pemerintahan kolonial Belanda. (AFP Photo/Chaideer Mahyuddin)

Penduduk desa bermain sepak bola dengan mengenakan sarung saat merayakan HUT ke-74 RI di Blang Pidie provinsi Aceh (17/8/2019). Indonesia merayakan kemerdekaan yang ke-74 dari pemerintahan kolonial Belanda. (AFP Photo/Chaideer Mahyuddin)

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Tya Ariestya Rayakan Ulang Tahun Pernikahan di Hari Kemerdekaan

Posted: 17 Aug 2019 08:30 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Selain merayakan hari kemerdekaan setiap tanggal 17 Agustus, Tya Arisetya juga merayakan ulang tahun pernikahannya dengan Irfan Ratinggang. Melalui akun Instagramnya, Sabtu (17/8/2019) Tya Ariestya mengunggah kebersamaan bersama suami dan kedua anaknya, Muhammad Kanaka Ratinggang dan Muhammad Kalundra Ratinggan, sambil meniup kue ulang tahun pernikahan mereka yang ke-5.

Buat Tya Ariestya ulang tahun pernikahanya kali ini sangat berkesan buatnya. Terlebih, pesinetron dan presenter ini mengalami banyak lika-liku kehidupan dalam pernikahan dengan Irfan Ratinggang. Yang menarik kue pernikahannya, menceritakan tentang hari keluarga mereka saat sedang berlomba barap karung di hari kemerdekaan. 

"5 tahun pertama yg fantastisssss! Alhamdulillah anggota keluarga nambah 2, mini mini soleh ini dengan perjuangan dan kekompakan kita ber2 dibantu dukungan dan doa dari temen2 semua. Banyak yg dm suka liat keluarga kami, suka sama kesederhanaan kami, padahal mah bukan disederhana2 in.. emang keluarga kita segini ada nya 😊. Intinya kami wajib bahagia, seberapapun berkah nya di keluarga kami.. doakan kami selalu bs jd keluarga yg bersyukur," tulis Tya Ariestya dalam keterangan foto yang diunggahnya.

Terimakasih Kepada Suami

(Agus Apriyanto/KapanLagi.com)

Tya Ariestya juga tak menyangka bisa melewati lika-liku kehidupan bersama suaminya selama bertahun-tahun. Meskipun usia mereka beda 5 tahun, namun Tya Ariestya mengaku cinta dengan pria yang menikahinya pada 17 Agustus 2014.

"Ahhhhh, gak berasa hidup bersama ayah udah 5tahunKenal Ayah udah hampir 10tahun. Gak ada perubahan, tetep manis Ayah tuh, dan tetep nyebelin yg ngangenin 🤪. Berantem? Tiap ngobrol kita kayak berantem krn ngotot2an mulu 😅. Tp berantem yg bener2 an alhamdulillah hampir gak ada 😁. Beda usia hampir 5tahun, emang Ayah kayak vampire! Dia awet muda & banyak gaya, jd bunda yg B aja suka di gaya2 in juga sama ayah 🤣," tulis Tya Ariestya. 

"Pokoknya aku padamu lah Ayah!. Semoga selalu diberkahi keluarga kecil kami yg nampaknya akan menuju besar 😊. Semoga temen2 seperjuangan aku (pejuang buah hati) cepet2 ngerasain kayak difoto ini 😍 Amin!!! Amin , Amin!!! Cake gemes by @sugarhighpatisserie," sambungnya.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

7 Potret Lerato Molapo, Perempuan Afrika Pertama yang Jadi Inspirasi Boneka Barbie

Posted: 17 Aug 2019 08:20 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Boneka Barbie pastinya sudah tidak asing lagi di telinga kita. Barbie merupakan sebuah boneka yang diluncurkan oleh perusahan mainan Mattel pada tahun 1959. Ruth Handler yang pertama kali membuat boneka barbie karena melihat anak perempuannya yang bernama Barbara sedang bermain dengan boneka kertas. Barbie memiliki nama asli Barbara Millicent Roberts dan lahir pada tanggal 9 Maret 1959.

Boneka favorite anak perempuan ini kerap sekali dijadikan simbol kesempurnaan. Boneka Barbie pasti memiliki wajah yang sangat cantik, tak hanya itu saja semua dari ujung rambut sampai kaki Barbie sangat indah. Tak heran jika banyak manusia yang menginginkan dirinya mirip dengan Barbie. Kebanyakan Barbie terinspirasi dari orang-orang kulit putih. Tapi belum lama ini perusahaan Mattel merilis Barbie pertama dengan kulit gelap.

Barbie pertama dengan kulit gelap keluaran Mattel ini ternyata terinspirasi dari sosok penyanyi asal Afrika selatan. Lerato Molapo menjadi perempuan Afrika pertama yang dijadikan Barbie dalam sejarah produk mainan keluaran Mattel tersebut. Boneka tersebut sekaligus dibuat untuk merayakan ulang tahun ke-60 Barbie, seperti Liputan6.com lansir dari iAfrika, Minggu (18/8/2019).

Berikut 7 potret Lerato Molapo, perempuan Afrika pertama inspirasi Barbie yang telah Liputan6.com rangkum dari berbagai sumber, Minggu (18/8/2019).

1. Barbie meluncurkan deretan boneka yang terinspirasi dari perempuan inspiratif sejak 2015 untuk kampanye 'Sheros'.

Lerato Molapo (sumber: instagram/@miss_lira)

2. Yang terbaru Barbie terinspirasi sosok pebisnis dan penyanyi bernama Lerato Molapo yang berkebangsaan Afrika Selatan.

Lerato Molapo (sumber: instagram/@miss_lira)

3. Lira bersandingan dengan perempuan hebat seperti model plus-size Ashley Graham, petenis Jepang Naomi Osaka, sutradara Ava DuVernay, pelukis Meksiko Frida Kahlo, ahli matematika NASA Katherine Johnson dan supermodel Adwoa Aboah.

Lerato Molapo (sumber: instagram/@miss_lira)

4. Lira mengaku sempat khawatir bagaimana Mattel menampilkan rambut aslinya yang cepak itu. Namun, ia lega karena hasilnya sesuai dengan ekspektasi

Lerato Molapo (sumber: instagram/@miss_lira)

5. Lerato Molapo yang akrab disapa Lira ini adalah penyanyi cantik asal Afrika yang penjualan albumnya sudah mencapai multiplatinum.

Lerato Molapo (sumber: instagram/@miss_lira)

6. Wanita kelahiran Johannesburg, Afrika Selatan ini juga menorehkan banyak prestasi dalam dunia musik.

Lerato Molapo (sumber: instagram/@miss_lira)

7. Pada 2006 lalu, Lira bahkan masuk dalam lima nominasi di South African Grammy Award.

Lerato Molapo (sumber: instagram/@miss_lira)

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Sambut HUT, MA Terbitkan Aplikasi E-Court dan E-Litigasi

Posted: 17 Aug 2019 08:16 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Memasuki usianya yang ke-74 pada 19 Agustus besok, Mahkamah Agung (MA) menerbitkan Perma Nomor 1 Tahun 2019 tentang Administrasi perkara dan persidangan di Pengadilan Secara Elektronik dan Aplikasi e-litigasi.

"HUT MA merupakan momen bersejarah. Mahkamah Agung telah menerbitkan Perma Nomor 1 tahun 2019 tentang Administrasi perkara dan persidangan di Pengadilan Secara Elektronik dan Aplikasi e-litigasi," ujar Humas MA Abdullah melalui keterangan tertulis, Minggu (18/8/2019).

Melalui Perma Nomor 1 Tahun 2019 dan Aplikasi e-court dan e-litigasi maka semua gugatan, pembayaran segala biaya, pemberitahuan dan panggilan sampai penyampaian putusan dilakukan secara elektronik.

"Demikian pula pemeriksaan saksi dan ahli dalam persidangan dapat dilakukan melalui teleconference," ujarnya.

Abdullah mengaku lega akhirnya MA mampu mewujudkan petadilan sederhana, cepat dan biaya ringan melalui e-court dan e-litigasi.

Saksikan video pilihan di bawah ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Prediksi PSM Vs Persib: Ajang Reuni Robert Alberts

Posted: 17 Aug 2019 08:10 PM PDT

Jakarta PSM Makassar akan menjamu Persib Bandung pada pekan ke-15 Shopee Liga 1 2019 di Stadion Andi Mattalatta Mattoangin, Makassar, Minggu (18/8/2019). PSM ingin mendulang poin penuh di laga ini.

Bagi Juku Eja, tiga poin tak hanya membuka peluang menembus papan atas klasemen, tapi juga menjaga asa sapu bersih di kandang sendiri pada musim ini.

"Robert Alberts memang paham dengan karakter PSM. Tapi, musim ini situasi dan kondisinya berbeda," tegas pelatih PSM, Darije Kalezic.

Menurut Darije Kalezic, pemainnya malah termotivasi menghadapi Persib Bandung dan Robert.

"Kalau para pemain menjalankan strategi yang sudah saya buat, PSM bisa mengalahkan Persib," papar Darije.

Menghadapi Persib, PSM tidak diperkuat Asnawi Mangkualam (akumulasi kartu), Guy Junior dan Bayu Gatra (cedera). Begitu juga dengan tiga pemain yang sudah memastikan hengkang dari PSM yakni Zulkifli Syukur (Sriwijaya FC), Hendra Wijaya (PSIM Yogyakarta) dan Reva Adi Utama (Perseru Badak Lampung).

Tanpa mereka, Darije tetap percaya diri. Apalagi pada pertandingan nanti, Darije sudah bisa memainkan Aaron Evans yang baru terbebas dari sanksi karu merah. Serta membaiknya kondisi kiper Rivki Mokodompit.

"Saya sudah menyiapkan Bany Wahyudi atau Hasim Kipuw untuk mengganti peran Asnawi," terang Darije.

Untuk menjebol gawang Persib, Darije mengandalkan trio Zulham Zamrun, Ferdinand Sinaga dan M. Rahmat. Eero Markkanen bersiap dari bangku cadangan. Kalau tampil normal, PSM berpeluang menang. Apalagi, Juku Eja sudah bisa memaksimalkan peran Wiljan Pluim, kapten PSM yang kondisinya kian membaik.

Kehadiran Pluim sebagai pengatur eerangan memudahkan lini depan serta meringankan kerja Marc Klok dan Rizky Pellu, rekannya di tengah. Kedua gelandang pekerja ini bisa lebih fokus menjadi penyeimbang sekaligus mengintip peluang merangsek ke pertahanan Persib Bandung.

Persib

Shopee Liga 1 - PSM Makassar Vs Persib Bandung - Head to Head Pelatih (Bola.com/Adreanus Titus/Faris Kholid)

Pelatih Persib Robert Alberts menjamn duel timnya kontra PSM Makassar akan berjalan menarik dan sengit. dari segi taktikal.

Ada beberapa hal yang membuat Robert yakin, yakni kekuatan kedua tim dari sisi materi pemain dan suporter. Selain itu, Persib dan PSM merupakan dua di antara klub lawas di sepak bola Indonesia.

"Kedua tim selalu membutuhkan poin dan kami akan menghadapi tim terbaik di Liga. Kedua tim memiliki permainan yang bagus. Saya sangat menantikannya," ujar Robert.

Robert pun harus membuang ikatan emosional dirinya dengan PSM. Maklum, selama membesut PSM, Robert berhasil memoles tim Juku Eja hingga menjadi tim langganan papan atas Liga 1.

"Fakta PSM bagus pada musim ini karena mereka meneruskan apa yang sudah ada dari musim sebelumnya. PSM tidak selalu bermain dengan pemain inti, tapi tetap kuat pada musim ini," Robert menambahkan.

"Tapi, bukan berarti PSM tak punya kelemahan. Kami tahu mereka meneruskan rencana musim lalu, maka kami harus bisa menaklukan PSM  dan menjalani laga dengan baik," pungkas Robert.

 

 

Prediksi Susunan Pemain

Shopee Liga 1 - PSM Makassar Vs Persib Bandung - Head to Head Pemain (Bola.com/Adreanus Titus)

PSM (4-3-3): Rivki Mokodompit (kiper); Beny Wahyudi, Abdul Rahman, Aaron Evans, Taufik Hidayat (belakang); Marc Klok, Rizky Pellu, Wiljan Pluim (tengah); Zulham Zamrun, Ferdinand Sinaga, M. Rahmat (depan).

Pelatih: Darije Kalezic

Persib (4-3-3): I Made Wirawan (kiper); Supardi Nasir, Achmad Jupriyanto, Bojan Malisic, Ardi Idrus (belakang); Esteban Vizcarra, Hariono, Dedi Kusnandar (tengah); Febri Hariyadi, Ezechiel N'douassel, Ghozali Siregar (depan)

Pelatih: Robert Alberts

 Sumber Bola.com

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Cara Unik Ribuan Bikers Honda Rayakan Kemerdekaan RI

Posted: 17 Aug 2019 08:10 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Memperingati HUT Republik Indonesia ke-74, sekitar 2.800 bikers pecinta sepeda motor Honda melakukan aktivitas bernuansa kebangsaan. Bertajuk Convoy Merdeka dengan slogan Bangga Menjadi Indonesia, touring persaudaraan ini diramaikan 56 komunitas dan paguyuban Honda.

Kegiatan dilaksanakan serentak di 28 kota besar di Indonesia, konvoi pecinta motor Honda ini bergerak dari lokasi main dealer di setiap wilayah menuju tempat bersejarah. Aktivitas ini diharapkan mampu mempererat persaudaraan dan silaturahmi antar bikers dalam meningkatkan semangat nasionalisme.

Sebagai wujud antusias merayakan kemerdekaan, peserta konvoi menggunakan atribut berwarna merah putih, mengikuti aktivitas upacara bendera dan memperingati HUT RI ke-74.

Para bikers melanjutkan rangkaian agenda dengan melakukan aksi sosial seperti membersihkan makam pahlawan atau melakukan donasi untuk veteran. Convoy Merdeka semakin meriah dengan hadirnya beragam perlombaan khas 17 Agustusan.

"Kegiatan menunjukkan semangat persatuan dalam keberagaman, ditunjukkan dalam momen spesial HUT Kemerdekaan RI ke-74. Semoga aktivitas ini bisa menginspirasi para bikers Honda lainnya, juga masyarakat pada umumnya," Deputy General Manager Marketing Planning & Analysis PT Astra Honda Motor (AHM) Andy Wijaya.

Beda Aktivitas

sMomentum ini juga dimanfaatkan untuk menggelar Jambore Nasional Asosiasi Streetfire Indonesia (ASFI) yang ketiga di kota Cirebon dan Jambore Nasional Asosiasi Scoopy Indonesia (ASI) yang kedua di Ragunan, Jakarta (17/8). Mengusung tema "Semangat Satu Hati Satu Indonesia," ASFI mengemas kegiatan ini dengan menonjolkan budaya Jawa Barat. Hiburan seperti Tari Topeng, sisingaan, dan angklung turut memeriahkan rangkaian acara.

Sementara itu, Asosiasi Scoopy Indonesia menggelar Jambore Nasional di Bumi Perkemahan Ragunan. Pada kegiatan Jambore Nasional ASI juga dimeriahkan dengan doorprize berupa 1 unit Honda Genio untuk bikers yang beruntung.

"Semangat satu Hati yang dimiliki para bikers tentu akan selalu kami dukung. Melalui solidnya persaudaraan antar bikers tentu akan melahirkan beragam aktivitas positif yang dapat menginspirasi masyarakat," tutup Andy.

Simak Video Pilihan Berikut Ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

4 Fakta Penyerangan Polsek Wonokromo

Posted: 17 Aug 2019 08:05 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Anggota Polsek Wonokromo Aiptu Agus Sumartono dan anggota piket reskrim Polsek Wonokromo Briptu Febian mendapat serangan dengan senjata tajam dari pria yang diketahui sebagai IM pada Pada Sabtu, 17 Agustus 2019. Akibatnya, mereka harus dirawat di UGD RKZ Surabaya. Korban menderita luka di tangan, pipi sebelah kanan dan kepala bagian belakang.

Kabid Humas Polda Jatim Frans Barung menuturkan, sekitar pukul 16.45 WIB, pelaku berpura-pura sebagai pelapor di Sentra Pelayanan Kepolisian Terpadu (SPKT). Akan tetapi, masih belum jelas apa yang hendak dilaporkan.

"Saat itu, pelaku langsung menyerang korban dengan sajam (senjata tajam-red) hingga terkena tangan dan kepala," ujar Barung, Sabtu, (17/8/2019).

Berikut beberapa fakta peristiwa penyerangan anggota Polsek Wonokromo, Surabaya yang dihimpun Liputan6.com:

 

Motif Belum Diketahui

Sampai saat ini, motif dari pelaku penyerangan anggota polisi di Polsek Wonokromo, Surabaya yang diketahui berinisial IM belum diketahui. Hal ini disampaikan oleh Kapolrestabes Surabaya Kombes Pol Sandi Nugroho.

"Saat ini pelaku sedang diinterogasi. Motif sedang didalami dan nanti dijelaskan," katanya di sela-sela meninjau tempat kejadian perkara (TKP) di Mapolsek Wonokromo, dilansir Antara.

Sementara itu, setelah peristiwa tersebut Mapolsek Wonokromo dijaga ketat oleh anggota Kepolisian dan tidak sembarang orang bisa masuk.

Sejumlah warga juga terlihat berkerumun untuk melihat dari dekat situasi di sekitar markas polisi yang bersebelahan dengan Terminal Joyoboyo tersebut.

Pelaku Dibawa Densus

Pria berusia 30 tahun berinisial IM, pelaku pembacokan Aiptu Agus anggota SPKT Polsek Wonokromo dan anggota piket reskrim Briptu Febian, saat ini dibawa oleh Densus 88.

Kapolrestabes Surabaya Kombes Pol Sandi Nugroho menjelaskan, Densus 88 saat ini tengah menyelidiki IM dan jaringan terorisnya.

Sementara itu, Kabid Humas Polda Jatim Kombes Pol Frans Barung Mangera menambahkan, pelaku berinisial IM saat ini dibawa oleh Densus 88 Anti Teror Mabes Polri.

"Sementara diduga melakukan amaliyah. Indikator amaliyah itu dari pembelajaran yang disampaikan pelaku tadi," ujar Barung.

Barung menegaskan bahwa pihaknya tengah melakukan penyelidikan secara komprehensif kepada terduga teroris. "Pelaku penyerangan itu perseorangan," ucap Barung.

Diduga Belajar Terorisme Lewat Facebook Aman Abdurrahman

Ilustrasi Penusukan (Liputan6.com/Johan Fatzry)

Pelaku pembacokan Aiptu Agus anggota SPKT Polsek Wonokromo dan anggota piket reskrim Briptu Febian, Imam Mustofa (IM) diduga mempelajari terorisme melalui konten Aman Abdurrahman.

Kabid Humas Polda Jatim, Kombes Pol Frans Barung Mangera mengatakan dari pemeriksaan sementara pelaku diketahui belajar dari medsos. "Pelaku belajar dari media sosial Facebook," tegas Barung, Sabtu (17/8/2019).

Barung Mangera menyampaikan, pelaku berinisial IM saat ini dibawa oleh Densus 88 Anti Teror Mabes Polri dari Polsek Wonokromo.

"Sementara diduga melakukan amaliyah. Indikator amaliyah itu dari pembelajaran yang disampaikan pelaku tadi," tutur Barung, Sabtu (17/8/2019).

Barung menegaskan bahwa pihaknya tengah melakukan penyelidikan secara komprehensif. "Pelaku penyerangan itu perseorangan," ucap Barung.

Polisi Periksa Istri dan Anak Pelaku

Detasemen Khusus (Densus) 88 Anti Teror Mabes Polri membawa seorang perempuan berinisial F, yang diduga istri dan dua anak pelaku IM. Hal itu dilakukan usai mengembangkan penyidikan di rumah kos pelaku yang berlokasi di jalan Sidosermo IV gang I nomor 10 A, Surabaya.

IM diketahui, 10 hari lalu berangkat dari tempat tinggalnya di Sumenep menuju ke rumah kos di Surabaya, dengan menggunakan angkutan umum bus. Pelaku yang menyerang anggota Polsek Wonokromo dikenal pendiam dan jarang berkomunikasi dengan warga sekitar. Bahkan akhir-akhir ini, pelaku terlihat makin keras tentang pemahaman keagamaannya.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Cerita Akhir Pekan: 6 Kawasan Wisata di Dunia dengan Pramuwisata Andal

Posted: 17 Aug 2019 08:02 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Traveling atau berwisata baik di dalam maupun di luar negeri sekarang sudah menjadi tren dan gaya hidup banyak orang. Terutama generasi milenal yang sepertinya sudah menjadikan traveling sebagai salah satu kebutuhan utama mereka.

Seiring tingginya minat dan perkembangan di dunia pariwisata, traveler tak jarang memilih beragam destinasi menarik, baik domestik atau internasional, yang tak jarang belum pernah didatangi. Di sini, peran pemandu wisata atau pramuwisata sangat membantu.

Bagi Anda yang suka atau pernah traveling ke luar negeri mungkin pernah memaka jasa pramuwisata. Tak hanya pemandu wisata untuk grup, belakangan ini juga mulai banyak yang menggunakan jasa pramuwisata pribadi.  Dengan pemandu wisata pribadi, Anda bisa pergi berlibur tanpa harus beramai-ramai dengan rombongan dari agensi tur atau turis yang tidak dikenal.

Jadi, Anda bisa liburan ke luar negeri sesuka hati tanpa harus terikat dengan itinerary dan berburu dengan waktu demi mendatangi tempat-tempat wisata yang belum tentu ingin Anda datangi.

Soal tarif biasanya berbeda-beda, tergantung tempat atau negara yang dikunjungi dan jasa yang ingin disewa. Pemandu wisata di Korea misalnya, rata-rata biaya menyewa pemandu wisata adalah sekitar Rp1 juta sampai Rp2 jutaan per satu hari. Dengan harga itu pula, Anda bisa bebas menentukan daftar perjalanan ke tempat yang dituju sesuai dengan keinginan Anda.

Pemandu wisata pribadi biasanya akan mengatur jadwal liburan dan memberikan saran tentang tujuan yang ingin didatangi. Selain itu Anda bisa bertanya tentang sejumlah hal. Dengan begitu Anda bisa belajar mengurus semuanya sendirian tanpa bantuan agensi tur.

Ada sejumlah tempat di dunia yang dianggap memiliki pemandu wisata terbaik sehingga pantas dijadikan contoh atau panutan. Dilansir dari Trip Adwisor dan berbagai sumber lainnya, berikut enam kota di dunia yang banyak dinilai mempunyai pramuwisata andal yang jadi rujukan banyak wisatawan.

Bangkok

Salah satu tujuan favorit wisatawan Asia, termasuk Indonesia adalah Bangkok. Di ibu kota Thailand itu, banyak yang tempat wisata yang menarik. Mulai dari wisata budaya, destinasi belanja, hingga street food yang unik.

Untuk pemandu wisata, yang termasuk andal dan sangat dikenal luas adalah Alex. Ia dan timnya dianggap memberikan layanan luar biasa, mulai dari korespondensi awal hingga balasan cepat mereka, saran-saran mereka yang bermanfaat dan tindak lanjut begitu kita telah memutuskan tur mana yang akan dipesan.

Alex sangat membantu dengan memberi banyak tips bermanfaat dan sangat sabar dengan permintaan dan pertanyaan dari klien mereka.

Ho Chi Minh

Kuliner Vietnam. (Liputan6.com/Aditya Eka Prawira)

Tak hanya Thailand dan Singapura saja, Vietnam juga menjadi kawasan wisata di Asia Tenggara yang makin banyak jadi destinasi favorit wisatawan. Sebagai ibu kota, Ho Chi Minh memiliki banyak daya tarik. Mereka banyak mempunyai pemandu wisata andal dan professional.

Dan ternyata beberapa dari mereka adalah keturunan Indonesia. Salah satunya adalah Pak Joko. Sebagai pramuwisata, Joko dikenal humoris, helpful dan informatif, semangat sehingga membuat perjalanan tidak terasa membosankan. Joko juga bisa berbahasa Indonesia dengan fasih dan jelas.

Seoul

Dari sekian banyak negara tujuan favorit para wisatawan dari seluruh dunia adalah Korea Selatan. Dan ibu kota Korea yaitu Seoul jadi kota yang sangat diminati untuk dikunjungi. Untuk pemandu wisata, nama Rob sudah sangat dikenal dan jadi favorit banyak wisatawan. Ia begitu menguasai informasi seputar tempat wisata dan bahkan sejarah kota Seoul.

Dia sangat menguasai bahasa Inggris dan sangat akomodatif. Rob adalah Wikipedia berjalan dan pengetahuannya tentang sejarah, kebiasaan, politik dan kawasan wisata tentunya, sangat mumpuni. Ia direkomendasikan banyak orang sebagai pemandu wisata pribadi.

Paris

Traveling dan menikmati indahnya Paris rasanya adalah impian banyak orang. Ibu kota Prancis ini disebut-sebut sebagai kota paling romantis di dunia. Di Paris juga ada banyak pemandu wisata terbaik, salah satunya Justine.

Ia biasanya memberi saran jadwal perjalanan yang penuh petualangan yang indah seperti menikmati pemandangan dan suara dari kota yang indah ini. Dia sangat membantu dalam menemukan dan memesan kawasan wisata menarik, bahkan sering membagikan tips dan trik untuk menjelajahi kota dengan transportasi umum.

Ia sangat menguasai situasi Paris dengan segala informasi maupu tempat-tempat wisata yang menarik. Saat Anda ke Paris dan butuh pramuwisata setempat, Justine dinilai jadi pilihan terbaik.

Amsterdam

Warga menaiki perahu saat melintasi kanal di kawasan Amsterdam, Belanda (April 2017). Meskipun pada abad ke-19 kotor dan dipenuhi limbah, kini kanal-kanal di Belanda menjadi salah satu objek wisata terkenal di dunia. (Liputan6.com/Immanuel Antonius)

Saat ke Belanda, salah satu destinasi wisata favorit banyak orang adalah Amsterdam. Di sana banyak kawasan wisata menarik serta dikenal dengan transportasi air yang unik dan menarik. Salah satu pemandu wisata terkenal dan terbaik di Amsterdam adalah Gerk. Selain punya kepribadian menarik, Gerk punya wawasan luas, selalu tepat waktu tapi tak pernah terburu-buru. Menurut sejumlah wisatawan, Gerk memberikan pelajaran sejarah yang luar biasa tentang Belanda sepanjang hari da mudah diajak bekerjasama.

Los Angeles

Di Amerika Serikat, salah satu kota yang banyak diincar para wisatawan, termasuk dari Indonesia adalah Los Angeles. Selain punya banyak pantai indah dengan cuaca yang tidak begitu dingin, Los Angeles mempunyai Hollywood dan Beverly Hills, dua daerah yang sangat terkenal di seluruh dunia.

Mereka tentunya banyak pemandu wisata terbaik. Yang menarik, salah satunya berasal dari Asia yaitu Roshan. Ia mempunyai pengetahuan dan wawasan yang luas serta pribadi yang menyenangkan.

Roshan bukan hanya memberikan informasi seputar tempat wisata tapi juga bisa menjadi teman perjalanan yang ramah dan menyenangkan. Nah, dengan rekomendasi beberapa kawasan wisata dengan pemandu wisata terbaik, kira-kira mana yang akan jadi tujuan liburan Anda?

Saksikan video pilihan di bawah ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

PLN Percepat Elektrifikasi di Aceh

Posted: 17 Aug 2019 08:00 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Menyambut kemerdekaan RI ke 74, PLN terus mempercepat pembangunan listrik desa di wilayah Aceh. Target 100 persen Desa Berlistrik yang pada awalnya akan tercapai di 2020, berhasil dipercepat menjadi Oktober 2019.

Hingga Agustus 2019, PLN telah berhasil melistriki sebanyak 6.495 desa di Provinsi Aceh. Sampai saat ini, tersisa dua desa yang masih belum bisa menikmati listrik dari PLN.

General Manager PLN Wilayah Aceh Jefri Rosiadi mengemukakan bahwa percepatan elektrifikasi desa ini sebagai upaya PLN dalam meningkatkan geliat ekonomi masyarakat desa.

"Dengan desa berlistrik, kehidupan masyarakat desa tentu semakin baik, geliat ekonomi pedesaan semakin membaik, dan percepatan program 100 persen persen Desa Berlistrik ini juga akan menjadi bukti bahwa PLN sebagai BUMN benar-benar hadir untuk negeri," Kata Jefri dalam keterangannya, Minggu (18/8/2019).

Sebelumnya, pada Juni 2019 kemarin, PLN berhasil meresmikan listrik masuk ke Desa Sikundo, sehingga sisa desa yang belum dilistriki saat ini adalah Desa Tampur Boor di wilayah Aceh Timur serta Desa Suka Makmur di Aceh Singkil.

Adapun jumlah Kepala Keluarga (KK) dari kedua desa tersebut adalah 60 rumah.

 

Kendala yang Dihadapi

Pasukan Elit PLN saat beraksi di Menara Sutet Jalan Asia Afrika, Jakarta, Rabu (12/8/2015). Pekerjaan tersebut mengandung resiko besar karena jaringan listrik masih dipelihara tanpa dipadamkan. (Liputan6.com/Helmi Afandi)

Lebih lanjut, Jefri menjelaskan tentang kendala yang dialami dalam membangun Desa Berlistrik di Aceh terutama adalah soal akses jalan untuk mengangkut peralatan dan material listrik.

"Jadi sampai sekarang kendala utama kita dalam mewujudkan 100% Desa Berlistrik adalah akses jalannya, belum ada infrastruktur jalan yang memadai untuk membawa material jaringan listrik ke desa-desa, sehingga kita harus menggunakan kendaraan roda dua, gerobak bahkan diangkut dengan perahu motor ada juga yang menggunakan kerbau untuk menarik gerobak guna mengangkut material jaringan tersebut." Kata Jefri.

Akses ke pelosok memang kerap menjadi permasalahan utama dalam melistriki desa terpencil, namun di Aceh hal tersebut telah berhasil diatasi dengan baik.

"Alhamdulillah di Aceh ini PLN telah berhasil mengatasi kendala akses tersebut, terbukti hingga 17 Agustus 2019 alhamdulillah rasio desa berlistrik sudah mencapai 99,97 persen, atau tinggal dua desa yang masih tersisa, PLN optimis dapat segera 100 persen di Oktober 2019." Kata Jefri.

PLN terus berupaya penuh mewujudkan 100 persen Desa Berlistrik, demi geliat roda ekonomi terus berkembang tidak hanya di perkotaan namun juga di daerah pedesaan, juga sebagai bentuk nyata BUMN hadir untuk negeri, hingga ke pelosok.

Rayakan HUT RI, PLN Beri Diskon Biaya Naik Daya hingga 74 Persen

Seorang Pasukan Elit PLN saat beraksi di Menara Sutet Jalan Asia Afrika, Jakarta, Rabu (12/8/2015). Pekerjaan tersebut mengandung resiko besar karena jaringan listrik masih dipelihara tanpa dipadamkan. (Liputan6.com/Helmi Afandi)

Merayakan Jari Kemerdekaan Indonesia ke-74, PT PLN (Persero) memberikan kado ke seluruh masyarakat Indonesia. Kado tersebut melalui promo Gebyar Kemerdekaan 2019 yang berlaku dari 16 Agustus hingga 31 Oktober 2019.

Vice President Public Relations PLN Dwi Suryo Abdullah mengatakan, dalam promo Gebyar Kemerdekaan periode ini, PLN memberikan diskon tambah daya 50 persen yang berlaku untuk daya mulai 450 Volt Ampere (VA) hingga 197 kilo Volt Ampere (kVA).

"Melalui semangat kemerdekaan Indonesia ke-74, PLN ingin memenuhi kebutuhan daya listrik masyarakat dengan biaya yang terjangkau juga dengan cara yang mudah," kata Dwi, di Jakarta, Sabtu (17/8/2019).

Dwi menambahkan, diskon tersebut akan bertambah hingga 74 persen jika pelanggan menambah paket internet dan TV berlangganan ICON+ .

Khusus untuk lembaga pendidikan, diskon tambah daya serta pemasangan paket internet dan TV berlangganan ICON+ mencapai 100 persen.

"Selain itu PLN juga memberikan kemudahan untuk mendapatkan akses internet dari anak perusahaan PLN, yaitu PT ICON+," tambahnya.

Menurut Dwi, PLN juga memberi harga khusus bagi pelanggan yang ingin mendapatkan layanan penyambungan sementara pada 16 Agustus hingga 31 Oktober 2019, yang dapat digunakan untuk rangkaian pesta perayaan Hari Kemerdekaan Republik Indonesia.

Pelanggan cukup membayar Rp 170.845 saja untuk mendapatkan sambungan listrik sementara selama periode promosi. Dengan harga tersebut, pelanggan sudah mendapatkan daya listrik lebih dari 80 kilo Watt hour (kWh) dan selebihnya dapat diisi ulang. Permintaan sambungan listrik sementara ini dibatasi sampai daya maksimum 5.500 VA.

"Kemeriahan perayaan kemerdekaan Indonesia selalu diisi dengan banyak kegiatan, seperti panggung hiburan atau gapura 17-an. PLN memfasilitasi masyarakat yang ingin menggunakan listrik bagi pesta perayaan kemerdekaan Indonesia ini," tandas Dwi Suryo.

Bagi pelanggan yang ingin menikmati promo Gebar Kemerdekaan 2019 dapat langsung mendaftar ke Contact Center PLN 123 yang dapat diakses melalui ponsel (kode area+123), telepon 123, email pln123@pln.co.id, Twitter @pln_123, Facebook PLN 123, dan website www.pln.co.id serta aplikasi smartphone PLN MOBILE.

Saksikan Video Pilihan Berikut Ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Top 3 Surabaya: Ini 6 Kuliner Khas Madura yang Tak Kalah Lezat

Posted: 17 Aug 2019 08:00 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Pulau Madura menyimpan pesona menarik untuk ditelusuri. Pulau Madura kini dapat diakses dengan mudah melalui jembatan Suramadu dari Surabaya.

Di pulau ini Anda dapat menemukan berbagai wisata menarik. Tak cuma destinasi wisata, kuliner Madura merupakan hal wajib yang harus diicip saat berada di pulau ini.

Sate Madura adalah kuliner paling populer dari Madura. Penjual sate Madura menyebar hampir ke seluruh wilayah Nusantara. Namun, selain sate, Madura juga memiliki ragam kuliner yang tak kalah istimewa. Kuliner-kuliner ini begitu khas dan tak ditemukan di wilayah lain.

Jika Anda berada di Surabaya, tak ada salahnya untuk mampir ke pulau Madura untuk menikmati kuliner khasnya.

Artikel tak melulu sate, ini enam kuliner khas Madura yang tak kalah lezat menyita perhatian pembaca di Surabaya.

Ingin tahu artikel terpopuler lainnya di Surabaya? Berikut tiga artikel terpopuler di Surabaya yang dirangkum pada Minggu (18/8/2019):

1.Tak Melulu Sate, Ini 6 Kuliner Khas Madura yang Tak Kalah Lezat

Pulau Madura menyimpan pesona menarik untuk ditelusuri. Pulau Madura kini dapat diakses dengan mudah melalui jembatan Suramadu dari Surabaya. Di pulau ini Anda dapat menemukan berbagai wisata menarik. Tak cuma destinasi wisata, kuliner Madura merupakan hal wajib yang harus diicip saat berada di pulau ini.

Sate Madura adalah kuliner paling populer dari Madura. Penjual sate Madura menyebar hampir ke seluruh wilayah Nusantara. Namun, selain sate, Madura juga memiliki ragam kuliner yang tak kalah istimewa. Kuliner-kuliner ini begitu khas dan tak ditemukan di wilayah lain.

Jika Anda berada di Surabaya, tak ada salahnya untuk mampir ke pulau Madura untuk menikmati kuliner khasnya.

Berita selengkapnya baca di sini

2.13.442 Narapidana di Jawa Timur Dapat Remisi Umum HUT RI 2019

Sebanyak 13.442 atau 66 persen narapidana dan anak pidana yang menghuni lapas atau rutan di Jatim dipastikan mendapatkan remisi umum 2019. Dari jumlah itu, 129 di antaranya dinyatakan langsung bebas. 

Salah satu pertimbangan utamanya karena mereka dinilai berkelakuan baik selama mengikuti pembinaan di lapas atau rutan. Jumlahnya masih akan bertambah karena masih ada 1.633 nama yang masih dalam proses verifikasi. Pemberian remisi itu dilakukan secara simbolis di Lapas Kelas I Surabaya di Porong, Jumat, 16 Agustus 2019.

Plt Asisten I Bidang Pemerintahan dan Kesra Sekdaprov Jatim Himawan Estu Bagijo mewakili gubernur yang didampingi Kakanwil Kemenkumham Jatim Susy Susilawati memberikan SK remisi Kepala Korwil UPT Pemasyarakatan se-Jatim dan perwakilan narapidana.

Berita selengkapnya baca di sini

3. Diet Plastik di Ponorogo Jadi Berkah bagi Perajin Besek

Ada aturan diet plastik yang dikeluarkan oleh kementerian menjadi berkah tersendiri bagi perajin sekaligus pengepul besek. Lantaran, besek menjadi pilihan untuk mewadahi daging sapi dan kambing pada hari raya iduladha.

Peluang itu dimanfaatkan pengrajin sekaligus pengepul besek di Ponorogo, Rusmini. Di halaman rumahnya di Desa Gandu, Kecamatan Mlarak, Kabupaten Ponorogo, Jawa Timur berjejer besek ukuran jumbo hingga kecil.

Lalu tak lama, Rusmini ke belakang rumahnya. Di belakang rumah, ada menantu Rusmini bernama Umul Hidayah juga membuat besek. Keduanya lalu membuat besek yang terbuat dari bambu jenis apus itu.

Berita selengkapnya baca di sini

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Kepala BNPB Ingatkan Warga Pandeglang untuk Memperbanyak Makan Ikan

Posted: 17 Aug 2019 08:00 PM PDT

Liputan6.com, Pandeglang Dalam kunjungan ke Kabupaten Pandeglang pada 14 Agustus 2019, Kepala Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) Doni Monardo berpesan masyarakat memperbanyak makan ikan. Khususnya ditujuan kepada para ibu dan anak-anak.

"Saya anjurkan anak-anak dan para ibu untuk mengkonsumsi ikan yang banyak. Agar sehat ya. Wilayah ini terkenal dengan hasil ikannya yang berlimpah. Supaya anak-anak menjadi cerdas dan kuat," kata Doni melalui keterangan tertulis yang diperoleh Health Liputan6.com, ditulis Jumat (16/8/2019).

Selain anjuran makan ikan, Doni juga berpesan kepada pemerintah daerah dan jajarannya untuk menjaga kawasan strategis ini.

"Dijaga lingkungannya. Tidak membuang limbah ke laut, agar ikan tidak tercemar, pesannya.

Bangun Benteng Alam

Kepala BNPB bersama Kepala BMKG Dwikorita, dan Bupati Pandeglang Irna Narulita melakukan aksi nyata dengan membangun benteng alam sejak dini di Pandeglang pada 14 Agustus 2019.  (Dok Badan Nasional Penanggulangan Bencana/BNPB)

Di Pandeglang, lebih tepatnya di pantai Galau Labuan, Doni bersama Kepala BMKG Dwikorita, dan Bupati Pandeglang Irna Narulita melakukan aksi nyata dengan membangun benteng alam sejak dini. Cara ini agar masyarakat juga ikut menjaga alam.

"Kami menanam pohon bakau dan rambu rawan bencana tsunami. Selain tanaman bakau, bisa juga menanam pohon cemara udang, cemara laut, dan pohon pule dapat juga mengurangi dampak dari tsunami," ucap Doni di pantai Galau Labuan, Pandeglang, Banten.

Program menanam mangrove menyasar 10 desa, 4 kecamatan di Kabupaten Pandeglang serta memasang rambu rawan tsunami. Kegiatan simulasi bencana juga dilakukan pada hari yang sama.

Doni berterima kasih kepada masyarakat sekitar yang telah mengikuti simulasi bencana untuk meningkatkan budaya sadar bencana.

"Semoga Alloh SWT menjaga kita semua dan tidak diberikan cobaan bencana besar," tutupnya.

Saksikan Video Menarik Berikut Ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Unik, Pengantin Lakukan Upacara Bendera di Resepsi Pernikahannya

Posted: 17 Aug 2019 08:00 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Seluruh rakyat Indonesia baru saja merayakan Hari Kemerdekaan RI yang ke-74 tahun, Sabtu (17/9) kemarin. Seluruh masyarakat dari berbagai daerah turut serta memeriahkannya dengan berbagai cara. Salah satunya dengan melaksanakan upacara pengibaran bendera merah putih.

Ya, kalian tentu sudah biasa melihat siswa-siswa sekolah, institusi pemerintahan atau pegawai-pegawai perusahaan melakukan upacara bendera saat 17 Agustus.

Namun bagaimana jadinya jika sepasang pengantin melakukan upacara bendera? Ya, hal ini dilakukan oleh sepasang pengantin di Kebumen yang videonya sedang viral baru-baru ini. Sebuah video yang diunggah oleh akun @lambe_turah berhasil mencuri perhatian warganet.

Pada video tersebut terlihat mempelai wanita yang mengenakan gaun berwarna putih berperan sebagai pengibar bendera sementara mempelai pria bertugas menarik bendera. Tak hanya itu, terlihat pula seorang pemimpin upacara inspektur upacara sampai paduan suara yang dilakukan oleh tamu yang hadir.

Layaknya upacara bendera pada umumnya

foto: IG/@lambe_turah

Pada video tersebut terlihat kedua mempelai mengibarkan bendera, sementara seluruh tamu yang hadir melakukan hormat kepada sang merah putih sambil diiringi lagu Indonesia Raya. Tiang bendera sendiri dipasang tepat di depan panggung pelaminan. 

Dapat beragam komentar

foto: IG/@lambe_turah

Tak butuh waktu lama untuk video ini menjadi viral. Dalam waktu sehari video ini telah dilihat lebih dari satu juta kali dan mendapat beragam komentar.

"Wahhh Jiwa Nasionalisme banget," kata akun @rosmiati_alz.

"Mantaaaaaap. Cinta tanah air ini namanya," tulis akun @utamiadhini.

"Hahahahaa ada" saja kelakuan Sodara Sebangsa Tanah Air Kita ini," tulis akun @ciputrapopitod.

"Keren bngt moga SAMAWA d dpt anak2 yg sholeh d sholeha," kata akun @sintakurniawan_.

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

VIDEO: Detik-Detik Pasangan Lansia Gagalkan Perampokan

Posted: 17 Aug 2019 08:00 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Pasangan lansia menggagalkan perampokan di kediamannya di Kadayam, India. Perampokan yang dilakukan oleh 2 orang itu terjadi pada 11 Agustus 2019.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Tidak Ada Remisi untuk Bekas Anggota DPRD Kota Malang Pelaku Korupsi Massal

Posted: 17 Aug 2019 08:00 PM PDT

Liputan6.com, Malang - Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) Perempuan Kelas IIA dan Lapas Kelas I Malang mengumumkan seribuan narapidana yang mendapat remisi di HUT RI ke-74. Tidak ada satu pun bekas anggota DPRD Kota Malang yang turut dapat potongan masa tahanan.

Dari total 41 bekas anggota DPRD Kota Malang periode 2014-2019 yang terlibat suap massal APBD Perubahan 2015, Pengadilan Tipikor sudah memvonis separuh di antaranya. Dengan hukuman antara 4-6 tahun penjara dan denda ratusan juta.

Dari yang sudah divonis itu, 5 orang dipenjara di Lapas Perempuan Kelas IIA dan 14 orang di Lapas Kelas I Malang. Seluruhnya tidak layak mendapat remisi, karena tidak memenuhi persyaratan. Yaitu surat keterangan dari penyidik Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK).

"Keterangan bahwa mereka bekerjasama selama proses penyidikan. Serta belum membayar denda uang pengganti," kata Kepala Lapas Perempuan Kelas IIA, Ika Yusanti di Malang, 17 Agustus 2018.

Lapas Perempuan Kelas IIA memberikan remisi kepada 412 narapidana. Mereka mendapat potongan masa kurungan mulai dari 1-6 bulan. Di antara mereka sebenarnya juga ada tiga orang terpidana kasus korupsi yaitu Wiwik Dwi Setyowati, Mimin Sulasmini dan Lies Indra Cahya.

"Itu kasus korupsi lama. Dari ketiga orang itu, ada yang baru pertama maupun kedua kalinya dapat remisi," tutur Ika Yusanti.

Yudi Suseno, Kepala Lapas Kelas I Lowokwaru Malang mengatakan, dari 14 bekas anggota DPRD Kota Malang terpidana korupsi APBD-P 2015, tidak satu pun yang memenuhi persyaratan penerima remisi.

"Ya mereka juga tidak mampu memenuhi syarat seperti rekan mereka yang di Lapas Sukun," kata Yudi.

Napi Teroris Tidak Dapat Remisi

Penyerahan remisi ke perwakilan seribuan lebih narapidana dalam perayaan HUT RI ke-74. Tidak ada satu pun bekas anggota DPRD Kota Malang yang menerima remisi (Liputan6.com/Zainul Arifin)

Lapas Perempuan Kelas IIA Sukun Malang juga tidak memberikan remisi kepada dua narapidana kasus terosisme. Yaitu Tini Susanti Kaduku yang dihukum dua tahun penjara. Ia adalah istri teroris Poso, Ali Kalora. Tini dijadwalkan bebas pada Oktober mendatang.

Seorang lagi yaitu Agustiningsih alias Nining, napi terorisme yang membiayai dua orang pendukung Negara Islam Suriah dan Irak (ISIS) berangkat ke Suriah. Tini dihukum lima tahun dan telah menjalani dua tahun hukuman.

"Khusus untuk napi terorisme juga harus disertai surat pernyataan setia terhadap NKRI. Dua napi itu belum melengkapi syarat itu," tutur Ika Yusianti, Kepala Lapas Perempuan Kelas IIA Malang.

Menurut dia, selama di tahanan kedua narapidana itu mendapat perhatian khusus. Mereka berdua dipisahkan, tidak dijadikan dalam satu sel. Masing – masing juga menempati sel khusus tersendiri. Khusus untuk Tini, relatif sudah lebih terbuka. Sedangkan Nining sebaliknya.

"Tini mau belajar dan berbaur bersama narapidana lainnya, kalau Nining memang masih agak sulit," kata Ika.

Penyerahan remisi secara simbolis kepada perwakilan narapidana dari kedua lapas digelar di Lapas Perempuan Kelas II A Sukun Malang. Pelaksana tugas Bupati Malang, M Sanusi turut hadir untuk menandatangani nota kesepahaman bersama.

Simak video pilihan berikut:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Gandeng Gojek, UI Gelar Program Akselerator Startup

Posted: 17 Aug 2019 08:00 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Universitas Indonesia (UI) baru saja menandatangani kerja sama dengan Gojek untuk mendukung Program Akselerator UI Works dalam hal mentorship, memberikan masukan untuk perbaikan kualitas para peserta.

Dr. drg Nia A.I Noerhadi MDSC., Sp.Ort.(K). selaku Direktur Pengelolaan dan Pengembangan Unit-Unit Usaha (DPPU) UI, mengatakan sebanyak 30 persen dari peserta program ini berasal dari luar UI.

"Dari 86 startup yang telah mendaftar dari seluruh Nusantara, terpilih 15 startup peserta angkatan pertama. Dari 15 peserta yang terpilih, 10 startup berasal dari UI dan 5 startup berasal dari luar UI yang diantaranya datang dari Bandung dan Surabaya," kata Nia dalam pernyataannya, Minggu (18/8/2019).

Ia menambahkan, salah satu startup yang menarik pada angkatan pertama ini adalah Koptul (Kopi Tuli) yang tiga orang pendirinya merupakan teman tuli.

Dalam Program Akselerator UI Works, para peserta akan mengikuti program intensif selama kurang lebih tiga bulan untuk mengembangkan usaha masing-masing dengan fokus komersialisasi.

 

Daftar Peserta

Direktur Pengelolaan dan Pengembangan Unit-unit Usaha (DPPU) UI Dr. drg. Nia Ayu Ismaniati, MDSc., Sp.Ort.(K) bersama CEO Gojek Nadiem Makarim. Dok: Universitas Indonesia

Peserta Program Akselerator UI Works angkatan pertama terdiri dari tiga kategori. Pertama, kategori engineering/science: Nano Turbo, Sinergi Nanotect, dan ATM Sehat.

Kedua, kategori digital platform: Awan.io, Kodi, Pintaar, Skydu, Westbike Messenger, Assist.id, Rumah Kapas, dan Infishta. Ketiga, kategori consumer product: Tumbu, Kopi Tuli, Belimbing Island, dan Giajeng.

Selain kerja sama dengan Gojek, UI juga menggandeng para mitra strategis lain, seperti Bekraft, Mandiri Capital Indonesia, Assegaf Hamzah & Partner, Kejora Venture, Plug and Play, dan Code Margonda yang telah berpengalaman membina usaha rintisan.

Kegiatan ini akan ditutup dengan acara puncak Demo Day yang rencananya dilaksanakan pada 30 Oktober 2019 di Financial Club Jakarta.

Pada acara tersebut peserta Program Akselerator UI Works akan diberikan kesempatan untuk melakukan Pitching atau memperkenalkan ide bisnis startup dalam waktu singkat di depan para calon investor yang datang dari berbagai industri.

(Isk/Ysl)

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Pertahanan Buruk, Chelsea Diprediksi Tidak Bisa Menang Melawan Leicester

Posted: 17 Aug 2019 08:00 PM PDT

Liputan6.com, London - Tim Sherwood menilai pertahanan Chelsea saat ini tidak bagus. Karena itu, mantan manajer Tottenham Hotspur itu meyakini The Blues tidak punya peluang untuk menang saat menghadapi Leicester City pada pekan kedua Liga Inggris.

Chelsea mengangkat Frank Lampard sebagai manajer baru di musim panas ini. Mantan manajer Derby County menggantikan Maurizio Sarri yang memutuskan pindah ke Juventus.

Tetapi, Chelsea menelan kekalahan dalam dua pertandingan kompetitif di bawah Lampard. Tim asal London Barat itu dibantai 0-4 oleh Manchester United pada laga pembuka Premier League di Old Trafford.

Penampilan Chelsea membaik saat menghadapi Liverpool pada UEFA Super Cup. Tetapi, Olivier Giroud dan kolega kalah dalam adu penalti. 

Bakal Kalah

Pelatih Chelsea, Frank Lampard, saat melawan Manchester United pada laga Premier League 2019 di Stadion Old Trafford, Minggu (11/8). Manchester United menang 4-0 atas Chelsea. (AP/Dave Thompson)

Lampard jelas mengincar kemenangan pertamanya saat Chelsea menjamu Leicester di Stamford Bridge, Minggu (18/8/19) malam WIB. Namun, Sherwood menilai Chelsea tidak punya kesempatan meraih kemenangan dalam pertandingan tersebut.

"Sekarang ini adalah pertandingan yang sulit, ini adalah pertandingan yang rumit. Rumit karena beberapa alasan, karena semua orang mengharapkan mereka untuk menang. Euforia Frank kembali ke Chelsea, pertandingan pertamanya di sana [di Stamford Bridge]," kata Sherwood dilansir Metro.

"Leicester adalah tim yang sangat, sangat sulit, tetapi harapan masih ada dengan para penggemar Chelsea untuk menggulingkan mereka dan mengalahkan mereka. Saya pikir Leicester akan memenangkan pertandingan sepak bola ini, saya sangat yakin. Saya tidak yakin pertahanan Chelsea cukup bagus saat ini."

 

Rindukan Rudiger

Antonio Rudiger saat ini tengah absen membela Chelsea karena cedera. Sherwood menilai pertahanan The Blues sangat merindukan kehadiran pemain asal Jerman tersebut.

"Rudiger perlu kembali secepat mungkin, Kurt Zouma belum cukup bagus - di mata saya, dia juga tidak cukup bagus, dia tidak pernah cukup bagus di bawah mata orang lain, saya tidak yakin dia cukup bagus di bawah mata Frank Lampard saat ini.

"Dan Christensen di sampingnya, duet defensif itu penting bagi tim mana pun, terutama ketika itu tim yang besar dan mereka diharapkan untuk memenangkan pertandingan sepak bola, dan saya tidak berpikir mereka cukup kuat saat ini."

Sumber: Bola.net

Saksikan video pilihan berikut ini:

 

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Bertengkar lewat Pesan Teks, Ahn Jae Hyun Enggan Temui Ibu Goo Hye Sun?

Posted: 17 Aug 2019 08:00 PM PDT

Liputan6.com, Seoul - Tak lama setelah mengumumkan bahwa Ahn Jae Hyun berniat menceraikan dirinya, Goo Hye Sun kembali dengan "amunisi" baru. Dilansir dari Soompi, pada Minggu (18/8/2019) pagi, ia mengunggah sejumlah screen capture berisi percakapannya dengan Ahn Jae Hyun.

Sejumlah detail mengenai keretakan hubungan Ahn Jae Hyun dan Goo Hye Sun muncul ke permukaan.

Salah satunya, adalah bahwa pasangan ini ternyata sudah sepakat bercerai. Selain itu, Goo Hye Sun juga meminta Ahn Jae Hyun untuk menghadap ibunya. Kini, unggahan tersebut telah dihapus aktris 34 tahun ini, tapi isinya telah ramai diberitakan media massa. 

Seperti apa percakapan antara Goo Hye Sun dan Ahn Jae Hyun?

 

 

Soal Ibu dan Dokumen

Goo Hye Sun dan Ahn Jae Hyun. (Foto: allkpop.com)

Catatan: Goo Hye Sun berbicara dengan bahasa informal (banmal), sementara Ahn Jae Hyun menggunakan kalimat formal.

 

A: Aku sudah mengatakan kepada staf New Journey to the West kemarin lusa bahwa minggu depan aku akan mengumumkan persetujuan [perceraian] dan pernyataan pers yang kamu berikan padaku tiga hari lalu, aku sekarang sedang mendiskusikannya [dengan staf New Journey to the West].

Goo Hye Sun: Jangan minggu depan. Tergantung bagaimana kondisi ibuku. Untukku, staf New Journey to the West tak lebih penting ketimbang kondisi ibuku.

A: Kita sudah sepakat, dan sisanya tinggal masalah dokumen. Kurasa ini bakal jadi pertemuan yang tak berguna. Kita lanjutkan saja seperti yang sudah dijadwalkan, dan aku akan bertemu ibumu. Aku juga meneleponnya.

Goo Hye Sun: Aku dengar kamu berencana melakukan pertemuan. Kontak aku saat kamu ingin bertemu. Seperti kamu mempersuasinya [sang ibu] saat kita menikah, tolong bertanggung jawab dan mempersuasinya soal perceraian kita. Soal dokumen itu perkara mudah.

Goo Hye Sun Marah

Pernikahan Goo Hye Sun dan Ahn Jae Hyun (Soompi)

A: [terpotong] dan aku pikir ini bisa diselesaikan dengan mudah. Aku rasa ini bakal terlalu berat untuk ibumu, dan ini juga berat untukku. Mari kita lanjutkan sesuai rencana dan aku bertemu beliau [lain kali].

Goo Hye Sun: Pekerjaan lebih penting ketimbang ibuku? Benar-benar omongan yang membuatku marah.

A: Aku akan berbicara dengan ibumu lewat telepon.Aku tak tahu harus bilang apa kepadanya secara langsung.

Goo Hye Sun: Tapi kamu harus tetap bertanggung jawab. Kalau kamu bertingkah sembarangan seperti ini aku tak akan tinggal diam.

Temui dia secara langsung dan minta maaf... karena kamu tak bisa menjaga janjimu saat kita menikah.

Kenapa pekerjaan itu penting. Kalau kamu bilang pekerjaan lebih penting ketimbang ibuku, aku tak akan menahan diri.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

3 Pengakuan Jaksa Agung Prasetyo Tak Lagi Terafiliasi Partai Nasdem

Posted: 17 Aug 2019 07:57 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Presiden Jokowi berencana memilih jaksa agung dari kalangan profesional, bukan tokoh partai politik pada periode 2019-2024. Diketahui saat ini, Jaksa Agung Prasetyo merupakan kader Partai NasDem.

Jaksa Agung Muhammad Prasetyo yang mendengar isu tersebut turut memberikan komentarnya.

Prasetyo menyebut bahwa dia sudah tidak lagi menjadi pengurus partai yang dipimpin Surya Paloh tersebut.

Selain itu, Prasetyo juga mengaku juga tidak pandang bulu dalam menegakan hukum. Bahkan ia mengaku, pernah menjerat kader Partai Nasdem dalam beberapa kasus.

Berikut 3 pengakuan Jaksa Agung Muhammad Prasetyo yang tidak lagi terafiliasi dengan Partai Nasdem:

 

Mengaku Diberhentikan Partai Nasdem

Jaksa Agung HM Prasetyo. (Ady Anugrahadi)

Presiden Jokowi berencana memilih Jaksa Agung dari kalangan profesional pada periode kedua pemerintahannya. Jokowi menegaskan, Jaksa Agung baru bukan berasal dari partai politik.

Menanggapi hal ini, Jaksa Agung Muhammad Prasetyo mengaku bahwa dirinya sudah bukan pengurus Partai Nasdem.

"Oh iya, saya diberhentikan dari Nasdem," ungkap Prasetyo di kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta, Jumat (16/8/2019).

Prasetyo menyebut bahwa dirinya merupakan jaksa karier. Sehingga, ia tahu betul bagaimana memimpin Korps Adhyaksa.

"Saya juga jaksa karir, saya praktisi hukum, puluhan tahun jadi jaksa, saya berangkat dari nol, dari awal, saya bukan orang baru di kejaksaan. Jadi saya tahu persis peta kejaksaan seperti apa," kata Prasetyo.

Prasetyo mengungkapkan, jaksa agung terdahulu juga sempat dijabat oleh kader parpol tertentu. "Selama ini kita tidak tahu kalau jaksa agung sebelumnya kan. Ada juga mungkin yang diam-diam direkrut oleh parpol tertentu," ucap Prasetyo.

 

Pernah Penjarakan Kader Nasdem

Jaksa Agung Muhammad Prasetyo.

Jaksa Agung Muhammad Prasetyo menepis tudingan terkait jabatannya yang disebutkan hanya jadi alat Partai Nasdem untuk mengamankan kasus. Dia menjelaskan, sebagai pimpinan tertinggi Korps Adhayaksa dirinya tidak pernah tebang pilih.

"Yang menilai itu keliru, jauh dari kebenaran. Mungkin ada agenda tertentu. Sekarang semua orang kan melihat, bahwa yang salah dihukum. Bahkan selama saya menjabat Jaksa Agung, seperti dikatakan Presiden tadi, kita enggak ada sedikitpun untuk menyalahkan orang," kata Prasetyo di Komplek Parlemen, Jakarta, Jumat (16/8/2019).

Saat ini, kata dia, tugasnya hanya mencegah kejahatan. Dia juga mengklaim pernah menjerat kader Partai Nasdem dalam beberapa kasus.

"Iya, orang Nasdem saya penjarakan ada," tegas Prasetyo.

 

Tak Pernah Ditegur Jokowi

Presiden Joko Widodo (Jokowi) bersiap memberikan keterangan seusai bertemu CEO Bukalapak Achmad Zaky di Istana Merdeka, Sabtu (16/2). Jokowi menegaskan mendukung penuh anak-anak muda seperti Zaky untuk berinovasi. (Liputan6.com/Angga Yuniar)

Jaksa Agung Muhammad Prasetyo mengklaim, kinerjanya sebagai orang nomor 1 di Korps Adhyaksa sudah cukup baik. Buktinya, kata dia, Presiden Jokowi tidak pernah kecewa dengan kinerjanya.

"Saya tidak pernah ditegur, tidak pernah ada kekecewaan presiden," kata Prasetyo di Komplek Parlemen, Jakarta Pusat, Jumat (16/8/2019).

Prasetyo menyebut, pihaknya juga sangat terbuka dengan masyarakat yang mengawasi kinerjanya sebagai jaksa agung.

"Orang semua melihat apa yg saya lakukan. Enggak ada masalah. Bahwa selama saya menjabat jaksa agung semua orang bisa melihat," ungkap Prasetyo.

Saksikan video pilihan di bawah ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

6 Kelakuan Lucu Saat Ngerjain Orang Tidur Ini Bikin Cengar Cengir

Posted: 17 Aug 2019 07:55 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Rasa ngantuk memang bisa datang kapan saja dan di mana saja. Kadang, rasa ngantuk ini hadir sebagai tanda bahwa kita telah mengerahkan energi untuk bekerja, belajar dan lain sebagainya. Ya, memang rasa lelah saat bekerja atau belajar memang kerap menimbulkan rasa ngantuk yang menyebabkan tertidur.

Di dunia ini, ada dua jenis orang saat tertidur. Pertama mereka yang mudah bangun dengan sendirinya tanpa bantuan siapapun. Kedua, ialah orang-orang yang sangat sulit bangun meskipun dalam keadaan genting. Adanya alarm yang berbunyi kencang atau seseorang berusaha membangunkan, nyatanya tak menjadi cara ampuh.

Pada kenyataannya, mengubah pola tidur itu memang cukup sulit. Kalau punya teman yang memiliki kebiasaan tersebut, kamu pasti putar otak pusing memikirkan cara membangunkannya, walaupun dengan cara iseng atau ekstrem. Walau ujung-ujungnya bakal disangka ngajak ribut.

Berikut Liputan6.com rangkum dari berbagai sumber 6 kelakuan lucu saat ngerjain orang tidur ini bikin cengar cengir, Minggu (18/8/2019).

2. Wajahnya pasti manis banget nih.

4. Tutorial bagunin orang secara paksa.

5. Sekalian aja bacain ayat-ayat suci.

6. Bangun-bangun langsung baku hantam.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

FOTO: Berbagai Ekspresi Peserta Panjat Pinang Saat HUT ke-74 RI

Posted: 17 Aug 2019 07:50 PM PDT

Seorang peserta berusaha menahan rekannya saat mengikuti lomba panjat pinang selama perayaan HUT ke-74 RI di Bali, Sabtu (17/8/2019). Indonesia merayakan kemerdekaan yang ke-74 dari pemerintahan kolonial Belanda. (AFP Photo/Sonny Tumbelaka)

Seorang peserta berusaha menahan rekannya saat mengikuti lomba panjat pinang selama perayaan HUT ke-74 RI di Bali, Sabtu (17/8/2019). Indonesia merayakan kemerdekaan yang ke-74 dari pemerintahan kolonial Belanda. (AFP Photo/Sonny Tumbelaka)

Peserta mengikuti panjat pinang kolosal dalam rangka merayakan HUT ke-74 Kemerdekaan RI di Pantai Ancol, Jakarta, Sabtu (17/8/2019). Indonesia merayakan kemerdekaan yang ke-74 dari pemerintahan kolonial Belanda. (AP Photo/Tatan Syuflana)

Peserta mengikuti panjat pinang kolosal dalam rangka merayakan HUT ke-74 Kemerdekaan RI di Pantai Ancol, Jakarta, Sabtu (17/8/2019). Indonesia merayakan kemerdekaan yang ke-74 dari pemerintahan kolonial Belanda. (AP Photo/Tatan Syuflana)

Seorang peserta berusaha menahan rekannya saat mengikuti lomba panjat pinang selama perayaan HUT ke-74 RI di Pantai Ancol, Jakarta, Sabtu (17/8/2019). Indonesia merayakan kemerdekaan yang ke-74 dari pemerintahan kolonial Belanda. (AP Photo/Tatan Syuflana)

Seorang peserta berusaha menahan rekannya saat mengikuti lomba panjat pinang selama perayaan HUT ke-74 RI di Pantai Ancol, Jakarta, Sabtu (17/8/2019). Indonesia merayakan kemerdekaan yang ke-74 dari pemerintahan kolonial Belanda. (AP Photo/Tatan Syuflana)

Seorang peserta berusaha menahan rekannya saat mengikuti lomba panjat pinang selama perayaan HUT ke-74 RI di Bali, Sabtu (17/8/2019). Indonesia merayakan kemerdekaan yang ke-74 dari pemerintahan kolonial Belanda. (AFP Photo/Goh Chai Hin)

Seorang peserta berusaha menahan rekannya saat mengikuti lomba panjat pinang selama perayaan HUT ke-74 RI di Bali, Sabtu (17/8/2019). Indonesia merayakan kemerdekaan yang ke-74 dari pemerintahan kolonial Belanda. (AFP Photo/Goh Chai Hin)

Seorang wanita warga negara asing saat mengikuti panjat pinang kolosal saat HUT ke-74 RI di Pantai Karnaval Ancol, Jakarta, Senin (17/8/2019). Sebanyak 174 batang pinang dengan beragam hadiah disediakan dalam lomba yang diikuti ratusan warga itu. (Liputan6.com/Faizal Fanani)

Seorang wanita warga negara asing saat mengikuti panjat pinang kolosal saat HUT ke-74 RI di Pantai Karnaval Ancol, Jakarta, Senin (17/8/2019). Sebanyak 174 batang pinang dengan beragam hadiah disediakan dalam lomba yang diikuti ratusan warga itu. (Liputan6.com/Faizal Fanani)

Peserta mengikuti panjat pinang kolosal dalam rangka merayakan HUT ke-74 Kemerdekaan RI di Pantai Ancol, Jakarta, Sabtu (17/8/2019). Sebanyak 174 batang pinang dengan beragam hadiah disediakan dalam lomba yang diikuti ratusan warga itu. (Liputan6.com/Faizal Fanani)

Peserta mengikuti panjat pinang kolosal dalam rangka merayakan HUT ke-74 Kemerdekaan RI di Pantai Ancol, Jakarta, Sabtu (17/8/2019). Sebanyak 174 batang pinang dengan beragam hadiah disediakan dalam lomba yang diikuti ratusan warga itu. (Liputan6.com/Faizal Fanani)

Seorang peserta mengibarkan bendera merah putih saat mencapai puncak pada lomba panjat pinang selama perayaan HUT ke-74 RI di Pantai Ancol, Jakarta, Sabtu (17/8/2019). Indonesia merayakan kemerdekaan yang ke-74 dari pemerintahan kolonial Belanda. (AP Photo/Tatan Syuflana)

Seorang peserta mengibarkan bendera merah putih saat mencapai puncak pada lomba panjat pinang selama perayaan HUT ke-74 RI di Pantai Ancol, Jakarta, Sabtu (17/8/2019). Indonesia merayakan kemerdekaan yang ke-74 dari pemerintahan kolonial Belanda. (AP Photo/Tatan Syuflana)

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Ketika Bendera Merah Putih Ditampilkan di Fasad Gedung Tertinggi di Dunia

Posted: 17 Aug 2019 07:50 PM PDT

Liputan6.com, Dubai - Semarak peringatan HUT ke-74 RI terasa spektakuler di Dubai, Uni Emirat Arab (UEA), ketika visual bendera merah putih ditampilkan di fasad gedung tertinggi sedunia, Burj Khalifa, pada Sabtu malam 17 Agustus 2019.

Atraksi light show dwi warna merah putih itu menarik atensi banyak orang, khususnya Warga Negara Indonesia (WNI) yang tinggal di UEA, demikian sebagaimana dikutip dari siaran pers Kedutaan Besar Republik Indonesia (KBRI) Abu Dhabi yang diterima Liputan6.com pada Minggu (18/8/2019).

Banyak WNI yang datang menyaksikan peringatan unik HUT ke-74 RI itu seraya mengenakan pakaian merah putih, batik, dan bahkan beberapa baju adat, sebagai simbol cinta Tanah Air.

Meski berlangsung singkat, yakni selama satu menit, namun pertunjukan cahaya tersebut menjadi momen yang berkesan bagi masyarakat Indonesia, khususnya yang sedang berada di UEA, dalam merayakan HUT ke-74 RI

Tepuk tangan riuh mengiringi akhir pertunjukan lampu yang dimulai sekitar pukul 20.00 malam waktu setempat.

 

 

Diwakili oleh Konjen RI untuk Dubai

Saat gedung-gedung pencakar langit di selimuti kabut pagi di Kota Dubai, Uni Emirat Arab, Senin (5/12). Kota Dubai, terkenal dengan bangunan-bangunan mewah pencakar langit. Satu di antaranya adalah yang tertinggi di dunia, Burj Khalifa. (AFP/Rene Slama)

Tampak hadir dalam kerumunan masyarakat Indonesia di Burj Khalifa adalah Konsul Jenderal Republik Indonesia setempat, Ridwan Hasan, serta sejumlah staf KBRI Abu Dhabi dan KJRI Dubai.

Mewakili Duta Besar RI untuk UEA Husin Bagis, Konjen Ridwan menyapa langsung para WNI yang menyempatkan diri hadir pada pertunjukan spesial tersebut.

Konjen Ridwan juga mengucapkan terima kasih kepada seluruh pihak yang berpartisipasi dalam mewujudkan agenda light show di Burj Khalifa.

Menjadi Pemberitaan Media Lokal

Ilustrasi koran. (dok. pexels.com/Kaboompics)

Sementara itu, tampilan visual bendera merah putih pada fasda Burj Khalifa itu tidak hanya menghebohkan masyarakat Indonesia di UEA, namun juga menjadi pemberitaan pada beberapa media massa terkemuka setempat.

Situs berita Khaleej Times mewartakan peringatan unik itu dengan judul "Indonesian Celebrate 74th Independence Daya in Dubai", dengan menyebut bahwa bendera merah putih ditampilkan dalam pertunjukan lampu di eksterior Burj Khalifa.

Berita senada juga dirilis oleh situs berita Gulfnews.com, yang menyebut visual merah putih di Burj Khalifa sebagai sebuah pertunjukkan spektakuler pada Sabtu malam kemarin.

MSN.com juga turut memberitakan tentang pertunjukan spesial itu, dengan menyebut bahwa banyak WNI menyaksikan dengan sangat antusias dari bawah.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Jakpro Tunggu Kesepakatan Pemprov DKI-FIA untuk Siapkan Ajang Formula E

Posted: 17 Aug 2019 07:39 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Dirut PT Jakpro Dwi Wahyu Daryoto menyatakan, pihaknya masih menunggu kesepakatan awal (head of agreement) untuk segera menindaklanjuti proyek ajang balap Formula E di Jakarta.

Head of Agreement ini merupakan langkah pertama dari langkah-langkah perjanjian selanjutnya sebagai pengikat secara legal kepada pihak-pihak terkait, P emprov DKI Jakarta sebagai pemberi kuasa pada Jakpro sebagai pengelola dan tuan rumah acara, dengan FIA sebagai pemilik hak paten Formula E.

"Karena itu kami belum bisa membuat detail rencana karena semua infrastruktur dari mulai pagar, keamanan dan lainnya itu hak paten-nya mereka. Jadi jangan bilang 'Jakpro belum membuat detail rancangannya, karena memang belum mendapatkannya," kata Dwi Daryoto dikutip dari Antara, Jakarta, Sabtu 17 Agustus 2019.

Dwi mengatakan, nantinya ketika HoA ditandatangani antara FIA dan Pemprov DKI Jakarta, barulah pihaknya akan segera menindaklanjuti penunjukan tugas itu.

Namun Dwi mengharapkan kepastian yang lebih cepat mengingat beberapa jenis infrastruktur Formula E harus dikebut.

"Overlay aspal itu harus selesai Maret, kalau balapan Juni. Karena aspal itu harus dua bulan sebelum event utama, sehingga gak ngelupas," ujarnya.

Dwi mengatakan pihaknya telah mengajukan Penyertaan Modal Daerah (PMD) dalam pembahasan Kebijakan Umum Anggaran dan Prioritas Plafon Anggaran Sementara (KUA-PPAS) untuk Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah DKI Jakarta tahun 2020.

Anggaran yang diajukan Jakpro tersebut sebesar Rp 305,2 miliar dengan rincian, Pre FS dan R&D Rp 5 miliar, Civil work dan pembuatan jalan raya Rp 122 miliar, dinding dan pagar Rp 48 miliar, pembuatan trek dan jalur balap Rp 67,2 miliar, layanan umum seperti keamanan, pembersihan, pengelolaan sampah, manajemen lalu lintas, dan layanan parkir sebesar Rp 10 miliar, honor pelaksana lokal Rp 6 miliar, biaya lain tak terduga Rp 25 miliar, Safety dan race material Rp 35 miliar.

 

Jakarta Tuan Rumah

Jakarta akan menjadi tuan rumah Formula E pada 2020. Pemprov DKI sudah mengusulkan anggaran sebanyak 20,79 juta poundsterling atau sebesar Rp 360 miliar dalam rancangan APBD-P 2019 yang telah disepakati sejak Selasa (13/8) lalu antara Pemprov dengan Badan Anggaran (Banggar) DPRD DKI Jakarta.

Uang tersebut, dinyatakan oleh Pemprov DKI Jakarta sebagai "Commitmen Fee" penyelenggaraan Formula E yang akan dibayarkan pada FIA sebagai pemegang merk Formula E.

Pada Kamis 15 Agustus, Pemprov DKI Jakarta mengajukan sekitar Rp 934 miliar sebagai dana tambahan untuk menggelar Formula E dalam pembahasan Kebijakan Umum Anggaran dan Plafon Prioritas Anggaran Sementara (KUA-PPAS) untuk Rancangan APBD tahun 2020.

Adapun pengajuan anggaran Rp934 miliar tersebut memiliki rincian biaya untuk penyelenggaraan sebesar 22 juta poundsterling atau sekitar Rp378 miliar dan biaya asuransi 35 juta euro atau sekitar Rp556 miliar (yang kemungkinan ditunda oleh DPRD). Dinas juga menyiapkan anggaran Rp600 juta untuk sosialisasi pra Formula E dalam kegiatan Jakarta Fun Race 2019.

Kemudian, Jakpro juga mengajukan anggaran senilai Rp305,2 miliar. Dengan demikian total rencana anggaran yang diajukan untuk penyelenggaraan balap Formula E adalah senilai Rp1,6 triliun.

Saksikan video pilihan di bawah ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Wujudkan SDM Unggul, Pelindo III Kirim Pegawai Ikuti Pelatihan di Pelabuhan Johor Malaysia

Posted: 17 Aug 2019 07:24 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta BUMN operator pelabuhan di Indonesia, Pelindo III, menjalin kerja sama pendidikan dan pelatihan pegawai operasional dengan Pelabuhan Johor di Malaysia. Pelabuhan Johor gerbang logistik di selatan Negeri Jiran yang merupakan pelabuhan terintegrasi untuk berbagai komoditas (integrated multi-purpose), seperti peti kemas, curah cair dan kering.

"Pelindo III merespon cepat arahan Presiden Joko Widodo untuk menyiapkan SDM yang unggul dan menjadi pemain bisnis di level global. Salah satunya dengan menjalin kerja sama pendidikan dan pelatihan dengan Johor Port Skill Center. Salah satu pengelola pelabuhan besar di Asia Tenggara," jelas Direktur Utama Pelindo III Doso Agung, dari Surabaya, Sabtu (17/8).

Ia memaparkan, para port manager dan port supervisor di terminal-terminal yang dikelola Pelindo III akan diseleksi untuk mengikuti program pelatihan tersebut.

"Total akan ada 11 batch, yakni 7 batch untuk port supervisor dan 4 batch untuk port manager. Durasi setiap batch akan ditempuh selama 1 bulan untuk class training (pendidikan) dan on job training (magang) di Pelabuhan Johor. Setiap batch terdiri dari 12 pegawai yang dipilih dengan seleksi yang didasarkan pada hasil assesment, kinerja, dan catatan disiplin," papar Doso Agung.

Direktur SDM Pelindo III Toto Heliyanto menambahkan, para pegawai yang dikirim ke Malaysia untuk pelatihan tersebut akan memulai dengan port visit atau kunjungan ke Pelabuhan Johor dan Pelabuhan Tanjung Pelepas. Sementara itu beberapa keterampilan yang akan intensif dieksplorasi yaitu tentang kemampuan pengawasan operasional pelabuhan, baik untuk operasional general cargo dan peti kemas.

"Selain itu para peserta pelatihan juga akan meningkatkan pemahaman tentang aspek-aspek legal pada operasi pelabuhan dalam perspektif bisnis internasional, serta juga mengenal para pemangku kepentingan yang terlibat di dalamnya. Hal ini penting untuk menyiapkan SDM unggul Pelindo III yang berwawasan global, sehingga bisa mendorong ekspansi bisnis Pelindo III di masa depan," pungkas Toto Heliyanto.

 

(*)

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

MU Ingin Ubah Gaya Main, De Gea Jalani Latihan Khusus

Posted: 17 Aug 2019 07:20 PM PDT

Manchester - Kiper Manchester United (MU), David De Gea, menjalani latihan tambahan di Carrington. Sesi latihan khusus itu dilakukan karena Manajer Ole Gunnar Solsjaer ingin mengubah gaya permainan Setan Merah menjadi lebih atraktif. 

Seperti dilansir The Sun, pada sesi tambahan itu De Gea hanya mengasah keterampilan kakinya. Sesi latihan di pusat latihan MU itu berlangsung sekitar 30 menit. 

Solskjaer merasa perlu membuat timnya bermain lebih atraktif karena selama ini tertinggal dibanding Manchester City dan Liverpool, terutama dalam hal membangun serangan dari belakang. 

De Gea pun perlu berlatih supaya lebih lincah saat menerima bola umpak balik yang mengarah kepadanya.  

"Dia berlatih secara eksklusif dengan kakinya, setidaknya selama setengah jam.  Para pelatih terus berulang-ulang memberinya bola umpan balik dalam kondisi penuh tekanan, dengan umpan-umpan bervariasi," kata salah seorang sumber di Old Trafford. 

"Mereka juga melakukan itu karena ada aturan baru yang memperbolehkan dua bek berada di kotak penalti saat tendangan gawang. Dia memotong bola di luar kotak 18 yard dan memberikannya ke bek dan semuanya berjalan baik," imbuh sumber di dalam MU tersebut. 

 

Start Apik

Manajer Manchester United (MU), Ole Gunnar Solskjaer.  (Oli SCARFF/AFP)

Penampilan gemilang David De Gea sangat dibutuhkan MU untuk menjaga start apik pada Premier League musim ini. Setan Merah mengawali kampanye musim ini dengan kemenangan meyakinkan 4-0 atas Chelsea. 

MU ingin meneruskan hasil apik tersebut saat menjalani laga kedua Premier League menghadapi Wolverhampton Wanderers, Selasa (20/8/2019) dini hari WIB. 

Di atas kertas MU berpotensi memenangi pertandingan tersebut. Namun, Solskjaer harus berhati-hati karena duel akan berlangsung di markas lawan. 

Sumber: The Sun

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

1 komentar:

Doris Susan mengatakan...

Saya telah mendengar tentang kartu ATM kosong ini untuk sementara waktu dan saya tidak pernah benar-benar membayar bunga untuk itu karena keraguan saya. Sampai suatu hari saya menemukan grup peretas yang disebut web gelap, mereka benar-benar hebat dalam apa yang mereka lakukan. Kembali ke titik, saya bertanya tentang Kartu ATM Kosong. Jika berhasil atau bahkan Ada. Mereka mengatakan kepada saya Ya dan kartu yang diprogram untuk penarikan uang acak tanpa diketahui dan juga dapat digunakan untuk pembelian online apa pun secara gratis. Ini mengejutkan dan saya masih ragu. Kemudian saya mencobanya dan meminta kartu dan menyetujui syarat dan ketentuan mereka. Berharap dan berdoa. Beberapa hari kemudian saya menerima kartu saya dan mencoba dengan mesin ATM terdekat yang dekat dengan saya, itu bekerja seperti sulap. Saya dapat menarik hingga $ 5.000. Ini luar biasa dan hari terindah dalam hidupku bersama keluargaku. Sejauh ini saya sudah bisa menarik hingga $ 50.000 tanpa ada tekanan tertangkap. Saya tidak tahu mengapa saya memposting ini di sini, saya hanya merasa ini dapat membantu kita yang membutuhkan stabilitas keuangan. kirim email ke Mr Rex melalui rexwalkerhacker@gmail.com