Kamis, 15 Agustus 2019

Liputan6 : RSS2 Feed

Liputan6 : RSS2 Feed


10 Gejala Penyakit Alzheimer Dini, Jangan Abaikan Begitu Saja

Posted: 15 Aug 2019 10:45 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Gejala penyakit alzheimer bisa meliputi tanda-tanda yang tak disadari. Penyakit Alzheimer adalah jenis demensia di mana sel-sel otak mati. Menurut WHO, di seluruh dunia, sekitar 50 juta orang menderita demensia, dan ada hampir 10 juta kasus baru setiap tahun.

Kondisi ini memengaruhi daya ingat, pemikiran, dan perilaku. Menurut Alzheimer's Association, penyakit ini menyumbang 60 hingga 80 persen dari kasus demensia. Penyakit Alzheimer lebih sering terjadi pada orang berusia di atas 65, tetapi beberapa orang memiliki onset dini alzheimer dan menunjukkan gejala penyakit alzheimer pada usia 40 atau 50-an.

Gejala penyakit alzheimer awal berkisar antara penurunan fungsi otak seperti mudah lupa atau kehilangan daya berpikir. Karena alzheimer juga dapat menyerang orang berusia dibawah 50 tahun, gejala penyakit alzheimer penting diperhatikan.

Dilansir Liputan6.com dari Healthline, para ilmuwan di Johns Hopkins mengatakan mereka telah mengidentifikasi perubahan otak yang terkait dengan Alzheimer. Perubahan ini bahkan dapat terjadi puluhan tahun sebelum gejala penyakit alzheimer muncul pertama kali. Menjaga pola hidup sehat bisa menjadi pilihan menghindari ganasnya alzheimer.

Beberapa gejala penyakit alzheimer dapat dikenali sejak dini. Gejala penyakit alzheimer ini bahkan merupakan gejala yang muncul tanpa disadari penderitanya. Agar lebih waspada dan segera mendapatkan perawatan, berikut gejala penyakit alzheimer yang berhasil Liputan6.com rangkum dari berbagai sumber, Jumat (16/8/2019).

Gejala Penyakit Alzheimer Dini

Ilustrasi gejala alzheimer (Sumber: Istockphoto)

Hilang ingatan

Anda atau orang yang dicintai mungkin mulai tampak lebih pelupa daripada biasanya. Lupa tanggal atau peristiwa penting dapat terjadi. Ini adalah gejala yang paling umum.

Gejala-gejala ini terjadi karena kerusakan dini biasanya terjadi pada bagian otak yang disebut hippocampus, yang memiliki peran sentral dalam memori sehari-hari. Ingatan untuk peristiwa hidup yang terjadi sejak lama sering tidak terpengaruh pada tahap awal penyakit.

Hilangnya penglihatan

Masalah penglihatan juga bisa terjadi. Ini mungkin sesederhana meningkatnya kesulitan membaca. Anda atau orang yang dicintai mungkin juga mulai memiliki masalah dalam menilai jarak dan menentukan kontras atau warna saat berkendara.

Gejala Penyakit Alzheimer Dini

Otak (Yurchanka-Siarhei/Shutterstock)

Kesulitan merencanakan dan memecahkan masalah

Alzheimer menjadi lebih jelas jika Anda atau orang yang dicintai mengalami kesulitan mengembangkan dan mengikuti rencana sebuah tindakan. Bekerja dengan angka mungkin juga menjadi sulit.

Ini sering terlihat ketika Anda atau anggota keluarga mulai menunjukkan masalah dalam mempertahankan tagihan bulanan atau buku cek.

Kesulitan menyelesaikan tugas yang biasa

Beberapa orang mungkin mengalami masalah yang lebih besar dengan konsentrasi. Tugas rutin sehari-hari yang membutuhkan pemikiran kritis mungkin memakan waktu lebih lama seiring perkembangan penyakit ini.

Kemampuan mengemudi dengan aman juga dapat dipertanyakan. Jika Anda atau orang yang dicintai tersesat saat mengendarai rute yang sering dilalui, ini mungkin merupakan gejala alzheimer.

Gejala Penyakit Alzheimer Dini

Penyakit Alzheimer (Sumber: iStockphoto)

Kesulitan menentukan waktu atau tempat

Kehilangan jejak tanggal dan kesalahpahaman memahami jadwal juga merupakan dua gejala umum. Ketika gejalanya berkembang, penderita alzheimer dapat menjadi semakin lupa tentang di mana mereka berada, bagaimana mereka sampai di sana, atau mengapa mereka ada di sana.

Kesulitan menentukan kata yang tepat

Memulai atau bergabung dalam percakapan mungkin tampak sulit. Percakapan dapat dijeda secara acak di tengah, karena Anda atau orang yang dicintai mungkin lupa cara menyelesaikan kalimat. Karena itu, percakapan berulang dapat terjadi. Anda mungkin mengalami kesulitan menemukan kata yang tepat untuk barang tertentu.

Gejala Penyakit Alzheimer Dini

Ilustrasi kunci (rawpixel.com/Freepik)

Sering salah menaruh barang

Anda atau orang yang dicintai mungkin mulai meletakkan barang di tempat yang tidak biasa. Mungkin akan lebih sulit untuk menelusuri kembali langkah-langkah untuk menemukan barang yang hilang. Ini dapat membuat Anda atau orang yang dicintai berpikir bahwa orang lain mencuri.

Kesulitan membuat keputusan

Pilihan finansial mungkin menunjukkan penilaian yang buruk. Gejala ini sering menyebabkan efek finansial yang merugikan. Contohnya adalah menyumbangkan sejumlah besar uang kepada para telemarketer.

Kebersihan fisik juga menjadi kurang diperhatikan. Anda atau orang yang dicintai mungkin mengalami penurunan frekuensi mandi yang cepat dan kurangnya keinginan untuk berganti pakaian setiap hari.

Gejala Penyakit Alzheimer Dini

Ilustrasi stres (iStockphoto/hobo_018)

Menghindari interaksi sosial

Ketika gejala muncul, Anda mungkin memperhatikan bahwa Anda atau orang yang dicintai menjadi semakin menarik diri dari kegiatan sosial, proyek kerja, atau hobi yang sebelumnya penting. Penghindaran ini dapat meningkat saat gejalanya memburuk.

Mengalami perubahan suasana hati

Ayunan ekstrem dalam suasana hati dan kepribadian dapat terjadi. Perubahan suasana hati yang nyata mungkin termasuk kebingungan, depresi, kegelisahan dan ketakutan.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Sekarang Beli BBM di SPBU Bisa Pakai Aplikasi Ezeelink

Posted: 15 Aug 2019 10:40 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Ezeelink melakukan kolaborasi dengan Pertamina untuk pertama kalinya dengan meluncurkan e-voucher Pertamina di Indonesia.

Ezeelink dapat ditemukan di aplikasi dengan nominal yang tersedia sebesar Rp 25 ribu, Rp 50 ribu, dan Rp 100 ribu. E-voucher ini bisa untuk membeli bahan bakar Pertamina nonsubsidi seperti Pertalite, Pertamax, Pertamax Plus, dan Pertamina Dex.

Pada tahap awal, e-voucher dapat digunakan di 5 SPBU yang dioperasikan oleh Pertamina Retail (dengan kode COCO) yaitu SPBU COCO 31.129.02 Kuningan, SPBU COCO 31.139.01 Cakung, SPBU COCO 31.103.03 Cikini, SPBU COCO 31.128.02 MT. Haryono, dan SPBU COCO 31.131.01 Pramuka.

Kedepannya e-voucher akan berlaku di 170 Pertamina COCO.

Aplikasi Ezeelink dapat diunduh melalui Google Playstore atau App Store. Setelah melakukan registrasi penggunaan e-voucher terlebih dahulu.

"E-voucher Pertamina akan semakin memperkuat lini produk e-voucher pada aplikasi Ezeelink. Karena selain e-voucher F&B dan lifestyle yang sudah lebih dulu hadir, bahan bakar merupakan kebutuhan penting bagi mobilitas masyarakat." jelas Andre Satyadharma CEO PT Ezeelink Indonesia dikutip dari keterangan tertulis, Jumat (16/8/19).

Ezeelink merupakan platform digital yang menyediakan beragam e-voucher dan digital produk lainnya. PT Ezeelink sendiri sudah memiliki lisensi e-money Bank Indonesia (BI). Ezeelink mengaku akan terus mengeluarkan fitur-fitur baru dan memperluas ranah bisnisnya.

Reporter: Chrismonica

Pertamina Resmikan BBM Satu Harga di Ujung Selatan Indonesia

Aktivitas pengisian BBM di SPBU Cikini, Jakarta, Rabu (30/9/2015). Menteri ESDM, Sudirman Said menegaskan, awal Oktober tidak ada penurunan atau kenaikan harga bahan bakar minyak (BBM) baik itu bensin premium maupun solar. (Liputan6.com/Angga Yuniar)

PT Pertamina (Persero) secara resmi mengoperasikan SPBU Kompak, di Desa Edalode, Kecamatan Pantai Baru, Kabupaten Rote Ndao, Nusa Tenggara Timur (NTT), pada Jumat kemarin. Pengoperasian SPBU dengan tanki timbun berkapasitas 80 kiloliter (KL) tersebut merupakan titik ke-128 dari 154 titik Program BBM Satu Harga yang telah dioperasikan Pertamina.

Program BBM Satu Harga dicanangkan Presiden Joko Widodo sejak 2017 dan hingga akhir tahun 2019, ditargetkan 160 titik, sehingga tersisa hanya 6 titik lagi.

SPBU BBM Satu Harga di Rote Ndao ini memiliki sarfas kapasitas tangki pendam untuk Premium 40 KL, Solar 20 Kl dan Pertalite 20 KL. Sementara layanan di SPBU ini terdiri dari 8 nozzle, sebanyak 4 nozzle untuk Premium, 2 nozzle Solar dan 2 nozzle Pertalite. 

Pengoperasian SPBU Kompak di Pulau Rote secara resmi dilakukan oleh Sekretariat Jenderal Dewan Energi Nasional, Djoko Siswanto, didampingi GM Pertamina MOR V Jatimbalinus, Werry Prayogi serta Bupati Rote Ndao, Paulina Haning Bullu dan Forkopimda Rote Ndao.

Vice President Corporate Communication Pertamina Fajriyah Usman menyatakan kehadiran SPBU Kompak di wilayah ujung selatan Indonesia, semakin melengkapi layanan BBM Satu Harga Pertamina yang menjangkau wilayah tertinggal, terdepan, terluar (3T) dari Sabang sampai Merauke, dari Miangas hingga Pulau Rote.

"Pertamina terus komitmen mewujudkan keadilan energi di seluruh pelosok tanah air, sehingga saudara-saudara kita yang tinggal di wilayah 3T, bisa mendapatkan akses energi dengan harga terjangkau," ujar Fajriyah seperti ditulis Sabtu (20/7/2019).

Sebelumnya Rp 12 Ribu per Liter

Aktivitas pengisian BBM di SPBU Cikini, Jakarta. (Liputan6.com/Angga Yuniar)

Menurut Fajriyah, kehadiran BBM Satu Harga di Pulau Rote, menjadikan harga BBM yang sebelumnya berkisar Rp 10.000 hingga Rp 12.000 per liter, kini harganya sama dengan di wilayah lain yakni Rp 6.450 untuk premium dan Rp 5.150 untuk solar.

"Untuk suplai BBM ke Pulau Rote akan dipasok dari TBBM Tenau, Kupang melalui kapal laut dan dilanjutkan mobil tangki dengan menempuh perjalanan sekitar 8 – 9 jam," imbuh Fajriyah.

Saksikan video pilihan di bawah ini: 

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Duduk Bersebelahan, Sandiaga Uno Puji Ma'ruf Amin Hingga Undang Berceramah

Posted: 15 Aug 2019 10:34 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Sidang tahunan Majelis Permusyawaratan Rakyat (MPR) digelar hari ini, (16/8/2019). Rangkaian acara dimulai dari sekitar pukul 08.00 WIB. Mulai dari Presiden Joko Widodo, Wakil Presiden Jusuf Kalla, dan beberapa tokoh politik pun hadir.

Tidak ketinggalan Mantan Gubernur DKI Jakarta Sandiaga Uno juga hadir menggenakan pakain jas hitam dan dasi merah. Sandi pun duduk disamping Wakil Presiden terpilih Ma'ruf Amin. Hampir 4 jam mereka duduk bersebelahan dan berbincang banyak hal. Sandi sempat memuji Ma'ruf Amin yang mengenakan pakaian adat Betawi.

"Ngobrol bicara banyak. Saya bilang ganteng banget pakai baju Betawi persis kaya orang Betawi," kata Sandi saat di Komplek Parlemen, Jakarta Pusat, Jumat (16/8/2019).

Sandiaga Uno kagum dengan Ma'ruf Amin, yang memiliki sosok ulama yang baik. Sambil tersenyum dia juga sempat menyampaikan salam dari keluarganya untuk Ma'ruf.

Dulu kata dia, Ma'ruf Amin rutin memberikan ceramah di majelis taklim keluarganya. Dalam kesempatan yang sama, Sandi juga mengundang Ma'ruf Amin untuk berceramah kembali.

"Beliau selalu dulu berceraham rutin di masjid keluarga kami dan saya mengundang beliau tentunya sesuai dengan jadwal beliau yang tentunya sudah sangat sibuk," ungkap Sandi.

Merasa Terhormat

Selain itu, Sandiaga juga merasa terhormat disebut sebagai sahabat karib Jokowi saat pidato Sidang tahunan MPR.

"Sangat terhormat," kata Sandiaga di Kompleks Parlemen Senayan, Jakarta, Jumat (16/8/2019).

Sandiaga lantas mengucapkan terima kasih kepada Jokowi atas suasana bersahabat yang disampaikan Jokowi. "Terima kasih kepada Pak Jokowi," kata dia.

Mantan Wagub DKI itu berharap, perbedaan selama pilpres beberapa waktu lalu tidak mempengaruhi tujuan semua untuk memajukan Indonesia.

"Saya juga diberikan penghormatan oleh bapak presiden dan memang kami bersahabat. Mudah- mudahan walaupun kemarin berada di berbeda tempat pilihan, tapi kita semua ingin memajukan bangsa kita mengunggulkan SDM kita dan pasti akan berjuang bersama untuk kepentigan bangsa dan negara," ucapnya.

Diketahui, Jokowi menyapa sejumlah pejabat dan mantan pemimpin negara saat membuka pidayonya. Selanjutnya, Jokowi juga menyapa Sandiaga. "Sahabat baik saya, Bapak Sandiaga Uno," kata Jokowi.

Reporter: Intan Umbari Prihatin

Sumber: Merdeka

 

Saksikan video pilihan berikut ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Pujian-Pujian yang Ditebar Jokowi dalam Pidato Kenegaraan

Posted: 15 Aug 2019 10:31 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Presiden Joko Widodo atau Jokowi menyampaikan pidato pada Sidang Tahunan MPR-RI Tahun 2019, Jumat (16/8/2019).

Setelah itu, Jokowi membacakan Pidato Kenegaraan dalam rangka Hari Ulang Tahun ke-74 Kemerdekaan Republik Indonesia Tahun 2019 pada Sidang bersama DPR-RI dan DPD-RI.

Dalam Pidato Kenegaraan, Jokowi menyampaikan banyak hal. Di antaranya adalah memberikan pujian bagi lembaga-lembaga negara.

Salah satu lembaga negara yang dipuji yaitu DPD RI. Jokowi memuji respons cepat DPD dalam menyikapi tantangan di daerah. Terutama terkait hal-hal mendesak, seperti kedaulatan pangan dan hukum adat.

Mantan Wali Kota Solo itu juga memuji Mahkamah Agung (MA) yang berhasil berinovasi. Inovasi ini mampu mengurangi tunggakan perkara menjadi 906 perkara pada 2018.

Berikut pujian-pujian yang ditebar Jokowi untuk lembaga-lembaga negara dihimpun Liputan6.com:

 

Puji DPD RI

Suasana sidang Tahunan MPR Tahun 2019 di Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta, Jumat (16/7/2019). Sidang tersebut beragendakan penyampaian pidato kenegaraan Presiden Joko Widodo dalam rangka HUT Ke-74 Kemerdekaan Republik Indonesia. (Liputan6.com/Johan Tallo)

Jokowi memuji respons cepat DPD dalam menyikapi tantangan di daerah. Terutama terkait hal-hal mendesak, seperti kedaulatan pangan dan hukum adat.

"Saya mengapresiasi respons cepat DPD dalam menyikapi tantangan mendesak yang dihadapi oleh daerah, seperti tantangan kedaulatan pangan, penataan hak ulayat dan masyarakat hukum adat, pemanfaatan energi terbarukan, dan pengembangan UMKM," kata Jokowi.

Menurut dia, dalam melaksanakan fungsi anggaran, DPD memberi masukan kepada pemerintah terkait skema DAU, DAK, dan DBH agar desentralisasi fiskal untuk memberikan rasa adil dan menjadi solusi mendasar bagi persoalan yang dihadapi oleh daerah.

"Dalam konteks fungsi representasi, DPD aktif melakukan pengawasan pelaksanaan Pilkada dan Pemilu 2019. DPD juga menerima aspirasi masyarakat dan daerah berkaitan dengan implementasi UU tentang Desa," lanjut Jokowi.

Dia mengatakan DPD juga menjadi ujung tombak dalam menjaga dan merevitalisasi nilai-nilai kearifan lokal. Selama setahun terakhir, sambung Jokowi, DPD telah menghasilkan produk legislasi yang terkait dengan kewenangan konstitusionalnya.

Tujuh RUU usul inisiatif DPD, enam Pandangan Pendapat terhadap RUU, empat Pertimbangan terhadap RUU, dan 10 hasil pengawasan atas pelaksanaan undang-undang sesuai dengan bidang tugas DPD.

"Kita berharap DPD bersama Pemerintah terus bergerak membangun Indonesia dari pinggiran, dari daerah dan desa. Dukungan DPD untuk memajukan daerah harus terus dilanjutkan. Peraturan Daerah Peraturan Daerah (Perda) yang formalitas, berbelit-belit, dan menghambat masyarakat serta pelaku usaha harus dipangkas. Tata kelola pemerintahan dan keuangan daerah harus ditingkatkan," tutur Jokowi.

 

Puji MA Pangkas Tunggakan Perkara

Presiden Joko Widodo dan Wakil Presiden Jusuf Kalla menghadiri Sidang Bersama DPD-DPR di Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta, Jumat (16/8/2019). Di Sidang Bersama DPR-DPD ini Jokowi mengenakan pakaian adat Sasak NTB sementara Wapres JK memakai baju khas Betawi. (Liputan6.com/Johan Tallo)

Presiden Jokowi kemudian menyebut Mahkamah Agung (MA) berhasil berinovasi. Inovasi ini mampu mengurangi tunggakan perkara menjadi 906 perkara pada 2018. Jumlah ini, kata Jokowi, menjadi yang terendah sepanjang sejarah.

"Jumlah terendah sepanjang sejarah berdirinya MA. MA juga terus berbenah dengan melakukan beberapa langkah perbaikan, seperti pembaharuan dalam tata cara penyelesaian gugatan sederhana dan pembaharuan di bidang manajemen perkara," kata Jokowi.

Dia menyebutkan sejumlah perbaruan yang dilakukan MA. Kini, lanjut Jokowi, sistem peradilan berbasis elektronik sudah diterapkan di semua lingkungan lembaga peradilan.

Para pencari keadilan sekarang, kata dia, secara online makin mudah mendaftarkan perkara dan melakukan pembayaran. Proses pemanggilan dan pemberitahuan sidang, serta penyampaian putusan peradilan juga dilakukan secara online.

"Bahkan, saat ini MA sudah melangkah lebih jauh lagi dengan mengembangkan e-court menuju e-litigasi. Semua langkah inovasi ini harus kita apresiasi. Perluasan akses bagi para pencari keadilan juga dilakukan oleh MA. Hingga akhir tahun 2018 lalu, MA telah meresmikan sebanyak 85 pengadilan baru di berbagai pelosok Tanah Air. Ada tambahan 30 Pengadilan Negeri, 50 Pengadilan Agama, tiga Mahkamah Syariah, dan dua Pengadilan Tata Usaha Negara.

Menurut dia, inovasi ini mampu mewujudkan asa peradilan yang sederhana, cepat dan berbiaya ringan.

"Saya mendukung upaya MA untuk mempermudah rakyat dalam mencari keadilan. Saya mendukung upaya MA untuk membangun budaya sadar dan budaya taat hukum agar makin mengakar," ujar Jokowi.

 

Pujian untuk BPK

Presiden Joko Widodo dengan baju adat suku Sasak NTB menyampaikan pidato kenegaraan dalam Sidang Bersama DPD-DPR di Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta, Jumat (16/8/2019). Setelah sidang tahunan MPR 2019 berakhir, agenda berlanjut ke sidang bersama DPD-DPR. (Liputan6.com/Johan Tallo)

Menurut Jokowi, tata kelola pemerintahan yang baik mutlak dibutuhkan. Tata kelola keuangan negara yang akuntabel harus diwujudkan dan tata kelola yang transparan harus dikembangkan. Tata kelola yang efektif dan efisien, yang gesit, lincah, dan cekatan menghadapi perubahan juga harus terus diupayakan.

"Sebagai lembaga negara yang memeriksa pengelolaan dan tanggung jawab keuangan negara, peranan Badan Pemeriksa Keuangan (BPK) sangatlah penting. BPK mengemban tugas memastikan Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara (APBN) dapat dipertanggungjawabkan. Serta memastikan setiap rupiah dalam APBN digunakan sebesar-besarnya untuk kepentingan rakyat," ujar Jokowi.

Pada kesempatan itu, Presiden bersyukur laporan keuangan pemerintah pusat 2016-2018 memperoleh opini Wajar Tanpa Pengecualian atau WTP. Pemerintah Daerah (Pemda) juga mencatat prestasi. Pemda dengan WTP berhasil ditingkatkan dari 47 persen di tahun 2014 menjadi 78 persen di tahun 2018.

"BPK juga telah memeriksa kinerja dan kepatuhan pemerintah dan badan lainnya, serta berhasil mengembalikan kas dan aset negara sebesar Rp 4,38 triliun. BPK juga telah melaksanakan pemeriksaan kesiapan implementasi Tujuan Pembangunan Berkelanjutan (SDGs) di Indonesia.

Selain itu, lanjut Jokowi, BPK terus mendukung pencegahan dan pemberantasan tindak pidana korupsi. Satu komitmen yang perlu kita dukung bersama.

"Saya menghargai upaya BPK untuk aktif membangun reputasi bangsa di dunia internasional," papar Jokowi.

BPK dipercaya sebagai pemeriksa eksternal pada International Atomic Energy Agency sejak 2016 sampai 2021. Pemeriksa BPK juga terpilih menjadi eksternal independen pada International AntiCorruption Academy periode 2019 hingga 2021.

"BPK juga menjadi United Nations Panel of External Auditors dan terlibat aktif di organisasi pemeriksa se-ASEAN, se-Asia, dan se-dunia," ujar Jokowi.

 

Apresiasi Kinerja MK dan KY

Presiden Joko Widodo dengan baju adat suku Sasak NTB menyampaikan pidato kenegaraan dalam Sidang Bersama DPD-DPR di Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta, Jumat (16/8/2019). Setelah sidang tahunan MPR 2019 berakhir, agenda berlanjut ke sidang bersama DPD-DPR. (Liputan6.com/Johan Tallo)

Seiring dengan langkah inovasi kelembagaan Mahkamah Agung, Mahkamah Konstitusi (MK) juga terus bekerja memperkokoh dan memperteguh konstitusionalisme di negara kita. Hal itu disampaikan Jokowi dalam pidatonya di depan Sidang Tahunan MPR RI 2019.

"Saya mendukung upaya MK untuk mengembangkan tata kelola lembaga peradilan yang modern dan transparan, dengan memberikan kemudahan akses bagi pencari keadilan di MK," ujar Jokowi.

"Kini, para pencari keadilan dapat berperkara sekaligus memantau proses peradilan di MK, melalui berbagai aplikasi dan layanan modern berbasis teknologi informasi dan komunikasi," imbuh dia.

Sebagai penjaga konstitusi, lanjut Presiden, selama setahun ini MK telah menguji 85 perkara dan memutus 52 perkara pengujian UU. Putusan-putusan MK tersebut turut mendukung upaya pemerintah dalam reformasi sistem perundang-undangan dan penataan proses legislasi.

"Selain itu, MK telah memberikan kontribusi pada penguatan demokrasi konstitusional. Saya mengapresiasi MK yang telah menyelesaikan sengketa perselisihan hasil Pilkada 2018, Pemilu Legislatif, dan Pemilu Presiden 2019, dalam koridor konstitusi secara damai, adil, dan bermartabat," ujar Jokowi.

"MK juga telah menghadirkan proses peradilan yang terbuka dengan tetap berpegang teguh pada prinsip independensi dan imparsialitas," imbuh Presiden.

Sementara itu, terkait dengan Komisi Yudisial (KY), Jokowi melihat lembaga ini terus berupaya memajukan akuntabilitas dalam pengelolaan peradilan. KY telah menjalankan fungsi pre-emtif dengan mengusulkan pengangkatan empat orang calon hakim agung.

"KY telah menjalankan fungsi preventifnya dengan menyelenggarakan pelatihan pemantapan kode etik penyempurnaan pedoman perilaku bagi 412 hakim, serta pemantauan 93 perkara persidangan yang menjadi perhatian publik," papar Presiden.

"KY juga telah menjalankan fungsi represifnya, dengan merekomendasikan kepada MA untuk menjatuhkan sanksi ringan hingga berat kepada 55 hakim," imbuh Jokowi.

 

Apresiasi DPR

Presiden Joko Widodo dengan baju adat suku Sasak NTB menyampaikan pidato kenegaraan dalam Sidang Bersama DPD-DPR di Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta, Jumat (16/8/2019). Setelah sidang tahunan MPR 2019 berakhir, agenda berlanjut ke sidang bersama DPD-DPR. (Liputan6.com/Johan Tallo)

Jokowi juga mengapresiasi langkah Dewan Perwakilan Rakyat (DPR) karena telah bekerjasama dengan baik bersama pemerintah, diantaranya penyetujuan alokasi dana desa.

"Saya mengapresiasi semangat DPR dalam bersinergi dan berkolaborasi dengan Pemerintah. Dalam menjalankan fungsi anggaran, DPR telah menyetujui UU Penerimaan Negara Bukan Pajak tahun 2018 dan menyetujui alokasi dana desa sebesar Rp 70 triliun di tahun 2019," ungkap Jokowi.

Dirinya menambahkan, hal tersebut sangat bermanfaat bagi peningkatan kesejahteraan masyarakat desa.

Sebagai informasi, alokasi dana desa dimulai sejak tahun 2015 dengan penyaluran sebesar Rp 20,67 triliun (penyerapan 82,72 persen). Di tahun selanjutnya, 2016, penyaluran dana desa meningkat jadi Rp 46,98 triliun (penyerapan 97,65 persen).

Pada 2017, jumlahnya kian naik jadi Rp 60 triliun (penyerapan 98,54 persen) dan pada 2018, alokasi dana desa tetap sebesar Rp 60 triliun (penyerapan 99 persen).

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Seniman Jawa Gareng Salatiga Meninggal Dunia Akibat Kecelakaan

Posted: 15 Aug 2019 10:30 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Kabar duka kembali berhembus dari dunia hiburan. Kali ini, seniman Jawa, Gareng Salatiga, meninggal dunia pada Kamis (15/8/2019), akibat kecelakaan yang dialaminya di Tol Ngawi-Kertosono, KM 569.800 jalur B.

Kecelakaan yang dialami Gareng Salatiga, terjadi pada Rabu (14/8/2019) sekitar pukul 04.30 WIB.

Gareng Salatiga mengembuskan napas terakhirnya di Rumah Sakit RSI At-Tin Husada, Ngawi, setelah sempat menjalani perawatan.

"Kemarin kan cuma luka-luka setelah kecelakaan. Nah ini meninggal dunia tadi Subuh," terang Kanit Laka Lantas Polres Ngawi, Iptu Cipto Utoyo, Kamis (15/8/2019). 

 

Sempat Kritis

Gareng Salatiga (Foto: Instagram/@vilienzenita)

Saat menjalani perawatan selama kurang lebih 21 jam, Gareng Salatiga sempat mengalami kritis, hingga akhirnya menutup mata untuk selama-lamanya.

Gareng Salatiga mengalami luka di bagian kepala akibat benturan keras, saat mobil Daihatsu Terios yang ditumpanginya menabrak truk tronton yang berjalan searah dari belakang.

"Sempat dirawat di Rumah Sakit At-Tin mulai sekitar pukul 06.00, dan meninggalnya pada Kamis (15/8) sekitar pukul 03.00. Saat ini, korban sudah dibawa pulang," pungkasnya.

 

Terseret 50 Meter

Iptu Cipto Utoyo menjelaskan kronologis kecelakaan yang membuat pria berusia 31 tahun ini meninggal dunia. Kala itu, Gareng Salatiga bersama salah satu penumpang lain mengendarai mobil Daihatsu Terios bernopol H 8853 WL berjalan dari Surabaya menuju Semarang.

Diduga sopir mengantuk, hingga menabrak truk tronton bermuatan batu bara. Hingga mobil yang dikendarai pria bernama asli Angga Ardyanta ini terseret 50 meter.

(Erwin Yohanes/Merdeka.com)

 

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

MotoGP: Perkembangan Yamaha Bikin Valentino Rossi Mulai Tersenyum

Posted: 15 Aug 2019 10:30 PM PDT

Silverstone - Perkembangan Yamaha membuat Valentino Rossi mulai bisa tersenyum. Pembalap asal Italia itu merasakan perubahan positif dari motor yang ditungganginya pada paruh kedua MotoGP 2019. 

Pernyataan pembalap Monster Energy Yamaha tersebut bukan tanpa didukung data. Rossi mampu finis di posisi cukup memuaskan pada dua balapan pertama paruh kedua MotoGP musim ini. 

The Doctor menempati posisi keenam pada MotoGP Ceska, kemudian finis keempat di MotoGP Austria. Hasil itu sangat positif jika dibandingkan dengan empat balapan sebelumnya. 

Menjelang jeda musim panas, Rossi tercatat tiga kali gagal finis di Italia, Catalunya, dan Belanda. The Doctor kemudian hanya menempati posisi kedelapan di MotoGP Jerman. 

"Kami cukup gembira karena sepertinya paruh kedua musim ini dimulai dengan cara lebih baik karena paruh pertama sangat negatif," kata Rossi, seperti dilansir Motorsport, Kamis (15/8/2019). 

"Sepertinya ada sesuatu yang bergerak di Yamaha. Dan Yamaha mulai bekerja lebib keras dan lebih baik untuk membuat motor menjadi lebih baik," imbuh Rossi, yang finis keempat di MotoGP Austria. 

 

Lebih Kompetitif

Valentino Rossi saat beraksi di MotoGP Austria. (Tuttomotoriweb)

Perubahan positif Yamaha sangat dirasakan Valentino Rossi pada MotoGP Austria di Sirkuit Red Bull Ring, akhir pekan lalu. 

"Ketika kami tiba di sini, pada Jumat kami memahami telah membuat kemajuan dengan elektronika dan akselerasi. Kami juga bisa lebih kompetitif karena sebelumnya selalu kesulitan di trek ini," urai Rossi. 

"Ini hal terpenting. Tentu saja kami masih punya banyak pekerjaan karena terutama Andrea Dovizioso dan Marc Marquez lebih cepat daripada kami. Tapi, ini cara bagus untuk mengawali paruh kedua musim ini," imbuh pembalap asal Italia tersebut. 

Sumber: Bola.com

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Ingin Saingi Nintendo, Sega Luncurkan Genesis Mini pada September 2019

Posted: 15 Aug 2019 10:30 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Kesuksesan Nintendo dengan peluncuran konsol lawas versi mini ternyata membuat Sega, perusahaan pesaingnya "kebakaran jengot".

Tak ingin kalah dengan Nintendo, Sega ikut meluncurkan konsol lawas versi mini dengan memperkenalkan Sega Genesis Mini.

Berbeda dari seri konsol lawas, Sega Genesis Mini sudah mengalami peningkatan untuk menyesuaikan teknologi saat ini.

Konsol ini sudah menggunakan HDMI yang disambungkan ke televisi dan dapat memproyeksikan gim dengan resolusi 4:3, 16:9 atau menambahkan efek filter seperti bermain di TV CRT (TV Tabung).

Untuk kontrolernya, Sega tidak lagi menggunakan colokan standar seperti di konsol lawas mereka.

Alih-alih, mereka mengandalkan port USB untuk terhubung dan bisa memainkan gim yang terpasang di dalam konsol.

Rencananya, Sega bakal meluncurkan konsol Genesis Mini ini pada tanggal 19 September dengan harga USD 79,99 atau sekitar Rp 1,1 juta.

 

Membawa 42 Gim Jadul

Sega akhirnya resmi mengumumkan konsol Mega Drive Mini. (Doc: Sega)

Seperti konsol NES Mini dan SNES Mini, Sega Genesis Mini tidak akan menyertakan cartride fisik.

Adapun konsol mini tersebut sudah langsung menyertakan gim ke dalam konsol. Sega sendiri menyertakan 40 gim asli dari Genesis dan tambahan dua gim yang bukan berasal dari Genesis, yaitu Tetris dan Darius

Berikut adalah judul gim yang bisa dimainkan di Sega Genesis Mini adalah:

1. Sonic The Hedgehog

2. Ecco the Dolphin

3. Castlevania: Bloodlines

4. Space Harrier 2

5. Shining Force

6. Dr. Robotnik's Mean Bean Machine

7. ToeJam & Earl

8. Comix Zone

9. Altered Beast

10. Gunstar Heroes

11. Castle of Illusion Starring Mickey Mouse

12. World of Illusion Starring Mickey Mouse and Donald Duck

13. Thunder Force III

14. Super Fantasy Zone

15. Shinobi III

16. Streets of Rage 2

17. Earthworm Jim

18. Sonic The Hedgehog 2

19. Contra: Hard Corps

20. Landstalker

21. Mega Man: The Wily Wars

22. Street Fighter II: Special Champion Edition

23. Ghouls 'n Ghosts

24. Alex Kidd in the Enchanted Castle

25. Beyond Oasis26. Golden Axe

27. Phantasy Star IV: The End of the Millennium

28. Sonic The Hedgehog Spinball

29. VectorMan

30. Wonder Boy in Monster World

31. Road Rash II

32. Strider

33. Virtua Fighter 2

34. Alisia Dragoon

35. Kid Chameleon

36. Monster World IV

37. Eternal Champions

38. Columns

39. Dynamite Headdy

40. Light Crusader

41. Tetris

42. Darius

(Keenan Pasha/ Ysl)

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

5 Potret Nella Kharisma Tetap Cantik Walau Tanpa Makeup

Posted: 15 Aug 2019 10:25 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Makeup sudah menjadi kewajiban penting bagi semua artis. Tuntutan tampil modis dan cetar di depan kamera membuat para seleb, khususnya penyanyi dangdut tak bisa lepas dari makeup.

Meski yang dinilai suaranya, tapi tetap saja penonton memperhatikan penampilan artis tersebut. Maka tak heran jika penyanyi dangdut sangat terkenal dengan dandanan yang cetar saat berada di atas panggung.

Penyanyi dangdut Nella Kharisma tentunya sudah tak asing lagi. Berkat lagu, Jaran Goyang dan Konco Mesra yang dinyanyikannya, nama Nella Kharisma semakin populer.

Nella Kharisma, penyanyi dangdut asal Jawa Timur ini juga memiliki suara merdu dan berpenampilan sopan. Tapi saat sedang menyanyi, Nella lebih sering terlihat menggunakan makeup yang tebal. Namun Nella juga kerap mengunggah foto selfienya di Instagram saat tidak menggunakan make up.

Berikut wajah Nella Kharisma tanpa menggunakan makeup yang telah dirangkum Liputan6.com Jumat (16/8/2019).

1. Penampilan Nella Kharisma Tanpa Makeup, Masih Memakai Baju Tidur

Nella Kharisma (Sumber: Instagram/@nellakharisma)

Biasa tampil mempesona di atas panggung, saat tanpa makeup penampilan Nella Kharisma tetap cantik. Masih menggunakan baju tidur, penampilan sederhananya kali ini sukses membuat para penggermarnya terkejut melihat wajah polos Nella.

2. Jerawat di Wajah Polos Nella, Tak Memudarkan Kecantikannya

Nella Kharisma (Sumber: Instagram/@nellakharisma)

Penyanyi dangdut kelahiran Kediri, 04 November 1994 ini tampak beda saat tidak memakai makeup. Nella Kharisma terlihat berbeda khususnya di bagian alis yang nampak tipis tanpa sentuhan pensil alis dan bibirnya yang berwarna natural. Selain itu adanya jerawat di dahi Nella tak sedikit pun memudarkan kecantikannya.

 

3. Tanpa Riasan Saat Bersama Teman PKL

Nella Kharisma (Sumber: Instagram/@nellakharisma)

Pelantun lagu Konco Mesra ini tak sediki pun memakai riasan saat bersama teman-teman PKL. Nella Kharisma hanya terlihat memakai kacamata dan sama sekali tidak menggunakan makeup seperti yang biasa ia pakai. Bulu mata palsu pun tak melekat di kedua matanya.

 

 

 

4. Mirip Artis Korea, Wajah Polos Nella Tanpa Makeup

Nella Kharisma (Sumber: Instagram/@nellakharisma)

Ketika tidak berada di panggung, beginilah wajah asli Nella Kharisma. Wajah polos tanpa make up membuat pangling, memiliki kulit putih dan bersih seperti artis Korea.

 

5. Tanpa Makeup dalam Kegiatan Sehari-Hari

Nella Kharisma (Sumber: Instagram/@nellakharisma)

Penyanyi dangdut lulusan Universitas Kadiri, Kediri ini kerap tidak memakai makeup di kegiatan sehari-harinya. Unggahan di Instagramnya, Nella Kharisma hanya memakai soflen dan juga memperlihatkan warna rambut barunya.

 

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Panjat Gedung di Hong Kong, 'Spiderman Prancis' Serukan Pesan Damai

Posted: 15 Aug 2019 10:24 PM PDT

Liputan6.com, Hong Kong - Alain Robert yang dijuluki "French Spiderman" memanjat gedung pencakar langit di Hong Kong pada Jumat, 16 Agustus 2019.

Pria berkebangsaan Prancis itu membentangkan "spanduk perdamaian" ketika pusat bisnis tersebut mengalami masalah internal dan maraknya aksi demonstrasi.

Pria berusia 57 tahun tersebut memanjat gedung Cheung Kong 68 lantai di kawasan bisnis utama Hong Kong dalam kondisi panas dan lembab pada Jumat pagi.

Selama pendakian, ia memasang spanduk yang menampilkan bendera Hong Kong dan Tiongkok, demikian dikutip dari laman Channel News Asia, Jumat (16/8/2019).

Sebelum pendakian, Robert mengeluarkan pernyataan yang mengatakan pesan pendakiannya adalah untuk membuat "seruan mendesak untuk perdamaian dan konsultasi antara rakyat Hong Kong dan pemerintah mereka".

"Mungkin apa yang saya lakukan dapat menurunkan suhu pertikaian dan mungkin bisa balik tersenyum. Itulah harapan saya," kata Robert dalam pernyataan media.

Sudah sekitar 10 minggu protes besar terjadi di Hong Kong. Bahkan, terdapat kekerasan yang dialami oleh masyarakatnya.

Aksi protes dan demo Hong Kongdipicu rencana diberlakukannya UU ekstradisi ke daratan China. Karena banyak masyarakat yang menolak, timbulah aksi demonstrasi besar-besaran.

China: Kami Tak Akan Sekedar Duduk dan Menonton Protes Hong Kong

Aksi protes warga Hong Kong menolak RUU ekstradisi ke China daratan (AFP Photo)

Presiden Amerika Serikat (AS) Donald Trump baru-baru ini menyatakan keprihatinannya atas protes di Hong Kong.

Ia mendesak Presiden China Xi Jinping untuk bertemu dengan para demonstran, dengan penasihat keamanan AS John Bolton memperingatkan agar Beijing tidak mengulang tragedi Tiananmen baru.

Menanggapi hal itu, pihak China pada Kamis 15 Agustus 2019 menyatakan, tidak akan sekedar "duduk dan menonton" kerusuhan yang sedang terjadi di Hong Kong.

Gambar yang diambil oleh AFP pada Kamis menunjukkan ribuan personel militer China melambaikan bendera merah dan berparade di sebuah stadion olahraga di kota Shenzhen, tepat di seberang perbatasan Hong Kong.

Sebagaimana diwartakan Channel News Asia, puluhan personel berlapis baja dan truk pasokan juga diparkir di dekatnya.

Media pemerintah China melaporkan minggu ini, Polisi Bersenjata Rakyat (PAP), yang berada di bawah komando Komisi Militer Pusat, berkumpul di Shenzhen.

Alasannya adalah untuk melakukan latihan militer yang telah direncanakan, namun oleh banyak pengamat, hal itu tampak diragukan. 

Apa yang Dikatakan Trump?

Donald Trump telah mengancam penutupan sangat lama terhadap pemerintah AS apabila pendanaan untuk pembangunan tembok perbatasan tidak direstui. (AP File)

Donald Trump mendesak solusi damai pada Kamis, mengatakan kepada wartawan ia "sangat prihatin" atas kemungkinan tindakan keras dan menyarankan Xi "duduk dengan para pengunjuk rasa ... Saya berani bertaruh ia akan menyelesaikannya dalam 15 menit."

Trump menambahkan: "Saya tahu itu bukan hal yang dia lakukan."

Presiden AS juga mengatakan dia akan berbicara dengan Xi "segera."

Dalam sebuah wawancara dengan VOA News yang diterbitkan pada Kamis, Bolton mengatakan "orang-orang di Amerika mengingat Lapangan Tiananmen," memperingatkan China bahwa "akan menjadi kesalahan besar untuk membuat memori baru seperti itu di Hong Kong."

Protes Hong Kong selama berminggu-minggu dipicu oleh oposisi terhadap rencana untuk memungkinkan ekstradisi ke daratan, tetapi sejak itu berubah menjadi seruan yang lebih luas untuk memperjuangkan demokrasi.

Gerakan ini merupakan tantangan terbesar bagi otoritas Beijing sejak kota itu dikembalikan oleh Inggris pada tahun 1997 berdasarkan kesepakatan yang memungkinkannya mempertahankan kebebasan yang menurut banyak orang Hong Kong sedang terkikis.

Para analis telah mengatakan, konsekuensi ekonomi dan politik yang berpotensi menimbulkan bencana akan menghalangi Beijing dari intervensi langsung di pusat keuangan global.

Beijing Bersikap Keras

Bendera Hong Kong dan China berkibar berdampingan (AFP)

Beijing - yang telah menolak untuk memberikan konsesi apa pun kepada gerakan protes - telah menangkap pelaku bentrokan, dengan media pemerintah mengeluarkan banyak artikel, gambar dan video penghukuman.

 Akibat protes itu, ekonomi juga terpengaruh. Kepala keuangan kota Paul Chan pada Kamis memperkirakan pertumbuhan nol hingga satu persen untuk tahun ini.

Komentar Trump tentang Hong Kong tampaknya menandakan perubahan dalam pendekatannya terhadap berbagai peristiwa di kota itu.

Dia sempat mendapat kecaman karena menghindar dari masalah ini, menghindari mengkritik Beijing.

China telah menggambarkan protes sebagai upaya yang didanai asing untuk mengguncang tanah air daripada pemberontakan rakyat terhadap kebijakannya.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Jokowi Minta DPR Siapkan Regulasi Soal Data Pribadi

Posted: 15 Aug 2019 10:20 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Presiden Joko Widodo atau Jokowi meminta anggota DPR tanggap terhadap tantangan baru yang belum diatur dalam perundang-undangan. Saat ini, salah satu ancaman dalam demokrasi Indonesia adalah kejahatan siber, termasuk penyalahgunaan data pribadi.

"Kita harus siaga menghadapi ancaman kejahatan siber termasuk kejahatan penyalahgunaan data. Data adalah jenis kekayaan baru bangsa kita, kini data lebih berharga dari minyak," ujar Jokowi saat berpidato dalam Sidang Bersama DPR-DPD RI, Jumat (16/8/2019).

Untuk itu, Jokowi meminta DPR agar regulasi terkait kerahasiaan data pribadi harus segera dibuat. Menurut dia, hak warga negara atas data pribadi harus dilindungi.

"Regulasinya harus segera disiapkan tidak boleh ada kompromi," tegas Jokowi.

Mantan Gubernur DKI Jakarta itu menuturkan bahwa inti dari regulasi adalah melindungi kepentingan rakyat, serta bangsa dan negara. Selain itu, regulasi harus mendorong semua pihak untuk berinovasi menuju Indonesia Maju.

Jokowi menekankan bahwa ukuran kerja pembuat peraturan perundang-undangan harus diubah. Kinerja bukan diukur dari seberapa banyak UU, PP, Permen atau pun Perda yang dibuat.

"Tetapi sejauh mana kepentingan rakyat, kepentingan negara dan bangsa," kata Jokowi.

Saksikan video pilihan berikut ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Kemenhub Operasikan 2 Rumah Sakit Terapung di Jawa Timur

Posted: 15 Aug 2019 10:20 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Kementrian Perhubungan (Kemenhub) bekerja sama dengan Kementrian Kesehatan (Kemenkes) dan Pemerintah Jawa Timur mengoperasikan Kapal Rumah Sakit (RS) Terapung di kepulauan terpencil peraian Sumenep, Madura. Kapal RS tersebut adalah KM Gandha Nusantara 1 dan 2.

Pengoperasian Kapal RS Terapung ini untuk melayani masyarakat yang ada di perairan Sumenep dan sekitarnya.

Menteri Perhubungan Budi Karya Sumandi menjelaskan, ide kapal RS terapung adalah bagaimana sebuah kapal tidak hanya memunyai fungsi transportasi, namun juga dapat berfungsi sebagai rumah sakit yang dilengkapi dengan ruang operasi.

Kapal mulai jalan di pagi hari dan dioperasikan hingga sore. Ketika siang hari dan ombak besar, kapal berlabuh di pulau-pulai kecil itu dan saat itulah fungsi rumah sakit terapung dilakukan.

Menhub melanjutkan, alasan dipilihnya Jawa Timur sebagai proyek percontohan tersebut karena merupakan provinsi yang sangat kompeten.

"Setelah Jawa Timur kita akan ke Jawa Tengah. Kita pelajari, kan nanti pasti ada plus minusnya, kalau ada kekurangan baru kita lengkapi apakah fasilitas, waktu, nahkoda, dokter dan sebagainya. Setelah ini kita ke Jawa Tengah ya, baru nanti kita lihat berapa pulau lain." jelas Budi dikutip dari keterangan tertulis, Jumat (16/8/2019).

Budi menyebutkan kapal RS terapung ini adalah hadiah bagi Madura dan Jatim dalam rangka kemerdekaan Indonesia.

 

Merata

Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi melepas pengoperasian kapal RS Terapung KM Gandha Nusantara 1 dan 2 di Pelabuhan Kalianget Sumenep, Madura.

Menteri Kesehatan Nila Moeloek menambahkan, kerja sama ini adalah kerja sama yang efektif dan efisien. Efisien dengan alasan bahwa Kemenhub mempunyai kapal sedangkan Kemenkes mempunyai puskesmas atau posyandu di kepulauan tersebut.

Sedangkan Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa berharap dengan adanya RS terapung ini masyarakat yang terlayani kesehatan lebih merata dan berkualitas.

"Harapannya kita bisa memberikan layanan kesehatan lebih baik berkualitas dan merata. Kapal ini bisa merapat untuk memberikan tindakan-tindakan tertentu ketika harus melakukan operasi. Kami akan maksimalkan fungsinya." tegas Khofifah.

Reporter: Chrismonica

 

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

FOTO: Turis Ceko Jalani Penyucian Pura Bali Usai Cebok Pakai Air Suci

Posted: 15 Aug 2019 10:15 PM PDT

Turis Ceko, Sabina Dolezalova (kiri) dan Zdenek Slouka (dua kiri) saat akan mengikuti upacara guru piduka di Pura Beji, Ubud, Bali, Kamis (15/8/2019). Sabina dan Zdenek sudah meminta maaf atas ulah mereka yang cebok menggunakan air suci di pancuran Pura Beji. (SONNY TUMBELAKA/AFP)

Turis Ceko, Sabina Dolezalova (kiri) dan Zdenek Slouka (dua kiri) saat akan mengikuti upacara guru piduka di Pura Beji, Ubud, Bali, Kamis (15/8/2019). Sabina dan Zdenek sudah meminta maaf atas ulah mereka yang cebok menggunakan air suci di pancuran Pura Beji. (SONNY TUMBELAKA/AFP)

Turis Ceko, Sabina Dolezalova (tengah) dan Zdenek Slouka (dua kanan) mengikuti upacara guru piduka di Pura Beji, Ubud, Bali, Kamis (15/8/2019). Keduanya mengunggah permintaan maaf melalui akun Instagram masing-masing usai cebok menggunakan air suci di pancuran Pura Beji. (SONNY TUMBELAKA/AFP)

Turis Ceko, Sabina Dolezalova (tengah) dan Zdenek Slouka (dua kanan) mengikuti upacara guru piduka di Pura Beji, Ubud, Bali, Kamis (15/8/2019). Keduanya mengunggah permintaan maaf melalui akun Instagram masing-masing usai cebok menggunakan air suci di pancuran Pura Beji. (SONNY TUMBELAKA/AFP)

Turis Ceko, Sabina Dolezalova (tengah) dan Zdenek Slouka (kiri) mengikuti upacara guru piduka di Pura Beji, Ubud, Bali, Kamis (15/8/2019). Sabina dan Zdenek sudah meminta maaf secara terbuka kepada masyarakat setempat usai usai cebok menggunakan air suci di pancuran Pura Beji. (SONNY TUMBELAKA/AFP)

Turis Ceko, Sabina Dolezalova (tengah) dan Zdenek Slouka (kiri) mengikuti upacara guru piduka di Pura Beji, Ubud, Bali, Kamis (15/8/2019). Sabina dan Zdenek sudah meminta maaf secara terbuka kepada masyarakat setempat usai usai cebok menggunakan air suci di pancuran Pura Beji. (SONNY TUMBELAKA/AFP)

Turis Ceko, Sabina Dolezalova (kiri) dan Zdenek Slouka saat akan mengikuti upacara guru piduka di Pura Beji, Ubud, Bali, Kamis (15/8/2019). Kabarnya, banyak masyaraat Bali yang merasa kurang puas atas permintaan maaf Sabina dan Zdenek setelah mereka berulah di Pura Beji. (SONNY TUMBELAKA/AFP)

Turis Ceko, Sabina Dolezalova (kiri) dan Zdenek Slouka saat akan mengikuti upacara guru piduka di Pura Beji, Ubud, Bali, Kamis (15/8/2019). Kabarnya, banyak masyaraat Bali yang merasa kurang puas atas permintaan maaf Sabina dan Zdenek setelah mereka berulah di Pura Beji. (SONNY TUMBELAKA/AFP)

Warga ambil bagian dalam upacara guru piduka di Pura Beji, Ubud, Bali, Kamis (15/8/2019). Upacara penyucian pura ini digelar setelah turis Ceko, Sabina Dolezalova dan Zdenek Slouka, berulah dengan cebok menggunakan air suci di tempat ibadah tersebut. (SONNY TUMBELAKA/AFP)

Warga ambil bagian dalam upacara guru piduka di Pura Beji, Ubud, Bali, Kamis (15/8/2019). Upacara penyucian pura ini digelar setelah turis Ceko, Sabina Dolezalova dan Zdenek Slouka, berulah dengan cebok menggunakan air suci di tempat ibadah tersebut. (SONNY TUMBELAKA/AFP)

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Donald Trump Tertarik Beli Greenland dari Denmark, Lirik Potensi Apa?

Posted: 15 Aug 2019 10:03 PM PDT

Liputan6.com, Washington DC - Pernyataan mengejutkan kembali dilontarkan oleh Presiden Amerika Serikat (AS) Donald Trump, yang mengaku ingin membeli Greenland dari Denmark.

Menurut surat kabar Wall Street Journal, Trump telah "menyatakan minat" untuk membeli pulau terbesar di dunia --yang sebagian besar diliputi es-- untuk kemungkinan eksplorasi.

Dikutip dari The Guardian pada Jumat (16/8/2019), Donald Trump bahkan meminta pendapat kepada para penasehatnya di Gedung Putih tentang ketertarikannya tersebut, meski belum dipastikan tingkat keseriusannya.

Kabar tentang keinginan Trump membeli Greenland menarik perhatian pengguna Twitter pada Kamis malam. Beberapa pakar berusaha menaksir kemungkinan nilai real estate pada wilayah seluas 811.000 mil persegi, atau sekitar 2,1 juta kilometer persegi itu.

Ada pula yang mencoba memprediksi potensi Greenland dalam memproduksi acar herring --olahan ikan fermentasi khas Nordik-- jika diambil alih oleh Donald Trump yang berlatar belakang pengusaha.

Gedung Putih sejauh ini belum memberikan respons terhadap kegaduhan di Twitter tentang rencana pembelian Greenland, dan presiden AS ke-45 itu juga tidak melanjutkan cuitan terkait, meninggalkan banyak orang dalam tanda tanya besar.

Bukan Ide Baru

Greenland, Denmark (Wikimedia Commons)

Keinginan membeli Greenland bukanlah ide baru di kalangan politikus AS. Pada 1946 silam, Presiden Harry Truman mencoba membeli Greenland dari Denmark seharga US$ 100 juta (setara Rp 1,4 triliun), tetapi ditolak.

Hanya satu preseden sukses yang dilakukan AS dalam mengakuisisi wilayah kekuasaan Denmark, yakni West Danish pada 1917, yang diubah menjadi Kepulauan US Virgin.

Sementara di Greenland, militer AS telah memiliki pangkalan udara utama, yang berlokasi di sisi barat laut pulau itu.

Pangkalan tersebut memiliki 600 personel dan penting dalam sistem radar global AS, khususnya dalam memantau kondisi di Eropa dan Atlantik Utara.

Trump Akan Berkunjung ke Denmark

Pangeran Henrik dan Ratu Margrethe II dari Denmark (Wikimedia Commons)

Bulan depan, Donald Trump berencana melakukan kunjungan resmi pertamanya ke Denmark, meskipun Greenland tidak dianggap sebagai agenda.

Sebelumnya, menurut beberapa media AS, Trump sempat membahas tentang Greenlad pada jamuan makan malam tahun lalu, ketika menerima kunjungan Ratu Margrethe II di Gedung Putih.

Kala itu, Trump dikabarkan menyinggung tentang kesulitan keuangan Denmark dalam mengurus wilayah koloninya yang luas tersebut.

Tidak ada komentar dari otoritas Denmark tentang isu pembelian Greenland oleh Trump.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Taksi Online Memperburuk Kemacetan di Jakarta

Posted: 15 Aug 2019 10:02 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Keberadaan taksi online di Jakarta rupanya dianggap memperburuk keadaan lalu lintas. Hal tersebut diungkapkan oleh Indonesia Traffic Watch (ITW), menanggapi Menteri Perhubungan Budi Karya yang ingin taksi online bebas dari Ganjil Genap.

"ITW menyayangkan keinginan Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi yang meminta agar taksi online mendapat pengecualian dari kebijakan ganjil genap (gage)," kata Ketua Presidium ITW, Edison Siahaan di Jakarta, Rabu (14/8).

Dia memastikan kemacetan lalu lintas khususnya di Ibu kota juga dipicu sikap Kementerian Perhubungan yang membiarkan kendaraan pribadi beroperasi sebagai angkutan umum. Alhasil jumlahnya semakin membludak dan tak terkendali.

Edison mengungkapkan, Permenhub 32 tahun 2016 dan Permenhub 26 tahun 2017 serta Permenhub 108 tahun 2017, tentang angkutan umum dengan kendaraan bermotor roda empat berbasis aplikasi tidak signifikan menuntaskan persoalan angkutan umum berbasis online.

"Sebaiknya Menhub baca dan pelajari dulu Undang-Undang Nomor 22 tahun 2009 tentang Lalu Lintas dan Angkutan Jalan. Supaya paham apa itu syarat dan ketentuan yang harus dipenuhi oleh kendaraan bermotor yang digunakan sebagai angkutan umum," ujarnya seperti dilansir dari Antara.

 

Belum Memenuhi Syarat

Ribuan kendaraan bermotor, dia menambahkan, belum memenuhi syarat sebagai angkutan umum, tetapi bebas beroperasi hingga berakibat pada beban kapasitas tampung jalan.

"Menhub juga kembali membuat kebijakan yang melanggar aturan. Yaitu lewat kebijakan Permenhub Nomor 12 tahun 2019 tentang keselamatan sepeda motor yang digunakan untuk kebutuhan masyarakat," tegasnya.

Edison mengatakan, putusan Mahkamah Konstitusi Nomor 41/PUU-XVI/2018 menolak permohonan judicial riview yang diajukan oleh puluhan pengemudi ojek daring agar Undang-Undang Nomor 22 tahun 2009 mengakomodasi sepeda motor sebagai angkutan umum.

"Sebaiknya Menhub menyampaikan data dan informasi yang akurat berapa jumlah angkutan umum berbasis aplikasi yang sudah memenuhi syarat sesuai ketentuan berlaku," tutupnya.

Sumber: Merdeka.com

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

5 Ide Unik Lomba 17 Agustus ala Warganet, Bikin Tak Berhenti Ketawa

Posted: 15 Aug 2019 10:02 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Sebentar lagi seluruh rakyat Indonesia akan merayakan peringatan kemerdekaan Republik Indonesia. Pada tanggal 17 Agustus tahun ini kita akan merayakan kemerdekaan RI yang ke-74.

Biasanya dalam rangka memperingati kemerdekaan Tanah Air ini kita mengadakan berbagai macam perlombaan. Tak hanya untuk anak-anak, remaja dan orang dewasa pun turut serta dalam perlombaan tersebut.

Nyatanya antusias warganet tentang perayaan 17 Agustus nanti sudah jelas terlihat. Tak sedikit dari mereka yang telah mengunggah video berbagai inspirasi lomba unik yang mampu mengocok perut.

Bagi kalian yang belum memiliki ide lomba yang seru mungkin deretan video tersebut bisa menginspirasi. Dikutip dari berbagai akun Twitter berikut deretan lomba 17an yang tak biasa.

 

1. Lomba memindahkan tepung

2. Lomba lepas karet dari wajah

3. Lomba balap karung tak biasa

4. Lomba makan kerupuk dengan satu kaki

5. Lomba pindahkan air

Saksikan video pilihan di Bawah Ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Berlari ke Puncak Gede Pangrango Saat HUT ke-74 RI, Atlet Taekwondo Cilik Bawa Misi Penting

Posted: 15 Aug 2019 10:01 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Kisah inspiratif nan menyentuh kembali hadir dari atlet Taekwondo cilik asal Bogor, Wajendra Hanif Athoillah Luthfi. Hanhan, begitu ia akrab disapa akan melakukan tantangan lagi demi menjalankan misi kemanusiaan.

Atlet taekwondo berusia 11 tahun ini akan berlari menuju puncak Gunung Gede Pangrango. Tantangan ini bertujuan untuk membantu operasi anak berusia 4 tahun bernama Zahira yang terlahir tanpa kulit perut.

"Zahira harus melakukan satu kali operasi lagi agar perutnya bisa normal kembali, namun biaya yang cukup besar menghantui kedua orang tuanya," tulis Hanhan di akun Instagram pribadi, Kamis, 15 Agustus 2019.

Hanhan akan berjuang untuk melakukan misi kemanusiaan demi mewujudkan mimpi Zahira yang ingin bersekolah. Menjelang challenge, ia pun meminta dukungan.

"Do'akan challenge kedua saya "CHILDREN TRAIL RUN FOR HUMANITY 2958 MDPL" saya bersama coach @arief_w924bayuwindu akan berlari menuju puncak Gunung Gede Pangrango di ketinggian 2.958 mdpl dan mengibarkan sang saka merah putih." tambahnya.

Selain ingin membantu Zahira untuk kembali bersekolah dan percaya diri, atlet Taekwondo yang bersekolah di Sekolah Alam Bogor ini juga ada misi lain. Adalah sebagai dukungan kepada anak-anak Indonesia penderita kanker.

Penggalangan Dana

Hanhan, anak 11 tahun yang siap triathlon mendukung anak-anak seusianya yang tengah berjuang melawan penyakit kanker. (dok. Instagram @hanhan_taekwondokids/https://www.instagram.com/p/BqACKw0gXrV/Putu Elmira)

Children Trail Run For Humanity 2958 mdpl akan dilakukan Hanhan bertepatan dengan HUT ke-74 RI yakni Sabtu, 17 Agustus 2019. Start dimulai di jalur Gunung Putri Cibodas dan finish puncak Gunung Gede Pangrango.

Hanhan juga menggalang donasi melalui fundraising platform, Kitabisa.com yang bertajuk "Dukung Hanhan Triathlon Untuk Anak Pengidap Kanker". Donasi dibuka mulai 15 April 2019 dengan misi Rp50 juta.

Pada hari ini, Jumat (16/8/2019) pagi, donasi yang terkumpul sebesar 39 persen dengan jumlah lebih dari Rp19,6 juta. Donasi dan challenge ini jadi yang kedua setelah sebelumnya Hanhan melakukan tantangan pertama yakni triathlon.

Kala itu bertepatan dengan Hari Pendidikan Nasional pada 2 Mei 2019, Hanhan triathlon dengan renang, sepeda, dan berlari. Misi ini untuk mendukung sekaligus membantu Farih, anak yang berjuang melawan kanker mata serta untuk para penderita kanker lainnya.

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Bajakah Diklaim Bisa Sembuhkan Kanker, Kemenkes: Jangan Langsung Percaya

Posted: 15 Aug 2019 10:00 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Marak beredar informasi tentang bajakah di Kalimantan Tengah yang diklaim dapat menyembuhkan kanker payudara. Informasi ini beredar setelah dua siswi SMA 2 Palangka Raya, Aysa Aurealya Maharani dan Anggina Rafitri meraih medali di ajang World Invention Creativity (WICO) di Seoul, Korea Selatan terkait penelitiannya pada kayu bajakah sebagai obat kanker payudara.

Namun, bukti khasiat bajakah sebagai obat kanker tersebut patut ditelusuri lebih rinci. Kepala Balai Besar Tanaman Obat dan Obat Tradisional Tawangmangu, Badan Penelitian dan Pengembangan Kesehatan, Kemenkes RI, Akhmad Saikhu mengingatkan masyarakat agar tidak langsung percaya terhadap klaim bajakah bisa menyembuhkan kanker.

"Penyembuhan kanker secara kuratif harus melalui penegakkan diagnosis dokter. Penggunaan obat tradisional atau jamu untuk menguatkan daya tahan tubuh boleh saja. Tapi tidak bisa dikatakan itu menyembuhkan kanker," jelas Saikhu, dikutip laman Sehat Negeriku Kementerian Kesehatan, Jumat (16/8/2019).

Melihat pemberitaan bajakah disebut sebagai tanaman, Saikhu melanjutkan, sebenarnya bajakah adalah sebutan bagi batang menjalar yang menjadi bagian dari tanaman.

"Istilah 'tanaman bajakah' belum merujuk pada jenis spesies tertentu. Kementerian Kesehatan akan segera melakukan penelusuran bajakah obat kanker yang telah diteliti oleh dua pelajar SMA di Palangka Raya," lanjutnya.

Riset Tanaman Obat Kanker

Riset tanaman obat kanker dilakukan melalui Riset Tumbuhan Obat dan Jamu (Ristoja) Badan Litbangkes Kementerian Kesehatan. (sumber: iStock)

Untuk mencari, uji klinis, dan membuktikan bahwa tanaman tertentu cocok diterapkan sebagai pengobatan kanker, Riset Tumbuhan Obat dan Jamu (Ristoja) Badan Litbangkes Kementerian Kesehatan dilakukan. Upaya ini dengan membangun database pengetahuan etnofarmakologi, ramuan obat tradisional, dan tumbuhan obat di Indonesia.

"Ristoja telah dilakukan pada 405 etnis di 34 provinsi di Indonesia pada tahun 2012, 2015 dan 2017. Riset ini  melibatkan 2.170 peneliti dan 2.354 pengobat tradisional. Mereka berhasil mengidentifikasi 2.848 spesies tumbuhan obat dan 32.014 ramuan," Saikhu menambahkan.

Ada 74 kelompok kegunaan ramuan yang berhasil tercatat dari Ristoja. Pada tahun 2012, Ristoja berhasil menginventarisasi sebanyak 506 ramuan jamu untuk pengobatan tumor/kanker yang menggunakan tumbuhan obat tertentu.

"Contohnya tumbuhan malapari di Bengkulu yang memiliki nama latin Pongamia pinnata dan alang-alang (Imperata cylindrica (L.) Raeusch) di Sulawesi Tengah maupun samama (Anthocephalus chinensis (Lam.) Rich.ex Walp) di Maluku Utara," ujar Saikhu.

 

Simak Video Menarik Berikut Ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Potret Royal Wedding Anak Raam Punjabi, Digelar 4 Hari dan Dihadiri Seleb Bollywood

Posted: 15 Aug 2019 10:00 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Nama Raam Punjabi tentunya sudah tak asing bagi masyarakat Indonesia. Ia adalah sosok bos dari rumah produksi Multivision Plus yang sukses di Indonesia.

Raam Punjabi dan istrinya, Raakhe Punjabi, kini tengah berbahagia. Anak laki-laki mereka, Amrit Punjabi dan Sanjana menggelar pesta pernikahan mewahnya di Bali. Tak tanggung-tanggung keluarga dari pemilik rumah produksi terkenal ini menggelar pesta pernikahannya selama 4 hari berturut-turut. 

Amrit Punjabi dan Sanjana menggelar pesta tersebut di Hotel Kempinski, Nusa Dua, Bali. Rencananya pesta pernikahan Amrit dan Sanjana yang berlangsung selama 4 hari 4 malam hingga 17 Agustus yang akan datang. Upacara pernikahan berlangsung pada Jumat 16 Agustus dan resepsi pada Sabtu 17 Agustus 2019.

Selain digelar selama 4 hari, deretan artis yang hadir pun menambah kesan mewah. Banyak artis Tanah Air yang datang ke Bali untuk turut memeriahkan pesta royal wedding tersebut. Selain pesohor Tanah Air, Raam Punjabi juga mengundang artis dari India. Mereka yang hadir antara lain Anil Kapoor, Sanjay Kapoor, Arjit Taneja, Boney Kapoor, Kushi Kapoor, hingga Ankit Bathla.

Dirangkum oleh Liputan6.com berikut ini beberapa potret para artis yang datang ke pesta pernikahan anak Raam Punjabi, Jumat (16/8/2019) dari berbagai sumber. 

1. Krisdayanti datang bersama dengan Raul Lemos beserta kedua anaknya yang kompak pakai baju India

Amrit Punjabi dan Sanjana, anak dan menantu Raam Punjabi yang gelar pesta mewah pernikahan di Bali yang dihadiri sederet artis Tanah Air dan artis India. (Sumber: Instagram/@krisdayantilemos)

2. Tania Nadira juga turut hadiri undangan pesta pernikahan mewah tersebut

Amrit Punjabi dan Sanjana, anak dan menantu Raam Punjabi yang gelar pesta mewah pernikahan di Bali yang dihadiri sederet artis Tanah Air dan artis India. (Sumber: Instagram/@tanianadiraa)

3. Aktor Anjasmara pun terlihat datang ke pernikahan anak dari Raam Punjabi

Amrit Punjabi dan Sanjana, anak dan menantu Raam Punjabi yang gelar pesta mewah pernikahan di Bali yang dihadiri sederet artis Tanah Air dan artis India. (Sumber: Instagram/@anjasmara)

4. Aktris cantik, Tamara Bleszynski hadir bersama putranya nih kompak dengan baju India

Amrit Punjabi dan Sanjana, anak dan menantu Raam Punjabi yang gelar pesta mewah pernikahan di Bali yang dihadiri sederet artis Tanah Air dan artis India. (Sumber: Instagram/@tamarableszynskiofficial)

5. Vidi Aldiano dan Yuki Kato pose bareng di pernikahan anak Raam Punjabi

Amrit Punjabi dan Sanjana, anak dan menantu Raam Punjabi yang gelar pesta mewah pernikahan di Bali yang dihadiri sederet artis Tanah Air dan artis India. (Sumber: Instagram/@vidialdiano)

6. Boney Kapoor suami aktris legendaris India Sridevi beserta putrinya dan aktor Bollywood Anil Kapoor hadiri undangan pernikahan putra Raam Punjabi

Amrit Punjabi dan Sanjana, anak dan menantu Raam Punjabi yang gelar pesta mewah pernikahan di Bali yang dihadiri sederet artis Tanah Air dan artis India. (Sumber: Instagram/@viralbhayani)

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Mengenal Pram, Penulis Bumi Manusia yang Hidup di Terali Besi Tiga Rezim

Posted: 15 Aug 2019 10:00 PM PDT

Liputan6.com, Blora - Menyambut Hari Kemerdekaan ke-74 RI, novel Bumi Manusia karya Pramoedya Ananta Toer diadaptasi dan diangkat menjadi karya film. 

Tak terasa sudah 13 tahun Pramoedya Ananta Toer atau Pram meninggal dunia. Namun Karyanya yang banyak tersimpan di balik bangunan sederhana di pertigaan Jalan Sumbawa, tepatnya di RT 01 RW 01 Kelurahan Jetis, Blora, Jawa Tengah, masih tetap hidup.

Sebelum Anda menonton film Bumi Manusia, ada baiknya mengenal sosok Pram, penulis Lekra yang sebagian hidupnya dihabiskan di terali besi tiga rezim.

Saat kecil Pram dipanggil dengan sebutan Moek atau Mamoek oleh orangtuanya. Ia merupakan sulung kelahiran Blora, Jawa Tengah, pada 6 Februari 1925 dari pasangan suami istri Mastoer dan Oemi Saidah.

Di usianya kecilnya, Pram dianggap orang tuanya, Mastoer, sebagai anak kurang cerdas. Ia waktu mengeyam sekolah dasar IBO di Blora, selama tiga kali tidak naik kelas. Saat itu pimpinan tempat pendidikan tersebut adalah ayahnya sendiri.

Pram kecil itu sejatinya bukanlah seorang siswa yang menonjol prestasinya. 10 tahun lamanya ia baru mampu menyelesaikan sekolah dasarnya. Hal ini tentu sangat mengejutkan mengingat perhatiannya yang besar terhadap riset di suatu waktu kelak, khususnya terhadap penelitian sastra dan sejarah Indonesia. Kebiasaannya melakukan riset inilah yang kemudian menghasilkan antara lain roman sejarah, essai mengenai sejarah sastra Indonesia.

Usai tamat dari sekolah dasar IBO di Blora, Pramoedya Ananta Toer kemudian melanjutkan ke pendidikan sekolah setingkat SLTP kejuruan radio (Radio Vakschool) Surabaya yang dibiayai oleh sang ibunya Oemi Saidah. Waktu itu, ayahnya Mastoer menolak menyekolahkan di MULO (setingkat SLTP). Pecahnya perang dunia II membuat ijazah sekolah itu tidak pernah sampai ditangannya.

Hal ini erat kaitannya dengan wajib militer yang dikenakan kepada para pelajar oleh pemerintah pendukung jepang yang tidak disukai Pram, hingga ia memutuskan untuk meninggalkan kursus tersebut sebelum memperoleh ijazah. Tentara Jepang mulai mendarat di pantai utara pulau jawa dan sampai di daerah Blora pada 2 maret 1942.

Di awal masa penjajahan Jepang, Pram mengalami kenyataan pahit. Ibu yang sangat dicintainya meninggal pada 3 Juni 1942 akibat penyakit TBC. Neneknya, Mbah Sabariyah didatangkan dari Ngadiluwih untuk mengurus keluarga, namun tidak lama tinggal di Blora. Akibatnya Pram hidup dalam ketidakpastian. Kepergian sang ibu sangat mengguncang hati Pram muda.

Demikianlah masa kecil Pram yang ia tuliskan dalam karya-karyanya, khususnya dalam kumpulan cerita pendek Tjerita dari Blora. Ia kemudian merantau ke Jakarta, dan sempat mendaftarkan diri di sebuah sekolah Taman Siswa (Tepatnya Taman Dewasa-setingkat SLTP).

 

Karya Terjemahan

Ia pun sempat menempuh sekolah di sekolah Islam untuk beberapa waktu, namun tidak selesai. Selain pendokumentasian, ia pernah mencoba menerjemahkan karya pengarang dunia, terutama dari bahasa Belanda. Walau di masa kecilnya tidak begitu serius mempelajari hal tersebut, namun kemampuan pasifnya memang cukup baik.

Selain Max Havelaar, Pram pun menerjemahkan sebuah buku berbahasa Belanda Lode Zielens, yang bahasanya bagi orang Belanda sekarang pun tidak mudah dipahami. Padahal itu dilakukan waktu ia saat masih muda.

Beberapa rangkaian karya terjemahan Pram yang lain adalah Tikus dan Manusia (diterjemahkan dari Of Mice and Men karya John Steinbeck), Kembali kepada Tjinta Kasihmu (diterjemahkan dari edisi Belanda karya Leo Tolstoy berjudul Huwelijksgeluk), dan Ibunda (karya Maxim Gorki, diterjemahkan dari bahasa Belanda dan bahasa Inggris dengan judul asli Mati).

Setelah sanggup membina kehidupan keluarga, pada 13 januari 1950 Pram kemudian menikah dengan seorang gadis yang telah dilamarnya sejak ia masih dalam penjara Belanda. Kebutuhan untuk menafkahi keluarga yang ia bangun nampak mendorong untuk lebih produktif menulis.

Banyak karyanya yang ditulis Pram di tahun 1950-an. Diantaranya Pertikaian Revolusi (1950), Di Tepi Bekasi (1950), Keluarga Gerilya (1950), Perburuan (1950), Subuh (1950), Bukan Pasar Malam (1951), Mereka Jang Dilumpuhkan (1951), Tjerita dari Blora (1952), Gulat di Djakarta (1953), dan lain sebagainya.

Pram menunjukkan integritasnya pada kesustraan, kemudian dari hal itulah yang membuatnya dapat beasiswa dari Sticusa (Sticting Culturele Samunwerking, lembaga kebudayaan Indonesia Belanda) untuk belajar di Belanda. Namun beasiswa yang ia dapatkan hanya dijalani selama enam bulan dari rencana satu tahun yang diberikan.

Dari hal itu-lah seolah Pram mendapat semangat baru, yang kemudian membuatnya aktif berpolitik sekembalinya ke Indonesia. Karya Pram menunjukkan, ia diangkat sebagai anggota badan musyawarah Golongan Fungsional Kementeran Petera (Pengarah Tenaga Rakyat).

Kapasitas intelektualitasnya semakin diasah ketika menjadi ketua Discusi Simpat Sembilan. Sebuah kelompok diskusi yang antara lain mencetuskan kembali ke UUD 1945 untuk mengatasi perpecahan konstituante pada 22-28 Januari 1959.

 

Sepak Terjang di Lekra

Pram juga terpilih sebagai anggota pimpinan pleno dalam kongres nasional Lekra yang diadakan di Solo. Saat itu secara resmi, ia mulai dilibatkan dalam Lekra (Lembaga Kebudayaan Rakyat). Semuanya memberi modal bagi ke Pram untuk terjun dibidang ilmiah akademik. Hal itu dibuktikan pada tahun 1962 mengabulkan permintaan pimpinan Fakultas Sastra Universitas Res Publika (sekarang Universitas Tri Sakti) untuk mengajar di Universitas tersebut.

Periode ini merupakan masa ketika Partai Komunis Indonesia (PKI) semakin berpengaruh dalam peta perpolitikan Indonesia. Hal ini memberi konsekuensi menguatnya peran Lekra, yang memiliki kedekatan dengan partai tersebut. Dalam masa ini, Pram terlibat dalam arus polemik ideologis yang cukup dikenal dalam sejarah kebudayaan Indonesia pada masa itu.

Namun, polemik yang dibangun Pram terhadap kubu manifes kebudayaan berakhir antiklimaks. Pergantian kekuasaan dari Orde Lama ke Orde Baru harus dibayar mahal dengan penangkapan besar-besaran para aktivis, simpatisan, atau siapapun yang diduga terlibat dalam PKI. Banyak orang terbunuh, dan sebagian lainnya, termasuk Pram dipenjarakan sebelum kemudian dibawa ke Pulau Buru.

 

Tetralogi Pulau Buru

Tetralogi Pramoedya Ananta Toer. (Liputan6.com/Ahmad Adirin)

Selama pengasingannya di Pulau Buru, Integritas kepenulisannya tidak menjadi luntur. Bahkan dari Pulau Buru inilah kemudian lahir karya masterpiecenya. Empat buah buku yang disusun sebagai Tetralogi karya Buru (Bumi Manusia, Anak Semua Bangsa, Jejak Langkah dan Rumah Kaca). Karya itu berhasil ditulis setelah sebelumnya diceritakan secara lisan kepada teman-teman Pram ketika sepengasingan.

Hampir 18 tahun lamanya, Pram kehidupannya dihabiskan dalam penjara, sebuah wajah semesta yang paling purba bagi manusia bermartabat. Secara bergiliran dirasakannya nyinyir terali besi tiga rezim tiga kekuasaan, tiga tahun tawanan kolonial Belanda (Penjara Bukit duri 1947-1949), Satu tahun (1960) dalam penjara orde lama, dan 14 tahun yang melelahkan dimasa Orde Baru (13 Oktober 1965-Juli 1969, Juli 1969-16 Agustus 1969 di Pulau Nusa Kambangan, Agustus 1969-12 November 1979 di Pulau Buru, November-Desember 1979 di Magelang dan Banyuwangi) tanpa proses pengadilan.

Pada tanggal 21 Desember 1979, Pram mendapatkan kebebasan secara hukum tidak bersalah dan tidak terlibat dalam G 30 S/PKI. Namun ia masih dikenakan tahanan rumah hingga 1992. Tahanan kota dan tahanan negara sampai 1999 dan wajib lapor ke Kodim Jakarta Timur satu kali seminggu, kurang lebih selama 2 tahun.

Setelah beberapa bulan mengalami gangguan kesehatan dan dirawat ke rumah sakit St CarolusJakarta selama 3 hari sejak kamis 27 April 2006, akhirnya meninggal dunia pada hari Minggu 30 April 2006 sekitar pukul 19.15 WIB di kediamannya Jalan Multi Karya II 26, Jakarta Timur.

Simak juga video pilihan berikut ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Mantan Napi Teroris Siap Gelar Upacara 17 Agustus di Lamongan

Posted: 15 Aug 2019 10:00 PM PDT

Liputan6.com, Lamongan - Sejumlah mantan narapidana teroris (Napiter) dan mantan kombatan yang bernaung di Yayasan Lingkar Perdamaian (YLP) besutan Ali Fauzi Manzi, adik kandung Amrozi, pelaku Bom Bali I, akan menggelar upacara bendera 17 Agustus 2019 dalam rangka HUT RI di Lamongan, Jawa Timur.

"Yayasan Lingkar Perdamaian dalam menyambut HUT RI ke 74 di halaman asrama YLP pada tanggal 17 Agustus besok, jam 08.30 WIB, akan menggelar upacara bendera dan ikrar sumpah setia pada NKRI," tutur Ali kepada Liputan6.com melalui pesan singkat, ditulis, Jumat (16/8/2019).

Ali menuturkan, upacara bendera HUT RI tersebut akan diikuti oleh sejumlah mantan napi teroris dan kombatan, keluarga mantan napiter anak istri mertua dan saudara, mantan donatur dan simpatisan Jamaah Islamiyah (JI) dan juga ISIS.

"Dan juga anak - anak Taman Pendidikan Al - Quran di bawah asuhan YLP serta donator YLP.  Jumlah peserta upacara 235 orang," kata dia.

Kegiatan ini hasil kerja sama yayasan lingkar perdamaian dengan Polres lamongan. Bertindak sebagai petugas upacara bendera dalam rangka HUT RI:

1. Ali Fauzi Manzi sebagai pembaca teks proklamasi

2. IRUP. Kapolres Lamongan AKBP Febby Dapot Hutagalung

3. Perwira upacara, ustad Asadullah alias ustad Sumarno (Napiter kasus bom Bali 1) 

4. Komandan upacara, Yoyok Edi (Jebolan ponpes Al Islam mantan anggota JI)

5. Pengibar Bendera A. Saiful Abid mantan napiter kasus penembakan polisi di Poso.  B. Hendra, anak terpidana mati Amrozi C. Mustain, anak mantan napiter Norminda

6. Putagas Ikrar Sumpah Setia NKRI : Atho, Hasan, Hamim T, Azhar, Zaim, Arif, Abu Bilal, Norminda

"Tidak letih berlatih demi sebuah harapan, bahwa setiap orang baik mempunyai masa lalu dan setiap orang jahat punya masa depan. Keduanya punya kesempatan yang sama untuk berubah menjadi lebih baik," ujar Ali.

Jurus Polisi Cegah Paham Radikal di Lamongan

Buku memuat paham radikal disita dari rumah terduga teroris di Malang, 2016 silam (Liputan6.com/Zainul Arifin)

Sebelumnya, Polisi berupaya menggandeng seluruh pemangku kepentingan atau tokoh masyarakat termasuk mantan narapidana terorisme untuk menangkal peredaran paham radikal di Kabupaten Lamongan, Jawa Timur.

Salah satu yang dilakukan melibatkan  puluhan mantan narapidana terorisme yang tergabung dalam Yayasan Lingkar Perdamaian (YLP).

Kapolres Lamongan AKBP Feby Hutagalung  menuturkan, setelah bom Bali I yang pelakunya merupakan warga Lamongan, penyebaran paham itu kini di Lamongan tidak signifikan. Namun, polisi tetap berupaya dengan menggandeng seluruh pemangku kepentingan atau tokoh masyarakat, termasik mantan narapidana terorisme.

"Ada Yayasan Lingkar Perdamaian yang didirikan BNPT di mana itu cukup efektif menggandeng mantan napiter untuk direkrut bergabung sehingga mereka terakomodasi dalam satu komunitas," tutur Feby, seperti dikutip dari Antara, ditulis Minggu, 28 Juli 2019.

Ada wadah yang bersifat kekeluargaan diyakini membawa pencerahan dan pemberian wawasan kebangsaan yang cukup efektif sehingga terjadi perubahan pandangan.

"Salah satu tujuannya menjauhkan mantan anggota dari sifat destruktif," ujar Feby.

Meski begitu, Feby menyebut terdapat daerah rawan yang terus diawasi untuk mencegah adanya aksi amaliah. "Kekhususan tidak bisa saya sebut. Memang ada beberapa yang rawan dan masuk pantauan dari kami dan Densus 88," ucap dia.

Total sebanyak 42 mantan napiter serta anggota organisasi radikal bergabung dengan YLP. Bahkan pada 17 Agustus 2018, semuanya mau terlibat dalam upacara, baik sebagai peserta mau pun petugas.

"Luar biasa mantan napiter awalnya dalam pikirannya Pancasila dianggap kafir, tidak sesuai pemahaman mereka, secara perlahan dengan adanya pengarahan dan bimbingan, mau melajutkan penghormatan dan menjadi petugas upacara. Meski prosesnya cukup panjang," tutur Feby di Lamongan.

Selanjutnya

Selain itu, belasan warga Kabupaten Lamongan, Jawa Timur, yang pernah berangkat ke Suriah, baik yang telah bergabung dengan kelompok radikal ISIS mau pun yang dideportasi sebelum sampai terus diawasi pergerakannya.

"Kami memantau keberadaan mereka melalui Bhabinkamtibmas dan baur pengumpulan bahan dan keterangan tingkat polsek," tutur Kepala Kepolisian Resor Lamongan AKBP Feby Hutagalung di Mapolres Lamongan, Jumat.

Polres Lamongan disebutnya juga bekerja sama dan berkoordinasi dengan pemerintah dan tokoh agama untuk melakukan pendekatan halus secara simultan sejak belasan warga tersebut kembali ke Lamongan pada 2015.

Selama tiga tahun melakukan pendekatan dinilainya kurang efektif karena para kombatan yang bergabung dengan ISIS itu tertutup dengan orang di luar kelompoknya.

"Kendalanya mereka cenderung tertutup sehingga upaya-upaya lain melalui teman-teman mantan napiter juga dimaksimalkan untuk melakukan pendekatan juga," kata Feby.

Untuk itu, selama setahun terakhir, pendekatan semakin diintensifkan melalui berbagai kegiatan dengan melibatkan mantan napiter yang sudah aktif melakukan kontra radikal.

Feby yakin pendekatan manusiawi yang menyentuh dan menyerap aspirasi kelompok tersebut atas keinginannya di Lamongan lambat laun akan menunjukkan hasil. Ada pun pada 2015, terdapat dua perempuan dewasa dan anak-anaknya yang hendak ke Suriah, tetapi tertangkap oleh aparat Turki dan kemudian dideportasi ke Indonesia. Semuanya merupakan keluarga.

Salah seorang suaminya masuk ke Suriah dan bergabung dengan ISIS, sementara suami perempuan lainnya meninggal saat dilakukan upaya penangkapan oleh Detasemen Khusus 88 Antiteror Mabes Polri pada 2013. Selain satu keluarga tersebut, pada 2016 terdapat seorang remaja yang kedua orangtuanya lolos masuk ke Suriah sehingga harus tinggal dengan neneknya di Lamongan.

 

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini

[vidio:Waspada Gerakan ISIS, Petugas Lapas Sita Dua Buku dari Pengunjung]()

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Apple Tawarkan Rp 14,2 Miliar untuk Penemu Bug iPhone

Posted: 15 Aug 2019 10:00 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Apple membuat perubahan besar pada program bug bounty mereka. Program ini mengajak para ahli IT untuk masuk ke sistem dari iPhone dan produk Apple lainnya guna mengetahui kerentanan di infrastruktur Apple.

Selanjutnya, Apple akan memperbaiki kerentanan tersebut. Mereka yang berhasil menemukan celah inipun diganjar sejumlah hadiah berupa uang tunai.

Apple memperkenalkan program bug bounty ini pada 2016.  Mengutip laman Business Insider, Jumat (16/8/2019), perusahaan menyebut, mereka akan membayar USD 1 juta (sekitar Rp 14,2 miliar) kepada peneliti keamanan yang dapat menyerang eksekusi kernel dengan metode zero-click.

Ini berarti, siapapun yang bisa mencapai inti dari iOS Apple dan mendapatkan kendali atas iPhone tanpa adanya interaksi dengan pengguna bisa mendapatkan hadiah tersebut.

Jumlah hadiah tersebut jauh lebih tinggi dibanding yang dijanjikan sebelumnya, yakni maksimum USD 200 ribu kepada peneliti ketika program diluncurkan, 2016 silam.

Hadiah yang dijanjikan oleh Apple ini merupakan hadiah bug bounty terbesar yang ditawarkan oleh sebuah perusahaan teknologi.

Diumumkan di Konferensi Black Hat

IPhone XS (kiri) dan XS Max diperlihatkan saat peluncuran produk baru Apple di California (12/9). iPhone XS dan XS Max tersedia tiga warna (gold, silver, abu-abu) dan tiga konfigurasi memori (64GB, 256GB, dan 512GB). (AP Photo/Marcio Jose Sanchez)

Menurut Forbes, mereka yang berhasil menemukan kerentanan dalam versi beta dari software Apple ini sebelum iOS terbaru diluncurkan juga bisa mendapatkan 50 persen dari hadiah tersebut.

Apple mengumumkan perubahan pada program bug bounty-nya pada konferensi keamanan siber Black Hat yang berlangsung di Las Vegas, beberapa waktu lalu.

Selain peningkatan hadiah sebesar USD 1 juta, Apple juga mengumumkan mereka akan memperluas program ke platform lain seperti macOS, tvOS, dan watchOS, hingga perangkat lunak yang mendukung Mac, Apple TV, dan Apple Watch.

Perusahaan juga menghapus persyaratan undangan khusus program dan membukanya untuk semua peneliti keamanan yang ingin berpartisipasi.

Alasan Peningkatan Hadiah

Ilustrasi: Selain menjadi toko ritel pertama di Asia Tenggara, Apple Store ini juga menjadi toko pertama yang sepenuhnya menggunakan energi terbarukan (sumber : bgr.com)

Ekspansi dan perubahan program bug bunty ini dilakukan seiring dengan peretasan data yang meningkat di industri teknologi dan finansial.

Di antara perusahaan besar, yang baru-baru ini menjadi korban peretasan data adalah Capital One. Insiden itu membuat 100 juta data pelanggan di Amerika Serikat dan 6 juta dan di Kanada terdampak peretasan.

Pakar keamanan juga memperhatikan keretanan dalam program Apple selama beberapa tahun terakhir. Pada Juni lalu, peneliti Patrick Wardle melihat sebuah kecacatan yang memungkinkan para penyusup masuk ke keamanan macOS.

(Tin/Ysl)

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Lakukan Ini ketika Tak Mampu Bayar Tagihan Kartu Kredit

Posted: 15 Aug 2019 10:00 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Kenyamanan menggunakan kartu kredit menjadi daya tarik tersendiri alat pembayaran yang satu ini. Selain itu, berbagai penawaran menarik yang diberikan kartu kredit juga jadi alasan lain tingginya transaksi yang dilakukan oleh para pengguna kartu kredit seperti Anda.

Sebagai pengguna aktif, Anda tentu terbiasa menikmati berbagai fitur dan keuntungan dari kartu kredit, apalagi jika Anda termasuk pengguna yang memiliki transaksi keuangan yang cukup tinggi setiap bulannya.

Namun di balik semua itu, kartu kredit juga memiliki risiko tersendiri yang patut Anda waspadai, terutama terkait dengan penggunaannya. Berbagai transaksi yang Anda lakukan dengan kartu kredit akan membuat Anda memiliki sejumlah tagihan pada kartu tersebut.

Akan sangat menyenangkan, jika ternyata Anda bisa melunasi seluruh tagihan Anda dengan baik setiap bulannya. Namun jika tidak mampu melunasi keseluruhan tagihan tersebut, maka tagihan akan menumpuk menjadi lebih banyak lagi setiap bulannya, apalagi jika Anda tak kunjung melunasinya.

Jika sudah begini, berbagai masalah keuangan tentu akan sangat rentan terjadi, bukan?

Pahami Risikonya sejak Awal

Pada dasarnya bank memang memungkinkan Anda untuk membayar sebagian atau bahkan hanya 10 persen saja dari total tagihan kartu kredit. Anda mungkin saja menganggap ini sebagai sebuah kemudahan, di mana Anda bisa membayar sebagian (mencicil) saja tagihan yang Anda miliki.

Namun jika Anda jeli, maka kemudahan untuk membayar sebagian tagihan ini justru akan menjadi bumerang di dalam keuangan Anda. Bukannya memudahkan, pembayaran tagihan kartu kredit yang tidak lunas seperti ini akan membuat Anda memiliki jumlah utang lebih besar. 

Simak beberapa risiko yang harus Anda tanggung akibat tidak membayar penuh tagihan kartu kredit berikut ini:

1. Biaya bunga yang tinggi

Ada beberapa pengguna kartu kredit yang teledor dalam menggunakan kartu kredit.

Kartu kredit menerapkan bunga yang terbilang tinggi, sehingga penting bagi Anda untuk selalu menghindari bunga ini. Namun ketika Anda memiliki sisa tagihan yang tak terbayarkan pada kartu kredit Anda, maka seluruh tagihan tersebut akan dikenakan bunga.

Jumlahnya akan menyesuaikan total penggunaan kartu kredit Anda di bulan tersebut. Semakin besar tagihan Anda, maka akan semakin banyak juga biaya bunga yang harus Anda bayarkan.

2. Over limit dan biaya lainnya

Saat Anda tidak membayar penuh tagihan, maka Anda juga berisiko melampaui batas kredit yang Anda miliki ketika menggunakan kartu tersebut kembali. Hal ini akan membuat Anda dikenai sejumlah biaya tambahan, yakni biaya over limit dan biaya denda jika sewaktu-waktu Anda terlambat melakukan pembayaran.

Atasi dengan Langkah yang Tepat

Ilustrasi Foto Kartu Kredit (iStockphoto)

Jika mengalami kesulitan untuk membayar penuh tagihan kartu kredit, maka pastikan Anda mengambil langkah yang tepat untuk mengatasinya. Hal ini penting untuk menghindari berbagai masalah yang lebih rumit lagi, sehingga tunggakan kartu kredit ini tidak membuat kondisi keuangan Anda menjadi lebih buruk lagi ke depannya. 

Berikut ini adalah beberapa langkah tepat yang wajib Anda lakukan ketika tidak bisa membayar penuh tagihan kartu kredit, seperti dikutip dari Cermati.com.

1. Sesuaikan Anggaran dan Buat Perencanaan Keuangan Baru

Jika Anda tidak mampu membayar seluruh tagihan kartu kredit Anda, maka Anda tentu memiliki masalah dengan pengeluaran di dalam keuangan Anda. Segera benahi hal ini dengan cara menyesuaikan kembali anggaran keuangan yang Anda miliki.

Pastikan Anda membuat porsi yang tepat antara pemasukan dan pengeluaran Anda, sehingga tidak terjadi berbagai masalah dan juga utang yang baru di dalam keuangan. Selain itu, prioritaskan juga pelunasan utang kartu kredit Anda.

2. Berhenti Menggunakan Kartu Kredit Sementara 

Saat tagihan tidak terbayarkan, maka hindari penggunaan kartu kredit Anda dengan alasan apapun. Anda harus bisa menahan diri dan memahami dengan baik kondisi yang sedang dihadapi, sehingga proses ini tidak menjadi hal yang sulit untuk dilakukan.

Biasakan untuk kembali melakukan transaksi keuangan Anda dengan kartu debit atau bahkan uang tunai, sehingga Anda lebih mudah untuk mengontrol berbagai pengeluaran yang Anda lakukan.

3. Negosiasi Keringanan dengan Pihak Bank

ILustrasi bank (Sumber: Istockphoto)

Saat tunggakan kartu kredit Anda besar dan sulit dilunasi dalam waktu dekat, maka mendatangi bank penerbit kartu Anda adalah solusinya.

Sampaikan masalah Anda dan mintalah keringanan untuk melunasi utang tersebut, misalnya: penghapusan bunga, cicilan tetap, dan yang lainnya. Hal ini akan membantu Anda menghindari tumpukan utang yang semakin besar.

Selesaikan dengan Cara yang Tepat

Ada banyak risiko dalam penggunaan kartu kredit yang tidak bijak. Saat Anda tidak bisa melunasi seluruh tagihan kartu kredit, pastikan Anda menanggapi hal ini dengan segera. Selesaikan masalah tunggakan kartu kredit Anda dengan langkah yang tepat, sehingga kondisi keuangan Anda tidak memburuk akibat masalah tersebut.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Sebelum Sensasi Video Pamit, Ini 4 Fakta Awal Karier Ria Ricis

Posted: 15 Aug 2019 10:00 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Nama Ria Ricis menjadi bahan olok-olok publik. Adik Oki Setiana Dewi itu menuai kontroversi karena unggahan videonya pada akhir Juli lalu. Dalam video 'SAYA PAMIT' yang diunggah pada 27 Juli 2019, Ria Ricis mengungkapkan bahwa dirinya akan mundur dari dunia YouTube.

Namun dua hari berselang, Ria Ricis kembali mengunggah video di akun YouTube. Video berjudul 'SAYA KEMBALI' diawali dengan pernyataan Ria Ricis terkait video sebelumnya. Kemudian, video 'SAYA KEMBALI' menampilkan liburannya ketika berada di Labuan Bajo. NTT.

Sontak hal ini membuat Ria Ricis di-bully oleh banyak orang. Tidak sedikit orang yang menyebut aksi pamitnya hanya untuk mencari sensasi agar menambah jumlah subscriber YouTube-nya.

Akibat tak tahan di-bully, Ria Ricis mengaku sempat ingin bunuh diri. Di balik kesuksesan dan kabar kontroversi tersebut, berikut 4 fakta awal perjalanan karier Ria Ricis. 

1. Jadi Selebgram

Ria Ricis (Nurwahyunan/Fimela.com)

Ria Ricis mengawali kariernya melalui akun Instagram. Ria Ricis kerap mengunggah konten-konten lucu di akun pribadinya. Video-video dan meme lucu itu pun mengundang ketertarikan publik kepadanya.

Ria Ricis juga menerima jasa endorsement dan paid promote di akun Instagram. Dari sini nama Ria Ricis makin dikenal oleh masyarakat.

2. Terjun di Dunia Youtube

(Adrian Putra/Bintang.com)

Desakan para penggemar, membuat Ria Ricis terjun di Youtube pada 2016. Awalnya, Ria Ricis masih menggunggah konten-konten lucu di akun YouTube-nya. Berinovasi, Ria Ricis mengunggah video tentang squishy.

Kecintaan Ria Ricis kerap ditunjukkan di videonya. Terkadang Ria Ricis mengadakan giveaway squishy untuk para subscribers-nya. Sejak saat itu, konten Ria Ricis semakin laris.

3. Kontroversi Squishy

(Instagram/riaricis1795)

Konten squishy Ria Ricis sempat menuai kontroversi. Dalam videonya, Ria Ricis melakukan hal yang dianggap mencemari lingkungan. Ria Ricis membuang beberapa squishy ke toilet dan laut.

Video ini langsung menuai kontoversi dari para penonton. Akhirnya Ria Ricis mengahapus video squishy kontroversi dari akun YouTube-nya.

4. Belasan Juta Subcribers

Ria Ricis - Atta Halilintar (Bambang E. Ros/Fimela.com)

Ria Ricis mengunggah sebuah video di akun Instagram. Video yang menampilkan detik-detik subscribers akun Youtube-nya bertambah menjadi 11 juta itu diunggah pada 9 Maret 2019.

Kabar 11 juta subscribers juga diunggah Ria Ricis. Hingga artikel ini ditulis, subscribers Ria Ricis mencapai 16 juta. (Maria Advensiani/mgg)

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Kode-Kode Ibu Kota Baru dalam Doa Sidang Tahunan DPD-DPR

Posted: 15 Aug 2019 09:58 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Kode-kode agar Ibu Kota baru dipindah dari Jakarta ke Kalimantan Timur terungkap di sidang tahunan bersama DPD-DPR yang dihadiri Presiden Jokowi. Kode itu terselip saat Ketua DPD RI Oesman Sapta Odang atau OSO mempersilakan anggota DPD asal Kalimantan Timur Muhammad Idris membacakan doa.

Kode tersebut juga diucapkan saat mengamini doa yang dibacakan oleh Idris.

Dalam munajatnya, Idris menyelipkan sebuah harapan, meminta penempatan Ibu Kota baru dilakukan di daerah asalnya.

"Ya Allah sekiranya pemindahan Ibu Kota Negara Indonesia sebagai solusi yang terbaik untuk mengatasi kesulitan di NKRI, maka mohon Ya Rab bulatkan tekad para pemimpin kami para pejabat tinggi negara, alim ulama, cendikiawan cerdik pandai, dan masyakarat khususnya untuk memindahkannya di Provinsi Kalimantan Timur," ujar Idris dalam doanya di penghujung Sidang Tahunan MPR RI, Jumat (16/8/2019).

Terlihat munajat tersebut langsung disambut raut wajah semringah OSO. Dia pun mengamini doa Idris terkait Ibu Kota baru tersebut disambut riuhnya para peserta sidang.

"Ya ya ya, terima kasih kepada Pak Idirs, semoga Tuhan Yang Maha Esa mengabulkan harapan kita bersama ya," tutup Oso dengan senyum.

Jokowi Minta Restu

Presiden Joko Widodo dengan baju adat suku Sasak NTB menyampaikan pidato kenegaraan dalam Sidang Bersama DPD-DPR di Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta, Jumat (16/8/2019). Setelah sidang tahunan MPR 2019 berakhir, agenda berlanjut ke sidang bersama DPD-DPR. (Liputan6.com/Johan Tallo)

Presiden Jokowi kembali menegaskan wacana pemindahan Ibu Kota ke luar Jawa. Jokowi meminta izin untuk memindahkan Ibu Kota negara ke Pulau Kalimantan dalam pidato kenegaraannya di sidang tahunan bersama DPD-DPR.

"Dengan memohon rida Allah SWT, dengan meminta izin dan dukungan dari Bapak Ibu Anggota Dewan yang terhormat, para sesepuh dan tokoh bangsa terutama dari seluruh rakyat Indonesia, dengan ini saya mohon izin untuk memindahkan Ibu Kota negara kita ke Pulau Kalimantan," kata Jokowi di Jakarta, Jumat (16/8/2019).

Jokowi menambahkan, Ibu Kota bukan hanya sebagai simbol identitas bangsa, namun juga sebagai representasi kemajuan bangsa.

Hal ini demi terwujudnya pemerataan dan keadilan ekonomi, agar pembangunan Indonesia tidak Jawa sentris, namun Indonesia sentris.

"Ini demi visi Indonesia Maju. Indonesia yang hidup selama-lamanya," tutup Jokowi.

 

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

4 Polisi Cianjur Terbakar saat Jaga Demonstrasi, 1 Luka Parah

Posted: 15 Aug 2019 09:57 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Kabid Humas Polda Jabar Kombes Trunoyudo Wisnu Andiko mengatakan, empat polisi menjadi korban dalam inisden unjuk rasa aktivis Cipayung Plus Cianjur di Kantor Pemerintah Daerah setempat.

Keempat polisi mengalami luka bakar. Peristiwa itu terjadi Kamis, 15 Agustus kemarin.

"Empat polisi alami luka bakar. Satu diantarnya sangat membutuhkan penanganan serius yaitu Aiptu Erwin Yudha," kata Trunoyudo saat dihubungi Liputan6.com, Jumat (16/8/2019).

Trunoyudo mengatakan, keempatnya dirawat di rumah sakit yang berbeda. Dua orang dibawa ke Rumah Sakit Umum Pusat Dr. Hasan Sadikin.

Satu orang dirawat di Rumah Sakit Bhayangkara Sartika Asih. Sementara satu orang dirawat di Rumah Sakit Polri Kramat Jati.

"Sebagiannya sudah bisa berkomunikasi. Cuma masih membutuhkan istirahat. Satu orang atas nama Aiptu Erwin Yudha perlu penanganan serius," ucap dia.

Dedi mengatakan, pihaknya telah membentuk tim gabungan dari Polda Jabar dan Polres Cianjur. Hingga kini, setidaknya 30 orang peserta unjuk rasa ditangkap di Polres Cianjur.

"Mereka dari beberapa elemen dari GMNI, PMII, HMI, Himmat, IMM, DPP. Sudah 30 orang diamankan," kata Dedi.

 

Berbagai Elemen Ormas

Kelompok Organisasi Kepemudaan (OKP) Cipayung Plus, mengggelar aksi di Kantor Pemda Kabupaten Cianjur. Aksi itu pun diwarnai pemblokiran jalan di depan pintu masuk Pemda Kabupaten Cianjur.

Belakangan aksi massa semakin brutal yang mengakibatkan empat polisi terkena luka bakar. Hal itu karena ada salah satu massa aksi yang menyiram bensin ke sekitara ban, sehingga api menyambar anggota Kepolisian yang mencoba memadamkan api tersebut.

Saksikan video pilihan di bawah ini:

Kabiropenmas Divisi Humas Polri Dedi Prasetyo  (Liputan6.com/Faizal Fanani)

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Diklaim Dapat Obati Kanker, Tumbuhan Bajakah di Palangkaraya Diburu Pembeli

Posted: 15 Aug 2019 09:54 PM PDT

Fokus, Jakarta Usai kemenangan tiga siswa SMA Negeri 2 Palangkaraya dalam lomba karya ilmiah di Korea Selatan yang berhasil menemukan obat kanker payudara, penjualan akar dan kayu tanaman bajakah di Palangkaraya Kalimantan Tengah, diburu pembeli.

Seperti ditayangkan Fokus Indosiar, Jumat (16/8/2019), kayu atau akar tanaman bajakah kini banyak dicari orang seperti di Pasar Kahayan. Harga akar atau serpihan kayu bajakah di pasar ini berkisar Rp 300 ribu per kilogram.

Sementara itu, Badan Penelitian dan Pengembangan Kesehatan Kementerian Kesehatan (Balitbangkes Kemenkes) akan meneliti tanaman bajakah untuk memastikan bisa tidaknya tanaman tersebut dinyatakan sebagai obat.

Rencananya pihak Kemenkes juga akan menerjunkan tim khusus ke Palangkaraya untuk menindaklanjuti temuan ketiga siswa SMA terkait kandungan dan khasiat tanaman bajakah sebagai obat kanker.    

Pihak Dinas Kesehatan Palangkaraya menyatakan akan segera mempatenkan hasil karya ilmiah ketiga siswa. Namun, untuk menyatakan kayu bajakah adalah obat kanker yang dijual bebas,harus melalui sejumlah riset ilmiah yang cukup panjang.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Arema FC vs Persebaya: Cetak Empat Gol, Bukti Singo Edan Masih Haus Gol

Posted: 15 Aug 2019 09:51 PM PDT

Liputan6.com, Malang - Arema FC tampil gemilang di lanjutan Shopee Liga 1 2019, Kamis (15/8). Di kandang sendiri, Stadion Kanjuruhan, mereka sukses menghajar Persebaya Surabaya 4-0.

Dendi Santoso mencetak gol pembuka Arema FC di babak pertama, di laga yang disiarkan Indosiar ini. Sementara tiga gol tambahan, dicetak di babak kedua oleh Arthur Cunha, Sylvano Comvalius, dan Makan Konate.

:Teman-teman bermain sangat luar biasa, walaupun kami sudah unggul tetap tidak menurunkan tempo. Kami seperti haus gol, ingin mencetak banyak gol, dan alhamdulillah kami bisa menang 4-0," ujar gelandang Arema FC, Muhammad Rafli, seperti dirilis situs resmi klub.

Kemenangan ini memang sangat penting bagi Singo Edan. Pasalnya, di dua laga sebelumnya, mereka selalu gagal memetik tiga poin. Arema FC hanya main imbang 2-2 lawan Persija Jakarta dan kalah 2-4 dari Kalteng Putra.

 

Faktor Aremania

Gelandang Arema FC, Muhammad Rafli.

Rafli pun menyebut faktor pendukung fanatik mereka, Arema FC, sebagai salah satu penentu gemilangnya performa Comvalius dan kawan-kawan.Kehadiran mereka di stadion, kata Rafli selalu mampu membakar semangat pemain untuk tampil habis-habisan.

"Terimakasih kepada Aremania, yang walaupun hari kerja tetap meramaikan stadion, dan bernyanyi dengan tertib," kata Rafli.

Seperti dirilis Aremania.net, di laga ini lebih dari 37 ribu Aremania hadir memadati Kanjuruhan.

Papan Atas

Kemenangan ini pun membuat Arema FC mulai nyaman di papan atas klasemen Shopee Liga 1 2019. Saat ini, mereka berada di posisi keempat dengan 22 poin dari 13 pertandingan.

Senin (19/8), Arema FC akan kembali turun gelanggang Shopee Liga 1 2019 menghadapi Barito Putera. Di laga ini, mereka masih berlaku sebagai tuan rumah di Stadion Kanjuruhan.Sumber: Aremania.net

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

25 Kata Mutiara Perpisahan Resign untuk Rekan Kerja Terbaik

Posted: 15 Aug 2019 09:50 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Kata mutiara perpisahan resign bisa menjadi ungkapan selamat tinggalmu dengan rekan kerja. Perpisahan dapat terjadi di mana pun termasuk dalam lingkungan kerja. Keinginan untuk terus berkembang membuat seseorang harus mencari yang terbaik dalam pekerjaannya.

Meninggalkan lingkungan kerja yang telah lama dijalani menjadi hal yang sulit. Persahabatan yang hangat membuat kamu tak rela melepas rekan kerja yang akan segera resign. Kata mutiara perpisahan resign bisa kamu ungkapkan untuk melepasnya. Dengan kata mutiara perpisahan resign kamu bisa menggambarkan betapa beratnya kehilangan rekan sepertinya.

Mengucapkan kata mutiara perpisahan resign juga bisa menjadi cara mengungkapkan betapa berharga dirinya bagimu. Di kata mutiara perpisahan resign kamu bisa menyelipkan doa dan harapan agar rekan kerjamu mendapatkan yang terbaik baginya. Ada banyak inspirasi kata mutiara perpisahan resign. Berikut 25 kata mutiara perpisahan resign yang berhasil Liputan6.com rangkum dari berbagai sumber, Jumat (16/8/2019).

Kata mutiara perpisahan resign bahasa Inggris

Ilustrasi Kerja Kantoran (sumber: pixabay)

1. "May your journey be a pleasant one. Farewell and hope to see you soon."

2. "If you dare to say goodbye, life will always give you a new hello."

3. "The two hardest things to say in life are hello for the first time and goodbye for the last."

4. "Nothing makes the earth seem very spacious as to have friends at a distance; they make the latitudes and longitudes."

5. "Even if you know what's coming, you're never prepared for how it feels."

Mengucapkan selamat tinggal memang sulit

Mengucapkan selamat tinggal memang sulit

1. "Mengucapkan selamat tinggal pada teman sejati benar-benar sulit. Tetapi saya mengucapkan selamat tinggal dengan harapan bahwa kita akan bertemu lagi suatu hari nanti."

2. "Mengucapkan perpisahan itu sulit, tetapi bagiku itu adalah momen kebahagiaan karena saya tahu kamu akan pergi untuk masa depan yang lebih baik dan lebih sejahtera. Selamat tinggal temanku."

3. "Perjalanan yang luar biasa. Misi kita selesai. Dengan itu, kita harus mengucapkan selamat tinggal. Kita orang paling bahagia di dunia saat ini."

4. Ruang pertemuan yang kita duduki sekarang akan terasa lebih dingin karena kehangatan dan bantuanmu tidak akan ada di sana. Aku akan merindukanmu.

5. Pengunduran dirimu ini adalah pengingat bahwa hidup ini kejam dan segala hal baik berakhir. Kita mungkin bukan rekan kerja lagi tetapi kita akan selalu menjadi teman. Selamat tinggal.

Kata mutiara perpisahan resign: harapan dan doa untuk rekan kerja

Ilustrasi kantor dan tempat kerja (iStockphoto)

1. "Semoga kamu berlayar dengan lancar disertai jalan yang penuh sukacita. Semoga semua mimpimu menjadi kenyataan."

2.  "Bermimpilah. Biarkan pikiranmu membawamu ke tempat-tempat yang ingin kamu tuju, lalu pikirkan dan rencanakan serta rayakan kemungkinan-kemungkinannya. Dan jangan dengarkan siapa pun yang tidak tahu cara bermimpi. "

3. "Selalu lanjutkan pendakian. Adalah mungkin bagi kamu untuk melakukan apa pun yang kamu pilih, jika kamu mengetahui siapa dirimu dan bersedia bekerja dengan kekuatan yang lebih besar."

4. "Percaya pada dirimu sendiri. Percayalah pada kemampuanmu. Tanpa kepercayaan diri terhadap kekuatanmu sendiri, kamu tidak akan bisa sukses atau bahagia. "

5. "Jika pengunduran diri ini membawamu lebih dekat ke kesuksesan, maka aku akan berbahagia karenanya. Kamu pantas mendapatkan yang terbaik karena kamu layak untuk jadi yang terbaik."

Menghabiskan waktu bersama di lingkungan kerja memang penuh kenangan

Ilustrasi kantor dan tempat kerja (iStockphoto)

1. "Target bulanan dan penilaian kinerja akan datang dan pergi, tetapi kenangan bekerja dengan kolega sepertimu akan tetap di hatiku selamanya."

2. "Beberapa orang masuk dalam kehidupan kita dan pergi dengan cepat. Yang lain tinggal sebentar, membuat jejak di hati dan merubah hidup kita."

3. "Perpisahan memiliki rasa manis pahit. Pahit untuk perpisahan saat ini dan manis untuk kerinduan masa depan. Semoga perpisahan ini hanya bertahan untuk waktu yang singkat."

4. "Teman baik benar-benar sulit ditemukan, sulit untuk ditinggalkan dan mustahil untuk dilupakan."

5. "Perasaan manusia selalu murni dan banyak bersinar di saat pertemuan dan perpisahan."

Kutipan kata mutiara perpisahan resign bijak

ilustrasi teman/copyright Shutterstock

1. "Kepuasan terletak pada upaya, bukan pada pencapaian, upaya penuh adalah kemenangan penuh." -Mahatma Gandhi

2. Tidak ada jarak tempat atau selang waktu yang dapat mengurangi persahabatan mereka yang benar-benar diyakinkan akan nilai satu sama lain. "-Robert Southey

3. Perpisahan hanya untuk mereka yang mencintai dengan mata mereka. Karena bagi mereka yang mencintai dengan hati dan jiwa tidak ada yang namanya perpisahan.- Rumi

4. "Perpisahan mungkin tampak selamanya akan berlangsung. Perpisahan itu seperti akhir dari segalanya, tetapi dalam hatiku akan selalu ada kenangan tentangmu. "- Walt Disney

5. Perpisahan membuatmu berpikir. Mereka membuatmu menyadari apa yang kamu miliki, apa yang hilang, dan apa yang kamu anggap remeh.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

4 Polisi Cianjur Terbakar, 30 Demonstran Ditangkap

Posted: 15 Aug 2019 09:49 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Polisi terus mengusut aksi demonstrasi sejumlah aktivis di Cianjur yang berujung pembakaran beberapa personel polisi setempat. 

Peristiwa itu terjadi di Kantor Pemerintah Daerah (Pemda) Cianjur yang berujung ricuh, Kamis, 15 Agustus kemarin.

Karo Penmas Divisi Humas Polri Brigjen Dedi Prasetyo mengatakan, pihaknya telah membentuk tim gabungan dari Polda Jabar dan Polres Cianjur. Hingga kini, setidaknya 30 orang peserta unjuk rasa ditangkap di Polres Cianjur.

"Mereka dari beberapa elemen dari GMNI, PMII, HMI, Himmat, IMM, DPP. Sudah 30 orang diamankan," kata Dedi di Mabes Polri, Jumat (16/8/2019).

Dedi menerangkan, empat anggota polisi mengalami luka yang cukup serius. Diantaranya Aiptu Erwin menderita luka bakar hingga 60 persen.

"Saat ini dirujuk ke Rumah Sakit Polri Kramat Jati. Dari hasil observasi kondisi masih dalam rangka pemulihan, pagi ini dirujuk lagi ke Rumah Sakit Pusat Pertamina," ucap dia.

 

Olah TKP

Polisi akan melakukan gelar perkara kasus unjuk rasa aktivis Cipayung Plus Cianjur hingga berujung empat polisi menderita luka bakar.

"Hari ini akan dilakukan gelar perkara dengan beberapa barang bukti yang sudah diamankan," kata Dedi.

Gelar perkara akan dilakukan di Polres Cianjur dengan melibatkan para saksi yang diamankan. Saat ini, setidaknya 30 peserta unjuk rasa masih diperiksa di Polres Cianjur. Selain itu, disita juga sejumlah barang bukti.

"Cukup banyak seperti seragam kepolisian yang sudah terbakar, ada ban bekas, handphone, almamater, spanduk, bendera dan residu bensin," ujar dia.

Dedi menerangkan, gelar perkara menentukan status hukum dari para saksi. Apabila ditemukan unsur pidana, maka statusnya ditingkatkan menjadi tersangka.

"Apabila terbukti melanggar pasal 213 KUHP ayat 1 KHUP mengakibatkan anggota polisi terluka ancaman hukuman 8 tahun, meninggal dunia bisa 12 tahun bisa juga diterapkan pasal lain. Pasal 338 terencana 340 ancaman hukuman bisa lebih berat," tutup dia.

 

Saksikan video pilihan di bawah ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Jokowi Imbau Masyarakat Bersiap Gunakan Bahan Bakar B30

Posted: 15 Aug 2019 09:49 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Menjadi agenda rutin tahunan kenegaraan menjelang perayaan HUT Kemerdekaan RI, Presiden Joko Widodo atau Jokowi menghadiri Sidang Tahunan MPR 2019, Jumat (16/8/2019).

Dalam pidato, Jokowi memaparkan pencapaian serta kinerja lembaga negara sepanjang tahun 2018-2019, tak terkecuali dorongan untuk industri otomotif.

Tak hanya mobil listrik yang menjadi sorotan, Mantan Gubernur DKI Jakarta itu juga mengimbau masyarakat untuk bersiap menggunakan bahan bakar biodiesel B30.

"Kita sudah mulai dengan program B20, akan masuk ke B30 campuran solar dengan 30 persen biodiesel," kata Jokowi di Gedung Nusantara, Kompleks Parlemen.

Selain itu, Jokowi juga menegaskan ke depannya Indonesia bisa menggunakan 100 persen biodiesel. "Tapi kita bisa lebih dari itu kita bisa membuat B100," ujarnya.

Avtur Berbahan Sawit

Saat ini Indonesia tak lagi melakukan impor avtur untuk memenuhi kebutuhan dalam negeri. Meski demikian, Jokowi mangaku ingin terus melakukan inovasi, termasuk menggunakan sawit untuk memproduksi avtur.

"Kita sudah memproduksi sendiri avtur hingga tidak impor avtur lagi. Tapi kita bisa lebih dari itu, kita bisa ekspor avtur, kita juga ingin produksi avtur berbahan sawit," tuturnya.

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

VIDEO: Jokowi Sebut Lambat Asal Selamat Tidak Lagi Relevan

Posted: 15 Aug 2019 09:48 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Prinsip lambat asal selamat sudah tidak lagi relevan menurut Presiden Joko Widodo dalam pidato kenegaraan yang disampaikan hari Jumat (16/8/2019).

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

VIDEO: Jokowi Berharap Anak Indonesia Tumbuh Jadi Generasi yang Premium

Posted: 15 Aug 2019 09:42 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Presiden Joko Widodo menyampaikan harapannya untuk generasi mendatang. Ia ingin anak-anak tumbuh menjadi generasi yang premium.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Ditunjuk Jadi Penyelenggara Formula E, Jakpro Ajukan Dana Rp 305 Miliar

Posted: 15 Aug 2019 09:42 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Corporate Secretary PT Jakarta Propertindo (Jakpro) Hani Sumarno mengatakan, saat ini pihaknya menunggu Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan menerbitkan peraturan gubernur (pergub) untuk penyelenggaraan Formula E.

Sebab, sebagai badan usaha milik daerah, Jakpro diikutsertakan dalam penyelenggaraan balap mobil listrik itu.

"Formula E iya (ditugaskan), nunggu Pergubnya," kata Hani saat dihubungi, Jumat (16/8/2019).

Karena penunjukan oleh Anies, Jakpro mengajukan anggaran dalam penyertaan modal daerah (PMD) sebesar Rp 305 miliar. Dana tersebut diajukan pada saat rapat kebijakan umum anggaran-plafon prioritas anggaran sementara (KUA-PPAS) untuk rancangan APBD 2020.

Anggaran itu rencananya digunakan untuk pre-feasibility study (FS) dan research and development (R&D) sebesar Rp 5 miliar. Kemudian civil works dan perbaikan jalan Rp 112 milliar serta untuk dinding dan pagar membutuhkan dana Rp 48 miliar.

Lalu, untuk pembuatan trek dan jalur balap Rp 67,2 miliar. Layanan umum, seperti keamanan, kebersihan, pengelolaan sampah, toilet, manajemen lalu lintas, dan layanan parkir itu Rp 10 miliar.

Untuk tim honor tim pelaksana lokal dibutuhkan anggaran Rp 25 miliar. Nantinya, honor itu diperuntukkan selama 12 bulan dengan 50 orang.

Selanjutnya yakni untuk safety dan race materials itu Rp 32 miliar. Sedangkan biaya tidak terduga dianggarkan Rp 25 miliar.

Mencari Sponsor

Sebelumnya, Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan menunjuk PT Jakarta Propertindo (Jakpro) sebagai pihak yang ditugaskan mengelola penyelenggaraan balap mobil listrik Formula E.

Anies menyebut dalam pengelolaan itu Jakpro ditugaskan untuk menjalin kerja sama dengan dengan sejumlah sponsor.

"Diawal menggunakan modal dari APBD, untuk kerja sama kemudian kita tugaskan Jakpro. Sehingga bisa melakukan kontrak-kontrak kerja sponsor dari banyak pihak yang sifatnya bisnis to bisnis. Itulah yang akan menutup pembiayaan," kata Anies di Balai Kota, Jakarta Pusat, Kamis (15/8/2019).

Dalam menjalankan tugasnya, Anies menyebut Jakpro juga membuat sebuah komite sebagai entitas badan usaha yang memudahkan dalam mengatur kontrak kerja sama. Dia menyebut skema ini seperti halnya dalam penyelanggaraan Asian Games 2018.

"Semua ada kerangkanya, seperti kita selenggarakan Asian Games. Ada unsur Kementerian Dalam Negeri, ada unsur Kementerian Olahraga, ada unsur Kementerian Luar Negeri, ada unsur Pemprov," jelasnya.

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

FOTO: Gaya Jokowi Pakai Baju Adat Sasak di Pidato Kenegaraan

Posted: 15 Aug 2019 09:41 PM PDT

Presiden Joko Widodo dan Wakil Presiden Jusuf Kalla menghadiri Sidang Bersama DPD-DPR di Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta, Jumat (16/8/2019). Di Sidang Bersama DPR-DPD ini Jokowi mengenakan pakaian adat Sasak NTB sementara Wapres JK memakai baju khas Betawi. (Liputan6.com/Johan Tallo)

Presiden Joko Widodo dan Wakil Presiden Jusuf Kalla menghadiri Sidang Bersama DPD-DPR di Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta, Jumat (16/8/2019). Di Sidang Bersama DPR-DPD ini Jokowi mengenakan pakaian adat Sasak NTB sementara Wapres JK memakai baju khas Betawi. (Liputan6.com/Johan Tallo)

Presiden Joko Widodo dan Wakil Presiden Jusuf Kalla menghadiri Sidang Bersama DPD-DPR di Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta, Jumat (16/8/2019). Di Sidang Bersama DPR-DPD ini Jokowi mengenakan pakaian adat Sasak NTB sementara Wapres JK memakai baju khas Betawi. (Liputan6.com/Johan Tallo)

Presiden Joko Widodo dan Wakil Presiden Jusuf Kalla menghadiri Sidang Bersama DPD-DPR di Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta, Jumat (16/8/2019). Di Sidang Bersama DPR-DPD ini Jokowi mengenakan pakaian adat Sasak NTB sementara Wapres JK memakai baju khas Betawi. (Liputan6.com/Johan Tallo)

Presiden Joko Widodo membungkukan badan ke arah pimpinan DPD-DPR sebelum menyampaikan Pidato Kenegaraan dalam Sidang Bersama DPD-DPR di Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta, Jumat (16/8/2019). Di Sidang Bersama DPR-DPD ini, Jokowi mengenakan pakaian adat Sasak, NTB. (Liputan6.com/Johan Tallo)

Presiden Joko Widodo membungkukan badan ke arah pimpinan DPD-DPR sebelum menyampaikan Pidato Kenegaraan dalam Sidang Bersama DPD-DPR di Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta, Jumat (16/8/2019). Di Sidang Bersama DPR-DPD ini, Jokowi mengenakan pakaian adat Sasak, NTB. (Liputan6.com/Johan Tallo)

Presiden Joko Widodo membungkukan badan ke arah anggota dewan sebelum menyampaikan Pidato Kenegaraan dalam Sidang Bersama DPD-DPR di Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta, Jumat (16/8/2019). Di Sidang Bersama DPR-DPD ini, Jokowi mengenakan pakaian adat Sasak, NTB. (Liputan6.com/Johan Tallo)

Presiden Joko Widodo membungkukan badan ke arah anggota dewan sebelum menyampaikan Pidato Kenegaraan dalam Sidang Bersama DPD-DPR di Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta, Jumat (16/8/2019). Di Sidang Bersama DPR-DPD ini, Jokowi mengenakan pakaian adat Sasak, NTB. (Liputan6.com/Johan Tallo)

Presiden Joko Widodo dengan baju adat suku Sasak NTB menyampaikan pidato kenegaraan dalam Sidang Bersama DPD-DPR di Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta, Jumat (16/8/2019). Setelah sidang tahunan MPR 2019 berakhir, agenda berlanjut ke sidang bersama DPD-DPR. (Liputan6.com/Johan Tallo)

Presiden Joko Widodo dengan baju adat suku Sasak NTB menyampaikan pidato kenegaraan dalam Sidang Bersama DPD-DPR di Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta, Jumat (16/8/2019). Setelah sidang tahunan MPR 2019 berakhir, agenda berlanjut ke sidang bersama DPD-DPR. (Liputan6.com/Johan Tallo)

Presiden Joko Widodo dengan baju adat suku Sasak NTB menyampaikan pidato kenegaraan dalam Sidang Bersama DPD-DPR di Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta, Jumat (16/8/2019). Setelah sidang tahunan MPR 2019 berakhir, agenda berlanjut ke sidang bersama DPD-DPR. (Liputan6.com/Johan Tallo)

Presiden Joko Widodo dengan baju adat suku Sasak NTB menyampaikan pidato kenegaraan dalam Sidang Bersama DPD-DPR di Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta, Jumat (16/8/2019). Setelah sidang tahunan MPR 2019 berakhir, agenda berlanjut ke sidang bersama DPD-DPR. (Liputan6.com/Johan Tallo)

Presiden Joko Widodo dengan baju adat suku Sasak NTB menyampaikan pidato kenegaraan dalam Sidang Bersama DPD-DPR di Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta, Jumat (16/8/2019). Setelah sidang tahunan MPR 2019 berakhir, agenda berlanjut ke sidang bersama DPD-DPR. (Liputan6.com/Johan Tallo)

Presiden Joko Widodo dengan baju adat suku Sasak NTB menyampaikan pidato kenegaraan dalam Sidang Bersama DPD-DPR di Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta, Jumat (16/8/2019). Setelah sidang tahunan MPR 2019 berakhir, agenda berlanjut ke sidang bersama DPD-DPR. (Liputan6.com/Johan Tallo)

Presiden Joko Widodo dengan baju adat suku Sasak NTB menyampaikan pidato kenegaraan dalam Sidang Bersama DPD-DPR di Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta, Jumat (16/8/2019). Setelah sidang tahunan MPR 2019 berakhir, agenda berlanjut ke sidang bersama DPD-DPR. (Liputan6.com/Johan Tallo)

Presiden Joko Widodo dengan baju adat suku Sasak NTB menyampaikan pidato kenegaraan dalam Sidang Bersama DPD-DPR di Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta, Jumat (16/8/2019). Setelah sidang tahunan MPR 2019 berakhir, agenda berlanjut ke sidang bersama DPD-DPR. (Liputan6.com/Johan Tallo)

Presiden Joko Widodo dengan baju adat suku Sasak NTB menyampaikan pidato kenegaraan dalam Sidang Bersama DPD-DPR di Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta, Jumat (16/8/2019). Setelah sidang tahunan MPR 2019 berakhir, agenda berlanjut ke sidang bersama DPD-DPR. (Liputan6.com/Johan Tallo)

Presiden Joko Widodo dengan baju adat suku Sasak NTB menyampaikan pidato kenegaraan dalam Sidang Bersama DPD-DPR di Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta, Jumat (16/8/2019). Setelah sidang tahunan MPR 2019 berakhir, agenda berlanjut ke sidang bersama DPD-DPR. (Liputan6.com/Johan Tallo)

Presiden Joko Widodo dengan baju adat suku Sasak NTB menyampaikan pidato kenegaraan dalam Sidang Bersama DPD-DPR di Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta, Jumat (16/8/2019). Setelah sidang tahunan MPR 2019 berakhir, agenda berlanjut ke sidang bersama DPD-DPR. (Liputan6.com/Johan Tallo)

Presiden Joko Widodo dengan baju adat suku Sasak NTB menyampaikan pidato kenegaraan dalam Sidang Bersama DPD-DPR di Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta, Jumat (16/8/2019). Setelah sidang tahunan MPR 2019 berakhir, agenda berlanjut ke sidang bersama DPD-DPR. (Liputan6.com/Johan Tallo)

Presiden Joko Widodo dengan baju adat suku Sasak NTB menyampaikan pidato kenegaraan dalam Sidang Bersama DPD-DPR di Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta, Jumat (16/8/2019). Setelah sidang tahunan MPR 2019 berakhir, agenda berlanjut ke sidang bersama DPD-DPR. (Liputan6.com/Johan Tallo)

Presiden Joko Widodo dengan baju adat suku Sasak NTB menyampaikan pidato kenegaraan dalam Sidang Bersama DPD-DPR di Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta, Jumat (16/8/2019). Setelah sidang tahunan MPR 2019 berakhir, agenda berlanjut ke sidang bersama DPD-DPR. (Liputan6.com/Johan Tallo)

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Ingat Angela Chang 'At The Dolphin Bay'? Ini 6 Potret Terbarunya yang Bikin Pangling

Posted: 15 Aug 2019 09:40 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Layar kaca Indonesia pada tahun 90 hingga 2000-an diisi oleh serial tv mancanegara. Misalnya, drama Mandarin hingga telenovela yang menjadi favorit generasi tahun 90-an. Dari kelompok telenovela, Marimar dan Carita de Angel mungkin jadi dua tontonan yang paling ditunggu-tunggu pada masanya.

Sementara itu, drama Mandarin juga menjadi alternatif tontonan masyarakat ketika bosan dengan telenovela. Salah satunya sekitar pada tahun 2003, drama garapan Taiwan berjudul At The Dolphin Bay pertama kali tayang di layar kaca Tanah Air.

Drama ini mengisahkan tentang sepasang teman masa kecil yang bersatu kembali saat dewasa dengan mitos teluk lumba-lumba. Ialah Yi Tian Bian, sosok pemeran utama yang sukses menyihir penonton dengan kisah hidupnya yang penuh lika-liku.

Dalam drama tersebut, Yi Tian Bin bercita-cita menjadi seorang penyanyi saat dirinya akhirnya bertemu teman kecilnya, Xu Zhe Ya. Kesuksesan drama At The Dolphin Bay pun menjadi pintu gerbang ketenaran karakter Yi Tian Bin yang diperankan oleh Angela Chang.

Berkat drama Mandarin tersebut, nama Angela Chang melejit di industri hiburan Taiwan. 16 Tahun berlalu, ketenaran Angela Chang masih awet, lho. Untuk itu, berikut Liputan6.com sajikan 6 potret terbaru Angela Chang, seperti yang telah dihimpun dari akun Instagram @angela_zhangshaohan, Jumat (16/8/2019).

1. Angela Chang adalah aktris kelahiran 19 Januari 1982, yang artinya usianya kini telah menginjak 37 tahun

2. Di usianya yang hampir berkepala empat, Angela Chang seolah tak menua malah semakin cantik

View this post on Instagram

長沙我來嘍~ #歌手總決賽

A post shared by 張韶涵 Angela Chang (@angela_zhangshaohan) on

3. Selain aktif di bidang seni peran, Angela Chang juga terbilang fokus menekuni kariernya di dunia tarik suara

View this post on Instagram

努力活成人生中的女王

A post shared by 張韶涵 Angela Chang (@angela_zhangshaohan) on

4. Angela sudah banyak menelurkan banyak lagu, bahkan sukses menggelar tur dunia pada tahun 2015 silam

View this post on Instagram

等會新加坡見!#純粹巡迴演唱會 #新加坡

A post shared by 張韶涵 Angela Chang (@angela_zhangshaohan) on

5. Sebagai bintang papan atas, Angela Chang kerapkali digaet dalam pemotretan untuk menghiasi majalah

View this post on Instagram

今日營業~

A post shared by 張韶涵 Angela Chang (@angela_zhangshaohan) on

6. Angela Chang begitu multitalenta hingga dirinya berhasil merebut penghargaan Most Popular Female Singer di Global Chinese Golden Chart

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Jokowi: Dengan Inovasi, RI Bakal Keluar dari Kutukan Sumber Daya Alam

Posted: 15 Aug 2019 09:40 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Presiden Joko Widodo (Jokowi) menegaskan pentingnya pembangunan sumber daya manusia (SDM) dan inovasi. Meski Indonesia memiliki sumber daya alam (SDA) yang melimpah.

"Berbekal inovasi, kualitas SDM, dan penguasaan teknologi kita bisa keluar dari kutukan sumber daya alam (SDA)," ujar dia dalam Pidato Kenegaraan di Gedung MPR/DPR RI, Jakarta, Jumat (16/8/2019).

Jokowi mengakui, Indonesia memang diberkahi dengan SDA yang melimpah seperti bauksit, batubara, kelapa sawit, ikan, dan masih banyak lagi. Namun Jokowi menilai kekayaan SDA saja tidak cukup.

"Tapi tidak cukup di situ," lanjut dia.

Indonesia, lanjut Jokowi, telah melakukan hilirisasi industri dan akan membuat Indonesia bisa melompat lagi.

"Kita bangun industri pengolahan bauksit sehingga impor alumina tidak perlu dilakukan. Kita bangun hilirisasi industri batubara menjadi (Dimethyl Ether)11DME sehingga kita bisa mengurangi impor jutaan ton LPG setiap tahunnya. Kita bangun hilirisasi industri nikel menjadi ferro nikel sehingga nilai tambah nikel kita akan meningkat 4 kali lipat," tandas dia.

 

 

Jokowi Minta Izin Pindahkan Ibu Kota ke Kalimantan

Suasana sidang Tahunan MPR Tahun 2019 di Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta, Jumat (16/7/2019). Sidang tersebut beragendakan penyampaian pidato kenegaraan Presiden Joko Widodo dalam rangka HUT Ke-74 Kemerdekaan Republik Indonesia. (Liputan6.com/Johan Tallo)

Presiden Joko Widodo (Jokowi) kembali menegaskan wacana pemindahan ibu kota Indonesia ke luar Jawa.

Dalam pidato kenegaraan yang dibacakan di Kompleks Gedung MPR/DPR/DPD RI, Jumat (16/08/2019), Jokowi meminta izin untuk memindahkan ibu kota negara ke Pulau Kalimantan.

"Dengan memohon ridlo Allah SWT, dengan meminta izin dan dukungan dari Bapak Ibu Anggota Dewan yang terhormat, para sesepuh dan tokoh bangsa terutama dari seluruh rakyat Indonesia, dengan ini saya mohon izin untuk memindahkan ibu kota negara kita ke Pulau Kalimantan," jelasnya di Jakarta, Jumat (16/08/2019).

Jokowi menambahkan, ibu kota bukan hanya sebagai simbol identitas bangsa, namun juga sebagai representasi kemajuan bangsa.

Hal ini demi terwujudnya pemerataan dan keadilan ekonomi, agar pembangunan Indonesia tidak Jawa sentris, namun Indonesia sentris.

"Ini demi visi Indonesia Maju. Indonesia yang hidup selama-lamanya," tutupnya.

Sementara, pemindahan tersebut rencananya dimulai pada 2021 mendatang. Jokowi menegaskan, tidak mengambil keputusan soal Ibu Kota baru ini dengan buru-buru. Pemerintah pun telah melakukan kajian-kajian. Mulai dari sektor ekonomi, demografis hingga masalah sosial politik.

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Saksikan Ngobrol Seru Bareng Iqbaal Ramadhan di Vidio Talk Hari Ini

Posted: 15 Aug 2019 09:40 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Siapa yang tak kenal dengan Iqbaal Ramadhan? Aktor muda berbakat yang belakangan ini menjadi idola para wanita setelah memerankan tokoh anak SMA romantis bernama Dilan dalam film Dilan 1990.

Tapi kali ini Iqbaal Ramadhan kembali menunjukan kemampuan beraktingnya dalam film terbaru garapan Hanung Bramantyo yang bertajuk Bumi Manusia. Perannya sebagai seorang pribumi bernama Minke membuat penasaran para penggemarnya.

Nah, kali ini aktor kelahiran Surabaya ini akan berbagi keseruannya bersama di Vidio Talk. Selain itu, dirinya juga bakal berbagi cerita seputar film Bumi Manusia.

Ingin ikut seru-seruan bareng Iqbaal Ramadhan? Jangan lupa saksikan Vidio Talk pada Jumat (16/8/2019) pukul 17.00 WIB hanya di Vidio dengan klik tautan ini.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Live Streaming Shopee Liga 1 2019 Semen Padang Vs PSIS Semarang di Indosiar Hari Ini

Posted: 15 Aug 2019 09:35 PM PDT

Liputan6.com, Padang - Duel dua tim yang sedang terpuruk akan tersaji dalam lanjutan Shopee Liga 1 2019. Semen Padang akan menjamu PSIS Semarang di stadion Haji Agus Salim, Jumat (16/8/2019).

Semen Padang untuk saat ini masih berada di dasar klasemen. Tim Urang Awak -julukan Semen Padang- baru mengemas empat poin dari 11 laga Shopee Liga 1 2019 yang telah dijalani.

Dalam lima laga terakhirnya, Semen Padang tak pernah menang. Rinciannya, mereka kalah empat kali dan imbang satu kali.

Sementara itu, PSIS Semarang baru mengemas 14 poin dan duduk di peringkat ke-13. Mahesa Jenar hanya menang satu kali dalam lima laga terakhir mereka.

"Kondisi PSIS dengan kami tidak berbeda jauh. Kalau kami bisa memenangi pertandingan, langkah kami untuk bangkit akan terbuka," kata Weliansyah, pelatih baru Semen Padang.

Live streaming Shopee Liga 1 2019 antara Semen Padang vs PSIS Semarang di Indosiar akan dimulai pukul 15.30 WIB. Dapatkan link live streaming Semen Padang vs PSIS di halaman berikutnya.

Link Live Streaming

Untuk link live streaming Semen Padang vs PSIS Semarang, silakan klik di sini...

Prediksi Susunan Pemain

Semen Padang (4-4-2): Teja Paku Alam (kiper); Agung Prasetya, Shukur Pulatov, Boas Artururi, Dedi Gusmawan (belakang); Dedi Hartono, Jose Sardon, Manda Cingi, Fridolin Yoku (tengah); Irsyad Maulana, Riski Novriansyah (depan)

Pelatih: Weliansyah

PSIS Semarang (4-3-3): Jandia Eka Putra (kiper); Fredyan Wahyu, Wallace Costa, Rio Saputro, Soni Setiawan (belakang); Patrick Mota, Septian David Maulana, Arthur Bonai (tengah); Bayu Nugroho, Silvio Escobar, Hari Nur Yulianto (depan) Pelatih: Widyantoro

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Satu Pelaku Video Syur 'Vina Garut' Menyerahkan Diri, yang Lain Kapan?

Posted: 15 Aug 2019 09:31 PM PDT

Liputan6.com, Garut - Satu pelaku lain adegan threesome video syur Vina Garut menyerahkan diri ke kantor polisi Rabu malam. Total sudah tiga dari empat pelaku, berhasil diproses hukum di Mapolres Garut, Jawa Barat.

"Yang pertama (A dan V) sudah, yang terakhir ada yang menyerahkan diri inisial B masih dalam pemeriksaan," Kapolres Garut AKBP Budi Satria Wiguna, Kamis (15/8/2019).

Menurut Budi, sejak pertama kali viral di media sosial, polisi langsung melakukan penyelidikan terhadap para pelaku yang terlibat dalam pembuatan video panas itu. "Motifnya untuk sementara mencari uang," katanya.

Hasilnya, pelaku A yang merupakan mantan suami V, pelaku perempuan dalam video itu, berhasil diamankan di sebuah tempat di Kecamatan Tarogong Kaler. "Pelaku A sudah kita periksa tapi belum dibawa sebab sedang sakit mengkhawatirkan," kata dia.

Sementara V, pelaku perempuan dalam video Vina Garut itu, diamankan di wilayah Tarogong Kidul. "Untuk dua ini sudah kami naikkan (jadi) tersangka, cuma yang laki-laki belum bisa kami bawa karena kondisinya sakit parah tidak bisa bangun," ujar dia.

Dalam pemeriksaan awal, kedua tersangka menyatakan kedua video dibuat akhir 2018 lalu di sebuah hotel di Garut. "Dulunya saat membuat video film itu hubungannya suami istri, sekarang sudah cerai," kata dia.

Tersangka A sengaja memperjualbelikan V melalui adegan threesome, termasuk dirinya yang ikut langsung dalam adegan ranjang itu.

"Tadi malam ada lagi laki-laki yang datang kemarin, mengaku pernah bermain dalam video itu, sementara masih jadi saksi belum tersangka," kata dia.

Melihat kondisi A yang tengah sakit parah, Budi memprediksi rangkaian peristiwa pembuatan video Vina Garut itu sudah berlangsung lama dalam kurun satu tahun terakhir.

"Sakitnya bukan satu dua bulan, mungkin lima bulan atau enam bulan yang lalu," dia menegaskan.

Simak juga video pilihan berikut ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Jokowi Ingin Indonesia Berani Ekspansi Mobil Listrik ke Pasar Global

Posted: 15 Aug 2019 09:31 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Setelah resmi menandatangani Peraturan Presiden (Perpres) terkait kendaraan listrik di Indonesia Presiden Republik Indonesia Joko Widodo (Jokowi) juga ingin membangun industri mobil listrik secara mandiri.

"Kita sudah mulai membuka ruang pengembangan mobil listrik tapi kita ingin lebih dari itu, kita ingin membangun industri mobil listrik sendiri," kata Jokowi dalam pidato kenegaraan di Gedung MPR, Senayan, Jakarta, Jumat (16/8/2019).

Selain itu, Mantan Gubernur DKI Jakarta itu juga mendorong pelaku industri untuk berani melakukan ekspansi bukan hanya di Indonesia tapi juga ke mancanegara.

"Kita harus berani melakukan ekspansi tidak hanya bermain di pasar dalam negeri. Produk-produk kita harus mampu membanjiri pasar regional dan global, itu yang harus kita wujudkan," tutur Jokowi.

Jokowi Mengenakan Baju Adat Sasak

"Pengusaha-pengusaha dan BUMN-BUMN kita harus berani menjadi pemain kelas dunia. Itu yang harus kita lakukan. Talenta talenta kita harus memiliki reputasi yang diperhitungkan di dunia internasional itu yang harus kita siapkan. Sekali lagi kita harus semakin ekspansif, from local to global," ucap Jokowi.

Sebagai informasi, Presiden Jokowi mengenakan baju adat Sasak, Nusa Tenggara Barat, saat mengikuti sidang bersama DPD-DPR di kompleks parlemen. Jokowi masuk ke ruang sekitar pukul 10.00 WIB, Jumat (16/8/2019).

Saksikan Juga Video Pilihan di Bawah Ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Ketua DPD Dorong Pembangunan PLTN di Kalimantan Barat

Posted: 15 Aug 2019 09:31 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Ketua DPD RI Oesman Sapta Odang mendorong Pembangunan Pembangkit Listrik Tenaga Nuklir (PLTN) di Kalimantan Barat. Hal ini untuk memperkuat ketahanan energi dan menarik minat investasi dengan menyediakan pasokan listrik yang handal.

Oesman mengatakan, membangun kedaulatan energi harus terus diupayakan, Di sisi lain, kenaikan harga minyak selama 8 tahun terakhir harus dijadikan pendorong untuk menyediakan energi alternatif, salah satunya dengan membangun PLTN.

"Kenaikan harga minyak telah menyadarkan kita, tentang perlunya mengembangkan energi alternatif, dalam hal ini pembangunan Pembangkit Tenaga Nuklir," kata Oesman, dalam pidato Sidang Bersam DPR-DPD, di Gedung DPR, Jakarta, Jumat (16/8/2019).

Untuk itu, DPD mendukung pembangunan PLTN di Kabupaten Bengkayang Provinsi Kalimantan Barat dan Kabupaten Kota lain di Indonesia. Hal ini sesuai dengan hasil kajian dan riset Tim Penyiapan Pembangunan PLTN dan komersialisasinya, bahwa Kabupaten Bengkayang layak untuk dijadikan percontohan.

"Bahkan hasil riset menyatakan 87 persen masyarakat Provinsi Kalimantan Barat setuju pembangunan PLTN tersebut, guna mendukung industrialisasi dan mensejahterakan masyarakat," lanjutnya

Menurut Oesman, Energi Baru dan Terbarukan bukan saja memberikan manfaat yang besar bagi masyarakat dan industri saja. Lebih dari itu, hal tersebut juga membuka peluang investasi jangka panjang di Indonesia.

Selain itu, pembangunan PLTN juga merupakan langkah strategis yang sejalan dengan upaya pemerintah, dalam melakukan ekspor sumber daya alam dalam bentuk produk setengah jadi atau produk jadi.

"Sebagai contoh, rencana pengembangan bauksit menjadi alumunium di Kalimantan Barat memerlukan energi skala besar, stabil, murah, dan bebas polusi. Hal tersebut hanya akan dapat dipenuhi jika kita membangun energi baru dan terbarukan melalui Pembangkit Tenaga Nuklir dan mengakhiri secara bertahap penggunaan energi fosil," tandasnya.

RI Belum Butuh PLTN hingga 2050

Pembangkit Listrik Tenaga Nuklir (PLTN) Novovoronezh adalah pembangkit pertama di dunia yang memiliki fasilitas reaktor water cooled dan water-moderated di dunia, yang terletak di Kota Boronez, Rusia. (Liputan6.com/Nurmayanti)

Sebelumnya, penggunaan nuklir sebagai energi primer Pembangkit Listrik Tenaga Nuklir (PLTN) dinilai belum menjadi prioritas. Banyak pertimbangan yang harus dilakukan pemerintah agar proyek ini tidak menimbulkan dampak lingkungan dan risiko kecelakaan serta besarnya biaya rehabilitasi jika terjadi kecelakaan.

Pengamat dan praktisi energi, Herman Darnell mengatakan, hasil studi dan analisis yang dilakukan, Indonesia dinilai belum perlu membangun PLTN hingga 2050 untuk memenuhi kebutuhan energi nasional.

Menurut dia, ada beberapa alasan PLTN belum perlu dibangun. Pertama, biaya investasi yang sangat mahal. Sementara saat ini, Indonesia masih bergantung pada utang untuk memenuhi pembangunan infrastruktur, termasuk di ketenagalistrikan. 

"Kedua, biaya listrik yang dihasilkan PLTN lebih mahal listrik produksi PLTU atau PLTGU (gas)," ujar dia dalam keterangan tertulis di Jakarta, Jumat (19/10/2018).

Alasan ketiga, kata Herman, masih banyak sumber energi di Indonesia yang bisa dimanfaatkan dengan maksimal seperti gas dan panas bumi. Menurutnya, saat ini pemanfaatan kedua sumber energi tersebut belum maksimal.

Yang keempat, Indonesia terletak di Ring of Fire yang rawan terjadi bencana alam, sehingga penggunaan PLTN berisiko tinggi.

"Terakhir, kalau terjadi kecelakaan akan menyebabkan kelumpuhan ekonomi dan berpotensi kebangkrutan negara," ungkap dia.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Bilbao vs Barcelona: Tanpa Lionel Messi, Blaugrana Tidak Ingin Terpeleset

Posted: 15 Aug 2019 09:30 PM PDT

Liputan6.com, Barcelona - Barcelona mengawali Liga Spanyol 2019-2020 dengan status sebagai juara bertahan. Karena itu, tekanan untuk mempertahankan gelar bakal terus membebani tim racikan Ernesto Valverde ini.

Terlebih, Barcelona harus memulai perjalanannya dengan melawat ke markas Athetico Bilbao, yang dikenal mampu merepotkan tim-tim besar. Laga ini akan berlangsung di San Mamés Barria, Bilbao, Sabtu (17/8/2019) dini hari WIB.

Valverde pun mewaspadai betul potensi bahaya yang bisa diberikan Bilbao kepada pasukan Blaugrana, julukan Barcelona. Ia meyakini timnya bakal kesulitan ketika bertemu Bilbao.

Apalagi, Barcelona tak akan diperkuat Lionel Messi di laga tersebut. Bintang asal Argentina itu harus absen karena menjalani pemulihan cedera.

 

Tidak Mudah

Pelatih Barcelona Ernesto Valverde. (AP Photo/Eugene Hoshiko)

"Sulit untuk mengawali musim dengan laga seperti ini. Mereka [Bilbao] menjalani persiapan pramusim yang bagus, dan bermain dengan tekanan tinggi dan kami harus berhati-hati," ujar Valverde seperti dikutip Marca.

"Kami ingin memulai musim dengan catatan yang bagus dan memenangi gelar La Liga ketiga secara beruntun," tambahnya.

 

Kembali ke San Mames

Laga tersebut bakal menarik bagi Valverde mengingat Athletic Bilbao merupakan tim yang pernah ia tangani sebelum menerima pinangan Barcelona. "Ketika saya kembali ke San Mame, saya selalu merasa kesulitan bermain dan saya memilih laga tersebut terjadi secepatnya," tutur Valverde.

"Saya sadar apa yang mereka lakukan ketika mereka bermain di kandang. Tekanan yang mereka berikan [di lapangan] dan tekanan yang datang dari para suporter tuan rumah," tukasnya.

Sumber: Bola.net

Saksikan video pilihan berikut ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

6 Potret Shania, Istri Manoj Punjabi yang Cantiknya Bak ABG

Posted: 15 Aug 2019 09:30 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Siapa yang tak kenal dengan sosok Manoj Punjabi? Bos dari rumah produksi MD Pictures ini dikenal karena telah sukses mencetak film hit di antaranya Habibie & Ainun, Ayat-ayat Cinta, Danur, serta Surga Yang Tak Dirindukan.

Meski telah menjadi bos produksi, namun kehidupan pribadinya jarang mendapat sorotan layaknya para publik figur. Di balik kesuksesannya, ada sosok istri yang setia mendampinginya, ialah Shania Lakhaiani atau lebih akrap disapa Shania Punjabi

Menikah pada tahun 2000, Manoj dan Shania Punjabi sudah bersama selama 19 tahun. Pasangan ini telah dikarunia 3 buah hati, bernama Sairaa Punjabi, Nayla Punjabi dan Rehaan Punjabi. Meski telah dikarunia 3 buah hati yang kini mulai beranjak remaja, namun pesona ibu tiga anak ini seolah tak luntur. 

Dari laman instagramnya, istri Manoj ini kerap membagikan sejumlah aktivitasnya. Dilansir dari berbagai akun instagram Shania Punjabi, berikut Liputan6.com rangkum 6 pesona Shania Punjabi, istri Manoj Punjabi yang cantiknya bak anak ABG, Jumat (16/8/2019) 

 

1. Ini dia potret Shania Punjabi, istri Manoj Punjabi berdarah India. Cantik bukan?

Shania Punjabi (Instagram/shania_punjabi)

2. Menjalin rumah tangga selama 19 tahun, kehidupan rumah tangga Shania dan Manoj jauh dari gosip tak sedap.

Shania Punjabi (Instagram/shania_punjabi)

3. Pasangan yang menikah pada tahun 2000 ini telah dikaruniai tiga buah hati. Ini dia potret keluarganya!

Shania Punjabi (Instagram/shania_punjabi)

4. Shania saat bersama ketiga anaknya, terlihat seperti kakak adik ya?

Shania Punjabi (Instagram/shania_punjabi)

5. Potret lawas Shania saat masih memiliki dua buah hati. Tetap cantik dan awet muda ya!

Shania Punjabi (Instagram/shania_punjabi)

6. Ibu tiga anak ini memang selalu punya tampilan yang fashionable layaknya anak remaja.

Shania Punjabi (Instagram/shania_punjabi)

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Live Streaming Shopee Liga 1 Bhayangkara FC vs Perseru Badak Lampung FC di Vidio

Posted: 15 Aug 2019 09:30 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Bhayangkara FC mencoba untuk bangkit kembali setelah memecat pelatih Alfredo Vera. Bhayangkara FC akan berusaha kembali rebut tiga poin saat menjamu Perseru Badak Lampung pada lanjutan Shopee Liga 1 di Stadion Patriot, Jumat (16/8/2019).

Dalam empat laga terakhir, Bhayangkara FC memang kesulitan untuk meraih kemenangan. Rinciannya, juara Liga 1 2017 itu hanya imbang dua kali dan kalah dua kali.

Ini juga yang menjadi dasar manajemen Bhayangkara FC memecat Alfredo Vera. Padahal posisi Bhayangkara FC di klasemen Shopee Liga tidak terlalu kritis karena masih berada di posisi ke-9 klasemen.

Memang, Bhayangkara FC bisa tersalip kalau tidak segera meraih poin penuh saat lawan Perseru Badak Lampung FC di laga sore nanti. Apalagi klub yang baru berganti nama itu boleh disebut jadi lawan lemah di Shopee Liga 1 musim ini.

Live streaming Shopee Liga 1 Bhayangkara FC vs Perseru Badak Lampung akan mulai disiarkan di Vidio pada pukul 15.30. Dapatkan link live streaming pertandinga di halaman berikutnya.

 

Link Live Streaming

Untuk menonton live streaming Bhayangkara FC vs Perseru Badak Lampung FC silahkan klik di sini...

Prediksi Susunan Pemain

Bhayangkara FC (4-3-3): Awan Setho (kiper), Nurhidayat, Anderson Salles, Indra Kahfi, Arif Setiawan (belakang), Wahyu Suboseto, Muhammad Hargianto, Adam Alis (tengah), Ramiro Fergonzi, Nur Iskandar, Dendy Sulistyawan (depan)

Pelatih sementara: Yeyen Tumena (Indonesia)

Perseru Badak Lampung (4-4-2): Daryono (kiper), Jujun Saepulloh, Kurniawan Karman, Miftah Anwar Sani, Syahrul Mustofa (belakang), Akbar Tanjung, Marquinhos Carioca, Muhammad Fahri, Suhandi (tengah), Francisco Wagsley, Talaohu Musafri (depan)

Pelatih: Milan Petrovic (Serbia)

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Jalani Rehabilitasi Narkoba, Begini Kondisi Terkini Nunung Srimulat

Posted: 15 Aug 2019 09:30 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Nunung Srimulat dan suaminya, July Jan Sambiran, telah direhabilitasi di Rumah Sakit Ketergantungan Obat (RSKO) Cibubur. Nunung Srimulat dan July Jan Sambiran menjalani perawatan sejak 14 Agustus 2019.

Tim kuasa hukum Nunung Srimulat, Moammar Maruapey pun mengungkap kondisi terkini kliennya setelah dibawa ke RSKO. Komedian bertubuh subur itu berada dalam keadaan baik.

"Alhamdulillah sehat, kalau Mbak Nunung masih tetap sama kayak kemarin. Beliau tetap tegar, beliau tetap sabar, dalam menjalani proses yang ada," ujar Moammar di Polda Metro Jaya, Kamis (15/8/2019).

Dengan proses rehabilitasi ini, kuasa hukum berharap agar Nunung Srimulat dan suaminya dapat sepenuhnya lepas dari ketergantungan penggunaan obat terlarang.

 

Belum Bisa Dijenguk

Komedian Tri Retno Prayudati alias Nunung (kiri) bersama suami July Jan Sambiran (tengah) dan tersangka lainnya dihadirkan dalam rilis kasus narkoba di Polda Metro Jaya, Jakarta, Senin (22/7/2019). Nunung beserta suami, July Jan Sambiran, ditangkap karena kasus narkoba. (Liputan6.com/Faizal Fanani)

"Mudah-mudahan dengan proses Nunung dari awal di Ditresnarkoba lalu sekarang dipindahkan ke RSKO mudah-mudahan beliau bisa lebih baik lagi kondisinya," sambung Moammar Maruapey.

Sementara itu, karena masih tahap awal rehabilitasi, Nunung Srimulat dan July Jan Sambiran belum bisa dijenguk oleh siapa pun, dalam jangka waktu yang ditentukan.

"SOP RSKO Cibubur itu ketika pasien diterima itu ada kurun waktu satu sampai dua minggu tidak boleh ketemu langsung dengan pasien," sang pengacara menandaskan.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

5 Juta Pengguna Lakukan Praregistrasi Pokemon Masters

Posted: 15 Aug 2019 09:30 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - DeNa dan The Pokemon Company mengumumkan praregistrasi gim mobile baru Pokemon Masters telah melampaui lima juta pengguna.

Mengutip My Nintendo News, Jumat (16/8/2019), angka tersebut didapat dari pengguna di seluruh dunia yang memakai perangkat berbasis Android dan iOS yang menantikan gim tersebut.

Namun perusahaan tidak menyebutkan detail lebih lanjut seperti dari negara mana saja pengguna yang telah mendaftar berasal. Terlepas dari itu, gim ini tersedia dalam berbagai bahasa seperti bahasa Inggris, Prancis, Jerman, Italia, Jepang, Korea, dan Spanyol.

Secara umum, Pokemon Masters adalah gim strategi dan pertempuran di mana tim yang terdiri dari Trainer dan Pokémon terlibat di dalam pertarungan 3-lawan-3. Di gim ini mereka akan melawan tim kecerdasan buatan secara real-time.

Latar gim ini adalah lokasi yang sama sekali baru, yakni sebuah pulau bernama pula Pasio. Di pulau ini para Trainers dan Pokemon dari setiap wilayah akan berkumpul untuk bersaing.

Sambil menunggu peluncuran pada 29 Agustus mendatang, mereka yang belum melakukan praregistrasi, masih dapat mendaftarkan diri untuk gim Pokemon Masters.

Pokemon Trading Card Rilis di Indonesia

Pokemon Masters tembus 5 juta gamer yang ikutan praregistrasi. (Doc: BGR)

Diwartakan sebelumnya, The Pokemon Company dari Jepang dan Salim Group melalui PT Anugerah Kreasi Gemilang (AKG) resmi memboyong gim Pokemon trading card ke Indonesia. AKG menjadi pemegang lisensi utama untuk membawa Pokemon trading card gim ke Indonesia.

Pokemon trading card ini merupakan gim trading kartu paling populer di dunia. Apalagi, saat masuk ke Indonesia, gim ini hadir dengan bahasa Indonesia sehingga lebih mudah dimainkan oleh pecinta gim kartu di Tanah Air.

Meskipun sudah banyak gim digital yang bisa dimainkan di smartphone, permainan tukar kartu masih digandrungi di Indonesia.

Anggota Dewan Direksi The Pokemon Company Kenjiro Ito mengatakan, gim ini sudah hadir sejak 1996 dan tetap disukai hingga ini.

"Gim Pokemon trading card telah dijual sejak 1996 di Jepang, di usianya yang ke-23, gim ini sudah ada di Amerika Serikat dan benua Eropa. Kini kami ingin menjangkau ke pasar Indonesia," tutur Ito saat peluncuran gim Pokemon trading card di Jakarta, Kamis (8/8/2019).

Ito mengatakan, selama 23 tahun hadir, gim ini sudah diproduksi dalam 12 bahasa dan bahasa Indonesia merupakan bahasa yang ke-13.

Direktur Eksekutif Salim Group Axton Salim mengatakan, kehadiran gim ini tak hanya untuk orang dewasa tetapi juga anak-anak. Sebab, gim ini bisa menjangkau usia yang lebih luas yakni 6 hingga 35 tahun.

"Permainan ini melatih para pemain untuk berpikir strategis karena permainan ini memerlukan taktik dan keahlian untuk dapat memainkan kartu secara offline," tutur Axton dalam kesempatan yang sama.

Selain itu, kata Axton, permainan ini mengajarkan para pemain sportif karena sebelum bermain, para pemainnya harus bersalaman.

Dia menambahkan, meskipun permainan tukar kartu Pokemon ini hadir dalam bahasa Indonesia, kartu-kartunya dapat berlaku secara internasional.

(Why/Ysl)

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Ibu Kota Pindah ke Kalimantan Timur?

Posted: 15 Aug 2019 09:27 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Presiden Joko Widodo (Jokowi) meminta izin untuk memindahkan ibu kota ke Kalimantan pada pidato kenegaraan memperingati Hari Kemerdekaan Indonesia ke-74 di gedung DPR RI. Jokowi tidak menyebut secara rinci provinsi atau kota yang bakal jadi ibu kota baru. Namun setelah pidato tersebut anggota DPD asal Kalimantan Timur (Kaltim) yang memimpin doa.

Ia adalah Muhammad Idris yang merupakan Senator asal Kaltim. Idris diketahui kembali memenangkan kursi DPD pada pemilu serentak lalu.

Sebelum dan sesudah Idris berdoa, para Ketua MPR Zulkifli Hasan dan Ketua DPD Oesman Sapta Odang (OSO) tersenyum lebar. Idris pun berdoa agar pemindahan ibu kota berjalan lancar sesuai nilai-nilai Pancasila.

Kalimantan Timur merupakan salah satu lokasi potensial pemindahan ibu kota. Wilayah yang sudah disorot adalah Bukit Soeharto yang sudah pernah dikujungi Presiden Jokowi.

Faktor-faktor yang menyebut Bukit Soeharto potensial sebagai ibu kota adalah memiliki fasilitas dan konektivitas yang bagus. Lokasinya pun dekat Samarinda dan Balikpapan.

"Di sini saya melihat semuanya sangat mendukung. Kebetulan ini berada di tengah-tengah jalan tol Samarinda-Balikpapan. Kemudian kalau kita lihat di Balikpapan ada airportnya, Samarinda juga ada airportnya. Sudah enggak buat airport lagi, sudah ada dua. Pelabuhan juga sudah ada," ujar Jokowi ketika mengunjungi Bukit Soeharto pada Mei lalu.

Bukit Soeharto, Salah Satu Kandidat Ibu Kota Baru di Kalimantan

Presiden Joko Widodo meninjau lokasi calon ibu kota di Bukit Soeharto Kutai Kartanegara Kaltim. (Liputan6.com/ Abelda Gunawan)

Liputan6.com sebelumnya melaporkan kunjungan presiden ke Kalimantan Timur. 

Bukit Soeharto yang berlokasi di Kawasan Taman Hutan Raya, Kecamatan Samboja, Kabupaten Kutai Kartanegara, Kalimantan Timur menjadi salah satu kandidat ibu kota baru RI. Hal itu terlihat setelah Presiden Joko Widodo atau Jokowi menyambangi Bukit Soeharto, Selasa siang.

Kunjungan Jokowi ke Kalimantan Timur sendiri untuk mengecek kelaikan wilayah tersebut sebagai ibu kota baru. Tak hanya itu, kunjungan ini juga bentuk keseriusan pemerintah soal wacana pemindahan ibu kota yang telah dirintis sejak era presiden pertama RI, Sukarno.

"Kita ingin melihat visi ke depan seperti apa. Indonesia sebagai negara besar juga ingin memiliki pusat pemerintahan yang terpisah dengan pusat ekonomi, bisnis, perdagangan, dan jasa. Ini kita ingin menapak ke depan sebagai sebuah negara maju," ujar Jokowi di lokasi, Selasa, 7 Mei 2019.

Provinsi Kalimantan Timur merupakan provinsi pertama yang dikunjungi Jokowi dalam melakukan peninjauan awal terkait kelayakan calon ibu kota baru. Selama menyusuri Bukit Soeharto, Jokowi mendapatkan paparan dari Wakil Gubernur Kalimantan Timur (Kaltim) Hadi Mulyadi dan Kepala Badan Perencanaan Pembangunan Daerah Kaltim Zairin Zain.

"Memang ada beberapa lokasi yang sudah kira-kira 1,5 tahun ini dikaji yang salah satunya adalah di Kalimantan Timur yang kurang dan lebih kita datangi siang hari ini," kata Jokowi.

Mantan Gubernur DKI Jakarta itu menyebut bahwa wilayah yang dikunjunginya itu memiliki sejumlah keunggulan, salah satunya kelengkapan infrastruktur pendukung yang telah tersedia di sekitar kawasan.

Selain itu, Jokowi menilai keberadaan sarana pendukung di lokasi ini dapat menghemat biaya pembangunan apabila di nantinya ditetapkan sebagai ibu kota baru Republik Indonesia.

Infrastruktur Menunjang

Presiden Jokowi saat meninjau Bukit Soeharto di Kawasan Taman Hutan Raya, Kecamatan Samboja, Kabupaten Kutai Kartanegara, Kalimantan Timur, Selasa (7/5/2019). (Liputan6.com/Lizsa Egeham)

"Di sini saya melihat semuanya sangat mendukung. Kebetulan ini berada di tengah-tengah jalan tol Samarinda-Balikpapan. Kemudian kalau kita lihat di Balikpapan ada airportnya, Samarinda juga ada airportnya. Sudah enggak buat airport lagi, sudah ada dua. Pelabuhan juga sudah ada," jelas dia.

Kendati begitu, Jokowi menegaskan bahwa pemindahan dan penyiapan ibu kota baru tidak hanya berkutat pada kesiapan infrastruktur saja. Menurut dia, banyak aspek lain yang masih harus dikaji oleh pemerintah dan dikonsultasikan dengan sejumlah pihak terkait sebelum mengambil keputusan.

"Kajian itu tidak hanya urusan infrastruktur. Ada kajian sosial-politiknya seperti apa. Ini yang perlu dipertajam. Kemudian urusan lingkungan dan kebutuhan air seperti apa. Apakah jauh dari sisi kebencanaan entah banjir atau gempa bumi," ucapnya.

Saksikan Video Pilihan Berikut Ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

5 Fakta Zakir Naik di Malaysia, 'Diberi Hati' hingga Terancam Angkat Kaki

Posted: 15 Aug 2019 09:27 PM PDT

Liputan6.com, Putrajaya - Nama Zakir Naik tengah santer jadi sorotan. Ustaz kondang dari India itu menjadi buah bibir di Negeri Jiran, dengan sejumlah pihak di kabinet menentang izin tinggalnya. Bukan tanpa alasan, penceramah ini dituding memberikan pernyataan berbau rasis di negeri multi-etnis.

Pemilik nama lengkap Zakir Abdul Karim Naik (53) itu merupakan seorang dokter medis. Ia sarjana bergelar bidang bedah, namun juga dikabarkan aktif dalam bidang dakwah.

Perjalanan karier Zakir Naik dimulai dari Mumbai India, kota kelahirannya. Ia lalu dituduh melakukan pencucian uang dan menyampaikan pidato kebencian oleh New Delhi. Sang ustaz berkali-kali membantah hal itu lalu ia keluar dari Negeri Mahabrata itu dan tinggal di Malaysia.

Berikut adalah lima fakta tentang keberadaan Zakir Naik di Malaysia, seperti yang dirangkum Liputan6.com dari berbagai sumber, Jumat (16/8/2019):

1. Dikejar India

Ilustrasi bendera India (AFP Photo)

India menuduh Zakir Naik telah menggelapkan uang sebanyak 193 crore Rupee (setara US$ 27 juta).

Islamic Research Foundation (IRF), dana perwalian asal Mumbai dan yang dipromosikan dan dikendalikan oleh Naik, "diduga menerima dana dalam bentuk sumbangan dan zakat dari donor dalam negeri maupun luar negeri dari negara-negara seperti Uni Emirat Arab, Arab Saudi, Bahrain, Kuwait, Oman dan Malaysia antara lain," lanjut ED seperti dikutip dari Economic Times India.

Tak hanya itu, National Investigation Agency atau NIA juga telah memasukkan sang ustaz ke dalam daftar Unlawful Activities (Prevention) Act terkait dugaan keterkaitannya dengan terorisme.

NIA telah menyelidiki pidato Zakir yang diduga menghasut pemuda untuk melakukan tindakan teror. NIA pun memutuskan untuk mencabut paspornya setelah ulama itu mangkir dalam panggilan penyelidikan.

Pemerintah India secara resmi telah mencabut paspor ulama Zakir Naik, namun penceramah itu lalu berada di Malaysia. India dengan segala upayanya, selalu mengejarnya.

2. Di Malaysia dengan Paspor Arab Saudi

Ilustrasi bendera Arab Saudi (AFP Photo)

Pencabutan paspor oleh imigrasi Mumbai membuat Zakir tak memiliki status warga negara, lapor Times of India. Namun ia berdomisi di Malaysia dengan paspor Arab Saudi.

New Delhi pada Senin 10 Juni lalu sempat meminta bantuan Interpol (organisasi yang mengorganisasikan kerja sama kepolisian antar negara). Khususnya, untuk mengekstradisi penceramah Zakir Naik.

Bagaimanapun kontroversi tentang Naik tetap bergulir. Tak hanya India, Amerika Serikat mengecam Naik atas komentar yang menyebut Tragedi 9/11 adalah "pekerjaan orang dalam" dan menuding pemerintahan Negeri Paman Sam berperan dalam 'menciptakan' Osama bin Laden.

Naik juga dituduh mengilhami calon teroris seperti Najibullah Zazi, orang Afghan-Amerika yang terkait dengan plot serangan subway di New York City pada 2009, yang disebut sebagai "pengagum" khotbah pria kelahiran Mumbai itu.

3. Malaysia Memberi Hati

Perdana Menteri Malaysia baru, Mahathir Mohamad memberi keterangan saat konferensi pers di Petaling Jaya, Malaysia (10/8). Di usia 92 tahun, pemimpin koalisi oposisi Pakatan Harapan itu menjadi pemimpin terpilih tertua di dunia. (AP Photo / Sadiq Asyraf)

Zakir Naik mendapat angin segar. Pasalnya, Perdana Menteri Malaysia Mahathir Mohammad mengatakan, negaranya berhak menolak permohonan ekstradisi Naik ke India.

Mahathir mengklaim, Zakir Naik mungkin "akan menerima persidangan yang tak adil di tanah kelahirannya jika Malaysia memenuhi permohonan ekstradisi ke India," demikian seperti dikutip dari Economic Times India.

Mahathir membandingkan situasi dengan Australia yang menolak mengekstradisi mantan anggota Polis Diraja Malaysia, SirulAzhar Umar, yang dijatuhi hukuman mati di Malaysia pada 2015 karena membunuh seorang model Mongolia, Altantuya Shaariibuu.

"Kami meminta Australia mengekstradisi Sirul dan mereka khawatir kami akan mengirimnya ke tiang gantungan," kata perdana menteri menganalogikan situasi Zakir Naik.

Baru-baru ini, meski banyak pejabat tak ingin memberi izin tinggal Zakir Naik, Mahathir Mohammad mengatakan, Zakir Naik tidak dapat dikirim kembali ke India karena "takut akan dibunuh" di sana.

"Jika ada negara lain yang ingin menerimanya (memberikan suaka untuk Zakir Naik), mereka dipersilakan," kata Mahathir, menurut Bernama.

4. Dituding Berpidato Rasis di Negeri Multi-etnis

Zakir Naik terancam diusir dari Malaysia (AFP Photo)

Keberadaan Zakir Naik di Malaysia lalu mengundang kontroversi, khususnya setelah pidatonya yang dianggap rasis.

Dalam sebuah ceramah, Zakir Naik menyebut "umat Hindu di Asia Tenggara memiliki hak 100 kali lebih banyak dibanding minoritas muslim di India, meski mereka kadang-kadang percaya pada pemerintah India lebih dari Malaysia."

Menteri Sumber Daya Manusia Malaysia M Kulasegaran telah mengatakan, komentar Zakir Naik dapat memecah belah negara multietnis itu. Ia lalu mengatakan, Naik tidak pantas berstatus penduduk tetap.

Asosiasi Patriot Nasional, sekelompok veteran militer dan polisi Malaysia, juga mengecam komentar Naik. Mereka mengatakan, banyak etnis India di Malaysia telah bertugas di pasukan keamanan negara itu. 

Zakir Naik Membantah

Sementara itu Zakir Naik berulang kali membantah tuduhan yang diberikan oleh pihak pejabat Malaysia. 

"Pujian saya kepada pemerintah Malaysia untuk perlakuan Islam dan adil terhadap minoritas Hindu sedang diputarbalikkan dan salah kutip untuk memenuhi keuntungan politik dan menciptakan keretakan komunal," katanya dalam sebuah pernyataan kepada wartawan.

5. Terancam Angkat Kaki

Zakir Naik terancam diusir dari Malaysia (AFP)

Keberadaan Zakir Naik di Malaysia terancam tak bisa lebih lama lagi. Rapat kabinet Malaysia yang membahas izin tinggal permanen bagi ustaz kontroversial Zakir Naik telah dilakukan.

Sebanyak empat menteri menuntut pengusirannya, karena diduga memberikan pernyataan berbau rasis yang sangat sensitif di Negeri Jiran yang multi-etnis.

"Kami telah menyatakan posisi kami, yaitu bahwa tindakan harus diambil dan bahwa Zakir Naik seharusnya tidak lagi diizinkan untuk tetap di Malaysia," kata Gobind Singh Deo, Menteri Komunikasi dan Multimedia Malaysia, dalam sebuah pernyataan seperti dikutip dari Al Jazeera.

Perdana menteri telah memperhatikan kekhawatiran kami. Kami menyerahkan kepadanya untuk mempertimbangkan posisi dan memutuskan secepat mungkin apa yang akan dilakukan untuk mengatasi masalah tersebut," lanjutnya.

Ras dan agama adalah masalah sensitif di Malaysia. Muslim memang menjadi mayoritas, sekitar 60 persen dari 32 juta penduduknya; namun negeri itu tetap membangun hubungan harmonis dengan warga penganut kepercayaan lain, termasuk etnis China dan India yang sebagian besar pemeluk Hindu.

Simak pula video pilihan berikut:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

VIDEO: Balai Konservasi Sumber Daya Alam Jatim Gagalkan Penyelundupan Kulit Ular

Posted: 15 Aug 2019 09:26 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Balai konservasi sumber daya alam (BKSDA) Jawa Timur menyita ratusan kulit ular sanca kembang yang akan diselundupkan ke Turki oleh dua warga negara asing. Penyelundupan itu melalui Bandara Internasional Banyuwangi, Jawa Timur.

Ratusan lembar kulit ular yang disimpan dalam tiga buah tas besar itu berasal dari Denpasar, Bali. Petugas Balai Konservasi Sumber Daya Alam (BKSDA) Jawa Timur menyita tiga buah tas besar yang dibawa calon penumpang pesawat saat di Bandara Blimbingsari, Banyuwangi. Tiga tas besar warna hitan ini berisi 142 lembar kulit ular sanca.

Sedianya kulit ular ini akan diselundupkan ke Turku. Akan tetapi, petugas pemeriksaan curiga dengan barang bawaan dua warga negara asing (WNA) asal Turki setelah tas dimasukkan ke dalam mesin X-RAY AVEC ternyata berisi ratusan kulit ular sanca.

 Berdasarkan pengakuan dua WNA tersebut, kulit ular sanca kembang didapatnya dari Denpasar, Bali. Kulit ular ini akan digunakan untuk aksesoris dan kerajinan.

Meski bukan termasuk satwa dilindungi. Akan tetapi,  ular sanca merupakan avendik saites two yaitu peredarannya harus dikontrol dengan menggunakan dokumen. Lantaran, di habitat aslinya sendiri, popular ular sanca mulai berkurang. Dua WNA asal Turki tetap diperbolehkan melanjutkan perjalanannya melalui Bandara Banyuwangi. Akan tetapi, kulit ular sanca kembang tetap disita petugas sebagai barang bukti.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Jokowi: Pemerintah Tak Boleh Alergi Kritik

Posted: 15 Aug 2019 09:26 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Presiden Joko Widodo (Jokowi) menyampaikan pidato pada Sidang Tahunan Majelis Permusyawaratan Rakyat Republik Indonesia (MPR RI) Tahun 2019, di ruang sidang MPR.

Pada kesempatan ini, Jokowi berpesan bahwa Pemerintah tidak boleh alergi terhadap kritik. Menurutnya, kritik merupakan tanda kepedulian dari masyarakat.

"Kita tidak boleh alergi terhadap kritik. Bagaimanapun kerasnya kritik itu, harus diterima sebagai wujud kepedulian, agar kita bekerja lebih keras lagi memenuhi harapan rakyat," tuturnya di Kompleks DPR RI, Jumat (16/8/2019).

Jokowi melanjutkan, perbedaan pendapat dalam praktik berdemokrasi juga harus dimaknai secara tenang oleh Pemerintah.

"Tentu dalam negara demokrasi, perbedaan antarindividu, perbedaan antar-kelompok, atau bahkan antar-lembaga negara adalah sebuah keniscayaan. Akan tetapi, perbedaan bukanlah alasan bagi kita untuk saling membenci, bukan alasan bagi kita untuk saling menghancurkan, atau bahkan saling meniadakan," ujarnya.

"Jadi jika perbedaan itu kita kelola dalam satu visi besar yang sama, maka akan menjadi kekuatan yang dinamis. Kekuatan untuk mencapai Indonesia Maju," tambah Jokowi.

Jokowi Minta Izin Pindahkan Ibu Kota ke Kalimantan

Presiden Joko Widodo atau Jokowi menyampaikan Pidato Kenegaraan pada Sidang Tahunan MPR 2019 di Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta, Jumat (16/8/2019). Jokowi akan menyampaikan pidato dalam tiga sesi dengan tema yang berbeda selama acara berlangsung. (Liputan6.com/Johan Tallo)

Presiden Joko Widodo (Jokowi) kembali menegaskan wacana pemindahan ibu kota Indonesia ke luar Jawa. Dalam pidato kenegaraan yang dibacakan di Kompleks Gedung MPR/DPR/DPD RI, Jumat (16/08/2019), Jokowi meminta izin untuk memindahkan ibu kota negara ke Pulau Kalimantan.

"Dengan memohon ridlo Allah SWT, dengan meminta izin dan dukungan dari Bapak Ibu Anggota Dewan yang terhormat, para sesepuh dan tokoh bangsa terutama dari seluruh rakyat Indonesia, dengan ini saya mohon izin untuk memindahkan ibu kota negara kita ke Pulau Kalimantan," jelasnya di Jakarta, Jumat (16/08/2019).

Jokowi menambahkan, ibu kota bukan hanya sebagai simbol identitas bangsa, namun juga sebagai representasi kemajuan bangsa.

Hal ini demi terwujudnya pemerataan dan keadilan ekonomi, agar pembangunan Indonesia tidak Jawa sentris, namun Indonesia sentris.

"Ini demi visi Indonesia Maju. Indonesia yang hidup selama-lamanya," tutupnya.

Jokowi: Kita Tak Boleh Terjebak dalam Regulasi yang Kaku dan Ruwet

Presiden Joko Widodo didampingi Wakil Presiden Jusuf Kalla menghadiri sidang Tahunan MPR Tahun 2019 di Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta, Jumat (16/7/2019). Sidang tersebut beragendakan penyampaian pidato kenegaraan Presiden dalam rangka HUT Ke-74 Republik Indonesia. (Liputan6.com/Johan Tallo)

Presiden Joko Widodo (Jokowi) meyakini bahwa Indonesia membutuhkan ekosistem politik, ekosistem hukum, ekosistem sosial yang kondusif, untuk mewujudkan pertumbuhan ekonomi yang baik. Hal tersebut untuk menciptakan kesejahteraan seluruh masyarakat di Indonesia.  

Untuk mewujudkan hal tersebut, pemerintah terus melakukan deregulasi penyederhanaan dan konsistensi regulasi. "Kita harus terus melakukan debirokratisasi penyederhanaan kerja, penyederhanaan proses yang berorientasi pada pelayanan," jelas dia dalam Pidato Kenegaraan dalam rangka HUT ke-74 Proklamasi Kemerdekaan Republik Indonesia di Depan Sidang Bersama DPD RI dan DPR RI, Jumat (16/8/2019).

Ia melanjutkan, Indonesia juga harus terus mencegah korupsi tanpa mengganggu keberanian berinovasi. Indonesia harus memanfaatkan teknologi yang membuat yang sulit menjadi mudah dan yang rumit menjadi sederhana.

Reformasi perundang-undangan harus dilakukan secara besar-besaran. Oleh sebab itu, Jokowi mengajak semua pihak yaitu pemerintah, DPR, DPD, dan MPR juga Pemda dan DPRD untuk melakukan langkah-langkah baru.

Kita tidak boleh terjebak pada regulasi yang kaku yang formalitas yang ruwet yang rumit yang basabasi yang justru menyibukkan yang meruwetkan masyarakat dan pelaku usaha. Ini harus kita hentikan," Tutur Jokowi.

Menurutnya, pemerintah tidak bisa membiarkan regulasi yang menjebak dan menakut-nakuti yang justru menghambat inovasi. Hal-hal tersebut harus dibongkar sampai ke akar-akarnya.

Regulasi yang tidak sesuai dengan perkembangan zaman harus dihapus. Regulasi yang tidak konsisten dan tumpang tindih antara satu dan lainnya harus diselaraskan, disederhanakan, dan dipangkas.

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Tidak ada komentar: