Minggu, 25 Agustus 2019

Liputan6 : RSS2 Feed

Liputan6 : RSS2 Feed


Astra Group Serius Garap Bisnis Infrastruktur

Posted: 25 Aug 2019 10:40 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - PT Astra International Tbk (ASII) menyatakan siap untuk berkontribusi dan membangun bisnis infrastruktur di tahun-tahun mendatang.

Presiden Direktur ASII Prijono Sugiarto mengatakan, Perseroan tertarik membidik bisnis infrastruktur yang mana hal ini sejalan dengan visi Pemerintah Joko Widodo 2019-2024.

"Tiap tahun Indonesia bangun infrastruktur itu Rp400-500 triliun, artinya Pemerintah benar-benar serius menurut hemat kami," tuturnya di Jakarta, Senin (26/8/2019).

Prijono menjelaskan, alokasi pembangunan infrastruktur pada dasarnya tidak bisa diambil seluruhnya dari anggaran pendapatan dan belanja negara (APBN). Sebab itu, sebagai pihak swasta, Astra Group siap untuk masuk berkontribusi.

"Nggak mungkin semua dari APBN & APBD. Kami juga salah satunya bisa berkontribusi. Kami sudah bangun 6 jalan tol yang kami akuisisi terakhir-terakhir. Kami punya ruas jalan tol sepanjang 350 km yang akan beroperasi akhir tahun ini," ujarnya.

"Kami juga memiliki PLTU dengan kapasitas 2x1000 megawatt yang akan beroperasi tahun 2021. Jadi kami tertarik untuk masuk ke infrastruktur karena kami butuh investasi lebih giat lagi karena nggak bisa semua di handle oleh Pemerintah," lanjut dia.

Menhub Bantah 5 Proyek Infrastruktur Cuma Buang Anggaran

Menhub Budi Karya Sumadi memberikan sambutan pada pelantikan pengurus Asosiasi Olahraga Video Games Indonesia (AVGI) di Jakarta, Selasa (16/7/2019). AVGI resmi hadir sebagai lembaga independen dan profesional yang berkomitmen memajukan industri Esports di tanah air. (Liputan6.com/HO/Bon)

Ekonom Institute for Development of Economics and Finances (Indef) Faisal Basri beberapa waktu lalu sempat mengkritik lima proyek infrastruktur pemerintah yang tak memberikan pendapatan atau revenue bagi negara. Kelima proyek tersebut merupakan sarana transportasi publik seperti LRT Palembang, flyover khusus Trans Jakarta XIII, Kereta Bandara Soekarno-Hatta, Bandara Kertajati dan Tol Laut.

Menteri Perhubungan (Menhub) Budi Karya Sumadi lantas memberi tanggapan, dan mengatakan bahwa proyek-proyek infrastruktur tersebut dibuat dengan tujuan untuk membangkitkan penggunaan angkutan massal, seperti Kereta Bandara Soekarno-Hatta.

"Kalau kereta bandara itu pada saat ada koneksi ke double-double track (DDT), dimana orang bisa point to point dari Depok dan tarifnya terjangkau, dia akan visible. Jadi memang proyek kereta bandara Jakarta itu agak terganggu karena pembebasan tanah DDT terlambat," tuturnya di Jakarta, Jumat (16/8/2019).

Selain itu, ia menyebutkan, proyek LRT di Palembang yang digalakan untuk perhelatan Asian Games 2018 lalu merupakan suatu pola penerapan angkutan massal yang sengaja disubsidi oleh pemerintah.

"Harapannya apa? Supaya orang pindah, dari angkutan individu ke angkutan masal. Kalau itu akan efektif, maka secara ekonomi memang kita mensubsidi, tapi masyarakat dan pemerintah mendapatkan keuntungan lain dengan tidak macetnya satu daerah tertentu," ungkapnya.

Dia juga turut mengutip keberadaan Bandara Kertajati di Kabupaten Majalengka, yang secara okupansi masih terkendala lantaran proyek infrastruktur berupa jalan tol dari Bandung ke daerah tersebut belum rampung akibat masalah pembebasan lahan.

"Tapi sekarang ini konsisten, paling tidak ada 25 flight di sana. Jadi sekarang sudah konsisten dari 2 bulan ini, dengan juga adanya subsidi gratis Damri selama satu tahun," papar dia.

"Bandara Kertajati nanti akan penuh saat jalan tol tambahan yang dari Bekasi ke Karawang jadi. Maka orang-orang dari Bekasi akan cenderung ke sana daripada ke Jakarta," tandasnya.

Indonesia Siap Bangun Infrastruktur di Zanzibar dan Madagaskar

Presiden Joko Widodo (Jokowi) meresmikan 3 proyek infrastruktur Pembangkit Listrik Tenaga Panas bumi (PLTP) yang dibangun PT Pertamina (Persero). (Liputan6.com/Pebrianto Eko Wicaksono)

Indonesia akan melaksanakan ekspansi pembangunan infrastruktur ke Afrika melalui PT Wijaya Karya (Persero) tbk. Beberapa negara yang sudah masuk radar adalah Zanzibar dan Rwanda.

"Untuk sasaran ke depan, kita ada sasaran di Zanzibar, Madagaskar, di Pantai Gading, untuk Afrika," ujar Corporate Secretary Wika, Mahendra Vijaya, pada Rabu (7/8/2019) di gedung Kementerian BUMN, Jakarta.

Proyek yang disasar adalah infrastruktur pembangunan jalan, pelabuhan, apartemen, serta gedung Bank Sentral di Rwanda. Keputusan seperti Letter of Agreement (LoA) dan Memorandum of Understanding (MoU) akan mengambil tempat di ajang Indonesia Africa Infrastructure Dialogue (IAID) yang berlangsung di Bali bulan ini.

Mahendra enggan menyebut negara mana yang sudah fixed akan meneken kontrak pada ajang IAID. Ia hanya memastikan Wika meneliti satu per satu tawaran dari luar negeri atas dasar prospek, serta mempertimbangkan faktor risiko dan mitigasi.

"Faktor kehati-hatian juga harus di kedepankan. Tidak semua tawaran itu bisa kita terima mentah-mentah, artinya kajian-kajiannya juga harus mendalam, faktor-faktor risiko seperti faktor keamanan, kemudian faktor politik, kemudian juga masalah keimigrasian, dan sebagainya," lanjut Mahendra.

Potensi total kontrak infrastruktur yang diteken di Bali adalah di atas Rp 2 triliun, sementara secara global, Wika memproyeksikan akan mendapat kontrak senilai Rp 4 hingga Rp 5 triliun.

Wika juga berkoordinasi dengan Kementerian Luar Negeri dalam berekspansi ke luar negeri. Indonesia Export-Import (Exim) Bank juga menyediakan fasilitas pendanaan bagi BUMN tersebut dan sejauh ini Wika sudah hadir di Timor Leste, Malaysia, Filipina, Myanmar, Taiwan, Uni Emirat Arab, Aljazair dan Nigeria.  

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Seru, Begini Gaya 6 Seleb Tanah Air Foto di Pematang Sawah

Posted: 25 Aug 2019 10:40 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Dulu, sawah bukanlah tempat yang menarik untuk dikunjungi bahkan dijadikan tempat liburan. Sawah sendiri merupakan lahan produktif yang digunakan untuk pertanian dan budidaya padi. Seperti yang kita ketahui beras sudah menjadi bahan makanan pokok masyarakat Indonesia. Namun, baru-baru ini destinasi bertema sawah baru saja melejit di kalangan pecinta fotografi.

Semenjak ada media sosial, tempat yang dulu hanya menarik untuk petani kini jadi spot liburan yang Instagramable. Bahkan di Bali, sawah sudah menjadi bagian dari destinasi wisata wajib dikunjungi, salah satunya Tegalalang Rice Terrace. Selain itu Wisata Sawah Sukorame di Mangunan, Yogyakarta adalah destinasi wisata sawah yang juga sedang ramai-ramainya dibahas di media sosial.

Tak hanya masyarakat lokal saja yang berlomba-lomba foto di sawah, bahkan para turis dan para seleb Tanah Air juga tak ketinggalan. Berbeda dari seleb kebanyakan yang suka memilih spot foto di luar negeri, ada beberapa seleb yang memilih sawah sebagai spot foto. Meski sederahana, liburan para seleb Tanah Air di area persawahan ini tak kalah seru dari liburan di luar ngeri.

Para seleb ini membuktikan bahwa sawah juga bisa jadi spot foto yang mengagumkan. Penasaran siapa saja seleb Tanah Air yang foto di sawah? Berikut 6 seleb Tanah Air yang memilih sawah sebagai spot foto yang Liputan6.com rangkum dari berbagai sumber, Senin (26/8/2019).

1. Celine Evangelista tampak cantik dengan dress off shoulder saat liburan ke Canggu, Badung, Bali.

Mengenakan busana off shoulder berwarna putih dan memiliki motif bunga yang berwarna merah dan hijau ini pun Celin nampak cantik maksimal dalam potret dirinya. (Liputan6.com/IG/@celine_evangelista)

2. Kali ini Sarwendah mengunggah fotonya yang sedang melakukan panen padi di sawah miliknya. Sekalian mengajarkan Thalia cara memanen padi.

6 Seleb Tanah Air Ini Pilih Pematang Sawah Sebagai Spot Foto (sumber: instagram/@sarwendah29)

3. Terkenal suka jalan-jalan keluar negeri, Syahrini ternyata juga menyukai sawah sebagai destinasi liburannya. Ia juga memilih sawah sebagai spot foto cetarnya.

Gaya anggun Syahrini saat berada di pematang sawah  (Sumber: Instagram/princessyahrini)

4. Selain Syahrini, Jessica Mila juga pernah berfoto dengan pemandangan hijaunya sawah.

6 Seleb Tanah Air Ini Pilih Pematang Sawah Sebagai Spot Foto (sumber: instagram/@jscmila)

5. Di sela-sela aktivitas di dunia politik, Nafa Urbach menyempatkan diri bermain di sawah. Tak hanya sekadar jalan-jalan menyusuri sawah, wanita 38 tahun itu mengenakan setelan kebaya tradisional.

6 Seleb Tanah Air Ini Pilih Pematang Sawah Sebagai Spot Foto (sumber: instagram/@nafaurbach)

6. Sosok Melody eks JKT48 ternyata tak hanya pandai bernyanyi, tapi juga gemar berkebun. Ia sering mengunggah fotonya sedang bercocok tanam di sawah.

Gemar Bercocok Tanam, Ini 7 Potret Melody Eks JKT48 di Tengah Sawah (sumber: Instagram.com/melodylaksani92)

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Once Upon a Time in Hollywood, Jadi Film Duet Leonardo DiCaprio & Brad Pitt

Posted: 25 Aug 2019 10:40 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Once Upon a Time in Hollywood merupakan salah satu film drama Hollywood yang banyak dinanti. Film garapan sutradara Quentin Tarantino ini menghadirkan dua aktor ternama yakni Leonardo DiCaprio dan Brad Pitt.

Selain Leonardo DiCaprio dan Brad Pitt, dalam film Once Upon a Time in Hollywood ini juga menghadirkan Margot Robbie. 

Film ini menampilkan Leonardo DiCaprio yang berperan sebagai mantan bintang serial barat bernama Rick Dalton. Lalu Brad Pitt berperan sebagai Cliff Booth stuntman dari Rick Dalton. Keduanya berjuang untuk bertahan hidup di Los Angeles pada era 1969 meskipun di Hollywood sudah berubah.

Sedangkan Margot Robbie berperan sebagai Sharon Tate yang merupakan tetangga sebelah Rick. Wanita ini juga merupakan artis yang meninggal dibunuh dengan sadis oleh anggota sekte ini, saat tengah hamil tua.

Once Upon a Time in Hollywood dikabarkan akan hadir di bioskop-bioskop Tanah Air pada 30 Agustus 2019 mendatang. Sebelum menikmati keseluruhan filmnya, yuk simak dulu trailernya di channel Sony Pictures Indonesia di Vidio berikut ini.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Tiang Penyangga Sound System Timpa Siswa SD di Padang, 1 Tewas

Posted: 25 Aug 2019 10:36 PM PDT

Patroli, Padang - Kegiatan kemah budaya nasional di Lapangan GOR Khatib Sulaiman, Padang Panjang, Sumatra Barat yang seharusnya berlangsung meriah mendadak diliputi kepanikan.

Tiang penyangga sound system yang beratnya lebuh dari 50 kilogram roboh dan menimpa peserta kegiatan yang berada di lokasi.

Seperti ditayangkan Patroli Indosiar, Senin (26/8/2019), para korban yang seluruhnya masih duduk di bangku sekolah dasar langsung dilarikan ke Rumah Sakit Ibu Sina Padang Panjang.

Satu siswa meninggal dunia dan empat lainnya mengalami luka berat.

"Terdengar suara dentuman penyangga sound system itu jatuh, waktu jatuh itu ada anak-anak di bawah," ujar paman korban Bairusman.

Pemerintah Daerah (Pemda) mengevaluasi kejadian ini agar kegiatan selanjutnya tidak lagi memakan korban.

Usai disemayamkan di rumah kawasan Nagari Andaleh, seorang murid SD yang meninggal dunia langsung dimakamkan pihak keluarga. (Rio Audhitama Sihombing) 

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Saksikan Live Streaming Jokowi Umumkan Lokasi Ibu Kota Baru

Posted: 25 Aug 2019 10:32 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Presiden Joko Widodo atau Jokowi akan mengumumkan lokasi ibu kota negara pengganti DKI Jakarta pada, Senin (26/8/2019).

"Ya betul hari ini (lokasi ibu kota baru) akan diumumkan Presiden," ujar Staf Khusus Presiden Bidang Komunikasi Adita Irawati saat dikonfirmasi Liputan6.com, Senin (26/8/2019).

Sementara itu, dalam video yang diuungah di akun Youtube Sekretariat Presiden, dikatakan bahwa Jokowi akan mengumumkan ibu kota baru siang ini. Video berdurasi satu menit itu berjudul "Upcoming Live | Presiden Jokowi Mengumumkan Ibu Kota Baru".

Pengumuman ibu kota baru bisa disaksikan dalam live streaming Liputan6.com.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Klasemen MotoGP: Alex Rins Bidik Posisi Andrea Dovizioso

Posted: 25 Aug 2019 10:30 PM PDT

Liputan6.com, Silverstone - Rider Suzuki Ecstar, Alex Rins menjadi yang tercepat saat balapan MotoGP Inggris di Sirkuit Silverstone, Minggu (25/8/2019). Kemenangan itu membuat Rins berada di posisi ketiga dalam klasemen MotoGP dengan mengemas 149 poin.

Saat balapan di MotoGP Inggris, Rins unggul tipis dari pembalap Repsol Honda Team, Marc Marquez. Rins unggul 0,013 detik dari Marquez yang harus puas finis di posisi kedua.

Dengan poin yang sudah dikumpulkannya saat ini, Rins membidik tempat rider Ducati, Andrea Dovizioso, yang berada di posisi kedua dengan raihan 172 poin. Dovizioso di MotoGP Inggris, gagal mendulang poin karena mengalami kecelakaan di tikungan pertama.

Sementara itu, pembalap Ducati lainnya, Danilo Petrucci harus turun ke peringkat ke posisi keempat dengan mengemas 145 poin.

Begitu juga dengan Valentino Rossi yang turun ke peringkat keenam dengan raihan 116 angka. Posisi Rossi digeser Vinales yang naik ke peringkat kelima dengan keunggulan 2 angka.

Hasil MotoGP Inggris ini membuat persaingan gelar 2019 akan berlangsung sengit sampai seri terakhir. Marc Marquez kini dihadapkan pada tekanan yang diberikan oleh Andrea Dovizioso dan ditambah Alex Rins dengan sisa tujuh seri lagi.

 

Klasemen MotoGP

1. Marc Marquez (Repsol Honda) 250 poin

2. Andrea Dovizioso (Ducati) 172 poin

3. Alex Rins (Suzuki) 149 poin

4. Danilo Petrucci (Ducati) 145 poin

5. Maverick Vinales (Monster Energy Yamaha) 116 poin

6. Valentino Rossi (Monster Energy Yamaha) 116 poin

7. Jack Miller (Pramac Ducati) 94 poin

8. Fabio Quartararo (Petronas Yamaha SRT) 92 poin

9. Cal Crutchlow (LCR Honda) 88 poin

10. Franco Morbidelli (Petronas Yamaha SRT) 69

11. Pol Espargaro (KTM) 68 poin

12. Takaaki Nakagami (LCR Honda) 62 poin

13. Joan Mir (Suzuki) 39 poin

14. Aleix Espargaro (Aprilia) 33 poin

15. Francesco Bagnaia (Pramac Ducati) 29 poin

16. Andrea Iannone (Aprilia) 27 poin

17. Miguel Oliveira (KTM Tech 3) 26 poin

18. Johann Zarco (KTM) 22 poin

19. Jorge Lorenzo (Repsol Honda) 21 poin

20. Stefan Bradl (Honda) 16 poin

21. Tito Rabat (Avintia Racing) 14 poin

22. Michele Pirro (Ducati) 9 poin

23. Sylvain Guintoli (Suzuki) 7 poin

24. Hafizh Syahrin (KTM Tech 3) 6 poin

25. Karel Abraham (Avintia Racing) 4 poin

Simak video pilihan berikut ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

5 Bahan Alami yang Dapat Menghilangkan Iritasi Akibat Pisau Cukur

Posted: 25 Aug 2019 10:30 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Bagi sebagian pria, mencukur jenggot dan kumis bisa menjadi aktivitas harian supaya penampilan terlihat lebih rapi. Walaupun cara ini terbilang cepat dan mudah, namun terkadang meninggalkan kemerahan maupun iritasi pada kulit.

Ketika kamu tidak berhati-hati saat mencukur, kulit bisa mengalami iritasi atau luka goresan. Luka akibat pisau cukur rambut halus ini biasa dikenal dengan istilah razor burn. Banyak orang yang kebingungan bagaimana cara menghilangkan iritasi ini. Salah satu cara terbaik adalah dengan menggunakan bahan alami.

Bahan alami yang dapat menghilangkan iritasi akibat pisau cukur mudah ditemukan dalam kehidupan sehari-hari. Selain itu, penggunaannya pada kulit juga cukup mudah dilakukan. Kamu bisa mencoba menerapkannya di rumah agar kulit bisa lekas sehat.

Berikut Liputan6.com rangkum dari berbagai sumber, Senin (26/8/2019) tentang bahan alami yang dapat menghilangkan iritasi akibat pisau cukur

Madu

Madu (Photo by Danika Perkinson on Unsplash)

Bahan alami pertama yang dapat menghilangkan iritasi akibat pisau cukur adalah madu. Sifat antiinflamasi dan antimikroba pada madu, diakui secara ilmiah dapat bekerja dengan baik untuk mengurangi iritasi lebih lanjut.

Selama berabad-abad, madu telah banyak digunakan untuk menyembuhkan luka dan masalah kulit. Madu juga dapat menjaga kelembapan kulit dan mengurangi peradangan atau pembengkakakn di area kulit yang sakit. Cara penggunaanya, cukup dengan mengoleskan madu secara perlahan pada area yang iritasi, lalu diamkan selama 10-15 menit. Selanjutnya, kamu tinggal membilasnya dengan air hangat.

Tea Tree oil

Tea Tree Oil (iStockphoto)

Tea trea oil merupakan salah satu bahan alami yang dapat menghilangkan iritasi akibat pisau cukur. Minyak ini kaya akan sifat antibakteri, antiseptik dan anti-inflamasi, sehingga merupakan salah satu solusi terbaik dalam menangani kulit iritasi karena pisau cukur.

Cara penggunaannya, ambil lima tetes tea tree oil dalam dua sendok makan. Lalu oleskan pada area kulit yang terkena iritasi. Diamkan selama 10 menit, lalu bilas dengan air hangat. Kamu bisa melakukannya sehari dua kali sesuai kebutuhan.  

Cara selanjutnya, kamu bisa mengambil dua atau tiga tetes tea tree oil, ditambahkan dnegan satu sendok makan minyak zaitun, lalu oleskan pada bagian yang iritasi. Lalu diamkan selama 10-15 menit, dan bilas dengan air hangat.

Kompres Es Batu

Kompres Es (Liveostockimages/Shutterstock)

Cara menghilangkan iritasi akibat pisau cukur selanjutnya bisa dengan menggunakan es batu. Mengompres dengan es batu atau air dingin merupakan salah satu metode yang sangat sederhana, namun sangat efektif dalam mengatasi sesnsai terbakar yang disebabkan karena iritasi akibat pisau cukur. Sebuah penelitian dari University of Rochester membuktikan bahwa terapi dingin ini menurunkan suhu kulit dan mengurangi aktivitas saraf.

Cara penggunaannya, kamu bisa membungkus beberapa es batu pada sebuah handuk tipis. Lalu, letakkan handuk tersebut pada area yang terkena iritasi selama 3-5 menit. Kamu juga bisa merendam handuk dalam air dingin, dan melakukan hal yang sama seperti cara sebelumnya.

Lidah Buaya

Ilustrasi lidah buaya/copyright shutterstock

Selanjutnya, kamu juga bisa menghilangkan iritasi akibat pisa cukur dengan lidah buaya. Lidah buaya dapat menghilangkan iritasi setelah mencukur karena memiliki sifat antibakteri dan anti-peradangannya. Untuk mengobati luka karena pisau cukur ini, kamu cukup mengoleskan tipis-tipis gel lidah buaya ke area yang sakit.

Lemon

buah lemon./Copyright shutterstock.com

Lemon juga dapat membantu menyembuhkan dan mencegah infeksi bila menggunakan pisau cukur. Cara penggunaannya dengan memotong lemon jadi dua kemudian peras airnya ke dalam mangkuk lalu oleskan ke area yang sakit. Biarkan hingga kering, lalu bilas dengan air dingin.

Bedak bayi

Ilustrasi Bedak Bayi (iStockphoto)

Walaupun bukan bahan alami, pengunaan bedak bayi sudah merupakan hal yang sering dilakukan dalam mengatasi iritasi akibat pisau cukur. Komponen yang ada di dalam bedak bayi ditengarai dapat mengobati iritasi dan ruam kulit yang timbul akibat mencukur rambut. Cara menggunakannya, kamu tinggal menaburkan bedak bayi tersebut sebelum dan sesudah mencukur pada area yang hendak dicukur.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Yuli Fonataba, Presenter Asal Papua dengan Banyak Prestasi

Posted: 25 Aug 2019 10:30 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Program berita Liputan6 di SCTV membawa wajah baru untuk membawakan berita. Yuli Yonataba, gadis asal Papua ini telah membawakan acara berita di Liputan6 sejak Kamis (22/8/2019). Melalui Instagram Stories pribadinya, Yuli Fonataba mengunggah beberapa momen ketika ia menjadi pembawa acara berita.

Yuli Fonataba mengatakan bahwa sebenarnya menjadi pembawa acara berita sangatlah jauh dari program akademik yang ia ambil. Namun, keinginan untuk menjadi seorang pembawa acara sudah ada sejak dulu. Yuli Fonataba mengaku ia ingin menjadi pembawa acara gosip pada awalnya.

"Jadi news anchor itu sebenarnya kalau mau dibilang itu bukan jurusan aku ya, aku jurusannya Teknik Sipil. Tapi enggak tahu kenapa suka ngomong. Awalnya sebenarnya bukan news anchor, maunya waktu itu jadi presenter gosip," ujar Yuli Fonataba saat diwawancara melalui pesan teks pada Minggu (25/8/2019).

Yuli Fonataba merasa senang dan jatuh cinta pada pekerjaannya sekarang, sebagai pembawa acara berita. Menjadi pembawa acara berita adalah sebuah hal yang baru baginya. Tidak hanya membacakannya, Yuli Fonataba juga harus mengerti isi berita yang disampaikan.

Yuli Fonataba. (Sumber foto: Instagram @yuli_nella)

Sesuatu yang Beda

Yuli Fonataba (Sumber: Instagram/yuli_nella)

"Jadi news anchor itu sesuatu yang beda gitu. Karena kita enggak hanya membacakan berita, tapi kita harus mengerti tentang apa isi konten itu. Jadi secara enggak langsung kita juga belajar. Tentang politik, tentang apa nih update-update terbaru di Indonesia atau mancanegara," ujar Yuli Fonataba.

Menjadi Perwakilan Papua pada 2017 awal, Yuli Fonataba ditunjuk oleh Kementerian Luar Negeri Republik Indonesia (Kemenlu) untuk mewakili Provinsi Papua dalam pemilihan Duta Muda ASEAN 2017. Setahun setelahnya, Yuli Fonataba mengikuti Putri Indonesia 2018 mewakili Papua.

Membanggakan Orang Tua

Yuli Fonataba. (Sumber foto: Instagram @yuli_nella)

Yuli Fonataba mengungkapkan alasannya tertarik untuk mengikuti dua kontes tersebut. Selain ingin membanggakan orang tua, Yuli Fonataba ingin menjadi inspirasi bagi banyak orang.

"Motivasi aku ikut dua acara ini supaya membanggakan orang tua, sudah pasti. Terus supaya punya banyak prestasi. Terus pengen mengenal hal-hal yang baru, pengalaman baru. Terus aku juga lewat ini kan bisa menginspirasi banyak orang gitu, terutama perempuan-perempuan Papua.

(Maria Advensiani/mgg)

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

FOTO: Kasus Suap Pengadaan BHS, Direktur INTI Teguh Suryandono Dipanggil KPK

Posted: 25 Aug 2019 10:30 PM PDT

Direktur Bisnis PT INTI, Teguh Adi Suryandono menunggu panggilan oleh penyidik di Gedung KPK, Jakarta, Senin (26/8/2019). diperiksa sebagai saksi terkait dugaan menerima suap proyek pengadaan baggage handling system (BHS) atau sistem penanganan bandara untuk 6 bandara. (merdeka.com/Dwi Narwoko)

Direktur Bisnis PT INTI, Teguh Adi Suryandono menunggu panggilan oleh penyidik di Gedung KPK, Jakarta, Senin (26/8/2019). diperiksa sebagai saksi terkait dugaan menerima suap proyek pengadaan baggage handling system (BHS) atau sistem penanganan bandara untuk 6 bandara. (merdeka.com/Dwi Narwoko)

Direktur Bisnis PT Industri Telekomunikasi Indonesia (PT INTI), Teguh Adi Suryandono menunggu panggilan oleh penyidik di Gedung KPK, Jakarta, Senin (26/8/2019). Teguh diperiksa sebagai saksi untuk tersangka Direktur Keuangan PT Angkasa Pura II nonaktif Andra Y Agussalam. (merdeka.com/Dwi Narw

Direktur Bisnis PT Industri Telekomunikasi Indonesia (PT INTI), Teguh Adi Suryandono menunggu panggilan oleh penyidik di Gedung KPK, Jakarta, Senin (26/8/2019). Teguh diperiksa sebagai saksi untuk tersangka Direktur Keuangan PT Angkasa Pura II nonaktif Andra Y Agussalam. (merdeka.com/Dwi Narw

Direktur Bisnis PT INTI, Teguh Adi Suryandono menunggu panggilan oleh penyidik di Gedung KPK, Jakarta, Senin (26/8/2019). diperiksa sebagai saksi terkait dugaan menerima suap proyek pengadaan baggage handling system (BHS) atau sistem penanganan bandara untuk 6 bandara. (merdeka.com/Dwi Narwoko)

Direktur Bisnis PT INTI, Teguh Adi Suryandono menunggu panggilan oleh penyidik di Gedung KPK, Jakarta, Senin (26/8/2019). diperiksa sebagai saksi terkait dugaan menerima suap proyek pengadaan baggage handling system (BHS) atau sistem penanganan bandara untuk 6 bandara. (merdeka.com/Dwi Narwoko)

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

VIDEO: Catat, Tanggal Tayang Film Black Panther 2

Posted: 25 Aug 2019 10:30 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Sutradara Black Panther 2 membocorkan tanggal rilis sekuel superhero asal Wakanda itu. Hingga kini Black Panther 2 masih dalam proses penulisan naskah.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Perusahaan Malaysia Produksi Ulang Pendingin Kereta Teknologi INKA

Posted: 25 Aug 2019 10:20 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - PT Industri Kereta Api (Persero) atau INKA melakukan perjanjian kerja sama dengan perusahaan asal Malaysia yakni Perencana Dingin SDN BHD. Kerja sama antara dua perusahaan ini mengambil inisiatif memperoleh lisensi unit Air conditioning (AC ) dari INKA yang akan di produksi ulang di Malaysia dengan merek 'DINGIN-INKA AC'.

Presiden Direktur INKA, Budi Noviantoro mengatakan, adanya kerja sama ini menunjukan bahwa perusahaan maupun negara berkomitmen untuk percepatan pengembangan bisnis yang menguntungkan industri kereta api di kawasan Asia Tenggara. Di mana, Indonesia dan Malaysia sendiri sedang gencar dalam membagun infrastruktur berbasis rel.

"Intinya kami bekerja sama untuk masuk pasar ASEAN bersama-sama dengan Perencana dingin gitu kira-kira. Jadi ada tahapan. Karena memang INKA ini sudah memiliki pabrik aset di sana ke depan seperti itu. Kalalu buat di sini pasti kalau ngirim ada cost, kalau nanti buat di sana kenapa tidak untuk masuk pasar ASEAN. Jadi nanti kita sama-sama untuk produksi barang di sana," kata Dia saat ditemui di Jakarta, Senin (26/8/2019).

Sementara itu, Direktur Bisnis Perencana Dingin SDN BHD, Azwan Omar menyampaikan kesepakatan lisensi ini adalah yang pertama kalinya bagi kedua negara ini. Hal ini juga menunjukkan komitmen perusahaan dan INKA pada industri kereta api.

"Melalui penandatanganan kesepakatan ini, Perencana Dingin akan mendirikan pusat manufaktur pertama di Malaysia untuk unit pendingin Rolling Stock," kata dia.

 

Tonggak Sejarah

Penampakan kereta ekonomi yang memilik predikat premium yang produksi PT INKA yang dipesan oleh PT Kereta Api Indonesia. (Foto: INKA)

Dia menambahkan, selama ini kedua negara juga telah lama mengoperasikan kereta api, baik di dalam kota dan antar propinsi. Oleh karenanya bertukar informasi mengenai pengalaman membangun, mengoperasikan dan memelihara sistem perkeretaapian akan sangat bernilai bagi kedua negara.

"Melalui kolaborasi dari PT INKA dan Perencana Dingin SDN BHD ini adalah tonggak bersejarah dari kedua belah negara sebagai langkah kami memajukan industry perkeretapian. Melalui kerjasama ini diaharapkan akan semakin banyak terjalinnya kolaborasi lainnya yang akan menguntungkan kedua negara," pungkasnya.

Sebagai informasi, Perencana Dingin SDN BHD adalah perusahaan Malaysia yang fokus pada penyediaan unit pendingin rolling stock. Layanan ini meliputi manufaktur, perawatan, perbaikan, dan penyimpanan. Sementara itu, PT INKA sendiri adalah perusahaan pertama yang memproduksi pendingin rolling stock secara terintegrasi di Asia Tenggara.

Reporter: Dwi Aditya Putra

Sumber: Merdeka.com

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

6 Potret Saat Kucing Beratraksi Bak Penari Ini Bikin Cengar-Cengir

Posted: 25 Aug 2019 10:20 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Bagi pencinta binatang, memiliki salah satu hewan untuk dipelihara di dalam rumah tentu saja cukup menyenangkan. Salah satu hewan yang cukup sering dijadkan sebagai binatang peliharaan ialah kucing. Tingkahnya yang menggemaskan dan selalu ingin dimanja menjadi salah satu daya tarik mereka.

Ada banyak alasan orang memelihara kucing. Di antaranya karena tingkah lakunya yang lucu dan menggemaskan dapat mengurangi tingkat stres. Hal ini pula yang menjadi alasan seseorang untuk memeliharanya. Ada juga yang beranggapan bahwa dengan memelihara kucing dapat mendatangkan keberuntungan.

Sudah sangat sering ditemukan berbagai tingkah lucu kucing yang mengundang tawa di media sosial. Tidak jarang juga video aksi konyol hewan berbulu halus ini menjadi viral dan menjadi bahan hiburan untuk melepas penat.

Salah satunya saat kucing beratraksi layaknya orang berjoget dan berdansa yang bikin decak kagum. Berikut Liputan6.com rangkum dari akun Facebook Kementrian Humor Indonesia 6 potret saat kucing beratraksi yang bikin cengar-cengir, Senin (26/8/2019).

1. Jalan dengan dua tangan, gampang.

Potret Saat Kucing Beratraksi Ini Bikin Cengar-Cengir (sumber:Facebook/Kementrian Humor Indonesia)

2. Berdiri dengan ekor saja, mudah sekali dong.

Potret Saat Kucing Beratraksi Ini Bikin Cengar-Cengir (sumber:Facebook/Kementrian Humor Indonesia)

3. Berputar ala breakdance dengan satu tangan, sudah biasa.

Potret Saat Kucing Beratraksi Ini Bikin Cengar-Cengir (sumber:Facebook/Kementrian Humor Indonesia)

4. Ini namanya, berjoget dengan melipat kaki.

Potret Saat Kucing Beratraksi Ini Bikin Cengar-Cengir (sumber:Facebook/Kementrian Humor Indonesia)

5. Terbang dengan gaya ala kelalawar.

Potret Saat Kucing Beratraksi Ini Bikin Cengar-Cengir (sumber:Facebook/Kementrian Humor Indonesia)

6. Mari berdansa dan joget bersama.

Potret Saat Kucing Beratraksi Ini Bikin Cengar-Cengir (sumber:Facebook/Kementrian Humor Indonesia)

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Mitos Indonesia Jadi Inspirasi Disney di Raya and the Last Dragon

Posted: 25 Aug 2019 10:20 PM PDT

Liputan6.com, Los Angeles - Disney baru saja mengumumkan sejumlah proyek barunya di D23 Expo, Los Angeles pada Minggu (25/8/2019), salah satunya adalah film animasi bertajuk Raya and the Last Dragon. Dilansir dari Screen Rant, Senin (26/8/2019), film ini akan tayang pada 25 November 2020.

Raya and the Last Dragon menceritakan perjuangan Raya, yang suaranya diisi aktris Cassie Steele, untuk mencari naga terakhir yang tersisa di Kumandra. Naga tersebut bernama Sisu, yang ditinggalkan oleh rekan-rekannya yang lain, untuk berjaga-jaga bila kekuatan kegelapan kembali ke dunia.

Suara Sisu dalam Raya and the Last Dragon, diisi oleh aktris yang ngetop lewat Ocean's 8 dan Crazy Rich Asians, Awkwafina.

"Dia tak seperti naga yang pernah kalian lihat sebelumnya, ia adalah naga air," kata Awkwafina saat memperkenalkan karakter ini, seperti diwartakan Polygon.

Riset di Indonesia

Raya and The Last Dragon (Twitter/ DisneyStudios)

Raya and the Last Dragon ternyata sangat diilhami oleh sejumlah mitos yang hidup di Asia Tenggara. Tim Disney melakukan riset mendalam untuk pembuatan film ini, termasuk di Thailand, Vietnam, Laos, Kamboja, dan Indonesia. Bali, disebut sebagai salah satu lokasi di Indonesia yang menjadi sumber riset film ini. 

Pendalaman ini perlu dilakukan, karena tim Disney mengaku ingin memahami betul keindahan dan kekayaan budaya di wilayah Asia Tenggara.

Sang penulis film animasi ini, Adele Lim, kebetulan tumbuh dan besar di Asia Tenggara. Sementara itu, kursi sutradara akan diduduki oleh Paul Briggs dan Dean Wellins yang sebelumnya terlibat dalam pembuatan Big Hero 6 dan Frozen.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Sekitar 1.000 Jemaah Haji Ajukan Tanazul Kepulangan

Posted: 25 Aug 2019 10:15 PM PDT

Liputan6.com, Jeddah - Jemaah haji Indonesia yang mengajukan tanazul kepulangan ke Tanah Air hampir mencapai 1.000 orang. Hingga saat ini, Panitia Penyelenggara Ibadah Haji (PPIH) 2019 telah memproses surat tanazul untuk 841 jemaah haji.

Tanazul adalah mutasi antarkelompok terbang (kloter) untuk kepulangan jamaah haji karena alasan tertentu.

Perpindahan jadwal kepulangan bisa maju atau mundur dari jadwal semula tergantung dari kebutuhan dan ketersediaan tempat duduk pesawat kloter yang dituju. 

 Berdasarkan laporan resmi tertanggal 24 Agustus 2019, PPIH Arab Saudi telah memproses surat mutasi antarkloter atau tanazul bagi 841 jamaah haji. Mereka tersebar dari beberapa embarkasi yang ada di Tanah Air.

"Itu jumlah pemohon per tanggal 24 (Agustus 2019). Jumlahnya (yang sudah disetujui tanazul) saya belum update," kata Kepala Daerah Kerja (Daker) Mekkah, PPIH 2019, Subhan Cholid, kemarin.

Ada beberapa alasan jamaah haji melakukan tanazul. Pertama, kondisi jemaah sakit yang mendesak dipulangkan ke Tanah Air.

Kedua, jamaah yang terpisah dari keluarganya karena sakit di embarkasi, sehingga tertunda keberangkatannya kemudian di Tanah Suci disatukan dengan kloter.

Ketiga, pada saat jadwal keberangkatan visa belum terbit, kemudian jamaah tersebut diterbangkan dengan kloter berikutnya dan sampai di Arab Saudi dimungkinkan kembali bergabung dengan kloternya.

Keempat, karena urusan kedinasan mengharuskan pulang lebih cepat. Kelima, mengajukan pulang mundur karena mendampingi jamaah sakit yang belum bisa diterbangkan ke Tanah Air.

Menurutnya, tanazul dibatasi hanya untuk embarkasi dan maskapai penerbangan yang sama.

Setiap surat pengajuan tanazul yang masuk ke PPIH akan diverifikasi oleh petugas. Jika alasannya sakit, maka dicek apakah jamaah tersebut layak terbang secara medis.

Jika alasannya ada urusan kedinasan, maka akan diukur sejauh mana urgensinya untuk pulang cepat. Ketika alasannya kuat, petugas akan menyesuaikan dengan ketersediaan bangku di pesawat.

"Kalau dia pasien baring memerlukan 9 seat untuk direbahkan jadi ranjang, apakah ada open seat sebanyak itu dan di kloter mana, ini juga jadi pertimbangan," kata Subhan.

Pada prinsipnya, kata Subhan, seluruh kursi di kloter telah penuh, tapi kemudian ada satu dua sheet kosong karena ada jamaah yang batal berangkat lantaran sakit atau meninggal dunia.

Atau juga jumlah anggota kloter berkurang karena sakit atau wafat di Tanah Suci. "Itulah yang bisa kita isi dengan jamaah yang mengajukan mutasi," ujar Subhan.

 

Prioritas

Dia menegaskan jika prioritas tanazul akan diberikan kepada jamaah haji yang sakit. Namun jika kemudian ada alasan lain dan kursi tersedia, maka tetap bisa disetujui.

Khusus bagi yang mengajukan pemunduran pemulangan harus menanggung risiko terkait tempat menginap dan katering karena sudah tidak ditanggung PPIH.

Selain sakit dan urusan kedinasan, ada beberapa jamaah haji yang mengajukan tanazul karena keperluan keluarga, seperti menikah.

Pernikahan itu tidak hanya menyangkut jamaah sendiri tapi juga pihak lain, keluarga besar dari pihak istri atau suami, sehingga mengharuskan dia pulang lebih awal.

"Setelah kita cek tidak ada sheet, kemudian mereka membeli tiket sendiri. Tanazul tapi tiket sendiri dan mengikhlaskan tiketnya," jelas dia.

Menurut Subhan, hal itu tidak masalah. Pihak muassasah akan memproses penyerahan paspornya setelah ada fotokopi tiket pesawat dan surat izin dari PPIH.

Sesungguhnya, secara umum jamaah menginginkan berangkat dan pulang dengan kloternya masing-masing. Sebab naik haji buka semata perjalanan wisata.

Jamaah yang berangkat haji memiliki upacara-upacara sendiri di daerah asal, sehingga jika tidak terpaksa, tidak ada alasan yang kuat, maka mereka tidak mengajukan tanazul.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

KPU dan Polres Pelabuhan Tanjung Perak Sudah Usulkan Dana Pilwali Surabaya 2020

Posted: 25 Aug 2019 10:15 PM PDT

Surabaya - Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Surabaya dan Polres Pelabuhan Tanjung Perak yang baru mengajukan usulan besaran anggaran Pemilihan Wali Kota dan Wakil Wali Kota (Pilwali) Surabaya 2020.

Sedangkan Bawaslu dan Polrestabes Surabaya belum mengajukan usulan anggaran. Kepala Badan Kesatuan Bangsa dan Politik (Bakesbangpol) Kota Surabaya, Eddy Christijanto menuturkan, anggaran yang diajukan KPU Surabaya sebesar Rp 85,3 miliar dan Polres Pelabuhan Tanjung Perak sebesar Rp 12 miliar.

"Kami masih menunggu usulan dari Polrestabes Surabaya dan Bawaslu Surabaya sebelum nantinya diproses lebih lanjut," tutur Eddy kepada suarasurabaya.net, seperti ditulis Senin (26/8/2019).

Eddy menuturkan, pada September,  proses penganggaran Pilwali 2020 sudah bisa tuntas dibahas pada tingkat kota untuk diajukan ke DPRD. Pada November bisa diputuskan oleh Pemkot bersama DPRD Surabaya, dan Desember bisa dievaluasi oleh Gubernur Jawa Timur (Jatim) sehingga 1 Januari 2020 sudah siap digunakan.

"Seharusnya bulan depan (September) sudah masuk semua usulannya biar segera dibahas," ujar dia.

Eddy menuturkan, alur penyusunan anggaran Pilwali 2020 ini dimulai dari pengajuan dari empat lembaga tersebut ke Wali Kota Surabaya. Kemudian, tim Pemkot Surabaya memverifikasi rincian anggaran sesuai standar satuan harga (SSH). Setelah verifikasi selesai, baru Sekretaris Daerah sebagai tim anggaran mengajukan pembahasan ke DPRD untuk disepakati bersama.

"Dana Pilwali 2020 sesuai usulan itu nanti diverifikasi, misalnya pembuatan kotak suara dan kertas suara harus sesuai Standar Satuan Harga (SSH) Peraturan Wali Kota Surabaya," ujar dia.

Eddy menuturkan, setelah dievaluasi oleh Gubernur Jatim dan disahkan, baru Pemkot membuat Naskah Perjanjian Hibah Daerah (NPHD) kepada pengusul.

"Lalu NPHD itu diproses ke Badan Pengelolaan Keuangan dan Pajak Daerah (BPKPD) selanjutnya dana Pilwali ditransfer ke rekening masing-masing lembaga," ujar dia.

Anggaran Pilkada Surabaya 2020 Bakal Naik, Ini Alasannya

Sebelumnya, Anggaran Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) Kota Surabaya diusulkan menjadi Rp 85,3 miliar pada 2020. Angka ini naik dari Pilkada Surabaya 2015 sebesar Rp 85,1 miliar.

Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Surabaya mengusulkan anggaran Pilkada Surabaya pada 2020 tersebut kepada Pemerintah Kota dan DPRD Surabaya.

"Ada beberapa nomenklatur anggaran yang harus perlu disesuaikan dengan perkembangan yang ada," ujar Ketua KPU Surabaya, Nur Syamsi, seperti melansir Antara, Kamis, 22 Agustus 2019.

Penyesuaian anggaran itu karena pengadaan formulir C-6 pada Pilkada 2015 ditulis tangan oleh petugas Kelompok Penyelenggara Pemungutan Suara (KPPS). Sedangkan pada Pilkada 2020 diprediksi dicetak langsung. Hal ini dilakukan agar KPPS tidak terlalu susah menulisnya.

"Kasihan nantinya, ini yang membuat pembengkakan di anggaran ini," tutur dia.

Sejauh ini, ia juga menuturkan belum terdapat kendala. Akan tetapi, berdasarkan Peraturna KPU Nomor 15 Tahun 2019 Tentang Penyusunan dan Penandatanganan Naskah Perjanjian Hidah Daerah pada 1 Oktober 2020 belum disahkan.

"Berdasarkan informasi yang kami terima baik dari pemkot maupun DPRD Surabaya bahwa anggaran untuk 1 Oktober 2020 itu belum disahkan," ujar dia.

Oleh karena itu, pihaknya akan menyampaikan kepada pimpinan dan selanjutnya akan didiskusikan bersama bagaimana teknis penandatanganan Naskah Perjanjian Hibah Daerah (NPHD) tidak terlambat tetapi tidak juga menyalahi peraturan.

"Di setiap penyusunan anggaran jumlah pasangan calon pasti berpengaruh terhadap besaran anggaran yang diajukan namun anggaran Rp 85,2 miliar ini dengan desain lima pasangan calon," kata dia.

 

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

FOTO: KPK Periksa Irjen Kemenkeu Terkait Kasus Korupsi Pengadaan Kapal

Posted: 25 Aug 2019 10:15 PM PDT

Irjen Kemenkeu Sumiyati menunggu giliran panggilan oleh penyidik di Gedung KPK, Jakarta, Senin (26/8/2019). Sumiyati diperiksa sebagai saksi terkait kasus dugaan korupsi proyek pengadaan kapal yang merugikan negara Rp 179 miliar didua instansi Direktorat Jenderal Bea dan Cukai dan KKP. (merdeka.com/

Irjen Kemenkeu Sumiyati menunggu giliran panggilan oleh penyidik di Gedung KPK, Jakarta, Senin (26/8/2019). Sumiyati diperiksa sebagai saksi terkait kasus dugaan korupsi proyek pengadaan kapal yang merugikan negara Rp 179 miliar didua instansi Direktorat Jenderal Bea dan Cukai dan KKP. (merdeka.com/

Irjen Kemenkeu Sumiyati bersiap menjalani pemeriksaan oleh penyidik di Gedung KPK, Jakarta, Senin (26/8/2019). Sumiyati diperiksa sebagai saksi untuk tersangka selaku PPK Istadi Prahastanto.  (merdeka.com/Dwi Narwoko)

Irjen Kemenkeu Sumiyati bersiap menjalani pemeriksaan oleh penyidik di Gedung KPK, Jakarta, Senin (26/8/2019). Sumiyati diperiksa sebagai saksi untuk tersangka selaku PPK Istadi Prahastanto. (merdeka.com/Dwi Narwoko)

Irjen Kemenkeu Sumiyati mengisi buku tamu di Gedung KPK, Jakarta, Senin (26/8/2019). Sumiyati diperiksa sebagai saksi terkait kasus dugaan korupsi proyek pengadaan kapal yang merugikan negara Rp 179 miliar didua instansi Direktorat Jenderal Bea dan Cukai dan KKP. (merdeka.com/Dwi Narwoko)

Irjen Kemenkeu Sumiyati mengisi buku tamu di Gedung KPK, Jakarta, Senin (26/8/2019). Sumiyati diperiksa sebagai saksi terkait kasus dugaan korupsi proyek pengadaan kapal yang merugikan negara Rp 179 miliar didua instansi Direktorat Jenderal Bea dan Cukai dan KKP. (merdeka.com/Dwi Narwoko)

Irjen Kemenkeu Sumiyati menunggu giliran panggilan oleh penyidik di Gedung KPK, Jakarta, Senin (26/8/2019). Sumiyati diperiksa sebagai saksi untuk tersangka selaku PPK Istadi Prahastanto.  (merdeka.com/Dwi Narwoko)

Irjen Kemenkeu Sumiyati menunggu giliran panggilan oleh penyidik di Gedung KPK, Jakarta, Senin (26/8/2019). Sumiyati diperiksa sebagai saksi untuk tersangka selaku PPK Istadi Prahastanto. (merdeka.com/Dwi Narwoko)

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

5 Tempat Wisata Malam Surabaya Murah Meriah, Cocok untuk Bersantai

Posted: 25 Aug 2019 10:10 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Menghabiskan waktu malam di tengah kota Surabaya tidak sepenuhnya membosankan dan mahal. Kamu bisa berkunjung ke beberapa tempat wisata malam Surabaya yang memiliki keindahan ketika dikunjungi saat malam hari. Ya, Surabaya memiliki beberapa tempat yang bisa dikunjungi buat kamu yang ingin menghabiskan waktu santai di malam hari bersama teman-teman dengan biaya yang cukup murah.

Bukan sesuatu yang mustahil. Walaupun sedang berada di tengah kota Surabaya, ternyata kota ini memiliki beberapa tempat wisata malam Surabaya yang indah untuk dikunjungi dan relatif murah. Ya, berhiaskan warna-warni sinar lampu, membuat pengunjungnya betah dan terpesona.

Bagi sebagian orang, malam hari hanya dihabiskan untuk bersantai setelah melakukan aktivitas selama pagi hingga sore hari. Nah, buat kamu yang ingin melepas penat, bisa sejenak bersantai di beberapa tempat wisata malam Surabaya yang murah meriah dan memesona ini.

Berikut Liputan6.com, Senin (26/8/2019) telah merangkum dari berbagai sumber beberapa tempat wisata malam Surabaya yang murah meriah. Cocok banget dikunjungi bareng teman-teman untuk bersantai.

Patung Sura dan Buaya

Patung Suro lan Boyo ikon Kota Surabaya karya Sigit Margono. (Dipta Wahyu/Jawa Pos)

Tempat wisata malam Surabaya yang sangat ikonik adalah patung Sura dan Buayanya. Buat kamu yang berasal dari luar kota Surabaya, kurang pas rasanya jika tak mengunjungi tempat ini untuk bersawafoto dengan latar belakang patung Sura dan Buaya.

Patung ini merupakan lambing dari kota Surabaya. Patung ikan sura dan buaya yang sedang berkelahi ini berada di depan Kebun Binatang Surabaya. Tempat ini cocok buat kamu yang ingin menghabiskan waktu malam bersama dengan biaya yang tak mahal alias murah.

Ya, tempat yang buka 24 jam ini gratis alias tidak dipungut biaya masuk. Tak hanya berswafoto dengan latar belakang patung Sura dan Buaya, di sini kamu bisa menikmati pemandangan malam hari yang cukup menarik. Apabila kamu tertarik mengunjungi taman ini, langsung saja ke Jalan Raya Diponegoro, Darmo, Wonokromo.

Taman Bungkul

Taman Bungkul adalah salah satu objek wisata keluarga di Surabaya (Foto: ragamnusantara.info)

Taman Bungkul merupakan tempat wisata malam Surabaya yang sangat direkomendasikan. Ya, kamu bisa menghabiskan waktu malam bersama teman-teman di taman ini. Taman ini wajib kamu masukkan ke dalam daftar tempat wisata Surabaya karena tidak membutuhkan dana yang besar alias murah meriah. Pasalnya, untuk menikmati keindahan malam kota Surabaya di taman Bungkul kamu tidak akan dimintai biaya masuk.

Di sini kamu bisa bersantai sambil menikmati pesona malam yang indah. Taman ini juga bakal memanjakan kamu dengan adanya akses free WiFi syang aktif selama 24 jam penuh. Duduk bersantai sambil menikmati keasrian yang dimiliki taman Bungkul ini sangat menyenangkan.

Tak perlu takut ketika lapar menghampiri. Kamu bisa menemukan warung makan di sekitar taman yang bisa kamu singgahi untuk mengisi perut. Nah, kalau kamu ingin menghabiskan waktu bersama teman dengan biaya yang murah, kamu bisa mengunjungi taman Bungkul yang terletak di Jalan Darmo.

Taman Pelangi

Taman Pelangi Surabaya. (dok.Instagram @plesiran_corp/https://www.instagram.com/p/Bu3hmQmhf0S/Henry

Tempat wisata malam Surabaya yang murah meriah dan rekomendasi untuk dikunjungi bareng teman-teman adalah taman Pelangi. Taman ini merupakan ikon wisata malam Surabaya yang identik dengan anak mudanya. Di sini kamu akan menemukan banyak muda-muda yang sedang menghabiskan waktu di taman Pelangi.

Taman ini memiliki hiasan lampu yang menyala saat di malam hari, sehingga menambah keindahannya. Tak hanya warga Surabaya saja yang biasa menikmati indahnya malam di taman Pelangi ini. Warga Sidoarjo juga kerap memilih taman Pelangi sebagai tempat wisata malam. Pasalnya tempat wisata mala mini terletak berbatasan dengan kabupaten Sidoarjo dan kota Surabaya.

Jembatan Suramadu

Indahnya Jembatan Suramadu di malam hari.

Tempat wisata malam Surabaya yang bisa kamu coba kunjungi berikutnya adalah Jembatan Suramadu. Jembatan yang menghubungkan kota Surabaya dengan Pulau Madura ini merupakan salah satu spot foto yang luar biasa untuk dinikmati di malam hari. Lampu yang menghiasi jembatan ini akan menyala terang saat di malam hari. Hal ini membuat jembatan Suramadu menjadi nampak megah seperti di luar negeri.

Air Mancur Menari Kenjeran

Jembatan Kenjeran dilengkapi pertunjukan air mancur menari yang mirip dengan Wonder Full yang ada di Marina Bay, Singapura. (Liputan6.com/Dhimas Prasaja)

Siapa yang tak mengenal kawasan Kenjeran? Baik warga asli Surabaya bahkan pengunjung yang berasal dari luar kota tentunya sudah tidak asing dengan tempat wisata ini. Bila di siang hari kamu bisa menikmati keindahan pantai atau laut yang memesona, begitu juga saat malam hari.

Buat kamu yang bingung menikmati malam di Surabaya, kamu bisa menjadikan air mancur menari sebagai salah satu alternatifnya. Kehadiran air mancur menari di Jembatan Suroboyo ini membuat orang banyak yang tertarik untuk berkunjung ke sana. Hal ini dikarenakan ada pertunjukan air mancur selama satu jam dengan iringan lagu khas Surabaya.

Apabila kamu tertarik mengunjungi air mancur ini, kamu bisa ke sini setiap hari Sabtu dengan biaya masuk yang cukup murah.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Ketua DPRD DKI Ucapkan Selamat ke Anggota Dewan Terpilih

Posted: 25 Aug 2019 10:08 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Ketua DPRD DKI Jakarta Edi Prasetio Marsudi membuka acara sumpah pelantikan anggota DPRD DKI terpilih 2019-2024. Ketua DPRD DKI Jakarta periode 2014-2019 ini menyampaikan selamat bertugas kepada wakil rakyat terpilih.

"Melalui Pemilu 2019 rakyat Indonesia telah menentukan wakilnya secara langsung," kata Edi saat berpidato di ruang pelantikan DPRD, Jakarta, Senin (26/8/2019).

"Selamat bertugas sebagai anggota DPRD provinsi DKI Jakarta," sambungnya.

Dalam kesempatan itu, Edi mengucapkan selamat kepada calon presiden dan wakil presiden terpilih Joko Widodo (Jokowi) dan Ma'ruf Amin.

"Begitu pula kepada calon presiden insinyur haji Joko Widodo dan wakil presiden kyai haji Ma'ruf Amin," kata dia.

Dia berharap masa pemerintahan Jokowi-Ma'ruf mencapai target dengan baik dan berhasil menunaikan aspirasi rakyat. "Senantiasa mendapat rahmat hidayat dari Allah SWT, serta sukses mengemban amanah rakyat," ucap Edi.

Politikus PDIP itu pun tak luput mmeberikan pantun saat menutup pidato pelantikan DPRD DKI Jakarta.

"Ke pasar beli cawan, cawan baru disimpan di lemari, selamat bertugas anggota dewan baru, semoga mendapat ridho ilahi," kata Edi.

 

Daftar Lengkap Anggota DPRD DKI

Mantan Gubernur DKI Jakarta, Basuki Tjahaja Purnama atau Ahok bersama Sutiyoso dan Djarot Saiful Hidayat menghadiri pengukuhan anggota DPRD DKI p2019-2024 di gedung DPRD DKI Jakarta, Senin (26/8/2019). Sebanyak 106 anggota DPRD DKI terpilih 2019-2024 dilantik hari ini. (Liputan6.com/Faizal Fanani)

Berikut daftar lengkap anggota DPRD DKI Jakarta 2019-2024:

 

Dapil 1

Gerindra: Iman Satria, Dian Pratama

PDIP: Prasetyo Edi Marsudi, Pandapotan Sinaga, Wa Ode Herlina

Golkar: Basri Baco

Nasdem: Hariadi Anwar

PKS: Hany Anwar, Ismail

PSI: Idris Ahmad

PAN: Riano Ahmad

Demokrat: Desie Christiana Sari

 

Dapil 2

Gerindra: S. Andyka

PDIP: Agustina (Tina Toon), Johnny Simanjuntak

Golkar: Dimaz Raditya Soesatyo

Nasdem: Muhammad Idris

PKS: Mohammad Arifin

PSI: Anthony Winza Prabowo

PAN: Oman Rohman Rakinda

Demokrat: Neneng Hasanah

 

Dapil 3

PKB: Jamaluddin Lamanda

Gerindra: Mohammad Taufik

PDIP: Ida Mahmudah, Steven Setia Budi Musa, Gani Suwondo

Nasdem: Hasan Basri

PKS: Yusriah Dzinnun

PSI: Viani Limardi

Demokrat: Faisal

 

Dapil 4

PKB: Hasbiallah Ilyas

Gerindra: Prabowo Soenirman, Zuhdi Mamduhi

PDIP: Dwi Rio Sambodo, Gilbert Simanjuntak

Golkar: Judistira Hermawan

PKS: Taufik Zoekifli, Muhayar

PAN: Syahroni

Demokrat: Ferrial Sofyan

 

Dapil 5

Gerindra: Adi Kurnia Setiadi, Thopaz Nuhgraha Syamsul

PDIP: Syahrial, Pantas Nainggolan

Golkar: Taufik Azhar

PKS: Abdurrahman Suhaimi, Nasdiyanto

PSI: Justin Adrian

PAN: Zita Anjani

Demokrat: Mujiyono

 

Dapil 6

Gerindra: Syarif, Ichwanul Muslimin

PDIP: Rasyidi, Manuara Siahaan

Golkar: Jamaluddin

PKS: Umi Kulsum, Muhammad Thamrin

PPP: Matnoor Tindoan

PAN: Bambang Kusumanto

Demokrat: Misan Samsuri

 

Dapil 7

PKB: Sutikno

Gerindra: Abdul Ghoni, Esti Arimu Putri

PDIP: Gembong Warsono, Indrawati Dewi

Nasdem: Wibi Andrino

PKS: Khoirudin

PSI: Anggara Wicitra

PAN: Farazandi Fidinansyah

Demokrat: Ali Mohammad Johan

 

Dapil 8

PKB: Yusuf

Gerindra: Purwanto, Wahyu Dewanto, Nurhasan

PDIP: Panji Virgianto, Yuke Yurike

Nasdem: Nova Harivan Paloh

PKS: Achmad Yani, Dedi Supriadi

PSI: August Hamonangan

PAN: Habib Muhammad Bin Salam Alatas

Demokrat: Achmad Nawawi

 

Dapil 9

PKB: Achmad Ruslan

Gerindra: Inggard Joshua, Rany Mauliani

PDIP: Lauw Siegvrieda, Cinta Mega, Ong Yenny

Golkar: Khotibi Ahyar

Nasdem: Abdul Azis Muslim

PKS: Sholikah

PSI: William Aditya Sarana

PAN: Lukmanul Hakim

Demokrat: Nur Afni Sajim

 

Dapil 10

Gerindra: Yudha Permana, Syarifuddin

PDIP: Ima Mahdiah, Merry Hotma, Hardianto Kenneth, Stephanie Octavia

Nasdem: Jupiter

PKS: Nasrullah, Abdul Aziz

PSI: Eneng Malianasari

PAN: Guruh Tirta Lunggana

Demokrat: Wita Susilowati

Reporter: Muhammad Genantan Saputra

Sumber: Merdeka

Saksikan video pilihan di bawah ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

40 Ribu Suzuki Wagon R Ditarik karena Selang Bahan Bakar

Posted: 25 Aug 2019 10:07 PM PDT

Liputan6.com, Delhi - Maruti Suzuki mengumumkan penarikan lebih dari 40.000 unit Wagon R karena selang bahan bakar di India. Hatchback yang akan terkenal recall ialah mesin bensin 1 liter produksi 15 November 2018 hingga 12 Agustus 2019.

Seperti dilansir Motorbeam, Senin (26/8/2019), mesin bensin 1.2 liter yang disematkan pada Wagon R bukan bagian dari penarikan kembali atau recall yang dilakukan perusahaan otomotif asal Jepang tersebut.

Terdapat kemungkinan masalah pada selang bahan bakar dengan penjepit logam, pemilik mobil bisa mengunjungi dealer Suzuki mulai 24 Agustus 2019.

Untuk memberitahu secara resmi kepada konsumen, dealer resmi Suzuki akan menghubungi pemilik mobil untuk penggantian dan inspeksi bagian yang rusak tanpa dipungut biaya.

Sementara itu, pemilik Wagon R dapat memeriksa apakah kendaraan mereka terpengaruh dengan mengunjungi website perusahaan dan mengisi nomor sasis.

Penjualan Suzuki Wagon R

Suzuki Wagon R merupakan mobil paling laris di bulan Juli 2019 dengan pertumbuhan 5 persen. Mobil pabrikan otomotif berlambang huruf S ini telah terjual 15.062 unit pada Juni 2019.

Angka tersebut mengalami pertumbuhan dibandingkan periode yang sama tahun lalu, yakni 14.339 unit. Padahal penjualan mobil di India mengalami penurunan tajam selama hampir 18 tahun.

 

Saksikan Juga Video Pilihan di Bawah Ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Gubernur Bali Minta Reklamasi Pelabuhan Benoa Dihentikan

Posted: 25 Aug 2019 10:05 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Pemerintah Provinsi (Pemprov) Bali meminta PT Pelindo III menghentikan reklamasi di kawasan Pelabuhan Benoa. Reklamasi seluas 85 hektare itu dinilai telah merusak 17 hektare hutan bakau.  

Seperti ditayangkan Liputan6 SCTV, Senin (26/8/2019), penghentian reklamasi di kawasan Pelabuhan Benoa itu dituangkan dalam sebuah surat resmi kepada direktur utama PT Pelindo III.

Dalam suratnya, Gubernur Bali Wayan Koster meminta PT Pelindo III menghentikan reklamasi di area dumping satu dan dua yang juga ditembuskan ke menteri BUMN, lingkungan hidup, serta agraria, dan penataan ruang.

Penghentian dilakukan setelah Pemprov Bali menemukan adanya kerusakan ekosistem, termasuk rusaknya 17 hektar hutan bakau. Pemerintah daerah juga menemukan adanya pelanggaran dalam proyek pengurukan reklamasi di Benoa. 

"Kepada Pelindo III, saya minta untuk tidak menlanjutkan kegiatan reklamasi dan pengembangan," ujar Gubernur Bali Wayan Foster.

Dari dokumen yang ada, proses administrasi proyek reklamasi sudah dilakukan sejak 2012. Pelaksanaan pengembangan sudah dilakukan sejak 2017 yang hingga kini sudah mencapai progres 88,81 persen.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

VIDEO: Jenazah Ipda Erwin Polisi Korban Pembakaran Tiba di Kediaman

Posted: 25 Aug 2019 10:02 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Jenazah Ipda Erwin Yudha polisi korban pembakaran saat mengamankan demo mahasiswa di DPRD Kota Cianjur tiba di kediaman. Ipda Erwin sempat dirawat selama 2 minggu di rmah sakit Polri Kramatjati.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Drama Sengketa Lahan TNI Vs Warga di Aceh

Posted: 25 Aug 2019 10:00 PM PDT

Liputan6.com, Aceh - Rabu malam, 21 Agustus sekitar pukul 20.00 WIB, Kurniawan menerima pesan dari seorang Bintara Pembina Desa (Babinsa). Bunyinya tentang rencana TNI mengerahkan alat berat untuk menggusur rumah warga jika tidak mau beranjak dari tanah sengketa.

Kepala Desa Meunasah Kulam, Kecamatan Masjid Raya, Kabupaten Aceh Besar, itu terkesiap. Sebanyak 22 Kepala Keluarga (KK) terancam hengkang dari tanah yang telah puluhan tahun mereka duduki.

Desa Meunasah Kulam memiliki luas 200 hektare lebih, yang didiami oleh 250 KK, termasuk di antaranya 35 orang Inong Balee atau mantan kombatan perempuan. Lahan yang menjadi sengketa, itu luasnya sekitar satu hektare lebih.

Di atas tanah sengketa tersebut berdiri sekitar 35 unit rumah sebelum gempa dan tsunami mendera pada 2004. Lembaga kemanusiaan batal membangun kembali rumah-rumah yang telah porak-poranda, itu lantaran tanah tersebut diklaim sebagai aset TNI AD.

"Tanah di situ tidak jadi, ditahan sama mereka (TNI AD). Jadi orang NGO Kanada tidak mau bangun kalau tidak ada sertifikat. Makanya tinggal rumah awal saja, di situ," jelas Kurniawan, kepada Liputan6.com, akhir pekan silam.

Hingga saat ini, hanya tersisa rumah sisa sebelum tragedi gempa dan tsunami terjadi. Warga tidak diperbolehkan mendirikan bangunan di atas tanah tersebut.

Kasus sengketa penguasaan lahan, itu telah masuk dalam daftar pendampingan YLBHI-LBH Banda Aceh. Lembaga nonpemerintah, itu berinisiatif melaporkan kasus ini ke Kantor Sekretariat Presiden (KSP) RI pada 22 Agustus lalu.

Riwayat sengketa penguasaan lahan antara warga versus angkatan darat, ini sejatinya telah berlangsung sejak puluhan tahun silam. Pertama muncul sejak Koramil 05/Mesjid Raya menerbitkan surat perjanjian bahwa masyarakat telah menumpang di atas tanah milik TNI pada 1972.

Menurut Kurniawan, terdapat kejanggalan pada surat tersebut. Ada tanda tangan orang yang sudah meninggal dunia, termasuk tanda tangan masyarakat yang diduga telah direkayasa.

Hingga MoU Helsinki menandai berakhirnya konflik bersenjata di Aceh, konflik lahan di desa tersebut masih terbilang laten. Pihak Koramil 05/Mesjid Raya mulai melakukan pendekatan secara intens untuk mendapat pengakuan secara tertulis sejak Juni lalu.

"Disuruh teken surat pernyataan bahwa masyarakat menumpang. Apabila sewaktu-waktu TNI perlu, bersedia pindah tanpa ganti rugi," tutur Kurniawan.

Pihak koramil beberapa kali memanggil warga yang difasilitasi aparatur desa. Kurniawan mengaku tidak terlibat dalam pertemuan-pertemuan tersebut.

Dirinya kukuh bahwa tanah yang diklaim oleh TNI, itu milik masyarakat secara turun temurun. Mereka memiliki bukti-bukti berupa surat jual beli pembelian tanah antarwarga yang dilakukan sepanjang tahun 1963-1967.

"Per bidang masyarakat dibeli. Ada yang jual tahun 1963, ada 1967. Ada semua surat jual beli," jelas kurniawan.

Bahwa kawasan tersebut pernah dikuasai oleh Belanda menjadi dasar justifikasi koramil untuk menguasainya. Bagi Kurniawan, dalih tersebut terbilang lucu, karena seharusnya, tanah bekas jajahan otomatis kembali kepada pribumi.

Dirinya bersikeras menolak meneken surat sporadik yang diajukan oleh koramil. Ia yakin sikapnya itu yang menjadi dasar diterimanya pesan berisi ultimatum rencana penggusuran yang diterimanya belum lama ini.

 

Intimidasi

Kurniawan juga mengaku mendapat intimidasi. Dia diancam akan dimasukkan dalam kerangkeng jika tidak mau meneken surat yang diajukan kepadanya.

"Istri, ada anak, pergi kerja, kalau kamu tidak teken, kumasukkan dalam sel. Itu bulan tujuh," ungkap Kurniawan.

Dugaan adanya intimidasi yang dilakukan TNI dikecam Direktur YLBHI-LBH Banda Aceh, Syahrul. Sebagai alat negara yang dipersenjatai, TNI diminta tidak melakukan pendekatan berbau represi terhadap warga negara.

Ditambah lagi, TNI tidak punya hak kepemilikan atas tanah, tetapi hak penggunaan. Jadi, tidak ada dasar yang menjustifikasi bahwa tanah tersebut milik Koramil 05/Mesjid Raya.

"Jika mengklaim itu tanah TNI, mau digunakan untuk apa? Kedua, kenapa harus ditempat tinggal warga mereka berusaha merebut, kan, banyak lahan-lahan lain yang belum dimiliki oleh masyarakat," ujar Syahrul, kepada Liputan6.com, Sabtu sore (24/8/2019).

Seyogianya, imbuh Syahrul, sebagai alat negara, TNI menjadi fasilitator dalam pemenuhan hak warga negara, khususnya hak atas tempat tinggal yang notabene merupakan salah satu poin hak ekonomi, sosial dan budaya. Bukan malah menyingkirkan warga dari tempat tinggal mereka sendiri.

Dasar hak atas tempat tinggal, ini dapat dilihat pada pasal 28 H ayat 1 UUD 1945, serta pasal 40 UU Nomor 39 Tahun 1999 tentang HAM. Lalu, pasal 11 ayat 1 UU Nomor 11 tahun 2015 tentang Pengesahan Perjanjian Internasional Hak Ekosob, dan pasal 5 serta 19 UU Nomor 1 tahun 2011 tentang Perumahan dan Kawasan Permukinam.

"Jelas, ini pelanggaran atas hak asasi manusia (HAM)," putus Syahrul.

YLBHI-LBH Banda Aceh sedang berusaha agar pihak KSP RI turun tangan dalam menyelesaikan masalah ini. Karena, warga sudah pernah mengadu ke pemerintah setempat, namun, hasilnya nol.

Tim Liputan6.com mendapat jawaban yang lebih kurang mendukung fakta bahwa laporan sengketa lahan di Desa Meunasah Kulam tak pernah ada di atas meja birokrat kabupaten tersebut. Ini berbanding terbalik dengan fakta bahwa kasus tersebut sudah berlangsung menahun.

Kepala Dinas Pertanahan Aceh Besar, Alyadi, mengaku tidak tahu menahu mengenai masalah ini pada awalnya. Ia juga baru tahu ketika camat menyampaikan kepadanya.

"Belum tahu banyak seperti apa sebenarnya. Kan, baru, ya. Persisnya seperti apa saya juga enggak bisa memberi keterangan apa-apa," jawab dia.

Sebaliknya, Camat Mesjid Raya, Al Mubarak Akbar, menolak untuk mengomentari masalah ini. Ia hanya mengucapkan kata maaf beberapa kali ketika dihubungi Liputan6.com pada Jumat, 23 Agustus 2019.

"Mohon maaf sebesar-besarnya, ya," ucap Akbar.

 

Dalih TNI

Dandim 01/01 BS, Kolonel Inf. Hasandi Lubis menampik pihaknya dikatakan menyerobot tanah masyarakat. Berbanding terbalik dengan pernyataan Syahrul, Hasandi dengan tegas menyatakan bahwa tanah tersebut aset TNI AD.

Salah satu buktinya ialah surat perjanjian yang dibuat pada tahun 1972. Di dalam surat tersebut, disebutkan bahwa status masyarakat atas tanah yang bersengketa, itu pinjam pakai.

"Apabila digunakan oleh AD, siap mengembalikan tanpa menuntut ganti rugi. Bukan apabila mau digunakan AD. Itu perjanjian tahun 1972. Dengan tahun 1972, dan sekarang sudah waktu yang lama, itu ternyata di dalamnya sudah ada yang memperjualbelikan tanah negara. Nah, ini, kan, enggak betul," kata Hasandi, kepada Liputan6.com, Jumat sore.

Menurut Hasandi, masalah kian terbelit oleh perkara ganti rugi pembayaran setelah tanah tersebut diperjualbelikan oleh sesama masyarakat. Ini akibat di antara orang-orang yang melakukan akad jual beli, itu ada yang sudah meninggal dunia.

"Yang menjual ada yang sudah meninggal. Yang membeli merasa harus ganti, dong, kerugian. Tapi, kan, bukan negara yang mengganti rugi, harusnya yang menjual. Nah, ini, yang mau kita tertibkan," ujarnya.

Rumor adanya intimidasi serta rencana penggusuran ditepis Hasandi. Pihaknya hanya ingin mendapat pengakuan bahwa masyarakat membangun di atas tanah milik TNI AD.

"Kita bukan mau mengusir, mau membangun juga enggak ada anggaran AD membangun koramil sampai 1-2 hektare kayak gitu, kan, enggak ada," katanya.

Hasandi tidak keberatan jika tanah yang diklaim milik TNI AD, itu dipakai untuk fasilitas umum. Selama ini pihaknya juga tidak menuntut hak hipotek atas tanah tersebut.

"Selama ini, kita tidak pernah, yang seharusnya, secara tertib administrasi pemanfaatan aset, kan harus bayar pajak dong, ke negara. Enggak ada bebanlah. Untuk bayar membayar, tidak ada," jelas Hasandi.

 

Simak juga video pilihan berikut ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Urban Republic Tantang Pecinta Gawai Canggih dalam Lomba Unik Ini

Posted: 25 Aug 2019 10:00 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Gawai telah menjadi gaya hidup sebagian besar orang. Produk yang terus berkembang dan berinovasi ini tidak dapat terpisahkan dari kehidupan masyarakat. Kesadaran masyarakat akan perkembangan teknologi terus dengan gencar dipromosikan oleh berbagai pihak.

Salah satunya adalah Urban Republic (UR) yang memperkenalkan produk gawai dan lifestyle dengan cara yang unik dan tidak biasa. Urban Republic menggelar acara UR Amazing Race pada Sabtu (24/9/2019) di Summarecon Mal Serpong, Tangerang.

UR Amazing Race

Urban Republic ajak Gadget Squad mengikuti lomba UR Amazing Race. (foto: Urban Republic)

Konsep Amazing Race ini layaknya serial televisi mancanegara The Amazing Race, di mana peserta diberikan petunjuk untuk pergi ke beberapa pos yang berisi aktivitas yang berbeda-beda. UR mengundang komunitas Gadget Squad untuk ikut berkompetisi dalam permainan ini.

Tujuannya adalah agar pecinta gawai dapat mencoba langsung produk gawai dan lifestyle yang terkemas dalam permainan interaktif UR Amazing Race. Pada permainan ini, peserta UR Amazing Race atau yang disebut dengan racer akan diberikan petunjuk.

Kemudian racer harus menemukan lima pos permainan yang tersebar di seluruh area Summarecon Mal Serpong. Waktu yang diberikan adalah 1,5 jam dan seluruh racer harus menyelesaikan tantangan.

Tantangan

UR Amazing Race menantang para racer untuk menggunakan fitur gadget. (foto: Urban Republic)

Tantangan yang dihadapi oleh para racer melibatkan fitur-fitur gawai yang menjadi andalan dari Urban Republic. Selama permainan berlangsung, racer menggunakan HyperSmooth Go Pro Hero 7 Black untuk merekam kegiatan mereka.

Selain itu, racer juga mengenakan Garmin Sportwatch di pergelangan tangan yang dapat melacak langkah, statistik kalori, hingga tingkat detak jantung dari racer. Racer juga diajak untuk bermain PlayStation, serta diberikan pengalaman baru mencoba mengatur instalasi Phillips Hue.

Pemenang UR Amazing Race

Juara pertama UR Amazing Race. (foto: Urban Republic)

Pemenang dari tantangan UR Amazing Race mendapatkan hadiah. Hadiah yang didapatkan mulai dari kamera Go Pro hingga PlayStation 4. Urban Republic berharap peserta UR Amazing Race mendapatkan pengalaman yang luar biasa dari acara ini.

"Kami berharap komunitas dapat merasakan pengalaman luar biasa dengan mengenal dan memahami cara penggunaan gadget lifestyle untuk mendukung aktifitas gaya hidup masyarakat urban," kata Devita Nuary, Digital Campaign Communication Strategy Erajaya.

 

Penulis:

Timothy Juliano

Universitas Multimedia Nusantara

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

7 Mahasiswa Papua Lulus dari Universitas Corban, Ada yang Raih Magna Cum Laude

Posted: 25 Aug 2019 10:00 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Kabar membanggakan Indonesia datang dari Amerika Serikat. Tujuh putra-putri terbaik Papua lulus dari Universitas Corban, Oregon, AS, bahkan salah satu di antaranya lulus dengan predikat magna cum laude.

Gubernur Papua Lukas Enembe bersama istri datang langsung untuk menyaksikan saat membanggakan itu, yang dilanjutkannya dengan upacara tradisional bakar batu sebagai ungkapan rasa syukur.

"Saya datang bersama ibu dan beberapa pejabat Papua untuk menyaksikan langsung wisuda tujuh mahasiswa Papua di universitas ini. Saya bangga sekali pada mereka," ujar Lukas, seperti dikutip dari VOA Indonesia, Senin (26/8/2019).

Satu mahasiswi asal Papua yang meraih predikat magna cum laude adalah Sherina Fernanda Msen. Mahasiswa jurusan akuntansi, kepemimpinan dan manajemen itu bahkan dianugerahi 'Top Accounting Student' oleh Oregon Society of Certified Public Accountants OSCPA.

"Saya tidak sangka lulus dengan magna cum laude. Saya memang punya passion pada numbers (angka), matematika dan problem solving, karena itu memilih akuntansi dan manajemen. Tapi tidak sangka dapat predikat terbaik. Saya awalnya memilih jurusan ini karena akuntansi dan manajemen mempunyai peluang besar dalam karir. Setiap perusahaan membutuhkan sistem keuangan yang baik kan," ungkap Sherina.

Gubernur Papua Lukas Enembe beri ucapan selamat dan penghargaan kepada Sherina Fernanda, yang lulus dengan magna cum laude dari Universitas Corban, Oregon.  (Courtesy: Gubernur Papua Lukas Enembe)

 

Papua Kirim Ratusan Siswa

Tujuh putra-putri Papua ini adalah bagian dari sekitar 30-an remaja Papua yang dikirim untuk belajar ke negara bagian Oregon dengan menggunakan dana otonomi khusus.

"Yang kemarin lulus itu adalah rombongan yang pertama saya kirim dari Papua tahun 2014. Mereka ini dikirim dengan dana otonomi khusus karena saya rasa perlu anak-anak kita belajar ke mana saja, ke dalam dan luar negeri. Kami kirim sebagian ke luar negeri karena belum banyak anak Papua mengenyam kesempatan pendidikan di luar negeri. Mengapa di Jawa bisa ada banyak anak dikirim ke luar negeri jadi dokter dan sebagainya, tapi Papua tidak? Itulah sebabnya saya ingin mereka belajar ke luar negeri," papar Lukas.

Sejak program mengirim putra-putri Papua ke luar negeri ini dimulai tahun 2014, imbuh dia, sudah ada sekitar 500 orang belajar di berbagai negara, sebagian besar di Amerika.

"360 mahasiswa kita belajar di Amerika, kami kirim belajar di berbagai kampus, di 23 negara bagian," ungkap Lukas. 

Lukas Enembe mengatakan, ia tidak mensyaratkan mereka yang sudah lulus ini untuk kembali ke Papua, karena menurutnya mengharumkan nama Indonesia dan Papua dapat dilakukan di mana saja.

"Pemerintah tidak mengharuskan mereka kembali untuk mengabdi. Mereka boleh mengabdi di mana saja di seluruh dunia asal tetap menjadi warga negara Indonesia, warga asli Papua. Itu harapan saya. Tentu saja mereka bisa kembali untuk membangun ke Papua, tetapi kami tidak mengharuskan. Bagi kami, mereka bisa mengharumkan nama Papua, nama Indonesia di mana saja. Jangan terpaku harus ada di Papua saja. Mereka yang tidak pulang pun tidak kami haruskan mengembalikan uang kuliah selama ini," pesannya.

 

Tetap Ingin Pulang

Yang menarik, Sherina Fernanda, yang kini sudah mendapat tawaran melanjutkan pendidikan strata dua dari tiga kampus bergengsi lain di Amerika, justru ingin pulang kampung.

"Saya pribadi malah ingin pulang ke Papua. Saya rindu Papua. Saya memang memimpikan pulang kembali dan bekerja di Papua. Saya asli dari Biak, tetapi tinggal di Jayapura. Saya ingin pulang," ujar Sherina.

Dia memang berbeda dengan mahasiswa kebanyakan. Selain kuliah, sehari-hari ia juga bekerja sambilan dengan memberikan tutoring atau semacam les pribadi kepada mahasiswa lain yang membutuhkan tambahan bimbingan.

"Tapi saya selalu libur pada hari Sabtu agar saya bisa mendekatkan diri pada Tuhan, bisa tetap membaca Alkitab, dan baru kemudian bertemu teman-teman dan beristirahat. Bagaimana pun hidup kita harus balanced khan?" tambahnya.

Rasa syukur Gubernur Papua Lukas Enembe, seluruh mahasiswa dan mereka yang baru lulus wisuda itu dituangkan dalam upacara tradisional bakar batu Sabtu sore.

"Kami buat bakar batu yang cukup bagus di dekat asrama mahasiswa di pinggiran kampus Oregon itu. Kami undang seluruh mahasiswa dan warga di sekitarnya. Dalam upacara tradisional seperti itu dosen-dosen mereka dan juga saya sendiri memberi pesan dan nasehat untuk kehidupan mereka kelak. Kita sambut mereka, bangga dan beri penghargaan buat mereka. Benar-benar suasana kekeluargaan yang mengharukan," kata Lukas. 

"Bakar batu ini tradisi dari Papua. Adik-adik kami yang tadinya ingin buat untuk wisuda, tapi begitu tahu Bapak Gubernur datang, kami ajak sama-sama datang. Ini kedua kalinya kami buat upacara bakar batu karena kami merasa bersyukur sekali dengan apa yang sudah diraih, dan berpikir mengapa tidak buat upacara tradisional kita di sini. Teman-teman bule saya banyak yang surprise melihat bakar batu," tutur Sherina.

Mengakhiri pembicaraan dengan VOA, Sherina Fernanda mengatakan sedang mempertimbangkan apakah akan melanjutkan pendidikannya terlebih dahulu baru pulang ke Papua, atau pulang kampung dulu baru kuliah lagi. "Yang pasti saya ingin pulang," tegasnya.

Saksikan video pilihan di bawah ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

China Ancam AS, Rupiah Melemah ke 14.270 per Dolar AS

Posted: 25 Aug 2019 10:00 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Nilai tukar rupiah terhadap dolar Amerika Serikat (AS) bergerak melemah di awal pekan ini. Perang dagang memberikan beban kepada rupiah.

Mengutip Bloomberg, Senin (26/8/2019), rupiah dibuka di angka 14.245 per dolar AS, melemah jika dibandingkan dengan penutupan perdagangan sebelumnya yang ada di angka 14.215 per dolar AS. Menjelang siang, rupiah terus melemah ke 14.260 per dolar AS.

Sejak pagi hingga siang hari ini, rupiah bergerak di kisaran 14.245 per dolar AS hingga 14.270 per dolar AS. Jika dihitung dari awal tahun, rupiah masih menguat 0,90 persen.

Sedangkan berdasarkan Kurs Referensi Jakarta Interbank Spot Dollar Rate (Jisdor) Bank Indonesia (BI), rupiah dipatok di angka 14.261 per dolar AS, melemah jika dibandingkan dengan patokan sebelumnya yang ada di angka 14.249 per dolar AS.

Nilai tukar rupiah bergerak melemah dipengaruhi sentimen perang dagang.

"Rupiah kemungkinan melemah akibat sentimen negatif dari perang dagang, akibat pelemahan yuan yang melemah 0,7 persen ke level 7,14 yuan per dolar AS," kata ekonom Samuel Sekuritas Ahmad Mikail dikutip dari Antara.

Ahmad memperkirakan, indeks dolar diperkirakan bergerak melemah di level 97-97,3 terhadap mata uang kuat utama lainnya.

Penurunan dolar didorong oleh kembali meningkatnya eskalasi perang dagang antara China-AS setelah Presiden AS Donald Trump dan China saling balas untuk menaikkan kembali tarif barang impor masing-masing negara.

China mengancam akan kembali menaikkan tarif impor barang AS sebesar 10 persen terhadap barang impor asal AS senilai 75 miliar dolar AS. Trump pun mengancam akan menaikkan tarif lebih tinggi terhadap impor barang asal China di pertemuan G7.

Ahmad memprediksi pada hari ini rupiah kemungkinan akan bergerak melemah di kisaran 14.270 per dolar AS hingga 14.300 per dolar AS.

Pemerintah Prediksi Rupiah Melemah ke 14.400 per Dolar AS di 2020

Ilustrasi dana BLT

Sebelumnya, pemerintah memperkirakan nilai tukar rupiah terhadap dolar Amerika Serikat (AS) akan melemah pada tahun depan. Hal tersebut terjadi karena adanya gejolak ekonomi dunia.

Dalam pidato Nota Keuangan di Gedung DPR/MPR, Jakarta, Jumat (16/8/2019), Presiden Joko Widodo (Jokowi) menyatakan bahwa target ekonomi masih akan tinggi, tetapi untuk nilai tukar rupiah akan melemah.

Ia menyebut target pertumbuhan ekonomi Indonesia pada tahun 2020 adalah 5,3 persen. Sumber pertumbuhan ekonomi tahun depan ditekankan pada sektor konsumsi. 

"Pertumbuhan ekonomi akan berada pada tingkat 5,3 persen dengan konsumsi dan investasi sebagai motor penggerak utamanya. Inflasi akan tetap dijaga rendah pada tingkat 3,1 persen untuk mendukung daya beli masyarakat," ujar dia.

Jokowi menyebut nilai tukar rupiah akan melemah menuju 14.400 per dolar AS. Ia menyebut hal itu diakibatkan kondisi ekonomi global yang volatile alias penuh ketidakpastian.

Meski sedang ada disrupsi dagang, Jokowi yakin Indonesia akan tetap menjadi primadona investasi. Pasalnya, Indonesia memiliki telah mendapatkan citra positif dan iklim investasi akan terus dijaga.

"Pemerintah yakin investasi terus mengalir ke dalam negeri, karena persepsi positif atas Indonesia dan perbaikan iklim investasi," ujar Jokowi.

 
 

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Pemindai Wajah di Aplikasi Peminjaman Uang Ungkap Kasus Pembunuhan

Posted: 25 Aug 2019 10:00 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Seorang pria yang membunuh pacarnya tertangkap di Fujian, pesisir selatan China, setelah mencoba menggunakan pemindai wajah di sebuah aplikasi untuk berhutang.

Dilansir dari South China Morning Post, Senin (26/8/2019), pria berusia 29 tahun bernama Zhang ini membunuh pacarnya pada 11 April lalu.

Zhang lalu menghubungi bos korban melalui aplikasi WeChat milik korban, dengan mengatakan bahwa korban butuh libur untuk sementara.

Korban dibawa ke kampung halamannya yang berlokasi di Sanming, dengan menaruh mayatnya di bagasi mobil.

Zhang lalu mengajukan pinjaman uang melalui aplikasi yang disebut Money Station.

 

Pakai Kecerdasan Buatan

Ilustrasi Kecerdasan Buatan. Dok: intersystems.com

Aplikasi ini menggunakan kecerdasan buatan untuk memverifikasi identitas pelamar dan meminta mereka mengedipkan mata untuk membantu prosesnya.

Namun pemindai muka tidak menemukan tanda-tanda kehidupan di muka korban, sehingga pegawai Money Station yang curiga menghubungi polisi setempat untuk mencocokan secara manual.

 

Pegawai Aplikasi Curiga

Sejumlah pakar robot yang dilengkapi kecerdasan buatan (artificial intelligence) mengajukan petisi kepada PBB.

Pegawai Money Station juga curiga karena suara yang muncul di pengenalan suara adalah suara pria.

Zhang akhirnya ditangkap dan dituduh atas pembunuhan serta mengambil uang korban sebanyak 30.000 Yuan atau sekitar Rp 60 juta.

(Keenan Pasha/Isk)

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Annisa Pohan Jual 6 Tas Mewah Kesayangan, Berapa Harganya?

Posted: 25 Aug 2019 10:00 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Annisa Pohan merupakan salah satu publik figur yang gemar mengoleksi pakaian dan tas bermerek. Namun tampaknya, istri Agus Yudhoyono ini tak mau menumpuk barangnya secara berlebih. Karenanya, dia membuka akun pada platform Tinkerlust dan menjual barang-barang branded miliknya.

Tinkerlust digunakan sebagai wadah untuk menjual barang preloved (pernah dipakai) yang bermerek. Banyak artis lainnya yang menggunakan platform ini seperti Amanda Zevanya, Clara Bernadeth, Audrey Tapiheru, dan Anissa Aziza.

Dalam akun Tinkerlustnya, Annisa cukup banyak menjual pakaian dan tas yang pernah dia pakai. Pendapatan dari hasil penjualan ini akan didonasikan Yayasan Tunggadewi yang juga milik Annisa untuk mengembangkan pusat belajar informal bagi anak dan ibu.

Bagi Anda yang ingin mencari barang branded namun dengan harga yang lebih murah, mungkin Anda bisa mencarinya di sini. Liputan6.com merangkum enam tas preloved milik Annisa Pohan yang bisa menjadi referensi Anda.

Christian Louboutin Taupe Handbag

Christian Louboutin Taupe Handbag. (dok. tinkerlust.com/annisayudhoyono/Novi Thedora)

Tas bermerk Christian Louboutin dijual wanita kelahiran 20 November dengan harga Rp2,95 juta. Bentuknya yang unik membuat tas ini layak jadi pertimbangan untuk dikoleksi. Warna taupe dan tali berbahan rantai ini menambah kespesialan tas ini. Tas ini cocok untuk digunakan dalam kegiatan formal atau undangan.

Anya Hindmarch Gold Tote Bag

Anya Hindmarch Gold Tote Bag. (dok. tinkerlust.com/annisayudhoyono/Novi Thedora)

Tas selanjutnya yang dijual adalah tas dari Anya Hindmarch. Tas keluaran brand dari London ini menggunakan bahan kulit dengan warna emas. Tas berukuran 28 x 13 x 20 cm ini dijual oleh Annisa dengan harga Rp3,5 juta. Harganya yang masih sesuai di kantong untuk ukuran tas branded ini bisa menjadi pilihan Anda dan digunakan dalam acara formal.

Gucci Black Queen Handbag Coating Canvas Tote Bag

Gucci Black Queen Handbag Coating Canvas Tote Bag. (dok. tinkerlust.com/annisayudhoyono/Novi Thedora)

Jika Anda penggemar dari tas Gucci, Anda bisa menambah koleksi tas yang sudah sulit dicari ini. Dijual dengan harga Rp6,5 juta, Annisa menyediakan satu buah tas berbahan kulit dengan ukuran 33 x 7 x 28 cm yang cocok dipakai untuk kerja atau sehari-hari. Warna hitam yang netral juga menjadikan tas ini bisa disandingkan dengan pakaian warna apapun.

Prada Black Gathered Satchel

Prada Black Gathered Satchel. (dok. tinkerlust.com/annisayudhoyono/Novi Thedora)

Tas keluaran Prada dijual oleh ibu satu anak ini senilai Rp8,5 juta. Campuran warna hitam dengan emas menjadikan tas ini terkesan mewah. Logo Prada juga terlihat jelas pada tas ini. Ukurannya yang cukup besar yakni 29,5 x 14,5 x 29 cm menjadikan tas ini cocok jika Anda perlu membawa banyak barang.

Celine Dark Brown Lirine Springbok Fur Satchel

Celine Dark Brown Lirine Springbok Fur Satchel. (dok. tinkerlust.com/annisayudhoyono/Novi Thedora)

Meskipun sudah menjadi barang preloved, tas yang satu ini masih dibanderol seharga Rp10,5 juta. Tak heran, harga asli dari tas keluaran Celine ini memang lebih dari Rp12 juta. Motif yang terdapat pada tas ini juga unik karena menggunakan bulu pada bagian depan dan belakang tas.

Bottega Veneta Brown Long Woven Shoulder Bag

Bottega Veneta Brown Long Woven Shoulder Bag. (dok. tinkerlust.com/annisayudhoyono/Novi Thedora)

Bottega Veneta memang terkenal dengan tasnya yang cukup mahal. Tas keluaran perusahaan yang sudah berdiri sejak 1966 ini sempat berada digenggaman Annisa Pohan dan kini dijual dengan harga Rp15 juta. Sesuai dengan nama Long Woven Shoulder Bag, tas ini memang memiliki panjang 35 cm dan lebar x tingginya adalah 12 x 16 cm.

(Novi Thedora)

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Buka Suara Soal Pernikahan, Lulu Tobing Kebanjiran Doa

Posted: 25 Aug 2019 10:00 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Pernikahan Lulu Tobing dengan Bani M. Mulya dikabarkan dihelat pada pekan lalu di Jakarta. Pernikahan ini digelar tertutup, hanya dihadiri keluarga dan teman terdekat. Kabar pernikahan Lulu Tobing dan Bani M. Mulya bocor di medsos setelah sebuah akun gosip mengunggah foto pernikahan mereka pada Sabtu (24/8/2019) malam.

Kala itu, belum ada konfirmasi apa pun dari pihak Lulu Tobing maupun Bani M. Mulya. Sadar bahwa terjadi kegaduhan di medsos seputar pernikahannya, Lulu Tobing akhirnya angkat bicara.

Minggu (25/8/2019) kemarin, Lulu Tobing mengonfirmasi pernikahannya lewat akun Instagram. Ia tak menjelaskan di mana dan jam berapa akad nikah dihelat. Pun bintang film Dua Garis Biru tidak menjelaskan perihal maskawin dan detail hari bahagianya.

Lulu Tobing hanya mengunggah gambar hati yang terbuat dari mahkota bunga warna merah, kuning, dan oranye. Hati itu memiliki kaki berwarna hitam dan tengah berjingkat. Di bawah gambar tertulis kata "Thank you!" berwarna merah.

Menyertai unggahan itu, Lulu Tobing menulis, "Puji syukur ke hadirat Allah SWT dan terima kasih yang tak terhingga atas kasih sayang dan doa restu untuk kami berdua."

Ucapan Selamat

Lulu Tobing dan Bani M. Mulia (Sumber: Instagram/lutob/happysalma)

Lulu mengakhiri status teksnya dengan emoji hati warna hitam dan dua tagar yakni #Incrediblygrateful serta #LuluBani. Ribuan orang menyukai unggahan Lulu Tobing. Pun banyak orang menyelamati bintang sinetron Tersanjung dan Abad 21 itu. Di antara warganet yang mengirim selamat dan doa terdapat sejumlah seleb.

Ayushita Nugraha menulis, "Selamat Mbak, bahagia selalu." Tak ketinggalan bintang film Marlina Si Pembunuh dalam Empat Babak, Marsha Timothy. "Congratulations Lulu," ucap istri Vino G. Bastian. Sementara Cindy Fatika Sari menyelamati, "Selamat ya, Dear Lulu. Bahagia selalu". Penyanyi "Menangis Semalam," Audy Item menimpali, "Congrats, Kak!" (Wayan Diananto)

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Ciptakan Ruang Belajar Anak Autis yang Tentram

Posted: 25 Aug 2019 10:00 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Ruang belajar bagi anak autis harus menciptakan kesan tentram. Hal ini agar anak autis dapat tenang dan nyaman saat berada di dalam ruangan.

Menurut Roslinda Ghazali dari Centre for Environment-Behavior Studies (CEBS) Malaysia, konsep ruang belajar yang cocok untuk anak autis harus memerhatikan audio dan visual.

"Anak-anak istimewa ini punya kecenderungan mencari informasi. Mereka suka mengeksplorasi dunia sendiri. Dan butuh stimulasi sensorik. Di ruangan bisa saja disediakan alat akustik, seperti piano," papar Roslinda dalam acara SPEKIX 2019 di Jakarta Convention Center, ditulis Senin (26/8/2019).

Bunyi bising kuat akan mengganggu daya konsentrasi anak autis di ruang belajar. Akustik membantu mereka fokus pada pembelajaran. Oleh karena itu, alat akustik perlu dijaga dan dirawat dengan baik agar tetap berfungsi.

Sekat Ruangan

Roslinda Ghazali dari Centre for Environment-Behavior Studies (CEBS) Malaysia berbicara desain ruang belajar untuk anak autis dalam acara SPEKIX 2019 di Jakarta Convention Center, Minggu (25/8/2019). (Liputan6.com/Fitri Haryanti Harsono)

Sekat ruangan dapat diciptakan untuk mencegah anak autis berlarian ke sana kemari. Dalam satu ruang, sekat ruangan menggunakan beberapa perabot atau tumpukan balok warna warni bisa diterapkan.

"Anak autis seringkali berlarian ke sana sini. Untuk mencegah mereka berlarian, lebih baik membuat sekat ruangan yang disusun menggnakan perabot sesuai untuk anak-anak. Cara ini bisa diterapkan dalam satu ruang," Roslinda menerangkan.

Untuk menstimulasi otak anak autis, ruang belajar juga bisa dicat dengan berbeda warna. Hal ini disesuaikan dengan perkembangan stimulasi anak, apakah si anak termasuk tinggi atau rendah mendapatkan stimulasinya.

"Setiap ruangan bisa ditonjolkan warna berbeda. Contohnya di Pusat Autisme di Kuala Lumpur yang ruangannya punya cat berbeda. Jadi, anak autis yang baru masuk tidak tercampur dengan anak yang sudah lama belajar. Karena stimulasi yang mereka peroleh kan berbeda," ujar Roslinda.

Simak Video Menarik Berikut Ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Resmi Dilantik, Pantas Nainggolan Jadi Pimpinan DPRD DKI Jakarta Sementara

Posted: 25 Aug 2019 09:57 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - 106 Anggota DPRD DKI Jakarta resmi dilantik untuk bertugas pada periode 2019-2024. Setelah pelantikan, kursi pimpinan sementara saat ini diisi oleh Pantas Nainggolan dari PDIP dan Syarifudin dari Hanura.

Sebelumnya kursi Ketua DPRD DKI Jakarta diisi Prasetyo Edi Marsudi.

Pengumuman pimpinan sementara ini disampaikan Kabag Umum Sekretariat Dewan, Dame Aritonang. Pantas Nainggolan dan Syarifudin lalu memimpin sidang paripurna pascapelantikan.

"Tugas yang akan dihadapi dewan cukup kompleks dan menantang. Di samping melanjutkan tugas dewan periode sebelumnya 2014-2019, juga bertugas menyelesaikan pekerjaan yang belum tuntas," kata .

Dalam waktu dekat, pimpinan sementara akan melakukan beberapa tugas mendesak seperti memimpin rapat-rapat DPRD DKI Jakarta, memfasilitasi pembentukan fraksi, penyusunan tatib dan memproses pemilihan pimpinan DPRD definitif.

 

 

Nama Anggota DPRD DKI Jakarta Periode 2019-2024

Suasana rapat istimewa antara Gubernur dan Wakil Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan-Sandiaga Uno bersama DPRD Provinsi DKI Jakarta, Jumat (22/6). Pada HUT ke-491, Pemprov DKI Jakarta mengangkat tema 'Adil, Maju, Bahagia'. (Liputan6.com/Immanuel Antonius)

PDIP (25 kursi)

Prasetyo Edi Marsudi

Pandapotan Sinaga

Wa Ode Herlina

Agustina H (Tina Toon)

Jhonny Simanjuntak

Ida Mahmudah

Steven Setia Budi Musa

Gani Suwondo

Dwi Rio Sambodo

Gilbert Simanjuntak

Syahrial

Pantas Nainggolan

Rasyidin

Manuara Siahaan

Gembong Warsono

Indrawati Dewi

Panji Virgianto

Yuke Yurike

Lauw Siegvrieda

Cinta Mega

Ong Yenny

Ima Mahdiah

Merry Hotma

Hardiyanto Kenneth

Stephanie Octavia

 

Gerindra (19 kursi)

Iman SatriaDian Pratama

S Andyka

Moh Taufik

Prabowo Soenirman

Zuhdi Mamduhi

Adi Kurnia Setiadi

Thopaz Nuhgraha Syamsul

Syarif

Ichwanul Muslimin

Abdul Ghoni

Esti Arimi Putri

Purwanto

Wahyu Dewanto

Nurhasan

Inggard Joshua

Rany Mauliani

Yudha Permana

Syarifudin

 

PKS (16 kursi)

Dany Anwar

H Ismail

Moh Arifin

Yusriah Dzinnun

Taufik Zoelkifli

Muhayar

Abdurrahman Suhaimi

Nasdiyanto

Umi Kulsum

Muhammad Thamrin

Khorudin

Achmad Yani

Dedi Supriadi

Solikhah

Nasrullah

Abdul Aziz

 

Demokrat (10 kursi)

Desie Christhyana Sari

Neneng Hasanah

Faisal

Ferrial Sofyan

Mujiyono

Misan Samsuri

Ali Muhammad Johan

Achmad Namawi

Nur Afni Sajim

Wita Susilowaty

 

PAN (9 kursi)

Riano P Achmad

Oman Rohman Rakinda

Syahroni

Zita Anjani

Bambang Kusumanto

Farazandi Fidinansyah

Habib Muhamad Bin Salim Alatas

Lukmanul Hakim

Guruh Tirta Lunggana

 

PSI (8 kursi)

Idris Ahmad

Anthony Winza Probowo

Viani Limardi

Justin Adrian

Anggara Wicitra Sastroamidjojo

August Hamonangan

William Aditya Sarana

Eneng Malianasari

 

NasDem (7 kursi)

Hariadi Anwar

Muhammad Idris

Hasan Basri Umar

Wibi Andrino

Nova Harivan Paloh

Abdul Azis Muslim

Jupiter

 

Golkar (6 kursi)

Basri Baco

Dimaz Raditya

Judistira Hermawan

Taufik Azhar

Jamaludin

Khotibi Achyar

 

PKB (5 kursi)

Jamaluddin Lamanda

Hasbiallah Ilyas

SutiknoYusuf

Ahmad Ruslan

 

PPP (1 kursi)

Matnoor Tindoan

 

 

Reporter: Hari Ariyanti

Sumber: Merdeka

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Percepat Program Sejuta Rumah, BTN Kembangkan KPR Komunitas ke 15 Daerah

Posted: 25 Aug 2019 09:52 PM PDT

Liputan6.com, Palembang PT Bank Tabungan Negara Tbk (BTN) siap mengembangkan KPR berbasis komunitas di 15 daerah kabupaten/kota. Hal ini dilakukan untuk mempercepat pencapaian program sejuta rumah.

Direktur BTN R Mahelan Prabantarikso mengatakan, secara nasional untuk mengembangkan KPR berbasis komunitas perseroan memiliki program di 15 kabupaten antara lain Kendal, Kudus, Cilacap, Gorontalo dan daerah lainnya.

"Mayoritas masih di Pulau Jawa. Faktanya lahan masih tersedia, nah kami bekerja sama dengan pemerintah daerah dimana akan dilakukan secara bertahap," ujar Mahelan usai mendampingi Dirjen Penyediaan perumahan Kementerian PU dan Perumahan Rakyat Khalawi Abdul Hamid dan Gubernur Sumatera Selatan Herman Deru pada peletakan batu pertama pembangunan perumahan berbasis komunitas sebagai rangkaian peringatan Hari Perumahan Nasional (Hapernas) Tahun 2019 di Palembang, Sumatera Selatan, Sabtu (24/8).

Menurut Mahelan, kebutuhan rumah saat ini masih sangat besar, banyak komunitas yang tidak bankable namun feasible minta bantuan untuk dibiayai pembangunan rumahnya. Untuk itu, perseroan bersama Kementerian PUPR bekerja sama dengan pemerintah daerah dalam penyediaan lahannya.

Untuk mempercepat pencapaian target program sejuta rumah, lanjut dia, BTN tidak hanya mengandalkan Fasilitas Likuiditas Pembiayaan Perumahan atau FLPP, tapi juga program lain, di antaranya BP2B atau Bantuan Pembiayaan Perumahan Berbasis Tabungan (BP2BT). Program tersebut merupakan bantuan pemerintah yang diberikan kepada masyarakat berpenghasilan rendah yang telah mempunyai tabungan dalam rangka pemenuhan sebagian uang muka perolehan rumah atau sebagian dana untuk pembangunan Rumah Swadaya melalui kredit/pembiayaan Bank Pelaksana.

Program lainnya adalah mengoptimalkan KPR BTN Mikro dengan Skema Akademisi- Bisnis-Community dan Government atau Pemerintah (ABCG) maupun skema yang tidak melibatkan akademisi. Skema ABCG memfokuskan pada pembiayaan KPR dengan debitur berbasis komunitas yang didukung oleh Pemerintah Daerah setempat dan Instansi Pendidikan serta dibantu proses pembiayaan oleh Bank dalam hal ini Bank BTN.

"Kami melibatkan banyak pihak untuk dapat memberikan pelayanan KPR terbaik bagi masyarakat dan mendukung Pemerintah dalam Program sejuta rumah," tambah Mahelan.

Lebih lanjut Mahelan mengungkapkan dalam proyek perumahan di Palembang, BTN akan memberikan KPR bagi para Aparatur Sipil Negara atau ASN dan anggota Polri serta TNI untuk memiliki tempat tinggal. Adapun pembangunan perumahan itu dilakukan oleh pengembang Bhayangkara Praja Sriwijaya Land (BPS Land).

 

Direktur BTN R Mahelan Prabantarikso usai mendampingi Dirjen Penyediaan perumahan Kementerian PU dan Perumahan Rakyat Khalawi Abdul Hamid dan Gubernur Sumatera Selatan Herman Deru pada peletakan batu pertama pembangunan perumahan berbasis komunitas di di Palembang, Sumatera Selatan.

"Mempermudah akses KPR bagi ASN, Polri dan TNI dapat mempercepat pencapaian target program sejuta rumah yang dirancang Pemerintah dan mendukung amanat presiden untuk mempercepat penyediaan rumah bagi mereka," jelas Mahelan.

Dia menjelaskan, BTN memberikan sejumlah penawaran khusus bagi calon nasabah yang berminat memiliki hunian di BPS land yang berlokasi di Kelurahan Bukit baru Kecamatan Ilir Barat I Kota Palembang tersebut. BPS land adalah proyek perumahan yang dibangun oleh PT Cipta Arsigriya di atas lahan seluas 50 hektare dengan target pembangunan rumah sebanyak 3.000 unit.

Penawaran Bank BTN untuk proyek tersebut di antaranya, Uang Muka atau Down Payment (DP) yang terjangkau atau mulai dari 1%, KPR juga bisa diberikan kepada ASN, TNI atau Polri yang usianya masih di bawah 21 tahun atau minimal 18 tahun pada saat perjanjian akad kredit.

"Pada tahap awal, kami berharap dengan penawaran menarik ini sekitar 500 orang dari ASN, TNI maupun Polri berminat mengajukan KPR di Bank BTN," kata Mahelan.

Menurut Mahelan, jumlah kebutuhan rumah untuk aparatur sipil negara atau disebut juga PNS (Pegawai Negeri Sipil), beserta anggota TNI-Polri, total diperkirakan mencapai 1.580.000. Jumlah itu terdiri dari 945 ribu ASN, 275 ribu TNI, dan 360 ribu anggota Polri yang belum memiliki rumah yang layak.

"Dengan melihat kebutuhan perumahan bagi ASN, TNI dan Polri yang cukup besar tersebut, Bank BTN akan mengupayakan program pembiayaan rumah yang terjangkau dan akses KPR yang mudah agar seluruh masyarakat dapat mewujudkan rumah impiannya," paparnya.

 

Direktur BTN R Mahelan Prabantarikso pada peletakan batu pertama pembangunan perumahan berbasis komunitas sebagai rangkaian peringatan Hari Perumahan Nasional (Hapernas) Tahun 2019 di Palembang.

Sementara itu Dirjen Penyediaan Perumahan Khalawi Abdul Hamid mengatakan dalam mendorong penyediaan perumahan bagi ASN, Prajurit TNI, dan Polri, pemerintah telah menggulirkan beberapa program bantuan perumahan seperti rumah susun sewa (Rusunawa) dan rumah khusus, terutama bagi aparatur negara yang bekerja di kawasan terluar, terpencil, dan perbatasan.

"Masyarakat dengan penghasilan maksimal Rp4 juta sudah bisa diberikan subsidi rumah tapak. Saya kira ini akan menarik perhatian masyarakat, karena uang mukanya juga kecil dan ada subsidi bunga," ungkapnya.

Direktur Utama PT Cipta Arsigriya Chandra Huisanto menuturkan, selaku pengembang BPS Land, pihaknya akan membangun sebanyak 3.000 unit type 36/72 rumah subsidi dari Kementerian PUPR dengan skema KPR Fasilitas Likuiditas Pembiayaan Perumahan (FLPP), Subsidi Selisih Bunga (SSB), dan Subsidi Bantuan Uang Muka (SBUM) yang disalurkan melalui Bank Pelaksana salah satunya BTN. Perumahan ini berbasis komunitas ASN, TNI dan Polri yang bertugas di Sumsel.

"BPS Land direncanakan akan dibangun di atas lahan seluas 60 hektar sebanyak 3.000 unit. Untuk tahap pertama kami membangun 2.000 unit. Misi utama kami mendukung pemerintah untuk mewujudkan program sejuta rumah bagi masyarakat Indonesia," pungkasnya.

 

(*)

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

FOTO: Bang Yos Diapit Ahok dan Djarot di Pelantikan Anggota DPRD DKI

Posted: 25 Aug 2019 09:50 PM PDT

Mantan Gubernur DKI Jakarta, Basuki Tjahaja Purnama (Ahok) duduk bersama Sutiyoso dan Djarot Saiful Hidayat dalam pengukuhan anggota DPRD DKI p2019-2024 di gedung DPRD DKI Jakarta, Senin (26/8/2019). Sebanyak 106 anggota DPRD DKI terpilih 2019-2024 dilantik hari ini. (Liputan6.com/Faizal Fanani)

Mantan Gubernur DKI Jakarta, Basuki Tjahaja Purnama (Ahok) duduk bersama Sutiyoso dan Djarot Saiful Hidayat dalam pengukuhan anggota DPRD DKI p2019-2024 di gedung DPRD DKI Jakarta, Senin (26/8/2019). Sebanyak 106 anggota DPRD DKI terpilih 2019-2024 dilantik hari ini. (Liputan6.com/Faizal Fanani)

Mantan Gubernur DKI Jakarta, Basuki Tjahaja Purnama atau Ahok duduk bersama dalam pengukuhan anggota DPRD DKI p2019-2024 di gedung DPRD DKI Jakarta, Senin (26/8/2019). Sebanyak 106 anggota DPRD DKI terpilih 2019-2024 dilantik hari ini. (Liputan6.com/Faizal Fanani)

Mantan Gubernur DKI Jakarta, Basuki Tjahaja Purnama atau Ahok duduk bersama dalam pengukuhan anggota DPRD DKI p2019-2024 di gedung DPRD DKI Jakarta, Senin (26/8/2019). Sebanyak 106 anggota DPRD DKI terpilih 2019-2024 dilantik hari ini. (Liputan6.com/Faizal Fanani)

Mantan Gubernur DKI Jakarta, Basuki Tjahaja Purnama (Ahok) duduk bersama Sutiyoso dan Djarot Saiful Hidayat dalam pengukuhan anggota DPRD DKI p2019-2024 di gedung DPRD DKI Jakarta, Senin (26/8/2019). Sebanyak 106 anggota DPRD DKI terpilih 2019-2024 dilantik hari ini. (Liputan6.com/Faizal Fanani)

Mantan Gubernur DKI Jakarta, Basuki Tjahaja Purnama (Ahok) duduk bersama Sutiyoso dan Djarot Saiful Hidayat dalam pengukuhan anggota DPRD DKI p2019-2024 di gedung DPRD DKI Jakarta, Senin (26/8/2019). Sebanyak 106 anggota DPRD DKI terpilih 2019-2024 dilantik hari ini. (Liputan6.com/Faizal Fanani)

Mantan Gubernur DKI Jakarta, Basuki Tjahaja Purnama atau Ahok bersama Sutiyoso dan Djarot Saiful Hidayat menghadiri pengukuhan anggota DPRD DKI p2019-2024 di gedung DPRD DKI Jakarta, Senin (26/8/2019). Sebanyak 106 anggota DPRD DKI terpilih 2019-2024 dilantik hari ini. (Liputan6.com/Faizal Fanani)

Mantan Gubernur DKI Jakarta, Basuki Tjahaja Purnama atau Ahok bersama Sutiyoso dan Djarot Saiful Hidayat menghadiri pengukuhan anggota DPRD DKI p2019-2024 di gedung DPRD DKI Jakarta, Senin (26/8/2019). Sebanyak 106 anggota DPRD DKI terpilih 2019-2024 dilantik hari ini. (Liputan6.com/Faizal Fanani)

Mantan Gubernur DKI Jakarta, Basuki Tjahaja Purnama atau Ahok bersama Sutiyoso dan Djarot Saiful Hidayat menghadiri pengukuhan anggota DPRD DKI p2019-2024 di gedung DPRD DKI Jakarta, Senin (26/8/2019). Sebanyak 106 anggota DPRD DKI terpilih 2019-2024 dilantik hari ini. (Liputan6.com/Faizal Fanani)

Mantan Gubernur DKI Jakarta, Basuki Tjahaja Purnama atau Ahok bersama Sutiyoso dan Djarot Saiful Hidayat menghadiri pengukuhan anggota DPRD DKI p2019-2024 di gedung DPRD DKI Jakarta, Senin (26/8/2019). Sebanyak 106 anggota DPRD DKI terpilih 2019-2024 dilantik hari ini. (Liputan6.com/Faizal Fanani)

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Pembangunan Bandara Internasional Yogyakarta Rampung di 2020

Posted: 25 Aug 2019 09:45 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Pemerintah menargetan selurh pembangunan ke Bandara Internasional Yogyakarta atau Yogyakarta International Airport (YIA) akan selesai pada Februari atau Maret 2020. Sementara pembangunan jalur kereta api (KA) ke bandara tersebut diharapkan dapat diselesaikan pada akhir 2020.

"Progressnya cukup bagus. Kalau saya perkirakan sudah hampir 60–70 persen. Kalau dari apa yang saya lihat kira-kira selesai Februari atau Maret 2020. Kita operasikan setelah itu," kata Menteri Perhubungan (Menhub) Budi Karya Sumadi usai melakukan kunjungan kerja di Bandara YIA, Kulonprogro, Provinsi DIY, seperti dikutip dari Setkab.go.id, Senin (26/8/2019).

Menurut Menhub, saat ini sudah ada sebanyak 14 kali take off-landing di Bandara Internasional Yogyakarta. Menhub  mengaharapkan pada masa Angkutan Lebaran Tahun 2020, sebanyak 66 flight dengan rute luar Jawa dari Bandara Adisucipto akan dipindah ke Bandara YIA.

"Harapannya kita terus memfluktuasi maskapai untuk memindahkan flight mereka yang ke luar Jawa, seperti ke Sumatera, Kalimantan, dan sebagainya. Kalau pindah semua itu kira-kira ada 66 flight bisa pindah ke YIA. Itu yang menjadi patokan supaya moda transportasi KAnya perlu dimaksimalkan," tandas Menhub.

Mengenai pembangunan jalur KA ke Bandara YIA, Menhub Budi mengemukakan, pemerintah akan mengintensifkan angkutan kereta api agar aksesibilitas bertambah dan lebih mudah, dengan headway yang lebih pendek sehingga ada suatu kepastian bagi penumpang untuk mencapai Yogya.

Ia meyebutkan, pembangunan jalu KA ke Bandara Internasional Yogyakarta akan difinalkan ke Stasiun Kedundang kira-kira pada akhir 2020.

"Rencana pembangunan jalur KA menuju YIA akan dilakukan pada bulan Oktober 2018. Untuk tahap awal, jalur KA akan dibangun di daerah Stasiun Kedundang dan di sekitar area Bandara YIA," ungkapnya.

Stasiun Kedundang sendiri merupakan stasiun yang sudah lama tidak beroperasi yang berlokasi di antara Stasiun Tugu dan Stasiun Wojo. Stasiun tersebut nantinya akan menjadi persimpangan antara jalur KA menuju Bandara YIA dan menuju Stasiun Wojo.

"Nanti kita akan membuat jalur kereta api langsung sampai ke Bandara YIA. Stasiun Kedundang ini adalah persimpangannya," jelas Menhub seraya menambahkan, untuk jalur KA akan dibangun dengan jalur layang (elevated), namun tingginya hanya sebatas 3-6 meter.

 

Pangkas Waktu Tempuh Masyarakat

Menhub, Budi Karya Sumadi (tengah) saat meninjau Bandara Internasional Yogyakarta, Kulon Progo, Rabu (24/4). Progres pembangunan Bandara Internasional Yogyakarta hampir 100 persen, sementara progres pembangunan keseluruhannya termasuk domestik mencapai 47 persen. (Liputan6.com/Helmi Fithriansyah)

Pembangunan jalur KA langsung ke Bandara YIA ini akan memangkas waktu yang ditempuh masyarakat untuk menuju YIA. Sehingga diharapkan bandara YIA dapat beroperasi dengan optimal.

"Jadi jika sekarang waktu tempuh dari stasiun tugu ke Bandara YIA dari stasiun Wojo 60 menit, karena harus menggunakan bus feeder menuju Bandara. Nantinya jika jalur KA sudah tersambung dari Bandara YIA sampai Stasiun Kedundang ini, waktu tempuhnya hanya 35 menit dengan headway 15 menit sekali," urai Menhub.

Dalam kesempatan tersebut, Menhub meminta frekuensi perjalanan KA dari Yogyakarta menuju Bandara YIA maupun sebaliknya lebih dioptimalkan

"Yang akan datang saya minta di review, tugu sampai YIA saja mondar mandir sehingga frekuensinya lebih banyak. Ditambah dengan kereta-kereta yang eksisting, kereta eksisting satu hari ada 178 kereta," ucap Menhub Budi.

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Kalah dari Udinese, Marco Giampaolo: Tak Ada Indikasi Positif dari AC Milan

Posted: 25 Aug 2019 09:45 PM PDT

Liputan6.com, Milan - AC Milan menelan kekalahan tipis 0-1 dari tuan rumah, Udinese pada laga pertama mereka di Liga Italia 2019/20, Minggu (25/8/2019) WIB di Dacia Arena. Kekalahan ini sekaligus menodai debut Marco Giampaolo sebagai pelatih AC Milan.

Giampaolo mengakui, performa AC Milan tak menunjukkan sisi positif. "Terlepas dari hasilnya, karena kalah tak pernah bagus. Jelas, pertandingan tidak memberikan saya banyak indikasi positif," kata Giampaolo seperti dilansir Football Italia.

AC Milan bermain dengan formasi 4-3-1-2 menghadapi Udinese. Untuk membongkar pertahanan tim lawan, AC Milan mengandalkan duet Samu Castillejo dan Krzyzstof Piatek di lini depan.

Sayangnya, duet ini ternyata tak ampuh. AC Milan tercatat melepaskan hanya sekitar tujuh tendangan ke gawang Udinese.

Alih-alih mencetak gol, gawang AC Milan justru bobol di menit ke72 lewat Rodrigo Becao. Rossoneri -julukan AC Milan- pulang dengan tangan hampa dari markas Udinese.

Giampaolo mengatakan, ia akan menganalisa lebih jauh performa timnya. Menurut pelatih berusia 52 tahun itu, banyak hal yang harus ia lihat dari AC Milan.

"Saya melihat lebih dari sekadar hasil dan mencoba menganalisa lebih dalam terkait pertandingan, interpretasi taktik tertentu dan karakter berbeda," ujarnya," kata Giampaolo.

 

 

Harus Lebih Tajam

Pemain Udinese  Rodrigo Becao merayakan golknya ke gawang AC Milan pada pekan pertama Liga Italia 2019-2020. Udinese menang 1-0 di Dacia Arena, Minggu (25/8/2019) malam WIB. (Gabriele Menis/ANSA via AP)

Lebih lanjut, Giampaolo menuturkan dominasi AC Milan harus bisa dikonversi menjadi gol. Namun ia tak menyalahkan sepenuhnya kegagalan timnya membuat gol ke gawang lawan.

"Penguasaan bola harusnya berubah menjadi serangan. Tetapi itu mungkin bukan salah kami karena Udinese punya karakter yang ketika bertahan membuat kami sulit," kata Giampaolo mengakhiri.

Hasil Lengkap Liga Italia

Fiorentina 3-4 Napoli

Udinese 1-0 AC Milan

Senin 26 Agustus 2019

Cagliari 0-1 Brescia

Hellas Verona 1-1 Bologna

AS Roma 3-3 Genoa

Sampdoria 0-3 Lazio

SPAL 2-3 Atalanta

Torino 2-1 Sassuolo

Saksikan video menarik di bawah ini

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Klasemen Liga Italia Serie A: Raih Tiga Poin, Juventus Mulus

Posted: 25 Aug 2019 09:42 PM PDT

Jakarta - Juventus sukses meraih tiga poin penuh di pekan perdana Liga Italia Serie A musim ini. Kemenangan ini membuat Juve bersaing ketat dengan enam klub lainnya yang juga memetik kemenangan.

I Bianconeri menang 1-0 saat melawat ke markas Parma di Stadio Ennio Tardini, Sabtu (24/8/2019). Gol tunggal Juventus dicetak Giorgio Chiellini pada menit ke-21.

Selain Juve, klub lain yang berhasil memetik tiga poin di pekan pertama Liga Italia adalah Lazio, Atalanta, Brescia, Torino, Napoli, dan Udinese. Lazio menang 3-0 atas Sampdoria, Atalanta mengalahkan SPAL dengan skor 3-1, dan Brescia membungkam Cagliari 1-0.

Sementara itu, Torino unggul 2-1 atas Sassuolo, Napoli bekerja keras mengalahkan Fiorentina dengan skor 4-3, serta Udinese yang menang tipis 1-0 atas AC Milan.

Hasil tersebut membuat Lazio berada di puncak klasemen sementara Liga Italia Serie A dengan nilai tiga. Disusul Atalanta, Torino, Brescia, Udinese, Napoli, dan Juventus yang juga mengoleksi tiga poin. Perbedaan Juve dan enam klub tersebut adalah selisih gol.

Klasemen Sementara Serie A

 

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Sakit Hati Dibilang Tak Cantik, Duo Semangka Perawatan Wajah

Posted: 25 Aug 2019 09:40 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Popularitas yang didapat Duo Semangka membuatnya jadi sorotan masyarakat. Kini, gerak-gerik duo yang beranggotakan Clara Gopa dan Variola May mulai diperhatikan publik.

Salah satu yang paling disorot, adalah fisik Duo Semangka yang hanya mengandalkan keseksian tubuh. Duo Semangka dianggap tak mumpuni sebagai artis karena dinilai tak memiliki paras cantik.

Duo Semangka pun mengaku tak nyaman dengan komentar soal kecantikan yang setiap hari memenuhi sosial media dua personelnya.

"Sakit hati sih, tapi kami harus menyaring komentar mereka," kata Variola May di klinik DermaPro, Jakarta Barat, Sabtu (24/8/2019).

 

 

Perawatan Wajah

Duo Semangka perawatan wajah (Liputan6.com/ Hernowo Anggie)

Tak mau terus menerus dicibir warganet, Duo Semangka pun memilih untuk melakukan perawatan wajah. Bukannya mengamini perkataan warganet tentang kecantikan wajah, Duo Semangka justru melakukan perawatan demi tanggung jawab sebagai entertainer.

"Ada pengaruh positif sih, seperti kami dibilang hitam. Justru jadi motivasi bagi kami untuk melakukan perawatan. Kalau enggak di-bully, enggak akan ke sini (klinik kecantikan)," ucapnya.

Di klinik tersebut, personel Duo Semangka berupaya untuk menjadikan wajah mereka menjadi lebih menarik dengan sejumlah perawatan. Apa saja?

Kulit Putih

Duo Semangka (Liputan6.com/ Hernowo Anggie)

"Kalau tadi aku treatment sama dokter Rocky. Tadi aku disuntik penghancur lemak biar muka lebih tirus dan hilangin double chin. Tadi juga melakukan infus roseglow biar lebih putih," Clara Gopa menjelaskan.

Variola May, yang ditangani dokter Andreas, melakukan treatment dari laser glowing untuk mengempeskan jerawat, infus roseglow agar lebih putih, dan filler dagu untuk membuat wajah berbentuk V. 

"Jerawat aku tuh lagi mateng-mateng jadi dokter bantu mengurangi jerawat-jerawatnya. Tadi juga filler kelihatan banget sih jadi lebih lancip," Variola May menambahkan.

 

 

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Sah, 106 Anggota DPRD DKI Periode 2019-2024 Resmi Dilantik

Posted: 25 Aug 2019 09:36 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Sebanyak 106 anggota DPRD DKI Jakarta periode 2019-2024 resmi dikukuhkan melalui Rapat Paripurna Istimewa di gedung DPRD DKI Jakarta. Pengucapan sumpah janji pun dipandu oleh Ketua Pengadilan Tinggi DKI Jakarta.

Akan tetapi, lantaran Ketua Pengadilan Tinggi DKI belum ada, maka pengukuhan akan dipimpin oleh pelaksana harian Ketua Pengadilan Tinggi DKI Jakarta Syahrial Sidik.

"Demi Allah, saya bersumpah. Bahwa saya akan memenuhi kewajiban saya, sebagai anggota dewan perwakilan rakyat daerah provinsi Daerah Khusus Ibu Kota Jakarta dengan sebaik-baiknya dengan sadil-adilnya sesuai ketentuan peraturan perundang-undangan dengan berpedoman pada Pancasila dan UUD NKRI 1945 .....," ucap anggota baru serentak, Senin (26/8/2019).

Setelah pengucapan sumpah dan janji 106 anggota DPRD DKI disematkan pin emas secara simbolis

Daftar Nama

Berikut daftar lengkap anggota DPRD DKI Jakarta 2019-2024:

Dapil 1 

Gerindra: Iman Satria, Dian Pratama

PDIP: Prasetyo Edi Marsudi, Pandapotan Sinaga, Wa Ode Herlina

Golkar: Basri Baco

Nasdem: Hariadi Anwar

PKS: Hany Anwar, Ismail

PSI: Idris Ahmad

PAN: Riano Ahmad

Demokrat: Desie Christiana Sari

Dapil 2 

Gerindra: S. Andyka

PDIP: Agustina (Tina Toon), Johnny Simanjuntak

Golkar: Dimaz Raditya Soesatyo

Nasdem: Muhammad Idris

PKS: Mohammad Arifin

PSI: Anthony Winza Prabowo

PAN: Oman Rohman Rakinda

Demokrat: Neneng Hasanah

Dapil 3 

PKB: Jamaluddin Lamanda

Gerindra: Mohammad Taufik

PDIP: Ida Mahmudah, Steven Setia Budi Musa, Gani Suwondo

Nasdem: Hasan Basri

PKS: Yusriah Dzinnun

PSI: Viani Limardi

Demokrat: Faisal 

Dapil 4 

PKB: Hasbiallah Ilyas

Gerindra: Prabowo Soenirman, Zuhdi Mamduhi

PDIP: Dwi Rio Sambodo, Gilbert Simanjuntak

Golkar: Judistira Hermawan

PKS: Taufik Zoekifli, Muhayar

PAN: Syahroni

Demokrat: Ferrial Sofyan

Dapil 5

Gerindra: Adi Kurnia Setiadi, Thopaz Nuhgraha Syamsul

PDIP: Syahrial, Pantas Nainggolan

Golkar: Taufik Azhar

PKS: Abdurrahman Suhaimi, Nasdiyanto

PSI: Justin Adrian

PAN: Zita Anjani

Demokrat: Mujiyon

Dapil 6

Gerindra: Syarif, Ichwanul Muslimin

PDIP: Rasyidi, Manuara Siahaan

Golkar: Jamaluddin

PKS: Umi Kulsum, Muhammad Thamrin

PPP: Matnoor Tindoan

PAN: Bambang Kusumanto

Demokrat: Misan Samsuri 

Dapil 7  

PKB: Sutikno

Gerindra: Abdul Ghoni, Esti Arimu Putri

PDIP: Gembong Warsono, Indrawati Dewi

Nasdem: Wibi Andrino

PKS: Khoirudin

PSI: Anggara Wicitra

PAN: Farazandi Fidinansyah

Demokrat: Ali Mohammad Johan

Dapil 8 

PKB: Yusuf

Gerindra: Purwanto, Wahyu Dewanto, Nurhasan

PDIP: Panji Virgianto, Yuke Yurike

Nasdem: Nova Harivan Paloh

PKS: Achmad Yani, Dedi Supriadi

PSI: August Hamonangan

PAN: Habib Muhammad Bin Salam Alatas

Demokrat: Achmad Nawawi 

Dapil 9 

PKB: Achmad Ruslan

Gerindra: Inggard Joshua, Rany Mauliani

PDIP: Lauw Siegvrieda, Cinta Mega, Ong Yenny

Golkar: Khotibi Ahyar

Nasdem: Abdul Azis Muslim

PKS: Sholikah

PSI: William Aditya Sarana

PAN: Lukmanul Hakim

Demokrat: Nur Afni Sajim 

Dapil 10  

Gerindra: Yudha Permana, Syarifuddin

PDIP: Ima Mahdiah, Merry Hotma, Hardianto Kenneth, Stephanie Octavia

Nasdem: Jupiter

PKS: Nasrullah, Abdul Aziz

PSI: Eneng Malianasari

PAN: Guruh Tirta Lunggana

Demokrat: Wita Susilowati

 

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Cathy Sharon Luncurkan Produk Makeup Khusus Perempuan Asia

Posted: 25 Aug 2019 09:35 PM PDT

Jakarta Siapa yang tak kenal dengan Cathy Sharon, artis cantik dan ibu dari dua anak ini menyuguhkan gebrakan baru. Dengan segudang kesibukan harian, produk makeup menjadi hal wajib yang dikenakan Cathy setiap hari. Di awal kariernya tidak semua show disediakan makeup artist, sehingga para model dituntut untuk memulas wajahnya sendiri dengan beragam konsep dan warna. Sementara, pilihan produk makeup belum terlalu banyak sehingga agak sulit untuk menemukan produk yang benar-benar cocok untuk kulit Asia.

Menurut Cathy Sharon setiap perempuan wajib menemukan produk makeup yang cocok dari segi warna maupun tekstur. Hal ini sangat penting, apabila makeup yang dikenakan setiap orang tepat, maka kepercayaan diri akan meningkat. Sebaliknya, bila produk makeup yang dikenakan tidak cocok, malah membuat kepercayaan diri menurun.

Benua Asia terdiri dari bermacam suku dan ras dengan warna kulit yang beragam. Inilah sebabnya Cathy melansir lini makeup yang mengangkat kecantikan perempuan Asia dengan warna kulit yang beragam.

"We wanna highlight Asian Beauty. Memberikan perspektif yang berbeda di dunia beauty soal kecantikan itu sendiri. Kecantikan orang Indonesia itu bukan satu jenis, tapi beragam. It's diverse," ungkap Cathy Sharon.

Adalah Sada by Cathy Sharon yang mengangkat beragam esensi Indonesia dalam full-range cosmetic line. Dengan beragam produk lengkap mulai dari alis, mata, wajah, dan bibir, Sada by Cathy Sharon memberikan penampilan yang menyeluruh pada perempuan agar lebih percaya diri.

 

Menggunakan esensi Indonesia pada kemasan

Intip koleksi makeup dari Cathy Sharon yang soroti kecantikan perempuan Asia (Foto: Sada by Cathy Sharon)

Esensi Indonesia begitu kental pada merek kosmetik Sada by Cathy Sharon. Dari penamaannya, Sada merupakan bahasa sanskerta yang berarti kesadaran. Di mana Cathy Sharon sendiri berharap bahwa perempuan bisa menyadari akan kecantikan yang ada pada dirinya.

Selain itu, pada kemasan dibuat elegan dan modern dengan motif batik Kawung pada latar berwarna hitam. Pemilihan motif batik Kawung ini biasa digunakan pada abdi dalam Keraton untuk menunjukkan dedikasi akan pengabdian.

Pada peluncurannya di Kemang, Rabu (21/8/2019), Sada by Cathy Sharon lahir dengan dua jenis produk, yakni Matte Lipcolour dan Skinny Liquid Liner. Matte Lipcolour merupakan lipstik liquid yang memberikan hasil akhir matte dan transferproof. Tekstur yang sangat ringan tidak menjadikan lipstik ini mudah luntur dan bisa bertahan hingga 12 jam.

Diperkaya dengan vitamin E, lipstik ini bukan hanya sekadar mewarnai bibir melainkan menutrisi agar tidak kering. Sejauh ini terdapat enam warna yang hadir dengan menggunakan nama-nama Indonesia. Seperti Sogan, Ende, Toba, Fatma, Wates, dan Gili.

Sementara, Skinny Liquid Penliner menjadi eyeliner yang dibuat dalam bentuk spidol. Dengan kuas khusus di dalamnya dapat menghasilkan garis tegas dan intens pada mata untuk tampilan natural maupun dramatis.

 

Produk yang akan hadir

Intip koleksi makeup dari Cathy Sharon yang soroti kecantikan perempuan Asia (Foto: Vinsensia Dianawanti)

Selain Matte Lipcolour dan Skinny Liquid Penline, nantinya Sada by Cathy Sharon akan menghadirkan produk seperti Ghanda Pallete yang terdiri dari Powder Blush, Contour & Shimmer, dan Bronze & Highlighter. Menggunakan kata "Ghanda" untuk merepresentasikan dua isian dalam satu palet.

Ada juga Senja Resting Glam Face Makeup Remover yang mengandalkan ekstrak kunyit sebagai anti inflamasi. Dengan water-oil based, makeup remover ini mampu membersihkan makeup waterproof secara menyeluruh tanpa meninggalkan residu.

Produk yang cukup unik dan ditunggu-tunggu adalah Telu. Ini merupakan 3in1 brow product yang terdiri dari pensil alis, browcara, dan concealer untuk menegaskan garis pada alis. Dengan pilihan 3in1 product ini menjadi sangat praktis.

Intip koleksi makeup dari Cathy Sharon yang soroti kecantikan perempuan Asia (Foto: Sada by Cathy Sharon)

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Penyebab Laga Uji Coba Timnas Indonesia Digelar Tertutup

Posted: 25 Aug 2019 09:35 PM PDT

Jakarta- Pelatih Timnas Indonesia, Simon McMenemy, memiliki alasan tersendiri memilih menggelar laga uji coba melawan Persika Karawang di Stadion Pakansari, Cibinong, Kabupaten Bogor, Minggu (25/8/2019), secara tertutup. Simon beralasan keputusan tersebut diambil demi kebaikan pemainnya.

Tak hanya penonton, laga uji coba tersebut juga digelar tertutup untuk media. Kalangan jurnalis baru mendapatkan kesempatan melakukan peliputan setelah uji coba selesai.

Keputusan Simon menggelar laga uji coba secara tertutup sempat dikeluhkan oleh suporter. Namun, pelatih asal Skotlandia itu menilai hal itu dilakukan agar kesalahan yang dilakukan anak asuhnya tidak terekam jejak digital.

"Saya punya alasan, tetapi saya menghormati teman-teman dan media yang datang. Kenapa kami menggelar uji coba secara tertutup? Agar ketika pemain melakukan kesalahan, mereka tidak malu," kata Simon McMenemy kepada wartawan.

"Jika ada yang menonton dan ada yang merekam, nanti mereka ragu-ragu ketika membuat kesalahan. Di sini, kami menyemangati ketika pemain buat kesalahan dan saat sudah dalam panggung yang lebih besar serta banyak penonton nanti, tidak terulang," tutur Simon.

Pada uji coba tersebut, Timnas Indonesia mencetak dua gol pada babak pertama. Gol Tim Merah-Putih dicetak Alberto Goncalves pada menit ke-16 dan Irfan Jaya pada menit ke-45.

Timnas Indonesia kemudian semakin agresif melancarkan serangan pada babak kedua. Pasukan Garuda kemudian berhasil menambah dua gol lagi melalui Rizky Pellu (56') dan Otavio Dutra (81').

Siap Meladeni Bhayangkara FC

Pemain Timnas Indonesia, Otavio Dutra, mengontrol bola saat latihan di Stadion Madya Senayan, Jakarta, Jumat (8/3). Latihan ini merupakan persiapan jelang laga persahabatan melawan Myanmar. (Bola.com/Vitalis Yogi Trisna)

Timnas Indonesia makin mematangkan persiapan jelang bertempur melawan Malaysia di laga perdana Grup G putaran kedua kualifikasi Piala Dunia 2022 zona Asia.

Setelah meladeni perlawanan Persika Karawang, Tim Garuda akan menjajal kekuatan Bhayangkara FC (29/8/2019).

Laga melawan The Guardians menjadi persiapan terakhir Timnas Indonesia dalam pemusatan latihan di Cibinong, Kabupaten Bogor. Setelah itu, Alberto Goncalves dkk. akan kembali ke Jakarta untuk menambah persiapan jelang jumpa Malaysia (5/9/2019).

Sumber Bola.com

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Simon McMenemy Senang Timnas Indonesia Pesta Gol atas Persika

Posted: 25 Aug 2019 09:35 PM PDT

Bogor- Timnas Indonesia menang besar empat gol tanpa balas atas klub Liga 2, Persika Karawang, dalam laga uji coba tertutup yang berlangsung di Stadion Pakansari, Cibinong, Kabupaten Bogor, Minggu (25/8/2019).

Pelatih Timnas Indonesia, Simon McMenemy, puas dengan penampilan anak asuhnya. Pelatih asal Skotlandia itu menilai pemainnya berhasil menerapkan instruksi yang diinginkannya dengan baik di lapangan.

"Saya senang. Kami mencoba dua formasi yang berbeda dan juga berlatih dengan bola mati yang berhasil dilaksanakan pemain. Jadi, kemenangan 4-0 merupakan skor yang luar biasa buat saya, dan kami juga tidak kebobolan," kata Simon McMenemy.

"Saya juga senang melihat pemain terus berkonsentrasi. Saya berharap hari ini bisa menjadi latihan yang bagus buat pemain," ujar eks pelatih Bhayangkara FC itu.

Pada pertandingan tersebut, Timnas Indonesia mencetak dua gol pada babak pertama. Gol Tim Merah-Putih yang disiapkan untuk kualifikasi Piala Dunia 2022 ini dicetak Alberto Goncalves pada menit ke-16 dan Irfan Jaya pada menit ke-45.

Pada babak kedua, Timnas Indonesia semakin agresif melancarkan serangan. Tim Garuda kemudian menambah dua gol lagi, melalui Rizky Pellu (56') dan Otavio Dutra (81').

Simon tak lupa memberikan apresiasi terhadap Persika, yang sempat merepotkan tim asuhannya.

"Saya juga mengapresiasi Persika karena sangat profesional. Mereka datang dan bertahan, serta tidak menyerah sampai akhir. Itu luar biasa sekali," kata Simon McMenemy.

Laga uji coba melawan Persika Karawang merupakan bagian persiapan Timnas Indonesia untuk menghadapi Malaysia di pertandingan Grup G putaran kedua Kualifikasi Piala Dunia 2022 zona Asia. Pasukan Simon McMenemy itu akan menjamu Malaysia di Stadion Utama Gelora Bung Karno, Jakarta, pada Kamis (5/9/2019).

Tantang Bhayangkara FC

Pemain Timnas Indonesia, Osas Saha, saat berlatih di Stadion Pakansari, Bogor, Sabtu (24/8). Latihan ini merupakan persiapan jelang laga kualifikasi Piala Dunia 2020. (Bola.com/Yoppy Renato)

Setelah menghadapi Persika Karawang, Timnas Indonesia masih memiliki satu uji coba lagi yang digelar di Cibinong. Timnas Indonesia akan menghadapi Bhayangkara FC di Stadion Pakansari pada Kamis (29/8/2019).

Ini menjadi laga uji coba kedua sekaligus terakhir dalam pemusatan latihan di Cibinong. Setelah itu, Timnas Indonesia akan kembali ke Jakarta untuk mematangkan persiapan jelang melawan Malaysia. 

Sumber Bola.com

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Pria Ini Ubah Foto Hitam Putih Tokoh Terkenal Jadi Berwarna, 7 Hasilnya Bikin Takjub

Posted: 25 Aug 2019 09:35 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Membuat sebuah karya seni tentu saja tidak mudah. Apalagi jika karya seni yang dihasilkan merupakan perpaduan dengan teknologi masa kini. Akan tetapi membuat sebuah karya seni dengan menggunakan kemajuan teknologi tentu saja bisa dipelajari.

Bahkan, kamu juga bisa mengubah sebuah foto lama menjadi terlihat baru berkat bantuan teknologi edit foto dan tekniknya. Hal ini juga dilakukan oleh pria bernama Jecinci asal Romania. Ia menggunakan keahlian mengedit sebuah foto yang dipelajari dari sebuah video YouTube untuk mengubah foto lawas hitam putih menjadi berwarna.

Dilansir Liputan6.com dari Boredpanda, Senin (26/8/2019) dirinya secara kebetulan melihat tutorial edit foto menjadi berwarna lima tahun yang lalu. Ia pun mencoba untuk mempraktikkan pada sebuah foto lawas milik kakek dan neneknya.

Berkat tekad yang kuat untuk meningkatkan keterampilan edit foto, dirinya juga mendapat bantuan dari beberapa seniman terkenal lainnya. Pria yang kini berusia 36 tahun ini memang cukup menyukai membuat sebuah gambar. Karena hal itulah, ia pun memiliki minat untuk mewarnai beberapa foto lawas hitam putih para tokoh terkenal.

Berikut ini beberapa hasil karya dari Jecinci yang membuat foto lawas para tokoh terkenal menjadi berwarna.

1. Amelia Earhart adalah wanita pertama yang terbang menjelajah Samudra Atlantik seorang diri.

Edit foto (Sumber: Boredpanda)

2. Foto Putri Diana saat masih muda setelah diberi warna pun terlihat sangat nyata.

Edit foto (Sumber: Boredpanda)

3. Ada pula Albert Einstein saat mengenakan jaket kulitnya pada tahun 1938.

Edit foto (Sumber: Boredpanda)

4. Foto seorang ilmuwan dan juga penemu pertanian Amerika, George Washington Carver juga dibuat berwarna.

Edit foto (Sumber: Boredpanda)

5. Ada jug King Ferdinand And Queen Marie saat kunjungan kenegaraan di Inggris tahun 1924.

Edit foto (Sumber: Boredpanda)

6. Tokoh Charlie Chaplin yang melegenda juga tak lupa untuk dibuat menjadi berwarna.

Edit foto (Sumber: Boredpanda)

7. Bahkan, ada foto pernikahan dari Jackie Bouvier Kennedy And John F. Kennedy tahun 1953.

Edit foto (Sumber: Boredpanda)

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Klasemen Liga Spanyol: Barcelona Melesat, Real Madrid Turun Peringkat

Posted: 25 Aug 2019 09:34 PM PDT

Jakarta - Real Madrid terpaksa turun satu peringkat  di klasemen Liga Spanyol. Itu terjadi setelah mereka gagal menang saat berhadapan dengan Real Valladolid. Sementara itu, Barcelona melesat usai menang besar 5-1 atas Real Betis.

Madrid menjamu Valladolid di Santiago Bernabeu pada laga pekan kedua Liga Spanyol, Minggu (25/8/2019) dini hari WIB. Tampil di hadapan pendukung sendiri, El Real harus puas bermain sama kuat 1-1.

Real Madrid unggul lebih dulu berkat gol yang disarangkan Karim Benzema pada menit ke-82. Namun, Real Valladolid mampu menyamakan kedudukan lewat aksi Sergi Guardiola pada menit ke-88.

Sementara itu, Barcelona yang menelan kekalahan 0-1 dari Athletic Bilbao pada pekan perdana La Liga, mampu mendulang tiga poin penuh ketika bersua Real Betis di Camp Nou, Senin (26/8/2019).

Los Cules yang tampil tanpa Lionel Messi, Luis Suarez, dan Ousmane Dembele, berhasil melumat Betis dengan skor 5-2. Antoine Griezmann tampil sebagai bintang Blaugrana pada laga ini dengan menyumbangkan dua gol.

Berkat hasil ini, Barcelona yang sebelumnya berada di peringkat ke-16 terdongkrak ke posisi sembilan dengan nilai tiga. Mereka hanya terpaut satu poin dari Real Madrid yang turun ke peringkat tiga, dan enam poin dari Sevilla di puncak klasemen sementara Liga Spanyol.

Klasemen Sementara La Liga:

 

FcTables.com

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Helikopter Tabrak Pesawat di Langit Majorca, Satu Keluarga Tewas

Posted: 25 Aug 2019 09:33 PM PDT

Liputan6.com, Palma - Seorang ayah gagal merayakan ulang tahunnya yang ke-43 karena kecelakaan helikopter di Majorca, salah satu pulau wisata di wilayah teritorial Spanyol di Laut Mediterania, Minggu 25 Agustus 2019 sore waktu setempat.

Helikopter ringan yang ditumpanginya itu bersinggungan dengan sebuah pesawat ringan, tidak lama setelah meninggalkan Hotel Roserva Rotana Monacor yang mewah.

Dikutip dari Daily Mail pada Senin (26/8/2019), keluarga ayah tersebut juga berada dalam helikopter yang nahas itu, termasuk seorang bocah lelaki berusia sekitar 9 atau 10, dan seorang gadis yang berusia lebih kecil.

"Keluarga korban telah memesan dua helikopter untuk perayaan ulang tahun tersebut, satu untuk mereka, dan satu untuk rombongan lain," kata seorang sumber kepada Daily mail.

"Rombongan lain akhirnya memutuskan melalui jalan darat karena helikopter kedua yang dipesan hanya mampu memuat tiga penumpang di luar pilot, padahal yang belum terangkut sebanyak lima orang," lanjut sumber terkait.

Tabrakan antara pesawat ringan dan helikopter terjadi tepat setelah pukul 13.30 siang waktu setempat di sekitar distrrik Inca yang berada di tengah Pulau Majorca.

Belum ada konfirmasi resmi segera mengenai nama pria itu dari pihak berwenang, tetapi muncul desas-desus bahwa korban adalah seorang pengusaha terkenal asal Munich, Jerman, bernama August Inselkammer.

Beberapa pihak meyakini kuat jika korban adalah putra yang diyakini sebagai putra Franz Inselkammer, sosok di balik nama besar bir Ayinger.

 

 

Tabrakan Terjadi di Ketinggian 1.000 Kaki

Ilustrasi Foto Ledakan (iStockphoto)

Polisi Inca melaporkan bahwa pesawat jatuh ke tanah pertanian, di jalan dari Sencelles ke Sineu di pusat pulau, 30 menit berkendara dari ibu kota setempat, Palma.

Tabrakan itu menyebabkan kebakaran cukup besar, namun berhasil dipadamkan segera setelahnya. Disebutkan bahwa tabrakan terjadi di atas ketinggian 1.000 kaki (setara 300 meter) dari permukaan tanah.

Ada juga laporan beberapa orang terluka, namun belum jelas apakah kecelakaan itu berdampak pada orang-orang di darat.

Sisa-sisa helikopter dan pesawat ringan dikatakan telah jatuh di area luas yang mencakup beberapa rumah.

Salah seorang saksi, Toni Carbonell, mengatakan kepada koran lokal Diario de Mallorca: "Suara tabrakannya sangat mengerikan".

Beberapa saksi lainnya mengatakan suara tabrakan terdengar seperti gulungan petir dan bangunan hancur.

Menanggapi peristiwa tersebut, otoritas Kepulauan Balearic menetapkan tiga hari berkabung yang akan dimulai pada Senin ini.

Kecelakaan Dilihat Langsung Istri Pilot

Ilustrasi Pesawat Jatuh (iStockphoto)

Pilot helikopter nahas itu disebut merupakan warga negara Italia, dan telah diidentifikasi bernama Cedric Leoni.

Adapun total tujuh orang yang tewas dalam insiden itu termasuk dua orang yang berada di dalam kabin pesawat ringan. Belum ada konfirmasi resmi tentang identitas kedua korban.

Sementara pilot pesawat ringan diketahui berkewarganegaraan Spanyol, yang berasal dari Kota Valencia di pesisir timur, dan disebut oleh saksi lokal sebagai Juanjo Vidal.

Saksi lokal juga mengatakan bahwa istri Vidal melihat langsung kecelakaan tersebut dari Bandara Banissalem, tempat di mana pesawat ringan itu lepas landas.

Beberapa sumber mengatakan helikopter nahas itu berjenis Bell 216 milik sebuah perusahaan operator wisata bernama Rotorflug Helicopters, yang memiliki pangkalan di Majorca dan beberapa lainnua di Jerman.

Tidak ada tanggapan langsung dari Rotorflug atas insiden tersebut.

Di lain pihak Perdana Menteri Spanyol Pedro Sanchez mengetwit: "Mengikuti dengan khawatir perkembangan ifnormasi dari Inca di Majorca."

"Solidaritas dan kasih sayang saya untuk orang-orang yang kehilangan nyawa dalam kecelakaan tragis ini," lanjut twitnya.

Saksikan video pilihan di bawah ini: 

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Diminati Eropa, Peluang Ekspor Kopi RI Makin Terbuka

Posted: 25 Aug 2019 09:30 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Provinsi Jawa Timur (Jatim) dikenal sebagai salah satu produsen kopi terkemuka di tanah air. Kopi yang dihasilkan petani Jember, Banyuwangi, Bondowoso dan sejumlah petani di Jatim lainnya hingga saat ini sudah merambah pasar ekspor di Eropa, Belanda dan India.

Ketua DPW Asosiasi Petani Kopi Indonesia Jawa Timur (Apeki Jatim), Misbachul Khoiri Ali mengungkapkan, jika melihat pangsa pasarnya, ekpor kopi dari Jatim ini masih terbuka dan sangat potensial.

"Untuk jenis arabika banyak diekspor ke Eropa. Sampai saat ini permintaanya juga banyak . Tapi, kita kekurangan bahan baku. Sehingga, ekspor kopi arabika ke Eropa saat ini hanya sekitar 20 persen dari pangsa pasar," kata Misbachul Khoiri Ali, dalam keterangan tertulis di Jakarta (22/8).

Misbachul, mengatakan, memang sampai saat ini petani Jatim belum ekspor langsung ke buyer. Artinya, kopi dari petani Jatim yang diekspor masih melalui sejumlah perusahaan eksportir di Jatim.

"Sehingga, kami (petani) hanya suplai bahan baku berupa kopi bean ke sejumlah eksportir," ujarnya.

Menurut Misbachul, kopi robusta yang disuplai ke sejumlah eksportir di Jatim rata-rata sebanyak 500 ton per musim. Sedangkan, kopi arabika yang disuplai ke sejumlah eksportir di Jatim sekitar 100 ton-200 ton per musim.

"Untuk robusta biasanya diekspor ke Belanda dan dan India. Sedangkan kopi arabika diekpor ke beberapa negara Eropa," ujarnya.

Dia mengungkapkan, untuk suplai kopi arabika ke sejumlah eksportir pada tahun ini bahan bakunya sudah habis. Namun, kalau suplai jenis kopi robusta di Jatim masih banyak.

"Sebab, kopi robusta di Jatim masih panen hingga September-November 2019," ujarnya.

 

Pesaing Utama RI

Nampak biji kopi preanger Karaha dengan kondisi biji besar dan ranum, yang dikumpulkan dari para petani setelah panen berlangsung (Liputan6.com/Jayadi Supriadin)

Meski peluang ekspor kopi kian terbuka, menurut Misbachul, Indonesia punya dua pesaing berat, yakni Brazil dan Vietnam.

"Kebetulan kondisi iklim di dua negara tersebut sedang bagus-bagusnya. Sehingga produksi kopi dari dua negara itu cukup besar sehingga berdampak terhadap anjloknya harga kopi dunia," papar Misbachul.

Data DPW Apeki Jatim menyebutkan, harga kopi arabika saat ini antara Rp 50 ribu-Rp 60 ribu per kg. Padahal beberapa waktu sebelumnya harga kopi arabika sempat naik di kisaran Rp 65 ribu per kg. Sedangkan harga kopi robusta saat ini Rp 20 ribu-Rp 21 ribu per kg, dari sebelumnya Rp 23 ribu-Rp 25 ribu per kg.

Dia juga mengungkapkan, selama ini kopi yang sisuplai ke eksportir berupa kopi bean. Kopi yang disuplai ke sejumlah eksportir tergantung musim panen. Untuk kopi arabika biasanya disuplai ke eksportir pada April-Juli. Sedangkan kopi robusta pada Juni-Oktober. Artinya, suplainya tergantung pada musim panennya. Menurut Gus Misbach, potensi ekspor kopi dari Jatim sangat besar.

"Sayangnya produktivitas kopi yang ditanam petani sangat rendah. Beda dengan Vietnam, kopi yang dibudidaya petani Vietnam produktivitasnya bisa mencapai 2-3 ton per ha. Kalau di Indonesia, produktivitasnya masih di bawah 1 ton/ha," kata dia.

Lantaran harga kopi saat ini jatuh, lanjut Misbachul, petani kopi di Jatim mulai bergerak ke hilir. Artinya, petani kopi tak hanya menjual kopi cherry atau kopi bean saja ke eksportir.

"Petani mulai melirik peluang pasar menengah ke bawah yang potensinya juga besar. Dengan begitu, petani bisa langsung menjual produknya ke user. Bahkan, tak jarang yang membuka warung kopi, kedai atau kafe sendiri dan hal ini jauh lebih efektif untuk mendapatkan margin keuntungan," jelas Gus Misbach.

 

Produksi Kopi

Ilustrasi Foto Biji Kopi (iStockphoto)

Hal yang hampir sama juga diungkapkan, Ketua DPD Apeki Pasuruan, Abdul Karim. Menurut Abdul Karim, lahan budidaya kopi yang dilakukan petani di Jatim antara 0,25 ha-5 ha.

"Produktivitasnya pun tak terlalu banyak. Seperti arabika hanya sekitar 8 kwintal-1,4 ton per ha. Sedangkan untuk robusta sebanyak 1-2 ton per ha," ujarnya.

Abdul Karim mengatakan, umumya budidaya kopi yang dilakukan petani Jatim ditumpangsari dengan tanaman sela seperti cengkeh, pisang dan empon-empon (jahe, kunyit dan lain-lain). Karena memanfaatkan tanaman sela, petani kopi Jatim tiap tahun tak hanya panen kopi, tapi bisa juga panen pisang atau empon-empon tiap bulan.

"Karena menerapkan tumpangsari, petani di sini penghasilannya minimal Rp 2 juta per bulan," ujarnya.

Menurut Abdul Karim, karena petani kopi di Jatim belum bisa ekspor langsung ke buyer, pihaknya mendorong mereka untuk berkoperasi.

"Jadi, hasil panennya nanti bisa dijual langsung ke koperasi, kemudian diolah lagi, barulah diekspor," pungkasnya.

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Cetak Sejarah, OG Kembali Juarai Turnamen Dota 2 The International

Posted: 25 Aug 2019 09:30 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Turnamen esports tahunan Dota 2 yang bertajuk The International (TI) akhirnya umumkan juaranya.

Pada babak final The International 2019 (TI9), dua tim esports terbaik dunia dan pernah menjuarai seri TI sebelumnya akhirnya bertemu.

Adapun dua tim tersebut, yakni OG (juara TI8) dan Team Liquid (juara TI7).

Mengusung format pertandingan Best of 5, kedua tim esports berlangsung sengit. Namun apa daya Team Liqud pun harus mengakui keunggulan tim OG kali ini.

Dalam turnamen yang berlangsung di Mercedes-Benz Arena di Shanghai, Tiongkok, tersebut, tim OG berhasil menundukkan Team Liquid 3-1 dalam format Best of 5 di babak final.

Keluar sebagai juara TI9, tim OG yang digawangi oleh (ana, Topson, Ceb, JerAx dan kapten tim, N0tail) berhak membawa pulang uang hadiah lebih dari USD 15 juta atau sekitar Rp 214 miliar, sebagaimana dikutip dari Hotspawn, Senin (26/8/2019).

 

Kembali Juara The International

Suasana pertandingan esports The International DotA 2, di Mercedes-Benz Arena, Shanghai, China, Selasa (20/8/2019).  (AFP / STR)

Informasi, OG merupakan tim pertama yang berhasil menjuarai turnamen TI 2018 dari proses kualifikasi terbuka.

Tahun ini, tim yang berasal dari Eropa tersebut mampu mendominasi TI9 sejak awal.

Mereka berhasil finis pertama di tahap penyisihan grup, dan mampu mempertahankan kemenangan 100 persen hingga acara utama.

"Mereka jauh di depan tim lain karena fleksibilitas gaya permainan mereka," kata salah satu komentator di TI9.

(Ysl/Isk)

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

VIDEO: Ahok, Djarot, dan Sutiyoso dalam Satu Bingkai

Posted: 25 Aug 2019 09:30 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Tiga mantan Gubernur DKI yaitu Basuki Tjahaja Purnama, Djarot Saiful Hidayat, hingga Sutiyoso menghadiri acara pelantikan Anggota DPR DKI periode 2019-2024.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Ini Kekuatan Ms Marvel, Superhero Muslim Pertama di MCU

Posted: 25 Aug 2019 09:30 PM PDT

Liputan6.com, Los ANgeles - Marvel Studios menghadirkan kejutan baru dalam pengumuman serial baru mereka yang akan tayang di Disney Plus. Salah satu superhero baru yang akan diperkenalkan adalah Ms Marvel alias Kamala Khan.

Hal menarik dari Ms Marvel, adalah bahwa ia merupakan superhero muslim perdana yang diperkenalkan di jagat sinema para pahlawan super ini.

Siapa sebenarnya Ms Marvel?

Dilansir dari Screenrant, Senin (26/8/2019), Ms Marvel atau Kamala yang diperkenalkan dalam buku komik pada 2014 ini memiliki kemiripan dengan Peter Parker. Seperti sang Spider-Man, Kamala bergulat antara kehidupan remaja biasa dan sebagai superhero.

Mengidolakan The Avengers

Ms Marvel (marvel.com)

Kamala Haris sendiri merupakan remaja keturunan Pakistan, di mana keluarga dan kakaknya pindah ke AS sebelum ia lahir. ABG yang besar di Jersey City ini, begitu mengidolakan The Avengers, terutama Iron Man, Captain America, dan Captain Marvel.

Kehidupannya sebagai remaja biasa berubah setelah ia terkena Terrigen Mists yang mengubah DNA-nya.

 

kekuatan Ms Marvel

Ms Marvel (marvel.com)

Meski memiliki nama serupa dengan Captain Marvel, kekuatan Ms Marvel justru mirip dengan Ant-Man dan Mister Fantastic. Tubuhnya mampu membesar, mengecil, bahkan melar sesuai yang ia inginkan.

Ia juga bisa mengubah wujud, meniru rupa ibunya maupun Carol Danvers. Suaranya pun bisa berubah, menirukan milik orang lain.

Kira-kira, siapa yang akan memerankan Ms Marvel? Kita lihat saja nanti.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Alasan Koalisi Kawal Calon Pimpinan KPK Kirim Surat ke Presiden Jokowi

Posted: 25 Aug 2019 09:28 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Kinerja panitia seleksi calon pimpinan Komisi Pemberantasan Korupsi atau Pansel Capim KPK kembali mendapat sorotan.

Koalisi Kawal Calon Pimpinan KPK, mendesak Presiden Joko Widodo atau Jokowi mengevaluasi karena terdapat indikasi konflik kepentingan.  

Seperti ditayangkan Liputan6 SCTV, Senin (26/8/2019), proses seleksi pimpinan KPK dianggap bermasalah dan mengundang kritik.

Koalisi Masyarakat Kawal Capim KPK mengkritisi kinerja Pansel Capim karena dianggap menyisakan berbagai persoalan serius, mulai dari tindakan atau pernyataan panitia seleksi hingga calon-calon yang tersisa saat ini.

Di antara 20 nama yang masih bertahan, Koalisi Masyarakat Kawal Capim KPK mengungkapkan masih ada yang tidak patuh melaporkan LKHPN serta sejumlah nama yang punya catatan kelam pada masa lalu. 

"Dari nama-nama yang ada di Pansel, diduga punya keterkaitan dengan salah satu institusi yang juga wakilnya sedang mendaftar sebagai pimpinan KPK, disitu sebenarnya konflik kepentingan sehingga kita memilih untuk mengirimkan surat kepada Presiden," Peneliti Indonesia Corruption Watch Kurnia Ramadhan.

Sebelumnya pada Jumat, 23 Agustus 2019 lalu, Pansel Capim KPK mengumumkan hasil tes penilaian profil untuk calon pimpinan KPK masa jabatan 2019-2023.

Ada 20 peserta yang lolos di antaranya Wakil Kepala Bareskrim Polri Irjen Antam Novambar dan Kapolda Sumatra Selatan Irjen Firli Bahuri.

Sementara dari lingkungan KPK, yakni Wakil Ketua KPK Alexander Marwata, serta pegawai KPK Sujarnako. Peserta yang lolos berhak untuk ikut tes selanjutnya, yakni tes kesehatan dan uji publik. Nantinya pansel akan memilih 10 nama untuk diserahkan ke Presiden Jokowi.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Arifin Putra Tepergok Jalan Bareng Wanita, Ini 6 Artis yang Pernah Dekat Dengannya

Posted: 25 Aug 2019 09:25 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Bagi pecinta film Tanah Air mungkin sudah tidak asing dengan sosok aktor ganteng yang bernama lengkap Putra Arifin Scheunemann. Pria yang biasa disapa Arifin Putra ini mengawali kariernya sebagai bintang sinteron. Keahliannya dalam berakting ataupun menjadi model, membuatnya menjadi artis yang diperhitungkan di Indonesia.

Sehingga sudah banyak film yang ia bintangi dan Arifin Putra pernah mendapat penghargaan sebagai pemeran pria pendukung terbaik di Indonesia Movie Actor Award. Sosok ganteng kelahiran Mainz, Jerman ini memang sangat jarang mengekspos tentang kehidupan pribadinya. Di usianya yang sudah menginjak 32 tahun, saat ini pemain film The Raid itu diketahui masih saja melajang.

Namun yang terbaru, Arifin Putra diduga tepergok tengah jalan bersama seorang wanita seksi. Kala itu, ada seseorang yang mengabadikan momen pria mirip Arifin Putra dan seorang wanita tengah dalam sebuah transportasi umum. Foto yang diduga Arifin Putra itu kemudian diunggah oleh sebuah akun gosip di Instagram.

Sebelumnya, sudah banyak artis yang dikabarkan dekat dengan Arifin Putra. Akan tetapi hubungan Arifin Putra dengan beberapa artis tersebut tidak berlanjut. Berikut Liputan6.com rangkum dari berbagai sumber 6 potret artis yang pernah dekat dengan Arifin Putra, Senin (26/8/2019).

1. Eca Celia putri dari Sophia Latjuba dikabarkan pernah dekat dengan Arifin Putra.

Potret Artis yang Pernah Dekat Dengan Arifin Putra (sumber: instagram/arifinputra )

2. Selain sering bermain bersama dalam berbagai film, dulunya Acha Septriasa juga sempat dekat dengan Arifin Putra.

Potret Artis yang Pernah Dekat Dengan Arifin Putra (sumber: instagram/arifinputra)

3. Sering terlihat bersama, menjadi alasan Arifin Putra dan Chelsea Islan dikabarkan pernah menjalin hubungan.

Potret Artis yang Pernah Dekat Dengan Arifin Putra (sumber: instagram/arifinputra)

4. Dulu, Paula Verhoeven dan Arifin Putra kerap mengunggah potret saat bersama seperti saat liburan.

Potret Artis yang Pernah Dekat Dengan Arifin Putra (sumber: instagram/arifinputra)

5. Sama-sama jarang mengumbar kehidupan asmara, Arifin Putra dan Raline Shah kerap dijodohkan netizen.

Potret Artis yang Pernah Dekat Dengan Arifin Putra (sumber: instagram/arifinputra)

6. Tara Basro dengan Arifin Putra juga kerap mengunggah potret mereka saat bersama yang diduga pernah memiliki hubungan spesial.

Potret Artis yang Pernah Dekat Dengan Arifin Putra (sumber: instagram/arifinputra)

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Ketua MPR Minta Jokowi Tunda Pengumuman Lokasi Ibu Kota Baru

Posted: 25 Aug 2019 09:22 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Ketua MPR Zulkifli Hasan meminta agar Presiden Jokowi menunda pengumuman pemimdahan ibu kota. Menurut dia, saat ini pemerintah fokus menyelesaikan masalah di Papua.

"Saya sih mengatakan kita sekarang menghadapi teman-teman di Papua. Coba lihat video video itu, itu perlu penanganan serius," kata Zulhas di Kompleks Istana Kepresidenan Jakarta, Senin (26/8/2019).

Ketua Umum PAN itu menilai sebaiknya Jokowi mengumumkan lokasi ibu kota baru setelah pelantikan presiden periode 2019-2024. Zulhas mengatakan masalah yang terjadi di Papua harus segera diselesaikan pemerintah agar tak terulang kembali.

"Kalau ada apa apa dengan Papua gimana coba? Jadi fokus dulu ke situ kan kalau abis dilantik nanti masih bisa kalau soal ibu kota," ujarnya.

Zulhas menyebut mengatasi dan mencegah masalah di Papua bukan hanya tugas Presiden, namun kepala daerah, anggota DPR, dan aparat penegak hukum juga harus bahu membahu. Pemerintah, kata dia, harus belajar dari Uni Soviet yang bubar dan membentuk negara-negara kecil.

"Kita harus ambil pelajaran dari Rusia. Jadi fokus kita disitu," ucapnya.

Sebelumnya, Badan Perencanaan dan Pembangunan (Bappenas) telah menyelesaikan seluruh kajian terkait pemindahan ibu kota baru ke Pulau Kalimantan. Presiden Joko Widodo atau Jokowi akan mengumumkan lokasi ibu kota penggantin DKI Jakarta pada, Senin (26/8/2019).

"Ya betul hari ini (lokasi ibu kota baru) akan diumumkan Presiden," ujar Staf Khusus Presiden Bidang Komunikasi Adita Irawati saat dikonfirmasi Liputan6.com, Senin (26/8/2019).

 

Saksikan video pilihan di bawah ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Tidak ada komentar: