Rabu, 21 Agustus 2019

Liputan6 : RSS2 Feed

Liputan6 : RSS2 Feed


Rapat Paripurna Tentang RUU APBN 2020 Hanya Dihadiri 55 Anggota DPR

Posted: 21 Aug 2019 10:50 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Dewan Perwakilan Rakyat (DPR) hari ini, Kamis (22/8/2019) menggelar rapat paripurna Masa Sidang I Periode 2019-2020. Dalam rapat itu akan membahas pandangan fraksi soal RUU APBN Tahun 2020 beserta nota keuangannya.

Pantauan Merdeka.com, dalam ruang rapat tersebut tampak sepi. Sejak pukul 11.00 WIB, berdasarkan head count tercatat hanya 55 orang yang hadir.

Rapat sendiri dimulai pukul 11.00 WIB dipimpin oleh Wakil Ketua DPR Fadli Zon. Saat ini juga masih berlangsung pembacaan pendapat fraksi-fraksi soal RUU APBN 2020.

Namun, berdasarkan absensi pimpinan rapat yakni Fadli Zon mengatakan rapat kuorum karena sudah tercatat 303 anggota yang hadir.

Sebelumnya, Presiden Joko Widodo atau Jokowi mengatakan, belanja negara pada 2020 akan difokuskan untuk mengurangi ketimpangan antarwilayah.

Hal itu disampaikan Jokowi saat menyampaikan Keterangan Pemerintah atas RUU APBN Tahun Anggaran 2020 beserta Nota Keuangan di hadapan Sidang Paripurna Gabungan DPR dan DPD, Senayan, Jakarta, Jumat 16 Agustus 2019.

 

 

Pembangunan di Luar Jawa

Oleh karena itu, pemerintah akan melanjutkan pengembangan berbagai kawasan ekonomi di luar Jawa, melanjutkan industrialisasi dalam bentuk hilirisasi hasil tambang maupun perkebunan, dan mengembangkan beberapa wilayah metropolitan di luar Jawa, supaya bisa menjadi sumber ekonomi baru.

"Selama ini, denyut kegiatan ekonomi secara umum masih terpusat di Jakarta dan Pulau Jawa. Sehingga Pulau Jawa menjadi sangat padat dan menciptakan ketimpangan dengan pulau-pulau luar Jawa. Apabila kita membiarkan hal tersebut berlanjut tanpa ada upaya yang serius, maka ketimpangan akan semakin parah," kata Presiden Jokowi saat itu.

Saksikan video pilihan berikut ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Jarang Terekspos, Ini 6 Potret Yan Vellia Istri Didi Kempot

Posted: 21 Aug 2019 10:50 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Nama Didi Kempot tentu tak asing lagi di telinga penikmat lagu-lagu campursari. Tak hanya itu saja, kini penikmat musiknya pun tak terbatas pada kalangan muda-mudi Jawa saja, namun juga skala nasional. Bahkan lagunya sudah ada yang digubah ke dalam Bahasa Indonesia agar lebih bisa dinikmati kalangan yang tak bisa Bahasa Jawa. 

Sejumlah lagu Didi Kempot yang populer di kalangan masyarakat di antaranya ada Layang Kangen, Pamer Bojo, Solo Balapan, Sewu Kutho, Cidro, Banyu Langit dan masih banyak lagu Didi Kempot lainnya yang membuat pendengarnya larut dalam patah hati.

Pasalnya penyanyi yang memiliki nama asli Didi Prasetyo ini dinobatkan sebagai GodFather Of Broken Heart oleh para penggemarnya lantaran isi dari setiap lagunya yang menyuarakan lara hati. Meski saat ini sosok Didi Kempot sangat populer di kalangan pecinta musik Tanah Air. Namun, sosok kehidupan pribadinya sangat jarang tersorot dan terekspos.

Salah satunya adalah sosok istrinya yang bernama Yan Vellia. Berikut Liputan6.com rangkum dari berbagai sumber 7 potret Yan Vellia istri Didi Kempot yang jarang terekspos, Kamis (22/8/2019).

1. Didi Kempot diketahui menikah dengan wanita bernama Yan Vellia.

Jarang Terekspos, Ini 7 Potret Yan Vellia Istri Didi Kempot (sumber: souncloud.com/Didi Kempot Official)

2. Yan Vellia merupakan penyanyi dangdut dan berasal dari kalangan musisi orkestra di Semarang.

Jarang Terekspos, Ini 7 Potret Yan Vellia Istri Didi Kempot (sumber: YouTube/Yan Vellia Official)

3. Tak banyak yang tahu, kalau perbedaan usia Didi Kempot dan Yan Vellia saat menikah sangat jauh.

Jarang Terekspos, Ini 7 Potret Yan Vellia Istri Didi Kempot (sumber: YouTube/Yan Vellia Official)

4. Saat ini Didi Kempot tengah berusia 52 tahun sedangkan sang istri diketahui berusia 37 tahun.

Jarang Terekspos, Ini 7 Potret Yan Vellia Istri Didi Kempot (sumber: YouTube/Yan Vellia Official)

5. Tak kalah dengan suaminya, sosok Yan Vellia juga punya banyak penggemar.

Jarang Terekspos, Ini 7 Potret Yan Vellia Istri Didi Kempot (sumber: Instagram/adialfi30)

6. Yan Vellia juga kerap tampil bersama grupnya dengan genre musik campur sari.

Jarang Terekspos, Ini 7 Potret Yan Vellia Istri Didi Kempot (sumber: Instagram/tatvmanteb)

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

E-Penyiaran, Cara Kemkominfo Permudah Izin Penyiaran

Posted: 21 Aug 2019 10:48 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kemkominfo), menjamin perpanjangan sekaligus izin penyiaran media televisi maupun radio bisa selesai dalam waktu 24 jam.

Hal tersebut memungkinkan berkat diluncurkannya e-Penyiaran 'sameday service and mobile version'.

"Kalau persyaratannya semua beres, terpenuhi dan memang benar, maka bisa selesai. Misal diurusnya jam 11 siang, besoknya jam 11 juga jadi," ujar Dirjen Penyelenggaraan Pos Informatika, Ahmad M Ramli, saat ditemui sejumlah awak media di ICE BSD, Kabupaten Tangerang, Kamis (22/8/2019).

Pengaju perizinan bisa dengan mudah mengaksesnya di komputer, laptop atau smartphone. Kemudian unduh semua persyaratan yang sudah tertuang dalam aplikasi tersebut.

Setiap perkembangan langkah demi langkah alur perizinan maupun perpanjangannya, bisa terpantau melalui gadget tersebut.

Menurut Ramli, hal ini salah satu cara untuk menghindari bahkan mengikis praktik-praktik yang tidak bertanggungjawab.

"Face to face juga dibatasi, tapi memang pasti ada yang harus bertatap muka begitu. Namun, tidak sesering dulu," ujarnya.

 

Memajukan Industri Penyiaran

Jumpa pers tentang E-Penyiaran di ICE BSD, Kabupaten Tangerang, Kamis (22/8/2019). (Liputan6.com/ Pramita Tristiawati)

Dia berharap, dengan adanya e-Penyiaran ini, semua bentuk perizinan yang dinilai bertele-tele, akan mudah dan cepat. Sehingga, Kemkominfo bisa ikut memajukan industri penyiaran di Indonesia.

Langkah ini pun disambut baik oleh Komisi Penyiaran Indonesia (KPI). Menurut Ketua KPI, Agung Suprio, langkah yang diambil Kemkominfo, bisa menjadi cara Indonesia mendongkrak angka indeks pelayanan publik Indonesia di mata dunia.

"Memang dalam 5 tahun terakhir ini naik terus, selalu di atas 100, namun kalau e-Penyiaran ini diluncurkan bersamaan dengan pelayanan publik lain yang sudah transparan dan berbasis digital, saya yakin akan diatas 40 atau paling tidak sejajar dengan negara tetangga," tutur Agung. 

(Pramita Tristiawati/Isk)

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Kemendagri: PIN DKI Harus Dikembalikan karena Bagian Aset Daerah

Posted: 21 Aug 2019 10:46 PM PDT

 

Liputan6.com, Jakarta - Pemerintah Provinsi DKI Jakarta, menganggarkan pengadaan baju dinas dan atribut anggota DPRD DKI baru dengan total dana senilai Rp 4.984.280.730. Yang menjadi sorotan adalah pengadaan pin emas, dengan total Rp 1.332.351.130.

Direktur Fasilitasi Perencanaan Keuangan Daerah Ditjen Keuangan Daerah Kemendagri Arsan Latif mengatakan, baju dinas dan atribut itu diatur dalam PP nomor 18 Tahun 2017 tentang Hak Keuangan dan Administratif Pimpinan dan Anggota DPRD. Sehingga pin itu nilainya tidak melebihi batas minimal kapitalisasi aset (capitalization threshold), dalam kategori belanja barang. Sehingga, jelas bukan bagian dari belanja modal.

"Karena ini disiapkan dan diserahkan kepada anggota DPRD dalam bentuk atribut, maka dia pasti tidak memenuhi kriteria yang dianggap sebagai belanja modal. Maka, pin, kalau disebut atribut, tidak melebihi capital threshold. Ada yang 500 ribu ada yang 1 juta per barang. Jadi kalau ada yang dianggap belanja modal, itu pasti milik daerah," kata Arsan kepada Liputan6.com, Kamis (22/8/2019).

Dia menambahkan, katakanlah kapitalisasi aset di DKI Rp 1 juta per barang. Sehingga, nilai pinnya sudah mesti tak sesuai dengan kategori belanja barang.

"Kalau di tingkat pelaksanaan, di sana ngecek. Contoh, ada APBD untuk pin, boleh? Boleh-boleh saja, sepanjang tidak memenuhi belanja kriteria modal. Jika pin itu sudah bentuk emas 10 gram misalnya, berarti 10 juta satu pin, sedangkan capital threshold 1 juta. Maka, tidak bisa dicairkan. Walaupun dibeli, tidak bisa diserahkan, karena tidak sesuai perundang-undangan," jelas Arsan.

 

Barang Inventaris

Sejumlah pohon imitasi terpasang di halaman Balai Kota DKI Jakarta, Senin (4/6). Pohon imitasi yang sempat viral terpasang di trotoar-trotoar Jakarta itu kini menghiasi halaman Gedung Balai Kota dan DPRD DKI. (Liputan6.com/Arya Manggala)

Dia menuturkan, jika pin dimasukan dalam kategori belanja modal, hal itu sah-sah saja. Tapi itu harus dikembalikan usai masa jabatan anggota DPRD DKI selesai atau barang itu hilang.

"Contoh ada laptop, apa bedanya? Kan sama. Kan milik daerah, jadi kembalikan usai berakhir masa jabatan," ungkap Arsan.

Karenanya, sekarang harus dicek. Karena pin tersebut bukan barang pakai sekali habis.

"Nah begitu enggak ada yang mengembalikan, kita lihat dokumennya. Bukan barang pakai habis lho. Ini barang inventaris. Begitu tidak mengembalikan, kena tuntutan ganti rugi karena menghilangkan milik daerah. Jadi tadi mempersoalkan pinnya tapi melihat statusnya sebagai apa," pungkasnya.

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Indonesia Komitmen Tingkatkan Keselamatan Pelayaran di Selat Malaka

Posted: 21 Aug 2019 10:45 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Indonesia dalam hal ini Direktorat Jenderal Perhubungan Laut Kementerian Perhubungan (Kemenhub) menggelar pertemuan Marine Electronic Highway (MEH) Working Group Intersessional. Pertemuan ini dihadiri oleh tiga negara pantai (Indonesia, Malaysia, Singapura) serta perwakilan dari Malacca Straits Council (MSC).

MEH merupakan inovasi teknologi terkini untuk menciptakan jaringan dan memelihara infrastruktur informasi kelautan yang sangat berguna bagi seluruh stakeholders dan pengguna Selat Malaka dan Selat Singapura.

Direktur Kenavigasian Kemenhub, Basar Antonius, yang juga bertindak selalu Head of Delegation (HoD) Indonesia pada pertemuan ini mengungkapkan, bahwa pertemuan ini diselenggarakan untuk membahas lebih lanjut serta review terhadap MEH Data Centre, termasuk di antaranya harmonisasi format data dan rencana pengembangan serta pendanaan implementasi MEH.

"Sebagai cikal bakal dari E-Navigation yang didukung penuh oleh International Maritime Organization (IMO), MEH diharapkan dapat meningkatkan keselamatan pelayaran dan meminimalisir pencemaran lingkungan maritim yang tentunya perlu dibarengi dengan perbaikan operasi pelayaran dan penggunaan teknologi serta sistem manajemen yang baru," kata Basar, di Hotel Aston Batam, Kamis (22/8).

MEH Data Centre, ujar Basar, memiliki peranan yang vital untuk mengintegrasikan data meteorologi, pasang surut, arus dan data lainnya yang berasal dari tiga negara pantai untuk nantinya disampaikan kepada pengguna melalui aplikasi web portal MEH.

Namun demikian, dengan perkembangan teknologi yang demikian pesat, lanjut Basar, tentunya terdapat kebutuhan mendesak untuk memastikan MEH Data Centre dapat berfungsi secara optimal.

 

Reporter: Yayu Agustini Rahayu Achmud

Sumber: Merdeka.com

 

 

MEH Data Centre

Saat ini MEH Data Centre sudah tidak optimal fungsinya, baik dari sisi hardware maupun software mengingat usia dari perangkat tersebut serta tingkat kesulitan operasional dan maintenance-nya, khususnya dalam debugging software dan spare perangkat. Di samping hal tersebut, keadaan sensor station dari tiap-tiap negara dan data exchange yang tidak berjalan sejak tahun 2017 juga menjadi faktor penghambat yang lainnya.

Basar mengatakan, pihaknya menyadari diperlukan restrukturisasi dan penataan ulang terhadap sistem dan infrastruktur MEH Data Centre yang dikembangkan pada 2011 untuk dapat memenuhi persyaratan teknologi E-Nagivasi terkini.

"Tantangan ke depannya adalah bagaimana MEH ini dapat difungsikan kembali dengan merubah total hardware dan softwarenya, namun embrio MEH masih melekat walaupun struktur di dalamnya berubah. Perubahan ini tentunya harus mampu untuk memenuhi perkembangan teknologi dan kebutuhan pengguna di Selat Malaka dan Singapura," tutupnya.

Diskusi ini merupakan tindak lanjut dari hasil pertemuan 43rd Tripartite Technical Expert Group (TTEG) Meeting dan 10th MEH Working Group Meeting yang dihelat di Singapura pada tahun 2018, di mana diputuskan bahwa perlu dilaksanakan pembahasan lebih lanjut dalam pertemuan intersessional.

 

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

Suasana Terminal Nusantarapura, Pelabuhan Tanjung Priok, Jakarta, Kamis (30/5/2019). Jumlah pemudik yang menggunakan kapal laut dari Pelabuhan ini ke sejumlah kota di Pulau Jawa, Kalimantan, dan Sumatera diprediksi akan bertambah hingga hari puncak 1 Juni 2019. (merdeka.com/Iqbal S. Nugroho)

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Wanita Ini Buat Seni Karikatur Superhero Marvel, 7 Hasilnya Mengagumkan

Posted: 21 Aug 2019 10:40 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Tak sedikit netizen yang menggemari para tokoh superhero Marvel. Bahkan, para superhero Marvel juga menjadi tokoh favorit bagi para cosplayer ataupun para seniman.

Tak ayal, banyak yang membuat kostum tiruan dari para tokoh dalam film Marvel. Selain itu, banyak pula para seniman membuat ilustrasi Marvel dengan ciri yang berbeda dari lainnya.

Dilansir Liputan6.com dari Brainberries.co, Kamis (22/8/2019) seorang seniman karikatur bernama Xi Ding juga membuat sebuah ilustrasi seni dari tokoh superhero Marvel. Xi Ding sendiri memliki gaya membuat karikatur yang cukup unik.

Wanita asal Shanghai, China ini bukan hanya memiliki bakat seni saja. Akan tetapi ia juga pernah mengasah keterampilannya di sebuah sekolah di Austria. Bahkan ia pernah bekerja pada sebuah perusahaan di Austria selama 10 tahun untuk membuat sebuah karya karikatur.

Sama seperti membuat karikatur lainnya, Xi Ding hanya membutuhkan waktu 3 hingga 4 menit untuk membuat karya karikatur superhero Marvel. Berikut ini beberapa hasil karya karikatur superhero Marvel dari Xi Ding.

1. Begini hasil ilustrasi karikatur yang dibuat Xi Ding pada karakter Black Panther

Karikatur Marvel (Sumber: Brainberries.co)

2. Hasil ilustrasi Xi Ding pada karakter Dr. Strange juga terlihat nyata

Karikatur Marvel (Sumber: Brainberries.co)

3. Tak sedikit pula netizen yang memuji hasil karya Xi Ding, salah satunya pada tokoh Thor

Karikatur Marvel (Sumber: Brainberries.co)

4. Steve Rogers atau Captain America juga terlihat memesona di karikatur ini

Karikatur Marvel (Sumber: Brainberries.co)

5. Black Widow pun terlihat menawan dengan tatapan mata yang tajam

Karikatur Marvel (Sumber: Brainberries.co)

6. Tokoh Iron Man juga dibuat cukup dramatis pada karikatur Xi Ding

Karikatur Marvel (Sumber: Brainberries.co)

7. Meski begitu, tak semua karya karikatur Xi Ding dibuat sangat mirip dengan tokoh aslinya, salah satunya ialah Hulk ini

Karikatur Marvel (Sumber: Brainberries.co)

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Berpayudara Besar, Duo Semangka Malas Pakai Bra

Posted: 21 Aug 2019 10:40 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Personel Duo Semangka, Clara Ghopa dan Vhanya Kiara dikenal memiliki ukuran payudara yang besar. Clara dan Vhanya pun memngungkap kesulitan memiliki ukuran dada yang di atas rata-rata.

Duo Semangka mengaku kesulitan saat memilih ukuran pakaian. Untuk mengatasi hal ini, mereka kerap memakai jasa desainer sendiri.

"Susah di dada, paling susah, mau pakai apa harus (lihat ukuran) dada dulu. Jadi bikin," kata Clara Ghopa di Jalan Kapten Pierre Tendean, Jakarta Selatan, Rabu (22/8/2019).

Itu saat hendak manggung. Namun untuk sehari-hari, Clara Ghopa dan Vhanya Kiara lebih suka mengenakan busana yang sangat sederhana dan nyaman dipakai.

 

Sulit Memilih Bra

Duo Semangka. (Istimewa)

"Itu kostum manggung saja. Kalau sehari-hari bisa pakai kaos, daster," papar penyanyi berambut panjang ini.

Selain sulit memilih ukuran pakaian, Clara Ghopa dan Vhanya Kiara juga sulit memilih ukuran bra. Malahan, di saat-saat tertentu, mereka tidak mengenakannya.

"Beli dari luar, bra orang luar. Kita kemana-mana malas pakai bra, jarang. Jujur ribet. Kita kalau pakai bra juga yang enggak ada busana," Clara menandaskan.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Menteri Sofyan Djalil Sebut Ibu Kota Pindah ke Kalimantan Timur

Posted: 21 Aug 2019 10:37 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Menteri Agraria dan Tata Ruang/Badan Pertanahan Nasional (ATR/BPN), Sofyan Djalil, menghadiri rapat koordinasi mengenai rancangan undang-undangan Pertanahan. Ditemui usai rapat, Sofyan Djalil sempat menjawab berbagai pertanyaan salah satunya soal rencana pemindahan ibu kota.

Dia mengatakan, saat ini pemerintah memang telah mengkaji beberapa wilayah untuk menjadi ibu kota baru. Namun yang hampir pasti jadi lokasi baru ibu kota adalah Kalimantan Timur.

"Kalimantan timur, tapi lokasi spesifiknya yang belum," ujarnya di Kantor Kemenko Perekonomian, Jakarta, Kamis (22/8).

Sofyan mengatakan, pemerintah membutuhkan lahan sekitar 3.000 Hektare (Ha) untuk pembangunan tahap pertama. Sementara secara keseluruhan nantinya akan dibutuhkan lahan sekitar 200.000 hingga 300.000 Ha.

"Untuk core pertama itu sekitar 3.000 ha. Setelah itu luasanya 200.000-300.000 sehingga bisa dibikin kota taman, kota yang indah, banyak tamannya orang bisa hidup sehat, udaranya sehat. Sehingga kita harapkan kota ini berkembang menjadi kota yang menarik," jelasnya.

Dia melanjutkan, begitu lokasi ibu kota di Kalimantan Timur ditetapkan, pemerintah akan segera mengunci lahan untuk menghindari spekulan tanah. Sementara itu, gedung-gedung yang pertama kali dibangun nantinya adalah kantor presiden, kantor menteri dan Dewan Perwakilan Rakyat (DPR).

"Begitu diputuskan lokasinya di mana, (langsung) kita kunci. Tentu yang pertama dibangun kantor presiden, kantor menteri, DPR juga beberapa lainnya," jelasnya.

 

Reporter: Anggun P. Situmorang

Sumber: Merdeka.com

Pemerintah Minta Masyarakat Tak jadi Spekulan Tanah di Ibu Kota Baru

Menteri Negara PPN/Ka Bappenas Bambang Brodjonegoro saat menjadi pembicara di Kantor Staf Presiden, Jakarta, Senin (13/5/2019). Diskusi ini membahas tema

Menteri Perencanaan Pembangunan Nasional (PPN) Bambang Brodjonegoro mengimbau, masyarakat tidak bermimpi menjadi spekulan tanah di ibu kota baru. Sebab, pemerintah hanya akan menggunakan aset yang dikuasai negara sebagai kawasan ibu kota baru.

"Jadi kalau ada bakatnya dibidang properti jual beli tanah jangan mimpi deh jadi spekulator ya untuk ibu kota baru ini. Karena lahan yang kita pakai hanya lahan yang dikuasai oleh negara bukan lahan yang punya orang kita beli," ujarnya di Kantor Bappenas, Jakarta, Selasa (20/8). 

Menteri Bambang menghargai potensi anak bangsa dalam bisnis properti. " Jadi saya sangat menghargai bakat bidang properti, bakat jual beli tanah itu bagus tapi jangan main spekulasi karena ruginya pasti ketauan," paparnya.

Mantan Menteri Keuangan tersebut melanjutkan, ibu kota baru nantinya akan menggunakan lahan yang cukup besar. Hal tersebut dilakukan agar ibu kota baru tidak mudah padat penduduk.

"Intinya, ada lahan yang luas kalau kita bikin ibukota baru jangan bikin dilahan yang pas-pasan. Kalau pas-pasan nanti, nanti segera padat, crowded dan tidak nyaman. Maka harus dicari lahan yang luas dan dikuasai oleh negara," jelasnya.

Adapun daerah yang akan dijadikan ibu kota baru adalah Kalimantan. Pulau tersebut dinilai sebagai suatu daerah yang memiliki lahan luas dengan potensi bencana alam yang minim.

"Kalimantan resiko gempa kecil sekali yang ada memang bencana seperti asap, kebakaran hutan dan banjir. Tapi itupun tidak seluruh kalimantan tapi hanya beberapa area lahan gambut yang beresiko, juga lahan hutan," tandasnya.

 

Reporter: Anggun P. Situmorang

Sumber: Merdeka.com  

Wacana Pemindahan Ibu Kota Timbulkan Spekulan Tanah

Pemandangan gedung bertingkat di Jakarta, Selasa (30/4/2019). Presiden Joko Widodo atau Jokowi mengatakan, pemerintah saat ini masih terus mengkaji wilayah yang layak untuk menjadi ibu kota baru pengganti Jakarta. (Liputan6.com/JohanTallo)

Pengusaha menyayangkan berkembangnya wacana pemindahan ibu kota di masyarakat. Bergulirnya wacana tersebut dinilai akan mendorong aksi spekulan tanah di wilayah yang disebut-sebut bakal jadi ibu kota pengganti Jakarta.

Wakil Ketua Umum Kadin Bidang Pengembangan Kawasan Ekonomi, Sanny Iskandar mengatakan, bergulirnya wacana pemindahan ibu kota membuat para spekulan berlomba-lomba membeli lahan di wilayah yang diperkirakan menjadi ibu kota baru. Dikhawatirkan, harga lahan-lahan di wilayah tersebut akan melonjak signifikan sehingga berpotensi menghambat pembangunan infrastruktur nanti.

"Sebaiknya memang jangan langsung dilempar ke publik dulu, karena nanti ini akan ya efek kurang baguslah terkait dengan masalah spekulasi tanah," ujar dia dalam acara halalbihalal Sinarmas, di Jakarta, Selasa (11/7/2017).

Menurut Pria yang juga menjabat sebagai Direktur Eksekutif Sinarmas Group ini, biasa saja telah ada aksi-aksi spekulasi lahan di wilayah-wilayah yang disebut-sebut bakal menjadi ibu kota. Namun aksi tersebut sulit dideteksi, sebab biasanya terjadi secara diam-diam.

"Ya kalau spekulan itu kan memang tidak kelihatan. Kita tidak tahu, tapi pasti mereka sudah bergeriliya," kata dia.

Oleh sebab itu, lanjut dia, ketimbang melempar wacana soal pemindahan ibu kota yang belum tentu terwujud, lebih baik pemerintah fokus dalam mengembangkan ekonomi di daerah. Dengan demikian, pertumbuhan ekonomi bisa tersebar secara merata dan persebaran penduduk tidak hanya berkonsentrasi di Pulau Jawa.

"Dalam tahun-tahun mendatang ini khususnya selama pemerintahan Jokowi, memang dia pengembangan infrastruktur yang sudah dilakukan di berbagai daerah. Mungkin akhir tahun depan semuanya juga sudah rampung ya dia itu bisa mengurangi lah kemacetan," tandas dia.

Sebelumnya, Kementerian Perencanaan Pembangunan Nasional (PPN)/Bappenas terus melakukan kajian terkait pemindahan ibu kota negara. Setidaknya ada tiga lokasi yang tengah dikaji sebagai pengganti Jakarta.

Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR), Basuki Hadimuljono mengatakan, tiga lokasi tersebut yaitu Kalimantan Tengah, Kalimantan Tengah dan Kalimantan Selatan. Bahkan di Kalimantan Tengah telah ada lahan yang disiapkan seluas 300 ribu hektare (ha).

"Belum tahu (lokasinya). Di Kalimantan Tengah di sebelah utara Palangka Raya, itu 300 ribu ha. Di Kalimantan saya belum tahu malahan. Di Kalimantan Selatan saya tidak ngerti. Saya kalau spekulasi kan tidak enak," ujar dia di Kantor Staf Presiden, Jakarta, Kamis (6/7/2017).

Terlepas di mana lokasi pemindahan ibu kota ini, lanjut Basuki, yang jelas di lokasi tersebut harus ada lahan luas yang masih dikuasai oleh negara. "Yang penting lahan masih dikuasai negara. Ada yang menawarkan kepada Presiden. Nanti Presiden yang memutuskan," kata dia.

Namun demikian, Basuki masih enggan berbicara banyak terkait masalah ini. Menurut dia, hal tersebut masih harus menunggu pengkajian dari Kementerian PPN/Bappenas. ‎"Itu belum, ‎karena kita belum pasti di mana," tandas dia. 

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

VIDEO: 2 SSK Brimob Bantu Keamanan di Timika

Posted: 21 Aug 2019 10:32 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Polisi mendatangkan 2 Satuan Stingkat Kompi (SSK) Brimob dari Maluku Utara dan Gorontalo ke Timika. Satuan ini ditugaskan membantu pengamanan Kota Timika membantu polisi dan TNI.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Menunggu Suku Bunga BI, Rupiah Menguat Tipis

Posted: 21 Aug 2019 10:31 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Nilai tukar rupiah terhadap dolar Amerika Serikat (AS) bergerak menguat tipis pada perdagangan Kamis ini. Pelaku pasar menunggu hasil rapat Dewan Gubernur Bank Indonesia (BI) yang akan menentukan arah suku bunga acuan.

Mengutip Bloomberg, Kamis (22/8/2019), rupiah dibuka di angka 14.230 per dolar AS, menguat jika dibandingkan dengan penutupan perdagangan sebelumnya yang ada di angka 14.243 per dolar AS.

Sejak pagi hingga siang hari ini, rupiah bergerak di kisaran 14.226 per dolar AS hingga 14.247 per dolar AS. Jika dihitung dari awal tahun, rupiah menguat 1 persen.

Sedangkan berdasarkan Kurs Referensi Jakarta Interbank Spot Dollar Rate (Jisdor) Bank Indonesia (BI), rupiah dipatok di angka 14.234 per dolar AS, menguat jika dibandingkan dengan patokan sehari sebelumnya yang ada di angka 14.259 per dolar AS.

Nilai tukar rupiah menguat tipis menanti hasil Rapat Dewan Gubernur (RDG) BI. "Rupiah stabil di tengah penantian pasar terhadap rapat bulanan Bank Indonesia (BI) pada hari Kamis ini, guna untuk menentukan suku bunga acuan," kata Direktur Utama Garuda Berjangka, Ibrahim Assuaibi dikutip dari Antara.

Ia memprediksi Bank Indonesia akan mempertahankan suku bunga acuannya di level 5,75 persen.

"Melihat kondisi saat ini BI diperkirakan akan berhati-hati dan menahan diri dari penurunan suku bunga seraya terus mengamati kondisi global akibat dari perang dagang yang kemungkinan masih akan terjadi sampai tahun 2020," katanya.

Dalam transaksi hari ini, ia memproyeksikan, rupiah kemungkinan akan bergerak bervariasi dengan kecenderungan menguat tipis karena pasar menunggu hasil dari pertemuan Bank Indonesia. Rupiah akan bergerak di kisaran 14.200 per dolar AS hingga 14.300 per dolar AS.

Sementara itu, Kepala Riset Monex Investindo Future Ariston Tjendra mengatakan pergerakan rupiah masih dibayangi oleh sentimen perang dagang menyusul komentar Donald Trump mengenai sikap pemerintahnya akan tetap menekan China walaupun merugikan perekonomian AS.

"Trump menyatakan perekonomian AS sudah sudah dicurangi oleh pemerintah China selama beberapa dekade," katanya.

Menurut dia, komentar Trump itu memberi sinyal bahwa dampak negatif bagi mata uang negara berkembang, termasuk rupiah masih akan terasa ke depannya, sentimen perang dagang akan membuat dolar AS tetap diuntungkan dengan situasi itu.

Pemerintah Prediksi Rupiah Melemah ke 14.400 per Dolar AS di 2020

Teller menunjukkan mata uang dolar AS di penukaran uang di Jakarta, Rabu (10/7/2019). Nilai tukar rupiah terhadap dolar Amerika Serikat (AS) ditutup stagnan di perdagangan pasar spot hari ini di angka Rp 14.125. (Liputan6.com/Angga Yuniar)

Sebelumnya, pemerintah memperkirakan nilai tukar rupiah terhadap dolar Amerika Serikat (AS) akan melemah pada tahun depan. Hal tersebut terjadi karena adanya gejolak ekonomi dunia.

Dalam pidato Nota Keuangan di Gedung DPR/MPR, Jakarta, Jumat (16/8/2019), Presiden Joko Widodo (Jokowi) menyatakan bahwa target ekonomi masih akan tinggi, tetapi untuk nilai tukar rupiah akan melemah.

Ia menyebut target pertumbuhan ekonomi Indonesia pada tahun 2020 adalah 5,3 persen. Sumber pertumbuhan ekonomi tahun depan ditekankan pada sektor konsumsi. 

"Pertumbuhan ekonomi akan berada pada tingkat 5,3 persen dengan konsumsi dan investasi sebagai motor penggerak utamanya. Inflasi akan tetap dijaga rendah pada tingkat 3,1 persen untuk mendukung daya beli masyarakat," ujar dia.

Jokowi menyebut nilai tukar rupiah akan melemah menuju 14.400 per dolar AS. Ia menyebut hal itu diakibatkan kondisi ekonomi global yang volatile alias penuh ketidakpastian.

Meski sedang ada disrupsi dagang, Jokowi yakin Indonesia akan tetap menjadi primadona investasi. Pasalnya, Indonesia memiliki telah mendapatkan citra positif dan iklim investasi akan terus dijaga.

"Pemerintah yakin investasi terus mengalir ke dalam negeri, karena persepsi positif atas Indonesia dan perbaikan iklim investasi," ujar Jokowi.

 

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Kerja Jadi Cinta, 6 Seleb Tanah Air Ini Menikah dengan Manajernya Sendiri

Posted: 21 Aug 2019 10:30 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Cinta merupakan sebuah rasa yang tak pernah bisa diprediksi kapan akan datang. Bahkan kadang perasaan itu hadir pada orang-orang terdekat yang sebelumnya tidak pernah terpikir untuk hadir dalam benak.

Tak ada yang tahu tentang jodoh selain Tuhan. Terkadang orang berpikir jodoh mereka tak kunjung datang. Padahal tak menutup kemungkinan jodoh mu sudah berada di dekatmu, hanya kamu saja yang kurang peka.

Hal tersebut cocok untuk menggambarkan perasaan cinta dari sebagian kalangan seleb Tanah Air. Sebelumnya deretan seleb sering terlibat cinta lokasi oleh rekan kerjanya baik di lokasi syuting ataupun teman duet satu panggung mereka. Banyak dari mereka yang berhasil menuju jenjang pernikahan, bahkan memiliki momongan dan langgeng.

Berbeda dari seleb Tanah Air lain, ternyata ada juga para seleb yang akhirnya menikah dengan manajernya yang selama ini hadir menemani kesibukan mereka. Benih-benih cinta keduanya timbul karena terbiasa. Berikut 6 seleb Tanah Air yang menikah dengan manajernya yang Liputan6.com rangkum dari berbagai sumber, Kamis (22/8/2019).

1. Dennis Adhiswara

Pemeran Memed dalam film Ada Apa Dengan Cinta, Dennis Adhiswara membagikan kabar bahagia. Ia mengabarkan telah menikah lagi dengan Fauzia Vina Soraya alias Vina. Kabar bahagia itu dibagikan Dennis melalui media sosial. (Instagram/ vinachan00)

Dennis menikah dengan manajernya sendiri yang bernama Fauzia Vina Soraya. Pernikahan mereka digelar sederhana dan hanya mengundang kerabat terdekat saja pada 18 Februari 2017. Sampai saat ini kehidupan rumah tangga pemeran Mamet ini adem ayem dan jauh dari kabar miring.

2. Nunung

Pernikahan Kahiyang Ayu dan Bobby Nasution (Adrian Putra/bintang.com)

Tri Retno Prayudati atau yang lebih dikenal dengan nama Nunung sudah menikah berulang kali. Setelah beberapa gagal, akhirnya mantan anggota Srimulat ini menikah dengan manajernya sendiri, Iyan Sambiran.

Keduanya menikah pada tahun 2012. Pernikahan tersebut menjadi pernikahan keempat bagi Nunung. Kini, usia pernikahan keduanya sudah hampir 7 tahun.

3. Rionaldo Stockhorst

Tak pelak keharmonisan rumah tangga Rionaldo Stockhorst dan Aureli Beata Schulz pun mengundang decak kagum dari warganet. (Foto: instagram.com/riostokhorst)

Rionaldo Stockhorst, menikah dengan Aurelia Beata Schulz pada 27 Oktober 2007. Keduanya sekarang hidup bahagia dengan hadirnya tiga orang anak. Ternyata, istri Rio tersebut adalah manajernya yang membantu dan mendampingi hingga kesuksesan karier Rio.

4. Dewi Perssik

Dewi Perssik dan Angga Wijaya (Sumber: Instagram/anggawijaya88)

Perjalanan cinta penyanyi dangdut Dewi Perssik penuh liku. Dia pernah menikah tiga kali. Namun, akhirnya memantapkan hati untuk menikah dengan manajernya sendiri, Angga Wijaya. Dewi dan Angga menikah pada September 2017 silam.

Pernikahan mereka tak berlangsung mulus. Soalnya, pertengahan tahun 2018, Dewi dan Angga sempat terlibat cekcok hingga membuat hubungan mereka renggang. Namun, Angga terus berupaya untuk meminta maaf hingga hati Dewi luluh. Mereka pun kembali romantis hingga sekarang.

5. Ali Zainal

Ali Zainal (sumber: instagram/@alizainal08)

Ali Zainal menikah dengan manajernya sendiri, Rena Oktavia Muis pada 8 Januari 2006. Dari pernikahannya tersebut mereka sudah dikaruniai dua orang anak yang bernama Jibril Zayinal Shahab dan Mikhail Habibie Shahab.

6. Ria Irawan

ria irawan dan mayky wongkar (sumber: fimela.com)

Kerja bersama dengan manajernya, Wayky Wongkar selama 11 tahun, Ria Irawan akhirnya menikah pada 2016 silam. Perjuangan cinta Wayky untuk Ria berjalan panjang. Ia melamar Ria sebanyak empat kali dan baru diterima. Pernikahan mereka pun berjalan adem ayem tanpa ada gosip miring.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Hiroaki Kato dan Arina Mocca Resmi Menikah

Posted: 21 Aug 2019 10:30 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Musikus asal Jepang yang berkarier di Indonesia, Hiroaki Kato, telah resmi menikah dengan vokalis band Mocca, Arina Ephipania. Keduanya menggelar private wedding di rumah kakak kandung Arina di Jakarta pada Rabu (21/8/2019).

Melalui keterangan tertulis yang diterima Liputan6.com, Kamis (22/8/2019), pernikahan Hiroaki Kato dan Arina Mocca hanya dihadiri keluarga kedua belah pihak. Keluarga Hiro datang dari Jepang untuk menghadiri momen sakral ini.

Digelar privat, para penggemar kedua pihak dibuat terkejut. Namun seperti terlihat di media sosial, fans ikut berbahagia atas pernikahan ini. Hiroaki Kato pun mengungkapkan kebahagiaannya.

"Sebelas tahun berlalu sejak pertama kali bertemu, akhirnya kami berdua memulai kehidupan bersama. Diawali dari seorang penggemar rahasia sampai menjadi my only one. Mungkin inilah yang dinamakan changing fate," ujar Hiroaki Kato dalam keterangannya kepada wartawan.

Menyambut Bahagia Bersama

Hiroaki Kato dan Arina Mocca menikah pada 21 Agustus 2019. (Istimewa/Yoshimoto Kreatif Indonesia)

"Bersama Arina, saya bisa menjadi diri yang sesungguhnya. Warm hug is always going to be the sweetest home. Saya yakin menjalani kehidupan bersama Arina akan selalu dipenuhi tawa dan rasa haru. Tentunya dengan kebahagiaan yang tidak ada habisnya," sambung Hiro.

Sementara itu, Arina menjelaskan secara singkat mengenai lika-liku kehidupan asmaranya dengan Hiroaki Kato. Ia juga mengungkapkan harapannya ke depan.

"Pertama kali saling mengenal sejak 11 tahun yang lalu, sempat terpisah oleh jarak dan waktu, namun kami bertemu kembali. Akhirnya kami menyadari tempat ternyaman di semesta ini adalah ketika bersama," ujar Arina dalam keterangannya.

Membuat Karya Bersama

Hiroaki Kato - Arina Mocca

"Mulai sekarang kami berdua siap berbagi petualangan dengan tawa dan air mata hingga maut memisahkan kelak. Singkat kata, perasaan saya adalah bahagia," lanjutnya.

Hiroaki Kato sebelumnya memang sempat tampil bersama Arina Mocca berkali-kali di atas panggung musik. Bahkan, keduanya juga sempat berduet di lagu "Nada Sou Sou" yang terdapat dalam album Hiroaki Kato.

Ke depannya, Hiro dan Arina akan membuat karya bersama. Mereka mengawalinya dengan video klip "Nada Sou Sou" yang akan dirilis dalam beberapa bulan ke depan.

"Untuk orang-orang yang kami sayangi, terima kasih atas dukungannya selama ini. Dan juga mohon bimbingannya buat kami berdua, kalian semua adalah teman sejati bagi kami," pungkas Hiroaki Kato.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Cantik dan Seksi, WAGs Anyar Liga Inggris Ini Ternyata Juara Muaythai

Posted: 21 Aug 2019 10:30 PM PDT

Liputan6.com, Liverpool - Everton memboyong Moise Kean dari Juventus musim panas tahun ini. Tidak sedikit yang menanti aksi striker belia Italia itu untuk menaklukkan Liga Inggris.

Namun, ternyata bukan hanya aksi Moise Kean yang ditunggu. Kehadiran sang kekasih, Nif Brascia juga mampu menyita perhatian.

Moise Kean turut menghadirkan pesona baru dalam deretan WAGs seksi Liga Inggris. Nif Brascia bukan hanya seksi dan cantik, tapi dia juga juara dunia olahraga bela diri Muaythai.

Seperti dilansir The Sun, usia Nif Brascia baru menginjak 21 tahun. Namun, wanita berambut panjang ini mengklaim belum terkalahkan dari 50 pertarungan.

Moise Kean dan Nif Brascia pertama kali bertemu di kelab malam di Milan, Italia. Setelah itu, keduanya melanjutkan hubungan asmara karena merasa cocok.

Nif Brascia merupakan penggemar Juventus. Dia cukup sedih ketika mengetahui sang kekasih harus meninggalkan I Bianconeri musim panas ini untuk berkarier di kompetisi Liga Inggris.

Meski demikian, gadis berdarah Thailand ini tetap mendukung karier Moise Kean. "Saya penggemar Juventus, keluarga saya juga," kata Nif Brascia.

Tubuh Indah

Atlet seksi muaythai, Nif Brascia, yang juga kekasih dari striker Everton, Moise Kean. (foto: Istimewa)

Memiliki tubuh indah dan paras cantik, Nif Brascia kerap dikira model daripada atlet Muaythai. Dia juga sempat berlatih taekwondo, sebelum akhirnya menyukai muaythai berkat dukungan sang ayah.

"Saya sempat disangka model ketika mengikuti Kejuaraan Dunia, namun akhirnya mereka paham saat sudah melihat saya bertarung," tutur Nif Brascia.

Balutan Bikini

Penggemar Everton, khususnya kaum adam, langsung menyerbu akun media sosial Instagram-nya. Nif Brascia cukup sering memajang foto seksinya dengan balutan bikini yang ketat.

Saksikan video pilihan di bawah ini

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Asa Muslim Rohingya Bila Pulang ke Myanmar

Posted: 21 Aug 2019 10:30 PM PDT

Liputan6.com, Cox Bazar - Banyak pengamat memprediksi rencana untuk mulai memulangkan ribuan Muslim Rohingya --yang melarikan diri dari pembersihan etnis di negara bagian Rahkine pada 2017-- akan kembali gagal, dikarenakan para pengungsi menolak untuk kembali ke Myanmar secara sukarela.

Lebih dari 3.000 etnis Rohingya ditempatkan pada daftar pengungsi yang disetujui untuk dipulangkan, demikian sebagaimana dikutip dari The Guardian pada Kamis (22/8/2019).

Kebijakan tersebut adalah upaya baru oleh pemerintah Bangladesh dan Myanmar, terkait repatriasi lebih dari satu juta pengungsi yang tinggal di kamp Squalid di Cox's Bazar.

Komisaris bantuan dan repatriasi pengungsi Bangladesh, Abul Kalam, mengatakan pada hari Rabu, bahwa transportasi dan bantuan logistik telah disiapkan untuk setiap pengungsi Rohingya yang ingin menyeberangi perbatasan pada 22 Agustus, tanggal resmi dimulainya pemulangan terkait.

"Hari ini, 214 keluarga Rohingya diwawancarai dalam proses survei ketertarikan," kata Kalam.

"Kami sedang mengunggah data yang dikumpulkan dari keluarga-keluarga itu, namun kami belum bisa mengungkapkan daftar final yang akan dipulangkan ke Myanmar pekan ini," lanjutnya menjelaskan.

Namun, seorang pejabat bantuan pengungsi Bangladesh yang hadir selama survei tersebut, yang dipimpin oleh UNHCR, mengatakan mereka tidak menemukan satu pun keluarga Rohingyayang mau kembali ke Myanmar pada hari Kamis.

"Hampir semua 214 keluarga yang kami wawancarai hari ini mengatakan mereka tidak akan kembali sampai tuntutan utama mereka dipenuhi. Menurut mereka, Rakhine masih menunjukkan permusuhan dan tidak aman bagi kehidupan etnis Muslim Rohingya," lanjut pejabat itu, meminta syarat anonim.

 

 

Pengungsi Tetap Takut Kembali

Etnis Muslim Rohingya, yang baru saja melintas perbatasan Myanmar menuju Bangladesh, sedang menunggu giliran menerima bantuan makanan dekat kamp pengungsi Balukhali (AP)

Lebih dari 700.000 orang Rohingya melarikan diri ke perbatasan Bangladesh, setelah tindakan keras pimpinan militer di negara bagian Rahkine, di mana desa-desa dihancurkan, perempuan diperkosa dan ribuan orang terbunuh.

Sebuah misi pencari fakta PBB menyatakan bahwa kekerasan tersebut memiliki "niat genosidal".

Sementara repatriasi akan dimulai besok, Louise Donovan, juru bicara UNHCR di Cox's Bazar, mengatakan para pejabat lembaganya masih melakukan "survei keinginan" pada daftar 3.450 orang yang disetujui untuk kembali.

"Kami saat ini tidak mengomentari proses survei tersebut, karena masih berlangsung," katanya.

Namun, dengan kondisi di negara bagian Rahkine yang masih bergejolak, dan penolakan Myanmar untuk menjamin kewarganegaraan bagi Rohingya, membuat banyak pengungsi tetap terlalu takut untuk kembali.

"Kami ingin jaminan kewarganegaraan terlebih dahulu, dan mereka (pemerintah Myanmar) harus memanggil kami Rohingya, lalu kami bisa pergi," kata Ruhul Amin, yang berbicara untuk keluarga beranggota sembilan orang.

Diperkirakan Jadi Upaya Gagal Kedua

Pengungsi Rohingya memperbaiki rumahnya di Kamp Pengungsi Kutupalong, Bangladesh, 28 April 2018. Apabila hujan tiba, ada ancaman serius kamp pengungsi yang dibangun secara tidak teratur itu mengalami kebanjiran dan longsoran lumpur. (AP Photo / A.M. Ahad)

Para pengamat memperkirakan kebijakan terbaru itu akan menjadi upaya gagal kedua untuk memulai repatriasi Rohingya.

Rencana serupa pada November lalu gagal ketika tidak ada pengungsi yang terdaftar setuju kembali secara sukarela.

Pada hari-hari sebelumnya, kepanikan mencengkeram kamp-kamp pengungsi Rohingnya, di mana banyak dari mereka melarikan diri ke hutan karena takut dipaksa kembali.

Pasukan militer tambahan bahkan dibawa masuk yang membatasi pergerakan pengungsi di kamp-kamp tersebut.

Sementara kali ini suasananya digambarkan "jauh lebih tenang" oleh Kalam, di mana UNHCR mengklaim telah melakukan kroscek daftar peserta program repatriasi secara lancar.

Namun, UNHCR telah dilarang mengunjungi negara bagian Rahkine oleh pemerintah Myanmar, sehingga tidak dapat memverifikasi lokasi di mana pengungsi Rohingya akan dikembalikan.

Muncul kekhawatiran bahwa para pengungsi hanya akan ditempatkan di kamp transit terbaru, yang telah digambarkan sebagai "penjara terbuka", karena desa-desa Rohingya --yang hampir semuanya dibakar selama kekerasan-- belum dibangun kembali.

Saksikan video pilihan di bawah ini: 

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Nvidia Pastikan Boyong Kompetitor Google Stadia ke Android

Posted: 21 Aug 2019 10:30 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Setelah Google dan Microsoft menyiapkan rencana untuk menghadirkan platform gim berbasis cloud, giliran Nvidia yang dipastikan bakal melakukan hal serupa. Informasi ini diumumkan langsung oleh Nvidia beberapa waktu lalu saat gelaran Gamescom.

Dikutip dari Venture Beat, Kamis (22/8/2019), Nvidia memastikan akan menghadirkan GeForce Now untuk perangkat Android.

Perlu diketahui, GeForce Now merupakan platform yang memungkinkan penggunanya melakukan streaming dari akun Steam atau Battle.net ke perangkat lain.

Selain di Android, platform ini sebenarnya juga tersedia di Mac, PC, termasuk Nvidia Shield. Sayang, Nvidia tidak mengungkap lebih lanjut mengenai rencananya untuk menghadirkan GeForce Now ke Android.

Untuk sekarang, perusahaan asal Amerika Serikat itu hanya menyebut layanan itu segera hadir di Android. Meski belum ada detail lain, sejumlah smartphone premium dari LG dan Samsung disebut akan kompatibel dengan platform ini.

Mengingat platform ini akan menawarkan pengalaman mobile gaming optimal, Nvidia menyarankan para pengguna platform ini memakai kontroler bluetooth tambahan. Terlebih, beberapa gim memang tidak dapat dimainkan tanpa kontroler.

Sebagai bagian dari rencana ini, Nvidia dilaporkan telah bekerja sama dengan Softbank dan LG U+ untuk membawa layanan ini ke Jepang dan Korea, setelah hadir di Eropa dan Amerika Utara. Nvidia juga telah memperkuat peladen (server) di California dan Jerman dengan kartu grafis RTX.

Google Stadia Meluncur November 2019, Berapa Harga Langganan per Bulan?

CEO Google, Sundar Pichai mengungkap layanan streaming gim berbasis cloud buatan Google, yakni Stadia. (Doc: MobileSyrup)

Terlepas dari Nvidia GeForce Now, Google juga telah memastikan akan merilis Stadia pada November 2019. Ada 14 wilayah yang kedapatan layanan ini, termasuk Amerika Serikat, Inggris, dan Kanada.

Disebutkan, setidaknya sudah ada 31 judul gim dari 21 penerbit gim berbeda yang bisa dimainkan saat peluncurannya nanti.

Untuk harga, Google membanderol "Founder Edition" seharga USD 130 atau sekitar Rp 1,8 juta lengkap dengan perangkat starter kit (dongle Chromecast Ultra, joystick Night Blue), dan layanan premium selama tiga bulan untuk dua orang.

Sementara itu, Stadia Pro akan dikenakan biaya berlangganan US$10 (Rp 142 ribu) per bulannya. Jika dirasa masih terlalu mahal, Google berencana akan menawarkan layanan Stadia Base pada tahun depan.

Bukan Layanan Netflix Versi Gim

Spesifikasi Google Stadia. (Doc: Google)

Lebih lanjut, Google Stadia bukanlah layanan streaming layaknya Netflix yang memungkinkan gamer berlangganan setiap bulannya dan memainkan gim di katalog layanan cloud tersebut.

Dijelaskan, untuk saat ini gamer yang berlangganan bakal bisa mendapatkan satu judul gim gratis, yakni Destiny 2.

Google juga mengatakan, gamer harus membeli gim di katalog Stadia--serupa di platform lain seperti PlayStation Network, Xbox Live, dan Steam--ketimbang menyewanya dengan harga eceran.

"Kami akan menjual gim-gim tersebut seperti toko gim digital lainnya," kata Google director of games, Jack Buser kepada The Verge.

(Dam/Why)

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Jadwal Liga Champions: Laga Kedua Play-Off

Posted: 21 Aug 2019 10:29 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Klub Serbia, Dinamo Zagreb dan Olympiakos (Yunani) mendapatkan modal bagus menjelang laga kedua play-off Liga Champion 2019/20. Pasalnya, di laga pertama, keduanya mencetak kemenangan atas lawan-lawanya.

Dinamo sukses mengalahkan klub Swedia Rosenborg 2-0. Sedangkan Olympiakos mencetak kemenangan lebih besar 4-0 atas klub Rusia, Krasnodar.

Otomatis, di laga kedua nanti, mereka hanya butuh imbang untuk memastikan langkah ke babak utama. Bahkan, kalah pun jika skornya lebih kecil dari laga pertama, Dinamo dan Olympiakos masih tetap akan lolos.

Hal ini juga berlaku bagi Slavia Praha dan Club Brugge. Slavia di laga pertama mengalahkan CFR Cluj 1-0 . Sedangkan Club Brugge menekuk LASK 1-0.

Berikut jadwal Liga Champions, laga kedua babak play-off.

Rabu, 28 Agustus

02.00 WIB, Rosenborg vs Dinamo Zagreb

02.00 WIB, Crvena Zvezda vs Young Boys

02.00 WIB, Krasnodar vs Olympiakos

Kamis, 29 Agustus

02.00 WIB, Slavia Praha vs CFR Cluj

02.00 WIB, Ajax vs APOEL

02.00 WIB, Club Brugge vs LASK

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Pansel Ancam Ganti Capim KPK Terpilih yang Tak Laporkan Harta Kekayaan

Posted: 21 Aug 2019 10:29 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Panitia Seleksi (Pansel) Calon Pimpinan Komisi Pemberantasan Korupsi (Capim KPK) mengancam akan mengganti kandidat komisioner lembaga antirasuah terpilih jika tak menyerahkan Laporan Harta Kekayaan Penyelenggara Negara (LHKPN).

Pansel menegaskan, bahwa penyerahan LHKPN adalah syarat mutlak dalam seleksi Capim KPK.

"Itu syarat sejak awal mendaftar. Jika kemudian terpilih dan mereka tidak mau menyerahkan LHKPN secara otomatis diganti ranking berikutnya," kata anggota Pansel Capim KPK Hendardi kepada Liputan6.com, Kamis (22/8/2019).

Hendardi mengatakan, sejak awal pendaftaran seleksi para Capim KPK telah diminta untuk menyerahkan LHKPN apabila terpilih nantinya. Dia akan kembali mengingatkan 40 Capim KPK yang tersisa untuk segera menyerahkan laporan kekayaannya.

"Saat terpilih nanti mereka harus sudah siap LHKPN. Pada saat tahap wawancara nanti tentu kami akan mengingatkan kembali," jelasnya.

Pansel Capim KPK akan mengumumkan hasil seleksi tahap profile assessment pada Jumat 23 Agustus 2019 besok. Pansel berharap nantinya ada 20 Capim KPK yang lolos dalam seleksi tersebut.

Setelah nama-nama Capim KPK yang lolos profile assessment diumumkan, para kandidat akan mengikuti seleksi berikutnya yaitu wawancara dan uji publik. Rencananya, tes tahap akhir tersebut akan dilangksukan pada 26 hingga 30 Agustus 2019.

Setelah itu, Pansel akan menyerahkan 10 nama Capim KPK terbaik kepada Presiden Joko Widodo atau Jokowi pada awal September 2019. 10 Nama itu kemudian akan dikirim ke DPR untuk uji kelayakan dan kepatutan atau fit and proper test.

"Selanjutnya dikirim Pemerintah ke DPR untuk dilakukan fit and proper test oleh DPR, untuk memilih 5 orang Pimpinan KPK yang baru," tutur Hendardi.

 

6 Penyelenggara Negara Belum Lapor LHKPN

Panitia Seleksi Calon Pimpinan KPK melakukan tes uji kompetensi calon pimpinan (capim) KPK di Pusdiklat Kementerian Sekretaris Negara, Cilandak, Jakarta, Kamis (18/7/2019). Sebanyak 192 kandidat capim KPK mengikuti uji kompetensi tersebut. (Liputan6.com/Faizal Fanani)

Sebagai informasi, KPK menyebut ada enam orang calon pimpinan lembaga antirasuah yang merupakan penyelenggara negara belum mengisi LHKPN. Padahal, batas waktu pelaporan itu sendiri adalah 31 Maret 2019.

Selain itu, 13 orang Capim KPK berlatar belakang auditor, advokat, Komisioner Komisi Kepolisian Nasional (Kompolnas), dosen, pegawai bank, hingga Tim Strategi Nasional Pencegahan Korupsi tak pernah mengisi LHKPN. Beberapa orang tersebut tak wajib lapor lantaran bukan penyelenggara negara.

Saksikan video pilihan di bawah ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Julukan Mama Papua untuk Khofifah dan Risma

Posted: 21 Aug 2019 10:28 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Ketua Masyarakat Adat Tanah Papua dan Staf Khusus (stafsus) Presiden untuk wilayah Papua, Lenis Kogoya bertemu dengan pimpinan daerah di Jawa Timur pada 20-21 Agustus 2019.

Kedatangan Lenis Kogoya ini menjalin komunikasi untuk menyelesaikan dan meredam gejolak insiden di Surabaya dan Malang, Jawa Timur yang diduga memicu kerusuhan di Manokwari, Papua Barat dan sejumlah daerah di Papua.

Pada Selasa 20 Agustus 2019, Lenis bertemu dengan Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa di Gedung Negara Grahadi, Surabaya. Lenis mengapresiasi atas sambutan yang diberikan Gubernur Jawa Timur, Khofifah Indar Parawansa.

Saat kunjungan Lenis tersebut, Khofifah menyajikan makanan khas asal Papua yaitu Papeda. Tak hanya itu, ia juga menyuguhkan makanan khas Jawa Timur Rujak Cingur.

"Ini namanya diplomasi papeda," ujar Khofifah, seperti melansir Antara.

Lenis menerima sepiring sepiring papeda dari Khofifah mengucapkan terimakasih atas sambutan yang diberikan dan bercerita di hadapan awak media. Lenis menuturkan, Khofifah pernah berkunjung ke kediamannya di Wamena. Ia pun menyebut Khofifah sebagai Mama Papua.

"Ibu gubernur ini adalah Mama Papua. Beliau pernah berkunjung dan sekali lagi, terima kasih atas semuanya," tutur dia.

Khofifah dan Lenis pun mendatangi belasan perwakilan mahasiswa dan pelajar Papua yang diundang khusus pada pertemuan itu sembari mempersilahkan untuk terlebih dahulu menyantap makanan yang disediakan.

Bertemu Risma

Wali Kota Surabaya, Tri Rismaharani (Sumber: Instagram/@Surabaya)

Selain bertemu Khofifah, Lenis juga bertemu dengan Wali Kota Surabaya, Tri Rismaharini (Risma) pada Selasa 20 Agustus 2019. Pertemuan itu berlangsung di rumah dinas wali kota, Jalan Sedap Malam Surabaya sekitar pukul 19.45 WIB. Pertemuan yang berlangsung sekitar dua jam itu juga dihadiri oleh perwakilan Mahasiswa Papua serta Ikatan Keluarga Besar Papua Surabaya (IKBPS).

Dalam pertemuan yang berlangsung hangat dan penuh canda itu, Risma bercerita tentang adik-adik mahasiswa Papua yang menempuh pendidikan di Surabaya.

Selama ini, para mahasiswa Papua di Surabaya sering dilibatkan dalam berbagai kegiatan event besar Pemerintah Kota (Pemkot) Surabaya. Seperti acara Surabaya Cross Culture hingga perayaan Hari Jadi Kota Surabaya (HJKS).

"Adik-adik ini (mahasiswa Papua) sering mereka ikut kegiatan tari-tarian di Balai Kota, sering datang juga kalau kita ada acara. Kalau kita ada kunjungan tamu dari Papua, mereka (adik-adik) juga ikut datang," kata dia.

Dia menuturkan, selama ini hubungan masyarakat Surabaya dengan warga asli Papua berjalan baik, bahkan seperti saudara. Terlebih, Risma sudah menganggap adik-adik dari Papua yang tinggal di Surabaya seperti anaknya sendiri. 

Selama menempuh pendidikan di Surabaya, para mahasiswa Papua juga diberikan fasilitas dalam upaya mengembangkan bakat dan minat. Seperti pelatihan komputer dan bahasa Inggris.

"Mereka jauh dari orang tua, karena itu saya selalu sampaikan ke anak-anak itu agar menjadi orang yang sukses. Orang tuamu di sana pingin anaknya jadi. Mesti kalau ketemu anak-anak saya selalu sampaikan itu," tutur dia.

Di sisi lain, Pemkot Surabaya juga sering menerima kunjungan mama-mama Papua. Mereka berkunjung ke Surabaya untuk belajar seputar pemberdayaan ekonomi dan program-program wirausaha. 

"Mereka mama-mama Papua itu datang dari berbagai wilayah untuk belajar di Surabaya, mulai dari tanam sayur, bikin baju, sampai bikin bakso ikan," kata dia.

Tidak hanya itu, Wali Kota Risma mengaku, warga Papua yang tinggal dan menetap di Surabaya juga biasa berbaur dengan masyarakat sekitar dan juga terlibat dalam kegiatan di kampung. 

Selain itu, banyak juga warga asli Papua yang sukses di Surabaya dan menjadi Aparatur Sipil Negara (ASN) di lingkungan Pemkot Surabaya.

"Ada Kabag Humas itu asli dari Papua, dua Camat di Surabaya juga asli Papua, terus ada Kepala Bidang Satpol PP juga dari Papua. Masyarakat di Surabaya ini multi etnis, ada dari Ambon, Aceh, Pontianak, Padang, NTB, kita tidak pernah membeda-bedakan semua ada di Surabaya," ujar dia.

Selain itu, mengutip laman instagram @surabayasparkling, Risma juga beberapa kali mengunjungi Papua. Ia berkunjung ke Jayapura, Manokwari, dan Merauke. Hal tersebut membuat Risma mendapat julukan Mama Papua. Risma pun meminta tidak ada lagi yang membahas perbedaan.

Lenis juga mengapresiasi Risma karena di Surabaya, warga Papua dan Surabaya diberikan kesetaraan. "Saat ini waktunya kita pikirkan masa depa Indonesia dan kebersamaan," ujar dia.

Kehadiran 11 Mahasiswa Papua menambah keakraban pertemuan ini. Salah satunya saat mencoba mendengarkan suara merdunya. Mereka juga berkeluh kesah kepada Risma terhadap persoalan yang dihadapi saat ini.

Risma pun siap membantu Mahasiswa Papua. Ia mengharapkan Mahasiswa Papua mau untuk menyampaikan keluh kesahnya sehingga masalah segera terselesaikan dengan baik.

"Justru perbedaan menjadikan kita, untuk bijaksana dan menerima segala kekurangan dan kelebihan masing-masing," kata Risma.

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Diduga Cabuli Seorang Gadis di Kebon Kosong, Pria Ini Dihakimi Massa

Posted: 21 Aug 2019 10:21 PM PDT

Patroli Indosiar, Deli Serdang - Seorang pengemudi becak motor dihakimi warga di Deli Serdang, Sumatera Utara. Dia diduga akan mencabuli gadis tunagrahita. Aksi pelaku diketahui warga ketika membawa korban ke sebuah rumah kosong.  

Seperti ditayangkan Patroli Indosiar, Kamis (22/8/2019), aparat Polsek Percut Seituan menjemput HL, pria yang diduga akan mencabuli seorang gadis. 

Sebelum dijemput polisi, pelaku nyaris babak belur karena dihakimi warga. Aksi main hakim sendiri warga bermula ketika HL dipergoki warga hendak mencabuli korban.    

Untuk kepentingan penyelidikan, keluarga korban sudah membuat laporan resmi ke Mapolsek Percut Seituan.

Kepada polisi pelaku mengakui niatnya untuk mencabuli korban. Bahkan pakaian korban sempat dilucuti tetapi terlanjur diketahui warga.  

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Video Viral Anak Tendang Kepala Ibu Saat Tak Diberi Uang

Posted: 21 Aug 2019 10:20 PM PDT

Liputan6.com, Surabaya - Dalam video amatir yang sempat viral ini, tanpa rasa sungkan, AP menoyor kepala ibu kandungnya yang tengah berbaring sakit. Video ini diambil di rumah di kawasan Surabaya, Jawa Timur.

Seperti ditayangkan Liputan6 SCTV, Kamis (22/8/2019), sang ibu yang terus menasehati anaknya yang berwatak keras ini justru malah diperlakukan kasar. AP malah menendang kepala sang ibu.

Video perilaku AP yang durhaka kepada ibunya ini membuat masyarakat Surabaya geram dan juga mendapatkan tanggapan dari Polsek Tegalsari.

AP akhirnya ditangkap dan dipertemukan dengan keluarga. Di kantor Polsek Tegalsari, AP bertemu kakak dan ayahnya. AP menangis dan memeluk ayahnya.

"Iya minta uang dengan memaksa pak," kata tersangka anak tendang kepala ibu AP.

"Kondisi dari ibu yang bersangkutan sedang sakit keras, jadi permohonan dari ibunya ini dimediasi secara kekeluargaan," ucap Kapolsek Tegalsari Kompol Rendy Surya.

Meski tak dipenjara, polisi akan tetap mengawasi AP dan jika AP tak segera berubah perangainya, polisi tak segan-segan akan kembali mencokok AP dan menjebloskan ke dalam penjara.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

7 Tempat Wisata di Kendal dengan Keindahan Alam yang Memukau

Posted: 21 Aug 2019 10:20 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Tempat wisata di Kendal mungkin belum begitu populer sebagai tujuan liburan. Namun, kamu bisa menemukan berbagai wisata alam yang cocok dijadikan destinasi wisata yang menyenangkan, baik bersama keluarga maupun bersama teman-teman. 

Kamu bisa menjadikan tempat wisata di Kendal sebagai pilihan liburan alternatif dari Jogja maupun Semarang. Apalagi dengan berbagai destinasi wisata yang ditawarkan Kendal yang tidak kalah menakjubkan, tentunya kamu tidak akan menyesal nantinya.

Tempat wisata di Kendal menawarkan keindahan alam yang memukau. Mulai dari air terjun, kebun teh, pantai, danau, hingga wisata alam lainnya ada di Kendal. Kamu tinggal memilih destinasi yang cocok untuk berwisata bersama keluarga atau bersama teman-teman.

Berikut Liputan6.com rangkum dari berbagai sumber, Kamis (22/8/2019) tentang tempat wisata di Kendal

Kebun Teh Medini dan Danau Banaran Surugajah

Danau Banaran Surugajah (Sumber: Dinas Kepemudaan, Olahraga, dan Pariwisata Kabupaten Kendal)

Kebun Teh Medini

Tempat wisata di Kendal yang pertama adalah Kebun Teh Medini. Terletak di kaki Gunung Ungaran, perkebunan teh ini memberikan padamu suasana alam yang sejuk dengan pemandangan indah di sekelilingnya. Bagi kamu yang stres karena rutinitas sehari-hari yang tidak ada habis-habisnya, tempat wisata di Kendal satu ini sangat cocok menjadi tempat refreshing otakmu.

Selain itu, nuansa alam pedesaan yang begitu tenang dijamin akan membuat pikiranmu segar kembali dari pikiran-pikiran pekerjaan yang memusingkan. Selain itu, kamu juga bisa menjelajahi kebun teh dan menyambangi air terjun di kawasan ini. Kebun Teh Medini ini berlokasi di Desa Ngresep Balong, Kecamatan Limbangan. Kamu bisa berkunjung ke tempat ini baik bersama kelaurga maupun bersama teman-teman.

Danau Banaran Surugajah

Masih seputar wisata alam yang membuat pikiran kamu menjadi segar kembali, tempat wisata di Kendal selanjutnya adalah Danau Banaran Surugajah. Aliran air di danau ini sangat jernih dengan nuansa hijaunya yang begitu eksotis, sangat cocok buat menyegarkan pikiran dan menenangkan diri.

Berlokasi di Desa Bringinsari, Kecamatan Sukorejo, panorama alam di Danau Banaran Surugajah ini juga sangat menakjubkan, sehingga kamu juga bisa menyimpan kenangan liburan ke sana dengan berfoto. Lokasi danau yang berada di kawasan kebun cengkeh membuat suasana semakin asri dan sejuk, bikin kamu betah dan nyaman.

Curug Semawur dan Pantai Cahaya

Pantai Cahaya (Sumber: Portal Resmi Kabupaten Kendal)

Curug Semawur

Berlokasi di Desa Blumah, Plantungan, Curug Semawur ini belum banyak diketahui oleh wisatawan. Karena itu, tempat wisata di Kendal satu ini masih terjaga kelestarian alamnya.

Air terjun yang memiliki delapan tingkat air terjun yang masing-masingnya memiliki ketinggian sekitar 7 hingga 15 meter. Aliran air yang jernih dan tidak begitu deras membuat kamu yang berkunjung ke sini akan merasakan ketenangan dan kenyamanan. Tempat ini sangat cocok dijadikan pelarian dari rutinitas sehari-hari yang memusingkan.

Dengan pemandangan alam yang sangat indah dan suasana yang segar, tentunya akan sangat rugi bila kamu tidak sempat mengunjungi curug semawur ini. Karena belum memiliki fasilitas yang memadai, berkunjung ke curug ini sebaiknya tidak dilakukan dengan keluarga, ataupun anak-anak.

Pantai Cahaya

Selain itu, tempat wisata di Kendal juga memiliki pantai yang wajib untuk dikunjungi, yaitu Pantai Cahaya. Pantai Cahaya menawarkan pemandangan yang indah, lengkap dengan berbagai wahana menarik seperti arena pentas lumba-lumba dan juga kolam renang, sangat cocok untuk berekreasi bersama keluarga.

Berlokasi di Sendang Sikucing, Kecamatan Rowosari, Pantai Cahaya memiliki fasilitas yang sangat lengkap. Bila kamu memang sedang berlibu dengan keluarga, pantai cahaya ini harus dikunjungi, karena bisa menjadi wisata yang memadukan hiburan dan edukasi.

Curug Sewu dan Kali Bledon

Curug Sewu (Sumber: Dinas Kepemudaan, Olahraga, dan Pariwisata Kabupaten Kendal)

Curug Sewu

Tempat wisata di Kendal memang menawarkan berbagai keindahan alam yang beragam. Salah satunya adalah Curug Sewu. Berlokasi di Desa Curug Sewu, Kecamatan Patean, di air terjun ini kamu tidak hanya bisa menikmati keindahan pemandangan, namun juga menikmati suasana alam sekitar dengan berjalan kaki.

Ada juga berbagai fasilitias menyenangkan untuk anak yang disediakan di Curug Sewu ini. Jadi kamu juga bisa mengajak keluarga untuk berlibur ke curug ini. Curug Sewu ini memiliki total tinggi mencapai 80 meter yang terbagi menjadi tiga tingkat, yaitu pertama 45 meter, kedua 15 meter, dan ketiga setinggi 20 meter.

Kali Bladon

Tempat wisata di Kendal selanjutnya adalah Kali Bladon. Tempat wisata ini sempat viral beberapa waktu lalu karena menyajikan spot foto keren berupa pemandangan sungai yang sangat menakjubkan.

Dikelilingi oleh alam yang begitu indah dan asri merupakan sajian yang akan kamu dapat dari Kali Bladon ini. Apalagi untuk kamu yang hobi fotografi, tentunya kamu akan menghasilkan karya-karya yang menarik di tempat ini.Kali Bladon berlokasi di Krayapan, Kecamatan Brangsong.

Curug Penglebur Gongso

Curug Penglebur gongso merupakan salah satu wisata di Kendal yang terletak di Godang, Limbangan. Konon katanya air terjun ini merupakan tempat pertapaan dari tokoh pewayangan Kumbokarno pada masa dahulunya. Di tempat ini terdapat sebuah batu yang terdapat jejak kaki yang dipercaya merupakan jejak kaki dari Kumbakarno tersebut.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Menkumham: Pemerintah Sungguh-Sungguh Perhatikan Papua

Posted: 21 Aug 2019 10:20 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Menteri Hukum dan HAM Yasonna Hamonangan Laoly menegaskan, pemerintah pusat terus berupaya memeratakan pembangunan di Bumi Cendrawasih di segala bidang. Langkah konkret ini adalah bentuk pembuktian bahwa negara memperhatikan Papua dan Papua Barat.

Yasonna dalam wawancara ekslusif dengan SCTV, Rabu (22/8/2019), mengatakan bahwa pemerintah memberikan perhatian cukup besar dalam pembangunan Papua dan Papua Barat terlihat. Dia mencontohkan alokasi dana otonomi khusus atau otsus yang berada di luar Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD).

Selain juga beberapa kunjungan kerja Presiden Joko Widodo atau Jokowi ke Papua dan Papua Barat.

"Kesungguhan pemerintah ini bukan setengah hati, tapi betul-betul kesungguhan hati," kata Yasonna.

Oleh sebab itu, Yasonna membantah anggapan kelompok yang menyebut adanya diskriminasi di Papua. Alasan itu yang kemudian menjadi peluru agar Papua lepas dari Indonesia.

"Tidak ada alasan menuduh pemerintah pusat melakukan diskriminasi atau tidak melakukan upaya maksimal dalam membangun Papua," kata Yasonna.

Meskipun ada beberapa permasalahan dalam perbedaan pendapat, kata Yasonna, ada baiknya hal tersebut diselesaikan dengan duduk bersama dan kekeluargaan.

"Tinggalkan perbedaan pendapat, kit menyelesaikannya sebagai anak bangsa," ujar Yasonna.

Yasonna pun berbicara mengenai nasib Lapas Sorong yang terdampak saat kerusuhan terjadi. Beberapa kebutuhan dasar seperti makanan, air, dan listrik untuk Pemasyarakatan terganggun karena akses jalan diblokir dan toko-toko tutup.

 

Adapun wawancara lengkap dapat disaksikan dalam tayangan berikut ini:

 

Wawancara Ekslusif:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Yuk, Ikuti Bincang-Bincang Seru Bersama Pemain Warkop DKI Reborn di Vidio Talk

Posted: 21 Aug 2019 10:20 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Kabar gembira untuk Anda yang gemar menonton film bergenre komedi, pasalnya Warkop DKI Reborn garapan rumah produksi Falcon Pictures akan kembali meramaikan bioskop-bioskop Tanah Air.

Warkop DKI Reborn yang bakal tayang dalam waktu dekat ini dibintangi oleh aktor-aktor muda berbakat. Aliando Syarief yang berperan sebagai Dono, Adipati Dolken sebagai Kasino, dan Randy Danistha sebagai Indro.

Nah, kali ini ketiga pemuda tersebut bersama Indro Warkop akan berbagi cerita seputar film terbaru mereka di Vidio Talk pada Kamis (22/8/2019) pukul 16.00 WIB.

Buat yang penasaran dengan keseruan para pemain Warkop DKI Reborn di Vidio Talk, jangan lupa sakiskan hanya di Vidio dengan klik tautan ini.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Nasib Mantan Suami Vina Garut, Sakit Keras dan Positif HIV

Posted: 21 Aug 2019 10:15 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Polres Garut hingga kini masih mendalami kasus video syur Vina Garut yang viral beberapa hari terakhir. 

Dalam kasus, polisi sudah menetapkan tiga tersangka. Namun masih ada dua orang lainnya yang diduga terlibat dalam kasus video Vina Garut.

Keduanya dikabarkan melarikan diri ke Jakarta. Dari ketiga tersangka yang sudah ditetapkan, dua orang di antaranya merupakan mantan suami istri. Mereka adalah AK (31) dan VN (19).

VN mengaku dipaksa, ia dipaksa AK untuk melakukan adegan seks yang tak biasa tersebut. VN melakukan itu di bawah ancaman AK.

Belakangan diketahui jika AK positif mengidap penyakit HIV. Lalu siapakah sebenarnya sosok mantan suami VN?

Berikut sosok suami VN, AK yang menjadi sorotan dalam video Vina Garut:

 

AK Biseksual

Ilustrasi seks (iStockphoto)

AK merupakan salah satu pemeran dari video Vina Garut. Berdasarkan hasil pemeriksaan polisi, ia melakukan hubungan itu karena situasi.

Tak hanya itu, AK juga memiliki kelainan menyimpang terhadap seks. Dalam video yang tersebar, para pemain pria melakukan hubungan intim secara bersama-sama terhadap VN.

"Jadi kalau AK memiliki kelainan menyimpang biseksual, jadi pada saat adegan porno itu dia (AK) bisa pegang-pegang pemain pria," kata Kapolres Garut AKBP Budi Satria Wiguna, beberapa waktu lalu.

 

Positif HIV

Ilustrasi HIV/AIDS

Polisi pun melakukan pemeriksaan terhadap tiga tersangka Video Vina Garut. Para tersangka yaitu VN, AK, dan WW. Dari hasil pemeriksaan, AK dinyatakan positif mengidap HIV, sementara dua lainnya negatif.

"Satu tersangka yang positif virus HIV adalah AK (31). AK ini adalah salah satu pemeran dan mantan suami dari pemeran perempuan dalam video tersebut," ucap Kasat Reskrim Polres Garut, AKP Maradona Armin Mappaseng.

 

Pemilik Salon dan MC

Microphone

Mantan suami Vina Garut, AK alias Raya adalah orang yang berada di balik pembuatan video panas itu. Dia membuat video itu untuk diperjualbelikan.

Sebelum terjerat kasus video Vina Garut, AK merupakan pemilik salon. Dia membuka salon di daerah Mandalagiri, Garut.

"Dulu pekerjaannya (AK) buka salon sendiri," kata VN saat ditanya soal pekerjaan mantan suaminya.

Selain itu dia juga sempat berprofesi sebagai MC di panggung dangdut. Profesi ini juga yang membawanya jatuh cinta kepada VN. Karena VN seorang biduan dangdut.

Duda Satu Anak

Ilustrasi ayah dan anak (iStock)

Sebelum menikah dengan VN, AK rupanya sudah pernah menikah dengan wanita lain. Akan tetapi pernikahan itu berujung perceraian.

AK pun berstatus duda. Dari hasil pernikahan pertama, AK dikarunia satu anak.

Seperti diketahui, AK adalah aktor di balik pembuatan video mesum itu. Dia sengaja memproduksi video untuk menjualnya di media sosial.

AK juga menjajakan mantan istrinya VN lewat media sosial, Twitter. Sekali main, VN dibayar Rp 500 ribu.

Kondisinya Parah

Ilustrasi orang sakit (sumber: iStockphoto)

Polisi terus berkoordinasi dengan Dinas Kesehatan untuk memeriksa tersangka AK lebih lanjut. Sejak ditetapkan tersangka, polisi tak menahan AK.

Sebab, kondisi kesehatan AK yang terus menurun. AK hingga saat ini masih menjalani terapi sampai kondisinya membaik dan kemudian diperiksa di Polres Garut.

Kasat Reskrim Polres Garut, AKP Maradona Armin Mappaseng menyebut bahwa kemungkinan A melarikan diri sangat kecil karena tidak bisa berdiri dengan kakinya sendiri.

"Saat kita tangkap saja untuk duduk tidak bisa sehingga kita lebih memilih untuk tidak menahan," kata Maradona.

 

Reporter : Desi Aditia Ningrum

Sumber : Merdeka.com

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Whatsapp Gandeng Bank Mandiri Luncurkan Dompet Digital, Benarkah?

Posted: 21 Aug 2019 10:15 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Whatsapp milik Facebook Inc berencana meluncurkan mobile payment di Indonesia. Whatsapp disebutkan tengah mendekati PT Bank Mandiri (Persero) untuk menerbitkan dompet digital atau e-wallet.

Senior Vice President Transaction Banking Retail Sales PT Bank Mandiri (Persero) Tbk Thomas Wahyudi membenarkan Whatsapp tengah menjalin kerja sama dengan Bank Mandiri. Tetapi, ia menegaskan bahwa kerja sama tersebut bukanlah terkait dengan dompet digital.

"Saat ini kerjasama dengan Whatsapp baru untuk komunikasi produk, notifikasi dan verifikasi untuk produk-produk Mandiri," tuturnya kepada Liputan6.com, Kamis (22/8/2019).

Selain itu, Thomas menjelaskan, Bank Mandiri juga mengadakan kerja sama dengan Whatsapp untuk MITA, yaitu Mandiri Intelligence Assistant.

Adapun MITA adalah fitur chatbot atau layanan chatbot Bank Mandiri yang berfungsi sebagai customer service virtual yang dapat melayani nasabah selama 7x24 jam yang tersedia pada website resmi Bank Mandiri.

"Kita juga sedang lakukan integrasi dengan MITA sehingga complain handling bisa dilakukan melalui Whatsapp," ujarnya.

Dengan ini, pihaknya pun menegaskan bahwa Bank Mandiri belum ada perbincangan dengan pihak Whatsapp terkait peluncuran dompet digital di Indonesia.

"Jadi untuk dompet digital lewat Whatsapp belum ada pembicaraan lebih lanjut," terang dia.

Layanan Transaksi Mobile WhatsApp Segera Hadir di Indonesia

WhatsApp JUSTIN SULLIVAN / GETTY IMAGES NORTH AMERICA / AFP)

Sebelumnya, WhatsApp, aplikasi olah pesan milik Facebook, dikabarkan berencana menghadirkan layanan transaksi mobile miliknya ke Indonesia.

Untuk melancarkan rencana tersebut, WhatsApp sedang melakukan diskusi dengan sejumlah perusahaan pembayaran di Tanah Air.

Pertumbuhan sektor e-Commerce yang pesat di Indonesia adalah salah satu alasan di balik rencana ini. Bila terealisasi, Indonesia bakal menjadi negara kedua di dunia di mana WhatsApp memperkenalkan layanan tersebut. 

Adapun India menjadi negara pertama yang bakal mengadopsi layanan tersebut, bilamana persetujuan regulasi penyimpanan data lokal sudah disetujui.

Berbeda dari India yang direncanakan bakal menawarkan layanan pembayaran peer-to-peer, WhatsApp hanya akan bertindak sebagai platform pendukung pembayaran melalui dompet digital lokal, sebagaimana informasi sumber anonim kepada Reuters, Selasa (20/8/2019).

"Indonesia bakal menjadi model bagi Whatsapp untuk mengadopsi konsep serupa di pasar negara berkembang lainnya," kata sumber tersebut. "Selain itu, ini bakal menjadi cara agar menyiasati peraturan lokal terkait pemain asing yang membuat dompet digital mereka sendiri." 

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Omid Nazari Penasaran Tampil di Laga Persib vs Persija

Posted: 21 Aug 2019 10:12 PM PDT

Liputan6.com, Bandung - Gelandang baru Persib Bandung, Omid Nazari, tampak antusias akan rivalitas tim barunya dengan klub asal ibu kota, Persija Jakarta. Pemain berkewarganegaraan Filipina ini bahkan mengaku penasaran ingin terlibat di laga tersebut.

""Jadi saya tak sabar nantikan pertandingan (Persib vs Persija) itu," Omid kepada Ayo Bandung.

Omid Nazari mengaku sudah lama mendengar perseteruan sengit Persib vs Persija. Pasalnya, sebelum bergabung dengan Persib, dia sempat juga bermaindi Indonesia bersama klub lamanya, Ceres Negro.

Ketika itu, dia membela Ceres Negro berhadapan dengan Persija di ajang Piala AFC. Bersama Ceres Nergro dia berhasil menyingkirkan Persija dalam dua laga, 1-0 dan 2-3.

"Saya pernah dengar soal Persib dan Persija ketika di pertandingan. Saya juga pernah lawan Persija (di AFC Cup)," ungkap Omid Nazari.

Tiga Pemain Asing Baru

Tiga pemain baru Persib Bandung Nick Kuipers, Kevin van Kippersluis dan Omid Nazari resmi diperkenalkan kepada publik di Bandung, Selasa (20/8/2019). (Liputan6.com/Huyogo Simbolon)

Omid merupakan satu dari tiga pemain asing baru yang didatangkan Persib dalam bursa transfe kedua, Agustus ini. Dua lagi adalah Nick Kuipers dan Kevin van Kippersluis yang berasal dari Belanda.

Senin (19/8), sudah ikut bergabung berlatih dengan para pemain Persib lainnya di Stadion Gelora Bandung Lautan Api. Namun, mereka harus menunggu beberapa waktu lagi, hingga pendaftaran pemain baru kembali dibuka 27 Agustus mendatang.

Bisa Lawan Persib

Namun, Omid tetap berpeluang tampil menghadapi Persija. Pasalnya, duel Persib vs Persija baru akan digelar pada 27 Oktober mendatang.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

5 Resep Masakan Indonesia Tradisional, Cocok untuk Hidangan Sehari-hari

Posted: 21 Aug 2019 10:10 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Indonesia sangat kaya dengan keanekaragamannya. Setiap bagian wilayah yang ada di Indonesia memilki sesuatu yang khas. Hal ini membuat kamu bisa dengan mudah menemukan perbedaan dari setiap daerahnya. Salah satu perbedaannya adalah masakan Indonesia tradisional. Pada masakannya memiliki resep masakan Indonesia tradisional yang sangat khas.

Ya, pada resep masakan Indonesia tradisional ini kerap menggunakan aneka rempah-rempah dalam campurannya. Maka tak heran kalau masakan Indonesia tradisional memiliki cita rasa yang sangat khas dan menggiurkan. Biasanya masakan Indonesia tradisional ini bisa ditemukan di rumah makan atau restoran khusus yang menyediakan masakan daerah.

Jadi buat yang ingin mencobanya, bisa sesekali berkunjung ke warung makan tersebut. Namun, buat di daerah kamu yang tak tersedia rumah makan yang menyediakan masakan tradisional tersebut, kamu bisa membuatnya sendiri di rumah. Tak sulit untuk membuat masakan Indonesia tradisional ini. Kamu hanya perlu menyiapkan dan mengikuti panduan resep masakan Indonesia tradisional.

Kini panduan resep masakan Indonesia tradisional sudah banyak disediakan di berbagai media, baik cetak ataupun online. Berikut Liputan6.com, Kamis (22/8/2019) juga telah merangkum beberapa resep masakan Indonesia tradisional yang cocok dijadikan sebagai sajian sehari-hari.

Resep Rendang Khas Padang

Rendang /copyright shutterstock.com

Resep masakan Indonesia tradisonal yang sudah sangat terkenal adalah rendang khas Padang. Rendang Padang merupakan salah satu jenis makanan nusantara yang sangat terkenal di Indonesia bahkan mancanegara karena kenikmatan cita rasanya.

Memiliki tekstur daging yang lembut dan bumbunya yang khas, membuat sajian ini sangat nikmat dan menggiurkan. Apabila kamu tertarik untuk membuat sajian rendang khas Padang, berikut resep masakan Indonesia tradisional rendang yang bisa kamu coba sendiri di rumah.

Bahan-bahan:

- 1,5 kg daging sapi,

- 2 liter santan yang dibuat dari 2 butir kelapa tua.

Bumbu rempah rendang Padang:

- 4 lembar daun jeruk purut,

- 2 batang serai yang sudah dimemarkan,

- 2 lembar daun kunyit yang diikat,

- 2 cm asam kandis.

Bumbu halus rendang Padang:

- 100 gram cabe merah besar,

- 100 gram cabe merah keriting,

- 12 butir bawang merah,

- 6 siung bawang putih,

- 3 cm kunyit yang sudah dibakar,

- 5 butir kemiri,

- 2 cm jahe yang sudah dibakar,

- 2 cm lengkuas,

- 2 sendok teh garam,

- 1 sendok teh jintan yang sudah disangrai,

- 1/2 sendok makan ketumbar,

- 1/2 sendok teh pala,

- Penyedap rasa secukupnya.

Cara membuat rendang Padang:

1. Potong-potong daging sapi yang sudah dibersihkan sesuai selera. Namun jangan terlalu kecil, agar daging tak mudah hancur.

2. Masukkan santan ke dalam wajan besar bersama dengan serai, bawang merah, asam, dan daun kunyit. Masak dan aduk terus sampai santan mendidih, pastikan santan tidak pecah.

3. Setelah mendidih, masukkan bumbu halus dan aduk sesekali lalu masak lagi selama 20-30 menit.

4. Jika santan terlihat sudah berminyak, masukkan potongan daging kemudian masak menggunakan api kecil sampai santan mengental, mengering, dan bumbu meresap ke dalam daging.

5. Masak terus sampai daging menjadi empuk sambil terus diaduk agar bagian bawah tidak gosong.

6. Setelah matang, angkat rendang dan dinginkan.

7. Rendang Padang siap disajikan bersama dengan nasi hangat.

Resep Soto Khas Betawi

Soto Betawi /Copyright shutterstock.com

Soto Betawi merupakan salah satu masakan tradisional Indonesia yang sudah sangat populer. Meskipun soto Betawi sama dengan jenis soto pada umumnya, namun bedanya hanya pada kuahnya.

Karena soto khas Betawi ini menggunakan campuran santan dan susu di dalamnya, sehingga menghasilkan cita rasa tersendiri. Berikut resep masakan Indonesia tradisional soto Betawi yang bisa kamu sajikan untuk hidangan sehari-hari.

Bahan-bahan:

- 500 gram daging sapi,

- ½ butir kelapa, parut dan ambil santannya (santan kental),

- 3 butir telur rebus,

- 3 buah kentang rebus,

- 2 buah tomat,

- 1 batang daun bawang, yang diiris-iris kecil,

- 1 ruang lengkuas,

- 1 batang sereh, yang dimemarkan,

- 3 lembar daun jeruk,

- Garam dan gula secukupnya.

- Jeruk nipis secukupnya,

- Bawang goreng secukupnya.

Bumbu soto Betawi yang dihaluskan:

- 5 siung bawang merah,

- 3 siung bawang putih,

- 5 buah kemiri,

- 1 cm kunyit, bakar sebantar agar harum,

- 1 cm jahe.

Cara membuat soto Betawi:

1. Rebus daging sapi hingga empuk dengan menggunakan 2 liter air. Setelah empuk, potong daging sesuai selera. Jangan membuang kaldu rebusan daging.

2. Panaskan minyak sedikit untuk menumis bumbu yang sudah dihaluskan tado sampai mengeluarkan aroma yang harum. Setelah wangi tercium, daging yang sudah dipotong-potong tadi campurkan ke dalam tumisan bumbu tersebut.

3. Saat sedang menumis, daging dan bumbu diaduk hingga merata. Kemudian tambahkan dengan lengkuas, sereh, daun jeruk, garam, dan gula secukupnya.

4. Setelah tumisan bumbu dan daging selesau, masukkan ke dalam kaldu rebusan daging yang tadi.

5. Tambahkan santan dan aduk-aduk sesering mungkin. Masak hingga kuah kaldu tadi menyusut dan daging menjadi empuk.

Resep Rawon Khas Jawa Timur

Rawon /Copyright shutterstock.com

Rawon merupakan masakan Indonesia berupa sup daging berkuah hitam sebagai campuran bumbu khas yang menggunakan kluwek. Rawon merupakan masakan khas Jawa Timur, tetapi masakan ini juga sudah dikenal oleh masyarakat Jawa Tengah dan lainnya.

Bumbu pada kuah supnya sangat khas Indonesia, pasalnya ada berbagai macam campuran rempah-rempah di dalamnya. Buat kamu yang ingin mencoba sajian rawon ini, berikut resep masakan Indonesia tradisional rawon yang bisa kamu coba sendiri di rumah.

Bahan-bahan:

- 600 gram daging sapi yang agak berlemak,

- 1,5 liter air,

- 5 lembar daun jeruk,

- 3 batang serai yang sudah dimemarkan,

- 3 cm lengkuas yang sudah dimemarkan,

- 2 lembar daun salam,

- 3 sendok makan minyak untuk menumis.

Bahan untuk bumbu rawon:

- 5 butir bawang merah,

- 3 siung bawang putih,

- 4 buah keluwak tua yang sudah dikukus dan diambil isinya,

- 4 buah cabe merah,

- 2 batang daun bawang yang sudah dipotong-potong,

- 2 butir kemiri,

- 2 cm jahe,

- 2 cm kunyit,

- 2 sendok teh garam,

- 1 sendok teh ketumbar,

- 1 sendok teh terasi matang.

Pelengkap untuk rawon:

- Kerupuk udang,

- Tauge pendek secukupnya,

- Telur asin secukupnya,

- Sambal secukupnya.

Cara membuat rawon:

1. Masak daging dengan serai, daun salam, daun jeruk, dan lengkuas sampai matang dan empuk.

2. Setelah matang, angkat daging dan potong kecil.

3. Saring air rebusan, sisihkan ampasnya, dan didihkan lagi bersama potongan daging.

4. Panaskan minyak, tumis bumbu yang sudah dihaluskan bersama dengan daun bawang sampai tercium wangi dan matang.

5. Angkat tumisan bumbu, kemudian masukkan ke dalam kaldu dan daging. Masak kembali menggunakan api kecil sampai mendidih.

6. Tuangkan rawon ke dalam mangkok, beri tauge.

7. Sajikan rawon dengan nasi hangat, telur asin, dan sambal pedas.

Resep Ayam Taliwang Lombok

Ayam Taliwang (sumber: iStockphoto)

Ayam Taliwang merupakan makanan khas Pulau Lombok dari Kampung Karang Taliwang, Kota Mataram, Nusa Tenggara Barat yang berbahan dasar daging ayam. Daging ayam yang disajikan berasal dari ayam kampung muda yang dibakar kemudian dibumbui dengan semacam saus yang bahannya antara lain cabai merah kering, bawang merah, bawang putih, tomat, terasi goreng, kencur, gula merah, dan garam.

Makanan ini biasanya disajikan bersama makanan khas Lombok yang lain, misalnya plecing kangkung. Apabila penasaran, kamu bisa mencoba membatnya sendiri di rumah. Berikut resep masakan Indonesia tradisional ayam taliwang Lombok.

Bahan-bahan:

- 1 ekor ayam kampung yang sudah dicuci bersih,

- 2 sendok teh air jeruk nipis,

- 2 sendok makan minyak goreng.

Bahan untuk bumbu halus ayam taliwang:

- 10 butir bawang merah,

- 5 buah cabai merah,

- 5 siung bawang putih,

- 5 cm kencur,

- 4 buah cabai rawit,

- 2 buah tomat,

- 2 sendok teh gula merah,

-1 sendok teh terasi,

- 1 sendok makan garam,

-7 sendok makan minyak untuk menumis.

Cara membuat ayam taliwang:

1. Tumis bumbu halus yang sudah dibuat sampai tercium wanginya. Setelah itu tambahkan air perasan jeruk nipis. Kemudian angkat dan sisihkan.

2. Olesi permukaan ayam dengan minyak, lalu bakar sampai berwarna kecoklatan.

3. Tusuk-tusuk ayam, kemudia oleskan permukannya dengan bumbu yang sudah ditumis tadi.

4. Kemudian bakar lagi ayam sampai benar-benar matang.

5. Ayam taliwang Lombong siap disajikan.

Resep Soto Banjar

Soto Banjar (sumber: iStockphoto)

Soto Banjar adalah soto khas suku Banjar, Kalimantan Selatan dengan bahan utama ayam serta memiliki aroma harum rempah-rempahseperti kayu manis, biji pala, dan cengkih.

Ada kalanya pembuatan kuah soto Banjar dapat dicampurkan dengan sedikit susu yang membuat warna kuahnya mejadi tidak bening, tetapi sedikit keruh. Berikut resep masakan Indonesia tradisional soto Banjar.

Bahan-bahan:

- Siapkan beberapa potong ayam kampung,

- 1,5 liter kaldu ayam,

- 250 ml susu cair,

- Minyak goreng secukupnya untuk menumis.

Bumbu halus untuk soto Banjar:

- 5 siung bawang putih,

- 8 butir bawang merah,

- 1 sendok teh lada,

- 3 butir kapulaga yang sudah disangrai,

- 1/2 sendok teh pala bubuk,

- Garam secukupnya.

Bahan bumbu lainnya:

- 3 batang daun bawang,

- 4 buah cengkeh,

- 10 cm kayu manis yang dipotong menjadi 2 bagian,

- 2 datang seledri.

Cara membuat soto Banjar:

1. Cuci ayam dan potong menjadi beberapa bagian.

2. Rebus ayam menggunakan air sebanyak tiga liter dengan api sedang.

3. Sambil menunggu ayam matang, haluskan bumbu terlebih dahulu.

4. Setelah halus, tumis sampai wanginya tercium.

5. Kalau daging ayam sudah matang, angkat dan suwir secukupnya. Kaldu bekas rebusan ayam jangan dibuang karena akan digunakan untuk kuah soto.

6. Rebus kembali kaldu atau air rebusan ayam, lalu masukkan bumbu halus yang sudah ditumis.

7. Masukkan susu cair, daun bawang, kayu manis, dan cengkeh. Tambahkan juga garam secukupnya.

8. Cicipi kuah sotonya, jika dirasa kurang, kamu bisa menambah garam atau penyedap rasa.9. Kuah soto sudah siap, sisihkan.

Persiapan dan penyajian soto Banjar:

1. Iris seledri.

2. Siram 100 gram soun dengan air panas.

3. Rebus telur ayam dan potong menjadi 6 bagian, atau kalau kekecilan potong sesuai selera.

4. Siapkan perkedel secukupnya.

5. Buat sambal soto menggunakan cabe rawit.

6. Beberapa potong ketupat atau nasi putih.

7. Jeruk nipis.

8. Kecap manis.

9. Siapkan mangkok, masukkan soun, ketupat, suwiran ayam, lalu siram dengan kuah secukupnya.

10. Tambahkan perasan jeruk nipis, kecap manis, lalu taburi dengan selederi.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Pesawat Penerbangan Spanyol Turbulensi Parah, 14 Orang Cedera

Posted: 21 Aug 2019 10:09 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Penerbangan yang dioperasikan oleh maskapai Spanyol Evelop mengalami turbulensi parah (CAT). Insiden yang terjadi dengan pesawat rute Mauritius ke Madrid itu mengakibatkan 14 orang cedera ringan, kata perusahaan itu, Rabu 21 Agustus 2019.

Clear Air Turbulence (CAT) didefinisikan sebagai turbulensi parah mendadak yang terjadi di wilayah tanpa awan yang menyebabkan hantaman keras pesawat.

"Pesawat Airbus 330 mendarat dengan selamat di bandara Madrid pada Selasa 20 Agustus malam, setelah menderita episode 15 detik turbulensi yang menyebabkan pesawat jatuh ke ketinggian 100 meter," kata Evelop dalam sebuah pernyataan seperti dikutip dari Straits Times, Kamis (22/8/2019).

"14 orang yang menderita memar ringan kemudian dibawa ke rumah sakit setempat untuk perawatan," tambahnya.

"Mereka semua diberhentikan pada hari yang sama. Tiga pramugari termasuk di antara yang terluka," kata juru bicara Evelop.

 

Kesaksian Penumpang

Ilustrasi pesawat (iStock)

Seorang penumpang, yang hanya memberikan nama depannya, Mar, mengatakan kepada radio berita Cadena Ser bahwa pesawat itu "jatuh seperti ketika Anda berada di sebuah atraksi tempat terbuka."

"Kami melihat banyak penumpang benar-benar terlempar dari kursi, beberapa menabrak langit-langit, sementara yang lain duduk di samping mereka," tambahnya.

Maskapai itu mengatakan peringatan sabuk pengaman diaktifkan sebelum pesawat terbang ke zona turbulensi.

Evelop, yang berbasis di Kepulauan Balearic Spanyol, mengoperasikan penerbangan jarak pendek dan panjang dari Spanyol dan Portugal atas nama operator tur.

Saksikan video pilihan di bawah ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Keterlambatan 8 Kereta Api Akibat Penggeseran Jalur Antara Stasiun Geneng dan Paron

Posted: 21 Aug 2019 10:05 PM PDT

Liputan6.com, Surabaya - PT KAI menggeser jembatan atau Bangunan Hikmat (BH) nomor 64 yang terletak di antara Stasiun Geneng-Stasiun Paron tepatnya di KM 186+38, Kamis (22/8/2019). Penggeseran tersebut dikerjakan untuk menggantikan jembatan lama yang berisi satu jalur dengan bentang panjang 40 meter dan diganti jalur baru isi dua jalur dengan bentang panjangnya menjadi 50 meter.

Manajer Humas PT KAI Daop 7, Ixfan Hendriwantoko mengatakan, efek dari pengerjaan penggeseran jembatan BH nomor 64 yaitu adanya keterlambatan kedatangan beberapa kereta api. "Ada 8 kereta yang terlambat," katanya, Kamis siang.

Kereta tersebut meliputi KA 84 Sancaka relasi Yogyakarta-Surabaya Gubeng. Kereta terlambat 20 menit di Stasiun Geneng. Kemudian KA 5A Argowilis relasi Surabaya Gubeng-Bandung dengan kelambatan 20 menit di Stasiun Paron.

Lalu, KA 194B Sri Tanjung relasi Lempuyangan-Banyuwangi andil kelambatan di Stasiun Geneng 11 menit. Kemudian, KA 94B Malioboro Ekspres relasi Yogyakarta-Malang lambat 14 menit di Stasiun Geneng.

Pun KA 155D Singasari relasi Blitar-Pasarsenen lambat 20 menit di Stasiun Paron. Selanjutnya, KA 83B Sancaka relasi Surabaya Gubeng-Yogyakarta mengalami keterlambatan 8 menit di Stasiun Paron.

KA 179B Pasundan relasi Surabaya Gubeng-Kiaracondong lambat 10 menit di Stasiun Walikukun. Terakhir, KA 188B Logawa relasi Purwokerto-Jember andil keterlambatan 10 menit di Stasiun Geneng.

"Kami minta maaf atas kelambatan yang dialami karena imbas pengerjaan pergeseran jembatan tersebut oleh tim Satker Jatim," tutur Ixfan.

Ixfan menambahkan, di Daop 7 Madiun telah berjalan pekerjaan infrastruktur jalur ganda rel kereta api. Pekerjaan tersebut merupakan proyek strategis pemerintah dalam hal ini Kementerian Perhubungan (Kemenhub) Direktorat Jendral Perkeretaapian (Ditjenka). Pelaksanaan pekerjaan jalur ganda ini terbagi dalam dua paket.

Paket pertama lintas Madiun-Jombang dan telah dioperasionalkan, begitu pun pada segmen jalur ganda antara Baron-Babadan. Kemudian, paket yang kedua adalah lintas Madiun-Kedungbanteng sepanjang 57 kilometer (Km 164+000 - Km 221+000) yang mana untuk lintas tesebut belum ada yang dioperasionalkan.

"Pekerjaan infrastruktur jalur ganda ini adalah murni pekerjaan Kementerian Perhubungan, di sini PT KAI (Persero) khususnya Daop 7 Madiun mendukung agar pelaksanaannya selamat aman dan lancar, maka pengawasan serta koordinasi yang baik harus dilakukan secara intens, jadi semua bekerja sesuai prosedur yang telah ditetapkan," tutup Ixfan.

 

Simak video pilihan berikut ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

VIDEO: Petugas Gabungan Kembali Razia Warung Penjual Miras Ilegal

Posted: 21 Aug 2019 10:05 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Petugas Gabungan dari Satpol PP, TNI-Polri dan Badan Narkotika Nasional (BNN) Kabupaten Tuban kembali merazia penertiban warung penjual miras dan karaoke ilegal di Kawasan Jalan Pantura setempat.

Kali ini, warung yang menjadi target operasi adalah warung-warung di tepian Jalur Pantura, tepatnya di Desa Pulogede dan Glondonggede, Kecamatan Tambakboyo, Tuban. Seperti ditayangkan di program Liputan6, Petugas langsung masuk dan memeriksa setiap sudut ruangan warung untuk mencari barang bukti miras dan praktik karaoke ilegal.

 

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

FOTO: Atap Bocor, Gedung Parlemen Haiti Digenangi Air

Posted: 21 Aug 2019 10:05 PM PDT

Anggota parlemen bekerja di tengah genangan air hujan yang membasahi lantai Gedung Parlemen Haiti, Port-au-Prince, Haiti, Rabu (21/8/2019). Kejadian itu terlihat ketika para anggota parlemen sedang memperdebatkan proses impeachment terhadap Presiden Haiti Jovenel Moise. (AP Photo/Dieu Nalio Chery)

Anggota parlemen bekerja di tengah genangan air hujan yang membasahi lantai Gedung Parlemen Haiti, Port-au-Prince, Haiti, Rabu (21/8/2019). Kejadian itu terlihat ketika para anggota parlemen sedang memperdebatkan proses impeachment terhadap Presiden Haiti Jovenel Moise. (AP Photo/Dieu Nalio Chery)

Anggota parlemen memindahkan meja menjauhi genangan air hujan yang membasahi lantai Gedung Parlemen Haiti, Port-au-Prince, Haiti, Rabu (21/8/2019). Saat kejadian, anggota parlemen sedang memperdebatkan proses impeachment Presiden Haiti Jovenel Moise atas tuduhan korupsi. (AP Photo/Dieu Nalio Chery)

Anggota parlemen memindahkan meja menjauhi genangan air hujan yang membasahi lantai Gedung Parlemen Haiti, Port-au-Prince, Haiti, Rabu (21/8/2019). Saat kejadian, anggota parlemen sedang memperdebatkan proses impeachment Presiden Haiti Jovenel Moise atas tuduhan korupsi. (AP Photo/Dieu Nalio Chery)

Seorang anggota parlemen melakukan interupsi saat sidang pemakzulan terhadap Presiden Haiti Jovenel Moise atas tuduhan korupsi di Port-au-Prince, Haiti, Rabu (21/8/2019). Sidang diwarnai dengan genangan air hujan pada lantai gedung parlemen karena atap yang bocor. (AP Photo/Dieu Nalio Chery)

Seorang anggota parlemen melakukan interupsi saat sidang pemakzulan terhadap Presiden Haiti Jovenel Moise atas tuduhan korupsi di Port-au-Prince, Haiti, Rabu (21/8/2019). Sidang diwarnai dengan genangan air hujan pada lantai gedung parlemen karena atap yang bocor. (AP Photo/Dieu Nalio Chery)

Anggota parlemen Jean Marcel Lumérant berbicara mendukung pemakzulan terhadap Presiden Haiti Jovenel Moise saat sidang di Port-au-Prince, Haiti, Rabu (21/8/2019). Sidang diwarnai dengan genangan air hujan pada lantai gedung parlemen karena atap yang bocor. (AP Photo/Dieu Nalio Chery)

Anggota parlemen Jean Marcel Lumérant berbicara mendukung pemakzulan terhadap Presiden Haiti Jovenel Moise saat sidang di Port-au-Prince, Haiti, Rabu (21/8/2019). Sidang diwarnai dengan genangan air hujan pada lantai gedung parlemen karena atap yang bocor. (AP Photo/Dieu Nalio Chery)

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

5 Jenis Kebotakan Ban Mobil yang Tak Merata

Posted: 21 Aug 2019 10:04 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Ban mobil yang botak yang tidak merata bisa menimbulkan suara berisik dan rasa tidak nyaman saat berkendara. Dilansir laman resmi Auto2000, permukaan ban mobil tidak rata itu disebabkan oleh beberapa keausan pada bagian ban itu sendiri. Berikut jenis keausan penyebab permukaan ban mobil tidak rata:

1. Keausan Acak

Ada kondisi permukan ban aus tapi tidak merata. Selain itu, permukaan ban juga cenderung berbulu seperti terkena gesekan. Ternyata ini disebabkan karena sudut toe yang tidak tepat.

Sudut toe adalah posisi roda di mana bagian sisi belakang roda tidak lurus. Apabila sisi depan roda lebih keluar, maka disebut toe out. Sementara jika sisi belakang roda lebih keluar disebut toe in. Untuk mengatasi hal ini, harus dilakukan balancing roda dan spooring.

 

2. Keausan Bagian Tengah

Jika ban aus tapi hanya di bagian tengahnya saja, itu menandakan tekanan angin ban terlalu tinggi. Sehingga bagian tengah ban akan lebih menonjol. Sehingga hanya bagian tengah ban yang bergesekan dengan permukaan jalan. Inilah yang membuat bagian tengah ban akan aus lebih cepat.

 

3. Keausan Samping Luar-dalam

Keausan ban di sisi samping luar dan dalam terjadi karena tekanan angin di bawah standar. Saat ban kempes, maka lebar ban akan menjadi lebih besar karena bagian samping ban akan menjadi titik tumpu kendaraan. Dengan kata lain, saat ban kempis bagian samping ban yang akan bergesekan dengan aspal sehingga keausan ban di bagian samping akan lebih cepat.

 

4. Keausan Bagian Luar

Posisi ban tidak segaris dengan permukaan jalan, bisa menyebabkan keausan di bagian luar. Dengan kata lain, sisi atas ban lebih keluar daripada sisi bawah ban. Kondisi ini sering disebut positive camber.

 

Keausan Bagian Dalam

Sementara itu, jika ban bagian dalam saja yang aus, maka artinya negative camber terlalu besar. Negative camber adalah kondisi sisi bawah ban lebih keluar dibandingkan sisi atas ban. Solusinya, perhatikan kondisi bushing, spring, dan shock absorber. Jika lemah, segera ganti. Selain itu, perhatikan bawaan atau beban yang ditanggung mobil, pastikan tidak berlebihan.

Sumber: Otosia.com

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Reaksi Sandiaga Uno Mencicipi Sajian Boba Sushi Pertama Kali

Posted: 21 Aug 2019 10:01 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Perkembangan di industri makanan menghadirkan inovasi yang menarik. Sebut saja deretan sajian yang dipadukan dengan boba, topping berbentuk bola-bola kenyal yang terbuat dari tapioka seperti boba sushi.

Sajian unik ini pula yang dicicipi oleh Sandiaga Uno. Ayah tiga anak ini mendapatkan kiriman boba sushi langsung dari sang pemilik yang membuka usaha kuliner yang bernama Baiza Sushi.

Momen tersebut terekam dalam sebuah unggahan yang dibagikan Sandiaga Uno melalui akun Instagram pribadi pada 20 Agustus 2019. Dalam video ia tampak mengenakan kemeja batik lengan panjang bernuansa coklat muda.

"Saya nyobain menu sushi yang belum pernah saya temukan dan rasakan sebelumnya, yaitu Boba Sushi." tulis suami Nur Asia tersebut.

Sandiaga Uno menyampaikan anak-anak milenial lebih akrab dengan boba tea. Namun kali ini, boba tersebut dihidangan sushi. "Mak nyooss rasanya!" ungkapnya.

Antusiasme Sandiaga Uno

Sandiaga Uno saat mencicipi Boba Sushi. (dok. Instagram @sandiuno/https://www.instagram.com/p/B1Yu-XJB6i2/Putu Elmira)

Dalam video, sang pemilik tampak memperkenalkan sajian besutannya kepada Sandiaga Uno. "Inovasinya adalah boba sushi," demikian ungkap Sandiaga di video tersebut.

Cuplikan berlanjut pada Sandiaga yang mencicipi boba sushi. Saat menyantap satu boba sushi, ia kemudian bergumam sembari menguyah dan mengangguk-anggukan kepala.

"Amazing," puji Sandi singkat dan kembali bergumam dan membuat sang pemilik sushi tersenyum bahagia.

Tak berhenti di sana, pria berusia 50 tahun tersebut kembali melontarkan pujian setelah mencicipi boba sushi. "Waw. Wah ini berasa sekali dari hati," lanjutnya.

"Thank you atas kiriman makanannya. Sukses terus untuk usahanya. Semoga cabangnya bisa ditemukan di seluruh wilayah Indonesia, dan banyak lapangan kerja yang tercipta melalui hidangan sushi yang kekinian ini." tutup Sandi di kolom keterangan video.

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Pemerintah Dorong NTT jadi Produsen Garam Industri

Posted: 21 Aug 2019 10:00 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Pemerintah terus mendorong peningkatan produktivitas dan kualitas garam dalam negeri, sehingga bisa terserap sesuai kebutuhan dunia industri. Untuk itu, diperlukan investasi guna membangun ketahanan industri dan pangan nasional.

Hal tersebut diungkapkan Menteri Perindustrian Airlangga Hartarto dalam acara Panen Produksi Perdana Garam Premium di Kupang, Nusa Tenggara Timur (NTT), Selasa (21/8/2019), lalu.

"Seperti yang disampaikan oleh Bapak Presiden Joko Widodo, bahwa kita memerlukan investasi yang cukup besar dalam upaya peningkatan kualitas garam lokal," kata Menteri Perindustrian Airlangga Hartarto dalam keterangan tertulis di Jakarta, Kamis (22/8/2019).

Pada kesempatan itu, Presiden Jokowi bersama Menperin dan rombongan, sekaligus meninjau tambak garam di desa Nunkurus, Kupang, NTT. Di lokasi ini, kualitas garamnya dinilai cukup baik untuk diserap oleh industri. Sementara lahan yang baru tergarap seluas 10 hektare (ha) untuk produksi garam, dari potensi lahan yang tersedia mencapai 600 ha.

Sedangkan, khusus di Teluk Kupang, tersedia lahan garam seluas 7.700 ha. Sisanya tersebar di berbagai wilayah NTT, antara lain di Kabupaten TTU, Malaka, Sabu Raijua, Rote Ndao dan Nagekeo.

Secara keseluruhan, potensi lahan tambang garam di NTT mencapai 60 ribu ha dan paling sedikit 21 ribu ha dapat direalisasikan dalam waktu 2-3 tahun ke depan. Dari lahan seluas 21 ribu ha tersebut, produksi garam akan mencapai 2,6 juta ton per tahun.

Airlangga menyampaikan, dengan adanya investasi masuk, akan terjalin sinergi antara sektor industri dengan para petani garam. Di lahan garam desa Nunkurus, sudah masuk investasi sebesar Rp 110 miliar. Tahun depan ditargetkan bisa tergarap hingga 600 ha. Upaya ini juga membutuhkan dukungan dari pemerintah daerah.

"Langkah sinergi tersebut, tentunya akan meningkatkan kesejahteraan para petani garam dalam negeri, sekaligus guna menjamin ketersediaan garam sebagai bahan baku dan bahan penolong bagi sektor industri," tuturnya.

Airlangga optimistis, NTT berpotensi untuk menjadi produsen garam industri nasional dan dapat menjadi substitusi impor. "Dengan mengganti garam industri impor, pemerintah akan menghemat devisa," jelasnya.

 

Reporter: Wilfridus Setu Embu

Sumber: Merdeka.com

 

 

Peningkatan Kualitas Garam Nasional

Garam laut yang paling umum dimanfaatkan untuk bumbu masak dan kecantikan. (AFP Photo/Dominique Faget)

Airlangga pun menjelaskan, peningkatan kualitas garam nasional harus dimulai dari proses hulu produksi garam oleh petani, misalnya dengan menjaga konsistensi masa produksi garam sampai memperoleh hasil yang optimal, dengan kandungan NaCl untuk garam konsumsi minimal 94 persen dan garam industri 97 persen.

"Maka itu, perlu ada pemanfaatan teknologi modern sehingga bisa mencapai standar kualitas sesuai kebutuhan industri dan akan meningkatkan serapan garam lokal," tuturnya.

Kadar NaCl yang tinggi juga harus disertai dengan impuritas dan cemaran logam yang rendah. "Di samping itu, pemerintah akan mendorong secara bertahap dalam upaya peningkatan kualitas garam, termasuk untuk tambahan ketersediaan lahan," imbuhnya.

Sekretaris Jenderal Kemenperin Achmad Sigit Dwiwahjono mengatakan, bahwa peningkatan kualitas garam lokal perlu didukung peningkatan investasi untuk memperkuat struktur industrinya dari hulu sampai hilir.

"Jadi, ada beberapa tier, mulai dari petani garam, industri pengolah garam, hingga sektor industri penggunanya," terangnya.

Selama ini, industri pengolah garam telah berperan menjembatani untuk meningkatkan kualitas garam lokal sehingga bisa diserap sektor manufaktur yang menggunakan garam industri sebagai bahan baku. "Industri pengolah garam ini akan menyuplai ke industri yang membutuhkan kualitas garam lebih tinggi," imbuhnya.

Menurut Sigit, sebagian besar garam lokal masih memiliki kandungan air dan kadar impuritas yang masih cukup besar, sementara kandungan NaCl yang umumnya digunakan oleh industri itu minimal 95 persen dan menggunakan metode yang berlaku internasional.

"Tetapi kami terus mengupayakan agar garam lokal bisa diserap industri. Garam yang dengan kadar NaCl 97 persen adalah untuk industri-industri yang teknis, tapi kalau industri makanan dan farmasi sampai 99,9 persen, karena kalau tidak makanan yang dibungkus itu akan basah. Sehingga perlu pengeringan garam cukup besar," paparnya.

Sekjen Kemenperin menegaskan, garam merupakan komoditas strategis yang penggunaannya sangat luas, mulai dari konsumsi rumah tangga, industri pangan, industri farmasi dan kosmetik, pengeboran minyak hingga industri klor alkali.

 

Sektor Industri Pengguna Garam

Tidak sedikit petambak garam di Cirebon berhutang kepada tengkulak sebagai pengikat agar hasil produksi garamnya tidak dijual ke luar. Foto (Liputan6.com / Panji Prayitno)

Sektor industri yang paling banyak menggunakan garam sebagai bahan bakunya, antara lain industri klor alkali (CAP), industri farmasi, industri pengeboran minyak, dan industri aneka pangan. Di samping itu, selain untuk memenuhi kebutuhan konsumsi, garam lokal juga telah terserap beberapa sektor industri seperti untuk pengasinan ikan, penyamakan kulit, dan water treatment.

Pada awal Agustus 2019, Kemenperin telah memfasilitasi penandatanganan Nota Kesepahaman (MoU) Penyerapan Garam Lokal tahun 2019-2020. Dari MoU ini, garam lokal akan diserap oleh industri sebanyak 1,1 juta ton. Target tersebut meningkat dari capaian serapan tahun lalu sebesar 1.053.000 ton.

Kesepakatan tersebut sebagai wujud nyata dari kerja sama antara 11 industri pengolah garam dengan 164 petani garam di dalam negeri. Para petani garam itu berasal dari Jawa Barat, Jawa Tengah, Jawa Timur, Sulawesi Selatan, Nusa Tenggara Barat dan Nusa Tenggara Timur.

"Kami mengapresiasi kepada para industri pengolah garam dan para petani garam atas sumbangsih yang telah diberikan kepada Indonesia, khususnya pada sektor komoditas pergaraman nasional dalam membangun ketahanan industri dan pangan nasional," ujar Sigit.

Berdasarkan neraca garam nasional, kebutuhan garam nasional pada 2019 diperkirakan sekitar 4,2 juta ton. Jumlah tersebut terdiri atas kebutuhan industri sebesar 3,5 juta ton, konsumsi rumah tangga 320 ribu ton, komersial 350 ribu ton, serta peternakan dan perkebunan 30 ribu ton.

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Secarik Surat Maaf Mahasiswi yang Tewas Tak Wajar di Aceh

Posted: 21 Aug 2019 10:00 PM PDT

Liputan6.com, Aceh - Seorang mahasiswi perguruan tinggi di Provinsi Aceh, ditemukan meninggal dalam kondisi tubuh tergantung di pintu kamar indekosnya, Rabu siang (21/9/2019). Polisi juga menemukan secarik surat yang diduga ditulis oleh korban.

Orang yang pertama kali menemukan jenazah korban (25) adalah temannya (19). Dia datang ke indekos korban yang beralamat di Desa Meunasah Papeun, Kecamatan Krueng Barona Jaya, Kabupaten Aceh Besar sekitar pukul 12.30 siang untuk memasak dan mencuci baju.

Jenazah korban ditemukan dalam kondisi tergantung di tengah pintu kamar indekos, di mana leher terjerat selendang warna merah yang diikat di kosen pintu, sementara ujung kaki menyentuh lantai. Tak jauh dari korban tergeletak sebuah kursi plastik warna merah.

Korban saat itu mengenakan baju kaos lengan pendek warna biru serta celana pendek warna putih. Untuk sementara ini belum ditemukan ada tanda-tanda kekerasan di tubuh korban.

Korban dan temannya sama-sama berasal dari Kabupaten Nagan Raya, dan merupakan mahasiswi di dua kampus berbeda yang ada di Kota Banda Aceh. Bedanya, temannya tinggal di asrama kampus, sementara LY di indekos.

"Karena bisa pulang dari asrama cuma hari ini, sama hari Senin, sama hari Sabtu. Itu pun, dari jam satu sampai jam 6 sore boleh pulang ke rumah," jelas mahasiswi yang tidak mau identitasnya diumbar ke publik, itu kepada Liputan6.com, Rabu sore (21/8/2019).

Berkaitan dengan surat yang diduga ditulis korban, temannya mengaku tidak tahu menahu. Namun, menurutnya, Hendra yang dimaksud di dalam surat tersebut adalah tunangan korban.

Korban pun tidak pernah menceritakan kepada temannya, itu tentang perkembangan hubungan antara korban dengan Hendra. Temannya hanya tahu bahwa keduanya akan melangsungkan akad nikah pada hari Jumat (23/8/2019).

"Masalah pernikahan yang kami tahu enggak ada. Tapi enggak tahu juga, karena enggak ada dicerita apa-apa dari korban," kata dia.

Jasad korban sudah dibawa oleh petugas ke RSUD Zainal Abidin di Kota Banda Aceh untuk divisum. Keluarga korban masih dalam perjalanan dari Kabupaten Nagan Raya menuju Kota Banda Aceh pada Rabu sore. 

Berikut isi secarik surat tersebut:

Mama Maafin LiaLia sudah buntu jalannyaLia rasa ini jalan satu-satunya untuk menebus kesalahan yang ada pada bang HendraLia sudah ingkar janji sama mama dan bang hendraMaafin lia Ma, Ayah, Adek kakak EzaLia sayang kali sama Mama, Ayah dan Adek LiaTapi Lia belum bisa membahagiakan kalianMaaf.

Simak juga video pilihan berikut ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Berwisata ke Perbatasan, Pria Ini Bagikan Pengalaman Kejedot di Rumah Dua Negara

Posted: 21 Aug 2019 10:00 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Pergi ke negara berbeda hanya melalui pintu. Itu mungkin terjadi, jika tinggal di perbatasan negara. Apalagi jika berada di suatu rumah yang ada di dua negara. Kejedot di perbatasan pun bisa.

Itu yang dialami pemilik akun Twitter @ipanketapang. "Sejarah baru: "kejedot di perbatasan negara"" cuitnya disertai video dirinya.

Unggahan Selasa (20/8/2019) itu pun mencuri perhatian warganet. Hingga Rabu (21/8/2019), cuitannya telah mendapat lebih dari 11,9 ribu retweet dan 15,7 ribu likes.

Meski sakit karena terbentur, beberapa warganet malah menganggapnya lucu. Segelintir warganet pun tidak percaya unggahannya itu. Namun, kejadian dan tempat itu bukan rekayasa.

Rumah beda negara

Sumber: Twitter @ipanketapang (Irfan)

Rumah beda negara itu terletak di Desa Aji Kuning, Kabupaten Nunukan, Pulau Sebatik, Kalimantan Utara. Sebagian rumahnya berada di Malaysia. Rumah unik itu disebut Rumah Perbatasan Patok 3.

Sebelumnya, rumah itu milik Warga Negara Indonesia bernama Mangapara. Bagian depan rumahnya yang meliputi ruang tamu dan kamar termasuk wilayah Indonesia. Bagian belakang rumahnya meliputi dapur dan toilet termasuk wilayah Malaysia.

Kini, rumah itu dijadikan tempat wisata. Meski dijadikan tujuan wisata, menurut Irfan, tempat itu gratis untuk dikunjungi.

Di bagian depan rumah tampak dicat merah putih. Di sisi lain rumah itu, tampak bendera Malaysia. Perbatasannya ditandai dengan penunjuk bertuliskan Indonesia dan Malaysia.

Bengong di perbatasan negara

Sumber: Twitter @ipanketapang (Irfan)

Di bagian perbatasan itu lah video @ipanketapang kejedot diambil. "Iya itu di pas perbatasannya, tempat gue kejedot," kata Irfan ketika dihubungi Liputan6.com, Rabu (21/8/2019).

Lucu-lucuan Irfan juga berlanjut. Dirinya berpose "bengong di perbatasan".

Ojek lintas negara

Sumber: Twitter @ipanketapang (Irfan)

Selain kejedot di perbatasan negara, Irfan juga membagikan pengalaman unik lainnya di perbatasan: naik ojek dari Indonesia ke Malaysia.

Dalam video yang diunggahnya tampak Irfan naik motor dan meminta diantarkan ke Malaysia. Lelaki itu pun melewati jalanan dan perbatasan melewati ojek yang ditumpanginya.

"Wah ini gerbang negara kayak gerbang komplek," celetuk Irfan dalam video itu.  Irfan pun menyatakan dirinya naik ojek di Desa Jagoi Babang Kabupaten Bengkayang, Kalimantan Barat dengan harga Rp100 ribu.

Bikin ngakak dan penasaran

Sumber: Twitter @ipanketapang (Irfan)

Unggahan pengalamannya di perbatasan itu mencuri perhatian warganet. Banyak warganet yang ngakak karena cuitannya.

Selain lucu, unggahannya pun mengundang rasa penasaran warganet soal rumah itu. Beberapanya juga mmebagikan khayalannya jika tinggal di rumah perbatasan itu. Berikut beberapa komentarnya.

"Apasih gue pagi2 bacanya jadi ngakak gini woi duh wkwkwlwkwkwlwk" - @nabilanjali

"Kejedot di Malaysia, sakitnya di Indo, ini kaya disakitinnya sama dia, giliran sedih baliknya ke kita :')" - @bintanggemilau

"Pengen coba tidur di tengah pintu itu, tidur di 2 negara" - @AdtyIqbl

"Itu kalo mau ke ruangan sebelah harus pake passpor dulu gak si?" - @whoss_care

"Bayar listriknya kemana woy" - @Tukangcirengsd

"Ini kalo yg punya rumah lg hamil terus tiba-tiba mau lahiran tinggal pilih mau di Indo apa Malay :)" - @viaazrviazr

 

Penulis:

Santi Muhrianti

Universitas Padjadjaran

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Karakter Cepat Silverstone Bisa Bikin Rossi Menangi MotoGP Inggris?

Posted: 21 Aug 2019 10:00 PM PDT

Liputan6.com, Silverstone- Valentino Rossi akan menjalani salah satu balapan terfavoritnya yaitu MotoGP Inggris. Sirkuit Silverstone yang menjadi arena lomba memiliki karakter cepat yang cocok dengan motor Yamaha YZR-M1.

Apakah ini jadi kesempatan bagi Yamaha kembali menjadi juara? Atau ini jadi momen Rossi untuk kembali mengakhiri paceklik kemenangan sejak 2017?

Direktur Tim Movistar Yamaha, Massimo Meregalli menegaskan pihaknya sudah cepat berbenah memasuki paruh kedua musim. Dia mengatakan seluruh tim sudah tak sabar untuk membalap di Inggris.

"Maverick Vinales idolakan sirkuit ini dan Rossi juga bagus saat membalap di sini. Lay out sirkuit yang mengalir sangat cocok dengan motor kami," kata Meregalli seperti dikutip roadracingworld.

"Mari kita tunggu apakah aspal baru bisa memberikan grip bagus dan penyelenggara sudah membetulkan bump di aspal. Tim sangat termotivasi dan kami siap untuk MotoGP Inggris."

 

 

Asal Cerah

Valentino Rossi (GIUSEPPE CACACE / AFP)

Sementara itu, Rossi mengatakan dirinya bisa melakukan banyak hal maksimal kalau cuaca saat balapan di MotoGP cerah. Dia berharap cuaca bisa seperti kala di 2017.

Seperti diketahui, balapan di tahun lalu dibatalkan karena cuaca buruk di Silverstone. Air tergenang di sirkuit saat hujan tak kunjung berhenti.

"Saya punya memori bagus di sirkuit ini dan semuanya tergantung dengan cuaca. Membalap di silverstone di tengah cuaca buruk itu menakutkan karena Anda menggeber motor," katanya.

"Agar bisa cepat di sini, Anda harus mendapatkan feeling dan stabilitas motor. Bahkan saat melewati hairpin, ada titik untuk menggeber motor. Ini trek dimana kami biasanya cepat."

Kemenangan Pertama

Sama seperti Rossi, Vinales juga antusias menghadapi balapan di Silverstone. Soalnya di tempat ini Vinales meraih kemenangan pertamanya di MotoGP.

"Kami bisa kompetitif di sini karena ada aspal baru. Kami berharap daya cengkeram aspal lebih baik dan itu pasti menguntungkan kami," ujarnya.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Kisah Bocah 6 Tahun yang Menerima Makanan Melalui Infus Sejak Bayi

Posted: 21 Aug 2019 10:00 PM PDT

Liputan6.com, California Sejak masih bayi, Cohen Bramlee yang kini berusia 6 tahun menerima makanan melalui infus. Pada usia 4 bulan, Cohen dirawat di rumah sakit dengan masalah kesehatan misterius yang membingungkan orangtuanya, Todd dan Carrie Bramlee serta dokternya.

"Ketika sakit, dia akan menjadi lebih sakit daripada anak-anak lain," ujar Carrie sang ibu, dikutip dari People, Kamis (22/8/2019).

 

Ketika orangtuanya menyuapkan makanan, perut Cohen tidak bisa mentoleransinya. Kadang-kadang ia muntah sampai shock. Dokter memutuskan, ia perlu memakai infus sentral. Begitulah kondisi bocah kecil itu mendapatkan nutrisi selama lima tahun terakhir.

Para peneliti akhirnya dapat menemukan penyebab penyakitnya. Dokter mulai curiga, sistem kekebalan tubuh Cohen adalah penyebab penyakitnya. Ini karena selain masalah pencernaan, Cohen sering menderita demam dan infeksi aliran darah.

Cohen menghabiskan sekitar 180 hari di rumah sakit setiap tahun. "Dia tampak semakin memburuk dari waktu ke waktu," lanjut Carrie. "Kami semua tidak tahu apa yang terjadi, tidak tahu juga mengapa itu terjadi. Tidak ada yang bisa mencari tahu apa yang menyebabkan penyakitnya."

Mutasi Gen

Mutasi gen sebabkan penyakit misterius Cohen. copyright shutterstock.com

Akhirnya, setelah tidak terdiagnosis selama lima tahun, para peneliti di Undiagnosed Diseases Network, Duke University, Durham, California dapat menentukan, Cohen memiliki varian dalam gen sistem kekebalan. Penelitian tambahan dokter Stella Davies dari Cincinnati Children's Hospital dapat membuktikan bahwa mutasi gen adalah penyebab penyakitnya.

"Ini adalah pertama kalinya kami benar-benar berharap bahwa ini akan sembuh," tambah Carrie. "Dia sangat sakit. Kami nyaris kehilangan dia beberapa kali. Jadi, sekarang mengetahui bahwa ada peluang baginya untuk tidak hanya lebih sehat, tetapi disembuhkan ya tidak terbayangkan."

Menurut peneliti, penyakit ini menyebabkan sistem kekebalan tubuh Cohen bereaksi berlebihan terhadap segala sesuatu, dari makanan hingga virus dan bakteri. Respons ini bisa sangat berlebihan sehingga ia mengalami shock berulang kali serta gagal hati akut.

Kantong empedu dan pankreasnya juga mengalami gangguan.

Donor Sumsum Tulang

Donor sumsum tulang bisa membantu pengobatannya. copyright shutterstock.com

Salah satu cara pengobatan mutasi gen yang dialami dengan Cohen dengan sumsum tulang. Cohen yang merupakan anak kelima membutuhkan donor sumsum tulang dari kakak-kakaknya.

Kakak-kakak Cohen, yakni Todd Christopher (16), Kayla (14), Addyson (11), dan Anareese (8) sedang diuji menjadi donor sumsum tulangnya. Todd dan Anareese ditemukan sebagai pasangan yang sempurna. Todd pun dipilih sebagai donor karena kemampuan sumsum tulangnya mampu memberikan lebih banyak sel.

Saat Cohen bersiap untuk operasi, ia akan menjalani kemoterapi.

Simak Video Menarik Berikut Ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

6 Potret Transformasi Nufi Wardhana, Penyanyi Lagu Didi Kempot Versi Indonesia

Posted: 21 Aug 2019 10:00 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Nama Didi Kempot kini tengah melambung. Lagu-lagunya bertema patah hati digandrungi oleh kalangan muda-mudi. Pasalnya penyanyi yang memiliki nama asli Didi Prasetyo ini dinobatkan sebagai GodFather Of Broken Heart oleh para penggemarnya lantaran isi dari setiap lagunya yang menyuarakan lara hati. 

Lagu Didi Kempot yang berbahasa Jawa mulai diterjemahkan ke dalam bahasa Indonesia. Salah satu penyanyi yang sukses membawakan lagu Didi Kempot dari Bahasa Jawa ke Bahasa Indonesia ialah Nufi Wardhana. Lagu Didi Kempot yang berjudul Layang Kangen terbilang sukses dibawakan oleh sosok Nufi Wardhana.

Sejak membawakan lagu Didi Kempot ini, nama Nufi Wardhana juga mendapat sorotan netizen. Penyanyi cantik yang dulunya berawal dari penyanyi kafe ini kini bertransformasi menjadi salah satu musisi asal Jogja yang patut diperhitungkan dengan kualitas suara yang luar biasa.

Berikut Liputan6.com rangkum 6 potret tranformasi Nufi Wardhana, penyanyi lagu Didi Kempot versi Indonesia, Kamis (22/8/2019).

1. Perempuan kelahiran 5 Februari 1996 mengawali karir sebagai penyanyi kafe.

Potret Tranformasi Nufi Wardhana, Penyanyi Lagu Didi Kempot Versi Indonesia (sumber:Instagram/ nufiwardhanaofficial)

2. Sosok Nufi Wardhana dikenal sebagai salah satu musisi cover yang dimana dalam setiap manggung ia selalu membawakan lagu milik band lain dengan gayanya sendiri.

Potret Tranformasi Nufi Wardhana, Penyanyi Lagu Didi Kempot Versi Indonesia (sumber:Instagram/ nufiwardhanaofficial)

3. Nama Nufi mulai dikenal sejak video-video saat ia cover lagu di unggah ke YouTube.

Potret Tranformasi Nufi Wardhana, Penyanyi Lagu Didi Kempot Versi Indonesia (sumber:Instagram/ nufiwardhanaofficial)

4. Nufi Wardhana juga sempat mendapat cibiran oleh netizen saat mengcover lagu milik orang lain.

Potret Tranformasi Nufi Wardhana, Penyanyi Lagu Didi Kempot Versi Indonesia (sumber:Instagram/ nufiwardhanaofficial)

5. Namun, ia bisa melewati masa-masa sulit dan bisa dibilang berhasil telah sukses menjadi musisi Tanah Air.

Potret Tranformasi Nufi Wardhana, Penyanyi Lagu Didi Kempot Versi Indonesia (sumber:Instagram/ nufiwardhanaofficial)

6. Kini, musisi asal Jogja ini menjadi salah satu penyanyi yang patut diperhitungkan.

Potret Tranformasi Nufi Wardhana, Penyanyi Lagu Didi Kempot Versi Indonesia (sumber:Instagram/ nufiwardhanaofficial)

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Sedang Tidur, Musikus Prancis Julien Gauthier Tewas Diserang Beruang

Posted: 21 Aug 2019 10:00 PM PDT

Liputan6.com, Paris - Nasib buruk menimpa musikus asal Prancis, Julien Gauthier. Ia tewas diserang beruang saat menjelajah hutan di wilayah barat laut Kanada. Perjalanan ekspedisi ini dilakukannya untuk merekam suara alam.

Julien Gauthier menggunakan suara alam sebagai bagian dari instrumen musiknya. Julien Guathier tidak sendiri ketika melakukan perjalanan ekspedisi. Ia ditemani oleh Camille Toscani, seorang ahli biologi dan temannya.

Julien Guathier dan Camille Toscani mendirikan tenda di kawasan Sungai Mackenzie pada Kamis (15/8/2019). Dilansir dari People, musisi berusia 44 tahun ini diseret oleh seekor beruang dari dalam tendanya pada malam hari. Ketika itu Julien Gauthier sedang tertidur.

Camille Toscani berhasil lolos dan selamat. Ia langsung mengirimkan sinyal tanda bahaya dari wilayah selatan Tulita ke Kepolisian Pegunungan Kanada. Jasad Julien Gauthier baru ditemukan sehari setelahnya pada Jumat (16/8/2019). Penemuan jasad tidak dapat berlangsung cepat karena daerah selatan Tulita hanya bisa diakses lewat jalur udara dan air.

Beruang Grizzly atau Beruang Hitam?

Julien Gauthier (Sumber foto: Facebook/ Julien Gauthier foto oleh: Bertrand Bovio)

Kepolisian Kanada masih belum mengidentifikasi jenis beruang yang menyerang Julien Gauthier. Namun pihak Kepolisian Kanada menemukan beruang grizzly dan beruang hitam di daerah itu tewas pada Jumat (16/8/2019). Pihak berwenang akan melakukan pengecekan lebih lanjut.

Menurut Departemen Lingkungan dan Sumber Daya Alam, pertemuan dengan beruang sering terjadi. Namun kematian karena beruang jarang terjadi.

Sebelumnya, beberapa pekan lalu seorang atlet sepeda gunung, Colin Dowler, diserang oleh beruang grizzly ketika berlatih. Untungnya, Colin Dowler dapat selamat dari serangan ini. 

 

Impian Sejak Kecil

Julien Gauthier (Sumber foto: Facebook/ Julien Gauthier)

Menurut teman dan keluarga Julien Gauthier, melakukan perjalanan ke tempat terpencil adalah impian sang musikus sejak kecil. Julien Gauthier telah merencanakan perjalanannya ini dalam tiga tahun.

"Ini adalah impiannya untuk ke sana, pergi ke utara. Dia memintaku untuk ikut dalam petualangan ini, yang sudah ia pikirkan selama tiga tahun. Dia adalah musisi yang unik, dia terinspirasi oleh alam," kata Camille Toscani seperti dilansir People.

(Maria Advensiani/mgg)

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Intel Perkenalkan Chipset dengan Kecerdasan Buatan Pertamanya

Posted: 21 Aug 2019 10:00 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Para perusahaan pembuat chipset tengah berlomba-lomba menghadirkan chipset dengan teknologi terbaru. Salah satunya adalah dengan menanamkan kecerdasan buatan pada chipset garapan mereka.

Terkini, Intel memperkenalkan chipset terbaru mereka yang untuk pertama kalinya dilengkapi dengan kecerdasan buatan. Chipset ini dirancang sedemikian rupa untuk fasilitas komputasi besar.

"Untuk mencapai situasi 'AI di aspek kehidupan mana pun' di masa depan, kita harus berurusan dengan sejumlah besar data dan memastikan organisasi dilengkapi dengan apa yang mereka butuhkan untuk menggunakan data secara efektif dan memprosesnya di tempat mereka dikumpulkan," kata Naveen Rao, manajer umum kelompok produk kecerdasan buatan Intel sebagaimana dikutip dari Reuters, Kamis (22/8/2019).

Sekilas soal chip tersebut, pengembangannya berlangsung di fasilitas milik Intel di Haifa, Israel. Chipset bernama Nervana NNP-I atau Springhill ini dibuat dengan mengacu pada chipset Ice Lake berarsitektur 10nm.

Teknologi ini, kata Intel, memungkinkan chipset mampu menangani beban kerja tinggi, tetapi menggunakan lebih sedikit energi.

Apple Resmi Beli Bisnis Modem Mobile Intel

Tersandung Celah Keamanan, CEO Intel Malah Jual Saham. (Doc: Getty)

Diwartakan sebelumnya, Apple akhirnya resmi mengumumkan telah mengakuisisi mayoritas bisnis model seluler milik Intel. Berdasarkan pengumuman, nilai akuisisi ini mencapai USD 1 miliar.

Dikutip dari The Next Web, Jumat (26/7/2019), akuisisi ini melibatkan pemindahan 2.200 karyawan Intel beserta kekayaan intelektual, peralatan, serta properti ke Apple. Kesepakatan ini diharapkan selesai pada kuartal keempat 2019.

"Apple akan memegang lebih dari 17 ribu paten teknologi nirkabel, mulai dari protokol untuk standar seluler hingga arsitektur dan pengoperasian modem," tulis Apple dalam pernyataan resminya.

Kendati demikian, Intel masih akan mengembangkan modem untuk kebutuhan non-smartphone, seperti PC, Internet of Things, dan kendaraan otonomos. Dengan kata lain, Intel sudah memutuskan keluar dari bisnis modem smartphone.

Menurut CEO Intel Bob Swan, akuisisi ini membuat pihaknya dapat makin fokus mengembangkan teknologi jaringan 5G untuk pasar lebih luas, seperti operator telekomunikasi hingga penyedia layanan cloud.

Pascaakuisisi Apple juga disebut dapat makin mengontrol komponen hardware untuk produk besutannya. Jadi, secara perlahan, perusahaan berbasis di Cupertino itu ingin melepas ketergantungan dari perusahaan lain.

Seperti diketahui, Apple saat ini sudah mendesain CPU dan GPU secara mandiri untuk perangkat mobile miliknya. Karenanya, wajar saat ini perusahaan tersebut mengakuisisi bisnis modem mobile Intel untuk membuatnya makin mandiri.

(Why/Isk)

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Cak Imin: Kader Lain Tak Ada yang Mau Jadi Ketum PKB

Posted: 21 Aug 2019 09:57 PM PDT

Liputan6.com, Nusa Dua - Muktamar Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) 2019 di Nusa Dua, Bali memutuskan Muhaimin Iskandar kembali menjadi Ketua Umum periode 2019-2024. Ini merupakan periode terpanjang Muhaimin menduduki pucuk tertinggi partai.

Muhaimin mengatakan, tidak tokoh lain maju sebagai ketua umum. Ia pun menampik ada hasrat menjadi ketua umum abadi.

"Ya enggak. Ini kan karena yang lain pada enggak mau, yang lain pada berharap saya, ya sudah," ujar Muhaimin di Muktamar PKB, Nusa Dua, Bali, Rabu 21 Agustus 2019.

Ia menambahkan, banyak tokoh-tokoh muda di PKB yang berpotensi menjabat ketum partai. Misalnya saja, Hanif Dhakiri, Imam Nahrawi, Sanjoyo, Faisol Reza.

Pria yang akrab disapa Cak Imin ini menegaskan, ia akan melakukan pemerataan kepemimpinan di PKB.

 

Terpilih Aklamsi

Ketua Umum PKB Muhaimin Iskandar yang kerap disapa Cak Imin menyambangi kediaman Ma'ruf Amin, Jumat (5/7/2019). (Liputan6.com/ Putu Merta Surya Putra)

Sebelumnya, Muhaimin Iskandar atau Cak Imin kembali terpilih menjadi Ketua Umum Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) periode 2019-2024. Seluruh 34 Dewan Pengurus Wilayah menerima hasil laporan pertanggungjawaban menyatakan setuju agar Muhaimin kembali didapuk sebagai pucuk pimpinan PKB.

"Menetapkan Bapak Muhaimin Iskandar sebagai ketua umum periode 2019-2024," ucap ketua dewan sidang Ida Fauziah di Hotel Westin, Nusa Dua, Bali, Rabu 21 Agustus 2019.

Dengan keputusan 34 DPW PKB, Cak Iminmenang secara aklamasi tanpa adanya kompetitor lain dalam pemilihan Ketua Umum.

Rapat pleno yang dimulai pukul 23.00 WITA pun berakhir pukul 01.15 WITA.

Sementara itu, Cak Iminmenerima atas keputusan para DPW.

"Saya, dengan mengucapkan bismillah, saya bersedia memimpin kembali PKB periode 2019-2024 semoga allah memberikan kekuatan bagi kita semua," kata Muhaimin.

 

Reporter: Yunita Amalia

Sumber: Merdeka.com

Saksikan video pilihan berikut ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Jadwal Serie A Pekan Pertama: Dibuka Duel Parma vs Juventus

Posted: 21 Aug 2019 09:55 PM PDT

Jakarta Serie A 2019-2020 segera akan dimulai. Giornata pertama akan mempertemukan dua klub Kota Roma menghadapi klub Kota Genoa, pada Sabtu (24/8/2019). Sebagai pembuka musim ini, Serie A menyuguhkan laga antara Parma kontra Juventus.

Sebagai laga pembuka, juara bertahan Serie A, Juventus, akan menjalani laga tandang. Anak asuh Maurizio Sarri ini bertandang ke Stadio Ennio Tardini untuk menghadapi Parma. Laga ini akan kick off pada pukul 23.00 WIB.

Pertandingan pada hari pertama itu akan dilanjutkan dengan pertemuan antara Fiorentina kontra Napoli. Pertandingan akan digelar beberapa saat usai laga antara Parma kontra Juventus, di mana kick-off akan dilakukan pada Minggu dini hari pukul 01.45.

AC Milan bertandang ke markas Udinese pada Minggu malam WIB. Setelah itu, enam pertandingan lain berlangsung pada Senin dini hari WIB. Dua laga yang menarik mempertemukan tim asal Kota Roma kontra tim Kota Genoa.

Ya, AS Roma akan menjamu Genoa di Stadion Olimpico Roma dalam laga pertama mereka. Sementara klub Roma lainnya, Lazio, bertandang ke Kota Genoa untuk menghadapi Sampdoria dalam pertandingan yang digelar di Stadion Luigi Ferraris.

Sebagai penutup giornata pertama Serie A musim ini, Inter Milan akan menjamu Lecce di Giuseppe Meazza yang digelar pada Selasa (26/8/2019) dini hari WIB.

Jadwal Giornata Perdana Serie A 2019-2020

Sabtu (24/8/2019) WIB

23.00 Parma vs Juventus

Minggu (25/8/2019) WIB

01.45 Fiorentina vs Napoli

23.00 Udinese vs AC Milan

Senin (26/8/2019) WIB

01.45 Cagliari vs Brescia

01.45 Hellas Verona vs Bologna

01.45 AS Roma vs Genoa

01.45 Sampdoria vs Lazio

01.45 SPAL vs Atalanta

01.45 Torino vs Sassuolo

Selasa (26/8/2019) WIB

01.45 Inter Milan vs Lecce

 

Sumber: Bola.com

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

VIDEO: KPK Geledah Kantor Rekanan DPUKP

Posted: 21 Aug 2019 09:54 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Polisi menggeledah kantor rekananan DPUKP di Solo penggeledahan terkait OTT KPK yang dilakukan di Yogyakarta. 2 orang jaksa dan seorang pengusuaha rekanan dari DPUKP Yogyakarta ditetapkan menjadi tersangka grativikasi.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Tak Hanya Cek Polis, Platform Ini Jadi 'Investasi' Tanam Pohon

Posted: 21 Aug 2019 09:54 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Kemajuan teknologi terbukti praktis membawa kemudahan, misalnya dalam hal mencari informasi. Dengan alat komunikasi elektronik, Anda bisa mencari segala informasi untuk kepentingan pribadi, misalnya yang berkaitan dengan polis atau dana investasi asuransi.

Setelah menjadi anggota asuransi, tentunya Anda mendapat detail informasi polis. Bagi pemegang polis asuransi kesehatan misalnya yang butuh pengajuan klaim. Atau Anda adalah pemegang polis asuransi jiwa yang butuh informasi tentang pembayaran premi atau informasi lainnya.

Untuk mengetahui atau mendapatkan informasi tersebut, Anda tak perlu lagi melakukan secara manual. Anda bisa memanfaatkan platform atau portal eAZy connect yang dikhususkan untuk nasabah Allianz.

Melalui portal nasabah eAZy connect, Anda mendapatkan buku polis versi elektronik yang dapat diunduh. Nah hingga akhir September 2019, Allianz berkomitmen untuk menanamkan satu pohon setiap satu polis elektronik yang terbit.

Dengan melakukan langkah sederhana yaitu memilih polis elektronik, artinya Anda mengurangi penggunaan kertas serta berpartisipasi menjaga bumi. Di samping membantu menjaga kelestarian bumi, ada keuntungan lain dari polis elektronik Allianz.

Allianz eAZy Connect.

Allianz yang mengutamakan value kemudahan, kepercayaan, dan kepedulian, tentunya membantu Anda untuk memantau polis secara online, lebih cepat, di mana saja dan kapan saja.

Dengan Allianz eAZy connect, Anda dapat menggunakan sejumlah fitur seperti Pengajuan Klaim Online, Info Umum, Info Pemegang Polis, Info Tertanggung, Tabel Manfaat, hingga Status dan Riwayat Klaim.

Sekadar informasi, polis elektronik menjadi bagian dari program Cintai Keluarga, Cintai Bumi yang diadakan oleh Allianz Indonesia, dalam rangka menyambut ulang tahun PT. Asuransi Allianz Life Indonesia ke-23 pada 16 agustus, hari Pelanggan Nasional pada 4 September, dan World Clean Up Day pada tanggal 21 September 2019.

Selama periode program Cintai Keluarga, Cintai Bumi Anda berkesempatan mendapat berbagai hadiah senilai total ratusan juta rupiah. Bersama Allianz, mari eksplor segala kemungkinan dalam hidup dan dapatkan berbagai promo serta hadiah menarik dari Allianz Indonesia.

 

(*)

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Magellan, Satelit GPS Terbaru Angkatan Udara AS Siap Meluncur dari Florida

Posted: 21 Aug 2019 09:53 PM PDT

Liputan6.com, Florida - Angkatan Udara AS akan luncurkan satelit GPS terbaru dari Stasiun Udara Cape Canaveral, Florida, pada Kamis pagi waktu setempat.

Dilansir dari Upi, Kamis (22/8/2019), satelit ini adalah yang kedua untuk generasi ketiga peluncuran satelit GPS untuk Florida. Satelit ini dibangun dan dirancang oleh Lockheed Martin dengan sistem perlindungan yang kuat terhadap gangguan sinyal.

Peluncuran satelit menggunakan roket United Launch Alliance Delta yang rencananya akan diluncurkan hari ini pukul 09.00 pagi waktu setempat, dengan jendela peluncuran 27 menit jika terjadi penundaan.

Satelit ini akan dinamakan Magellan.

"satelit ini akan lebih kuat, desain yang kuat sehingga memperpanjang umur pesawat di luar angkasa," sebut Kolonel Thomas Ste. Marie dengan Space Wing ke-45 Angkatan Udara.

Angkatan Udara telah memperkirakan kemungkinan 80 persen dari cuaca yang menguntungkan untuk peluncuran, dan 70 persen kondisi yang menguntungkan pada hari berikutnya jika penundaan diperlukan.

Seperti model sebelumnya, satelit terbaru juga berbagi kompatibilitas untuk fungsi tertentu dengan sistem negara lain, termasuk Rusia dan anggota Uni Eropa. Bersama dengan China, sistem-sistem lainnya dikembangkan untuk tidak bergantung pada sistem AS.

Semakin Banyaknya Satelit

Ilustrasi satelit. Dok: computerweekly.com

Kepala Strategi Keamanan untuk perusahaan keamanan siber dunia maya Carbon Black, Rick Mcelroy menyebutkan bahwa sistem GPS negara dahulunya hanya dikembangkan untuk militer, tapi sekarang tersedia tanpa biaya untuk sektor swasta, karena dibangun dengan Dolar pembayar pajak.

"Saya pikir GPS itu bagus, tetapi mungkin akan ada sesuatu yang lebih baik daripada GPS. GPS akan segera jenuh ketika Anda memiliki semua robot, drone, dan mobil self-driving di dalamnya," sebut Rick.

Beberapa satelit GPS III berikutnya sedang diproduksi di pabrik Lockheed Martin di Waterton, Colorado. Total 10 dipesan, dengan satu orbit.

Wakil Pemimpin Sistem Navigasi Lockheen Martin, Johnathon Caldwell menyebutkan bahwa Lockheed sedang bekerja untuk menurunkan biaya satelit, hal ini karena satelit kian semakin banyak.

"Dengan nomor satelit 10, biayanya $200 juta," kata Caldwell. "Volume satelit yang dibuat di pabrik Waterton memungkinkan untuk efisiensi luar biasa."

Peluncuran ini akan menjadi penerbangan ke 29 dan terakhir dari roket Delta IV Medium ULA dan peluncuran GPS ke-73 dalam sejarah. ULA bekerja pada keluarga baru roket, Centaur Vulcan.

 

Reporter: Windy Febriana

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

30.625 Jemaah Haji Sudah Mendarat di Tanah Air

Posted: 21 Aug 2019 09:52 PM PDT

Liputan6.com, Jeddah - Sebanyak 30.625 jemaah haji dari 75 kelompok terbang (kloter) sudah tiba di Indonesia. Adapun total jemaah yang diberangkatkan ke Tanah Air mencapai 34.260 dari 84 kloter.

Demikian mengutip Sistem Informasi dan Komputerisasi Haji Terpadu (Siskohat) Kementerian Agama (Kemenag), Kamis (22/8/2019).

Jemaah haji yang kembali merupakan gelombang pertama tiba di Tanah Suci. Kepulangan jemaah dari Bandara King Abdulaziz, Jeddah.

Sementara jemaah haji Indonesia gelombang kedua sudah mulai meninggalkan Makkah dan diberangkatkan ke Madinah untuk kembali melanjutkan ibadah.

Direktur Jenderal Penyelenggaraan Haji dan Umrah Kementerian Agama Nizar Ali, kemarin menjelaskan jemaah haji selama 8 hari atau selama 40 waktu salat akan menunaikan salat berjamaah dalam ibadah Arbain.

Kemudian berziarah ke tempat-tempat bersejarah, termasuk ziarah ke Makam Rasulullah.

Menurut Nizar, pihaknya menyediakan tiga fasilitas utama untuk jemaah haji saat kepindahan dari Makkah ke Madinah, yaitu naqobah atau transportasi yang mengangkut jemaah dari pondokannya di Makkah menuju Madinah.

"Kemudian layanan akomodasi, mereka ditempatkan di hotel-hotel standar bintang 3 dan alhamdulillah tahun ini banyak di atas ekspektasi SPM (Standar Pelayanan Minimal) artinya ada yang bintang 4 ada yang bintang 5 sekalipun," papar Nizar.

Hotel mereka di Madinah pun, lanjut dia, dari sisi jarak berada di lingkup yang dekat dengan Masjid Nabawi.

 

 

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

7 Potret Manis Nirina Zubir dan Ernest Syarif, Suami-Istri yang Kompak banget

Posted: 21 Aug 2019 09:50 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Presenter sekaligus presenter Nirina Zubir memang sudah jarang terlihat di layar kaca. Meski begitu, ia masih aktif bermain dalam film layar lebar dan aktif menjadi penyiar radio. Bahkan, beberapa waktu lalu ia turut bermain dalam film Keluarga Cemara dan mengambil peran sebagai Emak.

Meski masih berakting di industri hiburan Tanah Air, akan tetapi Nirina Zubir lebih banyak menghabiskan waktu untuk kegiatan lain bersama suami dan anak-anaknya. Bahkan, beberapa waktu lalu Nirina Zubir dang sang suami Ernest Syarif sempat menjelajah dari Jakarta hingga Bali dengan bersepeda.

Tentu saja aksi yang dilakukan oleh Nirina Zubir dan sang suami menarik perhatian publik. Bahkan aksi bersepeda yang dilakukan oleh Nirina Zubir dan gitaris band Coklat ini juga diberi nama 'Suami Istri Ride'.

Tak hanya itu saja, pasangan yang telah menikah selama 10 tahun ini juga mengadakan pameran foto dari hasil bersepeda dengan jarak 12 ribu km. Kekompakan Nirina Zubir dan Ernest Syarif juga kerap diperlihatkan pada unggahan foto di akun Instagram masing-masing. Mulai dari bersepeda bersama, hingga berlibur bersama keluarga tercinta.

Dirangkum Liputan6.com dari berbagai sumber, Kamis (22/8/2019) berikut ini beberapa potret kompaknya Nirina Zubir dan Ernest Syarif dalam berbagai momen.

1. Nirina Zubir dan Ernest terlihat serasi dengan busana bernuansa putih

Nirina Zubir dan Ernest Syarif (Sumber: Instagram/ernestsyarif)

2. Telah 10 tahun menjalani kehidupan berumah tangga tetap membuat keduanya terlihat mesra

Nirina Zubir dan Ernest Syarif (Sumber: Instagram/nirinazubir_)

3. Keduanya pun beberapa kali menjelajah Indonesia menggunakan sepeda loh

Nirina Zubir dan Ernest Syarif (Sumber: Instagram/ernestsyarif)

4. Begini pose Nirina Zubir dan sang suami saat berada di Taman Nasional Baluran, Situbondo, Jawa Timur

Nirina Zubir dan Ernest Syarif (Sumber: Instagram/ernestsyarif)

5. Keduanya juga pernah bersepeda keliling Jakarta

Nirina Zubir dan Ernest Syarif (Sumber: Instagram/ernestsyarif)

6. Bersepeda dari Jakarta menuju Bali dipilih Nirina dan Ernest sebagai salah satu cara untuk traveling

Nirina Zubir dan Ernest Syarif (Sumber: Instagram/nirinazubir_)

7. Gaya fashion yang dikenakan oleh Nirina dan Ernest juga sering kali terlihat mirip

Nirina Zubir dan Ernest Syarif (Sumber: Instagram/nirinazubir_)

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

FOTO: Model Cantik Cara Delevingne Tampil Memesona di Pemutaran Film Terbarunya

Posted: 21 Aug 2019 09:50 PM PDT

Aktris dan model asal Inggris Cara Delevingne berpose saat menghadiri pemutaran perdana film Amazon Original Series

Aktris dan model asal Inggris Cara Delevingne berpose saat menghadiri pemutaran perdana film Amazon Original Series

Aktris dan model asal Inggris Cara Delevingne foto bersama degnan Orlando Bloom saat menghadiri pemutaran perdana film Amazon Original Series

Aktris dan model asal Inggris Cara Delevingne foto bersama degnan Orlando Bloom saat menghadiri pemutaran perdana film Amazon Original Series

Aktris dan model asal Inggris Cara Delevingne berpose saat menghadiri pemutaran perdana film Amazon Original Series

Aktris dan model asal Inggris Cara Delevingne berpose saat menghadiri pemutaran perdana film Amazon Original Series

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Infrastruktur jadi Syarat Pembangunan Smart City

Posted: 21 Aug 2019 09:45 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Menteri Perencanaan Pembangunan Nasional (PPN)/Kepala Bappenas, Bambang Brodjonegoro, mengatakan salah satu konsep pembangunan smart city di Indonesia harus diawali dengan pembangunan infrastruktur memadai. Sebab adanya infrastruktur tersebut akan menjadi kebutuhan masyarakat sekitar.

"Jangan smart hanya di satu sisi, kalau kota smart kita harus action menuntut infrastruktur pada level yang bisa membuat masyarakat siap untuk ikuti smart city," kata Menteri Bambang dalam sebuah diskusi yang digelar di Universitas Indonesia, Jakarta, Kamis (22/8).

Menteri Bambang mengatakan, meski pembangunan infrastruktur di DKI Jakarta sudah tumbuh pesat, namun belum bisa dikatakan sebagai smart city. Ini dikarenakan dalam pembangunannya belum menyesuaikan dengan kondisi karakteristik daerah dan kebutuhan masyarakat di wilayah tersebut.

"Saat meninjau di Jakarta Utara tengah malam ternyata di satu kampung itu fasilitas di MCK sanitasinya fasilitas bersama. Akibatnya orang tua yang umur di atas 70, urgensi ke belakang lebih banyak, bayangkan orang tua harus bangun dan antri hanya untuk gunakan sanitasi. Itu Jakarta. Di satu sisi Jakarta ingin ditunjuk smart city. Ini ironis," jelas dia.

Oleh karena itu, sebelum menuju smart city, Menteri Bambang menekankan agar seluruh kota di Indonesia mampu memenuhi pelayanan dasarnya seperti rumah, dan sanitasi. Apabila kebutuhan tersebut terpenuhi baru berbicara mengenai teknologi.

"Pengembangan smart city di Indonesia jangan bicara teknologi base dulu sebelum kuta melakukan pelayanan dasar. Idealnya masyarakat pasti mau kalau mereka sudah diberikan pelayanan yang cukup oleh pemerintah kota," tandas dia.

 

Reporter: Dwi Aditya Putra

Sumber: Merdeka.com

 

Investor Hongkong Tawarkan Smart City ke Kutai Kartanegara

10 Kota Penyewaan Kantor untuk Bisnis Kecil Termahal di Dunia

Bupati Kutai Kartanegara (Kukar) Edy Damansyah menerima investor dari UN World Global Village Limited yang menawarkan kerja sama membangun smart city di Kawasan Kutai Kartanegara, di Kantor Bupati Kukar, Kalimantan Timur, Senin, 25 Februari 2018.

Presiden UN World Global Lu Jin Ping memilih Kukar untuk proyek pertamanya di Indonesia. Perusahaannya sedang mengembangkan investasinya di Kawasan Asia. "Kukar saya kira memiliki potensi untuk dibangun smart city yang berwawasan IT (Ilmu Teknologi) yang tidak merusak alam. Jika di Kukar sudah dibangun, saya berharap bisa dibangun smart city lainnya di Kalimantan ini," kata Lu di depan bupati, kepala dinas dan para asisten. 

Lu menjelaskan, di kota mandiri itu akan dibangun berbagai fasilitas mulai dari rumah sakit, sekolah, kampus, pabrik, jalan, perumahan, hingga dermaga pelabuhan untuk arus transportasi laut. "Oleh karena itu kami berharap kota mandiri itu dibangun di kawasan pesisir karena ilmuwan kami akan membangun listrik dari energi air laut," kata Lu.

Untuk pengembangan kota Mandiri ini, lanjut Lu, dibutuhkan lahan antara 300 hingga 500 hektare. Pembangunan itu akan melibatkan masyarakat setempat dan para ilmuwan dari luar negeri yang akan membagikan ilmunya kepada masyarakat.

"Kami akan menginvestasikan dana US$ 200 miliar untuk kota Mandiri di Kukar ini. Biaya tersebut di luar biaya pembebasan lahan yang juga menjadi tanggung jawab kami," ujarnya.

Lu menjelaskan, UN World Global Village Limited adalah perusahaan multi international, yang berkantor pusat di Hongkong. Selama ini mereka sudah membangun smart city di Amerika, Eropa dan beberapa negara Asia. "Di Malaysia sedang dibangun smart city di Kawasan Long Palai senilai US$ 500 miliar," ujarnya.

Menanggapi rencana tersebut Bupati Kutai Kartanegara Edy Damansyah menyambut baik semua pihak yang ingin membuka kerja sama di Kukar.

Menurut dia, selama ini banyak pihak dari perusahaan baik itu, PMA (Penanaman Modal Asing) maupun PMN (Penanaman Modal Nasional) yang sudah berinvestasi di Kukar. Baik itu sector migas, batu bara, perkebunan kelapa sawit, karet dan kehutanan.

Edy menjelaskan, masih ada beberapa potensi di Kukar yang menjadi unggulan, antara lain di sektor perikanan, kemaritiman, yang belum dikelola dengan baik. Dan belum ada pihak-pihak yang serius yang mau berinvestasi dibidang-bidang tersebut.

"Selama ini kami sering menerima kunjung dari Tiongkok, mengatasnamakan BUMN China, setelah presentasi tidak ada follow up-nya. Kami berharap yang ini bisa mewujudkan investasinya. Karena pada dasarnya kami terbuka setiap investasi di Kukar," kata Edy.

Menurut dia, Kukar termasuk dalam 100 kabupaten di Indonesia yang ditetapkan oleh pemerintah pusat untuk membangun smart city. Kukar sedang berusaha mewujudkan sistem pemerintahan yang berbasis IT atau pelayanan masyarakat dengan IT.

"Namun kami berharap setiap PMA yang ingin berinvestasi di Kukar mengikuti prosedur dan aturan yang ada di Indonesia. Pemerintah daerah memiliki keterbatasan kewenangan sehingga PMA juga harus mengurus persyaratannya di BKPM Pusat," kata dia.   

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Tidak ada komentar: