Minggu, 09 Juni 2019

Liputan6 : RSS2 Feed

Liputan6 : RSS2 Feed


Aktor Ini Pakai Gaun Terbuat dari Kain Gorden di Tony Awards 2019

Posted: 09 Jun 2019 10:01 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Setelah Oscar dan Met Gala, penampilan aktor Billy Porter kembali menarik perhatian saat berjalan di karpet merah gelaran Tonny Awards ke-73 di New York, Amerika Serikat, Minggu malam, 9 Juni 2019, waktu setempat.

Bagaimana tidak, melansir dari People, Senin (10/6/2019), jas merah aktor 49 tahun tersebut dipadankan dengan rok lebar Elizabeth. Bawahan nyentrik tersebut ternyata terbuat dari kain gorden velvet yang sempat digantung di Kiny Boots, proyek drama musikal Billy pada 2012 lalu.

Kenangan ini tentu jadi kejutan manis terlebih ketika memakai busana tersebut Billy memenangkan piala Tony pertamanya. Seorang stylist bersama Sam Retelle adaah orang yang bertanggung jawab atas penampilan unik Billy.

Berbicara pada New York Times, Sam mengatakan, perusahaan tas tangan, Svenery Bags, menghubunginya beberapa waktu lalu untuk bertanya apakah Billy tertarik mendapatkan purse dari bahan kain gorden bekas.

Tawaran itu disambut Sam dengan malah menghubungi desainer Sergio Guadarrama dan creative director Cade Johnson dari Celestino Couture untuk membuat gaun unik yang kemudian dipakai Billy Porter ke Tony Awards 2019.

Kebebasan Billy Porter dalam Berbusana

Billy Porter di karpet merah Tony Awards 2019, Radio City Music Hall, New York, Amerika Serikat, 9 Juni 2019. (Jenny Anderson / GETTY IMAGES NORTH AMERICA / AFP)

Pada The Times, Billy Porter berbicara dirinya ingin memutarbalikkan koin tentang arti menjadi seorang lelaki. Ia mengatakan bahwa makna maskulin yang dipandang sempit telah membuat tak sedikit orang terperangkap di dalamnya.

"Itu racun dan saya tak lagi mau hidup seperti itu. Saya sudah sangat selesai dengannya," tutur pemain film The Humbling tersebut. Sementara untuk busana yang dipakai di Tony Awards 019, Billy mengaku sangat puas.

"Ini tepat seperti apa yang saya cari. Celana, tapi dengan sedikit drama," katanya. Billy menambahkan bahwa bawahan berupa rok ini terinpirasi dari hak reproduksi perempuan yang tengah diperjuangkan di Amerika Serikat.

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Deretan Jurus Pamungkas Anthony Engelen di One Championship

Posted: 09 Jun 2019 10:00 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Penggemar mixed martial arts (MMA) yang ingin melihat aksi dan penyelesaian cepat tentunya harus mengingat nama Anthony "The Archangel" Engelen, seorang atlet asal Indonesia yang selalu berhasil memenuhi ekspektasi itu di One Championship.

Setelah kemenangan perdananya melalui keputusan mutlak juri pada tahun 2013, petarung blasteran Indonesia-Belanda ini selalu menyelesaikan pertandingannya dengan KO atau kuncian selama 13 pertandingan profesionalnya dalam jangka waktu 6,5 tahun.

Atlet berusia 33 tahun ini memiliki tingkat penyelesaian 100 persen di One Championship, dimana ia akan berusaha mempertahankan rekor tersebut menghadapi "Rock Man" Chen Lei dalam sebuah pertandingan catch weight 67,5 kilogram di ajang One: Legendary Quest.

Tampil di Shanghai, Tiongkok, tanggal 15 Juni nanti, Anthony yang saat ini berlatih bersama Bali MMA ini yakin akan meraih kemenangan dengan kekuatan pukulan dan tendangannya.

Hal ini pun ditambah dengan permainan bawah yang mampu membuat lawannya menyerah seketika, seperti terbukti dari serangkaian penyelesaian terbaik yang ia capai di bawah ini.

Jimy Yabo Menyerah Kalah Dari Kuncian Anthony

Saat bertanding melawan Jimy "The Silencer" Yabo dalam ajang One: Warriors Dream di Filipina, Anthony hanya memiliki delapan hari istirahat setelah pertandingan sebelumnya. "The Archangel" pun masuk ke dalam 'The Circle', sebutan resmi untuk ring One, dengan ingatan yang masih segar.

Atlet asal Filipina tersebut mengalami kesulitan setelah Anthony membawanya ke permainan bawah dengan cengkeraman kuat hanya dalam waktu 90 detik. Di sini, petarung Filipina ini hanya dapat bertahan dan berusaha keras untuk melepaskan diri.

Akan tetapi, usahanya hanya memberikan Anthony kesempatan untuk melakukan penyelesaian setelah berpindah ke atas lutut.

"The Archangel" menyelipkan kakinya untuk mengunci punggung Jimy dan mengambil kendali, serta menempatkan tangannya untuk mengeksekusi kuncian rear-naked choke yang mengakhiri kontes pada menit ke 2:35.

 

"Pyro" Terbakar Habis

Sejak bel penanda pertandingan dimulai berdering, Anthony dan AJ "Pyro" Lias Mansor nampak memiliki determinasi untuk bermain atas dan bertukar serangan.

Dalam pertandingan pada bulan Januari 2017 ini, Anthony mampu dengan cepat menyadari kuda-kuda bawah bergaya southpaw yang dimiliki lawannya asal Malaysia ini. Setelah itu, ia dengan cepat memperkirakan jarak untuk menyarangkan pukulan sebelum maju menyerang.

"Pyro" nampak tidak memiliki kemampuan untuk mengatasi serangan bertubi-tubi dari "The Archangel," dan malam tersebut diakhiri dengan sebuah KO hanya dalam waktu 102 detik.

Satu Tendangan Ke Kepala

Anthony memang sempat memiliki masa jeda selama hampir dua tahun. Tetapi, ketika ia kembali memasuki panggung dunia dalam ajang One: Heart Of The Lion, ia hanya membutuhkan waktu 39 detik untuk meraih kemenangan.

Melawan spesialis Kun Khmer asal Kamboja, Meas Meul, Juara IFC Lightweight ini segera mendekat k ke arah lawannya dan beraksi sekejap mata ketika melihat kesempatan untuk menyerang.

Ketika Meas merangsek maju, ia tidak melihat tendangan roundhouse dari "The Archangel" sudah siap menyambutnya. Petarung Kamboja ini pun jatuh seketika dengan kepala mengenai kanvas terlebih dahulu.

Kemenangan ini disebut sebagai salah satu KO paling spektakuler pada tahun 2018, serta memberikan pernyataan bahwa Anthony kembali menjadi sebuah kekuatan yang harus diperhitungkan di One.

Saksikan video pilihan di bawah ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

PNS Pemprov Maluku Utara yang Bolos Usai Libur Lebaran Terancam Dipecat

Posted: 09 Jun 2019 10:00 PM PDT

Liputan6.com, Maluku - Pemerintah Provinsi Maluku Utara memberikan sanksi tegas, mulai dari menahan gaji hingga pemecatan, bagi seluruh aparatur sipil negara yang tidak masuk kantor setelah libur lebaran atau menambah waktu libur setelah cuti bersama Lebaran.

"Hari ini, kami akan siapkan sanksi bagi ASN tidak berkantor hari pertama kerja pascaliburan Idul Fitri," kata Sekretaris Daerah Pemprov Malut Bambang Hermawan di Ternate, Senin.

Bahkan, katanya, sanksi yang akan diterapkan bagi ASN malas berkantor mulai dari penundaan gaji berkala hingga penundaan kenaikan pangkat.

Oleh karena itu, kata dia, dengan berakhirnya Ramadhan maka Pemprov Malut menerapkan jam kerja mulai 07.45 hingga 16.30 WIT.

Pada ASN yang masih tinggal di Kota Ternate, kata dia, harus menyesuaikan jadwal masuk kantor dan kapal cepat yang melayani para ASN untuk menyesuaikan dengan jam masuk dan pulang kantor.

Pada kesempatan sebelumnya, gubernur setempat telah menginstruksikan terkait dengan PNS yang malas berkantor agar tidak hanya gajinya ditahan tetapi diusulkan penundaan kenaikan pangkat.

Instruksi gubernur itu tindak lanjut dari upaya penegakkan disiplin ASN di daerah setempat setelah libur lebaran tahun ini.

Sebuah tim akan mengkaji penegakan disiplin di setiap organisasi perangkat daerah, sedangkan hasilnya direkomendasikan kepada gubernur, wakil gubernur, dan sekda untuk diputuskan kebijakan apa yang akan diambil dalam menyelesaikan problem kedisiplinan PNS.

"Kebijakan ini sekaligus disertai sanksi, mulai dari sanksi ringan hingga sanksi berat, yakni pemecatan dan gubernur sudah tidak lagi memberikan keringanan terhadap pegawai yang melanggar sesuai rekomendasi forum pegawai ASN, maka akan dipecat," ujarnya.

Pada hari pertama masuk kantor setelah liburan lebaran 2019, suasana di Kantor Wali Kota Ternate dipenuhi para ASN yang mengikuti apel di kantor wali kota, setempat, tetapi belum dirinci kehadiran ASN dalam apel perdana tersebut.

 

Simak juga video pilihan berikut ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Akibat Gigitan Kutu, Joanne Habiskan 8 Tahun Hidupnya di Kamar

Posted: 09 Jun 2019 10:00 PM PDT

Liputan6.com, Inggris Ibu dari tiga anak, Joanne Baskett (46) tidak tahu kutu kecil yang ditemukan pada kucingnya dapat membawa penyakit, bahkan menghancurkan hidupnya hanya dalam beberapa tahun.

Kejadian bermula pada 2009 setelah ia menyingkirkan serangga menggunakan alat pembasmi serangga yang biasa ia pakai untuk merawat kucing peliharaannya.

Joanne tidak tahu alat pembasmi serangga yang sering digunakan untuk kucing peliharannya terdapat kutu. Bahkan, kutu tersebut menggigit Jaonne.

Beberapa hari usai digigit muncul ruam merah.  Dokter memberikan obat untuk kurap. Enam minggu kemudian, Joanne demam dan gejala mirip flu, tenggorokan bengkak, sakit telinga, dan kaki yang berat digerakkan. Ia rupanya terinfeksi penyakit Lyme.

Penyakit bakteri yang disebarkan oleh kutu pengisap darah. Penyakit ini perlahan-lahan menghancurkan tubuhnya, melumpuhkan organ-organ vital termasuk perut, kandung kemih dan ususnya.

Diagnosis penyakit Lyme diperoleh Joanne dari ilmuwan di Jerman, Amerika, dan Irlandia. Joanne memeriksakan dirinya ke klinik di Amerika.

"Aku mendapatkan hasil diagnosis dari tiga dokter profesional yang berbeda. Dan yang mengejutkan, aku telah digigit dan terinfeksi Lyme setidaknya tiga kali. Aku dua kali terinfeksi mungkin ketika aku berada di Connecticut pada 1993. Satu lagi terinfeksi di Eropa, yang mungkin selama aku melakukan perjalanan backpacking ke pulau-pulau di Yunani," ungkap Joanne, dikutip dari Mirror Online, Senin (10/6/2019).

Gigitan kutu yang membuat Joanne lumpuh membuatnya harus menghabiskan delapan tahun terakhir hidup di dalam kamar.

"Aku punya punya perawat yang datang tiga kali sehari untuk membantu melepas pakaianku. Seringkali aku dibantu ke kamar mandi dan memandikanku di tempat tidur. Terkadang aku tidak bisa berdiri, bahkan memegang apa pun," ujar Joanne yang tinggal di Inggris.

Kelumpuhan Total

Joanne lumpuh total. Sumber foto: unsplash.com/Zohre Nemati.

Efek kelumpuhan berlanjut dengan kelumpuhan fungsi organ tubuh. Ia mengalami kelumpuhan usus total, kelumpuhan lambung, dan kelumpuhan kandung kemih.

"Perlahan tapi pasti, organ tubuhku gagal berfungsi. Dan itu menakutkan. Aku merasa benar-benar hancur. Marah bukan kata yang tepat, aku patah hati, bahwa seluruh hidupku berubah hanya karena kutu," Joanne menambahkan.

Joanne yang berprofesi konsultan SDM memang bepergian ke seluruh negeri untuk mengunjungi klien. Pada saat dirinya berjuang melawan penyakit Lyme, sang suami meninggalkannya hanya setahun setelah gejala penyakit muncul.

Ia pun merawat ketiga anaknya yang masih kecil sendiri.

"Penyakit ini dengan cepat memengaruhi seluruh tubuh. Aku tidak bisa makan karena perut lumpuh. Kognisi aku sangat buruk sehingga seringkali aku tidak bisa berpikir atau berbicara dengan benar. Aku tidak bisa berjalan," ujar Joanne.

Hanya Konsumsi Makanan Lembek

Jaonne hanya konsumsi makanan lembek. (iStock)

Demi kesembuhan, Joanne harus menjalani banyak operasi. Operasi pun memperbaiki kembali fungsi organ tubuh yang lumpuh.

"Aku tidak dapat melakukan hal-hal yang seharusnya bisa dilakukan oleh orang tua. Aku tidak bisa pergi ke hari-hari olahraga atau membuatkan anak-anak makanan ketika mereka pulang," tutur Joanne.

Anak-anak Joanne melihat sang ibunda merasa sedih melihat ibunya harus menjalani begitu banyak operasi.

"Aku suka memasak dan favorit makan makanan Mediterania. Aku selalu memasak makanan segar untuk anak-anak. Tapi aku tidak akan pernah bisa makan makanan itu lagi. Karena perutku lumpuh, aku memuntahkan semua makanan," tambahnya.

Joannne hanya bisa makan segala sesuatu yang lembek, seperti bubur.

"Hanya itu yang bisa saya makan sejak tahun lalu. Dan aku kehilangan 25 persen dari berat badan pada waktu itu," lanjutnya.

Kondisi Joanne sekarang, penglihatannya tidak baik lagi dan kesadaran semakin buruk.

Simak Video Menarik Berikut Ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Pemudik Tewas Terjatuh Saat Istirahat di Jembatan Cimanuk Tol Cipali

Posted: 09 Jun 2019 10:00 PM PDT

Liputan6.com, Majalengka - Khoerul Fuad (52), pemudik asal Kabupaten Muaro Jambi tewas terjatuh saat beristirahat di atas Jembatan Cimanuk Tol Cikopo-Palimanan (Cipali) KM 161, Majalengka, Jawa Barat.

Kapolres Majalengka AKBP Mariyono dikutip Antara, Senin (10/6/2019) mengatakan, korban tewas setelah terjatuh dari atas Jembatan Sungai Cimanuk dengan ketinggian sekitar 15 meter.

"Kejadian itu sekitar jam 05.20 WIB, di mana korban saat itu sedang beristirahat sambil minum kopi," kata Mariyono.

Dia menjelaskan dari keterangan saksi, korban mengendarai kendaraan minibus Toyota Innova warna hitam BH 1597 GK dari arah Demak, Jawa Tengah, menuju Provinsi Jambi.

Setiba di tempat kejadian perkara (TKP) korban menepi beristirahat di atas Jembatan Cimanuk yang berada di KM 161 Tol Cipali untuk minum kopi.

Namun nahas korban yang kehilangan keseimbangan, kemudian terjatuh ke bawah jembatan yang tidak ada airnya dengan ketinggian sekitar 15 meter.

"Akibatnya korban langsung meninggal dunia di tempat kejadian," tuturnya.

Saat ini kata Mariyono, jenazah korban telah dievakuasi ke Rumah Sakit Cideres, Kabupaten Majalengka.

 

 

Simak juga video pilihan berikut ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Tampil Religius, 6 Gaya Seleb Pakai Mukena Ini Bikin Pangling

Posted: 09 Jun 2019 10:00 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Dalam bulan puasa yang penuh dengan berkah ini, umat muslim berlomba-lomba untuk melakukan kebaikan. Ada banyak amalan yang bisa dilakukan di bulan Ramadan ini, seperti sedekah, tadarus, tarawih dan lain sebagainya. 

Dalam momen bulan suci ini, biasanya para seleb pun juga turut mengubah penampilannya. Dari yang biasanya berpakaian agak terbuka menjadi lebih tertutup.

Tak sedikit juga seleb yang membagikan momen menggunakan mukenanya di laman instagram pribadinya. Seperti, beberapa seleb di bawah ini, dalam suatu kesempatan mereka mengambil foto saat sedang menggunakan mukena. 

Berikut Liputan6.com rangkum dari berbagai sumber, 6 gaya selebriti menggunakan mukena yang bikin pangling, Rabu (15/5/2019)

 

1. Ayu Ting-Ting menggunakan mukena hitam saat di Tanah Suci

Seleb pakai mukena (Sumber: Instagram/ayutingting92)

2. Nagita dengan mukena bercorak warna-warni terlihat menawan

Seleb pakai mukena (Sumber: Instagram/nagitaslavinamukena)

3. Artis cantik Prilly dengan mukena bewarna ombre

Seleb pakai mukena (Sumber: Instagram//prillylatuconsina96)

4. Laudya Cynthia Bella dengan mukena kembar bersama Alessya

Seleb pakai mukena (Sumber: Instagram//laudyacynthiabella)

5. Rey Utami dengan mukena bewarna putih, nampak beda ya?

Seleb pakai mukena (Sumber: Instagram//reyutami)

6. Gaya Chaca Frederica saat menggunakan mukena dan berdoa dengan khusyuk

Seleb pakai mukena (Sumber: Instagram/chafrederica)

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

151.176 Kendaraan Lintasi Padalarang Sepanjang Mudik Lebaran 2019

Posted: 09 Jun 2019 10:00 PM PDT

Liputan6.com, Padalarang - Jumlah kendaraan yang melintasi Jalan Raya Padalarang di Kabupaten Bandung Barat selama arus mudik dan Lebaran 2019 ini meningkat 9,45 persen dibandingkan dengan tahun lalu.

Hal ini seiring dengan diberlakukannya jalur satu arah atau one way di ruas jalan tol.

"Imbasnya, memang ada kenaikan jumlah kendaraan di Jalan Raya Padalarang terhitung sejak H-7 hingga H+2 Lebaran," ujar Kepala Bidang Lalu Lintas pada Dinas Perhubungan Kabupaten Bandung Barat, Vega Priambodo, Minggu, 9 Juni 2019.

Dia menjelaskan, dari data Dinas Perhubungan Kabupaten Bandung Barat, puncak volume kendaraan yang melintasi Padalarang terjadi pada hari kedua Lebaran, yakni Kamis, 6 Juni 2019.

"Total kendaraan mencapai 151.176 unit, terdiri atas 56.210 kendaraan dari arah Cianjur menuju Bandung dan 100.966 kendaraan arah sebaliknya," ucap Vega.

Menurut Vega, diberlakukannya jalur satu arah pada arus mudik dan balik Lebaran tahun ini menyebabkan peningkatan volume kendaraan yang melintasi jalur arteri di Jalan Raya Padalarang.

"Sementara tahun lalu, volume di jalur tersebut lebih sedikit lantaran banyak pengendara yang menggunakan jalan tol," kata dia.

 

Koordinasi dengan Kepolisian

Gerbang tol Ngemplak merupakan salah satu pintu ruas jalan tol Solo-Ngawi menuju Kota Solo.(Liputan6.com.Fajar Abrori)

Vega mengaku, untuk mengatur arus lalu lintas, pihaknya melakukan berbagai upaya berkoordinasi dengan kepolisian.

"Sejumlah petugas kami siagakan untuk memantau kondisi arus lalu lintas di Padalarang dengan mendirikan posko di sana. Selain itu, kami juga mendirikan posko di Lembang," tuturnya.

Vega menjelaskan, berbeda dengan Padalarang, arus lalu lintas yang melintasi wilayah Lembang justru menurun 3,58 persen dibandingkan dengan tahun lalu.

"Pada hari kedua Lebaran, jumlah kendaraan yang melintasi Lembang mencapai 89.129 unit," terang dia.

Vega menuturkan, pihaknya tetap melakukan pemantauan dan pengaturan lalu lintas di jalur wisata tersebut.

"Kendaraan yang melintasi Lembang memang tujuannya ke tempat-tempat wisata," ucap dia.

Vega menambahkan, volume lalu lintas pada H+4 Lebaran kemarin di kedua jalur tersebut (Lembang dan Padalarang) berangsur turun.

"Puncak arus balik sudah terlewati dan lalu lintas diperkirakan kembali normal mulai Senin, 10 Juni 2019 ini," tukas Vega.

 

Baca Berita Menarik dari Pikiran Rakyat di Sini.

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Punya Pipi Seperti Ini Dipercaya Pembawa Keberuntungan

Posted: 09 Jun 2019 10:00 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Bentuk dan gerak tubuh seseorang ternyata bisa mengungkap banyak hal mengenai kepribadian mereka.

Dalam tradisi membaca wajah di Tiongkok, atau disebut dengan ming xiang, ada beberapa ciri wajah yang dianggap memiliki keberuntungan. Salah satunya jika memiliki pipi tembam.

Banyak perempuan merasa benci jika punya pipi tembab. Tentu pipi tirus jadi idaman mereka. Namun ternyata, memiliki pipi tembam diklaim bisa membawa keberuntungan baik lo. 

 

 

Ini ternyata sama dengan hidung. Para perempuan mengidamkan punya hidung yang ramping, padahal konon katanya, bentuk hidung yang besar juga menandakan bahwa rejekinya akan besar.

Alis Juga Pembawa Keberuntungan

Alis menjadi salah satu yang sering menjadi sorotan banyak pasang mata. Karena setiap orang memiliki bentuk alis yang berbeda-beda. Nah, jika kamu memiliki bentuk alis yang seperti ini, bersyukurlah karena dianggap membawa keberuntungan di dalam hidup.

Alis tebal mengindikasikan bahwa seseorang tersebut aktif dan rajin bekerja. Orang beralis tebal juga percaya diri dan tegas. Dalam kepercayaan Tiongkok, alis yang tebal ini akan membawa keberuntungan sendiri karena pembawaannya bisa membuat orang-orang di sekitarnya merasa nyaman.

 

Reporter:

Ivana Okta

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

NASA Izinkan Ruang Angkasa Jadi Ladang Bisnis

Posted: 09 Jun 2019 10:00 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - NASA dikenal sebagai pihak yang anti terhadap komersialisasi ruang angkasa. Tapi baru-baru ini, agensi luar angkasa ini sudah mengijinkan komersialisasi Stasiun Luar Angkasa Internasional (ISS).

Nantinya, perusahaan swasta lain bisa menggunakan fasilitas stasiun untuk keperluan bisnis, misalnya penggunaan ruang angkasa sebagai latar film fiksi ilmiah.

Selain itu, NASA juga memanggil perusahaan swasta untuk menyumbangkan ide-ide segar buat pengembangan stasiun luar angkasa.

Dilansir dari The Verge, Senin (10/6/19), perusahaan swasta diijinkan untuk 'membeli' waktu dan ruang di ISS 'menyewa' astronot NASA untuk keperluan bisnis mereka, tentunya dengan harga dan waktu yang ditetapkan oleh NASA.

Perusahaan juga bisa membawa astronot mereka sendiri tapi biayanya bisa jauh lebih besar.

Sebelumnya, NASA dikenal 'membenci' komersialisasi ruang angkasa demi tujuan apapun, berbeda dengan Stasiun Luar Angkasa Mir milik Rusia yang lebih ramah bisnis. Hal ini tentu jadi pergerakan besar bagi agensi pemerintah ini.

Penampakan siang dan malam di Bumi dari antariksa. (NASA/Christina H Koch)

Habiskan Rp 56,8 Triliun Per Tahun Untuk ISS

Sebagai informasi, per tahunnya NASA harus mengeluarkan biaya hingga USD 4 miliar atau sekitar Rp 56,8 triliun untuk mengoperasikan ISS.

Dengan perubahan kendali seperti ini, diharapkan agensi dapat mendulang uang lebih banyak untuk menjalankan misi yang lebih ambisius lagi, seperti membangun stasiun luar angkasa baru di Bulan.

Sudah banyak ide-ide segar berdatangan untuk membantu komersialiasi ruang angkasa ini. Beberapa menyarankan membuat destinasi luar angkasa yang memungkinkan manusia untuk berlibur sekaligus mempelajari alam semesta.

Eksekutif NASA menyatakan, ini adalah awal dari kebijakan dan mereka sedang menunggu respon positif dari industri.

"Ini adalah awal bagi kami untuk secara aktif membuka dialog dengan industri, untuk mencari jalan bagaimana kita bisa membuka luar angkasa untuk aktivitas komersial dan bagaimana kita bisa meraup keuntungan darinya," ujar Bill Gerstenmaier, Associate Administrator NASA.

(Tik/Ysl)

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Dubes AS Sebut Israel Berhak Mencaplok Tepi Barat dari Palestina

Posted: 09 Jun 2019 10:00 PM PDT

Liputan6.com, Yerusalem - Israel memiliki hak untuk mencaplok setidaknya beberapa bagian, tetapi "tidak mungkin semua" wilayah Tepi Barat yang dipersengketakan dengan Palestina, kata Duta Besar Amerika Serikat untuk Israel, David Friedman dalam sebuah wawancara.

Komentar itu datang menjelang pengumuman proposal perdamaian Timur Tengah rumusan pemerintahan Presiden Donald Trump atau "Deal of the Century" yang diharapkan rilis pada akhir Juni 2019.

Friedman juga semakin menguatkan niat Perdana Menteri Benjamin Netanyahu yang telah berjanji untuk mulai mencaplok permukiman Yahudi di Tepi Barat, sebuah langkah yang akan melanggar hukum internasional dan bisa menjadi pukulan fatal bagi solusi dua negara atau Two-State Solution untuk konflik Israel - Palestina.

"Dalam keadaan tertentu," kata Friedman, "Saya pikir Israel memiliki hak untuk mempertahankan beberapa, tetapi tidak semua, dari Tepi Barat," jelasnya kepada The New York Times, dikutip dari The Guardian, Senin (10/6/2019).

Friedman menolak untuk mengatakan bagaimana Washington akan menanggapi pencaplokan, tetapi mengatakan:

"Kami benar-benar tidak memiliki pandangan sampai kita mengerti seberapa banyak, pada istilah apa, mengapa itu masuk akal, mengapa itu baik untuk Israel, mengapa itu baik untuk kawasan, mengapa tidak menciptakan lebih banyak masalah daripada menyelesaikannya."

"Ini semua adalah hal yang ingin kami pahami, dan saya tidak ingin berprasangka."

Banyak dunia menganggap permukiman Israel di Tepi Barat pasca Perang 1967 adalah ilegal dan akan menganggap pencaplokan sebagai kejahatan. Pengkritik Israel, termasuk sekelompok mantan pejabat militer dan keamanan nasional AS yang disegani, memperingatkan bahwa pencaplokan dapat menyebabkan kekerasan dan mengharuskan militer untuk menduduki wilayah perkotaan Palestina untuk pertama kalinya dalam beberapa dekade.

Friedman juga menyalahkan pemerintahan presiden AS sebelumnya, Barack Obama, yang ia sebut telah mempromosikan disetujuinya Resolusi Dewan Keamanan PBB 2334 Tahun 2016 --yang mengutuk permukiman Israel sebagai "pelanggaran mencolok" hukum internasional.

Resolusi itu, kata Friedman, memberikan kepercayaan kepada argumen Palestina "bahwa seluruh Tepi Barat dan Yerusalem Timur adalah milik mereka."

"(Tapi) tentu saja Israel berhak untuk mempertahankan sebagian dari itu," kata Friedman tentang Tepi Barat.

David Friedman, Duta Besar Amerika Serikat untuk Israel (AP)

David Friedman, yang merupakan mantan pengacara finansial Trump dan pendukung firma-firma Israel, adalah satu dari setidaknya tiga orang kepercayaan presiden dalam menyusun proposal 'the Deal', di samping Jared Kushner dan Jason Greenbllatt. Mereka tidak datang dengan pengalaman politik, tetapi telah berbagi minat dan koneksi yang lama dengan Israel.

Gedung Putih telah mengerjakan proposal untuk perdamaian antara Israel dan Palestina.

Belum diungkapkan detail proposal. Tapi, dalam sebuah wawancara dengan Axios pekan lalu, penasihat Gedung Putih Jared Kushner meragukan kemampuan Palestina untuk memerintah sendiri, serta mengindikasikan sikap AS yang tak meyakini Solusi Dua Negara dalam proposal mereka.

"Ada perbedaan antara keinginan para teknokrat dan ada perbedaan di antara keinginan orang-orang. Para teknokrat berfokus pada hal-hal yang sangat teknokratis dan ketika saya berbicara dengan orang-orang Palestina, yang mereka inginkan adalah kesempatan untuk menjalani kehidupan yang lebih baik," jawab Kushner.

Pejabat Palestina melihat rencana Gedung Putih sebagai bias terhadap mereka. Dalam pidato yang disiarkan di TV Palestina baru-baru ini, Presiden Otorita Palestina Mahmoud Abbas mengatakan bahwa "kesepakatan abad ini" dan KTT untuk Ekonomi Palestina di Bahrain yang berlangsung bulan ini "dapat pergi ke neraka."

Tujuan KTT Bahrain adalah untuk menggalang dukungan bagi komponen ekonomi dari rencana perdamaian pemerintah tanpa terhambat dalam isu-isu teritorial yang lebih kontroversial.

Abbas mengatakan para pejabat Palestina akan memboikot pertemuan puncak itu.

AS Tak Komitmen pada Solusi Dua Negara?

Alat berat bekerja di situs konstruksi di permukiman Yahudi di Tepi Barat (AP)

Ketidakmampuan Jared Kushner untuk secara eksplisit mengatakan apakah rencana perdamaiannya mencakup Solusi Dua Negara, akan semakin menguatkan persepsi di kalangan pejabat Ramallah bahwa rencana menantu Presiden Trump itu bias terhadap Israel.

Namun, persepsi itu sudah tertanam lama, lewat dukungan kuat administrasi Trump untuk Israel, yang telah ditunjukkannya dengan retorika dan dengan serangkaian langkah kebijakan kontroversial yang telah melemahkan kepentingan Palestina, meliputi: memindahkan kedutaan AS ke Yerusalem, mengakui kedaulatan Israel atas Dataran Tinggi Golan, dan memotong dana untuk badan PBB yang mendukung pengungsi Palestina (UNRWA).

Kushner menepis anggapan bahwa tindakan pemerintahan Trump telah menyebabkan ketidakpercayaan antara dia dan Palestina, dengan mengatakan dia "tidak di sini untuk percaya."

"Padahal kepercayaan tampaknya merupakan komponen yang sangat vital untuk mendapatkan dukungan untuk kesepakatan perdamaian apa pun," tulis Jen Kirby dari Vox.

Sekilas Solusi Dua Negara

Permukiman Israel di Tepi Barat (AFP Photo)

Solusi dua negara merupakan salah satu opsi solusi konflik Israel - Palestina yang menyerukan untuk dibuatnya "dua negara untuk dua warga."

Dengan solusi dua negara, Negara Palestina berdampingan dengan Israel, di sebelah barat Sungai Yordan. Perbatasan antarnegara masih dipersengketakan dengan pemimpin Palestina, dan negara Arab menginginkan "perbatasan pada tahun 1967", yang tidak disepakati oleh Israel.

Wilayah bekas Mandat atas Palestina tidak akan menjadi bagian dari Negara Palestina, dan akan menjadi bagian dari wilayah Israel.

Sejarah dari kerangka solusi telah tertulis dalam resolusi PBB mengenai "penyelesaian damai tentang masalah Palestina" yang ada sejak tahun 1974, PBB melaporkan, seperti dikutip dari The United Nations - Question of Palestine.

Resolusi tersebut menyerukan untuk "kedua negara, Israel dan Palestina ... hidup berdampingan dengan batas negara yang diakui" dengan "sebuah resolusi masalah sesuai dengan Resolusi PBB 194. Batas negara Palestina berdasarkan dengan batas negara sebelum tahun 1967".

Resolusi terbaru pada bulan November 2013 disahkan dengan suara 165-6, dengan 6 abstain, catat arsip Majelis Umum PBB. Negara yang menentang adalah Kanada, Israel, Amerika Serikat, Negara Federasi Mikronesia, Kepulauan Marshall dan Palau.

Palestina telah "menunjukkan niat yang serius" untuk solusi dua negara sejak pertengahan tahun 1970-an, dan pemimpin negara lainnya telah mendukung konsep sejak tahun 1982 KTT Arab di Fez, tulis Mark A Tessler dalam bukunya 'A History of the Israeli-Palestinian Conflict'.

Sudah banyak upaya diplomatik yang dilakukan untuk mewujudkan solusi dua negara, mulai dari Konferensi Madrid tahun 1991. Kemudian Perjanjian Oslo 1993 dan Pertemuan Camp David 2000 yang gagal, dan dilanjutkan dengan Pertemuan Taba di awal tahun 2001.

Pada tahun 2002, Liga Arab mengusulkan Prakarsa Perdamaian Arab. Prakarsa perdamaian terbaru adalah Pembahasan Perdamaian tahun 2013-2014 yang juga gagal.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

VIDEO: Amine Gulse, Ratu Kecantikan yang jadi Istri Mesut Ozil

Posted: 09 Jun 2019 10:00 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Amine Gulse mencuri perhatian publik usai menikah dengan Mesut Ozil. Wanita berdarah Swedia-Turki ini merupakan Miss Turki pada 2014.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Ke New Zealand, Syahrini Pakai Jaket Seharga Mobil

Posted: 09 Jun 2019 10:00 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Momen bulan madu sedang dinikmati Syahrini dan Reino Barack. Keduanya diketahui menghabiskan honeymoon di New Zealand.

Di sana, Syahrini dan Reino Barack mengunjungi destinasi wisata yang menarik. Salah satunya, area dengan salju tebal dan dingin.

Di akun instagram-nya, Syahrini sempat mengunggah fotonya saat berpose di samping helikopter. Mengenakan jaket hitam super tebal, Syahrini berpose manja di sela-sela momen liburan dan bulan madunya itu.

Tapi yang menarik perhatian bukanlah lokasi bulan madu yang dikunjungi Syahrini. Melainkan harga jaket tebal yang dipakainya.

 

 

 

Seharga Mobil

Syahrini mengenakan jaket dari brand terkenal asal Prancis, Chanel. Jaket tersebut dibandrol dengan harga Rp134 juta.

"@princessyahrini wearing @chanelofflcial " Coco Neige Coated Toile Parka IDR 134.415.000 from femalemag.com.sg," tulis akun @fashionsyahrini.

 

Reaksi Warganet

(Instagram/princessyahrini)

Mengetahui harga jaket Syahrini mencapai ratusan juta membuat warganet terkejut. Mereka pun menuliskan komentar kocak tentang mahalnya harga jaket Syahrini ini.

"Ya Allah seharga salah satu mobilku perbandingan ibaratkan buah melon sm biji ketumbar diriku rasanyaaah sm incess," vieovy85_titanium

"Busyeet eike kira harganya sekitaran 50jutaan eh ternyata .....," tulis akun @dilan_5971.

 

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Dinyatakan Sembuh, Romahurmuziy Kembali ke Bui KPK

Posted: 09 Jun 2019 09:59 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) mencabut pembantaran mantan Ketua Umum Partai Persatuan Pembangunan (Ketum PPP), M Romahurmuziy alias Rommy. Rommy kembali mendekam di Rutan KPK pada Minggu 9 Juni 2019, kemarin.

"Pembantaran RMY (Romi) dicabut dan kembali ke Rutan sore kemarin," ujar Juru Bicara KPK Febri Diansyah saat dikonfirmasi, Senin (10/6).

Pembantaran Romi dicabut lantaran pihak RS Polri menyatakan kondisi kesehatannya sudah lebih baik dari sebelumnya. KPK melanjutkan penahanan terhadap Romi selama 16 hari ke depan.

"Masa penahanan ini masih dalam rentang perpanjangan penahanan 40 hari yang telah dilakukan sebelumnya. Selama masa pembantaran, masa penahanan tidak dihitung," kata Febri.

Romi sendiri dibantarkan pada 31 Mei 2019 di RS Polri Kramat Jati lantaran mengeluh sakit.

Dalam kasus ini KPK menetapkan mantan Ketua Umum Partai Persatuan Pembangunan (PPP) Romahurmuziy alias Romi sebagai tersangka kasus dugaan suap pengisian jabatan di Kementerian Agama (Kemenag).

Romahurmuziy diduga menerima suap sebesar Rp 300 juta terkait seleksi jabatan di lingkungan Kemenag tahun 2018-2019.

Selain Romahurmuziy KPK juga menetapkan dua orang lainnya yakni, Kepala Kantor Kemenag Kabupaten Gresik, Muhammad Muafaq Wirahadi (MFQ) dan Kepala Kantor Wilayah Kemenag Provinsi Jawa Timur, Haris Hasanuddin (HRS). Keduanya diduga menyuap Romi agar mendapatkan jabatan di Kemenag.

 

Jejak Dugaan Korupsi Romi

Eks Ketua Umum PPP Romahurmuziy atau Romi menjalani pemeriksaan di KPK. (Liputan6.com/Fachrur Rozie)

KPK menemukan bahwa Romi tak hanya bermain pada proses jual beli jabatan di Kanwil Kemenag Jawa Timur. KPK mengaku menerima banyak laporan bahwa Romi bermain di banyak daerah di Tanah Air. KPK pun berjanji akan mendalami hal tersebut.

Dalam memainkan pengisian jabatan di Kemenag, Romi dibantu pihak internal Kemenag. KPK pun sudah mengantongi nama oknum tersebut. Hanya saja lembaga antirasuah masih menutup rapat siapa oknum tersebut.

KPK juga sudah menggeledah beberapa ruangan di Kemenag. Salah satunya ruangan Menteri Agama (Menag) Lukman Hakim Saifuddin. KPK menemukan uang Rp 180 juta dan USD 30 ribu saat menggeledah ruang kerja Lukman yang merupakan kader di partai yang dipimpin Romi.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

PNS Bolos Kerja, Menteri PANRB Bakal Sidak di Tiap Instansi

Posted: 09 Jun 2019 09:50 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (PANRB), Syafruddin menyatakan, akan melakukan sidak secara mendadak ke setiap Kementerian/Lembaga dan Instansi Pemerintah. 

Langkah ini dilakukannya guna mengecek absensi Aparatur Sipil Negara (ASN) atau PNS pada hari pertama kerja pasca libur Lebaran 2019.

Syafruddin menyebutkan, instansi pertama yang akan dikunjunginya yakni Badan Kepegawaian Negara (BKN).

"Yang pertama akan saya sidak adalah BKN, karena instansi ini mengabsen-absen orang. Kita akan sidak," ujar dia di Kantor Kementerian PANRB, Jakarta, Senin (10/6/2019).

Saat ditanya instansi atau Kementerian/Lembaga mana lagi yang akan disidaknya, Syafruddin masih merahasiakannya. Dia tak mau instansi tersebut bersiap dulu sebelum dikunjunginya. "Setelah itu saya pikirkan lagi sambil jalan," ungkapnya.

Adapun pada hari pertama kerja ini, ia menyebutkan, Kementerian PANRB memberi batas waktu kepada seluruh instansi pemerintah untuk mengecek absensi seluruh PNS-nya hingga pukul 15.00 WIB. 

"Di hari pertama ini, kita memberikan batas waktu kepada seluruh ASN untuk aktivitas di kantor masing-masing jam 3 sore. Untuk melaporkan seluruh instansi, kementerian/lembaga, kabupaten/kota yang total jumlahnya 543 instansi," ujar dia.

Dia pun yakin, seluruh data akan terkumpul tepat pada waktu yang telah ditentukan. "Ini batas waktunya semua masuk jam 3. Saya yakin semua masuk," sambungnya.

Pasca seluruh data masuk, Kementerian PANRB akan menganalisisnya pada Selasa esok hari, untuk kemudian hasil penilaian bakal diumumkan paling lambat 3 hari setelahnya.

"Analisis akan dilakukan besok. Proses rekapitulasi paling lama diusahakan 3 hari," ujar dia.

Hari Pertama Masuk Kerja, Menteri PANRB Pantau Kehadiran PNS

Ilustrasi Foto PNS.  (Liputan6.com/Yoppy Renato)

Sebelumnya, Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (PANRB) mengingatkan agar Aparatur Sipil Negara (ASN) atau PNS masuk kerja pasca cuti bersama libur Lebaran 2019 pada Senin, 10 Juni 2019.

Kepala Biro Hukum, Komunikasi, dan Informasi Publik Kementerian PANRB Mudzakir menegaskan, Menteri PANRB hari ini akan memantau secara langsung kehadiran PNS di Command Centre Kementerian PANRB.

"Menteri PANRB, Kepala Badan Kepegawaian Negara (BKN) dan pejabat terkait lainnya akan bersama-sama memantau kehadiran ASN melalui aplikasi http://sidina.menpan.go.id," ujar Mudzakir, Senin, 10 Juni 2019.

Mudzakir mengatakan, pada 27 Mei 2019 Menteri PANRB Syafruddin telah mengeluarkan surat Nomor B/26/M.SM.00.01/2019 tentang Laporan Hasil Pemantauan Kehadiran Aparatur Negara Sesudah Cuti Bersama Hari Raya Idul Fitri 1440 H. Surat tersebut ditujukan kepada para Pejabat Pembina Kepegawaian (PPK) Instansi Pusat dan Daerah.

Dalam surat itu, Kementerian PANRB mendorong para PPK dan Pejabat yang Berwenang (Pyb) di seluruh instansi pemerintah, untuk melakukan pemantauan kehadiran ASN seusai Cuti Bersama Hari Raya Idul Fitri 1440 H, yakni Senin 10 Juni 2019. Laporan Hasil Pemantauan Kehadiran diinput melalui aplikasi http://sidina.menpan.go.id.

Bagi PNS yang tidak masuk kerja tanpa disertai alasan yang sah, maka akan dijatuhi hukuman disiplin karena melakukan pelanggaran terhadap kewajiban Pasal 3 Angka 17 Peraturan Pemerintah Nomor 53 Tahun 2010 tentang Disiplin PNS.

Untuk penjatuhan hukuman disiplin kepada PNS dapat dilaporkan kepada Menteri PANRB serta ditembuskan kepada Kepala BKN paling lambat 10 Juli 2019. Apabila dalam proses pelaporan terdapat kesulitan, maka dapat dikirimkan melalui email asdep1.sdma@menpan.go.id.

 

Sanksi Bagi PNS

Pengurusan kenaikan pangkat dan pensiun secara online dapat dapat meminimlisir terjadinya praktek pungutan liar.

Beragam sanksi akan diterima PNS yang tidak masuk pada hari pertama masuk kerja. Sanksi tersebut akan diberikan oleh atasannya langsung.

"Atasan langsung dapat memberi hukdis (hukuman disiplin) sesuai dengan alasan yang diberikan yang bersangkutan," ungkap Ridwan.

Menurut dia, bagi instansi yang telah menerapkan tunjangan kinerja (tukin), maka sanksi yang diberikan kepada PNS yang bolos kerja dapat berupa pemotongan tukin. Untuk besarannya ditentukan oleh masing-masing instansi.

"Bagi yang sudah menerapkan tunjangan kinerja, maka tukinnya akan dipotong karena bolos. Di BKN, potongan sebesar 2 persen per hari jika tidak hadir tanpa alasan yang jelas. Bisa berbeda (besaran potongan tukin di setiap instansi) " ungkap dia.

Selain tukin yang dipotong, ada juga sanksi lain yang akan diterima oleh para PNS yang membolos. Hal tersebut mengacu pada pasal 13 butir 17 Peraturan Pemerintah (PP) Nomor 53 Tahun 2010 tentang Disiplin PNS.

"Potongan tukin mungkin tidak jadi soal. Yang bikin enggak enak yang hukuman disiplin yang akan diterapkan tergantung case-nya," tandas dia.

 

Selanjutnya

Ilustrasi PNS. www.pdk.or.id

Berdasarkan PP 53/2010, ada tiga kategori tingkat hukuman disiplin bagi para PNS yaitu hukuman disiplin ringan, hukuman disiplin sedang dan hukuman disiplin berat.

- Jenis hukuman disiplin ringan:

a. teguran lisan

b. teguran tertulis

c. pernyataan tidak puas secara tertulis.?

- Jenis hukuman disiplin sedang:

a. penundaan kenaikan gaji berkala selama 1 tahun

b. penundaan kenaikan pangkat selama 1 tahun

c. penurunan pangkat setingkat lebih rendah selama 1 tahun.

- Jenis hukuman disiplin berat:

a. penurunan pangkat setingkat lebih rendah selama 3 tahun

b. pemindahan dalam rangka penurunan jabatan setingkat lebih rendah

c. pembebasan dari jabatan

d. pemberhentian dengan hormat tidak atas permintaan sendiri sebagai PNS

e. pemberhentian tidak dengan hormat sebagai PNS.

 

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Wasekjen Demokrat Beber Motif di Balik Usulan Pembubaran Koalisi Jokowi-Ma'ruf

Posted: 09 Jun 2019 09:45 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Wakil Sekretaris Jenderal (Wasekjen) Partai Demokrat Rachlan Nashidik mengusulkan dua kubu koalisi Pilpres 2019 segera di bubarkan. Dia pun menegaskan usulnya itu tidak didasari kepentingan politik apapun.

"Apa yang saya sampaikan adalah proposal politik yang tidak didasari motif politik. Non politically motivated political proposal," kata Rachlan dalam keterangannya, Senin (10/6).

Rachlan menjelaskan usulnya itu hanya untuk meredakan tensi politik pasca hasil Pilpres 2019 diumumkan. Serta menghilangkan polarisasi tajam di kalangan masyarakat akar rumput.

"Polarisasi ini sewaktu-waktu bisa meledak menjadi konflik sosial," ungkapnya.

Selain itu, membubarkan koalisi dianggap Rachlan bisa membuat suasana antara elite politik semakin mencair. Tambahnya, selama ini para elite juga dinilai belum munculkan gagasan yang berarti untuk menghilangkan masalah di masyarakat.

"Tapi para pimpinan koalisi perlu segera datang dengan gagasan yang lebih baik untuk mengembalikan kedamaian dan menghentikan permusuhan di dalam masyarakat," ucapnya.

Sebelumnya, Wasekjen Partai Demokrat Rachlan Nashidik meminta capres nomor urut 02 Prabowo Subianto untuk segera membubarkan Koalisi Indonesia Adil Makmur. Alasannya, kata dia, gugatan hasil Pilpres 2019 ke Mahkamah Konstitusi (MK) sebagai persyaratan partai koalisi.

"Pak @prabowo, Pemilu udah usai. Gugatan ke MK adalah gugatan pasangan Capres. Tak terpilih peran Partai. Saya usul, kamu segera bubarkan Koalisi dalam pertemuan resmi yang terakhir," kata Rachlan dalam akun Twitter resminya, Minggu (9/6/2019).

 

 

Keberatan

Rachlan menilai partai pendukung Joko Widodo ( Jokowi)- Ma'ruf Amin paling keberatan jika koalisinya dibubarkan.

Sebab, kata dia, partai koalisi Jokowi-Ma'ruf sudah membayangkan akan mendapatkan kursi-kursi menteri saat Jokowi resmi menjabat sebagai presiden periode 2019-2024.

"Kelihatannya koalisi 01 yang paling keberatan. Mereka membayangkan Pak Jokowi sudah pasti jadi Presiden lagi, dan karena itu membayangkan sudah pasti mereka akan mendapat jatah kursi kabinet. Proposal saya dianggap akan mengurangi kepastian yang mereka bayangkan," kata Rachlan dalam keterangan tertulisnya, Senin (10/6).

Rachlan menilai pandangan mendapat kursi menteri sangatlah wajar. Namun, dia yakin meski koalisi dibubarkan Jokowi akan tetap ingat partai mana saja yang setia.

"Pak Jokowi pasti juga memiliki pandangan dan penilaian sendiri tentang siapa siapa dari partai koalisi 01 yang pantas dipilih oleh kuasa prerogatifnya di dalam sistem Presidensial," ungkapnya.

"Di samping itu, Pak Jokowi tentu juga memiliki kebutuhan politik objektif berupa besaran dukungan partai di DPR agar pemerintahannya stabil. Jadi, jangan terlalu kuatir, beliau pasti tak akan meninggalkan partai koalisi 01," sambungnya.

Meski begitu, Rachlan tidak mau ambil pusing jika sarannya dinilai memiliki motif politik. Baginya yang terpenting para pemimpin harus memikirkan kondisi bangsa.

"Sebagai pemimpin, mereka harus memikirkan keselamatan bangsa dari ancaman potensi konflik di antara sesama warga. Mustahil mereka tidak tahu atau tidak merasa bahwa ada polarisasi yang runcing di akar rumput yang menyimpan potensi benturan," ucapnya.

 

Reporter: Sania Mashabi

Saksikan video pilihan di bawah ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Amine Gulse, Wanita Cantik Penakluk Hati Mesut Ozil

Posted: 09 Jun 2019 09:45 PM PDT

Liputan6.com, Istanbul - Playmaker Arsenal, Mesut Ozil, resmi melangsungkan pernikahan dengan Amine Gulse setelah Hari Raya Idul Fitri 1440 H pada Rabu (5/6/2019). Amine tampil memesona dalam acara pernikahan tersebut.

Amine Gulse merupakan mantan miss Turki. Amine juga kerap tampil dalam opera sabun yang tayang di negaranya tersebut.

Sosok Amine Gulse pun tak kalah jadi sorotan. Dia cukup lama terjun ke dunia hiburan setelah menjuarai kontes kecantikan 2014 di Turki.

Dia mewakili Turki di ajang Miss World 2014. Dalam kontes kecantikan tersebut, Amine Gulse bertanding melawan 121 kontestan.

Selain berprofesi sebagai aktris, wanita berusia 26 tahun juga seorang model dan bintang iklan. Amine Gulse tergolong wanita yang sarat prestasi dan menyukai travelling ke seluruh dunia.

Tahun Lalu Tunangan

Presiden Turki Recep Tayyip Erdogan (kedua kanan) menghadiri pernikahan gelandang Arsenal asal Jerman, Mesut Ozil dan Amine Gulse di sebuah hotel mewah di Istanbul, Jumat (7/6/2019). Presiden Erdogan mendapat peran istimewa dengan menjadi pendamping Ozil. (TURKISH PRESIDENTIAL PRESS SERVICE/AFP)

Ozil dan Amine sudah berkencan sejak 2017 dan mengumumkan pertunangan pada Juni 2018. Acara pernikahan Ozil dengan Amine juga dihadiri Presiden Turki, Resep Tayyip Erdogan yang datang bersama sang istri, Emine.

Ozil mengonfirmasi pernikahannya di media sosial pada Kamis, 6 Juni 2019. Ozil mengatakan akan membiayai operasi 1.000 anak yang kurang beruntung sebagai tanda pernikahannya.

Istimewa

"Sebagai pesepak bola profesional, saya berada dalam posisi beruntung dan istimewa. Saya dan Amine akan membiayai operasi 1.000 anak yang membutuhkan," kata Ozil.

Saksikan video pilihan di bawah ini

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

FOTO: Suap PLTU Riau-1, KPK Periksa Dirut Pertamina Nicke Widyawati

Posted: 09 Jun 2019 09:45 PM PDT

Dirut Pertamina, Nicke Widyawati (hijab) menaiki tangga untuk menjalani pemeriksaan di Gedung KPK, Jakarta, Senin (10/6/2019). Nicke Widyawati diperiksa sebagai saksi untuk tersangka mantan Dirut PLN Sofyan Basir terkait kasus dugaan suap proyek pembangunan PLTU Riau-1. (merdeka.com/Dwi Narwoko)

Dirut Pertamina, Nicke Widyawati (hijab) menaiki tangga untuk menjalani pemeriksaan di Gedung KPK, Jakarta, Senin (10/6/2019). Nicke Widyawati diperiksa sebagai saksi untuk tersangka mantan Dirut PLN Sofyan Basir terkait kasus dugaan suap proyek pembangunan PLTU Riau-1. (merdeka.com/Dwi Narwoko)

Dirut Pertamina, Nicke Widyawati (kanan) berjalan akan menjalani pemeriksaan penyidik di Gedung KPK, Jakarta, Senin (10/06/2019). Nicke Widyawati diperiksa sebagai saksi untuk tersangka mantan Dirut PLN Sofyan Basir terkait kasus dugaan suap proyek pembangunan PLTU Riau-1. (merdeka.com/Dwi Narwoko)

Dirut Pertamina, Nicke Widyawati (kanan) berjalan akan menjalani pemeriksaan penyidik di Gedung KPK, Jakarta, Senin (10/06/2019). Nicke Widyawati diperiksa sebagai saksi untuk tersangka mantan Dirut PLN Sofyan Basir terkait kasus dugaan suap proyek pembangunan PLTU Riau-1. (merdeka.com/Dwi Narwoko)

Dirut Pertamina, Nicke Widyawati (hijab) menaiki tangga untuk menjalani pemeriksaan di Gedung KPK, Jakarta, Senin (10/6/2019). Nicke Widyawati diperiksa sebagai saksi untuk tersangka mantan Dirut PLN Sofyan Basir terkait kasus dugaan suap proyek pembangunan PLTU Riau-1. (merdeka.com/Dwi Narwoko)

Dirut Pertamina, Nicke Widyawati (hijab) menaiki tangga untuk menjalani pemeriksaan di Gedung KPK, Jakarta, Senin (10/6/2019). Nicke Widyawati diperiksa sebagai saksi untuk tersangka mantan Dirut PLN Sofyan Basir terkait kasus dugaan suap proyek pembangunan PLTU Riau-1. (merdeka.com/Dwi Narwoko)

Dirut Pertamina, Nicke Widyawati (kanan) berjalan akan menjalani pemeriksaan penyidik di Gedung KPK, Jakarta, Senin (10/06/2019). Nicke Widyawati diperiksa sebagai saksi untuk tersangka mantan Dirut PLN Sofyan Basir terkait kasus dugaan suap proyek pembangunan PLTU Riau-1. (merdeka.com/Dwi Narwoko)

Dirut Pertamina, Nicke Widyawati (kanan) berjalan akan menjalani pemeriksaan penyidik di Gedung KPK, Jakarta, Senin (10/06/2019). Nicke Widyawati diperiksa sebagai saksi untuk tersangka mantan Dirut PLN Sofyan Basir terkait kasus dugaan suap proyek pembangunan PLTU Riau-1. (merdeka.com/Dwi Narwoko)

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Menikah Lagi, Ini Ungkapan Bahagia Chris Pratt

Posted: 09 Jun 2019 09:40 PM PDT

Liputan6.com, Los Angeles - Sempat menduda, Chris Pratt akhirnya resmi menikah dengan Katherine Schwarzenegger, putri Schwarzenegger pada Sabtu (8/6/2019) waktu setempat. Kebahagiaan pun tak dapat disembunyikan aktor Jurassic World itu.

Membuka media sosialnya, Chris Pratt memamerkan momen bahagia setelah resmi menjadi suami Katherine Schwarzenegger. Melalui Instagram @prattprattpratt, Senin (10/6/2019), ia mengunggah foto dirinya dan Katherine jalan bergandengan saat berbusana pengantin.

Ungkapan bahagia diutarakan Chris Pratt dalam keterangan fotonya. Mantan suami Anna Faris itu menyebut bahwa hari pernikahannya dengan Katherine merupakan momen terbaik yang pernah ia alami. Chris juga mengaku terharu dengan suasana pernikahannya.

"Yesterday was the best day of our lives! We became husband and wife in front of God, our families and those we love. It was intimate, moving and emotional. We feel so blessed to begin this new chapter of our lives," tulis Chris Pratt.

Ucapan Terima Kasih

Chris Pratt dan Katherine Schwarzenegger. (Sumber: Instagram @prattprattpratt)

Selain itu, Chris Pratt tak hanya berterima kasih kepada keluarga dan teman-temannya. Ia juga merasa bersyukur bisa mendapatkan bantuan dari pihak yang merancang busana pengantin mereka.

"We are so thankful to our families and our friends who stood with us and grateful to Mr. Giorgio Armani who created a once in a lifetime dress for Katherine to wear and for me, the perfect suit. This morning we feel nothing but blessed," lanjutnya.

 

Upacara Tertutup

Momen manis Chris Pratt dengan kekasihnya Katherine Schwarzenegger. (Instagram/prattprattpratt)

Chris Pratt dan Katherine Schwarzenegger menikah dalam sebuah upacara yang sangat tertutup di Montecito, California. Menurut sebuah sumber, seluruh keluarga ikut foto bersama dengan Chris Pratt dan Katherine, termasuk orangtuanya, Maria Shriver dan Arnold Schwarzenegger.

Hadir juga sebagai tamu undangan Jack, putra Chris serta saudara-saudaranya Patrick, Christopher dan Christina.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Meraup Berkah dari Jasa Ganjal Ban di Jalur Mudik Selatan

Posted: 09 Jun 2019 09:39 PM PDT

Liputan6SCTV, Tasikmalaya - Jalur selatan Jawa Barat terkenal dengan tanjakan curam yang sangat sulit dilalui pengendara. Namun, kehadiran sejumlah pemuda yang menawarkan jasa pengganjal ban kendaraan, cukup membantu mobil yang tidak kuat menanjak.

Seperti ditayangkan Liputan6 SCTV, Senin (10/6/2019), tanjakan Gentong, Tasikmalaya, menjadi wilayah rawan yang harus dilalui pemudik jika memilih jalur selatan di Jawa Barat. Kondisi tanjakan curam serta jalanan yang sempit dan berkelok, menjadi tantangan para pengemudi.

Saat volume kendaraan meningkat di musim arus balik Lebaran, kemacetan tak terhindarkan. Jika sudah begini banyak kendaraan yang tidak kuat menanjak. Kehadiran para pemuda setempat yang membantu mengganjal kendaraan sangatlah membantu.

Meski mengancam jiwa, para pemuda tersebut dengan sukarela membantu para pengendara agar selamat melalui wilayah itu.

Berkat jasanya, para pengendara kerap memberikan sedikit upah. Dalam sehari mereka bisa membawa pulang uang hingga Rp 100 ribu. (Galuh Garmabrata)

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Penampakan Bus Disabilitas di Solo Khusus Pemudik Difabel

Posted: 09 Jun 2019 09:38 PM PDT

Liputan6SCTV, Solo - Puluhan pemudik kaum difabel asal Jawa Tengah memanfaatkan bus khusus untuk kembali ke daerah mereka masing-masing. 

Seperti ditayangkan Liputan6 SCTV, Senin (10/6/2019), selama arus mudik dan balik Lebaran, dua unit bus disabilitas yang dilengkapi berbagai sarana untuk kemudahan dan kenyamanan kaum difabel, juga disediakan secara gratis di Balai Besar Rehabilitasi Sosial Bina Daksa Profesor Dokter Soeharso, Surakarta.

Mulai dari tempat naik hidrolis untuk mengangkat pengguna kursi roda secara otomatis, hingga kasur untuk duduk atau tidur saat perjalanan. Tak hanya itu, jumlah penumpang pun dibatasi untuk penempatan kursi roda.

Untuk arus balik Lebaran tahun ini, total 35 kaum disabilitas asal Jawa Tengah memanfaatkan program mudik gratis tersebut.

Selain 19 pengguna kursi roda yang menggunakan dua bus khusus, 16 penyandang disabilitas lainnya juga diberangkatkan dengan satu unit mobil minibus. (Galuh Garmabrata)

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Bukan Barcelona, Antoine Griezmann Sepakat Gabung PSG?

Posted: 09 Jun 2019 09:35 PM PDT

Paris- Striker Timnas Prancis, Antoine Griezmann dikabarkan selangkah lagi akan bergabung dengan Paris Saint-Germain (PSG). Dia dikabarkan siap teken kontrak dengan klub asal Prancis tersebut.

Dilansir dari Sportbible Senin (10/6/2019), Griezmann sudah bertemu CEO PSG, Nasser Al-Khelaifi, untuk membahas transfernya ke Parc des Princes. 

Griezmann akan diplot menggantikan Edinson Cavani dalam starting XI PSG. Jika transfer Griezmann terealisasi, lini serang Les Parisiens akan diisi Neymar, Keylan Mbappe, dan Antoine Griezmann yang bisa menjadi momok menakutkan bagi pertahanan lawan.

Pemain berusia 28 tahun tersebut santer diberitakan akan pergi menuju Barcelona. Bahkan, dikabarkan Blaugrana siap membayar klausul pelepasannya sebesar 120 juta euro atau setara dengan Rp1,9 triliun.

Namun, Barcelona belakangan disebut tidak membutuhkan jasa Antoine Griezmann lantaran sejumlah pemain dan suporter Blaugrana menolak kedatangan mantan pemain Atletico Madrid itu.Ini pula yang membuat Griezmann alihkan pilihan ke PSG.

 

Tinggalkan Atletico

Seperti diketahui, Griezmann sudah memutuskan hengkang dari Atletico Madrid di akhir musim, kendati menandatangani kontrak baru dengan Los Rojiblancos pada musim panas lalu. Akan tetapi, hingga saat ini ia belum mengumumkan secara resmi ke mana akan berlabuh musim depan.

Sebelum hengkang, Griezmann berseragam Atletico Madrid sejak didatangkan dari Real Sociedad pada 2014. Sepanjang musim 2018-2019, Griezmann bermain sebanyak 48 laga dan berhasil mencetak 21 gol dan 10 assist di semua kompetisi.

Sumber: Sportbible

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Bangun KEK, Pemerintah akan Undang Dosen Asing Mengajar di Indonesia

Posted: 09 Jun 2019 09:35 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Pemerintah berencana mengembangkan sejumlah Kawasan Ekonomi Khusus (KEK) dalam rangka menarik lebih banyak investasi. Adapun saat ini telah ada sebanyak 12 KEK berbagai bidang tersebar di seluruh Indonesia.

Sekretaris Kementerian Koordinator Bidang Perekonomian Susiwijono Moegiarso mengatakan, pemerintah berencana membuat KEK dalam bidang jasa. KEK tersebut terdiri dari KEK pendidikan, KEK ekonomi kreatif dan KEK kesehatan.

"Nanti akan ada KEK jasa, seperti KEK kesehatan, KEK pendidikan dan KEK ekonomi kreatif," ujar Susiwijono saat ditemui di Kantor Kementerian Koordinator bidang Perekonomian, Jakarta, Senin (10/6/2016).

Susiwijono mencontohkan, KEK pendidikan nantinya akan mengundang dosen asing mengajar di Indonesia. Meski demikian, rencana ini masih dikaji agar sistem perpajakannya menarik bagi asing dan tidak merugikan bagi Indonesia.

" Misalnya KEK pendidikan, dosen asing bisa mengajar di Indonesia. Kita lihat penerapan pajak penghasilannya seperti apa," jelasnya.

Sementara itu terkait KEK kesehatan, pemerintah berencana membangun rumah sakit yang setara dengan milik negara tetangga agar masyarakat yang biasanya berobat keluar negeri bisa berobat di dalam negeri.

"Contoh lainnya KEK kesehatan, yang biasanya berobat ke luar negeri, kita bangun di sini rumah sakitnya. Jadi Investasinya disini," tandasnya.

 

Reporter: Anggun P. Situmorang

Sumber: Merdeka.com

Jokowi: KEK Pariwisata dan Sirkuit Mandalika Upaya Bangkitkan Ekonomi

Proyek pengembangan pesisir Mandalika yang diusulkan menjadi lokasi balapan MotoGP di Mandalika, selatan Lombok, 23 Februari 2019. Penantian Indonesia selama lebih dari 2 dekade untuk kembali menggelar balapan MotoGP akhirnya terealisasi. (ARSYAD ALI/AFP)

Presiden Joko Widodo (Jokowi) mengunjungi Kawasan Ekonomi Khusus (KEK) Pariwisata Mandalika di Lombok, Nusa Tenggara Barat (NTB), Jumat, 17 Mei 2019.

Jokowi meninjau KEK pariwisata yang menghadapi ke Samudera Hindia ini untuk memastikan pembangunan fasilitas dasar yang layak bagi sebuah kawasan pariwisata itu berjalan sesuai rencana. Jokowi menulis hal itu dalam akun media sosial instagram @Jokowi pada Sabtu, (19/5/2019).

"Bagaimana perkembangan pembangunan Kawasan Ekonomi Khusus Mandalika di Lombok, Nusa Tenggara Barat? Hari Jumat kemarin, saya mengunjungi KEK Pariwisata yang menghadap ke Samudera Hindia ini," tulis dia.

"Saya ingin memastikan pembangunan fasilitas dasar yang layak bagi sebuah kawasan pariwisata berjalan sebagaimana mestinya," tulis dia.

Jokowi menilai, perkembangan pembangunan KEK Pariwisata Mandalika bagus. Ini ditunjukkan dari tujuh pembangunan hotel yang sudah bisa disewa. Tiga hotel sedang dibangun.

"Fasilitas umum seperti toilet bagi wisatawan, air bersih, termasuk infrastruktur dasar lai seperti ketersediaan listrik dan pengolahan limbah juga sudah mulai dibangun," tulis dia.

 

 

 
 
 
View this post on Instagram

Bagaimana perkembangan pembangunan Kawasan Ekonomi Khusus Mandalika di Lombok, Nusa Tenggara Barat? Hari Jumat kemarin, saya mengunjungi KEK Pariwisata yang menghadap ke Samudera Hindia ini. Saya ingin memastikan pembangunan fasilitas dasar yang layak bagi sebuah kawasan pariwisata berjalan sebagaimana mestinya. Ternyata, perkembangannya bagus. Hotelnya sudah ada tujuh yang bisa disewa dan tiga yang sedang dibangun. Fasilitas umum seperti toilet bagi wisatawan, air bersih, termasuk infrastruktur dasar lain seperti ketersediaan listrik dan pengolahan limbah, juga sudah mulai dibangun. Saya juga ingin memastikan bahwa Mandalika siap untuk menggelar MotoGP 2021. Segala persiapan pembangunan fasilitas dan infrastruktur pendukung MotoGP 2021 harus segera dikerjakan. Bandar udaranya sudah ada, jalannya juga sudah ditetapkan. Saya berharap konstruksinya dibangun paling lambat Januari 2020. Pembangunan kawasan pariwisata Mandalika dan penyelenggaraan MotoGP ini adalah upaya kita untuk menggerakkan perekonomian wilayah sekitar.

A post shared by Joko Widodo (@jokowi) on 

Siap

Selain itu, Jokowi juga ingin memastikan Mandalika siap untuk menggelar MotoGP 2021. 

"Segala persiapan pembangunan fasilitas dan infrastruktur pendukung MotoGP 2021 harus segera dikerjakan. Bandar udaranya sudah ada, jalannya juga sudah ditetapkan. Saya berharap konstruksinya dibangung paling lambat Januari 2020," tulis dia.

Jokowi menambahkan, pembangunan kawasan pariwisata Mandalika dan penyelenggaraan MotoGP ini adalah upaya untuk menggerakkan perekonomian wilayah sekitar.

Unggahan Jokowi saat meninjau KEK Pariwisata Mandalika ini mendapatkan ribuan komentar mencapai 2.256 komentar hingga berita ini dibuat.

 Tonton Video Ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Indonesia Imbau Transisi Kekuasaan di Sudan Berjalan Damai

Posted: 09 Jun 2019 09:31 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Indonesia mengecam rangkaian tindakan kekerasan yang terjadi di Sudan yang mengakibatkan adanya korban jiwa dan luka-luka dalam rangkaian aksi di Sudan dalam beberapa hari terakhir.

"Pemerintah dan rakyat Indonesia menyampaikan duka cita yang mendalam kepada korban dan keluarga korban," lanjut pernyataan pemerintah RI, sebagaimana dikutip dari laman resmi Kementerian Luar Negeri RI, Senin (10/6/2019).

Indonesia mengharapkan seluruh pihak di Sudan untuk dapat menahan diri.

Pemerintah RI juga mengharapkan agar pihak militer dan keamanan dapat memberikan perlindungan menyeluruh terhadap rakyat sipil Sudan.

"Indonesia berharap agar proses transisi berjalan dengan damai dan dialog terus dikedepankan sesuai dengan keinginan dan harapan rakyat Sudan serta dengan tetap menghormati hukum humaniter internasional," lanjut Kemlu RI.

4 Orang Tewas pada Hari Pertama Pembangkangan Sipil di Sudan

Kerusuhan semakin membabi buta di ibu kota Sudan, Khartoum (AFP/Ashraf Shazly)

Setidaknya empat orang tewas ketika pasukan keamanan Sudan bergerak untuk meredam seruan kampanye pembangkangan sipil yang diluncurkan oleh demonstran pro-demokrasi pada Minggu 9 Juni 2019. Peristiwa itu menyebabkan jalan-jalan di ibukota Khartoum sebagian besar sepi.

Transportasi umum hampir tidak berfungsi dan sebagian besar bank komersial, perusahaan swasta, dan pasar tutup, meskipun beberapa bank pemerintah dan kantor layanan publik tetap buka.

Kelompok oposisi dan protes meminta para pekerja untuk tinggal di rumah setelah pasukan keamanan menyerbu sebuah kamp protes pada Senin 3 Juni 2019. Peristiwa itu menewaskan belasan orang dan memberikan pukulan terhadap harapan transisi damai setelah penggulingan Presiden Omar Hassan al-Bashir pada April 2019.

Para demonstran pro-demokrasi telah berkampanye selama berminggu-minggu untuk menekan Dewan Militer Transisi (TMC) Sudan yang berkuasa untuk menyerahkan kekuasaan kepada pemerintah yang dipimpin sipil.

Pada Minggu 9 Juni 2019, pengunjuk rasa mengumpulkan ban, batang pohon dan batu untuk membangun penghalang jalan baru di distrik Bahari utara Khartoum, kata seorang saksi mata yang anonim kepada AFP. Tetapi, polisi anti huru hara dengan cepat masuk dan menembakkan gas air mata untuk membubarkan kerumunan massa.

Dua orang tewas setelah dipukuli dan ditikam dan dua orang ditembak mati, kata Komite Sentral Dokter Sudan (CCSD), yang juga menyalahkan kelompok paramiliter sebagai biang keladi.

Simak video pilihan berikut:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Bikin Merinding, Bocah Ini Bermain Di Atas Ketinggian Gedung

Posted: 09 Jun 2019 09:30 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Bagi sebagian orang, fobia ketinggian bisa menjadi sebuah ketakutan tersendiri. Perasaan seperti akan jatuh, kaki ngilu, dan pemandangan di bawah yang jaraknya sangat jauh cukup membut bergidik.

Namunberbeda bagi orang yang sama sekali tidak takut ketinggian. Mungkin berjalan-jalan di atas ketinggian akan menjadi sebuah pengalaman yang mendebarkan sekaligus menantang.

Seperti yang dilakukan oleh seorang bocah dalam sebuah video yang dibagikan oleh akun Twitter @HistoriDunia pada, Sabtu (8/6/2019). Video ini sontak saja menjadi perbincangan hangat oleh netizen karena melihat keberanian sang bocah.

Berikut ulasan mengenai bocah yang bermain di atas ketinggian seperti Liputan6.com kutip dari @HistoriDunia, Senin (10/6/2019).

Anak kecil bermain di atas ketinggian

 

Dalam sebuah video yang diunggah oleh akun media sosial Twitter @HistoriDunia pada Sabtu (8/6/2019), terlihat bahwa anak kecil tersebut sedang bermain di atas ketinggian gedung.

Awalnya, video ini memperlihatkan keberanian seorang bocah perempuan bermain di atas gedung dengan ketinggian yang sukses membuat merinding. Namun rupanya, setelah dilihat lagi video tersebut, ternyata bocah itu sedang berada pada sebuah jembatan kaca yang berada China.

Diketahui memang di China tersebut memiliki beberapa jembatan kaca yang berada di atas pegunungan yang dijadikan sebuah wisata. Namun tetap saja, melihat aksi bocah tersebut pada awal video membuat netizen kaget.

Tanggapan Netizen

Banyak dari netizen yang telah menyaksikan video yang diunggah oleh @HistoriDunia ini merasa kaget dan merinding ketika video tersebut belum diputar. Namun setelah menonton beberapa saat akhirnya lega, ternyata bocah ini tidak jatuh dan sedang bermain di sebuah jembatan kaca.

"Untunglah ternyata cuma kaca,,duh sampai lemes nih dengkul kirain itu anak mau terjun bebas," ungkap @riski_silvian.

"Yaa ampun kirain beneran salah langkah, kaget nya," ungkap @Novitasari02_am.

"Gilaaa gue bisa nangis teriak2 kyknya pas ngelangkah kesitu," ungkap @ayucndra.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

FOTO: Usai Libur Lebaran, PNS DKI Jakarta Langsung Aktif Bekerja

Posted: 09 Jun 2019 09:30 PM PDT

Sejumlah Pegawai Negeri Sipil (PNS) Pemprov DKI Jakarta berakitivitas di Balaikota, Jakarta, Senin (10/6/2019). PNS kembali berdinas di masing-masing instansinya pada hari pertama kerja usai libur nasional dan cuti bersama Hari Raya Idul Fitri 1440 H. (Liputan6.com/Faizal Fanani)

Sejumlah Pegawai Negeri Sipil (PNS) Pemprov DKI Jakarta berakitivitas di Balaikota, Jakarta, Senin (10/6/2019). PNS kembali berdinas di masing-masing instansinya pada hari pertama kerja usai libur nasional dan cuti bersama Hari Raya Idul Fitri 1440 H. (Liputan6.com/Faizal Fanani)

Sejumlah Pegawai Negeri Sipil (PNS) Pemprov DKI Jakarta berakitivitas di Balaikota, Jakarta, Senin (10/6/2019). PNS kembali berdinas di masing-masing instansinya pada hari pertama kerja usai libur nasional dan cuti bersama Hari Raya Idul Fitri 1440 H. (Liputan6.com/Faizal Fanani)

Sejumlah Pegawai Negeri Sipil (PNS) Pemprov DKI Jakarta berakitivitas di Balaikota, Jakarta, Senin (10/6/2019). PNS kembali berdinas di masing-masing instansinya pada hari pertama kerja usai libur nasional dan cuti bersama Hari Raya Idul Fitri 1440 H. (Liputan6.com/Faizal Fanani)

Sejumlah Pegawai Negeri Sipil (PNS) Pemprov DKI Jakarta melakukan tugas dinasnya di Balaikota, Jakarta, Senin (10/6/2019). PNS kembali berdinas di masing-masing instansinya pada hari pertama kerja usai libur nasional dan cuti bersama Hari Raya Idul Fitri 1440 H. (Liputan6.com/Faizal Fanani)

Sejumlah Pegawai Negeri Sipil (PNS) Pemprov DKI Jakarta melakukan tugas dinasnya di Balaikota, Jakarta, Senin (10/6/2019). PNS kembali berdinas di masing-masing instansinya pada hari pertama kerja usai libur nasional dan cuti bersama Hari Raya Idul Fitri 1440 H. (Liputan6.com/Faizal Fanani)

Sejumlah Pegawai Negeri Sipil (PNS) Pemprov DKI Jakarta melakukan tugas dinasnya di Balaikota, Jakarta, Senin (10/6/2019). PNS kembali berdinas di masing-masing instansinya pada hari pertama kerja usai libur nasional dan cuti bersama Hari Raya Idul Fitri 1440 H. (Liputan6.com/Faizal Fanani)

Sejumlah Pegawai Negeri Sipil (PNS) Pemprov DKI Jakarta melakukan tugas dinasnya di Balaikota, Jakarta, Senin (10/6/2019). PNS kembali berdinas di masing-masing instansinya pada hari pertama kerja usai libur nasional dan cuti bersama Hari Raya Idul Fitri 1440 H. (Liputan6.com/Faizal Fanani)

Sejumlah Pegawai Negeri Sipil (PNS) Pemprov DKI Jakarta berakitivitas di Balaikota, Jakarta, Senin (10/6/2019). PNS kembali berdinas di masing-masing instansinya pada hari pertama kerja usai libur nasional dan cuti bersama Hari Raya Idul Fitri 1440 H. (Liputan6.com/Faizal Fanani)

Sejumlah Pegawai Negeri Sipil (PNS) Pemprov DKI Jakarta berakitivitas di Balaikota, Jakarta, Senin (10/6/2019). PNS kembali berdinas di masing-masing instansinya pada hari pertama kerja usai libur nasional dan cuti bersama Hari Raya Idul Fitri 1440 H. (Liputan6.com/Faizal Fanani)

Sejumlah Pegawai Negeri Sipil (PNS) Pemprov DKI Jakarta melakukan tugas dinasnya di Balaikota, Jakarta, Senin (10/6/2019). PNS kembali berdinas di masing-masing instansinya pada hari pertama kerja usai libur nasional dan cuti bersama Hari Raya Idul Fitri 1440 H. (Liputan6.com/Faizal Fanani)

Sejumlah Pegawai Negeri Sipil (PNS) Pemprov DKI Jakarta melakukan tugas dinasnya di Balaikota, Jakarta, Senin (10/6/2019). PNS kembali berdinas di masing-masing instansinya pada hari pertama kerja usai libur nasional dan cuti bersama Hari Raya Idul Fitri 1440 H. (Liputan6.com/Faizal Fanani)

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

VIDEO: Kota Ini Larang Wisatawan Makan sambil Berjalan

Posted: 09 Jun 2019 09:30 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Sebuah kota di Jepang, mengeluarkan peraturan yang meminta pengunjung tidak makan sambil jalan. Pelarangan ini terjadi karena sampah kemasan dan sisa makanan yang dibuang tidak pada tempatnya.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Foto Telanjang Dada Anjasmara Banyak Disukai Cowok

Posted: 09 Jun 2019 09:30 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Aktor senior Anjasmara kembali membuat heboh. Foto telanjang dada yang diunggahnya sukses membuat gaduh jagat maya. Dalam unggahan tersebut, terlihat Anjasmara tengah berdiri di dekat jendela sambil bertelanjang dada.

Ia hanya mengenakan handuk putih yang menutup bagian bawah tubuhnya. Sembari menutup satu mata, Anjasmara menyunggingkan senyumnya ke arah kamera. Rupanya foto itu memang sengaja diambil oleh sang istri, Dian Nitami, di kamar Hotel Paviliun Kuala Lumpur, Malaysia.

Meski tampak biasa saja, namun foto itu rupanya langsung ramai dibicarakan. Bukan karena pose yang salah dari Anjasmara, melainkan karena foto ini malah mengundang banyak komentar dari sesama lelaki.

Di antara banyaknya komentar wanita yang mengagumi bentuk tubuh kekar Anjasmara di usia 43 tahun, justru foto ini direspons oleh kaum Adam. Tak sedikit lelaki yang terang-terangan menyukai tubuh Anjasmara.

Respons Anjasmara

Menyadari fotonya bikin heboh warganet, Anjasmara pun bereaksi. Ia sengaja menutup kolom komentarnya, supaya tidak lagi ada ucapan miring yang dialamatkan kepadanya.

Sebenarnya hal ini telah diingatkan oleh Dian Nitami sebelum Anjasmara mengunggah foto tersebut, seperti yang dia tulis dalam keterangan foto. "Good Morning. My wife said please turn off the comment when you post this photo ☺☺Photo by my lovely wife @bu_deedee. If you don't like my post . Fell free to unfollow 😊🙏🏻" tulis Anjasmara.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

EA Sports Resmi Umumkan FIFA 20, Hadir dengan Fitur Sepak Bola Jalanan

Posted: 09 Jun 2019 09:30 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - EA Sports akhirnya mengumumkan kehadiran gim sepak bola terbarunya, yakni FIFA 20. Gim anyar ini dipastikan hadir dengan sejumlah pembaruan fitur dan gameplay.

Dikutip dari Tech Radar, Senin (9/6/2019), salah satu fitur anyar yang diperkenalkan di FIFA 20 adalah Volta Mode. Modus ini sebenarnya mengusung gaya permainan mirip dengan FIFA Street yang rilis pertama kali pada 2005.

Oleh sebab itu, modus ini memungkinkan pemain bertanding dalam lapangan kecil, mulai dari jalanan hingga lapangan futsal di seluruh dunia.

Pemain dapat bermain dalam beberapa pertandingan mulai dari tiga lawan tiga, empat lawan empat, hingga pertandingan futsal profesional.

Sementara itu dari sisi gameplay, FIFA 20 hadir dengan authentic game flow hingga ball physic system yang ditingkatkan. Jadi, pemain dipastikan dapat merasakan permainan lebih baik.

Namun, informasi dari kisah Alex Hunter dalam modus The Journey belum banyak diungkap. Karenanya, menarik menunggu pengumuman lebih lanjut dari EA Sports.

Adapun gim ini akan mulai meluncur pada 27 September 2019 dan EA pun sudah membuka keran pre-order mulai sekarang. FIFA 20 akan tersedia PlayStation 4, Xbox One, dan PC.

Apex Legends Bakal Sambangi Perangkat Mobile

Apex Legends. (Doc: EA)

Sebelumnya, EA juga dilaporkan ingin membawa gim Apex Legends ke perangkat mobile. Informasi ini pertama kali diketahui dari laporan keuanganan tahunan beberapa waktu lalu. 

Dikutip dari Polygon, Jumat (10/5/2019), EA tidak hanya berencana membawa gim ke mobile, tapi juga pasar Tiongkok.

"Kami sedang dalam tahap negosiasi tingkat lanjut untuk membawa Apex Legends ke Tiongkok dan mobile, kami akan memberikan informasi lebih lanjut usai negosiasi selesai," tulis EA dalam laporannya.

Melalui laporan itu pula diketahui Apex Legends merupakan salah satu produk yang berhasil membawa nilai positif bagi EA.

Menurut publisher asal Amerika Serikat tersebut, Apex Legends dengan mudah menjadi franchise dengan pertumbuhan paling cepat untuk perusahaan.

Oleh sebab itu, EA berencana untuk membangun layanan yang lebih baik untuk para pemain. Kendati demikian, Respawn Entertainment selaku pengembang masih enggan berbicara mengenai update yang akan digulirkan.

Keputusan untuk membawa Apex Legends ke perangkat mobile memang tidak mengagetkan. Sebab, sejumlah gim battle royale lain kini mulai merambah perangkat mobile dan menuai kesuksesan, seperti PUBG dan Fortnite.

Oleh sebab itu, menarik untuk menunggu langkah EA dalam memboyong Apex Legends ke perangkat mobile. Terlebih, Respawn sendiri telah berhasil mengadopsi gim dari franchise Titanfall ke perangkat mobile.

Kian Populer, Apex Legends Siap Dipertandingkan untuk Esports

Apex Legends. (Doc: Digital Trends)

Kepopuleran Apex Legends harus diakui tengah meroket. Berdasarkan laporan terakhir, sudah ada 50 juta pemain yang mendaftar gim ini di bulan pertama kehadirannya.

Menyusul kepopulerannya, dikutip dari The Verge, Selasa (12/3/2019), gim ini dilaporkan siap menjangkau ranah esports. Alasannya, sejumlah tim esports dilaporkan sudah membentuk tim Apex Legends.

Beberapa tim diketahui sudah membentuk tim Apex Legends adalah TSM, 100 Thieves, Gen.G, dan NRG. Hal lain yang mengagetkan adalah ada divisi dari Team Liquid yang beralih dari Call of Duty ke Apex Legends.

Keputusan untuk pindah ke Apex Legends, menurut Team Liquid, disebabkan tidak adanya kompetisi Call of Duty: Blackout yang digelar.

Perlu diketahui, kebanyakan tim yang beralih ke Apex Legends memang berasal dari gim lain.

Sekadar informasi, Respawn selaku pengembang Apex Legends memang pernah mengungkapkan rencananya untuk mendukung gim ini sebagai esports. Kendati demikian, tidak banyak informasi detail terkait hal tersebut.

Meski belum detail, pertumbuhan Apex Legends sebagai gim yang masuk dalam kategori esports memang tidak dapat lepas dari peran pengembang dan kompetisi yang digelar.

Alasannya seperti Fortnite, gim ini sebelumnya tidak memiliki pemain profesional, tapi dengan adanya kompetisi resmi, pemain pro untuk gim ini mulai bermunculan.

(Dam/Ysl)

Saksikan Video Pilihan Berikut Ini: 

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

VIDEO: Janda Cantik Pacar Baru James Rodriguez

Posted: 09 Jun 2019 09:22 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Belum lama James Rodriguez pamer foto kemesraan bersama pacar baru. Wanita tersebut bernama Shannon de Lima.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Anies Soal Hari Pertama Kerja Usai Lebaran: 99,7 Persen Pegawai Tertib

Posted: 09 Jun 2019 09:22 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan mengatakan sebanyak 185 dari 66.087 orang pegawai negeri sipil (PNS) DKI Jakarta tak hadir tepat waktu di hari pertama kerja usai libur Lebaran 2019. Sehingga hanya sebesar 0,27 persen yang tidak tertib.

"Nah, 99,7 persen dari pegawai DKI tertib masuk kerja sesuai dengan jadwlnya," kata Anies di Balai Kota Jakarta, Senin (10/6/2019).

Mantan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan itu menyatakan, pegawai yang tidak tertib akan mendapatkan sanksi sesuai dengan ketentuan. Yakni berdasarkan Peraturan Pemerintah (PP) Nomor 53 Tahun 2010 tentang Disiplin PNS.

Selain itu, Anies juga mengapresiasi untuk pegawai Pemprov DKI Jakarta yang tetap bekerja selama libur Lebaran.

"Khususnya bidang kesehatan, bidang kebersihan, keamanan, kebakaran dan semua bidang lain yang semuanya tidak mengikuti libur atau cuti brsama karena mereka bertugas. Apresiasi kepada mereka semua," ujar Anies Baswedan.

Sementara itu, Menteri Dalam Negeri Tjahjo Kumolo kembali mengingatkan sanksi atau hukuman bagi Apartur Sipil Negara atau ASN yang tidak masuk tanpa keterangan hari ini. Bila mana hal tersebut tidak diindahkan, maka bersiap menerima sanksi tambahan berupa skorsing tiga hari terhitung hari ini, Senin 10 Juni 2019.

"Sebagaimana instruksi dari Surat Keputusan Menpan RB, bahwa seluruh Pengawai Negeri Sipil wajib hadir setelah libur panjang, yaitu dimulai dengan apel pagi 10 Juni 2019," ucap Tjahjo dalam apel pagi di Kemendagri, Jakarta Pusat, hari ini.

 

Dicatat

Menteri Dalam Negeri (Mendagri) Tjahjo Kumolo (Liputan6.com/Dian Kurniawan)

Tjahjo meminta kepada pada Eselon I dan II untuk mencatat staf-stafnya yang tidak masuk hari ini.

"Oleh karenanya untuk eselon I dan eselon II, usai upacara ini mencatat kembali seluruh staf dan di bawahnya, siapa-siapa yang belum hadir pada upacara pagi ini. Kecuali ada izin sakit atau ada keperluan keluarga yang memang tidak bisa ditinggalkan," jelas Tjahjo.

Dia meminta bagi yang tidak masuk tanpa keterangan, langsung diberikan surat peringatan resmi yang langsung ditandatangani Sekretaris Jenderal Kemendagri. Bukan hanya itu saja, politikus senior PDIP ini juga menambahkan hukuman bagi PNS yang tak masuk, untuk tak perlu masuk 3 hari.

"Bagi yang tidak hadir diberikan peringatan resmi secara tertulis oleh Sekjen. Dan diberi tambahan tidak masuk kerja selama 3 hari. Karena dianggap selama 12 hari kurang (liburnya) maka diberi tambahan selama 3 hari dan peringatan resmi oleh Sekjen," Tjahjo memungkasi.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Persiapan Minim Jadi Alasan Timnas Indonesia U-23 Gagal Bersaing Juara di Merlion Cup 2019

Posted: 09 Jun 2019 09:20 PM PDT

Jakarta Timnas Indonesia U-23 punya alasan mengapa hanya finis di peringkat ketiga dari empat peserta Merlion Cup 2019. Pelatih Indra Sjafri menyebut persiapan Witan Sulaeman dkk sangat minim sebelum mengarungi turnamen mini bersama sesama negara Asia Tenggara itu.

Langsung berjumpa Thailand U-23 pada partai pertama (7/6/2019), Timnas Indonesia U-23 takluk 1-2 sebelum membantai Filipina U-23 dengan skor 5-0 pada perebutan tempat ketiga (9/6/2019). 

Sedari awal, Indra Sjafri memang tak menargetkan untuk menjadi juara. Mengingat, skuat berjulukan Garuda Muda ini hanya punya persiapan singkat yang berlangsung di Bulan Ramadan.

Sebelum mentas di Merlion Cup 2019, Timnas Indonesia U-23 memulai latihan di Yogyakarta pada 29 Mei hingga 3 Juni 2019. Pada 5 Juni atau Lebaran hari pertama, Garuda Muda meluncur ke Singapura.

"Kami punya tantangan besar mengikuti turnamen ini. Persiapan hanya beberapa hari saat Bulan Puasa," ujar Indra Sjafri.

"Ditambah lagi, meninggalkan keluarga di Hari Raya Idulfitri 1440 Hijriyah membuat ada keterbatasan dalam persiapan. Tapi, kami menikmati proses dalam tim," katanya.

Ketika timnya berpesta gol ke gawang Filipina U-23, Indra Sjafri layak tersenyum. Apalagi, tiga dari lima gol Timnas Indonesia U-23 disumbangkan Muhammad Rafly, seorang gelandang yang pada turnamen ini dicobanya menjadi tukang gedor.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

BPS Catat Inflasi Mei 2019 Sebesar 0,68 Persen

Posted: 09 Jun 2019 09:20 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Badan Pusat Statistik (BPS) mencatat inflasi selama bulan Mei sebesar 0,68 persen.

Kepala BPS, Suhariyanto menyebutkan inflasi 0,68 persen tersebut secara tahun kalender Januari - Mei adalah sebesar 1,48 persen.

"Sementara inflasi tahun ke tahun adalah 3,32 persen," kata dia di kantornya, Senin (10/6).

Dia menegaskan, inflasi pada bulan Mei dimana pada waktu tersebut adalah momen Ramadan dan Idul Fitri termasuk kategori terkendali.

"Target yang dipasang oleh pemerintah adalah 3,5 persen, dengan memperhatikan target ini saya akan simpulkan bahwa inflasi Mei 2019 terkendali," tegasnya.

Dia mengungkapkan, dari 82 kota yang dilakukan pemantauan 81 diantaranya mengalami inflasi. Hanya satu kota yang mengalami deflasi, yaitu Merauke.

"Dari 82 kota yang kita pantau, 81 kota mengalami inflasi, bisa dipahami karena ini bulan Ramadan. Hanya satu kota yang mengalami deflasi yaitu di Merauke. Merauke deflasi karena penurunan harga berbagai komoditas sayuran dan beras," tutupnya.

 

Reporter: Yayu Agustini Rahayu

Sumber: Merdeka.com

Ekonom Prediksi Inflasi 0,54 Persen pada Mei 2019

Pembeli membeli daging ayam di pasar, Jakarta, Jumat (6/10). Dari data BPS inflasi pada September 2017 sebesar 0,13 persen. Angka tersebut mengalami kenaikan signifikan karena sebelumnya di Agustus 2017 deflasi 0,07 persen. (Liputan6.com/Angga Yuniar)

nflasi Mei 2019 diperkirakan mencapai 0,54 persen month on month (MoM) atau 3,17 persen YoY. Inflasi tersebut didorong kenaikan inflasi sejumlah harga pangan.

Ekonom PT Bank Permata Tbk, Josua Pardede menuturkan, kenaikan inflasi kelompok pangan seperti daging ayam, bawang putih, cabai merah dan telur ayam dipengaruhi oleh kenaikan permintaan menjelang Lebaran meskipun terdapat beberapa harga komoditas yang cenderung turun yaitu beras dan bawnag merah.

Ia menilai, inflasi pangan cenderung terkendali seiring penguatan koordinasi pengendalian harga oleh Tim Pengendalian Inflasi Pusat dan Tim Pengendalian Inflasi Daerah (TPID).

"Inflasi Mei 2019 diperkirakan mencapai 0,54 persen MoM atau 3,17 persen YoY," ujar dia saat dihubungi Liputan6.com, Senin (10/6/2019).

Selain kelompok bahan pangan, inflasi Mei 2019 juga dipengaruhi kenaikan inflasi kelompok transportasi seiring dengan kenaikan tarif pesawat sejalan dengan kenaikan permintaan konsumen dalam rangka mudik Lebaran.

"Meski pun inflasi cenderung meningkat pada Mei dan Juni, namun inflasi akan cenderung kembali normal pada kuartal III 2019 seiring kembali normalnya harga pangan dan tarif transportasi. Dengan demikian hingga akhir tahun, inflasi diperkirakan berkisar 3-3,5 persen YoY sesuai dengan target inflasi Bank Indonesia," tutur dia.

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Tancap Gas Menuju Debut Solo, Kang Daniel Bikin Agensi Sendiri

Posted: 09 Jun 2019 09:20 PM PDT

Liputan6.com, Seoul - Sejak memenangkan sengketa kontrak dengan LM Entertainment, Kang Daniel rupanya langsung sibuk menggodok rencana untuk debut solo. Namun bukannya bergabung dengan perusahaan yang telah ada, mantan center Wanna One ini memilih untuk mendirikan agensi sendiri.

Dilansir dari Soompi, Senin (10/6/2019), Kang Daniel mendirikan agensi Konnect yang khusus untuk mengelola aktivitas pelantun "Kangaroo" ini.

Nama agensi yang berkantor di Gangnam ini, berasal dari kata "Korea" dan "connect", yang berarti Kang Daniel berencana untuk menghubungkan Korea dengan dunia, lewat aktivitasnya di dunia hiburan.

Segera setelah berita pembentukan agensi Kang Daniel ini terkuak, kata kunci "CEO Kang" menjadi trending topic, termasuk di Indonesia.

Debut Juli?

Kang Daniel Wanna One (Naver/ davichi)

Perwakilan Konnect mengatakan keputusan ini diambil demi mendukung karier Kang Daniel dalam jangka panjang.

"Keputusannya [Kang Daniel] ini juga dipengaruhi keinginannya untuk kembali secepatnya kepada penggemar, yang telah menunggunya sejak lama. Agensi-satu-artis bisa fokus sekaligus efektif dalam bekerja, dan merupakan pilihan terbaik untuk membantunya promosi secepatnya," tutur sumber tersebut.

Sebelumnya, muncul kabar bahwa debu solo Kang Daniel akan dilakukan pada Juli mendatang. Namun, perwakilan Konnect mengatakan bahwa keputusan ini belum dikonfirmasi.

Instagram Live

Kang Daniel (Twitter/ Official_KDN_)

Sementara itu, sehari sebelum pengumuman terbentuknya agensi ini, Kang Daniel melakukan Instagram Live lewat akun pribadinya. Ini adalah pertama kalinya Kang Daniel menyapa penggemar secara langsung, sejak berseteru dengan LM Entertainment.

Dalam kesempatan ini, Kang Daniel mengatakan ia sedang memproduksi musiknya. "Untuk ini, aku ikut berpartisipasi baik dalam menulis lagu dan membuat musiknya. Dan aku terus berpikir tentang menyampaikan musik dan pesan yang lebih baik kepada kalian," tuturnya.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Soal Usulan Demokrat, Tjahjo: Rekonsiliasi Sudah Berjalan Saat Momen Lebaran

Posted: 09 Jun 2019 09:18 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Menteri Dalam Negeri Tjahjo Kumolo tidak sependapat dengan usulan Partai Demokrat. Dimana partai yang dipimpin Susilo Bambang Yudhoyono itu menyarankan koalisi partai politik di kubu Jokowi maupun Prabowo dibubarkan untuk menciptakan kestabilan politik.

Tjahjo mengatakan, stabilitas politik dalam negeri usai Pileg dan Pilpres sudah terkendali. Sehingga upaya pembubaran koalisi dengan dasar untuk menciptakan kestabilan politik tidak perlu dilakukan.

"Baik pusat dan daerah termasuk di dalamnya partai politik, termasuk di dalamnya elemen-elemen masyarakat walaupun ada dinamika yang dinamis, saya kira masih terkendali dengan baik. Fungsi pemerintahan juga jalan baik di tingkat pusat dan daerah," katanya di Jakarta, Senin (10/6/2019).

Dia mengungkapkan, proses rekonsiliasi sudah dimulai saat momen silahturahmi Idul Fitri. Menurutnya, banyak tokoh politik sudah menggunakan momen tersebut

"Saya kira rekonsiliasi yang ada dengan menggunakan momen silaturahim Idul Fitri, saya kira sangat baik. Karena menyangkut budaya kita, saling memaafkan, saling menerima sebuah proses politik apapun," jelasnya.

Sedangkan, Tjahjo menjelaskan, soal proses hukum yang berjalan di Mahkamah Konstitusi, semuanya ikut aturan dan mekanisme yang ada saja.

"Ada tokoh-tokoh politik yang membangun komunikasi dari partai, itu sangat menggembirakan. Itu budaya kita," dia memungkasi.

Sebelumnya, Wasekjen Partai Demokrat Rachlan Nashidik meminta Prabowo Subianto untuk segera membubarkan Koalisi Indonesia Adil Makmur. Alasannya, kata dia, gugatan hasil Pilpres 2019 ke Mahkamah Konstitusi (MK) sebagai persyaratan partai koalisi.

"Pak @prabowo, Pemilu udah usai. Gugatan ke MK adalah gugatan pasangan Capres. Tak terpilih peran Partai. Saya usul, kamu segera bubarkan Koalisi dalam pertemuan resmi yang terakhir," kata Rachlan dalam akun Twitter resminya, Minggu (9/6).

Saksikan video pilihan di bawah ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Pemerintah Kaji Plus Minus Masuknya Maskapai Asing ke RI

Posted: 09 Jun 2019 09:15 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Wacana masuknya maskapai asing di Indonesia guna menciptakan kompetisi harga tiket pesawat di tingkat konsumen terus menjadi perhatian.

Sekretaris Kementerian Koordinator Bidang Perekonomian (Kemenko) Susiwijono Moegiarso mengatakan, sampai dengan saat ini, pemerintah masih mengevaluasi rencana masuknya maskapai asing tersebut di pasar domestik.

"Itu sudah kita jadwalkan dan akan kita evaluasi. Bagaimana pemikiran untuk undang maskapai asing. Tapi paling penting kita evaluasi dulu karena ada plus minusnya termasuk kebijakan menarik maskapai asing ke dalam negeri ini," tuturnya di Gedung Kemenko, Senin (10/6/2019).

 

Dia menambahkan, pemerintah pada kesempatan ini turut memperhitungnya segala kemungkinan terkait penurunan harga tiket pesawat tersebut. Itu lantaran industri penerbangan Indonesia didominasi oleh 2 maskapai besar yaitu Garuda Indonesia dan Lion Air.

"Jadi termasuk membahas opsi-opsi duopoli ini apakah nanti supaya memaksa airline (maskapai) untuk menurunkan harga lagi atau supaya marketnya lebih internal, bagaimana nanti kita hitung bersama-sama," ujarnya.

"Jadi minggu ini masih akan kita bahas karena sejak awal kita sepakat mau evaluasi sesudah Lebaran yaitu pada saat kondisi normal bukan ketika permintaan tinggi (peak season)," tambahnya.

Tanggapan Pengamat soal Rencana Pemerintah Undang Maskapai Asing

Ilustrasi pesawat yang berada di dekat bendara (AFP Photo)

Presiden Joko Widodo (Jokowi) beberapa waktu lalu sempat menginisiasi rencana bagi maskapai asing untuk dapat beroperasi di sektor penerbangan dalam negeri. 

Langkah tersebut dipercaya dapat menurunkan harga tiket pesawat di Indonesia, yang saat ini dikuasai dua kelompok besar maskapai, Garuda Indonesia dan Lion Air.

Kendati demikian, pengamat transportasi Djoko Setijowarno menyatakan, dibukanya pintu bagi maskapai asing untuk mengudara di Tanah Air tidak menjamin harga tiket pesawat bisa terpangkas.

"Tidak akan berikan solusi bisa tarif murah. Operasional pesawat udara itu memang mahal. Kenapa pernah murah, karena maskapainya menggunakan tarif promosi," tegas dia kepada Liputan6.com, pekan lalu. 

Mengutip data milik Kementerian Perhubungan, ia memaparkan, sebanyak 42 persen tujuan perjalanan dengan pesawat udara adalah untuk keperluan dinas. Sementara 32 persen untuk kepentingan keluarga, 12 persen kegiatan bisnis, 10 persen wisata, dan untuk kepentingan lainnya 4 persen.

"Tujuan dinas dan bisnis tidak menggunakan uang pribadi. Itu pakai uang instansinya (masing-masing)," sambung Djoko.

Oleh karena itu, ia pun ragu maskapai asing mau melebarkan sayap bisnisnya ke dalam industri penerbangan Tanah Air. Lantaran, maskapai internasional seperti Air Asia saja tidak berkembang pesat di Indonesia.

"Agak sangsi. Andaikan menguntungkan, tanpa diminta pun pasti asing akan masuk," ujar dia.

Dengan begitu, dia menyimpulkan agar industri transportasi dalam negeri jangan terlalu bertumpu terhadap moda pesawat udara. Terutama bagi pengguna pesawat yang merogoh kocek pribadi seperti untuk berwisata.

"Yang perlu dipikirkan adalah 10 persen penerbangan tujuan wisata. Ini momentum mengembangkan moda transportasi lain yang setara pesawat udara kenyamanannya," imbuh Djoko.

Dongkrak Sektor Pariwisata, Kadin Dukung Masuknya Maskapai Asing ke Indonesia

Wakil Ketua TKN Jokowi-Amin, Rosan Roeslani saat menjadi pembicara pada talkshow Kamis Kerja di Hub 86 Jakarta, Kamis (10/1). Talkshow mengusung tema Bisnis Tanpa Hutang, Emang Mungkin? dihadiri generasi muda. (Liputan6.com/Fery Pradolo)

Dukungan masuknya maskapai asing ke Indonesia datang dari Kamar Dagang dan lndustri (Kadin) Indonesia. Salah satu sektor yang bakal didongkrak dengan kehadiran maskapai asing adalah sektor pariwisata.

Sebab itu, Ketua Umum Kadin, Rosan Roeslani memandang positif rencana Presiden Joko Widodo (Jokowi) mendatangkan maskapai asing. Selain bisa menekan mahalnya harga tiket pesawat, juga mendatangkan pendapatan negara.

"Pemerintah kita dan sedang mendorong pariwisata, dan kita kan tahu, ke depan pendapatan terbesar Indonesia itu dari tourism. Kalau asing masuk ya pasti akan banyak melihat potensi 265 juta orang, dan yang traveling itu kan sangat banyak, jadi itu positif buat saya," kata Rosan, Kamis (6/6).

Terkait maskapai yang bakal masuk, lanjut Rosan, dia mengharapkan agar masyarakat tidak perlu terlalu meributkan negara asal maskapai asing tersebut. Yang terpenting adalah manfaat yang akan ditimbulkan bagi perekonomian Indonesia.

"Kita mestinya jangan melihat itu dari negara mananya, oh dari China, oh dari mana. Jangan. Yang penting semuanya bisa membawa asas manfaat terbesar bagi Indonesia. Itu saja," tegas Rosan.

Menurutnya, yang penting faktor bisa terciptanya kompetisinya. Selain itu, juga keselamatan jadi prioritas utama.

Rosan menambahkan, sebetulnya sudah ada maskapai yang beroperasi di Indonesia selain Garuda Grup maupun Lion Air Group, yakni Air Asia. Sayangnya, pangsa pasar Air Asia masih tergolong kecil.

"Sebetulnya semua sudah ada juga seperti Air Asia, sudah ada. Saya rasa kalau yang banyak masuk airline lebih baguslah makin bisa masyarakat makin bisa afford," kata dia.

Maskapai Asing Bikin Industri Penerbangan Bisa Bersaing Lebih Baik

Menteri Pariwisata (Menpar) Arief Yahya mengajak masyarakat datang ke Konser Musik Perbatasan Malaka 2019 dan menikmati kuliner Pisang Luan Sambal Tomat.

Presiden Joko Widodo (Jokowi) mengusulkan agar maskapai asing bisa masuk Indonesia guna menciptakan persaingan pasar yang lebih sehat.

Menteri Pariwisata Arief Yahya mengatakan, saran Presiden Jokowi untuk memasukkan perusahaan maskapai asing bagus. Sebab, dengan bertambahnya pemain, maka industri penerbangan bisa bersaing lebih baik.

Hal ini sesuai dengan teori ekonomi, supply dan demand. Semakin banyak tersedianya pilihan maka semakin beragam harga yang ditawarkan, termasuk tersedianya harga ekonomis.

"Saran presiden untuk maskapai asing, itu saran yang baik karena bukan asingnya, tetapi kompetisinya. Kompetisi itu kalau ada, maka ada keseimbangan baru demand and supply. Harga akan jadi lebih fair. Kalau supply sedikit, demand banyak, harga tinggi," jelas Menpar Arief Yahya.

Namun, mantan Dirut Telkom ini menyarankan, maskapai asing tak hanya membuka penerbangan pada rute 'gemuk' saja. Melainkan juga ke daerah perintis. Maka dari itu, harga juga akan lebih terjangkau.

"Mereka tidak boleh masuk Indonesia ke rute dalam Jawa saja. Tapi harus juga rute ke daerah perintis. Khususnya daerah yang sedang berkembang baik pariwisata maupun perekonomiannya," pungkasnya.

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Bintang AC Milan Jadi Calon Penerus Griezmann di Atletico Madrid

Posted: 09 Jun 2019 09:15 PM PDT

Liputan6.com, Milan - Bintang AC Milan, Suso, masuk dalam daftar beli Atletico madrid musim panas ini. Suso akan diplot sebagai penerus Antoine Griezmann, yang memutuskan hengkang.

Atletico Madrid sudah memantau permainan Suso sejak Januari silam. Status Suso yang merupakan pemain berpaspor Spanyol menguatkan keinginan manajemen Los Colchoneros untuk merekrutnya.

Seperti dilansir Calciomercato, klausul rilis Suso di AC Milan mencapai 40 juta euro. Atletico Madrid siap memenuhi nilai klausul gelandang serang berusia 25 tahun ini.

AC Milan berada dalam posisi terdesak pada bursa transfer musim panas ini. I Rossoneri mesti menjual pemain bintangnya demi menyeimbangkan neraca keuangan.

Apalagi, AC Milan gagal mendapatkan tiket ke Liga Champions musim depan. Pemasukan klub tidak akan signifikan bila tidak bermain di Liga Champions.

Hingga beberapa pekan lalu, Suso berharap untuk memperpanjang kontraknya yang akan berakhir di AC Milan pada akhir Juni 2022. Suso ingin menghapus klausul rilis transfer dan meminta kenaikan gaji.

Perubahan Manajemen

Gelandang serang AC Milan asal Spanyol, Suso. (AFP/Marco Bertorello)

Namun, manajemen AC Milan sepertinya tidak berpikir mempertahankan Suso. Apalagi setelah Leonardo mundur dari jabatan Direktur Olahraga I Rossoneri.

Gennaro Gattuso yang selama ini menjaga Suso di skuat AC Milan, juga sudah mundur dari kursi pelatih. Namun, bila pindah, Suso tentu akan mendapat kenaikan gaji yang cukup besar.

7 Gol dan 10 Assist

Sejak tiba dari Liverpool, Suso mengalami performa naik turun bersama AC Milan. Selama musim 2018-2019, Suso mencetak tujuh gol dan 10 assist dalam 35 pertandingan bersama AC Milan di semua kompetisi.

Saksikan video pilihan di bawah ini

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Detail Gaun Pengantin Katherine Schwarzenegger Saat Dinikahi Chris Pratt

Posted: 09 Jun 2019 09:04 PM PDT

 

Liputan6.com, Jakarta - Resmi dinikahi bintang film Avengers: Endgame Chris Pratt, Katherine Schwarzenegger memilih putih sebagai warna busana pengantinnya. Gaun tanpa tali itu merupakan buatan khusus rumah mode Giogio Armani.

Ia pun berterima kasih kepada rumah mode asal Italia tersebut. Ia menyebut gaun itu adalah yang pertama dan terahir akan dikenakannya sepanjang hidupnya.

"Grateful to Mr. Giorgio Armani, who created a once in a lifetime dress for me to wear, and for Chris, the perfect suit. This morning we feel nothing but blessed. (Terima kasih kepada Giorgio Armani yang membuat gaun satu-satunya untuk kupakai, dan untuk Chris, setelan sempurna. Pagi ini kami hanya merasa diberkati)," tulis Katherine di akun Instagramnya, Senin (10/6/2019).

Gaun pas badan yang dikenakan Katherine menampilkan lekuk tubuh langsingnya. Ia melengkapinya dengan tudung bahan lace panjang yang menyapu lantai. Gaun pengantin itu diperlihatkannya lewat sebuah foto yang diunggah sehari setelah menikah.

Dalam foto itu, Katherine dan Chris Pratt saling menatap sambil bergenggaman tangan. Ia menyebut hari pernikahan tersebut adalah hari terbaik baginya dan keluarga.

"Kami menjadi suami dan istri di hadapan Tuhan, keluarga kami dan mereka yang kami cintai. Acaranya sangat intim, menyentuh, dan emosional. Kami merasa sangat diberkati untuk memulai babak baru dalam hidup kami," tulis perempuan berusia 29 tahun tersebut.

Dilansir laman People, ayah Katherine, aktor Arnold Schwarzenegger mendampingi anaknya berjalan menuju altar. Mereka melangsungkan pernikahan di Ranch Ysidro, Montecito, California.

 

 

2 Gaun

Chris Pratt dan Katherine Schwarzenegger di red carpet Avengers: Endgame World Premiere di Los Angeles, Senin (22/4/2019). (Tinseltown / Shutterstock)

Berdasarkan sejumlah foto yang beredar, gaun Armani yang dikenakan Katherine bukanlah satu-satunya yang dipakai untuk acara sakral tersebut. Pasalnya, ia kedapatan mengenakan gaun dengan tali spageti saat menaiki mobil golf ke tempat resepsi.

Pernikahan pasangan yang mulai berkencan pada musim panas 2018 itu dihadiri tak hanya oleh ayah, tetapi juga sang ibu Maria Shriver, serta anak semata wayang Pratt, Jack.

"Tempat acara sangat indah. Banyak bunga dan tumbuhan hijau di mana-mana," kata sumber kepada People. "Tempat yang sangat romantis untuk pernikahan," sambungnya.

Sumber juga menyebut seluruh keluarga ikut dalam foto pernikahan. "Termasuk orangtuanya Maria dan Arnold. Semuanya terlihat sangat bahagia."

Saksikan Video Pilihan Berikut Ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Aerodinamika Bisa Bikin Mobil Lebih Irit BBM?

Posted: 09 Jun 2019 09:02 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Aerodinamika bisa diartikan sebagai perubahan gerak benda yang disebabkan oleh hambatan udara ketika melaju kencang.

Sebelum dipakai pada teknologi mobil, aerodinamika banyak dimanfaatkan dalam industri pesawat terbang. Seiring berjalannya waktu, industri otomotif pun ikut menggunakan teknologi ini yang digunakan untuk memecah atau mengurangi hambatan udara seminimal mungkin.

Seperti keterangan Toyota Indonesia, Aerodinamika pada mobil juga dikenal dengan istilah Coefficient of Drag (COD), hambatan angin atau bisa disebut dengan ketahanan udara ketika mobil bergerak. Umumnya, satuan COD dibuat untuk mengukur nilai hambatan udara kendaraan yang bergerak cepat seperti pesawat, mobil, dan motor.

Ukuran rata-rata COD untuk mobil produksi massal berkisar antara 0,3-0,6, sementara untuk sports car berada di rentang antara 0,25-0,3 dan bus 0,6-0,7. Angka-angka tersebut didapat setelah mempertimbangkan desain lengkung bagian depan, samping, dan belakang. Nominal-nominal tersebut juga didasari beragam perhitungan matematis, supaya tidak menghambat pergerakan suatu kendaraan.

Konsumsi BBM

Menurut sumber yang sama, para pabrikan mobil saat ini banyak melakukan perubahan pada desain bodi agar memperoleh nilai hambatan yang sekecil mungkin.

Hal ini dilakukan agar mesin kendaraan tidak perlu mengeluarkan tenaga lebih untuk membelah angin, sehingga akan membuat konsumsi BBM menjadi lebih irit.

Sumber: Otosia.com

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

6 Rekomendasi Film yang Bisa Bikin Kamu Mengerti Kasih Sayang Orangtua

Posted: 09 Jun 2019 09:00 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Orangtua adalah anugerah terbesar yang dimiliki oleh setiap anak di dunia. Tanpa adanya o­­rangtua, kamu tidak akan terlahir di dunia ini. Orangtua mempunyai peran besar dalam tumbuh kembangmu. Sejak kecil hingga sekarang, orang yang akan selalu ada setia bersamamu adalah orangtua.

Cinta orangtua sangatlah besar terhadapmu. Cinta orangtua tidak akan pernah terbalaskan dengan cara apapun. Maka dari itu sebagai anak, setidaknya kamu harus selalu berusaha untuk terus bisa membahagiakan kedua orangtua. Misalnya dengan cara terus belajar hingga bekerja dan berhasil sukses.

Orangtua yang selalu ada di sisimu saat suka ataupun duka. Meski terkadang sikap protektif orangtua yang buat kamu risih, namun harus diingat itu merupakan bukti cintanya kepadamu. Seperti 8 film ini menggambarkan betapa pentingnya peran orangtua dalam hidupmu.

Berikut 6 rekomendasi film yang bias bikin kamu mengerti kasih sayang orangtua yang telah Liputan6.com rangkum dari berbagai sumber, Senin (10/6/2019).

1. Crazy Rich Asians (2018)

Crazy Rich Asians (sumber: theloophk)

Rachel Chu, seorang perempuan biasa yang baru tahu kekasihnya berasal dari keluarga konglomerat, ia harus berjuang untuk memenangkan hati ibunda sang kekasih yang sangat sayang dengan anaknya dan mengharapkan mendapatkan pasangan yang memiliki status sosial tinggi.

Tak hanya itu di sini pula Rachel harus berdamai dengan masa lalunya yang selama ini disimpan rapat oleh sang ibu. Tetapi pada akhirnya cinta pasangan saja tak cukup, karena restu orangtua dan ketulusan hatilah yang mampu memenangkan segalanya.

2. Bend It Like Beckham (2002)

Bend It Like Beckham (sumber: foxsearchlight)

Jess Bhamra, gadis yang memiliki minat sepakbola dan penggemar David Beckham ini merupakan putri dari keluarga India. Tetapi orangtuanya melarang kesukaan Jess tersebut karena dianggap terlalu maskulin, tetapi Jess tidak menyerah ia berjuang untuk menyakinkan orangtuanya bahwa pilihannya inilah yang membuatnya bahagia.

3. Lady Bird (2017)

Lady Bird (sumber: amazon)

Lady Bird berkisah tentang seorang anak perempuan yang berjuang untuk menemukan kesamaan dengan ibunya. Ketika ia bersiap untuk lulus sekolah menengah dan berusaha untuk menemukan kampus terbaik untuk dirinya, ia berseteru dengan sang ibu.

Tetapi dalam proses pencariannya tersebut, Lady Bird tak patah semangat, ia berusaha untuk mengatasi konflik yang ia alami bersama sang Bunda. 

4. The Big Sick (2017)

The Big Sick (sumber: wikipedia)

Berawal ketika Kmail menyembunyikan kisah cintanya dengan Emily. Ternyata keluarga Kmail telah menyusun rencana menjodohkan sang anak dan Kmail langsung menolaknya.

Tetapi ujian cintanya dimulai ketika sang kekasih dirawat di rumah sakit karena penyakit yang diidap. Kmail harus bernegosiasi dengan kedua orangtuanya untuk memilih jalan terbaik hidupnya.

5. Lion (2016)

Lion (sumber: wikipedia)

Lion merupakan cerita tentang Saroo Brierley, seorang pria yang mencari keluarganya 25 tahun berpisah secara tidak sengaja. Kisahnya kemudian berlanjut ketika ibu angkatnya, Sue mengadopsi dan membuat hidupnya lebih berarti.

6. Brave (2012)

Merida dalam film animasi besutan Disney, Brave (Pinterest)

Animasi Disney yang satu mengisahkan tentang putri Skotlandia yang berambut merah, Merida merupakan pemanah terbaik. Perempuan mandiri ini sempat dilanda kegalauan ketika kedua orangtuanya berniat menjodohkan dengan salah satu anggota suku yang dipimpin sang Ayah.

Merida memberontak dan sangat marah, ia bahkan merobek lukisannya bersama sang ibu sebelum melarikan diri ke hutan. Siapa sangka karena kejadian itu mantra sihir mengubah ibu menjadi beruang. Pada akhirnya Merida menyesal dan berusaha mengembalikan ibunya menjadi manusia kembali. 

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Pertarungan Sengit Buaya Versus Seorang Warga di Aceh

Posted: 09 Jun 2019 09:00 PM PDT

Liputan6.com, Aceh - Ismail Saleh (25), warga Desa Peunaron Baru, Kecamatan Peunaron, Kabupaten Aceh Timur, Aceh, selamat setelah bergulat dengan seekor buaya pada Minggu pagi, (9/6/2019). Beruntung, sang aligator hanya berhasil menggigit betis kanan petani itu.

Pertarungan antara hidup dan mati terjadi saat Ismail hendak melihat hasil pancingan di sungai yang ada di areal kebunnya pada Minggu pagi. Saat itu Ismail ditemani dua temannya yang bernama Tapit Muslimin (25), dan Mustakim (19).

"Sesampai di pinggir sungai, sekira pukul 08.00 WIB korban bermaksud melihat pancingnya yang dipasang sejak kemarin sore," tutur Kapolres Aceh Timur, AKBP Wahyu Kuncoro melalui Kapolsek Serbajadi, AKP Ahmad Yani, kepada Liputan6.com, Senin pagi (10/6/2019).

Ismail sadar bahwa nyawanya sedang di ujung tanduk. Namun, ia tak mau menyerah begitu saja, lantas ia dengan segenap kekuatan melakukan perlawanan.

Ismail memelintir badannya lalu berusaha melepaskan diri dengan cara menggenggam lalu menguak rahang hewan yang hendak memangsanya itu sekuat tenaga.

Perlawanan sengit dari Ismail membuat buaya itu melepaskan korbannya. Ismail pun selamat dan hanya mendapat luka di kaki kanan.

"Setelah terlepas korban langsung berenang ke pinggir sungai untuk menyelamatkan diri dan menjauh dari buaya tersebut," tambah Yani.

Ismail lalu dibantu kedua rekannya menuju Puskesmas terdekat. Saat ini, yang bersangkutan sudah kembali ke rumah dengan kondisi kaki kanan terbalut perban. Yani mengatakan dirinya sudah datang ke rumah korban. Ia pun mengimbau warga agar tidak mendekati sungai untuk saat ini karena buaya masih berkeliaran. 

 

 

Simak juga video pilihan berikut ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

H+5 Lebaran, Harga Daging Ayam Masih Enggan Turun di Pasar Pondok Gede

Posted: 09 Jun 2019 09:00 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Harga beberapa komoditas pangan sudah mulai turun, pada H+5 Lebaran ini. Namun ini masih belum berlaku pada harga daging ayam.

Saat ini harga daging ayam terpantau masih tinggi di Pasar Pondok Gede, Bekasi. Hal ini diakui pedagang ayam bernama Tardi (50).

"Harganya masih mahal, dari Lebaran sampai sekarang belum turun," jelas Tardi kepada Liputan6.com, Senin (10/6/2019).

Pedagang ayam lainnya, Yazid (21) juga mengungkapkan hal yang sama. Berdasarkan pantauan, saat ini harga daging ayam yang berukuran besar dijual seharga Rp 50 ribu per ekor dari sebelumnya Rp 45 ribu.

Sedangkan, untuk ayam berukuran sedang dan kecil masing-masing dijual seharga Rp 32 ribu dan Rp 30 ribu, dari yang sebelumnya dijual Rp 28 ribu dan Rp 27 ribu.

Meskipun belum kembali normal, namun harga daging sapi sudah terpantau mulai turun. Ade (34), pedagang daging mengungkapkan harga daging sapi saat ini sekitar Rp 120 ribu per kilogram (kg) dari sebelumnya Rp 130 ribu per kg.

"Sudah turun dibanding pas Lebaran kemarin, tapi kalo untuk kembali ke normal enggak tau kapan. Tapi biasanya kalo udah naik susah turunnya," ujar Ade.

Sedangkan harga telur pada Lebaran kali ini tidak naik signifikan. Ipin (44), mengungkapkan saat ini harga telur berkisar Rp 23 ribu per kg.

Usai Lebaran, Harga Daging Sapi dan Telur Kembali Normal

Pedagang musiman memotong daging sapi dan kerbau di Pasar Ciledug, Tangerang, Rabu (13/6). Pada H-2 Idul Fitri, harga daging sapi mengalami kenaikan hingga mencapai Rp 140 ribu per kilogram. (Liputan6.com/Angga Yuniar)

Usai Lebaran, harga jual daging sapi di Pasar Kecapi, Bekasi terpantau sudah mulai turun dan cenderung stabil.

Salah satu penjual daging sapi di pasar tersebut, Salih (45) mengatakan bahwa harga daging sapi saat ini sudah berada di kisaran Rp 120 ribu per kilogram (kg).

"Sudah mulai normal sejak dua hari, sebelumnya Rp 130 ribu per kg," jelas Salih kepada Liputan6.com, Minggu (9/6/2019).

Meskipun sudah stabil, menurut Salih dan penjual lainnya mengatakan penjualan masih cenderung sepi karena masih banyak pembeli yang mudik.

Sementara itu, harga daging ayam saat ini terpantau masih terbilang mahal. Salah satu penjual daging ayam, Dodo (25) mengatakan, "Harganya masih mahal sejak lebaran sampai sekarang belum turun-turun".

Saat ini harga daging ayam berukuran besar mencapai Rp 45 hingga Rp 50 ribu per ekor, yang sebelumnya Rp 37 ribu hingga Rp 40 ribu per ekor.

Sedangkan, harga daging ayam berukuran sedang Rp 35 ribu yang sebelumnya Rp 30 ribu per ekor, dan untuk ukuran kecil berkisar Rp 30 ribu per ekor yang sebelumnya hanya Rp 27 ribu per ekor.

Selain daging sapi, harga telur ayam juga masih stabil di kisaran Rp 25 ribu per kg. Salah satu penjual telur, Sugeng (44) mengatakan tahun ini harga telur tidak mengalami peningkatan harga yang cukup signifikan seperti harga daging ayam.

"Sekarang enggak kayak tahun lalu, harga daging ayam naik harga telur tetap stabil," tandas Sugeng.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Top 3: Deretan Meme Kocak Libur Lebaran Telah Usai

Posted: 09 Jun 2019 09:00 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Akhirnya momen libur lebar lebaran telah usai. Kini sebagian besar orang telah kembali melakukan aktivitasnya sehari-hari seperti bekerja, kuliah atau sekolah. Tentunya kembali beraktivitas usai liburan membuat kita sedikit malas ya.

Hal ini lantas membuat banyak warganet membuat deretan meme kocak tentang libur lebaran yang telah usai.

Artikel tentang deretan meme kocak libur lebaran telah usai menjadi yang terpopuler di kanal Citizen6, Liputan6.com. Disusul dengan artikel tentang perubahan seseorang ketika jatuh cinta dilihat berdasarkan zodiaknya.

Sementara artikel ketiga terpopuler tentang 7 cara mudah untuk mengatasi stress.

Berikut Top 3 Citizen6:

1. 6 Meme Kocak Libur Lebaran Telah Usai, Lucu tapi Bikin Galau

Deretan Meme Kocak Libur Telah Usai, Lucu tapi Bikin Baper

Libur Lebaran memang telah berakhir. Pasca libur tahunan ini, banyak masyarakat pasti masih bermalas-malasan untuk kembali menjalani aktivitas rutin mereka.

Tak heran jika banyak publik, khususnya para pengguna jejaring sosial membuat sejumlah meme lucu untuk mewakili perasaan mereka ketika liburan telah berakhir.

Selengkapnya…

2. Berdasarkan Zodiak, Kenali Dirimu Saat Jatuh Cinta

ilustrasi cinta bahagia/copyright Shutterstock

Jatuh cinta memang menjadi salah satu momen paling bahagia yang dirasakan setiap orang. Tentu ada banyak alasan mengapa seseorang tertarik atau jatuh cinta padamu, bukan?

Perasaan cinta atau sayang juga bisa dilihat dari zodiak seseorang lo. Tapi tak banyak orang tahu bahwa perubahan ketika jatuh cinta bisa diungkap berdasarkan zodiaknya.

Selengkapnya…

3. Patut Dicoba, 7 Cara Mudah untuk Mengatasi Stres

Ilustrasi stres. Sumber foto: unsplash.com/Kevin Grieve.

Stres tentu dapat dialami siapa saja. Pemicunya pun bermacam-macam. Pekerjaan yang menumpuk, jadwal yang padat, masalah ekonomi, dan masalah pribadi menjadi salah satu contoh penyebab timbulnya stres.

Kondisi tersebut bahkan bisa menimbulkan berbagai dampak negatif, diantaranya serangan jantung, stroke, masalah pada memori, kesehatan mental, hingga berbagai masalah medis lainnya. Stres juga dapat memengaruhi suasana hatimu. Dampak dari stres pun bermacan-macam. Mulai dari kerugian yang dialami diri sendiri, hingga oleh orang lain. Jika kamu sering mengalami stres, cobalah terapkan beberapa cara di bawah ini untuk mengatasinya, sebelum stres-mu menjadi semakin akut atau parah.

Selengkapnya…

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Usai Lebaran, Kebiasaan Puasa Bermanfaat Bila Dilanjutkan

Posted: 09 Jun 2019 09:00 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Meski Ramadan dan Lebaran telah usai, namun kebiasaan berpuasa boleh dilanjutkan. Ada banyak manfaat dari aktivitas ini.

"Kalau hari biasa, seminggu sekali puasa sehari penuh tidak apa-apa. Asal kuat saja menahan lapar," kata Ketut Suastika, dokter spesialis endokrinologi dari Fakultas Kedokteran Universitas Udayana Bali saat ditemui di Jakarta beberapa waktu lalu, ditulis Senin (10/6/2019).

Menurutnya, kebiasaan berpuasa bisa membuat lemak yang didapat dari makanan akan diubah menjadi karbohidrat lagi.

Ketut mengatakan, ada manfaat yang didapatkan dengan berpuasa. Salah satunya dalam mengontrol gula darah dan menjaga tubuh dari penuaan dini.

Tubuh akan mengeluarkan insulin ketika seseorang makan secara terus menerus. Selain berpengaruh pada gula darah, ini juga memicu penuaan sel yang berpotensi menyebabkan kanker.

"Jadi puasa itu bagus karena sel-sel tidak cepat tua dan mencegah risiko kanker. Tidak bagus ketika orang memiliki kondisi diabetes tertentu misalnya, tapi pada orang normal, itu bagus," ujar Ketut.

 

Tidak Makan Berlebihan

Niat Puasa Syawal / Sumber: iStockphoto

Nila F. Moeloek, Menteri Kesehatan Republik Indonesia juga memiliki pendapat yang sama. Meski sudah lewat Ramadan dan Idul Fitri, kebiasaan berpuasa di waktu-waktu tertentu juga boleh dilanjutkan.

"Kalau Muslim, setelah Lebaran biasa ada puasa syawal, nah itu boleh," kata Nila di stasiun Gambir, Jakarta beberapa waktu lalu.

Nila mengatakan, ada manfaat dari kebiasaan berpuasa itu sendiri. Salah satunya dalam mengatur apa yang masuk dalam tubuh kita.

"Kita makan jadi diatur. Dalam porsi, tidak mungkin kita makan sebanyak-banyaknya," tambahnya.

Beberapa puasa yang banyak dilakukan masyarakat antara lain seperti puasa Senin Kamis dan puasa syawal. Sementara, di luar tradisi keagamaan, salah satu jenis puasa yang bermanfaat untuk menurunkan berat badan adalah diet puasa atau intermittent fasting.

Simak juga Video Menarik Berikut Ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Tahu Sejarah Klub, Solskjaer Diyakini Bawa MU Berjaya Lagi

Posted: 09 Jun 2019 09:00 PM PDT

Liputan6.com, Manchester - Ander Lindegaard percaya Ole Gunnar Solskjaer bakal membawa MU berjaya lagi. Ia menilai Solskjaer tak hanya berkualitas, tetapi juga punya punya pengetahuan baik soal sejarah Setan Merah.

Solskjaer masuk menggantikan Jose Mourinho akhir tahun lalu. Ia sempat membawa MU tak terkalahkan dalam delapan laga di semua kompetisi.

Ia akhirnya diberikan kontrak permanen pada Maret lalu. Manajer asal Norwegia itu akan menangani MU hingga tiga tahun ke depan.

"Saya pikir Solskjaer memang orang yang tepat untuk MU. Klub ini butuh seseorang yang mengetahui sejarah klub ini," kata Lindegaard seperti dilansir Standard.

"Solskjaer punya DNA MU dan sangat mengerti klub ini. Dia bahkan menjadi bagian sukses dari kejayaan MU," ujarnya menambahkan.

 

 

Butuh Waktu

Pelatih Manchester United, Ole Gunnar Solskjaer melihat para pemainnya bertanding melawan Arsenal selama pertandingan lanjutan Liga Inggris di Stadion Emirates di London (10/3). Arsenal menang 2-0 atas MU. (AP Photo/Tim Ireland)

Meski demikian Lindegaard menilai fans MU harus memberikan waktu untuk Solskjaer. Ia menilai hal sama diberikan fans Liverpool pada Jurgen Klopp hingga akhirnya meraih gelar Liga Champions.

"Semua orang harus sabar dengan Solskjaer. Tugas yang diembannya sangat berat, dan klub harus membantunya dengan rekrutan terbaik," ujar Lindegaard.

"Kita lihat sendiri yang terjadi di Liverpool. Hanya waktu yang bisa menggagalkan Solskjaer di MU."

Jadwal

Jadwal pramusim MU

13 Juli - vs Perth Glory (Australia)

17 Juli - vs Leeds United (Australia)

20 Juli - vs Inter Milan (Singapura)

25 Juli - vs Tottenham (Shanghai)

30 Juli - vs Kristiansund BK (Norwegia)

3 Agustus - vs AC Milan (Wales)

Saksikan video pilihan di bawah ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Terpuruknya Dewi Perssik Atas Kepergian Sang Ayah

Posted: 09 Jun 2019 09:00 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Dewi Perssik saat ini tengah berduka. Ayah yang begitu dicintainya, Mochammad Aidil, telah wafat pada Minggu (9/6/2019) di MRCCC Siloam, Semanggi, Jakarta.

Sejak sang ayah dinyatakan meninggal oleh tim medis, keadaan Dewi Perssik benar-benar terpukul. Hal ini disampaikan oleh keponakan Dewi Perssik, Lebby.

"Sekarang Tante Dewi lagi ada di ruangan, lagi nunggu buat jenazahnya buat papi (almarhum). Pasti sedih, pasti terpuruk ya, minta doanya saja," imbuh Lebby di rumah sakit pada Minggu (9/6/2019) malam.

Saking sedihnya, Dewi Perssik juga belum mampu mengeluarkan keterangan kepada awak media terkait kepergian salah satu orang paling dicintainya tersebut.

"Belum ya (menemui wartawan) Insya Allah karena lagi betul-betul terpuruk. Minta doanya semua," sambung kakak Dewi Perssik, Masbin dalam kesempatan yang sama.

Dimakamkan

Dewi Perssik (Adrian Putra/Fimela.com)

Sementara itu, jenazah ayah Dewi Perssik semula akan diterbangkan pada Senin (10/6/2019) pagi. Namun karena satu dan lain hal akhirnya penerbangannya pun dipercepat.

Jenazah Mochammad Aidil telah diterbangkan pada Minggu (9/6/2019) malam melalui Bandara Soekarno Hatta. Jasadnya rencananya akan dimakamkan di Pemakaman keluarga di Jember, Jawa Timur, usai zuhur.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

4 Orang Tewas pada Hari Pertama Pembangkangan Sipil di Sudan

Posted: 09 Jun 2019 09:00 PM PDT

Liputan6.com, Khartoum - Setidaknya empat orang tewas ketika pasukan keamanan Sudan bergerak untuk meredam seruan kampanye pembangkangan sipil yang diluncurkan oleh massa aksi pro-demokrasi pada Minggu 9 Juni 2019. Peristiwa itu menyebabkan jalan-jalan di ibukota Khartoum sebagian besar sepi.

Dua orang tewas setelah dipukuli dan ditikam, sedangkan dua lainnya ditembak mati, kata Komite Sentral Dokter Sudan (CCSD) yang juga menyalahkan kelompok paramiliter sebagai biang keladi, demikian seperti dikutip dari Al Jazeera, Senin (10/6/2019).

Pada Minggu 9 Juni, usai mengumumkan pembangkangan publik, pengunjuk rasa mengumpulkan ban, batang pohon dan batu untuk membangun penghalang jalan baru di distrik Bahari utara Khartoum, kata seorang saksi mata yang anonim kepada AFP. Tetapi, polisi anti huru hara dengan cepat masuk dan menembakkan gas air mata untuk membubarkan kerumunan massa.

Transportasi umum hampir tidak berfungsi dan sebagian besar bank komersial, perusahaan swasta, dan pasar tutup, meskipun beberapa bank pemerintah dan kantor layanan publik tetap buka.

Kelompok oposisi meminta para pekerja untuk tinggal di rumah setelah pasukan keamanan menyerbu sebuah kamp protes pada Senin 3 Juni 2019. Peristiwa itu menewaskan belasan orang dan memberikan pukulan terhadap harapan transisi damai setelah penggulingan Presiden Omar Hassan al-Bashir pada April 2019.

Para demonstran pro-demokrasi telah berkampanye selama berminggu-minggu untuk menekan Dewan Militer Transisi (TMC) Sudan yang berkuasa untuk menyerahkan kekuasaan kepada pemerintah yang dipimpin sipil.

Seruan Pembangkangan Sipil

Idul Fitri di Sudan diwarnai demonstrasi berlarut pasca-kudeta Presiden Omar al-Bashir (AP PHOTO)

Para pemimpin unjuk rasa di Sudan mendesak orang-orang untuk berpartisipasi ikut pembangkangan sipil. Hal itu dilakukan dalam upaya menekan militer setelah insiden mematikan belum lama ini.

Dikutip dari laman VOA Indonesia, Senin (10/6/2019) Asosiasi Profesional Sudan (SPA) yang memimpin demonstrasi, mendorong tentara menggulingkan Presiden Sudan Omar al-Bashir, pada Sabtu 8 Juni. Upaya perlawanannya akan segera dimulai dan akan terus berlanjut sampai dewan militer menyerahkan kekuasaan kepada pihak sipil.

Seruan itu muncul sekitar sepekan setelah pasukan keamanan mengambil langkah untuk membubarkan kamp demonstran di luar markas militer di Khartoum. Setidaknya 113 orang tewas sejak Senin 3 Juni --klaim demonstran.

SPA mengatakan telah menerima Perdana Menteri Ethiopia Abiy Ahmed sebagai mediator untuk melanjutkan perundingan dengan dewan militer.

Meskipun pihaknya mendesak penyelidikan independen terkait kekerasan yang telah terjadi sejak tergulingnya al-Bashir.

Perdana Menteri Ethiopia, Abiy Ahmed, tiba di ibukota Sudan, Jumat 7 Juni lalu. Tujuan kedatangannya untuk menengahi pembicaraan antara dewan militer yang berkuasa dan para pemimpin gerakan protes prodemokrasi setelah penindakan keras oleh militer pekan ini.

Ahmed bertemu dengan jenderal-jenderal di Khartoum dan diperkirakan akan bertemu secara terpisah dengan para pemimpin Kekuatan bagi Deklarasi Kebebasan dan Perubahan, suatu koalisi kelompok-kelompok politik yang mewakili para demonstran, yang menyingkirkan pemimpin lama Omar al-Bashir dari kekuasaannya pada April lalu.

Sikap Uni Afrika

Kerusuhan kian meluas di Sudan akibat kenaikan harga bahan pokok yang tidak terkendali (AP Photo)

Sementara itu, Uni Afrika menyatakan membekukan semua aktivitas Sudan di organisasi itu sampai pemerintah pimpinan sipil terbentuk.

Kedua pihak telah terlibat dalam pembicaraan mengenai transisi yang dipimpin warga sipil menuju demokrasi, tetapi perundingan mereka gagal sewaktu pasukan keamanan menyerbu kamp aksi duduk pada hari Senin.

Dokter-dokter Sudan yang beraliansi dengan oposisi menyatakan 113 orang tewas, dan lebih dari 500 lainnya cedera dalam bentrokan itu.

Kementerian Kesehatan Sudan melansir pernyataan yang menyebutkan jumlahnya "tidak lebih dari 46 orang."

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

VIDEO: Kericuhan Demo Anti RUU Ekstradisi di Hong Kong

Posted: 09 Jun 2019 09:00 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Demonstrasi anti RUU Ekstradisi di Hong Kong diwarnai kericuhan antara massa dan polisi.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

FOTO: Tanpa Busana, Ratusan Warga Meksiko Bersepeda Keliling Kota

Posted: 09 Jun 2019 09:00 PM PDT

Seorang wanita bersepeda keliling Kota Mexico City, Meksiko (8/6/2019). Rayakan World Naked Bike, ratusan warga tampil tanpa busana berkeliling pusat kota Meksiko. (AP Photo / Christian Palma)

Seorang wanita bersepeda keliling Kota Mexico City, Meksiko (8/6/2019). Rayakan World Naked Bike, ratusan warga tampil tanpa busana berkeliling pusat kota Meksiko. (AP Photo / Christian Palma)

Sejumlah warga bersepeda keliling Kota Mexico City, Meksiko (8/6/2019). Rayakan World Naked Bike, ratusan warga tampil tanpa busana berkeliling pusat kota Meksiko. (AP Photo / Christian Palma)

Sejumlah warga bersepeda keliling Kota Mexico City, Meksiko (8/6/2019). Rayakan World Naked Bike, ratusan warga tampil tanpa busana berkeliling pusat kota Meksiko. (AP Photo / Christian Palma)

Sejumlah warga bersepeda keliling Kota Mexico City, Meksiko (8/6/2019). Rayakan World Naked Bike, ratusan warga tampil tanpa busana berkeliling pusat kota Meksiko. (AP Photo / Christian Palma)

Sejumlah warga bersepeda keliling Kota Mexico City, Meksiko (8/6/2019). Rayakan World Naked Bike, ratusan warga tampil tanpa busana berkeliling pusat kota Meksiko. (AP Photo / Christian Palma)

Sejumlah warga bersepeda keliling Kota Mexico City, Meksiko (8/6/2019). Rayakan World Naked Bike, ratusan warga tampil tanpa busana berkeliling pusat kota Meksiko. (AP Photo / Christian Palma)

Sejumlah warga bersepeda keliling Kota Mexico City, Meksiko (8/6/2019). Rayakan World Naked Bike, ratusan warga tampil tanpa busana berkeliling pusat kota Meksiko. (AP Photo / Christian Palma)

Seorang pria dengan tubuh di cat bersepeda keliling Kota Mexico City, Meksiko (8/6/2019). Rayakan World Naked Bike, ratusan warga tampil tanpa busana berkeliling pusat kota Meksiko. (AP Photo / Christian Palma)

Seorang pria dengan tubuh di cat bersepeda keliling Kota Mexico City, Meksiko (8/6/2019). Rayakan World Naked Bike, ratusan warga tampil tanpa busana berkeliling pusat kota Meksiko. (AP Photo / Christian Palma)

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Docang Cirebon, Kuliner Kesukaan Wali Sanga

Posted: 09 Jun 2019 09:00 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Banyak cerita menarik dalam setiap perjalanan kuliner Cirebon seperti docang yang berkaitan dengan cerita legenda Wali Sanga saat akan diracun namun gagal.

Kuliner menjadi salah satu tujuan utama pengunjung yang datang ke Cirebon pada musim libur Lebaran 2019. Selain nasi jamblang, Docang Cirebon menjadi salah satu kuliner yang banyak diburu pengunjung.

Docang Cirebon tersebut terdiri dari irisan lontong, ditaburi parutan kelapa muda. Ditambah irisan daun singkong dicampur tauge yang telah direbus.

Kemudian disiram dengan kuah panas yang berisi dage (sejenis oncom) yang sudah dihancurkan, sehingga mengapung di bagian atas kuahnya.

Sebelum disajikan, ditaburi kerupuk kecil-kecil berwarna putih yang dibuat khusus. Varian dalam docang Cirebon tersebut membuat rasa gurih semakin terasa di lidah.

"Setiap liburan kami selalu mampir makan docang Cirebon segar, apalagi setelah perjalanan jauh dari Jakarta," kata pengunjung asal Jakarta, Amrin, Kamis (6/6/2019).

 

Kuliner khas Cirebon

Docang Cirebon, Kuliner Kesukaan Para Wali Songo

Docang merupakan salah satu kuliner tradisional khas Pantura Cirebon. Docang tersebar hampir di setiap wilayah Cirebon, baik perkampungan maupun tempat wisata.

Sebagian besar penjual docang Cirebon merupakan turun temurun dari orang tua mereka. Uniknya, kuliner docang ini memiliki cerita legenda yang melekat dengan Wali Sanga.

"Katanya orang dulu sih kuliner ini dulunya makanan yang diberikan racun kepada Wali Sanga," kata salah seorang penjual Docang Cirebon, Taro.

Saat itu, salah seorang pangeran membuat jenis makanan baru dari sisa makanan sultan yang tidak habis. Makanan itu dihidangkan kepada para Wali Sanga yang sedang berkumpul di Masjid Agung Keraton Cirebon.

Ajaibnya, racun yang dicampur ke dalam docang itu tidak berpengaruh. Bahkan, setelah memakan docang itu, para wali justru menyukai masakan tersebut.

"Itu cerita legenda yang masih melekat di masyarakat ya dan jadilah kuliner docang ini," kata dia.

Dari cerita tersebut, docang menjadi salah satu kuliner asli Cirebon karena sebagai makanan para wali. Momen Ramadan hingga Lebaran biasanya banyak ditemukan penjual docang Cirebon.

Seperti di Jalan Kesambi Kota Cirebon, kawasan alun-alun Keraton Kasepuhan, Kanoman dan Kacirebonan Cirebon.

"Apalagi kalau Maulid Nabi Muhammad SAW, pedagang docang pasti banyak kumpul di sekitar Masjid Agung, dan keraton, karena sejak dulu tradisinya sudah seperti itu," kata dia.

Saksikan video pilihan berikut ini: 

 

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Harga Galaxy Note 10 Bakal Lebih Mahal daripada Pendahulunya

Posted: 09 Jun 2019 09:00 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta- Samsung belum mengumumkan Galaxy Note 10, tapi bocoran tentang perangkat ini sudah banyak beredar di ranah internet. Salah satu informasi baru yaitu harga jual smartphone tersebut.

Dikutip dari Phone Arena, Senin (10/6/2019), seorang sumber yang mengklaim mengetahui soal Galaxy Note 10, mengatakan harga versi standar akan dibanderol sekira USD 1.100 hingga USD 1.200.

Bila benar, ini berarti Galaxy Note 10 akan lebih mahal dibandingkan harga jual Galaxy Note 9, yang versi paling murahnya dibanderol USD 999.

Versi standar Galaxy Note 10 sendiri diprediksi memiliki layar AMOLED berukuran 6,3 inci. Prosesor Snapdragon 855 akan ada di dalam Galaxy Note 10 untuk pasar Amerika Serikat (AS), sedangkan yang lainnya dengan Exynos 9820.

Spesifikasi lainnya termasuk pemindai sidik jari ultrasonic di dalam layar. Namun, tidak akan ada tombol fisik Bixby.

Adapun versi Pro dari perangkat ini dilaporkan memiliki layar berukuran 6,75 inci, dan empat kamera belakang. Baik versi standar maupun Pro, sama-sama akan kompatibel dengan jaringan 4G LTE dan 5G.

Selain layar, akan ada bebera perbedaan spesikasi antara versi standar dan Pro. Galaxy Note 10 versi standar, misalnya, memiliki baterai 3.400mAh, sedangkan versi Pro dengan 4.500mAh.

Samsung diprediksi akan mengumumkan lini Galaxy Note 10 pada Agustus 2019. Mendekati waktu pengumuman, biasanya akan semakin banyak bocoran beredar di internet.

Samsung Tetap Pertahankan Tombol Fisik di Galaxy Note 10?

Suasana booth Samsung di gelaran Mobile World Congress 2018 di Barcelona, Spanyol (Liputan6.com/ Agustin Setyo W)

Lebih lanjut, sebelumnya muncul informasi yang menyebutkan Galaxy Note 10 akan tetap mempertahankan tombol fisik. Rencana Samsung untuk meniadakan tombol fisik tidak berjalan lancar.

Menurut sumber informasi, Samsung memang menguji desain tanpa tombol kunci. Namun, hasilnya tidak lulus pengujian, sehingga perusahaan terpaksa harus tetap menghadirkan tombol tersebut.

Sementara akan tetap memiliki tombol fisik, Galaxy Note 10 disebut tidak akan dilengkapi headphone jack 3.5mm.

(Din/Ysl)

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Tidak ada komentar: