Senin, 03 Juni 2019

Liputan6 : RSS2 Feed

Liputan6 : RSS2 Feed


13 Nyawa Melayang dalam Kecelakaan Arus Mudik Lebaran Jateng

Posted: 03 Jun 2019 10:02 PM PDT

Liputan6.com, Pemalang - Kepolisian Daerah Jawa Tengah mencatat sebanyak 13 pemudik meninggal dunia dalam kecelakaan arus mudik lebaran 2019 di Jawa Tengah hingga H-2 Lebaran, Senin, 3 Juni 2019.

Sebanyak empat orang meninggal dunia akibat kecelakaan jalan tol. Adapun sembilan korban lainnya meninggal dunia dalam kecelakaan di jalan biasa.

Salah satu kecelakaan arus mudik lebaran yang cukup menyita perhatian publik adalah kecelakaan tunggal yang dialami keluarga Kusna (37) di ruas Tol Pemalang Batang Tol Road (PBTR), Minggu, 2 Juni 2019, sekitar pukul 13.30 WIB.

Dalam kecelakaan itu, dua orang meninggal dunia. Dan Kusna, sang pengemudi yang juga kepala keluarga asal Bogor, Jawa Barat ini adalah salah satu korban meninggal dunia itu.

Adapun korban lainnya adalah Rita (10 th), anak perempuan Kusna. Kusna dan Rita mesti berpisah dengan istrinya, Sunarti (37) dan anak lelakinya yang masih balita, Arfa (3 th). Dua nama terakhir, selamat.

Kepolisian menduga Kusna kelelahan setelah mengemudi sejak dari Bogor. Sesampai lokasi, diduga pengemudi kehilangan kontrol kendaraan. Mobil terjun ke sungai usai menabrak pagar pengaman dan terjun dengan kecepatan tinggi.

"Di Pemalang itu ada kasus out of control, yang menyebabkan dua orang meninggal dunia, bapak sama anak. Dia tidak tabrakan. Kecelakaan tunggal, dia kelelahan, minggir masuk ke dalam parit," Kapolda Jateng Irjen Pol Rycko Amelza Dahniel menjelaskan.

Kepolisian bakal berupaya mencegah terulangnya kecelakaan arus mudik Lebaran 2019. Kepolisian bakal berkoordinasi dengan Korlantas Polri dan Kementerian Perhubungan untuk membatasi kecepatan kendaraan di Jalan Tol Pemalang Batang Tol Road (PBTR) di bawah 100 kilometer per jam.

 

Pembatasan Kecepatan di Jalan Tol

Kapolda Jateng, Irjen Pol Rycko Amelza Dahniel memantau arus mudik di Pemalang, Jawa Tengah. (Foto: Liputan6.com/Polres Pemalang/Muhamad Ridlo)

Pembatasan kecepatan ini dilakukan untuk mengantisipasi kembali terjadinya kecelakaan arus mudik lebaran akibat lost control atau lepas kendali kendaraan akibat pengemudi yang kelelahan.

"Kami akan melakukan berbagai upaya, sekarang, berkoordinasi dengan Korlantas dan Kementerian Perhubungan, untuk mulai mengurangi kecepatan kendaraan. Mengurangi aturan speed kendaraan, agar kendaraan ini tidak lepas kendali," dia mengungkapkan.

Rycko bilang, tol Pemalang merupakan titik lelah setelah pengemudi memacu kendaraan mulai dari Jakarta Tol Cikampek, ruas Jawa Barat, dan masuk ke Jawa Tengah. Penerapan One Way menyebabkan kendaraan bisa dipacu dengan kecepatan tinggi.

Sayangnya, ada juga kendaraan yang dipacu dengan kecepataan di atas batas kecepatan. Mereka juga tak memedulikan kondisi tubuh yang kelelahan. Karenanya, ia mengimbau agar pemudi beristirahat ketika merasa lelah. "Lelah, tapi tidak mau beristirahat," ujarnya.

Kepolisian dan Dinas Perhubungan bakal membatasi kecepatan kendaraan dengan patroli dan penyekatan-penyekatan di sejumlah ruas tol. Dengan begitu, pengemudi kendaraan akan lebih terkontrol.

Menurut dia, batas kecepatan di ruas tol rata-rata 100 kilometer per jam. Akan tetapi, lantaran kepadatan menurun, arus kendaraan sangat lancar dan menyebabkan laju kendaraan terkadang lebih dari yang telah ditentukan.

Pantauan H-2 lebaran, volume kendaraan Tol PBTR pada H-2 lebaran ini diperkirakan masih sekitar 200 persen dibanding volume kendaraan pada hari-hari biasa. Namun, ini sudah menurun dibanding pada H-3 dan H-4 Lebaran kemarin yang mencapai 300 persen dibanding hari-hari biasanya.

Saksikan video pilihan berikut ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Suzuki Akan Hadirkan Varian Tertinggi Katana?

Posted: 03 Jun 2019 10:01 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Perusahaan asal Jepang, Suzuki memiliki rencana untuk memperkenalkan varian terbaru Suzuki Katana, yakni Katana tipe R. Selain memiliki spesifikasi lebih tinggi, motor terbaru ini juga dijejali lebih banyak kekuatan dan kinerja.

Menurut laporan dari Jepang, model edisi terbatas akan menjadi versi R dari Suzuki Katana yang telah melakukan debutnya di pameran EICMA 2018 di Milan.

Seperti dilansir Car and Bike, Suzuki Katana 1135R terbaru diharapkan untuk berbagi bagian dengan Suzuki GSX-R1000R karena tersedianya sistem elektronik canggih.

Untuk menambah faktor kenyamanan, motor ini diharapkan dijejali suspensi depan yang sama dengan milik GSX, sistem rem kelas atas serta tenaga yang lebih besar. Tak hanya itu, swingarm juga disebut baru dengan ergonomi yang lebih sporty berkat setang clip-on, dan fairing depan yang lebih rendah.

Nama 1135R menunjukkan bahwa Katana R juga bisa mendapatkan kinerja Super Katana yang layak untuk bersaing dengan motor super terbaik milik pabrikan otomotif lain.

 

Masih Ilustrasi

Meski demikian, hingga saat ini gambar masih merupakan ilustrasi dan belum ada cara untuk memvalidasi apakah ini akan benar-benar dihadirkan atau hanya Katana yang dikustomisasi dari desain produksi yang sebenarnya.

Apa pun itu, akan menarik untuk melihat apa yang ada di benak Suzuki untuk menggunakan nama Katana yang telah diambil dari sejarah motor tahun 1980-an.

 

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

RI Perluas Ekspor Kakao ke Pasar Eropa

Posted: 03 Jun 2019 10:00 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Produk perkebunan merupakan andalan kekuatan ekspor komoditas pertanian Indonesia di pasar Uni Eropa. Salah satu komoditas unggulan yang hingga saat ini memiliki tren permintaan yang meningkat adalah coklat atau kakao. Neraca perdagangan Indonesia untuk produk kakao dan turunannya selalu menunjukkan tren yang positif dari tahun ke tahun.

"Tahun 2018 ekspor kakao Indonesia ke Uni Eropa mencapai USD 215,2 juta. Naik sebanyak 22 persen dibandingkan nilai ekspor di tahun 2017 yakni sebesar USD 201,7 juta," ujar Atase Pertanian Indonesia (ATANI) untuk Belgia, Wahida, Selasa (4/6/2019).

Menurut dia, angka ini baru sekitar 1 persen dari total nilai impor Uni Eropa (UE) untuk produk kakao dan turunannya, yang mencapai USD 27,4 miliar. Negara importir kakao ke UE terbesar adalah Pantai Gading sebesar USD 4 miliar, Ghana USD 1,5 miliar dan Nigeria USD 672 juta.

Berdasarkan data yang dilansir oleh Eurostat, Uni Eropa merupakan negara pengkonsumsi kakao terbesar di dunia, yakni sebesar 8-9 kg per kapita per tahun.

"Indonesia berkomitmen untuk meningkatkan volume ekspor kakao dan produk turunannya yang berkualitas dan sustainable," lanjut dia.

 

Re-Ekspor

Pekerja memasukkan biji kakao ke dalam mesin giling di toko Pipiltin Cocoa kawasan Barito, Jakarta, Kamis (13/9). Para atlet Asian Games 2018 banyak memburu Pipiltin Cocoa sebagai oleh-oleh. (Liputan6.com/Herman Zakharia)

Wahida menyebutkan, selain mengekspor biji kakao, saat ini industri pengolahan biji kakao untuk re-ekspor juga sedang berkembang di dalam negeri. Sebagai catatan, di 2018 Indonesia mengimpor biji kakao sebanyak 240 ribu ton dengan nilai impor mencapai USD 528 juta.

"Supply biji kakao nasional yang tersedia masih belum mampu mencukupi kapasitas terpasang industri olahan kakao. Pabrik-pabrik pengolahan kakao mengolah biji kakao menjadi intermediate goods untuk selanjutnya diekspor ke negara-negara konsumen utama seperti Eropa, Amerika Serikat, dan Jepang," jelas Wahida.

Sementara itu, Atase Perdagangan KBRI di Brussel, Merry Astrid Indriasari menambahkan, pengamanan akses pasar komoditi strategis melalui liberalisasi tarif menjadi kunci dalam perundingan IEU CEPA. Hal ini diyakini juga bisa mendorong laju ekspor komoditi kakao dan produk turunannya ke pasar UE.

 

Percepat Negosiasi

Pekerja mengaduk biji kakao yang sudah digiling di toko Pipiltin Cocoa kawasan Barito, Jakarta, Kamis (13/9). Pipiltin Cocoa memproduksi cokelat dengan biji kako asli Indonesia. (Liputan6.com/Herman Zakharia)

Hingga saat ini, Indonesia telah mengusulkan initial offer untuk lebih dari 10 ribu pos tarif, termasuk di dalamnya kakao dan produk turunannya, di mana cacao butter masih menjadi produk unggulan ekspor Indonesia dengan volume ekspor mencapai 24,6 ribu ton di 2018.

"Kita harapkan ini bisa mempercepat proses negosiasi untuk mengejar ketertinggalan dengan negara ASEAN lainnya yang sudah memiliki FTA dengan UE," tandas Astrid.

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Cegah Penyebaran Penyakit Endemik, Kemenkes Pasang Thermal Scanner di Pelabuhan

Posted: 03 Jun 2019 10:00 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Tingginya mobiltas masyarakat saat mudik Lebaran berisiko menyebarnya penyakit endemik. Guna mencegah hal tersebut, Kementerian Kesehatan RI melalui Direktorat Jenderal Pencegahan dan Pengendalian Penyakit (P2P) memasang perangkat thermal scanner di bandara dan pelabuhan untuk mendeteksi dan mengantisipasi penyebaran virus dan penyakit.

"Di bandara dan pelabuhan kita sudah memasang thermal scanner. Di sini kami memang menaruh perhatian pada transportasi yang berasal dari daerah-daerah yang mempunyai risiko terhadap penyakit endemik, seperti malaria dari Papua, dan NTT. Jadi akan kami lakukan pemeriksaan, kalau positif akan diobati dulu," ungkap Dirjen P2P, Anung Sugihantono pada Minggu (1/6/2019).

Ia juga mengaku sejauh ini otoritas di bandara maupun di pelabuhan sudah memberikan pelayanan yang sangat memadai, seperti menyediakan fasilitas pelayanan kesehatan.

Kegiatan ini dilakukan guna memantau kesiapan posko dan pelayanan kesehatan di sepanjang jalur mudik Lebaran 2019 mulai dari Surabaya hingga Semarang. Pemantauan mulai dilakukan dengan meninjau kesiapan posko dan pelayanan kesehatan yang berada di Terminal 2 Bandara Juanda Surabaya yang selanjutnya melakukan peninjauan di Pelabuhan Tanjung Perak Surabaya.

Secara simbolis Anung turut serta memberikan bantuan logistik berupa masker, bingkisan, hygiene kit dan polybag. Setelahnya, Anung pun melanjutkan peninjauan di Rest Area SPBU Tebaloan Kabupaten Gresik, Jawa Timur. 

Rest area tersebut dilengkapi dengan berbagaifasilitas bagi pemudik seperti ruang kesehatan, ruang layanan lalu lintas, ruang istirahat bagi pemudik termasuk fasilitas hiburan. Pengelolaan rest area ini dikelola oleh Polres Gresik dengan mendapat dukungan dari berbagai sponsor terkait.

 

Posko Terbaik

Selanjutnya Anung melakukan pemantauan ke Posko Terpadu Tahun 2019 di rest area Tuban yang dikelola oleh Polres Tuban. Rest area ini tidak kalah bagus dan uniknya. Dirjen P2P berkesempatan melakukan pemantauan untuk menuliskan testimoninya bahwa Posko ini terbaik.

"Posko ini dilengkapi fasilitas informasi, layanan lalu lintas, ruang kesehatan, layanan pijat gratis, ruang bermain anak, ruang laktasi, ruang hiburan, dan sebagainya. Saat masuk pengunjung langsung disambut oleh para (tokoh karakter) pahlawan Avengers. Kemungkinan pada pelaksanaan Arus Mudik Lebaran tahun depan juga akan ditambah karakter pahlawan seperti Gatot Kaca dan Brama Kumbara," kata Anung.

Saksikan juga video berikut ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Pengikut Ponpes Mahfilud Dluror Jember Lebaran Hari Ini

Posted: 03 Jun 2019 10:00 PM PDT

Liputan6.com, Jember - Sejumlah pengikut pesantren Ponpes Mahfilud Dluror Desa Suger Kecamatan Jelbuk Kabupaten Jember Jawa Timur, sudah mengumandangkan takbir dan tahmid, Senin 3 Juni 2019. Takbir dan tahmid ini, sebagai tanda kemenangan telah menunaikan puasa Ramadan satu bulan penuh. 

"Usai berbuka puasa, tidak ada salat tarawih, langsung mengumandangkan takbir," kata Pengasuh Ponpes Mahfilud Dluror, KH Ali Wafa, kepada Liputan6.com, Senin malam (3/6/2019).

Ponpes Mahfilud Dluror dan pengikutnya, yang berada di perbatasan kabupaten Bondowoso dan Jember, merayakan hari kemenangan 1 hari lebih awal dibandingkan ketetapan pemerintah, yakni Selasa besok. 

Ali Wafa menjelaskan, dasar penetapan 1 Syawal ini berpegang pada Kitab Nuzhatu Al Majaalis Wa Muntakhobu Al Nafaais, karya Syekh Abdurrahman Al Shufury Al Syafi'i. 

"Kami menetapkan awal Ramadan 1440 Hijriah, jatuh pada Minggu, 5 Mei 2019. Kami menyempurnakan 1 bulan selama 30 hari, karena itu tanggal 1 Syawal jatuh pada Selasa 4 Juni 2019," tutur kyai Ali Wafa.

Dia mengatakan, hasil penghitungan itu sudah disampaikan kepada warganya dan para santri. Tanpa dikomando mereka yang sudah menjadi pengikutnya, kompak mengikuti ketetapan yang dilakukan pondok pesantren, yang sudah dilakukan turun temurun. 

"Saya mengimbau warga yang merayakan hari raya Idul Fitri Selasa, laksanakan saja, tanpa harus menyalahkan hasil ijtihad pemerintah dan ormas lainnya. Ya harus menghormati perbedaan hasil ijtihad, meski harinya berbeda. Yang tidak benar, dia yang tidak melaksanakan puasa bulan Ramadan," tutur kyai yang biasa dipanggil Lora Ali ini.

Warga di sekitar pondok pesantren, katanya, sangat toleran terhadap perbedaan hari raya. Peristiwa ini sudah terjadi bertahun-tahun, tidak ada gesekan dengan mereka yang mengikuti ketetapan pemerintah. Justru perbedaan merayakan Idul Fitri ini, menjadi rahmat bagi umat Islam.

"Salah satunya, warganya bisa merayakan hari selama 2 hari. Tentu warganya malah senang bisa merayakan hari kemenangan 2 kali," kata Ali sambil tertawa.

 

 

 

Simak juga video pilihan berikut ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

FOTO: Antusiasme Penggila Tato di Expotattoo Colombia 2019

Posted: 03 Jun 2019 10:00 PM PDT

Seniman membuat tato di tubuh seorang pria saat acara Expotattoo Colombia 2019 di Medellin, departemen Antioquia (2/6/2019). Para penggila tato antusias untuk mentato tubuhnya di festival tato terbesar di negara tersebut. (AFP Photo/Joaquim Sarmiento)

Seniman membuat tato di tubuh seorang pria saat acara Expotattoo Colombia 2019 di Medellin, departemen Antioquia (2/6/2019). Para penggila tato antusias untuk mentato tubuhnya di festival tato terbesar di negara tersebut. (AFP Photo/Joaquim Sarmiento)

Seorang wanita membawa bayinya saat menato kakinya selama Expotattoo Colombia 2019 di Medellin, departemen Antioquia (2/6/2019). Para penggila tato antusias untuk mentato tubuhnya di festival tato terbesar di negara tersebut. (AFP Photo/Joaquim Sarmiento)

Seorang wanita membawa bayinya saat menato kakinya selama Expotattoo Colombia 2019 di Medellin, departemen Antioquia (2/6/2019). Para penggila tato antusias untuk mentato tubuhnya di festival tato terbesar di negara tersebut. (AFP Photo/Joaquim Sarmiento)

Seniman saat menato sejumlah pencinta tato selama Expotattoo Colombia 2019 di Medellin, departemen Antioquia (2/6/2019). Para penggila tato antusias untuk mentato tubuhnya di festival tato terbesar di negara tersebut. (AFP Photo/Joaquim Sarmiento)

Seniman saat menato sejumlah pencinta tato selama Expotattoo Colombia 2019 di Medellin, departemen Antioquia (2/6/2019). Para penggila tato antusias untuk mentato tubuhnya di festival tato terbesar di negara tersebut. (AFP Photo/Joaquim Sarmiento)

Seorang wanita terbaring saat membuat tato dikakinya selama Expotattoo Colombia 2019 di Medellin, departemen Antioquia (2/6/2019). Para penggila tato antusias untuk mentato tubuhnya di festival tato terbesar di negara tersebut. (AFP Photo/Joaquim Sarmiento)

Seorang wanita terbaring saat membuat tato dikakinya selama Expotattoo Colombia 2019 di Medellin, departemen Antioquia (2/6/2019). Para penggila tato antusias untuk mentato tubuhnya di festival tato terbesar di negara tersebut. (AFP Photo/Joaquim Sarmiento)

Orang-orang menghadiri pertunjukan selama Expotattoo Colombia ke-10 di Medellin, departemen Antioquia (2/6/2019). Para penggila tato antusias untuk mentato tubuhnya di festival tato terbesar di negara tersebut. (AFP Photo/Joaquim Sarmiento)

Orang-orang menghadiri pertunjukan selama Expotattoo Colombia ke-10 di Medellin, departemen Antioquia (2/6/2019). Para penggila tato antusias untuk mentato tubuhnya di festival tato terbesar di negara tersebut. (AFP Photo/Joaquim Sarmiento)

Seniman membuat tato di tangan seorang pria saat acara Expotattoo Colombia 2019 di Medellin, departemen Antioquia (2/6/2019). Para penggila tato antusias untuk mentato tubuhnya di festival tato terbesar di negara tersebut. (AFP Photo/Joaquim Sarmiento)

Seniman membuat tato di tangan seorang pria saat acara Expotattoo Colombia 2019 di Medellin, departemen Antioquia (2/6/2019). Para penggila tato antusias untuk mentato tubuhnya di festival tato terbesar di negara tersebut. (AFP Photo/Joaquim Sarmiento)

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Donald Trump Ucapkan Selamat Idul Fitri kepada Umat Muslim Dunia

Posted: 03 Jun 2019 10:00 PM PDT

Liputan6.com, London - Di sela-sela lawatan ke London, Inggris, hari Senin (3/6), Presiden Amerika Serikat (AS) Donald Trump dan Ibu Negara AS Melania menyampaikan ucapan selamat Idul Fitri kepada seluruh warga Muslim.

"Saya dan Melania ingin menyampaikan salam hangat pada Idul Fitri ini," demikian petikan pernyataan tertulis yang dirilis Gedung Putih, seperti dilansir VOA Indonesia, Selasa (4/6/2019).

Inggris dan negara-negara di kawasan Eropa serta Amerika dilaporkan merayakan Idul Fitri 2019 pada Selasa 4 Juni, Africa News melaporkan.

Lebih lanjut, Trump mengatakan bahwa "pada akhir bulan suci Ramadan, umat Islam merayakan Hari Idul Fitri lewat serangkaian doa dan refleksi."

"Hari suci ini memberi kesempatan bagi warga Muslim di Amerika dan seluruh dunia untuk memperbarui komitmen guna membantu mereka yang kurang beruntung, memperkuat iman mereka pada Tuhan, ikut beribadah dan bersahabat satu sama lain."

Trump dan Melania yang saat ini sedang berada di Inggris untuk melakukan serangkaian pertemuan dengan keluarga kerajaan dan Perdana Menteri Theresa May, juga menyampaikan harapan agar Idul Fitri "membawa sukacita dan kedamaian bagi semua yang merayakan."

Ditambahkannya, "Kami pun berdoa agar warga masyarakat di seluruh belahan dunia merasakan limpahan berkat kasih sayang, pengampunan dan niat baik Tuhan yang berlimpah."

Arab Saudi Idul Fitri Hari Ini, Negara Teluk dan Afrika Mengikuti

Ilustrasi bendera Arab Saudi (AFP Photo)

Arab Saudi telah mengumumkan bahwa Selasa 4 Juni 2019 merupakan 1 Syawal 1440 H atau hari pertama Idul Fitri 2019.

Mahkamah Agung Saudi menetapkan tanggal Idul Fitri 2019 setelah laporan beredar luas bahwa bulan baru telah terlihat di wilayah mereka, demikian seperti dikutip dari Arab News, Selasa (4/6/2019).

Negara-negara Teluk Arab, seperti Uni Emirat, Bahrain, dan lainnya; serta negara-negara Afrika seperti Somalia, Mesir dan yang memiliki sejarah mengikuti Saudi dalam urusan penanggalan hijriah, juga merayakan Idul Fitri 2019 pada hari ini, Gulf News melaporkan.

Pakistan, India, Qatar, Kuwait, Oman, dan lainnya semuanya telah mengumumkan Selasa untuk Idul Fitri seperti halnya sebagian besar negara di Eropa dan Amerika.

Pada kesempatan Idul Fitri 2019, Raja Salman dan Putra Mahkota Mohammed bin Salman mengirim kabel ucapan selamat kepada para pemimpin negara-negara Islam di seluruh dunia.

Simak Video Pilihan Berikut:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

WAGS: Cerita Pemain Cantik Norwegia Boikot Piala Dunia Wanita 2019

Posted: 03 Jun 2019 10:00 PM PDT

Liputan6.com, Paris - Piala Dunia Wanita 2019 sebentar lagi akan dimulai. Namun ada yang tak lengkap dari gelaran Piala Dunia Wanita kali ini.

Pasalnya, salah satu pemain terbaik dunia, Ada Hegerberg tak ikut serta. Bintang asal Norwegia ini memboikot Piala Dunia Wanita karena merasa tak ada kesetaraan perlakuan terhadap sepak bola wanita.

"Jika kita tidak memaksa ada perubahan untuk sepak bola wanita ke arah yang tepat, maka itu tidak akan datang dengan sendirinya," ujar Hegerberg seperti dilansir BBC.

Boikot Hegerberg bermula dari penilaiannya terhadap federasi sepak bola Norwegia. Ia merasa, tidak ada perkembangan signifikan dalam sepak bola wanita seperti di sepak bola pria.

"Saya kira, terkadang kita harus merenung dan berpikir, apakah kita melaju secepat yang seharusnya. Apakah kita melakukannya dengan tepat?" kata Hegerberg.

Piala Dunia Wanita akan berlangsung mulai 8 Juni 2019 hingga 8 Juli 2019 di Prancis. Ada sembilan kota yang terpilih sebagai tuan rumah.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Bertemu Presiden Jokowi di Istana, Asri Welas Tanya Harga Daging

Posted: 03 Jun 2019 10:00 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Bagi Asri Welas, ada banyak momen tak terlupakan pada Ramadan tahun ini. Salah satunya, diundang Presiden Joko Widodo atau Jokowi ke Istana Negara. Di sana, Asri Welas bersama rekan siarannya di Radio Delta FM, Anindyo Baskoro alias Nino (vokalis RAN) mengobrol banyak hal.

Selain mengobrol, Asri Welas dan Nino siaran bersama Presiden Jokowi. Momen ini dimanfaatkan Asri Welas untuk menanyakan banyak hal dari urusan serius sampai bercanda. 

"Ini, kan menjelang Lebaran. Saya mewakili emak-emak menanyakan apakah harga sembako dan daging naik? Di luar dugaan, Presiden Jokowi tahu berapa harga daging sapi saat ini," kata Asri Welas dalam wawancara empat mata dengan Showbiz Liputan6.com, Senin (3/6/2019).

Asri Welas menceritakan, suasana di Istana Negara sangat santai. Ia juga mendapat pesan khusus sebelum mewawancarai Presiden Jokowi. "Sebelum masuk Istana, saya dan Nino diberi tahu tim Pak Jokowi, boleh bertanya apa saja dan jangan terlalu serius," sambung Asri Welas.

 

Menteri Pekerjaan Tidak Umum

Asri Welas dan Presiden Joko Widodo (Instagram/ asri_welas)

Selain soal sembako, Asri Welas bertanya kepada Presiden Jokowi soal peluangnya menjadi menteri di Kabinet Kerja jilid berikutnya. "Pak Jokowi menjawab saya berpeluang menjadi Menteri Pekerjaan Tidak Umum. Nah, saya bingung, tuh yang dimaksud pekerjaan tidak umum itu apa saja," seloroh Asri Welas.

Suasana obrolan yang penuh canda menyadarkan Asri Welas, Istana Negara tak sekaku yang dibayangkan. Ini kali pertama Asri mengobrol dengan RI-1.

Lebih Dulu Bertemu

Presiden Joko Widodo. (Liputan6.com/Faizal Fanani)

Putra sulung Asri Welas, Rajwa Gilbram Ridha Rahardja, lebih dulu bertemu Presiden Jokowi tahun lalu, dalam perayaan Hari Anak Nasional. "Kala itu, Istana Negara memutar film Kulari Ke Pantai karya Riri Riza. Gilbram ikut rombongan dan sempat menyanyikan lagu rap di Istana," kenang bintang sinetron Suami-Suami Takut Istri ini.

Ia menambahkan, "Saya berharap, ke depan kita mengutamakan persatuan. Biar Indonesia lebih aman dalam keragaman. Dengan begitu, kita semakin maju."

 

(Wayan Diananto)

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

VIDEO: Kuliner Legendaris, Lodeh Kikil Jombang

Posted: 03 Jun 2019 10:00 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Kabupaten Jombang, Jawa Timur dikenal banyak memiliki warisan kuliner yang melegenda. Salah satunya yang terkenal adalah Warung Merah Nasi Kikil milik Siti Munazila yang berada di Desa Mojosongo, Kecamatan Diwek, Jombang.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

10 Tanda Wajah Menua Lebih Cepat, Cek Sebelum Terlambat

Posted: 03 Jun 2019 10:00 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Kulit wajah merupakan bagian tubuh yang begitu diperhatikan oleh banyak orang terlepas pria atau wanita. Terkadang tanda-tanda penuaan begitu ditakuti beberapa orang. Pola hidup yang tidak sehat membuat kulit akan tampak lebih tua dari yang sebenarnya.

Ada tanda-tanda tertentu yang menandakan bahwa Anda mengalami penuaan lebih cepat. Tanda tersebut dapat ditemui pada kulit wajah.

Pastinya Anda tak ingin menua sebelum waktunya. Maka dari itu penting untuk menjaga kesehatan kulit dan segera memberi penanganan khusus jika menemui tanda penuaan dini di wajah.

Berikut tanda kulit wajah menua lebih cepat yang berhasil Liputan6.com lansir dari Reader's Digest, Selasa (4/6/2019).

Tanda Wajah Menua Lebih Cepat

Bintik matahari (sumber: iStockphoto)

1. Muncul bintik-bintik matahari

Penuaan kulit memang pasti akan terjadi, tetapi faktor gaya hidup dan lingkungan dapat membuat Anda terlihat lebih tua dari umur sesungguhnya. Paparan sinar matahari dapat menuakan penampilan kulit Anda dengan bercak coklat yang tidak sedap dipandang.

"Ketika kita memasuki usia 30-an, kita mulai melihat dampak kumulatif dari kerusakan akibat sinar matahari, termasuk bintik-bintik matahari," kata dokter kulit Whitney Bowe, MD, penulis The Beauty of Dirty Skin.

"Sebagian besar kerusakan yang menyebabkan bintik-bintik matahari disebabkan oleh UV, tetapi hormon juga dapat memicu bintik-bintik dan bercak juga." Atau bicarakan dengan dokter kulit Anda tentang resep krim pemutih hidrokuinon.

2. Kulit sangat kering

Saat remaja, Anda mengkhawatirkan kulit berminyak, tetapi seiring bertambahnya usia, Anda mungkin menghadapi masalah yang berlawanan.

"Kesenjangan pada lapisan atas pelindung kulit dapat mengeluarkan molekul-molekul kelembaban yang berharga dan memungkinkan terjadinya iritasi," kata Dr. Bowe.

Matahari, merokok, dan bahkan stres dapat berkontribusi pada gangguan ini, katanya. "Untuk menjaga kulit Anda sehat dan terhidrasi, cari bahan pelembab seperti omega, minyak kelapa, ceramides, dan dimethicone," kata Dr. Bowe.

"Masker sekali seminggu, baik selembar sarat humektan atau masker krim semalam dapat menjaga kulit terhidrasi dan ternutrisi, memungkinkan aktivitas anti-penuaan berfungsi lebih baik."

Tanda Wajah Menua Lebih Cepat

Resep Ampuh Cegah Keriput di Wajah (Yuganov Konstantin/shutterstock)

3. Keriput dan kerutan

Garis-garis halus di sekitar mata Anda ini mungkin merupakan tanda pertama bahwa kulit Anda mulai menua lebih awal. Pastikan Anda menghindari kebiasaan sehari-hari yang menyebabkan keriput.

"Dermis adalah lapisan yang bertanggung jawab untuk menjaga kulit kita kencang, kencang, dan bebas dari garis-garis halus," kata Dr. Bowe.

"Seiring bertambahnya usia, pembaruan sel mulai melambat, stratum korneum kulit terluar menebal, dan serat elastin dalam dermis menjadi berantakan."

Tingkatkan kolagen yang mengisi garis-garis ini dan membuat kulit lebih kenyal, dengan produk yang mengandung bahan seperti peptida, faktor pertumbuhan, dan sel induk.

Jika Anda mulai tiba-tiba melihat kerutan yang tidak ada di sana sebelumnya, ingatlah apa yang Anda makan atau aplikasikan ke kulit. Vitamin C melawan kerusakan UV, likopen menstabilkan DNA dalam sel, polifenol memperbaiki kulit yang rusak, dan seng serta vitamin E bertindak sebagai antioksidan.

Makanan utuh seperti buah-buahan, sayuran, dan kacang-kacangan mengandung nutrisi penting ini, dan menambahkannya ke dalam makanan Anda dapat melindungi kulit Anda dari kerusakan yang menyebabkan keriput.

4. Bintik cokelat yang bukan dari sinar matahari

Anda mungkin berpikir Anda melindungi dari kerusakan akibat sinar matahari, tetapi sinar tampak inframerah dan berenergi tinggi dari ponsel Anda juga dapat meninggalkan bekas di wajah Anda.

"Panjang gelombang cahaya tampak tertentu, khususnya cahaya biru, yang dipancarkan dari komputer, televisi, tablet, smartphone, dan bahkan beberapa bola lampu dalam ruangan, juga dapat berkontribusi pada bintik-bintik," kata Dr. Bowe.

Plus, "penelitian baru menunjukkan bahwa wanita yang tinggal di daerah perkotaan dan terkena tingkat polutan yang lebih tinggi lebih mungkin mengembangkan bintik-bintik coklat pada kulit mereka."

Anda bisa memerangi kerusakan dengan krim anti-inflamasi dan antioksidan.

Tanda Wajah Menua Lebih Cepat

Kulit kusam (Foto: iStockphoto)

5. Kehilangan kecerahan kulit

Karena kecepatan sel meremajakan melambat, wajah Anda kehilangan cahaya dan membuat Anda terlihat kurang awet muda. Untuk mempertahankan cahaya sehat itu, Dr. Bowe menyarankan retinol yang dijual bebas.

"Retinoid banyak diteliti dan terbukti meningkatkan kesehatan dan penampilan kulit Anda," katanya.

"Retinoid berbasis vitamin menormalkan pergantian sel, suatu proses yang melambat seiring bertambahnya usia untuk mempromosikan kulit yang jernih, halus, bercahaya, merata, sehat."

Tetapi, Anda tidak dapat menggunakan produk ini saat hamil atau menyusui.

6. Pipi Mengendur

Jika Anda merasa sudah mulai terlihat kempot, mungkin ini karena Anda kehilangan lemak di bawah kulit.

"Lapisan lemak ini menopang dan melindungi kulit, memberi kita kontur muda dan montok — namun, seiring bertambahnya usia, kita kehilangan volume pada lapisan ini," kata Dr. Bowe.

"Selain itu, penelitian menunjukkan bahwa yoga wajah mungkin membantu," katanya. Sebuah penelitian baru-baru ini dari Northwestern menunjukkan program latihan wajah membuat pipi wanita paruh baya tampak lebih penuh dan lebih muda.

Tanda Wajah Menua Lebih Cepat

Ilustrasi Merawat Kulit/copyright shutterstock

7. Tekstur kulit menipis

Meskipun Anda belum berusia lanjut, kulit yang menua sebelum waktunya mungkin mulai terlihat dari teksturnya yang tipis.

"Dua hal berkontribusi pada tekstur rapuh seperti kertas yang berkembang di kulit," kata Dr. Bowe. 

"Pertama, kadar kalsium, yang sangat penting untuk menjaga kulit tetap kencang, turun saat kulit kita matang. Kedua, pH kulit naik." Perubahan pH ini dapat merusak kolagen.

Bowe menyarankan menggunakan serum dengan asam amino kalsium dan peptida. Juga, sesuaikan pH Anda menggunakan pelembab dengan probiotik.

"Probiotik mengembalikan aktivitas enzim lebih dekat ke kulit muda dan sehat," katanya.

8. Munculnya bentol kecil

Ini adalah salah satu kondisi kulit yang terlihat seperti jerawat tetapi tidak. Benjolan kecil berwarna putih atau daging yang disebut milia disebabkan oleh penumpukan dari kerusakan akibat sinar matahari atau produk wajah yang keras.

"Milia adalah kista kecil yang diisi dengan protein yang disebut keratin, dan terbentuk sebagai akibat dari ketidakmampuan kulit terlokalisasi untuk terkelupas secara alami," kata Dr. Bowe.

"Untuk mengatasi milia, cari produk yang membantu pengelupasan kulit yang lembut dan pergantian sel," yang mungkin mengandung bahan asam glikolat atau retinol. Juga, ingatlah untuk menggunakan tabir surya saat keluar ruangan.

Tanda Wajah Menua Lebih Cepat

Ilustrasi bibir lembab. (via: istimewa)

9. Bibir menipis dan kulit mudah rusak

- Bibir menipis

Kolagen juga memengaruhi kepenuhan bibir Anda, dan saat Anda kehilangannya, bibir Anda mungkin mengempis. Sebelum Anda menyuntik dengan filler bibir, coba gunakan produk bibir dengan tabir surya untuk melindungi bibir Anda. "Pencegahan kerusakan akibat sinar matahari adalah hal terbaik yang bisa dilakukan orang untuk mengurangi tanda-tanda penuaan pada bibir dan di sekitar mulut," kata dokter kulit Madeline C. Krauss, MD, kepada American Academy of Dermatology.

- Kulit mudah rusak

Menurut Perpustakaan Kedokteran Nasional A.S., kulit yang menua lebih rentan terhadap cedera, dan bisa empat kali lebih lambat untuk sembuh. Kerusakan akibat sinar matahari dapat mempercepat proses ini. Kulit yang lebih tipis dan lebih rapuh tanpa lapisan lemak pelindung dapat membuat Anda berisiko. Di samping itu, pembuluh darah yang rapuh di bawah kulit dapat lebih mudah pecah.

10. Lingkaran hitam di sekitar mata

Karena kulit di sekitar mata sangat halus, ia cenderung berubah dan mungkin mulai terlihat lebih tua dengan kelopak mata yang tebal, bengkak, dan kegelapan di bawahnya.

"Bantalan lemak superfisial kami cenderung terpisah seiring bertambahnya usia dan menyebabkan bengkak di bawah permukaan menjadi lebih terasa," kata Dr. Bowe.

"Seringkali, kantong di bawah mata Anda berarti kulit di sekitar mereka menahan cairan."

Cobalah mengurangi garam dan alkohol, dan cukup tidur. Bowe juga menyarankan krim mata yang mengandung asam hialuronat, gliserin, dan vitamin C.

Juga, "bahan anti-inflamasi seperti kafein dapat membantu menyempitkan pembuluh darah Anda dan meningkatkan sirkulasi," katanya.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Real Madrid bakal Datangkan Anak Jose Antonio Reyes

Posted: 03 Jun 2019 09:45 PM PDT

Liputan6.com, Madrid - Real Madrid terkonfirmasi bakal merekrut anak mantan pemainnya, Jose Antonio Reyes. Seperti diketahui, Reyes baru saja wafat karena kecelakaan mobil Sabtu (1/6/2019) pagi waktu Spanyol.

Seperti dilansir Football Espana, anak Reyes yang bernama Jose Antonio Reyes Lopez akan mulai bergabung dengan tim muda Real Madrid di musim depan. Sebelumnya, Lopez bregabung bersama tim akademi Leganes di daerah pinggiran Spanyol selatan.

Real Madrid kepincut dengan Reyes Lopez setelah sang pemain menjadi pencetak gol terbanyak di turnamen Ciudad Real. Real Madrid percaya, sang anak akan meneruskan bakat sang bapak.

Reyess senior sebelumnya juga pernah berkostum Real Madrid pada 2006 hingga 2007. Dia juga menjadi bagian dari Los Blancos saat menjuarai La Liga pada musim 2006/07.

Selama kariernya, Reyes tergolong pemain yang sering mendapat gelar juara. Di level senior, Reyes telah meraih 13 trofi termasuk satu trofi Liga Spanyol bersama Real Madrid.

 

Cemerlang di Sevilla dan Arsenal

Jose Antonio Reyes (AFP/ Gogo Lobato)

Selain di Real Madrid, Reyes juga pernah membela Sevilla dan Arsenal. Di dua klub inilah, Reyes juga mendapat sejumlah gelar bergengsi.

Di Sevilla, Reyes turut mengantarkan Sevilla juara tiga kali Liga Europa. Sementara di Arsenal, Reyes mempersembahkan tiga trofi, di antaranya trofi Liga Inggris.

Dimakamkan di Kampung Halaman

Rencananya, Reyes akan dimakamkan di kampung halamannya, Utrera, tempat yang berada di pinggiran Sevilla, pada Selasa (4/6/2019).

Pada Senin (3/6/2019), jenazah Jose Antonio Reyes sedang disemayamkan di Stadion Ramon Sanchez Pizjuan, kandang Sevilla, salah satu klub yang pernah dibelanya.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Ditjen PAS Bagikan Takjil di Berbagai Daerah Selama Ramadan

Posted: 03 Jun 2019 09:45 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Direktorat Jenderal Pemasyarakatan (Ditjen PAS) melakukan kegiatan rutin yakni pembagian takjil selama Ramadan di Jalan Veteran, Jakarta Pusat. Pembagian tersebut diberikan kepada para pengendara yang lewat.

"Kami melihat banyak pengendara yang lupa mempersiapkan makanan dan minuman pembuka puasa. Artinya, itu juga kesempatan buat kami untuk berbagi," kata Dirjen PAS, Sri Puguh Budi Utami di Jakarta, Minggu 2 Juni 2019.

Selain di Jakarta, Sri Puguh menyatakan kegiatan pembagian takjil juga dilakukan diberbagai daerah. Salah satunya di Garut, Jawa Barat.

"Tak kurang dari 200 paket takjil tersebar dan dinikmati para pengendara yang lewat. Dan 100 paket lengkap berbuka puasa juga dikirimkan ke yayasan panti asuhan," ucapnya.

Sementara itu di Lapas IIA Cibinong, Bogor, Jawa Barat, kegiatan pembagian takjil juga melibatkan warga binaan pemasyarakatan (WBP).

Kalapas Cibinong Anak Agung Gde Krisna menyatakan bahkan dalam kegiatan setahun yang lalu, warga binaan ikut serta dalam acara di simpang Cibinong City Mall (CCM). Kegiatan tersebut dimaksudkan agar mempermudah warga binaan untuk memulihkan rasa percaya diri.

Kendati begitu, lanjut dia, warga binaan yang mendapatkan kesempatan adalah mereka yang telah memasuki masa asimilasi menjelang keluar Lapas.

"Kami ingin pada saatnya keluar Lapas, hidup dan kehidupan WBP pun pulih. Serta dapat diterima dan beradaptasi kembali di lingkungan masyarakat," ujar Krisna.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Selamat, Ulin Cilacap Terpilih jadi Juara AKSI 2019 Indosiar

Posted: 03 Jun 2019 09:40 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta AKSI 2019 Indosiar telah menuntaskan episode terakhirnya. Selasa (4/6/2019) telah terpilih juara Akademi Sahur Indonesia tahun ini, yaitu Ulin Cilacap.

Pria bertubuh mungil yang gemar mengenakan setelan beskap, kain batik dan blangkon di atas panggung ini menjadi juara 1 AKSI 2019 Indosiar, dalam kemasan live di stasiun televisi itu, Selasa dini hari.

Indosiar mengemas istimewa episode kemenangan kompetisi ustaz dan ustazah muda ini, Selasa dini hari tadi. Dari 30 peserta yang manggung sejak episode perdana 1 Ramadan atau 6 Mei lalu, tersisa 3 grand finalis, yaitu Ulin (Cilacap) Suwandi (Riau) dan Donidion (Bekasi).

Dan, Selasa dini hari AKSI 2019 Indosiar menelurkan jawaranya, yang terpilih dari akumuliasi penilaian dewan juri yaitu Mama Dedeh, Ustaz Wijayanto, Ustaz Alhabsyi dan Ustaz Subki Al Bhugury, serta polling SMS dari pemirsa.

Hanoman

AKSI 2019 Indosiar Kemenangan episode Selasa, 4 Juni 2019

Ulin asal Cilacap memang sudah digadang-gadang menjadi juara sejak babak-babak terakhir. Pria berwajah babyface ini punya ciri khas yang gampang membuat penonton jatuh hati. Bukan sekedar gaya penyampaian tausiyahnya yang seringkali menyelipkan bahasa ngapak, kampung halamannya.

Tapi, Ulin gemar tampil dengan kearifan lokal, yaitu bercemarah dengan busana khas pria Jawa: setelah kain batik, beskap lengkap dengan blangkon. Ulin pun membawa atribut wayang kulit, untuk menambah kekhasan penampilannya.

Seperti episode Selasa dini hari tadi. Bersama Ustazah Mumpuni, partnernya, Ulin Cilacap tampil dengan tema ceramah Hati Yang Baik. Ulin memberikan contoh tokoh cerita pewayangan Hanoman.

"Meski berwajah buruk tapi hatinya baik. Allah tidak melihat fisik seseorang, pangkat atau jabatan dan kekayaannya. Yang mulai di sisi Tuhan adalah orang yang baik, berhati baik," kata Ulin Cilacap sambil menunjukkan wayang kulit Hanoman di tangan.

Pasangan Ngapak

AKSI 2019 Indosiar Kemenangan episode Selasa, 4 Juni 2019

Indosiar memberikan kesempatan pada 3 grand finalis untuk berkolaborasi dengan juara AKSI sebelumnya. Ulin didapuk berduet dengan Ustazah Mumpuni. Uniknya, pasangan ini dikenal sama-sama dari daerah ngapak, kawasan di Jawa Tengah pesisir utara atau selatan yang punya bahasa Jawa dengan aksen khas.

Alhasil, duet ngapak ini menjadi segar di panggung AKSI 2019 Indosiar Kemenangan Selasa dini hari tadi. Mumpuni Handayayekti bisa mengimbangi Ulin Cilacap dengan imbuhan tausiyah segarnya.

Ulin Cilacap berhak mendapat hadiah uang tunai Rp 100 juta sebagai juara 1. Selain itu AKSI 2019 Indosiar juga mengukuhkan Suwandi Riau sebagai juara 2 dan si kembar Donidion asal Bekasi sebagai juara 3.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Jemaah Ukhuwah Islamiyah Majalengka Berlebaran Hari Ini

Posted: 03 Jun 2019 09:38 PM PDT

Liputan6.com, Cirebon - Melalui mekanisme sidang Isbat, pemerintah menetapkan hari raya Idulfitri jatuh pada Rabu, 5 Mei 2019. Namun, sebagian umat muslim di Indonesia merayakan Idulfitri terlebih dahulu.

Seperti yang dilakukan sebagian warga Kabupaten Majalengka Jawa Barat. Ratusan umat muslim di Majalengka melaksanakan salat Idulfitri yang digelar oleh Jamaah Ukhuwah Islamiyyah di Masjid Taqiyyudin, Kutamanggu, Majalengka Selasa, 4 Juni 2019.

Mereka merayakan Lebaran lebih awal karena mengikuti patokan Rukyat secara global. Jika di sejumlah negara muslim telah terlihat hilal maka berlaku untuk negara muslim lain.

"Iya kami lebaran lebih dulu karena tidak mengikuti rukyat lokal disini," kata ketua panitia Salat Idulfitri Jamaah Ukhuwah Islamiyah Majalengka Amas.

Amas menjelaskan, penetapan Salat Ied lebih awal karena penentuan bulan Qomariyah berdasarkan Rukyat Hilalbi'ain. Atau dengan kata lain rukyat hilal dengan mata.

Oleh karena itu, jika ada satu negeri melihat hilal maka berlaku untuk semua kaum muslim di seluruh dunia. Dia menyatakan, penetapan Idulfitri dengan metode rukyat hilal tersebut tidak ada yang berbeda.

"Tidak ada bedanya juga antara penduduk hijaz dengan di Syam," ujar dia.

Amas mengatakan, perbedaan bulan Qomariah dianggap persoalan yang kompleks untuk dibahas. Seperti persoalan ilmu fiqih antara rukyat global dan lokal.

Selain itu, persoalan astronomi serta penentuan orang yang berhak memutusan kapan awal dan akhir ramadan. Usai mengikuti Salat Id, Jamaah Ukhuwah Islamiyah Majalengka saling bersalaman.

 

Khotbah

Warga Majalengka yang tergabung dalam Jamaah Ukhuwah Islamiyah memilih merayakan lebaran lebih awal dari ketentuan pemerintah. Foto (Liputan6.com / Panji Prayitno)

Sementara itu, Khotbah Idulfitri pun disampaikan Kh Aa Facrurrazi. Dia menjelaskan, buah dari umat muslim menjalankan ibadah puasa yakni takwa.

"Hakikat takwa mengutip penjelasan Sayidina Ali RA adalah takut kepada zat yang maha agung," jelas dia.

Oleh karena itu, umat muslim diwajibkan untuk melaksanakan apa yang menjadi perintah Allah. Perintah tersebut untuk bekal umat muslim di hari akhir salah satunya dengan berpuasa.

Dia juga mengatkan, di hari Idulfitri identik dengan hari kemenangan. Umat muslim yang berhasil menjalankan ibadah puasa sebulan penuh akan merasakan kemenangan.

"Menang melawan hawa nafsu melawan setan melawan setiap kecenderungan dan perilaku menyimpang dan lainnya termasuk keadilan," kata dia.

Menang melawan hawa nafsu. Menang melawan syetan. Menang melawan setiap kecendurangan dan perilaku penyimpang.Menang melawan keadilan. Bahkan menang melawan gembong kekufuran.

"Hari raya yang penuh dengan kemenangan semacam ini yang sepantasnya dirayakan" kata dia.

Saksikan video pilihan berikut ini: 

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Turun Harga, Inter Milan Berpeluang Dapatkan Edin Dzeko

Posted: 03 Jun 2019 09:35 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Inter Milan dikabarkan berpeluang besar mendapatkan striker AS Roma Edin Dzeko. Bahkan, mereka bisa merekrutnya dengan nominal biaya transfer di bawah harga sebelumnya.

Dzeko merupakan nama yang diminta allenatore anyar Inter Milan, Antonio Conte untuk direkrut pada musim panas ini. Conte sebelumnya sempat ingin memboyong Dzeko ketika masih menangani Chelsea.

Negosiasi dengan Roma soal transfer Dzeko pun tampaknya tak bermasalah. Beberapa hari lalu penyerang asal Bosnia-Herzegovina tersebut kabarnya sudah sepakat pindah ke Inter dengan nilai transfer 13,5 juta euro.

Namun kini kabar terbaru menyebut bahwa Roma telah menurunkan nilai jual Dzeko menjadi hanya sekitar 10 hingga 12 juta euro saja. Dan, Inter Milan pun ingin memanfaatkan kesempatan ini.

Harga Turun

7. Edin Dzeko (AS Roma) - 5 gol dan 3 assist (AFP/Tiziana Fabi)

Sky Sport Italia pun mengklaim bahwa perwakilan Inter akan bertemu Roma pada pekan ini guna mendiskusikan finalisasi kepindahan Dzeko ke Giuseppe Meazza.

Dzeko sendiri kabarnya sudah memiliki kesepakatan pribadi dengan Inter. Pemain 33 tahun itu disebut bakal menerima kontrak dua tahun dengan bayaran senilai 4 juta euro per musim.

Catatan Dzeko

Edin Dzeko mencetak 14 gol dari semua laga yang dia mainkan untuk AS Roma pada musim 2018/19. Jumlah yang tidak cukup bagus jika dibanding dengan catatan gol pemain asal Bosnia itu dalam dua musim sebelumnya.

Tenaga Dzeko jelas dibutuhkan Conte di Inter karena tim asuhannya bakal berlaga di tiga kompetisi musim depan, yakni Serie A, Coppa Italia, dan Liga Champions.

Terlebih lagi, Conte dalam waktu dekat kemungkinan bakal melepas bomber sekaligus kapten Inter, Mauro Icardi. Dzeko pun bisa menjadi pengganti yang pas di lini depan La Beneamata.

Sumber: Bola.net

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Kicak Mbah Wono, Kuliner Yogyakarta yang Hanya Ada di Bulan Ramadan

Posted: 03 Jun 2019 09:35 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Kicak merupakan salah satu makanan tradisional dari Yogyakarta yang mudah ditemukan di pasar-pasar tradisional. Kicak yang sangat populer di Yogyakarta bernama Kicak Mbah Wono.  Kicak Mbah Wono ini terbilang spesial, karena hanya muncul saat Ramadan saja.

Kicak Mbah Wono ini kerap dijadikan takjil masyarakat Yogyakarta di bulan Ramadan. Hanya dengan mengeluarkan kocek sebesar Rp 4 ribu per bungkusnya, Anda sudah bisa merasakan gurih dan manis sajian ini.

Bila Anda ingin mencicipi kuliner khas Yogyakarta yang hanya ada di bulan Ramadan, maka Anda harus mencoba Kicak Mbah Wono ini. Untuk membeli Kicak Mbah Wono, Anda harus beli di Pasar Tiban wilayah Kauman Yogyakarta.

Kicak Mbah Wono ini menjadi menu berbuka puasa yang ditunggu-tunggu masyarakat Yogyakarta selama Ramadan. Ingin tahu bagaimana proses pembuatan Kicak Mbah Wono ini? Simak selengkapnya di channel Brilio di Vidio berikut ini.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Nirina Zubir Ungkap Makanan Favoritnya Saat Lebaran

Posted: 03 Jun 2019 09:31 PM PDT

Jakarta - Hari Raya Idul Fitri atau Lebaran memang tak bisa dilepaskan dari momen berkumpul bersama keluarga dan menyantap beragam makanan. Hal itu juga dialami Nirina Zubir.

Bagi aktris dan presenter ini, makanan buatan ibu selalu punya tempat istimewa, tidak ada yang bisa menyamainya. Ada banyak sajian istimewa dan khas saat lebaran, lalu apa makanan yang paling disukai Nirina yang berasal dari Sumatera Barat ini?

Bagi aktris yang akrab disapa Na itu, makanan idaman yang wajib ada di meja makan saat Hari Raya adalah gulai gajebo khas Sumatera Barat buatan sang ibu.

"Gajebo mama menu wajib tiap lebaran," ungkap Nirina, dilansir Antara, Senin, 3 Juni 2019.

Gulai gajebo yang juga dikenal sebagai gajeboh atau sampade daging dibuat dari sandung lamur, bagian dari punuk sapi yang terdiri dari lemak kenyal.  Hidangan favorit Nirina ini biasanya dibuat dengan komposisi lemak yang lebih banyak dari daging.

Rencana Istimewa

Peluncuran Bango bumbu kuliner Nusantara (Nurwahyunan/Fimela.com)

Sementara itu, untuk kegiatan di Idul Fitri sendiri, Nirina dan suami punya rencana istimewa, yaitu bersepeda antar provinsi dari Jakarta ke Bali.

Perjalanan itu merupakan bagian dari perayaan hari ulang tahun pernikahannya dengan Ernest Fardiyan Sjarif yang merupakan mantan personel band "Cokelat".

Nirina memang sudah akrab dengan aktivitas bersepeda. Sehari-hari, bahkan saat berpuasa, dia menyempatkan diri untuk bergerak mengayuh pedal sepeda hingga berkilo-kilo meter.

Saksikan video pilihan di bawah ini:

[vidio:nirina zubir kembali ke dunia hiburan_li]()

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Kumpulan Ucapan Selamat Lebaran, Sambut Hari Raya dengan Suka Cita

Posted: 03 Jun 2019 09:30 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Ucapan selamat Lebaran kerap dicari saat mendekati hari raya Idul Fitri. Ya, sudah menjadi tradisi bagi umat Muslim khususnya di Indonesia untuk memberikan ucapan selamat Lebaran ke sanak saudaranya yang sedang merayakan. Hal ini bisa dibilang merupakan salah satu tradisi yang dilakukan untuk menyambut datangnya hari kemenangan.

Benar saja, selain tradisi menyantap makanan khas Lebaran, tradisi memberikan ucapan selamat Lebaran juga kerap dilakukan. Ya, Lebaran kerap kali dijadikan sebagai momen untuk saling memaafkan atas kesalahan yang pernah diperbuat. Hal ini berguna untuk menyempurnakan ibadah kita selama di bulan Ramadan lalu. Maka tak heran kalau di antara kalimat ucapan selamat Lebaran, terselip juga ucapan permohonan maaf.

Mengucapkan selamat Lebaran ini bisa dilakukan oleh sesama umat Muslim yang sedang merayakan, ataupun dengan umat lainnya. Biasanya, memberikan ucapan selamat Lebaran ini bisa dilakukan secara langsung maupun tidak langsung. Jika bisa bertemu dengan sanak saudara secara langsung, tak perlu bingung untuk mengutarakan ucapannya.

Namun berbeda jika kamu tak sempat bertemu dengan sanak saudara untuk memberikan ucapan secara langsung. Tentunya, di sini kamu akan membutuhkan yang namanya rangkaian kalimat ucapan selamat Lebaran yang akan dikirimkan lewat perantara pesan digital. Tetapi tidak semua orang bisa merangkai kalimat, apalagi yang sifatnya sangat formal seperti ini.

Tidak perlu khawatir, kamu bisa melakukan pencarian kalimat ucapan selamat Lebaran di media daring. Berikut ini, Liputan6.com, Selasa (28/5/2019) juga sudah menyiapkan beberapa ucapan selamat Lebaran yang bisa kamu kirimkan nanti ke sanak saudara saat menjelang hari raya.

Ucapan Selamat Lebaran

Ucapan Selamat Lebaran / Sumber: iStockphoto

1. Bila Idul Fitri adalah lentera, izinkan membuka tabirnya dengan maaf agar cahayanya menembus jiwa fitrah dari tiap khilaf. Selamat Hari Raya Idul Fitri.

2. Berbuat khilaf adalah sifat. Meminta maaf adalah kewajiban. Dan kembalinya Fitrah adalah tujuan. Mohon Maaf Lahir dan Bathin.

3. Andai jemari tak sempat berjabat. Jika raga tak bisa bersua. Bila ada kata membekas luka. Semoga pintu maaf masih terbuka. Selamat Idul Fitri 1440 H. 4. Bila ada langkah membekas lara. Ada kata merangkai dusta. Ada tingkah menorah luka. Mohon maaf lahir dan bathin. Selamat hari raya Idul Fitri 1440 H.

5. Ketika khilaf berlabuh di jiwa akal pun terombang-ambing, kesalahan koyakkan hati, pikiran beku dalam nafsu dan emosi. Selamat Idul Fitri, mohon maaf lahir dan bathin.

6. Selamat Hari Lebaran di hari yang Fitri, Minal Aidin Wal Faidzin Taqabalallahu minnaa wa minkum.

7. Ramadan membasuh hati yang berjelaga. Saatnya meraih rahmat dan ampunan-Nya.

8. Selamat Hari Raya Idul Fitri 1 Syawal 1440 H, Minal Aidin Wal Faidzin Taqabalallahu Minnaa wa Minkum.

9. Untuk lisan dan sikap yang tak terjaga, mohon dibukakan pintu maaf yang sebesar-besarnya.

10. Karena keagunganMu jua, tercurah hidayahMu kepada ummatMu yang sungguh-sungguh menjalankan ibadah untuk meraih kemenangan Ramadan suci. Selamat Idul Fitri, mohon maaf lahir dan bathin.

Ucapan Selamat Lebaran yang Menarik dan Sopan

Ucapan Selamat Lebaran / Sumber: iStockphoto

1. Sabar adalah harta yang paling berharga. Amal menjadi teman yang paling setia saat ikhlas menjadi ibadah terindah. Ketika iman kita menjadi identitas yang paling berat dilakukan. Mohon maaf atas segala salah dan khilaf yang pernah terjadi. Semoga di hari nan fitri ini kita senantiasa mendapatkan limpahan anugerah dari-Nya dalam menjalani kehidupan yang penuh berkah.

2. Lidah bisa tajam mengucap kata. Hati bisa salah menuai dengki. Tindakan bisa menyakiti. Di hari yang dipenuhi dengan kesucian ini, mohon segala salah dan khilaf dimaafkan. Sebab sesungguhnya tidak ada satu pun manusia di dunia ini yang luput dari salah dan hanya Allah yang memiliki segala bentuk kesempurnaan.

3. Wajah memang terhalang ruang untuk saling menatap. Tangan terlalu sulit untuk berjabat. Namun, untaian kata tetap bisa tersampaikan sebagai jembatan ukhuwah di hari nan suci yang penuh dengan kemenangan ini. Minal aidzin wal faidzin, mohon maaf lahir dan batin.

4. Ramadan telah berlalu, fajar hari kemenangan telah menyambut. Membawa sinar terang kedamaian dan kesucian. Menebarkan berkah di Idul Fitri yang suci. Selamat Idul Fitri 1440 H. Mohon maaf lahir dan batin.

5. Takbir telah berkumandang. Memanggil jiwa-jiwa baru yang telah berhasil mengarungi satu bulan Ramadan penuh kesabaran, keikhlasan dan doa-doa. Alhhau akbar, Allahu Akbar, Allahu Akbar Walilla Ilham. Selamat Idul Fitri. Minal Aidin Wal Faidzin.

Ucapan Selamat Lebaran yang Menarik dan Sopan

Ucapan Selamat Lebaran / Sumber: iStockphoto

6. Luka fisik bisa dibalut dengan perban. Luka hati hanya maaf yang mampu mengobati. Di hari baru yang penuh dengan kesucian ini. Mohon maaf atas kata yang telah menyakiti hati. Mari lengkapi Idul Fitri dengan hati yang bersih, Tanpa amarah, tanpa dendam.

7. Dalam langkah perjalanan tak selamanya terasa mulus, ada cela masanya kita menyakiti sesama. Ulurkan tangan dengan ikhlas memohon maaf. Lapangkan hati untuk memberikan maaf. Selamat merayakan hari kemenangan. Mulai langkah baru dengan jiwa yang baru dan hati yang bersih.

8. Sebaik-baiknya manusia adalah mereka yang berbesar hati memberikan maaf yang tulus kepada sesamanya. Bersama untaian kata-kata yang tidak berarti ini, semoga kita mampu saling memaafkan. Baik atas segala salah kata maupun perbuatan yang pernah dilakukan. Selamat hari raya Idul Fitri. Minal aidzin wal faidzin.

9. Baju baru telah menggantung di badan. Takbir telah nyaring berkumandang memanggil kita untuk merayakan kemenangan. Hati baru penuh keikhlasan dan kesucian siap menyambut kata maaf yang disampaikan. Untuk menyambut hari raya di hadapan mata, mohon kiranya sevaga;a sa;ah yang pernah sengaja atau tidak kulakukan untuk ikhlas dimaafkan.

10. Tiga puluh haru sudah menahan lapar, menahan dahaga, menahan amarah, menahan hawa nafsu dan memperbanyak amal ibadah. Kini saatnya kita saling memberikan maaf dengan hati yang ikhlas. Melalui untaian kata-kata ini, aku hanya mampu mengucapkan 'Selamat Idul Fitri 2019, 1440 H. Semoga limpahan berkah senantiasa kita dapatkan dengan hati yang suci dan bersih dari dengki dan amarah.'

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Tak Kena Macet, Warganet Kicaukan Mudik Lancar Banget di Twitter

Posted: 03 Jun 2019 09:25 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Tradisi mudik menjelang Hari Raya Idul Fitri selalu dijalankan tiap tahunnya. Warga di kota-kota besar berbondong-bondong pulang ke kampung halaman untuk ber-Lebaran bersama dengan sanak saudara.

Bahkan selama bertahun-tahun, pemudik jalur darat dengan mobil pribadi maupun bus akrab dengan kemacetan berjam-jam untuk mencapai kampung halamannya.

Karena tiap tahun mudik selalu identik dengan kemacetannya, tidak jarang ada pemudik yang menyebut, "macet adalah seninya mudik". Kemacetan pun jadi hal yang dimaklumi oleh para pemudik.

Namun, dalam satu-dua tahun terakhir, setelah dibangunnya jalan tol yang menghubungkan kota-kota, kemacetan saat mudik mulai terurai. Alhasil, mudik pun jadi lebih singkat ketimbang tahun-tahun sebelumnya.

Tidak heran, tagar #MudikLancarBanget pun menjadi salah satu trending topic di lini masa Twitter Indonesia.

Berikut adalah kicauan-kicauan warganet tentang #MudikLancarBanget yang berisi tentang singkatnya perjalanan mudik mereka hingga guyonan-guyonan seputar mudik.

Lancarnya perjalanan mudik darat tampaknya perlu diimbangi dengan tersedianya fasilitas toilet yang bersih, seperti kata warganet di bawah ini.

Ada juga pengguna Twitter yang skeptis dengan mudik lancar tahun ini.

Cuitan-Cuitan Lainnya

Selama mudik lebaran ada cukup banyak tantangan yang harus dihadapi para pemudik baik itu pengguna kendaraan pribadi maupun moda transportasi umum.

Tak sedikit juga warganet yang mencuitkan guyonan karena mudiknya hanya sebentar ketimbang tahun-tahun sebelumnya. 

Misalnya ada pengguna yang protes kenapa mudiknya dari Bogor hingga Surabaya hanya 8 jam.

Ada juga warganet yang menyebut, tak ada lagi berita tentang kemacetan di televisi saat mudik.

Ada juga pengguna Twitter yang malah membuat guyonan, mudik lancar tetapi yang macet adalah obrolan dengan gebetan. 

Google Doodle Mudik 2019

Google doodle tradisi mudik (Liputan6.com/ Agustin Setyo W)

Masih tentang mudik, sebelumnya Google ikut merayakan tradisi mudik orang Indonesia dengan Google Doodle. 

Dalam Google Doodle yang bertajuk Mudik 2019 itu, tampak huruf-huruf yang membentuk kata Google menjadi sebuah jalanan yang ramai dengan mobil-mobil, bus, hingga sepeda motor yang berangkat dari kota penuh gedung bertingkat ke desa.

Uniknya, mobil-mobil dan motor juga tampak membawa barang-barang dan tas besar di atasnya, layaknya kendaraan di jalan saat mudik.

Google Doodle Mudik 2019 ini pun tampak semarak dengan warna warninya.

"Mudik adalah tentang memperkuat ikatan komunitas, menghabiskan waktu berkualitas dengan keluarga dan orang-orang tersayang, ikut serta dalam ritual tradisional, dan berziarah ke makam leluhur untuk penghormatan," kata Google dalam keterangan doodle Mudik 2019.

Lebih lanjut, Google menyebut, dalam saat berada di kampung halaman, masyarakat akan saling bermaaf-maafan menggunakan kata "Minal aidin wal fa izin, mohon maaf lahir batin."

"Pulang kampung juga waktunya berbagi, makan kue nastar dan kastengel," kata Google.

(Tin/Isk)

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Kontrak Tak Diperpanjang, Bek Arsenal Sampaikan Salam Perpisahan

Posted: 03 Jun 2019 09:20 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Stephan Lichtsteiner menegaskan bahwa dirinya akan meninggalkan Arsenal di musim panas ini. itu setelah kontraknya tak diperpanjang oleh manajemen klub asal London tersebut.

Lichtsteiner direkrut Arsenal pada musim panas tahun lalu dengan status bebas transfer. Sebelumnya bek asal Swiss tersebut habis kontrak bersama raksasa Serie A, Juventus.

Meski cukup berkontribus bagi Arsenal dengan tampil sebanyak 23 kali sepanjang musim 2018-19 kemarin, akan tetapi kubu The Gunners rupanya memilih tak memperpanjang kebersamaan dengan Lichtsteiner.

Lewat akun Instagram pribadinya, Lichtsteiner pun menuliskan salam perpisahan nya bagi Arsenal. Ia mengaku kecewa gagal mempersembahkan trofi Liga Europa setelah kalah 1-4 dari Chelsea di partai final.

Salam Perpisahan Lichtsteiner

Gelandang Brighton, Solly March, duel udara dengan bek Arsenal, Stephen Lichtsteiner, pada laga Premier League di Stadion Emirates, London, Minggu (5/5) Kedua klub bermain imbang 1-1. (AFP/Glyn Kirk)

"Dear Gunners, kita hampir saja menambahkan babak penting ke sejarah menakjubkan klub ini. Namun dekat saja sayangnya tak cukup. Ini sulit diterima. Saya sangat kecewa," tulis Lichtsteiner.

"Tujuan kami adalah membawa Arsenal kembali ke level internasional tertinggi dan memenangi trofi. Keduanya menjadi tradisi di klub hebat ini," tambahnya.

Harapan Lichtsteiner

Tak lupa, Lichtsteiner pun menyampaikan harapannya agar Arsenal mampu meraih kesuksesan di musim-musim yang akan datang.

"Saya berharap rekan setim saya, pelatih dan stafnya, semua karyawan yang bekerja keras dan semua pendukung The Gunners meraih yang terbaik! Saya yakin tim kami dapat menyelesaikan misi pada musim depan!" tutur Lichtsteiner.

"Saya senang menjadi bagian dari klub ini. Sayangnya, itu adalah tantangan dan pengalaman hebat tanpa akhir yang bahagia (trofi Liga Europa)," tukasnya.

"Terima kasih banyak atas dukungan luar biasa Anda! Hal tersebut sangat berharga!" tutup bek 35 tahun tersebut.

Arsenal mengakhiri Premier League musim 2018-19 di peringkat kelima. Kegagalan di final Liga Europa pun membuat Meriam London harus kembali tampil di Liga Europa pada musim depan.

Sumber: Bola.net

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Cetak Laba Rp 36 Triliun, Simak Besaran Gaji dan Tunjangan Direksi Pertamina

Posted: 03 Jun 2019 09:20 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - PT Pertamina (Persero) telah mengumumkan kinerja pada 2018. Tercatat, perusahaan minyak dan gas (migas) terbesar di Indonesia tersebut membukukan laba bersih USD 2,53 miliar atau setara Rp 36 triliun.

Tentu saja, torehan laba bersih tersebut tidak terlepas dari kinerja para manajemen kunci alias dieeksi dan komisaris. Tak heran jika kompensasi yang mereka dapatkan pun cukup besar. Kompensasi ini berupa gaji, tunjangan, fasilitas dan tantiem.

Dikutip dari laporan keuangan perseroan, Selasa (4/6/2019), direksi dan dewan komisari mendapat kompensasi sebesar USD 47,23 juta pada 2018 lalu. Angka tersebut turun jika dibandingkan dengan tahun 2017 yang tercatat USD 52,78 juta.

Jika dihitung secara kasar, jumlah komisaris dari Pertamina sebanyak 7 orang. Sedangkan jumlah direksi tercatat 11 orang. Jika dibagi rata, maka masing-masing pejabat tersebut akan mendapat USD 2,62 juta atau sebesar Rp 37,44 miliar per tahun.

Jika dibagi selama 12 bulan, maka setiap bulan setiap komisaris dan direksi Pertamina mendapat kompensasi kurang lebih Rp 3,08 miliar. Nilai yang cukup besar.

Struktur Remunerasi

Namun memang, hitungan tersebut adalah hitungan secara kasar. Jika melihat dari laporan keuangan perseroan, gaji direktur utama ditetapkan dengan menggunakan pedoman internal yang ditetapkan oleh Menteri BUMN selaku RUPS PT Pertamina (Persero).

Sedangkan gaji anggota direksi lainnya ditetapkan dengan komposisi faktor jabatan, yaitu sebesar 85 persen dari gaji direktur utama.

Untuk honorarium komisaris utama Pertamina sebesar 45 persen dari gaji direktur utama dan untuk wakil komisari sutama sebesar 42,5 persen dari gaji direktur utama. Untuk anggota dewan komisaris tertulis 90 persen dari honorarium komisaris utama.

Pertamina Setor Dividen ke Negara Rp 7,95 Triliun

Foto aerial video mapping atau layar bergerak yang bertema Asian Games di Gedung Utama Pertamina, Jakarta, Kamis (5/7). Video mapping tersebut salah satu terobosan Pertamina untuk membantu mensosialisasikan Asian Games. (Liputan6.com/Arya Manggala)

Sebelumnya, PT Pertamina (Persero) mengumumkan perolehan laba pada 2018 sebesar Rp 35,99 triliun. Dari jumlah tersebut, sebanyak Rp 7,95 triliun di antaranya akan diberikan sebagai dividen kepada pemerintah.

"Kita sudah menyetujui usulan pemberian dividen kepada pemerintah Rp 7,95 triliun sebagai wujud kontribusi Pertamina kepada negara," ujar Pelaksana Tugas Harian (PTH) Direktur Utama Pertamina Pahala Nugroho Mansyur di Gedung Kementerian BUMN, Jakarta, pada Jumat 31 Mei 2019. 

Pahala menyatakan, pemberian dividen tersebut menurun dibanding tahun sebelumnya yang sebesar Rp 8,56 triliun. Itu lantaran perolehan laba perseroan juga mengecil dari 2017 sebesar USD 2,54 miliar ke 2018 sendiri USD 2,53 miliar. 

Jika dihitung lebih detail, ia melanjutkan, besaran dividen tersebut senilai 22 persen dari laba yang perseroan dapatkan pada 2018. Dia pun menyebutkan, pembayaran sebesar itu dikeluarkan setelah menimbang kebutuhan investasi Pertamina yang besar, seperti untuk belanja modal atau Capital expenditure (Capex).

"Kenapa jumlahnya sebesar itu? Pertama tentunya selama ini Pertamina bayar dividen antara 22-25 persen. Kebutuhan investasi Pertamina cukup besar," ungkapnya.

"Di 2019, kita targetkan Capex USD 5,2-5,7 miliar. Bayangkan, kita harus keluarkan Capex sebesar Rp 80 triliun. Itu butuh dukungan cash flow cukup kuat," pungkas Pahala.

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

6 Aktivitas Favorit Pengguna Internet Selama Ramadan, Mana yang Kamu Banget?

Posted: 03 Jun 2019 09:19 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Selama bulan Ramadan, aktivitas pengguna internet mengalami perubahan yang signifikan. Jika siang hari biasanya suka berselancar kuliner dan chit-chat beragam tema, saat ramadan kebiasaan itu berkurang untuk menghindari gibah atau 'ngomongin' orang lain. Pada malam hari biasanya masih pada kumpul main dan hangout, saat ramadan berbondong-bondong ke masjid untuk melaksanakan terawih. Termasuk aktivitas yang berhubungan dengan buka puasa, sahur dan ngabuburit.

Karena ramadan adalah bulan penuh berkah dan segala amal kebaikan dilipat gandakan pahalanya, banyak umat muslim yang berlomba-lomba melakukan kebaikan dan menghindari kemungkaran. Berkaitan dengan hal tersebut, setidaknya ada 6 aktivitas favorit pengguna internet di Indonesia saat mereka berselancar bebas di internet melalui smartphone-nya.

1. Mencari informasi tentang religi

Masyarakat muslim di Indonesia cenderung menghabiskan banyak waktunya di internet mencari informasi dan konten-konten yang berhubungan agama. Konten religi yang dicari beragam mulai dari hadis dan hukum islam, kultum, musik religi, hingga kisah-kisah inspiratif spiritual dari para ustaz, publik figur dan artis.

2. Menonton video bertema religi

Selain mencari konten-konten dan bacaan bertema religi, pengguna internet juga banyak yang menonton video-video religi seperti ceramah-ceramah ustaz kondang dan video-video inspiratif religi. Pengguna internet pun cenderung menghindari tontonan yang berbau kekerasan dan zina mata.

3. Chat group bukber dan berburu kuliner bukber

Karena ada aktivitas buka puasa dan sahur, maka pembahasan chatting dan sosial media juga tak lepas dari obrolan bukber dimana? bukber apa? dan lain sebagainya. Mereka pun juga sibuk membahas menu-menu buka puasa yang diinginkan.

4. Game online

Aktivitas ini masih menjadi favorit para pengguna internet, sejenak untuk melupakan rasa lapar dan dahaga, sekaligus mengisi waktu ngabuburit hingga menanti momen buka puasa tiba.

5. Belanja gamis dan kebutuhan lebaran

Selama ramadan, aktivitas belanja baik online pun mengalami perubahan yang signifikan. Netizen banyak mencari baju-baju gamis, makanan-minuman untuk lebaran dan hadiah-hadiah lebaran untuk keluarga.

6. Silaturahmi online

Aktivitas pengguna internet paling favorit selama ramadan adalah silaturahmi online melalui media sosial maupun chatting. Mereka saling mengucapkan selamat buka puasa, sahur, selama lebaran dan Idul Fitri. Tak hanya melalui kata-kata, namun juga mengirim gambar dan video, bahkan melakukan video call secara langsung dengan kerabat, keluarga dan sahabat yang berbeda kota hingga negara sekalipun.

 

Agar menyambung tali silaturahmi secara online dan melakukan aktivitas internet selama ramadan dan lebaran lebih lancar dan cepat, pastikan kamu menggunakan #JaringanDataTerkuat dari 4G LTE dari XL Axiata.  Menyambut Ramadan dan Idul Fitri 1440 Hijriyah, XL Axiata memastikan kesiapan jaringan 4G LTE telah menjangkau sekitar 440 kota/kabupaten di berbagai wilayah di Indonesia atau lebih dari 95 persen populasi. Lebih dari  45 ribu km panjang jaringan backbone fiber optik tersambung untuk memastikan koneksi internet lebih baik dan lancar.

Kesiapan jaringan ini memperkuat kampanye XL Axiata sebagai #JaringanDataTerkuat yang disampaikan melalui dua kampanye digital yang baru pertama dilakukan di Indonesia bekerjasama dengan para selebgram.

Simak kisah silaturahmi tanpa batas saat ramadan di channel Youtube XL Axiata Tbk, Instagram dan Facebook XL Axiata Tbk. Informasi lainnya, kamu bisa kunjungi https://www.xlaxiata.co.id/id

 

 

(*)

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Polisi Sita Detonator dari Rumah Pelaku Bom Bunuh Diri Kartasura

Posted: 03 Jun 2019 09:17 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Polisi melakukan penggeledahan di rumah pelaku bom bunuh diri Kartasura. Hasil penggeledahan, polisi menemukan sejumlah barang, dari detonator hingga sisa paku.

"Detonator manual dengan kabel hijau putih, selotip dan sisa paku," kata Karo Penmas Mabes Polri, Brigjen Dedi Prasetyo, di Mabes Polri, Jakarta, Selasa (4/6/2019).

Selain itu polisi juga menyita dua plastik belerang, satu plastik potasium dan baterai. "Cukup banyak barang disita, ada dua plastik berisi belerang," ujarnya.

Polisi juga menemukan  barang lain, di antaranya tiga plastik campuran belerang dan potasium, black powder, rangkaian elektronik sebagai swtiching, serbuk putih dan arang, dua plastik kabel, batu dan batang pipa.

Selain itu, Dedi menyatakan kondisi terduga bomber bom bunuh diri Kartasura sudah stabil, saat ini pelaku RA (22) berada di RS Bhayangkara, Kota Semarang, Jawa Tengah.

"Hasil pemeriksaan RS yang bersangkutan alhamduliah cukup stabil," kata Dedi di Kantor Mabes Polri, Selasa (4/6/2019).

 

 

 

Terpapar ISIS

Dedi menyatakan kondisi pelaku saat ini sudah dapat berkomunikasi. "Bisa berkomunikasi, ini dilakukan perawatan dan semoga bisa segera sembuh," ungkap dia.

Nantinya apabila kondisi pelaku sudah benar-benar fit, maka polisi akan melanjutkan pemeriksaan dari mana pelaku terpapar paham ISIS, apakah dari sosial media atau dari kegiatan konvensional.

"Apabila sudah benar sembuh, tentu akan didalami lagi yang bersangkutam dapat terpapar ISIS dari mana, apakah dari medsos apaka dari konvensional," ujarnya.

Sebelumya, Polri menyebut terduga bomber ini masih amatir jika dievaluasi dari aksi dan bom yang diledakkannya. "Boleh dikatakan amatir. Jika dilihat dari komposisi bom dan jumlahnya, masih amatiran. Kalau dia pakai ransel saja, bisa membunuh polisi yang bertugas," ujar Dedi.

Saksikan video pilihan di bawah ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Jadwal NBA Finals 2019 Gim Ketiga: Warriors vs Raptors

Posted: 03 Jun 2019 09:15 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta NBA Finals 2019 akan memasuki gim ketiga. Kali ini juara bertahan Golden State Warriors yang akan bertindak sebagai tuan rumah. Warriors akan menjamu Toronto Raptors, Kamis (6/6/2019) pagi WIB.

Duel Warriors dengan Raptors akan sengit. Skor pertemuan kedua tim setelah gim kedua imbang 1-1. Warriors balas mengalahkan Raptors pada gim kedua. 

Warriors kemungkinan sudah bisa diperkuat small forward Kevin Durant. Eks pemain Oklahoma City Thunder itu belum turun di dua laga NBA Finals 2019 karena cedera.

Selain Durant, Warriors tengah menanti kondisi shooting guard Klay Thompson. Pemilik nomor 11 itu terkena cedera hamstring pada gim kedua NBA Finals 2019.

Pertandingan NBA Finals 2019 akan disiarkan langsung Indosiar dan Vidio.

 

Jadwal NBA Finals 2019

Jadwal NBA Finals 2019

Gim 3: 6 Juni 2019 08.00 WIB, Warriors vs Raptors

Gim 4: 8 Juni 2019 07.00 WIB, Warriors vs Raptors

Gim 5: 11 Juni 2019 08.00 WIB, Raptors vs Warriors

Gim 6: 14 Juni 2019 08.00 WIB, Warrios vs Raptors

Gim 7: 17 Juni 2019 07.00 WIB, Raptors vs Warriors

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Ini Sensasi Mudik Lebaran di Kepri

Posted: 03 Jun 2019 09:05 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Sensasi terbaik dihadirkan Provinsi Kepulauan Riau (Kepri) menyambut #PesonaMudik2019. Dari mulai destinasi yang eksotis, kuliner yang menarik hingga event yang seru siap menyambut pemudik yang pulang ke Kepri.

Yang mau berwisata tinggal pilih destinasi yang diinginkan. Apalagi yang hoby berwisata bahari, sudah pasti akan terpuaskan. Betapa tidak, Kepri merupakan Gerbang Wisata Bahari Indonesia.

Terdiri dari 7 kabupaten dan kota, Kepri memiliki 2408 pulau. Dimana 19 pulau diantaranya merupakan pulau terdepan Indonesia. Cakupan wilayahnya pun lebih banyak lautan dibanding daratnya. Bahkan cakupan wilayah lautnya mencapai 96 persen.

"Hamparan laut, pantai, serta pulau-pulaunya sangat indah. Belum lagi pemandangan bawah laut, ribuan flora fauna, bebatuan dan pemandangan alam lainnya. Semua itu merupakan "keberkahan" sepenggal tanah surga yang dikaruniakan oleh Sang Pencipta. Itu semua siap menyambut wisatawan yang berlibur lebaran di Kepri," ujar Kadispar Provinsi Kepri Buralimar, Senin (3/6).

Bukan saja karunia alamnya yang indah, Kepri juga punya atraksi seni budaya yang tidak dipunyai daerah lain. Ada Makyong yang hanya ada di Batam dan Bintan. Atau Gubang yang dimiliki Anambas. Ada juga kesenian Mendu yang hanya dijumpai di Natuna. Ketiga seni budaya tersebut bersanding manis dengan ratusan tarian tradisional dan modern. Semuanya dikemas dengan langgam lenggok serta musik zapin yg serasi.

"Belum lagi nyanyian daerah yg bernuansa melayu. Karena jelas, Kepri adalah Bundanya Tanah Melayu, ( The Motherland of Malay). Kepri punya catatan sejarah kerajaan melayu yang panjang. Bahkan dahulu kala, cakupan kekuasaannya sampai ke wilayah semenanjung malaysia, sumatera dan kalimantan," ucap Buralimar.

Kepri juga punya punya pesona kuliner yang menggiurkan. Ada kernas roti gendang, mie lendir, mie tarempa, sop ikan dan sebagainya. Kelazatannya bahkan mampu membuat hasrat untuk kembali lagi ke Kepri.

Event-event-nya pun selalu up to date. Entah itu event budaya, buatan dan kreasi. Bahkan Kepri terkenal sebagai jawara event sport tourism, Indonesia. Keberadaan berbagai event sport tourism tersebut mampu membuat wisman dan wisnus berbondong datang. Sebut saja, Tour de Bintan yang mampu menyedot 1.600 wisman. Belum lagi Iron Man, atau pun Bintan Triathlon yang digelar 7-9 Juni meramaikan libur Lebaran di Bintan.

Menteri Pariwisata Arief Yahya pun mengakui pesona Kepri yang luar biasa. Pesonanya bahkan membuat Kepri menjadi pintu gerbang wisman ketiga di Indonesia. Bahkan disaat libur Lebaran sekali pun.

Alasannya cukup kuat. Mantan Dirut Telkom itu mengatakan, pada dasarnya budaya di Singapura dan Malaysia itu sama dengan budaya di Kepri, budaya Melayu. Belum lagi kedekatan kekerabatan diantara masyarakatnya. Hal ini membuat mereka pun ingin kembali mudik bertemu dengan sanak saudara di Kepri. Sekaligus berwisata bersama keluarga.

"Karena moment mudik Lebaran menjadi momentum yang baik berwisata bersama keluarga. Tak ada salahnya menyempatkan mengunjungi destinasi-destinasi yg ada. Sekaligus mencicipi bermacam kuliner khas yang tidak ditemukan ditempat lain. Dan juga menyaksikan persembahan atraksi budaya alam dan buatan yang ada di Kepri. Ayo ke Kepri! Balek kampung, mudik sambil berwisata dengan keluarga," ujar Menteri asal Banyuwangi itu.

 

(*)

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Curhat 3 Pemudik Disabilitas yang Sulit Akses Toilet di Rest Area

Posted: 03 Jun 2019 09:00 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Curahan hati Pungki (44), Widodo (37), dan Faisal Namin (42) mengalir pilu saat beristirahat di Rest Area KM 39 Cikarang tol Jakarta-Cikampek. Ketiganya merupakan penyandang disabilitas pengguna kursi roda yang difasilitasi mudik Lebaran 2019 oleh Mudik Ramah Anak dan Disabilitas (MRAD) LAZISMU.

Perjalanan mudik dilakukan pada Sabtu, 1 Juni 2019 menggunakan bus khusus disabilitas. Pungki dan Widodo mudik ke Jawa Timur, sedangkan Namin pulang ke kampung halamannya di Solo, Jawa Tengah.

Saat bus berhenti untuk istirahat di Rest Area KM 39 Cikarang, jalan dari tempat parkir menuju toilet tidak ramah akses disabilitas. Pungki, Widodo, dan Namin harus melewati tanjakan, undakan, dan tidak ada ramp (bidang miring/datar) yang bisa dilalui pengguna kursi roda.

Dari tiga lokasi toilet di rest area di KM 39, hanya satu yang ada tanda akses disabilitas. Satu ruang toilet yang ada pun sulit sekali dijangkau karena kontur tanah dan bangunan naik-turun. Kemiringan bangunan tidak bisa dilewati sendiri oleh pengguna kursi roda.

Akses tangga menuju toilet juga sangat tinggi. Namin yang mencoba menjangkau toilet akses disabilitas kesulitan karena padatnya mobil yang berebut parkir dan lalu-lalang di rest area.

"Untuk naik di jalan tanjakan menuju bangunan rest area yang tersedia toilet akses, saya harus bersaing dengan banyak mobil yang berhenti buat mengantre parkir. Ya, mesti melewati undakan-undakan lantai yang tidak kalah curam dan tinggi. Karena sulit ke sana, akhirnya saya memilih pindah lokasi toilet umum lain yang jaraknya ratusan meter," tutur Niman dalam keterangan rilis yang diterima Health-Liputan6.com ditulis Selasa (4/6/2019).

Buang Air Kecil di Plastik

Pemudik disabilitas harus buang air kecil di plastik. (Dok MRAD)

Meski jalan menuju toilet relatif landai, bangunan toilet yang dipergunakan Pungki, Widodo, dan Namin juga  tidak mudah diakses. Ketiganya harus didampingi dan dibantu orang lain. Seluruh pintu bilik toilet ini tidak bisa dimasuki kursi roda.

Akibatnya, di depan pintu bilik toilet, Namin harus mengeluarkan plastik untuk menampung dan membuang air kencingnya. Hal itu ia lakukan dalam posisi menghadap kamar mandi.

Sementara itu, Widodo harus turun dari kursi rodanya lantas merangkak ke dalam kamar mandi ukuran 90 cm x 1,15 meter dengan pintu tetap terbuka.

Di toilet wanita, Pungki juga harus turun dari kursi rodanya demi buang air kecil."Ruang  kamar mandi tidak bisa dimasuki kursi roda, terpaksa saya harus turun," keluhnya.

Perlu Fasilitas Toilet Ramah Disabalitas

Pintu kamar mandi tak muat untuk kursi roda milik pemudik disabilitas masuk. (Dok MRAD)

Kesulitan buang air kecil saat perjalanan mudik, Widodo berharap pemerintah dan pihak-pihak lain memperhatikan penyandang disabilitas. 

"Saya berharap, pemerintah sangat memerhatikan para penyandang disabilitas dengan menyediakan transportasi yang bisa diakses. Di setiap rest area juga perlu disediakan toilet akses disabilitas agar kami tidak basah-basahan," katanya. 

"Sebab, toilet ini tidak bisa kami gunakan dan sangat sulit buat penyandang paraplegia dan cerebral palsy," lanjut pria yang ikut mengaudit transportasi dan fasilitas publik bersama program Mudik Ramah Anak dan Disabilitas (MRAD) 2019.

Walaupun mengalami hambatan menggunakan toilet di rest area, Pungki merasa senang bisa ikut mudik bersama MRAD.

Saksikan Video Menarik Berikut Ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Usai Teror Bom Kartasura, Polres Sukabumi Gelar Razia Besar

Posted: 03 Jun 2019 09:00 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Usai teror bom Kartasura, Sukoharjo, Jawa Tengah, Polres Sukabumi Kota langsung menggelar razia berskala besar yang dipusatkan di Jalan Veteran, Kecamatan Cikole, Kota Sukabumi, Jawa Barat pada Selasa pagi (4/6/2019).

"Razia ini untuk memberikan rasa aman dan nyaman kepada masyarakat di hari terakhir Ramadan serta menekan angka kriminalitas atau gangguan kamtibmas," kata Kapolres Sukabumi Kota AKBP Susatyo Purnomo Condro dikutip Antara.

Dari pantauan di lokasi, puluhan pengendara roda dua terjaring razia khususnya mereka yang tidak mengenakan helm, tidak membawa surat berkendaraan seperti SIM dan STNK serta yang kendaraannya berknalpot racing.

Pada razia tersebut ada beberapa pengemudi sepeda motor yang mencoba menerobos barikade polisi dan memutar balik kendaraan. Tak ayal mereka yang menerobos dan melawan petugas langsung dihentikan untuk diperiksa.

Dari hasil razia ini puluhan kendaraan roda disita polisi karena pengendaranya tidak bisa menunjukan STNK dan surat kendaraan lainnya. Selain itu ditemukan barang berbahaya lainnya seperti senjata tajam, obat, dan minuman keras.

Beberapa pelaku pun ditangkap untuk dimintai keterangan terkait kepemilikan barang tersebut. Tidak hanya di Jalan Veteran, di titik pusat perekonomian, pusat kota dan perdangan juga ditempatkan personel kepolisan untuk bersiaga.

Bahkan, Polres Sukabumi Kota pun menurunkan beberapa personel bersenjata lengkap untuk mengamankan razia ini, sekaligus untuk mengantisipasi pelaku teror lanjutan usai bom Kartasura.

"Pada malam takbiran nanti kami juga memperketat pengamanan di seluruh penjuru wilayah hukum Polres Sukabumi Kota dan meningkatkan patroli keliling hingga ke berbagai pelosok perkampungan," tambahnya.

Susatyo mengimbau warga tidak perlu khawatir meskipun tetap waspada serta tidak melakukan aktivitas yang bisa merugikan diri sendiri dan orang lain di hari terakhir Ramadan ini. Kegiatan ini untuk menjaga kesucian Ramadan dan menciptakan rasa aman dan nyaman bagi warga yang merayakan Idul Fitri.

 

 

Simak juga video pilihan berikut ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Cara Nyeleneh Belajar Bahasa Inggris ala Netizen Ini Bikin Senyum Miris

Posted: 03 Jun 2019 09:00 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Bahasa Inggris adalah salah satu mata pelajaran wajib yang dipelajari oleh murid-murid di bangku sekolah. Selain bahasa Indonesia dan bahasa daerah, murid-murid diharapkan mampu belajar bahasa Inggris.

Ini karena bahasa Inggris adalah bahasa yang penting dan menjadi bahasa Internasional. Maka dari itu sebagian besar sekolah di Indonesia memasukkan bahasa Inggris menjadi pelajaran wajib dan diperhitungkan dalam pengambilan nilai siswa.

Belajar bahasa Inggris memang tak semudah belajar bahasa Indonesia ataupun bahasa daerah. Faktor utamanya adalah bahasa Inggris bukan bahasa ibu di negara ini. Belajar bahasa Inggris ini pun sampai ramai diperbincangkan oleh para netizen di mdia sosial.

Para netizen ini mencuitkan tulisannya di Twitter tentang belajar bahasa Inggris yang justru kocak dan bikin senyum miris. Berikut beberapa cuitan tentang belajar bahasa Inggris yang berhasil dirangkum oleh Liputan6.com, Selasa (4/6/2019).

Cuitan belajar bahasa Inggris ala netizen

1. Ternyata berujung ditinggalkan 

Kocaknya belajar bahasa Inggris ala netizen (Sumber: Twitter/@rnarvelous)

2. Kepedulian yang berakhir tangisan 

Kocaknya belajar bahasa Inggris ala netizen (Sumber: Twitter/@yeolliepeollie)

3. Siapa nih yang sering merasakannya? 

Kocaknya belajar bahasa Inggris ala netizen (Sumber: Twitter/@anantodn)

Belajar bahasa Inggris yang bikin senyum miris

4. Awalnya love tapi akhirnya lost 

Kocaknya belajar bahasa Inggris ala netizen (Sumber: Twitter/@Niokusuma1)

5. Belajar bahasa Inggris tapi bahas matematika 

Kocaknya belajar bahasa Inggris ala netizen (Sumber: Twitter/@Fayalet)

6. Ini juga berakhir kehilangan ya 

Kocaknya belajar bahasa Inggris ala netizen (Sumber: Twitter/@cintasores)

7. Kenapa jadi curhat ya? 

Kocaknya belajar bahasa Inggris ala netizen (Sumber: Twitter/@lutfiaulyy)

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Top 3: Deretan Zodiak Ini Bikin Orang Susah Move On

Posted: 03 Jun 2019 09:00 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Usai putus dengan mantan kekasih terkadang kita sulit untuk melupakannya begitu saja. Tentu saja ini karena ada begitu banyak kenangan yang dilakukan bersamanya.

Tak hanya itu, nyatanya memang ada beberapa orang dengan zodiak tertentu yang dikatakan bisa membuat orang sulit untuk move on.

Artikel tentang deretan zodiak yang sulit dilupakan mantan menjadi yang terpopuler di kanal Citizen6, Liputan6.com. Disusul dengan kisah pria yang harus menanggung tagihan senilai Rp 3,3 juta lantaran acara buka puasa bersama teman-temannya gagal.

Sementara artikel terpopuler ketiga tentang cara mudah memasak rendang empuk untuk hari Lebaran.

Berikut Top 3 Citizen6:

1. Selalu Bikin Kangen, 4 Zodiak Ini Susah Dilupakan Mantan

Ilustrasi wanita (dok. Pixabay.com/Putu Elmira)

Hubungan cinta atau berpacaran memang tak selalu mulus. Ada saja masalah yang terkadang membuat sebuah hubungan kandas. Namun, terkadang ada hal yang membuat seseorang tak bisa lepas atau move on dari bayang-bayang sang mantan.

Tahukah kamu, ternyata mantan pun bisa memiliki status sebagai mantan terindah? Serunya lagi, mantan terindah dapat diketahui dari zodiak yang dimilikinya. Penasaran zodiak apa saja yang berpotensi sebagai mantan terindah? Berikut ulasannya.

Selengkapnya...

2. Acara Buka Bersama Gagal, Pria Ini Harus Tanggung Tagihan Rp 3,3 Juta

foto: Facebook Teja

Momen buka puasa bersama harusnya menjadi momen yang menyenangkan. Hal ini lantaran momen buka bersama atau bukber menjadi saat yang tepat untuk bersilaturahmi dengan keluarga dan kerabat.

Hanya saja mengumpulkan teman-teman untuk buka bersama bukanlah perkara mudah. Lantaran kesibukan yang dimiliki masing-masing, ada saja yang berhalangan hadir dan rencana buka bersama hanya berakhir sebagai wacana.

Selengkapnya...

3. 5 Cara Mudah Memasak Daging Rendang Empuk dan Tidak Alot

Ilustrasi/copyright shutterstock.com

Setiap negara tentu memiliki makanan khas saat lebaran. Di Indonesia sendiri, biasanya masyarakat membuat beragam masakan khasnya, seperti rendang dan opor.

Namun, untuk membuat rendang yang enak, empuk dan tidak alot tentu dibutuhkan proses yang panjang. Agar daging rendang cepat empuk, ada beberapa hal yang perlu diperhatikan. Bila selama ini sering memasak rendang tapi dagingnya selalu alot, mungkin kita melewatkan hal-hal berikut ini.

Selengkapnya...

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Top 3 Tekno: Daftar Smartphone Rp 2 Jutaan yang Cocok Buat Lebaran Paling Dicari

Posted: 03 Jun 2019 09:00 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Daftar smartphone dengan harga Rp 2 jutaan yang cocok menjadi teman Lebaran, paling populer di kanal Tekno Liputan6.com.

Berita lain yang tak kalah populer datang dari tim peneliti yang mengembangkan toilet yang bisa ubah tinja menjadi uap.

Lebih lengkapnya, simak tiga berita terpopuler di kanal Tekno Liputan6.com berikut ini.

1. Smartphone Rp 2 Jutaan Berkamera Gahar yang Cocok untuk Idul Fitri

Hari Raya Idul Fitri 2019 atau Lebaran umumnya dihabiskan oleh umat muslim dengan acara berkumpul bersama keluarga. Biasanya, saat berkumpul dengan sanak keluarga, berfoto dan membagikannya ke media sosial menjadi hal wajib dilakukan.

Untuk itu kamu butuh smartphone dengan kamera mumpuni supaya hasil foto-foto Lebaran dengan keluarga besar jadi lebih ciamik.

Nah, berikut adalah rekomendasi smartphone Rp 2 jutaan dengan kamera mumpuni.

Baca selengkapnya di sini 

2. Peneliti Kembangkan Toilet yang Bisa Ubah Tinja Jadi Uap

Orang yang tinggal di negara berkembang mungkin saja mengalami masalah dengan sanitasi, terutama ketika buang air besar.

Pasalnya kadang di toilet, proses flush pun tak bisa dilakukan baik karena minimnya air atau berbagai hal lain. Akibatnya, kadang saat ada pengguna lain yang ingin memakai toilet, mereka harus berhadapan dengan toilet kotor.

Namun demikian, sebuah perusahaan asal Selandia Baru berupaya untuk menyelesaikan masalah ini. Mengutip Ubergizmo, Senin (2/6/2019), para peneliti menciptakan sebuah toilet yang akan mengubah tinja jadi uap. Dengan begitu, masalah sanitasi pun bisa terpecahkan.

Baca selengkapnya di sini 

 

3. Hasil Sidang Isbat Belum Ditentukan, Warganet Ramaikan Twitter

Menteri Agama Lukman Hakim (kanan) dan Ketua Komisi VIII DPR RI Ali Taher (kiri) berbincang usai keterangan pers Sidang Isbat 1 Syawal 1440 H di Kemenag, Jakarta, Senin (03/6/2019). Berdasarkan hasil sidang Isbat, hari raya Idul Fitri jatuh pada Rabu, 5 Juni 2019. (Liputan6.com/Faizal Fanani)

Meski hasil sidang isbat (penentuan) awal bulan Syawal atau Lebaran 2019 belum ditentukan, warganet menyuarakan kegembiraan mereka di platform media sosial Twitter.

Terbukti, berdasarkan pantauan Tekno Liputan6.com, tagar #SidangIsbat puncaki lini masa Twitter Indonesia. Berbagai cuitan kocak dan sukacita pun meramaikan lini masa.

Meski terbagi, warganet menyatakan suka-cita dalam rangka menyebutkan Idul Fitri 2019.

Baca selengkapnya di sini 

(Isk/Ysl)

 

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Makan Malam dengan Ratu Elizabeth II, Donald Trump Puji Relasi AS - Inggris

Posted: 03 Jun 2019 09:00 PM PDT

Liputan6.com, London - Presiden Donald Trump memuji "persahabatan abadi" antara Inggris dan AS ketika ia menghadiri perjamuan negara dan makan malam di Istana Buckingham, bersama Monarki Britania Raya pada Senin 3 Juni 2019 malam waktu setempat.

Pemimpin monarki, Ratu Elizabeth II mengatakan kedua negara sedang merayakan aliansi yang telah memastikan "keselamatan dan kemakmuran kedua bangsa kita selama beberapa dekade," demikian seperti dilansir BBC, Rabu (4/6/2019).

Sementara dalam pidatonya di jamuan makan malam, Donald Trump memuji keberanian rakyat Inggris selama Perang Dunia II dan menyebut Ratu sebagai "wanita hebat".

Trump mengakhiri pidatonya dengan bersulang untuk "persahabatan abadi rakyat kita, vitalitas bangsa kita dan pada pemerintahan Yang Mulia Ratu yang telah lama dihargai dan benar-benar luar biasa".

Sang Ratu memuji peran kedua negara dalam menciptakan majelis lembaga internasional yang akan memastikan "kengerian konflik tidak akan pernah terulang".

Presiden Trump berada di Inggris untuk kunjungan kenegaraan tiga hari, dengan agenda pertemuan bilateral tingkat tinggi dengan PM Theresa May pada Selasa 4 Juni 2019, perjamuan kenegaraan, hingga menghadiri peringatan 75 tahun pendaratan D-Day (atau operasi invasi Sekutu ke Eropa) pada Perang Dunia II

Di Twitter sebelum jamuan, Trump memuji sambutan dari Keluarga Kerajaan sebagai "fantastis" dan mengatakan hubungan dengan Inggris "sangat kuat".

Presiden AS, Donald Trump bersama Pemimpin Monarki Britania Raya dan Persemakmuran, Ratu Elizabeth II memimpin delegasi jamuan dan makan malam kenegaraan di Istana Buckingham (4/6/2019) (POOL / AP PHOTO)

Dia juga mengatakan kesepakatan perdagangan pasca-Brexit dapat terjadi setelah Inggris menghapus "belenggu", menambahkan: "Sudah (saatnya) mulai berbicara!"

Para Tamu

Para tamu termasuk Duke dan Duchess of Cambridge, Pangeran William dan Kate Middleton, para garis suksesi utama Kerajaan Britania Raya, serta orang-orang AS terkemuka yang tinggal di Inggris.

Bersama mereka adalah delegasi utama pemerintahan AS, seperti Menteri Keuangan Steve Mnuchin, serta penasihat kepresidenan yang juga anak-menantu Trump, Ivanka dan Jared Kushner.

Duchess of Sussex, Meghan Markle tidak hadir setelah kelahiran putranya Archie, yang berusia kurang dari sebulan. Pada Minggu 2 Juni, Donald Trump membantah menyebut duchess itu "menjijikkan", meskipun dia menggunakan kata itu dalam rekaman.

 

Adu Cuitan dengan Wali Kota Muslim London

Wali Kota London Sadiq Khan (AP Photo/Matt Dunham)

Sebelumnya pada hari yang sama, Presiden Donald Trump mengkritik Walikota London, Sadiq Khan.

Dia mencuit di Twitter bahwa Sadiq Khan --yang sebelumnya mengatakan Inggris "tidak perlu menggelar karpet merah" untuk Trump-- adalah "pecundang dingin."

Tweet Trump tentang Khan menuduhnya melakukan "pekerjaan buruk" sebagai walikota, dengan menambahkan: "(dia) telah dengan bodohnya" bersikap menjijikkan "kepada presiden Amerika Serikat yang berkunjung, sejauh ini sekutu terpenting Inggris. Dia adalah pecundang dingin yang harus fokus pada kejahatan di London, bukan saya."

Seorang juru bicara Sadiq Khan mengatakan "penghinaan kekanak-kanakan" seharusnya tidak ditunjukkan seorang presiden AS, menambahkan: "Sadiq mewakili nilai-nilai progresif London dan negara kita, memperingatkan bahwa Donald Trump adalah contoh paling mengerikan dari ancaman sayap kanan yang tumbuh di dunia."

Demonstrasi Menyambut Lawatan Trump

Demonstran Pro-Trump dan Anti-Trump adu mulut di lokasi aksi massa di London saat kunjungan kenegaraan Presiden AS Donald Trump (3/6/2019) (AP PHOTO)

Protes skala besar direncanakan di beberapa kota di Inggris saat kunjungan Presiden Trump selama tiga hari, termasuk di London, di mana "demonstrasi nasional" akan dimulai di Trafalgar Square pada pukul 11:00 BST, Selasa 4 Juni 2019.

Pemimpin Partai Buruh Jeremy Corbyn --yang memboikot acara makan malam negara di Istana Buckingham-- akan menghadiri dan berbicara di demonstrasi London, seorang juru bicara partai telah mengkonfirmasi.

Sebelumnya, Corbyn mencuit di Twitter, "Protes besok (4/6) terhadap kunjungan kenegaraan Donald Trump adalah kesempatan untuk berdiri dalam solidaritas dengan mereka yang dia serang di Amerika, di seluruh dunia dan di negara kita sendiri - termasuk, pagi ini, Sadiq Khan."

Ketua DPR Inggris (House of Commons) John Bercow dan pemimpin Demokrat Liberal Sir Vince Cable juga memboikot perjamuan negara.

Namun, kerumunan lain yang adalah pendukung Trump juga berkumpul di London, menyuarakan dukungan terhadap sang presiden dan lawatannya ke Inggris.

Phillip Butah, dari Essex, mengenakan topi MAGA (Make America Great Again) dan menggambarkan dirinya dan temannya sebagai "aktivis Trump", mengatakan: "Kami sangat senang dia ada di sini - kunjungan ini sudah lama tertunda."

Ditanya apa yang mereka harapkan dari kunjungan ini, mereka menjawab: "Penawaran dagang."

Corey Wright, seorang warga AS berusia 25 tahun dari Ohio, yang berada di London sebagai turis, melihat kunjungan itu dengan cara yang sama.

"Saya pikir kunjungan ini baik untuk lingkungan politik," katanya. "Saya pikir itu perlu dikerjakan dan itulah yang dia lakukan di sini."

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Ed Woodward Jadi Biang Kerok Kegagalan Van Gaal di MU?

Posted: 03 Jun 2019 09:00 PM PDT

Liputan6.com, Manchester - Louis van Gaal pernah menukangi Manchester United (MU) dari musim 2014/15 hingga akhir musim 2015/16. Dalam dua musim, Van Gaal hanya berhasil meraih Piala FA bersama Setan Merah sebelum digantikan oleh Ryan Giggs.

Tiga tahun setelah hengkang dari MU, Van Gaal akhirnya blak-blakan soal kendala yang dihadapinya saat di klub itu. Ia menyebut, tak bisa leluasa di bursa transfer karena kehadiran Ed Woodwaard dan tangan kanannya.

"Saya tidak bisa selalu mendapat pemain yang saya inginkan. Itulah masalahnya. Ada CEO, Ed Woodward dan tangan kanannya, Matt Judge sebagai Kepala Pengembangan Korporat," ujar Van Gaal seperti dilansir Sportskeeda.

Van Gaal menambahkan, kegagalan mendatangkan pemain yang diingkan membuat skuat MU tak mendapat penyegaran. Itulah kenapa, kata Van Gaal, MU sepeninggal Sir Alex Ferguson menjadi tertinggal dari tim lain.

Menurut Van Gaal, penyegaran tim penting ketika ada manajer baru masuk. Sayangnya, penyegaran itu tak terjadi di MU.

"Masalahnya dimulai, tentu saja dari fakta MU tak pernah mendapat penyegaran. Saya pikir, ketika Anda seorang manajer, Anda harus melakukan itu setiap musim agar pembangunan tim tetap terjaga," kata Van Gaal.

 

 

Tergantung Woodward dan Judge

CEO MU, Ed Woodward

Van Gaal menambahkan, kebijakan transfer MU bergantung kepada sikap Woodward dan Judge. Padahal, MU sudah punya struktur yang harus dilewati saat hendak membeli pemain.

"Judge dan saya bertemu satu kali tetapi tidak sering. Lalu ada kepala pemandu bakat. Itulah strukturnya, tetapi Anda selalu tergantung kepada Woodward dan Judge," ujar Van Gaal.

Bisa Beli Siapapun

Lebih lanjut, Van Gaal merasa, MU sebetulnya bisa membeli pemain manapun yang diinginkan. Namun ia tak menampik jika beberapa pemain enggan bergabung dengan Setan Merah.

"Sepertinya beberapa pemain tidak terjangkau oleh MU. Saya tidak mengerti, tetapi demikian adanya," ujar Van Gaal mengakhiri.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Cerita Mudik Pertama Aura Kasih Bersama Suami

Posted: 03 Jun 2019 09:00 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Lebaran kali ini terasa spesial bagi Aura Kasih. Pasalnya, ini pertama kalinya Aura Kasih akan berlebaran dengan sang suami tercinta Eryck Amaral.

Ditambah lagi, Aura Kasih juga tengah berbadan dua alias hamil. Alhasil, mengandung di momen Idul Fitri membuat kebahagiaan Aura Kasih berlipat ganda.

"Lebaran tahun ini berbeda karena punya suami dan lagi hamil," ujar Aura Kasih di Jakarta, belum lama ini.

Seperti tahun-tahun sebelumnya, Aura Kasih juga akan mudik ke Bandung pada Lebaran kali ini. "Aku mudik ke Bandung berangkat H-5," ujarnya.

Menurut Aura Kasih, Lebaran di kampung halaman sangat menyenangkan. Karena semua keluarga berkumpul sehingga bisa berlibur bersama. "Paling hari keberapa liburan sama keluarga saja. Paling kayak ke villa, mancing-mancing," katanya. (Nur Ulfa/Dream.co.id)

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Selipkan Jus Timun dalam Menu Berbuka, Manfaatnya Luar Biasa

Posted: 03 Jun 2019 09:00 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Setiap orang biasanya akan mencari minuman segar untuk dikonsumsi saat berbuka puasa. Seperti misalnya es buah. Namun, sebenarnya terdapat pilihan minuman segar yang sehat untuk dikonsumsi saat berbuka.

Salah satunya adalah jus timun. Jus ini cocok diminum saat berbuka puasa Ramadan. Rasanya yang segar bisa mengatasi rasa haus setelah berpuasa seharian. Jus timun juga punya sejumlah manfaat bila diminum secara rutin. Melansir dari Times Indonesia, berikut manfaatnya:

1. Risiko Penyakit Menurun

Penelitian membuktikan bahwa zat lignan dalam buah timun mampu menurunkan risiko penyakit jantung dan pembuluh darah. Selain itu, timun juga mampu menekan perkembangan sel kanker di dalam tubuh manusia. Tak hanya zat lignan, kandungan cucurbitacin pada timun pun memiliki sifat antitumor pada sel kanker, sehingga konsumsi timun dapat menahan perkembangan hidup sel-sel kanker.

2. Hidrasi Tubuh dan Penurunan Berat Badan

Timun baik dikonsumsi untuk mencegah dehidrasi atau kekurangan cairan setelah berpuasa kurang lebih 13 jam lamanya. Buah ini memiliki kandungan air yang banyak di dalamnya. Bagi Anda yang tidak ingin mengalami kenaikan berat badan saat puasa, mengonsumsi jus timun juga bisa jadi solusinya.

Dalam satu buah timun seberat 104 gram, biasanya mengandung 16 kalori. Sedangkan, timun seberat 300 gram hanya mengandung 45 kalori. Tak hanya itu, timun juga tinggi serat, sehingga bisa membuat kenyang lebih lama dan dapat memperlancar sistem pencernaan Anda.

3. Menjaga Kekuatan Tulang

Timun bisa membantu Anda dalam menjaga serta menguatkan tulang. Hal ini karena timun sangat kaya akan vitamin K, sehingga membuat tulang tidak mudah keropos. The Office of Dietary Supplements (ODS) merekomendasikan wanita berusia 19 tahun ke atas untuk mengonsumsi 90 mcg vitamin K setiap hari. Hal yang sama juga perlu dilakukan pria dengan takaran 120 mcg dalam sehari.

4. Mengontrol Tingkat Gula Darah

Para peneliti menyimpulkan bahwa timun dapat mencegah dan mengendalikan diabetes. Hal ini disebabkan oleh kandungan cucurbia ficifiola dalam timun yang dapat mengurangi lonjakan gula darah. Timun juga memiliki indeks glikemik yang rendah, sehingga dapat memberikan nutrisi penting bagi tubuh tanpa meningkatkan gula darah.

5. Menurunkan tekanan darah pada penderita hipertensi

Penderita hipertensi bisa mengontrol tekanan darahnya secara perlahan dengan mengonsumsi jus timun. Zat kalium pada timun dapat mengatur kontraksi serta relaksasi otot jantung, sehingga pembuluh darah tidak akan bermasalah dan tekanan darah pun akan kembali normal. Konsumsi jus timun selama 1-2 minggu secara rutin maka khasiatnya akan terasa setelahnya.

Itulah berbagai manfaat jus timun untuk kesehatan tubuh. Untuk meningkatkan cita rasanya, tambahkan madu dan jeruk nipis. Hindari penggunaan sirup. Pemanis dan pewarna buatan hanya akan merusak nutrisi pada timun.

 

Saksikan video berikut di bawah ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

VIDEO: Doa Memakai Pakaian Baru

Posted: 03 Jun 2019 09:00 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Kumpulan doa Ramadan kali ini berisi tentang bacaan doa ketika memakai pakaian baru. Sangat tepat sebelum kamu memakai baju abru saat lebaran.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Catat, Ini 10 Tempat Kuliner di Mamuju untuk Mengisi Libur Lebaran

Posted: 03 Jun 2019 08:59 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Mudik Lebaran ke Mamuju, Sulawesi Barat (Sulbar) sepertinya tidak afdol jika tak mencicipi kulinernya. Apalagi Bumi Manakarra memiliki deretan destinasi kuliner yang ajib. Dijamin #PesonaMudik2019 di Mamuju bakal luar biasa dengan mencicipi kulinernya.

"Deretan destinasi kuliner di Mamuju itu luar biasa. Sudah terkenal kelezatannya. Harganya pun sangat bersahabat. Makanya banyak wisatawan yang kepicut untuk kembali lagi ke Mamuju. Kuliner ini pun melengkapi dwretan destinasinya yang sangat eksotis," ujar Menteri Pariwisata Arief Yahya.

Dari banyaknya destinasi kuliner di Mamuju, setidaknya ada 10 tempat yang direkomendasikan Kementerian Pariwisata. Selain rasa yang enak dan tempat yang nyaman, alasan lainnya adalah harga yang cukup bersahabat. Bahkan beberapa menyediakan makanan tradisonal Mandar seperti jepa dan bau pepai.

Berikut 10 kuliner Mamuju yang melengkapi #PesonaMudik2019.

1. Ba'go Restoran

Ba'go Restoran adalah salah satu tempat makan seafood terkenal di Mamuju. Letaknya berada di Hotel D'Maleo Jl. Yos Sudarso No.51, Binanga, Kec. Mamuju, Kabupaten Mamuju, Sulawesi Barat.

Berbagai kuliner seafood lezat dapat dinikmati di tempat ini. Mau olahan tradisonal maupun modern siap menggoyang lidah wisatawan.

2. RM Sambalutta

Rumah makan Sambalutta terletak di Jl. Yos Sudarso, Kelurahan Binanga, Kecamatan Mamuju, Kabupaten Mamuju, Sulbar.

Rumah makan ini memiliki tempat yang sangat stategis karena tepat di depan anjungan pantai Manakarra Mamuju, sehingga wajar di jadikan para kuwula muda menjadi rumah makan incara atau favorit saat berkunjungan ke anjungan Pantai Manakarra.

Rumah makan ini menyediakan berbagai menu pilihan anda, mulai dari ikan bakar hingga ayam bakar serta beberapa menu pilihan lainnya.

3. RM Cita Rasa

Rumah makan yang terletak di Jl. Yos Sudarso Mamuju ini pun sangat terkenal di Mamuju. Tempatnya nyaman dengan berbagai pilihan kuliner yang menggoda.

Tak pelak RM Cita Rasa pun sering dijadikan tempat kumpul-kumpul berbagai kalangan. Dari mulai acara keluarga sampai acara resmi pemerintahan.

4. RM Sop Saudara

Rumah makan ini terletak di Jl. Jend Sudirman, Simboro, Kec. Simboro Dan Kepulauan, Kabupaten Mamuju, Sulawesi Barat.

Sesuai namanya rumah makan ini menyajikan Sop Saudara yang merupakan masakan khas Sulawesi Selatan. Biasanya dihidangkan bersama dengan nasi. Dengan berbahan dasar nasi.

Berbeda dengan Coto, pada kuah sop saudara ditambahkan bihun dan perkedel kentang serta biasanya kuah yang ditambahkan susu yang memberikan sensasi manis pada kuah sop saudara.

Namun ditempat ini juga menyajikan berbagai kuliner lainnya. Dari mulai olahan ikan sampai sop konro.

5. RM Latimojong

RM Latimojong terletak di kawasan Pantai Manakarra. Karena letaknya yang strategis, rumah makan ini kerap menjadi sasaran wisatawan untuk bersantap.

Kulinernya super lengkap. Dari mulai seafood, masakan Jawa, masakan Sulawesi, hingga Chinese food. Harganya pun cukup terjangkau dengan rasa yang dijamin memuaskan.

6. Warung Malaqbi

Warung makan malaqbi, terletak di Jl. Andi Makkasau, Kelurahan Karema, Kecamatan Mamuju, Sulbar.

Rumah makan tersebut juga menjadi salah satu rumah makan favorit di Mamuju, pasalnya rumah makan tersebut memiliki tempat starategis didalam kota Mamuju tak jauh dari kantor Cabang BRI Mamuju.

Rumah makan ini juga menyediakan berbagai macam menu andalan, mulai dari ikan hingga cumi-cumi.

7. Rumah Makan Bambu

Rumah makan bambu terletak di Jl. Urip Sumoharjo, Kelurahan Karema, Kecamatan Mamuju, Sulbar. Rumah makan ini juga berada ditengah Kota Mamuju, Sulbar, yang persis berhadapan dengan taman karema. Tak hanya itu,   tempat makan ini juga menjadi salah satu rumah makan favorit yang didesain dengan nuangsa tradisional. Rumah makan tersebut berkonsep prasmanan.

8. Rumah Makan Dapur Mandar.

Rumah makan Dapur Mandar terletak di Jl. KS. Tubun, Kelurahan Rimuku, Kecamatan Mamuju, Sulbar. Terletak di pusat Kota Mamuju atau tepat didepan Rumah Adat Mamuju, tak jauh dari Markas Polres Mamuju.

Rumah makan tersebut menyediakan berbagai macam menu pilihan anda mulai dari makanan yang pada umumnya mudah didapati di rumah makan lainnya, hingga makanan tradisional juga tersedia di rumah makan tersebut. Maka tak heran, rumah makan ini juga menjadi salah satu rumah makan favorit di Mamuju.

9. RM Cici Catering

Rumah Makan Cici Catering ini berada di Jl. Marthadinata, Rangas, Kecamatan Simboro, Kabupaten Mamuju, Sulbar. Rumah makan tersebut merupakan rumah makan yang paling banyak di minati para kawula muda hingga para pejabat dan pengusaha di Mamuju.

Rumah makan tersebut merupakan rumah makan yang sering di jadikan tujuan para pejabat negara yang berkunjung ke Sulbar. mulai menteri hingga pejabat-pejabat lainnya.

Rumah makan ini menyediakan berbagai menu makanan seperti, Ikan bakar, ikan goreng, ayam bakar dan goreng dan berbagai menu andalan lainnya. Dirumah makan ini, juga menyediakan menu tradisional seperti bau peapi dengan khas masakan ala Mandar.

10. Restoran Bangi Kopi

Di Mamuju juga banya betebaran kafe-kafe asik untuk nongkrong loh. Salah satunya Restoran Bangi Kopi. Berbagai menu khas Melayu bisa Kamu nikmatin di Bangi Kopi Mamuju Jl. Yos Sudarso no. 6. Tempatnya asik dan kekinian. Seru-seruan bareng teman maupun keluarga bakal asik di tempat ini.

 

(*)

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Arab Saudi Idul Fitri Hari Ini, Negara Teluk dan Afrika Mengikuti

Posted: 03 Jun 2019 08:56 PM PDT

Liputan6.com, Riyadh - Arab Saudi telah mengumumkan bahwa Selasa 4 Juni 2019 merupakan 1 Syawal 1440 H atau hari pertama Idul Fitri 2019.

Mahkamah Agung Saudi menetapkan tanggal Idul Fitri 2019 setelah laporan beredar luas bahwa bulan baru telah terlihat di wilayah mereka, demikian seperti dikutip dari Arab News, Selasa (4/6/2019).

Negara-negara Teluk Arab, seperti Uni Emirat, Bahrain, dan lainnya; serta negara-negara Afrika seperti Somalia, Mesir dan yang memiliki sejarah mengikuti Saudi dalam urusan penanggalan hijriah, juga merayakan Idul Fitri 2019 pada hari ini, Gulf News melaporkan.

Pakistan, India, Qatar, Kuwait, Oman, dan lainnya semuanya telah mengumumkan Selasa untuk Idul Fitri seperti halnya sebagian besar negara di Eropa dan Amerika.

Pada kesempatan Idul Fitri 2019, Raja Salman dan Putra Mahkota Mohammed bin Salman mengirim kabel ucapan selamat kepada para pemimpin negara-negara Islam di seluruh dunia.

Asia Tenggara dan Pasifik Rayakan Lebaran 2019 Besok

Menteri Agama Lukman Hakim (kanan) dan Ketua Komisi VIII DPR RI Ali Taher (kiri) saat keterangan pers Sidang Isbat 1 Syawal 1440 H di Kementerian Agama, Jakarta, Senin (03/6/2019). Berdasarkan hasil sidang Isbat, hari raya Idul Fitri jatuh pada Rabu, 5 Juni 2019. (Liputan6.com/Faizal Fanani)

Kementerian Agama RI telah melakukan sidang isbat pada Senin 3 Juni 2019 dan menetapkan bahwa Hari Raya Idul Fitri 1440 Hijriah jatuh pada Rabu, 5 Juni 2019. Hal ini sesuai dengan hasil sidang isbat yang dilakukan Kementerian Agama bersama sejumlah pihak berdasarkan pemantauan hilal di 33 provinsi di Indonesia.

"1 Syawal 1440 H jatuh pada Rabu, 5 Juni 2019," kata Menteri Agama Lukman Hakim Saifuddin di Auditorium HM Rasyidi, Gedung Kemenag, Jakarta, Senin (3/6/2019).

Malaysia, negara berpopulasi muslim terbesar ke-2 di Asia Tenggara, juga mengumumkan 1 Syawal 1440 H jatuh pada 5 Juni 2019.

Sementara itu, Dewan Imam Nasional Australia telah mengumumkan hari pertama Idul Fitri atau 1 Syawal 1440 H --menjadi salah satu negara pertama yang membuat pengumuman berakhirnya Ramadan.

Dalam sebuah posting Facebook, Dewan Imam Nasional Australia menulis: "Selasa, 4 Juni, 2019 akan menjadi 30 dan hari terakhir Bulan Ramadan untuk tahun 1440 AH dan Hari Idul Fitri dan 1 Syawal 1440 AH akan jatuh pada Rabu, tanggal 5 Juni 2019," demikian seperti dikutip dari Khaleej Times, Sabtu (1/6/2019).

Simak video pillihan berikut:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Penyebab Kecelakaan yang Menewaskan Jose Antonio Reyes Mulai Terkuak

Posted: 03 Jun 2019 08:55 PM PDT

Jakarta Jose Antonio Reyes, mantan bintang Real Madrid dan Arsenal, meninggal dunia dalam kecelakaan mobil pada Sabtu (1/6/2019) pagi waktu Spanyol.

Penyebab kecelakaan yang menyebabkan Jose Antonio Reyes meninggal dunia mulai terkuak. Marca menulis, menurut Mundo Deportivo, yang memiliki akses ke laporan polisi, menyebut ada dua hal utama penyebab kecelakaan hebat itu.

Dua hal itu adalah kecepatan tinggi serta kondisi ban. Saat terjadi kecelakaan mobil Mercedes Brabus S550V yang dikendarai melaju dengan kecepatan 237 km/jam.

Mobil mewah itu tiba-tiba kehilangan kendali akibat ban bocor, lantas oleng keluar jalanan, menabrak pembatas, berguling dan terbalik sebelum akhirnya terbakar. Ada laporan, mobil mewah itu sudah beberapa bulan tak dinaiki Jose Antonio Reyes.

Mobil Mercedes yang dikendarai saat kecelakaan terjadi, ditumpangi tiga orang. Selain Reyes, ada pula dua sepupunya.

Kabar sebelumnya menyebut dua sepupunya itu ikut meninggal dalam kecelakaan. Namun, satu sepupu Jose Antonio Reyes masih dalam kondisi kritis. Juan Manuel Calderon dirawat intensif di ICU Rumah Sakit Virgen del Rocio Hospital, Sevilla.

Setelah menjalani operasi, pria 22 tahun itu dalam kondisi stabil, kendati harus dibantu alat bantu pernafasan untuk tetap berjuang hidup.

 

 

 

Bentuk Penghormatan

Peti jenazah eks Jose Antonio Reyes di Estadio Ramon Sanchez Pizjuan. Reyes meninggal dunia di usia 35 tahun karena kecelakaan mobil, Sabtu (1/6/2019). (AFP/Critina Quicler)

Sementara satu sepupu lain Reyes dalam mobil itu, Jonathan Reyes (23 tahun), turut mengalami nasib nahas, meninggal dunia. 

Reyes dinyatakan meninggal dunia dalam usia 35 tahun dalam kecelakaan di Sevilla pada Sabtu pagi waktu setempat (1/6/2019). Almarhum sempat disemayamkan di Sevilla sebelum dibawa ke kampung halaman di Utreta pada Minggu petang waktu setempat (2/6/2019), dan dimakamkan pada Senin pagi (3/6/2019).

Klub terakhir Reyes, Extremadura, memutuskan untuk memensiunkan nomor punggung 19 milik almarhum sebagai bentuk penghormatan. 

Jose Antonio Reyes gabung klub Divisi Dua La Liga itu pada Januari 2019 setelah bertualang bersama klub kasta kedua Liga China, Xinjiang Tianshan Leopard FC.

Sumber: Bola

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Kondisi Pelaku Bom Kartasura Stabil, Sudah Bisa Berkomunikasi

Posted: 03 Jun 2019 08:51 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Kepala Biro Penerangan Masyarakat Divisi Humas Polri, Brigjen Pol Dedi Prasetyo menyatakan kondisi terduga bomber bunuh diri Kartasura sudah stabil. Saat ini pelaku RA (22) berada di RS Bhayangkara, Kota Semarang, Jawa Tengah.

"Hasil pemeriksaan RS yang bersangkutan alhamduliah cukup stabil," kata Dedi di Kantor Mabes Polri, Selasa (4/6/2019).

Dedi menyatakan, kondisi pelaku saat ini sudah dapat berkomunikasi. "Bisa berkomunikasi, ini dilakukan perawatan dan semoga bisa segera sembuh," ujarnya.

Nantinya, apabila kondisi pelaku sudah benar-benar fit, maka polisi akan melanjutkan pemeriksaan dari mana pelaku terpapar paham ISIS, apakah dari sosial media atau dari kegiatan konvensional.

"Apabila sudah benar sembuh, tentu akan didalami lagi yang bersangkutam dapat terpapar ISIS dari mana, apakah dari medsos apaka dari konvensional," ungkap Dedi.

 

 

Lone Wolf

Polri menyebut terduga bomber ini masih amatir jika dievaluasi dari aksi dan bom yang diledakkannya. "Boleh dikatakan amatir. Jika dilihat dari komposisi bom dan jumlahnya, masih amatiran. Kalau dia pakai ransel saja, bisa membunuh polisi yang bertugas," ujar Dedi.

Polisi menduga pelaku, RA merupakan lone wolf atau aktor tunggal dari teror yang terjadi Senin 3 Juni 2019 malam.

"Iya, masih kita dalami terus. Pelaku lone wolf ini terpaparnya dari suatu jaringan melalui kegiatan, pertemuan, konvensional atau dari media sosial. Ini tengah didalami Densus 88 dan tim Polda Jateng," ujar Kepala Biro Penerangan Masyarakat Divisi Humas.

Saksikan video pilihan di bawah ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Sarri Latih Juventus, Napoli Bakal Terkena Imbas

Posted: 03 Jun 2019 08:45 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Juventus hampir pasti akan memakai jasa Maurizio Sarri sebagai pelath baru musim depan. Kedatangan Sarri ke Juventus akan memberi dampak buruk terhadap mantan klubnya Napoli.

Sarri saat ini masih terikat kontrak sebagai pelatih Chelsea. Namun pria Italia itu siap pergi lebih cepat dan kembali ke Italia. Juventus sedang melakukan negosiasi dengan Chelsea. 

Diperkirakan Juventus akan menyelesaikan masalah kompensasi dengan Chelsea pada pekan ini. Begitu resmi melatih Juventus, Sarri akan meminta I Bianconeri merekrut beberapa pemin incarannya.

Menurut laporan Tuttosport, pria 60 tahun itu meminta Juventus merekrut mantan anak asuhnya di Napoli, bek Kalidou Koulibaly.

Juventus juga kebetulan menginginkan Koulibaly untuk meremajakan pertahanannya. Pasalnya Andrea Barzagli baru saja memutuskan gantung sepatu.

 

Pernah Dilatih Sarri

Pelatih Chelsea, Maurizio Sarri  (AFP Photo/Ben Stansall)

Kedatangan Sarri membuat Juventus yakin punya peluang lebih besar mendapatkan Koulibaly. Pemain Senegal itu tentunya akan senang bekerja sama lagi dengan Sarri. Koulibaly merupakan salah satu pemain yang diorbitkan Sarri sewaktu melatih Napoli.

Persaingan mendapatkan Koulibaly memang tidak mudah. Juventus harus saling sikut dengan Real Madrid dan Manchester United. Harga Koulibaly juga mencapai 150 juta pound.

Klasemen Liga Italia

 

 

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

IM3 Ooredoo Zone: Silaturahmi Bareng Keluarga Makin Erat Bebas Putus

Posted: 03 Jun 2019 08:43 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Momen mudik lebaran memang paling menyenangkan apalagi dapat mengajak sang buah hati untuk bersilaturahmi ke Orangtua, keluarga dan teman di kampung halaman. Beragam cara pun ditempuh agar bisa melepas rindu di tujuan, mulai dengan naik kendaraan pribadi maupun kendaraan umum.

Bagi Anda yang melakukan perjalanan mudik dengan kendaraan pribadi waktu tempuh yang jauh seketika menjadi petualangan seru tak terlupakan bersama keluarga. Selama perjalanan itulah ada komunikasi yang terbangun dimana tak akan Anda temukan dalam kehidupan sehari-hari.

Bercengkrama di dalam kendaraan, bersantai, bersenang-senang, maupun beribadah di rest area bersama anggota keluarga seperjalanan, maupun video call-an ke Orangtua, keluarga, dan teman yang sudah tak sabar menanti di tempat tujuan sungguh menyenangkan dan jadi pengalaman seru yang bisa menjadi bahan bercerita saat berkumpul nanti.

Hal tersebut rupanya menjadi perhatian IM3 Ooredoo. Ya, setelah belum lama ini mempersembahkan Paket New Freedom dengan keunggulan kuota besar hingga 60 Gb plus gratis nelpon ke semua operator, IM3 Ooredoo juga menghadirkan 20 booth IM3 Ooredoo Zone yang tersebar di sepanjang jalur mudik di pulau Jawa yang bertujuan memberi kenyamanan ekstra bagi para pemudik untuk melanjutkan perjalanan.

Di IM3 Ooredoo Zone para pemudik bisa mendapat GRATIS pulsa, Mie instant dan Hot Coffee buat kamu pelanggan setia IM3 Ooredoo. Selain itu, ada Grand Prize 5 buah smartphone Samsung M20 untuk yang berani ikutan Photo Challenge #IM3OoredooZone.

Keceriaan SPG booth IM3 Ooredoo Zone yang siap melayani para pemudik.

Berbagai fasilitas juga disuguhkan demi kenyamanan pengunjung, antara lain top up pulsa, layanan aktivasi paket data, makanan dan kopi gratis untuk buka puasa, stasiun pengisian daya, area istirahat, dan beragam game seru.

Penasaran ada di mana saja keseruan IM3 Ooredoo Zone? Ini dia:

·         Pelabuhan Merak, Tangerang

·         Bandara Halim Perdana Kusuma, Jakarta Timur

·         Pelabuhan Ketapang, Banyuwangi

·         Rest Area KM 39 Cikampek

·         Rest Area KM 88A Purbaleunyi

·         Rest Area KM 102 Purwakarta

·         Rest Area KM 166 Cirebon

·         Rest Area KM 207 Cirebon

·         Rest Area KM 429 – Semarang (Bawen)

·         SPBU Jatilawang – Banyumas

·         SPBU Tirto – Pekalongan

·         SPBU Utama Raya – Situbondo

·         Rumah Makan Utama Raya – Caruban

·         SPBU Rajapolah – Tasikmalaya

·         Lokawisata Baturraden

·         Jatim Park 2 - Malang

·         Saloka Park – Semarang

·         Taman Impian Jaya Ancol – Jakarta Utara

·         Floating Market – Lembang Jawa Barat

Melalui momen mudik Lebaran ini pelanggan diharapkan dapat mendekatkan kembali tali silaturahim dengan teman dan keluarga yang mungkin sudah jarang berkomunikasi akibat kesibukan sehari-hari maupun jarak yang memisahkan.

Dengan menghadirkan IM3 Ooredoo Zone di sepanjang jalur utama mudik, IM3 Ooredoo tak hanya memberikan kenyamanan tapi juga membantu dalam memenuhi kebutuhan telekomunikasi selama perjalanan mudik untuk menikmati momen kebersamaan Ramadan dan Lebaran yang menyenangkan tanpa rasa was-was.

Untuk informasi lebih lanjut mengenai IM3 Ooredoo Zone klik tautan berikut ini.

#RamadanMakinKuat #PaketNewFreedom #IM3OoredooZone

 

(Adv) 

 

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Hingga H-3 Lebaran, Jumlah Pemudik Pesawat Turun 16,16 Persen

Posted: 03 Jun 2019 08:42 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Direktorat Jenderal Perhubungan Udara Kementerian Perhubungan menyampaikan, sampai hari Minggu (2/6) atau H-3 Lebaran, di sejumlah bandar udara tidak terjadi puncak mudik yang meningkat tajam seperti pada tahun-tahunn sebelumnya.

Direktur Jenderal Perhubungan Udara Kementerian Perhubungan Polana B Pramesti, mengakui jumlah penumpang yang mudik menggunakan moda transportasi udara pada masa Lebaran ini mengalami penurunan meski terjadi lonjakan penumpang dibandingkan hari-hari biasa sebelum arus mudik.

"Peningkatan memang tejadi dibandingkan hari-hari normal, saat ini kapasitas angkutan Lebaran di sejumlah bandar udara relatif dalam situasi yang terkendali," kata Polana kepada wartawan, Selasa (4/6/2019).

Sebelumnya perkiraan puncak arus mudik Lebaran diprediksi terjadi pada 31 Juni 2019 dan puncak arus balik pada 9 Juni 2019. Sesuai prediksi, Polana menambahkan, memang terjadi peningkatan arus penumpang pada prediksi tersebut dan kondisinya tetap terkendali.

"Termasuk semua keluhan dari pengguna jasa angkutan udara yang dilaporkan melalui 36 posko terpadu yang telah disediakan di bandar udara seluruh Indonesia. Dari hasil keluhan yang dilaporkan, diharapkan akan menjadi bahan perbaikan kedepannya, apalagi yang berhubungan dengan tiga aspek yakni keselamatan, keamanan dan pelayanan penerbangan," tegasnya.

Bedasarkan laporan Posko Angkutan Lebaran 2019, dari 36 bandara yang dipantau hingga 3 Juni 2019 pukul 06.09 WIB, total pesawat berangkat sebesar 9.752 flight, angka ini turun dibandingkan 2018 yaitu 13.919 atau turun 29,94 persen.

Untuk total angkutan udara dalam dan luar negeri hingga H-3 di 36 bandar udara yaitu sebesar 11.178 flight. Angka ini terjadi penurunan dibandingkan 2018 yaitu 12.988 flight atau turun sebesar 13,94 persen.

Sedangkan total penumpang berangkat dalam dan luar negeri di 36 bandar udara yaitu sebesar 1.465.907 orang. Angka ini turun dibandingkan 2018 yang mencapai 1.748.358 atau turun sebesar 16,16 persen.

 

Tarif Batas Atas

Pesawat maskapai Garuda Indonesia terparkir di areal Bandara Soekarno Hatta, Tangerang, Banten, Kamis (16/5/2019). Pemerintah akhirnya menurunkan tarif batas atas (TBA) tiket pesawat atau angkutan udara sebesar 12-16 persen yang berlaku mulai Kamis hari ini. (Liputan6.com/Faizal Fanani)

Di lain sisi, Polana menjelaskan, pada masa Angkutan Lebaran 2019, belum ada laporan ditemukan maskapai yang melanggar Tarif Batas Atas (TBA). Hal itu didasari dari hasil inspeksi atau pengawasan yang dilakukan di 36 bandar udara.

Penurunan itu diatur dalam Keputusan Menteri Perhubungan No. KM 106 tahun 2019 tentang Tarif Batas Atas Penumpang Pelayanan Kelas Ekonomi Angkutan Udara Niaga Berjadwal Dalam Negeri.

"Berdasarkan laporan yang kami peroleh, belum ada maskapai yang melanggar TBA, sebab melalui KM 106 tahun 2019, ini berlaku untuk seluruh maskapai penerbangan tanpa terkecuali," pungkas dia.

Menhub Dapat Laporan Ada Tarif Pesawat Melebihi Batas Atas

Pesawat maskapai Lion Air terparkir di areal Bandara Soekarno Hatta, Tangerang, Kamis (16/5/2019). Berdasarkan hasil Rapat Koordinasi antara Kementerian Bidang Perekonomian dan Kementerian Perhubungan memutuskan tarif batas atas tiket pesawat turun sebesar 12-16 persen. (Liputan6.com/Faizal Fanani)

Sebelumnya, Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi menggelar video conferenceguna memastikan kelancaran dan keamanan arus mudik Lebaran 2019 pada Senin kemarin. Melalui sambungan video, Budi Karya mengecek langsung setiap daerah yang menjadi titik kepadatan para pemudik pada Lebaran 2019.

Di awal, Budi Karya langsung mengecek kondisi Kantor Kesyahbandaran dan Otoritas Pelabuhan (KSOP) yang ada di Balikpapan. "Bisa dilaporkan hari ini KSOP Balikpapan berapa kapal yang diluncurkan dari Balikpapan?" tanya Budi Karya di Posko Tingkat Nasional Angkutan Lebaran, Kementerian Perhubungan, Jakarta, pada Senin 3 Juni 2019. 

Mendengar pertanyaan tersebut, Kepala Badan Litbang Perhubungan Kemenhub, Sugihardjo yang berada di lokasi langsung merespons. Menurutnya, jumlah penumpang di Pelabuhan Semayang Balikpapan sampai pada H-2 Lebaran mencapai 40.293 orang atau naik 32 persen dibandingkan tahun lalu.

"Kedatangan kapal 35 perjalanan, naik juga dibanding tahun lalu," katanya.

Naiknya jumlah penumpang yang menggunakan moda trasnportasi kapal ini pun, membuat terjadinya penurunan terhadap jumlah penumpang pada pesawat udara.

"Pesawat udara turun 24 persen dibanding tahun lalu. Makanya tidak ada extra flight. Ada beberapa penerbangan yang tarifnya mendekati atau bahkan ada beberapa rute yang melebihi tarif batas atas," katanya.

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Pelaku Bom Kartasura Mengaku Terpapar Paham Radikal ISIS

Posted: 03 Jun 2019 08:37 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Ledakan bom terjadi di Pos Pantau Polres Sukoharjo di simpang Kartasura, Jalan Ahmad Yani, Sukoharjo, pukul 23.00 WIB, Senin 3 Juni 2019. Berdasarkan pengakuan pelaku RS (22), Polri menyebut aksi tersebut sebagai suicide bomber atau bom bunuh diri.

"Pelaku mengaku suicide bomber karena terpapar ISIS. Belum ada indikasi pelaku ikut dalam suatu jaringan, baik JAD jateng maupun kelompok lain," ujar Karopenmas Polri Brigjen Pol Dedi Prasetyo di Mabes Polri, Jakarta, Selasa (4/6/2019).

Ia mengungkap, jenis bom yang digunakan pelaku adalah bom pinggang. Hal itu terlihat dari kondisi luka yang berada di sebagian perut dan tangan kanan RA.

"Sekarang pelaku kondisinya stabil, bisa berkomunikasi, akan didalami terpapar ISIS dari mana, apakah media sosial atau dari mana," kata Dedi.

Pelaku Dikenal Pendiam

Pelaku bom bunuh diri Kartasura RA (22), merupakan warga Kampung Kranggan Kulon RT 01/RW 02, Desa Wirogunan, Kartasura, Kabupaten Sukoharjo. Tetangga menyebut, pelaku bom Pos Pantau Polres Sukoharjo di simpang Kartasura tersebut merupakan anak yang baik di lingkungan sekitarnya.

"Anaknya clingus (pemalu)," kata Sri Rohani (47), warga Kampung Kranggan yang rumahnya bersebelahan langsung dengan rumah pelaku, Selasa (4/6/2019).

Ia mengatakan, RA merupakan anak kedua dari tiga bersaudara putra pasangan Muhtadi dan Sukinem. RA juga bisa bergaul dengan tetangga sekitar.

Sementara Ketua RT 01/ RW 02 Kranggan Kulon, Wirogunan Joko Suwanto mengaku RA diketahui berubah usai lulus MAN yang kemudian bekerja di Kota Solo. Namun, ia tidak mengetahui pergaulan RA bersama teman-temannya di Solo itu.

"Anaknya pendiam, berubah sejak kerja si Solo," ujarnya.

Saksikan video pilihan di bawah ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Perombakan Besar-besaran, Barcelona Bakal Lepas 12 Pemain

Posted: 03 Jun 2019 08:35 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Barcelona kabarnya akan melakukan perbaikan besar-besaran untuk skuatnya di musim depan. Juara La Liga ini akan melepas hingga 12 pemain.

Barcelona digadang-gadang bakal mampu meraih tiga gelar alias treble winners pada musim 2018-19 kemarin. Misi pertama pun sukses dijalankan ketika mereka sudah mengamankan titel La Liga sejak beberapa pekan sebelum musim berakhir.

Namun peruntungan Barca rupanya hanya sampai di situ. Blaugrana harus tersingkir dari Liga Champions setelah menderita kekalahan menyakitkan dari Liverpool.

Lionel Messi cs sejatinya memiliki kesempatan untuk mencari obat penawar luka. Namun sayang, mereka malah menyerah 1-2 dari Valencia dalam partai final Copa del Rey.

Dilansir Marca, buruknya prestasi musim 2018-19 kemari membuat manajemen Barcelona bergerak serius mempersiapkan tim untuk menyambut musim depan.

Tiga Pemain Pasti Pergi

Aksi kiper Villarreal, Sergio menghalau bola dari kejaran pemain Barcelona, Thomas Vermaelen pada laga La Liga Santander di Camp Nou stadium, Barcelona, (9/5/2018). Barcelona menang telak 5-1. (AFP/Pau Barrena)

Langkah pertama yang diambil adalah melepas sederet pemain yang dianggap kurang memberikan kontribusi bagi tim. Tiga pemain hampir bisa dipastikan bakal hengkang, mereka adalah Thomas Vermaelen, Jeison Murillo, dan Kevin Prince-Boateng.

Vermaelen akan habis kontrak pada akhir Juni ini. Sementara Murillo dan Boateng yang digaet dengan status pinjaman bakal dikembalikan ke klub masing-masing, yakni Valencia dan Sassuolo

Tunggu Tawaran untuk Sembilan Pemain

Lebih lanjut, Barca kabarnya juga tengah menunggu tawaran datang dari klub lain untuk sembilan pemain lainnya. Jika tawaran dianggap tepat, maka Barca bakal melepas sang pemain.

Tiga nama papan atas masuk dalam daftar ini, yakni Ivan Rakitic, Ousmane Dembele, dan Philippe Coutinho. Ketiganya diklaim tengah didekati beberapa klub top Eropa.

Enam nama lainnya adalah Jesper Cillessen, Nelson Semedo, Jean-Clair Todibo, Samuel Umtiti, Rafinha Alcantara, dan Malcom.

Sumber:bola.net

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Maksimalkan Rutinitas Perawatan Kecantikan dengan Menggunakan Khasiat Bamboo Charcoal

Posted: 03 Jun 2019 08:33 PM PDT

Jakarta Bingung dengan makeup yang cepat luntur dan kotoran yang mudah menempel akibat permasalahan minyak berlebih dan kulit wajah kusam? Jangan khawatir, Anda dapat mencoba tahapan perawatan kecantikan dengan menggunakan khasiat bamboo charcoal yang mampu menyerap kadar minyak berlebih dan mengangkat sisa kotoran dengan baik.

Permasalahan wajah dengan produksi minyak berlebih umumnya dialami oleh perempuan yang tinggal di wilayah tropis. Khusus untuk Anda yang lelah menghadapi permasalahan kulit wajah dengan minyak berlebih, dan tidak dapat dituntaskan hanya dengan menggunakan sabun cuci muka biasa, The Body Shop menawarkan produk perawatan kecantikan seri Himalayan Charcoal.

Rangkaian produk perawatan yang mampu membersihkan kulit secara menyeluruh ini diperkaya dengan bamboo charcoal yang dipanen secara manual dari kaki gunung Himalaya, daun green tea dari Jepang, dan tea tree oil dari Kenya.

Lakukan rutinitas perawatan kecantikan pada pagi dan malam hari. Caranya, bersihkan wajah menggunakan Himayalan Charcoal Purifying Clay Wash. Pembersih wajah yang diperkaya dengan kaolin clay, bamboo charcoal, dan tea tree oil ini bertekstur lembut dan creamy.

Jangan khawatir, pembersih wajah ini dapat digunakan setiap hari sehingga kulit wajah terasa bersih, bebas kilap, dan tanpa terasa kering. Sebagai opsi, Himalayan Charcoal Purifying Facial Soap juga bisa jadi pilihan.

 

Tahap perawatan wajah selanjutnya

Himayalan Charcoal Purifying Clay Wash (Foto: dokumen The Body Shop)

Setelah wajah dibersihkan dengan menggunakan Himayalan Charcoal Purifying Clay Wash, lakukan perawatan ekstra dengan tahapan selanjutnya. Untuk mencerahkan wajah dan mengangkat semua sisa minyak berlebih hingga kotoran yang membandel, aplikasikan  Himalayan Charcoal Purifying Glow Mask 2-3 kali seminggu sebagai perawatan kulit mingguan. Himalayan Charcoal Purifying Glow Mask bekerja sebagai eksfoliator, menyamarkan tampilan pori, serta memberikan sensasi dingin dan menyegarkan pada kulit.

Oleskan pada seluruh permukaan kulit wajah dan diamkan selama 5-10 menit. Bilas dengan gerakan memutar untuk mengeksfoliasi kulitdan mengangkat sel-sel kulit mati.

 

Merawat wajah sambil membantu sesama manusia

ilustrasi hutan bambu (Foto: unsplash/Mirko Blicke)

Selain manfaat baik dari seri produk Himayalan Charcoal untuk kulit wajah, The Body Shop juga mengadakan kampanye untuk red panda. Kampanye ini mendorong para pelanggan berdonasi untuk melindungi eksistensi red panda di Himalaya. Setiap pembelian Himalayan Charcoal Purifying Glow Mask dan Facial Soap, The Body Shop mendonasikan sejumlah dana kepada Red Panda Network of Nepal. Dana tersebut digunakan untuk menanam makanan red panda, yaitu bambo, serta memulihkan 78 hektar hutan.

Tak hanya itu, rangkaian produk Himalayan Charcoal yang diperkaya dengan tea tree oil bekerjasama dengan Kenya Organic Oil Farmers Association (KOOFA). The Body Shop bekerja sama dengan koperasi yang terdiri dari lebih 600 petani skala kecil di kaki gunung Kenya National Park. Perdagangan dengan The Body Shop ini membantu memberikan pendapatan yang stabil bagi para petani. Ini menandakan para petani dapat membiayai proyek masyarakat di lingkungannya dan mengembangkan sistem pertanian yang berkelanjutan. KOOFA juga memberikan beasiswa bagi anak-anak yang kurang beruntung untuk menyelesaikan pendidikannya.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Selama di MU, Van Gaal Akui Gagal Tangani Wayne Rooney

Posted: 03 Jun 2019 08:30 PM PDT

Liputan6.com, Manchester - Louis van Gaal mengakui gagal menagani perilaku Wayne Rooney saat masih menukangi Manchester United (MU). Van Gaal menilai perilaku Rooney di luar lapangan sulit dikontrol.

"Saya minta maaf, tetapi dia di luar kontrol. Meskipun demikian, dia adalah salah satu pemain terbaik saya," ujar Van Gaal seperti dilansir Sportskeeda.

Van Gaal pernah melatih MU dari musim 2014/15 hingga akhir musim 2015/16. Selama dua musim, manajer asal Belanda ini hanya mempersembahkan trofi Piala FA.

Di masa kepelatihan Van Gaal, Rooney didapuk sebagai kapten tim. Van Gaal mengakui, tindakannya itu adalah untuk mengontrol perilaku Rooney di luar lapangan.

"Di luar lapangan dan di dalama latihan serta stadion, itu berbeda. Saya membuat dia sebagai kapten karena saya ingin mengatur kehidupannya di luar lapangan," kata Van Gaal.

"Saya berpikir, kami sama sekali tidak sukses, "ujar Van Gaal yang kemudian digantikan Ryan Giggs di MU.

 

 

Tetap Profesional

Wayne Rooney saat masih berkostum MU (AFP/Oli Scarff)

Kendati sulit diatur, Van Gaal merasa Rooney tetap profesional. Menurut mantan manajer Ajax Amsterdam ini, profesionalisme Rooney tak perlu diragukan.

"Anda tidak bisa mengatakan apapun soal profesionalismenya sebagai pemain di latihan atau di atas lapangan," kata Van Gaal.

Hengkang ke Everton

Rooney sendiri akhirnya hengkang dari MU setelah 13 musim di klub tersebut. Pada awal musim 2017/18, ia kembali membela Everton sebelum pindah lagi ke DC United.

Selama membela MU, Rooney tampil 559 kali dan mencetak 253 gol. Rooney juga berjasa mempersembahkan 16 trofi bagi Setan Merah.

 

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Hibur Ibunda yang Galau, Dewi Perssik Beri Cincin Emas Penuh Batu Permata

Posted: 03 Jun 2019 08:30 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Ayahanda Dewi Perssik, sejak 11 Mei 2019 berada di rumah sakit di Jakarta untuk menjalani perawatan intensif. Tentunya, selama DePe--begitu sang artis biasa disapa--bekerja, sang ibu yang menjaga suaminya sendirian.

Sudah setengah bulan berada di Jakarta, membuat ibunda Dewi Perssik galau. Sebagai anak, DePe pun menghiburnya.

Tak tanggung-tanggung, cara Dewi Perssik menghilangkan kegalauan sang ibunda. Itu diperlihatkan melalui video di akun Instagram-nya, Minggu (2/6/2019).

"Ini buat mama. Bagus," ungkap Dewi Perssik dalam video tersebut. 

Obat Galau

Dewi Perssik (Herman Zakharia/Liputan6.com)

Dewi Perssik memberikan sebuah cincin emas, berbentuk kepala burung bertahtakan batu permata.

"Mi... smoga ini bisa menghibur mamine yg lagi galau.. sedih... banyak pikiran karna papine.. yang kuat sabar dan selalu semangat ya mamine...," tulisnya sebagai keterangan video. 

Doa Dewi Perssik

Selain memberikan cincin, Dewi Perssik juga mendoakan kesehatan sang ibunda.

"Smoga Allah kasi kesehatan dan umur yg panjang utk mamine... jgn sedih.. dewi selalu disamping mami papi yaaa love you full mamine papi syg ❤ #ringdiamond #mylovelymom," sambungnya.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

VIDEO: Beda Persepsi, Lunasi Hutang Jelang Lebaran

Posted: 03 Jun 2019 08:29 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Persepsi umum sebelum lebaran banyak masyarakat ajukan hutang. Namun berbeda dengan kondisi di PT Pegadaian (Persero) yang kebanyakan masyarakat melunasi hutangnya.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Pelaku Bom Kartasura Dikenal Tetangga Sebagai Anak Pendiam

Posted: 03 Jun 2019 08:25 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Pelaku bom bunuh diri Kartasura RA (22), merupakan warga Kampung Kranggan Kulon RT 01/RW 02, Desa Wirogunan, Kartasura, Kabupaten Sukoharjo. Tetangga menyebut, pelaku bom Pos Pantau Polres Sukoharjo di simpang Kartasura tersebut merupakan anak yang baik di lingkungan sekitarnya.

"Anaknya clingus (pemalu)," kata Sri Rohani (47), warga Kampung Kranggan yang rumahnya bersebelahan langsung dengan rumah pelaku, Selasa (4/6/2019).

Ia mengatakan, RA merupakan anak kedua dari tiga bersaudara putra pasangan Muhtadi dan Sukinem. RA juga bisa bergaul dengan tetangga sekitar.

Sementara Ketua RT 01/ RW 02 Kranggan Kulon, Wirogunan Joko Suwanto mengaku RA diketahui berubah usai lulus MAN yang kemudian bekerja di Kota Solo. Namun, ia tidak mengetahui pergaulan RA bersama teman-temannya di Solo itu.

"Anaknya pendiam, berubah sejak kerja si Solo," ujarnya, seperti dilansir Antara.

 

Pelaku Dirawat di RS

Ledakan diduga bom bunuh diri mengguncang Pos Pantau Polres Sukaharjo di persimpangan Kartasura. Satu pelaku yang diduga pelaku pengeboman saat ini masih dirawat di rumah sakit.

Terduga pelaku Rofik Asharudin saat ini sedang menjalani perawatan di Rumah Sakit Prof Awaludin Djamin atau RS Bhayangkara, Kota Semarang.

Saksikan video pilihan di bawah ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Tidak ada komentar: