Selasa, 25 Juni 2019

Liputan6 : RSS2 Feed

Liputan6 : RSS2 Feed


Iron Man 70.3 Bintan Kembali Digelar

Posted: 25 Jun 2019 09:45 PM PDT

Liputan6.com, Bintan Bintan kembali menjadi tuan rumah event sport tourism bertaraf internasional. Kali ini, yang digelar adalah Iron Man 70.3. Event ini akan dilangsungkan di Lagoi Bay Bintan, 25 Agustus 2019. Iron Man 70.3 adalah lomba triathlon yang mengadu kecepatan dan kekuatan para peserta.

Kepala Dinas Pariwisata Bintan, Wan Rudi, mengatakan Iron Man 70.3 terbagi menjadi 3 cabang olaraga, yaitu Renang, Sepeda dan Lari. Perlombaan dimulai dari pasir putih yang sangat indah. Para atlet berenang sejauh 1.9 Meter diperairan sejernih kristal di Teluk Lagoi.

Selanjutnya, mereka bersepeda 90 KM melewati Jalur sepeda tunggal berliku-liku. Jalurnya melintasi bagian barat laut pulau. Rutenya cukup indah. Karena, para pengendara sepeda akan disajikan dengan hutan hijau subur dan lebat. Ada juga pemandangan pantai yang fantastis.

"Atlet lalu melanjutkan lari sejauh 21.1 Meter dengan pemandangan yang bervariasi, tempat-tempat menarik, dan bagian keluar-belakang di sepanjang Danau Lagoi Bay," Jelas Rudi.

Untuk kian mengenalkan event ini, penyelenggara menggelar press conference Iron Man 70.3. Tepatnya di Wyndham Casablanca Jakarta, Selasa (25/6).

Selain Wan Rudi, hadir dalam kesempatan itu perwakilan Kementerian Pariwisata, Head of Corporate Communications PT. Indofood CBP Sukses Makmur Tbk Stefanus Indrayana, Group General Manager PT. Bintan Resort Cakrawala Abdul Wahab, dan Chief Ececutive Officer Metasport Nathalie Marquet.

Kepala Dinas Pariwisata Provinsi Kepri, Boeralimar mengatakan Iron Man 70.3 telah diselenggarakan 5 kali di Bintan. Tepatnya sejak 2015.

Sejak awal digelar, atlet dan pihak penyelenggara mengaku terkesan dengan keindahan Bintan. Tak khayal dari peserta Iron Man 70.3 mengalami peningkatan dari tahun ke tahun. Peserta mancanegaranya juga semakin banyak.

"Iron Man 70.3 Bintan menjadi Kualifikasi awal untuk Kejuaraan Dunia IRONMAN 70.3 2020 di Taupo, Selandia Baru, dengan 60 slot untuk diperebutkan. Tidak itu saja, Bintan mendapatkan gelar sebagai Asia's Best Destination Triathlon yang memiliki perairan sebening kristal, perbukitan, hutan hijau yang subur, dan keramaian lokal yang ramah," ujar Boeralimar.

Asisten Deputi Pengembangan Pemasaran I Regional I Kemenpar Dessy Ruhati mengatakan, Iron Man 70.3 sudah menjadi daya tarik buat peserta mancanegara.

"Bintan tidak perlu diragukan lagi kemampuannya. Berbagai event sport tourism sukses digelar di sana. Wisatawan mancanegara selalu hadir dalam jumlah yang besar," katanya.

Hal serupa disampaikan Ketua Tim Pelaksana Calendar of Event 2019 Kemenpar Esthy Reko Astuty.

"Bintan adalah surganya sport tourism. Banyak event di sana. Bintan juga bisa memaksimalkan potensinya sebagai border area," sambung Esthy.

Menteri Pariwisaya Arief Yahya mengatakan sport tourism adalah cara efektif untuk menggaet wisatawan mancanegara.

"Sebuah event yang eksis digelar bertahun-tahun dengan hadiah menawan dan sentuhan pariwisata, selalu sukses menarik wisatawan. Hal itu juga yang selalu ditawarkan Bintan. Kepercayaan dan kenyamanan juga mereka berikan, dan ini sangat penting buat wisman," katanya.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Kadin Minta Pemerintah Beri Kepastian Hukum bagi Investor

Posted: 25 Jun 2019 09:45 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Kamar Dagang dan Industri (Kadin) Indonesia meminta pemerintah untuk terus memberikan kepastian hukum kepada investor yang telah menanamkan modalnya dalam proyek infrastruktur di Tanah Air.

Wakil Ketua Umum Kadin Bidang Kelautan dan Perikanan, Yugi Prayanto mengatakan, Kadin mendukung upaya Presiden Joko Widodo (Jokowi) dalam menggenjot pertumbuhan ekonomi nasional dengan mendorong ekspor dan investasi melalui pembangunan pelabuhan di sejumlah daerah. Namun, adanya permasalahan dalam pembangunan Pelabuhan Marunda terkait masalah konsesi saat ini dinilai Yugi dapat berdampak negatif ke iklim investasi Indonesia.

"Iya dong (ganggu masuknya investasi), kami ingin ada stabilitas dan kepastian hukum investasi," ujar di Jakarta, Rabu (26/6/2019).

Menurut dia, keberadaan Pelabuhan Marunda sangat penting untuk menunjang kegiatan kepelabuhan di Tanjung Priok. Di mana konsesi pelabuhan adalah mutlak kewajiban yang harus dijalankan sesuai UU Nomor 17 Tahun 2008 sekaligus merupakan salah satu yang termuat dalam program Nawacita Presiden Jokowi untuk memajukan bidang maritim.

"Konflik terkait konsesi sebaiknya segera diselesaikan terlebih dahulu, karena merupakan media bagi negara untuk menggandeng swasta meringankan beban APBN," ucapnya.

Yugi pun meminta pemerintah untuk turun tangan dalam penyelesaian masalah tersebut, jika memang hal tersebut tidak kunjung selesai secara legal di mata hukum.

"Difasilitasi lembaga hukum sesuai perjanjian para pihak. Apabila belum selesai secara legal, tidak ada salahnya (turun tangan), toh semua untuk kebaikan semuanya," paparnya.

Jika pembangunan Pelabuhan Marunda berjalan dengan baik, Yugi berharap Kadin dapat dilibatkan dalam pengoptimalan kegiatan pelabuhan tersebut agar berdampak positif secara luas.

"Serta mempunyai efek multiplier terhadap perekonomian Indonesia tentunya dengan memberikan regulasi yang jelas dan tidak memberatkan para pengusaha," tutur Yugi.

 

Jokowi Sebut Belum Ada Kebijakan Investasi yang Nendang

Presiden Joko Widodo saat menerima pengurus Asosiasi Pengusaha Indonesia (Apindo) di Istana Merdeka Jakarta, Kamis (13/6/2019). Presiden Jokowi meminta masukan dari Apindo terkait pemerintahan ke depan, salah satunya tentang upaya peningkatan nilai ekspor. (Liputan6.com/Angga Yuniar)

Presiden Joko Widodo (Jokowi) meminta para pembantunya membuat kebijakan konkret untuk meningkatkan investasi dan ekspor di Tanah Air. Mantan Gubernur DKI ini juga ingin kebijakan tersebut dieksekusi secara serius.

Ini disampaikan Jokowi dalam rapat terbatas Lanjutan Terobosan Kebijakan Investasi, Ekspor dan Perpajakan di Kantor Presiden, Jakarta, Rabu (19/6/2019).

"Saya minta kebijakan yang berkaitan dengan investasi dan ekspor betul-betul dieksekusi," tegas Jokowi.

Menurut pria kelahiran Solo, Jawa Tengah ini penggodokan kebijakan investasi dan ekspor harus berbasis masukan dari investor. Dengan begitu nantinya kebijakan yang dibuat memberikan dampak positif pada sektor perekonomian.

Jokowi kemudian menyinggung kebijakan investasi dan ekspor yang sudah dibuat selama ini tidak memberikan efek apapun pada pertumbuhan ekonomi.

"Kebijakan investasi, urusan perizinan, tidak ada tendangannya apa-apa. Menurut saya, sampai saat ini enggak ada apa-apa," ucap dia.

Jokowi kembali menekankan, sesungguhnya kunci pertumbuhan ekonomi ada pada investasi dan ekspor. Investasi dan ekspor juga menjadi solusi atas persoalan defisit neraca perdagangan dan transaksi berjalan.

"Saya kira saya sudah berkali-kali juga menyampaikan ekspor investasi adalah kunci utama kita dalam menyelesaikan neraca perdagangan, defisit neraca transaksi berjalan," kata dia.

Bos BKPM Optimis Investasi Tumbuh Dua Digit Sepanjang 2019

Mendag Thomas Lembong (Liputan6.com/Angga Yuniar)

Kepala Badan Koordinasi Penanaman Modal (BKPM), Thomas Lembong optimistis pertumbuhan investasi dalam hal ini Penanaman Modal Asing (PMA) dan Penanaman Modal Dalam Negeri (PMDN) bakal moncer dan menyentuh double digit untuk keseluruhan tahun 2019. Hal tersebut didorong oleh relokasi bisnis akibat perang dagang.

"Prediksi saya untuk full year 2019 PMA dan PMDN kembali ke double digit. Termasuk juga PMA. Saya cukup percaya diri jadi itu satu aspek positif ekonomi sementara ini," kata dia di di Kantornya, Jakarta, Selasa (18/6/2019). 

Karena itu, Indonesia perlu menjaga kinerja perekonomiannya agar dapat menarik investasi masuk. Dia menyebut sejumlah aspek harus diperhatikan dari perekonomian domestik, seperti konsumsi dan ekspor.

Terkait perkembangan maupun perluasan industri maupun relokasi industri ke Indonesia, Lembong mengatakan ada peningkatan. Meskipun demikian dia masih enggan menyampaikan perusahaan apa saja yang sudah masuk.

"Menurut saya setiap triwulan ada perluasan pabrik di indonesia akibat perang dagang. Misalnya cukup banyak pemilik pabrik sudah punya di Tiongkok dan juga punya di Vietnam dan Indonesia. Di Tiongkok mereka tidak suntik modal lagi dan tidak lagi melakukan perluasan, tapi perluasan yang dilakukan adalah di Asia Tenggara atau di negara seperti Bangladesh. Ini proses yang bekelanjutan, setiap triwulan pasti ada kami dengar berita ada perluasan pabrik," tambah dia.

Jenis Industri Yang Tumbuh

Sejumlah konsumen menunggu di kantor BKPM, Jakarta, Senin (26/10/2015). Pelayanan Terpadu Satu Pintu (PTSP) merupakan komitmen pemerintah demi memberikan pelayanan prima dan cepat kepada investor. (Liputan6.com/Angga Yuniar)

Jenis industri yang dicatat, seperti elektronik dan peralatan rumah tangga. Industri-industri ini, lanjut Lembong, cukup banyak yang masuk ke Indonesia akibat perang dagang.

"Contoh ya industri elektronik rumah tangga, kayak kulkas, microwave, tv itu kan sekarang cukup didominasi oleh merek Korea dan rantai produksi mereka sudah tersebar di Asean," urai Lembong.

"Tapi kemudian waktu China booming, ekonominya naik 4 kali lipat mereka banyak bangun di Tiongkok. Sekarang mereka kayaknya sekedar menjaga stabilitas operasional di Tiongkok tapi mengurangi laju pertumbuhan, penambahan kapasitas di Tiongkok tapi menggeser fokus perluasan kembali ke Asia Tenggara dan mulai mempelajari opsi-opsi baru," tandasnya.

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Berjas Hitam dan Dasi Merah, Jokowi Sambut Presiden Argentina di Istana Bogor

Posted: 25 Jun 2019 09:41 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Presiden Joko Widodo atau Jokowi menerima kunjungan kenegaraan Presiden Republik Argentina Mauricio Macri dan Ibu Negara Juliana Awada di Istana Kepresidenan Bogor, Jawa Barat, Rabu (26/6/2019). Mauricio Macri dan delegasi tiba sekitar pukul 11.15 WIB. 

Saat menyambut kedatangan Mauricio Macri, Jokowi didampingi Ibu Negara Iriana Jokowi. Jokowi mengenakan jas warna hitam dengan dasi merah. Sedangkan Iriana tampil anggun dengan kebaya fusia pink berbalut selendang bermotif batik warna coklat.

Penyambutan Mauricio Macri diawali dengan upacara kenegaraan. Lagu kebangsaan kedua negara dan dentuman meriam mewarnai upacara ini. Setelah lagu kebangsaan kedua negara, Mauricio Macri dan Jokowi memeriksa jajar pasukan kehormatan. 

Selanjutnya, Jokowi mengajak Mauricio Macri menuju Teratai Hall Istana Kepresidenan Bogor untuk mengisi buku tamu. Berikutnya kedua Presiden melakukan pertemuan bilateral.

 

Mitra Penting

Argentina merupakan mitra penting bagi Indonesia, salah satunya sebagai pintu masuk produk Indonesia ke pasar Amerika Latin. Informasi yang dihimpun, sejumlah produk yang didorong ekspornya ke Argentina adalah tekstil dan buah tropis.

Selain itu, Indonesia juga mengekspor mesin dan peralatan listrik ke Argentina. Indonesia juga mendorong ekspor ke Argentina guna menekan defisit neraca dagang antara Indonesia-Argentina yang tahun lalu mencapai US$ 1,2 miliar. Defisit tersebut disebabkan hambatan perdagangan tarif dan non-tarif, isu dumping, konektivitas dan kendala bahasa. 

Selama ini, Argentina merupakan negara tujuan ekspor terbesar kedua bagi Indonesia di kawasan Amerika Selatan. Total perdagangan kedua negara pada 2018 sebesar US$ 1,68 miliar atau meningkat 17,96% dibandingkan 2017. Sedangkan Foreign Direct Investment (FDI) Argentina di Indonesia tercatat sebesar US$ 140 ribu. 

Tiga produk ekspor utama Indonesia ke Argentina tahun lalu, yaitu alas kaki dan produk alas kaki (US$ 71,47 juta), karet dan produk karet (US$ 46,79 juta) serta mesin dan peralatan listrik (US$ 46,3 juta). Sementara, tiga produk utama yang diimpor Indonesia dari Argentina yakni bungkil dari minyak kedelai (US$ 934,98 juta), sereal (US$ 220 juta) serta katun (US$ 51,2 juta).

 

Reporter: Titin Suprihatin

Sumber: Merdeka.com

Saksikan video pilihan di bawah ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Wiranto Ingatkan Massa Tak Diberi Izin Demo di MK

Posted: 25 Jun 2019 09:40 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Jelang Putusan Mahkamah Konstitusi (MK), Menko Polhukam Wiranto kembali mengingatkan, bahwa tidak diperbolehkannya aksi massa di sekitar gedung MK.

"Ya pengamanan enggak saya jelaskan ya. Pokoknya kita tidak kasih izin untuk demonstrasi di sekitar MK ya. Kalau ada demonstrasi, berarti enggak ada izin," kata Wiranto di kantornya, Jakarta, Rabu (26/6/2019).

Dia menuturkan, jika tak ada izin, maka bisa dibubarkan. Hal ini sudah diatur dalam undang-undang.

"Kalau enggak ada izin, maka polisi berhak membubarkan. Ini semua ada di undang-undang ya, bukan polisi ngarang sendiri. Itu aja sederhana. Kita tunggu saja nanti," jelas Wiranto.

Sebelumnya, Polri mengambil sikap tegas terkait pengamanan saat putusan MK soal sengketa pilpres dibacakan, Kamis 27 Juni 2019 mendatang. Mereka tak mau kerusuhan seperti yang terjadi pada 21-22 Mei lalu terulang.

Kapolri Jenderal Pol Tito Karnavian sudah memberikan instruksi kepada jajarannya untuk tidak memberikan izin demo di depan MK pada saat pembacaan putusan.

"Saya juga sudah menegaskan kepada Kapolda Metro Jaya kepada BIN, kepolisian tidak memberikan izin (aksi massa) di depan MK," ujar Tito di Ruppatama Mabes Polri, Jakarta Selatan, Selasa 25 Juni 2019.

 

Berdasarkan Undang-Undang

Tito menggunakan Undang-Undang Nomor 9 Tahun 1998 sebagai dalil pelarangan demonstrasi saat putusan MK dibacakan ini. Pada Pasal 6 disebutkan ada 5 hal yang menjadi alasan polisi tidak membolehkan unjuk rasa, antara lain menganggu ketertiban umum dan hak asasi orang lain.

Jenderal bintang empat itu mengatakan, pada aksi 21-22 Mei di depan Bawaslu, Polri sudah memberikan toleransi dan diskresi kebijakan untuk unjuk rasa di depan Bawaslu. Padahal Jalan MH Thamrin merupakan jalan protokol, maka jika dilakukan penutupan akan mengganggu publik.

Mantan Kepala BNPT ini mengatakan akan mengambil tindakan tegas bagi yang nekat menggelar unjuk rasa. Mereka bisa saja dibubarkan.

Namun, dia menegaskan kepada anggotanya agar tetap berpatokan pada aturan yang berlaku dalam menghadapi demonstran.

"Kalau tetap melaksanakan unjuk rasa sepanjang kalau mengganggu kepentingan publik kita akan bubarkan, tapi saya sudah menegaskan kepada anggota saya tidak boleh membawa peluru tajam, itu protapnya," pungkas Tito.

Guna mengantisipasi adanya gerakan massa, kepolisian tetap menyiagakan 45 ribu pasukannya di sekitar gedung MK. Selain itu koordinasi dengan pihak TNI juga terus dilakukan.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

5 Bukti Selebgram Bella Attamimi Mirip Citra Kirana

Posted: 25 Jun 2019 09:40 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Citra Kirana, salah satu seleb cantik Tanah Air yang pesonanya tak perlu diragukan lagi. Berkat bakat aktingnya, Citra Kirana selalu konsisten tampil memukau di sinetron-sinetron yang ia bintangi. Wajah cantiknya juga membuatnya diidolakan oleh para kaum Adam.

Namun menurut banyak orang apabila diperhatikan secara detail, wajah Citra Kirana disebut mirip dengan selebgram bernama Bella Attamimi. Baik garis wajah dan postur tubuh, Citra Kirana dan Bella Attamimi miliki kesamaan. Apalagi setelah seleb yang akrab disapa Ciki itu memutuskan berhijab.

Bila disandingkan, keduanya disebut bak pinang dibelah dua. Mulai dari senyumannya, tatapan mata hingga style keduanya hampir mirip. Apalagi keduanya sama-sama cantik dengan hijab yang menutupi kepala masing-masing.

Penasaran semirip apa Bella Attamimi dengan Citra Kirana? Berikut Liputan6.com rangkum potret keduanya dari akun Instagram @citraciki dam @bellattamimi, Rabu (26/6/2019).

1. Citra Kirana dan Bella Attamimi hanya beda satu tahun saja. Ciki berusia 25 tahun, sementara Bella 24 tahun.

5 Bukti Selebgram Bella Attamimi Mirip Dengan Citra Kirana (sumber: Instagram.com/citraciki & Instagram.com/bellattamimi)

2. Baik Ciki ataupun Bella, sama-sama memiliki gaya hijab yang simpel. Wajar saja bila keduanya bikin kaum Adam jatuh hati.

5 Bukti Selebgram Bella Attamimi Mirip Dengan Citra Kirana (sumber: Instagram.com/citraciki & Instagram.com/bellattamimi)

3. Bella dikenal sebagai fashion influencer.

5 Bukti Selebgram Bella Attamimi Mirip Dengan Citra Kirana (sumber: Instagram.com/citraciki & Instagram.com/bellattamimi)

4. Setuju enggak kalau keduanya mirip bak pinang dibelah dua?

5 Bukti Selebgram Bella Attamimi Mirip Dengan Citra Kirana (sumber: Instagram.com/citraciki & Instagram.com/bellattamimi)

5. Bila memakai kaca mata, keduanya susah dibedakan. Hayo, bisa bedain mana Ciki mana Bella enggak?

5 Bukti Selebgram Bella Attamimi Mirip Dengan Citra Kirana (sumber: Instagram.com/citraciki & Instagram.com/bellattamimi)

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Live Streaming Shopee Liga 1 Kalteng Putra vs Bali United di Indosiar

Posted: 25 Jun 2019 09:38 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Kalteng Putra siap menjamu Bali United di Shopee Liga 1 2019, sore ini. Pertandingan ini akan digelar di Stadion Sultan Agung.

Sebagai tamu, Bali United sendiri sangat percaya diri bisa meraih tiga poin. Maklum, performa mereka memang sedang bagus.

Bali United sukses meraup kemenangan di empat pertandingan mereka. Tak pelak, tim asuha Stefano Cugurra ini pun masih bertengger sebagai pimpinan di puncak klasemen Shopee Liga 1.

Di sisi lain, tuan rumah pun punya target tinggi dalam laga ini. Mereka mengusung misi khusus.

Selain meraih kemenangan, Kalteng Putra berambisi untuk menodai rekor Bali United yang selalu menang dari empat pertandingan awal Liga 1 2019.

Live Streaming Shopee Liga 1 Kalteng Putra vs Bali United di Indosiar bisa Anda saksikan mulai pukul 15.30 WIB.

Dapatkan link Live Streaming Shopee Liga 1 Kalteng Putra vs Bali United di Indosiar pada halaman selanjutnya.

Link Live Streaming

Untuk link Live Streaming Shopee Liga 1 Kalteng Putra vs Bali United di Indosiar silakan klik di sini...

Prediksi Susunan Pemain

Kalteng Putra (4-3-3): Dimas Galih (k); O.K. John, Rafael Bonfim, Kevin Gomes, Rizky Dwi Febrianto (b); Yu Hyun-koo, I Gede Sukadana, Fajar Handika (t); Ferinando Pahabol, Diogo Campos, Patrich Wanggai (d)

Pelatih: Gomes de Oliveira

Bali United (4-3-3): Wawan Hendrawan (k); Andhika Wijaya, Willian Pacheco, Leonard Tupamahu, Ricky Fajrin (b); Fadil Sausu, Brwa Nouri, Paulo Sergio (t); Stefano Lilipaly, Yabes Roni, Ilija Spasojevic (d)

Pelatih: Stefano Cugurra Teco

Sumber: Bola.com

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Saksikan Live Streaming Sidang Putusan Sengketa Pilpres 2019 di MK

Posted: 25 Jun 2019 09:37 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Mahkamah Konstitusi (MK) akan menggelar sidang putusan sengketa hasil Pilpres 2019 yang dimohonkan Prabowo Subianto-Sandiaga Uno pada Kamis 27 Juni. Sidang putusan ini akan disiarkan Liputan6.com secara live streaming di Vidio dalam tautan ini.

Kepala Bagian Humas dan Kerja Sama Dalam Negeri MK Fajar Laksono Soeroso mengatakan, jadwal sidang pembacaa putusan sengketa hasil Pilpres 2019 akan dimulai pada pukul 12.30 WIB.

"Berdasarkan keputusan Rapat Permusyawaratan Hakim, sidang pleno pengucapan putusan akan digelar pada Kamis, 27 Juni 2019 mulai pukul 12.30 WIB," ujar Fajar saat dihubungi Liputan6.com.

Perkara ini dimohonkan Pasangan Calon Presiden dan Wakil Presiden Nomor Urut 02, Prabowo Subianto-Sandiaga Salahudin Uno, dengan pihak termohon adalah Komisi Pemilihan Umum (KPU), serta Pasangan Calon Presiden dan Wakil Presiden Nomor Urut 01 Joko Widodo - Ma'ruf Amin sebagai pihak terkait. Bawaslu juga hadir dalam setiap persidangan sebagai pihak yang turut berperkara.

Saksikan jalannya sidang putusan sengketa hasil Pilpres 2019 di MK pada Kamis 27 Juni mulai pukul 12.30 WIB dalam live streaming di tautan ini atau di bawah ini:

Live Streaming Sidang MK

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Pengunjuk Rasa Diizinkan Masuk Jalan Medan Merdeka Barat

Posted: 25 Jun 2019 09:36 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Polisi akhirnya memberikan akses kepada massa aksi dan mobil komando untuk memasuki Jalan Medan Merdeka Barat, Jakarta Pusat. Pantauan di lokasi pada Rabu (26/6/2019), izin diberikan usai massa bernegosisasi dengan polisi.

Menurut massa aksi, mereka telah mengantongi izin dari satuan intel Polres Jakarta Pusat untuk berunjuk rasa hari ini. Karenanya, massa aksi dan mobil komando diizinkan masuk, namun polisi memberikan sejumlah syarat.

Pertama, mobil diizinkan masuk hanya sampai Gedung Kementerian Pariwisata. Kedua, agar tak mengganggu lalu lintas di putaran depan Patung Kuda, dan ketiga massa aksi dapat menjamin ketertiban.

Sebelumnya, Kapolres Jakarta Pusat Kombes Harry Kurniawan mengaku, tidak tahu rencana kedatangan massa yang berkerumun di Patung Kuda dan Jalan Medan Merdeka Barat. Padahal, sesuai arahan Polda Metro Jaya, tidak ada izin unjuk rasa pada hari ini.

"Enggak tahu saya, tanya massa dong. Polisi tidak mengeluarkan izin aksi," kata Harry di Jalan Medan Merdeka Barat, Jakarta Pusat, Rabu (26/6/2019).

Harry mengatakan, massa datang dari Banten, Tangerang, Depok, Bekasi, dan daerah lainnya di Jawa Barat. Harry mengaku, pihaknya akan terus mengawal dan mengawasi unjuk rasa ini agar tetap kondusif.

"Yang di Bawaslu kemarin begitu juga. Prosesnya hampir sama. Massa (berasal) dari dalam (kota) dan massa dari luar," jelas Harry.

Diputus 27 Juni

Personil Brimob berjalan melintasi halaman depan Gedung Mahkamah Konstitusi, Jakarta, Kamis (13/6/2019). Mahkamah Konstitusi akan menggelar sidang Perselisihan Hasil Pemilihan Presiden/Wakil Presiden Pemilu 2019 pada, Jumat (14/6). (Liputan6.com/Helmi Fithriansyah)

Sebelumnya, MK tengah menggelar RPH terkait sengketa hasil Pilpres 2019 yang dimohonkan Prabowo Subianto-Sandiaga Uno. Sidang putusan yang sedianya digelar 28 Juni dimajukan menjadi Kamis 27 Juni.

Seperti dilansir MK dalam laman resminya, sidang pembacaan putusan sengketa hasil Pilpres 2019 akan digelar pada pukul 12.30 WIB.

"Ya, berdasarkan keputusan RPH hari ini, sidang pleno pengucapan putusan akan digelar pada Kamis, 27 Juni 2019 mulai pukul 12.30 WIB," ujar Kepala Bagian Humas dan Kerja Sama Dalam Negeri MK Fajar Laksono Soeroso saat dihubungi Liputan6.com, Senin 24 Juni 2019.

Menurut dia, MK mulai hari ini akan memberitahukan kepada para pihak agar menghadiri sidang putusan pada 27 Juni.

"Siang ini juga, surat panggilan sidang kepada para Pihak sudah disampaikan," kata Fajar.

Saksikan video pilihan berikut ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Asyik, Batam Tuan Rumah Miss Tourism Worldwide 2019

Posted: 25 Jun 2019 09:35 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Pariwisata Batam akan semakin keren. Apalagi, Batam dipercaya sebagai venue Miss Tourism Woldwide 2019. Event level dunia ini akan diikuti puluhan negara dari berbagai benua.

Puncak Miss Tourism Worldwide 2019 akan digelar pada 22 September mendatang. Venuenya ada di Pacific Palace Hotel Batam, Kepulauan Riau (Kepri). Ajang kecantikan dunia ini akan diikuti sekitar 30 kontestan dari berbagai negara. Ada banyak agenda besar yang akan diikuti. Sebut saja, program pertunjukan bakat, pertukaran budaya, kostum nasional, dan masih banyak lagi.

"Dipilihnya Batam sebagai penyelenggara Miss Tourism Worldwide 2019 jadi bukti kualitas pariwisata. Kami memiliki semua aspek pendukung elemen pariwisata dengan kelas dunia. Peserta dan pengunjung akan mendapatkan experience terbaik selama ada di Batam. Ada banyak destinasi yang bisa dikunjungi di Batam dan wilayah Kepri," ungkap Kepala Dinas Pariwisata Kepulauan Riau Boeralimar, Senin (24/6).

Deputi Bidang Pengembangan Pemasaran I Kemenpar Rizki Handayani mengatakan, ditunjuknya Batam sebagai venue tentu akan membawa beragam impact positif. Sebab, Miss Tourism Worldwide 2019 menjadi media branding terbaik bagi pariwisata. Event ini akan mendapatkan perhatian besar dari publik dunia. Potensi media exposurenya juga luar biasa. Setiap detail aktivitas peserta akan dikabarkan kepada dunia.

"Digelarnya Miss Tourism Worldwide 2019 di Batam tentu menggembirakan bagi pariwisata Indonesia. Ini adalah event besar dan menjadi media promosi terbaik. Batam sebagai destinasi tentu akan semakin populer. Kami optimistis pergerakan wisman ke Batam dan Kepri akan semakin positif," terangnya.

Asdep Bidang Pengembangan Pemasaran I Regional I Kemenpar Dessy Ruhati menambahkan, sebelumnya Batam juga telah sukses menggelar event besar. Kota ini menjadi tempat konser Michael Learns to Rock (MLTR) pada 15 Desember 2018 silam. Dengan tajuk Still Tour Asia 2018, MLTR mampu menarik minat pengunjung dalam jumlah besar. Dengan kata lain, Batam memiliki kemampuan mengelola event besar skala internasional.

"Kami optimistis Miss Tourism Worldwide 2019 akan sukses digelar di Batam. Destinasi ini sudah punya pengalaman luar biasa untuk menangani event-event besar seperti Miss Tourism Worldwide 2019. Di Batam, penyelenggaraan Miss Tourism Worldwide 2019 pasti lebih menarik. Sebab, destinasi Batam dan Kepri banyak menawarkan experience terbaik," ungkapnya.

Menteri Pariwisata (Menpar) Arief Yahya menegaskan, Miss Tourism Worldwide 2019 memiliki fungsi strategis bagi pariwisata Indonesia.

"Kami menyambut gembira ditunjukan Batam sebagai tuan rumah Miss Tourism Worldwide 2019. Event ini punya fungsi strategis bagi Batam, Kepri, bahkan pariwisata Indonesia. Porsi brandingnya akan masif dan value besar secara komersiil. Selain Batam, wisatawan bisa mengekplorasi spot lain di Indonesia. Alam, budaya, dan manmade-nya luar biasa. Aksesibilitas dan amenitasnya sangat bagus," tandasnya.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Wakil Vietnam Lain Tunggu PSM Makassar Jika Lolos Final Piala AFC 2019

Posted: 25 Jun 2019 09:35 PM PDT

Jakarta - PSM Makassar sudah dinanti lawan berat jika lolos ke final Piala AFC 2019 zona ASEAN. Pasalnya, mereka akan kembali bertemu wakil Vietnam lainnya, Hanoi FC. 

PSM Makassar baru akan menjalani pertandingan leg kedua semifinal zona ASEAN Piala AFC 2019 melawan Becamex Binh Duong di Stadion Pakansari, Cibinong, Kabupaten Bogor, pada Rabu sore WIB (26/6/2019).

Kepastian itu diketahui setelah Hanoi FC menyingkirkan klub asal Filipina, Ceres-Negros, pada laga lainnya dalam semifinal Zona ASEAN Piala AFC 2019.

Pada pertandingan leg kedua semifinal zona ASEAN, Selasa malam WIB (25/6/2019), Hanoi yang menjamu Ceres-Negros di Hang Day Stadium, Hanoi, menang dengan skor 2-1.

Hanoi berhak tampil di final zona ASEAN Piala AFC 2019 dengan kemenangan agregat gol 3-2. Pada leg pertama, Hanoi mampu menahan 1-1 tim tuan rumah ketika bertandang ke Panaad Stadium, Bacolod City (18/6/2019).

Pada duel leg kedua, Hanoi mengendalikan permainan sejak awal laga. Mereka mengusung permainan menyerang, mengingat tampil di depan publik sendiri. 

Meski begitu, Hanoi baru bisa menjebol gawang Ceres-Negros seusai turun minum, tepatnya pada menit ke-59 melalui Pape Omar Faye. Selang lima menit kemudian, bintang Hanoi FC, Nguyen Van Quyet memperbesar keunggulan timnya menjadi 2-0.

Pada menit ke-85, Ceres-Negros berhasil menipiskan ketertinggalan menjadi 1-2 lewat gol Curt Dizon. Namun, klub yang pernah berjumpa Persija Jakarta dalam fase penyisihan Grup G itu gagal mencetak gol lagi, yang membuat langkah mereka di Piala AFC 2019 terhenti.

 

Jadwal Final

Striker PSM Makassar, Eero Markkanen, berlari saat melawan Lao Toyota FC pada laga Piala AFC 2019 di Stadion Pakansari, Bogor, Rabu (13/3). PSM menang 7-3 atas Lao. (Bola.com/M. Iqbal Ichsan)

Nantinya, seandainya PSM mampu melewati adangan Becamex Binh Duong, tim Juku Eja akan menjalani partai kandang-tandang final zona ASEAN Piala AFC 2019, pada kisaran 30-31 Juli 2019 (leg pertama) dan 6-7 Agustus 2019 (leg kedua).

Namun, jika PSM Makassar kandas, final zona ASEAN Piala AFC 2019 bakal mempertemukan sesama klub Vietnam, yakni Hanoi kontra Becamex Binh Duong.

Sumber: Bola.com

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Melihat Kinerja Induk Usaha Giant Sejak 2016-2018

Posted: 25 Jun 2019 09:30 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Manajemen PT Hero Supermarket Tbk (HERO), induk usaha dari Giant menyatakan akan menutup enam gerai Giant. Penutupan gerai Giant itu dimulai pada 28 Juli 2019.

Penutupan gerai Giant ini bukan kali pertama dilakukan perseroan. Pada Januari 2019, PT Hero Supermarket Tbk menutup 26 gerai jaringan ritelnya. Dari 26 gerai yang ditutup, sebagian besar gerai Giant.

Giant merupakan salah satu dari bagian PT Hero Supermarket Tbk. Selain Giant, perseroan memiliki unit usaha Hero Supermarket, Guardian, dan Ikea.

Lalu bagaimana kinerja PT Hero Supermarket Tbk sejak 2016 hingga 2018?

Mengutip laporan keuangan yang disampaikan di Bursa Efek Indonesia (BEI), seperti ditulis Rabu (26/6/2019), perseroan membukukan laba Rp 120,58 miliar pada 2016 dari periode 2015 rugi Rp 144,07 miliar. Akan tetapi, pendapatan turun 4,7 persen menjadi Rp 13,67 triliun pada 2016 dari periode 2015 sebesar Rp 14,35 triliun.

Pendapatan perseroan turun itu disumbangkan dari usaha segmen makanan yang turun dari Rp 12,62 triliun pada 2015 menjadi Rp 11,69 triliun pada 2016. Sedangkan segmen non makanan tumbuh 14,65 persen menjadi Rp 1,97 triliun pada 2016 dari periode sama tahun sebelumnya Rp 1,72 triliun.

Pada 2017, perseroan alami rugi tahun berjalan Rp 191,40 miliar dari sebelumnya untung Rp 120,58 miliar. Hal ini didorong biaya one-off yang dikeluarkan sebesar Rp 366 miliar, sebagian besar digunakan untuk penurunan nilai aset dan stock clearance pada bisnis makanan.

Pendapatan bersih perseroan susut 4,7 persen menjadi Rp 13,03 triliun pada 2017 dari periode 2016 sebesar Rp 13,67 triliun.

Pada keterangan tertulis 1 Maret 2018 di BEI, PT Hero Supermarket Tbk menyatakan pendapatan melemah itu didorong bisnis makanan yang merosot sebesar tujuh persen menjadi Rp 10,85 triliun karena penjualan like-for-like yang negatif akibat melemahnya kinerja supermarket dan hypermarket. Perseroan mencatat kerugian operasional underlying sebesar Rp 434 miliar dibandingkan laba Rp 91 miliar pada tahun sebelumnya.

Sebaliknya, penjualan bisnis non-makanan tumbuh sebesar 10 persen menjadi Rp 2,17 triliun terutama didorong pertumbuhan penjualan like-for-like pada bisnis IKEA dan Guardian. Laba usaha juga tumbuh 60 persen menjadi Rp 282 miliar.

 

Kinerja 2018

Pengunjung melintas dekat layar monitor pergerakan saham di gedung Bursa Efek Indonesia, Jakarta, Rabu (2/1). Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG) pada pembukaan perdagangan saham 2019 menguat 10,4 poin atau 0,16% ke 6.204. (Liputan6.com/Angga Yuniar)

Pada 2018, kinerja perseroan belum membaik. PT Hero Supermarket Tbk alami lonjakan rugi tahun berjalan menjadi Rp 1,25 triliun dari periode 2017 sebesar Rp 191,40 miliar. Pendapatan turun 0,48 persen dari Rp 13,03 triliun pada 2017 menjadi Rp 12,97 triliun pada 2018.

Perseroan menyatakan hadapi tantangan signifikan oleh Giant Supermarket dan Hypermarket membukukan penjualan lebih rendah dan peningkatan kerugian.

Sementara toko Hero Supermarket berkontribusi positif bagi bisnis karena perseroan meningkatkan standar operasional dalam kualitas, kesegaran dan ketersediaan.

Di sisi lain, bisnis nonmakanan berjalan baik. Secara keseluruhan, penjualan tumbuh 21 persen menjadi Rp 2,62 triliun terutama didorong oleh promosi yang kuat pada kategori kecantikan di bisnis kesehatan dan kecantikan serta didukung oleh peningkatan kunjungan ke toko IKEA Alam Sutera, ditambah peningkatan kontribusi dari bisnis e-commerce. Hal ini mendorong 35 persen peningkatan laba pokok menjadi Rp 380 miliar.

Guardian dan Ikea Topang Kinerja Hero Supermarket

Pekerja melintas di bawah layar indeks saham gabungan di BEI, Jakarta, Selasa (4/4). Sebelumnya, Indeks harga saham gabungan (IHSG) menembus level 5.600 pada penutupan perdagangan pertama bulan ini, Senin (3/4/2017). (Liputan6.com/Angga Yuniar)

Perseroan sangat terdorong oleh peningkatan di bisnis kesehatan dan kecantikan Guardian yang terus memberi peluang signifikan.

Setelah alami tantangan bisnis beberapa tahun lalu, Guardian sekarang telah pulih dengan baik dan menambah lebih banyak jaringan toko. Perseroan berencana untuk investasi lebih lanjut dalam ekspansi dan pengembangan format bisnis kesehatan dan kecantikan di Indonesia.

Selain itu, perseroan juga terus berinvestasi dalam bisnis IKEA melalui percepatan pertumbuhan jaringan toko.

"Kami juga telah memperbaharui dan meluncurkan kembali platform online IKEA. Saat ini, pembangunan toko kedua IKEA di Jakarta Garden City sedang dilakukan, dan juga telah mendapatkan lokasi toko berikutnya di Bandung," tulis manajemen.

"Kami juga sedang dalam proses mengkonversi salah satu Giant Hypermarket menjadi toko IKEA sebagai proyek percontohan dalam upaya untuk memanfaatkan kembali lokasi bisnis makanan perseroan yang berkinerja buruk sekaligus mempercepat pengembangan bisnis IKEA," tambah manajemen.

 

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

VIDEO: Diduga Palsukan Ijazah, Pelawak Qomar Buka Suara

Posted: 25 Jun 2019 09:30 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Pelawak Qomar tersandung kasus dugaaan pemalsuan ijazah S1 dan S2. Rabu (26/6) pagi ia buka suara saat mendatangi kejaksaan negeri Brebes Jawa Tengah.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Hilang 5 Hari, YouTuber Etika Ditemukan Tewas

Posted: 25 Jun 2019 09:30 PM PDT

Liputan6.com, New York - Desmond Amofah, atau yang lebih dikenal sebagai YouTuber kondang dengan nama Etika, ditemukan tewas. Kabar ini disampaikan langsung oleh Kepolisian New York (NYPD).

"Dengan sedih kami menyampaikan bahwa Desmond Amofah atau Etika ditemukan meninggal dunia," begitu unggahan dalam akun NYPD, Selasa (25/6/2019), seperti dilaporkan People.

Etika ditemukan setelah lima hari menghilang. NYPD mengumumkan bahwa pria 29 tahun ini menghilang pada 20 Juni lalu. Ia terakhir kali diketahui keberadaannya pada 19 Juni pukul delapan malam, lewat aktivitas ponselnya.

Sumber CNN melaporkan bahwa tas punggung dan ponsel yang diduga milik vlogger ini ditemukan di Jambatan Manhattan di New York pada Senin kemarin.

Jenazah Etika juga dilaporkan telah dievakuasi dari East River. 

Video Terakhir Sebelum Menghilang

YouTuber Desmond Amofah atau Etika (Instagram/ etika)

Etika dikenal sebagai vlogger yang fokus pada topik videogame, dan telah mengumpulkan lebih dari 130 ribu subscribers di YouTube.

The Verge melaporkan bahwa sekitar 36 jam sebelum polisi mengumumkan Etika menghilang, sang vlogger mengunggah video yang menyiratkan pikiran untuk bunuh diri. Video ini akhirnya dihapus karena melanggar ketentuan dari YouTube.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

VIDEO: Rencana Pembangunan Pemerintah Tahun Depan

Posted: 25 Jun 2019 09:29 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Pada tahun depan pemerintah punya target salah satunya bangun tol sepanjang 600 km.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

PSM Vs Becamex Binh Duong: Berimbang di Semua Lini

Posted: 25 Jun 2019 09:20 PM PDT

Jakarta - PSM Makassar punya tugas berat saat menjamu Becamex Binh Duong dalam leg kedua semifinal Piala AFC 2019 zona Asia Tenggara sore nanti. Pasalnya Juku Eja wajib menang dengan margin minimal dua gol untuk lolos, setelah kalah 0-1 di markas Becamex pada leg pertama pekan lalu.

 

Situasi inilah yang membuat PSM dalam posisi tertekan. Untuk bisa melaju ke babak selanjutnya, Zulham Zamrun dkk. harus mampu menang dengan selisih dua gol.

Misi yang memang tidak mudah. Namun, PSM bisa memanfaatkan keuntungan bermain di kandang dengan dukungan dari seluruh masyarakat Indonesia.

Apalagi pasukan Darije Kalezic punya catatan bagus ketika bermain di kandang pada Piala AFC 2019. PSM Makassar belum terkalahkan dalam tiga laga kandang dengan perincian dua kali menang dan sekali imbang.

Lantas, siapa saja pemain-pemain yang akan berperan penting dalam laga nanti? Berikut ini duel antarlini yang bakal terjadi pada laga Becamex Binh Duong melawan PSM Makassar versi Bola.com:

Belakang

Bek PSM Makassar, Abdul Rahman, menyundul bola saat melawan Lao Toyota FC pada laga Piala AFC 2019 di Stadion Pakansari, Bogor, Rabu (13/3). PSM menang 7-3 atas Lao. (Bola.com/M. Iqbal Ichsan)

Pelatih Darije Kalezic diyakini tetap akan menggunakan jasa Abdul Rahman dan Aaron Evans di jantung pertahanan PSM. Seperti diketahui, pasangan tersebut sudah bermain bersama-sama dalam empat laga di Piala AFC.

Kekompakan dua pemain ini diprediksi bakal memperkukuh barisan pertahanan PSM. Apalagi memiliki postur tubuh jangkung yakni Abdul Rahman (190 cm) dan Aaron Evans (183) yang bisa mematikan bola-bola udara dari Becamex.

Sementara itu, Becamex diprediksi akan mengandalkan dua pemain tangguh di lini belakang, yakni Nguyen Thanh Long dan Ali Rabo. Pada leg pertama, keduanya berhasil tampil impresif di jantung pertahanan Becamex.

Tengah

Gelandang PSM Makassar, Wiljan Pluim, mengamati rekannya saat melawan Lao Toyota FC pada laga Piala AFC 2019 di Stadion Pakansari, Bogor, Rabu (13/3). PSM menang 7-3 atas Lao. (Bola.com/M. Iqbal Ichsan)

Wiljan Pluim bakal menjadi pemain penting PSM dalam laga nanti. Pemain asal Belanda itu bisa diandalkan sebagai kreator serangan sekaligus penjaga tempo permainan Juku Eja.

Sedangkan Becamex memiliki beberapa nama gelandang yang tampil mengesankan, yakni To Van Vu. Gelandang asal Vietnam itu dikenal memiliki kelincahan di lini kanan dan sudah mencetak tiga gol sepanjang fase penyisihan grup.

Depan

Striker PSM Makassar, Eero Markkanen, berusaha meminta bola saat melawan Lao Toyota FC pada laga Piala AFC 2019 di Stadion Pakansari, Bogor, Rabu (13/3). PSM menang 7-3 atas Lao. (Bola.com/M. Iqbal Ichsan)

Di lini depan, pelatih Darije Kalezic, diyakini bakal memberikan kesempatan Eero Markkanen bermain sejak awal. Pada leg pertama, Markkanen memulai laga sebagai pemain cadangan.

PSM membutuhkan selisih dua gol untuk bisa lolos ke babak selanjutnya. Ini akan menjadi tugas berat buat Markkanen yang sejauh ini sudah mencetak lima gol di Piala AFC 2019.

Sementara itu, kualitas lini serang Becamex hanya terfokus pada Wander Luiz. Sejauh ini, Luiz sudah mencetak empat gol sepanjang babak penyisihan grup. Juga ada Nguyen Tien Linh yang pada leg pertama berhasil mencetak gol ke gawang PSM.

Sumber: Bola.com

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

7 Potret Seru Gempi, Gisel dan Wijin Kunjungi Kebun Binatang di Australia

Posted: 25 Jun 2019 09:20 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Kedekatan yang terjalin antara Gisel dan juga Wijin memang telah cukup lama diketahui oleh publik. Bahkan hubungan keduanya pun kerap menjadi sorotan.

Baru-baru ini Gisel mengajak sang putri Gempi untuk berlibur di Australia. Namun rupanya liburan Gisel ke Australia tersebut juga mengajak sang kekasih Wijaya Saputra atau Wijin. Bahkan keduanya pun terlihat kompak saat tengah berlibur di Australia.

Beberapa waktu lalu Gisel juga mengunggah momen liburan di sebuah kebun binatang di akun Instagram pribadinya. Tak hanya mengunggah foto bersama dengan Gempi saja, akan tetapi Gisel juga mengunggah foto mesranya bersama Wijin saat berada di sebuah kebun binatang Australia.

Tentu saja kebersamaan Gisel dan Wijin serta Gempi pada foto yang diunggah oleh Gisel menjadi perbincangan netizen. Pasalnya meski mereka kompak berlibur bersama, namun tak ada satupun foto kebersamaan ketiganya dalam foto yang diunggah oleh Gisel.

Berikut Liputan6.com rangkum dari akun Instagram @gisel_la potret liburan Gisel dengan Gempi dan Wijin di kebun binatang Australia, Rabu (26/6/2019).

1. Gisel dan Wijin terlihat bersama saat mengunjungi kebun binatang di Australia

Gisel-Wijin (Sumber: Instagram/gisel_la)

2. Momen mesra saat Wijin mencoba membersihkan kotoran yang ada di bibir Gisel juga diabadikan

Gisel-Wijin (Sumber: Instagram/gisel_la)

3. Gisel dan Wijin pun terlihat bahagia di foto

Gisel-Wijin (Sumber: Instagram/gisel_la)

4. Mereka juga tak melewatkan foto bersama koala

Gisel-Wijin (Sumber: Instagram/gisel_la)

5. Gempi juga terlihat menggemaskan dalam foto yang diunggah Gisel

Gisel-Gempi (Sumber: Instagram/gisel_la)

6. Meski terpapar cahaya matahari yang membuat silau, namun raut bahagia terpancar di wajah keduanya

Gisel-Gempi (Sumber: Instagram/gisel_la)

7. Gempi juga terlihat bahagia ketika diajak mengunjungi kebun binatang

Gisel-Gempi (Sumber: Instagram/gisel_la)

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Jusuf Kalla: Narkoba Bisa Hancurkan Suatu Negara

Posted: 25 Jun 2019 09:16 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Wakil Presiden Jusuf Kalla menghadiri Hari Anti Narkotika Internasional (HANI) di Gedung Tri Brata, Jalan Dharamawangsa, Jakarta Pusat.

Dalam sambutannya pria yang akrab disapa JK ini menjelaskan, HANI diperingati dengan penuh keprihatinan, sebab masih banyak pengguna narkoba yang ada di Indonesia.

Oleh karena itu, JK meminta, kepada seluruh masyarakat agar bisa membantu memberantas narkoba di Indonesia maupun dunia.

"Hari ini seperti disampaikan Kepala BNN (Badan Narkotika Nasional) ialah penuh keprihatinan, tapi keprihatinan tentu juga disertai harapan bahwa atas kerja keras kita semua, kita dapat mengatasi atau setidak-tidaknya mengurangi daripada masalah narkoba atau narkotik ini," kata JK di Gedung Tri Brata, Jalana Dharmawangsa, Jakarta Selatan, Rabu (26/6/2019).

JK menjelaskan, dampak negatif narkoba tak hanya dirasakan di Indonesia saja, melainkan juga di negara-negara lain. Hal tersebut menandakan jaringan narkoba sangat luas.

"Bisa menghancurkan suatu negara, tapi bisa juga memakmurkan orang-orang tertentu, genk-genk tertentu," ungkap JK.

"Bisa menghancurkan suatu negara tapi bisa juga memakmurkan orang-orang tertentu, genk-genk tertentu," ungkap JK.

Terakhir, JK meminta kepada seluruh masyarakat untuk bekerja sama dengan BNN untuk mencegah, mengatasi, dan memberantas narkoba. 

"Oleh karena itu, maka kita berusaha, harus upaya bersama. tanpa upaya bersama tentu kita tidak mungkin mengatasinya. sehebat apa pun kita berterima kasih kpd BNN yang telah berusaha keras, namun BNN tidak bisa berdiri sendiri," ungkap JK.

 

Reporter: Intan Umbari Prihatin

Sumber: Merdeka.com

Saksikan video pilihan di bawah ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

AirAsia Pindahkan Penerbangan Domestik ke Bandara Kertajati Mulai 30 Juni

Posted: 25 Jun 2019 09:15 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - AirAsia akan memindahkan penerbangan domestik di Bandung dari Bandara Internasional Husein Sastranegara (BDO) ke Bandara Internasional Kertajati (KJT) di Majalengka, Jawa Barat. Lokasinya sekitar 2,5 hingga 3 jam perjalanan dari Bandung, Jawa Barat.

Perpindahan ke Bandara Kertajati ini dilakukan mulai 30 Juni 2019 menyusul arahan dari Kementerian Perhubungan.

Sementara itu, penerbangan internasional masih tetap beroperasi di Bandara Internasional Husein Sastranegara (BDO). Sehubungan dengan perpindahan ini, jadwal dan nomor penerbangan AirAsia mengalami perubahan:

1.Dari Bali (DPS) ke Kertajati (KJT)

Nomor penerbangan QZ/720. Departure: 7:10 dan Arrival 8:00. Freq:daily

2.Dari Kertajati (KJT) ke Bali (DPS)

Nomor penerbangan: QZ/721. Departure: 8.25. Arrival: 11.15. Freq: daily.

Penumpang yang telah memesan tiket rute Bali-Bandung atau sebalinya untuk jadwal keberangkatan pada 30 Juni 2019 dan seterusnya disarankan untuk memeriksa email guna mendapatkan notifikasi jadwal terbaru dan diharuskan mencetak kembali boarding pass-nya.

"Kami memahami bahwa perpindahan ini dapat menimbulkan ketidaknyamanan terhadap rencana perjalanan Anda. Berikut ini kami sampaikan pilihan layanan kompensasi yang bisa didapatkan dengan menghubungi kami melalui https://support.airasia.com bagi Anda yang tidak ingin melanjutkan perjalanan sehubungan dengan perpindahan penerbangan domestik AirAsia dari Bandung ke Kertajati," tulis manajemen AirAsia, seperti dikutip Rabu (26/6/2019).

1.Ubah jadwal penerbangan Anda ke jadwal lain dalam rentang waktu 30 hari kalender dari jadwal keberangkatan awal tanpa biaya tambahan dan tergantung ketersediaan kursi dari Bandara Internasional Kertajati atau terbang dari/ke Bandara Husein Sastranegara sebelum 30 Juni 2019. Tersedia satu kali kesempatan untuk mengubah jadwal.

2.Dapatkan akun kredit senilai pemesanan Anda untuk pembelian tiket AirAsia berikutnya kemana saja dengan masa berlaku 90 hari sejak diterbitkan. Jadwal keberangkatan tidak terbatas selama pemesanan dilakukan sebelum habis masa berlaku. Hubungi dengan menyertakan nomor anggota AirAsia BIG Anda.

3. Ajukan pengembalian uang (refund) senilai pemesanan Anda

Silakan kunjungi https://support.airasia.com dan pilih "berbicara dengan AVA". Setelah panel AVA termuat, pilih refund, lalu new refund request, airport move refund dan lengkapi informasi yang dibutuhkan.

Untuk pemesanan yang dilakukan melalui agen perjalanan (travel agent), pengajuan akun kredit dan pengembalian uang hanya dapat dilakukan melalui agen perjalanan tersebut. Silakan hubungi agen perjalanan Anda. 

Akses Tol Belum Selesai Jadi Kendala

Bandara Kertajati. Dok: Tommy Kurnia/Liputan6.com

Sebelumnya, AirAsia Indonesia menyatakan kesiapan untuk melayani penerbangan di Bandara Kertajati. AirAsia membuka rute penerbangan Surabaya-Kertajati pada Agustus 2019. 

Sementara mulai 30 Juni 2019, maskapai LCC itu juga akan mulai memindahkan penerbanganya dari dari Bandara Husein Sastranegara ke Kertajati untuk rute Bandung ke Bandara Ngurah Rai Bali.

Direktur Utama AirAsia Indonesia, Dendy Kurniawan membeberkan sejumlah yang alasan AirAsia membuka rute penerbangan ke Bandara Kertajati yang masih sepi.

"Kami melihat dari sisi bandara Kertajati sudah siap mulai penerbangan. Terminal sudah siap, runway sudah siap," kata dia, di Jakarta, Senin, 24 Juni 2019.

Dendy mengakui, memang saat ini hambatan masih terdapat pada akses menuju bandara. Sebab jalan tol yang menghubungkan Bandung dan Bandara Kertajati belum selesai.

"Memang yang dipertanyakan adalah jarak terdekat dari kota besar di wilayah sana, yang paling deket Bandung. Sementara tol yang hubungkan Bandung kertajati, cisumdawu belum selesai," ujar dia.

Sementara itu bila ditempuh melalui jalan non tol, perjalanan Bandung-Kertajati akan menghabiskan waktu hingga 2,5 jam. 

"Jadi kalau menggunakan jalan biasa 2 jam 30 menit itu kalau tidak macet. Tentunya ini akan jadi PR bagi orang yang ingin pergi dari atau ke Bandung, tentunya penumpang ini punya opsi lain, kalau 2,5 jam kenapa tidak lewat Jakarta saja. Ini masukan riil yang kami dapat dari penumpang," ujar dia.

Oleh karena itu, dia berharap proses pengerjaan tol Bandung-Kertajati dapat segera selesai sehingga dapat segera digunakan calon penumpang yang akan menuju ke Bandara Kertajati.

"Makanya kami selalu sampaikan kepada pemerintah mudah-mudahan jalan tol Bandung-Kertajati bisa segera selesai dan kedua kami harapkan bukan hanya jalan tol tapi juga kereta jarak sebetulnya tidak masalah," tandasnya.

 

Mulai 1 Juli, 56 Penerbangan Domestik di Husein Sastranegara Pindah ke Kertajati

Lokasi parkir Bandara Kertajati. Dok: Tommy Kurnia/Liputan6.com

Sebelumnya, PT Angkasa Pura II (Persero) menyatakan kesiapan melayani perpindahan penerbangan maskapai domestik dari Bandara Husein Sastranegara Bandung ke Bandara Kertajati di Majalengka.

Sesuai rencana, perpindahan 56 penerbangan yang meliputi 13 rute domestik ke Bandara Internasional Jawa Barat (BIJB) tersebut akan dimulai pada 1 Juli 2019.

"Kami optimistis Bandara Kertajati ini akan menjadi menjadi motor utama pertumbuhan ekonomi dan pariwisata daerah-daerah di Jawa Barat secara keseluruhan," ujar Direktur Utama AP II, Muhammad Awaluddin dalam keterangan tertulis di Jakarta, Minggu, 23 Juni 2019.

Menurut dia, seluruh stakeholder di industri penerbangan, industri pariwisata, dan masyarakat umum seharusnya melihat proses pengembangan Bandara Kertajati bukan hanya dari kacamata Ínternal Rate of Return (IRR) saja.

"Tidak bisa kita hanya menghitungnya seberapa cepat IRR tercapai. Harusnya pakai sudut pandang Economic Rate of Return (ERR), karena bandara Kertajati bisa mendorong ekonomi masyarakat dan daerah di sekitarnya," kata dia.

Direktur Teknik dan Operasi AP II, Djoko Murjatmodjo menambahkan, pemerintah daerah (Pemda) dan masyarakat Jawa Barat tidak akan bisa menikmati manfaat yang lebih besar dari sektor pariwisata, jika masih tetap mengandalkan Bandara Husein Sastranegara sebagai pintu masuk wisatawan ke daerahnya.

"Bandara Husein bertahun-tahun tidak berkembang. Untuk menambah landasan jadi 2.200 meter saja kita harus menebang gunung, sementara di sana ada lapangan tembak TNI," ungkap dia.

Djoko menegaskan, sesuai instruksi dari Kementerian Perhubungan, AP II tidak akan mengalihkan seluruh penerbangan komersial dari Bandara Husein Sastranegara ke Bandara Kertajati. Namun hanya akan memindahkan penerbangan domestik bermesin jet saja.

"Mengapa internasional masih di Bandara Husein, karena mempertimbangkan kelangsungan bisnis pariwisata di Bandung. Hal-hal ini tentu kami perhatikan," katanya.

Sementara itu, Direktur Bandar Udara Kementerian Perhubungan (Kemenhub), M Pramintohadi Sukarno menjelaskan pembangunan suatu bandara seperti Bandara Kertajati, pemerintah tidak hanya membuat perencanaan untuk waktu 2-3 tahun saja.

"Tetapi kami membuat perencanaan pengembangan untuk 20-30 tahun. Kalau kita ingat, dulu Bandara Soekarno-Hatta di Cengkareng juga hasil pemindahan Bandara Kemayoran di Jakarta Pusat. Hasilnya ada pembangunan yang terjadi di daerah," tegasnya.

Dalam catatan Kemenhub, pertumbuhan lalu lintas udara di Jawa Barat sudah tidak terakomodasi oleh Bandara Husein Sastranegara.

"Sepanjang 2016-2018, jumlah penumpang tumbuh 6 persen menjadi 3,86 juta pax. Kargo tumbuh 40 persen jadi 19,21 juta kilogram, dan lalu lintas pesawat tumbuh 11 persen jadi 31.865 pergerakan pesawat. Jadi mau tidak mau harus pindah karena Bandara Husein sudah maksimal dikembangkan," tandas Pramintohadi.

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Meski Tak Kantongi Izin, Massa Tetap Banjiri Jalan Medan Merdeka Barat

Posted: 25 Jun 2019 09:12 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Kapolres Jakarta Pusat Kombes Harry Kurniawan mengaku tidak tahu rencana kedatangan massa yang berkerumun di Patung Kuda, Jalan Medan Merdeka Barat, Jakarta Pusat. Padahal, sesuai arahan Polda Metro Jaya, tidak ada aksi massa diberikan izin hari ini.

"Polisi tidak mengeluarkan izin aksi," kata Harry di Jalan Medan Merdeka Barat, Jakarta Pusat, Rabu (26/6/2019).

Menurut penelusurannya, Kombes Harry mengatakan massa datang dari pelbagai penjuru di luar Jakarta, seperti Banten, Tangerang, Depok, Bekasi, juga Jawa Barat. Pihaknya mengaku akan berkordinasi dengan mereka untuk menjaga kondusifitas agar keamanan ketertiban masyarakat tetap terjaga.

"Yang di Bawaslu kemarin begitu juga. Prosesnya hampir sama. Massa (berasal) dari dalam (kota) dan massa dari luar," jelas Harry.

Sebelum mengambil tindakan, Kombes Harry menegaskan untuk mengambil langkah komunikatif. Bersama jajarannya, dibantu TNI, mereka akan berdialog untuk mengetahui maksud dan tujuan. Sebab, kata dia, tidak ada izin untuk melakukan aksi massa.

"Saya mau tanya dulu, kalau kita kan tidak keluarkan izin. Kan kalau polisi ada tahapan SOP, jelas perintah pimpinan tidak boleh ya toh," pungkas Harry.

Saksikan video pilihan berikut ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Penelitian Ungkap Manfaat Melihat Wajah Pria Tampan untuk Otak

Posted: 25 Jun 2019 09:10 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Tak cuma buat kaum Hawa, bagi pria memiliki penampilan yang menarik juga cukup penting. Salah satunya wajah tampan. Berbicara soal pria tampan tentunya sangat menarik bagi kaum wanita. Menjadi tampan bukan hanya tentang memiliki wajah rupawan saja, tapi juga memiliki tubuh ideal, penampilan berkarisma dan juga daya tarik.

Sebagai wanita, siapa sih yang tidak suka melihat pria tampan? Walaupun setiap wanita punya standar masing-masing tentang pria tampan. Yang dimaksud dengan suka melihat pria tampan disini bukan berarti menjadikan pria tersebut sebagai standar untuk jadi pasangan. Biasanya melihat pria tampan hanya untuk cuci mata saja.

Karena memang pada dasarnya melihat sesuatu yang indah itu bisa membuat kita senang dan menjadi fresh kembali. Terlihat sepele tapi ternyata ada juga loh manfaat dari suka melihat pria tampan khususnya untuk otak. Penasaran apa manfaat melihat pria tampan? Liputan6.com lansir dari Medical Daily, Rabu (26/6/2019) berikut manfaat melihat wajah pria tampan untuk otak.

Manfaat Melihat Wajah Cowok Ganteng untuk Otak

Ilustrasi pasangan bahagia (sumber: iStockphoto)

Menurut sebuah studi penelitian jurnal Evolutionary Psychology mengungkapkan memandang wajah pria tampan bisa meningkatkan memori dan dapat memotivasi diri. Hal ini dikarenakan kegiatan yang sepertinya tidak ada manfaat itu bisa saja membuat kamu lebih fresh dan bahagia dalam pelajaran dan pekerjaan.

Penelitian tersebut dilakukan pada sejumlah wanita berusia paruh baya. Bukan rahasia lagi jika semakin tua usia, kemampuan mengingat seseorang menjadi berkurang. Oleh peneliti, para partisipan pun diminta untuk mengingat nama karakter sebanyak mungkin dalam waktu semenit. Mereka diminta untuk mengingat nama-nama tersebut selagi melihat foto seorang pria tampan.

Menurut penelitian, cara tersebut terbukti meningkatkan kesempatan mereka menjawab pertanyaan dengan benar. Dikatakan jika rata-rata para wanita berusia matang tersebut dapat menjawab dua sampai empat pertanyaan dengan lebih baik. Hasil temuan ini pun dikonfirmasi dengan melihat gelombang otak para partisipan ketika dites.

Membuat Otak Lebih Aktif

Pasangan ceria  (Sumber: iStockphoto)

Saat mereka memandangi foto pria tampan, gelombang otak mereka tampak lebih aktif dari biasanya. Melalui eksperimen itu, bisa dibuktikan bahwa lobus temporalis yang mana terkait dengan memori menjadi lebih aktif. Hal tersebut juga didukung dengan pernyataan ahli media lain yang mengaku melihat foto pria tampan memang dapat meningkatkan mood hingga menciptakan efek positif pada otak.

Namun ia mengklaim jika hal serupa tidak terjadi pada pria. Saat pria melihat foto wanita cantik, daya ingat mereka tak secara signifikan berkembang. Justru pemandangan wanita cantik bisa mengganggu memori dan fokus karena atensi teralihkan. Peneliti juga mengungkapankan efek motivasi yang ditimbulkan saat pria melihat wanita cantik juga sangat berbeda.

Motivasi yang timbul pada pria biasanya meliputi motivasi untuk membuat si wanita tertarik padanya, motivasi bekerja keras agar dipandang keren, dan motivasi-motivasi untuk bisa tampil lebih keren dari biasanya di depan wanita.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Renault Trucks Pastikan Bahan Bakar B30 Tak Ganggu Performa Mesin

Posted: 25 Jun 2019 09:07 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Pemerintah semakin gencar melakukan persiapan untuk menghadirkan bahan bakar solar dengan campuran FAME 30 persen (Solar B30). Melalui Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) Road Test Penggunaan Bahan Bakar B30 pada kendaraan bermesin diesel telah dilakukan.

Melihat hal tersebut beberapa perusahaan otomotif mulai bersiap menyiapkan kendaraannya untuk melakukan uji coba.

Resmi menghadirkan truk baru di Indonesia, Renault Trucks mengaku bila kendaraannya sangat siap menggunakan bahan bakar B20 maupun B30 karena sudah melakukan uji coba.

"Jadi truk kami sudah ready sampai B30. Jadi memang terkait bahan bakar kami enggak ada masalah. Ini sudah diuji di Prancis," kata President Director PT Indo Traktor Utama, Bambang Prijono di Pantai Indah Kapuk, Jakarta Utara.

Selain itu, Bambang menegaskan truk terbarunya itu sudah menggunakan komponen tambahan agar kendaraan tetap optimal saat digunakan dengan bahan bakar B20 ataupun B30.

B30 Mulai Diaplikasikan Tahun Depan

"Memang untuk ready dengan biodiesel fuel pipe line-nya harus diganti semua. Ada namanya biodiesel kit. Jadi keluar dari pabrik udah dipasangi biodiesel kit. Pipa-pipa solarnya itu khusus, filter masih sama. Tapi kami tambahkan water separator. Keluar dari tank ada filter dulu baru masuk ke mesin," ujar Bambang.

Sebelumnya Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) Ignasius Jonan mengungkapkan, program B30 merupakan langkah nyata pemerintah untuk terus mengembangkan industri kelapa sawit, menyejahterakan petani kelapa sawit, serta menjamin ketersediaan dan kestabilan harga Bahan Bakar Minyak (BBM) dalam negeri.

Ia menambahkan, program ini dijalankan untuk mengurangi ketergantungan impor BBM dan menyediakan bahan bakar yang lebih ramah lingkungan. Pemerintah akan mewajibkan penggunaan campuran biodiesel 30 persen pada kendaraan mulai tahun depan.

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Keren, Tambang Batubara Ombilin Sawahlunto Masuk Nominasi Warisan Dunia UNESCO 2019

Posted: 25 Jun 2019 09:04 PM PDT

 

Liputan6.com, Jakarta - Indonesia memasukkan satu wakil dalam daftar nominasi Warisan Dunia UNESCO 2019. Tambang batubara Ombilin di Sawahlunto, Sumatera Barat, yang berada di kawasan Bukit Barisan, namanya.

Penentuan pemenang nominasi warisan dunia masih akan dibahas pada pertemuan World Heritage Commitee (WHC) UNESCO ke-43 di Baku, Azerbaijan, pada 30 Juni-10 Juli 2019. Dilansir dari laman resmi Kementerian Luar Negeri, setidaknya ada tiga nilai menakjubkan dari penominasian Tambang Batubara Ombilin di Sawahlunto sebagai Warisan Dunia.

Pertama, Dirjen Kerjasama Multilateral Kemlu Febrian Ruddyard menyebutkan, Tambang Ombilin menunjukkan perkembangan teknologi perintis abad ke-19 yang menggabungkan antara ilmu teknik pertambangan bangsa Eropa dengan kearifan lingkungan lokal, praktik tradisional, dan nilai-nilai budaya dalam kegiatan penambangan batubara yang dimiliki oleh masyarakat Sumatera Barat.

Kedua, hubungan industri tambang batubara, sistem perkeretaapian, dan pelabuhan berperan penting bagi pembangunan ekonomi dan sosial di Sumatera dan di dunia. Perpaduan antara pendekatan unik metode fusion dan hubungan sistemik ini bahkan diadopsi oleh tambang batu bara di Afrika Selatan pada pendudukan Belanda di sana.

Ketiga, nominasi Ombilin menggambarkan dinamisnya interaksi sosial dan budaya antara dunia Timur dan Barat, yang berhasil mengubah daerah tambang terpencil menjadi perkotaan dinamis dan terintegrasi, yang terdiri dari masyarakat multi-etnis dan multi-agama.

Dilansir dari laman whc.unesco.org, Sawahlunto merupakan kota tambang batubara tertua di Asia Tenggara. Kawasan itu dikelilingi sejumlah bukit, seperti Bukit Pola, Bukit Pari, dan Bukit Mato.

Pemerintah kolonial Belanda lah yang pertama kali menemukan dan mengeksploitasi cadangan batubara di tempat itu pada akhir abad 19. Sejak itu, kawasan pedesaan berkembang dan menjadi situs pertambangan.

 

Sejarah Tambang Ombilin

Anak-anak SSB PS TAL Sawahlunto berjalan pulang setelah mengikuti latihan di Stadion Tanah Lapang Ombilin, Sawahlunto, (8/11/2016). (Bola.com/Nicklas Hanoatubun)

Pemerintah Belanda sebenarnya pertama kali mengekskavasi cadangan batubara di Pengaron, Kalimantan, pada abad 18, dengan menerapkan teknologi mesin uap. Namun, kualitas batubara yang diharapkan tidak sesuai ekspektasi.

Pada 1858, pemerintah Belanda kemudian menemukan cadangan batubara di sawahlunton mencapai 200 juta ton. Cadangan mentah itu bisa digunakan untuk mendukung beragam aktivitas, seperti industri, kereta api dan sistem jalur kereta, hingga pengapalan.

Eksploitasi batubara dan bahan tambang lainnya itu membuat Sawahlunto terpapar ke dunia luar. Pasalnya, pemerintah pendudukan membangun sejumlah jalur kereta untuk mengangkut bahan tambang yang dihasilkan dari Sawahlunto ke pantai barat Sumatera.

Industri semakin berkembang ketika pada 1883, pemerintah Belanda membangun Pelabuhan Emmahaven atau yang kini dikelar sebagai Teluk Bayur dan menjadi pelabuhan pengapalan batubara untuk ekspor, dilanjutkan dengan konstruksi jalur kereta api dari Pulau Air Padang ke Muaro Kalaban hingga sampai ke Sawahlunto pada 1887-1892.

Hal itu mengubah Sawahlunto dari kawasan pedesaan menjadi lahan indusri. Pemerintah kolonial mempekerjakan ahli pertambangan dari daerah jajahan untuk mengelola tambang. Sementara itu, tenaga kerja didapat dari para tahanan, Orang Rantai, dan buruh rendahan dari berbagai daerah, termasuk orang-orang Cina yang didapat dari pasar tenaga kerja Singapura.

Selama dua abad, tambang itu beroperasi dengan beragam lapisan orang, budaya, tradisi yang terlibat. Beberapa di antaranya bahkan masih eksis hingga sekarang.

Mendekati 2000, Bukit Asam sebagai perusahaan yang mengelola tambang itu memutuskan menutup lokasi tersebut. Kini, pemerintah kota setempat berjuang menjadikan Sawahlunto sebagai Kota Wisata Tambang yang Berbudaya.

Saksikan Video Pilihan Berikut Ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Local Planet Luncurkan Jaringan Agensi di Singapura

Posted: 25 Jun 2019 09:01 PM PDT

Liputan6.com, Singapura - Jaringan agensi terbesar nomor empat di dunia, Local Media, baru mendirikan jaringan terbaru di Singapura.

Ini mengingat pasar Asia-Pasifik (APAC) yang memiliki ekonomi besar, tetapi juga memiliki kompleksitas yang besar.

"Selama puluhan tahun, jaringan global tradisional selalu memiliki pandangan yang terlampau sederhana mengenai Asia dan masyarakanya, mereka menilai Asia itu homogen, seragam, dan selalu kebarat-kebaratan," ujar Martyn Rattle, Global CEO Local Planet.

Rattle pun ingin menjadikan Local Planet mengubah pandangan itu yang tidak akurat mengenai Asia. Strategi agensi ini adalah melakukan pendekatan secara lokal ketimbang mengira seluruh pasar Asia memiliki sifat yang sama.

"Sebagaimana tiga miliar masyarakat Asia adalah bagian integral dari ekonomi global, Local Planet dirancang untuk mengubah gambaran mengenai Asia dan memakai pendekatan lokal," lanjut Rattle.

Kehadiran Local Media di Singapura menyatukan sembilan agensi independen yang melayani 21 wilayah di Asia-Pasifik.

Agensi yang tergabung ke Local Planet APAC adalah Nunn Media (Australia), BlueFocus International (China), Percept (India), Media Muscle (Indonesia), Ad-Comm Group (Jepang), Entropia (Malaysia), The Huddle Room (Filipina), The Media Shop (Singapura), dan Nasmedia (Korea Selatan).

Mereka memberikan insight dalam hal strategi, perencanaan dan pembelian media, performa pemasaran, konsultasi brand, e-commerce, kreasi dan produksi konten, pemasaran mobil, media sosial, dan data analytics. 

Local Planet secara dinamis memadukan pengetahuan dari level lokal dan internasional. Lalu, agensi akan menentukan strategi mana yang terbaik untuk mengoptimalkan penetrasi pasar yang mereka tuju.

"Cara kerja Local Planet akan menunjang inovasi media dan membawa fondasi solid untuk mencapai hal-hal luar biasa. Menjadi bagian dari jaringan independen terdepan di dunia membuat kami bisa membawa kebutuhan klien yang ingin berkembang menuju level yang lebih tinggi," ujar Jessica Toh, CEO The Media Shop.

Local Planet di Level Dunia

Ilustrasi Singapura (Sumber: Bussines Insider SG)

Singapura dipilih menjadi markas Local Planet mengingat negara itu masuk ke lima besar Pusat Finansial Global di dunia, serta salah satu negara yang paling transparan di dunia.

Local Planet pertama kali berdiri pada tahun 2016 dan kini beroperasi di 117 kantor di 67 pasar seluruh dunia. Pemegang saham terbesar Local Planet adalah Horizon di Amerika Serikat (AS), Blue Focus International, Nunne Media, dan Perceipt.

Di luar Asia, agensi yang tergabung ke jaringan Local Planet termasuk Media Italia (Italia), Pilot (Jerman), CoSpirit MediaTrack (Prancis), the7stars (Inggris), dan Tre Kronor (Swedia). Ada total 54 agensi yang tergabung.

Secara keseluruhan, Local Planet berhasil meraup USD 15,7 miliar dan memiliki market share atau pangsa pasar sebesar 4,6 persen di dunia. Itu menjadikannya sebagai jaringan agensi keempat terbesar di dunia.

 

 

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Meski Tertekan, Rupiah Masih Relatif Stabil

Posted: 25 Jun 2019 09:01 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Nilai tukar rupiah terhadap dolar Amerika Serikat (AS) bergerak melemah pada perdagangan Rabu ini. kendati terkoreksi rupiah masih relatif stabil di kisaran 14.200 per dolar AS.

Mengutip Bloomberg, Rabu (26/6/2019), rupiah dibuka di angka 14.140 per dolar AS, melemah jika dibandingkan dengan penutupan perdagangan sebeumnya yang tercatat 14.125 per dolar AS. Menuju siang, rupiah terus tertekan ke 14.166 per dolar AS.

Sejak pagi hingga siang hari ini, rupiah bergerak di kisaran 14.140 per dolar AS hingga 14.170 per dolar AS. Jika dihitung dari awal tahun, rupiah masih menguat 1,55 persen.

Sedangkan berdasarkan Kurs Referensi Jakarta Interbank Spot Dollar Rate (Jisdor) Bank Indonesia (BI), rupiah dipatok di angka 14.174 per dolar AS, melemah jika dibandingkan dengan patokan sehari sebelumnya yang ada di angka 14.138 per dolar AS.

Analis Bank Mandiri Rully Arya Wisnubroto mengatakan, kendati terkoreksi rupiah masih relatif stabil.

"Sebenarnya masih relatif sangat stabil. Apalagi masih di bawah 14.200 per dolar AS," ujar Rully dikutip dari Antara.

Terkait sentimen terhadap rupiah, Rully menilai belum banyak berubah dari hari-hari sebelumnya yaitu terkait pertemuan Presiden AS Donald Trump dan Presiden China Xi Jinping di sela-sela KTT G20 di Osaka, Jepang.

"Pasar menunggu hasil dari rapat G20. Proses negosiasi AS-China," kata Rully.

Selain itu, pergerakan rupiah akan dipengaruhi oleh bank sentral AS, Federal Reserve (Fed) yang memberikan singa penurunan suku bunga seiring melambatnya indikator ekonomi AS.

BI Prediksi Nilai Tukar Rupiah 13.900 - 14.000 per Dolar AS di 2020

Pekerja menghitung mata uang Dolar AS di jasa penukaran uang asing di Jakarta, Rabu (19/6/2019). Nilai tukar rupiah terhadap Dolar AS sore ini Rabu (19/6) ditutup menguat sebesar Rp 14.269 per dolar AS atau menguat 56,0 poin (0,39 persen) dari penutupan sebelumnya. (Liputan6.com/Angga Yuniar)

Sebelumnya, Gubernur Bank Indonesia (BI), Perry Warjiyo menyampaikan asumsi ekonomi makro tahun 2020 untuk nilai tukar Rupiah adalah pada level 13.900-14.300 dan inflasi 3 persen plus minus 1.

Perry menilai,sejauh ini Rupiah masih menunjukan kondisi yang positif. Tercatat hingga hari ini nilai tukar berada pada posisi 14.250 terhadap dolar Amerika Serikat (USD).

"Hingga tanggal 10 Juni 2019 nilai tukar Rupiah 14.250 per USD atau menguat 0,91 persen bila dibandingkan dengan level akhir tahun 2018 yaitu Rp 14.380, nilai tukar rupiah pada tahun 2019 mencapai Rp 14.187 atau menguat 0,41 persen dibandingkan rerata tahun 2018 Rp 14.246," kata dia pada Selasa 11 Juni 2019. 

Selain itu, BI memperkirakan bahwa Neraca Pembayaran Indonesia akan mencatat surplus sejalan dengan prospek aliran masuk modal asing yang terus berlanjut.

Sementara itu, defisit transaksi berjalan atau Current Account Defisit (CAD) 2019 juga diperkirakan lebih rendah dari tahun 2018 yaitu dalam kisaran 2,5 sampai 3 persen terhadap PDB.

"Sejalan dengan perkiraan neraca pembayaran tersebut, kami memperkirakan rata-rata nilai tukar pada tahun 2019 akan berada pada kisaran Rp 14.000 - Rp 14.400 terhadap dolar Amerika Serikat," ujarnya.

"Pada tahun 2020 kami memperkirakan bahwa prospek penguatan Neraca Pembayaran Indonesia akan berlanjut ditopang oleh peningkatan aliran masuk modal asing dan penurunan defisit transaksi berjalan," dia menambahkan.

Aliran masuk modal asing (inflow) diperkirakan meningkat dipengaruhi oleh prospek ekonomi yang membaik dan juga koordinasi yang kuat kebijakan antara pemerintah Indonesia dan berbagai otoritas terkait, untuk 2019 defisit transaksi berjalan kita akan tetap terkendali.

"Dengan berbagai perkembangan tersebut kami memperkirakan bahwa rata-rata nilai tukar Rupiah pada tahun 2020 akan berada pada kisaran Rp 13.900 sampai dengan Rp14.300 dolar Amerika Serikat," tutupnya.

Saksikan video pilihan berikut ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Saat Bra Aneka Warna Berhamburan di Rumah Dinas DPRD Kukar

Posted: 25 Jun 2019 09:00 PM PDT

Kutai Kertanegara - Setelah selesai dibangun pada 2008, sampai kini bangunan rumah dinas DPRD Kutai Kertanegara (Kukar) belum juga difungsikan. Rumah dinas yang beralamat di Jalan Pahlawan, Keluarahan Bukit Biru, Kecamatan Tenggarong, Kalimantan Timur itu kini malah menjadi tempat mesum oknum tak bertanggung jawab.

Hal tersebut dibuktikan saat Satpol PP Kukar melakukan razia pada Minggu (24/6/2019). Petugas menemuka beberapa lembar pakaian dalam wanita berupa bra beraneka corak dan warna serta ukurannya. Diduga pakaian dalam wanita itu tertinggal lantaran pemiliknya bergegas pergi saat ada razia.

Kepala Satpol PP Kukar Fida Hurasani seperti dikutip laman Jawapos, Rabu (26/6/2019) mengatakan, razia dilakukan karena banyak laporan warga bahwa rumah dinas tersebut jadi sarang prostitusi.

"Selain banyak ditemukan BH, kondisi bangunan rumah Dewan di Bukit Biru tersebut sebagian besar sudah rusak parah. Banyak lemari dapur hilang. Begitu pula daun pintu maupun jendela," katanya.

Sayangnya, petugas Satpol PP yang menggelar razia tersebut tidak menemukan siapa-siapa di dalam rumah dinas tersebut. 

"Tadi barang bukti itu (bra alias BH, Red) langsung dibakar," kata Fida.

Kondisi perumahan dinas yang dibangun untuk para anggota DPRD Kukar tersebut, tentu saja membuat masyarakat prihatin. Mengingat tidak sedikit uang negara digunakan, mencapai sebesar Rp 60 miliar untuk mendirikan rumah sebanyak 64 unit. Entah apa sebabnya, sejak 2008 sampai 2019 ini pun, bangunan tersebut tidak juga difungsikan.

"Sangat disayangkan, kenapa Pemkab Kukar mengeluarkan dana mencapai Rp 60 miliar untuk membangun perumaha Dewan tersebut? Jika ujung-ujungnya tidak bermanfaat," ucap Wardi, seorang warga Kota Raja.

 

Baca juga berita Jawapos.com lainnya di sini.

 

Simak juga video pilihan berikut ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Dukungan untuk Neymar Kembali ke Barcelona Terus Mengalir

Posted: 25 Jun 2019 09:00 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Penyerang Paris Saint Germain Neymar dalam beberapa pekan terakhir terus saja diisukan akan kembali ke Barcelona. Neymar sudah tidak betah di Prancis dan ingin kembali ke Spanyol.

Neymar diyakini membulatkan tekad untuk mudik ke Barcelona. Pemain asal Brasil itu diduga sudah mengonfirmasikan lewat grup Whatsapp yang berisi Lionel Messi dan Luis Suarez akan pindah ke Barcelona pada musim panas 2019. 

Keinginan Neymar balik ke Barcelona dapat sambutan positif. Barcelona konon sampai akan mengubah rencana mendatangkan Antoine Griezmann dari Atletico Madrid. Dengan Neymar mau balik, Barcelona tidak jadi merekrut Griezmann.

Rencana kembalinya Neymar juga terus mendapat dukungan dari beberapa pemain. Gelandang Arthur Melo sangat senang jika bisa main bareng Neymar di Barcelona.

"Tentu saja saya akan senang Neymar kembali ke Barcelona. Dia pemain yang hebat. Tidak hanya saya, tapi semuanya. Semakin banyak pemain hebat tentu lebih baik," kata Arthur kepada Marca.

 

Harga Tinggi

Neymar Jr  (AFP/ Anne-Christine Poujoulat)

Kendala terbesar Barcelona untuk mendapatkan Neymar adalah besarnya biaya transfer yang harus dikeluarkan. PSG akan mati-matian mempertahankan pemain 27 tahun itu.

PSG kabarnya hanya mau melepas eks pemain Santos itu jika Barcelona mengajukan proposal 267 juta pound (Rp 4,8 triliun).

Klasemen Liga Spanyol

 

 

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

VIDEO: Mulai Membaik, Wali Kota Risma Dibawa ke RS Soetomo

Posted: 25 Jun 2019 09:00 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Wali Kota Surabaya Tri Rismaharini dipindahkan ke RS Soetomo setelah sempat sakit karena kelelahan. Kondisi Risma dilaporkan berangsur membaik.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Top 3: Deretan Potret Indonesia Zaman Dulu, Lebih Toleran

Posted: 25 Jun 2019 09:00 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Ada begitu banyak perubahan menarik tentang Indonesia yang kerap kita temui antara zaman dulu dengan sekarang. Salah satu yang paling mencolok tentunya tentang gaya berpakaian masyarakatnya.

Wanita zaman dulu memakai pakaian tradisional di jalanan sebagai pakaian sehari-hari adalah hal yang biasa. Tentu sangat berbeda dengan zaman sekarang yang sudah sangat jarang hal tersebut terjadi.

Artikel tentang deretan potret Indonesia zaman dulu menjadi yang terpopuler di kanal Citizen6, Liputan6.com. Disusul dengan artikel deretan meme kocak tentang libur sekolah yang bikin miris sekaligus tertawa melihatnya.

Sementara artikel ketiga terpopuler tentang zodiak-zodiak yang tak suka menyembunyikan perasaannya.

Berikut Top 3 Citizen6:

1. 7 Foto Ini Tunjukkan Indonesia Zaman Dulu Lebih Toleran dan Beragam

potret jaman dulu (foto: @menghanyurkan)

Melihat foto-foto zaman dulu seperti berpetualang dengan mesin waktu dan mempelajari bagaimana keseharian orang-orangnya. Banyak hal menarik yang kita temukan dari zaman dulu yang ternyata amat berbeda dengan sekarang. Misalnya saja, dulu iklan-iklan dan majalah dipenuhi perempuan berpakaian rok mini adalah hal yang wajar. 

Belum lagi, fashion zaman dulu yang klasik dan tampak anggun. Wanita zaman dulu memakai pakaian tradisional di jalanan sebagai pakaian sehari-hari adalah hal yang biasa. Beda sekali dengan zaman sekarang yang sudah sangat jarang hal tersebut terjadi.

Selengkapnya…

2. Pas Banget, 6 Meme Kocak Libur Sekolah Ini Bikin Senyum

Doc: Instagram.com

Meski tidak terlalu lama, libur sekolah selama dua minggu seolah oasis bagi para pelajar setelah menghadapi ujian. Tentu saja, saat liburan anak-anak sekolah bebas mau bangun siang dan tak perlu memikirkan pekerjaan rumah. Malahan, bagi yang kebetulan orang tuanya tidak sibuk, bisa berlibur bersama keluarga ke tempat yang diinginkan.

Namun, tidak selamanya liburan sekolah menyenangkan. Kebanyakan anak sekolah memiliki uang bila diberikan uang jajan oleh orang tua. Nah, bila sekolah tengah libur tentu hal tersebut tidak berlaku, bukan?

Selengkapnya…

3. Deretan Zodiak yang Tidak Suka Menyembunyikan Perasaan, Kamu Termasuk?

Ilustrasi Foto Pasangan Romantis (iStockphoto)

Tidak semua orang terbiasa mengungkapkan perasaannya secara spontan pada orang lain. Perasaan sedih dan bahagia memang sering muncul tiba-tiba, namun segelintir orang lebih suka mengungkapkan perasaan tersebut pada orang lain daripada menyembunyikannya. Ternyata sifat tersebut bisa dipengaruhi oleh zodiak lo. Nah, penasaran zodiak apa saja yang tidak bisa menyembunyikan perasaannya? Berikut ulasannya.

Selengkapnya...

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Cara Mengatasi Nyeri Otot di Leher yang Mudah dan Aman

Posted: 25 Jun 2019 09:00 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Nyeri otot di leher bisa terjadi pada siapa saja. Terutama bagi kamu yang menghabiskan waktunya di depan komputer atau menghabiskan waktu berjam-jam untuk menelpon. Selain itu, kebiasaan sepele juga bisa menjadi penyebab nyeri otot di leher seperti posisi tidur yang tidak benar, postur tubuh yang tidak baik, cidera fisik, dan lain sebagainya.

Nyeri otot di leher memang sudah menjadi keluhan yang sangat umum terjadi. Kabar baiknya, rasa sakit pada leher ini jarang menjadi penyakit yang serius. Kebanyakan nyeri pada leher ringan dapat ditangani sendiri di rumah.

Namun karena letak sakitnya yang berdekatan dengan daerah kepala, maka sangat sensitif bila terjadi kesalahan dalam menangani masalah yang terbilang sederhana ini. Oleh karena itu, bila kamu sedang mengalami nyeri pada leher, jangan anggap sepele dalam penanganan atau pengobatannya.

Berikut ini Liputan6.com, Rabu (26/6/2019) telah merangkum dari berbagai sumber, beberapa cara mengatasi nyeri otot pada leher yang bisa dilakukan sendiri secara mudah dan aman pastinya.

Penyebab Nyeri Otot pada Leher yang Umum Terjadi

Nyeri Otot

Sebelum membahas mengenai cara mengatasi nyeri otot pada leher, ada baiknya kamu perlu mengetahui terlebih dahulu penyebab dari nyeri otot agar penanganannya dapat dilakukan lebih tepat:

Ketegangan Otot Leher

Ketegangan pada otot leher merupakan penyebab yang paling sering memicu nyeri otot. Biasanya ketegangan otot ini dipicu:

- Postur tubuh yang buruk saat berjalan, berdiri, ataupun duduk.

- Posisi tidur yang salah atau penggunaan bantal yang kurang nyaman.

- Bekerja di balik meja dalam waktu yang lama tanpa berganti posisi (biasanya pada pekerja kantoran).

- Menatap ponsel atau komputer terlalu lama.

- Peregangan otot yang salah saat berolahraga.

Cedera pada Tulang Leher

Retak, patah, atau dislokasi pada tulang yang menyangga leher dapat menyebabkan nyeri dan rasa tidak nyaman pada leher. Cedera dapat timbul akibat jatuh, kecelakaan atau kebiasaan memutar leher untuk menimbulkan bunyi "krek".

Infeksi pada Otak dan Tulang Belakang

Salah satunya adalah meningitis yang merupakan peradangan pada jaringan yang mengelilingi otak dan tulang belakang.

Penderita meningitis biasanya mengeluhkan nyeri otot yang disertai kaku pada leher, demam, dan nyeri kepala hebat. Kondisi ini tidak boleh diremehkan dan perlu segera ditangani dokter.

Cara Mengatasi Nyeri Otot yang Mudah dan Aman

Mengatasi Nyeri Otot

Penanganan nyeri otot di leher akan bergantung pada penyebabnya. Tentunya setelah mengetahui penyebabnya terlebih dahulu untuk mempermudah mengatasinya. Berikut ini adalah beberapa tips untuk menangani nyeri otot di leher yang mudah dan aman.

1. Kompres dengan menggunakan es pada bagian leher yang terasa sakit. Lakukan hal ini beberapa hari pertama. Setelah itu bisa melanjutkan dengan kompres hangat atau mandi dengan air hangat.

2. Jangan memutar leher untuk membunyikannya. Kebiasaan membunyikan leher hingga terdengar suara "krek" ternyata tidak baik. Kebiasaan ini berisiko membuat cedera pada tulang, pembuluh darah, dan saraf yang ada pada bagian leher.

3. Perbaiki postur tubuh dengan memperhatikan cara berjalan, berdiri, duduk, dan tidur. Kerap dianggap sepele, namun menerapkan postur tubuh yang baik bisa mengurangi rasa nyerinya.

4. Pilih bantal tidur yang tepat. Hindari menggunakan bantal tidur yang terlalu tebal atau terlalu tipis karena dapat membuat leher kamu terasa sakit ketika bangun tidur.

5. Melakukan peregangan otot. Saat nyeri, otot cenderung tegang. Ketegangan otot ini dapat dihindari jika kamu rajin melakukan peregangan otot. Misalnya saja dengan menyelipkan gerakan-gerakan peregangan otot ketika bekerja selama kurang lebih 8 jam sehari untuk membuat otot rileks.

6. Konsumsi obat-obatan pereda nyeri. Selain melakukan kegiatan tersebut untuk meredakan nyeri otot, kamu bisa juga mengonsumsi obat-obatan pereda nyeri. Konsumsi obat-obatan seperti parasetamol atau ibuprofen yang dapat meredakan nyeri. Obat-obat yang dioleskan seperti koyo atau salep juga bisa digunakan untuk meredakannya.

Walaupun nyeri otot di leher ini umumnya bisa membaik dengan sendirinya, namun kamu tetap harus waspada. Bila kondisinya tak kunjung membaik selama seminggu dan semakin parah atau dibarengi dengan gejala lain, maka perlu memeriksakan diri ke dokter.

Gejala lain yang dimaksud di sini adalah lengan yang mati rasa atau rasa linu di bahu, nyeri dada, sakit kepala, hingga kesulitan menggerakkan tangan atau kaki. Tujuannya agar jika ada penyakit yang serius, dapat lebih segera ditangani.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Seberapa Penting Microchip Pada Hewan Kesayangan?

Posted: 25 Jun 2019 09:00 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Pemasangan microchip untuk hewan peliharaan kesayangan masih menjadi hal yang cukup awam di Indonesia.

PT. Ivetdata Global selaku penyedia database untuk hewan peliharaan menilai, kesadaran dari para pemilik hewan di Indonesia untuk menggunakan microchip masih cukup rendah.

Dalam acara diskusi bertajuk "Serba-Serbi Microchip" belum lama ini di Jakarta, Drh Sri Hartati Msi mengatakan penanaman microchip diwajibkan sebagai salah satu upaya untuk menjaga status DKI Jakarta sebagai provinsi yang bebas rabies.

"Di satu sisi akan membantu pemerintah dalam pengontrolan penyakit rabies, dan di sisi lainnya juga sangat berguna untuk pendataan hewan," ujar Hartati melalui keterangannya, Rabu (26/6/2019).

Sementara Ketua Perhimpunan Dokter Hewan Indonesia (PDHI) Drh M. Munawaroh MM. juga mengatakan, "Ivetdata mendukung program PDHI, karena PDHI segala sesuatunya mengarah pada industri 4.0."

 

Tujuan Diskusi Serba-Serbi Microchip

Diskusi Serba-Serbi Microchip. Dok: Ivetdata

Ivetdata sebagai penyelenggara diskusi tersebut, merupakan sebuah aplikasi yang menyediakan database untuk hewan peliharaan, di mana pemilik dan dokter hewan dapat saling terhubung dan berkomunikasi melalui jaringan internet.

"Tujuan dari diadakannya acara ini adalah untuk melakukan sosialisasi kepada dokter hewan di Indonesia tentang betapa pentingnya microchip dan database supaya anjing dan hewan peliharaan lain yang sering hilang bisa cepat ditemukan," papar CEO Ivetdata, Diana Sanjoto.

Diana menambahkan, Ivetdata hadir untuk menjadi solusi dan menjembatani komunikasi antara pemilik hewan peliharaan dan juga dokter hewan tersebut.

(Isk/Ysl)

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Fokus Kuliah S2, Chand Kelvin Tak Lupa Cari Jodoh

Posted: 25 Jun 2019 09:00 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Chand Kelvin tengah mengurangi agenda keartisannya untuk sementara waktu. Saat ini pelawak sekaligus presenter itu diketahui sedang melanjutkan kuliah starata 2 di Malaysia.

Ditemui dalam sebuah kesempatan, Chand Kelvin menuturkan alasan memilih kuliah di Malaysia. Ia mengeyam pendidikan di sana karena beberapa faktor.

"Satu dekat, kedua kulturnya masih sama dengan Indonesia dan di sana kalau kita makan murah menunya. Kalau misal kita hitung-hitung ternyata murah juga ya makan di sini," papar Chand Kelvin di Jalan Kapten Pierre Tendean, Jakarta Selatan, Selasa (25/6/2019).

"Terus meski bahasa pengantarnya bahasa Inggris kan ada terjemahan Melayu jadi bisa disesuaikanlah. Di sana kuliah sekalian cari teman dan pengalaman baru," sambungnya.

Meski sedang fokus menyelesaikan S2, Chand Kelvin tak lupa untuk mencari pendamping hidup. Apalagi, saat ini ia sudah menginjak usia yang matang untuk menikah.

Tahap Pengenalan

Chand Kelvin. (Andy Masela/Bintang.com)

"Namanya manusia kan makhluk sosial enggak bisa hidup sendiri. Apalagi sudah lama jomblo ya. Namanya sendiri kan enggak enak," ujar artis 34 tahun ini.

Sayangnya hingga saat ini wanita impian itu belum juga ia dapatkan. "Dekat-dekat sih ada beberapa tapi masih dalam tahap penjajakan dan pengenalan satu sama lain," tandas Chand Kelvin.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Bahaya untuk Anak, Setop Kebiasaan Menggelitik

Posted: 25 Jun 2019 09:00 PM PDT

 

Liputan6.com, Jakarta - Orangtua seringkali menggelitik anak-anaknya biar mereka tertawa terbahak-bahak. Sebab, rasa geli yang muncul akan langsung membuat si Kecil bereaksi lucu.

Namun, tahukah Anda kalau ternyata menggelitik merupakan kebiasaan buruk yang harus dihentikan?

Tak banyak yang tahu kebiasaan menggelitik anak bisa menimbulkan efek negatif dan tidak dianjurkan.

Berikut penjelasannya seperti dikutip dari situs Brightside pada Selasa, 25 Juni 2019.

 

 

Anak Bisa Sangat Tak Nyaman

 

Hanya karena seorang anak tertawa bukan berarti mereka senang digelitik. Anak-anak, terutama yang geli, tidak bisa berhenti tertawa ketika digelitik. Bahkan jika mereka benar-benar membencinya.

Tawa karena geli ini seperti ilusi. Anak seperti menikmatinya padahal sebenarnya tidak. Dalam sebuah penelitian yang dilakukan di University of California pada 1997, para ilmuwan menemukan bahwa menggelitik tidak menciptakan perasaan bahagia yang sama seperti yang diciptakan ketika seseorang menertawakan lelucon lucu. Menggelitik hanya menciptakan ilusi lahiriah bahwa seseorang sedang tertawa.

 

Anak Tak Bisa Mengontrol Dirinya

 

Anak yang digelitik kehilangan kendali dirinya. Perjuangan untuk mendapatkan kendali bisa jadi hal sangat sulit bagi anak dan bisa meninggalkan kenangan yang tidak menyenangkan seumur hidup.

Ketika orang dewasa menggelitik anak-anak, mereka kebanyakan bermaksud bersenang-senang.

Menurut Dr. Richard Alexander, Profesor Biologi Evolusi di University of Michigan, menggelitik bisa menjadi bentuk dominasi dan tawa yang mengikuti adalah cara untuk menunjukkan kepatuhan.

 

Kesulitan Bernapas

 

Menggelitik dapat menyebabkan tawa yang tidak terkendali dan sulit untuk dihentikan. Tawa yang disebabkan oleh gelitik terus-menerus dapat mencapai titik di mana orang yang digelitik tidak lagi dapat bernapas dengan benar. Anak juga jadi mengalami sesak napas dan bisa membahayakan kesehatannya.

Penulis : Muthia Nugraheni / Dream.co.id

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Polisi Antisipasi Aksi Massa di Gedung MK Disusupi Perusuh

Posted: 25 Jun 2019 08:55 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Karopenmas Divisi Humas Polri Brigjen Dedi Prasetyo mengatakan, terdapat kemungkinan massa aksi yang demonstrasi jelang putusan sidang sengketa Pilpres 2019 di MK disusupi perusuh.

Kedati begitu, pihaknya akan terus berupaya untuk melakukan pencegahan agar hal itu bisa dihindari.

"Kalau kemungkinan-kemungkinan ada mas. Tapi terus dilakukan upaya-upaya pencegahan dan deteksi aksi bersama antara petugas dengan korlap," kata Dedi saat dihubungi Liputan6.com, Jakarta, Rabu (26/6/2019).

Dedi juga mengimbau supaya masyarakat tetap tenang dan tetap menjalankan aktivitas seperti biasa.

"Masyarakat tetap tenang, silahkan menjalankan aktivitasnya seperti biasa. Khusus bagi masyarakat yang akan menyampaikan aspirasinya (massa aksi) tetap pada koridor hukum dan menjaga kodusivitas keamanan Jakarta," imbau Dedi.

Sebelumnya, menjelang putusan sengketa Pilpres 2019 di Mahkamah Konstitusi (MK) pada Kamis, 27 Juni 2019 medatang, pengamanan dari pihak Kepolisian Republik Indonesia (Polri) telah disiapkan dengan matang.

"Secara umum sudah dipersiapkan secara matang," kata Dedi.

Bahkan, kata Dedi, polisi mempersiapkan pengamanan dengan kemungkinan situasi terburuk. Namun, polisi tetap tak menggunakan peluru tajam.

"SOP pengamanan kegiatan masyarakat bahwa aparat keamanan tidak dibekali senjata api dan peluru tajam," lanjut Dedi.

 

47 Ribu Personel Diterjunkan

Dedi menyampaikan, sebanyak 13 ribu personel keamanan yang diterjunkan di sekitar MK. Total ada 47 ribu personel keamanan yang tersebar, terdiri dari 28 ribu personel polisi, 17 ribu personel TNI, dan 2 ribu dari Pemerintah Daerah DKI Jakarta.

"13 ribu personel pengamanan di MK dari total 47 ribu yang terdiri dari Polri 28 ribu, TNI 17 ribu, Pemda 2 ribu. Rekayasa arus lalin tergantung situasi di lapangan," sampai Dedi.

Dedi juga menyampaikan, personel keamanan hanya dibekali tameng, gas air mata serta water cannon.

"Untuk senjata hanya untuk pleton anti anarkis yang penggunaannya oleh Kapolda langsung," katanya.

Sampai pagi ini, kata Dedi, sudah ada tiga elemen masyarakat yang menyampaikan pemberitahuan akan menyelenggarakan aksi di sekitar Monas.

"Sampai dengan pagi ini, baru tiga elemen masyarakat yang mengirim surat pemberitahuan akan laksanakan giat dengan massa kurang lebih 1.000 orang dan lokasi di sekitar Monas. Untuk di depan Gedung MK tetap dilarang," ujar Dedi.

 

Saksikan video pilihan berikut ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Prediksi Kalteng Putra Vs Bali United: Tim Tamu Percaya Diri

Posted: 25 Jun 2019 08:55 PM PDT

Jakarta - Bali United sangat percaya diri bisa meraih tiga poin saat menantang Kalteng Putra dalam partai tunda pekan keempat Shopee Liga 1 2019 sore nanti. Meski demikian tuan rumah pun punya target tinggai dalam laga ini.

Tuan rumah mengusung misi khusus. Selain meraih kemenangan, Kalteng Putra berambisi untuk menodai rekor Bali United yang selalu menang dari empat pertandingan awal Liga 1 2019.

"Harapan saya kami bisa kalahkan mereka di kandang sendiri. Tak ada beban di Kalteng Putra. Mereka harus bermain seperti biasa. Kompak dan lakukan yang terbaik. Kami lihat hasilnya nanti," ujar Gomes de Oliveira, pelatih Kalteng Putra.

Saat ini, Kalteng Putra berada di posisi kelima klasemen sementara Liga 1 2019. Tim berjulukan Laskar Isen Mulang itu mengumpulkan tujuh poin dari dua pertandingan.

Berstatus sebagai tim musafir, Kalteng Putra terpaksa bermain di Stadion Sultan Agung untuk partai kandang. Sebab, Stadion Tuah Pahoe, Palangkaraya, masih direnovasi.

Baru sekali bertanding di Stadion Sultan Agung pada musim ini, Kalteng Putra justru punya catatan negatif. Mereka takluk 0-1 dari Perseru Badak Lampung FC pada pekan ketiga Liga 1 2019 (28/5/2019).

"Meski begitu, kami siap harus bekerja maksimal demi meraih kemenangan melawan Bali United," tegas Gomes.

Bali United Percaya Diri

Para pemain Bhayangkara Fc merayakan gol yang dicetak oleh Fadil Sausu ke gawang Semen Padang pada laga kedua Piala Presiden 2019 yng berlangsung di Stadion Patriot, Jawa Barat, Senin (11/3). (Bola.com/M Iqbal Ichsan)

Di sisi lain, Bali United menatap pertandingan melawan Kalteng Putra dengan kepercayaan diri yang tinggi. Mengingat, tim dengan sebutan lain Serdadu Tridatu itu merupakan penguasa klasemen sementara Liga 1 2019.

Bali United juga dapat kembali diperkuat penyerang asal Belanda, Melvin Platje. Pemain berusia 30 tahun itu belum mencicipi menit bermain di musim ini karena mengalami cedera.

"Kalteng Putra tim kuat, meski berstatus tim promosi. Pelatih Gomes sudah lama di Indonesia. Kami harus respek dengan Kalteng Putra. Kami bawa 20 pemain termasuk Melvin Platje," tutur Stefano Cugurra Teco, pelatih Bali United.

Dari empat kemenangan di Liga 1 2019, Bali United selalu unggul dengan defisit satu gol saja. Alhasil, sejauh ini Serdadu Tridatu baru mengemas lima gol.

"Walau hanya menang dengan selisih satu gol, cukup untuk tiga poin. Yang penting menang," imbuh Teco.

Prakiraan Susunan Pemain

Kalteng Putra (4-3-3): Dimas Galih (k); O.K. John, Rafael Bonfim, Kevin Gomes, Rizky Dwi Febrianto (b); Yu Hyun-koo, I Gede Sukadana, Fajar Handika (t); Ferinando Pahabol, Diogo Campos, Patrich Wanggai (d)

Pelatih: Gomes de Oliveira

Bali United (4-3-3): Wawan Hendrawan (k); Andhika Wijaya, Willian Pacheco, Leonard Tupamahu, Ricky Fajrin (b); Fadil Sausu, Brwa Nouri, Paulo Sergio (t); Stefano Lilipaly, Yabes Roni, Ilija Spasojevic (d)

Pelatih: Stefano Cugurra Teco

Sumber: Bola.com

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Komite III DPD RI Bahas RUU Lanjut Usia di UNS

Posted: 25 Jun 2019 08:52 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Komite III DPD RI melakukan kunjungan kerja dalam rangka uji sahih Rancangan Undang-Undang tentang Lanjut Usia (RUU Lansia). Keberadaan undang-undang tersebut dianggap tak lagi memadai dan kurang relevan, sehingga perlu dilakukan sejumlah perubahan dan perbaikan.

Hal itu dikatakan Wakil Ketua Komite III DPD RI, Abdul Aziz Khafia dalam acara uji sahih RUU Lansia di Ruang Sidang Gedung Pusat dr. Prakosa (Rektorat) Universitas Sebelas Maret (UNS) Surakarta, Selasa 25 Juni 2019.

"Uji sahih ini dilakukan untuk memperoleh aspirasi, gagasan dan pemikiran terhadap RUU Lanjut Usia yang sedang disusun oleh DPD RI," kata Abdul Aziz.

Dari pihak UNS menyambut baik dilakukannya uji sahih RUU Lansia ini. "Kami mendukung penyusunan RUU Lanjut Usia. Dengan harapan agar layanan terhadap para lansia akan semakin baik lagi di masa mendatang," ujar Ketua LPPM UNS, Widodo Muktiyo yang mewakili pihak rektorat. 

Acara uji sahih ini diisi dengan pemaparan oleh tiga orang narasumber, yaitu Adhi Santika selaku Ketua Tim Penyusun RUU Lansia. Sunny Ummul Firdaus dari Pusdemtanas LPPM UNS, dan Waluyo yang juga sebagai tenaga ahli penyusunan raperda Lanjut Usia di Kota Surakarta.

Setelah dilakukan sesi pemaparan oleh para narasumber, acara dilanjutkan dengan diskusi dan pemberian masukan serta saran.

Berdasarkan hasil pemaparan dan diskusi, terdapat beberapa poin pentingnya dilakukan perubahan atas UU tentang Kesejahteraan Lansia. Beberapa hal pokok tersebut diantaranya pertambahan jumlah populasi lansia di Indonesia semakin meningkat.

Data BPS 2018 menunjukkan jumlah penduduk lansia Indonesia mencapai 24,49 juta penduduk lansia atau sekitar 9,27 persen dari jumlah penduduk nasional. Pentingnya pengelompokkan lansia sesuai dengan karakter yang dimilikinya.

Perlu adanya perlindungan sosial dan pemberdayaan lansia yang lebih komprehensif dan terpadu. Pembagian peran pemerintah pusat dan daerah dalam pemberian layanan bagi lansia. Pembangunan berbasis keluarga dan komunitas dalam pemberian layanan jangka panjang bagi lansia (Long Term Care), serta perlu adanya penambahan ketentuan tentang sanksi.

Untuk diketahui, kegiatan uji sahih ini juga diikuti oleh para senator, yaitu Abdul Aziz Khafia senator dari Jakarta selaku ketua delegasi, GKR Ayu Koes Indriyah selaku tuan rumah (Jawa Tengah), Abu Bakar Jamalia (Jambi), M. Afnan Hadikusumo (DI. Yogyakarta), Ahmad Sadeli Karim (Banten), Habib A. Bahasyim (Kalimantan Selatan), Muslihuddin Abdurrasyid (Kalimantan Timur), Lalu Suhaimi Ismy (NTB), Leonardy Harmaiyn (Sumatera Barat), Emilia Contessa (Jawa Timur), Gede Pasek Suardika (Bali), A. Abubakar Bahmid (Gorontalo) dan Muhammad Nabil (Kepulauan Riau).

 

(*)

 

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Qomar Diduga Palsukan Ijazah, Ini 5 Potret Kebersamaannya dengan Empat Sekawan

Posted: 25 Jun 2019 08:50 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Baru-baru ini publik dihebohkan dengan kabar mengenai pelawak Nurul Qomar yang tersandung masalah hukum. Qomar ditahan penyidik Polres Brebes karena diduga memalsukan dokumen ijazah. Diketahui pada Senin (24/6/2019) malam sekitar pukul 21.00 WIB pria 59 tahun ini ditahan di Mapolres Brebes, Jawa Tengah.

Diduga ijazah yang dipalsukan Qomar ialah ijazah S1 dan S2. Kronologinya bermula dari laporan Universitas Muhadi Setiabudhi. Diduga Ijazah S1 dan S2 yang digunakan Qomar saat mencalonkan diri sebagai rektor Umus adalah palsu.

Terlepas dari kasus pemalsuan ijazah, Qomar merupakan pelawak yang terkenal bersama grup Empat Sekawan. Qomar Bersama dengan Derry, Eman, dan Ginanjar mereka membentuk grup lawak Empat Sekawan yang dikenal melalui komedi situasi Lika-Liku Laki-Laki.

Mengenai kasus hukum yang menjerat Qomar, rekan-rekannya di Empat Sekawan masih belum mengetahui kebenarannya. Kendati demikian, teman-teman Empat Sekawan menegaskan bahwa mereka siap ke Brebes untuk menjenguk Nurul Qomar. Hal itu disampaikan Ginanjar saat dihubungi pada Senin (25/6/2019).

"Ya entar dateng (ke Brebes). Tapi saya mau nanya dulu kepastian beritanya. Saya mau nanya dulu," kata Ginanjar.

Melihat respon Ginanjar, bisa dikatakan anggota empat sekawan ini memang saling support apa pun kondisinya. Mengenang momen kebersamaan Qomar dengan Empat Sekawan, berikut telah Liputan6.com rangkum dari berbagai sumber 5 potret pelawak Qomar bersama grup lawak Empat Sekawan, Rabu (26/6/2019).

1. Qomar selalu didukung oleh Eman, Ginanjar dan Derry. Termasuk saat Qomar dilantik menjadi rektor.

Qomar didampingi personel 4 Sekawan usai dilantik menjadi rektor. (Liputan6.com/Fajar Eko Nugroho)

2. Grup lawak yang namanya mulai melambung tahun 90an ini selalu tampil kompak sampai sekarang.

Diduga Memalsukan Ijazah, Ini 5 Potret Seru Qomar Saat Bersama Grup Lawak Empat Sekawan (sumber: Instagram.com/derry4sekawan)

3. Grup Empat Sekawan mulai dikenal luas oleh publik berkat acara televisi bergenre komedi Lika Liku Laki-Laki.

Diduga Memalsukan Ijazah, Ini 5 Potret Seru Qomar Saat Bersama Grup Lawak Empat Sekawan (sumber: Instagram.com/derry4sekawan)

4. Bersama dengan Eman, Ginanjar dan Derry, Qomar selalu menghibur publik dengan guyonan-guyonan lawas mereka.

Diduga Memalsukan Ijazah, Ini 5 Potret Seru Qomar Saat Bersama Grup Lawak Empat Sekawan (sumber: Instagram.com/derry4sekawan)

5. Potret lawas Empat Sekawan. Mereka selalu kompak dimana pun berada.

Diduga Memalsukan Ijazah, Ini 5 Potret Seru Qomar Saat Bersama Grup Lawak Empat Sekawan (sumber: Instagram.com/derry4sekawan)

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Strategi Kemendag Pasarkan Produk UKM ke Luar Negeri

Posted: 25 Jun 2019 08:45 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Pemerintah melalui Kementerian Perdagangan (Kemendag) mendorong para pelaku usaha untuk melakukan ekspor dengan memanfaatkan ekonomi digital, yakni melalui e-commerce atau niaga elektronik (niaga-el).

Direktur Kerja sama Pengembangan Ekspor Kemendag Marolop Nainggolan mengatakan, niaga-el memberi kemudahan bagi para pelaku usaha yang ingin mengekspor produk-produknya tanpa harus membuka toko di negara tujuan. Dengan cara ini, para pelaku usaha pun dapat menjual produk-produknya lebih banyak lagi.

Salah satu program yang memfasilitasi para pelaku usaha untuk memanfaatkan teknologi digital, terutama niaga-el, yakni Digital Handholding Program (DHP). DHP merupakan program jasa konsultasi Indonesia di bidang teknologi informasi (digital) yang dilakukan oleh LPEI.

Program ini memberikan pendampingan, fasilitasi, dan pemberdayaan bagi pelaku UKM berorientasi ekspor untuk mampu memasarkan, memperluas akses pasar, mempromosikan, serta meningkatkan daya saing produk unggulannya di market place global (global niaga-el).

"Dengan mengikuti program ini, para pelaku usaha bisa mengembangkan kapasitas, mendapatkan penasihat bisnis, dan mengikuti program khusus pelatihan ekspor," ujar Marolop lewat keterangan tertulis, Rabu (26/6/2019).

Marolop menambahkan, platform daring dapat dimanfaatkan untuk menyiasati keterbatasan anggaran promosi dan pemasaran. Menurutnya, promosi dan pemasaran dengan memanfaatkan teknologi sebenarnya memberikan keuntungan bagi para pelaku usaha. Tanpa biaya tinggi dan hanya dengan menggunakan jaringan internet, pelaku usaha sudah bisa memasarkan produk atau jasa secara luas ke masyarakat.

"Bahkan, para pelaku usaha dapat memanfaatkan perencanaan sumber daya perusahaan (Enterprice Resource Planning/ERP). ERP merupakan sistem informasi yang diperuntukkan bagi perusahan manufaktur maupun jasa yang berperan mengintegrasikan dan mengotomasikan proses bisnis yang berhubungan dengan aspek operasi, produksi, maupun distribusi di perusahaan bersangkutan," tuturnya.

 

Sistem Pencatatan

Aktivitas bongkar muat barang ekspor impor di Pelabuhan Tanjung Priok, Jakarta, Senin (17/7). Badan Pusat Statistik (BPS) melaporkan kinerja ekspor dan impor Indonesia mengalami susut signifikan di Juni 2017. (Liputan6.com/Angga Yuniar)

ERP meliputi sistem pencatatan, dari mulai transaksi hingga informasi lainnya dari sebuah usaha yang dapat diakses secara daring. Selain, itu lanjut Maralop, para pelaku usaha juga mendapatkan pelatihan praktis dalam melakukan promosi dan solusi bisnis ERP.

Dengan metode lokakarya seperti ini diharapkan para peserta dapat langsung mempraktikkan ke dunia nyata dan dapat menjadi lebih andal dalam memanfaatkan teknologi digital, baik dalam melakukan promosi, transaksi, hingga pencarian solusi.

"Bukan hanya bagi para pelaku usaha, keuntungan penerapan niaga-el juga dapat dirasakan oleh konsumen, masyarakat luas, dan pemerintah. Niaga-el juga menjadi salah satu jalan untuk mengembangkan usaha-usaha kecil dan menengah, dan juga mempermudah komunikasi antara penjual dan pembeli," pungkas Marolop.

Saksikan video pilihan berikut ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

FOTO: Memperingati 10 Tahun Kematian Michael Jackson

Posted: 25 Jun 2019 08:45 PM PDT

Penggemar berkumpul di luar tempat peristirahatan terakhir Michael Jackson di mausoleum Holly di Terrace Forest Lawn Cemetery, California, Selasa (25/6/2019). Tepat pada hari ini sepuluh tahun yang lalu berita kematian King of Pop Michael Jackson sempat mengguncang dunia. (Robyn Beck/AFP)

Penggemar berkumpul di luar tempat peristirahatan terakhir Michael Jackson di mausoleum Holly di Terrace Forest Lawn Cemetery, California, Selasa (25/6/2019). Tepat pada hari ini sepuluh tahun yang lalu berita kematian King of Pop Michael Jackson sempat mengguncang dunia. (Robyn Beck/AFP)

Foto dan bunga diletakkan di luar tempat peristirahatan terakhir Michael Jackson di mausoleum Holly di Terrace Forest Lawn Cemetery, California, Selasa (25/6/2019). Tepat pada hari ini sepuluh tahun yang lalu berita kematian King of Pop Michael Jackson sempat mengguncang dunia. (Robyn Beck/AFP)

Foto dan bunga diletakkan di luar tempat peristirahatan terakhir Michael Jackson di mausoleum Holly di Terrace Forest Lawn Cemetery, California, Selasa (25/6/2019). Tepat pada hari ini sepuluh tahun yang lalu berita kematian King of Pop Michael Jackson sempat mengguncang dunia. (Robyn Beck/AFP)

Karya seni dan bunga-bunga berjejer di luar tempat peristirahatan terakhir Michael Jackson di mausoleum Holly di Terrace Forest Lawn Cemetery, California, Selasa (25/6/2019). Tepat pada hari ini sepuluh tahun yang lalu berita kematian King of Pop Michael Jackson mengguncang dunia. (AP/Richard Vogel)

Karya seni dan bunga-bunga berjejer di luar tempat peristirahatan terakhir Michael Jackson di mausoleum Holly di Terrace Forest Lawn Cemetery, California, Selasa (25/6/2019). Tepat pada hari ini sepuluh tahun yang lalu berita kematian King of Pop Michael Jackson mengguncang dunia. (AP/Richard Vogel)

Penggemar membentangkan spanduk di luar tempat peristirahatan terakhir Michael Jackson di mausoleum Holly di Terrace Forest Lawn Cemetery, California, Selasa (25/6/2019). Tepat pada hari ini sepuluh tahun yang lalu berita kematian King of Pop Michael Jackson mengguncang dunia. (AP/Richard Vogel)

Penggemar membentangkan spanduk di luar tempat peristirahatan terakhir Michael Jackson di mausoleum Holly di Terrace Forest Lawn Cemetery, California, Selasa (25/6/2019). Tepat pada hari ini sepuluh tahun yang lalu berita kematian King of Pop Michael Jackson mengguncang dunia. (AP/Richard Vogel)

Yasuyo, dari Yokahama Jepang, membawa boneka Michael Jackson ketika memberikan penghormatan di mausoleum Holly di Terrace Forest Lawn Cemetery, California, Selasa (25/6/2019). Tepat pada hari ini sepuluh tahun yang lalu berita kematian King of Pop Michael Jackson mengguncang dunia. (AP/Richard Vogel

Yasuyo, dari Yokahama Jepang, membawa boneka Michael Jackson ketika memberikan penghormatan di mausoleum Holly di Terrace Forest Lawn Cemetery, California, Selasa (25/6/2019). Tepat pada hari ini sepuluh tahun yang lalu berita kematian King of Pop Michael Jackson mengguncang dunia. (AP/Richard Vogel

Bunga dari penggemar diletakan di Hollywood Walk of Fame Michael Jackson memperingati sepuluh tahun kematian superstar itu di Los Angeles, Selasa (25/6/2019). Tepat pada hari ini sepuluh tahun yang lalu berita kematian King of Pop Michael Jackson mengguncang dunia. (Chris Pizzello/Invision/AP)

Bunga dari penggemar diletakan di Hollywood Walk of Fame Michael Jackson memperingati sepuluh tahun kematian superstar itu di Los Angeles, Selasa (25/6/2019). Tepat pada hari ini sepuluh tahun yang lalu berita kematian King of Pop Michael Jackson mengguncang dunia. (Chris Pizzello/Invision/AP)

Penggemar melakukan doa bersama memperingati sepuluh tahun kematian Michael Jackson di Terrace Forest Lawn Cemetery, California, Selasa (25/6/2019). Tepat pada hari ini sepuluh tahun yang lalu berita kematian King of Pop Michael Jackson sempat mengguncang dunia. (Chris Pizzello/Invision/AP)

Penggemar melakukan doa bersama memperingati sepuluh tahun kematian Michael Jackson di Terrace Forest Lawn Cemetery, California, Selasa (25/6/2019). Tepat pada hari ini sepuluh tahun yang lalu berita kematian King of Pop Michael Jackson sempat mengguncang dunia. (Chris Pizzello/Invision/AP)

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

VIDEO: Tidak Ada Izin, Massa Mulai Kumpul di Merdeka Barat

Posted: 25 Jun 2019 08:45 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Massa mulai berkumpul di sekitar jalan Medan Merdeka Barat. Aksi massa hari ini tidak mendapatkan izin dari Polres Metro Jakata Pusat.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Menag Lukman Hadir Bersaksi di Sidang Kasus Jual Beli Jabatan

Posted: 25 Jun 2019 08:44 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Menteri Agama Lukman Hakim Saifuddin dijadwalkan bersaksi dalam sidang kasus suap jual beli jabatan di Kementrian Agama. Lukman akan bersaksi untuk terdakwa Kakanwil Kemenag Jawa Timur, Haris Hasanuddin dan Kepala Kemenag Gresik, Muafaq.

Lukman terpantau tiba di Gedung Pengadilan Tipikor, Jakarta Pusat, Rabu (26/6/2019), sekitar pukul 09.45 WIB. Politikus PPP itu tampak memakai batik coklat dan kopiah hitam.

Lukman tidak memberikan keterangan apapun, ia langsung menuju ruang tunggu saksi sambil dikawal protokoler menteri.

Pada sidang hari ini, bukan hanya Lukman yang diminta keterangannya. Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa dan kiai Asep Saifuddin Chalim turut dijadwalkan diperiksa sebagai saksi.

Menurut Jaksa Wawan Yunarwanto, Khofifah belum terkonfirmasi untuk hadir. "Hari ini memang kita panggil namun kita masih menunggu konfirmasi kehadiran," katanya saat dikonfirmasi, Rabu (26/6/2019).

 

 

 

Uang di Ruang Kerja Menag

Pekerja membersihkan debu yang menempel pada tembok dan logo KPK di Gedung KPK, Jakarta, Rabu (21/11). KPK merilis Indeks Penilaian Integritas 2017. (Merdeka.com/Dwi Narwoko)

Dalam kasus ini KPK menetapkan mantan Ketua Umum Partai Persatuan Pembangunan (PPP) Romahurmuziy alias Romi sebagai tersangka kasus dugaan suap pengisian jabatan di Kementerian Agama (Kemenag). Romahurmuziy diduga menerima suap sebesar Rp 300 juta terkait seleksi jabatan di lingkungan Kemenag tahun 2018-2019.

Selain Romahurmuziy, KPK juga menetapkan dua orang lainnya yakni, Kepala Kantor Kemenag Kabupaten Gresik, Muhammad Muafaq Wirahadi (MFQ) dan Kepala Kantor Wilayah Kemenag Provinsi Jawa Timur, Haris Hasanuddin (HRS). Keduanya diduga menyuap Romi agar mendapatkan jabatan di Kemenag.

KPK menemukan bahwa Romi tak hanya bermain pada proses jual beli jabatan di Kanwil Kemenag Jawa Timur. KPK mengaku menerima banyak laporan bahwa Romi bermain di banyaj daerah di Tanah Air. KPK pun berjanji akan mendalami hal tersebut.

Dalam memainkan pengisian jabatan di Kemenag, Romi dibantu pihak internal Kemenag. KPK pun sudah mengantongi nama oknum tersebut. Hanya saja lembaga antirasuah masih menutup rapat siapa oknum tersebut.

KPK juga sudah menggeledah beberapa ruangan di Kemenag. Salah satunya ruangan Menteri Agama (Menag) Lukman Hakim Saifuddin. KPK menemukan uang Rp 180 juta dan USD 30 ribu saat menggeledah ruang kerja Lukman yang merupakan kader di partai yang dipimpin Romi.

 

Reporter: Ahda Bayhaqi

Sumber: Merdeka.com

Saksikan video pilihan berikut ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Inilah Momen Jirayut saat Rekaman Lagu Perdananya, Jambert Cinta

Posted: 25 Jun 2019 08:40 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Jirayut, idola dangdut asal Thailand ini telah melakukan proses rekaman lagu perdananya yang bertajuk "Jambret Cinta". Lagu ini diciptakan oleh drummer sekaligus produser musik, Posan Tobing.

Jirayut yang sudah mendambakan sejak dulu untuk memiliki single sendiri, jelas bahagia bisa mewujudkan mimpinya itu. Sebagai pencipta lagu, Posan mengaku dirinya membuatkan lagu ini secara spontan. 

Lantaran jatuh hati dengan suara Jirayut, saat dirinya sedang menjadi juri di D'Star Indosiar, beberapa waktu lalu, dan mendapat tantangan dari Soimah untuk buatkan lagu secara spontan. Akhirnya lagu yang dibuatnya kini, menjadi lagu perdana Jirayut.

Ingin tahu bagaimana proses rekaman lagu "Jambret Cinta" yang dinyanyikan Jirayut? Yuk, simak selengkapnya di channel Indosiar di Vidio berikut ini.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Prediksi Bhayangkara FC Vs Persela: Janjikan Duel Sengit

Posted: 25 Jun 2019 08:35 PM PDT

Jakarta - Bhayangkara FC dan Persela Lamongan punya misi yang sama dalam duel tunda pekan keempat Shopee Liga 1 2019 sore nanti. Kedua tim ingin meraih kemenangan untuk mencari momentum bangkit.

Kedua tim sejauh ini sama-sama mengawali Shopee Liga 1 2019 dengan tak maksimal. Namun, mengacu hasil empat laga yang sudah dimainkan, penampilan Bhayangkara FC sedikit lebih mendingan ketimbang Persela.

Bhayangkara FC meraih lima poin hasil sekali menang, dua kali imbang, dan sekali kalah. Pelatih Bhayangkara FC, Angel Alfredo Vera menyebut, persiapan tim asuhannya untuk laga melawan Persela sudah secara garis besar sudah maksimal.

"Kami sudah siap untuk pertandingan. Apalagi ini pertandingan yang menarik. Semoga kami bisa meraih tiga poin penting," kata Angel Alfredo Vera.

Bhayangkara FC dipastikan masih mengandalkan jasa Flavio Beck dalam laga melawan Persela. Seperti diketahui, pemain berpaspor Brasil itu sejauh ini sudah mengemas empat gol dan berada di puncak pencetak gol terbanyak sementara Shopee Liga 1 2019.

"Semua pemain siap. Seperti pada dua pertandingan kemarin, dia (Flavio Beck) berhasil mencetak gol. Yang lain juga sebenarnya bisa mencetak gol kalau ada kesempatan, dan yang paling penting adalah agar kami bisa memanfaatkan semua peluang yang didapat," tegas Alfredo Vera yang menduduki kursi panas pelatih Bhayangkara FC sejak Februari 2019 itu.

Misi Akhiri Catatan Negatif

Sementara itu, Persela datang ke markas Bhayangkara FC dengan ambisi mengakhiri rentetan hasil buruk. Klub berjulukan Laskar Joko Tingkir itu belum mampu meraih kemenangan dari empat pertandingan yang sudah dijalani di Liga 1 2019.

Lini depan Persela sebenarnya tampil cukup apik, mencetak lima gol dalam empat laga itu. Hanya, terakhir mereka bertanding malah gagal membobol gawang lawan. Hal itu terjadi pada pekan kelima saat menjamu Persija Jakarta di Stadion Surajaya, Lamongan, Sabtu (22/6/2019), yang berujung dengan skor 0-0.

"Lini depan kami tidak ada masalah. Ada banyak peluang yang seharusnya menjadi gol, tapi gagal karena memang bagusnya penampilan Andritany (kiper Persija). Sejauh ini, pemain depan sudah bermain bagus," ucap Aji ketika itu.

Situasi yang dihadapi Persela ini serbasulit. Mereka baru meraih masing-masing dua seri dan dua kalah. Torehan dua poin itu menempatkan Persela di zona degradasi, tepatnya posisi ke-17 klasemen sementara.

Saat ini Aji menghadapi tantangan besar untuk meramu taktik setelah melakukan sejumlah perubahan komposisi pemain. Mayoritas pemain Persela saat ini berbeda dengan musim lalu.

"Saat ini, komposisi pemain Persela berbeda dengan musim kemarin, terutama pilar lokal. Dulu ada Dendy (Sulistyawan), (Gian) Zola, Saddil (Ramdani), dan yang lain yang memiliki kualitas bagus. Saat ini, kami berbeda dengan pemain lokal musim lalu," ucap Aji.

"Banyak beberapa pemain yang tidak menjadi pemain inti di klub sebelumnya. Ini menjadi motivasi buat saya dan tim. Mudah-mudahan pertandingan melawan Bhayangkara meraih hasil positif," imbuh pelatih berusia 48 tahun itu.

Data - Fakta

Prakiraan Susunan Pemain

Bhayangkara FC (4-3-3): Wahyu Tri (kiper); Anderson Salles, Putu Gede, Indra Kahfi, Fatchu Rochman (belakang), Dendy Sulistyawan, Flavio Junior, Lee Yoo-joon (tengah), Ilham Udin, Nur Iskandar, Ramiro Fergonzi (depan)

Pelatih: Alfredo Vera (Argentina)

Persela (4-3-3): Dwi Kuswanto (kiper); Eky Taufik, Mawouna Amevor, Arif Satria, Samsul Arifin (belakang); Kei Hirose, Subagja Basith, Rafael Gomes de Oliveira (tengah); Malik Risaldi, Alex Goncalves, Delvin Rumbino (depan)

Pelatih: Aji Santoso

Head to head

  • 16/9/2018 - Persela Lamongan 2-0 Bhayangkara FC (Liga 1 2018)
  • 23/4/2018 - Bhayangkara FC 1-1 Persela Lamongan (Liga 1 2018)
  • 14/3/2018 - Persela Lamongan 1-0 Bhayangkara FC (Pertandingan Persahabatan)
  • 25/1/2018 - Persela Lamongan 1-1 Bhayangkara FC (Piala Presiden 2018)
  • 27/10/2017 - Bhayangkara FC 3-1 Persela Lamongan (Liga 1 2017)

Lima pertandingan terakhir Bhayangkara FC

  • 21/6/2019 - PSS Sleman 1-1 Bhayangkara FC (Liga 1 2019)
  • 28/5/2019 - Bhayangkara FC 4-2 Barito Putera (Liga 1 2019)
  • 21/5/2019 - Bali United 1-0 Bhayangkara FC (Liga 1 2019)
  • 16/5/2019 - Borneo FC 1-1 Bhayangkara FC (Liga 1 2019)
  • 3/5/2019 - PSM Makassar 2-0 Bhayangkara FC (Piala Indonesia 2018)

Lima pertandingan terakhir Persela Lamongan

  • 22/6/2019 - Persela Lamongan 0-0 Persija Jakarta (Liga 1 2019)
  • 27/5/2019 - Arema FC 3-2 Persela Lamongan (Liga 1 2019)
  • 22/5/2019 - Persela Lamongan 2-2 Persipura Jayapura (Liga 1 2019)
  • 17/5/2019 - Persela Lamongan 1-5 Madura United (Liga 1 2019)
  • 31/3/2019 - Persela Lamongan 1-2 Madura United (Piala Presiden 2019)

 

Sumber: Bola.com

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Agar Daerah Mampu Berdaya Saing Global, Pemerintah Gelar Uji Sahih RUU DSD

Posted: 25 Jun 2019 08:33 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Pemerintah pusat dan pemerintah daerah menjalin kemitraan dengan para mitra usaha, seperti para pelaku industri dan UMKM. Kemitraan itu berkaitan dengan peran strategis dalam mendorong regulasi, kebijakan, serta pemanfaatan teknologi yang mampu menciptakan ekosistem sehat bagi dunia usaha.

Jalinan kerja sama itu diharapkan nantinya dapat memberikan pelayanan optimal, dengan afirmasi dan intervensi kebijakan yang mendukung iklim usaha sehat dan dinamis. Hal ini terungkap dalam Uji Sahih Rancangan Undang-Undang Daya Saing Daerah (RUU DSD) inisiatif Komite I DPD RI (25/06).

Uji Sahih ini terselenggara atas kerjasama Komite I DPD RI dengan Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Sumatera Utara (FISIP USU). Uji Sahih selama tiga jam lebih ini berlangsung hangat, tetapi tetap kritis serta menghasilkan masukan berharga, dalam rangka penyempurnaan RUU DSD.

Bertempat di Aula FISIP USU, Uji Sahih RUU dibuka oleh Dekan FISIP USU, Muryanto Amin. Ada Tim Ahli RUU dan Narasumber Pembedah dari Sumut yakni: Robert Endi Jaweng dan Nurcholis (Tim Ahli RUU); Isa Indrawan (KADIN); Fandi Hidayat (Ekonom USU); dan Faisal Akbar (Pakar Hukum USU).

Dalam pembukaanya, Muryanto Alim menyampaikan bahwa posisi Sumut sangat strategis dalam daya saing daerah. Berbagai potensi daerah dapat dijadikan sebagai dasar untuk berinvestasi dan pengembangan.

Akan tetapi, dari aspek aparatur pemerintahan, masih perlu peningkatan. Birokrasi aparatur perlu mengelola berbagai peluang atau potensi investasi daerah dengan optimal untuk peningkatan pembangunan daerah.

Sementara itu, senator yang akrab dipanggil Fahira ini menyatakan bahwa abad teknologi informasi ditandai dengan tingkat persaingan tinggi, baik di tingkat internasional antar negara maupun antar daerah.

Untuk menghadapi persaingan tersebut, maka perlu meningkatkan daya saing daerah dan meningkatkan kemandirian daerah, agar mampu memenangkan kompetisi global.

Daya saing dapat tumbuh dengan baik apabila didukung infrastruktur yang memadai dan merata, dukungan birokrasi profesional dan beriorientasi pada pelayanan. Juga masyarakat yang berkarakter dan mumpuni, dan kebijakan yang mampu memberikan kepastian hukum bagi para pelaku usaha (penyederhaan).

"Kami menyadari berbagai inovasi kebijakan telah dilakukan pemda selama ini, namun akan lebih kuat apabila kebijakan-kebijakan tersebut diatur dalam bentuk undang-undang sehingga dapat memberikan jaminan kepastian hukum dan berlaku secara nasional."

Fahira melanjutkan bahwa Uji Sahih ini dilaksanakan dalam rangka mendapatkan masukan sekaligus dukungan serta membangun komunikasi dengan jejaring multi stakeholders di setiap daerah dalam hal ini Sumatera Utara.

DPD RI sebagai wakil daerah ingin memberikan kontribusi nyata melalui kewenangan yang dimiliki, bagi kepentingan masyarakat dan daerah melalui inisiatif RUU Daya Saing Daerah.

Selain itu Senator Badikenita Sitepu yang merupakan Dapil Sumut, menyoroti tentang pentingnya Uji Sahih ini diselenggarakan di Sumut. Provinsi ini dipilih karena daya saing Sumut yang memiliki SDM berkualitas dan tersebar di nasional.

Juga memiliki potensi SDA yang melimpah. Akan tetapi menempati urutan kedua setelah Sumsel dalam perinngkat Daya Saing dan secara nasional menempati peringkat ke 20 (indek daya saing 2018).

Hal ini tentunya perlu mendapatkan perhatian kita semua khususnya Pemerintah Daerah dan kalangan Perguruan Tinggi demi mewujudkan kesejahteraan dan kemaksmuran masyarakat Sumut.

Sedangkan Gubernur Sumut yang diwakili oleh Staf Ahli bidang Ekonomi, Agus Tripiyono menyatakan bahwa upaya peningkatan Daya Saing Daerah terkendala oleh keterbatasan sumber daya pendatapan atau ekonomi daerah, dimana di beberapa aspek daerah tidak dapat mengoptimalkan potensi daerah untuk pembangunan. Minsalnya Perkebunan, dimana potensi sawit Sumut merupakan nomor dua terbesar di Indonesia setelah Riau, akan tetapi bagi hasil bagi daerah masih sangat minim.

Selain itu, ada potensi Sumber Daya Air permukaan yang juga berpotensi menambah atau peningkatan pendapatan Daerah akan tetapi belum dapat dirasakan daerah karena masih bersengketa dengan PT. Inalum sehingga daerah juga belum bisa mengoptimalkannya untuk pembangunan daerah.

Akan tetapi, ada 11 proyek strategis nasional yang dilaksanakan di Sumut, yang merupakan poin positif bagi pembangunan daerah akan tetapi masih ada kendala rendahnya pemahaman masyarakat terhadap manfaat dan kegunaan jalan Tol bagi peningkatan pembangunan ekonomi daerah.

"Dengan adanya Uji Sahih RUU Daya Saing Daerah ini kami harapkan DPD dapat membantu mendorong peningkatan Daya Saing Provinsi Sumut khususnya dari aspek Peningkatan Pendapatan Daerah."

Untuk diketahui, acara ini dihadiri oleh Senator Jacon Esau Komiigi-Papua Barat selaku unsur Pimpinan Komite I; dan anggota Komite I yakni Senator Badikenita Sitepu-Sumut; Senator H.Muhamad Idris-Kaltim; Senator Nofi Candra-Sumbar; Senator Andi Surya-Lampung.

Senator Muh.Sofwat Hadi- Kalsel; Senator Abdul Gafar Usman-Riau; Senator Napa J Awat-Kalteng; Senator Abudul Aziz-Sumsel; dan Senator Yanes Murib- Papua. Selain itu, hadir juga dari unsur Pemerintah Daerah Sumut yang diwakili oleh Staf Ahli Bidang Ekonomi, Keuangan, Pembangunan, Aset dan SDA, Agus Tripiyono, sejumlah OPD, Forkompinda, KADIN, dan sejumlah Rektor Perguruan Tinggi, Dosen serta mahasiswa.

 

(*)

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

MUI: Putusan MK Final dan Mengikat, Terima dengan Ikhlas

Posted: 25 Jun 2019 08:32 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Wakil Ketua Umum Majelis Ulama Indonesia (MUI) Zainut Tauhid Sa'adi meminta, seluruh masyarakat untuk dapat menerima apapun putusan Mahkamah Konstitusi (MK) terkait sengketa Pilpres 2019. Menurut Zainut, putusan MK bersifat final.

"MUI mengimbau kepada semua pihak untuk bisa menerima keputusan majelis hakim dengan penuh kesadaran dan keikhlasan, karena putusan Mahkamah Konstitusi bersifat final dan mengikat," kata Zainut seperti dilansir dari Antara, Jakarta, Rabu (26/6/2019).

Dia mengatakan, putusan MK harus dimaknai sebagai putusan yang terbaik untuk mengakhiri segala sengketa yang berkaitan dengan pemilu.

MUI pun mengimbau kepada seluruh masyarakat untuk tetap tenang, menjaga kondusivitas, dan tidak melakukan aksi kekerasan serta tindak pelanggaran hukum lainnya.

"Tetap mengedepankan sikap santun, damai dan akhlakul karimah dalam menyampaikan tuntutan aspirasinya," kata dia.

MUI juga mengajak semua pihak untuk kembali merajut persaudaraan setelah majelis hakim MK membacakan putusan sengketa pilpres.

"Lebih dari itu proses penyelesaian sengketa melalui hukum juga memberikan pembelajaran masyarakat untuk berdemokrasi secara sehat, dewasa dan bermartabat," kata dia.

MUI mencermati dengan seksama bahwa proses persidangan di Mahkamah Konstitusi berjalan dengan lancar dan tertib. Proses juga menjujung tinggi prinsip-prinsip keadilan, kejujuran, independensi, keterbukaan, dan profesional.

"Untuk hal tersebut MUI mengimbau kepada semua pihak untuk memberikan kepercayaan kepada para hakim mahkamah untuk memutus perkara dengan seadil-adilnya, jujur dan penuh tanggung jawab baik kepada bangsa, negara maupun kepada Allah SWT," katanya.

Diputus 27 Juni

Personel Brimob berjaga di depan Gedung Mahkamah Konstitusi (MK), Jakarta, Selasa (25/6/2019). Jelang sidang pembacaan putusan akan digelar pada Kamis (27/6), sekitar 47.000 personel keamanan gabungan akan disiagakan di Ibu Kota DKI Jakarta. (Liputan6.com/Helmi Fithriansyah)

Sebelumnya, MK tengah menggelar RPH terkait sengketa hasil Pilpres 2019 yang dimohonkan Prabowo Subianto-Sandiaga Uno. Sidang putusan yang sedianya digelar 28 Juni dimajukan menjadi Kamis 27 Juni.

Seperti dilansir MK dalam laman resminya, sidang pembacaan putusan sengketa hasil Pilpres 2019 akan digelar pada pukul 12.30 WIB.

"Ya, berdasarkan keputusan RPH hari ini, sidang pleno pengucapan putusan akan digelar pada Kamis, 27 Juni 2019 mulai pukul 12.30 WIB," ujar Kepala Bagian Humas dan Kerja Sama Dalam Negeri MK Fajar Laksono Soeroso saat dihubungi Liputan6.com, Senin 24 Juni 2019.

Menurut dia, MK mulai hari ini akan memberitahukan kepada para pihak agar menghadiri sidang putusan pada 27 Juni.

"Siang ini juga, surat panggilan sidang kepada para Pihak sudah disampaikan," kata Fajar.

Saksikan video pilihan berikut ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

KPK Usut Gratifikasi Bowo Sidik Lewat Bupati Minahasa Selatan

Posted: 25 Jun 2019 08:32 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Tim penyidik Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) menjadwalkan pemeriksaan Bupati Minahasa Selatan Christiany Eugenia Paruntu dalam kasus dugaan penerimaan gratifikasi anggota DPR Fraksi Golkar Bowo Sidik Pangarso (BSP).

"Pemeriksaan yang dilakukan merupakan bagian dari proses penelusuran asal-usul gratifikasi terhadap BSP," ujar Juru Bicara KPK Febri Diansyah saat dikonfirmasi, Rabu (26/6/2019).

Sebelumnya, KPK menetapkan anggota Komisi VI DPR Fraksi Golkar Bowo Sidik Pangarso sebagai tersangka kasus dugaan suap jasa pengangkutan antara PT. Humpuss Transportasi Kimia dengan PT. Pupuk Indonesia Logistik (Pilog).

Selain Bowo, KPK juga menjerat dua orang lainnya yakni Marketing Manager PT. Humpuss Transportasi Kimia (PT. HTK) Asty Winasti, dan pegawai PT. Inersia bernama Indung. PT. Inersia sendiri merupakan perusahaan milik Bowo.

Terma Suap 7 Kali

KPK menduga ada pemberian dan penerimaan hadiah atau janji terkait kerja sama pengangkutan bidang pelayaran menggunakan kapal PT HTK tersebut.

Dalam perkara ini, Bowo Sidik diduga meminta fee kepada PT Humpuss Transportasi Kimia atas biaya angkut yang diterima sejumlah USD 2 per metric ton. Diduga, Bowo Sidik telah menerima suap sebanyak tujuh kali dari PT Humpuss.

Total, uang suap dan gratifikasi yang diterima Bowo Sidik dari PT Humpuss maupun pihak lainnya yakni sekira Rp 8 miliar. Uang tersebut dikumpulkan Bowo untuk melakukan serangan fajar di Pemilu 2019.

Saksikan video pilihan berikut ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Tutorial Makan Melon Ala Wanita Ini Kocak Banget

Posted: 25 Jun 2019 08:30 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Untuk mengimbangi kebutuhan dan asupan gizi bagi tubuh, manusia perlu mengonsumsi makanan sehat dan berserat seperti buah. Ada banyak jenis buah yang bisa dikonsumsi sebagai pelengkap kebutuhan vitamin dalam tubuh.

Salah satu buah yang penting sebagai asupan vitamin dalam tubuh adalah melon. Melon adalah buah yang cukup banyak mengandung air. Buah melon mengandung vitamin C yang berguna baik untuk kesehatan. Vitamin C berguna baik untuk tubuh, karena bisa meningkatkan sistem kekebalan tubuh dan membantu mencegah penyakit serta infeksi yang menyerang.

Dalam mengonsumsi buah melon, ada banyak cara. Seperti dijadikan bahan campuran olahan minuman, jus atau dijadikan irisan buah segar. Namun tahukah kamu jika ada cara unik untuk mengonsumsi melon? Tutorial makan melon dengan cara unik ini dipraktikkan oleh seorang wanita yang tersebar di media sosial. 

Video Tutorial Kocak Makan Melon

Melon/copyright: unsplash/ai feng hsiung

Dilansir dari akun media sosial Twitter @hufthr oleh Liputan6.com, Rabu (26/6/2019) sebuah video berisi tutorial unik untuk makan melon dengan mudah dan praktis. Dalam cuitannya, pemilik akun menuliskan keterangan, 

"cara makan melon, selama ini kita salah." yang kemudian diikuti video berdurasi 22 detik. 

Tutorial kocak ini bukan dari teknik yang terlihat berbeda tetapi dari ekspresi dan wajah dari wanita tersebut ketika mempraktekkan cara makan melon yang menurutnya 'benar' itu. Awalnya melon dipotong seperti biasa dengan ukuran lebih kecil. Lalu, masukkan ke mulut seperti mengunyah pda bagian dalamnya saja. 

Sontak video yang diunggah pada 23 Juni lalu ini banyak direspons para netizen yang turut tertawa dengan tutorial makan melon ini. Telah ditonton sebanyak 521 ribu kali oleh pengguna lainnya tentu menjadi viral ditambah lagi berhasil meraup 17,187 kali retweets. 

Reaksi Netizen Setelah Menonton Tutorial Tersebut

Di-retweets sebanyak 17 ribu lebih, cuitan ini juga berhasil meninggalkan banyak komentar dari para netizen pengguna Twitter lainnya. Sebagian besar memberikan komentar lucu trehadap ekspresi wanita daripada memaknai cara tutorial makan melon tersebut. 

"Keinget spongebob jaman purba njir wkwk" tulis @taepanyakki.

"TANGGUNG JAWAB LOOO GUE NGAKAK AMPE SESEK ASMA" komentar @Vgutama2.

"wow sebuah skill" timpal @hitoharumi.

"Selama ini w salah..." @enchalss.

"Ternyata kita selama ini dibodohi dengan cara makan buah pada umumnya" imbuh @satvrndays. 

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Ramah Lingkungan, TPA Banjarbakula Bisa Tampung 475 Ribu Ton Sampah

Posted: 25 Jun 2019 08:30 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) telah menyelesaikan pembangunan Tempat Pemrosesan Akhir (TPA) sampah regional Banjarbakula yang berada di Kecamatan Cempaka, Kota Banjarbaru, Kalimantan Selatan.

TPA Regional Banjarbakula mampu menampung 790 ton timbunan sampah per hari yang dihasilkan oleh 475 ribu jiwa di lima kabupaten/kota di Kawasan Metropolitan Banjarbakula, yakni Kota Banjarmasin dengan 440 ton per hari, Kota Banjarbaru (200 ton per hari), Kabupaten Banjar (70 ton per hari), Kabupaten Barito Kuala (40 ton per hari), dan Kabupaten Tanah Laut (40 ton per hari).

Kepala Balai Prasarana Pemukiman Wilayah Kalsel, Muhammad Rizat Abidin mengatakan, pembangunan TPA Regional Banjarbakula merupakan dukungan Kementerian PUPR melalui Ditjen Cipta Karya kepada Pemerintah Daerah (Pemda) setempat dalam pelayanan persampahan kepada masyarakat.

"Lima Kabupaten dan Kota yang dikoordinir oleh Pemprov Kalsel mengajukan usulan dengan memenuhi persyaratan seperti sesuai dengan rencana tata ruang, sudah memiliki kajian analisis dampak lingkungan (Amdal), Unit Pengelola dan tersedianya lahan," kata Rizat, Rabu (26/6/2019).

Pembangunannya dilakukan sejak 12 Mei 2017 dan telah rampung pengerjaan pada 30 November 2018 dengan anggaran sebesar Rp 150 miliar dalam bentuk kontrak tahun jamak (multi years contract) 2017-2018.

TPA Banjarbakula dilengkapi 4 sel landfill dengan luas total 8 ha, Unit Pengolah Lindi, Bangunan Cuci Kendaraan, Jembatan Timbang, kantor dan pos jaga. Masa manfaat setiap sel TPA diharapkan bisa digunakan selama 10 tahun.

Penggunaan sistem sanitary landfill pada TPA ini bertujuan untuk membuat kawasan di sekitar tidak tercemar dan bau dari timbunan sampah. "Pada prinsipnya, cara kerja sistem sanitary landfill ini sampah yang masuk adalah sampah sisa atau 30 persen dari sampah awal yang telah dipilah dan dipilih," sambung Rizat.

"Sampah kemudian dilapis tanah. Berbeda dengan sistem open dumping, sampah hanya dibuang begitu saja tidak diproses lebih lanjut," dia menambahkan.

 

Air Lindi Diolah Jadi Air Bersih

Tempat Pemrosesan Akhir (TPA) sampah regional Banjarbakula yang berada di Kecamatan Cempaka, Kota Banjarbaru, Kalimantan Selatan. (Dok Kementerian PUPR)

Menurut Rizat, untuk cairan atau air lindi dari sampah basah juga diolah terlebih dahulu hingga menjadi air bersih yang tidak mengandung zat kimia yang bisa berakibat pada pencemaran lingkungan.

"Maka kalau dilakukan seperti ini saya yakin lingkungan disekitar TPAS regional Banjarbakula tidak akan tercemar yang meninggalkan bau serta mampu menyebabkan penyakit," ucapnya.

Selain itu, TPA juga dilengkapi area pencucian armada unit truck yang membuat lingkungan disekitar menjadi lebih bersih. Untuk pengelolaannya akan dilakukan oleh Unit Pengelola Teknis (UPT) dibawah Pemerintah Provinsi.

"TPAS Banjarbakula saat ini sudah beroperasi, namun untuk kelancaran akses keluar masuk truk pengangkut sampah, Pemerintah Provinsi tengah menyelesaikan perbaikan dan pelebaran jalan akses," tutup Rizat.

Saksikan video pilihan berikut ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Baterai Mudah Terbakar, Apple Tarik MacBook Pro 15 Inci dari Peredaran

Posted: 25 Jun 2019 08:30 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Masalah baterai mudah terbakar pada perangkat elektronik bukan hal main-main. Bahkan, bisa jadi masalah tersebut sangatlah darurat.

Vendor teknologi terkemuka Apple bahkan memutuskan untuk menarik produk komputer jinjing MacBook Pro Retina Display seri 2015-nya gara-gara baterainya yang mudah terbakar.

Mengutip laman The Verge, Rabu (26/6/2019), Apple menyebut, MacBook Pro Retina Display bisa saja ditarik dari peredaran karena ada kemungkinan bisa menimbulkan kebakaran.

Apple menyebut, ada sejumlah unit perangkat yang terdampak. Perangkat-perangkat ini dijual antara September 2015 dan Februari 2017.

Sayangnya, tidak diketahui berapa banyak laptop terjual di pasaran selama rentang waktu itu.

Jika memenuhi syarat, Apple menyebut, akan mengganti baterai MacBook Pro Retina Display 15 inci secara gratis.

Bila MacBook kamu termasuk ke produk yang dimaksud Apple, pengguna perlu mengirim MacBook mereka ke salah satu pusat perbaikan Apple.

Apple memperkirakan perbaikannya bisa memakan waktu satu hingga dua minggu. Tentu ini cukup lama, terutama jika pengguna membutuhkan perangkat untuk bekerja. Sayangnya, Apple menyebut, mereka tidak akan memperpanjang masa garansi.

Tak Terdampak ke Perangkat MacBook Lainnya

Ilustrasi render MacBook Pro karya Martin Hajek (Sumber: Tech Insider)

Secara umum, Apple menyebut, produk yang ditarik tidak terdampak ke model MacBook lainnya.

Oleh karena itu, MacBook Pro Retina Display 13 inci yang dijual di tahun yang sama, tidak terdampak.

April lalu, Apple juga mengeluarkan pemberitahuan berupa penarikan perangkat MacBook Pro 13 inci tahun 2016.

Apple tak membalas, masalah apa yang membuat baterai perangkat ini mengalami overheating.

MacBook Pro Meledak

Steve Jobs saat memperkenalkan MacBook Air untuk pertama kalinya. (Foto: Business Insider)

Sebelum MacBook Pro ditarik dari pasaran, ada kasus langka, yakni MacBook meledak. Kasus ini dialami oleh salah satu pengguna Macbook Pro saat dirinya menggunakan laptop 'dalam kondisi normal'.

Dikutip dari 9to5 Mac, Jumat (31/5/2019), seorang DJ dengan akun Reddit bernama White Panda membagikan pengalaman buruk yang terjadi padanya.

Dirinya mengatakan, saat menggunakan laptop 'dalam kondisi normal' dan menghubungkannya ke charger, tiba-tiba laptop mengeluarkan asap dari dua sisi.

"Kemarin siang, Macbook Pro saya meledak saat saya menggunakannya dalam kondisi normal. Laptop terhubung dengan charger dan tiba-tiba muncul asap dari dua sisi. Saya langsung meletakkannya di lantai, namun asap keluar semakin banyak dan menyebabkan api," tulisnya di Reddit.

Setelah insiden itu, White Panda langsung membawa laptopnya ke Apple Store terdekat. Pegawai menyatakan, laptop itu fireproof alias tahan api. Meski begitu, mereka akan segera menghubungi si pemilik laptop dalam waktu dekat.

Meski sangat langka, hal ini bisa menjadi pelajaran supaya kita selalu melakukan check dan recheck sebelum membeli laptop atau gadget lainnya.

(Tin/Isk)

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

VIDEO: Di Sini, Ganja Digunakan untuk Rekreasi

Posted: 25 Jun 2019 08:30 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Gubernur Illinois, Amerika Serikat mengesahkan aturan penggunaan ganja. Di sini ganja bisa dikonsumsi untuk kegiatan rekreasi.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Pesta Mewah Rp 2 Miliar, Jordi Onsu Cuma Menabung 4 Bulan

Posted: 25 Jun 2019 08:30 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Beberapa hari lalu, adik Ruben Onsu, Jordi Onsu baru saja merayakan hari jadinya yang ke-26. Ia merayakan ulang tahun di lokasi syuting film Crazy Rich Asians di Chijmes, Singapura.

Pesta ulang tahun tersebut digadang-gadang menelan biaya Rp 2 miliar. Terkait hal ini, Jordi Onsu sendiri enggan membantah atau membenarkan.

"Budget mah relatif. Karena namanya acara juga dibayarnya kan kita juga sewa gedung dulu. Habis itu bayar catering, habis itu pengisi acara. Habis itu belikan tiket pesawat," ucapnya di kawasan Mampang, Jakarta Selatan, Selasa (25/6/2019)

Namun satu hal yang pasti, Jordi Onsu harus menabung sejumlah uang terlebih dahulu. Menariknya, ia membutuhkan waktu skitar empat bulan untuk mengumpulkan uang Rp 2 miliar, guna menggelar pesta ulang tahunnya tersebut.

Menabung 4 Bulan

(Liputan6.com/jordionsu)

"Eem iya, memang ya nabung. Makanya ini kan setahun sekali gitu ya, penginnya berkesan gitu. Jadi memang dipersiapkan dari empat bulan sebelumnya," kata Jordi Onsu.

"Supaya enggak berat deh, bayarnya langsung. Jadi dari bulan April tuh bayar gedung dulu, kayak orang kawinan juga sih ya kalau dipikir-pikir," imbuhnya.

Kado Spesial

(Liputan6.com/jordionsu)

Di hari spesialnya Jordi Onsu juga mendapat banyak kado istimewa dari orang-orang terdekat, termasuk dari sang kakak, Ruben Onsu.

"Kado Kak Ruben beliin jam tangan. Keluarga juga ada beliin jaket, ya biasalah kado-kado standar, kayak gitu," Jordi Onsu mengakhiri.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

1 komentar:

Miss Evelyn mengatakan...

Saya sangat bersyukur kepada Ibu Fraanca Smith karena telah memberi saya
pinjaman sebesar Rp900.000.000,00 saya telah berhutang selama
bertahun-tahun sehingga saya mencari pinjaman dengan sejarah kredit nol dan
saya telah ke banyak rumah keuangan untuk meminta bantuan namun semua
menolak saya karena rasio hutang saya yang tinggi dan sejarah kredit rendah
yang saya cari di internet dan tidak pernah menyerah saya membaca dan
belajar tentang Franca Smith di salah satu blog saya menghubungi franca
smith konsultan kredit via email:(francasmithloancompany@gmail.com) dengan
keyakinan bahwa pinjaman saya diberikan pada awal tahun ini tahun dan
harapan datang lagi, kemudian saya menyadari bahwa tidak semua perusahaan
pinjaman di blog benar-benar palsu karena semua hautang finansial saya
telah diselesaikan, sekarang saya )  memiliki nilai yang sangat besar danusaha bisnis yang patut ditiru, saya tidak dapat mempertahankan ini untuk
diri saya jadi saya harus memulai dengan membagikan kesaksian perubahan
hidup ini yang dapat Anda hubungi Ibu franca Smith via email:(
francasmithloancompany@gmail.com)