Jumat, 14 Juni 2019

Liputan6 : RSS2 Feed

Liputan6 : RSS2 Feed


Maskapai Harus Pindahkan Penerbangan ke Bandara Kertajati Mulai Hari Ini

Posted: 14 Jun 2019 09:56 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Kementerian Perhubungan (Kemenhub) telah memutuskan untuk mengalihkan penerbangan komersial pesawat jenis jet dari Bandara Husein Sastranegara, Bandung ke Bandara Kertajati, Majalengka, Jawa Barat. Penataan itu berlaku mulai Sabtu, 15 Juni 2019. 

Oleh karena itu, Kementerian Perhubungan (Kemenhub) melalui Direktorat Jenderal Perhubungan Udara meminta semua pihak bergerak cepat agar penataan itu berjalan optimal.

"Kami telah mengirimkan surat kepada stakeholder terkait untuk bergerak cepat melakukan hal-hal yang bisa memperlancar pengalihan dan penataan tersebut berjalan dengan optimal," ujar Dirjen Perhubungan Udara Polana B Pramesti kepada wartawan, Sabtu (15/6/2019).

Dalam Surat bernomor AV.004/0274/KUM/DRJU/VI/2019 tertanggal 13 Juni 2019, Dirjen Perhubungan Udara meminta PT Angkasa Pura II (Persero) dan PT Bandar Udara Internasional Jawa Barat agar segera menyiapkan fasilitas pokok maupun fasilitas pendukung di Bandar Udara Internasional Kertajati-Majalengka (KJT) sesuai peraturan keselamatan penerbangan dan melakukan sosialisasi intensif kepada penumpang dan calon penumpang terkait pengalihan rute penerbangan.

Polana juga meminta Badan Usaha Angkutan Udara Niaga (maskapai) Berjadwal agar menyesuaikan seluruh perizinan yang diperlukan dan melakukan sosialisasi secara intensif kepada penumpang dan calon penumpang terkait pengalihan rute penerbangan.

Kepada Lembaga Penyelenggara Pelayanan Navigasi Penerbangan Indonesia (LPPNPI) atau Airnav Indonesia, Polana meminta agar menyiapkan publikasi penataan rute tersebut. 

"Airnav harus segera menyiapkan fasilitas teknis untuk pelayanan navigasi penerbangan internasional di Bandara Kertajati - Majalengka (KJT) bersama dengan PT Angkasa Pura Cabang Bandar Udara Internasional Kertajati - Majalengka (KJT)," ujar Polana.

Selain itu, Polana juga meminta Indonesia Airport Slot Management (IASM) agar segera mengkoordinasikan perubahan slot dengan Badan Usaha Niaga Berjadwal di Bandar Udara Internasional Husein Sastranegara (BDO) dan bandar udara koneksinya (pairing) .

Ini terutama mengkoordinasikan pertukaran dan pemindahtanganan slot serta penambahan atau pengurangan slot penerbangan.

Penerbangan Luar Jawa dari Bandara Husein ke Kertajadi Mulai 15 Juni

Bandara Kertajati. Dok: Tommy Kurnia/Liputan6.com

Sebelumnya, Gubernur Jawa Barat, Ridwan Kamil ikut menghadiri rapat di kantor Menko Kemaritiman Luhut Binsar Pandjaitan. Rapat tersebut membahas isu-isu terkini seputar Bandara Internasional Jawa Barat (BIJB) Kertajati.

Ridwan mengungkapkan salah satu poin yang dibahas dalam rapat terkait rencana pemerintah yang telah memutuskan untuk memindahkan penerbangan luar Jawa dari Bandara Husein Sastranegara Bandung ke BIJB Kertajati mulai 15 Juni 2019.

"Ya hari ini rapat tentang penyertaan modal PT Angkasa Pura II dan terkait pemindahan pesawat," kata dia di Jakarta, Kamis, 16 Mei 2019.

Seperti diketahui dari total 19 penerbangan domestik di Bandara Husein Sastranegara, 12 di antaranya akan dipindah ke Kertajati. "Berita positif ini akan memperkuat BIJB Kertajati," ujarnya.

Dalam kesempatan serupa, Direktur Utama Angkasa Pura II, Muhammad Awaluddin yang juga mengikuti rapat tersebut mengungkapkan pemindahan tersebut akan dilakukan serentak pada 15 Juni mendatang. "Langsung saja yang ke luar Jawa itu langsung pindah," ujarnya.

Dia mencontohkan beberapa rute yang akan pindah adalah Bandung - Kualanamu, Bandung - Palembang, Bandung - Makassar, Bandung - Balikpapan, Bandung - Denpasar dan lainnya.

Pemindahan tersebut, kata dia, tidak bisa dilakukan secara bertahap sebab menyangkut dengan rotasi pesawat dan lain-lain.

"Ya langsung (pindah ke BIJB Kertajati) serempak, gak bisa dong (bertahap sebagian) kan itu ada kaitannya sama rotasi pesawat jadi gak bisa sebagian-sebagian," ujarnya.

Untuk selanjunya, dia mengungkapkan Bandara Husein hanya akan melayani penerbangan dengan rute pendek yaitu penerbangan dengan destinasi berada di pula jawa. Misalnya saja rute penerbangan ke Surabaya yang selama ini sudah ada di BIJB pun akan dipindahkan ke Husein.

"Ke depan itu nanti Bandung akan jadi propeller saja jadi dia untuk memang bandara penerbangan jarak pendek. Domestik Jawa akan dari Bandara Husein pakai pesawat propeller, domestik luar Jawa pakai turbo jet dari Kertajati," ujar dia.

 

Ridwan Kamil Ingin Kereta Cepat Tersambung ke Bandara Kertajati

Bandara Kertajati. Dok: Tommy Kurnia/Liputan6.com

Sebelumnya, Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil memberi gagasan agar kereta cepat tersambung ke Bandara Kertajati, Majalengka. Ini dimaksud mendukung kegiatan ekonomi di zona Cirebon, Majalengka, Subang (Rebana).

"Pemprov Jabar mengusulkan agar kereta cepat dilanjut 60 km ke Bandara Kertajati di kawasan special economic zone REBANA," ujar Ridwan Kamil lewat akun Instagram resminya.

Sang gubernur menyebut proses pembangungan kereta cepat akan selesai 60 persen pada akhir tahun ini. Pada akhir 2020, proyek ini akan selesai 100 persen.

Kereta cepat pun disebut bisa mempersingkat jarak tempuh Jakarta-Bandung menjadi kurang dari satu jam, yakni 40 menit saja.

Proyek kereta cepat juga dilakukan secara business-to-business (B2B) sehingga tidak membebankan APBN. Selain itu, proyek ini juga menyerap tenaga kerja lokal dan menghasilkan kawasan kota baru.

"Dengan hadirnya jalur kereta cepat pertama di Asia Tenggara ini, maka akan hadir 4 kawasan kota baru (Halim, Karawang, Walini dan Tegal Luar)," ujar Ridwan Kamil.

Ia pun berkata sekitar 3-5 juta lapangan kerja akan muncul di kawasan tersebut. Para generasi Z pun bisa menikmati pekerjaan di area tersebut.

 

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Reaksi Menag Lukman Hakim Saat Lihat Quraish Shihab Naik Ojol Pertama Kali

Posted: 14 Jun 2019 09:45 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Direktur Pusat Studi Alquran serta pengurus Pondok Pesantren Bayt Al-Quran, Prof. Dr. H. Quraish Shihab baru-baru ini menjadi perbincangan hangat. Hal ini menyusul sebuah foto yang memperlihatkan momen Quraish Shihab menggunakan jasa ojek online.

Quraish Shihab terlihat menggunakan jasa ojek online untuk menuju ke gedung Kemenag. Potret Quraish Shihab saat tiba di gedung Kemenag dengan ojol itu viral di media sosial.

Usut punya usut, momen tersebut terjadi lantaran beberapa kawasan di Jakarta pada Jumat (15/6/2019) kemarin mengalami kemacetan. Hal tersebut imbas dari adanya penutupan jalan di kawasan Monumen Nasional, Gambir, Jakarta Pusat. Penutupan jalan tersebut dilakukan karena sidang perkara Perselisihan Hasil Pemilihan Umum (PHPU) 2019 di Mahkamah Konstitusi (MK).

Momen langka Quraish Shihab menggunakan jasa ojek online itu pun menuai beragam reaksi dari warganet. Tak sedikit yang memuji kesederhanaan ayah dari presenter kondang Najwa Shihab itu. Bahkan Menteri Agama, Lukman Hakim Saifuddin turut berkomentar. Berikut ini Liputan6.com ulas momen Quraish Shihab saat menjadi penumpang ojek online.

Quraish Shihab Naik Ojol Pertama Kalinya

Foto yang diunggah oleh @WSyadzili pada Jumat (14/6/2019) memperlihatkan Quraish Shihab sedang turun dari motor ojek online begitu tiba di gedung Kemenag. Quraish Shihab datang ke gedung Kemenag untuk menghadiri acara halal bihalal, namun sayang acara tersebut bertepatan dengan sidang sengketa Pilpres di MK yang membuat jalanan macet. 

Tak ingin terlambat, Quraish Shihab akhirnya menggunakan jasa ojek online agar dapat datang ke acara yang diselenggarakan di Kemenag kemarin tersebut. Sebuah caption pun juga ditulis oleh akun @WSyadzili yang juga menge-tag Lukman Saifuddin selaku Menteri Agama RI saat ini. 

"Yaa rabb.... Keluhuran ilmu, Prof. @quraishihab ini, dibalut keagungan akhlaq. Beliau hadir ke acara halal bihalal @Kemenag_RI berkendarakan ojek online, gegara macet berat sktr jakpus efek sidang MK. Cc. @lukmansaifuddin" tulisnya dilansir oleh Liputan6.com, Sabtu (15/6/2019). 

Reaksi Menteri Agama Saat Quraish Shihab Naik Ojol

Ekspresi Menteri Agama (Menag) Lukman Hakim Saifuddin (Kemeja Putih) berjalan keluar usai menjalani pemeriksaan di Gedung KPK, Jakarta, Kamis(23/5/2019). Lukman Hakim Saifuddin diperiksa sebagai saksi untuk tersangka Anggota DPR RI nonkatif Muhammad Romahurmuziy. (merdeka.com/Dwi Narwoko)

Kabar mengenai Quraish Shihab yang nekat naik ojol ternyata juga ditanggapi oleh Menteri Agama RI, Lukman Hakim Saifuddin. Melalui akun media sosial Twitternya pada 14 Juni 2019, ia menuliskan betapa ia merasa terharu melihat momen langka tersebut.

"Beberapa saat saya tercengang menyaksikan beliau yg tak mudah turun dari goncengan motor.

Belakangan beliau berbisik ke saya: "Tadi itu pengalaman pertama saya naik ojek."

Amat terharu.." tulisnya dikutip dari akun Twitter @lukmansaifuddin. 

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

BPN Siapkan Saksi Pamungkas Untuk Sidang Sengketa Pilpres 2019

Posted: 14 Jun 2019 09:38 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Badan Pemenangan Nasional (BPN) Prabowo Subianto-Sandiaga Uno akan mengeluarkan saksi pamungkas dalam sidang sengketa Pilpres 2019 di Mahkamah Konstitusi (MK).

"Dan nanti saudara sekalian saya mohon izin pada menit-menit tertentu nanti mudah-mudahan ada juga saksi-saksi hidup yang akan memberikan keterangan yang bersifat wow kepada kita semua," kata Wakil Ketua BPN Priyo Budi Santoso di kawasan Menteng, Jakarta Pusat, Sabtu (15/6/2019).

Priyo masih enggan mengungkapkan perihal sosok saksi tersebut. Namun begitu, dia mempertimbangkan berbagai hal sebelum menghadirkan saksi tersebut ke persidangan MK.

"Kalau memang nanti ada beberapa diantaranya itu dan seratusnya dijamin rasa aman dan seterusnya misalnya ya. Saya belum tau ini jadi dikeluarkan atau tidak," ungkapnya.

Sebelumnya, Koordinator tim hukum BPN Prabowo-Sandiaga, Bambang Widjojanto atau BW mengatakan, pihaknya berencana menghadirkan saksi pada sidang sengketa Pilpres 2019 di Mahkamah Konstitusi (MK). Namun pihaknya mengaku terbentur kendala keamanan dan keselamatan.

Dalam berkas permohonan, BW kerap menyebut saksi terkait sengketa Pilpres adalah para ahli hukum tata negara, akademisi, dan juga aparatur sipil negara.

"Mudah-mudahan kami hadirkan ya," ujar BW saat skorsing sidang di Gedung MK, Jakarta Pusat, Jumat 14 Juni 2019.

 

Reporter: Sania Mashabi

Sumber: Merdeka.com

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Chelsea Tak Banyak Dapat Kompensasi Lepas Sarri ke Juventus

Posted: 14 Jun 2019 09:35 PM PDT

Liputan6.com, London- Juventus ternyata hanya membayar murah untuk mendapatkan Maurizio Sarri dari Chelsea. Juve dikabarkan hanya membayar 1,1 juta pounds untuk datangkan allenatore asal Italia itu.

Setelah memutuskan berpisah dengan Massimiliano Allegri, Juventus kini tengah memburu pelatih anyar mereka. Sosok Sarri gencar disebut menjadi kandidat terdepan untuk menangani Bianconeri. 

Kabar terbaru menyebut bahwa Chelsea sudah sepakat untuk melepas Sarri ke Juventus. Bahkan, kabarnya kesepakatan ini sudah terjadi pada Kamis (13/6/2019) waktu setempat. Namun hingga kini belum ada pengumuman resmi dari kedua belah pihak.

Tersendatnya langkah Sarri ke Juventus dikabarkan karena alotnya negoisasi soal fee transfer. Namun semua ini dikabarkan sudah selesai karena Juventus dan Chelsea mencapai kesepakatan.

 

Detail Kontrak Berubah

Manajer Chelsea, Maurizio Sarri, mengaku anak asuhnya tidak mudah mengalahkan Huddersfield Town. (Mike Egerton/PA via AP)

Jurnalis Sky Sport Italia spesialis transfer, Gianluca Di Marzio menyebut bahwa Sarri akan menandatangani kontrak selama dua tahun bersama Juventus. Hal ini berbeda dari kabar sebelumnya yang menyebut Sarri akan mendapat kontrak tiga tahun.

Perubahan ini terjadi setelah direktur Juventus, Fabio Paratici bertemu dengan agen Sarri, Fali Ramadani di Milan. Keduanya menyepakati kontrak selama dua tahun dengan opsi perpanjangan selama satu tahun.

Tak hanya itu, biaya kompensasi juga berubah. Sebelumnya media-media Inggris menyebut Chelsea akan mendapat kompensasi antara 5 hingga 10 juta poundsterling. Namun kini Sky Sport Italia menyatakan bahwa The Blues hanya akan menerima 1,1 juta poundsterling.

Pengganti Sarri

Sementara Chelsea sendiri diyakini sudah menemukan pengganti yang tepat untuk Sarri. Sosok tersebut adalah sang mantan pemain, Frank Lampard, yang sementara ini tengah melatih klub divisi Championship, Derby County.

Semasa bermain dulu, Lampard merupakan salah satu sosok yang setia dengan Chelsea. Terhitung selama 13 tahun ia menggunakan seragam biru kebanggaan Chelsea, dengan catatan 648 penampilan dan 211 gol di semua kompetisi.

Sama seperti Sarri, Lampard pun sebenarnya baru bergabung dengan Derby pada pertengahan tahun 2018 lalu. Ia berhasil membawa klub tersebut finis di peringkat enam dan berhak tampil di babak play-off. Sayang, Derby kalah atas Aston Villa dengan skor 1-2 di final.

Sumber: Bola.net

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Tiba di Jakarta, Super Junior Dikawal Ketat

Posted: 14 Jun 2019 09:30 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Super Junior akan menggelar konser bertajuk Super Show 7S di ICE BSD City Tangerang, Sabtu (15/6/2019). Grup asuhan SM Entertainment itu pun telah tiba di Jakarta, Jumat (14/6/2019) malam.

Dalam video yang tersebar luas di media sosial, kedatangan Super Junior di Bandara Soekarno Hatta disambut antusias ratusan ELF--sebutan penggemar Super Junior-- yang telah menunggu sejak lama.

 

Agar tak terjadi hal yang tidak diinginkan, sejumlah personel kaamanan berseragam biru dikerahkan. Mereka membuat pagar betis untuk menjaga Leeteuk, Heechul, Shindong, Yesung, Ryeowook, Donghae, dan Eunhyuk di Bandara.

Sejumlah penggemar pun sesekali berteriak menyapa nama idola mereka. Para anggota Super Junior lalu membalas sapaan tersebut dengan lambaian tangan.

Sementara itu, satu personel Super Junior lainnya, yaitu Siwon, diketahui telah berada di Indonesia sejak seminggu lalu. Ia sempat berlibur dan menikmati indahnya suasana Pulau Bali.

Konser Super Show 7S di Indonesia akan akan berlangsung mulai pukul 18.30 WIB. Sementara pintu masuk venue akan mulai dibuka pada pukul 16.30 WIB untuk semua kategori.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Butuh Saksi Nikah, Hubungi Hengky Kurniawan

Posted: 14 Jun 2019 09:30 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Sejak menjabat sebagai Wakil Bupati Kabupaten Bandung Barat (KBB), Hengky Kurniawan menyebut dirinya sebagai Pelayan Masyarakat. Ia pun berusaha konsisten dengan klaimnya tersebut.

Misalnya dengan membuat beragam terobosan baru dan kreatif serta bisa dirasakan masyarakat luas. Salah satunya dengan berkomitmen untuk hadir menjadi saksi nikah pada Sabtu dan Minggu.

Selain itu ia juga meminjamkan secara gratis mobil dinasnya setiap Minggu. Program tersebut sudah dijalankan dan konsisten. Untuk mengingatkan warganya, Hengky kembali mengumumkannya di akun Instagramnya, Jumat, 14 Juni 2019.

"Kalo Lebaran kemaren banyak yang nanya kapan nikah ?? Jawab aja besok nikah. Saksi nikah dan Mobil pengantinya udah siap👍🏻 ➡️➡️➡️," tulisnya dalam keterangan foto.

Bagi yang berminat menggunakan mobil Wabub dan disaksikan oleh Hengky harus memenuhi persyaratan. Anda harus mengajukan terlebih dahulu ke kantor Wabub dengan melampirkan undangannya.

Jangan Tunda Pernikahan

Hengky Kurniawan siap jadi saksi nikah bagi warga Bandung Barat. (dok.Instagram @hengkykurniawan/https://www.instagram.com/p/ByrD2QZFOkX/Henry

Tapi karena mobil dinasnya hanya satu, yang daftar lebih dulu yang berhak menggunakan mobil tersebut secara gratis beserta dengan supirnya.

"Untuk warga bandung barat, mobil dinas Wabub siap antar jemput pengantin khusus di hari minggu.. Gratis + sopir. Kirim undangan dan pengajuan antar jemput di Kantor wabub lantai 2. ( bagi yang daftar lebih awal / duluan kita prioritaskan. Karna jumlah mobil dinas hanya satu ) #berlakudalamk," tulis Hengky lagi.

Dalam unggahannya, pria yang pernah jadi pemain film dan sinetron ini juga menyarankan pada mereka yang sudah punya pasangan agar jangan terlalu lama menunda pernikahan. Menurutnya, asalkan ada niat pasti ada jalan untuk bisa menikah.

Anda tertarik untuk memanfaatkan tawaran dari Hengky Kurniawan? Segera ajukan permohonan Anda dan lengkapi persyaratannya. Tapi ingat, ini hanya berlaku buat warga Kabupaten Bandung Barat.

Saksikan video pilihan di bawah ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

FOTO: Aksi Eden Hazard Pamer Skill di Santiago Bernabeu

Posted: 14 Jun 2019 09:30 PM PDT

Pemain baru Real Madrid, Eden Hazard berselfie dengan fans saat diperkenalkan di stadion Santiago Bernabeu di Madrid, Spanyol (13/6/2019). Eden Hazard dibeli dari Chelsea senilai 100 juta euro. (AP Photo/Manu Fernandez)

Pemain baru Real Madrid, Eden Hazard berselfie dengan fans saat diperkenalkan di stadion Santiago Bernabeu di Madrid, Spanyol (13/6/2019). Eden Hazard dibeli dari Chelsea senilai 100 juta euro. (AP Photo/Manu Fernandez)

Pemain baru Real Madrid, Eden Hazard menjuggling bola saat diperkenalkan di stadion Santiago Bernabeu di Madrid, Spanyol (13/6/2019). Hazard dikontrak Real Madrid dengan durasi lima tahun hingga 2024. (AFP Photo/Gabriel Bouys)

Pemain baru Real Madrid, Eden Hazard menjuggling bola saat diperkenalkan di stadion Santiago Bernabeu di Madrid, Spanyol (13/6/2019). Hazard dikontrak Real Madrid dengan durasi lima tahun hingga 2024. (AFP Photo/Gabriel Bouys)

Pemain baru Real Madrid, Eden Hazard mengontrol bola dengan kepalanya di stadion Santiago Bernabeu di Madrid, Spanyol (13/6/2019). Real Madrid mengumumkan telahresmi membeli pemain asal Belgia tersebut dari klub Inggris, Chelsea. (AFP Photo/Gabriel Bouys)

Pemain baru Real Madrid, Eden Hazard mengontrol bola dengan kepalanya di stadion Santiago Bernabeu di Madrid, Spanyol (13/6/2019). Real Madrid mengumumkan telahresmi membeli pemain asal Belgia tersebut dari klub Inggris, Chelsea. (AFP Photo/Gabriel Bouys)

Pemain baru Real Madrid, Eden Hazard menjuggling bola saat diperkenalkan di stadion Santiago Bernabeu di Madrid, Spanyol (13/6/2019). Hazard dikontrak Real Madrid dengan durasi lima tahun hingga 2024. (AFP Photo/Gabriel Bouys)

Pemain baru Real Madrid, Eden Hazard menjuggling bola saat diperkenalkan di stadion Santiago Bernabeu di Madrid, Spanyol (13/6/2019). Hazard dikontrak Real Madrid dengan durasi lima tahun hingga 2024. (AFP Photo/Gabriel Bouys)

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Klasemen Shopee Liga 1 2019: Dua Tim Bersaing di Papan Atas

Posted: 14 Jun 2019 09:30 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Dua tim, Bali United dan Madura United (MU) bersaing ketat di tabel klasemen Shopee Liga 1 2019 hingga pekan keempat. MU dan Bali United sama-sama mengoleksi sembilan poin dan belum terkalahkan.

MU sejauh ini berhak atas puncak klasemen Shopee Liga 1 2019. Ini karena tim berjuluk Laskar Sape Kerap itu lebih produktif dibanding Bali United yang mengemas poin dengan jumlah sama.

Tim asuhan Dejan Antonic telah mengantongi sembilan gol. Lima dari sembilan gol itu dicetak MU saat menggulung Persela Lamongan 5-1.

Di sisi lain, Bali United baru mengemas empat gol. Untuk urusan kebobolan, gawang MU dan Bali United sama-sama baru sekali koyak.

Nasib berbeda dialami Persija Jakarta. Macan Kemayoran yang berstatus juara bertahan tercecer di peringkat ke-16 klasemen Shopee Liga 1 2019 dengan satu poin.

Pergantian Pelatih Persija

Persija mengumumkan Julio Banuelos Saez sebagai pelatih baru, Sabtu (8/6/2019). (Media Persija)

Buruknya performa Ismed Sofyan dkk. membuat pelatih Ivan Kolev mundur. Pelatih asal Bulgaria ini lalu digantikan oleh Julio Banuelos.

Di Persija, Banuelos akan dibantu Eduardo Perez, mantan asisten pelatih timnas Indonesia, Luis Milla. Banuelos bakal memulai debutnya di Shopee Liga 1 pada Sabtu 22 Juni ketika Persija bertandang ke markas Persela Lamongan. Berikut klasemen Shopee Liga 1 jelang pekan keempat.

Klasemen Shopee Liga 1

Klasemen Liga 1 2019 (Soccerway.com)

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Lakukan Pelanggaran Berat, Belasan ASN di Bekasi Terancam Dipecat

Posted: 14 Jun 2019 09:26 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Sebanyak 17 aparatur sipil negara (ASN) di Kabupaten Bekasi, Jawa Barat, terancam dipecat karena terdata melakukan pelanggaran disiplin berat sepanjang bulan Januari hingga Juni 2019.

"Kalau merujuk pada PP Nomor 30 tahun 2019 tentang Penilaian Kinerja ASN, maka belasan orang tersebut dimungkinkan dipecat jika tidak berubah dan kembali melakukan pelanggaran," kata Kepala Seksi Kedisiplinan ASN pada BKPPD Kabupaten Bekasi, Sahwano di Cikarang, seperti dikutip dari Antara, Sabtu (15/6/2019).

Sahwono menyatakan, sebelum menentukan akan dipecat atau tidak, pihaknya akan melakukan pembinaan terlebih dahulu kepada belasan ASN tersebut.

"Kami berharap adanya PP tersebut bukan untuk memecat para ASN, melainkan untuk meningkatkan kinerja dan kualitas para ASN untuk menyukseskan program kerja yang sudah direncanakan untuk kepentingan masyarakat," ucapnya.

Dia mengungkapkan, belasan ASN tersebut berasal dari 13 organisasi perangkat daerah (OPD) yang ada di lingkungan Pemkab Bekasi.

Yakni, Dinas Perumahan Rakyat, Kawasan Permukiman, dan Pertanahan (Disperkimtan) Kabupaten Bekasi, Dinas Kesehatan, Dinas Kebudayaan, Pemuda dan Olahraga (Disbudpora), Dinas Pemadam Kebakaran (Disdamkar), Dinas Pendidikan, Dinas Komunikasi, Informatika, Persandian, dan Statistik (Diskominfo).

Kemudian ASN dari Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Disdukcapil), Dinas Kearsipan dan Perpustakaan, Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD), dan Badan Pendapatan Daerah (Bapenda). Serta ASN di Kecamatan Cabangbungin, Kecamatan Kedungwaringin dan Kecamatan Sukakarya.

Tak Dapat Ditoleransi

Dirinya menyatakan, pembinaan dilakukan pihaknya mengingat pelanggaran yang dilakukan belasan oknum ASN tersebut dinilai sudah tidak dapat ditoleransi lagi di OPD tempat mereka bekerja.

Kedepannya, pembinaan kepegawaian bagi ASN diharapakan dimulai dari masing-masing OPD. Pimpinan di OPD, kata dia, harus menegur apabila anak buahnya sering tidak hadir dan tidak tuntas dalam bekerja.

"Intinya, apabila kedisiplinannya berat maka akan dilakukan pembinaan melalui BKPPD," tandasnya.

 

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

4 Pemain Kunci di Timnas Indonesia vs Vanuatu

Posted: 14 Jun 2019 09:20 PM PDT

Jakarta Timnas Indonesia bakal melawan Vanuatu dalam laga uji coba di Stadion Utama Gelora Bung Karno, Senayan, Jakarta, Sabtu (15/6/2019). Indonesia wajib menang meski Vanuatu tak bisa dianggap enteng karena hanya tiga peringkat di bawah Indonesia.

Timnas Indonesia baru saja mengalami kekalahan cukup telak 1-4 dari Yordania dalam laga uji coba yang digelar di Amman, Yordania, Selasa (11/6/2019). Vanuatu pun menjadi lawan berikutnya yang harus dihadapi tim asuhan Simon McMenemy yang mempersiapkan diri untuk kualifikasi Piala Dunia 2022/Piala Asia 2020. 

Laga ini sangat istimewa bagi Timnas Indonesia. Setelah menjalani dua laga internasional sebelumnya di laga tandang, yaitu menghadapi Myanmar yang berakhir 2-0 untuk kemenangan Tim Garuda pada Maret lalu dan kekalahan 1-4 dari Yordania beberapa hari lalu, laga ini merupakan laga kandang yang pertama kalinya bagi Timnas Indonesia pada tahun ini.

Tak hanya menjadi laga kandang perdana Timnas Indonesia pada tahun ini, jelas laga ini juga menjadi laga kandang perdana Simon McMenemy setelah ditunjuk sebagai pelatih kepala Tim Garuda. Permainan menyerang dengan formasi 3-4-3 yang tengah dicoba oleh pelatih asal Skotlandia itu pun akan terlihat dalam laga ini.

Dengan tekad meraih kemenangan di depan suporter yang memberikan dukungan langsung di SUGBK, Timnas Indonesia tentu akan tampil menyerang habis-habisan. Bola.com pun memilih empat pemain berkarakter menyerang yang akan menjadi kunci permainan Tim Garuda dalam laga kontra Vanuatu.

Beto Goncalves

Striker Timnas Indonesia, Beto Goncalves, mengamati rekannya saat melawan Singapura pada laga Piala AFF 2018 di Stadion Nasional, Singapura, Jumat (9/11). Singapura menang 1-0 atas Indonesia. (Bola.com/M. Iqbal Ichsan)

Alberto Goncalves, atau yang karib disapa Beto, baru kembali memperkuat Timnas Indonesia saat menghadapi Yordania. Pemain yang masuk dalam Timnas Indonesia di Piala AFF 2018 itu mendapatkan kepercayaan dari Simon McMenemy setelah tidak mendapatkan panggilan saat Tim Garuda menghadapi Myanmar pada Maret lalu.

Namun, sesuai janji Simon McMenemy yang ingin memberikan kesempatan kepada striker muda, Dedik Setiawan, Beto Goncalves pun dibangkucadangkan lebih dulu dalam laga kontra Yordania. Namun, karena buntunya lini depan Tim Garuda, Simon pun memasukkan pemain naturalisasi itu pada menit ke-57 untuk menggantikan Riko Simanjuntak.

Permainan Timnas Indonesia menjadi lebih menyerang setelah masuknya striker Madura United itu. Bahkan Beto akhirnya mencatatkan namanya di papan skor lewat eksekusi penalti pada menit ke-86.

Riko Simanjuntak

Gelandang Timnas Indonesia, Riko Simanjuntak, berusaha melewati gelandang Filipina, Manuel Ott, pada laga Piala AFF 2018 di SUGBK, Jakarta, Minggu (25/11). Kedua negara bermain imbang 0-0. (Bola.com/M. Iqbal Ichsan)

Pemain bertubuh mungil milik Persija Jakarta ini kini menjadi langganan Timnas Indonesia setelah pertama kalinya pada 2018 mendapat kesempatan bermain untuk mewakili Indonesia. Kualitasnya sebagai pemain sayap tak perlu diragukan lagi menjadi penyokong serangan.

Riko Simanjuntak tidak hanya memiliki tubuh yang mungil, tapi kecepatan dan daya juang bermain yang luar biasa. Meski kerap harus berhadapan dengan pemain yang memiliki postur lebih besar dan lebih kuat darinya, Riko selalu memperlihatkan permainan pantang menyerah dengan kecepatan dan keinginannya untuk selalu menguasai bola.

Jika berdiri bebas di sisi kanan lapangan, Riko Simanjuntak bisa menjadi ancaman yang luar biasa bagi tim lawan. Kecepatan lari yang luar biasa untuk masuk ke dalam kotak penalti lawan atau pun kemampuannya memberikan umpan matang kepada striker telah terbukti bisa melahirkan gol-gol untuk Tim Garuda maupun Persija Jakarta.

Irfan Bachdim

Pemain Timnas Indonesia, Irfan Bachdim, mengontrol bola saat latihan di Lapangan ABC Senayan, Jakarta, Jumat (7/6). Latihan ini persiapan jelang laga persahabatan melawan Yordania. (Bola.com/Yoppy Renato)

Irfan Bachdim mendapatkan kesempatan untuk kembali memperkuat Timnas Indonesia setelah pada 2018 tak mendapatkan satu pun panggilan. Pemain Bali United itu pun merasa sangat senang bisa kembali mengenakan seragam Merah-Putih yang sudah dikenakannya sejak 2010.

Dalam laga comeback Irfan Bachdim ketika Timnas Indonesia menghadapi Yordania, pemain kelahiran Belanda itu masuk sebagai pemain pengganti pada menit ke-78. Pemain Bali United itu masuk menggantikan Dedik Setiawan.

Dengan hanya bermain selama kurang lebih 12 menit saja, tentu Irfan Bachdim belum bisa berbuat banyak. Namun, pemain yang pertama kali membela Timnas Indonesia di Piala AFF 2010 itu akan mampu memberikan permainan yang lebih baik jika Simon McMenemy mau memberikan kepercayaan kepadanya bermain sejak awal laga kontra Vanuatu.

Febri Hariyadi

Gelandang Timnas Indonesia, Febri Hariyadi, berusaha mengontrol bola saat melawan Islandia pada laga persahabatan di SUGBK, Jakarta, Minggu (14/1/2018). Timnas Indonesia kalah 1-4 dari Islandia. (Bola.com/Vitalis Yogi Trisna)

Satu di antara beberapa talenta muda Indonesia yang bersinar dalam beberapa tahun terakhir. Meski tergolong masih muda, Febri Hariyadi sudah menjadi langganan untuk membela Indonesia di level internasional.

Permainan yang memadukan kecepatan tinggi, dribel matang, dan tembakan jarak jauh yang keras dan akurat membuat Febri Hariyadi selalu berada di antara pemain-pemain terbaik yang dimiliki Indonesia. Jika Riko Simanjuntak menjadi andalan dari sisi kanan, Febri kerap menjadi penyeimbang di sisi kiri.

Namun, bukan berarti Febri tak mampu bermain di sisi kanan. Pemain Persib Bandung ini justru menjadi istimewa karena bisa bermain di kedua sisi sayap. Selain itu, tak jarang Febri memperlihatkan kecepatan sembari menggiring bola dari wilayah sendiri hingga area pertahanan tim lawan.

Umpan silang, umpan terobosan, hingga tembakan yang berbuah gol merupakan kualitas yang bisa diandalkan oleh Timnas Indonesia dari seorang Febri Hariyadi. Sayangnya, dalam laga kontra Yordania, Febri belum mendapatkan kesempatan dari Simon McMenemy untuk membuktikan kualitasnya.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

VIDEO: Fakta Unik Klub Malam Halal Pertama di Jeddah

Posted: 14 Jun 2019 09:16 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Kota Jeddah Arab Saudi membuka klub malam 'halal' pertama.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Donald Trump Tuduh Iran Serang 2 Tanker di Teluk Oman, Teheran Membantah Keras

Posted: 14 Jun 2019 09:02 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Presiden AS Donald Trump menuduh bahwa Iran terlibat dalam serangan ranjau terhadap dua kapal tanker internasional di Teluk Oman pada pertengahan pekan ini.

Trump mengutip cuplikan yang Washington DC rilis pada Kamis 13 Juni 2019 sebagai dasar tuduhan. DC mengatakan bahwa rekaman itu menunjukkan pasukan Iran di kapal kecil mengambil ranjau yang tidak meledak dari lambung salah satu tanker, demikian seperti dikutip dari BBC, Sabtu (15/6/2019).

Sementara itu, Sekretaris Jenderal PBB Antonio Guterres mengatakan kebenaran perlu "ditetapkan dengan jelas".

Di sisi lain, Rusia telah memperingatkan agar tidak menarik "kesimpulan terburu-buru".

Insiden itu terjadi setelah empat tanker minyak rusak dalam serangan di lepas pantai Uni Emirat Arab pada Mei 2019. AS menyalahkan Iran atas serangan itu, tetapi tidak menghasilkan bukti. Iran juga membantah tuduhan itu.

Ketegangan antara AS dan Iran telah meningkat secara signifikan sejak Presiden AS Donald Trump menjabat pada tahun 2017. Dia meninggalkan kesepakatan nuklir Iran atau Joint Comprehensive Plan of Action (JCPOA 2015) yang diperantarai oleh pemerintahan Obama dan secara signifikan memperketat sanksi ekonomi terhadap Iran.

Insiden di Teluk Oman

Ilustrasi kapal tanker (Public Domain)

Menurut laporan peristiwa dari US Central Command (Komando Pasukan AS di Timur Tengah), unit angkatan laut mereka menerima panggilan darurat dari Front Altair milik Norwegia pada 13 Juni 2019 pukul 06:12 (02:12 GMT) dan dari Kokuka Courageous milik Jepang pada pukul 07:00.

Keduanya melaporkan ledakan, dan sebagai respons, Pasukan AS bergerak menuju area tersebut.

Dikatakan bahwa kapal AL AS - USS Bainbridge mengamati kapal-kapal angkatan laut Iran yang beroperasi di daerah itu beberapa jam setelah ledakan. Bainbridge juga melaporkan bahwa angkatan laut Iran kemudian mengeluarkan ranjau yang tidak meledak dari sisi Kokuka Courageous.

Awak kedua kapal dievakuasi ke kapal lain di dekatnya. Baik Iran dan AS kemudian merilis foto-foto yang menunjukkan anggota kru yang diselamatkan di atas kapal mereka.

BSM Ship Management, pengelola Kokuka Courageous, mengatakan awak kapal meninggalkan kapal setelah mengamati api dan sebuah ranjau yang tidak meledak.

Namun Yutaka Katada, presiden perusahaan operator kapal Kokuka Sangyo, mengatakan bahwa anggota kru telah melaporkan "bahwa kapal Kokuka Courageous diserang oleh benda terbang".

Kokuka Courageous berjarak sekitar 30 km di lepas pantai Iran ketika mengirim panggilan darurat.

Front Altair membawa nafta, produk bensin, dari Uni Emirat Arab ke Taiwan. Kokuka Courageous membawa metanol dari Arab Saudi ke Singapura.

Menurut perusahaan pemantau satelit global Iceye, kerusakan pada Front Altair menyebabkan tumpahan minyak di perairan sekitar kapal.

Klaim Trump Soal Dugaan Serangan Iran

Presiden Amerika Serikat ke-45 Donald Trump (AP/Nicholas Kamm)

Berbicara kepada Fox News, Presiden Donald Trump mengatakan, Iran "melakukannya".

"Saya kira salah satu ranjau tidak meledak dan mungkin pada dasarnya Iran tertulis di atasnya. Dan Anda melihat kapal pada malam hari mencoba melepaskan ranjau dan berhasil mengambil ranjau dari kapal, dan mereka terekspos," kata Trump.

Dia juga mengatakan tidak mungkin Iran bisa menutup Selat Hormuz - jalur pelayaran vital yang dilewati sepertiga minyak laut di dunia setiap tahun - tetapi jika itu terjadi, selat itu tidak akan tetap ditutup "lama".

Pernyataan Trump datang setelah sebelumnya, Menlu AS Mike Pompeo juga menggemakan tuduhan serupa.

Pompeo mengatakan senjata yang digunakan, tingkat keahlian yang diperlukan untuk melakukan serangan dan, tipe serangan baru-baru ini menunjukkan Iran ada di belakangnya.

Menteri Pertahanan AS Patrick Shanahan mengatakan AS akan berbagi intelijen untuk mencoba "membangun konsensus internasional untuk masalah internasional ini".

Bantahan Iran

Ilustrasi (iStock)

Presiden Iran Hassan Rouhani pada hari Jumat menuduh AS sebagai "ancaman serius bagi stabilitas di Timur Tengah", tanpa merujuk langsung pada serangan di Teluk Oman.

Dia mengulangi seruan kepada pihak internasional untuk perjanjian nuklir 2015 untuk menghormati komitmen mereka, menyusul penarikan sepihak oleh administrasi Trump.

Menteri Luar Negeri Javad Zarif di Twitter menuduh AS membuat tuduhan "tanpa bukti faktual atau tidak langsung" dan berusaha untuk "menyabot diplomasi".

Sementara itu, Misi Iran di PBB mengecam sekeras-kerasnya tuduhan-tuduhan tak mendasar dari Amerika dan menyebutnya sebagai bentuk 'fobia Iran'.

Iran juga menolak bahwa mereka sebagai pihak yang memicu instabilitas di Timur Tengah.

"Ironis bahwa sejatinya AS-lah ... yang menjadi sumber utama ketidak-aman-an dan instabilitas di Teluk Persia, serta menjadi ancaman utama terhadap perdamaian di kawasan," lanjut pernyataan Misi Iran di PBB yang diterima Liputan6.com dari Kedutaan Iran di Jakarta, Sabtu 15 Juni 2019.

Pernyataan itu juga mengutuk "langkah AS yang melanggar hukum" karena "telah secara sepihak keluar dari kesepakatan nuklir Iran."

Kata Analis

Pasukan khusus Korps Garda Revolusi Iran (IRGC)  (Wikimedia / Creative Commons)

Frank Gardner, koresponden keamanan untuk BBC, menulis bahwa rekaman yang dirilis AS pada Kamis 13 Juni "agak lebih meyakinkan daripada bukti tidak langsung yang telah diberikan sebelumnya."

"Pesawat patroli putih kecil dalam video tersebut adalah tipikal dari jenis yang digunakan oleh Angkatan Laut IRGC (Korps Garda Revolusi Iran) di Teluk," tulis Gardner dalam sebuah kolom opini di BBC.com.

"Dalam beberapa tahun terakhir, Angkatan Laut IRGC telah terus menggantikan Angkatan Laut konvensional Iran di sepanjang pantai Teluk Iran, dari perbatasannya dengan Kuwait di utara hingga Pakistan dan Laut Arab. Pasukannya telah membangun armada yang tangguh dari pesawat serang kecil, berkecepatan tinggi, dan sulit dideteksi yang dipersenjatai dengan ranjau, rudal, torpedo dan drone.

"Komando IRGC secara teratur mempraktekkan operasi rahasia dan serangan simulasi. Beberapa pesawat mereka mendekati kapal perang Angkatan Laut AS di Teluk dalam beberapa tahun terakhir dan masih ada risiko bentrokan di laut.

Iran telah membantah keterlibatan dalam serangan hari Kamis, mengatakan mereka dilakukan oleh seseorang yang ingin menggagalkan hubungan Iran dengan komunitas internasional. Kemungkinan, Teheran juga akan meragukan keaslian bukti rekaman yang disajikan oleh AS.

Simak video pilihan berikut:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Jangan Coba-Coba Parkir Sembarangan di Bandung, Nanti Menyesal

Posted: 14 Jun 2019 09:00 PM PDT

Liputan6.com, Bandung Dinas Perhubungan (Dishub) Kota Bandung kembali melaksanakan penertiban parkir liar di area trotoar, Jumat (14/6/2019). Hasilnya, 46 unit kendaraan terjaring.

Operasi digelar di Jalan Jawa, Jalan L.R.E Martadinata atau Jalan Riau, Jalan Merdeka, Jalan Ir. H. Juanda dan Jalan Purnawarman.

Kepala Sub Unit Penegakkan Hukum Dishub Kota Bandung, Bondan Irawan menyampaikan, dalam operasi ini Dishub bekerja sama dengan Satlantas Polrestabes Bandung.

Para pelanggar yang terjaring parkir di trotoar terdiri dari 20 kendaraan roda dua dan empat yang terkena sanksi cabut pentil, 22 kendaraan terkena tilang, dan satu kendaraan roda dua diangkut ke mobil patroli, serta puluhan imbauan.

"Kegiatan ini kan sudah lama kita lakukan, mulai hampir 3-4 tahun yang lalu kami laksanakan untuk parkir di Kota Bandung," kata Bondan.

Dia menyatakan bahwa parkir kendaraan di bahu jalan adalah pelanggaran. Apalagi sudah ada kantong kantong parkir dan rambu-rambu petunjuk yang bisa digunakan oleh pengemudi dalam memarkir kendaraannya.

"Kami tetap butuh dukungan masyarakat setiap hari untuk melaksanakan program ini agar disiplin," katanya.

Bondan mengaku upaya penertiban akan terus dilakukan selama masih ada masyarakat yang memarkirkan kendaraannya di trotoar.

"Kami setiap hari melaksanakan gakkum dengan berkordinasi dengan Satlantas Polrestabes Bandung. Dlam hal ini biasanya suka ada aduan dari masyarakat melalui media sosial, itu juga kami tindak lanjuti," ujarnya.

Sumber Kemacetan

Petugas Dishub Kota Bandung mencabut pentil ban kendaraan roda dua yang parkir sembarangan di Jalan Purnawarman, Jumat (14/6/2019). (Liputan6.com/Huyogo Simbolon)

Sementara itu, Wakil Kepala Satlantas Polrestabes Bandung Komisaris Polisi Bayu Catur Prabowo mengatakan, penertiban parkir liar dilakukan sebagai penegakan lalu lintas.

"Kenapa Bandung harus tertib? Karena Kota Bandung ialah destinasi wisata. Dengan banyaknya wisatawan artinya jumlah kendaraan meningkat di Kota Bandung pada hari-hari tertentu atau masa akhir pekan," kata Bayu.

Namun, seiring bertambahnya volume kendaraan, ruas jalan diakuinya tidak bertambah. Kondisi tersebut diperparah karena ada aktivitas parkir liar dari masyarakat.

"Ini coba ditertibkan terus dengan harapan apabila ruas jalan yang ada, rambu parkir ditertibkan, kemacetan bisa ditanggulangi," katanya.

Dia mencontohkan seperti di Jalan L.R.E Martadinata atau Jalan Riau. Di kawasan tersebut ada beberapa titik wisata kuliner, hotel dan rumah sakit yang memiliki luas parkir terbatas. Sehingga mereka asa yang menggunakan badan jalan untuk parkir kendaraan.

"Kalau itu dihambat, dapat mengakibatkan macet. Makanya kita akan tertibkan," ujarnya.

Penindakan tegas terhadap parkir liar akan terus dilakukan polisi bersama Dishub Kota Bandung.

"Penindakannya untuk parkir liar ini yang pasti sudah masuk tilang karena rambu yang ditempatkan di sini bukan hanya setahun atau dua tahun, sudah lama, tidak ada lagi toleransi bagi yang melanggar aturan. Apabila tidak ditemukan pengemudinya kami dengan Dishub ada perwal, kita derek, kalau tidak kita cabut pentil," ujarnya.

Simak video pilihan di bawah ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Top 3 Tekno: Daftar Ponsel dengan Kamera Pertama di Dunia Paling Hits

Posted: 14 Jun 2019 09:00 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Meski Samsung dan Sharp diklaim sebagai perusahaan pertama yang merilis ponsel kamera, nyatanya hal tersebut tidaklah sepenuhnya benar.

Rupanya, ada ponsel kamera yang dirilis sebelum kedua ponsel di atas diperkenalkan ke publik, beberapa tahun lalu.

Artikel perusahaan teknologi yang meluncurkan ponsel kamera pertama di dunia ini, mencuri perhatian pembaca Tekno Liputan6.com, Jumat (15/6/2019).

Dua artikel populer lain yang juga banyak dibaca, Huawei dikabarkan sedang menjajal OS buatan Rusia pengganti Android, Google bakal setop integrasi Photos dan Drive.

Lebih lengkapnya, simak tiga berita terpopuler berikut ini.

1. Bukan Samsung, Ini Ponsel Kamera Pertama di Dunia

Smartphone Nokia 9 PureView ditampilkan dalam gelaran Mobile World Congress (MWC) 2019 di Barcelona, Spanyol, Selasa (26/2). Nokia 9 PureView memiliki lima kamera belakang. (Josep LAGO/AFP)

Bicara kamera smartphone, saat ini sudah terlalu banyak vendor yang menghadirkan perangkat dengan kamera yang kualitasnya menyerupai DSLR.

Entah itu kamera smartphone Huawei P30 Pro yang dibekali kemampuan 50x zoom, atau Pixel 3XL yang memiliki kemampuan mumpuni untuk mengambil foto low-light.

Namun, sebelum sampai ke tahap seperti sekarang, perkembangan kamera smartphone sangatlah berliku. Dari mana asal smartphone memiliki kamera sebagus sekarang, tentu patut ditilik juga sejarah ponsel pertama yang memiliki kamera.

Baca selengkapnya di sini

 

2. Huawei Jajal OS Rusia untuk Pengganti Android

Device Laboratory milik Huawei di Beijing, Tiongkok. Liputan6.com/Andina Librianty

Keterbatasan menggunakan produk-produk Amerika Serikat (AS), membuat Huawei harus mencari jalan keluar, termasuk menemukan OS pengganti Android. Selain menyiapkan OS sendiri, Huawei juga menjajal buatan Rusia.

Dilansir Phone Arena, Jumat (14/6/2019), Huawei tidak bergantung hanya pada OS buatannya sendiri. Menurut laporan media Rusia, The Bell, Huawei sedang mencoba Aurora, OS yang dibangun pada platform open source Sailfish.

Dua orang sumber mengatakan, Deputy Chairman [Huawei]( 3988863 ""), Guo Ping, telah berbicara dengan Menteri Pengembangan Digital dan Komunikasi Rusia, Konstantin Noskov, tentang penggunaan Aurora.

Baca selengkapnya di sini

3. Bikin Bingung Pengguna, Google Bakal Setop Integrasi Photos dan Drive

Google Drive

Selama ini, Google menawarkan sinkronisasi antara Photos dan Drive. Namun, integrasi ini bakal dihentikan karena dianggap membingungkan pengguna.

"Kami mendengarkan masukan pengguna, koneksi antara (kedua) layanan ini membingungkan. Oleh karenanya, bulan depan kami membuat perubahan untuk menyederhanakan pengalaman menggunakan Drive dan Photos," kata Product Manager Google Drive dan Photos, Dan Schlosser dan Jason Gupta dalam unggahan blog.

Sebagaimana dikutip dari The Verge, Jumat (14/6/2019), saat perubahan diterapkan pada Juli mendatang, baik foto maupun video yang diunggah ke Google Drive tak akan otomatis muncul di Photos. Begitu pula sebaliknya.

Baca selengkapnya di sini

(Ysl/Isk)

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Cara Tepat Menggunakan Fitur Cruise Control

Posted: 14 Jun 2019 09:00 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Fitur cruise control bukanlah fitur yang asing di dalam sebuah mobil. Mobil berharga Rp200 jutaan saja sudah dilengkapi dengan fitur canggih ini. Misalkan saja Mitsubishi Xpander Ultimate, Suzuki S-Cross, dan Honda Jazz RS.

Pilihan Rp 300 jutaan malah lebih banyak lagi. Cruise control mulai dilirik sebagai fitur penting yang harus ada di mobil. Terutama pengemudi yang sering bepergian ke luar kota.

Fungsi utama cruise control, menjaga laju kendaraan dalam kecepatan yang diinginkan, tanpa perlu menekan pedal gas. ECU memiliki fungsi tambahan untuk terus memonitor dan mengatur kecepatan, sesuai keinginan pengemudi. Kecepatan pun menyesuaikan kontur jalan. Bila ditetapkan 100 km/jam, baik dalam keadaan menanjak atau menurun, dijaga agar kecepatannya konstan.

Namun, banyak pengemudi awam tidak mengetahui cara kerja atau cara mengaktifkan fitur ini. Pasti ada juga pemilik mobil ber-cruise control belum pernah menggunakannya sama sekali. Padahal, jika Anda paham kegunaannya, niscaya rasa nyaman berkendara bakal bertambah. Khususnya saat perjalanan jauh lewat tol Trans Jawa dan Trans Sumatra. Kaki Anda dapat terbebas dari rasa lelah. Asalkan, tahu langkah tepat serta aman mengoperasikannya.

Pahami Fungsi Tombolnya

Pertama, harus paham cara mengaktifkan dan menonaktifkan dulu. Lambang cruise control umumnya berupa lingkaran penggambaran speedometer. Umumnya tombol berada di setir. Ada yang ditambahkan tulisan LIM atau sekadar CRUISE saja. Saat menekan tombol, sebuah indikator menyala di panel instrumen. Tapi cruise control belum aktif menahan kecepatan.

Tombol Cruise diikuti juga tombol "+" dan "-". Salah satunya berbarengan juga dengan fungsi "Set" untuk mengaktifkan cruise control. Saat ditekan, kecepatan langsung terjaga walau pedal gas dilepas. Guna tombol "+" dan "-" tadi, untuk menaikkan dan menurunkan kecepatan yang diinginkan. Kalau ingin mematikan cruise control, tekan tombol "cancel". Bisa juga menginjak pedal rem atau gas.

Kenali Jenis Cruise Control

Cruise control paling standar di mobil mainstream, hanya sebatas menjaga dan mengatur batas kecepatan. Sistem lebih canggih bisa ditemui di mobil kelas premium. Ada sebutan Adaptive Cruise Control, yang membuat mobil secara otomatis menyesuaikan kecepatan sesuai arus lalu lintas. Peranti dalam sistem tentu bertambah, seperti radar, kamera dan sensor. Semuanya untuk mendeteksi kendaraan persis di depan, lalu memprogram laju mengikuti kecepatannya dan menjaga jarak yang sudah ditentukan.

Lebih canggih, cruise control yang masuk fase teknologi semi-autonomous. Teknologi bernama Nissan ProPilot Assist, Subaru EyeSight dan Audi Traffic Jam Assist, menggabungkan adaptive cruise control dengan teknologi semi-otonom. Selain kecepatan, kemudi juga bekerja otomatis menjaga mobil dalam jalurnya. Tapi teknologi ini belum tersedia di Indonesia.

Tetap Waspada dan Jangan Terlalu Percaya Terhadap Sistem

Mobil yang melaju otomatis pastinya melenakan. Tapi kewaspadaan seharusnya tidak berkurang. Kaki sepatutnya selalu siap agar tidak terlambat mengerem. Tangan pun juga siaga tanpa kendurkan kewaspadaan sedikit pun. Jangan pula terlalu mempercayai teknologi sepenuhnya. Bagaimanapun, sistem diprogram oleh manusia. Malfungsi mungkin saja terjadi.

Tepat Digunakan di Jalan Tol

Untuk diketahui, cruise control tak bisa digunakan di semua tingkat kecepatan. Umumnya, fitur ini baru bisa aktif setelah kecepatan berada di atas 30 -50 kpj (tergantung model kendaraan). Penggunaan paling pas di jalan bebas hambatan atau tol. Memungkinkan juga di jalan raya biasa, dengan syarat kondisinya sepi tanpa banyak kendaraan lain maupun pejalan kaki. Tentu suasana yang sulit ditemui. Lagipula pemakaiannya tidak lama bila sering bertemu persimpangan.

Begitu pula di jalan tol. Jalan yang lengang dan panjang sangat tepat untuk mengaktifkan cruise control. Asalkan konsisten di jalurnya, berkendara jadi rileks dan kaki bisa beristirahat sejenak dari pedal. Tapi tetap harus waspada untuk menghindari hal yang tidak diinginkan. Ketika lalu lintas mulai ramai, ada baiknya segera menonaktifkan sistem.

Jangan Aktifkan Cruise Control dalam Kondisi Jalan Licin

Sama halnya jalanan bersalju, tertutup es dan hujan deras. Sebab cruise control bakal selalu mengintervensi laju mobil ke kecepatan yang ditentukan. Misal di jalanan menanjak, mesin berakselerasi untuk menjaga kecepatan stabil. Otomatis gigi berpindah turun dan putaran mesin melonjak. Tercipta momentum kehilangan traksi ban. Akibatnya, mobil bisa melintir dan berakibat fatal. 

Sumber: Oto.com

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Pamer Hasil USG, Kartika Putri Ungkap Kemiripan Calon Anaknya

Posted: 14 Jun 2019 09:00 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Kartika Putri, akhirnya mengetahui perkembangan calon bayinya buah cintanya dengan Habib Usman Bin Yahya. Ia mengungkap kebahagiaannya setelah melihatnya.

Tak mau sendiri, Kartika Putri juga membagi kebahagiaannya kepada penggemarnya melalui akun Instagram, Kamis (13/6/2019).

Kartika Putri, mengunggah sebuah video singkat yang memperlihatkan pergerakan calon bayinya.

"Assalamuallaikum warahmatullahi wabarakatuh... Alhamdulillah setelah bulan kemarin hasil NIPT nya bagus semua dan babynya sehat , sekarang kita cek by fetal Anomaly Scan dan hasilnya Alhamdulillah semua sehat..," tulisnya.

Kartika Putri juga menjelaskan NIPT (down sindrom test by kromosom), jadi darah ibu diambil buat cek kromosom bayinya. Tes sebaiknya dilakukan sebelum usia kehamilan 20 minggu.

 

Pengin Mirip Dirinya

Kartika Putri kembali tampil di ajang fashion show  (Dok.Instagram/@kartikaputriworld/https://www.instagram.com/p/BvOkrDonR0t/Komarudin)

Kartika Putri, mengaku awal kehamilan ia ingin calon anak mirip dengan dirinya. Namun, setelah berkembang, ia harus menekan egonya.

"MasyaAllah happy banget dan bonus bisa baby siluetnya hahahaa awal hamil ego pengen babynya mirip aku tp sekarang lebih ke babynya sehat," sambungnya.

 

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Jadwal Shopee Liga 1, Siaran Langsung Persib Bandung vs Tira Persikabo di Indosiar

Posted: 14 Jun 2019 09:00 PM PDT

Liputan6.com, Bandung - Pekan keempat Shopee Liga 1 2019 akan dibuka dengan laga Persib Bandung melawan Tira Periskabo, Selasa (18/6/2019) di Stadion Si Jalak Harupat. Ini akan jadi pertandingan pertama  setelah libur Idulfitri.

Pasukan Robert Rene Alberts telah memulai latihan kembali sejak akhir pekan lalu. Namun bek Bojan Malisic masih absen dari latihan karena kendala penerbangan.

Persib Bandung sebetulnya harus melawan Arema lebih dahulu. Namun operator Shopee Liga 1 memutuskan menunda jadwal pertandingan Persib vs Arema.

Di sisi lain, pertandingan melawan Tira Persikabo menjadi ujian metode yang diterapkan tim pelatih Persib. Ya, para pemain Maung Bandung diberikan menu latihan pribadi selama Idulfitri tahun lalu.

Persib Bandung sejauh ini berada di posisi ke-8 klasemen Shopee Liga 1 2019. Selain pertandingan Persib vs Tira Persikabo, masih ada beberapa pertandingan lainnya.

Berikut jadwal Shopee Liga 1 2019 pekan keempat

Jadwal Liga 1

Persib Bandung (Bola.com/Yoppy Renato)

Selasa, 18 Juni 2019

18.30 WIB, Persib Bandung vs Tira Persikabo (Indosiar)

Jumat, 21 Juni 2019

19.00 WIB, Semen Padang vs Perseru Badak Lampung (O Channel)

15.30 WIB, PSS Sleman vs Bhayangkara FC (Indosiar)

Sabtu, 22 Juni 2019

15.30 WIB, PS Barito Putera vs Kalteng Putra (O Channel)

15.30 WIB, Bali United vs PSIS Semarang (Indosiar)

18.30 WIB, Persela Lamongan vs Persija Jakarta (Indosiar)

 

Minggu, 23 Juni 2019

15.30 WIB, PS Tira Persikabo vs Persipura Jayapura

15.30 WIB, Persib Bandung vs Madura United (Indosiar)

18.30 WIB, Borneo FC vs Persebaya Surabaya (Indosiar)

18.30 WIB, PSM Makassar vs Arema FC (O Channel)

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Hamil tapi Tak Alami Morning Sickness, Normalkah?

Posted: 14 Jun 2019 09:00 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Morning sickness alias mual dan muntah adalah hal lazim yang terjadi pada ibu hamil. Kondisi ini biasanya terjadi pada trimester pertama. Namun, bila Anda tidak mengalami mual dan muntah bukan berarti ada masalah dengan kehamilan Anda.

"Sekitar 30 persen ibu hamil tanpa mual," kata dokter kebidanan dan kandungan asal Beverly Hills, Amerika Serikat, Michele Hakakha.

"Dan, seharusnya dia bahagia akan hal tersebut," lanjut Michele seperti mengutip laman Parents, Sabtu (15/6/2019).

Para wanita hamil yang beruntung tidak mengalami mual dan muntah ini bisa terjadi pada siapa saja. Malah mungkin dia bisa mengalami morning sickness pada kehamilan pertama, lalu pada kehamilan kedua tidak seperti disampaikan dokter kebidanan dan kandungan Marra Francis.

Menurut dokter, wanita yang tidak mual dan muntah kemungkinan tubuhnya mampu menangani kenaikan level human chorionic gonadotropin (HCG), estrogen, dan hormon-hormon lain yang datang di trimester pertama. Pada saat sudah masuk trimester kedua, sebagian besar tubuh sudah mampu mengolola perubahan tersebut. Itu sebabnya, ibu hamil tidak merasa mual dan muntah.

Bukan Tanda Permasalahan pada Kehamilan?

ilustrasi/copyright pixabay.com/Marcellabtait

Pada beberapa wanita, minimnya keluhan morning sickness bisa jadi tanda kehamilannya berisiko mengalami keguguran. Namun, Anda tidak perlu takut jika selama dokter mengatakan kadar hormon tampak normal bagi ibu hamil.

"Saya punya pasien yang ketakutan karena tidak mengalami morning sickness. Dia takut bakal keguguran karena itu. Namun, jika Anda tidak mual dan muntah bukan berarti mengalami kelainan level hormon," kata Francis.

"Itu artinya, tubuh mampu menoleransi kehamilan dengan baik," katanya.

Namun, jangan bersenang hati terlebih dahulu bila tidak mual di trimester pertama. Walau sebagian besar ibu hamil mual di minggu 8-14, bisa saja morning sickness terjadi di trimester selanjutnya.

Saksikan juga video menarik berikut ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

FOTO: Melihat Keseruan Pesta Balon Udara Wonosobo

Posted: 14 Jun 2019 09:00 PM PDT

Ratusan balon udara dinaikkan di Lapangan Pagerejo, Kertek, Kabupaten Wonosobo,  Sabtu (15/6/2019). Festival ini untuk memeriahkan syawalan dan wujud syukur warga yang hidup di lereng gunung sindoro dan sumbing. (Liputan6.com/Gholib)

Ratusan balon udara dinaikkan di Lapangan Pagerejo, Kertek, Kabupaten Wonosobo, Sabtu (15/6/2019). Festival ini untuk memeriahkan syawalan dan wujud syukur warga yang hidup di lereng gunung sindoro dan sumbing. (Liputan6.com/Gholib)

Ratusan balon udara dinaikkan di Lapangan Pagerejo, Kertek, Kabupaten Wonosobo,  Sabtu (15/6/2019). Festival ini untuk memeriahkan syawalan dan wujud syukur warga yang hidup di lereng gunung sindoro dan sumbing. (Liputan6.com/Gholib)

Ratusan balon udara dinaikkan di Lapangan Pagerejo, Kertek, Kabupaten Wonosobo, Sabtu (15/6/2019). Festival ini untuk memeriahkan syawalan dan wujud syukur warga yang hidup di lereng gunung sindoro dan sumbing. (Liputan6.com/Gholib)

Peserta bersiap menaikan balon udara di Lapangan Pagerejo, Kertek, Kabupaten Wonosobo,  Sabtu (15/6/2019). Festival ini untuk memeriahkan syawalan dan wujud syukur warga yang hidup di lereng gunung sindoro dan sumbing. (Liputan6.com/Gholib)

Peserta bersiap menaikan balon udara di Lapangan Pagerejo, Kertek, Kabupaten Wonosobo, Sabtu (15/6/2019). Festival ini untuk memeriahkan syawalan dan wujud syukur warga yang hidup di lereng gunung sindoro dan sumbing. (Liputan6.com/Gholib)

Sejumlah warga melihat balon udara dinaikan di Lapangan Pagerejo, Kertek, Kabupaten Wonosobo,  Sabtu (15/6/2019). Festival ini untuk memeriahkan syawalan dan wujud syukur warga yang hidup di lereng gunung sindoro dan sumbing. (Liputan6.com/Gholib)

Sejumlah warga melihat balon udara dinaikan di Lapangan Pagerejo, Kertek, Kabupaten Wonosobo, Sabtu (15/6/2019). Festival ini untuk memeriahkan syawalan dan wujud syukur warga yang hidup di lereng gunung sindoro dan sumbing. (Liputan6.com/Gholib)

Sejumlah warga bersiap melihat balon udara dinaikan di Lapangan Pagerejo, Kertek, Kabupaten Wonosobo,  Sabtu (15/6/2019). Festival ini untuk memeriahkan syawalan dan wujud syukur warga yang hidup di lereng gunung sindoro dan sumbing. (Liputan6.com/Gholib)

Sejumlah warga bersiap melihat balon udara dinaikan di Lapangan Pagerejo, Kertek, Kabupaten Wonosobo, Sabtu (15/6/2019). Festival ini untuk memeriahkan syawalan dan wujud syukur warga yang hidup di lereng gunung sindoro dan sumbing. (Liputan6.com/Gholib)

Peserta bersiap menaikan balon udara di Lapangan Pagerejo, Kertek, Kabupaten Wonosobo,  Sabtu (15/6/2019). Festival ini untuk memeriahkan syawalan dan wujud syukur warga yang hidup di lereng gunung sindoro dan sumbing. (Liputan6.com/Gholib)

Peserta bersiap menaikan balon udara di Lapangan Pagerejo, Kertek, Kabupaten Wonosobo, Sabtu (15/6/2019). Festival ini untuk memeriahkan syawalan dan wujud syukur warga yang hidup di lereng gunung sindoro dan sumbing. (Liputan6.com/Gholib)

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

VIDEO: Yang Hyun Suk, Founder YG Entertainment Mengundurkan Diri

Posted: 14 Jun 2019 09:00 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Founder YG Entertainment, Yang  Hyun Suk mengeluarkan pengumuman mengejutkan. Ia menyatakan mundur dari agensi yang telah ia rintis sejak 23 tahun yang lalu itu.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Sandy Tumiwa Berlinang Air Mata Saat Bertemu Keluarga di Hari Lebaran

Posted: 14 Jun 2019 09:00 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Sandy Tumiwa harus rela menghabiskan Hari Lebaran dari balik jeruji besi. Seperti diketahui, pria berusia 37 tahun itu ditangkap karena kasus penyalahgunaan obat-obatan terlarang, tepatnya pada Maret lalu.

Seperti diketahui, sebelum ditangkap Sandy diketahui menikah siri dengan wanita bernama Vivi Paris. Alih-alih kecewa atau menyesal, Vivi memilih untuk setia menemani Sandy hingga kasus hukumnya selesai.

"Sebelum Lebaran H-1 biasa nengokin Sandy. Sandy cerita kalau Sandy itu sedih Lebaran ini dia ada di dalam, tidak bersama istri, mama, beserta keluarganya. Dia sangat sedih kenapa harus seperti ini. Aku bilang makanya hidup itu yang lurus-lurus saja. Hidup yang lurus saja masih dikasih ujian sama Allah, apalagi hidup yang tidak benar. Semoga masa depan kamu lebih baik lagi," ujar Vivi saat ditemui pada Senin (10/06/2019).

Ketika hari Lebaran tiba pun, Vivi datang menjenguk Sandy. Tak sendirian, ia juga hadir bersama ibunda dari bintang film ANDA PUAS, SAYA LOYO tersebut. Sebuah momen mengharukan pun terjadi kala itu.

"Pas hari Lebarannya aku sama mamanya Sandy dan sekeluarga semua berkunjung ke Sandy. Sandy sungkeman sama mamanya, aku sungkeman sama suami juga kan saling bermaafan-lah satu keluarga, sampai berlinang air mata karena sedih, terharu, bahagia, campur aduklah karena di hari yang fitri saling bermaafan. Meskipun sebelumnya ada konflik adu domba yang dilakukan oleh orang-orang yang tidak bertanggung jawab," terang Vivi.

 

Doa Sang Istri

Istri Sandy Tumiwa, Vivi Paris. (Rizky Aditya Saputra/Liputan6.com)

Sebagai istri yang baik, Vivi pun tak lupa mendoakan sang suami agar jadi sosok yang lebih baik setelah lepas dari kasus hukum yang menjeratnya saat ini. Seperti diketahui, Sandy sendiri sedang dalam proses pengajuan banding untuk direhabilitasi.

"Semoga ke depannya Sandy jadi lebih baik, dewasa, bisa membedakan baik dan buruk. Saya sebagai istri semoga Mas Sandy lebih fokus ke keluarga, lebih mencintai dan menjaga anak istri, bekerja, bertanggung jawab mencari nafkah yang benar. Biarlah masa lalu itu tidak enak dan pahit. Insya Allah ke depannya indah pada waktunya. Itu doa saya," sambung Vivi dengan mata berkaca-kaca.

Selain itu, Vivi juga berharap agar proses hukum Sandy bisa segera kelar, sehingga ia bisa berkumpul bersama lagi sebagai keluarga. Sebelumnya, Sandy juga menegaskan jika dirinya ingin menikahi Vivi secara sah setelah bebas.

"Saya juga berharap semoga proses hukum Mas Sandy cepat berjalan karena kan alhamdulillah sudah assessment, sudah dikasih Pasal 127, yaitu pasal untuk melakukan rehabilitasi. Insya Allah ke depannya saya dan Mas Sandy lebih baik lagi menyongsong masa depan dan cita-cita yang lebih baik lagi, amiin," pungkasnya.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Bintang La Liga Bakal Dominasi Copa America 2019

Posted: 14 Jun 2019 08:55 PM PDT

Jakarta Copa America 2019 sudah bergulir sejak hari ini, 15 Juni hingga 7 Juli 2019. Pemain-pemain terbaik yang main di berbagai liga di dunia akan unjuk gigi, tapi bintang dari La Liga diprediksi bakal dominan.

Satu di antara bintang La Liga yang akan unjuk gigi di Copa America edisi ke-46 adalah Lionel Messi. Penyerang Barcelona itu belum pernah sekalipun mencicipi titel juara pada ajang ini. 

Mulai memperkuat Timnas Argentina sejak 2005, prestasi terbaik Messi di Copa America hanya sebagai runner-up, yakni 2007, 2015, dan 2016. Pada dua edisi terakhir Copa America terasa menyakitkan untuk La Pulga.

Pasalnya, Lionel Messi dan Timnas Argentina secara beruntun dikalahkan Cile pada partai final, dan takluk lewat adu penalti. Pada Copa America 2015, Argentina menyerah 1-4, sedangkan 2016 kalah 2-4 dari Cile.

Untuk itu, Messi ingin menuntaskan rasa penasaran di Copa America tahun ini. Pemain Timnas Argentina pun siap membantu Lionel Messi untuk mewujudkan hal tersebut.

"Saya lebih tertarik untuk memenangi gelar buat Leo (Lionel Messi) daripada untuk diri sendiri, karena dia sudah bermain sejak lama dan banyak menderita," ujar penyerang Tim Tango, Sergio Aguero.

Selain Lionel Messi, sejumlah pemain tenar di La Liga akan memperkuat negara masing-masing di Copa America 2019. Siapa saja mereka? Berikut ini ulasannya.

Daftar Pemain La Liga yang Tampil di Copa America

Reaksi Kapten Timnas Argentina, Lionel Messi pada laga 16 Besar Piala Dunia 2018, di Kazan Arena, Sabtu (30/6/2018) malam WIB. (AFP/Franck Fife)

Timnas Brasil: Casemiro, Eder Militao (Real Madrid), Filipe Luis (Atletico Madrid), Arthur, Philippe Coutinho (Barcelona)

Timnas Venezuela: Yangel Herrera, Juan Pablo Anor (Huesca), Roberto Rosales (Espanyol), Mikel Villanueva (Gimnastic), Darwin Machis (Cadiz).

Timnas Peru: Luis Advincula (Rayo Vallecano)

Timnas Argentina: Lionel Messi (Barcelona), Ramiro Funes Mori (Villarreal), Giovanni Lo Celso (Real Betis)

Timnas Kolombia: Santiago Arias (Atlatico Madrid)

Timnas Paraguay: Hernan Perez (Espanyol).

Timnas Uruguay: Jose Maria Gimenez, Diego Godin (Atletico Madrid), Luis Suarez (Barcelona), Cristhian Stuani (Girona), Fede Valverde (Real Madrid), Maxi Gomez (Celta Vigo)

Timnas Jepang: Gaku Shibasaki (Getafe)

Timnas Cile: Guillermo Maripan (Alaves), Arturo Vidal (Barcelona)

Sumber: La Liga

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

BNI Dukung Peningkatan Ekspor Seafood ke AS

Posted: 14 Jun 2019 08:52 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - PT Bank Negara Indonesia (Persero) Tbk (BNI) melalui Kantor Cabang Luar Negeri New York, Amerika Serikat (AS) memberikan dukungan fasilitas pembiayaan kepada Crystal Cove Seafood Corp. (Crystal Cove), perusahaan yang bergerak dalam bidang perdagangan seafood dari Amerika Serikat.

Perusahaan ini impor seafood dari Indonesia. Fasilitas pembiayaan yang akan disalurkan tersebut adalah sebesar USD 6,8 juta Pembiayaan itu digunakan untuk meningkatkan volume impor seafood dari Indonesia.

Penyaluran pembiayaan tersebut ditandai dengan penandatanganan fasilitas pinjaman antara BNI dan Crystal Cove di New York, Amerika Serikat, Jumat, 14 Juni 2019 waktu setempat, atau Sabtu Waktu Indonesia Barat (WIB).

Penandatanganan ini dihadiri oleh Direktur Tresuri dan Internasional BNI Rico Budidarmo, CEO Crystal Cove Mr. James Salierno, serta General Manager BNI New York Aidil Azhar.

Rico Budidarmo menyampaikan, pemberian fasilitas ini merupakan salah satu bentuk komitmen cabang Luar Negeri BNI untuk terus mencari dan membuka peluang kerja sama baru dengan entitas bisnis di luar negeri, termasuk di Amerika Serikat.

"Peluang kerja sama ini khususnya dilakukan BNI dengan perusahaan – perusahaan yang melakukan impor produk dari Indonesia serta merupakan bagian supply chain dari nasabah UMKM yang dibiayai oleh BNI," ujar dia, seperti dikutip dari keterangan tertulis, Sabtu (15/6/2019). 

BNI Jemput Gelar Prestisius ke Lisbon

BNI sebagai bank pertama di Asia yang meraih akreditasi prestisius dalam bidang learning dari EFMD. (Foto: Dok BNI)

Sebelumnya, PT Bank Negara Indonesia (Persero) Tbk (BNI) diundang ke Carcavelos, Lisbon, Portugal untuk menghadiri upacara Pengukuhan (inaugurasi) sebagai anggota penuh terbaru European Foundation for Management Development (EFMD).

Ini sekaligus menjadikan BNI sebagai bank pertama di Asia yang meraih akreditasi prestisius dalam bidang learning dari EFMD. 

Penghargaan bergengsi ini diraih BNI karena dinilai berhasil mengembangkan BNI Corporate University.

BNI dinilai sukses menunjukkan visi, misi, strategi, inovasi, dan konsistensi dalam praktik operasionalisasi pengembangan kompetensi pegawai BNI. Untuk itu EFMD memberikan akreditasi Corporate Learning Improvement Process (CLIP) kepada BNI. 

Penyerahan sertifikat Akreditasi CLIP tersebut dari EFMD kepada BNI dilaksanakan di Lisbon, Portugal, Kamis, 6 Juni 2019.

Acara tersebut menjadi bagian dari EFMD Annual Conference 2019 yang berlangsung sejak 5 Juni 2019. 

Sertifikat CLIP tersebut diserahkan oleh EFMD Associate Director Corporate Services Dr Martin Moehrle dan Director General & CEO of EFMD and EFMD Global Network Eric Cornuel kepada Komisaris Utama BNI Ari Kuncoro.

Hadir juga pada kesempatan tersebut Direktur Human Capital dan Kepatuhan BNI Endang Hidayatullah serta Komisaris BNI, Pataniari Siahaan. 

Endang Hidayatullah menuturkan, BNI sebagai salah satu BUMN terbesar di Indonesia dituntut untuk terus mengembangkan kompetensi pegawainya agar dapat selalu beradaptasi menghadapi perubahan bisnis yang semakin cepat.

Oleh karena itu manajemen BNI berkomitmen menjadikan BNI Corporate University sebagai lembaga pengembangan kompetensi pegawainya dengan standar kelas dunia.

Untuk menjadikan BNI Corporate University sebagai lembaga pendidikan berkelas dunia membutuhkan upaya sungguh-sungguh, karena terdapat 35 standar yang perlu dipenuhi secara komprehensif dan detail. BNI dalam hal ini dianggap telah melampaui 11 standar dari 35 standar yang dipersyaratkan.

 

Keunggulan BNI

Layanan BNI. Dok BNI

Beberapa hal yang menjadi keunggulan BNI Corporate University adalah keberhasilan menggeser pola pikir belajar dari Learning at the Learning Center menjadi Learner as the Center of Learning.

Artinya setiap pegawai BNI dapat belajar kapan saja, di mana saja, didukung teknologi digitalisasi yang memudahkan akses belajar tanpa harus datang ke pusat pembelajaran.

BNI Corporate University juga diakui oleh EFMD banyak menghasilkan terobosan-terobosan seperti program DEEP (Daily Employee Exercise Program), yang pegawai BNI melalui gawainya masing-masing hanya perlu menjawab satu pertanyaan setiap hari dengan jenis pertanyaan sesuai bidang pekerjaannya sehari-hari. 

Selain itu, BNI melakukan terobosan melalui demokratisasi pembelajaran, dimana BNI menyediakan anggaran pembelajaran individu yang populer disebut BLW (BNI Learning Wallet) yang dapat dimanfaatkan setiap pegawai untuk mendapatkan pembelajaran sesuai dengan kebutuhannya masing-masing.

Di era digital yang semakin merupakan keniscayaan ini, BNI menjawab tantangan belajar digital dengan membuat BNI Smarter (Sistem Pembelajaran Terintegrasi) yang merupakan One Stop Learning Platform.

Setiap pegawai dapat mengakses materi pembelajaran, menghubungi pakar, mencari pelatihan publik, melakukan coaching-mentoring, dan sebagainya melalui gawai masing-masing untuk meningkatkan kompetensinya.

 

Jadi Sarana Pembelajaran

Teller memberikan bunga mawar dan souvenir kepada nasabah di Kantor Cabang BNI Tebet, Jakarta (5/7). Kegiatan dalam rangka HUT ke 72 BNI mengusung tema BNITu Digital. (Merdeka.com/Arie Basuki)

Terkait terobosan-terobosan dalam bidang pembelajaran di atas, EFMD bahkan meminta izin kepada BNI untuk menjadikan filosofi baru Learner as the Center of Learning,DEEP, BLW, dan BNI Smarter sebagai case study yang dapat menjadi sarana pembelajaran bagi Corporate University lainnya di seluruh dunia.

EFMD Internasional Conference 2019 sendiri dihadiri oleh 576 peserta dari 60 negara. Peserta berasal dari berbagai lembaga pendidikan, asosiasi dan professional.

Ini untuk mengatasi tantangan dalam pengembangan manajemen dan bersama-sama untuk mengatasi masalah yang seputar isu-isu strategis dan best practise di bidang human resource, leadership, pengembangan manajemen dan pendidikan di dunia dengan narasumber ahli dari United Kingdom, Spain, Australia,USA, Prancis, Portugis dan Italia. Konsep program tahun ini adalah trust, partnership and impact. 

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

MK: Tidak Ada Ancaman Terhadap Hakim Konstitusi

Posted: 14 Jun 2019 08:51 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Kepala Bagian Humas dan Kerja Sama Dalam Negeri Mahkamah Konstitusi (MK) Fajar Laksono Soeroso membantah kabar yang menyebutkan adanya ancaman untuk hakim-hakim konstitusi.

"Intinya, sejauh ini tidak benar berita yang beredar perihal adanya ancaman-ancaman, terlebih lagi ditujukan kepada hakim konstitusi," ujar Fajar seperti dikutip dari Antara, Sabtu (15/6/2019).

Kabar tersebut dikatakan Fajar setelah Lembaga Perlindungan Saksi dan Korban merespons dinamika di dalam persidangan perkara sengketa Pilpres 2019 pada Jumat (14/6/2019) terkait perlunya perlindungan saksi dan ahli yang akan dihadirkan oleh pemohon dalam persidangan di MK.

Di dalam siaran pers, LPSK menyebutkan beberapa hal termasuk subjek hukum yang menjadi perlindungan LPSK, tanpa menyebut soal adanya ancaman terhadap hakim konstitusi.

"Hanya pada saat 'doorstop' dengan Ketua LPSK, ada wartawan yang bertanya dan menyinggung soal seandainya ada ancaman terhadap hakim konstitusi, bagaimana sikap LPSK," jelas Fajar.

Fajar kemudian mengatakan, Ketua LPSK merespons pertanyaan tersebut dengan menyatakan, sekiranya betul ada ancaman demikian maka LPSK tentu akan segera menindaklanjuti dan berkoordinasi dengan MK.

"Hal itulah yang kemudian berkembang menjadi rumor hingga munculnya pemberitaan dimaksud," ujar Fajar.

Dibantah LPSK

Ketua Umum Lembaga Perlindungan Saksi dan Korban (LPSK), Hasto Atmojo Suroyo mengklarifikasi soal isu ancaman terhadap hakim Mahkamah Konstitusi (MK). Dia mengatakan hal itu merupakan rumor belaka.

Kepastian ini didapat setelah LPSK berkomunikasi dengan MK.

"Kemarin setelah Sekjen LPSK (melakukan) komunikasi dengan Sekjen MK, kami dapat informasi, berita itu rumor yang berkembang di masyarakat saja," ungkap Hasto Atmojo Suroyo saat dihubungi Liputan6.com, Jakarta, Sabtu (15/6/2019).

Hasto menerangkan, rumor ancaman terhadap hakim MK itu mengemuka saat tanya jawab dengan pihak media.

"Tentang hakim itu muncul di tanya jawab, ternyata malah itu yang jadi ramai di pemberitaan," papar Hasto.

"Dalam rilis LPSK sebenarnya tidak meyebut itu, tapi perlindungan kepada saksi karena Pengacara 02 kemarin merasa perlu ada perlindungan saksi," lanjut Hasto.

 

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Gabung MU, Gareth Bale Langsung Jadi Starter

Posted: 14 Jun 2019 08:45 PM PDT

Liputan6.com, Manchester - Legenda Wales, Ian Rush, mendukung Gareth Bale kembali ke Liga Inggris musim depan. Ia percaya Manchester United (MU) adalah klub yang tepat untuk pemain 29 tahun itu.

Situasi Bale di Real Madrid kurang kondusif. Pelatih Zinedine Zidane menginginkan Bale hengkang, sementara sang pemain ngotot bertahan.

Muncul laporan bahwa Madrid akan melepas Bale musim depan dengan status pinjaman. Ada dua klub yang berminat yakni Tottenham Hotspur dan MU.

"Terlepas dari MU dan Tottenham, ke mana lagi Bale bisa pergi? Melihat MU musim lalu, saya pikir Bale akan langsung jadi starter di tim itu," kata Rush di Soccerway.

 

 

Prihatin

(AFP/Gabriel Bouys)

Rush mengaku prihatin dengan situasi Bale di Madrid.

"Ketika sebuah klub ingin menyingkirkan Anda dan Anda ingin bertahan, itu sangat sulit dan saya merasakannya karena seperti yang saya katakan sebelumnya, para pendukung Real Madrid seharusnya bertepuk tangan untuk Bale."

"Anda bisa naik ke panggung sekarang di mana manajer yang berbeda punya cara berbeda. Anda hanya berharap bahwa Bale kembali ke Liga Inggris karena semua orang ingin melihatnya bermain."

"Dia masih punya beberapa tahun lagi di level atas dan itu tergantung klub mana yang ingin merekrutnya," Rush mengakhiri.

Statistik Bale

Bale sendiri membela Madrid sejak 2013. Ia telah mencatatkan 231 pertandingan dan mencetak 102 gol.

Pemain 29 tahun itu juga menyumbangkan empat gelar Liga Champions, tiga Piala Super Eropa, tiga Piala Dunia Antarklub, satu trofi La Liga, satu Copa del Rey, dan satu Piala Super Spanyol.

Saksikan video pilihan di bawah ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Shandy Aulia Hamil Setelah 7 Tahun Menikah, Begini Lika-Liku Perjuangannya

Posted: 14 Jun 2019 08:36 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Kabar gembira datang dari artis tanah air. Kebahagiaan tengah menyelimuti pasangan Shandy Aulia dan David Herbowo. Shandy hamil anak pertama setelah keduanya menikah lebih kurang 7,5 tahun pada 12 desember 2011.

Melalui sebuah video berdurasi lebih kurang 1 menit yang diunggah pada Jumat, 14 Juni 2019 itu, wanita kelahiran 23 Juni 1987 itu menunjukkan hasil testpack bergaris biru 2 alias positif untuk sang suami di pagi hari. Raut haru dan bahagia pun langsung tergambar jelas dalam wajah keduanya.

Kabar ini tentunya menjadi kabar yang begitu dinantikan, lantaran beberapa waktu lalu Shandy Aulia mengaku harus melakukan usaha ekstra untuk mendapatkan momongan. 

Pernikahannya dengan David Herbowo harus sedikit lebih bersabar untuk mendapatkan momongan. Selama itu pula, banyak komentar tak sedap berseliweran di media sosial Shandy Aulia. Kebanyakan menganggap dirinya sulit mendapatkan momongan. Melihat komentar terkait hal itu, Shandy Aulia pun menanggapinya dengan santai. 

Perkara momongan, Shandy Aulia memang menyerahkan sepenuhnya kepada Tuhan.  Kendati demikian, Bintang film 'Eiffel...I'm in Love' ini pun pernah memeriksakan keadaan dirinya dan suami, hasilnya mereka dalam kondisi sehat. Penasaran seperti apa perjuangan Shandy Aulia demi memiliki momongan? Berikut kisahnya yang Liputan6.com rangkum dari berbagai sumber, Sabtu 915/5/2019).

 

 

Perjuangan Shandy Aulia Demi Miliki Momongan

Preskon Ninja Xpress (Nurwahyunan/Fimela.com)

Sebelum akhirnya hamil anak pertama, aktris cantik berusia 31 tahun ini menjalani serangkaian usaha panjang.

"Komentar pada bilang susah punya anak, itu mind set saja sih. Setiap orang pandangannya beda-beda, dari segi kedokteran saya periksa enggak ada masalah," ujar Shandy Aulia ditemui di kawasan Menteng, Jakarta Pusat, Senin (9/4/2018).

Shandy Aulia juga mengaku lebih rajin berolah raga untuk memperlancar program mendapatkan momongan yang ia lakoni. Hal tersebut dilakukan Shandy untuk menguatkan kondisi fisiknya serta kondisi kandungannya nanti.

Tahun 2018 lalu Shandy Aulia menjalankan program untuk mendapatkan momongan setelah mengerjakan proyek filmnya selesai. Selain itu Shandy dan suaminya pun rela untuk pindah ke rumah baru agar program momongannya dapat berjalan dengan baik. 

Walaupun begitu tak dipungkiri jika Shandy selalu mendapatkan pertanyaan "kapan hamil?". Pertanyaan itu pun dijawab Shandy dengan santai yang sempat ia bagikan di akun Instagramnya. 

"Memang kami belum punya anak. masih menunggu waktuNya Tuhan. Tetap berusaha dan berdoa'," dikutip dari akun Instagram pribadinya @shandyaulia oleh Liputan6.com, Sabtu (15/6/2019). 

Bagikan Kabar Gembiranya di Instagram

Shandy Aulia dan David Herbowo

Pada tanggal 14 Juni 2019 kemarin, Shandy Aulia membagikan sebuah video di akun Instagram pribadinya @shandyaulia. Dalam postingannya ternyata ia membagikan kabar gembira bahwa ia positif hamil anak pertamanya. 

"5 Juni 2019. Hari Positif Kita! Nggak sabar buat membagikan kebahagiaan kita pada kalian semua," tulis Shandy dalam Bahasa Inggris pada caption video postingannya.

Video yang berdurasi satu menit tersebut menampilkan sebuah tes kehamilan yang terlihat garis 2 biru yang berarti positif hamil. Shandy dan suami tak sabar untuk merasakan pengalaman baru sebagai orang tua yang telah lama diidamkan. 

"Nggak sabar melihat bayiku tumbuh dan menjadi lebih kuat dalam perutku. Kita benar-benar bahagia dan excited menantikan perjalanan baru untuk menjadi orangtua," pungkas Shandy.

View this post on Instagram

5th of June 2019 Our Positive Day! ❤️😍 Can't wait to share our happiness to all of you. It's been a long journey for us within this seven and a half years of waiting , however it is God's time and not of ours. We thank God for a wonderful gift and to give us trust to have an addition to our little family, a little angel of our own. ❤️ Can't wait to see my baby growing and getting strong in my tummy 😍 We are overjoy and exited for a new journey to become parents.❤️ ❤️ Also special thanks to @valentinogarry for sparing his time to make the sweetest video for us to celebrate our memorable moment. Can't believe time flies since seven and a half years ago, precisely in December 2011 in Bali when he himself was involved in the shooting of our weeding ceremony and now here he is again to shoot for us another joyful and precious moment. We thank you @valentinogarry for sparing your busy schedule with us David and I really appreciate it. God bless you and family ❤️🙏🏻 ❤️ #Sensitif #SensitifMoment #SensitifDigital #commercial

A post shared by Shandy Aulia (@shandyaulia) on

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Skuat Kegemukan, Real Madrid Akan Cuci Gudang

Posted: 14 Jun 2019 08:35 PM PDT

Liputan6.com, Madrid - Real Madrid kini menuai dampak dari agresifnya pada bursa transfer musim panas 2019. Skuat Los Blancos menjadi sangat gemuk.

Ada lima pemain baru yang akan menjadi bagian dari skuat Real Madrid di musim 2019-20. Rodrygo Goes dan Eder Militao jadi pembelian awal yang dilakukan raksasa Spanyol itu.

Setelah itu, menyusul Luka Jovic dan Eden Hazard. Keduanya sudah diperkenalkan sebagai pemain baru di Santiago Bernabeu. Satu lagi pemain yang resmi jadi milik Real Madrid adalah Ferland Mendy, namun dia belum dikenalkan secara resmi.

Dengan tambahan lima pemain tersebut, maka Real Madrid kini memiliki 37 pemain di tim utama. Jumlah ini sudah termasuk dengan pemain utama yang sedang menjalani masa peminjaman seperti James Rodriguez.

Selain James, Real Madrid juga meminjamkan Raul de Tomas, Borja Mayoral, Marti Odegaard, hingga Theo Hernandez di musim 2018/19 yang lalu.

 

Terlalu Banyak

Keylor Navas masuk dalam daftar juaral Real Madrid. (AFP/Gabriel Bouys)

Dalam sebuah tim, idealnya tim utama berisi 28 sampai 30 pemain untuk satu musim kompetisi. Jika merujuk pada kondisi tersebut, maka jumlah pemain yang dimiliki Real Madrid terlalu banyak. Apalagi jika masih menambah pemain baru lagi.

Lantas, siapa yang akan terdepak agar Real Madrid memiliki kuantitas skuad yang ideal? Mengutip dari Marca, paling tidak ada 10 pemain yang besar kemungkinan akan dilepas oleh Real Madrid di bursa transfer.

10 pemain tersebut termasuk nama besar seperti Gareth Bale, Keylor Navas, James Rodriguez hingga Dani Ceballos. Selain itu, ada juga Theo Hernandez, Sergio Reguilon, Marcos Llorente, Martin Odegaard, Mateo Kovacic, Raul de Tomas dan Borja Mayoral.

 

Tujuh Pemain Belum Pasti

Selain 10 nama pemain di atas, masih ada tujuh pemain yang belum jelas masa depannya di Real Madrid. Mereka bisa saja terdepak dari tim utama dan Real Madrid akan mempromosikan pemain dari tim Castilla sebagai gantinya.

Namun, peluang mereka untuk bertahan juga sangat besar. Setidaknya, ada tujuh pemain yang belum bisa dipastikan apakah masih ada dalam rencana klub atau tidak. Isco dan Lucas Vaszquez masuk dalam pemain pada kategori ini.

Selain itu, ada jugan nama Andriy Lunin, Luca Zidane, Jesus Vallejo, Brahim Diaz dan Mariano Diaz.

Marcelo juga sempat masuk dalam daftar pemain yang nasibnya tidak jelas. Tapi, bek asal Brasil tersebut diyakini bakal tetap dipertahankan oleh Real Madrid. Sebab, dia adalah pemain senior dengan pengaruh yang besar bagi tim.

Sumber: Bola.net

Saksikan video pilihan berikut ini:

 

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Van Dijk Masih Lapar Gelar Bersama Liverpool

Posted: 14 Jun 2019 08:30 PM PDT

Liputan6.com, Liverpool - Bek Liverpool, Virgil van Dijk, mengaku sangat bahagia dengan musim indah yang ia lalui bersama The Reds. Meski demikian, hal ini belum membuat pemain asal Belanda itu puas.

Van Dijk mengantar Liverpool juara Liga Champions musim lalu. Pemain 27 tahun itu juga membawa The Reds jadi runner up Liga Inggris.

Berkat prestasi tersebut, Van Dijk terpilih jadi pemain terbaik Liga Inggris. Ia pun sangat bangga dengan pencapain Liverpool dan dirinya.

"Saya punya beberapa hari untuk merenung sekarang di akhir musim yang sulit dipercaya. Kami mencapai hal-hal hebat musim ini di Liverpool sebagai sebuah tim dan saya merasa bangga menjadi bagian dari klub yang luar biasa dengan kelompok pemain ini," kata Van Dijk di akun instagram miliknya.

"Menjadi juara Eropa bersama Liverpool adalah mimpi yang menjadi kenyataan! Kami semua sekarang lapar akan kesuksesan yang lebih dan akan terus memberikan semua yang kami bisa untuk mencapai itu."

 

 

Bersama Belanda

(AFP/Gabriel Bouys)

Selain Liverpool, Van Dijk juga terhitung sukses bersama Belanda. Ia membawa negaranya jadi runner up UEFA Nations League.

"Saya juga bersemangat tentang masa depan dengan tim nasional dan kami akan membangun di atas tahun menjanjikan yang baru saja kami alami. Terima kasih atas semua dukungan Anda selama beberapa bulan terakhir dan saya akan bertemu Anda setelah liburan, untuk siap dan mulai lagi!" Van Dijk mengakhiri.

Jadwal Liverpool

Liverpool akan memulai pramusim mereka dengan menantang Tranmere Rovers pada 7 Juli.

Sementara musim resmi dimulai dengan menghadapi Manchester City di Community Shield pada 4 Agustus, sebelum menantang Norwich pada laga perdana Liga Inggris pada 9 Agustus.

Saksikan video pilihan di bawah ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Muncul Teori Baru Soal Thanos di Avengers: Endgame

Posted: 14 Jun 2019 08:30 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Penayangan Avengers: Endgame memang telah usai di bioskop. Namun kumpulan superhero Marvel ini tetap menjadi topik yang menarik untuk dibahas para penggemarnya hingga kini.

Baru-baru ini, muncul sebuah teori penggemar yang berhubungan dengan Thanos. Pengenalan multiverse di trailer Spider-Man: Far From Home, serta perjalanan waktu di film Avengers: Endgame, memunculkan banyak teori tentang kedatangan Thanos di Bumi.

Dilansir dari Comicbook.com, kedatangan Thanos ketika menyerang Bumi diduga berasal dari garis waktu yang lain. Salah satu teori tersebut mengatakan bahwa dalam Avengers: Endgame, Thanos adalah titan yang mampu bepergian melewati ruang dan waktu dengan quantum realm.

Hal itu juga dibenarkan oleh ahli teori kuantum. Sang ahli mengatakan bahwa sangat memungkinkan Thanos melakukan perjalanan waktu dari satu titik ke titik yang lain. Hingga akhirnya ia muncul di depan markas Avengers di Bumi.

Lebih Haus Darah

Thanos dalam Avengers: Endgame. (Marvel Studios)

Ada beberapa bukti yang mampu mendukung pernyataan tersebut. Dalam Avengers: Endgame, digambarkan bahwa Thanos muda lebih haus darah dari Thanos tua. Thanos tua lebih pasrah dan tenang saja ketika dipenggal kepalanya.

Dalam hal ini, ahli teori juga mengatakan bahwa Thanos tua kemungkinan sudah pernah melihat masa depan di mana ia pernah menang.

Mengetahui ia akan menang di masa depan, Thanos tua pasrah ketika Thanos versi garis waktu lain yang dilihatnya dipenggal kepalanya oleh Thor.

Selain adanya perubahan sikap dari dua versi Thanos di film Avengers, ada fakta lain di dalamnya. Ahli teori tersebut juga membeberkan fakta bahwa rencana Thanos tua untuk menaklukkan alam semesta berakhir tidak sesuai rencana.

Perjalanan Waktu

Thanos dalam Avengers: Endgame. (Marvel Studios)

Dari rencana gagalnya ini, Thanos tua akhirnya memulai ekspedisi kembali. Menggunakan perjalanan waktu, ia pergi ke garis waktu alternatif lain dan mengubah rencananya.

Dan rencana itu adalah mengubah dan menyeimbangkan alam semesta dengan menghilangkan setengah penghuni alam semesta.

Bukti lain yang memungkinkan adanya perjalanan waktu oleh Thanos adalah percakapannya dengan Tony Stark di Planet Titan dalam film Avengers: Infinity War. "Tony Stark, bukan hanya kau saja yang dikutuk dengan ilmu pengetahuan."

Dari percakapan singkat Thanos dengan Tony Stark tersebut, muncullah banyak spekulasi. Ada kemungkinan Thanos tua sudah pernah bertemu dengan Tony Stark sebelumnya, entah di masa depan atau di garis waktu yang lain. (Dhimas Nugraha/Kapanlagi.com)

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Santai Sejenak, Jokowi dan Jan Ethes Bermain Bola di Pantai Sanur

Posted: 14 Jun 2019 08:27 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Presiden Joko Widodo (Jokowi) saat ini tengah mengunjungi Bali. Di sela-sela rutinitasnya, Jokowi menyempatkan diri untuk bersantai dan bermain bola bersama sang cucu, Jan Ethes di Pantai Sanur, Bali.

Jokowi yang masih menggenakan baju kerjanya, kemeja putih lengan panjang dan celana hitam lengkap dengan lencana merah putih tampak asik menghalangi bola yang ditendang Jan Ethes.

Sementara putra sulung Gibran Raka Bumingraka dan Selvi Ananda itu tampak imut dengan kaus oranye dan celana tanggung hitam. Jan Ethes juga asik menendang bola tanpa alas kaki di pasir pantai.

Momen ini diunggah Jokowi dalam akun instagramnya. "Bermain bola dengan Jan Ethes di atas hamparan pasir Pantai Sanur, Bali," tulis Jokowi dalam keterangannya.

Setelah bermain bola, Jokowi dijadwalkan membuka Pawai Kesenian Bali.

 

 
 
 
View this post on Instagram

Bermain bola dengan Jan Ethes di atas hamparan pasir Pantai Sanur, Bali.

A post shared by Joko Widodo (@jokowi) on

Saksikan video pilihan berikut ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Kemenpora Apresiasi Semangat Pelajar Jateng yang Ikut Seleksi Jadi Atlet

Posted: 14 Jun 2019 08:24 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Dalam rangka menjaring atlet-atlet pelajar di propinsi Jawa Tengah. Balai Pusat Pendidikan dan Latihan Olahraga Pelajar (BPPLOP) Jawa Tengah melaksanakan seleksi penerimaan siswa baru pada tanggal 11-14 Juni 2019 di Komplek Olahraga Jatidiri Semarang untuk cabor Bola Voli, atletik, Renang, Bola Voli Pasir, Bola Basket, Pencak Silat, Panjat Tebing, Panahan, Sepakbola, Tinju, Anggar, Taekwondo, Sepaktakraw, Karate, Gulat,Wushu, Sepatu Roda, Dayung dan Difabel Atletik.

Seleksi ini dilakukan guna menggantikan atlet/siswa yang telah lulus ataupun yang terkena degradasi. Jumlah pendaftar online sejumlah 594 orang, lolos administrasi sejumlah 350 orang dan mereka berhak mengikuti test ketrampilan.

Dari hasil test keterampilan tersebut terpilih 115 orang untuk mengikuti test kesehatan, test psikologi dan test fisik untuk memperebutkan kuota sejumlah 78.

Semangat para calon atlet pelajar ini sangat luar biasa, apalagi mereka mendapatkan arahan dan suntikan motivasi dari Kabid PPLP, Asdep Pengelolaan Pembinaan Sentra dan SKO Dr. Surono, M.Pd. yang notabene adalah mantan atlet Jawa Tengah dan pernah di "gembleng" di komplek GOR Jatidiri Semarang dan juga Legenda Bulutangkis Indonesia, Luluk Hadiyanto yang berasal dari Kabupaten Blora, sebuah Kabupaten yang terletak di ujung timur provinsi Jawa Tengah.

Dari kegiatan ini, Kabid PPLP juga berharap akan lahir atlet pelajar tingkat dunia dari Jawa Tengah yang dapat diandalkan di kancah dunia.

 

(*)

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

7 Potret Jadul Raisa Ini Bukti Ia Cantik Sejak Kecil, Bikin Gemas

Posted: 14 Jun 2019 08:20 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Beberapa waktu lalu, penyanyi sekaligus istri dari Hamish Daud, Raisa berulang tahun. Tepatnya pada Kamis (6/6/2019), usianya genap menginjak 29 tahun.  Melalui akun Instagram pribadinya, Raisa mengucapkan rasa terima kasihnya kepada para penggemar yang telah merayakan hari spesialnya itu.

Bak kado untuk penggemar, Raisa membagikan foto selfie-nya yang hampir close-up. Tampak jelas kecantikan pelantun lagu hits 'LDR' meski dengan makeup natural. Sudah menjadi rahasia umum bahwa Raisa memang dikenal sebagai sosok yang cantiknya menyihir.

Bukan menjadi hal aneh jika perempuan bernama lengkap Raisa Andriana itu banyak digandrungi penggemar. Sosoknya yang cantik memesona rupanya telah terlihat sejak dirinya masih kecil. Terbukti dari beberapa foto jadul Raisa yang dijamin bikin orang mengangguk-angguk.

Lantas, seperti apa sih foto masa kecil Raisa? Selengkapnya, simak 7 potretnya yang telah dihimpun Liputan6.com dari berbagai sumber, Sabtu (15/6/2019).

1. Foto masa kecil Raisa sangat menggemaskan, bukan?

Potret masa kecil Raisa (Sumber: Instagram/riaallan2388)

2. Rupanya kecantikan Raisa diwariskan langsung oleh mamanya.

Potret masa kecil Raisa (Sumber: Instagram/raisa6690)

3. Dari kecil hingga dewasa, wajah Raisa memang tak pernah berubah.

Potret masa kecil Raisa (Sumber: Instagram/riaallan2388)

4. Ternyata Raisa sempat menggunakan poni, lho.

Potret masa kecil Raisa (Sumber: Instagram/riaallan2388)

5. Raisa juga akrab dengan sang kakak sejak dirinya masih kecil.

Potret masa kecil Raisa (Sumber: Instagram/riaallan2388)

6. Meski enggak tersenyum, Raisa tetap terlihat cantik.

Potret masa kecil Raisa (Sumber: Instagram/riaallan2388)

7. Flashback lebih jauh, Raisa saat batita ini imut abis.

Potret masa kecil Raisa (Sumber: Instagram/riaallan2388)

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Lakukan 5 Hal Ini Sebelum Berkendara ke Kota Asal

Posted: 14 Jun 2019 08:20 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Libur Lebaran 2019 sudah usai, kini saatnya mudik kembali ke kota asal. Pengendara wajib berperilaku dengan baik dan mematuhi aturan agar sesama pengguna jalan dapat merasakan berkendara secara aman, nyaman dan yang pasti selamat sampai tujuan.

Meski begitu, seperti dilansir situs Chevrolet, kecenderungan masyarakat modern dengan mobilitasnya yang tinggi, kian meningkatkan intensitas mereka dalam mengendarai mobil.

Bahkan berbagai risiko kecelakaan bisa mengancam kapan saja dan membutuhkan kewaspadaan tinggi dari pengendaranya.

Agar terhindar dari berbagai masalah yang merepotkan, berikut tipsnya:

1. Periksa Kondisi Kendaraan Sebelum Berkendara

Pastikan mobil tidak akan mengalami masalah di jalan dengan mengecek air radiator dan tekanan udara di dalam ban.

Untuk air radiator, pastikan menggunakan radiator coolant yang sesuai dengan jenis mobil, iklim berkendara dan terisi dengan jumlah yang optimal. Seiring pemakaian, isi coolant akan berkurang sehingga diperlukan pengecekan dan pengisian kembali secara berkala. Tambahkan coolant melalui tangki reservior, jangan melalui tangki radiator.

Sesuaikan standar pengisian udara ban dengan buku manual mobil untuk memastikan tekanan udara yang cocok, karena akan berpengaruh terhadap efisiensi bahan bakar hingga tiga persen. Cara ini sekaligus sangat berguna untuk mencegah ban berisiko meletus di jalan.

Tekanan udara dalam ban pada umumnya memiliki perbedaan sekitar 2-3 psi antara ban depan dan belakang, tergantung tipe penggeraknya. Jika mobil Anda memakai penggerak roda depan (FWD), maka tekanan ban depan semestinya lebih kuat.

Sedangkan apabila mobil ermasuk berpenggerak roda belakang (RWD), berarti tekanan udara ban belakang harus lebih besar. Informasi tekanan ban ideal dapat ditemukan di buku manual dan dapat dilihat di tulang pintu pengemudi atau penumpang depan.

 

2. Mengemudi Secara Fokus dan Waspada

Mengemudi mobil memiliki kesamaan dengan multitasking yang menuntut pengendaranya untuk mengatur berbagai situasi dalam satu waktu. Oleh karena itu, setiap pengendara harus selalu fokus dan menghindari segala distraksi yang mengganggu konsentrasi.

Jauhkan smartphone dari tangan agar tidak tergoda untuk memainkannya. Koneksikan smartphone dengan fitur MyLink dalam mobil sehingga bisa membalas panggilan telpon hanya dengan menekan tombol pada kemudi.

Fitur seperti ini akan membantu pengemudi untuk selalu fokus dengan jalan dan fitur entertainment juga bisa dilakukan lewat kemudi. Mendengarkan lagu saat mengemudi terutama musik-musik klasik atau pop sangat membantu mendamaikan pikiran, sehingga memicu pola mengemudi yang lebih tenang.

3. Perhatikan Jarak Aman dengan Mobil di Depan

Selain memperkirakan jarak antara mobil yang dikemudikan dengan kendaraan di depan, Anda juga bisa menggunakan metode hitungan '3-detik'.

Caranya, proyeksikan jarak antara posisi Anda dengan mobil di depan dan menghitungnya hingga tiga detik. Dengan demikian secara otomotis, akan sedikit mundur dan mengikuti laju kendaraan di depan dengan jarak yang cukup ideal untuk menanggulangi hard-braking, karena umumnya dibutuhkan dua detik untuk menghentikan laju kendaraan secara total.

 

 

4. Hati-Hati dengan Bebatuan Tajam

Berhati-hatilah dan usahakan untuk menghindari jalanan berbatu tajam karena akan sangat berpengaruh terhadap kondisi ban mobil.

Jika memang terpaksa, Anda bisa mengurangi kecepatan dan pastikan ban menapak sempurna pada permukaan batu sehingga tidak merusak dinding karet.

Ban yang terlalu sering menghantam benda tajam sangat rentan mengalami kebocoran. Dalam keadaan darurat, Anda harus siap mengganti ban yang bocor dengan ban serep.

Ban subtitusi tersebut biasanya dibuat dengan ukuran yang memang lebih kecil dibandingkan dengan ban utama sehingga akan mempermudah penggantian terutama bagi pengemudi wanita.

Jangan lupakan juga bahwa ban subtitusi hanya diperuntukkan saat darurat saja. Jadi, segeralah mencari tire repair shop terdekat untuk menambal ban yang bocor dan mengembalikannya ke posisi semula. Selanjutnya, simpan ban subtitusi untuk mengantisipasi kemungkinan terburuk yang mungkin saja terjadi.

5. Manfaatkan Momentum Berkendara yang Efisien

Anda pasti ingin  berkendara nyaman dan efisien saat sedang bepergian jauh kan? Maka bisa menerapkan metode tekan dan lepas pedal gas secara halus ketika memulai laju dan sebelum berhenti.

Cobalah untuk menahan pedal gas pada kecepatan konstan untuk menyempurnakan semburan bahan bakar ke ruang pengabutan. Dengan cara ini konsumsi bahan bakar akan semakin efisien dan berkendara pun akan semakin nyaman.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Winger Baru MU Siap Kerja Keras di Bawah Asuhan Solskjaer

Posted: 14 Jun 2019 08:15 PM PDT

Liputan6.com, Manchester - Winger baru Manchester United (MU), Daniel James siap bekerja keras di bawah asuhan Ole Gunnar Solskjaer. Dia ingin merebut posisi tim inti dan bersaing dengan Anthony Martial, Jesse Lingard, Juan Mata, hingga Alexis Sanchez.

"Saya sudah bicara dengan Solskjaer sejak saya tiba di sini. Saya pikir ambisi yang mereka terapkan saat ini adalah mendapatkan pemain yang lapar dan siap bekerja keras," kata James, di situs resmi klub.

Daniel James merupakan pemain pertama yang didatangkan MU pada bursa transfer musim panas ini. Setan Merah, julukan MU, hanya mengeluarkan kocek sebesar 15 juta pound sterling atau setara dengan Rp 270 miliar untuk meminang pemain berusia 21 tahun tersebut dari Swansea City.

Pemain Timnas Wales itu mengatakan, dirinya tidak akan mengecewakan Solskjaer. James ingin tampil habis-habisan bersama Setan Merah, meski berstatus sebagai pemain baru.

"Saya percaya kalau saya adalah satu dari pemain yang mereka cari. Saya mau bekerja keras. Ini adalah tantangan yang saya tunggu," ucap winger baru MU tersebut.

Masih Tidak Percaya

Rekrutan anyar Manchester United (MU) Daniel James. (Dok MU)

Hingga saat ini, James mengatakan, dirinya masih tidak percaya sudah bergabung dengan MU. Bahkan, dia sudah tidak sabar menghadapi lawan-lawan tangguh Setan Merah di musim depan.

"Yang pasti, setiap pertandingan akan sulit. Saya tidak percaya akan bermain melawan tim-tim seperti Chelsea, City, dan Liverpool," ujar James.

Namun, James tidak menyebut lawan yang ingin dihadapinya pada musim depan. "Tidak. Saya sudah merasakan sedikit ketika bermain pada Piala FA lalu ketika saya bermain melawan beberapa pemain kelas dunia. Saya belum berada di level yang sama seperti mereka, tetapi itulah yang saya nantikan."

 

Gaji Daniel James

Seperti dilansir The Daily Mail, James sendiri mendapatkan keuntungan besar dengan bergabung dengan MU. Ia dikabarkan mendapatkan kenaikan gaji yang sangat besar di Old Trafford.

Usai sepakat pindah ke Old Trafford, James mendapatkan kenaikan gaji yang sangat signifikan. Ia disebut mendapatkan gaji sebesar 67 ribu pounds per pekan di Old Trafford.

Angka itu nyaris 17 kali lipat gaji yang ia terima di Swansea. Untuk itu tidak heran sang pemain benar-benar antusias pindah ke MU.

Saksikan video pilihan di bawah ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Kemenkumham: Setya Novanto Sempat Dirawat di RS Sebelum Pelesiran ke Padalarang

Posted: 14 Jun 2019 08:14 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Kepala Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan HAM Jawa Barat, Liberti Sitinjak mengatakan, sebelum pelesiran, terpidana kasus korupsi e-KTP, Setya Novanto sempat dirawat di rumah sakit selama tiga hari.

"Berawal tanggal 12 Juni 2019, yang bersangkutan ini dirawat di rumah sakit. Seharusnya hari ini itu dia pulang," kata Liberty di Bandung, Jumat (14/6/2019).

Diketahui, Setnov menjalani perawatan medis di Rumah Sakit Santosa. Menurut Liberti, mantan ketua DPR itu mengeluhkan sakit jantung dan bahu sebelah kiri.

"Saya selaku Kakanwil sudah mengunjungi ke rumah sakit saat itu dan benar di sana dia sedang dilakukan infus," katanya.

Setnov yang seharusnya kembali ke Lapas Sukamiskin pada Jumat siang justru dikabarkan pelesiran ke sebuah toko bangunan di kawasan Padalarang.

"Tadi saya mendapat laporan dari Kalapas, fotonya sudah beredar di media sosial," ujar Liberti.

Untuk itu, pihaknya melakukan pemeriksaan terhadap pengawal Setnov.

"Dan sebagai Kakanwil, Setya Novanto saya pindah ke Lapas Gunung Sindur," ujarnya.

Berdasarkan informasi yang dihimpun, Setya Novanto pergi ke sebuah tempat penjualan bahan bangunan di kawasan Padalarang pada Jumat (14/6/2019) siang. Dalam foto yang beredar di media nasional, Setnov tampak mengenakan kemeja lengan pendek, kepalanya memakai topi hitam dan wajahnya ditutup masker.

Dalam foto itu, Novanto tampak berbincang dengan seorang wanita berjilbab yang tengah menenteng tas berwarna merah.

Dipindah ke Lapas Gunung Sindur

Pada Jumat malam, Setnov dipindah dari Lapas Klas I Sukamiskin ke Lapas Gunung Sindur, sekitar pukul 22.30 WIB.

Disinggung apa alasan Setnov pelesiran, Liberti mengaku hal itu masih dalam proses pemeriksaan.

"Ini masih di lakukan BAP, tapi untuk sementara saya ambil dulu keputusan memindahkan yang bersangkutan," katanya.

Liberti menambahkan, meskipun Setnov kini sudah dipindah ke Gunung Sindur, proses pemeriksaan terhadap koruptor proyek E-KTP itu akan tetap berjalan. Petugas nantinya bisa mendatangi Setnov ke Gunung Sindur.

"BAP bisa dilakukan di Gunung Sindur. Pemeriksaan sudah kita lakukan. Namun belum dipastikan bisa selesai, harapan saya paling Selasa atau Rabu bisa selesai agar kita tahu benang merahnya di mana," ujarnya.

Saksikan video pilihan berikut ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

VIDEO: Jalur Rinjani Dibuka Kembali, Ini Syarat Izin Mendaki

Posted: 14 Jun 2019 08:13 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Pendakian Gunung Rinjani sempat ditutup karena gempa Lombok. Namun pada Jumat (14/6) jalur telah resmi dibuka kembali.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Sering Disepelekan, Ini 5 Manfaat Menakjubkan Buah Kersen untuk Kesehatan

Posted: 14 Jun 2019 08:10 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Buah kersen atau talok ini sering disebut sebagai buah ceri versi Indonesia. Buah kersen berukuran kecil dan berwarna merah cerah apabila sudah matang. Buah ini memiliki citarasa manis.

Buah kersen sangat mudah ditemukan di Indonesia karena pohonnya gampang tumbuh di mana saja. Bahkan tak butuh bibit untuk bisa menemukannya tumbuh di suatu tempat. Karena gampang ditemukan di pinggir jalan, buah ini pun disepelekan.

Namun, siapa sangka ternyata kalau buah kecil  ini memiliki segudang manfaat menakjubkan untuk kesehatan tubuh. Mungkin kamu tidak percaya dengan segudang manfaat buah kersen untuk kesehatan ini.

Oleh karena itu, berikut ini Liputan6.com telah merangkum dari berbagai sumber beberapa manfaat buah kersen untuk kesehatan tubuh, Sabtu (15/6/2019).

Sumber Antioksidan

Antioksidan

Tubuh mengalami yang namanya proses oksidasi dan melepaskan radikal bebas. Jika hal ini dibiarkan begitu saja, maka radikal bebas dapat menyebabkan kerusakan sel dalam tubuh. Oleh karena itu, tubuh kerap membutuhkan antioksidan untuk menangkal radikal bebas yang menyerang tubuh.

Nah, kamu kamu bisa mengonsumsi buah kersen sebagai salah satu sumber antioksidan. Pasalnya, buah kersen ini memiliki kandungan antioksidan yang tinggi, sehingga dapat menjadi sumber antioksidan bagi tubuh. Pada buah kersen memiliki kurang lebih 24 senywa flavonoid dan fenonil di dalamnya. Hal inilah yang menandakan kalau buah kersen merupakan buah yang kaya akan antioksidan.

Menjaga Kesehatan Jantung

Ilustrasi Kesehatan Jantung

Pada daun dan buah kersen memiliki manfaat untuk menjaga kesehatan jantung. Buah kersen ini memiliki kemampuan untuk melancarkan aliran darah yang merupakan salah satu kriteria jantung yang sehat. Nah, jika aliran darah menuju jantung kamu tidak lancar, maka jantung akan berpotensi mengalami kerusakan.

Oleh karena itu, cobalah untuk mengonsumsi buah kersen dan daunnya untuk membantu menjaga kesehatan jantung dan terhindar dari berbagai penyakit kardiovaskular.

Mengurangi Rasa Sakit Asam Urat

ilustrasi asam urat (iStockphoto)

Manfaat buah kersen lainnya adalah bisa mengurangi rasa sakit akibat asam urat. Ya, penderita asam urat kerap merasakan rasa nyeri yang hebat. Nah, untuk mengurangi rasa sakit ini, kamu bisa mengonsumsi secara rutin buah kersen.

Tidak hanya buah kersennya saja, daunnya juga bisa kamu gunakan untuk meredakan nyerinya. Caranya, rebus daun kersen dengan air selama beberapa menit. Kemudian dinginkan dan sari airnya. Setelah itu minum air tersebut secara rutin setiap hari. Niscaya asam urat dapat kembali normal.

Anti-tumor

Tumor (Foto: YouTube.com)

Tidak hanya buah kersen, ternyata daun kersen juga memiliki efek anti-tumor. Perpaduan daun dan buah kersen ini ternyata mempunyai sifat anti-tumor yang bisa menghambat pertumbuhan sel kanker di dalam tubuh. Hal ini dikarenakan, adanya kandungan antioksidan di dalam buah kersen yang berguna untuk meningkatkan imunitas tubuh yang dapat melawan radikal bebas penyebab kanker dan tumor.

Antioksidan ini berasal dari vitamin A, vitamin C, dan betakaroten di dalamnya. Sedangkan kandungan flavonoid yang dimiliki oleh daun kersen dikethaui dapat menghambat pertumbuhan sel kanker. Jika mengonsumsinya secara teratur, maka sangat efektif untuk menghambat pertumbuhan sel kanker di dalam tubuh.

Mengontrol Gula Darah

Kadar Gula Darah / Sumber: iStockphoto

Buah kersen memiliki rasa yang manis. Tetapi buah ini sangat aman dikonsumsi bagi penderita diabetes, bahkan dipercaya dapat mengontrol kadar gula darah. Pada sebuah penelitian juga sudah menemukan dan menjelaskan bahwa terdapat penurunan kadar gula darah yang cukup signifikan setelah mengonsumsi ekstrak buah kersen.

Hal ini membuktikan bahwa buah kersen memiliki kemampuan untuk mengontrol gula darah, sehingga baik dikonsumsi oleh penderita diabetes. Buah kersen juga dapat membantu menstabilkan gula darah atau bahkan menurunkan dosis injeksi insulin.

 

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Prediksi Timnas Indonesia Vs Vanuatu: Momentum Menang di Laga Kandang

Posted: 14 Jun 2019 08:10 PM PDT

Jakarta Timnas Indonesia melakoni uji coba kedua melawan  Vanuatu di Stadion Utama Gelora Bung Karno (SUGBK), Sabtu (15/6/2019).Ini menjadi laga kandang pertama timnas Indonesia senior.

Sejak ditunjuk menjadi pelatih Timnas Indonesia pada awal 2019, Simon McMenemy sudah memimpin dua laga persahabatan. Namun, semua laga tersebut digelar di luar Indonesia alias tandang. 

Pertandingan melawan Vanuatu menjadi yang pertama buat Simon McMenemy memimpin Timnas Indonesia dalam sebuah laga kandang. Pelatih berpaspor Skotlandia itu pun menyambut antusias laga perdananya sebagai pelatih Timnas Indonesia dihadapan suporter Indonesia.

"Buat saya, ini pertandingan kandang pertama saya sebagai pelatih tim nasional. Ketika masih bersama Timnas Filipina, saya tidak pernah memainkan laga kandang di stadion sebesar ini. Jadi saya harap ini akan menjadi pertandingan yang bagus buat saya," kata Simon dalam konferensi pers jelang laga, Jumat (14/6/2019).

Sejauh ini, Timnas Indonesia asuhan Simon McMenemy mencatatkan satu kemenangan dan satu kekalahan. Jadi, laga melawan Vanuatu bisa menjadi momentum kebangkitan Timnas Garuda yang baru menelan kekalahan 1-4 dari Yordania di Amman, Selasa (11/6/2019).

Meski demikian, Simon mengaku tak ingin memandang sebelah mata kekuatan Vanuatu. Eks pelatih Bhayangkara FC itu mengaku tidak bisa mengorek banyak informasi soal Vanuatu karena keterbatasan media yang ada.

"Kami tidak banyak mengetahui tentang Vanuatu. Kami sudah mencoba mencari informasi di internet, namun tidak ada. Jadi, pertandingan besok akan membuat para pemain mencari jawaban ketika ada kesulitan," ujar Simon yang menggantikan Luis Milla di Timnas Indonesia.

 

Pengalaman Berharga

Para pemain Vanuatu melakukan pemanasan saat latihan di SUGBK, Jakarta, Jumat (14/6). Latihan ini persiapan jelang laga persahabatan melawan Timnas Indonesia. (Bola.com/Yoppy Renato)

Sementara itu, Vanuatu bersemangat menghadapi Timnas Indonesia. Pelatih Paul Munster berharap laga melawan Timnas Indonesia di SUGBK bisa memberikan pengalaman berharga buat para pemainnya.

"Kami sudah tidak sabar untuk menghadapi pertandingan melawan Timnas Indonesia. Kami juga sebelumnya belum pernah datang dan bermain di stadion ini. Mereka sangat antusias dengan stadion ini dan sudah tidak sabar untuk bermain di lapangannya. Saya berharap besok akan menjadi pertandingan yang menarik karena akan mempersiapkan diri untuk mengikuti Pasific Games pada Juli mendatang," tutur Munster.

Vanuatu bersama Munster sejauh ini baru mencatatkan sekali kemenangan, sekali imbang, dan sekali kalah. Jadi, laga melawan Timnas Indonesia juga bisa dimanfaatkan Vanuatu untuk melanjutkan tren positif.

Laga ini juga akan mencatatkan sejarah buat kedua tim. Sebab, sejauh ini Timnas Indonesia dan Vanuatu belum pernah bertemu pada ajang apapun.

Data-Fakta

Prakiraan susunan pemain

Timnas Indonesia (3-4-3): Andritany Ardhiyasa (kiper), Yanto Basna, Hansamu Yama, Achmad Jufriyanto (belakang), Ruben Sanadi, Rizky Pellu, Evan Dimas, Rizky Pora (tengah), Andik Vermansah, Riko Simanjuntak, Alberto Goncalves (depan)

Pelatih: Simon McMenemy (Skotlandia)

Vanuatu (4-4-2): Chikau Mansale (kiper), Johnathan Spokeyjack, Jason Thomas, Joseph Iaruel, Michel Coulon (belakang), Bong Kalo, John Alick, Mitch Cooper, Ronaldo Wilkins (tengah), Kengsi Tangis, Azariah Soromon (depan)

Pelatih: Paul Munster (Irlandia Utara)

Lima pertandingan terakhir Timnas Indonesia

  • 11/6/2019 - Yordania 4-1 Timnas Indonesia (Pertandingan Persahabatan)
  • 25/3/2019 - Myanmar 0-2 Timnas Indonesia (Pertandingan Persahabatan)
  • 25/11/2018 - Timnas Indonesia 0-0 Filipina (Piala AFF 2018)
  • 17/11/2018 - Thailand 4-2 Timnas Indonesia (Piala AFF 2018)
  • 13/11/2018 - Timnas Indonesia 3-1 Timor Leste (Piala AFF 2018)

Lima pertandingan terakhir Vanuatu

  • 10/6/2019 - Vanuatu 0-0 Fiji (Pertandingan Persahabatan)
  • 4/6/2019 - Vanuatu 2-0 Tahiti (Pertandingan Persahabatan)
  • 8/3/2019 - Kepulauan Salomon 3-1 Vanuatu (Pertandingan Persahabatan)
  • 17/11/2018 - Vanuatu 2-2 New Caldonia (Pertandingan Persahabatan)
  • 14/11/2018 - Vanuatu 0-1 New Caldonia (Pertandingan Persahabatan)

Prediksi Bola.com

Timnas Indonesia 60-40 Vanuatu

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Inggris Berkomitmen Raih Nol Emisi Gas Rumah Kaca pada 2050

Posted: 14 Jun 2019 08:04 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Pemerintah Inggris mengumumkan komitmennya untuk mencapai batas nol emisi gas rumah kaca pada tahun 2050 demi meningkatkan kesehatan masyarakat, kualitas udara dan keanekaragaman hayati.

Undang-undang yang ditetapkan minggu ini akan menempatkan Inggris pada jalur menjadi salah satu negara ekonomi besar pertama yang menetapkan target nol emisi dalam undang-undang.

Selanjutnya Youth Steering Group akan memberikan masukan kepada Pemerintah tentang kebijakan perubahan iklim dan lingkungan. Instrumen hukum untuk mengimplementasikan ini dipaparkan di Parlemen Inggris pada hari Rabu 12 Juni lalu.

Ini akan mengamandemen UU Perubahan Iklim 2008. Atas saran dari para ahli independen di Komite Perubahan Iklim Perdana Menteri Inggris Theresa May dijadwalkan bertemu dengan para siswa jurusan sains dan tehnik untuk membahas target baru yang ambisius ini.

Inggris adalah negara terdepan dalam mengatasi perubahan iklim dan pemerintah menugaskan saran ini pada Oktober lalu karena kami menilai perlunya melangkah lebih jauh untuk membatasi dampak perubahan iklim.

Komite Perubahan Iklim Inggris memprediksi manfaat yang signifikan bagi kesehatan masyarakat termasuk penghematan biaya kesehatan dari National Health Services (NHS) atas kualitas udara yang lebih baik, polusi suara yang lebih minim serta peningkatan keanekaragaman hayati.

Langkah ini menunjukan bahwa Inggris berada di jalur yang benar untuk menjadi negara G20 pertama yang membuat undang-undang untuk emisi bersih nol dan negara-negara ekonomi besar lainnya diharapkan mengikuti jejak Inggris karena langkah ini sangat penting.

Penilaian Lanjutan 5 Tahunan

Emisi karbon merupakan kunci penting untuk menghindari perubahan iklim saat ini. Solusinya adalah mesin penghisap karbon di Swiss. (Pixabay)

Inggris juga akan melakukan penilaian lanjutan dalam waktu 5 tahun untuk mengkonfirmasi bahwa negara-negara lain juga mengambil tindakan ambisius yang sama, melipatgandakan inisiatif kepemimpinan Inggris dalam mengatasi perubahan iklim dan memastikan bahwa industri kita tidak mengalami persaingan yang tidak adil.

Untuk pertama kalinya, kaum muda akan memiliki kesempatan untuk membentuk kebijakan iklim masa depan kita melalui Youth Steering Group. Kelompok ini dibentuk oleh Departemen Digital, Budaya, Media dan Olahraga (DCMS) dan dipimpin oleh British Youth Council.

Mereka bertugas memberikan masukan dan rekomendasi kepada Pemerintah tentang prioritas yang harus ditentukan dalam isu lingkungan dan memberikan pandangan atas kemajuan dari komitmen perubahan iklim saat ini termasuk isu limbah dan daur ulang serta masalah hilangnya keanekaragaman hayati. Mereka akan memulai kajian ini pada bulan Juli.

Pesan Dubes Inggris

Dubes Inggris untuk Indonesia, Moazzam Malik (Liputan6.com/Teddy Tri Setio Berty)

Sementara itu, Duta Besar Inggris untuk Indonesia, ASEAN dan Timor Leste Ambassador Moazzam Malik mengatakan:

"Kita sedang berada dalam bencana iklim dan perlu mengambil langkah yang radikal atau kita - dan planet ini - akan menghadapi malapetaka yang tidak akan bisa diperbaiki.

Jika dunia tidak bertindak sekarang, perubahan iklim dapat menyebabkan 100 juta orang lagi jatuh ke dalam jurang kemiskinan ekstrem pada tahun 2030, dan sebanyak 720 juta pada tahun 2050. Indonesia akan menghadapi risiko signifikan di masa depan dari pemanasan planet yang timbul dari peristiwa panas ekstrem, peningkatan curah hujan dan kekeringan.

Hal ini juga diperburuk oleh peningkatan suhu lautan, kenaikan permukaan laut dan pengasaman lautan, menambah risiko seismik dan vulkanik yang sudah dihadapi masyarakat. Ini akan berdampak pada kesehatan dan kesejahteraan masyarakat, dan melemahkan pertumbuhan ekonomi Indonesia.

Target nol bersih Inggris berasal dari saran ilmiah tentang apa yang perlu dilakukan untuk menghindari perubahan iklim yang berbahaya. Kami mendesak semua negara untuk mempertimbangkan komitmen serupa, meningkatkan target iklim nasional mereka pada KTT Aksi Iklim PBB September ini.

Kita membutuhkan cara kerja dan arah yang baru. Di sini, di Indonesia, saya telah melihat contoh luar biasa dari apa yang telah dilakukan untuk mengatasi perubahan iklim.

Presiden Jokowi telah meluncurkan moratorium izin di hutan primer, lahan gambut dan kelapa sawit. Tingkat deforestasi Indonesia telah menurun selama dua tahun terakhir.

Tetapi kita semua harus berbuat lebih banyak. Prakarsa Pembangunan Rendah Karbon Indonesia (Low Carbon Development Initiative -LCDI) menunjukkan bahwa kebijakan, intervensi dan investasi rendah karbon dapat memberikan manfaat positif bagi ekonomi, masyarakat dan lingkungan, termasuk pengurangan emisi Gas Rumah Kaca.

Kita tahu sekarang bahwa model pertumbuhan rendah karbon lebih unggul daripada model pertumbuhan ekonomi saat ini. Kami berkomitmen memperdalam kemitraan kami dengan Pemerintah Indonesia baik di tingkat nasional maupun provinsi. Menangani perubahan iklim bukan hanya hal yang benar untuk dilakukan, tapi juga hal yang sangat cerdas untuk dilaksanakan.

Kita semua menghirup udara yang sama. Tidak seorang pun dari kita yang bisa menyelesaikan tantangan perubahan iklim sendirian. Kita harus bekerja bersama."

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Melihat Pesona SM Sport RX3S, Motor Adventure dengan Harga Menggiurkan

Posted: 14 Jun 2019 08:03 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Jakarta Fair 2019 menampilkan beragam motor baru yang menarik. Salah satunya adalah motor adventure SM Sport RX3S. Motor seharga Rp 88,6 juta OTR Jakarta ini, menawarkan berbagai fitur menarik.

Dari mulai mesin 400cc, panel instrumen digital dan tampang keren. Kami yakin saat melihatnya, Anda bakal terkesima. Sekujur tubuhnya dipahat hingga menciptakan sudut-sudut tegas pada setiap sisi. Kesan kekar dan gagah terpancar jelas ala motor adventure.

Tapi satu hal juga yang kami pastikan, setiap orang bakal merasa ia mirip BMW R 1200 GS. Satu sisi, kemiripan ini bisa berdampak buruk. Entah karena diolok-olok barang tiruan dan lain sebagainya. Tapi di sisi lain, Anda bisa berbangga hati memiliki motor keren dengan harga yang cukup murah.

Dari depan ke belakang, tak ada proporsi yang buruk. Headlampnya dikelilingi cover hitam yang menyambung dengan windshield tinggi. Dibarengi rangkaian tulang besi di kanan-kiri fairing. Fungsinya untuk melindungi bodi hingga bagian mesin jika terbentur. Lalu buntutnya juga dipasangkan tulang besi untuk dijadikan bracket box tambahan.

 

Dimensi

Ia berdimensi bongsor. Total (P x L x T) 2.156 x 900 x 1.380mm, dan wheelbase 1.420mm. Alhasil kaki agak sulit menapak sempurna, karena jarak jok ke tanah menyentuh angka 820mm. Untungnya, mereka menyediakan opsi jok 790mm untuk yang berpostur tak terlalu tinggi. Tapi bobotnya lumayan berat. Menahan beban 200kg agak melelahkan, apalagi saat berada di kemacetan.

Urusan teknis mesin bisa dibilang lumayan baik. Kalau berdasar catatan pabrik, mesin dua silinder segarisnya bisa memacu tenaga 36 Tk di 9.000rpm. Sementara torsi puncaknya di angka 35Nm pada putaran 6.500rpm. Ini berkat kubikasi mesin 378cc dengan ukuran per silinder (Diameter x Langkah) 66x55.2mm. Juga rasio kompresi 10:1. Karakter mesin overbore inilah yang membuat pencapaian torsinya baru mulai di putaran menengah.

Saat memacunya, kecepatan maksimal usai di angka 139kpj. Tak begitu kencang. Tapi klaim konsumsi bahan bakarnya terbilang irit. Satu liter bensin bisa membawa motor hingga 29km. Makanya dalam keadaan tangki penuh (18 liter), motor mestinya sanggup menjelajah sejauh 522km. Tentu efisiensi ini tak lepas dari peran injeksi bensin elektronik.

 

Fitur Lengkap

Menariknya lagi, fiturnya cukup lengkap. Di balik windshield tertanam slot USB dan soket power output 12V. Keduanya memiliki tutup karet agar tak kebasahan saat hujan. Terkait sajian informasi, semuanya sudah digital. Layarnya sangat besar dan canggih untuk ukuran motor seharga ini. Speedometer, takometer, tripmeter, fuel gauge dan suhu tertera. Bahkan layarnya sanggup menampilkan Tire Pressure Monitoring System (TPMS) secara real time. Tampilan warnanya juga cukup menarik.

Beranjak pada kaki-kaki, RX3S dibekali garpu upside-down dan monoshock di belakang. Sedangkan rodanya memiliki dua opsi. Pertama dengan pelek palang dan balutan ban 110/80 19 inci (depan) dan 130/70 17 inci (belakang). Dan unit yang dipajang menggunakan pelek jari-jari alumunium berbalut ban 110/80 19 inci (depan) dan 130/90 15 inci (belakang). Di setiap peleknya sudah menempel disc brake berukuran besar yang dilengkapi sensor ABS (opsional).

Sumber: Oto.com

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

2 Tips agar Dagangan Laris Manis Lewat Iklan Seluler

Posted: 14 Jun 2019 08:01 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Iklan seluler menjadi lebih populer karena orang menggunakan perangkat seluler untuk mengakses situs web, berbelanja, dan melakukan pembelian. Untuk pemilik bisnis, sekarang dapat menjadi saat yang tepat untuk mulai bereksperimen dengan iklan seluler.

Bagaimana Anda mengetahui bagaimana iklan seluler menguntungkan bisnis untuk Anda? Berikut adalah dua tips untuk membantu Anda menentukan langkah yang benar, seperti dikutip dari Laruno.id:

1. Tentukan di mana pelanggan Anda

Sebagian besar jaringan iklan seluler memungkinkan penargetan geografis sehingga hanya pengguna seluler di area tertentu yang melihat iklan. Tetapi penargetan yang sempit akan menghasilkan beberapa prospek dan sedikit bisnis baru.

Iklan seluler menawarkan pengembalian investasi terbaik untuk bisnis yang dapat melayani klien yang berlokasi di mana saja. Jadi pastikan Anda tahu di mana target pelanggan Anda berada.

2. Tentukan poin konversi Anda

Ilustrasi handphone (Sumber Foto: Shutterstock/The List)

Jika Anda mengembangkan strategi periklanan seluler, Anda tidak hanya ingin memberi tahu pengguna seluler bahwa bisnis Anda ada, tetapi juga mendorong mereka untuk mengambil tindakan.

Apa yang dapat dilakukan orang di ponsel mereka yang dapat membantu bisnis Anda? Banyak, mereka dapat menelepon atau mengirim e-mail kepada Anda, mengirimkan informasi kontak mereka melalui formulir online, membuat janji atau reservasi, mengikuti Anda di media sosial, mendaftar untuk acara Anda, atau membeli sesuatu dari Anda secara online.

Tindakan ini merupakan titik konversi yang dapat diukur. Melacak tingkat konversi Anda adalah cara Anda akan menemukan jenis iklan seluler yang paling berhasil.

Semoga Bermanfaat.

GRATIS... Pelatihan 365 hari bersama Tung Desem Waringin yang bisa merevolusi bisnis, marketing, sales, karier, kehidupan, kesehatan, kebahagiaan, dan keuangan bahkan percintaan dengan materi terbaru seharga Rp 2.997.000.

Khusus untuk 97 orang pembaca Liputan6.com hari ini jadi GRATIS, daftar sekarang juga, klik di sini untuk daftar

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Catatan Akhir Pekan: 6 Tempat Liburan Seru dan Edukatif

Posted: 14 Jun 2019 08:01 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Masa liburan menjadi momen yang sangat dinantikan oleh berbagai kalangan mulai dari anak-anak sampai orang dewasa. Saat ini anak-anak terutama yang sudah sekolah sedang menikmati masa liburan.

Usai libur lebaran, mereka bakal kembali menjalani liburan kenaikan kelas yang cukup lama. Sebagai orangtua, Anda tentu suka bingung untuk menentukan kegiatan apa yang seru untuk dilakukan bersama anak-anak di masa liburan panjang?

Selain jalan-jalan ke mal atau tempat hiburan, rasanya tidak ada lagi yang menarik dikunjungi Padahal, banyak tempat yang bisa dikunjungi. Bahkan bukan sekadar bisa menghibur atau untuk bermain, tapi juga mendidik serta menambah wawasan.

Berkunjung ke sebuah tempat wisata biasanya menjadi salah satu agenda menghabiskan masa liburan. Anak-anak sampai orang dewasa pun bisa menikmatinya lho.

Dikutip dari berbagai sumber, berikut enam tempat wisata di Indonesia yang bukan hanya menghadirkan keceriaan dan kesenangan tapi juga edukatif dan inspiratif serta menambah wawasan.

Taman Pintar

Sesuai dengan namanya, Taman Pintar menyuguhkan beragam wahana yang akan membuat kita memahami berbagai pengetahuan. Wahana wisata yang terdapat di pusat Kota Yogyakarta, tepatnya di Jalan Panembahan Senopati, di kawasan Benteng Vredeburg. Taman ini memadukan tempat wisata rekreasi maupun edukasi dalam satu lokasi.

Taman Pintar memiliki arena bermain sekaligus sarana edukasi yang terbagi dalam beberapa zona. Akses langsung kepada pusat buku eks Shopping Centre juga menjadi nilai lebih Taman Pintar. Tempat rekreasi ini sangat baik untuk anak-anak pada masa perkembangan.

Taman ini, khususnya pada wahana pendidikan anak usia dini dilengkapi dengan teknologi interaktif digital serta pemetaan video yang akan memacu imajinasi anak serta ketertarikan mereka terhadap teknologi. Tak hanya wisatawan local, wisatawan mancanegara juga banyak yang bekunjung ke tempat ini.

Planetarium

Planetarium dan Observatorium Jakarta adalah satu dari tiga wahana simulasi langit di Indonesia selain di Kutai, Kalimantan Timur, dan Surabaya, Jawa Timur. Di Jakarta, Planetarium berlokasi di Taman Ismail Marzuki (TIM), Jakarta Pusat.Bagi

Anda yang tinggal di Jakarta dan sekitarnya, tentu tempat wisata edukatif ini bisa jadi pilihan menarik untuk mengisi masa liburan. Sebagaimana nama yang diusungnya, Planetarium menjadi salah satu tempat wisata edukasi yang memungkinkan kita untuk mempelajari dunia astronomi.

Di Planetarium, Anda akan melihat bagaimana meteor jatuh di hadapan mata. Anda juga bisa menambah wawasan tentang Bumi dan benda di Tata Surya lainnya melalui fasilitas yang disuguhkan. Planetarium Jakarta buka setiap hari kecuali Senin.

Jatim Park

Theme Park atau Taman Hiburan Dino park dan Museum Musik Dunia di Jatim Park. (dok. Instagram @jawatimurpark/https://www.instagram.com/p/BrDCfL0BWAR/Fairuz Fildzah)

Taman permainan yang yang berlokasi di Malang, Jawa Timur ini sebenarnya ada tiga. Masing-masing punya keistimewaan tersendiri. Jatim Park memiliki konsep yang memadukan edukasi serta hiburan.Ada beberapa atraksi unggulan mereka, seperti Superman Coaster, Waterboom, Science Center dan Volcano Coaster, dan lain sebagainya.

Sedangkan Jatim Park 2 lebih menyuguhkan keindahan berbagai macam satwa.Tempat wisata edukasi tersebut dibagi ke dalam tiga area, yaitu Batu Secret Zoo, Museum Satwa, dan Eco Game Park. Berbeda lagi dengan Jatim Park 3, Anda dan anak bisa bermain sambal belajar tentang kehidupan hewan purbakala seperti Dinosaurus.

Jatim Park 3 punya atraksi unggulan berupa Dino Park yang terdiri dari Museum Dino, The Rimba, dan Live with Dino.Faunaland Pecinta binatang pasti senang dengan salah satu wahana baru di Ancol ini. Ya, Faunaland namanya. Faunaland merupakan sebuah taman satwa mini yang terletak di area Allianz Ecopark.

Memiliki area seluas 5 hektar, ada sekitar 109 biota unik. Beberapa di antaranya adalah kakatua jambul kuning, nuri, pelikan, flamingo, bebek Mandarin, elang, burung hantu, cendrawasih, tapir, keledai, kucing emas, kura-kura aldabra hingga singa putih.Si kecil pasti senang karena sebelumnya belum pernah melihat makhluk menggemaskan ini.

Lokasinya yang rimbun dan teduh membuat lokasi ini nyaman untuk dikunjungi. Cukup merogoh kocek sebesar Rp 50 ribu saja, Anda dan anak sudah bisa masuk untuk berinteraksi dengan semua binatang termasuk menyaksikan bird show.

Agrowisata Bhumi Merapi

Yogyakarta punya banyak wisata permainan yang menarik untuk dikunjngi saat liburan. Salah satunya adalah Agrowisata Bhumi Merapi.Terletak di Desa Hargobinangun, Pakem, Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta, ini bisa membuat anak-anak belajar mengenai budidaya peternakan kambing jenis Ettawa.

Pengunjung diberi kesempatan untuk memberi pakan ternak, mencoba memerah susu kambing dan memberi minum susu dot pada anakan kambing ettawa. Di tempat ini juga belajar teknologi pengolahan hasil susu kambing menjadi yoghurt dan es krim, belajar teknologi pengolahan pakan ternak, pengolahan limbah kambing menjadi pupuk organik dan biogas serta pemanfaatan pupuk organik untuk tanaman jahe dan pisang organik.

Mereka juga menyediakan wisata edukasi kelinci. Tempat ini juga menyediakan taman reptile. Ada pemandu yang akan menjelaskan bagaimana sebaiknya memegang ular dan reptil lainnya agar aman. Tempat wisata alam di jalan Kaliurang ini buka setiap hari.

Kuntum Farmfield

Wisata alam di Kuntum Farmfield di Bogor. Jawa Barat. (dok.Instagram @kuntumfarmfield/https://www.instagram.com/p/BuQMCdglQq_/Henry

Kuntum Farmfield terletak di kawasan Bogor Jawa Barat. Tempat wisata alam ini bisa menjadi salah satu cara untuk mengenalkan kehidupan binatang dengan cara yang seru dan menarik melalui beragam kegiatan wisata.

Di sini, kita bisa mengenalkan beragam binatang seperti kambing, kelinci hingga kuda. Anak-anak pun bisa berinteraksi langsung dengan berbagai binatang, mulai dari kegiatan menangkap ikan, berinteraksi dengan memberikan makan kepada kelinci dan marmut, menunggang kuda hingga belajar menanam sayuran secara organik.

Bandung Science Center

Anak-anak umumnya punya rasa ingin tau yang besar, termasuk tentang berbagai hal yang terjadi di alam semesta. Ilmu pengetahuan memang selalu menarik untuk diketahui, bahkan beberapa di antaranya bisa membuat takjub. Anda bisa membuktikan da merasakannya di Bandung, Jawa Barat.

Nama tempatnya Bandung Science Centre di Jalan Sinargalih No. 15 Bandung. Lokasinya sangat mudah dicapai dari pusat kota. Buka dari Selasa hingga Minggu, wisata bernuansa edukatif ini siap menyambut para pengunjung mulai pukul sembilan pagi hingga lima sore. Kita bisa melihat 17 tema display dengan atraksi interaktif.

Suasana belajar pun jadi terasa lebih menyangkan dan mudah dimengerti, karena alat peraga yang mumpuni.Ada juga mesin Van De Graff. Bagi penggemar film Mr. Bean, pastinya sudah kenal dengan benda satu ini. Masih banyak hal menarik lainnya, seperti keberadaan robot, ilusi optic, dan sebagainya.

Saksikan video pilihan di bawah ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Menguap hingga Merinding, Ini 7 Penjelasan Ilmiah untuk Reaksi Aneh Tubuhmu

Posted: 14 Jun 2019 08:00 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Tubuh kita sangat unik. Kita bahkan tak dapat memahami semua hal yang terjadi di tubuh, tapi suka berpikir mengapa hal itu terjadi.

Ada banyak reaksi aneh tubuh yang tak kita ketahui penyebabnya meski terjadi setiap hari. Berikut beberapa penjelasannya.

1. Menangis saat menguap

Saat menguap begitu keras, tak jarang mata kita menjadi berair. Tak jarang, air mata yang keluar begitu banyak sehingga dikira menangis.

Kenyataannya, selalu ada air mata yang melapisi mata agar membuatnya basah. Saat cairan itu menumpuk, itu akan terkuras menjadi sedikit di sudut-sudut mata. Tapi saat menguap, celah kecil ini tersumbat karena otot berkontraksi. Air mata pun tak memiliki jalan keluar lain selain terkuras melewati pipi.

2. Tubuh menyentak saat separuh tertidur

Saat hampir terlelap, Anda pasti pernah tersentak bangun dan merasa seperti jatuh. Belum ada penelitian yang benar-benar menemukan alasan sebenarnya, tetapi ada beberapa teori ilmiah yang masuk akal.

Satu teorinya adalah ketika tubuh mulai rileks dan detak jantung serta pernapasan mulai melambat, metode transisi tubuh adalah berkedut. Teori lainnya adalah bahwa otak menggunakan respons terbang. Saat otot-otot rilek, otak berpikir Anda benar-benar sedang jatuh dan mengirimkan pesan ke otot-otot untuk tegang yang menyebabkan sentakan.

 

3. Jemari berkerut setelah berada dalam air

Jari-jari yang keriput karena berada lama terkena air menandakan tangan atau kaki siap berpegangan pada benda-benda basah. (Foto: iStockphoto)

Saat Anda berada terlalu lama di dalam air, jari tangan dan kaki akan berkerut. Tubuh melakukan hal tersebut sebagai bukti evolusi bahwa mekanisme tersebut membantu manusia mencengkeram objek lebih baik saat berada di dalam air.

4. Perut 'bersuara' saat sedang lapar

Tak bisa diabaikan, saat kelaparan perut Anda bisa mendadak bersuara. Kenapa ini bisa terjadi? Saat keroncongan, hanya dinding perut yang berkontraksi.

Reseptor di perut melihat ini sebagai kekurangan makanan dan mengirimkan gelombang listrik lewat perut dan usus kecil. Dinding perut menekan dan melepaskan getaran tersebut sehingga terdengar suara.

5. Kelopak mata berkedut secara acak

Tingkat keparahan kedutan dapat bervariasi dari kecil hingga kejang penuh. Masih belum ditemukan penyebab sebenarnya namun beberapa ilmuwan yakin ini disebabkan oleh kelelahan, kafein, atau stres.

 

6. Bulu kuduk berdiri saat takut

ilustrasi pernikahan

Saat Anda takut, adrenalin mulai memompa dan dikeluarkan ke tubuh. Masuknya adrenalin memberi sinyal pada otot-otot kecil di pangkal folikel rambut untuk berkontraksi yang kemudian menyebabkan mereka berdiri.

Ini merupakan bukti evolusi. Nenek moyang manusia melakukannya untuk bertahan hidup. Dengan rambut berdiri di saat takut, mereka bisa terisolasi dalam cuaca dingin atau mengetahui mereka dalam bahaya.

7. Sendi berbunyi setelah duduk lama

Pernahkah Anda seperti mendengar suara lutut retak saat berdiri setelah duduk yang lama? Suara itu berasal dari pelepasan gas dari ruang di antara sendi. Tak perlu dikhawatirkan bila tidak merasakan sakit atau tidak mengalami pembengkakan.

Semakin banyak bergerak, justru semakin banyak tubuh melumasi dirinya sendiri. Sementara saat Anda duduk atau berbaring, cairan di persendian tidak bergerak.

 

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Bupati dan Wakil Bupati Bengkalis Tersandung Korupsi

Posted: 14 Jun 2019 08:00 PM PDT

Liputan6.com, Pekanbaru - Kabupaten Bengkalis, Provinsi Riau, kembali menjadi sorotan. Bukannya karena prestasi mentereng dalam pembangunan ataupun ekonomi, melainkan masalah hukum. Kepala daerah dan wakilnya saat ini tersandung kasus korupsi.

Beberapa waktu lalu, Bupati Bengkalis Amril Mukminin ditetapkan Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) sebagai tersangka korupsi jalan tahun jamak (multiyears). Dia juga dicegah bepergian ke luar negeri setelah lembaga anti rasuah itu mengirimkan surat ke pihak imigrasi.

Kasus Amril ini masih dalam proses pengusutan di KPK. Beberapa kali penyidik bolak-balik dari rumah dinas dan kantor bupati di sana melakukan penggeledahan dan menyita beberapa dokumen.

Kasus serupa saat ini sedang diproses di Pengadilan Tindak Pidana Korupsi pada Pengadilan Negeri Pekanbaru. Kasus dimaksud menjerat mantan Kepala Dinas Pekerjaan Umum Kabupaten Bengkalis M Nasir dan kontraktor Hobby Siregar.

Belakangan, Wakil Bupati Bengkalis Muhammad ST juga terbelit kasus hukum. Proyek yang dinaunginya ketika menjadi Kabid Cipta Karya Dinas Pekerjaan Umum Provinsi Riau diusut Direktorat Reserse Kriminal Khusus Polda Riau.

Karena diduga melibatkan wakil kepala daerah, kasus ini intens dikoordinasikan Polda Riau dengan Direktorat Tipikor Bareskrim Mabes Polri. Dugaan kian menguat setelah nota dinas dari Bareskrim Mabes Polri beredar luas di masyarakat.

Nota dengan nomor: B/ND/213/VI/2019/Tipidkor tertanggal 13 Juni 2019 itu berisi tentang gelar perkara untuk kasus Muhammad. Dalam surat yang ditandatangani perwira menengah berpangkat Komisaris Besar itu disebutkan Muhammad sudah berstatus tersangka.

Surat itu juga menerangkan tentang jenis perkara yaitu kegiatan pengadaan dan proyek pipa transmisi PE 100 DN 500 mm di Kabupaten Indragiri Hilir.

Jawaban Polda Riau

Nota dinas Bareskrim Mabes Polri terkait status Wakil Bupati Bengkalis Muhammad yang beredar luas di masyarakat. (Liputan6.com/M Syukur)

Kabid Humas Polda Riau Komisaris Besar Sunarto SIK dikonfirmasi tak menampik adanya nota dinas tersebut. Dia juga tak membantah adanya gelar perkara oleh Bareskrim Mabes Polri dan penyidik Polda Riau pada Kamis, 13 Juni 2019.

"Benar, baru selesai gelar di Direktorat Tipikor Mabes," tegas Sunarto.

Biasanya, gelar perkara menghasilkan suatu keputusan, apakah perkara dilanjutkan atau dihentikan karena tidak cukupnya alat bukti. Hanya saja, Polda Riau belum bersedia menjabarkan hasil gelar tersebut.

"Hasilnya, masih perlu pendalaman lagi," ucap Sunarto.

Terpisah, Direktur Reserse Kriminal Khusus Polda Riau Komisaris Besar Pol Gidion Arif Setyawan SIK juga membenarkan adanya nota dinas dan gelar perkara itu.

Hanya saja, Gidion menyatakan posisi Muhammad dalam kasus ini belum menjadi tersangka.

"Itu (Muhammad sebagai tersangka) belum pasti," kata Gidion.

Menurut Gidion, gelar perkara yang dilakukan bersifat internal sehingga belum bisa disampaikan hasilnya. Dia juga menyebut masih ada gelar perkara berikutnya.

"Nanti masih ada gelar perkara lain dengan Karo Wasidik, persyaratan normatifnya begitu," sebut mantan Wadir Reserse Narkoba Polda Metro Jaya ini.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Terinfeksi Ebola, Bocah 5 Tahun Meninggal di Uganda

Posted: 14 Jun 2019 08:00 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Bocah lima tahun asal Kongo meninggal di Uganda karena Ebola. Penyakit ini memang tengah merebak dan menewaskan 1.400 orang di negara tetangga Uganda, Kongo.

Menurut Organisasi Kesehatan Dunia (World Health Organization/WHO) bocah ini merupakan bagian dari keluarga Kongo yang pergi ke Uganda pada pekan ini. Tak cuma dia yang kena Ebola. Dua kasus orang terinfeksi Ebola lainnya adalah saudaranya yang berusia tiga tahun dan neneknya yang berusia 50.

Sebenarnya, para pakar sudah mengkhawatirkan bahwa Ebola bisa menyebar ke luar Kongo mengingat ada pergolakan masyaraka terutama di Kongo timur seperti mengutip laman Time, Sabtu (15/6/2019).

Virus dari penyakit ini memang dapat dengan mudahnya menular cepat ketika berdekatan dengan orang terinfeksi Ebola. Ketika sudah terinfeksi, kemungkinan mengalami keparahan hingga 90 persen.

Masuk ke Uganda Lewat Jalan Setapak

Masuknya keluarga bocah tersebut ke Uganda diperkirakan melalui jalan setapak kecil bukan perbatasan. Hal inilah yang menyulitkan bagi pemerintah Kongo melakukan pengecekan kondisi kesehatan mereka.

"Banyak orang yang menghindari perbatasan ketika keluar dari Kongo, hal ini menyulitkan bagi kita untuk mengikuti mereka," kata Koordinator Tim Respons Ebola di Kasindi, Kongo, Domonique Kabongo.

Bila tidak menyebrang jalan kecil, beberapa orang dari Kongo masuk Uganda dengan menyebrangi Sungai Lubiraha. Mudah bagi warga menyebrang sungai yang dangkal tersebut untuk menghindari petugas imigrasi.

Walau ada kasus Ebola masuk Uganda, pihak kesehatan setempat jauh sudah siap. Mereka mengaku tidak panik menghadapi kasus ini.

"Kami memiliki semua kemungkinan untuk bisa mengatasi kasus ini," kata Direktur Layanan Kesehatan Uganda, Henry Mwebesa.

Saksikan juga video menarik berikut

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Suarez Masih Tak Percaya Barcelona Babak Belur di Anfield

Posted: 14 Jun 2019 08:00 PM PDT

Liputan6.com, Barcelona - Striker Barcelona, Luis Suarez, mengaku masih tak percaya timnya dibantai 0-4 oleh Liverpool di Anfield. Menurut dia, hal itu tak masuk akal.

Barcelona kalah agregat 3-4 dari Liverpool di babak semifinal Liga Champions. Dalam duel tersebut, Barca unggul 3-0 di leg pertama, sebelum The Reds membalikkan keadaan pada leg kedua di Anfield.

"Hari-hari setelah kembali ke Barcelona adalah saat-saat terburuk dalam hidup dan karier saya, bersama dengan Piala Dunia 2014, saya ingin 'menghilang' dari dunia," kata Suarez kepada Fox Sports.

"Saya tidak ingin membawa anak-anak saya ke sekolah, semua orang bisa melihat saya dalam keadaan yang buruk. Saya memiliki hari-hari yang buruk di Barcelona, itu adalah saat-saat yang sangat sulit. "

 

 

Tak Menyangka

(AFP/Oli Scarff)

Suarez benar-benar tak menyangka timnya bisa kalah telak di markas Liverpool.

"Saya tidak melihat kami akan kalah karena kami adalah Barcelona dan kami pikir kami memiliki dua atau tiga peluang untuk mencetak gol, tetapi kami menjadi gugup, kami memberikan umpan-umpan bodoh, kami tidak menunjukkan sikap yang benar. Ketika gol pertama datang, kami tidak tahu harus bereaksi, kami benar-benar kacau."

"Setelah pertandingan, di ruang ganti tidak ada yang bisa mengatakan apa-apa, ada kesedihan, kepahitan dan kekecewaan karena kami tahu kami telah memberikan penampilan yang mengerikan," Suarez menambahkan.

Bukan Yang Pertama

Ini bukan pertama kalinya Barcelona tersingkir secara mengejutkan di Liga Champions. Dua musim lalu, Barca juga kalah secara menyakitkan dari AS Roma.

Sempat menang 4-1 di leg pertama, Suarez dan kawan-kawan malah kalah 0-3 di leg kedua. Roma pun akhirnya unggul agresivitas gol tandang.

Saksikan video pilihan di bawah ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Akankah Mulan Jameela dan Ahmad Dhani Meminta Bilik Asmara?

Posted: 14 Jun 2019 08:00 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Ahmad Dhani mendekam di penjara atas kasus yang dialaminya. Beberapa bulan lamanya dirinya pun harus terpisah dengan sang istri Mulan Jameela. 

Lalu akankah Ahmad Dhani bakal meminta fasilitas bilik asmara untuk memenuhi kebutuhan biologisnya dengan sang istri?

"Nggak lah, kalau di sini masih Rutan nggak ada gituan. Dan nggak mungkin kepikiran seperti itu namanya lagi dalam kondisi begini, terlalu jauh," ujar pengacara Ahmad Dhani, Ali Lubis saat ditemui di Rutan Cipinang, Jakarta Timur, Kamis (13/6/2019).

Sejauh ini, baik Ahmad Dhani maupun Mulan Jameela memang tak meminta macam-macam kepada kuasa hukum. Mulan sendiri mengaku cukup senang karena suaminya itu dipindahkan kembali penahanannya di Jakarta.

 

Bertemu

Musisi Ahmad Dhani hadir dalam lanjutan kasus ujaran kebencian di PN Jakarta Selatan, Senin (17/9). Dhani tampak mengenakan blangkon saat menjalani sidang. (Liputan6.com/Faizal Fanani)

Saat ini, Mulan pun bisa setiap hari bertemu dengan Ahmad Dhani, walaupun kehidupan mereka terpisah jeruji besi.

"Senang pastinya  karena dari awal pengin dipindah ke sini, paling senang Mbak Mulan. Ke Surabaya tahu sendiri, ongkos mahal, ke sana nggak mungkin seorang, dua orang, pasti ramai-ramai. Kalau di sini akses lebih muda, bisa dibesuk terus," ujar Ali Lubis.

 

Makanan

Setelah sang istri, Mulan Jameela melakukan sesi curhat kepada Deddy Corbuzier, kini Ahmad Dhani pun melakukan hal serupa. Pentolan grup band Dewa 19 ini juga membeberkan  perihal kontroversi hubungannya dengan Maia dan Mulan. (Deki Prayoga/Bintang.com)

Kedatangan Mulan Jameela bersama dengan anak-anaknya memang untuk kali pertama sejak Dhani dipindah ke LP Cipinang. Kedatangannya tanpa tangan kosong dengan membawa sejumlah makanan untuk Dhani.

"Ada nasi goreng, beberapa makanan lain, buah-buahan juga bawa beberapa roti, makanan ringan buat cemil-cemilan di dalam. Kalau Mas Dhani dari dulu kopi, mungkin dibawain ibunya. Mas Dhani ada kopi khusus, kopi hitam," pungkas Ali Lubis.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

VIDEO: RUU Ekstradisi Hong Kong, Ditentang Warga Untungkan China

Posted: 14 Jun 2019 08:00 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta RUU Ekstradisi yang baru jadi polemik di Hong Kong. RUU ini ditentang habis-habisan warga karena diduga akan mengekang kebebasan, tapi disisi lain dinilai menguntungkan China.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Ketua DPR Apresiasi Kubu Prabowo-Sandi Tak Kerahkan Massa Saat Sidang di MK

Posted: 14 Jun 2019 07:58 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Ketua DPR Bambang Soesatyo mengapresiasi capres-cawapres nomor urut 02 Prabowo Subianto dan Sandiaga Uno yang tidak mengerahkan massa saat sidang perdana sengketa hasil Pilpres 2019 di Mahkamah Konstitusi (MK) pada Jumat (14/6/2019) kemarin. Dia yakin sidang sengketa selanjutnya juga akan berlangsung aman.

"Saya berkeyakinan sampai sidang berakhir nanti hingga MK ketok palu, akan berjalan dengan aman. Kita patut memberikan apresiasi atas sikap negarawan Pak Prabowo dan Sandi Uno yang telah mempercayakan sangketa pilpres melalui jalur konstitusi tanpa pengerahan massa," kata Bambang di Jakarta, Sabtu (15/6/2019).

Bambang juga meminta petugas keamanan menindak tegas jika ada pihak-pihak yang ingin mengganggu jalannya sidang. Kata dia, kepentingan bangsa tak boleh diganggu oleh kepentingan politik individu.

"Jangan biarkan persatuan dan kesatuan bangsa tercabik-cabik karena kepentingan politik golongan tertentu," ungkapnya.

Dia menambahkan, keputusan MK nantinya akan bersifat final dan tak ada lagi jalan yang bisa ditempuh para peserta pemilu untuk memperkarakan hasil Pilpres. Karena itu, Bambang meminta semua pihak menghormati seluruh keputusan akhir di sidang MK.

"Sudah begitu lama Bangsa Indonesia berkelut dalam luka Pemilu, sudah waktunya kita balut luka ini dengan legowo mengedepankan rasa persaudaraan. Tak perlu lagi kita tambah luka baru, yang pada akhirnya malah merugikan kita semua," ujarnya.

Taati Keputusan MK

Pria yang akrab disapa Bamsoet ini mengingatkan MK harus tetap dijujung tinggi kehormatannya. Menuruti putusan MK, tambahnya, juga bagian dari sikap menghormati konstitusi negara.

"Karenanya, apapun putusan MK, wajib diikuti dan ditaati oleh seluruh pihak. Bukan hanya kepada penggugat, tergugat, maupun pendukungnya saja. Melainkan juga kepada seluruh bangsa Indonesia sebagai bagian tak terpisahkan dari sistem kesatuan ketatanegaraan," ucapnya.

Reporter: Sania Mashabi

Sumber: Merdeka

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Lock Screen Smartphone Huawei Tampilkan Iklan, Pengguna Meradang

Posted: 14 Jun 2019 07:56 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Sejumlah pengguna smartphone Huawei dilaporkan meradang. Alasannya, lock screen smartphone Huawei miliknya tiba-tiba memunculkan iklan.

Informasi ini pertama kali dilaporkan oleh sejumlah pengguna Reddit. Banyak dari laporan di Reddit menyebut iklan di lock screen ini muncul secara tiba-tiba.

Dikutip dari Digital Trends, Sabtu (15/6/2019), iklan yang muncul di lock screen itu menyerupai wallpaper biasa. Namun, gambar tersebut ternyata disertai dengan logo Booking.com.

Sontak, hal itu dikeluhkan oleh banyak pengguna perangkat Huawei kesal. Kondisi ini tidak terjadi di perangkat kelas menengah, tapi juga kelas flagship, seperti P20 hingga P30 Pro.

Menurut laporan, iklan ini muncul di pengguna yang memakai Huawei Magazine Lock Screen atau wallpaper bawaan. Karenanya, mengatasi agar iklan ini berhenti muncul dengan tidak menggunakan aplikasi tersebut.

Menanggapi hal tersebut, Huawei sendiri membantah pihaknya menyematkan iklan di perangkat penguna. Perusahaan asal Tiongkok itu mengatakan hal itu berasal dari aplikasi pihak ketiga.

"Tidak ada iklan yang disematkan Huawei. Kami meminta pengguna untuk memeriksa pengaturan aplikasi atau mengikuti instruksi cara menghilangkan iklan di lock screen," tutur perusahaan.

Huawei Jajal OS Rusia untuk Pengganti Android

Huawei (Foto: Huawei)

Terlepas dari hal itu, keterbatasan menggunakan produk-produk Amerika Serikat (AS), membuat Huawei harus mencari jalan keluar, termasuk menemukan OS pengganti Android. Selain menyiapkan OS sendiri, Huawei juga menjajal buatan Rusia.

Dilansir Phone Arena, Jumat (14/6/2019), Huawei tidak bergantung hanya pada OS buatannya sendiri. Menurut laporan media Rusia, The Bell, Huawei sedang mencoba Aurora, OS yang dibangun pada platform open source Sailfish.

Dua orang sumber mengatakan, Deputy Chairman Huawei, Guo Ping, telah berbicara dengan Menteri Pengembangan Digital dan Komunikasi Rusia, Konstantin Noskov, tentang penggunaan Aurora.

Aurora dikembangkan oleh sebuah perusahaan yang dimiliki penyedia jaringan nirkabel Rusia, Rostelecom, dan pengusaha Rusia bernama Grigory Berezkin.

Sumber lainnya mengatakan, Vladimir Putin dan Presiden Tiongkok Xi Jinping juga telah membahas perihal penggunaan OS tersebut. Selain itu juga disebutkan, Tiongkok sudah mulai menguji perangkat berbasis OS Aurora tersebut.

Huawei Siapkan 1 Juta Smartphone dengan OS HongMeng

Huawei P30 Pro. Liputan6.com/Jeko I.R.

Huawei dilaporkan sedang menyiapkan smartphone baru berbasis OS besutannya, HongMeng. Berdasarkan informasi dari sejumlah sumber, Huawei akan mengapalkan sekira satu juta unit smartphone dengan OS tersebut.

Dilansir GSM Arena, menurut perusahaan riset Rosenblatt Securities, smartphone terbaru itu sedang disiapkan untuk proses pengujian. Namun, tidak disebutkan apakah perangkat tersebut akan dipasarkan kepada konsumen atau produk untuk pengembangan.

Selain itu, OS buatan Huawei juga disebutkan kompatibel dengan semua aplikasi Android. Huawei pun melengkapinya dengan sejumlah fungsi keamanan untuk melindungi data pribadi.

Seperti diketahui, pemblokiran yang diterapkan pemerintah Amerika Serikat (AS) terhadap Huawei membuat perusahaan harus mencari jalan keluar agar bisnisnya tetap berjalan. Kebijakan AS itu membuat sejumlah perusahaan teknologi negara tersebut memutus kerja sama dengan Huawei.

AS saat ini masih menunda pemberlakuan kebijakannya itu sejak 20 Mei 2019, dan akan berakhir setelah 90 hari. Tak mau menunggu sampai masa tenggang tersebut berakhir, Huawei telah melakukan serangkaian bersiapan lain, termasuk mengajak para developer Android membuat aplikasi untuk OS HongMeng.

(Dam/Ysl)

Saksikan Video Pilihan Berikut Ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Tidak ada komentar: