Minggu, 23 Juni 2019

Liputan6 : RSS2 Feed

Liputan6 : RSS2 Feed


Kenapa Gisella Anastasia Tak Balas Komentar Gading Marten?

Posted: 23 Jun 2019 10:00 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Gisella Anastasia diketahui baru saja berlibur dengan putri tercintanya, Gempita Nora Marten. Gisella Anastasia dan Gempi plesiran ke Australia.

Selama berlibur Gisella Anastasia kerap memamerkan momen-momen liburannya ke Instagram. Tak jarang unggahan-unggahannya di Instagram direspons oleh teman-teman dekatnya termasuk mantan suaminya yaitu Gading Marten.

Namun Gisella Anastasia tidak membalas komentar Gading Marten. Sehingga banyak warganet yang mempermasalahkan hal tersebut. Namun rupanya Gisella Anastasia punya alasan tersendiri.

"Aku kalau komen enggak pernah balas sekarang, siapa pun, mau Mas Gading atau siapa. Karena daripada terbuka terus terbaca (komentar lain) di bawahnya maki-makian, saya bisa cepat mati. Jadi lebih baik enggak," kata Gisella Anastasia di kawasan Senayan, Jakarta Pusat, Minggu (23/6/2019).

Malas Baca Komentar

Gisella Anastasia. (Instagram/gisel_la)

Gisella Anastasia mengakui bahwa Gading Martin memang sangat aktif di media sosial. Sebaliknya, Gisella Anastasia justru jarang berinteraksi lewat media sosial.

"Kayak Mas Gading gitu, memang orangnya super sosial media banget. Mau siapa pun dia komen-in, jadi itu bukan hal yang aneh kalau dia komen ke aku, bukan hal yang aneh juga kalau aku enggak komen ke Mas (Gading). Karena aku simply enggak buka, karena malas baca omongan orang," lanjutnya.

Komunikasi Baik

Gading Marten, Gempi dan Gisella Anastasia. (dok. Instagram, @gisel_la/https://www.instagram.com/p/Bo8kaLmnwi3/Henry

Kendati demikian Gisella Anastasia mengatakan bahwa dirinya masih menjalin komunikasi dengan Gading Marten lewat aplikasi pesan percakapan.

"Jadi dia sudah tahu kita ngobrolnya di chat saja, Whatsapp. Semua teman-temanku sudah enggak pernah juga aku balasin, tapi mereka juga sudah memahami sekali," tutup Gisella Anastasia.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Kemenhub Rancang Transportasi O-Bahn untuk Urai Macet, Apa Itu?

Posted: 23 Jun 2019 09:54 PM PDT

Fokus, Jakarta Kementerian Perhubungan tengah merancang penerapan moda transportasi baru di Indonesia, untuk mengatasi kemacetan di Jakarta dan kota besar lainya. O-Bahn, perpaduan konsep bus dengan jalur khusus kereta api akan menjadi solusinya.  

Seperti ditayangkan Fokus Indosiar, Senin (24/6/2019), Dirjen Perhubungan Darat Budi Setiyadi, dan Dirjen Perkeretaapian Zulfikri menyampaikan rencana pembangunan O-Bahn.

O-Bahn adalah moda transportasi gabungan bus dan jalur khusus kereta api dengan biaya pembangunannya lebih murah dan daya tampungnya lebih besar.

Rencananya, pendanaan pembangunan jalur dan halte O-Bahn beserta bus akan dibiayai sepenuhnya oleh pemerintah. Sementara biaya operasional akan diserahkan kepada swasta atau BUMN. Jerman, Australia, dan Jepang sudah lama menggunakan O-Bahn sebagai salah satu moda transportasi massal.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Sofyan Basir Didakwa Fasilitasi Pemufakatan Jahat Suap PLTU Riau-1

Posted: 23 Jun 2019 09:47 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Jaksa penuntut umum pada Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) mendakwa mantan Dirut PT PLN Sofyan Basir, memfasilitasi pertemuan pembahasan pemufakatan jahat suap kontrak kerjasama proyek PLTU Riau-1.

"Terdakwa dengan sengaja memberikan kesempatan, sarana, atau keterangan untuk melakukan ‎kejahatan," ujar Jaksa KPK Ronald Worotikan membacakan surat dakwaan Sofyan Basir di Pengadilan Tipikor, Jakarta Pusat, Senin (24/6/2019).

Menurut Jaksa, Sofyan Basir memfasilitasi pertemuan antara Wakil Ketua Komisi VII DPR Eni Maulani Saragih, Sekretaris Jenderal (Sekjen) Partai Golkar Idrus Marham, dan pemegang saham Blackgold Natural Resources Limited Johanes Budisutrisno Kotjo.

"Padahal terdakwa mengetahui ‎bahwa Eni Saragih dan Idrus Marham akan mendapatkan fee dari Johanes Kotjo," kata Jaksa Ronald.

Jaksa Ronald menyebut, Eni dan Idrus menerima suap dari Johanes Kotjo secara bertahap sebesar Rp 4,7 miliar. Uang tersebut disinyalisasi untuk mempercepat proses kesepakatan proyek Inependent Power Producer (IPP) PLTU mulut tambang Riau-1.

 

Tugas dari Setnov

Terdakwa dugaan korupsi proyek E-KTP Setya Novanto tersenyum jelang mengikuti sidang lanjutan di Pengadilan Tipikor, Jakarta, Kamis (28/12). Sidang beragendakan pembacaan tanggapan eksepsi dakwaan Jaksa Penuntu Umum. (Liputan6.com/Helmi Fithriansyah)

Dalam dakwaan disebutkan Eni Saragih ditugaskan oleh Ketua Fraksi Partai Golkar Sety‎a Novanto (Setnov) yang saat itu Ketua DPR untuk membantu Johanes Kotjo memuluskan kesepakatan kontrak kerjasama PLTU Riau-1. Eni kemudian meminta bantuan kepada Sofyan Basir.

Sofyan Basir beberapa kali melakukan pertemuan dengan Eni Saragih dan Johanes Kotjo untuk membahas proyek PLTU. Sofyan pun menyerahkan ke anak buahnya Direktur Pengadaan Strategis 2 PT PLN Supangkat Iwan Santoso untuk mengurus proposal yang diajukan Johanes Kotjo.

Atas bantuan Sofyan Basir, perusahaan Johanes Kotjo mendapatkan jatah proyek PLTU Riau-1. ‎Eni dan Idrus menerima imbalannya sebesar Rp 4,7 miliar dari Johanes Kotjo karena telah membantunya.

Atas perbuatannya, Sofyan Basir didakwa melangar Pasal 12 a atau Pasal 11 juncto Pasal 15 Undang-Undang Nomor 31 Tahun 1999 tentang Pemberantasan Tindak Pidana Korupsi sebagaimana telah diubah dengan UU Nomor 20 Tahun 2001 Juncto Pasal 56 ke-2 KUHP.

Saksikan juga video menarik berikut ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Cara Kirim Gambar Beresolusi Tinggi di WhatsApp

Posted: 23 Jun 2019 09:44 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - WhatsApp adalah aplikasi bertukar pesan untuk Smartphone dengan menggunakan koneksi internet 3G, 4G atau WiFi.

WhatsApp menawarkan banyak fitur yang dapat kamu gunakan, seperti kemampuan untuk mengirim gambar, video, GIF, file audio, kontak, sampai dengan catatan suara.

Namun, tak jarang para pengguna aplikasi WhatsApp mengeluh karena dalam mengirim gambar harus mengompres file gambar yang dikirim melalui platform pesan instan terlebih dahulu.

Hal ini membuat kualitas gambar berkurang. Meskipun cepat dalam mentransfer file, tidak semua orang suka kecepatan tetapi kualitas atau resolusinya berkurang.

Kamu tentu bisa mengirim gambar dengan cepat tanpa harus mengompresnya. Bagaimana caranya? Berikut cara mengirim gambar di WhatsApp tanpa kompresi seperti yang dikutip dari laman Beebom, Senin (24/6/2019).

 

Klik Ikon Penjepit Kertas

Ilustrasi cara kunci WhatsApp (Sumber:Pixabay)

Biasanya ketika sedang asik berkirim pesan dengan keluarga, teman, dan sahabat tidak jarang kita melampirkan gambar atau video agar percakapan lebih hidup.

Kini, kamu tidak perlu khawatir ketika ingin mengirim gambar dengan kualitas yang baik tanpa kompres.

Kamu cukup buka aplikasi WhatsApp di smartphone kamu, lalu klik ikon "penjepit kertas" untuk melampirkan foto yang ingin dikirim.

Di sini, kamu tidak lagi menggunakan galeri untuk melampirkan foto, melainkan menggunakan dokumen. Jadi, klik dokumen dan kemudian pilih opsi untuk "Jelajahi dokumen lain".

Karena gambar yang akan kamu kirimkan biasanya terletak di Galeri, jadi kamu harus mencari dahulu tempat foto yang akan kamu kirimkan. Setelah menemukan tempat tersebut, pilih gambar dan klik "Ok".

 

Kirim ke Kontak Tertentu

Ilustrasi WhatsApp. Kredit: Freepik

Sekarang, kamu akan diminta untuk mengirim gambar tersebut ke kontak tertentu. Setelah mengirimnya, kamu bisa memeriksa apakah gambar yang kamu kirim telah dikompres atau tidak dengan klik info detail file.

Jika kamu terbiasa dengan mengirim gambar sebagai foto, namun sekarang kamu mengirim gambar tersebut sebagai dokumen agar mencegah WhatsApp mengompres gambar tersebut.

Kamu akan melihat ketika kamu mengirim gambar sebagai dokumen di WhatsApp. Kamu tidak akan mendapatkan pratinjau gambar seperti biasanya.

 

Fitur Kompresi

Fitur WhatsApp Terbaru (Sumber: Pixabay)

Fitur kompresi gambar dengan cepat yang ada di WhatsApp mempunyai fungsi yang bagus ketika ingin mengirim gambar dengan cepat tetapi tidak terlalu mementingkan kualitas.

Namun, tidak semua orang mempunyai keinginan yang sama. Maka lebih baik jika WatsApp memiliki opsi untuk mengakifkan atau menonaktifkan kompresi pada gambar. Agar bisa mengirim gambar dengan resolusi penuh tanpa mengurangi kualitas gambar.

Jadi, tertarik untuk mencoba?

(Linda Fahira Putri/Isk)

Saksikan Video Pilihan Berikut Ini

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

DVI Selesaikan Identifikasi 23 Jenazah Korban Kebakaran Pabrik Korek Gas

Posted: 23 Jun 2019 09:42 PM PDT

Patroli Indosiar, Langkat - Setelah tujuh jenazah telah diidentifikasi, Tim DVI Polda Sumatra Utara menyelesaikan proses identifikasi 23 jenazah lain yang menjadi korban tewas dalam kebakaran pabrik korek gas di Desa Sambi Rejo, Langkat, Sumatra Utara. Seluruh jenazah diserahkan ke pihak keluarga untuk selanjutnya dimakamkan.  

Seperti ditayangkan Patroli Indosiar, Senin (24/6/2019), 23 jenazah selesai setelah tujuh jenazah berhasil diidentifikasi.

Dari 30 jenazah, empat korban memiliki tingkat pengenalan yang sulit akibat kerusakan fatal di seluruh tubuh korban. Pengenalan dilakukan dengan mencocokkan data antemortem dari pihak keluarga maupun dari properti yang dikenakan korban dengan data postmortem.

Usai identifikasi, selanjutnya dilakukan serah terima jenazah kepada keluarga korban di RS Bhayangkara Medan. Seluruh korban dimasukkan ke dalam ambulans untuk dibawa pulang ke Kabupaten Langkat.  

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

6 Editan Karakter Anime Dalam Dunia Nyata Ini Hasilnya Bikin Ngakak

Posted: 23 Jun 2019 09:40 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Bagi para pecinta film animasi dari Jepang atau dikenal dengan anime, ketika menunjukkan kecintaannya terhadap sebuah karakter pemainnya, terkadang bisa sangat kocak. Mulai dari cosplay hingga mengoleksi pernak-pernik anime idolanya.

Tidak hanya anak kecil yang menyukai anime. Anime juga disukai oleh segala umur karena tidak hanya soal gambar yang bagus, namun kini kisah-kisah yang diceritakan dari anime pun lebih bervariatif. 

Kecintaan terhadap anime pun membuat banyak penggemarnya berimajinasi, bagaimana jika tojoh-tokoh anime tersebut ada di dunia nyata. Imajinasi tersebut yang membuat tangan-tangan kreatif untuk mengedit para tokoh anime digabungkan dengan foto di dunia nyata. Hasilnya pun jadi menarik dan tentu saja mengundang gelak tawa. 

Berikut 6 editan karakter anime dalam dunia nyata yang Liputan6.com rangkum dari berbagai sumber, Senin (24/6/2019)

Naruto dianggap gelandangan dan dibawa aparat nih

Naruto ketika kena razia satuan polisi pamong praja (Sumber: Instagram/photoshop.shitposter)

Gaara babak belur habis dipukulin massa

Gaara dalam editan (Sumber: Instagram/photoshop.shitposter)

Tsunade kebanyakan main judi, diciduklah akhirnya

Tsunade dalam editan (Sumber: Instagram/photoshop.shitposter)

Halunya sudah enggak tertolong

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Ria Ricis dan Naura Bikin Meriah Wonderfest 2019

Posted: 23 Jun 2019 09:40 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Wonderfest, festival anak dan keluarga yang telah berlangsung di Jakarta Convention Center (JCC) Hall A dan B pada 20-23 Juni 2019 lalu. Tak hanya dihadiri banyak anak-anak, Ria Ricis pun ikut hadir dalam festival seru ini.

Ria Ricis yang hadir bersama keponakannya merasa acara Wonderfest ini begitu seru dan menyenangkan.

Pasalnya festival ini menawarkan banyak pilihan aktivitas seru untuk liburan keluarga. Mulai dari area playground, bazar, dan F & B Market yang dimeriahkan oleh lebih dari 100 tenants.

Bahkan tak hanya Ria Ricis saja, Ada Naura yang juga hadir untuk memeriahkan acara Wonderfest 2019. Penyanyi cilik ini berhasil menghibur dengan suara merdunya. Bahkan antusias anak-anak begitu besar saat menyaksikan aksi panggung Naura.

Ingin tahu keseruan Ria Ricis dan Naura saat berkunjung ke Wonderfest 2019? Yuk simak selengkapnya di channel Samara Live di Vidio berikut ini.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Rupiah Melemah Tertekan Sentimen Global

Posted: 23 Jun 2019 09:37 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Nilai tukar rupiah terhadap dolar Amerika Serikat (AS) bergerak melemah pada perdagangan Senin pekan ini. Pergerakan rupiah hari ini dipengaruhi oleh sentimen global.

Mengutip Bloomberg, Senin (24/6/2019), rupiah dibuka di angka 14.130 per dolar AS, menguat jika dibandingkan dengan penutupan perdagangan sebelumnya yang ada di angka 14.182 per dolar AS. Namun sesaat kemudian, rupiah melemah ke 14.155 per dolar AS.

Sejak pagi hingga siang hari ini, rupiah bergerak ki kisaran 14.095 per dolar AS hingga 14.166 per dolar AS. Jika dihitung dari awal tahun, rupiah masih menguat 1,63 persen.

Sedangkan berdasarkan Kurs Referensi Jakarta Interbank Spot Dollar Rate (Jisdor), rupiah dipatok di angka 14.165 per dolar AS, melemah jika dibandingkan dengan patokan sebelumnya yang ada di angka 14.116 per dolar AS.

Ekonom Samuel Aset Manajemen Lana Soelistianingsih mengatakan, pergerakan rupiah hari ini akan dipengaruhi sentimen global yaitu harga minyak mentah yang bergerak naik akibat dipicu krisis teluk.

"Krisis teluk ini menambah risiko global di tengah isu perang dagang AS-China saat ini," ujar Lana dikutip dari Antara.

Harga minyak mentah sejak minggu lalu bergerak naik dipicu oleh kekhawatiran serangan militer AS terhadap Iran, setelah Iran menyatakan telah menembak drone AS karena masuk kedalam wilayah Iran.

Pasca-penembakan tersebut, AS mengirimkan acaman untuk melakukan pembalasan, namun akhirnya Presiden Donald Trump membatalkan serangan balasan AS tersebut.

Ketegangan di Timur Tengah diawali dengan tuduhan AS yang menyalahkan Teheran atas serangkaian serangan terhadap tanker minyak di Teluk beberapa waktu lalu.

Lana memprediksi rupiah hari ini berpotensi melemah menuju kisaran antara 14.150 per dolar AS sampai 14.180 per dolar AS.

BI Prediksi Nilai Tukar Rupiah 13.900 - 14.000 per Dolar AS di 2020

Pekerja menunjukan Dolar AS di jasa penukaran uang asing di Jakarta, Rabu (19/6/2019). Nilai tukar rupiah terhadap Dolar AS sore ini Rabu (19/6) ditutup menguat sebesar Rp 14.269 per dolar AS atau menguat 56,0 poin (0,39 persen) dari penutupan sebelumnya. (Liputan6.com/Angga Yuniar)

Sebelumnya, Gubernur Bank Indonesia (BI), Perry Warjiyo menyampaikan asumsi ekonomi makro tahun 2020 untuk nilai tukar Rupiah adalah pada level 13.900-14.300 dan inflasi 3 persen plus minus 1.

Perry menilai,sejauh ini Rupiah masih menunjukan kondisi yang positif. Tercatat hingga hari ini nilai tukar berada pada posisi 14.250 terhadap dolar Amerika Serikat (USD).

"Hingga tanggal 10 Juni 2019 nilai tukar Rupiah 14.250 per USD atau menguat 0,91 persen bila dibandingkan dengan level akhir tahun 2018 yaitu Rp 14.380, nilai tukar rupiah pada tahun 2019 mencapai Rp 14.187 atau menguat 0,41 persen dibandingkan rerata tahun 2018 Rp 14.246," kata dia pada Selasa 11 Juni 2019. 

Selain itu, BI memperkirakan bahwa Neraca Pembayaran Indonesia akan mencatat surplus sejalan dengan prospek aliran masuk modal asing yang terus berlanjut.

Sementara itu, defisit transaksi berjalan atau Current Account Defisit (CAD) 2019 juga diperkirakan lebih rendah dari tahun 2018 yaitu dalam kisaran 2,5 sampai 3 persen terhadap PDB.

"Sejalan dengan perkiraan neraca pembayaran tersebut, kami memperkirakan rata-rata nilai tukar pada tahun 2019 akan berada pada kisaran Rp 14.000 - Rp 14.400 terhadap dolar Amerika Serikat," ujarnya.

"Pada tahun 2020 kami memperkirakan bahwa prospek penguatan Neraca Pembayaran Indonesia akan berlanjut ditopang oleh peningkatan aliran masuk modal asing dan penurunan defisit transaksi berjalan," dia menambahkan.

Aliran masuk modal asing (inflow) diperkirakan meningkat dipengaruhi oleh prospek ekonomi yang membaik dan juga koordinasi yang kuat kebijakan antara pemerintah Indonesia dan berbagai otoritas terkait, untuk 2019 defisit transaksi berjalan kita akan tetap terkendali.

"Dengan berbagai perkembangan tersebut kami memperkirakan bahwa rata-rata nilai tukar Rupiah pada tahun 2020 akan berada pada kisaran Rp 13.900 sampai dengan Rp14.300 dolar Amerika Serikat," tutupnya.

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Jalan-Jalan ke Kota Tua, Nikmati Suasana Jakarta Tempo Dulu

Posted: 23 Jun 2019 09:35 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Kota Tua merupakan destinasi wisata yang wajib untuk dikunjungi jika ke Jakarta. Di Kota Tua, para wisatawan diberikan pengalaman berkeliling seakan berada di Jakarta tempo dulu.

Di Kota Tua, Anda akan menemukan sejumlah barang peninggalan Belanda yang menjadi bukti kehadiran VOC di Batavia masih bisa dilihat di pusat kegiatan kota. Bahkan, dengan adanya barang-barang peninggalan sejarah di sini, Anda akan banyak belajar mengenai sejarah.

Tak hanya belajar sejarah saja, di sini Anda bersama teman dan keluarga pun dapat menikmati suasana Kota Tua dengan berkeliling menggunakan sepeda ontel warna-warni. Tak perlu takut dengan harga sewanya. Cukup Rp 20.000 per 30 menit.

Setelah puas berkeliling Anda juga bisa memanjakan perut lho. Banyaknya kafe serta pedagang kaki lima yang bisa dijumpai di sini. Salah satu kafe yang terkenal di Kota Tua adalah Cafe Batavia.

Ingin tahu bagaimana suasana berkeliling Jakarta Tempo dulu di Kota Tua? Yuk saksikan di channel SCTV di Vidio berikut ini.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Atlet Panjat Tebing Indonesia Ikuti Simulasi Prakualifikasi Olimpiade 2020

Posted: 23 Jun 2019 09:30 PM PDT

 

Liputan6.com, Jakarta Federasi Panjat Tebing Indonesia (FPTI) telah melaksanakan simulasi Combined Pelatnas Pra Olympic (Prakualifikasi Olimpiade) 2020, 20-21 Juni 2019.

Dalam simulasi yang digelar di venue Panjat Tebing, Kompleks Stadion Mandala Kridha, Yogyakarta ini atlet Pelatnas Fatchur Roji keluar sebagai pemenang simulasi untuk kategori combined putra. Sementara, nomor putri dimenangkan oleh Kharisma Ragil Rakasiwi atlet dari Gresik.

Di nomor putra Roji berhasil menang setelah menjadi peringkat ketiga di speed, peringkat pertama boulder, dan peringkat pertama lead. Peringkat kedua diduduki Seto yang mewakili kontingen Pelatda DIY. Seto menduduki peringkat dua speed, empat boulder, dan dua lead.

Bertengger di peringkat ketiga adalah Aspar Jaelolo yang merupakan atlet Pelatnas. Ia mencatatkan peringkat pertama di speed, enam di boulder dan enam di lead. Atlet pelatnas lainnya Rivaldi Ode Ridjaya harus puas di nomor empat setelah menduduki peringkat lima speed, dua boulder, dan empat lead.

Di nomor putri, Kharisma berhak menyandang juara pertama setelah menduduki peringkat tujuh speed, pertama lead, dan pertama lead. Posisi kedua dan ketiga diduduki atlet Pelatnas yakni Nurul Iqamah dan Fitria Hartani. Nurul Iqamah menduduki peringkat pertama di speed, empat di boulder, dan tiga lead. Fitria menduduki peringkat empat speed, dua di boulder, dan dua di lead.

Atlet Pelatnas Panjat Tebing lainnya Choirul Umi Cahyaning A dan Salsabila menduduki peringkat empat dan delapan. Umi menduduki peringkat tiga speed, tiga di boulder, dan empat di lead. Sementara Salsabila menduduki peringkat delapan speed, delapan boulder, dan lima lead.

 

 

Pertahankan Peringkat

Salah satu atlet panjat tebing daerah saat ikuti prakualifkasi Olimpiade 2020 (dok: FPTI)

Pelatih Pelatnas Pra Olympic 2020 Hendra Basir mengungkapkan simulasi ini rangkaian agenda Pelatnas. Selain itu, simulasi digelar dengan mendatangkan atlet terbaik dari beberapa daerah untuk menciptakan suasana kompetisi dan pertandingan sehingga atlet Pelatnas akan terbiasa dengan suasana pertandingan.

"Ini juga sebagai pemanasan sebelum mereka beraksi di ajang IFSC Climbing Worldcup di Villars, Swiss (4-6 Juli 2019) dan Chamonix, Prancis (11-13 Juli 2019). Targetnya adalah mempertahankan masuk peringkat 20 dunia," jelas dia.

Ada lima atlet pelatnas yang masuk peringkat dunia. Di nomor putra Aflian M Fajri meduduki peringkat lima, Aspar Jaelolo peringkat tujuh, dan Fatchur Roji peringkat sembilan. Di nomor putri Aries Susanti Rahayu bertenger di peringkat empat dan Nurul Iqamah di peringkat 20.

Fatchur Roji mengatakan ia berharap bisa memberikan yang terbaik untuk Indonesia. Ia mengaku senang bisa masuk dalam Pelatnas dan berlatih dengan atlet lainnya. Hal ini memberinya motivasi untuk terus menampilkan yang terbaik. "Saya akan memberikan yang terbaik dan saya ingin bisa mempertahankan posisi di peringkat 20 besar dunia," jelas dia.

Cari Atlet Daerah

Selain diikuti atlet Pelatnas, simulasi ini diikuti atlet dari berbagai daerah seperti dari DIY, Gresik, DKI Jakarta, NTB, Jawa Tengah, Bali, Kalimantan Barat, Kalimantan Timur, Jawa Timur, dan Bengkulu. Total ada 66 atlet yang terdiri dari 41 putra dan 25 putri yang ikut serta dalam simulasi tersebut.

Manager Tim Nasional Panjat Tebing Indonesia Pristiwawan Buntoro mengungkapkan dengan adanya simulasi ini akan memotivasi atlet karena persaingan semakin ketat. "Selain itu dengan simulasi ini akmi mengakomodasi kepentingan daerah untuk menuju prakulaifikasi PON yang terbagi dalam tiga zona," jelas dia.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

FOTO: Kasus E-KTP, KPK Periksa Melchias Marcus Mekeng

Posted: 23 Jun 2019 09:30 PM PDT

Mantan Ketua Banggar DPR Melchias Marcus Mekeng (kiri) tiba di Gedung KPK, Jakarta, Senin (24/6/2019). Mekeng diperiksa sebagai saksi untuk tersangka Markus Nari dalam kasus dugaan korupsi proyek e-KTP. (merdeka.com/Dwi Narwoko)

Mantan Ketua Banggar DPR Melchias Marcus Mekeng (kiri) tiba di Gedung KPK, Jakarta, Senin (24/6/2019). Mekeng diperiksa sebagai saksi untuk tersangka Markus Nari dalam kasus dugaan korupsi proyek e-KTP. (merdeka.com/Dwi Narwoko)

Mantan Ketua Banggar DPR Melchias Marcus Mekeng (tengah) tiba di Gedung KPK, Jakarta, Senin (24/6/2019). Mekeng diperiksa sebagai saksi untuk tersangka Markus Nari dalam kasus dugaan korupsi proyek e-KTP. (merdeka.com/Dwi Narwoko)

Mantan Ketua Banggar DPR Melchias Marcus Mekeng (tengah) tiba di Gedung KPK, Jakarta, Senin (24/6/2019). Mekeng diperiksa sebagai saksi untuk tersangka Markus Nari dalam kasus dugaan korupsi proyek e-KTP. (merdeka.com/Dwi Narwoko)

Mantan Ketua Banggar DPR Melchias Marcus Mekeng saat tiba di Gedung KPK, Jakarta, Senin (24/6/2019). Mekeng diperiksa sebagai saksi untuk tersangka Markus Nari dalam kasus dugaan korupsi proyek e-KTP. (merdeka.com/Dwi Narwoko)

Mantan Ketua Banggar DPR Melchias Marcus Mekeng saat tiba di Gedung KPK, Jakarta, Senin (24/6/2019). Mekeng diperiksa sebagai saksi untuk tersangka Markus Nari dalam kasus dugaan korupsi proyek e-KTP. (merdeka.com/Dwi Narwoko)

Mantan Ketua Banggar DPR Melchias Marcus Mekeng berbincang saat menunggu untuk menjalani pemeriksaan penyidik di Gedung KPK, Jakarta, Senin (24/6/2019). Mekeng diperiksa sebagai saksi untuk tersangka Markus Nari dalam kasus dugaan korupsi proyek e-KTP. (merdeka.com/Dwi Narwoko)

Mantan Ketua Banggar DPR Melchias Marcus Mekeng berbincang saat menunggu untuk menjalani pemeriksaan penyidik di Gedung KPK, Jakarta, Senin (24/6/2019). Mekeng diperiksa sebagai saksi untuk tersangka Markus Nari dalam kasus dugaan korupsi proyek e-KTP. (merdeka.com/Dwi Narwoko)

Mantan Ketua Banggar DPR Melchias Marcus Mekeng menunggu panggilan saat akan menjalani pemeriksaan oleh penyidik di Gedung KPK, Jakarta, Senin (24/6/2019). Mekeng diperiksa sebagai saksi untuk tersangka Markus Nari dalam kasus dugaan korupsi proyek e-KTP. (merdeka.com/Dwi Narwoko)

Mantan Ketua Banggar DPR Melchias Marcus Mekeng menunggu panggilan saat akan menjalani pemeriksaan oleh penyidik di Gedung KPK, Jakarta, Senin (24/6/2019). Mekeng diperiksa sebagai saksi untuk tersangka Markus Nari dalam kasus dugaan korupsi proyek e-KTP. (merdeka.com/Dwi Narwoko)

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

VIDEO: Sambut Konser BTS, Menara Seoul jadi Ungu

Posted: 23 Jun 2019 09:30 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Ada yang berbeda dari panmapakan kawasan menara Seoul. Warna menara berubah menjadi ungu seiring dengan akan digelarnya konser BTS di Seoul, Korea Selatan.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Gagal di Pileg, Lucky Hakim Kini Jadi YouTuber

Posted: 23 Jun 2019 09:30 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Lucky Hakim gagal melangkah kedua kalinya ke Senayan. Perolehan suaranya di Pileg 2019 tak memenuhi syarat untuk mempertahankan kursi DPR.

Meski begitu, Lucky Hakim justru merasa lega karena dirinya bisa lebih santai menjalani hidup. Apalagi, untuk menjadi wakil rakyat, kata Lucky, diperlukan tanggung jawab yang besar.

"Setelah mendapat kepastian tidak terpilih kembali jadi anggota DPR, saya langsung lega. Karena tidak harap-harap cemas seperti saat menanti tahapan-tahapan perhitungan. Kalau terpilih maka saya harus segera persiapan ke proses selanjutnya di Senayan," kata Lucky Hakim di Jakarta baru-baru ini.

Usai berhenti dari dunia politik, Lucky Hakim mulai melirik kembali dunia hiburan. Bukan untuk syuting sinetron atau film, mantan suami Indadari dan Tiara Dewi ini akan meramaikan konten kreatif YouTube.

Seperti kebanyakan selebritas, Lucky Hakim mengenalkan 'Lucky Hakim Channel' sebagai akun resmi situs berbaginya tersebut. Bagi Lucky Hakim, ide membuat konten kreatif ini terbesit berkat nasihat oleh saudaranya, Imelda Soraya.

"Awalnya enggak mau serius, tapi sepupu saya Imelda bilang kenapa enggak jadi YouTuber saja kan banyak binatang untuk dijadikan konten. Cuma waktu itu kendalanya waktu karena bentrok dengan kampanye dan sosialisasi," terangnya.

Respons Positif

Lucky Hakim

Tak disangka setelah mengunggah beberapa video, channel YouTube Lucky Hakim mendapat respons positif dari warganet. Terbukti, dalam hitungan hari saja Lucky Hakim telah mendapat 35 ribu subscribers.

"Alhamdulillah apresisi dari warganet bisa diukur dari jumlah subscriber yang meningkat pesat. Hanya dalam waktu dua minggu bisa mendapat 30 ribu dan yang nonton sampai mendekati angka satu juta. Kalau dibanding YouTuber kawakan tentu ini belum seberapa, tapi saya senang karena perkembangannya pesat, mungkin karena konten binatang banyak digemari ya," tuturnya.

Fokus Jadi YouTuber

Lucky Hakim (istimewa)

Jika konten yang diunggahnya semakin digandrungi, Lucky berencana untuk fokus menjadi YouTuber. Kendati begitu, ia tak menutup kemungkinan kembali ke dunia politik.

"Kalau channel-nya ramai terus, maka saya akan semakin banyak membuat video dan mempertahankan konsistensi di dunia baru ini. Tapi kalau sepi ya mungkin akan mencari kegiatan yang lain, selama itu baik," paparnya.

"Kalau kembali ke politik bisa saja pada waktunya nanti, sekarang pemilu sudah lewat. Sementara ini enjoy saja jadi YouTuber, semoga bisa memberikan informasi yang bermanfaat," Lucky Hakim mengakhiri.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

5 Foto Beda Tampak Depan VS Belakang Ini Kocak Sekaligus Bikin Tepuk Jidat

Posted: 23 Jun 2019 09:25 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Sebuah kreativitas memang tidak ada batasnya. Sampai-sampai, demi diakui keberadaannya orang kerap melakukan segala cara dengan kreatif. Untuk tunjukkan penampilan paling maksimal, seorang wanita rela melakukan berbagai cara seperti ke salon hingga belajar makeup demi tampil cantik di foto.

Demi tunjukkan keberadaan mereka di media sosial, tak sedikit orang-orang melakukan berbagai cara. Seperti mengunjungi tempat-tempat terkini demi foto yang keren hingga melakukan hal-hal di luar dugaan.

Seperti yang dilakukan oleh orang-orang ini, mereka melakukan berbagai cara demi terlihat oke di depan kamera. Namun siapa sangka di balik foto keren mereka ada sesuatu yang tersembunyi di belakangnya yang bikin kamu tertipu.

 

Berikut foto tampak depan versus belakang yang Liputan6.com rangkum dari akun Instagram @recehkocak8, Senin (24/6/2019).

Dari belakang kayak merangkul pacar, ternyata manekin

Kelihatannya keren sih pakai beanie, ternyata malah celana dalam

Demi terlihat bagus di kamera, ternyata ada klip kertas di baliknya

Naik gunung bareng kekasih, ternyata teman sendiri

Seolah-olah sedang ngobrol, ternyata guling dipakaikan jaket

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Gempa di Maluku, Guncangan Terasa hingga Australia

Posted: 23 Jun 2019 09:20 PM PDT

Liputan6.com, Darwin - Gempa bumi bermagnitudo 7,7 mengguncang Maluku pada Senin, 24 Juni 2019. Getaran tercatat pada pukul 09.53 WIT, dan berada pada kedalaman 231 kilomter, menurut Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG).

Lindu itu dilaporkan terasa di sejumlah daerah seperti Tual, Saumlaki, Sorong, Kupang, Banda, Waingapu, Ambon, Nabire, Merauke, Denpasar, dan Puncak Jaya.

Tak hanya di Indonesia, guncangan itu juga terasa hingga Australia menurut laporan dari portal berita Negeri Kanguru, Abc.net. Sebagian dari distrik Darwin, Australia telah dievakuasi.

Mengutip ABC News pada Senin (24/6/2019), penduduk Negara Bagian Northern Teritory mengatakan, gempa terasa dari kota Maningrida hingga Katherine yang berjarak 300 kilometer.

Biro Meteorologi setempat mengeluarkan pernyataan tentang tidak adanya ancaman tsunami di Australia akibat gempa tersebut.

Hingga saat ini, layanan darurat St John Australia setempat mengatakan belum ada laporan cedera.

 

Penuturan Warga Lokal

Bendera Australia (iStockphoto via Google Images)

Domenic Fracaro adalah salah satu dari ratusan penduduk dan pekerja kantor yang dievakuasi selama gempa itu berlangsung.

Fracaro mengatakan ia sedang menyiapkan makan siang di dapur saat mendengar suara "raungan", katanya kepada ABC.

"Saya pikir itu adalah pesawat jet yang (terbang) sangat rendah, dan istri saya mulai berlari ke pintu depan," kata Fracaro. "Semua laci mulai terbuka di dapur, dan saya berkata kepadanya, 'apa yang terjadi?'," tuturnya.

"Dan dia berkata, 'ini gempa bumi, ayo, ayo keluar dari sini'," kata Fracaro menirukan istrinya.

Seorang karyawan di Darwin, Kellie Grainger, mengatakan gempa "berlangsung selama beberapa menit."

"Ada getaran yang sangat nyata dan kemudian perlahan-lahan surut, lalu ada lagi getaran besar - yang kedua pasti yang terburuk," katanya.

Grainger saat itu tengah berada di lantai tiga sebuah gedung di Darwin. Ia mengaku sangat kaget dengan guncangan itu.

"Kami benar-benar merasakan goyangan dan pergerakan yang signifikan di dalam gedung, itu sudah pasti," katanya.

KJRI Darwin di Evakuasi

Ilustrasi Gempa Bumi (iStockphoto)

Konsulat Indonesia di Kota Darwin, sebagaimana dikutip dari ABC News, adalah salah satu bangunan yang dievakuasi selama gempa bumi. Staf KJRI berbagi pengalaman mereka tentang detik-detik menegangkan.

"Saya berada di kantor saya dan kemudian saya merasakan guncangan - saya bisa melihat meja saya bergerak, dan langit-langitnya bergetar," kata staf konsulat Jherry Matahelumual.

"Dan kemudian saya meninggalkan ruangan. Semua kolega merasakan hal yang sama, jadi kami berlari ke tempat parkir untuk menghindari semua yang ada di atas kami, dan menyelamatkan diri."

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Pengamat Tak Setuju RI Kembangkan Transportasi O-Bahn

Posted: 23 Jun 2019 09:20 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Pemerintah melalui Kementerian Perhubungan (Kemenhub) kini tengah mengkaji pengembangan moda transportasi baru yang menggabungkan konsep bus dengan jalur khusus seperti rel kereta, yakni O-Bahn.

Rencananya, transportasi ini akan dibangun di wilayah-wilayah yang selama ini belum memiliki angkutan massal yang efektif.

Namun begitu, Pengamat Transportasi sekaligus Wakil Ketua Masyarakat Transportasi Indonesia (MTI) Djoko Setijowarno menyatakan, pengadaan O-Bahn cukup menjadi wacana saja. Ini lantaran pemerintah dinilainya belum siap, terutama soal ketersediaan dana.

"Wacana Kemenhub untuk mengoperasikan O-Bhan sebagai transportasi umum untuk mengatasi kemacetan di beberapa kota di Indonesia dengan konsep smart city lebih baik diabaikan saja. Keterbatasan keuangan negara dan kemampuan fiskal daerah menjadi pertimbangannya," tuturnya kepada Liputan6.com, Senin (24/6/2019).

Selain pertimbangan biaya yang tidak sedikit, ia menambahkan, berbagai pihak utamanya Pemerintah Daerah (Pemda) belum tentu mau menerima konsep transportasi tersebut.

"Apalagi regulasi untuk menerapkannya belum ada. Bisa jadi masalah baru jika belum dilengkapi dengan regulasi," tegas dia.

Oleh karenanya, ia mengatakan pembangunan O-Bahn tak perlu dilanjutkan untuk ke depannya. Terlebih ongkos pengadaan teknologinya pun juga memakan banyak biaya.

"Teknologi yang tidak murah, masih asing di Indonesia, butuh waktu menyiapkan prasarana pendukung dan mempelajari teknologinya. Untuk lima tahun ke depan cukup sebagai wacana saja," pungkas Djoko.

Jokowi Minta Integrasi Pengelolaan Transportasi Jabodetabek Selesai 3 Bulan

Presiden Joko Widodo atau Jokowi (kiri) didampingi Wakil Presiden Jusuf Kalla saat memimpin rapat terbatas (ratas) di Kantor Presiden, Jakarta, Senin (29/4/2019). Ratas membahas tindak lanjut rencana pemindahan ibu kota. (Liputan6.com/HO/Radi)

Presiden Jokowi memimpin rapat terbatas Lanjutan Pembahasan Kebijakan Pengelolaan Transportasi Jabodetabek.

Kepala Badan Pengelola Transportasi Jabodetabek (BPTJ), Bambang Prihartono yang hadir dalam ratas mengatakan ada dua hal yang dibahas, di antaranya pengelolaan transportasi Jabodetabek secara terintegrasi. 

"Pertama adalah integrasi. Kalau bicara integrasi kan ada entitas. Siapa entitas ini, yang melaksanakan itu," jelas Bambang di Istana Kepresidenan, Jakarta Selasa (19/3/2019).

Bambang menyebut siapa entitas yang akan mengelola transportasi Jabodetabek belum diputuskan. Namun, diwacanakan yang bakal mengelola transportasi Jabodetabek adalah Pemprov DKI Jakarta.

Jokowi sendiri, kata Bambang, telah memberikan tenggat waktu selama tiga bulan kepada bawahnnya untuk segera menentukan pengelola transportasi Jabodetabek.

"Presiden minta waktunya 3 bulan, dari sekarang jadi baru Juni," ucap dia.

Dia melanjutkan, penentuan pihak pengelola transportasi Jabodetabek akan dibahas kembali bersama Wakil Presiden Jusuf Kalla. "Tadi belum putus karena masih akan dibahas oleh Pak Wapres," ujar dia.

Bambang menjelaskan, penetapan pengelola transportasi Jabodetabek harus memperhatikan amanat Undang-undang.

"Entitas ini harus bisa fleksibel, jangan entitas ini terikat sama regulasi yang ada, karena transportasi ini kan wilayah. Jadi perlu ada satu entitas baru dalam rangka mengintegrasikan antar moda antar wilayah," terang dia.

Dalam arahannya, Jokowi sebelumnya meminta kementerian, lembaga maupun pemerintah daerah menghilangkan ego sektoral dalam pengelolaan transportasi Jabodetabek.

Jokowi ingin kepentingan transportasi nasional diletakkan di atas kepentingan institusi.

"Tidak ada lagi yang namanya ego sektoral, ego kementerian, ego daerah. Saya kira semuanya yang ada adalah kepentingan nasional," tegas mantan Gubernur DKI Jakarta itu.

Strategi Pemerintah Benahi Transportasi Jabodetabek

Menkomaritim Luhut Binsar Panjaitan memberi sambutan saat menghadiri penandatanganan kerja sama antar bank sindikasi di Jakarta, Jumat (29/12). Kerja sama antar bank tersebut sebesar 19,25 triliun. (Liputan6.com/Angga Yuniar)

Presiden Joko Widodo (Jokowi) telah menugaskan Wakil Presiden Jusuf Kalla (JK) untuk mengkoordinasi antara pemerintah provinsi DKI Jakarta, Jawa Barat, Banten, dan pemerintah pusat terkait pengintegrasian transportasi di wilayah Jakarta, Bogor, Depok, Tangerang, dan Bekasi (Jabodetabek). 

"Semua tranportasi bukan hanya DKI, di Jawa Barat, satu kota begitu jangan dipisah-pisah. Jadi satu. Jadi penanganan MRT, LRT, apa semua itu satu. Supaya memudahkan penanganan. Masih dirumuskan teknis, nanti pak Wapres yang memimpin pertemuan itu," kata Menko Maritim Luhut Binsar Pandjaitan.

Menurut dia, penanganan transportasi di wilayah Jabodetabek tidak akan lagi berada di bawah Kementerian Perhubungan, dalam hal ini Badan Pengatur Transportasi Jabodetabek (BPTJ).

"Berikan saja ke Gubernur. Karena Presiden pernah alami waktu jadi Gubernur betapa kompleksnya itu," ungkapnya.

"(Tidak lagi oleh BPTJ?) Iya biar satu saja yang kelola. Tapi lagi dikaji teknisnya bagaimana. Tadinya dibuat organisasi baru seperti di Singapura ternyata tidak jalan. Sekarang kasih saja penuh. Kira-kira begitu," ujarnya.

Mantan Kepala Staf Kepresidenan ini pun meyakini, pelimpahan tanggung jawab tersebut tidak akan membebani Pemerintah Provinsi secara finansial.

"Yang ada sekarang dikasihkan semua, biar DKI (yang mengatur). DKI duitnya juga banyak. Tahun ini Rp 11 triliun sisa anggarannya," tandas Luhut.

Perbaikan Sistem Transportasi Jabodetabek Butuh Dana Rp 600 Triliun

Bus Transjakarta melintas di dekat halte MRT Dukuh Atas, Jakarta, Rabu (12/6/2019). PT Transjakarta mencatat adanya peningkatan penumpang setelah Moda Raya Terpadu (MRT) beroperasi. (merdeka.com/Iqbal S. Nugroho)

Transportasi menjadi salah satu kebutuhan utama warga di kawasan Jakarta, Bogor, Depok, Tangerang dan Bekasi (Jabodetabek). Namun, transportasi yang tersedia saat ini masih belum mampu memenuhi kebutuhan banyak orang.

Badan Pengelola Transportasi Jabodetabek (BPTJ) tengah menyiapkan rencana besar untuk membenahi transportasi di Jabodetabek. Di mana akan ada banyak proyek transportasi yang akan dibangun dan dikembangkan dalam rentang waktu 2018 hingga 2029.

Kepala BPTJ, Bambang Prihartono mengungkapkan, rencana tersebut telah tertuang dalam Rencana Induk Transportasi Jabodetabek (RITJ) dalam Peraturan Presiden Nomor 55 Tahun 2018 tentang RITJ.

"Jadi jelas BPTJ harus melakukan apa acuannya ada di dalam RITJ. Dalam RITJ, itu sudah jelas kegiatannya apa saja. kemudian kegiatannya itu apa saja, mulai kapan berakhir kapan. bahkan tidak hanya itu, penanggung jawabnya siapa," kata Bambang di Jakarta, Jumat (14/12/2018).

Rencana tersebut tentu membutuhkan dana tidak sedikit. Mengingat Jabodetabek merupakan lingkup yang luas dengan pergerakan sangat padat mencapai 50 juta pergerakan setiap harinya.

Bambang menyebut bahwa dana dibutuhkan untuk membenahi dan membangun transportasi Jabodetabek mencapai Rp 600 triliun. Pihak yang terlibat pun tak sedikit, mulai dari Pemda Jabodetabek, Kemenhub dan Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR).

"Tujuan RITJ itu bukan hanya kementerian pusat saja atau bukan hanya BPTJ saja. Tetapi juga ada kementerian lainnya, Kementerian PUPR jalan tol, bahkan pemerintah juga ada pemerintah daerah ada tanggung jawabnya pemerintah kota dan kabupaten. Di situ jelas saya kira," ujarnya.

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Lionel Messi Optimistis dengan Peluang Argentina di Copa America 2019

Posted: 23 Jun 2019 09:20 PM PDT

Jakarta - Timnas Argentina mencatat kemenangan pertama pada Copa America 2019. Kemenangan itu sekaligus mengantarkan Tim Tango ke fase knockout.

Argentina meraih kemenanan atas Qatar pada laga pamungkas Grup B Copa America 2019. Gol dari Lautaro Martinez dan Sergio Aguero membuat Argentina mengakhiri fase grup dengan menempati posisi kedua.

Lionel Messi yakin kalau Argentina bisa menjawab tantangan dengan keberhasilan melaju ke fase knockout Copa America 2019. "Kami menunjukkan performa positif dan memenangi pertandingan. Hal itu menjadi yang paling penting pada saat ini," ujar Messi.

"Kami berharap kemenangan tadi meningkatkan kepercayaan diri tim pada laga berikutnya. Kami harus bersikap tenang dan berusaha mencatatkan hasil positif."

"Saya menilai kalau tim Argentina masih terus berkembang karena ada beberapa pemain baru. Tetapi, tim ini memiliki potensi yang tinggi," tambahnya.

"Kami yakin masih bisa mengembangkan kemampuan kami lagi, yang pasti kami tak boleh hilang harapan," ungkap Messis soal peluang Argentina di Copa America 2019.

 

 

Lawan Venezuela.

Lautaro Martinez dan Sergio Aguero menjadi pahlawan Argentina ketika bertanding melawan Qatar pada Copa America 2019. (AFP/Carl de Souza)

Pada laga perempat final, Argentina akan menghadapi Venezuela. Argentina berpeluang bertemu dengan Brasil jika sama-sama lolos ke semifinal.

Lionel Messi mencoba untuk meraih gelar pertamanya di level internasional pada Copa America 2019.

 

Sumber: Reuters

 

 

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Yuk, Intip Masakan Lezat Ala Jenk Minul di Panggung Indosiar

Posted: 23 Jun 2019 09:20 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Dapur Jenk Minul adalah salah satu program baru milik Indosiar yang berbeda dari acara-acara sebelumnya. Kali ini Indosiar akan menghadirkan acara masak memasak ala penyanyi dangdut kondang, Inul Daratista.

Dapur Jenk Minul hadir mulai Senin (24/6/2019) pukul 17.30 WIB. Kali ini, Inul Daratista tak akan memberikan komentar atas penampilan peserta, tapi penyanyi yang terkenal dengan goyang ngebornya ini akan unjuk kebolehan memasaknya.

Berawal di salah satu segmen di tayangan Festival Ramadan 2019 Indosiar, Ramadan lalu. Pada saat itu, Inul Daratista hadir dengan menyajikan demo memasak menu favoritnya.

Bahkan sapaan Jenk Minul muncul saat Inul berkutat dengan masakan di atas panggung Festival Ramadan 2019 Indosiar kala itu.

Nah, Ingin tahu apa saja masakan-masakan ala Dapur Jenk Minul di panggung Indosiar? Yuk simak selengkapnya di channel Indosiar di Vidio berikut ini.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Amankan Gedung MK, Polisi Blokade Arus Lalu Lintas di Jalan Medan Merdeka Barat

Posted: 23 Jun 2019 09:17 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Hari pertama Rapat Musyawarah Hakim Mahkamah Konstitusi (MK), dalam perkara sengketa pemilu presiden 2019, dimulai hari ini. Selama empat hari ke depan, rapat dilakukan tertutup dan akan diputus pada Jumat, 28 Juni 2019.

Pantauan di lokasi, Gedung MK disterilkan dengan pengamanan menyeluruh. Termasuk sterilisasi Jalan Medan Merdeka Barat yang diblokade, mulai dari Patung Kuda hingga mengarah Kantor Kemenko Pemberdayaan Manusia Kebudayaan (PMK).

Menurut Kapolres Jakarta Pusat Kombes Harry Kurniawan, penutupan jalan dilakukan guna menjaga kondusifitas terkait situasi dan kondisi di lapangan. "Jadi kita lihat perkembangan ya," kata dia saat dikonfirmasi, Senin (24/6/2019).

Selain penutupan jalan aparat keamanan masih disiagakan penuh oleh tim gabungan Polri, Polda dan Brimob. Mereka tampak bersiap di luar dan di dalam gedung MK.

Aksi Massa Masih Berlangsung

Sebagai informasi, aksi massa mendukung putusan seadil-adilnya masih tampak di depan Patung Kuda Gedung Indosat. Belasan orang mengenakan baju kuning membawa poster bertuliskan dukungan terhadap MK.

Akibat penutupan jalan ini, pengendara dialihkan sebagian dari Jalan Merdeka Barat di depan MK dari Sudirman Patung Kuda ke Harmoni via Merdeka Selatan atau melalui Jalan Budi Kemulyaan.

Namun demikian, arah sebaliknya mulai dari Istana Negara ke Patung Kuda - Sudirman tetap berlangsung normal.

Saksikan video pilihan berikut ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Pria Ini Ceritakan Pengalaman Mistis Naik Bus Hantu Bekasi-Bandung, Seram Banget

Posted: 23 Jun 2019 09:15 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Bagi mereka yang skeptis dengan hal-hal berbau horor dan gaib, sering kali meremehkan serta tidak mempercayai hal yang berada di luar nalar manusia. Biasanya, sebelum mereka bisa mengalami dan merasakan sendiri, barulah mereka mulai percaya dengan hal gaib tersebut.

Seperti yang dialami oleh seorang pria yang baru-baru kisah horornya viral di media sosial. Sosok yang bernama Hebbie Agus Kurnia awalnya tidak percaya dan skeptis dengan hal-hal horor. Namun, setelah ia mengalami sendiri pengalaman horor yang baru ia rasakan, akhirnya mengubah persepsi ia tentang hal gaib tersebut.

Berikut Liputan6.com rangkum dari Instagram Hebbie Agus Kurnia pengalaman mistis naik bus hantu Bekasi-Bandung yang kisahnya benar-benar bikin merinding, Senin (24/6/2019).

Pengalaman mistis naik bus hantu Bekasi-Bandung

Kisah mistis ini dialami oleh pria bernama Hebbie Agus Kurnia dan dibagikan di Instastory @hebosto. Hebbie membagikan pengalaman mistisnya saat  naik bus dari Cikampek menuju ke Bandung. Ia membagikan pengalaman horornya di Instagram agar keluarganya dapat mengetahui bahwa saat itu ia sedang berada di dalam bus yang misterius.

Pasalnya, menurut pengakuan ayah beranak satu ini, bus yang ditumpanginya tampak memiliki banyak kejanggalan. Mulai dari penumpang yang duduk tegap dengan muka pucat dan terdiam, hingga bau anyir yang tercium.

"Gue ngeliat kok orang-orang pas lampu bus dinyalain, pada tegang dan pucet. Duduknya bener-bener tegap, tapi mukanya pucet. masuk jam 8 malem itu lampu bus kayak nyala mati nyala mati. LOGIKA GUE, mungkin dinyala matiin gitu takut ada copet apa gimana lah. Biar pada tau".

Untuk mengurangi keraguan ia mencoba berbicara kepada orang yang ada disamping, "A… ini udah sampe Km berapa a?" namun orang yang dia tanta hanya diam. Tidak hanya itu ia juga merasakan bau anyir saat berada di dalam mobil. "Lah ini orang-orang pada diem dan masuk KM 90an gue ngerasa bau anyir-anyir gitu".

View this post on Instagram

Semuanya berawal dari skeptis gue sama hal-hal begitu. Ngeremehin. Ngegampangin. Nganggap halu. Eh malah gue ngalamin langsung pelajaran ya.. lengkapnya ditulis di blog aja. Baca di blog. Kalo lo kesini cuma pengen liat konten horror, lo ga akan nemuin lagi. Karena gue bukan penyedia konten horror. Undangan podcast, youtube sampe tv gue tolak. Buat gue begini bukan prestasi. Dan gue akan off dr IG untuk waktu yg cukup lama. Gue cuma akan kasih penegasan di story nanti bahwa gue engga akan ngebahas bahas hal horror atau semacamnya. Jadi gue paling on IG story doang. Komen, IG, gue ga akan ladenin. Sekali lagi, gue cuma berbagi cerita. Kalo lo percaya ya gapapa, ga juga gapapa. Ga ada untungnya buat gue pribadi asli. Gue sama akun gue ini cuma khusus share masalah bisnis dan buku buku. Gue juga suka ngeshare info kelas kelas gue untuk Bisnis Online. Kalo kayak lo gini yang ngefollow gue gegara horror, jelas bukan target pasar gue lah. Lo juga ga akan tertarik sama apa yang gue jual. Endorsement, pp, gue engga nerima kecuali dari corporate. Gue fokus jualan produk gue sendiri. Karena cerita ini jadi banyak target market yang engga sesuai sama produk gue. Jadi ya nurunin efektivitas marketing gue sama tim. Clear ya? Gue engga nyari panggung. Dan mohon maaf gue close untuk kolom komen semuanya. Gue cuma butuh story buat masarin produk-produk bisnis gue. Bismillah, gue ikhlas lo semua mau ngomong apa. Gue terima. Tapi jangan bawa bawa anak istri gue ya. Katain gue aja gapapa, tapi jangan bawa bawa anak istri gue. Itu menyakitkan. Kalo lo masi ngarep cerita horror, unfollow gue sekarang juga ya. Karena lo ga akan nemuin lagi. Salah gue posting hal beginian ke medsos. Istri, anak, sekarang muka pada dimana mana karena di ekspos. Gue gamau bahas lebih lanjut. Thanks.

A post shared by Hebbie Agus Kurnia (@hebosto) on

Turun dari bus hantu dengan selamat

Pemilik akun @hebosto ini juga merasa perjalanannya begitu lama. Lalu kemudian, pria ini mencoba untuk memotret keadaan dalam bus. Tidak hanya itu, ia juga mengabarkan kepada istrinya lewat WhatsApp bahwa ia merasakan ketakutan saat berada di dalam bus hantu tersebut. Istrinya pun menyarankan agar sang suami selalu berzikir dan berdoa selama perjalanan

Selain itu, ia juga menemukan keanehan lain saat berada di bus hantu. Hebbie Agus Kurnia melihat botol minuman mineral  yang dipastikan saat ini sudah tidak diproduksi lagi. Botol minuman itu diketahui produksi tahun 2004 lalu.

Akhirnya ia sampai di terminal dengan selamat, tapi anehnya lagi sang kondektur tidak mau menerima uang perjalanan yang diberikan.  "Gue kasih uang dan bilang, "Pak punten saya tadi belum bayar… dan kernetnya malah bilang: Mangga a turun aja gapapa.." ujar kondekturnya. Kisah inipun viral di media sosial dan banyak jadi perbincangan netizen.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

PGN dan Krakatau Steel Jalin Kerja Sama Pengembangan Energi

Posted: 23 Jun 2019 09:12 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta PT Perusahaan Gas Negara Tbk (PGN) dan PT Krakatau Steel (Persero) Tbk (PTKS) sepakat memulai kerja sama yang saling menguntungkan melalui penandatanganan nota kesepahaman atau MoU (Memorandum of Understanding).

Pelaksanaan penandatanganan MoU pada Kamis, (20/6/2019), di Kantor Kementerian BUMN dilakukan oleh Direktur Utama PGN Gigih Prakoso dan Direktur Utama PTKS Silmy Karim dan disaksikan Deputi Bidang Usaha Pertambangan, Industri Strategis dan Media Kementerian BUMN, Fajar Harry Sampurno.

Lewat MoU ini, PGN dan KS akan memperkuat kerja sama pada bidang pengelolaan dan pengembangan bisnis energi. Menurut Gigih, kedua perusahaan mempunyai kompetensi andal dalam bidang masing-masing, karena itu jika keduanya memperkuat kerja sama, maka akan terdapat saling tukar benefit.

"Siapa yang tak kenal KS dan PGN, keduanya merupakan pemain utama dalam sektor industri berat dan sektor energi. Kerja sama keduanya, tentu akan membawa keuntungan baik dari sisi efisiensi ataupun peluang bisnis lainnya," ujar Gigih.

Kedua perusahaan berkomitmen untuk membangun kemitraan strategis jangka panjang, dengan memanfaatkan kompetensi masing-masing. Terlebih lagi, kerja sama ini seturut dengan visi membangun negeri yang diusung pemerintah melalui Badan Usaha Milik Negara (BUMN).

Secara singkat, MoU itu berisikan pengembangan bisnis saling menguntungkan dengan ruang lingkup terutama kerja sama pengembangan dan pengelolaan gas bumi di lingkungan KS Group. Keduanya juga bersedia melakukan kerja sama dalam pengelolaan bisnis kelistrikan melalui anak usaha, serta kerjasama potensial lainnya.

"Itu semua kerja sama yang prioritas di antara kedua perusahaan, namun di luar tersebut, keduanya masih terbuka untuk kerja sama yang memberikan benefit kepada masing-masing pihak," imbuh Gigih.

Di sisi lain, PTKS yang merupakan produsen baja dan produk seejenisnya, membutuhkan layanan energi yang aman dan efisien. Untuk itu, jelas Gigih, PGN berkomitmen menopang visi ke depan PTKS.

"Salah satu tanggung jawab PGN selaku Sub Holding Gas, yaitu membantu memajukan perekonomian nasional dengan cara memberikan nilai lebih kepada sektor industri nasional. KS memiliki peran penting dalam struktur industri nasional sebagai hulu, menjadi prioritas kami menjalin kerja sama dengan perusahaan kebanggaan nasional tersebut," ujar Gigih.

Direktur Utama KS Silmy Karim membenarkan pernyataan Gigih. Dia mengungkapkan hingga saat ini PTKS terus melakukan pengembangan kapasitas produksi baja.

Pada tahun 2025 nanti kapasitas produksi baja di kawasan industri Krakatau Steel akan meningkat hingga 10 juta ton per tahun. Untuk itu, tidak hanya bidang energi yang dapat dikerjasamakan, tapi termasuk bidang logistik, air industri, pengembangan kawasan dan infrastruktur lainnya.

"Dari kerja sama ini, PTKS akan memperoleh peningkatan daya saing melalui efisiensi biaya produksi dengan pasokan gas yang kompetitif. Selain itu, PTKS diharapkan memperoleh tambahan pendapatan melalui kerjasama pengelolaan bisnis gas bumi serta bertambahnya investor yang mendayagunakan kawasan industri yang dimiliki anak perusahaan PTKS," ungkap Silmy.

 

(*)

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Gejala Kanker Lambung, Penyebab yang Tak Disadari dan Cara Mencegahnya

Posted: 23 Jun 2019 09:06 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Gejala kanker lambung terjadi karena tumbuhnya sel kanker pada dinding lambung seseorang. Tumbuhnya sel kanker pada dinding lambung terjadi karena pertumbuhan sel lambung yang tak terkendali, di mana sel tersebut mengalami perubahan genetik.

Sebenarnya, perkembangan sel tak normal tersebut menjadi sel kanker cenderung berjalan lambat dan membutuhkan waktu yang sangat lama. Namun kanker ini sangat berbahaya dan sangat sulit untuk didiagnosis secara dini.

Gejala kanker lambung pada umumnya baru terlihat saat kanker memasuki stadium akhir. Pada tahap awal, gejala yang diderita berupa perut kembung atau nyeri ulu hati yang bisanya disepelekan dan malah dianggap sebagai keluhan sakit maag.

Berikut Liputan6.com rangkum tentang gejala kanker lambung dari berbagai sumber, Senin (24/6/2019).

Gejala Kanker Lambung

Asam Lambung Naik, Ini Gejala dan Solusinya (CHAjAMP/Shutterstock)

Seperti yang telah disebutkan sebelumnya, gejala kanker lambung pada tahap awal sering kali tidak disadari dan disepelekan. Padahal beberapa gejala yang dianggap ringan tersebut merupakan gejala kanker lambung yang berbahaya.

Berikut gejala kanker lambung stadium awal yang bisa dirasakan:

- Mual

- Muntah

- Nyeri ulu hati

- Asam lambung naik

- Cepat kenyang saat makan

- Sering sendawa dan perut kembung

Gejala kanker lambung biasanya baru terlihat dan membuat orang yang mengalaminya berkunjung ke dokter pada saat kanker sudah berada pada stadium lanjut. Hal ini dibuktikan dengan gejala kanker lambung yang lebih berat. Ini beberapa gejala kanker lambung yang terjadi pada stadium lanjut:

- Sakit kuning

- Muntah darah

- Tubuh terasa lemas

- Berat badan menurun

- Kurang darah atau anemia

- Nafsu makan semakin berkurang

- BAB berwarna hitam atau berdarah

- Pembengkakan pada perut disebabkan penumpukan cairan

Penyebab Kanker Lambung

penyebab kanker lambunag (Sasha2109/Shutterstock)

Kanker lambung terjadi karena perubahan gen pada sel lambung yang menyebabkan sel-sel tersebut tumbuh dengan tidak terkendali. Sel yang tidak terkendali ini disebut sebagai sel kanker. Ada beberapa faktor yang menyebabkan risiko sesorang mengalami kanker lambung jadi meningkat, seperti:

- Merokok

- Biasanya terjadi pada laki-laki

- Berusia 55 tahun ke atas (Lansia)

- Pernah menjalani operasi pada lambung

- Memiliki anggota keluarga yang memiliki riwayat kanker lambung

Selanjutnya, gaya hidup juga dapat menyebabkan risiko terkena kanker lambung semakin meningkat. Gaya hidup yang tidak sehat yang dimaksud seperti:

- Jarang berolahraga.

- Sering minum alkohol.

- Sering makan daging olahan.

- Jarang makan sayur dan buah.

- Kelebihan berat badan atau obesitas.

- Tidak menyimpan dan memasak makanan dengan benar.

- Sering mengonsumsi makanan olahan dan makanan tinggi garam.

Selain itu, kanker lambung juga akan semakin rentang kamu alami bila pernah mengalami berbagai penyakit. Penyakit-penyakit tersebut adalah:

- Infeksi bakteri pylori.

- Polip di dalam lambung.

- Radang lambung kronis.

- Infeksi virus Epstein-Barr (EBV).

- Anemia akibat kekurangan vitamin B12.

- Sistem kekebalan tubuh yang lemah, misalnya karena HIV/AIDS atau penggunaan obat-obatan imunosupresif dalam jangka panjang.

- Kanker jenis lainnya, seperti limfoma, kanker esofagus, kanker usus, kanker prostat, dan kanker serviks.

Meskipun belum diketahui pasti apa yang menyebabkan munculnya sel yang tidak terkendali pemicu timbulnya kanker, melihat dari faktor risiko, gaya hidup dan berbagai penyakit yang pernah kamu alami tentunya bisa menjadi tolak ukur dalam mengenal dan mengetahui gejala kanker lambung yang terjadi. Dengan begitu, kamu bisa lebih tanggap dan lebih siap untuk mencegah dan mengobati penyakit kanker lambung yang berbahaya ini.

Cara Mencegah Kanker Lambung

Kanker Lambung (Sumber: istockphoto)

Cara mencegah terjadinya kanker lambung tentunya melihat kembali kepada faktor risiko yang menyebabkan kanker lambung terjadi pada seseorang. Beberapa hal yang bisa kamu lakukan agar terhindar dari kanker lambung diantaranya adalah:

- Berhenti Merokok

- Menjaga Berat Badan Ideal

- Menerapkan Pola Makan Sehat

Itulah beberapa cara agar terhidnar dari kanker lambung menilik dari faktor risikonya. Apalagi kamu harus memperhatikan benar tentang gejala kanker lambung yang hampir sama dengan beberapa masalah lambung lainnya, sehingga umumnya penderita tidak menyadari hingga kanker lambung sudah berada pada stadium tinggi ketika terdiagnosis.

Oleh karena itu, kamu wajib memperhatikan kesehatan lambung dan selalu memeriksakan ke dokter saat mengalami berbagai masalah, terutama masalah lambung atau pencernaan.

Dengan melakukan berbagai pemeriksaan, kanker lambung bisa cepat dikenali dan diatasi. Apalagi buat kamu yang memiliki gejala atau faktor risiko kanker lambung. Kamu bisa melihat perkembangan kanker dalam tubuh dengan cara berikut:

- Pemeriksaan darah untuk melihat tanda perkembangan kanker pada tubuh.

- CT scan, yaitu pemindaian medis dengan sinar-X yang kuat untuk melihat tubuh bagian dalam.

- Pemeriksaan sinar-X yang mengharuskan pasien menelan cairan barium untuk dapat melihat lebih jelas.

- Endoskopi bagian atas menggunakan selang fleksibel dengan kamera yang dimasukan dari mulut dan tenggorokan untuk memeriksa saluran cerna bagian atas.

- Biopsi atau pemeriksaan sel kanker dengan mengambil dan memeriksa jaringan lambung.

Dengan mengetahui betapa berbahayanya gejala kanker lambung ini, setidaknya kamu lebih memperhatikan dan selalu menjaga kesehatan. Saat kamu telah melaksanakan berbagai macam cara dalam menjaga kesehatan, tentunya penyakit apapun akan sulit untuk menyerang tubuhmu.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

VIDEO: Asap Rokok di Baju Bisa Bahayakan Kesehatan Balita

Posted: 23 Jun 2019 09:06 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Asap rokok yang menempel di baju akan berbahaya ketika terhirup. Sekalipun rokok sudah diisap beberapa jam sebelumnya.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Tolak Proposal Damai ala Donald Trump, Hamas: Palestina Tidak untuk Dijual

Posted: 23 Jun 2019 09:04 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Penasihat senior kepresidenan AS, Jared Kushner mengumumkan pada pada Sabtu, 22 Juni 2019 tentang proyek ekonomi sebesar US$ 50 miliar, jka proposal perdamaian Israel - Palestina yang diajukan oleh pemerintahan Presiden Donald Trump membuahkan hasil positif.

Setengah total nominal akan digelontorkan kepada Palestina, sisanya kepada negara-negara tetangga. Kushner yang juga merupakan menantu Trump itu, menyebutnya sebagai "visi untuk apa yang mungkin terjadi jika ada perdamaian" Israel-Palestina.

"Sudah terlalu lama rakyat Palestina terjebak dalam kerangka kerja yang tidak efisien di masa lalu," kata Kushner dalam sebuah pernyataan yang dirilis Sabtu, 22 Juni 2019, seperti dikutip dari CNN

Mahmoud Abbas, presiden Palestina, segera menolak rencana itu, dengan mengatakan "situasi ekonomi tidak boleh dibicarakan sebelum situasi politik" sebagaimana dikutip dari The Independent, Senin (24/6/2019).

"Selama tidak ada solusi politik, kami tidak berurusan dengan solusi ekonomi apa pun", katanya seperti dikutip kantor berita WAFA.

Jibril Rajoub, seorang pejabat senior Fatah, menggemakan kata-kata Abbas, mengatakan kepada lembaga penyiaran publik Israel: "Jalur ekonomi bukan solusi" dan bahwa dana itu "tidak berarti selama pendudukan terus berlanjut". 

Palestina Tidak untuk Dijual

Palestina (iStock)

Hanan Ashrawi, anggota Komite Eksekutif Organisasi Pembebasan Palestina (PLO) juga mengatakan hal yang senada dengan kelompok-kelompok lainnya.

"Pertama-tama hentikan pengepungan Gaza, hentikan pencurian Israel atas tanah, sumber daya, dan dana kami, beri kami kebebasan bergerak dan kontrol atas perbatasan, wilayah udara, perairan teritorial, dll. Kemudian perhatikan kami untuk membangun ekonomi ... sebagai (pihak) yang bebas dan berdaulat," katanya.

Sementara itu, kelompok Hamas yang berbasis di Gaza, dengan tegas menjawab penawaran Kushner: "Palestina tidak untuk dijual."

Rencana ekonomi yang merupakan bagian dari proposal perdamaian Israel-Palestina ala Donald Trump itu akan dibahas dalam lokakarya di Bahrain yang akan berlangsung selama dua hari. 

Otoritas Palestina memboikot konferensi. Ismail Haniyeh, pemimpin politik Hamas, telah siap mendesak Raja Hamad Bahrain untuk membatalkan pertemuan.

Sementara itu, Gedung Putih juga tidak mengundang pemerintah Israel.

Meskipun ada kemunduran, Washington masih mendorong maju, mengatakan pihaknya percaya rencana itu dapat membangun kembali wilayah Palestina dan membantu mengakhiri krisis politik dengan Israel.

Salah satu proyek terbesar akan membangun jalan raya dan mungkin jalur kereta api yang melintasi Israel dan menghubungkan Tepi Barat yang diduduki dan Jalur Gaza yang diblokade, yang berjarak sekitar 25 mil dari satu sama lain. 

Tanggapan Israel

PM Israel Benjamin Netanyahu menunjukkan peta Timur Tengah saat diskusi panel di Konferensi Keamanan Munich (18/2). (AFP/ MSC Munich Security Conference / Lennart Preiss)

Paket ekonomi senilai US$ 50 miliar yang direncanakan akan meliputi: US$ 13,5 miliar dalam bentuk hibah; sekitar US$ 26 miliar pada pinjaman berbunga rendah; dan sekitar US$ 11 miliar dalam investasi modal swasta --semua diperuntukkan untuk ratusan proyek-proyek spesifik yang bertujuan meningkatkan ekonomi Palestina.

Satu proyek khusus adalah koridor transportasi yang menghubungkan wilayah Palestina di Gaza dan Tepi Barat dengan biaya proyek senilai US$ 5 miliar.

Anggota oposisi Parlemen Israel, Yair Lapid mengkritik salah satu aspek proposal paket pengembangan ekonomi yang diajukan AS, yakni berkenaan koridor transportasi yang menghubungkan wilayah Palestina di Gaza dan Tepi Barat dengan biaya proyek senilai US$ 5 miliar.

Lapid tak mempermasalahkan anggaran yang diajukan, namun, mengkritik bahwa proyek semacam itu harus dibarengi dengan jaminan keamanan untuk Israel.

Mengomentari rencana Gedung Putih secara umum, Lapid menyebutnya sebagai "upaya konstruktif" untuk membawa kembali Palestina ke meja perundingan, tetapi menyatakan skeptis, mengingat kepemimpinan politik di pihak Israel dan Palestina.

Dia juga meragukan kesediaan negara-negara Arab untuk mendanai sebagian besar paket US$ 50 miliar itu.

"Dari pengalaman kami: mereka akan mengatakan 'ya' dan kemudian menghilang," katanya.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Yenny Wahid Pamer Bibir Jontor Gara-Gara Naik Skuter Listrik di Oslo

Posted: 23 Jun 2019 09:03 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Putri sulung Presiden ke-4 RI, Abdurrahman Wahid, Yenny Wahid membagikan pengalaman tak mengenakkan saat berwisata ke Oslo, Norwegia, beberapa waktu lalu. Ia memperlihatkan bibirnya yang jontor setelah terjatuh dari skuter listrik.

Yenny mengaku pernah mencoba skuter listrik serupa saat datang ke Paris, Prancis, bulan lalu. Saat itu tak ada masalah yang dialaminya. Karena yakin dengan pengalaman sebelumnya, ia kembali mencoba moda transportasi ramah lingkungan itu saat di Oslo.

"Nah begitu mencoba lagi di Oslo, jadi kepedean, dan.... trotoar pun ditabrak!" tulis perempuan pendiri Wahid Foundation itu, Senin (24/6/2019).

Bibir atas perempuan bernama lengkap Zannuba Ariffah Chafsoh Rahman Wahid itu jadi korban. Memar kemerahan dan luka gores terlihat dari dua potret yang diunggah. Ia menyebut hal itu akibat ketidakhati-hatian saat berkendara.

"Jangan ditiru ya adik-adik! Selalu utamakan keamanan ketika berkendara, apapun jenis kendaraanmu," sambung Yenny.

Sejumlah teman Yenny mengomentari insiden tersebut. Penyanyi Yuni Shara misalnya, menyebut luka yang didapatnya itu sebagai kenang-kenangan menaiki skuter.

"Terkadang kembali ke dunia anak2 itu perlu, karena mungkin dulu ada yang terlewatkan di masa itu. ngalap berkahipun mba Yeni," tulis salah seorang warganet.

Perjalanan ke Eropa

Yenny Wahid mencoba naik skuter listrik di Oslo, Norwegia. (dok. Instagram @yennywahid/https://www.instagram.com/p/BzEXj0Vgu2Z/Dinny Mutiah)

Yenny diketahui sedang berlibur dengan keluarga kecilnya. Dalam salah satu foto yang diunggah, ia terlihat membawa serta ketiga putrinya, Maica Aurora Madhura, Amira, dan Raisa Isabella Hasna.

Mereka terlihat berpose di depan toko yang menjual boneka karakter dari film Toy Story. Tampilan kasual sporty dipilih untuk momen liburan keluarga tersebut.

Yenny, misalnya, sengaja mengenakan celana legging hitam yang dipadukan kaus berwarna pastel saat itu. Ia mengenakan kerudung bermotif warna oranye krem pastel yang dipadu dengan topi snapback.

Sejumlah teman-teman mengomentari perjalanan keluarga itu. "Happy holidays girls," tulis presenter Najwa Shihab.

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Tetap Tenang, 5 Tips Ini Meminimalisasi Risiko Ban Mobil Pecah

Posted: 23 Jun 2019 09:02 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Tak ada pengemudi yang ingin mengalami ban pecah saat mengendarai mobil. Ban pecah dapat mengakibatkan mobil terguling dan memakan korban. 

Yang paling membahayakan, saat pecah ban pada sisi depan kanan atau kiri kendaraan. Lantas, apa yang mesti dilakukan saat kondisi ini terjadi?

Jika pecah ban depan terjadi pada saat kendaraan melaju, pengemudi hanya punya reaksi satu detik. Maka yang harus dilakukan, tidak panik dan lepaskan pedal gas. Tujuannya, mendapatkan perlambatan kendaraan secara perlahan melalui engine brake. Pengemudi diharuskan mengarahkan (menahan kemudi dua tangan posisi 9-3) kendaraan sesuai dengan arah tujuan. Kontrol kendaraan (kemudi) dengan smooth, tidak melakukan gerakan kemudi kasar secara mendadak.

Namun, baiknya agar hal itu tak terjadi perlu antisipasi agar tak terjadi ban pecah depan atau belakang. Berikut lima langkah sederhana yang disampaikan oleh Sony Susmana, Training Director Safety Defensive Consultant Indonesia (SDCI):

 

1. Merawat Ban

Lakukan pengecekan dan perawatan ban mobil secara berkala. Misalnya setiap pagi atau sebelum kendaraan bergerak bisa Anda periksa. Utamanya pastikan kondisi ban masih layak pakai sesuai umur yang direncanakan. Jaga tekanan angin ban dan jangan sampai kurang. Isi angin sesuai dengan anjuran yang tertera pada Tire Placard. Lalu gunakan ban sesuai peruntukannya. Anda juga wajib mengetahui Speed Index ban mobil.

2. Gunakan Safety Belt

Pengemudi memastikan bahwa dirinya harus pada posisi tertahan oleh safety belt di tempat duduk. Artinya, setelah buckle up, shoulder belt-nya harus ditarik kembali ke atas. Anda juga harus memastikan pengecekan pada seluruh penumpang, sudah menggunakan safety belt dengan baik.

 

3. Kecepatan Sesuai Rambu

Laju kecepatan kendaraan harus sesuai rambu yang dianjurkan. Misalnya 60 km/jam pada sisi kiri dan 80 km/jam pada saat menyusul. Jangan mengemudi dengan kecepatan rendah pada lajur kanan di jalan tol. Selain mengganggu pengendara lain, ini juga membahayakan Anda. Ada potensi tertabrak dari belakang.

Jangan lupa senantiasa lakukan teknik defensive driving. Misalnya saat Anda mengemudi, agar mampu mengidentifikasi semua bentuk potensi bahaya. Dari bentuk visual lalu disampaikan ke dalam kata-kata jika kondisi mendesak. Ini memberi tahu penumpang yang lain.

4. Berkendara dengan Tenang

Mengemudilah dengan santai, namun selalu waspada. Usahakan pandangan jauh ke depan, mata selalu bergerak, komunikasi dengan pengguna jalan lain dan jaga kecepatan kendaraan. Usahakan sediakan ruang untuk menghindar. Berapa jaraknya? Usahakan Anda berjarak empat detik dari kendaraan di depan.

Mungkin Anda bertanya, kenapa harus empat detik. Begini simulasinya. Satu detik pertama digunakan mata untuk melihat kendaraan. Satu detik kedua memberi respons pada otak. Satu detik ketiga, otak menyuruh kaki mengerem atau menekan pedal rem. Dan satu detik terakhir respons rem pada ban mobil. Jadi semakin kencang kecepatan Anda, semakin jauh pula jarak dengan mobil di depan.

 

5. Jangan Menginjak Rem

Selain itu, ada hal yang tidak boleh dilakukan saat pecah ban. Haram hukumnya menginjak pedal rem. Sebab bisa menambah beban pada ban yang pecah itu semakin besar. Apalagi jika lingkar kemudi ditarik ke arah ban yang pecah, bisa berakibat fatal seperti sliding bahkan mobil terbalik. Anda juga tidak dianjurkan menginjak kopling. Alasannya, justru membuat kendaraan meluncur dan fungsi perlambatan dari engine brake tidak bekerja.

Masih ada lagi. Pengemudi dilarang memindahkan gear ke posisi rendah (down shift). Mungkin maksudnya kecepatan kendaraan melambat. Tapi perlu diingat, hitungannya dalam sepersekian detik. Dilarang pula menambah kecepatan sedikit pun, karena bisa berakibat kendaraan bertambah liar (oversteer atau understeer).

Pecah ban depan adalah kondisi saat kendaraan sangat sulit diprediksi dan dikontrol. Pada kecepatan berapapun, pengemudi harus memastikan keseimbangan kendaraannya dapat dikuasai dengan benar. Kita tidak pernah tahu kapan itu terjadi.

"Pada saat Anda mengemudi di jalan tol dengan kecepatan di atas 100 km/jam, tanyakan dalam hati: Bila ban depan pecah, apakah Anda mampu mengontrol? Jawaban yang bijaksana adalah kurangi kecepatan 30 sampai 40 km/jam. Lakukan mengemudi dengan benar agar selamat sampai tempat tujuan dengan aman," terang Sony Susmana.

Sumber: Oto.com

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Top 3: Tempat-Tempat di Dunia yang Tak Mengenal Hukum Gravitasi

Posted: 23 Jun 2019 09:02 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Sebagian besar dari kalian tentu pernah mempelajari hukum gravitasi bumi ketika masih duduk di bangku sekolah. Hukum gravitasi ditemukan oleh Isaac Newton pada 1687. Hukum ini menyatakan ada gaya tarik menarik dari dua benda yang menyebabkan kita mampu menginjak bumi.

Artikel tentang tempat-tempat di dunia yang menentang hukum gravitasi menjadi yang terpopuler di kanal Citizen6, Liputan6.com. Disusul dengan fakta foto viral pengemudi ojekol makan pizza di pinggir jalan.

Sementara artikel ketiga terpopuler tentang minuman yang ampuh hilangkan rasa pedas di lidah.

Berikut Top 3 Citizen6:

1. 4 Tempat di Dunia Ini Tak Mengenal Hukum Gravitasi

foto: Brightside

Hukum gravitasi menyatakan ada gaya tarik menarik dari dua benda yang menyebabkan kita mampu menginjak bumi. Namun tak banyak yang tahu bahwa tak selamanya hukum tersebut berlaku di bumi. Dikutip dari laman BrightSide ada beberapa tempat yang tak mengenal hukum gravitasi. Berikut empat di antaranya.

Selengkapnya...

2. Viral Foto Driver Ojol Makan Pizza di Pinggir Jalan, Faktanya Bikin Sedih

Foto: thegioitre.vn

Selama ini kalian tentu tak asing dengan cerita para driver ojek online yang orderannya dibatalkan secara mendadak oleh sang pelanggan. Nyatanya hal ini tak hanya terjadi di Indonesia.

Hal semacam ini juga terjadi pada driver ojek online di negara lain salah satunya Vietnam. Baru-baru ini bahkan viral potret seorang driver ojol di negara tersebut yang membuat iba banyak orang.

Selengkapnya...

3. Bukan Air Putih, 3 Minuman Ini Ampuh Hilangkan Pedas dalam Sekejap

Ilustrasi makan pedas (dok. Pixabay.com/Putu Elmira)

Pernahkah kamu memakan makanan yang terlalu pedas hingga mulutmu terasa seperti terbakar? Bagi para pencinta rasa pedas, pasti sering merasakan hal ini.

Tak peduli seberapa sukanya kamu pada rasa pedas, pasti kamu pernah memakannya secara berlebihan. Jika sudah begitu, pasti kamu akan mencari air dingin atau bahkan es batu untuk meredakan rasa pedas.

Namun, ternyata meminum air tidak bisa membantumu sama sekali. 

Selengkapnya...

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Pada 2020 Lebih Dari 690 Ribu Rumah Akan Teraliri Jaringan Gas

Posted: 23 Jun 2019 09:01 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Pemerintah melalui Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) tetap melanjutkan pembangunan jaringan gas (jargas) sebagai salah satu prioritas program pro-rakyat di sektor ESDM. Rencananya, pada tahun 2020 akan terbangun tambahan 293.533 Sambungan Rumah Tangga (SR) di 53 kota/kabupaten dengan dengan usulan anggaran sebesar Rp 3,52 triliun.

Kepala Biro Komunikasi, Layanan Informasi Publik dan Kerja Sama (KLIK) Kementerian ESDM Agung Pribadi menyatakan, usulan dana APBN tersebut naik dari anggaran tahun ini. "Usulan ini naik 4 kali lipat dari pagu jargas tahun 2019 ini yang hanya sebesar Rp 799,96 miliar. Dengan tambahan ini total lebih dari 690 ribu rumah akan teraliri jargas di 2020," kata Agung di Jakarta, Minggu (22/6).

Sebagai informasi, hingga akhir tahun 2019 ini Pemerintah akan menyelesaikan 78.216 sambungan rumah tangga (SR) di 17 kota/kabupaten. Sementara, total pembangunan jargas hingga 2018 adalah 325.852 SR yang tersebar di 40 kota/kabupaten. Dengan penambahan pembangunan di 2019 dan 2020 maka total akan terpasang 697.601 SR pada akhir 2020. Pemerintah menargetkan pembangunan jargas bisa mencapai 4,7 juta SR pada 2025.

Pembangunan jargas, imbuh Agung, merupakan salah satu cara pemerintah untuk memberikan kemudahan terhadap penyediaan gas kepada masyarakat melalui pembangunan infrastruktur.

"Kami asumsikan satu rumah tangga mengkonsumsi 2 tabung LPG 3 kg per bulan, maka jargas tahun depan bisa menghemat konsumsi LPG sebanyak 21,13 ribu Metrik Ton (MT)," jelas Agung.

Agung menguraikan, meskipun konsumen gas yang disalurkan melalui jargas tidak mendapatkan subsidi langsung, namun harganya lebih murah dibandingkan LPG. Selain itu dari segi keamanan dan kenyamanan juga akan bertambah.

Dari sisi harga, di beberapa kota, Untuk Rumah Tangga (RT) -1 dan Pelanggan Kecil (PK) -1 sebesar Rp 4.250 per meter kubik lebih murah dari pada harga pasar gas LPG 3 kilogram (kg) yang berkisar Rp5.013 sampai dengan Rp 6.266 per meter kubik. "Setidaknya, ini salah satu cara menekan angka subsidi LPG," tandas Agung.

 

(*)

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Facebook Pakai Kecerdasan Buatan untuk Petakan Populasi Dunia

Posted: 23 Jun 2019 09:01 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Facebook adalah sebuah layanan jejaring sosial yang berkantor pusat di Menlo Park, California, Amerika Serikat. Media sosial ini meluncur pada Februari 2004 dan didirikan oleh Mark Zuckerberg.

Facebook merupakan perusahaan besar yang telah mengerjakan beberapa proyek. Saat ini Facebook berupaya menggunakan kecerdasan buatan (Artificial Intelligence/AI)  untuk memetakan kepadatan populasi di dunia.

Pada 2016, Facebook pertama kali membuat peta untuk 22 negara. Setelah membuat peta baru yang mencakup sebagian besar benua Afrika, saat ini peta tersebut diperluas hampir seluruh populasi di dunia.

Facebook mengungkapkan bahwa membuat peta seperti ini adalah pekerjaan yang menantang dan sulit dilakukan. Untuk membuat peta kepadatan populasi sendiri, manusia harus memberikan label pada setiap bangunan dalam gambar untuk kemudian didata oleh sensus.

Benua Afrika sendiri mempunyai wilayah seluas 150.000 mil persegi tetapi hanya memuat 55.000 orang.

Pekerjaan ini sepertinya cocok dilakukan oleh AI. Untuk mengoptimalkan proses ini, para insinyur Facebook menggunakan data dari proyek pemetaan sumber terbuka Open Street Map untuk melatih sistem visi komputer yang dapat mengenali bangunan dalam citra satelit.

Kemudian mereka menggunakannya untuk menghapus data satelit yang menunjukan tanah kosong.

 

Lebih Cepat dan Akurat

Ilustrasi Facebook. (Foto: Fox News)

Menurut Facebook, sistem yang saat ini dipakai lebih cepat dan akurat dibandingkan tahun 2016. 

Mereka memverifikasi pekerjaan tersebut telah dibantu para peneliti dari Pusat Jaringan Informasi Ilmu Pengetahuan Bumi Internasional (CIESIN) di Universitas Columbia.

Facebook mengatakan, "Evaluasi yang ketat, baik di lapangan maupun melalui citra satelit dengan resolusi tinggi telah dilakukan oleh tim internal dan mitra pihak ketiga. Mereka mengonfirmasi bahwa data yang didapat telah akurat daripada data yang pertama kali mereka rilis. Mereka juga sudah membuat perbaikan yang signifikan selama dua tahun terakhir."

Peta ini akan diliris secara gratis bagi siapa saja yang ingin mengaksesnya dalam beberapa bulan ke depan. Ia juga mengungkapkan bahwa data ini dapat digunakan untuk memudahkan pengguna ketika terjadi bencana dan vaksinasi.

 

Dipakai Palang Merah Amerika

Mark Zuckerberg, Founder sekaligus CEO Facebook, banyak disalahkan sebagian pihak karena membiarkan penggunanya membagikan tautan berita hoax di Facebook. (Doc: Wired)

Peta kepadatan populasi membantu tim dalam menargetkan arena yang efektif. Data ini telah digunakan oleh Palang Merah Amerika.

Ketika Facebook meluncurkan proyek pemetaan pada 2016, proyek tersebut bukan sebagai upaya kemanusiaan, melainkan untuk "menghubungkan yang tidak terhubung". Dengan kata lain, ia ingin menghubungkan banyak orang melalui internet dan facebook.

Facebook juga mencari cara untuk menghubungkan miliaran pelanggannya melalaui proyek-proyek seperti drone bertenaga surya dan jaringan operator bersubsidi.

Upaya perusahaan Facebook untuk memperbesar ukuran perusahaannya memang memiliki efek yang beragam. Beberapa efeknya adalah ketidakmampuan untuk mengendalikan berita palsu, serta munculnya beragam pidato kebencian di platform.

(Linda Fahira Putri/Isk)

Saksikan Video Pilihan Berikut Ini

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Dieng Membeku, Suhu Anjlok Minus 9 Derajat Celsius

Posted: 23 Jun 2019 09:00 PM PDT

Liputan6.com, Banjarnegara - Senin pagi, 24 Juni 2019, suhu kembali anjlok ke suhu minus sembilan derajat Celsius. Embun es Dieng pun muncul lebih tebal dan luas.

Kini embun es tak hanya tampak di rerumputan. Embun es sudah berdampak ke tanaman kentang dan sayuran lain.

Suhu minus sembilan derajat Celsius tercatat di kompleks Candi Arjuna Dieng. Di dalam ruangan rumah warga di Desa Dieng Kulon, Kecamatan Batur, Banjarnegara, suhu di dalam ruangan mencapai minus satu derajat Celsius.

Di kompleks Candi Arjuna, embun es Dieng menyelimuti kawasan lebih luas. Masyarakat dan wisatawan pun berebut mengabadikan momentum langka ini dengan kamera ponsel.

"Minus sembilan derajat Celsius. Ini sudah sampai ke pertanian. Tanaman kentang itu sudah cukup luas," kata Aryadi Darwanto, Kepala UPT Dieng.

Menurut Aryadi, suhu udara Dieng sepekan terakhir ini memang turun ke suhu kurang dari nol derajat. Namun, Senin pagi ini adalah yang terendah.

Sebelumnya, suhu udara berkisar minus satu hingga minus lima derajat Celsius di kompleks Candi Arjuna. Adapun di perumahan, suhu udara masih berkisar satu atau dua derajat Celsius.

"Jelas lebih tebal dan persebarannya lebih luas. Jadi warga juga, sempat cerita, depan rumahnya ada embun es. Kebetulan suhu di kampung, di Desa Dieng Kulon juga sudah minus satu," dia menjelaskan.

Saksikan video pilihan berikut ini:

Mesin Mobil Mogok

Embun es Dieng. (Foto: Liputan6.com/UPT Dieng/Muhamad Ridlo)

Dibanding suhu udara kemarau sebelumnya, suhu udara kali ini juga lebih rendah. Tahun lalu suhu udara terendah minus tujuh derajat Celsius. Saat itu, mata air dan genangan air sampai membeku. Akan tetapi, pagi ini belum ada laporan membekunya mata air atau aliran air di selokan.

Suhu minus sembilan itu menyebabkan embun es lebih tebal dan sudah berdampak ke pertanian kentang dan sayuran. Diperkirakan tanaman kentang yang terdampak akan mati membusuk.

Akan tetapi, Senin pagi ini belum ada laporan berapa luasan tanaman pertanian warga yang terdampak embun es. Namun, penuturan petani, tanaman akan mati jika terkena embun es cukup tebal.

"Baru kena sekali, apakah akan mematikan, belum tahu. Tapi, tadi sudah terlihat, kan tanaman yang kena embun itu putih-putih. Kata petaninya sih mati," kata

Sebelumnya, Ketua Paguyuban Pengelola Homestay Desa Dieng Kulon, Fortuna Dyah, mengemukakan suhu yang begitu rendah menyebabkan kendaraan bermesin diesel wisatawan mogok. Diduga solar terlampau dingin atau bahkan ada saluran bahan bakar yang beku akibat rendahnya suhu.

"Ya, ada yang mobilnya mogok. Mungkin karena solarnya membeku atau bagaimana," ujar Fortuna.

Di luar dampak di sektor pertanian, suhu udara rendah yang menciptakan hamparan embun es juga menjadi destinasi wisata baru. Kunjungan wisatawan melonjak. Data di UPT Dieng, pada Minggu, 23 Juni 2019, pengunjung Dieng naik menjadi 9.500 lebih pengunjung.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

FOTO: Chairuman Harahap Jadi Saksi Kasus E-KTP di KPK

Posted: 23 Jun 2019 09:00 PM PDT

Mantan anggota DPR periode 2009-2014, Chairuman Harahap (kanan) berbincang dengan satpam saat tiba di Gedung KPK, Jakarta, Senin (24/6/2019). Politikus Partai Golkar tersebut diperiksa sebagai saksi untuk tersangka Markus Nari dalam kasus dugaan korupsi proyek e-KTP. (merdeka.com/Dwi Narwoko)

Mantan anggota DPR periode 2009-2014, Chairuman Harahap (kanan) berbincang dengan satpam saat tiba di Gedung KPK, Jakarta, Senin (24/6/2019). Politikus Partai Golkar tersebut diperiksa sebagai saksi untuk tersangka Markus Nari dalam kasus dugaan korupsi proyek e-KTP. (merdeka.com/Dwi Narwoko)

Mantan anggota DPR periode 2009-2014, Chairuman Harahap berjalan menuju Gedung KPK, Jakarta, Senin (24/6/2019). Politikus Partai Golkar tersebut diperiksa sebagai saksi untuk tersangka Markus Nari dalam kasus dugaan korupsi proyek e-KTP. (merdeka.com/Dwi Narwoko)

Mantan anggota DPR periode 2009-2014, Chairuman Harahap berjalan menuju Gedung KPK, Jakarta, Senin (24/6/2019). Politikus Partai Golkar tersebut diperiksa sebagai saksi untuk tersangka Markus Nari dalam kasus dugaan korupsi proyek e-KTP. (merdeka.com/Dwi Narwoko)

Mantan anggota DPR periode 2009-2014, Chairuman Harahap (kiri) berjalan menuju Gedung KPK, Jakarta, Senin (24/6/2019). Politikus Partai Golkar tersebut diperiksa sebagai saksi untuk tersangka Markus Nari dalam kasus dugaan korupsi proyek e-KTP. (merdeka.com/Dwi Narwoko)

Mantan anggota DPR periode 2009-2014, Chairuman Harahap (kiri) berjalan menuju Gedung KPK, Jakarta, Senin (24/6/2019). Politikus Partai Golkar tersebut diperiksa sebagai saksi untuk tersangka Markus Nari dalam kasus dugaan korupsi proyek e-KTP. (merdeka.com/Dwi Narwoko)

Mantan anggota DPR periode 2009-2014, Chairuman Harahap (kiri) berjalan menuju Gedung KPK, Jakarta, Senin (24/6/2019). Politikus Partai Golkar tersebut diperiksa sebagai saksi untuk tersangka Markus Nari dalam kasus dugaan korupsi proyek e-KTP. (merdeka.com/Dwi Narwoko)

Mantan anggota DPR periode 2009-2014, Chairuman Harahap (kiri) berjalan menuju Gedung KPK, Jakarta, Senin (24/6/2019). Politikus Partai Golkar tersebut diperiksa sebagai saksi untuk tersangka Markus Nari dalam kasus dugaan korupsi proyek e-KTP. (merdeka.com/Dwi Narwoko)

Mantan anggota DPR periode 2009-2014, Chairuman Harahap menunggu pemeriksaan di Gedung KPK, Jakarta, Senin (24/6/2019). Politikus Partai Golkar tersebut diperiksa sebagai saksi untuk tersangka Markus Nari dalam kasus dugaan korupsi proyek e-KTP. (merdeka.com/Dwi Narwoko)

Mantan anggota DPR periode 2009-2014, Chairuman Harahap menunggu pemeriksaan di Gedung KPK, Jakarta, Senin (24/6/2019). Politikus Partai Golkar tersebut diperiksa sebagai saksi untuk tersangka Markus Nari dalam kasus dugaan korupsi proyek e-KTP. (merdeka.com/Dwi Narwoko)

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Pogba Diklaim Siap Gabung Real Madrid Secepatnya

Posted: 23 Jun 2019 09:00 PM PDT

Liputan6.com, Madrid - Christian Karembeu menilai Paul Pogba siap pindah ke Real Madrid musim panas ini. Legenda timnas Prancis itu yakin Pogba akan meraih sukses di Santiago Bernabeu.

Kabar kepergian Pogba dari MU semakin gencar belakangan ini. Apalagi pemain asal Prancis itu menyebut ingin mencari tantangan baru.

Menariknya, Pogba mengeluarkan pernyataan itu bukan tanpa sebab. Akhir musim lalu, pelatih Real Madrid, Zinedine Zidane menyatakan ketertarikannya pada Pogba.

"Tentu saja dia siap pindah Real Madrid. Meski dia harus membuktikan lagi kualitasnya di sana," ujar Karembeu seperti dilansir Manchester Evening News.

"Bermain untuk Real Madrid punya beban yang besar. Tapi Zidane sudah tahu kualitas Pogba sejak di Juventus," kata Karembeu menambahkan.

 

 

Inginkan Mbappe

Striker PSG, Kylian Mbappe, mengontrol bola saat melawan Dijon pada laga Liga Prancis di Stadion Parc des Princes, Paris, Sabtu (18/5). Mbappe dinobatkan jadi pemain terbaik Liga Prancis. (AFP/Franck Fife)

Selain Pogba, Karembeu juga berharap Real Madrid membeli Kylian Mbappe. Walau ia tahu tidak murah merekrut pemain timnas Prancis tersebut.

"Real Madrid harus merekrut Mbappe secepatnya. Dia pemain yang luar biasa," kata Karembeu.

"Semoga saja Mbappe bisa berseragam Real Madrid suatu hari nanti. Namun memang harganya pasti sangat mahal."

Jadwal

Jadwal Pramusim MU

13 Juli - vs Perth Glory (Australia)

17 Juli - vs Leeds United (Australia)

20 Juli - vs Inter Milan (Singapura)

25 Juli - vs Tottenham (Shanghai)

30 Juli - vs Kristiansund BK (Norwegia)

3 Agustus - vs AC Milan (Wales)

Saksikan video pilihan di bawah ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Kasus E-KTP, KPK Periksa Agun Gunandjar Hingga Mekeng

Posted: 23 Jun 2019 09:00 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Penyidik pada Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) menjadwalkan pemeriksaan anggota DPR Agun Gunandjar Sudarsa, Chairuman Harahap, dan Melchias Markus Mekeng. Ketiganya akan diperiksa soal kasus korupsi megaproyek e-KTP.

"Ketiganya diperiksa sebagai saksi untuk tersangka MN (Markus Nari)," ujar Juru Bicara KPK Febri Diansyah saat dikonfirmasi, Senin (24/6/2019).

Chairuman Harahap dan Melchias Mekeng sudah memenuhi panggilan penyidik lembaga antirasuah. Keduanya tengah menjalani pemeriksaan oleh tim penyidik.

Dalam perkara e-KTP ini KPK sudah mengantarkan tujuh orang ke dalam penjara. Ketujuh orang tersebut dinilai hakim terbukti merugikan negara Rp 2,3 triliun dari proyek sebesar Rp 5,9 triliun.

Dua mantan pejabat Ditjen Dukcapil Kemendagri Irman dan Sugiharto yang masing-masing divonis 15 tahun penjara, mantan Ketua DPR Setya Novanto yang juga 15 tahun penjara, pengusaha Andi Narogong 13 tahun penjara, dan Anang Sugiana Sudihardjo seberat 6 tahun penjara.

Sedangkan Irvanto Hendra Pambudi dan Made Oka Massagung masing-masing 10 tahun penjara. Sementara itu, politikus Partai Golkar Markus Nari masih menjalani proses penyidikan.

Penetapan Tersangka Marcus Nari

Sebelumnya, KPK menetapkan Markus Nari sebagai tersangka dalam kasus e-KTP. Markus diduga memperkaya diri sendiri, orang lain maupun perusahaan atas kasus e-KTP. Oleh karena itu, penyidik mengenakan Pasal 3 atau Pasal 2 ayat 1 Undang-Undang 31 tahun 1999 sebagaimana diubah dengan UU Nomor 20 tahun 2001 juncto Pasal 55 ayat 1 ke-1 KUHP.

Ini merupakan status tersangka kedua bagi Markus. Markus Nari juga dijadikan tersangka dalam kasus merintangi proses hukum. Markus diduga menekan mantan anggota Komisi II DPR Miryam‎ S Haryani agar memberikan keterangan tidak benar pada persidangan.

Markus Nari juga diduga memengaruhi terdakwa Irman dan Sugiharto pada persidangan kasus e-KTP. Markus dijerat dengan Pasal 21 Undang-Undang Nomor 31 Tahun 1999 tentang Pemberantasan Tindak Pidana ‎Korupsi (Tipikor) sebagaimana telah diubah dengan Undang-Undang Nomor 20 Tahun 2001.

Saksikan video pilihan berikut ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Kemenkes: Partisipasi Masyarakat Tentukan Stok Darah

Posted: 23 Jun 2019 09:00 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Sekretaris Jenderal Kementerian Kesehatan Oscar Primadi mengapresiasi para pendonor darah yang rela menyumbangkan darahnya untuk orang lain. Oscar juga memotivasi kepada masyarakat, terutama anak muda, yang belum melakukan hal tersebut untuk mulai mendonorkan darah.

"Hal tersebut merupakan kunci untuk membangun fondasi yang kuat dalam pemenuhan kebutuhan darah nasional yang berkelanjutan untuk memenuhi kebutuhan semua pasien yang membutuhkan transfusi darah," kata Oscar dalam peringatan Hari Donor Darah Sedunia di Gedung Kemenkes Kuningan Jakarta, Senin (24/6/2019) pagi seperti mengutip rilis dari Kementerian Kesehatan. 

Kebutuhan stok darah untuk menyelamatkan nyawa orang lain merupakan suatu kebutuhan. Darah merupakan materi biologis yang hidup dan belum dapat diproduksi di luar tubuh manusia. Artinya, ketersediaan darah di sarana kesehatan sangat ditentukan oleh partisipasi masyarakat dalam mendonorkan darah.

Ketersediaan darah juga didukung oleh faktor lain seperti fasilitas, sarana dan prasarana yang dapat menjamin ketersediaan darah dalam jumlah yang cukup, aman dan berkualitas.

Stok Darah Cukup, AKI Turun

Sekjen Kemenkes, drg Oscar Primadi, membuka peringatan Hari Donor Darah Sedunia di Jakarta. (Foto: Dok Rokomyanmas Kemenkes)

Pelayanan darah yang aman dan berkualitas merupakan bagian yang tidak terpisahkan untuk menurunkan Angka Kematian Ibu (AKI).

Di Indonesia berdasarkan Survei Penduduk Antar Sensus (SUPAS) tahun 2015 menunjukkan AKI yaitu 305 per 100.000 kelahiran hidup.

Perdarahan masih menjadi salah satu penyebab utama kematian ibu, untuk mencegahnya masyarakat memerlukan akses terhadap pelayanan darah dalam jumlah yang cukup. Hal ini dapat lebih mudah dicapai jika semakin banyak donor darah sukarela yang secara rutin mendonorkan darahnya ke Unit Transfusi Darah (UTD).

"Saya harapkan, kita semua yang hadir pada acara hari ini akan dapat ikut berperan serta dalam upaya peningkatan kesadaran masyarakat mengenai pentingnya donor darah sukarela, dan acara hari ini juga sebagai bentuk apresiasi dan ucapan terima kasih kepada seluruh pendonor darah atas kesediaannya menyumbangkan darah kepada para pasien yang membutuhkan," kata Oscar.

Di kesempatan ini Oscar juga berharap agar pegawai yang bekerja di bidang kesehatan memberikan teladan kepada masyarakat dengan menjadikan donor darah sebagai bagian dari gaya hidup kita. Sehingga, pada akhirnya aksi donor darah sukarela tidak hanya dilaksanakan pada acara-acara khusus saja, tetapi menjadi bagian dari gaya hidup masyarakat untuk secara rutin mendonorkan darahnya menjadi Donor Darah Lestari.

 

Saksikan Juga Video Menarik Berikut:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Jawaban Gisella Anastasia soal Foto Pre Wedding Bareng Wijin

Posted: 23 Jun 2019 09:00 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Gisella Anastasia dan putrinya, Gempita Nora Marten, beberapa waktu lalu diketahui berlibur ke Australia.

Tak hanya berlibur, Gisella Anastasia disebut-sebut juga melakukan foto pre wedding dengan kekasihnya, Wijaya Saputra alias Wijin.

Namun hal tersebut langsung dibantah oleh Gisella Anastasia. Ia mengatakan bahwa foto yang dikira sebagai foto pre wedding itu hanyalah foto biasa.

Foto tersebut, kata Gisella Anastasia, hanya diabadikan oleh sahabatnya yang kebetulan merupakan seorang fotografer.

 

Cuma Foto Biasa

Gisella Anastasia dan Wijin di Australia (Liputan6.com/IG/gisel_la)

"Enggak, kan tahu sendiri orang-orang kalau ngomong. Foto biasa saja, kan memang sekarang kalau foto-foto sudah canggih, banyak fotografer bagus juga. Ada teman aku namanya Luis, temen kita, dia fotoin dan fotonya bagus banget, makanya aku save," kata Gisella Anastasia di kawasan Senayan, Jakarta Pusat, Minggu (23/6/2019).

Untuk itu, terkait gosip yang menyebut bahwa ia telah menjalani foto pre wedding, Gisella Anastasia menanggapinya dengan santai. "Jadi, kalau kayak gitu dibilang pre wedd sih aku ketawa aja, bingung soalnya," lanjutnya.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

VIDEO: Pemilihan Wali Kota Istanbul Diulang, Jagoan Erdogan Kembali Kalah

Posted: 23 Jun 2019 09:00 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Ekrem Imamoglu memenangi pemilihan Wali Kota Istanbul Turki. Hasil pencoblosan ulang memastikan kandidat Wali Kota Erdogan, Binali Yildirim kembali kalah.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Salah Disarankan Tinggalkan Liverpool dan Bergabung ke Barcelona

Posted: 23 Jun 2019 08:55 PM PDT

Liputan6.com, Liverpool - Performa Mohamed Salah dalam dua musim terakhir bersama Liverpool sangat luar biasa. Ia sudah dianggap sebagai pemain penting untuk skuat asuhan Jurgen Klopp tersebut.

Pantas jika Salah disebut sebagai bintang Liverpool. Ia mencetak 44 gol dari 52 penampilan di semua kompetisi. Jumlah itu menurun drastis pada musim ini, namun tetap saja ia mampu mencetak 27 gol yang masih bisa dikatakan banyak.

Jumlah golnya memang menurun, tapi itu berdampak besar terhadap prestasi Liverpool di musim 2018-2019 ini. Ya, The Reds menempati posisi dua Premier League setelah melalui proses persaingan ketat dengan sang juara, Manchester City.

The Reds mengakhiri kompetisi tersebut dengan catatan sekali kalah dari 38 pertandingan. Tapi itu bukan puncak prestasinya pada musim ini. Selain itu, mereka juga merengkuh gelar Liga Champions untuk kali pertama setelah sekian tahun lamanya.

Peran Salah sangat besar. Di final melawan Tottenham Hotspur, ia mencetak gol melalui titik putih di menit awal pertandingan. Liverpool pun menang dengan skor 2-0, di mana satu gol lainnya diciptakanDivock Origi.

Tidak lama berselang, ada sejumlah laporan yang menyebutkan bahwa masa depan Salah tidak lagi di Liverpool musim depan. Sejumlah klub dikabarkan siap mengangkutnya dari Anfield, seperti Real Madrid, Barcelona, Manchester United, hingga Juventus.

 

 

Lebih Cocok di Barcelona

Penyerang Liverpool Mohamed Salah. (AFP/Paul Ellis)

Mohamed Salah bisa dengan mudah memilih klub yang akan ia bela, itu pun jika dirinya memang benar-benar ingin pindah. Samuel Eto'o selaku mantan penyerang top Eropa pun gatal ingin memberinya saran klub berikutnya.

"Jika dia punya peluang untuk bermain dalam liga terbaik di dunia, yang di mana itu adalah Spanyol, dia harus bergabung dengan Barcelona," kata Eto'o kepada BBC Sport. "Mo punya segalanya untuk menjadi pemian terbaik di dunia."

 

Trio di Barcelona

Tentunya jika Mohamed Salah ingin ke Spanyol, Barcelona dan Real Madrid adalah pilihan yang tepat. Eto'o meyakini bahwa penyerang berumur 26 tahun tersebut lebih cocok membentuk trio bersama Lionel Messi dan Luis Suarez di Barcelona.

"Real memberikan saya kesempatan untuk meninggalkan Afrika, tapi saya tahu gaya Barcelona dan saya pikir itu akan lebih cocok untuknya," tandasnya.

Namun kemungkinan Mo Salah pindah ke Camp Nou pada musim panas ini terbilang cukup kecil. Selain karena mereka masih punya banyak stok penyerang, Barcelona juga belakangan ini disebut tengah mengejar eks pemainnya yang kini memperkuat PSG, Neymar.

Sumber: Bola.net

Saksikan video pilihan berikut ini:

 

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Ini Penyebab Gempa di Memberamo Raya Papua

Posted: 23 Jun 2019 08:52 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Gempa mengguncang wilayah Kabupaten Memberamo Raya, Papua pada pukul 08.05 WIB.

Menurut Kepala Bidang Informasi Gempa Bumi dan Peringatan Dini Tsunami BMKG Daryono, episenter gempa Memberamo itu terletak pada koordinat 2,67 LS dan 138,76 BT tepatnya di darat pada jarak 85 km arah tenggara Kota Burmeso, Kabupaten Memberamo Raya, Propinsi Papua pada kedalaman 10 km.

"Berdasarkan lokasi episenter, kedalaman, dan mekanisme sumber gempa yang berupa kombinasi sesar dengan pergerakan naik dan mendatar (oblique thrust), maka gempa yang terjadi merupakan jenis gempa kerak dangkal (shallow crustal earthquake) yang diduga kuat akibat aktivitas Sesar Anjak Mamberamo (Mamberamo thrust)," jelas Daryono kepada Liputan6.com, Senin (24/6/2019).

Dia mengungkapkan, dampak gempa Memberamo ini menimbulkan guncangan cukup kuat. Peta shakemap BMKG menunjukkan di zona pusat gempa dan sekitarnya diestimasi mengalami guncangan dalam skala intensitas hingga mencapai skala V-VI MMI.

"Gempa dengan intensitas sebesar ini sudah berpotensi merusak," ujar dia.

 

Belum Ada Laporan Kerusakan

Ilustrasi Gempa Bumi (iStockphoto)

Laporan sementara yang masuk ke BMKG menunjukkan gempa dirasakan di Sarmi dalam skala intensitas III-IV MMI, Jayapura II-III MMI di Jayapura, dan Wamena II MMI.

"Hingga saat ini belum ada laporan dampak kerusakan yang ditimbulkan akibat gempa tersebut," kata Daryono.

Hingga pukul 09.30 WIB, hasil monitoring BMKG telah terjadi 9 kali gempa susulan di Mamberamo dengan kekuatan yang fluktuatif. Yaitu M=4.7, M=5.1, M=4.4, M=3.7, M=3.5, M=4.6, M=3.8, M=4.4, dan M=4.5.

"BMKG akan terus memantau aktivitas gempa susulan dan dampaknya, untuk segera diinformasikan kepada masyarakat," imbau Daryono.

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Tak Ada Sidang Sengketa Pilpres, Jalan Depan MK Ditutup

Posted: 23 Jun 2019 08:47 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Ruas Jalan Medan Merdeka Barat dari arah Bundaran HI menuju Istana Merdeka tepatnya di depan Gedung Mahkamah Konstitusi (MK) ditutup pada Senin pagi. Padahal MK hari ini tidak menggelar sidang sengketa Pilpres 2019.

Pantauan Antara pada pukul 10.00 WIB, aparat kepolisian telah memasang penutup jalan berupa 'traffic cone' berwarna jingga persis di depan Gedung Indosat di kawasan Patung Kuda, Jakarta Pusat.

Sementara ruas Jalan Medan Merdeka Barat dari arah Istana Merdeka menuju Bundaran HI atau sisi Monas tidak ditutup. Arus lalu lintas di ruas jalan tersebut terpantau ramai lancar.

Sementara itu, arus kendaraan dari arah Budi Kemulyaan dan Bundaran HI dialihkan ke Jalan Medan Merdeka Selatan dan Jalan MH Thamrin.

Barikade jalan dan kawat berduri juga terpasang di depan Gedung Kementerian Pertahanan.

Salah seorang aparat kepolisian yang berjaga di Jalan Medan Merdeka Barat mengatakan, jalan ditutup untuk mengakomodasi kegiatan yang berjalan di MK.

"Karena kemungkinan akan ada unjuk rasa dan saat ini tengah berlangsung kegiatan di MK," kata petugas tersebut.

 

MK Gelar RPH

Saat ini MK tidak menggelar sidang terbuka terkait sengketa Pilpres 2019. Namun MK tengah menggelar Rapat Permusyawaratan Hakim (RPH) untuk memutus sengketa hasil pemilu tersebut.

RPH sejatinya telah dilakukan sesaat setelah majelis hakim menutup sidang dengan agenda mendengarkan keterangan saksi dan ahli pada Jumat malam 21 Juni lalu. RPH diberi waktu hingga Kamis 27 Juni mendatang.

Sementara sidang pembacaan putusan sengketa Pilpres 2019 paling lambat akan dilakukan pada Jumat 28 Juni mendatang. Itu artinya, sidang putusan bisa saja dilakukan lebih awal dari jadwal yang ditentukan.

Saksikan video pilihan di bawah ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Kalah Bersaing Diduga jadi Alasan Giant Menutup Tokonya

Posted: 23 Jun 2019 08:45 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Ditutupnya sejumlah toko milik Giant dinilai merupakan upaya perusahaan untuk bisa tetap bertahan di tengah persaingan bisnis ritel yang semakin ketat. Penutupan tersebut juga dianggap sebagai hal biasa di bisnis ini.

Wakil Ketua Umum Asosiasi Pengusaha Ritel Indonesia (Aprindo) Tutum Rahanta mengatakan, saat ini bisnis ritel sudah berkembang pesat dengan persaingan yang semakin ketat. Terlebih dengan munculnya beragam platform jual beli online yang menawarkan produk-produk seperti yang dijual di toko ritel luring (offline).

"Bisnis ritel ini sekarang berubah, sehingga siapa yang terkena dampak? Saya kira Giant yang saat ini terkena dampak. Dampak dari apa? Ya atas persaingan itu sendiri. Karena produk yang dijual itu sama dengan ritel lain, baik yang di offline maupun di online. Sehingga dia melakukan amputasi dengan menutup toko mereka," ujar dia saat berbincang dengan Liputan6.com di Jakarta, Senin (24/6/2019).

Menurut Tutum, Giant juga pasti telah memiliki pertimbangan yang matang sebelum memutuskan untuk menutup sejumlah tokonya. Yang menjadi pertimbangan biasanya lantaran toko tersebut tidak mampu berkontribusi terhadap pendapatan perusahaan, bahkan hanya menjadi beban bagi keuangan perusahaan.

"Pasti ada faktor-faktor yang diperhitungkan sehingga berani melakukan langkah itu. Karena image-nya kan sanga jelek (dengan menutup toko). Tetapi outlet tersebut sudah tidak bisa dipertahankan lagi, akan menggerogoti perusahaan secara keseluruhan. Tidak hanya Giant, perusahaan mana pun pasti begitu. Jadi dilakukan lah penutupan, apalagi outlet-outlet tersebut sudah tidak bisa memberikan kontribusi atau ke depan tidak menjanjikan lagi," jelas dia.

Namun demikian, lanjut Tutum, ritel hingga saat ini masih menjadi bisnis yang menjanjinkan. Dia berharap apa yang dialami Giant tidak terjadi pada perusahaan lain.

"Ini karena Giant perusahaan publik, makanya mereka menginfomasikan kepada media bahwa dia akan tutup dan di toko-toko mereka diadakan diskon dengan penutupan tersebut," tandas dia.

 

 

Sektor Ritel Masih Tertekan pada 2019, Ini Pemicunya

Suasana di pusat perbelanjaan di Tangerang, Banten, (16/12). Aturan pencantuman tersebut selain bagi importir atau produsen, juga diwajibkan bagi pedagang pengumpul. (Liputan6.com/Angga Yuniar)

Industri ritel diprediksi masih tertekan ke depan. Hal itu didorong dari sejumlah faktor, salah satunya konsumsi rumah tangga.

Untuk mengatasi tekanan, sejumlah perusahaan ritel memiliki strategi dengan efisiensi, seperti menutup gerai dan melakukan pemutusan hubungan kerja (PHK).

Salah satunya baru-baru ini dilakukan PT Hero Supermarket Tbk dengan menutup 26 gerai dan PHK 532 karyawan pada 2018.

Institute for Development of Economics and Finance (INDEF) memperkirakan, hal tersebut masih akan berlanjut pada 2019 lantaran banyak faktor yang melatarbelakanginya.

Ekonom INDEF, Bhima Yudhistira Adinegara menilai, gejolak sektor bisnis ritel pada 2018 disebabkan karena pertumbuhan konsumsi rumah tangga terbilang stagnan.

"Retail masih tumbuh rendah tahun 2018 kemarin, karena pertumbuhan konsumsi rumah tangga enggak naik signifikan, rata-rata stagnan di 5 persen," ujar dia kepada Liputan6.com, Selasa (15/1/2019).

Merujuk catatan pada kasus Hero Supermarket, ia melihat ada penurunan penjualan di bidang makanan hingga 6 persen. Ia menuturkan, itu merupakan indikator adanya perlambatan konsumsi rumah tangga.

Akibatnya, dia menghitung hingga sejauh ini ada sekitar lima ritel yang menutup usahanya. Antara lain 7 Eleven (Sevel), gerai Matahari di Pasaraya Blok Mahakam dan Manggarai, Lotus, Debenhams, dan GAP.

"Sementara yang mengurangi gerai ada Hero Group dan MAP," ia menambahkan.

Bhima pun memperkirakan, gelombang penutupan ritel ini tetap akan berlanjut pada 2019 selama konsumsi rumah tangga dan daya beli melemah. "Kondisi makro memang mulai pulih, tapi sangat lambat," tegas dia. 

Faktor lainnya, ia menyebutkan, harga komoditas perkebunan yang rontok juga bakal mempengaruhi daya beli masyarakat, baik di Jawa maupun luar Jawa. 

Selain itu, dia memandang masyarakat masih banyak yang menahan diri untuk belanja meskipun inflasi hanya menyentuh 3,1 persen. "Ada pemilu juga yang bikin masyarakat khawatir gaduh. Ini terutama kondisi kelas menengah perkotaan," ia menambahkan.

Dia juga turut menyoroti faktor bunga kredit yang semakin mahal. Hal itu membuat masyarakat berpikir berulang kali untuk berbelanja dengan kartu kredit.

"Belum cicilan rumah dan kendaraan bermotor jadi naik. Alokasi untuk beli kebutuhan pokok di supermarket berkurang," ujar dia.

Marak Tutup Gerai, Pengusaha Ritel Harus Inovatif

Ilustrasi supermarket (Foto: iStockphoto)

Industri ritel di Indonesia kini tengah disoroti. Mulai dari Hero Supermarket yang resmi menutup 26 toko ritelnya, Neo Central Soho juga dikabarkan dalam waktu dekat akan meniru langkah yang sama untuk menutup gerai.

Vice President Corporate Communications Transmart Carrefour, Satria Hamid mengatakan, pasar industri ritel memang dihadapkan pada situasi sulit. Meski begitu, industri ritel offline bukan berarti padam.

"Tak bisa dipungkiri perubahan penetrasi dari bisnis ritel online sudah marak masuk ke Indonesia. Fenomena ini sudah terasa sejak 10 tahun silam makanya kita antisipasi dan me-remodeling bisnis kami yang dulu carefour menjadi transmart," ujar dia saat dihubungi Liputan6.com, Selasa (15/1/2019).

Satria menuturkan, pentingnya untuk terus mengamati perubahan pasar dan kebutuhan konsumen yang terus berkembang. Kata dia, hal ini merupakan kunci bagi bisnis ritel untuk bisa bertahan.

"Kita industri retail harus lihat kebutuhan konsumen, kreatif, dan juga inovatif. Jadi industri retail offline belum bisa dikatakan padam sejauh bisa mencoba memenuhi kebutuhan konsumen. Karena online sendiri menurut saya hanya diversifikasi pasar saja," ujar dia.

Oleh karena itu, dia menganjurkan agar ritel-ritel di Indonesia dapat terus beradaptasi dengan perkembangan yang terus berubah. Termasuk dalam memposisikan toko ritel masing-masing di masyarakat.

"Untuk industri ritel jangan pernah putus asa. Yang offline harus bisa beradaptasi dan menekankan jati diri toko ritel kita itu dimana posisinya. Memang harus mewarkan ide-ide yang out of the box" imbuh dia.

Sementara itu, Ketua Bidang Komunikasi dan Media Asosiasi Pengusaha Ritel Indonesia (Aprindo) Fernando Repi menuturkan, sudah saatnya bagi industri ritel masuk ke dalam bisnis digital (e-commerce).

Menurut dia, perubahan penetrasi bisnis dari offline ke online penting guna memenuhi kebutuhan konsumen yang semakin ingin efisien dari waktu ke waktu.

"Ya jadi memang sudah saatnya, atau lebih tepat peritel memiliki online store," kata dia.

Sejak 2017, industri ritel alami tekanan hingga akhirnya menutup gerai. Sejumlah ritel yang tutup gerai antara lain 7 Eleven (Sevel) yang tutup pada 30 Juni 2017, selain itu Matahari menutup gerainya di Pasaraya Blok M dan Manggarai, serta mal Taman Anggrek.

Kemudian PT Mitra Adiperkasa Tbk menutup gerai Lotus yang berada di lima lokasi pada Oktober. Lotus dioperasikan oleh PT Java Retailindo yang sahamnya 100 persen dimiliki PT Mitra Adiperkasa Tbk.

Tak hanya Lotus, Perseroan juga menutup Debenhams yang berada di Senayan Citu, Kemang Village dan Supermall Karawaci.

Persaingan Kian Ketat, Pelaku Usaha Ritel Mesti Cepat Adaptasi

Ilustrasi supermarket (Foto: iStockphoto)

Asosiasi Pengusaha Ritel Indonesia (Aprindo) menilai langkah PT Hero Supermarket Tbk (HERO) menutup gerai menjadi strategi efisiensi agar bertahan di tengah ketatnya persaingan.

Wakil Ketua Umum Aprindo, Tutum Rahanta menuturkan, kondisi global dan makro ekonomi  mempengaruhi daya beli masyarakat. Hal tersebut juga pengaruhi kinerja bisnis termasuk ritel.

Untuk tetap bertahan, Tutum menilai, pelaku usaha ritel memilih strategi efisiensi dengan menutup outlet atau gerai yang tak menguntungkan dengan menggantikan lokasi baru.

"Tutup outlet yang jelek juga merupakan bagian dari efisiensi," ujar dia saat dihubungi Liputan6.com lewat pesan singkat, Senin (14/1/2019).

Tutum menuturkan, selain faktor kondisi global, persaingan bisnis dengan usaha sejenis dan digital juga pengaruhi sektor ritel.

Oleh karena itu, para pelaku usaha juga harus beradaptasi dengan perubahan. Salah satu contohnya dengan lokasi gerai yang disesuaikan dengan target pasar.

Tutum menambahkan, pihaknya melihat ada kemungkinan pelaku usaha ritel lainnya yang akan menutup gerai ke depan. 

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Klasemen MotoGP: Marquez Mendominasi

Posted: 23 Jun 2019 08:45 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Klasemen MotoGP 2019 masih dikuasai oleh Marc Marquez. Hasil sempurna di MotoGP Katalunya saat para rival terjungkal membuat Marquez makin digdaya.

Pembalap Repsol Honda itu sudah mengantongi 140 poin dari tujuh seri balapan yang sudah berlangsung. Dia unggul 37 poin dari rival terdekat Andrea Dovizioso yang jadi korban tabrakan di MotoGP Katalunya.

Marquez memperoleh 25 poin tambahan dari balapan MotoGP Katalunya di Sirkuit Katalunya, Minggu (17/6/2019) lalu. Sukses rider asal Spanyol itu meraih podium utama tidak lepas dari insiden terjatuhnya empat pembalap akibat aksi Jorge Lorenzo.

Insiden tersebut membuat Marquez menambah selisih poin dengan pesaing terdekatnya Andrea Dovizioso. Pasalnya, pembalap Mission Winnow Ducati itu termasuk dalam empat pembalap yang terjatuh.

Selain Lorenzo dan Dovizioso, tabrakan beruntun tersebut juga melibatkan Valentino Rossi dan Maverick Vinales. Duo rider tim Monster Energy Yamaha itu juga tidak menambah tambahan poin karena tidak bisa melanjutkan balapan.

Hingga seri ketujuh, Rossi baru mengumpulkan 72 poin dan menempati peringkat lima klasemen MotoGP. Sedangkan Vinales di peringkat 11 dengan 40 poin.

 

 

Klasemen MotoGP

Marc Marquez bikin manuver saat kualifikasi MotoGP Italia (AFP)

Peringkat-Pembalap-Poin

1 Marc Marquez 140

2 Andrea Dovizioso 103

3 Alex Rins 101

4 Danilo Petrucci 98

5 Valentino Rossi 72

6 Jack Miller 53

7 Fabio Quartararo 51

8 Takaaki Nakagami 48

9 Pol Espargaro 47

10 Cal Crutchlow 42

11 Maverick Vinales 40

12 Franco Morbidelli 34

13 Aleix Espargaro 27

14 Joan Mir 22

15 Jorge Lorenzo 19

16 Johann Zarco 16

17 Miguel Oliveira 12

18 Andrea Iannone 12

19 Francesco Bagnaia 9

20 Michele Pirro 9

21 Tito Rabat 9

22 Stefan Bradl 6

23 Sylvain Guintoli

24 Hafizh Syahrin 2

25 Karel Abraham 2

Jadwal MotoGP Assen

Jadwal MotoGP

Jumat, 28 Juni 2019

14:55-15:40 : FP 1 MotoGP Belanda

19:10-19:55 : FP 2

Sabtu, 29 Juni 2019

14:55-15:40 : FP 3 MotoGP Belanda

18:30-19:00: FP4

19:10 - 19:25: Kualifikasi Satu

19:35 - 19:50: Kualifikasi Dua

Minggu, 30 Juni 2019

19:00: Balapan MotoGP Belanda

Saksikan video menarik di bawah ini

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Donald Trump Tolak Usulan PBB agar FBI Selidiki Pembunuhan Jamal Khashoggi

Posted: 23 Jun 2019 08:42 PM PDT

Liputan6.com, Washington DC - Presiden Amerika Serikat (AS) Donald Trump telah menolak permintaan Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB) untuk mengikutsertakan FBI dalam menyelidiki kasus pembunuhan jurnalis Jamal Khashoggi.

Trump beralasan permintaan PBB itu akan membahayakan penjualan senjata AS ke Arab Saudi, demikian sebagaimana dikutip dari The Guardian pada Senin (24/6/2019).

Sebuah laporan tentang kematian Jamal Khashoggi, yang diterbitkan pekan lalu oleh pelapor khusus PBB tentang pembunuhan di luar hukum, mengatakan bahwa Washington harus membuka penyelidikan FBI dan "mengejar tuntutan pidana di Amerika Serikat, sebagaimana diperlukan".

Tetapi, Donald Trump menolak proposal tersebut, yang disampaikannya dalam wawancara oleh program Meet the Press di stasiun televisi NBC, pada hari Minggu.

Ditanya apakah dia akan mengizinkan FBI untuk menyelidiki pembunuhan Jamal Khashoggi, Trump mengatakan: "Saya pikir itu sudah diselidiki dengan sangat serius."

Kemudian, ketika ditanya siapa yang telah menyelidiki, presiden menjawab: "Oleh semua orang. Maksud saya ... saya telah melihat begitu banyak laporan yang berbeda."

Donald Trump mengatakan kepada NBC bahwa pembunuhan Jamal Khashoggi "benar-benar tidak muncul" dalam percakapan telepon antara penasihat senior Gedung Putih --yang juga menantunya-- Jared Kushner dan Putra Mahkota Mohammed bin Salman, pada pekan lalu.

Trump juga menyebut Arab Saudi tidak lebih buruk daripada negara-negara lain di Timur Tengah, yang ia sebut sebagai "tempat ganas dan penuh permusuhan", seraya menambahkan: "Lihatlah Iran, lihat negara-negara lain, saya tidak akan menyebut nama."

Selanjutnya, Trump mengutip angka yang terlalu besar untuk pengeluaran Arab Saudi pada senjata AS, yang sebelumnya dicatat oleh pemeriksa fakta, tidak sesuai dengan catatan resmi.

"Saya hanya mengatakan mereka menghabiskan US$ 400 miliar hingga US$ 450 miliar selama ini untuk embeli peralatan militer," kata Trump.

Faktanya Arab Saudi tahun lalu menandatangani "surat penawaran dan penerimaan" untuk transaksi pembelian senjata militer senilai US$ 14,5 miliar dari AS.

Memboikot Pemerintahan Donald Trump

Presiden Donald Trump dan ibu negara Melania Trump mengunjungi pasukan militer Amerika di Pangkalan Udara al Asad, Irak, Rabu (26/12). Trump memberikan kejutan dengan melakukan kunjungan mendadak tersebut dalam rangka perayaan Natal. (AP/Andrew Harnik)

Sementara itu, pada pekan lalu, Senat AS memilih untuk memboikot pemerintahan Trump yang menjual senjata ke Arab Saudi, di mana tujuh anggota Partai Republik bergabung dengan Demokrat untuk meloloskan seruan tersebut.

Namun, Donald Trump telah berjanji untuk menggunakan hak veto sebagai presiden dan melanjutkan penjualan terkait.

Dia menolak keras tuduhan bahwa pembelian senjata besar-besaran oleh Saudi ke AS sebagai "harga yang harus dibayar" atas pembunuhan Khashoggi.

"Saya tidak suka orang bodoh yang mengatakan, 'Kami tidak ingin melakukan bisnis dengan mereka. Dan omong-omong, jika mereka tidak melakukan bisnis dengan kami, Anda tahu apa yang mereka lakukan? Mereka akan melakukan bisnis dengan Rusia atau dengan China," ujar Trump merujuk pada dua pesaing terbesar AS dalam banyak sektor.

Di lain pihak, MBS --sapaan akrab Mohammed bin Salman-- telah membantah bertanggung jawab atas pembunuhan itu, bersamaan ketika sebelas tersangka diadili di Riyadh, termasuk lima dari mereka yang menghadapi hukuman mati.

Dihadapkan dengan rincian mengerikan dari laporan PBB minggu ini, menteri luar negeri Saudi Adel al-Jubeir mengatakan kepada CNN bahwa hal itu "cacat".

"Kami tahu ini adalah operasi jahat yang tidak disahkan," kata al Jubeir.

"Ini adalah pembunuhan mengerikan yang terjadi di luar otoritas, dan orang-orang yang melakukannya akan dihukum ... ini seharusnya tidak pernah terjadi."

Al-Jubeir juga mengatakan "mekanisme" sedang "diberlakukan untuk memastikan kasus serupa tidak terjadi lagi".

Khashoggi Disebut Hewan Kurban

Foto Jamal Khashoggi, wartawan Arab Saudi yang dibunuh di Istanbul (AP/Jacquelyn Martin)

Jamal Khashoggi adalah seorang jurnalis asal Arab Saudi yang menulis untuk Washington Post. Dia dibunuh dan diduga dimutilasi setelah memasuki konsulat Arab Saudi di Istanbul, Turki, pada Oktober tahun lalu, ketika hendak mengurus dokumen untuk kembali menikah.

Laporan PBB yang terakhir memuat rincian mengganggu tentang percakapan antara pejabat Saudi yang tidak dikenal, sebelum dan setelah kedatangan Jamal Khashoggi.

Temuan terserbut didasarkan pada transkrip yang diberikan oleh otoritas Turki.

Khashoggi disebut sebagai "hewan kurban", ketika seorang pejabat Saudi terekam bertanya apakah akan "mungkin untuk memasukkan bagasi ke dalam tas".

Balasan lain: "Tidak. Terlalu berat. Itu bukan masalah. Tubuh itu berat. Jika kita mengambil kantong plastik dan memotongnya, itu akan selesai. Kami akan membungkus (masing-masing. "

Pelapor khusus PBB menyalahkan pemerintah Arab Saudi atas pembunuhan itu, dan mengatakan ada bukti yang dapat dipercaya bahwa Putra Mahkota Mohammed bin Salman dan pejabat senior lainnya bertanggung jawab.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

6 Foto Pakai Kamera Cantik Ini Bikin Pangling, Bedanya Jauh Banget

Posted: 23 Jun 2019 08:40 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Sejak media sosial Instagram jadi tren, foto menjadi kebutuhan yang tak kalah penting bagi para penggunanya. Mendapatkan foto yang sempurna dan bisa diunggah ke media sosial tentu menjadi kebahagiaan tersendiri bagi para penggunanya. 

Namun, sayangnya tak semua hasil foto sempurna, beberapa orang merasa kurang puas akan hasilnya bahkan enggak sedikit juga orang yang kurang percaya diri akan wajahnya, seperti pipi yang tembam, wajah yang kusam atau mata yang sipit. 

Tapi enggak perlu khawatir lagi, berkat fitur cantik di handphone wajah yang awalnya bikin kamu enggak percaya diri, jadi terlihat sempurna  bahkan saking sempurnanya, malah bikin kamu pangling loh!

Penasaran kan gimana potretnya? Berikut Liputan6.com rangkum dari berbagai sumber, 6 foto pakai kamera cantik ini bikin pangling, bedanya jauh banget, Senin (24/8/2019) 

1. Pipi yang awalnya tembam jadi tirus gini ya?

Foto pakai kamera cantik (Sumber: Instagram/@recehkocak)

2. Dari mata sampai dagu pun ikut berubah. Jadi bikin gemas ya?

Foto pakai kamera cantik (Sumber: Instagram/@recehkocak)

3. Wah benar-benar buat pangling deh!

Foto pakai kamera cantik (Sumber: Instagram/@recehkocak)

4. Dari mata, hidung, bibir hingga warna kulit bisa jadi sempurna gini ya

Foto pakai kamera cantik (Sumber: Instagram/@recehkocak)

5. Kalau kayak gini enggak perlu ribet makeup, cukup pakai kamera cantik saja ya?

Foto pakai kamera cantik (Sumber: Instagram/@recehkocak)

6. Lihat warna kulitnya, benar-benar beda jauh kan?

Foto pakai kamera cantik (Sumber: Instagram/@recehkocak)

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Shah Rukh Khan Bongkar Alasan Belum Mau Main Film

Posted: 23 Jun 2019 08:40 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Shah Rukh Khan benar-benar menepati ucapannya, ia pernah berjanji bahwa tidak akan menerima tawaran film baru selama beberapa bulan jika film ZERO gagal di pasaran.

Kala mengucapkannya, tentu saja Shah Rukh Khan tak menginginkan kegagalan film yang digadang-gadang bakal sukses besar itu.

Namun ternyata fakta di lapangan berkata lain. Seolah menuruti perkataan Shah Rukh Khan yang khawatir gagal, film itu benar-benar hancur di pasaran.

Shah Rukh Khan pun menepati kata-katanya, ia tak menerima tawaran film baru yang datang setelah ZERO gagal. Sampai sekarang, ayah tiga anak ini masih belum mau tanda tangan kontrak film baru.

 

Hati Tak Mengizinkan

Shah Rukh Khan (AFP/Bintang.com)

Shah Rukh Khan mengungkap, bahwa sebenarnya ada banyak tawaran yang datang kepadanya. Namun sampai sekarang ia masih belum mau tandatangan proyek apapun.

"Aku belum punya proyek baru sekarang. Aku belum mengerjakan film apapun. Biasanya aku mengambil naskah baru setelah satu proyek selesai dan aku mengerjakan yang baru selama kurang lebih 3 sampai 4 bulan," ujarnya seperti dilansir dari Pinkvilla.

Shah Rukh Khan beralasan bahwa sampai sekarang hatinya masih belum mengizinkan dirinya bekerja lagi. Shahrukh hanya mengerjakan proyek mengisi suara untuk film The Lion King, namun ia belum mau berakting lagi di depan kamera.

"Aku masih belum mood. Hatiku masih belum mengizinkan. Aku hanya merasa bahwa harus mengambil waktu lebih banyak untuk istirahat, nonton film, mendengarkan cerita dan membaca buku. Anakku juga sedang siap-siap melanjutkan sekolah mereka. Suhana mau masuk kuliah dan anak laki-lakiku akan segera lulus. Jadi aku ingin menghabiskan waktu lebih banyak dengan keluargaku," ujarnya. (Kapanlagi.com/ Wulan Noviarina Anggraini)

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Alexis Sanchez Ungkap Penyebab Tampil Buruk di MU

Posted: 23 Jun 2019 08:35 PM PDT

Liputan6.com, Manchester - Alexis Sanchez mengungkapkan penyebab performa buruknya di Manchester United (MU). Menurut striker timnas Chile itu, hal tersebut disebabkan minimnya kesempatan.

Sanchez mendarat di Old Trafford pada Januari 2018 setelah didatangkan MU dari Arsenal. Sayang, pemain berumur 30 tahun tersebut gagal memberikan dampak seperti waktu bersama Arsenal.

Sempat diyakini performa buruk Sanchez disebabkan oleh taktik bertahan dan pragmatis milik Jose Mourinho. Namun, setelah pos kepelatihan berpindah ke tangan Ole Gunnar Solskjaer, ia tak kunjung memberikan kontribusi yang maksimal.

Itulah yang diyakini membuat Sanchez jarang diberi kesempatan tampil. Baik Mourinho maupun Solskjaer lebih mengutamakan penyerang lain seperti Jesse Lingard ataupun Anthony Martial.

Sedangkan Alexis Sanchez terus mendekam di bangku cadangan MU.

 

Timnas Chile

Striker Manchester United (MU) Alexis Sanzhez. (AFP/John McCoy)

Anehnya, performa yang sama tidak terlihat saat Alexis Sanchez tampil bersama Timnas Chile di ajang Copa America 2019. Ia mencetak gol dari dua pertandingan fase grup melawan Ekuador dan Jepang. Hingga banyak yang bingung mengapa Sacnhez melempem di MU.

Akhinya pertanyaan itu mendapatkan jawabannya. Usai membantu Timnas Chile mengalahkan Ekuador, Sabtu (22/6/2019) lalu, ia menjelaskan bahwa performanya menurun akibat jarang dimainkan di Manchester United.

"Saya selalu merasa antusias untuk bermain, tapi di Inggris saya hanya diberi sedikit kesempatan belakangan ini," kata Alexis Sanchez seperti yang dikutip dari Metro. "Tapi, saya tenang, karena mewakili negara ialah hal terindah yang pernah ada."

 

Kurang Kehangatan di MU

Selain tidak diberi kesempatan tampil yang konsisten, menurunnya performa Alexis Sanchez juga diyakini karena kurangnya keterikatan dengan para pemain Manchester United lainnya. Hal itu diungkapkan oleh sang pelatih di Timnas Chile, Reinaldo Rueda.

"Tidak mudah untuk dijelaskan, tapi Alexis datang dan menunjukkan komitmennya dan mungkin, di Manchester, ia tidak memiliki ikatan emosional seperti dirinya bersama rekan-rekan setimnya di sini," ujar Rueda.

"Dia juga mengalami cedera, kurang konsisten, dia juga kurang bermain secara kontinu. Kami telah melakukan hal yang brilian dengannya, kami memberinya banyak sekali kehangatan yang ia butuhkan," tandasnya.

Performa apik Sanchez membuat Chile tidak hanya mendapatkan dua kemenangan saja. Mereka juga telah dipastikan lolos ke fase berikutnya dan hanya membutuhkan hasil imbang atas Uruguay untuk mengunci posisi puncak grup.

Sumber: Bola.net

Saksikan video pilihan berikut ini:

 

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

VIDEO: Gempa Magnitudo 7,7 Guncang Laut Banda

Posted: 23 Jun 2019 08:32 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Gempa dengan magnitudo 7,7 mengguncang kawasan laut Banda. Kuatnya gempa tidak menimbulkan potensi tsunami.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

FOTO: PM Kanada Justin Trudeau Ikuti Pawai LGBT di Toronto

Posted: 23 Jun 2019 08:30 PM PDT

Perdana Menteri Kanada Justin Trudeau melambaikan tangan saat mengikuti pawai LGBT Toronto's Pride Parade di Toronto, Kanada, Minggu (23/6/2019). Pawai digelar untuk mengenang peristiwa Stonewall yang terjadi di New York pada Juni 1969. (Chris Young/The Canadian Press via AP)

Perdana Menteri Kanada Justin Trudeau melambaikan tangan saat mengikuti pawai LGBT Toronto's Pride Parade di Toronto, Kanada, Minggu (23/6/2019). Pawai digelar untuk mengenang peristiwa Stonewall yang terjadi di New York pada Juni 1969. (Chris Young/The Canadian Press via AP)

Perdana Menteri Kanada Justin Trudeau berjalan bersama peserta saat mengikuti pawai LGBT Toronto's Pride Parade di Toronto, Kanada, Minggu (23/6/2019). Pawai digelar untuk mengenang peristiwa Stonewall yang terjadi di New York pada Juni 1969. (George Pimentel/GETTY IMAGES NORTH AMERICA/AFP)

Perdana Menteri Kanada Justin Trudeau berjalan bersama peserta saat mengikuti pawai LGBT Toronto's Pride Parade di Toronto, Kanada, Minggu (23/6/2019). Pawai digelar untuk mengenang peristiwa Stonewall yang terjadi di New York pada Juni 1969. (George Pimentel/GETTY IMAGES NORTH AMERICA/AFP)

Perdana Menteri Kanada Justin Trudeau menyapa warga saat mengikuti pawai LGBT Toronto's Pride Parade di Toronto, Kanada, Minggu (23/6/2019). Pawai digelar untuk mengenang peristiwa Stonewall yang terjadi di New York pada Juni 1969. (George Pimentel/GETTY IMAGES NORTH AMERICA/AFP)

Perdana Menteri Kanada Justin Trudeau menyapa warga saat mengikuti pawai LGBT Toronto's Pride Parade di Toronto, Kanada, Minggu (23/6/2019). Pawai digelar untuk mengenang peristiwa Stonewall yang terjadi di New York pada Juni 1969. (George Pimentel/GETTY IMAGES NORTH AMERICA/AFP)

Peserta ambil bagian dalam pawai LGBT Toronto's Pride Parade di Toronto, Kanada, Minggu (23/6/2019). Pawai digelar untuk mengenang peristiwa Stonewall yang terjadi di New York pada Juni 1969. (Andrew Lahodynskyj/The Canadian Press via AP)

Peserta ambil bagian dalam pawai LGBT Toronto's Pride Parade di Toronto, Kanada, Minggu (23/6/2019). Pawai digelar untuk mengenang peristiwa Stonewall yang terjadi di New York pada Juni 1969. (Andrew Lahodynskyj/The Canadian Press via AP)

Warga menyaksikan pawai LGBT Toronto's Pride Parade di Toronto, Kanada, Minggu (23/6/2019). Pawai digelar untuk mengenang peristiwa Stonewall yang terjadi di New York pada Juni 1969. (Andrew Lahodynskyj/The Canadian Press via AP)

Warga menyaksikan pawai LGBT Toronto's Pride Parade di Toronto, Kanada, Minggu (23/6/2019). Pawai digelar untuk mengenang peristiwa Stonewall yang terjadi di New York pada Juni 1969. (Andrew Lahodynskyj/The Canadian Press via AP)

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Di Acara Ikawangi, Menpar Sebut Banyuwangi Punya Potensi Wisata dan Budaya Luar Biasa

Posted: 23 Jun 2019 08:30 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Keputusan Banyuwangi menjadikan pariwisata sebagai leading sector, dinilai sudah sangat tepat. Sebab, Banyuwangi memiliki potensi alam yang sangat luar biasa. Begitu juga dengan potensi budayanya.

Pernyataan itu disampaikan Menteri Pariwisata Arief Yahya saat menghadiri Gebyar Seni Budaya Banyuwangi dan Halal Bihalal Ikawangi Pusat Jakarta 2019.

Kegiatan ini diselenggarakan di Anjungan Jawa Timur, Taman Mini Indonesia Indah (TMII) Jakarta, Minggu (23/6). Sejumlah artis beken kelahiran Banyuwangi tampil dalam acara tersebut. Mereka adalah Fitri Carlina, Ninik Carlina, Danang KDI, Yenny Farida dan Sumiati Kendang kempul Legendaris, serta Nova.

Menurut Menpar Arief Yahya, Banyuwangi sudah pada track yang benar. Apalagi, pariwisata adalah masa depan bangsa. Pariwisata sedang berproses menjadi peringkat pertama penyumbang devisa terbesar buat keluarga.

"Saya tidak khawatir dengan Atraksi Banyuwangi. Karena, Budaya dan Alam Banyuwangi memiliki modal besar untuk menjadi yang terbaik di dunia. Banyuwangi sudah ditetapkan sebagai Kota Festival Terbaik di Indonesia. Karena, memiliki jumlah festival yang sangat banyak. Banyuwangi juga memiliki Ijen dengan Blue Fire nya. Destinasi yang tidak dimiliki daerah lain," paparnya.

Namun, mantan Dirut PT Telkom itu menilai Banyuwangi masih harus melakukan pembenahan. Masih ada beberapa kelemahan yang harus ditutupi.

"Salah satu kelemahan Banyuwangi adalah Akses. Untuk akses darat, jalan tol direncanakan akan beroperasi pada tahun 2021. Untuk Bandara Banyuwangi, sudah memiliki status bandara international. Namun, secara fisik masih harus ditingkatkan kualitasnya. Apalagi, jika Banyuwangi ingin mendatangkan lebih banyak wisatawan," paparnya.

Sebagai akses udara, pembangunan Bandara Banyuwangi masih terus dilakukan. Pelebaran Apron sudah jadi sebelum IMF-World Bank Meeting. Dari sebelumnya 3 parking stand narrow body, sekarang Bandara Banyuwangi punya 9 narrow body.

Tidak hanya itu, pelebaran Runway juga turut dilakukan. Lebar runway yang sebelumnya 30 meter, kian diperluas menjadi 45 meter, progress 70%, target selesai Juli 2019. Perpanjangan Runway juga dilakukan. Dari 2250 meter menjadi 2500 meter, target selesai Desember 2019.

"Mungkin masih ada kendala di pembebasan lahan. Namun, Pemkab Banyuwangi harus ikut membantu menyelesaikan masalah lahan. Agar bandara benar-benar siap tidak ada kendala," ujarnya.

Untuk Amenitas, Menpar Arief Yahya menyatakan siap hadir pada Ground breaking Hotel Bandara Internasional Banyuwangi dan Ground breaking Food Court Warung Ijen. Atau, ketika pelaksanaan Banyuwangi Ethno Carnival (BEC) pada 27 Juli 2019 mendatang.

Asisten Deputi Pengembangan Pemasaran I Regional II Kemenpar Adella Raung, menilai Banyuwangi sudah menjelma menjadi destinasi papan atas Indonesia.

"Banyuwangi sangat lengkap. Atraksi budayanya digelar hampir sepanjang tahun. Hampir setiap pekan. Belum lagi kekayaan destinasinya yang luar biasa. Selain Ijen, mereka juga punya Taman Nasional Baluran, de'Djawatan, dan masih banyak lagi. Semuanya berkualitas," tutur Adella.

Kabid Pemasaran Area I Kemenpar Wawan Gunawan juga menyatakan hal yang sama.

"Banyuwangi bukan hanya menjadi penopang buat Bali. Tapi sudah menjadi destinasi. Menjadi pilihan banyak wisatawan. Hal ini tidak terlepas dari komitmen kepala daerahnya yang sangat concern dengan pariwisata," tambahnya

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Carvalho: Eden Hazard Transfer Luar Biasa untuk Real Madrid

Posted: 23 Jun 2019 08:30 PM PDT

Liputan6.com, Madrid- Mantan bek Real Madrid dan Portugal, Ricardo Carvalho memberi penilaian atas pembelian beberapa pemain oleh mantan klubnya. Salah satu yang disorotnya yaitu kehadiran Eden Hazard.

Menurut Carvalho, Eden Hazard bakal sukses besar di Real Madrid. Ini menyusul transfer 100 juta euro dari Chelsea beberapa waktu lalu. 

Pria asal Portugal,41 tahun, ini tahu betul Hazard. Soalnya, dia pernah melihat permainan Hazard saat masih di Chelsea.

Carvalho menilai Eden Hazard punya segala syarat untuk sukses di Real Madrid. Selain itu, permainannya juga dinilai bakal cocok di La Liga.

Eden Hazard digadang-gadang sebagai pengganti Cristiano Ronaldo di Real Madrid. Bisakah Hazard memikul beban itu?

 

Pembelian Hebat

Gelandang Real Madrid, Eden Hazard, mengontrol bola saat perkenalan dirinya di Stadion Santiago Bernabeu, Madrid, Kamis (13/6). Dirinya didatangkan Madrid dari Chelsea dengan kontrak lima musim. (AFP/Gabriel Bouys)

Selain Hazard, Real Madrid juga memboyong striker muda Luka Jovic dari Eintracht Frankfurt. Jovic memukau musim lalu lewat 25 gol yang dicetaknya di semua kompetisi.

Hazard sendiri bakal melengkapi lini serang Real Madrid yang semakin mengilap.

"Dia pembelian hebat dan transfer luar biasa untuk Real Madrid. Saya tahu dia sangat baik dan tak ragu dia bakal tampil lebih baik," ujar Carvalho seperti dikutip Marca.

"Dia akan mendapatkan ruang lebih banyak di Spanyol. Dia cepat dan kuat satu lawan satu dan tim seperti Madrid akan membantunya."

Madrid Bangkit

Carvalho meyakini Real Madrid bakal bangkit lagi musim depan. Meski musim lalu jadi bencana buat Los Blancos.

"Benar tahun lalu tidak berlangsung seperti yang direncanakan. Tapi tim ini sudah merebut banyak prestasi dan kegagalan bisa terjadi di sepak bola," ujarnya.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Top 3 Tekno: Tim PUBG Mobile Indonesia Lolos ke Kejuaraan Dunia Sedot Perhatian

Posted: 23 Jun 2019 08:30 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Tim PUBG Mobile, BTR Bigetron, maju ke Global Final PMCO 2019 di Berlin, Jerman. Informasi ini menyedot perhatian di kanal Tekno Liputan6.com, Minggu (23/6/2019) kemarin.

Berita lain yang juga menyedot perhatian masih berkaitan dengan Grand Final PUBG Mobile Club Open SEA 2019, di mana acara ini diserbu ribuan penonton.

Lebih lengkapnya, simak tiga berita terpopuler di kanal Tekno Liputan6.com berikut ini.

1. Selamat, Tim PUBG Mobile Indonesia Lolos ke Kejuaraan Dunia di Jerman

RRQ Athena, tim PUBG Mobile asal Thailand, berhasil keluar sebagai juara Grand Final kompetisi PUBG Mobile Asia Tenggara, PUBG Mobile Club Open (PMCO) SEA 2019, Minggu (23/6/2019).

Sementara tim dari Indonesia BTR Bigetron esport, berhasil menduduki posisi kedua atau runner up. Itu artinya, RRQ Athena asal Thailand dan BTR Bigetron dari Indonesia, sama-sama maju ke Global Final PMCO 2019 di Berlin, Jerman.

BTR Bigetron berhasil mengumpulkan poin 270, kalah 35 poin dengan RRQ Athena yang memperoleh 305 poin. Sementara, empat tim asal Indonesia lain, harus puas pada posisi buncit lainnya.

Baca selengkapnya di sini https://www.liputan6.com/tekno/read/3996477/selamat-tim-pubg-mobile-indonesia-lolos-ke-kejuaraan-dunia-di-jerman

2. Grand Final PUBG Mobile Club Open SEA 2019 Diserbu Ribuan Penonton

Di hari kedua Grand Final PUBG Mobile Club Open SEA 2019, 16 tim dari 5 negara di Asia Tenggara, kembali bertanding dalam esport Grand Final kompetisi PUBG Mobile Asia Tenggara, PUBG Mobile Club Open (PMCO) SEA 2019, di ICE BSD, Kabupaten Tangerang.

Sebelum pertandingan di hari kedua ini, ribuan penonton memadati pintu masuk Hall 8, tempat berlangsungnya pertandingan. Untuk bisa masuk dan menyaksikan pertandingan secara langsung, mereka tidak dipungut biaya sama sekali, namun harus mengikuti media sosial PUBG dan lainnya.

"Kalau saya dapat giveaway dari Instagram-nya PUBG, lalu tuker tiketnya beberapa hari lalu sebelum pertandingan di mulai di di beberapa tempat," tutur Rian, remaja yang juga sudah menjadi maniak permainan mobile esport ini sejak 2 tahun lalu, Minggu (23/6/2019).

Baca selengkapnya di sini 

 

3. Xiaomi Ungkap Lini Smartphone Anyar Baru Bernama CC9

Kantor Xiaomi di Maofanglu Road, Beijing. Tempat Vice President International Xiaomi Hugo Barra beraktivitas. Liputan6.com/Agustin Setyo Wardani

Xiaomi akhirnya akan memperkenalkan lini smartphone terbarunya ke publik. Adalah CEO Xiaomi Lei Jun yang langsung mengumumkannya dalam event di Tiongkok.

Dikutip dari GSM Arena, Minggu (23/6/2019), lini smartphone anyar ini akan memiliki nama CC9 dan CC9e. Namun, Xiaomi tidak mengungkap bentuk dari perangkat ini.

Meski belum ada informasi mengenai desain yang diusung, kedua smartphone ini disebut menggunakan mekanisme kamera motorik. Desain kamera yang digunakan ini mirip dengan Asus Zenfone 6.

Baca selengkapnya di sini 

(Isk/Ysl)

Saksikan Video Pilihan Berikut Ini

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Tidak ada komentar: