Selasa, 18 Juni 2019

Liputan6 : RSS2 Feed

Liputan6 : RSS2 Feed


Tak Punya Cukup Uang, Bocah Ini Pakai Tas Sekolah dari Tali Rafia Buatan Ayahnya

Posted: 18 Jun 2019 09:45 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Setiap orangtua pasti menginginkan yang terbaik untuk buah hatinya. Sayangnya, tidak semua orang punya kondisi ekonomi yang mencukupi. Bahkan, tidak sedikit orangtua yang harus melalui perjuangan yang tidak mudah hanya untuk keperluan tas sekolah sang buah hati.

Salah satu kisah haru perjuangan orangtua kali ini terjadi di Kamboja. Di mana seorang ayah tak punya cukup uang untuk membelikan tas sekolah anaknya. Alhasil, ia memutuskan untuk membuat anyaman dari tali rafia untuk dibentuk menjadi tas sekolah.

 

Dilansir Liputan6.com dari akun Facebook Sophous Suon, Rabu (19/6/2019), Sophous Suon yang menjadi guru kelas menceritakan bahwa muridnya datang ke sekolah membawa tas dengan tampilan berbeda dari tas sekolah pada umumnya. Pasalnya, tas milik muridnya itu terbuat dari anyaman tali rafia berwarna biru yang dibentuk menyerupai tas.

Bocah yang tak diketahui identitasnya itu lalu menjelaskan bahwa ayahnya lah yang membuatkan tas uniknya itu. Dalam status Facebook yang diunggah pada Minggu (16/6/2019) pukul 20.01 waktu setempat, Sophous Suon mengunggah sejumlah foto yang memperlihatkan bagian lebih detail dari tas tersebut.

Tampak kuat meski diisi banyak buku

Dari unggahan tersebut, terlihat betapa kreatif sang ayah yang berhasil membuat tas ransel hanya dengan material tali rafia. Terlebih, tas ransel tersebut juga tampak kuat meski diisi dengan banyak buku.

Bak tas sekolah asli, tas ransel buatan ayah yang kreatif itu bahkan dilengkapi tali selempang meski diambil dari tas bekas. Selain itu, tas berwarna biru itu juga punya desain yang unik karena tutupnya berupa jepitan layaknya tas sekolah pada umumnya.

Hingga kini, statusnya itu telah dibagikan hampir 6 ribu kali dengan jumlah likes serta komentar masing-masing 1.300 dan 118. Kisah inspiratif tersebut juga telah menyedot perhatian hingga banyak orang menawarkan donasi untuknya.

Sophous Suon sendiri menyatakan bahwa dirinya akan segera menemui ayah dari muridnya perihal persetujuan menerima donasi. Sophous juga berharap nasib muridnya itu dapat berubah agar nantinya dapat hidup lebih layak.

ក្មេងទើបតែចូលរៀនក្រោយគេ ព្រោះទើបមកពីថៃវិញ កាតាបនេះគាត់ប្រាប់ថាឪពុកគាត់ជាអ្នកធ្វើឲ្យ (ធ្វើពីខ្សែដេរបាវ)​ ទឹកចិត្តឪពុកដើម្បីកូនបានល្អនឹងគេ

Posted by Sophous Suon on Sunday, 16 June 2019

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Video Highlights Persib vs Tira Persikabo: Gol Malisic Selamatkan Maung Bandung

Posted: 18 Jun 2019 09:42 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Persib Bandung harus puas hanya bermain imbang saat menjamu Tira Persikabo di ajang Shopee Liga 1 2019, di Stadion Si Jalak Harupat, Selasa (18/6). Pertandingan yang disiarkan langsung Indosiar ini berakhir dengan skor 1-1.

Di laga yang merupakan duel tunda pekan kedua ini, Persib bahkan harus kebobolan terlebih dahulu saat penyerang Tira Persikabo, Loris Arnaud, mengoyak jala gawang mereka di menit kelima.

Berawal dari umpan silang Abduh Lestaluhu yang disambut tandukan Ciro Henrique, bola berhasil dihalau oleh kiper Persib, I Made Wirawan. Bola liar pun dimaksimalkan oleh Loris Arnaud untuk membuka keunggulan tim tamu.

Persib pun berhasil menyamakan kedudukan lewat tandukan Bojan Malisic saat injury time babak pertama. Memaksimalkan umpan sepak pojok Rene Mihelic, Malisic dengan ayunan keras menanduk bola dan tak mampu dihalau Angga Saputro.

Usai itu, Persib sebenarnya punya cukup banyak peluang untuk memenangkan pertandingan melalui Artur, Rene, dan Febri Hariyadi. Namun, tidak satu pun yang akhirnya berbuah gol.

Berikut Video Highlight Persib vs Tira Persikabo:

Video Highlight Persib vs Tira Persikabo

Simak Video Highlight Persib vs Tira Persikabo

Susunan Pemain

Persib (4-4-1-1): Made Wirawan (kiper); Achmad Jufriyanto, Ardi Idrus, Bojan Malisic, Supardi (belakang); Ghozali Siregar, Hariono, Rene Mihelic, Frets Butuan (tengah); Artur Gevorkyan, Ezechiel N'Douassel (depan)

Pelatih: Robert Alberts

Tira Persikabo (4-2-3-1): Angga Saputro (kiper); Andy Setyo, Khursed Beknazarov, Abduh Lestaluhu, Rifad Marasabessy (belakang); Manahati Lestusen, Louis Parfait, Ciro Henrique, OSas Saha, Wawan Febriyanto (tengah); Loris Arnaud (depan)

Pelatih: Rahmad Darmawan

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Hasil Copa America 2019: Brasil Tersandung, Peru Menang

Posted: 18 Jun 2019 09:41 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Pertandingan kedua Grup A Copa America 2019 digelar pada Rabu (19/6/2019) pagi WIB. Tuan rumah Brasil tak berhasil memetik kemenangan lagi setelah ditahan imbang tanpa gol oleh Venezuela. 

Brasil sebenarnya sangat menguasai jalannya pertandingan. Namun mereka kesulitan mencetak gol. Sempat dua kali Brasil menjebol gawang Venezuela tapi dianulir wasit berkat VAR.

Sementara di laga lainnya Copa America 2019 Grup B Peru sukses memetik kemenangan penting atas Bolivia. Peru menang 3-1.

Peru sempat tertinggal terlebih dahulu oleh penalti Marcelo Moreno. Jose Paolo Guerrero menyamakan skor sesaat sebelum jeda. Di babak kedua, Peru menambah dua gol lewat Jefferson Farfan dan Edison Flores.

Simak hasil lengkap pertandingan Copa America 2019 di halaman berikutnya:

Hasil Lengkap Copa America 2019

Hasil Lengkap Copa America 2019 Grup B

Brasil 0-0 Venezuela

Bolivia 1-3 Peru

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Ini Rute Penerbangan Codeshare Garuda Indonesia dengan Maskapai Asing

Posted: 18 Jun 2019 09:41 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Sebanyak 14 maskapai yang bekerjasama 'codeshare' dengan Garuda Indonesia, siap menjelajah 20 rute dalam negeri.

Bukan hanya China Airlines, Direktur Niaga PT Garuda Indonesia Tbk, Pikri Ilham Kurniansyah mengatakan, ada 14 maskapai global yang bekerjasama codeshare dengan Garuda Indonesia tersebut. 

Di antaranya adalah All Nippon Airways, Japan Airlines, Etihad Airways, KLM Royal Dutch Airlines, Vietnam Airlines, Saudi Arabian Airlines, Malaysia Airlines, Bangkok Airways, Turkish Airlines, Oman Air, Air Europa Lineas Aereas, serta Aeromexico. 

"Dengan pilihan rute penerbangan yang dioperasikan oleh Garuda Indonesia, antara lain,  Jakarta – Lampung pp, codeshare dengan Malaysia Airlines & China Airlines," tutur  Pikri Ilham Kurniansyah, seperti ditulis Rabu (19/6/2019). 

Kemudian, Jakarta – Palembang pp, codeshare dengan Malaysia Airlines dan All Nippon Airways. Jakarta – Padang pp codeshare dengan Etihad Airways, Jakarta – Pekanbaru pp, codeshare dengan China Airlines & Etihad Airways. 

Jakarta – Medan pp codeshare dengan Saudia Airlines, China Airlines, All Nippon Airways, Etihad Airways. Jakarta – Yogyakarta pp codeshare dengan Bangkok Airways, China Airlines, Malaysia Airlines, All Nippon Airways, KLM, Japan Airlines. 

"Jakarta – Solo pp  codeshare dengan Etihad Airways & Malaysia Airlines. Jakarta – Semarang pp  codeshare dengan Bangkok Airwayss, Saudia Airlines, China Airlines, Malaysia Airlines, All Nippon Airways, KLM," tutur Pikri. 

Jakarta – Surabaya pp codeshare dengan Bangkok Airways, Etihad Airways, Malaysia Airlines, All Nippon Airways, China Airlines, Vietnam Airlines, KLM, Japan Airlines, Saudia Airlines. Jakarta – Denpasar pp codeshare dengan Etihad Airways, Turkish Airlines, Bangkok Airways, Oman Air, Saudia Airlines, Vietnam Airlines, Air Europa, All Nippon Airways, KLM, Aeromexico. 

Jakarta – Lombok pp codeshare dengan All Nippon Airways. Surabaya – Kupang pp codeshare dengan Malaysia Airlines. Jakarta – Pontianak pp codeshare dengan China Airlines

Kemudian untuk Jakarta – Banjarmasin pp  codeshare dengan banyak maskapai asing. Antara lain Malaysia Airlines, Etihad Airways, KLM, China Airlines, All Nippon Airways. 

Jakarta – Manado pp codeshare dengan All Nippon Airways, & Etihad Airways. Jakarta – Makassar pp codeshare dengan Malaysia Airlines, Saudia Airlines, Bangkok Airways, China Airlines, All Nippon Airways, KLM, Saudia Airlines, Etihad Airways.

"Jakarta – Ambon pp codeshare dengan KLM. Surabaya – Lombok pp codeshare dengan Malaysia Airlines. Terakhir, Surabaya – Makassar pp codeshare dengan Malaysia Airlines," ungkap Pikri. 

Perkuat Jaringan Rute

(Liputan6.com/Fahrizal Lubis)

Pikri optimistis, melalui kerja sama codeshare ini Garuda Indonesia dapat semakin memperkuat jaringan rute penerbangan Garuda Indonesia, di rute penerbangan domestik dan internasional.

Sejalan dengan upaya pemerintah dalam mendukung peningkatan kunjungan penumpang internasional ke Indonesia untuk mendukung potensi pariwisata nasional. 

Selain memperkuat kerja sama dengan 14 maskapai global tersebut, sebagai anggota aliansi maskapai SkyTeam tentunya Garuda Indonesia juga terjalin dalam kerjasama codeshare aliansi Skyteam. 

"SkyTeam merupakan sebuah aliansi maskapai global yang beranggotakan 19 maskapai global dengan menawarkan 1.150 destinasi di lebih dari 175 negara di seluruh dunia, dan dengan penerbangan setiap harinya lebih dari 14.500 penerbangan," ujar dia. (Pramita Tristiawati) 

 

Penerbangan Codeshare Tingkatkan Layanan Garuda Indonesia

Pesawat maskapai Garuda Indonesia terparkir di areal Bandara Soekarno Hatta, Tangerang, Banten, Kamis (16/5/2019). Pemerintah akhirnya menurunkan tarif batas atas (TBA) tiket pesawat atau angkutan udara sebesar 12-16 persen yang berlaku mulai Kamis hari ini. (Liputan6.com/Faizal Fanani)

Sebelumnya, maskapai pelat merah Garuda Indonesia menyatakan akan terus meningkatkan kerja sama "codeshare" dengan maskapai global yang menjadi mitranya. Khususnya untuk penerbangan di domestik yang dioperasikan oleh Garuda Indonesia. 

Dalam hal ini, maskapai mitra bertindak sebagai marketing carrier atau maskapai yang memasarkan dan Garuda Indonesia bertindak sebagai maskapai yang mengoperasikan penerbangan atau operating carrier. 

Kerja sama codeshare dengan maskapai asing tersebut dilaksanakan pada rute-rute dari ibu kota negara atau kota-kota utama, masing-masing ke Jakarta dengan penerbangan mereka.

Serta dari Jakarta ke wilayah domestik lainnya dimana Garuda Indonesia sebagai operating carrier atau maskapai yang mengoperasikan penerbangan di Indonesia.

Direktur Niaga Garuda Indonesia, Pikri Ilham Kurniansyah mengatakan, pelaksanaan codeshare dengan maskapai global merupakan strategi Garuda Indonesia untuk meningkatkan jumlah penumpangnya.

"Serta bagian dari peningkatan layanan dengan memberikan semakin banyak pilihan destinasi bagi penumpang," ujar dia, Selasa, 18 Juni 2019.

Kerja sama codeshare di domestik tersebut juga bagian dari upaya Garuda Indonesia untuk memperkuat posisi Jakarta, Surabaya, dan Medan sebagai hub penerbangan di domestik, selain Bali dan Makassar.

Semua penerbangan di domestik yang menjadi bagian dari kerja sama codeshare dioperasikan oleh Garuda Indonesia.

Adapun Kementerian Perhubungan telah memberikan izin perpanjangan bagi rute domestik Garuda Indonesia untuk menjadi bagian dari code share hingga periode musim panas atau summer season mendatang atau Oktober 2019.

"Melalui kerja sama codeshare ini, Garuda Indonesia sebagai operating carrier akan menerbangkan penumpang internasional dari maskapai penerbangan global tersebut pada rute rute domestik yang dilayani Garuda Indonesia," tutur Pikri. 

 

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Drama Korea Cheese in the Trap Bikin Rindu Masa Kuliah

Posted: 18 Jun 2019 09:40 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Drama Korea berjudul Cheese in the Trap tak cuma laik diperhatikan karena memasang duet Kim Go Eun dan Park Hae Jin.

Drama Korea yang diadaptasi dari webtoon berjudul serupa ini juga menampilkan cerita yang patut disimak setiap episodenya.

Seperti diketahui, dalam drama Korea tersebut, jalinan cinta antara Hong Seol yang diperankan Kim Go Eun dan Yoo Jung yang diperankan Park Hae Jin, jadi inti kekuatan cerita.

Hong Seol digambarkan sebagai seorang mahasiswi yang terpaksa bekerja paruh waktu. Ia memang berasal dari keluarga yang tak berada. Sementara itu, Yoo jung adalah sosok laki-laki tampan, pintar dan baik. Namun ia menyimpan sisi gelap tersendiri.

 

 

Pemeran Pendukung Tak Kalah

Cheese in the Trap (sumber: asianwiki)

Selain dua tokoh utama di atas, para pemain pendukung siap meramaikan cerita.

Ada Seo Kang joon yang bermain sebagai Baek In ho, lalu Lee Sung kyung sebagai Baik In ha, Nam Joo hyuk sebagai Kwon Eun taek, Park Min ji sebagai Jang Bo ra.

Menyaksikan drama ini akan membuat kita rindu masa-masa di kuliah. Setiap karakter dalam drama ini mewakili karakter-karakter anak kuliahan. Masa kuliah adalah masa yang menyenangkan. Selain sibuk kuliah, mahasiswa memiliki banyak waktu untuk melakukan aktivitas lain.

Drama Cheese in the Trap juga mengajarkan kita tentang bahayanya berasumsi pribadi. Komunikasi dibutuhkan untuk menghindari asumsi yang salah dan respon yang tidak diperukan. Penasaran? Kesuksesan drama Cheese in the Trap membuat webtoon ini juga akhirnya diadaptasi menjadi film layar lebar. (Fimela.com/ Puput Puji Lestari)

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

FOTO: Erdogan dan Ribuan Rakyat Turki Salat Gaib untuk Morsi

Posted: 18 Jun 2019 09:38 PM PDT

Presiden Turki Recep Tayyip Erdogan (kanan) menunaikan salat gaib untuk mantan Presiden Mesir Mohammed Morsi di Masjid Fatih, Istanbul, Selasa (18/6/2019). Selain di Istanbul, salat gaib untuk Morsi juga dilakukan di masjid-masjid seluruh Turki. (AP Photo/Emrah Gurel)

Presiden Turki Recep Tayyip Erdogan (kanan) menunaikan salat gaib untuk mantan Presiden Mesir Mohammed Morsi di Masjid Fatih, Istanbul, Selasa (18/6/2019). Selain di Istanbul, salat gaib untuk Morsi juga dilakukan di masjid-masjid seluruh Turki. (AP Photo/Emrah Gurel)

Presiden Turki Recep Tayyip Erdogan mengusap matanya saat menunaikan salat gaib untuk mantan Presiden Mesir Mohammed Morsi di Masjid Fatih, Istanbul, Selasa (18/6/2019). Erdogan diketahui memiliki kedekatan dengan Mohammed Morsi. (AP Photo/Emrah Gurel)

Presiden Turki Recep Tayyip Erdogan mengusap matanya saat menunaikan salat gaib untuk mantan Presiden Mesir Mohammed Morsi di Masjid Fatih, Istanbul, Selasa (18/6/2019). Erdogan diketahui memiliki kedekatan dengan Mohammed Morsi. (AP Photo/Emrah Gurel)

Presiden Turki Recep Tayyip Erdogan berbicara usai menunaikan salat gaib untuk mantan Presiden Mesir Mohammed Morsi di Masjid Fatih, Istanbul, Selasa (18/6/2019). Erdogan menyebut Mohammed Morsi telah mati syahid. (AP Photo/Emrah Gurel)

Presiden Turki Recep Tayyip Erdogan berbicara usai menunaikan salat gaib untuk mantan Presiden Mesir Mohammed Morsi di Masjid Fatih, Istanbul, Selasa (18/6/2019). Erdogan menyebut Mohammed Morsi telah mati syahid. (AP Photo/Emrah Gurel)

Presiden Turki Recep Tayyip Erdogan berbicara usai menunaikan salat gaib untuk mantan Presiden Mesir Mohammed Morsi di Masjid Fatih, Istanbul, Selasa (18/6/2019). Erdogan mengutuk otoritas Mesir yang memakamkan Morsi secara diam-diam. (AP Photo/Emrah Gurel)

Presiden Turki Recep Tayyip Erdogan berbicara usai menunaikan salat gaib untuk mantan Presiden Mesir Mohammed Morsi di Masjid Fatih, Istanbul, Selasa (18/6/2019). Erdogan mengutuk otoritas Mesir yang memakamkan Morsi secara diam-diam. (AP Photo/Emrah Gurel)

Seorang pria memegang foto mantan Presiden Mesir Mohammed Morsi sebelum menunaikan salat gaib di Masjid Fatih, Istanbul, Selasa (18/6/2019). Mohammed Morsi meninggal saat menjalani sidang atas tuduhan spionase pada Senin, 17 Juni 2019. (AP Photo/Emrah Gurel)

Seorang pria memegang foto mantan Presiden Mesir Mohammed Morsi sebelum menunaikan salat gaib di Masjid Fatih, Istanbul, Selasa (18/6/2019). Mohammed Morsi meninggal saat menjalani sidang atas tuduhan spionase pada Senin, 17 Juni 2019. (AP Photo/Emrah Gurel)

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Saksi Prabowo Mengaku Tidak Tahu 17,5 DPT Invalid Ikut Mencoblos Atau Tidak

Posted: 18 Jun 2019 09:38 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Saksi dari Prabowo-Sandi, Agus Muhammad Maksum mengaku menemukan DPT tidak valid sebanyak 17,5 juta. Di mana, ada temuan KTP dan Kartu Keluarga (KK) palsu.

Hakim Aswanto kemudian bertanya, apakah orang yang di KK yang diteliti dan disebut invalid menggunakan hak pilih?

"Kan siluman, tidak ada," kata Agus di sidang MK, Rabu (19/6/2019).

"Dari sekian itu gunakan hak pilih?" tanya hakim lagi. "Tidak tahu," kata dia.

Mendengar hal ini, hakim I Dewa Gede Palguna mengaku ada kejanggalan. Sebab, pada awalnya Agus mengaku DPT invalid itu tidak ada yang menggunakan hak pilih. Namun, belakangan Agus mengaku tidak tahu.

"Yang digunakan kesaktian ini tidak tahu atau yang tidak di dunia nyata tadi?," kata Palguna.

"Tidak tahu," kata Agus.

Kemudian, Komisioner KPU Hasyim Asyari kembali bertanya kepada Agus, apakah data pemilih yang invalid itu hadir saat pemungutan suara.

"Apakah bisa memastikan berapa yang hadir memilih yang 17,5 juta (DPT invalid) itu? Itukan anda punya data dan nama-nama," kata Hasyim.

"Tentu kami tidak tahu," tandas Agus.

 

Saksikan video pilihan berikut ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Borneo FC Desak Persija Cari Venue Semifinal Piala Indonesia

Posted: 18 Jun 2019 09:35 PM PDT

Jakarta - Rencana Persija untuk menukar status tuan rumah leg pertama semifinal Piala Indonesia 2018 ditentang Borneo FC. Manajer Tim Pesut Etam, Dandri Dauri bahkan mendesak Persija segera mencari venue baru untuk menggelar laga tersebut.

PSSI akhirnya merilis jadwal pertandingan semifinal Piala Indonesia 2018. Melalui surat bernomor 2047/AGB/339/VI-2019, disebutkan semifinal leg pertama digelar pada 29 Juni 2019.

Dalam surat tersebut tertulis, Persija bakal menjadi tuan rumah terlebih dahulu. Namun, tak ada nama venue pertandingan yang akan menggelar laga kandang Macan Kemayoran tersebut.

Persija kabarnya meminta permohonan untuk berganti tuan rumah dengan Borneo FC. Manajemen klub ibu kota khawatir tidak mendapatkan izin keamanan untuk menggelar laga di Stadion Utama Gelora Bung Karno (SUGBK).

Penyebabnya adalah tanggal tersebut berdekatan dengan sidang terkait sengketa Pemilu Presiden 2019 yang digelar di Mahkamah Agung. Namun, Dandri menyebut pihaknya bersikeras agar laga dilaksanakan sesuai format dan menyarankan Persija mencari venue alternatif untuk menjadi kandang.

"Kalau memang Persija meminta jadwal dibalik, kami jelas menolak. Kalau mereka tak berani memainkan pertandingan di Jakarta dengan alasan ada sidang di MK, mereka bisa mencari stadion alternatif di luar Jakarta," kata Dandri seperti dikutip situs resmi klub, Selasa (18/6/2019).

"Kita siap menghadapi Persija di mana saja, akan tetapi jangan sampai mengubah jadwal dengan menjadikan kami sebagai tim tamu di leg kedua," Dandri menegaskan.

 

Sudah di Jakarta

Pelatih Borneo FC Mario Gomez puas dengan karakter permainan anak asuhnya. (Liputan6.com / Huyogo Simbolon)

Skuat Borneo FC saat ini sudah berada di Jakarta. Pasukan Mario Gomez melakukan latihan di Lapangan Aldiron, Jakarta, Selasa (18/6/2019).

Borneo FC melaju ke semifinal Piala Indonesia 2018 setelah mendepak Persib Bandung dengan agregat 4-4, namun unggul gol tandang. Adapun Persija Jakarta meraih tiket semifinal setelah mengalahkan Bali United dengan agregat 2-2, akan tetapi unggul gol tandang.

Sumber: Bola.com

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Minta Edit Foto Seperti di Luar Negeri, 7 Hasilnya Bikin Geleng Kepala

Posted: 18 Jun 2019 09:35 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Perkembangan media sosial saat ini cukup cepat. Media sosial yang cukup banyak digunakan ialah Instagram dan juga Twitter. Selain untuk berbagi momen spesial, banyak orang memanfaatkan media sosial untuk berinteraksi dengan orang lain. 

Salah satu interaksi yang cukup sering terlihat adalah antar netizen satu dengan yang lainnya saling meminta bantuan untuk melakukan suatu hal. Salah satunya ialah meminta tolong untuk mengedit foto agar hasilnya lebih menarik.

Namun terkadang foto editan hasil kreasi netizen justru bisa membuat kamu tersenyum sambil geleng-geleng kapala. Hal tentu saja tak lepas dari tingkat kreativitas netizen dan daya imajinasinya yang tinggi.

Baru-baru ini seorang netizen juga terlihat meminta tolong pada netizen lainnya di Twitter untuk mengedit foto. Diunggah oleh akun Twitter @askmenfess pada Selasa (18/6/2019) kemarin, netizen tersebut meminta tolong agar foto yang diunggah untuk diedit supaya terlihat seperti berada di luar negeri.

Tak sedikit netizen yang membantu mengedit foto tersebut agar terlihat seperti berada di luar negeri. Namun ada juga yang hasil editan foto tersebut membuat kamu geleng-geleng kepala. Dirangkum Liputan6.com dari akun @askmenfess, Rabu (19/6/2019) berikut ini beberapa hasil editan foto netizen yang bikin geleng kepala.

1. Udah sampai dipindah segala itu patung.

Edit foto (Sumber: Twitter/starrlighteu)

2. Enggak ditempel gitu juga.

Edit foto (Sumber: Twitter/gyugyubebe)

3. Sampai dikasih dinosaurus.

Edit foto (Sumber: Twitter/mutiayak)

4. Semua landmark aja ditaruh ke foto.

Edit foto (Sumber: Twitter/Ainun_zaharmy)

5. Sudah sampai India nih.

Edit foto (Sumber: Twitter/jkeyjin)

6. Bisa diterima enggak nih?

Edit foto (Sumber: Twitter/Znrwaa)

7. Landmark kota London udah pindah ya.

Edit foto (Sumber: Twitter/kyunachim)

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

VIDEO: Sidang Sengketa Pilpres, Hakim Periksa Saksi Prabowo-Sandi

Posted: 18 Jun 2019 09:35 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Sidang sengketa Pil[res kembali digelar di Mahkamah Konstitusi (MK), sidang mengagendakan pemeriksaan saksi dari Tim Prabowo-Sandi. Aparat keamanan menutup Jalan Medan Merdeka Barat yang terletak di depan gedung MK. Penutupan dilakukan sejak pukul 09.00 pagi.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Kisah Pasutri Terpisah Saat KM Arim Jaya Karam di Perairan Sumenep

Posted: 18 Jun 2019 09:34 PM PDT

Liputan6.com, Sumenep - Kapal Motor (KM) Arim Jaya jurusan Pulau Ra'as menuju Kalianget, Kabupaten Sumenep, Madura, Jawa Timur, tenggelam pada Senin, 17 Juni 2019. Kapal motor yang mengangkut sekitar 40 orang penumpang tiba-tiba oleng setelah dihantam ombak sekitar dua meter.

Semula saat berangkat dari Pelabuhan Guwa-Guwa, Kecamatan Ra'as kondisi cuaca baik. Namun, ketika sudah di tengah perjalanan di perairan Pulau Sapudi-Gili Iyang, gelombang mendadak tinggi mencapai sekitar dua meter, sehingga kapal motor pengangkut penumpang tersebut tak terkendali, dan akhirnya karam.

"Awalnya perahu bertahan saat dihantam ombak besar. Tapi setelah ombak besar menghantam kembali, perahu langsung tenggelam," kata Ahmadiyansyah, salah seorang penumpang selamat KM Arim Jaya.

Ahmadiyansyah menjelaskan, saat kapal motor yang ditumpangi tenggelam, dia bersama istrinya terpisah. Saat diselamatkan oleh nelayan setempat, dia belum mengetahui keberadaan istrinya. Sehingga, ia berharap istrinya selamat.

"Saya berharap istri dalam keadaan selamat. Dan juga penumpang lain juga dalam keadaan selamat," ucap dia.

Kapal motor yang tenggelam berpenumpang bukan hanya orang dewasa, melainkan ada sebagian anak-anak yang juga turut dalam kecelakaan laut tersebut.

"Penumpang kapal motor yang tenggelam itu berpenumpang sekitar 40 orang. Dua orang meninggal dunia, 29 orang selamat sisanya dalam pencarian," kata Kapolsek Dungkek, AKP Jaiman.

Petugas kepolisian bersama warga sekitar lokasi kejadian terus menyisir perairan setempat guna mencari korban tenggelamnya KM Arim Jaya yang belum ditemukan. Meski dengan alat seadanya, tak mematahkan semangat warga untuk mencari penumpang yang hilang, dengan harapan para penumpang tersebut bisa ditemukan dalam keadaan selamat.

Jumlah Korban

Ilustrasi kapal tenggelam (AFP Photo)

Badan Nasional Pertolongan dan Pencarian (Basarnas) menyatakan sedikitnya 19 korban kapal layar motor (KLM) Arim Jaya yang ditemukan meninggal dunia seluruhnya telah teridentifikasi.

"Termasuk dua jenazah yang baru ditemukan dan dievakuasi tadi pagi juga telah teridentifikasi, masing-masing adalah Rehan, laki-laki usia lima tahun dan Putri, perempuan usia sembilan tahun. Keduanya asal Guwa Guwa, Kecamatan Raas, Sumenep," kata Kepala Hubungan Masyarakat Basarnas Kota Surabaya Tholib Mahameru kepada wartawan di Surabaya, Rabu (19/6/2019), dilansir Antara.

Dua jenazah korban KLM Arim Jaya teridentifikasi terlebih dahulu setelah ditemukan dan dievakuasi pada hari pertama saat kapal kecil terbuat dari kayu berukuran 3 tonase kotor (gross tonnage, GT) itu tenggelam di perairan Sumenep pada Senin sore, 17 Juni lalu. Masing-masing adalah Zahra, usia 29 tahun, dan Hanisah usia 30 tahun, keduanya perempuan asal Guwa Guwa, Raas, Sumenep.

Sedangkan 15 jenzsah yang ditemukan dan dievakuasi sepanjang hari kemarin, kata Tholib, seluruhnya telah teridentifikasi tadi malam.

"Seluruh korban meninggal dunia adalah warga Pulau Guwa Guwa, Kecamatan Raas, Sumenep. Dijadwalkan pada pagi hari ini setelah menjalankan proses identifikasi di RSUD Sumenep, Pulau Madura, akan dibawa menuju ke Pulau Guwa Guwa menggunakan dua kapal," katanya.

Kapal Negara (KN) SAR 225 Widura bertugas mengawal dua kapal yang pada pagi hari ini dijadwalkan membawa seluruh jenazah menuju ke Pulau Guwa Guwa.

KM Arim Jaya diketahui berlayar dari Pulau Guwa Guwa, Kecamatan Raas, Kabupaten Sumenep, pada sekitar pukul 07.00 WIB, Senin pagi, 17 Juni, tujuan Pelabuhan Kalianget, Sumenep, Pulau Madura, Jawa Timur.

Selanjutnya diinformasikan terguling dan tenggelam akibat dihantam ombak saat melintas di pertengahan perairan antara Pulau Sapudi dan Pulau Giliyang, wilayah Kabupaten Sumenep, pada Senin sore, sekitar pukul 15.00 WIB.

Tholib, dalam kesempatan ini, sekaligus mengoreksi jumlah penumpang beserta anak buah kapal (ABK) Arim Jaya yang tenggelam di perairan Sumenep seluruhnya adalah 61 orang (bukan 60 orang seperti yang diberitakan sebelumnya).

"Data satu orang penumpang dari Puskesmas Dungkek, Sumenep, belum terlaporkan dalam Rapat Tim SAR Gabungan yang berlangsung di Kepolisian Resor Sumenep tadi malam. Pagi ini ada pihak keluarga yang juga penumpang KLM Arim Jaya datang ke Posko SAR Gabungan untuk mengonfirmasi bahwa puteranya yang berusia 8 tahun belum ditemukan," katanya.

Dengan begitu Tim SAR Gabungan mencatat sampai hari ini terdapat tiga korban yang dinyatakan hilang dan sedang dalam proses pencarian. Sementara korban yang berhasil diselamatkan berjumlah 39 orang.

 

 

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Jadi Penyelamat Persib Bandung, Bojan Malisic Tetap Kecewa

Posted: 18 Jun 2019 09:30 PM PDT

Liputan6.com, Bandung - Persib Bandung gagal memetik kemenangan saat menjamu Tira Persikabo di lanjutan Shopee Liga 1 2019, di Stadion Si Jalak Harupat, Selasa (18/6). Dalam pertandingan yang disiarkan di Indosiar ini, Maung Bandung ditahan sang tamu 1-1.

Persib bahkan harus tertinggal terlebih dahulu lewat Loris Arnaud saat laga baru berlangsung lima menit. Untung, bek Bojan Malisic mampu jadi penyelamat dengan mencetak gol di masa injury tima babak pertama.

Alhasil Persib pun terhindari dari kekalahan di pertandingan tunda pekan kedua Shopee Liga 1 2019.

Namun begitu, sang penyelamat, Malisic, mengaku tetap kecewa. Pasanya, gol yang dia cetak gagal membawa Persib meraih kemenangan.

"Siapa pun akan mengharapkan kemenangan jika bermain di kandang. Saya senang karena bisa berkontribusi dalam gol. Tapi, sayang gol itu tidak bisa memberikan tiga poin," kata bek bernomor punggung 4 ini di situs resmi Persib.

Di laga ini, Mali mencetak gol melalui tandukan mautnya yang tak mampu dihalau kiper Tira Persikabo, Angga Saputro. Pemain asal Serbia ini memanfaatkan umpan tendangan penjuru dari Rene Mihelic.

Harusnya Menang

Bek Persib Bandung, Bojan Malisic. (Bola.com/Yoppy Renato)

Malisic sendiri menilai, Persib sebenarnya punya peluang besar untuk memenangkan pertandingan ini. Dia pun menunjuk begitu banyak peluang yang didapat pasukan Maung Bandung.

Namun, karena penyelesaian yang tidak sempurna, terlalu banyak peluang terbuang percuma.

"Kalian lihat, berapa peluang yang kami dapat? Banyak sekali. Tapi, inilah sepakbola. Bukan harinya kami," imbuhnya.

Posisi Keempat

Tambahan satu poin ini menempatkan Persib Bandung di posisi keempat klasemen Shopee Liga 1 2019 dengan lima poin. Sementara, Tira Persikabo berada satu strip di bawahnya, juga dengan lima poin.

Sementara itu, posisi puncak klasemen masih menjadi milik Madura United (MU). Tim asuhan Dejan Antonic meraih poin sempurna sembilan dari tiga pertandingan.

Jumlah ini sama dengan yang dipetik Bali United. Namun Serdadu Tridatu -julukan Bali United- harus puas berada di posisi kedua karena kalah produktivitas gol.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Bukan Berondong, Elly Sugigi Kini Pacari Cowok Tajir

Posted: 18 Jun 2019 09:30 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Selama ini Elly Sugigi dikenal sebagai penakluk berondong ganteng. Sebagai bukti, wanita yang akrab disapa Mpok Elly itu pernah menaklukkan hati Ferry Anggara dan Irfan Sbaztian yang berusia jauh di bawahnya.

Sayang kisah asmara Elly Sugigi harus berakhir tragis. Yang terakhir, Elly Sugigi mengaku diselingkuhi Irfan Sbaztian yang kini menggandeng Irma Darmawangsa.

Usai putus, kini Elly Sugigi membuat pengakuan mengejutkan. Koordinator penonton bayaran itu mengaku sudah memiliki pacar baru.

"Nanti pas ulang tahun bakal dikeluarkan (sososk pacar). Daripada nanti gue dibilang keganjenan. Dia enggak demen (suka) masuk TV," ujar Elly Sugigi di Jakarta baru-baru ini.

Cowok Tajir

Elly Sugigi (Herman Zakharia/Liputan6.com)

Menariknya, Elly Sugigi memastikan kekasih barunya itu bukan lagi seorang berondong. Kini Elly memacari cowok disebutnya sebagai orang kaya.

"Pokoknya orang berduit. Usianya enggak jauh dari saya, tapi masih tua saya. Nggak pengusaha juga saya terima, asal dia mau terima saya apa adanya," ia menandaskan.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Nikon Konfirmasi Garap Kamera Mirrorless Kelas Profesional

Posted: 18 Jun 2019 09:30 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Siapa yang tidak mengenal Nikon? Perusahaan kamera asal Jepang itu telah meluncurkan deretan seri kamera canggih yang memudahkan pencinta fotografi dalam mengabadikan berbagai momen penting.

Mengakomodir hal tersebut, perusahaan baru saja meng-update kamera digital seri-Z dengan memperkenalkan seri teranyar.

Dikutip dari Uberzigmo, Rabu (19/6/2019), seri baru kamera dari Nikon ini memang ditargetkan untuk bersaing dengan seri kamera mirrorless milik vendor lainnya.

Sebelumnya, Nikon dikabarkan sedang mengembangkan seri kamera mirrorless setara dengan D5. Ternyata, kabar tersebut benar adanya.

Menurut laporan dari Nikkan Kogyo Shimbun, CEO Nikon mengonfirmasi, perusahaan sedang mengerjakan kamera mirrorless "pro" baru yang setara dengan kamera DSLR seri D5.

Sayang, masih belum ada kabar kapan kamera mirrorless kelas profesional milik Nikon ini bakal diluncurkan, atau nama resmi seri tersebut.

Akan tetapi, dari bocoran roadmap tahun ini perusahaan tidak akan meluncurkan kamera seri-Z baru. Karena itu, besar kemungkinan seri tersebut meluncur tahun depan.

Sementara itu, tersiar kabar Nikon tidak hanya akan meluncurkan seri kamera kelas profesional, tetapi juga model seri yang lebih murah.

 

Kamera untuk Anak-Anak Nikon Coolpix W150

Nikon Coolpix W150. Dok: ubergizmo.com

Lebih lanjut, Nikon baru saja merilis kamera saku yang dirancang khusus untuk anak, Coolpix W150. Kamera digital ini bisa dijadikan cara untuk memperkenalkan dunia fotografi tanpa merusak kamera kamu yang mahal.

Dilansir Ubergizmo, Jumat (26/4/2019), Nikon Coolpix W150 adalah kamera digital yang ramah untuk anak. Kamera ini menawarkan desain cerah dan penuh warna, cocok untuk membuat anak lebih tertarik pada dunia fotografi.

Selain itu, kamera ini juga sudah dilengkapi fitur tahan air dan guncangan. Artinya, jika kamera ini kena air dan jatuh tanpa disengaja, tidak akan merusak sistem operasi kamera Nikon Coolpix W150 ini.

Sayangnya, dari segi spesifikasi, kamera ini tidak terlalu mengesankan seperti yang biasa kita lihat.

Pun demikian, untuk dipakai oleh anak-anak, spesifikasi seperti ini dirasa cukup untuk menunjang anak-anak dalam aktifitas memoto setiap hari. 

Spesifikasi Nikon Coolpix W150

Nikon Coolpix W150. Dok: ndtv.com

Spesifikasi dari kamera ini yaitu menggunakan kualitas kamera 13,2MP dengan 3X zoom dan lensa Nikkor yang terdapat fitur AF, serta mampu untuk merekam video full HD dan suara stereo.

Selain itu, terdapat beberapa macam mode penerangan yang pengguna bisa pilih dan fungsi pengeditan dalam kamera.

Soal harga, sayangnya Nikon belum mengkonfirmasi harga dan ketersediaan Nikon Coolpix W150. Akan tetapi, mengingat spesifikasi dan fiturnya, seharusnya harga kamera ini tidak terlalu mahal.

(Linda Fahira Putri/Ysl)

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Saksi Prabowo Ungkit Masalah 17,5 Juta DPT Invalid ke Hakim MK

Posted: 18 Jun 2019 09:29 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Agus Maksum, saksi pertama yang dihadirkan Tim Hukum Prabowo-Sandiaga, membuka kesaksian di hadapan hakim majelis hakim Mahkamah Konstitusi (MK), dengan persoalan 17,5 juta data pemilih yang diyakininya invalid.

Angka tersebut bersumber pada beberapa hal, seperti jumlah daftar pemilih tetap (DPT), nomor NIK penduduk, angka kelahiran yang janggal, dan kartu keluarga (KK) yang disebutnya manipulatif.

"Jumlahnya yang khusus pada 17,5 juta ini invalid di 5 provinsi ditemukan lebih dari sejuta, tapi KPU menyampaikan data 17,5 juta itu data valid," kata Agus dalam persidangan, Rabu (19/6/2019).

Padahal menurut Agus, sesuai konsultasi yang dilakukan bersama dinas kependudukan sipil, temuan Agus tersebut mendapat penegasan bahwa seharusnya temuan tersebut ditolak dalam sistem yang masuk ke dalam daftar pemilih.

"Jadi DPT ini terus berubah-ubah, harusnya 17 Maret sudah ditetapkan tapi tak jelas, KPU hanya mengoreksi via discalimer saja," klaim keterangan saksi.

Selain itu, menurut saksi Prabowo itu, dalam DPT 17,5 juta itu juga terdapat pemilih yang ternyata di bawah umur dan berusia lebih lanjut. Namun menurut Agus, KPU hanya memberikan penjelasan salah input.

"Jadi penjelasannya KPU setelah kami mengecek, KPU merevisi hal itu salah input data," jelas Agus.

Kemudian, Agus mengutip salah satu link berita yang dikatakan salah satu komisioner KPU, Viryan Aziz. Menurut Agus, Viryan mengakui telah melakukan salah hitung dari temuannya.

"Itu memang ada (kekeliruan), tapi jumlahnya tidak signifikan. Dan ini kekeliruan terkait pengetikan dan bisa dibuktikan nanti, akan kami sampaikan pastinya," ujar Viryan pada 12 Maret 2019.

Saksikan video pilihan di bawah ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

VIDEO: Makanan Ini Mampu Jaga Kesehatan Otak

Posted: 18 Jun 2019 09:26 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Kanker jadi salah satu ancaman yang bisa menyerang kesehatan otak. Sederet makanan ini dipercaya mampu jaga kesehatan otak.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Rencana Pertemuan Trump dan Xi Jinping Dorong Rupiah ke 14.261 per Dolar AS

Posted: 18 Jun 2019 09:26 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Nilai tukar rupiah terhadap dolar Amerika Serikat (AS) bergerak menguat pada perdagangan Rabu ini. Pertemuan Presiden AS Donald Trump dengan Presiden China XI Jinping menjadi sentimen positif untuk rupiah.

Mengutip Bloomberg, Rabu (19/6/2019), rupiah dibuka di angka 14.264 per dolar AS, menguat jika dibandingkan dengan penutupan perdagangan sebelumnya yang ada di angka 14.329 per dolar AS.

Sejak pagi hingga siang hari ini, rupiah bergerak di kisaran 14.261 per dolar AS hingga 14.275 per dolar AS. Jika dihitung dari awal tahun,rupiah masih menguat 0,80 persen.

Sedangkan berdasarkan Kurs Referensi Jakarta Interbank Spot Dollar Rate (Jisdor) Bank Indonesia (BI), rupiah dipatok di angka 14.271 per dolar AS. Patokan pada hari ini menguat jika dibandingkan dengan patokan sehari sebelumnya yang ada di angka 14.334 per dolar AS.

Ekonom Samuel Aset Manajemen Lana Soelistianingsih mengatakan, sentimen pasar masih akan positif memfaktorkan rencana pertemuan Presiden Trump dan Presiden Xi Jinping pada G20 tanggal 28-29 Juni 2019 mendatang.

"Di tengah optimisme pasar global pagi ini, mata uang kuat Asia yen, dolar Hong Kong dan dolar Singapura justru dibuka kompak melemah terhadap dolar AS, yang bisa menjadi sentimen pelemahan rupiah hari ini," ujar Lana dikutip dari Antara.

Dari eksternal, kepemilikan China pada obligasi pemerintah AS masih turun. Sejak Maret 2019, China terus mengurangi kepemilikannya pada obligasi pemerintah AS.

Pada posisi April 2019, kepemilikan tersebut tercatat sebesar USD 1,1 triliun, merupakan yang terendah sejak Mei 2017, dari USD 1,12 triliunpada Maret 2019.

Penurunan ini berjalan perlahan, dan China mulai memperbesar posisi cadangan devisanya dengan mulai membeli emas. Tidak hanya China, Jepang sebagai investor asing kedua terbesar setelah China juga mulai mengurangi posisinya.

"Untuk saat ini para analis menilai penurunan ini bukan bisa jadi merupakan 'balasan' China atas isu perang dagang AS-China tetapi jika berlanjut, penjualan ini bagian dari diplomasi China untuk kompromi," kata Lana.

Lana memprediksi rupiah hari ini berpotensi melemah menuju kisaran antara 14.330 sampai 14.340 per dolar AS.

BI Prediksi Nilai Tukar Rupiah 13.900 - 14.000 per Dolar AS di 2020

Teller tengah menghitung mata uang rupiah di penukaran uang di Jakarta, Junat (23/11). Nilai tukar dolar AS terpantau terus melemah terhadap rupiah hingga ke level Rp 14.504. (Liputan6.com/Angga Yuniar)

Sebelumnya, Gubernur Bank Indonesia (BI), Perry Warjiyo menyampaikan asumsi ekonomi makro tahun 2020 untuk nilai tukar Rupiah adalah pada level 13.900-14.300 dan inflasi 3 persen plus minus 1.

Perry menilai,sejauh ini Rupiah masih menunjukan kondisi yang positif. Tercatat hingga hari ini nilai tukar berada pada posisi 14.250 terhadap dolar Amerika Serikat (USD).

"Hingga tanggal 10 Juni 2019 nilai tukar Rupiah 14.250 per USD atau menguat 0,91 persen bila dibandingkan dengan level akhir tahun 2018 yaitu Rp 14.380, nilai tukar rupiah pada tahun 2019 mencapai Rp 14.187 atau menguat 0,41 persen dibandingkan rerata tahun 2018 Rp 14.246," kata dia pada Selasa 11 Juni 2019. 

Selain itu, BI memperkirakan bahwa Neraca Pembayaran Indonesia akan mencatat surplus sejalan dengan prospek aliran masuk modal asing yang terus berlanjut.

Sementara itu, defisit transaksi berjalan atau Current Account Defisit (CAD) 2019 juga diperkirakan lebih rendah dari tahun 2018 yaitu dalam kisaran 2,5 sampai 3 persen terhadap PDB.

"Sejalan dengan perkiraan neraca pembayaran tersebut, kami memperkirakan rata-rata nilai tukar pada tahun 2019 akan berada pada kisaran Rp 14.000 - Rp 14.400 terhadap dolar Amerika Serikat," ujarnya.

"Pada tahun 2020 kami memperkirakan bahwa prospek penguatan Neraca Pembayaran Indonesia akan berlanjut ditopang oleh peningkatan aliran masuk modal asing dan penurunan defisit transaksi berjalan," dia menambahkan.

Aliran masuk modal asing (inflow) diperkirakan meningkat dipengaruhi oleh prospek ekonomi yang membaik dan juga koordinasi yang kuat kebijakan antara pemerintah Indonesia dan berbagai otoritas terkait, untuk 2019 defisit transaksi berjalan kita akan tetap terkendali.

"Dengan berbagai perkembangan tersebut kami memperkirakan bahwa rata-rata nilai tukar Rupiah pada tahun 2020 akan berada pada kisaran Rp 13.900 sampai dengan Rp14.300 dolar Amerika Serikat," tutupnya.

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Terlihat Nyeleneh, 7 Trik Orang Mempermudah Pekerjaan Ini Bikin Geleng Kepala

Posted: 18 Jun 2019 09:25 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Dalam kehidupan ini, setiap manusia pasti memiliki persoalan hidup masing-masing. Persoalan ini nggak melulu harus sesuatu yang berat dan menguras pikiran, tetapi permasalahan bisa saja datang dalam bentuk hal-hal kecil yang enggak pernah kamu pikirkan. 

Pada dasarnya semua pekerjaan itu bisa dilakukan dengan mudah apabila dikerjakan dengan baik dan bijaksana. Tiap-tiap permasalahan tersebut harus dipecahkan dengan kreativitas yang dimiliki oleh masing-masing orang. Meskipun terkadang cara mereka menyelesaikan masalah terlihat nyeleneh.

Namun ada juga orang dengan kreatif mempermudah suatu pekerjaan dengan melakukan hal yang enggak biasa. Bukan dengan menciptakan benda-benda canggih, tapi orang-orang ini bisa menciptakan berbagai cara kreatif untuk mempermudah pekerjaan dan mobilitas hidupnya.

Cara-cara yang mereka lakukan pun sukses membuat geleng kepala karena enggak pernah terpikirkan sebelumnya oleh yang lain. Berikut Liputan6.com dari Instagram @awreceh.id 7 trik orang saat mempermudah pekerjaan yang bikin senyum-senyum, Rabu (19/6/2019).

1. Lulusan S3 Jurusan Ilmu Laundry di Oxford

View this post on Instagram

Cerdas sekali

A post shared by 🅁🄴🄲🄴🄷 🅂🅀🅄🄰🄳 (@awreceh.id) on

2. Kreatif juga warga negara sawadikakapkap

3. Baru tau kalau jok motor bisa nampung ikan

View this post on Instagram

multifungsi

A post shared by 🅁🄴🄲🄴🄷 🅂🅀🅄🄰🄳 (@awreceh.id) on

4. Sumber aliran listrik tenaga gerak

5. Mixer pengaduk adonan versi kearifan lokal

6. Orang ganteng mah bebas

View this post on Instagram

Sefruit inovasi

A post shared by 🅁🄴🄲🄴🄷 🅂🅀🅄🄰🄳 (@awreceh.id) on

7. Negara lain sudah membuat mobil terbang, kita sudah berhasil menemukan ini

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Menaker Promosikan Tiga Pilar Pembangunan SDM Pada Forum ILC di Jenewa

Posted: 18 Jun 2019 09:24 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Perubahan jenis dan bentuk pekerjaan di masa depan tengah menjadi tantangan Indonesia dan negara-negara dunia. Untuk menjawab tantangan tersebut, Menteri Ketenagakerjaan M. Hanif Dhakiri dalam pidatonya mengemukakan 3 pilar agenda yang berpusat pada manusia (human-centred agenda) guna pembangunan Sumber Daya Manusia (SDM).

Pertama, meningkatkan investasi SDM. Menaker yakin, konsep pembelajaran seumur hidup (long life learning dan long life education) adalah kunci untuk menavigasi berbagai perubahan jenis pekerjaan di masa depan. Apalagi, saat ini skill/keterampilan menjadi hal wajib dalam menghadapi dunia ketenagakerjaan yang semakin dinamis/fleksibel. Semua orang harus bisa mengalami long life learning melalui berbagai bentuk skillingupskilling, dan reskilling.

"Saya ingin menekankan bahwa ini adalah tanggung jawab bersama pemerintah, organisasi pengusaha, dan serikat pekerja. Selain itu, ini harus menjadi bagian integral dari proyek investasi di negara berkembang," kata Menteri Ketenagakerjaan M. Hanif Dhakiri dalam pidatonya di Forum Konferensi Perburuhan Internasional/International Labour Conference (ILC) Ke-108, Jenewa, Swiss (18/6)

Menaker menjelaskan, pilar ini diwujudkan dengan revitalisasi pendidikan dan pelatihan vokasi di Indonesia. Indonesia perlu masifikasi pelatihan kerja untuk wujudkan SDM berkualitas dalam jumlah memadai dan persebaran yang relatif merata di berbagai daerah. Ia pun mencontohkan dengan program pembangunan 1.000 lembaga pelatihan kerja dan program pemagangan yang dikerjasamakan dengan industri.

"Kami sedang mendirikan 1000 pusat pelatihan kerja baru tahun ini untuk mengatasi skill mismatch dan pengangguran kaum muda," jelas Menaker.

Kedua, penguatan institusi/lembaga kerja sama. Menaker menilai untuk meningkatkan peran seluruh stakeholder  ketenagakerjaan maka institusi/lembaga dialog sosial harus diperkuat.

Menaker pun menjelaskan, Indonesia terus memperkuat institusi/lembaga kerja sama stakeholder  ketenagakerjaan. Seperti memperkuat dialog sosial Lembaga Kerja Sama (LKS) Tripartit baik di tingkat nasional maupun daerah, pembentukan Dewan Keselamatan dan Kesehatan Kerja Nasional dan pembentukan Dewan Produktivitas Nasional.

Meski begitu, situasi nasional masing-masing negara sangat berpengaruh terhadap pola dialog sosial yang dibangun antar stakehokder.

"Mekanisme dan bentuk dialog sosial nasional harus dikembangkan berdasarkan keadaan nasional," ujar Menaker.

Ketiga, meningkatkan investasi dalam mewujudkan pekerjaan yang layak dan berkelanjutan. Dalam hal ini, upaya tersebut dilakukan dengan memperkuat ekonomi pedesaan.

Menaker menyatakan, Pemerintah Indonesia berkomitmen untuk memperkuat pembangunan ekonomi pedesaan dengan menyediakan Dana Desa.

"Kami juga telah mengembangkan Desa Migran Produktif (Desmigratif) yang bertujuan untuk meningkatkan kemandirian ekonomi dan standar hidup para pekerja migran yang kembali beserta keluarga mereka di desa asal mereka," tuturnya.

Sebagai penutup, Menaker juga mendesak International Labour Organization (ILO) memainkan perannya dalam menciptakan kerja sama multilateral antar negara. Sehingga, globalisasi ekonomi dapat memberi dampak positif bagi seluruh negara dunia.

"Kita harus mengambil momentum Konferensi Seratus Tahun ILO ini untuk menghidupkan kembali komitmen kita dan mengambil tindakan tegas untuk mencapai keadilan sosial, perdamaian abadi, dan stabilitas," kata hanif.

 

(*)

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

VIDEO: Nenek Hawariah, Calon Haji Tertua dari Banjarmasin

Posted: 18 Jun 2019 09:23 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Siti Hawariah tercatat sebagai calon haji tertua asal Banjarmasin, dengan usia 93 tahun. Nenek Hawariah akan didampingi oleh putri dan saudara perempuannya selama mengikuti ibadah haji.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Suarez Dukung Barcelona Pulangkan Neymar

Posted: 18 Jun 2019 09:20 PM PDT

Barcelona - Rencana Barcelona untuk memulangkan Neymar mendapat dukungan dari Luis Suarez. Ia yakin Neymar akan kembali bersinar di Camp Nou.

Suarez memuji Neymar dan Messi dengan mengungkapkan momen kebersamaan saat ketiganya menjadi penyerang andalan Barcelona secara bersamaan.

"Saya mendapat momen istimewa dalam karier saya sebagai pesepakbola bersama mereka. Saya bermain dengan dua pemain terbaik dunia di Barcelona, bersama Messi yang merupakan pemain terbaik dunia dan Neymar yang merupakan pemain terbaik kedua di dunia," tutur Suarez.

"Siapa yang tidak ingin bermain dengan pemain seperti Neymar? Tapi, kini dia milik PSG dan ini adalah hal-hal yang ramai dibicarakan dalam bursa transfer," katanya menambahkan.

Neymar memang dikabarkan tidak betah di Paris Saint-Germain dan ingin kembali bermain bersama Messi dan Suarez di Barcelona musim depan. Namun, hingga saat ini nasib pemain termahal dunia itu belum menemui kejelasan.

 

Siap Tebus

Striker Barcelona, Neymar Jr, bersama Lionel Messi dan Luis Suarez merayakan gol yang dicetaknya ke gawang Real Sociedad pada laga La Liga Spanyol di Stadion Camp Nou, Barcelona, Sabtu, (28/5/2015). (AFP/Lluis Gene)

El Barca kabarnya siap menebus Neymar dengan uang tunai plus pemain agar bintang asal Brasil itu kembali ke Camp Nou musim depan.

Neymar pernah menjadi bagian Barcelona selama empat tahun, yakni pada 2013 hingga 2017. Selama berkostum Barcelona, Neymar berhasil mencetak 105 gol dari 186 penampilan dalam semua kompetisi. Bahkan, sepanjang musim 2014-2015, Neymar, Messi dan Suarez sukses mempersembahkan treble winner buat Barcelona.

"Bagi saya, itu merupakan satu di antara momen terbaik yang pernah saya jalani, memenangi treble," ucap Luis Suarez.

Sumber: Bola.com

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

5 Fakta Chris Hemsworth, Pemeran Agen H di Film Men In Black International

Posted: 18 Jun 2019 09:20 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Pekan ini, film Men In Black International dirilis di jaringan bioskop di Tanah Air. Men In Black International dibintangi Tessa Thompson, Liam Nesson, Emma Thompson, dan Chris Hemsworth. Men In Black International merupakan film kedua Chris Hemsworth yang rilis tahun ini setelah Avengers Endgame, April lalu.

Dalam Men In Black International, Chris Hemsworth memerankan agen H. Ia bersama agen M (Tessa) melacak keberadaan sebuah kristal yang diyakini bisa berubah menjadi senjata pemusnah massal.

Chris Hemsworth sendiri merupakan aktor kelahiran Australia, 11 Agustus 1983. Berkarier sejak 2002, Chris Hemsworth telah terlibat dalam 41 produksi serial televisi maupun film.

Ia memulai karier lewat peran King Arthur dalam serial televisi Guinevere Jones. Chris Hemsworth mulai populer setelah memerankan George Kirk di film Star Trek. Namanya melambung berkat peran Thor yang menjadi bagian dari semesta Marvel. Untuk Anda kami hadirkan 5 fakta seputar Chris Hemsworth.

Thor dan Thursday

(Via: ScreenRant)

Chris Hemsworth lahir pada hari Kamis. Dalam bahasa Inggris, Kamis adalah Thursday, nama hari yang berasal dari nama Thor.

Tahun Ini Tidak Syuting

(ANTHONY KWAN/GETTY IMAGES NORTH AMERICA/AFP)

Chris Hemsworth dan istrinya, Elsa Pataky, dikaruniai anak kembar yang dinamai Tristan dan Sasha Hemsworth pada 2014. Setahun kemudian, pasangan ini memutuskan kembali di Byron Bay, Australia, dan tinggal di sana.

Chris rela meninggalkan Amerika Serikat. Bahkan, tahun ini ia tidak berencana syuting apa pun karena ingin lebih dekat dengan keluarga. Dalam sesi wawancara dengan Showbiz Cheatsheet pekan ini, Chris Hemsworth menjelaskan, "Tahun ini kemungkinan saya tidak syuting apa pun. Saya hanya ingin berada di rumah bersama anak-anak."

Inspirasi Paman

(AFP/JAMIE MCCARTHY)

Paman Chris Hemsworth adalah Rod Ansell yang merupakan inspirasi dari Crocodile Dundee, sebuah film yang dirilis pada 1986.

Keluarga Baru

(ANTHONY KWAN/GETTY IMAGES NORTH AMERICA/AFP)

Tak hanya mendapat popularitas, peran Thor yang menjadi bagian dari Marvel Cinematic Universe memberi Chris Hemsworth keluarga baru. Ia menjalin pertemanan dekat dengan Tom Hiddleston dan Chris Evans. Bahkan Tom sudah dianggap sebagai salah satu dari Hemsworth bersaudara.

Mengagumi Will Smith

Will Smith (AFP)

Film Men In Black (1997) yang dibintangi Will Smith dan Tommy Lee Jones bukan hal asing bagi Chris Hemsworth. Saat film itu dirilis, usia Chris Hemsworth baru 14 tahun. "Saya ingat film itu dan sangat menyukainya. Saat menonton saya menyadari Will Smith adalah aktor besar dan paling karismatik di planet ini. Saya mengaguminya," sambung Chris. (Wayan Diananto)

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

VIDEO: Diperiksa 7 Jam, Kivlan Zein Merasa Difitnah

Posted: 18 Jun 2019 09:19 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Tersangka makar Kivlan Zein Diperiksa selama 7 jam. Polisi mengkonfrontir keterangan Kivlan dengan keterangan 2 tersangka makar Iwan Kurniawan dan Tajudin. Usai pemeriksaan kepada wartyawan Kivlan menyatakan dirinya difitnah.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Debat Bambang Widjojanto dengan Hakim soal Jumlah Juru Bicara di Sidang MK

Posted: 18 Jun 2019 09:19 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Persidangan sengketa pilpres 2019 sudah memasuki tahap pemeriksaan Saksi Tim Prabowo-Sandi yang dilaksanakan, Rabu (19/6/2019). Pihak Pemohon yang diwakili Bambang Widjojanto lantas menanyakan soal jumlah juru bicara yang boleh angkat bicara dalam persidangan.

Pihak Pemohon yaitu Tengku Nasruallah menanyakan ketegasan majelis hakim MK terkait empat orang yang berbicara di pihak Terkait.

"Yang mulia, kami mohon kepastian juru bicara rekan kita pihak terkait itu siapa soalnya karna tadi saudara Taufik Basari bicara, " Katanya saat persidangan.

Namun, pertanyaan tersebut segera dipotong oleh Hakim Aswanto dan langsung diberikan pernyataan yang sama.

"Ya makanya kami ingatkan Pak, dari pengelihatan kami sudah empat yang bicara. Tolong apa namanya tolong di kordinasikan kembali terkait untuk tetap pada kesepakatan awal hanya ada tiga yang akan juru bicara sehingga jika ada hal-hal lain yang akan disampaikan tim yang lain itu bisa disampaikan melalui juru bicara yang tiga orang itu," ujar Aswanto.

Kemudian, pihak terkait mengutarakan pendapatnya untuk meminta penegasan karena yang diperiksa selain saksi adalah ahli yang membutuhkan spesialisasi yang berbeda.

Pihak terkait menyediakan tiga juru bicara untuk bertanya apa saja yang terkait dengan saksi tapi belum tentu juru tiga orang itu yang bertanya kepada ahli terdapat itu dan membedakannya.

Lalu Aswanto mendebatkannya pada tim Mahkamah Konsitusi apakah dapat diganti juru bicara yang sudah ditetapkan diawalnya.

"Jadi menurut kami , juru bicara untuk saksi tetap tiga dan juru bicara untuk ahli juga tetap tiga dan dapat diganti sesuai dengan yang diinginkan masing-masing pihak dan itu berlaku untuk semua Pemohon, pihak Terkait dan juga pihak Termohon " Jawab Aswanto kemudian.

Hal tersebut langsung ditegaskan pihak terkait bahwa juru bicara untuk saksinya adalah Teguh Samudra, Taufik Basari dan Sira Prayuna dan untuk ahli adalah setelah nanti diperiksanya ahli baru akan ditetapkan.

Ketegasan berikut juga disampaikan oleh pihak termohon yang menegaskan bahwa saksi yang ditetapkan dibagi-bagi pertema yaitu tentang DPT, Hasil Situng.

Keputusan dari Hakim tersebut tidak diterima oleh pihak Pemohon. Menurut pihak Pemohon itu sama saja lebih dari kesepakatan yang telah ditentukan yaitu lebih dari tiga orang.

"Kami keberatan yang mulia, itu berarti lebih dari tiga orang yang mulia" Kata Bambang menolak keputusan Hakim.

Meski demikian, pernyataan tersebut langsung dipatahkan oleh Aswanto yang menurutnya jika pihak membawa principalnya yang mau bertanya maka tidak dapat ditolak oleh MK.

"Begini pak Bambang, bukan soal tidak equal pak kalau termohon membawa principal-nya dan mau bicara tentu kita tidak bisa melarang, principal dalam hal ini komisioner KPU mau bicara. Menurut saya ini fair pak" Jawab Aswanto.

 

Keberatann Pihak Pemohon

Tak mau kalah Bambang menyetarakan keberatan dikarenakan pihak pemohon tidak mengetahui hal tersebut sejak awal.

"Menurut saya tidak fair pak, karena kami tidak diberitahu sejak awal bahwa kalau principal hadir dia punya hak bertanya. Yang selama ini saya terima juru bicaranya 3 dari setiap pihak. Informasi seperti ini baru kami ketahui pada hari ini dan menurut kami ini tidak fair dan ini tidak equal. injudgestis" tolak Bambang.

Tidak mau terima, Suhartoyo juga menyampaikan pendapatnya tanpa mau dipotong.

"Kenapa tidak equal bagaimana pak Bambang, kita kan bicara jumlah. Nanti dulu jangan di potong!. Pihak Pemohon boleh terlepas itu kuasa hukum maupun principal yang penting maksimal tiga. Demikian juga Termohon siapapun yang bicara yang penting tiga" Bantah Suhartoyo dengan tegasnya.

Ternyata setelah diberikan pernyataan berikut Bambang-lah yang salah mengerti pengertian dari Aswanto. Karena pada intinya siapapun yang bicara baik itu kuasa hukum maupun principal tetap di hitung tiga dan apabila principal ingin bicara maka ia juga dianggap sebagai juru bicara. Keputusan tersebut akhirnya dimasukan ke dalam berita acara hingga akhir persidangan.

" Saya kira ini kalau kita berdebat terus tidak ada selesainya dan saksi yang akan kita periksa ada 15 plus dua ahli " pungkas Aswanto mengakhiri perdebatan tersebut.

 

(Liputan6.com/Nabila Bilqis)

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Suap Dana Perimbangan, KPK Periksa Tenaga Ahli PAN

Posted: 18 Jun 2019 09:18 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Penyidik Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) menjadwalkan pemeriksaan tenaga ahli Partai Amanat Nasional (PAN) DPR RI Suherlan. Dia akan diperiksa dalam kasus dugaan suap pengurusan dana perimbangan APBN-P 2017 dan 2018 untuk Kabupaten Pegunungan Arfak.

"Yang bersangkutan akan diperiksa sebagai saksi untuk tersangka NPS (Natan Pasomba, Plt Kepala Dinas Pekerjaan Umum Kabupaten Arfak)," ujar Juru Bicara KPK Febri Diansyah saat dikonfirmasi, Rabu (19/6/2019).

Sebelumnya, KPK menetapkan anggota DPR RI Fraksi Partai Amanat Nasional (PAN) Sukiman sebagai tersangka. Selain Sukiman, KPK juga menjerat Pelaksana Tugas atau PJ Kepala Dinas Pekerjaan Umum Pegunungan Arfak, Papua, Natan Pasomba.

Sukiman diduga menerima hadiah atau janji dari Natan Pasomba terkait pengurusan dana perimbangan pada APBNP 2017 dan APBN 2018 untuk Kabupaten Pegunungan Arfak, Papua Barat.

Awalnya, pihak Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Pegunungan Arfak melalui Dinas PUPR mengajukan dana alokasi khusus (DAK) kepada Kementerian Keuangan (Kemenkeu). Kemudian pihak Kemenkeu meminta bantuan Sukiman agar bisa membantu Natan Pasomba.

Diduga terjadi pemberian dan penerimaan suap terkait dengan alokasi anggaran dana alokasi khusus (DAK) atau dana alokasi umum (DAU), atau dana insentif daerah (DID) untuk Kabupaten Pegunungan Arfak.

Beri Rp 4,41 Miliar

Anggota Komisi XI DPR, Sukiman memenuhi panggilan penyidik KPK untuk menjalani pemeriksaan, Jakarta, Senin (25/3). Politikus PAN itu diperiksa sebagai tersangka kasus dugaan suap pengaturan Dana Alokasi Khusus (DAK) Kabupaten Pegunungan Arfak pada APBN-P 2017 dan APBN 2018. (merdeka.com/Dwi Narwoko)

Natan Pasomba diduga memberi Rp 4,41 miliar yang terdiri dari mata uang rupiah sebesar Rp 3,96 miliar dan valas USD 33.500. Dari jumlah tersebut, SKM (Sukiman) diduga menerima suap sebesar Rp 2,65 miliar dan USD 22 ribu.

Dari pengaturan tersebut, Kabupaten Pengunungan Arfak mendapat alokasi DAK pada APBNP 2017 sebesar Rp 49,915 miliar dan APBNP 2018 sebesar Rp 79,9 miliar. Sukiman sendiri sempat diperiksa dalam proses penyelidikan pada November 2018.

Penetapan tersangka ini berdasarkan pengembangan perkara dari operasi tangkap tangan (OTT) pada 4 Mei 2018 yang menjerat anggota Komisi XI DPR Amin Santono, pejabat Kemenkeu Yaya Purnomo, Eka Kamaludin dan Ahmad Ghiast sebagai swasta.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Debat Hakim MK dan Saksi Prabowo-Sandi Soal Sosok Udung di Dunia Nyata

Posted: 18 Jun 2019 09:18 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Perdebatan terjadi di persidangan Sengketa Pilpres 2019 di Mahkamah Konstitusi. Sidang kali ini beragendakan pemeriksaan Saksi Pemohon, Agus Muhammad Maksum.

Adapun perdebatan itu terjadi saat Saksi mencontohkan soal salah satu nama Udung yang termasuk dalam Daftar Pemilih Tetap (DPT). Saat itu Hakim Aswanto meminta Agus membeberkan salah satu contoh KTP palsu yang dia peroleh.

"Misalnya nama Udung, dia ada di Bandung tanggal lahir 01 01 44, alamat Pangalengan," ujar Agus, Rabu (19/6/2019).

Agus lantas menjelaskan soal kode 10 yang ada di KTP. Dia menyebut kode tersebut palsu. Kode tersebut menjelaskan asal provinsi di Indonesia.

"Jadi ini kami membaca data di DPT HP, kami yakin ini tidak akan ada di dunia nyata. Di dunia nyata kami tidak akan temukan," kata Agus.

"Maksudnya dunia nyata?" Aswanto kembali menanyakan.

"Maksudnya apakah namanya Udung punya KTP 10, kami pasti tidak menemukan, tidak ada provinsi berkode 10," kata Agus

"Kami meyakini Pak Udung ini tidak memiliki kode 10, kalau ada pasti aneh," dia melanjutkan.

Agus kembali menjelaskan soal kode ID mulai dari Kartu Keluarga, Nomor Induk Kependudukan yang jelas menyebutkan nama, tanggal lahir, dan alamat Udung. Meski demikian, Hakim tetap mencecar Agus.

"Berarti ada di dunia nyata?" tanya Aswanto

"Tidak ada," jawab Agus.

"Loh bagaimana tidak ada?" tanya Aswanto lagi.

"Nanti kami buktikan di saksi berikutnya," ujar Agus menimpali.

Saksikan video pilihan di bawah ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Cara Membuat Cincau Hijau yang Lembut dan Manfaatnya Bagi Kesehatan

Posted: 18 Jun 2019 09:15 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Cara membuat cincau hijau tidak begitu sulit. Untuk membuat cincau hijau, kamu membutuhkan daun cincau hijau yang berbentuk hati dengan tekstur permukaan yang agak kasar. Cincau hijau terbuat dari daun tanaman rambat Cylea berbata yang bermanfaat untuk menjaga tekanan darah agar tetap stabil.

Selain cincau hijau, orang Indonesia juga mengenal cincau hitam. Mungkin kamu akan bertanya-tanya apa bedanya cincau hijau dan cincau hitam. Ternyata ada beberapa perebedaan mendasar pada kedua cincau ini seperti bahan asal daunnya yang berbeda. Cincau hitam menggunakan daun tanaman Mesona palustris yang membuat rasa kenyang bertahan lama.

Cara penyajiannya juga berbeda, ketika cincau hijau biasanya dikonsumsi dengan kuah santan dan gula merah, cincau hitam biasa disajikan sebagai isian es buah, cappuccino cincau, hingga es campur. Selain itu, cara pembuatan kedua jenis cincau ini juga berbeda.

Cara membuat cincau hijau yang menyegarkan ini cukup sederhana. Hanya dengan melakukan 3 langkah mudah dan mempersiapkan beberapa bahan wajib kamu sudah bisa mendapatkan cincau hijau keingananmu. Berikut Liputan6.com rangkum dari berbagai sumber, Rabu (19/8/2019) cara membuat cincau hijau.

Cara Membuat Cincau Hijau

Seperti yang telah disebutkan sebelumnya, cara membuat cincau hijau cukup sederhana. Tidak perlu repot-repot menyediakan ini dan itu, cara membuat cincau hijau cukup dengan menyiapkan dua bahan saja. Selain itu, hanya dengan mengikuti 3 langkah cara membuat cincau hijau kamu sudah bisa mendapatkan kesegarannya.

Bahan:

40 lembar daun cincau hijau

1 liter air matang

Berikut cara membuat cincau hijau:

1. Siapkan 40 Lembar Daun dan 1 Liter Air

Cara membuat cincau hijau yang pertama yaitu menyiapkan 40 lembar daun cincau hijau dan 1 liter air. Sebenarnya takaran ini tidak baku, kamu bisa menyesuaikan dengan keinginan, berapa banyak cincau hijau yang kamu inginkan. Jika ingin cincau hijau yang lembut, kita bisa memakai 40 lembar daun dan 1 liter air matang. Dengan takaran tersebut, kita bisa menghasilkan tekstur cincau yang tak terlalu kental tapi tetap lembut.

2. Remas Daun Secara Manual

Selanjutnya, cara membuat cincau hijau adalah dengan menyiapkan baskom, lalu remas-remas daun cincau dengan sedikit air terlebih dahulu. Setelah daun hancur, baru tambahkan 500 cc air sedikit demi sedikit. Kemudian, saring. Lalu, tambahkan lagi sisa air sedikit demi sedikit sambil pada daun sambil kembali diremas hingga kandungan jelinya keluar. Lalu, saring dan campurkan ke hasil saringan yang pertama.

3. Simpan di Kulkas

Hasil saringan tadi bisa disimpan dalam wadah tertutup, lalu disimpan di dalam kulkas. Nanti cincau hijau akan mengental dan membentuk tekstur seperti jeli yang lembut. Cincau pun bisa dinikmati kapan saja dengan air gula atau sirup dan santan. Jadi dengan begini, kamu sudah mengetahui cara membuat cincau hijau yang baik.

Manfaat Cincau Hijau Bagi Kesehatan

Demam /copyright shutterstock

Kaya akan Serat

Manfaat cincau hijau yang pertama didapatkan dari kandungan serat yang cukup tinggi. Mengonsumsi cincau dengan berbagai makanan sehat lainnya seperti buah dan sayuran dapat memenuhi kebutuhan serat harian kamu. Sebagaimana diketahui, kebutuhan serat harian adalah sebesar 30 gram, sedangkan dalam cincau terdapat 6,23 gram kandungan serat. Dengan kandungan serat pada cincau hijau ini, kamu bisa menghindari penyakit degenerative seperti penyakit jantung koroner. Selain itu, cincau hijau juga memiliki kandungan kalori sebanyak 122 kalori dan 6 gram kandungan protein.

Mampu Mengatasi Demam

Cincau hijau juga mampu mengatasi demam yang sedang menyerang kamu. Hal ini terkait dengan rimpang atau umbi dari cincau hijau yang tumbuh di dalam tanah. Ambil rimpang cincau hijau tersebut, cuci bersih kemudian diiris halus. Rebus dengan air secukupnya. Minum ramuan tersebut setelah matang. Bisa juga rimpang tersebut diseduh dengan air panas secukupnya kemudian diminum. Dengan begitu demam yang kamu rasakan bisa teratasi.

Mengontrol Penyakit Darah Tinggi

Manfaat selanjutnya adalah, cincau hijau dapat mengontrol penyakit darah tinggi. Hal ini berkaitan dengan zat-zat yang terkandung dalam cincau hijau, seperti karbohidrat, saponin, flavonoid, kalsium, fosfor, polifenol, serta berbagai vitamin. Banyaknya zat yang dikandung cincau hijau tersebut menjadi salah satu keuntungan yang bisa kamu dapatkan saat mengonsumsinya. Jadi tidak hanya sebagai minuman yang menyegarkan saja.

Sebuah penelitian di Universitas Gadjah Mada dilakukan kepada pasien tekanan darah tinggi dengan usia di atas 40 tahun. Hanya dengan menyiapkan 5 gram daun cincau segar dan dicampurkan dengan 150 cc air matang, lalu diperas. Dengan meminumnya secara rutin 2 kali sehari, pasien mengalami penurunan tekanan darah yang sangat signifikan. Bahkan ada seorang pasien yang berusia 70 tahun dengan tekanan darahnya mencapai 215mm/120mm mengalami penurunan tekanan darah menjadi 160mm/100mm dalam satu bulan setelah mengkonsumsi cincau.

Menyembuhkan Disentri

Sediakan 20 helai daun cincau hijau lalu dicuci bersih. Remas-remas lalu beri 1 gelas air minum dingin lalu saring dengan kain. Tambahkan jeruk nipis sesuai selera. Biarkan di tempat dingin sampai menjadi agar-agar. Taruh di dalam gelas dan beri madu, atau sirup atau gula aren cair yang sudah dimasak dengan pandan lalu diminum. Dengan mengonsumsi minuman ini secara rutin selama satu minggu, disentri serta sariawan yang menyerang bisa langsung teratasi.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Saksi Prabowo Sebut Temuan KTP Palsu dan KK Manipulatif

Posted: 18 Jun 2019 09:12 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Saksi dari pihak Pemohon Prabowo-Sandiaga, Agus Maksum memberikan keterangan di sidang sengketa Pilpres 2019 di Mahkamah Konstitusi (MK). Saksi menuturkan temuan KTP palsu dan Kartu Keluarga (KK) manipulatif.

Dia mengatakan, ada temuan KTP palsu yang jumlahnya mencapai 1 juta. Dia mengaku, pihaknya mengecek langsung ke Ditjen Dukcapil mengenai temuan kode depan nomor induk kependudukan (NIK) KTP yang diduga palsu.

"Apakah benar kode 60 itu asli, beliau (Dirjen Dukcapil) bilang tidak usah masukkan sistem karena itu sudah palsu," kata saksi Agus menjawab pertanyaan hakim Aswanto di sidang MK, Selasa (19/6/2019).

Dia mengaku, jumlah jumlah KTP palsu tersebut didapatnya dari DPT HP1 dan dan DPT HP2. "Karena ini palsu saya tidak cek orang, tapi cek ke Dukcapil. Dan konfirm tidak tidak ada," kata saksi .

"Ada tidak sampel warga KTP palsu ini masuk DPT? tanya hakim MK. "Ada, DPT HP2 yang kami laporkan, rinciannya kami tidak rekap, kami total 1 juta," kata dia.

Hakim lalu bertanya, bagaimana mengetahui total, kalau tidak direkap? cara apa yang saudara gunakan? tanya hakim.

"Dari total jumlah kami bikin kriteria, dan KTP palsu kami sebut invalid 2, invalid 3, dan invalid 4 dan ada lebih 1 juta. karena yang kami laporkan 17 juta, di antaranya ada invalid 2, invalid kode propinsi," kata dia.

Dia pun mencontohkan, KTP invalid dan masuk DPT HP2. "Misalnya Udung, lahir di Bandung," kata dia.

Setelah menelusuri, pihaknya tidak menemukan siapa Udung ini. Karena tidak ada provinsi dengan kode 10 di KTP. "Karena tidak ada kode 10. Maka kami yakini Pak Udung tidak ada kode KTP 10. Makanya nggak perlu ngecek ke sana dan itu langsung ke dukcapil," tegas saksi.

 

KK Manipulatif

Saksi juga mengatakan, ada temuan KK manipulatif. Ada 1 KK, isinya lebih 1000 orang. "Kami laporkan ada 117.333 KK di Majalengka, Magelang, Banyuwangi, dan Bogor. Di Bogor kami lapor ke Bawaslu," kata dia.

Dia menyebut, KK manipulatif ini nomor KK nya tidak valid. Nomor KK pertama menunjukkan wilayah Bogor, tapi 6 berikutnya tidak menunjukkan apa apa karena 0. "Mestinya angka terakhir tanggal di mana KK dicatat," kata dia.

Saksi pun menyebut, KK manipulatif ini didapatnya dari DPT HP2. Temuan tersebut kemudian dilaporkan ke KPU.

"Penjelasannya KPU, salah input dan diperbaiki tidak menyeluruh, lainnya kami gak tahu, selain yang viral saja. Lalu kami cek lapangan, ke kota Bogor dan ke rumah Pak RT setempat," kata dia.

Hakim Aswanto kemudian mengatakan bertanya, apakah orang yang di KK yang diteliti dan disebut invalid menggunakan hak pilih?

"Kan siluman, tidak ada," kata dia.

"Dari sekian itu gunakan hak pilih?" tanya hakim lagi. "Tidak tahu," kata dia.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Kemenkeu Bebaskan PPnBM Hunian Mewah di Bawah Rp 30 Miliar

Posted: 18 Jun 2019 09:11 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Pemerintah melalui Kementerian Keuangan (Kemenkeu) mengubah ketentuan mengenai batasan nilai hunian mewah yang dikenai Pajak Penjualan atas Barang Mewah (PPnBM).

Hal ini mempertimbangkan untuk mendorong pertumbuhan sektor properti  melalui peningkatan daya saing properti. Salah satunya hunian mewah.

Dengan pertimbangan tersebut, pada 10 Juni 2019, Menteri Keuangan (Menkeu) Sri Mulyani Indrawati telah teken Peraturan Menteri Keuangan (PMK) Nomor 86/PMK.010/2019 tentang Perubahan atas PMK Nomor 35/PMK.010/2017 tentang jenis barang kena pajak yang tergolong mewah selain kendaraan bermotor yang dikenai pajak atas penjualan barang mewah.

Dalam lampiran I PMK Nomor 86/PMK.010/2019 itu disebutkan, daftar jenis barang kena pajak yang tergolong mewah selain kendaraan bermotor yang dikenai PPnBM dengan tarif 20 persen.

"Kelompok hunian mewah seperti rumah mewah, apartemen, kondominium,  town house dan sejenisnya dengan harga jual sebesar Rp 30 miliar atau lebih," bunyi lampiran I PMK tersebut, seperti dikutip dari laman Setkab, Rabu (19/6/2019).

Sebelumnya pada PMK Nomor 35/PMK.010/2017 disebutkan, daftar jenis barang kena pajak yang tergolong mewah selain kendaraan bermotor yang dikenai PPnBM dengan tarif sebesar 20 persen.

Kelompok hunian mewah seperti rumah mewah, apartemen, kondominium, town house dan sejenisnya:

1.Rumah dan town house dari jenis non stratatitle dengan harga jual sebesar Rp 20 miliar atau lebih

2.Apartemen, kondominium, town house dari jenis strata title, dan sejenisnya dengan harga jual sebesar Rp 10 miliar atau lebih.

"Peraturan Menteri ini mulai berlaku pada tanggal diundangkan," bunyi pasal II PMK Nomor 86/PMK.010/2019 yang diundangkan oleh Dirjen Peraturan Perundang-undangan Kementerian Hukum dan HAM, Widodo Ekatjahjana pada 11 Juni 2019.

Menkeu dan Menperin Ajukan Perubahan Skema Pajak Barang Mewah ke DPR

Ilustrasi Foto Pajak (iStockphoto)

Sebelumnya, Komisi XI DPR RI memanggil Menteri Keuangan (Menkeu) Sri Mulyani Indrawati dan Menteri Perindustrian (Menperin) Airlangga Hartarto untuk mengadakan rapat yang membahas terkait perubahan skema Pajak Pertambahan nilai Barang Mewah (PPnBM).

Pada kesempatan tersebut Sri Mulyani menyampaikan, usulan rapat ini dilatarbelakangi oleh adanya usulan Menteri Airlangga pada 11 September 2017 lalu mengenai kebijakan fiskal industri untuk mendorong kendaraan rendah karbon.

Menindaki permintaan tersebut, ia mengatakan, Kementerian Keuangan sudah melakukan koordinasi dengan pelaku industri sepanjang 2017-2018.

"Dari beberapa kali pembahasan, Menperin kembali menyampaikan syarat kepada Menkeu tanggal 27 Desember (2018) mengenai usulan harmonisasi PPnBM dan kendaraan bermotor roda empat atau lebih," paparnya di Jakarta, Senin, 11 Maret 2019.

Dia menyebutkan, sesuai Undang-Undang (UU) Nomor 42 Tahun 2009 tentang Pajak Penjualan Barang Mewah pasal 8 ayat 3, pengelompokan barang kena pajak penjualan barang mewah baru bisa dilakukan setelah berkonsultasi dengan pihak DPR, dalam hal ini Komisi XI.

"Oleh karenanya, kami sampaikan surat ke DPR untuk konsultasi karena ada perubahan PPnBM untuk kendaraan roda empat," sebut dia.

Sri Mulyani menyatakan, ada beberapa pergantian dalam usulan perubahan ini, yakni terkait perhitungan kapasitas mesin serta daya tampung penumpang pada kendaraan roda empat.

"Untuk usulan perubahan maka dihitung bukan mesin, tapi konsumsi bahan bakar dan karbon dioksida. Usulan perubahan baru juga tidak berdasarkan sistem penggerak, tapi (daya tampung) penumpang, apakah dibawah 10 atau diatas 10 penumpang," tutur dia.

 

REI Optimistis Sektor Properti Bakal Positif pada 2019

Ilustrasi Foto Property Rumah (iStockphoto)

Sebelumnya, Ketua Dewan Pengurus Pusat (DPP) REI, Soelaeman Soemawinata mengaku, optimistis sektor properti akan tumbuh positif pada 2019.

Dia menuturkan, sektor properti sempat mengalami kemunduran pada periode 2014 -2017.

"Sejak 2014 sampai 2017 itu sales-nya hampir 70 persen sisanya. Jadi turun 30 persen. Di awal 2018 itu para pengembang menata ulang bagaimana strategi pengembangan yang harus di lakukan," kata dia, saat ditemui, di Jakarta, Selasa, 5 Maret 2019.

Namun, keadaan mulai menunjukkan pemulihan pada 2018. Salah satu indikator pulihnya sektor properti dari meningkatnya investasi.

"Pada akhir 2018 kelihatannya ada peningkatan investasi hampir 16 persen di sana itu berarti 2019 ini beberapa pengembang mencoba untuk melamgkah ke arah yang positif," ungkapnya.

"Kita tentu dengan kerja keras kita harus optimis di 2019 ini bisa mencapai pertumbuhan yang positif," ia menambahkan.

REI menargetkan akan membangun 200.000 unit rumah non-MBR pada 2019. Jumlah ini, naik dari realisasi pembangunan hunian non-MBR di tahun 2018, yakni 180.000 unit.

"Realisasi 2018 kemarin kita hampir 180.000. Sekarang kita naikkan jadi 200.000 untuk non-MBR. Karena investasi di properti rumah non-MBR itu bukan hanya rumah jadi ada commercial office pariwisata ada industri dan lain-lain," tandasnya.

 

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

PT Volex Indonesia Tertarik Ekpansi di Batam

Posted: 18 Jun 2019 09:08 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta PT Volex Indonesia melakukan kunjungan ke BP Batam pada hari Selasa, (18/6/2019). PT Volex Indonesia merupakan perusahaan pemasok perakitan kabel mulai dari komponen elektronik, telekomunikasi, data center, peralatan media hingga Industri otomotif yang berada di Kawasan Industri Sekupang.

Senior HR & GA Manager Batam, Rima Melati Hutagalung, mengatakan dirinya hadir bersama Group HR Director PT Volex Inggris Alan Taylor yang hadir untuk pertama kali ke Batam untuk melihat peluang ekpansi perusahaan atau perluasan investasi di Batam.

Sementara itu, Alan Taylor mengatakan Batam punya lokasi yang sangat strategis dengan infrastruktur yang sangat baik, bahkan setelah berkeliling ke berbagai factories (Pabrikan) di berbagai daerah di dunia, ia meyakini Batam adalah daerah yang sangat kompetitif di pasar Asia.

"Saya telah berkeliling keseluruh factories didunia dan saya melihat Batam luar biasa. Kami melihat kesempatan (berusaha) akan terus tumbuh meningkat, ditambah lagi situasi perang dagang AS-China yang semakin tidak terduga, Batam menjadi potensi menguntungkan" ujar Alan Taylor.

Dalam pertemuan tersebut, PT Volex Indonesia mengungkapkan untuk melakukan perluasan investasi atau ekpansi. Perusahaan yang telah berkiprah di Batam selama 27 tahun itu telah berkontribusi dalam hal ekspor software elektronik yang dibutuhkan oleh brand internasional. Mulai dari Phillips, Epson, Universal, Siemens, Emmvee, Panasonic dan Yamaha. Hampir seluruh produk software ini diekspor keluar Indonesia dan hanya sebagian kecil saja untuk pasar domestik.

Alan Taylor menyebutkan ada kekhawatiran yang terus meningkat mengenai dampak ketegangan perdagangan yang terus bergulir (Perang bea impor antara Amerika Serikat (AS) dan China). Pt Volex yang memiliki factories (pabrikan) terbesar di China kemudian ada di Eropa dan Amerika (Mexico) mengaku hal tersebut tentu menjadi pertimbangan yang luar biasa untuk melakukan ekpansi perusahaan di Batam Indonesia.

"kami ada juga factory di Vietnam, tapi kami konsen ingin melihat peluang ekpansi di Batam, untuk itu kami datang hari ini," ungkap Alan Taylor.

Dalam waktu dekat ini PT Volex akan melakukan ekspansi dengan memindahkan pabrik mereka dari Suzhou, Cina ke Batam, dengan membutuhkan karyawan sekitar 1000 orang.

Kepala BP Batam Edy Putra Irawadi yang menerima kunjungan tersebut menyambut dengan sangat baik dan antusias. Ia siap memberikan pelayanan terbaik bagi perusahaan berkredibel yang berniat melakukan investasi atau perluasannya di Batam.

Sejumlah insentif dan fasilitas menarik di Batam seperti pembebasan Pajak Bea Masuk Impor dan Ekspor, Pembebasan Pajak Pertambahan Nilai (Value Added Tax), fasilitas GSP (Generalized System of Prefrences), Perjanjian Penghindaran Pajak Berganda dengan 57 Negara, Biaya Investasi yang Terjangkau, Keamanan dan Kenyamanan menyimpan data di DRC (Data Recovery Center) BP Batam serta lokasi yang begitu strategis menjadi kehandalan Batam.

Senior HR & GA Manager Batam Rima Melati Hutagalung menambahkan bahwa pasokan air untuk kebutuhan industrinya selama ini juga berjalan dengan sangat baik, namun dirinya mengatakan bahwa pasokan listrik bagi industrinya mengalami kendala saat PLN sedang terus melakukan maintenance dihari kerja. Ia juga mengharapkan dukungan BP Batam perihal pengamanan bagi para pekerja dan keamanan pelaksanaan kegiatan pabrik mereka di Sekupang.

Menanggapi hal itu Edy meyakinkan BP Batam siap memberikan pelayanan terbaik untuk kenyamanan dan kepastian mereka berusaha di Batam. Termasuk pasokan air dan listrik untuk kebutuhan industri.

Untuk itu, ia akan segera berkonsolidasi dengan stakeholders terkait baik di daerah maupun pusat kaitannya untuk memberikan kenyamanan dan keamanan bagi pelaku industri di Batam.

Hadir dalam kegiatan tersebut, Direktur Lalu Lintas Barang Tri Novianta Putra, Plh. Direktur PTSP Evi Bangun, Direktur Promosi dan Humas Budi Santoso, Kasi Penyiapan Media Promosi Ariastuty Sirait.

 

(*)

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Hakim Ingatkan Saksi Prabowo-Sandi agar Tidak Berbelit-belit Saat Berikan Kesaksian

Posted: 18 Jun 2019 09:08 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Hakim kembali ingatkan saksi pertama dari pihak Prabowo-Sandi, Agus Muhammad Maksum, agar memberikan keterangannya dalam sidang sengketa Perselisihan Hasil Pemilihan Umum (PHPU). Hakim Saldi Isra menegur Agus agar tidak menginterpretasi suatu peristiwa saat memberikan kesaksian selama sidang MK.

"Kepada saksi, jawab apa yang ditanya hakim jangan diberi penjelasan ujung pertanyaan itu. Begitu Anda memberikan penjelasan, seolah-olah Anda menjadi menginterpretasi data yang ada itu," tegur Saldi, Jakarta, Rabu (19/6/2019).

Hakim Saldi juga mengingatkan Agus agar tidak berbelit-belit memberikan kesaksian guna memudahkan hakim secara objektif mengkonfrontasi keterangan Agus dengan alat bukti yang telah diajukan.

"Kami perlu data konkret dan Anda itu sebagai apa, sebagai saksi agar lebih gampang mengkonfrontasi membuktikan dengan alat bukti yang diserahkan kepada kami," ujarnya.

Sebelum Hakim Saldi, Hakim Aswanto, juga mengingatkan Agus agar berterus terang saat memberikan kesaksian.

Hakim Aswanto awalnya menanyakan ada tidaknya ancaman atau tekanan terhadap Agus. Kemudian ia menjawab ada ancaman berupa pembunuhan terjadi saat April.

Disinggung ancaman terjadi saat hendak memberikan keterangan di Sidang MK, Agus mengaku tidak ada.

Sikap Agus berulang kali ditegur Hakim Aswanto karena enggan menyebutkan pihak mana saja yang mengetahui ancaman tersebut, pun saat ditanya siapa pengancam kepada dirinya.

"Siapa saja yang tahu Anda diancam?" tanya Hakim Aswanto.

"Saya tidak bisa menyebutkan, tetapi salah satunya Hashim Djojohadikusumo," jawab Agus.

Diminta Berterus-terang

Pria asal Sidoarjo itu bergeming tak mau membeberkan pihak yang mengetahui ancaman tersebut. Berkukuh dengan sikap seperti itu, Hakim Aswanto mengingatkan Agus agar berterus terang dalam memberikan kesaksian.

"Saya ingatkan Pak Agus bisa jelaskan dan menerangkan apa yang Anda ketahui, alami dengar, dengan sebenar-benarnya. Kalau memberikan tidak sebenarnya, mahkamah bisa keliru ambil keputusan. Kalau Anda berikan keterangan tidak sebenarnya bisa kena Pasal 242 KUHP, diancam maksimal 7 tahun penjara. Penyampaian ini juga untuk saksi-saksi lain," ujar Aswanto mengingatkan.

Reporter: Yunita Amalia

Sumber: Merdeka

Saksikan video pilihan berikut ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Kunjungi 196 Negara, Gadis 21 Tahun Ini Pecahkan Rekor Jadi Traveler Termuda

Posted: 18 Jun 2019 09:05 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Siapa yang tak ingin keliling dunia? Bisa berkeliling dunia merupakan impian dari sebagian besar orang. Namun tak banyak yang bisa mewujudkan impian itu. Selain karena keterbatasan waktu, keliling dunia membutuhkan biaya yang tidak sedikit. Belum lagi proses pengajuan visa atau izin masuk ke suatu negara yang terkadang sedikit menyulitkan. 

Karena berbagai hal tersebut banyak orang yang berhenti mewujudkannya dan berhenti dengan sebatas mimpi indah. Tapi tidak untuk gadis asal Nevada, Amerika Serikat yang terlah menjadi traveler sejak usia muda.

Lexie Alford diketahui telah mengunjungi 196 negara di usia yang cukup muda yaitu 21 tahun, seperti yang Liputan6.com lansir dari The Union, Rabu (19/6/2019).

Lexie Alford telah mencetak rekor sebagai orang termuda yang telah mengunjungi hampir semua negara di dunia dalam catatan Guinness World Record.

Tak hanya negara maju dan destinasi wisata populer, ternyata Lexie juga sudah mengunjungi negara-negara berkonflik. Negara ke 196 yang ia kunjungi adalah Korea Utara yang terkenal sulit untuk dikunjungi.

Pada usia 12 tahun sudah mulai menabung untuk traveling

Perjalanan gadis asal Amerika Serikat ternyata dimulai sejak kecil. Orangtua Lexie diketahui mendirikan sebuah agen perjalanan sehingga membuat Lexie mendapatkan kesempatan untuk mengunjungi tempat-tempat eksotis seperti Kamboja, Swiss, dan Hawaii.

Kemudian pada usia 12 tahun dirinya memutuskan untuk mulai menabung agar bisa membiayai keinginannya mengunjungi semua negara berdaulat di Bumi.

Pada umur 18 tahun Lexie tercatat sudang mengunjungi 72 negara. Pada Oktober 2016, dirinya bergerak membuat rencana untuk mengunjungi 124 negara yang tersisa. Hal ini lantaran waktu yang dimilikinya untuk memecahkan rekor dunia tak banyak.

Lexie pun punya daftar negara favorit yang ternyata bukan menjadi favorit traveler. Di antara 196 negara, ternyata ada dua yang jadi favoritnya. Namun, kedua destinasi itu kerap kali dicap berbahaya dan rawan konflik. Hanya saja, beda lagi kalau menurut Lexie.

"Satu tempat favorit saya adalah Angel Falls di venezuela. Saya dan temanku merupakan satu-satunya orang yang camping di Taman Nasional Canaima pada November lalu," ujar Lexie. Selain Venezuela, Lexie juga menyatakan kecintaannya pada Pakistan Utara. Dijelaskan oleh Lexie, ia sangat menyukai keindahan pegunungan dan keramah-tamahan orang-orang di sana.

Menjadi Inspirasi Banyak Orang

View this post on Instagram

Here's 5 interesting facts about Eritrea (for people who've never even heard of this country):⠀⠀⠀⠀⠀⠀⠀⠀⠀⠀⠀⠀⠀⠀⠀ - The country signed a peace treaty in 2018 with Ethiopia, ending a 20 year war.⠀⠀⠀⠀⠀⠀⠀⠀ - 5 1/2 million people live here⠀⠀⠀⠀⠀⠀⠀⠀⠀ - Only 1% of Eritreans have access to the internet.⠀⠀⠀⠀⠀⠀ ⠀⠀⠀⠀⠀⠀⠀⠀⠀ - Their favorite national sport is cycling⠀⠀⠀⠀⠀⠀⠀⠀⠀ - The capital city, Asmara, is known for vintage '30s Italian colonial style buildings which is very unique for this area of Africa. ⠀⠀⠀⠀⠀⠀⠀⠀⠀ This photo was taken at a Tank Graveyard outside Asmara. Do you guys want to see a video from this location?

A post shared by Lexie Alford (@lexielimitless) on

Tentunya dalam semua perjalanan Lexie tak semua berjalan lancar. Dengan status sebagai warga negara AS membuatnya beberapa kali sulit memasuki sejumlah negara tertentu yang tidak punya hubungan diplomatik dengan negaranya.

Meski begitu, Lexie tak pernah menyerah dan selalu berhasil mengatasi kesulitannya. Hebatnya lagi, Lexie mengaku membiayai sendiri perjalanannya.

Ia mengaku hanya mendapat dukungan dana dari sebuah produk yang akan dia endrose dalam perjalanannya. Selain ingin mencetak rekor, Lexie punya alasan lain yang membuatnya melakukan perjalanan berkeliling dunia.

"Aku merasa tertantang setelah mengetahui telah menginspirasi banyak orang, terutama perempuan muda. Aku tertantang untuk menunjukkan kalau dunia tak seseram apa yang diulas di media dan selalu ada kebaikan di mana pun," ungkapnya.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

FOTO: Deretan Topi Unik di Ajang Royal Ascot 2019

Posted: 18 Jun 2019 09:03 PM PDT

Ella Reese berpose dengan topi atau fascinator unik bermotif lebah saat menghadiri ajang pacuan kuda Royal Ascot di Ascot, Inggris, Selasa (18/6/2019). Royal Ascot menjadi ajang bagi wanita Inggris untuk tampil dengan fascinator unik. (AP Photo/Alastair Grant)

Ella Reese berpose dengan topi atau fascinator unik bermotif lebah saat menghadiri ajang pacuan kuda Royal Ascot di Ascot, Inggris, Selasa (18/6/2019). Royal Ascot menjadi ajang bagi wanita Inggris untuk tampil dengan fascinator unik. (AP Photo/Alastair Grant)

Model fashion Jodie Kidd berpose dengan topi atau fascinator unik bermotif bulu saat menghadiri ajang pacuan kuda Royal Ascot di Ascot, Inggris, Selasa (18/6/2019). Royal Ascot menjadi ajang bagi wanita Inggris untuk tampil dengan fascinator unik. (AP Photo/Alastair Grant)

Model fashion Jodie Kidd berpose dengan topi atau fascinator unik bermotif bulu saat menghadiri ajang pacuan kuda Royal Ascot di Ascot, Inggris, Selasa (18/6/2019). Royal Ascot menjadi ajang bagi wanita Inggris untuk tampil dengan fascinator unik. (AP Photo/Alastair Grant)

Seorang wanita mengenakan topi atau fascinator unik bermotif bunga saat menghadiri ajang pacuan kuda Royal Ascot di Ascot, Inggris, Selasa (18/6/2019). Royal Ascot menjadi ajang bagi wanita Inggris untuk tampil dengan fascinator unik. (AP Photo/Alastair Grant)

Seorang wanita mengenakan topi atau fascinator unik bermotif bunga saat menghadiri ajang pacuan kuda Royal Ascot di Ascot, Inggris, Selasa (18/6/2019). Royal Ascot menjadi ajang bagi wanita Inggris untuk tampil dengan fascinator unik. (AP Photo/Alastair Grant)

Chase Spranklin (tengah) bersama Aly Oraeno (kiri) dan Olivia Manzanero asal Amerika Serikat mengenakan topi atau fascinator unik saat menghadiri ajang pacuan kuda Royal Ascot di Ascot, Inggris, Selasa (18/6/2019). (AP Photo/Hibah Alastair)

Chase Spranklin (tengah) bersama Aly Oraeno (kiri) dan Olivia Manzanero asal Amerika Serikat mengenakan topi atau fascinator unik saat menghadiri ajang pacuan kuda Royal Ascot di Ascot, Inggris, Selasa (18/6/2019). (AP Photo/Hibah Alastair)

Duchess of Cambridge Kate Middleton mengenakan topi atau fascinator unik dengan bunga saat menghadiri ajang pacuan kuda Royal Ascot di Ascot, Inggris, Selasa (18/6/2019). Royal Ascot menjadi ajang bagi wanita Inggris untuk tampil dengan fascinator unik. (AP Photo/Alastair Grant)

Duchess of Cambridge Kate Middleton mengenakan topi atau fascinator unik dengan bunga saat menghadiri ajang pacuan kuda Royal Ascot di Ascot, Inggris, Selasa (18/6/2019). Royal Ascot menjadi ajang bagi wanita Inggris untuk tampil dengan fascinator unik. (AP Photo/Alastair Grant)

Putri Inggris Eugenie (kiri) dan Putri Beatrice mengenakan topi atau fascinator unik saat menghadiri ajang pacuan kuda Royal Ascot di Ascot, Inggris, Selasa (18/6/2019). Royal Ascot menjadi ajang bagi wanita Inggris untuk tampil dengan fascinator unik. (Mike Egerton/PA via AP)

Putri Inggris Eugenie (kiri) dan Putri Beatrice mengenakan topi atau fascinator unik saat menghadiri ajang pacuan kuda Royal Ascot di Ascot, Inggris, Selasa (18/6/2019). Royal Ascot menjadi ajang bagi wanita Inggris untuk tampil dengan fascinator unik. (Mike Egerton/PA via AP)

Ratu Inggris Elizabeth II (kiri) dan Ratu Belanda Maxima mengenakan topi atau fascinator unik saat menghadiri ajang pacuan kuda Royal Ascot di Ascot, Inggris, Selasa (18/6/2019). Royal Ascot menjadi ajang bagi wanita Inggris untuk tampil dengan fascinator unik. (AP Photo/Alastair Grant)

Ratu Inggris Elizabeth II (kiri) dan Ratu Belanda Maxima mengenakan topi atau fascinator unik saat menghadiri ajang pacuan kuda Royal Ascot di Ascot, Inggris, Selasa (18/6/2019). Royal Ascot menjadi ajang bagi wanita Inggris untuk tampil dengan fascinator unik. (AP Photo/Alastair Grant)

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Rahasia Tubuh Langsing Adele hingga Nyaris Tak Dikenali

Posted: 18 Jun 2019 09:02 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Penyanyi Adele selama ini lekat dengan citra tubuh bongsor. Namun baru-baru ini, perempuan asal Inggris tersebut tampil dengan tubuh langsing yang membuatnya nyaris tak dikenali.

Pada 16 Juni 2019, pelantun lagu All I Ask tersebut baru saja menghadiri konser reuni girl group yang terakhir ditontonnya 21 tahun lalu di Wembley Stadium. Adele yang mengenakan setelan hitam-hitam tersebut tak bisa menyembunyikan rasa senangnya dengan teman-temannya.

"Bukan rahasia lagi bahwa aku mencintai mereka, bagaimana mereka menginspirasiku menjalani kehidupanku dan tidak pernah melihat ke belakang," tulis ibu satu anak tersebut.

Dengan berat badan yang menurun, pipi chubby Adele juga semakin tirus. Hal itu terlihat nyata saat ia berfoto bersama dengan salah satu anggota grup Spice Girls, Geri Halliwell, yang diunggah ke akun Instagramnya @adele.

Dilansir dari Daily Mail, rahasia penampilan terbaru Adele adalah pada olahraga yang dijalani rutin bersama salah satu teman baiknya, Ayda Fields. Ia ternyata mengikuti kelas pilates di Reformer Pilates.

Seorang sumber mengatakan kepada The Sun bahwa Adele menikmati kesendiriannya dan prioritasnya saat ini adalah menjadi ibu bagi Angelo, anak semata wayangnya. Untuk mengisi hari-harinya setelah berpisah dari suaminya, ia pun berolahraga.

Manfaat Pilates

Geri Halliwell dan Adele (dok. Instagram @adele/https://www.instagram.com/p/BywUqnaC4h-/Putu Elmira)

Sumber tersebut menyebutkan Adele menyukai kebiasaan barunya yang dinilai berhasil untuk memberi manfaat bagi tubuhnya. Namun, penurunan berat badan adalah bonus dari olahraga yang dijalani.

"Teman-temannya sangat senang ia berhasil menurunkan berat badan dan tidak ada yang lebih baik dari perasaan yang baik yang didapatkan setelahnya. Dia (Adele) mendapatkan kenyamanan hidup," ujarnya.

Diketahui, kelas Reformer Pilates yang dijalani Adele membantu meningkatkan postur, fleksibilitas, dan keseimbangan, selain juga menjadi cara yang baik untuk menurunkan berat badan. Banyak selebritas yang melakukannya, termasuk di antaranya Kate Winslet, Madonna, dan Jennifer Aniston.

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Kementerian PUPR Siapkan Rumah dengan Harga Terjangkau Buat Milenial

Posted: 18 Jun 2019 09:02 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) melalui Direktorat Jenderal Penyediaan Perumahan terus mendorong para generasi milenial untuk dapat memiliki rumah yang layak huni. Diperkirakan pada 2019 ini sebanyak 81 juta milenial di Indonesia menjadi potensi bagi pasar perumahan.

Direktur Jenderal Penyediaan Perumahan Kementerian PUPR Khalawi Abdul Hamid mengungkapkan, salah satu permasalahan yang akan dihadapi generasi milenial di masa mendatang adalah tantangan dalam mendapatkan rumah.

Menurut Khalawi, adanya kenaikan harga rumah yang terus naik tentunya mempengaruhi daya jangkau kaum milenial serta hambatan dalam memperoleh subsidi di sektor perumahan.

"Pemerintah saat ini sedang mengupayakan penyediaan perumahan bagi seluruh masyarakat Indonesia, termasuk para generasi milenial melalui Program Satu Juta Rumah," ujar dia saat membuka acara Indonesia Housing Forum di Hotel Grand Sahid Jaya, Jakarta, Rabu (19/6/2019).

Berdasarkan data yang ada, generasi milenial merupakan generasi yang secara umum lahir antara periode 1980 hingga awal tahun 2000-an. Kaum milenial merupakan populasi dengan segmentasi yang luas dan tersebar di setiap kelas sosial dan budaya.

Saat ini, jumlah penduduk generasi milenial diperkirakan sebanyak 30 persen dari jumlah penduduk warga negara Indonesia. Pada 2020, diperkirakan jumlahnya akan melonjak hingga sekitar 60 persen dari total populasi Indonesia.

Pertumbuhan populasi generasi milenial yang terus bergerak naik turut beriringan dengan meningkatnya kebutuhan akan perumahan yang layak huni, berkualitas, serta terjangkau di masa mendatang.

 

Hunian Sewa

Aktivitas pekerja menggunakan elevator menyelesaikan pembangunan apartemen atau hunian vertikal di Jakarta, Selasa (16/4). Data Colliers International mencatat pada kuartal I-2019 tambahan pasokan apartemen sebanyak 1.847 unit. (merdeka.com/Iqbal S. Nugroho)

Khalawi melanjutkan, milenial saat ini pada umumnya lebih memprioritaskan hunian sewa di pusat kota seperti apartemen yang terintegrasi dengan simpul transportasi umum dan memiliki kemudahan dalam akses internet. Hal tersebut beriringan dengan karakter milenial yang merupakan generasi konsumtif dan bergantung pada pola hidup digital.

"Tapi saya kira rumah sewa itu paling tepat untuk mereka. Di pusat-pusat kota, karena mereka dinamis, konsumtif, dan pinginnya yang full WiFi. Jadi mereka kehidupannya yang seperti itu," ujar dia.

Dia berharap, Kementerian PUPR melalui Program Satu Juta Rumah bisa menjangkau kebutuhan kaum milenial sebagai generasi penerus bangsa ke depannya.

"Saya juga berharap generasi milenial dapat memberikan masukan atas inovasi kebijakan terutama terkait skema penyediaan perumahan yang berguna bagi penyediaan perumahan layak huni untuk MBR dan generasi milenial," tandasnya.

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Kemendes PDTT: Program Prukades Bisa Mempercepat Pertumbuhan Ekonomi di Desa.

Posted: 18 Jun 2019 09:02 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Kementerian Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi (Kemendes PDTT) terus mendorong pemerintah daerah dan dunia usaha untuk mengembangkan program Produk Unggulan Kawasan Pedesaan (Prukades). Pasalnya, dengan program Prukades ini bisa mempercepat pertumbuhan ekonomi di desa.

Hal itu disampaikan Menteri Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi Eko Putro Sandjojo dalam Focus Group Discussion (FGD) revitalisasi kemitraan program Prukades pada Selasa (18/6) malam di Hotel Grand Sahid Jakarta.

Menurutnya, model prukades terus didorong dan diarahkan karena desa dinilai tidak bisa berkembang karena masyarakat desa yang mayoritas berada disektor pertanian tidak bisa memperoleh pendapatan yang lebih baik karena tidak ada sarana pasca panennya. Sedangkan, sarana pasca panen bisa masuk ke desa jika hasil produk dari desa memiliki skala ekonomi yang besar.

"Dengan model prukades ini, sejumlah kementerian terkait akan memberikan dukungan bagi pengusaha maupun perbankan supaya lebih mudah untuk masuk ke desa. dengan model prukades ini semua diuntungkan. Pertumbuhan ekonomi meningkat, pendapatan masyarakat bertambah begitu juga dengan dunia usaha yang selain dapat meraih keuntungan juga dapat terus mengembangkan usahanya didesa-desa," katanya.

lebih lanjut eko menambahkan bahwa peran dunia usaha penting untuk turut membantu meningkatkan pertumbuhan ekonomi didesa-desa. Apalagi, dunia usaha tersebut bisa bekerjasama dengan Badan Usaha Milik Desa (BUMDes) dalam mengembangkan usahanya didesa.

Eko optimis dengan model prukades yang dikembangkan didesa akan dapat mengurangi desa tertinggal dan dapat menjadi salah satu faktor dalam mengentaskan kemiskinan serta mengurangi tingkat pengangguran di pedesaan.

"Model prukades inilah yang terus kita dorong dan kembangkan. karena saya yakin pertumbuhan ekonomi didesa akan cepat sekali. Bahkan, pengentasan desa tertinggal dan pengurangan angka kemiskinan serta penurunan angka stunting akan menjadi lebih cepat dengan model prukades ini," katanya.

 

(*)

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Gara-Gara Rem Tangan, Toyota Avanza Nyemplung ke Laut

Posted: 18 Jun 2019 09:02 PM PDT

Liputan6.com, Merak - Saat memarkirkan kendaraan bermotor, khususnya mobil pengendara diimbau untuk selalu memperhatikan kondisi lahan yang digunakan sehingga penggunaan rem tangan bisa digunakan apabila diperlukan.

Jangan sampai kendaraan terparkir justru mengalami kecelakaan yang bisa dicegah seperti dilansir akun Instagram @newdramaojol.id, Rabu (19/6/2019).

Sebuah mobil Avanza baru-baru ini viral di media sosial karena tercebur ke dalam laut. Bukan dalam keadaan berkendara, mobil tersebut mengalami kecelakaan saat sedang parkir.

Melalui caption, diketahui mobil tersebut berada di atas kapal saat hendak melakukan perjalanan dari Bakaheuni menuju Merak. Tak menggunakan rem tangan, mobil tersebut akhirnya mundur dan menabrak pagar sebelum tercebur ke laut.

Hal ini tersebut sebaiknya menjadi imbauan untuk selalu memperhatikan kendaraan yang digunakan meskipun dalam kondisi terparkir. Dan jangan lupa untuk menggunakan rem tangan.

 

Terlalu Lama Gunakan Rem Tangan, Ini Risikonya

Rem tangan atau parkir berfungsi membantu kendaraan untuk berhenti dengan aman saat sedang terparkir. Aktifnya rem bagian belakang pada kendaraan memang efektif mencegah kendaraan bergerak ketika berhenti.

Namun, tak banyak pemilik kendaraan yang tahu bila rem tangan yang diaktifkan terlalu lama berisiko menimbulkan masalah mengerikan, yakni lepasnya kampas rem dari pelat atau besi penyangganya.

 

 
 

 

Masalah kampas rem lepas biasanya sangat rentan menyerang ban belakang yang menggunakan jenis tromol. Hal itu dikarenakan rem belakang berjenis tromol memiliki bidang kontak yang lebih panjang dibandingkan dengan rem cakram.

Lalu, kenapa kampas rem bisa lepas dari besi penyangganya?

Ketika rem tangan aktif, kampas rem akan terus menempel dengan tromol atau piringan cakram. Jika dibiarkan terlalu lama, kampas rem berisiko lengket menempel pada tromol atau piringan cakram.

 
Cara Mencegah

Jika dipaksa melaju, kampas rem berisiko lepas dan akan sangat berbahaya jika kendaraan tengah dikendarai. Risiko akan semakin tinggi jika pengendara mengaktifkan rem tangan dalam waktu lama dengan kondisi masih basah.

Jadi ada baiknya, ban mobil cukup diganjal saja dengan balok atau tire stopper jika memang kendaraan akan ditinggal lama. Memang butuh waktu yang lama untuk kampas rem menjadi lengket dengan tromol, namun akan lebih baik mencegah daripada rusak dan akhirnya keluar biaya untuk ke bengkel.

 

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Jadwal Shopee Liga 1 2019 Siaran Langsung Akhir Pekan Ini

Posted: 18 Jun 2019 09:00 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Shopee Liga 1 2019 masih akan bergulir akhir pekan ini. Empat tim akan saling jegal untuk meraih poin penuh pada pekan keempat.

Semen Padang akan menjamu Perseru Badak Lampung di Stadion Haji Agus Salim, Jumat (21/6/2019). Tim Urang Awak -julukan Semen Padang- belum pernah meraih kemenangan dari tiga pekan sebelumnya.

Tim promosi dari Liga 2 ini meraih dua hasil imbang dan sekali kalah. Tak heran, poin penuh pun menjadi target Semen Padang saat menjamu Badak Lampung.

Peluang Semen Padang meraih tiga poin perdana di Shopee Liga 1 2019 cukup terbuka. Pasalnya, materi pemain Badak Lampung di atas kertas tak jauh berbeda.

Secara peringkat, kedua tim pun berada di papan bawah. Semen Padang di peringkat ke-14, sementara Badak Lampung di peringkat ke-12.

Selain pertandingan Semen Padang vs Badak Lampung, ada pertandingan lain yang juga tak kalah seru. Berikut jadwal pertandingan Shopee Liga 1 2019 selengkapnya.

 

Jadwal Shopee Liga 1

PSS Sleman akan bertemu Bhayangkara FC . (Bola.com/Yoppy Renato)

Jumat 21 Juni 2019

15.30 WIB, PSS Sleman vs Bhayangkara

Stadion Maguwoharjo

Live Indosiar

 

18.30 WIB, Semen Padang vs Badak Lampung,

Stadion Haji Agus Salim

Live O Channel

Saksikan video menarik di bawah ini.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Animator Indonesia Pinot Berbagi Cerita Hadapi Suhu Panas Ekstrem di Kuwait

Posted: 18 Jun 2019 09:00 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Kuwait sempat dilanda suhu panas yang ekstrem beberapa hari yang lalu. Bahkan, pada Sabtu lalu, surat kabar Al Qabas melaporkan udara di sana mencapai 52,2 derajat Celsius di pagi hari dan 63 derajat Celsius di bawah sinar matahari.

Sebagai seorang warga negara Indonesia yang sempat menetap di Kuwait, Wahyu Ichwandardi atau sering disapa Pinot, mengungkapkan bahwa masyarakat sudah terbiasa dengan suhu udara yang ekstrem.

"Suhu di Kuwait bisa sangat ekstrem. Jika musim panas mencapai 50 derajat Celsius, maka saat musim dingin mencapai -5 derajat Celsius terutama di gurun," kata Pinot saat dihubungi Health Liputan6.com melalui surel, ditulis Rabu (19/6/2019).

Bahkan, masyarakat tetap melakukan berbagai kegiatan sehari-hari meski cuaca cukup ekstrem seperti suhu panas. Sekalipun pemerintah sudah membatasi berbagai kegiatan luar ruangan terutama pekerjaan konstruksi.

Tips Hadapi Suhu Panas

Ilustrator Wahyu

"Walau dibatasi, tetap saja ada pekerjaan-pekerjaan berat yang masih dilakukan di luar ruangan," kata pria yang saat ini menetap di New York City, Amerika Serikat.

Pinot mengatakan, saking terbiasanya, masyarakat sering melakukan aktivitas seperti piknik atau membakar barbeque saat musim dingin. Mereka biasanya pergi ke taman atau pantai, dengan memakai sweater atau jaket agar tidak kedinginan.

Sementara, untuk menghadapi udara panas, Pinot mengatakan bahwa agar bisa bertahan dari cuaca tersebut, rajinlah mengukur kapasitas tubuh. Menurutnya, cara semacam ini bisa dipelajari bagi orang Indonesia ketika harus berhadapan dengan suhu panas yang ekstrem.

"Kurangi kegiatan yang melelahkan dan banyak minum," kata pria yang dikenal lewat trailer Star Wars: The Last Jedi dalam tampilan animasi retro tersebut.

Awal Merantau Lebih Sering di Ruangan Ber-AC

Jangan menurunkan suhu di bawah 22 derajat / Sumber: iStockphoto

Ayah tiga anak ini sendiri mengakui bahwa awal dirinya dan keluarga merantau ke Kuwait, mereka lebih memilih berdiam diri di ruangan berpendingin saat suhu mencapai 50 derajat Celsius. Namun kelamaan, mereka jadi terbiasa.

"Bahkan sanggup piknik makan bakso dan ketoprak di taman dengan suhu 50 derajat Celsius," katanya.

Dalam tulisan di blog-nya, pinodita.blogspot.com pada 2014, Pinot mengungkapkan bahwa berada di suhu 50 derajat Celsius seperti berada di samping blower yang menyemprot angin panas. Namun, itu tidak menyurutkan mereka untuk menghadiri sebuah kegiatan di taman.

Selain suhu panas dan dingin ekstrem, Pinot juga mengungkapkan ada juga musim peralihan atau sarayat season.

Biasanya, pada Maret sampai April jelang musim panas dan September sampai Oktober jelang msum dingin, akan terjadi badai gurun, hujan es batu, badai petir, hingga kelembapan tinggi yang mungkin terjadi bersamaan.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Kata Psikolog soal Tontonan Mesum Gocengan Pasutri di Tasikmalaya

Posted: 18 Jun 2019 09:00 PM PDT

Liputan6.com, Tasikmalaya - Kasandra Putranto, seorang psikolog mengungkapkan ada dua fenomena yang harus menjadi perhatian semua pihak terkait kasus pasangan suami istri (pasutri) yang mempertontonkan adegan ranjangnya kepada anak-anak di Tasikmalaya.

"Fenomena pertama, soal anak-anak yang tertarik, bahkan bertahan menonton dan berpotensi kecanduan," kata Kasandra dikutip Antara, Rabu (19/6/2019).

Menurut Kasandra, anak-anak yang menonton adegan ranjang suami istri itu bisa kecanduan karena mereka merasa perasaan senang yang ditandai dengan produksi dopamin dan endorfin di dalam mereka.

Ia mengatakan harus ada pemeriksaan lanjutan dan intervensi kepada anak-anak yang menonton adegan tersebut, upaya ini guna mengetahui bagaimana kondisi psikologis anak usai tontonan tersebut.

"Untuk mengetahui kondisi dampak dan menentukan intervensi apa yang diperlukan," kata mantan finalis Abang None Jakarta tahun 1989 ini.

Ibu dua anak ini mengikuti perkembangan pemberitaan kasus pasutri Tasikmalaya yang mempertontonkan hubungan ranjang suami istri kepada sejumlah anak bawah umur.

Menurut dia, perbuatan tersebut sebagai bentuk kejahatan yang sangat mengkhawatirkan, terutama dengan adanya kemajuan teknologi saat ini, yakni munculnya predator seks yang merusak anak ada di mana-mana.

"Dampak ke anak-anak bisa sangat beragam. Mulai dari kecanduan sampai meniru," kata psikolog klinis dan forensik lulusan Universitas Indonesia ini.

Kasandra mengingatkan kondisi itu dapat mendorong kecanduan dan bahkan menumbuhkan keinginan untuk melakukan hal yang sama, sementara kapasitas pengambilan keputusan mereka (anak) masih sangat terbatas dan mereka tidak mampu mempertimbangkan dampaknya.

Untuk mencegah hal ini, Kasandra menyebutkan perlu pengawasan ketat para orang tua dalam mengawasi kegiatan anaknya sehari-hari.

Fenomena kedua, lanjut dia, adalah para pelaku. Selain pasangan suami istri E (25) dan L (24) memiliki perilaku seks menyimpang yang menikmati adanya penonton, mereka juga melakukan pelanggaran terhadap UU pornografi dan pornoaksi serta UU perlindungan anak.

Kepolisian Resor Tasikmalaya telah mengamankan pasutri E dan L atas laporan masyarakat terkait dugaan mempertontonkan hubungan suami istri kepada sejumlah anak.

Hasil penyelidikan KPAID Tasikmalaya, ada sekitar lima hingga enam orang anak yang menonton adegan tersebut yang masih berusia belasan tahun.

Anak-anak menyaksikan langsung adegan tersebut di rumah pelaku di Kecamatan Kadipaten, Kota Tasikmalaya, Jawa Barat. Anak-anak tersebut merupakan tetangga pelaku.

Informasinya anak-anak yang menonton adegan tersebut tidak gratis, mereka membayar dengan uang dan makanan, yakni uang lima ribu rupiah, kopi serta rokok.

Kepada petugas kepolisian setempat pasutri itu tidak mengakui perbuatannya. Menurut Kasandra, hal ini perlu ada bukti, apakah ada ajakan verbal, pesan langsung atau tidak langsung atau rekaman bahkan kesaksian.

"Harus ada pemeriksaan psikologis lengkap dan intervensi kepada pasutri ini. Dilakukan oleh psikolog forensik untuk mengetahui kondisi psikologis keduanya," kata dia.

Kasandra mengatakan tindakan yang dilakukan pasutri tersebut sebagai kejahatan yang tidak bisa didiamkan. Untuk mengatahui hukum apa yang dapat dijatuhkan kepada keduanya dilihat dari jenis pelanggaran hukum apa yang telah dilakukannya.

"Saya harus memeriksa untuk menganalisa perbuatan apa saja yang melanggar hukum dan UU yang dilanggar dan sanksinya, apakah UU perlindungan anak atau pornografi," kata Kasandra.

 

 

Simak juga video pilihan berikut ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Pameran Pariwisata Terbesar Bali and Beyond Travel Fair Digelar 25-29 Juni

Posted: 18 Jun 2019 09:00 PM PDT

Liputan6.com, Nusa Dua Pameran pariwisata terbesar Bali and Beyond Travel Fair (BBTF) akan kembali hadir. Kali ini, event akan digelar 25-29 Juni 2019. Kegiatan yang sudah ke-6 kalinya ini digelar di Bali Nusa Dua Convention Center (BNDCC).

Acara tahunan bertaraf international ini diselenggarakan oleh Bali Chapter of the Indonesian Association of Tours & Travel Agencies (ASITA-Bali). Event ini juga didukung Kementerian Pariwisata (Kemenpar) dan berbagai stakeholders. BBTF adalah ajang pertemuan business to business dalam industri pariwisata nasional dan internasional.

Tahun ini, tema yang diangkat "Journey to Sustainable Tourism" atau "Perjalanan Menuju Pariwisata Berkelanjutan".

"Tema yang mencerminkan keterlibatan industri pariwisata Indonesia. Untuk melestarikan dan melindungi budaya berciri khas dan lingkungan alamnya sebagai tanggung jawab besama," ujar Ketua Komite BBTF & Ketua ASITA Bali, I Ketut Ardana, Senin (17/6).

Bali Nusa Dua Convention Center (BNDCC) kembali menjadi pendukung dan tempat penyelenggaraan BBTF tahun 2019 ini. Berlokasi di Kompleks Nusa Dua yang dioperasikan secara profesional oleh salah-satu BUMN, Indonesian Tourism Development Corporation (ITDC).

ITDC juga dikenal sebagai destinasi berkelas bagi sekitar 5.000 kamar hotel-hotel berbintang. Serta berbagai tempat makan, belanja, dan hiburan, dan lapangan golf untuk kejuaraan 18-hole golf-course yang keseluruhannya tersebar di sepanjang pantai berpasir putih bersih.

"Seperti kesuksesan acara tahun lalu, BBTF 2019 ditargetkan mampu menarik lebih dari 200 sellers baik dari Bali, Indonesia secara keseluruhan maupun dari luar negeri. Diharapkan pula sekitar 300 buyers telah turut mendaftar dimana tercatat 289 buyers dari 57 negara dan 213 sellers telah terdaftar menjelang 1,5 bulan sebelum BBTF 2019 dimulai," ungkap I Ketut Ardana.

Ia menambahkan, untuk buyers tahun 2019 ini paling banyak berasal dari Eropa. Terutama dari Inggris, diikuti oleh Perancis, Belanda, Italia, Jerman dan Eropa Timur seperti Bulgari, Estonia, Polandia dan Rusia.

"Buyers yang memenuhi syarat diberikan insentif. Yang mencakup harga tiket pesawat bersubsidi, akomodasi, perjamuan dan penawaran harga khusus pada serangkaian perjalanan pre and post fair familiarization di Bali, dan tujuan wisata lainnya selain tempat liburan populer di Indonesia," jelasnya.

Mencatat pencapaian transaksi BBTF tahun lalu, acara ini dimaksudkan untuk benar-benar dapat mempromosikan "Bali and Beyond". Dengan destinasi, provinsi Indonesia, dan produk perjalanan dari luar Bali agar bergabung dengan acara promosi pariwisata B2B yang semakin populer.

BBTF 2019 akan dibuka dengan makan malam sebagai sambutan, Rabu (26/6) malam. Dan ditutup dengan acara makan malam pada Jumat (28/6/) malam. Acara ini disponsori oleh Indonesian Tourism Development Corporation (ITDC), Bali Nusa Dua Convention Center (BNDCC), Garuda Wisnu Kencana (GWK), Solusi Surya Deswata, dan Starbuck Coffee.

Deputi Bidang Pengembangan Pemasaran I Kementerian Pariwisata Rizki Handayani mengungkapkan, BBTF tetap diminati oleh pelaku industri pariwisata Bali. Event ini adalah tempat untuk mengenalkan produk-produknya kepada tour operator (TO) dari luar negeri. Pasalnya, setiap tahun penyelenggaraan event promosi pariwisata berkelas internasional tersebut mampu mendatangkan ratusan TO potensial dari sejumlah negara.

Rizki mengungkapkan, TO yang hadir pada setiap promosi pariwisata tahunan ini merupakan travel agent luar negeri yang membawa puluhan ribu wisatawan ke Bali.

"Sehingga BBTF tempat yang tepat bagi industri pariwisata Bali dan sekitarnya untuk mempromosikan produk wisatanya. Karena yang hadir memang pembeli atau TO yang potensial," kata Rizki.

Hal senada dikatakan Asisten Depduti Bidang Pengembangan Pemasaran I Regional III Kemenar Muh. Ricky Fauziyani. BBTF menguraikan komitmen pemerintah untuk menempatkan Pariwisata sebagai tulang punggung ekonomi di banyak tujuan baru di Indonesia.

Bali sebagai pusat kegiatan untuk memamerkan, dan perhatian diarahkan ke-4 destinasi baru sebagai prioritas. Ada Mandalika di Pulau Lombok, Danau Toba di Sumatera Utara, Borobudur di Jawa Tengah, dan Komodo Labuan Bajo di Flores yang sudah siap dengan infrastruktur, aksesibilitas, atraksi, fasilitas, dan sumber daya manusia.

"Oleh karena itu setelah acara BBTF berakhir nanti, semua buyers dan sellers akan diajak untuk mengikuti kegiatan Post-Tour dengan beberapa pilihan destinasi," ujar Ricky.

Dari sisi pariwisata digital, tren teknologi yang berkembang sangat pesat saat ini diyakini akan memberikan pengaruh besar dalam dunia pariwisata Indonesia di masa depan. Sebagai upaya untuk mengikuti perkembangan era digital saat ini, BBTF menggunakan pendaftaran, basis data, dan kehadiran dalam sistem berbasis cloud sehingga semua peserta, baik pembeli dan penjual, dapat melakukan transaksi bisnis sesuai dengan jadwal mereka.

"Dari laporan akhir pada sistem ini diharapkan dapat membantu BBTF dalam menyaring dan menentukan market segmen tahun mendatang. Sehingga dapat dipastikan bahwa BBTF 2019 akan lebih terorganisir dengan sistematis dan sangat canggih," ungkapnya.

Menteri Pariwisata Arief Yahya mengatakan, keberhasilan BBTF sejak diluncurkan mewakili sinergi Pentahelix yang digencarkan Kemenpar. Bali sebagai pusat kegiatan dan panggung untuk mempromosikan atau menampilkan tempat tujuan lain.

"Kementerian Pariwisata jelas mendukung BBTF, dengan rekam jejaknya yang luar biasa dan kinerja yang terbukti sebagai pameran travel terkemuka di Indonesia," kata Menpar Arief Yahya.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Konvoi Pangeran William dan Kate Middleton Celaka, Seorang Nenek Kritis

Posted: 18 Jun 2019 09:00 PM PDT

Liputan6.com, London - Seorang nenek menjadi korban kecelakaan yang melibatkan konvoi kendaraan pengawalan Pangeran William dan Kate Middleton saat mereka bepergian dari London ke Istana Windsor pada Senin 17 Juni 2019 waktu lokal.

Perempuan berusia 83 tahun itu dikabarkan terluka serius dan harus dirawat di rumah sakit, demikian seperti dilansir BBC, Rabu (19/6/2019).

Kecelakaan itu melibatkan sepeda motor polisi yang mengawal konvoi pasutri Kerajaan Inggris. Kepolisian setempat kemudian menyelidiki insiden kecelakaan lalu lintas tersebut.

Istana Kensington mengatakan bahwa Pangeran William dan Kate Middleton "sangat prihatin dan sedih" dan telah berhubungan dengan sang nenek.

Lansia itu, yang dikenal bernama Irene, dibawa ke rumah sakit dalam kondisi kritis setelah tabrakan di Upper Richmond Road di Richmond, London barat daya sekitar pukul 12:50 BST pada 17 Juni --Istana Kensington melaporkan.

Meski kritis, nenek itu dilaporkan dalam kondisi stabil.

Seorang juru bicara Istana Kensington mengatakan: "Yang Mulia telah mengirimkan doa terbaik mereka kepada Irene dan keluarganya dan akan tetap berhubungan sepanjang setiap tahap pemulihannya."

Duke dan Duchess of Cambridge, Pangeran William dan Kate, juga telah mengirim bunga kepada lansia itu.

Penyelidikan

Duchess of Cambridge Kate Middleton bersama suaminya Duke of Cambridge Pangeran William mengenakan payung saat menghadiri ajang pacuan kuda Royal Ascot di Ascot, Inggris, Selasa (18/6/2019). (ADRIAN DENNIS/AFP)

Komisi pengawasan kepolisian Inggris (IOPC) mengatakan pihaknya sedang menyelidiki keadaan tabrakan setelah itu dirujuk kepada mereka oleh The Met London sebagaimana "prosedur" yang berlaku.

Seorang juru bicara IOPC mengatakan: "Staf kami menghadiri tempat kejadian dan setelah pertimbangan yang cermat, kami telah meluncurkan penyelidikan independen.

"Investigasi masih dalam tahap awal dan petugas yang terlibat membantu penyelidikan kami sebagai saksi.

"Pikiran langsung kami adalah dengan wanita yang terluka dan keluarganya dan mereka yang terkena dampak insiden itu."

Pangeran William dan Kate sedang dalam perjalanan menuju Windsor untuk mengikuti kebaktian Kapel St George dalam rangka peringatan Ordo Garter, ketika kecelakaan itu terjadi.

Kecelakaan yang Melibatkan Keluarga Kerajaan

Suami Ratu Elizabeth, Pangeran Philip genap berusia 98 (Dok.Instagram/@kensingtonroyal/https://www.instagram.com/p/Byhf69Zlto8/Komarudin)

Ini bukan pertama kalinya anggota keluarga Kerajaan Inggris terlibat dalam kecelakaan lalu lintas.

Pada Januari 2018, suami Ratu Elizabeth II, Pangeran Philip (98) terlibat dalam tabrakan mobil saat mengemudi di dekat perkebunan Ratu Sandringham.

Land Rover Freelander sang Duke of Edinburgh terbalik setelah bertabrakan dengan mobil Kia saat ia keluar di Jalan A149 di Norfolk, Inggris. Philip tidak terluka, namun korban menyatakan kekecewaan pada sikap keluarga kerajaan yang tidak beriktikad baik untuk segera meminta maaf.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Top 3: Deretan Penemuan yang dapat Menyelamatkan Laut dari Kerusakan

Posted: 18 Jun 2019 09:00 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Saat ini sampah plastik tak hanya kita temui di daratan tetapi juga hingga ke laut. Ada begitu banyak kasus hewan laut yang mati lantaran menelam atau memakan sampah plastik yang ada di laut.

Hal ini membuat banyak organisasi dan pihak melakukan kampanye untuk mengurangi sampah dan kerusakan laut di berbagai belahan dunia. Hal ini bisa dilihat dari berbagai penemuan unik yang mampu membantu menyelamatkan laut dari kerusakan.

Artikel tentang deretan penemuan yang dapat menyelamatkan laut dari kerusakan ini menjadi yang terpopuler di kanal Citizen6, Liputan6.com. Diikuti oleh artikel tentang kebiasaan marah yang dapat membuat seseorang menjadi lebih gemuk.

Sementara artikel terpopuler ketiga tentang fakta-fakta menarik film X-Men: Dark Phoenix yang perlu kalian tahu.

Berikut Top 3 Citizen6:

1. 6 Penemuan yang dapat Menyelamatkan Laut dari Kerusakan

Doc: Facebook.com/Cleaner Oceans - Project SeaVax

Sebanyak 5,25 triliun keping plastik mengambang di laut. Tak heran, banyak yang mulai kehilangan kepercayaan untuk melihat air bersih.

Tapi banyak pula yang bekerja keras untuk memperbaiki kerusakan yang telah dilakukan manusia terhadap laut dan hewan laut. Melansir dari Brightside.me, berikut penemuan yang dapat menyelamatkan laut dari kerusakan.

Selengkapnya...

2. Marah-Marah Bisa Membuatmu Gemuk, Ini Alasannya

Ilustrasi Orang Marah (iStockphoto)​

Marah-marah tak hanya membuatmu berada dalam suasana hati yang buruk. Ini tidak sesederhana kelihatannya. Salah satu efek samping dari marah -marah ternyata adalah penambahan berat badan berlebih.

Saat kamu marah, manifestasinya ternyata tak hanya dalam keadaan emosional, tapi juga dalam proses kimiawi tubuh kita. Ketika kita marah, adrenalin dilepaskan. Ini berfungsi untuk membuat kita siap untuk "bertarung atau lari." Ini membuat kita aktif dan menyebabkan cemas.

Selengkapnya...

3. Sudah Tayang di Bioskop, Ini Dia 7 Fakta Menarik X-Men: Dark Phoenix

X-Men: Dark Phoenix. (20th Century Fox)

Untuk Anda para penggemar film X-Men jangan khawatir karena seri terbaru dari film X-Men, yaitu X-Men: Dark Phoenix sedang tayang mulai 7 Juni 2019 di bioskop.

Dark Phoenix akan melengkapi Franchise X-Men yang sudah berjalan selama kurang lebih 19 tahun. Dalam film ini akan menampilkan dan lebih fokus pada seorang Jean Grey yang mempunyai kekuatan sang Dark Phoenix.

Selengkapnya...

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Amora Lemos Jadi Penyanyi, Krisdayanti Siapkan Dua Hal Ini

Posted: 18 Jun 2019 09:00 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Krisdayanti sedang bungah. Putrinya, Amora Lemos, mengikuti jejaknya menjadi penyanyi profesional. Pekan ini, Amora Lemos memperkenalkan single anyar "Sahabat Tersayang" karya mendiang Elfa Secioria dan Vera Syl.

Single itu menjadi soundtrack film Rumah Merah Putih yang dibintangi Yama Carlos dan Pevita Pearce. Krisdayanti mendukung Amora terjun ke panggung seni. Meski demikian, Krisdayanti menyiapkan beberapa hal agar jalan putrinya di dunia seni mulus.

"Pertama, Amora belum pernah masuk studio. Belum tahu teknisnya bakal kayak apa. Sebagai orang tua, saya ajak Amora latihan atau workshop dulu. Sejauh ini, Amora mampu mengikuti (prosesnya)," beri tahu Krisdayanti di Jakarta Selatan, baru-baru ini.

Diakui Krisdayanti, dirinya dan Amora memiliki proses berbeda dalam merintis karier menyanyi profesional. Di era Krisdayanti belum ada medsos dan YouTube, untuk menjadi penyanyi, ia mengikuti kontes menyanyi dulu, salah satunya Asia Bagus.

Di awal dekade 1990-an Krisdayanti dinobatkan sebagai juara umum Asia Bagus. Ia merilis album Terserah, kemudian menandatangani kontrak kerja dengan Warner Music Indonesia.

Bersama Warner Music, Krisdayanti melahirkan banyak album laris, salah satunya Sayang (1998) dengan hit besar "Menghitung Hari." Akankah, Amora bisa memiliki hit sebesar ibunya? Soal ini, Krisdayanti menilai sebuah lagu menjadi hit atau tidak bergantung pada respons masyarakat.

Bangun Percaya Diri

Putri Krisdayanti, Amora. (Instagram)

Daripada berambisi melahirkan hit, Krisdayanti fokus membangun rasa percaya diri Amora. "Saya tanya Amora, dia bilang ingin menyanyi karena sering melihat saya menyanyi. Dia melihat gestur saya memegang mikrofon saat manggung beda dengan saat karaoke. Saya mengajari Amora soal ini. Saya juga mengajarinya berinteraksi di depan banyak orang selama manggung. Alhamdulillah saya terharu dan bangga pada putri saya," pungkas Krisdayanti. (Wayan Diananto)

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Kemendes PDTT Gelar Forum Perdamaian dan Festival Pranata Adat dan Budaya di Situbondo

Posted: 18 Jun 2019 08:57 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Kementerian Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal, dan Transmigrasi (Kemendesa PDTT) melalui Direktorat Jenderal Pengembangan Daerah Tertentu, sedang mempersiapkan gelaran Forum Perdamaian dan Festival Pranata Adat dan Budaya untuk perdamaian yang akan diselenggarakan di alun-alun Kabupaten Situbondo, Dawuhan Situbondo, Jawa Timur pada 20 - 22 Juni 2019.

Sejumlah kesenian nusantara seperti tari landung, arak-arakan komantan korong, wayang kerte, dolanan anak, pawai ancak, kesenian ohjung situbondo, pawai petik laut, hingga Best Situbondo Carnival diagendakan akan menjadi rangkaian kegiatan dalam gelaran ini.

Festival sendiri akan diawali dengan forum perdamaian yang akan menghadirkan sejumlah tokoh lintas agama dari Forum Kerukunan Umat Beragama, Forum Pembauran Kebangsaan, Pemuda Anshor, Pagar Nusa, Pemuda Katolik, Pemuda Hindu serta Pemuda Protestan.

"Seluruh rangkaian festival pranata adat yang kami selenggarakan selalu didahului oleh forum perdamaian," Kata Direktur Jenderal Pengembangan Daerah Tertentu, Kemendesa PDTT Aisyah Gamawati di Jakarta.

Ia menuturkan bahwa forum ini menjadi awal rangkaian dalam setiap gelaran festival yang sudah mulai digelar sejak 2015 silam.

"Kegiatan ini kami agendakan untuk mendorong peningkatan kesejahteraan rakyat melalui pembangunan Indonesia yang berbasiskan pada nilai-nilai keragaman budaya bangsa," katanya.

Sebagai informasi, gelaran serupa telah diselenggarakan di Kabupaten Sumbawa Nusa Tenggara Barat, Kabupaten Parigi Moutong Sulawesi Selatan, dan Kabupaten Ende Nusa Tenggara Timur.

Sementara itu, Ketua pelaksana kegiatan, Hasrul Edyar yang menjabat sebagai Direktur Penanganan Daerah Pasca Konflik Kemendesa PDTT mengatakan bahwa pihaknya berharap melalui kegiatan ini, Kemendesa PDTT dapat mempererat kohesi sosial untuk merawat kondisi perdamaian.

"Dalam forum juga akan dilakukan serangkaian metode analisis terhadap penyebab utama sumber konflik yang kemudian akan dirumuskan bersama upaya pencegahan dan penghentian konflik," katanya.

Ia pun memberi harapan besar bahwa rangkaian ini dapat dapat bersama-sama mencari alternatif solusi baik dengan melakukan koordinasi dengan pihak terkait maupun memberi masukan dalam program perencanaan dan pembangunan desa.

 

(*)

 

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Kawal Sidang Sengketa Pilpres, Warganet Serukan Keutuhan RI di Tangan MK

Posted: 18 Jun 2019 08:56 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Perkara perselisihan hasil pemilihan umum (PHPU) untuk calon presiden dan wakil presiden 2019 digelar sejak Jumat (14/6/2019).

Pada sidang hari ini, Mahkamah Konstitusi mendengarkan keterangan 15 saksi dan ahli dari kubu Prabowo dan Sandiaga Uno.

Berkaitan dengan hal ini warganet tidak ingin ketinggalan informasi dan turut mengawal sidang sengketa Pilpres 2019.

Mereka beramai-ramai mendukung tindakan Mahkamah Konstitusi dengan cara menyerukan tagar KeutuhanRI_DitanganMK. Tagar ini pun menjadi trending topic di Twitter.

Penasaran seperti apa cuitan mereka? Berikut cuitan warga Twitter yang dihimpun Tekno Liputan6.com, Rabu (19/6/2019).

Cuitan Warganet

Ketua Tim Hukum Joko Widodo-Ma'ruf Amin, Yusril Ihza Mahendra memberi keterangan dalam sidang sengketa Pilpres 2019 di Gedung MK, Jakarta, Selasa (18/6/2019). Menurut Tim Jokowi, gugatan kubu Prabowo hanya berdasarkan asumsi tanpa dalil dan bukti-bukti yang kuat. (Liputan6.com/Faizal Fanani)

Cuitan Lainnya

Ketua Majelis Hakim Mahkamah Konstitusi, Anwar Usman didampingi sejumlah Hakim Konstitusi memimpin sidang perdana sengketa Pilpres 2019 di Mahkamah Konstitusi (MK), Jakarta, Jumat (14/6/2019). Sidang itu memiliki agenda pembacaan materi gugatan dari pemohon. (Lputan6.com/Johan Tallo)

(Linda Fahira Putri/Isk)

Saksikan Video Pilihan Berikut Ini

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Klasemen Shopee Liga 1 2019 Usai Persib Ditahan Imbang Tira Persikabo

Posted: 18 Jun 2019 08:55 PM PDT

Liputan6.com, Bandung - Persib Bandung gagal meraih kemenangan saat menjamu Tira-Persikabo pada pekan ketiga Shopee Liga 1 2019, Selasa (18/6/2019) di Stadion Si Jalak Harupat.

Persib Bandung bahkan harus tertinggal lebih dahulu dari Tira-Persikabo. Gawang Persib Bandung bobol pada menit ke-5 lewat aksi Loris Arnaud.

Tim asuhan Robert Rene Alberts baru bisa membalas pada menit ke-45 berkat gol Bojan Malisic. Pada babak kedua, tak ada gol yang tercipta baik untuk Persib maupun Tira Persikabo.

Tambahan satu poin ini menempatkan Persib Bandung di posisi keempat klasemen Shopee Liga 1 2019 dengan lima poin. Sementara, Tira Persikabo berada satu strip di bawahnya, juga dengan lima poin.

Sementara itu, posisi puncak klasemen masih menjadi milik Madura United (MU). Tim asuhan Dejan Antonic meraih poin sempurna sembilan dari tiga pertandingan.

Jumlah ini sama dengan yang dipetik Bali United. Namun Serdadu Tridatu -julukan Bali United- harus puas berada di posisi kedua karena kalah produktivitas gol.

Berikut klasemen lengkap Shopee Liga 1 2019:

Klasemen Shopee Liga 1

Klasemen Shopee Liga 1 2019 usai Persib Bandung ditahan imbang Tira Persikabo. (foto: soccerway.com)

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

5 Manfaat Bawang Putih untuk Kecantikan yang Jarang Disadari

Posted: 18 Jun 2019 08:55 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Bawang putih merupakan salah satu bumbu dapur yang wajib tersedia di dapur. Memiliki nama latin Allium sativum, siapa sangka kalau kegunaannya tak hanya berhenti sebagai bumbu dapur yang bisa membuat ragam masakan menjadi lezat. Ternyata bawang putih memiliki segudang manfaat yang belum banyak diketahui orang khususnya di bidang kecantikan.

Sudah banyak penelitian yang membuktikan bahwa bawang putih memang memiliki banyak manfaat khususnya untuk kecantikan. Hal ini dikarenakan bawang putih memiliki kandungan anti bakterial dan anti aging yang bermanfaat untuk menjaga kulit. Untuk cara memanfaatkan dan mengaplikasikannya pun beragam. Bisa dikonsumsi secara langsung dengan mengesampingkan rasa dan baunya yang kurang sedap, bisa juga dijus, dan lain sebagainya.

Berikut ini Liputan6.com telah merangkum beberapa manfaat bawang putih untuk kecantikan beserta cara menggunakannya yang aman. Telah dirangkum dari berbagai sumber, ini ragam manfaat yang bisa kamu rasakan untuk mendapatkan kondisi kulit yang semakin baik dengan bawang putih, Rabu (19/6/2019).

Mengatasi Jerawat

Jerawat (Sumber: iStockphoto)

Buat kamu yang bingung mengatasi masalah jerawat di wajah, cobalah untuk menjadikan bawang bawang putih sebagai salah satu produk untuk menghilangkannya. Tidak hanya untuk menghilangkan jerawat, manfaat bawang putih untuk kecantikan ini juga bisa mencegah munculnya jerawat.

Cara mengatasi jerawat dengan bawang putih ini adalah dengan manjadikannya masker. Kamu hanya perlu memotong bawang putih menjadi beberapa bagian dan hancurkan hingga halus. Kemudian oleskan bawang putih yang telah dihaluskan ke bagian wajah yang berjerawat. Diamkan selama 10 hingga 15 menit, setelah itu bilas dengan air bersih.

Kamu bisa melakukan cara ini di malam hari sebelum tidur. Maka keesokan harinya jerawat akan mengempis dan mengering.

Memperkecil Pori-pori di Kulit Wajah

Ilsutrasi pori-pori wajah | unsplash.com

Pori-pori yang besar membuat wajah terlihat seperti kulit jeruk dan tentu saja hal ini dapat mengganggu penampilanmu. Tapi tenang saja, kini kamu bisa mengatasi mengecilkan pori-pori yang besar tadi dengan bawang putih.

Cara membuat ramuan dari bawang putih ini cukup mudah. Kamu hanya perlu mencamlurkan satu suing bawang putih yang telah dihancurkan dengan setengah buah tomat. Kemudian gunakan racikan ini sebagai masker wajah. Diamkan selama 10 menit kemudian bilas.

Membersihkan Komedo

Komedo

Selain jerawat, komedo di wajah juga sangat mengganggu penampilan, karena wajah terlihat lebih kasar dengan adanya komedo yang menonjol di bagian hidung dan tenagh pipi. Kalau beberapa langkah perawatan tak berhasil menghilangkan masalah komedomu, kini kamu perlu mencoba bawang putih. Ya, ternyata manfaat bawang putih bisa membantu menghilangkan komedo.

Cara memberishkan komedo dengan mengoleskan bawang putih yang sudah dihaluskan ke daerah wajah yang berkomedo. Kemudian pijat halus dengan perlahan selama beberapa menit. Setelah itu bilas dengan air dingin. Untuk mendapatkan hasil yang maksimal, kamu bisa menerapkan cara ini hingga komedo benar-benar hilang.

Menunda Penuaan

Menunda Penuaan

Manfaat bawang putih mengandung senyawa aktif yang bersifat antioksidan. Nah, senyawalah inilah yang bisa bantu kamu untuk menunda penuaan. Mungkin terdengar aneh, namun dengan mengonsumsi bawang putih secara rutin mampu memberikan hasil yang menakjubkan.

Ya, kamu bisa mengonsumsinya secara langsung dengan madu dan lemon di pagi hari. Cukup potong kecil bawang putih. Kemudian campurkan dengan lemon dan madu saat bangun tidur di pagi hari.

Menghilangkan Peradangan Kulit

Peradangan Kulit (Foto: unsplash.com)

Kalau kamu memiliki beberapa masalah kulit seperti bersisik, gatal, dan memerah, cobalah untuk menggunakan bawang putih. Kamu bisa mengatasi beberapa masalah ini dengan bawang putih. Cara mengambil manfaat bawang putih adalah dengan menghaluskan bawang putih. Kemudian balurkan pada bagian tubuh atau kulit yang bermasalah. Gunakan secara rutin, dan rasakan hasilnya yang luar biasa.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Mendes Bertemu Konsul Jenderal Seychelles Bahan Kerjasama Ekonomi

Posted: 18 Jun 2019 08:50 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Menteri Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal, dan Transmigrasi, Eko Putro Sandjojo menerima kunjungan Konsul Jenderal Kehormatan Seychelles, Nico Barito di Kantor Kemendes PDTT, Jakarta, Rabu (18/4/).

Dalam pertemuan ini mendiskusikan peluang kerjasama dengan Seychelles dalam rangka peningkatan perekonomian daerah tertinggal, khususnya di wilayah pesisir berbasis pantai dengan memberdayakan kearifan lokal di wilayah tersebut.

Menteri Desa PDTT juga akan mengirim beberapa kepala desa dan penggiat desa untuk belajar pengelolaan pariwisata di Seychelles.

"Kami akan kirim kepala desa dan pegiat desa, khususnya di daerah pesisir untuk belajar di Seychelles. Model pengelolaan pariwisata Seychelles bagus untuk dikembangkan di Indonesia," ujarnya.

Ia menambahkan, Kementerian Desa PDTT akan mengobservasi daerah-daerah mana yang bisa menjadi pilot project kerjasama dengan Seychelles.

"Rencananya kepala desa yang dikirim yaitu yang daerahnya memiliki karakteristik yang hampir sama dengan Seychelles yaitu daerah pesisir seperti Togean, Tojo Una una. Intinya pariwisata berbasis kearifan lokal untuk pengembangan ekonomi," terangnya.

Sejalan dengan hal tersebut, Duta Besar Seychelles Nico Barito mengatakan bahwa Seychelles mengembangkan pariwisata untuk kelas status ekonomi tinggi (seperti raja-raja). Ada homestay berstandar internasional yang dikelola masyarakat lokal juga.

"Banyak yang Indonesia bisa pelajari dari Seychelles, salah satunya tentang pengembangan ekonomi di wilayah pesisir pantai (blue economy)," ungkapnya.

Republik Seychelles adalah sebuah negara kepulauan di tengah Samudra Hindia, sekitar 1.600 km sebelah timur daratan Afrika, dan sebelah timur laut Madagaskar. Negara dan teritori tetangganya ialah Mauritius dan Reunion di sebelah selatan, Komoro dan Mayotte di barat daya, dan Maladewa di timur laut. Seychelles terdiri dari 115 pulau yang menempati wilayah daratan 455 km2 dan Zona Ekonomi Eksklusif 1,4 juta km2.

 

 

Menteri Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal, dan Transmigrasi, Eko Putro Sandjojo menerima kunjungan Konsul Jenderal Kehormatan Seychelles, Nico Barito di Kantor Kemendes PDTT, Jakarta, Rabu (18/4/).

Seychelles merupakan salah satu tujuan wisata terindah di dunia dengan  lautnya yang tenang, pantai yang bersih dengan gabungan pasir putih dan karang, serta penuh dengan resort dan perhotelan. Sektor pariwisata merupakan salah satu andalan utama bagi perekonomian Seychelles. Dalam rangka menarik lebih banyak devisa dari turisme, Seychelles menerapkan kebijakan foreign currency terhadap semua turis asing, yaitu mata uang Euro sebagai alat pembayaran resmi.

Tenaga kerja Indonesia di Seychelles saat ini berjumlah sekitar 120 orang yang umumnya bekerja di sektor turisme dan perhotelan. Dalam rangka menghadapi dan keluar dari krisis ekonomi global yang sangat memukul Seychelles, Seychelles telah merencanakan untuk lebih memberdayakan tenaga setempat sekaligus memperketat penggunaan tenaga asing. Ke depan kebijakan ini akan mempengaruhi arus penggunaan tenaga kerja Indonesia untuk bekerja di Seychelles, khususnya tenaga kerja perhotelan.

Sektor lintas lain yang perlu dipertimbangkan adalah perikanan, pemrosesan, dan logistik di lingkup Samudra Hindia terkait perikanan yang ramah lingkungan dan kapasitas dalam keanekaragaman hayati dan pengelolaan ekowisata untuk resor di pulau-pulau kecil, dimana Indonesia memiliki lebih dari 17.000 pulau.

Menteri Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal, dan Transmigrasi Eko Sandjojo menerima Konsul Jenderal Kehormatan Seychelles, Nico Barito di Kantor Kemendes PDTT, Jakarta, Rabu (18/4/2019).

Pertemuan ini mendiskusikan peluang kerjasama dengan Seychelles dalam rangka peningkatan perekonomian daerah tertinggal, khususnya di wilayah pesisir dengan memberdayakan kearifan lokal. Eko Sandjojo juga akan mengirim sejumlah kepala desa dan penggiat desa untuk belajar pengelolaan pariwisata di Seychelles.

 

(*)

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Ingat Tante Rambut Palsu di 'Dulce Maria'? Ini Potret Terbarunya yang Awet Muda

Posted: 18 Jun 2019 08:45 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Layar kaca Indonesia dulu sempat dihiasi oleh serial TV Latin, tepatnya di tahun 2000-an. Serial yang biasa disebut Telenovela itu menjadi pilihan generasi tahun 90-an untuk mengisi hari. Dari sekian banyak judul yang pernah tayang, Carita de Angel menjadi salah satu favorit masyarakat Indonesia. 

Carita de Angel sendiri bercerita tentang kisah hidup gadis cilik bernama Dulce Maria. Terlahir tanpa ibu, Dulce Maria tetap tumbuh menjadi sosok bocah ceria dan banyak akal. Meski sering dibully, Dulce Maria dikelilingi oleh banyak orang baik yang selalu ada di sampingnya.

Ialah Tante Rambut Palsu atau Estefanía Larios yang merupakan adik ayah Dulce Maria. Kehadiran Tante Rambut Palsu menjadi bumbu pemanis dalam cerita. Bagaimana tidak, tingkahnya yang kocak tapi perhatian membuatnya disukai penonton.

Tak ketinggalan rambut palsunya yang selalu bergonta-ganti warna juga menjadi salah satu daya tarik karakternya. Karakter Estefanía sendiri diperankan oleh Nora Salinas. Setelah hampir 20 tahun berlalu, nyatanya Nora Salinas masih tetap awet muda, lho.

Penasaran seperti apa penampilannya sekarang? Selengkapnya, berikut kabar sekaligus deretan potret terbaru Tante Rambut Palsu yang telah dihimpun Liputan6.com dari akun Instagram @norasalinastv, Rabu (19/6/2019).

1. Tante Rambut Palsu kini menikmati hidupnya menjadi seorang ibu dua anak meski harus bercerai dua kali.

2. Nora Salinas hingga sekarang masih aktif di industri hiburan yang membesarkan namanya.

View this post on Instagram

💙💙💙💙

A post shared by Nora Salinas (@norasalinastv) on

3. Rajin olahraga nampaknya menjadi rahasianya agar selalu awet muda.

5. Sejak mulai berkarier tahun 1994, wajah Nora Salinas rasanya seperti tidak pernah berubah.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Tidak ada komentar: