Jumat, 21 Juni 2019

Liputan6 : RSS2 Feed

Liputan6 : RSS2 Feed


Pertama di Dunia, Dokter Australia Tumbuhkan Kulit Asli di Lab

Posted: 21 Jun 2019 09:46 PM PDT

Liputan6.com, Adelaide - Seorang pria yang menderita luka bakar mengerikan hingga 95 persen dari tubuhnya telah menerima jenis perawatan yang pertama kali di dunia, yang dilakukan di Adelaide, Australia. Penanganan itu berhasil setelah dokter bisa menumbuhkan kulit-nya di laboratorium.

Glenn Ogg, 33, terluka dalam kebakaran rumah di utara Australia Selatan pada Desember tahun lalu.

Ogg mengatakan bahwa ia tak bisa mengingat banyak dari malam kebakaran itu, tetapi mendengar bahwa ia berjalan menjauh dari rumah dan jalan menanjak satu kilometer di jalan tanah.

Ia menunggu ambulans dengan tetangga dan ketika mobil itu tiba, ia berjalan ke ambulans dan duduk di tempat tidur.

Ia kemudian diterbangkan ke Rumah Sakit Royal Adelaide di mana ia menghabiskan hanya sembilan hari dalam perawatan intensif.

"Rasanya seperti mimpi yang aneh ketika saya bangun 10 hari kemudian, tetapi saya butuh waktu lebih lama dari itu untuk benar-benar sepenuhnya memahami apa yang telah terjadi," kata Ogg seperti dikutip dari ABC Indonesia, Sabtu (22/6/2019).

Perawatan Ogg melibatkan dua teknologi mutakhir, yang keduanya dikembangkan di Adelaide oleh direktur unit luka bakar rumah sakit dan Profesor peraih penghargaan, John Greenwood.

Yang pertama, dikenal sebagai Biodegradable Temporising Matrix (BTM), adalah pengganti kulit dan segera mengobati luka bakar dalam yang dialami Ogg - 85 persen dari total luas permukaan tubuh - dan kemudian menerapkan perawatan itu.

Teknologi kedua adalah proses menumbuhkan apa yang disebut "kulit yang ditumbuhkan secara buatan komposit" di laboratorium, yang memakan waktu sekitar lima minggu.

Untuk menumbuhkan kulit, cangkok diambil dari kulit kepala Ogg untuk membuat 26 lembar kulit.

Setelah kulit yang ditumbuhkan itu siap pada pertengahan Januari, Ogg mulai menjalani operasi untuk benar-benar menutup luka bakarnya.

"BTM bekerja dengan tidak hanya menahan luka bakar dalam kondisi sehat, tetapi memperbaikinya selama lima minggu untuk menumbuhkan [kulit] dan sangat penting dalam kelangsungan hidup awal dan kemajuan penyembuhan luka Glenn," kata Dr Greenwood.

"Setiap aspek dari bagaimana kedua teknologi ini bekerja sama telah membuat Glenn tak hanya bertahan, tetapi juga membuat pemulihan yang luar biasa dalam waktu kurang dari enam bulan."

Bisa Berjalan Usai 28 Hari

Bendera negara Australia - AFP

Meskipun tak memiliki kulit dan hanya ada BTM di luka-lukanya, Ogg mampu berjalan kaki pertama kali di rumah sakit hanya 28 hari setelah kebakaran terjadi.

"Dalam kasus serupa yang dilaporkan di Inggris, seorang pasien menghabiskan lebih dari 40 hari di ICU, meninggalkan rumah sakit setelah setahun, masih tak bisa berjalan," kata Dr Greenwood.

"Dalam banyak kasus pasien tak selamat dan, ketika mereka melakukannya, mereka biasanya bergantung pada ventilator selama berbulan-bulan, dan sering mengalami gagal ginjal parah akibat cedera jaringan."

Kulit komposit itu menutupi 50 persen dari total luas permukaan tubuh Ogg -yang sisanya ditutupi oleh campuran dari teknik cangkok standar.

"Tanpa mereka [unit luka bakar] dan fisioterapis, saya tak akan selamat," kata Ogg.

"Ini jalan yang panjang dan jalan yang sulit. Anda melewati beberapa jalur yang keras, tapi ada cahaya di ujungnya."

Ogg berkata ia merasa beruntung, dan "yang penting" menjadi orang pertama yang dirawat dengan teknik baru ini.

Uji Coba Klinis yang Disetujui

ilustrasi kulit mansuia (istockphoto)

Greenwood mengatakan ia mulai meneliti kedua teknik ini setelah merasa tertekan sehingga sejumlah kecil pasien mengalami cedera parah sehingga mereka tak bisa diobati.

Pasien dengan luka bakar hingga lebih dari 80 persen dari tubuh mereka biasanya tak memiliki cukup kulit yang tak terbakar yang kemudian bisa digunakan untuk cangkok kulit.

Uji klinis dari teknik kulit komposit ini telah disetujui dan akan dimulai di Rumah Sakit Royal Adelaide ketika Ogg meninggalkan rumah sakit tersebut.

Ia diperkirakan pindah ke Pusat Rehabilitasi Hampstead sekitar bulan depan.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Mengaku Terancam, Saksi BPN Diimbau Melapor ke Polisi

Posted: 21 Jun 2019 09:40 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Pihak kepolisian mengimbau para saksi dari tim kuasa hukum BPN Prabowo-Sandiaga yang merasa terancam agar membuat laporan ke kepolisian. Salah satu saksi dalam sindang sengketa Pilpres bernama Hermansyah dalam persidangan di MK Rabu (19/6/2019) mengaku merasa terancam beberapa hari sebelum menjadi bersaksi.

Atas hal tersebut, Kabid Humas Polda Metro Jaya, Kombes Pol Raden Prabowo Argo Yuwono menghimbau agar Hermansyah membuat laporan polisi atas ucapannya dalam persidangan yang menyatakan merasa terancam dengan adanya mobil yang kerap berhenti di depan rumahnya di Depok, Jawa Barat.

"Silakan membuat atau melaporkan ke polisi biar polisi mengetahui apa bentuk pengancamannya, dan kapan pengancamannya," kata Argo saat dikonfirmasi, Sabtu (22/6/2019).

Menurut Argo, dengan adanya laporan resmi, maka polisi dapat segera menyelidiki dan mengumpulkan bukti-bukti dugaan ancaman terhadap saksi dari BPN tersebut.

"Silakan melapor agar kita mudah menyelidiki kasusnya," tegas Argo.

 

Saksi 02 Merasa Terancam

Ketua Tim Pengacara Paslon Prabowo Subianto-Sandiaga Uno, Bambang Widjojanto saat berdebat sengit dengan Anggota tim hukum Tim Kampanye Nasional (TKN) Luhut Pangaribuan saat sidang lanjutan PHPU untuk Pemilihan Presiden 2019 di Gedung MK, Jakarta, Selasa (18/6/2019). (Liputan6.com/Faizal Fanani)

Seperti diberitakan sebelumnya, Hermansyah adalah saksi fakta dari pemohon yakni dari calon nomor urut 02 Prabowo-Sandiaga. Di depan hakim, ia mengaku merasa terancam dan mencurigai ada sejumlah mobil yang berhenti di depan rumahnya, di Depok, Jawa Barat.

Di mana ucapan itu keluar saat ditanya hakim MK soal dugaan ada atau tidaknya ancaman. Hermansyah kemudian menyebut bahwa yang ia rasakan belum sampai ke ancaman fisik sehingga dia belum bisa melapor.

"Ada beberapa mobil berhenti di rumah saya, padahal rumah saya tidak biasanya itu," kata Hermansyah dalam sidang di gedung Mahkamah Konstitusi (MK), Jalan Medan Merdeka Barat, Jakarta Pusat, Rabu (19/6)

 

Reporter: Ronald. 

Sumber: Merdeka.com

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Tatap MotoGP Belanda, Marquez Anggap Yamaha dan Suzuki Ancaman Utama

Posted: 21 Jun 2019 09:35 PM PDT

Liputan6.com, Assen - Pembalap Repsol Honda, Marc Marquez menyatakan bahwa dirinya akan berupaya keras mempertahankan keunggulan poinnya di klasemen pebalap dalam pekan MotoGP Assen, Belanda, pekan depan, namun yakin tugas ini takkan mudah. Hal ini ia nyatakan dalam wawancaranya dengan Marca.

Berkat kemenangan di MotoGP Katalunya, Spanyol, akhir pekan lalu, ditambah gagal finisnya Andrea Dovizioso akibat tabrakan dengan Jorge Lorenzo, kini Marquez makin kokoh di puncak klasemen. Dengan 140 poin, ia bahkan unggul 37 poin dari Dovizioso yang ada di peringkat kedua.

Dovizioso pun meyakini margin poin yang cukup besar ini akan membuat Marquez semakin sulit dikalahkan, karena rider Spanyol itu akan bermain lebih aman dan cerdas demi mempertahankan keunggulan ini. Marquez sendiri tak membantah pernyataan Dovizioso tersebut.

"Saya akan coba mengendalikannya dengan cara terbaik dan cara yang sama seperti yang saya lakukan setiap tahun. Saya ingin terus punya performa yang sama kuatnya. Jika strategi dan dinamika tim kami bekerja dengan baik, maka kami takkan mengubah apa pun," ungkapnya.

Meski begitu, Marquez yakin mempertahankan keunggulan poin yang cukup masif ini takkan semudah membalik telapak tangan. Apalagi MotoGP merupakan olahraga di mana keberhasilan seorang atlet ditentukan oleh banyak faktor.

"Kami ada dalam ajang olahraga yang tak hanya tergantung pada atletnya, melainkan juga pada faktor eksternal, seperti rival. Di titik itulah Anda harus ambil keuntungan saat situasi mendukung, serta berusaha keras mendapatkannya. Inilah yang saya lakukan, dan saya akan coba mengulangnya sampai akhir musim," ujarnya.

Jalankan Misi

Marc Marquez rebut pole di MotoGP Prancis (JEAN-FRANCOIS MONIER / AFP)

Marquez juga yakin Assen akan jadi tempat yang sulit baginya menjalankan misi tersebut. Di sirkuit inilah biasanya para rider memiliki performa yang setara hingga pertarungan menjadi sangat sengit. Hal ini bahkan terjadi tahun lalu, sebelum Marquez akhirnya merebut kemenangan atas Alex Rins dan Maverick Vinales.

"Assen salah satu sirkuit yang harus kami waspadai. Kami harus hati-hati karena Yamaha dan Suzuki bakal tampil baik di sana, merekalah rival yang harus dikalahkan. Balapan tahun lalu sangat menyenangkan, tapi akhirnya saya bisa 'melarikan diri'. Assen adalah pekan balap di mana kemenangan akan diperebutkan semua orang," tuturnya.

Rekor di Assen

Marquez punya rekor yang cukup baik di Assen. Sejak 2010, tujuh kali juara dunia ini tak pernah absen dari podium. Ia sukses mengoleksi sembilan podium, yang lima di antaranya merupakan kemenangan, yakni di GP125 2010, Moto2 2011 dan 2012, serta MotoGP 2014 dan 2018.

Sumber: Bola.net

Saksikan video pilihan di bawah ini

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Beri Panduan Buat Wisatawan, Cirebon Luncurkan Calendar Of Event

Posted: 21 Jun 2019 09:31 PM PDT

Liputan6.com, Cirebon Calendar Of Event Budaya dan Pariwisata Cirebon telah diliris. Berbagai ragam budaya khas Keraton Kasepuhan Cirebon, menjadi sajian utama. Mulai dari, pagelaran kesenian, upacara adat, kuliner, dan banyak agenda wisata seru lainnya. Calendar of Event ini digelar periode April- November 2019.

Menurut Kepala Dinas Kebudayaan Pariwisata Pemuda dan Olahraga (Kadisbudparpora) Kabupaten Cirebon, Hartono, Calendar of Event Pariwisata Cirebon 2019 akan mengangkat Keraton Kasepuhan Cirebon. Selain itu, beragam budaya khas Kabupaten Cirebon akan ikut disajikan. Sehingga menjadi magnet kuat untuk menarik wisatawan.

"Agendanya sangat lengkap. Ada 49 sub event. Kita akan mengangkat Keraton Kasepuhan Cirebon. Berbagai event disiapkan untuk mempromosikan budaya, pariwisata dan kuliner khas Cirebon," ungkap Hartono, Kamis (20/6).

Plt Bupati Cirebon, Imron Rosadi mengatakan, Calendar of Event Budaya Cirebon diluncurkan untuk mempromosikan budaya dan Pariwisata khas Keraton Kasepuhan Cirebon. Dan juga menjadi panduan untuk wisatawan berkunjung dan berwisata di Cirebon.

"Berwisata di Cirebon sudah pasti asyik. Budaya khas Keraton Kasepuhan Cirebon sangat menarik. Wisata alamnya sudah pasti indah dipandang mata. Kulinernya jangan ditanya, pasti menggugah selera. Selain itu, seni pertunjukan juga selalu konsisten ditampilkan. Semua telah siap untuk dikunjungi. Silakan datang dan nikmati kota Cirebon," ungkapnya.

Beberapa agenda telah dirancang diantaranya, Event Exhibition Gelegar VW Cirebon (Mobil VW)uang merupakan agenda nasional VW Indonesia. Yang akan digelar di bulan Juli 2019. Pameran yang mempertunjukan Mobil VW dari berbagai daerah. Di sini ada beberapa kegiatan seru seperti, pentas seni, merchandise VW, kuliner dan masih banyak lainnya.

Kemudian ada Pasanggiri Nok dan Kacung Cirebon. Akan digelar di bulan Agustus 2019. Event ajang pemilihan duta pariwisata Cirebon. Nantinya mempromosikan dan memperkenalkan kebudayaan khas Cirebon. Khususnya wisatawan lokal maupun internasional.

"Ini menjadi momentum besar buat Cirebon di tahun 2019. Semuanya diracik menjadi sebuah atraksi menarik. Event yang mengangkat kemegahan Keraton Kasepuhan Cirebon sebagai sajian berkelas. Yang penasaran tentang Cirebon, silakan datang dan nikmati kebudayaan Khas Cirebon," tutur Kepala Bidang Pemasaran Area I Jawa, Wawan Gunawan.

Ditambahkannya, Calender Of Event Pariwisata Cirebon 2019 juga memperkaya atraksi Indonesia. Wawan menilai, kebudayaan dan kuliner Keraton Kesepuhan Cirebon memiliki potensi yang besar. Potensi yang dapat menarik perhatian wisatawan domestik dan mancanegara.

Selain itu, ada agenda Nadran Sedekah Bumi Gunung Jati. Yang akan dilangsungkan pada September 2019. Tradisi masyarakat Desa Astana sebagai ungkapan rasa syukur kepada sang pencipta. Berbagai kegiatan dan di event ini. seperti ogah-ogahan kreasi seni. Menjadi daya tarik wisatawan.

Ingin berwisata dan kuliner ria di Kota Cirebon silakan datang ke Cirebon pada bulan September 2019. Ada Pameran Katon Tourism Expo, Pameran Skala Nasional yang menampilkan 128 booth. Yang berisikan produk-produk Pariwisata dan kuliner khas Cirebon.

Nah, yang ingin liburan akhir tahun menyenangkan, ada agenda Nandran Bondet yang digelar November 2019.

Asisten Deputi Pengembangan Pemasaran I Regional II Adella Raung, mengatakan, Calendar of Event 2019 ini bagian dari promosi budaya, pariwisata dan kuliner yang dimiliki Cirebon.

"Berbagai event terbaik selama setahun penuh digelar. Rangkaian agenda menarik telah disiapkan. Jadi, pastikan Cirebon sebagai destinasi terbaik untuk berlibur tahun ini . Ada banyak experience yang ditawarkan," tutur Adella.

Menteri Pariwisata Arief Yahya pun menyambut baik diluncurkannya Calender Of Event Pariwisata Cirebon 2019. Mantan Dirut Telkom itu mengatakan Cirebon memiliki potensi menjadi destinasi wisata unggulan di Jawa Barat.

"Cirebon menjadi kota dengan budaya yang kuat. Cirebon juga memiliki aneka jenis makanan unggulan, yang bisa disulap menjadi wisata kuliner menarik. Punya tempat bersejarah dan alam yang indah. Silakan datang dan berwisata ke Cirebon," ajaknya.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

6 Museum Seru yang Bisa Dikunjungi untuk Belajar Sejarah Jakarta

Posted: 21 Jun 2019 09:30 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Museum itu membosankan? Ah, belum tentu. Museum bisa jadi gudang ilmu yang seru dan tentu latar foto yang tak pernah membosankan bila didatangi. Begitu pula dengan sejumlah museum di seputar Jakarta berikut ini. 

Daripada hanya terpaku pada buku atau gadget, bagaimana bila hari ini menyambut ulang tahun Kota Jakarta dengan menyambangi sejumlah museum yang ada. Liputan6.com merangkum enam di antaranya. 

 

1. Museum Sejarah Jakarta

Lebih populer dengan nama Museum Fatahillah, museum ini menjadi destinasi wajib bila ingin mempelajari sejarah Jakarta. Bangunan tempat musem berada, didirikan pada masa pemerintahan Gubernur Jendral Jan Pieterszoon Coen di awal abad ke-16 dan terletak di Jalan Taman Fatahillah nomor 1, Jakarta Barat. Awalnya, bangunan itu berfungsi sebagai balai kota pada masa pemerintahan VOC di Batavia.

Saat mengunjungi museum ini, kita akan mengetahui sejarah lewat berbagai koleksi yang ada mulai dari zaman prasejarah, kedatangan bangsa Eropa, perlawanan bangsa atas pendudukan VOC, hingga masa sekarang. Beberapa koleksi pedang, prasasti, maupun patung merupakan replika, melengkapi isi museum yang tersebar di berbagai ruang, seperti Ruang Prasejarah Jakarta, Ruang Tarumanegara, Ruang Jayakarta, Ruang Fatahillah, Ruang Sultan Agung, dan Ruang Batavia.

Bagi yang ingin mengetahui sejarah Jakarta lebih lanjut, Anda dapat mendatangi Museum Sejarah Jakarta ini dengan harga tiket masuk museum ini dikenakan tarif sebsar Rp 2.000 - Rp 5.000/orang. Museum ini buka setiap Selasa - Minggu pada pukul 09.00 - 15.00 WIB. Sementara, Senin dan libur nasional, museum ini ditutup.

2. Museum Sumpah Pemuda

Sejumlah pelajar melihat biola milik WR. Supratman saat menciptakan lagu Indonesia Raya yang juga dikumandangkan saat kongres Sumpah Pemuda, Jakarta, Rabu (29/10/2014). (Liputan6.com/Faizal Fanani)

Jakarta juga dikenal sebagai pusat pergerakan, termasuk saat para pemuda menyatakan komitmennya membangun Indonesia. Jejaknya kini tersimpan di Museum Sumpah Pemuda yang terletak di Jalan Kramat Raya No 106, Jakarta Pusat. Bangunan yang menjadi lokasi pembacaan naskah Sumpah Pemuda ini awalnya adalah rumah milik Sie Kong Liang yang didirikan pada permulaan abad ke-20.

Di gedung ini pernah diselenggarakan Kongres Sekar Roekoen, Pemuda Indonesia, dan PPPI (Perhimpunan Pelajar-Pelajar di Indonesia). Gedung Kramat 106 kemudian dijadikan museum dengan nama Gedung Sumpah Pemuda. Peresmian gedung tersebut dilakukan oleh Gubernur DKI Jakarta, Ali Sadikin, pada 20 Mei 1973. Pada 20 Mei 1974 Gedung Sumpah Pemuda kembali diresmikan oleh Presiden RI kala itu, Soeharto.

Koleksi yang ada di museum ini berkaitan dengan sejarah Sumpah Pemuda 1928, juga dokumentasi kegiatan dalam pergerakan nasional kepemudaan Indonesia. mulai dari berbagai pernak-pernik mulai dari patung, stempel, bendera organisasi, lukisan, dan benda-benda bersejarah lainnya.

Museum ini dikelola oleh Kementerian Kebudayaan dan Pariwisata RI dan dibuka untuk umum setiap hari Selasa hingga Jumat, pukul 08.00 – 15.00, Sabtu dan Minggu pukul 08.00 – 14.00, tutup setiap hari Senin dan hari besar nasional lainnya. Jika anda akan berkunjung ke museum ini dikenakan tarif sebesar Rp1.000 - Rp2.000/orang.

3. Museum M.H Thamrin

Museum Husni Thamrin (Dok.Ivan Fadilah/Komarudin)

Namanya terkenal sebagai jalan protokol di pusat Kota Jakarta. Ternyata, lelaki bernama lengkap Muhammad Husni Thamrin adalah orang Betawi asli.

Museum yang mengabadikan namanya itu terletak di Jalan Kenari II Nomor 15, Menteng, Jakarta Pusat. Bangunan museum awalnya adalah milik Belanda yang dibangun jelang abad ke-20.

Bangunan tersebut kemudian dibeli MH Thamrin dan sempat difungsikan sebagai Sekretariat Permufakatan Perhimpunan-Perhimpunan Politik Kebangsaan Indonesia (PPPKI). Koleksi yang ada museum ini seperti foto reproduksi perjuangan MH Thamrin dan pergerakan nasional, suasana kota Jakarta zaman dulu, diorama, serta benda peninggalan MH Thamrin.

Di museum ini juga terdapat koleksi seperti meja kursi khas Betawi, foto dokumentasi, perlengkapan rumah orang Betawi, dan sebagian dari perlengkapan musik Tanjidor. Ada pula perlengkapan musik gambang kromong dan pakaian penari Ronggeng Blantek.

Museum MH. Thamrin buka setiap Selasa-Minggu pukul 09.00 s/d 15.00 WIB, sedangkan untuk hari Senin dan hari besar tutup. Untuk harga tiket masuk ke museum ini juga terbilang sangat terjangkau, hanya Rp 5.000/orang.

4. Museum Taman Prasasti

Museum Prasasti (Dok.Ivan Fadilah/Komarudin)

Museum cagar budaya peninggalan masa kolonial Belanda ini memiliki koleksi prasasti nisan kuno, koleksi kereta jenazah antik, dan juga miniatur makam khas dari dari berbagai provinsi di Indonesia. Museum ini berlokasi di Jalan Tanah Abang Nomor 1, Jakarta Pusat. Museum ini didirikan di bekas pemakanan kuno yang bernama Kebon Jahe Kober dengan luas 5,5 hektare dan juga dibangun pada 1795.

Museum ini dahulu adalah sebuah pemakaman yang diperuntukkan bagi para bangsawan dan pejabat tinggi Belanda pada masa VOC berkuasa di Batavia. Sejak 1975, pemakaman ini kemudian ditutup lalu diresmikan kembali penggunaannya sebagai museum pada 1977 oleh Gubernur DKI Jakarta, Ali Sadikin.

Pada Agustus 2003, Museum Taman Prasasti menjadi bukti sisa taman pemakanan umum dari akhir abad ke-18, dengan koleksi nisan makam abad ke-16 dan ke-17, sangat berharga sebagai tempat yang memberi kesaksian tentang komposisi penduduk Batavia yang berasal dari seluruh dunia.

Bagi kalian yang ingin mengunjungi museum ini, anda bisa datang pada Selasa sampai Minggu dengan waktu buka pukul 09.00 sampai dengan 15.00. Sedangkan, pada Senin dan juga hari libur nasional, Museum Taman Prasasti ini tutup. Harga tiket masuknya adalah untuk dewasa Rp 5.000, mahasiswa Rp 3.000 dan pelajar Rp 2.000.

5. Museum Nasional Indonesia

Museum Nasional Indoneisa (dok.Liputan6/Devita Nur Azizah)

Museum  Nasional Indonesia atau yang lebih dikenal dengan nama Museum Gajah ini terletak di Jl. Medan Merdeka Barat No.12, Gambir, Jakarta. Museum ini meupakan museum pertama dan terbesar di Asia Tenggara. Berdirinya Museum Nasional Indonesia diprakarsai oleh berdirinya asosiasi Bataviaasch Genootschap van Kunsten en Wetenschappen. Asosiasi ini didirikan oleh pemerintah koloni Belanda pada 24 April 1978.

Salah satu pendiri asosiasi tersebut bernama JCM Radermacher lalu memberikan rumahnya beserta koleksi buku dan benda-benda budaya yang sangat penting yang menjadi dasar pendirian museum. Karena semakin banyak koleksi yang terkumpul, Belanda lalu membuat bangunan itu sebagai museum pada 1862 dan dibuka secara resmi pada 1868. Kemudian, nama museum tersebut menjadi Museum Nasional Indonesia.

Museum Gajah banyak mengoleksi benda kuno dari seluruh Nusantara termasuk arca, prasasti, barang kerajinan, dan benda-benda bersejarah lainnya. Museum ini juga memiliki lebih dari 140.000 koleksi yang terdiri dari koleksi prasejarah, koleksi arkeologi, koleksi keramik asing, numismatik/koleksi heraldik, koleksi kolonial, etnografi, dan koleksi geografis.

Jika tertarik mengunjungi museum ini, Anda dapat mendatanginya pada Selasa hingga Minggu. Jam buka museum ini adalah Selasa – Jumat : 08.00 – 16.00 WIB. Sedangkan, pada hari Sabtu – Minggu : 08.00 – 17.00 WIB. Harga tiket sebesar Rp 5.000 untuk dewasa per orang dan Rp2.000 untuk anak-anak.

6. Museum Perumusan Naskah Proklamasi

MUSEUM DIGITAL di Museum Perumusan Naskah Proklamasi

Museum Perumusan Naskah Proklamasi adalah Museum yang menjadi bukti sejarah Perumusahan Naskah Proklamasi yang berada di Jl. Imam Bonjol No.1 Menteng, Jakarta Pusat. Pada masa pendudukan Jepang, museum ini adalah rumah Laksamana Maeda yang menjadi tempat berkumpulnya tokoh-tokoh berjasa dalam kemerdekaan Indonesia.

Museum yang disingkat Munasprok ini merupakan gedung yang dibangun untuk mengingatkan seluruh warga Indonesia mengenai proses perumusan naskah proklamasi Kemerdekaan Indonesia yang dikumandangkan pada 17 Agustus 1945. Perumusan Naskah Proklamasi sendiri melalui berbagai proses yang cukup panjang melibatkan tokoh-tokoh kemerdekaan penting, seperti Ir. Soekarno, Moh Hatta, Sayuti Melik, Ahmad Soebardjo, Sukarni, Burhanuddin Muhammad Diah.

Di dalam museum ini terdapat beberapa koleksi seperti, Ruang perumusan naskah proklamasi, ruang pertemuan, ruang pengesahan naskah proklamasi, mesin ketik naskah proklamasi, dan foto para tokoh proklamasi dan naskah proklamasi. Museum ini menjadi sangat penting artinya bagi bangsa Indonesia dan memberikan pengetahuan tentang proses bersejarah perumusan naskah proklamasi untuk kemerdekaan Indonesia.

Museum Perumusan Naskah Proklamasi dibuka dari hari selasa hingga minggu. Adapun untuk tiket masuk Museum Perumusan Naskah Proklamasi, dikenakan biaya sebesar Rp 2.000 untuk dewasa per orang. Sementara untuk anak-anak dikenakan harga tiket masuknya sebesar Rp 1.000 per orang. (Devita Nur Azizah)

Saksikan Video Pilihan Berikut Ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Kumpulan Kata Lucu Bahasa Jawa Kocak dan Menghibur

Posted: 21 Jun 2019 09:30 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Kata lucu bahasa Jawa bisa menjadi hiburan tersendiri bagi siapapun. Bahasa Jawa yang penuturnya telah tersebar di seluruh Indonesia bahkan dunia memang sudah tak asing lagi di telinga. Bahasa Jawa juga memiliki keanekaragaman kosakata dan dialek.

Bahasa Jawa telah menjadi bahasa sehari-hari masyarakat Jawa dan terus di lestarikan hingga saat ini. Penuturan bahasa Jawa pun unik, pemilihan kata atau kalimat yang disesuaikan dengan siapa yang diajak bicara. Ini menjadikan bahasa Jawa begitu dihargai banyak orang.

Bahasa Jawa juga terdiri dari beragam jenis dan memiliki perbedaan dialek maupun kata di beberapa daerahnya. Misalnya, bahasa Jawa Tengah berbeda dengan bahasa Jawa Timuran. Ada juga sebagian wilayah Jawa Tengah yang menggunakan dialek Banyumasan atau yang terkenal dengan bahasa Ngapak.

Kata lucu bahasa Jawa sudah pasti kerap digunakan dalam berkomunikasi sehari-hari. Bagi kamu yang sedang belajar bahasa Jawa, kata lucu bahasa Jawa bisa menjadi pilihanmu untuk berkomunikasi dengan teman. Kata lucu bahasa Jawa juga bisa menghibur banyak orang.

Kamu bisa mengirimkan kata lucu bahasa Jawa pada teman dan sahabat. Kata lucu bahasa Jawa yang kamu kirimkan bisa bertemakan cinta, pertemanan, atau kata bijak. Berikut kumpulan kata lucu bahasa Jawa yang berhasil Liputan6.com rangkum dari berbagai sumber, Sabtu(22/6/2019).

Kata Lucu Bahasa Jawa untuk yang Galau

Ilustrasi/copyright shutterstock.com

1. "Tresnomu koyo rumah makan padang, akeh cabange."

Cintamu seperti rumah makan padang, banyak cabangnya.

2. "Ojo sebut aku mantan, sebut wae aku alumni, sopo reti dewe iso reuni."

Jangan sebut aku mantan, sebut saja alumni, siapa tahu bisa reuni.

3. "Obat sing pait wae iso nggawe mari, mosok koe sing manis iso nggawe loro?"

Obat yang pahit saja bisa menyembuhkan, masa kamu yang manis bisa menyakiti?.

4. "LDR = Lungao dewe rapopo"

pergi sendiri tidak masalah

5. "Nek pancen tresno kui kudu dijogo, ora malah keno godo karo wong liyo."

Kalau memang cinta harus dijaga, bukan malah termakan godaan orang lain.

Kata Lucu Bahasa Jawa untuk Teman

Ilustrasi Foto Aktivitas Diluar Ruang (iStockphoto)

1. "Ngaku konco kok gur pengen nunut mulyo. Pas konco ciloko malah lungo."

Menganggap teman hanya saat senang-senang. Saat teman kesusahan malah pergi.

2. "Ra sah ngaku konco kenthel nek pas awor aku atimu isih grundel."

Jangan mengaku teman dekat kalau saat masih bersamaku hatimu masih ada uneg-uneg.

3. "Uripmu koyo wit pisang. Due jantung tapi ra due ati."

Hidupmu seperti pohon pisang, punya jantung tak punya hati.

4. "Omonganmu itu kaya telo, empuk tur seret"

Perkataanmu seperti ketela, empuk tapi seret

5. "Omonganmu koyo parfum isi ulang, podo wangine tapi gak asli"

Perkataanmu seperti parfum isi ulang, sama harumnya tapi palsu.

Kata Lucu Bahasa Jawa Tentang Cinta

ilustrasi pasangan/Photo by Ryan Jacobson on Unsplash

1. "Pacaran kui ra usah diumbar-umbar, sing penting undangan moro-moro kesebar."

Pacaran tak usah diumbar-umbar, yang penting undangan tiba-tiba tersebar.

2. "Witing tresno jalaran seko sering dijak dolan rono-rono."

Cinta tumbuh dari sering diajak jalan ke sana kemari.

3. "Tresno iku kadang koyo criping telo. Iso ajur nek ora ngati-ati le nggowo."

Cinta terkadang seperti keripik singkong, bisa hancur jika tidak hati-hati dibawa.

4. "Aku tanpamu bagaikan sego kucing ilang karete. Ambyar."

Aku tanpamu bagai nasi kucing hilang karetnya, hancur.

5. "Cintaku nang awakmu iku koyok kamera, fokus nang awakmu tok liyane ngeblur."

Cintaku padamu seperti kamera, fokus pada dirimu, yang lain ngeblur.

Kata Lucu Bahasa Jawa Timuran

Kata Mutiara Bahasa Jawa (sumber: iStockphoto)

1. "Urepmu gak duwe tujuan? Koyok wong kebelet tapi ga nemu jedeng ae."

Hidup tanpa tujuan seperti orang yang kebelet tapi tidak menemukan WC.

2. "Ojo kementos nek dadi dukuran. Ndek pasar ndukuran ragane sepuluhewu telu."

Jangan sombong kalau jadi atasan. Di pasar, atasan diobral 10 ribu dapat 3.

3. "Awakmu ojo kakehan kode, salah peng telu tak blokir lho"

Kamu jangan kebanyakan kasih kode. Salah tiga kali, hatinya bisa terblokir.

4. "Nek bojo iku tulang rusuk, berarti mantan iku fosil"

Kalau pasangan bagaikan tulang rusuk kita, maka mantan adalah fosil.

5. "Ikhlas iku koyok keset, dipidek pidek tetep kudu welcome"

Ikhlas itu seperti keset, walaupun di injak-injak tetap harus welcome.

Kata Lucu Bahasa Jawa Kocak

Sedang tertawa melihat pesan lucu / Sumber: iStockphoto

1. "Abot di pikul bareng, enteng di gowo bareng, nek abot loro karone dipaketno ae"

Berat sama di pikul, ringan sama di jinjing, kalo sama sama berat dipaketin aja

2. "Ojo ragu mecahno masalah, kecuali nek onok tulisan, 'Mecahno tuku'"

Jangan ragu untuk sekedar memecahkan msalah, kecul kalu ada tulisan" Memecahkan berarti membeli"

3. "Nek dipikir-pikir sakjane kowe iki ora elek. Masalahe, sing gelem mikir iku sopo?"

"Kalau dipikir-pikir sebenarnya kamu ini tidak jelek. Masalahnya, yang mau mikir itu siapa?"

4. "Kabeh tugas kuwi gampang, nek ora usah di garap."

Semua pekerjaan itu mudah, jika tidak usah dikerjakan.

5. "Dosa sing paling menyedihkan iku dosambat ora duwe duit."

Dosa yang paling menyedihkan adalah pada sambat tidak punya duit.

Kata Lucu Bahasa Jawa Ngapak

Kata-kata Motivasi Lucu / Sumber: iStockphoto

1. "Gantenge se cukupe bae lah, Kelewihen mbok malik dadi srigala"

Ganteng secukupnya saja, kalau kelebihan nanti jadi serigala

2. "Combro bae ana isine, masa atimu kosong"

Combro saja ada isinya, masa hatimu kosong

3. "Nyong wis pernah sugih, tapi kursedina pas gajian."

Aku pernah kaya, tapi cuma sehari pas gajian

4. "Tak simpen potomu neng, Ben pas ora ndue duit nyong iseh tetep dapat senyum alasane iseh ndue koe "

Aku menyimpan fotomu, supaya pas tidak punya uang aku masih tetap tersenyum karena masih memilikimu.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

FOTO: Markas Polisi Hong Kong Jadi Korban Vandalisme Demonstran

Posted: 21 Jun 2019 09:30 PM PDT

Penampakan markas polisi Hong Kong ditulisi 'Never Give In', Hong Kong, Jumat (21/6/2019). Ribuan pengunjuk rasa sempat mengepung markas polisi tersebut dan melemparinya dengan serta menuliskan kata-kata di dinding luar. (AP Photo/Vincent Yu)

Penampakan markas polisi Hong Kong ditulisi 'Never Give In', Hong Kong, Jumat (21/6/2019). Ribuan pengunjuk rasa sempat mengepung markas polisi tersebut dan melemparinya dengan serta menuliskan kata-kata di dinding luar. (AP Photo/Vincent Yu)

Telur yang dilontarkan oleh para demonstran mengotori lencana polisi di markas kepolisian di Hong Kong, Sabtu (22/6/2019). Markas Besar Polisi Hong Kong tersebut digeruduk ribuan demonstran yang menuntut polisi membebaskan massa yang ditangkap dalam aksi menolak RUU Ekstradisi. (AP Photo/Vincent Yu)

Telur yang dilontarkan oleh para demonstran mengotori lencana polisi di markas kepolisian di Hong Kong, Sabtu (22/6/2019). Markas Besar Polisi Hong Kong tersebut digeruduk ribuan demonstran yang menuntut polisi membebaskan massa yang ditangkap dalam aksi menolak RUU Ekstradisi. (AP Photo/Vincent Yu)

Polisi berjaga-jaga di depan tembok bertulis kata-kata China 'Penarikan dan Pembebasan' di pintu masuk utama kantor polisi di Hong Kong, Sabtu (22/6/2019). Markas polisi tersebut jadi korban aksi vandalime demonstran dalam lanjutan aksi unjuk rasa menolak RUU Ekstradisi. (AP Photo/Vincent Yu)

Polisi berjaga-jaga di depan tembok bertulis kata-kata China 'Penarikan dan Pembebasan' di pintu masuk utama kantor polisi di Hong Kong, Sabtu (22/6/2019). Markas polisi tersebut jadi korban aksi vandalime demonstran dalam lanjutan aksi unjuk rasa menolak RUU Ekstradisi. (AP Photo/Vincent Yu)

Petugas menutupi tembok yang dirusak oleh pengunjuk rasa dengan selembar plastik di pintu masuk utama kantor polisi di Hong Kong, Sabtu (22/6/2019. Ribuan pengunjuk rasa sempat mengepung markas polisi tersebut dan melemparinya dengan serta menuliskan kata-kata di dinding luar. (AP Photo/Vincent Yu)

Petugas menutupi tembok yang dirusak oleh pengunjuk rasa dengan selembar plastik di pintu masuk utama kantor polisi di Hong Kong, Sabtu (22/6/2019. Ribuan pengunjuk rasa sempat mengepung markas polisi tersebut dan melemparinya dengan serta menuliskan kata-kata di dinding luar. (AP Photo/Vincent Yu)

Polisi berjaga di pintu masuk utama kantor polisi yang dirusak di Hong Kong, Sabtu (22/6/2019). Markas polisi tersebut digeruduk ribuan demonstran yang menuntut pembebasan massa yang ditangkap dalam aksi menolak RUU Ekstradisi. (AP Photo/Vincent Yu)

Polisi berjaga di pintu masuk utama kantor polisi yang dirusak di Hong Kong, Sabtu (22/6/2019). Markas polisi tersebut digeruduk ribuan demonstran yang menuntut pembebasan massa yang ditangkap dalam aksi menolak RUU Ekstradisi. (AP Photo/Vincent Yu)

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Live Streaming Vidio Barito Putera vs Kalteng Putra di Shopee Liga 1 2019

Posted: 21 Jun 2019 09:30 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Barito Putera menghadapi duel penting melawan Kalteng Putra pada lanjutan Shopee Liga 1 2019. Bertanding di Stadion 17 Mei, Sabtu (22/6/2019), tuan rumah wajib meraih kemenangan demi memperbaiki posisi.

Pasukan Jacksen F Tiago dalam posisi terjepit berdasar hasil tiga pertandingan yang sudah dijalani. Mereka baru mengoleksi satu angka sehingga terdampar di zona degradasi klasemen sementara Shopee Liga 1.

Beruntung bagi Laskar Antasari, gelandang timnas Evan Dimas Darmono sudah kembali bergabung sehabis menjalankan tugas membela negara. "Kami bersyukur di sudah di sini," kata Jacksen, dilansir Antara.

Performa tersebut berbanding terbalik dengan Kalteng Putra. Meski berstatus tim promosi, anak asuh Gomes de Oliviera sudah memiliki empat angka sehingga bertengger di papan tengah.

Juga mempertaruhkan gengsi Kalimantan, derby pada Shopee Liga 1 ini pun menjadi menarik untuk disaksikan.

Saksikan live streaming Vidio Barito Putera vs Kalteng Putra di Shopee Liga 1 mulai pukul 15.30 WIB. Dapatkan link live streaming pada halaman selanjutnya.

Link Live Streaming

Untuk link live streaming Vidio Barito Putera vs Kalteng Putra di Shopee Liga 1 silakan klik di sini...

Perkiraan Pemain

Barito Putera (4-2-3-1): M Riyandi; Dandi Maulana, Artur, Lucas Silva, Donni Monim; R. Beroperay, Evan Dimas, P. Sitanggang, P. Womsiwor, Rizky Pora; Rafael Silva

Kalteng Putra (4-3-3): Dimas Galih; W. Hasbulla, Bonfim, O.K John, Fajar Andika; Gede Sukadana, Hedipo, Rizky Dwi Febrianto; Patrcih Wanggai, Yohanes Pahabol, Diogo Campos

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Rekaman Detik-Detik Deddy Corbuzier Mengucapkan 2 Kalimat Syahadat

Posted: 21 Jun 2019 09:30 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Deddy Corbuzier resmi memeluk agama Islam. Setelah melewati proses panjang, akhirnya bapak dari Azkanio Nikola Corbuzier inipun memantapkan hati untuk berpindah keyakinan.

Deddy Corbuzier sah menjadi mualaf setelah dirinya mengucapkan dua kalimat syahadat di Pondok Pesantren Ora Aji, Sleman, Yogyakarta pada Jumat (21/6/2019) selepas salat Jumat.

Disaksikan oleh para jemaah dan juga para santri yang ada di pondok tersebut. Usai mengucap dua kalimat syahadat, puluhan jamaah yang menyaksikan prosesi ini pun meneriakkan takbir.

Inilah rekaman detik-detik Deddy Corbuzier saat mengucapkan dua kalimat syahadat yang bisa Anda saksikan di channel Celeb360 di Vidio berikut ini.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Melongok Perjalanan Jakarta, dari Dipimpin Walikota hingga Kini Gubernur

Posted: 21 Jun 2019 09:21 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Usia Jakarta sudah tidak muda lagi. Pada 2019 ini, Ibu Kota Indonesia genap berumur 492 tahun. Hampir setengah abad, Jakarta terus mengalami perubahan.

Mulai dari masih banyaknya hutan, pembangunan belum pesat, belum banyak perumahan, hingga gedung-gedung tinggi kini menjulang di Jakarta.

Kemajuan Jakarta tidak bisa lepas dari para pemimpinnya. Pertama kali, Jakarta hanya dipimpin oleh seorang Wali Kota. Suwiryo menjadi Wali Kota Jakarta pertama pada 23 September 1945.

Ia ditunjuk langsung oleh Presiden pertama RI Sukarno usai kemerdekaan Indonesia. Suwiryo pun menjadi penguasa pertama Jakarta.

Setelah itu, kepemimpinan Jakarta terus bergulir. Hingga pada akhirnya, Jakarta dipimpin oleh seorang Gubernur. Dari Jakarta belum ada apa-apa, hingga kini menjadi kota impian bagi siapa saja karena kemudahan akses yang bisa didapat.

Berikut Jakarta dulu dan sekarang dari zaman masih dipimpin Wali Kota hingga Gubernur:

 

1. Suwiryo

Penari berjalan saat Jakarnaval 2018 di kawasan Silang Monas, Jakarta, Minggu (8/7). Karnaval digelar dalam rangka HUT ke-491 DKI Jakarta. (Merdeka.com/Iqbal S Nugroho)

Orang pertama yang menjadi Wali Kota Jakarta adalah Raden Suwiryo lahir di Wonogiri, Jawa Tengah, 17 Februari 1903.

Pada Juli 1945, penguasa Jakarta dipegang oleh pembesar Jepang yang memiliki dua Wakil Wali Kota, Suwiryo dan Baginda Dahlan Abdullah. Ketika menjabat sebagai wakil itulah, Suwiryo secara cerdik menasionalisasi pemerintahan dan kekuasaan kota.

Saat Jepang bertekuk lutut kepada sekutu, Suwiryo segera mengumumkan berita itu kepada warga Jakarta, yang langsung disambut gegap gempita.

Suwiryo kemudian ikut meminta Soekarno dan Hatta segera mencuri kesempatan dengan memproklamasikan kemerdekaan Indonesia.

Perpindahan kekuasaan dilakukan pada 19 September 1945. Empat hari kemudian, 23 September 1945 Suwiryo pun ditunjuk oleh pemerintah Indonesia menjadi Wali Kota Jakarta.

2. Syamsuridjal

Sebelum menjadi Wali Kota Jakarta Raya, Sjamsuridjal menjabat Wali Kota Solo. Pada masa awal pemerintahannya, dimulai dibangun stadion nasional Ikatan Atletik Djakarta (Ikada) yang dimulai pada 18 Juli 1950 untuk keperluan Pekan Olahraga Nasional ke-2 (PON II) yang dilaksanakan pada Oktober 1951.

Saat memimpin Ibu Kota, kebijakan yang cukup terkenal pada masa kepemimpinannya adalah mengenai masalah listrik. Walau begitu, ia juga memberi prioritas pada masalah air minum, pelayanan kesehatan, pendidikan, dan kebijakan atas tanah.

Guna mengatasi masalah listrik yang sering padam, Sjamsuridjal membangun pembangkit listrik di Ancol, Jakarta Utara. Adapun untuk meningkatkan penyediaan air minum, dia membangun penyaringan air di Karet, penambahan pipa, peningkatan suplai air dari Bogor.

Di bawah pemerintahan Sjamsuridjal, bidang pendidikan juga mendapat perhatian. Ia mendukung pengembangan Universitas Indonesia.

3. Raden Soediro

Soediro memimpin Jakarta periode 1953–1960. Kala itu, ia mengeluarkan kebijakan pemecahan wilayah Jakarta menjadi tiga kabupaten yaitu Jakarta Utara, Jakarta Pusat, dan Jakarta Selatan.

Soediro juga yang mengemukakan kebijakan pembentukan Rukun Tetangga (RT) dan Rukun Kampung (RK) yang kemudian menjadi Rukun Warga (RW).

Dalam menjalankan tugasnya sebagai Wali Kota, Soediro kala itu begitu sulit, mengingat Jakarta secara de Facto adalah ibu kota Republik Indonesia.

Sering terjadi konflik kebijakan antara kebijakan kota dan kebijakan nasional. Pada masa jabatannya, Soediro menyatakan ada 3 daerah teritoris utama di Jakarta, yaitu Bandara Kemayoran, Pelabuhan Tanjung Priok, dan kota satelit Kebayoran Baru.

Pada 1957, Sudiro membuat kebijakan sekolah gratis untuk tingkat sekolah dasar (SD), namun kebijakan ini hanya berlaku 1 tahun setelah pemerintah pusat membatalkan kebijakan ini.

4. Soemarno Sosroatmodjo

Soemarno Sosroatmodjo memimpin Jakarta dalam dua periode, yaitu 1960–1964 dan 1965–1966. Pada masa kepemimpinannya, selain dibangun Monas, Patung Selamat Datang, dan Patung Pahlawan di Menteng, juga dibangun rumah minimum.

Konsep rumah minimum ini adalah rumah dengan luas 90 meter persegi, dibangun di atas tanah 100 meter persegi, terdiri dari dua lantai, lokasinya dekat dengan tempat kerja.

Proyek pertama rumah minimum dibangun di Jalan Raden Saleh, Karang Anyar, Tanjung Priok, dan Bandengan Selatan.

Setelah selesai masa baktinya, Soemarno menjabat sebagai Menteri Dalam Negeri dan jabatan Gubernur Jakarta dilanjutkan oleh Henk Ngantung atas perintah Presiden Soekarno, karena kesehatan Henk Ngantung yang tidak memungkinkan untuk melanjutkan jabatannya.

5. Henk Ngantung

Henk Ngantung adalah seorang seniman yang pernah memimpin Jakarta pada 1964-1965. Tugu Selamat Datang yang menggambarkan sepasang pria dan wanita yang sedang melambaikan tangan yang berada di bundaran Hotel Indonesia merupakan hasil sketsa Henk.

Ide pembuatan patung ini berasal dari Presiden Sukarno dan design awalnya dikerjakan oleh Henk Ngantung yang pada saat itu merupakan wakil Gubernur DKI Jakarta.

Henk juga membuat sketsa lambang DKI Jakarta dan lambang Kostrad namun ironisnya, hal tersebut belum diakui oleh pemerintah. Lukisan hasil karya Henk antara lain adalah Ibu dan Anak yang merupakan hasil karya terakhirnya.

Namun pada 15 Juli 1965, Henk Ngantung dicopot dari jabatannya sebagai Gubernur Jakarta.

 

Ali Sadikin

Ali Sadikin

6. Ali Sadikin

Ali Sadikin dilantik secara langsung oleh Presiden Soekarno menjadi Gubernur DKI Jakarta pada Kamis, 28 April 1966 pukul 10.00 di Istana Negara.

Ali Sadikin adalah gubernur yang sangat berjasa dalam mengembangkan Jakarta menjadi sebuah kota metropolitan yang modern.

Di bawah kepemimpinannya Jakarta mengalami banyak perubahan karena proyek-proyek pembangunan buah pikirannya, seperti Taman Ismail Marzuki, Kebun Binatang Ragunan, Proyek Senen, Taman Impian Jaya Ancol, Taman Ria Monas, Taman Ria Remaja, kota satelit Pluit di Jakarta Utara, pelestarian budaya Betawi di kawasan Condet.

Ali Sadikin juga mencetuskan pesta rakyat setiap tahun pada hari jadi kota Jakarta, 22 Juni. Bersamaan dengan itu berbagai aspek budaya Betawi dihidupkan kembali, seperti kerak telor, ondel-ondel, lenong dan topeng Betawi.

Ia juga sempat memberikan perhatian kepada kehidupan para artis lanjut usia di kota Jakarta yang saat itu banyak bermukim di daerah Tangki, sehingga daerah tersebut dinamai Tangkiwood.

Selain itu, Ali Sadikin juga menyelenggarakan Pekan Raya Jakarta yang saat ini lebih dikenal dengan nama Jakarta Fair, sebagai sarana hiburan dan promosi dagang industri barang dan jasa dari seluruh tanah air, bahkan juga dari luar negeri.

Ali Sadikin berhasil memperbaiki sarana transportasi di Jakarta dengan mendatangkan banyak bus kota dan menata trayeknya, serta membangun halte (tempat menunggu) bus yang nyaman.

Di bawah pimpinan Bang Ali, Jakarta berkali-kali menjadi tuan rumah Pekan Olahraga Nasional (PON) yang mengantarkan kontingen DKI Jakarta menjadi juara umum selama berkali-kali.

7. Tjokropranolo

Sebelum menjabat gubernur Jakarta, selama satu tahun Tjokropranolo menjadi asisten Gubernur Ali Sadikin. Pada Juli 1977, ia dilantik sebagai Gubernur Jakarta.

Selama dia menjabat gubernur, ia sering mengunjungi berbagai pabrik untuk mengecek kesejahteraan buruh dan mendapatkan gagasan langsung tentang upah mereka.

Usaha kecil juga menjadi perhatiannya. Dia mengalokasikan sekitar ratusan tempat untuk puluhan ribu pedagang kecil agar dapat berdagang secara legal.

Walau begitu, kemacetan lalu lintas dan kesemrawutan transportasi kota menjadi masalah yang sulit dipecahkan. Perda yang mengatur pedagang jalanan tidak efektif, sehingga mereka masih berdagang di wilayah terlarang, menempati badan jalan, dan memacetkan lalu lintas.

8. Soeprapto

Sebelum menjabat sebagai gubernur, Soeprapto adalah Sekretaris Jenderal Depdagri. Dengan pengalaman kepemimpinannya, Soeprapto mencoba menangani masalah Jakarta yang kompleks.

Ia memulai kepemimpinannya dengan mengajukan konsep yang pragmatis dan bersih tentang pembangunan Jakarta sebagai ibu kota dan juga wacananya mengenai sebuah kota besar.

Soeprapto menekankan konsepnya dalam wacana stabilitas, keamanan, dan ketertiban. Selain itu Soeprapto juga membuat Master Plan DKI Jakarta untuk periode 1985–2005, yang sekarang dikenal dengan Rencana Umum Tata Ruang dan Rencana Bahagian Wilayah Kota.

9. Wiyogo Atmodarminto

Pada masa kepemimpinannya, Wiyogo Atmodarminto secara rutin berkunjung ke berbagai tempat di Jakarta. Ia dikenal sebagai pemimpin yang terbuka dan bersikap disiplin.

Di awal kepemimpinannya, Wiyogo Atmodarminto memutuskan untuk menerapkan konsep BMW: Bersih, Manusiawi, Berwibawa di Jakarta.

Ia menerapkan kerja sama pengelolaan sampah antara pemerintah dan swasta. Ia juga menertibkan penyimpangan bangunan.

Wiyogo pernah memerintahkan membongkar bangunan baru di kompleks pertokoan Tanah Abang karena dianggap tak memiliki izin mendirikan bangunan.

Di zamannya, berhasil direalisasikan sejumlah program, diantaranya, pembebasan kawasan becak, swastanisasi kebersihan, pembangunan jalan lingkar luar (outer ring road), perbaikan jalur kereta api, pembangunan dan perluasan jalan arteri, jalan layang dan underpass.

Selain itu, Wiyogo juga yang memindahkan Pekan Raya Jakarta yang semula diselenggarakan di Monas ke Kemayoran. Lalu, memindahkan Terminal Cililitan ke Kampung Rambutan juga pengembalian kelestarian Ciliwung.

10. Surjadi Soedirja

Surjadi Soedirja menjadi Gubemur DKI Jakarta masa bakti 1992-1997. Dari hasil temu kerja dan silaturahmi dengan ulama dan umara (Desember 1992), Gubernur Surjadi Soedirdja mencetuskan dasar pemikiran (filosofi) Jakarta Teguh Beriman sebagai motto DKI Jakarta.

Teguh Beriman mengandung dua pengertian, harfiah dan operasional yang keduanya memiliki hubungan dealektis. Kemudian di dalam upaya meningkatkan citra Jakarta sebagai ibukota propinsi sekaligus ibukota negara, Gubernur mencanangkan Rencana Strategis (Renstra 1992-1997) Pembangunan DKI Jakarta, dengan sembilan sasaran prioritas, yaitu pengendalian kependudukan, penangan pemukiman kumuh, pembinaan sektor informal, peningkatan pelayanan kepada masyarakat, dan pembinaan aparatur.

Kemudian, peningkatan penerimaan daerah, kebrsihan, kesehatan lingkungan dan penghijauan, lalu lintas dan angkutan umum, serta keterpaduan pembangunan sosial kemasyarakatan.

Melalui kebijakan dan kebijaksanaan ini sasaran yang di maksud adalah sebuah kota yang aman, tertib, nyaman, serasi, sesuai tuntutan dan tantangan yang harus dicapai Kota Jakarta.

Baik sebagai ibukota propinsi maupun ibukota negara, yaitu kesinambungan pembangunan hingga dapat disejajarkan dengan kota-kota besar lainnya di dunia, yang dihuni oleh masyarakat yang sejahtera.

Melalui Keputusan Presiden RI No. 0511TK/ 1994, tanggal 10 Agustus 1994, DKI Jakarta menerima anugerah tanda kehormatan Parasamya Purnakarya Nugraha, dengan amanat, 'Samya Krida Tata Tenteram Karta Raharja", sebagai penghargaan atas hasil karya tertinggi dalam melaksanakan Pembangunan Lima Tahun Kelima, sehingga memberikan kemanfaatan luar biasa bagi pembangunan dan kemajuan DKI Jakarta khususnya, serta negara dan bangsa Indonesia umumnya.

 

11. Sutiyoso

Kepala Badan Intelijen Negara (BIN) Letjen (Purn) Sutiyoso meluncurkan buku berjudul Sang Pemimpin di Djakarta Theater, Jakarta Pusat, Minggu (6/12/2015). (Liputan6.com/Faizal Fanani)

Sutiyoso menjadi Gubernur DKI Jakarta selama dua periode, pertama pada 1997-2002 dan kedua pada 2002-2007. Pada 15 Januari 2004, ia meluncurkan sistem angkutan massal dengan nama bus TransJakarta atau lebih populer disebut Busway sebagai bagian dari sebuah sistem transportasi baru kota.

Mulai 4 Februari 2006, ia melarang siapapun yang berada di wilayah DKI merokok di sembarang tempat. Larangan merokok dilakukan di tempat-tempat umum, seperti halte, terminal, mall, perkantoran dan lain sebagainya. Meskipun program ini telah diefektifkan sejak 6 April 2006 ternyata masih saja banyak orang yang tidak mengindahkan larang merokok di sembarang tempat itu.

Setelah merealisasikan pelebaran Jalan MH Thamrin, ia menerapkan pemberlakuan Peraturan Pemerintah Nomor 43 Tahun 1993 terutama Pasal 51 ayat 1 tentang peraturan kendaraan bermotor melaju di sebelah kiri.

Penertiban pengendara motor harus di jalur kiri diberlakukan sejak 8 Januari 2007 di ruas Jalan Gatot Subroto hingga kawasan Cawang, Jalan DI Panjaitan, Jalan MT Haryono, Jalan S Parman, Jalan Perintis Kemerdekaan, dan Jalan Letjen Suprapto.

Selain di kawasan itu, pemberlakukan sepeda motor melaju di sebelah kiri juga ditetapkan di Jalan Margoda (Depok), Jalan Sudirman (Tangerang), dan Jalan Ahmad Yani (Bekasi).

Saksi tilang bagi pengendara sepeda motor yang melaju di lajur tengah dan kanan mulai diterapkan semenjak itu juga.

Dasar wajib lajur kiri bagi pengendara sepeda motor adalah Peraturan Pemerintah Nomor 43 tahun 1993 tentang Prasarana dan Lalu lintas Jalan.

Dalam Bab VIII Pasal 51 ayat 1 dijelaskan tata cara berlalu lintas di jalan adalah mengambil lajur sebelah kiri. Selain, karena masa ujicoba selama 13 hari sejak Desember 2006 yang dapat menurunkan jumlah kasus kecelakaan hingga 30,7 persen.

Pada 27 Januari 2007, ia meluncurkan armada Transjakarta untuk Koridor IV, V, VI, dan VII. Acara peluncuran yang dipusatkan di Komplek Taman Impian Jaya Ancol dihadiri pejabat-pejabat negara dari pusat maupun daerah. Iringan-iringan rombongan yang terdiri beberapa wali kota se-Jakarta, beberapa artis, dan beberapa gubernur di Indonesia.

Sebuah armada Koridor V sempat terhalang separator di perempatan Jalan Matraman Raya untuk beberapa saat ketika pengemudi yang baru tidak tepat mengarahkan kemudinya menyururi jalan yang sedianya khusus diperuntukkan busway. Masyarakat tampak antusias menyambut kehadiran armada baru ini.

Pada 17 Januari 2007, ia mengeluarkan Peraturan Gubernur Nomor 5 Tahun 2007 tentang peniadaan semua ternak unggas di permukiman.

Ia memberi batas waktu bagi warga Jakarta untuk menyingkirkan unggas dari lingkungan tempat tinggal pada 31 Januari 2007.

Pada 1 Februari 2007, ia berkeliling ke sejumlah wilayah untuk memastikan tidak ada lagi unggas yang dipelihara secara liar.

Ia meminta kepada warga masyarakat dapat memberikan informasi kepada petugas jika tetangganya masih ada yang memelihara unggas yang dilarang menurut Peraturan Gubernur No 15/2007, yaitu ayam, itik, entok, bebek, angsa, burung dara, dan burung puyuh.

Sampai pada 31 Januari 2007 sudah lebih dari 100.000 unggas di permukiman dimusnahkan oleh warga dan petugas. Sedang, pemberian sertifikat telah diserahkan kepada lebih dari 80 persen pemilik unggas hias dan berkicau. Proses sertifikasi unggas berlanjut hingga akhir Februari 2007.

 

12. Fauzi Bowo

Fauzi Bowo adalah Gubernur DKI Jakarta periode 2007-2012.

Fauzi Bowo menjadi Gubernur Jakarta dari 7 Oktober 2007 hingga 7 Oktober 2012. Banyak kontribusi yang dia berikan pada warga Jakarta selama menjabat sebagai gubernur.

Seperti menyelenggarakan car free day pada hari Minggu di beberapa kawasan di Jakarta.

Selain itu, ia juga membangun Kanal Banjir Timur (KBT) di wilayah Jakarta Utara dan Timur. Dari kesehatan, Fauzi Bowo mempertahankan prestasi tidak ada Kejadian Luar Biasa (KLB) Diare selama tiga tahun.

Sedangkan dari sisi ekonomi, APBD DKI Jakarta meningkat dua kali lipat. Dan masih banyak prestasi lainnya.

 

13. Joko Widodo

Presiden Joko Widodo didampingi Ketum PPP Romahamurmuziy dan Gubernur Jawa Timur Soekarwo tiba Bandara Internasional Juanda, Jawa Timur, Sabtu (3/2). Jokowi dan Romi tampak kompak mengenakan sarung. (Liputan6.com/Pool/Biro Pers Setpres)

Sebelum menjadi Presiden RI, Joko Widodo atau Jokowi sempat memimpin Jakarta pada 2012 hingga 2014.

Sebelum Jokowi, pengelolaan air minum dilakukan oleh dua operator utama, Aetra (PT Thames PAM Jaya) dan Palyja (PT PAM Lyonnaise Jaya).

PT Aetra Air Jakarta mengelola, mengoperasikan, memelihara sistem penyediaan air bersih, dan melakukan investasi di wilayah timur Jakarta, sementara Palyja di bagian barat Jakarta.

Pemegang saham Aetra adalah Acuatico Pte Ltd dengan kepemilikan sebesar 95 persen dan PT Alberta Utilities sebesar 5 persen. Sementara Palyja melayani pasokan air bersih ke wilayah Jakarta Barat, Jakarta Selatan, serta sebagian wilayah Jakarta Utara dan Pusat.

Karena dianggap tidak mampu menyediakan pelayanan yang prima, maka Jokowi dan Ahok sejak awal sudah mengincar pengambilalihan pengelolaan air minum Jakarta agar lebih mudah diawasi dan dikontrol.

Jokowi pun berhasil menaikkan upah minimum provinsi atau UMP pada masanya di Jakarta. Pada 10 Oktober 2013, Jokowi meresmikan pembangunan Angkutan Massal Cepat (MRT) yang sebelumnya sempat tertunda selama bertahun-tahun.

Kemudian, pada tanggal 16 Oktober 2013, Jokowi juga meresmikan pembangunan jalur hijau Monorel Jakarta sepanjang sebelas kilometer.

Selain itu, pada November 2013, Pemerintah Daerah DKI Jakarta berencana akan mengadakan seribu bus untuk jalur Transjakarta.

Namun, beberapa dari 656 bus yang dibeli dari Tiongkok didapati sudah berkarat, sehingga dicurigai ada kecurangan yang dilakukan oleh pejabat Dinas Perhubungan (Dishub) DKI Jakarta.

Sebagai tanggapan terhadap masalah ini, Jokowi membebastugaskan Kepala Dishub DKI Jakarta Udar Pristiono dan melantik Muhammad Akbar sebagai penggantinya. Selanjutnya pemesanan armada Transjakarta akan banyak melalui sistem E-Katalog, bukan lagi lelang.

Untuk memperbaiki kualitas pelayanan dan armada Transjakarta, maka mulai 30 Desember 2013, PT Transjakarta secara resmi disahkan.

Pada tanggal 24 Februari 2014, Jokowi meluncurkan bus tingkat wisata. Pada April hingga Juni 2013, Jokowi menciptakan sistem baru dalam penempatan birokrasi, yaitu lelang jabatan.

Normalisasi Waduk Pluit menandai perbaikan sistem pengendalian banjir di Jakarta. Normalisasi Waduk Ria Rio juga sempat mendapat hambatan dari warga dan pemilik tanah akibat adanya sengketa yang terjadi antara pemilik tanah dengan PT Pulomas Jaya.

Jokowi dan Ahok banyak melakukan normalisasi kali yang manfaatnya banyak dirasakan hingga kini oleh masyarakat Jakarta.

Selain itu, keduanya juga mengeluarkan Kartu Jakarta Pintar atau KJP untuk anak-anak sekolah. Kebijakan itu dirasakan benar manfaatnya oleh warga Ibu Kota.

 

14. Basuki Tjahaja Purnama atau Ahok

Gubenur DKI Jakarta Basuki Tjahaja Purnama (Ahok) usai mengikuti rapat terbatas di Istana Kepresidenan, Jakarta, Rabu (27/4/2016). (Liputan6.com/Faizal Fanani)

Pada 14 November 2014, DPRD DKI Jakarta mengumumkan Basuki sebagai Gubernur DKI Jakarta menggantikan Joko Widodo yang telah menjadi Presiden Republik Indonesia.

Selama kepemimpinannya, Ahok dikenal sebagai pribadi yang keras. Mulai tahun anggaran 2015, Ahok mengajukan e budgeting sebagai solusi untuk memperbaiki penyusunan Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah DKI Jakarta.

Untuk menekan permainan birokrat dalam pengadaan barang dan jasa, termasuk di antaranya upaya mark up, memperudah proses belanja pemerintah, Basuki menerapkan pemesanan melalui e-katalog.

Pada 3 April 2015, sebanyak 15 Puskesmas diresmikan meningkat taraf pelayanannya menjadi Rumah Sakit Umum tipe D. Dengan demikian, RSUD yang sudah ada akan terbantu karena beban antrian bisa dibagi.

Seiring dengan peresmian Masjid Rusun Marunda, pada 17 Januari 2016, Basuki mengumumkan layanan Transjakarta gratis melalui feeder yang disediakan di setiap rumah susun di Jakarta.

Pada tanggal 11 Maret 2016, Basuki mulai memperkenalkan Scania. Untuk meningkatkan asupan gizi bagi anak-anak yang kurang mampu, Basuki memberikan subsidi untuk pembelian daging bagi pemegang KJP.

Normalisasi Kali Sunter dilakukan mulai pada 17 November 2013. Pada 6 Agustus 2015, setelah pembongkaran 85 bangunan liar di Kampung Rawa Badung RT 10 dan RT 14/08, Kelurahan Jatinegara, Jakarta Timur, dirampungkan, lahan tersebut akan langsung dikeruk untuk dikembalikan fungsinya menjadi waduk.

Untuk memfasilitasi tercapainya target 30 persen ruang terbuka hijau dan Jakarta sebagai kota ramah anak, Basuki Tjahaja Purnama menginisasi pembangunan taman dengan konsep komunitas di berbagai perkampungan di DKI Jakarta.

Ahok juga melakukan berbagai relokasi bagi warga Kampung Pulo, Kalijodo, Bukit Duri, Pasar Karang Anyar, dan Pasar Ikan. Ahok membuatkan rumah susun (rusun) sebagai gantinya.

Untuk membenahi pedagang kaki lima di Monas, khususnya di parkiran IRTI, pada tanggal 22 Mei 2015, Lenggang Jakarta yang berbentuk food court dengan transaksi yang mewajibkan penggunaan e-money atau cashless diresmikan.

 

15. Djarot Saiful Hidayat

Ahok bersama Djarot saat konferensi pers terkait hasil hitung cepat Pilkada DKI 2017, Jakarta, Rabu (14/4). Ahok berjanji akan melunasi janji-janjinya selama menjabat sebelum lepas jabatan Oktober 2017. (Liputan6.com/Angga Yuniar)

Djarot menjadi Gubernur DKI Jakarta pada 15 Juni 2017 hingga 15 Oktober 2017. Dengan masa jabatan yang singkat, Djarot melanjutkan tugas Ahok.

Dan saat ini, Jakarta dipimpin oleh Gubernur Anies Baswedan. Anies masih terus berupaya membangun Jakarta.

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

5 Fakta Kebakaran Pabrik Korek Api di Langkat, Polisi Sudah Tetapkan Tersangka

Posted: 21 Jun 2019 09:20 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Kebakaran hebat menghanguskan sebuah pabrik pemantik atau korek api gas di Jalan Tengku Amir Hamzah, Dusun IV, Desa Sambirejo, Kecamatan Binjai, Kabupaten Langkat, Sumatera Utara (Sumut).

Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Langkat, Irwan Syahri mengatakan, si jago merah mengamuk di pabrik pemantik tersebut sekitar pukul 12.00 WIB. Akibat peristiwa kebakaran hebat ini, sekitar 30 orang meninggal dunia.

"Setelah anggota kita turun semua diteliti semua ternyata 30 orang. Rinciannya 3 anak-anak, selebihnya orang dewasa," kata Kepala BPBD Langkat, Irwan Syahri.

Berikut fakta kebakaran pabrik korek apik di Langkat yang Liputan6.com rangkum dari berbagai sumber, Sabtu (22/6/2019).

Penyebab Awal Kebakaran Pabrik Korek Api

Korban tewas akibat kebakaran pabrik pemantik api atau korek api gas di Langkat. (Liputan6.com/Reza Efendi)

Peristiwa kebakaran itu diketahui terjadi sekitar pukul 12.00 WIB. Api menyala diawali suara ledakan dari sekitar lokasi kejadian.

Pihak BPBD belum dapat memastikan dari mana asal ledakan tersebut terjadi, dan belum mengetahui persis penyebab si jago merah mengamuk.

"Informasi awal menyebutkan, saat pekerja hendak salat Jumat, terdengar ledakan. Tapi tidak tahu ledakan apa dan dari mana asalnya. Belum dapat informasi, masih diselidiki," Irwan menerangkan.

Kapolsek Binjai mengungkapkan, informasi sementara yang diperoleh pihaknya, ledakan berawal saat seorang pekerja pabrik mencoba pemantik api yang telah dipasang batu mancis. Tiba-tiba terjadi ledakan dan menyambar pemantik api lainnya.

"Posisi para korban saat itu di belakang. Banyak yang tidak bisa keluar dari dalam rumah. Hal ini dikarenakan pintu depan tidak dapat diakses atau dibuka dan jendela dipasang jerjak besi," ungkapnya.

Korban Mencapai 30 Orang

Penyebab pasti kebakaran pabrik korek gas di Jalan Tengku Amir Hamzah, Dusun IV, Desa Sambirejo, Kecamatan Binjai, Kabupaten Langkat, Sumatera Utara (Sumut) belum dapat disimpulkan. (Liputan6/Reza Efendi)

Korban tewas akibat kebakaran yang menghanguskan pabrik pemantik atau korek api gas di Jalan Tengku Amir Hamzah, Dusun IV, Desa Sambirejo, Kecamatan Binjai, Kabupaten Langkat, Sumatera Utara (Sumut), berjumlah 30 orang.

Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Langkat‎, Irwan Syahri mengatakan, awalnya korban kebakaran diketahui berjumlah 24 orang. Setelah dilakukan evakuasi dan diteliti, korban bertambah menjadi 30 orang.

"Korban tewas 30 orang. Rinciannya 5 anak-anak selebihnya orang dewasa," kata Irwan, Jumat (21/6/2019).

Saat ini, BPBD Kabupaten Langkat bersama aparat kepolisian dari Polres Langkat sudah melakukan evakuasi seluruh jenazah yang tewas. Puluhan jenazah yang tewas dibawa ke Rumah Sakit Umum Bhayangkara Pokda Sumut, Jalan KH Wahid Hasyim, Kota Medan, untuk diautopsi.‎

"Korban tewas sudah dievakuasi, sudah dibawa ke Rumah Sakit Bhayangkara di Medan," jelas Irwan.

4 Orang Karyawan Selamat

Tim Disaster Victim Identification (DVI) Polda Sumut menerima data ante mortem dari pihak keluarga korban kebakaran pabrik korek gas di Kabupaten Langkat. (Liputan6/Reza Efendi)

Dalam peristiwa ini, diketahui ada empat korban orang pekerja yang selamat, yaitu Pipit, Ariyani, Nurasiyah, dan Ayu Anita Sari. Mereka berstatus warga Dusun II, Desa Sambirejo, Binjai Utara. Mereka selamat karena sedang keluar untuk makan siang.

Kapolsek Binjai, AKP B Naibaho menerangkan, pabrik merupakan tempat perakitan kepala pemantik api ilegal. Saat beroperasi, pabrik ini hanya menerima kepala pemantik api yang datang dari Medan dan sudah berisi gas. Di pabrik ini hanya merakit kepala batu pemantik api.

"Di sini dipasang kepala pemantiknya, lalu di-packing," ujarnya.

Jenazah Dibawa ke Rumah Sakit Bhayangkara

AKBP B Naibaho juga mengimbau kepada pihak keluarga untuk merapat ke RS Bhayangkara Polda Sumut di Medan, supaya dapat membantu pihak kepolisian mengetahui identitas dari para korban tewas akibat kebakaran pabrik di Langkat.

"Keluarga kita imbau dan arahkan ke sana (RS Bhayangkara Polda Sumut)," ucapnya.

Polisi Tetapkan Penyewa Rumah Sebagai Tersangka

Pihak kepolisian menetapkan status tersangka kepada penyewa rumah dijadikan pabrik korek gas yang di Jalan Tengku Amir Hamzah, Dusun IV, Desa Sambirejo, Kecamatan Binjai, Kabupaten Langkat, Sumatera Utara (Sumut).

Informasi diperoleh, pemilik rumah ‎bernama Burhan, warga Jalan Bintang Terang, Nomor 20, Dusun XV, Desa Mulyorejo, Kecamatan Sunggal, Kabupaten Deli Serdang. Pria 37 tahun itu sudah diamankan dan dilakukan pemeriksaan di Polda Sumut.

Sementara pemilik rumah bernama ‎Sri Maya warga Dusun IV, Desa Sambirejo, Kecamatan Binjai, Kabupaten Langkat. Wanita 47 tahun ini juga sudah diamankan ke Polres Binjai. Namun status Sri masih sebagai terperiksa.

"Penyewa dan pemilik sudah diamankan. Pemilik di Polres Binjai, penyewa di Polda Sumut," kata Kasubbag Humas Polres Binjai, Iptu Siswanto Ginting, Jumat (21/6/2019).

Hingga saat ini, Burhan masih dikabarkan sebagai penyewa rumah. Pihak kepolisian belum merinci apakah Burhan juga selaku pemilik pabrik korek gas yang terbakar atau tidak.‎ Menurut Siswanto, para korban tewas akibat bersentuhan dengan gas berbentuk liquid.

"Itu sangat bahaya. Jika hidup api, langsung menyambar,"‎ ujarnya.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

India Bakal Jadi Negara dengan Ekonomi Terbesar ke-3 di Dunia, Siapa Pertama?

Posted: 21 Jun 2019 09:20 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Managing Director Chief Market Strategist, Asia HSBC Private Banking, Fan Cheuk Wan memprediksi pada 2030 nanti, India akan menjadi kekuatan ekonomi ketiga di dunia.

Menurun Fan, di 2030, negara berkembang atau emerging markets Asia akan berkontribusi sebesar 55 persen terhadap pertumbuhan ekonomi dunia dan 35 persen terhadap PDB dunia. Oleh karena itu, dia menjelaskan, kekuatan konsumen Asia akan berdampak besar pada global.

"Populasi kelas menengah Asia yang besar akan mendatangkan banyak peluang untuk sektor layanan perorangan, produk ritel premium, e-Commerce, hiburan, perjalanan, pendidikan, kesehatan, dan keuangan," tuturnya seperti ditulis Sabtu (22/6/2019).

Maka dari itu, pihaknya meramalkan, Tiongkok atau China akan menggantikan Amerika Serikat (AS) sebagai kekuatan ekonomi terbesar di dunia.

Itu berarti tiga negara ekonomi terbesar di dunia pada 2030 akan ditempati oleh Tiongkok, Amerika Serikat, baru kemudian disusul oleh India.

"Kita tahu pada tahun ini China sedang berusaha menggantikan AS sebagai pasar retail terbesar di dunia. Ini berkat pasar e-commerce yang lumayan cepat," kata dia.

"Walaupun populasi usia produktif mulai menurun di China, Korea Selatan, Singapura, dan Thailand, konsumen Asia sebenarnya sedang memasuki usia konsumsi puncak dengan pengeluaran tahunan yang cukup tinggi," tambahnya.

Seperti Bank Dunia, HSBC Juga Perkirakan Ekonomi Dunia Bakal Melambat

Ilustrasi Pertumbuhan Ekonomi dunia  (Liputan6.com/Andri Wiranuari)

Sebelumnya, HSBC Private Banking memperkirakan pertumbuhan ekonomi dunia akan sedikit melambat pada tahun ini dan tahun depan. HSBC memperkirakan PDB Global akan berada di kisaran 2,4 persen pada 2019 dan 2020.

Angka tersebut bisa tercapat dengan syarat Amerika Serikat (AS) dan China mampu mempertahankan petumbuhan ekonomi yang layak, yakni masing-masing sebesar 2,4 persen dan 6,6 persen pada 2019. 

Managing Director Chief Market, Strategist Asia HSBC Private Banking Cheuk Wan Fan mengatakan, pada paruh kedua 2019, pasar saham di AS dan Asia menjadi lebih menarik. Pertumbuhan pasar saham di Asia akan didorong oleh China, Indonesia, India, dan Singapura.

"Preferensi kami terhadap ekuitas AS dan Asia didukung prospek pertumbuhan ekonomi yang beragam. Kami lebih memilih kredit AS dan Asia berdasarkan penilaian" ujarnya di Jakarta, Kamis (20/6/2019).

Untuk para investor, Fan menyarankan agar menghindari konsentrasi berlebih melalui diversifikasi global dan manajemen aktif.

"Para investor juga bisa mempertimbangkan pengelolaan risiko portfolio melalui alokasi emas dan investasi alternatif lainnya. Serta penempatan portfolio multi-aset yang terdiversifikasi dengan baik," kata dia.

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

AC Milan Peringatkan Barcelona karena Dekati Romagnoli

Posted: 21 Jun 2019 09:20 PM PDT

Liputan6.com, Milan - Klub raksasa Serie A Italia, AC Milan, mengeluarkan peringatan kepada Barcelona agar mereka tidak mendekati bek tengah mereka, Alessio Romagnoli.

Barcelona tengah berusaha melakukan pembenahan secara besar-besaran pada musim panas ini. Hal tersebut tak lepas dari kegagalan mereka pada musim lalu.

Klub Katalan itu sebenarnya mengincar treble. Namun, mereka cuma bisa meraih trofi La Liga, sementara trofi Liga Champions dan Copa del Rey gagal mereka genggam.

Kegagalan itu sendiri tak lepas dari kekalahan atas Liverpool di semifinal Liga Champions. Meski sempat unggul tiga gol, akan tetapi Blaugrana dikalahkan balik dengan skor 4-0 di leg kedua.

Kekalahan itu pun mempengaruhi mental Lionel Messi dkk. Hal itu sampai berimbas di final Copa Del Rey, yang membuat mereka kalah 2-1 dari Valencia.

Salah satu lini yang disebut jadi proritas perbaikan Barca musim depan adalah lini belakang. Blaugrana pun disebut jadi yang terdepan dalam mendapatkan bek muda Ajax Amsterdam, Matthijs De Ligt.

Akan tetapi, Barcelona terpaksa harus gigit jari. Pasalnya ada kabar bahwa De Ligt menolak pindah ke Camp Nou. Sebagai imbas dari penolakan itu, Barca terpaksa harus mencari alternatif baru. Kini mereka disebut mengincar Romagnoli.

 

 

40 Juta Euro

Bek AC Milan, Alessio Romagnoli kabarnya dibanderol seharga 40 juta euro. (Elisabetta Baracchi / ANSA via AP)

Kabar ini dilansir oleh Tuttosport. Media Italia ini menyebut Barca siap menebus Il Capitano Rossoneri itu dengan bandrol sekitar 40 juta euro.

Selain itu demi memuluskan transfer bek 24 tahun itu ke Camp Nou, Barca juga akan menambahkan satu pemain dari skuatnya. Akan tetapi tak disebutkan siapa pemain tersebut.

 

Sudah Bergerak

Namun sebelum Barcelona memberikan penawaran itu, Milan sudah bergerak lebih dahulu. Mereka memperingatkan Blaugrana bahwa Romagnoli berstatus not for sale alias tidak dijual.

Alessio Romagnoli sudah bergabung dengan AC Milan selama lima musim. Saat ini ia masih terikat kontrak hingga tahun 2022 dengan Rossoneri.

Sumber: Bola.net

Saksikan video pilihan di bawah ini

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

HUT Jakarta Ke-492, Warganet Sampaikan Harapan

Posted: 21 Jun 2019 09:16 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - DKI Jakarta tengah merayakan Hari Ulang Tahun (HUT) ke-492 pada hari ini, Sabtu (22/6/2019). Selain ucapan selamat ulang tahun, juga mengalir harapan untuk Ibu Kota ini.

Pantauan tim Tekno Liputan6.com, Sabtu (22/1/2019), banyak warganet menyampaikan ucapan selamat dan harapan mereka untuk Jakarta. Kebanyakan dari mereka menggunakan tagar #JKT492 dan #HUTJakarta492 untuk menyampaikan ucapan dan harapannya tersebut.

Berikut ucapan dan harapan masyarakat Indonesia untuk Ibu Kota:

"Selamat ulang tahun ibu kota semoga engkau tetap kuat dijejali sekumpulan manusia #JKT492," tulis pemilik akun @cumik_.

"Semoga Kota ini semakin JAYA. #JKT492 #Jakarta #jakarta492tahun," kicau @afduul.

"Selamat ulang tahun Ibukota! Dirgahayu DKI Jakarta 492 Tahun. Semoga bisa menjadi sbuah kota yang senantiasa menjaga kewarasan dalam mengamalkan Pancasila dan menerapkan Bhinneka Tunggal Ika dalam kehidupan sehari-hari. Thanks Pak @basuki_btp bangga pernah punya gubernur seperti bapak," demikian twit dari @liaaa_mg.

"Dirgahayu Jakarta (Sunda Kelapa-Jayakarta-Batavia-Jakarta). Semoga jadi Kota Maju, Modern, Aman dan Nyaman @aniesbaswedan @DKIJakarta #hutjakarta492," kicau @kata_rezaa.

Perayaan di Bundaran HI

Suasana gladi resik malam puncak HUT Ke-492 Kota Jakarta di panggung hiburan, Bundaran HI, Jakarta, Jumat (21/6/2019). Gladi resik HUT Jakarta dilakukan penutupan dan pengalihan ruas jalan mulai pukul 14.00 sampai 20.00 WIB. (Liputan6.com/Immanuel Antonius)

Perayaan Malam Puncak HUT Jakarta ke-492 sendiri akan dilaksanakan di sekitaran Bundaran HI pada hari ini, Sabtu (22/6/2019) mulai pukul 17.00 sampai selesai. Bertemakan "Wajah Baru Jakarta", acara ini juga akan dimeriahkan oleh penampilan Pasha, Kotak, Siti Badriah, dan Wali.

Rangkaian HUT Jakarta digelar 17-30 Juni 2019. Acara dimulai dengan live mural oleh mahasiswa di Terowongan Jalan Kendal, JakartaPusat, pada 17 Juni 2019. Mereka melukis di dinding sepanjang terowongan sisi utara bagian kiri dari arah Stasiun MRT mulai pukul 09.00-18.00 WIB.

Acara bazaar dan garage sale juga digelar di Lapangan Banteng pada 22-23 Juni 2019 pukul 10.00-18.30 WIB. Sebagai penutup acara, terdapat pertunjukan Air Mancur Menari yang bisa dinikmati pengunjung pada pukul 18.30, 19.30, dan 20.15 WIB.

Jakarnaval

Penari berjalan saat Jakarnaval 2018 di kawasan Silang Monas, Jakarta, Minggu (8/7). Karnaval digelar dalam rangka HUT ke-491 DKI Jakarta. (Merdeka.com/Iqbal S Nugroho)

Jakarnaval juga akan kembali digelar pada 30 Juni 2019 pukul 15.30-22.00 WIB. Parade ini meliputi parade budaya, parade modern, parade kendaraan hias, hingga penampilan sejumlah musikus, seperti Krisdayanti, Iwa K, dan Ada Band.

Peserta Jakarnaval 2019 akan terbagi menjadi dua rute. Parade berjalan kaki akan dimulai dari Kedutaan Besar Amerika mengarah ke Jalan MH Thamrin, dan berakhir di Pintu Silang Barat Daya Monas.

Sementara parade kendaraan hias akan dimulai dari Kedutaan Besar Amerika Serikat mengarah ke Jalan MH Thamrin, berputar di Bundaran HI, dan berakhir di depan kantor RRI.

(Din/Isk)

Saksikan Video Pilihan Berikut Ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Indonesia Peringkat 33 Soal Kejujuran Kembalikan Temuan Dompet

Posted: 21 Jun 2019 09:07 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Kalau tiba-tiba menemukan sebuah dompet berisi uang di dalamnya tergeletak di pinggir jalan, apa yang akan Anda lakukan?

Teori ekonomi klasik menyebutkan karena kepentingan diri sendiri, besar kemungkinan kita akan mengambil dompet itu. Tidak berusaha mencari pemiliknya untuk dikembalikan.

Namun sebuah penelitian baru yang dilakukan di 40 negara justru mengungkap hal yang sebaliknya. Ternyata kebanyakan di antara penemu dompet sebenarnya lebih jujur dari yang diperkirakan.

Paling tidak dalam usaha mengembalikan dompet yang ditemukan itu kepada pemiliknya.

Sebuah penelitian dengan cara "sengaja menjatuhkan" sekitar 17 ribu dompet di 335 kota di seluruh dunia menyimpulkan, lebih besar kemungkinan mengembalikan dompet uang berisi uang dibandingkan dompet yang kosong.

Bukan itu saja, semakin banyak uang dalam dompet tersebut semakin besar kemungkinannya dikembalikan.

Laporan penelitian yang diterbitkan di jurnal Science pada Jumat 21 Juni 2019 menjelaskan, sekelompok orang menyerahkan dompet yang mereka temukan kepada staf di bank, kantor pos, museum atau tempat lainnya.

Dompet-dompet itu ada yang kosong, dan juga ada yang berisi uang setara Rp 150 ribu, daftar belanjaan, dan tiga kartu nama dalam bahasa di negara masing-masing sehingga penemunya bisa mengembalikan dompet tersebut.

Penelitian itu mengatakan warga di 38 dari 40 negara cenderung mengembalikan dompet yang berisi uang di dalamnya.

"Hal itu tidak kami duga sebelumnya," kata ekonom Alain Cohn dari University of Michigan di Amerika Serikat seperti dikutip dari ABC Indonesia, Sabtu (22/6/2019).

Dalam penelitian lapangan di tiga negara, Dr Cohn dan timnya menemukan bahwa ketika jumlah uang dalam dompet dinaikkan menjadi sekitar Rp 1 juta, maka jumlah yang mengembalikan dompet naik 18 persen.

Apa yang Terjadi?

ilustrasi dompet/copyright unsplash/Allef Vinicius

Menurut Dr Cohn ada dua faktor untuk menjelaskan hasil temuan penelitian ini.

"Yang pertama sikap altruisme, sikap perduli dengan orang lain, meski orang itu tidak kita kenal," katanya.

Pendapat ini diperkuat dengan penemuan bahwa dompet yang berisi kunci akan lebih mungkin dikembalikan dibandingkan dompet yang tidak berisi kunci.

Karena kunci menjadi bahan berharga bagi pemiliknya, sementara bagi penemunya tidak berarti apapun, kata Dr Cohn.

Namun sikap peduli bukan satu-satunya penjelasan. Survei menunjukkan bahwa kita tidaklah ingin dilihat sebagai orang yang tidak jujur.

Mereka yang ditanyai mengatakan semaki banyak uang ditemukan di dompet, semakin mereka merasa seperti pencuri bila mereka tidak mengembalikan dompet tersebut," kata Dr Cohn."Semakin banyak jumlah uangnya, semakin khawatir mereka dengan pandangan orang lain - semakin sulit untuk mengyakinkan diri sendiri bahwa kita orang baik kalau tidak mengembaliknya."

 

Indonesia Peringkat 33

ilustrasi dompet/copyright unsplash/@stilclassics

Penelitian ini dilakukan di 40 negara untuk melihat apakah ada perbedaan perilaku warga di masing-masing negara.

Indonesia termasuk salah satu negara yang diteliti dan hasilnya ada perbedaan nyata antar negara.

Peneliti melakukan pemeringkatan berdasarkan jumlah dompet kosong yang dikembalikan, dan Swiss berada di tempat pertama dengan 74 persen warga mengembalikan dompet yang ditemukan.

"Saya tidak akan bisa menyimpan dompet milik orang lain yang saya temukan." kata Dr Cohn, yang juga berasal dari Swiss.

"Saya tidak pernah kehilangan satu barangpun dalam hidup saya, bahkan permen karet sekalipun."

Dalam jumlah dompet yang berisi uang yang dikembalikan, hanya dua negara yang menunjukkan penurunan jumlah yang mengembalikan dibandingkan dompet kosong.

Juga ada penemuan menarik. Di Australia 69 persen warga mengembalikan dompet yang berisi uang, sementara di Amerika Serikatnya jumlahnya hanya 57 persen.

Dr Cohn mengatakan tabel yang ada menggambarkan bahwa tingkat kejujuran sebuah negara tergantung kepada tingkat pendidikan dan tingkat kekayaan warganya.

Dalam tabel 'kejujuran' ini Indonesia berada di peringkat 33 dari 40 negara dengan 17 persen mengembalikan dompet kosong dan 32 persen mengembalikan dompet yang berisi uang.

Indonesia lebih baik dari negara lain seperti Uni Emirat Arab, Malaysia, Kenya, Kazaksthan, Peru, Maroko dan China.

China berada di peringkat paling rendah dengan 7 persen mengembalikan dompet kosong dan 22 persen mengembalikan dompet berisi uang.

Negara-negara Eropa seperti Swiss, Norwegia, Belanda, Denmark dan Swedia berada di peringkat lima teratas.

Australia berada di peringkat 12.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Kemayoran, Tempat Berdirinya Bandara di Jakarta Pertama yang Tinggal Kenangan

Posted: 21 Jun 2019 09:07 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Jakarta merupakan salah satu kota tua di Indonesia yang memiliki banyak kampung tua. Nama dari kampung-kampung tua itu pun tak sembarangan, terkadang ada sejarah di baliknya. Salah satunya adalah Kemayoran.

Kala itu wilayah Kemayoran meliputi Serdang, Sumur Batu, Utan Panjang, Kebon Kosong, Kepu, Gang Sampi, Pasar Nangka, dan Bungur.

Berbeda dengan kondisinya yang sekarang, Kemayoran tempo dulu adalah sawah-sawah. Seperti dilansir jakarta.go.id, nama daerah yang terletak di Jakarta Pusat ini berasal dari kata mayor, yang merupakan jabatan atau pangkat yang diberikan pemerintah Belanda kepada orang-orang yang dinilai berjasa kepada kompeni.

Saat itu, jabatan mayor tak hanya diberikan kepada orang Belanda, tapi juga diberikan kepada orang-orang China. Mereka diberi tugas untuk menarik pajak dari penduduk yang wajib dibayarkan dari tanggal 1 hingga 10 setiap bulannya. Pajak yang ditarik ada dua macam, yaitu pajak tempat tinggal dan pajak penggarap sawah hasil bumi.

Untuk pajak tempat tinggal tiap bulannya ditarik sebesar satu picis. Sementara untuk pajak penggarap sawah hasil bumi dibagi tiga dengan perincian petani penggarap mendapat 25 persen, tuan tanah 45 persen, dan mandor 30 persen.

Meski hanya mendapat 25 persen, para penggarap masih diwajibkan memberikan sebagian penghasilannya itu kepada mandor.

Atas jabatan yang dimilikinya itu, para mayor memiliki kekayaan yang berlimpah ruah dan tanah yang luas. Karena itu, mereka mendapat julukan sebagai tuan tanah.

Ketika Hindia-Belanda dipimpin oleh Gubernur Jenderal Herman Willem Daendels, sekitar tahun 1808 hingga 1811, banyak lahan di Batavia, termasuk Kemayoran, dijual ke orang-orang kaya. Tanah-tanah itu umumnya dibeli oleh kalangan dari golongan Cina, Arab dan Belanda.

Pembelinya di antaranya, Rusendal, H Husein Madani (lndo-Belanda), Abdullah dan De Groof. Hal itu dilakukan untuk mencukupi kebutuhan pembangunan yang tengah dilakukan di Batavia, salah satunya adalah pembangunan jalan darat dari Anyer sampai Panarukan.

 

Berdirinya Bandara Kemayoran

Jejak peninggalan Bandara Kemayoran

Selain itu, Belanda saat itu tengah melawan dominasi inggris yang telah merebut sejumlah koloninya. Setelah bandar udara Kemayoran dibangun sekitar 1935, wilayah Kemayoran semakin banyak didatangi oleh para pendatang berasal dari Belanda maupun dari nusantara.

Kemayoran kemudian dikenal dengan julukan Belanda Kemayoran karena banyak dihuni oleh orang Indo-Belanda.

Hingga Indonesia merdeka, para bule Belanda itu masih tinggal di kampung tua itu. Namun, persoalan Irian Barat (Papua) yang berujung putusnya hubungan Indonesia-Belanda pada 1957 mengakibatkan sebagian besar dari mereka pulang ke negeri asalnya.

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Crossborder Persembahan Kemenpar Ikut Menjaga Marwah Budaya Keerom

Posted: 21 Jun 2019 09:04 PM PDT

Liputan6.com, Keerom Untuk kedua kalinya, Festival Crossborder menggetarkan Keerom, Papua. Event ini digelar di Lapangan Arso Swakarsa, Keerom 21-23 Juni 2019. Festival Crossborder akan semakin mengangkat seni budaya Keerom. Hal tersebut dikatakan langsung oleh Bupati Keerom Muhammad Markum.

"Ini kegembiraan yang diberikan kepada kami, rakyat Keerom. Kami menyambut baik program Kemenpar. Ini kepercayaan kepada kami, apalagi ini festival yang kedua kalinya. Semoga tetap ada festival-festival berikutnya, agar program nawa cita Bapak Presiden Joko Widodo bisa direalisasikan Kemenpar. Terutama untuk mengejar target wisatawan yang masuk ke Indonesia," ujar Muhammad Markum pada pembukaan Festival Crossborder Keerom 2019, Jumat (21/6).

Baginya, event ini memiliki makna yang sangat beragam. Bukan sekadar menjadi atraksi wisata, tetapi bisa menjadi sarana anak-anak muda untuk meningkatkan budaya di Keeroom. Selain itu tentunya meningkatkan ekonomi kreatif masyarakat.

"Festival ini semakin melestarikan budaya Keerom agar tidak tergerus oleh modernisasi. Event ini juga pembinaan untuk masa depan bangsa. Saya mohon kepada masyarakat agar terus menjaga marwah budaya Keerom. Sekali lagi terima kasih Kemenpar," ucap Bupati.

Sementara itu, Kadispar Keerom Jaswadi mengatakan, dukungan Kemenpar dengan festival di Keerom ini sangat bermanfaat. Karena, festival ini mengangkat eksistensi Keerom di dunia pariwisata tanah air.

"Kami akan terus berbenah dan terus berusaha meningkatkan pariwisata di Keerom. Festival Crossborder ini juga membuat masyarakat semakin kreatif dan terlecut untuk meningkatkan budaya daerahnya. Jadi dampak event crossborder ini sangat bersampak luas," katanya.

Hal serupa juga diungkapkan Kabid Pemasaran Area II Regional III di Deputi Bidang Pemasaran I Kemenpar, Hendry Noviardi. Baginya Festival Crossborder merupakan bukti hadirnya pemerintah pusat hingga ke tapal batas.

"Seperti arahan pemerintah pusat bahwa membangun dari pinggir maka kami konsisten melaksanakan ini. Hal ini dimaksudkan untuk memperkuat daya saing ekonomi Indonesia secara global. Selain itu untuk melindungi kepentingan nasional. Salah satunya lewat sektor pariwisata," ucap Hendry.

Terpisah, Asisten Deputi Bidang Pengembangan Pemasaran I Regional III Kemenpar Muh. Ricky Fauziyani menambahkan, Festival Crossborder memang diset mengangkat potensi di daerah perbatasan. Hal ini dilakukan untuk mendorong pengembangan perekonomian masyarakat. Termasuk juga seni budayanya.

"Karena tak dapat dipungkiri jika wilayah perbatasan memiliki potensi yang melimpah. Ingat, perbatasan adalah beranda negara. Pariwisata kita dorong untuk melakukan penguatan itu. Terlebih lagi mengangkat kekayaan budaya setempat," ucap Ricky.

Menteri Pariwisata Arief Yahya mengatakan event crossborder adalah momen tepat untuk mengenalkan seluruh potensi daerah. Baik itu potensi budaya, seni, kerajinan hingga kuliner. Sehingga manfaatnya dapat dirasakan langsung oleh masyarakat.

Apalagi soal budaya, bagi Mantan Dirut Telkom itu budaya memiliki kekuatan yang luar biasa. Dirinya berprinsip, budaya itu semakin dilestarikan semakin mensejahterakan. Pasalnya budaya daerah sangat disukai wisatawan mancanegara.

"Pariwisata itu hanya covernya saja. Ingat, setiap potensi pergerakan orang dalam jumlah masif akan menggerakkan ekonomi. Karena, pergerakan orang sama dengan pergerakan bisnis. Setiap pergerakan orang akan menciptakan pergerakan ekonomi, pergerakan barang dan jasa. Bukan saja pariwisata yang bergerak tetapi juga sektor lainnya," tutup ahli Menteri yang ahli marketing itu.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Reaktivasi Kereta Api Cibatu Garut, Jangan Kasih Kendor

Posted: 21 Jun 2019 09:00 PM PDT

Liputan6.com, Garut - PT Kereta Api Indonesia (KAI) terus tancap gas mengejar target reaktivasi kereta api, jalur Cibatu-Garut Kota, Kabupaten Garut, Jawa Barat, yang ditargetkan kelar hingga akhir tahun ini.

"Kalau hitungan persen barangkali belum kita detailkan, tetapi kita sudah mempersiapkan (seluruh infrastruktur)," ujar Direktur Utama PT KAI Edi Sukmoro, di sela-sela kunjungan pengecekan progres pengerjaan reaktivasi di Stasiun Garut Kota, Kamis (20/6/2019).

Mengenakan jalur darat via kereta di Stasiun Cibatu, Edi yang mengenakan pakaian dinas Direksi PT KAI berwarna putih, langsung melakukan pengecekan jembatan pada progres reaktivasi kereta api di wilayah Sawah Lega, Kecamatan Cibatu.

Di sana tampak ia begitu detail meminta anak buahnya untuk mempersiapakan pengerjaan pembangunan badan jembatan, termasuk infrastruktur pendukung lainnya.

Sejurus kemudian pengecekan dilanjutkan ke Stasiun Wanaraja. Selama di sana, ia mengecek seluruh bagian stasiun, termasuk perbaikan sarana dan prasarana gedung stasiun peninggalan 1935 itu.

"Kalau Stasiun Wanaraja hanya dipoles-poles saja, kemudian ada perbaikan sebab itu stasiun antar yang tidak terlalu besar," kata dia.

Dengan pengerjaan yang terus dikebut setiap hari, Edi memastikan jika stasiun lawas buatan 1935-an itu bakal kelar sebelum akhir tahun menyapa.  

"Paling September-Oktober selesai kalau dikerjakan rajin, kalau banyak mangkir ya tidak mungkin," ujar dia sambil tersenyum melirik ke Dwiyana Slamet Riyadi, Direksi PT KAI lainnya.

Menurut Edi, secara umum progres pengerjaan reaktivasi kereta api Cibatu-Garut kota, sesuai dengan jadwal yang ditetapkan pemerintah.

"Kita terus kebut, kecuali saat operasi lebaran H min 10 H plus 10 lalu kita di lapangan semua, membantu saudara kita yang akan mudik ke daerah," papar dia.

 

 

Kesiapan Infrastruktur Jalur

Beberapa batangan rel dan bantalan rel siap dipasang dalam proses reaktivasi kereta di kawasan jembatan kerata api Sawah Lega Cibatu, Garut (Liputan6.com/Jayadi Supriadin)

Saat ini, progres reaktivasi kereta api berlangsung lancar. Seluruh material infrastruktur jalur kereta mulai badan rel jalur kereta, kemudian bantalan rel, hingga jembatan, sudah disebar di sepanjang jalur Cibatu-Garut Kota, menunggu pengerjaan.

"Kita tadi cek jembatan yang besar-besar ada tiga, kemudian yang kecil-kecil," ujar Edi.

Ia mencontohkan jembatan kereta api di sekitar Sawah Lega, Kecamatan Cibatu yang memiliki panjang sekitar 40 meter, memiliki pondasi cukup kokoh warisan bangunan zaman Belanda, dan masih layak dilalui kereta saat ini.

"Hanya penguatan saja," ujarnya. Dengan capaian itu, lembaganya berharap proses reaktivasi kereta api Cibatu-Garut Kota bisa selesai akhir tahun ini.

"Maka saudara kita di Garut ini ke Bandung gampang banget, enggak macet-macet lagi, langsung ke Jakarta pun ada," papar dia dengan bangga.

Executive Vice President (EVP) PT KAI Daop 2 Bandung Saridal mengamini pernyataan bosnya itu. Menurutnya, secara umum progres pengerjaan reaktivasi kereta api Cibatu-Garut Kota berlangsung lancar.

Namun, ada beberapa hajatan besar masyarakat Indonesia yang memperlambat progres pelaksanaan. Sebut saja Pemilihan Umum (Pemilu) Pileg dan Pilpres, April lalu, kemudian puasa Ramadan hingga momen arus mudik lebaran.

"Setelah Idul Fitri ini kita selesaikan, Insya Allah 30 Juni sudah selesai," kata dia.

 

 

Target Terdekat

Dirut PT KAI Edi Sukmoro tengah memberikan penjelasan kepada beberapa direksi dalam perbaikan stasiun Wanaraja Garut (Liputan6.com/Jayadi Supriadin)

Seiring dengan target reaktivasi kereta api yang dipatok pemerintah selesai akhir tahun ini, lembaganya memberikan perhatian khusus pengerjaan beberapa stasiun utama di sepanjang Cibatu-Garut Kota.

"Pasir jengkol, terus Wanaraja, terus Garut, nah itu akan dituju nanti," kata dia.

Dalam pelaksanaannya, PT KAI lebih memilih perbaikan daripada bangun total di beberapa stasiun kereta warisan Belanda tersebut. "Bangunannya tidak dirobohkan, silahkan cek saja, namun kita perbaiki," kata dia.

Bahkan, khusus pemasangan rel yang saat ini belum terlihat, bakal segera terealisasi setelah Idul Fitri ini. "Sudah disiapkan, sebab jalurnya harus dibereskan dulu sama beliau ini, tetapi materialnya sudah semua," kata dia.

Dengan rencana itu, ia berharap uji coba tahap pertama reaktivasi kereta api Cibatu hingga stasiun Wanaraja, bisa tercapai akhir kuartal tiga tahun ini. "Insya Allah doanya saja," kata dia.

Dengan kelarnya pembangunan stasiun dan infrastruktur jalur lainnya, ia berharap kehadiran kereta api bisa memberikan banyak manfaat bagi masyarakat Garut.

"Tidak hanya kereta penumpang tetapi jika barangnya dari sini bisa keluar, kan bagus sekali," harap dia.

Saat disinggung soal harga tiket yang akan dijual kepada masyarakat, Edi menyatakan hingga kini belum bisa membocorkannya. "Belum dihitung," kata dia.

Namun, seiring beroperasinya kereta api Garut-Jakarta pada saatnya nanti, lembaganya menjamin jika harga kereta api jauh lebih murah dibanding moda angkutan umum lainnya.

"Tergantung ini mau PSO (Public Service Obligation) atau non-PSO, tapi murah sekali dari sini sampai Cikarang, nanti dari Cikarang ke Jakarta pakai LRT," papar dia.

 

 

Pembongkaran Dikebut

Pembongkaran sejumlah bangunan di sepanjang jalur Cibatu-Garut terus dikebut petugas (Liputan6.com/Jayadi Supriadin)

Seiring dengan progres pembangunan pemasangan infrastruktur jalur reaktivasi kereta api, pembersihan dan pembongkaran bangunan di rute Cibatu-Garut Kota. Hari ini beberapa pembongkaran bangunan milik warga tampak terlihat di blok Babakan Abid, Garut Kota.

"Mau bagaimana lagi, sebab ini juga tanah pemerintah," ujar Eti, salah seorang warga di bilangan Babakan Abid.

Menurutnya, pembangunan reaktivasi kereta api tidak bisa diundur lagi, sehingga sesuai kesepakatan seluruh bangunan warga yang ada di atas jalur rel kereta harus segera dibersihkan. "Saya akan pindah ke sekitar Karang Pawitan," kata dia.

Ia yang tengah membersihkan sisa perabotan rumahnya, tampak tenang memindahkan satu per satu peralatan rumahnya. "Gak apa-apa lagian ini memang punya negara, sekarang yang punya mau memakainnya," kata dia.

Meskipun demikian, tampak ia menyimpan penyesalan sebab tidak pernah tersimpan sebelumnya jika rumah di atas tanah milik PT KAI itu akan kembali dipakai. "Saya kira sudah saja keretanya tidak akan beroperasi lagi, eh sekarang malah dipakai," kata dia.

Hal senada disampaikan Agus. Menurutnya, sesuai perjanjian seluruh uang pergantian telah diserahkan kepada warga terdampak reaktivasi kereta api itu. "Waktunya memang beda-beda, tetapi mayoritas sudah terima dan siap pindah," ujarnya.

Ia berharap pembangunan reaktivasi kereta api memberikan banyak manfaat bagi masyarakat Garut. "Kalau sampai terbengkalai sia-sia sayang saja, sudah mengorbankan bangunan milik warga," kata dia.

Penumpang Kereta Naik 9 Persen Lebih

Dirut PT KAI Edi Sukmoro bersama Direksi PT KAI Lainnya berfoto bersama di selepas pengecekan progres reaktivasi kereta api Cibatu-Garut di Stasiun Garut, Kamis (20/6/2019) (Liputan6.com/Jayadi Supriadin)

Dalam kunjungan pengecekan progres reaktivasi kereta api siang tadi, tak ketinggalan Edi menyinggung peran penting kereta api dalam mengangkut pemudik lebaran tahun 2019 ini.

"Operasi (lebaran) kereta api kita itu naiknya 9 persen yang diduga hanya 4 persen," ujarnya.

Untuk itu, dengan adanya reaktivasi kereta Cibatu-Garut kota saat ini, bisa menjadi jalur alternatif pilihan warga Garut, saat kondisi perjalanan darat lainnya terkendala akibat macet.

"Yang sekitar ini tinggal click, naik kereta sudah sampai Bandung," ujarnya sambil tersenyum ramah.

Selama masa angkutan lebaran tahun ini mulai H-10 (26/5/2019) hingga H plus 10 (16/6/2019), perusahaan kereta api pelat merah itu, berhasil mengangkut penumpang mudik hingga 6,81 juta orang.

Rinciannya, sebanyak 3,69 juta penumpang kereta api (KA) jarak jauh, serta 3,11 juta penumpang KA lokal.

Angka itu naik hingga 9,2 persen jika dibandingkan capaian tahun lalu pada periode yang sama yang hanya mencapai 6.236.227 penumpang.

Bahkan, raihan itu naik sekitar 5,6 persen jika dibanding patokan yang telah ditetapkan pemerintah sebesar 6,44 juta penumpang.

Lonjakan puncak mudik terjadi pada H-4 (1/6/2019) sebanyak 293.181 penumpang, sedangkan puncak arus balik terjadi pada H+2 (8/6/2019) sebanyak 402.930 penumpang.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Top 3: Deretan Foto Keren yang Diambil Pada Momen Tepat

Posted: 21 Jun 2019 09:00 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Memotret menjadi kegiatan yang tak semudah dibayangkan. Untuk menghasilkan foto yang ciamik, tentu kamu perlu sebuah objek yang menarik, bukan?

Tak hanya itu, kamu juga harus tahu kapan momen yang tepat untuk mengambil foto. Ya, tampaknya hal ini bahkan menjadi faktor utama untuk menghasilkan foto yang keren.

Contohnya saja seperti deretan foto-foto ini. Lantaran diambil pada waktu yang tepat, foto-foto ini menampilkan hasil yang luar biasa keren dan bikin siapapun yang melihatnya berdecak kagum.

Artikel tentang foto yang bikin takjub karena dipotret saat momen yang tepat menjadi yang terpopuler di kanal Citizen6, Liputan6.com. Diikuti oleh artikel tentang foto menyeramkan yang ternyata hanya ilusi optik semata.

Sementara artikel ketiga terpopuler tentang doa dan harapan warganet di ulang tahun Jokowi ke-58.

Berikut Top 3 Citizen6:

1. Dipotret Saat Momen yang Tepat, 7 Foto Ini Dijamin Bikin Kamu Takjub

foto: Brightside

Untuk menghasilkan foto yang sempurna, tentu bukanlah hal yang mudah. Butuh skill yang mumpuni dan juga peralatan canggih yang ikut mendukung hal tersebut.

Namun, nampaknya momen yang pas juga tak kalah penting untuk menciptakan jepretan yang keren lo. Hal ini dibuktikan oleh beberapa fotografer dari berbagai belahan dunia.

Selengkapnya...

2. Terlihat Menyeramkan, 7 Foto Ini Ternyata Hanya Ilusi Optik Semata

ilusi optik (foto: boredpanda)

Setiap hari kita kerap kali melihat hal-hal mengerikan yang membuat bulu kuduk berdiri. Namun, ada baiknya kita jangan langsung takut ya. Hal ini lantaran bisa jadi hal mengerikan tersebut hanyalah ilusi optik semata.

Ilusi optik terjadi ketika sebuah objek yang kita lihat berbeda dengan apa yang otak interpretasikan. Hal ini membuat kita kerap kali merasa melihat hal menyeramkan.

Selengkapnya...

3. Jokowi Ulang Tahun ke-58, Begini Ucapan dan Doa Warganet

Presiden Jokowi sedang bermain sepakbola bersama Jan Ethes di tepi Pantai Sanur, Bali (Dok.Instagram/@jokowi/https://www.instagram.com/p/BythAi7BDCh/Komarudin)

Presiden Republik Indonesia, Joko Widodo atau Jokowi, tepat hari ini, Jumat (21/6/2019), berulang tahun yang ke-58.

Jokowi lahir di Surakarta, Jawa Tengah, 21 Juni 1961 dari pasangan Noto Mihardjo dan Sujiatmi Notomiharjo. Dirinya mengawali karier politik sebagai Walikota Solo pada tahun 2005.

Selengkapnya...

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

VIDEO: Negara Terbaik untuk Punya Anak

Posted: 21 Jun 2019 09:00 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Banyak orang tua yang harus meninggalkan anaknya untuk bekerja. Namun Swedia mampu jadi negara terbaik untuk mengasuh anak.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Men in Black International Tayang di Bioskop, Ini 5 Fakta Menariknya

Posted: 21 Jun 2019 09:00 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Pekan ini, dua raksasa dari Hollywood menggebrak bioskop, yakni Toy Story 4 dan Men In Black International. Men In Black International tayang mulai Rabu (19/6/2019). Banyak yang penasaran dengan Men In Black International mengingat Will Smith dan Tommy Lee Jones tak lagi terlibat. Posisi keduanya di Men In Black International digantikan Chris Hemsworth dan Tessa Thompson.  

Dalam Men In Black International, Chris Hemsworth memerankan Agen H, Tessa Thompson sebagai Agen M. Keduanya menjadi rekan kerja yang mengusut dalang pembunuhan salah satu anggota Kerajaan Jababia bernama Vungus. Film ini mendapat respons beragam. Mayoritas menyebut Men In Black International tak sebagus Men In Black(1998) maupun Men In Black 3 yang dirilis 7 tahun silam.

Penasaran? Sebelum menonton, simak dulu 5 fakta menarik film Men In Black Internasional yang kami sarikan dari bebagai sumber.

 

Channing Tatum dan Jonah Hill

channing-tatum

Awalnya Men In Black International akan dijadikan film yang bersinggungan dengan 21 Jump Street. Channing Tatum dan Jonah Hill sempat dikabarkan menjadi tokoh utama. Namun rencana ini ditunda. Konon, Channing Tatum dan Jonah Hill akan dilibatkan dalam proyek spin-off alias sempalan waralaba Men In Black.

1983

Tiga pemain terdepan Men In Black International yakni Chris Hemsworth, Tessa Thompson, dan Rafe Spall sama-sama lahir tahun 1983.

 

Marvel Cinematic Universe

Chris Hemsworth dan Tessa Thompson bukan bintang Men in Black pertama yang juga tampil di film Marvel Cinematic Universe. Seperti diketahui Chris memerankan Thor sementara Tessa tampil sebagai Valkyrie di Thor Ragnarok dan dua jilid Avengers. Namun patut diingat, Tommy Lee Jones (Agen K) pernah muncul di Captain America: The First Avenger sebagai Colonel Phillips. Josh Brolin (Agen K muda) memerankan Thanos di Avengers Infinity War dan Avengers Endgame. Bahkan, Alice Eve (Agen O muda) pernah tampil sebagai Typhoid Mary dari dunia Daredevil dan Spider-Man.

 

Kali Kedua

Ini kali kedua sutradara F. Gary Gray menggarap sekuel dari film yang sebelumnya dibesut Barry Sonnenfeld. Sebelumnya, Gary memoles film Be Cool yang merupakan sekuel dari Get Shorty.

 

Jejak Liam Hemsworth

Dalam Men In Black International, Chris Hemsworth menggantikan posisi Will Smith di garda depan. Performa Chris di Men In Black International seolah mengikuti jejak saudaranya, Liam Hemsworth. Seperti diketahui, Liam juga melanjutkan peran Will Smith di film Independence Day: Resurgence. Ketika diwawancara Good Morning America, belum lama ini, Chris menyebut ini tak disengaja. "Yang jelas, saya mengambil proyek ini karena Men In Black sangat fun, sebuah pertualangan menarik yang menggabungkan unsur ketegangan, komedi, dan fiksi ilmiah. Dan itu sangat fantastik," beri tahu Chris Hemsworth.

 

 

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Kata Dokter Anak tentang Virtual Reality

Posted: 21 Jun 2019 09:00 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Virtual reality (VR) adalah gim simulasi penglihatan tiga dimensi yang realistik. Menurut situs CNET, selain digunakan bermain dan hiburan, VR bisa membantu seseorang sembuh dari trauma.

Banyak orangtua yang membeli gim ini, tapi belum mengetahui dampak VR pada anak. Menurut Jeremy Bailenson, pendiri laboratorium interaksi virtual manusia dari Universitas Standford, dampak yang diberikan VR kepada anak-anak masih belum dapat diketahui secara pasti.

 

Menurut penelitian jurnal Pediatrics pada 2018, perkembangan jumlah langkah anak yang bermain VR Pokemon Go mengalami perkembangan secara cepat, tapi setelah itu mengalami penurunan.

Berbeda dengan anak yang bermain di luar ruangan mengalami kenaikan jumlah langkah sehari secara bertahap tanpa mengalami penurunan.

Catharine mengatakan orang tua sebaiknya memberi batas waktu screen time (waktu anak menggunakan gawai).

Organisasi kesehatan dunia (WHO) menyarankan untuk anak berumur 1 tahun ke bawah tidak menggunakan gawai dan untuk usia dua hingga empat ke atas tidak lebih dari satu jam sehari.

 

Pentingnya Bermain Di Luar Ruangan

Catharine menyarankan anak bermain di luar ruangan untuk membangkitkan stimulan dan mengajarkan dunia "nyata".

Kenapa? Ada beberapa kasus anak yang dapat mengetahui foto apel namun tidak mengetahui bentuk "nyata" dari apel.

Berikut manfaat yang didapatkan anak ketika bermain di luar ruangan, berikut ulasannya:

1. Meningkatkan keahlian mengolah pengalaman indera anak

2. Mengasah kemampuan fisik dan gerak, kecerdasan, dan kreativitas, keterampilan bahasa anak

3. Mencukupi kebutuhan aktivitas fisik untuk pertumbuhan tulang, otot, kesehatan jantung dan pembuluh darah, dan memperbaiki kualitas tidur anak

4. Membantu anak menjadi lebih tenang dan positif

5. Meningkatkan kedekatan orang tua dan anak

6. Mengasah keterampilan sosial- Anak lebih mandiri dan percaya diri.- Anak lebih terbuka terhadap perbedaan dan keragaman dalam lingkungan.

Untuk anak-anak yang sudah terlanjur kecanduan bermain gim, Catharine menyarankan agar keluarga melakukan perjanjian dengan anak tentang waktu bermain gim (screen time).

Apabila kecanduan pada anak parah, bisa konsultasikan dengan dokter untuk membantu mengurangi kecanduan anak terhadap gim atau gawai.

Penulis : Febi 

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

VIDEO: Selain Wajah, Pengantin Ini Gunakan Makeup di Seluruh Tubuh

Posted: 21 Jun 2019 09:00 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Makeup di wajah saja tampaknya tidak cukup untuk pengantin wanita yang satu ini. Di hari pernikahaannya, ia ingin tampil total. Selain di wajah, pengantin wanita ini menggunakan makeup di seluruh tubuhnya.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Hasil Copa America 2019: Alexis Loloskan Cile ke Perempat Final

Posted: 21 Jun 2019 08:56 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Cile mengamankan tiket ke babak perempat final Copa America 2019. Cile menang 2-1 atas Ekuador pada laga kedua Grup C di Stadion Arena Fonte Nova, Sabtu (22/6/2019) pagi WIB.

Tambahan tiga angka ini membuat Cile mengoleksi enam poin di Grup C Copa America 2019. Mereka memimpin klasemen dengan keunggulan dua poin dari Uruguay.

Cile lolos ke perempat final Copa America 2019 karena sudah tidak bisa dikejar peringkat tiga Jepang yang baru mendapat satu poin.

Cile cuma butuh delapan menit saja untuk membuka keunggulan. Jose Pedro Fuenzalida menjebol gawang Ekuardo yang dikawal Alexander Dominguez memanfaatkan bola liar.

Sayangnya keunggulan ini tak bertahan lama. Pada menit 26, Ekuardo menyamakan skor melalui penalti Ener Valencia. Penalti diberikan setelah Santiago Arias melanggar Sebastian Mendez.

 

Alexis

Enam menit setelah jeda, Cile kembali unggul. Pemain sayap Manchester United Alexis Sanchez mengembalikan keunggulan Cile.

Papan skor nyaris berimbang di menit 75. Sayangnya bola sepakan Carlos Garces masih meleset dari sasaran.

Alih-alih menyamakan skor, Ekuador malah harus mengakhiri laga dengan 10 pemain. Gabriel Achilier mendapat kartu merah di menit 90 karena menyikut Arturo Vidal.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Prediksi Barito Putera Vs Kalteng Putra di Shopee Liga 1 2019: Saatnya Menang!

Posted: 21 Jun 2019 08:55 PM PDT

Jakarta Barito Putera akan menjamu Kalteng Putra pada laga pekan kelima Shopee Liga 1 2019 yang berlangsung di Stadion 17 Mei, Banjarmasin, Sabtu (22/6/2019) sore WIB. Laskar Antasari bertekad meraih kemenangan perdana musim ini.

Barito Putera mengawali Shopee Liga 1 musim ini dengan start yang kurang baik. Pasukan Jacksen F. Tiago sama sekali belum mampu meraih kemenangan pada tiga laga yang sudah dimainkan, rinciannya adalah dua kali kalah dan sekali imbang.

Situasi ini tentu saja sangat tidak ideal buat Barito Putera. Rentetan hasil minor itu membuat Barito Putera tergelincir ke peringkat 17 klasemen sementara dengan koleksi 1 angka.

Perbaikan tim sudah dilakukan Barito Putera ketika jeda libur lebaran. Pelatih Jacksen F. Tiago pun yakin timnya bisa menyegel kemenangan perdana di Shopee Liga 1 musim ini di hadapan pendukungnya.

"Persiapan kami sejauh ini sudah baik dan tidak ada kendala berarti. Selama kurang dari 10 hari kami sudah melakukan beberapa simulasi dalam latihan untuk persiapan laga," kata Jacksen dalam konferensi pers jelang laga, Jumat (21/6/2019).

"Kami sudah mencari informasi terkait kekuatan dan kelemahan lawan. Semoga kami bisa meraih kemenangan," tegas Jacksen.

Sementara itu, Kalteng Putra tentu tak ingin lawatannya ke Banjarmasin berujung sia-sia. Pelatih Gomes de Olivera mengaku timnya sudah sangat siap dan berniat memanfaatkan tekanan yang sedang dimiliki Barito Putera.

"Kami sangat siap untuk pertandingan besok. Kami tahu laga akan berlangsung sulit, akan tetapi tidak ada yang mustahil. Kami akan berusaha meraih hasil maksimal," ujar Gomes.

"Kami tahu Barito Putera berada dalam tekanan. Jadi, kami akan memanfaatkan situasi tersebut," ucap pelatih berpaspor Brasil itu.

Data - Fakta

 

Head to head

17/1/2018 - Barito Putera 1-1 Kalteng Putra (Piala Presiden 2018)

Lima pertandingan terakhir Barito Putera

  • 28/5/2019 - Bhayangkara FC 4-2 Barito Putera (Liga 1 2019)
  • 24/5/2019 - Barito Putera 0-1 Madura United (Liga 1 2019)
  • 20/5/2019 - Barito Putera 1-1 Persija Jakarta (Liga 1 2019)
  • 13/3/2019 - Barito Putera 1-1 Persela Lamongan (Piala Presiden 2019)
  • 9/3/2019 - Barito Putera 3-1 Persita Tangerang (Piala Presiden 2019)

Lima pertandingan terakhir Kalteng Putra

  • 28/5/2019 - Kalteng Putra 1-0 Perseru Badak Lampung (Liga 1 2019)
  • 21/5/2019 - Persebaya Surabaya 1-1 Kalteng Putra (Liga 1 2019)
  • 16/5/2019 - PSIS Semarang 1-2 Kalteng Putra (Liga 1 2019)
  • 5/4/2019 - Kalteng Putra 0-3 Arema FC (Piala Presiden 2019)
  • 2/4/2019 - Arema FC 3-0 Kalteng Putra (Piala Presiden 2019)

Prediksi Bola.com

Barito Putera 50-50 Kalteng Putra

Prediksi Starter

Prakiraan susunan pemain

Barito Putera (4-2-3-1): Muhammad Riyandi (kiper), Donny Monim, Lucas Silva, Artur Vieira, Dandi Maulana (belakang), Evan Dimas, Roni Beroperay, Rizky Pora, Prisca Womsiwor, Paulo Sitanggang (tengah), Rafael Silva (depan)

Pelatih: Jacksen F. Tiago (Brasil)

Kalteng Putra (4-3-3): Dimas Galih (kiper), Wasyiat Hasbullah, O.K John, Rafael Bonfim, Fajar Handika (belakang), Hedipo Gustavo, I Gede Sukadana, Rizky Dwi Febrianto (tengah), Patrich Wanggai, Ferinando Pahabol, Diogo Campos (depan)

Pelatih: Gomes de Olivera (Brasil)

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Lama Tak Terdengar Kabarnya, Kini Haikal AFI Jadi Dosen Ganteng

Posted: 21 Jun 2019 08:50 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Era tahun 2000-an, ajang menyanyi Akademi Fantasi Indosiar atau AFI menjadi salah satu ajang yang digemari oleh masyarakat. AFI menjadi tontonan favorit keluarga dengan suguhan penampilan yang apik sekaligus pesona tiap peserta yang tak kalah memukau. Terlebih, AFI dibekali dengan sesi eliminasi yang tak ayal membuat penontonnya sesenggukan melihat idolanya tersingkir.

AFI sendiri telah berhasil menelurkan banyak penyanyi berbakat dari 6 musimnya. Tak terkecuali, AFI 2 pada tahun 2004. Dari AFI 2 tersebut menelurkan juara 1 yakni Tia AFI, dan Haikal AFI di posisi runner up. 

Tentunya kamu masih ingat dengan Tia AFI dong, lantas bagaimana kabar Haikal AFI?  Lama tak terdengar kabarnya, ternyata Haikal kini berprofesi menjadi dosen loh! Meski tak sering tampil di layar kaca televisi, Haikal pun masih mendalami bidang dunia seni. Dalam beberapa kesempatan ia juga masih menyanyi bahkan ikut berperan dalam sebuah drama musikal.

Penasaran kan seperti apa, potret Haikal AFI sekarang? Intip langsung yuk foto-fotonya berikut Liputan6.com rangkum dari akun Instagramnya @haikalbaron, Sabtu (22/6/2019).

1. Ini nih penampilan pria asal Medan saat di AFI, khas dengan rambut gondrongnya.

Haikal Afi (Sumber: Instagram/haikalbaron)

2. Pemilik nama lengkap Haikal Baron ini kini menjadi lebih dewasa dan memiliki paras yang tampan.

Haikal Afi (Sumber: Instagram/haikalbaron)

3. Lama tak terdengar kabarnya, kini ia ternyata menjadi dosen di Universitas Bunda Mulia, Cikokol, Tangerang, Banten.

Haikal Afi (Sumber: Instagram/haikalbaron)

4. Ia juga tipe-tipe dosen muda yang sangat dekat dengan mahasiswanya.

Haikal Afi (Sumber: Instagram/haikalbaron)

5. Meski menjadi dosen, Haikal masih aktif di dunia seni. Dalam laman Instagramnya, ia sering bermain peran di drama musikal.

Haikal Afi (Sumber: Instagram/haikalbaron)

6. Tak jarang, lelaki jebolan AFi ini juga menjadi MC atau pun juri di ajang kompetesi.

Haikal Afi (Sumber: Instagram/haikalbaron)

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Jokowi Bertolak ke Thailand Hadiri KTT ke-34 ASEAN

Posted: 21 Jun 2019 08:49 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Presiden Joko Widodo atau Jokowi bertolak ke Bangkok, Thailand untuk menghadiri Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) ke-34 ASEAN, Sabtu (22/9/2019). Jokowi turut didampingi Ibu Negara Iriana.

Dalam KTT ke-34 ini, Jokowi akan mendorong ASEAN untuk tetap bersatu dan kokoh dalam mensikapi situasi dunia serta perkembangan global yang sangat dinamis saat ini yang tentunya akan membawa pengaruh bagi kawasan Asia Tenggara.

"Salah satu upaya mensikapi situasi yang sangat dinamis ini, Presiden Jokowi akan mendorong agar negara-negara anggota ASEAN menyepakati Pandangan Bersama tentang konsep Indo-Pasifik ASEAN," kata Deputi Bidang Protokol, Pers, dan Media Sekretariat Presiden Bey Machmudin dalam keterangan resminya, Sabtu (22/6/2019).

Mantan Walikota Solo ini menilai, konsep tersebut sangat penting untuk menjaga perdamaian, stabilitas, dan kemakmuran di kawasan Asia Tenggara yang telah berlangsung dengan baik di tengah dinamika geopolitik yang berkembang cepat.

Jokowi juga akan mengingatkan komitmen terhadap penyelesaian negosiasi Kerja Sama Ekonomi Komprehensif Regional (Regional Comprehensive Economic Partnership/RCEP) yang penting ditingkatkan dalam merespons perkembangan ekonomi dunia.

"Isu lainnya yang akan diangkat oleh Presiden Jokowi adalah isu Rakhine State," ucap Bey.

 

Agenda Lain Jokowi

Presiden Joko Widodo saat  wawancara khusus dengan SCTV di Long Room Istana, Jakarta, Rabu (20/7). Presiden menjelaskan berbagai macam keuntungan dari Tax Amnesty. (Liputan6.com/Faizal Fanani)

Selain menghadiri KTT ASEAN, mantan Gubernur DKI Jakarta itu diagendakan memimpin KTT ke-12 Indonesia-Malaysia-Thailand Growth Triangle (IMT-GT) Summit serta menghadiri pertemuan Brunei-Indonesia-Malaysia-Philippines East ASEAN Growth Area (BIMP-EAGA) Summit yang ke-13.

"Presiden Jokowi juga direncanakan melakukan pertemuan bilateral dengan beberapa pimpinan negara ASEAN," sambung Bey.

Usai menghadiri KTT, Jokowi dan rombongan akan langsung kembali ke Tanah Air. Rencananya, Jokowi Iriana, beserta rombongan akan tiba di Jakarta pada Minggu 23 Juni 2019 malam.

Dalam kunjungan kerja kali ini, Jokowi didampingi Menteri Koordinator bidang Perekonomian Darmin Nasution, Sekretaris Kabinet Pramono Anung, Kepala Sekretariat Presiden Heru Budi Hartono, Sekretaris Militer Presiden Marsdya TNI Trisno Hendradi, Kepala Protokol Negara Andri Hadi, Sekretaris Pribadi Presiden Anggit Noegroho, Staf Khusus Presiden Ari Dwipayana, dan Komandan Paspampres Mayjen TNI Maruli Simanjuntak.

Sementara itu, Menteri Luar Negeri Retno Marsudi telah terlebih dahulu berada di Bangkok, Thailand untuk menghadiri pertemuan tingkat menteri dan mempersiapkan kedatangan Presiden.

 

 

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Manchester City Dapatkan Kandidat Ideal untuk Perkuat Lini Belakang

Posted: 21 Jun 2019 08:45 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Manchester City dikabarkan akan mencari bek tengah baru untuk musim panas ini. City dilaporkan sudah memiliki kandidat yang ideal untuk posisi ini.

Dilansir Bild, pemain bidikan Manchester City itu adalah Borico Nike Elvedi dari Borussia Mönchengladbach. Manajer City Pep Guardiola tertarik dengan kemampuan pemain tersebut. Mereka akan mengajukan tawaran sebesar 35 juta euro..

Pemain berusia 21 tahun ini dikontrak oleh Gladbach hingga 2021. Itu artinya jika tim Bundesliga ini, tidak bisa memperbaharui kontraknya, mereka harus menjualnya baik musim panas ini atau berikutnya.

Situasi inilah yang akan dimanfaatkan Manchester City. Tapi, upaya ini juga belum mulus, karena Juventus dan Arsenal juga ikut meminatinya..

Setelah Vincent Kompany meninggalkan klub pada akhir musim, Manchester City sepertinya kekurangan pemimpin vokal di lapangan.

Nicolas Otamendi juga berpeluang hengkang karena minimnya kesempatan bermain sehingga pilihan di lini belakang City hanya tinggal menyisakan Aymeric Laporte dan John Stones.

Lepas Pemain

Sebelumnya, dikabarkan Manchester City berpeluang besar mendapatkan jasa bek Juventus, Joao Cancelo. Demi merampungkan kepindahan Cancelo, City siap melepas Danilo pada bursa transfer musim panas tahun ini.

Tuttosport melaporkan satu-satunya klub yang bisa menyaingi City untuk menggaet Cancelo adalah Manchester United (MU). Namun untuk itu, mereka harus membuka negosiasi antara Paul Pogba dengan Juventus.

Cari Pemain Baru

Beberapa waktu lalu, Stuart Pearce, mantan arsitek The Citizens, menyarankan Pep Guardiola, disarankan tetap belanja pemain baru pada musim panas tahun ini.

Pearce mendesak Guardiola memperkuat pasukannya demi mempertahankan gelar Liga Inggris. Selain itu, Manchester City juga menargetkan untuk mengangkat trofi Liga Champions musim depan.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

HUT Jakarta, Semarak JKT492 Meriahkan Ranah Internet

Posted: 21 Jun 2019 08:42 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Hari Ulang Tahun (HUT) ke-492 DKI Jakarta tidak hanya berlangsung meriah di Ibu Kota. Perayaan hari penting ini pun juga dimeriahkan oleh warganet di media sosial.

Pantauan tim Tekno Liputan6.com, Sabtu (22/6/2019), tagar #JKT492 dan #HUTJakarta492 berada di peringkat tiga besar Indonesia trends saat berita ini ditulis. Selain itu, "Dirgahayu DKI Jakarta" juga tampak berada di peringkat sembilan Indonesia trends.

Berikut beberapa ucapan selamat ulang tahun untuk DKI Jakarta (HUT Jakarta) di ranah Twitter:

"Happy birthday kota kelahiran. Semoga selalu jaya. #JKT492," tulis pengguna dengan akun @viaratih19.

"Kemana pun kita pergi ,rumah lah yang selalu menunggu saat kepulangan itu. Selamat ulang tahun.#JKT492 #HUTJakarta492," kicau akun @stephaniesukma.

"Harapan yang terbaik untuk kota kelahiran saya, Dirgahayu DKI Jakarta ke-492. Maju Kota nyaBahagia Warganya," demikian twit dari pemilik akun @ryanarisena9.

Perayaan di Bundaran HI

Patung monumen selamat datang dihiasi kembang api saat malam pergantian tahun di kawasan Bundaran HI, Jakarta, Sabtu (31/12). (Liputan6.com/Immanuel Antonius)

Perayaan Malam Puncak HUT Jakarta ke-492 sendiri akan dilaksanakan di sekitaran Bundaran HI pada hari ini, Sabtu (22/6/2019) mulai pukul 17.00 sampai selesai. Bertemakan "Wajah Baru Jakarta", acara ini juga akan dimeriahkan oleh penampilan Pasha, Kotak, Siti Badriah, dan Wali.

Rangkaian HUT Jakarta digelar 17-30 Juni 2019. Acara dimulai dengan live mural oleh mahasiswa di Terowongan Jalan Kendal, JakartaPusat, pada 17 Juni 2019. Mereka melukis di dinding sepanjang terowongan sisi utara bagian kiri dari arah Stasiun MRT mulai pukul 09.00-18.00 WIB.

Acara bazaar dan garage sale juga akan digelar di Lapangan Banteng pada 22-23 Juni 2019 pukul 10.00-18.30 WIB. Sebagai penutup acara, terdapat pertunjukan Air Mancur Menari yang bisa dinikmati pengunjung pada pukul 18.30, 19.30, dan 20.15 WIB.

 

Jakarnaval

Penari berjalan saat Jakarnaval 2018 di kawasan Silang Monas, Jakarta, Minggu (8/7). Karnaval digelar dalam rangka HUT ke-491 DKI Jakarta. (Merdeka.com/Iqbal S Nugroho)

Jakarnaval juga akan kembali digelar pada 30 Juni 2019 pukul 15.30-22.00 WIB. Parade ini meliputi parade budaya, parade modern, parade kendaraan hias, hingga penampilan sejumlah musikus, seperti Krisdayanti, Iwa K, dan Ada Band.

Peserta Jakarnaval 2019 akan terbagi menjadi dua rute. Parade berjalan kaki akan dimulai dari Kedutaan Besar Amerika mengarah ke Jalan MH Thamrin, dan berakhir di Pintu Silang Barat Daya Monas.

Sementara parade kendaraan hias akan dimulai dari Kedutaan Besar Amerika Serikat mengarah ke Jalan MH Thamrin, berputar di Bundaran HI, dan berakhir di depan kantor RRI.

(Din/Isk)

Saksikan Video Pilihan Berikut Ini

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Selama 6 Bulan, KKP Tangkap 17 Kapal Pencuri Ikan Asal Malaysia

Posted: 21 Jun 2019 08:40 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Kementerian Kelautan dan Perikanan (KKP) melalui Kapal Pengawas Perikanan (KP) Orca 02 kembali menangkap 1 kapal pencuri ikan asal Malaysia pada Jumat 21 Juni 2019. Sebelumnya, KKP juga berhasil menangkap 2 kapal pencuri ikan asal Malaysia yaitu pada Sabtu 15 Juni dan Selasa 18 Juni.

Pelaksana Tugas (Plt) Direktur Jenderal Pengawasan Sumber Daya Kelautan dan Perikanan (PSDKP) Kementerian Kelautan dan Perikanan Agus Suherman menjelaskan, penangkapan ini menambah deretan kapal asal Malaysia yang ditangkap KKP sejak Januari hingga Juni 2019 atau selama 6 bulan menjadi 17 kapal.

Sementara kapal pencuri ikan lainnya, dari Vietnam sebanyak 15 kapal dan dari Filipina 3 kapal.

Agus menjelaskan bahwa penangkapan kapal pencuri ikan tersebut diawali dari deteksi KP Orca 02 yang dinakhodai oleh Capt. Sutisna Wijaya atas keberadaan kapal penangkap ikan di perairan Selat Malaka tanpa mengibarkan bendera kebangsaan.

"KP Orca 02 mencurigai keberadaan 1 kapal yang tidak mengibarkan bendera kebangsaan sedang melakukan aktivitas penangkapan ikan secara ilegal (illegal fishing) di wilayah perairan belum disepakati batasnya (grey area)," tambah Agus dalam keterangan tertulis, Sabtu (22/6/2019).

 

Dihentikan

Kapal Pengawas Perikanan (KP) Orca 02 kembali menangkap 1 kapal ikan asing (KIA) Malaysia pada Jumat (21/6/2019). (Dok Kementerian Kelautan dan Perikanan)

Kemudian KP Orca 02 melakukan proses penghentian dan pemeriksaan kapal tersebut. Hasil pemeriksaan menunjukkan kapal dengan nama PKFB 1802 yang diawaki oleh 5 orang berkewarganegaraan Myanmar memiliki dokumen perizinan perikanan dari Pemerintah Malaysia.

KKP kemudian berkoordinasi dengan Aparat Penguatkuasaan Maritim Malaysia (APMM), dan selanjutnya KP Orca 02 bersama kapal patroli APMM Penggalang 13 melakukan klarifikasi atas seluruh dokumen dan awak kapal PKFB 1802.

Hasil pemeriksaan menunjukkan bahwa kapal tersebut benar memiliki izin dari Pemerintah Malaysia. Namun seluruh awak yang bekerja di kapal tersebut adalah WN Myanmar yang tak memiliki izin resmi (ilegal). Atas dasar itu, kapal patroli APMM mengonfirmasi bahwa kapal tersebut dapat dilanjutkan proses hukum oleh Pemerintah Indonesia.

 

Malaysia juga Bakal Tangkap

Kapal Pengawas Perikanan (KP) Orca 02 kembali menangkap 1 kapal ikan asing (KIA) Malaysia pada Jumat (21/6/2019). (Dok Kementerian Kelautan dan Perikanan)

Dalam kesempatan tersebut, pihak Aparat Penguatkuasaan Maritim Malaysia juga menyampaikan bahwa apabila kapal PKFB 1802 dilepas oleh KP Orca 02, maka akan ditangkap oleh kapal patroli APMM dikarenakan WN asing yang bekerja tanpa izin serta tidak mengibarkan bendera kebangsaan.

Untuk proses hukum lebih lanjut, kapal dan seluruh awaknya dikawal ke Pangkalan PSDKP Batam, Kepulauan Riau.

"Proses penyidikan akan dilakukan oleh Penyidik Pegawai Negeri Sipil (PPNS) Perikanan, sesuai Undang-undang Perikanan dengan ancaman pidana penjara paling lama enam tahun dan denda paling banyak Rp20 miliar," pungkas Agus.

Saksikan video pilihan di bawah ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

FOTO: Melihat Kampung Muarajaya yang Hilang Ditelan Abrasi

Posted: 21 Jun 2019 08:36 PM PDT

Nelayan berlayar di pantai yang merendam satu kampung akibat abrasi di Desa Pantai Mekar, Kecamatan Muara Gembong, Bekasi, Kamis (20/6/2019). Puluhan rumah warga di Kampung Muarajaya RT01/RW01 Desa Pantai Mekar hilang tersapu air saat terjadi abrasi selama 10 tahun.(Liputan6.com/Fery Pradolo)

Nelayan berlayar di pantai yang merendam satu kampung akibat abrasi di Desa Pantai Mekar, Kecamatan Muara Gembong, Bekasi, Kamis (20/6/2019). Puluhan rumah warga di Kampung Muarajaya RT01/RW01 Desa Pantai Mekar hilang tersapu air saat terjadi abrasi selama 10 tahun.(Liputan6.com/Fery Pradolo)

Kerangka peti kemas yang terendam air laut saat terjadi abrasi di Desa Pantai Mekar, Kecamatan Muara Gembong, Bekasi, Kamis (20/6/2019). Puluhan rumah warga di Kampung Muarajaya RT01/RW01 Desa Pantai Mekar hilang tersapu air saat terjadi abrasi selama 10 tahun. (Liputan6.com/Fery Pradolo)

Kerangka peti kemas yang terendam air laut saat terjadi abrasi di Desa Pantai Mekar, Kecamatan Muara Gembong, Bekasi, Kamis (20/6/2019). Puluhan rumah warga di Kampung Muarajaya RT01/RW01 Desa Pantai Mekar hilang tersapu air saat terjadi abrasi selama 10 tahun. (Liputan6.com/Fery Pradolo)

Warga melintas di atas puing bangunan yang terkikis akibat abrasi di Desa Pantai Mekar, Kecamatan Muara Gembong, Bekasi, Kamis (20/6/2019). Puluhan rumah warga di Kampung Muarajaya RT01/RW01 Desa Pantai Mekar hilang tersapu air saat terjadi abrasi selama 10 tahun. (Liputan6.com/Fery Pradolo)

Warga melintas di atas puing bangunan yang terkikis akibat abrasi di Desa Pantai Mekar, Kecamatan Muara Gembong, Bekasi, Kamis (20/6/2019). Puluhan rumah warga di Kampung Muarajaya RT01/RW01 Desa Pantai Mekar hilang tersapu air saat terjadi abrasi selama 10 tahun. (Liputan6.com/Fery Pradolo)

Warga melintas di atas puing bangunan yang terkikis akibat abrasi di Desa Pantai Mekar, Kecamatan Muara Gembong, Bekasi, Kamis (20/6/2019). Puluhan rumah warga di Kampung Muarajaya RT01/RW01 Desa Pantai Mekar hilang tersapu air saat terjadi abrasi selama 10 tahun. (Liputan6.com/Fery Pradolo)

Warga melintas di atas puing bangunan yang terkikis akibat abrasi di Desa Pantai Mekar, Kecamatan Muara Gembong, Bekasi, Kamis (20/6/2019). Puluhan rumah warga di Kampung Muarajaya RT01/RW01 Desa Pantai Mekar hilang tersapu air saat terjadi abrasi selama 10 tahun. (Liputan6.com/Fery Pradolo)

Sebuah rumah warga memilih bertahan meski ditinggal para penghuni di Desa Pantai Mekar, Kecamatan Muara Gembong, Bekasi, Kamis (20/6/2019). Puluhan rumah warga di Kampung Muarajaya RT01/RW01 Desa Pantai Mekar hilang tersapu air saat terjadi abrasi selama 10 tahun. (Liputan6.com/Fery Pradolo)

Sebuah rumah warga memilih bertahan meski ditinggal para penghuni di Desa Pantai Mekar, Kecamatan Muara Gembong, Bekasi, Kamis (20/6/2019). Puluhan rumah warga di Kampung Muarajaya RT01/RW01 Desa Pantai Mekar hilang tersapu air saat terjadi abrasi selama 10 tahun. (Liputan6.com/Fery Pradolo)

Seorang anak melintas di depan rumah warga yang memilih bertahan di Desa Pantai Mekar, Kecamatan Muara Gembong, Bekasi, Kamis (20/6/2019). Puluhan rumah warga di Kampung Muarajaya RT01/RW01 Desa Pantai Mekar hilang tersapu air saat terjadi abrasi selama 10 tahun. (Liputan6.com/Fery Pradolo)

Seorang anak melintas di depan rumah warga yang memilih bertahan di Desa Pantai Mekar, Kecamatan Muara Gembong, Bekasi, Kamis (20/6/2019). Puluhan rumah warga di Kampung Muarajaya RT01/RW01 Desa Pantai Mekar hilang tersapu air saat terjadi abrasi selama 10 tahun. (Liputan6.com/Fery Pradolo)

Warga berjalan di belakang rumah yang terkikis abrasi di Desa Pantai Mekar, Kecamatan Muara Gembong, Bekasi, Kamis (20/6/2019). Puluhan rumah warga di Kampung Muarajaya RT01/RW01 Desa Pantai Mekar hilang tersapu air saat terjadi abrasi selama 10 tahun. (Liputan6.com/Fery Pradolo)

Warga berjalan di belakang rumah yang terkikis abrasi di Desa Pantai Mekar, Kecamatan Muara Gembong, Bekasi, Kamis (20/6/2019). Puluhan rumah warga di Kampung Muarajaya RT01/RW01 Desa Pantai Mekar hilang tersapu air saat terjadi abrasi selama 10 tahun. (Liputan6.com/Fery Pradolo)

Warga yang memilih bertahan akibat abrasi menjemur ikan di Desa Pantai Mekar, Kecamatan Muara Gembong, Bekasi, Kamis (20/6/2019). Puluhan rumah warga di Kampung Muarajaya RT01/RW01 Desa Pantai Mekar hilang tersapu air saat terjadi abrasi selama 10 tahun. (Liputan6.com/Fery Pradolo)

Warga yang memilih bertahan akibat abrasi menjemur ikan di Desa Pantai Mekar, Kecamatan Muara Gembong, Bekasi, Kamis (20/6/2019). Puluhan rumah warga di Kampung Muarajaya RT01/RW01 Desa Pantai Mekar hilang tersapu air saat terjadi abrasi selama 10 tahun. (Liputan6.com/Fery Pradolo)

Warga yang memilih bertahan akibat abrasi bersantai di Desa Pantai Mekar, Kecamatan Muara Gembong, Bekasi, Kamis (20/6/2019). Puluhan rumah warga di Kampung Muarajaya RT01/RW01 Desa Pantai Mekar hilang tersapu air saat terjadi abrasi selama 10 tahun. (Liputan6.com/Fery Pradolo)

Warga yang memilih bertahan akibat abrasi bersantai di Desa Pantai Mekar, Kecamatan Muara Gembong, Bekasi, Kamis (20/6/2019). Puluhan rumah warga di Kampung Muarajaya RT01/RW01 Desa Pantai Mekar hilang tersapu air saat terjadi abrasi selama 10 tahun. (Liputan6.com/Fery Pradolo)

Warga yang memilih bertahan akibat abrasi menjemur pakaian di Desa Pantai Mekar, Kecamatan Muara Gembong, Bekasi, Kamis (20/6/2019). Puluhan rumah warga di Kampung Muarajaya RT01/RW01 Desa Pantai Mekar hilang tersapu air saat terjadi abrasi selama 10 tahun. (Liputan6.com/Fery Pradolo)

Warga yang memilih bertahan akibat abrasi menjemur pakaian di Desa Pantai Mekar, Kecamatan Muara Gembong, Bekasi, Kamis (20/6/2019). Puluhan rumah warga di Kampung Muarajaya RT01/RW01 Desa Pantai Mekar hilang tersapu air saat terjadi abrasi selama 10 tahun. (Liputan6.com/Fery Pradolo)

Ditemani kucing, warga yang memilih bertahan akibat abrasi beristirahat di Desa Pantai Mekar, Kecamatan Muara Gembong, Bekasi, Kamis (20/6/2019). Puluhan rumah warga di Kampung Muarajaya RT01/RW01 Desa Pantai Mekar hilang tersapu air saat terjadi abrasi selama 10 tahun. (Liputan6.com/Fery Pradolo)

Ditemani kucing, warga yang memilih bertahan akibat abrasi beristirahat di Desa Pantai Mekar, Kecamatan Muara Gembong, Bekasi, Kamis (20/6/2019). Puluhan rumah warga di Kampung Muarajaya RT01/RW01 Desa Pantai Mekar hilang tersapu air saat terjadi abrasi selama 10 tahun. (Liputan6.com/Fery Pradolo)

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Mengenal Tradisi Unik Betawi yang Sirna Tergerus Zaman

Posted: 21 Jun 2019 08:35 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Ragam tradisi unik dimiliki oleh masyarakat Betawi. Kebiasaan ataupun adat istiadat itu pun terus mengalir ke anak cucu mereka agar dapat melestarikannya di masa mendatang.

Namun seiring perkembangan zaman, ragam tradisi itu perlahan mulai tergerus. Masyarakat Betawi pun meninggalkannya hingga kini akhirnya menjadi sirna alias raib.

Menurut aktivis Lembaga Kebudayaan Betawi, Yahya Andi Saputra, tradisi yang raib itu menyelimuti beberapa jenis adat. Mulai dari seni hingga ritual terkait dengan sosio-kultural.

"Kalau dari musik, ada sampyong yang udah enggak ada," ujar Yahya saat dihubungi Liputan6.com, Jakarta, beberapa waktu lalu.

Dia menjelaskan, musik sampyong merupakan musik rakyat Betawi pinggiran yang paling sederhana dibanding musik Betawi lainnya. Nama musik ini berasal dari nama salah satu alat musik, yaitu sampyong, semacam kordofan bambu berdawai dua utas.

Orkes ini selalu mengiringi tari uncul dan permainan ujungan, yakni permainan yang terdiri dari dua pasangan laki-laki yang saling memukul betis lawannya dengan tongkat rotan sepanjang 80 cm.

Kesenian musik sampyong ini telah berkembang sejak masa Kerajaan Salakanagara.

Selain itu, kata Yahya, ada juga musik gambang kromong lagu dalam yang tinggal kenangan. Dalam jenisnya, jenis gambang kromong terbagi atas lagu dalem, lagu sayur, dan modern.

"Gambang kromong dalem itu semacam yang klasiknya. Nah kalau yang modern, kayak musik yang dibawain sama Haji Benyamin Suaeb," jelas dia.

Lagu-lagu yang dibawakan pada musik gambang kromong merupakan lagu-lagu yang isinya bersifat humor, penuh gembira, dan kadangkala bersifat ejekan atau sindiran. Pembawaan lagunya dinyanyikan secara bergilir antara laki-laki dan perempuan sebagai lawannya.

Kesenian lainnya yang tak ditemui saat ini, yaitu seni ubrug. Seni itu hilang seiring minimnya sosok yang mampu menjadi lakon pertunjukan tersebut.

"Tradisi yang sudah hilang juga adalah seni ubrug. Sekarang seni pertunjukan ini sudah bermetamorfosis ke seni topeng. Udah enggak ada yang main, tapi kostumnya masih ada," ungkap ayah satu putri ini.

Ubrug Betawi biasa tampil di berbagai tempat seperti panggung hajatan, kampung–kampung, pasar, maupun stasiun. Untuk menarik penonton, pemain ubrug Betawi biasanya membunyikan terompet, rebana biang, dan gendang di sepanjang perjalanan. Nantinya, para penonton memberikan saweran usai menikmati pertunjukan tersebut.

Dalam pagelaran itu, para lakon biasanya melontarkan banyolan khas Betawi yang mengundang tawa penonton. Humor yang dibawakan pemain seringkali bersifat kritik sosial dan sindiran terhadap seseorang atau sekelompok yang dianggap menyimpang adat kebiasaan yang berlaku.

Namun hal pokok yang ada pada teater ubrug Betawi hanyalah sebuah pertunjukan yang menghibur di mana jalur cerita adalah hal yang kurang begitu diperhitungkan.

 

Piara Pengantin

Pengrajin melakukan proses pencantingan saat membuat kain batik Betawi di rumah produksi Batik Seraci, Kampung Kebon Kelapa, Bekasi, Jawa Barat, Selasa (2/10). Kain Batik Seraci dipasarkan hingga ke Jepang dan Eropa. (Merdeka.com/Iqbal Nugroho)

Sedangkan dari segi adat pernikahan, Betawi memiliki tradisi yang unik. Kata Yahya, sebelum proses pernikahan digelar, calon mempelai pengantin wanita harus menjalani ritual khusus agar proses acara nantinya dapat berjalan dengan baik.

"Di pernikahan, ada yang namanya tradisi piara pengantin," ungkap dia.

Piara pengantin itu, ucap dia, dilakukan oleh orang khusus yang dianggap memiliki keistimewaan. Dia akan melakukan perawatan sang calon pengantin dalam beberapa hari hingga acara berlangsung.

"Jadi dua minggu sebelum akad, pengantin wanita itu dirawat, dipiara," ujar dia.

Dalam proses pingit itu, sang calon mempelai wanita akan menjalani sejumlah terapi kecantikan. Seperti lulur, memapas gigi, juga ada rambut pengantin yang dihilangkan. "Itu ada jampi-jampinya," ujar dia.

Selain itu, ada pula pantangan yang harus ditaati selama proses pingit itu. Sang calon mempelai wanita diminta tidak mengonsumi makanan yang mengandung minyak serta tidak diperkenankan kulitnya terpapar sinar matahari pada jam tertentu.

"Ada pantangannya juga, ada. Misal enggak boleh makan makanan yang digoreng. Juga tidak boleh kena matahari pada jam tertentu, agar tidak mempengaruhi pori-pori kulit yang sudah diterapi," ujar dia.

Setelah proses itu dijalani secara sempurna, sang pengantin wanita selanjutnya siap untuk menjalani akad nikah. Kesempatan itu menjadi momen berharga yang tak dapat dilupakan.

"Pas acaranya, pengantin itu bagaikan raja dan ratu. Baunya harum," ujar dia.

 

Sebab Tradisi Raib

Pekerja menyelesaikan pembuatan rumah Betawi di tengah Setu Babakan, Jagakarsa, Jakarta Selatan, Minggu (10/3). Pulau buatan yang berada di tengah Setu Babakan ini nantinya akan disulap menjadi destinasi wisata budaya Betawi. (merdeka.com/Arie Basuki)

Menurut Yahya, banyak faktor yang menjadi penyebab hilangnya tradisi unik tersebut. Di antaranya minimnya pengenalan tradisi ini terhadap keturunan masyarakat Betawi.

"Tradisi itu diwariskan oleh para penduhulu kita secara alamiah. Biasanya kalau bapaknya tampil, anaknya ikut dan menyaksikan. Dan itu menjadi ajang transfer ilmu secara alami," jelas Yahya.

Tak hanya itu, penyebab lain ialah kurangnya perhatian seniman Betawi terhadap kearifan lokal yang sudah lama terjaga. Mereka menjadi lupa tatkala telah menjadi publik figur.

"Ada beberapa seniman yang dimanjakan media. Seniman muda misalnya yang tenar lewat sinetron. Itu membuat mereka besar kepala," ujar pria kelahiran 56 tahun lalu itu.

Namun begitu, dia meyakini kesenian tradisional mempunyai kemampuan dalam mempertahankan jati dirinya. Bahkan tradisi yang tenggelam itu akan kembali muncul dengan konsep yang berbeda.

"Tradisi yang sudah meninggal suatu saat muncul dengan chasing berbeda. Tapi kita tidak boleh tinggal diam melihat kondisi itu terjadi," ucap dia.

Karena itu, dia meminta kepada masyarakat dan pemerintah daerah agar dapat memperhatikan tradisi yang ada. Jangan sampai kearifan lokal itu hilang tergerus hanya sebab tak adanya kepedulian dari semua pihak.

"Semua masyarakat Jakarta, siapa pun itu harus dikenalkan kembali tradisi itu," pinta pria yang pernah menjadi wartawan majalah ini.

 

 

Saksikan Video Pilihan Berikut Ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Seleksi Allianz Explorer Camp 2019, Peserta Perebutkan 75 Tiket ke Babak Selanjutnya

Posted: 21 Jun 2019 08:35 PM PDT

Jakarta Anak-anak dari berbagai wilayah di Indonesia akan mengikuti seleksi tahap pertama Allianz Explorer Camp 2019 Football Edition yang diadakan Allianz Indonesia pada Sabtu (22/6/2019). Mereka akan bersaing memperebutkan 75 tiket lolos ke seleksi tahap kedua yang digelar keesokan harinya.

Proses seleksi hari pertama akan digelar di Stadion Sepak Bola PSPT, Tebet, Jakarta Selatan. Demi mendapatkan tiket ke tahap kedua, para peserta harus melalui proses seleksi yang ketat.

Pada hari pertama, peserta dituntut menunjukkan keahlian bermain sepak bola dalam format 7 Vs 7. Nantinya, pertandingan digelar dalam dua babak dengan durasi 2x12 menit.

Penampilan peserta dalam mengolah si kulit bundar akan dipantau langsung oleh pemandu bakat berpengalaman. Selain itu, mereka juga akan mengikuti coaching clinic bersama Legenda Bayern Munchen, Martin Demichelis, serta dua bintang Persija Jakarta, Sandi Sute dan Rezaldi Hehanusa.

Setelah itu, sebanyak 75 peserta yang lolos akan mengikuti seleksi tahap kedua untuk merebut 8 tiket mengikuti Allianz Explorer Camp 2019 yang digelar di Singapura dan Munchen, Jerman. Itu akan menjadi pengalaman berharga buat para peserta yang lolos.

 

 

Kegiatan Tahunan

Allianz Explorer Camp 2019 merupakan kegiatan tahunan yang digelar perusahaan asuransi asal Jerman untuk mewujudkan mimpi anak-anak terbaik dari seluruh dunia. Anak-anak Indonesia memiliki kesempatan yang sama untuk bersaing. Pada edisi kali ini, dua anak Indonesia punya kans mewujudkan mimpi lewat sepak bola.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

FOTO: Tekuk Ekuador, Chile Melaju ke Perempat Final Copa America 2019

Posted: 21 Jun 2019 08:32 PM PDT

Para pemain Ekuador memblokir tendangan pemain Chile, Alexis Sanchez (kiri) saat bertanding dalam matchday kedua Grup C Copa America 2019 di Arena Fonte Nova, Salvador, Brasil, Jumat (21/6/2019). Chile melaju ke perempatfinal Copa America 2019. (AP Photo/Ricardo Mazalan)

Para pemain Ekuador memblokir tendangan pemain Chile, Alexis Sanchez (kiri) saat bertanding dalam matchday kedua Grup C Copa America 2019 di Arena Fonte Nova, Salvador, Brasil, Jumat (21/6/2019). Chile melaju ke perempatfinal Copa America 2019. (AP Photo/Ricardo Mazalan)

Kiper Ekuador, Alexander Dominguez gagal menghalau tendangan pemain Alexis Sanchez saat menghadapi Chile dalam matchday kedua Grup C Copa America 2019 di Arena Fonte Nova, Salvador, Brasil, Jumat (21/6/2019). Chile melaju ke perempatfinal Copa America 2019. (AP Photo/Natacha Pisarenko)

Kiper Ekuador, Alexander Dominguez gagal menghalau tendangan pemain Alexis Sanchez saat menghadapi Chile dalam matchday kedua Grup C Copa America 2019 di Arena Fonte Nova, Salvador, Brasil, Jumat (21/6/2019). Chile melaju ke perempatfinal Copa America 2019. (AP Photo/Natacha Pisarenko)

Wasit Patricio Loustau memberikan kartu merah kepada pemain Ekuador Gabriel Achilier saat menghadapi Chile dalam matchday kedua Grup C Copa America 2019 di Arena Fonte Nova, Salvador, Brasil, Jumat (21/6/2019). Chile melaju ke perempatfinal Copa America 2019. (AP Photo/Ricardo Mazalan)

Wasit Patricio Loustau memberikan kartu merah kepada pemain Ekuador Gabriel Achilier saat menghadapi Chile dalam matchday kedua Grup C Copa America 2019 di Arena Fonte Nova, Salvador, Brasil, Jumat (21/6/2019). Chile melaju ke perempatfinal Copa America 2019. (AP Photo/Ricardo Mazalan)

Ekspresi para pemain Ekuador usai kalah dari Chile dalam matchday kedua Grup C Copa America 2019 di Arena Fonte Nova, Salvador, Brasil, Jumat (21/6/2019). Chile melaju ke perempatfinal Copa America 2019. (AP Photo/Natacha Pisarenko)

Ekspresi para pemain Ekuador usai kalah dari Chile dalam matchday kedua Grup C Copa America 2019 di Arena Fonte Nova, Salvador, Brasil, Jumat (21/6/2019). Chile melaju ke perempatfinal Copa America 2019. (AP Photo/Natacha Pisarenko)

Para pemain Chile menyapa para suporter usai mengalahkan Ekuador dalam matchday kedua Grup C Copa America 2019 di Arena Fonte Nova, Salvador, Brasil, Jumat (21/6/2019). Chile melaju ke perempatfinal Copa America 2019. (AP Photo/Natacha Pisarenko)

Para pemain Chile menyapa para suporter usai mengalahkan Ekuador dalam matchday kedua Grup C Copa America 2019 di Arena Fonte Nova, Salvador, Brasil, Jumat (21/6/2019). Chile melaju ke perempatfinal Copa America 2019. (AP Photo/Natacha Pisarenko)

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Copa America 2019: Kesal Dicemooh, Timnas Brasil Ingin Merebut Hati Suporter

Posted: 21 Jun 2019 08:30 PM PDT

Liputan6.com, Sao Paulo - Timnas Brasil berharap dukungan suporter saat menghadapi Peru pada laga terakhir Grup A Copa America 2019 di Arena Corinthians, Sabtu (22/6/2019) atau Minggu dini hari.

Brasil harus menghindari kekalahan untuk menjadi juara Grup A Copa America 2019. Saat ini mereka hanya unggul produktivitas gol atas Peru dengan koleksi empat poin.

Selecao sejauh ini mengalami pengalaman kurang menyenangkan pada dua pertandingan yang sudah dijalani. Penonton mencemooh penampilan Thiago Silva dan kawan-kawan.

Fans bahkan justru menyemangati Venezuela pada laga di Arena Fonte Nova, Senin (18/6/2019). Mereka berteriak 'ole' ketika Salomon Rondon dan kawan-kawan mengumpan bola.

"Tentu tidak menyenangkan mendengar suporter mendukung lawan. Sikap tersebut tidak membantu siapapun. Kami harus bekerja keras untuk mengubah situasi dan merebut hati pendukung," kata bek Filipe Luis, dilansir Daily Mail.

"Kami sudah melakukan segalanya demi memenangkan pertandingan. Kami punya banyak peluang tapi gagal membawa pulang tiga poin," sambungnya.

Brasil ditahan Venezuela 0-0 di pertandingan tersebut. Sebelumnya mereka menghajar Bolivia 3-0 pada partai pembuka Copa America 2019.

Fanatik ke Klub

Ekspresi suporter Brasil yang tampak tidak bersemangat saat memyaksikan laga Brazil vs Venezuela di Arena Fonte Nova, Salvador, Brasil. (AP/Natacha Pisarenko)

Bek Dani Alves menyebut besarnya kecintaan terhadap klub sebagai salah satu faktor minimnya dukungan bagi timnas. Brasil bermain di Estadio do Morumbi saat menghadapi Bolivia, Jumat (14/6/2019).

Morumbi adalah markas Sao Paulo FC, salah satu dari tiga klub besar di kota tersebut. Rival mereka adalah Corinthians dan Palmeiras. Repotnya, mereka bakal meladeni Peru di markas Corinthians.

"Tiap kali kami datang ke Sao Paulo, ini terjadi. Masyarakat tidak bisa membedakan klub dan timnas. Atmosfer berbeda dirasakan di Bahia (kampung halaman Alves). Penduduk di sana menyemangati timnas," tegas Alves.

Misi Brasil

Brasil berusaha menambah koleksi gelar Copa America. Mereka baru jadi juara delapan kali, terakhir dirasakan pada 2007.

Jumlah tersebut tidak mencapai setengah koleksi titel Uruguay (15) yang berstatus tim tersukses Copa America.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Mantapkan Hati, Deddy Corbuzier Memeluk Agama Islam

Posted: 21 Jun 2019 08:30 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Deddy Corbuzier mengaku sudah tertarik dengan islam sejak beberapa tahun lalu. Akhirnya selama delapan bulan terakhir Deddy memutuskan untuk mendalami Islam dibimbing Gus Miftah.

Keinginan Deddy Corbuzier untuk memeluk agama Islam pun akhirnya terwujud. Didampingi sang kekasih, Deddy bertolak menuju Yogyakarta untuk mengucapkan dua kalimat syahadat di Masjid Al Mbejaji, Pondok Pesantren Ora Aji.

Selepas salat Jumat, Deddy Corbuzier dibimbing guru spiritualnya, Gus Miftah, mengucapkan ikrar syahadat dengan lancar, Jumat (21/6/2019).

Prosesi mualaf Deddy Corbuzier ini disaksikan oleh para jemaah dan santri Pondok Pesantren Ora Aji, pesantren milik Gus Miftah. Setelah selesai mengucap dua kalimat syahadat, puluhan jemaah pun meneriakan takbir. Sesaat setelahnya, Deddy pun memeluk Gus Miftah.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

World Premiere di GIIAS 2019, MPV Hybrid Daihatsu Bisa untuk Main Game

Posted: 21 Jun 2019 08:24 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - PT Astra Daihatsu Motor (ADM) siap menampilkan mobil konsep berwujud MPV di Gaikindo Indonesia International Auto Show (GIIAS) Juli mendatang. Kemunculan mobil inipun ditegaskan bersifat world premiere. Artinya, Indonesia akan menjadi negara pertama di dunia yang akan menunjukkan mobil tersebut.

Marketing Director PT Astra Daihatsu Motor, Amelia Tjandra menegaskan mobil terbarunya itu memiliki beragam fitur canggih, salah satunya bermain game dengan menggunakan Virtual Reality (VR).

"Jadi di dalam mobil itu bisa main games dengan VR. Salah satunya ya. Jadi selain ada face recognition kemudian juga akan disesuaikan dengan hobi anak muda, main game. Dan game ini hanya bisa dimainkan saat posisi berhenti saja," kata Amel di Kuching, Malaysia.

Salah satu alasan mobil tersebut menggunakan konsep MPV karena survei Daihatsu menunjukan orang Indonesia masih menyukai kendaraan yang mampu menampung beberapa penumpang.

Selain itu, Amel juga menegaskan mobil konsep terbaru ini akan ditujukan kepada anak muda. Karena itu, semua fitur yang disematkan pada mobil disesuaikan dengan kebutuhan anak muda.

"Mobil itu adalah bentuknya MPV karena orang Indonesia mobil idamannya berdasarkan survey adalah MPV. Tetapi kita mau ubah, MPV itu kan biasa buat keluarga. Nah MPV ini dibikin dengan konsep anak muda. Caranya gimana? Desain keseluruhannya, fitur-fiturnya pokoknya dicocokan dengan kebutuhan anak muda," ujar Amel.

MPV 4 Penumpang

Bila mobil penumpang identik dengan kapasitas 7 penumpang, mobil konsep ini hanya mampu menampung 4 orang penumpang.

"Kalau ini concept car dan dikembangkan mandiri oleh DMC (Daihatsu Motor Company) dengan masukan dari Indonesia. MPV 4 penumpang, dimensinya MPV. Bangku concept dibikin captain seat," kata Amel.

Memasuki era mobil listrik atau mobil yang ditunjang motor listrik seperti mobil hybrid, kendaraan konsep tersebut akan menggendong mesin ramah lingkungan.

"Sampai hari ini mobil ini baru masih konsep. Dan akan world premiere. Apakah laku atau tidak kita biasanya akan survei dulu. Dan ini hybrid," tuturnya.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Stadion Papua Bangkit Berstandar FIFA, Menpora: Ini Ikon Baru Setelah GBK

Posted: 21 Jun 2019 08:21 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Pemerintah Provinsi Papua akhirnya merampungkan pembangunan Stadion Utama Papua Bangkit, untuk Pekan Olahraga Nasional (PON) yang digelar pada Oktober 2020. Proses tersebut mendapat penilaian positif dari Menpora Imam Nahrawi.

"Saya senang dan bangga atas percepatan pembangunan infrastruktur untuk PON Papua ini, Stadion Papua Bangkit ini bisa menjadi ikon baru setelah GBK karena ada beberapa standar yang yang telah berstandar dunia seperti rumputnya berstandar FIFA, lintasan atletiknya dan beberapa venue lainnya," kata Menpora usai meninjau Stadion Utama Papua Bangkit, Jumat (21/6).

Pembangunan Stadion Papua Bangkit ini juga menurut Menpora sebagai persiapan Indonesia bila dipercaya pada multievent level dunia. "Stadion ini bisa juga dalam rangka persiapan Indonesia dipercaya sebagai tuan rumah Olimpiade 2032. Terlebih setelah itu Indonesia dipercaya sebagai tuan rumah Piala Dunia 2034 yang butuh stadion berstandar FIFA," katanya.

"Masyarakat Indonesia saya kira betul-betul menyambut dengan gembira pelaksanaan PON 2020 ini karena masyarakat Papua telah siap menyambut kehadiran seluruh kontingen PON dari seluruh Indonesia," tambahnya.

Terkait beberapa venue PON lainnya yang belum siap Menpora tetap merasa optimis dan percayakan pembangunannya kepada Kementerian PUPR.

"Seperti yang saya dengarkan tadi bahwa semua sedang on progress pembangunan dan saya sangat percaya dengan kinerja Kementerian PUPR dan teman-teman provinsi ini terlebih memiliki pengalaman Asian Games lalu," tutur menteri asal Bangkalan ini, usai meninjau Istora Papua Bangkit, Stadion Aquatik dan venue Softball di Universitas Cendrawasih.

Turut hadir mendampingi Menpora Plt. Deputi Peningkatan Prestasi Olahraga Yuni Poerwanti, Staf Khusus Kerjasama dan Komunikasi Zainul Munasichin, Plt. Asdep Olahraga Prestasi Ahmad Arsani, Sekda Prov Papua Hery Dosinaen, Kadispora Prov Papua Daud Ngabalin, Project Manager Stadion Dwi Aji Wicaksono, Project Manager Istora Joko Nugroho dan Kabag Humas Isa Anshary. 

 

(*)

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Demi Bangun Taman Bawah Air Terbesar, Negara Ini Tenggelamkan Pesawat

Posted: 21 Jun 2019 08:20 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Misteri di bawah air laut telah memikat banyak orang sejak lama. Terumbu karang yang menakjubkan, tumbuhan dan hewan laut memang unik. Misteri dalam laut ini pun telah menjadi subjek studi bagi banyak penyelam dan pakar kelautan. Tak heran jika taman bawah air selalu diminati banyak orang.

Mulai dari pemotretan bawah air hingga ada restoran bawah laut terbesar di dunia yang dibuka di Norwegia. Kini salah satu negara Timur Tengah pun tak mau kalah, yaitu Bahrain. Sebuah negara kecil di Teluk Persia, pulau negara ini berada dalam kelompok kepulauan antara Semenanjung Qatar dan di sebelah timur laut pesisir Arab Saudi.

Ada yang menarik dari salah satu negara di Timur Tengah tersebut. Seperti tak ingin kalah dari Dubai, kini Bahrain sebagai salah satu negara Arab yang maju dan kaya. Bahrain diketahui akan miliki sebuah taman bawah air terbesar di dunia.

Tak tanggung-tanggung, dalam akun Instagram @divebahrain ini memperlihatkan bagaimana dalam membuat taman bawah air dengan cara tak biasa. Ya, Dive Bahrain nama taman bawah air ini menenggelamkan sebuah pesawat Boeing 747 ke dasar laut untuk jadi bagian dari taman tersebut.

Berikut ulasan mengenai taman bawah air bernama Dive Bahrain yang Liputan6.com lansir dari Storypick, Sabtu (22/6/2019).

Taman bawah air Dive Bahrain

Pesawat Boeing 747 yang ditenggelamkan (Sumber: Instagram/divebahrain)

Melansir dari storypick, Sabtu (22/6/2019) taman bawah air seluas 100.000 meter persegi ini terletak di luar kota Diyar Al Muharraq, Bahrain. Sebuah pesawat sepanjang 70 meter ditenggelamkan di bawah air sedalam 20 meter dan penyelam dari seluruh dunia dapat menyelaminya sambil bermain di dalam pesawat. 

Selain itu, taman ini akan memiliki replika rumah pedagang mutiara Bahrain, terumbu karang buatan, dan patung seni. Badan Pariwisata dan Pameran Bahrain mengungkapkan bahwa seluruh proyek ini ramah lingkungan dan jet Boeing 747 akan berubah menjadi terumbu karang buatan.

"Selain itu, sejumlah besar waktu telah dihabiskan untuk menghilangkan kontaminan dari pesawat. Ini sudah termasuk melepas semua perkabelan, semua sistem hidrolik, pneumatik dan bahan bakar, dan semua perekat, isolasi, plastik, karet, bahan kimia atau zat beracun potensial lainnya,".

View this post on Instagram

‎ ‎مراحل عديدة وساعات عمل طويلة استمرت شهور من العمل من قبل فريق تقني متخصص لضمان اعلى مقاييس السلامة للبيئة البحرية.. ‎نأخذكم في هذا الفيديو في جولة لرحلة الطائرة من موقعها الرئيسي وصولاً الى محطتها الجديدة . . Over the past few months, a specialised technical team implemented the required procedures and preparations in order for the aircraft to be ready for submersion. Let us take you through the journey of the Boeing 747! ✈️🇧🇭 . . #DiveBahrain #Dive #Bahrain #Scubadiving #SCE #BahrainOursYours #ecotourism #underwater #underwaterworld

A post shared by Dive Bahrain (@divebahrain) on

Siap jadi wisata terumbu karang

Pesawat Boeing 747 yang ditenggelamkan (Sumber: Instagram/divebahrain)

Pesawar Boeing 747 yang akan ditenggelamkan sedalam 20 meter di bawah laut ini akan ditempatkan di 30 km di lepas Pantai Pulau Amwaj.

Corak putih dengan tulisan 'divebahrain.com' di sisi pesawat sepanjang 12 meter sepertinya tidak akan bertahan lama. Diharapkan bahwa pesawat akan menjadi titik jangkar untuk pembibitan karang di Teluk.

Mengutip dari nzherald, Sheikh Abdullah bin Hamad Al Khalifa, Presiden Dewan Lingkungan Bahrain mengatakan taman itu juga akan mencakup "terumbu karang buatan dan patung-patung lainnya yang dibuat dari bahan ramah lingkungan."

Setelah menjadi tempat perburuan penyelam mutiara, daerah itu akan segera bekerja sama dengan penyelam wisata.

Dikutip dari nzherald, HE Zayed bin Rashid Al Zayani, menteri perindustrian negara itu sangat antusias dengan proyek ini, dengan mengatakan,

"Kami bangga meluncurkan proyek ramah lingkungan yang unik ini dalam kemitraan dengan perusahaan selam lokal, Dewan Tertinggi untuk Lingkungan dan sektor swasta. Taman hiburan baru tidak diragukan lagi akan muncul sebagai objek wisata global. Proyek kelas dunia ini mencakup area yang luas, dan akan memberikan pengalaman yang tak terlupakan bagi wisatawan dan penggemar selam," ungkapnya.

Penyelam berada di pesawat Boeing 747 yang ditenggelamkan (Sumber: Instagram/divebahrain)

Keprihatinan dari spesialis kelautan

Namun, spesialis kelautan Adriana Humanes telah menyuarakan keprihatinannya mengatakan bahan yang digunakan rentan terhadap korosi.

"Korosi juga akan menyebabkan hilangnya integritas struktural, berpotensi mempengaruhi kehidupan laut yang tinggal di daerah tersebut atau menjadi ancaman keselamatan bagi penyelam pengunjung."

Namun, segala proses persiapan telah selesai kini pesawat sudah berada di bawah air, dan siap untuk menyambut para penyelam pada bulan Agustus 2019 mendatang.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Sejumlah Tempat Wisata Jakarta Gratis, Bagaimana dengan Ragunan?

Posted: 21 Jun 2019 08:19 PM PDT

 

Liputan6.com, Jakarta - Dalam rangka HUT ke-492 Kota Jakarta, Pemprov DKI Jakarta menggratiskan berbagai tempat wisata di Ibukota. Ada enam destinasi wisata milik Pemprov yang dapat dinikmati warga secara cuma-cuma selama 22-23 Juni ini.

Keenam destinasi wisata tersebut yakni, Monumen Nasional, Perkampungan Budaya Betawi Setu Babakan, Planetarium, Anjungan Pemprov DKI di Taman Mini Indonesia Indah (TMII), Taman Arkeologi Onrust, serta Rumah Si Pitung. Dari enam daftar itu tidak masuk nama Taman Margasatwa Ragunan (TMR).

Menurut Humas TMR, retribusi masuk Ragunan tidak gratis alias tetap seperti hari biasa. Menurutnya saat ini TMR tidak menjadi lokasi perayaan puncak HUT DKI.

"Tidak ada acara khusus (HUT Jakarta), normal-normal saja karena kami baru melaksanakan pelayanan lebaran, dan hingga saat ini pengunjung masih lumayan ramai," kata Ketut saat dokonfirmasi, Sabtu (22/6/2019).

Sebelumnya, Disparbud DKI juga telah menggratiskan retribusi kunjungan di delapan museum pada 22 Juni dan 23 Juni 2019.

 

Museum Gratis

Museum Nasional Indoneisa (dok.Liputan6/Devita Nur Azizah)

Kedelapan museum tersebut yakni, Museum Sejarah Jakarta, Museum Sejarah Jakarta, Museum Joang 45, Museum MH Thamrin, Museum Prasasti, Museum Seni Rupa dan Keramik, Museum Wayang Museum Tekstil, serta Museum Bahari.

Kepala Disparbud DKI Eddy Junaedi mengatakan, kebijakan tersebut dalam rangka berbagi kebahagian dan kemeriahan dengan masyarakat di hari HUT ke-492 kota Jakarta.

"Kami ingin masyarakat Jakarta ini ikut merasakan kegembiraan perayaan ulang tahun Jakarta sekaligus masyarakat juga bisa mengetahui perjalanan sejarah kota Jakarta melalui museum," ucapnya.

 

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

De Ligt Pilih Pindah ke Juventus?

Posted: 21 Jun 2019 08:15 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Bek yang juga kapten Ajax Amsterdam Matthijs de Ligt masih belum memutuskan masa depannya. Namun bocoran diberikan media Belanda De Telegraaf. De Ligt diklaim akan hijrah ke Juventus.

De Ligt memang hampir pasti meninggalkan Ajax. Dia diincar banyak klub kaya Eropa. Selain Juventus, Manchester United, Paris Saint Germain, Barcelona, Real Madrid dan Liverpool juga berminat. 

Pemain 19 tahun itu saat ini sedang liburan di Miami, Amerika Serikat. De Ligt masih membutuhkan beberapa hari lagi untuk mengumumkan klub mana yang akan dibelanya musim depan.

Namun De Telegraaf meyakini De Ligt sudah membuat keputusan. De Ligt akan pindah ke Juventus dengan biaya transfer 70 juta euro (Rp 1,1 triliun). Di Turin, De Ligt akan mendapat bayaran mencapai 20 juta euro per tahun.

Jika benar kabar dari De Telegraaf ini maka De Ligt akan menjadi pemain dengan bayaran tertinggi kedua di Juventus dan Liga Italia setelah Cristiano Ronaldo sebesar 30 juta euro per tahun.

 

Makin Intensif

Matthijs de Ligt (EMMANUEL DUNAND / AFP)

Pemberitaan De Telegraaf ini sejalan dengan rumor yang dihembuskan jurnalis Italia Gianluca Di Marzio. Juventus disebut mengintensifkan perburuan De Ligt.

Juventus ngotot merekrut De Ligt karena lini belakangnya perlu peremajaan. Andrea Barzagli baru saja pensiun. Giorgio Chiellini dan Leonardo Bonucci sudah mulai termakan usia.

Klasemen Liga Italia

 

 

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Jauh dari Kesan Stylish, 6 Fashion Item Ini Malah Nyeleneh Abis

Posted: 21 Jun 2019 08:10 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Jika kamu termasuk seseorang yang memiliki selera fashion tinggi, tentu tak akan melewatkan tren terbaru. Pasalnya, menggunakan item fashion yang sedang tren pun bisa membuat kamu tampil lebih percaya diri.

Tak bisa dipungkiri, penampilan memang menjadi hal yang paling pertama dinilai saat melihat seseorang. Maka, wajar saja bila beberapa orang rela merogoh kocek yang dalam untuk menunjang penampilannya agar terlihat memukau. 

Tapi lain halnya dengan, fashion item di bawah ini. Alih-alih membuat kamu terlihat lebih stylish, justru kamu terlihat aneh ketika memakainya. Pasalnya item fashion di bawah ini punya desain yang nyeleneh abis. Kira-kira kamu mau enggak ya memakainya? 

Nah, penasaran seperti apa potretnya? Berikut Liputan6.com lansir dari Brightside, Sabtu (22/6/2019) 6 fashion item yang nyeleneh abis. 

1. Kalau sepatunya model kayak gini, bagaimana cara pakainya nih?

Fashion item nyeleneh (Sumber: Brightside)

2. Kok jadi serem ya lihat celananya begini

Fashion item nyeleneh (Sumber: Brightside)

3. Mungkin terinspirasi dari burung, tapi enggak gini juga dong

Fashion item nyeleneh (Sumber: Brightside)

4. Yakin nih mau pakai tas model begini?

Fashion item nyeleneh (Sumber: Brightside)

5. Perpaduan kacamata bundar dan persegi buat yang suka keduanya

Fashion item nyeleneh (Sumber: Brightside)

6. Mending ganti celana saja deh!

Fashion item nyeleneh (Sumber: Brightside)

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

MotoGP: Marc Marquez Tegaskan Jorge Lorenzo Belum Habis

Posted: 21 Jun 2019 08:10 PM PDT

Liputan6.com, Assen - Pembalap Repsol Honda, Marc Marquez, meyakini bahwa rekan setimnya, Jorge Lorenzo belum 'habis' dan tak kekurangan motivasi untuk bertarung di papan atas MotoGP. Kepada Marca, Marquez pun menyebutkan dua bukti bahwa Lorenzo masih punya semangat tinggi untuk mengakhiri paceklik kemenangan.

Lorenzo memang belum meraih kemenangan lagi sejak MotoGP Austria bersama Ducati tahun lalu, dan sejak pindah ke Repsol Honda akhir tahun lalu, ia terus mengalami kesulitan adaptasi. Selain sulit menjinakkan RC213V, ia juga dirundung berbagai cedera dan masalah teknis pada awal musim.

Peristiwa sial terkini yang dialami Lorenzo adalah gagal finis di Catalunya, Spanyol akhir pekan lalu. Tak hanya terjatuh, ia juga menyeret Andrea Dovizioso, Maverick Vinales, dan Valentino Rossi dalam insiden tersebut. Meski begitu, Marquez melihat peristiwa kontroversial ini dari kacamata berbeda.

Dalam balapan MotoGP tersebut, Lorenzo mengaku untuk pertama kalinya nyaman mengendarai RC213V hingga kelewat bersemangat menjalani lap-lap pertama. Di lain sisi, Marquez pun yakin ini adalah bukti bahwa Por Fuera masih punya keinginan besar untuk kembali ke papan atas.

"Saya percaya motivasi Jorge untuk menang tak berkurang. Ia menunjukkannya lewat kunjungan ke Jepang demi memperbaiki motor, serta saat ambil risiko pada lap-lap awal di Montmelo. Kesalahan yang ia lakukan juga disebabkan keinginan untuk bertarung di depan," ungkap Marquez.

Bisa Bangkit

Pembalap Repsol Honda, Jorge Lorenzo. (AFP/Lluis Gene)

Rider berusia 26 tahun ini bahkan yakin lima kali juara dunia tersebut bisa bangkit kapan saja. Ia menyebut mentalitas Lorenzo yang kuat akan membantunya keluar dari permasalahan. "Egolah yang akan membantunya keluar dari situasi sulit ini. Ia punya mentalitas yang kuat dan ini pula titik terkuatnya," ujarnya.

"Saya percaya motivasi Jorge untuk menang tak berkurang. Ia menunjukkannya lewat kunjungan ke Jepang demi memperbaiki motor, serta saat ambil risiko pada lap-lap awal di Montmelo. Kesalahan yang ia lakukan juga disebabkan keinginan untuk bertarung di depan," ungkap Marquez.

Ego yang Membantu

Rider berusia 26 tahun ini bahkan yakin lima kali juara dunia tersebut bisa bangkit kapan saja. Ia menyebut mentalitas Lorenzo yang kuat akan membantunya keluar dari permasalahan. "Egolah yang akan membantunya keluar dari situasi sulit ini. Ia punya mentalitas yang kuat dan ini pula titik terkuatnya," ujarnya.

Sumber: Bola.net

Saksikan video pilihan di bawah ini

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Harmoni, Gedung Tua Zaman Belanda yang Jadi Nama Jalan di Jakarta

Posted: 21 Jun 2019 08:08 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Nama Harmoni yang berada di Jakarta Pusat juga cukup populer. Harmoni ini berada di persimpangan Jalan Majapahit dan letaknya tak jauh dari Istana Negara.

Saat ini, Harmoni mungkin dikenal sebagai salah satu shelter atau halte transit bagi bus Transjakarta dengan berbagai tujuan.

Lalu, dari mana asal nama Harmoni?

Zaenuddin HM menjelaskan dalam bukunya 212 Asal Usul Djakarta Tempo Doeloe setebal 377 halaman yang diterbitkan Ufuk Press pada 2012.

Nama Harmoni rupanya berasal dari nama gedung yang sangat penting ketika Batavia dalam kekuasaan pemerintah Hindia Belanda, sekitar abad 17 dan 18.

Gedung itu bernama Sosietiet De Harmonie, yang menjadi tempat berpestanya kaum sosialita Belanda, dilanjutkan saat Inggris berkuasa di Batavia.

Mereka sering berkumpul, beramah-tamah, dan mencari jodoh di gedung besar berarsitektur Belanda bernama Harmoni itu. Di tempat itu juga sering terjadi keributan akibat pesta dan dansa disertai mabuk minuman keras.

 

Gedung Sudah Dibongkar

Suasana saat antrian Bus Trans-Jakarta bersiap untuk mengangkut penumpang di Halte Harmoni, Jakarta, Kamis (1/12). Menurut Budi, saat aksi massa terjadi, Transjakarta akan berupaya melakukan pengalihan jaringan. (Liputan6.com/Immanuel Antonius)

Pemprov DKI Jakarta pada 1985 membongkar gedung bersejarah itu persis ketika gedung yang pernah berjaya tersebut berumur 170 tahun.

Meski bangunan bersejarah Sosietiet De Harmonie sudah tidak ada lagi, tempat dan kawasan itu tetap disebut Harmoni.

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Papua Jadi Tuan Rumah PON 2020, Menpora: Siapkan Tim Kelola Pasca PON

Posted: 21 Jun 2019 08:07 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Papua bakal menjadi tuan rumah Pekan Olahraga Nasional (PON) 2020. Terkait hal itu, Menpora Imam Nahrawi berharap Pemerintah Provinsi Papua segera menyiapkan tim atau lembaga yang mengelola keberlanjutan venue usai pemanfaatannya. 

"Saya harap Pemprov agar sedini mungkin menyiapkan lembaga pengelola pasca PON, untuk mengelola venue yang begitu bagus ini, agar tetap termanfaatkan dan terawat dengan baik," kata Menpora usai meninjau Stadion Papua Bangkit, Jumat (20/6).

Menpora juga berharap dengan adanya sejumlah venue pasca PON, akan mendorong lahirnya atlet baru di Papua, agar ikut berkontribusi. "Tidak hanya mengharumkan Papua tapi juga berprestasi tingkat dunia dan mampu mengibarkan Merah-Putih di kancah olahraga dunia."

Pembangunan tersebut menurut menpora bisa menjadi pemicu dan semangat provinsi lain agar memiliki harapan sama menyelenggarakan PON atau single event lainnya karena melalui olahraga juga akan mempercepat perkembangan infrastruktur.

"Saya gembira sekali ini membuktikan pemerintah pusat, pemprov, pemkab amat sangat serius mendukung hal ini jangan pernah kendor semangatnya tetep bangkit seperti nama stadion ini yang menjadi kebangkitan olahraga Indonesia dari timur," tutur Menpora.

Project Manager Stadion Dwi Aji Wicaksono menyampaikan perkembangan proyek untuk Stadion Utama Papua Bangkit rampung sejak Mei 2019. Total lahan untuk Stadion Papua Bangkit adalah 13 hektar dan keseluruhan dengan venue disekelilingnya seluas 42 hektar. Mulai dari lapangan pemanasan hingga area Istoran dan Aquatik.

"Progress sudah 100 persen dengan seluruh equipment telah berfungsi seluruhnya. Stadion ini didesain dengan kapasitas 40 ribu penonton, rumputnya berstandar FIFA seperti di GBK, lampunya 1800 lux di sekeliling lapangan ada lintasan atletik dan kelebihannya nantinya akan disertifikasi kelas satu, untuk lintasan atletik dari federasi internasional atletik," jelas Aji.

 

(*)

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

VIDEO: Aturan Baru Bagi Wisatawan Taj Mahal, India

Posted: 21 Jun 2019 08:05 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Wisatawan di Taj Mahal kerap menghabiskan waktu terlalu lama. Pengelola pun menerbitkan aturan baru berlaku Minggu (16/6).

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Cerita Akhir Pekan: 6 Tempat Wisata di Jakarta yang Pernah Hits, Kini Tutup dan Sepi

Posted: 21 Jun 2019 08:01 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Sebagai ibukota negara, Jakarta punya banyak tempat wisata yang menarik. Sadar atau tidak untuk masyarakat yang tinggal di Jakarta sebenarnya kota yang tak terlalu besar ini memiliki banyak sekali destinasi wisata yang patut untuk dieksplorasi.

Meskipun tidak terlalu hits dibandingkan Bali yang menjadi destinasi wisata dunia, tapi Jakarta saat ini telah cukup banyak berbenah untuk mengembangkan sektor wisata Salah satunya adalah dengan membuat Kepulauan Seribu sebagai salah satu Bali baru di Indonesia.

Selain itu ada sejumlah tempat wisata menarik di pusat maupun di pinggiran kota Jakarta. Ada yang ramai pengunjung tapi ada juga yang sepi peminat. Ada yang mampu bertahan lama tapi ada juga yang sudah tutup karena sepi pengunjung.

Penyebabnya tentu beragam. Ada yang kalah dengan perkembangan teknologi dan tren, Ada yang karena tergerus jaman atau kurang bisa beradaptasi dengan kemajuan jaman.

Dilansir dari beragam sumber, ada enam tempat wisata di Jakarta yang pernah hits dan selalu ramai pengunjung, tapi kini sudah sepi dan bahkan ada yang sudah lama tutup dan tidak beroperasi lagi.

Pasar Seni Ancol

Di era 80-an dan 90-an, Pasar Seni yang berada di kawasan Taman Impian Jaya Ancol (sekarang disebut Ancol Taman Impian), termasuk tempat wisata yang ramai pengunjung. Banyak karya para seniman Indonesia baik berupa lukisan, kerajinan tangan maupun seni lainnya, punya banyak peminat dan pembeli.

Selain itu ada panggung khusus yang menampilkan para penyanyi, pemusik maupun hiburan lainnya seperti melawak. Jauh sebelum ada Stand Up Comedy, dulu di Pasar Seni ada panggung lawak yang diisi beberapa pelawak top Indonesia.

Grup lawak legendaris Bagito bahkan pernah beberapa kali tampil serta beberapa pelawak yang pernah tergabung dalam grup Srimulat. Namun saat ini situasinya sudah jauh berubah. Meski hampir sebagian kios kios galeri lukis dan patung masih ada yang buka, namun bisa dibilang pengunjung apalagi pembeli.

Saat ini mereka lebih sering memanfaatkan teknologi seperti media sosial (medsos) atau relasi mereka. Para pengunjung Ancol di Jakarta Utara ini sepertinya lebih memilih mengunjungi wahana permainan atau bermain di pantai.

Parkir Timur Senayan

Zona Atung, sebuah zona rekreasi selama Asian Games yang terletak di area Parkir Timur Senayan, Kompleks GBK Jakarta. (Bola.com/Benediktus Gerendo Pradigdo)

Label tempat tongkrongan anak muda kelas atas memang tak bisa lepas untuk kawasan yang dikenal dengan Parkir Timur (Parkit) Senayan. Meski tak memiliki fasilitas hiburan, kawasan yang berupa jalanan yang luas ini sering dimanfaatkan sebagai arena balapan terutama di malam hari.

Selain itu berbagai kelompok maupun komunitas penggemar mobil modifikasi juga banyak berkumpul di kawasa ini. Di pagi sampai sore hari, Parkir Timur biasanya digunakan untuk tempat belajar mengemudi mobil.

Di malam harinya, kawasan tersebut berubah total menjadi lebih ramai dan berwarna serta penuh mobil, terutama di akhir pekan. Terletak tak jauh dari kawasan Stadion Gelora Bung Karno (GBK), Parkir Timur di era 80-an sampai 90-an jadi tempat nongkrong anak muda yang sangat hits.

Tak terhitung banyak acara yang ditujukan untuk muda, mulai dari otomotif sampai music, digelar di tempat yang sangat luas tersebut. Kawasan ini juga pernah beberapa kali dipakai untuk tempat syuting iklan maupun film layar lebar.

Saat ini Parkir Timur dikembalikan fungsinya sebagai kawasan perparkiran GBK dan lahan penghijauan. Walaupun begitu tempat ini tak lagi jadi hits di kalangan remaja dan hanya ramai saat ada acara tertentu saja. 

Teater Mobil Ancol

Kawasan Ancol, Jakarta Utara memang identik dengan kawasan wisata. Warga Jakarta boleh bangga. Karena dulu di Ancol pernah ada drive-in cinema alias teater mobil di kawasan Ancol.

Lokasinya di seberang Taman Impian Jaya Ancol. Teater mobil adalaha bioskop yang memutar film layar lebar seperti bioskop pada umunya, tapi penontonnya berada di dalam mobil mereka masing-masing yang diparkir dengan rapi. Drive-in Theatre yang didirikan pada 1970 ini adalah yang pertama dan satu-satunya di Indonesia.

Teater ini dibangun di lahan seluas 5 hektar dan di tengahnya berdiri tegak layar raksasa berukuran 19 x 40 meter. Sesuai namanya, kalau mau nonton di sini, kita harus pakai mobil.

Teater Mobil Ancol masih eksis sampai sekitar 1990-an dan setelah itu tidak beroperasi lagi. Kini, kawasan tersebut sudah berubah fungsi menjadi Stasiun Gondola atau kereta gantung dan lahan parkir. Namun sampai saat ini tulisan 'Teater Mobil' masih tetap ada.

Taman Hiburan Rakyat Lokasari

Berada di sekitar taman hiburan Lokasari, Jakarta Barat, ini merupakan tempat berkumpul dan nongkrongnya artis-artis tempo dulu. Selain Mak Laila, sejumlah artis tempo dulu juga pernah tinggal di sana. (Bambang E.Ros/Bintang.com)

Di tahun 1970-an, Jakarta Barat punya kawasan budaya dan hiburan yaitu Prinsen Park dan Tangkiwood. Setelah pamornya sudah memudar, dua tempat tersebut diremajakan oleh Pemprov DKI pada 1985. Prinsen Park pun berganti nama menjadi Tempat Hiburan Rakyat (THR) Lokasari.

Saat itu Lokasari menjadi gedung bioskop—Merpati, Tamansari, Mangga Besar, dan Rukiah—lapangan basket, kolam renang, berbagai kios cendera mata, sekolah dansa, bar, restoran Happy World.

Lalu ada sejumlah restoran yang menyajikan menu makanan ekstrem seperti ular, monyet, tenggiling, buaya, dan biawak. Memasuki era 90-an, Lokasari berubah menjadi kawasan tempat hiburan malam dan restoran yang kembali nyaris tak pernah tidur.

Namun setelah berganti nama menjadi Plaza Lokasari, tempat rekreasi itu kini semata-mata menjadi pasar atau pusat perbelanjaan. Bahkan kemudian lebih identik dengan kawasan hiburan malam. Kenangan akan taman budaya dan kawasan wisata pun sudah sirna.

Kafe Tenda Semanggi

Nama Kafe Tenda Semanggi (KTS) sangat terkenal pada akhir dekade 1990-an. Konsep warung dengan nuansa kaki lima tapi tertata dengan rapi merupakan aplikasi dari tren berdirinya warung tenda kekinian yang menjamur sebagai bisnis cikal bakal menjamurnya banyak warung tenda yang dikelola anak muda.

Selain itu sejumlah artis juga ada yang mendirikan warung tenda sebagai usaha sampingan. Melihat peluang tersebut, pengelola SCBD akhirnya mendirikan KTS dengan konsep kenyamanan bagi pengunjung yang di dominasi anak muda ini sebagai salah satu tujuan wisata kuliner di Jakarta.

Hampir semua warung tenda di KTS menawarkan menu dengan harga terjangkau. Selain itu sejumlah acara hiburan juga sering digelar dan nyaris selalu ramai pengunjung. Salah satunya adalah berdirinya Comedy Café yang kemudian memunculkan sejumlah pelawak muda berbakat.

Namun seiring dengan hilangnya tren warung tenda, KTS yang saat itu sudah berjalan sekitar 10 tahun harus tutup dan berganti dengan bangunan tinggi serta perkantoran seperti SCBD. Beberapa tempat masih menyajikan kuliner dengan konsep resto dan kafe, tapi sudah tidak seramai dulu lagi.

Taman Ria Senayan

Taman Ria Senayan di Jakarta, 1974. (dok.Instagram @bintangcorona/https://www.instagram.com/p/Bfe-exyF_U0/Henry

Di tahun 70-an dan 80-an, Taman Ria Senayan adalah salah satu tujuan wisata dan hiburan warga Jakarta. Berbagai fasilitas hiburan terbilang lengkap di tempat ini, Pengunjung juga bisa bersantai di tepi danau yang memiliki luas empat hektar yang memberi suasana ketenangan alami di tengah bisingnya kota Jakarta.

Awalnya bernama Taman Ria Remaja lalu berubah menjad Taman Ria Senayan, lokasinya yang mudah di jangkau dan berada di pusat kota, tepatnya di sebelah gedung DPR/MPR dan kantor pusat TVRI. Yang mungkin paling diingat adalah Kincir Ria atau wahana berbentuk roda besar yang berputar sehingga bisa melihat keindahan kelap-kelip lampu Ibu Kota dari lokasi yang tinggi.

Saat waktu libur sekolah, Taman Ria pun semakin ramai didatangi. Di tahun 80-an dan awal 90-an, grup lawak legendaris Srimulat sempat menjadikan Taman Ria Senayan sebagai tempat mereka manggung tiap akhir pekan.

Memasuki era 90-an, beberapa tempat hiburan memang sudah berdiri, antaranya Dunia Fantasi (Dufan) di kawasan Ancol. Buat mereka yang merasa Ancol terlalu jauh, bisa datang ke Taman Ria, Saat itu renovasi sudah dilakukan dengan dibuatnya berbagai wahana permainan yang tak jauh beda dengan di Dufan.

Harga tiket di Taman Ria pun jauh lebih murah. Namun memasuki awal 2000-an, Taman Ria Senayan yang berganti pengelola mulai ditinggalkan pengunjung. Satu persatu tempat hiburan, wahana permainan sampai kafe dan bar mulai berguguran dan akhirnya ditutup.

Pada 2010 kawasan yang memiliki luas sekira 10 hektar itu dibongkar dan langsung rata dengan tanah. Hanya ada satu bangunan yang tersisa di tempat itu sampai kini yaitu kawasan Restoran Pulau Dua. Berbagai rencana pembangunan seperti membuat pusat perbelanjaan, tak kunjung terlakasan.

Sampai sekarang kawasan Taman Ria Senayan masih dalam tahap pembangunan namun belum diketahui dengan pasti apakah akan kembali dibuat temapt hiburan atau yang lainnya. Yang pasti, banyak masyarakrat Jakarta yang masih mengenang Taman Ria Senayan sebagai salah satu tempat wisata favorit mereka.

Saksikan video pilihan di bawah ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Pakistan Akan Bentuk Seribu Sidang Pengadilan Tentang Kekerasan pada Perempuan

Posted: 21 Jun 2019 08:01 PM PDT

Liputan6.com, Islamabad - Pakistan akan membentuk lebih dari 1.000 sidang pengadilan, yang didedikasikan untuk menanggulangi kekerasan terhadap perempuan.

Rencana ini diumumkan oleh hakim tertinggi Pakistan pada Rabu 19 Juni, di mana untuk menutupi kesenjangan peradilan pidana yang diabaikan bertahun-tahun lamanya.

Hakim Agung Pakistan Asif Saeed Khosa mengatakan sidang pengadilan khusus akan mengutamakan keselamatan para korban perempuan, saat berbicara di negara Muslim konservatif itu, di mana isu kekerasan dalam rumah tangga sering dianggap tabu, demikian sebagaimana dikutip dari The Guardian pada Jumat (21/6/2019).

Pakistan menyaksikan ribuan kasus kekerasan terhadap perempuan setiap tahunnya, mulai dari pemerkosaan dan siraman air panas, hingga penyerangan seksual, penculikan, dan apa yang disebut pembunuhan demi kehormatan.

"Kami akan memiliki 1.016 sidang pengadilan kekerasan berbasis gender di seluruh Pakistan, setidaknya satu seperti itu di setiap distrik," kata Khosa dalam sebuah pidato kepada sesama hakim yang disiarkan di televisi nasional.

"Suasana sidang pengadilan ini akan berbeda dari aktivitas sejenis lainnya, sehingga pengadu dapat berbicara sepenuh hati tanpa rasa takut," katanya.

 

 

845 Kasus Kekerasan pada Perempuan Selama 2018

Para biarawati Pakistan melihat-lihat sembari menaiki becak merah muda sebelum aksi untuk meningkatkan kesadaran wanita, menunjukkan kesetaraan dan pemberdayaan perempuan di Lahore, (14/10). (AFP PHOTO / Arif Ali)

Komisi Hak Asasi Manusia Pakistan, sebuah pengawas independen, melaporkan setidaknya 845 insiden kekerasan seksual terhadap perempuan terjadi selama 2018.

Tidak ada angka perbandingan, dan komisi sebelumnya mengatakan kekerasan terhadap perempuan tidak dilaporkan, terutama di daerah pedesaan, di mana kemiskinan dan stigma menghalangi korban untuk berbicara.

Menurut survei oleh Thomson Reuters Foundation pada tahun lalu, Pakistan menduduki peringkat keenam di dunia, sebagai negara paling berbahaya bagi perempuan.

Sementara itu, sidang pengadilan baru akan beroperasi di gedung pengadilan yang ada, tetapi menambahkan secara terpisah, agenda dengar pendapat tentang kekerasan dalam rumah tangga.

Kebijakan itu dimaksudkan untuk memberi kenyamanan bagi perempyan dalam menyampaikan kesaksian secara rahasia.

Berawal dari Punjab

Ilustrasi (iStock)

Pengadilan percontohan semacam ini dibuka pada 2017 di Punjab, provinsi terpadat di Pakistan.

Ketua pengadilan tinggi setempat Mansoor Ali Shah, mengatakan pada saat itu, bahwa perempuan adalah anggota masyarakat yang paling rentan.

Dia juga menambahkan bahwa satu dari setiap tiga perempuan menjadi korban kekerasan fisik atau psikologis.

Para pegiat HAM mengatakan rencana sidang pengadilan berhasil lolos di parlemen pusat di ibu kota Lahore, dan bersiap untuk memperluas pelaksanaan programnya.

Romana Bashir, yang mengepalai Yayasan Perdamaian dan Pembangunan, sebuah organisasi non-pemerintah yang bekerja pada hak-hak perempuan, mengatakan itu adalah "langkah pengamanan yang luar biasa".

"Tentu saja perempuan akan didorong untuk berani berbicara menentang kekerasan berbasis gender. Akibatnya, perempuan akan mendapatkan keadilan," katanya.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Ustaz Rahmat Baequni Tidak Ditahan, Begini Penjelasan Kuasa Hukum

Posted: 21 Jun 2019 08:00 PM PDT

Liputan6.com, Bandung Meski sudah berstatus tersangka, penyidik Ditreskrimsus Polda Jawa Barat tidak melakukan penahanan terhadap tersangka Rahmat Baequni. Usai menjalani pemeriksaan yang dilakukan penyidik, Baequni meninggalkan Mapolda Jumat (21/6/2019) malam sekitar pukul 19.00 WIB.

Seperti diketahui, penyidik Ditreskrimsus Polda Jawa Barat telah menetapkan Rahmat Baequni sebagai tersangka atas kasus dugaan penyebaran hoaks soal anggota KPPS meninggal diracun. Namun demikian polisi tidak mengambil langkah penahanan terhadap Baequni.

"Tidak ditahan. Ini bukan penangguhan, saya mengajukan surat ke Polda rujukan ke krimsus untuk tidak ditahan," kata kuasa hukum Baequni, Hamynudin Fariza.

Dalam surat permohonan itu, Hamynudin mengatakan, pihaknya mengajukan sejumlah pertimbangan.

"Pertimbangan saya ya karena beliau ini ustaz, kajian-kajiannya selalu ditunggu oleh jamaat ya. Kedua, dia merupakan tulang punggung keluarga, terus dia juga istrinya baru melahirkan, punya baby," katanya.

Dia menyebut, ada beberapa hal kemungkinan menjadi alasan penyidik tidak melakukan penahanan terhadap Baequni yakni tidak akan melarikan diri, tidak akan menghilangkan barang bukti dan tidak akan mengulangi tindak pidana lain.

Lebih dari itu, Hamynudin mengaku proses penyidikan kasus kliennya tetap berlangsung. Baequni diwajibkan untuk melapor seminggu sekali sampai perkaranya dilimpahkan ke kejaksaan. 

"Pak ustaz wajib lapor seminggu sekali. Kalau wajib lapor tidak ada batasan. Biasanya sampai kalau perkaranya dilanjut ya sampai kejaksaan, kalau P21 ya lanjut sidang," ujarnya.

Sebelumnya, Rahmat Baequni ditetapkan sebagai tersangka setelah diperiksa oleh Ditreskrimsus Polda Jabar sejak diamankan pada Kamis (20/6/2019) malam. Dia diperiksa karena terjerat kasus dugaan penyebaran hoaks dalam ceramahnya perihal Kelompok Penyelenggara Pemungutan Suara (KPPS) yang meninggal karena diracun.

Atas perbuatannya, Baequni disangkakan dengan Pasal 14 dan Pasal 15 Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 1 Tahun 1946 dan juga Pasal 45 ayat 2 juncto Pasal 28 ayat 2 Undang-Undang Nomor 19 Tahun 2016 tentang perubahan terhadap Undang-Undang Nomor 11 Tahun 2008 yaitu UU ITE dan atau pasal 207 KUHP pidana.

 

Simak video pilihan di bawah ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Tidak Kunjung Naik Jabatan? Mungkin 5 Hal Ini Penyebabnya

Posted: 21 Jun 2019 08:00 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Sudah bekerja keras begitu lama, namun tak kunjung naik jabatan tentunya akan membuat banyak orang merasa kesal dengan hal ini.

Apakah Anda salah satu yang mengalami ini? Jika iya, mungkin lima hal inilah penyebabnya. Untuk itu, hindarilah kelima hal ini saat bekerja. Penasaran?

Dilansir dari laman CNN, lima hal berikut merupakan penyebab seseorang tak kunjung naik jabatan:

1. Tidak Pernah Meminta

Tentunya seorang manajer bukan melulu hanya mengurus dan memperhatikan Anda saja. Untuk itu, mulailah berani mempromosikan diri kepada atasan. Lalu, janganlah ragu untuk bertanya hal apa yang harus Anda lakukan jika ingin dipromosikan.

2. Tidak Pernah Menunjukkan Keahlian

Ilustrasi pekerja (ist.)

Menunjukkan kinerja yang baik tentunya akan menggambarkan Anda sebagai pekerja yang luar biasa. Namun, hal itu tidak akan menggambarkan Anda sebagai seorang pemimpin. Tentunya, jika Anda ingin dipromosikan untuk naik jabatan maka mulailah untuk menunjukkan keahlian kepemimpinan yang dimiliki.

3. Terlalu Rendah Hati

Terkadang sombong memang diperlukan jika Anda ingin mendapatkan sebuah promosi jabatan. Apalagi sedikit menyombongkan diri akan kinerja Anda selama ini. Namun perlu diingat jangan kelewat batas, karena bukan naik jabatan nanti yang akan didapatkan melainkan surat peringatan.

 

4. Tidak Memiliki Hubungan yang Baik

Ilustrasi bekerja. Sumber foto: unsplash.com/rawpixel.

Jika Anda selama ini tidak memiliki hubungan yang baik dengan atasan. Maka mulailah untuk berubah. Karena jika Anda tetap membiarkan hubungan ini tidak berjalan dengan baik maka jangan harap untuk mendapatkan promosi jabatan nantinya.

5. Anda Hanya Peduli Dengan Jabatannya Tanpa Mempelajarinya

Terkadang seseorang hanya tergiur dengan jabatannya saja tanpa mau mempelajari apa saja kewajiban yang harus dijalankan dari jabatan tersebut. Untuk itu, jika Anda memang benar-benar ingin mendaptkan pomosi jabatan maka mulailah persiapkan diri Anda dengan tanggung jawab tersebut.

Saksikan video pilihan di bawah ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Tidak ada komentar: