Sabtu, 15 Juni 2019

Liputan6 : RSS2 Feed

Liputan6 : RSS2 Feed


Banjir Rendam 2 Desa di Konawe, Warga Mengungsi di Tempat Seadanya

Posted: 15 Jun 2019 09:46 PM PDT

Fokus, Konawe - Banjir merendam dua desa di Kecamatan Pondidaha, Konawe, Sulawesi Tenggara, hingga Minggu pagi. Ketinggian air mencapai hingga dua meter.

Seperti ditayangkan Fokus Indosiar, Minggu (16/6/2019), warga hanya mengungsi di depan rumah dengan rumah panggung seadanya sambil berusaha mengamankan barang-barang mereka.

Sementara itu, saat ini warga sangat membutuhkan air bersih meski sudah ada distribusi oleh BPBD, namun belum cukup dibanding jumlah korban banjir. Selain itu, makanan siap saji menjadi kebutuhan pokok yang sulit didapat.

Selain itu, beberapa ruas Jalan Trans Sulawesi di Kecamatan Samapara saat ini masih terendam banjir hingga harus diberlakukan sistem buka tutup untuk mencegah kemacetan.

Warga terpaksa membuat jembatan seadanya agar dapat dilintasi sepeda motor. Selain jalur ini, beberapa jalan penghubung dengan kabupaten lain juga masih terendam banjir. Puluhan rumah terendam banjir hingga ketinggan 80 sentimeter.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Plus dan Minus Timnas Indonesia Ketika Pesta Gol ke Gawang Vanuatu

Posted: 15 Jun 2019 09:35 PM PDT

Jakarta Timnas Indonesia menang 4-0 atas Vanuatu dalam laga uji coba internasional yang digelar di Stadion Utama Gelora Bung Karno,  Jakarta, Sabtu malam (15/6/2019). Kemenangan ini tentu saja tetap akan mendapatkan evaluasi sebelum menatap kualifikasi Piala Dunia 2022 dan Piala Asia 2020 yang digelar mulai September mendatang.

Setelah menelan kekalahan 1-4 dari Yordania pada laga uji coba internasional yang digelar di Amman, Selasa (11/6/2019), Timnas Indonesia meraih kemenangan telak 6-0 saat menjamu Vanuatu di SUGBK, Sabtu (15/6/2019). Empat gol dicetak Beto Goncalves dan dua gol lain dicetak Evan Dimas Darmono.

Dengan kemenangan telak ini, Timnas Indonesia  asuhan Simon McMenemy sudah meraih dua kemenangan dalam tiga pertandingan. Tim Garuda juga menang 2-0 atas Myanmar pada uji coba yang digelar Maret 2019.

Dengan tiga laga uji coba digelar jelang kiprah Tim Garuda di kualifikasi Piala Dunia 2022/Piala Asia 2023, tentu Simon McMenemy sudah mengantongi evaluasi yang dibutuhkannya.

Dalam tiga pertandingan itu pula, Simon McMenemy telah mencoba dua formasi yang dipilihnya untuk Timnas Indonesia, yaitu 3-4-3 dan 4-4-2. Tim Garuda mampu meraih kemenangan dengan dua formasi tersebut, meski kalah saat menggunakan 3-4-3 menghadapi Yordania.

Kali ini, Bola.com mengulas kelebihan dan kekurangan yang diperlihatkan oleh Timnas Indonesia khusus dalam kemenangan 6-0 atas Vanuatu di SUGBK.

Kelebihan Timnas Indonesia

Para pemain Timnas Indonesia merayakan gol yang dicetak Beto Goncalves ke gawang Vanuatu ada laga persahabatan di SUGBK, Jakarta, Sabtu (15/6). Indonesia menang 6-0 atas Vanuatu. (Bola.com/Yoppy Renato)

Kemenangan telak 6-0 sudah jelas menjadi keunggulan mutlak Timnas Indonesia atas Vanuatu. Namun, yang paling mendasar dari laga ini adalah Andik Vermansah dkk. mampu menerapkan formasi 4-4-2 untuk pertama kalinya dalam sebuah pertandingan resmi dengan sangat baik.

Meski pada awalnya pemain bermain hati-hati dan sempat beberapa kali kecolongan oleh pemain Vanuatu di tengah lapangan dan membuat gawang Tim Garuda sempat terancam, keunggulan 2-0 di babak pertama yang dilanjutkan empat gol di babak kedua adalah bukti pemain mampu beradaptasi dengan baik dengan formasi yang diminta Simon McMenemy.

Penggunaan dua penyerang membuat Beto Goncalves bergerak lebih leluasa mengecoh lini pertahanan tim lawan. Terbukti, Beto mampu mencetak empat gol, dua gol di antaranya di cetak pada menit kedua di setiap babak.

Beto tampak lebih mampu bergerak dengan bebas ketika memiliki rekan di lini depan, yang kali ini dilakukan oleh Irfan Bachdim.

Selain itu, sisi sayap Timnas Indonesia juga tidak mengecewakan. Meski harus ikut mengawal lini tengah, Andik Vermansah, Riko Simanjuntak, bahkan Febri Hariyadi yang masuk sebagai pemain pengganti, mampu memaksimalkan kecepatan mereka untuk memberi ancaman maupun umpan silang yang bagus ke jantung pertahanan lawan.

Penggunaan empat pemain bertahan membuat lini belakang Timnas Indonesia bisa lebih solid. Meski sempat hampir kecolongan, duet Yanto Basna dan Hansamu Yama di pusat pertahanan yang didukung Yustinus Pae dan Ricky Fajrin di dua sisi sayap pertahanan, mampu membantu Andritany mengamankan gawang dari kebobolan.

Dua gol yang dicetak oleh Evan Dimas, di antara quattrick yang dicetak Beto Goncalves memberikan bukti lini kedua Timnas Indonesia tetap mampu menjadi andalan ketika menemui jalan buntu.

Tembakan jarak jauh yang dilepaskan gelandang serang Tim Garuda pada babak pertama dan pergerakan menjemput umpan hingga ke kotak penalti yang berbuah gol kedua Evan Dimas, menjadi bukti lini tengah Timnas Indonesia akan menjadi penyokong bagus dalam mendobrak pertahanan lawan.

Kekurangan Timnas Indonesia

Gelandang Timnas Indonesia, Andik Vermansah, menggiring bola saat melawan Vanuatu pada laga persahabatan di SUGBK, Jakarta, Sabtu (15/6). Indonesia menang 6-0 atas Vanuatu. (Bola.com/Yoppy Renato)

Tentu akan sulit untuk menemukan kekurangan sebuah tim ketika berhasil meraih kemenangan telak. Begitu pula saat Timnas Indonesia melibas Vanuatu 6-0 di SUGBK. Namun, bukan berarti kemenangan setengah lusin gol itu membuat Tim Garuda tak memiliki kelemahan.

Selisih tiga peringkat dalam ranking FIFA terbaru per 14 Juni membuat Timnas Indonesia di atas kertas tak berbeda jauh dengan Vanuatu. Namun, di atas lapangan Beto Goncalves dkk. mampu memperlihatkan kualitas yang jauh berbeda.

Hanya, dalam pertandingan di SUGBK itu, Vanuatu sama sekali tidak memperlihatkan permainan yang berkualitas. Meski sempat beberapa kali berusaha mencuri peluang di babak pertama, koordinasi antarlini serta rapuhnya pertahanan tim yang berada di kawasan Pasifik itu tak bisa menjadi tolok ukur dominasi Tim Garuda.

Kemenangan ini merupakan respons yang bagus setelah Timnas Indonesia kalah 1-4 dari Yordania pada Selasa (11/6/2019). Namun, kekalahan di laga sebelumnya membuktikan Tim Garuda juga belum teruji ketika menghadapi tim dengan level permainan yang benar-benar sama, atau bahkan lebih baik.

Kecolongan lini pertahanan Tim Garuda di babak pertama, di mana Andritany Ardhiyasa sempat beberapa kali melakukan penyelamatan membuktikan jadi bahan evaluasi yang juga perlu menjadi perhatian.

Meski pada akhirnya bisa beradaptasi dengan baik di sisa laga kontra Vanuatu, lini pertahanan Timnas Indonesia ini perlu mendapatkan ujian lebih berat dengan menghadapi lawan yang memiliki pola menyerang yang lebih baik.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

5 Pria Ini Dikabarkan Pernah Dekat dengan Chelsea Islan

Posted: 15 Jun 2019 09:34 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Baru-baru ini nama Chelsea Islan kembali menjadi perbincangan publik. Hal ini dikarena beredarnya sebuah video yang memperlihatkan Chelsea Islan sedang makan malam dengan seorang politisi muda bernama Rob Clinton Kardinal di media sosial. 

Tentu video makan malam antara Chelsea Isalan dan juga Rob Clinton Kardinal tersebut menjadi sorotan para netizen. Bukan hanya makan malam berdua saja, akan tetapi pada video yang beredar tersebut juga tampak beberapa orang yang ditengarai sebagai keluarga dari Rob Clinton Kardinal.

 

Chelsea Islan dan Rob Clinton Kardinal (Sumber: Instagram)

Kebersamaan antara Chelsea Islan dan juga Rob Clinton bukan hanya kali ini saja terlihat. Pasalnya beberapa waktu sebelumnya keduanya juga terlihat berada di Bandara Changi, Singapura. Namun status yang terjalin diantara Chelsea Islan dan juga Rob Clinton Kardinal hingga saat ini belum ada konfirmasi dari kedua pihak.

Sebelumnya, Chelsea Islan beberapa kali diisukan menjalin kedekatan dengan beberapa pria. Berikut Liputan6.com rangkum dari berbagai sumber, beberapa pria yang pernah diisukan dekat dengan aktris cantik bernama lengkap Chelsea Elizabeth Islan, Minggu (16/6/2019).

1. Deva Mahenra

Deva Mahenra

Kabar mengenai kedekatan yang terjalin antara Chelsea Islan dan Deva Mahenra tak lain karena peran yang dimainkan dalam sebuah sitkom 'Tetangga Masa Gitu'. Hal ini terjadi karena chemistry yang terjalin diantara Chelsea Islan dan Deva Mahenra sangat apik.

Namun kabar mengenai hubungan yang terjalin diantara keduanya pun dibantah oleh Chelsea Islan dan juga Deva Mahenra. Keduanya hanya sebatas teman dan juga rekan dalam pekerjaan.

2. Reza Rahardian

Preskon konser Musikal Puisi Cinta (Adrian Putra/Fimela.com)

Isu kedekatan antara Chelsea Islan dan juga Reza Rahardian sendiri bermula dari sebuah film Rudy Habibie. Dalam film tersebut, Reza Rahardian dan juga Chelsea Islan berperan menjadi sepasang kekasih.

Tentu saja kedekatan keduanya dalam film tersbeut membuat banyak orang berspekulasi mengenai hubungan sebenarnya yang terjadi. Namun, Chelsea membantah adanya hubungan yang terjalin antara dirinya dan juga Reza Rahardian. Bahkan ia mengaku jika Reza Rahardian merupakan salah seorang yang menjadi inspirasinya dalam dunia peran.

3. Chicco Jerikho

Aktor Chicco Jerikho saat syukuran film Filosofi Kopi, di Kuningan City, Jakarta, Kamis (8/1/2015). (Liputan6.com/Panji Diksana)

Kabar kedekatan antara Chelsea Islan dan Chicco Jerikho sendiri mulai berhembus pada tahun 2016 lalu. Hal ini dikarenakan Chicco mengguggah beberaoa foto pada akun Instagram pribadinya.

Meski beredarnya kabar kedekatan antara Chelsea Islan dan juga Chicco Jerikho, akan tetapi keduanya tidak pernah memberikan pernyataan kepada awak media.

4. Bastian Steel

Bastian Steel

Tentu saja salah satu yang cukup mengejutkan publik ialah kabar mengenai kedekatan antara Chelsea Islan dan juga Bastian Steel. Hal ini karena beredarnya foto keduanya di media sosial. Bahkan, Bastian sendiri mengunggah foto bersama Chelsea Islan di akun Instagram pribadinya.

Bukan hanya itu saja, keduanya pun saling memberikan komentar dengan emoticon hati pada unggahan foto tersebut. Selain itu, Bastian Steel pun sempay mengaku jika ia dan juga Chelsea Islan pernah menjalin asmara selama kurang lebih satu tahun.

5. Daffa Wardhana

Daffa Wardhana dan Chelsea Islan (Facebook/Agus Sanjoyo)

Hubungan antara Chelsea Islan dan Daffa Wardhana pun sempat menjadi pusat perhatian netizen. Pasalnya, Chelsea Islan yang kerap tertutup mengenai hubungannya dengan pria terlihat dekat dengan Daffa Wardhana anak dari artis senior Marini Zumarnis.

Bahkan keduanya pun tak segan untuk mengunggah berbagai momen kebersamaan di akun Instagram masing-masing. Tak hanya itu saja, keduanya pun kerap menuliskan kalimat yang cukup romantis pada unggahan foto masing-masing.

Namun rupanya hubungan yang terjalin antara Daffa dan juga Chelsea Islan tak berlangsung lama. Putusnya hubungan antara Daffa dan Chelsea ini diketahui pubil dari hilangnya foto kebersamaan antara keduanya di akun Instagram Daffa.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

DPD Demokrat NTB Tolak Wacana KLB

Posted: 15 Jun 2019 09:30 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Dewan Pimpinan Daerah (DPD) bersama Dewan Pimpinan Cabang (DPC) Partai Demokrat di Nusa Tenggara Barat menolak wacana kongres luar biasa (KLB) yang diembuskan Gerakan Moral Penyelamatan Partai Demokrat (GMPPD).

"Sangat prihatin dan menyesalkan dinamika yang terjadi akibat proklamasi GMPPD di tengah suasana duka dan berkabungnya seluruh keluarga besar Partai Demokrat atas wafatnya Ibu Ani Yudhoyono," kata Ketua DPD Partai Demokrat NTB TGH Mahally Fikri di Mataram, Minggu (16/6/2019).

Ia menilai tidak ada dasar untuk KLB sesuai dengan konstitusi dan peraturan organisasi (PO) Partai Demokrat. Pasalnya, bila KLB terlaksana di luar ketentuan yang diatur AD/ART partai, akan menjadi preseden buruk bagi partai itu ke depan.

"KLB yang dilaksanakan di luar aturan pada hakikatnya makar atau pemberontakan pada pemimpin yang sah," tegasnya dikutip dari Antara.

Menurut Mahally, untuk menyelesaikan dan mengoreksi penurunan perolehan suara Partai Demokrat dalam Pemilu 2019, bukan dengan saling menyalahkan, apalagi dengan KLB. Namun, hendaknya dengan saling menguatkan, konsolidasi, evaluasi komprehensif, dan introspeksi diri semua kader.

Mahally yang juga Wakil Ketua DPRD Provinsi NTB ini mengatakan, Demokrat adalah partai yang punya pengalaman menang dalam pemilu dan tahu bagaimana caranya untuk bisa jadi pemenang.

Perbaiki Keadaan

Presiden Joko Widodo (kedua kiri) bersalaman dengan Ketua Umum Partai Demokrat (PD) Susilo Bambang yudhoyono (SBY) usai memukul gong pada Rapimnas Partai Demokrat  di Bogor, Jawa Barat, Sabtu (10/3).  (Liputan6.com/Angga yuniar)

"Demokrat NTB akan mempebaiki keadaan dan menyelesaikan masalah bukan dengan menyesali diri sendiri, saling menyalahkan, apalagi menyelenggarakan KLB. Kami mendukung sepenuhnya langkah dan kebijakan Ketua Umum Partai Demokrat Susilo Bambang Yudhono (SBY) dan menolak adanya KLB," katanya.

Sebelumnya, GMPDD yang tergabung di dalamnya sejumlah senior Partai Demokrat mengeluarkan pernyataan melalui konferensi pers yang menyinggung soal KLB. Namun, katanya lagi, tidak disampaikan secara langsung. Hal ini kemudian menjadi berita dan menyebar hingga menimbulkan reaksi dari daerah.

Saksikan video pilihan di bawah ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

The Batman Cari Pemeran Penjahat, Berminat Wahai Aktor Indonesia?

Posted: 15 Jun 2019 09:30 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta The Batman versi baru bakal segera dibuat. Setelah menemukan Robert Pattinson yang memerankan Batman, sutradara Matt Reeves kini sedang mencari aktor untuk mengisi karakter empat penjahat dalam film "The Batman". 

"The Batman" memang diceritakan bakal menampilkan empat penjahat utama yang semuanya berasal dari buku komik, bahkan tiga sebelumnya pernah ditampilkan dalam film superhero DC, demikian dilansir Aceshowbiz, Kamis.

Matt Reeves akan menggunakan The Riddler untuk penjahat utamanya, dia digambarkan sebagai dalang kriminal di kota Gotham yang senang memasukkan teka-teki ke dalam setiap rencananya dan meninggalkannya sebagai petunjuk untuk diselesaikan oleh pihak berwenang.

Matt Reeves mencari seorang aktor pria dari berbagai etnis yang berusia antara 30 hingga 40 tahun untuk memerankan karakter musuh The Batman.

 

The Penguin

Batman dan Catwoman di salah satu cuplikan Batman: The Telltale Series (Sumber; The Verge)

Penjahat kedua adalah The Penguin, seorang mafia kota Gotham yang digambarkan sebagai pria gemuk pendek dengan hidung panjang dan dia menggunakan payung berteknologi tinggi sebagai senjata. 

Reeves membutuhkan seorang aktor laki-laki dari segala etnis antara usia 20 - 40 tahun untuk mengambil peran itu.

Selanjutnya adalah Catwoman. Seorang pencuri di kota Gotham yang mengenakan pakaian one piece ketat dan menggunakan bullwhip sebagai senjata. Yang dibutuhkan adalah aktris berusia 20-30 tahun untuk mengikuti audisi peran tersebut.

Terakhir adalah Firefly, dia adalah orang membakar semua tempat jika tidak mendapat hak istimewa sebagai anak yatim. Untuk peran ini, Reeves mencari aktor laki-laki dari berbagai etnis yang berusia antara 20-30 tahun.

Tidak seperti tiga penjahat pertama yang pernah ditampilkan dalam film-film Batman sebelumnya, Firefly kurang dikenal. Namun, dia telah muncul sebagai tokoh antagonis sekunder dalam video game "Batman: Arkham Origins" pada tahun 2013.

 

Mengonfirmasi

Bruce Wayne merupakan orang di balik jubah Batman. The Richest mencatat kekayaan Bruce mencapai USD 80 miliar. (foto: independent.co.uk)

Firefly juga tampil dalam film DC Animated Movie Universe, "Batman: Bad Blood" pada 2016 dengan Steve Blum sebagai pengisi suaranya. 

Meski demikian, baik Reeves ataupun Warner Bros belum mengonfirmasi perihal masalah ini. Pembuatan film "The Batman" diharapkan akan mulai pada musim gugur ini di London dan tayang pada musim panas 2021.(Antaranews)

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Jokowi Pakai Busana Adat Bali Saat Naik Mobil Pawai

Posted: 15 Jun 2019 09:30 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Presiden Joko Widodo atau Jokowi beserta keluarga hadir dalam pembukaan Pesta Kesenian Bali ke-41. Gelaran tahunan ini berlangsung di Denpasar, Bali pada Sabtu, 15 Juni 2019.

Dalam acara yang berjalan meriah tersebut, Jokowi terlihat menaiki mobil pawai yang telah dipenuhi dengan hiasan khas Pulau Dewata. Tak hanya itu, ia juga tampak dalam balutan busana adat Bali.

Ayah tiga anak ini mengabadikan potret momen tersebut melalui akun Instagram pribadi. Jokowi mengenakan baju safari lengan panjang khas Bali berwarna coklat yang dipadukan dengan udeng, saput, serta kamen atau kain warna ungu.

Di sebelah Jokowi, Ibu Negara Iriana tampil cantik dalam balutan kebaya warna oranye lengkap memakai bros sebagai pemanis dengan tatanan rambut yang diikat setengah dan mengenakan giwang khas Bali.

"Tidak sekadar hadir, saya dan Ibu Negara bahkan turut menjadi peserta pawai dengan naik mobil hias." tulis Jokowi dalam unggahan pada Minggu (16/6/2019).

Jokowi Hadir Bersama Keluarga

Presiden Jokowi sedang bermain sepakbola bersama Jan Ethes di tepi Pantai Sanur, Bali (Dok.Instagram/@jokowi/https://www.instagram.com/p/BythAi7BDCh/Komarudin)

Dalam kemeriahan pembukaan Pesta Kesenian Bali ke-41, Jokowi turut serta mengajak Ibu Negara Iriana, putra sulung Gibran Rakabuming Raka dan istrinya Selvi Ananda, serta cucunya Jan Ethes Srinarendra.

"Pesta kesenian ini sungguh meriah. Dibuka dengan tari yang diiringi tetabuhan gamelan, lalu pawai yang diikuti beragam kesenian dari sembilan kabupaten dan kota di Bali, dari Kota Kunming, Tiongkok, dari Papua, juga Sumenep, Jawa Timur.Terima kasih, Bali. Selamat berpesta." jelas Jokowi dalam potret.

Sebelumnya, Jokowi juga menghabiskan waktu bersama cucunya, Jan Ethes dengan bermain bola di Pantai Sanur. Kala itu, Jan Ethes memakai polo shirt oranye dengan celana pendek hitam dan bermain tanpa alas kaki di pantai.

Sementara Jokowi seperti biasa tampil dalam balutan kemeja putih lengan panjang dengan lengan yang sedikit digulung, celana panjang hitam, serta sneakers hitam.

"Bermain bola dengan Jan Ethes di atas hamparan pasir Pantai Sanur, Bali." tulis Jokowi dalam potret.

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Tom Schwarz Roboh, Tyson Fury Menang TKO di Ronde Kedua

Posted: 15 Jun 2019 09:24 PM PDT

Liputan6.com, Las Vegas - Petinju kelas berat asal Inggris, Tyson Fury hanya membutuhkan dua ronde untuk menundukkan lawan Tom Schwarz dalam pertarungan yang berlangsung di MGM Grand, Las Vegas, Amerika Serikat, Minggu (16/6/2019) pagi WIB.

Dominasi Tyson Fury sudah terlihat sejak ronde pertama. Petinju berusia 30 tahun ini langsung menggebrak dengan melancarkan pukulan demi pukulan yang merepotkan Tom Schwarz.

Petinju asal Jerman itu kesulitan melepaskan pukulan balasan kepada Tyson Fury. Namun, jalannya ronde pertama tidak berlangsung cukup agresif.

Di ronde kedua, Tyson Fury kembali mengambil inisiatif untuk lebih agresif. Pukulan jab dan uppercut Tyson Fury melayang ke wajah Tom Schwarz di ronde tersebut.

Tyson Fury benar-benar membuat Tom Schwarz terpojok. Beberapa kali pukulan hooknya melukai wajah Tom Schwarz, yang tampak mulai mengeluarkan darah dan terjatuh akibat pukulan Tyson Fury.

Lempar Handuk

Benar saja, handuk dilempar ke dalam ring dari kubu Tom Schwarz, yang menandakan pertarungan usai karena lawan menyerah. Tyson Fury menang TKO atas Tom Schwarz di ronde kedua.

Kemenangan ini bisa membawa Tyson Fury untuk duel melawan Deontay Wilder lagi. Pada pertarungan sebelumnya, duel Tyson Fury dan Deontay Wilder berakhir imbang alias tanpa pemenang. 

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Ini Calon Kuat Rekrutan Kedua MU Musim Panas 2019

Posted: 15 Jun 2019 09:20 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Manchester United (MU) baru membeli satu pemain di musim panas 2019. Rekrutan perdana Setan Merah adalah Daniel James dari Swansea City. Usai mendapat James, The Red Devils selangkah lagi mendapatkan amunisi baru lagi.

Menurut laporan Mirror, rekrutan kedua MU di bursa transfer musim panas 2019 adalah gelandang Newcastle United Sean Longstaff. Harga pemain 21 tahun itu tidak terlalu mahal. 

MU hanya perlu membayar mahar 25 juta pound. MU tertarik dengan perkembangan positif Longstaff di akhir musim 2018-2019.

Usai sembuh dari cedera lutut parah, Longstaff mampu mencetak satu gol dari sembilan penampilan di Liga Inggris musim lalu.

Longstaff awalnya ingin bertahan di Newcastle. Namun godaan dari MU nampaknya sulit ditolak. Longstaff tinggal selangkah lagi pindah ke MU.

Butuh Gelandang

MU mengincar Longstaff karena butuh tambahan pemain tengah baru. Ander Herrera sudah dipastikan pindah karena kontraknya habis. Sedangkan Marouane Fellaini sudah cabut Januari lalu.

Selain itu, MU juga kemungkinan ditinggal pergi Juan Manuel Mata. Pemain asal Spanyol itu kontraknya juga akan habis akhir Juni ini dan belum memperpanjangnya.

Klasemen Liga Inggris

 

 

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

6 Seleb Ini Hamil Setelah Lama Menikah, Ada yang Menunggu 13 Tahun

Posted: 15 Jun 2019 09:11 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Pasangan suami istri selalu menginginkan kehamilan. Namun, hamil adalah anugerah Tuhan yang tidak bisa dipastikan. Ada yang pasangan menikah dan langsung dikaruniai momongan, ada yang memerlukan waktu lama untuk bisa hamil. 

Hal tersebut juga dialami oleh para selebritis. Banyak yang sudah menikah beberapa tahun namun belum juga diberikan momongan. Namun buah kesabaran mereka pada akhirnya terbayarkan ketika seleb-seleb tersebut diberi karunia kehamilan.

Tentu berita kehamilan dari para seleb yang telah lama menikah ini menjadi berita haru bagi publik. Penasaran siapa saja seleb yang melakukan penantian panjang untuk hamil?

Berikut Liputan6.com rangkum dari beberapa sumber tentang seleb yang sabar menanti dikaruniai momongan, Minggu (16/6/2019).

1. Setelah 5 tahun menikah dengan Irvan Hanafi, Fitri Tropica pun umumkan ia berbadan dua baru baru ini. Sungguh penantian panjang yang terbayar lunas.

6 Seleb yang Butuh Penantian Panjang Untuk Hamil Setelah Sekian Lama Menikah (sumber: Instagram.com/fitrop)

2. Shandy Aulia mengumumkan kehamilannya dengan penuh haru. Shandy sudah menanti kehadiran sang buah hati tujuh setengah tahun.

6 Seleb yang Butuh Penantian Panjang Untuk Hamil Setelah Sekian Lama Menikah (sumber: Instagram.com/shandyaulia)

3. 11 tahun menanti, akhirnya Siti Nurhaliza dikarunia buah hati juga bernama Aafiyah. Menggemaskan banget kan Aafiyah?

6 Seleb yang Butuh Penantian Panjang Untuk Hamil Setelah Sekian Lama Menikah (sumber: Instagram.com/ctdk)

4. Setelah menjalani 13 tahun pernikahan, akhirnya Inul berhasil mendapatkan buah hati bernama Yusuf Ivander melalui progam bayi tabung

6 Seleb yang Butuh Penantian Panjang Untuk Hamil Setelah Sekian Lama Menikah (sumber: Instagram.com/inul.d)

5. Cynthia Lamusu dan Surya Saputra baru dikaruniai anak setelah 8 tahun pernikahan. Namun melahirkan dua anak kembar sekaligus menjadi hadiah yang sangat istimewa bagi keduanya.

6 Seleb yang Butuh Penantian Panjang Untuk Hamil Setelah Sekian Lama Menikah (sumber: Instagram.com/cynthia_lamusu)

6. Menikah tahun 1994, Dewi Gita dan Armand Maulana baru dikaruniai buah hati pada tahun 2001. Buah hati keduanya diberi nama Naja Dewi.

6 Seleb yang Butuh Penantian Panjang Untuk Hamil Setelah Sekian Lama Menikah (sumber: Instagram.com/dewigita01)

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Polisi Cek Keaslian Surat Kepemilikan Senjata Koboi Jalanan Andy Wibowo

Posted: 15 Jun 2019 09:09 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Kapolres Metro Jakarta Pusat Kombes Harry Kurniawan mengatakan, surat kepemilikan senjata milik Andy Wibowo (53) sedang diteliti keasliaannya. Saat ini, sudah ke Pengawasan Senjata Api dan Bahan Peledak (Wasendak) Direktorat Intelkam Polda Metro Jaya.

"Surat suratnya kalau menurut dia (tersangka) asli, ya nanti kita pastikan keasliannya sudah kita kirim ke Polda," kata dia saat dihubungi, Minggu (16/6/2019).

Harry menjelaskan, sejata api yang dimiliki Andy Wibowo dilengkapi dengan surat izin. Dalam surat tersebut, tertulis peruntukannya untuk membela diri.

"Kami sudah selidiki. Menurut pengakuan Andy Wibowo (tersangka) senjatanya sudah dimiliki sejak 5 tahun lalu dan ada surat suratnya juga," ucap dia.

Namun, Harry menegaskan, itu baru sebatas pengakuan. Penyidik tentunya akan mendalami lebih jauh terkait izin tersebut.

"Kalau memang nanti itu surat asli nanti ada evaluasi itu untuk pengunaan selanjutnya apakah itu dicabut atau tidak," ucap dia.

Bergaya ala Koboi

Andy Wibowo diringkus Satuan Reskrim Polres Jakarta Pusat pada Sabtu dini hari, 15 Juni 2019. Sebelumnya, wajah Andy viral di media sosial karena bertingkah layaknya koboi jalanan.

Saat itu, pelaku tertangkap kamera melintas di jalan yang bukan seharusnya dilalui.

Saat berpapasan dengan mobil Panther, Andy justru turun dari mobil dan mengeluarkan senjata api sambil meminta mobil tersebut menyingkir dari jalannya.

Saksikan video pilihan di bawah ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Puncak Arus Balik Lebaran 2019, Ribuan Pemudik Tiba di Stasiun

Posted: 15 Jun 2019 09:03 PM PDT

Fokus, Jakarta - Hingga pagi ini seribu lebih pemudik kembali ke Ibu Kota melalui Stasiun Kereta Api Senen, Jakarta Pusat.

Seperti ditayangkan Fokus Indosiar, Minggu (16/6/2019), mahasiswi dan pedagang mendominasi pemudik yang tiba.

Puncak arus balik Lebaran 2019 di Stasiun Senen diperkirakan masih akan terjadi sepanjang hari ini.

Sejak 6 hingga 15 Juni kemarin jumlah pemudik yang tiba di Stasiun Senen mencapai lebih dari 234 ribu orang.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Gempa 7,4 Skala Richter Hantam Utara Selandia Baru, Tidak Ada Potensi Tsunami

Posted: 15 Jun 2019 09:03 PM PDT

Liputan6.com, Tauranga - Pagi tadi, gempa berkekuatan 7,4 skala Richter dilaporkan menghantam Selandia Baru, tepatnya di wilayah perairan dekat Pulau Kermadec di utara negara itu.

Gempa yang menghantam kawasan konservasi tersebut sempat mendapat peringatan tsunami, meski kemudian dinyatakan aman beberapa saat setelahnya.

Dikutip dari The Straits Times pada Minggu (16/6/2019), gempa terjadi pada pukul 10.55 pagi waktu setempat.

Gempa itu menyasar sebuah titik yang berjarak sekitar 928 kilometer timur laut kota Tauranga di Pulau Utara.

Titik gempa dilaporkan terjadi pada kedalaman 34 kilometer di bawah dasar laut.

 

 

Sempat Muncu Pesan Waspada Tsunami

Ilustrasi (iStock)

Sebuah pesan awal dari organisasi Pertahanan Sipil Selandia Baru mengatakan "arus kuat dan berbahaya, serta gelombang tak terduga diperkirakan terjadi di dekat pesisir pasca-hantaman gempa".

Tetapi, beberapa menit kemudian dikatakan bahwa tidak ada ancaman gelombang tinggi, atau tsunami, terhadap negara tersebut.

Pusat Peringatan Tsunami Pasifik pada awalnya juga mengatakan gelombang tsunami kecil mungkin terjadi di beberapa bagian Pasifik Selatan, tetapi memperbarui perkiraannya menjadi negatif, tidak lama setelahnya.

 

Dahsyatnya Gempa Christchurch pada 2011

Dampak gempa yang mengguncang Christchurch pada 2011 (AP)

Berada di ujung selatan jaringan Cincin Gunung Api Pasifik, membuat Selandia Baru kerap diguncang gempa akibat aktifnya pergerakan lempeng tektonik.

Salah satu gempa besar yang paling diingat di sana terjadi pada 2011 lalu, di mana lindu bermagnitudo 6,3 meluluhlantakkan kota Christchurch.

Gempa tersebut terjadi pada 22 Januari 2011, sekitar pukul 12.51 waktu setempat. Tepat pada jam makan siang, di mana kebanyakan warga sedang berada di jalanan kota saat itu.

Meski tak sekuat lindu berkekuatan 7,1 yang mengguncang pada 4 September 2010, gempa kali itu terjadi pada garis patahan dangkal di daratan yang berada dekat dengan kota.

Kedalamannya hanya 5 kilometer, sehingga guncangannya pun sangat merusak.

Lebih dari 130 orang tewas akibat runtuhnya gedung Canterbury Television dan Pyne Gould Corporation. Puing dan bata yang berjatuhan menewaskan 11 orang yang berada di dekatnya.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Kementerian PUPR Rehabilitasi Waduk di Bali

Posted: 15 Jun 2019 09:00 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan (Kementerian PUPR) terus memelihara danau dan waduk sebagai tampungan air untuk pemenuhan kebutuhan air baku. Salah satunya yakni rehabilitasi Waduk Muara Nusa Dua, Denpasar, Bali. 

Proses rehabilitasi tersebut bertujuan untuk mengembalikan daya tampung optimal waduk yang terus menurun akibat sedimentasi. 

Presiden Joko Widodo (Jokowi) dalam tinjauannya ke lokasi pekerjaan rehabilitasi Waduk Muara Nusa Dua mengatakan, bendungan seluas 35 ha tersebut berperan penting dalam memasok air baku pada kawasan pariwisata utama di Bali, yakni kawasan Kuta, Benoa, Nusa Dua dan sekitar Bandara I Ngurah Rai. 

"Saat ini progresnya sudah sekitar 80 persen dan akan diselesaikan akhir Desember 2019. Saya melihat dari sisi pengerjaan kelihatan rapi, nanti sisi kanan kirinya akan dibangun resto dan kafe.  Kalau fungsinya tidak hanya untuk air baku, namun juga untuk wisata lebih bagus," kata Jokowi dalam keterangan tertulis, Minggu (16/6/2019). 

Sementara itu, Menteri PUPR Basuki Hadimuljono menyampaikan, Waduk Muara Nusa Dua selesai dibangun pada 1996 dengan daya tampung 770 ribu m3 dan menjadi waduk pertama di Indonesia yang dibangun di muara sungai. 

"Karena ini muara, maka airnya terus mengalir dan permasalahannya adalah sampah karena aliran sungainya melewati Kota Denpasar. Dua tahun lalu, saya ke sini penuh sampah dan kumuh, karena belum pernah direhab maka kami programkan," ujarnya. 

Proses Rehabilitasi

Rehabilitasi Waduk Muara Nusa Dua, Denpasar, Bali. (Foto: Dok Kementerian PUPR)

Proses rehabilitasi waduk telah dimulai sejak 2017 oleh kontraktor PT Wijaya Karya-Bahagia Bangun Nusa lewat Kerja Sama Operasi (KSO), dengan anggaran senilai Rp 205 miliar dari APBN.

 

Sebelum direhabilitasi, Basuki melanjutkan, waduk tersebut hanya mampu memasok kebutuhan air baku sebesar 300 liter per detik. Saat ini, bendungan tersebut sudah dikeruk dan kapasitasnya dikembalikan seperti semula. 

"Sekarang setelah direhab meningkat jadi 500 liter per detik yang bisa langsung dimanfaatkan oleh PDAM Kabupaten Badung, karena disitu sudah ada kantor dan intake-nya," tegas dia. 

Selain untuk memasok kebutuhan air baku, ia menambahkan, waduk tersebut juga dilengkapi bendung gerak/karet yang berfungsi sebagai pengendali banjir.

"Ada dua span bendung karet, sehingga kalau lagi banjir itu dibuka bisa melepas air (flushing) ke laut," sambungnya. 

Tak hanya rehabilitasi, Kementerian PUPR juga menata kawasan sekitar waduk sehingga dapat menjadi destinasi wisata baru. 

"Saya akan tugaskan Ditjen Cipta Karya untuk mendesain kawasan ini untuk dikembangkan pemanfaatannya sebagai ruang publik dengan fungsi wisata dan fungsi lainnya seperti untuk olahraga dayung," pungkas dia. 

 

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Serunya Belajar Memanggang Kemplang Palembang

Posted: 15 Jun 2019 09:00 PM PDT

Liputan6.com, Palembang - Kota Palembang Sumatera Selatan (Sumsel) dikenal salah satu kota sejuta kuliner, khususnya cemilan Pempek Palembang. Namun ada juga cemilan khas Kota Palembang, yang wajib dicicipi yaitu Kemplang Palembang.

Jika bertandang ke Kota Palembang, tidak ada salahnya mengunjungi salah satu pusat jajanan lokal di Jalan Pipa Reja Kelurahan Pipa Reja Kecamatan Kemuning Palembang Sumsel.

Ada belasan rumah kayu bergaya pondokan, berjejer di pinggir jalan dengan menjajakan bungkusan Kemplang Palembang yang siap disantap.

Selain bisa belanja dan mencicipi kemplang Palembang, para pengunjung juga bisa belajar memanggang kemplang mentah di atas bara api.

Husni (53) salah satu pedagang Kemplang Palembang di Jalan Pipa Reja ini mengatakan, banyak pembeli yang penasaran dengan proses pemanggangan Kemplang Palembang.

"Banyak juga yang ingin mencoba memanggang Kemplang Palembang, biasanya para pendatang dari luar Sumsel. Ada juga artis yang datang kemari, ikut juga merasakan berpanas-panas di depan tungku pemanggangan," katanya, Sabtu (15/6/2019).

Dalam satu hari, Husni bisa menjual antara 1.000 keping hingga 2.000 keping Kemplang Palembang. Bahan kemplang mentah ini dibelinya di kawasan Tebing Gerinting Sumsel setiap 4-5 hari dalam satu minggu.

Selain rasanya yang garing dan gurih, harga yang ditawarkan juga sangat ramah di kantong.

Untuk satu bungkus dengan jumlah 25 keping, Husni menjualnya dengan harga Rp10.000. Sedangkan bungkusan 40 keping Kemplang Palembang dihargai Rp15.000.

Berburu Kuliner Palembang

Jalan Pipa Reja Kelurahan Pipa Reja Kecamatan Kemuning Palembang Sumsel menjadi pusat kuliner Kemplang Palembang (Liputan6.com / Nefri Inge)

Para pembeli bisa berkunjung ke pusat jajanan Kemplang Palembang ini mulai dari pukul 08.00 WIB hingga pukul 20.00 WIB.

Menurut Kurnia (34), pedagang Kemplang Palembang, para pembeli yang datang juga bisa duduk santai di pondokannya, sembari menikmati cemilan Kemplang Palembang.

"Banyak juga yang datang serombongan dari luar kota, lalu mereka duduk santai di pondokan saya sambil bercengkrama. Ada yang mencoba membakar kemplang mentah, ada juga yang melihat saja. Lokasi ini seperti menjadi wisata kuliner alternatif di Kota Palembang," ungkapnya.

Hari Wijaya, salah satu pengunjung warung Husni tertarik untuk membeli bungkusan Kemplang Palembang karena murah dan terkenal enak rasanya.

"Kemplang Palembang ini kan berasal dari bahan ikan, jadi memang terasa ikannya. Harganya juga terjangkau, jadi saya sering sengaja lewat sini untuk membeli Kemplang Palembang," ujarnya.

Saksikan video pilihan berikut ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Top 3: Deretan Zodiak yang Super Cuek

Posted: 15 Jun 2019 09:00 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Sifat cuek memang banyak dimiliki setiap orang. Tentu karakter tersebut sangat menyebalkan, bukan?

Namun, cueknya seseorang bukan menjadi satu-satunya alasan yang bisa dijadikan patokan dalam menakar tingkat kepeduliannya terhadap dirimu lo. 

Artikel tentang deretan zodiak yang cueknya kebangetan menjadi yang terpopuler di kanal Citizen6, Liputan6.com. Disusul dengan artikel tentang plesetan bisnis kaki lima yang bikin ngakak.

Sementara artikel ketiga terpopuler tentang kisah anjing setia yang tak mau tinggalkan makam tuannya.

Berikut Top 3 Citizen6:

1. 5 Zodiak Ini Cueknya Kebangetan, Bikin Gregetan

Sikap cuek zodiak libra membuatmu teledor/copyright /unsplash.com/@jtylernix

Hidup bisa membuatmu terlalu stres. Salah satu cara untuk mengimbanginya adalah dengan sikap acuh tak acuh alias cuek.

Orang-orang yang cuek biasanya mengambil hal-hal negatif dan mengubahnya jadi lebih positif dan produktif. Mereka lebih memanifestasikan kebahagiaan daripada turun ke lubang keraguan.

Selengkapnya...

2. 7 Plesetan Bisnis Kaki Lima Ini Bikin Ngakak

Doc: Facebook

Bagi mereka yang jeli, peluang bisnis dapat ditemukan di mana saja. Bahkan bila itu merupakan bisnis kaki lima pun, bila ditekuni pasti akan mendatangkan untung.

Nah, bisnis kaki lima ini ternyata tidak luput juga dari sasaran para pembuat meme kocak. Tidak percaya? Lihat saja seperti di bawah ini dilansir dari berbagai sumber.

Selengkapnya...

3. Viral, Kisah Anjing Setia yang Tak Mau Tinggalkan Makam Tuannya

Doc: facebook.com/sally.guetadavid/

Buboy, seekor anjing kampung, ramai dibicarakan netizen karena kesetiaannya pada tuannya. Anjing itu tertangkap kamera begitu setia menunggu di sekolah tempat pemiliknya bekerja, Profesor Carmelito Marcelo.

Selengkapnya...

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Faktor Risiko Lee Chong Wei Terkena Kanker Hidung

Posted: 15 Jun 2019 09:00 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Lee Chong Wei (36) memutuskan pensiun sebagai atlet bulu tangkis setelah berjuang melawan kanker hidung setahun lalu. Keputusan besar itu ia sampaikan dengan berat hati dan berurai air mata pada Jumat, 14 Juni 2019.

Seperti diketahui, Lee Chong Wei pada Juli 2018 didiagnosis kanker hidung. Peraih 4 kali juara All England ini langsung menjalani pengobatan di Taiwan. Setelah pengobatan selesai, di awal Januari ia kembali berlatih. Namun, sudah enam pekan ke belakang sebelum pengumuman dirinya pensiun ia tidak terlihat berlatih.

Keputusan berat ini dipilihnya untuk mengurangi risiko kanker hidung mendatanginya lagi. "Dokter menasihatkan saya bahawa risiko kanser kembali agak tinggi sekiranya saya berlatih dengan intensiti seperti dulu," tuturnya dalam akun Instagram @leechongweiofficial.

Menanggapi kondisi yang terjadi pada Lee Chong Wei, dr Marlinda Adham SpTHT-KL(K), PhD mengatakan bahwa setiap orang memiliki hak untuk menentukan pilihan hidupnya. Apalagi mengingat efek samping dari pengobatan kanker hidung memanglah tidak ringan.

"Efek samping dari pengobatan juga tidak ringan dan pasien harus siap dan kondisi prima menyelesaikan pengobatan," kata Marlinda yang tidak merawat pebulutangkis asal Malaysia itu saat dihubungi Health-Liputan6.com.

Kanker hidung adalah keganasan yang ditemukan di daerah hidung. Jenis yang sering ditemukan adalah karsinoma sel skuamosa, limfoma malignum, adenoid cystic, adenoCa.

"Terapi berdasarkan jenis PA dan stadium juga kondisi pasien. Masing masing punya karakteristik dan prognostik yang berbeda," kata Marlinda.

 

Faktor Risiko dan Gejala Kanker Hidung

Tunggal Putra Malaysia, Lee Chong Wei mengembalikan kok ke arah pebulu tangkis India Prannoy HS di babak kedua Indonesia Open 2017 di Jakarta, Kamis (15/6). Lee Chong Wei kalah 10-21. 18-21. (Liputan6.com/Helmi Fithriansyah)

Berbicara mengenai faktor risiko yang menyebabkan seseorang terkena kanker hidung sangalah beragam.

"Mulai dari genetik, virus, polusi, paparan karsinogenik yang terus menerus dan dalam waktu lama seperti paparan debu, bahan kimiawi, debu kayu, infeksi saluran napas yang berulang, dan daya tahan tubuh yang kurang," kata dokter yang praktik di RSUPN Ciptomangunkusumo Jakarta ini.

Mengenai gejala kanker hidung, hal tersebut sangat tergantung pada lokasi tumor. Biasanya hidung tersumbat pada satu atau dia sisi. Lalu, lendir bercampur darah, perdarahan mulai dari yang sedikit sampai yang banyak jumlahnya. Kemudian pasien mengeluhkan sakit kepala dan telinga tertutup.

"Bila meluas ke atas ada gangguan mata, kebawah gigi goyah, langit langit terinfiltrasi tumor," katanya.

 

Penulis: Khairuni Cesario

Saksikan juga video berikut ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Tonton Timnas Indonesia Vs Vanuatu, Eks Kapolda Metro Jaya Siap Maju Jadi Ketum PSSI

Posted: 15 Jun 2019 09:00 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta- Timnas Indonesia menang 6-0 atas Vanuatu dalam pertandingan uji coba di Stadion Utama Gelora Bung Karno, Jakarta, Sabtu (15/6/2019). Laga itu ternyata jadi ajang sosialisasi bagi Komjen Pol M Iriawan, yang berniat maju sebagai calon Ketua Umum PSSI periode berikutnya.

Iriawan terlihat duduk di tribun VVIP untuk mendukung Irfan Bachdim dan kawan-kawan. Mengenakan jersey Timnas Indonesia, Iriawan begitu bersemangat sambil berteriak ketika tuan rumah enam kali membobol gawang Vanuatu.

Dukungan tersebut berbanding lurus dengan hasil positif Timnas Indonesia di lapangan. Pria yang pernah menjabat sebagai Kapolda Metro Jaya tersebut terlihat cukup antusias. Usai laga, dia sempat ditemui awak media.

Kehadirannya di Stadion GBK seolah menunjukkan Iriawan berkomitmen apabila dipercaya memimpin PSSI suatu hari nanti. Dia pun mengambil kesempatan memproklamirkan diri sebagai calon Ketum PSSI.

"Saya sengaja datang untuk menyaksikan dan mendukung Timnas Indonesia. Alhamdulillah, saya melihat ada potensi bagus di sini, semoga catatan positif ini terus berlanjut ke depannya, Timnas yang lebih berprestasi, harus jadi komitmen ke depan," ujar Iriawan kepada wartawan.

Pria yang juga Pembina Program pengiriman atlet usia muda untuk berguru ke Eropa, Vamos Indonesia mengaku sudah punya program untuk PSSI. Dia juga mengklaim didorong banyak klub dan pengurus PSSI untuk menjadi Ketum PSSI.

Iriawan berencana membangkitkan prestasi Timnas Indonesia, juga membangkitkan profesionalisme dan industrialisasi sepak bola Indonesia. Saat ditanya terkait langkah strategisnya, Iwan langsung menyebut tiga komitmennya agar PSSI bisa berprestasi di level Asia.

 

3 Komitmen

Sosok yang diisukan bakal maju menjadi ketua umum PSSI, Mochamad Iriawan, hadir langsung menyaksikan Timnas Indonesia melakoni uji coba internasional kontra Vanuatu di Stadion Utama Gelora Bung Karno, Senayan, Jakarta, Sabtu (15/6/2019). (Istimewa)

"Pertama saya akan membawa teknologi untuk memaksimalkan data base pemain, kepastian jadwal pertandingan, hingga transparansi keuangan," terang pria yang akrab disapa Iwan Bule ini.

Namun, langkah itu tentu tak bisa gratis. Perlu modal besar, sehingga dengan jaringan yang dimiliki, Iwan bakal mengajak banyak sponsor bergabung membangun sepak bola Indonesia.

Bawa Sponsor

"Saya akan membawa sponsor besar untuk meningkatkan mutu seluruh kompetisi Liga di PSSI, dengan Liga yang bagus, maka hasilnya akan terlihat dengan timnas yang berkualitas," imbuhnya.

Langkah konkret lainnya, Iwan sudah menyiapkan lahan seluas 30 hektare di Karawang untuk menjadi pusat pelatihan dan perkantoran PSSI. Ini meniru langkah negara-negara yang sudah maju sepak bolanya, sehingga timnas tak perlu berpindah-pindah mencari tempat latihan.

Saksikan video pilihan di bawah ini

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Top 3 Tekno: Pengguna Keluhkan Lock Screen Smartphone Huawei Muncul Iklan

Posted: 15 Jun 2019 09:00 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Beberapa pengguna mengeluhkan lock screen smartphone Huawei miliknya tiba-tiba muncul iklan, artikel itu menjadi sorotan pembaca Tekno Liputan6.com, Sabtu (15/6/2019).

Dua artikel populer lain, termasuk Samsung bakal perkenalkan tiga seri Galaxy Tab baru, dan 6 akun filter di Instagram yang bisa membuat Story kamu semakin kece.

Lebih lengkapnya, simak tiga berita terpopuler berikut ini.

1. Lock Screen Smartphone Huawei Tampilkan Iklan, Pengguna Meradang

Bocoran bentuk Huawei P30 Pro. (Doc: DigitalTrends)

Sejumlah pengguna smartphone Huawei dilaporkan meradang. Alasannya, lock screen smartphone Huawei miliknya tiba-tiba memunculkan iklan.

Informasi ini pertama kali dilaporkan oleh sejumlah pengguna Reddit. Banyak dari laporan di Reddit menyebut iklan di lock screen ini muncul secara tiba-tiba.

Dikutip dari Digital Trends, Sabtu (15/6/2019), iklan yang muncul di lock screen itu menyerupai wallpaper biasa. Namun, gambar tersebut ternyata disertai dengan logo Booking.com.

Baca selengkapnya di sini

 

2. Samsung Bakal Rilis Tiga Galaxy Tab Baru

Samsung resmi mengungkap seri Galaxy Tab terbaru di Thailand. (Liputan6.com/ Devira Prastiwi)

Samsung diyakini sedang menyiapkan sejumlah produk baru. Salah satunya adalah varian tablet baru.

Dilansir GSM Arena, Sabtu (15/6/2019), Samsung berencana merilis tiga tablet baru, dan salah satunya adalah Galaxy Tab S5 dengan prosesor Snapdragon 855. Tak hanya itu, kemungkinan ada dua tablet lainnya, yakni Galaxy Tab A 8.0 2019 dan Galaxy Tab Active Pro.

Baca selengkapnya di sini

3. 6 Akun Filter Instagram Wajib Kamu Follow Ini Bakal Bikin Story Makin Kece

Instagram Stories kini memiliki filter wajah (Foto: Ist)

Kamu pasti familiar dengan filter Flying Face di Instagram yang ngehits itu, bukan? Cukup dengan mengikuti akun si pemilik filter, @dvoshanksky, kamu bisa memainkan gim Flying Face dengan mengedipkan mata di sepanjang story.

Ternyata, bukan cuma akun dia saja yang menyediakan filter unik dan lucu. Ada puluhan akun yang bisa kamu ikuti supaya momen sharing story kamu lebih berwarna.

Baca selengkapnya di sini

(Ysl/Isk)

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Bukan di Amerika Serikat, Semula Richard Kyle Berencana Lamar Jessica Iskandar di Inggris

Posted: 15 Jun 2019 09:00 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Jessica Iskandar telah dilamar oleh Richard Kyle. Richard Kyle menyatakan keseriusannya dengan Jessica Iskandar ketika sedang berada di San Francisco, Amerika Serikat.

Rupanya, lokasi tersebut bukanlah rencana awal Richard Kyle. Semula, ia berniat melamar Jessica Iskandar di Inggris, tepatnya di kampus ayah Richard Kyle, di Oxford.

"Aku sudah mikir sebelumnya, aku sudah siap sebelumnya, aku sudah yakin she is the one. Terus aku ada rencana mau ke London, saya punya rencana kenapa engga lamar Jessica Iskandar di tempat kuliah ayah saya di Oxford," kata Ritz Carlton, Sudirman, Jakarta Selatan, pada Sabtu (15/6/2019).

Malahan, Richard Kyle sudah menyiapkan fotografer untuk mengabadikan momen tersebut. Namun karena beberapa hal, rencana tersebut urung terlaksana.

 

Sedih

(Agus Apriyanto/Kapanlagi.com)

"Jadi aku sudah siapin fotografer untuk di sana. Mau tunjukin kelas papa saya segala macam, tapi enggak jadi karena Jessica enggak dapat visa, jadi aku sedikit kecewa, aku jalan sendiri ke London tanpa Jessica, agak sedih sih," aku Richard Kyle.

 

Kesempatan Lain

(Nurwahyunan/Fimela.com)

Selang waktu berjalan, Richard Kyle dan Jessica Iskandar mendapat kesempatan untuk terbang ke Amerika Serikat untuk sebuah pekerjaan. Kesempatan itu kemudian dimanfaatkan untuk mengungkapkan niatnya melamar Jessica Iskandar karena kebetulan keluarga Jessica Iskandar juga ada di Amerika Serikat.

"Kita dapat kesempatan lagi kan, kita ada job di San Fransisco di US, terus aku mikir kenapa enggak di US aja, keluarga Jessica ada di US juga, aku mikir this is the moment yang baik. Jadi ya aku lamar di Golden Gate Bridge, jembatan yang terkenal banget, di depan El Barack dan kakak-kakak Jessica," tutupnya.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Intip 3 Potret Liburan Syahrini dan Reino Barack ke New Zealand

Posted: 15 Jun 2019 09:00 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Sempat mengejutkan publik dengan pernikahan, Syahrini makin mesra dengan sang suami, Reino Barack. Meski sempat mendapat kritik dari publik, kedekatan keduanya tetap terlihat.

Dalam akun Instagram @princesssyahrini, artis cantik ini membagikan momen liburannya bersama sang suami. Baru-baru ini, Syahrini sedang berlibur ke New Zealand. Berikut potret mesra Syahrini dan Reino Barack saat berlibur:

Latar belakang danau

Syahrini dan Reino mengunjungi Lake Wakatipu sebagai salah satu lokasi untuk berlibur. Keduanya pun kompak menggunakan pakaian berwarna coklat. (Liputan6.com/IG/@princessyahrini)

Dalam foto, terlihat Syahrini dan Reino Barack yang tersenyum bahagia. Keduanya menggunakan pakaian dengan warna senada. Selain itu, di belakang mereka terdapat Danau Wakatipu yang sangat indah

Mendarat gunakan helikopter

Syahrini dan Reino juga berkesempatan menikmati pemadangan indah New Zealand dari atas langit dengan menggunakan helikopter.  (Liputan6.com/IG/princessyahrini)

Terlihat foto kebersamaan Syahrini dan Reino Barack. Keduanya baru saja mendarat di Queenstown menggunakan helikopter yang tampak dalam foto.

Foto saat matahari terbenam

Kemesraan keduanya pun di tunjukkan pada sebuah foto yang diunggah oleh Reino Barack dan juga Syahrini. Berlatar belakang sunset serta pemandangan yang indah, keduanya pun terlihat mesra. (Liputan6.com/IG/@reinobarack)

Terlihat kedekatan serta romantisnya kedua pasangan ini. Syahrini mengunggah momen romantis dengan sang suami dengan latar matahari terbenam.

 

Penulis : Khaeruni Cesario 

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

VIDEO: Siswa Thailand Seberangi Banjir Pakai Kursi Sekolah

Posted: 15 Jun 2019 09:00 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Dua siswa sekolah di Thailand bekerja sama melewati banjir agar sepatu mereka tidak basa. Mereka menggunakan kursi sekolah secara bergantian.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Arsenal Berpeluang Gaet Gelandang Ajax

Posted: 15 Jun 2019 08:55 PM PDT

Jakarta Arsenal berpeluang besar mendapatkan gelandang Ajax Amstrdam, Hakim Ziyech. Seperti dilansir De Telegraaf, Ajax berencana melepas Ziyech dengan mahar 30 juta poundsterling.

Pemain Timnas Maroko itu merupakan satu di antara pahlawan Ajax pada musim ini. Berhasil mencetak 21 gol plus 24 assist, Ziyech turut membantu de Godenzonen menjuarai Eredivisie Belanda dan KNVB Cup musim ini. 

Hakim Ziyech juga berkontribusi membawa Ajax Amsterdam lolos hingga ke semifinal Liga Champions. Namun, Ajax gagal menembus final setelah disingkirkan Tottenham Hotspur.

Penampilan apik tersebut membuat Ziyech banyak diincar klub-klub top Eropa pada bursa transfer musim panas tahun ini. Diketahui jika dia kini masuk radar Arsenal, Liverpool, AS Roma, dan sejumlah tim dari Spanyol serta Jerman.

Dari beberapa klub tersebut, peluang The Gunners mendapatkan jasa Hakim Ziyech terbuka lebar. Pasalnya, sang pemain pernah mengutarakan keinginan untuk berseragam Arsenal.

 

Banderol Harga Hakim Ziyech

Hakim Ziyech (AFP)

Direktur Sepak Bola Ajax, Marc Overmars, mengonfirmasi jika Ziyech akan hengkang pada musim panas ini. "Dia akan pergi saat klub besar datang," tutur Overmas seperti yang dikutip dari The Mirror pada bulan lalu.

Lebih lanjut, Mirror mengklaim Ajax telah mematok harga sebesar 30 juta poundsterling (Rp 540 miliar), bagi klub mana pun yang menginginkan Ziyech. Harga tersebut terbilang cukup murah, jika menilik pasar transfer saat ini.

Sumber: Bola.net

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Klasemen Shopee Liga 2019: Persib Posisi Kedelapan, Persija di Zona Degradasi

Posted: 15 Jun 2019 08:45 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Madura United (MU) masih memimpin klasemen jelang pekan keempat Shopee Liga 1 2019. Tim asuhan Dejan Antonic berada di posisi pertama dengam sembilan poin.

 

Laskar Sape Kerap -julukan MU- termasuk tim yang penampilannya paling menonjol hingga pekan ketiga. Bagaimana tidak, Greg Nwokolo dkk. meraup tiga kemenangan dan mencetak sembilan gol.

MU pun menjadi tim tersubur dibanding tim-tim Shopee Liga 1 2019 lainnya. Produktivitas gol ini pula yang membuat MU mengungguli Bali United di posisi kedua dengan jumlah poin yang sama.

Kisah manis MU berbanding terbalik dengan yang dialami juara bertahan Persija Jakarta. Macan Kemayoran tercecer di peringkat ke-16 atau zona degradasi karena baru mengoleksi satu poin dari dua laga.

Sementara itu, Persib Bandung menduduki peringkat kedelapan di klasemen sementara Shopee Liga 1 2019. Tim asuhan Robert Rene Alberts itu mendulang empat poin hasil dari sekali menang dan sekali imbang dari dua pertandingan yang sudah dilakoni. 

Klasemen Shopee Liga 1 2019

Klasemen Liga 1 2019 (Soccerway.com)

Jadwal Liga 1

Selasa, 18 Juni 2019

18.30 WIB, Persib Bandung vs Tira Persikabo (Indosiar)

Jumat, 21 Juni 2019

19.00 WIB, Semen Padang vs Perseru Badak Lampung (O Channel)

15.30 WIB, PSS Sleman vs Bhayangkara FC (Indosiar)

Sabtu, 22 Juni 2019

15.30 WIB, PS Barito Putera vs Kalteng Putra (O Channel)

15.30 WIB, Bali United vs PSIS Semarang (Indosiar)

18.30 WIB, Persela Lamongan vs Persija Jakarta (Indosiar)

 

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Cara Mandi Wajib Menurut Ajaran Islam untuk Laki-Laki dan Perempuan

Posted: 15 Jun 2019 08:40 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Cara mandi wajib tentu harus sudah diketahui oleh seluruh umat islam. Karan hal ini berhubungan dengan suci badan. Apalagi untuk orang-orang yang telah melakukan hubungan badan, keluar air mani, haid, serta nifas. 

Mandi wajib dilakukan dengan menggunakan air suci dan bersih dengan mengalirkan air tersebut ke seluruh tubuh mulai dari ujung rambut sampai ujung kaki. Tujuan mandi wajib adalah untuk menghilangkan hadas besar sebelum melakukan ibadah.

Cara mandi wajib sudah ada kaidahnya sendiri dan sudah seharusnya dilakukan dengan benar. Sebab, bila tidak dilakukan dengan benar, apalagi malah tidak melakukannya sama sekali maka ibadah-ibadah yang kamu jalankan selama belum melaksanakan mandi wajib tidak akan sah.

Berikut Liputan6.com rangkum dari berbagai sumber, Minggu (16/6/2019) tentang cara mandi wajib

Cara Mandi Wajib untuk Laki-Laki

Panduan Mandi wajib / Sumber: iStockphoto

Cara mandi wajib untuk laki-laki dan perempuan memiliki beberapa perbedaan. Terutama pada bagian niat. Selain itu, cara mandi wajib yang harus dilakukan oleh laki-laki dan perempuan rata-rata hampir sama saja. Berikut cara mandi wajib yang harus dilakukan laki-laki:

1. Niat

Cara mandi wajib yang pertama tentunya adalah niat. Sebenarnya cara mandi wajib bisa dibilang tidak terlalu jauh berbeda pula dengan mandi yang biasa kamu lakukan. Namun perbedaan paling utama terdapat pada pelafalan niat ini. Kamu bisa melafalkan niat berikut saat mandi wajib:

"BISMILLAHIRAHMANIRAHIM NAWAITUL GHUSLA LIRAF'IL HADATSIL AKBAR MINAL JANABATI FARDLON LILLAHI TA'ALA."

Artinya:"Dengan menyebut nama Allah aku niat mandi untuk menghilangkan hadas besar dari jinabah, fardlu karena Allah Ta'ala."

Dengan menyebutkan niat tersebut, maka salah satu syarat sah mandi wajib sudah kamu laksanakan. Kamu bisa melanjutkannya cara mandi wajib selanjutnya.

2. Membasuh tangan sebanyak 3 kali

3. Membasuh alat kelamin dari kotoran dan najis.

4. Mencuci Tangan dengan sabun agar bersih kembali setelah membasuh kotoran

5. Mengambil wudu sebagaimana biasa

6. Membasuh keseluruhan rambut di kepala dengan mengguyurnya sebanyak 3 kali

7. Siram anggota badan sebelah kanan hingga tiga kali,

8. Kemudian siram anggota badan pada bagian kiri sebanyak tiga kali juga.

9. Menggosok bagian tubuh sebanyak tiga kali, terutama bagian yang sulit seperti pusat, ketiak, lutut dan lain-lain supaya terkena air.

10. Kamu bisa melanjutkannya dengan mandi seperti biasa

Cara mandi wajib tentunya tidak susah dilakukan. Apalagi yang paling penting adalah niatnya, selain itu cara mandi wajib lainnya mungkin sudah menjadi hal yang biasa dilakukan saat mandi sehari-hari.

Jadi kamu wajib memperhatikan cara mandi wajib agar ibadah yang dilakukan senantiasa diterima oleh Allah SWT, karena sebelum kamu melakukan mandi wajib setelah melakukan hal-hal yang mengharuskannya, maka ibadah yang kamu laksanakan akan menjadi sia-sia.

Cara Mandi Wajib untuk Perempuan

Ilustrasi mandi. (dok. unsplash.com/Asnida Riani)

Seperti yang telah disebutkan sbeelumnya, cara mandi wajib untuk perempuan memiliki sedikit perbedaan dengan cara mandi wajib laki-laki. Begini cara mandi wajib untuk perempuan:

1. Niat

Cara mandi wajib untuk perempuan yang pertama yang juga merupakan perbedaan pertama dengan cara mandi wajib laki-laki adalah niat. Perempuan tentunya lebih biasa melaksanakan mandi wajib karena siklus menstruasi bulanan. Oleh karena itu, cara mandi wajib yang benar ini sangat penting untuk perempuan agar diterapkan. Begini lafal niat yang harus diucapkan perempuan saat mandi wajib:

"BISMILLAHI RAHMANI RAHIM NAWAITU GHUSLA LIRAF'IL HADATSIL AKBAR MINAN NIFASI FARDLON LILLAHI TA'ALA."

Artinya: "Dengan menyebut nama Allah aku niat mandi untuk menghilangkan hadas besar dari nifas, fardlu karena Allah Ta'ala."

2. Membasuh tangan sebanyak 3 kali

3. Membasuh alat kelamin dari kotoran dan najis.

4. Mencuci tangan dengan sabun agar bersih kembali setelah membasuh kotoran

5. Mengambil wudu sebagaimana biasa

6. Membasuh keseluruhan rambut di kepala dengan mengguyurnya sebanyak 3 kali

7. Siram anggota badan sebelah kanan hingga tiga kali,

8. Kemudian siram anggota badan pada bagian kiri sebanyak tiga kali juga.

9. Menggosok bagian tubuh sebanyak tiga kali, terutama bagian yang sulit seperti pusat, ketiak, lutut dan lain-lain supaya terkena air.

10. Kamu bisa melanjutkannya dengan mandi seperti biasa

Cara mandi wajib yang harus dilakukan perempuan memang tidak jauh berbeda dengan laki-laki, selain niat. Namun ada satu keistimewaan lagi bagi perempuan, yaitu saat membasuh keseluruhan rambut, perempuan tidak harus menguraikan rambutnya. Sebagaimana yang terdapat pada hadits, dari Ummu Salamah beliau bertanya kepada Nabi Muhammad SAW,

"Wahai Rasulullah, aku seorang perempuan yang gelungan rambutnya besar. Apakah aku harus membuka gelungan rambutku ketika mandi junub?"

Nabi Muhammad SAW menjawab: "Jangan (kamu buka). Cukuplah kamu menyela-nyelai kepalamu dengan air tiga kali, kemudian guyurlah kepala dan badanmu dengan air, sehingga kamu telah suci." (HR. Muslim no. 330).

Begitulah cara mandi wajib yang harus dilaksanakan oleh laki-laki dan perempuan. Mandi wajib merupakan hal yang sangat penting dilakukan untuk menjaga tubuh tetap suci dari hadas besar.

Apalagi bila kamu belum melaksanakannya, maka ibadah yang kamu lakukan tidak akan diterima oleh Allah SWT. Jadi saat harus melakukan mandi wajib, lakukanlah dengan benar.  

 

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Hong Kong Bersiap Gelar Aksi Protes Lanjutan Menolak RUU Ekstradisi

Posted: 15 Jun 2019 08:36 PM PDT

Liputan6.com, Hong Kong - Hari ini, Hong Kong kembali bersiap untuk aksi protes besar lainnya, ketika kemarahan publik meluap menyusul bentrokan yang belum pernah terjadi antara pengunjuk rasa dan polisi terkait rancangan undang-undang (RUU) ekstradisi.

Rencana aksi protes itu tetap berjalan, meski Kepala Eksekutif Hong Kong Carrie Lam telah menunda pembahasan RUU ekstradisi yang kontroversial.

DIkutip dari The Guardian pada Minggu (16/6/2019), penyelenggara protes berharap semakin banyak penduduk Hong Kong terlibat dalam aksi protes hari ini, guna terus menekan Carrie Lam untuk membatalkan RUU ekstradisi.

Di lain pihak, para kritikus khawatir RUU ekstradisi dukungan pemerintah China, di mana pengadilannya kerap dituding buram dan terpolitisasi, akan merusak reputasi Hong Kong sebagai pusat bisnis yang aman.

Sementara itu pada Minggu sore waktu setempat, demonstran berencana melakukan aksi protes dari berbagai taman utama di Pulang Hong Kong menuju pusat parlemen pusat keuangan Asia Timur itu.

Rencana itu mengulang aksi serupa pada pekan sebelumnya, di mana penyelenggara protes mengatakan bahwa lebih dari satu juta orang terlibat di dalamnya.

Adapun bentrok yang terjadi pada Rabu lalu, menurut para pengamat, disebabkan oleh keputusan Carrie Lam mengabaikan besarnya jumlah pengunjuk rasa yang menentang RUU ekstradisi.

Lam berpendapat bahwa Hong Kong perlu mencapai perjanjian ekstradisi dengan China daratan, dan mengatakan jaminan peradilan terhadap pembangkang atau kasus politik tidak akan diterima.

 

 

Gerakan Protes Berubah Arah

Pengunjuk rasa menghindari gas air mata yang ditembakan oleh polisi anti huru hara di luar gedung Dewan Legislatif, Hong Kong, Rabu (12/6/2019). Polisi Hong Kong telah menggunakan gas air mata ke arah ribuan demonstran yang menentang RUU ekstradisi yang sangat kontroversial. (AP Photo/Vincent Yu)

Gerakan protes telah berubah dalam beberapa hari terakhir, dari yang secara khusus mendesak pembatalan RUU ekstradisi, menjadi bentuk kemarahan yang lebih luas terhadap Carrie Lam dan pemerintah China.

"Kelompok pro-demokrasi tidak akan berhenti pada titik ini, mereka ingin membangun momentum melawan Carrie Lam," ujar analis politik Willy Lam kepada kantor berita AFP.

Di lain pihak, polisi mengatakan mereka tidak punya pilihan selain menggunakan kekuatan untuk menghadapi demonstran yang melakukan kekerasan di depan garis pertahanan di luar parlemen Hong Kong.

Tetapi, para kritikus --termasuk kelompok-kelompok hukum dan hak asasi manusia-- mengatakan polisi mengerahkan sebagian kecil pasukan untuk melakukan kekerasan terhadap para demonstran damai, yang sebagian besar masih berusia muda.

Sementara itu, kemarahan massa juga semakin memanas oleh tanggapan Lam dan para perwira senior setempat, yang menyebut demonstran jalanan itu sebagai "perusuh".

 

Kekerasan Politik Terburuk di Hong Kong

Bendera Hong Kong dan China berkibar berdampingan (AFP)

Bentrok polisi terhadap demonstran menandai kekerasan politik terburuk di Hong Kong, sejak penyerahan kembali wilayah itu oleh Inggris kepada China pada 1997 silam.

Carrie Lam yang memutuskan untuk menunda pembahasan RUU ekstradisi tanpa batasan waktu, justru semakin didesak untuk mengundurkan diri.

Di saat bersamaan, para pengunjuk rasa juga meminta Lam secara permanen membatalkan RUU ekstradisi, dan melakukan permohonan maaf publik atas penyerangan oleh polisi pada Rabu lalu.

Jimmy Sham, dari kelompok protes utama Front Hak Asasi Manusia Sipil, menyamakan kebijakan terkini Lam dengan "pisau" yang telah dijatuhkan ke Hong Kong.

"Pisau itu hampir mengenai jantung kami. Sekarang pemerintah mengatakan mereka tidak akan mendorongnya (pembahasan RUU ekstradisi), tetapi mereka juga menolak untuk mengeluarkannya secara penuh," katanya di hadapan wartawan.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

FOTO: Kolombia Bungkam Argentina di Copa America 2019

Posted: 15 Jun 2019 08:35 PM PDT

Striker Argentina, Lionel Messi (tengah) berusaha membawa bola dari kawalan dua pemain Kolombia, Radamel Falcao Garcia dan Wilmar Barrios pada pertandingan grup B Piala Copa America 2019 di Arena Fonte Nova, Brasil (15/6/2019). Kolombia menang atas Argentina 2-0. (AP Photo/Natacha Pisarenko)

Striker Argentina, Lionel Messi (tengah) berusaha membawa bola dari kawalan dua pemain Kolombia, Radamel Falcao Garcia dan Wilmar Barrios pada pertandingan grup B Piala Copa America 2019 di Arena Fonte Nova, Brasil (15/6/2019). Kolombia menang atas Argentina 2-0. (AP Photo/Natacha Pisarenko)

Gelandang Kolombia, James Rodriguez (depan) menggiring bola dari kawalan pemain Argentina, Nicolas Tagliafico selama bertanding pada grup B Piala Copa America 2019 di Arena Fonte Nova, Brasil (15/6/2019). Kolombia menang atas Argentina 2-0. (AP Photo/Eraldo Peres)

Gelandang Kolombia, James Rodriguez (depan) menggiring bola dari kawalan pemain Argentina, Nicolas Tagliafico selama bertanding pada grup B Piala Copa America 2019 di Arena Fonte Nova, Brasil (15/6/2019). Kolombia menang atas Argentina 2-0. (AP Photo/Eraldo Peres)

Penyerang Kolombia, Radamel Falcao Garcia (kanan) berusaha mengontrol bola dari kawalan pemain Argentina, German Pezzella selama bertanding pada grup B Piala Copa America 2019 di Arena Fonte Nova, Brasil (15/6/2019). Kolombia menang atas Argentina 2-0. (AP Photo/Ricardo Mazalan)

Penyerang Kolombia, Radamel Falcao Garcia (kanan) berusaha mengontrol bola dari kawalan pemain Argentina, German Pezzella selama bertanding pada grup B Piala Copa America 2019 di Arena Fonte Nova, Brasil (15/6/2019). Kolombia menang atas Argentina 2-0. (AP Photo/Ricardo Mazalan)

Pemain Argentina, Roger Martinez (depan) berselebrasi usai mencetak gol ke gawang Argentina pada pertandingan grup B Piala Copa America 2019 di Arena Fonte Nova di Salvador, Brasil (15/6/2019). Kolombia menang atas Argentina 2-0. (AP Photo/Eraldo Peres)

Pemain Argentina, Roger Martinez (depan) berselebrasi usai mencetak gol ke gawang Argentina pada pertandingan grup B Piala Copa America 2019 di Arena Fonte Nova di Salvador, Brasil (15/6/2019). Kolombia menang atas Argentina 2-0. (AP Photo/Eraldo Peres)

Striker Kolombia, Duvan Zapata berselebrasi usai mencetak gol ke gawang Argentina pada pertandingan grup B Piala Copa America 2019 di Arena Fonte Nova di Salvador, Brasil (15/6/2019). Kolombia menang atas Argentina 2-0. (AP Photo/Eraldo Peres)

Striker Kolombia, Duvan Zapata berselebrasi usai mencetak gol ke gawang Argentina pada pertandingan grup B Piala Copa America 2019 di Arena Fonte Nova di Salvador, Brasil (15/6/2019). Kolombia menang atas Argentina 2-0. (AP Photo/Eraldo Peres)

Pemain Kolombia bertepuk tangan saat merayakan kemenangan atas Argentina pada pertandingan grup B Piala Copa America 2019 di Arena Fonte Nova di Salvador, Brasil (15/6/2019). Kolombia menang atas Argentina 2-0. (AP Photo/Natacha Pisarenko)

Pemain Kolombia bertepuk tangan saat merayakan kemenangan atas Argentina pada pertandingan grup B Piala Copa America 2019 di Arena Fonte Nova di Salvador, Brasil (15/6/2019). Kolombia menang atas Argentina 2-0. (AP Photo/Natacha Pisarenko)

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Beto Dedikasikan 4 Gol Bersama Timnas Indonesia untuk 4 Anaknya

Posted: 15 Jun 2019 08:35 PM PDT

Jakarta Penyerang Timnas Indonesia, Alberto Goncalves, sangat senang dengan torehan empat gol yang dicetak dalam laga persahabatan internasional melawan Vanuatu di Stadion Utama Gelora Bung Karno (SUGBK), Sabtu (15/6/2019). Pemain yang karib disapa Beto itu mengaku empat gol yang dicetaknya dipersembahkan untuk keempat anaknya.

Pada pertandingan tersebut, Beto mencetak gol pada menit ke-2', 48', 61', dan 65'. Torehan gol-gol tersebut menambah koleksi gol Beto bersama Timnas Indonesia menjadi 12 dalam 12 laga yang sudah dimainkannya sejak 2018.

"Ya karena saya seorang penyerang dan tugasnya adalah mencetak gol. Saya senang bisa mencetak empat gol dan mempersembahkannya untuk anak-anak saya," kata Beto dalam konferensi pers seusai laga.

"Saya memiliki empat anak, dan empat gol ini saya persembahkan unuk masing-masing anak saya. Supaya tidak ada yang cemburu," ujar Beto sembari tertawa.

Sementara itu, dua gol tambahan yang dicetak Evan Dimas (19', 74') menggenapkan kemenangan 6-0 Timnas Indonesia atas Vanuatu.

 

Bukti Kualitas Timnas

Menurut Beto, timnya bermain dengan sangat baik berkat evaluasi yang dilakukan serta atmosfer positif yang didapat dari suporter di SUGBK.

"Saya berterima kasih kepada para pemain karena bermain luar biasa. Skor tidak penting, namun permainan yang luar biasa karena ini bukti kami punya kualitas. Kalau kami bisa bermain seperti ini, kami punya kesempatan menang melawan tim besar. Kami harus bermain seperti ini melawan siapa pun," ujar Beto.

"Atmosfernya sangat positif buat kami sehingga itu menjadi motivasi bagi kami. Hari ini, meski teman-teman lelah, tapi karena adanya dukungan dari suporter membuat kami bermain termotivasi," tegas pemain berusia 38 tahun itu.

Kemenangan atas Vanuatu menjadi modal berharga buat Timnas Indonesia ke depannya. Seperti diketahui, pasukan Simon McMenemy akan menghadapi ujian berat di Kualifikasi Piala Dunia 2022/Piala Asia 2020 yang digelar pada September mendatang.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Deretan Seleb yang Hadiri Momen Pertunangan Jedar dan Richard Kyle

Posted: 15 Jun 2019 08:32 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Jessica Iskandar dan juga Richard Kyle akhirnya resmi bertunangan pada Sabtu (15/6/2019). Pertunangan antara wanita yang kerap disapa Jedar tersebut berlangsung di The Ritz Carlton Hotel, Pacific Place, Jakarta. Pertunangan antara Jedar dan Richard Kyle tergolong mewah. 

Acara pertunangan yang diadakan oleh Jedar dan juga Richard Kyle sendiri terbagi atas dua sesi. Sesi pertama ialah konferensi pers dengan rekan media dan dilanjutkan acara pertunangan serta makan malam bersama para tamu undangan yang hadir.

Pada malam pertunangan, Jedar sendiri tampil dengan gaya busana sederhana namun tetap elegan. Ia menggunakan gaun backless berwarna putih dilengkapi dengan hiasan bunga berwarna pink muda. Sedangan Richard Kyle menggunakan setelan jas yang membuatnya semakin tampan.

Sederet selebritis pun turut hadir pada pesta pertunangan Jedar dan juga Richard Kyle. Berikut Liputan6.com rangkum dari berbagai sumber, deretan selebritis yang turut menghadiri pesta pertunangan Jedar dan Richard Kyle, Minggu (16/6/2019).

1. Para sahabat Jedar dalam Girlsquad tentu tak melewatkan momen spesial ini ya.

Pertunangan Jedar (Sumber: Instagram/weddingku)

2. Lee Jeong Hoon dan sang istri Moa juga turut menyaksikan momen pertunangan Jedar dan Richard Kyle.

Pertunangan Jedar (Sumber: Instagram/leejeonghoon)

3. Para tamu undangan yang datang pun menggunakan dresscode berwarna putih di pesta pertunangan Jedar.

Pertunangan Jedar (Sumber: Instagram/isdadahlia)

4. Sang desainer ternama Ivan Gunawan juga tampak hadir

Pertunangan Jedar (Sumber: Instagram/ivan_gunawan)

5. Para sahabat selebritis juga banyak yang menyaksikan pertunangan Jedar dan Richard Kyle.

Pertunangan Jedar (Sumber: Instagram/ivan_gunawan)

6. Pasangan Fairuz A Rasiq dan sang suami Sonny Septian juga terlihat di pesta pertunangan Jedar

Pertunangan Jedar (Sumber: Instagram/fairuzarafiq)

7. Shireen Sungkar, Ryan Delon dan juga Sharena juga tampak hadir loh

Pertunangan Jedar (Sumber: Instagram/fairuzarafiq)

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

NBA: Tukar 3 Pemain ke Pelicans, Lakers Gaet Anthony Davis

Posted: 15 Jun 2019 08:30 PM PDT

Liputan6.com, Los Angeles - Klub NBA, Los Angeles Lakers menggaet Anthony Davis dari New Orleans Pelicans melalui skema pertukaran pemain. Lakers memberikan tiga pemain mereka demi mendapatkan servis Davis.

Seperti dilansir ESPN, tiga pemain Lakers yang dikirim ke Pelicans yakni Lonzo Ball, Brandon Ingram, dan Josh Hart. Selain itu, Lakers juga memberikan tiga hak pilih putaran pertama NBA Draft, termasuk pilihan keempat NBA Draft 2019 ke Pelicans.

Davis sebelumnya diikat kontrak Pelicans selama lima tahun sejak musim 2016/2017 dengan nilai total 127 juta dolar AS (Rp1,8 triliun). Dengan demikian Davis nantinya akan memiliki kontrak tetap selama satu musim di Lakers serta opsi perpanjangan satu musim di tangannya untuk musim 2020/2021.

Sejak Januari lalu, Davis sudah menyatakan tidak akan memperpanjang kontrak di Pelicans dan mengajukan permintaan untuk ditukarkan ke tim lain. Permintaan yang disampaikan secara terbuka ke publik itu membuatnya disanksi 50 ribu dolar AS oleh NBA.

Kedatangan Davis jelas akan memberikan bintang pendamping bagi megabintang LeBron James di Lakers dalam perburuan mengejar cincin juara keempatnya pada NBA musim depan.

Dalam enam musim terakhir, Anthony Davis selalu terpilih masuk ke dalam tim All-Star NBA, tiga kali masuk Tim Utama All-NBA (2015, 2017, 2018) serta tiga kali memuncaki daftar peraih blok terbanyak NBA (2014, 2015, 2018).

Memasuki liga sebagai rekrutan pertama NBA Draft 2012, Davis telah memantapkan dirinya sebagai pemimpin perolehan poin, rebound dan blok bersama Pelicans dalam tujuh musim di sana. Davis mencetak 9.607 poin, mengamankan 4.234 rebound dan membukukan 986 blok di Pelicans.

Andalan Pelicans

Lonzo Ball meninggalkan Los Angeles Lakers untuk hijrah ke New Orleans Pelicans. (AP Photo/Matt York)

Musim 2018/2019 Davis gagal membantu Pelicans melangkah ke fase playoff dan ia memiliki rata-rata 23,7 poin, 10,5 rebound dan 2,4 blok dalam 56 pertandingan setelah sempat dibekap cedera.

Lakers tak mendapatkan Davis dengan harga murah sebab mereka harus mengirimkan Ball, Ingram dan Hart serta tiga hak pilih putaran pertama NBA Drat.

Ball yang merupakan rekrutan kedua NBA Draft 2017, menutup musim 2018/2019 lebih awal karena cedera dan hanya bermain 47 laga dengan rata-rata sumbangan 9,9 poin, 5,4 assist dan 5,3 rebound.

Statistik Ingram dan Hart

Ingram adalah rekrutan kedua NBA Draft 2016 dan juga mengakhiri musim 2018/2019 lebih awal karena cedera dengan rata-rata 18.3 poin dan 5,1 rebound dalam 52 penampilan di Lakers. Sedangkan Hart merupakan rekrutan ke-30 NBA Draft 2017 yang musim 2018/2019 tampil 67 kali untuk Lakers dengan rata-rata 7,8 poin, 3,7 rebound, 1,4 assist dan 1 steal.

Saksikan video pilihan di bawah ini

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

X-Men Dark Phoenix Sudah Tayang di Bioskop, Ini Fakta-Fakta Menariknya

Posted: 15 Jun 2019 08:30 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Pada Jumat (14/6/2019) lalu, X-Men Dark Phoenix sudah tayang di bioskop Tanah Air. Meskipun panen kritik pedas dari para pengamat film luar negeri, X-Men Dark Phoenix tetap diminati publik.

X-Men Dark Phoenix merupakan film X-Men ke-12 sejak para mutan kali pertama tampil di layar lebar pada tahun 2000. Kali ini, X-Men Dark Phoenix menampilkan sosok Jean Grey alias Phoenix (Sophie Turner) yang melakukan misi penyelamatan awak pesawat ruang angkasa Amerika Serikat pada 1992.

Pesawat ini mengalami kerusakan serius setelah terpapar suar matahari. Raven (Jennifer Lawrence) memimpin misi penyelamatan. Saat berusaha  menyelamatkan astronaut di pesawat nahas itu, Phoenix terpapar suar matahari.

Sejak itu, perilakunya makin labil. Berencana menonton X-Men Dark Phoenix pekan ini? Sebagai bekal Anda menonton, berikut 5 fakta menarik seputar X-Men Dark Phoenix yang kami rangkum dari berbagai sumber.

 

Reuni Dua Bintang dan Keterlibatan Hans Zimmer

X-Men: Dark Phoenix. (20th Century Fox)

X-Men Dark Phoenix menjadi ajang reuni bagi James McAvoy dan Jessica Chastain setelah beradu akting di film The Disappearance of Eleanor Rigby. Keduanya akan kembali bertemu di It: Chapter 2.

Selain itu, ini merupakan kali ketujuh Hans Zimmer menggarap musik untuk film yang diadaptasi dari komik setelah trilogi Batman versi Christopher Nolan, film-film DC Universe, dan The Amazing Spider-Man 2.

Awalnya, Hans Zimmer tidak mau menggarap musik untuk film superhero lagi. Setelah produser merangkap sutradara Simon Kinberg meyakinkannya, Zimmer akhirnya setuju.

Referensi Komik, Jessica Chastain, dan Debut Simon Kinberg

X-Men: Dark Phoenix. (20th Century Fox)

Peristiwa dalam film X-Men Dark Phoenix terjadi pada 1992, tahun yang sama di mana komik X-Men diluncurkan ulang dengan desain kostum baru. Pada tahun itu juga serial kartun X-Men: The Animated Series tayang di layar kaca.

Film ini menjadi kali pertama Jessica Chastain bermain di film adaptasi komik Marvel. Sebelumnya, ia dipinang untuk memerankan karakter Maya Hansen di Iron Man 3 dan Hope Van Dyne di Ant-Man tapi menolak.

Satu hal lagi yang menarik, film ini menandai debut penyutradaraan Simon Kinberg. Selama ini, ia hanya dikenal sebagai produser dan penulis naskah film-film X-Men. (Wayan Diananto)

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

China Desak AS Tidak Campur Tangan dalam Protes Hong Kong

Posted: 15 Jun 2019 08:24 PM PDT

Liputan6.com, Beijing - China memanggil utusan Amerika di Beijing pada Jumat 14 Juni 2019, untuk memprotes pernyataan Washington mengenai rancangan undang-undang ekstradisi Hong Kong yang kontroversial.

Wakil Menteri Luar Negeri Le Yucheng memanggil Robert Forden, wakil Duta Besar Amerika di Beijing, untuk mengajukan protes, sebut kementerian luar negeri China dalam suatu pernyataan.

Le mengatakan China tidak dapat menerima kekuatan asing mencampuri urusan Hong Kong, demikian sebagaimana dilansir dari VOA Indonesia pada Minggu (16/6/2019).

"China meminta Amerika Serikat agar segera menghentikan seluruh campur tangan dalam urusan Hong Kong dan berhenti mengambil tindakan yang akan mempengaruhi kemakmuran dan stabilitas Hong Kong," sebut pernyataan itu. "China akan melanjutkan langkah berikutnya berdasarkan pada tindakan yang diambil Amerika Serikat."

Pada saat bersamaan, China meminta Amerika Serikat agar tidak meloloskan legislasi untuk menanggapi krisis di Hong Kong terkait rancangan undang-undang ekstradisi itu.

Juru bicara Kementerian Luar Negeri Geng Shuang mengatakan dalam keterangan pers bahwa setiap rencana untuk menimbulkan kekacauan di Hong Kong tidak akan berhasil.

Hal itu menyikapi sikap pemangku kebijakan AS pada hari Kamis, di mana mengusulkan legislasi yang akan meminta menteri luar negerinya mengeluarkan sertifikasi tahunan tentang otonomi Hong Kong, untuk menjustifikasi perlakuan khusus berdasarkan Undang-Undang Kebijakan Amerika terhadap wilayah eks koloni Inggris iru pada 1992.

Beijing memperingatkan AS agar tidak mencampuri situasi sekarang ini di Hong Kong, yang dianggapnya sebagai urusan internal.

Sekitar satu juta orang turun ke jalan-jalan di Hong Kong untuk memprotes campur tangan Beijing yang kian besar terhadap otonomi dan hukum teritori setempat.

Mereka menyatakan ketidakpercayaan serta kekhawatiran mengenai pelanggaran janji partai komunis terhadap otonomi Hong Kong, terutama setelah serangkaian kasus penculikan yang diduga dilakukan oleh polisi China daratan dalam beberapa tahun terakhir. 

Pemerintah Hong Kong Resmi Tunda RUU Esktradisi

Carrie Lam, kepala eksekutif Hong Kong terpilih (Kin Cheung/AP)

Sementara itu, pemerintah Hong Kong, pada Sabtu 15 Juni 2019, telah resmi menunda pengesahan amandemen RUU Ekstradisi yang selama ini menuai penolakan massal dari ratusan ribu warga lokal --menurut laporan media setempat.

Pengumuman itu disampaikan oleh Kepala Eksekutif Hong Kong, Carrie Lam --meski sebelumnya ia bersikukuh untuk tetap melanjutkan pengesahan Fugitive Offenders and Mutual Legal Assistance in Criminal Matters Legislation (Amendment) Bill 2019.

Namun, menyusul protes besaran dalam beberapa hari terakhir, sejumlah penasihat pemimpin Hong Kong itu telah mendesak penangguhan amandemen RUU. Lam akhirnya menerima masukan tersebut.

"Saya merasa sangat sedih dan menyesal bahwa kekurangan dalam pekerjaan kami - dan berbagai faktor lainnya - telah memicu kontroversi besar," katanya saat mengumumkan penangguhan.

Lam mengatakan, dia telah mendengar panggilan untuk pemerintahnya untuk "berhenti dan memikirkan kembali."

Dia juga mengakui bahwa "penjelasan dan komunikasi" dari RUU itu belum memadai.

Lam mengaku, urgensi untuk meloloskan RUU sebelum tahun legislatif berakhir "mungkin tidak ada lagi".

Belum ada tanggal yang ditetapkan untuk "langkah selanjutnya", katanya.

 

Simak pula video pilihan berikut:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Kronologi Penyalahgunaan Izin Berobat Setya Novanto

Posted: 15 Jun 2019 08:21 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Direktorat Jenderal Pemasyarakatan (Ditjen PAS) Kementerian Hukum dan HAM menjelaskan kronologi terkait penyalahgunaan izin berobat narapidana kasus korupsi E-KTP Setya Novanto (Setnov).

Diketahui, saat diberikan izin berobat di Rumah Sakit (RS) Santosa Bandung, mantan Ketua DPR RI itu sempat pelesiran di salah satu toko bangunan di Padalarang Bandung.

Setnov diduga telah menyalahgunakan izin berobat. Keberadaan Setnov di salah satu toko bangunan di Padalarang merupakan tindakan melanggar tata tertib lapas/ rutan.

"Petugas pengawal telah diperiksa karena tidak menjalankan tugasnya sesuai standar operasional prosedur," kata Kepala Bagian Humas Ditjen PAS Ade Kusmanto melalui siaran persnya yang diterima di Jakarta, Minggu (16/6/2019).

Ade menjelaskan pada Senin 10 Juni dilaksanakan sidang tim pengamat pemasyarakatan untuk mengusulkan perawatan lanjutan di rumah sakit luar lapas dalam hal ini RS Santosa Bandung.

"Pada Selasa 11 Juni dengan pengawalan petugas lapas dan Kepolisian Sektor Arcamanik. Sekitar pukul 10.23 WIB Setnov diberangkatan untuk menjalani perawatan di RS Santosa Bandung," kata Ade.

Pada hari yang sama, ungkap dia, Setnov tiba di RS Santosa Bandung pukul 10.41 WIB dengan keluhan sakit tangan sebelah kiri tidak bisa digerakkan.

"Berdasarkan hasil pemeriksaan dokter RS Santosa, Setnov menjalani perawatan rawat inap di lantai 8 kamar 851 RS Santosa," kata dia.

Selanjutnya pada Jumat 14 Juni pukul 14.22 WIB dilaksanakan serah terima pengawalan di RS Santosa Bandung dari petugas atas nama FF ke petugas atas nama S berdasarkan surat perintah Kalapas No.W.11.PAS.PAS1.PK.01.04.02- 4045.

"Pukul 14.42 WIB Setnov keluar ruang perawatan menuju lift menggunakan kursi roda didampingi keluarganya dan meminta izin untuk menyelesaikan administrasi rawat inap di lantai 3 RS Santosa," ujar Ade.

Kemudian pada pukul 14.50 WIB, pengawal atas nama S mengecek ke ruang administrasi bahwa ternyata Setnov tidak ada di ruang administrasi.

"Pukul 17.43 WIB, Setnov kembali ke RS Santosa dan pukul 19.45 WIB, pengawal atas nama S dan Setnov tiba di Lapas Klas I Sukamiskin," ucap Ade.

Ia pun menyimpulkan bahwa benar Setnov tidak ada di RS Santosa pada pukul 14.50 WIB sampai 17.43 WIB.

Pemeriksaan Petugas Pengawal

Terpidana kasus korupsi mega proyek KTP elektronik, Setya Novanto (kanan) saat akan menjalani pemeriksaan di Gedung KPK, Jakarta, Selasa (27/8). Setya Novanto diperiksa sebagai saksi untuk tersangka Johannes Budisutrisno Kotjo. (Merdeka.com/Dwi Narwoko)

Ia pun menyatakan langkah-langkah yang telah dilakukan Ditjen PAS, yakni, pertama dilakukan pemeriksaan sementara petugas pengawal atas nama S oleh tim pemeriksa.

Kedua, dilakukan pendalaman dan pemeriksaan terhadap Setnov yang telah menyalahgunakan izin berobat oleh tim pemeriksa .

"Setnov dipindahkan ke Rutan Gunung Sindur. Pertimbangannya karena Rutan Gunung Sindur adalah rutan dengan pengamanan maksimun 'one man one cell' untuk teroris," kata Ade.

Penempatan itu bertujuan agar tidak terjadi pelanggaran tata tertib lapas/rutan yang dilakukan kepada Setnov.

"Selanjutnya apakah Setnov akan tetap menjalani pidana di Rutan Gunung Sindur atau tidak, menunggu hasil pemeriksaan tim Kanwil Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia Jawa Barat beserta tim dari Ditjen PAS," ujar Ade.

Saksikan video pilihan di bawah ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Setelah Mudik Mau Klaim Asuransi, Ikuti 7 Langkah Ini

Posted: 15 Jun 2019 08:20 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Bagi Anda yang ingin klaim asuransi setelah mudik, ada baiknya Anda mengetahui apa itu klaim asuransi.

Klaim asuransi merupakan tindakan permintaan resmi dari pelanggan kepada pihak perusahaan asuransi untuk melakukan penggantian biaya maupun pemberian santunan yang sesuai dengan polis asuransinya.

Proses klaim menjadi hal yang penting saat terjadi risiko pada objek pertanggunggan. Proses klaim wajib dilakukan oleh pelanggan pemegang polis kepada perusahaan asuransi melalui kanal komunikasi resmi perusahaan.

Sebelum analisa klaim dilakukan, perusahaan asuransi akan memeriksa validitas polis terlebih dahulu. Jika polis memenuhi syarat verifikasi dan klaim yang diajukan sudah sesuai dengan isi polis maka perusahaan harus membayar klaim tersebut kepada pelanggan yang melakukan pelaporan klaim.

Beberapa kasus karena kurang telitinya pihak tertanggung terhadap polis yang mereka pegang sering terjadi. Padahal, di dalam polis disebutkan berbagai hal terkait asuransi yang akan diklaim.

Baik pelanggan maupun perusahaan harus sudah sepakat terlebih dulu sebelum melakukan penutupan. Selain kesepakatan tersebut, perusahaan asuransi juga harus memberikan kemudahan pelanggan yang ingin melakukan klaim.

Langkah Klaim Asuransi

"Bagi pelanggan Adira Insurance dapat melaporkan klaim melalui contact center Adira Care dan juga menggunakan aplikasi digital, Autocillin Mobile Claim Application. Karena kami tidak ingin mempersulit dan ingin memberikan pelayanan terbaik kepada pelanggan," kata Tanny Megah Lestari, Business Development Division Head Adira Insurance.

Tanny memaparkan 7 langkah mudah klaim asuransi mobil agar dibayarkan oleh asuransi:

1. Pelanggan harus menghindari hal-hal yang dikecualikan dalam polis seperti telat melapor klaim dari batas waktu pelaporan, pengemudi tidak memiliki surat izin mengemudi, klaim yang dilaporkan tidak dijamin dalam polis, klaim yang dilaporkan termasuk dalam klausula pengecualian dalam polis.

2. Melengkapi dokumen klaim, seperti formulir klaim yang telah diisi, fotokopi polis asuransi, SIM, STNK, surat keterangan dari kepolisian.

3.Kendaraan milik tertanggung tidak digunakan untuk perbuatan yang melanggar hukum.

4.Jika Anda mengalami kecelakaan, jangan lupa memberikan bukti dengan mendokumentasikan terlebih dahulu keadaan kendaraan pasca kecelakaan.

5.Perhatikan terkait wilayah pertanggungan apakah sesuai dengan isi polis.

6.Jangan membuat kerusakan yang terjadi merupakan kerusakan yang disengaja oleh tertanggung.

7.Memahami penyebab kecelakaan ditanggung sebelum mengajukan klaim secara langsung, anda juga perlu membaca dengan jelas mengenai polis-polis yang diberikan pihak asuransi.

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Jelang MotoGP Katalunya, Marquez Beda Pendapat dengan Lorenzo

Posted: 15 Jun 2019 08:15 PM PDT

Liputan6.com, Barcelona - Jelang MotoGP Katalunya, Minggu (16/6/2019) dua rider Repsol Honda Team, Marc Marquez dan Jorge Lorenzo terlibat perselisihan. Marquez terlihat kesal dengan aksi Lorenzo saat sesi latihan bebas ketiga.

Pada sesi latihan bebas ketiga MotoGP Katalunya yang berlangsung pada Sabtu (15/6/2019), Marquez menganggap Lorenzo menghambat laju motornya. Karena hal tersebut, Marquez berada di posisi kesembilan.

Rider berusia 26 tahun tersebut pun menilai Lorenzo sangat layak mendapat penalti oleh oleh FIM Stewards Panel MotoGP.

"Hal ini cukup menganggu saya karena saya juga melakukannya tahun lalu. Saya langsung dijatuhi penalti, pertama di Austin dan kemudian di Malaysia. Mereka (Race Direction) membuat keputusan tepat karena saya memang layak mendapatkan itu," katanya, dikutip dari GP One.

"Sejumlah hal bisa terjadi dalam balapan. Namun peraturan seharusnya berlaku sama bagi setiap orang," ujar Marquez, yang merupakan juara bertahan MotoGP.

Tanggapan Lorenzo

Pembalap Repsol Honda, Marc Marquez, menilai Jorge Lorenzo tak layak mengeluh terhadap performa motor Honda RC213V. (AFP/Jorge Guerrero)

Sementara itu, Lorenzo sendiri tidak mau menanggapi protes Marquez secara berlebihan. Mantan pembalap Ducati itu merasa tidak melakukan hal yang dituduhkan oleh rekan setimnya.

"Saya sudah membuat lap tercepat dan kemudian saya memotong tikungan pertama sehingga waktu saya dibatalkan. Saya berusaha untuk bertahan di garis laju motor saya. Namun sayangnya, Marquez merasa terhambat karena saya ada di depan dirinya," ucap Marquez.

"Dia ingin saya terkena penalti? Hal seperti ini terjadi dalam momen yang panas, namun sulit untuk memerhatikan kondisi sekelilingmu. Terkadang kamu melakukan hal itu dan terkadang kamu yang terkena dampak oleh tindakan seperti itu," kata Lorenzo melanjutkan. 

Klasemen MotoGP

1 Marc Marquez Repsol Honda 115
2 Andrea Dovizioso Mission Winnow Ducati 103
3 Alex Rins Suzuki Ecstar 88
4 Danilo Petrucci Mission Winnow Ducati 82
5 Valentino Rossi Monster Yamaha 72
6 Jack Miller Pramac Ducati 42
7 Cal Crutchlow LCR Honda 42
8 Maverick Vinales Monster Yamaha 40
9 Takaaki Nakagami LCR Honda 40
10 Pol Espargaro Red Bull KTM 38
11 Franco Morbidelli Petronas Yamaha SRT 34
12 Fabio Quartararo Petronas Yamaha SRT 31
13 Aleix Espargaro Aprilia 27
14 Jorge Lorenzo Repsol Honda 19
15 Joan Mir Suzuki Ecstar 12
16 Johann Zarco Red Bull KTM 9
17 Francesco Bagnaia Pramac Ducati 9
18 Miguel Oliveira Red Bull KTM Tech3 8
19 Andrea Iannone Aprilia 7
20 Stefan Bradl Team HRC 6
21 Hafizh Syahrin Red Bull KTM Tech3 2
22 Karel Abraham Avintia Ducati 2
23 Tito Rabat Avintia Ducati 2

Saksikan video pilihan di bawah ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

5 Momen Spesial Acara Tunangan Jessica Iskandar dan Richard Kyle, Romantis Banget

Posted: 15 Jun 2019 08:14 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Pada Sabtu (15/6/2019), Jessica Iskandar dan Richard Kyle menggelar acara tunangan. Acara spesial itu disaksikan oleh para kerabat dekat dan keluarga. Baik Jedar (Jessica Iskandar) ataupun Richard begitu mantap melanjutkan hubungan mereka. 

Keduanya tampak romantis sebagai pasangan selebritis. Richard selalu menemani Jedar di saat butuh. Richard juga menerima keadaan Jessica yang sudah memiliki anak bernama El Barack.

Keseriusan Richard inilah, yang membuat Jessica Iskandar juga yakin dengan Richard. Keduanya akhirnya sepakat melanjutkan hubungan yang lebih serius. Dan acara tunangan menjadi gerbang pembuka hubungan serius antara keduanya.

Momen-momen romantis dan berkesan pun muncul di acara pertunangan Jessica Iskandar dan Richard Kyle. Berikut Liputan6.com rangkum dari postingan @inijedar tentang momen berkesan di acara tunangan Jedar dan Richard, Minggu (16/6/2019)

 

1. Artis cantik yang lahir 29 Januari 1988 tampak tidak bisa sembunyikan raut wajah bahagia ketika datang ke acara tunangan

5 Momen Romantis Acara Tunangan Jessica Iskandar dan Richard Kyle (sumber: Instagram.com/inijedar)

2. Jedar memandang lekat tunangannya yang lahir di Melbourne, Australia. Duh, Romantisnya.

5 Momen Berkesan Acara Tunangan Jessica Iskandar dan Richard Kyle (sumber: Instagram.com/inijedar)

3. Saat Jedar dan Richard berfoto bersama kedua keluarga besar. Fyi, hubungan keduanya sudah terjalin satu tahun.

5 Momen Berkesan Acara Tunangan Jessica Iskandar dan Richard Kyle (sumber: Instagram.com/inijedar)

4. Senyum bahagia dari pasangan yang hanya beda umur 1 bulan. Richard lahir 15 Desember 1987 dan Jedar 29 Januari 1988

5 Momen Berkesan Acara Tunangan Jessica Iskandar dan Richard Kyle (sumber: Instagram.com/inijedar)

5. Sebelum melaksanakan lamaran resmi, seperti diketahui Richard berikan cincin lamaran secara romantis di San Fransisco pada bulan Mei 2019. Dan satu bulan setelahnya, Jedar dan Richard gelar acara tunangan yang meriah.

5 Momen Berkesan Acara Tunangan Jessica Iskandar dan Richard Kyle (sumber: Instagram.com/inijedar)

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Bek Liverpool Jadi Pelari Tercepat di Liga Champions 2018-2019

Posted: 15 Jun 2019 08:10 PM PDT

Liverpool - Virgil van Dijk menjalani musim luar biasa bersama Liverpool 2018-2019. Meski gagal jadi juara Liga Inggris bersama The Reds, statistik bek asal Belanda itu sepanjang musim lalu terbilang mengesankan.

Belum lagi, ia mengantar Liverpool menjuarai Liga Champions serta mengantar Belanda jadi runner-up UEFA Nations League.

Performa apik itu membuat Virgil van Dijk diganjar beberapa penghargaan personal, satu di antaranya, ia menyabet gelar PFA Player of the Year 2019. Bek 27 tahun itu kini jadi favorit penerima gelar Ballon d'Or 2019.

Secara personal, penampilan van Dijk memang cemerlang. Ia jadi pemain paling sulit dilewati lawan. Ketika pemain lawan sudah masuk ke sektor pertahanan Liverpool dan Timnas Belanda, semua kesulitan melewati adangan benteng tangguh bernama van Dijk.

Pemain sekelas Kylian Mbappe, Eden Hazard, hingga Lionel Messi, dan Cristiano Ronaldo, tidak ada yang mampu melewatinya. Tercatat hanya satu pemain yang sanggup mengatasi adangan van Dijk, dia adalah pemain Manchester City, Leroy Sane.

Kini ada satu lagi statistik personal menawan yang diukir palang pintu Liverpool itu. Give Me Sport, Sabtu (15/6/2019), menulis, van Dijk merupakan pelari paling cepat dalam Liga Champions musim 2018-2019.

 

Lawan Barcelona

Duel Virgil van Dijk melawan Lionel Messi saat Liverpool bertandang ke markas Barcelona, Camp Nou, dalam laga leg pertama semifinal Liga Champions, Kamis dini hari WIB (2/5/2019). (AP/Joan Monfort)

Catatan itu dibukukan van Dijk, tepatnya saat Liverpool menjalani laga tandang melawan Barcelona di Camp Nou pada leg pertama semifinal. Dalam satu momen, kapten Timnas Belanda itu berlari mencapai kecepatan 34,5 km/jam.

Momen itu terjadi di pengujung pertandingan. Messi menguasai bola di sektor pertahanan dengan ditemani Jordi Alba dan Luis Suarez, sementara sektor belakang Liverpool tercecer, tinggal menyisakan Andy Robertson.

Namun, van Dijk tiba-tiba muncul, kembali ke posisinya. Ia melakukan sprint, memperlihatkan kecepatan luar biasa.

Keberadaan van Dijk membuat situasi yang semula 1 vs 3 menjadi 2 vs 2, karena Messi kemudian hanya bisa mengumpan pada Suarez.

Sisa cerita sudah diketahui. Liverpool melakukan pembalasan di leg kedua di Anfield, hingga melaju ke final dan jadi juara. Virgil van Dijk jelas punya peran besar dalam pencapaian itu.

Sumber: Give Me Sport

 

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Sepeda Motor Listrik Bersuara Buatan Segera Menjadi Kenyataan

Posted: 15 Jun 2019 08:10 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Salah satu keluhan terbesar bagi penggemar roda dua terhadap sepeda motor listrik, adalah tidak adanya suara dari knalpot seperti motor konvensional. Banyak yang beranggapan, tidak adanya suara akan mengurangi pengalaman mengendarai kuda besi.

Namun, hal tersebut sepertinya akan segera teratasi. Pasalnya, pabrikan sepeda motor Revolt bakal menghadirkan motor listrik dengan suara buatan.

Melansir Autocar India, rencananya, motor listrik dengan suara buatan ini akan diluncurkan pada 18 Juni, dengan suara knalpot yang dapat disesuaikan oleh pengendara. Motor listrik ini, bakal hadir dengan aplikasi mobile, yang memungkinkan untuk memilih suara knalpot sesuai keinginan.

Sebagai contohnya, pengendara Revolt ini mengubah suara dari layaknya mesin satu silinder menjadi empat silinder.

Tapi, meskipun memiliki suara layaknya motor gede alias moge berkapasitas besar, namun kecepatan sepeda motor akan tetap disesuaikan dengan spesifikasi standar bawaan motor listrik tersebut.

Spesifikasi

Sebagai informasi, kendaraan ini akan menjadi sepeda motor listrik dengan kemampuan artificial intelegent (AI) pertama. Jadi, untuk menjalankan fitur tersebut, akan diaktifkan sinyal 4G.

Motor ini akan mengadopsi baterai yang diimpor, dengan Battery Management System (BMS) dan Electronic Control Unit (ECU) yang didesain sendiri.

Sepeda motor listrik Revolt ini akan memiliki kecepatan tertinggi yang dibatasi hingga 85 km per jam dan jangkauan bersertifikat ARAI 156 km. Selain itu, ia juga akan memiliki sistem pertukaran baterai.

Simak Video Pilihan Berikut Ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Kelab Malam Dikabarkan Buka di Jeddah, Ini Respons Pemerintah Arab Saudi

Posted: 15 Jun 2019 08:09 PM PDT

Liputan6.com, Jeddah - Pejabat-pejabat di Arab Saudi pada Kamis 13 Juni 2019 malam membubarkan acara pembukaan yang diklaim adalah kelab malam di Jeddah -- kota terbesar kedua di negara itu.

Jeddah dianggap lebih liberal dan beragam daripada ibu kota Riyadh, di mana pemisahan antara pria dan wanita lajang diberlakukan secara ketat.

Dikutip dari laman VOA Indonesia, Minggu (16/6/2019) menurut laporan media Arab Saudi, kelab malam populer itu berbasis di Timur Tengah yang dikenal sebagai "White".

Pihak White diklaim membuka cabangnya di Jeddah pada Kamis lalu, tetapi tempat itu akan bebas alkohol sesuai hukum Islam di negara itu.

Otoritas Hiburan Umum Arab Saudi (GEA) membantah telah memberi izin yang diperlukan untuk pembukaan tempat itu.

Dalam pernyataan yang dipasang pada akun Twitter resminya, GEA mengumumkan, diluncurkannya investigasi segera terhadap video yang beredar online yang konon menunjukkan pelanggan di dalam kelab itu. Kebenaran video itu belum bisa dikukuhkan.

Kantor berita Associated Press melaporkan, kelab malam itu akan bersifat sementara, hanya beroperasi satu bulan sebagai bagian dari festival yang berlangsung di seluruh kota tersebut untuk meningkatkan pariwisata dan pengeluaran domestik.

Diklaim Halal

Fakta Unik Kelab Malam Halal Pertama di Jeddah

Sebelumnya, kelab malam yang merupakan cabang dari Dubai tersebut diklaim sebagai kelab malam halal.

Sejumlah media lokal melaporkan rencana pembukaan kelab malam halal pada Kamis di tepi laut Jeddah. Kelab serupa sebelumnya dibuka di Dubai dan Beirut.

Kelab malam itu direncanakan dibuka mulai pukul 10 malam hingga 3 pagi. Sementara harga tiket untuk pertunjukan perdana berkisar antara 500-1.000 riyal.

Pembukaan kelab malam itu menuai reaksi beragam di media sosial. Ada yang menyambut dan menganggapnya sebagai bagian rencana mereformasi kerajaan yang dijalankan Putra Mahkota Mohammed bin Salman.

Sedangkan, pihak yang menolak menganggap ide membuka kelab malam halal itu hanya akal-akalan semata meski pihak pengelola kelab menyatakan tak akan menyediakan minuman keras. Mereka menyebut pembukaan kelab malam itu melanggar identitas keislaman Arab Saudi dan tradisi.

Mereka pun menyuarakan ketidaksetujuan dengan menuliskan kalimat, "Saya tidak menerima aksi terlarang di Pantai Jeddah." Hal itu dinilai mencederai citra kerajaan yang merupakan tuan rumah atas tempat paling suci di agama Islam.

Simak video pilihan berikut:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Cerita Akhir Pekan: 6 Roller Coaster Tercepat di Dunia yang Bikin Jantung Serasa Copot

Posted: 15 Jun 2019 08:03 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Liburan telah tiba, saatnya membebaskan diri dari penat. Ingin mencoba sesuatu yang tak biasa, bagaimana bila menantang diri dengan naik roller coaster.

Wahana yang satu ini tak sedikit yang menghindarinya. Namun, yang sudah kecanduan adrenalin selalu nagih untuk mencoba yang baru, yang lebih menantang dan ekstrem.

Ternyata, ada banyak roller coaster dengan kecepatan luar biasa yang tersebar di berbagai belahan dunia. Semuanya berkecepatan lebih dari 100 mil per jam. Berikut enam yang tercepat seperti dilansir laman tripsavvy.com.

1. Formula Rossa Coaster, Abu Dhabi

Inilah roller coaster tercepat di dunia. Kecepatannya mencapai 149,1 mil per jam atau sekitar 240 kilometer per jam. Formula Rossa hanya butuh waktu dua detik untuk berakselerasi sepanjang 100 kilometer, kemudian menanjak hingga ketinggian 52 meter, untuk selanjutnya menurun dengan cepat.

Wahana ini sebenarnya berada di taman hiburan dalam ruang, Ferrari World di Pulau Yas. Tetapi, penumpang roller coaster akan diajak bertualang ke luar ruang melalui kubah yang bisa dibuka, baru kembali lagi ke titik awal yang berada di dalam bangunan.

Warna kereta dicat merah khas Ferrari, seperti namanya. Karena sangat intens, penumpang akan dibekali kacamata untuk melindungi mata mereka dari pasir gurun.

2. Kingda Ka, Amerika Serikat

Dengan kecepatan mencapai 128 mil per jam, Kingda Ka ini merupakan roller coaster tercepat di Amerika Serikat, bahkan sempat menjadi yang tercepat di dunia sebelum kemunculan Formulla Rossa.

Dengan ketinggian 456 kaki, wahana ini masih menjadi yang paling tinggi di dunia. Untuk mencapai ketinggian maksimal dalam waktu sekejap, atraksi yang menjadi bagian Taman Hiburan Six Flags di New Jersey ini menggunakan sistem peluncur hidrolik.

3. Top Thrill Dragster, Amerika Serikat

Agak sedikit lebih pelan, Top Thrill Dragster menempati posisi ketiga tercepat di dunia dengan kecepatan 120 mil per jam. Berlokasi di Cedar Point, Ohio, roller coaster ini juga menggunakan sistem ketapel yang mirip dengan Kingda Ka.

4. Red Force, Spanyol

Semua orang pasti memiliki kekaguman akan hal tertentu. Mengagumi roller coaster, remaja ini membangun roller coasternya sendiri.

Sejak dibuka pada 2017 sebagai bagian Ferrari Land, Red Force menggunakan motor magnetik untuk meluncurkan keretanya pada kecepatan 112 mil per jam menuju ke puncak. Hingga kini, roller coaster yang berada di PortAventura Park itu menjadi yang tercepat di daratan Eropa.

5. Dodonpa, Jepang

Menggunakan sistem peluncur dengan udara bertekanan, Dodonpa bisa melaju dari 0 hingga 112 mph di bawah dua detik. Roller coaster yang ada di Fuji-Q Highland itu bisa naik dan turun dari ketinggian 170 kaki dalam posisi 90 derajat. Karena ekstrem, durasi naik roller coaster ini hanya 55 detik.

6. Superman: Escape From Krypton, Amerika Serikat

Di posisi ke enam terdapat Superman: Escape from Krypton yang memiliki menara setinggi 415 kaki. Perbedaan ketinggian itu membuat wahana dapat melaju hingga 100 mil per jam.

Terbilang tua, roller coaster ini dibuka pertama kali pada 1997 dan menjadi yang paling tinggi dan tercepat pada masanya. Namun, wahana itu sempat rusak hingga kemudian pada 2011, pengelola taman hiburan Six Flags mengganti keretanya dengan yang baru dan bisa berlari lebih cepat.

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Waspada, 6 Makanan dan Minuman yang Merusak Ginjal

Posted: 15 Jun 2019 08:00 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Ginjal adalah salah satu organ vital manusia. Ginjal bertugas menyaring segala kotoran, limbah, dan zat berlebih di dalam tubuh.

Hal itu dilakukan untuk memastikan tubuh dapat berfungsi dengan baik. Satu hal yang menarik, ginjal bekerja dengan sangat halus. Itulah sebabnya, kerusakan sekecil apa pun dapat memiliki efek negatif pada seluruh tubuh. Maka dari itu, ginjal harus selalu dijaga kesehatannya.

Salah satu cara terbaik untuk melakukannya adalah dengan menghindari atau mengurangi beberapa asupan berikut. Dengan menghindari atau mengurangi berbagai asupan ini, ginjal akan terjaga kesehatannya.

1. Soda

Soda dipenuhi dengan kandungan gula, berbagai jenis perisa buatan, fruktosa, dan pewarna makanan. Orang-orang yang sering meminum soda, akan lebih mungkin terkena serangan proteinuria.

Proteinuria, disebut juga albuminuria atau urin albumin, merupakan kandungan tingkat protein yang tinggi dan tidak normal di dalam urin. Penyakit tersebut merupakan faktor yang bisa menyebabkan penyakit ginjal.

Fruktosa juga dapat merusak ginjal dan dapat menyebabkan ginjal menjadi sensitif terhadap protein yang mengatur garam. Sensitivitas ini diyakini dapat menyebabkan gagal ginjal, hipertensi, dan masalah kesehatan lainnya.

Selain itu, soda juga mengandung asam fosfat yang dapat menyebabkan pembentukan batu ginjal.

2. Pemanis Buatan

Gula sintetis seperti aspartam dan sakarin dapat dengan cepat menurunkan fungsi ginjal. Zat ini ditemukan di dalam makanan cepat saji, minuman bersoda, minuman berenergi, dan bahkan di dalam jus buah biasa.

Mengurangi asupan gula juga dapat menurunkan peluangmu terkena penyakit diabetes, obesitas, dan penyakit ginjal. Jika kamu mengurangi asupan pemanis buatan, kamu juga bisa kehilangan kalori, terhindari dari bahan kimia, dan juga natrium.

Dengan mengurangi asupan zat ini, ginjal dan pinggangmu akan berterima kasih untuk hal itu.

3. Kafein

Minum kopi bisa membuat perut mulas, apa penyebabnya? (Kikovic/shutterstock)

Konsumsi kafein telah lama dikaitkan dengan penyakit batu ginjal. Juga, karena kafein adalah stimulan, konsumsi jangka panjangnya dapat meningkatkan risiko gagal ginjal apabila ginjal sudah sangat rusak.

Mengonsumsi kafein dalam jumlah kecil, apalagi disaat perut kosong dapat menyebabkan batu ginjal. Sebagai alternatif, kamu bisa mengonsumsi teh atau kopi dalam jumlah sedang.

Jika ingin mengonsumsi teh, kamu bisa mengonsumsi teh herbal. Apabila harus meminum kopi, maka kamu bisa memilih kopi tanpa kandungan kafein.

4. Genetically Modified Organisms (GMOs)

GMO adalah proses perubahan genetik dari suatu organisme dengan teknik rekayasa genetik. GMO juga bisa disebut dengan organisme hidup yang dimodifikasi.

Makanan seperti jagung, gandum, dan kedelai telah diubah secara genetik sebagai asupan pangan untuk memberi makan seluruh populasi di dunia yang semakin meningkat. Makanan tersebut mengandung herbisida dan pestisida tingkat tinggi yang berbahaya bagi ginjal dan hati.

Zat "asing" di dalam GMO dapat membanjiri ginjal dan livermu. Di mana organ tersebut merupakan organ detoksifikasi yang sangat penting untuk mencegah melemahnya tulang dan menjaga tulang agar tetap sehat.

5. Protein Hewani

Orang-orang yang memiliki masalah dengan ginjal harus menjauh dari diet dengan protein tinggi. Hal yang sama juga berlaku untuk produk yang mengandung susu.

Itu karena, susu dan keju mengandung kadar protein yang tinggi. Protein bisa bersifat sangat asam, terlepas dari apakah kandungan tersebut berasal dari sapi, domba, atau kambing.

Akibatnya, konsumsi produk yang mengandung susu secara berlebihan dapat meningkatkan sekresi kalsium dalam urin. Hal itu dapat memberi tekanan yang sangat besar pada ginjalmu.

Selain itu, masalah tersebut dapat membuat tulang mengalami penuaan dini dengan menipisnya kandungan kalsium.

6. Garam

Garam halus mengandung sekitar 40% natrium dan juga zat pemutih dan dekstrosa. Diet garam dapat mengubah keseimbangan natrium, menyebabkan penurunan fungsi ginjal, dan melepaskan lebih sedikit kadar air.

Hal tersebut berdampak pada tekanan darah yang menjadi lebih tinggi. Diet tersebut juga menyebabkan ketegangan besar pada ginjal dan dapat menyebabkan penyakit ginjal.

Selain itu, diet garam telah terbukti dapat meningkatkan jumlah protein di dalam urin yang merupakan faktor utama pembentuk risiko penurunan fungsi ginjal. Untuk menjaga kesehatan ginjalmu, pastikan untuk mengonsumsi tidak lebih dari 6 gr garam setiap hari.

Reporter:

Rahma Wulan Mei Anjaeni

Universitas Pendidikan Indonesia

 

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Ingin Sehat? Tak Perlu Jalan Kaki 10.000 Langkah

Posted: 15 Jun 2019 08:00 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Jalan kaki 10.000 langkah sehari kerap didengungkan supaya tubuh sehat. Alhasil, banyak orang berusaha mencapai jumlah tersebut setiap harinya. Namun, sebuah studi mengatakan bahwa hal tersebut merupakan tujuan ambisius yang sebenarnya tidak diperlukan sebagian orang.

Dalam studi yang dipublikasikan JAMA Internal Medicine disebutkan bahwa hanya dengan melakukan jalan kaki setengah dari jumlah langkah yang disarankan sudah dapat menurunkan risiko kematian dini pada perempuan lanjut usia. Intinya, penelitian ini mengatakan bahwa sebenarnya aktivitas fisik sekecil apapun dapat memberikan manfaat.

"Jika Anda melakukannya meski hanya sedikit, akan lebih baik. Jadi, jangan merasa tidak semangat bila tidak mencapai 10.000 langkah," kata Professor of Medicine Harvard Medical School, Amerika Serikat, I-Min Lee, seperti dikutip dari Time, Minggu (16/6/2019).

Studi ini meneliti sekitar 17.000 perempuan  62 hingga 101 tahun. Para partisipan diharuskan menggunakan movement tracker yang memonitor jumlah langkah dan kecepatan berjalan selaman 7 hari. Para partisipan juga melaporkan diet, gaya hidup dan riwayat medis per tahun dalam periode 4 tahun. Dalam periode tersebut, 504 perempuan meninggal.

 

Tak Perlu 7.500 Langkah

Setelah menyesuaikan dengan status kesehatan dan gaya hidup, studi menemukan bahwa jumlah langkah sehari-hari terkait kuat dengan risiko kematian.

Menurut studi, perempuan yang berjalan 4.400 langkah perhari memiliki risiko kematian 41 persen lebih rendah dibandingkan perempuan yang hanya berjalan sekitar 2.700 langkah perhari. Manfaat tersebut terus berakumulasi secara perlahan hingga tidak memiliki perubahan apapun pada 7.500 langkah.

"Jumlah langkah yang dilakukan perempuan sehari-hari lebih penting dibandingkan kecepatannya,"  dokter Lee.

Hal ini mengejutkan karena studi yang ada sebelumnya menemukan bahwa kecepatan berjalan memiliki kaitan dengan umur panjang. Namun, Lee mengatakan bahwa kecepatan berjalan dan kecepatan langkah adalah hal yang sedikit berbeda. Kecepatan berjalan memiliki kaitan dengan kecepatan yang dijaga oleh seseorang saat bergerak secara sengaja. Sedangkan kecepatan langkah adalah pengukuran bagaimana seseorang bergerak secara natural saat melakukan kegiatan sehari-hari. Kecepatan langkah ternyata tidak begitu penting berdasarkan studi terbaru.

"Yang terpenting adalah jumlah langkah yang Anda lakukan," kata Lee.

Studi hanya melakukan pengamatan sehingga tidak dapat membuktikan penyebab dan efeknya. Selain itu, penelitian juga hanya meneliti perempuan lanjut usia sehingga tidak dapat diaplikasikan ke semua orang. Namun, Lee mengatakan bahwa situasi ini sama untuk laki-laki dengan umur yang sama tetapi penelitian lebih lanjut juga masih dibutuhkan untuk mengkonfirmasi hal ini.

 

Banyak Bergerak Memperpanjang Umur

Lee mengatakan bahwa dalam kasus apapun 4.000 hingga 5.000 langkah sehari adalah patokan yang biasanya diberikan untuk orang Amerika semua umur. Hal ini baik untuk diketahui karena jumlah ini dapat memberikan manfaat kesehatan.

Hal tersebut juga semakin memperjelas bahwa tidak dibutuhkan seseorang yang sangat kuat untuk berolahraga demi menjaga kesehatan. Penelitian menunjukkan bahwa 30 menit dalam bergerak sehari dapat meningkatkan kesehatan dan memperpanjang umur.

Penelitan pun juga mengatakan bahwa aktivitas dengan pengaruh rendah seperti berjalan, membersihkan rumah atau berkebun dapat membuat perubahan besar untuk kesehatan.

Penulis: Khairuni Cesario

Saksikan Juga Video Menarik Berikut

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Inflasi Terkendali, BI Bakal Pertahankan Suku Bunga Acuan

Posted: 15 Jun 2019 08:00 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Bank Indonesia (BI) akan menggelar Rapat Dewan Gubernur Bank Indonesia (RDG) pada 19-20 Juni 2019. Ini merupakan agenda RDG bulanan yang rutin dilakukan oleh pejabat BI.

Kepala Ekonom PT Bank Negara Indonesia (Persero) Tbk, Ryan Kiryanto memperkirakan dalam RDG tersebut diputuskan untuk mempertahankan suku bunga acuan enam persen.

"Karena arah laju inflasi masih dalam koridor BI, maka dalam RDG BI Juni 2019 nanti RDG BI masih akan menahan BI7DRRR di level 6 persen juga untuk lending facility rate dan deposit facility akan bertahan di level saat ini," ucap dia kepada Liputan6.com, seperti ditulis Minggu (16/6/2019).

Menurut dia, kebijakan BI melalui jalur makroprudensial, tidak melalui jalur suku bunga. BI masih harus mewaspadai inflasi Juni 2019 yang mungkin masih relatif tinggi pasca Lebaran.

Untuk inflasi Mei 2019 yang sebesar 0,68 persen, menurut dia, masih dalam kondisi yang wajar. Bahkan laju inflasi pada Mei ini justru bisa menjadi indikasi pertumbuhan ekonomi pada kuartal II ini lebih baik.

Ia menuturkan, lonjakan inflasi Mei 0,68 persen menyiratkan geliat ekonomi yg tinggi dari sisi konsumsi rumah tangga. Tercermin dari lonjakan harga kelompok bahan makanan, makanan jadi serta transportasi dan komunikasi jelang Lebaran

"Hal ini berefek positif ke pertumbuhan ekonomi (PDB) triwulan kedua yang diperkirakan sebesar 5,15-5,25 persen (YoY)," kata dia.

Laju inflasi Mei tersebut, kata Ryan, terjadi secara musiman jelang Lebaran dengan permintaan konsumsi masyarakat melonjak terutama terhadap bahan makanan; makanan jadi, rokok dan tembakau; serta transportasi dan komunikasi, dibarengi dengan lonjakan harga sekaligus. 

Selain itu, secara umum, arah laju inflasi bulanan yang 0,68 persen, inflasi year to date yang 1,48 persen maupun tahunan (yoy) yang 3,32 persen masih sesuai target kisaran. 

"Diharapkan inflasi sepanjang tahun ini berkisar 3,2-3,3 persen yoy sesuai dengan jangkar yaitu 3,5 +/- 1 persen," pungkas dia.

Sri Mulyani Yakin BI Bakal Turunkan Suku Bunga Acuan

Ilustrasi Foto Suku Bunga (iStockphoto)

Sebelumnya, Menteri Keuangan (Menkeu) Sri Mulyani optimis Bank Indonesia (BI) akan menyesuaikan suku bunga acuan atau BI 7 Day Repo Rate, dengan kembali menurunkannya.

Penyesuaian mau tidak mau pasti dilakukan Bank Sentral dengan mempertimbangkan kondisi ekonomi global yang terus menunjukkan risiko pelemahan.

Seperti diketahui Bank Sentral AS atau Federal Reserve yang semula dipastikan akan menaikkan suku bunga acuan memilih untuk menundanya. Bahkan beberapa analis lainnya justru memperkirakan The Fed kemungkinan menurunkan suku bunga acuannya pada tahun ini.

"Saya rasa BI juga akan melakukan adjustment atau penyesuaian monetary policy-nya. Bagaimana BI akan melakukan, saya tentu hormati BI," kata dia di Gedung BPK RI, Jakarta, Rabu, 12 Juni 2019.

Melihat kondisi global yang bergejolak tersebut, Sri Mulyani menegaskan pemerintah bersama BI akan tetap fokus menjaga stabilitas ekonomi domestik dari gempuran faktor eksternal.

Selain suku bunga acuan, BI juga akan menyesuaikan kebijakan makroprudensial. Keduanya diharapkan dapat menjaga stabilitas perekonomian domestik.

"Mereka (BI) akan gunakan policy suku bunga maupun policy makroprudential. Dua-duanya sangat brrguna bagi ekonomi kita. Jadi saya hormati," dia menandaskan.

Sebagai informasi, Rapat Dewan Gubernur (RDG) bulan Mei 2019 Bank Indonesia (BI) memutuskan untuk kembali menahan Bank Indonesia (BI) 7-day Reverse Repo Rate atau suku bunga acuan pada angka 6,00 persen.

Bank Indonesia juga menahan suku bunga Deposit Facility pada angka 5,25 persen dan Lending Facility 6,75 persen.

 

BI Pertahankan Suku Bunga Acuan 6 Persen pada Mei

Ilustrasi Foto Suku Bunga (iStockphoto)

Sebelumnya, Rapat Dewan Gubernur (RDG Mei 2019 Bank Indonesia (BI) memutuskan untuk kembali menahan Bank Indonesia (BI) 7-day Reverse Repo Rate atau suku bunga acuan pada angka 6,00 persen.

Bank Indonesia juga menahan suku bunga Deposit Facility pada angka 5,25 persen dan Lending Facility 6,75 persen.

"Rapat Dewan Gubernur BI pada 15-16 Mei 2019 memutuskan untuk mempertahankan BI 7-day repo" ujar Gubernur Bank Indonesia (BI), Perry Warjiyo, di Kantor BI, Jakarta, Kamis, 16 Mei 2019.

Dia menjelaskan keputusan menahan suku bunga acuan tersebut sejalan dengan upaya untuk menjaga stabilitas eksternal perekonomian Indonesia di tengah ketidakpastian pasar keuangan global yang meningkat.

"Bank Indonesia akan terus mencermati kondisi pasar keuangan global dan stabilitas eksternal perekonomian Indonesia dalam mempertimbangkan terbukanya ruang bagi kebijakan moneter yang akomodatif sejalan dengan rendahnya inflasi dan perlunya mendorong pertumbuhan ekonomi di dalam negeri," ujarnya.

Selain itu dia menegaskan bank sentral akan selalu menjaga likuiditas perbankan dalam negeri. "Bank Indonesia juga tetap memastikan ketersediaan likuiditas di perbankan serta menempuh kebijakan makroprudensial yang akomodatif," ujar dia.

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Puluhan Rumah di Muara Gembong Bekasi Rusak Digerus Abrasi

Posted: 15 Jun 2019 08:00 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Puluhan rumah warga Kampung Muarajaya RT01/RW01, Desa Pantaimekar, Kecamatan Muara Gembong, Kabupaten Bekasi, rusak diterjang abrasi

Salah satu warga terdampak abrasi di Kampung Muarajaya, Firman (35) mengatakan, sekitar 10 tahun yang lalu terdapat puluhan rumah di kampungnya.

Namun, rumahnya bersama sekitar 50 rumah lainnya hilang tersapu air saat terjadi abrasi. Sehingga, dia bersama warga lainnya harus pindah ke Kampung Baru di RT02/01, Desa Pantaimekar.

"Dulu di sini (Kampung Muarajaya) paling ramai, banyak nelayan dari mana-mana, motor juga bisa masuk. Tapi semua berubah setelah abrasi datang," katanya, Minggu (16/6/2019).

Selama 10 tahun abrasi menyerang, tidak ada penanganan berarti dari pemerintah daerah. Kendati begitu, saat ini di lokasi abrasi masih ada sebagian warga yang memilih untuk tetap bertahan di rumahnya meski sudah sepi penghuni.

Warga lainnya, Ijah (60), ia tinggal bersama delapan orang anak dan cucunya. Terkadang kesulitan untuk berpergian ke tempat lain karena akses yang terbatas. Belum lagi, banjir rob yang kerap terjadi pada bulan November hingga Januari.

"Saya masih bertahan, habis mau tinggal di mana lagi. Sekarang hanya tinggal tiga rumah, dan ada sembilan orang di sini," kata Ijah dikutip dari Antara.

Camat Muaragembong Junaefi mengatakan, sejauh ini penanganan abrasi sudah dicoba untuk dilakukan dengan cara menanam pohon bakau (mangrove) di tepi pantai.

Langkah tersebut, menurutnya, cukup ampuh karena mampu mengurangi abrasi yang kini mengancam warga di pesisir pantai.

"Kalau wilayah di Muaragembong memang berpotensi terkena abrasi karena letaknya di pesisir. Selain di Pantaimekar, di Muarabungin dan Muarabeting juga terjadi abrasi. Rata-rata satu sampai dua RT sudah hilang," katanya.

 

Tanggapan Pemda

Ilustrasi banjir (iStock)

Kepala Dinas Kelautan dan Perikanan Kabupaten Bekasi, Wahyudi Amsar menyatakan, pihaknya tidak memiliki kewenangan perihal kelautan. Hal tersebut mengacu pada Undang-Undang Nomor 23 Tahun 2014 tentang pemerintahan daerah.

Pihaknya pun mengaku tidak memiliki data terkait jumlah rumah warga yang terdampak abrasi. Selain itu, juga tidak ada alokasi anggaran untuk penanganan abrasi yang terjadi di Muaragembong.

"Kami secara Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD) juga tidak lagi menganggarkan, sehingga kami juga tidak mendata terkait lahan warga yang tergerus abrasi," katanya.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Belajar dari Galaxy Fold, Huawei Tunda Peluncuran Mate X

Posted: 15 Jun 2019 08:00 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Kabar tentang smartphone layar lipat buatan Huawei, yakni Mate X, kembali menjadi sorotan.

Setelah mencuat informasi tentang bakal memiliki power adapter berbeda dari perangkat Huawei lainnya, perusahaan kabarnya bakal menunda peluncuran Mate X di pasaran.

Dijadwalkan bakal meluncur pada Juni 2019, Huawei memutuskan untuk menunda peluncuran smartphone layar lipat pertamanya tersebut hingga September.

Dilansir CNBC dan The Wall Street Journal, Minggu (16/9/2019), raksasa teknologi asal Tiongkok itu sedang melakukan pengujian ekstensif untuk memastikan perangkat tersebut siap untuk konsumen.

Mereka juga mengatakan, ingin mengambil keputusan "hati-hati" menyusul peluncuran Samsung Galaxy Fold yang gagal. "Kami tidak ingin meluncurkan produk yang dapat menghancurkan reputasi kami," kata juru bicara Huawei kepada CNBC.

Informasi, Galaxy Fold diumumkan pertama kali pada April 2019 dan harus menunda pengiriman pre-order smartphone tersebut hingga belum waktu yang ditentukan.

 

Huawei Mate X Terdaftar di Badan Sertifikasi Tiongkok

Tampak smartphone layar lipat Huawei Mate X. (Liputan6.com/ Agustin Setyo Wardani)

Lebih lanjut, informasi Mate X baru saja muncul di laman badan sertifikasi Tiongkok.

Dikutip dari GSM Arena, Sabtu (15/6/2016), dengan sertifikasi ini, Mate X kemungkinan besar siap diperkenalkan di pasar dalam waktu dekat.

Prediksi menyebut Mate X akan diperkeanlkan bersamaan dengan Mate 20 X 5G. Sebelumnya, Mate 20 X 5G memang sudah terungkap kehadirannya setelah namanya muncul di badan sertifikasi Tiongkok.

Mate X akan memiliki power adapter berbeda dari perangkat Huawei lain, seperti Mate 20 Pro dan P30 Pro yang memiliki keluaran 40W. Sementara perangkat ini disebut akan menggunakan adapter keluaran 65W.

Sayang, tidak banyak informasi yang dapat diungkap dari Mate X dari laman sertifikasi tersebut. Karenanya, menarik untuk menunggu pengumuman resmi dari Huawei mengenai perangkat ini.

 

Harga Huawei Mate X

Huawei Mate X (Foto: CNET)

Sebelumnya, Huawei memang sempat mengumumkan Mate X akan tersedia pada pertengahan 2019. Informasi itu diumumkan oleh perusahaan melalui toko online-nya.

Sejauh ini harga resmi smartphone layar lipat Mate X memang belum diumumkan. Namun saat peluncuran, Huawei membanderolnya dengan harga mulai USD 2.580 atau setara Rp 36,4 jutaan.

(Ysl/Isk)

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Melukis Sambil Mengangkat Nilai Estetika Batu Sungai Bersama Mang Obe

Posted: 15 Jun 2019 08:00 PM PDT

Liputan6.com, Bandung - Seorang seniman asal Bandung, Jawa Barat, Okky Heryawan atau yang karib disapa Mang Obe, mempunyai keahlian khusus yakni membuat lukisan dari batu sungai. Hasil batu lukis pun terlihat sangat menakjubkan dengan detail yang rumit serta mungil namun tetap indah.

Karya seni lukis dengan media batu ini menjadi daya tarik sendiri karena batu yang sering kita lihat hanya tergeletak di jalan, tanpa ada hiasan warna warni dari cat.

Tetapi, di tangan Mang Obe, batu-batu tersebut bisa menjadi media yang sangat efektif untuk menghasilkan sesuatu yang bernilai.

Mang Obe mengakui bahwa dia selalu suka melukis dengan medium kertas atau kanvas. Singkat cerita, April 2019 lalu dia sembat bekerja di sebuah petshop untuk membikinkan batu lukis bergambar kucing. Lambat laun, pria asal Bandung ini pun mengembangkan gambar bentuk ikan koi.

Namun, nasib sebagai pekerja seni yang ia lakoni tidak serta mulus selamanya. Sejak saat itu dia memutuskan untuk melukis dengan cat akrilik pada batu kali secara eksklusif.

"Kelebihan melukis dengan medium batu ini karena bahannya mudah didapat dan pengerjaannya cepat sebab bentuknya mungil. Paling panjang sekitar 20 centimeter," kata Mang Obe ditemui di rumahnya di kawasan Kopo, Bandung, Sabtu (15/6/2019).

Dia mengatakan bahwa melukis di latar atas batu merupakan sebuah tantangan tersendiri. Sebelumnya, ia pernah mengerjakan proyek melukis di atas papan seluncur bekas yang telah dipajang di salah satu hotel di Pangandaran.

"Melukis dengan medium batu itu ada tantangan tersendiri, saya harus buat gambar yang kecil," katanya membandingkan dua medium lukis yang berbeda.

Meskipun ia baru mulai melukis di batu dalam beberapa bulan terakhir, karya-karya Mang Obe disambut baik di kalangan penggemar seni dan media sosial.

"Sementara ini pemesan batu lukis di seputaran Jawa Barat dan Jakarta. Kisaran Rp300.000, tergantung ukuran batu. Kalau ukurannya kecil saya jual bareng-bareng, misal ada tiga batu saya gambar yang sama," sambung Mang Obe.

Tidak Ada Trik Khusus

Okky Heryawan atau Mang Obe sedang mengerjakan lukisan di atas batu. (Liputan6.com/Huyogo Simbolon)

Melukis di atas batu sungai yang dilakukan Mang Obe bisa menghasilkan berbagai gambar. Gambar yang paling banyak dihasilkan adalah bentuk kura-kura, kucing, pemandangan alam dan beberapa quotes (kutipan) kehidupan.

"Kalau untuk sekarang lagi kebanyakan peminatnya gambar ikan koi. Karena memang menurut mereka yang percaya Feng Shui antara batu dan koi ada sisi yang positif," katanya.

Pria yang kerap terlibat dalam kerelawanan bencana alam ini mengulas alasan memakai batu untuk medium lukisnya.

Bukan sekedar membuat batu jadi bernilai, batu memiliki nilai estetika yang bisa memberi makna pada pemiliknya. Terutama apabila batu diberi sentuhan warna. 

"Alasan saya tertarik dengan batu berangkat dari budaya. Beberapa peninggalan leluhur kita juga batu. Lalu terpikir kenapa tidak kita angkat nilainya. Selama ini kan kesannya tidak berharga sama sekali. Nah, dari situlah saya coba angkat batu jadi sesuatu yang bernilai lebih," ujarnya.

Mang Obe membeberkan sedikit cara melukis di atas batu. Pertama, yaitu bisa membedakan pori-pori batu. Ada yang halus, kasar, besar dan kecil. Namun menurutnya, tidak ada trik khusus dalam melukis di atas batu. 

"Sebenarnya tidak ada treatment. Saya ambil apa yang ada saja. Ada yang terlihat uratnya manfaatkan saja. Justru dengan ada yanh seperti itu unsur seninya hadir," katanya.

Untuk melihat karya-karya Mang Obe, dapat dilihat di akun Facebook dan Instagram miliknya.

Simak video pilihan di bawah ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Jadwal Shopee Liga 1 2019: 2 Pertandingan Persib Live di Indosiar

Posted: 15 Jun 2019 08:00 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Pekan keempat Shopee Liga 1 2019 akan dimulai pada Selasa (18/6/2019). Pertandingan pertama pun sangat menghibur, yakni Persib Bandung vs Tira Persikabo di Stadion Si Jalak Harupat,

Di pekan keempat, Persib sebenarnya harus melawan Arema lebih dulu. Namun, PT Liga Indonesia Baru, operator Shopee Liga 1 2019, memutuskan untuk menunda jadwal pertandingan tersebut.

Jelang menghadapi Tira Persikabo, Persib yang dipimpin Robert Rene Alberts telah memulai latihan sejak pekan lalu. "Masih ada waktu tiga hari lagi untuk mempersiapkan segala sesuatu," ucapnya di situs resmi Persib.

Tak hanya melawan Tira Persikabo, pada Minggu (23/6/2019), Persib akan menjamu Madura United di Stadion Si Jalak Harupat. Dua pertandingan Maung Bandung itu bakal disiarkan langsung di Indosiar.

Berikut jadwal Shopee Liga 1 2019 selengkapnya.

 

 

Jadwal Liga 1

Selasa, 18 Juni 2019

18.30 WIB, Persib Bandung vs Tira Persikabo (Indosiar)

Jumat, 21 Juni 2019

19.00 WIB, Semen Padang vs Perseru Badak Lampung (O Channel)

15.30 WIB, PSS Sleman vs Bhayangkara FC (Indosiar)

Sabtu, 22 Juni 2019

15.30 WIB, PS Barito Putera vs Kalteng Putra (O Channel)

15.30 WIB, Bali United vs PSIS Semarang (Indosiar)

18.30 WIB, Persela Lamongan vs Persija Jakarta (Indosiar)

 

Minggu, 23 Juni 2019

15.30 WIB, PS Tira Persikabo vs Persipura Jayapura

15.30 WIB, Persib Bandung vs Madura United (Indosiar)

18.30 WIB, Borneo FC vs Persebaya Surabaya (Indosiar)

18.30 WIB, PSM Makassar vs Arema FC (O Channel)

Saksikan video pilihan berikut ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Mulai Buka Lagi, Pasar Karetan Dan Pasar Kumandang Bikin Wisata di Jateng Makin Asik

Posted: 15 Jun 2019 08:00 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Mengahabiskan libur akhir pekan di Jawa Tengah (Jateng) memang selalu mengasyikkan. Apalagi Jateng memiliki beberapa destinasi digital yang selalu siap menjamu wisatawan. Ada Pasar Karetan di Radja Pendapa Camp Kendal. Destinasi ini siap menghadirkan musik akustik sebagai pengisi acara, 16 Juni 2019. Ada juga Pasar Kumandang, Wonosobo yang menghadirkan acara spesial ulang tahun pertama destinasi digital tersebut juga di tanggal 16 Juni 2019.

"Yang pasti bakal spesial edisi minggu 16 Juni 2019. Kita hadirkan Kumandanging Kidung Adi dalam rangka ulang tahun @pasarkumandang ke #1," kata Pengelola Pasar Kumandang Diah Ariani, Sabtu (15/6).

Rangkaian acaranya spektakuler. Ada Kirab Sesaji dari Komunitas Internasional, Andom Bucu, Perform Art 2 maestro tari Jateng, serta Punokawan Interaktif. Dan yang paling spesial adalah Sarasehan Budaya bersama Gubernur Jateng Ganjar Pranowo, Kadisparbud Wonosobo One Andang Wardoyo, serta Bupati Wonosobo Eko Purnomo.

"Kuliner dan spot foto juga tetap hadir. Pokoknya bakal heboh dan keren berlibur di Pasar Kumandang," kata wanita yang akrab disapa Dea Lee itu.

Pasar Karetan pun tak kalah pamor. Bahkan sejak minggu pertama buka setelah lebaran, Pasar Karetan cukup menarik para wisatawan. Apalagi para pemudik yang ingin merasakan sensasi bersantai di Pasar Karetan. Apalagi minggu kemarin Pasar Karetan menghadirkan musik keroncong yang membuat pengunjung pasar terlena.

Menurut Pengelola Pasar Karetan, Sofyan, Minggu ini Pasar Karetan akan menghadirkan kembali live musik akustik untuk menghangatkan pasar. Adalah The Face Band yang akan didaulat sebagai pengisi acara.

Tidak hanya akan membawakan lagu lagu pop masa kini, grup akustik asal Boja, Kendal ini juga akan membawakan tembang kenangan. Dijamin para orang tua pun dapat bernostalgia serta menikmati suasana alam dan kuliner yang ada di pasar karetan

"Antusias para pengunjung pasar karetan yang terkesima dengan suasana pasar karetan menjadikan tim pasar karetan semakin semangat dan terus berinvoasi demi kenyamanan para pengunjung. Kebahagian pengunjung merupakan semangat yang membuat kami terus berinovasi. Mau bukti? Silahkan sambangi dan nikmati Pasar Karetan. Jangan sampai tidak datang ya," ucap Sofyan.

Progress positif memang selalu menyertai destinasi digital besutan Generasi Pesona Indonesia (GenPI) Jateng. Omset rata-rata Pasar Kumandang misalnya. Setiap pekan destinasi digital ini berhasil meraup sekitar Rp30 Juta. Begitu juga Pasar Karetan yang tak pernah sepi pengunjung setiap pasar buka. Dengan itu jelas menggerakkan roda perekonomian masyarakat, karena para penjual kuliner merupakan masyarakat sekitar pasar.

"Destinasi digital GenPI memiliki rencana jelas dan sangat terukur. Aspek non profitnya dikuatkan lebih dahulu, meski unsur bisnis digulirkan. Merekan pun menyiapkan SDM untuk mendukung branding di media sosial dan pelayanan. Ini sangat penting untuk mengangkat performa pasar," ungkap Menteri Pariwisata Arief Yahya.

Menteri yang pakar marketing itu pun yakin jika destinasi digital akan semakin berkembang. Imbasnya tentu perkembangan perekonomian masyarakat sekitar pasar.

"Destinasi digital memang dirancang khusus bukan saja sebagai destinasi millenial tetapi juga sebagai destinasi keluarga. Dengan itu destinasi digital berkembang menjadi inkubator pengembang masyarakat. Imbasnya tentu berkembangnya perekonomian masyarakat dari kepariwisataan. Berwisata ke destinasi digital itu keren," ujar Menteri yang sukses membawa Kemenpar No. 1 dan jadi #TheBestMinistryTourism2018 se-Asia Pasifik di Bangkok.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Datang ke Indonesia, Ryeowook Super Junior Ingin Makan Satai dan Nasi Goreng

Posted: 15 Jun 2019 08:00 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Super Junior menggelar konser di ICE BSD City, Tangerang, Sabtu (15/6/2019) malam. Konser dimulai pada pukul 18.30 WIB dengan "Black Suit" sebagai lagu pembuka.

Dalam segmen perkenalan, Ryeowook menyampaikan kerinduannya kepada Indonesia terutama kulinernya. Anggota yang berpossisi sebagai lead vocal di Super Junior ini menyebutkan beberapa makanan yang ingin ia santap.

"Apa kabar saya Ryeowook. Sudah lama sekali engak ke Indonesia. Rasanya senang sekali kembali ke sini. Terima kasih banyak ya," kata Ryeowook Super Junior dalam bahasa Korea di atas panggung.

"Setelah saya kembali ke Indonesia banyak yang saya pengin makan. Satai, mi goreng, nasi goreng, habis itu baru balik ke Korea," sambungnya.

Teriakan Seisi Venue

Super Junior di HallyuPopFest 2019 (Twitter/ SJofficial)

Pernyataan Ryeowook pun sukses membuat seisi venue berteriak. Ia lalu mengajak penonton bersenang-senang selama konser berlangsung.

Setelah Ryeowook, giliran Donghae yang memperkenalkan diri. Sahabat baik Eunhyuk ini sukses membuat penggemar teriak dengan rayuannya.

"Nama saya Donghae. Kalian cantik sekali dan seksi. Semuanya siap bersenang-senang? Anda semua menunggu waktu ini ya? Pokoknya kita bersenang-senang sampai menggila oke?" kata Donghae yang ditutup dengan pemberian flying kiss kepada penonton.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

VIDEO: Aksi Protes Jurnalis Hong Kong, Gunakan Helm Saat Liputan

Posted: 15 Jun 2019 08:00 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Sejumlah jurnalis foto menggunakan perlengkapan keamanan berupa masker dan helm saat mengahdiri konferensi pers kepolisian Hong Kong. Ini bentuk protes mereka terkait aksi kekerasan aparat terhadap pers.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

MotoGP: Hambat Quartararo, Maverick Vinales Kena Penalti

Posted: 15 Jun 2019 07:50 PM PDT

Jakarta Pembalap Monster Yamaha, Maverick Vinales, kena hukuman penalti. Ia dianggap menghambat laju Fabio Quartararo pada kualifikasi kedua MotoGP Catalunya. Alhasil, Vinales harus kehilangan posisi start ketiga.

Dalam kualifikasi yang berlangsung di Sirkuit Catalunya, Sabtu (15/6/2019) siang waktu setempat, Maverick Vinales mencatatkan waktu 1 menit 39,710 detik. Dia terpaut 0,226 detik dari Quartararo yang meraih pole position.

Akan tetapi, pembalap asal Spanyol itu melakukan kesalahan pada menit-menit akhir kualifikasi MotoGP Catalunya. Maverick Vinales yang mengira kualifikasi telah berakhir, mengurangi kecepatan motornya.

Dia pun melambaikan tangan ke arah penonton yang berada di tribune. Namun kenyataannya, Fabio Quartararo masih memiliki putaran terakhir untuk menorehkan waktu tercepat.

Akibatnya, laju Quartararo terhambat dengan adanya Vinales di Tikungan 9. Beruntung, catatan waktu Fabio Quartararo tak mampu dilampaui para pembalap lainnya, termasuk Marc Marquez yang harus puas start dari urutan kedua M.

Dengan adanya insiden tersebut, Maverick Vinales dijatuhi penalti dan akan memulai balapan MotoGP Catalunya, Minggu (16/6/2019), dari urutan keenam.

"Pada 15 Juni 2019 pukul 14.51 selama MotoGP Q2 di GRAN PREMI MONSTER ENERGY DE CATALUNYA, di Tikungan 9 Anda (Maverick Vinales) diketahui mengendarai dengan cara yang tidak bertanggung jawab, karena melambat di jalur balap sehingga mengganggu pembalap lain," bunyi pernyataan resmi FIM.

 

Morbidelli Naik Posisi

Dengan turunnya Maverick Vinales ke posisi enam, Franco Morbidelli dari tim Yamaha Petronas SRT akan menghuni grid ketiga balapan MotoGP Catalunya.

Sementara itu, Valentino Rossi naik ke urutan keempat dan Andrea Dovizioso di peringkat lima.

Sumber: Crash

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Tidak ada komentar: