Kamis, 20 Juni 2019

Liputan6 : RSS2 Feed

Liputan6 : RSS2 Feed


6 Karakter Unggul Pemilik Zodiak Gemini Seperti Jokowi

Posted: 20 Jun 2019 10:06 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Presiden Joko Widodo (Jokowi) genap berusia 58 tahun hari ini, Jumat (21/6/2019). Banyak, begitu banyak, sudah cerita yang terkuak dari lelaki asal Surakarta, Jawa Tengah, tersebut. Berbicara tentangnya juga bisa sangat mungkin dari banyak sisi, tak terkecuali zodiak.

Tanggal lahirnya membuat mantan Gubernur DKI Jakarta ini jadi satu dari sekian banyak pemilik zodiak Gemini. Walau bayangan pemberi harapan palsu sering kali membuntuti Gemini, zodiak ini, seperti yang lain, juga punya keunggulan karakter.

Mereka yang sering kali dilekatkan dengan pembelaan, 'Saya hanya ramah pada semua orang', ini nyatanya merupakan pribadi ramah dengan ragam sifat menyenangkan. Berikut beberapa di antaranya seperti dilansir dari Prepscholar, Jumat (21/6/2019).

Gampang beradaptasi

Easy-going sudah jadi karakter yang hampir bisa ditemukan di setiap pemilik Gemini. Mereka biasanya mau mencoba satu hal aneh, bahkan kurang masuk akal, bagi banyak orang, minimal sekali seumur hidup.

Pribadi ini di sini lain membuat Gemini jadi orang-orang yang gampang beradaptasi dengan ragam situasi. Setiap hari tak selalu jadi hari bahagia dan mereka tidak masalah dengan itu. Segala sesuat dianggap fleksibel membuat mereka percaya pada roda nasib.

Mudah diajak ngobrol

Tak langsung lancar di awal memang, tapi pada dasarnya, Gemini cenderung mudah diajak bicara. Sekali terlibat dalam sebuah percakapan, mereka tak hanya akan basa-basi membicarakan cuaca. Dalam tempo cukup cepat, Anda sangat mungkin terlibat percakapan serius dengan Gemini.

Mereka akan mengucapkan kata-kata yang membuat lawan bicara terasa nyaman. Gestur yang diperlihatkan sepanjang percakapan bakal membuat suasana hangat terbangun. Hati-hati, Anda bisa dibuat terlalu nyaman oleh para Gemini.

Karakter Unggul Para Gemini

Presiden Joko Widodo saat menerima pengurus Asosiasi Pengusaha Indonesia (Apindo) di Istana Merdeka Jakarta, Kamis (13/6/2019). Presiden Jokowi meminta masukan dari Apindo terkait pemerintahan ke depan, salah satunya tentang upaya peningkatan nilai ekspor. (Liputan6.com/Angga Yuniar)

Pintar

Karakter satu ini bisa jadi salah satu alasan berbicara dengan Gemini bisa sangat nyaman. Ya, secara natural, mereka pintar dengan cara masing-masing. Gemini sangat tidak keberatan belajar hal baru untuk menambah daftar kemampuan mereka.

Berpikiran terbuka

Pribadi mereka yang sangat santai dalam menanggapi sebagian hal secara tak langsung membuat para Gemini berpikiran terbuka. Mereka akan mendengarkan lebih dulu jika ada satu hal yang dinilai janggal.

Yang menyenangkan, Gemini akan berusaha untuk memberi penilaian seadil mungkin. Mereka adalah tipe orang yang setuju untuk tidak setuju, bahkan dengan banyak orang. Gemini sering kali nyaman dengan pemikiran mereka dan tak memusingkan perbedaan pendapat dengan orang lain.

Ambisius

Mungkin terdengar seperti kelemahan ya? Tapi, nyatanya ambisius bisa jadi salah satu karakter unggul para Gemini. Pribadi ini membuat mereka bisa jadi roda penggerak, terutama ketika tengah terlibat kerja tim.

Bisa jadi pemimpin

Kualitas-kualitas yang dimiliki membuat Gemini dikatakan punya kemampuan cukup mumpuni untuk jadi pemimpin. Karena secara natural, mereka memang mengayomi dan sedikit sekali menunjukkan keegoisan.

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Gejala Panas Dalam dan Cara Menyembuhkannya Secara Alami

Posted: 20 Jun 2019 10:05 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Gejala panas dalam tak cuma ditandai dari peningkatan suhu tubuh. Panas dalam merupakan istilah yang telah berkembang di masyarakat Indonesia untuk menggambarkan kondisi tubuh yang kurang sehat dengan gejala tertentu. Faktanya, tak ada istilah medis yang menjelaskan definisi dari panas dalam.

Panas dalam sama sekali tidak ada dalam kamus medis. Namun, masyarakat sudah terlanjur mengartikannya sebagai sebuah penyakit. Panas dalam bukanlah penyakit, melainkan gejala dari suatu penyakit. Gejala panas dalam sebenarnya merupakan gejala dari gangguan kesehatan lain yang akan timbul.

Kondisi kelelahan, gangguan pencernaan, gangguan tenggorokan, hingga ketidakseimbangan hormon, bisa ditandai oleh rasa panas di dalam tubuh. Gejala panas dalam biasanya ditandai dengan sakit tenggorokan, sariawan, bibir kering dan pecah-pecah, dan bau mulut.

Meski bukan penyakit, gejala panas dalam bisa mengindikasikan gejala penyakit lain. Dengan mengetahui gejala panas dalam, Anda dapat mengatasi gejala penyakit yang ada sebelum berlanjut lebih parah. Apa saja gejala panas dalam yang dapat dikenali?

Berikut gejala panas dalam yang berhasil Liputan6.com rangkum dari berbagai sumber, Jumat (21/6/2019).

Penyebab panas dalam

Ilustrasi sakit (iStockphoto)

Beberapa faktor dapat menyebabkan suhu tubuh naik hingga menimbulkan panas dalam. Berikut adalah beberapa alasan umum untuk panas dalam:

- Memiliki penyakit radang, seperti infeksi. Penyakit semacam itu dapat menyebabkan Anda mengalami demam, yang merupakan salah satu indikasi bahwa sesuatu yang tidak biasa sedang terjadi dalam tubuh Anda.

- Memiliki kelainan tiroid yang dikenal sebagai hipertiroidisme. Ini menyebabkan tubuh Anda memproduksi terlalu banyak hormon tiroid.

- Menghabiskan waktu dalam cuaca yang sangat panas dan lembab. Terutama jika Anda menghabiskan waktu di bawah sinar matahari langsung atau melakukan aktivitas fisik.

- Mengenakan pakaian sintetis yang ketat. Jenis kain ini memerangkap kelembapan dan tidak mudah bernapas, terutama jika terlalu kencang.

- Makan makanan pedas, berminyak, atau goreng. Selain itu, kacang-kacangan, daging, dan makanan berprotein tinggi lainnya dapat berkontribusi terhadap panas dalam.

- Mengonsumsi minuman dengan kafein atau alkohol.

- Melakukan latihan fisik yang intens. Hal ini dapat menyebabkan peningkatan panas karena otot aktif dan aktivitas sirkulasi darah yang terkait menghasilkan banyak panas.

- Memiliki kondisi medis tertentu yang mempengaruhi suhu tubuh, seperti jenis radang sendi, leukemia, dan gangguan neurologis.

- Mengonsumsi obat yang menyebabkan suhu tubuh tinggi, seperti antibiotik tertentu, opioid, dan antihistamin.

- Sedang dehidrasi. Dehidrasi dapat menurunkan kemampuan tubuh untuk berkeringat untuk mendinginkan dan mendukung suhu normal.

Gejala panas dalam

Ilustrasi Sakit (iStockphoto)

Gejala panas dalam pada setiap orang dapat berbeda. Gejala panas dalam juga bisa muncul karena ketidakseimbangan hormon. Tetapi gejala yang dapat paling umum adalah sebagai berikut:

- Gangguan pada mulut seperti seriawan, bibir pecah-pecah, bau mulut.

- Gangguan pencernaan seperti diare, sembelit dan ambeien.

- Gangguan tenggorokan seperti batuk, sakit tenggorokan, dan tenggorokan kering.

- Tubuh terasa tidak fit seperti bersin-bersin dan badan meriang.

- Gejala lain seperti badan pegal,badan terasa mengeluarkan panas, sensasi terbakar di dada, mimisan, hingga buang air besar disertai darah.

Cara menyembuhkan panas dalam

Ilustrasi makanan (iStockphoto)

Anda mungkin tahu betapa pentingnya untuk melembabkan tubuh dengan air ketika mengalami panas dalam. Ada banyak cara lain untuk menurunkan panas tubuh dengan cepat juga. Metode dan obat rumahan berikut adalah cara mudah dan efektif untuk mengatasi panas dalam:

Air kelapa

Minum air kelapa adalah cara yang bagus untuk menyegarkan tubuh Anda. Vitamin, mineral, dan elektrolit dalam air kelapa menjadikannya cara yang efektif untuk merehidrasi dan memulihkan energi tubuh ketika panas dalam.

Peppermint

Peppermint dikenal dengan sifatnya yang dingin karena kandungan mentol tinggi. Ini membuat orang merasa lebih dingin. Anda bisa membuat teh peppermint panas atau es dan meminumnya sepanjang hari. Walaupun teh panas mungkin membuat Anda merasa lebih panas, minum minuman panas dapat membantu Anda lebih banyak berkeringat dan membantu mendinginkan tubuh.

Makanan yang kaya air

Makan banyak makanan yang mengandung banyak air. Buah-buahan seperti melon, semangka, dan stroberi adalah pilihan yang baik. Cobalah makan banyak sayuran seperti seledri, mentimun, dan kembang kol. Anda bisa makan mengonsumsinya langsung dalam keadaan mentah dalam salad. Atau tambahkan sedikit es dan yogurt ke dalam smoothie yang sehat karena yogurt juga merupakan makanan pendingin.

Lidah buaya

Daun dan gel bagian dalam tanaman penyembuhan ini dapat membantu menurunkan suhu tubuh. Anda bisa mengoleskan gel lidah buaya ke kulit Anda untuk efek pendinginan. Lidah buaya juga dapat dikonsumsi secara internal. Gunakan 2 sendok makan gel lidah buaya segar per cangkir air untuk membuat minuman.

Perhatikan jam makan

Hal ini berlaku terutama bagi orang yang memiliki gangguan asam lambung. Telat makan bisa menimbulkan gangguan pada lambung atau naiknya asam lambung hingga ke daerah dada. Ini yang menyebabkan banyak orang merasa terkena panas dalam.

Perhatikan suhu makanan

Makanan yang terlalu panas atau dingin bisa mengganggu sistem pencernaan. Sistem pencernaan manusia bekerja pada batas suhu tertentu. Panas makanan yang berlebih dapat mengganggu lapisan lendir yang melapisi saluran pencernaan. Makanan yang terlalu dingin juga akan membuat sistem pencernaan mengerut, sehingga mempersulit proses pencernaan.

Cara menyembuhkan panas dalam

Lidah buaya

Daun dan gel bagian dalam tanaman penyembuhan ini dapat membantu menurunkan suhu tubuh. Anda bisa mengoleskan gel lidah buaya ke kulit Anda untuk efek pendinginan. Lidah buaya juga dapat dikonsumsi secara internal. Gunakan 2 sendok makan gel lidah buaya segar per cangkir air untuk membuat minuman.

Perhatikan jam makan

Hal ini berlaku terutama bagi orang yang memiliki gangguan asam lambung. Telat makan bisa menimbulkan gangguan pada lambung atau naiknya asam lambung hingga ke daerah dada. Ini yang menyebabkan banyak orang merasa terkena panas dalam.

Perhatikan suhu makanan

Makanan yang terlalu panas atau dingin bisa mengganggu sistem pencernaan. Sistem pencernaan manusia bekerja pada batas suhu tertentu. Panas makanan yang berlebih dapat mengganggu lapisan lendir yang melapisi saluran pencernaan. Makanan yang terlalu dingin juga akan membuat sistem pencernaan mengerut, sehingga mempersulit proses pencernaan.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

PM Malaysia Bela Rusia Terkait Dakwaan Baru Tragedi MH17

Posted: 20 Jun 2019 10:02 PM PDT

Liputan6.com, Kuala Lumpur - Sehari setelah tim penyelidik internasional di Belanda untuk tragedi Malaysia Airlines MH17 mengumumkan dakwaan terhadap empat pria, Perdana Menteri Malaysia Mahathir Mohammad mendiskreditkan putusan hukum itu dengan menyebutnya "konyol" dan bernuansa "politis."

Tiga orang Rusia dan seorang Ukraina dituduh membawa rudal ke Ukraina timur yang menembak jatuh pesawat Malaysia Airlines MH17 pada 17 Juli 2014. Semua 298 orang di dalamnya tewas --termasuk 12 WNI.

Ketiga pria Rusia yang didakwa memiliki kaitan dengan dinas-dinas intelijen Negeri Beruang Merah, serta dituduh terlibat dalam konflik separatis di Ukraina timur --antara pemberontak yang diduga pro-Rusia melawan tentara pemerintah.

Surat perintah penangkapan internasional telah dikeluarkan untuk keempat tersangka dan kasus pengadilan akan dimulai di Belanda pada 9 Maret 2020.

"Sejak awal, ini menjadi masalah politik tentang bagaimana untuk menuduh Rusia bahwa mereka yang melakukan kesalahan," kata Mahathir, seperti dilansir BBC, Jumat (21/6/2019).

Pemimpin Malaysia yang berusia 93 tahun itu terus mempertanyakan bukti tentang dugaan keterlibatan Rusia, bersikeras "sejauh ini, tidak ada bukti, (semua itu) hanya kabar angin."

Sejumlah orang menghadiri pembukaan taman yang didedikasikan untuk para korban pesawat MH17 di Vijhuizen, Belanda, Senin (17/7). Taman itu terdiri atas 298 pohon, mewakili setiap penumpang dan kru yang tewas dalam pesawat naas itu (Frank van Beek/ANP/AFP)

Ketika ditanya apakah reaksinya yang membela Rusia ada hubungannya dengan ekspor minyak sawit Malaysia ke Negeri Beruang Merah, PM Mahathir mengatakan "tidak."

Sawit merupakan komoditas ekspor andalan Malaysia, dengan Rusia sebagai salah satu pasar utama.

Presiden Rusia Vladimir Putin juga menolak dakwaan tim penyelidik yang mengumumkan hasil temuan mereka seputar MH17 pada Kamis 20 Juni 2019.

Malaysia sendiri merupakan bagian dari tim investigasi gabungan yang dipimpin Belanda (JIT), yang telah bekerja pada penyelidikan kriminal selama bertahun-tahun.

Di sisi lain, sebuah pernyataan dari kementerian luar negeri Malaysia mengatakan, pihaknya tetap berkomitmen pada proses penyelidikan dan hukum yang berlaku.

Tanggapan Belanda

Sesampainya di KTT Uni Eropa di Brussels, Perdana Menteri Belanda Mark Rutte mengkritik pernyataan PM Malaysia dan mengatakan bahwa Kemlu Belanda telah berhubungan dengan rekan-rekannya di Kuala Lumpur.

"Saya bisa membayangkan kerabat akan secara alami sangat kecewa dengan hal itu dan itu juga menyebabkan kebingungan," katanya kepada wartawan.

Ilustrasi MH17 terbakar (Liputan6.com/Sangaji)

Siapa Keempat Tersangka yang Didakwa?

(1) Igor Girkin alias Strelkov, eks kolonel di badan intelijen dan keamanan domestik Rusia (FSB) --kata menurut jaksa penuntut di Belanda.

Girkin memiliki gelar sebagai menteri pertahanan di kota Donetsk, Ukraina timur yang dikuasai pemberontak.

Pria itu, yang juga diyakini sebagai perwira militer tertinggi di Donetsk, diduga melakukan kontak langsung dengan Federasi Rusia.

Dalam sebuah pernyataan, Girkin membantah keterlibatan.

(2) Sergei Dubinsky alias Khmury, dipekerjakan oleh badan intelijen militer Rusia (GRU), tangan kanan Girkin dan kerap berkontak reguler dengan Rusia.

(3) Oleg Pulatov alias Giurza, eks unit pasukan khusus GRU dan wakil kepala dinas intelijen di Donetsk.

(4) Leonid Kharchenko, WN Ukraina. Tak memiliki latar belakang militer tetapi memimpin unit tempur di Ukraina timur.

"Para tersangka ini tampaknya telah memainkan peran penting dalam kematian 298 warga sipil tak berdosa", kata kepala jaksa Belanda, Fred Westerbeke.

"Meskipun mereka tidak menekan tombolnya sendiri, kami mencurigai mereka melakukan kerja sama yang erat untuk mendapatkan (peluncur rudal) di tempat itu (Donetsk), dengan tujuan untuk menembak jatuh sebuah pesawat."

Bantahan Rusia

Bendera setengah tiang terpasang sebelum pembukaan taman untuk mengenang para korban pesawat MH17 di Vijhuizen, Belanda, Senin (17/7). Taman itu terdiri atas 298 pohon, mewakili penumpang dan kru yang tewas dalam pesawat naas itu (Frank van Beek/ANP/AFP)

Rusia bersikeras bahwa tidak ada bukti nyata untuk mendukung tuduhan bahwa rudal itu berasal dari wilayahnya atau bahwa pejabat Rusia telah terlibat dalam kampanye separatis melawan pasukan Ukraina.

Tetapi para penyelidik mengatakan bahwa mereka berhasil membuktikan rudal anti-pesawat Buk (produksi Rusia) yang menjatuhkan MH17. Rudal itu diangkut ke Ukraina timur dari brigade militer Rusia ke-53 yang berbasis di Kursk.

Para penyelidik juga merilis audio panggilan telepon yang disadap enam hari sebelum kecelakaan. Panggilan itu menunjukkan komunikasi antara Vladislav Surkov, seorang pembantu utama Presiden Putin, dengan mantan kepala kelompok pemberontak Republik Donetsk, Alexander Borodai. Keduanya membahas suplai senjata Rusia ke Donetsk.

Penyadapan lain yang terpisah, kata para penyelidik, menampilkan Igor Girkin memohon materi pertahanan anti-pesawat dari Sergei Aksenov, pemimpin Rusia di Krimea yang baru-baru ini dianeksasi.

Penyelidik mengatakan mereka ingin tahu siapa yang terlibat dalam pengambilan keputusan di Rusia, terutama yang memutuskan peluncur rudal Buk akan dikirim ke Ukraina dan siapa yang akan membawanya.

Seorang pakar militer Rusia mengatakan kepada kantor berita Tass bahwa ketika permusuhan "sedang berlangsung", Vladislav Surkov tidak pernah berbicara melalui telepon dengan para pemimpin separatis di Ukraina timur untuk alasan keamanan.

Sekilas Tragedi MH17

Seremoni memorial tragedi pesawat Malaysia Airlines MH 17 di Ukraina (AFP)

Penerbangan komersial relasi Amsterdam - Kuala Lumpur itu jatuh saat melintasi Ukraina timur yang tengah dilanda pemberontakan bersenjata.

Jet penumpang meninggalkan Bandara Schiphol Amsterdam pukul 10:15 GMT pada 17 Juli 2014 dan dijadwalkan tiba di Kuala Lumpur di Malaysia pada hari berikutnya.

Beberapa jam setelah lepas landas, pesawat kehilangan kontak dengan kontrol lalu lintas udara sekitar 50 kilometer dari perbatasan Rusia-Ukraina.

Pada saat itu, konflik bersenjata berkecamuk di tanah di timur Ukraina antara separatis yang didukung Rusia dan pasukan pemerintah Ukraina, dan beberapa pesawat militer pemerintah telah jatuh dalam minggu-minggu sebelumnya, sementara serangan udara pemerintah sedang dilakukan pada pemberontak.

MH17 jatuh di wilayah Donetsk, di wilayah yang dikuasai oleh separatis. Sebagian puing-puing itu ditemukan tersebar di area seluas sekitar 50 km persegi.

Pada Oktober 2015, Dewan Keamanan Belanda menyimpulkan pesawat itu ditabrak oleh rudal Buk (buatan Rusia), menyebabkannya meledak di udara.

JIT - yang mencakup pejabat dari Belanda, Australia, Belgia, Malaysia, dan Ukraina - menyimpulkan pada Mei 2018 bahwa sistem rudal itu milik brigade Rudal Anti-Pesawat ke-53, yang berpusat di kota Kursk, Rusia barat. Ini menghasilkan bukti yang dikatakan membuktikan bagaimana sistem rudal telah mencapai Ukraina timur.

Telunjuk mengarah pada Rusia, yang dituduh menyuplai senjata kepada kelompok pemberontak yang melawan pasukan pemerintah Ukraina.

Namun, Moskow konsisten membantah tuduhan --baik yang tersirat maupun langsung-- terhadap militernya, menyangkal bahwa hal tersebut "sangat minim bukti."

Simak video pilihan berikut:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Dendam Asmara di Balik Temuan Jasad Wanita Nyaris Tanpa Busana

Posted: 20 Jun 2019 10:00 PM PDT

Liputan6.com, Purbalingga - Dusun Pagerjirak, Desa Kejobong, Kecamatan Kejobong, Purbalingga yang biasanya adem ayem mendadak riuh oleh temuan jenazah wanita diduga korban pembunuhan, Kamis pagi (30/5/2019). Jasad wanita itu ditemukan nyaris tanpa busana alias telanjang.

Belakangan diketahui, jenazah ini tak lain wanita berinisial SS (45), yang juga warga setempat. Warga menemukan jenazah SS tertutup dedaunan kering tak jauh dari sumber mata air.

Sebelumnya, sudah satu hari SS tak kunjung pulang ke rumah. Keluarga dibantu warga mencarinya dan akhirnya menemukan SS, yang sayangnya, dalam kondisi tak bernyawa.

"Bermula dari ember dan gayung yang tercecer, warga menelusuri kemungkinan keberadaan korban, dia ditemukan sudah tidak bernyawa," kata Kepala Satreskrim Polres Purbalingga, Kamis (20/6/2019).

Temuan jenazah wanita nyaris tanpa busana ini pun dilaporkan ke Polres Purbalingga. Dari hasil visum dan sejumlah barang bukti, Polisi menduga kematiannya karena pembunuhan.

Tak butuh waktu lama, polisi langsung meringkus Ikhwan Suryanto (45) yang masih tetangga dan juga terhitung kerabat korban.

"Motif pembunuhan karena sakit hati akibat sering dimarahi korban dan sejumlah alasan lainnya sehingga ia nekat membunuh korban saat mencuci baju di belik," katanya..

Penyidikan Polisi tidak berhenti disitu. Soalnya, alasan sakit hati terlihat mengada-ada. Tersangka terus dicecar pertanyaan hingga akhirnya mengakui musabab tega membunuh korban.

 

Dendam Asmara

Reka ulang adegan pembunuhan wanita di Dusun Pagerjirak, Desa Kejobong Kecamatan Kejobong, Purbalingga. (Foto: Liputan6.com/Polres Purbalingga/Galoeh Widura)

Ternyata, ada dendam asmara yang melatarbelakangi pembunuhan itu, sampai-sampai tersangka menyetubuhi jenazah korban setelah membunuhnya.

Tersangka mengaku memiliki hubungan khusus dengan korban. Namun, korban sudah berkeluarga. Cintanya bertepuk sebelah tangan.

Menanggung dendam kesumat asmara, tersangka gelap mata. Ia tega menghilangkan nyawa dan mencabulinya.

Rabu, 19 Juni 2019 Satreskrim Polres Purbalingga menggelar reka ulang kasus pembunuhan. Tersangka memperagakan 30 adegan dimulai dari rumah hingga tempat kejadian perkara.

Tangis keluarga dan hiruk pikuk kemarahan yang tertahan mewarnai reka ulang adegan ini. Anak-anak korban, keluarga dan sanak tetangga berkerumun di tempat itu.

Terungkap, di belik itu, korban menganiaya korban. Usai korban tak berdaya ia menggotong tubuh korban, menyingkir dari belik.

"Setelah itu, tersangka membawa korban masuk ke kebun bambu. Di cekungan tanah, dia membaringkan korban," ucap Willy.

Di sini lah aksi bejat tersangka terjadi. Ia mencabuli tubuh korban yang tak berdaya. Usai itu, ia hanya menutupi tubuh korban dengan rerumputan kering.

"Kami masih terus dalami kasus ini, ada kemungkinan pembunuhan tersebut sudah direncanakan, sebab korban dan pelaku sudah lama menjalin hubungan khusus," Willy menjelaskan.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Jokowi Ulang Tahun ke-58, Begini Ucapan dan Doa Warganet

Posted: 20 Jun 2019 10:00 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Presiden Republik Indonesia, Joko Widodo atau Jokowi, tepat hari ini, Jumat (21/6/2019), berulang tahun yang ke-58.

Jokowi lahir di Surakarta, Jawa Tengah, 21 Juni 1961 dari pasangan Noto Mihardjo dan Sujiatmi Notomiharjo. Dirinya mengawali karier politik sebagai Walikota Solo pada tahun 2005.

Tak berhenti di situ, dirinya berhasil menduduki kursi Gubernur DKI Jakarta tahun 2012. Berhasil mendapat hati rakyat, Jokowi memenangkan Pilpres 2014 dan menjadi Presiden RI hingga saat ini.

Tentu saja kabar hari ulang tahun Jokowi mencuri perhatian publik dari berbagai kalangan. Tagar #HBDJokowi bahkan menjadi trending topic teratas Twitter kawasan Indonesia. Warganet pun memberikan beragam ucapan selamat serta doa kepada Presiden RI ke-7 itu.

Berikut doa dan harapan warganet di ulang tahun Jokowi ke-58, seperti merangkum dari Twitter.

Doa dan Harapan Warganet

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Juventus Masih Cinta Pogba

Posted: 20 Jun 2019 10:00 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Juventus termasuk salah satu klub yang mengincar gelandang Manchester United Paul Pogba. Kabar tersebut tak dibantah, I Bianconeri justru makin memanaskan kabar kepindahan Pogba.

Pogba konon sedang tidak betah di MU. Pria Prancis itu meminta dijual pada bursa transfer musim panas ini. Pemain 26 tahun itu diminati Juventus dan Real Madrid. Pogba belum lama ini menyatakan membuka kemungkinan pindah dari Old Trafford. 

Pekan lalu mencuat kabar di Italia bila Pogba bersedia kembali bermain bersama Juventus. Pogba diklaim lebih mempriotiaskan ke Juventus ketimbang Real Madrid.

Usai memperkenalkan pelatih baru Maurizio Sarri, direktur olahraga Juventus Fabio Paratici tak membantah isu kembali Pogba. Dia mengakui Juventus masih mencintai Pogba.

"Pogba bermain bersama MU, kami masih sangat mencintainya karena dia pernah bermain di sini selama beberapa musim," ujar Paratici seperti diberitakan Sportsmole.

 

Empat Musim

Paul Pogba  (AFP/Marco Bertorello)

"Dia tumbuh pesat disini dan menjadi juara dunia, jadi dia pastinya akan memberi kami banyak tapi dia masih pemain MU," tegas Paratici.

Pogba memang pernah bermain di Juventus selama empat musim dari 2012 hingga 2016. Karena berkembang pesat, MU memutuskan membelinya kembali senilai 89 juta pound. Saat itu Pogba memecahkan rekor transfer termahal.

Klasemen Liga Italia

 

 

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Stok Menipis, Harga Cabai Merah Naik Rp 10 ribu per Kg

Posted: 20 Jun 2019 10:00 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Meskipun harga beberapa komoditas pangan seperti daging ayam, daging sapi dan telur mulai kembali normal, namun tidak berlaku bagi cabai merah.

Saat ini harga cabai merah terpantau melonjak cukup signifikan mencapai Rp 10 ribu per kilogram (kg).

Hal ini diungkapkan oleh Ali (35) salah satu pedagang cabai yang ada di pasar Pondok Gede, Bekasi. Saat ini, ia mengaku menjual cabai merah Rp 60 ribu per kg dari sebelumnya Rp 50 ribu per kg.

"Baru hari ini naik Rp 10 ribu per kg," ujar Ali pada Liputan6.com, Jumat (21/6/2019).

Selain Ali, bahkan ada pedagang lainnya yang mengaku menjual cabai merah hingga Rp 70 ribu per kg yaitu Johan (25).

"Pedagangnya disana masih pada libur mba, jadi barangnya menipis, terus pedagang disananya jadi pada mentung harganya" ujar Johan.

Sementara itu, harga bawang merah dan putih terpantau cenderung stabil. Hari ini, harga bawang merah terpantau dijual berkisar Rp 38 ribu per kg. Sedangkan, harga bawang putih Rp 46 ribu per kg.

Meskipun belum turun, namun saat ini harga tomat cenderung masih stabil dikisaran Rp 18 ribu per kg. Meskipun cabai dan tomat masih tinggi, namun harga komoditas sayuran lainnya masih terpantau stabil.

Kembali Normal, Harga Ayam Dipatok Rp 35 Ribu per Kg

Pembeli membeli daging ayam di pasar, Jakarta, Jumat (6/10). Dari data BPS inflasi pada September 2017 sebesar 0,13 persen. Angka tersebut mengalami kenaikan signifikan karena sebelumnya di Agustus 2017 deflasi 0,07 persen. (Liputan6.com/Angga Yuniar)

Harga daging ayam sudah kembali normal usai libur Lebaran 1440 H. Jika sebelumnya harga ayam sempat menyentuh Rp 45 ribu per kilogram (kg), kali ini sudah menyentuh Rp 35 ribu per kg.

"Sekarang harga Rp 35-38 ribu. Kalau yang beli umpama ditawar Rp 35 ribu sekilo ya dikasih," ujar Ani Hastuti (59) kepada Liputan6.com di Pasar Slipi, Jakarta Barat, Senin (17/6/2019).

Bagian fillet dijual Rp 50 ribu, dan harga paha mengikuti harga fillet. Ceker dijual Rp 20 ribu, ati ampel antara Rp 2.000 sampai Rp 2.500, dan kepala ayam dijual Rp 5.000 untuk tujuh atau delapan potong.

Ani mengaku penjualannya hari ini sedang laku. Daging ayam potong di lapaknya pun sudah tinggal sedikit.

Pedagang lain, Merie (58) menyebut sama menjual dengan harga Rp 35-38 ribu per kg. Harga sayap dan dada ayam juga dijual dengan harga tersebut. Sementara, fillet ia jual Rp 50 ribu.

Merie pun menegaskan bahwa harga daging ayam sudah cenderung turun sehabis Lebaran 1440 H. Sebelumnya, harga ayam perlahan naik ketika musim bulan puasa.

"Agak turun, kalau Lebaran kan Rp 45 ribu. Sayap dan dada juga sama. Kecuali fillet Rp 50 ribu," ujar Merie.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

VIDEO: Musim Kemarau, Warga Tegal Konsumsi Air Sungai Kotor

Posted: 20 Jun 2019 10:00 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Warga Tegal terpaksa mengkonsumsi air sungai yang kotor karena tidak adanya pasokan air bersih. Hal ini disebabkan datangnya musim kemarau.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Peta Kepadatan Populasi Besutan Facebook Beri Kemudahan Pelayanan Kesehatan

Posted: 20 Jun 2019 10:00 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Upaya memberikan pendampingan bagi masyarakat yang membutuhkan yang dilakukan organisasi bidang kesehatan terbantu berkat adanya peta kepadatan populasi besutan Facebook. Peta beresolusi tinggi yang dimotori oleh teknologi artificial intelligence (AI) bisa memberikan kemudahan organisasi kesehatan memberikan pelayanan kesehatan.

Cakupan peta kepadatan populasi ini menyasar penduduk kawasan Asia Pasifik. Peta kepadatan populasi beresolusi tinggi akan menunjukkan estimasi jumlah penduduk dalam jarak 30 meter, termasuk jumlah anak-anak di bawahusia lima tahun, jumlah perempuan pada usia produktif, dan informasi demografis lainnya.

"Peta kepadatan populasi Facebook dapat meningkatkan kinerja lembaga non-profit, termasuk kinerja peneliti dan bagaimana kebijakan dikembangkan," ucap John Wagner, juru bicara untuk Facebook Indonesia, sebagaimana keterangan rilis kepada Health Liputan6.com, ditulis Jumat (21/6/2019).

Contoh peta kepadatan populasi menunjukkan, distribusi jumlah penduduk usia tua (di atas 60 tahun) di Jepang. Peta dihasilkan dari kombinasi antara gambar satelit dan data sensus. 

"Peta dari Facebook ini sangat bermanfaat bagi organisasi kesehatan ketika melakukan pelayanan dan edukasi tentang kondisi penyakit kronis dan tantangan lain yang dihadapi populasi yang menua," lanjut John.

 

Gambar peta kepadatan Facebook demografis penduduk di Jepang. (Dok Facebook Indonesia)

Edukasi Kehamilan dan KB

Gambar demografis Korea Selatan. (Dok Facebook Indonesia)

Ada juga contoh peta kepadatan populasi Australia. Gambar tersebut menunjukkan, distribusi jumlah penduduk perempuan usia produktif (15-49 tahun), yang dihasilkan dari kombinasi gambar satelit dan data sensus. Peta ini sangat bermanfaat bagi organisasi kesehatan ketika melakukan pelayanan dan edukasi tentang kehamilan atau keluarga berencana.

Serupa dengan Australia, peta AI Korea Selatan juga menunjukkan distribusi jumlah penduduk perempuan di Korea, yang dihasilkan dari kombinasi gambar satelit dan data sensus.  Selain edukasi pelayanan kesehatan, organisasi non profit yang berfokus pada pemberdayaan perempuan atau program pinjaman juga menargetkan perempuan wirausaha.

Untuk Indonesia, peta  menunjukkan distribusi jumlah penduduk laki-laki di Indonesia, dihasilkan dari kombinasi antara gambar satelit dan data sensus.

Sistem pemindaian komputer menguji 725 juta gambar satuan untuk menentukan apakah di dalam peta terdapat gambar gedung. Tim menemukan sekitar 28 juta gambar lokasi gedungatau bangunan hanya dalam beberapa hari. Data populasi ini sangat dibutukan bidang kesehatan.

"Sejak saya memulai karir bidang kemanusiaan di Peace Corps hingga beberapa minggu lalu saya berbicara dengan para ahli di World Health Assembly 2019 di Jenewa, kebutuhan yang utama saat ini adalah data populasi yang akurat," jelas Manajer Penelitian Facebook, Alex Pompe.

Diklaim Peta Paling Akurat

Gambar demografis Australia. (Dok Facebook Indonesia)

Facebook bekerja sama dengan pusat penelitian dan organisasi non-profit memanfaatkan big data dan AI guna mengatasi permasalahan dan tantangan sosial, kesehatan, dan infrastruktur di Asia, serta mempercepat pencapaian tujuan pembangunan berkelanjutan (Sustainable Development Goals). 

Facebook menerapkan kekuatan pemrosesan komputer, keterampilan olah data yang mumpuni dan keahlian AI untuk menciptakan peta populasi lokal yang paling detail dan akurat di dunia. 

Facebook juga bekerja sama dengan Center for International Earth Science Information Network dari Columbia University untuk memastikan bahwa upaya ini menggunakan data administratif yang terkini dari seluruh negara yang terlibat.

Kombinasi seluruh data yang tersedia di publik dengan kemampuan teknologi AI, Facebook mampu menciptakan peta populasi yang tiga kali lebih detail dibandingkan sumber lainnya. 

Memanfaatkan kemampuan machine learning, Facebook mulai mengembangkan peta kepadatan populasi sebagai alat untuk mendukung konektivitas di seluruh dunia. 

"Peta populasi dari Facebook sangat mendukung Humanitarian OpenStreetMap dan misi Missing Maps dalam memetakan area-area yang beresiko tinggi dalam peta," kata Direktur Eksekutif Humanitarian OneStreetMap, Tyler Radford. "Peta dari Facebook membantu kami untuk memfokuskan tenaga dan waktu relawan di tempat-tempat yang membutuhkan."

Simak Video Menarik Berikut Ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

7 Tahun Menjanda, Terry Putri Diam-Diam Punya Pacar Baru

Posted: 20 Jun 2019 10:00 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Tak terasa Terry Putri sudah tujuh tahun hidup sendiri. Usai bercerai dari Rully Johan pada Februari 2012, Terry Putri belum juga memiliki pendamping baru.

Dan rupanya saat ini bintang film Jangan Menangis Sinar itu sudah menemukan tambatan hati baru. Sayangnya, Terry Putri enggan membeberkan identitas dari pria beruntung tersebut. Meskipun begitu, ada beberapa clue yang dibeberkan oleh wanita berusia 39 tahun ini mengenai sang pacar. Dia bukan seorang artis.

"Doain saja. Aku enggak berani (sesumbar), takut enggak jadi. Dia bukan artis, seseorang yang nyaman dan menenangkan, sudah kenal lama," ujar Terry Putri di kawasan Kemang, Jakarta Selatan, baru-baru ini.

Terry Putri dan sang pacar sudah sering membicarakan mengenai rencana pernikahan. Namun karena satu alasan dan lainnya, hal itu masih belum terwujud juga hingga saat ini. Terry pun mengaku tak terlalu terburu-buru untuk segera nikah lagi.

"Bertahun-tahun lalu sudah omongin ke sana (nikah), tapi ke sana-ke sini, ya sudah kita gitu-gitu saja. Kalau bisa dipercepat ya dipercepat. Sama-sama sudah berumur, tunggu apa lagi, daripada dosa," sambungnya.

"Dipersiapkan aja dulu. Kalau sudah ada waktu dan tanggalnya, semua sudah pas, sudah siap. Yang pasti apapun itu, aku melibatkan orang terdekat, tempat terbaik dan ya sama orang terpercaya," papar Terry.

Lebih Selektif

Terry Putri © Kapanlagi.com/Agus Apriyanto

Sebagai sosok yang pernah gagal dalam berumah tangga, tentunya Terry tak ingin jatuh ke lubang yang sama. Karenanya wanita kelahiran Banjarmasin itu kini jadi lebih hati-hati dalam mengambil keputusan.

"Lamaran belum. Aku sudah pernah gagal, proses itu bukan enggak penting, yang penting keyakinan dulu. Ya enggak yakin 100 persen pasti dalam hubungan itu. Pasti ada-lah kayak gini dan gitu," pungkasnya. (Guntur Merdekawan/Kapanlagi.com)

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

4 Konverter PDF ke JPG Online Gratis Terbaik

Posted: 20 Jun 2019 10:00 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Kamu pasti pernah menggunakan PDF untuk berbagi dokumen karena mudah digunakan dan diakses. Menggunakan PDF merupakan pilihan tepat, tetapi ada beberapa komputer yang tidak mendukung aplikasi konverter dari PDF ke JPG.

Maka dari itu banyak yang menggunakan tool online untuk mengonversi PDF ke JPG. Perlu kamu ketahui bahwa ketika kamu mengonversi dokumen PDF ke JPG, prosesnya tidak dapat dibatalkan. Jadi disarankan untuk menyimpan salinan aslinya.

Terdapat empat konverter PDF ke JPG terbaik yang bisa kamu pakai. Dilansir Tekno Liputan6.com dari Systweak, Jumat (21/6/2019), berikut di antaranya.

1. PDF2JPG.net

PDF2JPG.net merupakan salah satu situs web yang menyediakan konversi gratis dari PDF ke JPG. Tidak memerlukan prosedur yang sulit untuk masuk ke dalam web ini, hanya membuka web kamu bisa langsung mengaksesnya.

Apa saja yang perlu kamu lakukan untuk mengubah PDF ke format JPG? Mari kita lihat.

Pertama, kamu harus membuka situs web. Pada halaman beranda kamu akan menemukan tulisan PDF, lalu klik tulisan tersebut.

Pilih file yang ingin kamu ubah dari PDF ke JPG. Ketika kamu melihat file diunggah, kamu dapat mengklik tombol Convert PDF to JPG.

Mengonversi file tidak memerlukan waktu yang lama, web ini memberikan pilihan untuk mengunduh file-nya dalam bentuk zip atau terpisah.

 

2. PDFtojpg.me

PDFtojpg.me. Dok: systweak.com

PDFtojpg.me bisa menjadi pilihan untuk mengonversi file kamu secara gratis. Perbedaan dengan web PDF2JPG.net adalah di sini kamu dapat menentukan jumlah halaman, mengedit format gambar dan menambahkan warna di latar belakang.

Di sini kamu dapat mengunggah file dengan ukuran sebesar 50 MB setara dengan 3000 halaman.

3. PdftoImage

Web ini bisa menjadi solusi untuk mengoptimalkan konversi PDF ke JPG, dan membantu mempermudah penggunanya.

Kamu dapat mengonversi sejumlah file dalam waktu bersamaan, dan untuk ukuran bisa sampai 50 MB.

Untuk menggunakannya, kamu hanya perlu buka situs web-nya dan klik Unggah file. Pilih file yang ingin diubah, lalu kamu dapat mengonversikannya sekaligus.

Ketika file sedang diunggah, PdftoImage akan langsung mengonversikannya.

 

4. SmallPDF

SmallPDF. Dok: systweak.com

Situs web terbaik keempat ini untuk mengonversikan PDF ke JPG di Windows. Sebelumnya kamu dapat memeriksa tools yang berkaitan dengan PDF seperti mengedit, membagikan, menggabungkan, dan menghapus halaman.

Prosesnya sederhana. Kamu cukup membuka SmallPDF dan mengunggah file PDF melalui akun Google Drive dan OneDrive kamu.

Setelah mengunggah file, kamu akan diberikan dua pilihan untuk mengonversi. Pilihan pertama, kamu dapat mengonversi seluruh halaman dalam format JPG. Pilihan kedua, kamu bisa menyimpan gambar atau dokumen secara terpisah.

Kamu perlu mengklik salah satu pilihan tersebut dan akan menampilkan gambar yang ingin dikonversi.

Kamu juga bisa mengunduh file dari komputer, membagikan tautan melalui surat, dan menyimpannya di Dropbox atau Google Drive.

(Linda Fahira Putri/Isk)

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Alami Kecelakaan Tragis, Begini Perjuangan Hidup Pria Berotak Setengah

Posted: 20 Jun 2019 09:55 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Tak semua orang yang mengalami kecelakaan tragis bisa selamat dan bertahan hidup. Kecelakaan tragis sebagian besar bisa menyebabkan kematian ataupun mengalami kekurangan jika bisa bertahan hidup.

Seperti yang dialami oleh pria bernama Takalah Tan yang alami kecelakaan tragis namun masih selamat. Namanya baru-baru ini viral lantaran kisahnya diceritakan dalam media sosial oleh salah satu netizen Twitter @SP1DERBOI.

Takalah Tan adalah seorang pria asal Singapura yang alami kecelakaan sepeda motor pada masa mudanya di tahun 1994. Akibat kecelakaan tragis yang terjadi, Takalah terlempar sejauh 70 meter dari jalur paling kanan ke bagian kiri jalan.

Dirinya pun alami banyak cedera, terutama bagian kepala dan isinya. Kisah yang dibagikan, Rabu (18/6/2019) ini mendapat 83,7 ribu retweet dan 189 ribu like sampai berita ini diterbitkan.

Berikut kisah perjuangan hidup pria berotak setengah akibat kecelakaan tragis yang Liputan6.com lansir dari berbagai sumber, Jumat (21/6/2019).

Takalah muda saat di puncak karier sebelum kecelakaan

Takalah Tan muda sebelum kecelakaan (Sumber: social.shorthand)

Takalah Tan pada usia yang masih terbilang muda dirinya sudah memiliki banyak sekali pencapaian untuk seorang yang berada di usianya. Dirinya adalah seorang perwira komando elit pada masa dinasnya, seorang juara tinju ringan, seorang atlet triatlon, penyelam, dan bungee-jumper semuanya disabet.

Pada usia 24 tahun, Takalah memiliki karier yang menjanjikan. Dirinya diterima di sebuah perusahaan multinasional di Singapura dan terpilih sebagai 2 orang dari 7000 pelamar pada tahun 1994.

Dari semua prestasi yang ia miliki dan sebuah jaminan karier yang sudah di tangan, namun mengalami nasib naas. Dirinya yang kala itu sedang mengendarai sepeda motor satu minggu sebelum masuk kerja, malah alami sebuah kecelakaan motor tragis yang membuat 180 derajat hidupnya berubah.

Kecelakaan tragis tiba-tiba menimpanya

Kecelakaan tragis (Sumber: social.shorthand)

Kecelakaan tragis ini dialaminya pada 24 Mei 1994. Kecelakaan yang dialaminya, membuatnya Takalah terlempar sejauh 70 meter dari jalur paling kanan ke jalur kiri jalan. Dirinya pun alami banyak cidera dan luka serius.

"Saya menderita cedera kepala parah, amnesia permanen, dan kebutaan di mata kiri saya. Tiga tulang rusuk kanan saya patah. Bahu saya terkilir dan tulang kering kanan saya memendek 1.5 inci. Dokter bedah saya memberi tahu saya bahwa pada satu tahap, demam saya mencapai 46 ° C dan saya memiliki peluang 0,1 persen untuk bertahan hidup. Saat diselamatkan, saya kehilangan sepertiga dari darah saya. Berkat ketersediaan darah yang disumbangkan, saya selamat!"

Takalah dan keluarganya mengalami sebuah cobaan berat akibat insiden ini. Tiga bulan kemudian ayah tercintanya meninggal karena serangan jantung.

Pria ini yakin ayahnya telah meninggal akibat mengabaikan pengobatannya, karena mahalnya biaya operasi yang harus dibayar. Ini adalah titik terendah Takalah dan dia bahkan berpikir untuk bunuh diri.

"Aku merasa ayahku seharusnya tidak mengabaikan janji pintas hatinya untukku. Ketika aku mengetahuinya sekitar setengah tahun setelah ayahku meninggal, aku berpikir untuk bunuh diri."

Beberapa bulan kemudian, ia menemukan kekuatan batin untuk mengubah pikiran negatif menjadi positif.

"Saya mengatakan pada diri sendiri bahwa ayah saya meninggal untuk membayar utang saya, jadi saya harus terus memperbaiki diri," ungkapnya.

Jalan panjang proses pemulihan diri Takalah

Cerita netizen dari Takalah Tan terhadap dirinya (Sumber: social.shorthand)

Seperti halnya kecelakaan yang mengerikan, kisah pemulihan Takalah adalah sebuah kisah yang cukup mengharukan. Dengan segala keterbatasan, Takalah berusaha untuk kembali menggapai apa yang pernah ia miliki.

Ada prosedur yang dia lalui untuk menghilangkan darah beku yang menekan antara tengkorak dan otaknya. Menjalani operasi dan rekonstruksi di wajahnya, dan bahkan prosedur pemanjangan tulang kering. Takalah juga harus belajar kembali cara berbicara, karena kecelakaan itu mengakibatkan dia lupa berbicara. 

Dirinya pun menceritakan kepada @SP1DERBOI bahwa dirinya hanya miliki setengah otaknya yang berfungsi.

 

Cerita netizen dari Takalah Tan terhadap dirinya (Sumber: social.shorthand)

Dia menganggap dirinya beruntung bahwa dia memiliki teman dan kerabat yang tidak pernah menyerah padanya. Namun, dia harus mempelajari kembali semua yang dia tahu.

"Saya harus tumbuh melalui zaman yang berbeda lagi, dan melakukannya dengan sangat cepat. Saya harus belajar tentang hidup saya sebelum kecelakaan. Dari jumlah trofi di kabinet saya, saya belajar bahwa dulu saya sangat aktif dalam olahraga. " ungkapnya

 

Menjadi suar yang menyala

Cerita netizen dari Takalah Tan terhadap dirinya (Sumber: social.shorthand)

Enam bulan setelah kecelakaan itu, ia mulai bekerja, mulai sebagai pembersih, asisten warung makan, staf administrasi, guru sekolah dasar dan call center. Sayangnya, dia tidak dapat menahan pekerjaan karena ingatannya yang buruk.

Sesuai dengan namanya 'Takalah' ('tidak bisa kalah' dalam bahasa Melayu) yang ia adopsi pada tahun 1984 untuk menulis kepada teman-teman pena, ia tidak menyerah. Pada tahun 2003, Takalah melanjutkan untuk mengejar gelar Pascasarjana Diploma dalam Ilmu Kesehatan Akuisisi Cedera Otak di Universitas La Trobe di Melbourne dan ditampilkan dalam media publisitas Pekan Pemikiran Cedera Otak Victoria selama dua tahun.

Melansir dari Palang Merah Singapura, Tan mengatakan  "Saya berkata pada diri sendiri bahwa ayah saya meninggal untuk membayar hutang saya, jadi saya harus terus meningkatkan diri saya, untuk selanjutnya menjadi 'Suar menyala di perairan' - untuk membawa orang ke pantai yang lebih aman. "

Meskipun berjuang melalui beberapa pekerjaan pertamanya, terutama karena ingatannya yang buruk, Tan akhirnya beranjak naik mengatasi kesulitan ini juga.

Tan akan mendapatkan gelar Master Kesehatan Masyarakat sehubungan dengan cedera otak, dan diploma pasca sarjana dalam pendidikan. Kini pun Takalah menjadi seorang motivator yang sangat terkenal

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

FOTO: Saksi Pertama dari Tim Hukum Jokowi Bersaksi di Sidang Sengketa Pilpres

Posted: 20 Jun 2019 09:53 PM PDT

Empat orang saksi disumpah sebelum memberikan kesaksian selama sidang lanjutan sengketa Pilpres 2019 di Gedung MK, Jakarta, Jumat (21/6/2019). Dalam sidang ini Tim hukum Jokowi menghadirkan empat orang saksi, Candra Irawan menjadi saksi yang pertama dalam persidangan. (Liputan6.com/Johan Tallo)

Empat orang saksi disumpah sebelum memberikan kesaksian selama sidang lanjutan sengketa Pilpres 2019 di Gedung MK, Jakarta, Jumat (21/6/2019). Dalam sidang ini Tim hukum Jokowi menghadirkan empat orang saksi, Candra Irawan menjadi saksi yang pertama dalam persidangan. (Liputan6.com/Johan Tallo)

Saksi Tim Hukum Jokowi, Candra Irawan bersiap bersaksi dalam sidang lanjutan sengketa Pilpres 2019 di Gedung MK, Jakarta, Jumat (21/6/2019). Dalam sidang ini Tim hukum Jokowi menghadirkan empat orang saksi, Candra Irawan menjadi saksi yang pertama dalam persidangan. (Liputan6.com/Johan Tallo)

Saksi Tim Hukum Jokowi, Candra Irawan bersiap bersaksi dalam sidang lanjutan sengketa Pilpres 2019 di Gedung MK, Jakarta, Jumat (21/6/2019). Dalam sidang ini Tim hukum Jokowi menghadirkan empat orang saksi, Candra Irawan menjadi saksi yang pertama dalam persidangan. (Liputan6.com/Johan Tallo)

Saksi Tim Hukum Jokowi, Candra Irawan bersiap bersaksi dalam sidang lanjutan sengketa Pilpres 2019 di Gedung MK, Jakarta, Jumat (21/6/2019). Dalam sidang ini , Tim Hukum Jokowi-Ma'ruf selain menghadirkan dua saksi, juga menghadirkan dua ahli. (Liputan6.com/Johan Tallo)

Saksi Tim Hukum Jokowi, Candra Irawan bersiap bersaksi dalam sidang lanjutan sengketa Pilpres 2019 di Gedung MK, Jakarta, Jumat (21/6/2019). Dalam sidang ini , Tim Hukum Jokowi-Ma'ruf selain menghadirkan dua saksi, juga menghadirkan dua ahli. (Liputan6.com/Johan Tallo)

Saksi Tim Hukum Jokowi, Candra Irawan (baju batik) saat disumpah sebelum memberikan kesaksian di hadapan hakim konstitusi dalam sidang lanjutan sengketa Pilpres 2019 di Gedung MK, Jakarta, Jumat (21/6/2019). Candra merupakan tenaga ahli di Fraksi PDI Perjuangan. (Liputan6.com/Johan Tallo)

Saksi Tim Hukum Jokowi, Candra Irawan (baju batik) saat disumpah sebelum memberikan kesaksian di hadapan hakim konstitusi dalam sidang lanjutan sengketa Pilpres 2019 di Gedung MK, Jakarta, Jumat (21/6/2019). Candra merupakan tenaga ahli di Fraksi PDI Perjuangan. (Liputan6.com/Johan Tallo)

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

BukaLiputan, Portal Berita Trending Kekinian Hasil Kolaborasi Bukalapak dan KLY

Posted: 20 Jun 2019 09:50 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Perkembangan industri digital yang pesat turut mengubah wajah media. Media digital dan online tumbuh bak jamur, informasi yang disampaikan lebih cepat dan tersebar secara massif.

Di tengah pertumbuhan yang pesat itu, muncul tantangan adanya informasi yang belum tentu kebenarannya, berita bohong atau yang dikenal hoaks.

Menjawab tantangan tersebut, Bukalapak berkolaborasi dengan KapanLagi Youniverse (KLY) meluncurkan "BukaLiputan", sebuah portal berita trending, terkini, terpercaya dan bebas hoaks, dengan menghadirkan berita terdepan yang bisa diakses kapan pun dan di mana pun.

Kamu dapat mengakses BukaLiputan di aplikasi Bukalapak. Peluncuran BukaLiputan dilaksanakan pada hari Sabtu, 22 Juni 2019 di The Ice Palace, Lotte Shopping Avenue, Jakarta. 

Menurut siaran pers yang diterima Tekno Liputan6.com, Jumat (21/6/2019), acara ini bersamaan dengan acara BukaTalks yang rutin digelar oleh Bukalapak.

Apa Itu BukaTalks?

BukaTalks. Dok: Bukalapak

Sebagai informasi, BukaTalks adalah sebuah inisiatif dari Bukalapak untuk membangun wadah bagi para kreator dan inovator untuk berbagi cerita inspiratif bagi kaum muda, dalam format diskusi yang diadakan rutin setiap bulannya.

Tema BukaTalks dibuat beragam, mulai dari teknologi hingga kesenian, dengan menghadirkan topik dan narasumber yang dapat membuka mata penonton dan memberikan perspektif baru.

BukaTallks Vol. 104, Sabtu (22/6/2019) mengangkat tema "Tie-in Your Passion" di mana mengajak kita berdiskusi mengenai bagaimana memiliki koneksi dan berkolaborasi dapat membantu individu dalam meningkatkan kualitas diri dan karir bersama dengan:

1. Ernest Prakasa (Comedian)

2. Reza Oktovian (Content Creator)

3. Timo Tjanjanto (Director)

4. Fellexandro Ruby (Creative Entrepreneur)

5. Sulung Landung (Artist Management - Avatara88)

6. Ai Nurhidayat (Social Cultivator & Multicultural Education)Buat kamu yang ingin mengikuti acara BukaTalks kali ini, segera registrasi di sini.

Detail Kegiatan BukaTalks

Hari & Tanggal: Sabtu, 22 Juni 2019

Waktu: 12.00 - 17.00 WIB

Tempat: The Ice Palace - Lotte Shopping Avenue

Tema: Tie-in Your Passion

(Isk/Ysl)

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

BI Tahan Suku Bunga, Rupiah Menguat hingga 14.095 per Dolar AS

Posted: 20 Jun 2019 09:45 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Nilai tukar rupiah terhadap dolar Amerika Serikat (AS) bergerak menguat pada perdagangan Jumat ini. Namun masih ada potensi tekanan karena rupiah telah menguat selama dua hari. 

Mengutip Bloomberg, Jumat (21/6/2019), rupiah dibuka di angka 14.130 per dolar AS, menguat jika dibandingkan dengan penutupan perdagangan sebelumnya yang ada di angka 14.182 per dolar AS. Menjelang siang, rupiah terus menguat ke level 14.095 per dolar AS.

Sejak pagi hingga siang hari ini, rupiah bergerak di kisaran 14.095 per dolar AS hingga 14.130 per dolar AS. Jika dihitung dari awal tahun, rupiah menguat 2,05 persen.

Sedangkan berdasarkan Kurs Referensi Jakarta Interbank Spot Dollar Rate (Jisdor) Bank Indonesia (BI), rupiah dipatok di angka 14.110 per dolar AS, menguat jika dibandingkan dengan patokan sebelumnya yang ada di angka 14.236 per dolar AS.

Ekonom Samuel Aset Manajemen Lana Soelistianingsih mengatakan, penguatan mata uang utama Asia seperti dolar Hong Kong dan dolar Singapura terhadap dolar AS bisa menjadi sentimen penguatan rupiah hari ini.

"Tetapi rupiah sudah menguat dalam dua hari ini, kemungkinan hari ini sedikit melemah," ujar Lana dikutip dari Antara, Jumat (21/6/2019).

Dari domestik, Rapat Dewan Gubernur (RDG) Bank Indonesia (BI) kemarin memutuskan suku bunga 7 Days Reverse Repo Rate tetap sebesar 6 persen, begitupun suku bunga fasilitas deposito dan pinjaman juga tetap.

Keputusan tetap ini dengan mempertimbangkan potensi transaksi berjalan yang defisitnya bisa melebar pada kuartal II 2019, walaupun BI perkirakan pertumbuhan ekonomi kuartal kedua 2019 akan melambat akibat kinerja ekspor yang turun.

Keputusan tetap ini juga mempertimbangkan keputusan Fed Fund Rate (FFR) yang tetap oleh bank sentral AS, Federal Reserve (Fed), pada pertemuan FOMC 18-19 Juni 2019. Dengan demikian BI menjaga selisih (spread) suku bunga BI dengan FFR tetap.

Namun, BI mensinyalkan ruang suku bunga turun masih terbuka yang kemungkinan akan diambil ketika ada konfirmasi suku bunga The Fed turun.

Lana memprediksi rupiah hari ini berpotensi melemah menuju kisaran antara 14.180 per dolar AS sampai 14.200 per dolar AS.

BI Prediksi Nilai Tukar Rupiah 13.900 - 14.000 per Dolar AS di 2020

Pekerja menunjukan Dolar AS di jasa penukaran uang asing di Jakarta, Rabu (19/6/2019). Nilai tukar rupiah terhadap Dolar AS sore ini Rabu (19/6) ditutup menguat sebesar Rp 14.269 per dolar AS atau menguat 56,0 poin (0,39 persen) dari penutupan sebelumnya. (Liputan6.com/Angga Yuniar)

Sebelumnya, Gubernur Bank Indonesia (BI), Perry Warjiyo menyampaikan asumsi ekonomi makro tahun 2020 untuk nilai tukar Rupiah adalah pada level 13.900-14.300 dan inflasi 3 persen plus minus 1.

Perry menilai,sejauh ini Rupiah masih menunjukan kondisi yang positif. Tercatat hingga hari ini nilai tukar berada pada posisi 14.250 terhadap dolar Amerika Serikat (USD).

"Hingga tanggal 10 Juni 2019 nilai tukar Rupiah 14.250 per USD atau menguat 0,91 persen bila dibandingkan dengan level akhir tahun 2018 yaitu Rp 14.380, nilai tukar rupiah pada tahun 2019 mencapai Rp 14.187 atau menguat 0,41 persen dibandingkan rerata tahun 2018 Rp 14.246," kata dia di ruang rapat Badang Anggaran DPR RI, Jakarta, pada Selasa 11 Juni 2019. 

Selain itu, BI memperkirakan bahwa Neraca Pembayaran Indonesia akan mencatat surplus sejalan dengan prospek aliran masuk modal asing yang terus berlanjut.

Sementara itu, defisit transaksi berjalan atau Current Account Defisit (CAD) 2019 juga diperkirakan lebih rendah dari tahun 2018 yaitu dalam kisaran 2,5 sampai 3 persen terhadap PDB.

"Sejalan dengan perkiraan neraca pembayaran tersebut, kami memperkirakan rata-rata nilai tukar pada tahun 2019 akan berada pada kisaran Rp 14.000 - Rp 14.400 terhadap dolar Amerika Serikat," ujarnya.

"Pada tahun 2020 kami memperkirakan bahwa prospek penguatan Neraca Pembayaran Indonesia akan berlanjut ditopang oleh peningkatan aliran masuk modal asing dan penurunan defisit transaksi berjalan," dia menambahkan.

Aliran masuk modal asing (inflow) diperkirakan meningkat dipengaruhi oleh prospek ekonomi yang membaik dan juga koordinasi yang kuat kebijakan antara pemerintah Indonesia dan berbagai otoritas terkait, untuk 2019 defisit transaksi berjalan kita akan tetap terkendali.

"Dengan berbagai perkembangan tersebut kami memperkirakan bahwa rata-rata nilai tukar Rupiah pada tahun 2020 akan berada pada kisaran Rp 13.900 sampai dengan Rp14.300 dolar Amerika Serikat," tutupnya.

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

5 Foto Parodi Cowok Tiru Gaya Cewek Ini Kocak Banget

Posted: 20 Jun 2019 09:45 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Bicara tentang kelakuan cewek, maka tidak akan jauh dari yang namanya bahas dunia kecantikan, persahabatan dengan sesama cewek, hingga pose-pose centil saat berfoto. Kelakuan khas cewek tersebut kemudian coba ditirukan oleh para cowok dengan membuat parodi.

Perawakan cowok yang tegas, kemudian menirukan gaya cewek yang lemas, menjadi daya tarik lucunya parodi ini. Para cowok dengan fasih bisa menirukan gaya cewek. Dengan memiliki otot yang kekar, para cowok ini tidak malu bertingkah laku seperti cewek. Alhasil hasil foto parodi tersebut membuat siapa saja yang melihatnya tertawa.

Penasaran bagaimana gaya foto cowok parodikan gaya cewek? Berikut Liputan6.com rangkum dari Brightside tentang parodi lucu cowok tirukan gaya cewek, Jumat (21/6/2019).

1. Cewek selalu serba bisa melakukan sesuatu secara bersamaan. Seperti parodi ini yang menampilkan seseorang tengah memakai masker, mengeringkan rambut, membuat teh dan pamer barang-barang yang dimilikinya.

5 Foto Parodi Cowok Tiru Gaya Cewek Ini Lucunya Kebangetan  (sumber: Brightside)

2. Cewek sering kali melakukan hal yang seru bersama sahabat-sahabatnya, seperti foto bersama dengan pose yang kompak di pantai.

5 Foto Parodi Cowok Tiru Gaya Cewek Ini Lucunya Kebangetan  (sumber: Brightside)

3. Ketika cewek dilamar, biasanya akan memamerkan cincin. Dan bila sudah bertemu sahabat-sahabat ceweknya, maka akan terjadi kehebohan. Duh cowok-cowok ini, nyindir cewek banget ya?

5 Foto Parodi Cowok Tiru Gaya Cewek Ini Lucunya Kebangetan  (sumber: Brightside)

4. Biasanya cewek sering sekali berfoto hanya dengan handuk menutupi tubuh dan rambut, sambil memegangi sabun yang ia pakai. Cowok ini berhasil memparodikan dengan lucu kebiasaan yang dilakukan cewek.

5 Foto Parodi Cowok Tiru Gaya Cewek Ini Lucunya Kebangetan  (sumber: Brightside)

5. Ngobrol panjang lebar setelah melakukan perawatan tubuh juga menjadi sesuatu yang sering dilakukan cewek. 3 cowok ini dengan lucunya memparodikannya. Gaya melambai dan seolah-olah antusias dengan topik yang dibahas menjadi daya tarik parodi ini.

5 Foto Parodi Cowok Tiru Gaya Cewek Ini Lucunya Kebangetan  (sumber: Brightside)

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Kekhawatiran yang Bisa Diselesaikan dengan Menggunakan Traveloka PayLater

Posted: 20 Jun 2019 09:42 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Pinjaman online dari perusahaan fintech sering disalahartikan dengan pinjaman yang memberatkan. Sayangnya, semua anggapan tersebut tidaklah benar. Malahan, pinjaman online tanpa kartu kredit bisa bantu Anda menghilangkan banyak kekhawatiran. Sebut saja Traveloka PayLater yang memberikan pinjaman untuk berbagai produk Traveloka, mulai dari tiket pesawat, kereta, booking hotel, voucher restoran, tiket nonton bioskop, dan masih banyak lagi.

Melakukan pendaftarannya pun cukup mudah dan bisa dilakukan langsung dari aplikasi Traveloka di smartphone Anda. Bahkan, Anda pun bisa langsung mendatakan promo Traveloka paylater hanya dengan mendaftarkan akunnya sekarang. Berikut ini kekhawatiran yang bisa langsung terelesaikan dengan kamu menggunakan layanan tersebut!

1. Pendaftaran yang berbelit-belit

Hal pertama yang bisa Anda dapatkan adalah kemudahan mendaftar layanan ini langsung dari Traveloka App. Anda cukup menyediakan KTP dan slip gaji yang diunggah langsung dengan smartphone. Persetujuan dari pihak Traveloka pun tidak lama. Anda cukup menunggu kurang lebih 60 menit untuk verifikasi data.

Berbicara tentang data, Traveloka menjamin semua data yang dimasukkan akan aman terjaga. Semua transaksi yang dilakukan dalam layanan ini pun terjamin keamanannya. Traveloka bekerja sama dengan Caturnusa Sejahtera Finance (CSF) untuk mengadaan dananya. Perusahaan fintech yang satu ini sudah terdaftar dan menjadi perusahaan pertama yang mendapatkan iziin dari Otoritas Jasa Keuangan (OJK) untuk menjalankan operasinya di Indonesia.

2. Bisa beli tiket dari jauh hari

Bukan rahasia lagi kalau membeli tiket pesawat dari jauh-jauh hari akan mendapatkan harga yang lebih murah. Mungkin Anda baru akan pergi beberapa bulan lagi, tapi setidaknya Anda sudah tenang dengan bisa mendapatkan tiketnya sekarang. Selain harga yang lebih murah, Anda pun bisa memilih tempat duduk karena pastinya belum banyak yang membeli tiket penerbangan tersebut.

Traveloka PayLater bisa mengakomodasi liburan Anda dengan memberikan pinjaman dana dengan nominal tertentu. Jadi, Anda bisa mulai mencicil liburan dari sekarang tanpa perlu mengumpulkan uang sampai benar-benar cukup.

3. Booking hotel tanpa khawatir penuh

Anda pasti tahu penuh dan padatnya kamar hotel di dekat destinasi wisata saat liburan tiba. Nah, Anda bisa mengatur liburan dari jauh-jauh hari dengan memesan tiketnya dari sekarang. Jika dana belum cukup, Anda bisa menggunakan layanan Traveloka PayLater untuk melunasi pembayaran hotelnya. Sisanya, tinggal mengatur liburan di destinasi wisata dan tempat-tempat yang akan didatangi berikutnya.

Kamar hotel pun tidak selamanya bisa Anda dapatkan saat liburan terencana. Layanan Traveloka PayLater pun bisa digunakan untuk pilihan Kamar Budget daan Hotel Last-Minute

4. Makan enak walaupun belum gajian

Salah satu produk yang bisa Anda nikmati dari Traveloka adalah Eats. Ada banyak promo dari restoran enak yang bisa didapatkan dari sana. Pembayarannya pun bisa dilakukan dengan menggunakan layanan Traveloka PayLater. Jadi, Anda pun bisa tetap menikmati makanan restoran enak kapan pun.

Biar lebih aman dan mengurangi rasa khawatir berlebihan, Anda bisa memilih waktu pelunasan tercepat atau 30 hari setelah tanggal transaksi. Jadi, tidak ada alasan lagi untuk makan enak walaupun belum gajian.

Enaknya lagi, Anda pun bisa mendapatkan banyak hadiah menarik dari Traveloka bila mendaftar sampai dengan 30 Juni 2019. Ada tiga kupon diskon untuk produk terpilih Traveloka buat yang beruntung, mulai dari Tiket Pesawat, Hotel, paket Pesawat + Hotel, Eats, Xperience, dan tiket Bioksop sampai dengan Rp700 ribu. Nah, tunggu apa lagi, segera daftar Traveloka PayLater dan dapatkan hadiah menariknya!

 

 

(*)

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Inilah Orang yang Akan Jadi Saksi Prosesi Mualaf Deddy Corbuzier

Posted: 20 Jun 2019 09:40 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Deddy Corbuzier telah membuat keputusan besar dalam hidupnya. Ayah satu anak ini akan menjadi mualaf pada hari ini, Jumat (21/6/2019) di Pesantren Ora Aji, Sleman Yogyakarta.

Rencananya, yang akan bertindak sebagai saksi dalam prosesi mualaf Deddy Corbuzier adalah pihak Mualaf Center Yogyakarta (MCY). Hal ini telah disampaikan lewat akun resminya.

"Insya Allah perwakilan @mualafcenteryogyakarta akan ikut serta hadir guna menjadi saksi kebahagiaan kita semua atas hidayah yang Allah berikan kepada mas Deddy Corbuzier," tulis pengelola akun tersebut, Jumat (21/6/2019).

Pihak Mualaf Center Yogyakarta berharap agar prosesi tersebut berjalan lancar. Pihak MCY juga mendoakan kebaikan Deddy Corbuzier setelah menjadi seorang muslim.

"Semoga berjalan dengan lancar dan Allah Ta'ala memberikan kebaikan, ke istiqomahan dalam Iman dan Islam serta kedepan semakin Kaafah, Aamiin," tulisnya dalam unggahan yang sama.

Tak Ada Persiapan Khusus

[Foro: Instagram Mualaf Center Yogyakarta]

Prosesi mualaf Deddy Corbuzier akan dilaksanakan usai salat Jumat. Nantinya, Deddy akan dituntun oleh guru spiritualnya, Gus Miftah, dalam mengucapkan dua kalimat syahadat.

Sejauh ini, tak ada persiapan khusus di Pesantren Ora Aji jelang pengislaman Deddy Corbuzier. "Kita biasa mengislamkan orang. Enggak ada persiapan, sama saja kayak yang lain," kata Gus Miftah.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Inter Milan Belum Menyerah Buru Edin Dzeko

Posted: 20 Jun 2019 09:35 PM PDT

Jakarta Inter Milanbelum menyerah dalam perburuan pbomber AS Roma, Edin Dzeko. Padahal, pembicaraan yang telah dilangsungkan belum menemui titik terang.

Nominal yang ditawarkan CEO Inter Milan, Beppe Marotta, kepada CEO AS Roma, Guido Fienga, tak kunjung memunculkan kata sepakat. Menurut Sempreinter, Inter hanya menawarkan 10 juta euro (Rp 159 miliar) saja ke Giallorossi.

Nilai tersebut hanya setengah harga dari permintaan AS Roma, yang berkisar Rp 318 miliar. Belum ada yang mau mengalah terkait klausul pembelian pemain berpaspor Bosnia tersebut.

Niat Inter Milanuntuk mendatangkan Dzeko kian seret menyusul keputusan yang telah diambil sang pemain. Dzeko dikabarkan justru makin dekat dengan persetujuan kontrak tiga tahun yang pernah ditawarkan Roma.  Tawaran tersebut bernilai 4.5 juta euro (Rp 71 miliar) per musim.

 

 

Belum Usai

Meski sulit, namun bursa transfer musim ini belum usai. Masih ada asa untuk Inter Milan mengkudeta Dzeko dari AS Roma.

Selain itu, Edin Dzeko merupakan target utama Antonio Conte. Penguasa San Siro akan melakukan 'segalanya' untuk mendatangkan Dzeko.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

7 Bukti Kesederhanaan Jokowi, dari Jajan Kaki Lima sampai Naik Transportasi Umum

Posted: 20 Jun 2019 09:35 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Presiden Republik Indonesia, Joko Widodo saat ini genap berusia 58 tahun pada hari ini, Jumat (21/6/2019). Presiden ketujuh RI yang kerap disapa Jokowi ini dilahirkan pada 21 Juni 1961 di Surakarta, Jawa Tengah. Ucapan selamat ulang tahun dari tokoh, seleb, musisi hingga masyarakat pun mengalir untuk kakek dari Jan Ethes ini. 

Bahkan ulang tahun Jokowi ini menjadi trending topic di media sosial twitter. Tagar #HBDJokowi dan #HBD58PRESIDENJOKOWI terus bermunculan.  Presiden Joko Widodo  memang dikenal dengan sosok yang sederhana dalam kesehariannya. Meskipun telah menjadi orang nomor satu di Indonesia, gaya hidup Jokowi pun tak banyak berubah.

Maka, tidak heran jika Jokowi menjadi idola rakyat. Sikapnya yang rendah hati dan ramah tak ayal membuat dirinya dikagumi.

Terlebih, kesederhanaan itu menginspirasi dan membuatnya menjadi panutan. Dirangkum dari berbagai sumber, berikut Liputan6.com tampilkan 7 Bukti kesederhanaan Jokowi dari jajan kaki lima sampai naik transportasi umum, Jumat (21/6/2019).

1. Dengan sarung bewarna coklat dan kemeja putih, Jokowi menikmati sunset di Raja Ampat, Papua Barat

Kesederhanaan Jokowi (Sumber: Instagram/jokowi)

2. Berbincang bersama Pramono Anung dan Soekarwo di undakan teras makam Bung Karno seusai berziarah

Kesederhanaan Jokowi (Sumber: Instagram/jokowi)

3. Berkunjung ke Agats, Asmat, Papua, Jokowi bersama sang istri memilih menggunakan sepeda motor untuk menyapa warga di sana

Kesederhanaan Jokowi (sumber: Biro Pers Setpres)

4. Jokowi ikut berjejalan di kereta komuter KRL Jakarta-Bogor bersama orang-orang ketika jam pulang kerja

Kesederhanaan Jokowi (Sumber: Instagram/jokowi)

5. Terkenal dengan blusukan, momen Jokowi saat berbelanja buah-buahan di Desa Dauh Puri Kangin, Denpasar Barat, Bali

Kesederhanaan Jokowi (Sumber: Instagram/jokowi)

6. Bersama Iriana, Jokowi pun tampak santai menikmati jajanan kerak telor

Kesederhanaan Jokowi (Sumber: Instagram/jokowi)(sumber: Merdeka)

7. Ia juga menyantap makan siang ala prasmanan di kantin karyawan saat berkunjung di kantor Yamaha Indonesia di kawasan Pulogadung, Jakarta

Kesederhanaan Jokowi (Sumber: Instagram/jokowi)

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Live Streaming Shopee Liga 1 PSS Sleman vs Bhayangkara FC di Indosiar

Posted: 20 Jun 2019 09:34 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - PSS Sleman melakukan star cukup bagus di Shopee Liga 1 2019. Di tiga laga awal, mereka mencetak satu kemenangan dan dua kali imbang.

Alhasil, PSS kini berada di papan atas klasemen Shopee Liga 1 2019. Mereka berada di posisi keenam dengan lima poin dari tiga pertandingan.

Sore ini, mereka kembali turun gelanggang di liga yang disiarkan Indosiar ini. Di Stadion Maguwoharjo, mereka akan menjamu Bhayangkara FC. Sudah pasti, kemenangan jadi target utama mereka.

Namun begitu, dipastikan usaha PSS tidak akan mudah, karena Bhayangkara bukan tim sembarangan.Apalagi, mereka membawa motivasi bagus usai di laga terakhir sebelum libur menang 4-2 atas Barito Putera.

Saksikan Live Streaming Shopee Liga 1 PSS Sleman vs Bhayangkara FC di Indosiar mulai pukul 15.30 WIB.

Dapatkan link Live Streaming Shopee Liga 1 PSS Sleman vs Bhayangkara FC di Indosiar di halaman selanjutnya.

Link Live Streaming

Untuk link Live Streaming Shopee Liga 1 PSS Sleman vs Bhayangkara FC di Indosiar silakan klik di sini.....

Prediksi Susunan Pemain

PSS Sleman (4-3-3): Try Hamdani Goentara (kiper); Bagus Nirwanto, Ikhwan Ciptady, Alfonso De La Cruz, Jajang Sukmara (belakang); Wahyu Sukarta, Sidik Saimima, Rangga Muslim, Brian Ferreira (tengah); Ricky Kambuaya, Yevhen Bokhasvili, Kushedya Hari Yudo (depan).

Pelatih: Seto Nurdiyantoro

Bhayangkara FC (4-4-2): Awan Setho (kiper); I Putu Gede, Anderson Salles, Indra Kahfi, Fatchu Rochman (belakang); Flavio Beck Junior, M. Hargianto, lham Udin Armaiyn, Dendy Sulistyawan (tengah); Subo Seto, Ramiro Fergonzi (depan).

Pelatih: Alfredo Vera

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Saksi TKN: Pernyataan Kecurangan Bagian Demokrasi Adalah Antisipasi

Posted: 20 Jun 2019 09:33 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Anas Nashikin, saksi kedua yang dihadirkan tim hukum TKN Jokowi-Ma'ruf pada sidang lanjutan sengketa Pilpres 2019 di Mahkamah Konstitusi (MK) menjelaskan kesaksian Hairul Anas Suaidi tentang istilah 'kecurangan bagian dari demokrasi'.

Hairul Anas merupakan saksi dari tim hukum BPN Prabowo-Sandi yang dihadirkan pada sidang sebelumnya di MK, Kamis 20 Juni 2019 dini hari.

Anas Nashikin dalam kesaksiannya mengatakan, dirinya adalah pemateri dengan tema "Kecurangan dalam Demokrasi" pada acara training of trainer (TOT) atau pelatihan yang diadakan TKN Joko Widodo-Ma'ruf Amin.

"Ya itu bagian materi di sesi saya," katanya dalam persidangan di gedung MK, Jakarta Pusat, Jumat (21/6/2019).

Hakim majelis Manahan Sitompul lantas bertanya apakah maksud meteri itu untuk mengajak berbuat curang. Anas menjawab maksud meteri itu untuk mengatisipasi kecurangan.

"Itu supaya menarik perhatian. Kecurangan itu sesuatu yang niscaya. Tidak menuduh siapapun. Karena itu kita perlu antisipasi kecurangan pada pemilu. Keadaan yang perlu diantisipasi," jawab Anas.

Anas Nashikin menuturkan, Kepala Kantor Staf Kepresidenan Moeldoko juga hadir dalam acara tersebut. Moeldoko hadir pada hari kedua hanya untuk menyampaikan orasi, motivasi, dan menutup kegiatan.

Sebelumya diketahui, Hairul Anas Suaidi yang merupakan caleg dari Partai Bulan Bintang (PBB) mengaku pernah mengikuti TOT atau pelatihan yang diadakan TKN Joko Widodo-Ma'ruf Amin.

Menurut Anas, salah materi yang disebutkan Moeldoko adalah istilah kecurangan bagian dari demokrasi.

Keterangan Saksi Prabowo

Kontainer berisi barang bukti milik BPN Prabowo-Sandiaga dihadirkan ke dapan hakim saat sidang lanjutan sengketa Pilpres 2019 di MK, Jakarta, Rabu (19/6/2019). Sidang kali ini beragendakan mendengar keterangan saksi dan ahli terkait sengketa Pilpres 2019. (merdeka.com/Iqbal Nugroho)

Sebelumnya, Hairul menyebut banyak tokoh dari TKN menyampaikan soal kecurangan di Pemilu 2019.

"Di tayangan Pak Moeldoko (memberi presentasi), saya yang menerima sebagai caleg ini cukup mengagetkan bahwa disampaikan kecurangan suatu kewajaran, kita dilatih untuk curang, karena (kata Moeldoko) kecurangan bagian dari demokrasi. Kami persepsi bahwa ini (curang) diizinkan," kata Chairul.

Selain Moeldoko, saksi Hairul juga mengutip materi disampaikan oleh Gubernur Jawa Tengah, Ganjar Pranowo. Menurut dia, Ganjar menyampaikan materi dengan mengatakan untuk menang aparat sebaiknya tidak netral.

"Kalau aparat netral, buat apa? Disampaikan dengan suara kencang berkali-kali," kata saksi Hairul menirukan perkataan Ganjar.

Hairul juga mengatakan materi serupa juga disampaikan Sekjen PDI Perjuangan Hasto Kristianto. Menurut dia, Hasto menyampaikan diksi menyudutkan pasangan calon nomor urut 02.

Saksikan Video Pilihan Berikut Ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Kementan Bantah Produk Pertanian China Banjiri Indonesia

Posted: 20 Jun 2019 09:31 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Kementerian Pertanian (Kementan) membantah jika produk pertanian asal China membanjiri Indonesia. Sebaliknya, peningkatan kinerja ekspor pertanian ke sejumlah negara Asia, termasuk ke China berdampak positif pada neraca perdagangan nasional.

Kepala Biro Humas dan Informasi Publik Kementan Kuntoro Boga Andri mengatakan, beberapa produk yang diekspor antara lain, berasal dari komoditas tanaman pangan, hortikultura, perkebunan dan peternakan.

"Contohnya adalah ekspor impor produk pertanian kita dengan Malaysia, dimana neraca dagang pertanian kita selalu positif atau surplus dalam 5 tahun terakhir. Untuk tahun 2019 sampai bulan Maret saja, neraca perdagangan komoditas pertanian Indonesia dengan Malaysia, kita surplus 480,442 ton, dengan nilai USD 241 juta," ujar dia di Jakarta, Jumat (21/6/2019).

Menurut Kuntoro, berdasarkan data, sampai Maret 2019 ekspor pertanian Indonesia ke Malaysia mencapai 513,917 ton, senilai USD 287 juta.

"Sementara, impor kita dari Malaysia sampai Maret 2019 hanya 33,476 ton, atau senilai USD 44 juta," lanjut dia.

Selain Malaysia, kata Kuntoro, tren yang sangat positif dan surplus ini juga terjadi pada kerjasama dagang dengan negara-negara lain di Asia seperti China, Jepang, Korea dan Filipina.

Adapun khusus untuk pasar China, nilai pasarnya masih potensial, terutama bagi produk pertanian Indonesia. Hal ini bisa dilihat dari neraca perdagangan pertanian Indonesia-China pada 2018 yang mengalami surplus sebesar USD 2,265 miliar.

"Nilai ekspor pertanian Indonesia ke China pada tahun 2018 mencapai USD 4,025 miliar, atau meningkat hampir dua kali lipat dibandingkan transaksi sebelumnya yang hanya USD 2,058 miliar," jelas dia.

 

Produk Andalan

Menteri Pertanian Amran Sulaiman.

Kuntoro mengatakan, ada lima produk pertanian yang menjadi andalan ekspor ke berbagai negara di Asia. Kelimanya masing-masing adalah kelapa sawit, karet, kelapa, produk hewan, dan kakao.

"Untuk kelapa sawit masih menjadi andalan kita karena nilainya yang cukup besar. Saat ini kita mencatat sudah sebanyak 3,935 juta ton kelapa sawit diekspor ke China dengan nilai transaksi mencapai USD 2,69 miliar," jelas dia.

Sebenarnya, lanjut Kuntoro, Indonesia masih memiliki potensi mengekspor produk pertanian ke China. Walaupun, sejumlah komoditas hortikultura dan perkebunan mengalami hambatan akses bea masuk yang masih tinggi, di samping adanya standar sanitary and phytosanitary (SPS) yang sulit dipenuhi oleh petani Indonesia.

"Surplusnya neraca perdagangan kita dengan China membuktikan bahwa perdagangan kita masih unggul dibanding mereka. Jadi tidak benar kalau ada yang menyebutkan bahwa produk pertanian China membanjiri pasar kita. Justru sebaliknya, produk pertanian kita yang membanjiri pasar mereka," tandas dia.

Komoditas Penting, Kementan Upayakan Asuransi Pertanian untuk Cabai dan Bawang

Kementerian Pertanian (Kementan) sedang mengupayakan asuransi untuk cabai dan bawang. Pasalnya, kedua komoditas ini juga dianggap penting dalam pertanian Indonesia.

Hal ini disampaikan Direktur Jenderal Prasarana dan Sarana Pertanian (PSP) Kementan Sarwo Edhy, dalam Musyawarah Perencanaan Pembangunan (Musrembang) Pertanian Tahun 2019, di Botani IICC, Bogor, Selasa (18/6).

"Sampai sekarang, kami masih mempertimbangkan indeks risikonya. Kan untuk kedua komoditas ini besar biaya produksinya, tidak seperti padi. Kita harus melihat berapa yang di-cover asuransi, berapa besar polis, dan lainnya," ujar Sarwo Edhy.

Meski begitu, Sarwo Edhy mengatakan, Kementan sudah berkomitmen akan menjamin asuransi untuk bawang merah dan cabai. Hanya saja, penentuan indeks risiko ini pun harus dilakukan oleh berbagai pihak mulai dari pihak asuransi hingga para ahli.

"Bagaimanapun petani bawang merah dan cabai juga butuh perlindungan gagal panen seperti petani padi. Kita terus upayakan hal itu," kata Sarwo Edhy.

Sebelumnya, asuransi pertanian ini sudah disediakan untuk padi dan ternak. Dikatakannya, Kementan pun masih terus berupaya mengedukasi petani untuk menggunakan asuransi ini. Saat ini juga sudah banyak petani yang mulai menggunakan asuransi secara mandiri.

"Ini akan kita dorong. Setelah dia merasa itu ada manfaatnya, polis Rp 180.000 itu tidak akan ada artinya dibandingkan manfaat yang mereka peroleh," kata Sarwo Edhy.

Sarwo Edhy mengakui, Pemerintah saat ini masih fokus memberikan asuransi pada komoditi padi dan ternak sapi. Alasannya, dua usaha pertanian tersebut resikonya paling tinggi ketimbang yang lainnya.

"Komodiiti pangan lain seperti jagung resikonya kecil terkena OPT, kekeringan dan banjir. Jadi kita cover yang terkena dampak besar seperti padi," kata Sarwo Edhy.

Sementara asuransi ternak sapi, kata Sarwo Edhy, bertujuan untuk mengamankan indukan yang selama ini banyak dipotong. Apalagi pemerintah sudah membuat peraturan pelarangan pemotongan betina produktif.

"Jadi yang kita targetkan adalah komoditas yang mudah terkena resiko," katanya.

Untuk asurani usaha tani padi (AUTP), pemerintah menargetkan bisa mengcover 1 juta hektar (ha) lahan petani. Luasan tersebut berdasarkan pengalaman lima tahun terakhir lahan pertanian padi yang terkena musibah, serangan OPT, banjir dan kekeringan.

Luas lahan padi yang terkena banjir dan kekeringan dalam lima tahun terakhir rata-rata 528 ribu ha dan terkena OPT sekitar 138 ribu ha.

"Kalau kita jumlahkan tiap tahun lahan tanaman padi yang terkena dampak perubahan iklim dan OPT mencapai 600 ribu ha," beber Sarwo Edhy.

Untuk AUTP, tanaman yang bisa diganti adalah yang gagal panenya hingga 75% dari luas tanamnya. Petani hanya membayar premi 20%, sedangkan sisanya disubsidi pemerintah. Sedangkan untuk AUTS adalah ternak sapi yang hilang dan mati terkena penyakit. Untuk peternak hanya membayar premi sebesar Rp 40 ribu.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Jika Jadi Raja, Pangeran Charles Ingin Camilla Punya Titel Putri Diana

Posted: 20 Jun 2019 09:30 PM PDT

Liputan6.com, London - Pangeran Charles dikabarkan menginginkan Camilla menjadi ratu, setelah masa pemerintahan Elizabeth II berakhir. Istri kedua dari pewaris takhta Kerajaan Inggris itu dianggap masih belum bisa menjadi sosok yang diidolakan publik, seperti Putri Diana.

Meski demikian, Charles tampaknya bersikeras bahwa Camilla layak diberi gelar kerajaan resmi, seperti "Putri". Menurut media Inggris, Express, gelar "Duchess of Cornwall" akan berubah menjadi "Princess Consort" setelah Charles naik takhta.

Tapi pengamat kerajaan, Victoria Arbiter, tidak sepenuhnya yakin bahwa Pangeran Charles akan berhasil merubah titel Camilla dan mengadopsi gelar yang sah.

"Karena sensitivitas terhadap Putri Diana, maka Camilla hanya diberikan 'The Duchess of Cornwall' sebagai gelar resminya," tulis Arbiter di 9honey, yang dikutip dari sheknows.com pada Jumat (21/6/2019).

"Lalu, datanglah aksesi Charles, Camilla akan dikenal sebagai Princess Consort ketimbang Queen Consort. 'Putri Permaisuri' tetap menjadi tital resmi kerajaan untuk Camilla, tetapi ketika hari itu akhirnya tiba (Charles naik takhta), saya curiga Charles akan menekan Kerajaan bahwa istrinya harus punya gelar sah yang lain," imbuh Arbiter.

Pangeran Charles nantinya akan menjadi pewaris utama Kerajaan Inggris yang paling lama menduduki takhta dalam sejarah, setelah ibunya, Ratu Elizabeth II, yang memerintah sejak sekitar tahun 1952 --hampir 67 tahun.

"Keluarga Kerajaan sangat sadar akan suasana negara, tetapi semua ini pada akhirnya akan berubah dalam hal persepsi publik tentang Camilla," Arbiter menjelaskan.

"Memang, Camilla telah banyak bertindak dalam kegiatan amal, seperti misal membantu korban pelecehan seksual, osteoporosis, peduli anak, kesejahteraan hewan, kemiskinan dan tunawisma, dan rakyat banyak yang coba mengakrabkan diri dengan Duchess, namun tetap saja sosoknya tidak bisa menggantikan Putri Diana," pungkas Arbiter.

Menurut Arbiter, banyak persepsi publik yang telah berubah terhadap Duchess of Cornwall. Camilla membuktikan bahwa dia melakukan yang terbaik di mata Pangeran Charles dan dia akan menjadi sistem pendukung yang berharga ketika dia akhirnya berhasil mendapatkan tujuan hidupnya: menjadi Ratu.

9-4-2005: Pernikahan Kedua Charles dengan Camilla Permudah Jalannya Jadi Ratu?

Tahun 1981, Pangeran Charles dan Diana mengelar penikahan dengan megah, disaksikan oleh warga Ingris dan dunia, karena disiarkan secara langsung. (AFP/Bintang.com)

Tepat hari ini 14 tahun silam, pewaris Kerajaan Britania Raya, Pangeran Charles menikah untuk yang kedua kalinya. Kali ini ia menikahi wanita pujaannya, Camilla Parker Bowles.

Sosok perempuan yang telah dicintainya 30 tahun lalu, jauh sebelum bertemu istri pertamanya, Putri Diana.

Dilansir dari BBC, lebih dari 20.000 orang bersorak gembira saat pasangan tersebut tiba di kompleks istana Windsor, 30 mil di luar London, Inggris. Acara pernikahan yang digelar pada 9 April 2005 tersebut hanya dihadiri 800 anggota keluarga kedua Pangeran Charles dan Camilla, termasuk Ratu Elizabeth II dan Pangeran Philip.

Setelah itu mereka kembali ke Windsor Castle untuk menjalani pemberkatan yang dipimpin oleh Uskup Agung Canterbury.

Terobsesi Jadi Ratu

Teman semasa Camilla bersekolah sekaligus seorang aktris, Lynn Redgrave, mengenang sosok Camilla sewaktu muda.

Sosok Camilla yang tomboi dan humoris membuatnya menjadi perempuan favorit, terutama bagi laki-laki. Namun ia tak dianggap sebagai sebagai ancaman bagi teman-teman perempuannya karena tampak tak peduli dengan penampilan.

"Jika ia sangat cantik, itu cerita lain," ujar Redgrave.

Walaupun tak unggul dari segi penampilan, ia tetap menjadi incaran lelaki dibanding dengan perempuan lain di sekolahnya. Teman lainnya, Carolyn Benson, mengungkap rahasia perempuan alumni Queen Gate itu.

"Ia dapat berbicara tentang hal-hal yang disukai laki-laki. Ia tak feminin, ia tomboi," ujar Benson.

Camilla melanjutkan sekolah ke Jenewa serta Paris sebelum kembali ke London dan bekerja sebagai resepsionis di sebuah perusahaan dekorasi dalam waktu singkat. Dalam kurun waktu tersebut, ia tinggal bersama dengan dua wanita bangsawan muda lainnya.

Teman-teman Camilla itu pun berhasil memenuhi impiannya, menikahi laki-laki kaya. Ketika ditanya mengapa ia tak seberuntung rekannya, Camilla menjawab, "Aku menunggu seorang raja."

Camilla Akan jadi Ratu Jika Pangeran Charles Jadi Raja, tapi...

Camilla Parker Bowles (AP)

Setelah Ratu Elizabeth II, takhta kerajaan Inggris akan diberikan kepada putra kandungnya yaitu Pangeran Charles. Secara otomatis, Pangeran Charles akan mengantikan posisi sang ibu, apabila kelak ia akan turun takhta.

Pertanyaannya, apakah Camilla Parker Bowles akan menjadi Ratu?

Ketika Ratu Elizabeth meninggal, suksesi akan berlangsung dengan cepat dan berjalan berdasarkan rencana yang sangat spesifik.

"Satu hari setelah Ratu meninggal, bendera akan kembali naik, dan pukul 11.00, Charles akan dinobatkan sebagai raja," demikian berdasarkan laporan The Guardian.

Setelah dibacakan proklamasi raja baru, Charles kemudian memperkenalkan istrinya sebagai Ratu Camilla.

Pada masa lalu, terdapat gagasan yang menyebut bahwa Camilla Parker Bowles akan bergelar "Princess Consort" agar tak menistakan ingatan masyarakat akan sosok Ratu.

Tapi secara historis, istri dari para raja disebut dengan Ratu.

Sejumlah pendapat menyebut, saat Charles akan menjadi raja, kekuasaannya mungkin hanya berlangsung selama 25 tahun.

"Karena saat ia menerima takhta -- ia berusia 70-an -- Charles dilihat sebagai monarki sementara, jika dibandingkan dengan Ratu," ujar ahli suksesi Australian Monarchist League, James Ellis.

"Selanjutnya adalah William, lalu George, dan akan ada serangkaian gelar yang diberikan kepada William dan Harry setelah Charles menjadi raja," imbuh dia.

Ellis mengatakan, karena Ratu Elizabeth telah berkuasa selama 60 tahun, orang-orang mengasosiasikan kata Ratu dengan penguasa. Atas hal itu, sulit untuk berpikir saat orang menyebut "Ratu Camilla".

Saat Camilla berada di sisi Charles yang telah menjadi raja, ia tak akan memiliki kekuasaan untuk memerintah. "Dia akan menjadi Queen Consort, dengan tak ada kekuasaan atau apa pun," kata Ellis.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

VIDEO: Ulang Tahun ke-58, #HBDJokowi Trending Topic di Twitter

Posted: 20 Jun 2019 09:30 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Presiden Joko Widodo berulang tahun yang ke-58. Pada hari bahagianya ini, Jokowi banyak mendapat ucapan selamat dari warganet hingga menjadi trending topic di Twitter.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Jadwal Copa America 2019 Akhir Pekan Ini: Chile Ladeni Ekuador, Brasil Tantang Peru

Posted: 20 Jun 2019 09:30 PM PDT

Liputan6.com, Sao Paulo - Chile dijadwalkan bentrok dengan Ekuador pada laga kedua grup C Copa America 2019, Sabtu (22/6/2019). Alexis Sanchez berpeluang mengambil posisi puncak grup andai bisa menang di laga tersebut.

Saat ini, Uruguay lah yang menempati posisi pertama di Grup C dengan empat poin. Pada laga kedua, Luis Suarez dan kawan-kawan di luar dugaan bermain imbang melawan Jepang 2-2.

Kans Chile untuk merebut posisi klasemen grup C terbuka cukup lebar. Pasalnya, mereka punya materi pemain yang kualitasnya satu tingkat di atas Ekuador.

Pada laga ini, tim asuhan Reinaldo Rueda tersebut pun lebih difavoritkan menang. Pada pertemuan terakhir, Chile menang 2-1 atas Ekuador dua tahun silam.

Selain partai Chile vs Ekuador, ada juga partai Peru vs Brasil yang layak ditunggu. Kedua tim juga memperebutkan status sebagai juara grup di laga ini.

Peru dan Brasil tergabung di grup A pada Copa America 2019. Keduanya mengoleksi empat poin dan berpeluang besar lolos ke fase berikutnya.

Berikut jadwal lengkap Copa America 2019 akhir pekan ini.

 

Jadwal Copa America 2019

Gelandang Jepang, Takefusa Kubo menggiring bola melewati pemain Chile Guillermo Maripan selama pertandingan grup C Copa America 2019 di Stadion Morumbi, Sao Paulo, Brasil (17/6/2019). Kubo merupakan remaja 18 tahun yang dijuluki 'Messi Jepang'. (AP Photo/Victor R. Caivano)

Sabtu 22 Juni 2019

06.00 WIB, Ekuador vs Chile

Minggu 23 Juni 2019

02.00 WIB, Peru vs Brasil

02.00 WIB, Bolivia vs Venezuela

Saksikan video menarik di bawah ini.

 

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Foto Jadul Dewi Perssik Viral, Cewek Ini Bikin Salah Fokus

Posted: 20 Jun 2019 09:30 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Foto jadul Dewi Perssik kembali tersebar di media sosial. Kali ini Dewi Perssik tampak sedang foto bersama tiga remaja. Pemilik Goyang Gergaji ini tampak cantik dikelilingi remaja yang dikabarkan sebagai para keponakannya.

Bila diperhatikan, ketiga remaja itu wajahnya hampir mirip dengan Dewi Perssik. Namun wajah Dewi yang paling berbeda, karena tampak begitu lebih putih dan bersih.

Foto itu langsung menarik perhatian netizen, terutama wanita berbaju hijau di samping Dewi Perssik. Banyak yang menduga wanita itu adalah keponakannya, Dewi Rosa Meldianti atau Meldi, yang saat ini tengah berseteru dengannya.

Banyak yang salah fokus melihat wajah remaja yang diduga Meldi, karena dalam foto itu ia terlihat gemuk dan kulitnya tampak lebih gelap.

Mirip

(Foto: Dream.co.id)

Meski belum diketahui pasti, namun ada kemiripan bentuk wajah remaja berbaju hijau itu dengan Rosa Meldianti. Terutama pada bagian mata dan hidungnya.

Hal senada juga diakui para warganet. Mayoritas warganet yakin sosok remaja dalam foto tersebut merupakan Meldi. "Itu sih Meldi, aduh jadi salfok sama mukanya yang hitam dan nggak kinclong," kata akun Scha***.

"Yampun si Meldi waktu kecilnya ireng banget ya hahahaha," kata akun sam***. (Nur Ulfa/Dream.co.id)

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Muncul di Geekbench, Smartphone Baru Lenovo Pakai Snapdragon 730 dan RAM 8GB

Posted: 20 Jun 2019 09:30 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Lama tidak terdengar kabarnya, Lenovo dikabarkan sedang mengembangkan smartphone baru untuk pasar pengguna kelas menengah.

Meski menyasar pengguna kelas menengah, smartphone baru Lenovo ini bakal menggunakan prosesor yang belum terlihat di banyak produk lainnya.

Kabar kehadiran smartphone terbaru milik Lenovo ini pertama kali muncul di laman Geekbench, disertai nomor model L78121.

Dilansir Netbookcheck, Jumat (21/6/2019), ponsel pintar baru Lenovo ini memiliki RAM 8GB, Android 9.0 Pie, dan ditenagai oleh prosesor Qualcomm tanpa seri.

Namun, dari clockspeed dan jumlah core yang ditampilkan, smartphone ini setara dengan Xiaomi Mi 9T.

Berdasarkan itu, kemungkinan prosesor yang digunakan adalah chipset kelas menengah baru, yakni Snapdragon 730.

Terlepas dari informasi di atas, masih belum ada kabar lain yang mengungkap lebih lanjut tentang spesifikasi Lenovo L78121 ini.

 

TENAA Setujui Lenovo K6 Note (2019)

Lenovo Z6 Pro. (Foto: Lenovo)

Lebih lanjut, sebuah smartphone baru Lenovo dengan nomor model L38111 baru saja disetujui oleh otoritas Tiongkok, yakni TENAA.

Berdasarkan informasi yang beredar, smartphone yang hadir dengan layar berukuran 6,3 inci dan waterdrop notch ini akan memiliki baterai berkapasitas 3,930mAh.

Smartphone ini juga akan ditenagai oleh prosesor octa-core 2.2 GHz, Android 9 Pie, dua kamera belakang (salah satunya 16MP), dan kamera selfie (8MP).

Sementara itu, untuk performa sehari-hari smartphone ini didongkrak oleh RAM 6GB dan memori internal hingga 128GB.

(Ysl/Isk)

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Polisi Beber Alasan Tarik Irjen Firli dari KPK

Posted: 20 Jun 2019 09:25 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Karo Penmas Polri Brigjen Dedi Prasetyo menyapaikan, bahwa penarikan Irjen Firli dari Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) adalah demi promosi jabatan kepadanya.

Menurut keterangannya, Irjen Firli akan mengisi jabatan sebagai Kapolda Sumatera Selatan.

"Untuk Inspektur Jenderal Polisi Firli ditarik kembali dari KPK ke Polri karena dibutuhkan organisasi dan mendapat promosi menjadi Kapolda Sumsel," terang Brigjen Dedi saat dihubungi Liputan6.com, Jakarta, Jum'at (21/6/2019).

Promosi jabatan tersebut tertuang dalam Surat Telegram dari Kapolri bernomor ST/1590/VI/KEP./2019. Dalam surat tersebut bukan hanya menampilkan nama Irjen Polri, melainkan juga beberapa nama lain yang jumlah mencapai 72 orang.

"Kalau yang lain promosi, tour of duty area, serta dalam rangka penyegaran guna meningkatkan kinerja organisasi," jelas Brigjen Dedi.

Sebelumnya diberitakan, Polri menarik kembali Irjen Firli yang bertugas sebagai Deputi Penindakan Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK). Hal itu dibenarkan oleh Ketua KPK Agus Rahardjo.

"KPK menerima Surat dari Kapolri tertanggal 11 Juni 2019 perihal pengembalian penugasan anggota Polri di lingkungan KPK atas nama Irjen Firli," tutur Agus dalam keterangannya, Kamis (20/6/2019).

Menurut dia, Polri meminta Firli kembali lantaran dalam surat tertulis perihal kebutuhan organisasi. Juga terkait adanya pembinaan karier dan penugasan baru.

"Pimpinan KPK melakukan rapat untuk membahasnya, kemudian kami sepakat untuk menghadapkan yangbersangkutan dengan surat KPK tertanggal 19 Juni 2019," jelas dia.Posisi Irjen Firli nantinya diisi pelaksana tugas untuk sementara.

"KPK menyampaikan terima kasih dan menghargai segala kontribusi yang bersangkutan pada waktu bertugas sebagai Deputi Bidang Penindakan di KPK," Agus menandaskan.

Saksikan video pilihan di bawah ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Maurizio Sarri Tak Peduli Cemoohan Fans Juventus

Posted: 20 Jun 2019 09:20 PM PDT

Jakarta Pelatih anyar Juventus, Maurizio Sarri, tak mengkhawatirkan komentar negatif suporter Bianconeri kepada dirinya. Sarri hanya ingin fokus membawa La Vecchia Signora meraih kemenangan.

Pria asal Italia itu resmi ditunjuk sebagai pelatih Juventus pada Minggu (16/6/2019). Maurizio Sarri akan menangani skuat Putih-Hitam hingga 30 Juni 2022, dan menerima bayaran Rp 96 miliar per tahun.

Keputusan manajemen Juve memilih Sarri sebagai suksesor Massimiliano Allegri mendapat penolakan dari suporter. Pasalnya, pelatih 60 tahun itu kerap melontarkan kritikan untuk I Bianconeri.

Bukan hanya itu, dia juga memiliki hubungan yang tak akur dengan pendukung Juventus. Maurizio Sarri bahkan pernah mengacungkan jari tengah ke arah suporter Juve, setelah membantu Napoli meraih kemenangan 1-0 di Allianz Stadium pada laga lanjutan Serie A 2017-2018.

Prestasi Maurizio Sarri juga dianggap masih belum layak untuk menangani Juventus. Sejauh ini, dia baru mengoleksi satu trofi juara, yakni Liga Europa musim lalu bersama Chelsea.

Tak Peduli

5. Hal tersebut membuat Chelsea berani menawarkan gaji fantastis demi membawa Sarri ke Stamford Bridge. Hasilnya hingga saat ini Chelsea terus mencatatkan raihan positif di premier league. (AFP/Alberto Pizzoli)

Meski begitu, Maurizio Sarri tak peduli dengan pandangan skeptis kepada dirinya. Saat ini, dia hanya ingin fokus membawa Juventus meraih kemenangan.

"Saya tiba dikelilingi oleh orang-orang yang skeptis, tetapi kemudian saya tetap seperti biasa. Saya memiliki hal yang sama di Empoli, Napoli, dan Chelsea," ujar Sarri.

"Saya tiba di Juventus dari Chelsea dan langkah itu mungkin memicu skeptisisme, tetapi saya memang berasal dari masa lalu dan jadi saya mengharapkan dendam," lanjutnya.

"Dalam sepak bola, saya hanya tahu satu cara menghilangkan skeptisisme dari benak orang: meraih kemenangan dan melakukannya dengan meyakinkan. Jadi yang bisa saya lakukan adalah memperlihatkannya," papar Maurizio Sarri.

Sumber: Football Italia

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Dulu Langganan Antagonis, Freddy Prahmana Kini Berburu Hantu

Posted: 20 Jun 2019 09:20 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Wajah Freddy Prahmana sudah cukup familiar di kalangan pecinta film dan sinetron. Selama ini Freddy sukses dengan peran antagonisnya yang bikin kesal penonton.

Diakui Freddy, dirinya sebenarnya menyukai peran apa pun. Hanya saja, banyak yang menilai wajah 'sangarnya' cocok dengan peran antagonis. Alhasil ketika dipercaya memerankan karakter protagonis di film Tebus, Freddy Prahmana pun tak mau menyia-nyiakannya.

"Walau sering diminta untuk peran antagonis, tapi semua peran aku suka. Dan paling berkesan ketika aku main di film layar lebar Tebus karena hampir 70 persen di situ sebagai karakter protagonis. Adegannya banyak menangis," kata Freddy Prahmana di Jakarta baru-baru ini.

Selain akting, Freddy Prahmana pun coba merambah dunia presenter. Pemeran Alex dalam Sodrun Merayu Tuhan ini mulai membawakan acara televisi yang bertema mistis.

"Ada tawaran yang sudah pasti, yaitu program televisi dan YouTube yaitu ghost hunting Dimensi Lain, Insya Allah tim akan syuting di luar negeri karena ingin menguak mitos, mistis dan misteri di negara lain dan kota-kota di Indonesia," tuturnya.

"Team ini akan dipimpin oleh Fury Harun Indigo, sedangkan personel tim yaitu saya dan Ama Gerald (eks boyband Dragon Boys ), kita akan berkolaborasi dalam satu tim di Dimensi Lain," Freddy menambahkan.

Harapan

Freddy Prahmana (istimewa)

Terakhir, Freddy Prahmana berharap karya barunya nanti dapat diterima oleh masyarakat. "Harapannya tentu semoga karya-karya saya bisa diterima oleh masyarakat dalam berakting, dan menjadi ciri khas yang akan diingat oleh penonton," jelas Freddy.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Video Mabuk Lem 6 Siswi SMP di Gorontalo Viral di Medsos

Posted: 20 Jun 2019 09:15 PM PDT

Liputan6.com, Gorontalo - Video berdurasi 16 detik yang memperlihatkan enam siswi tengah berpesta lem jenis ehabon di Gorontalo, mendadak viral di media sosial.

Dari ciri seragam yang digunakan, ke enam siswi tersebut diketahui berasal dari dua sekolah Menengah Pertama (SMP) ternama di Kabupaten Gorontalo, yakni MTS Negeri Model Limboto dan SMP Negeri 1 Limboto.

Kepala MTS Model Limboto, Yartam Ismail Yasaru saat dikonformasi Liputan6.com, Kamis (20/6/2019) mengatakan, siswi yang viral tersebut dulunya memang tercatat di MTS Model Limboto. Namun, sejak Maret lalu, siswa itu sudah pindah ke SMP 1 Limboto.

"Siswa itu dulu sempat ikut umrah bersama orangtuanya. Ketika balik, dia sudah membawa lolos butuh ke kami untuk pindah sekolah. Kami langsung mengiyakan itu sebab sesuai peraturan, bilamana siswa yang ingin pindah sekolah harus membawa surat lolos butuh tersebut. Jadi dia bukanlah siswi saya lagi, karena dia sudah pindah sekolah," kata Yartam Ismail Yasaru. 

Sementara itu, Kepala SMP 1 Limboto Gorontalo, Irwan DJ Podu, membenarkan perihal kebenaran video viral mabuk lem tersebut adalah siswi SMP 1 Limboto. Namun nenurut Irwan, kejadian tersebut terjadi di luar jam sekolah dan bukan tanggung jawab sekolah.

"Ada sekitar enam siswi yang terlibat dalam video tersebut masing-masing siswi, pihaknya sudah mengundang kedua orang tuanya. Untuk ke enam siswi itu lima diantaranya duduk di bangku kelas 8 dan satuanya lagi kelas 7, untuk inisialnya sendiri DP, DU, VB, BE, serta NW," kata Irwan

Irwan juga menyatakan, pihak sekolah sudah mengambil langkah dengan menyerahkan siswi tersebut ke Bidang Bimbingan Konseling (BK) dan berupaya agar siswi itu bisa terhindar dari ketergantungan lem tersebut.

"Setelah dilakukan interogasi oleh BK, diakui bahwa itu merupakan murni perbuatan mereka dan diluar dari jangkauan pihak sekolah. Bahkan, ada sebagian dari orang tua belum mengetahui kejadian video viral tersebut," terang Irawan

Irawan membeberkan pihaknya sudah melakukan upaya untuk mengundang para orangtua siswi tersebut, kemudian berkoordinasi dengan pihak Dinas Pendidikan Kabupaten Gorontalo, Badan Narkotika Nasional (BNN), serta Pusat Pelayanan Terpadu Perlindungan Perempuan dan Anak (P2TP2A) untuk melakukan pembinaan.

 

 

Simak juga video pilihan berikut ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Usai Lebaran, Harga Daging Ayam dan Sapi Kembali Normal

Posted: 20 Jun 2019 09:15 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Harga daging ayam kembali normal usai Lebaran. Jika sebelumnya harga daging ayam masih mengalami ketidakstabilan harga, kali ini harga daging ayam stabil.

Meskipun harga yang dijual antara pedagang berbeda, namun rata-rata penjual daging ayam di Pasar Pondok Gede mematok harga berkisar Rp 30 hingga Rp 35 ribu per ekor.

Hal ini diakui pedagang ayam bernama Gani (35). "Sekarang yang tanggung sudah Rp 30 ribu sampai Rp 35 ribu per ekor, kan kemarin pas Lebaran Rp 40 ribu per ekor," jelas Gani saat dikonfirmasi Liputan6.com, Jumat (21/6/2019).

Pedagang ayam lainnya, Tardi (50) mengungkapkan hal yang sama. Berdasarkan pantauan, saat ini harga daging ayam berukuran kecil berkisar Rp 28 ribu yang sebelumnya dapat diujual hingga Rp 32 ribu per ekor.

Sedangkan, untuk harga ayam berukuran besar bekisar Rp 45 ribu per ekor dari sebelumnya Rp 50 ribu.

 

Daging Sapi

Kembali normalnya harga ini juga berlaku pada daging sapi, yang sudah mulai kembali ke posisi sebelum Ramadan dan Lebaran.

Ade (34) salah satu pedagang sapi mengungkapkan harga daging sapi sudah normal di kisaran Rp 110 ribu per kilogram (kg), dari sebelumnya Rp 120 ribu per kg.

Sedangkan harga telur, saat ini terpantau sedikit turun Rp 1.000 per kg. "Sekarang turun jadi Rp 23 ribu per kg mba," ujar Ipin (44) salah satu pedagang telur.

Kembali Normal, Harga Ayam Dipatok Rp 35 Ribu per Kg

Jelang Imlek, Harga Daging  Ayam Stabil

Harga daging ayam sudah kembali normal usai libur Lebaran 1440 H. Jika sebelumnya harga ayam sempat menyentuh Rp 45 ribu per kilogram (kg), kali ini sudah menyentuh Rp 35 ribu per kg.

"Sekarang harga Rp 35-38 ribu. Kalau yang beli umpama ditawar Rp 35 ribu sekilo ya dikasih," ujar Ani Hastuti (59) kepada Liputan6.com di Pasar Slipi, Jakarta Barat, Senin (17/6/2019).

Bagian fillet dijual Rp 50 ribu, dan harga paha mengikuti harga fillet. Ceker dijual Rp 20 ribu, ati ampel antara Rp 2.000 sampai Rp 2.500, dan kepala ayam dijual Rp 5.000 untuk tujuh atau delapan potong.

Ani mengaku penjualannya hari ini sedang laku. Daging ayam potong di lapaknya pun sudah tinggal sedikit.

Pedagang lain, Merie (58) menyebut sama menjual dengan harga Rp 35-38 ribu per kg. Harga sayap dan dada ayam juga dijual dengan harga tersebut. Sementara, fillet ia jual Rp 50 ribu.

Merie pun menegaskan bahwa harga daging ayam sudah cenderung turun sehabis Lebaran 1440 H. Sebelumnya, harga ayam perlahan naik ketika musim bulan puasa.

"Agak turun, kalau Lebaran kan Rp 45 ribu. Sayap dan dada juga sama. Kecuali fillet Rp 50 ribu," ujar Merie.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

5 Potret Ekspektasi Vs Realita Foto Makanan Ini Benar Adanya

Posted: 20 Jun 2019 09:10 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Bicara tentang makanan, maka yang pertama kali terpikirkan ialah bentuk visual makanan yang menggoda. Dari situlah muncul rasa minat dan ingin segera memesan makanan tersebut dan memakannya.

Namun apa jadinya kalau makanan yang kamu pesan tidak sesuai ekspektasi? Ya, banyak sekali kejadian yang sangat mengecewakan tentang memesan makanan. Tampak dari gambar begitu menarik, tapi ketika datang ternyata tidak sesuai ekspektasi.

Memang foto makanan sangat bisa menipu, sehingga apa yang disajikan realitanya kadang tidak sesuai dengan ekspektasi. Penasaran kan bagaimana potret ekspektasi vs realita foto makanan?

Berikut Liputan6.com lansir dari Brightside tentang perbandingan ekspektasi vs realita foto makanan yang berbeda banget, Jumat (21/6/2019).

1. Ekspektasinya Pizza terlihat begitu menarik dan menggoda, tapi realitanya tampak terlihat biasa saja

5 Potret Ekspektasi Vs Realita Foto Makanan Ini Benar Adanya (sumber: Brightside)

2. Burger terlihat begitu terisi dengan roti yang mengembang, apa daya realitanya roti ataupun daging terlihat aneh

5 Potret Ekspektasi Vs Realita Foto Makanan Ini Benar Adanya (sumber: Brightside)

3. Ingin sekali membuat irisan jeruk yang cantik, tapi kenyataannya irisan jeruk malah mengkerut dan bentuknya tak karuan

5 Potret Ekspektasi Vs Realita Foto Makanan Ini Benar Adanya (sumber: Brightside)

4. Salad terlihat sangat cantik pada fotonya, namun realitanya buah-buah malah terlihat sangat kurang menarik

5 Potret Ekspektasi Vs Realita Foto Makanan Ini Benar Adanya (sumber: Brightside)

5. Dalam foto, kue tartnya sangat menarik dengan ada karakter Minnie Mouse, tapi kenyataannya bentuk Minnie Mouse yang datang malah menyeramkan

5 Potret Ekspektasi Vs Realita Foto Makanan Ini Benar Adanya (sumber: Brightside)

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Saksi Kubu 01 Beber Suasana Cair Saat Rapat Rekapitulasi Nasional

Posted: 20 Jun 2019 09:09 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Saksi Tim Jokowi, Candra Irawan memberikan kesaksian di dalam sidang sengketa Pilpres 2019 di Mahkamah Konstitusi (MK). Saksi berada di posisi Direktorat Saksi di TKN Jokowi Ma'ruf menjelaskan, mengenai suasana rapat rekapitulasi nasional yang berlangsung akrab.

"Kami saksi 01 dan saksi 02, suasana akrab dan saling lempar lelucon karena rapat sampai dini hari. Waktu buka puasa dan saling berbagi snack," kata saksi dalam persidangan di MK, Jakarta, Jumat (21/6/2019).

"Akrab gimana?" tanya hakim MK Manahan MP Sitompul. "Kami saling berbincang dan berbisik, salat bareng," jawab saksi Candra.

"Katanya saling beri selamat?" tanya hakim lagi. "Saling beri selamat dan berpelukan," kata saksi yang berasal dari Lumajang, Jawa Timur.

Dalam kesaksiaannya, tenaga ahli di Fraksi PDIP ini mengatakan, mengikuti rapat rekapitulasi tingkat nasional pada 4-21 Mei 2019. Rapat dihadiri saksi pasangan calon dari 2 kubu 01 dan 02, pihak Bawaslu, KPU, Kemendagri, Polri, saksi partai, DPD dan pihak lainnya. Rapat dipimpin secara kolektif oleh Komisioner KPU.

"Rapat panjang, diawali penghitungan suara presiden dan DPR luar negeri. Lanjut tingkat provinsi," kata dia.

 

Tidak Setuju

Tim hukum Prabowo-Sandiaga bersiap jelang sidang lanjutan sengketa Pilpres 2019 di Gedung Mahkamah Konstitusi, Jakarta, Kamis (20/6/2019). Agenda sidang kali ini adalah mendengarkan keterangan saksi dan ahli dari pihak termohon Komisi Pemilihan Umum (KPU). (Liputan6.com/Faizal Fanani)

Hingga kemudian pada 21 Mei 2019, kata dia, rekapitulasi selesai hingga pukul 01.00 dini hari dan KPU menanyakan apakah hasil perolehan suara bisa disahkan.

"Saya dengar proses pembacaan keputusan dan ditayangkan di layar. Hasil pembahasan, hasil akhir dibacakan," kata dia.

"Dari sertifikat perolehan suara tersebut 21 Mei, untuk pasangan calon 01 85.607.362 atau 55,5 persen dan pasangan calon 02 mendapat 68.650.239 atau 44,5 persen," kata dia.

Dia mengatakan, saksi pasangan capres dan cawapres 02 menyatakan tidak setuju dengan hasil dan tidak menandatangani sertifikat. "Saksi Partai Gerindra tidak setujui, PAN tidak setujui, PKS tidak setujui, dan Berkarya," kata dia.

KPU, kata dia, kemudian meminta tanggapan pihak yang tidak setujui hasil perolehan suara tersebut dan memberikan formulir dan pihak pasangan calon 02 menuliskan keberatan.

"Karena saya bersebelahan, mereka isi formulir," kata dia.

Saksikan video pilihan di bawah ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

VIDEO: Pencari Pasir Ngawi Temukan Benda Mirip Fosil Purba

Posted: 20 Jun 2019 09:08 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Seorang pencari pasir di Ngawi menemukan sebuah benda yang diduga tulang kaki gajah purba. Penemuan ini akan segera diberikan ke instansi terkait untuk dilakukan penelitian.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Andalkan 2 Jagoan, Volvo Optimistis Jual 600 Truk Hingga Akhir Tahun

Posted: 20 Jun 2019 09:03 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - - Penjualan mobil komersial tahun ini memang belum menunjukan peningkatan yang signifikan. Namun, bagi Volvo Trucks dan Bus penjualan di Indonesia justru mengalami peningkatan hingga 20 persen.

Dijelaskan Chief Executive Officer PT Wahana Inti Selaras (Indomobil Group) sebagai distributor resmi truk dan bus Volvo di indonesia, Bambang Prijono, peningkatan ini karena pihaknya masih memiliki hutang pemesanan dari tahun lalu.

"Kita masih punya banyak tabungan order tahun lalu, dan kita limpahkan ke tahun ini. Jadi sampai Mei 2019 ini dibandingkan dengan tahun lalu penjualan kita malah naik sekitar 20 persen," ujar Bambang di Sentul, Bogor, Jawa Barat.

Lanjut bambang, meskipun hingga Mei 2019 penjualan Volvo di Tanah Air mengalami peningkatan, namun hingga akhir tahun penjualan tetap akan stagnan.

"Total kita sudah kirim sekitar 290 unit, sementara tahun lalu hingga akhir tahun sekitar 520 unit. Jadi, tahun ini baru lima bulan saja sudah segitu, artinya setahun kita bisa jual sekitar 600-an unit," tegasnya.

Sementara itu, untuk model yang menjadi andalan, masih ditempati Volvo FMX dan juga FH16. Terlebih, kedua tipe truk ini juga bisa menggunakan teknologi VDS, yang merupakan terobosan baru Volvo untuk pasar Indonesia.

 

Volvo Dynamic Steering Punya 3 Manfaat untuk Sopir Truk, Apa Saja?

Volvo Trucks Indonesia memperkenalkan satu teknologi baru untuk sistem kemudinya, yaitu Volvo Dynamic Steering. Pabrikan asal Swedia ini mengklaim, teknologi yang dipasang di roda kemudi ini, menggabungkan power steering hidrolik konvensional dengan motor listrik, yang diatur secara elektronik.

Dijelaskan Jurn Terpstra, MD Volvo Trucks Indonesia, fungsi motor listrik dalam teknologi ini mampu memberikan pengendalian yang akurat di setiap pengoperasian.

"Ketika sensor mencatat bahwa pengemudi ingin melaju lurus ke depan, maka sistem secara otomatis memastikan tidak ada hambatan permukaan jalan yang mempengaruhi arah roda kemudi," jelas Jurn Terpstra di kawasan Sentul, Bogor, Jawa Barat, Kamis (20/6/2019).

Ia melanjutkan, pada kecepatan rendah, bantuan motor listrik membuat truk ini jadi sangat mudah dikendalikan. Bahkan, truk konstruksi yang sarat muatan yang berjalan di off-road yang kasar bisa dikemudikan tanpa kesulitan sedikit pun.

"Bahkan ada perumpaan, seekor hamster pun bisa menyetir truk ini," tegasnya.

Secara garis besar, teknologi ini pada kecepatan rendah, motor listrik mengambil alih pekerjaan otot pengemudi. Sistem ini dapat meluruskan arah gerak kendaraan secara otomatis, bahkan saat mundur.

 

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

VIDEO: Alasan Jim Carrey Tak Mau Berfoto dengan Fans

Posted: 20 Jun 2019 09:01 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Jim Carrey dikenal sebagai aktor sekaligus komedian. Ia juga kerap mengunggah foto-fotonya dengan ekspresi nyeleneh.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Serunya Jalan-Jalan Najwa Shihab ke Lokasi Syuting Game of Thrones di Kroasia

Posted: 20 Jun 2019 09:01 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Najwa Shihab bersama suami, Ibrahim Sjarief Assegaf dan putra mereka, Izzat Ibrahim sejak pertengahan Juni 2019 terlihat menghabiskan waktu bersama di Eropa. Melalui sederet potret yang dibagikan, ketiganya sempat singgah di Republik Ceko, Hungaria, hingga Kroasia.

Ada yang menarik dari jalan-jalan Nana, begitu ia akrab disapa, ketika menyambangi destinasi cantik yang menjadi lokasi syuting serial ternama Game of Thrones yang sangat populer di Dubrovnik, Kroasia.

Kota ini merupakan set untuk ibu kota King's Landing. Salah satu potret menampilkan Najwa Shihab sedang berpose di tangga yang dalam serial sebagai "walk of shame" atau jalan penebusan.

Walk of shame merupakan sebuah ritual hukuman dan penebusan dosa yang disaksikan oleh seluruh warga. Adegan tersebut dimainkan oleh karakter Cersei Lannister.

"Shame.. shame.. shame. This one is for #gameofthrones fans only! #walkofshame #kingslanding #cerseilannister #dubrovnik #croatia," tulis Najwa dalam kolom keterangan potret.

Dalam potret itu, Najwa Shihab tampil kasual dalam balutan jumpsuit 7/8 warna coklat dengan tali dibentuk pita pada bagian pinggang. Ia juga melengkapi penampilan dengan sepatu kets hitam, jam tangan, dan menguncir rambut pendeknya.

Potret Najwa Shihab di Dubrovnik, Kroasia

Najwa Shihab saat jalan-jalan ke lokasi syuting serial Game of Thrones di Dubrovnik, Kroasia. (dok. Instagram @najwashihab/https://www.instagram.com/p/By7k3tCjuqc/Putu Elmira)

Najwa Shihab juga mengabadikan momen saat berada di tembok-tembok tinggi, Ancient City Walls masih di Dubrovnik, Kroasia. Di sana, tembok super tinggi yang langsung berhadapan dengan laut jadi pemandangan yang sangat cantik.

Selayaknya di serial Game of Thrones, terlihat pula jajaran rumah dengan atap oranye yang diselingi oleh pepohonan-pepohonan. Lokasi ini masih bagian dari King's Landing dalam serial yang telah berakhir di season delapan tersebut.

"Guarding the city walls of Westeros #kingslanding #gameofthrones #got #dubrovnik #croatia," jelas Najwa dalam potret yang diunggah pada Kamis, 20 Juni 2019.

Jalan-jalan Najwa Shihab dan keluarga ke destinasi yang menjadi lokasi syuting Game of Thrones sukses menjadi sorotan warganet. Mereka pun membanjiri kolom komentar dengan ragam tanggapan dari para pecinta Game of Thrones.

"Oh God.. The City of King's Landing.. and you are the queen of the seven kingdoms (Ya Tuhan, Kota King's Landing dan kamu adalah ratu dari tujuh kerajaan)" tulis akun sayabhima.

"Valar Morghulis, Ka Nana!" tulis YouTuber Nessie Judge.

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Tanggapan Pengamat soal Penetapan Kawasan Hutan Adat

Posted: 20 Jun 2019 09:00 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Pemerintah diminta berhati-hati dalam mengeluarkan kebijakan penetapan hutan adat. Ini karena sebagian besar wilayah yang diklaim sebagai kawasan hutan mempunyai penguasaan dan kepemilikan.

Pengamat Kehutanan dan Lingkungan, Sadino mengatakan, penetapan hutan adat sebaiknya dilakukan pada kawasan hutan dengan status kepemilikan hutan yang bebas dari konflik.

Oleh karena itu, Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (KLHK) perlu memperbaharui data base kehutanan, termasuk penetapan kawasan hutan adat. 

"Penetapan hutan adat tidak sekedar  menerbitkan Perda. Harus ada  penyusunan peta indikatif yang terverifikasi di lapangan. Jika ada kawasan yang telah menjadi hak orang lain seperti HGU (Hak Guna Usaha) sebaiknya dikeluarkan agar tidak bermasalah di kemudian hari," ujar dia di Jakarta, Jumat (21/6/2019).

Pemegang HGU, lanjut dia, juga perlu dilindungi karena saat mendapat hak pelepasan, mereka punya kewajiban untuk menyelesaikan dengan pihak lain untuk pembebasan dan ganti rugi lahan. Pemegang HGU juga dibebani dengan kewajiban untuk membayar pajak.

"Jika hak kepemilikan pemegang HGU diabaikan, konflik  tenurial berpotensi semakin meruncing. Persoalannya tidak hanya sebatas dalam ranah bersengketa, tapi langsung menjadi konflik di lapangan. Okupansi dan sengketa  lahan di lapangan akan menjadi bagian tidak akan terelakkan," lanjut dia.

 

Hutan Adat Memberi Kepastian bagi Masyarakat Adat

Ilustrasi hutan lebat  (AP Photo/Rodrigo Abd)

Sementara itu, Guru Besar Fakultas Kehutanan IPB, Yanto Santosa mengatakan, kebijakan hutan adat pada dasarnya menjamin kepastian bagi masyarakat adat dan berpotensi memperkecil persoalan tenurial.

Hanya saja, dalam pemanfaatannya harus tetap megikuti fungsi hutan yang telah ditetapkan.

Misalnya, ketika pemerintah menetapkan kawasan Taman nasional sebagai hutan adat, masyarakat adat harus tetap melakukan fungsi konservasi dan menjaga kawasan tersebut.

"Sebaliknya, jika hutan adat berada di fungsi hutan produksi, hormati keinginan masyarakat untuk menanam apapun termasuk sawit," ungkap dia.

Menurut Yanto, sebelumnya penetapan kawasan perlu ditetapkan peta Hutan Adat dan Wilayah Indikatif untuk menjamin usulan-usulan di daerah yang telah memiliki subjek dan objek masyarakat hukum adat.

"Ini agar potensi konflik antara masyarakat adat dan kelompok pendatang yang mengatasnamakan masyarakat bisa dipilah," tandas dia.

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Wan-Bissaka Terganggu dengan Spekulasi Kepindahan ke MU

Posted: 20 Jun 2019 09:00 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Bek sayap Crystal Palace Aaron Wan-Bissaka dilaporkan menjadi target utama Manchester United (MU) pada bursa transfer musim panas 2019. Tapi, Palace dikabarkan meminta 50 juta pound atau sekitar Rp 898 miliar untuk bek sayap berusia 21 tahun tersebut.

Spekulai yang menghubungkannya akan pindah ke MU ternyata sangat mengganggu Wan-Bissaka. Hal itu diungkap Manajer Timnas Inggris U-21 Aidy Boothroyd.

Wan-Bissaka kini tengah membela Timnas Inggris U-21 pada ajang Piala Eropa U-21. Ia mencetak gol bunuh diri saat Inggris dikalahkan Prancis 1-2 di Orogel Stadium-Dino Manuzzi, Rabu (19/6/2019) lalu.

"Ketika spekulasi itu berhembus, itu akan membuat dia pusing," ujar Boothroyd kepada wartawan seperti dilansir Sporskeeda, Jumat (21/6/2019). "Dia jelas kecewa dengan cara gol bunuh diri itu."

Boothroyd pun bisa merasakan apa yang dirasakan Wan-Bissaka terkait rumor pindah ke MU. "Jika Anda dan saya berada di posisi itu, kami mungkin akan jauh berbeda dengan dia," ucapnya.

 

Kembali Fokus

2. Aaron Wan-Bissaka – Pemain masa depan Crystal Palace yang tampil luar biasa musim ini. Masih berumur 21 tahun namun sudah tampil 25 kali untuk Palace musim ini. (AFP/Ben Stansall)

Boothroyd berharap Wan-Bissaka bisa kembali fokus menghadapi laga Inggris berkutnya. Inggris akan menghadapi Rumania pada laga kedua Grup Piala Eropa U-21, Jumat (21/6/2019) malam WIB.

"Dia sangat tenang, dia sangat terukur, dia tidak banyak bicara. Tapi jika dia bermain besok malam (melawan Rumania), saya mengharapkan fokus yang sama, energi sama dan saya berharap dia bangkit kembali," kata Boothroyd.

 

Tepat untuk MU

Wan-Bissaka kandidat yang tepat untuk MU. Dia bisa mengisi pos bek kanan yang ditinggalkan Antonio Valencia. Tentu, Wan-Bissaka bakal mendapatkan dorongan dari Diogo Dalot di bangku cadangan.

Bek Palace ini memenuhi semua kriteria Manajer MU Ole Solskjaer: muda, asli Inggris, dan berpengalaman di Premier League. Satu masalah Solskjaer sudah selesai, Wan-Bissaka tidak perlu repot beradaptasi lagi.

Wan-Bissaka bakal jadi pembelian kedua MU di bursa transfer musim panas ini setelah menuntaskan pembelian Daniel James dari Swansea City awal bulan ini.

Saksikan video menarik berikut ini:

 

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Huawei Pastikan P30 dan Mate 20 Pro Cicipi Android Q

Posted: 20 Jun 2019 09:00 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Huawei memberikan kabar baik bagi para pengguna smartphone lini P30 dan Mate 20 Pro. Kendati terancam tak bisa menggunakan OS Android di masa depan, Huawei memastikan lini P30 dan Mate 20 Pro akan menerima Android Q.

Dilansir Phone Arena, Jumat (21/6/2019), Huawei menyampaikan komitmennya itu melalui laman Huawei Answers. Perusahaan juga merespons rumor tentang masa depan smartphone miliknya.

"Di Huawei, kami selalu mengutamakan konsumen, terlepas dari tantangan yang kami hadapi. Semua smartphone Huawei dan tablet akan terus menerima patch keamanan dan pembaruan Android. Semua orang yang sudah membeli, atau akan membeli smartphone Huawei, bisa terus mengakses dunia aplikasi, seperti yang biasa mereka lakukan," tulis Huawei.

"Semua perangkat akan terus mendapatkan garansi manufaktur, dan akan menerima dukungan layanan penuh yang sesuai. Perangkat paling populer kami saat ini termasuk seri P30, akan bisa mendapatkan akses Android Q. Kami juga telah meluncurkan program developer beta untuk Android Q, yang sedang berjalan di perangkat Mate 20 Pro kami," sambung perusahaan asal Tiongkok tersebut.

Seperti diketahui, pemblokiran oleh pemerintah Amerika Serikat (AS) terhadap Huawei mengancam bisnis perusahaan.

Hal ini terutama karena Huawei tidak akan lagi bisa menggunakan produk-produk buatan AS, termasuk teknologi, OS Android serta berbagai aplikasi seperti Facebook dan Instagram.

Huawei Pangkas Pengapalan Smartphone Premium

Huawei (Foto: Huawei)

Pemblokiran oleh AS membuat Huawei mengubah banyak rencananya, termasuk untuk produk flagship. Menurut laporan, Huawei memangkas pengapalan smartphone flagship.

Huawei pada awal bulan ini dilaporkan mulai memangkas pesanan untuk lini P30, termasuk P30 Pro. Huawei P30 Pro merupakan handset paling premium perusahaan saat ini.

Tak hanya itu, Huawei juga dilaporkan mulai memangkas pesanan untuk seri Mate 30, yang dijadwalkan rilis pada Oktober tahun ini.

Varian Mate 30 Pro

Huawei Mate 20 Pro (Foto: Andina Librianty/Liputan6.com)

Seri terbaru itu juga akan hadir dengan varian Mate 30 Pro. Pemangkasan ini berarti, jumlah pengapalan awal yang direncanakan juga akan dikurangi.

Masalah pemblokiran membuat Huawei tidak bisa bekerja sama dengan perusahaan-perusahaan AS. Masalah ini pun berdampak pada performa perusahaan.

Pihak Huawei memperkirakan pengapalan smartphone miliknya di pasar internasional akan turun 40 hingga 60 persen pada tahun ini. Pada 2018, perusahaan mengapalkan 206 juta unit ponsel, dengan setengahnya di luar Tiongkok.

(Din/Isk)

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Surat Wakil Bupati Berstempel Gubernur Aceh Jadi Bahan Olok-Olok Warganet

Posted: 20 Jun 2019 09:00 PM PDT

Liputan6.com, Aceh - Laporan Keterangan Pertanggungjawaban Kepala Daerah (LKPJ KD) Kabupaten Pidie tahun anggaran 2018 diteken wakil bupati namun berstempel Gubernur Aceh. Insiden 'salah stempel' ini menjadi olok-olokan warganet.

Mula diketahui saat Wakil Bupati, Fadhlullah TM Daud baru selesai membacakan LKPJ KD dalam sidang paripurna, Kamis (20/6/2019), di gedung DPRK setempat. Seorang anggota dewan bernama Isa Alima saat itu menyadari ada yang aneh pada dokumen LKPJ KD.

Pada lembaran pidato tampak beberapa paraf dan stempel basah bertuliskan 'Gubernur Aceh'. Dirinya lantas bertanya mengapa di LKPJ KD tersebut tertera stempel pimpinan Pemerintah Provinsi Aceh.

"Ada apa. Apa disengajai atau dikerjai Kabupaten Pidie ini? Coba wakil bupati, apa ini? yang teken wakil bupati, tapi yang stempel gubernur?" tanya anggota dewan tersebut dengan nada tinggi.

Wakil Ketua DPRK Pidie, Jamaluddin, memberi kesempatan kepada Fadhlullah untuk menjawab. Wakil bupati mengatakan bahwa itu murni kekeliruan administrasi.

Kabar pun tersebar luas di media sosial. Tidak sedikit yang mengunggah status bernada satire menyorot sistem birokrasi kabupaten bermoto 'Pang Ulee Buet Ibadat, Pang Ulee Hareukat Meugoe' itu.

"Inilah potret birokrasi saat ini. Di laci dipenuhi stempel mulai dari stempel bupati, gubernur, sampai stempel toko besi dan fotokopi," tulis pemilik akun Facebook Afrizal Abdul Rasyid.

 

Diduga Stempel Palsu

Plt Sekretaris Daerah (Sekda) Pidie, Maddan, yang dihubungi Liputan6.com, Kamis malam (20/6/2019) mengaku belum dapat memberi keterangan. Pihaknya tengah menelaah mengapa hal tersebut bisa terjadi.

"Jadi, memang ada kekeliruan. Ini sedang dipelajari," ucap Maddan.

Sementara itu, Kepala Biro Humas dan Protokol Setda, Rahmad Raden mengaku Pemerintah Aceh hanya memiliki dua buah stempel gubernur. Keduanya berada di Biro Umum Setda.

"Kita punya tanda khusus kalau itu punya kita. Yang dipakai di LKPJ bupati Pidie bukan punya kita," kata Rahmad.

Rahmad mengatakan, Pemerintah Provinsi Aceh akan menyurati Pemerintah Kabupaten Pidie untuk dimintai penjelasan mengapa stempel gubernur bisa ada dan digunakan Pemerintah Kabupaten Pidie.

Setelah ditelusuri, ternyata kejadian serupa bukan kali pertama. Pada 2018 lalu tersebar undangan Pemerintah Kabupaten Pidie yang diteken wakil bupati namun berstempel dinas sosial.

Belakangan, undangan acara Rakor lintas sektor penyelenggaraan sistem layanan dan rujukan terpadu (SLRT) itu direvisi dan disebar ulang.

 

 

Simak juga video pilihan berikut ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Top 3: Beragam Meme Kocak Saksi Sidang MK

Posted: 20 Jun 2019 09:00 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Sidang sengketa Pilpres 2019 yang berlangsung beberapa hari ini nampaknya berhasil mencuri perhatian publik. Terlebih lagi warganet, melalui Twitter mereka memberikan beragam komentar terkait proses sidang.

Tak hanya komentar berbau politik, tak jarang pula dari mereka yang justru membuat lelucon terkait salah satu saksi dalam sidang tersebut.

Artikel tentang deretan meme kocak saksi di sidang MK buatan warganet menjadi yang terpopuler di kanal Citizen6, Liputan6.com. Diikuti oleh artikel tentang cuitan kocak warganet soal criteria nyeleneh menantu idaman.

Sementara artikel ketiga terpopuler tentang desain bangunan super keren yang terinspirasi dari benda-benda sederhana.

Berikut Top 3 Citizen6:

1. Deretan Meme Kocak Saksi di Sidang MK

Deretan Meme Kocak Saksi di Sidang MK

Sidang sengketa hasil Pilpres 2019, di Mahkamah Konstitusi (MK) yang berlangsung pada Rabu (19/6/2019), beragendakan pemeriksaan saksi dari pihak pemohon Prabowo-Sandiaga.

Pihak 02 menghadirkan 14 saksi fakta dan 2 saksi ahli dalam sidang sengketa Pilpres 2019. Pemeriksaan saksi-saksi di MK pun berlangsung selama 20 jam dan rampung pada Kamis (20/6/2019) pagi.

Selengkapnya…

2. 7 Twit Kocak Soal Menantu Idaman ala Warganet, Kalian Termasuk?

foto: Twitter/@intanorii

Ketika menjalin hubungan asmara tentu semua orang ingin berlanjut ke jenjang yang lebih serius, yaitu pernikahan. Ketika menikah dengan seseorang tentu kalian berharap dapat diterima dengan baik oleh keluarga pasangan.

Ya, tak hanya menjadi istri dan suami yang baik, kalian tentu juga ingin menjadi menantu idaman sang mertua, bukan? Nyatanya hal ini juga yang dirasakan para warganet.

Selengkapnya…

3. Terinspirasi Benda di Sekitar, Arsitek Buat Desain Bangunan Super Keren

foto: IG/@felipedecastro.arq

Menjadi seorang arsitek tentu bukanlah hal yang mudah. Tak hanya ketelitian, untuk membuat desain bangunan yang unik dan estetik tentu diperlukan kreativitas yang tinggi.

Biasanya seorang arsitek akan membuat desain bangunan dengan terinspirasi dari berbagai hal. Namun, bagaimana jadinya jika desain bangunan yang dibuat terinspirasi dari berbagai benda sehari-hari yang sering kalian temui di rumah?

Selengkapnya…

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini: 

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Ini Masjid yang Digunakan Deddy Corbuzier untuk Ucap Syahadat

Posted: 20 Jun 2019 09:00 PM PDT

Liputan6.com, Yogyakarta - Deddy Corbuzier akan mengikrarkan syahadat sebagai penanda dirinya memeluk Islam di Masjid Al Mbejaji Pondok Pesantren Ora Aji Tundan, Purwomartani, Kalasan, Sleman, Jumat (21/6/2019).

Rencananya, ikrar syahadat Deddy Corbuzier akan dilangsungkan sekitar pukul 12.30 WIB. Kepastian itu diungkapkan oleh Gus Miftah, yang nantinya akan membimbing Deddy Corbuzier memeluk Islam.

"Setelah Jumatan, kami akan bantu Deddy untuk syahadat, sekarang pesawatnya (Deddy Corbuzier) sudah take off, semoga diberi kelancaran," ujar Gus Miftah, pengasuh Ponpes Ora Aji.

Gus Miftah mengungkapkan ikrar syahadat dilakukan setelah Jumatan karena Deddy Corbuzier belum belajar salat dan baru mau belajar. Selain itu, mengantisipasi pesawat delayed sehingga dipilih waktu siang hari.

 

Terbentur KPI

Gus Miftah (Switzy Sabandar)

Ia juga menuturkan, sebenarnya ada usulan dari warganet dan masyarakat supaya rencana prosesi syahadat disiarkan secara live, akan tetapi terbentur regulasi KPI.

"Saya tanya ke Deddy, mau di mana, saya yang ke Jakarta atau bagaimana. Kata Deddy: 'saya ke pondok Gus saja, belum pernah'," kata Gus Miftah menirukan ucapan Deddy Corbuzier.

 

Disaksikan Kapolda DIY

Deddy Corbuzier (Instagram/mastercorbuzier)

Meskipun demikian, Gus Miftah mengaku tidak ada persiapan khusus terkait prosesi Deddy Corbuzier menjadi mualaf. Sebab, ia juga sering mengislamkan orang di tempat ini, sehingga tidak ada perbedaan antara Deddy Corbuzier dan mualaf lainnya.

"Rencananya nanti disaksikan Kapolda (DIY) dan juga rekan-rekan media," kata Gus Miftah. Switzy Sabandar 

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Lalai Mengawasi Anak, Orangtua Perlu Dapat Sanksi

Posted: 20 Jun 2019 09:00 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Kasus pasangan suami istri (pasutri) muda di Tasikmalaya, Jawa Barat, yang mempertontonkan adegan seks secara berbayar kepada anak-anak perlu dihukum. Namun, bukan hanya pasutri tersebut yang perlu mendapatkan hukuman. Orangtua dari anak-anak yang abai mengawasi buah hatinya perlu mendapat sanksi agar menjadi pembelajaran seperti disampaikan pengamat sosial dari Universitas Indonesia, Devi Rahmawati.

"Pelaku harus dihukum sesuai perbuatannya, tetapi tanggung jawab itu tidak dibebankan begitu saja kepada pelaku, orangtua seharunya diberikan sanksi bisa denda atau kerja sosial karena tidak mampu mendampingi anak-anaknya," kata Devie di Jakarta seperti dikutip Antara. 

Selama ini terjadi budaya menyalahkan orang lain di masyarakat. Padahal untuk kasus-kasus pornografi yang melibatkan anak ini juga ada fungsi pengawasan dari orangtua.

Jika hanya pelaku yang disalahkan, maka semua orangtua akan melepaskan tanggung jawabnya dan menyalahkan orang lain.

"Padahal yang salah adalah dia (orang tua) tidak mendampingi anak-anaknya mendapatkan ilmu yang tepat, bahwa pornografi itu tidak bisa dikonsumsi di usia sangat muda," kata dosen Vokasi Universitas Indonesia ini.

 

Paparan Teknologi pada Anak

Devie menyebutkan orangtua harus tahu bahwa saat ini tnegah bersaing dengan teknologi yang sangat cepat. Itu sebabnya orangtua harus memperketat pengawasanya dan membangun komunikasi dengan anaknya.

"Caranya, sediakan ruang untuk berkomunikasi dengan anak, permasalahan durasinya itu kualitas," kata Devie yang juga aktif menulis ini.

Devie mengatakan sanksi denda tersebut juga bisa dikembalikan lagi kepada orang tua untuk digunakan kembali mendidik anaknya, sehingga ke depan para oran tua jangan sekadar membangun budaya menyalahkan orang lain.

 

Penyebab Orangtua Lalai

Saat ditanya soal faktor yang melalaikan orang tua mengawasi anaknya, Devie mengatakan ada beberapa hal yang menjadi penyebab kelalaian, yakni karena memang tidak ada bimbingan belajar menjadi orangtua. Selain itu teknologi yang begitu pesat, sementara orangtua hanya mampu mendidik anak dari pengalaman yang didapat saat saat dirinya kecil (sebagai anak).

"Padahal pada saat itu kondisi orangtua sebagai anak sudah sangat berbeda dengan kondisi sekarang," kata Devie.

Faktor berikutnya orang tua tidak punya referensi dan orangtua berpikir ketika dia sudah memasukkan anak sekolah dan memberikan pendidikan agama hal itu sudah selesai.

"Karena orangtua berpikir hal-hal tersebut sudah diajarkan dan akan mampu menjadi benteng. Dia tidak sadar bahwa gempuran media-media itu jauh lebih kuat di bandingkan pengetahuan-pengetahuan yang ada," kata Devie.

Ia mengatakan perlunya anak-anak diajarkan tentang pendidikan biologis, termasuk pendidikan seks dengan cara dan metode yang tepat.

Mestinya para orang tua mengajar kepada anaknya dari semenjak kecil terkait pelajaran biologis, pendidikan seks. Orang kebanyakan mengartikan pendidikan seks itu mengajarkan seks, padahal anak-anak perlu melihat apa bahayanya ketika menonton tayangan pornografi.

Banyak hasil penelitian mengungkapkan bahaya menonton tayangan pornografi. Anak-anak yang terpapar pornografi otaknya secara fisiologis lebih rusak dibanding ketika mereka menegak narkoba.

Ketika hal itu diajarkan oleh orang tua kepada anak maka dari awal anak-anak mereka akan membangun sensorsif buat diri mereka.

"Artinya orang tua harus mau belajar tidak bisa lagi berbekal pengetahuan di masa lalu. Orang tua harus meng-upgrade dirinya," kata Devie.

Saksikan juga video menarik berikut ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Saksi 01 Sebut Tak Ada Keberatan dan Protes Pengesahan Rekapitulasi Suara Pilpres

Posted: 20 Jun 2019 08:58 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Candra Irawan, saksi pihak Terkait sengketa Pilpres 2019 Jokowi-Ma'ruf Amin memberikan keterangan di sidang sengketa Pilpres 2019 di Mahkamah Konstitusi (MK). Dia menyatakan, tidak ada keberatan dari pihak 02 Prabowo-Sandiaga mengenai hasil rekapitulasi suara di tingkat nasional.

Hal tersebut menjawab pertanyaan kuasa hukum pihak Komisi Pemilihan Umum (KPU) Ali Nurdin mengenai apakah ada keberatan dari saksi pemohon Prabowo-Sandiaga mengenai hasil perolehan suara.

"Sepanjang yang saya ikuti di awal, tidak ada keberatan hasil perolehan suara," kata Candra dalam kesaksiannnya di sidang MK, Jakarta, Jumat (21/6/2019).

Hakim I Dewa Gede Palguna kemudian merasa jawaban Candra berbeda saat menjawab pertanyaan dari tim Pemohon. Candra sempat mengatakan tak ada pihak keberatan terkait perolehan suara Pilpres 2019, tapi ketika ditanya oleh tim 02 Candra mengatakan ada keberatan.

"Sepanjang hasil perolehan suara pemilu presiden tidak ada keberatan," kata dia.

Dia menjelaskan, adanya keberatan dari 02 yang disampaikannya adalah keberatan di luar soal perolehan suara. Misalnya soal DPK, kecurangan-kecurangan di proses rekap daerah, kabupaten, provinsi hingga DPT ganda

Ketika ditanya hakim tahu dari mana keberatan tersebut, Candra menjawab, "Saya tidak melihat tapi mendengar, karena konten ini disampaikan terus menerus," kata dia.

 

Tidak Ada Polemik Waktu

Majelis hakim mendengarkan keterangan saksi fakta Pemohon dalam dalam sidang sengketa Pilpres 2019 di MK, Jakarta, Rabu (19/6/2019). Keempat saksi memberi kesaksian terkait sengketa Pilpres 2019 untuk wilayah Jawa Tengah. (merdeka.com/Iqbal Nugroho)

Sementara itu hakim Suhartoyo mempertanyakan apakah ada polemik saat pengesahan rekapituasi suara dari yang seharusnya 22 Mei 2019 menjadi 21 Mei 2019.

"Ada tidak ini jadi forum diminta persetujuan 01 dan 02? Kenapa maju?" tanya hakim.

"Sejauh yang saya ingat, tidak ada polemik," kata Candra.

Dia menjelaskan, saat itu ada forum permintaan, tapi tidak ada yang protes dan tidak ada polemik. Dia menegaskan, ada beberapa tanggapan saksi, tapi soal pemajuan jadwal pengesahan menjadi 21 Mei tidak ada.

"Yang waktu, tidak ada yang keberatan," kata saksi Candra.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

AC Milan Ngotot Kejar 2 Pemain Real Madrid

Posted: 20 Jun 2019 08:55 PM PDT

Jakarta AC Milan tertarik mendapatkan dua pemain Real Madrid, Dani Ceballos dan Borja Mayoral. Rossoneri ingin meminjam keduanya musim depan.

Menurut Sky Sport Italia, Saat ini, tiga petinggi I Rossoneri, yakni Paolo Maldini (direktur teknik), Zvonimir Boban (Chief Operating Officer), dan Ricky Massara (direktur olahraga) sedang berada di kota Madrid.

Ketiganya menggelar pertemuan dengan El Real untuk memperkenalkan manajemen baru AC Milan. Selain itu, Milan juga ingin membahas kemungkinan menggaet beberapa pemain Los Blancos.

Il Diavolo Rosso disebut-sebut kepincut dengan Dani Ceballos. Milan butuh pemain seperti Ceballos untuk menempati pos sebagai centrocampista (gelandang tengah) atau trequartista (gelandang serang).

Kans AC Milan  mendapatkan tanda tangan pemain 22 tahun tersebut terbilang besar. Pasalnya, Dani Ceballos tidak masuk dalam rencana pelatih Real Madrid, Zinedine Zidane, untuk musim depan.

 

 

Bidik Mayoral

Selain Ceballos, Milan juga berminat dengan Borja Mayoral. Pemain yang musim lalu dipinjamkan ke Levante itu tampil cukup baik. Dia berhasil mencetak lima gol dan dua assist dari 34 laga di seluruh ajang musim 2018-2019.

Akan tetapi, AC Milan  tidak ingin mengeluarkan dana besar untuk mendapatkan jasa kedua pemain. Alhasil, Milan pun hanya akan meminjam Dani Ceballos dan Borja Mayoral dari Real Madrid pada musim panas tahun ini.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Aksi Singa Laut Masuk Pasar Ikan Minta Makanan Ini Bikin Gemas

Posted: 20 Jun 2019 08:55 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Semua makhluk hidup di bumi membutuhkan makanan. Baik manusia, hewan bahkan tumbuhan. Hewan pun dikategorikan menjadi tiga kelompok yaitu karnivora, herbivora dan omnivora. 

Bagi hewan karnivora umumnya akan berburu untuk mencari mangsa yang kemudian disantap sebagai makanannya. Hewan karnivora yang hidup di darat maupun di laut memiliki hewan buruannya masing-masing. Tentunya sudah tak asing, bagi manusia ketika melihat hewan-hewan berburu mangsanya. 

Namun sepertinya tak semua hewan liar mampu mencari makanannya sendiri. Hal ini seperti yang dilakukan seekor singa laut raksasa di Amerika Selatan. Singa laut berukuran besar itu tiba-tiba mendekati manusia yang tengah berjualan ikan di pesisir pantai. Tampaknya singa laut itu malas untuk berburu dan meminta ikan oleh para penjualnya. 

Dilansir dari Boredpanda oleh Liputan6.com, Jumat (21/6/2019) seekor singa laut berukuran besar di kawasan pesisir pantai Amerika Selatan mendekati para penjual ikan. Singa laut berwarna hitam gelap itu awalnya berdiri diam tak mendekat orang-orang tersebut. 

 

Aksi Singa Laut yang Minta Ikan Bikin Terkejut

Aksi singa laut minta makan (Sumber: Boredpanda)

Menyadari kemunculan singa laut itu, seseorang memberikan ikan kepadanya. Barulah singa laut itu kemudian mendekat lapak pria yang memberikannya ikan. Lucunya, ia tak agresif sama sekali seolah ia menunggu seseorang akan memberikan ikan lagi padanya. 

Beberapa orang yang berada di pasar ikan itu tak merasa terganggu oleh kehadiran singa laut rakasasa itu. Singa laut itu hanya diam menunggu orang-orang memberikannya ikan. Namun sepertinya orang-orang tak sanggup membiarkannya saja, sehingga sesekali penjual bergiliran memberikan ikan mereka. 

 

Reaksi Netizen, Terkejut Sekaligus Gemas

Aksi singa laut minta makan (Sumber: Boredpanda)

Beberapa nelayan mengaku sebelumnya ikan mereka sering dicuri oleh singa laut yang berkeliaran. Namun melihat singa laut yang tenang dan tak mencari masalah ini, mereka membiarkan pemandangan tersebut. Video yang telah menyebar di berbagai media ini pun menarik perhatian para netizen di Facebook yang terkejut sekaligus gemas dengan aksi singa laut raksasa itu. 

"Terimakasih telah membagikan ikan kalian kepada singa laut yang indah ini," tulis Gillian Knave. 

"Aku tak percaya dengan ukuran singa lau itu! Dia memiliki [erilaku baik dan sabar!" ujar Angela Mizera.

"Ini adalah pemadnangan yang indah tetapi kita manusia mengambil makanan mereka di lautan. Singa laut ini berhak untuk mendapatkan lebih!" timpal Ren hel. 

"Kenapa tidak. Dia adalah bayi besar yang indah dengan kehadiran meminta cemilan. Imut!" komentar Lynnette Clara Amos. 

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

NBA Draft 2019: Rui Hachimura Ukir Sejarah Baru

Posted: 20 Jun 2019 08:45 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Rui Hachimura masuk buku sejarah di NBA Draft 2019. Dia mencatatkan diri sebagai pemain asal Jepang pertama yang dipilih di putaran pertama NBA Draft.

Hachimura dipilih Washington Wizards di posisi sembilan pada NBA Draft 2019 yang digelar Jumat (21/6/2019) pagi WIB. 

"Ini sangat berarti bagi saya, keluarga saya. Untuk basket Jepang dan seluruh negara saya. Ini hal besar," ujar Hachimura seperti dikutip dari Yahoo Sports.

Hachimura tampil cemerlang di level universitas. Dia memperkuat Gonzaga dengan rata-rata 19,7 poin dan 6,5 rebound. Dia terpilih menjadi pemain terbaik West Coast Conference.

Pemuda 21 tahun itu merupakan putra dari wanita asal Jepang. Ayahnya Hachimura berasal dari Benin. Hachimura memilih membela timnas Jepang ketimbang Benin.

 

Sejarah Pemain Jepang di NBA

Sebelum Hachimura, ada satu pemain Jepang yang ikut NBA Draft yakni Yasutaka Okayama yang dipilih di urutan 171 di tahun 1981 oleh Golden State Warriors.

Okayama sayangnya tidak jadi bermain di NBA. Praktis cuma ada dua orang Jepang sebelum Hachimura yang pernah main di NBA yakni Yuta Tabuse (Phoenix Suns 2004-2005) dan Yuta Watanabe (Memphis Grizzlies 2018-2019).

Hachimura dapat bermain sebagai small forward maupun power forward. Dia sangat mengidolai Carmelo Anthony.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

1 komentar:

AMISHA mengatakan...

Saya telah berpikir bahwa semua perusahaan pinjaman online curang sampai saya bertemu dengan perusahaan pinjaman Suzan yang meminjamkan uang tanpa membayar lebih dulu.

Nama saya Amisha, saya ingin menggunakan media ini untuk memperingatkan orang-orang yang mencari pinjaman internet di Asia dan di seluruh dunia untuk berhati-hati, karena mereka menipu dan meminjamkan pinjaman palsu di internet.

Saya ingin membagikan kesaksian saya tentang bagaimana seorang teman membawa saya ke pemberi pinjaman asli, setelah itu saya scammed oleh beberapa kreditor di internet. Saya hampir kehilangan harapan sampai saya bertemu kreditur terpercaya ini bernama perusahaan Suzan investment. Perusahaan suzan meminjamkan pinjaman tanpa jaminan sebesar 600 juta rupiah (Rp600.000.000) dalam waktu kurang dari 48 jam tanpa tekanan.

Saya sangat terkejut dan senang menerima pinjaman saya. Saya berjanji bahwa saya akan berbagi kabar baik sehingga orang bisa mendapatkan pinjaman mudah tanpa stres. Jadi jika Anda memerlukan pinjaman, hubungi mereka melalui email: (Suzaninvestment@gmail.com) Anda tidak akan kecewa mendapatkan pinjaman jika memenuhi persyaratan.

Anda juga bisa menghubungi saya: (Ammisha1213@gmail.com) jika Anda memerlukan bantuan atau informasi lebih lanjut