Senin, 10 Juni 2019

Liputan6 : RSS2 Feed

Liputan6 : RSS2 Feed


PKPU Produsen Taro Berakhir Damai, Ini Respons BEI

Posted: 10 Jun 2019 10:16 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - PT Tiga Pilar Sejahtera Food Tbk (AISA) telah menyelesaikan persidangan terkait kasus penundaan kewajiban pembayaran utang (PKPU). 

Sebelumnya dua anak usaha PT Tiga Pilar Sejahtera Food (TPS Food), PT Putra Taro Paloma (PTP) dan PT Balaraja Bisco Paloma (BBP) terancam pailit. Kedua produsen snack taro itu terlilit utang hampir Rp 500 miliar.

Direktur Penilaian Perusahaan Bursa Efek Indonesia (BEI), I Gede Nyoman Yetna mengatakan, saat ini pihak BEI  melihat arah bisnis pengembangan dari perusahaan.

"Kita harapkan adalah bagaimana AISA itu akan muncul menjadi perusahaan yang strategi pengembangannya ke food-nya. Itu yang akan kita lihat," tutur dia di Gedung BEI, Selasa (11/6/2019).

"Karena ini yang akan men-generate income ke depan dan menjadi backbonenya. Kalau beras memang sudah tahu dari awal mereka mau melakukan divestasi sebetulnya yang berasnya," tambah dia. 

Dia menuturkan, BEI juga ingin melihat lebih lanjut proses penyelesaian kasus perusahaan terkait dengan PKPU. Itu termasuk di dalamnya pengembangan bisnis lain dari Perseroan.

"Ke depan kita juga ingin lihat proses penyelesaiannya (PKPU) seperti apa. Dan setelah itu tentunya manajemen yang baru akan mengembangkan lini bisnis arahnya kemana," paparnya.

Lolos dari Ancaman Pailit

Pengunjung tengah melintasi layar pergerakan saham di BEI, Jakarta, Senin (13/2). Pembukaan perdagangan bursa hari ini, Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG) tercatat menguat 0,57% atau 30,45 poin ke level 5.402,44. (Liputan6.com/Angga Yuniar)

Sebelumnya, anak usaha PT Tiga Pilar Sejahtera Food Tbk (AISA) yaitu PT Putra Taro Paloma (PTP) dan PT Balaraja Bisco Paloma (BBP), produsen makanan ringan Taro akhirnya mendapatkan persetujuan dari kreditur dalam proses penundaan kewajiban pembayaran utang (PKPU) di Pengadilan Niaga Jakarta Pusat.

Corporate Secretary TPS Food, Michael Hadylala menuturkan, keputusan penyelesaian proses PKPU anak usahanya tersebut didapat pada Selasa 28 Mei 2019. 100 persen kreditur anak usaha TPS Food tersebut setuju proses penyelesaian PKPU. 

"Kemarin voting diterima. Secured (kreditur separatis) 100 persen setuju termasuk UOB. Konkuren 32, kreditur 100 persen setuju," ujar Michael, saat dihubungi Liputan6.com lewat pesan singkat, Rabu, 28 Mei 2019.

Selanjutnya, perseroan menunggu homologasi atau pengesahan hakim atas persetujuan antara debitur dan kreditur konkruen untuk akhiri kepailitan atau pailit. Kreditur konkuren ini merupakan kreditur yang tidak memegang jaminan apa-apa, sedangkan kreditur separatis memiliki hak untuk melakukan eksekusi objek jaminannya dan mendapatkan piutang terlebih dahulu ketimbang kreditur konkuren.

Michael menuturkan, dengan proses penyelesaian PKPU ini, perseroan dapat mengoptimalkan kembali operasional ke depan.

Selain itu, dengan persetujuan perdamaian dalam proses PKPU ini, Michal menuturkan, pihaknya meminta grace period restrukturisasi utang hingga Juni 2020. Dalam grace period tersebut, dana yang terkumpul akan digunakan untuk modal kerja perseroan.

"Harapannya penjualan bisa ditingkatkan dan nantinya keuntungan operasional digunakan untuk bayar utang," tutur dia.

Adapun kewajiban dari anak usaha PT Tiga Pilar Sejahtera Food Tbk yaitu PTP dan BBP sekitar Rp 500 miliar.

Sebelumnya, anak usaha perseroan hadapi kasus PKPU yang terdaftar di Pengadilan Niaga Jakarta Pusat dengan Nomor Perkasa 117/Pdt.Sus-PKPU/2018/PN Jkt.Pst. Pemohon kasus PKPU tersebut PT Bank UOB Indonesia.

Kewajiban PTP ke Bank UOB Indonesia sekitar Rp 180 miliar. Michael sebelumnya pernah menuturkan, persetujuan oleh Bank UOB Indonesia ini cukup berpengaruh terhadap proses penyelesaian PKPU.

"Kalau UOB setuju dengan proposal perdamaian di Taro akan sangat berpengaruh dengan kelancaran pelaksanaan proposal perdamaian di PKPU TPS Food dan TPS-PMI. Kalau UOB enggak bersedia mendukung kita di proposalnya Taro dan Taro pailit, itu efeknya akan berpengaruh ke TPS Food dan TPS-PMI," tutur dia.

Nasib Produsen Taro

Pekerja tengah melintas di bawah papan pergerakan IHSG usai penutupan perdagangan pasar modal 2017 di BEI, Jakarta, Jumat (29/12). Perdagangan bursa saham 2017 ditutup pada level 6.355,65 poin. (Liputan6.com/Angga Yuniar)

Sebelumnya, manajemen PT Tiga Pilar Sejahtera Food Tbk (AISA) berharap para kreditor dapat menerima proposal perdamaian yang ditawarkan perseroan untuk proses penundaan kewajiban pembayaran utang (PKPU) untuk anak usaha perseroan PT Putra Taro Paloma (PTP) dan PT Balaraja Bisco Paloma (BBP).

Dua anak usaha perseroan ini yang memproduksi makanan ringan atau disebut snack merek Taro. Adapun kasus PKPU anak usaha perseroan ini terdaftar di Pengadilan Niaga Jakarta Pusat dengan nomor perkara 117/Pdt.Sus-PKPU/2018/PN Jkt.Pst. Pemohon kasus PKPU tersebut PT Bank UOB Indonesia.

Corporate Secretary TPS Food, Michael H.Hadylala menuturkan, saat ini masih dalam proses PKPU yaitu anak usaha perseroan PT Putra Taro Paloma (PTP) dan PT Balaraja Bisco Paloma (BBP). Perseroan akan hadapi proses pemungutan suara (voting) terhadap proposal perdamaian yang diajukan perseroan.

Keputusan diterimanya proses perdamaian dengan kreditur ditentukan pada pekan depan. Michael menuturkan, pihaknya dibantu oleh Deloitte untuk pembuatan proposal perdamaian.

"Kalau Taro pekan depan. Proposal perdamaian sudah kami siapkan. Optimistis, berkah Ramadan. Kreditur bisa terima proposal perdamaian dengan kepastian pembayaran utang-utang. Kreditur tersebut banyak mulai dari bank, pemegang obligasi dan sukuk.  Target sebelum Lebaran ini sudah selesai (proses PKPU)," tutur Michael saat dihubungi Liputan6.com, Sabtu. 25 Mei 2019.

Ia menuturkan, kalau kreditur konkruen mayoritas sudah sepakat. Saat ini nasib produsen Taro berada di tangan kreditur separatis yaitu UOB. Kreditur separatis memiliki hak untuk melakukan eksekusi objek jaminannya dan mendapatkan piutang terlebih dahulu ketimbang kreditur konkuren. 

"Sekarang tinggal UOB sebagai kreditur separatis apakah akah membiarkan Taro pailit? Karena sekarang bola tangan di UOB," tutur dia.

Michael menambahkan, jika proses PKPU anak usaha di bidang makanan ringan ini selesai, perseroan akan fokus untuk menyelesaikan utang-utang perseroan. Selain itu, perseroan juga fokus mengembangkan bisnis makanan setelah bisnis beras perseroan dinyatakan pailit.

Akuisisi Taro oleh TPS Food pada 2011

Makanan ringan Taro ini memang sudah lama beredar di Indonesia dan dikenal publik sejak 1984.

 Sebelum dibeli oleh Tiga Pilar Sejahtera Food, makanan ringan merekTaro dipegang oleh Unilever. PT Tiga Pilar Sejahtera Food Tbk menyelesaikan akuisisi  merek Taro dan pabrik dari PT Unilever Indonesia pada Desember 2011.  

Nilai akuisisinya diperkirakan Rp 200 miliar lebih. Akuisisi merek Taro tersebut diharapkan dapat mendongkrak pendapatan bagi Tiga Pilar Sejahtera Food.

Saa itu, Unilever Indonesia melepas merek Taro untuk fokus pada bisnis utamanya yaitu home, personal care, food dan ice cream. Sementara itu, Unilever juga akuisisi merek Taro pada 2003 dari PT Rasa Mutu Utama.

 

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Gaya Publik Figur Saat Bertemu dengan 'Kembarannya' Ini Bikin Senyum Sendiri

Posted: 10 Jun 2019 10:15 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Memiliki seorang kembaran tentu saja tak dimiliki oleh semua orang. Banyak orang beranggapan memiliki seorang saudara kembar tentu saja akan menyenangkan. Kamu bisa melakukan berbagai hal secara bersama-sama. Bahkan, bisa jadi kamu juga memiliki beberapa barang yang sama.

Namun apa jadinya jika kamu baru bertemu dengan saudara kembar setelah dewasa? Tentu saja kejadian-kejadian menarik akan terjadi pada dirimu dan saudara kembarmu. Namun rupanya tokoh publik ini juga baru bertemu dengan 'kembaran'. Tapi bukan kembaran aslinya.

Dirangkum Liputan6.com dari akun Twitter Kementerian PUPR, Selasa (11/6/2019) baru-baru ini Basuki Hadimuljono membuat geger media sosial. Pasalnya di akun Twitter @KemenPU, terdapat unggahan foto yang memperlihatkan sang menteri sedang berjabat tangan dengan 'kembarannya'.

Foto tersebut diunggah bertepatan dengan momen lebaran. Akun tersebut juga menambahkan keterangan loh mengenai foto yang diunggah tersebut. Namun rupanya bukan hanya Menteri PUPR saja yang pernah bertemu dengan 'sang kembaran'. Presiden RI Joko Widodo juga pernah bertemu dengan 'kembarannya'.

Berikut ini gaya Joko Widodo dan Basuki Hadimuljono saat bertemu dengan 'kembaran' yang bikin netizen senyum-senyum.

1. Kamu udah sungkem juga belum?

Menteri PUPR bertemu 'kembaran' (Sumber: Twitter/KemenPU)

2. Saling memaafkan di momen lebaran ya.

Menteri PUPR bertemu 'kembaran' (Sumber: Twitter/KemenPU)

3. Joko Widodo bertemu 'kembarannya' saat peresmian terminal baru Bandara Internasional Ahmad Yani.

Jokowi bertemu 'kembaran' (Sumber: Twitter/howtodressvvell)

Reaksi Netizen

Tentu saja munculnya gaya para tokoh publik saat bertemu dengan 'kembaran' masing-masing menarik perhatian netizen. Dirangkum Liputan6.com dari akun Twitter @howtodressvvell, Selasa (11/6/2019) tak sedikit para netizen yang dibuat tersenyum akibat dari unggahan foto tersebut.

"lucu jugak bapak bapak ini, jadi sayang wahahaha" tulis akun @arvandisyam.

"memaafkan diri sendiri." ujar akun @Wimbianugraha1.

"Definisi love yourself" tulis akun @NonaAvengers.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

FOTO: Lady Pink, Ibu Negara Grafiti Asal Amerika Serikat

Posted: 10 Jun 2019 10:15 PM PDT

Seniman grafiti Sandra Fabara atau lebih dikenal Lady Pink melukis mural di Casita Maria, Bronx, New York, AS, Minggu (2/6/2019). Lady Pink mulai melukis grafiti pada usia 15 tahun. (Don Emmert/AFP)

Seniman grafiti Sandra Fabara atau lebih dikenal Lady Pink melukis mural di Casita Maria, Bronx, New York, AS, Minggu (2/6/2019). Lady Pink mulai melukis grafiti pada usia 15 tahun. (Don Emmert/AFP)

Seniman grafiti Sandra Fabara atau lebih dikenal Lady Pink melukis mural di Casita Maria, Bronx, New York, AS, Minggu (2/6/2019). Kesukaan Lady Pink terhadap dunia grafiti berawal saat dirinya melukis subway New York pada tahun 1979. (Don Emmert/AFP)

Seniman grafiti Sandra Fabara atau lebih dikenal Lady Pink melukis mural di Casita Maria, Bronx, New York, AS, Minggu (2/6/2019). Kesukaan Lady Pink terhadap dunia grafiti berawal saat dirinya melukis subway New York pada tahun 1979. (Don Emmert/AFP)

Sekelompok wanita berjalan melewati seniman grafiti Sandra Fabara atau lebih dikenal Lady Pink yang tengah melukis mural di Casita Maria, Bronx, New York, AS, Minggu (2/6/2019). Di usianya yang sudah menginjak 50 tahun, Lady Pink mencari nafkah dengan karya seninya secara legal. (Don Emmert/AFP)

Sekelompok wanita berjalan melewati seniman grafiti Sandra Fabara atau lebih dikenal Lady Pink yang tengah melukis mural di Casita Maria, Bronx, New York, AS, Minggu (2/6/2019). Di usianya yang sudah menginjak 50 tahun, Lady Pink mencari nafkah dengan karya seninya secara legal. (Don Emmert/AFP)

Seniman grafiti Sandra Fabara atau lebih dikenal Lady Pink berbagi cerita di Casita Maria, Bronx, New York, AS, Minggu (2/6/2019). Lady Pink terbilang menonjol sebagai salah satu dari sedikit wanita dalam subkultur ilegal dan berbahaya tersebut. (Don Emmert/AFP)

Seniman grafiti Sandra Fabara atau lebih dikenal Lady Pink berbagi cerita di Casita Maria, Bronx, New York, AS, Minggu (2/6/2019). Lady Pink terbilang menonjol sebagai salah satu dari sedikit wanita dalam subkultur ilegal dan berbahaya tersebut. (Don Emmert/AFP)

Seniman grafiti Sandra Fabara atau lebih dikenal Lady Pink berbagi cerita di Casita Maria, Bronx, New York, AS, Minggu (2/6/2019). Lady Pink melakukan hal semacam ini ketika pacar pertamanya yang juga seorang seniman grafiti ditangkap. (Don Emmert/AFP)

Seniman grafiti Sandra Fabara atau lebih dikenal Lady Pink berbagi cerita di Casita Maria, Bronx, New York, AS, Minggu (2/6/2019). Lady Pink melakukan hal semacam ini ketika pacar pertamanya yang juga seorang seniman grafiti ditangkap. (Don Emmert/AFP)

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Tak Mudik ke Belanda, Maudy Koesnaedi Pilih Lebaran di Indonesia

Posted: 10 Jun 2019 10:15 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Biasanya setiap Hari Raya Idul Fitri, Maudy Koesnaedi mudik ke kampung halaman sang suami yakni Erik Meijer di Belanda. Namun untuk tahun ini, Maudy harus absen lantaran sibuk dengan jadwal promo SI DOEL THE MOVIE 2. Walau begitu, ia merasa bersyukur karena bisa lebaran di Jakarta bersama keluarga besarnya.

"Aku kan biasanya lebaran selalu di mertua ya. Tahun ini karena memang ada SI DOEL jadinya aku bisa lebaran di Jakarta sama keluargaku. Senang juga sih, bisa full puasa Ramadan, diambil happy-nya aja lah," ujar Maudy Koesnaedi saat ditemui disela-sela promo SI DOEL THE MOVIE 2 di Bogor Square XXI, Jawa Barat, Senin (10/6).

Tetap bekerja di hari lebaran, Maudy Koesnaedi pun harus pintar-pintar membagi waktu antara jadwal promo film dan waktu bersama keluarganya.

"Kebetulan juga anak aku sedang libur juga ya, harus diatur-atur aja waktunya kapan aku sama keluarga SI DOEL kapan aku sendiri. Tapi so far berjalan dengan baik lah," ungkapnya.

Ibu satu anak ini pun sempat bercerita perbedaan lebaran di Belanda dan di Jakarta. Ia mengungkapkan bahwa jika di Belanda dirinya tidak pernah salat Idul Fitri di masjid lantaran di sana lebih memprioritaskan untuk laki-laki.

"Ya sama aja sih. Di Belanda pun sama-sama lebaran karena ipar-ipar aku Turki lebaranan. Jadi ya tentu aja rasanya beda, kalau di sana masjidnya itu memang lebih diprioritaskan untuk laki-lakinya, jadi perempuannya di rumah. Jadi aku nggak pernah salat Ied di masjid. Paling sama ipar, mertua aku di rumah," jelas Maudy.

Oleh karena itu, Ia merasa senang bisa merayakan lebaran di Jakarta. Bisa kembali merasakan salat Ied dan mencoba berbagai makanan khas lebaran. Tak lupa dirinya juga mengajak keluarga besar untuk menonton SI DOEL THE MOVIE 2.

"Kalau di sini (Jakarta) kan bisa salat jadi aku kangen-kangenan sama makanan lebaran, kumpul sama keluarga besar, keliling, nonton bareng keluarga ber-30an nonton SI DOEL gitu, silaturahmi ramai-ramai, senang lah," pungkasnya. (Sora Soraya/Kapanlagi.com)

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Warganet Dunia Bete PUBG Mobile Offline 8 Jam

Posted: 10 Jun 2019 10:10 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - PUBG Mobile telah mengumumkan bahwa layanan gimnya akan offline pada hari ini, Selasa (12/6/2019). Kondisi ini terjadi karena PUBG Mobile sedang melakukan maintenance dalam sistem.

Adapun proses maintenance ini akan berlangsung selama delapan jam, sejak 00:00:00 hingga 08:00:00 UTC.

Apabila diubah ke Waktu Indonesia Barat (WIB), proses ini akan dilakukan mulai pukul 07.00 hingga 15.00 WIB.

Mengingat waktu maintenance yang cukup panjang, banyak dari pemain PUBG Mobile yang curhat ke media sosial, terutama Twitter mengenai kondisi ini.

Banyak di antara warganet yang mengaku kebingungan karena selama delapan jam tidak dapat bermain PUBG Mobile. Namun, tidak sedikit pula gamer yang berharap dengan proses maintenance ini dapat mengatasi bug dalam gim.

Nah, untuk mengetahui mengenai respons warganet terhadap proses maintenance PUBG Mobile yang terjadi hari ini, berikut beberapa tweet yang dihimpun oleh Tekno Liputan6.com.

Janjikan Versi Baru Pada 12 Juni 2019

PUBG Mobile bakal kehadiran zombie mode di update terbarunya, kapan? (Liputan6.com/ Yuslianson)

Meski begitu, pengembang gim menjanjikan, saat gim sudah bisa diakses nanti, pengguna bisa mendapatkan versi terbaru dari PUBG Mobile yang bisa diperbarui mulai 12 Juni 2019.

Mengutip laman Express, proses maintenance dilakukan oleh sang publisher yaitu Tencent untuk memulai proses pembaruan patch 0.13.0, guna membawa perubahan besar pada permainan.

Siapkan Ruang Memori Besar

PUBG Mobile x Resident Evil 2. (Doc: PUBG Mobile)

Tim support PUBG Mobile mengatakan, untuk memasang pembaruan patch 0.13.0, pengguna perlu memiliki sejumlah ruang memori yang cukup besar pada smartphone.

"Pastikan perangkat kamu memiliki ruang penyimpanan yang cukup untuk pembaruan ini: 1,98GB untuk Android dan 2,45GB di iOS," tutur Tim support PUBG Mobile.

"Versi baru akan tersedia mulai 12 Juni 2019. Pembaruan sebelum 19 Juni 2019 untuk mendapatkan item Outfit Box III dan poin 1.888 BP," sambungnya.

(Dam/Isk)

Saksikan Video Pilihan Berikut Ini

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Tjahjo Kumolo: Tidak Ada Sejarahnya Mendagri Menjabat 2 Kali

Posted: 10 Jun 2019 10:10 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Masa jabatan pemerintahan Joko Widoso-Jusuf Kalla tersisa empat bulan. Menteri Dalam Negeri Tjahjo Kumolo mengatakan sisa waktu tersebut dia akan maksimalkan dengan baik.

Dalam sambutannya, Tjahjo mengatakan bahwa sepanjang sejarah, jarang bahkan tidak ada seorang menteri menjabat sebanyak dua kali.

"Dalam sejarah enggak ada Mendagri (menjabat) dua kali. Oleh karena itu, pada kesempatan ini, mudah-mudahan bisa ketemu lagi pada Oktober," kata Tjahjo di Direktorat Dukcapil, Jakarta Selatan, Selasa (11/6/2019).

Saat disinggung mengenai pernyataannya, politisi PDIP itu enggan menjelaskan. Secara diplomatis, ia mengatakan apapun keputusan presiden terpilih 2019-2024 sisa waktu jabatan saat ini harus dilaksanakan dengan baik, ataupun meningkatkan kualitas jika terdapat kekurangan.

Ia pun enggan mengomentari ada tidaknya potensi dirinya kembali menjabat sebagai Menteri Dalam Negeri.

"Dalam sejarah banyak sekali," tukasnya.

Sementara, Tjahjo Kumolo memberi sanksi kepada 211 ASN Kementerian Dalam Negeri yang bolos kerja.

Sanksi kepada ASN tersebut bervariatif mulai dirumahkan selama tiga hari, adanya peringatan tertulis, hingga pemotongan tunjangan.

"Saya mengambil keputusan dengan pak Sekjen bagi 211 (ASN) diskors," kata Tjahjo.

Pemotongan Tunjangan

Terhadap pemotongan tunjangan, Tjahjo menyebutkan bahwa maksimal pemotongan sebesar 15 persen, tergantung tingkat kelalaiannya.

Sementara itu Tjahjo menyebutkan dari jumlah ASN yang bolos kerja pascalibur lebaran terbanyak dari Institut Pemerintahan Dalam Negeri (IPDN). Sanksi terhadap ASN IPDN juga akan lebih berat.

"Saya minta kepada rektor untuk memberikan sanksi yang tegas, lebih tegas daripada sanksi ynag akan diterapkan Pak Sekjen," tandasnya.

Kata Tjahjo, negara telah memenuhi hak keuangan para ASN seperti tunjangan dan gaji ke-14 namun masih saja banyak ASN yang membolos.

"Masih belum puas terima THR, masih belum puas menikmati gaji keempat belas, masih belum puas menikmati tunjangan kinerja," ujarnya.

Reporter: Yunita Amalia

Saksikan video pilihan berikut ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Crop Circle di Sawah Petani Kediri, Tempat Wisata Baru Rekomendasi Gubernur Khofifah

Posted: 10 Jun 2019 10:04 PM PDT

 

Liputan6.com, Jakarta - Crop circle yang kerap dikaitkan dengan fenomena UFO dan alien, muncul di Desa Kedung Malang, Papar, Kediri, Jawa Timur. Bukannya disuruh menjauh, Gubernur Jatim Khofifah Indar Parawansa malah mengajak publik untuk berkunjung ke sana.

Crop circle itu memang buatan para petani setempat. Ada yang ditata mirip lambang Kementerian Pertanian, ada pula yang menampilkan bentuk hati disertai tulisan cettar yang jadi jargon Syahrini.

Dalam akun Instagramnya @khofifah.ip, Khofifah menyebut crop circle itu bukan kaleng-kaleng buatan masyarakat, tetapi merupakan wujud kreativitas masyarakat.

"Saya berharap kedepan semakin banyak tumbuh desa-desa wisata di Jawa Timur. Yang bukan hanya mengandalkan panorama alam, namun juga mampu memadukan budaya juga kreativitas masyarakat setempat," tulis Gubernur Jatim perempuan pertama tersebut, 9 Juni 2019.

Khofifah meyakini, kreativitas yang dibuat warga di desa mampu mendongkrak perekonomian masyarakat sekitar. Begitu pula dengan keberadaan crop circle di Kediri.

 

 

Asal-usul Crop Circle

Crop circle yang muncul di sawah petani di Kediri itu awalnya hendak dibangun menjadi rest area. Namun, niat itu batal dan akhirnya dipuji Gubernur Jatim Khofifah Indar Parawansa. (dok. Instagram @hsymdfq/https://www.instagram.com/p/ByWcAD1HRBw/Dinny Mutiah)

Dilansir dari malangtimes.com, crop circle itu berdiri di atas lahan seluas 2,1 hektare di Desa Kedungmalang, Kecamatan Papar, Kabupaten Kediri. Dibuat oleh kelompok tani (Poktan) setempat, crop circle ini dipilih karena dirasa bisa mengangkat pamor desa yang memiliki kekayaan sumber daya alam di bidang pertanian.

Awalnya, lokasi tersebut akan dijadikan rest area karena termasuk lokasi strategis. Kepala Desa Kedungmalang, Edi Sumitro, mengatakan dalam perkembangannya, pihak desa kemudian bekerja sama dengan BPSB Jawa Timur, akhirnya disepakati membuat lokasi tersebut menjadi tempat wisata edukasi.

"Di dalam wahana ini, kami akan memberikan edukasi mengenai pengenalan berbagai macam varietas tanaman, cara budidaya, potensi pasar dan lain sebagainya," tambahnya.

Di lokasi ini terdapat sembilan varietas berbeda padi hibrida, 54 padi inbridda, 19 jagung hibrida, delapan varietas jagung manis, jagung pulut manis, jagung pulut ungu, delapan varietas kedelai, sorgum, 19 varietas melon, 17 varietas mentimun, dan enam varietas bawang merah.

Juga ada 17 varietas semangka, stroberi, 10 varietas cabai, sembilan tomat, 116 kacang panjang, enam buncis, terong, kubis ungu, kubis sendok, sawi hijau, sawi sendok, bayam ungu, bayam hijau, bayam belang, okra, kemangi, labu botol, labu madu, labu jepang, paria, oyong, bunga marigold, bunga celosia, bunga matahari, dan bunga pacar air. Selain itu, juga terdapat edukasi sapi dan kambing.

Saksikan Video Pilihan Berikut Ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Lagi, Spesimen Emas Terbesar Ditemukan di Australia Barat

Posted: 10 Jun 2019 10:03 PM PDT

Liputan6.com, Perth - Petir tidak pernah menyambar dua kali, tetapi spesimen emas yang spektakuler telah ditemukan di tambang emas Australia Barat untuk kedua kalinya dalam sembilan bulan.

Satu lagi kantung emas langka telah ditemukan di tambang Beta Hunt di dekat kota tambang bersejarah Kambalda, 630 kilometer timur Perth, demikian seperti dilansir ABC Indonesia, Selasa (11/6/2019).

Penambang bawah tanah telah menemukan sekitar 987 ons emas kasar dari 238 kilogram batu sejak Sabtu - bernilai sekitar AU$ 1,9 juta (sekitar Rp 19 miliar) dengan harga emas hari ini.

Tambang Beta Hunt menjadi berita utama internasional tahun lalu setelah beberapa spesimen terbesar yang pernah ada ditemukan sekitar 500 meter di bawah permukaan tanah - yang terbesar berbobot 94 kilogram.

Jadi Kejadian Biasa

Sejauh ini, kantong emas baru itu tidak sekaya ruang seukuran ruang tamu yang disebut Father's Day Vein, yang dinamai karena ditemukan pada Hari Ayah September lalu.

Sumber ini tahun lalu menghasilkan lebih dari 27.000 ons - setara dengan sekitar 760 kilogram emas - yang membuat penambang Kanada RNC Minerals mengantongi lebih dari $ 40 juta dan menyelamatkan tambang dari penutupan.

Lokasi terbaru tambang Australia berada sekitar 25 meter di bawah Father's Day Vein dan 15 meter ke selatan yang ditemukan ketika para penambang bekerja menuju daerah itu dengan harapan akan menemukan lokasi yang kaya lagi.

Ahli geologi Australia, Emily Cole adalah salah satu orang pertama di tempat kejadian setelah bahan peledak digunakan untuk memecah batu bawah tanah.

"Saya dipanggil melalui radio oleh operator loader bawah tanah, yang mengatakan saat mencuci batu, ia menemukan cukup banyak emas," katanya.

"Sudah ada beberapa kantong emas sekarang dan menjadi agak kejadian biasa.

Menambang Selama Berjam-jam

Bendera Australia (iStockphoto via Google Images)

Dalam beberapa jam setelah penemuan langka hari Sabtu, ABC diberikan akses eksklusif untuk mengambil gambar di Beta Hunt.

ABC menyaksikan para penambang dengan tangan dan berlutut mencari-cari emas di antara batu dengan hanya cahaya lampu dari kepala mereka.

Mereka telah mengambil batu emas selama tiga jam pada saat ABC tiba dan telah mengisi tiga ember besar dengan spesimen.

Mandor tambang Warren Edwards menyiram batu untuk menerangi spesimen emas spektakuler yang bersinar dalam gelap.

Dua kali ia meneriakkan "eureka" dengan kencang.

Beberapa spesimen sebesar kepalan tangan dan potongan-potongan kecil lainnya seperti kerikil.

Sepotong terbesar emas terlihat masih di dinding batu - sekitar 30 sentimeter logam kuning berkilau berisi sekitar 100 ons - setara dengan sekitar AU$ 190.000 pada harga emas saat ini.

"Ini adalah kantong ke-10 di atas 30 ons yang kami dapat dalam dua tahun terakhir saya di sini," kata Cole.

"Sejujurnya setelah kamu melihat satu ton emas di area seukuran mobil kecil, tidak ada yang benar-benar mengejutkan kamu lagi, ini hanya hari yang menyenangkan."

Sebongkah batu dengan seberkas emas di tengahnya terlalu berat untuk diangkat.

Para pekerja telah belajar dari tahun lalu ketika salah satu dari tiga penambang mengangkat spesimen 94 kilogram ke belakang mobil bak terbuka dan punggungnya cedera.

Ketika ABC meninggalkan tambang, sebuah loader bawah tanah yang dikenal sebagai bogger bergerak ke posisi untuk menggali emas.

Penemuan Sekali Seumur Hidup

Ilustrasi tambang emas (iStock)

Ahli geologi tambang senior Zaf Thanos menempatkan penemuan langka tahun lalu sebagai "penemuan sekali seumur hidup".

Tapi sembilan bulan kemudian, ia mengatakan senang kalau terbukti salah.

"Mungkin ini dua kali seumur hidup pada tingkat ini ... itu pasti tambang yang istimewa," katanya.

"Sekarang kami telah menemukan kantong emas ini, kami akan terus menambang ke utara dan mudah-mudahan menemukan beberapa kantong lagi.

"Ini sangat langka. Ini seperti menemukan jarum di tumpukan jerami - tidak ada cara lain untuk menggambarkannya."

Sebagian besar tambang di seluruh dunia termasuk beruntung kalau menemukan bintik-bintik emas dan akan membutuhkan kaca pembesar untuk memastikannya.

Terlepas dari sifat spesimen yang langka, Thanos mengatakan sebagian besar emas akan dihancurkan dan dilebur ke dalam batangan emas, dan hanya spesimen yang benar-benar spektakuler yang akan diselamatkan.

"Sejak penemuan besar tahun lalu, kami cenderung benar-benar pilih-pilih tentang apa yang kami sebut spesimen dan apa yang kami hancurkan," katanya.

Bahkan dengan teknologi modern, Thanos mengatakan tidak mungkin untuk memprediksi kelompok emas yang terlihat seperti kantong terbaru.

"Anda tidak dapat memprediksi ini akan kemana ... Anda bisa meletakkan bor di mana saja di sekitar itu [menunjuk ke emas di dinding batu] dan Anda mungkin mengenai atau melewatkannya sama sekali," kata dia.

"Ini hanya masalah keberuntungan murni. Yang bisa kamu lakukan hanyalah menargetkan area yang diketahui, karena ada potensi di sana dan selalu ada peluang bisa beruntung.

"Kantung-kantung seperti ini hanya ceri di atas urusan utama kami di sini."

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

H+6 Lebaran, Stasiun Pasar Senen Masih Dipadati Pemudik

Posted: 10 Jun 2019 10:03 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Stasiun Pasar Senen masih dipadati pemudik yang kembali ke Jakarta pada Selasa (11/6/2019). Hal itu terlihat dari masih ramainya penumpang kereta api yang turun di stasiun tersebut pada H+6 Lebaran Idul Fitri 1440 Hijriah.

Pantauan Liputan6.com, para pemudik membawa koper yang cukup besar beserta tas ransel di punggung mereka.

Sebagian dari mereka membawa kardus yang dijinjing di tangan. Sebagian terlihat membawa anak-anak atau balita.

Petugas keamanan stasiun serta aparat keamanan dari TNI dan Polri juga masih berjaga-jaga di area stasiun. Pos keamanan juga yang masih berdiri di samping area tunggu Stasiun Pasar Senen.

Menurut rilis yang diberikan dari pihak Humas Stasiun Pasar Senen, sejak Kamis, 6 Juni hingga hari ini Selasa, 11 Juni 2019, jumlah kedatangan di Stasiun Pasar Senen mencapai 139.748 penumpang.

Sedangkan volume keberangkatan sejak H-10 lebaran hingga hari ini mencapai angka 424.257 penumpang.

Pihak stasiun juga mengungkapkan, hari ini 26 kereta api reguler akan diberangkatkan dari Stasiun Pasar Senen. Ditambah 8 kereta api tambahan serta dua kereta api tambahan ekstra.

Arus Puncak

Sebelumnya, puncak arus balik libur lebaran di Stasiun Pasar Senen dan Gambir, Jakarta Pusat, diprediksi akan berlangsung mulai Minggu 9 Juni 2019.

Senior Manager Humas DAOP 1 Jakarta, Eva Chairunisa menyampaikan, untuk di Stasiun Pasar Senen tercatat akan ada 23.744 penumpang yang turun. Sementara di Stasiun Gambir ada 19.850 penumpang yang tiba.

"Puncak arus balik diprediksi akan mulai lebih padat pada Minggu 9 Juni 2019 atau H+3 sampai dengan 16 Juni 2019 atau H+10," tutur Eva dalam keterangannya.

Adapun pemudik yang berangkat meninggalkan Jakarta lewat Stasiun Pasar Senen dan Gambir pun tetap terbilang masih tinggi.

Tercatat hari ini ada sekitar 24.138 pemudik di Stasiun Pasar Senen. Jumlah tersebut masih di atas rata-rata penumpang harian pada waktu normal yakni berkisar 13 ribu sampai dengan 15 ribu per hari.

"Sementara untuk Stasiun Gambir hari ini masih tercatat ada sekitar 18.826 pemudik yang berangkat dari area Daop 1 Jakarta," jelas Eva.

Saksikan video pilihan di bawah ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Mengenal 4 Tanda Bahan Bakar Kurang Berkualitas

Posted: 10 Jun 2019 10:01 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Bahan bakar berkualitas tinggi merupakan syarat wajib agar pembakaran sempurna. Jika menggunakan bahan bakar berkualitas buruk, kendaraan bisa bermasalah.

Hal itu tentu banyak merugikan, lantaran harus memperbaiki kendaraan. Perlu diketahui, bahan bakar berkualitas buruk yang terlanjur masuk ke tangki mobil, bisa dilihat dari 4 tanda berikut, seperti dilansir dari Zing.

1. Akselerasi Lemot

Paling mudah mendeteksi bahan bakar kotor atau berkualitas buruk adalah saat mobil berakselerasi. Mobil bisa saja delay dan tak responsif karena mesin mengalami beberapa masalah.

Mobil akan membutuhkan beberapa detik untuk bereaksi terhadap pedal akselerator sebelum berakselerasi. Atau bahkan tak akan berakselerasi sama sekali. Jika pengemudi mencoba melaju kencang, gejala itu akan terasa dengan jelas.

2. Kecepatan Berubah

Bahan bakar berkualitas buruk bisa membaut mobil mengubah kecepatannya saat melaju. Bahkan ketika pengemudi tak menginjakkan kaki di pedal gas. Mobil akan berubah kecepatan tanpa sebab.

3. Mati Mendadak

Tanda lainnya adalah mobil tiba-tiba berhenti saat melaju. Hal itu bisa terjadi lantaran proses pembakaran internal tidak bisa menghasilkan daya yang dibutuhkan untuk mempertahankan operasi mesin. Akibatnya, mobil mati mendadak.

4. Susah Dinyalakan

Bahan bakar kotor atau berkualitas buruk seringkali menyulitkan saat mesin dinyalakan. Jika terlalu banyak air atau kotoran ayng tercampur dengan bahan bakar, mesin mobil akan bekerja tak stabil. Bahkan bisa menyebabkan kebakaran. Meski ada banyak faktor yang menyebabkan kasus ini, tapi bahan bakar berkualitas buruk adalah penyebab yang sering terjadi.

Sumber: Otosia.com

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Tiap Hari, 5.000 Orang Bisa Uji Coba Naik LRT Jakarta Gratis

Posted: 10 Jun 2019 10:01 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Manajemen PT LRT Jakarta menetapkan 5.000 kuota untuk uji coba publik kereta ringan atau light rail transit (LRT) Jakarta.

Uji coba publik LRT Jakarta ini dilakukan mulai Selasa, 11 Juni 2019. Masyarakat pun dapat mencoba LRT Jakarta dengan gratis.

Humas LRT Jakarta, Santy Pradayini menuturkan, ada 5.000 kuota per hari yang disiapkan dalam uji coba publik LRT Jakarta. Pada hari pertama uji coba publik ini, Santy menuturkan antusiasme masyarakat Jakarta sangat tinggi. Ini ditunjukkan dari kuota yang sudah terpenuhi.

"Antusiasme sangat tinggi. Lebih sudah 5.000 kuota terpenuhi," ujar Santy saat dihubungi Liputan6.com lewat pesan singkat yang diterima Liputan6.com, Selasa (11/6/2019).

Meski demikian, Santy menambahkan, pihaknya belum akan menyesuaikan kuota saat uji coba publik LRT Jakarta. Selain itu juga belum ditentukan hingga kapan uji coba publik ini.

"Sampai batas waktu yang belum ditentukan. Nanti akan kami update lagi untuk sampai kapannya," ujar dia.

Sebelumnya, masyarakat kini dapat mencoba moda transportasi kereta ringan atau light rail transit (LRT) mulai Selasa 11 Juni 2019. 

"Sebelum beroperasi secara komersial, kami memberi kesempatan kepada Sahabat LRTJ untuk mengikuti program uji publik LRT Jakarta yang akan dimulai dari 11 Juni 2019," seperti dikutip dari instagram LRT Jakarta @lrtjkt, seperti ditulis Selasa (11/6/2019).

Ketika uji coba ini, LRT Jakarta hanya akan melayani lima stasiun antara lain Stasiun Boulevard Utara, Stasiun Boulevard Selatan, Stasiun Pulo Mas, Stasiun Equestrian dan Stasiun Velodrome. LRT Jakarta akan beroperasi pada pukul 05.30-23.00 WIB dengan waktu kedatangan kereta (headway) setiap 10 menit.

"Uji publik LRT Jakarta melayani lima stasiun, beroperasi setiap hari mulai dari jam 5.30-23.00. Uji publik di mulai tanggal 11 Juni 2019 sampai seterusnya, tetapi Sahabat LRTJ dapat registrasi untuk mendapatkan e-ticket dari sekarang," seperti dikutip dari akun itu.

Bagi Anda yang ingin ikuti uji coba ini harus lebih dulumendaftar melalui website resmi LRT Jakarta yakni https://www.lrtjakarta.co.id/

 

Cara Pendaftaran

Mengintip LRT Jakarta yang siap beropersi pada Maret 2019, Senin (25/2/2019). (Bawono/Liputan6.com)

Cara untuk pendaftaran uji publik ini antara lain:

1.Isi formulir pada halaman website, pastikan informasi alamat email yang dimasukkan benar dan sesuai.

2. Pilih jadwal uji coba.

3. Submit formulir yang sudah diisi dan jangan lupa verifikasi email yang sudah didaftarkan dengan mengklik tautan pada email.

4. Setelah verifikasi email berhasil, cek email dan unduh e-ticket yang didapatkan.

5. Tunjukkan e-ticket kepata petugas ticketing di loket stasiun sesuai dengan tanggal yang telah dipilih untuk ditukarkan dengan tiket Single Journey Trip (SJT) LRT Jakarta.

Syarat dan Ketentuan

Rangkaian kereta LRT rute Kelapa Gading-Velodrome saat melakukan uji coba dari Stasiun Velodrome, Jakarta, Senin (25/2). Saat ini pembangunan LRT Kelapa Gading-Velodrome secara keseluruhan sudah mencapai 99,4 persen.  Merdeka.com/Iqbal S Nugroho)

Syarat dan ketentuan tiket LRT Jakarta saat masa uji coba publik berlangsung antara lain:

1. Setiap satu e-ticket hanya berlaku untuk satu orang.

2. Satu alamat email dapat didaftarkan berkali-kali tanpa batas.

3. E-ticket hanya dapat divalidasi di hari H atau pada tanggal pilihan calon penumpang

4. E-ticket yang telah divalidasi tidak dapat digunakan kembali.

5. E-ticket dapat dicetak atau diakses melalui email

6. Anak di bawah umur 3 tahun tidak diwajibkan untuk melakukan pendaftaran.

7. Petugas berhak memutuskan untuk tidak mengikutsertakan pendaftar yang tidak memenuhi syarat dan ketentuan.

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Kenali 8 Tanda Ini Saat Seseorang Sedang Berbohong

Posted: 10 Jun 2019 10:00 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Beberapa orang terkadang memiliki naluri alamiah tersendiri ketika mengetahui bahwa mereka sedang dibohongi. Mereka benar-benar pandai menggunakan naluri dan mengenali tanda-tanda tersebut.

Namun, ada juga orang yang tidak bisa mengenali tanda-tanda tersebut dengan baik. Berdasarkan beberapa penelitian, naluri tersebut cukup kuat dan dimiliki oleh semua orang.

Namun bagi beberapa orang, pikiran sadar mereka terkadang bisa mengalahkan munculnya naluri tersebut. Untuk mengenali tanda-tanda orang yang sedang berbohong, kamu harus mengenali beberapa perbedaan tertentu.

Contohnya bahasa tubuh, ekspresi wajah, gerak-gerik, dan ucapan mereka. Untuk membantumu menjadi lebih waspada, berikut adalah beberapa ciri yang harus kamu mewaspadai seseorang yang sedang berbohong.

1. Gelisah

Jika seseorang terus melakukan tindakan secara tidak tentu dan berlebihan, mungkin saja itu karena ia sedang berbohong. Tindakan tersebut bisa berupa membersihkan kacamata, meributkan taplak meja, dan lain sebagainya.

Hal ini mungkin akan lebih sering terjadi apabila mereka berbohong pada orang yang mereka sayangi. Orang-orang yang sedang berbohong, cenderung akan menjadi gelisah ketika berbohong pada orang yang tidak dikenal.

2. Menjawab Pertanyaan dengan Jeda

Jika seseorang menjawab pertanyaan setelah jeda atau penundaan yang cukup lama, itu bisa berarti ada sesuatu yang mencurigakan. Namun, hal tersebut juga tergantung pada jenis pertanyaan yang dilontarkan.

Ada beberapa pertanyaan yang memang perlu dipikirkan terlebih dahulu sebelum dijawab. Hanya karena ada jeda di dalam jawabannya, bukan berarti orang itu berbohong.

Namun, ada juga pertanyaan yang bisa dijawab dengan refleks tanpa harus berpikir lama. Jika seseorang berhenti menjawab, atau menjeda jawaban mereka, itu berarti ada sesuatu yang mencurigakan.

3. Napas Tidak Teratur

Jika seseorang sedang berbohong, pola napas mereka akan berubah sebagai tindakan refleks. Bahu mereka juga akan naik dan nada suara mereka akan meninggi.

Artinya, detak jantung mereka juga akan naik dan aliran darah ikut berubah. Itulah alasan mengapa mereka bisa kehabisan napas. Hal tersebut bisa terjadi ketika kamu sedang merasa gugup atau sedang berbohong.

4. Kontradiksi

Ilustrasi pasangan bertengkar (iStockpohoto/GeorgeRudy)

Ketika seseorang berbohong, akan terjadi sebuah kontradiksi antara gerak tangan atau nada suara dan apa yang mereka katakan. Kontradiksi semacam ini adalah sebuah "kejutan" yang akan muncul ketika seseorang sedang berbohong.

5. Terlalu Banyak Detail

Jika seseorang menambahkan banyak detail yang tidak perlu pada sebuah cerita, berarti mereka sedang berusaha membuat cerita tersebut lebih bisa dipercaya. Mereka telah memikirkan cara keluar dari situasi yang rumit.

Dengan menambahkan banyak detail pada cerita, akan membantu mereka keluar dari situasi sulit tersebut.

6. Menutupi Mulut atau Mata

Jika seseorang menutup mata atau mulut mereka tanpa sadar saat berbicara, kamu bisa menaruh sedikit curiga. Itu karena, artinya mereka tidak ingin berurusan dengan masalah tersebut atau tidak ingin menjawab pertanyaan yang diajukan.

Mungkin juga, itu berarti bahwa ia tahu kelemahannya saat berbohong dan ia sedang berusaha menyembunyikannya.

7. Menyatakan Kejujuran

Untuk membuat kisahnya menjadi lebih bisa dipercaya, seseorang akan terus menyatakan sumpah dan menekankan keabsahan cerita yang dilontarkan. Bahkan jika pernyataan itu sebenarnya tidak perlu.

Jika seseorang berkata jujur, mereka tidak perlu bertingkah sejauh itu untuk membuat ceritanya dipercaya.

8. Mengubah Posisi Kepala

Setelah ditanya sebuah pertanyaan secara langsung, jika gerakan kepala orang tersebut berubah, mereka mungkin saja sedang berbohong. Gerakan seperti head retraction, jerking back, membungkuk, dan miring ke samping adalah beberapa contoh tanda bahwa orang tersebut mungkin sedang berbohong.

 

Reporter:

Rahma Wulan Mei Anjaeni

Universitas Pendidikan Indonesia

 

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Kantung Cekak Usai Lebaran? Ini Bakso Rp 2 Ribu Pak Ndut

Posted: 10 Jun 2019 10:00 PM PDT

Liputan6.com, Kediri - Ribuan pengunjung terlihat keluar masuk bergiliran di warung bakso Pak Ndut di Desa Besuk Kecamatan Gurah Kabupaten Kediri Jawa Timur.

Memang pada hari biasa saja, warung bakso Pak Ndut ramai dikunjungi. Apalagi saat libur lebaran hingga lebaran Ketupat saat ini, warung bakso Pak Ndut tak pernah sepi pengunjung.

Dengan jargon 'hargo ndeso selera kuto' bakso Pak Ndut sempat jadi trending topik dan viral di medsos lantaran harganya yang super murah.

Harga satu porsi atau semangkuk bakso Pak Ndut hanya Rp 2 ribu. Dan pembeli bisa menikmati 5 biji pentol kuah berikut mi bihun. Bagi Anda yang merasa uang THR sudah menipis, bakso Pak Ndut jadi solusi.

Meski harganya super murah, pihak pemilik depot bernama Muhammad Mansyur menjamin jika bahan baku yang digunakan untuk memasak, semuanya adalah higienis dan halal.

Kholifah istri dari Muhammad Mansyur kepada Liputan6.com menjelaskan, jika pada saat momentum lebaran hingga lebaran ketupat seperti sekarang, bahan baku daging yang dipergunakan untuk memasak pentol bakso dalam sehari bisa habis kisaran 3 sampai 4 kwintal. Padahal jika hari biasa cuman habis 1 kwintal saja.

"Bahan baku yang kita pergunakan untuk membuat pentol bakso yakni daging sapi dan daging ayam. Kalau momen seperti sekarang bisa habis 3 sampai 4 kwintal daging sapi dan daging ayam," ujar Kholifah, Senin (10/06/2019).

Karena banyaknya konsumen yang datang ruangan depot sampai tidak muat menampung luberan jumlah pengunjung.

Kholifah terpaksa  merelakan ruangan depan rumahnya yang  lokasinya bersebelahan dengan depot, dapat dipergunakan sementara bagi konsumen, untuk menikmati hidangan disana.

"Kalau lebaran, ruangan depot ini sudah nggak nampung mas. Jumlah pengunjung yang datang sampai ribuan. Akhirnya ya kita tampung pembeli disebelah rumah," katanya.

Pada momen lebaran hingga lebaran ketupat, pengunjung yang datang tidak hanya berasal dari warga Kediri dan sekitarnya.

Melainkan juga konsumen dari luar kota antara lain Jakarta,Semarang, Solo, Trenggalek, Blitar, Jombang, dan Surabaya.

Agar, dapat melayani atau mengcover semua pembeli yang datang, Kholifah mengaku  harus mempekerjakan 23 orang di Depot. Selain menjual bakso dengan menu Rp 2 ribu per porsi.

 

Bakso Pak Ndut Kediri, dijual 2 ribu per mangkok. (Liputan6.com/Dian Kurniawan)

Sejak 2011

Bakso Pak Ndut Rp2000 di Kediri (Liputan6.com/Dian Kurniawan)

Usaha depot bakso yang dirintis sejak tahun 2011 silam ini, juga menyajikan varian menu lainya yakni bakso dobel isi 10 pentol harga Rp 4 ribu, serta Bakso besar isi cacahan daging di dalamnya harga Rp 5 ribu.

Pentol bakso yang kenyal, kuahnya lezat serta  harganya yang terjangkau, bakso Pak ndut menjadi idola bagi pecinta kuliner di Kediri Raya.

Meski sejak 2011 silam  sudah ada, dan harga daging sapi dan daging ayam fluktuatif mengalami naik turun, harga bakso pak ndut masih tetap stabil Rp 2 ribu per porsi.

Meski harga bakso dijual sangatlah  murah, Kholifah tidak menampik jika ada juga pengunjung dari kalangan ekonomi atas yang datang ke depotnya.

Di depot Pak Ndut tidak hanya menjual bakso semata, melainkan juga makanan dan minuman pendamping pelengkap lainya. Semacam lontong, tahu kuning khas Kediri, tahu bakso serta minuman es garbis, es janggelan.

Menjual makanan dan minuman pendamping adalah salah satu strateginya. Bakso Pak Ndut mengambil keuntungan dari menu tambhan yang dijualnya.

Jika dari penjualan bakso tidak untung, ia bisa mengambil keuntungan dari penjualan makanan dan minuman lainya. 

"Makanan dan minuman ini kan bisa mensubsidi, keuntungan bisa diambil dari lainya bakso pak Ndut buka setiap hari mulai pukul 08.00 pagi hingga 20.00 malam," ujarnya.

 

Simak juga video pilihan berikut ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Agar Cemburu Tidak Berujung Masalah, Lakukan 4 Hal Ini

Posted: 10 Jun 2019 10:00 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Cemburu adalah hal yang wajar dirasakan setiap manusia. Meski begitu, tidak jarang perasaan ini berakhir dengan masalah yang lebih besar.

Karena itu, cobalah untuk mengendalikan perasaan cemburu yang Anda rasakan. Melansir dari Prevention pada Senin (10/6/2019), terapis perkawinan dan keluarga, Risa Ganel memberikan beberapa tips agar kecemburuan tidak berakibat buruk bagi Anda atau orang lain.

1. Pisahkan Diri dari Perasaan

Ganel mengatakan, ketimbang menganggap diri Anda cemburu, ingatlah bahwa pikiran hanya melepaskan perasaan tersebut saat itu saja. Ini membantu untuk terhindar dari emosi yang lebih dalam.

"Itu membuatnya lebih mudah untuk memilih apakah ini adalah perasaan yang perlu Anda tindak lanjuti atau hanya biarkan lewat begitu saja?" kata Ganel.

 

Menelusuri Asal Usul Rasa Cemburu

Ilustrasi bertengkar karena cemburu (iStockphoto)

2. Cari Tahu Cemburu Itu Berasal

Ganel menyarankan Anda untuk menelusuri perasaan cemburu itu. Apalaj berasal dari orang tersebut di masa lalu atau dari rasa tidak aman diri sendiri?

Mencari tahu jawaban tersebut bisa memberitahu Anda apakah ada masalah yang perlu diatasi dengan orang tersebut.

3. Tuliskan

Cobalah berhenti sejenak untuk menuliskan beberapa hal di atas kertas tentang perasaan Anda. Menurut Ganel, ini bisa membantu memperlambat emosi berlebihan dan berpikir lebih jernih, sebelum mengambil tindakan.

 

Terbukalah Pada Orang Tersebut

Ilustrasi bertengkar karena cemburu (iStockphoto)

4. Bicarakan

Dengan perasaan tenang, luangkan waktu untuk meluruskan perasaan Anda yang sebenarnya. Terbukalalah dan jujur tentang apa yang ada dalam pikiran. Tidak lupa, ketimbang mengeluarkan kritik, mintalah bantuan untuk mengatasi kecemburuan Anda.

"Ini memberi Anda kesempatan untuk berbicara tentang memperkuat hubungan Anda dari sinyal kecemburuan yang menjauhkan Anda dari saling menyalahkan," kata Ganel.

Dia menambahkan, mungkin saja, orang tersebut juga akan membuat Anda terkejut dengan mengatakan bahwa dirinya sama cemburunya seperti Anda.

Simak juga video menarik berikut ini

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Jadwal Copa America 2019: Dimulai 14 Juni

Posted: 10 Jun 2019 10:00 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Copa America 2019 akan segera dimulai. Pertandingan Brasil vs Bolivia menjadi laga pembuka di turnamen paling bergengsi di Amerika Selatan tersebut.

Copa America 2019 bakal berlangsung mulai 14 Juni hingga 7 Juli mendatang. Ada 12 negara yang ikut serta, terdiri dari 10 negara Amerika Selatan dan dua negara undangan.

Negara Amerika Selatan yang ikut serta adalah Argentina, Bolivia, Brasil, Cile, Kolombia, Ekuador, Paraguay, Peru, Uruguay dan Venezuela. Sementara dua negara undangan adalah Jepang dan Qatar.

Ada enam venue untuk turnamen kali ini yakni Estádio do Maracanã, Estádio do Morumbi, Arena Corinthians, Belo Horizonte, Porto Alegre dan Salvador.

Brasil dan Argentina masih jadi unggulan utama di Copa America 2019. Sementara juara bertahan Cile bakal jadi kuda hitam.

 

Jadwal Lengkap

Sabtu (15/06/19)

07 : 30 WIB: Brasil vs Bolivia 

 

Minggu (16/06/19)

02 : 00 WIB: Venezuela vs Peru

05 : 00 WIB: Argentina vs Kolombia

 

Senin (17/06/19)

02 : 00 WIB: Paraguay vs Qatar

05 : 00 WIB: Uruguay vs Ekuador

 

Selasa (18/06/19)

06 : 00 WIB: Jepang vs Cile

 

Rabu (19/06/19)

04 : 30 WIB: Bolivia vs Peru

07 : 30 WIB: Brasil vs Venezuela

 

Kamis (20/06/19)

04 : 30 WIB: Kolombia vs Qatar

07 : 30 WIB:  Argentina vs Paraguay

 

Jumat (21/06/19)

06 : 00 WIB: Uruguay vs Jepang

 

Sabtu (22/06/19)

06 : 00 WIB: Ekuador vs Cile

 

Minggu (23/06/19)

02 : 00 WIB: Peru vs Brasil

02 : 00 WIB: Bolivia vs Venezuela

 

Senin (24/06/19)

02 : 00 WIB: Qatar vs Argentina

02 : 00 WIB: Kolombia vs Paraguay

 

Selasa (25/06/19)

06 : 00 WIB: Cile vs Uruguay

06 : 00 WIB: Ekuador vs Jepang

 

Saksikan video pilihan di bawah ini: 

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Tut...tut...tut, Menjejak Sejarah Kereta Api Madura

Posted: 10 Jun 2019 10:00 PM PDT

Liputan6.com, Bangkalan - Saat masih sehat dan encok belum akrab di pinggangnya, Arifin, yang saat ini berusia 65 tahun, merupakan petani yang rajin. Tiap hari, saban pagi, dia jalan kaki puluhan kilometer, dari rumahnya di Desa Sanggra Agung, Kecamatan Socah, menuju Desa Tellang, Kecamatan Kamal, untuk merawat padinya.

Berada di hamparan sawah yang luas, suara beduk surau tak sampai ke ladang. Maka, satu-satunya penanda untuk pulang adalah menanti kereta api lewat.

"Kalau sepur sudah lewat, tandanya sudah mau zuhur, jadi petani-petani segera pulang," katanya mengenang.

Meski kerap melihat lalu lalang 'si ular besi', Arifin merasa dirinya tak beruntung. Hingga kereta itu 'lenyap', dia tak pernah menaikinya.

Namun seingat dia, kereta api Madura jalannya lamban. Keretanya juga tak panjang, hanya tiga atau empat gerbong sekali jalan.

Dua gerbong pertama untuk penumpang orang, gerbong ketiga khusus barang-barang dagangan dan keempat biasanya khusus ternak seperti sapi atau garam juga tembakau.

"Dulu pernah kereta anjlok di Desa Telang karena relnya dicuri. Dua hari dua malam, penumpangnya menginap di gerbong kereta api sambil menunggu rel selesai diperbaiki," kenang dia lagi, namun tak ingat lagi tahun kejadiannya.

Kereta api Madura kini sudah tinggal kenangan. Banyaknya rel yang dipreteli Jepang untuk bahan baku pembuatan senjata, seperti di Sumenep dan Bangkalan-Kawanyar, serta masuknya mobil dan pembuatan jalan raya pada awal 1980, membuat 'si ular besi' itu sepi peminat dan mulai berhenti beroperasi.

Akhirnya, stasiun pun bertahap ditutup. Pertama di Sumenep. Kemudian di Pamekasan, Sampang, dan terakhir stasiun di Bangkalan.

Depo Kereta Api Kamal

beginilah kondisi gedung bekas Depo Kereta Api Madura di Kecamatan Kamal, Bangkalan. (Liputan6.com/Musthofa Aldo)

Desa Kamal, 10 kilometer dari Desa Tellang, dulunya adalah kantor pusat Jawatan Kerata Api Madura, namanya Madoera Stoomtram Masshjcaaphij (MSM). Letaknya sekitar 500 meter sebelum Pelabuhan Ujung-Kamal. Penyeberangan di pelabuhan ini pernah tercatat sebagai yang tersibuk se-Asia Tenggara. Namun lantas sepi, setelah Suramadu beroperasi pada 2006.

Kantor MSM masih terawat. Kini jadi kantor Pendataan Aset PT KAI. Berderet di belakang kantor itu, menuruni dinding bukit, terdapat kompleks perumahan karyawan juga gedung jembar bekas depo kereta api.

Terbagi menjadi empat ruangan, kondisi depo tak terawat dan memprihatinkan. Dua ruangan di bagian samping, dulunya adalah bengkel tempat mengganti onderdil kareta yang rusak. Sementara, dua ruangan di tengah, untuk menyimpan lokomotif.

Kini, depo itu disewakan. Gedung paling kanan disewa perusahaan air kemasan, yang tengah jadi lapangan futsal. Dan gedung terakhir, ditempati seorang tunawisma.

"Nah di sana, tempat memutar lokomotif," kata Muhammad, warga Kamal, menunjuk sebuah tanah lapang depan depo.

"Besi-besinya masih ada, tapi sudah ditimbun bedel oleh warga," dia menambahkan.

Dari depo itu, memandang ke utara, tampaklah atap kantor ASDP Kamal berwarna biru. Dulunya gedung itu adalah stasiun kereta api Kamal dan telah mengalami beberapa kali renovasi.

Dan di Dermaga I, di pangkal jembatan tempat kapal Feri bersandar, menyembul dua batang besi menjorok lima meter ke laut. Itu adalah hulu rel kereta api yang menjalari seluruh pulau Madura, yang pembangunannya selesai pada 1901.

Saat Kapal-kapal mulai sandar, rangkaian gerbong akan ke ujung rel itu, agar mudah memindahkan barang-barang milik pedagang yang pulang kulakan dari Surabaya ke gerbong kereta.

 

Rute Kereta Api Madura

Beginilah kondisi bekas stasiun kereta api di Kecamatan Labang. (Liputan6.com/Musthofa Aldo)

Saat pertama dibangun pada 1898, jalur kereta di Bangkalan terbagi dua, lajur Batu Porron dan lajur Kota Bangkalan. Setelah pendudukan Jepang, jalur ke Batu Porron dihapus karena kawasan itu dijadikan gudang penyimpanan senjata dan masih aktif hingga kini.

Sebagai gantinya, Jepang membangun jalur baru di Tellang. Tellang kini terkenal karena Universitas Trunojoyo Madura, satu-satunya universitas negeri di Madura, dibangun di desa itu. Ada pun lokasi rel dekat SMAN 1 Kamal. Lajur Tellang dan Lajur Bangkalan, nantinya bertemu di Stasiun Kawanyar.

Seorang pegawai PT KAI memberi petunjuk. Katanya, dari pintu masuk kampus UTM, menghadaplah ke utara. Di tengah hamparan sawah, akan tampak deretan pohon berbaris rapi, di situlah rel kereta api. Dulu, di sepanjang sisi rel pasti ditanami pohon agar teduh selama perjalanan.

Jalur ini berakhir di Stasiun kereta api Labang, yang letaknya jauh dari permukiman. Kini, tak jauh dari situ telah berdiri SMK Labang.

Sepasukan polisi pernah menggerebek gedung bekas stasiun itu dan menemukan tumpukan sepeda motor tak bertuan, diduga hasil pencurian.

Menengok Stasiun Buddan

Stasiun Kereta api di Desa Buddan, Kecamatan Sukolilo, Bangkalan. kondisinya masih baik dan kini ditempati oleh warga. (Liputan6.com/Musthofa Aldo)

Dari Labang, pemberhentian berikutnya di Stasiun Buddan, Kecamatan Sukolilo. Stasiun ini terlihat paling baik kondisinya di banding stasiun-stasiun lain. Dindingnya masih bau cat dan penuh grafiti dengan tema kemerdekaan.

Juga ada kehidupan di stasiun itu. Sepasang pasutri muda menempati bekas ruang karcis dan peralatan dapurnya di letakkan di ruang tunggu penumpang. Begitu melihat orang memotret stasiun itu, mereka langsung ngibrit.

Stasiun ini terletak di puncak bukit, rel-relnya masih menyembul di tanah. Menurut cerita warga, konon saat kereta menanjak, penumpang banyak turun dari gerbong karena lebih cepat langkah kaki mereka.

Sembari menunggu kereta mencapai puncak, penumpang masih sempat memanjat pohon, mengambil buah yang mereka temukan untuk dimakan.

Tak jauh dari stasiun itu, masih ada sisa jembatan rel melintasi sungai. Di ujung jembatan telah penuh sesak oleh pemukiman warga. Bahkan, wesel atau halte kereta telah jadi garasi mobil.

Setelah melewati dataran tinggi ini, rel menyusuri pesisir pantai hingga Stasiun Kwanyar. Kondisi stasiun ini juga masih terawat dan kini dijadikan gudang.

Dari Kawanyar, jalur kereta melintas pesisir Kecamatan Modung, kemudian Blega dan masuk ke Kabupaten Sampang. Salah satu halte di Sampang terletak di Kecamatan Torjun.

Stasiun ini khusus untuk mengangkut garam dari Kecamatan Pangarengan, sentra penambakan garam terbesar di Madura.

 

Stasiun Pamekasan Kini Gemerlap

Bekas jembatan kereta api di Kecamatan Sukolilo, Bangkalan. (Liputan6.com/Musthofa Aldo)

Selain di Kamal Bangkalan, stasiun kereta api Pamekasan juga masuk kategori stasiun besar. Karena dilengkapi tempat memutar dan mengganti kepala lokomotif. Kereta dari Sumenep yang hendak ke Bangkalan atau sebaliknya, akan berganti lokomotif di stasiun yang terletak di Kelurahan Patemon ini.

Karena kecepatan kereta uap sekitar 3 kilometer per jam. Jarak Pamekasan-Bangkalan dan sebaliknya harus di tempuh sehari semalam. Penumpang sampai harus bermalam di stasiun untuk menunggu kedatangan kereta dari Bangkalan.

Namun, stasiun Pamekasan kini lenyap. Berubah menjadi Pujasera yang gemerlap pada malam hari. Tapi bekas kantornya dan rumah pegawai masih ada, sebagian disewa warga. Dan tempat pemutar lokomotifnya telah menjadi warung pecel lele.

Di Sumenep lebih parah lagi. Susah menjumpai sisa rel kereta api. Namun, di seberang masjid Jamik, di dekat Taman Bunga, ada aspal menggunduk membentuk garis lurus memanjang. Itulah bekas rel kereta api.

Jalur ini melintas tepat di belakang Keraton Sumenep yang kini menjadi rumah dinas bupati. Bila terus ke timur, rel kereta sampai ke Kecamatan Kalianget. Kecamatan ini dijuluki 'kota tua' karena banyak gedung-gedung peninggalan Belanda. Sebagian dipakai kantor PT Garam.

Menurut sejarawan Madura, Edy Setiawan, jalur kereta api di Sumenep hilang sejak pendudukan Jepang. Rel dari baja dibongkar Jepang untuk dijadikan bahan membuat senjata. "Dulu kereta melintas di depan rumah saya ini," kata dia beberapa waktu silam.

Melahirkan Kelas Pekerja

Kondisi rel kereta api madura di dekat Kampus Universitas trunojoyo Madura. tepatnya di Desa candih. (liputan6.com/Musthofa Aldo)

Ada fakta penting lain di balik masuknya kereta api di Madura, yaitu munculnya kelas pekerja baru, yang cara penggajiannya tidak sama dengan pekerja di birokrasi dan pengangkatannya tidak memandang status kepriyayian.

Mantri misalnya status pekerjaannya berlaku seumur hidup dan turun temurun. Bila meninggal, posisinya digantikan anaknya, bila tak punya anak laki-laki, maka menantunya menjadi mantri.

Sebagian mantri desa misalnya tidak mendapatkan gaji rutin. Kebutuhan ekonomi keluarga dipenuhi hasil bumi dari jatah tanah percaton atau apanege.

Sebelum ada jawatan kereta api, kalangan pekerja tradisional pun hanya dikelompok menjadi dua yaitu pekerja kasar dan pekerja harian. Pekerja buruh kasar umumnya bergelut di dunia garam, yang upahnya berdasarkan bagi hasil dari hasil jumlah garam yang dipanen.

Sedangkan buruh harian, umumnya mereka yang bekerja di perkebunan tebu. Mereka diupah harian antara 30 hingga 35 sen per hari.

Sedangkan para pekerja di jawatan kereta api adalah pekerja pertama di Madura yang digaji secara tetap, dengan sistem kontrak tahunan dan diberi fasilitas perumahan oleh perusahaan. Sederhananya, mereka adalah kaum buruh swasta pertama di Madura.

Pada 1901 tercatat, total jumlah pekerja tetap MSM sebanyak 268 orang, 40 orang di antaranya orang Belanda dan sisanya 85 persen pekerja urban pribumi.

"Personel pribumi di MSM ditempatkan pada posisi keadministrasian dan pekerjaan kasar. Tapi dengan pekerjaan-pekerjaan dan gaji tetap, mereka suatu gejala baru di masyarakat," tulis Kuntowijoyo dalam buku Perubahan Sosial dalam Masyarakat Agraris Madura.

Setelah menziarahi sejarah kereta api di Madura, sepertinya rencana revitalisasi kereta api di Madura bakal sulit terealisasi. Pasalnya, terlalu banyak persoalan yang harus diatasi, serta kebutuhan dana yang besar. Belum lagi, melihat kondisi Suramadu yang tidak didesain bisa dilewati sepur.

 

Simak video pilihan berikut ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

VIDEO: Detik-Detik Nenek Tewas Ditabrak Mobil Polisi

Posted: 10 Jun 2019 10:00 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Seorang nenek tewas setelah ditabrak mobil polisi. Insiden nahas ini terjadi di Chicago, Amerika Serikat.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Rayakan Lebaran dengan Seorang Suster, Krisdayanti Panen Pujian

Posted: 10 Jun 2019 10:00 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Diva pop Indonesia Krisdayanti merayakan Lebaran dengan cara unik. Krisdayanti merayakan Lebaran bersama tamu yang datang ke rumahnya.

Tamu itu rupanya Suster Alexa, pendiri Yayasan Kasih Mandiri Bersinar, Pasar Minggu Jakarta Selatan.

Kedatangan Suster Alexa diabadikan Krisdayanti di akun Instagram, Senin (10/6/2019). Tak hanya berfoto berdua, Krisdayanti mengajak putrinya, Amora Lemos berfoto dengan Suster Alexa. Tak ketinggalan, ibunda Krisdayanti menyambut Suster Alexa dan berfoto bersama. 

"Terima kasih Suster Alexa, pendiri Yayasan Kasih Mandiri Bersinar, Pasar Minggu Jakarta Selatan, yang siang tadi berkunjung, berlebaran di rumah," tulis Krisdayanti menyertai 4 foto yang diunggahnya.

 

 

Disukai Warganet

Rupanya, unggahan ini menyentuh hati warganet. Puluhan ribu warganet mengirim tanda hati. Ratusan orang melayangkan pujian di kolom komentar.  

Warganet menilai, unggahan Krisdayanti penting di tengah maraknya kasus intoleransi, isu agama, dan ujaran kebencian yang bertebaran di jagat maya.

"Wow, bhinneka tunggal ika. Berbeda tapi tetap satu, satu Indonesia," tulis seorang warganet. Yang lain ikut menimpali, "Nice, toleransi yang sangat baik. Mudah-mudahan mata orang-orang di luar sana melihat dan mengerti bahwa (hidup) bersaudara itu lebih indah."

 

 

Kain Tenun Sikka

Krisdayanti (Bambang E.Ros/Bintang.com)

Krisdayanti juga mendapat sanjungan warganet karena mengenakan kain tenun dari Sikka, Nusa Tenggara Timur. Kain yang sama juga dikenalan oleh Suster Alexa.

Krisdayanti memadukan kain tenun warna cokelat tanah bermotif bunga dan garis silang itu dengan baju kaftan warna-warni. "Keren Yanti, kamu harus bisa menjadi leader kebhinekaan bagi plurarisme negeri ini. Salut buatmu, Yanti," harap seorang warganet. (Wayan Diananto)

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Eks Komandan Tim Mawar Laporkan Majalah Tempo ke Dewan Pers

Posted: 10 Jun 2019 09:58 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Mayor Jenderal Purnawirawan Chairawan, eks Komandan Tim Mawar, mendatangi Dewan Pers. Kedatangannya yang didampingi sejumlah tim pengacara adalah untuk melaporkan pemberitaan majalah Tempo terkait kerusuhan 21-22 Mei 2019.

"Kita bermaksud mengajukan ke Dewan Pers karena ada berita ini saya merasa dirugikan, karena Tim Mawar itu sudah bubar tahun 1999 sesuai surat keputusan pengadilan," kata Chairawan di Gedung Dewan Pers, Jl Kebon Sirih, Jakarta Pusat, Rabu (11/6/2019).

Dia menilai, pemberitaan kerusuhan 21-22 Mei 2019 yang menyinggung Tim Mawar tidak tepat. Chairawan menyebut tim yang pernah disebut menculik sejumlah aktivis tersebut sudah bubar.

"Pemberitan itu langsung menuduh tanpa ada klarifikasi, tanpa ada dugaan ataupun apa bahasanya. Mereka kan eks ini (tim mawar) dan keluarga ada anak, mereka kan merasa dirugikan dengan berita ini," kata Chairawan.

Koordinator Pengacara Mayjen Purnawirawan Chairawan, Herdiansyah mengatakan bahwa aduan pihaknya ke Dewan Pers adalah mewakili pribadi kliennya.

"Di sini kami datang secara pribadi tidak mewakili Tim Mawar. Kami berharap Dewan Pers untuk menindak secara pidana," kata Herdiansyah di tempat sama.

 

 

Dewan Pers Segera Memeriksa

Sementara itu, Wakil Ketua Dewan Pers Hendry CH Bangun mengatakan, pihaknya akan segera memeriksa produk jurnalistik yang diadukan pelapor.

"Dewan Pers akan segera memeriksa produk jurnalistik ini Selasa mendatang, dua-duanya akan dipertemukan," kata Hendry.

Terkait permintaan pihak Chairawan megenai sanksi pidana, Hendry menyebut bahwa muara dari pemeriksaan yang dilakukan pihaknya adalah sanksi etik.

"Sanksinya di sini hanya bersifat etik, bukan perdata atau pidana," kata Hendry.

Dalam Majalah Tempo edisi 10-16 Juni 2019 dengan judul "Tim Mawar dan Rusuh Sarinah" mengulas dugaan keterlibatan Tim Mawar dalam kerusuhan 21-22 Mei 2019. Dalam terbitan tersebut membeberkan temuan dan peran orang-orang yang diduga sebagai dalang kerusuhan. 

 

Saksikan video pilihan di bawah ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Kemenperin Yakin Industri Semen Semakin Moncer

Posted: 10 Jun 2019 09:46 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Kinerja industri semen diproyeksi lebih moncer pada tahun 2019. Hal ini karena didorong upaya pemerintah untuk terus menciptakan iklim usaha yang kondusif.

"Setelah pemilu, aktivitas industri manufaktur diharapkan akan kembali berjalan normal," kata Direktur Industri Semen, Keramik, dan Pengolahan Bahan Galian Nonlogam, Direktorat Jenderal Industri Kimia, Farmasi, dan Tekstil (IKFT) Kementerian Perindustrian Adie Rochmanto dalam keterangan tertulis, Selasa (11/6/2019).

Adie optimistis, pertumbuhan sektor Industri Kimia, Farmasi, dan Tekstil yang mencakup industri semen, akan menyentuh angka 4,3 persen sepanjang tahun ini. Target tersebut melonjak dari capaian pada kuartal I 2019 sebesar 3,6 persen.

"Dalam jangka panjang, industri semen akan tetap tumbuh signifikan. Hal ini seiring gencarnya proyek infrastruktur dan pembangunan properti," ungkapnya.

Bahkan, utilisasi industri semen tahun ini bakal lebih baik dari tahun lalu atau di atas 75 persen. Utilisasi ini memperhitungkan pasar domestik dan ekspor yang terus berkembang.

"Kami berharap membaiknya ekonomi kita pascapemilu ini setidak-tidaknya memberikan leverage bagi utilisasi kapasitas kita sekarang," imbuhnya.

Guna mendongkrak penjualan semen tahun ini, salah satu alternatif bagi industri adalah ekspor. Kemenperin menargetkan, ekspor semen dan klinker bisa mencapai 7 juta ton pada 2019, naik 24% dibandingkan 2018 sebanyak 5,64 juta ton.

 

Jaga Iklim Usaha

Berdasarkan data Asosiasi Semen Indonesia, penjualan semen di Pulau Jawa pada September 2016 sebesar 3,11 juta ton, turun 5% dibanding periode yang sama pada tahun lalu, Jakarta, Rabu (12/10). (Liputan6.com/Angga Yuniar)

Sebelumnya, Menteri Perindustrian Airlangga Hartarto menegaskan, pihaknya juga terus mendorong peningkatan konsumsi semen di pasar domestik melalui beberapa peluang proyek yang sedang berjalan, terutama yang dicanangkan oleh pemerintah. Misalnya, program pembangunan sektor infrastruktur, properti, dan manufaktur.

Langkah lainnya, Kemenperin mengarahkan kepada industri penggilingan semen (grinding plant) di dalam negeri yang menggunakan bahan baku klinker, diharapkan dapat menyerap dari produksi lokal. Upaya ini guna mengurangi impor produk serupa.

Airlangga menjelaskan, kebijakan-kebijakan tersebut merupakan bentuk komitmen pemerintah untuk menjaga iklim usaha tetap kondusif sehingga industri semen nasional dapat tumbuh dan berkembang. "Kami juga mendorong diversifikasi produk barang-barang dari semen serta penerapan Standar Nasional Indonesia (SNI) semen secara wajib," imbuhnya.

Saat ini pasar semen domestik mengalami kelebihan pasokan. Kapasitas produksi industri semen terintegrasi di dalam negeri mencapai 109,9 juta ton per tahun, sementara konsumsi pada tahun 2018 sekitar 69,6 juta ton.

"Industri semen di dalam negeri memang kondisinya sedang over capacity. Dahulu pertumbuhan permintaan semen memang tinggi, sehingga investor berlomba-lomba membuat pabrik dan investasi namun dalam perjalanannya pertumbuhan tidak sebesar yang diperkirakan sehingga saat ini terjadi over capacity," jelas Menperin.

 

Bangun Ekosistem

Suasana pembangunan stasiun LRT di kawasan Ciracas, Jakarta, Sabtu (23/3). Pada tahun 2019, pemerintah menganggarkan dana APBN untuk infrastruktur sebesar Rp415 triliun, naik 1,04% dari anggaran infrastruktur tahun sebelumnya. (Liputan6.com/Immanuel Antonius)

Di samping itu, yang juga menjadi hal penting, Kemenperin meminta kepada pelaku industri semen di dalam negeri agar terus membangun ekosistem inovasi untuk meningkatkan keunggulan kompetitif di tengah persaingan yang semakin ketat baik di tingkat regional maupun internasional. Inovasi tersebut bisa menjadi keuntungan bagi perusahaan karena lebih efisien terutama dalam mengatasi kelebihan kapasitas produksi semen nasional.

"Industri semen diharapkan dapat melakukan transformasi sesuai dengan perkembangan teknologi terkini di era revolusi industri 4.0 yang dapat diterapkan secara bertahap," tutur Airlangga.

Hal ini untuk mencari langkah-langkah efisiensi dan optimalisasi proses produksi agar mencapai hasil yang maksimal.

Menurut Airlangga, pembangunan industri strategis seperti pabrik semen perlu dijaga keberlanjutannya karena membawa efek berganda bagi perekonomian daerah dan nasional, antara lain penyerapan tenaga kerja dan penumbuhan industri kecil berbasis semen yang bisa dikembangkan.

"Industri semen merupakan industri yang dapat mendorong penumbuhan industri lokal khususnya untuk industri barang dari semen," tegasnya.

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

[vidio:Demo Tolak Pabrik Semen]()

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Harapan Pelatih Persib untuk 4 Pemainnya yang Dipanggil Timnas Senior

Posted: 10 Jun 2019 09:45 PM PDT

Liputan6.com, Bandung - Pelatih Persib Bandung Robert Alberts bangga empat pemainnya akan berkontribusi untuk berjuang untuk Timnas masing-masing. Dia mengharapkan mereka mendapat pengalaman di level yang lebih tinggi melawan negara lain.

Alberts mengatakan, pemanggilan timnas sangat bermanfaat bagi pemain Persib. Dia pun ingin kinerja sang pemain meningkat saat membela Maung Bandung pada lanjutan Shopee Liga 1 2019.

"Tentu itu bagus bagi pemain bisa gabung ke timnas. Saya harap pemain mendapat pengalaman lebih di level yang lebih tinggi dan saat kembali mereka bisa membawa pengalaman itu ke Persib," ungkap Alberts, Selasa (11/6/2019).

Seperti diketahui, Achmad Jufriyanto, dan Febri Hariyadi yang memperkuat Timnas Indonesia disiapkan menghadapi Yordania dan Vanuatu.

Gian Zola memperkuat Timnas Indonesia U-23 pada Merlion Cup. Sedangkan pemain asing Artur Gevorkyan dipanggil Timnas Turkmenistan.

Harapan Lain

Pelatih Persib Bandung Robert Alberts menyebut latihan pukul 10.00 cukup bagus untuk menjaga ritme biologis tubuh. (Liputan6.com/Huyogo Simbolon)

Alberts mengamanatkan para pemain agar tidak percaya diri berlebih karena dipanggil timnas. Dia meminta anak asuhnya tetap kerja keras baik ketika membela timnas atau klub.

"Jangan terlalu percaya diri berlebih dan mereka kembali bekerja keras bersama Persib," ujarnya.

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

VIDEO: Revisi Gugatan, BPN Pertanyakan Status Ma'ruf Amin

Posted: 10 Jun 2019 09:45 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Badan Pemenangan Nasional Prabowo-Sandi merevisi gugatan pemilu ke Mahkamah Konstitusi. Salah satu poin yang dipersoalkan adalah dugaan bahwa Cawapres 01, Ma'ruf Amin masih menjabat di BUMN padahal sudah resmi menjadi calon wakil presiden.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Pemudik: Di Jakarta Susah Cari Kerja, Mending Wirausaha di Kampung

Posted: 10 Jun 2019 09:45 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Tak semua pemudik tertarik mengajak sanak saudara mengadu nasib di Jakarta. Seperti Ntis Sutisna, pemudik asal Cipanas Jawa Barat. Ia tak menganjurkan saudaranya untuk mencoba peruntungan ke Ibu Kota. Meski, latar belakang Ntis adalah seorang pengusaha percetakan.

"Saya pikir kalau untuk coba-coba jangan ya. Kecuali sudah dapat kerjaan. Tak apalah," ujar dia kepada Liputan6.com saat ditemui di Terminal Kampung Rambutan, Senin (10/6/2019).

Menurut Ntis, mencari rezeki tak melulu harus menetap di Jakarta. Di kampung halaman pun ada peluang meraih kesuksesan. Ntis mencontohkan pada keluarga besarnya sendiri.

"Di Cipanas banyak orang-orang Arab. Itu dijadikan peluang oleh saudara saya. Mereka banyak yang buka rental mobil atau pemandu wisata," ucap Ntis.

Bahkan, ada dari saudaranya yang sudah punya berbagai usaha. "Kami tahunya pas kemarin ngumpul di kampung," terang dia.

Hal senada disampaikan Munajat (42). Dia juga tak mengajak saudaranya dari Majalengka untuk ke Jakarta. Lebaran tahun ini, ia mudik ke tempat istrinya di Kebumen, Jawa Tengah.

Menurut dia, lebih baik berwirausaha di kampung halaman ketimbang harus ke Jakarta.

"Enggak lah (ngapain ajak saudara) di sini susah cari kerja mending wirausaha di kampung," ucap dia.

Munajat bersama keluarganya memilih balik pada hari ini karena besok sudah masuk kerja. Ia kerja di daerah Jati Lancar, Tangerang.

"Ya ini ini terakhir libur. Jadi bisa istirahat sebentar di rumah," ujar Munajat.

 

Saksikan video pilihan di bawah ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Mengapa PUBG Mobile Offline? Ini Penjelasannya

Posted: 10 Jun 2019 09:42 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Server PUBG Mobile offline per hari ini, Selasa (11/6/2019), karena proses maintenance.

Menurut informasi resmi dari PUBG Mobile lewat akun Twitternya @PUBGMOBILE, kondisi ini berlangsung sejak 00:00:00 hingga 08:00:00 UTC.

Jika dikonversikan ke Waktu Indonesia Barat (WIB), UTC adalah tujuh jam lebih lambat dibandingkan WIB.

Dengan demikian, kondisi offline gim PUBG Mobile berlangsung mulai pukul 07.00 hingga 15.00 WIB.

Mengapa proses maintenance ini perlu dilakukan?

Mengutip laman Express, langkah ini dilakukan oleh sang publisher yaitu Tencent untuk memulai proses pembaruan patch 0.13.0, guna membawa perubahan besar pada permainan.

Pembaruan PUBG Mobile yang akan dirilis minggu ini oleh Tencent, mengakibatkan server offline. Dengan demikian, PUBG Mobile tidak dapat dimainkan sampai proses maintenance selesai.

Siapkan Ruang Memori Besar

PUBG Mobile Lite. (Doc: Ubergizmo)

Tim support PUBG Mobile mengatakan, untuk memasang pembaruan patch 0.13.0, pengguna perlu memiliki sejumlah ruang memori yang cukup besar pada smartphone.

"Pastikan perangkat kamu memiliki ruang penyimpanan yang cukup untuk pembaruan ini: 1,98GB untuk Android dan 2,45GB di iOS," tutur Tim support PUBG Mobile.

"Versi baru akan tersedia mulai 12 Juni 2019. Pembaruan sebelum 19 Juni 2019 untuk mendapatkan item Outfit Box III dan poin 1.888 BP," sambungnya.

Kapan Kembali Online

PUBG Mobile bakal kehadiran zombie mode di update terbarunya, kapan? (Liputan6.com/ Yuslianson)

Lantas kapan pemain gim mobile bisa mengakses kembali gim PUBG Mobile di smartphone mereka masing-masing?

Berdasarkan informasi resmi PUBG Mobile melalui akun Twitternya @PUBGMOBILE, kondisi offline ini akan berlangsung hingga 08:00:00 UTC atau sekitar 15.00 WIB.

(Isk/Ysl)

Saksikan Video Pilihan Berikut Ini

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Jisoo Blackpink Bakal Tampil Bareng Song Joong Ki di Arthdal Chronicles

Posted: 10 Jun 2019 09:40 PM PDT

Liputan6.com, Seoul - Jisoo Blackpink kini dikabarkan bergabung sebagai salah satu pemain dalam drama Arthdal Chronicles yang dibintangi Song Joong Ki.

Hal ini diungkapkan oleh sebuah sumber dari tim produksi Arthdal Chronicles. Hanya saja, tidak disebutkan peran apa yang akan dimainkan oleh Jisoo Blackpink. Termasuk apakah ia akan memiliki porsi yang cukup banyak atau hanya sekadar cameo.

"Benar bahwa Jisoo akan tampil di Arthdal Chronicles. Kami meminta Anda mengetahui lebih jauh tentang perannya [saat menyaksikan] drama ini," tutur sumber tersebut, seperti diwartakan Soompi, Selasa (11/6/2019). 

Ini bukan pertama kalinya Jisoo Blackpink menjajal dunia akting. Pada 2015, ia tampil dalam drama The Producers yang dibintangi IU dan Kim Soo Hyun.

Nichkhun 2PM

Nichkhun 2PM. (Foto: soompi.com)

Tak hanya Jisoo Blackpink yang akan tampil dalam Arthdal Chronicles. Salah satu anggota 2PM, Nichkhun, juga akan muncul dalam serial produksi tvN ini.

Ia bahkan dikabarkan ikut menghadiri pesta menyambut berakhirnya syuting Arthdal Chronicles.

Masih Dirahasiakan

Arthdal Chronicles (Soompi)

Kabar ini juga telah dikonfirmasi oleh agensi Nichkhun, JYP Entertainment. Seperti Jisoo, peran pelantun "Again & Again" ini juga masih dirahasiakan.

"Nichkhun akan tampil dalam Arthdal Chronicles. Kami meminta pengertiannya karena kami tak bisa mengungkapkan informasi tentang peran yang ia mainkan," tutur sumber dari agensi tersebut.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Ratna Sarumpaet Tunggu Putusan Hakim untuk Berobat ke Rumah Sakit

Posted: 10 Jun 2019 09:38 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Kuasa Hukum Ratna Sarumpaet, Insank Nasruddin mengklaim telah mengantongi surat rujukan dari Klinik Pratama Bidang Kedokteran dan Kesehatan (Biddokkes) Polda Metro Jaya.

Namun, Ratna hingga kini masih berada di ruang tahanan Direktorat Tahanan dan Barang Bukti (Dit Tahti) Polda Metro Jaya karena menunggu keputusan Pengadilan Negeri (PN) Jakarta Selatan ke rumah sakit mana akan dirujuk.

"Biddokes sudah mengeluarkan surat pengantar untuk dirujuk ke rumah sakit. (Tapi) Karena beliau kan dalam status penahanan pengadilan majelis hakim. Tentunya walaupun Biddokes sudah mengeluarkan surat pengantar untuk dirujuk ke rumah sakit, yang menentukan tentunya majelis hakim di rumah sakit mana yang harus dirujuk gitu," kata Insank saat dihubungi di Jakarta, Selasa (11/6/2019).

Insank menegaskan, kalau mantan anggota pemenangan Prabowo-Sandiaga itu harus segera ditangani intensif di rumah sakit. Sebab, Ibunda artis Atiqah Hasiholan itu mengaku mengalami banyak keluhan kesehatan.

 

Tensi Tinggi

"Yang pertama tensinya itu tinggi, kalau saya lihat dari surat rujukan itu di posisi kalau enggak salah 160. Kemudian di belakang leher nyeri, kemudian beliau juga mengalami pusing," kata Insank.

Dengan hal ini, Insank mengatakan, Kejaksaan di PN Jakarta Selatan harus menghubungi Biddokkes Polda Metro Jaya. Sebab, yang menghadirkan Ratna Sarumpaet saat sidang nanti adalah Jaksa.

"Ya seharusnya kalau begitu pihak kejaksaan ya harusnya. Karena melihat kondisi kesehatan, artinya sudah ada surat pengantar dari Biddokkes bahwa yang bersangkutan tahanan ini harus dirujuk. Karena yang wajib menghadirkan terdakwa di pengadilan itu kan jaksa," pungkas Insank.

 

Reporter: Ronald

Saksikan video pilihan di bawah ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

VIDEO: Melihat Darah Goreng, Sarapan Pokok Irlandia

Posted: 10 Jun 2019 09:35 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Disebut Black Pudding yang terbuat dari darah babi jadi makanan. Black Pudding adalah sarapan pokok tradisional di Irlandia.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Unik, Headphone Ini Berbentuk Cup Mi Instan

Posted: 10 Jun 2019 09:35 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Istilah headset, headphone, atau earphone tentu sudah tidak asing lagi. Bagi kamu pecinta musik, aksesori wajib untuk mendengarkan lagu favorit, pastinya earphone, headphone, earbud, atau lainnya. Untuk kamu yang ingin mendengarkan suara dari perangkat elektronik secara jelas, biasanya akan memilih Headphone. Berbeda dengan yang lain, suara yang dihasilkan dari headphone memang dinilai lebih jernih dan tajam.

Semakin canggih dunia elektronik tentu saja juga mempengaruhi perkembangan dari headphone sendiri. Mulai dari desain yang lebih ringkas hingga teknologi-teknologi yang ditawarkan seperti wireless dan bluetooth. Yang sedang banyak menjadi sorotan adalah desain headphone sekarang ini yang lucu-lucu dan unik.

Pernah membayangkan headphone berkolaborari dengan mi instan cup? Rasanya mustahil kedua hal yang berbeda ini disatukan. Tapi sebuah perusahaan bernama HyperX merancang headphone yang dipadukan dengan desain cup mi instan. Perusahaan tersebut berkolaborasi dengan salah satu perusahaan mi instan cup terkenal di Jepang.

Headphone Ramen

Headphone Ini Berbentuk Cup Mi Instan (sumber: youredm)

Bagi kamu pecinta musik dan pecinta mie instan mungkin akan kaget dengan aksesoris yang satu ini. Belum lama ini perusahaan mi instan terkenal Jepang Nissin meluncurkan rancangan headphone unik berbentuk cup mi instan. Nissin berkolaborasi dengan HyperX menciptakan headphone berbentuk mie cup,seperti yang Liputan6.com lansir dari Your EDM, Selas (11/6/2019).

HyperX merupakan merek peripheral gaming dari Kingston, berkolaborasi dengan Nissin Cup Noodles menghadirkan Ramen Headphone bernama HyperX Cup MIX-IN. HyperX Cup MIX-IN ini merupakan headphone premium berbentuk cup mi instan yang ikonik.

Selain fitur standar yang bisa ditemukan di produk headphone pada umumnya, gadget ini juga dilengkapi fitur Microphork. Fitur tersebut berfungsi membuat suara yang keluar dari headphone terdengar lebih jernih. Bantalan headphone juga terbuat dari material super lembut sehingga memberi sensasi nyaman ketika digunakan. Berikut penampakan HyperX Cup yang telah Liputan6.com rangkum dari berbagai sumber, Selasa (11/6/2019).

1. Garpu plastik yang biasa ada dalam ramen instan cup juga disulap menjadi microphone headphone.

Headphone Ini Berbentuk Cup Mi Instan (sumber: youredm)

2. Tak hanya headphone, HyperX juga sedang mengembangkan sebuah perangkat gaming berupa mousepad yang bisa digunakan untuk membuat racikan Nissin Cup Noodles tetap hangat selama bermain game.

Headphone Ini Berbentuk Cup Mi Instan (sumber: youredm)

3. Walaupun terlihat nyeleneh, tapi banyak orang yang menginginkan produk ini.

Headphone Ini Berbentuk Cup Mi Instan (sumber: youredm)

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Timnas Indonesia Lawan Yordania, Adu Taktik Pelatih Beraroma Eropa

Posted: 10 Jun 2019 09:35 PM PDT

Jakarta Laga uji coba berlabel FIFA Matchday antara Timnas Yordania dengan Timnas Indonesia di Stadion King Abdullah II, Amman, Selasa (11/6/2019) juga akan memamerkan adu strategi dari kedua pelatih berdarah Eropa.

Jika Yordania punya Vital Borkelmans asal Belgia, Timnas Indonesia dipimpin oleh Simon McMenemy, seorang pelatih berkebangsaan Skotlandia.

Borkelmans melatih Yordania sejak September 2018. Adapun, McMenemy baru ditunjuk menangani Timnas Indonesia pada awal tahun ini.

Sebelum merapat ke Yordania, Borkelmans adalah asisten pelatih Timnas Belgia pada 2012-2016 era Marc Wilmots. Pada pertengahan tahun lalu, juru racik berusia 56 ini memilih mencari petulangan baru dengan menerima pinangan Yordania.

Sembilan bulan meracik Yordania, catatan Borkelmans minus. Dari sembilan pertandingan, skuat berjulukan Al-Nashama tersebut lebih banyak menelan kekalahan.

Tiga kali Yordania takluk di rezim Borkelmans, dengan tiga partai berakhir imbang dan hanya mengemas dua kemenangan. Teraktual, Al-Nashama dibantai Slovakia 1-5 pada partai uji coba, 7 Juni 2019.

Borkelmans sempat sekali bertemu negara dari Asia Tenggara sebelum menghadapi Timnas Indonesia. Namun, hasilnya minor. Yordania digilas Vietnam 3-5 pada babak 16 besar Piala Asia 2019 pada 20 Januari lalu.

Simon McMenemy

Pelatih Timnas Indonesia, Simon McMenemy, berbincang dengan Andritany Ardhiyasa saat latihan di Lapangan ABC Senayan, Jakarta, Jumat (7/6). Latihan ini persiapan jelang laga persahabatan melawan Yordania. (Bola.com/Yoppy Renato)

McMenemy punya rekam jejak lumayan sebelum membesut Timnas Indonesia. Arsitek asal Skotlandia itu sempat membawa Bhayangkara FC menjuarai Liga 1 2017.

McMenemy juga berhasil mengantar Timnas Filipina lolos hingga babak semifinal Piala AFF 2010, setelah masa-masa kelam negara tersebut di kancah sepak bola Asia Tenggara.

McMenemy ditunjuk sebagai pelatih menggantikan Bima Sakti Tukiman setelah Timnas Indonesia gagal total di Piala AFF 2018. Debut pertama arsitek berusia 41 tahun ini berakhir dengan manis.

Timnas Indonesia mampu dibawanya mengalahkan tuan rumah Myanmar 2-0 pada pertandingan uji coba, 25 Maret 2019.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

PUBG Mobile Offline, Kapan Kembali Online?

Posted: 10 Jun 2019 09:33 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Gim PUBG Mobile tengah mengalami kondisi offline pada 11 Juni 2019.

Kondisi PUBG Mobile offline berlangsung sejak pukul 00:00:00 UTC yang jika dikonversi adalah pukul 07.00 WIB.

Lantas kapan pemain gim mobile bisa mengakses kembali gim PUBG Mobile di smartphone mereka masing-masing?

Berdasarkan informasi resmi PUBG Mobile melalui akun Twitternya @PUBGMOBILE, kondisi offline ini akan berlangsung hingga 08:00:00 UTC atau sekitar 15.00 WIB.

PUBG Mobile menyebut, gim ini mengalami offline karena adanya maintenance alias perbaikan.

Janjikan Versi Baru Pada 12 Juni 2019

PUBG Mobile Lite. (Doc: Ubergizmo)

Dengan offline-nya PUBG Mobile, artinya, pemain PUBG Mobile tidak akan bisa mengakses gim hari ini, setidaknya hingga pukul 15.00 WIB. 

Tekno Liputan6.com pun sempat mencoba membuka gim PUBG Mobile ini pada pukul 10.30 WIB, namun gim tak bisa diakses dengan tulisan server error. 

Meski begitu, pengembang gim menjanjikan, saat gim sudah bisa diakses nanti, pengguna bisa mendapatkan versi terbaru dari PUBG Mobile yang bisa diperbarui mulai 12 Juni 2019.

(Tin/Isk)

Saksikan Video Pilihan Berikut Ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Ingat, Masyarakat Kini Dapat Uji Coba LRT Jakarta Gratis Mulai Hari Ini

Posted: 10 Jun 2019 09:30 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Masyarakat kini dapat mencoba moda transportasi kereta ringan atau light rail transit (LRT) mulai Selasa 11 Juni 2019.

Saat uji coba publik, masyarakat dapat menjajal LRT yang pertama kali ada di Jakarta ini dengan gratis.

"Sebelum beroperasi secara komersial, kami memberi kesempatan kepada Sahabat LRTJ untuk mengikuti program uji publik LRT Jakarta yang akan dimulai dari 11 Juni 2019," seperti dikutip dari instagram LRT Jakarta @lrtjkt, seperti ditulis Selasa (11/6/2019).

Ketika uji coba ini, LRT Jakarta hanya akan melayani lima stasiun antara lain Stasiun Boulevard Utara, Stasiun Boulevard Selatan, Stasiun Pulo Mas, Stasiun Equestrian dan Stasiun Velodrome.

LRT Jakarta akan beroperasi pada pukul 05.30-23.00 WIB dengan waktu kedatangan kereta (headway) setiap 10 menit.

"Uji publik LRT Jakarta melayani lima stasiun, beroperasi setiap hari mulai dari jam 5.30-23.00. Uji publik di mulai tanggal 11 Juni 2019 sampai seterusnya, tetapi Sahabat LRTJ dapat registrasi untuk mendapatkan e-ticket dari sekarang," seperti dikutip dari akun itu.

Bagi Anda yang ingin ikuti uji coba ini harus lebih dulumendaftar melalui website resmi LRT Jakarta yakni https://www.lrtjakarta.co.id/

Cara Daftar

Rangkaian kereta LRT rute Kelapa Gading-Velodrome saat melakukan uji coba dari Stasiun Velodrome, Jakarta, Senin (25/2). Saat ini pembangunan LRT Kelapa Gading-Velodrome secara keseluruhan sudah mencapai 99,4 persen.  Merdeka.com/Iqbal S Nugroho)

Cara untuk pendaftaran uji publik ini antara lain:

1.Isi formulir pada halaman website, pastikan informasi alamat email yang dimasukkan benar dan sesuai.

2. Pilih jadwal uji coba.

3. Submit formulir yang sudah diisi dan jangan lupa verifikasi email yang sudah didaftarkan dengan mengklik tautan pada email.

4. Setelah verifikasi email berhasil, cek email dan unduh e-ticket yang didapatkan.

5. Tunjukkan e-ticket kepata petugas ticketing di loket stasiun sesuai dengan tanggal yang telah dipilih untuk ditukarkan dengan tiket Single Journey Trip (SJT) LRT Jakarta.

Syarat dan Ketentuan

Mengintip LRT Jakarta yang siap beropersi pada Maret 2019, Senin (25/2/2019). (Bawono/Liputan6.com)

Untuk ikut uji coba ini juga ada syarat dan ketentuan yang dipenuhi. Syarat dan ketentuan tiket LRT Jakarta saat masa uji coba publik berlangsung antara lain:

1. Setiap satu e-ticket hanya berlaku untuk satu orang.

2. Satu alamat email dapat didaftarkan berkali-kali tanpa batas.

3. E-ticket hanya dapat divalidasi di hari H atau pada tanggal pilihan calon penumpang

4. E-ticket yang telah divalidasi tidak dapat digunakan kembali.

5. E-ticket dapat dicetak atau diakses melalui email

6. Anak di bawah umur 3 tahun tidak diwajibkan untuk melakukan pendaftaran.

7. Petugas berhak memutuskan untuk tidak mengikutsertakan pendaftar yang tidak memenuhi syarat dan ketentuan.

 

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

VIDEO: Masih Bayi, Putri Ruben Onsu Raih 70 Ribu Follower Instagram

Posted: 10 Jun 2019 09:30 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Putri kedua Ruben Onsu dan Sarwendah memiliki instagram meski usianya baru mencapai satu minggu. Jumlah follower akun dengan nanma @thaniaputrionsu itu mencapai 70 ribu.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Diingatkan Jangan Nakal, Begini Reaksi Ifan Seventeen

Posted: 10 Jun 2019 09:30 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Ifan Seventeen sempat tepergok bersama wanita di sebuah apartemen di Jakarta. Meski menampik sedang berduaan, namun kejadian itu cukup membuat nama baik Ifan Seventeen sedikit luntur.

Bahkan, Rizal Armada pun sempat mengingatkan Ifan Seventeen untuk tidak nakal lagi. Hal itu diungkapnya dalam unggahan Instagram Story dengan memajang wajah mendiang istri Ifan Seventeen, Dylan Sahara, yang meninggal akibat tsunami di Tanjung Lesung.

"Ni jodoh lo, dia lagi nunggu lo didepan pintu surga. Ga mau masuksebelum suaminya dateng. Inget jangan nakal ya beb," ujar Rizal Armada kepada Ifan Seventeen.

Respons

Ifan Seventeen (Liputan6.com/IG/@ifanseventeen)

Mendengar jawaban Rizal Armada, Ifan Seventeen pun bereaksi. Ia menanggapi positif teguran halus dari Rizal Armada.

Pelantun "Jaga Slalu Hatimu" ini bahkan meminta Rizal untuk tidak bosan-bosan mengingatkannya jika salah.

"Allahumma amin ya Allah, jangan capek ingetin gw ya," tulis Ifan Seventeen pada Instagram Story, Senin (10/6/2019).

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Mencari Biang Keladi Banjir Parah di Konawe Utara

Posted: 10 Jun 2019 09:29 PM PDT

Liputan6.com, Konawe - Belum juga usai kegembiraan hari raya, ribuan orang di Kabupaten Konawe Utara, Sulawesi Tenggara, terpaksa mengungsi akibat banjir. Hujan 9 hari terhitung mulai Sabtu (1/6) hingga Minggu (9/6) membuat 1.000 lebih rumah terendam banjir.

Data BPBD Konawe Utara mengungkap, setidaknya 4.089 orang mengungsi, jumlah itu terdiri dari 1.054 Kepala Keluarga yang bermukim di 6 kecamatan.

Dengan asumsi hujan selalu menurunkan air bukan banjir, fokus masyarakat kini tertuju kepada apa yang menyebabkan banjir dahsyat itu tiba-tiba datang.

Saharuddin, Direktur Eksekutif Walhi Sultra saat dihubungi Liputan6.com, Selasa (11/6/2019) mengatakan, sejak 2001 sampai 2017 tercatat Konawe kehilangan 45.600 hektare tutupan pohon. Tak hanya itu, Konawe juga memiliki Daerah Aliran Sungai (DAS) yang berstatus krisis.

"Ini akibat sedimentasi yang tinggi sebagai akibat aktivitas pertambangan dan perkebunan. Keduanya faktor terbesar penyumbang rusaknya hutan. Di hutan primer 954 Hektare dan 2540 Hektare di hutan alam," katanya.

Udin juga menjelaskan, jika kawasan hutan sudah berubah fungsi tentu dampak lingkungan akan terjadi, dan ujungnya pasti akan menimbulkan bencana alam, yaitu banjir.

"Dari dua faktor, pertambangan dan perkebunan, muncul beragam masalah turunan. Secara umum di Sultra harusnya lebih dari 80 izin pertambangan harus dicabut," katanya.

Untuk alih fungsi perkebunan sendiri catatan Walhi Sultra mengungkap, setidaknya ada sekitar 20.000 hektare kebun sawit baru yang 90 persen diantaranya diambil dari pembukaan hutan.

"Tanaman monokultur dalam jumlah besar tentu membuat daerah-daerah tangkapan air dan memicu sedimentasi yang tinggi ke DAS," katanya.

 

Tanggapan Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan

Banjir setinggi hingga 3 meter, merendam sejumlah pemukiman warga di Konawe Utara sejak Jumat (7/6/2019) hingga Minggu (9/6/2019). (Liputan6.com/ Ahmad Akbar Fua)

Sementara itu,  Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan Siti Nurbaya mengatakan, akan meneliti ada tidaknya ekses dari perizinan terhadap banjir besar yang menyebabkan ribuan warga mengungsi di Kabupaten Konawe Utara, Sulawesi Tenggara.

"Kalau soal ekses dari perizinan, kita akan teliti dulu. Saya minta datanya, (sedang) dikumpulkan, dari (Direktorat Jenderal) Konservasi, Planologi, DAS dan Hutan Produksi. Jadi kita teliti dulu. Tapi, memang indikasinya ada," kata Siti di Jakarta.

Ia mengatakan akan merapatkan persoalan banjir ini antar direktorat jenderal, mengingat menyentuh banyak aspek, dari mulai soal tambang, pertanian, perkebunan, sistem drainase, lanskap.

Terkait penanganan di wilayah hulu, ia mengatakan akan sesuai arahan Presiden Jokowi, KLHK berkonsentrasi menangani persoalan di hulu dengan melakukan penanaman pohon.

"Tapi kalau sekarang tanam hasilnya kan baru tiga tahun lagi. Berarti sekarang yang harus dicek adalah bangunan-bangunan penahan, (mengatasi) erosi paling. Itu yang mungkin bisa dipercepat dari pada soal menanam, ya," ujar Siti.

Sedangkan terkait sistem drainase, menurut dia, itu menjadi peran pemerintah kota, karena tentunya sistem tersebut ada di kewilayahan. "Jadi, kota mungkin dibantu oleh Kementerian PUPR," katanya.

 

 

Simak juga video pilihan berikut ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

7 Kelakuan Nyeleneh Bapak-bapak Ini Gereget Abis, Bikin Geleng Kepala

Posted: 10 Jun 2019 09:25 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Istilah 'The power of emak-emak' mungkin sudah nggak asing lagi di kalangan masyarakat. Kalimat tersebut memang kerap digunakan untuk menggambarkan keberanian dan sikap nekat emak-emak dalam menghadapi berbagai tantangan di keseharian.

Nggak kalah gereget dari emak-emak, kelakuan para bapak di kesehariannya ini juga kerap mengundang tawa. Aksi yang cenderung absurd ini sering dilakukan mereka di berbagai kegiatan yang dijalani, termasuk saat menyalurkan hobi-hobinya. Sampai-sampai kamu dibuat tepuk jidat kalau melihatnya.

Bapak-bapak juga sering menunjukkan kebiasaannya yang antimainstream. Apalagi saat seorang bapak lagi gabut dan enggak ada kerjaan, ia bisa saja berkelakuan nyeleneh yang bakal bikin geleng-geleng orang yang melihatnya.

Seperti kelakuan nyeleneh bapak-bapak ini, berikut Liputan6.com rangkum 6 kelakuan nyeleneh bapak-bapak yang gereget abis dan bikin senyum-senyum sendiri, Selasa (11/6/2019).

1. Keselamatan tetap yang utama

View this post on Instagram

Tetep safety

A post shared by Receh (@receh.id) on

2. Tolong jangan dibangunin, ngantuk banget nih

View this post on Instagram

Pak :(

A post shared by Receh (@receh.id) on

3. Bapak paling anti dengan yang nangis-nangis gitu

View this post on Instagram

Anti nangis

A post shared by Receh (@receh.id) on

4. Enggak salah kok, mantap pak

View this post on Instagram

Sip

A post shared by Receh (@receh.id) on

5. Mirip banget pak

View this post on Instagram

Kebolak

A post shared by Receh (@receh.id) on

6. Kok kayaknya ada yang salah deh pak

View this post on Instagram

Pak...... :((((

A post shared by Receh (@receh.id) on

7. Gini nih kalau bapaknya seorang hacker pulang ibadah

View this post on Instagram

I am heker

A post shared by Receh (@receh.id) on

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Mengenal Asteroid yang Diprediksi Hantam Bumi 9 September 2019

Posted: 10 Jun 2019 09:24 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - European Space Agency (ESA) memperkirakan asteroid 2006 QV89 akan melintasi, dan kemungkinan menabrak Bumi pada 9 September 2019.

ESA merilis objek luar angkasa yang akan menabrak Bumi, dan salah satunya asteroid 2006 QV89.

Dikutip dari Live Science, Selasa (11/6/2019), dibandingkan dengan asteroid sepanjang 10 kilometer yang membunuh dinasaurus non-avian sekira 66 juta tahun lalu, ukuran 2006 QV89 cukup kecil yakni hanya 40 meter.

ESA memantau rute [asteroid]( 3986406 ""), dan menyimpulkan sangat kecil kemungkinan 2006 QV89 menghantam bumi. Kemungkinan batuan tersebut menghantam Bumi hanya 1:7.299.

Berdasarkan pengamatannya, ESA mengatakan 2006 QV89 paling dekat akan berjarak sekira 42 juta mil atau sekitar 6,7 juta kilometer dengan Bumi.

Ditemukan pada Agustus 2006

Ilustrasi asteroid (NASA)

Jarak tersebut masih sangat jauh, mengingat jarak Bulan dengan Bumi sejauh 238.900 mil atau sekitar 384.400 kilometer.

Seperti namanya, asteroid 2007 QV89 ditemukan pada 29 Agustus 2006.

Batuan antariksa ini ditemukan oleh Catalina Sky Survey yaitu sebuah organisasi yang berbasis di observatorium di dekat Tucson, Arizona.

 

Sering Mengunjungi Bumi

Ilustrasi lintasan asteroid menuju Bumi. (Sumber Pixabay)

Asteroid ini sebenarnya akan cukup sering mengunjungi Bumi. Setelah terbang pada 2019, objek tersebut akan kembali menyambangi Bumi pada 2032, 2045, dan 2062.

Adapun menurut ESA, 2006 QV89 merupakan salah satu dari 10 objek luar angkasa yang akan menabrak Bumi. Asteroid tersebut berada di posisi nomor empat.

ESA memperbarui daftar tersebut secara berkala, dan yang terbaru pada 6 Juni 2019.

(Din/Isk)

Saksikan Video Pilihan Berikut Ini

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

KPK Sudah Petakan Aset Tersangka Kasus BLBI Sjamsul Nursalim

Posted: 10 Jun 2019 09:20 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) menegaskan sudah memetakan aset-aset milik Sjamsul Nursalim, tersangka kasus korupsi penerbitan surat keterangan lunas (SKL) Bantuan Likuiditas Bank Indonesia (BLBI) untuk Bank Dagang Negara Indonesia (BDNI).

Bahkan, pemetaan aset Sjamsul dilakukan KPK sejak lembaga antirasuah memproses mantan Kepala BPPN Syafruddin Arsyad Tumenggung dalam kasus korupsi penerbitan surat keterangan lunas (SKL) Bantuan Likuiditas Bank Indonesia (BLBI).

"Asset tracing sudah mulai dilakukan oleh tim sejak kami memproses satu orang pertama sebagai tersangka SAT yang kemudian sudah diputus sampai Pengadilan Tinggi," ujar Juru Bicara KPK Febri Diansyah saat dikonfirmasi, Selasa (11/6/2019).

Untuk aset-aset Sjamsul Nursalim yang berada di Indonesia kemungkinan akan disita untuk pengembalian kerugian keuangan negara. Dalam kasus SKL BLBI ini, negara dirugikan Rp 4,58 triliun.

"Tentu kebutuhan untuk melakukan asset tracing yang lebih maksimal, maksimal dalam artian sebaran maupun jumlahnya karena dugaan kerugian negara dan dugaan tersangka diperkaya Rp 4,58 triliun itu secara maksimal lebih dilakukan pada proses penyidikan ini," kata Febri.

Sementara untuk aset Sjamsul Nursalim yang berada di luar negeri, Febri memastikan pihak KPK akan bekerjasama dengan otoritas setempat.

"Kalau di Indonesia cukup dengan hukum acara yang berlaku di Indonesia saja. Kalau ada aset di luar negeri, maka kerja sama internasional baik antara institusi Indonesia ataupun institusi di Singapura ataupun kerja sama antarnegara itu akan dimaksimalkan sedemikian rupa," kata Febri.

Penetapan Tersangka

Wakil Ketua KPK Saut Situmorang (kiri) didampingi Wakil Ketua KPK Laode Muhammad Syarif (tengah) dan  Jubir KPK Febri Diansyah (kanan) memberi keterangan di Gedung KPK, Jakarta, Senin (10/6/2019). KPK menetapkan Sjamsul Nursalim sebagai tersangka kasus korupsi SKL BLBI. (merdeka.com/Dwi Narwoko)

Dalam kasus ini, KPK menetapkan Sjamsul Nursalim dan istrinya Itjih Nursalim sebagai tersangka kasus dugaan korupsi penerbitan SKL BLBI.

Penetapan ini merupakan pengembangan dari perkara mantan Kepala Badan Penyehatan Perbankan Nasional (BPPN) Syafruddin Arsyad Temenggung yang divonis 15 tahun penjara.

Berdasarkan putusan Pengadilan Tipikor Jakarta, perbuatan Syafruddin telah memperkaya Sjamsul sebesar Rp 4,58 triliun.

Sjamsul dan Itjih sendiri diketahui menetap di Singapura. Meski demikian, aset dan bisnis Sjamsul menjalar di Tanah Air.

Salah satunya, PT Gajah Tunggal Tbk yang memiliki anak usaha seperti PT Softex Indonesia, PT Filamendo Sakti, dan PT Dipasena Citra Darmadja. Selain itu, Sjamsul juga menguasai saham Polychem Indonesia yang sebelumnya bernama GT Petrochem.

Sjamsul juga memiliki sejumlah usaha ritel yang menaungi sejumlah merek ternama seperti Sogo, Zara, Sport Station, Starbucks, hingga Burger King.

Atas tindak pidana yang diduga dilakukannya, Sjamsul dan Itjih disangkakan melanggar Pasal 2 ayat (1) atau Pasal 3 Undang-undang Nomor 31 Tahun 1999 sebagaimana telah diubah dengan Undang-undang Nomor 20 Tahun 2001 tentang Pemberantasan Tindak Pidana Korupsi juncto Pasal 55 Ayat (1) ke-1 KUHP.

Saksikan video pilihan di bawah ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

MotoGP: Jorge Lorenzo Menolak Disebut Kekuatan Dewanya Luntur

Posted: 10 Jun 2019 09:20 PM PDT

Liputan6.com, Bandung - Pembalap Repsol Honda, Jorge Lorenzo, menolak kesulitannya beradaptasi dengan motor RC213V disebut sebagai kisah 'lunturnya kekuatan sang dewa' di lintasan balap MotoGP. Hal ini ia nyatakan kepada Marca, sebelum bertolak ke Jepang untuk menemui para teknisi dan insinyur Honda Racing Corporation (HRC) pekan lalu.

Sebagai juara dunia lima kali, Lorenzo memang dianggap sebagai salah satu rider MotoGP terbaik dalam dua dekade belakangan. Meski begitu, Por Fuera yakin dirinya tak layak disebut sebagai 'dewa', melainkan pebalap yang mampu tampil baik dan kuat di kejuaraan balap motor terakbar di dunia.

"Saya tak pernah merasa saya ini dewa. Bisa dikatakan saya hanya mampu bekerja dengan sangat baik dalam kejuaraan olahraga yang kebetulan sangat populer. Tapi saat ini saya juga tidak lebih 'rendah', karena saya selalu menjadi orang yang sama, hanya saja hasil saya saat ini berbeda," ujarnya.

Sejak membela Honda untuk MotoGP musim ini, rider Spanyol tersebut tak memungkiri dirinya sangat kesulitan beradaptasi, dan hal ini terlihat jelas dari hasil balapnya di enam seri pertama. Belum naik podium, Lorenzo terhitung dua kali finis ke-13, dua kali finis ke-12, sekali finis ke-11, dan sekali gagal finis.

"Tak mudah menghadapi krisis, tapi saya belum berminat ke psikolog. Otak dan pengalamanlah yang membantu, tapi tentu sangat sulit, karena ini pekerjaan yang butuh disiplin tinggi. Usai 17 tahun berkarier, tak mudah memotivasi diri sendiri ketika sulit meraih hasil baik. Yang jelas, saya harus bersenang-senang dan bersemangat untuk terus bekerja," ungkapnya.

Berpikir Positif

Pembalap Repsol Honda, Jorge Lorenzo, mengaku belum sepenuhnya nyaman dengan setelan motornya. (AFP/Tiziana Fabi)

Meski begitu, ada satu hal yang membuat Lorenzo terus berpikir positif, yakni fakta dirinya pernah mengalami situasi sulit serupa di Ducati sepanjang musim 2017 dan 2018, namun akhirnya mampu keluar dari penderitaan paceklik kemenangan dengan memenangi balapan di Mugello, Catalunya, dan Austria.

"Saya sangat kesulitan di Ducati, tapi akhirnya bisa menang, menunjukkan bahwa saya bisa berhasil. Jadi mengapa saya tak bisa melakukannya lagi? Lagipula, dalam olahraga ini ada banyak juara yang kariernya dianggap sudah habis tapi justru 'terlahir kembali' dan mampu menutup mulut para kritikus," pungkasnya.

Tatap MotoGP Catalunya

Menjelang MotoGP Catalunya, Spanyol di Sirkuit Barcelona-Catalunya pada 14-17 Juni nanti, Lorenzo tengah berada di peringkat 14 pada klasemen pebalap dengan koleksi 19 poin.

Sumber: Bola.net

Saksikan video pilihan di bawah ini

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Jadi Artis, Steve Emmanuel Menyesal Tidak Lulus Pendidikan Formal

Posted: 10 Jun 2019 09:20 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - ‎Pengadilan Negeri Jakarta Barat, Senin (10/6/2019) kembali menggelar sidang kasus narkoba yang menjerat Steve Emmanuel. Beragendakan keterangan saksi dari pihak terdakwa, Steve Emmanuel menghadirkan sahabatnya saat sekolah kepribadian bernama Lukman.

Dalam persidangan Lukman menjelaskan, Steve Emmanuel adalah sosok orang yang suka menyendiri. Steve Emmanuel juga sempat bercerita kepadanya, hidupnya terasa gagal meskipun sukses ‎sebagai seorang selebritas.

"Steve merasa sedikit canggung karena tidak bisa menyelesaikan pendidikan formalnya. Dia juga cukup sedih, meskipun bisa menjadi publik figure dengan menjadi pemain sinetron, tapi tidak bisa menyelesaikan pendidikan formalnya," ujar Lukman di ruang sidang.

Kepada Lukman, Steve Emmanuel mengaku risih kehidupan pribadinya menjadi konsumsi publik.

 

Malu

Steve Emmanuel dihadirkan saat rilis pengungkapan kasus narkoba di Polres Metro Jakarta Barat, Kamis (27/12). Polisi menyita barang bukti kokain seberat 92,04 gram dari Steve Emmanuel pada 21 Desember 2018 malam. (Liputan6.com/Herman Zakharia)

Rupanya, Steve Emmanuel tak ingin kegagalannya menempuh pendidikan formal menjadi sorotan media.

‎"Karena tidak bisa menyelesaikan pendidikan formalnya, terdakwa yang menjadi public figure ini tidak nyaman kalau semua hal tentangnya disorot oleh media massa," lanjut Lukman.

 

Tak Tahu

Steve Emmanuel galau tak dihubungi anak (Foto: Istihanah Soejoethi)

Mengenai kasus narkoba yang menjerat mantan pasangan Andi Soraya ini, Lukman tak pernah tahu.

"Tidak tahu," kata Lukman.

Seperti diketahui Steve Emmanuel ditangkap Satuan Narkoba Polres Jakarta Barat pada 21 Desember 2018. Ia kedapatan memiliki kokain seberat 92,4 gram berserta bullet yang merupakan alat hisapnya.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Ancaman Trump ke China Bikin Rupiah Melemah

Posted: 10 Jun 2019 09:18 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Nilai tukar rupiah terhadap dolar Amerika Serikat (AS) bergerak melemah pada perdagangan Selasa ini. Namun rupiah masih berpeluang menguat pada perdagangan hari ini.

Mengutip Bloomberg, Selasa (11/6/2019), rupiah dibuka di angka 14.254 per dolar AS, melemah jika dibandingan dengan penutupan perdagangan sebelumnya yang ada di angka 14.250 per dolar AS.

Sejak pagi hingga siang hari ini, rupiah bergerak di kisaran 14.254 per dolar AS hingga 14.256 per dolar AS. Jika dihitung dari awal tahun, rupiah masih menguat 0,94 persen.

Sedangkan berdasarkan Kurs Referensi Jakarta Interbank Spot Dollar Rate (Jisdor) Bank Indonesia (BI), rupiah dipatok di angka 14.258 per dolar AS, melemah jika dibandingkan dengan patokan sehari sebelumnya yang ada di angka 14.231 per dolar AS.

Ekonom Samuel Aset Manajemen Lana Soelistianingsih mengatakan, perkirakan inflasi Mei ini merupakan puncak inflasi dan akan cenderung melambat pada bulan-bulan selanjutnya. Secara kumulatif dari Januari sampai Mei 2019 tercatat inflasi sebesar 1,48 persen (year to date/ytd).

"Kami perkirakan inflasi tahun 2019 masih sangat aman di sekitar 3,19 persen yoy," ujar Lana dikuti dari Antara.

 

Eksternal

Petugas menghitung uang rupiah di cabang Bank Mandiri Pertamina UPMS III, Jakarta, Rabu (28/6). Bank Mandiri mengoperasikan 319 kantor cabang se-Indonesia secara bergantian pada musim liburan Idul Fitri 26-30 Juni 2017. (Liputan6.com/Angga Yuniar)

Dari eksternal, Presiden AS Donald Trump kembali mengancam China dengan menaikkan tarif jika Presiden Xi Jinping tidak mau melakukan pertemuan bilateral dengannya pada pertemuan G20 di Osaka, Jepang, 28-29 Juni 2019 mendatang.

"Perseteruan dagang AS-China ini masih belum ada titik temu pasca-kegagalan perundingan pada akhir April lalu," kata Lana.

Lana memprediksi hari ini rupiah akan menguat di kisaran Rp14.200 sampai Rp14.250 per dolar AS.

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Jadwal Kualifikasi Piala Eropa 2020 Nanti Malam

Posted: 10 Jun 2019 09:15 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Kualifikasi Piala Eropa 2020 kembali bergulir malam dan dini hari nanti. Jerman dan Italia coba mempertahankan rekor sempurna. Sementara Prancis coba bangkit setelah menderita kekalahan di laga sebelumnya pada penyisihan menuju turnamen utama.

Bersaing di Grup C, Jerman sukses membungkam Belarusia 2-0 pada pertandingan sebelumnya, Sabtu (8/6/2019). Der Panzer kini coba kembali berjaya saat menjamu Estonia di Opel Arena, Rabu (12/6/2019) dini hari WIB.

Dengan melakukannya, Jerman bakal merebut puncak klasemen dari Irlandia Utara dan memperbesar peluang lolos ke Piala Eropa.

Italia mengusung misi serupa. Tampil di Grup J, Gli Azzurri membungkam tuan rumah Yunani 3-0 beberapa hari lalu. Anak asuh Roberto Mancini pun menargetkan tiga poin melawan Bosnia-Herzegovina di Juventus Stadium.

Kemenangan pada partai nanti bakal mempersolid posisi Italia di pucuk Grup J. Hanya dua tim teratas yang tampil ke Piala Eropa 2020.

Misi Prancis

Pelatih Timnas Prancis Didier Deschamps. (AFP / FRANCK FIFE)

Juara dunia Prancis dikejutkan Turki 0-2 pada laga terakhir. Les Bleus pun harus merelakan puncak klasemen Grup H ke rival.

Tidak hanya itu, perolehan poin Prancis kini disamai Islandia. Jika mau mengikuti turnamen utama, pasukan Didier Deschamps wajib menumbangkan di Estadi Nacional.

Jadwal Kualifikasi

Grup C

Jerman vs Estonia

Belarusia vs Irlandia Utara

Grup E

Hungaria vs Wales

Azerbaijan vs Slovakia

Grup H

Islandia vs Turki

Andorra vs Prancis

Albania vs Moldova

Jadwal Lain

Grup I

Rusia vs Siprus

Belgia vs Skotlandia

Kazakhstan vs San Marino

Grup J

Liechtenstein vs Finlandia

Italia vs Bosnia-Herzegovina

Yunani vs Armenia

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

FOTO: Gaya Bulan Madu Syahrini dan Reino Barack di New Zealand

Posted: 10 Jun 2019 09:15 PM PDT

Kemesraan keduanya pun ditunjukkan pada sebuah foto yang diunggah oleh Reino Barack dan juga Syahrini. Berlatar belakang sunset serta pemandangan yang indah, keduanya pun terlihat mesra. (Liputan6.com/IG/@reinobarack)

Kemesraan keduanya pun ditunjukkan pada sebuah foto yang diunggah oleh Reino Barack dan juga Syahrini. Berlatar belakang sunset serta pemandangan yang indah, keduanya pun terlihat mesra. (Liputan6.com/IG/@reinobarack)

Keduanya juga terlihat mesra saat sedang bersantai diatas ranjang. Bahkan Syahrini juga menyampaikan salam lewat unggahan tersebut. (Liputan6.com/IG/@princessyahrini)

Keduanya juga terlihat mesra saat sedang bersantai diatas ranjang. Bahkan Syahrini juga menyampaikan salam lewat unggahan tersebut. (Liputan6.com/IG/@princessyahrini)

Penampilan Reino Barack saat berada di tengah pegunungan salju dengan helikopter pun membuatnya terlihat menawan. Suami dari Syahrini ini menggunakan pakaian warna senada dengan Syahrini. (Liputan6.com/IG/@reinobarack)

Penampilan Reino Barack saat berada di tengah pegunungan salju dengan helikopter pun membuatnya terlihat menawan. Suami dari Syahrini ini menggunakan pakaian warna senada dengan Syahrini. (Liputan6.com/IG/@reinobarack)

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

FOTO: Atta Halilintar Rayakan Lebaran di Tanah Suci Mekah

Posted: 10 Jun 2019 09:15 PM PDT

Tidak hanya sendirian, Atta Halilintar berangkat ke Tanah Suci Mekah bersama pasukan Gen Halilintar lainnya. Mereka melewatkan Lebaran sekaligus menjalankan ibadah umrah. (Liputan6.com/IG/attahalilintar)

Tidak hanya sendirian, Atta Halilintar berangkat ke Tanah Suci Mekah bersama pasukan Gen Halilintar lainnya. Mereka melewatkan Lebaran sekaligus menjalankan ibadah umrah. (Liputan6.com/IG/attahalilintar)

Lewat akun Instagramnya, Atta Halilintar juga mengunggah foto dirinya bersama sang adik Sohwa Halilintar saat berada di Mekah. (Liputan6.com/IG/attahalilintar)

Lewat akun Instagramnya, Atta Halilintar juga mengunggah foto dirinya bersama sang adik Sohwa Halilintar saat berada di Mekah. (Liputan6.com/IG/attahalilintar)

Selain berfoto bersama Sohwa, Atta Halilintar juga berfoto dengan adiknya yang lain yaitu Qahtan Halilintar. (Liputan6.com/IG/attahalilintar)

Selain berfoto bersama Sohwa, Atta Halilintar juga berfoto dengan adiknya yang lain yaitu Qahtan Halilintar. (Liputan6.com/IG/attahalilintar)

Atta Halilintar kembali mengenang momen tujuh tahun lalu saat dirinya mendorong kursi roda sang ibunda di Tanah Suci. Menurut Atta, kaki sang ibunda sedang sakit akibat kelelahan. (Liputan6.com/IG/attahalilintar)

Atta Halilintar kembali mengenang momen tujuh tahun lalu saat dirinya mendorong kursi roda sang ibunda di Tanah Suci. Menurut Atta, kaki sang ibunda sedang sakit akibat kelelahan. (Liputan6.com/IG/attahalilintar)

Meski hanya memakai serban dan gamis bewarna hijau, Atta Halilintar tetap terlihat modis saat berpose di Tanah Suci Mekah. (Liputan6.com/IG/attahalilintar)

Meski hanya memakai serban dan gamis bewarna hijau, Atta Halilintar tetap terlihat modis saat berpose di Tanah Suci Mekah. (Liputan6.com/IG/attahalilintar)

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Bolos Usai Lebaran, 211 PNS Kemendagri Dapat Sanksi Dirumahkan 3 Hari

Posted: 10 Jun 2019 09:12 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Sebanyak 211 Aparatur Sipil Negara (ASN/PNS) Kementerian Dalam Negeri bolos kerja. Menteri Dalam Negeri Tjahjo Kumolo mengambil keputusan PNS tersebut dikenakan sanksi.

Saat melaksanakan halal bi halal dengan pegawainya, Tjahjo mengatakan sanksi kepada ASN tersebut bervariatif mulai dirumahkan selama tiga hari, adanya peringatan tertulis, hingga pemotongan tunjangan.

"Saya mengambil keputusan dengan pak Sekjen bagi 211 (PNS) diskors," kata Tjahjo di Jakarta Selatan, Selasa (11/6/2019).

Terhadap pemotongan tunjangan, politikus PDIP itu menuturkan, maksimal pemotongan sebesar 15 persen, tergantung tingkat kelalaiannya.

 

Terbanyak dari IPDN

Ilustrasi PNS. (www.pdk.or.id)

Sementara itu Tjahjo menyebutkan dari jumlah ASN yang bolos kerja pasca libur lebaran terbanyak dari Institut Pemerintahan Dalam Negeri (IPDN). Sanksi terhadap ASN IPDN juga akan lebih berat.

"Saya minta kepada rektor untuk memberikan sanksi yang tegas, lebih tegas daripada sanksi ynag akan diterapkan Pak Sekjen," tandasnya.

Ia menyindir keras banyaknya ASN bolos kerja dengan jatah cuti 12 hari dalam satu tahun. Terlebih lagi, kata Tjahjo negara telah memenuhi hak keuangan para ASN seperti tunjangan dan gaji ke-14.

"Masih belum puas terima THR, masih belum puas menikmati gaji keempat belas, masih belum puas menikmati tunjangan kinerja," ujarnya.

Saksikan video pilihan di bawah ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

95 Orang Tewas dalam Dugaan Konflik Antar-Etnis di Mali

Posted: 10 Jun 2019 09:02 PM PDT

Liputan6.com, Bamako - Sedikitnya 95 orang tewas dalam serangan pada Senin, 10 Juni 2019, di sebuah desa etnis Dogon di Mali bagian tengah, kata pejabat setempat. Adapun sembilan belas lainnya dinyatakan hilang sejak pria bersenjata tak dikenal menyerang desa Sobane-Kou di Kota Mopti.

Para penyerang juga dilaporkan membunuh hewan dan membakar rumah-rumah. Pemerintah Mali menambahkan, penyelidikan saat ini sedang dilakukan di wilayah yang memiliki riwayat konflik antar-etnis tersebut.

"Desa Dogon telah hampir musnah," kata sumber keamanan Mali sebagaimana dilansir dari laman Al Jazeera pada Selasa (11/6/2019).

Seorang korban selamat, Amadou Togo, mengatakan kepada kantor berita AFP bahwa "sekitar 50 pria bersenjata lengkap datang dengan sepeda motor dan pickup.

Togo menambahkan, para pelaku awalnya mengepung desa kemudian menyerang siapapun yang mencoba melarikan diri.

"Tidak ada yang selamat - wanita, anak-anak, orang tua," tuturnya.

Seorang pejabat setempat mengatakan kepada AFP, "Saat ini terdapat 95 warga sipil kami yang tewas. Jenazahnya dibakar, kami terus mencari orang yang lain."

Desa itu memiliki sekitar 300 penduduk, menurut seorang pejabat yang berbicara kepada AFP dengan syarat anonim.

Hingga saat ini, belum terdapat pihak yang mengaku bertanggung jawab atas insiden tersebut, namun sebagian orang menuduh etnis Fulani berada di balik serangan.

Konflik Etnis Dogon dan Fulani

Ilustrasi Pembunuhan dengan Senjata Tajam (iStockphoto)

Fulani pada dasarnya adalah peternak dan pedagang, sedangkan Dogon adalah petani yang menetap secara tradisional di Mali.

Adanya kekerasan antara kedua etnis telah memperparah situasi keamanan yang sudah mengerikan di daerah tersebut. Padahal tempat tinggal mereka juga telah digunakan sebagai pangkalan oleh kelompok-kelompok bersenjata yang memiliki ikatan dengan al-Qaeda dan ISIS.

"Masalah-masalah teroris... telah bercampur dengan ketegangan antar-komunitas yang sudah lama terjadi," kata Paul Melly, seorang konsultan di Chatham House's Africa Programme.

"Ini telah memupuk ketegangan antara komunitas pertanian Dogon dan Bambara, di satu sisi, dan penggembala ternak Peul (Fulani) di sisi lain. Masalahnya tidak mudah untuk dipecahkan. Populasi meningkat, perubahan iklim mengancam lingkungan; (kelompok ekstremis) menyampaikan keunggulan ideologis, dan sekarang ada banyak pembunuhan, yang memicu ketidakpercayaan."

Misi PBB di Mali bernama MINUSMA pernah mengumumkan setidaknya terdapat 488 kematian dalam serangan terhadap etnis Fulani di wilayah tengah Kota Mopti dan Segou sejak Januari 2018.

Pembantaian Sebelumnya

Ilustrasi Pembunuhan (iStock)

Sebelumnya pada Maret lalu, sekitar 160 penduduk desa Fulani dibantai di Ogossagou, dekat perbatasan dengan Burkina Faso oleh tersangka seorang Dogon.

"Ini mengejutkan, sebuah tragedi," kata kepala MINUSMA Mahamat Saleh Annadif. Ia mencatat insiden itu terjadi pada suatu waktu saat pihaknya tengah membahas pembaharuan mandat MINUSMA.

Sekitar 14.700 tentara dan polisi saat ini dikerahkan di Mali, yang menempati peringkat sebagai misi PBB paling berbahaya. 125 personel penjaga perdamaian tewas dalam serangan sejak penempatan pada 2013.

Negara-negara donor untuk MINUSMA akan bertemu di PBB pada Rabu, 12 Juni 2019. Keputusan terkait perbaruan mandat pasukan diharapkan akan muncul pada 27 Juni mendatang.

Berbicara di markas PBB di New York, Annadif menyatakan penyesalannya bahwa pemerintah Mali tidak cukup hadir di daerah itu untuk mencegah kekerasan.

Pekan lalu, Sekretaris Jenderal PBB Antonio Guterres telah memperingatkan adanya "risiko tinggi" kekejaman dan meminta pemerintah untuk memperkuat tanggapannya terhadap kelompok-kelompok bersenjata.

"Jika masalah ini tidak ditangani, ada risiko tinggi eskalasi lebih lanjut," tulisnya dalam laporan kepada Dewan Keamanan PBB.

Dalam pernyataan Senin, pemerintah Mali menyatakan belasungkawa dan mengatakan "setiap tindakan akan diambil untuk menangkap dan menghukum mereka yang bertanggung jawab atas pertumpahan darah ini."

"Bala bantuan saat ini dikerahkan di sektor ini dan melakukan pencarian luas," katanya dalam sebuah pernyataan.   

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Makna Cincin Terbaru Meghan Markle yang Dikenakan Saat Jeda dari Cuti Melahirkan

Posted: 10 Jun 2019 09:02 PM PDT

 

Liputan6.com, Jakarta - Ada yang menarik perhatian saat Meghan Markle menghadiri Parade Warna, acara kerajaan yang digelar untuk memperingati ulang tahun Ratu Elizabeth II pada Sabtu, 8 Juni 2019 lalu. Sebuah cincin baru yang melingkar di jari Meghan.

Dilansir laman People, ibu dari Archie Harrison itu mengenakan cincin tersebut bersamaan dengan cincin pernikahan dan pertunangannya. Setelah dikonfirmasi, cincin tersebut adalah cincin keabadian, hadiah ulang tahun pernikahan dari Pangeran Harry.

Cincin tersebut terlihat oleh publik saat Meghan melambaikan tangan ke kerumunan ketika menaiki kereta kuda bersama Pangeran Harry, Kate Middleton dan Camilla.

Cincin keabadian secara tradisi diberikan untuk memperingati sebuah momen penting, seperti kelahiran anak atau ulang tahun pernikahan. Biasanya cincin bertahtakan berlian di sekeliling lingkaran.

Meghan bukanlah yang pertama mengenakannya. Pangeran William sebelumnya memberikan cincin keabadian bagi Kate selepas melahirkan anak pertama mereka, Pangeran George.

 

 

Absennya Bayi Archie

Pangeran Harry dan Meghan Markle berjalan membawa bayi laki-lakinya yang baru lahir di St George's Hall di Windsor Castle di Windsor, London (8/5/2019). Pangeran Harry menyatakan bahwa dia dan Meghan Markle masih memikirkan nama anak mereka. (AFP Photo/Dominic Lipinski)

Meghan dan Harry baru-baru ini merayakan ulang tahun pertama mereka dan kelahiran anak pertama keduanya, bayi lelaki Archie Harrison yang lahir pada 6 Mei 2019.

Archie tak ikut serta dengan orangtuanya menghadiri Parade Warna mengingat usianya masih lima minggu, terlalu muda untuk menghadiri acara kerajaan tersebut. Dia dijaga staf kerajaan selama ditinggalkan kedua orangtuanya.

Meski begitu, publik akan bisa melihat Archie lagi dalam acara pembaptisannya yang kemungkinan akan berlangsung pada musim panas ini. Sementara, Meghan mengambil cuti melahirkan untuk merawat anak semata wayangnya.

Saksikan Video Pilihan Berikut Ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

FOTO: Wanita Muda Jerman Gelar Ritual Whit Monday

Posted: 10 Jun 2019 09:01 PM PDT

Sejumlah wanita berpakaian tradisional Sorbs membawa patung Bunda Maria saat menggelar ritual Whit Monday di Rosenthal, Jerman, Senin (10/6/2019). Para wanita muda membawa patung Bunda Maria ke sebuah lapangan untuk melangsungkan misa terbuka. (AP Photo/Jens Meyer)

Sejumlah wanita berpakaian tradisional Sorbs membawa patung Bunda Maria saat menggelar ritual Whit Monday di Rosenthal, Jerman, Senin (10/6/2019). Para wanita muda membawa patung Bunda Maria ke sebuah lapangan untuk melangsungkan misa terbuka. (AP Photo/Jens Meyer)

Sejumlah wanita berpakaian tradisional Sorbs saat akan mengikuti kebaktian dalam ritual Whit Monday di Rosenthal, Jerman, Senin (10/6/2019). Whit Monday menjadi hari libur nasional di Jerman dan banyak negara lain. (AP Photo/Jens Meyer)

Sejumlah wanita berpakaian tradisional Sorbs saat akan mengikuti kebaktian dalam ritual Whit Monday di Rosenthal, Jerman, Senin (10/6/2019). Whit Monday menjadi hari libur nasional di Jerman dan banyak negara lain. (AP Photo/Jens Meyer)

Sejumlah wanita berpakaian tradisional Sorbs membawa patung Bunda Maria saat menggelar ritual Whit Monday di Rosenthal, Jerman, Senin (10/6/2019). Minoritas Slavia di dekat perbatasan Jerman-Polandia menggelar ritual Whit Monday untuk memperingatan Bunda Maria. (AP Photo/Jens Meyer)

Sejumlah wanita berpakaian tradisional Sorbs membawa patung Bunda Maria saat menggelar ritual Whit Monday di Rosenthal, Jerman, Senin (10/6/2019). Minoritas Slavia di dekat perbatasan Jerman-Polandia menggelar ritual Whit Monday untuk memperingatan Bunda Maria. (AP Photo/Jens Meyer)

Sejumlah wanita berpakaian tradisional Sorbs berdiri di samping patung Bunda Maria selama prosesi ritual Whit Monday di Rosenthal, Jerman, Senin (10/6/2019). Para wanita muda membawa patung Bunda Maria ke sebuah lapangan untuk melangsungkan misa terbuka. (AP Photo/Jens Meyer)

Sejumlah wanita berpakaian tradisional Sorbs berdiri di samping patung Bunda Maria selama prosesi ritual Whit Monday di Rosenthal, Jerman, Senin (10/6/2019). Para wanita muda membawa patung Bunda Maria ke sebuah lapangan untuk melangsungkan misa terbuka. (AP Photo/Jens Meyer)

Sejumlah wanita berpakaian tradisional Sorbs memegang payung selama prosesi ritual Whit Monday di Rosenthal, Jerman, Senin (10/6/2019). Whit Monday menjadi hari libur nasional di Jerman dan banyak negara lain. (AP Photo/Jens Meyer)

Sejumlah wanita berpakaian tradisional Sorbs memegang payung selama prosesi ritual Whit Monday di Rosenthal, Jerman, Senin (10/6/2019). Whit Monday menjadi hari libur nasional di Jerman dan banyak negara lain. (AP Photo/Jens Meyer)

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Ustaz Lancip Diperiksa Pekan Depan Terkait Ucapan Tentang Kerusuhan 21-22 Mei

Posted: 10 Jun 2019 09:01 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Ahmad Rifky Umar Said Barayis alias Ustaz Lancip, akan menjalani pemeriksaan di Gedung Direktorat Reserse Kiriminal Umum Polda Metro Jaya pada Senin, 17 Juni 2019. Ia diperiksa karena menyebutkan 60 orang mati saat kerusuhan 21-22 Mei 2019.

"Agenda pemeriksaan ulang pada Senin, 17 Juni 2019," kata Kabid Humas Polda Metro Jaya Kombes Raden Prabowo Argo Yuwono, Selasa (11/6/2019).

Pemeriksaan itu merupakan panggilan kedua. Di mana pada panggilan pertamanya yakni Senin (10/6/2019) kemarin, dirinya tak hadir karena ada kegiatan yang tidak bisa ditinggalkan sehingga dijadwalkan ulang.

Ustaz Lancip dimintai keterangan atas adanya dugaan tindak pidana ujaran kebencian dan berita bohong yang diketahui terjadi pada 7 Juni 2019 di Depok, Jawa Barat. Polisi ingin ia menjelaskan terkait video ceramahnya.

 

Pernyataan Ustaz Lancip

Pada video, Ustaz Lancip menyampaikan bahwa ada korban mati yang jumlahnya hampir 60 orang dan ratusan orang masih hilang. Pemeriksaan ini merupakan rujukan atas adanya laporan polisi (LP) masuk pada 7 Juni 2019. Laporan itu teregistrasi dengan nomor LP/3473/VI/2019/PMJ/Dit Reskrimsus.

Ustaz Lancip disangkakan Pasal 28 ayat 2 Jo Pasal 45A ayat 2 Undang-undang Nomor 19 Tahun 2016 atas perubahan Undang-undang Nomor 11 Tahun 2008 Tentang ITE dan/atau Pasal 14 dan/atau Pasal 15 Undang-undang Nomor 1 Tahun 1946 Tentang Peraturan Hukum Pidana dan/atau Pasal 207 KUHP.

Reporter: Ronald

Saksikan video pilihan di bawah ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Demi Bensin Mobil Mewah, Pria Ini Nekat Mencuri Ayam dan Bebek

Posted: 10 Jun 2019 09:01 PM PDT

Liputan6.com, Sichuan - Seorang lelaki menjadi tersangka karena mencuri ayam dan bebek di beberapa desa yang terletak di Cina barat daya untuk membeli Bahan Bakar Minyak (BBM) mobil mewah kesayangannya, yaitu BMW.

Seperti dilansir South China Morning Post, Selasa (11/6/2019), Petugas Kepolisian setempat mengatakan, tersangka telah mencuri beberapa unggas di Linshui, Sichuan, sejak April.

Pria berusia 50 tahun itu merupakan seorang petani kaya yang tinggal di sebuah vila cukup mewah. Polisi menegaskan, tersangka berpikir untuk mencuri ayam dan bebek saat Ia mengalami masalah keuangan dan perlu membeli BBM kendaraannya.

Tak disebutkan namanya, tersangka menyebut, mobil BMW miliknya merupakan kendaraan yang boros, sehingga Ia harus mencari alternatif untuk memenuhi kebutuhan kendaraannya.

Petugas berhasil mengidentifikasi tersangka berdasarkan rekaman kamera pengintai di jalan pedesaan. Tersangka biasanya mengendarai sepeda motor ke desa-desa saat larut malam.

Dipelihara Dulu

Sebelum menemukan pembeli untuk ayam dan bebek yang telah dicuri, Ia biasanya memeliharanya terlebih dahulu di rumah.

"Dia mengendarai mobil mewah dan jauh lebih cepat dari pada kami di jalan tol. Kami sama sekali tidak bisa menangkapnya," kata Zhang Hua, direktur kantor polisi daerah Linshui.

Namun, saat tersangka meninggalkan jalan tol dan menuju ke sebuah desa, Ia berhasil ditangkap.

 

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Top 3: Makeup 3D Menyeramkan, Bikin Bergidik

Posted: 10 Jun 2019 09:00 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Beberapa karya makeup 3D bisa terlihat menakjubkan sekaligus menyeramkan. Ini dikarenakan, para seniman tak memiliki batas untuk menghasilkan karya seperti apa.

Artikel tentang makeup 3D menyeramkan menjadi yang terpopuler di kanal Citizen6, Liputan6.com. Disusul dengan artikel tentang life hack orang Indonesia yang kocak.

Sementara artikel ketiga terpopuler tentang usus gadis yang dipenuhi bubble tea utuh.

Berikut Top 3 Citizen6:

1. 7 Makeup 3D Menyeramkan, Seperti Nyata

Doc: Instagram/@probeautyamazon

Perkembangan seni melukis wajah serta makeup begitu mencengangkan. Seseorang yang memiliki keahlian dalam makeup seolah tak memiliki batas akan membuat karya seperti apa.

Seni makeup nyatanya tak hanya berupa hasil yang cantik saja. Beberapa orang lebih memilih untuk berkreasi dengan efek 3D yang menyeramkan.

Selengkapnya...

2. Deretan Life Hack Ini Cuma Ada di Indonesia, Ngawur Banget

life hack unik (foto: berbagai sumber)

Ada berbagai macam hal menarik yang dibuat oleh manusia berkat kreativitas yang dimiliki. Tak hanya menciptakan hal-hal baru yang keren, dengan kreativitas tersebut manusia juga mampu bertahan hidup dari segala kesulitan yang dihadapi.

Contohnya saja seperti berbagai life hack yang dibuat oleh manusia untuk kehidupan sehari-hari. Namun nyatanya tak harus selalu canggih. Banyak pula yang justru membuat life hack dengan berbagai benda sederhana yang ada di sekitar.

Selengkapnya...

3. Kebanyakan Minum Bubble Tea, Usus Gadis Ini Dipenuhi Bola Tapioka Utuh

CT Bubble Tea (sumberL Straits Times)

Seorang gadis asal Zhejiang, Tiongkok, baru-baru ini dirawat di ruang gawat darurat rumah sakit setempat setelah mengeluh sakit perut, kesulitan makan dan sulit buang air besar.

Setelah menjalani CT scan di bagian perutnya, pada 28 Mei 2019, dokter menemukan bahwa perut, usus dan anusnya dilapisi dengan bola-bola bubble tea yang tidak tercerna.

Selengkapnya...

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Tidak ada komentar: