Selasa, 11 Juni 2019

Liputan6 : RSS2 Feed

Liputan6 : RSS2 Feed


Hamil Muda, Paula Verhoeven Ngidam Mi Ayam Gerobakan

Posted: 11 Jun 2019 10:15 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Paula Verhoeven kini tengah mengandung anak pertama dari pernikahannya dengan Baim Wong. Usia kehamilannya baru memasuki trimester pertama.

Layaknya orang hamil pada umumnya, Paula Verhoven mengaku sempat mengalami ngidam. Bahkan ngidamnya kali ini membuatnya hingga makan mie ayam di gerobak.

"Kemarin sempet (ngidam) mie ayam kampung gitu kan, tapi harus makan di gerobak situ, cuma gagal, kurang enak, dan nggak kepengin lagi, udah aja abis itu," katanya saat ditemui di kawasan Cikini, Jakarta Pusat, beberapa waktu lalu.

Namun ngidam ini tak hanya terjadi pada perempuan kelahiran Semarang, 18 September 1987 itu. Tetapi sang suami juga ikut merasakan hal yang sama seperti dirinya. "(Ngidam nya) Dia (Baim) tuh lebih ke sakit," ujar Paula Verhoven.

Di tempat yang sama, Baim membenarkan bahwa dirinya juga sempat ikut ngidam seperti sang istri. Namun ngidamnya itu justru membuat kepalanya menjadi pusing.

"Oh, itu cuma pusing doang, aneh ya. Saya pikir itu karena puasa, jadi pusing, mungkin dari lambung naik ke atas kali ya. Pas itu sampe hari ke-20, hari ke-21 nggak. Soalnya pusing banget. Udah bilang ke orang-orang rumah, itu karena bawaan bayi kali," timpal Baim Wong.

Rasa mual pada Baim pun sudah berakhir, kini giliran sang istri, merasakan hal yang sama seperti Baim. "Giliran aku mual, dia udah stop, udah nggak pusing. Sekarang aku mulai pusing, agak mual-mual gitu," kata Paula Verhoven.

Tak hanya itu saja, kini Paula Verhoeven juga akan mengerjai Baim Wong dengan ngidam yang aneh, yaitu ingin minum kelapa. "Itu dia kelapa, tapi katanya besok aja," tutur Paula Verhoven sambil tertawa. (Syifa Ismalia/Fimela)

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Menhub Akui Penanganan Arus Balik Lebaran 2019 Belum Maksimal

Posted: 11 Jun 2019 10:15 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Menteri Perhubungan Republik Indonesia Budi Karya Sumadi mengakui penanganan arus balik pada libur Lebaran 2019 belum maksimal. Hal ini seiring banyaknya keluhan masyarakat tentang kemacetan di jalan tol ketika hendak masuk ke Jabodetabek.

Selama libur Lebaran tahun ini, Budi Karya menjelaskan bahwa banyak masyarakat yang menggunakan jalan tol, khususnya Trans Jawa pada Lebaran 2019. Hal ini juga menjadi alasan mengapa kebijakan one way diberlakukan.

"Bahwa mudik ada kekurangan waktu arus balik ke Jakarta ada kegiatan yang kurang maskimal, itu harus kita akui dan perbaiki. Kalau ada kekurangan kita minta maaf," tegas Budi Karya di Hotel Moreseey, Jakarta, Rabu (12/6/2019).

Terlepas dari itu, Budi Karya juga menyatakan dalam penyelenggaraan mudik dan arus balik tahun ini sudah mengalami peningkatan dibandingkan tahun lalu. Salah satu indikatirnya adalah angka kecelakaan yang turun drastis.

Turunnya angka kecelakaan ini tidak terlepas dari pelayanan pemerintah yang dan pihak terkait yang lebih baik dan juga infrastruktur transportasi yang lebih mumpuni.

"Kita tidak bisa pungkiri jalan tol Jakarta-Surabaya telah memberikan kontribusi besar dalam penyelenggaraan mudik tahun ini lebih baik," tegas Budi Karya.

Arus Balik Lebaran, 916 Ribu Kendaraan Sudah Kembali ke Jakarta

Sejumlah mobil melintas di tol Kalikangkung, Semarang, Minggu (9/6/2019). Volume kendaraan arus balik Lebaran di Tol Trans Jawa dari GT Kalikangkung KM 414 menuju Cikampek KM 70 semakin bertambah. (Liputan6.com/Gholib)

Arus balik Lebaran yang mengarah ke Jakarta, belum rampung. PT Jasa Marga (Persero) Tbk mencatat, ada 916.305 kendaraan yang kembali ke Jakarta dari arah Timur, Barat, dan Selatan.

Jumlah kendaraan dalam arus balik Lebaran tersebut terhitung sejak Jumat-Senin, 7-10 Juni 2019.

Angka ini naik sebesar 62,16 persen dari lalu lintas harian rata-rata (LHR) normal yaitu sebesar 565.074 kendaraan.

Jumlah kendaraan dalam arus balik Lebaran ini merupakan 75 persen dari jumlah kendaraan yang ke luar Jakarta saat arus mudik. Pada arus mudik lalu, jumlah kendaraan yang ke luar Jakarta sebanyak 1,21 juta unit dalam periode H-1 sampai H-7 Lebaran.

Oleh karena itu, masih ada 25 persen atau sebanyak 300 ribu kendaraan yang masih belum kembali ke Jakarta.

"Adapun distribusi lalu lintas di ketiga arah adalah sebesar 61 persen dari arah timur, 23 persen dari arah barat, dan 16 persen dari arah selatan," kata Corporate Communication Department Head PT Jasa Marga (Persero) Tbk, Irra Susiyanti dalam keterangannya, Jakarta, Selasa (11/6/2019).

Arus balik Lebaran dari timur, datang melalui dua gerbang tol (GT) pengganti GT Cikarang Utama, yaitu GT Cikampek Utama untuk pemudik dari arah Jalan Tol Cikopo-Palimanan dan GT Kalihurip Utama untuk pemudik dari arah Jalan Tol Cipularang-Padaleunyi.

Rinciannya, ada 350.362 kendaraan yang melalui GT Cikampek Utama atau naik sebesar 227,99 persen dari LHR normal 106.820 kendaraan. Untuk kendaraan yang melalui GT Kalihurip Utama berjumlah 206.523 unit atau naik sebesar 41,87 persen dari LHR normal 145.575 kendaraan.

Atas dasar itu, total lalu lintas arus balik dari arah timur adalah sebanyak 556.885 kendaraan atau naik sebesar 120,64 persen dari LHR normal 252.395 kendaraan. Angka itu baru memenuhi realisasi 81 persen dari jumlah total kendaraan mudik yang menuju arah timur sebesar 691.569 kendaraan selama periode H-7 sampai dengan H-1 arus mudik Lebaran 2019.

"Jasa Marga mencatat terdapat sekitar 134.684 kendaraan yang masih belum melakukan perjalanan pulang dari arah Timur," ujar Irra soal arus balik Lebaran.

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Sebut Kawah Bromo Jadi Kawah Ijen, Selebgram Ini Banjir Teguran Warganet

Posted: 11 Jun 2019 10:07 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Berbicara tentang destinasi menawan di Jawa Timur, tak lengkap rasanya jika tak memasukkan nama Bromo dan Ijen. Keduanya sangat ikonis dan tak jarang membuat pelancong rela berkunjung, lagi dan lagi.

Sementara Gunung Bromo berada di kawasan Taman Nasional Bromo Tengger Semeru yang penyebarannya masuk dalam empat wilayah administratif, yakni Malang, Pasuruan, Lumajang, dan Probolinggo, Ijen adalah salah satu ikon tujuan wisata di Banyuwangi.

Mungkin saking populer keduanya, salah seorang selebgram bernama Ari Irham salah menyangka mereka berada di satu lokasi. Lewat unggahan di Instagram Story di akunnya, @arirhams, perempuan berhijab itu memperlihatkan perjalanan hingga sampai di puncak Bromo.

Setelah berkendara dan pindah naik jeep, ia juga sang putri terlihat naik kuda untuk sampai di atas gunung. Ketika hendak meniti anak tangga menuju puncak Bromo, kekeliruan informasi dari Ari kemudian mencuri perhatian warganet.

"Untuk naik ke Kawah Ijen, kita harus menaiki 250 anak tangga," tulisnya sebagai keterangan video Instagram Story. Salah anggapan ini makin jelas ketika Ari sampai di puncak yang memperlihatkan Kawah Bromo.

Pasalnya, foto diunggah yang merupakan ekspektasi Ari sebenarnya Ijen, bukan Bromo. Ia bahkan menyebut kecewa melihat kawah Bromo yang kering, berbatu, dan berasap, lantaran menyangka akan disajikan kawah biru ala puncak Ijen.

"Hasil gue googling itu seindah di pict ini. Gue masih lebih demen kawah Tangkuban Perahu kayaknya (dari kawah Bromo) karena nggak perlu naik kuda dan 250 anak tangga," tulisnya sembari memamerkan gambar ekspektasi yang ternyata salah.

Kena Tegur Warganet

Selebgram salah sangka Kawah Bromo sebagai Kawah Ijen. (dok. Instagram Story @arirhams)

Beberapa saat setelah video dan foto tersebut diunggah, sang selebgram kena tegur warganet, Lewat direct message (DM), penghuni dunia maya berbondong-bondong memberitahu kekeliruan yang dilakukan Ari.

Mereka menjelaskan bahwa benar foto yang diunggah Ari adalah pemandangan di Ijen, sementara perempuan berhijab tersebut pergi ke Bromo. Otomatis, lanskap panorama yang didapat tak sama.

Ari menjelaskan dengan menyertakan screenshot hasil pencarian di Google dengan kata kunci 'Kawah Ijen Bromo'. "Mohon maaf pemirsa, kayaknya ada yang salah dengan live report kali ini. Entah salah narsum atau Ijah yang budek," tulis Ari.

Tahu bahwa dirinya salah tempat, Ari mengatakan malah tertarik pergi ke Banyuwangi setelah membaca pesan dari warga dunia maya. Dua di antaranya yang di-sceenshot menjelaskan keindahan dan apa saja yang bisa dilihat jika bertandang ke Ijen.

Terlepas dari kesalahan ekspektasi tersebut, Ari mengaku pergi ke Bromo adalah momen paling berkesan pada kunjungan ke Malang di momen libur Lebaran tahun ini.

"Bawa dua ninik (nenek), lima anak piyik (kecil), dan satu bayi hahaha kebayang nggak hebohnya. Banyak banget tragedinya, mulai dari naik kuda, naik turun kawah, sampai selama perjalanan off road naik Jeep," tulisnya di keterangan foto pada unggahan Rabu (12/6/2019).

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

7 Manfaat Berbicara Dengan Diri Sendiri Untuk Kesehatan Mental

Posted: 11 Jun 2019 10:04 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Berbicara dengan diri sendiri mungkin adalah salah satu hal yang sering dilakukan oleh siapapun di muka bumi ini. Namun, tentu saja bukan bicara dengan diri sendiri karena kelainan jiwa. 

Banyak orang melakukan hal ini untuk memotivasi diri, evaluasi diri, serta untuk membuang perasaan kesepian saat sedang sendiri. Kebanyakan orang melakukannya dengan berbicara pada kaca, atau bahkan hanya mengucapkannnya dalam hati saja.

Berbicara dengan diri sendiri ternyata baik untuk kesehatan mental. Jadi kebiasaan berbicara sendiri saat sendirian di rumah atau di kamar bisa membuat kamu lebih sehat secara mental dan tentunya tidak perlu malu karena kebanyakan orang juga melakukannya.

Berikut Liputan6.com rangkum dari berbagai sumber, Rabu (12/6/2019) tentang manfaat berbicara dengan diri sendiri untuk kesehatan mental

Mengendalikan Pikiran dan Mengurangi Stres

Ilustrasi stres. Sumber foto: unsplash.com/Francisco Moreno.

1. Mengorganisir Pikiran dan Meningkatkan Daya Ingat

Manfaat berbicara pada diri sendiri yang pertama adalah kamu bisa lebih terbiasa dalam mengorgaisir atau mengendalikan pikiran. Biasanya dalam keadaan yang menuntut kamu untuk berpikir secara cepat membuat otak terdistraksi dan berujung pada kacaunya pengendalian pikiran kamu.

Dengan berbicara pada diri sendiri dapat membuat kamu mampu untuk menentukan prioritas utama dalam memilih berbagai pikiran-pikiran yang banyak tersebut. Bahkan hal ini juga bisa membuat kamu lebih memperhatikan hal-hal kecil yang penting untuk hidup. Kamu juga bisa lebih memahami diri dan lingkungan dengan sering berbicara dengan diri sendiri.

Berbicara dengan diri sendiri pada ujungnya juga dapat meningkatkan konsentrasi. Seseorang yang menulis atau membaca sambil melafalkan kata per kata lebih bisa fokus dalam memahami tulisan tersebut.

Hal ini juga membuat kemampuan otak untuk mengingat jadi meningkat. Misalnya saat kamu sedang mencari suatu barang yang hilang, dengan berbicara dengan diri sendiri maka kamu akan semakin mudah untuk mengingat tempat barang tersebut.

2. Mengurangi Stres

Manfaat berbicara pada diri sendiri yang berikutnya adalah bisa mengurangi stres dan menimbulkan perasaan bahagia. Melakukan hal tersebut dapat memungkinkan kamu untuk mengatur pikiran dan memprioritaskan kewajiban yang harusi dikerjakan.

Sehingga pikiran-pikiran yang awalnya menumpuk begitu banyak dapat terselesaikan dalam waktu yang tepat. Dengan begitu kamu bisa menjadi lebih rileks dan mampu menjalankan aktivitas dengan baik dan lancar. Selanjutnya, berbicara kepada diri sendiri akan membantumu mempersiapkan diri untuk masa-masa sulit dalam hidup dengan keberanian dan kepercayaan diri.

Dengan mengucapkan kata-kata positif dan kata-kata motivasi kepada diri sendiri, kamu bisa lebih bersemangat dan menjadi lebih bahagia karena tubuh bereaksi dengan mengeluarkan endorphin.

Membantu Penyelesaian Masalah dan Mengatasi Rasa Cemas

cemas (Sumber Foto: Shutterstock/TheList)

3. Membantu Menyelesaikan Masalah Pribadi

Bicara pada diri sendiri membuat kamu lebih bijak dalam pemecahan masalah. Kadang saat punya masalah, banyak orang yang biasa curhat dengan kelaurga atau teman. Namun, dengan berbicara pada diri sendiri justru akan lebih mampu menganalisis situasi masalah kamu sendiri.

Berbicara dengan diri sendiri membuat kamu mengungkapkan sesuatu dengan suara hati sendiri dan menemukan apa yang benar-benar kamu inginkan. Namun tentu saja mendapatkan perspektif dari orang lain bukanlah hal yang buruk pula, malah juga merupakan suatu hal yang baik dilakukan karena kamu bisa mendapatkan pandangan yang berbeda.

Jadi kamu bisa melakukan keduanya. Dengan sering berbicara dengan diri sendiri, kamu menjadi lebih terbiasa berpikir lebih objektif terhadap dirimu sendiri dan membantu menyelesaikan masalah dengan lebih baik.

4. Mengatasi Rasa Cemas

Berbicara dengan diri sendiri juga bisa membantu kamu dalam mengatasi rasa cemas. Tentunya dalam kehidupan sehari-hari banyak sekali hal yang membuat kamu merasa cemas, sebut saja saat akan bertemu bos yang sedang marah, saat presentasi di kelas bagi pelajar, serta saat bertemu calon mertua.

Saat-saat seperti itu tentunya kamu perlu motivator yang bisa menghilangkan rasa cemas tersebut. Kamu bisa menemukan motivator tersebut dalam dirimu sendiri. Berbicaralah dengan diri sendiri agar kamu lebih percaya diri dan tidak merasakan kecemasan.

Menyalurkan Emosi dan Menambah Motivasi

Ilustrasi emosi (Insurance Journal)

5. Menyalurkan Emosi

Saat terjebak macet, pekerjaan yang tidak ada habisnya, dan tugas yang menumpuk tentunya membuat diri kamu menjadi emosi. Berbicara atau berteriak hanya dengan diri sendiri dapat menjadi salah satu pelampiasan dan peluapan emosi kamu.

Secara tidak sadar setelah kamu mengungkapkan semua kekesalan dan kemarahanmu tersebut, kamu akan lebih tenang dan emosi tersebut perlahan menghilang. Dengan berbicara pada diri sendiri, kamu dapat lebih menenangkan diri.

6. Menambah Motivasi

Sejalan dengan mengatasi rasa cemas, nantinya bicara pada diri sendiri bisa menambah motivasi seperti yang telah disebutkan sebelumnya. Kamu bisa menjadi motivator dirimu sendiri, dan membuang semua rasa cemas dan takut menghadapi sesuatu.

Dengan mengatakan pada diri sendiri bahwa kamu bisa melakukannya, kamu akan semakin termotivasi dan lebih bersemangat untuk menjalani tantangan yang menghadang.

7. Menjaga Kesehatan Fisik

Ajaibnya, bicara pada diri sendiri bahkan bisa menjaga kesehatan fisik. Dari semua paparan sebelumnya, bicara pada diri sendiri sangat bermanfaat untuk kesehatan mental, membuat kamu tidak mudah stres, meningkatkan daya ingat, menambah motivasi, dan lain lain.

Tentunya kamu sering mendengar sebuah ungkapan dalam bahasa latin yang berbunyi "mens sana in corpore sano" yang memiliki arti "dalam tubuh yang sehat, terdapat jiwa yang kuat". Begitulah manfaat bicara pada diri sendiri secara tidak langsung pada kesehatan fisik kamu.

 

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Terjadi Lagi, Istri dan Mertua Ketinggalan di Rest Area

Posted: 11 Jun 2019 10:03 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Beragam kisah menarik dan tak terlupakan saat mudik sering kali terjadi. Mulai dari pengalaman menegangkan, menyenangkan bahkan menyebalkan. Meski demikian, hal itu bisa menjadi cerita lucu dan menambah warna dalam perjalanan kembali ke kampung halaman.

Salah satu cerita mudik yang baru-baru ini viral di media sosial adalah tentang seorang pemudik dari Jakarta yang tak sengaja meninggalkan istri dan mertuanya di rest area.

Seperti dilansir akun Instagram @omg.indonesia.id, pria yang tak disebutkan namanya itu mengaku lupa istri dan mertua saat mengisi Bahan Bakar Minyak (BBM) di rest area 102 Subang.

Dalam keterangan foto, personil Polres Subang Brigadir Erik Iskandar menceritakan kejadian tersebut. Saat Ia tengah bertugas Kendaraan Quick respons di Km 98-93 Tol Cipali Subang, seorang pria menghampiri dan meminta izin untuk memundurkan kendaraannya. Karena berbahaya, Brigadir Erik dengan tegas melarang hal tersebut.

"Sopir ini turun dan menemui kita. Dia nanya, boleh tidak mundur (ke Rest Area 102). Kita jawab tidak boleh, karena kondisinya sedang ramai. Saya tanya lagi, kenapa mau mundur. Nah dia jawab istri sama mertuanya ketinggalan di rest area," kata Brigadir Erik yang bertugas dengan Brigadir Tri Heryandi.

Kenapa Bisa Tertinggal?

Lebih lanjut, pengendara kendaraan Avanza dengan pelat nomor polisi B tersebut menceritakan awal mula istri dan mertuanya bisa tertinggal di rest area.

"Jadi pas ngisi BBM di rest Area, istri dan mertuanya keluar dari kobil. begitu beres isi BBM, dia langsung jalan saja. Dia lupa istri dan mertuanya keluar dari mobil, karena lelah habis mudik dari Jawa," ujar Brigadir Erik.

Setelah melaporkan peristiwa tersebut kepada atasannya, Kasat Sabhara Polres Subang AKP Kustiawan, ketiga orang terpisah tersebut kembali dipertemukan.

"Tidak lama sektar 20 menit, istrinya diantarkan oleh Tim Pelayanan LMS. Alhamdulillah, akhirnya tiga orang terpisah ini bertemu kembali dan melanjutkan perjalanan," tuturnya.

 

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Jadwal Shopee Liga 1 2019: Jaga Tren Positif Usai Idul Fitri

Posted: 11 Jun 2019 10:00 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Shopee Liga 1 2019 kembali bergulir setelah libur Idul Fitri. Partai Semen Padang vs Perseru Badak Lampung akan membuka pekan keempat Shopee Liga 1 2019, Jumat (21/6/2019) di Stadion Haji Agus Salim.

Tuan rumah mengincar kemenangan perdana setelah di tiga laga sebelumnya meraih dua hasil imbang dan satu kekalahan. Hasil minor itu membuat Semen Padang tercecer di peringkat ke-14 dengan dua poin.

Di sisi lain, Perseru Badak Lampung melawat ke Padang dengan misi mempertahankan tren positif. Perseru baru saja menang atas Kalteng Putra dengan skor tipis 1-0 pada Shopee Liga 1 2019 pekan sebelumnya.

Bagi kedua tim, laga ini menjadi tantangan tersendiri usai libur Idul Fitri. Pasalnya, jeda cukup lama berpengaruh kepada kebugaran pemain.

Bukan tidak mungkin, performa salah satu tim akan anjlok lantaran kualitas kebugaran menurun. Hal itu tentu menjadi keuntungan bagi tim lainnya.

Selain laga Semen Padang vs Perseru, masih ada laga-laga lain yang tak kalah seru. Berikut jadwal pekan keempat Shopee Liga 1 2019.

 

Jumat 21 Juni 2019

Semen Padang (Bola.com/Yoppy Renato)

19.00 WIB, Semen Padang vs Perseru Badak Lampung (O Channel)

15.30 WIB, PSS Sleman vs Bhayangkara FC (Indosiar)

 

Sabtu 22 Juni 2019

15.30 WIB, PS Barito Putera vs Kalteng Putra (O Channel)

15.30 WIB, Bali United vs PSIS Semarang (Indosiar)

18.30 WIB, Persela Lamongan vs Persija Jakarta (Indosiar)

 

 

 

Minggu 23 Juni 2019

15.30 WIB, PS Tira Persikabo vs Persipura Jayapura

15.30 WIB, Persib Bandung vs Madura United (Indosiar)

18.30 WIB, Borneo FC vs Persebaya Surabaya (Indosiar)

18.30 WIB, PSM Makassar vs Arema FC (O Channel)

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Huawei Siapkan 1 Juta Smartphone dengan OS HongMeng

Posted: 11 Jun 2019 10:00 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Huawei dilaporkan sedang menyiapkan smartphone baru berbasis OS besutannya, HongMeng. Berdasarkan informasi dari sejumlah sumber, Huawei akan mengapalkan sekira satu juta unit smartphone dengan OS tersebut.

Dilansir GSM Arena, Rabu (12/6/2019), menurut perusahaan riset Rosenblatt Securities, smartphone terbaru itu sedang disiapkan untuk proses pengujian. Namun, tidak disebutkan apakah perangkat tersebut akan dipasarkan untuk konsumen atau produk untuk pengembangan.

Selain itu, OS buatan[ Huawei]( 3986553 "") juga disebutkan kompatibel dengan semua aplikasi Android. Huawei pun melengkapinya dengan sejumlah fungsi keamanan untuk melindungi data pribadi.

Menurut laporan China Daily, CEO grup bisnis konsumen Huawei, OS tersebut akan tersedia pada awal musim gugur atau musim semi mendatang. OS ini siap dipasang pada ponsel, komputer, tablet, TV, mobil, perangkat wearable, dan berbagai produk lainnya.

Seperti diketahui, pemblokiran yang diterapkan pemerintah Amerika Serikat (AS) terhadap Huawei membuat perusahaan harus mencari jalan keluar agar bisnisnya tetap berjalan. Kebijakan AS itu membuat sejumlah perusahaan teknologi negara tersebut memutus kerja sama dengan Huawei.

AS saat ini masih menunda pemberlakuan kebijakannya itu sejak 20 Mei 2019, dan akan berakhir setelah 90 hari. Tak mau menunggu sampai masa tenggang tersebut berakhir, Huawei telah melakukan serangkaian bersiapan lain termasuk mengajak para developer Android membuat aplikasi untuk OS besutannya.

Huawei Minta Bantuan Developer Android Perkuat App Gallery

Salah satu toko resmi Huawei di Beijing, China (AP/Mark Schiefelbein)

Terancamnya kelangsungan bisnis Huawei di AS, membuat perusahaan mencari berbagai cara untuk bertahan. Strategi lain, Huawei mendekati para developer Android agar mempublikasikan aplikasi mereka di AppGallery.

Dilansir Phone Arena, menurut laporan XDA, Huawei mengirimkan email kepada sejumlah developer untuk menyampaikan niatnya tersebut.

Dalam email itu, Huawei menyebutkan ada 350 juta smartphone Huawei di dunia selama dua tahun terakhir, dengan setengahnya berada di luar Tiongkok.

Selain itu, toko aplikasi Huawei, AppGallery sudah memiliki 270 juta pengguna aktif bulanan. Huawei pun menjanjikan akan memberikan dukungan penuh kepada para developer tersebut.

"Kami menyadari aplikasi Android hebat Anda belum dipublikasikan di AppGallery kami. Untuk menjamin kelancaran penggunaan aplikasi Anda bagi para pengguna kami, Huawei berkomitmen memberikan dukungan penuh untuk membantu mempublikasikan aplikasi Anda di AppGallery," tulis Huawei dalam email tersebut.

"Oleh sebab itu, kami mengundang Anda untuk bergabung dengan komunitas 560 ribu developer kami secara gratis di portal Huawei Developer kami," sambung Huawei.

(Din/Ysl)

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Bikin Bergidik, Lihat Fakta di Balik Foto Bocah "Termutilasi" Ini

Posted: 11 Jun 2019 10:00 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Semakin berkembang pesatnya internet tentu semakin memudahkan kita untuk mengakses berbagai informasi. Tak hanya itu, setiap harinya ada begitu banyak pula foto yang kita lihat di media sosial.

Namun nampaknya kita harus berhati-hati dan jangan mudah percaya dengan apa yang kita lihat di media sosial. Bisa saja hal itu tak seperti apa yang kita bayangkan sebelumnya. Contohnya saja seperti foto yang baru-baru ini viral dan mencuri perhatian warganet di media sosial.

Sebuah foto yang menunjukkan seorang bocah laki-laki termutilasi baru saja menjadi perbincangan hangat. Pada foto tersebut terlihat seorang bocah laki-laki berbaju merah berada di atas batu dengan posisi kepala, badan, tangan dan kaki terpisah. Tentu saja banyak yang berpikir bahwa foto ini sangat mengerikan dan apa yang dialami bocah tersebut sangat keji.

Nyatanya hal ini hanyalah tipuan kamera belaka. Akun Twitter @haqiemullah mengunggah kebenaran fotonya. Sebenarnya pada foto tersebut terdapat empat orang anak laki-laki yang berada di balik batu.

Untuk menghasilkan foto "mutilasi" tersebut, anak laki-laki pertama tidur dengan kedua kakinya diletakkan di atas batu. Sementara anak kedua bersembunyi di balik batu dan hanya memperlihatkan kepalanya. Anak ketiga menunduk sehingga dari belakang hanya terlihat tubuhnya saja dan anak laki-laki keempat meletakkan tangan kirinya di atas batu.

Tuai Reaksi Warganet

foto: Twitter/@haqiemullah

Foto tipuan kamera ini berhasil menipu banyak orang hingga menuai beragam reaksi warganet. Tentu banyak yang memuji kreativitas bocah-bocah tersebut.

"s3 fotografi harvard," komentar akun @angelauzart.

"Mantab jiwa ini," kata pemilik akun @Jeantec_.

"These kids are good," tambah @Oventales1.

"EH SUMPAH YA KEREN BANGET DONG," timpal @qveenbeii.

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Mengintip Magisnya Ritual Zikir Sampai Pingsan Usai Lebaran di Aceh

Posted: 11 Jun 2019 10:00 PM PDT

Liputan6.com, Aceh - Rateb Mensa, begitu warga Kecamatan Beutong Ateuh Banggalang, Kabupaten Nagan Raya menamai kegiatan zikir bersama ini. Bukan sembarang zikir, Rateb Mensa dapat membuat pesertanya pingsan.

Rateb Mensa digelar setahun sekali. Penduduk yang tinggal di pedalaman Gunung Singgah Mata ini hanya menggelarnya usai lebaran Idul Fitri.

Bagi penduduk setempat, Rateb Mensa bukan sebatas tradisi tetapi telah menjadi ibadah wajib. Tujuannya, selain sarana mendekatkan diri pada Ilahi, juga mempererat silaturahmi.

Baru-baru ini warga setempat mengadakannya. Digelar rentet selama empat malam berturut-turut, Rateb Mensa ditutup dengan kenduri makan kambing bersama.

"Tiga ekor kambing. Tadi malam terakhir," sebut penduduk setempat, Zakaria (29) kepada Liputan6.com, Selasa siang (11/6/2019).

Rateb Mensa digelar di sebuah menasah di Desa Blang Pu'uk. Soal tempat, biasanya dipilih melalui mekanisme gilir-bergilir di mana setiap desa diberi kesempatan menjadi tuan rumah.

Rateb Mensa digelar bakda isya. Kegiatan ini akan berlangsung tanpa jeda dan berakhir menjelang tengah malam. Para pezikir dipimpin oleh seorang khalifah. Bukan sembarang orang, khalifah haruslah orang yang pernah berguru kepada para pendahulu.

Rateb Mensa kali ini dipimpin oleh Abu Kamil. Lelaki ini salah seorang putra Tengku Bantaqiah, ulama yang tewas dibredel aparat pada 1999 silam, ketika Aceh terhembalang dalam konflik.

Setelah berkumpul para peserta zikir mulai membentuk barisan dengan catatan tidak boleh ada yang duduk. Para peserta nantinya akan diberi aba-aba oleh khalifah.

"La ilaha illallah," sang khalifah mulai menuntun para peserta.

Ritme irama zikir terdengar konstan. Lambat laun temponya kian meningkat.

Ketika itu para peserta mulai membuat lingkaran. Pertama lingkaran kecil yang padat di mana para pezikir saling berpelukan sehingga orang yang ada di dalamnya tidak bisa keluar lagi, kedua lingkaran besar, berfungsi membentengi lingkaran kecil.

Para peserta berzikir sambil berjingkrak-jingkrak namun tetap rampak. Mereka harus pintar-pintar menahan diri agar tetap tersadar jika tidak ingin keteteran karena kelelahan. 

"Banyak yang kelelahan, cuma satu yang pingsan," tutur Zakaria yang akrab disapa Jack.

Begitu ada yang pingsan, peserta lain akan mengeluarkannya dengan cara memikulnya beramai-ramai sambil terus berzikir. Setelah ditaruh ke samping, peserta kembali membentuk formasi seperti semula lalu kembali zikir sampai waktu yang telah ditentukan.

 

Simak juga video pilihan berikut ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Ini Rencana Selama Setahun Penutupan Pulau Komodo

Posted: 11 Jun 2019 10:00 PM PDT

Liputan6.com, Kupang - Gubernur Nusa Tenggara Timur (NTT) Viktor Bungtilu Laiskodat membeberkan rencana penataan Pulau Komodo selama masa penutupan satu tahun. Salah satunya adalah rencana pemasangan pin pada setiap badan binatang purba komodo.

Menurut Viktor, pemasangan pin pada badan komodo memiliki beberapa tujuan penting, seperti pendataan populasi komodo, mengetahui posisi atau keberadaan komodo, dan mengurangi resiko ancaman bahaya penyerangan oleh komodo terhadap pengunjung.

"Lainnya adalah tujuan ilmiah dan pengkonservasian," kata Viktor kepada Liputan6.com, Selasa (11/6/2019).

Ia mengatakan, selain memasang pin pada badan komodo, penataan lain yang akan dilakukan pemerintah adalah melakukan konservasi kembali pulau komodo agar kembali seperti semula, meningkatkan sumber daya manusia (SDM) para rdan pengelola taman, meningkatkan berbagai infrastruktur dan memastikan keamanan pengunjung.

Ia memastikan SDM para pengelola harus dapat ditingkatkan selama masa penutupan Pulau Komodo yang masuk dalam kawasan TNK itu. Pengelola akan diberikan keterampilan profesional, dan dilengkapi peralatan canggih.

"Selama ini kan rangers di Pulau Komodo sini hanya pegang tongkat bercabang itu. Saya mau agar rangers di sini juga punya kuda. Mereka juga dibekali HP yang tersistem dan terkoneksi dengan Pin pada setiap hewan komodo agar tahu posisinya untuk dikunjungi dan tahu posisi ancaman bahaya," tandasnya.

Tidak tanggung-tanggung ia pun berecana memberikan anggaran yang besar untuk merawat habitat komodo. "Sekarang biaya pemeliharaannya hanya Rp 20 miliar. Itu jauh dari memadai. Biaya konservasi itu memang mahal. Saya mau mereka diberi Rp 200 miliar per tahun agar mengurus taman ini dengan hebat," katanya.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

BPK Ganjar KKP Opini Wajar Tanpa Pengecualian

Posted: 11 Jun 2019 10:00 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Kementerian Kelautan dan Perikanan (KKP) meraih opini Wajar Tanpa Pengecualian (WTP) dari Badan Pemeriksaan Keuangan Republik Indonesia (BPK RI) untuk laporan keuangan tahun 2018. Opini tersebut disampaikan langsung oleh Anggota IV BPK RI Rizal Djalil kepada Menteri Kelautan dan Perikanan Susi Pudijastuti.

"Saya mengucapkan selamat. Tahun ini Kementerian Kelautan dan Perikanan mendapatkan opini terbaik," ucap Rizal dikutip dari keterangan tertulis, Rabu (12/6/2019).

Ia menyampaikan, capaian ini tak lepas dari peningkatan realisasi anggaran yang dikelola oleh para pejabat komitmen di KKP. Tak hanya dari segi realisasi belanja, BPK RI juga mencatat perkembangan yang signifikan di bidang Pendapatan Negara Bukan Pajak (PNBP).

Rizal menilai, hal ini tak luput dari peningkatan ketersediaan sumber daya ikan berkat ketegasan Menteri Susi Pudjiastuti yang mengambil tindakan-tindakan tegas dalam menjaga laut Indonesia.

"Kami berharap, PNBP ke depan juga bisa lebih meningkat lagi seiring dengan masifnya, makin tersedianya sumber daya perikanan kita di laut kita karena tindakan-tindakan yang memang harus kita lakukan berdasarkan hukum kita," ujarnya.

 

BPK Dorong KKP Belanja Modal

Kementerian Kelautan dan Perikanan (KKP) meraih opini Wajar Tanpa Pengecualian (WTP) dari Badan Pemeriksaan Keuangan Republik Indonesia (BPK RI) untuk laporan keuangan tahun 2018.

Rizal menambahkan, pihaknya mendorong agar KKP terus memperbesar belanja modal bagi masyarakat untuk mendorong kesejahteraan, yang akan turut berimbas pada meningkatnya penerimaan negara.

"Saya mendorong sepenuhnya Ibu Menteri dengan jajarannya agar belanja modalnya diperbesar sehingga kapasitas kita mendorong masyarakat lebih sejahtera, mendorong penerimaan negara menjadi lebih meningkat makin besar juga," ucapnya.

Para pejabat pembuat komitmen, menurutnya, tidak boleh takut untuk melakukan belanja modal. Ia menjelaskan bahwa belanja modal adalah ruang yang diberikan oleh negara untuk memperbanyak aset dan kapasitas negara untuk mengelola sumber daya, termasuk menyejahterakan masyarakat.

Berkaca dari opini disclaimer yang didapatkan oleh KKP pada tahun-tahun sebelumnya, ia mendorong agar para pejabat pembuat komitmen tidak menjadikannya sebagai kekhawatiran melainkan sebagai pengalaman semata agar selanjutnya dapat melakukan koordinasi yang lebih baik dengan BPK.

Di akhir sambutannya, Rizal menyampaikan bahwa Presiden Joko Widodo turut senang dengan pencapaian WTP yang berhasil diraih oleh KKP tahun ini.

"Saya juga mendengar bahwa Pak Jokowi (walaupun) saya kebetulan tidak hadir di istana waktu itu, beliau senang KKP sudah mendapatkan WTP. Jadi, selamat," katanya.

Sementara itu, Menteri Susi mengucapkan terima kasih kepada BPK-RI yang berkenan langsung mengunjungi KKP dan membawa berita baik. Hasil ini menjadi buah manis dari upaya-upaya yang terus dilakukan KKP dalam memperbaiki opini tidak menyatakan pendapat (disclaimer) yang didapatkan di tahun-tahun sebelumnya.

"Saya rasa seluruh kementerian, baik eselon 1, 2, 3, dan staf itu setahun ini dag-dig-dug terus Pak semuanya. Saya bilang, ya kalian yang melaksanakan program-program pemerintah ya bagaimana kok bisa disclaimer. Pasti ada yang salah. Kalau tidak ada yang salah kan tidak mungkin seperti itu. Ya saya bilang terus perbaiki, lanjut perbaiki. Terbukti, hasilnya pun dapat dirasakan tahun ini," tuturnya.

 

Meningkatnya PNBP

Kementerian Kelautan dan Perikanan (KKP) meraih opini Wajar Tanpa Pengecualian (WTP) dari Badan Pemeriksaan Keuangan Republik Indonesia (BPK RI) untuk laporan keuangan tahun 2018.

Menteri Susi menyatakan bahwa capaian itu tak lepas dari upaya KKP untuk terus melakukan efisiensi anggaran dalam empat tahun terakhir. Salah satunya, melalui kebijakan Susinisasi yaitu pembuangan kata-kata bersayap dalam nomenklatur anggaran untuk membuat anggaran yang tepat guna. Hasilnya, dalam empat tahun terakhir KKP dapat mengembalikan Rp9,3 triliun kepada negara. Selain itu, PNBP dan pajak juga turut meningkat.

"PNBP naik dari Rp150 miliar saat awal saya menjadi menteri, sekarang sudah jadi Rp600 miliar lebih. Pajak juga naik dari sebelumnya tak sampai Rp300 miliar, sekarang sudah Rp1,5 triliun," ucapnya.

Menteri Susi mengakui bahwa masih banyak PR yang harus dilakukan dalam efisiensi dan efektivitas anggaran. Hal ini akan terus diupayakan oleh KKP ke depannya.

"Saya akui, dari sisi anggaran dan efektivitasnya masih banyak kita bisa perbaiki. Kemudian efisiensinya tentu saja juga pasti kita bisa perbaiki. Efektivitas ini sangat penting karena ini nanti yang akan menjadi ujung tombak daripada produktivitas perikanan kita," ucapnya.

Imbau Pelaku Usaha Tingkatkan Keterbukaan

Dalam kesempatan itu, Menteri Susi juga menanggapi berkembangnya pendapat yang menilai proses perizinan di KKP. Ia menjelaskan bahwa dalam setahun terakhir pihaknya memang melakukan tata kelola perizinan untuk meningkatkan kejujuran dan kepatuhan dari para pelaku usaha. Pasalnya, banyak pengusaha yang memiliki banyak kapal tetapi hanya mendaftarkan sebagian kecil dari kapal yang dimilikinya.

"Ternyata, dari beberapa investasi kita itu banyak pengusaha punya kapal 20, yang dikasih izin cuma 2 atau 3. Dan kecenderungannya bukan hanya satu orang, hampir semuanya seperti itu yang punya kapal di atas lima. Pasti yang disembunyiin juga lebih dari lima, Pak. Mereka tukar-tukar saja VMS-nya (Vessel Monitoring System) satu sama lain," jelasnya.

Guna mengatasi hal itu, saat ini KKP bersikap tegas untuk memperbaiki tata kelola perizinan. "Jadi ya bukan dipersulit, memang saya tidak mau kasih kalau kalian tidak jujur, saya bilang," tegas Menteri Susi.

Ia mengimbau agar para pelaku usaha meningkatkan kepatuhan pelaporannya secara bertahap seiring dengan meningkatnya ketertelusuran (traceability) perikanan global.

 

Restrukturisasi Ekonomi Kelautan dan Perikanan

Kementerian Kelautan dan Perikanan (KKP) meraih opini Wajar Tanpa Pengecualian (WTP) dari Badan Pemeriksaan Keuangan Republik Indonesia (BPK RI) untuk laporan keuangan tahun 2018.

Menteri Susi menjelaskan, saat ini ia tengah mengupayakan restrukturisasi ekonomi kelautan dan perikanan agar memiliki nilai ekonomi yang lebih tinggi dan berkelanjutan. Salah satunya ialah dengan mendorong perubahan industri yang selama ini bersifat ekstraktif menjadi produktif.

Dalam sektor perikanan, ia mendorong agar para pelaku usaha menjual produk ekspor berupa ikan hidup dan ikan yang sudah diproses (after-processed), yang memiliki nilai jual lebih tinggi dibandingkan ikan whole raw.

"Nah, ini yang saya coba untuk membawa KKP nanti mengarahkan perdagangan di Indonesia ini hanya bisa mengekspor after-processed dan ikan hidup/segar. Karena kalau whole raw itu masih bisa diekspor, tidak ada nilai tambah," jelasnya.

Selain itu, Menteri Susi juga berharap agar rantai logistik Indonesia diefisiensikan dengan membangun lebih banyak lagi pelabuhan-pelabuhan hub dan rute pelayaran untuk menciptakan konektivitas yang baik.

Ia juga tengah terus mendorong pemerataan antara pengusaha besar dan nelayan kecil dengan memperkuat nelayan pesisir.

"Dari 4.500 kapal besar, pemiliknya hanya kurang lebih 20-30 orang. Nah ini yang harus kita seimbangkan karena kalau tidak, nanti akan ada ketimpangan-ketimpangan. Itu yang tidak kita inginkan. Saya ingin memperkuat nelayan pesisir," ucapnya.

Hal itu salah satunya dilakukan melalui pemberian bantuan kapal kepada para nelayan, sebagaimana yang telah dilakukan selama ini. Dengan opini WTP yang telah didapatkan oleh KKP tahun ini, Menteri Susi berharap agar program pemberian kapal dapat dilanjutkan dengan lebih baik lagi.

"Saya berharap, dengan bimbingan BPK, kita bisa kembali lagi memimpin KKP untuk mengadakan 'kapalisasi'. Kapal-kapal kecil saja, tidak perlu kapal-kapal besar. Karena kalau kapal besar juga biasanya masyarakat tidak mampu untuk mengoperasionalkan dalam hal financing, Pak," ujarnya pada Rizal yang hadir dalam kesempatan itu.

Guna mendukung tercapainya berbagai tujuan tersebut, Menteri Susi berharap agar BPK dapat turut mendukung KKP untuk mencapainya.

"Saya berharap, BPK akan menjadi salah satu supporter KKP dalam menuju pola pengelolaan sumber daya alam yang renewable untuk keberlanjutan dan pola industri yang tidak esktraktif," tutupnya.

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Tukang Cukur Pakai Sarung Tangan Demi Kesehatan Pelanggan

Posted: 11 Jun 2019 10:00 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Anda mungkin jarang menemukan tukang cukur dengan sarung tangan asyik memotong rambut. Di pangkas rambut sehari-hari biasanya tukang cukur akan langsung memotong rambut.

Namun, suasana berbeda terlihat di sebuah pangkas rambut, Pancos Barbershop. Barbershop yang berada di bilangan elit Kemang, Jakarta Selatan ini memberikan pengalaman mencukur rambut dengan standar pelayanan yang sangat tinggi, baik dari segi kenyamanan, kebersihan, dan hasil potongan rambut yang sangat rinci.

Setiap barber atau tukang cukur harus menggunakan sarung tangan ketika memotong rambut setiap pelanggan. Hal tersebut disampaikan Henoch Sitompul, sang pemilik dari Pancos Barbershop.

"Kami menjunjung tinggi faktor kebersihan untuk menjaga kesehatan para pelanggan.Setiap barber harus menggunakan sarung tangan," tutur Henoch dalam keterangan rilis kepada Health Liputan6.com, ditulis Rabu (12/6/2019).

Penggunaan sarung tangan untuk menghindari permasalahan penyakit kulit kepala. Bagi pelanggan yang punya kulit kepala sensitif perlu memilih barbershop yang punya kebersihan baik.

"Kebersihannya di semua level baik kebersihan tempat serta alat yang digunakan tukang cukur. Selain itu, ketika mencukur rambut, hal yang penting harus dilakukan adalah komunikasi dengan barber yang dikunjungi. Pastikan barbershop yang dikunjungi mempunyai sarana yang bisa mengakomodasi pelanggan yang memiliki kulit sensitif," jelas dokter spesialis kulit dan kelamin, Stanley Setiawan.

Barber Harus Wangi

Alat potong rambut harus steril dan barber harus wangi. (Dok Pancos Barbershop)

Tak hanya sarung tangan saja, alat-alat yang digunakan potong rambut juga harus selalu steril agar melindungi kesehatan pelanggan.

Ketika selesai memotong rambut, para barber di Pancos Barbershop juga diharuskan membersikan terlebih dahulu area kursi cukur bekas memotong pelanggan sebelumnya. Itu dlakukan sebelum memotong rambut pelanggan selanjutnya.

"Untuk memberikan standar higienis dalam barbershop, saya turut menerapkan inspeksi harian untuk alat-alat yang digunakan dan kesiapan para barber sebelum dimulainya jam operasional barbershop," Henoch, yang merupakan seorang Master Barber Indonesia yang sudah memulai karirnya sejak tahun 2013 di industri barber.

Henoch akan mengecek cermin, ruangan, pintu kaca yang bersih serta rekan-barber juga harus bersih dan wangi. Ini dikarenakan saat memotong rambut, para barber berinteraksi langsung dan sangat dekat dengan para pelanggan.

Punya Alat Khusus

Pelanggan kulit sensitif pakai alat khusus buat potong rambut. (Doc Pancos Barbershop)

Yang paling menarik dalam pelayanan di barbershop milik Henchos, ada pelayanan untuk pelanggan yang punya kulit kering dan sensitif. Pelanggan pun akan aman memotong rambut tanpa harus takut terkena infeksi penyakit dari alat-alat potong rambut.

"Bagi pelanggan yang memiliki kulit sensitif, kami mengatasinyadengan cara segera membersihkan rambut dengan alat khusus. Jadi, tidak menimbulkan radang yang lebih besar dan mencegah permasalahan kesehatan lainnya," jelas Henoch.

Salah satu permasalahan kulit sensitif yang kerap terjadi berupa timbulnyaradang di kepala yang membuat kepala sering digaruk. Ini membuat kulit kepala menjadi kemerahan, lantas muncul ketombe dan terkadang membuat rambut cepat rontok.

"Kulit kepala yang sensitif dapat diatasi dengan menghindari faktor-faktor pencetus kulit kepala sensitif, yakni menggunakan produk rambut yang berbahan natural atau organik, memerhatikan makanan yang dikonsumsi, serta perubahan udara dan iklim," tulis Stanley.

Simak Video Menarik Berikut Ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

VIDEO: Penemuan Fosil Berusia 14 Ribu Tahun di Meksiko

Posted: 11 Jun 2019 10:00 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Penemuan fosil hewan diantaranya mamut, unta dan serigala yang berusia 10.000 hingga 14.000 tahun.  Fosil ditemukan di sebuah lahan pribadi dikota Puebla, Meksiko.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Donald Trump Klaim Saudara Tiri Kim Jong-un Bukan Cepu CIA

Posted: 11 Jun 2019 10:00 PM PDT

Liputan6.com, Washington DC - Presiden Amerika Serikat Donald Trump menepis kabar yang menyebut bahwa kakak tiri Pemimpin Korea Utara Kim Jong-un merupakan informan untuk Badan Intelijen AS (CIA).

Ditanya tentang laporan baru bahwa saudara tiri sang pemimpin Korea Utara, Kim Jong-nam --yang tewas terbunuh dengan racun syaraf VX di Bandara Internasional Kuala Lumpur pada 2017-- telah menjadi informan CIA, presiden AS mengatakan bahwa ia tak akan membiarkan hal itu terjadi.

"Aku melihat informasi itu ... dan saya akan mengatakan kepada Anda bahwa itu tidak akan terjadi di bawah pengawasan saya, itu pasti," kata Trump kepada reporter di DC, Selasa 11 Juni, seperti dikutip dari The Guardian, Rabu (12/6/2019).

CIA menolak berkomentar atas kabar Kim Jong-nam tersebut.

Namun, komentar dari Donald Trump menunjukkan kesekian kalinya ia kembali berseberangan dengan badan intelijen AS.

Pada Juli tahun lalu, ia menegaskan bahwa ia percaya penolakan Presiden Vladimir Putin terhadap penilaian intelijen AS yang menyebut bahwa Rusia telah ikut campur dalam pemilihan presiden AS 2016. Hingga akhirnya, laporan akhir penyelidikan Kementerian Kehakiman AS yang dirilis tahun ini menunjukkan sejumlah taraf keterlibatan pihak dan entitas Rusia dalam pemilu tiga tahun lalu.

Laporan Buku Biografi

Sebuah buku baru seputar Pemimpin Korea Utara Kim Jong-un yang diterbitkan di AS pada Selasa 11 Juni mengklaim bahwa Kim Jong-nam, yang hidup di pengasingan sebagian besar hidupnya, telah direkrut oleh CIA.

"Kim Jong-nam memberikan informasi kepada mereka, biasanya bertemu dengan penangannya di Singapura atau Malaysia," tulis jurnalis Washington Post Anna Fifield dalam The Great Successor: The Destinely Perfect Destiny untuk Brilliant Kamerad Kim Jong-un.

Buku itu, mengutip "seseorang yang memiliki pengetahuan tentang intelijen", melaporkan rekaman kamera keamanan dari perjalanan terakhir Kim Jong-nam ke Malaysia menunjukkan kepadanya di sebuah lift hotel dengan seorang pria berwajah Asia yang dilaporkan sebagai agen intelijen AS. Dikatakan ransel yang ia bawa berisi US$ 120.000 dalam bentuk tunai, yang bisa jadi pembayaran untuk kegiatan terkait intelijen, atau penghasilan dari bisnis kasino.

Menurut Wall Street Journal, Kim Jong-nam melakukan perjalanan ke Malaysia pada Februari 2017 untuk bertemu dengan kontak CIA-nya, meskipun itu mungkin bukan satu-satunya tujuan perjalanannya. Dia sedang dalam perjalanan kembali ke rumahnya yang bertempat di Makau ketika dia terbunuh.

Dicurigai Sebagai Informan CIA

Kematian Kim Jong-nam dan 7 Daftar Pembunuhan oleh Korut di LN (AFP)

Kim Jong-nam, kakak tiri pemimpin Korea Utara Kim Jong-un yang terbunuh di Malaysia pada 2017, dicurigai sebagai informan bagi Badan Intelijen Amerika Serikat atau CIA, Wall Street Journal melaporkan pada Senin 10 Juni 2019.

Surat kabar itu mengutip "narasumber anonim yang memahami masalah itu" menjelaskan banyak detail hubungan Kim Jong-nam dengan CIA. Namun, banyak di antara informasi itu masih bersifat samar, demikian seperti dikutip dari The Guardian, Selasa (11/6/2019).

Sumber itu mengatakan bahwa Kim Jong-nam kerap berkontak dengan dinas keamanan negara lain, khususnya China.

Wall Street Journal melanjutkan, Kim Jong-nam telah melakukan perjalanan ke Malaysia pada Februari 2017 untuk bertemu dengan kontak CIA-nya, meskipun itu mungkin bukan satu-satunya tujuan dari perjalanan tersebut.

Tidak jelas apakah pertemuan antara Kim Jong-nam dengan kontak CIA-nya berhasil terlaksana. Namun satu hal yang pasti, kakak tiri Kim Jong-un itu tewas setelah dua perempuan meracuninya dengan racun saraf VX di Bandara Internasional Kuala Lumpur pada Februari 2017.

Kedua wanita itu, yang sempat ditangkap dan disidangkan atas tuduhan pembunuhan, telah dibebaskan oleh peradilan Malaysia pada tahun ini. Keduanya diyakini dijebak oleh dalang sebenarnya untuk melakukan pembunuhan tersebut.

Siti Aisyah asal Indonesia telah menerima putusan discharge not amounting to an acquittal (dibebaskan dari persidangan dan dilepaskan dari penahanan) pada Maret 2019.

Sementara Doan Thi Huong asal Vietnam divonis dengan dakwaan baru yang lebih ringan. Hakim memberikan vonis 3 tahun 4 bulan penjara terhitung tanggal penangkapan Doan Thi Huong, yaitu 15 Februari 2017.

Hukuman penjara Doan Thi Huong habis pada setidaknya tahun 2020. Namun, karena dikurangi hak remisi sepertiga dari total hukuman, ia bebas pada awal Mei 2019 dan kembali ke Vietnam, kata pengacara Doan, Hisyam Teh Poh Teik.

Belum Terkonfirmasi

Pemimpin Korut Kim Jong-un dan kakak tirinya Kim Jong-nam (AP)

Dugaan bahwa Kim Jong-nam adalah informan CIA belum bisa terkonfirmasi secara independen, Reuters melaporkan.

Sementara CIA menolak untuk berkomentar, NDTV India melaporkan.

Tetapi, Anna Fifield, kepala biro Washington Post di Beijing, dalam bukunya The Great Successor menulis, "King Jong-nam menjadi informan CIA. Saudaranya (Kim Jong-un) akan menganggap bahwa berbicara dengan mata-mata Amerika sebagai tindakan berbahaya. Tetapi King Jong-nam memberikan informasi kepada mereka, biasanya bertemu dengan penangannya di Singapura atau Malaysia."

Namun, The Wall Street Journal tetap skeptis, dan menulis dalam laporannya bahwa, "Beberapa mantan pejabat AS mengatakan saudara tiri, yang telah tinggal di luar Korea Utara selama bertahun-tahun dan tidak memiliki basis kekuatan yang dikenal di Pyongyang, tidak mungkin dapat memberikan rincian tentang pekerjaan dalam negeri negara yang penuh rahasia itu."

Baca selengkapnya...

Simak video pilihan berikut:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Baru Menikah, Muzdalifah Sudah Curhat tentang Penggoda

Posted: 11 Jun 2019 10:00 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Mantan istri pedangdut Nassar, Muzdalifah, pada akhir April lalu telah dinikahi pria bernama Fadel Islami. Pernikahan itu cukup menarik perhatian warganet.

Pasalnya, Fadel Islami diketahui berusia jauh lebih muda dari Muzdalifah. Perbedaan usia keduanya terpaut sekitar 15 tahun.

Beberapa bulan setelah menikah, Muzdalifah mengunggah sebuah tulisan tentang penggoda di Instagram. "Banyak penggoda dan menggoda di luar sana," tulis Muzdalifah pada Selasa (11/6/2019).

Unggahan tersebut kemudian dipajang kembali oleh akun gosip Instagram @mak.kepo. Menanggapi curhatan Muzdalifah, warganet menganggap wajar apabila banyak cobaan yang dihadapi Muzdalifah, mengingat paras sang suaminya dinilai cukup rupawan.

"Resiko punya suamik ganteng mbak mus," tulis akun gosip tersebut.

"Mbakmus ketakutan suami nya di lebutpelakalol ya," ledek @emiyulia14.

"Cantikan juga gw. hrusnya sm gw bang," timpal @mega_cacalolipop.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

FOTO: Kunjungi Peternakan, Kate Middleton dan Pangeran William Cukur Bulu Domba

Posted: 11 Jun 2019 09:57 PM PDT

Duchess of Cambridge Kate Middleton (kiri) mencukur bulu domba saat berkunjung ke Deepdale Hall Farm, sebuah peternakan domba tradisional di Patterdale, Cumbria, Inggris, Selasa (11/6/2019). (Owen Humphreys/POOL/AFP)

Duchess of Cambridge Kate Middleton (kiri) mencukur bulu domba saat berkunjung ke Deepdale Hall Farm, sebuah peternakan domba tradisional di Patterdale, Cumbria, Inggris, Selasa (11/6/2019). (Owen Humphreys/POOL/AFP)

Duke of Cambridge Pangeran William mencukur bulu domba saat berkunjung ke Deepdale Hall Farm, sebuah peternakan domba tradisional di Patterdale, Cumbria, Inggris, Selasa (11/6/2019). (Owen Humphreys/POOL/AFP)

Duke of Cambridge Pangeran William mencukur bulu domba saat berkunjung ke Deepdale Hall Farm, sebuah peternakan domba tradisional di Patterdale, Cumbria, Inggris, Selasa (11/6/2019). (Owen Humphreys/POOL/AFP)

Duke of Cambridge Pangeran William (kanan) mencukur bulu domba disaksikan Duchess of Cambridge Kate Middleton saat berkunjung ke Deepdale Hall Farm, sebuah peternakan domba tradisional di Patterdale, Cumbria, Inggris, Selasa (11/6/2019). (Owen Humphreys/POOL/AFP)

Duke of Cambridge Pangeran William (kanan) mencukur bulu domba disaksikan Duchess of Cambridge Kate Middleton saat berkunjung ke Deepdale Hall Farm, sebuah peternakan domba tradisional di Patterdale, Cumbria, Inggris, Selasa (11/6/2019). (Owen Humphreys/POOL/AFP)

Duke of Cambridge Pangeran William bersama Duchess of Cambridge Kate Middleton saat berkunjung ke Deepdale Hall Farm, sebuah peternakan domba tradisional di Patterdale, Cumbria, Inggris, Selasa (11/6/2019). (Owen Humphreys/POOL/AFP)

Duke of Cambridge Pangeran William bersama Duchess of Cambridge Kate Middleton saat berkunjung ke Deepdale Hall Farm, sebuah peternakan domba tradisional di Patterdale, Cumbria, Inggris, Selasa (11/6/2019). (Owen Humphreys/POOL/AFP)

Duke of Cambridge Pangeran William bersama Duchess of Cambridge Kate Middleton saat berkunjung ke Deepdale Hall Farm, sebuah peternakan domba tradisional di Patterdale, Cumbria, Inggris, Selasa (11/6/2019). (Owen Humphreys/POOL/AFP)

Duke of Cambridge Pangeran William bersama Duchess of Cambridge Kate Middleton saat berkunjung ke Deepdale Hall Farm, sebuah peternakan domba tradisional di Patterdale, Cumbria, Inggris, Selasa (11/6/2019). (Owen Humphreys/POOL/AFP)

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Catat, Ini Tanggal MK Gelar Sidang Sengketa Pilpres 2019

Posted: 11 Jun 2019 09:55 PM PDT

Fokus, Jakarta - Mahkamah Konstitusi (MK) akan menggelar sidang sengketa hasil Pilpres mulai 14 juni mendatang. Sidang akan berlangsung selama dua pekan dan majelis hakim akan memutuskan hasil sengketa hasil pilpres pada 28 Juni 2019.  

Seperti ditayangkan Fokus Indosiar, Rabu (12/6/2019), MK resmi meregistrasi perkara Perselisihan Hasil Pemilihan Umum (PHPU) untuk calon presiden dan wakil presiden pada Pemilu 2019 yang diajukan oleh kuasa hukum pasangan Prabowo-Sandi.

Juru bicara MK, Fajar Laksono menyatakan berkas permohonan yang diregister adalah berkas yang diajukan pertama kali pada 24 Mei 2019. Sementara, untuk penambahan berkas atau materi gugatan yang diajukan pada 10 Juni akan dijadikan lampiran berkas yang diregister.  

Dalam sidang perdana tersebut, MK nantinya akan memutus atau tidaknya persidangan dengan mempertimbangkan permohonan dan barang bukti dari pemohon. 

Jika lanjut, tahapan sidang berikutnya merupakan pemeriksaan pembuktian yang berlangsung tanggal 17 hingga 24 Juni 2019. 

Pada tanggal 25 hingga 27 Juni, hakim konstitusi akan menggelar rapat musyawarah. Tanggal 28 Juni, MK akan membacakan putusan sengketa hasil pilpres.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

6 Momen Sandiaga Uno Libur Lebaran Bersama Keluarga di Amerika Serikat

Posted: 11 Jun 2019 09:55 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Momen perayaan lebaran yang hanya satu tahun sekali, tentu menjadi momen yang tak boleh dilewatkan begitu saja. Dalam perayaan hari kemenangan, rasanya tidak afdol jika tidak berkumpul bersama keluarga tersayang. 

Sama halnya dengan Sandiaga Uno, dikarenakan putri sulung Sandi, Anneesha Atheera Uno tengah kerja magang dan putri keduanya, Amyra Atheefa Uno tidak dapat meninggalkan sekolah.

Pengusaha sekaligus politikus ini pun akhirnya mengajak istri serta buah hatinya merayakan Idul Fitri di Boston, Amerika Serikat agar tetap bisa menghabiskan waktu bersama saat lebaran. 

Tak lupa, pria berusia 49 tahun ini pun membagikan momen lebaran sekaligus liburannya di Negeri Paman Sam tersebut. Berikut Liputan6.com rangkum beberapa momen liburan Sandiaga Uno bersama keluarga di Amerika Serikat yang dirangkum dari berbagai sumber, Rabu (12/6/2019) 

1. Sebelum lebaran, Sandi dan keluarga sempat berbuka puasa bersama di Masjid Al-Hikmah New York.

Sandiaga Uno liburan (Sumber: Instagram/sandiuno)

2. Sandiaga Uno mengunjungi beberapa lokasi seperti masjid, tempat bersejarah, hingga taman bermain.

Sandiaga Uno liburan (Sumber: Instagram/sandiuno)

3. Sandi bersama keluarga mengunjungi Fenway Park, seru banget ya!

Sandiaga Uno liburan (Sumber: Instagram/sandiuno)

4. Sang istri, Nur Asia juga turut membagikan momen kebersamaan bersama buah hati.

Sandiaga Uno liburan (Sumber: Instagram/sandiuno)

5. Menikmati suasana sore di Amerika Serikat bersama putra bungsu Sandi, Sulaiman

Sandiaga Uno liburan (Sumber: Instagram/sandiuno)

6. Pria berusia 49 tahun ini juga tidak dapat menutupi kebahagiaannya dapat merayakan Idul Fitri bersama keluarga tercinta.

Sandiaga Uno liburan (Sumber: Instagram/sandiuno)

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Sinyal Penurunan Bunga The Fed Bikin Rupiah Perkasa

Posted: 11 Jun 2019 09:45 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Nilai tukar rupiah terhadap dolar Amerika Serikat (AS) bergerak menguat pada perdagangan Rabu ini. Perlambatan ekonomi AS menjadi perhatian investor. 

Mengutip Bloomberg, Rabu (12/6/2019), rupiah dibuka di angka 14.229 per dolar AS, menguat jika dibandingkan dengan penutupan perdagangan sebelumnya yang ada di angka 14.238 per dolar AS.

Sejak pagi hingga siang hari ini, rupiah bergerak di kisaran 14.226 per dolar AS hingga 14.241 per dolar AS. Jika dihitung dari awal tahun, rupiah mampu menguat 1,04 persen.

Sedangkan berdasarkan Kurs Referensi Jakarta Interbank Spot Dollar Rate (Jisdor) Bank Indonesia (BI), rupiah dipatok di angka 14. 234 per dolar AS, menguat jika dibandingkan dengan patokan sebelumnya yang ada di angka 14.258 per dolar AS.

Ekonom Samuel Aset Manajemen Lana Soelistianingsih mengatakan, potensi melambatnya ekonomi AS menjadi perhatian The Fed, di mana bank sentral AS tersebut juga mensinyalkan potensi turunnya suku bunga.

"Saat ini investor memperkirakan suku bunga The Fed akan turun pada pertemuan September, lebih awal dari perkirakan sebelumnya yaitu Desember," ujar Lana.

Indeks optimisme ekonomi AS sendiri menunjukkan perlambatan. The IBD/TIPP Economic Optimism Index untuk bulan Juni tercatat 53,2, turun dari 58,6 pada Mei, dan jauh di bawah ekspektasi konsensus 59,2. Indeks tersebut terendah sejak Februari 2019.

Untuk prospek ekonomi enam bulan mendatang, konsumen memperkirakan ekonomi akan melambat terutama karena kebijakan pemerintah yang kurang efektif. Namun di sisi Personal Financial Outlook, konsumen memperkirakan ada perbaikan.

Lana memprediksi hari ini rupiah akan menguat di kisaran 14.200 per dolar AS hingga 14.230 per dolar AS.

BI Prediksi Nilai Tukar Rupiah 13.900 - 14.000 per Dolar AS di 2020

Teller menunjukkan mata uang dolar di Bank Mandiri, Jakarta, Kamis (10/1). Nilai tukar rupiah terhadap dolar Amerika Serikat (AS) terus menguat di perdagangan pasar spot hari ini. Rupiah berada di zona hijau. (Liputan6.com/Angga Yuniar)

Sebelumnya, Gubernur Bank Indonesia (BI), Perry Warjiyo menyampaikan asumsi ekonomi makro tahun 2020 untuk nilai tukar Rupiah adalah pada level 13.900-14.300 dan inflasi 3 persen plus minus 1.

Perry menilai,sejauh ini Rupiah masih menunjukan kondisi yang positif. Tercatat hingga hari ini nilai tukar berada pada posisi 14.250 terhadap dolar Amerika Serikat (USD).

"Hingga tanggal 10 Juni 2019 nilai tukar Rupiah 14.250 per USD atau menguat 0,91 persen bila dibandingkan dengan level akhir tahun 2018 yaitu Rp 14.380, nilai tukar rupiah pada tahun 2019 mencapai Rp 14.187 atau menguat 0,41 persen dibandingkan rerata tahun 2018 Rp 14.246," kata dia di ruang rapat Badang Anggaran DPR RI, Jakarta, Selasa (11/6/2019). 

Selain itu, BI memperkirakan bahwa Neraca Pembayaran Indonesia akan mencatat surplus sejalan dengan prospek aliran masuk modal asing yang terus berlanjut.

Sementara itu, defisit transaksi berjalan atau Current Account Defisit (CAD) 2019 juga diperkirakan lebih rendah dari tahun 2018 yaitu dalam kisaran 2,5 sampai 3 persen terhadap PDB.

"Sejalan dengan perkiraan neraca pembayaran tersebut, kami memperkirakan rata-rata nilai tukar pada tahun 2019 akan berada pada kisaran Rp 14.000 - Rp 14.400 terhadap dolar Amerika Serikat," ujarnya.

"Pada tahun 2020 kami memperkirakan bahwa prospek penguatan Neraca Pembayaran Indonesia akan berlanjut ditopang oleh peningkatan aliran masuk modal asing dan penurunan defisit transaksi berjalan," dia menambahkan.

Aliran masuk modal asing (inflow) diperkirakan meningkat dipengaruhi oleh prospek ekonomi yang membaik dan juga koordinasi yang kuat kebijakan antara pemerintah Indonesia dan berbagai otoritas terkait, untuk 2019 defisit transaksi berjalan kita akan tetap terkendali.

"Dengan berbagai perkembangan tersebut kami memperkirakan bahwa rata-rata nilai tukar Rupiah pada tahun 2020 akan berada pada kisaran Rp 13.900 sampai dengan Rp14.300 dolar Amerika Serikat," tutupnya.

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Piala Dunia Wanita 2019: Pesta Gol, Amerika Serikat Cetak Sejarah

Posted: 11 Jun 2019 09:45 PM PDT

Jakarta Amerika Serikat mencatatkan diri dalam buku sejarah Piala Dunia Wanita. Prestasi ini dibuat setelah mereka mencatat kemenangan besar 13-0 atas wakil Asia Tenggara, Thailand, pada laga perdana pada Piala Dunia Wanita 2019 di Stade Auguste-Delaune, Reims, Prancis, Selasa (11/9/2019) atau Rabu dini hari WIB.

Amerika Serikat merupakan satu di antara klub favorit pada Piala Dunia Wanita 2019. Performa positif langsung mereka tunjukkan dengan menumbangkan perlawanan Thailand.

Bintang Amerika Serikat, Alex Morgan, menunjukkan performa yang impresif. Morgan menyumbang lima gol seorang diri pada laga tersebut.

Morgan membuka pesta gol Amerika Serikat pada menit ke-12. Gol kelimanya pada laga itu ia cetak pada menit ke-97.

Rose Lavelle dan Samantha Mewis masing-masing menyumbang dua gol. Lindsey Horan, Megan Rapinoe, Mallory Pugh dan Carli Lloyd ikut mencatatkan namanya di papan skor.

Setelah pertandingan perdana Piala Dunia Wanita 2019 ini, para pemain Thailand tak bisa menyembunyikan rasa frustrasinya. Penyerang Thailand, Suchawadee Nildhamrong, tak bisa menahan air mata.

 

 

 

 

Sangat Berarti

Alex Morgan yang menjadi bintang pada laga tersebut memastikan kalau Amerika Serikat tidak akan membuang satu peluang pun pada turnamen kali ini.

"Setiap gol sangat berarti untuk kami. Target kami adalah terus mencetak gol selama pertandingan masih berjalan," ujar Morgan.

Skor 13-0 membuat Amerika Serikat masuk dalam buku sejarah Piala Dunia Wanita, sebagai skor kemenangan terbesar dalam turnamen tersebut. Sebelumnya, rekor tersebut tercatat atas nama Jerman ketika menumbangkan Argentina dengan skor 11-0 pada Piala Dunia Wanita 2007.

Pimpin Klasemen

Hasil tersebut membuat Amerika Serikat memimpin klasemen sementara di Grup F, dengan keunggulan selisih gol atas Swedia. Pada laga berikutnya, Amerika Serikat akan menghadapi Cile dan kemudian Swedia.

Sementara itu, Thailand mengikuti jejak Korea Selatan, Australia, dan China, sebagai wakil Asia yang gagal mendapatkan poin pada Matchday-1 Piala Dunia Wanita 2019. Hanya Jepang yang berhasil mendapatkan poin setelah bermain imbang dengan Argentina.

 

Sumber: Bola.com

 

 

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

5 Judul Mega Bollywood Movie Manjakan Pemirsa Indosiar

Posted: 11 Jun 2019 09:40 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Setelah memeriahkan layar kaca pemirsa dengan tayangan spesial Lebaran, kini Indosiar menyiapkan deretan film Bollywood untuk menghiasi layar kaca pemirsa pascahari raya.

Mulai Senin (10/6/2019) Indosiar menayangkan film-film Hindustan dengan tajuk 'Mega Bollywood', di waktu malam. Pemirsa dimanjakan dengan parade film yang dibintangi megabintang Bollywood setiap harinya pada pukul 19.30 WIB.

Ada film yang dibintangi Shah Rukh Khan, Salman Khan, Kajol, Kareena Kapoor dan masih banyak lagi bintang India idola pemirsa. Mereka hadir dalam film Bajrangi Bhaijaan, Senin (10/6/2019);  Jab Harry Met Sejal, Rabu (12/6/2019) serta Zero, Kamis (13/6/2019).

Semua film itu terhitung tayang perdana di Indosiar. Dilanjutkan dengan Happy New Year, Jumat (14/6/2019) dan Dilwale, Sabtu (15/6/2019).

Manjakan Pemirsa

Harsiwi Achmad Direktur SCM di sela-sela buka puasa bersama wartawan, Mei 2019

Harsiwi Achmad, Directur SCM menjelaskan Indosiar selalu menayangkan program acara yang menghibur dan disenangi banyak pemirsa. "Tayangan kompetisi kami sudah dikenal dengan baik dan disukai pemirsa. Ada DA, LIDA Bintang Pantura dan juga untuk komika seperti SUCA," kata Harsiwi di Jakarta, beberapa waktu lalu.

"Bahkan sekarang kami siapkan tayangan baru D'Star. Akan seru dan saya berharap pemirsa juga akan suka," ujarnya. 

Selain itu, pascahari raya, Indosiar juga menyiapkan sederet film Bollywood sebagai tayangan spesial setiap malam. Ada 5 judul film yang ditayangkan mulai Senin (10/6/2019). 

Sepanjang Ramadan, Indosiar menarik perhatian pemirsa dengan tayangan kompetisi ustaz dan ustazah muda lewat Akademi Sahur Indonesia (AKSI).

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Menteri BUMN: Jumlah Penumpang Kapal Laut Paling Melonjak di Lebaran Tahun Ini

Posted: 11 Jun 2019 09:40 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Menteri BUMN Rini Soemarno mengaku sangat senang mengenai banyaknya masyarakat Indonesia yang menggunakan moda transportasi laut untuk mudik maupun balik selama libur Lebaran 2019.

"(Moda transportasi) yang paling melonjak pada tahun ini adalah kapal laut, dimana pemakai kapal laut cukup banyak. Kami juga senang bahwa masyarakat banyak menggunakan kapal ferry penyeberangan ke Pulau Sumatera dan kemudian melanjutkan dengan menggunakan jalan tol," ujar Menteri Rini di Jakarta, Senin 10 Juni 2019.

Rini menjelaskan bahwa kegiatan mudik di sektor-sektor transportasi lainnya, seperti jalan tol dan pelayanan kereta api selama arus mudik dan arus balik Lebaran berjalan sangat lancar dan baik.

"Jadi Alhamdulillah cukup baik, Insya Allah di tahun ini BUMN bisa lebih baik serta bisa menjaga agar kita selalu jauh dari korupsi dan dapat melakukan tugasnya dengan baik," kata Menteri Riniseperti dikutip dari Antara.

Sebelumnya Kementerian Perhubungan mencatat sejak H-15 (21/5) hingga H+1 (7/6) di masa angkutan laut Lebaran tercatat hampir satu juta pemudik atau tepatnya 960.494 orang menggunakan kapal laut sebagai penumpang mudik Lebaran 2019.

 

Batam Pelabuhan Terpadat

Pelabuhan Batu Ampar, Batam.

Posko Terpadu Angkutan Lebaran 2019 juga mencatat Pelabuhan Batam menjadi pelabuhan terpadat dengan jumlah penumpang hingga H+1 pukul 06.00 WIB tercatat 153.792 orang.

Direktur Lalu Lintas dan Angkutan Laut Kementerian Perhubungan Capt. Wisnu Handoko menginformasikan bahwa hingga H+1, dari 51 pelabuhan yang dipantau tidak terlihat adanya penumpukan penumpang dan tidak ada penumpang di pelabuhan yang tidak terangkut oleh kapal penumpang yang beroperasi di pelabuhan tersebut.

Khusus pemantauan di Pelabuhan Kali Adem, Muara Angke Jakarta Utara, Ia menyebutkan adanya tren peningkatan penumpang dalam masa libur Lebaran 2019 ini dikarenakan banyaknya masyarakat yang memanfaatkan liburan Lebaran ke Kepulauan Seribu dengan menggunakan kapal Tradisional dari Pelabuhan Kali Adem.

Sedangkan untuk jumlah penumpang kereta api selama Lebaran, Kementerian Perhubungan mencatat terjadi peningkatan jumlah penumpang hampir 10 persen. Untuk moda transportasi bus naik 10-15 persen selama periode libur Lebaran.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

FOTO: Jokowi Lantik Gubernur dan Wagub Lampung 2019-2024

Posted: 11 Jun 2019 09:38 PM PDT

Presiden Joko Widodo bersama Wapres Jusuf Kalla serta Menteri Dalam Negeri (Mendagri) Tjahjo Kumolo mengikuti prosesi kirab pelantikan Gubernur dan Wakil Gubernur Lampung, Arinal Djunaidi dan Chusnunia Chalim sebelum pelantikan di Istana Negara, Jakarta, Rabu (12/6/2019). (Liputan6.com/HO/Iwan)

Presiden Joko Widodo bersama Wapres Jusuf Kalla serta Menteri Dalam Negeri (Mendagri) Tjahjo Kumolo mengikuti prosesi kirab pelantikan Gubernur dan Wakil Gubernur Lampung, Arinal Djunaidi dan Chusnunia Chalim sebelum pelantikan di Istana Negara, Jakarta, Rabu (12/6/2019). (Liputan6.com/HO/Iwan)

Arinal Djunaidi (kiri) dan Chusnunia Chalim mengikuti pelantikan Gubernur dan Wakil Gubernur Lampung di Istana Negara, Rabu (12/6/2019). Presiden Jokowi melantik Arinal Djunaidi dan Chusnunia Chalim sebagai Gubernur dan Wakil Gubernur Lampung periode 2019-2024. (Liputan6.com/HO/Iwan)

Arinal Djunaidi (kiri) dan Chusnunia Chalim mengikuti pelantikan Gubernur dan Wakil Gubernur Lampung di Istana Negara, Rabu (12/6/2019). Presiden Jokowi melantik Arinal Djunaidi dan Chusnunia Chalim sebagai Gubernur dan Wakil Gubernur Lampung periode 2019-2024. (Liputan6.com/HO/Iwan)

Presiden Joko Widodo (Jokowi) melantik Arinal Djunaidi (kiri) dan Chusnunia Chalim sebagai Gubernur dan Wakil Gubernur Lampung di Istana Negara, Rabu (12/6/2019). Arinal Djunaidi dan Chusnunia Chalim dilantik sebagai Gubernur dan Wakil Gubernur Lampung periode 2019-2024. (Liputan6.com/HO/Iwan)

Presiden Joko Widodo (Jokowi) melantik Arinal Djunaidi (kiri) dan Chusnunia Chalim sebagai Gubernur dan Wakil Gubernur Lampung di Istana Negara, Rabu (12/6/2019). Arinal Djunaidi dan Chusnunia Chalim dilantik sebagai Gubernur dan Wakil Gubernur Lampung periode 2019-2024. (Liputan6.com/HO/Iwan)

Gubernur Lampung, Arinal Djunaidi usai menandatangani berita acara pelantikan di Istana Negara, Jakarta, Rabu (12/6/2019). Presiden Joko Widodo (Jokowi) melantik Arinal Djunaidi dan Chusnunia Chalim sebagai Gubernur dan Wakil Gubernur Lampung untuk masa jabatan 2019-2024. (Liputan6.com/HO/Iwan)

Gubernur Lampung, Arinal Djunaidi usai menandatangani berita acara pelantikan di Istana Negara, Jakarta, Rabu (12/6/2019). Presiden Joko Widodo (Jokowi) melantik Arinal Djunaidi dan Chusnunia Chalim sebagai Gubernur dan Wakil Gubernur Lampung untuk masa jabatan 2019-2024. (Liputan6.com/HO/Iwan)

Wakil Gubernur Lampung, Chusnunia Chalim usai menandatangani berita acara pelantikan di Istana Negara, Rabu (12/6/2019). Presiden Joko Widodo (Jokowi) melantik Arinal Djunaidi dan Chusnunia Chalim sebagai Gubernur dan Wakil Gubernur Lampung untuk masa jabatan 2019-2024. (Liputan6.com/HO/Iwan)

Wakil Gubernur Lampung, Chusnunia Chalim usai menandatangani berita acara pelantikan di Istana Negara, Rabu (12/6/2019). Presiden Joko Widodo (Jokowi) melantik Arinal Djunaidi dan Chusnunia Chalim sebagai Gubernur dan Wakil Gubernur Lampung untuk masa jabatan 2019-2024. (Liputan6.com/HO/Iwan)

Presiden Joko Widodo (Jokowi) memberikan ucapan selamat kepada Gubernur Lampung, Arinal Djunaidi usai pelantikan di Istana Negara, Jakarta, Rabu (12/6/2019). Arinal Djunaidi dan Chusnunia Chalim dilantik sebagai Gubernur dan Wakil Gubernur Lampung periode 2019-2024. (Liputan6.com/HO/Iwan)

Presiden Joko Widodo (Jokowi) memberikan ucapan selamat kepada Gubernur Lampung, Arinal Djunaidi usai pelantikan di Istana Negara, Jakarta, Rabu (12/6/2019). Arinal Djunaidi dan Chusnunia Chalim dilantik sebagai Gubernur dan Wakil Gubernur Lampung periode 2019-2024. (Liputan6.com/HO/Iwan)

Presiden Joko Widodo (Jokowi) memberikan ucapan selamat kepada Gubernur Lampung, Arinal Djunaidi usai pelantikan di Istana Negara, Jakarta, Rabu (12/6/2019). Arinal Djunaidi dan Chusnunia Chalim dilantik sebagai Gubernur dan Wakil Gubernur Lampung periode 2019-2024. (Liputan6.com/HO/Iwan)

Presiden Joko Widodo (Jokowi) memberikan ucapan selamat kepada Gubernur Lampung, Arinal Djunaidi usai pelantikan di Istana Negara, Jakarta, Rabu (12/6/2019). Arinal Djunaidi dan Chusnunia Chalim dilantik sebagai Gubernur dan Wakil Gubernur Lampung periode 2019-2024. (Liputan6.com/HO/Iwan)

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Pelatih Arema FC Punya Kiat Khusus Antisipasi Jadwal Neraka

Posted: 11 Jun 2019 09:35 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Pelatih Arema FC, Milomir Seslija, mengaku tak khawatir harus menjalani ketatnya jadwal kompetisi Shopee Liga 1 musim 2019. Ia mengaku telah memiliki kiat agar timnya bisa menjalani fase tersebut dengan lancar.

"Ini bakal berlangsung sangat berat. Tentu para pemain tidak akan bisa bermain tiga kali dalam sepuluh hari," kata pelatih Arema FC itu.

"Kami akan mencoba untuk melakukan rotasi pemain. Semua pemain akan mendapat kesempatan untuk bermain pada pertandingan-pertandingan ke depannya," ia menambahkan.

Sebelumnya, Arema FC dipastikan akan menghadapi jadwal neraka pada Agustus mendatang. Sesuai jadwal yang ada saat ini, mereka akan menghadapi enam pertandingan dalam sebulan.

Arema FC akan mengawali Agustus dengan bertandang ke kandang Persija Jakarta pada Minggu (04/08). Setelahnya, empat hari berselang, giliran Kalteng Putra yang akan hadapi.

Setelah berjamu ke kandang Kalteng Putra, Arema akan menjamu Persebaya pada Kamis (15/08) dan Barito Putera empat hari kemudian. Setelahnya, Arema akan bertandang ke kandang Bali United pada Minggu (25/08). Terakhir, mereka akan menjamu PSIS Semarang pada Sabtu (31/08).

Jadwal Arema FC pada bulan Agustus hampir bisa dipastikan bakal bertambah padat lagi. Pasalnya, laga pekan keempat Shopee Liga 1 musim 2019 bakal dipindah ke bulan itu juga.

Hadapi Persib

Pemain Arema FC. (Bola.com/Yoppy Renato)

Pada pekan keempat, Arema dijadwalkan bakal menghadapi Persib Bandung. Pertandingan -yang bakal disiarkan langsung Indosiar- ini sedianya dihelat di Stadion Kanjuruhan Malang, Jumat (14/06) mendatang.

Namun, jadwal ini batal menyusul adanya surat PSSI bernomor 1781/UDN/382/V-2019 yang ditujukan pada Direktur PT Liga Indonesia Baru. Surat ini berisi permintaan PSSI pada PT LIB untuk menyesuaikan dan mengatur ulang jadwal kompetisi karena ada pertandingan Timnas Indonesia kontra Vanuatu, yang akan dihelat di Stadion Gelora Bung Karno Jakara, Sabtu (15/06).

Surat ini direspon PT LIB dengan mengeluarkan surat bernomor 172/LIB/V/2019. Pada surat bertanggal 31 Mei 2019 ini, mereka menyurati klub-klub peserta kompetisi Shopee Liga 1 musim 2019 terkait perubahan jadwal. Dalam surat yang ditandatangani Direktur PT LIB, Dirk Soplanit, ini disebutkan bahwa pekan keempat, yang dijadwalkan bakal dihelat pada 14-16 Juni, dipindah ke 27-28 Agustus mendatang.

Berupaya Hindari Cedera

Lebih lanjut, Milo pun membeber target realistis yang ia canangkan pada Agustus mendatang. Pelatih asal Bosnia ini menyebut bahwa ia akan berusaha menyiapkan anak asuhnya untuk tidak mengalami cedera kala menjalani padatnya pertandingan pada Agustus mendatang.

"Target kami adalah bermain tanpa mengalami cedera," kata Milo.

"Saat ini, saya tak khawatir dengan hal tersebut. Porsi latihan yang ada saat ini terbukti mampu mengurangi risiko cedera pemain. Memang, ada sejumlah cedera yang tidak bisa dihindari. Namun, secara umum, kami adalah yang terbaik. Ini sangat penting bagi kami karena di beberapa posisi kami tak memiliki cukup banyak opsi," ia menandaskan.

Sumber: Bola.net

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Misteri Temuan Kepala Serigala Purba Berusia 4.000 Tahun yang Masih Segar

Posted: 11 Jun 2019 09:31 PM PDT

Liputan6.com, Tokyo - Sejumlah ilmuwan berkebangsaan Rusia dan Jepang telah menemukan kepala serigala yang merupakan spesies zaman es. Bagian tubuh hewan itu masih segar atau belum membatu, karena telah terawetkan dalam permafrost (lapisan es yang membeku) selama 4.000 tahun.

Mereka berharap penemuan unik ini akan membantu peneliti untuk mempelajari lebih lanjut tentang hewan pemangsa kuno yang menjelajahi Eropa dan Asia. Khususnya bersama dengan badak berbulu dan mammoth pada zaman es, termasuk bagaimana nasib akhir binatang buas yang dimaksud.

 

"Kami ingin menjawab pertanyaan apakah serigala ini menghilang atau bertransformasi menjadi serigala modern, (serta) seberapa besar kaitannya dengan serigala modern," kata Albert Protopopov, kepala studi fauna raksasa di akademi ilmu pengetahuan Yakutia, kepada The Telegraph dikutip Rabu (12/6/2019).

Kepala serigala zaman es yang ditemukan memiliki panjang 40 sentimeter, masih tertutup bulu tebal dan memiliki taring yang tampaknya ganas. Hewan itu tampaknya mati pada usia dua hingga empat tahun. Adapun temuan yang dimaksud telah dipamerkan di Tokyo pada pekan lalu.

Kepala serigala itu, ditemukan pada tahun lalu di Sungai Tirekhtyakh, Yakutia di daerah terpencil Siberia oleh penduduk setempat. Sebelumnya, bangkai bayi singa gua yang terpelihara dengan baik juga pernah ditemukan di dekat tempat itu.

Yakuta memang wilayah dengan es yang beku sepanjang tahun. Hal itu mencegah taring kuno dan bangkai membusuk. Spesimen telah muncul semakin sering karena perubahan iklim secara bertahap mencairkan lapisan es ini.

Industri gading mamut telah menjadi sumber utama penemuan palaeontologi di wilayah tersebut. Para pemburu telah memberikan kepala serigala itu kepada Protopopov.

Para peneliti di Fakultas Kedokteran Universitas Jikei di Tokyo melakukan pemindaian tomografi untuk memetakan otot dan jaringan pada spesimen. DNA dan anatomi bagian dalam kepala hewan itu akan terus dipelajari oleh Tokyo dan Stockholm.

Bekerja dengan para ilmuwan Rusia, para ilmuwan berencana untuk membandingkan susunan genetik dan morfologi hewan itu dengan serigala saat ini.

Lebih Besar dari Serigala Modern?

Ilustrasi supermoon dan manusia serigala. (Ancient Origins)

Tidak jelas apakah "serigala Pleistosen" yang ditemukan itu memang lebih besar dari serigala kontemporer. Yang jelas, ukuran kepalanya 40 sentimeter dengan rahangnya lebih kuat dari spesies kontemper yang sejenis.

"Mereka bisa membunuh hewan yang lebih besar. Mungkin yang terbesar adalah bison," kata Protopopov. 

"Ini penting bagi sains karena serigala di Pleistosen tersebar luas sebagaimana singa gua," katanya.

"Ada banyak serigala, tetapi kita tidak tahu banyak tentang mereka," imbuhnya.

Beberapa spesies serigala hidup pada zaman es Pleistosen, termasuk serigala mengerikan yang pernah dirayakan di Amerika. Berdasarkan tulang yang ditemukan di Siberia, baik anjing dan serigala modern diyakini telah "berpisah" dari leluhur serigala setidaknya 27.000 tahun yang lalu. Adapun anjing jenis husky Siberia diketahui memiliki gen serigala kuno hingga sekarang.

Rencana untuk Mengkloning Hewan Purba

Replika mammoth berbulu yang diduga menjadi santapan manusia Neanderthal. (Sumber The Guardian)

Pameran di Tokyo juga menampilkan spesimen spesimen singa gua Siberia baru bernama Spartak, yang beratnya kurang dari dua pon. 

Bangkai itu ditemukan dalam kondisi hampir murni, seperti kepala serigala, dan akan dibandingkan dengan singa modern.

Para ilmuwan dari Yakutia dan Jepang juga berharap suatu hari dapat mengkloning mammoth berbulu dari jaringan yang ditemukan di permafrost Siberia, meskipun proyek semacam itu tidak mungkin dilakukan dengan teknik saat ini. 

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

VIDEO: Berusaha Kabur, Pencuri Tewas di Dalam Sumur

Posted: 11 Jun 2019 09:30 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Seorang pencuri yang tengah berusaha kabur, justru terjatuh dan masuk ke dalam sebuah sumur tua. Ia pun tenggelam dan nyawanya tak tertolong.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

6 Momen Keanu Reeves Tak Pernah Sentuh Para Wanita Meski Sedang Foto Bareng

Posted: 11 Jun 2019 09:30 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Siapa yang tak mengenal Keanu Reeves? Sosok aktor Hollywood yang dikenal dari film The Matrix sejak tahun 90-an. Hingga sekarang aktor 54 tahun itu masih tetap terkenal dengan film ikoniknya John Wick.

Selain terkenal dengan aktingnya yang memukau, nama Keanu Reeves juga mencuri perhatian karena sikapnya yang ramah dengan penggemar. Aktor kelahiran 2 September 1964 itu selalu dengan senang hati untuk berfoto dengan para penggemarnya.

Namun, seseorang menunjukkan detail menarik momen Keanu berpose bersama para penggemarnya, terutama kaum Hawa. Usut punya usut, setiap kali foto dengan penggemar wanitanya, tangan Keanu tak pernah menyentuh badan para wanita. 

Dalam foto-foto yang beredar di media sosial, Keanu Reeves cenderung tidak meletakkan tangannya di area tubuh para wanita yang berfoto dengannya. Alih-alih memegang pinggang, Keanu membiarkan tangannya mengambang di bagian belakang para wanita itu. Foto-foto itu pun mendapat banyak komentar dari warganet.

Aksi Keanu ini dipercaya sebagai caranya menghormati orang lain dengan privasinya. Berikut foto-foto Keanu Reeves bersama penggemar wanitanya yang Liputan6.com lansir dari gosocial, Rabu (12/6/2019).

Sebagai aktor ternama banyak yang menjadikan Keanu Reeves sebagai target foto bersama.

Keanu Reeves Tak Pernah Sentuh Wanita meski Sedang Foto Bareng (Sumber: gosocial)

Aksi Keanu ini menuai pujian.

Keanu Reeves Tak Pernah Sentuh Wanita meski Sedang Foto Bareng (Sumber: gosocial)

Ada yang mengira Keanu melakukan hal ini untuk terhindar dari tuntutan pelecehan.

Keanu Reeves Tak Pernah Sentuh Wanita meski Sedang Foto Bareng (Sumber: gosocial)

Cara Keanu Reeves foto bareng para wanita ini jadi sorotan.

Keanu Reeves Tak Pernah Sentuh Wanita meski Sedang Foto Bareng (Sumber: gosocial)

Keanu cenderung tidak meletakkan tangannya di area tubuh para wanita yang berfoto dengannya.

Keanu Reeves Tak Pernah Sentuh Wanita meski Sedang Foto Bareng (Sumber: gosocial)

Sejumlah orang juga memuji Keanu dan menyebutnya menghormati wanita.

Keanu Reeves Tak Pernah Sentuh Wanita meski Sedang Foto Bareng (Sumber: gosocial)

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Ini Pedoman Pelaksanaan Penilaian Indeks Profesionalitas PNS

Posted: 11 Jun 2019 09:30 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Pemerintah merilis pedoman tata cara dan pelaksanaan pengukuran indeks profesionalitas aparatur sipil negara (ASN) atau Pegawai Negeri Sipil (PNS).

Kepala Badan Kepegawaian Negara (BKN), Bima Haria Wibisana teken Peraturan BKN Nomor 8 Tahun 2019 tentang Pedoman Tata Cara dan Pelaksanaan Pengukuran Indeks Profesionalitas Aparatur Sipil Negara (ASN) pada 10 Mei 2019.

Hal ini juga mempertimbangkan pelaksanaan ketentuan Pasal 17 Peraturan Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi Nomor 38 Tahun 2018 tentang indeks profesionalitas PNS.

"Peraturan Badan ini bertujuan agar terdapat standar bagi instansi pusat dan instansi daerah dalam melaksanakan pengukuran indeks profesionalitas PNS secara sistematis, terukur dan berkesinambungan," bunyi pasal 2 ayat (2) peraturan ini, seperti dikutip dari laman Setkab, yang ditulis Rabu (12/6/2019).

Berdasarkan peraturan ini, pengukuran indeks profesionalitas PNS dilaksanakan di seluruh instansi pusat dan daerah yang pelaksanaannya dikoordinasikan oleh unit kerja yang bertanggung jawab dalam pengelolaan PNS pada masing-masing instansi.

Adapun kebijakan umum dalam pengukuran indeks profesionalitas PNS, menurut peraturan ini, dilaksanakan oleh Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara Reformasi dan Birokrasi (PANRB).

Sedangkan tata cara dan pelaksanaan pengukuran indeks profesionalitas PNS dilaksanakan oleh BKN.

Dalam peraturan ini, kriteria pengukuran tingkat profesionalitas PNS diukur melalui indikator atau dimensi kualifikasi, kompetensi, kinerja dan disiplin.

Indikator dari Kualifikasi hingga Kompetensi

Sejumlah Pegawai Negeri Sipil (PNS) Pemprov DKI Jakarta melakukan tugas dinasnya di Balaikota, Jakarta, Senin (10/6/2019). PNS kembali berdinas di masing-masing instansinya pada hari pertama kerja usai libur nasional dan cuti bersama Hari Raya Idul Fitri 1440 H. (Liputan6.com/Faizal Fanani)

Kualifikasi digunakan untuk mengukur data, informasi mengenai kualifikasi pendidikan formal PNS dari jenjang paling tinggi hingga rendah. Diperhitungkan 25 persen dari keseluruhan pengukuran.

Pada indikator kualifikasi digunakan untuk mengukur data, informasi mengenai kualifikasi pendidikan formal PNS  dari jenjang paling tinggi sampai jenjang paling rendah. Pada indikator ini penilaian diperhitungkan sebesar 25 persen dari keseluruhan Pengukuran.

Instrumen pengukuran pada dimensi kualifikasi bobot penilaian, menurut peraturan ini adalah:

a. bobot nilai sebesar 25  bagi PNS yang memperoleh/memiliki pendidikan S-3 (Strata Tiga);

b. bobot nilai sebesar 20  bagi PNS yang memperoleh/memiliki pendidikan S-2 (Strata Dua);

c. bobot nilai sebesar 15  bagi PNS yang memperoleh/memiliki pendidikan S-1 (Strata Satu)/D-IV (Diploma Empat);

d. bobot nilai sebesar 10 bagi PNS yang memperoleh/memiliki pendidikan D-III (Diploma Tiga);

e. bobot nilai sebesar lima bagi PNS yang memperoleh/memiliki pendidikan D-II (Diploma Dua)/D-I (Diploma Satu)/Sekolah Lanjutan Tingkat Atas (SLTA)/sederajat; dan

f. bobot nilai sebesar satu  bagi PNS yang memperoleh/memiliki pendidikan di bawah SLTA.

Sementara, pada penilaian kompetensi digunakan untuk mengukur data/informasi mengenai riwayat pengembangan kompetensi yang pernah diikuti oleh PNS dan memiliki kesesuaian dalam pelaksanaan tugas jabatan, dan diperhitungkan sebesar 40 persen dari keseluruhan Pengukuran.

Indikator yang digunakan yaitu riwayat pengembangan kompetensi yang terdiri atas: a. diklat kepemimpinan; b. diklat fungsional; c. diklat teknis; dan d. seminar, workshop, magang, kursus dan sejenisnya.

Instrumen Pengukuran pada diklat kepemimpinan bobot penilaiannya, menurut Peraturan ini, adalah: a. bobot nilai sebesar 15 bagi PNS yang menduduki jabatan pimpinan tinggi, jabatan administrator, dan jabatan pengawas yang telah mengikuti pendidikan dan pelatihan kepemimpinan sesuai dengan jabatan yang diduduki.

Kemudian b.bobot nilai sebesar nol bagi PNS yang menduduki jabatan pimpinan tinggi, jabatan administrator, dan jabatan pengawas yang belum mengikuti pendidikan dan pelatihan kepemimpinan sesuai dengan jabatan yang diduduki.

Adapun instrumen pengukuran pada diklat fungsional bobot penilaiannya, menurut Peraturan ini adalah: a. Bobot nilai sebesar 15 bagi PNS yang menduduki jabatan fungsional dan telah mengikuti pendidikan dan pelatihan  fungsional sesuai dengan jabatan yang diduduki; dan b. bobot nilai sebesar nol bagi PNS yang menduduki jabatan fungsional dan belum mengikuti pendidikan dan pelatihan fungsional sesuai dengan jabatan yang diduduki.

Sedangkan instrumen pengukuran pada diklat teknis paling sedikit 20 Jam Pelajaran (JP) dengan bobot penilaian sebagai berikut: a. bobot nilai sebesar 15 bagi PNS yang menduduki jabatan pimpinan tinggi, jabatan administrator, jabatan pengawas, dan jabatan fungsional yang telah mengikuti pendidikan dan pelatihan teknis paling sedikit 20 yang mendukung tugas dan fungsi jabatannya.

Selanjutnya b. bobot nilai sebesar nol bagi PNS yang menduduki jabatan pimpinan tinggi, jabatan administrator, jabatan pengawas,dan jabatan fungsional yang belum mengikuti pendidikan dan pelatihan teknis paling sedikit 20  JP yang mendukung tugas dan fungsi jabatannya.

Kemudian, c. bobot nilai sebesar 22,5 bagi PNS yang menduduki jabatan pelaksana yang telah mengikuti pendidikan dan pelatihan teknis paling sedikit 20 JP yang mendukung tugas jabatannya dalam 1 (satu) tahun terakhir; 

Lalu, d. bobot nilai sebesar 0  bagi PNS yang menduduki jabatan pelaksana yang belum mengikuti pendidikan dan pelatihan teknis paling sedikit 20  JP yang mendukung tugas jabatannya dalam satu tahun terakhir.

Untuk instrumen pengukuran pada seminar,workshop,kursus,magang,sejenisnya dengan bobot penilaian sebagai berikut:

a. bobot nilai sebesar 10 bagi PNS yang menduduki jabatan pimpinan tinggi, jabatan administrator, jabatan pengawas, dan jabatan fungsional yang telah mengikuti seminar, workshop,kursus,magang, sejenisnya sesuai jabatannya dalam dua tahun terakhir;

b. bobot nilai sebesar 0 bagi PNS yang menduduki jabatan pimpinan tinggi, jabatan administrator, jabatan pengawas, dan jabatan fungsional yang belum mengikuti seminar, workshop, kursus, magang, dan sejenisnya sesuai jabatannya dalam dua tahun terakhir;

c. bobot nilai sebesar 17,5 bagi PNS yang menduduki jabatan pelaksana yang telah mengikuti seminar, workshop, kursus, magang, dan sejenisnya sesuai jabatannya dalam dua tahun terakhir; dan

d. bobot nilai sebesar nol bagi PNS yang menduduki jabatan pelaksana yang belum mengikuti seminar, workshop, kursus, magang, dan sejenisnya sesuai jabatannya dalam dua tahun terakhir.

"Keikutsertaan dalam seminar, workshop, kursus, magang, sejenisnya tersebut dibuktikan dengan sertifikat,surat tugas dan sejenisnya," bunyi Pasal 8 ayat (8) Peraturan ini.

Penilaian Kinerja

Ilustrasi Foto PNS.  (Liputan6.com/Yoppy Renato)

Sedangkan dari kinerja, menurut peraturan ini digunakan untuk mengukur data dan informasi mengenai penilaian kinerja yang dilakukan berdasarkan perencanaan kinerja pada tingkat individu dan tingkat unit atau organisasi dengan memperhatikan target, capaian, hasil, dan manfaat yang dicapai serta perilaku PNS.

Penilaian diperhitungkan sebesar 30 persen dari keseluruhan pengukuran.

Instrumen pengukuran pada dimensi kinerja bobot, menurut Peraturan ini, penilaiannya adalah:

a. bobot nilai sebesar 30 bagi PNS yang memiliki nilai kinerja antara 91 sampai dengan 100 dengan kriteria sangat baik dalam satu tahun terakhir;

b. bobot nilai sebesar 25 bagi PNS yang memiliki nilai kinerja antara 76 sampai dengan 90 dengan kriteria baik dalam satu tahun terakhir;

c. bobot nilai sebesar 15 bagi PNS yang memiliki nilai kinerja antara 61 sampai dengan 75  dengan kriteria cukup dalam satu tahun terakhir;

d. bobot nilai sebesar lima bagi PNS yang memiliki nilai kinerja antara 51 sampai dengan 60 dengan kriteria sedang dalam satu tahun terakhir; dan

e. bobot nilai sebesar satu bagi PNS yang memiliki nilai kinerja 50 ke bawah dengan kriteria kurang dalam satu tahun terakhir.

Adapun instrumen pengukuran pada dimensi kinerja bobot penilaiannya sebagai berikut: a. bobot nilai sebesar lima bagi PNS yang memiliki riwayat tidak pernah dijatuhi hukuman disiplin; b. bobot nilai sebesar tiga bagi PNS yang memiliki riwayat dijatuhi hukuman disiplin tingkat ringan.

Selain itu, c. bobot nilai sebesar dua bagi PNS yang memiliki riwayat dijatuhi hukuman disiplin tingkat sedang;  dan d. bobot nilai sebesar satu bagi PNS yang memiliki riwayat dijatuhi hukuman disiplin tingkat berat.

"Hukuman disiplin yang sebagaimana dimaksud yaitu yang telah mempunyai keputusan final dan dihitung dalam waktu 5 (lima) tahun terakhir," bunyi Pasal 10 ayat (5) Peraturan ini.

Rumus

Pengurusan kenaikan pangkat dan pensiun secara online dapat dapat meminimlisir terjadinya praktek pungutan liar.

Rumus pengukuran indeks profesionalitas PNS, menurut peraturan ini, merupakan jumlah total hasil perkalian dari bobot dimensi, indikator dikalikan skor atau nilai masing-masing jawaban dimensi/indikator.

Rumus Pengukuran Indeks Profesionalitas ASN sebagaimana dimaksud tercantum dalam Lampiran I yang merupakan bagian tidak terpisahkan dari Peraturan Badan ini.

Selanjutnya kategori tingkat Profesionalitas ASN dibuat dalam rentang nilai sebagai berikut: a. 91-100; b. 81 – 90; c. 71 – 80; d. 61 – 70; dan e. 60 ke bawah.

Sedangkan sebutan tingkat Profesionalitas sebagaimana dimaksud yaitu: a. Sangat Tinggi yang memiliki rentang nilai antara 91 – 100; b. Tinggi yang memiliki rentang nilai antara 81 – 90; c. Sedang yang memiliki rentang nilai antara 71 – 80; d. Rendah yang memiliki rentang nilai antara 61 – 70; dan e. Sangat Rendah yang memiliki rentang nilai 60 ke bawah.

"Peraturan Badan ini mulai berlaku pada tanggal diundangkan," bunyi Pasal 22 Peraturan BKN Nomor 8 Tahun 2019, yang telah diundangkan oleh Direktur Jenderal Peraturan Perundang-Undangan Kementerian Hukum dan HAM, Widodo Ekatjahjana, pada 15 Mei 2019.

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Top 3 Tekno: Asteroid Diprediksi Hantam Bumi hingga PUBG Mobile Offline

Posted: 11 Jun 2019 09:30 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Para peneliti di European Space Agency (ESA) memperkirakan sebuah asteroid akan melintasi, dan kemungkinan menabrak Bumi pada 9 September 2019.

Diberi nama 2006 QV89, asteroid yang memiliki bentang 40 meter ini ternyata bikin penasaran para pembaca di kanal Tekno Liputan6.com.

Berita lain yang juga bikin penasaran datang dari pengumuman PUBG Mobile yang offline dan kapan gim bergenre battle royale ini kembali online.

Lebih lengkapnya, simak tiga berita terpopuler berikut ini.

1. Mengenal Asteroid yang Diprediksi Hantam Bumi 9 September 2019

Ilustrasi artis tentang asteroid yang berpotensi berbahaya menuju Bumi. (Kredit: ESA)

European Space Agency (ESA) memperkirakan asteroid 2006 QV89 akan melintasi, dan kemungkinan menabrak Bumi pada 9 September 2019.

ESA merilis objek luar angkasa yang akan menabrak Bumi, dan salah satunya asteroid 2006 QV89.

Dikutip dari Live Science, Selasa (11/6/2019), dibandingkan dengan asteroid sepanjang 10 kilometer yang membunuh dinasaurus non-avian sekira 66 juta tahun lalu, ukuran 2006 QV89 cukup kecil yakni hanya 40 meter.

Baca selengkapnya di sini

 

2. Pengumuman, PUBG Mobile Offline Hari Ini!

PUBG Mobile bakal kehadiran zombie mode di update terbarunya, kapan? (Liputan6.com/ Yuslianson)

Gim online multiplayer battle royale PUBG Mobile mengumumkan kondisi offline pada hari ini, Selasa (12/6/2019).

Menurut informasi resmi dari PUBG Mobile lewat akun Twitternya @PUBGMOBILE, gim yang tengah digemari oleh pengguna smartphone ini mengalami offline karena adanya maintenance alias perbaikan.

Disebutkan pula, proses maintenance gim ini berlangsung sejak 00:00:00 hingga 08:00:00 UTC.

Baca selengkapnya di sini

3. PUBG Mobile Offline, Kapan Kembali Online?

PUBG Mobile x Resident Evil 2. (Doc: PUBG Mobile)

Gim PUBG Mobile tengah mengalami kondisi offline pada 11 Juni 2019.

Kondisi PUBG Mobile offline berlangsung sejak pukul 00:00:00 UTC yang jika dikonversi adalah pukul 07.00 WIB.

Lantas kapan pemain gim mobile bisa mengakses kembali gim PUBG Mobile di smartphone mereka masing-masing?

Baca selengkapnya di sini

(Ysl/Isk)

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Roro Fitria Dapat Remisi Hari Raya Lebaran

Posted: 11 Jun 2019 09:30 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Roro Fitria saat ini masih mendekam di Rutan Pondok Bambu. Roro Fitria ditahan karena kasus narkoba yang menjeratnya pada awal tahun lalu.

Saat ini, Roro Fitria mendapatkan pemotongan masa tahanan dalam rangka hari raya Lebaran. Hal tersebut disampaikan pengacara Roro Fitria, Asgar Hasrat Sjafrie.

"Mbak Roro dia baru melakukan remisi pertama, remisi hari raya Lebaran. Jadi kan beliau tidak ada lagi upaya hukum, baru bisa melakukan remisi kali ini. Tapi pembebasan bersyaratnya dia belum bisa, nanti setahun lagi baru bisa," kata pengacara Roro Fitria saat ditemui di kawasan Menteng, Jakarta Pusat, Selasa (11/6/2019).

Hanya saja, pihaknya masih belum bisa merincikan secara detail soal remisi yang diterima Roro Fitria itu, "Belum (tahu berapa lama). Kita harusnya mendapatkan berita hari ini, cuma belum keluar tadi, jadi saat tidak mau mendahului dari Lapas dan Kemenkumham, jadi tunggu saja," lanjutnya.

Pertimbangan

Roro Fitria

Selain momen Lebaran, perilaku baik Roro Fitria selama di dalam lapas juga menjadi pertimbangan pihak kuasa hukum Roro Fitria untuk mengajukan remisi. Selama ini, Roro Fitria dinilai cukup banyak memberikan sumbangsih untuk lapas.

"Yang membuat kami ajukan remisi karena kan beliau melakukan kegiatan di lapas, sosialisasi dengan teman-temannya, terus dia juga menyumbangkan ke masjid ya. Banyak sih yang dia lakukan di dalam. Mungkin itu adalah alasan kami mengajukan remisi, mudah-mudahan," ia mengakhiri.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

George Toisutta, Sang Guru Inspirasi Rakyat Maluku

Posted: 11 Jun 2019 09:26 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Jenderal Purnawirawan George Toisutta tutup usia di RSPAD Gatot Soebroto, Jakarta pagi ini, Rabu (12/6/2019). Purnawirawan TNI Angkatan Darat itu dipanggil Yang Maha Kuasa pada pukul 05.26 WIB.

George Toisutta rencananya akan diterbangkan ke Makassar melalui Bandara Halim Perdana Kusuma, Jakarta Timur.

George Toisutta menjabat sebagai Kepala Staf TNI Angkatan Darat sejak 29 November 2009 hingga 30 Juni 2011.

Dirangkum dari berbagai sumber, George lahir di Makassar, 1 Juni 1953. Meski lahir di tanah Makassar, sebenarnya Jenderal Purnawirawan George Toisutta adalah anak Maluku yang berdarah tanah Saparua-Maluku.

Dia mengawali karier dengan mengikuti pendidikan militer di AKABRI pada tahun 1976, hingga menjadi kepala staff TNI Angkatan Darat pada tahun 2009. Lalu setelah pensiun ia melanjutkan kariernya dengan menjadi komisaris utama OSO Group pada tahun 2012.

Sebelum menutup usianya, ia menderita kangker usus yang membuatnya terbaring lemah di Rumah Sakit Pusat Angkatan Darat (RSPAD) Gatot Soebroto Jakarta. Pada saat di rumah sakit ia juga sempat di jenguk oleh Prabowo Subianto. Di mata Prabowo Jenderal TNI George Toisutta adalah pribadi yang memiliki strategi yang baik dan kuat.

"Beliau adalah sosok prajurit yang cerdas dan kuat dan memiliki kemampuan strategi yang sangat baik," ungkap Prabowo saat menjenguk beliau di RSPAD (11/6/2019).

Selaras dengan pernyatan Prabowo, di mata Jenderal Purnawirawan Gatot Nurmantyo, bahwa George Toisutta adalah sosok inspirasinya sejak dahulu.

"Beliau adalah atasan, senior, guru dan pelatih saya," kata Jendral (Purn) Gatot Nurmantyo melalui akun Twitternya (12/6/2019).

Selain menjadi inspirasi, kata Gatot, George Toisutta juga menginspirasi seluruh masyarakat tanah kelahirannya yaitu Saparua-Maluku.

Masyarakat Saparua sangat mencintai beliau, hal tersebut dapat dibuktikan saat beberapa waktu lalu saat itu George datang untuk kunjungan pribadinya pada waktu lalu (9/3/2019) ia disambut dengan Tarian Adat Cakalele dan Lenso oleh warga Saparua Timur dan Saparua saat tiba di Pelabuhan Haria, Saparua.

Hal tersebut sudah menjadi bukti kongkret bahwa George sangat dicintai seluruh warga kampung halamannya karena pribadinya yang baik dan memiliki karier yang cemerlang.

Tidak mudah untuk menjadi sososk inspiratif seperti George Toisutta, perlu dengan usaha yang tidak mudah disertai dengan doa orang-orang terkasihi. Dengan berlatar belakang sebagai anak Maluku yang dicap sulit untuk berkarier.

Namun, George Toisutta dapat membuktikannya bahwa menjadi anak Maluku dapat mencapai impiannnya, bahkan termasuk dari 12 mantan Panglima Kostrad yang berhasil meraih pangkat tertinggi, bintang empat.

Ke-12 orang itu adalah Soeharto, Umar Wirahadikusumah, Makmun Murod, Poniman, Rudini, Wismoyo AM, Wiranto, Ryamizard Ryacudu, George Toisutta, Pramono Edhie, Gatot Nurmantyo, dan Mulyono. Sementara rekan lainnya pensiun dengan pangkat letnan jenderal.

Berbagai Penghargaan

Sepanjang kariernya George Toisutta juga sempat memperoleh berbagai penghargaan, antara lain: SL Seroja, SL Dwidya Sistha, SL Kesetiaan VIII tahun, SL Kesetiaan XVI tahun, Bintang Swa Bhuwana Paksa Utama dan Bintang Jalasena Utama (2011), Bintang Mahaputera Utama (2011), Penghargaan Bhakti Koperasi dari Menteri Koperasi dan UKM (2011), dan Penghargaan Forki (2011).

Namun, tak semua karir George Toisutta berjalan mulus, ia sempat gagal saat menjadi bakal calon ketua Persatuan Sepak Bola Seluruh Indonesia (PSSI) berpasangan dengan pengusaha Arifin Panigoro pada tahun 2011. Hal tersebut dikarenakan tidak lolos verifikasi oleh Komite Eksekutif FIFA .

Pemilu 2014 Jenderal George Toisutta sempat menjadi Wakil Ketua Tim Prabowo-Hatta calon presiden dan wakil presiden saat itu.

Sampai pada akhirnya pada tahun 2019 George Toisutta menutup usianya hari ini (12/6/2019) pada pukul 05.26 WIB dan akan di makamkan di kota kelahirannya Makassar.

"Almarhum disemayamkan di rumah duka RSPAD dan akan di makamkan di TPU Dadi Jl Lanto Daeng Pasewang, Makasar, Sulawesi Selatan," kata Kadispen AD Brigjen TNI Chandra Wijaya saat dikonfirmasi, Rabu (12/6/2019).

(Liputan6.com/Nabila Bilqis)

Saksikan video pilihan berikut ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Chat Tersangka Kasus Narkoba Bocor, B.I iKON Dituduh Mencoba Beli LSD  

Posted: 11 Jun 2019 09:20 PM PDT

Liputan6.com, Seoul - Skandal kembali menimpa artis dari YG Entertainment, kali ini menyeret B.I iKON. Dilansir dari Koreaboo dan Soompi, Rabu (12/6/2019), hal ini berawal dari sebuah laporan media Korea Selatan Dispatch. Leader iKON ini dituduh mencoba membeli LSD dan mariyuana. 

Media tersebut memublikasikan rekaman chat KakaoTalk yang disebut terjadi antara seseorang bernama "A", dengan B.I iKON.

A adalah orang yang ditangkap pada Agustus 2016 karena transaksi narkoba, dan polisi menemukan rekaman percakapan ini dalam ponsel milik A.

Pada investigasi yang berlangsung pada 22 Agustus 2016, A mengaku kepada polisi bahwa percakapan ini benar-benar terjadi. Dia juga menyatakan bahwa dia menyampaikan 10 dosis LSD di dekat tempat tinggal B.I iKON di Mapo, pada 3 Mei 2016 sesuai permintaan pria 22 tahun tersebut.

Dispatch menyebutkan, polisi tak pernah mencoba memanggil B.I iKON terkait kasus ini.

Ubah Testimoni

Atas hal ini, polisi menjelaskan bahwa A meralat ucapannya dalam pemeriksaan ketiga yang dilakukan pada 30 Agustus 2016. "Betul bahwa B.I meminta narkoba, tapi aku tak memberikannya kepadanya," begitu pengakuan A.

Hanya saja, Dispatch melaporkan bahwa YG Entertainment membayar biaya pengacara untuk A dan memintanya untuk mengubah testimoni.

Tak hanya A, seorang pengedar narkoba berinisial C juga dikaitkan dengan B.I iKON. Kala itu ia memberi testimoni soal nama-nama kliennya, dan salah satunya adalah pelantun "Love Scenario" tersebut.

Negatif

Ikon. (Foto: soompi.com)

Sementara itu, YG Entertainment membantah tuduhan ini. "YG mengawasi penggunaan narkoba di kalangan artis kami secara ketat. B.I tidak ada kaitan sama sekali dengan kasus narkoba pada 2016," tutur perwakilan YG.

Disebutkan bahwa setidak dua bulan sekali artis YG menjalani pemeriksaan penggunaan narkoba. Semua anggota iKON diklaim tak ada yang positif menggunakan narkoba.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Kemnaker Terima 251 Aduan Soal THR Tahun Ini

Posted: 11 Jun 2019 09:15 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Jumlah pengaduan persoalan pembayaran Tunjangan Hari Raya (THR) terus mengalami penurunan dari tahun ke tahun. Pada tahun ini, Pos Komando (Posko) Pelayanan Konsultasi dan Penegakan Hukum Pembayaran THR Kementerian Ketenagakerjaan menerima 251 pengaduan.

Menteri Ketenagakerjaan M Hanif Dhakiri mengatakan, jumlah pengaduan pembayaran THR Idul Fitri 2019 tersebut turun 21 persen dibandingkan 2018 yang tercatat ada 318 pengaduan. Sedangkan pada 2017 tercatat ada 412 pengaduan.

Dari total 251 pengaduan THR, sebanyak 142 perusahaan di antaranya telah diperiksa dan pembayaran THR telah dilakukan. Sedangkan 109 perusahaan lainnya sedang dalam proses pemeriksaan serta pemanggilan dinas karena beberapa perusahaan baru beroperasi setelah lebaran.

Pengaduan-pengaduan THR berasal dari sembilan provinsi di Indonesia. Dengan rincian, DKI Jakarta 109 perusahaan, Jawa Barat 67 perusahaan, Banten 26 perusahaan, DI Yogyakarta 15 perusahaan, Jawa Tengah 8 perusahaan, Jawa Timur 21 perusahaan, Sumatera Barat 1 perusahaan, Kalimantan Timur2 perusahaan dan Jambi 2 perusahaan.

"Berdasarkan laporan Posko Pengaduan THR Kemnaker, ada tren penurunan jumlah pengaduan yang masuk dari tahun ke tahun. Kita terus pantau proses penyelesaian kasus THR sampai tuntas," ujar dia di Jakarta, Rabu (12/6/2019).

Hanif mengatakan penurunan pengaduan permasalahan pembayaran THR merupakan buah dari upaya Kemnaker untuk meningkatkan hubungan industrial yang harmonis antara pengusaha dan pekerja.

"Kesadaran para pengusaha untuk membayar THR bagi pekerja terus meningkat. Apalagi pemberian THR Keagamaan merupakan kewajiban yang harus dilaksanakan pengusaha kepada pekerja sesuai dengan Peraturan Menteri Ketenagakerjaan Nomor 6 Tahun 2016," kata dia.

 

Perketat Pengawasan

THR/copyright: shutterstock

Untuk memastikan pembayaran THR sesuai dengan ketentuan yang berlaku, Hanif juga dilakukan dengan memperketat pengawasan dengan mengerahkan pengawas ketenagakerjan di tingkat pusat maupun daerah.

Dia berharap ke depan jumlah pengaduan permasalahan THR terus menurun. Pasalnya, pemerintah senantiasa berupaya memperbaiki iklim ketenagakerjaan melalui regulasi yang berpihak ke semua pihak terkait

Selain menerima pengaduan pembayaran THR, Kemnaker juga menerima konsultasi terkait pembayaran THR pada 2019. Tercatat ada 525 konsultasi yang terdiri dari 486 terkait konsultasi THR dan 39 konsultasi non-THR.

Selama ini Kementerian Ketenagakerjaan membuka Layanan Posko THR 2019 mulai 20 Mei hingga 10 Juni 2019. Laporan pengaduan dan konsultasi THR diterima melalui datang langsung ke Posko THR, telepon, email, dan pesan Whatsapp/SMS.

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Yordania vs Timnas Indonesia: Eksperimen Simon McMenemy Tak Berjalan Mulus

Posted: 11 Jun 2019 09:10 PM PDT

Jakarta Timnas Indonesia kalah telak 4-1 dari Yordania pada pertandingan uji coba FIFA Matchday di King Abduhalllah II Stadium, Selasa (11/6/2019) malam. Penampilan pemain Timnas Indonesia pada laga itu kurang maksimal.

Rupanya, pelatih Timnas Indonesia, Simon McMenemy, mencoba melakukan eksperimen. Tapi, alih-alih berbuah manis, sebaliknya eksprimen itu menuai hasil buruk disertai penampilan pemain Timnas Indonesia yang kurang maksimal.

"Niat Simon sudah bagus. Dia mencoba pola permainan baru dengan menempatkan tiga bek di belakang, menumpuk gelandang, dan hanya menyisakan striker tunggal di depan. Tapi tampaknya lini tengah jadi penyebab utama mudahnya pertahanan Indonesia dibobol Yordania," tutur pengamat sepak bola, Djoko Susilo.

Djoko melihat peran Rizki Pellu dan Ramdani Lestaluhu tak efektif untuk memenangkan pertarungan di lini tengah.

"Bahkan Pellu terlihat bermain negatif dengan mengembalikan bola yang seharusnya mengalir ke depan jadi balik ke belakang. Saat itulah bek ditekan pemain Yordania," ujar Djoko Susilo.

Djoko Susilo mengamati jarak antara pemain tengah Timnas Indonesia yang berjauhan membuat pemain yang sedang menguasai bola yang dalam tekanan bingung memberikan passing ke pemain lainnya. "Sehingga ini sering membuka peluang seorang pemain melakukan kesalahan yang dimanfaatkan lawan," katanya.

 

 

 

Keberanian

Timnas Indonesia kalah 1-4 dari Yordania dalam laga uji coba di King Abdullah II Stadium, Selasa (11/6/2019). (PSSI)

Kendati begitu, Djoko Susilo memuji keberanian Simon yang menurunkan skuat tanpa pemain naturalisasi pada babak pertama.

"Langkah ini harus diapresiasi. Semua bisa tahu kemampuan sebenarnya timnas bila tanpa pemain naturalisasi. Sebagai pelatih lokal, saya bangga dengan kebijakan ini. Meski Indonesia ketinggalan 0-2 di babak pertama," ujarnya.

Peran Individu

Pelatih asal Malang ini juga menuturkan, Simon McMenemy tak hanya mengubah cara bermain secara tim, tapi juga peran individu pemain yang selama ini dilakukan di klub.

"Maksudnya Simon sudah baik. Tapi, pemain Timnas Indonesia belum mampu menerapkan dengan baik. Makanya bisa lihat Riko Simanjuntak yang selama ini sangat ganas di Persija sebagai penyerang sayap, tadi malam kelebihan itu tak nampak," jelasnya.

 

Sumber: Bola.com

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Jadwal Timnas Indonesia Vs Vanuatu di Indosiar: Simon McMenemy Percaya Diri

Posted: 11 Jun 2019 09:08 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Timnas Indonesia menyerah 1-4 dari Yordania dalam laga persahabatan, Selasa (11/6/2019) malam WIB. Kekalahan ini sekaligus menandai debut Simon Mcmenemy sebagai pelatih timnas Indonesia senior.

Bagi Simon, kekalahan melawan Yordania merupakan pelajaran berharga. Pelatih asal Skotlandia itu merasa, timnas Indonesia mendapatkan hal yang memang menjadi target.

"Kredit tersendiri untuk Yordania. Mereka tim yang kuat, punya teknis bagus. Ini adalah tim (Yordania) yang sama ketika mengalahkan Australia," kata Simon seperti dilansir situs resmi PSSI.

"Alasan utama kami ke sini adalah mendapat lawan tim kuat, dan kami dapat itu," kata Simon menambahkan.

Simon berkesempatan memperbaiki catatan itu saat meladeni Vanuatu dalam laga persahabatan di Jakarta. Secara kualitas, Vanuatu tentu ada di bawah Yordania.

Timnas Indonesia pun punya kans untuk menang atas lawannya tersebut. "Masih ada pertandingan di Jakarta, di rumah kita. Menuju pertandingan itu kami akan pulang dengan kepercayaan diri," ujar Simon mengakhiri.

Berikut jadwal timnas Indonesia senior vs Vanuatu yang akan disiarkan di Indosiar.

 

Jadwal Timnas Indonesia vs Vanuatu

Timnas Indonesia (FA Myanmar)

Sabtu 15 Juni 2019

18.30 WIB, Indonesia vs Vanuatu, Gelora Bung Karno, Jakarta

Live Indosiar

Saksikan video menarik di bawah ini.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Viral Pria Pakai High Heels di Mall, Alasannya Bikin Salut

Posted: 11 Jun 2019 09:05 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Tampil cantik memang butuh pengorbanan. Namun, tiap manusia punya batasan masing-masing. Seperti halnya ibu-ibu yang harus rela melepas high heels-nya karena kakinya sakit saat berjalan-jalan di sebuah pusat perbelanjaan.

Untungnya, ia tak perlu repot-repot membeli alas kaki baru. Pasalnya, putra tercintanya justru menggantikannya mengenakan high heels. Pemuda asal Malaysia yang diketahui bernama Amirul Firdaus itu menceritakan kisahnya melalui cuitan di Twitter @AmrulFrdaus, pada Rabu (5/6/2019).

Saat itu, Amirul dan Ibunya tengah jalan-jalan di mall bertepatan dengan Hari Raya Idul Fitri. Amirul mengunggah foto dua pasang kaki dengan alas kaki yang ditukar. Ya, ibunya mengenakan sandal Amirul.

Sementara itu, Amirul sendiri rela mengenakan high heels ibunya yang identik dikenakan wanita. Alhasil, Amirul harus berjalan lebih pelan untuk menyesuaikan alas kaki barunya itu.

Bertukar alas kaki dengan ibunya

Dalam cuitannya, Amirul menuliskan,

"(foto ini diambil) karena kaki ibuku sakit pakai high heel. Kesimpulannya aku sayang ibuku. Sekian." Tulis Amirul beserta foto kakinya di atas ekskalator.

Dikutip Liputan6.com dari laman World of Buzz, Rabu (12/6/2019), Amirul mengaku awalnya tak ada niatan untuk mengenakan high heels ibunya. Saat itu, ia dan ibunya tengah berada di mall Queensbay di Penang, Malaysia.

"Sebenarnya aku tidak menyangka akan mengenakan high heels ibuku. Aku melakukannya karena ibu bilang kakinya sakit. Ditambah tidak ada toko sepatu di sekitar kami. Akhirnya aku memutuskan untuk bertukar alas kaki dengan ibuku." Ungkapnya kepada World of Buzz.

Kendati demikian, Amirul sempat terpikir untuk pergi membeli sepasang sepatu baru untuk ibunya. Namun, kala itu ayahnya menyuruh mereka buru-buru pulang.

Aksinya Banjir Pujian

Hingga kini, cuitan Amirul telah meraup retweet hampir 26 ribu kali. Ratusan komentar juga terlihat membanjiri tindakan mulia Amirul yang sukses menyedot perhatian. Sebagian besar orang memuji sifat Amirul yang sangat perhatian kepada ibunya.

Seperti yang ditulis akun @Syeeranzr,

"Tak sia-sia anda lahir ke dunia,"

Serta akun @hananihakim1 yang menuliskan, "Masya Allah.. Calon suami,"

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

RI Gandeng Inggris untuk Perkuat Reformasi Regulasi Ekonomi

Posted: 11 Jun 2019 09:05 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Pemerintah dalam hal ini Kementerian Koordinator Bidang Perekonomian Republik Indonesia bersama dengan Kantor Luar Negeri dan Persemakmuran serta Kementerian Bisnis, Energi, dan Strategi Industri Perserikatan Britania Raya dan Irlandia Utara menandatangani Nota Kesepahaman (Memorandum of Understanding/MoU) tentang pengembangan reformasi regulasi di Indonesia.

Sekretaris Kementerian Koordinator Bidang Perekonomian, Susiwijono mengatakan, salah satu perwujudan kerja sama tersebut yakni meliputi bantuan teknis untuk pengembangan reformasi regulasi dengan nilai bantuan mencapai 1.140.000 pound sterling yang akan berlaku selama lima tahun hingga 31 Maret 2023.

"Pemerintah Indonesia menyambut baik penandatanganan MoU ini. Kami harap program kerja sama ini berjalan dengan baik, dapat membawa perbaikan regulasi untuk meningkatkan iklim investasi sehingga mampu membawa pertumbuhan ekonomi inklusif, serta menurunkan tingkat kemiskinan di Indonesia," kata dia dalam acara penandatanganan MoU, di Gedung Kemenko, Jakarta, Rabu (12/6/2019).

Bantuan tersebut bersumber dari hibah Kantor Luar Negeri dan Persemakmuran Perserikatan Kerajaan Britania Raya dan Irlandia Utara melalui Dana Kesejahteraan Pemerintah Inggris untuk memberi bantuan teknis bagi Pemerintah Indonesia, yang dikelola oleh Unit Pelayanan Regulasi Internasional, Kementerian Bisnis, Energi, dan Strategi Industri Perserikatan Britania Raya dan Irlandia Utara.

Dia melanjutkan, penandatanganan MoU ini akan ditindaklanjuti dengan workshop terkait post border dan product market surveillance regime di Indonesia sebagai agenda kegiatan pertama.

"Implementasi MoU ini dapat berupa pertukaran informasi, program, pendidikan, pelatihan, seminar, dan pengembangan kapasitas; ataupun bentuk kerja sama lain yang telah disepakati bersama secara tertulis oleh kedua negara," ujar dia.

Selain itu, akan dibentuk rencana kerja spesifik dan terperinci dalam pengimplementasian, yang akan ditinjau setiap tahunnya, dengan tujuan dan hasil produk yang jelas.

Program bantuan teknis ini bersifat fleksibel untuk merespons perkembangan isu prioritas dari Pemerintah Indonesia.

 

Reporter: Yayu Agustini Rahayu

Sumber: Merdeka.com

Inggris Jadi Contoh

Dubes Inggris Moazzam Malik saat berbuka puasa di cafe Batavia Museum Fatahilah, Jakarta, Minggu (18/6). (Liputan6.com/Gempur M Surya)

Dalam kesempatan serupa, Duta Besar Inggris untuk Indonesia H.E. Moazzam Malik menuturkan, International Civil Service Effectiveness Index (InCisSE) telah menobatkan Inggris sebagai negara terbaik dalam membentuk dan mengimplementasikan regulasi.

Inggris mempunyai sistem regulasi, termasuk regulasi ekonomi, yang sangat baik.

"Melalui program kerjasama yang baru ini, Inggris berbagi keahliannya dengan mitra-mitra di Indonesia dalam bersinergi dan mengimplementasikan regulasi yang sesuai dengan kebutuhan pasar di Indonesia," kata dia.

Dia melanjutkan, regulasi-regulasi harus diimplementasikan guna memastikan pasar-pasar berfungsi secara efektif demi pertumbuhan ekonomi dan penciptaan lapangan pekerjaan. Regulasi yang baik menciptakan pemerintahan yang mampu mendorong bisnis startup dan investasi, sekaligus melindungi kebutuhan konsumen.

"Saya harap kemitraan ini dapat membantu meningkatkan daya saing, membuka peluang bisnis bagi masyarakat, mempercepat investasi, serta memacu pertumbuhan ekonomi di masa mendatang. Dengan kolaborasi ini, kami harap dapat mendukung kemajuan perekonomian Indonesia. Kalau Indonesia berhasil, kesempatan pada perekonomian dunia akan lebih besar, dan kita akan bisa menciptakan dunia yang lebih sejahtera," ujar dia.

Sebagai salah satu agenda prioritas Pemerintahan Presiden Joko Widodo, reformasi regulasi mendukung perwujudan prinsip Nawacita serta menjadi modal dalam membangun tata kelola pemerintahan yang bersih, efektif, demokratis, dan terpercaya, terutama untuk mendukung pelaksanaan pembangunan dan perekonomian yang adil dan berkelanjutan.

Kerja sama teknis dengan Persemakmuran Perserikatan Kerajaan Britania Raya dan Irlandia Utara ini sangat tergantung pada dukungan seluruh Kementerian dan Lembaga (K/L).

Dalam hal ini, perlu peran aktif dari setiap K/L agar harapan tata kelola pemerintahan yang bersih dan efisien melalui pelaksanaan reformasi regulasi dapat terwujud.

Inggris Lirik Bangun Jalur Kereta di Bali

Ilustrasi – Kereta Api. (Foto: Liputan6.com/KAI Daop 5 Purwokerto/Muhamad Ridlo)

Menteri Perhubungan, Budi Karya Sumadi menggelar pertemuan tertutup dengan Duta Besar Inggris untuk Indonesia Moazzam Malik di kantornya pada Selasa sore, 11 Juni 2019.

Banyak hal yang dibahas dalam pertemuan tersebut, termasuk peluang Inggris untuk bisa berinvestasi di Indonesia. Mayoritas, Inggris melirik proyek-proyek kereta api yang akan dibangun pemerintah.

"Tercatat reaktivasi kereta Bandung-Ciwidey, kereta dalam kota Jakarta Surabaya, bandara-bandara hingga pelabuhan menjadi target. Kereta di Bali yang jarang dilirik investor menjadi bahasan intensif," kata Budi Karya seperti dikutip Liputan6.com dari akun Instagramnya, Rabu, 12 Juni 2019.

Peluang investasi ini bisa dilakukan Inggris baik secara langsung atau tidak langsung, seperti dengan menyediakan plafon pinjaman lunak untuk bisa menjadi sumber pendanaan proyek tersebut.

Untuk pinjaman lunak, setidaknya Inggris menawarkan alokasi hingga Rp 55 triliun dengan lokal konten bisa mencapai 80 persen. Sebagai negara yang lebih maju, saat ini Inggris bisa menjadi contoh bagaimana pengembangan sistem trasportasi di Indonesia ke depannya.

"Harapannya dengan adanya kerjasama kedua negara ini, bisa mempercepat perkembangan dan pembangunan berbagai sektor transportasi di Indonesia," pungkas Budi Karya.

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Bengkel di Vietnam ternyata Sudah Aplikasikan Mesin Otomatis

Posted: 11 Jun 2019 09:05 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Penyerapan investasi gencar dilakukan Vietnam guna mendorong pertumbuhan ekonomi, tak terkecuali bidang bisnis perbengkelan. Lebih agresif melakukan terobosan, pengadaan equipment pendukung dalam bengkel mereka ternyata sangat canggih.

Pilihan mesin menjadi prioritas dibanding interior yang diberikan, hal ini berkaitan erat dengan kecepatan yang diberikan kepada konsumen.

Pembisnis perbengkelan di Vietnam lebih senang berinvestasi pada mesin yang digunakan di bengkel dibanding mengeluarkan dana untuk desain dan interior bengkel. Karena itu, jangan kaget bila mesin yang dipilih sangat canggih. "Mengapa kami memilih Hunter sebagai penunjang bengkel kami karena Hunter satu – satunya yang mendukung kinerja bengkel kami, baik dari sisi kecepatan, akurasi dan efisiensi, tak terkecuali pemerintahan kami sangat ketat dalam peraturan berkendara terutama dari segi keamanannya dan pemerintahan kami sangat memperhatikan itu". kata Mr. Son pemilik bengkel Nha ti Tire Hanoi.

Beberapa pekan lalu, tepatnya tanggal 30 April - 4 mei 2019 Himawan Putra Corp dan mitra bengkel di Indonesia melakukan studi banding ke Vietnam. Hal yang harus dipelajari dan diaplikasikan ialah mesin yang digunakan di bengkel merupakan mesin yang dioperasikan secara otomatis.

 

Meningkatkan Produktivitas

Tak hanya itu, pekerja juga dibekali pengetahuan terkait mesin, sehingga bisa meningkatkan produktivitas dan efisiensi.

Selain itu, para peserta juga diperkenalkan dengan bengkel yang menjadi wakil dari Hunter Engineering Company Vietnam dan diajak mengunjungi beberapa bengkel di sekitar Hanoi untuk melihat perkembangan bisnis bengkel di Vietnam.

"Kami mencoba memberikan sudut pandang dan strategi bisnis dengan mengajak para mitra kami untuk dapat membandingkan dan melihat perkembangan teknologi dan bisnis bengkel disini (Vietnam)" tutur Faizal Ramadani, Marketing Manager Himawan Putra Corp.

 

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

FOTO: Melihat Ragam Bisnis Narapidana di Penjara Uruguay

Posted: 11 Jun 2019 09:03 PM PDT

Seorang narapidana mencukur rambut narapidana lainnya di salah satu pangkas rambut yang berada di Penjara Punta de Rieles, Montevideo, Uruguay, 9 Mei 2019. Narapidana harus memiliki minimal enam bulan perilaku baik untuk bisa berbisnis di Penjara Punta de Rieles. (AP Photo/Matilde Campodonico)

Seorang narapidana mencukur rambut narapidana lainnya di salah satu pangkas rambut yang berada di Penjara Punta de Rieles, Montevideo, Uruguay, 9 Mei 2019. Narapidana harus memiliki minimal enam bulan perilaku baik untuk bisa berbisnis di Penjara Punta de Rieles. (AP Photo/Matilde Campodonico)

Para narapidana bekerja di sebuah toko roti di Penjara Punta de Rieles, Montevideo, Uruguay, 15 Mei 2019. Toko roti ini dimulai oleh dua narapidana yang mempertahankannya meski telah dibebaskan dan sekarang mempekerjakan 50 hingga 70 narapidana. (AP Photo/Matilde Campodonico)

Para narapidana bekerja di sebuah toko roti di Penjara Punta de Rieles, Montevideo, Uruguay, 15 Mei 2019. Toko roti ini dimulai oleh dua narapidana yang mempertahankannya meski telah dibebaskan dan sekarang mempekerjakan 50 hingga 70 narapidana. (AP Photo/Matilde Campodonico)

Seorang narapidana membuat balok beton di sebuah pabrik Rolando Bustamante di Penjara Punta de Rieles, Montevideo, Uruguay, 9 Mei 2019. Pabrik yang dikelola narapidana tersebut merupakan salah satu dari puluhan bisnis narapidana di Penjara Punta de Rieles. (AP Photo/Matilde Campodonico)

Seorang narapidana membuat balok beton di sebuah pabrik Rolando Bustamante di Penjara Punta de Rieles, Montevideo, Uruguay, 9 Mei 2019. Pabrik yang dikelola narapidana tersebut merupakan salah satu dari puluhan bisnis narapidana di Penjara Punta de Rieles. (AP Photo/Matilde Campodonico)

Mantan narapidana Mauro Rodr guez bekerja di toko besi di Penjara Punta de Rieles, Montevideo, Uruguay, 20 Mei 2019. Di sini, Rodr guez bekerja memperbaiki mesin untuk membuat blok semen. (AP Photo/Matilde Campodonico)

Mantan narapidana Mauro Rodr guez bekerja di toko besi di Penjara Punta de Rieles, Montevideo, Uruguay, 20 Mei 2019. Di sini, Rodr guez bekerja memperbaiki mesin untuk membuat blok semen. (AP Photo/Matilde Campodonico)

Narapidana membawa roti ke sel mereka di Penjara Punta de Rieles, Montevideo, Uruguay, 15 Mei 2019. Toko roti yang berada di Penjara Punta de Rieles dijalankan oleh mantan narapidana. (AP Photo/Matilde Campodonico)

Narapidana membawa roti ke sel mereka di Penjara Punta de Rieles, Montevideo, Uruguay, 15 Mei 2019. Toko roti yang berada di Penjara Punta de Rieles dijalankan oleh mantan narapidana. (AP Photo/Matilde Campodonico)

Seorang narapidana menyapu restoran tempat dia bekerja di Penjara Punta de Rieles, Montevideo, Uruguay, 23 Mei 2019. Narapidana di Penjara Punta de Rieles membangun bisnis, bekerja untuk satu sama lain, dan menawarkan produk mereka ke dalam maupun luar penjara. (AP Photo/Matilde Campodonico)

Seorang narapidana menyapu restoran tempat dia bekerja di Penjara Punta de Rieles, Montevideo, Uruguay, 23 Mei 2019. Narapidana di Penjara Punta de Rieles membangun bisnis, bekerja untuk satu sama lain, dan menawarkan produk mereka ke dalam maupun luar penjara. (AP Photo/Matilde Campodonico)

Sebuah toko yang dulunya dipakai menjual produk-produk pembersih berada di dalam Penjara Punta de Rieles, Montevideo, Uruguay, 9 Mei 2019. Toko tersebut merupakan salah satu bisnis yang dibangun oleh narapidana di Penjara Punta de Rieles. (AP Photo/Matilde Campodonico)

Sebuah toko yang dulunya dipakai menjual produk-produk pembersih berada di dalam Penjara Punta de Rieles, Montevideo, Uruguay, 9 Mei 2019. Toko tersebut merupakan salah satu bisnis yang dibangun oleh narapidana di Penjara Punta de Rieles. (AP Photo/Matilde Campodonico)

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

VIDEO: Terbangkan Balon Udara, Enam Warga Wonosobo Ditangkap

Posted: 11 Jun 2019 09:03 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Enam warga Wonosobo ditangkap polisi setelah menerbangkan balon udara. Sejumlah balon udara juga disita. Menerbangkan balon udara dilarang, karena dapat mengganggu aktivitas penerbangan pesawat.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Deretan Foto Mesra Titi Kamal dan Christian Sugiono Berlatar Cantiknya Sumba

Posted: 11 Jun 2019 09:02 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Berawal dari ajakan mendadak sang suami Christian Sugiono saat libur lebaran, aktris Titi Kamal kepincut dengan kecantikan tanah Sumba Timur. Kekaguman mereka atas alam yang masih asri diabadikan lewat deretan foto mesra.

Salah satu lokasi yang dikunjungi adalah Pantai Walakiri. Pantai yang disebut sebagai salah satu pesisir terindah di Sumba Timur itu memiliki ciri ombak tenang, serta hamparan pasir putih nan landai dengan dua tekstur berbeda nan unik.

Keunikan pantai yang berlokasi tak jauh dari Kota Waingapu itu terletak pada pohon-pohon bakau kerdil yang berdiri di ujung bibir pantai. Saat air sedikit surut, siluet pepohonan mangrove yang meliuk-liuk membuat Walakiri kian cantik.

Keunikan itu pula yang dijadikan latar foto mesra Titi Kamal dan Christian Sugino. Mereka saling memandang ditemani semburat jingga matahari terbenam dari kejauhan. "Tian @csugiono love," tulis Titi dalam keterangan foto, 9 Juni 2019.

Bukit Wairinding

Titi Kamal dan Christian Sugiono di Bukit Wairinding, Sumba Timur. (dok. Instagram @titi_kamall/https://www.instagram.com/p/ByjQyBJB4Cf/Dinny Mutiah)

Destinasi berikutnya yang jadi latar foto mesra Titi dan Tian adalah Bukit Wairinding. Pasangan suami istri itu berpose diselimuti kain sumba warna merah sambil saling memandang. "From this moment. the best sunset ever," tulis Titi.

Wairinding dari kejauhan tampak kuning kecokelatan penanda kemarau tengah berlangsung di Sumba. Selain lanskap perbukitan, keindahan lokasi ini juga semakin terasa dengan sekumpulan anak-anak yang menemani setiap pengunjung dengan senyuman.

 

Air Terjun Tanggedu

Titi Kamal dan Christian Sugiono di Air Terjun Tanggedu. (dok. Instagram @titi_kamall/https://www.instagram.com/p/Byhc_cahs12/Dinny Mutiah)

Liburan di Sumba Timur itu kemudian berlanjut ke Air Terjun Tanggedu. Airnya yang jernih kebiruan dikeliling tebing batu yang kokoh itu membuat Titi tak henti mengucapkan pujian pada Sang Pencipta.

"Kita di Tanggedu Waterfalls Sumba. Bagus banget masha Allah, kalian harus ke sini kalau ke Sumba Timur," tulis Titi.

Sebelum sampai ke lokasi, Titi dan Tian harus berjalan melewati bukit yang curam selama 40 menit. Belum lagi matahari yang siang itu bersinar terik. Titi pun melengkapi diri dengan topi dan sepatu olahraga untuk petualangan itu.

Air Terjun Waimarang

Titi Kamal dan Christian Sugiono di Air Terjun Waimarang, Sumba Timur. (dok. Instagram @csugiono/https://www.instagram.com/p/ByjtXPchTVa/Dinny Mutiah)

Yang tak kalah elok dari tanah Sumba adalah keberadaan Air Terjun Waimarang. Titi dan Tian memanfaatkan momen tersebut dengan berciuman yang kemudian diunggah ke akun Instagram Tian.

Belum puas, Tian yang sudah bercelana renang kemudian bersiap-siap terjun dari tebing batu di atas. Manuver ini dimungkinkan, lantaran kedalaman kolam bisa sampai empat meter.

Sayang, tak semua warganet sepaham. Ada yang menilai foto tersebut semestinya tak diunggah ke media sosial. Meski begitu, banyak pula yang memuji kemesraan Titi dan Tian.

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

7 Pengumuman Tarif Toilet Ini Bikin Kamu Mikir Kalau Mau Buang Air

Posted: 11 Jun 2019 09:01 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Toilet umum dapat menjadi penyelamat di saat darurat. Dengan membawa uang seribu-dua ribu, kamu sudah bisa menunantaskan hajat yang tertahan dari tadi.

Namun demikian, di Indonesia tak semua toilet memiliki tarif yang sama. Terkadang ada pengelola yang memberikan pengumuman tarif dengan cara yang tak masuk akal.

Tidak percaya, ini beberapa di antaranya seperti dikutip dari berbagai sumber.

1. Tarif mandinya mahal banget

Doc: Facebook

2. Toilet dengan rincian tarif untuk masing-masing BAB

Doc: Facebook

3. Ini gimana cara tahu berapa yang sudah dikeluarkan ya?

Doc: Facebook

4. Mesti bawa bungkus sendiri kalau ga mau bayar

Doc: Facebook

5. Bahasanya susah banget

Doc: Facebook

6. Ini toilet umum atau warteg sih?

Doc: Facebook

7. Toilet VIP nih

Doc: Facebook

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Square Enix: Final Fantasy 7 Remake Bakal Rilis dalam 2 Keping Blu-ray

Posted: 11 Jun 2019 09:00 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Bertepatan dengan ajang E3 2019, Square Enix mengumumkan deretan gim apa saja yang bakal meluncur di pasaran dalam waktu dekat ini.

Dari judul yang diumumkan, Final Fantasy VII Remake memang menjadi gim paling ditunggu oleh gamer di seluruh dunia.

Tak ingin membuat penggemar setia seri Final Fantasy menunggu lama, Square Enix memperlihatkan trailer mendalam tentang Final Fantasy VII Remake tersebut.

Dalam presentasi, penerbit gim asal Jepang itu memberikan gambaran tentang sistem pertarungan di dalam gim.

Tampak pada video, perusahaan merubah total sistem pertarungan di dalam gim, dan dipadukan dengan sistem Active-Time Battle (ATB) yang baru, sebagaimana dikutip dari laman Gamespot, Rabu (12/6/2019).

Kita bisa mengetahui seberapa besar--konten gameplay dan grafis sangat detail--gim ini saat meluncur di pasaran nanti.

Final Fantasy VII Remake. (Doc: Square Enix)

Dijelaskan Yoshinori Kitase saat preview E3 2019, gim bagian pertama Final Fantasy VII Remake bakal fokus di kota Midgar.

Selain itu, gamer juga bakal menjelajah lokasi baru, dan menggali lebih dalam informasi tentang tim AVALANCHE, seperti Biggs, Wedge, dan Jesse.

Ia menyebutkan, "Gim yang bakal meluncur nanti hanya bagian pertama dari keseluruhan gim utama, tetapi akan menghadirkan pengalaman gaming yang sepenuhnya terpisah dari Final Fantasy VII Remake."

 

Belum Putuskan Bakal Ada Berapa Episode

Final Fantasy VII Remake. (Doc: Square Enix)

Lebih lanjut, Square Enix sebelumnya sempat mengatakan seri remake ini akan hadir dalam beberapa bagian atau episode.

Namun sayangnya, baik Kitase dan Square Enix masih belum menentukan berapa banyak episode yang dibutuhkan sehingga gim barunya itu tamat, atau berapa lama pengembangan episode tambahan tersebut berlangsung.

Dikutip dari Kotaku, Selasa (11/6/2019), Square Enix mengungkap Final Fantasy VII Remake akan meluncur pada 3 Maret 2020. Adapun informasi lebih lanjut mengenai gim ini kemungkinan akan diungkap dalam waktu dekat.

So, apakah kamu bakal pre-order dan memainkan gim Final Fantasy VII Remake ini saat meluncur nanti?

(Ysl/Isk)

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Setiap Hari Minum Kopi, Apa yang Terjadi pada Tubuh?

Posted: 11 Jun 2019 09:00 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Sebagian orang tidak bisa melewatkan hari tanpa minum kopi. Bila tidak minum kopi, katanya terasa kurang berenergi dan semangat.

Bila menilik data statistik di Amerika Serikat, 54 persen orang di atas umur 18 tahun minum kopi sebanyak 3,1 gelas per hari.

Namun, sebenarnya bagaimana efeknya mengonsumsi kopi setiap hari? Melansir dari Reader's Digest, berikut tujuh hal yang terjadi. 

1. Panjang umur

Rata-rata orang Amerika mendapatkan kandungan antioksidan terbanyak dari kopi. Kebiasaan minum kopi hitam setiap hari justru menurunkan risiko pengembangan penyakit tertentu. 

"Konsumsi kopi secara sedang yakni sekitar 3 hingga 5 gelas per hari kemungkinan dapat menurunkan kematian karena berbagai penyebab, menurunkan risiko terkena diabetes tipe 2, penyakit parkinson, demensia, sirosis hati dan kanker tertentu termasuk liver dan endometrium," kata ahli nutrisi dari Community Coffee Company, Beth Witherspoon.

Namun, untuk mendapatkan manfaat baik dari kopi, itu dari yang murni ya. Bukan ditambah gula dan krimer 

"Supaya antioksidan dapat bekerja Anda harus mengonsumsi kopi tanpa krim dan gula," kata Janet Rich Pittman.

 

Suasana Hati Meningkat

Kopi / Sumber: iStockphoto

Kandungan kafein kopi secara langsung terhubung dengan otak. Efek ini dilihat dari konsumsi rendah kopi sekitar 75 mg. 

"Kafein dikaitkan dengan tindakan positif otak termasuk peningkatan kesadaran mental, membantu konsentrasi dan meningkatkan mood," kata Witherspoon.

Selain meningkatkan suasana hati, kopi juga dapat menurunkan tingkat depresi. Berdasarkan American Association of Retired Person (AARP), kopi menurunkan tingkat bunuh diri.

Sebuah studi dari Harvard School of Public Health menemukan bahwa seseorang yang minum kopi berkafein 2 hingga tiga gelas sehari menurunkan tingkat bunuh diri sebanyak 45 persen. Hal ini kemungkinan disebabkan efek stimulan kafein yang meningkatkan dapat meningkatkan mood.

3. Daya ingat meningkat

Sebuah studi menunjukkan manfaat kopi dalam meningkatkan daya ingat. Berdasarkan Journal Nature Neuroscience, kafein meningkatkan performa daya ingat selama 24 jam setelah konsumsi.

Hasilnya menyimpulkan bahwa kafein memiliki pengaruh dalam meningkatkan ingatan jangka panjang manusia. Namun, perlu ditekankan bahwa kafein dalam jumlah banyak belum tentu dapat memiliki efek positif lebih besar terkait produktivitas.

 

4. Performa Tubuh Meningkat

Minum kopi (iStockphoto)​

Atlet yang menyukai kopi kemungkinan akan senang dengan hal ini. Kopi ternyata memiliki manfaat pada mental dan fisik. 

"Kafein pada kopi mempengaruhi performa fisik khususnya ketahanan dalam berolahraga. Kandungan kafein yang direkomendasikan adalah sebanyak 2 hingga 6 miligram kafein per kilogram berat tubuh. Hal tersebut setara 1 hingga 4 kopi regular untuk seseorang denga berat badan 150 pon," kata Witherspoon.

Kafein bereaksi dengan penerima sinyal di otak untuk mematikan bagian yang mengenali adenosine. Adenosine merupakan senyawa yang menyebabkan rasa lelah. Maka kemungkinan erdapat penurunan perasaan lelah juga rasa sakit. Manfaat dari kopi ini juga dapat membantu Anda memiliki olahraga yang baik.

 

5. Bisa Mengganggu Keseharian

Ilustrasi lelah dan pusing (iStock)

 

Bila dikonsumsi secara berlebihan, beberapa individu mungkin akan mengalami efek negatif seperti cemas, panik, sulit tidur, insomnia dam ketergantungan terhadap kafein.

American Heart Association juga mengatakan hal serupa. Individu yang terbiasa mengonsumsi kafein mungkin akan mengalami 'penarikan kafein' dalam waktu 12 hingga 24 jam setelah mengonsumsi kafein. Hal ini akan berakhir setelah 24 hingga 48 jam. Gejala yang paling menonjol adalah sakit kepala.

Konsumsi secara berlebihan juga dapat memberikan dampak yang fatal. Sebuah studi menujukkan bahwa konsumsi kafein sebanyak 100 gelas sehari dapat memberikan dampak mematikan. Hal ini kemungkinan berbeda pada tiap orang karena metabolisme yang berbeda pada tiap tubuh.

6. Kolesterol meningkat

Bila Anda khawatir akan tingkat kolestrol maka Anda mungkin dapat memeriksa bagaimana kopi Anda dibuat. Jika Anda menggunakan french press, percolator atau memilih untuk minum espresso maka kopi Anda kemungkinan mengandung kolesterol lebih tinggi dibanding menggunakan kertas saring atau kopi instan. 

7. Tekanan darah meningkat

Kopi dapat menyebabkan tekanan darah. Umumnya peningkatan ini bersifat sementara. Selain itu, hal tersebut tidak memiliki efek jangka panjang.

 

Penulis: Khairuni Cesario

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Pogba Ungkap Alasan Tampil Melempem di MU

Posted: 11 Jun 2019 09:00 PM PDT

Liputan6.com, Manchester - Paul Pogba menjelaskan alasannya tampil kurang maksimal di MU musim lalu. Ia menyebut perbedaan taktik di lapangan membuat penampilannya berbeda di timnas dan klub.

Pogba gagal membawa MU meraih gelar apapun musim lalu. Bahkan MU tak dapat tiket ke Liga Champions karena hanya finis di posisi keenam Liga Inggris.

Total pemain asal Prancis itu hanya menyumbang 16 gol dari 47 laga di semua kompetisi. Ia bahkan sempat menjadi cadangan sebelum Jose Mourinho dipecat pada pertengahan musim.

"Di timnas Prancis dan klub taktik yang digunakan sama sekali berbeda. Di timnas kami memakai formasi 4-4-4, sementara di klub kami memakai formasi 4-3-3," kata Pogba seperti dilansir Manchester Evening News.

"Di MU saya harus bisa berperan sebagai gelandang bertahan juga. Tetapi sebagai pemain saya harus bisa menjalankan semua taktik," ujarnya menambahkan.

 

 

Ingin Berkembang

Gelandang MU, Paul Pogba. (AP Photo/Jon Super)

Sejak kembali ke MU tahun 2016, Pogba telah menyumbangkan dua gelar. Dan ia berharap MU bisa kembali berjaya musim depan.

"Secara tim kami memang menurun, tetapi secara statistik pribadi saya puas dengan pencapaian musim lalu. Namun saya sadar statistik pribadi saja tidak cukup," ujar Pogba.

"Yang jelas saya ingin membantu tim sebanyak mungkin. Saya ingin memperbanyak assist dan juga gol."

Jadwal Pramusim

Jadwal Pramusim MU

13 Juli - vs Perth Glory (Australia)

17 Juli - vs Leeds United (Australia)

20 Juli - vs Inter Milan (Singapura)

25 Juli - vs Tottenham (Shanghai)

30 Juli - vs Kristiansund BK (Norwegia)

3 Agustus - vs AC Milan (Wales)

Saksikan video pilihan di bawah ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

DPR Menilai Lambatnya Pembangunan Pelabuhan Marunda Bakal Ganggu Investasi

Posted: 11 Jun 2019 09:00 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Terhambatnya proses pembangunan Pelabuhan Marunda di Cilincing, Jakarta Utara dinilai dapat mengganggu masuknya investor ke proyek infrastruktur di Tanah Air.

Anggota Komisi V DPR,  Bambang Haryo Soekartono mengatakan, Pelabuhan Marunda merupakan salah satu proyek strategis nasional yang seharusnya sudah rampung sejak lama. Namun, hingga saat ini pembangunannya belum juga rampung.

"Pemerintah sekarang  membanggakan proses izin 3 jam selesai tapi ini investor atau swasta yang sudah mendapatkan izin tapi masih terhambat juga investasinya, ini jelas mengganggu investasi di Tanah Air," ujar dia di Jakarta, Rabu (12/6/2019).

Menurut Bambang, tidak diselesaikan pembangunan Pelabuhan Marunda akan menghambat target pemerintah untuk menjadikan Indonesia sebagai poros maritim dunia.

Bambang pun mengusulkan agar pemerintah untuk mencari pasar atau market yang nantinya kapal-kapal pengangkut muatan curah seperti batu bara, komoditas cair, dapat dilayani di Pelabuhan Marunda.

"Sekarang pemerintah cari marketnya, agar nanti ketika pelabuhan sudah jadi semua dapat efektif bekerja," tandas dia.

Pengusaha Minta Fungsi Pelabuhan Marunda Dioptimalkan

Aktivitas bongkar muat peti kemas di Pelabuhan Tanjung Priok, Jakarta, Rabu (31/10). PT Pelabuhan Indonesia II menerapkan fasilitas dan layanan pembiayaan jasa kepelabuhan (port service financing/PSF) di Tanjung Priok. (Liputan6.com/Immanuel Antonius)

Sebelumnya, pengusaha sektor maritim meminta pemerintah untuk mengoptimalkan keberadaan Pelabuhan Marunda sebagai penopang pelabuhan utama Tanjung Priok di Jakarta.

Saat ini, Pelabuhan Marunda telah memiliki sejumlah terminal. Setidaknya terdapat dua Badan Usaha Pelabuhan atau BUP yaitu Marunda Center Terminal (MCT) dan milik PT Karya Citra Nusantara (KCN).

Keduanya mempunyai potensi besar sebagai penopang Tanjung Priok. Pelaku usaha menilai dengan keberadaan keduanya, beban Tanjung Priok dapat dilimpahkan sehingga menekan kongesti, terlebih untuk bongkar muat barang curah.

Ketua Umum Indonesia Shipowner Association (INSA) Carmelita Hartoto mengungkapkan Pelabuhan Marunda memiliki potensi untuk dikembangkan karena jumlah kargo yang bertumbuh dari tahun ke tahun dan didukung dengan lahan yang cukup luas. Bisa saja, katanya, Marunda dapat naik kelas dan melayani pelayaran internasional sebagai alternatif Tanjung Priok.

"Marunda juga dapat menjadi penyanggari Pelabuhan Tanjung Priok, karena pelabuhan ini secara letak geografis tidak terlalu jauh dari Tanjung Priok. Keberadaan Marunda menjadi sangat strategis bagi Tanjung Priok untuk menekan yard occupancy ratio-nya," jelas dia. Rabu (5/9/2018).

Bagi pelayaran, tutur dia, bagaimana status Pelabuhan Marunda di masa mendatang bukan masalah. Yang penting, perlu adanya peningkatan unsur keamanan untuk pelayaran baik dari sisi kapal, ABK maupun aktifitas pelayaran atau aktivitas distribusi kargo keluar dari Marunda.

Selain itu, perlu juga adanya peningkatan infrastruktur baik di temrinal, termasuk pembangunan bandara yang tengah dijalankan, serta akses jalan menuju lokasi.

Pengembangan Pelabuhan Marunda pun telah masuk dalam Peraturan Menteri Perhubungan No. 38/2012 tentang Rencana Induk Pelabuhan Tanjung Priok. Dalam beleid tersebut, perluasan dan pengembangan Tanjung Priok melingkupi dermaga Tarumanegara, Kali Baru, Marunda, hingga Cilamaya.

Terkhusus KCN, pada beleid itupun dipaparkan pengembangan jangka panjang sebagai penopang Tanjung Priok. Alasannya, pada beleid yang diteken menteri perhubungan waktu itu, terjadi ketimpangan antara pertumbuhan arus barang dan penambahan areal.

Arus barang di Pelabuhan Tanjung Priok dalam ton dalam periode sejak 2007-2011 tumbuh rata-rata 6,14 persen per tahun. Pada 2011, arus barang mencapai 74.989.804 ton. 

Sementara Direktur National Maritime Institute Siswanto Rusdi mengamini kesiapan Pelabuhan Marunda menopang Tanjung Priok. Sebab, berdasarkan data tahun lalu, total kunjungan dan volume barang yang ditangani telah menembus 33 juta ton.

Dia merincikan, tiap bulan tidak kurang terdapat 300 call. Semisal, lanjut Siswanto, dengan tugas tersebut, seperti KCN sudah menerapkan wajib pandu-tunda.

Apalagi, jelasnya, KCN yang baru mengoperasikan Pier I yang belum seluruhnya tuntas dari tiga Pier yang direncanakan, telah menyumbang pemasukan ke kas negara. Total kontribusi KCN dengan dermaga operasional Pier I, mencapai Rp6,1 miliar sepanjang 2016-2017.

"Kalau Marunda nasibnya terkatung, seperti KCN yang malah disengketakan oleh KBN sehingga kurang optimal bekerja, sedangkan Priok tidak bisa menangani barang curah, maka akan terjadi kongesti," simpulnya.

 

Keuntungan Logistik

Aktivitas pekerja saat bongkar muat peti kemas di Jakarta International Container Terminal (JICT), Tanjung Priok, Jakarta, Selasa (6/11).  (Merdeka.com/ Iqbal S. Nugroho)

Ketua Asosiasi Logistik Indonesia (ALI) Zaldy Masita mengatakan Pelabuhan Marunda yang saat ini menjadi lokasi bongkar muat muatan curah memegang peranan penting untuk membantu distribusi barang-barang curah bagi kebutuhan di DKI Jakarta.

"Sebaiknya ke depan Marunda fokus untuk menjadi pelabuhan roll on roll off baik curah dan kontainer untuk memenuhi permintaan di Jabidetabek," ucapnya.

Indeks Performa Logistik atau Logistic Performance Index (LPI) 2018, peringkat Indonesia naik dari posisi 63 ke 46. LPI merupakan indikator kinerja logistik negara-negara di dunia yang diterbitkan Bank Dunia tiap dua tahun sekali.

Beberapa komponen yang dicermati dalam laporan yaitu bea dan cukai, infrastruktur, pengiriman barang internasional, kualitas dan kompetensi logistik, pencarian barang (tracking/tracing), dan ketepatan waktu (timeliness). Dari semua aspek penilaian LPI 2018, aspek kepabeanan meraih skor terendah sebesar 2,67.

 

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

RI Ajak 15 Negara Perkuat Komitmen Perlucutan Senjata Nuklir

Posted: 11 Jun 2019 09:00 PM PDT

Liputan6.com, Stockholm - Delegasi RI berpartisipasi pada Pertemuan Tingkat Menteri mengenai Isu Perlucutan Senjata Nuklir dan Traktat Non-Proliferasi Senjata Nuklir di Grand Hotel, Stockholm, Swedia, pada Selasa, 11 Juni 2019.

Pertemuan dipimpin oleh Menlu Swedia, Margot Wallström, dan dihadiri oleh 15 negara, diantaranya pada tingkat Menteri yaitu dari Finlandia, Jerman, Jepang, Norwegia, Selandia Baru, dan Yordania. Ketua Delegasi RI adalah Dubes RI untuk Kerajaan Swedia, Bagas Hapsoro.

Dalam pertemuan, digarisbawahi pentingnya penguatan pendekatan multilateralisme dan memperkuat kembali komitmen politis terhadap agenda perlucutan senjata nuklir, demikian seperti dikutip dari rilis resmi KBRI Stockholm yang dimuat Liputan6.com, Rabu (12/6/2019).

Duta Besar RI untuk Swedia, Bagas Hapsoro (kredit: KBRI Stockholm)

Ditekankan juga mengenai pentingnya untuk melangkah bersama ke depan dengan merujuk pada kesepakatan sebelumnya, serta dengan berfokus pada target capaian yang realistis untuk menjadi building blocks implementasi perlucutan senjata yang menyeluruh.

Kehadiran Indonesia pada pertemuan di Swedia ini menegaskan peran aktif dan kontribusi RI dalam menciptakan ketertiban dunia, khususnya rekam jejak yang kuat dalam berbagai pembahasan multilateral nuclear disarmament architectures, (seperti Southeast Asia Nuclear Weapon Free Zones /SEANWFZ/Bangkok Treaty); Comprehensive Nuclear Test Ban Treaty/CTBT, dan the Treaty on the Prohibition of Nuclear Weapons/TPNW.

Pesan dari Menlu RI

(kredit: KBRI Stockholm)

Dalam pertemuan itu, ditegaskan juga konsep yang diusung oleh Menlu RI, Retno Marsudi mengenai Kebijakan Luar Negeri Indonesia yang turut mengimplementasi pendekatan gender, termasuk dalam perlucutan senjata nuklir, menempatkan kemanusiaan melalui sudut pandang perempuan, menuju dunia yang lebih aman, adil, dan makmur.

Pertemuan ini diselenggarakan dengan tujuan untuk membahas upaya dan inisiatif yang dapat dilakukan guna menyukseskan NPT RevCon 2020 yang akan bertepatan dengan peringatan 50 tahun entry into force NPT.

Simak video pilihan berikut:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Inul Daratista Berang Disebut Sediakan Makanan Penyebab Kanker

Posted: 11 Jun 2019 09:00 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Inul Daratista membagikan momen saat dirinya kedatangan tamu di rumah. Melalui sebuah video yang diunggahnya di Instagram, Inul Daratista terlihat menyajikan durian kepada tamu yang berjumlah empat orang itu.

"Tamuku tak suguhi duren papi🤣@durianpapisurabaya @durianpapi Katanya "kok enak yo,😍bijinya imut mak nyusss , lha iyoo duren ajebb 🤣👍Ben ga ngileerrr ..:Booking durian papi sampe 4 kulkas isine dureeeennn kabeh🤣 akupun gendatsss tar balik jkt olahraga lagiiiih," tulis Inul Daratista sebagai keterangan video yang diunggahnya di Instagram.

Tak ada yang salah dengan cara Inul Daratista menyajikan durian sebagai makanan untuk diberikan kepada tamunya. Masalah justru terjadi saat juri Dangdut Academy Indosiar ini mengetahui dirinya diberitakan menyediakan makanan penyebab kanker.

Sebuah media online menjadikan durian yang disajikan Inul Daratista sebagai judul artikel penyebab kanker darah (leukemia).

 

 

 

 

Inul Berang

View this post on Instagram

Mbokya mikir klo bikin narasi /judul tulisan rodo baik dikit❤️ Kena stoke,kolesterol , apalah namanya emg mati penyebabnya hanya gara2 krn makan duren ???? Ada yg makan bakso baru nelan satu lewat juga ada🤣 ada juga lagi minum jus mangga belum seteguk eeh trus meninggal, tp kira2 cuitanmu itu apa ga merugikan pedagangnya yg lagi cari nafkah ??? Tar gak laku ??? Situ sdri cari duit juga susah jgn bikin org lain susahlah....!! Ojok serem2 bikin narasi woyy...!!!! Tar nonton bioskop ngosongin kursi katanya sengaja buat duduknya tas,pdhl lagi sepi yg nonton,kursi kosong dimana2 🤣🤣 Beuuuhhh beginilah namanya artessss 🤣🤣tapi ojo kebangetanlah ... eike mah ga apa2,tapi klo nyentil yg lain kasihan juga, jd gak enak itu berita kasihan penjual yg dirugikan ... yo perlu klarifikasi ben yg baca tdk terkontaminasi jd negativ,dan ini bukan baper tp wajib d luruskan 👍 Jangan julit jgn kejam. Ingat karma . Kebaikan kembali pd kebaikan bgtu sebaliknya.

A post shared by Inul Daratista (@inul.d) on

Istri Adam Suseno ini kemudian menanggapi pemberitaan tersebut dengan ekspresi tak suka. Melalui Instagram pula, pedangdut asal Pasuruan, Jawa Timur itu menyatakan keberatannya terhadap judul artikel yang dipublikasikan ke masyarakat.

"Mbokya mikir klo bikin narasi /judul tulisan rodo baik dikit❤️Kena stoke,kolesterol , apalah namanya emg mati penyebabnya hanya gara2 krn makan duren ???? Ada yg makan bakso baru nelan satu lewat juga ada🤣 ada juga lagi minum jus mangga belum seteguk eeh trus meninggal, tp kira2 cuitanmu itu apa ga merugikan pedagangnya yg lagi cari nafkah ??? Tar gak laku ??? Situ sdri cari duit juga susah jgn bikin org lain susahlah....!!," tulis Inul Daratista.

 

 

 

 

 

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Awas 65 Desa di Cilacap Rawan Krisis Air Bersih

Posted: 11 Jun 2019 09:00 PM PDT

Liputan6.com, Cilacap - Di Provinsi Jawa Tengah, Cilacap merupakan wilayah kabupaten dengan risiko bencana tertinggi. Bencana banjir, tanah longsor hingga kekeringan dan krisis air bersih selalu menghantui Cilacap tiap tahun.

Agak aneh memang, daerah yang rawan banjir juga rawan kekeringan. Namun, kondisi geografis Cilacap memang memungkinankan terjadinya dua bencana yang saling bertolak belakang ini.

Secara umum, Cilacap terbagi menjadi dua wilayah besar. Dataran rendah di pesisir selatan dan wilayah pegunungan di sisi utara.

Di selatan, Cilacap langsung berimpitan dengan Laut Kidul dan Samudera Hindia. Adapun di sisi utara dan barat, pegunungan tengah Jawa membentang tak putus di lima kecamatan, Karangpucung sampai Dayeuhluhur di Perbatasan Jawa Barat.

Di dataran rendah, pada musim penghujan sangat rawan banjir rendaman. Sebaliknya, pada musim kemarau, krisis air bersih mengancam. Sebabnya, air tanah tak layak konsumsi.

Sebagian lantaran berbau dan berwarna, lainnya berasa asin. Cilacap bagian bawah rawan intrusi air laut karena daratannya sejajar dengan permukaan laut atau hanya satu dua meter di atas permukaan laut.

Kepala pelaksana harian Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Cilacap, Tri Komara Sidhy mengatakan, pada 2018 lalu, sebanyak 48 desa di 17 kecamatan di Cilacap mengalami krisis air bersih.

"Kita mengirimkan sebanyak 512 tangki bantuan air bersih," katanya, Selasa, 11 Juni 2019.

Saksikan video pilihan berikut ini:

Inilah Wilayah Rawan Krisis Air Bersih

Seorang warga Dusun Cibriluk, Desa Cinangsi, Kecamatan Gandrungmangu, Cilacap menimba air di sungai lantaran sumurnya sudah mengering. (Foto: Liputan6.com/Muhamad Ridlo)

Wilayah terdampak kekeringan itu meluas disebabkan panjangnya musim kemarau. Diketahui, pada 2018 lalu, musim hujan terlambat datang dari biasanya, meski akhir musim penghujan terbilang normal.

Musim hujan di sebagian wilayah baru tiba pada pertengahan November. Sebagian lainnya bahkan lebih telat lagi, akhir November dan awal Desember.

Dan kini, krisis air bersih diperkirakan bakal tambah meluas. Dari sebanyak 48 desa yang mengalami krisis air bersih pada 2018, diperkirakan pada 2019 ini bakal bertambah banyak.

Komara bilang, pada 2019 ini sebanyak 65 desa di 18 kecamatan wilayah Cilacap diperkirakan rawan krisis air bersih. Krisis air bersih diperkirakan terjadi baik di dataran rendah maupun pegunungan wilayah Cilacap.

Hasil pemetaan BPBD, 18 kecamatan yang rawan krisis air bersih adalah Kawunganten, Bantarsari, Patimuan, Gandrungmanu, Jeruklegi, Kesugihan, Cipari, dan Kampunglaut. Kemudian Kecamatan Karangpucung, Kedungreja, Adipala, Wanareja, Cimanggu, Majenang, Kroya, Nusawungu, Dayeuhluhur, dan Sidareja.

Yang mengherankan, dari hasil pemetaan bencana kekeringan 2019, wilayah pegunungan yang semula tak rawan krisis air bersih pun kini tak luput dari ancaman kekeringan.

Peningkatan jumlah wilayah yang rawan bencana kekeringan dan air bersih itu dipengaruhi oleh panjang musim kemarau. Tahun ini, kemarau tiba lebih cepat dari biasanya.

Kemarau yang biasanya tiba pada Juni kini datang lebih cepat pada Mei. Sebab itu, bencana kekeringan diperkirakan berdampak ke wilayah lebih luas.

Nasib Wilayah Pinggir Hutan

Ilustrasi - Petugas BPBD mengirimkan bantuan air bersih di Banyumas.  (Foto: Liputan6.com/Muhamad Ridlo)

Beberapa wilayah pegunungan itu antara lain, Kecamatan Dayeuhluhur, Wanareja, Majenang dan Karangpucung. Padahal, wilayah pegunungan biasanya terdapat banyak sumber mata air dari hutan-hutan di sekitar desa.

"Yang di luar dugaan, seperti Kecamatan Dayeuhluhur, Wanareja, Karangpucung, itu kan daerah pegunungan, tapi minta dikirimi air bersih," dia mengungkapkan.

Pada awal dasarian kedua Juni 2019 ini, BPBD menerima permintaan bantuan air bersih dari tiga desa di tiga kecamatan, yakni Kecamatan Kawunganten, Bantarsari dan Patimuan. Pada Selasa (11/6/2019) BPBD telah mengirimkan sebanyak empat tangki ke Desa Panikel, Kecamatan Kawunganten dan Binangun Baru, Kecamatan Bantarsari.

Selanjutnya, Rabu (12/6/2019) dijadwalkan BPBD kembali mengirimkan bantuan air bersih ke Desa Purwadadi Kecamatan Patimuan. Keesokan harinya, BPBD kembali mengirimkan bantuan air ke Panikel.

"Masing-masing dua tangki, berarti masing-masing 5.000 liter, berarti masing-masing sudah 10 ribu liter," ucapnya.

Dia memperkirakan, pada Agustus dan September bakal terjadi peningkatan permintaan bantuan air bersih. Itu adalah bulan-bulan puncak kemarau.

Meski diperkirakan meluas, tahun ini BPBD Cilacap hanya memperoleh alokasi bantuan air bersih Rp 60 juta dari APBD Cilacap. Angka itu setara dengan sekitar 120 tangki air bersih.

Namun, Komara menjamin, BPBD tak akan kekurangan bantuan air bersih dan akan melayani seluruh permintaan bantuan. Selain bantuan provinsi, BPBD juga mengandalkan bantuan air bersih dari perusahaan dan dunia usaha. Ada pula bantuan air bersih dari instansi pemerintahan lainnya.

"Tahun 2018 kita hanya punya anggaran 60 tangki, tapi bisa mengirimkan 512 tangki. Kita menggandeng dunia usaha," dia menerangkan.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Cantiknya Kali Besar Kota Tua yang Mirip Sungai Cheonggyecheon di Seoul

Posted: 11 Jun 2019 09:00 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Bingung ke mana menghabiskan libur Lebaran? Datang saja kawasan Kali Besar, Kotatua. Kawasan ini baru saja direvitalisasi, sehingga tampak semakin menawan. Bahkan, panas terik matahari tak menghalangi langkah untuk berkeliling menyusuri kawasan Kali Besar Kota Tua di seberang Toko Merah ini.

Dilansir dari Antara, Rabu (12/6/2019), hampir pangling rasanya melihat wajah baru Kali Besar Kota Tua di Taman Sari, Jakarta Barat.

Kawasan Kali Besar Kota Tua ini kini mirip dengan Sungai Cheonggyecheon di Seoul, Korea Selatan. Tak heran, rupanya Kali Besar Kota Tua ternyata didesain menyerupai kawasan aliran sungai Han itu.

Kali Besar Kota Tua disulap menjadi lebih modern dengan dermaga terapung. Ini terlihat mirip dengan Cheonggyecheon yang juga sering menjadi lokasi syuting video klip para artis K-Pop.

Tidak hanya itu, area rekreasi publik itu juga dihiasi dengan berbagai macam bunga yang mempercantik area tersebut, baik sisi kanan maupun kiri sungai.

Meski Kali Besar Kota Tua sekarang nampak kekinian, desainnya terlihat sangat serasi untuk berdampingan dengan bangunan-bangunan peninggalan kolonial Belanda yang berjajar di samping sungai.

Salah satunya, Toko Merah yang berada di seberang serta deretan gedung tua di kanan dan kiri Museum Wayang. Kawasan Kali Besar Kota Tua sendiri berada persis di samping Halte Transjakarta Kali Besar Barat.

Area pejalan kaki juga tampak sangat lebar. Tiga anak remaja bahkan dengan santai dapat bermain skateboard di area itu. Fasilitas parkir kendaraan yang didukung dengan aplikasi parkir juga sudah tersedia.

 

Jadi Tempat Foto

Suasana kawasan pedestrian Kali Besar, Kota Tua, Jakarta Barat, Rabu (11/7). Proyek revitalisasi Kali Besar itu telah diresmikan dan dibuka untuk umum oleh Wakil Gubernur Sandiaga Uno akhir pekan lalu. (Liputan6.com/Arya Manggala)

Sepanjang area pejalan kaki terdapat sejumlah patung berbagai macam figur, mulai anak SD, petugas kebersihan, hingga bapak yang membaca buku di bangku. 

Patung-patung ini nampak menjadi sasaran objek foto para pengunjung. Namun, jika tidak tertarik berfoto bersama patung, jembatan kayu yang terbentang luas di tengah sungai dapat menjadi alternatif.

Jika Anda lapar, banyak penjual makanan berdagang di sepanjang Kali Besar. Anda bahkan bisa berkeliling kawasan Kota Tua menggunakan delman yang mangkal di sana.

Kawasan Kali Besar menjadi salah satu objek favorit pengunjung untuk mengambil foto. Ada yang duduk di tengah jembatan, ada pula yang berdiri di sisi jembatan untuk mengambil latar belakang Kali Besar yang kini telah kekinian.

Demi menjaga lingkungan tetap bersih, terdapat pula tempat sampah yang diletakkan di sela tempat duduk. Tidak hanya satu, disediakan tiga tong sampah sekaligus, warna merah untuk sampah B3, warna oranye untuk sampah anorganik, dan warna hijau untuk sampah organik.

Kawasan Kali Besar Kota Tua ini juga dilengkapi dengan fasilitas kantin dan tempat oleh-oleh. Berbagai menu pun ditawarkan, mulai dari mi instan hingga soto mie dan nasi rawon. Tak lupa juga penganan khas Betawi, Kerak Telor.

Wajah baru Kali Besar Kota Tua ini menambah pilihan wisata di DKI Jakarta dan dapat menjadi alternatif wisata Anda bersama teman maupun keluarga.

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Tidak ada komentar: