Senin, 24 Juni 2019

Liputan6 : RSS2 Feed

Liputan6 : RSS2 Feed


5 Papan Iklan Layanan Sunat Ini Bikin Tepuk Jidat

Posted: 24 Jun 2019 10:20 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Ketika Deddy Corbuzier resmi menjadi mualaf, banyak sekali berita mengenai sang master mentalis ini di media sosial. Deddy yang resmi menjadi mualaf mengundang banyak pertanyaan netizen di media sosial, apakah Deddy telah sunat? Karena memang laki-laki muslim pasti melakukan sunat.

Berawal dari sinilah banyak sekali meme yang beredar mengenai isu sunat Deddy Corbuzier hingga menyebarnya papan-papan iklan sunat yang kocak di media sosial. Melansir dari medicalnewstoday yang Liputan6.com lansir, Selasa (25/6/2019), sunat adalah tindakan terhadap alat kelamin dengan pengangkatan kulup penis. 

Setiap anak laki-laki dan khususnya muslim wajib disunat. Sunat biasanya menjadi sebuah momok bagi anak laki-laki. Kebanyakan dari mereka berprasangka bahwa sunat itu menyakitkan dan butuh penyembuhan yang lama. Itulah mengapa penyedia jasa sunat berlomba-lomba membuat iklan semenarik mungkin agar konsumen mau menggunakan jasanya. 

Namun kadang kala iklan-iklan tersebut malah mengundang gelak tawa orang yang membacanya. Seperti 5 papan iklan layanan sunat di bawah ini yang Liputan6.com rangkum dari berbagai sumber, Selasa (25/6/2019). 

1. Bisa milih, mau model seperti apa hasil sunatannya

Bisa pilih model hasil sunat (Sumber: Twitter/S_Purwadi)

2. Sunat sambil main Playstation. Mungkin tujuannya agar si bocah tidak ketakutan.

Sunat sambil main PS (Sumber: Twitter/deddydey1982)

3. Salah sunat, bisa revisi. Wah, sudah seperti skripsi aja nih!

Salah sunat bisa revisi (Sumber: Twitter/juleha.skp)

4. Sunatnya sudah modern, tanpa disuntik

Sunat tanpa suntik (Sumber: Twitter/SNKiranas)

5. Sunat cepat kilat langsung sembuh.

Sunat tanpa suntik (Sumber: Twitter/__iqbaldwiputra)

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Mytha Lestari dan Abdul Meriahkan Konser Intimate Trisouls

Posted: 24 Jun 2019 10:20 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Grup vokal Trisouls baru saja menggelar konser tunggal yang diberi tajuk Intrimates Concerts pada 21 Juni 2019 lalu. Konser yang dihelat di Kuningan City, Jakarta Selatan, sukses membius ratusan penonton yang hadir.

Konser tunggal sebetulnya bukan rencana grup vokal yang beranggotakan Yerry Ririassa, Damien Jonathans dan Jesse Thomasmore ini. Semula, niatan awal mereka hanya ingin merilis single terbaru berjudul "Menarilah".

"Saat diskusi dengan label, tercetuslah ide untuk membuat intimates concerts. Dan semua sepakat," kata Jesse kepada pewarta di Jakarta, baru-baru ini.

Jesse menambahkan, untuk menggelar konser tunggal, Trisouls membutuhkan waktu hanya sebulan. "Tapi idenya sudah dari tiga bulan yang lalu. Persiapannya dikebut sampai hanya sebulan saja," urai dia.

 

 

Libatkan Penyanyi Ternama

Trisouls bersama Abdul, vokalis Abdul & The Coffee Theory (ist)

Dengan persiapan yang sebentar, Trisouls akhirnya bisa merealisasikan mimpinya untuk menggelar hajatan terbatas untuk penggemar setianya. Yang menarik, Trisouls bisa melibatkan sejumlah musisi untuk ikut ambil bagian dalam konser tunggal mereka.

Musisi tersebut antara lain: Abdul dari Abdul & The Coffee Theory dan Mytha Lestari. Di panggung musik, dua nama penyanyi tersebut cukup populer melalui lagu-lagunya yang melankolis.

"Kita memilih Mas Abdul, Mytha serta Keibieh untuk berkolaborasi dengan kita karena mereka cerita dalam dengan perjalanan karir kita. Mas Abdul, dia produser lagu Senyummu Hanya Untukku. Lalu Mytha Lestari dia ikut menulis lagu Menarilah dan sekaligus men-direct vokal kita. Sementara Keibieh selebgram yang kita kagumi dan pernah bikin cover bareng juga," terang Yerry.

 

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Hacker Curi Data NASA Pakai Komputer Seukuran Kartu Kredit

Posted: 24 Jun 2019 10:18 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Hasil audit internal NASA mengungkapkan bahwa sebuah komputer Raspberry Pi telah dipakai untuk membobol data milik mereka yang ada di Jet Propulsion Laboratory.

Sebuah otak komputer berukuran kartu kredit itu, menurut audit internal, telah terhubung dengan jaringan milik JPL.

Parahnya, komputer tersebut ditengarai memiliki akses yang tidak terdeteksi ke file-file NASA selama 10 bulan lalu.

Mengutip Ubergizmo, Selasa (25/6/2019), Jet Propulsion Laboratory milik NASA dan dijalankan oleh Caltech.

Lab tersebut mengelola semua misi robot di Mars, di samping probe yang telah dikirim ke Saturnus, Jupiter, dan lain-lain.

Raspberry Pi dipakai dalam kombinasi dengan akun eksternal yang disusupi untuk masuk ke jaringan JPL. Total, sekitar 500 megabyte data di 23 file telah dicuri.

Sementara, dua file telah dibatasi informasinya. Kedua file tersebut berisi mengenai misi penjelajah Curiosity di Mars.

Lewat investigasi, diketahui bahwa JPL memiliki kelemahan keamanan yang mengurangi kemampuan laboratorium untuk mencegah, mendeteksi, dan mengurangi serangan yang menargetkan sistem jaringan.

Dieksploitasi Penjahat Siber

Neil Armstrong di Bulan. (Nasa.gov)

Dengan demikian, serangan tersebut bisa mengekspos sistem dan data NASA untuk dieksploitasi oleh penjahat siber.

Temuan tentang pencurian data ini membuat NASA mempertanyakan integritas dari Deep Space Network-nya.

Terkait temuan ini, NASA memutuskan beberapa sistem terkait dengan penerbangan ruang angkasa dari jaringan JPL.

Laporan tersebut mengatakan, JPL tidak memisahkan data dengan benar dan mitra eksternal seperti kontraktor dan badan antariksa asing tidak terbatas pada sistem dan aplikasi yang disetujui.

Untuk itu, hasil laporan investigasi NASA menyebut, diperlukan adanya kontrol keamanan terhadap JPL dan peningkatan pengawasan oleh NASA guna memastikan kerahasiaan, integritas, dan ketersediaan data agensi.

 

Hacker Curi Data Pribadi Karyawan NASA

Foto: Dok. NASA

Sebelumnya, Chief Human Officer NASA Bob Gibbs mengungkapkan, perusahaan mengalami pelanggaran keamanan beberapa bulan yang lalu. Masalah ini terkuak dalam memo internal yang diperoleh laman Spaceref.

Peneliti menemukan pelanggaran pada 23 Oktober, di mana penyusup (hacker) memperoleh akses ke server yang berisi informasi pribadi (termasuk nomor jaminan sosial) dari karyawan NASA saat ini dan sebelumnya.

Masih belum jelas apakah data itu sendiri hilang atau tidak, dan Badan Antariksa Amerika Serikat itu masih belum tahu sepenuhnya tentang pelanggaran keamanan tersebut.

Akan tetapi, Gibbs menulis bahwa "NASA tidak percaya bahwa semua data rahasianya terancam oleh insiden siber ini." Demikian seperti dikutip dari Engadget, Rabu (19/12/2018).

NASA hingga saat ini masih mencari tahu sejauh mana pencurian data yang dilakukan penyusup dan belum tahu siapa pelakunya.

NASA pun mengimbau kepada seluruh karyawannya untuk selalu waspada terhadap segala bentuk penipuan.

NASA mengalami beberapa pelanggaran data besar beberapa tahun terakhir, tepatnya pada 2011 dan 2016.

Hal ini menunjukkan bahwa keamanan siber NASA harus makin ditingkatkan.

(Tin/Isk)

Saksikan Video Pilihan Berikut Ini

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

FOTO: Awet Muda, Ini Pesona Memes yang Tetap Cantik di Usia Kepala Lima

Posted: 24 Jun 2019 10:10 PM PDT

Resmi menjadi istri seorang komposer musik, Addie MS dan Memes menikah pada tanggal 13 September 1987 silam. Dari hasil pernikahnnya, dikaruniai dua putra yang tampan, yaitu Kevin dan Tristan.  (Liputan6.com/IG/memes605)

Resmi menjadi istri seorang komposer musik, Addie MS dan Memes menikah pada tanggal 13 September 1987 silam. Dari hasil pernikahnnya, dikaruniai dua putra yang tampan, yaitu Kevin dan Tristan. (Liputan6.com/IG/memes605)

Momen Memes bersama keluarganya pergi berlibur di Nami Island pada Januari silam. Dalam momen berlibur tersebut, Kevin meminang kekasihnya, Vicy Melanie. (Liputan6.com/IG/memes605)

Momen Memes bersama keluarganya pergi berlibur di Nami Island pada Januari silam. Dalam momen berlibur tersebut, Kevin meminang kekasihnya, Vicy Melanie. (Liputan6.com/IG/memes605)

Penyanyi yang tren di tahun 90-an ini sering pergi berlibur di luar negeri. Ini potret Memes saat pergi berlibur di Wellington, New Zealand.  Dengan setekan coklat yang dilengkapi  kacamata hitam gaya Memes ini enggak kalah dari anak muda kan? (Liputan6.com/IG/memes605)

Penyanyi yang tren di tahun 90-an ini sering pergi berlibur di luar negeri. Ini potret Memes saat pergi berlibur di Wellington, New Zealand. Dengan setekan coklat yang dilengkapi kacamata hitam gaya Memes ini enggak kalah dari anak muda kan? (Liputan6.com/IG/memes605)

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

PPh Penjualan Rumah Mewah di Atas Rp 30 Miliar Jadi 1 Persen

Posted: 24 Jun 2019 10:10 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Pemerintah melalui Kementerian Keuangan (Kemenkeu) menurunkan pajak penghasilan (PPh) atas penjualan rumah dan apartemen dengan harga di atas Rp 30 miliar.

Sebelumnya pemerintah juga telah menurunkan pajak penjualan atas barang mewah (PPnBM) atas rumah mewah, apartemen dan kondominium untuk mendorong pertumbuhan sektor properti.

Pemerintah juga menurunkan PPh atas kendaraan bermotor dengan harga di atas Rp 2 miliar menjadi satu persen.

Penurunan itu tertuang dalam Peraturan Menteri Keuangan (PMK) Nomor 92/PMK.03/2019 tentang perubahan kedua atas PMK 253/PMK.03/2008 tentang wajib pajak badan tertentu sebagai pemungut pajak penghasilan dari pembeli atas penjualan barang yang tergolong sangat mewah.

Dalam PMK ini disebutkan, barang yang tergolong sangat mewah di antaranya adalah:

a.Rumah beserta tanahnya dengan harga jual atas harga pengalihannya lebih dari Rp 30 miliar atas luas bangunan lebih dari 400 m2

b.Apartemen, kondominium dan sejenisnya dengan harga jual atau pengalihannya lebih dari Rp 30 miliar atas luas bangunan lebih dari 150 m2

c.Kendaraan bermotor roda emat pengangkutan orang kurang dari 10 orang, dengan harga jual lebih dari Rp 2 miliar atau dengan kapasitas silinder lebih dari 3.000cc

d. Kendaraan bermotor roda dua dan tiga dengan harga jual lebih dari Rp 300 juta atau dengan kapasitas silinder lebih dari 250 cc.

Besarnya pajak penghasilan terhadap barang yang tergolong sebagai barang mewah antara lain:

1.Satu persen dari harga jual tidak termasuk pajak pertambahan nilai dan pajak penjualan atas barang mewah (PPN dan PPnBM) untuk a dan b.

2. Lima persen dari harga jual tidak termasuk pajak pertambahan nilai dan pajak penjualan atas barang mewah (PPN dan PPnBM) untuk huruf c dan d.

Pajak penghasilan sebagaimana dimaksud dapat diperhitungkan sebagai pembayaran pajak penghasilan dalam tahun berjalan bagi wajib pajak yang melakukan pembelian barang yang tergolong sangat mewah.

"Peraturan Menteri Keuangan ini berlaku sejak tanggal diundangkan," bunyi pasal II PMK Nomor 92/PMK.03/2019 yang ditandatangani Menteri Keuangan Sri Mulyani pada 19 Juni 2019, dan diundangkan oleh Direktur Jenderal Peraturan Perundang-undangan Kementerian Hukum dan HAM Widodo Ekatjahjana pada 19 Juni 2019.

Kemenkeu Bakal Hapus Pajak Sewa Pesawat

Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati bersama Gubernur BI Perry Warjiyo dan Ketua Dewan Komisioner OJK Wimboh Santoso mengikuti rapat kerja dengan Komisi XI DPR RI di Kompleks Parlemen, Senin (17/6/2019). Raker itu membahas mengenai asumsi dasar makro dalam RAPBN 2020. (Liputan6.com/Johan Tallo)

Sebelumnya, Kementerian Keuangan akan membebaskan pengenaan Pajak Pertambahan Nilai atau PPN atas jasa sewa pesawat dari luar negeri. Hal ini akan diatur dalam revisi Peraturan Pemerintah (PP) Nomor 69 Tahun 2015 Tentang Impor dan Penyerahan Alat Angkutan Tertentu dan Penyerahan Jasa Kena Pajak Terkait Alat Angkutan Tertentu yang Tidak Dipungut PPN.

"Dalam revisi tersebut diberikan pembebasan PPN atas jasa sewa pesawat yang berasal dari luar negeri, jadi kita harap ini tahap akhir penetapannya, itu kalau sudah ditetapkan kurangi struktur biaya airlines," Kepala Badan Kebijakan Fiskal Kementerian Keuangan, Suahasil Nazara, Jakarta, Jumat, 21 Juni 2019.

Revisi PP 69 tahun 2015 ini dilakukan Kementerian Keuangan dengan mengacu pada praktek internasional, yakni jasa sewa pesawat memang dari luar negeri memang tidak dikenakan PPN di negara manapun.

"Itu enggak dikenakan. Jadi kalau kita kenakan, maskapai kita enggak kompetitif. Ini kebetulan timingnya pas dengan harga tiket mahal. Tapi revisi itu dilakukan memang lagi kejar daya saing kita," jelas Suahasil.

Insentif fiskal ini diberikan bagi maskapai penerbangan supaya bisa melakukan efisiensi lebih dalam. Hal ini pun sebenarnya telah diatur dengan penerbitan Peraturan Menteri Keuangan (PMK) Nomor 35/PMK.010/2016.

Aturan tersebut terkait dengan pembebasan PPN bea masuk barang dan berbagai bahan yang ditujukan guna perbaikan pesawat terbang yang berasal dari impor. Dengan begitu, pemerintah sebetulnya telah mendukung proses efisensi maskapai penerbangan sejak lama.

"Jadi sebetulnya sektor airline telah ada insentif pajak yang diberikan sebelumnya," tandas Suahasil.

 

Pemerintah Segera Pangkas Pajak Besar-besaran

Ilustrasi Foto Pajak (iStockphoto)

Sebelumnya, Pemerintah segera memangkas pajak besar-besaran dalam beberapa sektor usaha. Hal ini dilakukan untuk meraih investasi dan meningkatkan ekspor sebanyak-banyaknya.

Menteri Keuangan, Sri Mulyani menuturkan, Presiden Joko Widodo (Jokowi) telah meminta supaya Kementerian Keuangan (Kemenkeu) memberikan lebih banyak fasilitas yang tapi tidak hanya sekadar instrumen, akan tetapi lebih penting bisa berjalan di lapangan.

"Jadi kalau seandainya penurunan seperti tax holiday dan tax allowance atau bahkan rencana kita untuk melakukan perubahan undang-undang PPh (pajak penghasilan) supaya tarifnya lebih rendah. Itu sekarang sedang di exercise seberapa cepat, dan itu sudah betul-betul harus dihitung. Ratenya turun 20 persen itu seberapa cepat dan berapa risiko fiskalnya bisa ditanggung dan bagaimana implementasinya," ujar Sri Mulyani, seperti dikutip dari laman Setkab, Rabu, 19 Juni 2019.

Kemudian mengenai super deduction tax yang sudah diselesaikan, Sri Mulyani berharap Peraturan Pemerintah (PP) nya segera keluar. Ia menunjuk contoh seperti untuk kendaraan bermotor yang diharapkan sudah akan selesai harmonisasinya. Diharapkan dapat keluar pada pekan ini atau awal pekan depan.

"Karena ini sudah selesai jadi kita bisa berharap segera keluar," ujar dia.

Sri Mulyani merinci, juga ada pembebasan pajak pertambahan nilai (PPN) untuk sewa pesawat dari luar negeri yang selama ini dikenakan untuk bisa mengurangi beban kepada maskapai.

 

Pajak Bunga Obligasi Jadi 5 Persen

Ilustrasi Foto Pajak (iStockphoto)

Selain itu, juga ada penurunan tarif pph untuk bunga obligasi infrastruktur. Hal ini pemerinta akan menurunkan dari 15 persen menjadi lima persen.

Mengenai sektor properti, menurut Sri Mulyani, setelah menaikkan batas harga rumah, apartemen sebesar Rp 30 miliar yang kena PPnBM 20 persen dari sebelumnya Rp 20 miliar dan Rp 10 miliar, pemerintah juga akan melakukan peningkatan batas tidak kena pajak pertambahan nilai (PPN) untuk rumah sederhana sesuai daerahnya masing-masing.

Selanjutnya, tarif PPh pasal 22 hunian mewah juga turun dari lima persen menjadi satu persen. Validasi PPh penjualan tanah juga akan disederhanakan. "Itu semuanya supaya sektor properti menggeliat secara lebih bagus," kata dia.

 

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Dibanderol Rp300 Jutaan, Moge Terbaru KTM Punya Apa Saja?

Posted: 24 Jun 2019 10:09 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - PT. Penta Jaya Laju Motor (PJLM) selaku distributor resmi KTM di Indonesia secara resmi meluncurkan dua motor gede (moge) terbaru, KTM 790 Duke dan KTM 790 Adventure di Kemayoran, Jakarta.

Selain memiliki DNA Motor KTM Adventure legendaris yang menjuarai Paris Dakar lebih dari 15 kali, kedua motor tersebut disebut memiliki beragam keunggulan yang mampu menarik minat konsumen.

"Salah satu yang paling menarik tentu saja harga yang ditawarkan ya. KTM Duke 790 harganya itu Rp320 juta. Lalu KTM Advanture harganya Rp350 juta. Statusnya on the road Jakarta," kata Kristianto Goenadi, Presiden Direktur PT PJLM di arena Jakarta Fair Kemayoran (JFK)  2019.

Rangka mesin pada motor ini memungkinkan ketinggian sadel diturunkan menjadi 830 mm, meskipun menggunakan pelek roda sebesar 21 inci di depan dan 18 inci di belakang.

Terdapat pula fitur standar bigbike seperti Ride-by-Wire, Throttle Control Traction (MTC), Cornering ABS, Off-road ABS dan Off-road Ride Mode sudah mutlak ada di KTM 790.

 

Mode Berkendara

PT. Penta Jaya Laju Motor (PJLM) selaku distributor resmi KTM di Indonesia secara resmi meluncurkan dua motor gede terbaru, KTM 790 Duke dan KTM 790 Adventure di Kemayoran, Jakarta

Dapat meng-install paket berkendara secara rally yang mencakup rally mode. Mode ini memungkinkan pengendara untuk memilih slider roda belakang dan throttle feedback agar sesuai dengan kondisi off-road.

Motor ini juga mempunyai fitur Quickshifter sehingga konversi gigi yang mulus tanpa menggunakan pedal kopling pada kecepatan tinggi bisa dilakukan.

Speedometer dengan layar TFT dapat diintegrasikan dengan smartphone melalui aplikasi.

Untuk dapur pacu motor ini disematkan mesin twin-cooled berpendingin cair 799 cc yang mampu menghasilkan tenaga hingga 94 Tk dan torsi 65 lb-ft.

Motor ini juga memiliki beberapa kompartemen penyimpanan yang sangat berguna. Kompartemen smartphone di bawah kursi penumpang dan khusus KTM 790 Adventure memiliki kompartemen penyimpanan di setiap sisi penutup untuk membawa botol air 500 ml.

Ride mode merupakan standar pada kedua model, yang terdiri dari Rain, Street, dan Off-road Mode. KTM 790 Adventure R juga memiliki mode Rally sebagai standar, sehingga respons throttle lebih agresif dibandingkan mode Off-road.

 

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Sempat Ditutup, Jalan Merdeka Barat depan Mahkamah Konstitusi Kembali Dibuka

Posted: 24 Jun 2019 10:08 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Kapolres Jakarta Pusat Kombes Harry Kurniawan normalisasikan arus Jalan Medan Merdeka Barat. Sebelumnya, jalan protokol ring 1 ibu kota tersebut ditutup lantaran kondusifitas di Gedung Mahkamah Konstitusi (MK).

"Banyak aktivitas masyarakat yang kemarin dialihkan dan ada masuk ke kami menyampaikan bahwa mereka merasa terganggu dengan pengalihan, karenanya hari ini aktivitas di depan MK berjalan normal," kata Kombes Harry saat dikonfirmasi, Selasa (25/6/2019).

Kondisi lalu lintas semrawut saat penutupan ruas Jalan Veteran akibat adanya sidang sengketa Pilpres 2019 di Gedung Mahkamah Konstitusi (MK), Jakarta, Selasa (18/6/2019). Penutupan Jalan Veteran mengakibatkan kemacetan lalu lintas di sekitar kawasan tersebut. (Liputan6.com/JohanTallo)

Meski dinormalkan, perwira menengah Polri ini menegaskan tetap melarang adanya aksi massa di depan Gedung MK. Sebab, menurut Harry, pihak Polda Metro Jaya tidak mengeluarkan izin tersebut.

"Karena dari Polda menyampaikan itu. Tapi kita tetap mengantisipasi dengan tetap menempatkan personel," jelas Harry.

Harry mengatakan, pasukan gabungan TNI dan Polri disiagakan total berjumlah 13.747 anggota. Mereka dibagi di beberapa ring di sekitar areal Gedung MK.

Penyebaran pengamanan sendiri terdiri dari di dalam, khususnya di kantor MK, kedua di sekitar wilayah Gedung MK, seperti di depan jalan yang cakupannya hingga Patung Kuda di depan Gedung Indosat.

Saksikan video pilihan di bawah ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Kapolri Kerahkan 45 Ribu Personel Jaga Sidang Putusan Sengketa Pilpres

Posted: 24 Jun 2019 10:05 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Kapolri Jenderal Tito Karnavian akan mengerahkan sekitar 45 ribu personel gabungan TNI-Polri untuk mengamankan sidang putusan sengketa Pilpres 2019 di Mahkamah Konstitusi (MK). Sidang putusan rencananya digelar Kamis 27 Juni 2019.

"Saya berkoordinasi dengan panglima TNI, Bapak KSAD, kita sudah persiapkan pasukan, saya kira hampir 45 ribu ya," ujar Tito di Mabes Polri, Trunojoyo, Jakarta Selatan, Selasa (25/6/2019).

Tito mengatakan, kemungkinan pihaknya akan menutup sepanjang jalan dari dan menuju MK, agar sidang berjalan kondusif. Hal tersebut dilakukan untuk menghalau unjuk rasa.

"Kita akan jaga, kalau perlu kita tutup, kita tutup kemudian kalau tetap melaksanakan unjuk rasa, sepanjang kalau mengganggu kepentingan publik kita akan bubarkan," kata dia.

Dalam mengamankan gedung MK, Tito sudah mengintruksikan jajaran Polri untuk tidak membawa peluru tajam. Jika para pengunjuk rasa berulah, menurut Tito pihaknya sudah mengantongi prosedur tetap membubarkan massa aksi.

"Kalau para pelaku unjuk rasa baik-baik, ya pasti kita akan baik-baik, enggak ganggu masyarakat, kita juga pasti baik-baik, dari dulu gitu. Ratusan kali kita menangani kalau ada yang melakukan kerusuhan, pasti kita lakulan tindakan tegas, tapi tindakan tegasnya terukur. Maka saya perintahkan jangan bawa peluru tajam," kata dia.

Diputus 27 Juni

Personil Brimob berjalan melintasi halaman depan Gedung Mahkamah Konstitusi, Jakarta, Kamis (13/6/2019). Mahkamah Konstitusi akan menggelar sidang Perselisihan Hasil Pemilihan Presiden/Wakil Presiden Pemilu 2019 pada, Jumat (14/6). (Liputan6.com/Helmi Fithriansyah)

Sebelumnya, MK tengah menggelar rapat pemusyawaratan hakim (RPH) terkait sengketa hasil Pilpres 2019 yang dimohonkan Prabowo Subianto-Sandiaga Uno. Sidang putusan yang sedianya digelar 28 Juni dimajukan menjadi Kamis 27 Juni.

Seperti dilansir MK dalam laman resminya, sidang pembacaan putusan sengketa hasil Pilpres 2019 akan digelar pada pukul 12.30 WIB.

"Ya, berdasarkan keputusan RPH hari ini, sidang pleno pengucapan putusan akan digelar pada Kamis, 27 Juni 2019 mulai pukul 12.30 WIB," ujar Kepala Bagian Humas dan Kerja Sama Dalam Negeri MK Fajar Laksono Soeroso saat dihubungi Liputan6.com, Senin 24 Juni 2019.

Menurut dia, MK mulai hari ini akan memberitahukan kepada para pihak agar menghadiri sidang putusan pada 27 Juni.

"Siang ini juga, surat panggilan sidang kepada para Pihak sudah disampaikan," kata Fajar.

Saksikan video pilihan berikut ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Didukung Pengurus Daerah, Megawati Hampir Dipastikan Bakal Jabat Ketum Lagi

Posted: 24 Jun 2019 10:04 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Megawati Soekarnoputri hampir dipastikan bakal kembali memimpin PDI Perjuangan. Sebab, suara kader di daerah mendukung putri Proklamator Soekarno itu tetap menjadi ketua umum partai berlambang banteng moncong putih.

Menurut Ketua DPD PDIP DKI Jakarta, Adi Wijaya, semua ketua dewan pimpinan daerah se-Indonesia menyatakan dukungan agar Megawati kembali memegang tongkat kepemimpinan partai. Hal itu pernah disampaikan dalam Rakernas IV di DPP PDIP pekan lalu. Dalam agenda tersebut, turut hadir Megawati juga Presiden Joko Widodo.

"Ketua-ketua DPD PDIP se-Indonesia waktu Rakernas sudah menyatakan sikap dan keputusan bahwa kami semua mendukung kembali ibu Megawati Soekarnoputri menjadi ketua umum PDIP periode 2019-2024," ujarnya di Jakarta, Selasa (25/6/2019).

Kader PDIP di daerah menyampaikan aspirasi terkait nama calon ketua umum melalui rapat kerja daerah (Rakerda). Agenda itu digelar dalam rentang waktu setelah Rakernas kemarin sampai sebelum Kongres V.

Beberapa pengurus daerah sudah menyatakan dukungan agar Megawati Soekarnoputri menjadi ketua umum PDIP. Seperti PDIP Yogyakarta yang menyatakan dukungan pada Jumat, 21 Juni lalu. Menyusul berikutnya, PDIP Jawa Timur dan Bengkulu.

Salah satu pengurus PDIP provinsi di Sumatera juga menyatakan akan kembali mendukung Megawati. Ketua DPD Sumatera Barat Alex Indra Lukman mengatakan, Rakerda baru akan digelar 26 Juni besok. Namun, dipastikan akan memutuskan mendukung Megawati sebagai ketua umum. Aspirasi kader sudah dia serap karena mengetahui Kongres V dipercepat.

"Sehingga sudah menyampaikan aspirasi kepada kami bahwa menginginkan Ibu Hj DR HC Megawati Soekarnoputri Puti Reno Nilam untuk berkenan memimpin kami semua sebagai Ketua Umum PDI Perjuangan 2019-2024," ucapnya.

PDI Perjuangan akan menggelar Kongres V untuk memilih ketua umum pada 8 Agustus 2019. Kongres tersebut dipercepat dari sedianya digelar pada 2020.

Puan Optimis

Sementara, Ketua DPP PDIP nonaktif Puan Maharani mengatakan partainya solid mendukung Megawati Soekarnoputri untuk kembali menjabat sebagai ketua umum saat Kongres ke V PDIP dilakukan. Pemilihan itu, kata dia juga akan dibarengi dengan penguatan partai.

"Ya insya Allah kita (PDIP) semua solid masih berharap ibu Mega berkenan untuk kembali menjadi ketua umum. Tentu saja dengan penguatan-penguatan lain untuk bisa mempersiapkan PDIP lebih bersinergi dengan pemerintah yang akan datang," kata Puan di Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta, Selasa (25/6/2019).

Puan tidak menutup kemungkinan penguatan itu melalui penambahan jabatan seperti Ketua Harian dan Wakil Ketua Umum PDIP. Tetapi dua posisi krusial itu nantinya akan dibahas dalam kongres juga.

"Ya nanti itu akan dibicarakan di kongres yang pasti kita semua tetap solid dan ini penguatan kongres bukan berarti akan terjadi hal-hal yang membuat PDIP enggak solid. PDIP solid," ungkapnya.

Meski begitu, ia irit bicara saat ditanya soal namanya yang menjadi kanidat ketua harian dan wakil ketua umum. Puan menegaskan sampai saat ini belum ada perbicangan soal nama pengisi posisi tersebut.

"Enggak tau saya. Itu belum ada dalam perbincangan," ucapnya.

Sebelumnya, Politikus senior Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan Pramono Anung meyakini, Megawati Soekarnoputri akan tetap menjabat sebagai Ketua Umum PDIP. Dalam kongres ke V nanti, kata dia, Megawati akan jadi calon ketua umum secara aklamasi.

"Dan pasti kalau melihat potensi dan juga indikasi karena kita menang pemilu legislatif dengan angka yang signifikan dan menang pilpres kemungkinan besar akan aklamasi," kata Pramono.

Reporter: Ahda Bayhaqi, Sania Mashabi

Sumber: Merdeka

Saksikan video pilihan berikut ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Pose Seksi Mantan Miss Universe Australia yang Mengaku Tersandung Masalah Imigrasi di Bali

Posted: 24 Jun 2019 10:02 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Nama Tegan Martin mencuat setelah bertanya lewat Instagram Story-nya tentang paspor yang basah saat hendak terbang ke Australia. Mantan Miss Universe Australia itu mengaku harus tinggal lebih lama di Bali lantaran kasus yang terjadi pada Kamis, 20 Juni 2019.

"Wasn't allowed on my flight due to this watermark in the corner of my passport. Has this happened to anyone else? (Tak boleh terbang karena titik air di sudut paspor saya. Apakah ini pernah terjadi pada yang lain?)," tulisnya dilansir laman New.co.au, Selasa (25/6/2019).

Tegan berencana terbang ke Sydney, Australia, setelah menghabiskan waktu liburan di Ubud, Bali. Ia diketahui akan menghadiri undangan makan malam yang digelar untuk menggalang dana bagi pencegahan bunuh diri dan dukungan penderita kanker payudara.

Namun, akibat insiden tersebut, Tegan terpaksa membatalkan kehadirannya dan harus tinggal lebih lama di Bali. Ia pun menginap di Bliss Sanctuary for Women sambil mengisi waktu dengan bersantai dan berfoto.

Perempuan asal Newcastle, Australia itu sempat membagikan salah satu foto yang diambil saat sedang berendam di bak mandi penuh bunga di luar ruang. Ia terlihat tak mengenakan pakaian, tetapi hanya menutupi bagian pribadinya dengan lengan dan bunga-bunga. "TBT to this Bliss bath," tulisnya, Minggu, 23 Juni 2019.

Trauma atau Tidak?

Tegan Martin, Miss Universe Australia 2014. (dok. Instagram @tegan.martin/https://www.instagram.com/p/BzC-EbEADqC/Dinny Mutiah)

Tegan kini diketahui telah kembali ke negara asalnya. Meski mendapat pengalaman tak mengenakkan, perempuan berusia 26 tahun tersebut mengaku tak pernah kecewa dengan Bali.

Perempuan yang kini berkarier sebagai model itu justru memuji segala keramahan yang diterima selama tiga kali berlibur ke Pulau Dewata. Ia juga selalu mengagumi keindahan alam yang ditawarkan pulau tersebut.

"The people are so smiley and welcoming and the natural surroundings have something just a little extra magic about them. (Orang-orangnya sangat mudah tersenyum dan ramah, dan lingkungan sekelilingnya memiliki sesuatu dengan sedikit keajaiban ekstra)," tulis Tegan sambil mempromosikan bikini yang dikenakannya.

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Anies Imbau Orangtua Murid Tak Antre Daftar PPDB Sejak Subuh

Posted: 24 Jun 2019 10:01 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan percaya pihaknya sudah bekerja efisien dalam proses penerimaan peserta didik baru (PPDP). Karenanya, dia mengimbau agar orangtua murid tidak antre pendaftaran sejak Subuh.

"Yang kami anjurkan kepada orangtua bahwa mulainya (pendaftaran) pukul 08.00 WIB. Jadi disarankan tidak perlu menunggu dari subuh, toh verifikasinya bisa dilakukan secara efisien. Insyaallah tidak ada masalah," ujar Anies di Gedung DPRD DKI, Jakarta, Senin (24/6/2019).

Anies Baswedan mengaku ingin memberi kepastian kepada orangtua siswa. Menurutnya, sistem zonasi PPDB ini akan mempermudah siswa untuk mendapatkan sekolah.

Sebab, Pemerintah Provinsi (Pemprov) DKI Jakarta akan meningkatkan mutu pendidikan setiap sekolah di Jakarta.

"Dengan begitu orangtua punya kepastian, masyarakat punya kepastian, anak-anak yang sedang sekolah pun tahu, tahun depan saya mau ke mana, karena sistemnya stabil. Jadi anak sudah kelas 5, kelas 6 SD sudah tahu mau ke SMP mana, karena aturannya dia tahu," tutur Anies Baswedan

Pentingkan Luar Zonasi

Anies menambahkan, sistem zonasi di DKI Jakarta juga tetap menerima calon siswa baru dari luar DKI Jakarta. Namun, sistem ini tetap mementingkan siswa yang berada di lingkup zonasi kelurahan.

"Kita memiliki pola untuk SD, SMP, SMA. Jadi PPDB untuk jalur SD, itu zonasi itu basis kelurahan 70 persen, basis provinsi 25 persen, lalu luar DKI 5 persen. Kemudian SMP-SMA, zonasi kita ini basisnya kelurahan 60 persen, kemudian 30 pesan dari luar kelurahan itu, dan dari luar DKI itu 5 persen, lalu jalur prestasi 5 persen," jelas dia.

"Lalu untuk SMK di sini itu praktis, tidak ada jalur zonasi. 90 persen itu siapa saja bisa daftar. 5 persen prestasi, 5 persen luar DKI. Itu yang kita lakukan di Jakarta, dan ini menjaga kontinuitas dari rekrutmen siswa dari tahun ke tahun," dia mengakhiri.

Saksikan video pilihan di bawah ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

VIDEO: Jemaah Haji 2019 Mendapat Menu Khas Daerah

Posted: 24 Jun 2019 10:00 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Pemerintah Indonesia akan menyajikan menu makan khas daerah untuk para jemaah haji asal Indonesia pada tahun ini.

Menu khas daerah akan dinikmati jemaah 3 kali dalam 1 minggu. Selain itu mereka juga mendapat menu makanan tambahan setiap Jumat.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Mimpi Istri Kades Tapuwatu Sebelum Desanya Hilang Tersapu Banjir Konawe Utara

Posted: 24 Jun 2019 10:00 PM PDT

Liputan6.com, Konawe Utara - Setelah banjir Konawe Utara, Desa Tapuwatu, Kecamatan Asera, Kabupaten Konawe Utara, Sulawesi Tenggara hilang diterjang air bah, Jumat (7/6/2019). Sebanyak 80 unit rumah warga hanyut ke Sungai Lasolo, sebelumnya diberitakan 75 rumah saja.

Sebelum banjir merendam desa pada Minggu (2/6/2019), ternyata istri Kepala Desa Tapuwatu, Idawati (43) sudah sering bermimpi buruk. Ibu dengan empat orang anak ini, sering bermimpi desanya direndam banjir.

Mimpi ini, terjadi saat bulan Ramadan. Hanya beberapa hari sebelum kampungnya rata diterjang banjir bandang.

Namun, mimpinya dianggap biasa saja dan tak pernah diceritakan pada suaminya, Ahmad Badwin. Sebab, air sungai Lasolo sering naik beberapa sentimeter dan dianggap biasa oleh warga.

"Tapi, mimpi ini terjadi berulang kali. Malah, karena beberapa kali dengan mimpi berbeda, saya sering menghayal," ujar Idawati, ditemui di lokasi pengungsian, Minggu (23/6/2019).

Pada waktu berbeda, Idawati bercerita, sering bermimpi mendaki gunung. Namun, dalam mimpinya dia mengakui kerap jatuh ke dalam air.

"Itu berulang-ulang. Saya langsung berpikir, apa yang akan terjadi sama saya," ujarnya.

Beberapa hari setelah bermimpi, hujan deras mulai turun di kampungnya. Menganggap hanya hujan biasa, hujan tak juga berhenti selama beberapa hari.

Dua hari sebelum lebaran, Idawati menceritakan banjir mulai naik namun belum terlalu tinggi merendam desa. Dua hari setelah lebaran, banjir Konawe Utara makin tinggi dan menghanyutkan puluhan rumah di kampungnya.

"Di situ kami lari ke hutan dengan suami dan empat anak saya, melawan arus sungai. Sebab, untuk ke gunung, air sudah deras sekali dan kami takut hanyut," kenang Idawati.

Saat kembali ke desa, dia sudah tak menemukan lagi rumahnya. Bahkan, perabotan pun hanyut terbawa banjir.

"Saya takut tinggal di Tapuwatu, saya tak mau lagi. Sedikit saja kami terlambat lari, mungkin saya sudah hanyut dibawa banjir Konawe Utara," ujar Idawati.

Ribuan Buku Rapor Siswa Hanyut

Kepala Sekolah S<PN 1 Andowia Konawe Utara, Suhepia (57)  memungut rapor siswa yang rusak terendam banjir.(Liputan6.com/Ahmad Akbar Fua)

Belasan sekolah di Konawe Utara rusak dan dipenuhi endapan lumpur usai banjir Konawe Utara. Sebanyak 17 unit TK, 10 unit sekolah dasar, 3 unit SMP dan 1 unit SMA rusak terendam banjir.

Sejumlah fasilitas di sekolah hancur, termasuk sejumlah data dan surat-surat berharga. Salah satunya, ratusan buku rapor siswa hanyut dan rusak terbawa banjir.

Salah satu SMP negeri di Andowia, malah kehilangan 383 rapor milik siswanya. Tinggal tersisa 40 unit rapor yang masih utuh, tetapi sudah nyaris hancur karena dipenuhi lumpur.

Kepala Sekolah SMPN 1 Andowia, Suhepia SPd mengatakan, tak sempat lagi menyelamatkan sekolah. Sebab, rumahnya juga terendam baniir dengan cepat.

"Guru lain juga sibuk selamatkan rumahnya, sama dengan warga di sekitar sekolah," ujar Suhepia.

Dia melanjutkan, hanya mampu menyelamatkan 40 unit komputer. Sedangkan, gedung dan surat berharga, banyak yang rusak.

Tidak hanya sekolahnya, sejumlah surat berharga dan bangunan sekolah lain di Konawe Utara juga hanyut dan rusak. Hingga saat ini, semua sekolah yang terkena dampak banjir di Konawe Utara masih diselimuti lumpur tebal.

KPK Kerja Diam-diam

Desa Tapuwatu, Kecamatan Asera, hilang usai diterjang banjirbandang Konawe Utara, Jumat (7/6/2019).(Liputan6.com/Ahmad Akbar Fua)

Usai banjir Konawe Utara, Komisioner KPK La Ode Muhammad Syarif menyambangi Sulawesi Tenggara, Senin (24/6/2019). Datang memberikan kuliah umum kepada calon mahasiswa magister hukum soal lingkungan dan pertambangan, La Ode Muhammad Syarif menyinggung soal bencana banjir yang menerjang Konawe Utara.

La Ode Syarif mengatakan, KPK sudah melakukan pengkajian soal perusahaan tambang di Konawe Utara. Bahkan, nama-nama pemilik IUP sudah dalam pantauan.

"Kami sudah lakukan penelitian dan kajian, banyak perusahaan yang tak sesuai regulasi," ujar La Ode Syarif.

Dia mengatakan, terkait ada dampak langsung dan tak langsung terhadap alih fungsi lahan, perlu diteliti lebih lanjut.

"Tetapi karena dampak besar, banyak tanah longsor dan sekarang banjir berbeda dengan yang dulu di Konawe Utara, maka pasti ada eksploitasi berlebihan di daerah hulu," ujarnya.

Dia melanjutkan, pihaknya datang di Sultra agar tak terjadi lagi kasus korupsi yang melibatkan gubernur dan bupati di Sultra.

"Jadi, kalau kita lihat kerusakan tak berhubungan dengan tambang, itu pasti salah. Dan wakil Gubernur sudah bilang itu pasti ada hubungannya," ujar La Ode Syarif.

Ditanyakan soal ada atau tidaknya target KPK melakukan pemangggilan dan pemeriksaan terhadap pemilik perusahaan tambang atau pemerintah daerah, La Ode Syarif membantah.

"KPK ndak pernah bilang soal target. Kita kerja diam-diam saja kalau mau," pungkasnya.

Saksikan juga video pilihan berikut ini:

 

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

7 Foto Ini Tunjukkan Indonesia Zaman Dulu Lebih Toleran dan Beragam

Posted: 24 Jun 2019 10:00 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Melihat foto-foto zaman dulu seperti berpetualang dengan mesin waktu dan mempelajari bagaimana keseharian orang-orangnya. Banyak hal menarik yang kita temukan dari zaman dulu yang ternyata amat berbeda dengan sekarang. Misalnya saja, dulu iklan-iklan dan majalah dipenuhi perempuan berpakaian rok mini adalah hal yang wajar. 

Belum lagi, fashion zaman dulu yang klasik dan tampak anggun. Wanita zaman dulu memakai pakaian tradisional di jalanan sebagai pakaian sehari-hari adalah hal yang biasa. Beda sekali dengan zaman sekarang yang sudah sangat jarang hal tersebut terjadi.

Tengok saja dari akun Twitter @menghanyurkan yang menghimpun foto-foto klasik zaman dulu. Kita jadi bisa sedikit mengintip seperti apa fashion orang zaman dulu dan kebiasaan mereka. 

1. Zaman dulu kayaknya pakai rok selutut bebas aja ya? Ga bakalan dibilang ga sopan

2. Siswa Laki-lakinya aja ga kalah pendek dong pakaiannya

3. Dulu para guru wanita pakai gaun dan kebaya di sekolah, anggun ya

4. Yang ini juga ga kalah anggun dengan gaunnya

5. Sampul majalah zaman dulu termasuk berani kalau buat orang sekarang dengan rok mininya

6. Perempuan-perempuan yang difoto di jalanan Jakarta zaman dulu, ugh terlihat keren sekali

7. Siapa bilang wanita zaman dulu tidak ada yang pakai kerudung?

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Suhu Dingin Terasa di Jawa dan Gelombang Panas Landa Kawasan Eropa, Ini Penjelasannya

Posted: 24 Jun 2019 10:00 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Cuaca dingin dan cuaca panas bisa disebabkan karena adanya sinar matahari dan pergerakan angin. Setiap wilayah biasanya akan merasakan cuaca dingin atau cuaca panas jika sedang memasuki musim tertentu. 

Perubahan cuaca bisa dilihat dan diperkirakan oleh para peneliti sehingga masyarakat kerap diimbau untuk bersiap menghadapi akibat dari perubahan cuaca tersebut. Setiap wilayah memiliki perubahan cuacanya masing-masing tergantung musim yang dilalui. 

Secara umum, musim yang terjadi tak akan jauh beda dari wilayah satu dengan lainnya walaupun beberapa kawasan di Eropa dan Amerika memiliki musim lebih banyak daripada di kawasan benua Asia yang dilintasi garis khatulistiwa. Namun bukan hal mustahil jika bumi juga mengalami perubahan cuaca ekstrem. 

Kawasan Jawa Dilanda Suhu Dingin Tak Biasa

Petugas mengecek penguapan air di Stasiun Klimatologi BMKG DIY (Liputan6.com/Switzy Sabandar)

Beberapa daerah di Jawa dilanda dengan suhu dingin tak biasa yang dirasakan masyarakat sejak hampir seminggu yang lalu. Contohnya seperti di wilayah Bandung, Jawa barat. Kondisi udara dingin tersebut mulai terasa saat malam hari hingga pagi keesokan harinya.

Menurut Peneliti Cuaca dan Iklim Badan Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Provinsi Jawa Barat, Muhamad Iid Mujtahiddin, suhu dingin di Bandung disebabkan wilayah ini sedang memasuki musim kemarau.

"Untuk Jawa Barat, periode musim kemarau datang pada bulan Juni dengan terlebih dahulu masuk di wilayah sekitar Pantura (pantai utara), kemudian bergerak ke arah selatan," kata Iid dilansir oleh Liputan6.com, Selasa (25/6/2019). 

Menurutnya, puncak musim kemarau terjadi pada bulan Agustus-September dengan karakteristik suhu udara dingin dan kering. 

"Dari pantauan alat pengukur suhu udara tercatat selama bulan Juni 2019 ini, suhu udara terendah tercatat sebesar 17 derajat Celcius pada tanggal 21 Juni 2019 atau hari ini," ungkapnya. 

Tak hanya melanda Bandung, masyarakat Yogyakarta pun merasakan hal yang sama. Pada siang hari, suhu udara berada di kisaran 31 sampai 32 derajat Celcius, sedangkan pada malam hari dapat mencapai 18 derajat Celcius.

Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) DIY mencatat suhu udara malam dan pagi hari di DIY perlahan naik jika dibandingkan dengan beberapa hari sebelumnya. Pada Minggu (23/6/2019) malam suhu udara 19 derajat Celcius, sedangkan pada 21 dan 22 Juni lalu mencapai 18 derajat Celcius. 

Reni Kraningtyas, Kepala Stasiun Klimatologi BMKG DIY menuturkan angin Monsoon Dingin Australia dominan bertiup saat musim kemarau. Kondisi ini turut menyumbang suhu udara rendah di malam hari.

Begitu juga yang terjadi di kawasan Dieng, Jawa Tengah. Suhu minus sembilan derajat Celsius tercatat di kompleks Candi Arjuna Dieng. Di dalam ruangan rumah warga di Desa Dieng Kulon, Kecamatan Batur, Banjarnegara, suhu di dalam ruangan mencapai minus satu derajat Celsius. Suhu tersebut memunculkan embun es yang menyelimuti kawasan Candi Arjuna dan sekitarnya. 

"Minus sembilan derajat Celsius. Ini sudah sampai ke pertanian. Tanaman kentang itu sudah cukup luas," kata Aryadi Darwanto, Kepala UPT Dieng.

Menurut Aryadi, suhu udara Dieng sepekan terakhir ini memang turun ke suhu kurang dari nol derajat. Namun, Senin pagi ini adalah yang terendah.

Sebelumnya, suhu udara berkisar minus satu hingga minus lima derajat Celsius di kompleks Candi Arjuna. Adapun di perumahan, suhu udara masih berkisar satu atau dua derajat Celsius.

Suhu Panas Justru Landa Kawasan Eropa

Eropa dilanda gelombang panas (Sumber: The Guardian)

Berbanding terbalik dengan kawasan di Jawa, benua Eropa justru tengah dilanda gelombang panas. Beberapa negara di Eropa pun dikabarkan mencapai suhu tinggi yaitu 40 derajat celcius. 

Kondisi juga dikabarkan akan dirasakan masyarkat Eropa hingga sepekan ke depan. Dikutip dari The Guardian, para ahli meteorologi mengatakan suhu akan mencapai atau bahkan melebihi 40 derajat Celsius dari Spanyol ke Swiss, saat udara panas disedot dari Sahara oleh kombinasi badai yang melanda Atlantik dan tekanan tinggi di Eropa tengah.

Di Spanyol diperkirakan suhunya mencapai 42 derajat Celsius. Pemerintah Prancis bahkan telah mengeluarkkan peringatan melalui Menteri Kesehatan, Agnès Buzyn. 

"Ini memengaruhi kita semua, tidak ada yang (seperti) Superman dalam berurusan dengan panas ekstrem, yang akan kita alami pada hari Kamis dan Jumat," katanya dalam konferensi pers. 

Italia pun tak luput dari gelombang panas. Diperkirakan suhu tertinggi berkisar 37-40 derajat Celsius diperkirakan terjadi di wilayah Italia utara dan tengah, termasuk Roma, Florence, Bologna, Milan, dan Turin.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Tolak Proposal Damai Donald Trump, Warga Palestina Berunjuk Rasa di Seluruh Negeri

Posted: 24 Jun 2019 10:00 PM PDT

Liputan6.com, Ramallah - Ratusan warga Palestina berunjuk rasa di hampir seluruh penjuru negeri pada Senin, 24 Juni 2019. Mereka memprotes konferensi Bahrain yang membahas pembangunan ekonomi dalam kerangka Proposal Damai Deal of the Century usulan Donald Trump.

Dalam protes yang berlangsung di wilayah Tepi Barat, dari Hebron hingga Nablus, tampak massa aksi membakar poster Presiden Donald Trumo dan raja Bahrain. Sebagian pengunjuk rasa di Ramallah juga membawa peti mati raksasa dengan tulisan "Deal of the Century akan menemui ajal".

 

Protes juga berlangsung di kota bagian selatan Halhul, lapor Japan Times dikutip Selasa (25/6/2019). Para pemuda berdemonstrasi di muka tentara Israel dan petugas keamanan merespons dengan gas air mata.

Demonstrasi juga terjadi di Jalur Gaza, meskipun peserta tidak cukup banyak. Seorang pria lajang yang berpakaian sebagai almarhum pemimpin Palestina Yasser Arafat, berdiri di jalan di Kota Gaza. Ia mencoret-coret bendera Israel dan Amerika.

"Pesan saya untuk pertemuan di Bahrain, biarkan kami sendiri, biarkan kami dalam damai," kata pria itu, Ibrahim al-Nahal. "Kami tidak butuh uangmu ... tidak ada yang bisa menghentikan revolusi Palestina."

 

Hamas Serukan Pemogokan

Pemimpin Hamas Yahya Sinwar (Khalil Hamra/AP Photo)

Penguasa Hamas di Gaza juga menyerukan pemogokan umum dan demonstrasi massa akhir pekan ini.

"Kami menyatakan penolakan kami terhadap Deal of the Century dan konferensi Bahrain," kata pejabat senior Hamas Mushier al-Massri kepada wartawan, Senin. "Kami berjanji untuk bekerja untuk membatalkan konspirasi ini."

Sementara itu, juga terjadi kebakaran di tanah pertanian bagian selatan Israel. Sumber kebakaran dituduh datang dari Jalur Gaza.

Otoritas Palestina telah menolak proposal perdamaian AS dan memboikot lokakarya di Bahrain. Dalam workshop itu, pemerintahan Trump berharap dapat menggalang dukungan Timur Tengah dan menyukseskan janji keuangan dari para pemangku kepentingan Arab dan Israel.

Palestina sendiri melihat AS sama sekali tidak memihaknya. Ramallah dengan tegas mengatakan, sebuah mekanisme ekonomi tidak dapat berperan dalam penyelesaian konflik.

 

Israel Turut Meragukan Proposal Donald Trump

Bendera Israel berkibar di dekat Gerbang Jaffa di Kota Tua Yerusalem (20/3). Gerbang Jaffa adalah sebuah portal yang dibuat dari batu yang berada dalam deret tembok bersejarah Kota Lama Yerusalem. (AFP Photo/Thomas Coex)

Proposal perdamaian Timur Tengah usulan Amerika Serikat yang bernama Deal of the Century turut diragukan oleh Israel.

Keraguan itu datang menjelang pengumuman resmi porsi ekonomi dari proposal perdamaian Timur Tengah usulan Presiden Donald Trump yang telah lama ditunggu.

Porsi ekonomi proposal itu akan diumumkan di Manama, Bahrain (Konferensi Bahrain) 25-26 Juni. Acara itu akan dihadiri oleh AS dan delegasi negara Timur Tengah. Sementara porsi politik akan diumumkan setidaknya pada September 2019.

AS dikabarkan hendak menyiapkan paket pengembangan ekonomi senilai US$ 50 miliar - US$ 60 miliar untuk Palestina, dengan sebagian besar dana datang dari berbagai skema finansial kolektif negara-negara Arab dan pihak swasta.

Paket yang direncanakan mengalir ke Palestina akan meliputi: US$ 13,5 miliar dalam bentuk hibah; sekitar US$ 26 miliar pada pinjaman berbunga rendah; dan sekitar US$ 11 miliar dalam investasi modal swasta --semua diperuntukkan untuk 179 proyek spesifik, namun teoritis, yang bertujuan meningkatkan ekonomi Palestina.

Satu proyek spesifik adalah koridor transportasi yang menghubungkan wilayah Palestina di Gaza dan Tepi Barat dengan biaya proyek senilai US$ 5 miliar.

Perdana Menteri Israel Benjamin Netanyahu memberikan tanggapan samar atas usulan Amerika, mengatakan bahwa Tel Aviv "akan mendengarkan secara adil dan terbuka."

Namun, kelompok oposisi parlemen, eks-pejabat pemerintah hingga analis pro-Israel meragukan proposal yang diusulkan Amerika Serikat.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Rupiah Menguat ke 14.104 per Dolar AS Terdorong Mata Uang Asia Lain

Posted: 24 Jun 2019 10:00 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Nilai tukar rupiah terhadap dolar Amerika Serikat (AS) bergerak menguat pada perdagangan Selasa ini. Rupiah berlanjut menguat terbatas terbawa sentimen penguatan mata uang kuat Asia.

Mengutip Bloomberg, Selasa (25/6/2019), rupiah dibuka di angka 14.144 per dolar AS, menguat tipis jika dibandingkan dengan penutupan perdagangan sebelumnya yang ada di angka 14.146 per dolar AS. Menjelang siang, rupiah terus menguat ke 14.104 per dolar AS.

Sejak pagi hingga siang hari ini, rupiah bergerak di kisaran 14.104 per dolar AS hingga 14.144 per dolar AS. Jika dihitung dari awal tahun, rupiah menguat 1,99 persen.

Sedangkan berdasarkan Kurs Referensi Jakarta Interbank Spot Dollar Rate (Jisdor), rupiah dipatok di angka 14.138 per dolar AS, menguat jika dibandingkan dengan patokan sehari sebelumnya yang ada di angka 14.165 per dolar AS.

Ekonom Samuel Aset Manajemen Lana Soelistianingsih mengatakan, kemungkinan rupiah berlanjut menguat terbatas terbawa sentimen penguatan mata uang kuat Asia dolar Hong Kong dan dolar Singapura pagi ini.

"Walaupun secara teknikal ada potensi pelemahan karena penguatan yang terjadi pada minggu lalu sampai kemarin," ujar Lana dikutip dari Antara, Selasa (25/6/2019).

Dari eksternal, indeks aktivitas bisnis The Fed of Dallas turun tajam, yaitu minus 12 pada Juni 2019 dari minus 5,3 pada Mei 2019 sementara konsensus pasar hanya turun 1. Penurunan ini merupakan yang terendah sejak Juni 2016.

Turunnya indeks ini menambah daftar indikator ekonomi AS yang mulai melambat. The Fed telah mengantisipasi potensi perlambatan ekonomi AS dengan merevisi turun proyeksi pertumbuhan ekonomi AS dari 2019 sebesar 2,3 persen menjadi 2,1 persen, dan untuk 2020 sebesar 2 persen menjadi 1,9 persen dan tahun 2021 tetapi 1,8 persen.

"Dengan proyeksi ini tampaknya ruang The Fed turunkan suku bunga masih akan berlanjut hingga 2021," kata Lana.

Lana memprediksi rupiah hari ini berpotensi menguat menuju kisaran antara 14.140 per dolar AS sampai 14.150 per dolar AS.

BI Prediksi Nilai Tukar Rupiah 13.900 - 14.000 per Dolar AS di 2020

Pekerja bank menghitung uang dollar AS di Jakarta, Jumat (20/10). Pagi ini, Rupiah dibuka di Rp 13.509 per USD atau menguat tipis dibanding penutupan perdagangan sebelumnya di Rp 13.515 per USD. (Liputan6.com/Angga Yuniar)

Sebelumnya, Gubernur Bank Indonesia (BI), Perry Warjiyo menyampaikan asumsi ekonomi makro tahun 2020 untuk nilai tukar Rupiah adalah pada level 13.900-14.300 dan inflasi 3 persen plus minus 1.

Perry menilai,sejauh ini Rupiah masih menunjukan kondisi yang positif. Tercatat hingga hari ini nilai tukar berada pada posisi 14.250 terhadap dolar Amerika Serikat (USD).

"Hingga tanggal 10 Juni 2019 nilai tukar Rupiah 14.250 per USD atau menguat 0,91 persen bila dibandingkan dengan level akhir tahun 2018 yaitu Rp 14.380, nilai tukar rupiah pada tahun 2019 mencapai Rp 14.187 atau menguat 0,41 persen dibandingkan rerata tahun 2018 Rp 14.246," kata dia pada Selasa 11 Juni 2019. 

Selain itu, BI memperkirakan bahwa Neraca Pembayaran Indonesia akan mencatat surplus sejalan dengan prospek aliran masuk modal asing yang terus berlanjut.

Sementara itu, defisit transaksi berjalan atau Current Account Defisit (CAD) 2019 juga diperkirakan lebih rendah dari tahun 2018 yaitu dalam kisaran 2,5 sampai 3 persen terhadap PDB.

"Sejalan dengan perkiraan neraca pembayaran tersebut, kami memperkirakan rata-rata nilai tukar pada tahun 2019 akan berada pada kisaran Rp 14.000 - Rp 14.400 terhadap dolar Amerika Serikat," ujarnya.

"Pada tahun 2020 kami memperkirakan bahwa prospek penguatan Neraca Pembayaran Indonesia akan berlanjut ditopang oleh peningkatan aliran masuk modal asing dan penurunan defisit transaksi berjalan," dia menambahkan.

Aliran masuk modal asing (inflow) diperkirakan meningkat dipengaruhi oleh prospek ekonomi yang membaik dan juga koordinasi yang kuat kebijakan antara pemerintah Indonesia dan berbagai otoritas terkait, untuk 2019 defisit transaksi berjalan kita akan tetap terkendali.

"Dengan berbagai perkembangan tersebut kami memperkirakan bahwa rata-rata nilai tukar Rupiah pada tahun 2020 akan berada pada kisaran Rp 13.900 sampai dengan Rp14.300 dolar Amerika Serikat," tutupnya.

 

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

VIDEO: Kalahkan Chile, Uruguay Juara Grup C Copa America 2019

Posted: 24 Jun 2019 10:00 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Perebutan puncak juara grup C Copa America terjadi antara Uruguay dan Chile. Dengan gol tunggal, Uruguay berhasil mengalahkan Chile.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Kolaborasi dengan Bintang Film Guardians of the Galaxy, Ini Kata Iko Uwais

Posted: 24 Jun 2019 10:00 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Setelah Yayan Ruhian dan Cecep Arif Rahman melawan Keanu Reeves dalam John Wick 3, kini giliran Iko Uwais menghadapi Dave Bautista. Pertemuan Iko Uwais dengan pemeran Drax dalam Guardians of the Galaxy terjadi di film Stuber.

Iko Uwais memerankan Tedjo, pengedar narkoba yang mengincar remaja dan anak-anak. Kepada Showbiz Liputan6.com, Iko Uwais menceritakan bagaimana peran Tedjo jatuh ke tangannya. Usai syuting Mile 22, Iko Uwais kembali ke Jakarta.

"Baru 2 minggu di Jakarta, bertemu istri dan mengurus anak-anak, saya dikabari manajer bahwa sutradara Michael Dowse ingin mengobrol dengan saya via video call. Kami membahas proyek layar lebar Stuber, bersama Fox. Ini tantangan banget," ungkap Iko Uwais di Jakarta Selatan, Senin (24/6/2019) kemarin.

Iko Uwais merasa tertantang karena Stuber bergenre komedi aksi. "Proses syutingnya sekitar dua bulan. Sementara sebagai pemain saya, kan enggak lucu-lucu amat," aku Iko Uwais.

Skala Internasional

(Rich Fury/Getty Images/AFP)

Ini bukan kali pertama Iko Uwais terlibat proyek layar lebar berskala internasional. Sebelumnya, Iko Uwais tampil di Man of Tai Chi, Star Wars Episode VII: The Force Awakens, Beyond Skyline, Triple Threat, dan beradu akting dengan Mark Wahlberg dalam Mile 22.

Diakui Iko Uwais, syuting film di Indonesia dan luar negeri berbeda. Menurut Iko Uwais, syuting bersama sineas luar negeri sangat disiplin. Saat syuting dijadwalkan jam 12 siang, pemain dan kru datang tepat waktu. Telat 5 menit pun, pemain mengabari atau minta izin.

Tampil 1.000 Persen

(Rich Fury/Getty Images/AFP)

"Kita enggak bisa sembarangan menggunakan properti studio dan enggak bisa syuting 24 jam. Soal divisi di lokasi syuting relatif sama dengan di Indonesia hanya lebih fokus dengan masing-masing tugasnya," Iko Uwais menjelaskan.

Selain itu, tak ada pembedaan antara aktor besar dan aktor kecil. "Jadi saat dipanggil, aktor yang bersangkutan sudah siap beraksi di depan kamera. Kalau syuting film di luar negeri, bekerja 100 persen saja tidak cukup. Setiap aktor siap tampil 1.000 persen," pungkas Iko Uwais. (Wayan Diananto)

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Eks Gelandang Timnas Brasil: Soal Barcelona Tergantung Neymar

Posted: 24 Jun 2019 10:00 PM PDT

Liputan6.com, Barcelona - Eks gelandang timnas Brasil, Juliano Belletti angkat bicara soal rumor kembalinya Neymar ke Barcelona dari Paris Saint Germain (PSG). Menurut Belletti, keputusan untuk kembali sepenuhnya ada di Neymar.

"Baginya, ini adalah momen untuk memutuskan," ujar Belletti seperti dilansir Sportskeeda.

Neymar saat ini sedang jadi bahan pembicaraan menyusul rumor yang menyebut ia ingin kembali ke Barcelona. Rumor itu dikuatkan dengan sindiran dari Presiden PSG, Nasser Al Khelaifi.

Pengusaha asal Qatar ini menyebut tidak ada tempat bagi pemain yang berlekakuan seperti selebritas di PSG. Khelaifi tak menyebut nama, namun publik menduga yang dimaksud adalah Neymar.

Di sisi lain, Barcelona juga telah mendapat masukkan dari Messi terkait Neymar. La Pulga -julukan Messi- meminta Barcelona lebih memilih Neymar ketimbang Antoine Griezmann.

Saran dari Messi bukan tidak mungkin memengaruhi sikap manajemen Barcelona. Ini karena statusnya sebagai pemain tak tergantikan sekaligus kapten klub.

 

Tidak Banyak Tahu

Neymar saat masih membela Barcelona (AFP/Lluis Gene)

Belletti mengakui, ia tak begitu mengerti dan mengikuti rumor soal Neymar. Namun pria yang juga mantan gelandang Barcelona ini punya saran untuk juniornya.

"Dia (Neymar, red) harus sangat tenang dengan keluarga dan mengambil keputusan terbaik," kata Belletti yang kini berusia 43 tahun.

Pemain Termahal

Neymar didatangkan PSG dari Barcelona pada awal musim 2017/18 dengan harga 222 juta euro atau Rp3,4 triliun. Harga itu membuat Neymar menjadi pemain termahal di dunia.

Bersama PSG, Neymar meraih lima trofi domestik. Namun ia kerap gagal meraih trofi Liga Champions, yang diidam-idamkan pemilik PSG.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Victoria, Negara Bagian Australia Pertama yang Legalkan Bunuh Diri Medis

Posted: 24 Jun 2019 10:00 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Pasien sakit parah di Victoria, Australia yang ingin mengakhiri hidupnya melalui praktik bunuh diri medis (eutanasia) saat ini, boleh melakukannya. Hal ini setelah pemerintah negara bagian tersebut mengesahkan regulasi terbaru.

Undang-undang terbaru memperbolehkan pasien yang sakit parah untuk mengakses obat yang mematikan pada dokternya. Melansir New York Post pada Selasa (25/6/2019), regulasi ini akan berlaku semenjak ditetapkannya yaitu 19 Juni 2019

Namun, surat kabar The Age menyatakan bahwa kriteria yang ditetapkan atau diperbolehkan bunuh diri sangatlah ketat. Hanya mereka yang sudah berumur 18 tahun ke atas dengan estimasi hidup selama enam bulan atau kurang, serta mendapatkan persetujuan untuk mengonsumsi obat-obatan mematikan, yang boleh melakukan eutanasia.

Dikutip dari Deutsche Welle, proses tersebut setidaknya memakan waktu 10 hari. Maka dari itu, kemungkinan, kematian pertama akan terjadi pada 29 Juni.

Tuai Kecaman dan Kritik

Ilustrasi Foto R.I.P atau Beristirahat dengan Damai. (iStockphoto)

Yang pasti, undang-undang ini hanya berlaku untuk masyarakat Victoria. Orang dari luar negeri atau negara bagian lain tidak akan mendapatkan ijin untuk prosedur tersebut.

Daniel Andrews, Perdana Menteri Negara Bagian Victoria, mengatakan bahwa keputusan ini bisa memberikan pasien sebuah pilihan yang lebih bermartabat untuk akhir hidupnya.

"Kami telah mengambil pendekatan yang welas asih," kata Andrews.

Namun, tentu saja regulasi ini mendapatkan kecaman. Khususnya dari gereja Katolik setempat. Meskipun, prosedur ini didasarkan pada rasa empati atau kebaikan.

"Paus Fransiskus telah mendorong umat Katolik di manapun, untuk menentang eutanasia dan melindung orang tua, muda, dan yang rentan agar tidak dikesampingkan dalam budaya 'terbuang'," kata uskup agung Melbourne Peter Comensali bersama tiga uskup Victoria lainnya.

Selain itu, aktivis eutanasia setempat, Philip Nitschke mengatakan bahwa persyaratan yang diterapkan terlalu ketat dan bisa memberatkan.

Beberapa negara seperti Belgia, Kanada, Jerman, Colombia, dan Belanda, diketahui sudah melegalkan eutanasia.

Simak juga Video Menarik Berikut Ini

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Video 'Beli Ikan Cupang' Viral dan Jadi Trending, Ini Fakta Sosok Diwan

Posted: 24 Jun 2019 09:50 PM PDT

 

Liputan6.com, Jakarta Beberapa waktu lalu, ketika sidang sengketa Pilprees 2019 tengah memanas, ada video seorang bocah yang mengalihkan perhatian publik. Video tersebut bahkan menjadi trending topik nomor 1 di YouTube. Video berjudul 'Diwan Beli Ikan Cupang' itu sempat menempati urutan teratas daftar trending Youtube.

Uniknya video tersebut tidak sama sekali membahas masalah sidang sengketa Pilpres 2019 yang ada di Mahkamah Konstitusi, namun berisi interaksi seorang adik dengan kakaknya. Dalam video 'Diwan Beli Ikan Cupang' itu memperlihatkan momen kakak-adik yang sedang berada di toko penjual ikan.

Awalnya, sang adik yang diketahui bernama Diwan itu mengkritik kakaknya yang tak mau mencuci baju sendiri. Lalu percakapan berlanjut membahas ikan cupang. Diwan rupanya tertarik ingin membeli ikan cupang untuk diadu dengan kucing.

Penasaran kan seperti apa sih sosok Diwan yang ada dalam video 'Diwan Beli Ikan Cupang' itu? Berikut sosok Diwan bocah viral yang Liputan6.com rangkum dari berbagai sumber, Selasa (25/6/2019).

Diwan dan Fadlu

Diwan dan Fadlu (Sumber: Instagram/fikrifadlu)

Mengutip dari KapanLagi pada Selasa (25/6/2019), Muhammad Diwan Al Fariz atau akrab disapa Diwan, adalah seorang bocah berusia belasan tahun. Dalam setiap kehadirannya di YouTube, Diwan selalu muncul bersama sang kakak, Fikri Fadlu.

Awalnya, mereka populer di Instagram karena kolaborasinya di Video Instagram atau dikenal dengan sebutan Vidgram. Tak neko-neko, dalam setiap videonya mereka hanya bercerita seputar interaksi antara kakak dengan adik cowoknya. Namun, rupanya cerita seputar saudara yang lekat dengan kehidupan sehari-hari itu berhasil memikat hati para warganet.

Setelah jadi viral di Vidgram, Diwan dan Fadlu pun melebarkan sayapnya ke dunia YouTube. Mereka mulai aktif mengunggah video sejak tahun 2017 silam. Hingga saat ini sudah ada puluhan video yang bisa ditonton pada kanal YouTube fikrifadlu.

Diwan selalu viral, tak pernah di bawah 1 juta penonton

Diwan dan Fadlu (Sumber: Instagram/fikrifadlu)

Menariknya lagi, video-video postingan fikrifadlu dalam kanal YouTubenya yang menggunakan keyword judul 'Diwan'. Meski menampilakn momen-momen sederhana, jumlah views-nya kerap lebih dari 1 juta penonton lho. Padahal, judul yang dipilih juga cukup sederhana, seperti Diwan Minta Sepeda, Diwan Pengen Main Game, Diwan Ngambek dan sejenisnya.

Bahkan, salah satu videonya yang bertajuk Diwan Makan Bakso hingga berita ini diturunkan sudah menjaring views sebesar 52 juta. Saat ditonton, video tersebut sama sekali tak ada clickbait. Video tersebut memang menceritakan sosok Diwan yang sedang makan bakso. Sungguh sederhana. Bahkan tidak ada efek-efek video yang canggih ala konten YouTuber ternama di dalamnya.

Baim Wong sampai bingung kenapa bisa viral

Diwan dan Fadlu (Sumber: Instagram/fikrifadlu)

Melihat video-video Diwan yang selalu sukses menarik perhatian warganet itu pun membuat banyak banyak orang heran. Bahkan hal ini pun bikin seorang Baim Wong kebingungan, yang mana Baim setiap harinya juga membuat konten di kanal YouTubenya.

"Kadang aku pusing 'mikir' konten. Kamu beli ikan cupang trending nomor 1. Besok aku janji beli ikan CUPANG. Aku bersumpah akan upload besok ketika aku beli cupang.. Diwan, Salam kenal," tulis Baim di kolom komentar video Diwan Beli Cupang.

Nah, salah satu jawaban yang paling masuk akal mengenai alasan viralnya Diwan adalah karena kesederhanaan yang ditampilkan. Seperti diketahui, saat ini kebanyakan konten-konten Youtube selalu berisi hal-hal yang berbau 'drama' atau sekedar pamer kekayaan dan sebagainya.

Mungkin saja para penonton Diwan adalah mereka-mereka yang sudah lelah dengan drama-drama Youtube zaman now, dan butuh sebuah pelarian untuk nonton hal-hal receh yang lekat dengan kehidupan sehari-hari.

Terlepas dari itu, akting dari Diwan dan Fadlu memang harus diacungi jempol kok. Sebagai kakak-beradik, mereka begitu kompak dan konsisten dalam berkarya.

 

Tanggapan kocak Tretan Muslim dalam Twitternya

Selain selebriti Baim Wong yang mengomentari video viral Diwan, ternyata ada pula komedian Tretan Muslim yang membagikan potongan video Diwan beli ikan cupang yang sedang trending topik di YouTube nomer satu.

"Sidang MK apa itu? Minggir kalian semua" ungkap Tretan Muslim dalam akun Twitternya @TretanMuslim pada, Kamis (20/6/2019)

Selain itu, banyak sekali komentar netizen yang menanggati cuitan Tretan Muslim tersebut.

"Ponakanku yg umur 5 thn seneng bgt tuh nonton in vidiony dia. Diulang2 trs, ampe bosen. The power anak kecil" ungkap akun @Kajos75353962

"kekuatan gabut memang sekuat ini" Imbuh akun @pinchipow_

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Suhu Dieng Membeku Capai Minus 9 Derajat Celsius, Ini Penjelasan BMKG

Posted: 24 Jun 2019 09:48 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Suhu dingin menyelimuti dataran tinggi Dieng, Banjarnegara, Jawa Tengah. Bahkan, Senin kemarin suhu bisa mencapai minus 9 derajat Celsius. Akibatnya, embun es dieng menutupi tanaman dan perkebunan warga. Bbbrrrrrr...

Deputi Bidang Meteorologi Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG), R. Mulyono R Prabowo, mengatakan suhu dingin sebenarnya tidak hanya terjadi di wilayah Jawa, tapi juga mencapai Nusa Tenggara, mengalami penurunan suhu signifikan saat malam hari, bahkan mencapai di bawah 15 derajat celsius.

"Secara umum, kondisi suhu dingin ini terjadi sebagai akibat dari adanya aliran massa udara dingin dan kering dari wilayah benua Australia yang dikenal dengan aliran monsun dingin Australia," kata Mulyono dalam keterangan tertulis yang diterima Liputan6.com, Selasa (25/6/2019).

Secara klimatologis, Mulyono melanjutkan, monsun dingin Australia aktif pada periode bulan Juni, Juli, hingga Agustus yang merupakan periode puncak Musim Kemarau di wilayah Indonesia selatan ekuator.

"Desakan aliran udara kering dan dingin dari Australia ini menyebabkan kondisi udara yang relatif lebih dingin, terutama pada malam hari dan dapat dirasakan lebih signifikan di wilayah dataran tinggi atau pegunungan," beber Mulyono.

Selaia itu, kondisi musim kemarau dengan cuara cerah membuat atmosfer dengan tutupan awan sedikit di sekitar wilayah Jawa-Nusa Tenggara dapat memaksimalkan pancaran panas bumi ke atmosfer pada malam hari, sehingga suhu permukaan bumi akan lebih rendah dan menjadi lebih dingin dari pada biasanya.

Kondisi tersebut sangat bertolak belakang saat musim hujan atau peralihan (pancaroba), yang biasanya suhu pada malam hari akan menjadi lebih panas karena uap air di atmosfer cukup banyak karena banyaknya pertumbuhan awan sehingga terjadinya atmosfer semacam 'reservoir panas'.

Bedasarkan data pengamatan BMKG, selama sepekan ini suhu udara lebih rendah dari 15 celsius dapat ditemui di wilayah Frans Sales Lega (NTT) dan Treters (Pasuruan). Pada wilayah Frans Sales Lega (NTT), suhu udara sempat sampai 9,2 derajat Celcius pada tanggal 15 Juni 2019.

Kondisi serupa juga terjadi hingga dataran tinggi Dieng (Jawa Tengah) ataupun daerah pegunungan lainnya yang merasakan dampaknya. Pada senin pagi, 24 Juni 2019 suhu di dataran tinggi dieng mencapai minus 9 derajat Celcius yang membuat embun beku atau frost semakin tebal dan luas dikarenakan cuaca ekstrim tersebut.

"Diprediksikan potensi kondisi suhu dingin seperti ini masih dapat berlangsung selama periode puncak musim kemarau, Juni-Juli-Agustus, terutama di wilayah Jawa hingga Nusa Tenggara," kata Mulyono.

Minus 9 Derajat

Petani memanen kentang lebih dini akibat embun es Dieng, Juli 2018. (Foto: Liputan6.com/Pemdes Dieng Kulon/Muhamad Ridlo)

Senin pagi, 24 Juni 2019, suhu kembali anjlok ke suhu minus sembilan derajat Celsius. Embun es Dieng pun muncul lebih tebal dan luas.

Kini embun es tak hanya tampak di rerumputan. Embun es sudah berdampak ke tanaman kentang dan sayuran lain.

Suhu minus sembilan derajat Celsius tercatat di kompleks Candi Arjuna Dieng. Di dalam ruangan rumah warga di Desa Dieng Kulon, Kecamatan Batur, Banjarnegara, suhu di dalam ruangan mencapai minus satu derajat Celsius.

Di kompleks Candi Arjuna, embun es Dieng menyelimuti kawasan lebih luas. Masyarakat dan wisatawan pun berebut mengabadikan momentum langka ini dengan kamera ponsel.

"Minus sembilan derajat Celsius. Ini sudah sampai ke pertanian. Tanaman kentang itu sudah cukup luas," kata Aryadi Darwanto, Kepala UPT Dieng.

Menurut Aryadi, suhu udara Dieng sepekan terakhir ini memang turun ke suhu kurang dari nol derajat. Namun, Senin pagi ini adalah yang terendah.

Sebelumnya, suhu udara berkisar minus satu hingga minus lima derajat Celsius di kompleks Candi Arjuna. Adapun di perumahan, suhu udara masih berkisar satu atau dua derajat Celsius.

"Jelas lebih tebal dan persebarannya lebih luas. Jadi warga juga, sempat cerita, depan rumahnya ada embun es. Kebetulan suhu di kampung, di Desa Dieng Kulon juga sudah minus satu," dia menjelaskan.

Saksikan video pilihan di bawah ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Gerindra Dinilai Layak Masuk Kabinet Jokowi, Prabowo Akan Bicara dengan Partai

Posted: 24 Jun 2019 09:46 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Sekretaris Jenderal Partai Persatuan Pembangunan (PPP) Arsul Sani menilai Partai Gerindra layak bergabung dalam koalisi pemerintahan. Ketua DPP Gerindra Sodik Mujahid menganggap pandangan itu sangat wajar.

"Pandangan yang sangat wajar dan sangat tepat mengingat potensi Gerindra yang besar, karakter Gerindra yang disiplin dan konsisten,komitmen kebangsaan Gerindra yang sangat serius," kata Sodik saat dihubungi merdeka.com, Selasa (25/6/2019).

Sodik tidak bisa memastikan apakah partainya akan gabung ke menerima tawaran gabung ke pemerintahan. Kata dia, semua itu tergantung keputusan Ketua Umum Partai Gerindra, Prabowo Subianto.

"Soal memerima atau menolak tawaran itu sepenuhnya hak pimpinan, Pak Prabowo akan membicarakan dengan dewan pembina, Dewan Pakar, DPP, dan DPD, DPC, se-Indonesia," ungkapnya.

 

Menghormati

Meski begitu, Juru Debat Badan Pemenangan Nasional (BPN) Prabowo-Sandi ini tetap menghormati pandangan yang menyebut Gerindra layak bergabung dalam kabinet ataupun koalisi. Dia pun mengucapkan terima kasih.

"Kami sampaikan terima kasih atas pandangan tersebut," ucapnya.

Sebelumnya, Sekretaris Jenderal PPP Arsul Sani mengatakan, ada partai di internal koalisi pendukung Presiden Joko Widodo yang berpendapat Gerindramerupakan partai paling pantas ditawari untuk bergabung. Apabila koalisi memutuskan menambah anggotanya.

"Ada juga yang berpendapat kalau pun partai koalisi di pemerintahan akan datang mau bertambah, Gerindra pantas ditawari," kata Arsul di Gedung DPR, Senayan, Jakarta Pusat.

 

Reporter: Sania Mashabi

Sumber: Merdeka.com

Saksikan video pilihan di bawah ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Rute Padat, 3 Pesawat Tujuan Singapura Mendarat di Batam

Posted: 24 Jun 2019 09:45 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Kepadatan jalur penerangan di Bandara Internasional Changi Singapura membuat tiga pesawat yang seharusnya mendarat di bandara tersebut terpaksa dialihkan ke Bandara Internasional Hang Nadim Batam.

Direktur Badan Usaha Bandar Udara (BUBU ) Hang Nadim Batam Suwarso mengatakan, pendaratan tiga pesawat ke Hang Nadim tersebut untuk menunggu antrian.

"Akibat traffic di Changi padat, ada beberapa pesawat harus divert (pengalihan tujuan pendaratan)," kata Suwarso, kepada Liputan6.com pada Selasa (25/6/2019).

Adapun tiga pesawat yang dialihkan sementara ke Bandara Batam adalah:

1. Singapore Airline Airbus A.350-900 / SIA-963 dari jakarta tujuan Changi mendarat di Hang Nadim pukul 20.23 WIB, dengan penerbang Capt Steve Siew Fook Pesawat tersebut kemudian take off dari Hang Nadim menuju Changi pukul 23.23 WIB.

2. Garuda Indonesia Boeing B.737-800 / GA-846, rute Jakarta-Changi mendarat di Hang Nadim pukul 20.35 WIB dan take-off pukul 22.00 WIB. Pesawat tersebut membawa 128 penumpang.

3. Singapore Airline pesawat Cargo tipe Boeing B.747-400 / SIA-7367 dari Dubai tujuan Changi, mendarat pukul 20.43 WIB kemudian take off  pukul 00.05 WIB tanggal 25 Juni.

"Kodisi sekarang di Bandara Hang Nadim sudah normal," pungkas Suwarso.

Tertahan 3 Hari di Hang Nadim, Pesawat Kargo Ethiopian Airlines Diizinkan Terbang

Pemeriksaan terhadap awak Pesawat B 7777 F kargo Ethiopian Airlines yang dipaksa mendarat masih terus berlanjut. (Liputan6.com/ M Syukur)

Sebelumnya, setelah tertahan 3 hari di Bandara Hang Nadim Batam, pesawat kargo Ethiopian Airlines Boeing 777 ET- AVN akhirnya diizinkan terbang kembali. Pesawat ini sempat dipaksa turun karena tidak ada izin terbang.

Direktur Badan Usaha Bandar Udara (BUBU) Hang Nadim Batam, Suwarso, mengatakan pesawat kargo Ethiopian Airlines ini tertahan cukup lama karena pihak maskapai lambat menyediakan perwakilan untuk mengurusi masalah perizinan tersebut. 

Namun, lanjut Suwarso, karena perwakilan dari Ethiopian Airlines sudah datang, maka pesawat kargo tersebut sudah diizinkan terbang kembali.

TNI maupun Pihak Bandara Hang Nadim akhirnya melepaskan pesawat berjenis Boeing 777 itu setelah seorang pejabat maskapai Ethiopian Cargo, Azeb Tefera, datang ke Batam untuk menjaminkan diri.

"Satu orang perwakilan dari Ethiopian Airlines sudah datang dari Jakarta, jadi pesawat itu (Ethiophian Cargo) terbang jam 15.05 WIB ke Singapura," kata Suwarso, Kamis (17/1/2019).

Menurut Suwarso, flight clearance dari Indonesia sudah diterbitkan. Ini adalah akhir proses perizinan yang perlu dimiliki pesawat kargo dengan 6 awak pesawat. 

Sebelumnya, berdasarkan pemeriksaan, co-pilot mengaku tak sengaja melanggar batas wilayah udara Indonesia.

Pilot bahkan mengira wilayah udara yang dia lewati adalah wilayah Singapura, dan karenanya merasa cukup meminta izin otoritas Bandara Changi di Singapura.

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

Penjelasan Bedanya Kecelakaan Lion Air dengan Ethiopian Airlines

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Di Depan Banggar DPR, Menko Darmin Tegaskan Ekonomi RI Bertahan di Tengah Tekanan Global

Posted: 24 Jun 2019 09:43 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Badan Anggaran Dewan Perwakilan Rakyat (DPR) RI menggelar rapat kerja bersama dengan empat menteri koordinator Pemerintahan Jokowi-JK.

Adapun rapat ini membahas mengenai Rencana Kerja dan Anggaran Kementerian Negara/Lembaga (RKAKL) Kementerian koordinator (Kemenko) dalam APBN Tahun 2020.

Dari pantauan merdeka.com, rapat dimulai pukul 10.40 WIB dan diikuti oleh empat pimpinan kementerian koordinator diantaranya Menko Bidang Perekonomian Darmin Nasution, Menko Kemaritiman Luhut Binsar Panjaitan, Menko Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (PMK) Puan Maharani, Menko Bidang Politik Hukum dan Keamanan Wiranto.

Dalam kesempatan ini, Menteri Koordinator Perekonomian, Darmin Nasution, mengawali pemaparannya dengan membeberkan kondisi perekonomian secara nasional. Dia mengatakan, meski ekonomi Indonesia tengah diterpa ketidakpastian global tapi masih cukup baik.

"Ekonomi global sebenarnya tidak kondusif apalagi setelah ada perang dagang dan berbagai tekanan gejolak politik global namun di tengah situasi seperti itu ekonomi kita masih mampu mencetak pertumbuhan meski tidak cepat peningkatan terjadi setiap tahun ke tahun," kata dia di ruang Sidang Banggar DPR RI, Jakarta, Selasa (25/6/2019). 

Darmin membeberkan, kondisi pertumbuhan ekonomi Indonesia sejak 2015 terus meningkat hingga 2018. Pada 2015, ekonomi RI tumbuh 4,88 persen, selanjutnya pada 2016 tumbuh sebesar 5,03 psrsen. Kemudian pada 2017 tumbuh menjadi 5,03 persen dan pada 2018 mencapai 5,17 persen.

"Jadi artinya walaupun ada tekanan kita masih bisa cetak pertumbuhan yang sedikit meningkat dari tahun ke tahun," imbuhnya.

Darmin menambahkan, indikator ekonomi lain yang menunjukan kondisi ekonomi Indonesia membaik yakni ditujukan dari laju inflasi. Sejak 2015 hingga ke 2018 inflasi selalu menunjukan atau berada di bawah rata-rata 3,5 persen dari target yang dipatok pemerintah.

"Indikator lain dan sosial menunjukan konsisten yaitu inflasi. Inflasinya dari 2015 ke 2018 dia di sekitar 3,5 persen ke bawah kecuali 2016 3,6 persen," kata dia.

Di samping itu faktor lain yang menunjukan perbaikan yakni tingkat kemiskinan, tingkat pengangguran dan gini ratio yang juga turut mengalami penurunan dari tahun ke tahun.

"Itu menunjukan gabungan dari semua ini pertumbuhan kita kualitasnya baik. Itu secara ringkas gambaran ekonomi kita," pungkasnya.

 

Reporter: Dwi Aditya Putra

Sumber: Merdeka.com

 

Pertumbuhan Ekonomi Bakal Melandai Imbas Perang Dagang

Pekerja tengah mengerjakan proyek pembangunan gedung bertingkat di Jakarta, Sabtu (15/12). Bank Indonesia (BI) memprediksi pertumbuhan ekonomi pada tahun 2019 mendatang tidak jauh berbeda dari tahun ini. (Liputan6.com/Angga Yuniar)

Sebelumnya, Bank Indonesia (BI) memperkirakan pertumbuhan ekonomi Indonesia akan melandai pada kuartal II 2019, imbas dari eskalasi ketegangan perang dagang global.

Gubernur Bank Indonesia Perry Warjiyo mengatakan ketegangan dagang mengakibatkan penurunan kinerja ekspor Indonesia yang dapat memicu melandainya pertumbuhan ekonomi.

"Eskalasi ketegangan hubungan dagang telah berdampak pada penurunan kinerja ekspor Indonesia akibat terbatasnya permintaan dunia dan turunnya harga komoditas. Meskipun sejumlah komoditas seperti kimia, besi dan baja, batubara dan minyak nabati masih relatif baik," kata dia, di kantornya, Kamis, 20 Juni 2019.

Sementara itu, dia mengungkapkan investasi non bangunan juga belum meningkat signifikan dipicu dampak perlambatan ekspor, meskipun investasi bangunan tetap berlanjut.

Namun konsumsi diperkirakan tetap membaik didukung terjaganya daya beli dan keyakinan masyarakat.

"Permintaan domestik yang tumbuh terbatas mengakibatkan impor diprakirakan menurun. Ke depan, upaya untuk mendorong permintaan domestik perlu ditingkatkan untuk memitigasi dampak dampak negatif perlambatan ekonomi dunia akibat ketegangan hubungan dagang," jelas dia.

Secara keseluruhan, dia menyatakan Bank Indonesia memperkirakan pertumbuhan ekonomi Indonesia 2019 berada di bawah titik tengah kisaran 5,0-5,4 persen.

"Bank Indonesia akan menempuh bauran kebijakan dengan Pemerintah, dan otoritas terkait untuk mendorong momentum pertumbuhan ekonomi," tutupnya.

 

Pertumbuhan Ekonomi pada 2020 Bakal Lebih Baik Dibanding Negara Tetangga

Pekerja menyelesaikan pembangunan gedung bertingkat di Jakarta, Senin (7/5). Badan Pusat Statistik (BPS) melansir pertumbuhan ekonomi kuartal 1 2018 mencapai 5,06%.(Liputan6.com/Immanuel Antonius)

Sebelumnya, pertumbuhan ekonomi Indonesia kemungkinan akan lebih baik dibandingkan dengan pertumbuhan ekonomi negara lain di Asia yang lebih tergantung pada ekspor.

Chief Market Strategist, Southeast Asia Investment Services and Product Solution Group HSBC Private Bank, James Cheo menuturkan, konsumsi swasta Indonesia tetap tangguh dalam beberapa bulan terakhir.

Kata dia, sentimen bisnis domestik bahkan ikut membaik. Dengan adanya kepastian hasil Pemilu, reformasi ekonomi dengan fokus pada belanja infrastruktur bisa dipercepat.

"Kami memperkirakan PDB Indonesia akan stabil dan tumbuh sebesar 5 persen pada 2019 dan 2020. Kami berharap ekonomi Indonesia dapat diperkuat oleh konsumen dan belanja infrastruktur yang difokuskan," terangnya di Jakarta, Kamis, 20 Juni 2019.

Cheo melanjutkan, pihaknya berharap Bank Indonesia (BI) akan menerapkan kebijakan siklus pelonggaran di paruh kedua 2019, yakni dengan potongan 75 basis poin di sisa tahun ini dan 50 basis poin di tahun 2020.

"Mengingat situasi luar yang semakin tidak pasti, kebijakan ini akan menjadi semakin terbatas dibanding pada masa lalu. Jadi kami berharap bahwa dolar Amerika Serikat bertengger di Rp 14.600 pada akhir tahun 2019," ucapnya.

 

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Betah di Barcelona, Vidal Tolak Tawaran Besar dari Klub China

Posted: 24 Jun 2019 09:35 PM PDT

Liputan6.com, Barcelona - Gelandang Barcelona, Arturo Vidal, disebut telah memutuskan bertahan pada musim depan. Pemain asal Chile tersebut telah menolak peluang pindah ke China meskipun secara finansial sangat menguntungkan.

Arturo Vidal pindah ke Barcelona pada awal musim 2018/19 lalu. Musim pertamanya bersama Barcelona tidak berjalan dengan mulus. Arturo Vidal tidak selalu menjadi pilihan utama di setiap laga.

Pada pentas La Liga, Arturo Vidal total memainkan 32 laga untuk Barcelona. Namun, 11 laga dimulai dari bangku cadangan. Sementara, dari 22 laga sebagai pemain inti, 11 kali dia ditarik keluar sebelum laga usai.

Arturo Vidal merayakan ulang tahun ke-32 pada tahun 22 Mei yang lalu. Pada usia tersebut, dia sudah tidak lagi bisa dibilang muda. Tidak sedikit pemain pada usia tersebut memilih pindah ke luat Eropa dengan tawaran yang mahal.

Mantan pemain Juventus tersebut menerima tawaran untuk pindah ke China. Kabarnya, dia akan mendapatkan gaji dalam jumlah yang besar jika bersedia pindah ke Negeri Tirai Bambu tersebut.

Arturo Vidal, seperti dikutip dari Sport, telah meminta agennya untuk menolak semua tawaran pindah yang masuk. Termasuk tawaran yang datang dari China. Pasalnya, dia masih ingin bertahan di Barcelona pada musim depan.

Belum Menyerah

Gelandang Barcelona, Arturo Vidal, masih ingin memperjuangkan tempatnya di lini tengah. (AP/Manu Fernandez)

Rupanya, Arturo Vidal masih belum menyerah di Barcelona. Dia masih ingin membuktikan kualitasnya dan memberikan lebih banyak gelar juara. Dia juga merasa masih cukup kompetitif untuk bisa bermain di Barcelona.

Selain itu, Arturo Vidal juga masih punya kontrak dengan Barcelona hingga tahun 2021. Pelatih Ernesto Valverde juga tidak ingin pemain dengan gaya rambut unik tersebut pindah karena masih dibutuhkan.

Ada Risiko

Keputusan Arturo Vidal bertahan di Barcelona bukan tanpa risiko. Dia justru terancam bakal lebih sering duduk di bangku cadangan. Sebab, Los Cules baru saja membeli Frenkie de Jong dari Ajax Amsterdam yang berposisi sebagai gelandang.

Sumber: Bola.net

Saksikan video pilihan di bawah ini

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Parodi 4 Potret Imajinasi Jomblo Saat Ijab Kabul Ini Bikin Geleng-geleng

Posted: 24 Jun 2019 09:35 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Kreativitas netizen Indonesia memang sudah tidak diragukan lagi. Selalu saja bisa membuat konten lucu dan tak terpikirkan oleh banyak orang. Seperti yang dilakukan netizen bernama Khoirul Anam.

Anam dengan lucunya membuat parodi imajinasi jomblo saat sedang ijab kabul. Lucunya, parodi yang dibuat Anam memakai manekin. Manekin perempuan tersebut difungsikan menjadi pasangan si pengantin pria dan saksi ijab kabul.

Segala proses dimulai dari ijab kabul hingga pamer buku nikah menjadi parodi yang sangat lucu. Parodi tersebut viral dan mendapatkan banyak komentardari netizen.

Berikut Liputan6.com rangkum dari postingan Facebook Khoirul Anam, tentang parodi foto jomblo berimajinasi, Selasa (25/6/2019).

1. Parodi proses ijab kabul, terlihat pengantin wanitanya ialah manekin lengkap dengan busana pengantin. Saksinya pun ada dari manekin, lucu banget

Parodi 4 Foto Imajinasi Jomblo Ini Bikin Geleng-geleng (sumber: Facebook.com/Khoirul Anam)

2. Pasangan ini dengan lucunya pamer buku nikah. Sungguh pasangan yang sangat unik dan menggelitik

Parodi 4 Foto Imajinasi Jomblo Ini Bikin Geleng-geleng (sumber: Facebook.com/Khoirul Anam)

3. Bersama para saksi, pasangan pengantin menunjukkan buku nikah tanda mereka sah menjadi pasangan suami istri

Parodi 4 Foto Imajinasi Jomblo Ini Bikin Geleng-geleng (sumber: Facebook.com/Khoirul Anam)

4. Berfoto bersama dengan kerabat pengantin, sungguh keluarga yang terlihat bahagia

Parodi 4 Foto Imajinasi Jomblo Ini Bikin Geleng-geleng (sumber: Facebook.com/Khoirul Anam)

Komentar netizen

Parodi foto jomblo berimajinasi ini viral dan banyak dikomentari netizen. Berikut komentar-komentar netizen yang telah terangkum di bawah ini.

"Semoga menjadi keluarga yg khusnul Khatimah" tulis akun Arya Setiyaki

"Pasti malam pertamanya sakit banget" tulis akun Muhammad Iqbal Syam

"Postingan para jomblo" tulis akun Shunz Dari

"buku nikah e sapa kui sing disilih" tulis akun Moomy Zsazsa

"jomblo mah bebasss.. wkwkw auto ngakak kang" tulis akun Alif Al Nisrocha

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

FOTO: KPK Panggil Menkumham Yasonna Laoly

Posted: 24 Jun 2019 09:35 PM PDT

Menteri Hukum dan HAM Yasonna Hamonangan Laoly (kedua kanan) tiba untuk menjalani pemeriksaan di Gedung KPK, Jakarta, Selasa (25/7/2019). Yasonna diperiksa sebagai saksi untuk tersangka mantan anggota DPR RI, Markus Nari terkait kasus dugaan korupsi proyek pengadaan e-KTP.  (merdeka.com/Dwi Narwoko)

Menteri Hukum dan HAM Yasonna Hamonangan Laoly (kedua kanan) tiba untuk menjalani pemeriksaan di Gedung KPK, Jakarta, Selasa (25/7/2019). Yasonna diperiksa sebagai saksi untuk tersangka mantan anggota DPR RI, Markus Nari terkait kasus dugaan korupsi proyek pengadaan e-KTP. (merdeka.com/Dwi Narwoko)

Menteri Hukum dan HAM, Yasonna Hamonangan Laoly menuju ruang pemeriksaan di Gedung KPK, Jakarta, Selasa (25/7/2019). Yasonna Laoly diperiksa sebagai saksi untuk tersangka mantan anggota DPR RI, Markus Nari terkait kasus dugaan korupsi proyek pengadaan e-KTP.  (merdeka.com/Dwi Narwoko)

Menteri Hukum dan HAM, Yasonna Hamonangan Laoly menuju ruang pemeriksaan di Gedung KPK, Jakarta, Selasa (25/7/2019). Yasonna Laoly diperiksa sebagai saksi untuk tersangka mantan anggota DPR RI, Markus Nari terkait kasus dugaan korupsi proyek pengadaan e-KTP. (merdeka.com/Dwi Narwoko)

Menteri Hukum dan HAM, Yasonna Hamonangan Laoly (kanan) memenuhi panggilan penyidik KPK di Jakarta, Selasa (25/7/2019). Yasonna Laoly diperiksa sebagai saksi untuk tersangka mantan anggota DPR RI, Markus Nari terkait kasus dugaan korupsi proyek pengadaan e-KTP.  (merdeka.com/Dwi Narwoko)

Menteri Hukum dan HAM, Yasonna Hamonangan Laoly (kanan) memenuhi panggilan penyidik KPK di Jakarta, Selasa (25/7/2019). Yasonna Laoly diperiksa sebagai saksi untuk tersangka mantan anggota DPR RI, Markus Nari terkait kasus dugaan korupsi proyek pengadaan e-KTP. (merdeka.com/Dwi Narwoko)

Menteri Hukum dan HAM Yasonna Hamonangan Laoly (kedua kanan) tiba untuk menjalani pemeriksaan di Gedung KPK, Jakarta, Selasa (25/7/2019). Yasonna diperiksa sebagai saksi untuk tersangka mantan anggota DPR RI, Markus Nari terkait kasus dugaan korupsi proyek pengadaan e-KTP.  (merdeka.com/Dwi Narwoko)

Menteri Hukum dan HAM Yasonna Hamonangan Laoly (kedua kanan) tiba untuk menjalani pemeriksaan di Gedung KPK, Jakarta, Selasa (25/7/2019). Yasonna diperiksa sebagai saksi untuk tersangka mantan anggota DPR RI, Markus Nari terkait kasus dugaan korupsi proyek pengadaan e-KTP. (merdeka.com/Dwi Narwoko)

Menteri Hukum dan HAM, Yasonna Hamonangan Laoly (kanan) memenuhi panggilan penyidik KPK di Jakarta, Selasa (25/7/2019). Yasonna Laoly diperiksa sebagai saksi untuk tersangka mantan anggota DPR RI, Markus Nari terkait kasus dugaan korupsi proyek pengadaan e-KTP.  (merdeka.com/Dwi Narwoko)

Menteri Hukum dan HAM, Yasonna Hamonangan Laoly (kanan) memenuhi panggilan penyidik KPK di Jakarta, Selasa (25/7/2019). Yasonna Laoly diperiksa sebagai saksi untuk tersangka mantan anggota DPR RI, Markus Nari terkait kasus dugaan korupsi proyek pengadaan e-KTP. (merdeka.com/Dwi Narwoko)

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Sudah Meluncur Februari, Nissan Masih Sungkan Berikan Data Penjualan Livina Baru

Posted: 24 Jun 2019 09:33 PM PDT

Liputan6.com, Semarang - Mobil keluarga tujuh penumpang baru PT Nissan Motor Indonesia (NMI), all new Livina telah meluncur Februari 2019. Namun hingga saat ini, pabrikan asal Jepang tersebut masih belum bersedia menunjukkan detail angka pemesanan atau SPK mobil yang berbagai platform dengan Mitsubishi Xpander tersebut.

Menurut Presiden Direktur PT NMI, Isao Sekiguchi, saat ini sangat sulit melihat bagaimana pasar sesungguhnya. Pasalnya, penjualan mobil secara total pada periode April hingga Mei terjadi penurunan.

"Berapa ya penjualan Maret-April 2019 di data Gaikindo (all new Nissan Livina)? Itu kan bersama-sama (dua bulan) jadi, Anda bisa kembangkan imajinasi Anda," jawa Sekiguchi saat ditanya penjualan all new Nissan Livina yang hanya 3.086 unit (Maret-April) 2019, saat acara media test drive all new Nissan Livina di Semarang, Jawa Barat.

Lanjut Sekiguchi, pihaknya juga melihat ada penurunan penjualan yang cukup besar di beberapa kompetitor Nissan Livina. Jadi, saat ini, strateginya bukan menentukan target pasti untuk mobil keluarga tujuh penumpangnya tersebut, melainkan meningkatkan penjualan setiap harinya.

"Kita berusaha keras mendorong penjualan setiap hari. Event ini, adalah salah satu aktifitasnya, dan juga kegiatan lain, dengan membuat pameran di mal-mal. Saat ini saya tidak yakin orang-orang ingin membeli mobilnya, mereka cuma melihat-lihat, tapi kami ingin meningkatkan interaksi dengan konsumen," tambahnya.

Jadi, dengan melihat hal tersebut, mungkin dalam beberapa bulan ke depan, akan terlihat berapa penjualan ideal untuk Nissan Livina.

"Tapi untuk saat ini terlalu dini mengatakan berapa volume yang tepat untuk Nissan Livina. Tolong tunggu momennya," pungkas Sekiguchi.

Daihatsu Sindir Penjualan All New Nissan Livina

Memasuki bulan kelima sejak peluncuran, penjualan Nissan ternyata hanya berada di angka 1.000an unit. Hal itu menjadi pertanyaan Daihatsu, terlebih bulan Mei penjualan mobil diharapkan meningkat karena bertepatan dengan bulan puasa menjelang Idul Fitri.

"Untuk new Livina itu 1.112 unit, sebenarnya kita monitor kok new Livina bilangnya targetnya mau 2.000an dan ini Lebaran masih 1.112 unit. Untuk Xpander itu 5.110 unit dibandingkan dengan Avanza 8 ribu unit rasanya ini jaraknya cukup jauh ya," kata Amelia Tjandra, Marketing Director PT Astra Daihatsu Motor di Kuching, Malaysia.

Berada di atas Xenia, Amel mengaku Suzuki Ertiga berhasil mencatatkan penjualan 2.533 unit. Angka tersebut memiliki selisih ratusan unit dengan Xenia. 

"Untuk MPV low, market share bulan lalu untuk Xenia itu 11 persen, kalau dilihat jualan 2.533 unit. Hanya Xenia dibandingkan Ertiga masih lebih banyak Ertiga, dia dapat 2.657 unit. Saya selalu bicara retail," kata Amel.

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

VIDEO: Detik-Detik Tiga Astronot Kembali Mendarat di Bumi

Posted: 24 Jun 2019 09:30 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Tiga orang astronot berhasil kembali mendarat di bumi setelah selama 6 bulan berada di stasiun luar angkasa internasional.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Arswendo Atmowiloto Kena Kanker Prostat, Begini Kondisi Terakhirnya

Posted: 24 Jun 2019 09:30 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Kesehatan penulis Arswendo Atmowiloto kini dikabarkan tengah terganggu. Ia diketahui menderita kanker prostat.

Informasi ini dikabarkan oleh Rudolf Puspa, rekan Arswendo Atmowiloto yang juga merupakan seniman teater melalui akun Twitter-nya, Senin (24/6/2019) kemarin, seperti diwartakan Antara.

"Arswendo dua bulan ini terkena kanker prostat. Sudah dua kali dioperasi. Kondisinya tadi pagi drop, dibawa dengan ambulans ke RS Pertamina. Mohon doa ya," tulis Rudolf pada akun Twitternya.

Sebelumnya, Slamet Rahardjo dan Eros Djarot juga sempat menjenguk Arswendo Atmowiloto di rumahnya. Dalam foto yang diunggah melalui Twitter, penulis kisah Keluarga Cemara ini tampak terbaring di tempat tidurnya.

 

Dijenguk Sahabat

"Tadi siang, Sabtu, 15/6, saya menemani Mas Slamet Rahardjo dan Mas Eros Djarot menjenguk Mas Arswendo. Ngobrol, guyon dan kangen-kangenan sobat lama. Semoga kesehatan Mas Wen terus membaik," kata akun @harrytjahjono.

(Antara)

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Layanan Digital Mampu Dongkrak Penjualan Listrik PLN Banten

Posted: 24 Jun 2019 09:28 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - PLN Unit Induk Distribusi (UID) Banten mengklaim mampu meningkatkan penjualan 1,03 persen pada Kuartal I 2019. Peningkatan tersebut tidak lepas dari penjualan via pelayanan digital.

"Selama ini kan lewat contact center, lalu website, nah juga bisa lewat PLN Mobile. Jadi memudahkan masyarakat terutama milenial, untuk mendapat pelayanan kami," tutur Eman, Manager Komunikasi PLN UID Banten, Selasa (25/6/2019).

Pada kuartal I 2019, pertumbuhan penjualan listrik meningkat menjadi 177 GWH dibanding tahun sebelumnya. Hal ini menunjukan mencapai realisasi kinerja yang lebih baik dibanding kuartal I tahun sebelumnya.

Pencapaian tersebut, menurut Eman, tidak lepas dari program PLN Pusat, seperti pemberian insentif diskon Rp 52 per kwh. Lalu ada pula diskon Lebaran, yang mencapai 50 persen untuk 220Va – 197 kVA, serta 100 persen untuk rumah ibadah.

"Sementara ada pula diskon tarif industri LWBP, Program Promo Bahagia dan Program Kampoeng Bahagia," ujar Eman.

PLN Meraup Laba Bersih Rp 4,2 triliun di Kuartal I 2019

Ilustrasi sutet listrik.

Sebelumnya, PT PLN (Persero) memperoleh laba bersih sebesar Rp 4,2 triliun pada kuartal I 2019. Capaian tersebut bersumber dari berbagai upaya perseroan seperti pertumbuhan penjualan, peningkatan kinerja operasi dan keuangan, serta efisiensi operasi.

Plt. Direktur Utama PLN Djoko R Abumanan mengatakan, penjualan tenaga listrik meningkat sebesar Rp 3,8 triliun atau 6,11 persen, peningkatan ini ditopang oleh pertumbuhan pelanggan yang naik sebesar 3,8 juta pelanggan dengan daya terjual sebesar 3,04 Terra Watt hour (TWh) dari periode yang sama tahun lalu (year on year).

Kenaikan konsumsi listrik ini didominasi oleh pertumbuhan pelanggan sektor bisnis yaitu sebesar 6,76 persen atau 10.613 GWh (Giga Watt Hour).

"Pada kuartal I tahun 2019 perseroan mencapai realisasi kinerja yang lebih baik, dibanding kuartal I tahun sebelumnya," kata Djoko, di Jakarta, pada Senin 24 Juni 2019. 

Selain pertumbuhan penjualan dan pelanggan, PLN juga berhasil meningkatkan kinerja operasi melalui penurunan biaya sewa pembangkit. Dengan beroperasi nya Gardu Induk (GI) khususnya di daerah Sumatera dan Kalimantan, PLN berhasil menghemat Rp 667 miliar dari efisiensi biaya sewa pembangkit.

Selain dari biaya sewa, volume pemakaian BBM untuk pembangkit pun turun sebesar 98 ribu Kilo Liter (KL) dibandingkan pemakaian pada April 2018, harga rata-rata pun mengalami penurunan dari Rp 11.058 per liter menjadi Rp 8.835 per liter di kuartal I 2019. Disamping itu, perseroan juga berhasil menurunkan biaya pemeliharaan sebesar Rp 183 miliar.

Membaiknya kinerja perusahaan juga ditopang oleh penguatan kurs mata uang rupiah dan penurunan harga ICP (Indonesian Crude Price).

"Peningkatan laba di kuartal I 2019 ini merupakan buah keringat para pegawai yang berhasil meningkatkan penjualan listrik, melakukan efisiensi di berbagai sektor, dan meningkatkan kinerja operasi sehingga selisih keuntungan sebelum pajak bisa meningkat hingga Rp 10,6 triliun dari kuartal I tahun lalu," ungkapnya.

Menurutnya, PLN terus melakukan efisiensi pada komponen biaya operasi yang berada dalam kendali perusahaan, sehingga kondisi keuangan tetap terjaga.

"Dampak positif ini merupakan hasil dari berbagai upaya efisiensi seperti pengurangan konsumsi BBM, pengurangan biaya sewa beberapa pembangkit, peningkatan efisiensi operasi pembangkit sehingga konsumsi energi per kWh PLTU Batubara dapat ditekan, serta melakukan zonasi untuk menghemat ongkos transportasi batubara," tandasnya.

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Puan Maharani Soal Gerindra: Koalisi Itu Harus Dimulai dengan Silahturahmi

Posted: 24 Jun 2019 09:24 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Ketua DPP Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP) non aktif, Puan Maharani tidak menutup kemungkinan Partai Gerindra bergabung bersama pemerintah untuk membangun Indonesia. Namun, kata dia, gerakan itu harus diawali dengan silaturahmi terlebih dahulu.

"Saya rasa itu harus dimulai dengan silahturahmi toh sekarang ini kita sama-sama menghormati proses-proses yang ada," kata Puan di Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta, Selasa (25/6/2019).

Menteri Pembangunan Manusia dan Kebudayaan ini menjelaskan, untuk membangun bangsa tentu perlu ada jalinan hubungan yang baik. Salah satunya melalui pertemuan atau silaturahmi.

"Dan setelah ini insya Allah kita akan lakukan silahturahmi-silaturahmi dalam rangka menuju bersama-sama membangun bangsa Indonesia bagaimana dimana ya harus ada good will niat baik dari kita semua bersama untuk mau membangun bangsa ini bersama dulu," ungkapnya.

Pantas Ditawari Koalisi

Sebelumnya, Sekretaris Jenderal PPP Arsul Sani mengatakan, ada partai di internal koalisi pendukung Presiden Joko Widodo yang berpendapat Gerindra merupakan partai paling pantas ditawari untuk bergabung. Apabila koalisi memutuskan menambah anggotanya.

"Ada juga yang berpendapat kalau pun partai koalisi di pemerintahan akan datang mau bertambah, Gerindra pantas ditawari," kata Arsul di Gedung DPR, Senayan, JakartaPusat, Senin (24/6/2019).

Menurut Arsul, beberapa partai di Koalisi Indonesia Kerja memberikan penghormatan lebih kepada Gerindra. Sebab dianggap partai pimpinan Prabowo Subianto itu bersikap gentle dalam kontestasi Pemilu ini.

 

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

FOTO: Gaya Menawan Kimmy Jayanti Saat Hamil Anak Pertama

Posted: 24 Jun 2019 09:22 PM PDT

Sebagai model top Indonesia, Kimmy Jayanti harus bisa menjaga penampilannya. Saat sedang hamil pun Kimmy masih terlihat modis dalam balutan dress berwarna merah muda. (Liputan6.com/kimmyjayanti)

Sebagai model top Indonesia, Kimmy Jayanti harus bisa menjaga penampilannya. Saat sedang hamil pun Kimmy masih terlihat modis dalam balutan dress berwarna merah muda. (Liputan6.com/kimmyjayanti)

Selain sebagai model, Kimmy Jayanti saat ini tengah disibukkan dengan sekolah model yang ia bangun dari tahun 2016. (Liputan6.com/kimmyjayanti)

Selain sebagai model, Kimmy Jayanti saat ini tengah disibukkan dengan sekolah model yang ia bangun dari tahun 2016. (Liputan6.com/kimmyjayanti)

Walau sedang hamil anak pertamanya, penampilan Kimmy Jayanti selalu kece disetiap postingan di akun Instagramnya. Untuk melengkapi penampilannya tak jarang Kimmy terlihat menggunakan high heels. (Liputan6.com/kimmyjayanti)

Walau sedang hamil anak pertamanya, penampilan Kimmy Jayanti selalu kece disetiap postingan di akun Instagramnya. Untuk melengkapi penampilannya tak jarang Kimmy terlihat menggunakan high heels. (Liputan6.com/kimmyjayanti)

Kimmy Jayanti yang sudah berkecimpung di dunia model selama belasan tahun ini ingin membagikan ilmunya kepada orang banyak. Karena itu ia mendirikan sekolah modeling dengan menggunakan namanya sendiri. (Liputan6.com/kimmyjayanti)

Kimmy Jayanti yang sudah berkecimpung di dunia model selama belasan tahun ini ingin membagikan ilmunya kepada orang banyak. Karena itu ia mendirikan sekolah modeling dengan menggunakan namanya sendiri. (Liputan6.com/kimmyjayanti)

Belum genap setahun, rumah tangga Kimmy Jayanti harus diterpa masalah. Namun Kimmy mampu mengatasi semuanya sampai saat ini. Bahkan sekarang Kimmy semakin terlihat bahagia. (Liputan6.com/kimmyjayanti)

Belum genap setahun, rumah tangga Kimmy Jayanti harus diterpa masalah. Namun Kimmy mampu mengatasi semuanya sampai saat ini. Bahkan sekarang Kimmy semakin terlihat bahagia. (Liputan6.com/kimmyjayanti)

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Pemerintah Tambah Tenaga Kesehatan untuk Jemaah Haji 2019

Posted: 24 Jun 2019 09:22 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Kementerian Kesehatan (Kemenkes) menambah 66 tenaga kesehatan yang terdiri atas 22 dokter dan 44 perawat guna mendukung pelayanan kesehatan bagi jemaah haji 2019. Penambahan menyusul penambahan kuota jemaah haji Indonesia dari 221.000 menjadi 231.000.

Sebelumnya Kemenkes sudah merekrut 1.800 Tenaga Kesehatan Haji Indonesia dan Panitia Penyelenggara Ibadah Haji.

Kemenkes menyebutkan jika tambahan tenaga kesehatan tersebut akan mendukung pelayanan bagi 22 kelompok terbang (kloter) jamaah haji tambahan.

Guna mempersiapkan tenaga kesehatan tambahan tersebut, Pusat Kesehatan Haji Kementerian Kesehatan akan menyelenggarakan pelatihan terintegrasi pada 27-29 Juni 2019.

"Semua mengikuti, tenaga bertambah, obat, vaksin, dan makanan tambahan bagi jemaah yang sakit juga kami siapkan," kata Kepala Pusat Kesehatan Haji Kementerian Kesehatan Eka Jusup Singka dalam keterangannya, Selasa (25/6/2019).

Eka mengatakan Kementerian Kesehatan juga melakukan pemeriksaan dan pelayanan kesehatan untuk memastikan warga Muslim yang tahun ini dijadwalkan berangkat ke Tanah Suci di Arab Saudi mampu menunaikan ibadah haji.

Jemaah haji yang telah menjalani pemeriksaan kesehatan saat ini semuanya sudah mendapatkan vaksinasi meningitis meningokokus.

Pemerintah ikut mengimbau jemaah haji selalu menjaga kesehatan. "Jemaah haji harus menyiapkan kesehatan dengan baik, obat-obatan pribadi harus dibawa. Obat-obatan yang dibawa jangan ditaruh di koper tapi di tas tenteng. Jangan menahan kencing, banyak minum, dan banyak istirahat kalau lelah," jelas Eka.

 

 

Ini 12 Inovasi pada Penyelenggaraan Ibadah Haji 2019

Jemaah haji Indonesia yang meninggal dunia dipastikan mendapat asuransi. (www.kemenag.go.id)

Pemerintah terus berupaya meningkatkan layanan penyelenggaraan ibadah haji. Seperti pada tahun ini, ada beberapa langkah inovasi pada pelaksanaan ibadah haji 1440H/2019 yang bertujuan memberikan kenyamanan bagi jemaah haji.

"Sejumlah inovasi ini mudah-mudahan bisa menjadi jalan kemudahan bagi penyelenggaraan ibadah haji," ujar Kabag Humas Kementerian Agama Rosidin saat memberikan pembekalan kepada 30 orang tim MCH 1440H/2019M di Kementerian Agama, Senin (24/6/2019).

Dia menuturkan ada 12 inovasi pada penyelenggaraan ibadah haji 2019. Kedua belas inovasi tersebut, yakni:

1. Fast track untuk semua embarkasi

2. Penomoran tenda di Arafah dan Mina

3. Sinkronisasi regu/rombongan dengan transportasi udara

4. Penggunaan AC pada tenda di Arafah

5. Kloter berbasis embarkasi

6. Zonasi akomodasi jemaah

7. Katering citarasa daerah

8. Manajemen manasik petugas badal dan safari wukuf, termasuk cadangan badal

9. Optimalisasi penugasan saat Armina, penyesuaian beban kerja

10. Penempatan pos stasioner di jalur jamarat

11. Pelaporan dan monitoring jemaah berbasis TIK (rekam jejak ibadah, informasi jemaah, check in/out, tanazzul, pelaporan katering dan penempatan)

12. Manajemen krisis

Tonton Video Ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Kapolri: 9 Jenderal Polisi Maju Jadi Capim KPK Tak Bermasalah

Posted: 24 Jun 2019 09:21 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Kapolri Jenderal Tito Karnavian menyebut pihaknya akan menyeleksi terlebih dahulu Perwira Tinggi (Pati) Polri yang akan maju menjadi calon pimpinan Komisi Pemberantasan Korupsi (Capim KPK).

Tito mengatakan, sebelum maju mendaftar, Pati terlebih dahulu harus mendapat rekomendasi dari dirinya. Menurut Tito, Polri tak akan merekomendasikan Pati yang pernah bermasalah.

"Prinsipnya begini, mereka harus mendapatkan rekomendasi dari Kapolri, kenapa? Yang mau mendaftar, saya akan lemparkan kepada Propam atau Irwasum untuk mengecek apakah ada masalah, kalau mengirimkan orang bermasalah pasti enggak akan lulus," ujar Tito di Mabes Polri, Jakarta Selatan, Selasa (25/6/2019).

Tito menyebut dirinya tak akan mempersulit para jenderal Polri yang ingin maju sebagai capim KPK jilid V sepanjang memiliki rekam jejak yang baik. Namun sebaliknya, jika memiliki rekam jejak yang buruk, rekomendasi tak akan dia berikan.

"Kalau sepanjang enggak ada masalah, enggak ada kasus, saya bebaskan, saya berikan rekomendasi, tapi kalau ada catatan otomatis saya tidak berikan rekomendasi, karena percuma nanti dikirim tahu-tahu ada catatan dan kemudian ditemukan oleh pansel, malu. Lebih baik enggak usah dikirim," kata Tito.

Tito mengatakan, dari 9 pati Polri yang namanya sudah beredar akan mendaftar sudah mendapat rekomendasi darinya.

"Ya. Seleksi internal kita ada sembilan, enggak ada masalah. Cuma kita nanti enggak tahu, nanti ada LHKPN, ada PPATK, pengecekan itu akan dilaksanakan," kata dia.

 

9 Jenderal Polisi

Sembilan perwira tinggi atau jenderal polisi dikabarkan masuk dalam bursa calon pimpinan KPK. Beberapa nama diantaranya menduduki jabatan penting di kepolisian.

Dalam Surat Kapolri bernomor B/722/VI/KEP/2019/SSDM tertanggal 19 Juni 2019, dari daftar nama itu terdapat nama-nama yang tidak asing di tengah masyarakat.

Para jenderal tersebut adalah Wakabreskrim Irjen Antam Novambar, Irjen Dharma Pongrekun yang saat ini bertugas di Badan Siber dan Sandi Negara (BSSN), Irjen Coki Manurung yang merupakan Widyaiswara Lemdiklat, Analis Kebijakan Utama bidang Polair Baharkam Irjen Abdul Gofur.

Selain itu, Brigjen Muhammad Iswandi Hari yang bertugas di Kemenakertrans, dosen Sespim Polri Brigjen Bambang Sri Herwanto, Brigjen Agung Makbul di Divisi Hukum Polri, Analis Kebijakan Utama Lemdiklat Brigjen Juansih, serta Wakapolda Kalbar Brigjen Sri Handayani.

Saksikan video pilihan di bawah ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Gawat, Ada 2.040 Aplikasi Berbahaya di Google Play Store

Posted: 24 Jun 2019 09:21 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Mungkin sebagian besar dari kita berpikir kalau aplikasi di Google Play Store terjamin keamanannya karena berada di platform resmi. Kenyataannya tidak demikian.

Sebuah penelitian menemukan ada sekitar 2.040 aplikasi berbahaya di Play Store, dilansir GSM Arena, Selasa (25/6/2019).

Menurut laporan University of Sydney dan Data61 dari CSIRO, aplikasi tersebut akan meminta akses perijinan yang mencurigakan serta ada pula yang langsung menanamkan malware di smartphone.

Penelitian yang dilakukan terhadap sekitar 1 jutaan aplikasi di Play Store itu juga menemukan adanya aplikasi fake yang meminta perijinan yang tidak sesuai, contohnya aplikasi gim terkenal Hill Climb Racing dan Temple Run.

Para peneliti menggunakan jaringan neural dan mesin pembelajaran. Algoritmanya disusun untuk mencari deskripsi teks yang sama dan ikon yang secara visual mirip dengan 10.000 aplikasi paling populer di Play Store. Hasilnya, ditemukan 49.608 potensi virus dan malware.

Sekitar 7.246 aplikasi ditandai sebagai malicious alias berbahaya dan 2.040 diantaranya ditandai sebagai aplikasi fake dengan resiko bahaya yang tinggi.

Sementara, aplikasi yang telah terdeteksi tersebut sudah dihapus oleh tim Google.

PayPal Kini Bisa Dipakai untuk Google Pay

Kemarin, Kamis (10/9/2015), Google mengumumkan secara resmi kehadiran Android Pay sebagai pengganti layanan Google Wallet.

Sementara, baru saja Google dan PayPal sudah menjalin kerjasama strategis dalam waktu yang cukup lama. Tahun 2017 lalu, PayPal dikabarkan bakal jadi opsi pembayaran baru di Android Pay (yang kemudian mengalami rebranding menjadi Google Pay).

Tahun lalu, pengguna Android yang menambahkan PayPal sebagai metode pembayaran di Google Pay bisa membayar layanan di Gmail, YouTube, Google Play dan Google Store lewat opsi PayPal di Google Pay.

Sekarang, integrasi yang sama dikembangkan lebih luas dari kedua belah pihak. Tech Crunch melansir, Senin (24/6/2019), perluasan kerjasama ini memungkinkan merchant memilih PayPal sebagai opsi pembayaran di Google Pay mereka.

Jadi, ketika pembeli ingin check out menggunakan Google Pay, mereka bisa memilih PayPal untuk membayar pesanan.

Tak Perlu Repot Login

Foto: techfever.net

Benefitnya, pengguna tidak perlu repot-repot login ke akun PayPal karena sudah lewat Google Pay. Pengguna juga bakal punya akses ke menu Purchase Protection dan Return Shipping di PayPal.

Merchant yang pakai PayPal juga bisa menerima uang dari hasil penjualan langsung ke akun bisnis PayPal mereka. Hingga saat ini, opsi ini sudah tersedia di 24 negara.

Sementara, PayPal sendiri nampaknya masih ingin mengumpulkan kekuatan dari seluruh platform teknologi untuk layanan yang lebih baik, sebut saja Visa, Mastercard, Apple, Google, Samsung dan Walmart.

(Tik/Isk)

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Adik Marc Marquez Ogah Ngotot Naik Kelas ke MotoGP

Posted: 24 Jun 2019 09:20 PM PDT

Liputan6.com, Cervera - Pembalap Estrella Galicia 0,0 Marc VDS, Alex Marquez, mengaku ingin 'melupakan' segala kesempatan naik ke MotoGP musim depan, demi fokus menjalani musim ini dan perburuan gelar dunia Moto2. Hal ini ia sampaikan kepada AS Motor.

Rider 23 tahun ini, belakangan santer digosipkan naik ke kelas tertinggi. Ia bahkan mengonfirmasi proses negosiasi dengan Pramac Racing dan Ducati, dan baru-baru ini dikabarkan juga berpeluang ke Avintia Racing, tim yang ingin pindah dari Ducati ke Suzuki.

Meski begitu, Marquez tak memungkiri bahwa peluangnya cukup kecil naik ke MotoGP, karena Pramac lebih cenderung ingin mempertahankan Jack Miller. Selain itu, kontrak Avintia dengan Ducati idealnya baru habis pada akhir 2020, dan Suzuki masih ragu menurunkan tim satelit.

"Saya orang yang realistis. Impian dan target saya tahun adalah turun di MotoGP, tapi realitanya, saya tak punya banyak pilihan, karena hanya sedikit tempat tersisa, dan untuk mewujudkannya, masih banyak hal harus dipastikan," ungkapnya.

Marquez sendiri ogah terlalu berlarut-larut memikirkan peluang ke MotoGP, karena rider Spanyol ini sudah sering menjalani proses yang sama sejak 2016, namun belum terwujud hingga kini. Sekarang, ia benar-benar menyerahkan masa depannya kepada sang manejer, Emilio Alzamora.

"Saya ingin melupakannya, karena ini adalah hal yang sudah dibicarakan selama bertahun-tahun. Jika saya bekerja dengan baik, Emilio akan punya kekuatan lebih untuk melakukan tugasnya. Naik ke MotoGP sangat sulit, dan saya ingin sedikit melupakannya," ujarnya.

 

Peluang Sempat Terbuka

Alex Marquez berpeluang bersaing dengan kakaknya, Marc Marquez, pada MotoGP 2020. (dok. marcvds)

Peluang Marquez ke MotoGP sejatinya sempat terbuka lebar tahun lalu, saat ia diisukan ke tim satelit baru Yamaha. Meski begitu, para bos pabrikan Garpu Tala menolak menaunginya akibat hubungan buruk sang kakak, Marc Marquez, dengan Valentino Rossi. Marquez pun tak memungkiri peristiwa itu membuat fokusnya pecah.

"Saya mulai benar-benar memikirkan MotoGP tahun lalu. Tahun 2017 berjalan lebih mudah, tapi tahun lalu ada begitu banyak gosip, dan tak peduli suka atau tidak, konsentrasi Anda bisa pecah hanya karena memikirkannya. Itulah alasan tahun ini saya bahkan tidak bertanya-tanya," pungkasnya.

Puncaki Klasemen Moto2

Menjelang MotoGP Assen, Belanda akhir pekan ini, Marquez tengah duduk di puncak klasemen pebalap Moto2 dengan 111 poin berkat tiga kemenangan beruntun yang ia raih. Ia pun unggul 7 poin atas rider Dynavolt Intact GP, Thomas Luthi di peringkat kedua.

Sumber: Bola.net

Saksikan video pilihan di bawah ini

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Dua Bulan Syuting Di Amerika, Iko Uwais Kangen Anak

Posted: 24 Jun 2019 09:20 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Iko Uwais mencetak prestasi membanggakan. Bulan depan film terbarunya, Stuber, dirilis di jaringan bioskop. Dalam film itu, Iko Uwais beradu akting dengan sejumlah aktor Hollywood di antaranya Dave Bautista, Kumail Nanjiani, dan aktris cantik Karen Gillan.

Syuting Stuber dilakukan di Atlanta dan Los Angeles, Amerika Serikat selama 2 bulan. Sekitar 2 bulan jauh dari istri dan anak membuat Iko Uwais kangen.

Bersyukur, perkembangan teknologi memudahkan Iko Uwais berkomunikasi. "Coba kita kilas balik, 15 atau puluhan tahun lalu mungkin orang mengobrol dengan surat dan lain-lain. Sekarang saya bisa setiap saat mengobrol lewat fitur video call meski anak saya yang kecil baru bisa senyum atau menangis," ujar Iko Uwais kepada Showbiz Liputan6.com di Jakarta Selatan, baru-baru ini.

Dari pernikahannya dengan Audy pada 25 Juni 2012, Iko Uwais dikaruniai dua anak perempuan yakni, Atreya Syahla Putri Uwais dan Aneska Layla Putri Uwais.

 

 

Tidak Dipanggil Om

Iko Uwais dan Audy Item telah dikaruniai dua orang putri. Anak pertamanya, Atreya Syahla Putri Uwais lahir pada 2013 silam. Sementara anak keduanya lahir pada 2018 lalu. Kehadiran dua buah hati ini makin melengkapi keluarga kecilnya (Liputan6.com/IG/@audyitem)

"Anak saya yang kedua baru berusia setahun. Intinya, (meski sering ditinggal ayahnya syuting ke luar negeri) semoga anak-anak tidak memanggil saya Om. Yang penting komunikasi tatap muka tetap berjalan meskipun lewat ponsel," imbuh Iko Uwais.

Bersyukur, Audy mendukung kiprah Iko Uwais 100 persen. Lelah pun sirna saat sejumlah aktor melayangkan pujian untuk performa Iko Uwais di lokasi syuting. Aktris Karen Gillan misalnya, menyebut kehadiran Iko Uwais membuat proses kerja di lokasi syuting jadi lebih mudah.

 

 

Dipuji Bintang Hollywood

Aktor Indonesia, Iko Uwais (Rich Fury/Getty Images/AFP)

Sementara Dave Bautista menyebut Iko Uwais aktor yang sangat fokus. Rangkap jabatan sebagai pemain sekaligus koreografer tarung tak membuatnya keteteran. Pujian dari bintang Hollywood direspons Iko Uwais.

"Wah, alhamdulillah banget dibilang mempercepat dan memperlancar proses produksi. Tim produksi mempercayakan koreografi tarung film Stuber pada saya. Saya ingin nyaman bekerja dan ingin para aktor lain nyaman bekerja dengan saya," beber Iko Uwais. (Wayan Diananto)

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Kapolri Tak Mau Anggota Polri Gagal Jadi Pimpinan KPK

Posted: 24 Jun 2019 09:16 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Kapolri Jenderal Tito Karnavian mempersilakan perwira tinggi (Pati) Polri untuk mendaftar menjadi komisioner Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) jilid V.

"Saya persilakan kepada anggota Polri yang pati-nya ini kalau yang mau mendaftar, merasa punya kemampuan, monggo. Mendaftar itukan boleh banyak, terserah dengan Pansel," ujar Tito di Mabes Polri, Trunojoyo, Jakarta Selatan, Selasa (25/6/2019).

Tito mengaku, tak akan membatasi jumlah anggota Polri yang mau mengabdi di lembaga antirasuah. Tito malah berharap jajarannya banyak yang mendaftar.

"Kalau nanti saya membatasi, nanti ada satu sampai dua orang, tiba-tiba enggak lulus ya bagi Polri, ya rugikan," kata dia.

Tito berharap, dari lima komisioner KPK jilid V terdapat pimpinan yang berasal dari Polri. Menurutnya, dengan luasnya Tanah Air, maka KPK sangat membutuhkan Polri untuk memberantas tindak pidana korupsi.

"Salah satu mitra yang potensial bagi KPK untuk bekerjasama menangani dan mencegah korupsi ya itu adalah Polri, karena memiliki jaringan sampai ke daerah," kata Tito.

Menurut Tito, pimpinan KPK yang berasal dari Polri sejatinya sudah memiliki latar belakang yang baik dalam hal penyelidikan, penyidikan, dan penindakan. Selain itu, Tito menyebut,  sejarah berdirinya KPK juga terdapat unsur Polri di dalamnya, seperti Taufiequrrachman Ruki, Bibit Samad Rianto, dan Basaria Panjaitan.

"Polri memiliki kemampuan, karena sudah ada anggota yang terlatih di bidang pendidikan korupsi, mereka melakukan kegiatan penyelidikan, mengerti mengenai IT, dan jangan lupa teman-teman KPK juga banyak juga yang dididik di lingkungan pendidikan reserse Polri," kata dia.

9 Pati Daftar Capim KPK

Pekerja membersihkan debu yang menempel pada tembok dan logo KPK di Gedung KPK, Jakarta, Rabu (21/11). KPK merilis Indeks Penilaian Integritas 2017. (Merdeka.com/Dwi Narwoko)

Kepala Biro Penerangan Masyarakat Divisi Humas Polri Brigjen Dedi Prasetyo mengatakan, perwira tinggi kepolisian belum mendaftarkan diri menjadi calon pemimpin Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK).

"Belumlah, itu kan tetap harus melalui internal dulu. Baru nanti keluar rekomendasi dari pimpinan, baru secara personal mendaftar ke pansel," tutur Dedi Prasetyo di Gedung Mabes Polri, Jakarta, Senin 24 Juni 2019 lalu.

Dedi menuturkan, untuk penugasan khusus terdapat tahapan pemeriksaan administrasi secara internal tentang kompetensi, persyaratan dan rekam jejak yang masih dilakukan hingga akhir Juni.

Untuk itu, perwira tinggi yang akan mendaftar, masih dapat berubah, bisa bertambah lebih dari sembilan atau berkurang dari jumlah itu.

"Nanti awal bulan depan kalau ada konsep finalnya, siapa saja yang akan mendaftar di pansel KPK, nanti akan diinformasikan," ucap dia dikutip dari Antara.

Dalam salinan surat Kapolri nomor: B/722/VI/KEP/2019/SSDM tertanggal 19 Juni 2019 yang ditandatangani Asisten Bidang SDM Kapolri Irjen Eko Indra Heri, memuat sembilan nama perwira tinggi Polri yang akan mengikuti seleksi Capim KPK.

Sembilan nama tersebut adalah Wakabreskrim Polri Irjen Antam Novambar, Pati Polri penugasan di BSSN Irjen Dharma Pongkerum, Widyaiswara Utama Sespim Lemdiklat Polri Irjen Coki Manurung, Analis Kebijakan Utama Bidang Polair Baharkam Polri Irjen Abdul Gofur, Pati Polri penugasan Kemenaker RI Brigjen Muhammad Iswandi Hari.

Kemudian Widyaiswara Madya Sespim Lemdiklat Polri Brigjen Bambang Sri Herwanto, Karo Sunluhkum Divisi Hukum Polri Brigjen Agung Makbul, Analis Kebijakan Utama Bidang Bindiklat Lemdiklat Polri Brigjen Juansih dan Wakapolda Kalbar Brigjen Sri Handayani.

Saksikan video pilihan berikut ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

VIDEO: Lelaki yang Dikabarkan Berpacaran dengan Dua Lipa

Posted: 24 Jun 2019 09:14 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Putus dari mantan kekasihnya Isaac Carew, kini Dua Lipa dikabarkan menjalin kasih dengan adik Bela dan Gigi Hadid.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Jet Tempur Rusia Dilaporkan Parkir di Bandara Venezuela, Ada Apa?

Posted: 24 Jun 2019 09:13 PM PDT

Liputan6.com, Caracas - Sebuah pesawat angkatan udara milik Rusia telah mendarat di bandara utama Venezuela. Jet Ilyushin 62 dengan nomor ekor RA-86496 diparkir di Bandara Internasional Simon Bolivar, ibu kota Caracas, pada Senin 24 Juni 2019.

Nomor ekor terdaftar ke jet angkatan udara Rusia, menurut situs web Flightradar24. Nomor itu juga cocok dengan pesawat militer yang tiba pada bulan Maret, lapor Al Jazeera dikutip Selasa (25/6/2019).

Tiga bulan lalu, langkah serupa telah memicu perang kata antara Amerika Serikat dan Rusia. Sebagaimana diketahui, Moskow mendukung Presiden Venezuela Nicolas Maduro, sementara AS dan puluhan negara lain mendukung pemimpin oposisi Juan Guaido.

Dia telah menyatakan diri sebagai predien et interim sejak Januari lalu, menyebut pemilu tahun lalu tidak sah.

Saat pesawat angkatan udara Rusia mendarat di Venezuela pada Maret lalu, 100 tentara dan pejabat pertahanan Rusia turut serta. Washington menyebutnya sebagai hal yang "gegabah" dilakukan oleh Moskow di negara Amerika Latin yang tengah bergejolak itu.

Presiden AS Donald Trump saat itu segera memerintahkan Rusia untuk memindahkan semua pasukan dari Venezuela. Moskow menepis tuduhan, mengatakan pesawat-pesawat itu hanya membawa spesialis yang melayani kontrak penjualan senjata.

Adapun AS saat ini telah menjatuhkan sanksi terhadap Venezuela, yang disebut Rusia telah melukai para warga sipil. Moskow juga memperingatkan Washington untuk tidak menggunakan kekerasan.

Menurut badan pengungsi PBB (UNHCR), sekitar  empat juta Venezuela  - hampir 15 persen dari populasi, telah meninggalkan negara itu untuk menghindari krisis ekonomi dan politik.

Pemimpin Oposisi Temui Komisaris PBB

Pemimpin oposisi Venezuela Juan Guaido (kiri) bersama Komisaris Tinggi PBB untuk HAM Michelle Bachelet di Caracas (AP)

Sementara itu, pemimpin oposisi Venezuela Juan Guaido menemui Komisaris Tinggi PBB untuk HAM Michelle Bachelet pada Jumat, 21 Juni 2019.

Dikutip dari laman Voice of America Bachelet bertemu Guaido di Caracas pada hari terakhir kunjungannya ke Venezuela dan dijadwalkan bertemu secara terpisah dengan Maduro sebelum ia meninggalkan negara itu.

Kepada wartawan setelah pertemuan itu, Guaido mengatakan, kunjungan Bachelet akan membawa solusi bagi konflik yang sedang melanda Venezuela. Ia juga mengutarakan bahwa Komisaris Tinggi PBB itu akan meninggalkan dua delegasi di negara tersebut.

Guaido mengatakan tim Bachelet akan menyelidiki masalah yang terkait dengan kurangnya makanan dan obat-obatan di negara itu. Mereka juga akan memeriksa tuduhan-tuduhan bahwa pemerintah Presiden Maduro telah melanggar hak asasi manusia sewaktu menindak oposisi.

Sejauh ini kampanye lima bulan Guaido untuk menggulingkan Presiden Maduro belum berhasil, meskipun Guaido diakui sebagai presiden Venezuela yang sah oleh Presiden Amerika Donald Trump dan sekitar 50 pemimpin dunia lainnya.

Simak pula video pilihan berikut:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Garuda Indonesia Hindari Terbang di Wilayah Udara Iran

Posted: 24 Jun 2019 09:11 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Maskapai Garuda Indonesia, pastikan jalur udara untuk rute penerbangan di kawasan Eropa dan Timur Tengah, tidak melewati kawasan udara Selat Hormuz, Iran.

Hal tersebut menyusul adanya larangan terbang yang dikeluarkan Otoritas Penerbangan Federal Amerika Serikat (FAA), pasca ketegangan yang tengah terjadi di kawasan udara di Selat Hormuz, Iran.

"Dapat kami pastikan jalur udara untuk rute penerbangan Eropa dan Timur Tengah yang dilayani Garuda Indonesia, tidak melewati kawasan udara tersebut, "tutur Vice President Corporate Secretary Garuda Indonesia M. Ikhsan Rosan, Selasa (25/6/2019).

Dengan demikian seluruh layanan operasional Garuda Indonesia pada rute Eropa dan Timur Tengah tetap berlangsung normal seperti biasa.

Meski begitu, Garuda Indonesia tetap memantau secara intensif perkembangan lebih lanjut kondisi ketegangan di Iran. Serta berkoordinasi bersama seluruh pemangku kepentingan terkait dalam memastikan aspek safety and security layanan operasional agar tetap terjaga.

"Bagaimana pun juga, Garuda Indonesia tetap mengutamakan keselamatan penerbangan," pungkas Ikhsan. 

Cegah Ditembak, Sejumlah Maskapai Hindari Wilayah Udara Iran

Ilustrasi pesawat (iStock)

Sebelumnya, Singapore Airlines (SIA) adalah salah satu dari beberapa maskapai penerbangan global yang mengalihkan rute penerbangan untuk menghindari wilayah udara yang dikontrol Iran di atas Selat Hormuz dan Teluk Oman. Demikian menurut pengumuman yang dikeluarkan pada Jumat 21 Juni 2019, setelah regulator penerbangan AS melarang maskapainya mengudara di area itu sampai pemberitahuan lebih lanjut.

Perintah darurat yang dikeluarkan Kamis 20 Juni dari Administrasi Penerbangan Federal AS (FAA) muncul setelah Iran menembak jatuh drone AS dengan rudal jenis surface-to-air missile, yang memicu kekhawatiran tentang ancaman terhadap keselamatan maskapai penerbangan komersial.

 

Serangan drone Global Hawk yang tidak bersenjata, yang dapat terbang hingga 18.300 meter, adalah yang terbaru dalam serangkaian insiden di wilayah Teluk, sebuah arteri kritis untuk pasokan minyak global, yang jadi target dan memicu ledakan pada enam kapal tanker minyak.

Menurut aplikasi pelacakan penerbangan, FAA mengatakan, pesawat sipil terdekat beroperasi dalam jarak sekitar 45 mil laut dari pesawat tanpa awak itu ketika ditembak jatuh.

"Ada banyak pesawat penerbangan sipil yang beroperasi di daerah itu pada saat pencegatan," kata FFA, seraya menambahkan bahwa pelarangannya akan tetap diberlakukan sampai pemberitahuan lebih lanjut seperti dikutip dari Channel News Asia (CNA), Sabtu (22/6/2019).

Beberapa jam sebelumnya, United Airlines menangguhkan penerbangan antara bandara New Jersey Newark dan ibu kota India di Mumbai setelah ada tinjauan keamanan.

Seorang juru bicara SIA mengatakan kepada CNA bahwa karena "ketegangan yang sedang berlangsung", beberapa penerbangan mungkin mengambil rute yang sedikit lebih lama untuk menghindari daerah Selat Hormuz yang terkena dampak.

Keputusan tentang penggunaan ruang udara didasarkan pada beberapa faktor, kata SIA, termasuk cuaca, kondisi keselamatan dan keamanan, nasihat dari badan internasional dan regional, informasi dari konsultan keamanan independen eksternal dan segala batasan yang mungkin diberlakukan oleh otoritas nasional yang bertanggung jawab atas wilayah udara tersebut.

"Keamanan pelanggan dan kru kami adalah prioritas nomor satu kami dan kami terus-menerus meninjau area yang kami gunakan. Singapore Airlines hanya memilih rute yang aman dan telah dibersihkan untuk digunakan oleh pihak berwenang."

"Kami akan terus memantau situasi dengan cermat," kata juru bicara itu.

Maskapai lainnya seperti Malaysia Airlines, Qantas Airways Australia, Lufthansa Jerman, British Airways dan KLM Belanda juga mengatakan mereka mengalihkan rute penerbangan untuk menghindari daerah tersebut.

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Pelindo III Catat Penumpang Lebaran Naik 38 Persen, Pelabuhan Tanjung Perak Paling Ramai

Posted: 24 Jun 2019 09:08 PM PDT

Liputan6.com, Surabaya Arus penumpang kapal laut selama musim liburan Lebaran 2019 yang melalui pelabuhan-pelabuhan Pelindo III meningkat hingga 38 persen, bila dibandingkan tahun sebelumnya. Berdasarkan data Pelindo III, arus penumpang musim liburan Lebaran sempat fluktuatif dari tahun ke tahun, yaitu sejumlah 456.304 orang pada 2016, meningkat menjadi 464.752 orang pada 2017, sedikit berkurang menjadi 454.059 orang pada 2018 lalu. Kemudian melonjak 38 persen menjadi 626.693 orang pada tahun 2019 ini. 

Tercatat ada 333.031 orang penumpang yang tiba (debarkasi) di pelabuhan-pelabuhan yang dikelola Pelindo III atau meningkat 44 persen dari tahun sebelumnya yang sebesar 230.571 orang. Sementara itu untuk penumpang yang berangkat (embarkasi) sejumlah 293.662 atau juga meningkat 31 persen dibandingkan tahun sebelumnya yang sebesar 223.488 orang.

Direktur Utama Pelindo III Doso Agung menyebutkan bahwa lonjakan penumpang tersebut terjadi pada H-6 sebanyak 31.510 orang dan H+11 sebanyak 33.725 orang.

"Moda transportasi laut masih menjadi pilihan untuk mudik karena harganya masih terjangkau dan faktor libur yang bersamaan dengan libur sekolah juga salah satu pemicu melonjaknya jumlah penumpang kapal laut," ujarnya.

Arus penumpang mudik dan balik yang paling ramai terjadi di Pelabuhan Tanjung Perak Surabaya. Antara H-15 hingga H+15 dari Hari Raya Idul Fitri pada 5 Juni lalu, jumlah penumpang kapal laut yang tiba di pelabuhan tersebut mencapai 141.784 orang. Sedangkan jumlah penumpang yang berangkat dari pelabuhan tersebut mencapai 100.178 orang. 

Peningkatan jumlah total penumpang di pelabuhan Tanjung Perak mencapai hingga 57 persen dibanding tahun 2018 lalu, dan seiring dengan bertambahnya jumlah kapal yang sandar di Tanjung Perak. Tahun lalu ada 195 unit kemudian menjadi 262 unit kapal di tahun ini atau meningkat 34 persen.

Penumpang kapal laut di Tanjung Perak Surabaya pada musim liburan Lebaran lalu mayoritas datang dari Pelabuhan Balikpapan dengan 34.486 orang, Pelabuhan Makasar dengan 30.815 orang, dan Pelabuhan Banjarmasin dengan 22.613 orang. Sedangkan penumpang kapal laut yang berangkat dari pelabuhan tersebut yaitu untuk tujuan ke Pelabuhan Banjarmasin dengan 25.452 orang, Pelabuhan Balikpapan dengan 20.875 orang, dan Pelabuhan Makasar dengan 15.816 orang.

"Hal ini menunjukan bahwa Pelabuhan Tanjung Perak Surabaya yang dikelola Pelindo III menjadi pelabuhan pilihan para pemudik di Indonesia. Faktor yang menjadi pendukung realitas ini yaitu lokasi geografis Surabaya yang mudah menuju ke berbagai kota destinasi mudik, ketersediaan rute pilihan dari banyak operator kapal, hingga kualitas layanan terminal penumpang yang aman dan nyaman," papar Doso Agung lagi.

Pelabuhan lain yang terpadat kedua ialah Pelabuhan Tanjung Emas Semarang dengan arus penumpang musim libur Lebaran yang mencapai 45.853 orang untuk penumpang yang tiba dan 34.724 orang untuk penumpang yang berangkat. Para penumpang yang tiba di pelabuhan tersebut kebanyakan datang dari Pelabuhan Kumai dengan 17.113 orang, Pelabuhan Sampit dengan 10.993 orang, dan Pelabuhan Pontianak dengan 7.034 orang. Kemudian pelabuhan destinasi untuk penumpang kapal laut di Tanjung Emas Semarang yaitu untuk keberangkatan ke Pelabuhan Kumai dengan 11.447 orang, Pelabuhan Sampit dengan 7.796 orang, dan Pelabuhan Pontianak dengan 6.307 orang.

Lalu beberapa pelabuhan lain yang juga ramai selama mudik Lebaran antara lain Pelabuhan Kumai, Sampit, dan Banjarmasin di Pulau Kalimantan. Pelabuhan Kalianget di Pulau Madura. Pelabuhan Kupang, Maumere, dan Bima di Kepulauan Nusa Tenggara.

"Sebagai perusahaan, bisnis utama Pelindo III ialah bongkar muat barang yang efektif untuk efisiensi biaya logistik demi peningkatan daya saing negara, meskipun begitu pelayanan prima pada para penumpang kapal laut, terutama pada musim mudik Lebaran, menjadi wujud komitmen Pelindo III untuk tetap memperhatikan pelayanan kepada masyarakat Indonesia," pungkas Doso Agung.

 

(*)

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Jangan Disepelekan, Begini Perawatan Ban Cadangan Agar Selalu Siap Pakai

Posted: 24 Jun 2019 09:07 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Setiap mobil yang diproduksi saat ini pasti memiliki ban cadangan. Tujuannya cukup jelas, agar bisa digunakan saat kondisi darurat atau ban utama kempes dan bocor.

Dengan fungsi yang cukup penting tersebut, komponen ini tak boleh dianggap remeh oleh pemilik mobil. Terlebih, saat mobil digunakan saat perjalanan jauh, ataupun saat beraktifitas harian.

Menurut Suparman, Kepala Bengkel Auto2000 Yos Sudarso, pemilik mobil wajib hukumnya untuk merawat ban cadangan agar kondisinya selalu terjaga. Dengan demikian, ban akan siap digunakan kapan saja dibutuhkan.

"Sebenarnya tidak sulit merawat ban cadangan, sama saja seperti ban yang digunakan. Paling utama itu menjaga tekanan udaranya tetap stabil," jelas Suparman, seperti dikutip dari laman resmi Auto2000, Selasa (25/6/2019).

"Setelah itu menjaga kondisi karetnya, jadi bila darurat dibutuhkan ban sudah ready digunakan," tegasnya.

Tidak sedikit pemilik mobil, menurut Suparman yang kurang mempedulikan kondisi ban cadangan. Bahkan ada sebagian yang justru tak pernah menenggok sama sekali sehingga saat akan digunakan kondisi sudah tak layak pakai.

Hal tersebut membuat ban serep seperti hanya bagian dari aksesori atau pelengkap kendaraan saja. Padahal fungsinya tidak bisa dianggap enteng.

Satu bulan sekali periksa ban cadangan

Penting untuk diketahui bila banyak kejadian akibat ban cadangan yang telalu lama disimpan membuat kualitas karetnya menurun, terutama untuk ban yang tersimpan di bawah ruang bagasi karena minimnya udara di ruangan tersebut.

Perlu diingat, paling tidak pemilik mobil satu bulan sekali melihat kondisi ban cadangan. Untuk menjaga material karet ban tetap baik, bisa juga dioleskan pelembab yang biasa digunakan untuk semir ban.

Tapi bila mau maksimal, dianjurkan pemilik ban melakukan rotasi penggantian ban yang melibatkan ban cadangan. Dengan begitu, tingkat keausan ban antara bagian belakang, depan, kiri, kanan, dan cadangan akan merata.

"Rotasi atau pergantian ban baik dilakukan khususnya bagi yang dimensi ban cadanganya sama dengan ban yang digunakan," terangnya.

"Adanya rotasi maka akan membuat karet dan kompon ban yang tidak pernah digunakan bisa bergerak, selain itu tingkat keausan permukaan ban juga akan merata," pungkasnya.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Ditanya Soal Dugaan Pelanggaran Etik di KPK, Ini Kata Irjen Firli

Posted: 24 Jun 2019 09:06 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Irjen Firli resmi menduduki jabatan Kapolda Sumatera Selatan usai dilantik Kapolri Jenderal Tito Karnavian di Rupatama, Mabes Polri, Jakarta Selatan, Selasa (25/6/2019). Firli menyatakan siap untuk bekerja.

"Kita setiap saat hadir ketika negara membutuhkan. Apa itu di NTB, di Sumsel, apakah tempat lain, termasuk pengabdian saya di KPK selama 1,5 tahun itu adalah panggilan negara. Kita siap bekerja," ujar Firli usai dilantik.

Firli menyebut, penarikan dirinya dari Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) ke Polri merupakan panggilan tugas dari korps Bhayangkara yang sudah membesarkan namanya. Saat disinggung soal etik di KPK, Firli tak menjawabnya.

"Saya pada prinsipnya selaku insan tribata itu sangat jelas kehormatan saya adalah berkorban untuk masyarakat, bangsa, dan negara," kata dia.

Irjen Firli sendiri diketahui masih menjalani pemeriksaan oleh Pengawas Internal KPK terkait dugaan pelanggaran etik. Firli sempat kedapatan bertemu dengan mantan Gubernur NTB TGB Zainul Majdi.

Padahal KPK tengah menelisik kasus dugaan korupsi dalam divestasi saham PT Newmont Nusa Tenggara yang kini berubah nama menjadi PT Amman Mineral Nusantara.

Sertijab

Sebelumnya, Irjen Firli menjabat Kapolda Sumatera Selatan menggantikan Irjen Zulkarnaen Adinegara yang akan menempati posisi baru sebagai Kakorpolairud Baharkam Mabes Polri.

Acara serah terima jabatan dimulai dengan penyematan lencana dan penyerahan tongkat komando. Kemudian Irjen Firli mengucapkan sumpah jabatan. Sumpah jabatan dibacakan Kapolri Tito dan diikuti oleh Irjen Firli.

Dalam sumpahnya, Irjen Firli menyatakan setia dan taat sepenuhnya kepada Pancasila dan UUD 1945 dan negara kesatuan Republik Indonesia.

"Bahwa saya akan menaati segala peratutan perundang-undangan dan melaksanakan tugas kedinasan yang dipercayakan kepada saya dengan penuh pengabdian, kesadaran dan tanggung jawab,"

Irjen Firli sebelumnya merupakan Deputi Penindakan Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK). Irjen Firli ditarik dari lembaga antirasuah kembali ke Polri demi penyegaran di Korps Bhayangkara tersebut.

Mutasi di tubuh Kepolisian ini, dikeluarkan Kapolri Jenderal Tito Karnavian dengan TR nomor ST/1590/VI/KEP/2019 yang dikeluarkan, Kamis 20 Mei 2019 kemarin.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

VIDEO: Jelang Sidang Putusan, Kapolri Tak Beri Izin Demo di MK

Posted: 24 Jun 2019 09:04 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Kapolri Jendral Pol. Tito Karnavian menegaskan akan melarang demonstrasi yang ingin dilakukan di sekitar gedung MK menjelang sidang putusan sengketa Pilpres 2019.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Bupati Banyuwangi: Kemah Ilmiah Remaja Bisa Menginspirasi Anak Muda

Posted: 24 Jun 2019 09:03 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Banyuwangi menjadi tuan rumah penyelenggaraan Perkemahan Ilmiah Remaja Nasional (PIRN) XVIII tahun ini. Acara tersebut digelar oleh Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia (LIPI). 

PIRN diikuti 1.000 pelajar serta guru dari 32 provinsi se-Indonesia resmi dibuka, Senin (24/6/2019). Perhelatan ilmiah bertema "Generasi Sains Milenial Penggerak Kemandirian Ekonomi Daerah" itu dibuka Bupati Banyuwangi Abdullah Azwar Anas dan Sekretaris Utama LIPI Nur Tri Aries Suestiningtyas. PIRN berlangsung 24-29 Juni 2019 di mana ribuan pelajar itu langsung dibimbing oleh para peneliti LIPI dengan berbagai kompetensi keilmuan.

Bupati Banyuwangi Abdullah Azwar Anas berharap, PIRN akan menjadi inspirasi baru bagi pelajar untuk semakin menggemari ilmu pengetahuan, termasuk di dalamnya kegiatan riset/penelitian.

"Ajang ini akan memacu minat dan kemampuan remaja di bidang riset dan iptek. Remaja akan terbiasa berpikir kritis dan mencoba menemukan solusi dari masalah yang ada di sekitarnya," jelas Anas.

Hal yang sama juga diungkapkan Wakil Bupati Bulukumba Tommy Satrio Yulianto. PIRN harapannya menjadi inspirasi bagi generasi Bulukumba untuk menambah ilmu pengetahuan dan skill.

"Saya harap PIRN akan mendorong generasi muda untuk aktif, tidak pasif berkarya. Seperti yang dilakukan oleh Banyuwangi, di mana kemajuan daerahnya juga didukung anak muda," kata Tomy.

Ia juga menyatakan banyak inovasi telah diciptakan Banyuwangi. "Di tengah-tengah banyaknya referensi, bagi saya selain mengantarkan siswa Bulukumba ke mari, saya akan banyak menggali inspirasi dari Banyuwangi, karena banyak inovasi yang telah tercipta di sini," katanya.

"Saya optimistis inspirasi yang didapat dari Banyuwangi dapat menjadi pembelajaran bagi Bulukumba untuk mengajak pemuda di daerahnya berinovasi dan tidak apatis,"imbuhnya.

Sementara itu, Sekretaris Utama LIPI Nur Tri Aries Suestiningtyas optimistis penyelenggara PIRN di Banyuwangi akan menjadi inspirasi bagi seluruh peserta yang hadir. Keseriusan, kekompakan, dan kesigapan jajaran pemkab menyiapkan acara ini patut diacungi jempol.

"Pelaksanaan di Banyuwangi ini adalah yang paling inovatif dan terbesar dalam sejarah penyelenggaraan PIRN. Kami rasakan pelaksanaan di sini dilakukan dengan baik, sigap sekali. Harusnya ini bisa ditiru semua oleh calon penyelenggara ke depan," kata Nur Tri.

Ditambahkan dia, pemilihan Banyuwangi sebagai pelaksana tahun ini tak lepas dari prestasi Banyuwangi yang menelurkan banyak inovasi.

"Berbagai tata kelola pemerintahan yang dilaksanakan Banyuwangi telah menjadi inspirasi sendiri bagi kami sebagai lembaga peneliti. Bagaimana birokrat bergerak cepat dan selaras, bekerja menjadi satu tim tanpa ada sekat yang sangat birokratis. Ini adalah kajian tersendiri. Saya berharap PIRN tahun ini bisa menjadi inspirasi bagi pelaksanaan di daerah lain. Dan bagi peserta, bisa menyerap dan belajar berbagai inovasi yang dilahirkan Banyuwangi," pungkas Nur Tri.

Dalam kesempatan tersebut, turut hadir Wakil Bupati Temanggung Heri Ibnu Wibowo, serta perwakilan dari provinsi Lampung, Kabupaten Merauke, dan Kabupaten Ketapang.

 

(*)

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Tampilan Tomboi Gigi Hadid Saat Foto Bareng Kris Wu di Show Louis Vuitton

Posted: 24 Jun 2019 09:01 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Ajang fashion bergengsi, Paris Fashion Week Men's kehadiran deretan model dan selebritas ternama dunia. Satu di antaranya adalah model Gigi Hadid yang tampil kece di show Louis Vuitton pada Kamis, 20 Juni 2019 lalu.

Bukan Gigi Hadid namanya jika tak berhasil menjadi pusat perhatian. Mantan kekasih Zayn Malik ini tampil dalam balutan gaya yang tomboi dengan mengenakan pakaian pria unik warna putih lengkap dengan topi coklat.

Melansir Daily Mail, Selasa (25/6/2019), model berusia 24 tahun ini hadir memakai jaket yang terinspirasi era 90-an. Untuk melengkapi pakaian retronya, Gigi Hadid mengenakan topi baseball terbalik di Place Dauphine, Prancis.

Gigi juga memegang tas kulit warna senada dengan outfit yang juga berantai emas. Ia juga menambahkan gaya tomboi dengan pemakaian sepatu bot putih berpola silang.

Gigi Hadid tampil dalam polesan makeup bronze dan lipstik matte nude. Kakak Bella Hadid tersebut juga menambahkan anting-anting mutiara yang memberi sedikit sentuhan feminin.

Foto Bareng Kris Wu

Gigi Hadid dan Kris Wu (dok. Instagram @gigihadid/https://www.instagram.com/p/BzBoX8uH5dA/Putu Elmira)

Selain tampil tomboi di Paris Fashion Week Men's, foto Gigi Hadid dengan mantan personel boyband k-pop EXO, Kris Wu tak kalah menjadi sorotan warganet. Deretan potret di gelaran termasuk bersama Kris, Gigi unggah melalui akun Instagram pribadi.

Duduk tepat di samping Gigi Hadid, Kris Wu terlihat mengenakan kaus pink dan outer senada. Ia terlihat memakai deretan aksesori seperti anting-anting, gelang, cincin, serta jam tangan.

Sementara, untuk melengkapi penampilannya, Kris memakai slingbag putih. Rambut hitam sebahu penyanyi berusia 28 tahun itu hanya dibawa ke belakang dengan belahan tengah.

"@louisvuitton Men's show this week was happinesssss, so impressive @virgilabloh ! on disposable-camera duty wearing menswear is a dream Parisian park day ! thanks to the whole LV team x," tulis Gigi Hadid dalam keterang potret yang diunggah pada Minggu, 23 Juni 2019.

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Tidak ada komentar: