Sabtu, 22 Juni 2019

Liputan6 : RSS2 Feed

Liputan6 : RSS2 Feed


Prediksi Qatar vs Argentina di Copa America 2019 Versi Martin Demichelis

Posted: 22 Jun 2019 10:10 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Mantan gelandang Bayern Munchen, Martin Demichelis mengeluarkan prediksi pertandingan Copa America 2019 yang akan berlangsung dini hari nanti, Qatar vs Argentina.

Qatar yang merupakan tim undangan di Copa America 2019, akan menghadapi Argentina di Arena do Gremio, Brasil pada Minggu (23/6/2019) atau Senin dini hari WIB, pada fase Grup B.

Ini akan menjadi laga hidup mati bagi Argentina. Lionel Messi dan kawan-kawan harus menang untuk lolos ke babak perempat final Copa America 2019.

"Malam ini saya yakin mereka menang lawan Qatar. Mungkin menang 2-0," kata Demichelis, mantan gelandnag bertahan Timnas Argentina, di KLY Office, Jakarta.

Pria berusia 38 tahun itu terlihat optimisitis negara kelahirannya bakal lolos dari lubang jarum. Kendati demikian, Demichelis menyebut Lionel Messi belum tampil maksimal bersama Argentina.

"Lionel Messi memang belum bisa membawa Argentina menang di Copa America 2019. Namun, dia masih berusaha melakukannya," ucapnya.

 

 

Butuh Pengalaman

Lionel Messi mencetak gol untuk Argentina ke gawang Paraguay lewat tendangan penalti. (AFP/Douglas Magno)

Lebih lanjut, Demichelis mengatakan, Tim Tango belum bisa meraih kemenangan karena sedang proses regenerasi. Dia menyebut Argentina sedang mencari bakat-bakat muda yang bisa menggantikan Lionel Messi di masa depan.

"Sekarang banyak anak muda di Timnas Argentina. Saya kira, mereka masih butuh pengalaman," ujar Demichelis.

Argentina di Copa America 2019 belum meraih kemenangan. Tim Tango kalah 0-2 dari Kolombia dan ditahan imbang 1-1 melawan Paraguay.

Klasemen Grup B Copa America 2019

 No  Tim  Main  Menang  Imbang  Kalah  Memasukan  Kemasukan  Poin
 1  Kolombia  2  2  0  0  3  0  6
 2  Paraguay  2  0  2  0  3  3  2
 3  Qatar  2  0  1  1  2  3  1
 4  Argentina  2  0  1  1  1  3  1

 Saksikan video pilihan berikut ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

KTT ke-34 di Thailand Berhasil Adopsi Outlook ASEAN Soal Indo-Pasifik

Posted: 22 Jun 2019 10:01 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Outlook ASEAN mengenai Indo-Pasifik yang merupakan usulan Indonesia telah diadopsi pada KTT ke-34 ASEAN di Bangkok, Thailand. Jokowi yang hadir dalam KTT ini pun menyampaikan apresiasi terhadap semua negara ASEAN yang telah memberikan kontribusi besar dalam pengembangan Outlook tersebut.

"Outlook ini mencerminkan sentralitas dan kekuatan ASEAN dalam menghormati prinsip-prinsip menjaga perdamaian, memperkuat budaya dialog, serta memperkokoh kerjasama," kata Jokowi saat berbicara pada Pleno KTT ke-34 ASEAN di Hotel Athenee Bangkok Thailand, Sabtu 22 Juni 2019.

Jokowi mengatakan, Outlook ASEAN mengenai Indo-Pasifik menjadi lebih penting di tengah tengah perkembangan dunia saat ini, di mana perang dagang AS-China tengah berlangsung. Perang dagang tersebut pun dikhawatirkan akan melibarkan banyak negara atau 'multi-front war'.

"Perang dagang antara Amerika Serikat dan China belum membaik," ujar dia.

 

Bersatu Hadapi Perang Dagang AS-China

Untuk itu, Jokowi mengatakan, ASEAN harus kuat dan bersatu menghadapi perang dagang AS-China. ASEAN, kata dia, juga harus mampu menjadi motor perdamaian dan stabilitas Asia Tenggara.

Selain isu Indo-Pasifik, dalam pertemuan Pleno KTT ASEAN, mantan Gubernur DKI Jakarta itu turut mengajak penegasan komitmen ASEAN bagi penyelesaian perundingan Regional Economic Partnership Agreement (RCEP).

Terkahir, Jokowi menyampaikan bahwa gedung baru kantor Sekretariat ASEAN telah selesai dibangun dan siap diresmikan pada 8 Agustus 2019, bertepatan dengan ulang tahun ASEAN ke-52.

Saksikan video pilihan di bawah ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Polisi Selidiki Dugaan Suap Proyek DAK Rp 40 Miliar di Kota Pare-Pare

Posted: 22 Jun 2019 10:00 PM PDT

Liputan6.com, Pare-Pare - Kepolisian Resort Kota Pare Pare diam-diam menyelidiki kasus dugaan suap proyek DAK (Dana Alokasi Khusus) oleh Pemerintah Kota (Pemkot) Pare-Pare tahun 2016 sebesar Rp 40 miliar.

"Itu kan masih lidik belum sidik," singkat Kepala Kepolisian Resort Kota Pare-Pare, AKBP Pria Budi via pesan singkat, Jumat (21/6/2019).

Menurutnya, proses penyelidikan terhadap kasus dugaan suap DAK tersebut hingga saat ini masih berjalan.

"Semua laporan masyarakat yang masuk tentunya kita akan pelajari," terang Pria.

Terpisah, Direktur Anti Corruption Committee Sulawesi (ACC Sulawesi), Abdul Muthalib berharap penanganan kasus dugaan suap proyek DAK Kota Pare-Pare diambil alih Direktorat Reserse Kriminal Khusus Polda Sulsel. Harapannya dapat berjalan secara profesional.

"Kasus ini kan lagi ramai mendapat perhatian masyarakat sehingga kami harap Polda Sulsel yang menanganinya agar berjalan maksimal," kata Muthalib ditemui di Kantor Anti Corruption Committee Sulawesi (ACC Sulawesi) Jalan AP. Pettarani Makassar.

ACC Sulawesi juga berharap Polda Sulsel nantinya mengonfirmasi pernyataan mantan Kepala Dinas Kesehatan Kota Pare-Pare, Muh. Yamin yang menyebut dirinya diperintahkan Wali Kota Pare-Pare, Taufan Pawe menyerahkan uang Rp1,5 miliar kepada seorang pengusaha dari Papua, H. Hamzah.

Uan itu sebagai bentuk pengembalian biaya pengurusan proyek DAK tambahan perubahan tahun anggaran 2016 sektor jalan sebesar Rp 40 miliar yang turun di Kota Pare-Pare.

"Ini harus segera dikonfirmasi kebenarannya oleh Polres Pare-Pare. Jangan terkesan tak berkutik apalagi pernyataan tertulis Yamin bersama dua orang PNS lainnya soal itu beredar luas di media sosial (medsos)," ujar Muthalib.

Selain itu, ACC Sulawesi mendesak penyidik Polres Pare-Pare turut mengonfirmasi perihal pernyataan mantan Kepala Dinas Kesehatan Pare-Pare, Muh. Yamin yang juga telah menyebutkan bahwa setiap selesai rapat dengan DPRD Kota Pare-Pare, ia dikabarkan kerap menyerahkan sejumlah uang.

"Kami justru heran kalau penyidik Polres Pare-Pare tak segera melakukannya. Inilah sehingga kami mendesak Polda Sulsel ambill alih kasus dugaan suap proyek DAK Kota Pare-Pare ini," jelas Muthalib.

Kronologi Korupsi Suap Rp40 Miliar

Direktur Anti Corruption Committee Sulawesi (ACC Sulawesi), Abdul Muthalib berharap kasus dugaan suap DAK Kota Pare-Pare senilai Rp 40 miliar diambil alih Polda Sulsel (Liputan6.com/ Eka Hakim)

Penyelidikan kasus dugaan suap pengurusan proyek DAK Kota Pare-Pare senilai Rp 40 miliar bermula usai beredarnya sebuah surat pernyataan tiga orang PNS Pemkot Pare-Pare. Masing-masing dr Muhammad Yamin, Taufiqurrahman dan Syamsul Idham di media sosial.

Dalam surat pernyataan yang dibubuhi materai bernilai Rp 6000 itu, ketiga PNS Pemkot Pare-Pare yang dimaksud menyatakan, telah bersama-sama mengantarkan dan menyerahkan dana sebesar Rp 1,5 miliar kepada pengusaha dari Papua, H. Hamzah di Mall Ratu Indah Makassar. Sebagai pengembalian pengurusan proyek DAK 2016 sebesar Rp 40 miliar yang telah diterima oleh Kota Pare-Pare.

Ketiganya juga menyatakan melakukan hal yang dimaksud berdasarkan perintah Wali Kota Pare-Pare, Taufan Pawe.

Saksikan video pilihan di bawah ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Kasus Buah Leci Beracun Ungkap Kemiskinan dan Buruknya Layanan Kesehatan

Posted: 22 Jun 2019 10:00 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Wabah radang otak merenggut nyawa lebih dari 100 anak di India. Buah leci yang dikonsumsi, serta gelombang panas para korban dianggap menjadi penyebab mereka meninggal.

Meski begitu, ada pandangan lain terkait penyebab sesungguhnya dari kejadian. Mereka adalah kemiskinan dan pemerintahan yang buruk.

Melansir Medical Xpress pada Minggu (23/6/2019), di Hichara, negara bagian Bihar, India, tempat penyakit tersebut mewabah, belum ada toilet, air mengalir, hingga gas untuk memasak bagi masyarakatnya.

Anak-anak di sana bermain dengan setengah telanjang, di bawah suhu yang mencapai 45 derajat Celsius. Tidak ada ada pendingin atau kipas di tempat itu.

"Kami bahkan tidak punya air bersih untuk diminum. Kami mengambilnya dari keran di desa terdekat. Bagaimana kami bisa membeli makanan sehat?" kata Shakeela Khatoon (36), seorang ibu dari tiga anak yang hidup di sana pada AFP.

Khatoon menambahkan, pemerintah dirasa tidak peduli dengan warga di sana. Mereka hanya datang saat pemilihan umum untuk meminta suara.

"Setelah itu kami dilupakan," katanya.

Leci Beracun yang Menggoda Anak-anak Tidak Mampu

buah leci dituduh menjadi penyebab wabah virus otak yang menewaskan 120 anak di India (AFP Photo)

Di wilayah miskin itu, buah leci liar tumbuh di musim panas. Tepat ketika angka penyakit ini meningkat setiap tahunnya.

Buah-buahan itu membuat banyak anak yang kelaparan tergoda. Masalahnya, leci mentah itu mengandung racun.

"Jika dimakan oleh anak-anak yang kekurangan gizi, itu akan menyebabkan penurunan glukosa secara tiba-tiba yang mempengaruhi otak," kata Arun Shah, seorang dokter anak yang juga meneliti kasus tersebut.

Meski begitu, para ahli mengatakan bahwa penyakit ini sebenarnya masih bisa dihindari dengan akses kesehatan yang lebih baik. Namun, layanan kesehatan di negara tersebut masih terbilang buruk.

Global Hunger Index 2018 menyatakan bahwa India hanya menghabiskan sekitar satu persen dari pendapatan nasionalnya untuk layanan kesehatan. Ini adalah salah satu yang terendah di dunia.

"Anak-anak yang kaya juga mengonsumsi leci, tetapi mengapa mereka tidak meninggal?" kata Shah.

Buruknya Layanan Kesehatan

Pekerja migran dari India bagian timur bersiap di luar tempat tinggal mereka yang sempit di pondokan tuga di New Delhi, Rabu (10/10). Sekitar 800 juta warga India hidup dalam kemiskinan. (AP Photo / R S Iyer)

Di Hichara, beberapa layanan ambulans dikenakan biaya yang cukup tinggi bagi warga setempat yaitu 500 hingga 1.000 rupee (sekitar 100 hingga 200 ribu rupiah).

Belum lagi, di Sri Khrisna Medical College and Hospital, tempat sebagian besar korban meninggal, pemadaman listrik kerap terjadi. Termasuk di unit perawatan intensif.

Pasien juga berbagi tempat tidur atau hanya di lantai. Tidak ada pendingin ruangan, sampah di buang di halaman belakang, dindingnya penuh dengan ludah, serta banyak seprai yang bernoda darah atau urin.

Kebanyakan orangtua korban juga buta huruf. Mereka tidak memiliki edukasi tentang diet seimbang dan hidup bersih.

"Petugas kesehatan datang kemarin dan membagikan beberapa paket dan pamflet. Tapi kami tidak bisa membaca sehingga kami tidak tahu apa yang ditulis. Yang kami tahu adalah, kami tidak boleh membiarkan anak-anak makan leci," kata Munni Khatoon (40), seorang ibu dari enam anak di Hichara.

Dia mengungkapkan, dalam satu malam, dirinya bisa terbangun beberapa kali untuk memastikan anak-anaknya baik-baik saja.

Times of India melaporkan, survei Kementerian Kesehatan setempat menyatakan tidak ada satu pun dari 103 pusat kesehatan primer di distrik Muzaffarpur, pusat wabah tersebut terjadi, yang layak untuk dievaluasi.

Hindustan Times mengabarkan, 1.350 anak meninggal akibat sindrom ensefalitis akut dalam satu dekade terakhir, termasuk 355 korban di 2014.

Simak Juga Video Menarik Berikut Ini

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Live Streaming Persib Vs Madura United Berlangganan di Vidio

Posted: 22 Jun 2019 10:00 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Persib akan menantang Madura United dalam lanjutan Shopee Liga 1 2019. Laga ini akan digelar di markas Persib, Stadion Si Jalak Harupat dan akan disiarkan langsung Indosiar.

Persib kini berada di posisi ketujuh klasemen Shopee Liga 1 2019. Mereka mengoleksi lima poin dari tiga laga musim ini.

Sementara Madura United berada di posisi kedua klasemen Shopee Liga 1 2019. Mereka mengoleksi sembilan poin dari jumlah laga yang sama.

Kemenangan bakal membuat Madura United naik ke posisi puncak klasemen. Sedangkan kemenangan bagi Persib akan membuat mereka naik ke papan atas.

Live streaming pertandingan Shopee Liga 1 2019 akan disiarkan langsung oleh Indosiar pukul 15.30 WIB. Dapatkan link live streaming Persib Vs Madura United di halaman berikutnya.

 

Link Live Streaming

Untuk link live streaming Persib vs Madura United di Indosiar, silakan klik di sini...

Prakiraan Susunan Pemain

Persib Bandung (4-3-3): I Made Wirawan (kiper); Supardi Nasir, Achmad Jupriyanto, Bojan Malisic, Ardi Idrus; Rene Mihelic, Hariono, Artur Gevorkyan; Ghozali Siregar, Ezechiel N'douassel, Febri Hariyadi

Pelatih: Robert Alberts

Madura United (4-4-2): M. Ridho Djazulie (kiper); Marckho Meraudje, Jaimerson Xavier, Fandry Imbiri, Andik Rendika Rama (belakang); Andik Vermansah, Asep Berlian, Zulfiandi, Greg Nwokolo (depan); Beto Goncalves, Aleksandar Rakic (depan)

Pelatih: Dejan Antonic

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Di KTT ASEAN, Jokowi Ingatkan Dampak Perang Dagang AS-China

Posted: 22 Jun 2019 10:00 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Presiden Jokowi mengingatkan jika perang dagang yang terjadi antara AS dan China bukan tidak mungkin dapat merembet kemana-mana. Hal ini bahkan bisa berdampak pada stabilitas keamanan serta kesejahteraan kawasan.

Pernyataan ini disampaikan pada saat menghadiri Sidang Pleno KTT ke-34 ASEAN di Bangkok, Sabtu (22/6/2019).

Dengan menyampaikan ini, Jokowi mengingatkan perlunya upanya untuk memperkuat bangunan ekonomi dari negara ASEAN secara individual maupun secara kolektif.

"Artinya, perdagangan intra ASEAN harus diperkuat, fasilitasi perdagangan menjadi lebih penting, dan UMKM diingatkan harus mendapatkan benefit dari integrasi ekonomi ASEAN," kata Jokowi mengutip laman Sekretariat Kabinet.

Menteri Luar Negeri (Menlu) Retno Marsudi mengatakan, dalam kesempatan itu, Presiden Jokowi juga menyatakan kerja sama dengan mitra ASEAN menjadi lebih penting.

Jokowi mengingatkan pentingnya komitmen kita untuk menyelesaikan negosiasi The Regional Comprehensive Economic Partnership (RCEP) di antara negara-negara ASEAN pada tahun ini.

 

Selanjutnya

Jokowi di KTT ASEAN (Dok. Biro Pers Istana)

Tidak hanya itu saja, Jokowi juga mengatakan penting untuk ASEAN agar memiliki outlook mengenai masalah Indo Pasifik.

"Outlook ini mencerminkan sentralitas dan kekuatan ASEAN dalam menghormati perdamaian, budaya dialog, dan juga memperkokoh kerja sama," ujar Menlu mengutip Presiden Jokowi.

Dalam kesempatan ini juga, Indonesia berterima kasih atas dukungan dari negara anggotan ASEAn dalam bersama-sama mengembangkan konsep Outlook ASEAN Indo Pasifik yang telah ada sekitar setahun yang lalu.

 

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Viral Foto Driver Ojol Makan Pizza di Pinggir Jalan, Faktanya Bikin Sedih

Posted: 22 Jun 2019 10:00 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Selama ini kalian tentu tak asing dengan cerita para driver ojek online yang orderannya dibatalkan secara mendadak oleh sang pelanggan. Nyatanya hal ini tak hanya terjadi di Indonesia.

Hal semacam ini juga terjadi pada driver ojek online di negara lain salah satunya Vietnam. Baru-baru ini bahkan viral potret seorang driver ojol di negara tersebut yang membuat iba banyak orang.

Foto viral tersebut menunjukkan seorang pria yang berprofesi sebagai driver ojek online sedang memakan sekotak pizza di pinggir jalan pada malam hari. Pada satu foto dia terlihat memegang sekotak pizza yang isinya tinggal beberapa potong.

Sementara pada foto lain, dia terlihat sedang memakan pizza itu namun dengan wajah yang sedih. Nyatanya dikutip dari Thinghe, Kamis (13/6), pizza tersebut adalah orderan seorang pelanggan yang dibatalkan.

Alami Kerugian

Foto: thegioitre.vn

Hal ini berawal ketika sang driver yang sudah sampai ke alamat pemesan, tiba-tiba saja nomor ponsel pelanggan tersebut tidak bisa dihubungi. Setelah sang pelanggan tak kunjung bisa dihubungi, driver ojol tersebut akhirnya memutuskan untuk memakan sendiri pizza itu. Driver yang tidak diketahui identitasnya ini diduga mengalami kerugian sebesar Rp 150 ribu.

Potret driver ojol tersebut rupanya mencuri perhatian warganet, banyak yang mengaku tak tega melihatnya.

"Jgn gtu lah sm org lain. Kasian. Mrka cari makan wat anak istri," kata akun Atika Qatrunnada.

"Eh tega amat. Banyak itu bgt," ujar akun Siti Halimatus Sadiyah.

"Pernah saya, sakit hati ini di gutuin," ungkap akun Ahmad Hilman Fajari.

 

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Soundman Kena Serangan Jantung, Rossa Mohon Doa dan Minta Maaf

Posted: 22 Jun 2019 10:00 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Rossa tengah berduka. Saat terbang ke Semarang dan mendarat di Bandara Internasional Achmad Yani, soundman yang telah bekerja untuknya selama 18 tahun, Danny Lisapali, jatuh tersungkur di depannya.

Rupanya Danny kena serangan jantung. Dalam kondisi kritis, Rossa panik. Beruntung, dua penumpang memberikan pertolongan resusitasi jantung paru-paru. Selain itu, petugas bandara segera melarikan Danny ke rumah sakit terdekat. Kesigapan penumpang dan petugas bandara membuat Danny berhasil melewati fase kritis.

Rossa membagikan cerita dramatis ini di akun Instagram. Ambruknya Danny membuat Rossa belajar banyak hal.

"Pertama, ada baiknya kita banyak membaca cara penanganan darurat kalau  ada yang sakit. Karena penanganan pertama itu adalah yang bisa menyelamatkan nyawa. Buat kita semua mari pahami kondisi kesehatan kita, keluarga kita, dan teman-teman kita," tulis Rossa di akun Instagram-nya, Minggu (23/6/2019) pagi. 

Rossa Menarik Hikmah

(Daniel Kampua/Fimela.com)

"Jadikan kebiasaan untuk bertanya tentang orang yang kita sayangi, tentang kesehatannya, perasaannya, supaya kita selalu bisa memberikan pengetahuan yang terbaik ketika sesuatu hal terjadi," sambung Rossa.

Momen ini membuat Rossa belajar untuk lebih menyayangi keluarga dan sahabat. "Kita betul-betul tidak pernah tahu sampai kapan Allah memberikan kesempatan kita untuk hidup. Aku juga minta maaf ya teman-teman apabila ada kata-kata dan tingkahku yang gak berkenan," Rossa melanjutkan.

Doa Kawan-Kawan

Rossa menuliskan pengalaman ini dalam tiga unggahan di Instagram. Cerita berseri ini diunggah menyertai tiga foto jendela kamar bertirai dengan penerangan redup. Foto ini seolah menggambarkan suasana hati Rossa yang sedih.

Sejumlah artis lantas mengirim doa di kolom komentar akun Rossa. "Semoga cepat pulih," tulis Prilly Latuconsina. Afgan Syahreza menambahkan, "Ya Allah semoga bisa cepat pulih." Vokalis D'Masiv, Rian Ekky Pradipta, melayangkan ungkapan sedih dengan mengirim emoji wajah berlinang air mata.

Pulang dari Semarang, Rossa membuat sebuah janji. "Pulang dari sini saya akan mendata nomor telepon teman-teman saya. Mohon doanya untuk Mas Danny Lisapali ya, teman-teman," pungkas Rossa.

(Wayan Diananto)

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Tak Akan Ada Mi Max dan Mi Note Baru Tahun Ini

Posted: 22 Jun 2019 10:00 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - CEO Xiaomi, Lei Jun, menjelaskan strategi lini produk seri Mi dan Redmi di jejaring sosial Weibo. Selain itu, ia juga mengungkapkan tidak akan ada varian baru Mi Max dan Mi Note pada tahun ini.

"Tidak ada rencana untuk Max dan Note baru pada tahun ini," tulis Li Jun di Weibo, seperti dikutip dari GSM Arena, Minggu (23/6/2019).

Kendati demikian, tidak ada penjelasan tentang kemungkinan smartphone Xiaomi Mi Max dan Note untuk tahun depan.

Lebih lanjut, Lei Jun mengungkapkan merek Mi akan terus fokus pada perfoma tinggi yang menggabungkan inovasi terbaru seperti Mi 9, seri Mi Mix, dan seri baru CC.

Sementara untuk Redmi, seri ini dijual dengan harga terjangkau, tapi tetap memiliki berbagai fitur penting yang ada pada smartphone.

"Merek Redmi memiliki kualitas tinggi dan harga yang sangat terjangkau. Smartphone ini fokus pada pasar e-commerce," ungkap Lei Jun.

Xiaomi Pindahkan 20 Ribu Karyawan ke Kantor Pusat Baru di Beijing

Kantor Xiaomi di Maofanglu Road, Beijing (Liputan6.com/Agustin Setyo Wardani)

Adapun Xiaomi akan memindahkan sekira 20 ribu karyawannya ke kantor pusat baru di Beijing, Tiongkok. Kantor dengan delapan gedung tersebut bernama Xiaomi Science and Technology Park.

Kantor seluas 210 ribu meter persegi tersebut berisi banyak ruangan untuk berbagai projek Xiaomi. Selain itu, juga terdapat ruang khusus untuk mempercepat pengembangan teknologi Artificial Intelligence (AI).

Xiaomi akan tetap menggunakan empat gedung di markas besarnya yang ada sekarang. Namun, beberapa penelitian akan dipindahkan ke tempat baru. Kantor pusat lama dan baru Xiaomi, sama-sama berada di Beijing.

Xiaomi merupakan salah satu vendor smartphone besar di dunia. Perusahaan asal Tiongkok ini juga membuat berbagai produk lain, termasuk aplikasi mobile, laptop, dan produk konsumen seperti smartwatch.

Untuk smartphone sendiri, perusahan memiliki produk dengan merek Blackshark, Pocophone, dan Redmi, di luar "Xiaomi". Kecuali Blackshark, merek smartphone Xiaomi lainnya sudah masuk ke pasar Indonesia secara resmi.

(Din/Isk)

Saksikan Video Pilihan Berikut Ini

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

VIDEO: Ramah Pada Manusia, Beruang Hitam di AS Disuntik Mati

Posted: 22 Jun 2019 10:00 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Polisi menyimpulkan bahwa sang beruang telah terbiasa dengan interaksi manusia, di mana hal itu dapat menimbulkan ancaman bagi keselamatan manusia. Alhasil, mereka pun membuat keputusan yang sulit untuk menyergap dan menyuntik mati sang beruang.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Kisah Rusmanto dan Bantal Pink Putri Kecilnya Korban Kebakaran Pabrik Korek Gas

Posted: 22 Jun 2019 09:48 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Benda empuk persegi panjang itu didekap erat oleh Rusmanto. Meski sudah lusuh, warnanya berubah kekuningan, namun benda itu tak sekalipun terlepas dari pelukan keluarga korban kebakaran pabrik korek api di Langkat tersebut.

Dia membawa bantal kecil itu dari Kota Binjai hingga ke RS Bhayangkara Medan. Bantal tersebut merupakan benda berharga untuk Rusmanto. Bantal itu adalah benda kesayangan sang buah hati.

Sabtu malam, dia hendak meletakkannya di dekat jenazah putri kecilnya yang bernama Runisa Syaqila agar tak kesepian. Bantal itu juga menjadi pengganti putrinya yang menjadi korban tewas kebakaran pabrik korek api.

"Ini bantal kesayangan anak saya. Cuma ini yang bisa saya peluk," ujar Rusmanto lirih, seperti dilansir Antara, Sabtu 22 Juni 2019.

Tangisnya pun pecah saat ditanya soal alasannya membawa bantal tersebut. Berulang kali dia menyeka air mata yang tak henti-hentinya membasahi pipi tirusnya itu.

"Saya juga enggak tahu, bantal ini terbawa gitu saja. Bantal ini juga mengingatkan saya sama anak saya itu, makanya saya enggak mau ngelepasin bantal ini," ucap Rusmanto sesenggukan sambil membelai lembut bantal tersebut.

 

Istri Belum Teridentifikasi

Korban tewas akibat kebakaran pabrik pemantik api atau korek api gas di Langkat. (Liputan6.com/Reza Efendi)

Istri dan kedua anak Rusmanto adalah korban kebakaran pabrik korek api di Jalan Tengku Amir Hamzah, Dusun IV, Desa Sambirejo, Kecamatan Binjai, Kabupaten Langkat, Jumat 21 Juni 2019.

Istri Rusmanto bernama Yunita Sari, dan kedua anaknya Vinkza Parisyah (10) dan Runisa Syaqila (2).

Rusmanto pada Sabtu malam turut membawa sejumlah beberapa berkas di tangannya. Berkas yang menjadi syarat agar bisa segera membawa pulang jenazah istri dan kedua anaknya yang sudah dua hari bermalam di RS Bhayangkara Medan.

Hingga Sabtu malam, Rusmanto baru bisa membawa pulang jenazah kedua anaknya. Sebab, jenazah Yunita Sari belum juga teridentifikasi oleh pihak Disaster Victim Identification (DVI) Polda Sumatera Utara.

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

FOTO: Deretan Suporter Cantik Meriahkan Copa America 2019

Posted: 22 Jun 2019 09:45 PM PDT

Suporter Argentina menunggu pertandingan sepak bola Grup B Copa America 2019 antara Argentina dengan Paraguay di Stadion Mineirao, Belo Horizonte, Brasil, Rabu (19/6/2019). (AP Photo/Natacha Pisarenko)

Suporter Argentina menunggu pertandingan sepak bola Grup B Copa America 2019 antara Argentina dengan Paraguay di Stadion Mineirao, Belo Horizonte, Brasil, Rabu (19/6/2019). (AP Photo/Natacha Pisarenko)

Suporter Venezuela menunggu dimulainya pertandingan sepak bola Grup A Copa America 2019 antara Venezuela dengan Bolivia di Stadion Mineirao, Belo Horizonte, Brasil, Sabtu (22/6/2019). (AP Photo/ Eraldo Peres)

Suporter Venezuela menunggu dimulainya pertandingan sepak bola Grup A Copa America 2019 antara Venezuela dengan Bolivia di Stadion Mineirao, Belo Horizonte, Brasil, Sabtu (22/6/2019). (AP Photo/ Eraldo Peres)

Suporter Uruguay berpose sebelum dimulainya pertandingan sepak bola Grup C Copa America 2019 antara Uruguay dengan Jepang di Arena Gremio, Porto Alegre, Brasil, Kamis (20/6/2019). (AP Photo/Edison Vara)

Suporter Uruguay berpose sebelum dimulainya pertandingan sepak bola Grup C Copa America 2019 antara Uruguay dengan Jepang di Arena Gremio, Porto Alegre, Brasil, Kamis (20/6/2019). (AP Photo/Edison Vara)

Suporter Ekuador bersorak di luar Stadion Mineirao sebelum pertandingan sepak bola Grup C Copa America antara Uruguay dengan Ekuador di Belo Horizonte, Brasil, Minggu (16/6/2019). (AP Photo/Eugenio Savio)

Suporter Ekuador bersorak di luar Stadion Mineirao sebelum pertandingan sepak bola Grup C Copa America antara Uruguay dengan Ekuador di Belo Horizonte, Brasil, Minggu (16/6/2019). (AP Photo/Eugenio Savio)

Suporter Venezuela berpose sebelum pertandingan sepak bola Grup A Copa America antara Bolivia dengan Venezuela di Stadion Mineirao, Belo Horizonte, Brasil, Sabtu (22/6/2019). (AP Photo/Eugenio Savio)

Suporter Venezuela berpose sebelum pertandingan sepak bola Grup A Copa America antara Bolivia dengan Venezuela di Stadion Mineirao, Belo Horizonte, Brasil, Sabtu (22/6/2019). (AP Photo/Eugenio Savio)

Suporter  Meksiko berpose dengan bendera dan replika trofi Piala Dunia Jules Rimet di luar Stadion Maracana, Rio de Janeiro, Brasil, Jumat (14/6/2019). (AP Photo/Silvia Izquierdo)

Suporter Meksiko berpose dengan bendera dan replika trofi Piala Dunia Jules Rimet di luar Stadion Maracana, Rio de Janeiro, Brasil, Jumat (14/6/2019). (AP Photo/Silvia Izquierdo)

Seorang suporter menunjukkan bendera Paraguay saat negara tersebut akan bertanding dalam laga Grup B Copa America 2019 di Stadion Maracana, Rio de Janeiro, Brasil, Minggu (16/6/2019). (AP Photo/Silvia Izquierdo)

Seorang suporter menunjukkan bendera Paraguay saat negara tersebut akan bertanding dalam laga Grup B Copa America 2019 di Stadion Maracana, Rio de Janeiro, Brasil, Minggu (16/6/2019). (AP Photo/Silvia Izquierdo)

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

7 Potret Kebersamaan Deddy Corbuzier dengan Pemuka Agama Islam

Posted: 22 Jun 2019 09:40 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Deddy Corbuzier akhirnya resmi beragama Islam. Prosesi syahadat yang dilakukan Deddy dibimbing langsung oleh Miftah Maulana Habiburrahman alias Gus Miftah, salah satu kiai muda Nahdlatul Ulama (NU) Jogja.

Deddy melangsungkan syahadatnya di Masjid Al Mbejaji, Pondok Pesantren Ora Aji milik Gus Miftah sekitar pukul 12.35 WIB. Sebelum melangsungkan syahadat di mimbar, Gus Miftah mengajak Deddy untuk berpelukan terlebih dahulu.

Prosesi syahadat Deddy Corbuzier ini akhirnya berjalan lancar. Deddy lancar mengucapkan syahadat itu dengan tenang dan penuh keyakinan serta mantap untuk memeluk Islam. Usai melakukan pembacaan syahadat pada siang hari, Deddy pun langsung kembali ke Jakarta.

Dalam perjalanannya hidupnya Deddy Corbuzier memang dikenal dekat dengan beberapa pemuka agama Islam. Berikut Liputan6.com rangkum dari berbagai sumber 7 Potret kebersamaan Deddy Corbuzier dengan pemuka agama Islam, Minggu (23/6/2019).

1. Seperti yang diketahui oleh publik, Ustaz Wijayanto dikenal dekat dengan Deddy Corbuzier

View this post on Instagram

HIDAYAH ITU NYATA! -------------------------------------------------------------------- Hidayah Allah manusia diberi hak untuk berusaha dan keputusan akhir ada kepada-Nya. Manusia harus berdoa dengan serius, keputusan dikabulkan tergantung pada-Nya. Demikian hidayah Allah harus selalu dijemput terus menerus dengan penuh harap. . Seperti halnya yang tercantum dalam ayat Al Quran : . وَمَآ أَرْسَلْنَا مِن رَّسُولٍ إِلَّا بِلِسَانِ قَوْمِهِۦ لِيُبَيِّنَ لَهُمْ فَيُضِلُّ ٱللَّهُ مَن يَشَآءُ وَيَهْدِى مَن يَشَآءُ وَهُوَ ٱلْعَزِيزُ ٱلْحَكِيمُ . Artinya: Kami tidak mengutus seorang rasulpun, melainkan dengan bahasa kaumnya supaya ia dapat memberi penjelasan dengan terang kepada mereka. Maka Allah menyesatkan siapa yang Dia kehendaki, dan memberi petunjuk kepada siapa yang Dia kehendaki. Dan Dia-lah Tuhan Yang Maha Kuasa lagi Maha Bijaksana. . Ayat di atas menegaskan tentang hidayah Allah, sekaligus memastikan bahwa Allah menampakkan sifat Jabbar-Nya dalam memberikan petunjuk atau kesesatan. Artinya, manusia ditempatkan sebagai majbur atau yang dipaksa tunduk terhadap putusanNya. . Allah memiliki hak prerogatif untuk menyesatkan manusia, sekaligus memberikan hidayah-Nya. Tapi, manusia diberi hak untuk berusaha dan keputusan akhir ada kepada-Nya. Manusia harus berdoa dengan serius, keputusan dikabulkan atau tidaknya adalah hal prerogatif Allah. . Pada kesempatan yang berbeda di Surat al-Qashash; 56 Allah mengingatkan: إِنَّكَ لا تَهْدِي مَنْ أَحْبَبْتَ وَلَكِنَّ اللَّهَ يَهْدِي مَنْ يَشَاءُ وَهُوَ أَعْلَمُ بِالْمُهْتَدِينَ Artinya: Sesungguhnya engkau (Muhammad) tidak akan dapat memberi hidayah (petunjuk) kepada orang yang kamu kasihi, tetapi Allah memberi hidayah kepada orang yang Dia kehendaki, dan Allah lebih mengetahui orang-orang yang mau menerima petunjuk. . Ayat ini menunjukkan bahwa Nabi Muhammad Saw. saja tidak bisa memberikan petunjuk kepada Abu Thalib, apalagi umatnya. Tugas Nabi Muhammad—termasuk kita sebagai umatnya-- hanya mengajak kebaikan atau tabligh, selebihnya hidayah adalah OTORITAS ALLAH. . Selamat saudaraku mas @mastercorbuzier Allah telah memilihmu untuk mendapatkan hidayah ini. Tetap istiqomah dijalan Allah, semoga Allah hapus segala dosa2mu

A post shared by Ustad Wijayanto (official) (@ustadwijayantoofficial) on

4. Sosok Gus Miftahlah yang memandu Deddy Corbuzier mengucapkan syahadat akhirnya resmi beragama Islam

View this post on Instagram

Alhamdulillah 🙏

A post shared by Deddy Corbuzier, Ph.D (@mastercorbuzier) on

5. Sewaktu perjalanan pulang dari Jogja, Deddy Corbuzier juga sempat bertemu dengan Kyai Said Aqil Siradj

View this post on Instagram

Alhamdulillah Kyai Said Aqil Siradj 🙏

A post shared by Deddy Corbuzier, Ph.D (@mastercorbuzier) on

6. Deddy Corbuzier juga bertemu dan disambut oleh Ustaz Yusuf Mansur saat tiba di Jakarta

7. Deddy Corbuzier berkunjung ke kediaman Kyai Ma'ruf Amin di Menteng, Jakarta Pusat

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

PSG Turunkan Harga, Barcelona Makin Mulus Dapatkan Neymar

Posted: 22 Jun 2019 09:35 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Barcelona bakal semakin mulus untuk mendapatkan Neymar di musim ini. Itu setelah muncul kabar PSG sudah menurunkan harga bintang mereka.

Pemain internasional Brasil itu saat ini tengah absen dari Copa America karena mengalami cedera. Ia sekarang sedang santer dikaitkan dengan pintu keluar dari klub Prancis dan kembali ke Barcelona menjelang musim 2019-2020. 

Sebelumnya tim asuhan Thomas Tuchel tersebut menuntut biaya transfer sebesar 250 juta euro untuk penyerang berusia 27 tahun itu. Jumlah tersebut merupakan kenaikan 30 juta euro dari nilai transfer yang mereka bayarkan pada dua tahun lalu.

Namun, Marca melaporkan bahwa sekarang PSG bersedia menerima 200 juta euro untuk Neymar. Sebab, mereka kehilangan kepercayaan pada kemampuannya untuk membawa mereka meraih gelar Liga Champions dan semakin khawatir dengan perilakunya di luar lapangan.

Ini merupakan perkembangan yang menarik dalam saga transfer Neymar karena penurunan harga itu bukan karena permintaan Barcelona. Melainkan keputusan yang diambil oleh petinggi PSG.

 

Gaji Besar

Neymar saat masih di Barcelona(AFP/Josep Lago)

Masalah gaji disebut-sebut akan menjadi kendala utama Barcelona dalam mendatangkan Neymar. Pemain asal Brasil itu saat ini mendapat gaji sebesar 36 juta euro per musim di PSG.

Jumlah tersebut tentu saja tergolong besar untuk Blaugrana. Raksasa Spanyol itu bersedia memulangkan Neymar asalkan sang pemain memangkas gajinya.

Neymar sendiri pernah bermain bersama Barcelona pada tahun 2013 sampai 2017. Selama di Camp Nou, sang pemin berhasil memenangkan delapan gelar termasuk treble winners pada 2015.

Sumber: Bola.net

Video

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Live Streaming Vidio Tira Persikabo vs Persipura di Shopee Liga 1 2019

Posted: 22 Jun 2019 09:30 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Tira Persikabo akan menjamu Persipura Jayapura dalam laga pekan kelima Shopee Liga 1 2019 di Stadion Pakansari, Cibinong, Minggu (23/6/2019). Laga ini menjadi momentum buat Tira Persikabo untuk kembali melanjutkan tren positif.

Sejak diasuh Rahmad Darmawan pada awal 2019, Tira Persikabo menjelma menjadi tim kejutan. Manahati Lestusen dkk. berhasil menjadi kejutan setelah meraih kemenangan atas Perseru Badak Lampung, menahan imbang PSM Makassar serta Persib Bandung.

Catatan belum terkalahkan yang dimiliki Tira Persikabo membuat mereka kini menghuni peringkat kedelapan dengan poin lima. Rahmad Darmawan berharap anak asuhnya tidak jemawa dengan catatan tersebut, dan memiliki semangat bermain yang sama ketika mampu mengimbangi Persib.

"Kami harus bermain kolektif, percaya diri, dan punya motivasi tinggi. Minimal sama seperti saat melawan Persib," kata Rahmad Darmawan dalam konferensi pers jelang laga, Sabtu (22/6/2019).

Sementara itu, Persipura dalam situasi yang kurang baik karena belum pernah menang dalam tiga laga awal. Mutiara Hitam hanya mampu meraih dua poin dari tiga laga awal Shopee Liga 1 2019.

Namun, pelatih Luciano Leandro menegaskan pihaknya sudah melakukan beberapa evaluasi. Pelatih asal Brasil itu yakin Persipura bisa mencuri poin dari lawatan ke markas Tira Persikabo.

"Paling terpenting adalah kami meminta pemain untuk berkonsentrasi penuh dalam pertandingan. Agar mereka bisa bermain baik dengan motivasi tinggi dan instruksi seperti waktu latihan," ujar Luciano Leandro.

Saksikan live streaming Vidio Tira Persikabo vs Persipura di Shopee Liga 1 mulai pukul 15.30 WIB. Dapatkan link live streaming pada halaman selanjutnya.

Link Live Streaming

Untuk link live streaming Vidio Tira Persikabo vs Persipura di Shopee Liga 1 silakan klik di sini...

Perkiraan Pemain

Tira Persikabo (4-2-3-1): Angga Saputra (kiper), Abduh Lestaluhu, Andy Setyo, Khurshed Beknazarov, Rifad Marasabessy (belakang), Parfait Essengue, Manahati Lestusen, Osas Saha, Ciro, Wawan Febrianto (tengah), Loris Arnaud (depan)

Pelatih: Rahmad Darmawan (Indonesia)

Persipura Jayapura (4-4-2): Mario Londok (kiper), Yustinus Pae, Ricardo Salampessy, Andre Ribeiro, David Rumakiek (belakang), Oh In-kyun, Gunansar Mandowen, Ibrahim Conteh, Ronaldo Meosido (tengah), Mamadou Samassa, Titus Bonai (depan)

Pelatih: Luciano Leandro (Brasil)

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Dusun Eksotis yang Jadi Tempat Wisata Viral di Jawa Tengah

Posted: 22 Jun 2019 09:30 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Apakah kaliaAnda penikmat wisata? Jika iya, salah satu tempat wisata di Semarang, Jawa Tengah, ini bisa jadi opsi lain. Tengah viral, destinasi yang belum lama dibuka ini memukau lewat gaya bangunan berdesain unik. Dusun Semilir, namanya.

Berlokasi di Jl. Soekarno Hatta no.49, Bawen, Semarang, dusun ini merupakan kawasan wisata yang memadukan kekayaan kuliner, pusat oleh-oleh, warisan budaya Indonesia dan kerajinan lokal.

Sesuai namanya, tempat ini menyuguhkan suasana sejuk seperti di pedesaan, namun tetap dikemas dengan gaya kekinian. Arsitektur bangunan yang unik menyerupai stupa Candi Borobudur sukses membuat banyak orang penasaran dan berbondong-bondong berkunjung.

Meski terbilang cukup baru, bukan tak mungkin Dusun Semilir bakal jadi ikon wisata kota Semarang. Bagaimana tidak, antusias masyarakat sudah melebihi target walau pembangunannya baru seleai tahap satu.

Rupa bangunan yang Instagrammble membuat banyak orang ingin berfoto dan mengunjungi tempat wisata ini. Ditambah rute lokasi yang mudah diakses dan fasilitas lengkap, tempat wisata ini cukup unggul.

Fasilitas di Wisata Dusun Semilir

Wisata Dusun Semilir (Sumber: Instagram/dusunsemilir)

Wisata Dusun Semilir memiliki fasilitas yang lengkap seperti spot foto yang menarik. Para pengunjung yang datang dapat berfoto di salah satu sudut paling populer, yaitu jembatan senggol. Jembatan dengan desain modern-tradisional ini dilengkapi ornamen kayu unik.

Selain tempatnya yang Instagrammable, Jembatan senggol juga dipadati penjual kuliner di ruas kiri-kanan jalan seperti penjaja kue putu, sosis bakar, cilok, tempe mendoan, cumi bakar, es teh, dan es krim.

Tapi, jika menginginkan makanan lebih mengenyangkan, pengunjung bisa mengunjungi Sepoi Sepoi Resto di ujung jalan. Berbagai macam kuliner bisa dinikmati di sana seperti Jamblangan, tahu bandungan, soto sapi, gado-gado, beragam minuman, dan aneka jajanan tradisional.

Setelah puas dimanjakan kemegahan bangunan dan berbagai kuliner, pengunjung juga dapat berbelanja di pusat oleh-oleh. Barang-barang yang siap dibawa pulang adalah batik, tas, dan ragam aksesori lain.

Tata Tertib dan Harga Tiket Wisata Dusun Semilir

Wisata Dusun Semilir (Sumber: Instagram/dusunsemilir)

Dusun Semilir memiliki beberapa peraturan yang harus ditaati, yaitu harus menjaga kebersihan, merokok di tempat yang sudah disediakan, dilarang membawa makanan dan minuman dari luar, dilarang membawa hewan peliharaan, dilarang memetik bunga atau tanaman di sepanjang area, merawat fasilitas yang ada, dan mengantre dengan tertib.

Dusun Semilir nantinya akan dilengkapi sungai buatan, miniatur kampung Eropa, mini zoo, danau buatan, glamping, resort, outbound, dan ragam area permainan seru. Seiring waktu, spot untuk pengunjung berfoto ria akan terus ditambah di Dusun Semilir.

Harga tiket masuk Dusun Semilir terbilang cukup murah, yakni Rp5 ribu perorang. Jika ingin menikmati berbagai kuliner yang ada di sini, pengunjung diwajibkan top up minimal Rp50 ribu dan dapat digunakan bersama. Top up juga dapat dikembalikan 100 persen tanpa potongan apapun jika tak melakukan pembelian apapun.

Tarif parkir wisata Dusun Semilir Rp2 ribu untuk sepeda motor, Rp5 ribu untuk mobil, dan Rp20 ribu untuk bus. Tempat wisata Dusun Semilir dibuka setiap hari, Senin-Jumat pukul 09.30--21.00 WIB, sedangkan Sabtu dan Minggu pukul 09.30--22.00 WIB. (Devita Nur Azizah)

Saksikan Video Berikut Ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Lihat Kejutan dari Penggemar Indonesia, Ha Sung Woon Tiduran di Lantai

Posted: 22 Jun 2019 09:30 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Mantan member Wanna One yang kini bersolo karier, Ha Sung Woon, baru saja tampil di Tanah Air. Untuk ketiga kalinya ia bertandang ke Indonesia, kali ini untuk menggelar fan meeting bertajuk "My Moment" di The Kasablanka Hall, Jakarta Selatan, Sabtu (22/6/2019).

Pertunjukan berdurasi dua jam ini diisi dengan obrolan ringan, games, dan penampilan Ha Sung Woon yang membawakan sejumlah lagunya.

Pada salah satu sesi, Ha Sung Woon juga mendapat sebuah kejutan dari para penggemar Indonesia. Yakni, video yang menampilkan sejumlah momen dalam perjalanan karier pria yang juga merupakan personel Hot Shot tersebut. Mulai dari saat ia audisi di kala remaja, memenangkan Produce 101 Season 2, hingga debut solo.

Kejutan ini tak disangka-sangka oleh Ha Sung Woon, dan membuatnya kaget bukan kepalang.

Kaget

Fan Meeting Ha Sung Woon di Jakarta (Bayu Herdianto/ Kapanlagi.com_

Ha Sung Woon tampak begitu kaget melihat video dirinya diputar di layar panggung. "Aaah, mwoya (ini apa)," teriak pelantun "Bird" ini.

Saking kagetnya, ia bahkan sempat tiduran di lantai sejenak. Namun ia kemudian mulai menenangkan dirinya, dan kemudian duduk di depan layar untuk menyaksikan pesan-pesan dari Haneul--sapaan untuk penggemarnya--dalam video tersebut.

Awal yang Baru

Setelah video ini tuntas, Ha Sung Woon mengucapkan terima kasih kepada penggemar. Ia juga menyebutkan bahwa penampilannya di Jakarta adalah bagian terakhir di tur fan meeting-nya.

"Ini fan meeting terakhir untuk My Moment, tapi jangan khawatir, ini adalah awal yang baru. Ke depannya aku akan bekerja keras untuk membuat lagu-lagu baru. Aku tidak sabar untuk ke depannya," tutur Ha Sung Woon.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Diaspora RI di Eropa Bahas Perkembangan Politik Tanah Air Pasca-Pemilu

Posted: 22 Jun 2019 09:27 PM PDT

Liputan6.com, Berlin - Diaspora Indonesia di Eropa mengadakan pertemuan akbar di Berlin Jerman, Sabtu 23 Juni 2019. Pertemuan tersebut dilakukan untuk menyikapi perkembangan politik pasca-pemilu April lalu.

Selain itu, mereka juga merespon masa revolusi industri 4.0 yang harus disiapkan secara baik oleh pemerintah, perguruan tinggi, maupun oleh masyarakat luas, seperti dikutip dari rilis Sekber Relawan Eropa Tetap Jokowi yang dimuat Liputan6.com pada Minggu (23/6/2019).

Pertemuan diaspora Indonesia di Eropa diinisiasi para eks-relawan pasangan Jokowi-Maruf Amin se-Eropa. Kegiatan ini sebagai bentuk ungkapan rasa syukur atas kemenangan mutlak Jokowi-Amin di Eropa yang mencapai 80 persen.

Hal ini juga bagian dari sumbangsih para diaspora Indonesia terhadap pemerintahan Jokowi-Amin lima tahun kedepan yang menitikberatkan pada pembangunan Sumber Daya Manusia.

Menghadapi Tantangan Revolusi Industri 4.0

Warga mengambil gambar contoh surat suara saat mengikuti simulasi pemungutan dan pencoblosan surat suara Pemilu 2019 di Taman Suropati, Jakarta, Rabu (10/4). Simulasi dilakukan untuk meminimalisir kesalahan dan kekurangan saat pencoblosan pemilu pada 17 April nanti (Liputan6.com/Johan Tallo)

Di tengah perkembangan revolusi industri 4.0 maka pemerintah perlu melakukan terobosan-terobosan dan langkah-langkah cepat sehingga tidak tertinggal oleh bangsa-bangsa lain.

Selain itu dari acara ini diharapkan penggunaan politik identitas dan penyebaran berita hoaks yang marak terjadi tidak semakin meluas pasca pemilu. Adanya perbedaan pendapat pada pemilihan umum yang lalu tidak semakin menyebabkan relasi antarmasyarakat terpolarisasi bahkan terpecah belah.

Perbedaan pilihan pun semestinya tidak menghambat kemajuan bangsa. Saat ini yang diperlukan adalah persatuan dan kesatuan, saling bahu membahu menghadapi revolusi industri 4.0 yang tantangannya makin besar dan kompleks.

Dalam kegiatan ini juga mengundang para pemangku kepentingan; aktivis partai politik, pejabat publik, anggota parlemen, ilmuwan, dan jurnalis sebagai panelis dalam acara tersebut.

Diantaranya Ganjar Pranowo, Budiman Sudjatmiko, Tsamara Amany, Prof. Dr. Hendro Wicaksono, dan Hendra Pasuhuk.

Kegiatan juga dimeriahkan dengan penampilan budaya seni nusantara yang dibawakan oleh para diaspora Indonesia di Eropa.

Simak video pilihan berikut:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Jokowi Dorong Swasta ASEAN Manfaatkan Perang Dagang AS-China

Posted: 22 Jun 2019 09:23 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Perang dangang AS dengan China dinilai akan membawa pengaruh terhadap ekonomi di kawasan ASEAN. Untuk itu, Presiden Joko Widodo atau Jokowi mendorong sektor swasta ASEAN agar terus mencari peluang di tengah perang dagang antara AS-China.

Hal tersebut disampaikan Jokowi saat menghadiri Pertemuan Pemimpin ASEAN dengan ASEAN Business Advisory Council (ASEAN-BAC) di Hotel Athenee Bangkok Thailand, Sabtu 22 Juni 2019.

"Kalangan swasta ASEAN justru harus mencoba cari peluang sambil terus perkuat jejaring untuk memperkokoh integrasi," ucap Jokowi dalam siaran pers dari Deputi Bidang Protokol, Pers dan Media Sekretariat Presiden Bey Machmudin, Minggu (23/6/2019).

Jokowi mengaku bahwa proses integrasi ekonomi memang tidak mudah di tengah tren unilateralisme. Oleh sebab itu, dia menyampaikan posisi Indonesia yang terus mendorong agar negara anggota ASEAN tetap berkomitmen terhadap penyelesaian negosiasi Regional Comprehensive Economic Partnership (RCEP).

"Tentu komitmen ini memerlukan dukungan dari swasta ASEAN, termasuk ASEAN-BAC," kata Jokowi.

Kolaborasi

KTT ASEAN ke-34 di Bangkok, 22 Juni 2019 (kredit: Sekretariat Presiden RI)

Dalam pertemuan itu, Jokowi juga menyampaikan harapannya agar ASEAN dan ASEAN Inter-Parliamentary Assembly (AIPA) dapat berkolaborasi dengan baik. Dia ingin ASEAN-AIPA memajukan serta memberikan perlindungan HAM dan hak-hak perempuan, perlindungan anak hingga perlindungan pekerja migran, serta demokrasi dan perdamaian di kawasan.

"Dengan kolaborasi di bidang-bidang yang saya sebutkan tadi, saya yakin ASEAN akan semakin bermanfaat bagi rakyatnya dan semakin dihormati di dunia," jelas mantan Gubernur DKI Jakarra itu.

Saksikan video pilihan di bawah ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Feby Eka Putra Bersyukur Dapatkan Debut di Persela vs Persija

Posted: 22 Jun 2019 09:20 PM PDT

Jakarta Gelandang muda Persija Jakarta, Feby Eka Putra mendapatkan kesempatan untuk melakoni debut saat menghadapi Persela Lamongan di pekan kelima Shopee Liga 1 2019 di Stadion Surajaya, Sabtu (22/6/2019) malam. Meski berakhir tanpa gol, Feby tetap bersyukur bisa memulai debut.

Feby Eka Putra merasa bersyukur tak hanya karena berhasil menjalani debut dengan baik, tapi juga karena meraih satu poin di Stadion Surajaya. Mantan pemain Bali United itu pun siap bekerja keras dalam pertandingan-pertandingan selanjutnya.

"Pertama, saya mengucapkan syukur atas pertandingan semalam, termasuk diberikan satu poin. Sebenarnya kami mengincar tiga poin dari pertandingan ini, tapi inilah sepak bola. Kami lebih fokus dan bekerja keras ke depannya," ujar Feby Eka Putra seperti dilansir situs resmi Persija.

Feby Eka Putra berjanji bekerja keras agar bisa terus mendapatkan kesempatan dalam setiap pertandingan yang dijalani oleh Persija. Hal tersebut termasuk pertandingan terdekat yang dijalani Macan Kemayoran, yaitu leg pertama semifinal Piala Indonesia 2018.

Persija menghadapi Borneo FC dan bertindak sebagai tuan rumah dalam pertandingan yang digelar pada Sabtu (29/6/2019).

 

Gagal Beri Kado

Al Hamra Hehanussa, adik dari Rezaldi Hehanussa, mendapatkan laga debut bersama Persija Jakarta saat bertandang ke Stadion Surajaya, markas Persela Lamongan, Sabtu (22/6/2019). (Media Persija).

Sejatinya duel melawan Persela jadi momen bagi Persija untuk memberikan kado bagi Jakarta yang sedang ulang tahun ke-492 pada Sabtu (22/6/2019) kemarin. Namun semua rencana buyar karena tak satupun gol tercipta.

Sejumlah peluang didapatkan oleh kedua tim. Riko Simanjuntak dan Novri Setiawan memiliki peluang bagi Persija, begitu pun Persela lewat Alex Dos Santos dan Rafael Gomes de Oliveira (Rafinha). Namun, peluang masih tak bisa dimaksimalkan, baik karena kepiawaian kedua penjaga gawang yang tampil di bawah mistar gawang, atau pun bola yang belum menemui sasaran.

Permainan terbuka yang dijalankan oleh kedua tim tidak membuat sebuah gol pun tercipta dalam babak pertama. Persela dan Persija harus puas dengan kedudukan imbang tanpa gol dalam 45 menit pertama.

Sebuah peluang didapatkan Persela lewat tendangan jarak jauh Alex dos Santos pada menit ke-56. Namun, tembakan keras tersebut masih mampu ditepis oleh Andritany yang tampil baik dalam pertandingan ini.

Gawang Andritany hampir kebobolan pada menit ke-61 saat kiper Persija itu keluar dari sarangnya. Malik Risaldi yang mendapat bola rebound langsung melepaskan tembakan loob ke arah gawang yang tak terkawal. Namun, bola masih bisa dibuang oleh Tony Sucipto yang sigap melihat arah bola.

 

Serangan Bergelombang

Serangan bergelombang dilakukan Persija pada menit ke-67. Sayang peluang yang diraih Macan Kemayoran termasuk tembakan jarak dekat Marko Simic dan tembakan jarak jauh Novri Setiawan belum berhasil mengoyak jala gawang Persela.

Peluang emas didapatkan oleh Persela pada menit ke-71 lewat Rafinha. Namun tembakan keras pemain asing Persela itu masih mampu dihalau dengan baik oleh Andritany Ardhiyasa.

Hingga pertandingan usai, baik Persela maupun Persija tak berhasil mencetak satu gol pun. Kedua tim pun harus puas berbagi satu poin di akhir laga dan Macan Kemayoran tak berhasil mempersembahkan kemenangan dalam hari jadi Jakarta yang ke-492.

Satu poin bagi kedua tim tak membuat Persela dan Persija menjauh dari papan bawah klasemen sementara Liga 1 2019. Kedua tim sama-sama mengemas dua poin dari empat laga yang sudah dimainkan hingga sejauh ini. Persija saat ini berada di peringkat ke-14, sementara Persela naik satu peringkat menjauhi dasar klasemen.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Cara Membuat Ayam KFC yang Renyah Banget, Hasil Mirip dengan Aslinya

Posted: 22 Jun 2019 09:20 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Ayam merupakan salah satu bahan makanan yang sangat disukai oleh banyak orang. Hal ini dikarenakan oleh beberapa faktor. Misalnya saja, ayam sangat mudah ditemui dan memiliki harga yang cukup terjangkau. Inilah yang membuat banyak orang menjadikan ayam sebagai alternatif bahan makanan yang sangat disukai.

Tak hanya mudah ditemukan dan harganya yang terjangkau, ayam juga sangat mudah diolah untuk dijadikan berbagai macam olahan masakan. Salah satunya adalah dibuat menjadi ayam goreng. Ya, ayam yang dilapisi tepung dengan sensasi kriuk saat disantap membuat berbagai kalangan sangat menyukai ayam goreng ini.

Sajian ayam goreng ini semakin disukai karena terdapat gerai restoran cepat saji seperti KFC yang punya menu utama ini. Ya, di gerai ini memiliki ayam goreng tepung yang sangat enak, kriuk, dan gurih banget. Tak jarang orang penasaran dengan cara membuatnya.

Tetapi saat kita ingin mencobanya sendiri di rumah, ayam goreng tepungnya tidak sesuai ekspektasi. Tenang saja, kini resep dari ayam goreng tepung KFC sudah banyak tersebar di berbagai media. Berikut ini Liputan6.com juga telah menadapatkan resep untuk membuat ayam goreng tepung yang memiliki cita rasa khas dan sangat gurih ini.

Telah dilansir dari berbagai sumber, berikut cara membuat ayam KFC yang lezat dan gurih banget, Minggu (23/6/2019).

Cara Membuat Ayam Goreng KFC

Ilustrasi ayam goreng (iStock)

Bahan pertama yang perlu dipersiapkan:

- 800 sampai 1000 gram ayam bagian paha atau dada, potong sesuai selera.

- 1 butir telur, yang ditambahkan dengan sedikit garam, kocok lepas.

- 250 ml air es.

- 1 sdt baking soda.

Bahan kedua yang dibutuhkan:

- 10 siung bawang putih.

- 1 sdt merica bubuk atau butiran.

- 1 ruas jahe.

- 2 blok kaldu ayam.

- 1 sdt garam.

- ½ sdt ketumbar.

- 3 buah cabe merah.

- 1 ruas kunyit.

Bahan ketiga yang dibutuhkan:

- 450 gram terigu dengan protein tinggi.

- 150 gram maizena.

- 1 sdt bubuk cabe merah (untuk mendapatkan rasa pedas).

- Kaldu bubuk atau garam secukupnya.

- 1 sdt bubuk basil.

- 1 sdt bubuk oregano.

- 1 sdt bubuk lada.

Cara Membuat Ayam Goreng KFC

Menggoreng Ayam Goreng / Sumber: iStockphoto

1. Aduk seluruh bahan ketiga yang telah disiapkan tadi. Aduk hingga tercampur dengan rata, kemudian sisihkan.

2. Selanjutnya, cuci bersih ayam kemudian campur dengan bahan-bahan kedua yang sudah dihaluskan, kemudian masukkan ke kulkas semalaman agar bumbunya meresap. Bisa juga hanya disimpan dalam kulkas cukup dengan 3-5 jam saja.

3. Siapkan untuk bahan celupannya. Caranya, air es yang ada dibahan pertama dicampur dengan 5 sdm campuran dari bahan yang ketiga. Tambahkan juga soda kue dari bahan pertama. Sisihkan atau simpan di kulkas dulu agar tetap dingin sehingga lebih menempel maksimal.

4. Keluarkan ayam dari kulkas, tambahkan dengan kocokan telur di bahan yang pertama, dan aduk rata. Kemudian balurkan ayam pada tepung pelapis (bahan ketiga tadi), lalu kibas-kibas ayam, celup sebentar dalam air es, balurkan lagi dalam tepung pelapis sambil diremas-remas agar tepung menempel. Lakukan hal ini hingga adonan habis.

5. Agar hasilnya renyah, saat melakukan penepungan ke bahan pelapis usahakan tepat di waktu sesaat mau masuk ke penggorengan berikutnya. Barulah proses remas. Dengan begitu ayam tepungnya tidak terlalu lama menunggu. Karena jika terlalu lama didiamkan hasilnya bisa menjadi keras.

6. Goreng ayam dengan minyak yang banyak, goreng hingga matang kuning kecoklatan. Jangan terlalu sering untuk membolak-balikkan, agar tidak menyerap minyak.

7. Tekstur daging ayam di dalamnya bisa matang sempurna, asal waktu menggorengnya menggunakan teknik deep fry atau menggunakan banyak minyak dengan penggunaan api sedang cenderung kecil.

8. Ayam goreng tepung yang renyah siap disajikan. Saat sudah matang, kamu bisa sajikan ayam goreng tepung ini dengan saus sambal atau saus tomat. Agar kerenyahan ayam goreng tepung lebih tahan lama, kamu bisa simpan ayam ke dalam wadah kedap udara. Selamat mencoba!

Kesalahan Saat Membuat Ayam Goreng Tepung, Penyebab Tidak Renyah

Ilustrasi/copyright unsplash.com/Brian Chan

Tidak Meremas-remas Tepung

Kesalahan yang paling sering terjadi saat membuat ayam goreng tepung adalah tidak meremas-remas adonan tepung ke ayam dengan jari tangan. Seharusnya, kamu perlu memasukkan ayam ke dalam air dingin atau putih telur. Kemudian ayam dilapisi dengan tepung kering.

Pada bagian inilah yang menentukan ayam goreng tepung menjadi renyah atau tidak. Ya, kamu perlu meremas-remas ayam dengan adonan tepung menggunakan jari supaya menjadi keriting sempurna. Remas atau cubit dengan ujung jari agar keritingnya sempurna.

Mendiamkan Ayam Terlalu lama

Setelah ayam dibaluri dengan tepung, jangan mendiamkannya terlalu lama. Cara membuat ayam KFC seperti ini perlu diperhatikan. Kerap dianggap sepele, ternyata cara ini menjadi salah satu faktor yang membuat ayam goreng tepung kamu menjadi renyah.

Pastikan untuk langsung menggoreng ayam yang sudah dibaluri dengan tepung agar tidak lengket atau berhimpitan dengan ayam lainnya.

Mengaduk Ayam di Penggorengan

Cara membuat ayam KFC agar renyah sempurna yang kerap diabaikan adalah terlalu sering membolak-balikkan ayam atau mengaduknya saat sedang digoreng. Ya, saat ayam tepung baru pertama kali masuk penggorengan, jangan langsung untuk mengaduknya. Hal ini akan membuat ayam goreng tepung menjadi hancur.

Kamu perlu mendiamkan terlebih dahulu ayam di dalam minyak hingga tepungnya sudah mengeras. Setelah itu, kamu boleh membolak-baliknya. Pastikan juga untuk menggunakan minyak yang banyak dan ayam terendam di dalamnya.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

100 Tahun Organisasi Buruh Internasional, Indonesia Dorong Pengesahan Deklarasi ILO tentang Kerja Masa Depan

Posted: 22 Jun 2019 09:15 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Pertemuan ke-108 Konferensi Perburuhan Internasional (International Labour Conference/ILC) secara resmi mengesahkan "Deklarasi 100 tahun International Labour Organization (ILO) untuk Kerja Masa Depan" (ILO Centenary Declaration for the Future of Work). Deklarasi tersebut disahkan di Jenewa, Swiss, pada tanggal 21 Juni 2019, dalam rangka peringatan 100 tahun berdirinya Organisasi Perburuhan Internasional (International Labour Organization/ILO).

"Deklarasi bersejarah tersebut memuat pembaharuan komitmen dunia internasional dalam menciptakan keadilan sosial dan perdamaian abadi sebagaimana tertuang dalam Konstitusi ILO 1919. Dalam hal ini, semua negara beserta pekerja dan pengusaha diminta untuk memperkuat kerja sama dalam menghadapi tantangan kerja masa depan," kata Menteri Ketenagakerjaan M. Hanif Dhakiri menyambut pengesahan Deklarasi tersebut, dalam keterangan pers Biro Humas, Jakarta (22/6).

Sebagai negara anggota ILO sejak tahun 1950, Menaker Hanif menekankan bahwa Indonesia akan berupaya menindaklanjuti rekomendasi yang relevan dalam Deklarasi tersebut. Hal ini mengingat semangat Deklarasi sejalan dengan komitmen Pemerintah untuk mewujudkan kerja layak bagi semua. Dalam Deklarasi, semua negara diharapkan dapat mendorong terciptanya tenaga kerja yang produktif serta pembangunan ekonomi yang inklusif dan berkelanjutan.

"Deklarasi ILO tersebut dapat menjadi rujukan bagi Indonesia untuk menyusun strategi dan kebijakan terkait kerja masa depan. Setiap negara diminta untuk memperkuat kapasitas sumber daya manusianya agar dapat menghadapi perubahan dunia kerja. Di samping itu, negara-negara juga diminta untuk memperkuat institusi ketenagakerjaan guna memastikan perlindungan yang memadai bagi semua pekerja," ujar Hanif.

Duta Besar Hasan Kleib, Wakil Tetap RI untuk PBB, WTO, dan Organisasi Internasional Lainnya di Jenewa, menyatakan bahwa pembahasan Deklarasi 100 tahun ILO telah melewati serangkaian proses negosiasi dan perdebatan yang panjang di ILO diantara delegasi pemerintah, pekerja dan pengusaha sejak akhir tahun 2018. Dalam hal ini, Indonesia dipercaya untuk menjadi salah satu negara anggota Komite penyusunan Deklarasi mewakili kelompok kawasan Asia-Pasifik.

Pengesahan Deklarasi 100 tahun ILO merupakan puncak dari pertemuan ILC yang berlangsung di Jenewa, Swiss, sejak tanggal 10 hingga 21 Juni 2019. ILC merupakan pertemuan yang dihadiri oleh wakil pemerintah, pekerja, dan pengusaha dari negara-negara anggota ILO.

Pertemuan secara rutin diselenggarakan oleh ILO setiap tahun dan memiliki mandat untuk menyusun dan mengesahkan berbagai standar internasional ketenagakerjaan, membahas berbagai kebijakan mengenai kerja layak, dan mengesahkan resolusi terkait pedoman kebijakan ILO.

Sesi ke-108 ILC, dihadiri oleh lebih dari 5700 orang delegasi dan dinilai sebagai Konferensi terbesar yang diselenggarakan di Jenewa, Swiss, pada tahun ini. Pertemuan dihadiri oleh delegasi wakil pemerintah, pekerja dan pengusaha dari 187 negara anggota ILO. Selain membahas Deklarasi 100 tahun ILO mengenai Kerja Masa Depan, pertemuan ILC juga berhasil mengesahkan instrumen ketenagakerjaan internasional baru mengenai penghapusan kekerasan dan pelecehan di tempat kerja.

 

(*)

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Pesan Persatuan dan Keselamatan Anies Baswedan

Posted: 22 Jun 2019 09:08 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan menyambangi Festival Damai Millenial Road Safety yang digelar Ditlantas Polda Metro Jaya di Monas Jakarta.

Dia berharap, festival ini dapat mendorong persatuan di masyarakat, selain juga menjadi lebih berhati-hati dalam berlalu lintas.

"Di Indonesia betapa persatuan harus kita bangun. Keragaman adalah fakta, mari kita ikhtiarkan terus persatuan. Persatuan dari saling menghormati itu diawali dari saling kenal dan saling menghargai semuanya," tukas Anies Baswedan di Lapangan Silang Monas, Jakarta, Minggu (23/6/2019).

Selain itu, Anies mengatakan, ada sekitar 17 juta kendaraan bermotor di Jakarta. Kecelakaan pun banyak terjadi, sehingga keselamatan harus menjadi perhatian nomor satu seluruh masyarakat.

"Pastikan selalu memprioritaskan keselamatan, seringkali keselamatan tidak diperhatikan karena merasa sudah biasa (di jalan), jadi tidak hati-hati," tegas Anies.

 

Atraksi Terjun Payung

Acara festival ini juga dimeriahkan oleh pertunjukkan sejumlah musisi dan atraksi terjun payung. Masyarakat yang hadir dengan bersemangat bersorak-sorai ketika para penerjun sampai di kawasan Monas.

Totalnya, ada sekitar 20 penerjun yang terdiri dari pria dan wanita.

Sejumlah artis yang hadir antara lain Sheila on 7, Wali, RAN, Boy William, Giring, Omesh, Ivi Batura, Lea Simanjuntak, Nunung CS, Ria Ricis, Nabila Putri, dan Zaskia Gotik yang akan tampil mulai dari pukul 06.00 hingga 11.00 WIB.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Tanda-Tanda Hubungan Belum Bisa Lanjut ke Pelaminan

Posted: 22 Jun 2019 09:07 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Menghabiskan waktu bersama dalam mahligai pernikahan kiranya jadi goals tak sedikit pasangan. Mengingat sangat sakral, sebelum sampai ke tahap tersebut, banyak pertimbangan yang harus dipikirkan kedua belah pihak.

Menurunkan ego, melihat segara sesuatu dengan jernih, pernikahan harus dilandasi keyakinan. Jangan sampai Anda malah terkesan memaksakan dan berujung pada kejadian tak diinginkan. Sebagai pertimbangan, ada baiknya menyimak deretan tanda sebuah hubungan belum bisa melaju ke pelaminan seperti dirangkumkan Fimela.com

Sering bertengkar tanpa menemukan solusi

Pertengkaran dalam hubungan sebenarnya wajar, tapi kalau sering terjadi dan kalian tak memiliki kemampuan menemukan solusi, saat itulah masalah datang. Semisal belum punya fokus pada solusi, bukan masalah, sebaiknya urungkan niat melangkah ke pelaminan dalam waktu dekat.

Perhitungan

Tanda selanjutnya jika hubungan belum bisa dibawa ke pelaminan adalah Anda maupun pasangan saling perhitungan satu sama lain. Hal ini biasanya membuat kalian atau salah satu dari kalian menyembunyikan sesuatu dan berujung pada ketidakpercayaan dengan pasangan.

Masih menaruh harapan pada mantan

Sebelum melangkah ke pelaminan, pastikan masalah hati Anda dengan mantan selesai. Kalau perlu dan bisa, komnikasikan hal ini dengan pasangan Anda untuk mencari solusi terbaik. Walau sulit, terbuka di hal ini mungkin bisa membantu kegundahan hati

Belum yakin

Ketika intuisi Anda mengatakan dia bukan orang yang tepat, cobalah memikirkan kembali jika ingin melangkah ke pelaminan. Menikah bukan hanya tentang menjadi apa untuk siapa, tapi juga bekerja sama membinanya sampai ujung usia. (Mimi Rohmitriasih/Fimela.com)

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Media Sosial Berdampak Buruk bagi Kesehatan Mental Masyarakat Indonesia?

Posted: 22 Jun 2019 09:00 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Selama ini, media sosial diketahui memiliki dampak bagi kesehatan mental. Baru-baru ini, sebuah studi yang dilakukan di Indonesia menegaskan tentang hal ini.

Melansir EurekAlert pada Minggu (23/6/2019), penelitian tersebut dilakukan oleh Sujarwoto Sujarwoto, Gindo Tampubolon, dan Adi Cilik Pierewan. Ketiganya melihat dampak khusus dari media sosial terhadap kesehatan mental di negara berkembang yaitu Indonesia.

Studi yang dimuat di International Journal of Mental Health and Addiction itu menemukan, media sosial memiliki efek buruk bagi kesehatan mental di Indonesia. Temuan ini sejalan dengan penelitian lain yang telah dicatat secara global.

Adanya tingkat ketimpangan yang tinggi di Indonesia menjadi terlihat di media sosial. Hal tersebut menyebabkan kecemburuan dan rasa benci ketika melihat kebahagiaan serta hal-hal positif dari kehidupan orang lain, yang ditunjukkan di media sosial.

Membutuhkan Intervensi dan Rekomendasi Pemerintah

Media sosial sering membuat kita pusing, marah. (iStockphoto)

Penelitian tersebut melakukan analisis pada 22.423 pengguna media sosial di 297 wilayah, serta 9987 rumah tangga di Indonesia. Secara khusus, media sosial yang dilihat adalah Facebook, Twitter, dan pengguna aplikasi chat. Mereka yang dianalisis berusia 20 tahun atau lebih tua.

"Ini adalah pengingat yang kuat bahwa teknologi ini memiliki kelemahan," kata Gindo Tampubolon, peneliti dari Global Development Institute dalam rilis yang dikeluarkan University of Manchester.

Para penulis meminta agar ada intervensi pada kesehatan masyarakat ini. Selain itu, dibutuhkan kebijakan mengenai anjuran penggunaan media sosial secara bijaksana demi mencegah meningkatnya masalah mental terkait penggunaan teknologi ini secara berlebihan di Indonesia.

"Kami ingin melihat pejabat kesehatan masyarakat, berpikir kreatif tentang bagaimana kita bisa mendorong masyarakat untuk beristirahat dari media sosial atau menyadari konsekuensi negatif yang bisa ditimbulkannya terhadap kesehatan mental."

Di Indonesia, pengguna Facebook mencapai 54 juta. Ini menjadikannya terbesar keempat di dunia. Sementara, 22 juta masyarakat adalah pengguna Twitter, membuatnya jadi terbesar kelima di dunia. Laporan dari Twitter juga menyebutkan, 384 cuitan diunggah dari Indonesia setiap detiknya.

Simak Juga Video Menarik Berikut Ini

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Kepala Deddy Corbuzier Sempat Berkeringat saat Diajak Salat

Posted: 22 Jun 2019 09:00 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Miftah Maulana Habiburrahman alias Gus Miftah, menceritakan momen tak terlupakan ketika Deddy Corbuzier diajak salat berjemaah di kediaman K.H. Ma'ruf Amin.

Pimpinan Pondok Pesantren Ora Aji, Sleman, Yogyakarta itu bercerita melalui unggahan di Instagram, bahwa Deddy Corbuzier awalnya sangat terkejut saat diajak oleh Ma'ruf Amin.

Pasalnya, selama ini Deddy Corbuzier belum pernah mempelajari tata cara salat. Alhasil, satu momen tak terduga pun disampaikan Gus Miftah melalui keterangan video unggahannya.

"Di dalam mobil master saya tanya berkenan bro? Kepala botaknya langsung berkeringat. Waduh caranya gimana dong?" tulis Gus Miftah sambil menyampaikan kembali kalimat yang dilontarkan Deddy Corbuzier.

Diajari Gerakan Salat

Deddy Corbuzier dan Gus Miftah (Sumber: Instagram/mastercorbuzier)

Gus Miftah pun langsung mengajari Deddy Corbuzier gerakan salat sewaktu masih berada di dalam mobil. Waktunya pun cukup singkat, yakni hanya sekitar tiga menit.

Deddy kemudian bertanya mengenai cara wudu. Gus Miftah mengaku langsung membawa Deddy ke tempat wudu sambil belajar. Di tempat wudu, Deddy segera mempraktikan sesuai yang sudah diajarkan.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Ada Drumblek dan Sinden Bule di Pembukaan Saloka

Posted: 22 Jun 2019 09:00 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Jawa Tengah resmi memiliki theme park terbesar. Namanya, Saloka Theme Park. Peresmian taman rekreasi keluarga ini dilakukan Sabtu (22/6). Menteri Pariwisata Arief Yahya meresmikan langaung Saloka Theme Park dengan pemukulan Drumblek.

Pembukaan berlangsung seru. Sejak awal, Menpar dikawal oleh iringan Drumband Blek atau Drumblek khas Salatiga.

Menpar dan seluruh pengunjung juga mendapat hiburan dari Sinden Bule Agnez yang sangat fasih berbahasa Jawa. Ia tampil diiringi Christian Orkestra. Ada juga pementasan legenda Rawa Pening dari Lodra Dancer.

Hadir dalam pembukaan Kepala Dinas Pemuda, Olahraga dan Pariwisata Prov Jateng Sinoeng Noegroho Rachmadi, Pangdam IV/Diponegoro Mochamad Effendi, Bupati Semarang Mundjirin, Hevearita G Rahayu Wakil Walikota Semarang.

Dari Saloka, hadir Owner Ary Prasetyo,CEO Saloka Theme Park David Santosa Prasetyo,CFO Saloka Theme Park Danny Agung Nugroho, Agustinus Teddy Darmanto Managing Director SALOKA Theme Park. Juga Deputi Bidang Pengembangan Destinasi Pariwiaata Dadang Rizky Ratman, Staf Khusus Menteri Pariwisata Bidang Media dan Komunikasi Don Kardono, Asdep Pengembangan Destinasi Alam dan Buatan Alexander Reyaan, Asdep Pengembangan Destinasi Regional II Reza Pahlevi, juga Kepala Biro Komblik Kemenpar Guntur Sakti.

Menpar Arief Yahya menilai Saloka Theme Park akan melengkapi kekayaan destinasi yang dimiliki Jawa Tengah. "Saya harapkan Saloka membawa kebahagiaan buat masyarakat Semarang dan sekitarya," paparnya.

Dijelaskannya, untuk membuat sebuah destinasi menjadi menarik, dibutuhkan 3A (atraksi-amenitas-aksesibility).

"Apa sih atraksi yang ada di Jateng? Yang paling utama adalah Borobudur. Tapi Borobudur saja kurang. Tidak cukup Makanya kita garap secara kawasan, yaitu kawasan Joglosemar. Atau Jogja-Solo-Semarang. Kita juga dukung Kota Lama jadi Unesco World Heritage City. Dan saya berharap Saloka Theme Park mendukung itu. Karena 2 saja tidak cukup," tuturnya.

Menteri lulusan Telematika di University of Surrey Inggris itu, juga berjanji untuk membantu pengembangan Saloka. Caranya dengan menggandeng cruise ship. Karena, Tanjung Emas Semarang kian ramai dikunjungi cruise ship. Jumlah wisatawan yang dibawa cruise ship pun ramai. Bisa mencapai ribuan.

Menurut Menpar hal itu dimungkinkan karena Jawa Tengah memiliki akses yang bagus. Di jalur udara ada 3 bandara internasional. Jalur darat juga bagus, Akses Jogja-Solo-Semarang bisa diakses lewat tol.

"Sebuah destinasi yang bagus harus ditempuh kurang dari 2 jam. Saloka ini dari semarang kurang dari 1 jam, dan itu bagus sekali," ujarnya.

Menpar juga menjelaskan jika pariwisata adalah sektor yang sangat menjanjikan. Dijelaskannya, daerah-daerah yang menjadikan pariwisata leading sector, PAD nya naik. Daerah kawan Danau Toba contohnya. Atau bisa dilihat Labuan Bajo. Semua keindahan ada di Indonesia. Dunia juga bilang Indonesia Indah.

"Pariwisata sangat mudah dan murah. Tahun 2019 atau 2020 pariwisata akan menjadi penyumbang sumber devisa terbesar. Oleh karenanya, daerah pun harus mengikuti tren. Agar tidak tertinggal," ujarnya

Sementara Bupati Semarang Mundjirin mengatakan selama ini daerahnya hidup dari Intan Pari. Alias Industri Pertanian dan Pariwisata. Letaknya spun trategis diantara Joglosemar.

"Kita berharap Saloka bisa semakin menghidupkan Kabupaten Semarang. Apalagi Saloka memanfaatkan tenaga lokal. Mudah mudahan Saloka semakin besar dan terus dibangun. Bila perlu membuka akses ke Rawa Kuning juga akses ke Bukit Brawijaya atau bukit cinta," tutur Bupati memberi dukungan.

Sementara Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo yang diwakilkan Kadisporapar Jateng Sinoeng Noegroho Rachmadi, mengatakan Gubernur sudah mengunjungi Saloka. Ia juga mencoba beberapa wahana.

"Selamat dan sukses atas dibukanya Saloka Theme Park. Saya menyambut baik dan memberikan apresiasi. Sebab, Saloka memberikan banyak pilihan buat masyarakat yang ingin menikmati liburan. Selain berkunjung juga bisa beredukasi. Karena Saloka punya wahana science," tutur Ganjar lewat rekaman video.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Kalah dari Bali United, PSIS: Kami Kurang Beruntung

Posted: 22 Jun 2019 09:00 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta PSIS Semarang menelan pil pahit di markas Bali United pada lanjutan Shopee Liga 1 2019, Sabtu (22/6/2019). Mereka menelan kekalahan dengan skor tipis 0-1. Meski kalah, Pelatih PSIS Semarang, Jafri Sastra mengaku timnya telah bermain maksimal.

Pada laga tersebut, PSIS mendapat beberapa peluang emast. Sayangnya tim asuhan Jafri gagal mengubah peluang yang dimiliki menjadi gol. 

"Kami sudah bermain cukup baik. Kami sudah bermain maksimal. Ada beberapa peluang yang tidak bisa kita jadikan gol. Semua persiapan cukup baik. Masalahnya adalah kita tidak bisa memanfaatkan peluang menjadi gol. Sepak bola itu intinya gol," kata Jafri usai laga, Sabtu (22/6/2019).

PSIS harus segera melupakan kekalahan dari Bali United. Jafri akan menatap laga berikutnya melawan Perseru Badak Lampung FC.

"Kami besok langsung berangkat ke bandara Lampung. Jadwal kami padat merayap. Kami lihat kondisi pemain. Badak Lampung bukan tim yang mudah ditaklukkan. Tapi kita berharap dapat point," ujarnya.

Aldaier

Penggawa Mahesa Jenar, Aldaier Makatindu mengamini pernyataan sang pelatih. Menurutnya, timnya kurang beruntung harus menanggung kekalahan meski banyak peluang yang diciptakan.

"Kita kurang beruntung. Padahal banyak peluang yang kita punya. Semoga ke depan lebih baik lagi," tuturnya. (Dewi Divianta)

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Mulai 1 Juli, 56 Penerbangan Domestik di Husein Sastranegara Pindah ke Kertajati

Posted: 22 Jun 2019 09:00 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta PT Angkasa Pura II (Persero) menyatakan kesiapan melayani perpindahan penerbangan maskapai domestik dari Bandara Husein Sastranegara Bandung ke Bandara Kertajati di Majalengka.

Sesuai rencana, perpindahan 56 penerbangan yang meliputi 13 rute domestik ke Bandara Internasional Jawa Barat (BIJB) tersebut akan dimulai pada 1 Juli 2019.

"Kami optimistis Bandara Kertajati ini akan menjadi menjadi motor utama pertumbuhan ekonomi dan pariwisata daerah-daerah di Jawa Barat secara keseluruhan," ujar Direktur Utama AP II, Muhammad Awaluddin dalam keterangan tertulis di Jakarta, Minggu (23/6/2019).

Menurut dia, seluruh stakeholder di industri penerbangan, industri pariwisata, dan masyarakat umum seharusnya melihat proses pengembangan Bandara Kertajati bukan hanya dari kacamata Ínternal Rate of Return (IRR) saja.

"Tidak bisa kita hanya menghitungnya seberapa cepat IRR tercapai. Harusnya pakai sudut pandang Economic Rate of Return (ERR), karena bandara Kertajati bisa mendorong ekonomi masyarakat dan daerah di sekitarnya," kata dia.

 

Manfaat

Bandara Kertajati. Dok: Tommy Kurnia/Liputan6.com

Direktur Teknik dan Operasi AP II, Djoko Murjatmodjo menambahkan, pemerintah daerah (Pemda) dan masyarakat Jawa Barat tidak akan bisa menikmati manfaat yang lebih besar dari sektor pariwisata, jika masih tetap mengandalkan Bandara Husein Sastranegara sebagai pintu masuk wisatawan ke daerahnya.

"Bandara Husein bertahun-tahun tidak berkembang. Untuk menambah landasan jadi 2.200 meter saja kita harus menebang gunung, sementara di sana ada lapangan tembak TNI," ungkap dia.

Djoko menegaskan, sesuai instruksi dari Kementerian Perhubungan, AP II tidak akan mengalihkan seluruh penerbangan komersial dari Bandara Husein Sastranegara ke Bandara Kertajati. Namun hanya akan memindahkan penerbangan domestik bermesin jet saja.

"Mengapa internasional masih di Bandara Husein, karena mempertimbangkan kelangsungan bisnis pariwisata di Bandung. Hal-hal ini tentu kami perhatikan," katanya.

Sementara itu, Direktur Bandar Udara Kementerian Perhubungan (Kemenhub), M Pramintohadi Sukarno menjelaskan pembangunan suatu bandara seperti Bandara Kertajati, pemerintah tidak hanya membuat perencanaan untuk waktu 2-3 tahun saja.

"Tetapi kami membuat perencanaan pengembangan untuk 20-30 tahun. Kalau kita ingat, dulu Bandara Soekarno-Hatta di Cengkareng juga hasil pemindahan Bandara Kemayoran di Jakarta Pusat. Hasilnya ada pembangunan yang terjadi di daerah," tegasnya.

Dalam catatan Kemenhub, pertumbuhan lalu lintas udara di Jawa Barat sudah tidak terakomodasi oleh Bandara Husein Sastranegara.

"Sepanjang 2016-2018, jumlah penumpang tumbuh 6 persen menjadi 3,86 juta pax. Kargo tumbuh 40 persen jadi 19,21 juta kilogram, dan lalu lintas pesawat tumbuh 11 persen jadi 31.865 pergerakan pesawat. Jadi mau tidak mau harus pindah karena Bandara Husein sudah maksimal dikembangkan," tandas Pramintohadi.

Alasan Menhub Tak Pindahkan Penerbangan Internasional ke Bandara Kertajati

Kementerian Perhubungan (Kemenhub) memberikan waktu paling lambat 1 Juli 2019 untuk memindahkan penerbangan domestik pesawat jenis jet rute luar Jawa dari Bandara Husein Sastranegara Bandung ke Bandara Internasional Jawa Barat (BIJB) atau disebut Bandara Kertajati.

Menteri Perhubungan, Budi Karya Sumadi mengaku ada alasan kuat mengapa dirinya tak juga memindahkan penerbangan internasional ke Bandara Kertajati. Padahal secara kapasitas, bandara ini lebih besar.

Budi menegaskan, Bandung adalah destinasi wisata, dirinya tidak akan memindahkan pergerakan penerbangan internasional menuju Kertajati. Ini disebabkan wisatawan Malaysia dan Singapura itu sangat meminati Bandung.

 

 
 "Slot di Bandung terbatas, dengan adanya Kertajati maka pergerakan internasional jadi lebih bagus. Kita bagi fungsi-fungsi Bandara Husein dan Kertajati dengan kesepakatan para pihak," kata Budi Karya, Rabu (19/6/2019).

Di Bandung, nantinya melayani semua pesawat propeller dan semua penerbangan luar negeri yang kurang lebih totalnya 32 take off dan 32 landing sehingga totalnya ada 64 movement. Dengan berpindahnya penerbangan ini sekaligus akan meningkatkan ekonomi Jawa Barat.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Anti Praktik Kekerasan dan Pelecehan di Dunia Kerja Indonesia Dukung Pengesahan di Konvensi Internasional

Posted: 22 Jun 2019 09:00 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Indonesia mendukung pengesahan Konvensi dan Rekomendasi Organisasi Perburuhan Internasional (International Labour Organization/ILO) mengenai penghapusan kekerasan dan pelecehan di dunia kerja. Kedua instrumen ketenagakerjaan internasional baru tersebut disahkan melalui pemungutan suara dalam sesi ke-108 Konferensi Perburuhan Internasional/International Labour Conference (ILC) yang berlangsung di Jenewa, Swiss (21/6).

"Baik pemerintah, organisasi pengusaha dan serikat pekerja Indonesia sepakat mendukung pengesahan Konvensi dan Rekomendasi ILO mengenai penghapusan kekerasan dan pelecehan di dunia kerja. Hal ini merupakan wujud komitmen bersama untuk mendorong kerja layak bagi seluruh pekerja di Indonesia," kata Menteri Ketenagakerjaan M. Hanif Dhakiri, setelah pemungutan suara Konvensi dan Rekomendasi, dalam keterangan pers Biro Humas Kementerian Ketenagakerjaan, Jakarta (22/6).

Lebih lanjut Menaker Hanif menyampaikan bahwa Konvensi dan Rekomendasi tersebut bertujuan untuk menciptakan dunia kerja yang bebas dari segala bentuk tindak kekerasan dan pelecehan bagi semua orang baik di tempat melakukan aktivitas kerja, perjalanan dari dan menuju tempat kerja, bahkan dalam komunikasi terkait pekerjaan dengan menggunakan teknologi informasi. Konvensi juga memberi perlindungan terhadap pencari kerja, pasien, klien dari tindak kekerasan dan pelecehan.

"Pembahasan penyusunan Konvensi dan Rekomendasi ILO mengenai penghapusan kekerasan dan pelecehan di tempat kerja tersebut telah dilaksanakan di Jenewa selama dua tahun dalam kerangka tripartit (pemerintah, pengusaha, dan pekerja). Sejauh ini, Pemerintah Indonesia terlibat aktif dalam negosiasi Konvensi dan Rekomendasi serta bekerjasama dengan negara-negara anggota ILO lainnya memberikan masukan dalam Konvensi dan Rekomendasi tersebut," jelas Duta Besar Hasan Kleib, Wakil Tetap RI untuk PBB, WTO, dan Organisasi Internasional Lainnya di Jenewa.

Konvensi ILO merupakan instrumen ketenagakerjaan internasional yang bersifat mengikat secara hukum dan perlu diratifikasi. Sementara Rekomendasi bukan merupakan intrumen yang mengikat secara hukum, tidak memerlukan ratifikasi, namun memuat petunjuk mengenai bagaimana Konvensi dapat diimplementasikan.

Pengesahan Konvensi dan Rekomendasi Penghapusan Kekerasan dan Pelecehan di Tempat Kerja dilakukan dalam sesi ke-108 Konferensi Perburuhan Internasional yang berlangsung di Jenewa pada tanggal 10-21 Juni 2019. Konvensi ILO mengenai penghapusan kekerasan dan pelecehan di tempat kerja tersebut akan mulai berlaku setahun setelah terdapat dua negara yang melakukan ratifikasi.

 

(*)

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

AS Klaim Melancarkan Serangan Siber terhadap Iran

Posted: 22 Jun 2019 09:00 PM PDT

Liputan6.com, Washington DC - Unit komando siber Amerika Serikat dikabarkan melancarkan serangan kepada organisasi spionase siber Iran beberapa pekan lalu. Langkah itu bertepatan dengan eskalasi ketegangan kedua negara.

Serangan AS merupakan bentuk respons atas aktivitas siber Iran, menurut laporan Yahoo! News --outlet media yang pertama kali melaporkan kabar tersebut dengan mengutip sumber pejabat anonim.

Awalnya, sebuah organisasi spionase siber Iran yang terafiliasi Korps Garda Revolusi (IRGC) dikabarkan melakukan operasi berkaitan dengan dugaan penyerangan dua tanker internasional oleh IRGC di Teluk Oman pada 13 Juni 2019.

Sebagai respons, US Cyber Command melakukan serangan balasan terhadap piranti lunak organisasi spionase siber Iran tersebut setelah insiden penyerangan tanker terjadi, demikian seperti dikutip dari CNN, Minggu (23/6/2019).

Kementerian Pertahanan AS menolak mengomentari hal itu, beralasan bahwa Pentagon "tidak membahas kebijakan dan operasi terkait keamanan, ruang siber, dan intelijen."

Iran Meningkatkan Intensitas Operasi Siber?

Ilustrasi Bendera Iran (AFP)

Seorang eks pejabat intelijen AS mengatakan kepada CNN bahwa dalam beberapa bulan terakhir telah terjadi peningkatan aktivitas dunia maya Iran terhadap target Teluk, seperti Bahrain dan Uni Emirat Arab, serta target AS.

Kemampuan siber pasukan Iran telah meningkat dalam beberapa tahun terakhir berkat bantuan Rusia. Namun di samping itu, Iran juga diperkirakan kerap melakukan serangan siber sendiri.

Kementerian Keamanan Dalam Negeri AS (DHS) mengumumkan hari Sabtu bahwa Iran baru-baru ini meningkatkan serangan siber terhadap industri AS dan agen-agen pemerintah ketika ketegangan memuncak antara kedua negara selama beberapa hari terakhir.

Christopher Krebs, Direktur Badan Keamanan Infrastruktur Siber AS yang bernaung di bawa DHS, mengatakan dalam sebuah pernyataan bahwa lembaganya "menyadari peningkatan baru-baru ini dalam aktivitas siber yang diarahkan pada industri Amerika Serikat dan agen-agen pemerintah oleh aktor dan proksi rezim Iran."

Donald Trump Sempat Perintahkan AS Serang Iran

Presiden Amerka Serikat (AS) Donald Trump siap meluncurkan sanksi paling berat terhadap Iran, Senn, 5 November 2018  (AFP).

Presiden Amerika Serikat Donald Trump dikabarkan menyetujui serangan militer militer terhadap Iran sebagai pembalasan atas jatuhnya drone pengintai AS yang ditembak jatuh Negeri Persia.

Namun, Presiden Trump kemudian berubah pikiran dan membatalkan serangan --menurut pemberitaan sejumlah media AS pada Jumat 21 Juni 2019, yang mengutip keterangan dari pejabat anonim Amerika, Al Jazeera melaporkan (21/6/2019).

Mengutip pejabat senior Gedung Putih, The New York Times melaporkan sebuah operasi yang disetujui oleh Trump untuk melancarkan serangan terhadap "sejumlah sasaran Iran" --termasuk radar dan fasilitas rudal-- "sebagai tahap awal" pada Kamis 20 Juni.

Namun, pada Kamis malam, pemimpin AS itu mengubah taktik dan membatalkannya.

Penembakan drone AS oleh Iran menandai serangan langsung pertama yang diklaim Negeri Persia pada aset Negeri Paman Sam, dan terjadi di tengah meningkatnya ketegangan antara AS dan Iran.

Menegangnya hubungan AS - Iran disebabkan oleh keputusan Trump tahun lalu untuk menarik diri dari perjanjian internasional yang mengekang program nuklir Teheran.

Sejak itu, AS telah mengerahkan lebih banyak aset militer ke Teluk, serta ribuan pasukan lainnya, di samping memberlakukan sanksi ekonomi terhadap Iran.

Simak video pilihan berikut:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Top 3: Twit Drama Saksi Sidang Buatan Warganet yang Mengocok Perut

Posted: 22 Jun 2019 09:00 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Sidang sengketa hasil Pilpres 2019 sempat mencuri perhatian publik. Terutama terkait keterangan yang dilontarkan para saksi yang menuai beragam komentar warganet.

Di linimasa, mereka lantas meramaikan tagar #DramaSaksiSidang untuk mencairkan suasana. Tak sedikit cuitan tersebut yang justru mengocok perut yang membacanya.

Artikel tentang deretan twit kocak drama saksi sidang ala warganet menjadi yang terpopuler di kanal Citizen6, Liputan6.com. Disusul dengan deretan zodiak yang dikatakan paling jarang cemburu.

Sementara artikel ketiga terpopuler tentang cara mudah hilangkan mata panda hanya dengan kentang.

Berikut Top 3 Citizen6:

1. Deretan Twit Kocak Drama Saksi Sidang ala Warganet

Sumber: twitter.com/waann____

Pada Rabu (19/6/2019), Mahkamah Konstitusi (MK) menyelenggarakan sidang lanjutan sengketa hasil Pemilihan Umum (PHPU) terkait Pilpres 2019. Agenda sidang pada 19 Juni 2019, mendengarkan keterangan para saksi dan ahli dari pihak pemohon, yakni Prabowo Subianto-Sandiaga Uno.

Sidang yang berlangsung selama 20 jam tersebut mendapat banyak sorotan dari publik. Pasalnya, saksi yang dihadirkan dalam sidang tersebut cukup banyak, yakni sebanyak 14 saksi fakta dan dua orang saksi ahli.

Selengkapnya...

2. 4 Zodiak yang Paling Jarang Cemburu, Kamu Termasuk?

ilustrasi pasangan/Photo by Matheus Ferrero on Unsplash

Rasa cemburu memang lumrah terjadi pada setiap individu, apalagi jika cemburu terhadap pasangannya ya.

Orang bilang cemburu itu tandanya sayang dan pertengkaran yang disebabkan karena kecemburuan antara pasangan kekasih sering disebut sebagai bumbu dalam sebuah hubungan percintaan.

Selengkapnya...

3. Cara Mudah Menghilangkan Mata Panda dengan Kentang

Ilustrasi lensa kontak. (unsplash.com/amandadalbjorn)

Hampir semua orang pasti memiliki lingkaran hitam di bawah mata atau mata panda. Meskipun tidak sedang melakukan pekerjaan yang berat, tetapi lingkaran hitam itu sangat sulit dihilangkan.

Salah satu alasan utamanya adalah karena kulit di bawah area mata memiliki lapisan yang sangat tipis. Hal itulah yang membuatnya berubah warna dengan cepat.

Selengkapnya...

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Pohon Pucung, Penyelamat Warga Banyumas dari Kekeringan

Posted: 22 Jun 2019 09:00 PM PDT

Liputan6.com, Banyumas - Sungai mulai mengering seturut tibanya musim kemarau panjang. Mata air di jantung hutan sekalipun berkurang debit airnya. Pun dengan sumur-sumur warga yang nyaris kandas hingga dasarnya.

Bencana kekeringan dan krisis air bersih mulai melanda Kabupaten Banyumas, Jawa Tengah. Pada akhir dasarian kedua Juni 2019, Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) telah mengirimkan bantuan air bersih ke enam desa.

Enam desa tersebut meliputi Desa Nusadadi, Kecamatan Sumpiuh, Karanganyar, Kecamatan Patikraja, Kediri Kecamatan Karanglewas, Banjarparakan Kecamatan Rawalo, Srowot Kecamatan Kalibagor, dan Desa Pekuncen, Kecamatan Jatilawang.

Kepala BPBD Banyumas, Airono Purwanto mengatakan tahun ini, BPBD Banyumas mempersiapkan 1.000 tangki air bersih untuk bantuan darurat krisis air bersih pada kemarau 2019 yang diperkirakan lebih panjang. Pasalnya, kemarau 2019 tiba lebih cepat dari biasanya.

Diperkirakan permintaan bantuan air bersih akan semakin tinggi pada Juli dan mencapai puncaknya pada September dan Oktober 2019 mendatang. Menilik data 2018, desa yang mengalami krisis air bersih mencapai 60 desa di 18 kecamatan.

Namun, ada kemungkinan jumlah desa yang mengalami krisis air bersih bertambah pada 2019 karena kemarau tiba pada Mei. Tahun-tahun sebelumnya, kemarau terjadi pada Juni.

"Ya itu kan baru estimasi. Karena kita tidak tahu perubahan lingkungan, perubahan iklim saat ini. Apalagi saat ini mungkin kemarau lebih panjang, kemungkinan lebih banyak desa mengalami krisis air bersih," dia menjelaskan, Selasa, 18 Juni 2019.

Penyelamatan Mata Air

Ritual pengambilan air di mata air atau Tuk Sikopyah, Desa Serang, Kecamatan Karangreja, Purbalingga, dalam Festival Gunung Slamet. (Foto: Liputan6.com/Pemkab PBG/Muhamad Ridlo)

Selain menyediakan 1.000 tangki bantuan air bersih, BPBD juga menggandeng lembaga lain untuk turut membantu wilayah terdampak krisis air bersih. Pasalnya, jumlah yang diperlukan diprediksi bakal lebih banyak dari tahun 2018. Tahun 2018, jumlah bantuan air bersih yang terkirim ke 60 desa adalah 1.300 tangki lebih.

Untuk mengirimkan bantuan air bersih BPBD hanya mengandalkan tiga tangki uzur. Karenanya, ia meminta agarwarga di wilayah yang mengalami krisis air bersih menyediakan penampungan agar proses droping air bersih berjalan cepat. Dengan begitu, armada bisa menjangkau lebih banyak desa.

Airono mengakui, bantuan air bersih adalah penanganan darurat jangka pendek. Karenanya, BPBD dan warga Banyumas mulai mengubah paradigma penanganan dampak kekeringan dan krisis air bersih dengan konsep penanganan jangka panjang.

Salah satu yang dilakukan adalah dengan penyelamatan mata air yang memang sudah tersedia di alam. Tahun 2019 ini, warga, BPBD dan relawan kebencanaan telah melakukan dua kali penanaman pohon dalam skala besar untuk penyelamatan mata air.

"Di Banjarpanepen, Kecamatan Sumpiuh dan di Desa Sambirata, Kecamatan Cilongok," dia menjelaskan.

Penyelamatan mata air di kedua desa ini penting mengingat vitalnya mata air tersebut. Di dua desa ini, terdapat sejumlah mata air yang dimanfaatkan oleh warga di beberapa desa sekitarnya. Mata air harus dirawat dengan penanaman pohon agar menjaga area resapan.

Di Desa Banjarpanepen, warga menanam seribuan lebih pohon Pucung untuk menyelamatkan mata air. Pohon Pucung diyakini mampu menyimpan air tanah dalam jumlah besar.

Pohon Pucung

Ilustrasi - Penanaman pohon untuk reboisasi dan menyelamatkan mata air oleh warga, Tagana Banyumas dan ralawan. (Foto: Liputan6.com/Muhamad Ridlo)

Secara turun temurun, ada pula keyakinan bahwa pohon Pucung bisa menjaga mata air. Apalagi, di perbukitan Banjarpanepen ada sejumlah mata air yang digunakan sebagai sumber air bersih dan pengairan pertanian oleh warga di empat desa sekitarnya.

"Kita dengan masyarakat setempat menyelamatkan beberapa mata air, dengan menanam bibit pohon pucung, 1.400 batang. Kemudian dari Tagana di Kecamatan Cilongok, Sambirata, kita juga melakukan penananam pohon," ucap dia.

Airono mengemukakan, penanganan tanggap darurat kekeringan berupa pengiriman air bersih jika tak diimbangi dengan upaya penyelamatan mata air dan penghijauan akan sia-sia. Bisa dipastikan, wilayah yang mengalami krisis akan semakin bertambah dari tahun ke tahun.

Selain penyelamatan mata air, BPBD dan relawan kebencanaan juga intensif mensosialisasikan gerakan hemat air dan penyelamatan daerah resapan. Yakni, dengan menanam kayu keras di lahan-lahan pertanian warga yang hanya ditanami tanaman musiman.

Mata air Banjarpanepen juga menjadi sumber air penting untuk wilayah Banyumas timur. Dari salah satu mata air di desa ini, BPBD mengambil air bersih untuk droping bantuan air bersih di wilayah Banyumas timur.

"Sekarang kita tidak hanya di penanganan darurat saja atau penanganan kejadian bencananya saja, tapi penanganan sumber-sumber mata air juga kita lakukan. Jadi sumber mata air kita selamatkan," dia menegaskan.

Simak video pilihan berikut:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

VIDEO: Detik-detik Pengunjung Nyaris 'Ditelan' Eskalator Mal

Posted: 22 Jun 2019 09:00 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Dua orang pria langsung berlari menyelamatkan diri saat eskalator yang dinaikinya perlahan-lahan mulai ambruk. Insiden ini terjadi di sebuah mal di China.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Pedagang Jamu Berkumpul untuk Lestarikan Warisan Budaya Indonesia

Posted: 22 Jun 2019 08:56 PM PDT

Jakarta Sebagai salah satu warisan budaya Indonesia, jamu harus dilestarikan dengan diberikan perhatian khusus. Selain bisa menjadi alternatif pengobatan, mengkonsumsi jamu juga merupakan salah cara untuk memiliki gaya hidup sehat. Oleh karena itu, rutin minum jamu setiap hari bisa membuat tubuh lebih bugar dan terhindar dari bahaya penyakit serius.

Untuk itu, sebagai bangsa Indonesia tidak ada salahnya untuk melestarikan budaya dengan mengkonsumsinya. PT Air Mancur, sebagai salah satu produsen jamu di tanah air, juga secara konsisten menghadirkan jamu terbaik untuk masyarakat Indonesia dan mempromosikannya hingga mancanegara.

Salah satu langkah untuk menjaga jamu sebagai salah satu warisan budaya Indonesia dan merupakan aset bangsa yang harus dilestarikan, PT Air Mancur mengundang mitra bisnis di industri jamu dari seluruh Pulau Jawa, mulai dari tingkat distributor, grosir hingga depot seduhan.

"Sayangnya industri obat herbal di Indonesia masih tertinggal dari negara lain seperti Tiongkok dan India. Tiongkok contohnya, Negara yang hanya memiliki 13.000 jenis herbal, mampu membuat lebih dari 100.000 resep obat herbal. Indonesia sebagai negara yang memiliki sekitar 30.000 jenis tanaman herbal, seharusnya memiliki lebih banyak resep obat herbal dengan potensi nilai industri yang jauh lebih besar dibandingkan negara lain," kata Maria Astridina Brand Manager PT Air Mancur seperti rilis yang diterima Fimela, Minggu (23/6).

Oleh karena itu perlu adanya dorongan dari para pelaku Industri jamu mulai dari pemerintah, produsen, hingga ke pedagang jamu. Salah satu bentuk dukungan dari PT Air Mancur dalam pertumbuhan industri jamu adalah dengan memberikan perhatian dan menjalin kerjasama dengan para pedagang jamu.

"Tujuan dari kegiatan ini, selain mempererat hubungan antara PT Air Mancur dengan para pedagang jamu, juga merupakan ajang interaksi secara langsung untuk memberikan pengetahuan kepada para pedagang jamu tentang bagaimana memilih produk jamu yang berkualitas dan mengetahui hambatan para pedagang jamu dalam menjual produk-produk herbal," tambah Maria Astridina.

 

Gelaran untuk melestarikan jamu sebagai warisan budaya Indonesia

Kegiatan gathering yang berlangsung selama 3 hari ini terdiri dari 3 acara besar yaitu kunjungan pabrik Air Mancur, pengundian Grand Prize Program Grosir Jamu, dan City Tour kota Solo.

Pada kunjungan pabrik tersebut, 250 orang mitra PT Air Mancur yang menjadi peserta gathering melihat secara langsung proses produksi Jamu Air Mancur yang sudah terstandarisasi ISO 9001:2015.

 

 

Melestarikan jamu. (Foto: Dok. PT Air Mancur)

Mengingkatkan industri jamu di Indonesia

Diharapkan dengan adanya acara ini, para pedagang jamu akan semakin termotivasi dan mendapatkan pengetahuan yang cukup untuk mengembangkan usahanya dan secara langsung meningkatkan industri jamu di Indonesia.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Yamaha Racing Indonesia Kirim M Faerozi Ikuti Suzuka 4 Hours

Posted: 22 Jun 2019 08:55 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Yamaha Racing Indonesa (YRI) mengirimkan salah satu pembalap muda binaan mereka Muhammad Faerozi Toreqotullah atau akrab disapa Faeroz untuk tampil dalam ajang balap ketahanan paling bergengsi yaitu Suzuka 4hours Endurance Road Racing (ST600) pada 27 Juli mendatang. Kepastian ini diumumkan jelang digulirkannya Yamaha Sunday Race (YSR) seri 1 di sirkuit Sentul, Minggu (23/6/2019).

Dalam balap ketahanan yang digelar setiap tahun tersebut, Faeroz akan memacu motor YZF-R6 diatas trek Suzuka yang memiliki lintasan sepanjang 5.821 km selama 4 jam non-stop, bergantian dengan rekan setimnya yang merupakan pembalap asal Jepang, Maiku Watanuki dari Ito-Racing Jepang.

Tampilnya Faeroz di Suzuka 4hours Endurance Road Racing (ST600) tidak hanya mempertegas eksistensi para rider muda Indonesia di pentas kompetisi balap dunia. Ini juga menjadi success story dari program pembibitan dan pembinaan yang selama ini telah dilakukan oleh Yamaha Indonesia dan Yamaha Racing Indonesia dalam mengembangkan karir pembalap muda potensial secara lebih terstruktur dan realistis.

Para pembalap Yamaha Racing Indonesia yang terbagi kedalam dua tim, pernah mengukir prestasi dengan menjuarai balap Suzuka 4hours Endurance Road Racing (ST600) di 2014 lalu. Tidak tanggung-tanggung, kedua tim tersebut berhasil menyabet gelar juara dimana YRI A sebagai juara 1 dan YRI B sebagai juara 2.

"Saat ini kami sangat senang dapat mengirimkan rider muda bertalenta, Faerozi ke Suzuka 4 Hours Endurance Race di tahun 2019, yang akan membalap bersama Maiku Wakatumi dari Ito-Racing di Jepang. Kami yakin Faerozi akan mendapatkan pengalaman membalap di level internasional yang luar biasa serta belajar bagaimana mengikuti Endurance Race dan mengendarai motor besar sekelas YZF-R6," jelas Minoru Morimoto, President Director & CEO PT Yamaha Indonesia Motor Mfg.

 

 

Persiapan

M Faerozi tapil di Suzuka 4 Hours (Liputan6.com/Helmi Fithriansyah)

Menjelang keikutsertaan Faeroz di Suzuka 4hours, Yamaha Indonesia telah melakukan serangkaian persiapan agar rider binaanya dapat tampil dengan optimal. Faeroz dijadwalkan tiba di Suzuka, Jepang, pada tanggal 10 Juli dan akan mengikuti Regular Championship selama dua hari (13-14 Juli) guna mempertajam pemahamannya atas karakter motor YZF-R6.

Setelah itu, pembalap asal Jawa timur ini akan menjalani Special Sport Riding (15-16 Juli) untuk mendapatkan lisensi membalap di ajang Suzuka 4hours Endurance Road Racing (ST600), dan dilanjutkan dengan Official Test atau simulasi membalap (20 Juli) sebelum akhirnya melaksanakan Free Practice & QTT di tanggal 25 Juli serta Race di tanggal 27 Juli.

"Ini merupakan pertama kalinya saya mengikuti Endurance Race Suzuka 4 Hours di Jepang. Kesempatan ini tentunya akan saya manfaatkan untuk meningkatkan skill balap serta mental dalam menghadapi kompetisi balap di level dunia," kata Faeroz.

"Saya juga meminta dukungan serta doa dari masyarakat Indonesia agar saya dapat meraih gelar juara di kompetisi ini seperti yang sebelumnya pernah dilakukan oleh para rider pendahulu saya di tahun 2014. Untuk Merah Putih Semakin Di Depan, Yamaha Gasspoll."

 

Mengenal Faeroz

M Faerozi tapil di Suzuka 4 Hours (Liputan6.com/Helmi Fithriansyah)

Faeroz merupakan pembalap asal Lumajang, Jawa Timur, berusia 16 tahun yang pernah mengikuti program VR 46 Academy, Mastercamp batch ke-6 di Tavullia, Italia. Pada tahun 2016 dan 2017, Faeroz sempat berlaga di kejuaraan Motoprix dan tampil memukau dengan mendominasi perolehan podium, baik di kelas Moped 110cc, 125cc dan 150cc.

Di tahun 2018, Faeroz mengawali debut balap Internasional untuk pertama kalinya dengan mengikuti kejuaraan di tingkat regional yaitu Asia Road Racing Championship (ARRC) selama satu musim penuh di kelas Asia Production 250 (AP 250) dengan motor YZF-R25 buatan dalam negeri.

Tahun ini tim YRI kembali menurunkan Faeroz yang diduetkan bersama Anggi Setiawan untuk mengikuti kejuaraan ARRC 2019. Faeroz sendiri pada seri balapan terakhirnya di Sirkuit Buriram, Thailand berhasil meraih podium ke-3 yang sekaligus menjadi podium pertamanya sepanjang musim ini. Saat ini, Faeroz berada di posisi ke-8 urutan klasemen sementara dengan perolehan 56 poin dari total 3 seri yang sudah dijalani.

 

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Top 3 Tekno: Harapan Warganet untuk Jakarta Ramai di Twitter

Posted: 22 Jun 2019 08:53 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Hari Ulang Tahun (HUT) DKI Jakarta ke-492 yang jatuh pada Sabtu (22/6/2019) kemarin, mengundang perhatian warganet. Banyak dari mereka yang menyampaikan ucapan selamat dan harapan untuk Jakarta.

Berita ini menjadi yang terpopuler di kanal Tekno Liputan6.com. Berita lain yang tak kalah populer datang dari kebiasaan orang Indonesia saat mengakses internet.

Lebih lengkapnya, simak tiga berita terpopuler di kanal Tekno Liputan6.com berikut ini.

1. HUT Jakarta Ke-492, Warganet Sampaikan Harapan

DKI Jakarta tengah merayakan Hari Ulang Tahun (HUT) ke-492 pada hari ini, Sabtu (22/6/2019). Selain ucapan selamat ulang tahun, juga mengalir harapan untuk Ibu Kota ini.

Pantauan tim Tekno Liputan6.com, Sabtu (22/1/2019), banyak warganet menyampaikan ucapan selamat dan harapan mereka untuk Jakarta. Kebanyakan dari mereka menggunakan tagar #JKT492 dan #HUTJakarta492 untuk menyampaikan ucapan dan harapannya tersebut.

Berikut ucapan dan harapan masyarakat Indonesia untuk Ibu Kota:

Baca selengkapnya di sini 

2. Orang Indonesia Habiskan 3 Jam Per Hari di Internet

Dalam aktivitas pengguna online di Asia Pasifik, kebanyakan pengguna internet memilih menggunakan smartphone karena alasan kenyamanan dan portabilitasnya, sehingga tidak mengherankan kalau sebesar 67 persen responden mengakses internet melalui perangkat seluler mereka.

Selain itu, 68 persen responden dari Survei Konsumen ESET APAC menghabiskan lebih dari tiga jam sehari di internet, dengan sekitar 10 persen menghabiskan 10 jam sehari.

Mayoritas responden di semua negara atau 64 persen ke atas, kecuali Thailand (45 persen) mengaku menghabiskan hingga enam jam sehari di internet.

Baca selengkapnya di sini 

 

3. Imbas Perang Dagang, Harga Laptop Bisa Naik Sampai 19 Persen

Huawei Matebook. Kredit: Huawei

Dampak perang dagang Amerika Serikat (AS) dan Tiongkok nampaknya bakal mulai dirasakan langsung ke tiap individu, terutama bagi mereka yang sering gonta-ganti laptop.

Sebuah laporan baru yang dipublikasikan oleh The Consumer Technology Association menyatakan kalau tarif yang diusulkan untuk barang-barang impor dari Tiongkok akan menaikkan harga laptop dan tablet di AS sebesar 19 persen.

DilansirTom's Hardware, Sabtu (22/6/2019), rerata harga laptop di AS yang awalnya berkisar USD 622 atau Rp 8,7 jutaan (Kurs 1 Dolar = Rp 14.093) akan naik USD 120 atau Rp 1,6 juta.

Baca selengkapnya di sini 

(Isk/Ysl)

 

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Di Depan Pemimpin ASEAN, Jokowi Minta Generasi Muda Terus Berinovasi

Posted: 22 Jun 2019 08:46 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Presiden Joko Widodo (Jokowi) meminta generasi muda harus dapat bekerja cepat, terus berinovasi, dan berpikir out of the box. Jokowi menyampaikan hal tersebut dalam Pertemuan Pemimpin ASEAN dengan Perwakilan Pemuda ASEAN di Hotel Athenee Thailand, Sabtu 22 Juni 2019.

"Saya ingin generasi muda ASEAN juga selalu menjadi agen perdamaian dan toleransi," ucap Jokowi dalam siaran pers dari Deputi Bidang Protokol, Pers dan Media Sekretariat Presiden Bey Machmudin.

Jokowi mengatakan, hal tersebut untuk mengantisipasi kondisi dunia yang penuh ketidakpastian. Mantan Gubernur DKI Jakarta itu tak ingin generasi menjadi bangsa pecundang dan mudah menyerah.

"Apakah kita akan menyerah dan ingin menjadi bangsa pecundang? Tentunya tidak. Oleh karena itu, pemuda, sebagai generasi penerus harus mempersiapkan diri dengan baik," katanya.

Sementara itu, dalam KTT ASEAN ke-34 di Thailand, ada sejumlah isu yang akan diangkat mantan Walikota Solo itu. Jokowi akan mendorong ASEAN untuk tetap bersatu dan kokoh dalam mensikapi situasi dunia serta perkembangan global yang sangat dinamis saat ini yang tentunya akan membawa pengaruh bagi kawasan Asia Tenggara.

 

Sejumlah Agenda

Jokowi juga akan mengingatkan komitmen terhadap penyelesaian negosiasi Kerja Sama Ekonomi Komprehensif Regional (Regional Comprehensive Economic Partnership/RCEP) yang penting ditingkatkan dalam merespons perkembangan ekonomi dunia. Isu lainnya yang akan diangkat oleh Presiden Jokowi adalah Rakhine State.

Selain menghadiri KTT ASEAN, mantan Gubernur DKI Jakarta itu diagendakan memimpin KTT ke-12 Indonesia-Malaysia-Thailand Growth Triangle (IMT-GT) Summit serta menghadiri pertemuan Brunei-Indonesia-Malaysia-Philippines East ASEAN Growth Area (BIMP-EAGA) Summit yang ke-13.

Saksikan video pilihan di bawah ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

FOTO: Bantai Peru, Brasil Lolos ke Perempat Final Copa America 2019

Posted: 22 Jun 2019 08:45 PM PDT

Pemain Brazil Gabriel Jesus menyundul bola saat pertandingan melawan Peru dalam laga Grup A Copa America di Arena Corinthians, Sao Paulo, Brasil, Sabtu (22/6/2019). Brasil lolos ke babak perempat final usai membantai Peru 5-0. (AP Photo/Victor R. Caivano)

Pemain Brazil Gabriel Jesus menyundul bola saat pertandingan melawan Peru dalam laga Grup A Copa America di Arena Corinthians, Sao Paulo, Brasil, Sabtu (22/6/2019). Brasil lolos ke babak perempat final usai membantai Peru 5-0. (AP Photo/Victor R. Caivano)

Kiper Peru Pedro Gallese gagal memblok tendangan pemain Brasil Dani Alves saat bertanding dalam laga Grup A Copa America di Arena Corinthians, Sao Paulo, Brasil, Sabtu (22/6/2019). Brasil lolos ke babak perempat final usai membantai Peru 5-0. (AP Photo/Nelson Antoine)

Kiper Peru Pedro Gallese gagal memblok tendangan pemain Brasil Dani Alves saat bertanding dalam laga Grup A Copa America di Arena Corinthians, Sao Paulo, Brasil, Sabtu (22/6/2019). Brasil lolos ke babak perempat final usai membantai Peru 5-0. (AP Photo/Nelson Antoine)

Pemain Brasil Dani Alves melakukan selebrasi usai mencetak gol ke gawang Peru dalam laga Grup A Copa America di Arena Corinthians, Sao Paulo, Brasil, Sabtu (22/6/2019). Brasil lolos ke babak perempat final usai membantai Peru 5-0. (AP Photo/Andre Penner)

Pemain Brasil Dani Alves melakukan selebrasi usai mencetak gol ke gawang Peru dalam laga Grup A Copa America di Arena Corinthians, Sao Paulo, Brasil, Sabtu (22/6/2019). Brasil lolos ke babak perempat final usai membantai Peru 5-0. (AP Photo/Andre Penner)

Pemain Brasil Willian (kanan) melakukan selebrasi usai mencetak gol ke gawang Peru dalam laga Grup A Copa America di Arena Corinthians, Sao Paulo, Brasil, Sabtu (22/6/2019). Brasil lolos ke babak perempat final usai membantai Peru 5-0. (AP Photo/Andre Penner)

Pemain Brasil Willian (kanan) melakukan selebrasi usai mencetak gol ke gawang Peru dalam laga Grup A Copa America di Arena Corinthians, Sao Paulo, Brasil, Sabtu (22/6/2019). Brasil lolos ke babak perempat final usai membantai Peru 5-0. (AP Photo/Andre Penner)

Wajah lesu para pemain Peru saat meninggalkan lapangan usai kalah dari Brasil dalam laga Grup A Copa America di Arena Corinthians, Sao Paulo, Brasil, Sabtu (22/6/2019). Brasil lolos ke babak perempat final usai membantai Peru 5-0. (AP Photo/Nelson Antoine)

Wajah lesu para pemain Peru saat meninggalkan lapangan usai kalah dari Brasil dalam laga Grup A Copa America di Arena Corinthians, Sao Paulo, Brasil, Sabtu (22/6/2019). Brasil lolos ke babak perempat final usai membantai Peru 5-0. (AP Photo/Nelson Antoine)

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Adu Juggling dengan Fans Bayern Munchen, Martin Demichelis Tak Mau Mengalah

Posted: 22 Jun 2019 08:45 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Legenda Bayern Munchen, Martin Demichelis melakukan meet and greet bersama fans klub asal Jerman tersebut di KLY Official yang berada di Gondangdia, Jakarta, Minggu (23/6/2019).

Dalam acara yang bekerja sama dengan Allianz ini, presenter Bola.com, Iqri Widya terlebih dahulu meminta Demichelis melakukan juggling yang baik. Pria yang membawa Bayern Munchen juara Bundesliga sebanyak empat kali itu berhasil menjuggling bola sebanyak 20 kali. 

Kemudian, Iqri meminta lima fans Bayern Munchen yang berada di KLY Office bermain juggling dengan Demichelis. Namun par fans terlihat malu-malu bermain dengan idola mereka yang sudah pensiun dua tahun lalu itu.

"Jangan takut, saya tidak akan menendang kalian," kata Demichelis yang langsung disambut dengan tawa para fans Bayern Munchen.

Tak lama, lima suporter FC Hollywood itu maju dan bermain bersama Demichelis. Salah satu peserta berhasil melakukan juggling sebanyak 30 kali, lebih banyak dari yang dicontohkan oleh gelandang kelahiran Argentina itu.

Demichelis yang merasa pemain profesional tidak mau kalah. Dia pun melakukan juggling bola dan berhasil melewati peserta yang ikut games ini.

"Saya tidak mau kalah, harus menang," ujarnya, yang berhasil menjuggling bola menjadi 36 kali di kesempatan kedua.

 

Allianz Explorer Camp 2019

Martin Demichelis berada di Jakarta untuk memberikan coaching clinic dalam event yang dibuat oleh Allianz, Allianz Explorer Camp 2019, yang merupakan kegiatan tahunan yang digelar oleh Allianz Indonesia.

Untuk tahun ini, kegiatan itu bakal berlangsung pada 22-23 Juni 2019 di Stadion PSPT. Ribuan anak yang telah mendaftar akan mengikuti tujuh side games pada Sabtu (22/6/2019) untuk mencari 50 pemain terbaik.

Pada Minggu (23/6/2019), bakal dikerucutkan menjadi 30 pemain. Nantinya, delapan anak yang terpilih akan berangkat ke Jerman dan Singapura.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Tingkatkan Kualitas SDM Indonesia, Indonesia-Italia Jajaki Kerjasama

Posted: 22 Jun 2019 08:43 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Pemerintah Indonesia sudah, sedang, dan terus berupaya meningkatkan kualitas Sumber Daya Manusia (SDM) Indonesia dan tenaga kerja nasional. Salah satunya melalui program kerja sama pemagangan. Hal itu diungkapkan Menteri Ketenagakerjaan M. Hanif Dhakiri saat melakukan kunjungan kerja ke perusahaan Eni Italia. Penjajakan kerja sama antara Eni dan pemerintah Indonesia bukan hanya terbatas pemagangan namun juga bidang ketenagakerjaan lainnya.

"Saya harapkan Eni dapat ikut berperan dalam program pemagangan ini melalui penerimaan peserta magang Warga Negara Indonesia (WNI) baik di Eni Milan maupun Eni Indonesia Ltd," kata Menteri Ketenagakerjaan M. Hanif Dhakiri, Milan (21/6) waktu setempat.

Selain untuk meningkatkan keterampilan, program pemagangan ini juga menjadi sarana untuk mentransfer pengetahuan dan pengalaman sebagai bekal kerja dan wirausaha setelah peserta kembali ke tanah air.

"Pemagangan memberikan manfaat bagi perusahaan diantaranya adalah terpenuhi kebutuhan karyawan sesuai persyaratan perusahaan, dan tercapainya peningkatan kompetensi peserta sesuai standar perusahaan," kata Hanif.

Penjajakan kerja sama ini diharapkan dapat terus berkembang, khususnya kerja sama pelatihan, peningkatan keterampilan (upgrading training), dan saling kunjungan antara kedua pihak dalam kerangka pengembangan kapasitas SDM bidang ketenagakerjaan.

"Pertemuan ini dapat menjadi awal kolaborasi yang baik dan potensial antara Pemerintah Indonesia dengan Pemerintah Italia, khususnya di bidang ketenagakerjaan," kata Hanif.

Kementerian Ketenagakerjaan mendukung agenda prioritas Pemerintah Indonesia 3 tahun ke depan dimana memfokuskan pembangunan dan peningkatan daya saing SDM Indonesia melalui pelatihan vokasi.

"Selain pemagangan, program pendidikan dan pelatihan yang terkait dengan safety, health and environment di Eni dapat menjadi masukan bagi pengembangan program Keselamatan dan Kesehatan Kerja (K3) di Indonesia," kata Hanif.

Peningkatan kapasitas manajerial SDM dan optimalisasi aset yang dilakukan oleh ENI Corporate University lanjut hanif telah memberikan pelayanan terbaik bagi Eni's corporate identity and employer brand.

"Penjajakan kerja sama ini saya pandang perlu untuk melakukan benchmarking dan belajar tentang apa yang telah dilakukan Eni dalam merekrut talenta berharga, memberikan pelatihan teknis dan manajerial serta mempromosikan identitas perusahaan secara terintegrasi," kata Hanif.

Selain itu, informasi program pendidikan dan pelatihan di Eni juga bermanfaat bagi pengembangan program pelatihan dan sertifikasi kompetensi di Indonesia.

"Pemerintah Indonesia berharap ENI Corporate University dapat berkunjung ke Indonesia dan melihat potensi ataupun peluang investasi, sekaligus membantu peningkatan SDM Indonesia," kata Hanif. Biro Humas Kemnaker.

 

(*)

 

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

6 Foto Lucu Saat Enggak Sengaja Pakai Filter Ini Bikin Senyum-senyum

Posted: 22 Jun 2019 08:40 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Saat ini perkembangan teknologi sudah semakin canggih. Banyak sekali fitur dari berbagai aplikasi yang bisa digunakan oleh masyarakat untuk menunjang kehidupannya. Selain bermamfaat, aplikasi juga berguna untuk seru-seruan.

Salah satunya adalah fitur filter foto yang ada di aplikasi smartphone. Dengan fitur filter ini, foto yang tadinya tampak biasa saja bisa berubah dengan adanya hiasan-hiasan menarik di dalamnya. Seperti hiasan boneka, gambar-gambar bentuk lucu serta banyak lainnya.

Fitur filter foto ini biasa digunakan oleh anak muda zaman sekarang untuk seru-seruan bersama teman-temannya. Namun, apa jadinya jika filter itu tidak sengaja digunakan pada saat seseorang berfoto. Seperti unggahan netizen yang enggak sengaja menggunakan filter pada foto mereka.

Berikut Liputan6.com rangkum dari aku twitter @tanya2rl 6 foto orang-orang saat enggak sengaja pakai filter foto ini bikin senyum-senyum, Minggu (23/6/2019).

1. Gini jadinya jika minta tolong foto sama ibu-ibu

Foto Netizen Saat Enggak Sengaja Pakai Filter Ini Bikin Senyum-senyum (sumber: Twitter/@tanya2rl)

2. Kok cuma yang cowok doang, yang ceweknya enggak

Foto Netizen Saat Enggak Sengaja Pakai Filter Ini Bikin Senyum-senyum (sumber: Twitter/@Afifahchan_)

3. Ibu-ibunya jadi terlihat lebih muda

Foto Netizen Saat Enggak Sengaja Pakai Filter Ini Bikin Senyum-senyum (sumber: Twitter/@acyuuu0611)

4. Kalau filter ini memang bagus kalau foto bareng teman-teman deh

Foto Netizen Saat Enggak Sengaja Pakai Filter Ini Bikin Senyum-senyum (sumber: Twitter/@pacarboboho)

5. Minta tolong foto sama bule, eh malah kayak gini jadinya

Foto Netizen Saat Enggak Sengaja Pakai Filter Ini Bikin Senyum-senyum (sumber: Twitter/@radenayuuua)

6. Wah, ngerjain neneknya nih.

Foto Netizen Saat Enggak Sengaja Pakai Filter Ini Bikin Senyum-senyum (sumber: Twitter/@agussmw)

7. Cowoknya jadi terlihat cantik deh

Foto Netizen Saat Enggak Sengaja Pakai Filter Ini Bikin Senyum-senyum (sumber: Twitter/@saivlor)

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Prediksi Tira Persikabo Vs Persipura: Semangat Tinggi Tuan Rumah

Posted: 22 Jun 2019 08:35 PM PDT

Jakarta Tira Persikabo mengusung semangat tinggi saat menjamu Persipura dalam laga pekan kelima Shopee Liga 1 2019 di Stadion Pakansari, Cibinong, Minggu (23/6/2019). Tira Persikabo ingin kembali meraih kemenangan, apalagi laga di kandang.

Sejak diasuh Rahmad Darmawan pada awal 2019, Tira Persikabo menjelma menjadi tim kejutan. Manahati Lestusen dkk. berhasil menjadi kejutan setelah meraih kemenangan atas Perseru Badak Lampung, menahan imbang PSM Makassar serta Persib Bandung. 

Catatan belum terkalahkan yang dimiliki Tira Persikabo membuat mereka kini menghuni peringkat kedelapan dengan poin lima. Rahmad Darmawan berharap anak asuhnya tidak jemawa dengan catatan tersebut, dan memiliki semangat bermain yang sama ketika mampu mengimbangi Persib.

"Kami harus bermain kolektif, percaya diri, dan punya motivasi tinggi. Minimal sama seperti saat melawan Persib," kata Rahmad Darmawan dalam konferensi pers jelang laga, Sabtu (22/6/2019).

"Tanpa hal tersebut, kami akan kesulitan. Sebab, sektor yang harus diwaspadai adalah bagaimana kecepatan pemain Persipura dalam serangan," tegas pelatih yang akrab disapa RD itu.

Sementara itu, Persipura dalam situasi yang kurang baik karena belum pernah menang dalam tiga laga awal. Mutiara Hitam hanya mampu meraih dua poin dari tiga laga awal Shopee Liga 1 2019.

Namun, pelatih Luciano Leandro menegaskan pihaknya sudah melakukan beberapa evaluasi. Pelatih asal Brasil itu yakin Persipura bisa mencuri poin dari lawatan ke markas Tira Persikabo.

"Paling terpenting adalah kami meminta pemain untuk berkonsentrasi penuh dalam pertandingan. Agar mereka bisa bermain baik dengan motivasi tinggi dan instruksi seperti waktu latihan," ujar Luciano Leandro.

"Kami sudah latihan selama beberapa hari. Kami sudah siap untuk bisa bermain bagus dan penuh semangat demi mendapatkan hasil yang baik," ucap Luciano Leandro.

Laga ini menjadi pertemuan pertama buat kedua tim. Namun, ketika masih bernama PS TNI atau PS Tira, kedua tim sudah bertemu sebanyak enam kali dengan perincian empat kemenangan milik Persipura Jayapura dan dua kemenangan untuk Tira Persikabo.

Data - Fakta

Prakiraan susunan pemain

Tira Persikabo (4-2-3-1): Angga Saputra (kiper), Abduh Lestaluhu, Andy Setyo, Khurshed Beknazarov, Rifad Marasabessy (belakang), Parfait Essengue, Manahati Lestusen, Osas Saha, Ciro, Wawan Febrianto (tengah), Loris Arnaud (depan)

Pelatih: Rahmad Darmawan (Indonesia)

Persipura Jayapura (4-4-2): Mario Londok (kiper), Yustinus Pae, Ricardo Salampessy, Andre Ribeiro, David Rumakiek (belakang), Oh In-kyun, Gunansar Mandowen, Ibrahim Conteh, Ronaldo Meosido (tengah), Mamadou Samassa, Titus Bonai (depan)

Pelatih: Luciano Leandro (Brasil)

Head to head

  • 11/8/2018 - Tira Persikabo 1-0 Persipura Jayapura (Liga 1 2018)
  • 7/4/2018 - Persipura Jayapura 2-0 Tira Persikabo (Liga 1 2018)
  • 4/11/2017 - Tira Persikabo 2-1 Persipura Jayapura (Liga 1 2017)
  • 23/7/2019 - Persipura Jayapura 2-1 Tira Persikabo (Liga 1 2017)
  • 18/10/2016 - Persipura Jayapura 3-2 Tira Persikabo (ISC A)

Lima pertandingan terakhir Tira Persikabo

  • 18/6/2019 - Persib Bandung 1-1 Tira Persikabo (Liga 1 2019)
  • 29/5/2019 - Tira Persikabo 0-0 PSM Makassar (Liga 1 2019)
  • 18/5/2019 - Tira Persikabo 3-0 Perseru Badak Lampung (Liga 1 2019)
  • 29/3/2019 - Persebaya Surabaya 3-1 Tira Persikabo (Piala Presiden 2019)
  • 12/3/2019 - Tira Persikabo 0-0 Persebaya Surabaya (Piala Presiden 2019)

Lima Pertandingan terakhir Persipura Jayapura

  • 31/5/2019 - Persipura Jayapura 1-1 PSS Sleman (Liga 1 2019)
  • 22/5/2019 - Persela Lamongan 2-2 Persipura Jayapura (Liga 1 2019)
  • 18/5/2019 - Persib Bandung 3-0 Persipura Jayapura (Liga 1 2019)
  • 16/3/2019 - Persipura Jayapura 1-3 Kalteng Putra (Piala Presiden 2019)
  • 10/3/2019 - PSM Makassar 0-1 Persipura Jayapura (Piala Presiden 2019)

Prediksi Bola.com

Tira Persikabo 50-50 Persipura Jayapura

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Setelah Sales Mission, Pasar Filipina Dirayu Famtrip Batam dan Bali

Posted: 22 Jun 2019 08:35 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Menteri Pariwisata Arief Yahya lagi-lagi menggoyang pasar Filipina. Setelah Sales Mission 3 kota di Filipina, ada famtrip Travel Agent dan Travel Tour yang sudah menanti. Batam, menjadi destinasi pertama yang disinggahi 10 TA/TO Filipina, Sabtu (22/6). Dan Bali menjadi destinasi penutup yang akan dilakoni hingga 27 Juni 2019.

"Ada 10 agent perjalanan dari Filipina yang kita boyong untuk menyelami atraksi wisata dan hotelier di Batam dan Bali. Mereka kita ajak untuk melihat dan menemukan langsung sensasi keajaiban alam dan budaya di destinasi kelas dunia yang dimiliki oleh kedua daerah tersebut," kata Deputi Bidang Pengembangan Pemasaran I Kemenpar Rizki Handayani, Sabtu (22/6).

Semua image positif langsung diperlihatkan. Keramahtamahan Indonesia langsung menyapa. Kesan pertama, langsung diset sangat menggoda. Semua langsung terlihat bagus lantaran ada kolaborasi apik antara Kemenpar, KBRI Manila dan Dinas Pariwisata Kota Batam

"Saat turun di Pelabuhan Batam Center, semua peserta famtrip langsung disambut budaya Indonesia. Yang menyambut langsung Kepala Dinas Kebudayaan Pariwisata Kota Batam," timpal Asisten Deputi Pemasaran I Regional III Kemenpar Ricky Fauziyani.

Apa yang hendak ditonjolkan? Wonderful Indonesia! Destinasi unggulan wisata bahari, panorama laut, pantai, surfing, budaya yang penuh dengan seni tradisional, kesenian nyentrik, serta berbagai cerita masyarakatnya yang ramah tamah. "Dan yang asyik, mereka tidak perlu mengurus visa, sudah bisa masuk berwisata ke Indonesia," jelas Kabid Pemasaran Area Sulawesi dan Filipina Kemenpar Ni Putu Gayatri.

Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Kota Batam Ardiwinata mengatakan, famtrip adalah salah satu jurus jitu untuk menjaring kunjungan wisman Filipina ke Indonesia.

"Batam dan Bali masuk ke dalam tiga greater pariwisata bersama Jakarta. Destinasinya potensial menggoda pasar wisman ASEAN," ujar Ardiwinata.

Destinasinya memang banyak yang keren. Banyak yang berstandar dunia. Di Batam, semua akan digiring untuk melihat angle-angle menarik di Infinite Framework Studio. Nama Infinite sudah mendunia. Inilah studio yang menghasilkan serial TV animasi pemenang penghargaan internasional. Mereka juga akan diajak menikmati makan malam yang asik di Harbour Bay. Menunjukkan keindahan lain dari Batam. Bahkan semuanya akan dimanjakan keindahan bawah laut di Kepri Coral.

"TA/TO Filioina juga diajak business gathering dengan industri perjalanan lokal. Semua berbagi program hot deal. Belum lagi dimanjakan di Martha Tilaar Salon & Spa. Dan selanjutnya merasakan kuliner lokal di My Garden Restoran. Keren," terang Kepala Penerangan Hubungan Masyarakat dan Media KBRI Manila Agus Buana.

Menteri Pariwisata Arief Yahya sendiri menilai famtrip ini juga menjadi momentum untuk membuktikan kepada masyarakat Filipina. Lewat para travel agen ini, akan tersaji gambaran lengkap yang bisa mereka jadikan pedoman dalam merayu pasar wisatawan Filipina.

"Kita akan terus membangun industri pariwisata dan menjadikan negara-negara Asia, khususnya Asia Tenggara sebagai salah satu pasar utama wisatawan ke Indonesia. Apalagi kedekatan teritori menjadi keuntungan tersendiri. Para wisatawan Filipina tidak direpotkan dengan penerbangan yang lama," tuturnya.

Selain itu, Arief Yahya juga mengategorikan famtrip itu sebagai selling. Dalam framework BAS. Branding, advertising, selling menjadi salah satu rumus strategi promosi Kemenpar.

"Famtrip, mendatangkan endorser pariwisata, pelaku bisnis pariwisata, media, itu penting untuk serangan udara, efektif mempengaruhi opini publik traveler. Itu sebabnya kita mengundang para travel agen berpengaruh ini untuk melihat dan merasakan sendiri dahsyatnya Wonderful Indonesia," kata Menpar Arief Yahya.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Drogba: Hazard Legenda Chelsea

Posted: 22 Jun 2019 08:30 PM PDT

Liputan6.com, London - Didier Drogba menyanjung kualitas Eden Hazard di Chelsea. Ia bahkan menyebut Hazard layak disebut sebagai legenda di Stamford Bridge.

Hazard mengakhiri kariernya di Chelsea yang sudah berjalan tujuh musim. Ia memilih pindah ke Real Madrid musim panas ini.

Bersama Chelsea, prestasi Hazard tak bisa dianggap remeh. Ia mampu menyumbangkan beberapa gelar seperti dua kali Liga Inggris, juara Liga Europa, dan juga Piala FA.

"Tidak ada yang bisa menggantikan Hazard. Dia pemain yang spesial," ujar Drogba seperti dilansir Evening Standard.

"Hazard merupakan legenda Chelsea. Itulah hidup dan itulah sepak bola," katanya menambahkan.

 

 

Dukung Lampard

Eks pemain Chelsea, Eden Hazard.  (AFP/Daniel Leal Olivas)

Di sisi lain, Drogba mendukung langkah Chelsea merekrut Frank Lampard. Ia yakin Lampard orang yang tepat menggantikan Maurizio Sarri.

"Saya pikir Lampard pilihan bagus untuk Chelsea. Dia telah membuktikannya bersama Derby," kata Drogba seperti dilansir Standard.

"Soal pengalaman saya pikir tidak masalah. Apakah dia harus berusia 50 tahun dulu baru boleh jadi manajer Chelsea?" kata Drogba menambahkan.

Jadwal

Jadwal pramusim Chelsea

19 Juli 2019 Kawasaki Frontale Vs Chelsea

23 Juli 2019 Barcelona Vs Chelsea

28 Juli 2019 Reading Vs Chelsea

31 Juli 2019 Salzburg Vs Chelsea

Saksikan video pilihan di bawah ini

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Hugh Jackman Beri Kejutan untuk Penggemar di Chicago

Posted: 22 Jun 2019 08:30 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Hugh Jackman, sedang berada di Chicago, Amerika Serikat. Meski sedang disibukkan dengan tur keliling Amerika Serikat dalam pertunjukkan "The Man. The Music. The Show", ia tetap menyempatkan diri menyapa penggemarnya.

Tak tanggung-tanggung, Hugh Jackman, memberikan kejutan untuk penggemarnya. Yaitu menyajikan kopi untuk mereka.

Selain tampil, Hugh Jackman juga sedang berjualan kopi. Bagi penggemar yang datang ke truk kopinya, penggemar bukan hanya disajikan minuman hangat itu saja tapi juga mendapat tanda tangan darinya, dilansir People, Jumat (21/6/2019).

Momen keseruan ini diabadikan Hugh Jackman, dan diunggah di akun Instagramnya, @thehughjackman. Tampak sang aktor tengah menawari kopi dari truk hitam berlogo 'Laughing Man'.

 

Yayasan Kopi

Hugh Jackman (Foto: Instagram/@thehughjackman)

Truk tersebut merupakan bagian dari yayasan Laughing Man Coffee Company, yang didirikan Hugh Jackman bersama David Steingard.Usaha ini sudah ada sejak 2011 lalu.

Laughing Man Coffee memiliki toko di New York. Dan aktor Ryan Reynolds sempat berkunjung ke sana pada Mei 2018. 

 

Bantu Wirausahawan

Hugh Jackman sebagai Wolverine di film-film X-Men. (martincuff.com)

Pada 2009 silam, pemeran Wolverine tengah melakukan perjalanan ke Ethiopia. Di sana ia bertemu seorang petani kopi bernama Dukale yang bekerja untuk mengeluarkan keluarganya dari kemiskinan.

Sekembalinya ke New York, ia terinspirasi oleh Dukale untuk memberikan pasar pada para petani negara berkembang, dan dapat menjual produk mereka di AS.

Semua keuntungan yang didapat mengalir ke Laughing Man Foundation, yang didirikan Hugh Jackman untuk membantu wirausahawan di seluruh dunia melalui program pendidikan dan pengembangan masyarakat. (Antaranews.com)

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

9.300 Orang Ikut Aksi Bebersih Sungai Ciliwung

Posted: 22 Jun 2019 08:23 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Sekitar 9.300 orang ambil bagian dalam aksi Bebersih Sungai Ciliwung di 33 kecamatan sepanjang sungai tersebut.

"Jumlah peserta melebihi target 8.000 orang, karena yang sudah teregistrasi sebanyak 9.300 orang," kata Panitia Penyelenggara, Direktur Jendera Pengendalian dan Pencemaran dan Kerusakan Lingkungan (PPKL) KLHK MR Karliansyah, di sela-sela pembukaan kegiatan Bebersih Ciliwung di Yayasan Bambu Indonesia, Cibinong, Kabupaten Bogor, Jawa Barat, Minggu (23/6/2019).

Karliansyah mengatakan, para peserta berasal dari berbagai kalangan mulai dari anggota komunitas peduli sungai dan lingkungan, pegawai KLHK dan pemerintah daerah, Pramuka, masyarakat dan perusahaan.

Ia menyebutkan tujuan kegiatan ini adalah kampanye edukasi lingkungan, peran aktif masyarakat, penjaringan kemitraan antara pemerintahan dan perusahaan.

Di 33 lokasi kegiatan ada penyiaran secara langsung di Sempur, Kota Bogor, Cisarua, Kabupaten Bogor, Panus dan Tanah Abang Jakarta.

"Dengan penyiaran langsung ini diharapkan masyarakat di sekitar Ciliwung dan seluruh Indonesia akan tergugah untuk sadar bagaimana Ciliwung ini kita pelihara dengan baik," kata Karliansyah dikutip dari Antara.

Kegiatan ini juga dihadiri 29 CEO perusahaan yang bermitra dengan 29 komunitas yang ada di Ciliwung.

"Mungkin ada program yang bisa dikerjakan secara luas, sehingga Ciliwung menjadi lebih baik," kata Karliansyah.

Menteri Siti Nurbaya Ikut

Acara Bebersih Ciliwung ini dihadiri langsung oleh Menteri KLHK Siti Nurbaya Bakar. Dia menyatakan, kegiatan ini juga diobservasi oleh Museum Rekor-Dunia Indonesia atau MURI (dahulu Museum Rekor Indonesia) untuk mencatat rekor nasional dengan aksi bersih sungai melibatkan 8.000 orang.

Turut hadir pula Wakil Gubernur Jawa Barat UU Ruzhanul Ulum, Bupati Bogor Ade Yasin, Mantan Menteri Kelautan dan Perikanan Sarwono Kusumaatmadja, serta Sekjen KLHK Bambang Hendroyono.

Saksikan video pilihan di bawah ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Pesawat Jatuh di Hawaii, Semua Awak dan Penumpang Dipastikan Tewas

Posted: 22 Jun 2019 08:21 PM PDT

Liputan6.com, Hawaii - Jumlah korban tewas akibat insiden pesawat jatuh di Hawaii, Amerika Serikat pada Jumat, 21 Juni 2019 bertambah dua orang dari laporan sebelumnya. Kini, total korban tewas mencapai 11 orang, yang merupakan total seluruh penumpang dan kru --kata pihak berwenang.

Pesawat skydiving King Air bermesin ganda tersebut jatuh setelah lepas landas dari Dillingham Airfield dekat Mokuleia di Wilayah Honolulu, kata Departemen Transportasi Hawaii (HDOT).

Dinas pemadam kebakaran mengatakan pesawat itu dilalap api ketika kru kebakaran tiba, sebagaimana dikutip dari The Straits Times pada Minggu (23/6/2019).

"Kami masih mengumpulkan informasi tentang tujuan penerbangan dan apa yang mereka lakukan," kata Kepala Dinas Pemadam Kebakaran Honolulu Manuel Neves dalam konferensi pers.

CNN mengatakan pesawat itu sedang melakukan perjalanan terjun payung, dengan Administrasi Penerbangan Federal akan menyelidiki kecelakaan itu.

Dillingham adalah lapangan terbang penggunaan bersama yang dioperasikan oleh HDOT di bawah kontrak 25 tahun dari tentara AS, menurut situs webnya.

Pemerintah negara bagian menyewakan 272 hektar dari 650-acre Dillingham Military Reservation dan mengoperasikan landasan pacu sepanjang 5.000 kaki terutama untuk operasi glider dan skydiving komersial.

Insiden Paling Tragis di Honolulu

Ilustrasi Pesawat Jatuh (iStockphoto)

Neves, Kepala Dinas Pemadam Kebakaran Honolulu mengatakan, insiden itu adalah yang "paling tragis" yang pernah pihaknya tangani.

"Kami pernah menangani beberapa kecelakaan helikopter militer, tetapi ini adalah pesawat sipil yang jatuh dan dengan begitu banyak orang di dalamnya," kata Neves kepada afiliasi CNNCNMB.

Sebelumnya, Neves menuturkan, nama-nama penumpang belum dirilis. Beberapa anggota keluarga berada di lapangan terbang ketika pesawat jatuh.

Departemen Pemadam Kebakaran Honolulu mengatakan bahwa mereka menerima laporan tentang kecelakaan pesawat itu pada hari Jumat sekitar pukul 18.30.

"Saya mengikuti perkembangan tragis dari Dillingham Airfield malam ini. Pada saat ini dukacita dan doa kita bersama diberikan untuk keluarga dan teman-teman para korban," twit Wali Kota Honolulu Kirk Caldwell.

Pesawat Jatuh di Meksiko Bulan Lalu

Ilustrasi pesawat (iStock)

Pada kabar lain, sebuah pesawat dilaporkan jatuh di kawasan pegunungan terpencil di utara Mesiko. Merenggut nyawa dari total 13 penumpang dan awak kabin di dalamnya.

Termasuk di antara korban adalah sebuah keluarga beranggotan lima orang, yang sedang dalam perjalanan kembali dari menonton pertandingan tinju di Las Vegas, Amerika Serikat (AS).

Dikutip dari Al Jazeera, puing-puing jet pribadi yang terbang dari Las Vegas itu ditemukan melalui pengawasan udara di Kota Ocampo, kata pemerintah negara bagian Coahuila, dalam sebuah pernyataan resmi.

"Tidak ada korban yang selamat," kata pertanyaan yang dirilis pada hari Senin itu.

Sebuah foto yang disiarkan di jaringan televisi lokal Milenio menunjukkan sisa-sisa pesawat yang terbakar, pecah berkeping-keping, dan tersebar di atas tanah hangus.

Media Meksiko melaporkan bahwa para penumpang pesawat itu terbang ke Las Vegas untuk menyaksikan pertandingan tinju antara petinju Meksiko Saul "Canelo" Alvarez dan lawannya asal AS, Daniel Jacobs, pada Sabtu 4 Mei.

Para korban berusia antara 19 dan 57 tahun, menurut versi daftar penumpang pesawat yang dipublikasikan di media Meksiko.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

5 Aksi Kakek 75 Tahun Tirukan Gaya Selebritis Hollywood, Gaul Abis

Posted: 22 Jun 2019 08:20 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Gaya hypebeast sekarang ini menjadi fashion yang sedang digandrungi anak-anak muda. Sebenarnya hypebeast adalah nama sebuah e-commerce yang menawarkan koleksi busana dan sneakers keluaran merek-merek favorit anak muda. Hypebeast adalah sebuah istilah yang mulai mengemukan beberapa tahun terakhir khususnya di Amerika Serikat.

Kamus daring Urban Dictionary memberikan dua makna dari kata 'hypebeast'. Makna pertama hypebeast mengacu pada anak muda yang mengoleksi pakaian, sepatu, dan aksesori demi terlihat keren di depan orang lain. Tapi sepertinya sekarang ini hypebeast tak hanya untuk kalangan anak muda saja. Contohnya seperti kakek 75 tahun asal Jerman yang suka tampil hypebeast hingga menirukan gaya para selebritis hollywood.

Kakek 75 tahun bernama Alojz Abram menunjukkan kecintaannya terhadap dunia fashion streetware dan mendapatkan julukan sebagai 'hypebeast Grandpa', seperti yang Liputan6.com lansir dari Sueddeutsche, Minggu (23/6/2019). Kecintaan Alojz pada fashion streetwear muncul sejak lima tahun terakhir berkat cucunya, Jannick, yang masih berusia 22 tahun.

Hypebeast Grandpa

Profesi Jannick sendiri adalah seorang fotografer membuatnya ingin mendokumentasikan gaya evolusi sang kakek. Unggahan gaya streetwear ala Alojz pertama kali muncul pada Januari 2017. Saat itu, ia tampil mengenakan hoodie Thrasher dan tas dari Jared Leto. "Baru-baru ini saya mengetahui tentang hypebeast dalam diri kakek saya. Jadi saya menggalinya untuk pemotretan dan cukup senang dengan hasilnya," ungkap Jannick dalam unggahan di akun Instagram-nya.

Kolaborasi  Alojz dan kemampuan sang cucu dalam padu pada gaya streetwear pun menjadi viral hingga mampu menjaring 470.000 lebih followers di Instagram. Alojz bahkan tampil percaya diri dengan celana camo atau ripped jeans seperti model papan atas. Bahkan, ia juga menirukan gaya berpakaian para selebritis dunia yang terkenal modis, seperti Kanye West, Justin Bieber, DJ Khaled dan lain-lain.

Kini, Alojz menjelma menjadi ikon gaya yang mampu menginspriasi banyak orang, termasuk kaum muda. Penasaran bagaimana gaya kakek 75 tahun ini menirukan gaya para seleberitis Hollywood? Berikut 5 potret gaya hypebeast Alojz Abram yang telah Liputan6.com rangkum dari berbagai sumber, Minggu (23/6/2019).

1. J Balvin x Alojz Abram. Gimana hypebeast banget ya si kakek, kurang rambut pelangi ala J Balvin aja nih.

2. Walaupun tak muda lagi, Alojz Abram enggak mau kalah dengan gaya streetware Kanye West dong.

3. Wah fashion itemnya detail banget seperti gaya Justin Bieber, sudah seperti kembarannya Justin.

4. Bagaimana dengan style si kakek dan DJ Khaled? Bikin minder anak muda.

5. Enggak ketinggalan nih Asap Rocky jadi sasaran inspirasi fashion kakek 75 tahun ini.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

NBA: Stephen Curry Tolak Jadi Cameo di Space Jam 2

Posted: 22 Jun 2019 08:15 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Bintang NBA Stephen Curry dipastikan tidak akan tampil di film Space Jam 2. Point guard Stephen Curry itu telah menolak kesempatan main film bersama LeBron James.

Film Space Jam 2 rencananya akan tayang pada tahun 2021. LeBron James akan menjadi bintang utama di film tersebut bersama karakter kartu Looney Tunes. 

Namun LeBron kesulitan merekrut pemain bintang NBA lain untuk ikut bersamanya di Space Jam 2. Banyak pemain bintang menolak tampil. Kini Curry juga terpaksa menolak. Curry beralasan menolak karena masalah waktu.

"Saya tahu LeBron dan Ryan Coogler akan melakukan hal-hal menakjubkan. Ini akan luar biasa. Itu hanya waktunya, jujur saja. Tidak bisa berkomitmen. Jelas sulit untuk menolak," kata Curry kepada New York Times.

Diyakini penolakan Curry bukan sekadar masalah waktu, melainkan kontrak pribadi dengan perusahaan apparel. Pasalnya film Space Jam 2 akan memakai brand Nike. Sedangkan Curry saat ini dikontrak Under Armour.

 

Davis dan Lillard

Stephen Curry Pimpin Warriors Curi Kemenangan di Kandang Raptors (AP)

Kondisi serupa membuat James Harden tidak akan muncul di Space Jam 2. Harden merupakan duta Adidas.

Sejauh ini pemain NBA yang sudah dipastikan ikut tampil di Space Jam 2 adalah Anthony Davis, Damian Lillard dan Klay Thompson.

 

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

1 komentar:

lady mia mengatakan...

KABAR BAIK!!!

Nama saya Lady Mia, saya ingin menggunakan media ini untuk mengingatkan semua pencari pinjaman agar sangat berhati-hati, karena ada penipuan di mana-mana, mereka akan mengirim dokumen perjanjian palsu kepada Anda dan mereka akan mengatakan tidak ada pembayaran di muka, tetapi mereka adalah penipu , karena mereka kemudian akan meminta pembayaran biaya lisensi dan biaya transfer, jadi berhati-hatilah terhadap Perusahaan Pinjaman yang curang itu.

Perusahaan pinjaman yang nyata dan sah, tidak akan menuntut pembayaran konstan dan mereka tidak akan menunda pemrosesan transfer pinjaman, jadi harap bijak.

Beberapa bulan yang lalu saya tegang secara finansial dan putus asa, saya telah ditipu oleh beberapa pemberi pinjaman online, saya hampir kehilangan harapan sampai Tuhan menggunakan teman saya yang merujuk saya ke pemberi pinjaman yang sangat andal bernama Ms. Cynthia, yang meminjamkan saya pinjaman tanpa jaminan sebesar Rp800,000,000 (800 juta) dalam waktu kurang dari 24 jam tanpa konstan pembayaran atau tekanan dan tingkat bunga hanya 2%.

Saya sangat terkejut ketika saya memeriksa saldo rekening bank saya dan menemukan bahwa jumlah yang saya terapkan dikirim langsung ke rekening bank saya tanpa penundaan.

Karena saya berjanji bahwa saya akan membagikan kabar baik jika dia membantu saya dengan pinjaman, sehingga orang bisa mendapatkan pinjaman dengan mudah tanpa stres atau penipuan

Jadi, jika Anda memerlukan pinjaman apa pun, silakan hubungi dia melalui email nyata: cynthiajohnsonloancompany@gmail.com dan atas karunia Allah, ia tidak akan pernah mengecewakan Anda dalam mendapatkan pinjaman jika Anda mematuhi perintahnya.

Anda juga dapat menghubungi saya di email saya: ladymia383@gmail.com dan Sety yang memperkenalkan dan memberi tahu saya tentang Ibu Cynthia, ini emailnya: arissetymin@gmail.com

Yang akan saya lakukan adalah mencoba untuk memenuhi pembayaran cicilan pinjaman saya yang akan saya kirim langsung ke rekening perusahaan setiap bulan.

Sepatah kata cukup untuk orang bijak.