Minggu, 02 Juni 2019

Liputan6 : RSS2 Feed

Liputan6 : RSS2 Feed


Manchester City Minta Benfica Diskon Harga Felix

Posted: 02 Jun 2019 10:00 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Manchester City dikabarkan telah mengadakan pertemuan dengan Benfica. Mereka ingin membahas soal rencana penandatanganan Joao Felix. Namun, media di Portugal mengklaim Manchester City belum melakukan pendekatan dengan manajemen Benfica.

Mereka menyebut pertemuan hanya upaya lain Citizens untuk menurunkan harga permintaan Benfica untuk Félix. Sebelumnya, Benfica menuntut klausul rilis senilai € 120 juta euro..

Manchester City dilaporkan tidak siap dengan tawaran sebanyak itu, Dan, jika Benfica tetap bersikeras tidak akan melepas Feli dengan harga yang kurang, semua transfer akan berada di jalan buntu.

Benfica sendiri dilaporkan tidak bergantung pada penjualan musim panas ini untuk menyeimbangkan keuangan mereka.

Tapi, niat mereka menaikkan klausul rilis Felix menjadi 200 juta euro, menjadikannya semakin sulit bagi klub, termasuk Manchester City untuk mendatangkan pemain bintang mereka.

Diminati Banyak Klub

Joao Felix (Istimewa)

Sebelumnya, Manajer eksekutif Benfica, Domingos Soares de Oliveira, menegaskanJoao Felix, memang diminati sejumlah klub besar Eropa seperti Juventus, Manchester United, Barcelona, hingga Manchester City.

Juventus telah lama memantau perkembangan Joao Felix. Namun, bukan hanya Benfica sadar betul potensi besar yang dimiliki pemainnya sehingga banderol harga selangit mereka pasang untuk Joao Felix.

Pemain Berbakat

Felix memang sudah menjelma menjadi salah satu pemain paling menonjol di dunia lewat penampilan gemilangnya bersama Benfica. Pemain berusia 19 tahun ini berposisi sebagai gelandang serang.

Dia mencetak 15 gol Liga Portugal dan menorehkan tujuh assist untuk Benfica saat mereka memenangkan gelar Liga Primeira musim ini. Joao Felic mencetak hattrick saat kemenangan 4-2 Benfica atas Eintracht Frankfurt di leg pertama perempat final Liga Europa.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Risiko yang Mengintai Pemudik Bermotor

Posted: 02 Jun 2019 10:00 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Paparan polusi udara dan debu yang "menemani" perjalanan pemudik bermotor tak hanya mengancam kesehatan paru-paru, melainkan juga kesehatan kulit.

Berdasarkan penjelasan dr Theresia Rina Yunita dari Klikdokter, polusi udara juga dapat memengaruhi kesehatan kulit Anda. Kulit yang terpapar polusi udara, baik dalam bentuk asap rokok, asap pabrik, debu jalanan, dan asap kendaraan bermotor berisiko tinggi untuk mengalami kondisi berikut:

Rusaknya kolagen kulit

Kulit yang terlalu lama terpapar polusi udara akan lebih mudah kendur, keriput dan kusam.

Jerawat dan flek hitam

Polusi udara mengandung banyak kotoran, yang dapat menyumbat kelenjar minyak di kulit. Belum lagi, Anda tak memiliki waktu dan tempat untuk cuci wajah guna membersihkan kulit. Jadilah, Anda jerawatan setelahnya!

Udara yang tercemar juga dapat menimbulkan iritasi. Kondisi ini membuat sel tubuh memproduksi antioksidan dan melepas melanin secara berlebihan untuk melawan kerusakan yang terjadi.

"Lama-kelamaan, flek hitam akan timbul sebagai akibatnya," tutur dr. There.

Memperburuk penyakit kulit yang sudah ada

Bila sebelumnya Anda sudah memiliki penyakit kulit, seperti psoriasis, dermatitis atau eksim, paparan polusi udara yang berkelanjutan dapat memperparah kondisi tersebut.

 

 

Migrain dan haid tidak teratur

Tak cuma itu, polusi udara dapat pula menyebabkan sakit kepala sebelah alias migrain. Beberapa faktor, seperti timbal, karbon monoksida, nitrogen dioksida, partikulat, dan sulfur dioksida yang terkandung dalam udara serta penggunaan gasolin memengaruhi terjadinya kondisi ini.

Belum cukup dengan masalah pernapasan, gangguan kulit, dan sakit kepala, polusi udara ternyata juga mampu meningkatkan risiko remaja wanita untuk mengalami periode haid yang tidak teratur. Hal ini telah dibuktikan lewat penelitian dari University School of Medicine, Amerika Serikat.

Beragam bahaya akibat paparan debu dan polusi udara bisa dialami oleh Anda yang mudik dengan motor. Sebenarnya, tak mengapa bila Anda ingin menempuh perjalanan dengan baik. Namun, Anda perlu mempersiapkan segalanya dengan sempurna, supaya perjalanan tetap aman, nyaman dan selamat sampai tujuan. Hal ini sangat penting dilakukan, apalagi bila Anda mudik dengan motor bersama istri yang sedang hamil atau anak kecil.

 

Reporter: Ayu Maharani

Sumber: Klikdokter

Saksikan juga video berikut ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Anak Ibas Masih Sering Memanggil Ani Yudhoyono

Posted: 02 Jun 2019 10:00 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Ani Yudhoyono mengembuskan napas terakhirnya Sabtu (1/6/2019), setelah berjuang melawan penyakit kanker darah yang dideritanya. Seluruh keluarga merasa kehilangan, termasuk putri Ibas Yudhoyono.

Bahkan, sering kali anak Ibas, yang kerap dipanggil Baby Gaia ini, memanggil Ani Yudhoyono. Hal itu diceritakan Aliya Rajasa, istri Ibas, melalui akun Instagram, Senin (3/6/2019).

Aliya juga mengunggah foto kebersamaan Baby Gaia dengan Ani Yudhoyono semasa hidup. Tampak istri SBY ini tersenyum bahagia bersama cucunya.

"Memo bobo kata Baby Gaia... maafkan Gaia mo yg belum paham dan masih suka panggil cari memo.. Memo kami tersayang sekarang sudah tenang di sisiMu Ya Allah..," tulisnya sebagai keterangan foto.

Jadi Memo Junior

Ani Yudhoyono (Foto: Instagram/@ruby_26)

Aliya begitu terkesan dengan ajaran-ajaran yang telah diberikan Ani Yudhoyono semasa hidupnya. Ia berharap, anaknya nanti bisa menjadi penerus Ani.

"Terima kasih utk segala bimbingan nasihat dan ajaran Memo yg selama ini memo berikan kepada kami akan kami junjung tinggi dan kami teladani dalam keseharian kami..dan semoga kelak Baby G dapat menjadi Memo junior We Love You Always Memo....," sambungnya.

Rindu

Ani Yudhoyono (Foto: Instagram/@ruby_26)

Aliya juga mengungkapkan kerinduannya terhadap sang mertua. Ia memperlihatkan keakraban dirinya dengan Ani Yudhoyono saat berada di rumah sakit beberapa waktu lalu.

"Rindu... rindu..tawa canda kita, keseharian kita.. namun aku tau memo sudah di tempat yg jauh lebih nikmat dari di dunia dan karenanya walau kami sedih tapi kami ikhlas..," paparnya.

 

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Kementerian PUPR Siagakan 32 Mobil Toilet di Jalan Tol dan Non Tol

Posted: 02 Jun 2019 10:00 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Selain kesiapan para pemudik, ketersediaan toilet di titik-titik peristirahatan (rest area) sepanjang jalan tol juga merupakan sarana yang krusial bagi pengendara yang ingin pulang ke kampung halaman.

Selain menyiapkan infrastruktur jalan, Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR)  turut menyediakan mobil toilet pada rest area jalan tol, SPBU dan pos siaga mudik Kementerian PUPR di jalan non tol.

"Kementerian PUPR berupaya seoptimal mungkin, agar mudik Lebaran tahun ini lebih baik dari tahun-tahun sebelumnya dari sisi keamanan, keselamatan, dan kenyamanan," tutur Menteri PUPR Basuki Hadimuljono, Senin (3/6/2019).

Pada tahun 2019, Kementerian PUPR melalui Ditjen Cipta Karya mengerahkan sebanyak 32 mobil toilet yang tersebar pada 27 lokasi. Mobil toilet tersebut akan melayani para pemudik baik pada masa arus mudik maupun arus balik.

Dari jumlah 27 titik tersebut, 6 titik berada di SPBU dan pos siaga yakni di ruas jalan arteri Lampung-Palembang, Lingkar Gentong KM 75 Tasikmalaya, Bumiayu dan Ajibarang di Jalan Pantai Selatan Jawa, Jalan Pantura-Tegal yakni di Terminal Kota Tegal dan setelah exit tol Pemalang.

Sisanya sebanyak 21 titik disiagakan di ruas jalan Tol Trans Jawa dan Trans Sumatera, diantaranya Tol Medan – Tebanggitinggi KM 65,7, Tol Medan – Tanjung Morawa KM 65,7, dan Tol Medan – Binjai.

Selanjutnya Tol Jakarta – Merak KM 68A, Jakarta – Merak KM 68B, Tol Jakarta – Cikampek KM 18A, Tol Jakarta - Cikampek KM 59A, Tol Cikampek – Palimanan KM 116A, Tol Palimanan – Kanci 207A, dan Tol Pejagan – Pemalang KM 229.

Kemudian juga di Tol Purbaleunyi KM 72A dan KM 147A, Tol Pemalang – Batang KM 344A, Tol Semarang – Solo KM 429A dan KM 487 A, Tol Solo – Ngawi KM 519A, Rest Area Ngawi – Kertosono KM 603, Rest Area Jombang – Mojokerto KM 695B, Rest Area ruas Tol Mojokerto – Surabaya KM 725, Ruas Tol Pandaan – Malang KM 793, dan Tol Pasuruan – Probolinggo KM 833.

 

Sarana Lain

Pemudik salat di masjid Rest Area Km 228A Tol Kanci-Pejagan, Cirebon, Jawa Barat, Sabtu (1/6/2019). Rest area ini memiliki 308 toilet dan fasilitas lainnya seperti masjid, rumah makan, dan lain-lainnya. (Liputan6.com/Herman Zakharia)

Selain mobil toilet, Kementerian PUPR juga menyiagakan sarana dan prasarana sanitasi berupa 37 unit hidran umum, 8 unit mobil tangki air, 6 unit mobil tinja, dan 8 unit bus VVIP.

Hidran umum ini bisa dimanfaatkan untuk berwudhu oleh para pemudik yang ingin menjalankan sholat di posko Kementerian PUPR maupun masjid rest area.

Untuk operasional mobil toilet dan hidran umum, Kementerian PUPR menurunkan 112 petugas yang bekerja selama 24 jam secara bergantian.

Adapun Kementerian PUPR juga menyediakan posko mudik dan call center untuk para pemudik yang menggunakan jalan nasional. Terdapat 584 posko mudik tersebar di seluruh jalan nasional di Indonesia.

Posko mudik ini dilengkapi oleh personel, alat berat, dan material untuk mengantisipasi terjadinya bencana banjir, longsor atau jalan berlobang. Masyarakat dapat menghubungi call center 0812-8383-5757 untuk melaporkan hambatan di jalan nasional tersebut.

Tonton Video ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Mudik di Jalur Selatan Longgar

Posted: 02 Jun 2019 10:00 PM PDT

Liputan6.com, Garut - Dibanding tahun lalu, pelaksanaan mudik lebaran jauh lebih lancar. Antrian kendaraan di sebagian ruas jalur selatan Jawa via Garut, Jawa Barat, relatif tanpa hambatan.

"Jauh sekali dibanding tahun lalu, sekarang malah hampir tidak ada kemacetan total, tetapi kita tetap siaga," ujar Kapolres Garut AKBP Budi Satria Wiguna, saat memandu one way ke arah Tasik, di pos terpadu Limbangan, Ahad (2/6/2019).

Menurut Budi, pelaksanaan mudik lebaran di jalur selatan Jawa relatif tidak ada hambatan berarti, beroperasinya beberapa tol baru di pulau Jawa bagian utara, mampu mengurai kemacetan di wilayah selatan.

"Kalau pun ke sini, hanya sisanya saja untuk rute yang berada di Jabar selatan," kata dia.

Ia membadingkan volume kendaraan pemudik roda dua atau sepeda motor, yang melintasi Garut pada h-5 tahun lalu mencapai  80 ribu, namun kali ini pada saat yang sama, hanya sekitar 13 ribu unit.

Sementara kendaraan roda empat atau mobil, jumlah yang masuk melintasi Garut hingga H-5 lalu hanya mencapai 20 ribu unit. "Kalau tahun lalu pada saat H-5 bisa mencapai 60-70 ribu," ujar dia membandingkan.

Selain beroperasinya tol baru, masa liburan yang terbilang lama hingga dua pekan, menyebabkan pemudik lebih bijak memilih waktu yang tepat. "Dampaknya mereka tidak mudik dalam satu waktu," ujarnya.

Budi menambahkan, kesiapan seluruh aparat, termasuk rekayasa lalu lintas yang diterapkan, mampu mengurai sejumlah titik sumbatan kendaraan para pemudik. "One way sengaja kita lakukan sesering mungkin untuk memecah setiap potensi kemacetan," papar dia.

Tak ayal datangnya ribuan volume kendaraan saat mudik lebaran tahun ini relatif lebih lancar dibanding tahun lalu. Jika ada sumbatan, AKBP Budi Wiguna meminta untuk memberi kabar padanya. 

 Simak video pilihan berikut:

Obral One Way

Nampak lenggang, Kapolres Garut AKBP Budi Satria Wiguna tengah memberikan intruksi saat one way berlangsung. (Liputan6.com/Jayadi Supriadin)

Budi mengakui, selain kesiapan petugas di lapangan, strategi pembukaan one way sesering mungkin, mampu memecah setiap potensi antrian kendaraan pemudik yang datang. "Asal ada info dari pos terdekat baik Gentong (Ciawi, Tasikmalaya) atau Nagreg (Kabupaten Bandung) kita langsung buka (one way)," ujar dia.

Upaya itu ujar dia, sangat efektif untuk menghindari adanya antrian panjang kendaraan mudik lebaran yang melintasi wilayah selatan Jawa via Limbangan, Garut. "Sampai saat ini boleh dikatakan masih cair dan lancar, kita doakan saja sampai akhir," ujar dia.

Namun meskipun demikian, lembaganya tetap memantau perkembangan, terutama banyaknya potensi pemudik yang belum melakukan mudik lebaran. "Sekarang kan liburnya lumayan panjang, jadi pemudik tidak melakukan mudik pada satu waktu," ujar Budi.

Hingga petang tadi total one way sudah mencapai tujuh kali, rinciannya jalur Kadungora-Leles mencapai tiga kali, sementara jalur Limbangan mencapai 4 kali. "Nanti lihat hingga malam hari apakah antrian masih ada atau lancar," ujar Budi mengenai rencana one way berikutnya.

Sementara jumlah kendaraan yang melintasi Garut kemarin mencapai 95.391 unit, rinciannya motor 58.762 unit,  serta mobil 36.629 unit. Angka ini menunjukan peningkatan jika dibanding Jumat, (31/6/2019) lalu.

Sementara data TMC Polda Jabar per 31 Mei 2019 lalu mencatat,  jumlah kendaraan yang melintasi Garut mencapai 90.067 unit,  rinciannya kendaraan motor mencapai 55.918 unit, mobil 34.149 unit.

Untuk menghindari datangnya lonjakan volume pemudik susulan, lembaganya tetap menyiagakan seluruh petugas di seluruh pos jaga pengamanan mudik lebaran yang tersebar di Garut. "Ya kita gak boleh lengah, apapun yang terjadi di lapangan harus kita segera lakukan tindakan, insyaalloh kami siap," ujarnya.

 

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

VIDEO: Tersesat, Truk Melaju di Rel Kereta Api

Posted: 02 Jun 2019 10:00 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Sebuah truk tersesat hingga melaju di rel kereta api. Beruntung warga yang melihat meminta truk mundur agar tak terjadi tabrakan dengan kereta.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Jumlah Penumpang di Stasiun Gambir Mencapai 22.650 pada H-3 Lebaran

Posted: 02 Jun 2019 09:52 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Kereta api menjadi salah satu alternatif moda transportasi mudik Lebaran. Salah satu titik pemberangkatan dan kedatangan penumpang kereta api kelas eksekutif adalah Stasiun Gambir.

Berdasarkan data terakhir yang dihimpun dari posko humas Stasiun Gambir, jumlah penumpang pada H-3 Lebaran atau pada Minggu 2  Juni, sebanyak 22.650 orang. Sementara jumlah penumpang kumulatif dari 26 Mei sampai 2 Juni adalah 155.291.

Jumlah kereta api reguler yang disiapkan untuk mengangkut pemudik sebanyak 32 unit. Sementara disiapkan juga kereta tambahan sebanyak 12 unit dan tambahan ekstra dua unit. Total kereta yang disiapkan sebanyak 46 unit.

Pihak Stasiun Gambir juga melakukan peningkatan fasilitas stasiun tahun ini. Disiapkan co-working space dengan berbagai fasilitas salah satunya akses internet. Pos kesehatan juga dibuka bagi para pemudik yang ingin memeriksakan kesehatan mereka.

Selain itu disiapkan delapan layanan loket dan tujuh unit tiket boks. Berdasarkan pantauan di ruang tunggu stasiun, Senin 3 Juni, tak terlihat penumpukan penumpang. Namun bangku di ruang tunggu yang disiapkan penuh sehingga banyak pemudik yang memilih duduk di lantai.

Saksikan video pilihan di bawah ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

4 Aksi Kaesang Pangarep yang Jadi Sorotan Publik, Disebut Anak Muda Sederhana

Posted: 02 Jun 2019 09:50 PM PDT

 

Liputan6.com, Jakarta Banyak tokoh yang hadir dalam pemakaman Mantan Ibu Negara RI, Ani Yudhoyono yang tutup usia pada Sabtu (1/6/2019) lalu. Tak terkecuali pada saat jenazah Ani Yudhoyono disemayamkan sementara di KBRI Singapura. Salah satunya putra bungsu Presiden RI Joko Widodo, Kaesang Pangarep yang bertolak ke Singapura untuk melayat. 

Dalam kesempatan penghormatan terakhirnya kepada Ani Yudhoyono, Kaesang Pangarep sempat menyedot perhatian publik. Beberapa petinggi menceritakan kedatangan Kaesang di KBRI Singapura di mana tindakannya dinilai patut diacungi jempol. Meski banyak juga yang mencibirnya lantaran gaya pakaiannya.

Politikus Partai Demokrat, Andi Arief dalam akun Twitternya @AndiArief__ menulis cuitan berisi cerita seorang pemuda yang kental dengan sopan santunnya saat melayat. Cuitan yang diunggah pada Minggu (2/6/2019) tersebut lantas dibanjiri komentar warganet. Cuitan-cuitan lain juga mengomentari apa yang dilakukan Kaesang.

Aksinya jadi sorotan saat melayat

Melalui akun Twitternya, @RachlanNashidik, Rachland Nashidik mengimbuhkan cerita lebih lengkap mengenai tindakan Kaesang yang banyak dipuji. Menurut cerita Rachland, Kaesang bahkan hendak mencium tangan Edhie Baskoro Yudhoyono dan Agus Harimurti Yudhoyono sebelum akhirnya mendapat pelukan.

Adik dari Gibran Rakabuming itu memang tak pernah luput dari sorotan publik. Tak hanya dikenal sebagai putra dari orang nomor satu di Indonesia, Kaesang juga seringkali mengundang tawa atas tingkahnya yang menghibur.

Kaesang seringkali berinteraksi dengan warganet melalui akun Twitternya, @kaesangp. Karenanya, hampir semua gerak gerik Kaesang selalu menjadi bahan perbincangan.

Untuk itu, berikut Liputan6.com sajikan 4 aksi Kaesang Pangarep yang tuai pujian seperti yang telah dihimpun dari berbagai sumber, Senin (3/6/2019).

1. Sosok Sederhana di Mata Paspampres

Fun Opening Markobar dan Sang Pisang (Deki Prayoga/bintang.com)

Sebagai bagian dari keluarga presiden RI, Kaesang Pangarep juga mendapat pengawalan dari Pasukan Pengamanan Presiden (Paspampres). Seorang anggota Paspampres bernama Yulianto sempat bercerita tentang sosok Kaesang.

Meski berstatus putra presiden, Kaesang dinilai sebagai sosok yang sangat sederhana. Padahal dia bisa saja meminta fasilitas istimewa untuk kesehariannya. Namun hal itu tidak dilakukannya, Kaesang tidak memanfaatkan posisi sang ayah sebagai orang nomor 1 di negeri ini.

2. Naik Pesawat Murah dan Sholat di Tempat Duduk

Sebelum aksinya saat melayat jenazah Ani Yudhoyono dibanjiri pujian, Kaesang memang sudah lama dikenal sebagai sosok low profile. Banyak orang yang tidak sengaja bertemu Kaesang dan langsung terpukau dengan sifatnya yang sederhana.

Misalnya saat dirinya terpergok menaiki low cost airlines atau maskapai penerbangan dengan tiket terjangkau. Kisahnya itu beredar di media sosial dan langsung viral. Pasalnya, Kaesang tak didampingi Paspampres sama sekali. Selain itu, ia bahkan terlihat tengah salat di tempat duduk.

3. Respon Mengejutkan saat Ditawari Endorse

Meski statusnya sebagai putra Presiden RI membuatnya bisa meminta fasilitas istimewa, Kaesang tak lantas besar kepala. Bahkan, ketika dirinya ditawari endorse pun, ada kisah menarik yang tak jauh dari sosoknya yang sederhana.

Bagaimana tidak, alih-alih meraup keuntungan sendiri dari endorse, Kaesang justru melakukan hal tak terduga. Ia tak mau menerima barang endorse secara cuma-cuma. Sebaliknya, ia justru ikut membeli barang endorse dengan uangnya sendiri.

4. Sederhana bareng sang kekasih

Kaesang Pangarep (Sumber: Instagram/kaesangp)

Seperti diketahui, Kaesang Pangarep memiliki kekasih bernama Felicia Tissue. Layaknya sepasang anak muda, Kaesang dan Felicia kerap mengunggah kebersamaannya di akun Instagram masing-masing. Namun, gaya berpacaran keduanya tak pernah berlebihan. Terlihat dari deretan foto keduanya yang selalu sederhana dan sopan.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Bintang Juventus Dukung Sarri Gantikan Allegri

Posted: 02 Jun 2019 09:45 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Juventus masih belum memiliki pelatih untuk musim 2019-2020 sejak memutuskan berpisah dengan Massimiliano Allegri. Juventus diperkirakan baru akan mengumumkan arsitek baru pada bulan Juni ini.

Sejak berpisah dengan Allegri, banyak nama pelatih beken yang dikaitkan dengan Juventus. Mulai dari Josep Guardiola, Mauricio Pochettino, Carlo Ancelotti, hingga Maurizio Sarri.

Dalam beberapa hari terakhir nama Sarri yang paling mencuat menjadi pelatih baru Juventus. Kebetulan Chelsea berniat mendepak Sarri meski sukses juara Liga Europa.

Rumor bergabungnya Sarri ini mendapat sambutan positif salah satu pemain Juventus, Federico Bernardeschi. Eks pemain Fiorentina itu mendukung Sarri menjadi pengganti Allegri.

"Saya tidak akan berkomentar tentang siapa pelatih berikutnya, karena klub memiliki beberapa direktur yang hebat, sehingga siapa pun yang datang akan mengerjakan tugas dan membawa sesuatu yang baru untuk setiap pemain," ujar Bernardeschi.

Pernah di Napoli

Pelatih Chelsea, Maurizio Sarri  (AFP Photo/Ben Stansall)

"Sebagai pemain, saya bisa membiarkan diri saya mengatakan bahwa profil Sarri cocok, tetapi saya tidak tahu apakah dia akan menjadi pelatih berikutnya atau tidak," lanjut Bernardeschi.

Sarri sudah tidak asing dengan Liga Italia Serie A. Sebelumnya Sarri sukses melatih Napoli. Bersama Sarri, Napoli sering jadi seteru Juventus dalam perburuan Scudetto.

Klasemen Liga Italia

 

 

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Van Gaal: MU Dipimpin Orang yang Tak Paham Sepak Bola

Posted: 02 Jun 2019 09:45 PM PDT

Liputan6.com, Manchester - Louis van Gaal mengkritik mantan tim asuhannya, Manchester United (MU). Van Gaal menyebut MU saat ini dipimpin oleh orang yang tak mengerti sepak bola.

"Di Bayern Munchen, orang-orang yang bekerja adalah mereka yang mengerti sepak bola. Saya selalu mengapresiasinya," kata Van Gaal yang juga pernah menukangi Bayern Munchen, seperti dilansir Calciomercato.

"Di MU sebaliknya, Ed Woodward bekerja sebagai CEO, orang yang tak punya pengetahuan sama sekali soal sepak bola, yang sebelumnya investor bank," ujar Van Gaal menambahkan.

Van Gaal pernah melatih MU dari musim 2014/15 hingga akhir musim 2015/16. Selama dua musim, manajer asal Belanda ini hanya mempersembahkan trofi Piala FA.

Menurut Van Gaal, perekrutan Woodward membuat semua kebijakan MU dinilai dari sudut pandang komersil. Ia menilai, hal itu membuat MU hanya bagus dari sisi keuangan.

"Sebuah klub tak bisa bagus ketika hanya dijalankan dari perspektif komersil," ujar Van Gaal.

 

 

Perekrutan Mourinho

Louis van Gaal saat menukangi MU (AFP/Glyn Kirk)

Van Gaal menambahkan, salah satu kebijakan berbau komersil adalah perekrutan Jose Mourinho. Menurutnya, Mourinho didatangkan karena bagus secara bisnis.

"Saya bukannya menentang rencana klub. Mereka menginginkan Mourinho dan dia tersedia. Tetapi merekrut Mourinho jelas bagus secara bisnis," ujar Van Gaal mengakhiri.

Terpuruk

MU saat ini boleh dibilang sedang terpuruk. Di musim ini, MU tak lolos ke Liga Champions setelah hanya finis di peringkat keenam.

Alhasil, pasukan Ole Gunnar Solskjaer hanya akan berkompetisi di Liga Europa musim depan. Beberapa pemain pun menjadi sasaran kemarahan fans antara lain Paul Pogba dan Romelu Lukaku.

 

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Kecelakaan Lalu Lintas Menurun Selama 4 Hari Operasi Ketupat

Posted: 02 Jun 2019 09:45 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Kepala Korps Lalu Lintas Polri Irjen Pol Refdi Andri mengatakan selama empat hari operasi Ketupat Lodaya pada tahun 2019 ini untuk kejadian kecelakaan lalu lintas menurun dibandingkan priode yang sama di tahun 2018.

"Selama empat hari operasi ada penurunan jumlah kecelakaan apabila dibandingkan dengan tahun lalu," kata Refdi di GT Palimanan, Cirebon, Jawa Barat, Minggu 2 Juni 2019.

Menurutnya pada 2018 di empat hari operasi Ketupat Lodaya, terdapat 152 kasus kecelakaan lalu lintas di seluruh jalur mudik. Di mana dari jumlah tersebut mengakibatkan 67 orang meninggal dunia.

Namun pada priode yang sama di tahun 2019 ini hanya ada 67 kasus kecelakaan dan mengakibatkan 18 orang meninggal dunia.

"Dan mudah-mudahan kasus kecelakaan akan terus mengalami penurunan termasuk korban fatalnya," ujarnya.

Pihaknya mengaku terus melakukan langkah antisipasi dengan memberikan pengetahun kepada pemudik atau masyarakat ketika berada di jalan, agar terus berhati-hati dan menaati rambu-rambu lalu lintas.

Selain itu juga pemudik harus mengecek kondisi kendaraan sebelum melakukan perjalanan, agar bisa meminimalkan resiko terjadinya kecelakaan lalu lintas.

"Kita terus gencar menyampaikan pesan-pesan keselamatan kepada pengguna jalan," tutur dia seperti dilansir Antara.

Refdi menambahkan kalau dicermati dan dianalisa serta laporan dari kewilayahan kebanyakan kecelakaan itu diakibatkan kurangnya kontrol dari pengemudi.

"Mungkin mereka lelah, capai namun tidak istirahat. Mereka juga tidak mengatur jam perjalanan dan itu yang kita lihat," katanya.

Untuk itu pihaknya mengimbau kepada masyarakat ketika mengemudi harus dalam keadaan prima dan segar dan apabila sudah capai serta lelah silahkan istirahat terlebih dahulu, jangan memaksakan.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

FAA: Boeing 737 MAX dan NG Mungkin Memiliki Komponen Cacat

Posted: 02 Jun 2019 09:43 PM PDT

Liputan6.com, Washington DC - Sejumlah pesawat Boeing 737 MAX dan Next Generation (NG) dimungkinkan memiliki komponen yang cacat atau tidak diproduksi dengan benar, kata Administrasi Penerbangan Federal Amerika Serikat (FAA). Komponen tersebut akan membutuhkan penggantian, kata FAA pada Minggu 2 Juni 2019.

FAA melanjutkan, terdapat 148 bilah "leading edge slat" (permukaan aerodinamis di ujung depan sayap pesawat) buatan pemasok Boeing yang terpengaruh, mencakup 133 pesawat tipe Next Generation (NG) dan 179 jenis MAX di seluruh dunia. Menurut otoritas, kegagalan produksi komponen itu akan menyebabkan kerusakan pesawat dalam penerbangan.

Bilah adalah panel yang dapat bergerak yang memanjang di bagian depan sayap pesawar selama tinggal landas dan mendarat.

Menurut FAA, Boeing telah mengidentifikasi kelompok pesawat dengan seri 737 NG dan 737 MAX yang dicurigai telah terpasang komponen yang tidak diproduksi dengan benar. Mengutip The Straits Times pada Senin (3/6/2019) di antaranya termasuk 32 pesawat tipe NG dan 33 Boeing 737 MAX di Amerika Serikat.

Bagian-bagian yang terpengaruh "mungkin rentan terhadap kegagalan prematur atau retak akibat proses pembuatan yang tidak tepat," kata FAA.

FAA akan mengeluarkan Arahan Kelayakan Udara (Airworthiness Directive) yang meminta Boeing untuk mengidentifikasi dan menghilangkan komponen-komponen yang bermasalah itu. Operator perusahaan pesawat itu akan diminta melakukan tindakan ini dalam 10 hari.

Boeing 737 MAX saat ini berstatus tengah ditangguhkan untuk terbang, sejak Maret 2019 lalu. Langkah itu diambil sebagai respons atas kecelakaan fatal Ethiopian Airlines ET302 dan Lion Air JT610, yang keduanya menewaskan 346 orang.

Boeing Akui Kecacatan pada Software 737 MAX

Polish Airlines dengan jenis pesawat Boeing 737 MAX varian 8 berjalan di landasan Bandara Internasional Borispol. (iStockphoto)

Sementara itu, Boeing telah mengakui kecacatan pada piranti lunak simulator penerbangan untuk melatih pilot 737 MAX. Perusahaan kedirgantaraan yang bermarkas di AS itu mengatakan, simulator mengalami masalah karena tidak mampu mereplikasi kondisi penerbangan tertentu yang berkontribusi pada kecelakaan Ethiopian Airlines pada Maret, atau kecelakaan Lion Air di Indonesia Oktober lalu.

"Boeing telah melakukan koreksi pada perangkat lunak simulator 737 MAX dan telah memberikan informasi tambahan kepada operator perangkat untuk memastikan bahwa pengalaman simulator itu representatif di berbagai kondisi penerbangan," kata Boeing dalam sebuah pernyataan pada Sabtu 18 Mei 2019, seperti dilansir dari Al Jazeera.

Perusahaan tidak menunjukkan kapan pertama kali menyadari masalah tersebut, dan apakah mereka telah menotifikasi lembaga regulator penerbangan.

Pengakuan itu menandai pertama kalinya Boeing mengakui ada cacat desain pada perangkat lunak yang terkait dengan 737 MAX.

Perangkat lunak lain, yang berkaitan dengan mekanisme anti-stall atau MCAS, telah disebut sebagai salah satu faktor pada kecelakaan Ethiopian dan Lion Air --menurut laporan awal dari lembaga penyidik keselamatan penerbangan di Ethiopia dan Indonesia. Namun, Boeing tidak secara terbuka mengakui alat itu sebagai penyebab tunggal kecelakaan.

Piranti Anti-Stall Telah Diperbaiki?

Ilustrasi pesawat Boeing 737 Max 8 (AFP/Stephen Brashear)

Adapun Boeing mengklaim pada Kamis, 16 Mei 2019 bahwa pihaknya telah menyelesaikan pembaruan perangkat lunak pada pesawat 737 MAX.

Klaim perbaikan pada sistem anti-stall Boeing 737 MAX, yang dianggap sebagai faktor penyebab jatuhnya Lion Air JT 610 dan Ethiopian Airlines ET 302, kini harus memenangkan persetujuan dari regulator AS dan internasional.

"Dengan keamanan sebagai prioritas utama, kami telah menyelesaikan semua uji rekayasa terbang terkait pembaruan perangkat lunak, dan kini sedang mempersiapkan sertifikasi penerbangan akhir," kata Kepala Eksekutif Boeing Dennis Muilenburg.

"Seluruh kecelkaan tersebut memacu kami untuk meningkatkan komitmen pada nilai-nilai utama kami, termasuk keselamatan, kualitas, dan integritas, karena kami tahu kehidupan (dalam perjalanan udara) bergantung pada apa yang kami lakukan," lanjut Muilenburg.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Parodi Bohemian Rhapsody Versi Ramadan Ini Bikin Semangat Ibadah

Posted: 02 Jun 2019 09:40 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Buat kamu penggemar musik rock pasti sudah nggak asing lagi dengan grup band rock Queen. Band asal Inggris yang digawangi Freddie Mercury ini menjadi salah satu band rock legendaris dunia yang nama dan musiknya masih terus menjadi perbincangan banyak orang hingga kini. Sudah banyak judul lagu karya Queen yang terus menjadi inspirasi para musisi lain dalam bermusik.

 

Salah satu lagu dari Queen yang baru-baru mendapat soroton karena adalah Bohemian Rhapsody. Dirilis tahun 1975 di album A Night at the Opera, lagu ini menjadi karya paling ground-breaking di masanya. Meski tak semua memberi komentar manis, tetap saja komposisi ciptaan Freddie Mercury tersebut meraih sukses komersil di berbagai belahan dunia.

Tahun 2018 lalu film biopik yang bertajuk sama dengan judul lagunya 'Bohemian Rhapsody' ini diangkat ke layar kaca dengan mengambil fokus mengenai band Queen, khususnya sang vokalis hingga penampilan bersejarah mereka di Stadion Wembley dalam konser Live Aid pada tahun 1985. Berkat film tersebut lagu Bohemian Rhapsody kembali hits serta banyak dicover dan diparodikan.

Baru-baru ini viral di media sosial soal parodi Bohemian Rhapsody versi Ramadan. Video ini digagas oleh akun Instgaram @sepulangsekolah bercerita tentang Bohemian Rhapsody versi Ramadan. Berikut Liputan6.com rangkum video parodi Bohemian Rhapsody versi Ramadan ini bikin semangat ibadah, Kamis (9/5/2019).

Banyak pesan moral

Bulan Ramadan merupakan bulan yang dinanti-nantikan oleh seluruh umat muslim di dunia. Dalam waktu satu bulan penuh, seluruh umat muslim diwajibkan untuk berpuasa. Kamu harus senantiasa menahan rasa lapar, haus, emosi dan nafsu selama bulan Ramadan ini. Di momentum inilah kamu bisa introspeksi diri agar menjadi pribadi yang lebih baik lagi.

Seperti yang disampaikan dalam lagu ini, banyak sekali lirik yang di ubah menjadi pesan moral yang disampaikan kepada generasi muda saat bulan puasa ini. Seperti, "Pemuda-pemudi jarang mengaji, tadarus, tadarus, jarang ngaji sering selfie. Mesjid makin sepi, mushala apalagi, Masya Allah, Masya Allah".

 

Viral di media sosial

Dengan lirik yang diganti dan banyak menyampaikan pesan moral ini, video parodi inipun viral di media sosial. Tak ayal banyak mendapat ragam komentar positif dari warganet yang memuji pesan baik yang disampaikan.

" Ya ampun.. korang ni dalam lawak ada jugak pesannya. Sangat mendalam" Oleh Siti Maisarah

"COVER PARODI TERBAIK NYA INDONESIA! MULAI DARI MUSIKALITAS, INSTRUMENT , KREATIFITAS LIRIK DAN SEMUA KONSEP DIDALAM SINI DIPIKIRKAN DENGAN SIRIUS DAN HASILNYA MENJADI BECANDA. INI. KEREN" oleh Fahri ilyas

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Gagal Finis di MotoGP Italia, Valentino Rossi Frustrasi

Posted: 02 Jun 2019 09:35 PM PDT

Mugello - Valentino Rossi tak bisa menyembunyikan kekecewaan usai gagal finis di MotoGP Italia akhir pekan kemarin. Bahkan The Doctor menyebut balapan kemarin sebagai salah satu yang terburuk sepanjang kariernya.

Tanda-tanda balapan MotoGP Italia menjadi malapetaka bagi Valentino Rossi sudah terlihat sejak latihan bebas pertama pada Jumat (31/5/2019), kemudian berlanjut hingga balapan. Sepanjang sesi latihan besar pembalap berusia 40 tahun tersebut selalu gagal menembus 10 besar.

Akibatnya, Rossi gagal lolos langsung ke kualifikasi kedua (Q2). Kiprah pahit Rossi bertambah lengkap setelah hanya start ke-14 pada kualifikasi. Saat balapan, Rossi sempat memperbaiki posisi. Namun, perjuangannya berakhir dini setelah terjatuh sebelum finis. 

Padahal, harapan tinggi sempat mengiringi pembalap pengoleksi sembilan gelar juara dunia itu saat menyambut MotoGP Italia. Jejaknya di MotoGP Italia dalam beberapa tahun terakhir sebenarnya cukup memuaskan. 

Pada 2016 dia sempat memimpin balapan sebelum mesin motornya jebol. Kemudian pada 2017 finis di posisi keempat, dan musim lalu berhasil naik podium. 

"Jadi ini akhir pekan yang sangat sulit dan yang terburuk untuk waktu yang lama, karena kami benar-berat tak pernah melaju kencang. Kami membalap di sini dengan mengetahui fakta bakal kesulitan. Kami sempat berharap bisa kuat di sini, tapi tak seperti ini. Dalam seluruh sesi latihan bebas kami tak terlalu cepat," kata Rossi, seperti dilansir Crash

"Mengawali balapan dari belakang selalu sulit, apalagi ketika kecepatan saya tak fantastis," ujar Valentino Rossi.

 

Awal Mula Malapetaka

Awal mula malapetaka Rossi terjadi ketika berusaha melewati Joan Mir pada lap kelima untuk memperebutkan posisi ke-14. Kegagalan menyalip membuat kedua pembalap melebar ke gravel. Rossi kembali masuk lintasan, namun melorot ke urutan ke-22. 

Namun, tak lama berselang dia mengalami crash di lap kedelapan. Rossi gagal tersenyum di balapan kandangnya sendiri. 

"Saya kehilangan segalanya ketika ketika bersentuhan dengan Mir. Saya akan menyalip, tapi kami bersenggolan dan kami keluar lintasan.  Saya juga mengalami crash pada Arribiata 2, tapi secara keseluruhan ini akhir pekan yang sangat sulit untuk hal-hal yang terjadi," urai Rossi. 

"Kami juga sangat lambat dan kesulitan di balapan saat bersaing dengan pembalap lain. Kami tak cepat di lintasan lurus atau akselerasi. Balapan seperti ini sangat sulit. Kami harus berusaha dan melakukan sesuatu," imbuh Valentino Rossi.

Sumber: Bola.com

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

VIDEO: Negara Ini Larang Pakai Hijab di Sekolah

Posted: 02 Jun 2019 09:35 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Perancis menetapkan peraturan larangan pemakaian atribut keagamaan. Termasuk pemakaian hijab di sekolah dasar atau sekolah menengah.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Jelang Idul Fitri Kementan Terus Kawal Pasokan Cabai dan Bawang Merah

Posted: 02 Jun 2019 09:32 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Kementerian Pertanian terus melakukan pemantauan terhadap pasokan aneka cabai dan bawang merah di tanah air menjelang lebaran Iedul Fitri. Pemantauan secara husus dilakukan untuk wilayah DKI Jakarta dan sekitarnya. Upaya tersebut dilakukan untuk mengantisipasi lonjakan harga diluar kewajaran terutama saat beberapa hari menjelang dan sesudah lebaran.

Pemerintah berharap masyarakat bisa menikmati lebaran tahun ini dengan lebih nyaman dan suka cita. Meskipun secara umum pasokan tersedia, Pemerintah mewaspadai potensi lonjakan harga akibat kendala distribusi dan transportasi pada musim lebaran tahun ini.

Direktur Sayuran dan Tanaman Obat, Ditjen Hortikultura Kementerian Pertanian, Moh Ismail Wahab melalui keterangan tertulis menyebut Kementan telah memetakan pasokan cabai ke pasar DKI Jakarta dan sekitarnya pada H-5, hari-H, hingga H+5 dari berbagai daerah sentra pemasok.

"Tiap hari idealnya pasokan cabai rawit masuk Jakarta dan sekitarnya sebanyak 90 - 110 ton per hari, untuk cabai besar antara 80 – 90 ton per hari, dan untuk bawang merah butuh 90 - 112 ton per hari. Barometernya bisa dilihat dari 3 pasar induk yaitu Pasar Induk Kramat Jati, Pasar Induk Cibitung dan Pasar Induk Tanah Tinggi," terang Ismail.

"Kalau pada saat hari-H pasokan tidak banyak, paling banyak separuhnya dari hari-hari biasa. Hal itu wajar, karena permintaan pasar berkurang drastis, pedagang maupun konsumen fokus merayakan lebaran di lingkungannya masing-masing. Sedikit sekali yang ke pasar. Pasokan dari sentra tentunya menyesuaikan," jelasnya.

Menurut Ismail, kebutuhan cabai rawit pasar DKI Jakarta dan sekitarnya dipasok dari sentra Kediri, Blitar, Cianjur, Garut, Tuban, Bandung dan Sumedang. Tiap hari rata-rata masuk 120 ton cabai rawit ke pasar DKI Jakarta dan sekitarnya sehingga secara umum harga aman terkendali.

Untuk Cabai besar dipasok dari Cianjur, Sumedang, Majalengka, Kulonprogo, Tasikmalaya dan Bandung dengan pasokan rata-rata 85 – 93 ton/hari.

Sementara untuk kebutuhan bawang merah se-Jabodetabek dipasok dari sentra besar Brebes, Cirebon, Majalengka, Pati, Demak, Kendal, Pemalang, Tegal hingga Nganjuk, dengan rata-rata pasokan mencapai 220 – 240 ton per hari.

"Kami perkirakan untuk Cabai dan bawang merah aman stabil, kami mengawal ketat pasokannya. Tentu kami melibatkan berbagai pihak untuk pengamanan pasokan dan harga cabai dan bawang merah ini", kata Ismail. Melalui Posko Cabai dan Bawang Merah Ditjen Hortikultura, terus kami catat harga harian komoditas ini di tingkat petani dan pasar lokal di seluruh Indonesia, serta harga di pasar induk dan retail DKI Jakarta.

"Pemantauan bahkan tetap dilakukan saat hari raya Idul Fitri untuk berjaga-jaga sekaligus sebagai sistem peringatan dini ( Early Warning System)," pungkas Ismail.

Dikonfirmasi melalui kontak seluler, Kasubdit Cabai dan Sayuran buah Ditjen Hortikultura, Mardhiyah Hayati, mengatakan bahwa pasokan cabai besar didominasi jenis cabai merah keriting dan jenis cabai besar TW. Jenis ini diserap untuk kebutuhan industri. Harga cabai besar TW yang sempat anjlok beberapa bulan lalu karena waktu itu banyak pertanaman.

"Kami bersama dengan Dinas Pertanian daerah dan para petani champion terus berupaya memenuhi kebutuhan industri maupun konsumsi langsung masyarakat," tandas Mardhiyah.

Aseng, petani cabai besar asal Sumedang menyebut harga cabai besar TW di Jakarta kompetisi karena permintaan pasar Bandung meningkat dari biasanya. Selain itu, kini pedagang dan konsumen fokus persiapan lebaran bersama keluarga.

"Jalur transportasi menuju Jakarta dalam beberapa hari ini juga sedang digunakan untuk fokus arus mudik. Jalanan banyak yang macet dan tersendat. Sedikit banyak mempengaruhi ongkos transportasi. Jadi wajar ada dinamika harga," ucap Aseng.

Senada, petani cabai andalan dari Kulonprogo DIY, Sukarman, mengaku tetap semangat menjalankan proses lelang cabe merah keriting. Tiap malam tidak kurang dari 5 ton dikirim ke pasar Jakarta untuk menambah pasokan.

"Saat ini petani di Kulonprogo khususnya Desa Bugel, sedang memasuki masa panen cabe merah keriting. Selama bulan Ramadhan kami rutin menyelenggarakan lelang cabai setelah sholat taraweh, supaya pasokan ke kota-kita besar termasuk Jakarta terjaga dan harga stabil," ungkap Sukarman semangat.

Sementara itu, tokoh petani bawang merah Nganjuk, Akad, memastikan pasokan bawang merah pada Ramadan dan Idul Fitri 1440 H tahun ini stabil dan terkendali.

Hal ini disebabkan karena sentra di Jawa Timur khusus nya Nganjuk memasuki panen raya hingga mencapai 1.000 hektar. Harga di tingkat petani saat ini rata rata 16 ribu hingga 18 ribu per kilogran.

"Pasokan dari Nganjuk ke wilayah Jabodetabek rata rata 35-40 ton per hari. Sebagian petani sekarang sudah mempersiapkan tanam untuk persiapan Idul Adha 1440 H. Harga bawang merah lebaran ini di konsumen stabil dan cukup bagus buat petani, jadinya mereka semangat tanam lagi," kata Akad senang.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

4 Opor Ayam untuk Menu Lebaran, Lengkap Dengan Resep Praktis

Posted: 02 Jun 2019 09:30 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Opor ayam untuk menu Lebaran menjadi menu andalan di Indonesia. Hidangan ini begitu dikenal dan dirindukan saat hari raya tiba.

Opor ayam untuk menu Lebaran biasa disantap dengan potongan ketupat. Opor ayam ini menjadi menu yang paling ditunggu.

Hampir di seluruh penjuru Indonesia mengenal kudapan satu ini. Perpaduan ayam dengan kuah kental dari santan yang ditambah berbagai bumbu rempah menjadi makanan khas saat Lebaran. Cita rasa gurih membuat opor ayam untuk menu Lebaran menjadi hidangan istimewa.

Beragam pilihan resep opor ayam untuk menu Lebaran bisa Anda coba untuk hidangan di hari raya. Resep opor ayam untuk menu Lebaran ini dapat dijadikan panduan untuk Anda yang ingin masak opor sendiri di rumah.

Berikut resep opor ayam untuk menu Lebaran yang berhasil Liputan6.com rangkum dari berbagai sumber, Minggu(26/5/2019).

Opor Ayam Telur dan Tahu

Opor Ayam Telur dan Tahu (sumber: iStockphoto)

Bahan:

4 potong ayam

4 potong tahu

4 butir telur

3 cm lengkuas (geprek)

2 lembar daun jeruk

2 lembar daun salam

1 batang serai (geprek)

300 ml santan

Air (Secukupnya)

Bumbu yang dihaluskan:

3 butir bawang putih

3 butir kemiri

1 cm kunyit

1 cm jahe

1 cm kencur

1 sdt lada

1 sdt ketumbar

garam (Secukupnya)

gula (Secukupnya)

Cara pembuatan:

1. Rebus telur tambahkan sedikit minyak agar mudah dikupas. Setelah matang, tiriskan lalu kupas. Sementara itu, rebus ayam hingga matang lalu tiriskan.

2. Siapkan semua bahan. Haluskan bumbu

3. Panaskan minyak, tumis bumbu halus tambahkan serai, lengkuas, daun jeruk & daun salam sampai harum. Kemudian tambahkan air sisa rebusan ayam secukupnya, tunggu hingga mendidih.

4. Tambahkan garam & gula sesuai selera, lalu masukan semua bahan.

5. Tambahkan santan sambil diaduk perlahan agar santan tidak pecah. Setelah mendidih kecilkan api, tes rasa.

6. Jika dirasa sudah pas, masak hingga bumbu meresap. Kemudian angkat & sajikan.

7. Lebih nikmat dengan taburan bawang goreng.

Opor Ayam Sederhana

Opor ayam. (Foto & Resep: Opor ayam)

Bahan:

1 ekor ayam kampung

300 ml santan kental

600 ml santan encer

2 lbr daun salam

2 btg sereh

Bumbu:

8 btr bawang merah

6 btr bawang putih

3 btr kemiri

1 sdm merica btr

1 cm kunyit

3 cm lengkuas

2 cm jahe

1 sdm ketumbar

Garam secukupnya

Gula secukupnya

Cara masak:

1. Bersihkan lebih dulu ayam, lalu potong-potong.

2. Panaskan minyak di dalam wajan, tumis semua bumbu halus hingga tercium aroma harum.

3. Masukkan ayam, aduklah perlahan hingga tercampur rata dengan bumbu.

4. Masukkan santan encer sambil kembali mengaduk-aduk.

5. Setelah beberapa saat santan akan berkurang, kemudian tambahkan santan kental beserta bumbu lainnya.6. Masaklah hingga daging ayam menjadi matang dan empuk.

7. Angkat dan sisihkan.

8. Opor ayam sederhana siap disajikan.

Opor Ayam Kuning

Ilustrasi/copyright shutterstock.com

Bahan:

2 bh jeruk nipis

1 ekor daging ayam

2 gelas santan kental

1 sdt gula pasir

Secukupnya minyak goreng

2 gelas santan cair

3 lbr daun jeruk

2 btg serai

2 gelas santan kental

4 lbr daun salam

Secukupnya garam

Bumbu Halus:

8 siung bawang putih

8 btr kemiri

2 cm jahe

6 siung bawang merah

4 cm kunyit

1 sdm ketumbar

3 cm lengkuas

Cara memasak:

1. Potong daging ayam sesuai selera, kemudian cuci dulu hingga bersih.

2. Daging ayam yang telah di cuci diberi air perasan jeruk nipis, lalu diamkan selama 15 menit.

3. Setelah itu daging ayam digoreng hingga setengah matang.

4. Sambil menunggu, haluskan bumbu, yaitu bawang merah, bawang putih, kunyit, jahe, lengkuas,kemiri dan ketumbar. Gunakan uleg-uleg dan cobek atau blender untuk menghaluskan bumbu.

5. Siapkan wajan dulu untuk menumis bumbu halus, lalu tuangkan semua bahan ke dalam wajan sambil diaduk.

6. Masukkan serai, daun jeruk, dan daun salam sambil diaduk-aduk hingga tercium aroma harum.

7. Kemudian masukkan santan cair dan daging ayam ke dalamnya.

8. Gunakan nyala api kecil hingga sedang saat memasaknya, dan tutup wajan agar bumbu dapat meresap.

9. Terakhir, masukkan santan kental, sambil mengaduk-aduknya hingga mendidih. Supaya hasil resep ayam opor kuning masak dengan sempurna, usahakanlah agar santan tidak sampai pecah.

Opor Ayam Pedas

Opor ayam pedas (Istimewa)

Bahan:

1/2 ekor ayam

10 buah cabai merah keriting

20 buah cabai rawit merah

3 siung bawang putih

7 siung bawang merah

2 buah kemiri

kunyit (secukupnya)

150 ml santan kental

1 bungkus penyedap rasa ayam

1 buah jeruk nipis

3 lbr daun salam

2 btg serai

Cara pembuatan:

1. Bersihkan ayam dan potong beberapa bagian sesuai selera.

2.Lumuri ayam dengan air jeruk nipis dan diamkan beberapa menit untuk menghilangkan baunya, lalu cuci kembali.

3. Sanggrai(menggoreng tanpa minyak) cabai, bawang, kemiri dan kunyit sampai agak layu.

4. Setelah di sangrai haluskan cabai, bawang, kemiri dan kunyit, dan geprek serainya.

5. Tumis bumbu yang sudah di haluskan, masukan pula serai dan daun salam, tumis hingga harum.

6. Masukan ayam serta air secukupnya secara perlahan.

7. Hingga ayam matang masukan santan kental, aduk jangan sampai pecah.

8. Tambahkan penyedap rasa ayam atau bisa di gantikan gula dan garam sesuai selera.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Kaftan Mewah Melania Trump Bisa Jadi Inspirasi untuk Lebaran

Posted: 02 Jun 2019 09:30 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Istri Presiden Amerika Serikat (AS) Donald Trump kembali menarik perhatian. Kali ini terjadi saat Melania Trump menemani sang suami melakukan kunjungan kenegaraan ke Jepang, pada 27 Mei 2019.

Saat itu Melania terlihat anggun memakai kaftan dress berwarna pink pucat dengan detail sulaman warna silver dan aksen cape yang menjuntai dari bahu sampai ke kakinya.

Kaftan yang dikenakan Melania Trump merupakan keluaran label asal Paris, J. Mendel. Kaftan tersebut dijual seharga 4,490 dollar AS atau sekitar 64,5 juta rupiah!

Untuk melengkapi penampilan elegannya, Melania membiarkan rambutnya tergerai. Dua anting berlian dan pump heels warna silver, yang matching dengan detail gaun serta perhiasannya.

Untuk makeup, seperti biasa Melania membuat fokus di mata dengan smokey eye, sementara sisanya tetap terlihat natural.

Modelnya Sopan

Kaftan Melania Trump saat berkunjung ke Jepang. (Foto: instagram.com/melaniatrumpworld)

Penampilan Ibu Negara AS yang satu ini bisa dijadikan inspirasi outfit untuk lebaran nanti.

Untuk Anda yang berhijab, bisa menyesuaikan dengan mengenakan kaus lapisan dalam berlengan panjang untuk menutupi lengan, lalu sesuaikan dengan warna jilbab yang dipakai.  Kalau tidak dengan jilbab seperti Melania, tetap tak masalah.

Kaftan model ini tetap cocok dipakai di Hari Raya atau lebaran karena modelnya yang sopan. Sebagai ganti, pakai aksesoris kepala seperti turban saja untuk melengkapi penampilan Anda. (fitriandiani/Fimela.com)

Saksikan video pilihan di bawah ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Tak Cukup Bermusik, Wali Band Akan Buat Web Series Komedi

Posted: 02 Jun 2019 09:30 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Grup band Wali kembali menunjukkan eksistensinya di dalam dunia hiburan Tanah Air. Tak hanya bermusik, Wali juga sempat beberapa kali menghiasi layar kaca dalam beberapa judul sinetron.

Tak cukup sampai di situ, kali ini Wali menambah lagi karyanya dalam bentuk baru yakni web series. Wali akan meluncurkan program web series ini melalui kanal YouTube.

"InsyaAllah selain lagu, kita lagi membuat web series ya. Kita mau buat tayangan di YouTube. Sama offair seperti biasa ya," kata Apoy, gitaris Wali saat ditemui di kawasan Cibubur, Depok pada Jumat (31/5/2019).

Komedi Satir

Wali band kembali memperkenalkan single terbarunya pada 2019 ini,

Web series dari Wali ini akan banyak menampilkan fenomena-fenomena yang sering terjadi di kehidupan masyarakat. Fenomena-fenomena itu kemudian dikemas ke dalam komedi-komedi satir di web series tersebut.

"Ya fenomena kehidupan, ada joke-joke satir. Ya kita sama-sama paham apa yang menarik di YouTube ini framing-nya selalu entertaining. Kita mencoba untuk menggabungkan itu," tambah Apoy.

 

YouTube

Wali Band. (Galih W. Satria/Bintang.com)

Vokalis Wali, Faank, menyadari bahwa saat ini YouTube sedang menjadi media yang sangat populer. Untuk itu, Wali pun mencoba terjun di dalamnya.

"Iya, jadi kita lebih ke pengin buat sesuatu, karena sarat dengan hal-hal yang bagus. Kalau sekarang lagi rame YouTuber, vlogger, kenapa kita enggak juga bikin, bikin sesuatu yang bermanfaat, bukan menggurui atau apa-apa, tapi lebih banyak ke sama-sama belajar untuk lebih baik lagi," timpal Faank.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

7 Potret Megawati Soekarnoputri dari Muda Hingga Sekarang

Posted: 02 Jun 2019 09:20 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Megawati Soekarnoputri adalah presiden Indonesia yang ke-5. Megawati juga anak kedua dari presiden pertama Indonesia, Ir. Soekarno yang menikah dengan Fatmawati.  

Hingga ini, Megawati menjabat sebagai ketua umum Parta PDI-P. Kepemimpinannya sangat dihormati oleh banyak orang. Tak ayal hal tersebut membuat Megawati menjadi salah satu negarawan yang sangat dihargai masyarakat Indonesia.

Baru-baru ini, ada kabar duka terkait istri Susilo Bambang Yudhoyono, Ani Yudhoyono meninggal dunia. Banyak tokoh nasional yang mengantarkan almarhum ke tempat perisitirahatan terakhirnya, termasuk Megawati. Pertemuan Megawati dengan SBY kemarin menjadi salah satu pemandangan yang menyejukkan.

Terlepas dari pertemuan Megawati dan SBY, berikut Liputan6.com rangkum dari berbagai sumber, 7 potret Megawati dari muda hingga sekarang, Senin (3/6/2019).

1. Megawati menjadi cover majalah Violeta edisi tahun 1973

7 Potret Megawati dari Muda Hingga Sekarang (sumber: twitter.com/annisanurfathia)

2. Potret Megawati bersama suaminya Taufik Kiemas yang menikah pada Maret 1973

7 Potret Megawati dari Muda Hingga Sekarang (sumber: twitter.com/rmzulkipli)

3. Megawati tersenyum saat bertemu dengan Prabowo di tahun 2009

7 Potret Megawati dari Muda Hingga Sekarang (sumber: Liputan6.com)

4. Megawati bersama Presiden Korea Selatan tahun 2017 dalam upaya reunifikasi Korsel dan Korut

7 Potret Megawati dari Muda Hingga Sekarang (sumber: merdeka.com)

5. Megawati memberikan amanat pada jambore kader komunitas juang di GOR Satria Puwokerto

7 Potret Megawati dari Muda Hingga Sekarang (sumber: Liputan6.com)

6. Megawati bersama Presiden Joko Widodo

7 Potret Megawati dari Muda Hingga Sekarang (sumber: Instagram.com/bumegabercerita)

7. Megawati menyalami SBY saat pemakaman Almarhum Ani Yudhoyono

7 Potret Megawati dari Muda Hingga Sekarang (sumber: Instagram.com/bumegabercerita)

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Ketimbang Barcelona, De Ligt Disarankan Gabung Manchester City

Posted: 02 Jun 2019 09:20 PM PDT

Manchester - Matthijs de Ligt berada di antara tiga pilihan, yaitu Manchester United, Manchester City dan Barcelona. Ia masih belum memberikan kejelasan mengenai masa depannya. Hal itu membuat klub peminat semakin penasaran. Namun, de Ligt mendapat masukan dari Louis van Gaal.

"Saya rasa, de Ligt lebih baik memilih Manchester City. Ia bisa saja pergi ke Barcelona, karena bek tengahnya tidak terlalu bagus, sehingga memperbesar peluangnya tampil sebagai pilihan utama," ujar van Gaal.

"Ia bisa bermain untuk Barcelona atau Manchester United. Namun, tempat terbaik untuknya adalah di Manchester City."

"Jika saya berada di antara pilihan tersebut, saya lebih memilih untuk berada bersama Pep Guardiola dibanding Lionel Messi," ungkap van Gaal.

Komentar tersebut membuat suporter Manchester United berang. Louis van Gaal dinilai mendiskreditkan Manchester United dengan pernyataannya tersebut.

Peluang de Ligt untuk pindah ke Manchester City masih terbuka lebar. The Citizens sedang mencari bek anyar yang bisa menggantikan peran Vincent Kompany.

Sumber: Bola.com

Saksikan video pilihan di bawah ini

Highlight Final Liga Champions 2019

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Melawan saat Ditangkap, Pencuri Tembak Anggota Polsek Mesuji hingga Tewas

Posted: 02 Jun 2019 09:18 PM PDT

Fokus, Jakarta - Seorang anggota Polsek Mesuji, Sumatera Selatan, tewas ditembak pelaku pencurian saat sedang melakukan pengejaran.  

Seperti ditayangkan Fokus Indosiar, Senin (3/6/2019),  Kanit Reskrim Polsek Mesuji Bripka Aprizal sedang melakukan pengejaran enam pelaku pencurian bersenjata api di Desa Beringin Jaya, Ogan Komering Ilir, pada Minggu pagi.

Namun saat hendak ditangkap, para pelaku melakukan perlawanan dan melepaskan tembakan yang menembus dada korban.

Atas peristiwa ini almarhum yang meninggalkan seorang istri dan dua anak lelaki yang masih kecil, mendapatkan kenaikan pangkat satu tingkat menjadi ajun inspektur polisi dua atau aipda.  

"Terjadi baku tembak saat itu. lalu almarhum tertembak ya," ujar Kapolres Ogan Komering Ilir AKBP Doni Eka Syahputra.   

Hingga saat ini, tim gabungan Polda Sumatra Selatan dan Polres Ogan Komering Ilir masih melakukan pengejaran terhadap para pelaku yang identitasnya telah diketahui.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

China Menjustifikasi Penumpasan pada Insiden Tiananmen 1989

Posted: 02 Jun 2019 09:16 PM PDT

Liputan6.com, Singapura - China pada Minggu 2 Juni 2019, menjustifikasi tindakan kerasnya yang mematikan puluhan tahun lalu terhadap pengunjuk rasa pro-demokrasi di Lapangan Tiananmen Beijing 1989, dengan menyebutnya sebagai "kebijakan yang benar."

Menteri Pertahanan Wei Fenghe ketika menjawab pertanyaan yang diajukan pada konferensi di Singapura, mengatakan, "Ada kesimpulan untuk insiden itu. Ada gejolak politik yang perlu ditumpas oleh pemerintah pusat, pemerintah bertekad menghentikan gejolak, dan itu merupakan kebijakan yang benar," demikian seprti dikutip dari VOA Indonesia, Senin (3/6/2019).

Justifikasi Wei terhadap perlakuan brutal pemerintah China terhadap para pengunjuk rasa adalah pengakuan yang jarang terjadi atas demonstrasi berujung pembantaian di Tiananmen pada 4 Juni 1989.

Peristiwa sebagai buntut atas demonstrasi selama tujuh pekan oleh mahasiswa dan pekerja yang menuntut perubahan demokrasi serta diakhirinya korupsi.

Tentara dan tank-tank pemerintah mengejar dan membunuh ratusan pengunjuk rasa, dengan korban tewas diperkirakan mencapai ratusan hingga lebih dari 1.000 orang, meskipun jumlah pasti masih belum diketahui.

Sejumlah aktivis juga ditangkap oleh otoritas pasca kejadian tersebut.

Menhan Wei Fenghe mempertanyakan mengapa para pengecam masih mengatakan bahwa China "tidak menangani insiden itu dengan semestinya".

"Selama 30 tahun China terbukti telah mengalami perubahan besar," tambahnya.

Wei mengatakan karena tanggapan Beijing pada saat itu, "China telah menikmati stabilitas dan pembangunan."

 

Sensor Ketat

Bendera Republik Rakyat China (AP / Mark Schiefelbein)

Namun di China, sensor online diterapkan dengan menghapuskan penyebutan Pembantaian Tiananmen dari media sosial, artikel, komentar dan gambar atau foto.

Yang disensor termasuk sebuah foto ikonik 'the Tank Man' yang dijepret oleh jurnalis Associated Press Jeff Widener pada 5 Juni 1989 --hari-hari puncak ketika pembantaian Tiananmen terjadi. Foto itu menangkap momen ketika seorang pria berpakaian sipil yang diduga bagian dari massa aksi, berdiri di tengah jalan raya alun-alun Tiananmen untuk menghadang empat tank tentara China.

Diskusi tentang penindakan atas demonsrasi 30 tahun yang lalu tersebut masih tabu di China dimana pihak berwenang memperingatkan dan mengumpulkan aktivis, pengacara dan jurnalis setiap tahun menjelang Demonstrasi Tiananmen 1989.

Beberapa pejabat atau pegawai pemerintahan juga cenderung menghindari diskusi tentang isu tersebut jika ditanya oleh pihak luar.

Sekilas Insiden Tiananmen

Demonstran di Lapangan Tiananmen pada 14 Mei 1989 (CATHERINE HENRIETTE / AFP )

Pembantaian Lapangan Tiananmen, yang biasa dikenal di China daratan sebagai Insiden Empat Juni (liùsì shìjiàn) atau Enam-Empat, adalah demonstrasi yang dipimpin mahasiswa di Beijing pada pertengahan 1989.

Secara lebih luas, itu merujuk pada gerakan nasional populer yang diilhami oleh protes Beijing selama periode itu, kadang-kadang disebut Gerakan Demokrasi '89 (bājiu mínyùn).

Protes direpresif secara paksa setelah pemerintah mengumumkan darurat militer dan mengirim tentara untuk menduduki Beijing.

Dalam apa yang kemudian dikenal sebagai Pembantaian Lapangan Tiananmen, pasukan dengan senapan serbu dan tank menembaki para demonstran yang mencoba memblokir langkah militer menuju Lapangan Tiananmen. Perkiraan korban tewas bervariasi dari beberapa ratus hingga ribuan jiwa.

Sudut pandang lain pada foto ikonik 'Tank Man' yang diambil Stuart Franklin dari Magnum Photos (Stuart Franklin / Magnum Photos / public domain)

Berangkat dari kematian pemimpin Komunis pro-reformasi Hu Yaobang pada April 1989, di tengah latar belakang perkembangan ekonomi yang cepat dan perubahan sosial di China pasca-Mao Zedong, protes tersebut mencerminkan kekhawatiran tentang masa depan negara dalam kesadaran rakyat dan di kalangan elite politik.

Reformasi tahun 1980-an telah mengarah pada ekonomi pasar yang baru lahir namun berdampak pada kesenjangan ekonomi, dan sistem politik satu partai juga menghadapi tantangan legitimasi.

Keluhan umum pada saat itu termasuk inflasi, korupsi, kesiapan lulusan pendidikan yang terbatas untuk ekonomi baru, dan pembatasan partisipasi politik.

Gerakan siswa menyerukan demokrasi, akuntabilitas yang lebih besar, kebebasan pers, dan kebebasan berbicara, meskipun mereka menyusun aksi dengan tidak teratur dan tujuan mereka beragam.

Tank Man (Jeff Widener / Associated Press)

Pada puncak protes, sekitar 1 juta orang berkumpul di Alun-alun Tiananmen.

Ketika protes berkembang, pihak berwenang merespons dengan taktik damai dan keras, yang memperlihatkan perpecahan yang mendalam di dalam kepemimpinan partai.

Pada Mei 1989, mogok makan yang dipimpin oleh mahasiswa menggalang dukungan untuk para demonstran di seluruh negeri, dan protes menyebar ke sekitar 400 kota.

Pada akhirnya, pemimpin tertinggi Tiongkok, Deng Xiaoping dan para sesepuh Partai Komunis lainnya percaya bahwa protes tersebut merupakan ancaman politik dan memutuskan untuk menggunakan kekuatan.

Dewan Negara mendeklarasikan darurat militer pada 20 Mei 1989 dan mengerahkan sebanyak 300.000 tentara ke Beijing.

Tentara maju ke tengah Beijing pada jalan utama kota pada dini hari 4 Juni 1989, menewaskan demonstran dan warga biasa dalam proses mereka untuk meredam demonstrasi.

Siswa demonstran di Tiananmen, 10 Mei 1989 mengenakan kain bertuliskan kami menginginkan kebebasan pers, berkumpul, dan mendukung World Economic Herald dan jurnalis yang adil (Sa8 / Chinese Wikipedia / creative commons)

Komunitas internasional, organisasi hak asasi manusia, dan analis politik mengecam pemerintah Tiongkok atas pembantaian tersebut. Negara-negara Barat memberlakukan embargo senjata ke China.

Pemerintah China melakukan penangkapan besar-besaran terhadap para demonstran dan para pendukungnya, menekan protes-protes lain di sekitar Tiongkok, mengusir wartawan asing, secara ketat mengontrol liputan peristiwa-peristiwa dalam pers domestik, memperkuat polisi dan pasukan keamanan internal, dan menurunkan pejabat yang dianggap simpatik kepada para demonstran.

Secara lebih luas, penindasan untuk sementara waktu menghentikan kebijakan liberalisasi pada 1980-an.

Demonstrasi berujung pembantaian di Tiananmen dianggap sebagai peristiwa penting, yang kemudian menjadi embrio pembatasan ekspresi politik di China hingga abad ke-21. Memori atas peristiwa itu secara luas dikaitkan dengan mempertanyakan legitimasi pemerintahan Partai Komunis dan tetap menjadi salah satu topik paling sensitif dan paling banyak disensor di Tiongkok, hingga hari ini.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

2 Bocah Tewas Terbakar dalam Toko Kelontong di Deli Serdang

Posted: 02 Jun 2019 09:16 PM PDT

Fokus, Jakarta - Dua bocah berusia 6 dan 5 tahun tewas dalam musibah kebakaran yang melanda toko kelontong di Deli Serdang, Sumatra Utara.  

Seperti ditayangkan Fokus Indosiar, Senin (3/6/2019), ketika peristiwa terjadi bocah bernama Stevan dan Yosafat ditinggal di dalam toko oleh orang tuanya yang pergi beribadah.

Upaya pemadaman sempat dilakukan warga hingga mobil pemadam kebakaran dikerahkan.  

Hingga kini, aparat kepolisian masih melakukan penyelidikan untuk mengetahui penyebab pasti terjadinya kebakaran.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Chiellini Restui Icardi Gabung Juventus

Posted: 02 Jun 2019 09:15 PM PDT

Liputan6.com, Turin - Bek Juventus, Giorgio Chiellini kabarnya merestui keinginan klubnya untuk membajak Mauro Icardi dari Inter Milan. Bek veteran ini yakin, reputasi Icardi yang kurang baik di luar lapangan tak akan berdampak negatif ke Juventus.

Seperti dilansir Calciomercato, Chiellini percaya kehadiran Icardi tidak akan menimbulkan kontroversi di ruang ganti Juventus. Bek berusia 34 tahun ini merasa, rekan-rekannya justru akan menyambut baik Icardi.

Icardi saat ini santer diberitakan bakal segera angkat kaki dari Inter Milan. Penyebabnya, striker asal Argentina ini kerap berselisih dengan manajemen Inter Milan perihal kontrak.

Selain itu, masuknya Antonio Conte sebagai pelatih baru Inter Milan juga memengaruhi masa depan Icardi. Conte, seperti diketahui, bukan pelatih yang suka dengan pemain yang penuh kontroversi.

Hal tersebut sudah diperlihatkannya saat menyingkirkan Diego Costa sewaktu melatih Chelsea. Costa akhirnya kembali ke Atletico Madrid usai semusim dilatih Conte.

Kendati merestui kepindahan Icardi ke Juventus, Chiellini disebut tak ingin berkomentar lebih jauh soal pertukaran dengan Paulo Dybala. Menurutnya, pertukaran Icardi dengan Dybala adalah urusan manajemen.

 

 

 

Cari Pelatih Baru

Pelatih Chelsea, Maurizio Sarri (AP/Thanassis Stavrakis)

Di sisi lain, Juventus sendiri saat ini masih memburu pelatih baru usai Massimiliano Allegri mundur. Klub berjuluk Bianconeri ini rumornya akan mendatangkan Pelatih Chelsea, Maurizio Sarri.

Sarri kabarnya akan kembali ke Italia dan telah meminta manajemen Chelsea untuk melepasnya. Ia dinilai kurang berhasil di Chelsea kendati sukses mempersembahkan trofi Liga Europa.

Statistik Icardi bersama Inter Milan

2013/14: 48 main, 27 gol

2014/15: 34 main, 16 gol

2016/17: 41 main, 26 gol

2017/18: 36 main, 29 gol

2018/19: 36 main, 17 gol

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

H-3 Lebaran, Jumlah Pemudik di Stasiun Pasar Senen Capai 195 Ribu Orang

Posted: 02 Jun 2019 09:11 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Jumlah penumpang Stasiun Pasar Senen, Jakarta Pusat, mencapai 195.130 orang pada musim mudik 2019. Data tersebut merupakan akumulasi jumlah pemudik sejak 26 Mei hingga 2 Juni lalu.

Stasiun Pasar Senen merilis, untuk jumlah pemudik pada Minggu, 2 Juni 2019 sendiri menyentuh angka 26.910 orang.

Setiap harinya terdapat 36 kereta api (KA) yang berangkat melalui stasiun ini. Terdiri dari 26 rangkaian kereta reguler, delapan KA tambahan, serta dua armada tambahan ekstra.

Pengamatan Liputan6.com, Senin (3/6/2019), calon penumpang kereta api memadati kursi-kursi di teras luar Stasiun Pasar Senen pada musim mudik ini.

Sambil menunggu kedatangan KA, mereka asik dengan gawai atau mengobrol dengan orang di sampingnya.

Namun, antrean masuk ke peron lancar. Tak ada pula calon penumpang di peron. Sebab, sebagian besar penumpang langsung masuk ke kereta api yang telah tiba.

Sementara, beberapa personel TNI dan Polri lalu-lalang dalam Stasiun Pasar Senen. Sejumlah polisi juga bersiaga dalam stasiun untuk mengamankan musim mudik ini.

 

Tingkatkan Fasilitas

Calon penumpang membawa barang bawaan di Stasiun Pasar Senen, Jakarta, Rabu (29/5/2019). H-7 Lebaran, Stasiun Pasar Senen mulai dipadati penumpang yang ingin mudik ke kampung halaman masing-masing. (merdeka.com/Imam Buhori)

Stasiun Pasar Senen juga meningkatkan fasilitas untuk mengakomodasi lonjakan penumpang. Salah satunya dengan memperpanjang peron.

Ada dua peron yang diperpanjang, yakni peron 3 dan peron 4.

Selain perpanjangan peron, ruang tunggu stasiun juga diperlebar. Ruang tunggu yang diperlebar adalah Zona 3 yang semula hanya seluas 950 meter persegi, kini mencapai 1.700 meter persegi.

Kursi di ruang tunggu juga diperbanyak supaya dapat menampung lonjakan penumpang tahun ini. Tidak tanggung-tanggung penambahan kursi mencapai 620 kursi yang tadinya hanya 80 kursi. Kini, jumlah kursi tunggu mencapai 700 buah.

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Doa Aliya Rajasa untuk Ani Yudhoyono: Semoga Kelak Kita Dipersatukan di Surga Allah

Posted: 02 Jun 2019 09:08 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta- Tak hanya Annisa Pohan, Aliya Rajasa yang merupakan istri dari Edhie Baskoro Yudhoyono juga mengungkapkan rasa rindu pada ibu mertuanya Ani Yudhoyono.

Edhie Baskoro Yudhoyono adalah anak bungsu dari Ani Yudhoyono dan Presiden keenam RI Susilo Bambang Yudhoyono (SBY).

Aliya menyampaikan rindu kepada sang ibu mertua melalui dua buah foto yang diunggahnya dalam akun sosial media Instagram miliknya @ruby_26.

Meski sudah ikhlas, Aliya mengirimkan doa kepada Ani Yudhoyono dan berharap nantinya bisa dipertemukan di surga.

"Rindu... rindu..tawa canda kita, keseharian kita.. namun aku tau memo sudah di tempat yg jauh lebih nikmat dari di dunia dan karenanya walau kami sedih tapi kami ikhlas.. walau kita sekarang berpisah mo aku berdoa agar kelak kita sekeluarga dipersatukan lagi di surga Allah... InsyaAllah Allah mengizinkan kita sekeluarga bersama di dunia dan di akhirat... Amin YRA.. Love You Always Memo..." tulis Aliya menyertai unggahan fotonya, Senin (3/6/2019).

Dalam foto yang diunggah terlihat Aliya sedang menyisir rambut Ani Yudhoyono dengan telaten di rumah sakit.

Senyum mengembang pun terlihat di wajah Ani Yudhoyono yang mengenakan baju berwarna merah muda dan Aliya meski tertutup masker.

 

Sudah Dimakamkan

Ani Yudhoyono bersama Aliya Rajasa dan cucunya, Gayatri. (dok. Instagram @ruby_26/https://www.instagram.com/p/BxJmR86gbha/Putu Elmira)

Ani Yudhoyono meninggal dunia di National University Hospital (NUH) Singapura pada Sabtu, 1 Juni 2019.

Ia wafat usai menjalani kurang lebih empat bulan perawatan atas sakit blood cancer atau kanker darah yang dideritanya.

Pada Minggu, 2 Juni 2019 kemarin, Ani Yudhoyono sudah dikebumikan di Taman Makam Pahlawan (TMP) Kalibata, Jakarta Selatan.

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Ini Hasil Uji Tabrak Suzuki Ignis

Posted: 02 Jun 2019 09:04 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Global New Car Assessment Programme (Global NCAP) melakukan uji tabrak pada Suzuki Ignis buatan India yang diekspor ke Afrika Selatan. Hasil tes tabrak Suzuki Ignis pun diumumkan dalam rangka kampanye Safer Cars for Africa.

Capaiannya tergolong biasa saja, hanya 3 bintang. Namun ternyata lebih baik dari Suzuki Swift rakitan India juga, yang dites Global NCAP tahun lalu dan dapat 2 bintang.

Wajar cuma 3 bintang, Suzuki Ignis cukup dilengkapi dual airbag. Standar di India dan sama seperti di Indonesia yang juga berasal dari sana. Jika dilakukan uji untuk model yang dijual di India maupun Indonesia, semestinya memperoleh hasil serupa.

Selain dual airbag, tersedia ABS dan juga ISOFIX untuk keselamatan anak-anak. Hasil 3 bintang didapat untuk proteksi terhadap penumpang dewasa dengan skor 9,99 point dari 17 poin.

Justru perlindungan anak-anak nilainya buruk, hanya 1 bintang. Skornya 8 poin dari total 49 poin. Kesimpulan dari Global NCAP, rangka bodi Ignis dinilai tidak stabil dan tidak mampu menahan hantaman lebih kuat.

Skor 1 bintang untuk proteksi terhadap penumpang anak-anak, membuat Ignis tidak direkomendasikan dipasang Child Restraint System (CRS) tertentu. Dari hasil uji, perlindungannya amat kurang, terutama proteksi bagian dada dummy bocah berusia 3 tahun.

Tapi yang mengherankan, Suzuki Swift yang kelasnya di atas Ignis justru dapat hasil lebih buruk. Padahal sama-sama menggunakan platform Heartect. Ternyata versinya berbeda.

 

Ignis berbasis sasis Heartect A

Berdasar pewartaan Cardekho, Ignis berbasis sasis Heartect A, sedangkan Swift pakai versi Heartect B. Heartect A khusus mobil kecil dan menjadi basis Wagon R terbaru. Selain Swift, Heartect B juga berbagi dengan Baleno.

Hasil bertolak belakang didapat Suzuki Vitara Brezza. Memperoleh skor tes tabrak 4 bintang dengan 2 bintang untuk proteksi penumpang anak-anak.

Pantas, platform-nya beda. Brezza berbasis C-platform yang juga jadi sasis S-Cross. Apakah Heartect kurang aman ketika terjadi kecelakaan? Sebuah tanda tanya besar.

Nyatanya, hasil Global NCAP menunjukkan data seperti itu. Padahal lembaga ini melakukan pengetesan jauh lebih sederhana dibanding tes tabrak lain. Protokolnya berbeda.

Tidak seperti Euro NCAP yang uji tabrak frontal, samping dan tabrak tiang di samping, Global NCAP cukup tabrakan frontal. Penilaiannya pun berdasar proteksi penumpang dewasa dan anak-anak saja.

Ada satu syarat jika ingin lolos mendapat 1 bintang. Fitur keselamatan minimum harus tersedia satu airbag untuk bagian pengemudi. Kalau tidak punya sama sekali, sudah pasti mendapat 0 bintang.

Sumber: Oto.com

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Selama Perjalanan Mudik, Pemudik Bermotor Perlu Waspadai Debu dan Polusi Udara

Posted: 02 Jun 2019 09:00 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Motor jadi salah satu alternatif moda transportasi mudik yang banyak dipilih pemudik jelang lebaran. Selain irit, motor dianggap lebih "lincah" menghadapi macet yang umum terjadi saat arus mudik lebaran.

Namun, pemudik yang memilih moda transportasi ini sebaiknya mewaspadai debu dan polusi yang akan menemani selama perjalanan menuju kampung halaman.

Polusi udara serta debu yang terhirup selama perjalanan mudik secara perlahan bisa mengikis kesehatan pemudik bermotor. Hal ini akan semakin berbahaya mengingat volume kendaraan saat mudik sangat membludak sehingga debu dan polusi udara akan semakin meningkat.

Dokter Kartika Mayasari mengatakan, debu dan polusi adalah senyawa yang sangat berbahaya bagi kesehatan paru-paru. Ditambah dengan rasa letih yang dialami pemudik, penurunan sistem kekebalan tubuh pasti akan terjadi.

 

Pemudik bermotor wajib kenakan masker

Selain itu, bila Anda memiliki alergi, asma, ataupun penyakit pernapasan lainnya, debu dan polusi udara bisa membuat penyakit kambuh.

"Oleh sebab itu, pengendara motor wajib mengenakan masker yang benar dan mengonsumsi suplemen untuk menjaga ketahanan tubuh saat mudik. Lalu, jangan lupa juga untuk menggunakan kacamata agar terhindar dari iritasi akibat debu yang beterbangan," dr Kartika menjelaskan.

Saran tersebut, menurut dr Kartika, juga berlaku bagi pemudik yang membonceng di belakang. Jangan sampai yang melakukan persiapan penuh hanya pengendara, sedangkan penumpang tidak mengenakan masker ataupun perlengkapan penting lainnya.

 

Reporter: Ayu Maharani

Sumber: Klikdokter

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

10 Foto Lawas Kebersamaan BJ Habibie dan Ainun Ini Bukti Cinta Sejati

Posted: 02 Jun 2019 09:00 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Bagi kebanyakan masyarakat Indonesia, kisah cinta Presiden RI Ke-3, BJ Habibie dan sang istri Hasri Ainun Besari atau yang akrab dengan Ainun Habibie, tentu tak asing. Kisah cinta antara BJ Habibie dan Ainun sendiri telah dibukukan dan diangkat ke dalam layar lebar pertama kali pada tahun 2012. 

Kisah cinta antara BJ Habibie dan Ainun sendiri mampu membuat banyak orang iri. Pasalnya, BJ Habibie dan Ainun pertama kali bertemu ialah saat masih remaja hingga menikah. Selain itu, kesetiaan BJ Habibie kepada Ainun pun patut untuk dibanggakan.

Pasalnya BJ Habibie selalu menemani Ainun ketika sedang sakit. Bahkan saat telah meninggal dunia pada 22 Mei 2010 lalu, BJ Habibie tetap setia untuk terus datang ke pemakaman dengan membawakan bunga kesukaan dari Ainun, yaitu bunga Sedap Malam. Selain itu, Habibie juga mengakui jika setelah sepeninggalan sang istri tercinta, ia kerap merindukan Ainun.

Dirangkum Liputan6.com dari berbagai sumber, Senin (3/6/2019) kemesraan keduanya pun terlihat berbagai foto lawas yang ada. Bahkan foto kebersamaan BJ Habibi dan Ainun sendiri merupakan bukti dari adanya cinta sejati.

Berikut ini deretan foto lawas kebersamaan BJ Habibie dan Ainun Habibi.

Awal kedekatan BJ Habibie dan Ainun

1. Kedekatan keduanya terjalin setelah Habibie menyelesaikan kuliah di Jerman

BJ Habibie-Ainun (Sumber: Brilio.net)

2. Berpisah selama masa kuliah membuat Habibie pangling saat kembali melihat Ainun

BJ Habibie-Ainun (Sumber: Brilio.net)

Menikah di tahun 1962

3. Kedekatan yang terjalin akhirnya berakhir di pelaminan

BJ Habibie-Ainun (Sumber: Brilio.net)

4. Pernah bekerja di RSCM Jakarta, tapi Ainun memilih mengikuti Habibie untuk menetap di Jerman.

BJ Habibie-Ainun (Sumber: Brilio.net)

Kemesraan BJ Habibie dan Ainun

5. Keduanya pun kerap tampil bersama di muka umum

BJ Habibie-Ainun (Sumber: Brilio.net)

6. Ainun selalu setia menemani Habibie

BJ Habibie-Ainun (Sumber: Brilio.net)

Memiliki dua putra

7. Dari pernikahan Habibie dan Ainun, keduanya memiliki dua putra

BJ Habibie-Ainun (Sumber: Brilio.net)

8. Ainun merupakan sosok istri dan ibu yang bertanggung jawab

BJ Habibie-Ainun (Sumber: Brilio.net)

Sempat mengalami masa sulit

9. Keduanya melawati masa sulit bersama mulai dari awal menikah

BJ Habibie-Ainun (Sumber: Brilio.net)

10. BJ Habibie selalu setia menemani Ainun setelah divonis kanker ovarium

BJ Habibie-Ainun (Sumber: Brilio.net)

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Pengusaha Minta Pembebasan PPN Komponen Pesawat agar Harga Tiket Turun

Posted: 02 Jun 2019 09:00 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Pengusaha meminta pemerintah untuk membebaskan pajak pertambahan nilai (PPN) dan bea masuk komponen dan barang-barang pendukung operasional penerbangan. Hal ini guna membantu menurunkan harga tiket pesawat.

Ketua Bidang Internasional Himpunan Pengusaha Muda Indonesia (HIPMI) Bagas Adhadirgha mengatakan, selama beberapa bulan belakangan harga tiket angkutan udara untuk tujuan domestik terus naik. Kenaikan bahkan lebih mahal dari penerbangan asing.

Menurut dia, hal yang menyebabkan tiket pesawat naik karena pemerintah mengenakan PPN sebesar 10 persen pada banyak komponen proses yang dilakukan dalam produksi jasa penerbangan.

"Ada beberapa hal yang menyebabkan harga tiket pesawat tujuan domestik kita mahal, karena di kenakan PPN 10 persen Mulai dari penjualan tiket penerbangan, pembelian bahan bakar pesawat udara, pembelian suku cadang, landing fee, biaya navigasi, biaya garbarata, dan biaya ground handling," ujar dia di Jakarta, Senin (3/6/2019).

Dia menjelaskan tiket penerbangan asing lebih murah karena adanya asas resiprokalitas dengan negara mitra.

"Solusinya jika harga tiket pesawat kita ingin murah, PPN dan bea masuk untuk spareparts dan bahan bakar agar dibebaskan, diberikan jalur khusus agar cepat proses saat memasukkan item barang-barang suku cadang dan komponen lainnya," kata dia.

Bagas menyatakan, jika harga tiket pesawat domestik murah akan berdampak pada pariwisata domestik kita yang akan meningkat dan juga meningkatkan UMKM daerah.

"Ini harus kita hadirkan solusi ke depannya, agar bisa menggerakkan ekonomi dan pariwisata juga bisa berkembang," tandas dia.

Harga Tiket Mahal, Jumlah Pemudik di Bandara Ahmad Yani Menurun

Pesawat Terbang Garuda Indonesia (Liputan6.com/Fahrizal Lubis)

Jumlah pemudik di Bandara Internasional Jenderal Ahmad Yani Semarang, Jawa Tengah, pada Lebaran 2019 mengalami penurunan dibandingkan tahun lalu. Mahalnya harga tiket diduga menjadi penyebabnya. 

"Dibandingkan arus mudik Lebaran tahun lalu, (jumlah pemudik Lebaran 2019) terjadi penurunan cukup signifikan," kata General Manager PT Angkasa Pura II Hardi Ariyanto di Semarang, yang dilansir dari Antara, Jumat (31/5/2019). 

Jika dibandingkan tahun lalu, lanjut Hardi, telah terjadi penurunan sebanyak 22 persen di Bandara Internasional Jenderal Ahmad Yani, pada H-6 Lebaran 2019. 

"Pada Lebaran tahun lalu, penumpang pada H-6 Lebaran di Bandara Ahmad Yani mencapai 16.925 orang. Sementara, tahun ini hanya sebanyak 12.989 orang. Sedangkan pergerakan pesawat mencapai 136 pada H-6 Lebaran 2018, sementara tahun ini hanya 116 pesawat saja," ujarnya.

Selain itu, penggunaan kargo di Bandara Internasional Jenderal Ahmad Yani Semarang juga menurun 28 persen. Jika pada H-6 Lebaran tahun lalu tercatat sebanyak 77,063 kilogram, tahun ini turun menjadi 54.013 kg.

"Penurunan terjadi karena faktor mahalnya harga tiket pesawat. Selain itu, dampak adanya jalan tol baru juga sedikit berpengaruh," kata Hardi saat mendampingi Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo meninjau persiapan arus mudik di Bandara Internasional Jenderal Ahmad Yani Semarang.

Harga Tiket Pesawat Terlihat Mahal, Ini Penyebabnya

Ilustrasi tiket pesawat (Liputan6.com/Andri Wiranuari)

Masyarakat tengah ramai membicarakan mahalnya harga tiket pesawat untuk rute-rute tertentu menjelang liburan Lebaran 2019. Tiket Bandung-Medan atau Jakarta-Makassar misalnya, di platform layanan aplikasi penjualan tiket seperti Traveloka.com atau Tiket.com, bisa dijual lima enam kali lipat dari tarif normal.

Direktur Jenderal Perhubungan Udara Kementerian Keuangan Polana B. Pramesti menegaskan, pihaknya telah meminta maskapai untuk mengingatkan dan menegur mitra penjual atau agen untuk tidak menampilkan harga yang tidak masuk akal karena penerbangan harus melalui beberapa kali transit.

"Karena yang muncul di layar aplikasi konsumen, harga tiket pesawat jadi tidak masuk akal. Kalau maskapai tidak diingatkan untuk menegur mitra mereka, ini akan merugikan reputasi maskapai sendiri, sekaligus membuat calon penumpang menjerit," ujar Polana, Jumat (31/5/2019).

Polana menambahkan, dalam suasana di mana permintaan tiket pesawat mengalami puncak seperti musim liburan dan Lebaran 2019 tahun ini, pemunculan harga yang tidak masuk akan makin membuat publik kebingungan dan menurunkan kepercayaan terhadap pelayanan dalam industri penerbangan.

Tiket pesawat yang dijual di aplikasi bukanlah tiket penerbangan langsung sesuai tujuan. Untuk rute Bandung tujuan Medan misalnya, tiket yang ditawarkan adalah melalui transit Denpasar dan Jakarta, baru terbang ke Medan. Bagaimana dengan Jakarta-Makassar? Penerbangan yang ditawarkan harus transit melalui Jayapura, baru terbang lagi ke barat dari Jayapura ke Makassar.

Tonton Video Ini:

 

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Gelar Salat Idul Fitri Hari Ini, Jemaah Al Muhdlor Tulungagung Enggan Diliput Media

Posted: 02 Jun 2019 09:00 PM PDT

Liputan6.com, Tulungagung - Jemaah Al Muhdlor yang tersebar di berbagai daerah di sekitar Kabupaten Tulungagung, Jawa Timur, Senin (3/6/2019) menggelar salat Idul Fitri 1440 H lebih awal dibanding mayoritas umat Islam pada umumnya di Indonesia.

Bertempat di masjid Nur Muhammad yang terletak di Desa Wates, Kecamatan Sumbergempol, Tulungagung, para pengikut ajaran Habib Sayyid Ahmad Bin Salim Al Muhdlor merayakan lebaran pertama mereka dengan menggelar kenduri bersama usai salat id yang dilakukan pada pukul 05.30 WIB.

Salat id dipimpin langsung oleh Habib Hamid Bin Ahmad Al Muhdlor, pengasuh pondok pesantren yang juga putra almarhum Habib Sayyid Ahmad bin Salim Al Muhdlor dan diyakini memiliki garis turun langsung dengan Nabi Muhammad SAW.

Menurut keterangan Habib Hamid Bin Ahmad Al Muhdlor, perayaan salat Idul Fitri lebih awal mereka lakukan setelah menjalani puasa Ramadan selama 30 hari penuh.

"Kami melaksanakan puasa dua hari lebih awal dibanding umat Islam pada umumnya," kata Habib Hamid sehari sebelumnya di dalam komplek pondok modern Al Khoiriyah, dilansir Antara.

Ia menegaskan pelaksanaan salat id maupun puasa Ramadan lebih awal itu bukan diputuskan sembarangan.

"Sudah ada hitung-hitungannya berdasar petunjuk ahli Falaq. Keyakinan ini juga sudah diikuti jamaah Al Muhdlor sejak lama, sejak masa Habib Sayyid Ahmad bin Salim Al Muhdlor masih hidup," kata Habib Hamid.

Namun, ia menegaskan bahwa dirinya dan para jamaah yang menggelar salat Idul Fitri lebih awal ini tak berkenan diliput media.

"Ibadah itu urusan yang sangat pribadi. Kami ingin menjalani ibadah dengan tenang dan tidak perlu menjadi sorotan yang nantinya justru memicu perdebatan di masyarakat karena kami menjalani ibadah salat Id lebih awal dibanding umat Islam pada umumnya," katanya.

 

Ajaran Al Muhdlor

Ilustrasi/copyright PLOO Galary / Shutterstock.com

Habib Hamid mengatakan, penganut ajaran Al Muhdlor tidak hanya ada di Tulungagung dan sekitarnya. Tapi juga tersebar di sejumlah daerah di Indonesia dan berjejaring hingga di Mesir, Timur Tengah.

"Barometer kami (ajaran Al muhdlor) dari sana (Timur Tengah)," katanya.

Kendati berbeda aliran dalam hal pelaksanaan puasa dan Lebaran, tradisi yang dianut ajaran Al Muhdlor di Tulungagung lekat dengan tradisi Nahdliyyin (NU).

Hal itu sebagaimana diakui Habib Hamid yang menyatakan latar belakang Al Muhdlor berasal dari keluarga Nahdliyyin. Namun, memang ada beberapa hal yang membuat mereka tidak selalu sama.

"Perbedaan itu khilafiah, dan itu wajar dan diperbolehkan dalam Islam. Tidak perlu dipertentangkan," ujarnya.

Jemaah Al Muhdlor yang mengikuti salat id tidaklah banyak. Jumlahnya hanya puluhan dan mendekati angka seratusan menurut penuturan beberapa warga dan anggota jemaah setempat.

Namun mayoritas bukan warga sekitar, melainkan para pengikut yang datang dari jauh.

"Memang hanya diikuti jemaah yang selama ini menjadi pengikutnya. Kalau masyarakat sekitar kebanyakan tetap salat Id ikut ketetapan pemerintah," kata Aisyah, anggota jamaah Al Muhdlor yang rumahnya tak jauh dari pondok Al Khoiriyah, Desa Wates.

Kendati berbeda keyakinan dalam hal penentuan 1 Syawal (Lebaran), Aisyah dan beberapa warga sekitar mengatakan hubungan mereka tetap baik.

Tradisi lebaran juga dilakukan seperti biasa. Banyak warga yang beranjangsana ke Habib Hamid setelah lebaran versi ketetapan pemerintah/ketetapan NU yang menjadi panutan mayoritas Muslim di Desa Wates.

"Semua berjalan normal dan tidak ada gesekan. Hubungan kami dengan pihak pondok (Al Muhdlor) baik, demikian juga mereka juga baik ke masyarakat. Habib (Hamid) juga menyempatkan anjangsana ke rumah kami, warga sekitar," kata Mur, tetangga dekat dan masih kerabat tua Habib Hamid.

 

Simak video pilihan berikut ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Top 3 Tekno: Daftar Smartphone Rp 1 Jutaan untuk Mudik Lebaran

Posted: 02 Jun 2019 09:00 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Jelang Idul Fitri 2019 yang segera tiba, pasti sebagian besar dari kamu sudah menerima tunjangan hari raya (THR).

Pada momen tersebut, banyak orang yang menyisihkan uang THR mereka untuk membeli smartphone baru, dan digunakan selama mudik Lebaran.

Nah, artikel yang merangkum daftar 5 smartphone seharga Rp 1 jutaan untuk teman perjalanan mudik, mencuri perhatian pembaca kanal Tekno Liputan6.com edisi Minggu (2/6/2019).

Selain itu, dua artikel lain yang juga cukup populer, termasuk bocoran gambar Galaxy Note 10, dan Apple punya paten smartphone layar lipat.

Lebih lengkap, simak ketiga berita tersebut berikut ini.

1. THR Cair, Ini 5 Smartphone Rp 1 Jutaan Pilihan untuk Temani Mudik

Tampak depan Realme C2. (Liputan6.com/ Agustin S. Wardani)

Sebagian perusahaan telah mencairkan tunjangan hari raya (THR) untuk karyawan mereka.

Cairnya THR biasanya jadi kesempatan untuk orang berganti smartphone baru dengan harga yang rasional.

Berikut adalah 5 smartphone seharga Rp 1 jutaan yang bisa jadi pilihan untuk menemani mudik.

Selengkapnya baca di sini

 

2. Bocoran Gambar Galaxy Note 10 Muncul di Internet, Beda dari Galaxy S10?

Bocoran gambar Galaxy Note 10. (Doc: Ben Geskin)

Bocoran informasi tentang smartphone terbaru Samsung, Galaxy Note 10, semakin marak bermunculan di internet.

Kabar terkini, pembocor rahasia dan desainer kenamaan Ben Geskin merilis gambar render yang ia yakini akan serupa dengan Galaxy Note 10 saat Samsung ungkap dua bulan mendatang.

Gambar render yang dibuat oleh Geskin ini didasarkan bocoran informasi dari orang dalam Samsung, yakni Ice universe.

Selengkapnya baca di sini

3. Susul Perusahaan Lain, Apple Punya Paten Smartphone Layar Lipat

IPhone XS (kiri) dan XS Max diperlihatkan saat peluncuran produk baru Apple di California (12/9). iPhone XS dan XS Max tersedia tiga warna (gold, silver, abu-abu) dan tiga konfigurasi memori (64GB, 256GB, dan 512GB). (AP Photo/Marcio Jose Sanchez)

Apple dilaporkan mulai mengikuti jejak sejumlah perusahaan teknologi lain yang sudah mempersiapkan perangkat layar lipat. Informasi ini diketahui dari paten yang didaftarkan oleh perusahaan tersebut.

Dikutip dari CNET, Minggu (2/6/2019), paten perangkat layar ini didaftarkan di kantor paten Amerika Serikat. Dalam paten tersebut, Apple hanya mendaftarkannya sebagai cover dan layar yang dapat dilipat untuk perangkat elektronik.

Sayang, tidak ada informasi spesifik mengenai perangkat yang dimaksud. Karenanya, belum dapat diketahui apakah perangkat ini merupakan iPhone, iPad, atau produk yang benar-benar baru dari Apple.

Selengkapnya baca di sini

(Ysl/Isk)

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Top 3: Isi Surat Cinta Ani Yudhoyono untuk SBY Bikin Haru

Posted: 02 Jun 2019 09:00 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Kisah cinta pasangan mantan presiden SBY dengan sang istri, Ani Yudhoyono sedang menjadi sorotan publik. Pasalnya SBY diketahui sangat setia menemani sang istri selama sakit. Hingga kepergiannya menyisakan duka mendalam bagi SBY.

Baru-baru ini beredar ke publik sebuah surat dari Ani Yudhoyono kepada SBY. Surat tersebut berisi ungkapan cinta dan terima kasihnya kepada SBY. Isi surat ini pun sukses membuat siapa pun yang membacanya terharu.

Artikel tentang isi surat cinta Ani Yudhoyono untuk SBY menjadi yang terpopuler di kanal Citizen6, Liputan6.com. Disusul dengan artikel tentang deretan chat ajak kenalan yang berakhir gagal.

Sementara artikel terpopuler ketiga tentang kebiasaan buruk wanita yang dibenci pria.

Berikut Top 3 Citizen6:

1. Ditulis Saat Sakit, Surat Cinta Ani Yudhoyono untuk SBY Ini Bikin Haru

Presiden ke-6 RI Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) duduk bersama istri, Ani Yudhoyono usai menyampaikan pidato  dalam kunjungan kenegaraan di Istana Westminster, London, Inggris, 1 November 2012. (AFP PHOTO/POOL/Oli Scarff)

Kepergian istri Presiden RI ke-6 Susilo Bambang Yudhoyono, Ani Yudhoyono menyisakan duka yang mendalam. Selama hidupnya, ibu negara itu dikenal sebagai sosok wanita yang kuat. Wali Kota Surabaya, Risma bahkan menyebut almarhumah sebagai sosok yang memotivasi dirinya.

Di sisi lain, kisah cinta pasangan SBY dengan Ani Yudhoyono menginspirasi banyak orang. Ketabahan keduanya dalam menghadapi penyakit kanker darah yang diderita oleh Ani Yudhoyono, menyentuh hati banyak orang.

Selengkapnya...

2. Bikin Miris, 7 Chat Gagal Ajak Kenalan

Doc: Instagram.com

Media sosial mempermudah kita berkenalan dengan orang-orang baru, bahkan bila tidak saling kenal sama sekali pun. Seringkali, dengan berbekal media sosial, seseorang untung-untungan berusaha berkenalan dengan orang lain yang dianggap menarik.

Namun, tak selamanya berkenalan dengan seseorang via media sosial itu mudah. Ada kalanya, kegagalan terjadi. Lihat saja chat-chat di bawah ini yang menunjukkan bagaimana bila berkenalan dengan seseorang menemui kegagalan.

Selengkapnya...

3. Ladies, Ini Lo 4 Kebiasaan Buruk yang Dibenci Para Pria

Ilustrasi wanita (dok. Pixabay.com/Putu Elmira)

Setiap wanita tentu ingin selalu disenangi oleh para pria, tak hanya dari segi penampilan tapi juga dalam hal perilaku. Sayangnya seringkali para perempuan melakukan hal-hal yang membuat mereka tampak tidak menarik bahkan menyebalkan di mata pria. Akhirnya, hal ini membuat pria tak mau mendekat karena kebiasaan-kebiasaan buruk tersebut.

Lantas apa saja sih kebiasaan yang membuat perempuan tampak menyebalkan menurut pria? Berikut ulasannya:

Selengkapnya...

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Masih Majal, Ezechiel N'douassel Janji Kerja Keras demi Persib Bandung

Posted: 02 Jun 2019 09:00 PM PDT

Liputan6.com, Bandung - Striker Persib Bandung, Ezechiel N'douassel masih majal hingga pekan ketiga Shopee Liga 1. Striker asal Chad ini pun bertekad mengakhiri paceklik golnya secepat mungkin.

"Harus. Saya harus lebih baik untuk pertandingan selanjutnya. Intinya saya harus lebih kerja keras lagi dan cetak gol lagi untuk Persib," kata striker yang karib disapa Eze ini seperti dilansir situs resmi Persib.

Masih majalnya Eze tentu berdampak kepada penampilan Persib Bandung di atas lapangan. Terbukti, Maung Bandung baru saja ditahan imbang Semen Padang pada pertandingan pekan kedua.

Di Liga 1 musim lalu, Eze sukses membukukan 17 gol bagi Persib. Torehan itu pula yang membuatnya tetap dipercaya sebagai ujung tombak di musim ini.

Pada pertandingan selanjutnya, Persib Bandung akan menghadapi Arema FC. Di pertemuan musim lalu, Eze sukses mencetak dua gol ke gawang Singo Edan.

"Setiap pemain ingin sekali bermain baik dan memberikan kontribusi besar di setiap musimnya. Saya harus lakukan itu untuk tim," kata Eze.

 

 

Video Latihan

Persib Bandung (Huyogo Simbolon)

Persib sendiri saat ini sedang menjalani libur Idul Fitri. Meskipun demikian, tim pelatih telah menyiapkan video agar para pemain tetap menjaga kondisi.

"Sekarang agak berbeda. Kami dari tim pelatih memberikan program latihan melalui video yang sudah dibagikan kepada para pemain agar mereka bisa melihat contoh langsung," kata pelatih fisik Persib, Yaya Sunarya.

Lima Laga Persib Berikutnya

Arema vs Persib Bandung

Persib Bandung vs Tira-Persikabo

Persib Bandung vs Madura United

Bhayangkara FC vs Persib Bandung

Persebaya Surabaya vs Persib Bandung

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Jane Shalimar Ungkap Kenangan Terakhirnya dengan Ani Yudhoyono

Posted: 02 Jun 2019 09:00 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Perjuangan Ani Yudhoyono melawan penyakit kanker darah telah usai. Kini istri presiden RI ke-6 Susilo Bambang Yudhoyono tersebut telah berpulang ke Pangkuan Yang Maha Kuasa.

Usai prosesi pemakaman, Jane Shalimar, pun menceritakan kenangan terakhirnya bersama Ani Yudhoyono. Jane memang dekat dengan keluarga SBY sejak menjadi caleg dari Partai Demokrat.

"Saya sih terakhir itu foto bareng Bu Ani berdua pas ulang tahun bapak (SBY)," ungkap Jane Shalimar, saat ditemui di Taman Makam Pahlawan Kalibata, Jakarta Selatan, Minggu (2/6/2019).

"Saya kan orangnya sungkan. Enggak bisa yang 'Bu selfie yuk' dan pas kita ngobrol tiba-tiba ibu bilang, 'Eh kita udah lama loh enggak foto berdua'. Ibu tuh sampe yang segitunya," kenangnya.

Diakui Jane Shalimar, Ani Yudhoyono memang tipikal wanita yang sangat penyayang. Ia bisa merangkul dan mengayomi siapa saja.

 

Dianggap Anak

Jane Shalimar/instagram

"Ibu Ani sosok yang periang, menyayangi semua. Sama kita-kita enggak ada sekat, jadi benar-benar nganggep kita anak. Makanya kita ngerasain kesedihan yang sama," jelas wanita berhijab itu.

"Mungkin sebagian orang mikir ah lebay amat sih sampai segitunya. Tapi karena kita dari DPP kali ya, jadi sama bapak sama ibu intens. Kemarin pas dengar kondisi ibu memburuk kita sedih juga," Jane Shalimar mengakhiri.

Jane Shalimar berharap agar amal ibadah Ani Yudhoyono diterima Allah dan keluarga, terutama Susilo Bambang Yudhoyono dan anak-anaknya diberi kekuatan dan keikhlasan.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

VIDEO: Doa Menghilangkan Rasa Malas

Posted: 02 Jun 2019 09:00 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Kumpulan doa Ramadan kali ini berisi bacaan doa yang dibaca ketika kita ingin menghilangkan rasa malas.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

6 Makanan Khas Betawi yang Dinikmati Saat Lebaran

Posted: 02 Jun 2019 09:00 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Makanan Betawi terkenal dengan percampuran citarasa etnis-etnis yang membentuknya. Termasuk adanya pengaruh dari kebudayaan Cina, Arab, Portugis, dan unsur lainnya.

Untuk menyambut Hari Lebaran, biasanya orang Betawi dengan penuh sukacita akan menyiapkan aneka makanan dalam toples. Makanan-makanan itu kemudian ditaruh dalam sebuah meja yang disebut meja nyonya.

Apa saja kue yang wajib hadir di meja orang Betawi saat Lebaran?

1. Akar kelapa

Akar kelapa sangat terkenal karena bentuknya yang unik. Dinamai demikian lantaran bentuk kuenya menyerupai akar kelapa. Rasanya gurih dan enak dengan campuran santan dan garam. Teksturnya garing dan Biasanya kue ini hadir di meja orang Betawi bersama dengan kacang goreng.

 

Biji ketapang

Ilustrasi biji ketapang./Copyright shutterstock.com

2.Biji ketapang

Hampir orang-orang tua di Betawi mengenang kue biji ketapan sebagai kue yang keras dan susah digigit. Padahal, penggunaan kelapa kering akan membuat teksturnya lebih crunchy. Rasanya perpaduan antara manis dan gurih. Ini merupakan kue yang dibuat dengan cara digoreng.

Bahan-bahan membuat kue biji ketapang adalah tepung terigu, santan, parutan kelapa, telur ayam, dan margarin. Bentuknya juga unik karena adonan kue digunting setelah dibentuk menjadi adonan panjang.

 

 

Dodol

Pekerja membuat dodol Betawi di kawasan Studio Alam TVRI, Cilodong, Depok (31/5). Jelang Lebaran, dalam sehari tempat pembuatan ini dapat menghasilkan 400 kilogram dodol. (Merdeka.com/Arie Basuki)

3. Dodol

Dodol merupakan makanan Betawi yang sangat khas hadir setiap kali Lebaran tiba. Ada pengaruh Cina dalam dodol Betawi. Bahan-bahan pembuat dodol adalah ketan, santan, gula merah dan gula pasir. Warna dodol cokelat kehitaman. Proses pembuatannya sangat rumit dan membutuhkan waktu lama. Adonan diaduk dalam sebuah kuali besar hingga 8 jam lamanya. Adonan semakin lama semakin berat, sehingga butuh tenaga ekstra untuk mengaduknya.

Dodol termasuk makanan favorit saat Lebaran. Siapa pun pasti memburunya. Pilihan rasa dodol betawi hanya sedikit saja, dan inilah yang membuatnya seperti eksklusif. Ada rasa ketan putih, ketan hitam dan juga durian

Nastar

Tips membuat kue nastar./Copyright shutterstock.com

4. Nastar

Nastar berasal dari dari dapur orang Belanda. Nama aslinya adalah ananastar, karena berselimut lapisan selai nastar di dalamnya. Konon orang Betawi merasa sangat tertarik melihat kue nastar dalam hidangan Natal orang Belanda. Orang Betawi kemudian mengadopsi nastar dalam hidangan Lebaran mereka.

Tape uli

Tape uli adalah makanan khas Betawi yang biasa disajikan saat Lebaran (Liputan6/Shutterstock)

5. Tape uli

Tape uli merupakan kuliner yang terdiri atas dua jenis makanan, yakni tape yang terbuat dari beras ketan hitam dan uli yang terbuat dari beras ketan putih yang ditumbuk. Tape uli merupakan kuliner yang biasanya selalu ada saat Lebaran tiba. Orang-orang cukup menggemarinya karena rasanya merupakan perpaduan antara asam, manis, dan sedikit gurih.

Manisan kolang-kaling

Ilustrasi manisan kolang-kaling./Copyright shutterstock.com

6. Manisan kolang kaling

Kudapan lain yang biasa disajikan saat Lebaran oleh orang-orang Betawi adalah manisan kolang kaling. Buah kolang-kaling dimasak dalam sirup gula kental diberi pewarna dan daun pandan. Rasanya nikmat dan segar. Selain itu, buah kolang-kaling juga memiliki khasiat yang baik bagi kesehatan.

Saksikan video menarik di bawah ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Soal Latih Persija, Begini Jawaban Annese

Posted: 02 Jun 2019 08:55 PM PDT

Jakarta - Rumor Vincenzo Annese bakal melatih Persija terus mengemuka belakangan ini. Bahkan ada dua alasan yang membuat rumor itu terus diperbincangkan di dunia maya.

Pertama karena keterpurukan Persija di Shopee Liga 1 2019. Tim berjulukan Macan Kemayoran itu kini terperangkap di jurang degradasi hasil satu kali seri dan dua kekalahan.

Posisi pelatih Ivan Kolev pun digoyang oleh suporter, The Jakmania yang memintanya untuk mundur lewat kampanye tanda pagar (tagar) Kolev Out di media sosial Twitter.

Kedua, Annese mengunggah sejumlah aktivitas dirinya di Jakarta pada fitur Insta Story akun Instagram pribadinya, @vincenzoalbertoannese. Isu bakal menjadi suksesor Kolev pun semakin liar.

Dua hari belakangan pula, Bola.com mencoba mengonfirmasi kabar tersebut kepada CEO Persija, Ferry Paulus. Namun, nihil adanya.

 

Rahasia

Pelatih PSIS, Vincenzo Alberto Annese. (Bola.com/Ronald Seger Prabowo)

Begitu pula Annese, yang terus bungkam walau akhirnya mau mengeluarkan satu patah dua patah kata mengenai rumor dirinya merapat ke Persija. "Maaf, soal ini masih rahasia," ujar Annese singkat kepada Bola.com.

Manajer Persija Jakarta, Ardhi Tjahjoko, juga belum bisa mengonfirmasi mengenai kabar Annese. "Belum ada informasi," ujar Ardhi.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Kumpulan Chat Kocak Anak dengan Bapak Ini Bikin Tersenyum Kecut

Posted: 02 Jun 2019 08:50 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Sosok Bapak bagi anak adalah selalu seperti pahlawan, teman dan sebuah panutan. Dimana biasanya hubungan ayah dan anak akan selalu unik.

Tidak seperti hubungan ibu dengan anak yang biasanya hubungan ini akan sangat dekat, dan sering bermanja-manjaan. Hubungan seorang bapak dengan anaknya cenderung ada jarak.

Namun, tak sedikit pula anak yang memiliki gaya interaksi yang kocak dengan sang ayah. Seperti yang tercermin pada sebuah chat yang dibagikan oleh akun media sosial @askmenfess ini. Seperti apa gaya chatingan antara anak dengan bapaknya?

Berikut ulasan mengenai chat anak dan bapak yang Liputan6.com rangkum dari berbagai sumber, Jumat (24/5/2019).

Komunikasi dengan bapak ketika butuh jemputan

Chat Kocak Anak dan Bapak (Sumber: Twitter/Chusssnulll)

Begini caranya merayu untuk dapat uang buka bersama

Chat Kocak Anak dan Bapak (Sumber: Twitter/askmenfess)

Contoh ayah yang perhatian kepada anak gadisnya

Chat Kocak Anak dan Bapak (Sumber: Twitter/Swalow_)

Ini mungkin hubungan anak dan bapak yang sudah seperti teman

Chat Kocak Anak dan Bapak (Sumber: Twitter/Swalow_)

Adek minta pulsa

Chat Kocak Anak dan Bapak (Sumber: Twitter/humanerrorzz)

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

2 Gerbang Tol Purbaleunyi Catat Angka Tertinggi Mudik Terjadi pada H-4 Lebaran

Posted: 02 Jun 2019 08:49 PM PDT

Liputan6.com, Bandung - PT Jasa Marga Tol Purbaleunyi mencatat angka tertinggi kendaraan mudik yang melintasi dua gerbang tol keluar menuju Selatan Jawa Barat yaitu exit tol Cileunyi dan Kalihurip Utama terjadi pada H-4 Lebaran 2019 atau Sabtu 1 Juni. Masing-masing exit tol mencatat pada hari tersebut 40.169 kendaraan keluar tol Cileunyi dan 24.500 kendaraan dari Jakarta menuju Bandung di tol Kalihurip Utama.

Menurut juru bicara PT Jasa Marga Tol Purbaleunyi Nandang Elan, untuk total keseluruhan dari H-10 sampai H-3 kendaraan yang keluar dari gerbang tol Cileunyi mencapai 280.433. Sedangkan kendaraan mudik yang keluar dari tol Kalihurip Utama sebanyak 194.139.

"Untuk di cabang Purbaleunyi alhamdulilah semoga tidak ada kendala sampai arus balik nanti. Untuk adanya kejadian saldo kurang, selama ini masih kondusif. Tidak menimbulkan antrian yang berarti," kata Elan saat dihubungi, Bandung, Senin, 3 Juni 2019.

Elan mengatakan, minimnya kendala yang berarti di ruas tol Purbaleunyi diakibatkan dampak dari keberadaan tol Trans Java. Ditambah lagi dengan rakayasa arus lalu lintas oleh kepolisian yaitu pemberlakuan one way atau satu arah di jalan tol.

 

Diimbau Waspada

Rekayasa jalan raya one way yang diberlakukan dari Km 69 - Brebes, kemudian diperpanjang sampai Kalikangkung Km 414 membuat kondisi jalur mudik tol Purbaleunyi kondusif. Pemudik yang berposisi sebagai sopir pun diimbau agar tetap waspada selama perjalanan.

"Untuk yang ke Jakarta dari Bandung lebih hati-hati, terutama setelah melewati gerbang Kalihurip Utama. Karena ke arah Jakarta-nya di berlakukan contra flow," jelas Elan.

Saksikan video pilihan di bawah ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

AC Milan dan Arsenal Bersaing Dapatkan Gelandang Sampdoria

Posted: 02 Jun 2019 08:45 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - AC Milan menunjukkan minat pada gelandang Sampdoria Dennis Praet. Seblumnya, Praet telah dikaitkan dengan pergantian musim panas ke Arsenal.

Praet dengan cepat memantapkan dirinya sebagai pemain inti skuat Sampdoria, sejak beralih ke Serie A dari Anderlecht pada 2016. Penampilan cemerlang membuat AC Milan tertarik memboyongnya.

Gelandang ini mempertahankan penampilannya yang konsisten selama musim yang baru saja berakhir. Ia mencatat 37 penampilan di semua kompetisi untuk tim asuhan Marco Giampaolo.

The Gunners sudah mengirim mata-mata untuk menyaksikan Praet beraksi untuk Sampdoria menjelang akhir bulan lalu. Mereka telah mengidentifikasi dia sebagai kandidat untuk menggantikan Aaron Ramsey yang keluar.

Dengan demikian, Praet telah muncul sebagai target untuk beberapa klub, termasuk AC Milan. Sedangkan, Arsenal yang diperkirakan akan membangun kembali timnya di bawah Unai Emery musim panas ini.

Perbaiki Peringkat

Pelatih AC Milan, Gennaro Gattuso. (AFP Photo/Miguel Medina)

Namun, menurut harian Italia Il Secolo XIX, AC Milan sekarang menunjukkan minat pada Praet.

Dikatakannya, manajemen AC Milan telah mengidentifikasi Praet untuk meningkatkan peringkat mereka di Serie A. Milan berambisi ingin mengamankan tempat Liga Champions musim depan.

Patok Harga

Meskipun minat dari beberapa klub di Praet, Sampdoria belum menerima tawaran dari salah satu calon yang potensial.

Klub Italia telah mematok harga 25 juta euro jika ada yang meminta pada Praet. Dia terikat kontrak di Stadio Luigi Ferraris hingga musim panas 2021.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

VIDEO: Deretan Olahraga Yang Membakar Banyak Kalori

Posted: 02 Jun 2019 08:41 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Momen lebaran menjadi ajang untuk menghidangkan makanan lezat. Namun biasanya masakan tersebut memiliki kalori yang tinggi. Bebebrapa olahraga ini cepat membakar kalori.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Menakjubkan, Fenomena Alam Langka Ini Perlihatkan Awan Bak Aurora

Posted: 02 Jun 2019 08:40 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Aurora adalah salah satu fenomena di langit yang indah dan hanya dapat dilihat ditempat tertentu saja. Fenomena alam unik ini memiliki tampilan yang menyerupai pancaran cahaya yang menyala-nyala pada lapisan ionosfer dari sebuah planet. Cahaya tersebut akibat adanya interaksi antara medan magnetik.

Medan magnetik yang dimiliki planet tersebut dengan partikel bermuatan yang dipancarkan oleh matahari itu lah yang menghasilkan aurora. Secara umum, aurora terjadi di daerah sekitar kutub utara dan kutub selatan.

Namun fenomena menakjubkan tersebut justru pernah terjadi kawasan Bangsar, Malaysia. Beberapa potretnya bahkan telah beredar di media sosial.

Jadi Fenomena Cuaca Langka

Dilansir dari World of Buzz oleh Liputan6.com, Jumat (31/5/2019) pada tanggal 28 Mei 2019 lalu warga kawasan Bangsar dikejutkan dengan fenomena di langit yang begitu indah dan langka.

Fenomena itu disebut dengan 'Crown Flash' yang langka. 'Crown Flash' adalah fenomena meteorologi yang sangat langka dan pertama kali direkam secara ilmiah dalam sebuah jurnal pada tahun 1885. Kejadian luar biasa tersebut kembali terjadi di Bangsar pada 28 Mei lalu yang kemudian diunggah oleh seorang pengguna Facebook.

Pengguna Facebook yang melihat awan unik itu langsung membagikan foto-fotonya yang ia ambil dari Bangsar Heights dari pukul 17.21 hingga 17.35 waktu setempat dengan nama "Republik Bangsar#TROB" dikutip dari World of Buzz. Foto itu menunjukkan awan yang memiliki warna-warni seperti cahaya aurora.

1. Fenomena langka yang berhasil diabadikan.

Crown Flash di Bangsar (Sumber: World of Buzz)

2. Crown Flash di langit Bangsar.

Crown Flash di Bangsar (Sumber: World of Buzz)

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

MotoGP Italia: Balapan di Mugello Sangat Sulit Bagi Dovi

Posted: 02 Jun 2019 08:35 PM PDT

Mugello - Andrea Dovizioso tak bisa menyembunyikan kekecewaan usai gagal juara di MotoGP Italia akhir pekan kemarin. Meski demikian ia cukup puas karena rekannya di Ducati, Danilo Petrucci bisa meraih juara.

Dovizioso mengawali balapan MotoGP Italia dari grid kesembilan. Namun, sejak awal balapan Dovizioso mampu merangsek ke rombongan terdepan, yang dipimpin Marc Marquez.

Pada lap kesembilan, Dovizioso dan Petrucci berhasil menyalip Marquez. Dovizioso akhirnya membuntuti Petrucci, yang berhasil menjadi terdepan sampai lap ke-22.

Namun, satu lap menjelang finis, Dovizioso harus menerima kenyataan disalip Marc Marquez. Hingga akhir balapan, Dovizioso tak mampu mengejar Petrucci dan Marquez sehingga finis di urutan ketiga dengan selisih waktu 0,338 detik.

"Itu merupakan balapan yang sulit. Suhu lintasan sangat tinggi dan membuat semua pembalap harus berjuang," kata Dovizioso seperti dikutip Crash.net.

"Kami (tim Ducati) harus bahagia karena mampu berjuang untuk memenangi balapan. Saya memang kecewa karena hanya finis ketiga, tapi saya bahagia untuk Danilo Petrucci yang jadi juara dan untuk Ducati," tegas Dovizioso.

Dovizioso tetap mendapatkan 16 poin hasil finis di peringkat ketiga. Tambahan poin tersebut tak mengubah posisi Dovizioso di peringkat kedua klasemen sementara MotoGP 2019 dengan jumlah 103 angka selisih 12 poin dari Marc Marquez di puncak.

Klasemen MotoGP

Valentino Rossi saat balapan di MotoGP Jerez. (AP Photo/Miguel Morenatti)

1. Marc Marquez (Repsol Honda) 115

2. Andrea Dovizioso (Ducati) 103

3. Alex Rins (Suzuki Ecstar) 88

4. Danilo Petrucci (Ducati) 82

5. Valentino Rossi (Monster Energy Yamaha) 72

6. Jack Miller (Pramac Ducati) 42

7. Cal Crutchlow (LCR Honda) 42

8. Maverick Vinales (Monster Energy Yamaha) 40

9. Takaaki Nakagami (LCR Honda) 40

10. Pol Espargaro (KTM) 38

11. Franco Morbidelli (Petronas Yamaha SRT) 34

12. Fabio Quartararo (Petronas Yamaha SRT) 31

13. Aleix Espargaro (Aprilia) 27

14. Jorge Lorenzo (Repsol Honda) 19

15. Joan Mir (Suzuki Ecstar) 12

16. Johann Zarco (KTM) 10

17. Michele Pirro (Ducati) 9

18. Francesco Bagnaia (Pramac Ducati) 9

19. Miguel Oliviera (KTM) 8

20. Andrea Iannone (Aprilia) 7

21. Stefan Bradl (Honda) 6

22. Karel Abraham (Avintia) 2

23. Hafiz Syahrin (KTM Tech 3) 2

24. Tito Rabat (Ducati) 2

24. Bradley Smith (Aprilia) 0

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Wor dan Yospan akan Meriahkan Festival Biak Munara Wampasi VII

Posted: 02 Jun 2019 08:30 PM PDT

Liputan6.com, Biak Event budaya Festival Biak Munara Wampasi (FBMW) VII bakal digelar lagi pada 1-6 Juli, di Biak Numfor. Seperti biasa, event ini akan dimeriahkan dengan Wor dan Yospan. Apa sih itu? Yuk kita kupas. Menurut Staf Ahli Menteri Bidang Multikultural Kemenpar Esthy Reko Astuty, FBMW adalah event tahunan yang selalu mampu menarik minat wisatawan.

"Komposisi kontennya relatif sama, tapi kemasan yang ditampilkan selalu berbeda. Beberapa konten yang selalu menarik perhatian yaitu, Wor dan Yospan. Paradenya selalu unik karena Wor dan Yospan dibawakan di sepanjang rute," jelas Esthy.

Tahun 2018, Parade Wor dan Yospan diikuti 30 tim peserta. Komposisinya, 10 tim ikut Wor dan 20 peserta lain menampilkan Yospan. Mereka berasal dari 12 distrik di Biak Numfor daratan. Panjang rute paradenya sekitar 3 Kilometer. Startnya dari Jalan Ahmad Yani, lalu finishnya di Lapangan Cenderawasih, Samofa.

"Parade Wor dan Yospan selalu dinanti. Parade ini menjadi pusat perhatian publik yang datang. Sebab, rutenya melewati jalan utama di Biak. Jadi, pengunjung tinggal mencari spot terbaik sembari menikmati kuliner dan minuman khas di sana," lanjut Esthy.

Dalam budaya Biak, Wor mempunyai arti yang luas. Namun, tidak lepas dari kehidupan religi orang Biak. Wor juga biasa disertakan dalam berbagai tradisi, seperti upacara adat.

Dalam Festival Biak Munara Wampasi, Wor diaplikasikan dalam upacara, nyanyian adat, hingga folklor budaya masyarakat Biak. Tradisi ini sangat sakral karena dianggap melindungi siklus hidup seseorang. Hal ini juga berkenaan dengan falsafah masyarakat Biak, 'Nggo Wor Baindo Na Nggo Mar'. Artinya, tanpa upacara atau pesta maka adat akan layu.

Wor terbagi dalam beberapa varian. Sebut saja Wor Beyusser yang menjadi simbol perdamaian. Ada juga Wor Fakuken perlambang pernikahan. Warna warni pernikahan masyarakat Biak Numfor ditampilkan Wor Yakyaker. Yaitu, simbol menghantar kunjungan pengantin wanita.

Untuk Wor Kapanaknik yang ditandai dengan pemotongan rambut. Hal ini penanda kedewasaan dan status janda. Gerak dasar peperangan dilambangkan dengan Wor Mamun. Para penari Wor Mamun juga melengkapi diri dengan peralatan perang khas Biak. Berikutnya adalah Wor Kobeoser untuk persatuan. Varian Wor tersebut kerap ditampilkan dalam FBMW.

Esthy mengatakan, Wor menjadi kekayaan tak ternilai dari masyarakat Papua.

"Wor jadi salah satu identitas Papua. Pesan moral yang ingin disampaikan tentu sangat menginspirasi. Untuk itu, kami rekomendasikan FBMW VII sebagai salah satu destinasi liburan terbaik tahun ini. Mari berkunjung ke sana dan nikmati beragam experience terbaiknya," kata Esthy lagi.

Sedangkan Yospan alias Yosim Pancar, adalah tarian yang sangat tenar di Papua. Yosim Pancar adalah gambaran pergaulan dan persahabatan muda mudi di Papua. Yosim Pancar adalah gabungan 2 tarian yang berasal dari Teluk Sairei di Waropen.

Gerakan Yosim mirip Poleneis, yaitu gerakan dansa asal Eropa. Mirip dansa, namun Yosim lebih ekspresif. Penarinya diberi kebebasan dalam mengeksplorasi gerakan. Adapun Pancar juga berasal dari Biak Numfor dan Manokwari. Gerakannya lebih kaku dan tegas.

Pancar ini mengikuti irama Tifa, Ukulele, Gitar, dan alat musik lain. Tari Yosim Pancar bisa dibawakan dengan beramai-ramai.

"FBMW selalu menarik. Keunikan budaya masyarakat Papua bisa dilihat dari festival ini. Biak Numfor juga kaya baik budaya dan alamnya. Semuanya eksotis dan menjadi paket terbaik. Biak Numfor juga punya ciri dari Wor dan Pancar. Namun, Pancar akhirnya digabung jadi Yospan," papar Deputi Bidang Pengembangan Pemasaran I Kemenpar Rizki Handayani.

Eksotisnya FBMW VII dengan konten Parade Wor dan Yospan juga diakui Menteri Pariwisata (Menpar) Arief Yahya. Menpar menegaskan, FBMW menjadi momentum terbaik menikmati Papua.

"Festival ini dengan kontennya tentu sangat luar biasa. Semuanya unik dan menarik. Selain atraksinya, aksesibilitas dan amenitas di Biak Numfor juga bagus. Enjoy Biak Numfor," tutup Arief yang juga Menpar Terbaik Asia Pasifik.

 

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Kolarov Ikuti Jejak Edin Dzeko ke Inter Milan?

Posted: 02 Jun 2019 08:30 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Setelah dilaporkan mencapai kesepakatan untuk Edin Dzeko, Inter Milan dikabarkan akan menindaklanjutinya dengan menandatangani rekan setimnya di AS Roma, Aleksandar Kolarov.

Menurut La Gazzetta dello Sport, Inter Milan telah mengarahkan perhatian mereka pada bek kiri yang mungkin akan meninggalkan Giallorossi di musim panas. Pasalnya, kontrak Kolarov hanya tersisa satu tahun lagi.

Pemain berusia 33 tahun ini, sudah mencetak delapan gol dalam 33 pertandingan Serie A. Kebanyakan gol yang dibuatnya berawal dari set piece. Dan, ini sesuatu yang Il Biscione sangat kurang di musim terakhir ini.

Pelatih baru Inter Milan, Antonio Conte, dapat mengambil manfaat dari kelebihan pemain asal Serbia itu. Pasalnya, Kolarov dapat bermain sebagai bagian dari back-three dan di sayap dengan skor 3-5-2.

Sementara itu, FCinterNews.it melaporkan bahwa Dzeko telah setuju untuk bergabung dengan Inter Milan, karena mereka menawarinya kontrak tiga tahun senilai 4,5juta euro.

Lebih Rendah

Sementara, Giallorossi bertahan dengan biaya transfer 20 juta euro. Sedangkan Nerazzurri hanya mau menghabiskan sekitar 10 juta euro hingga 12 juta. euro.

Pemain asal Bosnia itu hanya mencetak gol sembilan kali musim ini. Angka ini jauh lebih rendah musim lalu. Tapi, ia memberikan sembilan assist tahun ini, tujuh lebih banyak daripada yang dilakukan selama musim sebelumnya.

Performa Apik

Menurut La Gazzetta dello Sport, nama Dzeko masuk dalam daftar permintaan pertama Conte.

Penyerang AS Roma tersebut masuk dalam daftar pemain 'tua-tua keladi' di Serie A karena performanya yang makin apik seiring umurnya terus bertambah.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

FOTO: Suporter Liverpool Rayakan Kemenangan Liga Champions

Posted: 02 Jun 2019 08:30 PM PDT

Ribuan suporter menyambut kedatangan pemain Liverpool saat parade juara Liga Champions di Liverpool, Inggris (2/6/2019). Ini merupakan gelar Liga Champions ke-6 Liverpool. (Danny Lawson/PA via AP)

Ribuan suporter menyambut kedatangan pemain Liverpool saat parade juara Liga Champions di Liverpool, Inggris (2/6/2019). Ini merupakan gelar Liga Champions ke-6 Liverpool. (Danny Lawson/PA via AP)

Suporter menyambut kedatangan pemain Liverpool saat parade juara Liga Champions di Liverpool, Inggris (2/6/2019). Ribuan suporter tumpah ruah di jalanan merayakan kemenangan tim kesayangannya meraih piala Liga Champions usai mengalahkan Tottenham di final dengan skor 2-0. (Richard Sellers/PA via AP)

Suporter menyambut kedatangan pemain Liverpool saat parade juara Liga Champions di Liverpool, Inggris (2/6/2019). Ribuan suporter tumpah ruah di jalanan merayakan kemenangan tim kesayangannya meraih piala Liga Champions usai mengalahkan Tottenham di final dengan skor 2-0. (Richard Sellers/PA via AP)

Seorang suporter menaiki pohon menyambut kedatangan pemain Liverpool saat parade juara Liga Champions di Liverpool, Inggris (2/6/2019). Ini merupakan gelar Liga Champions ke-6 Liverpool. (Richard Sellers/PA via AP)

Seorang suporter menaiki pohon menyambut kedatangan pemain Liverpool saat parade juara Liga Champions di Liverpool, Inggris (2/6/2019). Ini merupakan gelar Liga Champions ke-6 Liverpool. (Richard Sellers/PA via AP)

Suporter menyambut kedatangan pemain Liverpool saat parade juara Liga Champions di Liverpool, Inggris (2/6/2019). Ribuan suporter tumpah ruah di jalanan merayakan kemenangan tim kesayangannya meraih piala Liga Champions usai mengalahkan Tottenham di final dengan skor 2-0. (Richard Sellers/PA via AP)

Suporter menyambut kedatangan pemain Liverpool saat parade juara Liga Champions di Liverpool, Inggris (2/6/2019). Ribuan suporter tumpah ruah di jalanan merayakan kemenangan tim kesayangannya meraih piala Liga Champions usai mengalahkan Tottenham di final dengan skor 2-0. (Richard Sellers/PA via AP)

Pemain Liverpool menyapa para suporter saat parade juara Liga Champions di Liverpool, Inggris (2/6/2019). Ribuan suporter tumpah ruah di jalanan merayakan kemenangan tim kesayangannya meraih piala Liga Champions usai mengalahkan Tottenham di final dengan skor 2-0. (Barrington Coombs/PA via AP)

Pemain Liverpool menyapa para suporter saat parade juara Liga Champions di Liverpool, Inggris (2/6/2019). Ribuan suporter tumpah ruah di jalanan merayakan kemenangan tim kesayangannya meraih piala Liga Champions usai mengalahkan Tottenham di final dengan skor 2-0. (Barrington Coombs/PA via AP)

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Apa Saja Kriteria Calon Istri Deva Mahenra?

Posted: 02 Jun 2019 08:30 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Jarang memperlihatkan kemesraan dengan pacar, Deva Mahenra dikabarkan putus dari Velove Vexia pada semester kedua 2018. Sejak itu, Deva Mahenra dikabarkan dekat dengan cewek lain.

November tahun lalu misalnya, sebuah video yang memperlihatkan Deva Mahenra berada di sebuah kafe dengan cewek dibahas warganet. Cewek itu diketahui bernama Artika Rustam. Hingga kini, belum ada penjelasan resmi terkait hubungan mereka.

Ditanya kemungkinan menikah dalam waktu dekat, Deva Mahenra berkelit. "Saya tidak menargetkan pernikahan karena jodoh, rezeki, dan ajal di tangan Tuhan, bukan di tangan saya. Kalau di tangan saya pasti calon istri sudah berada di samping saya sekarang," ungkap bintang film Keluarga Tak Kasat Mata dan Partikelir.

Bersyukur, keluarga tak pernah mendesak Deva Mahenra segera menikah meski usianya kini mendekati kepala tiga. "Beruntungnya keluarga tidak pernah heboh menanyakan kapan saya akan menikah. Yang sering menanyai saya kapan menikah, ya kalian para wartawan ini," seloroh Deva Mahenra.

Disinggung soal syarat calon istri, aktor kelahiran 19 April ini menjawab, "Enggak ada persyaratan khusus. Sayalah yang memilih pasangan hidup kelak."

Fokus di Kedai Kopi

Deva Mahenra

Fokus Deva Mahenra saat ini, membesarkan kedai kopi ForestThree yang dirintisnya beberapa tahun lalu. Terkait strategi promosi, kadang Deva Mahenra ingin mengabari penggemar via medsos bahwa ia sedang berada di kedai cabang tertentu. Namun strategi itu diurungkannya.

Deva Mahenra beralasan, "Nanti terbentuk pola pikir datang ke kedai hari ini dan itu saja biar bisa bertemu saya. Saya maunya orang datang untuk menikmati produk. Bukan karena Deva. Deva hanya satu dari sekian banyak elemen di kedai kopi ini." (Wayan Diananto)

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Kumpulan Kata-Kata Idul Fitri Sebagai Referensi Ucapan Maaf dan Selamat

Posted: 02 Jun 2019 08:26 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Kata-kata idul fitri sangat penting diucapkan menjelang salah satu hari raya terbesar umat islam ini. Apalagi bagi orang yang sedang merantau dan jauh dari keluarganya. Tentunya hanya kata-kata yang bisa mewakilkan perasaan kepada keluarga yang jauh di kampung. 

Kebanyakan orang yang tidak bisa menemui keluarga secara langsung tentunya akan mengirim pesan atau menelpon untuk mengabari keluarga tersebut. Tentunya tidak puas rasanya bila ucapan hari raya idul fitri hanya sekadar kata-kata biasa saja.

Kata-kata idul fitri berperan penting untuk menyampaikan permohonon maaf dan menjalin silaturrahmi dengan keluarga. Dengan mengirimkan kata-kata idul fitri kepada kelaurga yang jauh, maka setidaknya silaturrahmi tetap terjalin dengan baik.

Berikut Liputan6.com rangkum dari berbagai sumber, Senin (3/6/2019) tentang kata-kata idul fitri

Ucapan Selamat Hari Raya Idul Fitri

Hari Raya Idul Fitri / Sumber: iStockphoto

"Mari saling menghargai dalam perbedaan dan saling menyayangi dalam keberagaman. Selamat Idul Fitri 1440H. Mohon Maaf Lahir dan Batin."

Kata-kata idul fitri satu ini sangat cocok disampaikan saat idul fitri terutama di Indonesia. Dengan berbagai perbedaan dan keberagaman budaya yang ada di Indonesia, maka kata-kata idul fitri ini bisa kamu pilih sebagai ucapan selamat hari raya.

"Bila Idul Fitri adalah lentera, izinkan membuka tabirnya dengan maaf agar cahayanya menembus jiwa fitrah dari tiap khilaf. Selamat Hari Raya Idul Fitri 1440H"

Pengandaian yang digunakan oleh kata-kata idul fitri di atas benar-benar pas dan sesuai sekali dengan tujuan kamu untuk meminta maaf dan bersilaturrahmi. Apalagi ditambah dengan rima kalimat yang enak untuk dibaca, menjadikan ucapan selamat hari raya idul fitri kamu menjadi bertambah indah.

"Di beningnya hati ada keruhnya prasangka, disantunnya sapa ada celanya kata. Mohon Maaf Lahir & Bathin, Selamat Hari Raya Idul Fitri 1440 H."

Karena manusia adalah sumbernya kesalahan, tentunya kata maaf akan sangat berarti diucapkan. Apalagi di momen hari raya idul fitri ini. Dengan kata-kata idul fitri satu ini, kamu bisa meminta maaf dan menjalin silaturrahmi yang baik dengan cara yang elegan.

"Jauh dimata, dekat dihati. Walau tak bertatap mata. Minimal saling memaafkan didalam hati. Selamat hari raya idul fitri. Mohon Maaf lahir Dan batin."

Kata-kata idul fitri satu ini menggunakan kata-kata yang mungkin sudah sering kamu dengar yaitu kata jauh di mata dekat di hati. Kata-kata ini bisa digunakan untuk menunjukkan jarak yang memang jauh, sehingga tidak bisa bertemu, jadi hanya bisa saling memaafkan di hati saja. Kata-kata idul fitri ini cocok dijadikan permintaan maaf bagi orang yang tidak bisa bertemu karena tempat yang jauh.

"Selamat merayakan Idul Fitri 1440 hijriah. Menjadikan diri kembali suci penuh fitrah dalam silaturahmi yang penuh berkah."

"Jiwa-jiwa kembali putih seakan lahir kembali. Jutaan syukur menggema di langit ilahi. Semoga kemenangan ini menjadi kemenangan hakiki. Selamat idul fitri 1440 H. Mohon maaf lahir dan batin"

"Sucikan hati di hari nan fitri, bersama meraih kemenangan sejati. Selamat Hari Raya Idul Fitri 1440 H. Mohon maaf lahir batin."

Kata-kata Idul Fitri

Idul Fitri / Sumber: iStockphoto

"Andai jemari tak sempat berjabat. Jika raga tak bisa bersua. Bila Ada kata membekas luka. Semoga pintu maaf masih terbuka. Selamat Idul Fitri 1440 H"

Bagi orang-orang yang tidak bisa bertemu saat lebaran, kata-kata idul fitri satu ini sangat cocok digunakan. Tradisi memohon maaf dan bersilaturrahmi saat hari raya idul fitri memang sudah seharusnya kamu sikapi dengan perbuatan baik.

"Maaf memang tidak akan mengubah masa lalu, tapi mengubah masa depan. Selamat hari raya Idul Fitri 1440 H 2019, Mohon Maaf Lahir dan Batin."

Seperti yang disebutkan dalam kata-kata idul fitri satu ini, maaf memang tidak bisa mengubah masa lalu yang telah terjadi, namun maaf bisa mengubah masa depan menjadi lebih baik. Terutama untuk hubungan dua orang yang telah bermaaf-maafan.

"Memaafkan tidak akan membuat kita hina, meminta maaf tidak meruntuhkan harga diri, saling memaafkan membuat kita mulia. Minal Aidzin Wal Faidzin. Mohon maaf lahir dan batin. Selamat Hari Raya Idul Fitri."

Saling memaafkan memang merupakan sesuatu yang mulia. Kata-kata idul fitri ini bisa digunakan untuk saling meminta maaf sehingga kamu bisa kembali kepada fitrah dan kesucian. Dengan saling memaafkan, maka hidup kamu akan terasa lebih lapang dan lega.

"Khilaf & salah itu biasa, tapi meminta & memberi maaf itu luar biasa. Selamat idul fitri 1440 H. Mohon maaf lahir & batin."

"Maaf adalah pengakuan atas kesalahan dan memaafkan adalah penghargaan atas pengakuan kesalahan. Selamat Hari Raya Idul Fitri. Mohon maaf lahir batin."

"Berbuat khilaf adalah sifat, Meminta maaf adalah kewajiban, Dan kembalinya Fitrah adalah tujuan, MOHON MAAF LAHIR DAN BATHIN"

 

 

 

 

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Tidak ada komentar: