Rabu, 19 Juni 2019

Liputan6 : RSS2 Feed

Liputan6 : RSS2 Feed


Beda Keyakinan, Begini Kekompakan Deddy Corbuzier dan Mantan Istri Besarkan Anak

Posted: 19 Jun 2019 10:05 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Deddy Corbuzier akhir-akhir ini sedang menjadi sebuah perbincangan hangat lantaran keputusannya yang akan menjadi mualaf. Sudah selama delapan bulan terakhir diketahui bahwa Deddy Corbuzier mempelajari agama Islam bersama Gus Miftah. 

Kini berkat mempelajari agama Islam, Deddy Corbuzier dikabarkan akan segera menjadi mualaf dalam waktu dekat dengan dibimbing oleh Gus Miftah sendiri. Kabar ini pun sontak mendadak viral di dunia hiburan.

Diketahui bahwa Deddy sebelumnya memiliki istri bernama Kalina Ocktaranny  yang seorang muslim. Meski berbeda keyakinan, pasangan yang telah bercerai pada tahun 2013 ini tetap kompak dalam mengasuh anak semata wayangnya, Azkanio Nikola Corbuzier.

Disebutkan pula, bahwa retaknya pernikahan Deddy dan Kalina bukan karena perbedaan keyakinan. Meskipun demikian, kini diketahui Deddy telah menjalin hubungan dengan seorang gadis yang juga beragama Islam. Banyak yang menuding bahwa Deddy memutuskan mualaf demi sang pacar, namun pria berkepala plontos ini menampik tudingan tersebut.

Meski telah bercerai, Deddy dan Kalina juga kerap bersama dalam berbagai kesempatan. Bahkan sang mantan istri yakni Kalina juga sangat dekat dengan kekasih baru Deddy.

Berikut potret kompak Deddy Corbuzier dan mantan istrinya Kalina Ocktaranny yang Liputan6.com rangkum dari berbagai sumber, Kamis (20/6/2019).

Deddy Corbuzier dan Kalina kompak menghadiri acara kelulusan sang putra

Deddy Corbuzier, Azka dan Kalina (Sumber: Instagram/kalinaocktaranny)

Kalina hadir dalam acara ulang tahun Deddy Corbuzier yang ke 42 tahun

Deddy Corbuzier, Azka dan Kalina (Sumber: Instagram/kalinaocktaranny)

Potret kebersamaan keluarga ini tampak harmonis, meski statusnya sudah bercerai

Deddy dan Azka bersama Kalina Ocktaranny. (Instagram @corbuzier)

Saling dukung untuk anak dalam acara peluncuran buku dan ulang tahun

Bersama dengan kedua orang tuanya dalam acara ulang tahun sekaligus launching buku miliknya. Azkanio Nikola Corbuzier atau yang biasa disapa Azka ini  nampak tersenyum bahagia.   (Kapanlagi/Bambang E Ros)

Deddy datang saat pernikahan sang mantan istri, meski kini Kalina juga sudah berpisah dengan Hendra

Muhammad Hendrayanto berharap pernikahannya dengan Kalina itu menjadi pernikahan pertama dan terakhirnya. Bagi Kalina, ini merupakan keduanya setelah pertama dengan Deddy Corbuzier gagal dengan satu anak. (Instagram/kalinaocktaranny)

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Rompi Dainese Ini Dilengkapi Airbag, Berapa Harganya?

Posted: 19 Jun 2019 10:03 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Dainese barus saja meluncurkan rompi pintar yang dilengkapi airbag. Menariknya, sistem keselamatan ini bekerja tanpa perlu terhubung dengan motor atau perangkat lain.

Ini merupakan bentuk pengembangan dari teknologi yang digunakan para penunggang motor kompetisi. Mereka mengklaim, studinya menyita waktu hingga 20 tahun. Sehingga peranti ini bisa digunakan secara luas dan tak merepotkan pengendara motor biasa.

Bahannya terbuat dari kain, dengan menyematkan teknologi yang disebut D-Air. Dibubuhi banyak ventilasi udara agar nyaman digunakan dalam berbagai kondisi cuaca. Karena cara menggunakannya dengan melapis di luar atau di dalam jaket biasa. Makanya, lubang aliran udara ini penting untuk kenyamanan.

Walaupun merupakan rompi safety, tak ada bahan keras layaknya protector balap. Hampir seluruhnya dibuat dengan bahan halus dan ringan. Tak menjadi masalah saat ingin mengantonginya di dalam tas. Rompi airbag ini mudah dilipat hingga ringkas.

 

 

Cara Kerja

Nah, cara kerjanya, mengandalkan sebuah electronic central unit. Perangkat yang sanggup menganalisa bahaya melalui tujuh titik sensor. Sebanyak 1.000 kali dalam setiap detiknya, sistem canggih itu bakal terus menjaga Anda dari bahaya.

Berkat proses inilah, airbag langsung menyelimuti tubuh jika terdeteksi benturan. Bahkan, mereka juga mengklaim proses penggembungan kantung udaranya yang tercepat. Hanya membutuhkan waktu 45 milidetik. Yang jadi pertanyaan, bagaimana setelah meletus? Nyatanya, bisa diganti langsung pada diler Dainese terdekat. Tak perlu membeli rompi secara utuh lagi. Inilah yang membedakan dengan sistem airbag mobil.

Untuk mengisi dayanya hingga penuh, membutuhkan waktu enam jam. Kekuatannya mencapai 25 jam dalam keadaan stand-by. Namun jika diaktifkan, maksimal baterai bekerja selama 8 jam saja. Label berbahan karet yang ada di depan rompi, bakal bergetar saat dayanya habis.

Peranti semacam ini jelas penting, selain bagian kepala - organ paling vital - yang sudah terlindungi helm. Tapi punggung, dada dan leher juga butuh proteksi. Tak jarang pengemudi motor kehilangan nyawa akibat benturan bagian-bagian tadi.

 

Harga

Untuk mendapatkannya, Anda perlu menggelontorkan dana $699,95 atau sekitar Rp 10juta. Ya, agak mahal memang. Tapi jika punya budget lebih dan gemar berkelana dengan motor, tak ada salahnya beli ini.

Sumber: Oto.com

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Potret Jadul Ridwan Kamil Saat Baru Lulus Kuliah

Posted: 19 Jun 2019 10:02 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil tak jarang membagikan deretan kegiatan melalui akun Instagram pribadi @ridwankamil. Satu di antaranya adalah potret jadul yang menampilkan ayah dua anak ini baru lulus kuliah.

Ridwan Kamil meraih gelar sarjana bidang Teknik Arsitektur dari Institut Teknologi Bandung (ITB) pada 1995. Foto kelulusan kala itu pun ia bagikan lewat Instagram pada Selasa, 18 Juni 2019.

Potret tersebut menunjukkan suami Atalia Praratya ini  dalam balutan kemeja putih lengan panjang dibalut busana kelulusan dan dasi warna merah. Ridwan Kamil juga memakai toga.

Wajah semringahnya tampak begitu jelas dari foto itu. Momen nostalgia itu tidak lain hadir ketika Ridwan Kamil tengah melakukan kerjasama 12 program antara Pemprov Jabar dan civitas akademika ITB.

"Tadi siang sambil silaturahim idul fitri juga berbicara tentang Visi Jabar Juara di forum rektorat dan para professor yang dahulu adalah dosen dan guru saya. Semoga kerjasama ini lancar. Foto: saat masih jomblo lulus itb tahun 1995." tulis Ridwan Kamil.

Foto Kelulusan yang Curi Perhatian

Potret Ridwan Kamil lulus kuliah pada 1995 silam. (dok. Instagram @ridwankamil/https://www.instagram.com/p/By2QL6-AgO3/Putu Elmira)

Foto saat lulus kuliah yang diunggah Ridwan Kamil sukses menjadi sorotan warganet. Tidak sedikit dari mereka yang membanjiri kolom komentar dengan beragam tanggapan.

"Kok mirip indra herlambang ya pak," tulis akun areicia. "95 bapak wisuda???? aku mah baru naik kelas 2 SD pak," tulis akun bundhaa__.

"95 itu bapak jomblo tapi pemuja rahasianya bapak banyak yaaaaaaak," lanjut akun dwitasaridwita.

Setelah meraih gelar sarjana di bidang Teknik Arsitektur, Ridwan Kamil kemudian meraih Master of Urban Design dari University of California, Berkeley pada 2001. Ia sempat berkarir sebagai arsitek dengan membuka biro arsitek Urbane sebelum menginjakkan kaki di bidang politik dan menjadi Gubernu Jawa Barat.

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Setnov Pelesiran ke Padalarang, Pengawal Disuap?

Posted: 19 Jun 2019 10:00 PM PDT

Liputan6.com, Bandung - Kementerian Hukum dan HAM (Kemenkumham) menjatuhkan sanksi disiplin terhadap dua petugas Lapas Sukamiskin sebagai buntut lepasnya terpidana korupsi Setya Novanto atau Setnov dari pengawalan saat berobat di rumah sakit hingga pelesiran ke kawasan Padalarang.

Setnov terpergok tengah pelesiran di sebuah toko bangunan di Padalarang pada Jumat, 14 Juni 2019, lalu. Eks ketua DPR itu pergi bersama seorang perempuan berkerudung yang belakangan diduga sebagai istrinya, melakukan pelesiran. Padahal, Setnov seharusnya berada di rumah sakit untuk menjalani pengobatan.

Sebagai buntut dari pelesiran mantan Ketua DPR itu, Kemenkumham menjatuhkan sanksi disiplin terhadap komandan jaga Lapas Sukamiskin berinisial YAP dan SS yang ditugaskan mengawal Setnov saat berobat ke Rumah Sakit Santosa Bandung.

Menurut Kepala Kanwil Kemenkumham Jabar, Liberti Sitinjak, sesuai berita acara pemeriksaan, keduanya disanksi disiplin dan akan dibina di kantornya.

"Sekali lagi atas pimpinan wilayah, kami tetap nyatakan bahwa kesalahan ini ada di kami. Sebagai bentuk kesahalan itu kami lakukan hukuman disiplin itu. Kami berharap mudah-mudahan peritiwa tidak terulang apalagi dengan modus yang sama," kata Liberti dalam jumpa pers di Bandung, Rabu (19/6/2019).

Liberti menyatakan, kelalaian kedua petugas lapas menjadi peyebab Setnov berkeliaran. Petugas lapas, kata dia, tidak menjalankan perintah atasan dan tidak melakukan tugas pokok dan fungsi sebagaimana SOP pengawalan.

"Itulah yang mengakibatkan kenapa dia (Setnov) bisa keluar dari rumah sakit," katanya. 

Petugas Baru dan Masih Muda

Kepala Kanwil Kemenkumham Jabar, Liberti Sitinjak. (Liputan6.com/Huyogo Simbolon)

Menurut Liberti, kedua petugas lapas adalah orang baru. Di mana pihaknya telah melakukan pergantian pejabat lapas sekitar Desember 2018 lalu setelah Operasi Tangkap Tangan KPK.

Untuk memberikan efek pada petugas yang disanksi, Liberti mengatakan hukuman akan diberikan untuk mendidik karena keduanya masih muda.

Liberti menambahkan, kasus Setnov pelesiran merupakan yang pertama sejak ia menjabat sebagai Kakanwil Kemenkumham Jabar.

"Makanya saya ambil tindakan tegas. Sekali melakukan pelanggaran berat kita tindak," ujarnya.

Berkaca pada OTT KPK tahun lalu, petugas lapas kedapatan membantu praktik suap agar mendapatkan izin keluar lapas. Menanggapi hal itu, Liberti mengatakan tidak ada unsur suap pada kedua petugas lapas yang mendampingi Setnov.

"Berdasarkan tim yang dibentuk untuk menelusuri kasus ini sama sekali tidak ada suap. Kenapa? Karena saat itu saya lakukan sidak, datang ke rumah sakit bertemu Setnov. Saya bilang lakukan hanya recovery ini. Jadi saya melakukan pengawasan juga," katanya.

Pihaknya berjanji akan melakukan evaluasi untuk pengawalan narapidana yang mendapat izin berobat ke luar lapas. "Makanya akan ada kebijakan baru, di dalam proses bagaimana pengawalan itu dilakukan," ujarnya. 

Satu Bulan, Setnov Tak Bisa Terima Besuk

Setya Novanto diperiksa sebagai saksi untuk tersangka  Johannes Budisutrisno Kotjo terkait dugaan menerima suap proyek kontrak kerja sama pembangunan Pembangkit Listrik Tenaga Uap (PLTU) Riau-1.(merdeka.com/dwi narwoko)

Sejak tepergok pelesiran ke sebuah toko keramik di Padalarang, pada Jumat (14/6/2019), Setnov dipindahkan dari Lapas Sukamiskin ke Rutan Gunung Sindur.

Alasan Setnov dipindahkan ke Rutan Gunung Sindur berdasarkan pemeriksaan tim assessment yang dibentuk Kanwil Kemenkum HAM Jawa Barat. Berdasarkan hasil pemeriksaan, mantan Ketua DPR RI itu mendapatkan skor 61,05 dan termasuk dalam maksimum high risk.

"Kalau dia sudah ditempatkan di rutan yang seperti sekarang ini, yang jelas selama sebulan tak terima besuk. Karena sesuai SOP di sana," kata Liberti.

Namun demikian, terkait segala sesuatu kebutuhan sebagai warga binaan tetap berjalan seperti biasanya.

"Mungkin kalau di Lapas Sukamiskin karena kurang pegawai dia hanya didampingi sendiri. Kalau di Gunung Sindur dengan status ini kalau dia berobat 4 orang mengawal. Tidak bisa lagi main-main," ujar Liberti.

Disinggung mengenai izin berobat selama di Gunung Sindur, Liberti mengatakan hal itu tetap berlaku.

"Tergantung dokter. Kita ini kementerian hukum dan HAM. Dan itu di dalam aturan sudah diatur pelayanan terhadap narapidana. Kalau orangnya sakit sepanjang bisa di klinik tetap di dalam rutan, kita akan rujuk kalau tak memungkinkan dan memang harus dirujuk," dia menandaskan.

Simak video pilihan di bawah ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Nyanyikan Lagu Nirvana, Suara Ibu Ini Bikin Heboh Warganet

Posted: 19 Jun 2019 10:00 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Sebagian besar dari kalian, khususnya para pria tentu tak asing dengan band rock legendaris Nirvana. Selama berkarier, Nirvana telah menciptakan banyak lagu yang masih terkenal hingga kini. Salah satunya ialah lagu berjudul "Smells Like Teen Spirit."

Kalian tentu sudah biasa melihat band-band rock membawakan lagu ini. Tapi bagaimana jadinya jika lagu ini dibawakan seorang ibu-ibu? Tentu terdengar mustahil, namun kalian akan berubah pikiran setelah melihat video satu ini.

Sebuah video yang diunggah akun Facebook Seposen sedang mencuri perhatian warganet. Video tersebut menampilkan seorang ibu asal Malaysia yang sedang asyik berkaraoke lagu "Smells Like Teen Spirit."

Dalam video berdurasi 46 detik itu nampak si ibu terlihat dalam sebuah acara open house. Tak asal bernyanyi, wanita yang mengenakan hijab biru muda itu terlihat sangat menjiwai lagu tersebut.

Dipuji Warganet

foto: facebook Seposen

Tak butuh waktu lama, video tersebut pun menjadi sorotan warganet. Tak sedikit yang kemudian menyebut ibu tersebut dengan panggilan Mak Cik Nirvana atau Mak Cik Cobain.

Selain itu, warganet menduga emak-emak ini tumbuh besar di era Kurt Cobain. Hal ini lantaran si Mak Cik Nirvana sangat familiar dengan lagu tersebut.

"Saya mau request lagu 'Comes as You Are' boleh mak cik?" komentar akun Nurulhuda Ishak.

"Dunia rock tak mengenal usia dan penampilan, yang penting hati suka rock," kata Honey Bee.

"Grunge selamanya," timpal Encik Ashraf.

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Klasemen MotoGP: Marquez Makin Jauhi Andrea Dovizioso

Posted: 19 Jun 2019 10:00 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Marc Marquez makin sulit dibendung di klasemen MotoGP. Hasil sempurna di MotoGP Katalunya saat para rival terjungkal membuat Marquez makin digdaya.

Pembalap Repsol Honda itu sudah mengantongi 140 poin dari tujuh seri balapan yang sudah berlangsung. Dia unggul 37 poin dari rival terdekat Andrea Dovizioso yang jadi korban tabrakan di MotoGP Katalunya.

Marquez memperoleh 25 poin tambahan dari balapan MotoGP Katalunya di Sirkuit Katalunya, Minggu (17/6/2019) lalu. Sukses rider asal Spanyol itu meraih podium utama tidak lepas dari insiden terjatuhnya empat pembalap akibat aksi Jorge Lorenzo.

Insiden tersebut membuat Marquez menambah selisih poin dengan pesaing terdekatnya Andrea Dovizioso. Pasalnya, pembalap Mission Winnow Ducati itu termasuk dalam empat pembalap yang terjatuh.

Selain Lorenzo dan Dovizioso, tabrakan beruntun tersebut juga melibatkan Valentino Rossi dan Maverick Vinales. Duo rider tim Monster Energy Yamaha itu juga tidak menambah tambahan poin karena tidak bisa melanjutkan balapan.

Hingga seri ketujuh, Rossi baru mengumpulkan 72 poin dan menempati peringkat lima klasemen MotoGP. Sedangkan Vinales di peringkat 11 dengan 40 poin.

Klasemen MotoGP 2019

Pembalap Repsol Honda Marc Marquez juara MotoGP Katalunya. (AFP/Lluis Gene)

Peringkat-Pembalap-Poin

1 Marc Marquez 140

2 Andrea Dovizioso 103

3 Alex Rins 101

4 Danilo Petrucci 98

5 Valentino Rossi 72

6 Jack Miller 53

7 Fabio Quartararo 51

8 Takaaki Nakagami 48

9 Pol Espargaro 47

10 Cal Crutchlow 42

11 Maverick Vinales 40

12 Franco Morbidelli 34

13 Aleix Espargaro 27

14 Joan Mir 22

15 Jorge Lorenzo 19

16 Johann Zarco 16

17 Miguel Oliveira 12

18 Andrea Iannone 12

19 Francesco Bagnaia 9

20 Michele Pirro 9

21 Tito Rabat 9

22 Stefan Bradl 6

23 Sylvain Guintoli

24 Hafizh Syahrin 2

25 Karel Abraham 2

Jadwal MotoGP Belanda

Jadwal MotoGP

Jumat, 28 Juni 2019

14:55-15:40 : FP 1 MotoGP Belanda

19:10-19:55 : FP 2

Sabtu, 29 Juni 2019

14:55-15:40 : FP 3 MotoGP Belanda

18:30-19:00: FP4

19:10 - 19:25: Kualifikasi Satu

19:35 - 19:50: Kualifikasi Dua

Minggu, 30 Juni 2019

19:00: Balapan MotoGP Belanda

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Cara OJK Tingkatkan Pemahaman Pasar Modal di Jawa Barat

Posted: 19 Jun 2019 10:00 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Otoritas Jasa Keuangan (OJK) berupaya meningkatkan pemahaman masyarakat khususnya di daerah perihal informasi aktual perkembangan di Pasar Modal. Caranya dengan menggelar kegiatan Sosialisasi dan Edukasi Pasar Modal Terpadu (SEPMT) 2019 di Bandung, Jawa Barat pada 19-20 Juni 2019.

"Kegiatan ini merupakan hasil kerjasama antara Otoritas Jasa Keuangan (OJK) bersama PT Bursa Efek Indonesia (BEI), dan stakeholder lainnya," tutur Kepala Departemen Pengawasan Pasar Modal 1A, Ida Bagus Aditya Jayaantara, Kamis (20/6/2019).

Dia menuturkan jika tujuan awal adalah untuk meningkatkan pemahaman masyarakat khususnya di daerah atas informasi aktual perkembangan di Pasar Modal.

Kemudian memberikan pemahaman kepada masyarakat dalam berinvestasi yang cerdas dan aman. Ketiga sebagai bentuk ajakan persuasif kepada masyarakat untuk dapat menjadi investor di Pasar Modal.

Adapun keempat untuk memberikan informasi kepada perusahaan di daerah tentang akses pendanaan yang mudah melalui Pasar Modal, dan yang terakhir adalah sebagai wujud nyata dari recycle pungutan OJK.

Berdasarkan survei indeks literasi keuangan tahun 2016, indeks Pasar Modal Nasional sebesar 4,4 persen meningkat dari yang sebelumnya di tahun 2013 yaitu sebesar 3,79 persen, artinya dari 2013–2016 mengalami peningkatan sebesar 0,6 persen.

Sedangkan untuk indeks inklusi nasional meningkat dari 0,11 persen di tahun 2013 menjadi 1,25 persen di tahun 2016, atau naik 1,14 persen.

Target peserta dari penyelenggaraan kegiatan ini adalah para pelaku bisnis di daerah, wartawan, akademisi di daerah, dan Pejabat/Pegawai Kantor OJK.

Melalui kegiatan ini diharapkan dapat lebih meningkatkan pemahaman masyarakat terhadap Pasar Modal khususnya di Kota Bandung, Jawa Barat.

 

BEI Kantongi Mandat 25 Calon Emiten Baru

Layar pergerakan Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG) di BEI, Jakarta. (Liputan6.com/Angga Yuniar)

Bursa Efek Indonesia (BEI) mengatakan sudah mengantongi 25 calon emiten baru (pipeline) yang siap melantai di pasar modal. 

Seperti diketahui, manajemen BEI menargetkan sebanyak 75 emiten melantai di bursa saham pada 2019. Adapun hingga kini 13 emiten telah melakukan initial public offering (IPO) di BEI.

"Sudah dokumen sudah masuk yang 25 calon emiten. Ada yang menggunakan laporan keuangan Desember, ada yang maret," terang Direktur Penilaian Perusahaan Bursa Efek Indonesia (BEI) I Gede Nyoman Yetna di Jakarta, Selasa (11/6/2019).

Dia menambahkan, sebanyak 25 calon emiten tersebut dipastikan akan melakukan IPO di bursa saham pada 2019.

"Kita yakin 25 ini masuk semua. Ada beberapa dokumen yang sedang diperbaiki dan sudah diperbaiki. Jadi 25 itu besar kemungkinan akan dicatatkan," paparnya.

BEI pun terus berupaya mendorong agar lebih banyak calon emiten baru mencari pendanaan di pasar modal.

"Yang kita tunggu dan sangat support adalah underwriter dan para entrepreneur untuk sampaikan dokumen yang belum lengkap. Karena kondisi pasar saat ini sudah favourible," ujarnya.

Tonton Video Ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Kevin Aprilio Utang Rp 17 Miliar, Ayah: Drama Paling Menegangkan

Posted: 19 Jun 2019 10:00 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Lewat akun Instagram, Kevin Aprilio tiba-tiba menceritakan pengalaman pahit di masa lalu. Ia mengaku pernah berutang Rp 17 miliar karena industri foreign exchange (Forex) yang dijalankannya mengalami kegagalan.

Kasus yang pelik ini bahkan sempat membuat Kevin Aprilio berpikir untuk mengakhiri hidupnya. Beruntung niat buruk itu tak jadi ia lakukan.

"Saya memiliki hutang sampai 17 M. Saya memang tidak pernah buka ini di publik jadi bagi anda yang melihat postingan ini, artinya anda yg pertama tau soal ini. Pada saat itu saya ingin sekali bunuh diri," ungkapnya, Rabu (19/6/2019).

Dalam unggahan tersebut, ayah Kevin Aprilio, Addie MS pun meninggalkan komentar. Baginya, itu adalah kasus paling menegangkan yang pernah ia alami.

"Seumur hidupku, ini drama paling menegangkan. Untung jantungku ga lepas sekrupnya, Vin," tulis suami Memes tersebut.

Pujian

Kevin Aprilio (Herman Zakharia/Liputan6.com)

Ya, Kevin Aprilio sangat bersyukur karena memiliki keluarga yang setia mendukung dan mendampinginya keluar dari keterpurukan. Warganet pun memuji sikap Addie MS sebagai seorang ayah.

"Seorang ayah yg Hebat dr seluruh sisi kehidupan..Proud daddy," imbuh pengguna akun @beby_ryscka.

"You are best dad mr @addiems999 😍, semoga sehat dan.panjang umur," tambah pemilik akun @chunong_gray.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

OPINI: Memperluas Jaringan 4G Adalah Kunci Masa Depan Digital Indonesia

Posted: 19 Jun 2019 10:00 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Saat ini, empat dari tujuh negara teratas di dunia dalam hal adopsi smartphone adalah Australia, Makau, Singapura, dan Korea Selatan. Sementara, Indonesia bersama dengan China dan India menjadi pendorong utama pertumbuhan adopsi smartphone di kawasan Asia Pasifik.

Indonesia sendiri telah mengalami peningkatan koneksi smartphone sebanyak hampir 75 juta pada tahun 2017. Total adopsi smartphone dari ketiga negara ini mencapai 348 juta atau sekitar 55 persen dari total koneksi baru global.

Namun, masih ada kesenjangan digital yang cukup besar antara warga perkotaan dan pedesaan di Indonesia. Hampir 45persen orang tinggal di daerah pedesaan, dan angka ini jauh lebih tinggi daripada negara-negara lain di Asia Pasifik yang lebih maju.

Selain itu, sebagai sebuah negara kepulauan, bentangan luas kawasan Indonesia juga membuat perluasan jangkauan koneksi jadi mahal dan sulit. Namun, di sisi lain, banyaknya jumlah orang Indonesia yang belum terhubung memberikan peluang besar bagi pertumbuhan ekonomi dan pembangunan sosial dalam dekade berikutnya. Mobile broadband tersedia, tetapi kebutuhan pengguna menuntut adanya pertumbuhan 4G

Indonesia saat ini berada dalam fase transisi dari pasar seluler berbasis suara dan SMS, ke arah masyarakat digital yang lebih maju. Selain itu, gabungan dari 2G dan 3G mewakili 69 persen dari total koneksi pada H1 2018.

Namun, meskipun pasar 4G di Indonesia dianggap lamban, Indonesia kini mulai melihat percepatan migrasi ke broadband nirkabel super cepat (superfast wireless broadband).

Hal ini sebagian besar didorong oleh investasi jaringan dan reframing spektrum yang dilakukan operator di tengah persaingan ketat industri telekomunikasi serta kebutuhan tinggi konsumen untuk layanan mobile berkecepatan lebih tinggi.

4G belum menjadi teknologi dominan di Indonesia, sementara siklus penggunaan teknologi 3G diperkirakan masih akan bertahan hingga beberapa tahun ke depan. Namun, karena pertimbangan kebijakan spektrum dan investasi dari pemerintah, 4G diperkirakan akan terus mengalami peningkatan hingga 2025 dengan total koneksi mencapai 361 juta (atau 74persen dari total koneksi).

Ke depannya, negara-negara seperti China, Jepang dan Korea Selatan diproyeksikan akan sudah melakukan implementasi komersil dari layanan teknologi 5G sebelum akhir tahun 2020.

Sementara di Indonesia, implementasi pasar dari teknologi generasi selanjutnya ini kemungkinan baru akan sampai pada tahap awal dalam lima tahun mendatang.

Peluang dari Digitalisasi Konten Media

Meskipun DVD film dan serial televisi terbaru sering tersedia di pusat perbelanjaan dan pasar di seluruh Indonesia, dan biasanya dengan harga sangat rendah, pertumbuhan pasar over-the-top (OTT) diperkirakan bernilai $ 40 juta (IDR 576 miliar) pada tahun 2019, dengan perkiraan pelanggan (subscriber) mencapai hampir 10 juta.

Pertumbuhan ini mungkin sebagian besar didorong oleh situs seperti Netflix. Meskipun begitu, konsumen Indonesia juga memiliki preferensi yang kuat untuk konten berbahasa lokal.

Dengan demikian, pasar OTT diperkirakan akan terus mengalami pertumbuhan seiring dengan munculnya pemain domestik seperti iFlix dan Hooq - yang lebih murah daripada Netflix.

Sementara itu, konsumsi televisi free-to-air per pengguna terus menurun dalam beberapa tahun terakhir. Rata-rata penggunaan internet setiap hari melalui telepon seluler (3 jam 55 menit) dan penggunaan media sosial melalui perangkat apa pun (3 jam 16 menit) telah melampaui waktu menonton televisi harian masyarakat (2 jam 23 menit).

Kepemirsaan televisi telah menurun khususnya di kalangan demografi lebih muda yang semakin cenderung bergantung pada situs web dan platform media sosial untuk konten berita, dan untuk streaming program non-linear.

Karena konsumsi iklan dan pendapatan beralih dari siaran tradisional menjadi saluran digital (seperti jejaring sosial), maka penting bagi Indonesia untuk mempertahankan laju digitalisasi dan kebijakan spektrum guna mendukung tuntutan dan kebutuhan industri seluler. Meskipun televisi free to air secara umum telah berevolusi ke platform digital (saat ini dalam masa transisi dari teknologi analog yang sudah berusia hampir 60 tahun), TV analog belum hilang sepenuhnya di Indonesia.

Padahal, TV digital jauh lebih efisien dan kualitas videonya juga jauh lebih baik. Teknologi ini menggunakan lebih sedikit spektrum untuk menyiarkan konten, sekaligus memperbanyak puluhan kali lipat jumlah program yang tersedia untuk pemirsa.

Indonesia masih harus menyelesaikan proses TV Digital Switch-Over (DSO), dan karena itu belum mengalokasikan spektrum cadangan di dalam frekeunsi 700 MHz ("dividen digital") untuk layanan seluler 4G. 700 MHz untuk 4G Mobile

Broadband Membawa Manfaat Ekonomi

Kombinasi dari populasi muda yang besar, perluasan jangkauan 4G, dan layanan dan handset yang relatif murah menunjukkan bahwa Indonesia memiliki skala dan karakteristik pasar untuk merangsang inovasi unik, yang berpotensi untuk diekspor.

Go-Jek, misalnya, adalah start-up unicorn pertama di Indonesia dan, menurut survei terbaru, merupakan aplikasi berbagi tumpangan yang paling populer di negara ini. Diluncurkan pada tahun 2016, Go-Car dan layanan pemesanan tumpangan sepeda motor online-nya telah tersebar luas dan menjadi populer dengan cepat di negara ini.

Go-Jek pun kini bersaing ketat dengan layanan pesanan tumpangan lainnya seperti Grab dan Uber. Bahkan, Grab baru-baru ini telah mengakuisisi Uber di Asia Tenggara. Chief Marketing Officer Go-Jek juga mengklaim bahwa perusahaan ini telah membantu menurunkan tingkat pengangguran Indonesia sebesar 0,5 persen pada tahun 2016 dan berkontribusi kepada perekonomian Indonesia sekitar $ 1 miliar (Rp 14,4 triliun).

Perekonomian digital Indonesia untuk saat ini masih dalam tahap awal perkembangannya, meskipun perkiraan dampak potensial teknologi digital di negara ini diperkirakan akan meningkatkan produk domestik bruto (PDB) sebesar $ 150 miliar (IDR 2.160 triliun, atau 16persen pertumbuhan PDB saat ini) pada tahun 2025 dan menciptakan 3,7 juta lapangan pekerjaan baru.

Peningkatan Broadband 4G Akan Dorong Hasil Sosial Positif

Konektivitas nasional yang lebih baik melalui broadband nirkabel super cepat akan mendorong akselerasi ekonomi, dan operator seluler diposisikan untuk memainkan peran penting dalam proses ini melalui proyek investasi infrastruktur dan penyelenggaraan layanan digital.

Konektivitas yang baik juga penting untuk mendukung warga negara digital yang efektif dan menawarkan kemampuan untuk sepenuhnya memanfaatkan layanan pemerintah.

Di seluruh dunia, pemerintah semakin banyak menggunakan saluran digital untuk memberikan kesejahteraan sosial, memberikan layanan kesehatan, dan memperluas pendidikan online ke komunitas yang paling rentan.

Misalnya, platform digital meningkatkan akses ke pendidikan dan menjadi pilar penting dalam membangun masyarakat berbasis pengetahuan.

E-learning dapat meningkatkan peluang peningkatan keterampilan dan bertindak sebagai platform untuk mempromosikan pembangunan manusia di daerah pedesaan dan terpencil.

Ini dapat mengarah pada peningkatan kualitas hidup bagi individu dan keluarga mereka, yang dapat memicu siklus yang dapat meningkatkan pertumbuhan ekonomi, menciptakan lebih banyak lapangan pekerjaan dan mengurangi kemiskinan.

Solusi m-Education memungkinkan ribuan siswa di negara-negara seperti Indonesia untuk mengakses konten pelajaran melalui SMS dan audio. Pada 2015, Telkom, MCIT, dan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Indonesia memulai prakarsa baru, yang bertujuan untuk mengganti buku teks fisik di sekolah yang mahal dan sulit diperoleh dan didistribusikan, dengan tablet dan ebook.

Spektrum 700 MHz Paling Hemat Biaya

Frekuensi dalam spektrum rendah, seperti 700 MHz, dapat mencapai jarak yang lebih jauh - memberikan cakupan yang jauh lebih baik dibandingkan dengan frekuensi yang lebih tinggi di atas 1 GHz dan dengan demikian mengurangi biaya infrastruktur.

Beberapa negara Asia Pasifik, termasuk Indonesia, telah meluncurkan jaringan 4G pada frekuensi di bawah 1 GHz, tetapi hanya sebagian kecil dari spektrum yang tersedia di kawasan Asia Pasifik berada dalam kisaran ini.

Hal ini menunjukkan bahwa ada kebutuhan untuk alokasi spektrum yang lebih besar agar bisa memperluas jangkauan adopsi layanan broadband selular. Ketika frekuensi naik maka jangkauan akan menurun dan akibatnya dibutuhkan lebih banyak tower, situs dan infrastruktur terkait untuk mereplikasi jangkauan yang diharapkan dari frekuensi sebesar 700 MHz.

Dengan mendapatkan akses ke spektrum 700 MHz, operator akan dapat mengatasi - dan mengurangi - kesenjangan cakupan, mendorong penetrasi seluler yang lebih tinggi dan peningkatan akses ke layanan di daerah pedesaan, seperti pendidikan dan kesehatan.

Operator seluler, perusahaan ekosistem lainnya, pemerintah, dan regulator, semuanya memiliki peran untuk memastikan bahwa Indonesia menuai dan memaksimalkan manfaat dari dividen digital 700 MHz sesegera mungkin.

Penulis adalah Cristian Gomez, Director Spectrum Policy and Regulatory Affairs, Asia-Pacific, GSMA

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Digigit Nyamuk sampai Demam, Waspada Alergi atau Skeeter Syndrome

Posted: 19 Jun 2019 10:00 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Alergi adalah reaksi berlebihan tubuh terhadap sesuatu, seperti makanan, lingkungan, dan obat. Semua jenis itu terdengar familiar di telinga kita. 

Omong-omong soal alergi, pernahkah Anda mendengar soal alergi nyamuk? Ternyata ada, lho!

Dikutip dari situs Health pada Kamis, 20 Juni 2019, reaksi normal terhadap gigitan nyamuk adalah kulit yang terasa gatal kemudian muncul benjolan pada kulit. Sedangkan pada orang dengan alergi nyamuk atai skeeter syndrome, benjolan yang muncul berukuran lebih besar, merah pada kulit, dan berujung demam.

Skeeter syndrome merupakan reaksi alergi pada protein yang terkandung dalam saliva nyamuk ketika mengigit kulit manusia. Menurut situs Mayo Clinic, untuk mengetahui gejala gatal yang berlebihan dari gigitan nyamuk adalah dengan melihat seberapa besar dan daerah bengkak yang merah dan tingkat kegatalan setelah digigit.

Lebih lanjut, akan sulit untuk membedakan antara alergi nyamuk dengan infeksi kulit biasa karena gejala kemerahan pada kulit, bengkak, dan sakit yang sama pada kedua penyakit. Namun, yang membedakan adalah gelaja Skeeter syndrome yang langsung terjadi setelah tergigit nyamuk.

 

Gejala Alergi Nyamuk

Berikut gelaja-gejala alergi nyamuk yang harus kamu ketahui:

1. Merah pada seluruh kulit, bukan hanya daerah gigitan nyamuk

Reaksi normal gigitan nyamuk adalah merah di sekitar daerah gigitan nyamuk, berbeda dengan yang memiliki alergi, satu bagian tubuh yang digigit nyamuk akan merah.

Jika lengan yang digigit, seluruh kulit lengan akan menjadi merah bahkan bengkak.

2. Bengkak

Biasanya, setelah gigitan nyamuk akan muncul benjolan kecil di kulit yang digigit, sedangkan pada orang yang memiliki alergi nyamuk akan bengkak di daerah tertentu, seperti wajah hingga seluruh tubuh bisa bengkak dan merah.

3. Muntah, demam, kesulitan bernapas

Untuk beberapa kasus bahkan ada beberapa orang yang mengalami demam, mual, muntah, hingga kesulitan bernapas akibat gigitan nyamuk. Untungnya belum ada kasus yang mematikan dari alergi ini.

Guna mencegah reaksi Skeeter syndrome kamu bisa membawa semprotan serangga jika hendak melakukan aktivitas di luar terbuka atau menggunakan pakaian yang cukup menutup daerah permukaan kulit.

Jika sudah tergigit, kamu bisa gunakan Benadryl untuk mengurasi rasa gatal dan bengkak serta krim hidrokortison untuk digosok langsung pada daerah gigitan.

Apabila reaksi sudah sakitnya sangat tidak tertahankan bisa memeriksakan diri ke dokter untuk diberi suntikan alergi. 

 

Penulis: Febrianingsih Alamako

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Argentina vs Paraguay: Imbang, Tim Tango Terancam di Copa America 2019

Posted: 19 Jun 2019 09:57 PM PDT

Liputan6.com, Belo Horizonte - Argentina lagi-lagi gagal meraih kemenangan di ajang Copa America 2019. Setelah sebelumnya, kalah 0-2 dari Kolombia, di laga kedua Grup B, mereka hanya mampu bermain imbang 1-1 lawan Paraguay, Rabu (19/6) atau Kamis pagi WIB di Estadio Governador Magalhaes Pinto, Belo Horizonte, Brasil.

Tim Tango, julukan Argentina, bahkan harus kebobolan terlebih dahulu melalui Richard Sanchez di menit ke-37. Untung, mereka punya Lionel Messi yang berhasil menyamakan kedudukan lewat tendangan penalti pada menit ke 57.

Namun, hasil imbang ini tentu saja sangat mengecewakan. Karena, idealnya, mereka bisa memenangkan laga ini untuk memelihara peluang lolos ke fase selanjutnya.

Kini, Argentina masih terpuruk di dasar klasemen Grup B Copa America 2019 dengan hanya mengoleksi satu poin dari dua pertandingan. Mereka bahkan kalah selisih gol dari tim undangan asal Asia, Qatar.

Praktis di laga terakhir Grup B lawan, Qatar, Argentinaharus menang jika masih ingin memelihara peluang lolos ke fase knock out. Pertandingan ini akan digelar Minggu (23/6) atau Senin pagi WIB.

Bergantung Pertandingan Lain

Bintang Argentina, Lionel Messi,   (AFP/Juan Mabromata)

Masalahnya, menang saja atas Qatar tidak cukup bagi Argentina. Mereka juga masih harus bergantung kepada hasil laga Kolombia vs Paraguay.

Jika laga ini berakhir imbang, atau dimenangkan Kolombia, kemenangan atas Qatar akan mengantarkan Argentina ke perempat final. Namun, jika Paraguay yang memenangkan laga ini, hasil apapun yang didapat Argentina, mereka tetap akan tersingkir.

Disemprot Maradona

Sebelumnya, Timnas Argentina sendiri sempat disemprot legenda mereka, Diego Armando Maradona usai dikalahkan Kolombia. Saking marahnya, Maradona ketika itu menyebut Argentina bahkan bisa dikalahkan Tonga, sebuah negara kecil tak berdaulat yang berada di bagian Selatan Samudra Pasifik.

"Apa artinya jersey ini? Anda harus merasakannya, ini serius!" kata Maradona, yang juga kapten timnas Argentina saat juara Piala Dunia 1986.

"Kita punya prestis yang dibangun dengan kerja keras," ujarnya mengakhiri.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Pengacara Bantah Kivlan Zen Terima Uang Rp 150 Juta dari Habil Marati

Posted: 19 Jun 2019 09:53 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Pengacara Kivlan Zen, Muhammad Yuntri membantah kliennya menerima uang senilai 15.000 SGD atau sekitar Rp 150 juta dari Habil Marati terkait kasus pembelian senjata api ilegal dan rencana pembunuhan empat tokoh negara.

"Kalau yang SGD15.000 setara Rp150 juta murni uangnya Pak Kivlan. Uang yang dikeluarkan dari kantong beliau sendiri," kata Yuntri, Kamis (20/6/2019).

Menurut Yuntri, uang tersebut didapat Kivlan atas jasanya yang telah membebaskan sandera kelompok Abu Sayyaf di Filipina pada 2016 silam. Kala itu, ia mendapat uang dari Menteri Pertahanan dan Panglima TNI.

"Itu uang jasa atau uang operasional yang diberikan Menhan dan Panglima TNI waktu beliau pernah membebaskan sandera di Filipina. Sama sekali tak ada aliran dana yang berasal dari Habil Marati yang kemudian ditujukan untuk membeli senjata, tidak ada," sambungnya.

Kemudian, uang tersebut digunakan Kivlan Zen untuk demonstrasi antikomunis di Monas, Jakarta Pusat beberapa waktu lalu. Kivlan memberikan uang tersebut kepada Iwan untuk mengerahkan massa.

"Karena Iwan ini dari dulu mengatakan dia punya massa, dia punya banyak orang yang bisa disuruh untuk demo. Ada dari Jawara Banten lah, ini itu lah," papar Yuntri.

Yuntri pun mengakui jika kliennya menerima uang senilai SGD 4.000 dari Habil. Namun uang tersebut bukan untuk membeli senjata api.

"Iya, itu dari Pak Habil. Itu untuk keperluan demo dan sosialisasi di acara Kesaktian Pancasila tanggal 1 Oktober 2018. Iya menerima SGD4.000.Uang itu ditambah lagi oleh Pak Kivlan menjadi total Rp50 juta," kataa Yuntri.

Untuk Demo

Mantan Kas Kostrad Kivlan Zen memberikan keterangan kepada awak media saat tiba memenuhi panggilan di Gedung Bareskrim Mabes Polri, Jakarta, Senin (13/5/2019). Kivlan datangan dengan mengenakan kemeja batik lengan panjang. (merdeka.com/Iqbal Nugroho)

Tersangka Iwan dalam kesaksiannya menyebut disuruh oleh Kivlan untuk membeli senjata api ilegal. Iwan mengaku diberi Rp 150 juta untuk membeli senjata api laras pendek dua pucuk dan laras panjang dua pucuk.

Yuntri membantah keterangan Iwan. Dia menyebut uang yang diberikan Kivlan kepada Iwan hanya untuk menggelar aksi demo memperingati Supersemar di Monas.

"(SGD 15 ribu uang pribadi Kivlan) iya, untuk acara pengadaan demo di Monas itu," kata Yuntri.

Sementara, polisi telah menetapkan Habil Marati sebagai tersangka terkait kasus dugaan ancaman pembunuhan terhadap empat tokoh nasional dan satu bos lembaga survei.

Wadir Krimum Polda Metro Jaya AKBP Ade Ary menyebut, Habil berperan sebagai pemberi dana sebesar Rp 150 juta kepada Kivlan Zen untuk keperluan pembelian senjata api.

"Tersangka HM ini berperan memberikan uang. Jadi uang yang diterima tersangka KZ (Kivlan Zen) berasal dari HM. Maksud tujuan untuk pembelian senjata api. Juga memberikan uang Rp 60 juta rupiah langsung kepada tersangka berinisial HK, untuk biaya operasional dan juga pembelian senjata api," kata Ade Ary di kantor Kemenkopolhukam, Jakarta Pusat, Selasa 11 Juni 2019.

Sejak kasus ini terungkap, nama Kilvan juga disebut-sebut memberikan perintah langsung para tersangka kasus penyeludupan senjata untuk membunuh empat tokoh nasional dan satu pimpinan lembaga survei.

 

Reporter: Muhammad Genantan Saputra

Sumber: Merdeka

Saksikan video pilihan di bawah ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Jarang Diketahui, Ini 7 Manfaat Telur Itik Bagi Kesehatan Tubuh

Posted: 19 Jun 2019 09:45 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Selama ini masyarakat lebih akrab telur ayam daripada telur itik. Ayam lebih sering dibudidayakan untuk diambil telurnya daripada itik. Walaupun itik juga mampu menghasilkan telur, namun prioritas utama pemanfaatan itik adalah dagingnya. 

Manfaat telur itik bagi kesehatan sudah tidak perlu diragukan lagi. Telur itik ini bahkan memiliki kandungan protein yang lebih banyak dari telur ayam. Selain itu, telur itik yang memiliki tekstur kenyal dan lezat dapat menyerap garam lebih tinggi membuatnya sering dijadikan telur asin.

Walaupun sudah sering dikonsumsi orang, namun masih banyak yang belum mengetahui manfaat telur itik bagi kesehatan. Padahal berbagai macam manfaat kesehatan dapat didapatkan dari mengonsumsi telur itik ini secara teratur.

Berikut Liputan6.com rangkum dari berbagai sumber, Kamis (20/6/2019) tentang manfaat telur itik bagi kesehatan

Menjaga Kesehatan Mata dan Menambah Energi

Mata yang Indah (sumber: iStock)

1. Menjaga Kesehatan Mata

Manfaat telur itik bagi kesehatan yang pertama adalah menjaga kesehatan mata. Hal ini berkaitan dengan kandungan vitamin A pada telur itik yang tinggi. Biasanya mata akan berwarna keruh atau tidak bening lagi bila kekurangan asupan vitamin. Telur itik memiliki kandungan vitamin A sebesar 472 IU yang mencukupi untuk memenuhi kebutuhan tubuh agar mata menjadi lebih sehat.

Selain itu, kamu juga bisa mengonsumsi sayur agar lebih maksimal dalam menjaga kesehatan mata. Telur itik bahkan juga bisa memperindah mata dengan kandungan karotenoid.

2. Menambah Energi

Telur itik memiliki kandungan protein yang tinggi dan bermanfaat dalam menambah energi. Bahkan kandungan protein pada telur itik lebih besar daripada telur ayam. Kandungan protein ini yang menyebabkan bertambahnya stamina atau energi saat mengonsumsi telur itik.

Telur itik ini sangat cocok untuk pria yang memiliki pekerjaan berat yang membutuhkan energi dan stamina yang banyak. Selain itu, kamu juga bisa melihat saat meminum jamu, telur yang biasa digunakan adalah telur itik.

Menagkal Radikal Bebas Serta Menjaga Kesehatan Tulang dan Gigi

gigi yang indah (Foto: www.myfamilydentistry.com)

3. Menangkal Radikal Bebas dan Meningkatkan Sistem Imun

Selain menjaga kesehatan mata, vitamin A juga bermanfaat dalam menangkal radikal bebas, meningkatkan sistem imun dan juga memperkuat kesehatan tulang dan gigi.  

Hal ini juga dibantu dengan kandungan antioksidan dan vitamin E yang ada dalam telur itik dapat mempertahankan sel-sel pada tubuh yang baik untuk mencegah tubuh dari serangan radikal bebas. Sedangkan kandungan protein dan zat besi pada telur itik dapat juga meningkatkan sistem kekebalan tubuh agar tidak rentan terkena penyakit.

4. Menjaga Kesehatan Tulang dan Gigi

Manfaat telur itik lainnya adalah dapat menjaga kesehatan tulang dan gigi. Seperti yang telah disebutkan sebelumnya, vitamin A juga dapat menjaga kesehatan tulang dan gigi. Jadi gigi dan tulang kamu bisa terhindar dari keropos.

Mencerahkan Wajah dan Meningkatkan Kesehatan Otak

Mencerahkan wajah ©Shutterstock

5. Mencerahkan Wajah dan Mengatasi Wajah Kering

Manfaat telur itik juga bisa didapatkan dalam kesehatan wajah. Masker wajah dari putih telur sangat bermanfaat dalam mencerahkan wajah dengan menghilangkan jerawat, flek hitam akibat bekas jerawat, serta masalah seperti komedo. Selain itu mengonsumsi telur itik bisa juga mengatasi masalah wajah kering yang terlihat kusam dan tak terawat.

6. Menjaga Kesehatan Reproduksi

Manfaat telur itik selanjutnya adalah dapat menjaga kesehatan reproduksi pria dan wanita. Hal ini berkaitan dengan kandungan selenium pada telur itik yang dapat meningkatkan produksi dan kualitas sperma. Selain itu telur itik juga mengandung vitamin E dan B12 yang dapat menyeimbangkan hormon dan membuat ovum lebih sehat.

7. Meningkatkan Kesehatan Otak

Telur itik selain mengandung protein yang tinggi, juga kaya akan omega 3. Kandungan omega 3 ini sangat bermanfaat dalam meingkatkan kesehatan otak. Dengan mengonsumsi telur itik, maka akan meningkatkan daya ingat, meningkatkan pembentukan memeori pada anak, dan mencegah pikun.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

65 Kontainer Sampah di Batam akan Dikembalikan Usai Uji Lab

Posted: 19 Jun 2019 09:40 PM PDT

Liputan6.com, Batam - Ditjen Bea Cukai Batam bersama tim gabungan memeriksa dan mengambil sampel dari 65 kontainer sampah yang terindikasi mengandung Limbah Bahan Berbahaya dan Beracun (B3). Pengambilan sampe sebelum sampah tersebut dikembalikan ke negara asal.

Kepala Seksi Penindakan Kantor Bea dan Cukai (BC) Batam Febian Cahyo Wibowo mengatakan hasil uji Lab sampel limbah akan diumumkan dalam 3 hari.

"Hasilnya nanti usai pengambilan sampel selesai, apakah yang 65 kontainer mengandung B3, ya atau tidaknya tunggu aja," kata dia kepada Liputan6.com di Batam, Rabu sore (19/6/2019).

Dia menuturkan hasil uji laboratorium akan diserahkan ke Kementerian Lingkungan Hidup. Adapun berdasarkan peraturan, jika limbah yang mengandung B3 harus dikembalikan ke daerah asal dengan batas waktu 90 hari semenjak barang itu tiba.

Dari proses pemeriksaan, dari 54 kontainer tersebut mengandung limbah plastik. Sementara  berdasarkan manives, sampah tersebut berasal dari Amerika dan Eropa. Ini terdiri dari sampah rumah tangga, dan farmasi karena ditemukan botol obat.

Sementara Plt Kepala Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kota Batam Herman Rozi menuturkan jika sampah dalam kontainer mengeluarkan bau menyengat.

"Kita lihat dan rasakan isi kontainer mengeluarkan bau, cuma (detektor) belum menemukan radiaktif, untuk hasil kita tunggu hasil lab bea cukai," tutur dia.

Sekjen Asosiasi Import Plastik Indonesia (Aexipindo) Marthen Tandi Rura meminta untuk menunggu hasil dari pemeriksaan tim. "Saya tidak sengaja mendampingi tim, kita tunggu hasilnya nanti," kata dia.

Sebelumnya dalam pernyataan sikap, pengusaha yang tergabung dalam Aexipindo Batam membantah telah mengimpor sampah yang mengandung B3 ke Batam.

Asosiasi menganggap isi dari 65 kontainer yang didatangkan dari Inggris, Kanada, Amerika dan Australia serta sejumlah negara Eropa lainya bukan dari limbah melainkan bahan baku.

Impor bahan plastik ini telah sesuai dengan Permendag Nomor 31 Tahun 2016 yang mengatur tata cara impor bahan baku limbah non B3.

Impor barang tersebut juga sudah melalui proses yang panjang mulai dari membuka Purchase Order, Sucofindo, Infeksi dan pembayaran.

 

Pemkot Batam Tolak 65 Kontainer Sampah

65 kontainer sampah di Batam. Liputan6.com/Ajang Nurdin

Pemerintah Kota Batam (Pemkot ) Batam meminta 65 kontainer yang terindikasi Limbah,Bahan, Berbahaya dan Beracun (B3)  dikembalikan ke negara asal.

Wakil Walikota Batam Amsyakar Achmad menyampaikan, hal itu usai Paripurna di Kantor DPRD Batam.

"Berdasarkan Perda no 11 tahun  2013  mengamanatkan  limbah plastik dalam dan luar negeri harus kita tolak, " kata Amsyakar, Senin (17/6/2019).

Amsyakar mengatakan, pihaknya sedang menunggu uji labor dari Bea Cukai bersama Kementerian Lingkungan Hidup  (KLHK)  RI. Prinsipnya untuk soal sampah pemerintah kota (Pemkot ) Batam sudah  melalui mekanisme Permendagri di peraturan Menteri perdagangan.

 

 

Namun setelah  mengkaji, menganalisis dan survei oleh surveyor yang kemudian dibawa ke Batam, Pemkot Batam mendapatkan informasi  limbah plastik yang di bawa 65 kontainer itu terindikasi mengandung limbah B3.

"Kami sempat turun ke lapangan bersama stokholder terkait kementerian Bea cukai DLH kita turun di lapangan memang  ada beberapa di antara 65 kontainer yang saat mengambil sampel  diuji mengandung Limbah B3," ujar dia.

Oleh karena itu, Ia menuturkan, bagi pelaku usaha wajib  mengembalikan kontainer berisi limbah ke negara asalnya.

 

 

Beragam Penolakan

Beragam penolakan dari 65 limbah kontrainer di Batam. Salah satunya datang dari anggota DPRD Komisi I Bidang Hukum. Anggota DPRD Batam Lik Khai meminta kepada semua pihak untuk bisa turun langsung dan melihat dugaan limbah plastik masuk ke Batam ini.

Hal ini mengingat sisi kemanusiaan, dampak yang ditimbulkannya akibat limbah tersebut  pada masa yang akan datang sangat membahayakan.

"Terkait dugaan limbah itu, saya kira semua pihak harus turun tangan secara langsung. Dan saya kira tidak hanya satu negara pun yang menerima adanya limbah plastik ini," kata Lik Khai.

Selain itu, masuknya limbah tersebut  perlu dipertanyakan. Pihaknya pun sangat yakin tidak ada izin yang memberikan restu masuknya limbah baik itu B3 maupun non-b3 ke Batam.

"Dan itu jelas-jelas sangat melanggar Undang-undang. Dan harus dicek benar, apakah mereka memiliki izin atau tidak. Kalau memang mereka memegang izin limbah, berarti pihak Kementerian yang perlu dipertanyakan," tegasnya.

Mengingat, plastik yang datang ke Batam tersebut bukanlah dalam bentuk bahan baku atau biji pola stik, melainkan plastik yang masuk dalam kategori limbah. 

"Jadi sangat beda antara bahan baku dengan sampah plastik. Kan lucu. Masukan limbah eh malah dikatakan bahan baku," ujar dia.

Ia menambahkan, ada beberapa negara yang tidak memperbolehkan ada impor limbah plastik dan akhirnya dikembalikan kembali ke negara pengirimnya.

Tonton video ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Ditegur Whoopi Goldberg Usai Unggah Foto Topless, Bella Thorne Meradang

Posted: 19 Jun 2019 09:40 PM PDT

Liputan6.com, Los Angeles - Beberapa waktu lalu, Bella Thorne menjadi korban seorang peretas. Sejumlah foto vulgarnya dicuri kemudian diunggah di internet.

Atas kejadian yang tak mengenakkan ini, Bella Thorne membalas dengan mengunggah ulang foto-foto yang dicuri tersebut. Salah satunya yang memperlihatkan tubuhnya saat tidak mengenakan atasan.

Dengan cara ini, aktris film Blended tersebut ingin memperlihatkan bahwa tindakan peretas tersebut tak berpengaruh pada dirinya.

"F**k u kamu pikir kamu memiliki kekuatan terhadapku. Aku akan menuliskan hal ini di bukuku selanjutnya," cuit Bella Thorne, melengkapi foto yang ia unggah pada Sabtu (15/6/2019) tersebut.

Whoopi Goldberg Tak Setuju

Whoopi Goldberg (AFP)

Tindakan Bella Thorne ini, dibahas oleh aktris senior Whoopi Goldberg dalam acara yang dipandunya, The View. Dilansir dari People, Rabu (19/6/2019), bintang film Sister Act ini menyebutkan ketidaksetujuannya.

"Bila kamu terkenal, aku tak peduli umurku berapa. Kamu tak mengambil foto bugilmu sendiri," tutur Whoopi Goldberg.

Aktris 63 tahun ini mengingatkan, bahwa saat foto tersebut diunggah di awan (cloud), maka file ini dapat diakses peretas yang menginginkannya.

Merasa Tersinggung

Bella Thorne. (AFP/Bintang.com)

Bella Thorne sedih sekaligus meradang atas jawaban ini. Ia merasa telah disalahkan karena mengambil foto ini.

"Jadi seorang perempuan tak bisa mengirimkan foto yang seksi kepada kekasih yang ia rindukan? Hal-hal yang sudah ia lihat sebelumnya? Aku sebagai perempuan harus merasa takut berjalan di rumahku, bersama ponselku, melakukan apa pun?" kata dia lewat sebuah unggahan di Instagram-nya.

Bella Thorne mengatakan ia tersinggung, terutama karena ada banyak wanita lain yang mengalami nasib serupa dengannya.

"Aku tersinggung atas nama semua orang yang pernah mengambil foto seksi. Aku tersinggung atas nama Jennifer Lawrence yang merasa diperkosa secara publik. Aku tersinggung atas nama semua orang yang mengakhiri hidupnya karena seseorang membocorkan foto bugilnya."

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Saksi Prabowo-Sandi Disebut Tak Bisa Beri Bukti Kecurangan Pemilu 2019

Posted: 19 Jun 2019 09:37 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Pemeriksaan saksi-saksi yang diajukan tim hukum Prabowo-Sandi di Mahkamah Konstitusi (MK) rampung pada Kamis (20/6/2019) pagi. Terdapat 14 saksi fakta dan 2 saksi ahli yang dihadirkan.

Mantan komisioner KPU RI Hadar Nafis Gumay menyatakan, dari keterangan yang diberikan seluruh saksi, belum cukup membuktikan terjadi kecurangan terstruktur, sistematis dan masif (TSM) di pemilu 2019. 

"Kalau dikatakan ada satu kecurangan, belum bisa dibuktikan. Belum bisa kita simpulkan terjadi pelanggaran, apalagi disebut pelanggaran TSM," kata Hadar saat dikonfirmasi.

Menurutnya, dari keterangan saksi di sidang MK belum membuktikan adanya pelanggaran, apalagi pelanggaran TSM.

"Saya masih berpandangan, belum bisa disebut pelanggaran TSM, dengan apa yang kita dengar dari saksi," katanya.

Hadar menyebut, pembuktian adanya kecurangan masih sangat sedikit dan kecil.

Skala Kecil

Majelis hakim mendengarkan keterangan saksi fakta Pemohon dalam dalam sidang sengketa Pilpres 2019 di MK, Jakarta, Rabu (19/6/2019). Keempat saksi memberi kesaksian terkait sengketa Pilpres 2019 untuk wilayah Jawa Tengah. (merdeka.com/Iqbal Nugroho)

"Misal isu DPT itu belum jelas, masih belum bisa dipastikan lagi. Yang mungkin kategori pelanggaran kalau misal betul ada petugas TPS mencoblos untuk orang lain dan tidak sesuai dengan pemilik. Oke lah itu pelanggaran, tapi itu size-nya sangat kecil," ucapnya

Selain itu, Hadar mengaku bingung dengan banyaknya saksi yang dihadirkan membahas Situng. Padahal Situng diketahui bukan hasil resmi.

"Apalagi Situng. Kelihatannya ada pemahaman yang belum pas dari pemohon dan ahli. Situng itu bukan hasil resmi, jadi tidak relevan. Saya bingung juga, seperti dipaksakan dan porsinya besar sekali," tandasnya.

Saksikan video pilihan di bawah ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Dirjen PFM: Pendamping Kube Diharapkan Jeli Memilih Jenis Usaha

Posted: 19 Jun 2019 09:36 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Sebanyak 306 pendamping yang baru direkrut diberikan pelatihan melalui Bimbingan Pemantapan Pendamping Kube Program Penanganan Fakir Miskin Wilayah III.

Direktur Jenderal (Dirjen) PFM Andi ZA Dulung meminta seluruh pendamping memanfaatkan pembekalan tersebut sebaik mungkin.

Selain itu ia berpesan, peserta pembekalan diminta aktif mendiskusikan berbagai potensi daerah masing-masing agar bisa menjadi lahan usaha yang dikelola oleh anggota Kelompok Usaha Bersama (KUBE).

"Mohon bertanya dan konsultasi pengalaman di lapangan," kata Andi, saat membuka acara pemantapan di Hotel Mercure Ancol, Jakarta, Rabu (19/6/2019).

Perlu diketahui, KUBE merupakan salah satu andalan Kemensos dalam mengentaskan kemiskinan. Program tersebut mengajak para penerima bantuan membuka usaha mikro untuk  menambah penghasilan.

"Kita sebagai fasilitator memberikan pancingan agar mereka (penerima bantuan sosial/bansos) bisa mandiri," katanya.

Mengenai KUBE, Andi melanjutkan ada berbagai acuan yang bisa dijadikan tolok ukur keberhasilan KUBE, di antaranya berkurangnya penerima bansos yang diberikan pemerintah.

Pasalnya, semua anggota KUBE juga menerima program sosial lain dari pemerintah, seperti Program Keluarga Harapan (PKH) dan Bantuan Pangan Non Tunai (BPNT).

"Kalau mereka (penerima bansos) lulus, mereka tidak menerima PKH," katanya.

Andi menyebutkan, hingga saat ini sudah banyak penerima bansos yang lulus dan tak menerima bantuan. Bahkan, ada yang bisa keluar dari garis kemiskinan tanpa KUBE.

"Mereka mengumpulkan bantuan yang diberikan, lalu membuka usaha kecil-kecilan, dan berhasil keluar dari garis kemiskinan," kata Andi.

Andi menekankan bahwa peran para pendamping sangat penting dalam menyukseskan program ini. Pendamping dituntut jeli memilih jenis usaha, terutama produk yang laku di pasaran dan proses produksi singkat.

"Jadi kita harus melihat, mana yang instan. Seperti peternakan ayam itu cepat. Dalam waktu tiga bulan sudah bisa dijual telurnya atau ayamnya. Kalau sapi itu termasuk tidak memungkinkan karena minimal setahun baru bisa dijual," ujar dia.

 

Sebanyak 306 pendamping yang baru direkrut diberikan pelatihan melalui Bimbingan Pemantapan Pendamping Kube Program Penanganan Fakir Miskin Wilayah III.

Hal senada disampaikan oleh Sekretaris Ditjen PFM Kemensos MO Royani. Ia mengatakan, kemampuan pendamping sangat berpengaruh terhadap keberhasilan KUBE.

"Pada saat kami mengevaluasi pendamping KUBE, ternyata diketahui bahwa keberadaan pendamping ini sangat signifikan. Keberhasilan pelaksanaan KUBE dan Rutilahu (rumah tidak layak huni) bergantung pada keberadaan serta peserta dalam menjalankan tugas dan fungsinya," kata Royani.

 

Sebanyak 306 pendamping yang baru direkrut diberikan pelatihan melalui Bimbingan Pemantapan Pendamping Kube Program Penanganan Fakir Miskin Wilayah III.

Nantinya, dalam pendampingan ini Ditjen PFM akan memberikan pembekalan penuh kepada pendamping, mulai dari proses perencaan hingga penyampaian laporan program KUBE. Hal itu dilakukan agar para pendamping bisa menjalankan tugasnya dengan baik.

Selain itu, Royani menyampaikan ada beberapa hal baru yang diterapkan dalam penyaluran bantuan KUBE mendatang. Salah satunya, kualifikasi penerima bantuan, yaitu orang atau kelompok yang sudah memiliki kegiatan atau usaha sehingga mereka hanya membutuhkan bantuan penambahan modal atau keterampilan usaha.

"Dan inovasi tersebut antara lain memerlukan pendamping yang mempunyai kualifikasi tertentu untuk menjamin KUBE agar sesuai dengan semestinya. Artinya, ada aktivitas baru yang menghasilkan income baru," ujar dia.

 

(*)

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Butuh Dana Transfer, Arsenal Disarankan Jual 3 Pemain Ini

Posted: 19 Jun 2019 09:35 PM PDT

Liputan6.com, London - Legenda Arsenal, Charlie Nicholas, menyarankan The Gunners menjual Mesut Ozil, Henrikh Mkhitarayan dan Lucas Torreira guna mendapatkan dana segar di bursa transfer.

Arsenal hancur-hancuran musim lalu. The Gunners gagal meraih satu pun trofi dan hanya finis di peringkat lima klasemen Liga Inggris.

Kelemahan utama Arsenal adalah pertahanan. Bayangkan saja, dari 58 pertandingan di semua kompetisi lalu, gawang pasukan Unai Emery kebobolan 71 gol. Guna mengatasi masalah ini, Nicholas menuntut Meriam London untuk menambah pemain di sektor pertahanan.

"Kami menjadi lambat lagi di bursa transfer. Manajer telah mengidentifikasi banyak opsi. Pertahanan jadi target utama. Saya hanya berharap kami tidak menunda penawaran pemain. Arsenal perlu masuk ke bursa transfer," kata Nicholas di Soccerway.

"Kami tidak mampu membeli seseorang seperti Aaron Wan-Bissaka (Crystal Palace), tetapi kami benar-benar membutuhkan amunisi baru di pertahanan Arsenal. Kami membutuhkan tiga pemain bertahan yang memakan biaya sekitar 60-70 juta pound sterling (sekitar Rp 1 - 1,2 triliun)."

 

 

Tak Punya Uang

(AFP/Glyn Kirk)

Nicholas sadar Arsenal tak memiliki banyak uang. Oleh karena itu, ia menyarankan The Gunners untuk melepas beberapa pemain bintang.

"Siapa yang bisa Arsenal jual? Jika Anda bisa mendapatkan penawaran yang tepat untuk Ozil, Anda akan menjualnya. Mkhitaryan bisa pergi dan Anda ingin tetap memiliki Pierre-Emerick Aubameyang dan Alexandre Lacazette. Torreira tampaknya tertarik untuk kembali ke Italia. Jika Anda bisa mendapatkan uang yang tepat darinya, jual saja," Nicholas menambahkan.

Pemain Incaran

Ada beberapa bek yang jadi incaran Arsenal di bursa musim panas. Mereka adalah Dennis Praet (Sampdoria), Kieran Tierney (Glasgow Celtic) dan Samuel Umtiti (Barcelona).

Saksikan video pilihan di bawah ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

12 Wisata Jambi yang Memesona, dari Alam hingga Sejarah

Posted: 19 Jun 2019 09:35 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Wisata Jambi menjadi destinasi yang tak boleh terlewatkan saat berkunjung ke provinsi satu ini. Jambi adalah sebuah provinsi di Indonesia yang terletak di pesisir timur Pulau Sumatera. Provinsi Jambi terdiri dari 11 Kabupaten/Kota. Wisata Jambi menjadi salah satu potensi besar yang dimiliki provinsi ini.

Wisata Jambi menawarkan serangkaian pilihan rekreasi yang cukup beragam. Mulai dari wisata alam, sejarah, hingga rekreasi buatan yang begitu sayang dilewatkan. Sarana dan prasarana yang disediakan di berbagai wisata Jambi ini juga sudah dikelola dengan baik.

Jika Anda berkunjung ke provinsi Jambi, serangkaian pilihan wisata Jambi ini patut disambangi. Berikut pilihan wisata Jambi yang berhasil Liputan6.com rangkum dari berbagai sumber, Kamis (20/6/2019).

Wisata Jambi Taman Rekreasi

Sarana informasi geopark ada di Museum Geopark Merangin tepat berada di jalur masuk menuju kawasan geopark. (Bangun Santoso/Liputan6.com)

Taman Rimba

Jambi memiliki versi Taman Mini-nya sendiri. Taman Rimba menjadi destinasi andalan wisata Jambi.

Dengan luas 10 Ha, taman ini berisi hewan endemik langka yang dilestarikan di Provinsi Jambi. Di taman ini terdapat rumah adat tiap daerah atau kabupaten se Provinsi Jambi. Taman Rimba terletak di Jl. Sunaryo, Kecamatan Jambi Selatan, 7 km dari pusat kota dan 500 m dari Bandara Sultan Taha.

Taman Anggrek Sri Soedewi

Jika Anda penggemar bebungaan, taman ini cocok disambangi. Wisata Jambi satu ini menyajikan lebih dari 60 jenis bunga anggrek di taman seluas 2,5 hektar.

Tersedia pula informasi mengenai cara perawatan anggrek yang baik dan tepat sesuai dengan jenisnya. Tanaman anggrek ini berada di Jalan Ahmad Yani atau di depan Kantor Gubernur Jambi.

Geopark Merangin

Wisata alam satu ini terletak di Kabupaten Merangin.Geopark merangin tidak hanya menawarkan arung jeram saja tetapi keunikan fosil flora berusia 350 juta tahun juga menjadi daya tarik tersendiri. Kawasan ini masih diselimuti hutan lebat dengan beragam jenis tanamannya. Untuk mencapai lokasi ini dibutuhkan waktu sekitar 6 jam dengan menggunakan mobil dari Jambi, Ibukota provisi Jambi.

Wisata Jambi keindahan kota

Jembatan Pedestrian dan Gentala Arasy adalah dua ikon baru di Kota Jambi. (Liputan6.com/B Santoso)

Tanggo Rajo

Tanggo Rajo menawarkan pemandangan Sungai Batanghari yang merupakan sungai terpanjang di Sumatera. Selain pemandangan Sungai Batanghari dan matahari terbenam, Anda juga bisa menikmati kuliner yang banyak dijual di warung tenda sekitar tempat wisata ini.

Tanggo rajo berada di kawasan depan Rumah Dinas Gubernur Jambi, Jl. Sultan Taha, Kecamatan Pasar Jambi. Kawasan ini sering menjadi tujuan rekreasi keluarga.

Jembatan Gentala Arasy

Jembatan ini adalah Jembatan untuk pejalan kaki dengan bentuk berkelok-kelok dan terbentang di atas Sungai Batanghari di sini Anda bisa dengan gratis menikmati pemandangan dari atas jembatan. Di ujung jembatan terdapat Menara Gentala Arasy yang merupakan museum tentang sejarah berkembangnya Islam di Kota Jambi.

Selain museum, di sini juga menjadi pusat kuliner dan nongkrong pada sore dan malam hari. Di sini juga banyak disediakan perahu jika Anda ingin jalan-jalan menyusuri Sungai Batanghari.

Wisata Jambi alam yang menyejukkan

Sejumlah pendaki sempat dilarang mendaki hingga ke puncak Kerinci karena sempat mengeluarkan asap hitam. (Foto: Dok.BB-TNKS/B Santoso)

Gunung Kerinci

Gunung Kerinci adalah gunung tertinggi di Sumatra, gunung berapi tertinggi di Indonesia, dan puncak tertinggi di Indonesia di luar Papua. Gunung Kerinci terletak di Provinsi Jambi, di Pegunungan Bukit Barisan.

Gunung ini dikelilingi hutan lebat Taman Nasional Kerinci Seblat dan merupakan habitat harimau sumatra dan badak sumatra. Gunung Kerinci dapat ditempuh melalui darat dari Kota Jambi menuju Kota Sungaipenuh melalui Bangko. Dan bisa juga jalur udara dari Bandara Internasional sultan thaha menuju Bandara Depati Parbo di Kabupaten Kerinci Provinsi Jambi.

Air terjun tegan kiri

Air terjun tegan kiri adalah salah satu objek wisata alam yang terdapat di Kabupaten Bungo Provinsi Jambi. Air terjun ini memiliki panorama alam yang sangat indah dan masih asri dengan ketinggian 10 meter. Sumber air terjun tegan kiri dari perbukitan dengan ketinggian 26 meter.

Danau Sipin

Obyek wisata Danau Sipin merupakan salah satu potensi wisata yang dimiliki Kota Jambi. Danau Sipin memiliki pemandangan panorama yang khas, dengan deretan perumahan khas melayu Jambi. Danau Sipin pada hakikatnya termasuk kategori Danau Laguna karena permukaan airnya dipengaruhi Sungai Batanghari melalui Anak Sungai Legok sebagai penghubungnya.

Wisata Jambi Sejarah dan Religi

Masjid Al-Falah atau Masjid Seribu Tiang adalah masjid paling bersejarah sekaligus terbesar di Provinsi Jambi. (B Santoso/Liputan6.com)

Candi Muaro Jambi

Wisata Jambi bersejarah ini berada di Kecamatan Muaro Sebo, Kabupaten Muaro Jambi, atau sekitar 26 km dari pusat kota Jambi. Candi yang disebut-sebut sebagai peninggalan masa Hindu-Buddha ini merupakan yang terluas di Asia Tenggara. Luasnya mencapai 12 kilometer persegi atau delapan kali luas Candi Borobudur di Magelang, Jawa Tengah.

Masjid Seribu Tiang

Nama resmi masjid ini adalah Masjid Agung Al-Falah. Masjid Seribu Tiang adalah masjid paling bersejarah sekaligus terbesar di Provinsi Jambi. Masjid ini berada tepat di jantung Kota Jambi.

Berdiri di atas lahan 2,7 hektare, masjid ini mampu menampung 10 ribu jemaah. Di sekeliling masjid juga terdapat lokasi bersejarah lain, seperti Pasar Tradisional Angsoduo, menara air peninggalan Belanda, serta Museum Perjuangan Jambi.

Taman Makam Raja-Raja

Makam Rajo-Rajo ini merupakan tempat pemakaman Sultan Mahmud Mahidin bersama istrinya R. Isah. Sultan Mahmud Mahidin memerintah Kesultanan Jambi antara 1821 hingga 1826.

Di kompleks pemakaman ini juga terdapat makam Raden Muhammad Tahir atau biasa disebut Raden Mattaher. Raden Mattaher dikenal sebagai salah satu pejuang yang melawan kolonial Belanda.

Ia merupakan penerus perjuangan Sultan Thaha Syaifudin yang merupakan salah satu sultan ternama di Jambi. Lokasi makam Rajo-Rajo berada di Kelurahan Kampung Baru, Kecamatan Legok, Kota Jambi.

Museum Negeri Jambi

Museum ini dibangun menyerupai Rumah Kajang Lako yang merupakan rumah adat di Jambi. Di sini, Anda bisa menemukan banyak koleksi benda bersejarah dan bernilai seni budaya Jambi dari masa ke masa seperti peralatan berburu, anyaman khas Jambi, batik tenun dengan motif bunga yang khas dan juga binatang yang diawetkan. Wisata sejarah ini berada di Jalan Urip Sumoharjo Nomor 1, Jambi.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

FOTO: Aksi Bocah 10 Tahun Taklukkan Tebing El Capitan

Posted: 19 Jun 2019 09:30 PM PDT

Selah Schneiter berfoto bersama ayahnya Michael Schneiter di awal aksinya memanjat tebing El Capitan di Taman Nasional Yosemite, California, Amerika Serikat, 8 Juni 2019. Bersama sang ayah dan teman keluarga, Schneiter memanjat tebing setinggi 900 meter selama lima hari. (Michael Schneiter via AP)

Selah Schneiter berfoto bersama ayahnya Michael Schneiter di awal aksinya memanjat tebing El Capitan di Taman Nasional Yosemite, California, Amerika Serikat, 8 Juni 2019. Bersama sang ayah dan teman keluarga, Schneiter memanjat tebing setinggi 900 meter selama lima hari. (Michael Schneiter via AP)

Selah Schneiter saat memanjat tebing El Capitan di Taman Nasional Yosemite, California, Amerika Serikat, 10 Juni 2019. Panjat tebing sudah mendarah bagi keluarga Schneiter. (Michael Schneiter via AP)

Selah Schneiter saat memanjat tebing El Capitan di Taman Nasional Yosemite, California, Amerika Serikat, 10 Juni 2019. Panjat tebing sudah mendarah bagi keluarga Schneiter. (Michael Schneiter via AP)

Selah Schneiter saat memanjat tebing El Capitan di Taman Nasional Yosemite, California, Amerika Serikat, 10 Juni 2019. Rekor Selah kemungkinan tidak bertahan lama karena sang adik yang masih berusia tujuh tahun akan mengikuti jejaknya. (Michael Schneiter via AP)

Selah Schneiter saat memanjat tebing El Capitan di Taman Nasional Yosemite, California, Amerika Serikat, 10 Juni 2019. Rekor Selah kemungkinan tidak bertahan lama karena sang adik yang masih berusia tujuh tahun akan mengikuti jejaknya. (Michael Schneiter via AP)

Selah Schneiter berfoto bersama ayahnya Michael Schneiter saat beristirahat ketika memanjat tebing El Capitan di Taman Nasional Yosemite, California, Amerika Serikat, 11 Juni 2019. El Capitan terbilang sangat tenar di dunia panjat tebing. (Michael Schneiter via AP)

Selah Schneiter berfoto bersama ayahnya Michael Schneiter saat beristirahat ketika memanjat tebing El Capitan di Taman Nasional Yosemite, California, Amerika Serikat, 11 Juni 2019. El Capitan terbilang sangat tenar di dunia panjat tebing. (Michael Schneiter via AP)

Selah Schneiter berpose setelah berhasil memanjat tebing El Capitan di Taman Nasional Yosemite, California, Amerika Serikat, 12Juni 2019. Menurut sang ayah Michael Schneiter, putrinya sempat syok usai mencapai puncak dan menangis bahagia. (Michael Schneiter via AP)

Selah Schneiter berpose setelah berhasil memanjat tebing El Capitan di Taman Nasional Yosemite, California, Amerika Serikat, 12Juni 2019. Menurut sang ayah Michael Schneiter, putrinya sempat syok usai mencapai puncak dan menangis bahagia. (Michael Schneiter via AP)

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Demi Meningkatan Ekonomi Daerah, Bupati Banyuwangi Dukung Pengembangan Bank Jatim

Posted: 19 Jun 2019 09:30 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Demi mendukung pengentasan kemiskinan dan pemerataan ekonomi daerah, Bupati Banyuwangi, Abdullah Azwar Anas turut mendukung pengembangan salah satu BUMD milik Pemprov Jatim, Bank Jatim, yang dilakukan Gubernur Jatim Khofifah Indar Parawansa. Bank Jatim baru saja menggelar Rapat Umum Pemegang Saham (RUPS), Rabu (19/6).

"Tadi di RUPS, Ibu Gubernur mendorong pengembangan Bank Jatim agar lebih sinergis dengan program pengentasan kemiskinan dan pemerataan ekonomi di daerah. Sebagai bagian dari pemegang saham, Pemkab Banyuwangi mendukung penuh inisiatif Bu Khofifah," ujar Anas saat dihubungi seusai RUPS Bank Jatim.

Menurut Anas, salah satu variabel penting pengembangan tersebut adalah peningkatan kualitas sumberdaya manusia (SDM) dan digitalisasi layanan.

"Kualitas SDM Bank Jatim saya lihat terus meningkat, terbaca dari indikator pencapaian kinerja yang relatif baik. Tapi itu perlu diakselerasi agar bisa bersaing. Sekarang pasar jasa keuangan ini benar-benar sesak. Ada bank BUMN, bank asing, lalu fintech yang terus merangsek. Perlu memacu kualitas SDM agar Bank Jatim bisa memenangkan pasar," ujar Anas.

Terkait digitalisasi layanan, Anas mendukung investasi Bank Jatim di bidang teknologi informasi.

"Saya melihat ada paradigma baru di Bank Jatim terkait digitalisasi. Sudah mulai meninggalkan zona nyaman sebagai bank milik pemerintah daerah. Sudah mulai masuk ke ceruk pasar yang lebih luas dengan digitalisasi layanan. Itu perlu dipercepat. Sudah tidak bisa mundur lagi ke langgam layanan lama," papar Anas.

Anas menambahkan, Pemkab Banyuwangi optimistis jika peningkatan SDM dan digitalisasi layanan dilakukan, kinerja Bank Jatim akan melaju lebih cepat.

"Dan yang terpenting bukan saja soal kinerja finansial, tapi juga peran mengentaskan kemiskinan dan memeratakan ekonomi. Saya kira ini sudah pas, apalagi di dewan komisaris ada Prof Masud Said yang sangat menguasai isu-isu sosial, kemiskinan, dan desentralisasi," ujarnya.

Anas mengapresiasi kinerja Bank Jatim yang hingga Mei 2019 tekah mampu membukukan laba sebesar Rp 658,73 miliar atau tumbuh 7,62 persen dibanding Mei 2018.

"Tadi di RUPS juga disampaikan penyaluran kredit yang tumbuh 8,16 persen secara tahunan menjadi Rp 34,76 triliun. Ke depan perlu menekan potensi kredit bermasalah dengan fokus pada sektor-sektor bisnis potensial di Jatim yang mampu mempercepat pengentasan kemiskinan dan memeratakan ekonomi," pungkasnya. 

 

(*)

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Jadwal MotoGP: Menanti Duel Rossi vs Marquez di Assen?

Posted: 19 Jun 2019 09:30 PM PDT

Liputan6.com, Assen - MotoGP musim 2019 bakal memasuki seri ke-8 di Assen, Belanda. Sejauh ini, Marc Marquez dari tim Repsol Honda masih memimpin klasemen dengan 140 poin.

Vinales berpeluang memperlebar jarak dengan para pesaingnya saat MotoGP Assen nanti. Pasalnya, ia punya rekor bagus di sirkuit sepanjang 4,5 km ini.

Di musim lalu, Marquez sukses meraih podium pertama. Itu adalah kemenangan kedua Marquez di Assen sepanjang kariernya di MotoGP.

Tak hanya itu, Marquez pun kini ada di urutan kedua sebagai pembalap MotoGP yang paling sering menang di Assen. Posisi pertama masih dipegang Valentino Rossi dengan tiga kemenangan.

Rossi tentu tak ingin catatan bagus itu disalip Marquez. Apalagi, ia juga butuh kemenangan setelah gagal finis di Katalunya, akhir pekan lalu.

Sejumlah perbaikan telah dibuat Yamaha untuk motor Rossi. Salah satu usaha Yamaha adalah memanggil ahli dari Superbike, Michele Gadda untuk mengoprek motor The Doctor.

Berikut Jadwal MotoGP Assen 2019

 

 

Jadwal MotoGP Belanda

Valentino Rossi  (AP Photo/Miguel Morenatti)

Jumat 28 Juni 2019

14.55 - 15.40 Latihan bebas 1

19.10 - 19.55 Latihan bebas 2

Sabtu 29 Juni 2019

14.55 - 15.40 Latihan bebas 3

18.30 -19.00 Latihan bebas 4

19.10 -19.25 Kualifikasi 1

19.35 - 19.50 Kualifikasi 2

Minggu 30 Juni 2019

14.40 - 15.00 Pemanasan

19.00 Balapan

 

Klasemen MotoGP

1 Marc Marquez Repsol Honda 140
2 Andrea Dovizioso Mission Winnow Ducati 103
3 Alex Rins Suzuki Ecstar 101
4 Danilo Petrucci Mission Winnow Ducati 98
5 Valentino Rossi Monster Yamaha 72
6 Jack Miller Pramac Ducati 53
7 Fabio Quartararo Petronas Yamaha SRT 51
8 Takaaki Nakagami LCR Honda 48
9 Pol Espargaro Red Bull KTM 47
10 Cal Crutchlow LCR Honda 42
11 Maverick Vinales Monster Yamaha 40
12 Franco Morbidelli Petronas Yamaha SRT 34
13 Aleix Espargaro Aprilia 27
14 Joan MirSuzuki Ecstar 22
15 Jorge Lorenzo Repsol Honda 19
16 Johann Zarco Red Bull KTM 16
17 Miguel Oliveira Red Bull KTM Tech3 12
18 Andrea Iannone Aprilia 12
19 Francesco Bagnaia Pramac Ducati 9
20 Hafizh Syahrin Red Bull KTM Tech3 6
21 Stefan Bradl Team HRC 6
22 Karel Abraham Avintia Ducati 2
23 Tito Rabat Avintia Ducati 2

 

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

VIDEO: Warga Sudan Terus Menuntut Pemerintahan Sipil

Posted: 19 Jun 2019 09:30 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Situasi di Sudan masih bergejolak usai pertumpahan darah awal juni silam. Warga terus berunjuk rasa meminta keadilan dan mendesak peralihan kekuasaan pemerintahan ke tangan sipil.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Kevin Aprilio dan Widi Vierratale Ribut karena Masalah Uang

Posted: 19 Jun 2019 09:30 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Hubungan Widi Vierratale dengan Kevin Aprilio saat ini tengah renggang. Hal itu diketahui ketika Kevin Aprilio menghindari Widi di sebuah acara talkshow.

Ceritanya, Widi Vierratale dan Kevin Aprilio diundang dalam acara talkshow yang dipandu Jessica Iskandar dan Nia Ramadhani. Alih-alih dipertemukan bersama, Kevin Aprilio justru pulang dan tidak ingin satu frame dengan Widi Vierratale.

Saat ditanya mengenai kepulangan Kevin Aprilio, Widi Vierratale sempat bungkam. Namun ketika didesak terus-menerus, akhirnya Widi angkat bicara tentang permasalahannya dengan putra Addie MS dan Memes tersebut.

"Kenapa sih? Ada slek (ribut) kenapa?" tanya Nia kepada Widi. "Ya mungkin enggak tahu ya, mungkin karena aku orangnya kasar kan, Kevin orangnya halus. Dia sopan kan dan aku sangat seperti laki-laki, gitu loh, kalau berucap enggak pernah pakai ke mana-mana, jadi to the point," ucap Widi Vierratale.

"Nah kemaren itu aku baru saja WA-in dia untuk soal transfer-an, biasalah kalau musik kan. Aku bilang 'Bro, kalau soal transferan gue sama Raka langsung saja, enggak usah nunggu approval elo'. Aku bilang begitu," tuturnya.

Menurut Widi, akuntan Kevin Aprilio sempat menghubunginya via Whatsapp. Oleh karena itu, ia mengira uang tersebut sudah dikirim oleh Kevin Aprilio. Bagi Widi, dirinya tak mempersoalkan masalah nominal. Hanya saja, ia tak setuju jika uang tersebut harus menunggu persetujuan Kevin.

"Karena akuntannya WhatsApp aku, tanya rekening. Berarti aku kira sudah ditransfer kan. Padahal aku enggak peduli isinya, menurutku konyol saja kan mesti menunggu Kevin gitu lho, approval-approval-an dia," keluh Widi.

Sewot Masalah Solo Karier

Widi Vierratale. (Fotografer: Adrian Putra, Stylist: Indah Wulansari, Wardrobe by @apparelafterdark, DI: Nurman Abdul Hakim/Bintang.com)

Nia Ramadhani pun menanyakan mekanisme pembayaran honor manggung Vierratale. Widi mengaku semua pembayaran honor manggung harus melalui Kevin terlebih dahulu.

Selain itu, hal lain yang membuat Widi sewot lantaran Kevin Aprilio diduga menghalang-halangi langkahnya untuk bersolo karier.

"Jadi masih kontrak yang dulu (dikirim promotor ke Kevin). Jadi aku agak kesal. Aku juga jadi susah banget mau solo (karier) gara-gara dia tuh kayak enggak pernah kasih aku kesempatan untuk solo," ucap Widi.

Tak Ada Alasan

(Deki Prayoga/Bintang.com)

Hingga kini Widi mengaku tak tahu apa alasan Kevin menghalanginya untuk bersolo karier. Padahal dalam kontraknya bersama Vierratale, Widi merasa tak ada klausul larangan solo karier.

"Enggak ada alasan solo. Jadi di depan aku itu dia baik, tapi giliran aku dimintain sama orang lain untuk solo ternyata tuh kayaknya, orang itu disamper sama Kevin, kayak dikasih tahu 'Kalau bisa jangan terlalu Widi ya', gitu," ucap Widi. (Nurul Hasanah/mgg)

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

CEO Facebook Makin Tak Populer di Kalangan Pegawainya

Posted: 19 Jun 2019 09:30 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - CEO raksasa teknologi Facebook, Mark Zuckerberg mungkin menjadi sosok pemimpin idaman setiap pegawai karena dedikasinya.

Meski begitu, baru-baru ini Glassdoor merilis data kalau tingkat kepopuleran Zuckerberg di mata pegawainya turun drastis.

Dilansir dari CNN, Kamis (20/6/2019), Mark Zuckerberg yang awalnya memiliki peringkat 16 dalam daftar top CEO berdasarkan pilihan pegawai (Employees' Choice Awards) turun ke peringkat 55. Ini pertama kalinya sang CEO keluar dari 20 besar daftar top CEO sejak 2013.

Sementara, tingkat penerimaan pegawai (employee approval rating) berada di angka 94 persen, turun 2 persen dari tahun sebelumnya. Padahal, saat pertama kali survei Glassdoor dirilis, Zuckerberg menempati posisi paling atas.

Penurunan tingkat popularitas ini disebabkan konflik internal yang membuat situasi bekerja tidak kondusif. Facebook kesulitan merekrut karyawan baru sejak adanya skandal Cambridge Analytica pada Maret 2018.

Demikian harga saham Facebook yang mendekati level yang sama pada Januari 2018. Hal ini dikarenakan banyak karyawan menerima saham sebagai bagian dari kompensasi mereka.

Libra, Mata Uang Kripto Besutan Facebook

Ilustrasi Facebook. (Foto: Fox News)

Di sisi lain, Facebook akhirnya resmi memperkenalkan mata uang kripto (cryptocurrency) besutannya yang diberi nama Libra. Melalui mata uang digital ini, Facebook memungkinkan pengguna untuk bertransaksi di seluruh dunia.

Dikutip dari The Guardian, Rabu (19/6/2019), kehadiran Libra menjadi upaya Facebook untuk menjangkau pengguna yang belum memiliki akun perbankan tradisional.

Teknologi ini akan hadir sebagai aplikasi mandiri tersedia di platform lain milik Facebook, seperti WhatsApp dan Messenger. Rencananya, Libra akan tersedia di dua platform tersebut pada 2020.

Menurut Facebook, Libra dapat dipakai pengguna untuk berkirim uang maupun membayar jasa dan barang. Layanan ini akan memiliki dengan mata uang tersendiri dan tidak menggunakan mata uang lokal.

Adapun mata uang yang ditetapkan di Libra didasarkan pada Libra Association, sebuah asosiasi bentukan Facebook yang terdiri dari perusahaan keuangan, lembaga nirlaba, termasuk perusahaan dagang.

Setiap perusahaan yang ingin bergabung asosiasi ini masing-masing berkontribusi USD 10 juta sebagai modal. Beberapa perusahaan yang terlibat adalah Mastercard, PayPal, Coinbase, dan eBay.

Meski dibentuk Facebook, raksasa media sosial itu menyebut bahwa Libra akan berdiri sebagai perusahaan mandiri dan tidak terikat dengan pemerintah. Yayasan ini memiliki kantor pusat di Jenewa, Swiss.

Pakai Teknologi Sendiri

Ilustrasi Facebook (Foto: New Mobility)

Berbeda dari bitcoin dan cryptocurrency lain, Libra terikat dengan sejumlah aset global. Hal ini dilakukan untuk mencegah Libra memiliki tingkat volalilitas tinggi.

Facebook juga membangun mata uang ini dari teknologi blockhain yang dibuat sendiri. Dengan cara ini, perusahaan dapat meningkatkan skala penggunaan yang lebih luas secara cepat.

Selain itu, Libra juga berbeda dari cryptocurrency yang terbuka dan dapat diakses siapa saja. Teknologi Libra bersifat tertutup dan hanya sejumlah orang saja yang dapat menjalankannya termasuk melakukan verifikasi transaksi.

(Tik/Isk)

Saksikan Video Pilihan Berikut Ini

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Saksi Prabowo-Sandi Berstatus Tahanan Kota, Berbohong Pergi ke Sidang MK

Posted: 19 Jun 2019 09:27 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Persidangan sengketa pilpres ketiga (19/6/2019) menghadirkan Rahmadsyah Sitompul sebagai saksi pihak Pemohon Prabowo-Sandi. Dalam persidangan, majelis hakim mengungkap sosok saksi yang ternyata sedang berperkara di meja hijau.

Rahmadsyah merupakan ketua Sekber Prabowo-Sandiaga Kabupaten Batubara, Sumatera Utara. Dia dihadirkan untuk didengarkan kesaksiannya terkait dugaan adanya oknum polisi yang dia sebut mengarahkan salah satu paslon Pilpres dalam acara yang dinamai 'Sosialisasi ttng keamanan pileg pilpres 2019'.

Beberapa kali hakim I Gede Dewa Palguna meminta gambaran konkret tentang arahan yang dimaksudnya tersebut. Namun, dia tidak bisa menggambarkan utuh apa yang dia saksikan lewat video yang didapat dari salah seorang warga tersebut.

"Ya, Bapak Jokowi orang yang baik, menjaga keamanan untuk negara ini. Sepeti itu, termasuk salah satu itu," kata Rahmadsyah di ruang sidang MK, Kamis (20/6/2019) dini hari.

Hakim tidak puas dengan penuturan saksi. Dia meminta contoh lainnya yang mengarah pada ajakan memilih salah satu pasangan capres-cawapres.

Namun, saksi meminta agar baiknya hakim menyaksikan video tersebut. Tentu saja permintaan tersebut ditolak hakim dengan alasan ada waktunya majelis menkonfrontir kesaksian Rahmadsyah dengan barang bukti yang disertakan Pemohon.

Pertanyaan demi pertanyaan terus bergulir. Saat hakim mengajukan beberapa pertanyaan, Rahmadsyah tidak menjawab dengan baik. Ekspresinya yang gugup dan takut sangat terlihat di wajahnya.

Kemudian Hakim Palguna menanyakan apakah dirinya merasa tertekan pada persidangan ini atau tidak. Saksi lalu menjawab bahwa dirinya kini berstatus tahanan kota.

Rahmadsyah merupakan terdakwa kasus pelanggaran Undang-Undang ITE dikarenakan dugaan membongkar kecurangan pemilu.

"Sedikit, karena hari ini saya terdakwa kasus pelanggaran UU ITE, membongkar kecurangan pemilu," jawabnya gugup.

Saat ditanyakan lebih lanjut, apakah Rahmadsyah merasa ada ancaman untuk datang ke persidangan, dia menjawab tegas.

"Tidak, tidak ada" jawab Rahmadsyah.

 

Berbohong ke Jakarta

Saksi fakta Beti Kristiana menyerahkan barang bukti berupa amplop kepada majelis hakim dalam sidang sengketa Pilpres 2019 di MK, Jakarta, Rabu (19/6/2019). Beti memberi kesaksian terkait sengketa Pilpres 2019 untuk wilayah Jawa Tengah. (merdeka.com/Iqbal Nugroho)

Dia mengatakan, kegugupannya saat itu adalah lebih dikarenakan dirinya adalah tahanan kota.

Kemudian Rahmadsyah mengakui kembali bahwa dirinya telah berbohong. Rahmadsyah beralasan ke Jakarta untuk menemani ibunya yang sedang sakit bukan untuk datang sebagai saksi di persidangan MK.

Dalam kesempatan yang sama, kuasa hukum pihak terkait, Teguh Samudra menanyakan apakah kehadiran Rahmadsyah sudah mendapatkan izin dari pengadilan di Sumatra Utara atau belum.

"Saya berangkat ke Jakarta izin menemani orang tua ibu saya sakit. Kuasa hukum saya yang datang ke persidangan," beber Rahmadsyah.

 

(Liputan6.com/Nabila Bilqis)

Saksikan video pilihan di bawah ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Sidang Sengketa Pilpres 2019 Berlanjut, Kawasan MK Kondusif

Posted: 19 Jun 2019 09:26 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Mahkamah Konstitusi (MK) kembali menggelar sidang hari Perselisihan Hasil Pemilihan Umum (PHPU), Kamis (20/6/2019). Kondisi lalu lintas di sekitar gedung MK terpantau lancar.

Pantauan Liputan6.com, jalan menuju dan dari MK nampak tidak ada penutupan. Namun, meskipun suasana kondusif, Gedung MK dan gedung-gedung di sekitarnya masih terlihat di jaga oleh aparat kepolisian serta TNI.

Tidak nampak adanya pergerakan massa di area Patung Kuda, Jalan Medan Merdeka Barat, Jakarta Pusat maupun di area sekitar Gedung MK.

Polisi terlihat hanya duduk-duduk sambil ngobrol dengan teman-temannya. Begitu juga dengan aparat TNI yang kebanyakan berjaga sambil duduk-duduk karena tidak nampak adanya aksi demonstrasi di sana.

Masyarakat pun leluasa berlalu-lalang di sepanjang trotoar Jalan Medan Merdeka Barat. Menurut informasi yang dihimpun Liputan6.com, hari ini kemungkinan tidak ada demonstrasi baik di depan Patung Kuda, maupun sekitar Gedung MK.

Sidang 20 Jam

Sidang pemeriksaan saksi dihadirkan Tim Hukum Prabowo-Sandi, sebelumnya digelar pada Rabu 19 Juni dimulai pukul 09.00 WIB. Total ada 16 saksi dihadirkan dan memakan waktu pemeriksaan yang baru selesai pukul 05.00 WIB di keesokan harinya, Kamis 20 Juni 2019.

Total durasi sidang berlangsung selama 20 jam.

Saksikan video pilihan di bawah ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Heboh Pasutri Tasikmalaya Pertontonkan Adegan Mesum, Ini Kata Menteri Yohana dan Psikolog

Posted: 19 Jun 2019 09:25 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Kota Tasikmalaya dibuat gempar oleh pasangan suami istri (pasutri) yang mempertontonkan adegan mesum di hadapan anak-anak. Akibat ulah pasutri nyeleneh itu, Kepolisian Resor Tasikmalaya bergerak dan mengamankan pasutri E dan L. 

Kasus langka itu terbongkar berkat laporan masyarakat terkait dugaan mempertontonkan hubungan mesum kepada sejumlah anak.

Kasus hukumnya sedang ditangani polisi. Namun, aksi keduanya menyisakan masalah panjang terutama bagi psikologi anak-anak yang menontonnya.

Hasil penyelidikan KPAID (Komisi Perlindungan Anak Indonesia Daerah) Tasikmalaya, ada sekitar lima hingga tujuh orang anak yang menonton adegan tersebut yang masih berusia belasan tahun.

Informasinya anak-anak yang menonton adegan tersebut tidak gratis, mereka membayar dengan uang dan makanan, yakni uang lima ribu rupiah, kopi, mie instan, serta rokok.

Anak-anak tersebut menyaksikan langsung adegan tersebut di rumah pelaku di Kecamatan Kadipaten, Kota Tasikmalaya, Jawa Barat. Anak-anak tersebut merupakan tetangga pelaku.

Berikut tanggapan Menteri Yohana dan psikolog atas kasus adegan mesum ini yang Liputan6.com rangkum Kamis (20/6/2019)

Tanggapan Menteri Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak Yohana Yembisa

Menteri Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak Yohana Yembisa. Foto: Dwiangga Perwira/Kriminologi.id

Menteri Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak Yohana Yembise angkat bicara dengan kasus Tasikmalaya. Menteri Yohana akan memberi pendampingan psikologis terhadap tujuh anak yang menonton adegan seks pasangan suami istri (pasutri) di Tasikmalaya. Yohana menegaskan pemerintah tak akan abai dalam kasus ini.

"Kami pasti ada pendekatan psikologis. Saya pikir ini kesalahan besar yang telah dibuat, baik itu sengaja atau tiba-tiba melihat‎. Kalau sudah seperti ini, memang sengaja dibuat sehingga bisa ditonton orang banyak," tegas Yohana di Kompleks Istana Kepresidenan Jakarta, Rabu (19/6/2019).

"Anak-anak sebenarnya tidak paham dan tidak mengerti. Namun, ini digunakan sebagai alat untuk bisnis," ujar Yohana.

Yohana menyebut bahwa pasutri yang mengajak anak-anak untuk menonton adegan seks telah melanggar UU Perlindungan Anak. Keduanya dapat dikenakan sanksi pidana.

"Kita bisa selidiki itu nanti dan bisa melalui jalur hukum. Mereka bisa kena hukuman, itu melanggar undang undang perlindungan anak," jelasnya.

Di sisi lain, Yohana meminta agar pada orangtua dapat aktif mengawasi anak-anak mereka. Dia tak ingin agar kejadian tersebut terjadi lagi.

"Orang tua juga harus mengetahui bahwa tugas utama mereka adalah melindungi anak-anak. Jadi bisa saja salah asuh orangtua dan terjadi pembiaran. Juga masyarakat sekitar harus melindungi anak-anak. Siapapun harus melindungi anak-anak dari tindakan itu," tutur Yohana Yembise.

Tanggapan Psikolog terhadap pelaku menyimpang pasutri Tasikmalaya ini

Kasandra Putranto (Liputan 6 SCTV)

Kasandra Putranto, seorang psikolog mengungkapkan ada dua fenomena yang harus menjadi perhatian semua pihak terkait kasus pasangan suami istri (pasutri) yang mempertontonkan adegan ranjangnya kepada anak-anak di Tasikmalaya.

"Fenomena pertama, soal anak-anak yang tertarik, bahkan bertahan menonton dan berpotensi kecanduan," kata Kasandra dikutip Antara, Rabu (19/6/2019).

Ia mengatakan harus ada pemeriksaan lanjutan dan intervensi kepada anak-anak yang menonton adegan tersebut, upaya ini guna mengetahui bagaimana kondisi psikologis anak usai tontonan tersebut.

"Untuk mengetahui kondisi dampak dan menentukan intervensi apa yang diperlukan," kata mantan finalis Abang None Jakarta tahun 1989 ini.

Menurut dia, perbuatan tersebut sebagai bentuk kejahatan yang sangat mengkhawatirkan, terutama dengan adanya kemajuan teknologi saat ini, yakni munculnya predator seks yang merusak anak ada di mana-mana.

"Dampak ke anak-anak bisa sangat beragam. Mulai dari kecanduan sampai meniru," kata psikolog klinis dan forensik lulusan Universitas Indonesia ini.

Untuk mencegah hal ini, Kasandra menyebutkan perlu pengawasan ketat para orang tua dalam mengawasi kegiatan anaknya sehari-hari.

Fenomena kedua, lanjut dia, adalah para pelaku. Selain pasangan suami istri E (25) dan L (24) memiliki perilaku seks menyimpang yang menikmati adanya penonton, mereka juga melakukan pelanggaran terhadap UU pornografi dan pornoaksi serta UU perlindungan anak.

"Harus ada pemeriksaan psikologis lengkap dan intervensi kepada pasutri ini. Dilakukan oleh psikolog forensik untuk mengetahui kondisi psikologis keduanya," kata dia.

 

Pasutri sudah jadi tersangka dan ditahan

Kepolisian Resor Tasikmalaya Kota bergerak mengusut kasus yang menghebohkan ini. Pihaknya telah menetapkan pasutri sebagai tersangka karena dilaporkan telah mempertontonkan adegan ranjang kepada anak-anak di Kecamatan Kadipaten, Kabupaten Tasikmalaya, Jawa Barat.

"Sudah menetapkan sebagai tersangka kemarin (Selasa) dan menahan keduanya," kata Kepala Satuan Reskrim Polres Tasikmalaya Kota, AKP Dadang Sudiantoro saat dihubungi wartawan, Rabu (19/6/2019).

Seperti diketahui, pasutri yang merupakan warga Desa Kadipaten Tasikmalaya Jawa Barat mengajak anak-anak di kampung untuk menyaksikan langsung adegan ranjang mereka. Aksi ini kemudian terungkap dari seorang anak yang menceritakan kejadian itu pada guru ngaji di kampungnya.

 

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Menko Darmin Gelar Rakor Bahas Tiket Pesawat

Posted: 19 Jun 2019 09:24 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Menteri Koordinator Perekonomian (Menko Bidang Perekonomian, Darmin Nasution menggelar rapat koordinasi (rakor) terkait tarif dan tiket pesawat bersama sejumlah pemangku kepentingan di kantornya Jakarta, Kamis (20/6/2019).

Seperti diketahui persoalan mahalnya tarif tiket pesawat ini menjadi sorotan sejak awal 2019. Dari informasi yang diterima merdeka.com, rapat yang diagendakan pukul 10.00 WIB ini akan membahas evaluasi kebijakan penurunan angkutan udara.

Dari pantauan Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi yang di dampingi oleh Dirjen Perhubungan Udara Polana Banguningsih Pramesti, tiba lebih dulu pada pukul 10.15 WIB.

Selain pihak Kementerian Perhubungan, diagendakan juga hadir Direktur Utama PT Angkasa Pura I (Persero) Faik Fahmi, yang juga didampingi Direktur Pemasaran dan Pelayanan AP I Devy Suradji, serta Direktur Keuangan dan IT AP I Novrihandri.

Hadir pula Direktur Utama PT Angkasa Pura II (Persero) Muhammad Awaluddin. Selain itu, ada pula perwakilan dari pihak maskapai hadir Direktur Niaga PT Garuda Indonesia (Persero) Pikri Ilham Kurniansyah dan Direktur Operasi Garuda Indonesia, Bambang Adisurya.

Lalu Direktur Utama PT Lion Air Group Edward Sirait. Kemudian, hadir dari pihak PT Pertamina (Persero) yang diwakilkan Direktur Pemasaran Korporat Basuki Trikora Putra, Pihak dari Kementerian Badan Usaha Milik Negara (BUMN) juga turut diagendakan hadir.

Sebelumnya, Sekretaris Menteri Koordinator Bidang Perekonomian, Susiwijono menyatakan, pemerintah akan melakukan evaluasi secara penuh terkait dengan kondisi tarif tiket pesawatsaat ini.

Pihaknya akan kembali mengundang kementerian dan lembaga serta stakeholder untuk selesaikan persoalan tiket pesawat.

"Besok kita akan rapat evaluasi kan ini udah sebulan Peraturan Menteri Perhubungan (Permenub) 106. Kita janji evaluasi kan pertama tarif batas atas kemarin signifikan tidak," katanya saat ditemui di Gedung DPR RI, Jakarta, Rabu 19 Juni 2019.

Dia mengatakan, pihaknya bersama dengan kementerian lembaga akan menyelidiki secara keseluruhan terkait faktor-faktor apa saya yang menyebabkan tarif tiket pesawat naik. "Terus apa yang bisa bikin signifikan jadi komitmen turunkan itu," imbuh dia.

 

Reporter: Dwi Aditya Putra

Sumber: Merdeka.com

 

YLKI Sebut Kehadiran Maskapai Asing Bukan Solusi Tekan Tiket Pesawat

Ilustrasi pesawat (iStock)

Sebelumnya, Yayasan Lembaga Konsumen Indonesia (YLKI) menilai masuknya maskapai asing ke Indonesia tidak akan membantu menurunkan harga tiket pesawat.  Masuknya maskapai asing tersebut justru dikhawatirkan akan menimbulkan masalah baru.

Ketua Pengurus Harian YLKI, Tulus Abadi mengatakan, tidak ada jaminan harga tiket pesawatakan turun jika maskapai asing diizinkan beroperasi dan membuka rute di dalam negeri.

"Pesawat (maskapai) asing tidak akan menyelesaikan masalah. Tidak ada jaminan tarif turun sekalipun oleh maskapai asing," ujar dia saat berbincang dengan Liputan6.com di Jakarta, Kamis, 20 Juni 2019.

Dia mengungkapkan, masuknya maskapai asing justru dikhawatirkan akan menambah permasalahan baru. Mengundang maskapai asing untuk masuk juga dinilai akan melanggar regulasi yang ditetapkan oleh pemerintah sendiri.

"Belum lagi soal regulasinya, banyak hal yang dilanggar kalau mendatangkan maskapai asing," kata dia.

Menurut Tulus, yang paling penting saat ini pemerintah dalam hal ini Kementerian Perhubungan (Kemenhub) telah menurunkam tarif batas atas (TBA) dan tarif batas bawah (TBB) tiket pesawat. Ketentuan tersebut harus diikuti oleh maskapai.

"Kemenhub telah merevisi besaran TBA sebesar 12 persen-16 persen. kalau turun ya kisarannya sebesar itu. Yang penting naik turunnya tidak melanggar TBA dan TBB," tandas dia.

Kata Ekonom

Ilustrasi tiket pesawat (Liputan6.com/Andri Wiranuari)

Sebelumnya, isu mengenai kebijakan pemberian maskapai asing menerbangi rute domestik di Indonesia dinilai ekonom bukan satu kebijakan yang pas. Karena kebijakan ini hanya akan menimbulkan masalah baru ke depannya.

Ekonom dari Institute for Development of Economics and Finance (INDEF) Didik J Rachbini mengatakan upaya memasukan maskapai asing ke pasar domestik sebagai sebuah langkah putus asa dari pemerintah.

"Sekarang industri ini mengalami masalah. Akar masalahnya persaingan tidak sehat. Cara gampang ya masukkan asing. Itu kebijakan instan tapi menimbulkan masalah lain terhadap perekonomian," kata dia di Jakarta, Selasa, 18 Juni 2019.

Dia menuturkan, tidak ada negara lain yang mau memberikan pasar penerbangan domestiknya untuk maskapai asing. Bila itu dilakukan, maka dapat berindikasi memperburuk situasi ekonomi dalam negeri.

"Jika itu dilakukan, maka keuntungan perusahaan asing dan berbagai transfer outflow lainnya akan memperparah neraca jasa dan neraca berjalan kita yang sudah berat. Rupiah akan terus lemah," tambah dia.

Dia mendesak Komisi Pengawas Persaingan Usaha (KPPU) dan Pemerintah RI untuk menyelesaikan tarif tiket pesawat dengan cara yang lebih bijak.

Didik pun menyoroti, kondisi saat ini persis seperti yang terjadi pada era sebelum adanya Undang-Undang Nomor 5 Tahun 1999 tentang Larangan Praktik Monopoli dan Persaingan Usaha Tidak Sehat, dimana indikasi praktik kartel sangat kuat tapi dibiarkan.

"Memang tidak mudah untuk melawan praktik kartel ini. Dengan kerja keras pun tidak mudah menemukan, apalagi cuma melongo watchdog seperti sekarang," pungkas dia.

 

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

TGPF Bentukan Kapolri Ungkap Temuan Kasus Novel Baswedan Juli Nanti

Posted: 19 Jun 2019 09:21 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Penyidik dari Polda Metro Jaya bersama Tim Gabungan Pencari Fakta (TGPF) bentukan Kapolri Jenderal Tito Karnavian memeriksa Novel Baswedan atas kasus penyerangan yang menimpanya. Nantinya, seluruh temuan akan disampaikan pada Juli 2019 mendatang.

"Jadi itu sedang bekerja sampai diberi waktu kan enam bulan sejak Januari, sampai nanti Juli kira-kira," tutur Anggota TGPF, Hendardi di Gedung KPK, Kuningan, Jakarta Selatan, Kamis (20/6/2019).

Menurut Hendardi, pengungkapan temuan itu akan disampaikan terlebih dulu kepada Kapolri Tito. Selanjutnya, publik baru akan menerima keseluruhan hasil kerja TGPF kasus penyerangan Novel selama setengah tahun itu.

"Hasil konkret saya nggak tahu ukuran konkretnya. Tapi yang jelas, kami melakukan melanjutkan investigasi atas kasus ini. Mungkin soal hasilnya nanti dong," tuturnya.

Pemeriksaan kali ini merupakan bagian pendalaman lanjutan setelah keterangan awal Novel Baswedan yang disampaikan di Singapura. TGPF sendiri terdiri dari unsur kepolisian, tim pakar, hingga unsur dari KPK.

"Akan dilaporkan ke Kapolri. Kan tim yang bentuk Kapolri. Nanti kapolri perintahnya bagaimana, apakah kami mengumumkan, atau beliau sendiri yang mengumumkan. Itu terserah yang memberikan mandat," Hendardi menandaskan.

Pesimisme Novel Baswedan

Novel Baswedan bersama Wadah Pegawai (WP) KPK memperingati 500 hari penyerangan terhadap dirinya di depan Gedung KPK, Jakarta, Kamis (1/11). Penyidik senior KPK itu diserang dengan air keras pada 500 hari lalu. (Merdeka.com/Dwi Narwoko)

Penyidik senior Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) Novel Baswedan menyebut tim gabungan yang dibentuk Kapolri Jenderal Pol Tito Karnavian percuma jika hanya melakukan investigasi tanpa mengungkap pelaku maupun dalang penyerangan air keras terhadap dirinya.

"Kalau hanya dilakukan investigasi yang sifatnya sekadarnya saja, saya kira percuma. Kami ingin komitmen yang jelas, kalau pun ada tim gabungan, ya tim gabungan yang mandatnya kuat. Kalau tim gabungan dari Pak Kapolri saya tidak yakin itu mandatnya kuat," ujar Novel di Gedung KPK, Kuningan, Jakarta, Jumat (26/4/2019).

Novel mengaku sempat bertemu dengan tim gabungan tersebut saat mendatangi Gedung KPK beberapa waktu lalu. Novel menyebut tim gabungan sempat mempertanyakan apakah dirinya akan memberikan keterangan seputar teror yang dialaminya pada 11 April 2017 dini hari dan teror-teror lainnya yang diterima petugas KPK.

"Kalau komitmen tim gabungan ini mau mengungkap serangan kepada KPK dan yang lainnya, maka saya pikir itu serius, dan tentunya saya akan memberikan keterangan kepada orang atau tim yang serius untuk mengungkap," kata Novel.

Tim gabungan yang digagas Kapolri ini dibentuk sejak 8 Januari 2019. Tim gabungan ini berjumlah 65 anggota yang terdiri dari sejumlah unsur seperti Polri, KPK, berbagai ahli, dan tokoh masyarakat.

Sejumlah ahli yang dilibatkan dalam tim tersebut, di antaranya peneliti LIPI Hermawan Sulistyo, Ketua Umum Ikatan Sarjana Hukum Indonesia Amzulian Rivai, Ketua Setara Institute Hendardi, Komisioner Kompolnas Poengky Indarti, Komisioner Komnas HAM periode 2012-2017 Nur Kholis.

Saksikan video pilihan berikut ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Debut bersama Persib di Shopee Liga 1, Beckham Ungkapkan Perasaan

Posted: 19 Jun 2019 09:20 PM PDT

Liputan6.com, Bandung - Bintang muda Persib Bandung, Beckham Putra Nugraha akhirnya menjalani laga debutnya di Shopee Liga 1 2019. Dia dimainkan saat Maung Bandung duel lawan Tira Persikabo di laga tunda pekan kedua, Selasa (18/6).

Di laga yang disiarkan Indosiar ini, Beckam masuk sebagai pemain pengganti pada menit ke-79. Dia menggantikan Frets Butuan.

Dia pun mengungkapkan perasaannya, "Pertama saya bersyukur karena akhirnya debut saya di Liga 1 datang juga," ujar pemain berusia 18 tahun itu di situs Persib.

Namun begitu, Beckham, yang juga merupakan pemain Persib lainya, Gian Zola Nasrullah, mengaku tidak puas dengan hasil pertandingan tersebut. Di kandang sendiri, Stadion Si Jalak Harupat, Persib hanya mampu bermain imbang 1-1.

"Hasilnya yang sangat mengecewakan. Karena kita hanya meraih hasil draw di kandang," ujar jebolan Diklat Persib itu.

Di laga ini, Persib bahkan tertinggal lebih dahulu pada menit kelima melalui gol Loris Arnaud. Untung, Bojan Malisic berhasil menyamakan kedudukan di menit-menit akhir babak pertama.

Kontribusi Lebih Baik

Persib Beckham Putra Nugraha   (Huyogo Simbolon)

Beckham pun berjanji, ke depan, jika kembali dipercaya turun ke lapangan, dia akan berusaha memberi kontribusi lebih baik. Sebab, dia memang sangat berhasrat bisa memberikan prestasi untuk Persib.

"Semoga saja ke depan saya bisa lebih baik laga. Saya ingin membantu PERSIB kembali menang dan menang," ujar Beckham.

Posisi Keempat

Dengan hasil imbang Persib sendiri kini tertahan di posisi keempat klasemen Shopee Liga 1 2019. Dari tiga pertandingan, mereka mengoleksi lima poin.

Selanjutnya, Persib akan berhadapan dengan Madura United di pekan kelima, Minggu (23/6). Di laga ini, Persib kembali berlaku sebagai tuan rumah di Stadion Si Jalak Harupa.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Datang ke JICOMFEST 2019, Dijamin Jenuh Hilang

Posted: 19 Jun 2019 09:20 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Tahun ini para pecinta komedi di Tanah Air bakal dimanjakan dengan gelaran Jakarta Comedy Festival 2019 atau JICOMFEST 2019. Rencananya, acara ini diadakan di JI Expo pada 3-4 Agustus mendatang.

JICOMFEST 2019 akan terdiri dari tiga sesi, yakni Solo Show, Group Show, dan Parade Show. Ketiga sesi ini tentunya akan menghadirkan para komedian papan atas Tanah Air dan internasional yang namanya tak asing lagi.

Untuk Solo Show, JICOMFEST 2019 bakal menghadirkan Pandji Pragiwaksono, Ernest Prakasa, Awwe, dan Gilang Dirga. Ditambah lagi, bakal ada komedian asli Iran, Maz Jobrani dan komedian cantik asli Jepang, Yumi Nagashima.

Tak cukup dengan Solo Show, Group Show JICOMFEST 2019 bakal membuat pengunjung melupakan segala kejenuhan. Sesi ini bakal dimeriahkan lebih banyak komedian Tanah Air maupun dari negeri tetangga.

jicomfest 2019 (Instagram/jicomfest)

Group Show dan Parade Show

Festival komedi JICOMFEST 2019 akan hadirkan berbagai keseruan dari para komika hebat.

Group Show bakal menampilkan tema-tema seperti Women On Top, Mati Ketawa Ala Melanesia, Overacting Reborn, Improvindo, X-Men Session Show, serta Hiya Hiya Show By MLI Allstars.

Menariknya, ada dua tema yang akan disampaikan dalam bahasa Inggris, yakni Angry Indians dan 'Funny, In Syaa Allah'. Angry Indians akan menampilkan tiga komedian Malaysia, sementara 'Funny, In Syaa Allah' bakal memperlihatkan aksi Mo Sidik bersama komedian dari Brunei Darussalam dan Malaysia.

Sementara itu, sesi Parade Show siap menampilkan tak kurang dari 30 komedian yang akan beraksi di atas panggung. Beberapa nama yang cukup ngetop antara lain adalah Ge Pamungkas, Aci Resti, Boris Bokir, Bintang Emon, Acho hingga Adjis Doaibu.

Panggung JICOMFEST 2019

Ajang JICOMFEST 2019. (Instagram @jicomfest)

Berlangsung selama dua hari, JIExpo Kemayoran akan disulap menjadi panggung komedi ala JICOMFEST 2019. Bakal ada tiga panggung yang siap menampung aksi para komedian, yakni Panggung Bang Ben, Panggung Bing, dan Panggung DKI.

Selain aksi para komedian ternama, JICOMFEST 2019 juga bakal menampung aksi-aksi para calon komedian berbakat yang telah disaring dalam kompetisi berskala nasional. Masing-masing juara eliminasi setiap wilayah di Indonesia akan memperebutkan panggung Top 5. Ada hadiah puluhan juta buat yang berhasil masuk Top 5.

Sejumlah selebriti papan atas lain pun dijadwalkan bakal hadir, seperti Gading Marten dan Andhika Pratama. Masih belum cukup, Abdel dan Indro Warkop pun nantinya akan meramaikan sesi komedi musikal.

Pesan Tiketnya Sekarang

JICOMFEST 2019 (Instagram @jicomfest)

Acara ini akan dipandu oleh Randhika Jamil, Gita, Uus, Hifdzi, Adjis Doaibu, dan Gilang Gombloh. Selain aksi komika, acara ini juga dikemas dalam format musik komedi, magic komedi, video komedi dan tradisional komedi.

Tunggu apalagi? Langsung pesan tiketnya sekarang juga. Penjualan tiket JICOMFEST 2019 sudah dibuka sejak 25 Mei 2019. Harganya Rp 400 ribu untuk satu hari dan bila ingin dua hari, hanya cukup menyiapkan Rp 700 ribu.

Pembelian tiket bisa kalian lakukan di sini. Jangan Sampai kehabisan!

 

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Banyuwangi Bakal Dihadiri 1.000 Siswa Peneliti

Posted: 19 Jun 2019 09:20 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Tahun ini, gelaran pembinaan ilmiah kepada siswa yang diselenggarakan Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia (LIPI) bakal diadakan di Banyuwangi. Agenda yang bertajuk Perkemahan Ilmiah Remaja Nasional (PIRN) ke-XVIII tersebut, akan diikuti oleh seribu pelajar dari seluruh Indonesia.

"Kami sangat senang bisa ditunjuk sebagai tuan rumah acara bergengsi ini. Tentu, ini akan menjadi inspirasi baru bagi para pelajar di Banyuwangi untuk meningkatkan kemampuan diri, terutama dalam bidang penelitian dan ilmu pengetahuan," ungkap Bupati Banyuwangi Abdullah Azwar Anas.

Acara PIRN XVIII bakal dihelat pada 23 30 Juni 2019. PIRN merupakan kegiatan penelitian ilmiah di lapangan yang mencakup bidang ilmu pengetahuan sosial, ilmu pengetahuan alam, dan ilmu pengetahuan teknik. Para peserta tidak hanya akan diajarkan berbagai teori, tapi juga langsung mempraktikkan metode penelitiannya di lapangan.

"Kami berharap kegiatan ini bisa menjadi trigger untuk meningkatkan minat dan kemampuan remaja di bidang ilmu pengetahuan dan penelitian. Mereka juga kami ajak untuk meneliti sejumlah lokus yang ada di Banyuwangi. Karena salah satu tujuan kegiatan ini adalah untuk membimbing remaja melaksanakan penelitian ilmiah yang terkait dengan lingkungan sekitarnya," jelas Anas.

Ada lima obyek di Banyuwangi yang akan menjadi tempat penelitian. Untuk Ilmu Pengetahuan Sosial akan meriset Mall Pelayanan Publik dan Kampung Osing Kemiren. Sedangkan untuk bidang Ilmu Pengetahuan Alam akan mengambil lokasi penelitian di Bangsring Underwater, Agro Wisata Tamansuruh, dan pusat kopi di Gombengsari.

"Sengaja kami ajak mereka riset di lokasi wisata. Ini agar tumbuh mindset bahwa riset itu bisa berangkat dari hal sederhana yang ada di sekitar kita serta bisa dilakukan secara menarik. Seperti di tempat wisata nanti," jelas Anas.

Event tahunan pembinaan ilmiah kepada siswa yang diselenggarakan Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia (LIPI) bakal ditempatkan di Banyuwangi.

"Dan pastinya, di masing-masing lokasi riset nanti akan dibimbing langsung oleh para ahlinya dari LIPI. Seperti ahli kelautan, ahli pertanian, ahli biologi, hingga ahli tata kelola pemerintahan," beber Anas.

Peserta yang turut dalam perkemahan ilmiah ini merupakan hasil seleksi oleh LIPI pada Januari April silam. Pesertanya dari tingkat SMA dan SMP sederajat. Khusus untuk di Banyuwangi, juga diikutkan peserta yang berasal dari tingkat Sekolah Dasar. Kegiatan ini juga diikuti guru pembimbing.

Ditambahkan Kepala Dinas Pendidikan Banyuwangi Sulihtiono, acara PIRN ini akan dibuka pada Senin, 24 Juni 2019 mendatang di Pendopo Banyuwangi oleh Kepala Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia, Dr. Laksana Tri Handoko dan Bupati Anas.

"Juga akan hadir penulis muda nasional dan pegiat kreativitas Fahd Pahdepie. Dia akan berbagi tentang kiat berkreasi sejak usia muda," kata Sulihtiono.

Ditambahkan dia, lokasi penyelenggaraan akan berada di SMAN 1 Giri, SMKN 1 Banyuwangi dan Kampus Universitas Airlangga Banyuwangi.

Dalam penyelenggaraannya akan dilaksanakan berbagai kegiatan. Mulai dari kelas metodologi penelitian, bimbingan karya tulis ilmiah, workshop, penelitian lapangan, kelas robotik, mini expo, science show, science movie, hingga inspiring dialog bersama tokoh peneliti muda.

"Bagi siswa yang bukan peserta, para pelajar di Banyuwangi juga bisa ikut memeriahkan berbagai kegiatan, seperti halnya melihat mini expo dan science show," pungkas Sulihtiono.

 

(*)

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Jual Lewat Online, Harga Tiket Pesawat Dinilai Sesuai Panduan Maskapai

Posted: 19 Jun 2019 09:15 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Mahalnya harga tiket pesawat hingga kini masih menjadi masalah bergulir yang terus diatasi pemerintah hingga kini.

Dampaknya pun tak main-main, industri pariwisata hingga restoran tercatat menurun imbas tingginya harga tiket pesawat.

Selain itu, intervensi oleh kompetitor kepada agen perjalanan daring atau yang biasa disebut online travel agent (OTA) dinilai telah menciptakan kultur yang tak sehat di industri penerbangan.

Seperti diketahui, pada Februari 2019 silam, AirAsia sempat mengalami indikasi hilang dari dua aplikasi OTA dalam negeri yakni Traveloka dan Tiket.com.

Berbincang dengan Liputan6.com, Head of PR Blibli.com, Yolanda Nainggolan menuturkan, harga tiket pesawat di aplikasi online tentu akan mengikuti pihak maskapai.

Sementara itu, untuk pemotongan harga tiket pesawat sendiri, itu diberikan sebagai stimulasi untuk mendorong lebih banyak orang menggunakan OTA tertentu.

"Harga tiket di platform online itu menuruti panduan yang diberikan oleh maskapai. Jadi pada umumnya, biro perjalanan dan platform online bermanfaat bagi konsumen karena mereka kerap mengeluarkan diskon," ujarnya kepada Liputan6.com, Kamis (20/6/2019).

Yolanda melanjutkan, untuk solusi sendiri kepada pemerintah, pihaknya mengaku tidak dalam kewenangan berpendapat bagi mekanisme harga tiket pesawat di pasar. Menurut dia, biro perjalanan online hanya bertugas sebagai penyalur pembelian tiket semata.

"Blibli.com berperan sebagai penyalur tiket yang disediakan oleh maskapai. Oleh, karena itu, tidak dalam kapasitas dan ranah kami untuk berkomentar tentang pengaturan pemerintah terhadap harga tiket maskapai," tegas dia.

Sebelumnya Blibli telah akuisisi situs online travel tiket.com pada 12 Juni 2017. Akuisisi ini dilakukan untuk memperbesar bisnis Blibli.com.

YLKI: Kehadiran Maskapai Asing Bukan Solusi Tekan Harga Tiket Pesawat

Ilustrasi tiket pesawat (Liputan6.com/Andri Wiranuari)

Sebelumnya, Yayasan Lembaga Konsumen Indonesia (YLKI) menilai masuknya maskapai asing ke Indonesia tidak akan membantu menurunkan harga tiket pesawat.  Masuknya maskapai asing tersebut justru dikhawatirkan akan menimbulkan masalah baru.

Ketua Pengurus Harian YLKI, Tulus Abadi mengatakan, tidak ada jaminan harga tiket pesawatakan turun jika maskapai asing diizinkan beroperasi dan membuka rute di dalam negeri.

"Pesawat (maskapai) asing tidak akan menyelesaikan masalah. Tidak ada jaminan tarif turun sekalipun oleh maskapai asing," ujar dia saat berbincang dengan Liputan6.com di Jakarta, Kamis, 20 Juni 2019.

Dia mengungkapkan, masuknya maskapai asing justru dikhawatirkan akan menambah permasalahan baru. Mengundang maskapai asing untuk masuk juga dinilai akan melanggar regulasi yang ditetapkan oleh pemerintah sendiri.

"Belum lagi soal regulasinya, banyak hal yang dilanggar kalau mendatangkan maskapai asing," kata dia.

Menurut Tulus, yang paling penting saat ini pemerintah dalam hal ini Kementerian Perhubungan (Kemenhub) telah menurunkam tarif batas atas (TBA) dan tarif batas bawah (TBB) tiket pesawat. Ketentuan tersebut harus diikuti oleh maskapai.

"Kemenhub telah merevisi besaran TBA sebesar 12 persen-16 persen. kalau turun ya kisarannya sebesar itu. Yang penting naik turunnya tidak melanggar TBA dan TBB," tandas dia.

 

Maskapai Asing Masuk Bisa Picu Pelemahan Rupiah

Ilustrasi pesawat yang berada di dekat bendara (AFP Photo)

Sebelumnya, isu mengenai kebijakan pemberian maskapai asing menerbangi rute domestik di Indonesia dinilai ekonom bukan satu kebijakan yang pas. Karena kebijakan ini hanya akan menimbulkan masalah baru ke depannya.

Ekonom dari Institute for Development of Economics and Finance (INDEF) Didik J Rachbini mengatakan upaya memasukan maskapai asing ke pasar domestik sebagai sebuah langkah putus asa dari pemerintah.

"Sekarang industri ini mengalami masalah. Akar masalahnya persaingan tidak sehat. Cara gampang ya masukkan asing. Itu kebijakan instan tapi menimbulkan masalah lain terhadap perekonomian," kata dia di Jakarta, Selasa, 18 Juni 2019.

Dia menuturkan, tidak ada negara lain yang mau memberikan pasar penerbangan domestiknya untuk maskapai asing. Bila itu dilakukan, maka dapat berindikasi memperburuk situasi ekonomi dalam negeri.

"Jika itu dilakukan, maka keuntungan perusahaan asing dan berbagai transfer outflow lainnya akan memperparah neraca jasa dan neraca berjalan kita yang sudah berat. Rupiah akan terus lemah," tambah dia.

Dia mendesak Komisi Pengawas Persaingan Usaha (KPPU) dan Pemerintah RI untuk menyelesaikan tarif tiket pesawat dengan cara yang lebih bijak.

Didik pun menyoroti, kondisi saat ini persis seperti yang terjadi pada era sebelum adanya Undang-Undang Nomor 5 Tahun 1999 tentang Larangan Praktik Monopoli dan Persaingan Usaha Tidak Sehat, dimana indikasi praktik kartel sangat kuat tapi dibiarkan.

"Memang tidak mudah untuk melawan praktik kartel ini. Dengan kerja keras pun tidak mudah menemukan, apalagi cuma melongo watchdog seperti sekarang," pungkas dia.

 

 

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Malam di Negeri Tirai Bambu, Menikmati Tarian Burung Merak dari Etnis Lokal

Posted: 19 Jun 2019 09:15 PM PDT

Liputan6.com, Kunming - Kamis malam, 13 Juni 2019, usai makan malam sekitar pukul 20.00 waktu setempat di Kunming, China, saya beserta rombongan delegasi media dari negara-negara Asia Selatan dan Asia Tenggara bertandang menuju Yunnan Art Theater untuk menonton pertunjukan tarian dari etnis-etnis di China: Dynamic Yunnan.

Berdasarkan keterangan yang tertulis di selebaran yang diberikan oleh panitia penyelenggara pentas, Dynamic Yunnan adalah gabungan dari tarian tradisional etnik dan musik, serta koreografer modern.

Meskipun tidak ada alur cerita tunggal, para penari menggambarkan tentang legenda dan tradisi budaya Yunnan untuk mengekspresikan perjuangan dan inspirasi kondisi manusia. Mereka juga mengenakan pakaian adat dari masing-masing minoritas di China.

Ada 10 minoritas di Provinsi Yunnan, yang ditampilkan dalam pertunjukan malam itu yakni Tibetian, Lisu, Naxi, Bai, Yi, Jingpo, Dai, Wa, Hani, Lahu, dan Jinuo. Sebelum masuk ke gedung pertunjukan, saya dan rombongan diberi masing-masing satu lembar tiket yang berisi nomor kursi, harga dan waktu pertunjukan.

Lantaran kami adalah 'pasukan' spesial, maka kami tidak perlu membayar tiket masuk. Sedangkan harga satu tiket adalah 400 RMB atau setara dengan Rp 828 ribu. Hampir Rp 1 juta. Beruntungnya kami bisa mendapatkan gratis. Usai menggenggam tiket, bergegaslah kami masuk ke gedung. 

Kesan pertama yang saya dapatkan ialah 'budaya lokal yang kental'. Di sana dipajang berbagai ornamen serta dagangan seperti pakaian adat masing-masing minorotas dan stand untuk berswafoto. Tapi lupakan dulu soal itu semua, karena kami sudah dikejar waktu dan pentas akan segera dimulai.

Pentas yang memadukan tarian etnik dan modern dari Dynamic Yunnan di Yunnan Art Theatre, Kamis (13/6/2019), Kunming, Yunnan, China. (Liputan6.com/Afra Augesti)

Begitu kami masuk ke area panggung, saya melihat bentuk kursi penonton seperti tempat duduk di bioskop pada umumnya, berwarna biru dan terbuat dari bahan beludru. Cahaya di dalam ruangan sudah gelap, karena lampu sengaja dimatikan. Namun tidak dengan panggung yang dibiarkan menyala untuk setting.

Kebetulan saya mendapat kursi nomor 10 baris 11, tak terlalu rendah, juga tidak terlalu tinggi. Pas di tengah. Beberapa menit setelah kursi penonton terlihat penuh, operator segera memberitahukan lewat penngeras suara dan teks yang muncul di layar yang tampak seukuran dengan televisi layar datar, di mana ditempatkan di sebelah kanan dan kiri panggung.

Ia menegaskan bahwa seluruh pengunjung harus menjaga sopan santun dan kenyamanan saat pertunjukan berlangsung, seperti tidak membunyikan telepon genggam (silent mode), tidak mengambil gambar dengan menggunakan flash, tidak berbicara atau mengobrol ketika para pemain sedang tampil, dan tidak makan dan minum selama pagelaran.

Ada 4 Babak

Artis ternama China, Yan Liping, menari tarian merak di Yunnan Art Theatre pada Kamis (13/6/2019), Kunming, Yunnan, China. (Liputan6.com/Afra Augesti)

Ada empat babak yang disajikan dalam pertunjukan tersebut, ditambah dengan prologue dan epilogue. Total waktu yang harus kami lewati untuk menyaksikan mahakarya ini adalah 1 jam 40 menit, dimulai pukul 20.00 sampai 21.40 waktu setempat.

1. Prologue - The Dawn of Life

Ini adalah bagian pembuka dari pertunjukan dan sekaligus menjelaskan asal mula kehidupan Alam Semesta.

2. Act One - The Sun

Pada babak ini, dominasi suara adalah bunyi genderang atau drum. Drum di Yunnan dianggap sebagai benda yang sakral, terkair dengan mitos setempat. Di Yunnan, drum tidak hanya sebagai alat musik, tetapi juga simbol rahim. Drum dapat dikategorikan berdasarkan bahan, seperti kulit, batu, perunggu dan kayu, atau menurut asal etniknya, yang dikenal sebagai "Sun Drum", "Mang Drum", "Riba Drum", atau "Dabei Drum". Dalam membuat drum kayu, suku Wa akan membuat sepasang, satu jantan dan satu lagi betina, dan mereka akan mengadakan ritual sebelum menebang pohon.

3. Act Two - The Earth

Babak ini menggambarkan bagaimana tumbuhan, hewan, laut, api, matahari, saling berkesinambungan. 

4. Act Three - Homeland

Orang-orang kuno Yunnan percaya bahwa segala yang ada di alam dianugerahi dengan roh dan jiwa. Oleh karena itu, mereka memiliki penghormatan yang mendalam untuk alam di sekitar mereka, menyembah dewa gunung, dewa air, roh penunggu pohon dan batu. Hampir setiap desa punya pohon yang dihuni oleh roh dan hutan keramat. Setiap suku minoritas mengadakan persembahan tahunan untuk para dewa dan roh ini.

5. Act Four - Pilgrimage

Umat Buddha Tibet adalah orang beriman yang taat beribadah. Berziarah ke Gunung Suci adalah cara mereka menyembah Alam. Para peziarah rela menempuh jarak jauh, demi bisa berdoa di sana. Mereka akan berbaring telungkup di tanah, seolah mengukur jalan dengan tubuh mereka, dan mencium Bumi di setiap langkah.

6. Epilogue - Spirit of the Peacock 

Bagian penutup ini menampilkan penari solo bernama Yang Liping. Saya kira, babak ini adalah klimaks dari keseluruhan pentas. Liping membawakan tampilannya dengan sanga apik. Gerakannya sangat luwes dan mirip dengan burung merak. Ia begitu menjiwai, sampai-sampai ia tak memotong kuku tangannya demi memerankan burung merak di setiap pentas tersebut.

Komentar Penonton

Para penonton yang memadati Yunnan Art Theater untuk menyaksikan tampilan Dynamic Yunnan. (Liputan6.com/Afra Augesti)

Lu Cuidong, mahasiswi semester akhir jurusan ekonomi di Yunnan Minzu University, mengatakan kepada Liputan6.com tentang pengalamannya menonton langsung pentas tersebut: 

"Saya tinggal di Yunnan, tetapi ini adalah pertama kalinya saya memasuki Yunnan Art Theater untuk menonton pertunjukan itu. Ada 56 negara di China. Kebangsaan yang berbeda memiliki karakteristik dan tarian yang berbeda pula. Setelah menonton pertunjukan ini, saya sangat terkesan. Terutama tarian merak, keluwesan dan keindahan penarinya membuat tarian merak menjadi lebih menawan dan mempesona."

Sementara itu, Heng Socheathbunchan yang merupakan wakil direktur kerja sama internasional Kementerian Informasi Kamboja menuturkan:

"Pertunjukan ini sangat mengagumkan dan mengesankan semua penonton, amat menakjubkan. Itu adalah pentas luar biasa yang pernah saya lihat."

Dynamic Yunnan adalah sebuah karya seni yang menandai karakter Yunnan. Ini dianggap sebagai salah satu ciptaan tonggak dalam pertunjukan panggung dan sejarah tarian Tiongkok. Acara ini telah dilakukan hampir 4.000 kali di lebih dari 42 kota di seluruh dunia.

Sayangnya, saya tidak diberikan kesempatan untuk mewawancarai para pemainnya lantaran terbatasnya waktu dan malam telah larut. Rombongan kami diharuskan sampai di hotel tempat kami menginap sebelum pukul 23.00 waktu setempat.  

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

6 Pesona Mawar Eva, Lawan Main Iqbaal di Film Bumi Manusia

Posted: 19 Jun 2019 09:10 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Falcon Pictures baru saja merilis film "Bumi Manusia" pada Rabu (19/6/2019) di XXI Epicentrum, Kuningan, Jakarta Selatan. Film ini diadaptasi dari karya Pramoedya Ananta Toer yang menceritakan sosok  pria bernama Minke, pribumi yang berhasil masuk sekolah HBS di Jalan Belanda.  Film ini pun mengisahkan perjuangan Minke dalam masa penjajahan dan juga kisah percintaannya dengan Annelies. 

Kualitas akting yang mempuni membuat Iqbaal Ramadhan dipercaya menjadi sosok Minke. Lantas siapa yang memerankan tokoh Annelies, perempuan yang membuat Minke jatuh cinta?  Sosok tersebut ialah Mawar Eva, gadis cantik keturunan Belanda.  

Rupanya, pemilik nama lengkap Mawar Eva De Jongh ini bukan selebriti baru di dunia hiburan Tanah Air. Sebelumnya, ia sudah bermain di berbagai judul FTV dan film.

Parasnya yang cantik ala blasteran Belanda ini membuat seleb jebolan Miss Celebrity 2015 ini pantas memerankan karakter Annelies. Nah, penasaran kan gimana potret Mawar Eva? Berikut Liputan6.com rangkum dari akun instagram pribadi Mawar, 6 Pesona Mawar Eva, Lawan Main Iqbaal di Film Bumi Manusia, Kamis (20/6/2019) 

1. Gadis jebolan Miss Celebrity 2015 ini ternyata masih berusia 17 tahun loh!

Mawar Eva (Sumber: Instagram/mawar_eva)

2. Parasnya yang cantik ala blasteran Belanda ini membuat ia pantas memerankan karakter Annelies.

Mawar Eva (Sumber: Instagram/mawar_eva)

3. Film Bumi Manusia ialah film kelima Mawar, sebelumnya ia pernah bermain di film Promise, Serendipity, London Love Story, dan Tumbal.

Mawar Eva (Sumber: Instagram/mawar_eva)

4. Enggak cuma jago akting, Mawar Eva juga berbakat di dunia modeling loh!

Mawar Eva (Sumber: Instagram/mawar_eva)

5. Gadis 17 tahun ini juga jago dalam memadu padankan busana. Ia selalu tampil dengan gaya yang fashionable!

Mawar Eva (Sumber: Instagram/mawar_eva)

6. Ini dia potret Mawar tanpa makeup, cantiknya memang natural ya!

Mawar Eva (Sumber: Instagram/mawar_eva)

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

VIDEO: Salah Kirim Foto di WhatsApp Kini BIsa Diatasi

Posted: 19 Jun 2019 09:09 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta WhatsApp mengeluarkan fitur baru agar pengguna tidak salah kirim foto.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

TKN Lihat Saksi Prabowo: Tuduhan Kecurangan TSM Hanya Isapan Jempol

Posted: 19 Jun 2019 09:05 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Pihak Prabowo-Sandiaga menghadirkan sejumlah saksi dalam sidang sengketa Perselisihan Hasil Pemilihan Umum (PHPU) Pilpres 2019 di Mahkamah Konstitusi (MK). Juru bicara TKN Ace Hasan Syadzily mengatakan, dengan mendengarkan para keterangan saksi, maka tuduhan adanya kecurangan secara terstruktur, sistematis dan masif (TSM) hanya isapan jempol.

"Mengamati secara seksama para saksi yang dihadirkan Tim Hukum 02, sungguh kesaksiannya jauh dari opini yang dikembangkan mereka selama ini. Tuduhan kecurangan yang terstruktur, sistematis dan massif atau TSM hanya isapan jempol belaka," ucap Ace saat dikonfirmasi, Kamis (20/6/2019).

Dia menegaskan, Tim Hukum Prabowo-Sandiaga menghadirkan para saksi yang tidak meyakinkan untuk membuktikan tuduhan TSM tersebut. Sebagian besar saksi yang dihadirkan merupakan bagian dari pendukung utama pasangan 02 Prabowo-Sandiaga.

"Alih-alih meyakinkan Majelis Hakim MK, yang ada justru membukakan mata seluruh rakyat Indonesia bahwa tuduhan kecurangan itu hanyalah bersifat asumsi dan persepsi sebagaimana pernyataan-pernyataan para saksi itu," jelas Ace.

Dia pun mencontohkan, saat mendengarkan kesaksian Agus Maksum yang menyatakan ada DPT invalid sebanyak 17,5 juta. Data-datanya, tidak bisa dibuktikan.

"Padahal tentang persoalan DPT itu sebetulnya selalu mengulang-ulang dari proses pemutakhiran data yang telah dilakukan secara bersama-sama antara KPU, Tim pasangan 01 dan pasangan 02. Juga kesaksian tentang adanya pencoblosan oleh petugas KPPS di Jawa Tengah, ternyata faktanya di TPS itu telah dilakukan pencoblosan ulang di TPS tersebut," ungkap Ace.

"Jadi seharusnya tuduhan adanya peristiwa pencoblosan petugas itu seharusnya tidak dihadirkan dalam persidangan MK karena sudah ditangani oleh Bawaslu," lanjut Ace.

 

Tidak Siap

Ketua Tim Hukum Prabowo-Sandiaga, Bambang Widjojanto saat mengikuti sidang lanjutan perselisihan hasil pemilihan umum (PHPU) untuk Pemilihan Presiden 2019 di Gedung MK, Jakarta, Selasa (18/6/2019). (Liputan6.com/Faizal Fanani)

Ace mengatakan, dengan melihat secara seksama saksi-saksi yang dihadirkan, terlihat bahwa pasangan 02 Prabowo-Sandiaga jauh dari tuduhan yang selama ini digembar-gemborkan. Pasangan 02 tidak siap dengan menghadirkan saksi yang meyakinkan.

"Apalagi saksi-saksi itu tidak disertai dengan keyakinan apa yang mereka alami, lihat, dan ketahui langsung. Ketika ditanya sebagian besar saksi fakta itu mengatakan tidak tahu dan lupa," tutur politisi Golkar ini.

Pihaknya yakin, untuk membuktikan selisih suara kemenangan kami sebesar 16,9 juta, sangat jauh untuk dibuktikan. Para saksi tidak cukup meyakinkan untuk menunjukan adanya perbedaan selisih hasil suara Pilpres 2019.

"Apalagi jika petitum Tim Hukum 02 meminta agar mereka dimenangkan dengan kesaksian seperti itu. Jangankan untuk dikabulkan untuk memenangkan pasangan 02, untuk dilakukan pemilu ulang di tempat-tempat di mana saksi itu berada saja, tidak memenuhi syarat untuk dilakukan," pungkas Ace.

Saksikan video pilihan di bawah ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Mengintip Spesifikasi Damon X, Motor Teraman di Dunia

Posted: 19 Jun 2019 09:02 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Semakin berkembangnya teknologi membuka kemungkinan untuk pengembangan fitur di sektor otomotif. Seperti yang dilakukan oleh Damon yang mengembangkan sepeda motor canggih.

Pabrikan teknologi motor asal Kanada tersebut sedang mengembangkan prototype baru bernama Damon X. Mereka menyebut bahwa motor ini dilengkapi beragam teknologi baru dan canggih yang belum pernah ada di sepeda motor sebelumnya.

Mengutip dari Drivespark.com, ada 2 teknologi yang sedang dikembangkan dan akan terdapat pada Damon X, yaitu variable riding posisition dan sistem peringatan tabrakan berdasar kondisi lalu lintas.

Adanya variable riding position memungkinkan pengendara untuk menyesuaikan posisi berkendaranya secara elektronik. Penggunanya dapat mengubah posisi jok, pijakan kaki, dan setang clip-on Damon X.

Dengan sistem ini, pengendara bisa merasakan kenyamanan berkendara sesuai dengan gayanya, seperti off-road, cruising, dan balap. Selain itu, foot-peg dan jok motor dapat dinaikkan untuk menambah jaraknya ke tanah.

 

 

Teknologi Canggih

Damon X Prototype (Drivespark.com)

Selain itu, Damon juga mengembangkan teknologi keselamatan bernama AWSM (Advance Warning System for Motorcycles). Sistem ini melibatkan radar, kamera, sensor, dan komputer built-in untuk mendeteksi 64 objek di sekitar Damon X, bahkan saat bergerak.

Saat mendeteksi adanya posisi bahaya, sistem ini akan memberikan sinyal kepada pengendara melalui lampu LED yang ada di kokpit. Pemberitahuan kedua adalah getaran di setang dan jok. AWSM dan Komputer pada motor ini terhubung dengan jaringan 5G.  Berkat teknologi tersebut, Damon X diklaim sebagai motor teraman di dunia.

Sumber: Otosia.com

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Kata Desainer Topi Ratu Elizabeth II soal Tradisi yang Berubah di Royal Ascot

Posted: 19 Jun 2019 09:01 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Balap kuda Royal Ascot yang berlangsung selama lima hari yang dimulai sejak Selasa, 18 Juni 2019 dihadiri oleh deretan anggota keluarga kerajaan Inggris dan tamu-tamu istimewa.

Melansir People, Kamis (20/6/2019), Ratu Elizabeth II telah hadir di Royal Ascot sejak 1962. Gelaran ini juga sangat identik dengan fashion hingga banyak tamu yang telah mempersiapkannya dari jauh hari.

"Semua orang melakukan upaya yang luar biasa, dan itu fantastis," kata Rachel Trevor-Morgan, desainer topi Ratu Elizabeth II kepada People di studionya di London.

"Beberapa orang sedikit (terganggu) tentang aturan, karena ada aturan ketat di Ascot, tapi saya pikir itulah yang membuatnya menjadi seperti ini," tambah Rachel.

Tahun ini, untuk pertama kalinya panita mengatakan bahwa para tamu dapat memilih pakaian dengan gender apa saja yang paling mencerminkan diri mereka.

"Saya pikir kita mungkin melihat beberapa hal. Ini sangat keren dan ini cara cerdas untuk memindahkan segala sesuatu tanpa menghilangkan formalitas," jelas sang desainer.

Aturan Berpakaian di Royal Ascot

Ratu Elizabeth II saat di Royal Ascot. (Adrian DENNIS / AFP)

Secara tradisi, "aturan" menentukan bahwa perempuan di Royal Enclosure harus mengenakan gaun atau rok "dengan panjang sederhana yang didefinisikan sebagai jatuh tepat di atas lutut atau lebih panjang".

Gaun dan atasan harus "memiliki tali satu inci atau lebih besar" dan topi harus dipakai setiap saat. Fascinator tidak diizinkan, tetapi headpiece diperbolehkan selama memiliki "dasar yang kuat 4 inci atau lebih".

Sedangkan untuk jumpsuit yang melewati lutut diperbolehkan untuk dipakai seperti halnya celana panjang dan "bahan dan warna yang serasi".

Ratu Elizabeth II memilih topi dari Trevor-Morgan pada Rabu, 19 Juni 2019. Namun sang desainer tidak pernah tahu persis tampilan mana yang akan dipilih sampai raja keluar.

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Virus Baru Dari Gigitan Kutu Serang Penduduk Tiongkok

Posted: 19 Jun 2019 09:00 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Virus baru yang berasal dari gigitan kutu menyerang penduduk daerah Mongolia Dalam, China.

Lansiran Health.com, virus Alongshan ini ditemukan mula-mula pada seorang petani berusia 42 tahun dari Alongshan, Mongolia yang mengalami demam dan sakit kepala yang kemudian memeriksakan diri ke rumah sakit pada tahun 2017. Virus ini terlihat mirip dengan infeksi virus encephalitis (TBVE), tetapi hasil tes pasien negatif TBVE sehingga dokter melakukan pengawasan tinggi di rumah sakit untuk menyaring pasien yang memiliki gejala yang sama dengan riwayat pernah tergigit kutu untuk mencari penyebab lainnya. 

Para pasien kemudian dirawat selama 3-5 hari dengan antibiotik benzylpenicillin sodium dan ribavirin dan obat-obatan tambahan untuk pasien yang mengalami sakit kepala parah. Setelah dirawat 10 hingga 14 hari, para pasien pulih dan tidak ada komplikasi permanen atau kematian dari virus Alongshan (ALSV). 

 

Virus ini diduga berasal dari kutu Ixodes persulcatus yang biasanya hinggap pada kebanyakan mamalia seperti domba, kuda, anjing, kelinci, manusia dan kadang pada sejumlah burung. Jenis kutu ini tersebar di Asia dan Eropa Barat termasuk China, Korea, Jepang, Mongolia, dan Rusia. Peneliti juga menemukan virus yang sama dengan nyamuk di di Mongolia.

 

Dilansir dari livescience.com, Virus Alongshan berasal dari famili virus Flaviviridae, satu famili dengan Tick-borne encephalitis virus (TBEV) dan virus Zika, dan virus dari gigitan nyamuk lainnya. Virus Alongshan berkaitan erat dengan virus kutu Jingmen. Saat ini para peneliti masih mencoba mencari "vektor" penyakit yang bisa menyerang manusia dan menentukan distribusi geografis penyakit selain wilayah identifikasi saat ini. 

 

Penulis: Febby Alamako

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Keluarga Amsor Minta Polisi Selidiki Percakapan Kernet dan Sopir Bus Safari

Posted: 19 Jun 2019 09:00 PM PDT

Liputan6.com, Cirebon - Pihak keluarga pelaku penyerangan sopir dan kernet bus maut di km 150 Tol Cipali, Kabupaten Majalengka, Jawa Barat mengaku kaget mengetahui keterlibatan Amsor dalam kecelakaan itu.

Mereka berharap agar polisi melakukan penyelidikan mendalam. Termasuk mengenai isi percakapan telepon yang dilakukan sopir dan kernet Bus Safari.

Seperti disampaikan kakak tersangka, Juju (48), dia menyatakan, pihak keluarga sangat syok saat mengetahui Amsor terlibat dalam kecelakaan tersebut.

"Padahal anaknya baik, gak neko-neko. Gak punya masalah dengan siapa pun. Makanya keluarga kaget dan syok berat," kata Juju kepada Liputan6.com, Rabu (19/6/2019).

Juju meminta polisi mendalami kasus kecelakaan maut Tol Cipali itu dari semua sisi, tak hanya dari keterangan saksi saja. Dia ingin agar polisi juga menelusuri perbincangan antara Amsor dengan sopir dan kernet Bus Safari sebelum kecelakaan itu terjadi.

Juju menilai, saksi yang duduk dibelakang sopir tidak mengetahui permasalahan yang dialami adiknya. Dia mengatakan, saksi hanya tahu bahwa sopir dan kernet telepon-teleponan sebelum kecelakaan terjadi.

"Pengennya HP sopir diperiksa, biar jelas yang sebenarnya. Adik saya maju ke situ (sopir) bukan karena mau menyerang, tapi membela diri," jelas Juju.

Juju mengakui, Amsor yang bekerja sebagai security di Jakarta sudah dua hari tidak kerja. Dia mengungkapkan, hal itu kemungkinan karena adiknya merasa takut dengan ancaman.

Namun demikian, Juju tak menjelaskan ancaman apa yang ditakutkan oleh adiknya. Untuk menghindari hal yang tidak diinginkan, Amsor pun memutuskan pulang ke rumahnya di Cirebon.

Namun, kecelakaan maut Tol Cipali itu terjadi sebelum Amsor sampai ke rumahnya. "Kondisi berbeda saat perjalanan pulang ternyata ada kejadian itu," kata Juju.

 

Luka Berat

Kecelakaan maut di Tol Cipali. (Liputan6.com/Adramena)

Saat ini, Amsor masih dirawat di ruang ISU RS Mitra Plumbon Cirebon. Juju mengatakan, sang adik mengalami patah tulang pada tangan. Selain itu, terdapat permasalahan serius di paru-paru sehingga ada tiga selang yang terpasang di dadanya.

"Dia juga batuk keluar darah banyak. Belum bisa komunikasi, masih tiduran. Dirawat di ruang ICU," kata Juju.

Seperti diketahui, Amsor ditetapkan sebagai tersangka dalam kecelakaan maut di KM 150.900 Tol Cipali Kabupaten Majalengka, Senin (17/6) sekitar pukul 01.00 WIB.

Kecelakaan bermula saat Amsor berusaha menyerang sopir dan merebut kendali Bus Safari yang ditumpanginya. Bus Safari akhirnya kehilangan kendali dan terbang melewati median ke jalur berlawanan.

Peristiwa itu memicu kecelakaan beruntun dengan kendaraan Toyota Inova, Mitsubishi Expander dan Mistsubishi Truk, hingga menyebabkan 12 korban tewas dan 43 lainnya terluka.

Kepada polisi, Amsor mengaku melakukan perbuatan itu terpaksa dilakukannya karena merasa dirinya sedang dalam ancaman. Pengakuan tersebut perlu dibuktikan dari percakapan telepon antara sopir dan kernet bus.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Lewandowski: Bayern Munchen Tunggu Kedatangan Sane

Posted: 19 Jun 2019 09:00 PM PDT

Liputan6.com, Munchen - Striker Bayern Munchen, Robert Lewandowski, mendukung rencana klubnya mendatangkan winger Manchester City, Leroy Sane. Di mata dia, Sane adalah pemain yang cocok menggantikan Arjen Ribben dan Franck Ribery.

Bayern Munchen sedang mengincar Leroy Sane. Raksasa Bundesliga itu kabarnya sudah mengajukan penawaran kepada City sebesar 80 juta euro atau sekitar Rp 1,2 triliun.

Munchen ingin memanfaatkan situasi Sane yang tak menentu di City. Musim lalu ia kalah bersaing dengan Bernardo Silva.

Eks pemain Schalke 04 itu juga belum memperpanjang kontraknya yang akan habis pada 2021.

"Para pemain Jerman di Bayern Munchen sekarang sangat menantikan transfer Sane, tetapi kami harus menunggu dan melihat apa yang terjadi," kata Lewandowski di Soccerway.

 

 

Pengganti Robben dan Ribery

(AFP/Oli Scarff)

Tujuan Munchen mendatangkan Sane adalah untuk menggantikan Robben dan Ribery. Kedua nama itu sudah meninggalkan Allianz Arena pada akhir musim lalu.

"Mereka adalah legenda, tentu saja kepergian mereka membuat kami sedih. Tetapi Munchen juga akan mendatangkan pengganti yang lebih banyak dan lebih baik. Saya percaya bahwa pemain sayap yang akan didatangkan Munchen di masa depan akan sama baiknya dengan Robben dan Ribery," Lewandowski menambahkan.

Statistik Sane

Sane sendiri musim lalu membela City dalam 47 pertandingan di semua kompetisi. Ia juga menyumbangkan 16 gol dan 18 assist.

Saksikan video pilihan di bawah ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Pengusaha Hotel Harap Harga Tiket Pesawat Segera Turun

Posted: 19 Jun 2019 09:00 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Pengusaha hotel berharap harga tiket pesawat bisa kembali turun usai Lebaran. Sebab, tingginya harga tiket selama ini telah menekan tingkat keterisian kamar (okupansi) hotel, khususnya di daerah.

Ketua Perhimpunan Hotel dan Restoran Indonesia (PHRI) Sumatera Utara, Denny Wardhana mengatakan, akibat tingginya harga tiket pesawat membuat tingkat okupansi hotel turun 30 persen.

"Sangat berdampak, penurunan (okupansi hotel) 30 persen," ujar dia saat berbincang dengan Liputan6.com di Jakarta, Rabu, 19 Juni 2019.

Menurut dia, PHRI telah menyampaikan hal ini kepada pemerintah, bahkan langsung ke Presiden. Namun hingga saat ini, harga tiket pesawat belum turun secara signifikan.

"Kalau berlanjut seperti ini terus, target wisatawan domestik untuk berkunjung ke Sumatera Utara, pasti tidak akan tercapai. Ini bukan hanya hotel yang terdampak, termasuk pusat oleh-oleh, UMKM, restorannya juga terkena dampak," kata dia.

Oleh sebab itu, Denny berharap pemerintah segera bisa membuat harga tiket pesawat untuk penerbangan domestik kembali turun. Dengan demikian, arus wisatawan dan okupansi hotel bisa kembali meningkat.

"Saya berharap ini bisa normal kembali. Walaupun tidak bisa seperti dulu, minimal misalnya (tiket) Medan-Jakarta bisa di bawah Rp 2 juta lah. Kalau Rp 2 juta, ya mungkin itu untuk tiket pulang pergi. Jangan Rp 2 juta untuk sekali berangkat," tandas dia.

Pemerintah Masih Pertimbangkan Rencana Maskapai Asing Masuk Indonesia

Ilustrasi pesawat (iStock)

Sebelumnya, Kementerian Koordinator Bidang Perekonomian masih mempertimbangkan rencana mengizinkan maskapai asing membuka penerbangan dalam negeri.

Sebab perlu ada evaluasi dan kajian mendalam untuk memberikan izin operasional penerbangan domestik kepada maskapai asing.

Sekretaris Menteri Koordinator Bidang Perekonomian, Susiwijono mengatakan, mendatangkan maskapai asing hanya salah satu opsi untuk menurunkan tarif tiket pesawat. 

Namun, pertimbangngan lainnya adalah bagaimana memikirkan cara lain agar pemerintah menjaga persaingan maskapai tetap sehat. 

"Kita harus review, evaluasi. Jangan salah lho, itu bukan salah satu opsi, bukan salah satu, efisiensi harga avtur, leasing, masalah-masalah cost itu kita bicarakan. Itu kalau bisa kasih insentif fiskal," ujar Susiwijono saat ditemui di Gedung DPR RI, Jakarta, Rabu, 19 Juni 2019. 

Dia menambahkan, pemerintah juga akan mempertimbangkan pasar dari maskapai asing itu sendiri. Sehingga dapat melihat apakah akan tercipta persaingan sehat atau justru sebaliknya.

"Kalau dari struktur market akan lebih bagus, kompetisi lebih sehat karena bukan struktur market aja hal-hal lain kita pertimbangkan kan banyak maskapai operasi asing AirAsia kan enggak berkembang, kan dia aja yang punya domestik flight," kata dia.

Seperti diberitakan sebelumnya, ada tiga maskapai asing yang santer akan membuka rute domestik di Indonesia. Selain Air Asia yang sudah membuka rute domestik, ada maskapai asing lain yang kabarnya akan masuk ke Indonesia.

"Jadi spiritnya gini lah, jadi spiritnya bukan asing tapi kompetisi. Air Asia sudah, tinggal menambah saja. Yang ada apa itu, Scoot sama siapa ada tiga itu yang baru," kata Menteri Perhubungan Budi Karya, beberapa waktu lalu.

Indef: Kehadiran Maskapai Asing Belum Tentu Tekan Harga Tiket Pesawat

Ilustrasi tiket pesawat (Liputan6.com/Andri Wiranuari)

Sebelumnya rencana pemerintah untuk mengundang maskapai asing beroperasi di rute domestik Indonesia dinilai tidak akan menyelesaikan masalah di bisnis penerbangan, khususnya menurunkan harga tiket pesawat.

Ekonom Senior Institute for Development of Economics and Finance (INDEF) Nawir Messi mengatakan, saat ini sebenarnya sudah ada maskapai asing yang beroperasi di Indonesia, yaitu AirAsia. Namun, hingga saat ini keberadaan makskapai tersebut tidak mampu membuat harga tiket pesawat turun.

"Mengundang maskapai asing yang masuk tidak akan banyak mengubah keadaan saat ini. Bahkan, saat ini sebetulnya sudah ada maskapai asing yang beroperasi di Indonesia, seperti AirAsia Indonesia. Namun, hal tersebut tidak mengubah harga dari maskapai domestik lainnya," ujar dia di Jakarta, Selasa, 18 Juni 2019.

Menurut Nawir, hal tersebut lantaran selama ini AirAsia tidak sepenuhnya diberikan kebebasan untuk membuka rute domestik. Selain itu, juga ada diskriminasi terhadap maskapai milik Tony Fernandes tersebut oleh aplikasi agen perjalanan berbasis online.

"Hal ini karena selain hanya diberikan rute domestik yang terbatas, juga terjadi diskriminasi di dalam pasar terhadap maskapai ini. Adanya kerjasama antara travel agent dan maskapai domestik adalah sebagai bentuk diskriminasi di dalam pasar yang membuat AirAsia Indonesia semakin tersingkir dan tidak dapat berkompetisi dengan pasar maskapai di Indonesia saat ini," jelas dia.

Jika pembatasan rute domestik dan diskriminasi ini terus terjadi, lanjut Nawir, maka masuknya maskapai asing tidak akan banyak mengubah kondisi bisnis penerbangan di dalam negeri.

"Saat ini bisa kita lihat di beberapa travel agent yang menggunakan aplikasi, tidak ada AirAsia Indonesia. Kini AirAsia Indonesia terpaksa berjualan menggunakan platform yang mereka miliki sendiri," tandas dia.

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Pengembangan Pariwisata di Masa Depan Tak Lepas dari Peran Guru

Posted: 19 Jun 2019 09:00 PM PDT

Liputan6.com, Surabaya Tak bisa dipungkiri peran guru sangat penting bagi kehidupan masa depan bangsa. Semua bidang tentu membutuhkan guru sebagai dasar pengembangan, termasuk pariwisata. Berangkat dari sinilah Kementerian Pariwisata (Kemenpar) menggelar Pelatihan Dasar SDM Kepariwisataan Bagi Guru di Surabaya, Rabu (19/6/2019).

Menurut Sekretaris Dinas Pendidikan Jawa Timur Ramlianto, guru memiliki posisi strategis bagi pengembangan brand image kepariwisataan. Guru berperan menciptakan brand image."Pesan yang disampaikan guru terhadap obyek wisata yang dikunjungi, dibacanya, akan membangun brand image bagi siswanya," kata Ramli.

Dalam meteri yang yang disampaikan Ramlianto, "Peran Guru Dalam Pengembangan Pariwisata Indonesia", ada strategi yang bisa dilakukan untuk pengembangan pariwisata oleh guru, antara lain riset, literasi, publikasi, sosialisasi, dan komunitas.

"Riset, guru bisa melakukan riset kecil-kecilan di daerahnya, bertanya ke siswa, teman, kolega soal ketertarikan mereka pada pariwisata yang seperti apa, dengan demikian bisa dikembangkan pariwisata ke arah mana," kata Ramlianto.

Kemudian, kata Ramlianto, literasi. Guru sebagai pendidik bisa mengajak dan mendorong siswa untuk calisline (baca tulis online) soal kepariwisataan. "Coba ajak siswa menulis karangan soal pariwisata di sekitar mereka. Tulisan apa aja soal obyek-obyek wisata di medsos. Tulisan itu, entah karangan, puisi, foto dan sebagainya tentang obyek-obyek wisata bisa langsung dipublikasikan ke tulisan online dan medsos," kata Ramli.

Guru juga bisa mensosialisasikan obyek-obyek wisata yang dikunjunginya kepada siswa, dan komunitas mereka. Entah komunitas PKK, pengajian, medsos dan lain-lain. "Jadi bentuklah komunitas yang memang bermanfaat di grup wa dan medsos. Jangan buat komunitas yang mengada-ada ga penting," kata Ramli..

Selain itu, guru juga bisa memberikan wawasan ke siswa tentang bisnis pariwisata yang menjanjikan. "Dari data tahun 2016, dari 707600 tenaga pariwisata yang dibutuhkan baru tersedot 82 171. Jadi masih kurang 625,425. Ini peluang yang sangat besar untuk diisi," kata Ramli.

Sementara Kasi Pemberdayaan dan Tata Kelola Destinasi Dinas Pariwisata Jawa Timur, Sai'in mengatakan peran guru tak hanya di kelas tapi juga pengajar di luar kelas. "Peran guru sangat penting bagi generasi milenial karena mereka ini yang menangani generasi milenial saat ini. Generasi milenial butuh penanaman akan cinta negeri. Kita tanamkan mereka untuk mencintai alam, budaya dan destinasi pariwisata Indonesia yang akhirnya mencintai negeri sendiri," ujar Sai'in.

Sai'in mengatakan Jawa Timur sendiri memiiliki 808 destinasi wisata. Unsur budaya yang terbanyak yakni 42,6% termasuk desa wisata. "Budaya ini termasuk kerajinan, cara bercocok tanam dan desa wisata," kata Sai'in. Untuk alam, kata Sai'in 32,8% dan buatan 24,6%.

Di sisi lain Deputi Bidang Industri dan Kelembagaan Kemenpar, Ni Wayan Giri Adnyani secara terpisah mengatakan, lebih dari enam dekade pariwisata menjadi sektor tercepat dalam aktivitas ekonomi dunia. Namun demikian, membangun sektor pariwisata tidak bisa dilakukan hanya oleh Kemenpar saja. Dalam pengembangan SDM Kepariwisataan misalnya, dibutuhkan juga kolaborasi dan koordinasi atas segala unsur. Meliputi akademisi, pelaku bisnis, pemerintah pusat dan daerah, serta komunitas pariwisata dan media.

"Program ini kami gelar dengan tujuan untuk meningkatkan kualitas dan wawasan SDM pariwisata. Khususnya yang ada di kawasan-kawasan potensial seperti Surabaya. Dari kegiatan ini, kami berharap akan muncul kader-kader pariwisata yang bisa berpartisipasi dalam mengembangkan wisata berkelanjutan," ujarnya.

Giri Adnyani menambahkan, pariwisata seringkali dipersepsikan sebagai mesin penggerak ekonomi atau penghasil devisa. Padahal, pariwisata memiliki spektrum fundamental pembangunan yang lebih luas. Antara lain sebagai alat persatuan dan kesatuan bangsa, penghapusan kemiskinan (poverty alleviation), dan pembangunan berkesinambungan (sustainable development).

"Pariwisata juga terbukti mampu meningkatkan ekonomi dan perkembangan industri. Karenanya, kita dorong pariwisata melalui penguatan SDM ini," imbuhnya.

Asisten Deputi Pengembangan SDM Pariwisata dan Hubungan Antarlembaga Kemenpar Wisnu Bawa Tarunajaya menyatakan, peran SDM merupakan faktor yang sangat strategis, khususnya pada sektor pariwisata yang karakteristik usahanya lebih banyak bersifat jasa.

Menteri Pariwisata Arief Yahya pun memberikan apresiasi atas keterlibatan para guru. Sebab, informasi yang mereka terima bisa langsung disampaikan ke para siswa.

"Sampaikan jika pariwisata adalah masa depan bangsa. Pariwisata adalah core economy yang akan menjadi penyumbang devisa nomor satu di Indonesia. Kita membutuhkan SDM-SDM andal untuk menanganinya. Dan kita membutuhkan guru untuk memberikan informasi itu," kata Arief.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Top 3: Pilu, Perut Bangkai Ikan Pari Dipenuhi Sampah

Posted: 19 Jun 2019 09:00 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Sudah sepatutnya kita menjaga lingkungan baik di darat maupun laut. Salah satu cara yang bisa dilakukan ialah dengan mengurangi penggunaan sampah plastik. Seperti yang kita ketahui saat ini ada begitu banyak kasus sampah plastik yang membunuh hewan di darat maupun laut.

Baru-baru ini kembali ditemukan bangkai ikan pari yang perutnya dipenuhi dengan sampah. Ikan pari tersebut diduga mati karena menelan sebungkus rokok, sebuah buku, botol kosong, dan kamera digital.

Artikel tentang kisah menyedihkan ikan pari yang mati karena sampah plastik di laut menjadi yang terpopuler di kanal Citizen6, Liputan6.com. Diikuti oleh artikel tentang surat edaran sekolah yang mencuri perhatian warganet.

Sementara artikel terpopuler ketiga tentang seorang ayah yang membuat tas sekolah anaknya dari anyaman tali raffia.  

Berikut Top 3 Citizen6:

1. Pilu, Botol hingga Kamera Digital Ditemukan dalam Perut Ikan Pari

Doc: Instagram.com/@5minutebeachcleanup

Tak dapat disangkal, manusia bertanggung jawab sepenuhnya atas kepunahan beberapa spesies hewan dan tumbuhan, serta semakin rusaknya Bumi. Sebut saja penggunaan plastik yang masiv, ini makin merusak lingkungan.

Sudah banyak bukti betapa sampah yang dibuang sembarangan serta sampah plastik membunuh hewan dan lingkungan. Baru-baru ini, ditemukan bangkai ikan pari dan ternyata di dalam perutnya penuh sampah.

Selengkapnya…

2. Viral Isi Surat Edaran Sekolah Tak Biasa, Bikin Warganet Haru

foto: twitter/@AgusMagelangan

Mengambil rapor anak nampaknya telah menjadi kegiatan yang biasa dilakukan para orangtua. Dengan mengambil rapor anak, orangtua bisa mengetahui hasil kegiatan belajar yang telah anak lakukan. Tak hanya itu, para guru juga akan melaporkan langsung perkembangan akademik anak.

Sebelum waktu pengambilan rapor tiba, biasanya pihak sekolah akan memberikan surat undangan kepada para orangtua/wali siswa. Baru-baru ini sedang viral sebuah surat edaran salah satu sekolah dasar di Maluku yang tak biasa.

Selengkapnya…

3. Kisah Pilu di Balik Ayah Anyamkan Tas Rafia untuk Anaknya Sekolah

(Sophous Suon/facebook.com)

Setiap orangtua memang menginginkan hal yang terbaik untuk anaknya. Melihat anak tumbuh dengan baik, merasa aman dan nyaman merupakan prioritasnya. Tak heran jika mereka rela melakukan apa saja demi membahagiakan buah hatinya.

Salah satunya seperti yang dilakukan seorang ayah dari Kamboja. Karena keterbatasan ekonomi, pria yang tak disebutkan identitasnya ini menjadi perbincangan viral publik, khususnya para pengguna jejaring sosial setelah membuat tas sekolah untuk putranya.

Selengkapnya…

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

VIDEO: Ngeri, Rekaman Bus Lintas Sumatera Tabrak Truk Tangki

Posted: 19 Jun 2019 09:00 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Sebuah bus lintas Sumatera tak bisa mengendalikan laju kendaraannya di jalanan menurun karena rem blong. Alhasil, bus tersebut menabrak sebuah truk tangki. Beruntung, tak ada korban jiwa dalam insiden ini.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Spotify Terapkan Iklan Tertarget Berdasarkan Podcast

Posted: 19 Jun 2019 09:00 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Spotify baru saja mengumumkan telah memperbarui aturan iklan tertarget yang hadir untuk pengguna non-premium. Kini, Spotify memungkikan pengiklan menyasar pendengar podcast di aplikasinya.

Aturan anyar ini berbeda dari yang diterapkan Spotify sebelumnya. Dalam aturan sebelumnya, pengiklan menyasar pengguna Spotify gratis berdasarkan lagu yang didengarnya, baik genre atau playlist.

Namun kali ini, pengguna non-premium akan mendengarkan iklan menurut podcast yang dikonsumsinya. Melalui cara ini, pengiklan disebut dapat menargetkan pelanggan lebih spesifik.

Dikutip dari The Verge, Kamis (20/6/2019), cara ini sekaligus menjadi upaya Spotify mulai memperkuat kehadiran iklan di layanan podcast, selain di layanan musik dan video.

"Kami bercita-cita mengembangkan solusi iklan yang yang lebih kuat untuk podcast, sekaligus melapisi iklan tertarget yang berjalan bersama konten lain, seperti musik dan video," tutur juru bicara Spotify.

Sebagai awal, Spotify bekerja sama dengan Samsung dan 3M untuk menguji coba iklan tertarget berdasarkan podcast ini. Sekarang, penerapan aturan ini sudah dilakukan di 10 negara, seperti Amerika Serikat, Kanda, dan Australia.

Meski hadir berdasarkan kebiasaaan pengguna mendengar podcast, iklan tersebut tidak hadir saat siaran tersebut berlangsung. Iklan tetap tampil di pergantian lagu saat pengguna sedang mendengarnya.

Iklan berbasis podcast memang disebut lebih tepat ketimbang musik. Sebagai contoh, Samsung dapat menargetkan iklan produk-produknya langsung pada pendengar podcast yang mendengarkan program teknologi atau bisnis.

Spotify Pakai Algoritma untuk Playlist Lebih Terpersonalisasi

Spotify. Sumber: Parentesis.com

Terlepas dari perubahan ini, Spotify juga akan memanfaatkan algoritma dari kecerdasan buatan untuk menciptakan playlist yang lebih terpersonalisasi untuk selera musik penggunanya.

"Kami paham betul selera musik orang-orang itu berbeda dan lagu-lagu yang ingin dinyanyikan mungkin berbeda-beda. Ini kenapa kami ingin menciptakan playlist di mana sesuai dengan selera pendengarnya dan lebih masuk ke telinga mereka," kata Spotify seperti dilansir Ubergizmo pada Jumat (29/3/2019).

Sebelumnya, Spotify memang memanfaatkan kecerdasan buatan untuk membuat fitur Discover Weekly miliknya menjadi lebih intuitif.

Namun, tidak hanya cuma Discover Weekly saja yang akan disokong keccerdasan buatan, Spotify juga akan memanfaatkan algoritma kecerdasan buatan untuk menciptakan playlist yang lebih terpersonalisasi. 

Spotify Versi Android Punya Fitur Baru, Apa Itu?

Ilustrasi Spotify Event (Sumber: Tech Crunch)

Sebelumnya, Spotify baru saja meluncurkan fitur baru, yaitu sleep timer pada perangkat Android.

Fitur ini berfungsi untuk menyetel waktu mendengarkan musik. Jadi, musik yang sedang diputar dapat mati secara otomatis berdasarkan waktu yang sudah diatur. 

Fitur ini sebenarnya sudah lama hadir pada perangkat iOS, tapi entah mengapa Spotify butuh waktu lama untuk memperkenalkannya di perangkat Android.

Kendati demikian, para pengguna Android dapat juga memanfaatkan fitur semacam ini, tapi membutuhkan aplikasi pihak ketiga. 

(Dam/Isk)

Saksikan Video Pilihan Berikut Ini: 

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Potret Darma Mangkuluhur Hutomo, Putra Sulung Tommy Soeharto yang Hobi Balap

Posted: 19 Jun 2019 09:00 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Keluarga Cendana memang seperti memiliki sebuah magnet tersendiri bagi masyarakat. Terlebih bagaimana dengan kehidupan putra, putri dan cucu dari Soeharto ini. Salah satunya seperti Darma Mangkuluhur Hutomo.

Darma Mangkuluhur Hutomo adalah putra sulung dari Hutomo Mandala Putra atau yang akrab disapa Tommy Soeharto dan Tata Cahyani. Meski kini kedua orang tuanya cerai, Darma ikut bersama ibunya dan menetap di Singapura.

Darma diketahui sudah sejak umur 10 tahun menggeluti balap formula profesional. Pria kelahiran 8 Agustus 1998 ini terjun ke dunia balap pada tahun 2008, melalui Humpuss Junior Racing Team. Bakatnya dalam dunia balap pun diakui ketika Darma menjuarai Asia Karting Open Championship 2012 di usia 14 tahun.

Berikut potret Darma Mangkuluhur Hutomo putra sulung Tommy Soeharto yang Liputan6.com kutip dari akun Instagram @darmamh, Kamis (20/6/2019).

Darma saat menjuarai Asia Karting Open Championship 2012 saat berusia 14 tahun

Darma saat  juarai Asia Karting Open Championship 2012 (Sumber: Instagram/@darmamh)

Kompak dengan sang adik saat hari raya Lebaran

Darma bersama dengan adiknya (Sumber: Instagram/@darmamh)

Darma juga memiliki hobi traveling bersama sang mama

Darma bersama dengan ibunya, Tata Cahyani (Sumber: Instagram/@darmamh)

Darma memiliki wajah yang sangat mirip dengan sang ayah, Tommy Soeharto

Darma bersama dengan Tomy Soeharto (Sumber: Instagram/@darmamh)

Momen kelulusan Darma Mangkuluhur Hutomo yang dihadiri kedua orang tuanya

Darma bersama kedua orangtuanya (Sumber: Instagram/@darmamh)

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Tangisan Hanung Bramantyo Saat Mengenang Momen Baca Novel Bumi Manusia Diam-Diam

Posted: 19 Jun 2019 09:00 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Sutradara Hanung Bramantyo mengenang saat pertama kali membaca novel Bumi Manusia karya sastrawan Pramoedya Ananta Toer. Kala itu, Hanung yang berusia 17 tahun mengaku membaca novel tersebut secara diam-diam serta sembunyi-sembunyi. 

Hanung Bramantyo mengungkapkan perasaan itu sambil menangis. Baginya, sosok Pramoedya Ananta Toer adalah sastrawan yang sangat dihormatinya dan memiliki banyak karya besar.

"Teman-teman harus tahu itu, di usia kalian saya membaca Bumi Manusia sembunyi-sembunyi karena takut ditangkap sama polisi," ujar Hanung Bramantyo saat perkenalan poster film Bumi Manusia di Epicentrum, Kuningan, Jakarta Selatan, Rabu (19/6/2019).

 

Bebas

Launching poster film Bumi Manusia (Adrian Putra/Fimela.com)

Menurut Hanung Bramantyo mengaku di kebebasan berdemokrasi saat ini, masyarakat Indonesia bisa dengan mudah membaca novel Bumi Manusia. Apalagi, novel ini bakal difilmkan dengan Hanung sebagai sutradaranya. 

"Saat ini saya bersyukur sekali kalian bisa merayakan kebebasan dengan film ini. Terima kasih saya buat Falcon yang telah menghadirkan Iqbaal Ramadhan, Mawar yang ada di sini yang bisa membuat karya Pak Pram seperti ini," ujarnya.

"Saya membayangkan kalau Pak Pram duduk di sini dia akan bangga, akan nangis kali, karena zaman dulu Bumi Manusia harus dibuat dengan meneteskan air mata keringat," tambahnya.

Pemain

Launching poster film Bumi Manusia (Adrian Putra/Fimela.com)

Film Bumi Manusia sendiri dimainkan oleh Iqbaal Ramadan, Ine Febriyanti Mawar De Jongh, Ayu Laksmi, Donny Damara, Bryan Domani, Giorgino Abraham dan Jerome Kurniawan. Film Bumi Manusia akan tayang pada 15 Agustus 2019.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Tidak ada komentar: