Rabu, 26 Juni 2019

Liputan6 : RSS2 Feed

Liputan6 : RSS2 Feed


6 Editan Seleb Luar Negeri Lagi Jajan di Indonesia Ini Kocak Abis

Posted: 26 Jun 2019 10:55 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Pernah terbayang enggak sih dalam pikiranmu, gimana jadinya jika selebriti luar negeri beli jajan di Indonesia? Tentu saja susah, karena pasti seleb tersebut langsung diserbu para fans.

Tapi enggak perlu khawatir, dengan kekuatan editan photoshop, semua hal yang awalnya enggak mungkin jadi tampak nyata. Seperti yang dilakukan beberapa warganet di bawah ini, beberapa warganet dengan daya kreativitasnya mengedit selebriti luar negeri ini lagi beli makanan di Indonesia.

Seperti saat beli makan di warung rames, menikmati segarnya es dawet dan lain sebagainya. Seolah-olah deretan seleb tersebut memang benar-benar beli jajan loh! Nah mulai penasaran kan gimana potretnya? Daripada penasaran, yuk langsung simak saja 6 editan selebriti luar negeri saat jajan di Indonesia yang Liputan6.com rangkum dari berbagai sumber, Kamis (27/6/2019). 

1. Gal Gadot kalau beli pecel lele pakai hijab.

Editan kocak (Sumber: Intagram/photoshop.shitposter)

2. Dwayne Johnson makan di lesehan Bu Anny enggak masalah, kan tajir

Editan kocak (Sumber: Instagram/@mehongcongkok)

3. Capek manggung beli nasi rames dulu

Editan kocak (Sumber: Instagram/photoshop_indonesia)

4. Panas-panas gini enaknya minum es dawet ya?

Editan kocak (Sumber: Instagram/photoshop_indonesia)

5. Nikmat bener nih Kim Jong Un makan nasi bungkus

Editan kocak (Sumber: Instagram/photoshop_indonesia)

6. Jisoo endorse es dawet ayu nih, sama-sama ayu nih

Editan kocak (Sumber: Instagram/photoshop_indonesia)

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Ketua MK: Kami Hanya Takut pada Allah SWT, Putusan Tak Mungkin Puaskan Semua Pihak

Posted: 26 Jun 2019 10:53 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Majelis Hakim Mahkamah Konstitusi Sidang Sengketa Pilpres 2019 sudah memasuki ruang sidang. Seperti diketahui agenda sidang kali ini adalah sidang putusan hasil persidangan.

Ketua MK Anwar Usman tegaskan bahwa putusan yang dibuat pihaknya tidak berdasarkan tekanan pihak manapun.

"Pertama, seperti yang disampaikan di sidang pertama, kami hanya takut pada Allah SWT. Oleh karena itu, kami telah berijtihad, berusaha sedemikian rupa untuk mengambil putusan dalam perkara ini yang tentu saja berdasarkan fakta yang terungkap dan terbukti di dalam persidangan," kata Anwar Usman membuka persidangan, di Gedung MK, Kamis (27/6/2019).

Selain itu, Anwar menegaskan bahwa putusan yang dibuat pihaknya independen, selain tentunya putusan tersebut tidak dapat memuaskan semua pihak.

"Kami menyadari putusan ini tidak dapat memuaskan semua pihak," kata Anwar.

Dia meminta semua pihak terkait dapat menerima putusan tersebut.

"Kami mohon jangan jadikan putusan sebagai ajang saling menghujat dan memfitnah, karena kami telah berusaha sedemikian rupa untuk mengambi putusan dalam perkara ini yang didasarkan fakta terungkap dan terbukti dalam persidangan," Anwar menandasi.

Saksikan video pilihan di bawah ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Anak Usaha Adhi Karya Garap Proyek Apartemen Senilai Rp 700 Miliar

Posted: 26 Jun 2019 10:50 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Pengembang properti Greenwoods Group menunjuk PT Adhi Persada Gedung yang merupakan anak usaha dari PT Adhi Karya (Persero) Tbk, sebagai kontraktor utama pembangunan proyek Apartemen Puri 8 Residence, di Jakarta Barat.

CEO Greenwoods Group Okie Imanto mengatakan, penunjukan main contractor APG guna merealisasikan pembangunan Apartemen Puri 8 Residence bukan tanpa alasan. Selain memiliki reputasi baik terkait konstruksi gedung-gedung tinggi di dalam negeri, APG juga berkomitmen tinggi menyelesaikan pembangunan proyek properti yang berkuaitas dan tepat waktu.

Hal itu sejalan dengan komitmen perseroan untuk menghadirkan propyek-proyek property berkualitas dan tepat waktu sesuai dengan jadwal yang telah ditentukan. Dengan kerjasama tersebut, diharapkan pengerjaan seluruh konstruksi Apartemen Puri 8 Residence Tower 1 akan selesai pada akhir 2021. Untuk selanjutnya konstruksi Tower 2 dan 3 akan diselesaikan secara bertahap.

"Serah terima Tower Himeji merupakan wujud komitmen dan tanggungjawab perusahaan kepada konsumen untuk secara konsisten dan berkelanjutan melaksanakan pembangunan dalam kecepatan tinggi dan tepat waktu sesuaidengan yang kami janjikan," ujar Okie di Jakarta, Kamis (27/6).

Dia menjelaskan, Apartemen Puri 8 Residence dibangun di atas lahan seluas 15.888 meter persegi, terdiri dari tiga tower hunian dengan total 1.055 unit yakni Himeji Tower setinggi 31 lantai (400 unit), Edo Tower 32 lantai (326 unit), dan Takeda Tower 32 lantai (329 unit). Untuk mengembangkan proyek ini, Greenwoods Group menyiapkan dana investasi lebih dari Rp 700 miliar.

Apartemen Puri 8 Residence didesain unik yang kental sentuhan arsitektur Japanese hasil kolaborasi apik antara Greenwoods Group dengan developer asal Negeri Sakura, yaitu Creed Group. Saat ini perusaahan tersebut memiliki hasrat yang tinggi untuk mengembangkan sayap bisnisnya di Indonesia. Apartemen Puri 8 Residence adalah proyek pertama garapan Creed Groupdi Jakarta, imbuhnya.

Direktur Pengembangan Bisnis PT Adhi Persada Gedung, Harry Wibowo menjamin, dengan sumber daya manusia (SDM) profesional serta tim yang solid, pembangunan Apartemen Puri 8 Residence akan selesai lebih cepat dari target yang telah ditentukan sebelumnya.

"Saya sangat puas dengan kinerja tim yang cukup profesional dan solid. Karenanya, tentu kami berharap proyek ini akan selesai lebih cepat sehingga customer dapat segera menikmati unit-unit apartemen yang telah dibeli," kata dia.

 

 

 

Gandeng BNI Syariah

Pekerja menghitung uang di BNI Syariah Jakarta, Senin (10/10). Sejalan dengan perkembangan share tersebut, kenaikan aset perbankan syariah (BUS dan UUS) sebesar 18,49% (YOY), dari Rp 272,6 triliun menjadi Rp 305,5 triliun. (Liputan6.com/Angga Yuniar)

Selain itu, Greenwoods Group juga menandatangani perjanjian kerjasama dengan BNI Syariah perihal penyediaan fasilitas pembiayaan properti berbasis syariah. Kerjasama ini bertujuan untuk menjawab tingginya kebutuhan masyarakat terhadap skema pembiayaan apartemen berbasis syariah pada dua proyek besutan Greenwoods Group, yaitu Puri 8 Residence, Jakarta Barat dan Jasmin Park, Bogor.

Adapun potensi pembiayaan di kedua proyek tersebut mencapai Rp 59 miliar. Sebelumnya, BNI Syariah juga telah bekerjasama dengan Greenwoods Group terkait proyek landed house Sawangan Hills 3, Bogor dan Citaville Cikarang, Bekasi.

"Dengan kerjasama ini diharapkan dapat memberikan solusi bagi masyarakat yang ingin memiliki hunian nyaman melalui pembiayaan properti sesuai prinsip syariah," ungkap SEVP Bisnis Ritel & Jaringan BNI Syariah Iwan Abdi.

Dia juga mengungkapkan, pihaknya berusaha meningkatkan portofolio pembiayaan properti yang merupakan bagian lini bisnis konsumer. Untuk itu, selain residensial landed, BNI Syariah juga melayani pembiayaan bagi kepemilikan apartemen.

"Untuk menggenjot pembiayaan properti khususnya apartemen serta memfasilitasi kebutuhan masyarakat terhadap pembiayaan apartemen berbasis syariah, BNI Syariah melakukan penandatangan kerjasama dengan Greendwoods Group untuk dua proyek yaitu Puri 8 Residence dan Jasmine Park Bogor," tutur dia.

Dalam kerjasama ini, BNI Syariah juga memberikan promo bagi nasabah yang mengambil pembiayaan apartemen. Ini merupakan bagian dari program milad ke-9 yaitu Tunjuk Rumah, Fleksi Instan, dan Korporasi dengan Minimal pembiayaan Rp250 juta. Adapun hingga 31 Mei 2019, total pembiayaan konsumer BNI Syariah mencapai Rp 14,1 triliun.

"Dengan kerjasama ini kami berharap porsi pembiayaan apartemen oleh BNI Syariah bisa terus meningkat," tandas Iwan.

Anak Usaha Adhi Karya Bidik Penjualan Properti Rp 1,7 Triliun di 2019

Ilustrasi Adhi Karya (Liputan6.com/Johan Fatzry)

PT Adhi Commuter Properti (ACP) menargetkan penjualan properti pada tahun ini mencapai ‎Rp 1,7 triliun. Penjualan tersebut berasal dari proyek properti yang dibangun ACP di sekitar pembangunan Light Rail Transit (LRT).

Direktur Keuangan, SDM dan Umum ACP, Mochamad Yusuf mengatakan, ‎pada tahun ini, ACP tengah mengerjakan 6 proyek properti dan 3 Hotel, yaitu LRT City Bekasi-Eastern Green, LRT City Sentul-Royal Sentul Park, LRT City Jaticempaka-Gateway Park, LRT City Ciracas Urban Signature.  

Kemudian, MTH 27 Office Suites dan LRT City Bekasi-Green Avenue, serta Grandhika Hotel di 3 kota besar yaitu Jakarta, Medan dan Semarang.

"Seiring dengan meningkatnya kebutuhan properti terutama bagi kalangan kelas menengah di kota besar seperti Pulau Jawa, maka ACP yang bergerak di bidang properti ikut menikmati pertumbuhan peningkatan demand tersebut," ‎ujar dia di Jakarta, Jumat (31/5/2019).

Sementara itu, juga terdapat 8 proyek yang sedang proses perijinan dan pengembangan, meliputi Cisauk Point (Member of LRT City), Oase Park (Member of LRT City) dan The Premiere MTH, Bogor Raya, Cibubur, Sentul KM 37, Sentul KM 29 dan Sentul Side.

‎"Aset kami pada tahun 2019 kuartal I mencapai Rp 2,7 triliun (Non-Audit), dengan target penjualan tahun ini sebesar Rp 1,7 triliun yang terdiri dari penjualan unit apartemen, gedung perkantoran, komersial area dan hotel Grandhika," kata dia.

Menurut Yusuf, seluruh produk pengembangan lahan tersebut berupa properti seperti apartemen, ruko, area komersial, mall, kantoran, serta landed house di beberapa proyek pengembangan.

"Adapun atas 14 lahan pengembangan diharapkan menghasilkan nilai properti Rp 42 triliun dan rencana besar perusahaan pada akhir tahun adalah melakukan Initial Public Offering (IPO) dengan melepas 30 persen saham senilai Rp 2,5 Triliun," jelas dia.

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Kucing Ini Lahirkan 3 Anak dengan Warna Berbeda, Mirip di Film Animasi

Posted: 26 Jun 2019 10:45 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Kebanyakan dari kamu pasti cukup asing mendengar film animasi berjudul The Aristocats. Meskipun jarang terdengar, akan tetapi karakter kucing pada film tersebut cukup terkenal. Bahkan bisa jadi kamu juga pernah melihat karakter kucing pada film tersebut. 

Pada film The Aristocats, terdapat kucing betina berwarna putih bernama Duchess. Dalam film animasi tersebut diceritakan jika ia memiliki tiga ekor anak kucing dengan warna berbeda, yaitu putih, abu-abu dan juga jingga.

Film The Aristocats yang diproduksi pada tahun 1970an bercerita tentang petualangan sang kucing bernama Duchess bersama ketiga anaknya.

Namun bagaimana jika tokoh The Arstocats tersebut benar-benar ada di dunia nyata? Ya, seorang wanita bernama Shelby Sewell Lopeztlah mengadopsi seorang kucing betina pada tahun 2018 lalu yang diberinama Duchess mirip seperti tokoh kartun tersebut.

Dilansir Liputan6.com dari Boredpanda, Kamis (27/6/2019) saat ditemukan kondisi dari Duchess cukup memprihatinkan. namun Shelby tetap merawatnya dengan penuh kasih sayang, hingga Duchess menjadi kucing yang sangat cantik dengan bulu lebat berwarna putih.

Mirip kisah animasi

Kucing mirip tokoh animasi (Sumber:Facebook/DuchessandKittens)

Sikap dan sifat dari Duchess sendiri cukup tenang. Bahkan Shelby mengatakan jika kucing tersebut hanya terpengaruh pada penyedot debu. Namun rupanya, suatu hari Shelby menemukan Duchess berada di dalam lemari dengan tiga anak kucing.

Tentu saja kehadiran anak kucing tersebut membuat Shelby dan keluarga cukup tersebut.

Bak dalam film animasi The Aristocats, ketiga anak yang dimiliki oleh Duchess juga memiliki warna bulu yang sama, yaitu putih, abu-abu dan juga jingga. Namun rupanya Duchess bukan hanya melahirkan tiga anak saja, melainkan 4 anak kucing.

Diberi nama seperti film The Aristocats

Kucing mirip tokoh animasi (Sumber:Facebook/DuchessandKittens)

Tentu saja anak Duchess tersebut membuat Shelby cukup terkejut. Pasalnya anak-anak Duchess sangat mirip dengan karakter di film The Aristocats. Bahkan Shelby pun memberikan nama sesuai dengan karakter di film tersebut.

Dimana anak kucing berwarna putih diberi nama Marie, jingga diberi nama Toulouse dan hitam diberi nama Berlioz. Sedangkan kucing tambahan berwarna putih diberi nama Blue.

Tak hanya memberi namanya yang sama dengan para tokoh di The Aristocats saja. Akan tetapi Shelby juga mendandani para kucingnya sehingga tampak mirip dengan tokoh animasi tersebut.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Jokowi Akan Sampaikan Pernyataan Usai MK Bacakan Putusan Sengketa Pilpres

Posted: 26 Jun 2019 10:45 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Presiden Joko Widodo atau Jokowi akan memberikan keterangan pers usai putusan sidang sengketa hasil Pilpres 2019 di Mahkamah Konstitusi (MK). Sidang putusan sengketa Pilpres yang diajukan Prabowo-Sandiaga sendiri digelar hari ini pukul 12.30 WIB.

"Rencananya demikian (akan berikan keterangan pers)," kata Staf Khusus Presiden Bidang Komunikasi Adita Irawati saat dihubungi, Jakarta, Kamis (27/6/2019).

Kendati begitu, dia mengaku belum mengetahui lokasi dan apa yang akan disampaikan Jokowi dalam pidatonya. Dia meminta para awak media untuk bersabar dan menunggu perkembangan informasi selanjutnya.

"Belum tahu, kita lihat perkembangannya nanti," ucap Adita.

Sementara itu, saat MK membacakan putusan sengketa Pilpres, Jokowi akan beraktivitas di Kompleks Istana Kepresidenan Jakarta. Bahkan, Jokowi terpantau telah tiba di Istana Jakarta sejak pukul 09.30 WIB.

"Presiden tetap beraktivitas di Istana Jakarta seperti hari-hari biasa, pagi-pagi sudah tiba di Istana," ujar Deputi Bidang Protokol, Pers, dan Media Bey Mahmudin.

 

Kuasa Hukum Yakin Menang

Ketua Tim Hukum Jokowi-Ma'ruf Yusril Ihza Mahendra yakin Mahkamah Konstitusi akan memutuskan pasangan calon presiden nomor urut 01 Joko Widodo dan Ma'ruf Amin menang Pilpres 2019. Sebab, Tim Hukum Prabowo-Sandiaga gagal membuktikan dalil gugatan.

"Saya percaya bahwa MK akan memenangkan pak Jokowi-Ma'ruf karena mereka pihak pemohon tidak mampu membuktikan datanya," ujar Yusril jelang sidang putusan sengketa Pilpres di Mahkamah Konstitusi, Jakarta Pusat, Kamis (27/6/2019).

Yusril tak masalah dengan pernyataan kubu Prabowo-Sandiaga yang bilang KPU dan kubu Jokowi-Ma'ruf gagal membantah dalil. Menurutnya, tanpa dibantah pun dalil tersebut sudah gagal dibuktikan dengan bukti dan saksi yang mereka bawa.

"Nanti kita akan lihat perkembangan dari MK. Saya meyakini bahwa mereka kan diberi kesempatan untuk membuktikan jadi sebenarnya tanpa kami bantah pun mereka sudah gagal," kata dia.

"Kalau saya jadi penasehat hukumnya saya akan mengatakan ini tidak cukup bukti-buktinya untuk kita bawa ke MK," ucap Yusril.

Reporter: Ahda Bayhaqi

Sumber: Merdeka

Saksikan video pilihan di bawah ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Ada Putusan MK, Investor Asing Jual Saham

Posted: 26 Jun 2019 10:40 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Mahkamah Konstitusi (MK) mengumumkan hasil putusannya pada hari ini. Pengumuman tersebut diwarnai oleh aksi yang dilakukan oleh sejumlah masa di sekitar gedung MK.

Peneliti Insitute for Development of Economics and Finance (Indef), Bhima Yudhistira menyebutkan kondisi politik di Indonesia saat ini terutama menjelang keluarnya putusan MK memberi dampak negatif pada iklim investasi.

"Faktor pengumuman MK (putusan MK) punya pengaruh dalam meningkatkan risiko stabilitas politik," kata dia saat dihubungi Merdeka.com, Kamis (27/6).

Dia melanjutkan, adanya kerusuhan pada 22 Mei lalu membuat banyak investor ketakutan dan menarik dana investasinya dari pasar Indonesi.

"Hingga siang ini mencatat nett sells Rp 63,6 miliar di bursa saham," ujarnya.

Namun dia optimis kondisi seperti ini tidak akan berlangsung lama, jika kondisi kemanan dalam negeri kondusif usai pembacaan putusan MK.

"Tapi dampak politik dipastikan temporer jika kondisi keamanan berjalan kondusif," tutupnya.

IHSG Menguat 14,20 Poin Jelang Sidang Putusan MK

Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG) cenderung melemah tipis 0,55% dalam sepekan seiring dana asing masih masuk ke bursa saham Indonesia.

Laju Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG) bergerak di zona hijau pada perdagangan saham Kamis pekan ini.

Penguatan IHSG ini terjadi menjelang keputusan Mahkamah Konstitusi soal pemilihan presiden (Pilpres) 2019.

Berdasarkan data RTI, Kamis (27/6/2019), pada pra pembukaan perdagangan saham, IHSG menguat 14,20 poin atau 0,23 persen ke posisi 6.324,69. Pada pukul 09.00 waktu JATS, IHSG dibuka naik 18 poin ke posisi 6.328. Indeks saham LQ45 menguat 0,50 persen ke posisi 1.006. Sebagian besar indeks saham acuan menghijau.

Sebanyak 143 saham menguat sehingga mengangkat IHSG ke zona hijau. 126 saham diam di tempat dan 38 saham melemah. Pada awal sesi perdagangan, IHSG sempat berada di level tertinggi 6.333,94 dan terendah 6.323,55.

Total frekuensi perdagangan saham 22.570 kali dengan volume perdagangan 780,1 juta saham. Nilai transaksi harian saham Rp 361,7 miliar. Investor asing jual saham Rp 37,60 miliar di pasar regular. Posisi dolar Amerika Serikat (AS) berada di kisaran Rp 14.178. Sebagian besar sektor saham menghijau kecuali sektor saham pertanian turun 2,71 persen.

Sektor saham aneka industri menguat 0,86 persen, dan bukukan penguatan terbesar. Sementara itu, sektor saham infrastruktur mendaki 0,94 persen dan sektor saham keuangan naik 0,44 persen.

Saham-saham yang mencatatkan penguatan antara lain saham POLU mendaki 25 persen ke posisi Rp 540 per saham, saham HITS menguat 9,3 persen ke posisi Rp 705 per saham, dan saham ERAA naik 5,48 persen ke posisi Rp 2.020 per saham.

Sedangkan saham-saham yang tertekan antara lain saham SMAR turun 19,05 persen ke posisi Rp 4.250 per saham, saham BKDP merosot 6,25 persen ke posisi Rp 60 per saham, dan saham BMAS tergelincir 1,96 persen ke posisi Rp 300 per saham.

Bursa saham Asia kompak menguat. Indeks saham Hong Kong Hang Seng naik 0,80 persen, indeks saham Korea Selatan Kospi menguat 0,55 persen, indeks saham Jepang Nikkei mendaki 0,73 persen.

Selain itu, indeks saham Shanghai menguat 1,1 persen, indeks saham Singapura menanjak 0,53 persen dan indeks saham Taiwan mendaki 0,88 persen.

Sidang MK Jadi Fokus Pelaku Pasar

Peserta mengikuti kompetisi Trading Challenge 2017 di Bursa Efek Indonesia, Jakarta, Kamis (7/12). Kompetisi ini diharapan dapat menumbuhkan ketertarikan masyarakat untuk berinvestasi di pasar modal. (Liputan6.com/Angga Yuniar)

Kepala Riset PT Samuel Internasional, Harry Su menuturkan, sentimen keputusan MK pada Kamis pekan ini pengaruhi laju IHSG. "Bila berjalan aman, tidak ada apa-apa," ujar Harry saat dihubungi Liputan6.com.

Selain sentimen MK, Harry menuturkan, perang dagang juga menjadi fokus perhatian pelaku pasar.

Hal senada dikatakan Kepala Riset PT MNC Sekuritas Edwin Sebayang. Edwin menuturkan, aksi menunggu hasil pembicaraan mengenai perdagangan antara Presiden Amerika Serikat (AS) Donald Trump dan Presiden China Xi Jinping serta sidang MK mengenai pemilu 2019 menjadi sentimen penting yang dicermati pelaku pasar.

Hal ini terjadi di tengah perlembangan beragam dari pasar dengan wall street bervariasi, harga emas menurun 0,04 persen.

"Mengetahui beragamnya sentimen Kamis ini yang berpotensi flat cenderung melemah untuk IHSG, kami merekomendasikan trading saham di sektor infrastruktur, ritel, logam, industri dasar, konstruksi dan properti," ujar dia.

Perdagangan Kemarin

Volume perdagangan hingga sesi siang ini tercatat sebanyak 3,795 miliar saham senilai Rp 1,982 triliun. Sebanyak 163 saham naik, 111 saham melemah dan 89 saham stagnan, Jakarta, Jumat (25/11). (Liputan6.com/Angga Yuniar)

Sebelumnya, gerak Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG) tak mampu bertahan di zona hijau pada penutupan perdagangan saham Rabu ini. Sebanyak 8 sektor mengalami tekanan.

Pada penutupan perdagangan saham, Rabu 26 Juni 2019, IHSG turun 9,95 poin atau 0,16 persen ke posisi 6.310,48. Pada sesi I perdagangan hari ini, IHSG sempat berada di zona hijau.

Indeks saham LQ45 juga melemah 0,28 persen ke posisi 1.001,13. Sebagian besar indeks saham acuan kompak memerah hanya satu yang mampu menghijau yaitu Pefindo25.

Sebanyak 225 saham melemah sehingga mendorong IHSG ke zona merah. Selain itu 181 saham menguat dan 127 saham diam di tempat.

Pada Rabu pekan ini, IHSG sempat berada di level tertinggi 6.334,17 dan terendah 6.303,34.

Total frekuensi perdagangan saham 513.543 kali dengan volume perdagangan 15,1 miliar saham. Nilai transaksi harian saham Rp 8,2 triliun.

Investor asing beli saham Rp 260 miliar di pasar regular. Posisi dolar Amerika Serikat (AS) berada di kisaran Rp 14.175.

Sebagian besar sektor saham tertekan. Hanya ada dua sektor yang mampu menghijau yaitu infrasturktur yang naik 0,35 persen dan perdagangan yang menguat 0,13 persen.

Sektor perkebunan anjlok 1,24 persen dan bukukan penurunan terbesar. Disusul kemudian sektor aneka industri yang melemah 1,05 persen dan sektor industri dasar yang turun 0,60 persen.

Saham-saham yang kompak menguat antara lain saham POLU mendaki 50 persen ke posisi Rp 432 per saham, saham MYWI mendaki 34,15 persen ke posisi Rp 110 per saham, dan saham BPTR naik 27,47 persen ke posisi Rp 116 per saham.

Sedangkan saham-saham yang melemah sehingga menekan IHSG antara lain saham OCAP turun 15,87 persen ke posisi Rp 1.750 per saham, saham KONI tergelincir 14,73 persen ke posisi Rp 382 per saham, dan saham ALKA susut 13,24 persen ke posisi Rp 380 per saham.

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Berantas Hoaks Seputar Perceraian, Agensi Song Joong Ki Ambil Langkah Tegas

Posted: 26 Jun 2019 10:40 PM PDT

Liputan6.com, Seoul - Rumah tangga Song Joong Ki dan Song Hye Kyo terancam kandas. Aktor berusia 33 tahun tersebut menggugat cerai sang istri pada Rabu (26/6/2019).

Berita mengenai perceraian ini membuat gempar media hiburan lokal dan internasional. Banyak orang bertanya-tanya, apa alasan yang mendasari perceraian Song Joong Ki dan Song Hye Kyo.

Tak lama setelah berita ini mencuat, nama Park Bo Gum disebut-sebut menjadi duri dalam rumah tangga pasangan yang menikah 2017 silam ini. Park Bo Gum diisukan memiliki hubungan spesial dengan Song Hye Kyo.

Dengan cepat kabar ini pun dibantah oleh perwakilan agensi Song Hye Kyo. Berita simpang siur di luar sana dapat berdampak buruk bagi Song Hye Kyo, Song Joong Ki dan tentunya juga Park Bo Gum.

"Semua gosip yang telah beredar sejauh ini adalah rumor yang tidak berdasar. Kisah-kisah ini yang tidak benar mengemuka dan menyebar dengan cepat. Sangat disayangkan," katanya dikutip dari Koreaboo.

"Kami dengan tulus meminta semua orang untuk berhenti menyebarkan berita berlebihan dan berspekulasi," sambung sang perwakilan agensi Song Hye Kyo.

Jalur Hukum

(Instagram/songjoongkionly)

Untuk membungkam semua rumor, agensi Song Joong Ki, Blossom Entertainment, memutuskan untuk mengambil langkah hukum.

"Kami akan mengambil tindakan hukum terhadap semua gosip, spekulasi, dan laporan yang menyebarkan desas-desus palsu," tandasnya.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Praktisi Amerika Serikat Tangkal Hoaks dengan Cara Ini

Posted: 26 Jun 2019 10:40 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Di Amerika Serikat, upaya memberantas hoaks juga menjadi perhatian serius. Tak hanya mengajak masyarakat untuk cerdas dalam menyikapi berita palsu, tapi juga mengkritisi pernyataan tokoh politik yang tidak didukung fakta yang jelas.

Sebuah lembaga non profit di Amerika Serikat memiliki misi untuk mengungkap fakta dibalik pernyataan-pernyataan para tokoh politik. Dengan menelisik fakta dari berbagai debat publik, pidato, wawancara hingga kampanye.

Diketahui, konten-konten hoaks yang dibuat untuk memainkan emosi pembaca. Tak hanya itu, konten hoaks yang beredar bisa saja dibuat untuk memprovokasi.

Lalu lembaga apa saja di Amerika Serikat yang memberikan perhatian khusus terhadap hoaks? Dan bagaimana cara mereka untuk terhindar dari hoaks? Simak selengkapnya di channel SCTV di Vidio berikut ini.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Habis Miliaran Rupiah, Tim Hukum Prabowo Keluhkan soal Fotokopi Barang Bukti Sidang MK

Posted: 26 Jun 2019 10:37 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Wakil Ketua Tim Hukum Prabowo-Sandiaga Denny Indrayana mengaku habis duit miliaran untuk mengkopi berkas barang bukti di sidang Mahkamah Konstitusi (MK). Dia mengeluhkan inefisiensi berkas yang perlu dicetak.

"Jadi enggak perlulah kita mengcopy sedemikian banyak kertas, karena satu mahal, miliaran, kalau 800 ribu TPS kali 12 saja udah berapa itu," kata Denny jelang sidang putusan sengketa Pilpres di Mahkamah Konstitusi, Jakarta Pusat, Kamis (27/6/2019).

Menurut Denny, MK bisa konsisten melakukan digitalisasi. Mahkamah disebut juga tidak punya waktu membaca semua secara spesifik barang bukti dalam bentuk kertas.

"Karena toh dengan waktu yang ada, majelis juga tidak punya waktu untuk membaca semua dokumen itu secara spesifik," kata dia.

Selain itu, menurut Denny, dengan masih menggunakan kertas, artinya tidak ramah lingkungan.

"Tidak ramah lingkungan, sebab kita tahu kertas kita tahu dari kayu, dan itu berarti kita merusak lingkungan," kata dia.

Pernyataan Kubu Jokowi

Sementara, Koordinator Tim Hukum Prabowo-Sandiaga, Bambang Widjojanto, menyebut apa yang diucapkan Tim Hukum Jokowi-Ma'ruf soal kemenangan di sidang MK bak peramal. Dia menyebut apa yang dituturkan sebagai sikap terlalu percaya diri atau kepedean.

"Terlalu over confident. Kalau saya bukan peramal, masa tim hukum Jokowi peramal?" kata BW di Gedung Mahkamah Konstitusi (MK), Jakarta Pusat, Kamis (27/6/2019)

Sebelumnya, tim hukum Jokowi hakulyakin gugatan Prabowo akan ditolak hakim MK.

Meski mengaku optimistis atas putusan MK yang akan dibacakan hari ini, BW mengatakan belum memiliki sikap apa pun. Dia mengaku akan menyerahkan semuanya kepada pemberi kuasa, yakni Prabowo dan Sandiaga.

"Jangan dorong saya mengeluarkan sesuatu di luar otoritas, kan saya dapat kuasa untuk bukan menerima atau menolak putusan," kata BW.

Sebelum memasuki ruang sidang, BW berharap hakim dapat mengeluarkan dalil yang relevan dengan pembuktian yang sudah coba diberikan oleh pihaknya. Dia tidak ingin pada akhirnya, hakim MK membandingkan sesuatu yang tak relevan dengan dugaan kecurangan yang dibeberkannya.

"Artinya jangan mengukur jeruk dengan apel. Apalagi mengukur apel tahun lalu. Saya tidak mau overconfident apalagi sombong, kita lihat saja putusannya," BW menyudahi.

Reporter: Ahda Bayhaqi

Sumber: Merdeka

 

Saksikan video pilihan berikut ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Menhan Ryamizard Ajak Masyarakat Bersatu Usai Pilpres 2019

Posted: 26 Jun 2019 10:33 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Menteri Pertahanan (Menhan) Ryamizard Ryacudu menghadiri halalbihalal bersama sejumlah tokoh dari Presidium Alumni 212 di Hotel Shangrila, Jakarta Selatan.

Saat memberikan sambutan, Ryamizard meminta semua masyarakat kembali merajut persatuan pascapelaksanaan Pemilu 2019.

"Demi mewujudkan kepentingan negara dan bangsa yang lebih besar yaitu terwujudnya bangsa Indonesia yang adil dan makmur. Berdasarkan Pancasila dan UUD45," kata Ryamizard, Kamis (27/6/2019).

Dia menyebut, mulai saat ini tidak ada sebutan 01 dan 02. Sebab, semua masyarakat Indonesia itu utuh dan tidak terpisahkan.

Selain itu, dia juga meminta tidak perlu ada istilah Islam garis keras atau pun Islam moderat di masyarakat. Karena hal itu, Ryamizard mengajak, masyarakat untuk tetap menjaga keutuhan bangsa.

"Yang ada adalah wajah Islam Indonesia yang rahmatan lil alamin. Islam membawa rahmat dan kedamaian di muka bumi terutama di muka bumi Indonesia," ucapnya.

Setelah itu Ketua Panitia Halalbihalal, Eka Gumilang mengajak, peserta membacakan petisi untuk menjaga persatuan dan kesatuan Indonesia.

"Kami bersepakat untuk bersama-sama menciptakan Indonesia yang damai sejuk tenteram dan aman. Kami bersepakat menghormati dan menghargai perbedaan dalam lingkar Bhinekka Tunggal Ika," jelasnya.

Menunggu Putusan MK

Personil Brimob berjalan melintasi halaman depan Gedung Mahkamah Konstitusi, Jakarta, Kamis (13/6/2019). Mahkamah Konstitusi akan menggelar sidang Perselisihan Hasil Pemilihan Presiden/Wakil Presiden Pemilu 2019 pada, Jumat (14/6). (Liputan6.com/Helmi Fithriansyah)

Sebelumnya, Mahkamah Konstitusi (MK) akan membacakan putusan sengketa hasil pilpres yang dimohonkan oleh Prabowo Subianto-Sandiaga Uno pada Kamis (27/6/2019).

Seperti dilansir MK dalam laman resminya, sidang pembacaan putusan sengketa hasil Pilpres 2019 akan digelar pada pukul 12.30 WIB.

"Ya, berdasarkan keputusan RPH hari ini, sidang pleno pengucapan putusan akan digelar pada Kamis, 27 Juni 2019 mulai pukul 12.30 WIB," ujar Kepala Bagian Humas dan Kerja Sama Dalam Negeri MK Fajar Laksono Soeroso saat dihubungi Liputan6.com, Senin 24 Juni 2019.

Menurut dia, MK mulai hari ini akan memberitahukan kepada para pihak agar menghadiri sidang putusan pada 27 Juni.

"Siang ini juga, surat panggilan sidang kepada para Pihak sudah disampaikan," kata Fajar.

Saksikan video pilihan di bawah ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Benfica Konfirmasi Atletico Madrid Kucurkan Rp 2 Triliun untuk Pemain Bidikan MU

Posted: 26 Jun 2019 10:30 PM PDT

Liputan6.com, Porto - Benfica telah mengonfirmasi tawaran dari Atletico Madrid sebesar 126 juta euro atau setara dengan Rp 2 triliun untuk biaya transfer Joao Felix, pemain asal Portugal incaran Manchester United (MU).

Joao Felix. masih berusia 19 tahun. Kendati demikian, namanya sudah diincar banyak klub top Eropa termasuk MU, lantaran disebut sebagai titisan Cristiano Ronaldo. Pada musim lalu, di Liga Portugal, dia mampu mencetak 15 gol dan sembilan assist dari 26 penampilan.

Dengan catatan yang gemilang, pemain kelahiran Viseu, Portugal itu bisa menjadi pemain yang menjanjikan di masa depan. Atletico Madrid pun berani membayar mahal, meski nilai transfer Joao Felix, seperti dikutip dari Transfermarkt, hanya 70 juta euro.

"Jika Benfica menerima penawaran dalam proposal, total biaya yang didapat dari Atletico Madrid, sesuai tanggal pengalihan hak kepemilikan, akan mencapai 120 juta euro," tulis Benfica yang dikutip dari Reuters.

Adapun jika dirinci, 120 juta euro merupakan uang yang dibutuhkan untuk menebus klausul pelepasan Joao Felix. Sementara itu, 6 juta euro sisanya adalah biaya administrasi dalam proses transfer pemain yang sudah lama diincar MU itu.

 

Pemain Muda Termahal

Joao Felix. (AFP/Patricia De Melo Moreiera)

Bila transfer tersebut terjadi, maka Joao Felix bakal menjadi pemain muda termahal dunia yang usianya masih di bawah 20 tahun. Saat ini, label pemain muda termahal masih dipegang oleh Kylian Mbappe.

Nilai jual striker Paris Saint-Germain tersebut berada di angka 135 juta euro. Harga Mbappe mahal lantaran sang pemain sudah menjuarai Piala Dunia bersama Timnas Prancis.

Sementara itu, Atletico Madrid berani membayar Joao Felix dengan harga mahal untuk menggantikan peran Antoine Griezmann. Pemain berusia 28 tahun itu telah memastikan diri bakal meninggalkan klub.

 

Statistik Joao Felix

Berikut statistik Joao Felix bersama Benfica di Liga Portugal pada musim lalu:

Main: 26

Gol: 15

Assist: 9

Kartu kuning: 2

Kartu merah: 0

Starting XI: 62 persen

Persentase gol untuk Benfica: 23 persen

Saksikan video pilihan berikut ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

VIDEO: Sidang MK jadi Ladang Rezeki Pedagang Tikar

Posted: 26 Jun 2019 10:30 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Sidang sengketa Pilpres jadi ladang rezeki bagi para pedagang tikar. Tikar dagangan mereka laris dibeli para warga yang datang ke sekitar gedung MK.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Punya Riwayat Hamil Kosong, Sandra Dewi Optimistis Janinnya Sehat

Posted: 26 Jun 2019 10:30 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Sandra Dewi sedang menanti kelahiran anak kedua yang diperkirakan lahir pada bulan depan. Kepada Showbiz Liputan6.com, Sandra Dewi mengaku usia kandungannya mencapai 8 bulan. Hari perkiraan lahir yang mestinya awal September maju menjadi Agustus.

Meski demikian, Sandra Dewi menyebut perkembangan janinnya sehat dan lengkap. Sandra Dewi mengaku, kehamilannya melewati proses panjang. Sebelum Raphael Moeis hadir, Sandra Dewi sempat mengalami kehamilan kosong atau blighted ovum.

"Setelah menikah awal November, saya dan suami bulan madu. Pulang bulan madu, saya positif hamil. Ternyata setelah dicek itu blighted ovum. Janin tidak berkembang. Hati saya hancur, cemas, galau, dan stres," ungkap Sandra Dewi usai menjadi narasumber peluncuran buku Hamil dan Parenting Tanpa Galau di Jakarta, Rabu (26/6/2019).

Dari hasil pemeriksaan dan konsultasi dengan dokter, Sandra Dewi diminta istirahat 3 bulan. Setelahnya, Sandra Dewi diizinkan hamil lagi.

"Saya sempat takut punya anak karena usia sudah 30 tahunan, pernah keguguran, dan (merasa) telat nikah. Tapi saya berdoa, rajin konsultasi ke dokter. Lalu dokter membesarkan hati saya, dengan sabar, akhirnya saya bisa hamil lagi," sambung Sandra Dewi.

Optimistis

(Nurwahyunan/Bintang.com)

Tak lama Raphael Moeis lahir, Sandra Dewi kembali berbadan dua. Bintang sinetron Cinta Indah optimistis janin yang dikandungnya sehat. Tantangan terbesar Sandra Dewi pada kehamilan kali ini, menjelaskan kepada Raphael sebentar lagi ia punya adik.

"Raphael belum tahu kalau sebentar lagi punya adik. Dokter mengingatkan saya soal kondisi psikologis Raphael nanti bisa jadi lebih manja. Biasanya saya full ada untuk dia, tapi ke depan harus berbagi dengan adiknya," Sandra Dewi bercerita.

Ada Perubahan

Keluarga Sandra Dewi

Sandra Dewi percaya Raphael Moeis yang belum genap 2 tahun bisa merasakan perubahan ibunya. "Biasanya saat main di playground saya bisa mengejarnya sekarang tidak bisa karena perut membesar. Sebagai ibu saya pastikan ia tetap mendapat yang terbaik," pungkas Sandra Dewi. (Wayan Diananto)

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Alasan MA Kandaskan Gugatan BPN Soal Putusan Bawaslu Terkait Kecurangan TSM

Posted: 26 Jun 2019 10:27 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Mahkamah Agung (MA) menolak gugatan yang dilayangkan Badan Pemenangan Nasional (BPN) Prabowo-Sandiaga atas keputusan Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) RI terkait tuduhan adanya kecurangan dalam Pemilihan Presiden 2019.

Adapun alasannya gugatan yang diajukan oleh Djoko Santoso dan Hanafi Rais selaku Ketua dan Sekretaris BPN tak memiliki kuasa yang sah.

"Bahwa Pemohon dalam permohonan a quo adalah Jenderal TNI (Purn) Djoko Santoso dan Ahmad Hanafi Rais, selaku Ketua dan Sekretaris Badan Pemenangan Nasional Prabowo-Sandl tanpa dldasarkan adanya kuasa yang sah dari Pasangan Calon Presiden dan Wakll Presiden Prabowo-Sandiaga," berikut bunyi pertimbangan hakim MA, Kamis (27/6/2019).

Sehingga, Hakim MA berpandangan Pemohon tidak mempunyai legal standing mengajukan permohonan Pelanggaran Administrasi Pemilihan Umum.

Selain itu, dalam permohonannya Pemohon meminta Bawaslu untuk melakukan pembatalan pasangan Capres dan Wapres. Bukannya ke KPU.

"Bahwa dengan demikian subjek Termohon dalam permohonan a quo error In subjecto," demikian dalam pertimbangan hakim.

Karenanya, berdasarkan pertimbangan tersebut, dianggap pemohon tidak mempunyai legal standing. Subjek termohon error in subjecto dan objek permohonan error in objecto.

"Sehingga Mahkamah Agung secara nyata tidak berwenang mengadili permohonan a quo. Dan karenanya permohonan Pemohon harus dinyatakan tidak diterima," tulis hakim MA.

Materi Gugatan

Sebelumnya, Gugatan kubu Prabowo dilayangkan oleh Ketua BPN Djoko Santoso dan Wakil Ketua Umum Partai Amanat Nasional (PAN) Hanafi Rais pada 12 Juni 2019 ke Mahkamah Agung (MA).

Mahkamah Agung memutuskan, permohonan kubu Prabowo atas keputusan Bawaslu tidak dapat diterima. maka kubu Prabowo dinyatakan sebagai pihak yang kalah dalam laporan perkara Pelanggaran Administrasi pemilu TSM pada Pemilu presiden dan wakil presiden tahun 2019 atas putusan Bawaslu RI nomor 01/LP/PP/ADM.TSM/RI/00.00/V/2019.

"Ya benar putus hari ini. Isi putusannya permohonan tidak dapat diterima," ujar Jubir MA Andi Samsan.

Dalam amar putusannya, MA menilai pokok permohonan tidak relevan lagi untuk dipertimbangkan. Oleh karena itu, kubu Prabowo sebagai pihak yang kalah dihukum membayar biaya perkara sebesar Rp 1 juta.

"Menyatakan permohonan pelanggaran administrasi pemilihan umum yang diajukan oleh Jenderal TNI (purn) Djoko Santoso dan Ahmad Hanafi Rais tidak diterima," demikian isi keputusan tersebut.

"Menghukum pemohon membayar biaya perkara sejumlah Rp 1.000.000 (satu juta rupiah)," lanjut bunyi putusannya.

Saksikan video pilihan di bawah ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

6 Artis Cantik Tanah Air Ini Akui Pernah Operasi Plastik

Posted: 26 Jun 2019 10:25 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Sebagai publik figur yang banyak dikagumi publik, membuat selebriti harus memperhatikan penampilannya. Tak ayal, demi memperindah penampilannya, banyak seleb yang melakukan operasi plastik. 

Salah satu seleb yang baru-baru ini mengakui dirinya melakukan operasi plastik ialah Krisdayanti. Istri Raul Lemos tersebut membeberkan dirinya pernah operasi plastik di acara terlevisi Ngopi Dara.

Bahkan Krisdayanti menyebutkan biaya operasi kecantikan yang ia keluarkan pada acara tersebut. Krisdayanti melakukan operasi plastik di Singapura dan menghabiskan biaya SGD2000 atau Rp 20 juta, belum termasuk sewa kamar perawatan yang dihitung perjam.

Selain Krisdayanti, ada banyak seleb yang mengakui pernah lakukan operasi plastik. Berikut Liputan6.com rangkum dari berbagai sumber tentang seleb Tanah Air yang mengakui pernah lakukan operasi plastik, Kamis (27/6/2019).

 

1. Krisdayanti menulis operasi plastiknya di buku biografinya. KD pernah lakukan botox di wajah dan menanam implan di dadanya

6 Seleb Cantik Tanah Air yang Mengakui Pernah Lakukan Operasi Plastik (sumber: Instagram.com/krisdayantilemos)

2. Bella Sofie blak-blakan pernah operasi plastik. Bella operasi plastik di bagian hidung dan lakukan sedot lemak.

6 Seleb Cantik Tanah Air yang Mengakui Pernah Lakukan Operasi Plastik (sumber: Instagram.com/bellashofie_rigan)

3. Nikita Mirzani bercerita tentang operasi plastiknya di acara Billy & Friends. Hidung, bibir dan dada menjadi bagian yang diperindah.

6 Seleb Cantik Tanah Air yang Mengakui Pernah Lakukan Operasi Plastik (sumber: Instagram.com/nikitamirzanimawardi_17)

4. Nita Thalia operasi plastik di bagian wajah serta sedot lemak.

6 Seleb Cantik Tanah Air yang Mengakui Pernah Lakukan Operasi Plastik (sumber: Instagram.com/nitatalia.real)

5. Titi DJ mengakui pernah operasi plastik di bagian dada. Titi mengecilkan dan mengencangkan dadanya.

6 Seleb Cantik Tanah Air yang Mengakui Pernah Lakukan Operasi Plastik (sumber: Instagram.com/ti2dj)

6. Femmy Permatasari mengakui pernah operasi plastik di bagian hidung. Femmy melakukan operasi plastik di hidung karena tulang hidungnya bengkok setelah alami kecelakaan

6 Seleb Cantik Tanah Air yang Mengakui Pernah Lakukan Operasi Plastik (sumber: Instagram.com/femmypermatasari)

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

MA Tolak Gugatan BPN, Kubu Prabowo Yakin Tak Pengaruhi Putusan MK

Posted: 26 Jun 2019 10:24 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Wakil Ketua BPN Mardani Ali Sera yakin putusan Mahkamah Agung (MA) tidak akan mempengaruhi putusan akhir Mahkamah Konsitusi (MK) terhadap putusan perselisihan sengketa Pemilu 2019 yang diputuskan siang ini.

"Saya percaya putusan MA tidak mempengaruhi putusan akhir MK, semoga hasil tersebut paling adil dan terbaik untuk bangsa Indonesia," kata Mardani di Jakarta, Kamis (27/6/2019).

Ketua DPP PKS ini berharap MK benar-benar memutuskan putusan yang seadil-adilnya. Dia yakin MK bisa mengambil keputusan yang benar.

"Saya masih percaya lembaga peradilan di Indonesia salah satunya MK memegang teguh prinsip keadilan dan kebenaran," kata Mardani.

Selain itu ia juga masih percaya pimpinan dan hakim MK akan bersikap menjadi seorang negarawan.

"Saya masih percaya Hakim MK memiliki jiwa negarawan yang memutuskan sengketa ini sesuai data dan fakta persidangan," pungkasnya.

MA Tolak Gugatan

Sebelumnya, Gugatan kubu Prabowo dilayangkan oleh Ketua BPN Djoko Santoso dan Wakil Ketua Umum Partai Amanat Nasional (PAN) Hanafi Rais pada 12 Juni 2019 ke Mahkamah Agung (MA).

Mahkamah Agung memutuskan, permohonan kubu Prabowo atas keputusan Bawaslu tidak dapat diterima. maka kubu Prabowo dinyatakan sebagai pihak yang kalah dalam laporan perkara Pelanggaran Administrasi pemilu TSM pada Pemilu presiden dan wakil presiden tahun 2019 atas putusan Bawaslu RI nomor 01/LP/PP/ADM.TSM/RI/00.00/V/2019.

"Ya benar putus hari ini. Isi putusannya permohonan tidak dapat diterima," ujar Jubir MA Andi Samsan.

Dalam amar putusannya, MA menilai pokok permohonan tidak relevan lagi untuk dipertimbangkan. Oleh karena itu, kubu Prabowo sebagai pihak yang kalah dihukum membayar biaya perkara sebesar Rp 1 juta.

"Menyatakan permohonan pelanggaran administrasi pemilihan umum yang diajukan oleh Jenderal TNI (purn) Djoko Santoso dan Ahmad Hanafi Rais tidak diterima," demikian isi keputusan tersebut.

"Menghukum pemohon membayar biaya perkara sejumlah Rp 1.000.000 (satu juta rupiah)," lanjut bunyi putusannya.

Reporter: Muhammad Genantan Saputra

Sumber: Merdeka

 

Saksikan video pilihan berikut ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Sesi I, IHSG Menguat 36,99 Poin

Posted: 26 Jun 2019 10:19 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Laju Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG)  menguat pada penutupan sesi pertama perdagangan saham jelang sidang putusan MK soal pemilihan umum (Pemilu) 2019.

Pada penutupan sesi pertama, Kamis (27/6/2019), IHSG menguat 36,99 poin atau 0,59 persen ke posisi 6.347,48. Indeks saham LQ45 naik 0,85 persen ke posisi 1.009,60. Seluruh indeks saham acuan kompak menghijau kecuali indeks saham DBX turun 0,10 persen.

Sebanyak 209 saham menguat sehingga mengangkat IHSG ke zona hijau. 163 sahammelemah dan 138 saham diam di tempat.

Pada sesi pertama, IHSG sempat berada di level tertinggi 6.353,60 dan terendah 6.320,09. Transaksi perdagangan saham cukup ramai. Total frekuensi perdagangan saham 294.567 kali dengan volume perdagangan 34,3 miliar saham. Nilai transaksi harian saham Rp 4,6 triliun. Investor asing lepas saham Rp 86,71 miliar di pasar regular. Posisi dolar Amerika Serikat (AS) berada di kisaran Rp 14.170.

Sebagian besar sektor saham menghijau kecuali sektor saham pertanian turun 3,02 persen dan sektor tambang turun 0,43 persen. Sedangkan sektor saham industri dasar menguat 2,09 persen, dan bukukan penguatan terbesar. Disusul sektor saham aneka industri menguat 1,55 persen dan sektor saham infrastruktur menanjak 1,51 persen.

Saham-saham catatkan top gainers antara lain saham ABBA melonjak 26,80 persen ke posisi Rp 194 per saham, saham POLU mendaki 25 persen ke posisi Rp 540 per saham, dan saham GOLD naik 24,45 persen ke posisi Rp 24,45 persen.

Sedangkan saham-saham yang melemah antara lain saham POSA turun 25 persen ke posisi Rp 420 per saham, saham SMAR merosot 19,05 persen ke posisi Rp 4.250 per saham, dan saham APOL tergelincir 13,79 persen ke posisi Rp 50 per saham.

Bursa saham Asia kompak menguat. Indeks saham Hong Kong Hang Seng naik 1,14 persen, indeks saham Korea Selatan Kospi mendaki 0,84 persen, indeks saham Jepang Nikkei menguat 0,94 persen.

Selain itu, indeks saham Thailand naik 0,43 persen, indeks saham Shanghai menguat 0,96 persen, indeks saham Singapura menanjak 0,82 persen dan indeks saham Taiwan bertambah 1,35 persen.

Analis PT Oso Sekuritas, Sukarno Alatas menuturkan, jika hasil putusan tidak terjadi kericuhan atau bahkan pasangan capres dan cawapres nomor urut 01 dipastikan memenangkan pemilu akan menjadi sentimen positif untuk IHSG.

IHSG Menghijau di Awal Sesi Perdagangan

Suasana kantor Bursa Efek Indonesia, Jakarta, Kamis (10/11). Dari 538 saham yang diperdagangkan di Bursa Efek Indonesia, 181 saham menguat, 39 saham melemah, 63 saham stagnan, dan sisanya belum diperdagangkan. (Liputan6.com/Angga Yuniar)

Laju Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG) bergerak di zona hijau pada perdagangan saham Kamis pekan ini. Penguatan IHSG ini terjadi menjelang keputusan Mahkamah Konstitusi soal pemilihan presiden (Pilpres) 2019.

Berdasarkan data RTI, Kamis (27/6/2019), pada pra pembukaan perdagangan saham, IHSG menguat 14,20 poin atau 0,23 persen ke posisi 6.324,69. Pada pukul 09.00 waktu JATS, IHSG dibuka naik 18 poin ke posisi 6.328. Indeks saham LQ45 menguat 0,50 persen ke posisi 1.006. Sebagian besar indeks saham acuan menghijau.

Sebanyak 143 saham menguat sehingga mengangkat IHSG ke zona hijau. 126 saham diam di tempat dan 38 saham melemah. Pada awal sesi perdagangan, IHSG sempat berada di level tertinggi 6.333,94 dan terendah 6.323,55.

Total frekuensi perdagangan saham 22.570 kali dengan volume perdagangan 780,1 juta saham. Nilai transaksi harian saham Rp 361,7 miliar. Investor asing jual saham Rp 37,60 miliar di pasar regular. Posisi dolar Amerika Serikat (AS) berada di kisaran Rp 14.178. Sebagian besar sektor saham menghijau kecuali sektor saham pertanian turun 2,71 persen.

Sektor saham aneka industri menguat 0,86 persen, dan bukukan penguatan terbesar. Sementara itu, sektor saham infrastruktur mendaki 0,94 persen dan sektor saham keuangan naik 0,44 persen.

Saham-saham yang mencatatkan penguatan antara lain saham POLU mendaki 25 persen ke posisi Rp 540 per saham, saham HITS menguat 9,3 persen ke posisi Rp 705 per saham, dan saham ERAA naik 5,48 persen ke posisi Rp 2.020 per saham.

Sedangkan saham-saham yang tertekan antara lain saham SMAR turun 19,05 persen ke posisi Rp 4.250 per saham, saham BKDP merosot 6,25 persen ke posisi Rp 60 per saham, dan saham BMAS tergelincir 1,96 persen ke posisi Rp 300 per saham.

Bursa saham Asia kompak menguat. Indeks saham Hong Kong Hang Seng naik 0,80 persen, indeks saham Korea Selatan Kospi menguat 0,55 persen, indeks saham Jepang Nikkei mendaki 0,73 persen.

Selain itu, indeks saham Shanghai menguat 1,1 persen, indeks saham Singapura menanjak 0,53 persen dan indeks saham Taiwan mendaki 0,88 persen.

Kata Analis

Karyawan berswafoto saat penutupan Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG) 2018 di Kantor BEI, Jakarta, Jumat (28/12). IHSG kompak dengan bursa Asia lainnya dibuka dengan berada di zona hijau. (Liputan6.com/Angga Yuniar)

Kepala Riset PT Samuel Internasional, Harry Su menuturkan, sentimen keputusan MK pada Kamis pekan ini pengaruhi laju IHSG. "Bila berjalan aman, tidak ada apa-apa," ujar Harry saat dihubungi Liputan6.com.

Selain sentimen MK, Harry menuturkan, perang dagang juga menjadi fokus perhatian pelaku pasar.

Hal senada dikatakan Kepala Riset PT MNC Sekuritas Edwin Sebayang. Edwin menuturkan, aksi menunggu hasil pembicaraan mengenai perdagangan antara Presiden Amerika Serikat (AS) Donald Trump dan Presiden China Xi Jinping serta sidang MK mengenai pemilu 2019 menjadi sentimen penting yang dicermati pelaku pasar.

Hal ini terjadi di tengah perlembangan beragam dari pasar dengan wall street bervariasi, harga emas menurun 0,04 persen.

"Mengetahui beragamnya sentimen Kamis ini yang berpotensi flat cenderung melemah untuk IHSG, kami merekomendasikan trading saham di sektor infrastruktur, ritel, logam, industri dasar, konstruksi dan properti," ujar dia.

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Demonstran Sidang Putusan MK Salat Zuhur di Depan Kemenko Polhukam

Posted: 26 Jun 2019 10:17 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Ratusan massa sidang Mahkamah Konstitusi sudah berkumpul di depan Patung Kuda, Jalan Medan Merdeka Barat, Jakarta Pusat. Sebagian massa tampak bersiap untuk salat zuhur. Sebagian lagi berada di depan Kemenko Polhukam dan Kementerian Pertahanan.

Pantauan di depan Kementerian Pertahanan dan Polhukam, Kamis (27/6/2019) massa aksi sudah mempersiapkan pelaksanaan salat Zuhur. Karpet hijau dijejer dan sudah dibentangkan di jalanan beberapa meter dari pagar berduri pembatas aksi massa.

Selang dari kantor Kemenhan dikeluarkan untuk mengalirkan air wudu bagi mereka yang ingin menunaikan salat berjemaah di lokasi tersebut. Beberapa di antaranya juga menggunakan botol air kemasan.

Tak lama kemudian, massa bersorak bahagia saat pihak Kemenhan mengeluarkan pipa untuk mengalirkan air wudu.

Sementara itu, kelompok massa lainnya tampak berada di mobil komando yang dijadikan panggung orasi para demonstran.

Mahkamah Konstitusi akan menggelar sidang putusan sengketa Pilpres 2019 hari ini. Sidang akan digelar pada siang nanti.

"Ya, berdasarkan keputusan RPH, sidang pleno pengucapan putusan akan digelar pada Kamis, 27 Juni 2019 mulai pukul 12.30 WIB," ujar Kepala Bagian Humas dan Kerja Sama Dalam Negeri MK Fajar Laksono Soeroso saat dihubungi Liputan6.com, Senin, 24 Juni 2019.

Menurut dia, MK telah memberitahukan kepada para pihak agar menghadiri sidang putusan pada 27 Juni.

"Surat panggilan sidang kepada para pihak sudah disampaikan," kata Fajar.

 

Menerima Apa pun Keputusan

Ratusan massa sudah berkumpul di depan Patung Kuda, Jl Medan Merdeka Barat, Jakarta Pusat. Sebagian massa tampak bersiap untuk Salat Dzuhur.

Sementara itu Kubu Jokowi-Ma'ruf menegaskan, pihaknya akan menerima apa pun keputusan yang disampaikan majelis hakim MK. Sebab, keputusan tersebut harus dihormati.

"Apa pun putusan Mahkamah Konstitusi akan kami hormati dan terima dengan baik," ujar kuasa hukum Jokowi-Ma'ruf, Yusril Ihza Mahendra, di Gedung Mahkamah Konstitusi, Jakarta, Jumat 21 Juni 2019.

Hal senada juga disampaikan kubu pasangan 02. Juru Bicara BPN Dahnil Anzar Simanjuntak berharap masyarakat pendukung Prabowo-Sandi bisa menerima apa pun hasil putusan MK nanti. Hal tersebut sesuai dengan imbauan dari capres Prabowo Subianto.

"Seperti yang disampaikan Pak Prabowo, apa pun hasilnya, kami hormati keputusan konstitusional," kata Koordinator Juru Bicara BPN Dahnil Anzar Simanjuntak, Jakarta, Senin 24 Juni 2019.

"Seperti Pak Prabowo sampaikan bahwa upaya akhir kami adalah konstitusional melalui MK dipimpin Mas BW (Bambang Widjojanto), untuk relawan pendukung masyarakat kami imbau lakukan kegiatan damai berdoa dan sebagainya," kata dia.

Saksikan Video Pilihan Berikut Ini: 

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Bisa Meredakan Stres, Ini 6 Manfaat Berteriak Bagi Kesehatan

Posted: 26 Jun 2019 10:15 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Ada banyak alasan mengapa orang berteriak. Bisa karena marah, sakit, atau sedang berada dalam sebuah tekanan mental.

Beberapa orang mungkin beranggapan bahwa berteriak adalah sesuatu yang tidak baik. Tapi ternyata sebuah penelitian mengungkapkan sebaliknya.

Berteriak tanpa disadari memberikan banyak manfaat bagi kesehatan mental maupun kesehatan fisik. Kamu juga mungkin sering menyadari bahwa setelah berteriak selepas-lepasnya perasaan menjadi lebih lega dan lebih tenang dari sebelumnya.

Berteriak seakan mengeluarkan semua perasaan-perasaan dan beban-beban berat yang menumpuk dalam tubuh. Jadi, kamu bisa berteriak untuk melepaskan seluruh beban yang terpendam, tentunya dengan pertimbangan tidak mengganggu orang lain pula.

Berikut Liputan6.com rangkum tentang manfaat berteriak bagi kesehatan dari berbagai sumber, Kamis (27/6/2019).

Meredakan Rasa Sakit dan Melancarkan Peredaran Darah

Peredaran darah lancar (Via: infraredheatheals.com)

Meredakan Rasa Sakit

Salah satu manfaat dari berteriak adalah dapat meredakan rasa sakit. Hal ini mungkin masih belum banyak disadari walaupun sudah sering terlihat dalam kehidupan sehari-hari kamu.

Kamu bisa melihat contoh ketika berobat ke dokter atau mengobati luka. Biasanya seseorang akan berteriak saat akan diberikan obat ke lukanya dan setelahnya tiba-tiba bisa diam dan tenang.

Dengan berteriak dapat meredakan bahkan bisa menghilangkan rasa sakit yang kamu alami. Jadi tidak ada salahnya berteriak dengan manfaatnya dalam meredakan rasa sakit ini. Namun kamu harus memperhatikan keadaan sekamur, jangan sampai teriakanmu mengganggu orang lain.

Melancarkan Peredaran Darah

Manfaat berteriak selanjutnya adalah dapat melancarkan peredaran darah. Hal ini dapat terjadi karena hormone adrenalin pada tubuh akan meningkat saat kamu sedang berteriak, sehingga jantung akan bekerja dalam memompa darah dengan lebih optimal.

Dengan kerja jantung yang optimal, maka pembuluh darah yang menuju ke jantung dan keluar akan membuka ruang yang lebar agar darah mengalir dengan lebih lancar.

Menyehatkan Jantung dan Mengatasi Stres

Ilustrasi stres (iStockphoto)

Baik Untuk Kesehatan Jantung

Masih terkait dengan manfaat sebelumnya, saat aliran darah mengalir degan lancar, maka fungsi jantung tentunya akan berjalan juga dengan baik. Dengan begitu kesehatan jantung akan berbanding lurus kondisinya dengan kondisi peredaran darah, di mana saat peredaran darah lancar dapat dipastikan jantung juga bekerja dengan optimal dan terjaga kondisinya.

Apalagi penyakit jantung merupakan salah satu penyakit yang paling mematikan di dunia.

Mengatasi Stres

Manfaat berteriak selanjutnya adalah dapat mengatasi stress. Seperti yang disebutkan sebelumnya, berteriak memiliki manfaat untuk mengeluarkan segala beban pikiran yang selama ini menumpuk.

Apalagi mungkin setiap orang pernah mengalami stres. Dengan berteriak kamu bisa sekaligus melepaskan penat dan stres dengan kegiatan sehari-hari. Berteriak dapat memberikan sensasi pengendoran otot yang tegang karena keadaan stres.

Menghindari Risiko Stroke dan Membangkitkan Semangat

Semangat (ilustrasi: iStockphoto)

Menghindari Risiko Stroke dan Hipertensi

Masih sejalan dengan manfaat sebelumnya terhadap kesehatan jantung, dengan fungsi jantung yang berjalan dengan optimal, maka risiko penyakit stroke hingga hipertensi dapat dihindari. Dengan berteriak, aliran darah kamu akan lebih cepat, sesaat kemudian kamu akan merasakan ketenangan yang membuat darah cepat dan lambat secara bergantian.

Dampaknya, jantung kamu akan terlatih untuk menerima kondisi aliran darah yang bervariasi dan akan membuat resiko hipertensi bisa di kurangi.

Membangkitkan Semangat

Selanjutnya, berteriak dapat membangkitkan semangat. Hal ini tentunya juga mungkin sudah sering dialami, namun masih belum banyak yang menyadarinya. Mungkin orang-orang yang menyenangi olahraga akan langsung menyadarinya.

Kamu bisa ambil contoh dalam pertandingan sepak bola. Para pemain biasanya meningkatkan semangatnya dengan berteriak kencang. Bahkan berteriak juga bisa membangkitkan semangat orang lain.

Pelatih atau kapten kesebelasan biasanya akan berteriak kepada semua pemain untuk semangat, dan segera setelah itu biasanya para pemain langsung membalas dengan berteriak juga dan seakan mendapatkan energi lebih.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Diisukan Jadi Orang Ketiga di Pernikahan Song Hye Kyo, Park Bo Gum Bereaksi

Posted: 26 Jun 2019 10:13 PM PDT

Liputan6.com, Seoul - Perceraian Song Hye Kyo dan Song Joong Ki kini menjadi sorotan publik. Apalagi sejak tampil di Descendants of the Sun, keduanya menjadi pasangan kesayangan publik.

Kini, isu mengenai perceraian Song Hye Kyo - Song Joong Ki terus melebar. Bahkan, sebagian warganet berspekulasi adanya orang ketiga dalam pernikahan dua bintang ini.

Sosok yang dituding menjadi orang ketiga adalah lawan main Song Hye Kyo dalam drama Encounter, Park Bo Gum.

Agensi Park Bo Gum langsung bergerak cepat, membantah kabar miring tersebut.

"Sepertinya rumor ini muncul karena Song Hye Kyo syuting proyek terakhirnya dengan Park Bo Gum, tapi ini adalah [rumor] yang konyol. Ini sama sekali tidak benar," tutur perwakilan agensi Park Bo Gum.

Sekadar informasi, Park Bo Gum adalah junior yang bernaung dalam satu agensi dengan suami Song Hye Kyo.

Tempuh Jalur Hukum

Park Bo Gum. (Agus Apriyanto/Kapanlagi.com)

Agensi Park Bo Gum rupanya tak ingin menoleransi kemunculan isu-isu negatif tersebut.

"Bahkan menyebut nama Park Bo Gum dalam perceraian keduanya adalah hal yang menyakitkan. Kami sedang bersiap untuk mengambil langkah hukum tegas yang saat ini tengah didiskusikan," tutur sang juru bicara menambahkan.

Gugatan Cerai Song Joong Ki

(Instagram/kyo1122)

Seperti diberitakan sebelumnya, Song Joong Ki telah mendaftarkan gugatan perceraian atas Song Hye Kyo pada 26 Juni kemarin. Song Hye Kyo juga telah buka suara, menyebut perbedaan kepribadian antara keduanya sebagai alasan perpisahan.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

FOTO: Kemesraan Song Joong Ki dan Song Hye Kyo yang Tinggal Kenangan

Posted: 26 Jun 2019 10:13 PM PDT

Song Joong Ki dan Song Hye Kyo memiliki nama marga yang sama, dari sanalah sebutan 'Song Song Couple' berasal. (Liputan6.com/IG/kyo1122)

Song Joong Ki dan Song Hye Kyo memiliki nama marga yang sama, dari sanalah sebutan 'Song Song Couple' berasal. (Liputan6.com/IG/kyo1122)

Bayak warganet yang gemas akan akting 'Song Song Couple' di dalam drama 'Descendent Of The Sun'. (Liputan6.com/IG/kyo1122)

Bayak warganet yang gemas akan akting 'Song Song Couple' di dalam drama 'Descendent Of The Sun'. (Liputan6.com/IG/kyo1122)

Song Joong Ki mengaku bahwa dirinya sangat menggagumi sosok Song Hye Kyo. (Liputan6.com/IG/kyo1122)

Song Joong Ki mengaku bahwa dirinya sangat menggagumi sosok Song Hye Kyo. (Liputan6.com/IG/kyo1122)

Pada tanggal 31 Oktober 2017, Song Joong Ki dan Song Hye Kyo resmi menikah. Namun sayang, usia pernikahan yang belum genap menginjak 2 tahun ini harus menghadapi jalan perceraian. (Liputan6.com/IG/kyo1122)

Pada tanggal 31 Oktober 2017, Song Joong Ki dan Song Hye Kyo resmi menikah. Namun sayang, usia pernikahan yang belum genap menginjak 2 tahun ini harus menghadapi jalan perceraian. (Liputan6.com/IG/kyo1122)

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Jelang Sidang Putusan MK, Prabowo Unggah Foto Bersama Sandiaga Uno

Posted: 26 Jun 2019 10:09 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Mahkamah Konstitusi (MK) akan menggelar sidang putusan Perselisihan Hasil Pemilihan Umum (PHPU) hari ini, Kamis (27/6/2019). Putusan akan dibacakan sekitar pukul 12.30 WIB.

Jelang sidang putusan dimulai, Prabowo Subianto mengunggah foto bersama cawapresnya, Sandiaga Uno, di akun Instagramnya.

Dalam foto tersebut, Prabowo mengenakan kemeja putih dipadukan dengan jas hitam serta dasi merah, senada dengan Sandi. Tidak lupa, keduanya mengenakan peci hitam.

Walaupun tanpa keterangan foto, unggahan Prabowo sudah disukai lebih dari ratusan orang kurang dari satu jam.

Nobar

Sementara dari pantauan kediaman Prabowo, beberapa relawan sudah berkumpul. Rencananya mereka akan menggelar nonton bareng bersama koalisi di Kertanegara, Jakarta Selatan.

"Nanti ada nobar Pak Prabowo dan Sandi serta pimpinan parpol koalisi di Kertanegara," kata Juru bicara Badan Pemenangan Nasional (BPN) Prabowo-Sandi, Andre Rosiade, ketika dihubungi.

Dia mengatakan, pimpinan partai politik Koalisi Indonesia Adil Makmur diundang Prabowo untuk hadir ke Kertanegara IV untuk bersama-sama menyaksikan pembacaan putusan MK tersebut.

"Direncanakan pimpinan partai koalisi akan hadir dan nanti akan dilakukan rapat menyikapi pengumuman putusan MK," ujarnya.

Saksikan video pilihan di bawah ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Berniat Touring, Begini Cara Memilih Motor Nyaman untuk Jarak Jauh

Posted: 26 Jun 2019 10:07 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Sepeda motor saat ini tidak hanya menjadi alat komuter di perkotaan saja. Pasalnya, banyak dari pemilik roda dua yang menggunakannya sebagai bagian dari gaya hidup, dan digunakan untuk menyalurkan hobinya, seperti touring atau hanya sekedar menghabiskan waktu akhir pekan.

Saat sepeda motor digunakan touring, pastinya bakal menempuh jarak yang jauh. Berikut, seperti dilansir laman resmi Suzuki Indonesia, panduan untuk memilih sepeda motor yang nyamana untuk digunakan berkendara jarak jauh:

1) Irit bahan bakar

Saat memilih kendaraan untuk jarak jauh, bahan bakar menjadi hal utama yang harus dipikirkan. Dengan digunakan untuk menempuh perjalanan yang jauh, pasti akan mengonsumsi bahan bakar lebih banyak dan otomatis akan berpengaruh pada anggaran atau dana yang harus dikeluarkan.

2) Volume tangki yang besar

Setelah irut bahan bakar, Anda juga harus memperhatikan volume tangki. Untuk perjalanan jauh, akan tidak efisien jika kita harus terlalu sering ke SPBU untuk mengisi bensin.

Hal tersebut akan menyita banyak waktu dan akhirnya memperlambat perjalanan. Volume tangki yang besar akan memberikan keuntungan karena Anda bisa terus melaju tanpa harus terlalu sering mampir ke pom bensin.

Posisi Berkendara

3) Posisi berkendara nyaman

Saat memilih sepeda motor untuk perjalanan jarak jauh, Anda juga perlu memperhatikan posisi jok dengan setang. Posisi duduk sangat berpengaruh pada kenyamanan dalam berkendara. Kalau Anda akan melakukan perjalanan jarak jauh, jangan menggunakan motor dengan posisi berkendara yang terlalu membungkuk.

Posisi membungkuk dalam waktu yang cukup lama bisa membuat tubuh terasa pegal, lelah, dan kepala terasa pusing.

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

IFC: Partisipasi Perempuan Lebih Besar di Perusahaan Berdampak buat Indonesia

Posted: 26 Jun 2019 10:05 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - International Finance Corporation (IFC) selaku anggota dari Kelompok Bank Dunia (World Bank) menilai, kehadiran perempuan dalam jajaran direksi di sebuah perusahaan memiliki peran penting terhadap kesuksesan korporasi.

Senior Country Officer IFC Indonesia, Jack Sidik mengemukakan, perusahaan-perusahaan dengan lebih banyak perempuan dalam keanggotaan dewannya menunjukkan kinerja keuangan yang lebih baik.

Namun, ia mencermati, partisipasi perempuan di level manajemen sangat kurang di Indonesia jika dibanding dengan negara ASEAN lain.

"Dalam research yang kita lakukan ini, sudah menunjukan bahwa lebih banyak perempuan di senior management dan di board level, itu banyak sekali benefit-nya kepada perusahaan itu sendiri. Dan menurut kita, dengan lebih banyaknya partisipasi perempuan, bukan hanya baik buat perusahaan, tapi juga buat negara Indonesia," tutur dia di Jakarta, Kamis (27/6/2019).

Menurut penelitian IFC berjudul Keanekaragaman Gender Dewan Perusahaan di ASEAN, perusahaan yang memiliki lebih dari 30 persen anggota dewan perempuan melaporkan rata-rata Tingkat Pengembalian Aset atau Return of Assets (ROA) sebesar 3,8 persen.

Itu lebih besar dari perusahaan yang tidak memiliki anggota dewan perempuan, dengan ROA sebesar 2,4 persen. 

Demikian pula dengan Rasio Pengembalian Ekuitas atau Return of Equity (ROE), perusahaan-perusahaan yang memiliki lebih dari 30 persen anggota dewan perempuan melaporkan rata-rata ROE sebesar 6,2 persen.

Sedangkan perusahaan-perusahaan yang memiliki dewannya hanya beranggotakan pria hanya melaporkan ROE sebesar 4,2 persen. 

Penelitian Survei Lebih dari 1.000 Perusahaan

Bendera Hong Kong dan China berkibar berdampingan (AFP)

Penelitian ini mensurvei lebih dari 1.000 perusahaan yang berada di Cina dan enam negara yang tergabung dalam Perhimpunan Bangsa-Bangsa Asia Tenggara (ASEAN), yakni Indonesia, Malaysia. Filipina, Singapura, Thailand, dan Vietnam. 

Thailand memiliki keragaman gender terbesar, dimana perempuan memegang sekitar 20 persen kursi dewan di perusahaan terbuka. Diikuti oleh Indonesia dan Vietnam, dimana keduanya sekitar 15 persen. 

Di antara perusahaan-perusahaan ASEAN yang disurvei, hampir 40 persen tidak memiliki anggota dewan perempuan dan hanya 16 persen yang memiliki lebih dari 30 persen perwakilan perempuan di dewan. 

Dalam hal keterwakilan perempuan di dewan, Indonesia setara dengan rata-rata ASEAN (14,9 persen). Namun, Indonesia tertinggal dalam hal jumlah jumlah perempuan yang menduduki posisi manajemen senior (18,4 persen), jauh di bawah rata-rata ASEAN yaitu 25.2 persen.

Di Indonesia, menurut penelitian ini, tiga industri teratas yang memiliki persentase jumlah anggota dewan perempuan tertinggi yakni bidang perindustrian (26 persen), real estate (20 persen), dan kebutuhan pokok konsumer (15 persen). 

Lebih lanjut, Jack Sidik mengatakan, dengan memanfaatkan potensi besar yang dimiliki oleh para perempuan dalam dunia bisnis, perusahaan-perusahaan ASEAN dapat menjadi lebih kuat, berkelanjutan, dan lebih menarik bagi investor. 

"Nantinya, perusahaan-perusahaan ini akan membantu tercapainya pertumbuhan ekonomi yang lebih inklusif, meneruskan lompatan kemajuan di kawasan yang selama beberapa dekade terakhir ini telah membawa jutaan orang keluar dari kemiskinan," ujar dia.

 

IFC Terbitkan Komodo Bond Rp 2 Triliun

lustrasi Investasi Penanaman Uang atau Modal (iStockphoto)

Sebelumnya, IFC yang merupakan lembaga anggota Bank Dunia menerbitkan Obligasi Hijau Komodo atau Komodo Bond senilai Rp 2 triliun atau sekitar USD 134 miliar. Obligasi dalam rupiah ini diterbitkan dalam rangka investasi pada proyek yang terfokus pada iklim di Indonesia.

Mengutip dari keterangn IFC, Senin 8 Oktober 2018, obligasi hijau minat investor terhadap Obligasi Hijau Komodo dinilai merupakan bukti berkembangnya keinginan terhadap investasi yang bertanggung jawab sosial di Indonesia.

"Penerbitan Obligasi Hijau Komodo dari IFC menggarisbawahi komitmen kami untuk mendukung Indonesia dalam meraih pertumbuhan ekonomi yang berkelanjutan secara lingkungan hidup," ujar Wakil Presiden IFC untuk Asia dan Pasitif Nena Stoiljkovic.

Dia mengatakan Obligasi ini dapat memobilisasi pendanaan internasional pada proyek yang ramah iklim di Indonesia.

"Dan kami berniat untuk memperbanyak dan meningkatkan model ini untuk menghadapi tantangan iklim di negara ini," lanjut dia.

Obligasi hijau berjangka lima tahun ini akan dicatatkan pada London Stock Exchange dan Singapore Stock Exchange. Hal ini dipastikan akan mendukung pasar mata uang di Indonesia.

Obligasi ini diterbitkan di Indonesia oleh klien IFC, Bank OCBC NISP. Selanjutnya, dana akan dipakai untuk proyek-proyek terkait infrastruktur dan iklim, sesuai dengan Prinsip Obligasi Hijau.

Sampai berakhirnya tahun fiskal 2019 pada Juni, IFC sudah menerbitkan 32 obligasi hijau dengan total USD 1,8 triliun, dan menghasilkan 52 proyek. Angka tersebut tumbuh dari tahun fiskal 2017, yakni 32 proyek.

Sambutan positif para investor turut diperhatikan oleh pihak dari JP Morgan dan Standard Chartered Bank.

"Investor memberi reaksi positif pada debut transaksi Komodo (dalam rupiah Indonesia), dengan penerbitan Eurobond menarik lebih banyak permintaan dari yang awalnya diperkirakan," ujar John Lee Tin, Head of SSA DCM, J. P. Morgan.

Dia menambahkan, melihat kondisi pasar negara berkembang yang sedang volatile, oversubscription yang terjadi pada obligasi tersebut merupakan sukses besar.

Sementara, pihak Standard Chartered Bank turut mendukung adanya obligasi hijau seperti Komodo. "Standard Chartered berkomitmen pada pertumbuhan solusi finansial yang lebih efisien karbon dalam jejak pasar kami, dan kami bangga bisa bermitra dengan IFC dalam penerbitan monumental ini," ujar Henrik Raber, Global Head, Credit Markets, Standard Chartered Bank.

Pada 2018 ini, Proyek hijau dari obligasi hijau IFC ditargetkan mengurangi emisi gas rumah kaca sebanyak 6,3 juta metric ton setara karbon diokisda per tahun. Target itu naik dari tahun 2017, yakni 2,2 juta metrik ton.

 

 

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Cerita Anak Diduga Indigo Saat Diperlihatkan Foto 'Bus Hantu' Bekasi-Bandung

Posted: 26 Jun 2019 10:05 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Hebbie Agus Kurnia mendadak viral usai pengalaman dirinya naik bus hantu Bekasi-Bandung menjadi perbincangan hangat di media sosial. Melalui Instagram Storiesnya, pemilik akun @hebosto ini membagikan kiriman cerita sewaktu dirinya berada di bus hantu.

Banyak hal menarik dari kisah bus hantu diceritakan Hebi. Mulai dari melihat banyak penumpang duduk tegap dan pucat, baterai ponsel habis padahal masih penuh, hingga saat difoto tidak terlihat sama sekali orang-orang pucat yang menaiki bus.

Setelah membagikan pengalaman horornya, banyak netizen yang menanggapi. Ada yang percaya dengan cerita Hebi, ada juga yang tidak percaya dengannya. Kontroversi inilah yang kini sedang ramai di media sosial.

Adanya perbedaan tanggapan itu, membuat seorang netizen yang diduga anaknya seorang indigo berusaha menjelaskan apa yang ada di dalam bus hantu tersebut. Penjelasan anak diduga indigo tersebutLiputan6.com kutip dari unggahan akun Twitter @zarryhendrik, Kamis (27/6/2019). 

Penjelasan Anak yang Diduga Seorang Indigo

 

Melalui Instagram storiesnya, akun @hebosto membagikan pengalaman mistis saat naik bus Bekasi ke Bandung. Hebi yang naik bis tersebut dari Cikampek menceritakan apa saja yang ia alami saat naik bus hantu tersebut. Mulai dari penumpang pucat hingga bau anyir dirasakan Hebi pada saat itu.

"Gue ngeliat kok orang-orang pas lampu bus dinyalain, pada tegang dan pucet. Duduknya bener-bener tegap, tapi mukanya pucet. masuk jam 8 malem itu lampu bus kayak nyala mati nyala mati. LOGIKA GUE, mungkin dinyala matiin gitu takut ada copet apa gimana lah. Biar pada tau," tulis Hebi di Instagram stories.

Agar lebih meyakinkan dan mengurangi keraguan, Hebi beberapa kali bertanya ke penumpang lain di sampingnya, tapi penumpang lain malah diam tidak menjawab. Merasa ada hal yang janggal, kemudian Hebi lakukan selfie. Namun ketika ia melihat hasil fotonya, tidak ada sama sekali penumpang tegap yang berwajah pucat.

Foto yang ia bagikan di laman Instagramnya tersebut, kemudian ramai dikomentari netizen. Termasuk melalui akun Twitter @zarryhendrik yang mengunggah video tentang penjelasan apa saja yang ada di bus tersebut.

Anak kecil yang diduga indigo ditanya tentang ada beberapa penumpang yang ada di bus tersebut. Dan jawaban anak kecil tersebut membuat bulu kuduk merinding.

Menurut anak kecil tersebut, ada sekitar 16 penumpang yang terlihat dalam foto tersebut. Kemudian anak kecil itu juga menunjuk posisi d imana penumpang gaib itu berada. Bahkan anak kecil tersebut bertanya balik, mengapa ada yang naik di atas kursi bagian belakang.

Kepolosan anak kecil yang diduga indigo ini menjadi bukti bahwa pengalaman mistis yang Hebi rasakan benar adanya. Anak kecil tersebut juga menyebutkan bahwa yang ia lihat adalah penumpang tak kasat mata.

Respon Netizen

Netizen pun merespon apa yang dilihat anak kecil dalam video tersebut. Berikut respon menarik yang diberikan netizen terangkum di bawah ini.

"kl ini bener... fix serem bgt. sering kali naik bus malem. enak dpt duduk depan kl duduknya di tengah, bingung asli. ga kebayang kl misal isinya hantu semua," tulis akun Twitter @mitanilam.

"Kemaren iseng nanya mamak, dan jawaban nya sama ditunjukin gitu. Sampe ngotot ngototan dia greget nunjukin di gambar tp gua gabisa," tulis akun Twitter @bucinnyadaniell.

"Yang jelas yg gua liat cm 5 sisanya siluet:( yg diatas kaya ngerangkak pala terbalik, right?" tulis akun Twitter @burjowestern.

 

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Gabung ISIS, Perempuan Indonesia Dibui 15 Tahun oleh Pemerintah Irak

Posted: 26 Jun 2019 10:04 PM PDT

Liputan6.com, Baghdad - Mahkamah Agung Irak telah menjatuhkan hukuman 15 tahun penjara kepada seorang perempuan Indonesia karena bergabung dengan kelompok ISIS.

WNI itu telah menikah dengan seorang anggota ISIS yang tewas dalam serangan udara koalisi AS, sebagaimana disebutkan dalam dokumen pengadilan pada Rabu 26 Juni 2019.

 

Pernyataan yang sama menyebutkan, perempuan itu telah memasuki Provinsi Nineva, Irak, dari Suriah sebagaimana dilansir dari VOA Indonesia pada Kamis (27/6/2019). Kapan kejadian itu terjadi tidak diungkap oleh dokumen tersebut.

Sebuah pengadilan Irak telah menjatuhkan hukuman mati terhadap lebih dari 10 warga Prancis dalam beberapa pekan terakhir. Seluruhnya dihukum karena menjadi anggota ISIS. Namun hingga saat ini, hukuman mati terrsebut belum dilaksanakan.

Menurut data yang dihimpun Associated Press, Irak hingga sejauh ini telah menahan atau memenjarakan sedikitnya 19.000. Mereka dituduh memiliki hubungan dengan ISIS atau melakukan kejahatan terorisme.

Dari jumlah itu, lebih dari 3.000 orang telah dijatuhi hukuman mati.

WNI Ahli IT ISIS Masih di Suriah

Ilustrasi ISIS (Liputan6.com/Abdillah)

Sementara itu, seorang WNI yang menjadi ahli IT kelompok teroris ISIS dikabarkan masih ditahan di Suriah pada Mei 2019 lalu. Utsman Mahdamy saat itu diringkus oleh Syrian Democratic Forces (SDF).

"Utsman Mahdamy masih ditahan di Suriah. SDF yang menahan," terang kata Kasatgas Foreign Terrorist Badan Nasional Penanggulangan Terorisme (BNPT), AKBP Didik Novi Rahmanto saat dihubungi Liputan6.com.

Didik menyebutkan, kemungkinan kepulangan Utsman akan dijemput pihak dari Indonesia. Ia sendiri belum bisa menyampaikan secara rinci perihal mekanisme penjemputannya, mengingat Utsman ditahan oleh SDF yang merupakan kelompok militan Suriah dan aktor non-negara.

"Kemungkinan ICRC (Komite Palang Merah Internasional) menjembatani, tapi sampai sekarang belem ada pembicaraan lagi," jelas Didik.

Menurut keterangan Didik, Utsman Mahdamy merupakan pria kelahiran Surakarta, 25 April 1990 dengan nama di paspor tertulis 'Utsman Mahdami'.

Ia berangkat dari Jakarta pada 25 Februari 2015 menuju Istanbul, Turki sebagai tempat transit untuk kemudian menuju wilayah Suriah.

Ia berangkat dengan menggunakan paspor bernomor A3491479. Pada 17 November 2017, dia diketahui ditangkap oleh SDF.

 

Cara ISIS Rekrut WNI

Ilustrasi militan ISIS (AFP)

Negara Islam Irak dan Suriah (ISIS) merekrut anggotanya dari berbagai belahan dunia, salah satunya Indonesia. Banyak yang tergiur dengan ajakan ISIS, khususnya anak-anak muda.

ISIS merekrut anggota dengan berbagai cara. Tawaran mereka menggiurkan, padahal sebenarnya menjerumuskan. Berikut ini ulasan mengenai cara ISIS rekrut para WNI.

1. Menggunakan Modus yang Menggiurkan

Banyak WNI yang terjebak dengan modus ISIS. Banyak cara yang tak diduga-duga digunakan oleh kelompok teroris tersebut untuk merekrut anggota baru. Modusnya antara lain menjanjikan upah tinggi, hidup enak, hubungan asmara, menyebarkan video propaganda, dan menawarkan umrah gratis.

Tak hanya pria, wanita juga menjadi korban modus ISIS. Wartawati Prancis yang pernah menyamar menjadi wanita muda dan bergabung di situs milik ISIS, mengaku dipacari oleh komandan ISIS dan mengajaknya bergabung ke Suriah. Hal ini terjadi pada hampir semua perempuan muda yang kontak dengan kelompok radikal itu.

Para pria ISIS mengiming-imingi remaja putri dengan perlakukan bak putri jika mereka bergabung dengan ISIS. Sedangkan para remaja lelaki dipropaganda teknologi canggih terkini.

Baca selengkapnya...

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Bakat Terpendam Anak Gadis Okky Asokawati yang Berkebutuhan Khusus

Posted: 26 Jun 2019 10:03 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Berperan menjadi orangtua tunggal tak mudah bagi setiap yang mengalaminya. Tanggung jawab makin berat bila anak yang dirawat memiliki kebutuhan khusus. Hal itu dirasakan pula oleh Okky Asokawati.

Anak kedua mantan model angkatan 80-an itu diketahui mengidap sindrom Asperger, ADHD dengan spektrum autisme ringan. Sejak umur dua tahun, Queenta ikut terapi wicara dan mengonsumsi obat-obatan demi mengatasi hiperaktifnya sejak usia 8 tahun.

Namun, alih-alih mengeluhkan keadaan, Okky mensyukuri kehadiran putri keduanya yang disebut sebagai titipan Tuhan. Rasa syukur dan sabar itu kini mulai berbuah manis.

"Saat ini, Queenta sdh tidak memerlukan obat lagi. Kematangan mental & emosinya sudah berkembang lebih baik," tulis Okky dalam akun Instagramnya, 19 Juni 2019.

Berkah yang dirasakannya tak berhenti sampai di situ. Anak gadis yang berusia 13 tahun tersebut baru saja lulus dari kelas 6 SD.

"Allah SWT Maha Adil..setiap anak pasti juga memiliki kekuatannya masing-masing," sambung perempuan yang kini fokus menjadi politikus.

Jago Main Piano

Minum obat sejak usia 8 tahun, anak gadis Okky Asokawati yang berkebutuhan khusus didiagnosis mengidap sindrom asperger. (dok. Instagram @okkyasokawati/https://www.instagram.com/p/Bw09UWLHsoV/Dinny Mutiah)

Pujian Okky bagi anak perempuannya itu terus berlanjut. Ia menyebut Queenta makin pandai bergaya di depan kamera. Dengan tubuh tinggi semampai, anak tersebut berbakat menjadi model seperti sang ibu.

"Lentur jika difoto. Terutama jika menirukan pose ibunya," tulis Okky.

Kepiawaian Queenta bergaya juga sempat ditunjukkan lewat fashion show yang digelar untuk anak-anak berkebutuhan khusus. Ia juga sempat meraih juara 1 lomba modelling untuk anak-anak tersebut.

Sebelum menunjukkan kepiawaian berpose, Queenta lebih dulu diketahui jago bermain piano. Hal itu juga sempat diunggah Okky lewat akun media sosialnya.

Dengan mengenakan kemeja putih dan rok lipit biru, Queenta didampingi gurunya beraksi di atas panggung. Momen tersebut tak mau dilewatkan Okky yang sebelumnya mengaku sibuk berkampanye.

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Kilas Balik Perjalanan Cinta Song Joong Ki dan Song Hye Kyo hingga Akhirnya Bercerai

Posted: 26 Jun 2019 10:03 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Pasangan Song Joong Ki dan Song Hye Kyo membuat publik heboh. Keduanya dikabarkan akan bercerai usai 2 tahun menikah. Perwakilan agensi Song Hye Kyo bahkan telah mengonfirmasi gugatan cerai yang dilayangkan Song Joong Ki kepada artisnya.

Tentu saja kabar ini membuat publik terkejut. Bagaimana tidak, Song Joong Ki dan Song Hye Kyo diketahui selalu tampil harmonis sejak menikah 31 Oktober 2017 lalu. Disebutkan oleh sumber yang sama, penyebab perceraian keduanya adalah perbedaan kepribadian.

Tak pelak banyak penggemar yang mengaku bersedih dengan keputusan keduanya untuk berpisah. Terlebih lagi banyak yang menganggap keduanya sangat cocok satu sama lain.

 

Song Joong Ki dan Song Hye Kyo berhasil membuat penonton terpesona dengan aktingnya di drama Descendants of the Sun. (Foto: allkpop.com)

Kedekatan keduanya mulai terjalin ketika beradu akting di drama Korea yang fenomenal Descendants of the Sun 2015 lalu. Nyatanya chemistry keduanya tak hanya terjalin dalam lokasi syuting saja tapi juga di kehidupan nyata.

Kabar Berkencan dan Akhirnya Menikah

Seperti diketahui, Onew SHINee sempat syuting dengan Song Song Couple di drama Descendants of The Sun. Bahkan Onew baru tahu kabar pernikahan Song Hye Kyo dan Song Joong Ki dari media massa. (Foto: soompi.com)

Keduanya semakin dekat meski serial tersebut telah berakhir. Keduanya sempat menepis kabar hubungan spesial yang mereka jalin. Namun akhirnya Soong Jong Ki mengonfirmasi kebenaran kabar tersebut.

Tentu saja banyak penggemar yang senang dengan hubungan mereka. Keduanya mulai sering terlihat menghadiri beberapa acara bersama. Tak hanya itu baik Song Joong Ki maupun Song Hye Kyo tak ragu menunjukkan kemesraan mereka di depan publik.

Akting Song Jong Ki dan Song Hye Kyo memang banyak membuat orang menjadi baper. Publik semakin baper saat pasangan yang dijuluki Song Song Couple ini menikah pada Oktober 2017. (Foto: instagram.com/kyo1122)

Banyak penggemar yang menganggap mereka sebagai pasangan yang sangat manis. Tak selang berapa lama pasangan yang sering disebut Song Song Couple ini akhirnya menggelar pernikahan di The Shilla Hotel, Seoul.

Tentu saja hal ini membuat penggemar senang bukan main, mereka juga turut berbahagia di hari pernikahan keduanya. Bahkan hari pernikahan mereka disebut sebagai Hari Patah Hati Internasional oleh warganet.

Kabar Akan Bercerai

Foto Kemesraan Song Joo Ki dan Song Hye Kyo (dok.Instagram@kyo1122/https://www.instagram.com/p/BGwxnsiH44Q/Devita

Sejak menikah, kisah rumah tangga Song Joong Ki dan Song Hye Kyo jarang terdengar. Pasangan ini memilih untuk menyimpan kehidupan pribadi mereka rapat-rapat. Dalam beberapa wawancara, apabila ada pertanyaan mengenai istrinya, Song Joong Ki akan menjawabnya secara diplomatis atau lelucon.

Sayangnya belum genap dua tahun pasangan ini dikabarkan akan bercerai. Tentu tak ada yang mengira bahwa nyatanya ada "duri" di dalam hubungan cinta keduanya. Sebelumnya keretakan rumah tangga keduanya sempat merebak pada Februari lalu, ketika Hye Kyo tak terlihat mengenakan cincin pernikahannya. Namun saat itu banyak penggemar yang membantah kebenaran isu tersebut.

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Tim Hukum Prabowo Beber Tiga Alasan Hakim MK Akan Kabulkan Gugatan

Posted: 26 Jun 2019 10:03 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Koordinator Tim Hukum Prabowo-Sandiaga, Bambang Widjojanto, optimis majelis hakim Konstitusi (MK) akan mengabulkan gugatan atas sengketa hasil pemilu presiden 2019. Dia mengatakan, sedikitnya ada tiga alasan mengapa hakim patut berlaku demikian.

"Pertama, keyakinan atas saksi dan ahli dihadirkan tidak bisa dibantah, siapa yang mau counter? Tidak ada," ujar pria karib disapa BW ini di Gedung MK, Jakarta Pusat, Kamis (27/6/2019).

Kedua, BW menilai, apa yang dihadirkannya di persidangan menyuguhkan bukti-bukti baru yang merumuskan temuan dasar kecurangan yang terjadi selama Pemilu Presiden 2019.

"Hal baru yang selama ini belum pernah jadi bagian dasar dari sengketa. Apa itu? Kita bisa merumuskan dalil kecurangan dari scientific identification, siapa yang bisa counter? tidak ada," kata BW.

Karenanya menurut BW, pertarungan pembuktian tidak terbatas hanya di C1 versi KPU dan C1 versi timnya. Namun, hakim harus dapat lebih memahami pembuktian ilmiah yang lebih modern.

Soal Status Ma'ruf Amin

Terakhir, paling penting Hakim MK harus menyoal perdebatan mengenai cawapres 01 Ma'ruf Amin bahwa dia pejabat BUMN atau bukan. Sekali lagi, BW yakin argumen tidak terbantahkan.

"Coba dicek dari pihak termohon tidak ada argumennya, ini mungkin kendalanya pada pemahaman secara utuh terhadap dali-dalil, apalagi dengan speedy trial," tandas BW.

Saksikan video pilihan berikut ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Live Streaming Sidang Putusan MK Sengketa Pilpres 2019 di Liputan6.com

Posted: 26 Jun 2019 10:01 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Sidang putusan sengketa hasil Pilpres 2019 yang dimohonkan Prabowo Subianto-Sandiaga Uno akan digelar Mahkamah Konstitusi (MK) hari ini, Kamis (27/6/2019). Sidang putusan ini akan disiarkan Liputan6.com secara live streaming di Vidio dalam tautan ini.

Kepala Bagian Humas dan Kerja Sama Dalam Negeri MK Fajar Laksono Soeroso mengatakan, jadwal sidang pembacaa putusan sengketa hasil Pilpres 2019 akan dimulai pada pukul 12.30 WIB.

"Berdasarkan keputusan Rapat Permusyawaratan Hakim, sidang pleno pengucapan putusan akan digelar pada Kamis, 27 Juni 2019 mulai pukul 12.30 WIB," ujar Fajar saat dihubungi Liputan6.com.

Perkara ini dimohonkan Pasangan Calon Presiden dan Wakil Presiden Nomor Urut 02, Prabowo Subianto-Sandiaga Salahudin Uno, dengan pihak termohon adalah Komisi Pemilihan Umum (KPU), serta Pasangan Calon Presiden dan Wakil Presiden Nomor Urut 01 Joko Widodo - Ma'ruf Amin sebagai pihak terkait. Bawaslu juga hadir dalam setiap persidangan sebagai pihak yang turut berperkara.

Saksikan jalannya sidang putusan sengketa hasil Pilpres 2019 di MK pada Kamis 27 Juni mulai pukul 12.30 WIB dalam live streaming di tautan ini atau di bawah ini:

Live Streaming Sidang MK

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Keluh Kesah Warga Yogyakarta Saat Pembagian Ayam Gratis

Posted: 26 Jun 2019 10:00 PM PDT

Liputan6.com, Yogyakarta - Asosiasi Pengusaha Ayam Yogyakarta (Apayo) membagikan 5 ribu ekor ayam secara gratis pada empat titik di Kota Yogyakarta. Empat titik lokasi pembagian ayam gratis ini ada di Timur Balai Kota Yogyakarta, Taman Parkir Sriwerdari, Alun-Alun Utara, dan depan gedung Pamungkas atau Timur Kridosono.

Pantauan Liputan6.com, pembagian 5 ribu ekor ayam yang dimulai pukul 14.00 WIB di Balai Kota berjalan kacau. Warga yang sebelumnya sudah memegang kupon pembagian, tidak tertib mengantre.

Warga mulai mengambil ayam tersebut sebelum sempat dibagikan oleh panitia. Kondisi serupa juga terjadi di Alun-Alun Utara Yogyakarta dan Taman Sriwerdari. Ribuan ayam itu ludes dalam hitungan menit. Sementara di timur Stadion Kridosono lebih dari 3 ribu orang berkumpul menunggu pembagian ayam gratis ini.

Namun, pihak kepolisian mengumumkan bahwa pembagian ayam gratis ini diberikan hanya kepada warga yang memiliki kupon. Pengumuman ini akhirnya membubarkan ribuan orang yang sudah mengantre sejak pagi dan menyisakan warga pemilik kupon pembagian ayam gratis.

"Dari jam sembilan pagi ketika sudah antre rapi, ternyata gini kita kecewa. Tak kirain di sini 5 ribu ternyata di sini hanya 1300 padahal yang antre lebih dari 5000," kata Nina warga Mrican Rabu, 26 Juni 2019.

Nina mengaku kecewa dengan pengumuman dari polisi yang menyebutkan hanya pemilik kupon pembagian ayam gratis yang akan mendapatkan ayam hidup dari peternak. Menurutnya, panitia seolah tidak siap dengan acara yang dilakukan di beberapa titik ini.

"Harus diperbaiki. Pengumumannya lebih jelas dan tidak mengecewakan warga," katanya.

Hal yang sama juga dialami Sumi warga Ledok Tukangan yang ikut antre di timur Stadion Kridosono. Ia juga tidak mengetahui pasti proses pengambilan ayam gratis ini.

"Saya antre dari jam 12 siang. Tapi tidak tahu kapan dibagikan dan antrenya gimana, ternyata ada kuponnya. Lha saya tidak kebagian apakah bisa dapat ayamnya," katanya.

 

Di Balik Aksi Bagi Ayam Gratis

Asosiasi Pengusaha Ayam Yogyakarta (Apayo) membagikan ayam 5000 ekor secara gratis di empat titik di Kota Yogyakarta. (Liputan6.com/ Yanuar H)

Asif Baroya, peternak ayam Sleman yang ikut dalam pembagian 5 ribu ekor ayam gratis di Stadion Kridosono mengaku, harga ayam di tingkat peternak turun drastis sejak bulan September 2018 lalu. Kondisi ini terus terjadi hingga bulan Juni 2019.

"Paling parah setelah Lebaran harga ayam di kandang, keluar kota ditawar 4 ribu per kilo kalau 18 ribu kita sudah untung sedikit lah," katanya.

Ia berharap agar harga ayam di peternak dapat kembali normal atau pada Harga Pokok Produksi (HPP) di rata-rata Rp 18.700 per ekor. Sebab, saat ini, kondisi harga di peternak dan di pasaran jauh berbeda sehingga banyak peternak yang mulai bangkrut.

"Kalo harga 18 ribu itu di pasar harganya 30-32 ribu. Nah ini di beberapa pasar ada 32 ribu ada juga 33 ribu ini disparitasnya banyak. Mudah-mudahan ini bisa kembali harganya," katanya.

Asif mengatakan dari aksi bagi 5000 ayam gratis ini pemerintah dapat merespon dengan cepat permasalahan peternak ayam. Sebab, pemerintah yang memiliki kuasa untuk mengatur jumlah ayam secara nasional, padahal stoknya kini tengah melimpah.

"Harapannya segera didengar oleh pemerintah terutama menteri agar harganya di atas HPP bisa secepatnya dikembalikan. Mekanisme pasar supply dan permintaan (harus diatur), kalau permintaan masih banyak, susah juga, makanya perlu diatur yang ngatur stoknya pemerintah lah," dia menandaskan.

   

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Sakit Mag Seperti yang Dialami Wali Kota Risma Bisa Dipicu Kelelahan

Posted: 26 Jun 2019 10:00 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Sakit mag seperti yang dialami Wali Kota Surabaya Tri Rismaharini bisa dipicu dengan kelelahan berupa badan lemas. Jenis penyakit lambung gastroesophageal reflux disease (GERD) dapat terjadi akibat naiknya asam lambung ke esofagus (kerongkongan).

Dokter Nitish Basant Adnani dari KlikDokter menjelaskan, cairan lambung yang bersifat asam menyebabkan terjadinya iritasi pada permukaan esofagus. Ini mengakibatkan timbulnya rasa nyeri pada ulu hati. 

"Salah satu faktor yang diduga timbulnya GERD berupa badan lemas, yakni kurangnya waktu istirahat dan dan kualitas tidur. Ada juga keluhan nyeri ulu hati dan sendawa berlebih pada GERD," jelas Nitish dari laman KlikDokter, Kamis (27/6/2019).

Kondisi tersebut menimbulkan ketidaknyamanan, yang mengganggu tidur atau istirahat. Selain itu, sesak napas juga terjadi saat mag kambuh. Dalam hal ini, menurut Kepala Dinas Kesehatan Surabaya Febria Rachmanita, Wali Kota Risma juga sempat mengalami sesak napas.

"Ibu Risma kecapekan, penyakit maag-nya kumat, sehingga merasa sebah dan agak sesak," tutur dokter yang karib disapa Feny itu.

Kelelahan Setelah Bertugas

Walikota Surabaya Tri Rismaharini sempat merasa sesak napas.

Feny mengatakan Risma sudah mendapatkan perawatan di RSUD Dr Soetomo Surabaya. Kini, kondisi Risma membaik dan stabil. 

Awalnya, Wali Kota Risma mengalami kelelahan setelah tugas ke luar negeri. Bahkan, pada Minggu 23 Juni 2019 dia sempat bekerja bakti di pedestrian kawasan Tugu Pahlawan Surabaya.

Menurut Kepala Bagian Humas Pemkot Surabaya M Fikser, kondisi Risma cukup stabil dan membaik. Meski begitu dokter RSUD Soetomo menyarankan, Risma memperbanyak istirahat.

"Tamu belum boleh berkunjung, biar ibu istirahat dulu," ujarnya.

Simak Video Menarik Berikut Ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Sepakat dengan Crystal Palace, Begini Formasi MU dengan Aaron Wan-Bissaka

Posted: 26 Jun 2019 10:00 PM PDT

Liputan6.com, Manchester - Manchester United (MU) dikabarkan BBC telah menemui kata sepakat dengan Crystal Palace untuk transfer bek kanan muda Timnas Inggris, Aaron Wan-Bissaka. Dia akan diplot untuk menggantikan Antonio Valencia, yang kontraknya tidak diperpanjang.

Dilaporkan BBC, MU bersedia mengeluarkan mahar sebesar 50 juta pound sterling atau setara dengan Rp 899 miliar untuk mengangkut Aaron Wan-Bissaka ke Old Trafford.

Nantinya, pemain berusia 21 tahun tersebut bakal menerima upah sebesar 80 ribu pound sterling atau setara dengan Rp 1,4 miliar setiap pekannya. Gaji itu melonjak delapan kali lipat dari yang dia terima di Crystal Palace.

Aaron Wan-Bissaka akan menjadi pemain termahal kelima Manchester United sepanjang masa, di belakang Paul Pogba (89 juta pound), Romelu Lukaku (76 juta pound), Angel Di Maria (59,7 juta pound), dan Fred (52 juta pound).

Dikutip dari Transfermarkt, Aaron Wan-Bissaka melakukan debut di Liga Inggris pada 25 Februari 2019. Kala itu debutnya bersama Crystal Palace diwarnai dengan kekalahan 0-1 dari Tottenham Hotspur. Saat melakukan debut, usianya masih 20 tahun, 2 bulan, dan 30 hari.

Bila nanti resmi menjadi milik MU, manajer Ole Gunnar Solskjaer bisa menerapkan dua formasi dengan tambahan Aaron Wan-Bissaka. Seperti apa? Simak di halaman selanjutnya.

 

Formasi 4-3-3

Aaron Wan-Bissaka. (Photo by Ben STANSALL/AFP)

Solskjaer bisa bermain dengan nyaman dengan taktik klasik MU, 4-3-3. Aaron Wan-Bissaka yang musim lalu mencatatkan tiga assist bersama Crystal Palace bisa bermain di pos bek kanan MU.

Di lini pertahanan, selain Aaron Wan-Bissaka, Solskjaer punya banyak pilihan. Dia bisa menduetkan Chris Smalling dan Victor Lindelof sebagai duet di sektor bek tengah. Sedangkan pos bek kiri masih menjadi Luke Shaw, pemain terbaik MU musim lalu.

Untuk lini tengah, Solskjaer bisa memainkan Nemanja Matic sebagai gelandang bertahan. Sedangkan Scott McTominay dan Paul Pogba bisa membantu serangan.

Winger baru MU, Daniel James layak mendapat kesempatan di lini depan MU. Dia bisa beroperasi di sektor sayap kanan untuk menyuplai bola kepada Marcus Rashford sebagai ujung tombak. Sedangkan winger kiri bisa diisi oleh Jesse Lingard atau Anthony Martial secara bergantian.

 

Formasi 4-4-2

Dalam formasi 4-4-2, Solskjaer bisa memainkan Aaron Wan-Bissaka di pos yang berbeda. Aaron Wan-Bissaka bisa bermain sebagai pemain sayap kanan. Sedangkan pos bek kanan bisa diisi oleh Diogo Dalot.

Sedangkan posisi Daniel James bisa digeser ke pos sayap kiri. Di lini tengah, Solskjaer bisa mempercayakannya kepada Nemanja Matic dan Paul Pogba, bila tidak hengkang. Namun bola Pogba hengkang, Fred atau McTominay bisa memainkan peran Pogba.

Dalam formasi 4-4-2, manajer asal Norwegia itu bisa menduetkan Martial dan Rashford di lini depan. Sebagai catatan, Romelu Lukaku tidak menjadi pilihan utama di lini depan MU karena digosipkan bakal hengkang ke Inter Milan.

Saksikan video pilihan berikut ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

VIDEO: Jokowi Terima Jersey Nomor 10 dari Presiden Argentina

Posted: 26 Jun 2019 10:00 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Di sela-sela kunjungan kenegaraan ke Indonesia, Presiden Republik Argentina Mauricio Macri melakukan pertemuan bilateral dengan Presiden Jokowi. Pertemuan dilakukan di Istana Kepresidenan Bogor, Jawa Barat, Rabu (26/6/2019).

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Ivan Gunawan Ungkap Momen Pertama Kali Jatuh Cinta dengan Ayu Ting Ting

Posted: 26 Jun 2019 10:00 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Memperingati 15 tahun berkarier di industri seni Tanah Air, Ivan Gunawan menggelar pertunjukan musikal bertajuk "Ivan Gunawan Live on Stage: Story of My Life" di Ciputra Artpreneur Jakarta pada 2 Agustus 2019. Dalam pertunjukan ini, Ivan Gunawan berkolaborasi dengan sejumlah seniman di antaranya Titiek Puspa, Titi DJ, Rossa, Krisdayanti, dan Jeremy Teti.

Anehnya, tak ada nama Ayu Ting Ting di daftar penampil. Terkait absennya Ayu Ting Ting, Ivan Gunawan mengaku sempat mempertanyakan ini kepada Ruben Onsu.

Seperti diketahui, pertunjukan musikal ini digelar oleh Happen.Inc salah satu divisi Media Onsu Perkasa milik Ruben Onsu. "Ayu Ting Ting ada jadwal syuting iklan untuk klien. Tidak apa-apa saya paham kondisinya. Kalau saya jadi klien lalu syuting dijadwal ulang pasti kecewa," ujar Ivan Gunawan diamini Ruben Onsu.

Hubungan Ayu Ting Ting dan Ivan Gunawan belakangan kembali menghangat. Dikonfirmasi soal peluang menjalin hubungan serius dengan Ayu Ting Ting, Ivan Gunawan punya jawaban sendiri.

"Dengan Ayu Ting Ting, saya memberikan perhatian dan kasih sayang. Saya mencintai Ayu Ting Ting sejak kali pertama ia muncul di televisi," ungkap Ivan Gunawan kepada Showbiz Liputan6.com di Jakarta Selatan, Rabu (26/6/2019).

Yakin Berakhir Indah

[Foto: Instagram Ivan Gunawan]

Ivan Gunawan menyebut hubungannya dengan Ayu Ting Ting kala itu sangat indah. Ia tak mau keindahan ini dikotori orang luar. "Saya ditinggal kawin Ayu Ting Ting, lalu ia bercerai, ujung-ujungnya curhat ke saya lagi, saya lagi," cerita Ivan Gunawan.

Ia menambahkan, "Ayu Ting Ting sempat bilang kepada saya, 'Entah kenapa saya percaya suatu saat kita akan berakhir bahagia'."

Bukan Tujuan Akhir

(Foto: instagram.com/ivan_gunawan)

Ditanya soal target menikah, Ivan Gunawan mengakui menikah bukan prioritasnya saat ini. Orang Indonesia kerap bertanya kapan menikah. Saat yang ditanya akhirnya menikah, pertanyaan berubah jadi kapan punya anak. Tak ada habisnya.

"Menikah bukan tujuan akhir untuk berbahagia. Menikah bukan soal berhubungan seks lalu punya anak semata. Saya tidak mau menikah karena dipaksa warganet," pungkasnya. (Wayan Diananto)

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Kemkominfo Tidak Ada Rencana Batasi Media Sosial Jelang Sidang Putusan MK

Posted: 26 Jun 2019 09:57 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Menjelang pembacaan putusan Mahkamah Konstitusi yang akan dilakukan siang ini pukul 12.30, Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kemkominfo) memastikan bahwa pihaknya belum memiliki alasan untuk melakukan pembatasan fitur media sosial.

Hal itu diungkapkan oleh Plt Kepala Biro Humas Kemkominfo Ferdinandus Setu saat dihubungi Tekno Liputan6.com, Kamis (27/6/2019). Kendati demikian, Kemkominfo masih terus melakukan pemantauan pembicaraan warganet di media sosial jelang pembacaan putusan hari ini.

"Sejauh ini, tidak terjadi peningkatan atau eskalasi hoaks maupun hasutan provokatif. Belum ada alasan untuk melakukan pembatasan fitur media sosial," tuturnya. Namun, Kemkominfo tetap mengingatkan warganet tidak menyebarkan hoaks maupun informasi menyesatkan lewat internet.

Sekadar informasi, Mahkamah Konstitusi (MK) akan membacakan putusan Perselisihan Hasil Pemilihan Umum (PHPU) yang diajukan Prabowo-Sandiaga hari ini, Kamis (27/6/2019). 

Sidang putusan sengketa hasil Pilpres 2019 ini sedianya digelar Mahkamah Konstitusi (MK) Jumat 28 Juni. Namun, berdasarkan hasil rapat pemusyawaratan hakim (RPH), pembacaan putusan akan dimajukan menjadi Kamis 27 Juni.

Kepala Bagian Humas dan Kerja Sama Dalam Negeri MK Fajar Laksono Soeroso mengatakan tidak ada alasan khusus mengapa jadwal pembacaan putusan ini dipercepat.

"Intinya, karena Majelis Hakim Konstitusi sudah siap dengan putusan dan untuk bersidang dengan agenda pengucapan putusan," ujar Fajar di Jakarta, Senin (24/6/2019).

Menkominfo Sebut Pembatasan Medsos dan WhatsApp Efektif Tahan Hoaks

Menkominfo Rudiantara di Seminar Konsolidasi untuk Sehatkan Industri Telekomunikasi. Dok: Indonesia Technology Forum

Sebelumnya, Menteri Komunikasi dan Informatika (Menkominfo) Rudiantara menilai pembatasan media sosial dan aplikasi pesan WhatsApp efektif dalam menahan peredaran hoaks dan informasi yang provokatif.

Menurut Rudiantara, pembatasan media sosial efektif karena saat menerima pesan, tidak ada lagi gambar atau video yang bisa diakses. Pasalnya, pesan video dirasa lebih menyentuh emosi ketimbang pesan teks.

"Mengapa efektif? Karena saat kita menerima pesan, ada tulisan teks, ada gambar, ada video. Mana yang paling cepat menyentuh emosi kita? Video kan. Nah, video tanpa teks dilahap aja (lebih cepat dicerna)," ujarnya dalam wawancara bersama Kompas TV, Rabu (23/5/2019) malam. 

Untuk itu Rudiantara menyebutkan, "literasi digital perlu ditingkatkan, jangan apa saja yang ada terus dilahap. Itu soal video dan gambar, kalau teks kan tidak."

Dia mengatakan, pemerintah sengaja tak menutup sarana komunikasi masyarakat secara keseluruhan, melainkan hanya melakukan pembatasan agar masyarakat bisa tetap bisa berkomunikasi.

Menurut Rudiantara, pembatasan media sosial juga bisa memperkuat media mainstream, karena informasi berasal dari media seperti koran, televisi, dan media elektronik.

"Media mainstream melakukan kaidah jurnalistik dan cover both side, media sosial kan tidak," ujarnya.

(Dam/Ysl)

Saksikan Video Pilihan Berikut Ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

5 Fakta Menarik Jelang Sidang MK

Posted: 26 Jun 2019 09:55 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Keputusan Mahkamah Konstitusi (MK) terkait sengketa Perselisihan Hasil Pemilihan Umum (PHPU), Kamis (27/6/2019) siang ini.

"Ya, berdasarkan keputusan RPH, sidang pleno pengucapan putusan akan digelar pada Kamis, 27 Juni 2019 mulai pukul 12.30 WIB," ujar Kepala Bagian Humas dan Kerja Sama Dalam Negeri MK Fajar Laksono Soeroso saat dihubungi Liputan6.com, Senin 24 Juni 2019.

Bahkan, Kapolres Jakarta Pusat Kombes Harry Kurniawan mengatakan telah siap mengamakan jalannya sidang putusan MK terkait sengketa hasil pemilu presiden 2019. Sebanyak 13.747 personel TNI-Polri telah disiagakan.

Namun, di balik pelakasanaan sidang putusan segketa hasil pemilu presiden ini, ada beberapa fakta menarik yang menjadi perhatian publik. Berikut Vidio telah merangkum lima fakta menarik jelang putusan MK, apa saja itu? Simak selengkapnya di channel Vidio Now! Di Vidio berikut ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Warganet Unggah Foto Kebersamaan Song Song Couple, Bikin Baper

Posted: 26 Jun 2019 09:52 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Kabar berpisahnya aktor Korea Selatan Song Jong Ki dan istrinya, Song Hye Kyo ternyata menyedot perhatian masyarakat dunia. Reaksi kesedihan terlontar dari cuitan-cuitan warganet di Twitter.

Mereka menyayangkan kandasnya hubungan pasangan favorit itu. Apalagi, banyak yang berharap melihat anak SongSong Couple. Kini, harapan mereka pupus sudah.

Baper dan seakan tak rela, warganet mengunggah beragam foto kebersamaan SongSong Couple, mulai dari saat mereka bermain drama terkenal Descendant of The Sun hingga pernikahan mereka. Lebih lengkapnya, berikut Tekno Liputan6.com rangkum tweet-nya:

Warganet ikut patah hati.

Kenapa harus cerai, bukankah perbedaan ada untuk saling melengkapi?

Berharap gagal cerai.

Kita memang tidak pernah tahu apa yang mereka lalui hingga memutuskan untuk pisah.

 

Foto Saat Main Descendant of The Sun

Berbagai kesempatan bersama, kehadiran Song Joong Ki dan Song Hye Kyo pun begitu ditunggu oleh penggemar. Kemesraan pun terjadi, Song Joong Ki dan Song Hye Kyo saling bergandengan tangan. (Soompi/Bintang.com)

Auto mainkan soundtrack drama mereka.

Mereka pasangan sempurna sebelumnya.

Kisah cinta yang happy ending, menurut warganet, cuma ada di drama saja.

Cinta sejati memang ada, tapi tidak semuanya akan bertahan selamanya.

(Tik/Ysl)

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Kumpulan Kata-kata Ucapan Ulang Tahun Penuh Makna, Segera Kirim ke Orang Terkasih

Posted: 26 Jun 2019 09:50 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Kumpulan kata-kata ulang tahun menjadi hal penting untuk saat ini. Banyak orang ingin mengirim pesan berupa kata-kata ulang tahun penuh makna kepada teman, kekasih, atau orang-orang terdekat. 

Ulang tahun merupakan momen yang akan terus terjadi selama napas masih berhembus. Ulang tahun sering dirayakan, baik anak-anak, orangtua, teman dekat, kekasih, hingga keluarga.

Tak hanya sekadar menikmati hari lahir dan bertambahnya usia, untaian kata-kata ucapan ulang tahun kerap diterima pada mereka yang sedang berulang tahun. Kata-kata ucapan ulang tahun penuh dengan makna ini bertujuan untuk mengirimkan doa bagi yang sedang berulang tahun.

Namun tak semua orang pandai dalam merangkai kata-kata untuk mengucapkan momen hari lahir pada orang terkasihnya ini. Maka tak heran, kini banyak tersedia kata-kata ucapan ulang tahun yang tersedia di media daring bahkan di media cetak. Karena memang, melalui kata-kata ucapan ulang tahun yang dikirimkan ini bisa membuat yang menerimanya sangat senang.

Tak perlu khawatir. Buat kamu yang bingung merangkai kata-kata ucapan, berikut ini Liputan6.com, Kamis (27/6/2019) telah mengumpulkan beberapa kata-kata ucapan ulang tahun yang bisa kamu jadikan referensi.

Telah dirangkum dari berbagai sumber, berikut kumpulan kata-kata ucapan ulang tahun untuk orang-orang terkasih. Segera kirimkan!

Ucapan Ulang Tahun untuk Sahabat

Kata-kata Ucapan Ulang Tahun / Sumber: iStockphoto

1. Selamat ulang tahun, teman! Harapanku untukmu adalah untuk memancarkan kebaikan, mencintai hidup dan tak pernah berhenti bermimpi, seperti yang selama ini telah kamu lakukan.

2. Hidup serasa kurang berwarna tanpa kehadiranmu. Terima kasih karena telah menambah keceriaan dalam kehidupanku. Selamat ulang tahun!

3. Hari ini sangat istimewa karena teman baikku merayakan hari ulang tahunnya. Terima kasih untuk segala petualangan yang telah kita alami bersama. Aku menantikan kenangan-kenangan indah kita lainnya pada hari-hari yang akan datang!

4. Selamat ulang tahun, teman tercintaku! Aku menjadi orang yang lebih baik karena dirimu. Setiap hari aku bersyukur kepada Tuhan karena telah mempertemukanku denganmu. Semoga semua yang kamu inginkan dapat terwujud, karena kamu layak mendapatkannya!

5. Seorang teman adalah orang yang mengetahui keburukanmu , tetapi memutuskan untuk masih menyayangi. Kamu adalah teman yang mengetahui keburukanku dan tetap berada disampingku selama ini. Selamat ulang tahun untuk teman terbaik sedunia!

6. Ulang tahun hadir setiap tahun, tapi teman sepertimu hanya datang sekali dalam seumur hidup. Aku sangat senang kau datang mewarnai kehidupanku. Selamat ulang tahun Kawan, semoga panjang umur dan tetap menjadi teman terbaik!

Ucapan Ulang Tahun untuk Kekasih

Kata-kata Ucapan Ulang Tahun / Sumber: iStockphoto

1. Ulang tahun membuat kita satu tahun lebih tua. Tapi bersamaku, ku harap engkau akan tetap seperti ini. Tetap mencintaiku sepenuh hati. Selamat ulang tahun kekasihku.

2. Melihatmu, aku merasa jatuh cinta berulang kali pada orang yang sama. Tetaplah setia bersamaku, sayang. Tak terbayangkan bila aku tanpamu!

3. Selamat ulang tahun perempuanku, yang mampu menghangatkan jiwa dan membuat hidupku ini indah dan istimewa. Terima kasih untukmu.

4. Untukmu pencuri hari, terima kasih atas semua cerita di tahun lalu, Mari jalani hari depan dengan penuh suka cita. Selamat ulang tahun.

5. Tak terasa, rupanya waktu begitu cepat berlalu. Tak terasa, ternyata telah sepanjang ini cinta dan cerita yang telah kita jalani. Segeralah datang kepada ayahku untukku, hingga tiada hari perpisahan untuk rasa ini.

Ucapan Ulang Tahun untuk Keluarga

Kata-kata Ucapan Ulang Tahun / Sumber: iStockphoto

1. Ibu, terima kasih untuk semua kebaikanmu, setulus jiwa ragamu engkau menyayangiku, menjagaku. Aku mohon maafkanlah semua khilaf dan salahku kepadamu. Doakan aku jadi anak yang berbakti dan aku ingin berucap. Selamat ulang tahun ibundaku sayang.

2. Ayah, terima kasih atas cinta tanpa syarat yang enagkau persembahkan untukku. Hari ini adalah hari istimewa, aku ingin mengucapkan kata sayang untukmu Ayahku. Selamat ulang tahun ayahku sayang. Aku cinta dan sayang ayah.

3. Selamat ulang tahun buah hatiku tercinta, semoga dengan bertambah usiamu semakin bertambah rezeki, kesehatan dan umur yang bermanfaat. Selalu bahagia sayangku yang paling cantik.

4. Selamat ulang tahun jagoan kecilku. Jadilah anak yang soleh, pintar, dan membanggakan. Ayah dan ibu sangat menyayangimu. Selamat ulang tahun, nak. Semoga dengan bertambahnya usiamu ini, bertambah pula ketakwaanmu kepada Allah SWT, semoga Allah juga selalu menyayangimu.

5. Selamat ulang tahun adikku sayang. Semoga tambah dewasa dalam pikiran dan perbuatan. Jangan cengeng dan manja ya adikku, maafin kakak kalau sering marahin adik. Aku sebenarnya sayang banget loh sama kamu, dik.

6. Kakakku yang aku sayang, pake banget. Selamat ulang tahun, ya. Semoga kakak diberkahi umur panjang, kesehatan, dimudahkan segala urusan dan semoga cita-cita akan segera tercapai. Amiinn.

Ucapan Ulang Tahun Islami

Kata-kata Ucapan Ulang Tahun / Sumber: iStockphoto

1. Selamat hari lahir sayang, tak terasa kamu semakin dewasa, semoga dengan bertambahnya usiamu semakin bertambah juga kebaikan dan kebahagian,u. Bunda dan ayah berharap semoga kamu jadi anak yang taat kepada Allah SWT dan Rasul-Nya, berbakti kepada kedua orangtua, dan menjadi teman yang baik buat teman-teman kamu. Aminn.

2. Semoga dengan bertambahnya usiamu, Allah menambah keberkahan dalam setiap langkahmu. Selamat hari lahir, Barakallah.

3. Kasih dan cinta yang bersemi di dalam hati rupanya telah tercatat dna tertuju pada suatu titik perjanjian suci atas kehendak Illahi. Ikatan yang menghalalkan hubungan cinta di antara aku dan dirimu. Ijab dan qabul telah bersaksi, dengan izin Allah, kita masih bersama memadu kasih menggapai ridha Illahi.

 

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Mantan Plt Ketum PSSI Joko Driyono Jalani Sidang Tuntutan Hari Ini

Posted: 26 Jun 2019 09:48 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Mantan Plt Ketua Umum PSSI Joko Driyono (54) akan menghadapi sidang tuntutan atas kasus perusakan barang bukti terkait skandal pengaturan skor. Sidang digelar di Pengadilan Negeri Jakarta Selatan, Kamis (27/6/2019).

"Iya hari ini agendanya pembacaan tuntutan oleh Jaksa," kata JPU, Sigit Hendradi ketika dihubungi, Kamis (27/6/2019).

Sementara itu, pengacara Joko Driyono, Mustofa Abidin berharap kliennya dituntut dengan seringan-ringannya.

"Ya seperti itulah (bebas atau ringan)," ucap dia.

Dalam dakwaan, Sigit menerangkan Joko Driyono mengambil DVR Server CCTV dan satu unit Laptop merk HP Note Book di ruangan Kantor PTLiga Indonesia, Gedung Rasuna Office Park (ROP) D0-07 di Jalan Taman Rasuna Timur Menteng Atas Setiabudi Kuningan Jakarta Selatan.

Padahal, ruangan sudah di pasang police line atau garis polisi oleh Tim Penyidik Satuan Tugas Anti Mafia Bola dalam rangka proses penyidikan sebagimana Laporan Polisi Nomor LP/6990xll/2018/PMJ/Ditreskrimum, tanggal 19 Desember 2018 atas nama pelapor Sdri. Lasmi ndaryani.

"Ruangan di-police line Rabu, tanggal 30 Januari 2019 sekira Jarn 10.00 WIB," kata Sigit di ruang sidang, Senin (6/5/2019).

Sigit menguraikan kronologi tindak pidana yang dilakukan oleh Joko Driyono (54). Mulanya, anak buahnya bernama Kokoh Afiat menghubungi Joko Driyono. Kokoh melaporkan penyegelan ruangan Kantor PT. Liga Indonesia.

"Terdakwa jawab dengan pertanyaan baiknya harus bagaimana? Terus terdakwa minta untuk di telepon," ujar Sigit.

Joko Driyono yang mengetahui kantornya disegel menghubungi anak buahnya yang lain bernama Muhamad Mardani Morgot.

"Terdakwa menanyakan, apakah Muhamad Mardani Morgot masih ingat password fingerprint pada pintu belakang ruang kerja terdakwa" ucap Sigit.

"Muhamad Mardani Morgot mengatakan: kalau baterai automatic-nya tidak habis maka Muhamad Mardani Morgot masih bisa masuk karena jari telunjuk kanan Muhamad Mardani Morgot masih terdata atau terekam di fingerprint pada pintu belakang ruang kerja terdakwa" ujar sigit.

Kemudian, Sigit melanjutkan, Joko Driyono menyuruh anak buahnya tersebut mengambil semua kertas-kertas dan notebook yang ada diruangan kerja terdakwa.

"Selain buku bacaan atau majalah yang ada pada rak dan laci meja kerja," ujar dia.

Dijelaskan, Muhamad Mardani Morgot masuk sendirian ke ruangan terdakwa melalui Apartemen Tower 10 Nomor 1003 H. Itu merupakan akses khusus untuk Terdakwa masuk keruangannya.

"Yang bisa langsung masuk ke ruang kerja terdakwa," terang dia.

Muhamad Mardani Morgot membawa barang bukti dan di disimpan di dekat Pos Gardu Pemadam Kebakaran dilingkungan Apartemen.

Hilangkan Rekaman CCTV

Tak cuma itu, Muhamad Mardani Morgot bersama Mus Mulyadi kembali masuk keruangan kerja terdakwa untuk menghilangkan rekaman CCTV dengan cara mencabut DVR ( Digital VideoRecorder) dengan tujuan agar Tim Penyidik tidak dapat melihat rekaman kegiatan dan aktivitas di kantor PT. Liga Indonesia.

"Serta tidak dapat dilihat siapa-siapa orang yang pernah bertemu dengan terdakwak. Kemudian Muhamad Mardani Morgot mengganti dengan DVR CCTV yang rusak," ujar dia.

DVR CCTV yang masih bagus dan Notebook dibawa ke tempat parkir kendaraan milik Jeep VW Tiguan Warna Silver No. Pol. B-2598-TE yang parkir di lantai Basement Rasuna Office Park.

Lalu, terdakwa menyuruh Muhamad Mardani Morgot agar barang-barang tersebut dipindahkan.

"Terdakwa mengatakan: yang penting jangan berada di mobil Terdakwa," ujar dia.

Terakhir, Muhamad Mardani Morgot memindahkan barang berupa Notebook ke Apartemen Terdakwa di Taman Rasuna Tower 9 lantai 18 C sedangkan DVR CCTV dipindahkan ke mobil Honda City milik Herwindyo.

"Semua dilakukan atas perintah terdakwa. Sementara terdakwa tidak memiliki izin dari penyidik Satgas Anti Mafia Bola," ujar Sigit.

Saksikan video pilihan berikut ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Jadwal Piala Dunia Wanita: Norwegia vs Inggris

Posted: 26 Jun 2019 09:45 PM PDT

Liputan6.com, Le Havre - Piala Dunia Wanita 2019 telah memasuki babak perempat final. Pada Jumat (28/6/2019), akan berlangsung duel Norwegia kontra Inggris di Stade Oceane, Le Havre, Prancis.

Di babak 16 besar Piala Dunia Wanita 2019, Norwegia harus susah payah menyingkirkan Australia. Norwegia menang dalam drama adu penalti dengan skor 4-1 setelah bermain imbang 1-1 dalam waktu 120 menit.

Sedangkan Inggris dengan superior menyingkirkan Kamerun. Tim asal Britania Raya itu menang telak tiga gol tanpa balas di babak perdelapan final.

Duel Norwegia vs Inggris bakal menjadi pertempuran mereka yang keenam. Dalam lima pertandingan sebelumnya, Norwegia dan Inggris sama-sama mencatatkan dua kemenangan. Satu pertandingan sisanya berakhir imbang.

Lihat jadwal pertandingan perempat final Piala Dunia Wanita 2019 di halaman selanjutnya.

 

Jadwal Piala Dunia Wanita

Jumat, 28 Juni 2019

02.00 WIB Norwegia vs Inggris

Venue: Stade Oceane, Le Havre, Prancis.

 

Jadwal Lainnya

Sabtu, 29 Juni 2019

02.00 WIB Prancis vs Amerika Serikat

20.00 WIB Italia vs Belanda

23.30 WIB Jerman vs Swedia

Saksikan video pilihan berikut ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Tol Manado-Bitung Siap Beroperasi Penuh di 2020

Posted: 26 Jun 2019 09:45 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - PT Jasa Marga (Persero) Tbk melaporkan, pekerjaan fisik (konstruksi) seluruh seksi pada Jalan Tol Manado-Bitung hingga akhir Juni 2019 telah mencapai 70,38 persen. Sedangkan pembebasan lahannya mencapai 86,15 persen.

Pencapaian itu membuat Jasa Marga menargetkan jalan tol pertama di Sulawesi Utara ini bisa beroperasi penuh pada pertengahan 2020 mendatang.

Direktur Utama PT Jasamarga Manado Bitung (JMB) George IMP Manurung memaparkan, pembebasan lahan masih menjadi tantangan utama dalam pembangunan Jalan Tol Manado-Bitung.

Menurutnya, faktor penghambat pembebasan lahan selama ini adalah persoalan harga tanah dan administrasi, seperti kelengkapan dokumen atau sertifikat tanah.

"Sekarang tinggal masalah administrasi, misalnya dokumennya belum lengkap atau harus melalui ahli waris. Tidak sedikit yang harus dititipkan ke pengadilan, konsinyasi," ungkap dia, Kamis (27/6/2019).

Selain itu, tambahnya, pada area tertentu pembebasan lahannya juga masih spot per spot dan tidak menyambung. Ini turut berdampak pada kurang maksimalnya pembangunan konstruksi Jalan Tol Manado-Bitung.

 

Proyek Strategis Nasional

Tol Manado-Bitung. Dok Kementerian PUPR

Jalan Tol Manado-Bitung sendiri merupakan salah satu proyek strategis nasional (PSN) yang diharapkan dapat meningkatkan konektivitas sehingga akan menurunkan biaya logistik. Pembangunan jalan bebas hambatan ini akan memangkas waktu tempuh kedua kota, dari sebelumnya 1,5-2 jam hanya menjadi sekitar 30-45 menit.

Sebagai informasi, Jalan Tol Manado-Bitung memiliki panjang total 39 Km. Jalan tol ini terbagi atas 3 seksi, meliputi Seksi 1A Ring Road Manado-Sukur sepanjang 7 Km, Seksi 1B Sukur-Air Madidi (7 Km), Seksi 2A Air Madidi-Danowudu (11,50 Km), serta Seksi 2B Danowudu-Bitung (13,50 Km).

Lebih lanjut, George menargetkan, seluruh proses pembebasan lahan dapat dirampungkan pada Triwulan III 2019. "Dengan target tersebut, proses konstruksi juga akan dipercepat untuk mencapai target jalan tol beroperasi seluruhnya pada pertengahan tahun 2020," sambungnya.

Adapun saat libur Natal 2018 dan Tahun Baru 2019 serta Lebaran 2019, jalan tol ini beroperasi secara fungsional sepanjang 14 km guna membantu kelancaran arus transportasi. Pengoperasian secara fungsional ini hanya untuk kendaraan kecil.

Beroperasinya jalan tol ini secara fungsional juga dalam rangka sosialisasi kepada masyarakat mengenai keberadaan Jalan Tol Manado-Bitung sebagai jalan tol pertama di Sulawesi Utara.

Tol Manado-Bitung Seksi I Beroperasi Oktober 2019

Kepala Badan Pengatur Jalan Tol (BPJT) Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Danang Parikesit menargetkan, Seksi I Jalan Tol Manado-Bitung sepanjang 14 km bisa beroperasi Oktober 2019.

"Pak Presiden (Jokowi) sudah mengunjungi Tol Manado-Bitung. Di dalam kesempatan tersebut, Tol Manado-Bitung Seksi I ruas Manado-Sukur-Airmadidi target bisa dioperasikan pada Oktober 2019," ungkapnya di Jakarta, Jumat (5/4/2019).

Adapun jalan tol dengan total panjang 39 km ini terbagi menjadi dua seksi, yakni Seksi I ruas Ring Road Manado–Sukur–Airmadidi (14 km), dan Seksi II ruas Airmadidi–Bitung (25 km).

Danang menyampaikan, progres konstruksi keseluruhan Jalan Tol Manado-Bitung telah mencapai 60,52 persen. Pembangunan Seksi I dilaksanakan dengan memakai dana APBN dan pinjaman dari China sebesar Rp 2,9 triliun.

Sementara Seksi II Tol Manado-Bitung secara pengerjaan terbagi menjadi dua bagian. Yakni, Seksi II A sepanjang 11,5 km progres fisiknya telah mencapai 84,96 persen, serta Seksi II B sepanjang 13,5 km dengan progres fisik 14,58 persen.

"Ini jadi tugas dari BUJT (Badan Usaha Jalan Tol), PT Jasa Marga Manado-Bitung. Itu diharapkan tahun depan, April 2020, baru beroperasi," jelas Danang.

"Kami harap keberadaan tol ini bisa memangkas perjalanan dari 90 menit sampai 120 menit menjadi 30 menit saja," dia menambahkan.

Jalan Tol Manado-Bitung Seksi 2A (Foto: Dok PT Jasa Marga Tbk)

Ada Keistimewaan

Pembangunan Jalan Tol Manado-Bitung dilanjutkan. Dok Kementerian PUPR

Lebih lanjut, ia menyebutkan, ruas Tol Manado-Bitung juga memiliki keistimewaan tersendiri, yakni untuk pertama kali terintegrasi penuh dengan kawasan industri Kawasan Ekonomi Khusus (KEK) Bitung dan Pelabuhan Bitung.

"Harapannya, ini bisa meningkatkan pereonomian di Sulawesi Utara. Saat yang sama juga jadi contoh kerja sama antarsektor, baik itu pengembangan jaringan jalan tol, pengembangan KEK, dan Pelabuhan jadi 1 paket program proyek," tuturnya.

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

VIDEO: 18 Ribu Personel Amankan Gedung MK

Posted: 26 Jun 2019 09:45 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta 18 ribu personel gabungan diturunkan untuk mengamankan area di sekitar gedung Mahkamah Konstitusi. Pengamanan diperketat jelang sidang pembacaan putusan sengketa pilpres 2019.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Song Joong Ki - Song Hye Kyo Beda Pendapat soal Perceraian

Posted: 26 Jun 2019 09:43 PM PDT

Liputan6.com, Seoul - Song Song Couple hadir dengan kabar mengejutkan. Song Joong Ki telah menggugat cerai istrinya, Song Hye Kyo, Selasa (26/6/2019).

Kabar tak menyenangkan ini pun telah dibenarkan oleh kuasa hukum Song Joong Ki, Park Jae Hyun. Song Joong Ki memutuskan untuk berpisah dari istrinya setelah satu setengah tahun menjalani bahtera rumah tangga.

Dalam sesi wawancara dengan media Korea, Hankook Ilbo, juru bicara kuasa hukum yang mewakili Song Joong Ki menyatakan bahwa keduanya telah sepakat untuk bercerai.

Umumnya, pasangan yang sepakat bercerai namun tidak memiliki urusan soal harta gana gini dan hak asuh anak, akan mengajukan uncontested divorce. Namun dalam kasus ini, Song Joong Ki rupanya tak mengajukan hal tersebut. Apa alasannya?

Beda Pendapat

(Instagram/songjoongkionly)

Dilansir situs Soompi, pengacara Song Joong Ki mencoba menjelaskan hal ini. "Karena ada sedikit perbedaan pendapat tentang rincian perceraian mereka, maka ada upaya untuk rekonsiliasi (memulihkan perbedaan pendapat)" jelasnya.

Saat ditanya lebih lanjut mengenai apa perbedaan pendapatnya, tim kuasa hukum tak bisa menjabarkan karena berkaitan dengan privasi Song Joong Ki dan Song Hye Kyo.

"Kami tidak dapat mengungkapkan secara detail," paparnya.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Keren, Kampus Ini Ciptakan Robot Perawat untuk Bantu Pasien Demensia

Posted: 26 Jun 2019 09:40 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Masalah yang sering dialami oleh banyak lansia adalah Demensia. Demensia sendiri bukanlah sebuah penyakit namun merupakan suatu gejala yang disebabkan oleh penyakit atau kelainan pada otak. Demensia adalah sekumpulan gejala yang ditandai dengan penurunan kemampuan otak untuk berpikir, mengingat, dan berkomunikasi akibat kematian sel-sel otak.

Penderita demensia umumnya akan mengalami depresi, perubahan suasana hati dan perilaku, kesulitan bersosialisasi, hingga berhalusinasi. Penderita tidak mampu hidup mandiri dan memerlukan dukungan orang lain.

Perlu diingat bahwa tidak semua orang yang mengalami penurunan daya ingat atau penurunan kemampuan fungsi otak dapat diasosiasikan dengan demensia. Sindrom ini umumnya menyerang orang-orang lansia di atas 65 tahun. Oleh karena itu tidak mudah untuk merawat lansia yang mengidap demensia.

Demensia menurunkan kemampuan fungsi otak dan daya ingat. Sindrom ini juga menurunkan kemampuan dalam berpikir dan melakukan aktivitas sehari-hari, sehingga diperlukan kesabaran ekstra dalam merawat pasien demensia.

Merawat Pasien Pengidap Demensia

Robot Perawat Demensia (sumber: mcknightsseniorliving)

Para perawat, baik anggota keluarga maupun perawat profesional, perlu memahami dengan baik apa yang boleh dan tidak boleh dilakukan dalam menangani pasien demensia.

Untuk mempermudah salah satu kampus ternama di Amerika menggunakan robot dalam melakukan pekerjaan ini. Sekelompok peneliti dari University California San Diego mendesain sebuah robot yang dapat membantu keluarga atau perawat dalam menangani lansia dengan dimensia.

Seperti yang Liputan6.com lansir dari  Mc Knights Senior Living, Kamis (27/6/2019) proses pembuatan robot ini cukup unik, karena para peneliti tidak merancangnya sendirian. Para peneliti berkolaborasi dengan sejumlah keluarga, pekerja sosial, dan perawat profesional selama enam bulan untuk mencari tahu desain robot seperti apa yang dapat memenuhi kebutuhan tersebut.

Dari hasil diskusi ditemukan, para perawat menginginkan robot yang mampu memenuhi dua fungsi utama, yakni menunjang momen-momen positif antara pasien demensia dan perawat, serta menekan stres yang kerap dialami perawat dengan cara membantu melakukan tugas-tugas yang rumit dan melelahkan. Di antaranya yakni menjawab pertanyaan pasien demensia yang diulang-ulang dan membatasi konsumsi makanan yang tidak sehat untuk mereka.

Para perawat juga menginginkan robot yang dapat berinteraksi dengan pasien demensia dengan cara membantu aktivitas sehari-hari, seperti mengingatkan untuk minum obat. Berbagai kemudahan yang ditawarkan robot ini diharapkan mampu meningkatkan kebahagiaan para lansia, yang mengidap demensia agar tidak kewalahan dalam melakukan aktivitas sehari-hari.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Menristekdikti Dorong Inovasi Bidang Pangan, Kesehatan, dan Mitigasi Kebencanaan

Posted: 26 Jun 2019 09:39 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Menteri Riset, Teknologi dan Pendidikan Tinggi (Menristekdikti) Mohamad Nasir mengatakan, dalam kurun waktu lima tahun terakhir inovasi yang dihasilkan perguruan tinggi sudah meningkat pesat. Dia mendorong perguruan tinggi untuk meningkatkan inovasi di bidang pangan, kesehatan, dan mitigasi kebencanaan.

Sebab, bidang ini memiliki dampak yang sangat vital bagi kehidupan masyarakat Indonesia.

"Ketahanan pangan, kesehatan dan kebencanaan masih menjadi tantangan bagi Indonesia, maka integrasi berbagai bidang ini menjadi penting dalam menghadapi era revolusi 4.0. Karena pangan dengan pertanian, kesehatan dan kebencanaan sangat erat kaitannya," ucap Nasir di Universitas Pelita Harapan, Karawaci, Tangerang, Rabu (26/6/2019).

Nasir menjelaskan, Kemenristekdikti memiliki peran sentral dalam menghasilkan Sumber Daya Manusia (SDM) Indonesia yang kompeten.

Posisi Kemenristekdikti dinilainya sangat strategis dalam mendukung prioritas pembangunan Pemerintah RI ke depan yang dicanangkan Presiden Joko Widodo, yaitu pembangunan SDM.

Karenanya, Nasir berharap perguruan tinggi negeri dan swasta di Indonesia, yang jumlahnya sekitar 4.670 instansi, dapat meningkatkan kualitas pembelajaran, riset dan inovasinya.

"Oleh karena itu perguruan tinggi harus berperan menciptakan inovasi teknologi pada bidang pangan, kesehatan dan kebencanaan yang dapat bermanfaat bagi rakyat Indonesia," dia mengakhiri.

Saksikan video pilihan di bawah ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

FOTO: Suasana Pengamanan Sidang Putusan MK

Posted: 26 Jun 2019 09:38 PM PDT

Seorang pedagang melintas dekat jalan yang ditutup menuju Gedung Mahkamah Konstitusi (MK) di Jakarta, Kamis (27/6/2019). Rekayasa lalu lintas sudah disiapkan di sekitar gedung MK selama pelaksanaan sidang pembacaan putusan hasil sengketa pilpres 2019. (merdeka.com/Imam Buhori)

Seorang pedagang melintas dekat jalan yang ditutup menuju Gedung Mahkamah Konstitusi (MK) di Jakarta, Kamis (27/6/2019). Rekayasa lalu lintas sudah disiapkan di sekitar gedung MK selama pelaksanaan sidang pembacaan putusan hasil sengketa pilpres 2019. (merdeka.com/Imam Buhori)

Akses menuju Gedung Mahkamah Konstitusi terlihat lengang di Jalan Merdeka Barat, Jakarta, Kamis (27/6/2019). Puluhan ribu personel TNI-Polri dikerahkan guna mengamankan sidang pembacaan putusan hasil sengketa pilpres 2019 serta melakukan penutupan jalan menuju Gedung MK. (merdeka.com/Imam Buhori)

Akses menuju Gedung Mahkamah Konstitusi terlihat lengang di Jalan Merdeka Barat, Jakarta, Kamis (27/6/2019). Puluhan ribu personel TNI-Polri dikerahkan guna mengamankan sidang pembacaan putusan hasil sengketa pilpres 2019 serta melakukan penutupan jalan menuju Gedung MK. (merdeka.com/Imam Buhori)

Polisi menyiapkan tameng untuk menutup jalan menuju Gedung Mahkamah Konstitusi (MK), Jakarta, Kamis (27/6/2019). Puluhan ribu personel TNI-Polri dikerahkan guna mengamankan sidang pembacaan putusan hasil sengketa pilpres 2019 serta melakukan penutupan jalan menuju Gedung MK (merdeka.com/Imam Buhori)

Polisi menyiapkan tameng untuk menutup jalan menuju Gedung Mahkamah Konstitusi (MK), Jakarta, Kamis (27/6/2019). Puluhan ribu personel TNI-Polri dikerahkan guna mengamankan sidang pembacaan putusan hasil sengketa pilpres 2019 serta melakukan penutupan jalan menuju Gedung MK (merdeka.com/Imam Buhori)

Pengemudi ojek online melintas dekat kendaraan taktis yang disiagakan di sekitar Gedung Mahkamah Konstitusi (MK), Jakarta, Kamis (27/6/2019). Rekayasa lalu lintas sudah disiapkan di sekitar gedung MK selama pelaksanaan sidang pembacaan putusan hasil sengketa pilpres 2019. (merdeka.com/Imam Buhori)

Pengemudi ojek online melintas dekat kendaraan taktis yang disiagakan di sekitar Gedung Mahkamah Konstitusi (MK), Jakarta, Kamis (27/6/2019). Rekayasa lalu lintas sudah disiapkan di sekitar gedung MK selama pelaksanaan sidang pembacaan putusan hasil sengketa pilpres 2019. (merdeka.com/Imam Buhori)

Massa aksi membawa poster untuk menggelar aksi kawal putusan hasil sengketa pilpres 2019 di sekitar Gedung Mahkamah Konstitusi (MK), Jakarta, Kamis (27/6/2019). Para demonstran yang turun ke jalan hanya duduk di sekitaran kawasan Patung Kuda yang telah ditutup oleh petugas. (merdeka.com/Imam Buhori)

Massa aksi membawa poster untuk menggelar aksi kawal putusan hasil sengketa pilpres 2019 di sekitar Gedung Mahkamah Konstitusi (MK), Jakarta, Kamis (27/6/2019). Para demonstran yang turun ke jalan hanya duduk di sekitaran kawasan Patung Kuda yang telah ditutup oleh petugas. (merdeka.com/Imam Buhori)

Massa aksi membawa poster untuk menggelar aksi kawal putusan hasil sengketa pilpres 2019 di sekitar Gedung Mahkamah Konstitusi (MK), Jakarta, Kamis (27/6/2019). Para demonstran yang turun ke jalan hanya duduk di sekitaran kawasan Patung Kuda yang telah ditutup oleh petugas. (merdeka.com/Imam Buhori)

Massa aksi membawa poster untuk menggelar aksi kawal putusan hasil sengketa pilpres 2019 di sekitar Gedung Mahkamah Konstitusi (MK), Jakarta, Kamis (27/6/2019). Para demonstran yang turun ke jalan hanya duduk di sekitaran kawasan Patung Kuda yang telah ditutup oleh petugas. (merdeka.com/Imam Buhori)

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Alasan Adrien Rabiot Tunda Kepindahannya ke Juventus

Posted: 26 Jun 2019 09:35 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Gelandang Paris Saint Germain (PSG), Adrien Rabiot, dikabarkan menunda kepindahannya ke Juventus. Padahal, Rabiot hanya butuh satu langkah lagi untuk bergabung dengan Juventus, yakni tanda tangan kontrak.

Sebelumnya, diketahui bahwa Rabiot sudah mencapai kesepakatan dengan Juventus dan diyakini akan bergabung pada akhir pekan ini. Ia mendapatkan kontrak berdurasi lima tahun dengan bayaran tujuh juta euro per tahunnya.

Rabiot sendiri diperbolehkan gabung dengan Juventus karena kontraknya bersama PSG berakhir pada 30 Juni nanti. Namun, Soccerlink dan Paris United mengklaim bahwa Rabiot meminta kepindahannya ke Juventus ditunda.

Alasan utamanya adalah adanya pergantian dalam jajaran direksi PSG saat ini. Seperti yang diketahui, belum lama ini Leonardo kembali mengambil jabatan sebagai direktur olahraga klub raksasa Prancis tersebut.

Kedua sumber tersebut mengatakan bahwa Leonardo menyodori Rabiot dengan tawaran kontrak baru. Sebelumnya, Rabiot sudah menolak proposal kontrak dari direktur olahraga sebelumnya, yakni Henrique.

Rabiot Terpinggirkan

1. Adrien Rabiot (Paris Saint Germain) - €35 juta (AFP/Anne Christine Poujoulat)

Penawaran Leonardo sendiri lebih menggiurkan ketimbang Juventus. Disebutkan dalam laporan bahwa klub menawarinya kontrak delapan juta euro per tahunnya, dengan komisi sebesar lima juta euro.

Padahal, sejak menolak tawaran PSG, Rabiot sudah menunjukkan tekadnya untuk melanjutkan karir di klub lain. Pemain berumur 24 tahun itu bahkan sampai dipinggirkan oleh pelatih Les Parisiens, Thomas Tuchel.

Jarang Tampil

Alhasil, kesempatan bermain Rabiot menjadi sangat sedikit. Di Ligue 1 saja, ia hanya tampil sebanyak 14 kali dengan catatan dua gol serta satu assist. Rabiot terakhir kali terlihat di lapangan pada bulan Desember 2018 lalu.

Saat itu, PSG bertemu dengan FK Crvena Zvezda dalam laga pekan terakhir fase grup Liga Champions. Ia baru masuk pada menit-menit akhir pertandingan untuk menggantikan gelandang lainnya, Marco Verratti.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

5 Artis Korea Ini Lakukan Diet Ekstrem, Ada yang Makan Dua Biskuit Sehari

Posted: 26 Jun 2019 09:30 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Menjadi seorang selebritis tak selalu seperti apa yang tampak. Bukan hanya harus memiliki kemampuan saja, akan tetapi penampilan juga harus dijaga untuk mendukung kinerja di dunia hiburan. 

Menjaga penampilan bagi para selebritis tentu bisa dilakukan dengan melakukan diet serta berolahraga. Namun tetap saja diet dan olahraga harus dilakukan dengan benar, karena para seleb tersebut tetap harus melakukan aktivitas di dunia hiburan.

Meskipun melakukan diet, tak banyak orang yang berhasil dalam menurunkan berat badan agar bisa tampil dengan sempurna. Namun lain halnya dengan yang dilakukan para arti Korea. Para artis Korea akan melakukan diet ketat bahkan tergolong ekstrem untuk mendapatkan hasil yang maksimal.

Diet yang dilakukan oleh para idol Korea tersebut tentu saja cukup mengkhawatirkan. Karena para idol tersebut harus tetap menjalankan aktivitasnya seperti hari-hari biasa. Terbaru, berita mengenai diet ekstrem yang dilakukan oleh salah satu member Super Junior, Yesung menarik perhatian publik.

Pasalnya dilansir Liputan6.com dari Allkpop, Kamis (27/6/2019) pernyataan Yesung di sebuah radio mengenai diet yang dijalani olehnya membuat para penggemar khawatir. Pasalnya ia mengaku pernah makan hanya sekali dalam dua hari untuk menurunkan berat badannya.

Bukan hanya Yesung Super Junior saja yang pernah melakukan diet ekstrem. Berikut ini beberapa artis Korea yang pernah melakukan diet eksterm demi tampil sempurna.

1. Yesung Super Junior

Yesung Super Junior (Twitter/ sjofficial)

Penampilan Yesung saat berada di atas panggung tentu saja tak perlu diragukan lagi. Pria yang memiliki suara merdu ini nyatanya tak hanya sekali saja melakukan diet ekstrem. Bukan hanya mengakui pernah makan sekali dalam dua hari saja.

Namun, Yesung pernah melakukan diet dengan menyantap dua buah biskuit saja dalam sehari. Hal ini Yesung ungkapkan di acara variety Super TV.

2. T.O.P Big Bang

Beberapa hari lalu T.O.P Big Bang dinyatakan positif sebagai pemakai ganja. Berpengaruh dengan wajib militer yang sedang dijalaninya, pemilik nama asli Choi Seung Hyun ini mencoba bunuh diri lantaran malu. (Instagram/ choi_seung_hyun_tttop)

Bukan hanya Yesung saja yang pernah menjalani diet super ketat. Rapper dari grup Big Bang, T.O.P juga pernah melakukan diet ekstrem demi menurunkan berat badan. Upaya T.O.P untuk memiliki tubuh sempurna bak seorang model, ia rela melakukan berbagai macam olehraga dan juga diet.

Untuk diet, T.O.P diketahui hanya mengkonsumsi jelly yang terbuat dari kacang merah dan juga air putih selama 40 hari. Usaha yang dilakukan T.O.P memang membuahkan hasil, ia berhasil menurunkan berat badan sebanyak 20kg. Namun tentu saja usaha diet yang dilakukan T.O.P cukup ekstrem.

3. IU

Lee Ji Eun atau IU berulang tahun ke 26 tahun hari ini (Sumber: Instagram/@dlwlrma)

Diet ketat yang dijalani oleh penyanyi sekaligus aktris IU juga bukan lagi sebuah rahasia. Sebelum debut menjadi seorang idol, IU sendiri diketahui memiliki tubuh yang gemuk.

Oleh karena itu, ia melakukan diet ketat untuk menurunkan berat badannya. Idol yang memiliki nama asli Lee Ji Eun ini hanya mengkonsumsi sebuah apel untuk sarapan, satu ubi jalar untuk makan siang dan minuman berprotein untuk makan malam.

Tentu saja diet yang dilakukan oleh IU tak berlangsung singkat dan butuh usaha keras untuk memperoleh hasil yang diinginkan.

4. Park Bom

Park Bom jawab penantian fans dengan comeback sebagai solois. (Allkpop)

Penyanyi Park Bom juga sempat menjadi sorotan lantaran diet yang dilakukan olehnya cukup ekstrem. Pasalnya Park Bom melakukan diet kubis demi mendapatkan tubuh yang ideal.

Metode diet kubis yang dilakukan oleh Park Bom hanya memperbolehkan kamu untuk makan kubis saja setiap harinya. Bahkan diet kubis dari Park Bom ini cukup terkenal dikalangan selebritis. Bukan hanya diet kubis saja, akan tetapi Park Bom juga pernah melakukan diet semangka serta diet selada.

5. TVXQ

Dari 16 album milik TVXQ, album mereka yang berjudul Mirotic pada 2008 menjadi album terlaris yang berhasil terjual sebanyak 596.236 kopi. (Foto: soompi.com)

Diet ketat yang dilakukan oleh grup TVXQ sebelum melakukan debut juga cukup ekstrem. Pasalnya demi mendapatkan badan yang ideal, para anggota TVXQ harus melakukan diet dengan meminum air putih saja selama seminggu penuh.

Tentu saja diet yang dilakukan oleh TVXQ tersebut cukup membahayakan. Selain itu, para fans juga sempat mengecam diet yang dilakukan oleh TVXQ.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Top 3 Tekno: Google Ajarkan Anak Deteksi Berita Hoaks Jadi Sorotan

Posted: 26 Jun 2019 09:30 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Google semakin fokus untuk memberikan edukasi kepada pengguna tentang penyebaran berita menyesatkan. Menyasar pengguna internet muda dan masih bersekolah, Google meluncurkan kurikulum Be Internet Awesome.

Artikel di atas, menjadi yang paling banyak dibaca di kanal Tekno Liputan6.com edisi Rabu (26/6/2019).

Dua artikel lain yang tak kalah menarik perhatian, seperti Apple tarik MacBook Pro 15 dari peredaran karena masalah baterai, dan Galaxy A90 hadir dengan prosesor Snapdragon 855.

Tanpa berpanjang lebar lagi, berikut rangkuman ketiga beritanya.

1. Kurikulum Google Ajarkan Anak Cara Deteksi Berita Menyesatkan

Kantor pusat Google. Foto: Digital Trends

Google nampaknya ingin berkonsentrasi di bidang pendidikan. Beberapa tahun belakang, Google meluncurkan kurikulum Be Internet Awesome, yang memfokuskan para pendidik untuk mengajarkan keamanan online para muridnya.

Ternyata, usaha Google tak hanya sampai di situ. Tahun ini, Google bakal fokus ke media literasi.

Dilansir Engadget, Rabu (26/6/2019), Google bekerjasama dengan Net Safety Collaborative, salah satu program play-to-learn untuk mengajarkan anak cara mendeteksi berita yang menyesatkan, seperti URL palsu atau headline berita yang salah.

Selengkapnya baca di sini

 

2. Baterai Mudah Terbakar, Apple Tarik MacBook Pro 15 Inci dari Peredaran

MacBook Pro 2016 (Sumber: The BitBag)

Masalah baterai mudah terbakar pada perangkat elektronik bukan hal main-main. Bahkan, bisa jadi masalah tersebut sangatlah darurat.

Vendor teknologi terkemuka Apple bahkan memutuskan untuk menarik produk komputer jinjing MacBook Pro Retina Display seri 2015-nya gara-gara baterainya yang mudah terbakar.

Mengutip laman The Verge, Rabu (26/6/2019), Apple menyebut, MacBook Pro Retina Display bisa saja ditarik dari peredaran karena ada kemungkinan bisa menimbulkan kebakaran.

Selengkapnya baca di sini

3. Samsung Galaxy A90 Hadir dengan Snapdragon 855

Booth Samsung di gelaran Mobile World Congress 2018. (Liputan6.com/ Agustin Setyo W)

Beberapa waktu lalu, sempat tersiar kabar Samsung batal menggunakan nama Galaxy A90 untuk smartphone terbaru besutannya. Alih-alih menggunakan lini Galaxy A, smartphone ini disebut akan memakai nama baru, yakni Galaxy R.

Namun dari laporan terbaru, Samsung ternyata tetap menggunakan nama Galaxy A90. Dikutip dari GSM Arena, Rabu (26/6/2019), nama Galaxy R merupakan kode internal Samsung untuk smartphone dan bukan nama yang akan digunakan saat dipasarkan nanti.

Selain kepastian mengenai nama yang akan digunakan, informasi mengenai spesifikasi yang diusung smartphone ini juga terungkap. Dari laporan, Samsung diketahui tengah menyiapkan dua model Galaxy A90 dengan kode nama SM-A905 dan SM-A908.

Selengkapnya baca di sini

(Ysl/Isk)

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

1 komentar:

lady mia mengatakan...

KABAR BAIK!!!

Nama saya Lady Mia, saya ingin menggunakan media ini untuk mengingatkan semua pencari pinjaman agar sangat berhati-hati, karena ada penipuan di mana-mana, mereka akan mengirim dokumen perjanjian palsu kepada Anda dan mereka akan mengatakan tidak ada pembayaran di muka, tetapi mereka adalah penipu , karena mereka kemudian akan meminta pembayaran biaya lisensi dan biaya transfer, jadi berhati-hatilah terhadap Perusahaan Pinjaman yang curang itu.

Perusahaan pinjaman yang nyata dan sah, tidak akan menuntut pembayaran konstan dan mereka tidak akan menunda pemrosesan transfer pinjaman, jadi harap bijak.

Beberapa bulan yang lalu saya tegang secara finansial dan putus asa, saya telah ditipu oleh beberapa pemberi pinjaman online, saya hampir kehilangan harapan sampai Tuhan menggunakan teman saya yang merujuk saya ke pemberi pinjaman yang sangat andal bernama Ms. Cynthia, yang meminjamkan saya pinjaman tanpa jaminan sebesar Rp800,000,000 (800 juta) dalam waktu kurang dari 24 jam tanpa konstan pembayaran atau tekanan dan tingkat bunga hanya 2%.

Saya sangat terkejut ketika saya memeriksa saldo rekening bank saya dan menemukan bahwa jumlah yang saya terapkan dikirim langsung ke rekening bank saya tanpa penundaan.

Karena saya berjanji bahwa saya akan membagikan kabar baik jika dia membantu saya dengan pinjaman, sehingga orang bisa mendapatkan pinjaman dengan mudah tanpa stres atau penipuan

Jadi, jika Anda memerlukan pinjaman apa pun, silakan hubungi dia melalui email nyata: cynthiajohnsonloancompany@gmail.com dan atas karunia Allah, ia tidak akan pernah mengecewakan Anda dalam mendapatkan pinjaman jika Anda mematuhi perintahnya.

Anda juga dapat menghubungi saya di email saya: ladymia383@gmail.com dan Sety yang memperkenalkan dan memberi tahu saya tentang Ibu Cynthia, ini emailnya: arissetymin@gmail.com

Yang akan saya lakukan adalah mencoba untuk memenuhi pembayaran cicilan pinjaman saya yang akan saya kirim langsung ke rekening perusahaan setiap bulan.

Sepatah kata cukup untuk orang bijak.