Kamis, 06 Juni 2019

Liputan6 : RSS2 Feed

Liputan6 : RSS2 Feed


Libur Lebaran, Ganjil Genap di Jakarta Ditiadakan Sementara

Posted: 06 Jun 2019 09:45 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Pemerintah Provinsi (Pemprov) DKI Jakarta meniadakan sementara kebijakan ganjil genap selama libur Lebaran, tepatnya mulai dari 1-9 Juni 2019.

Pelaksana Tugas (Plt) Kepala Dinas Perhubungan (Dishub) DKI Jakarta, Sigit Widjatmoko mengatakan, kebijakan ganjil genap ini telah diatur dalam Peraturan Gubernur (Pergub) DKI Jakarta Nomor 155 Tahun 2018 tentang Pembatasan Lalu Lintas dengan Sistem Ganjil-Genap.

 "Di Pasal 3 ayat 3 Pergub ini telah disebutkan sistem ganjil genap tidak diberlakukan di hari tertentu seperti hari Sabtu, Minggu dan hari libur nasional," ujarnya, Minggu 2 Juni 2019.

Sigit melanjutkan, selain kebijakan ganjil genap, Pemprov DKI Jakarta juga meniadakan sementara Hari Bebas Kendaraan Bermotor (HBKB) pada 2 dan 9 Juni 2019. Pihaknya pun akan membuka Jalan MH Thamrin dan Jalan Sudirman yang menjadi lokasi HBKB.

"Masyarakat dapat beraktivitas di lokasi lain selain Jalan Sudirman dan Thamrin pada tanggal 2 dan 9 Juni 2019 dari pukul 06.00 hingga 11.00," tandasnya.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Monas Ramai, Pengunjung Diimbau Jaga Anak Agar Tak Terpisah

Posted: 06 Jun 2019 09:39 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Monumen Nasional atau Monas menjadi salah satu objek wisata yang dipilih oleh masyarakat untuk menikmati momen libur Idul Fitri.

Sejak dibuka kembali pada Lebaran kedua, terdata ada 90 ribu lebih pengunjung yang memadati lokasi tersebut.

"Pengunjung yg memasuki kawasan Monas sejumlah 90.028 orang," tutur Kepala Unit Pengelola Kawasan (UPK) Monas, Munjirin saat dikonfirmasi, Jumat (7/6/2019).

Menurut Munjirin, data itu dihitung per 6 Juni 2019 dari pukul 05.00 WIB sampai dengan 21.30 WIB.

"Dari sejumlah tersebut, pengunjung yang memasuki Tugu Monas sebanyak 13.849 orang," jelas dia.

Pihak Monas pun mengimbau agar pengunjung dapat bekerjasama menjaga kebersihan dengan membuang sampah pada tempatnya. Juga menjaga anak-anak dan keluarganya agar tidak terpisah.

"Jaga barang bawaan jangan sampai tertinggal atau hilang. Apabila kesehatan badan kurang enak dan kurang fit, datangilah posko kesehatan yang sudah disiapkan. Petugas kesehatan standby. Laporkan ke petugas keamanan Monas apabila ada kejadian-kejadian tertentu yang memerlukan bantuan," Munjirin menandaskan.

Lonjakan Pengunjung Monas

Air mancur yang dihiasi lampu saat di resmikan oleh Gubernur DKI Jakarta Djarot Saiful Hidayat di kawasan Monumen Nasional (Monas), Jakarta, Sabtu malam (12/8). (Liputan6.com/Johan Tallo)

Sebelumnya, Kamis malam kemarin lonjakan pengunjung Monas terjadi. Kepala Unit Pelaksana Teknis (UPT) Monas, Munjirin mengatakan, jumlah wisatawan bertambah 38.073 orang menjadi 62.684 wisatawan.

Padahal pukul 14.00 WIB Kamis, jumlah pengunjung Monas tercatat masih 24.611 orang.

"Di antara puluhan ribu orang yang datang, yang masuk ke Tugu Monas sebanyak 13.046 orang hingga pukul 19.00 WIB malam ini," kata Munjirin seperti dilansir Antara di Jakarta, Kamis.

Munjirin mengatakan sebagian besar pengunjung berdatangan pada malam hari ini karena ingin menyaksikan pertunjukan Air Mancur Menari yang ditampilkan pada dua sesi yakni 20.00 WIB dan 21.00 WIB.

"Kita akan gelar Air Mancur Menari. Kawasan wisata Monas akan kita buka hingga pukul 22.00 WIB," ujar Munjirin.

Saksikan video pilihan di bawah ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Jadwal Wakil Indonesia di Perempat Final Australia Terbuka 2019

Posted: 06 Jun 2019 09:35 PM PDT

Jakarta Ada tujuh wakil Indonesia akan turun bertanding di perempat final Australia Terbuka 2019, Jumat (7/6/2019) di Quaycentre, Sydney.

Tiga wakil dari nomor tunggal putra, yakni Anthony Sinisuka Ginting, Jonatan Christie, dan Tommy Sugiarto. Sayangnya, Anthony dan Tommy harus saling berhadapan pada babak delapan besar itu. 

Sementara, Jonatan akan menantang pebulutangkis veteran asal China, Lin Dan. 

Dua ganda campuran, Hafiz Faizal/Gloria Emanuelle Widjaja dan Praveen Jordan/Melati Daeva Oktavianti juga bakal memperebutkan tiket semifinal Australia Terbuka 2019.

Hafiz/Gloria akan menantang pasangan Hong Kong, Tang Chun Man/Tse Ying Suet. Sedangkan Praveen/Melati akan bertemu pasangan Malaysia, Chan Peng Soon/Goh Liu Ying.

Satu-satunya wakil di sektor ganda putra, Mohammad Ahsan/Hendra Setiawan, bakal berhadapan dengan pasangan Korea Selatan, Ko Sung Hyun/Shin Baek Cheol.

Sementara itu, ganda putri Greysia Polii/Apriyani Rahayu akan bertemu unggulan pertama asal Jepang, Mayu Matsumoto/Wakana Nagahara.

Berikut jadwal pertandingan Australia Terbuka 2019:

Jadwal Pertandingan

Tunggal putra Indonesia, Anthony Sinisuka Ginting. (PBSI)

Tunggal Putra

Anthony Sinisuka Ginting vs Tommy Sugiarto 14.00 WIB

Jonatan Christie vs Lin Dan (China) pukul 14.00 WIB

 

Ganda Putra 

Mohammad Ahsan/Hendra Setiawan vs Ko Sung Hyun/Shin Baek Cheol (Korea Selatan) pukul 14.00 WIB

 

Ganda Putri

Greysia Polii/Apriyani Rahayu vs Mayu Matsumoto/Wakana Nagahara (Jepang) setelah pukul 12.00 WIB

 

Ganda Campuran 

Hafiz Faizal/Gloria Emanuelle Widjaja vs Tang Chun Man/Tse Ying Suet (Hong Kong) setelah pukul 14.00 WIB

Praveen Jordan/Melati Daeva Oktavianti vs Chan Peng Soon/Goh Liu Ying (Malaysia) setelah pukul 12.00 WIB

 Sumber Bola.com

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

FOTO: Diner En Blanc, Makan Malam Putih Romantis di Paris

Posted: 06 Jun 2019 09:31 PM PDT

Para peserta dalam balutan serba putih  berkumpul untuk Dinner en Blanc atau

Para peserta dalam balutan serba putih berkumpul untuk Dinner en Blanc atau

Peserta dalam balutan serba putih  bersulang sampanye saat Dinner en Blanc atau

Peserta dalam balutan serba putih bersulang sampanye saat Dinner en Blanc atau

Para peserta dalam balutan serba putih  berkumpul untuk Dinner en Blanc atau

Para peserta dalam balutan serba putih berkumpul untuk Dinner en Blanc atau

Para peserta dalam balutan serba putih  berkumpul untuk Dinner en Blanc atau

Para peserta dalam balutan serba putih berkumpul untuk Dinner en Blanc atau

Peserta dalam balutan serba putih  berkumpul untuk Dinner en Blanc atau

Peserta dalam balutan serba putih berkumpul untuk Dinner en Blanc atau

Peserta dalam balutan serba putih  berkumpul untuk Dinner en Blanc atau

Peserta dalam balutan serba putih berkumpul untuk Dinner en Blanc atau

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

7 Sayur dan Buah Ini Bisa Bantu Mencegah Kanker, Wajib Dimakan

Posted: 06 Jun 2019 09:30 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Setiap orang pasti ingin mendapatkan kondisi tubuh yang selalu sehat, jauh dari penyakit. Berbagai macam cara dilakukan untuk memperoleh atau mendapatkan kondisi sehat itu. Salah satu yang sudah tak asing lagi dilakukan oleh orang-orang adalah dengan mengonsumsi sayur dan buah.

Ya, makan sayur dan buah secara teratur merupakan salah satu yang baik untuk menjaga kesehatan. Sayur dan buah mengandung banyak vitamin dan mineral yang bisa membantu tubuh bekerja secara optimal. Kandungan senyawa tertentu di dalam sayur dan buah memiliki fungsi untuk mencegah penyakit tertentu.

Namun, kamu perlu lebih teliti lagi untuk memilih beberapa jenis sayur dan buah. Ternyata, beberapa jenis sayur dan buah terkadang ada yang memiliki kandungan gula dan tepung yang tinggi dan justru berpotensi mengganggu kesehatan.

Oleh karena itu, agar kamu tak salah dalam mengonsumsi sayur dan buah, berikut ini Liputan6.com, Jumat (7/6/2019) telah merangkum dari Reader's Digest tentang beberapa sayur dan buah yang wajib dimakan. Sayur dan buah berikut ini memiliki nutrisi yang benar-benar dibutuhkan oleh tubuh kamu.

Brokoli, Kubis, dan Kale

Brokoli, Kubis, dan Kale / Sumber: iStockphoto

Brokoli

Brokoli mengandung zat fitronutrien yang mampu mencegah pertumbuhan sel kanker di dalam tubuh. Selain itu, ada juga zat sulforaphane yang mampu menurunkan risiko pertumbuhan sel kanker payudara hingga 75 persen. Kandungan dalam brokoli juga efektif untuk mencegah terjadinya kanker prostat dan kanker usus, di samping mengurangi pertumbuhan tumor.

Kubis

Kubis merupakan salah satu sayuran yang bisa menyumbang bahan bakar untuk tubuh kamu. Di mana berguna untuk mempertahankan diri terhadap kanker tertentu. Ahli gizi juga memilih untuk mengonsumsi sayuran hijau ini setiap hari untuk mempertahankan berat badan mereka.

Agar lebih bersemangat mengonsumsi kubis ini, kamu bisa menambahkannya ke dalam menu masakan favorit kmau seperti salad bahkan smoothie untuk mendapatkan manfaat yang berlebih.

Kale

Penelitian terhadap makanan yang digadang-gadang bisa mencegah kanker masih sangat terbatas dan lebih menunjukkan ke arah dampak positif secara tidak langsung. Maksudnya adalah makanan pencegah kanker ini dimaksudkan untuk menjaga kesehatan tubuh secara umum.

Hal ini dikarenakan kanker merupakan penyakit yang kompleks. Dimana faktor penyebabnya sangatlah banyak. Alangkah baiknya kamu tetap mengatur pola makan dan tetap konsultasikan ke dokter jika terdapat gangguan di dalam tubuh.

Kacang Polong dan Ubi Jalar

Kacang Polong / Sumber: iStockphoto

Ubi Jalar

Ubi jalar merupakan salah satu sumber serat dan beta-karoten yang sangat baik. Ubi jalar juga mengandung karbohidrat serta memiliki antioksidan yang berperan untuk mencegah sel kanker. Ubi jalar juga termasuk kedalam salah satu pola makan untuk mencegah penyakit kanker.

Kacang Polong

Siapa sangka, ternyata kacang polong memiliki kandungan nutrisi yang sangat melimpah diluar dugaanmu. Di dalam kacang polong terkadnung phytochemical, yang dapat membantu mengurangi risiko kanker.

Oleh karena itu, kacang polong bisa dimasukkan ke dalam menu dietmu. Selain penyajiannya yang cepat dan murah, kandungan nutrisinya juga sangat melimpah. Kamu bisa menambahkan kacang polong ke menu makanan favoritmu seperti sup, pasta, atau bahkan salad.

Anggur dan Semangka

Anggur dan Semangka / Sumber: iStockphoto

Anggur

Anggur dijuluki sebagai ratunya dari buah-buahan, karena anggur merupakan salah satu buah pencegah kanker. Anggur mengandung resveratrol yang merupakan zat antioksidan. Dimana zat ini memiliki peran yang sangat penting untuk melawan radikal bebas yang menjadi cikal bakal berkembangnya sel kanker di dalam tubuh.

Semangka

Di dalam buah semangka terdapat banyak sekali kandungan vitamin A dan vitamin C. Selain itu, semangka juga memiliki lebih banyak kandungan likopen di setiap per sajinya daripada tomat.Wajib banget konsumsi buah ini.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Pakai Busana Pemakaman, Cara Debt Collector Tagih Utang Ini Jadi Sorotan

Posted: 06 Jun 2019 09:30 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Berbicara tentang debt collector, bayangan Anda mungkin hampir selalu tentang sosok menyeramkan yang melakukan pendekatan tertentu agar utang terbayar. Tapi, ada satu pemandangan tak biasa yang diperlihatkan seorang debt collector asal Singapura.

Di sebuah video yang beredar di media sosial, terlihat lelaki tersebut meminta pelunasan utang dengan cara berbeda. Melansir dari Sin Chew Daily, Jumat (7/6/2019), lelaki tersebut kedapatan memakai busana pemakaman orang Tionghoa.

Mengenakan pakaian tak bisa itu, ia terlihat berlutut di depan kantor sang peminjam uang sembari memohon orang tersebut membayar utang. Tak heran jika video ini langsung jadi topik hangat perbincangan warga dunia maya.

Permintaan pelunasan ini bahkan dihiasi adegan di mana sang debt collector menyanyikan lagu pemakanan orang-orang Tionghoa. "Tolong, tolong, saya mohon pada Anda. Tolong bayar," tuturnya di antara elegi yang terlantun. "Sini, sini, jangan terlibat bisnis dengan perusahaan ini," ia menambahkan.

Si debt collector juga secara sarkastik meminta pekerja toko tidak mengambil foto dirinya. Kendati aksi ini sudah menarik perhatian warga sekitar, orang yang ditagih utangnya tak juga muncul menemui lelaki 59 tahun tersebut.

Cerita di Balik Penagihan Utang

Debt collector pakai busana pemakaman ketika menagih utang. (dok. screenshot video Zaobao)

Dalam sebuah wawancara dengan Zaobao yang dilansir dari Says, sang debt collector mengatakan, seorang klien meminta jasanya sekitar dua minggu lalu.

Ia mengklaim bahwa perusahaan tersebut berutang 170 ribu dolar Singapura atau setara Rp 1,8 miliar pada kliennya sejak dua atau tiga tahun lalu. Tidak ada upaya pembayaran membuat kliennya menyewa jasa debt collector.

Ia mengatakan, ide untuk datang memakai busana pemakaman datang ketika ia sudah kehabisan cara agar perusahaan tersebut membayar utang. Disebutkan bahwa perusahaan tersebut bahkan menyangkal telah berutang dan tengah mempertimbangkan mengambil langkah legal untuk mengatasi masalah ini. 

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Menhub Minta Operator Pelabuhan Konsisten Cek Kelaikan Kapal

Posted: 06 Jun 2019 09:30 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Menteri Perhubungan (Menhub), Budi Karya Sumadi meminta operator pelabuhan agar konsisten menjalankan prosedur pengecekan sebelum kapal diizinkan berlayar.

Hal tersebut penting untuk memastikan keselamatan dan kenyamanan penumpang.

"Hari ini saya memang memastikan agar semua manajemen dna pengelolaan dari pelabuhan Kali Adem ini berlangsung dengan baik. Sebenarnya berlangsung dengan baik itu sederhana yang penting kita konsisten. Konsistennya saya cek tadi satu apakah ada manifes. Yang tadi saya cek itu tadi ada (manifes)," kata dia, dalam kunjungan ke Pelabuhan Kali Adem, Jakarta Utara, Jumat (7/6/2019).

Setelah mengecek manifest, operator pelabuhan juga mesti selalu mengecek kondisi kapal. Dengan demikian, kapal yang berlayar benar-benar dalam kondisi laik jalan.

"Nah prosedur ini adalah prosedur baku. Saya minta pada kepala pelabuhan. Semua petugas petugas ini melajukan proses yang namanya membuat manifest dan mengecek di kapak apakah benar," tegas dia.

"Ada manifest tapi tidak dicek di kapal juga salah. Nah ini yang sering terjadi jadi bisa saja jumlahnya bertambah namanya lain kemudian yang menyulitkan kita apabila terjadi hal hal yang kita tak inginkan," imbuhnya.

Oleh karena itu, dia meminta kepada segenap petugas pelabuhan untuk menjalankan pengecekan tadi dari awal hingga kapal diberangkatkan.

"Saya memastikan tidak boleh ada kapal yang melebihi kapasitas. tidak boleh ada penumpang yang berangkat tanpa masuk manifest," ujar dia.

Dia pun meminta agar operator pelabuhan tak sungkan menyampaikan jika terjadi kekurangan armada. Hal tersebut tidak bisa jadi alasan untuk mengangkut penumpang melebihi kapasitas.

"Kalau terjadi kekurangan kita akan datangkan kapal dari tempat yang lain. Kami dengar sehari ini di sini hanya 400 (penumpang) kemarin 3.000 hari ini 5000. Lebih dari 10 kali lipat," ungkapnya.

"Saya lihat mereka dapat semacam ramp check. Pada kapal-kapal yang dicurigai sudah tidak baik harus dilakukan suatu cek dan kalau ternyata tidak laik ya nggak boleh bernagkat," tandasnya.

 

Reporter: Wilfridus Setu Embu

Sumber: Merdeka.com

 

Budi Karya Sambangi Pelabuhan Kali Adem

Menteri Perhubungan, Budi Karya Sumadi cek arus penyeberangan dari pelabuhan Kali Adem, Muara Angke, Jakarta Utara. (Foto: Merdeka.com/Wilfridus S)

Sebelumnya, Menteri Perhubungan, Budi Karya Sumadi mengecek arus penyeberangan dari pelabuhan Kali Adem, Muara Angke, Jakarta Utara. Budi yang tiba di lokasi sekitar pukul 07.15 langsung mengecek ke pelabuhan.

Di sela-sela kunjungan, Budi bahkan langsung turun tangan mengecek kelaikan kapal untuk melakukan penyeberangan. Salah satu yang dia periksa adalah manifes kapal.

"Manifes (kapal) kamu ada enggak? Yang kemarin ada enggak," kata dia, kepada salah seorang awak kapal di pelabuhan Kali Adem, Jumat, 7 Juni 2019. 

Berbagai kelengkapan perjalanan pun dia periksa. Dari dokumen kapal hingga SPB (Surat Persetujuan Berlayar) tidak luput dari perhatian Mantan Dirut Angkasa Pura II ini. Sertifikat nahkoda pun diperiksa oleh dia.

"Dokumen kapal mana? Jadi kapal sudah mau berangkat saya lihat. Surat kapal kamu mana," ujarnya.

Pantauan Merdeka.com, pelabuhan kali Kali Adem memang dipadati penumpang maupun penumpang. Kepadatan tersebut, kata Budi menjadi perhatian serius pemerintah.

"Saya lihat penumpang luar biasa banyak. Kita lakukan ramp check. Kita juga mau memastikan manifes. Kapal kan punya jumlah penumpang maksimal. Itu kami kontrol," tandasnya.

Menhub Sebut Mudik Lebaran 2019 Berjalan Lancar

Menhub Budi Karya Sumadi dan Menkes Nilla Moeloek meninjau persiapan mudik di Bandara Internasional Soekarno Hatta, Kota Tangerang, Minggu (26/5/2019).  Liputan6.com/Pramita

Sebelumnya, penyelenggaraan arus mudik 2019 bisa dikatakan berjalan lebih lancar dibandingkan tahun sebelumnya.

Ini menunjukkan pembangunan infrastruktur yang menghubungkan kota ke kota baik di Jawa maupun Sumatera dan penyiapan strategi-strategi berhasil mengurai kemacetan.

"Tahun 2019 merupakan suatu pembuktikan bahwa pembangunan infrastruktur sangat berguna bagi masyarakat dari kota ke kota. Terbukti perjalanan mudik tahun ini dari Jakarta ke Semarang enam jam, Jakarta ke Solo 8 jam, Jakarta ke Surabaya kurang dari 10 jam. Hal yang sangat menggembirakan terutama bagi pemudik. Masyarakat puas karena mudik tahun ini lancar," tutur Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi, seperti dikutip dari laman Antara, Rabu 5 Juni 2019.

Tidak hanya melalui segi infrastruktur, keberhasilan penyelenggaraan mudik 2019 juga merupakan kerja sama yang baik antarpemangku kepentingan.

"Saya mengapresiasi kerja sama pemerintah pusat dengan Polri, pemda yang turut membantu kelancaran mudik. Mereka bekerja dengan baik seperti tidak terjadi kemacetan di pasar tumpah, bahkan wilayah yang biasanya macet, kemarin ini lancar.

Dalam kesempatan itu, Budi juga mengimbau pemudik untuk kembali ke Jakarta pada 6-7 Juni 2019.

"Puncak arus balik diprediksi pada 8 dan 9 Juni, karenanya saya menganjurkan para pemudik untuk kembali ke Jakarta pada 6 atau 7 Juni," tutur dia.

Mengenai angka kecelakaan, Budi menuturkan, kecelakaan lalu lintas turun sekitar 60 persen pada arus mudik 2019. Angka ini cukup menggembirakan, mengingat aspek keselamatan dapat ditingkatkan dalam perjalanan mudik 2019.

"Ada suatu data yang signifikan, yaitu angka kecelakaan menurun drastis mencapai 60 persen dibandingkan tahun lalu. Artinya isu-isu yang telah kita upayakan agar mudik berjalan lancar dan keamanan itu berhasil," ujar dia.

 

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Gal Gadot Pakai Kostum Emas untuk Wonder Woman 1984

Posted: 06 Jun 2019 09:30 PM PDT

Liputan6.com, Los Angeles - Film Wonder Woman 1984 yang sudah melalui tahap produksi, akhirnya memberikan sedikit gambaran kepada fans. Sutradara Patty Jenkins membeberkan penampilan perdana Gal Gadot sebagai sang Putri Amazon.

Melalui Twitter, Kamis (6/6/2019), Patty Jenkins memperlihatkan penampilan terbaru Gal Gadot sebagai Wonder Woman dalam format poster. Tampak jelas sang pahlawan wanita bakal terlihat memiliki kostum baru.

Menurut Heroic Hollywood, dalam poster itu Gal Gadot mengenakan new kostum baru Wonder Woman yang terinspirasi dari komik lawasnya, yakni baju besi emas untuk pertempuran seremonial.

Foto perdana Gal Gadot dalam Wonder Woman 1984 ini diunggah setelah Warner Bros. menyatakan tak akan hadir di Hall H Comic-Con tahun ini.

Tayang Tahun Depan

Gal Gadot dalam Wonder Woman 1984. (Warner Bros)

Sayangnya, hingga kini masih belum diketahui seperti apa rincian cerita Wonder Woman 1984. Namun secara garis besar, film ini akan mengangkat tema konflik negara Barat dengan Uni Soviet di era 1980-an. Karakter jahat baru bernama Cheetah akan diperkenalkan.

Wonder Woman 1984 akan kembali menampilkan Gal Gadot, Chris Pine, serta beberapa aktor top lain seperti Kristen Wigg, Pedro Pascal, Natasha Rothwell, Ravi Patel, Gabriella Wilde, Connie Nielson, dan Robin Wright. Film ini bakal tayang pada Juni 2020.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Musikus Dr. John Meninggal Dunia

Posted: 06 Jun 2019 09:20 PM PDT

Liputan6.com, Los Angeles - Musikus Dr. John, mengembuskan napas terakhirnya pada Kamis (6/6/2019). Ia meninggal akibat serangan jantung.

Hal itu diumumkan keluarga Dr. John melalui akun Twitter resminya.

"Menjelang istirahat 6 Juni, legenda musik ikon Malcolm John Rebennack, Jr, yang dikenal sebagai Dr. John, meninggal karena serangan jantung. Keluarga berterima kasih kepada semua yang berbagi perjalanan musikalnya yang unik & meminta privasi saat ini. Pengaturan peringatan akan diumumkan pada waktunya," cuitnya.

Musikus asal New Orleans, yang terlahir bernama lengkap Malcom John Rebennack ini tak memiliki satu jenis aliran musik saja. Dr. John mengombinasikan blues, pop, jazz, boogie woogie serta rock and roll, dilansir Reuters.

 

Peraih 6 Grammy

Dr. John (Foto: Twitter/@akadrjohn)

Dr. John merupakan musikus yang meraih enam penghargaan Grammy. Pria yang dikenal lewar lagu "Night Tripper" meninggal dunia di usia 77 tahun.

Dr. John aktif bermusik sejak akhir 1950-an dan sudah merekam sekitar 5 album. Tiga di antaranya memenangi Grammy yaitu Goin Back to New Orleans, sebagai album tradisi terbaik pada 1992.

City That Care Forgot, yang menceritakan tentang badai Katrina, serta album 2013 bertajuk Locked Down mengenai pengalamannya di penjara, narkoba, dan usaha memperbaiki hubungan dengan anak-anaknya.

 

Rock and Roll Hall of Fame

Selain itu, duetnya dengan Ricky Lee Jones, "Makin Whoopee" pada 1989 juga berhasil membuatnya membawa pulang piala Grammy. Begitu juga kontribusinya dalam lagu "SRV Shuffle" 1996, dan "Is You Is or Is You Ain't (My Baby)" pada 2000.

Berkat kemampuannya bermusik, Dr. John masuk dalam Rock and Roll Hall of Fame pada 2011 silam. (Antaranews.com)

 

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Prediksi Thailand U-22 Vs Timnas Indonesia U-23: Menguji Nama-Nama Baru

Posted: 06 Jun 2019 09:20 PM PDT

Jakarta Timnas Indonesia U-23 akan berjumpa Thailand U-22 pada laga perdanaMerlion Cup 2019. Pertandingan itu bakal dilangsungkan di Stadion Jalan Besar, Singapura, Jumat (7/6/2019).

Pelatih Timnas Indonesia U-23, Indra Sjafri, membawa 22 pemain untuk Merlion Cup. Tidak ada nama Osvaldo Haay yang dipulangkan ke Persebaya Surabaya. 

"Tim sudah siap menghadapi Thailand U-22. Kami menjalani satu kali latihan di Singapura dan telah memelajari kekuatan Thailand. Apalagi, kami suda dua kali bertemu pada tahun ini," ujar Indra Sjafri.

Pada Merlion Cup, Indra Sjafri akan menguji pemain baru, yakni Nadeo Agra Winata (Borneo FC), Dandi Maulana (Barito Putera), Muhammad Rifad Marasabessy (Tira Persikabo), Rizky Dwi Febrianto (Kalteng Putra), Hambali Tolib (Persela Lamongan), dan Feby Eka Putra (Persija Jakarta).

Tim Garuda Muda juga akan mencoba tiga striker baru, yakni Yakob Sayuri (Barito Putera), Rafli Mursalim (Mitra Kukar), Septian Satria Bagaskara (Persik Kediri), dan M. Rafli (Arema FC).

"Skuat yang kami bawa di Merlion Cup banyak pemain baru. Tujuannya adalah untuk menggali potensi pemain baru," kata Indra.

Timnas Indonesia U-23 tidak mencari gelar di Merlion Cup. Bidikan utama ialah mengevaluasi tim sebelum SEA Games 2019 di Filipina.

"Ajang ini sangat bagus untuk melihat sejauh mana perkembangan pemain dan periodesasi menuju SEA Games 2019," imbuh Indra Sjafri.

Laga Timnas Indonesia U-23 kontra Thailand di Merlion Cup 2019 akan ditayangkan Indosiar dan live streaming di Vidio.

Thailand U-22 Yakin

Duel Timnas Thailand U-23 kontra Timnas Indonesia U-23  di laga pembuka Grup K Kualifikasi Piala AFC U-23 2020 di Stadion My Dinh, Hanoi, Jumat (22/3/2019). (Bola.com/Dok. AFC)

Pelatih Thailand U-22, Alexandre Gama tak ingin meremehkan Timnas Indonesia U-23. Pada dua pertandingan sebelumnya, kedua negara saling mengalahkan.

"Thailand U-22 memiliki banyak pemain baru, seperti Indonesia. Laga antara Thailand dan Indonesia merupakan ketiga kalinya. Tentu akan berbeda dari sebelumnya," imbuh Alexandre Gama.

"Saya percaya akan jadi laga yang menarik, seperti dua pertandingan terakhir. Tapi ini laga lain dan harus menunggu hasilnya dan melihat akhirnya nanti," tutur Alexandre Gama.

Prakiraan Pemain

Pemain Timnas Indonesia U-23, Bagas Adi, latihan terpisah karena pemulihan cedera di Stadion Madya, Jakarta, Rabu (13/3). Latihan ini merupakan persiapan jelang Kualifikasi Piala AFC U-23. (Bola.com/Vitalis Yogi Trisna)

Thailand U-22 (3-5-2): Korraphat Nareechan (k); Chatchai Saengdao, Sakunchai Saeongthopho, Saringkan Promsupa (b); Sampan Kesi, Tanpisit Khukhalarno, Patcharapol Intanee, Sakunchai Saeongthopho, Kritsada Nontharat (t); Jedsadakorn Kowngam, Jargensak Wonggorn (d)

Pelatih: Alexandre Da Gama Lima

Timnas Indonesia U-23 (4-2-3-1): Nadeo Agrawinata (k); Asnawi Mangkualam. Andy Setyo, Bagas Adi Nugroho, Rizky Dwi Febrianto (b); Muhammad Luthfi Kamal, Hanif Sjahbandi; Witan Sulaeman, Gian Zola, Feby Eka Putra (t); Septian Bagaskara (d)

Pelatih: Indra Sjafri

Sumber Bola.com

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Polisi Tangkap 2 Pemeras Sopir Bus di Jalur Mudik Garut

Posted: 06 Jun 2019 09:09 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Polisi menangkap dua pemuda yang dilaporkan telah melakukan pemerasan dengan ancaman senjata tajam kepada para pengemudi bus di jalur mudik atau jalur selatan Jawa Barat lintas Malangbong, Kabupaten Garut, Kamis (6/6/2019) malam.

"Kedua orang pembawa senjata tajam dibawa dan diamankan ke Mapolsek Malangbong untuk pemeriksaan," kata Kepala Polsek Malangbong Iptu Abusono di Garut, seperti dikutip dari Antara, Jumat (7/6/2019).

Ia menuturkan, kedua tersangka yang ditangkap yakni inisial DP (21) warga Selawi, Garut, dan RS Milah (21) warga Desa Sukaratu, Kecamatan Malangbong. Mereka ditangkap karena membawa senjata tajam berupa celurit dan pisau dapur yang digunakan untuk memeras.

Kejahatan itu, kata dia, terungkap setelah adanya laporan dari warga kepada anggota Polsek Malangbong Brigadir Dani Nuroni, kemudian dilaporkan ke Kapolsek sebelum akhirnya dilakukan penangkapan.

Kedua pemuda bertato itu, kata dia, memalak sopir bus sambil mengancam menggunakan senjata tajam sehingga membuat resah masyarakat terutama para pengguna jalan yang melewati jalur itu.

"Dua orang laki-laki yang memberhentikan kendaraan angkutan umum bus secara paksa dengan membawa senjata tajam berupa celurit dan pisau di Jalan Raya Malangbong Tasikmalaya," katanya.

Akibat perbuatannya itu, kedua pemuda terpaksa harus menjalani proses hukum lebih lanjut untuk mempertanggungjawabkan perbuatannya.

Saksikan video pilihan di bawah ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

VIDEO: Deretan Seleb yang Akan Menikah Usai Lebaran

Posted: 06 Jun 2019 09:06 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Usai lebaran dianggap jadi momen yang pas untuk selenggarakan pernikahan. Beberapa seleb ini dikabarkan akan menikah setelah lebaran 2019. 

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Tottenham Batal Jual Eriksen ke Real Madrid

Posted: 06 Jun 2019 09:00 PM PDT

Jakarta - Masa depan Christian Eriksen di skuat Tottenham Hotspur memasuki babak baru. Menurut media Spanyol, El Confidencial, Tottenham batal melepas Eriksen ke Real Madrid. Tim asal London Utara itu bahkan rela melepas Eriksen cuma-cuma pada akhir musim depan. 

Pemain 27 tahun tersebut merupakan salah satu target utama Los Blancos pada bursa transfer musim panas tahun ini. Real Madrid butuh pemain seperti Eriksen demi meningkatkan kreativitas di lini tengah.

Selain itu, dia juga bakal menjadi penerus Luka Modric yang telah berumur. Saat ini, Modric telah memasuki usia 33 tahun.

Kans Los Blancos mendapatkan tanda tangan si pemain terbilang besar. Pasalnya, Christian Eriksen tertarik untuk berseragam Real Madrid. Selain itu, dia juga masih menunda pembahasan kontrak yang berakhir pada 30 Juni 2020.

Meski begitu, Tottenham Hotspur akan tetap mempertahankan Eriksen. Bahkan, jika pemain 27 tahun itu menolak menandatangani kontrak baru.

Seperti dilansir El Confidencial, Chairman Tottenham, Daniel Levy, telah melakukan pertemuan dengan perwakilan Presiden Real Madrid, Florentino Perez, di Balai Kota Madrid, Jumat (31/5/2019).

Pertemuan itu untuk memastikan jika Christian Eriksen tidak akan dijual. Sebelumnya, Levy juga pernah bertemu dengan sang perwakilan untuk membahas transfer Luka Modric dan Gareth Bale dari Spurs ke Real Madrid.

Sumber: Sportsmole/Bola.com

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Video Tentang Apa yang Tak Boleh Dilakukan ala Debri Sumule Ini Sukses Bikin Emosi

Posted: 06 Jun 2019 09:00 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Untuk kamu yang hobi bermain media sosial khususnya instagram, tentu sudah tak asing lagi dengan nama selebgram muda Debri Sumule.

Tingkahnya yang nyeleneh selalu sukses membuat warganet geram sekaligus ngakak. Debri Sumule memang terkenal akan inovasi nyelenehnya. Walau sejujurnya, inovasi ala Debri Sumule ini bukannya memudahkan tetapi justru sebaliknya.

Lain dari video Debri biasanya, kali ini Debri bukanlah membuat sebuah inovasi nyeleneh, melainkan menampilkan hal-hal yang dilarang untuk dilakukan.  Bukanlah Debri jika tidak sukses membuat emosi, hal yang tak boleh dilakukan Debri ini sukses buat naik darah. 

Penasaran kan kenapa bisa naik darah? Berikut video tak boleh dilakukan ala Debri Sumule ini sukses bikin emosi yang Liputan6.com rangkum dari akun Instagram @debrisumule, Jumat (7/6/2019).

Siap-siap Emosi ya!

Debri Sumule ini menampilkan hal-hal yang tak boleh kamu lakukan, seperti sikat WC untuk sikat gigi, mencatok lidah dan lain sebagainya. Hal yang tak boleh dilakukan Debri ini tanpa kamu menontonnya pun sebenarnya sudah tahu, bahwa hal tersebut tentu saja tak boleh dilakukan. Yuk simak video lengkapnya!

 

View this post on Instagram

GABOLEH 🤭👆🏼

A post shared by Deb (@debrisumule) on

Sukses Bikin Emosi Netizen

Diunggah tanggal  22 April lalu, kolom komentar @debrisumule tentu saja ditanggapi berbagai opini. Terlebih lagi video tersebut telah ditonton sebanyak 1 juta views. Beberapa orang pun sukses emosi dan merasa kesal setelah menontonnnya. 

"Ngeselin amat si" ujar iqbal_hoziq

"Bodohnya kok gw nntn sampe selesai" ungkap rakasefriansyah

"Yaelah ngapain sih hahahaha" tambah  mardafhzr

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Lebaran Tanpa Ani Yudhoyono, Annisa Pohan Minta Doakan SBY

Posted: 06 Jun 2019 09:00 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Ini kali pertama Susilo Bambang Yudhoyono alias SBY, beserta keluarga merayakan Lebaran, tanpa adanya Ani Yudhoyono. Ani mengembuskan napas terakhir pada 1 Juni 2019 lalu setelah berjuang melawan kanker darah yang dideritanya.

Annisa Pohan, menantu Ani Yudhoyono, mengungkapkan Lebaran tahun ini sangat berbeda dengan tahun lalu. Lantaran, tak ada mertua perempuan bersama mereka.

Meski tanpa Ani Yudhoyono, SBY bersama keluarga melakukan foto bersama dengan memakai seragam batik untuk laki-laki, dan kebaya untuk perempuan.

Foto kebersamaan ini diunggah Annisa Pohan di akun Instagramnya, Kamis (6/6/2019).

 

Tetap Tersenyum

Ani Yudhoyono (Foto: Instagram/@annisayudhoyono)

Diakui Annisa Pohan, dalam sesi foto kali ini mereka berusaha untuk memberikan wajah terbaiknya dengan senyuman.

"Foto lebaran tahun ini (foto 1), sangat berbeda tanpa adanya Memo sprt tahun lalu (foto 2). Tapi kami berusaha tersenyum di foto ini demi Memo tersayang," tulis Annisa Pohan, sebagai keterangan foto.

 

Doakan SBY

Annisa Pohan juga mendoakan mertua laki-lakinya untuk bisa melanjutkan hidupnya tanpa sang istri di sisinya.

"Mohon doanya agar kami sekeluarga khususnya Pepo diberikan kekuatan dan ketabahan menjalankan hari-hari ke depan tanpa Memo..#SelamatJalanIbuAni," sambungnya.

SBY - Ani Yudhoyono (Sumber: Instagram/aniyudhoyono)

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Detik-Detik Dua Remaja Terseret Arus Pantai Pangandaran

Posted: 06 Jun 2019 09:00 PM PDT

Liputan6.com, Bandung - Anggota Satuan Polisi Perairan (Polair) Kepolisian Resor Ciamis bersama anggota Badan Penyelamat Wisata Tirta (Balawista) Kabupaten Pangandaran melaksanakan pencarian dan pertolongan dua remaja. Keduanya terseret arus di depan pos 5 pantai barat, Kamis (6/6/2019).

Kedua korban yang sedang berlibur Lebaran tersebut berhasil diselamatkan. Dua remaja itu, Iqbal bin Ivan (15) warga asal Pangalengan, dan Ahmad bin Budi juga berumur 15 tahun.

Kepala Bidang Humas Polda Jawa Barat, Komisaris Besar Trunoyudo Wisnu Andiko membenarkan kejadian yang terjadi pada siang hari tersebut.

Kata Trunoyudo, saksi yang mengetahui peristiwa orang terseret arus yakni anggota Satuan Polair Polres Ciamis, Julio Abdul Syukur.

"Ketika korban sedang berenang bersama kedua temannya di area yang sudah dinyatakan dilarang berenang, kemudian selang waktu lima menit korban terbawa ke tengah dan terseret arus bersama temannya, setelah itu korban berusaha menyelamatkan diri tetapi tidak berhasil," kata Trunoyudo.

Kemudian anggota Sat Polair Polres beserta Balawista yang melihat kejadian tersebut langsung melaksanakan pencarian dan pertolongan.

"Korban berhasil diselamatkan dan langsung diberi pertolongan pertama. Selanjutnya kedua korban terseret arus itu di serahkan kepada keluarganya," kata Trunoyudo.

Saksikan video pilihan berikut ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Top 3 Tekno: Deretan Smartphone Pilihan Rp 3 Jutaan Paling Diburu

Posted: 06 Jun 2019 09:00 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Lima smartphone pilihan Rp 3 jutaan paling diburu para pembaca di kanal Tekno Liputan6.com, Kamis (6/6/2019) kemarin.

Berita lain yang juga populer datang dari bos Redmi yang umbar rencana Xiaomi terkait strategi perusahaan yang ingin mendominasi pasar smartphone global.

Lebih lengkapnya, simak tiga berita terpopuler di kanal Tekno Liputan6.com berikut ini.

1. Masih Ada Sisa THR? Yuk, Cek 5 Smartphone Pilihan Rp 3 Jutaan Berikut

Usai Hari Raya Idul Fitri, sebagian dari kamu mungkin masih menyisihkan uang untuk keperluan lain. Salah satunya adalah membeli smartphone baru.

Nah, bagi kamu yang berencana untuk membeli smartphone baru usai Hari Raya Idul Fitri, Tekno Liputan6.com akan merekomendasikan lima smartphone pilihan Rp 3 jutaan yang ada di pasaran saat ini.

Kategori harga ini dipilih karena memang diisi oleh sejumlah vendor smartphone kenamaan. Selain itu, di kisaran Rp 3 jutaan saat ini, dihuni dengan smartphone yang terbilang mumpuni.

Baca selengkapnya di sini 

2. Bos Redmi Umbar Rencana Xiaomi Dominasi Pasar Smartphone

Pasar internasional menjadi semakin penting bagi Xiaomi. CEO sub-brand Xiaomi, Redmi, Lu Weibing, pun tidak menampik hal tersebut, dan secara terbuka membicarakan rencana perusahaan untuk menguasai pasar dunia.

Dikutip dari Phone Arena, Kamis (6/6/2019), Weibing mengatakan kombinasi Xiaomi dan Redmi di India telah memimpin pasar smartphone selama tujuh kuartal terakhir.

Keduanya kini unggul 10 persen dari Samsung yang berada di posisi kedua. Xiaomi pun memiliki ambisi yang lebih besar.

Baca selengkapnya di sini 

 

3. Sony Naikkan Harga Langganan PlayStation Plus, Indonesia?

Sony siap merambah pasar mobile dengan ForwardWorks. (Fortune)

Jelang acara E3 2019 yang bakal digelar mulai pada 12 Juni hingga 14 Juni, Sony mengumumkan kabar yang mengejutkan bagi pemilik konsol PS4.

Pelanggan PlayStation Plus (PS Plus) di berbagai negara, termasuk di Indonesia baru saja menerima email yang mengonfirmasi, PS Plus bakal naik harga.

Kapan layanan PS Plus naik dan berapa nominalnya? Dikutip dari keterangan resminya, Kamis (6/6/2019), harga langganan PlayStation Plus akan mulai naik per 1 Agustus 2019.

Baca selengkapnya di sini 

(Isk/Ysl)

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Ayah Milenial Tak Malu Mengurus Anak

Posted: 06 Jun 2019 09:00 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Para pria generasi milenial nampaknya sudah memahami bahwa tugas mengurus anak bukan hanya istri. Itu sebabnya, para ayah milenial ingin lebih terlibat aktif dalam mengurus buah hatinya.

Mereka tak malu menggunakan gendongan, menenteng tas bayi atau memberinya susu. Justru ada kebanggaan yang begitu besar bisa turun tangan langsung mengurus anak

Bahkan menurut penelitian tim dari Boston Colloge, Amerika Serikat, ayah juga memiliki konflik peran. Di satu sisi, ayah milenial ingin meningkatkan kariernya dengan baik dengan bekerja keras, tapi di sisi lain mereka juga ingin menghabiskan waktu dengan anak-anaknya seperti mengutip Motherly.

Ayah milenial menganggap serius pengasuhan anak. Mereka menghabiskan waktu tiga kali lebih banyak dengan anak-anak mereka daripada pria dua generasi yang sebelumnya. Pada survei yang dilakukan pada 1982, 43 persen ayah mengaku bahwa mereka tidak pernah mengganti popok. Saat ini, angka itu turun sekitar 3 persen.

Penelitian menunjukkan bahwa ketika ayah terlibat mengurus anak seperti mengganti pakaian, popok dan memandikan, hubungan ayah-anak tumbuh lebih kuat.

 

Mengurus Anak Tugas Ayah dan Ibu

Ingin memberikan hadiah kepada pria yang baru saja memiliki anak alias ayah baru? Ini hadiah yang paling tepat. (iStockphoto)

Penelitian tersebut juga mengungkap, ayah milenial memiliki keyakinan yang lebih egaliter tentang pengasuhan anak, dan berusaha untuk melihat tugas pengasuhan yang lebih lebih merata di rumah tangga mereka.

"Seperti ibu, ayah juga sebenarnya butuh dukungan di lingkungan sosial agar menjadi orangtua yang baik. Sayangnya, kebijakan publik dan institusi tidak mendukung. Misalnya, cuti khusus ayah yang anaknya baru lahir atau ketika mengantar anaknya hari pertama sekolah," kata Kevin Shafer, di Universitas Brigham Young.

Keterlibatan ayah pada pengasuhan anak efeknya memang begitu besar. Perkembangan psikologis anak menjadi baik, begitu pun bagi psikologis ayah yang merasa lebih tenang karena bisa dekat dengan anak dan keluarganya.

 

Penulis: Mutia Nugraheni/Dream.co.id

 

 

Saksikan juga video menarik berikut

Penting bagi ayah untuk turut serta mengasuh anak, tak hanya untuk anak, tapi juga untuk ibu dan ayah sendiri.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

VIDEO: Idul Fitri, Zona Hijau Irak akan Dibuka Kembali

Posted: 06 Jun 2019 09:00 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Pemerintah Irak berencana kembali membuka kawasan Zona Hijau Bagdad. Zona Hijau sempat ditutup panjang saat perang dengan ISIS terjadi di Irak.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Ini Filosofi di Balik Bangunan Ksiti Hinggil Keraton Kanoman Cirebon yang Unik

Posted: 06 Jun 2019 09:00 PM PDT

Liputan6.com, Cirebon Keraton Kanoman merupakan salah satu peninggalan sejarah kerajaan di Cirebon. Keraton ini menjadi salah satu tujuan wisata para pengunjung di luar Cirebon.

Keraton Kanoman memiliki bangunan yang khas. Pengunjung langsung disuguhi pemandangan komplek persegi empat dan pintu besar bernama Ksiti Hinggil.

"Ksiti Hinggil artinya Tanah Tinggi dan memang tinggi bangunan ini berbeda dengan bangunan lain yang ada di Kanoman," kata juru bicara Keraton Kanoman Cirebon, Ratu Raja Arimbi Nurtina, beberapa waktu lalu.

Dia menjelaskan, Ksiti Hinggil menjadi bangunan ikonik dari Keraton Kanoman Cirebon. Secara kasat mata, bangunan tersebut seakan tidak simetris.

Selain itu, keunikan bangunan tersebut adalah ketika difoto dari sudut yang berbeda, Ksiti Hinggil tetap terlihat indah dan megah. Dia mengatakan, Ksiti Hinggil memiliki makna filosifis yang sangat tinggi.

"Makna filosofis ada di setiap pintu masuk Ksiti Hinggil," kata Arimbi.

Dalam memasuki komplek Ksiti Hinggil, pengunjung akan menempuh lima titian. Terdapat tiga buah pintu masuk ke dalam komplek Ksiti Hinggil.

Pintu Syahadatein menghadap ke utara, pintu Kiblat menghadap ke Barat dan Pintu Selawat menghadap ke Selatan. Dia menjelaskan, makna filosofinya apabila seseorang ingin mencapai derajat yang tinggi maka kita harus membaca syahadat sebagai syarat muslim.

Pintu kiblat memiliki makna salah satu kewajiban seorang muslim adalah melaksanakan ibadah salat.

"Pintu selawat bermakna agar seorang muslim senantiasa mengucapkan kalimat selawat Nabi Muhammad sebagai junjungan dan tauladan umat Islam," kata Arimbi.

 

Penobatan Walangsungsang

Mande Manguntur bangunan yang ada di dalam komplek Ksiti Hinggil Keraton Kanoman Cirebon tempat Sultan memberikan wejangan, berita, hukum hingga ajaran Islam kepada masyarakat. Foto (Liputan6.com / Panji Prayitno)

Arimbi menyebut di dalam Kompleks Ksiti Hinggil terdapat dua bangunan, yakni Mande Manguntur dan Bangsal Sekaten. Kedua bangunan tersebut mempunyai fungsi yang berbeda.

Mande Manguntur merupakan tempat Sultan menyampaikan wejangan, berita, hukum, atau ajarana agama kepada masyarakat. Selain itu, berfungsi juga sebagi tempat pelinggihan Sultan saat hadir dan menyaksikan berbagai macam upacara di Keraton Kanoman Cirebon.

"Mande Manguntur juga tempat Batu Gilang, tempat calon raja dalam upacara penobatan menjadi raja," sebutnya.

Di hadapan Mande Manguntur terdapat Bangsal Sekatan. Bentuk persegi panjang dengan konstruksi Malang Semirang.

Bagian bawah Bangsa Sekatan terdapat ruangan dengan rongga resonansi yang terhubung ke Gunung Jati. Dia menyebutkan, fungsi Bangsal Sekaten sebagai tempat pementasan Gamelan Sekaten peninggalan Sunan Kalijaga.Pementasan Gamelan Sekaten dilakukan setiap satu tahun sekali tanggal 8-12 bulan Mulud.

"Di era Kaprabonan Caruban, Ksiti Hinggil adalah pura tempat penobatan raja. Salah satunya penobatan Walangsungsang atau Pangeran Cakrabuana menjadi Sri Mangana," sebut Arimbi.

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Open House di Rumah JK di Makassar Diwakili Anak-Anaknya

Posted: 06 Jun 2019 08:59 PM PDT

Liputan6.com, Makassar - Kegiatan Open House atau gelar griya di kediaman pribadi Wakil Presiden Jusuf Kalla, Jalan Haji Bau, Makassar, Sulawesi Selatan, tetap berjalan pada Jumat (7/6/2019), meskipun tak dihadiri tuan rumah. Open House ini diwakili oleh anak-anak Jusuf Kalla.

Ratusan tamu dari sejumlah pejabat Pemerintah Kota maupun Provinsi dan unsur Musyawarah Pimpinan Daerah (Muspika) antre menunggu masuk di lajur yang sudah disediakan panitia.

Pejabat (Pj) Wali Kota Makassar M Iqbal Samad Suhaeb dan istrinya juga terlihat hadir dan berbincang dengan, anak JK, Solihin Kalla beserta istrinya.

Memang kegiatan rutin Open House dilaksanakan tiap tahun oleh Wapres JK bertujuan untuk menjalin silaturahmi dan juga membagikan zakat bagi masyarakat kurang mampu yang ada di Kota Makassar.

Namun karena kondisi kesehatan yang terganggu Jusuf Kalla batal hadir dan diwakilkan putera-puterinya menerima tamu dan masyarakat sekitarnya yang biasanya datang bersilaturahmi sekaligus mendapat sedekah.

Seperti dikutip dari Antara, Iqbal bersama istrinya disambut ramah oleh putera-puteri JK seperti Solihin Kalla, Imelda Kalla, dan juga saudara perempuan JK, Fatimah Kalla.

Biasanya Jusuf Kalla yang menemui langsung masyarakat membagikan zakat, tahun ini diwakilkan oleh putera pertamanya Solihin Kalla.

Bagikan 10 Ribu Amplop

Solihin Kalla menuturkan tahun lalu, ayahandanya JK menyiapkan 10.000 amplop dan tahun ini kembali dengan jumlah yang sama bahkan bisa lebih.

"Kami menyiapkan 10 ribu amplop yang akan dibagikan ke masyarakat, sama seperti tahun lalu, tetapi tentu kami melihat kondisi masyarakat yang ada saat ini," ujarnya.

Sementara, Iqbal dalam silaturahminya menyampaikan salam hormat dan juga mengirimkan doa untuk kesembuhan Jusuf Kalla.

"Salam hormat untuk bapak, dan semoga bisa beraktivitas seperti semula dan kembali bisa memberikan ide serta masukan positif untuk bangsa Indonesia," papar mantan Kepala Balitbangda Pemrov Sulsel ini.

 

Saksikan video pilihan berikut ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Real Madrid Segera Selesaikan Transfer Bek Prancis

Posted: 06 Jun 2019 08:55 PM PDT

Jakarta Bek Olympique Lyon, Ferland Mendy, akan segera pindah ke Real Madrid. Mendy tinggal menjalani tes medis lanjutan sebelum menandatangani kontrak bersama Los Blancos.

Los Blancos santer disebut menginginkan jasa pemain 23 tahun tersebut. Madrid butuh pemain seperti Mendy untuk menempati pos di sisi kiri pertahanan, yang saat ini dihuni Marcelo dan Sergio Reguilon. 

Real Madrid pun melakukan pendekatan kepada Lyon demi bisa mendapatkan jasa Ferland Mendy. Seperti dilansir Marca, kedua kubu telah mencapai kesepakatan terkait nilai transfer si pemain yang mencapai 50 juta euro (Rp 800 miliar).

Mendy telah menjalani tes medis bersama Real Madrid. Akan tetapi, dia masih harus melakukan pemeriksaan lanjutan untuk memastikan kondisi cedera pinggul yang pernah dialaminya.

Andai pemeriksaan medis tersebut berjalan lancar, Ferland Mendy tinggal mencapai kesepakatan kontrak dengan Real Madrid. Nantinya, dia akan menjadi suksesor Marcelo sebagai bek kiri Los Blancos.

Sumber: Marca/Bola.com

 

Klasemen Liga Spanyol

 

 

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Hindari Ancaman Tarif Baru Impor AS, Meksiko Jadi Benteng Pertahanan Trump

Posted: 06 Jun 2019 08:52 PM PDT

Liputan6.com, Mexico City - Ketika tenggat waktu yang diberikan Donald Trump untuk tarif baru impor Meksiko semakin dekat, negara tersebut memilih meningkatkan keamanan di sepanjang perbatasannya dengan Guatemala yang rapuh.

Dalam beberapa hari terakhir, Meksiko diketahui telah mengerahkan polisi dan tentara ke perbatasan selatan negara itu, dan menangkap aktivis migrasi terkemuka.

Pekan lalu, Presiden Amerika Serikat (AS) Donald Trump mengancam terapkan tarif 5 persen untuk produk-produk Meksiko, dengan batas waktu pengujian hingga 10 Juni mendatang.

Dikutip dari The Guardian pada Jumat (7/6/2019), Trump hanya akan menerapkan pengecualian jika Meksiko bantu menghentikan arus imigran Amerika Tengah yang melalui wilayahnya.

Padahal sebelumnya, Presiden Meksiko Andrés Manuel López Obrador --yang berkuasa sejak enam bulan lalu-- berjanji untuk melindungi hak-hak imigran, dan menghindari melakukan "pekerjaan kotor" dari pemerintah asing mana pun.

Tetapi, ketika para pejabat AS mengulangi ancaman Trump pekan ini, rekan-rekan mereka di perbatasan selatan mulai bergerak membendung aliran imigran yang mengalir keluar dari Amerika Tengah.

Para pejabat imigrasi dan marinir angkatan laut Meksiko menertibkan rombongan imigran Amerika Tengah pada hari Rabu, kurang dari sehari setelah mereka menyeberang ke negara itu, dan baru saja berbaris di jalan raya di bawah terik matahari.

Barisan pria dan wanita dari Amerika Tengah itu baru berjalan sejauh kira-kira 12 kilometer dari perbatasan ketika dihentikan oleh aparat keamanan Meksiko.

Karavan --sebutan untuk rombongan imigran-- sebelumnya telah berhasil melakukan perjalanan sejauh hampir 4.000 kilometer melintasi wilayah Meksiko ke perbatasan AS.

"Kami memiliki hak penuh untuk melakukannya, kami adalah negara berdaulat, kami memiliki undang-undang imigrasi, yang harus kami terapkan dan harus dihormati," kata menteri dalam negeri Meksiko, Olga Sánchez Cordero.

 

 

Kekhawatiran Meksiko Terhadap Ancaman Tarif AS

Presiden Meksiko Andres Manuel Lopez Obrador (AFP/Alfredo Estrella)

Di hari yang sama, polisi menangkap dua anggota organisasi hak-hak migran Pueblo Sin Fronteras (Orang Tanpa Batas), yang mengoordinasikan karavan melintasi Meksiko.

Pueblos Sin Frontera mengatakan penahanan mengikuti pola pelecehan dari pihak berwenang di kedua negara --AS dan Meksiko-- terhadap individu yang membantu imigran dan upaya "mengkriminalkan" karavan.

Pada hari Kamis, unit intelijen keuangan kementerian keuangan Meksiko mengumumkan telah memblokir rekening bank milik 26 orang, karena "kemungkinan hubungan mereka dengan perdagangan manusia dan dukungan ilegal terhadap imigran".

Beberapa pekan terakhir telah terjadi peningkatan pos pemeriksaan imigrasi di Meksiko selatan dan penggerebekan oleh polisi di pusat-pusat transit imigran.

Serangkaian karavan --beberapa dari mereka sebanyak 5.000 orang-- telah berangkat dari Amerika Tengah selama setahun terakhir.

Sementara itu, angka resmi yang dirilis pemerintah setempat pada pekan ini menunjukkan penangkapan di perbatasan AS-Meksiko mencapai tingkat tertinggi dalam satu dekade terakhir.

Oleh para pengamat, hal itu dituding sebagai akibat dari kekhawatiran pemerintah Meksiko bahwa kebijakan tarif Trump akan merusak sektor ekspor manufaktur negara itu.

Para pengamat juga mengatakan bahwa sejatinya Meksiko lebih memilih untuk tidak mencampur masalah seperti perdagangan dan imigrasi ketika berurusan dengan AS.

Tetapi, pemerintahan Trump berusaha untuk mendorong tanggung jawab yang semakin tinggi dalam menghentikan arus imigran di wilayah tetangga selatannya.

"Mereka ingin Meksiko menghentikan para migran dengan segala cara yang mungkin," kata Stephanie Leutert, direktur Prakarsa Keamanan Meksiko di Strauss Center di University of Texas.

"Sepertinya mereka ingin mengalihdayakan penegakan hukum dan pemrosesan suaka ke negara tetangganya," lanjutnya beropini.

AS Terus Mendesak Meksiko

Presiden AS, Donald Trump memberikan keterangan kepada awak media seusai meninjau prototipe tembok perbatasan AS dan Meksiko di San Diego, Selasa (13/3). Tembok setinggi 30 kaki itu dibangun Trump untuk mencegah masuknya imigran gelap. (AP/Evan Vucci)

Dalam negosiasi hari Kamis di Washington DC, Meksiko dilaporkan menawarkan untuk mengirim 6.000 anggota pasukan nasionalnya yang baru dibentuk --polisi militer dengan kekuatan penegakan imigrasi-- ke perbatasan selatannya.

Para perunding AS juga mendesak pengembalian orang-orang Guatemala yang ditahan ke Meksiko dan mengirim para pencari suaka dari El Salvador dan Honduras kembali ke Guatemala, lapor Washington Post.

Juru bicara kementerian luar negeri Meksiko, Roberto Velasco Álvarez, mengetwit pada hari Kamis bahwa tidak ada kesepakatan telah tercapai, tetapi menambahkan: "Posisi AS difokuskan pada langkah-langkah kontrol migrasi. Kami sedang mengembangkan (pembahasan ini)."

Di lain pihak, López Obrador telah mempromosikan pembangunan di Amerika Tengah sebagai solusi untuk memperlambat migrasi, meskipun para analis mengatakan rencana seperti itu akan membutuhkan waktu puluhan tahun untuk bisa terlaksana.

Sementara itu, faktor-faktor yang mendorong para imigran dari Amerika Tengah bergerak menuju AS --seperti kelaparan, perubahan iklim, pengangguran, kejahatan dan kekerasan-- diprediksi tetap ada.

"Orang-orang tidak berhenti meninggalkan negara asal mereka demi mendapat penghidupan yang lebih baik," ujar Salva Lacruz, koordinator pada Pusat Hak Asasi Manusia Fray Matías de Córdova di Tapachula.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Pertamina Antisipasi Kenaikan Konsumsi BBM di Jalur Wisata

Posted: 06 Jun 2019 08:45 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - PT Pertamina (Persero) mengantisipasi  kenaikan konsumsi Bahan Bakar Minyak (BBM) akibat lonjakan volume kendaraan di Jawa Timur, khususnya bagi pemudik lokal dan wisatawan yang berangkat setelah Lebaran.

Manager Communication & CSR MOR V Jatimbalinus, Rustam Aji mengatakan, terdapat beberapa titik di Jawa Timur yang diprediksi menjadi tujuan wisatawan, di antaranya Malang, Batu, Kediri, Banyuwangi, dan Surabaya, Jawa Timur.

Pertamina pun memprediksi, kebutuhan bahan bakar minyak jenis Gasoline seperti Pertamax Turbo, Pertamax, Pertalite, Premium di Jatim pasca Lebaran ini mencapai 15 ribu kilo liter (KL) atau 16 persen di atas konsumsi normal.

"Pertamina memprediksi puncak arus wisata dan arus mudik ini akan terjadi mulai H+1 sampai dengan H+4 Lebaran," kata Rustam, di Jakarta, Jumat (7/5/2019).

Rustam mengungkapkan, until mengantisipasi hal tersebut, Pertamina mempersiapkan untuk mengantisipasi arus wisata.

Beberapa di antaranya adalah melakukan meningkatkan ketahanan stok BBM di (Stasiun Pengisian Bahan Bakar Umum (SPBU) sekitar daerah wisata, serta memberikan fasilitas kredit kepada SPBU dengan term of payment sampai dengan tiga hari.

Sementara itu, untuk mengantisipasi kemacetan lalu lintas yang akan menghambat distribusi mobil tangki, Pertamina mengoptimalkan penyaluran dari Terminal BBM ke SPBU lebih awal, mulai dari jam 00:00 dan beroperasi selama 24 jam.

"Kami juga mengoptimalkan tim satuan tugas (Satgas) yang selalu monitor keadaan di lapangan, serta menyiagakan mobil tangki di 16 SPBU Kantong, di antaranya di Jombang, Probolinggo, Lumajang, Batu, Malang, Ngawi, Pacitan, Nganjuk, dan Jember," paparnya.

Untuk mengantisipasi kemacetan di tempat wisata seperti Malang dan Batu, Pertamina telah menyiapkan motoris siaga untuk menyalurkan BBM di kondisi kemacetan.

"Masyarakat tidak perlu khawatir dengan ketersediaan BBM. Kami mengimbau kepada para wisatawan dan masyarakat yang akan melakukan perjalanan balik, untuk dapat mengisi penuh BBM di lokasi awal, untuk menghindari kepadatan pengisian BBM di rest area," tandasnya.

 

Jaga Pasokan BBM Saat Mudik, Pertamina Optimalkan Pengoperasian Kilang

Petugas lapangan keliling memantau Area Crude Distilation Unit (CDU IV) di kawasan kilang RU V Balikpapan, Kalimantan, Kamis (14/05). Sebanyak 26% dari produksi BBM Pertamina dihasilkan dari RU V Balikpapan. (Liputan6.com/Fery Pradolo)

Sebelumnya, PT Pertamina (Persero) mengoptimalkan pengoperasian kilang saat musim mudik lebaran Idul Fitri, agar pasokan Bahan Bakar Minyak (BBM) mampu memenuhi kebutuhan pemudik.

Direktur Megaproyek Pengolahan & Petrokimia Pertamina Ignatius Tallulembang mengatakan, Pertamina akan menjaga kelancaran pengoperasian kilang, agar fasilitas pengolahan minyak mentah tersebut optimal menghasilkan produk BBM.

"Kondisi kilang kita semua lancar, kapasitas dioptimalkan semua," kata Tallulembang, saat berbincang dengan Liputan6.com.

Menurut Tallulembang, saat ini kapasitas kilang Pertamina mencapai 1 juta barel per hari. Kapasitas kilang tersebut akan dioptimalkan agar pasokan BBM saat musim mudik maksimal.

"Angkanya kalau optimal 1 juta -900 ribu bph. Kira-Kira kita maksimumkan," tuturnya.

Tallulembang pun memastikan, selama masa arus mudik dan arus balik tidak ada perawatan kilang, agar tidak mengganggu kegiatan pengoperasian kilang selama momen tersebut

"Nggak ada yang turn arround. Kita atur sedemikian rupa tidak ada yang perawatan," tandasnya.

Untuk diketahui kilang Pertamina yang diandalkan menghasilkan BBM adalah Dumai, Balongan, Cilacap, Balikpapan.Kemampuan kilang Pertamina untuk menghasilkan produk yang bernilai (yield valuable product) tercatat naik menjadi 79,57 persen dari tahun sebelumnya yang sebesar 78,13 persen.

Realisasi pengolahan minyak mentah pada 2018 juga mengalami peningkatan dibandingkan tahun sebelumnya. Pada 2018 tercatat pengolahan minyak mentah mencapai 333,28 juta barel atau naik 4 persen dibandingkan 2017 yang mencapai sebesar 320,50 juta barel.

 

Pertamina Sesuaikan Titik Pengisian BBM di Jalan Tol Trans Sumatera

Proyek Tol Trans Sumatera. (Dok Kementerian PUPR)

Sebelumnya, PT Pertamina (Persero) Marketing Operation Region II Sumatera Bagian Selatan (Sumbagsel) melakukan penyesuaian titik Stasiun Pengisian Bahan Bakar Umum (SPBU) Modular, Kios Pertamina Siaga, dan juga penambahan stok BBM di SPBU reguler di jalur lintas Sumatera.

General Manager Pertamina MOR II Sumbagsel, Primarini mengatakan,Mengantisipasi kebutuhan bahan bakar minyak (BBM) pemudik di ruas tol Sumatera, Pertamina melakukan evaluasi, antara lain pemindahan dan penambahan SPBU Modular dari ASDP Bakauheni ke KM 163A dan KM 208A, hal ini dilakukan karena pemudik cenderung langsung menuju tol setelah keluar dari kapal feri.

"Tapi tidak perlu khawatir, saat ini di ASDP Bakauheni tetap kami siapkan Kios Pertamina Siaga untuk melayani pemudik," kata Primarini, di Jakarta, Jumat, 31 Mei 2019.

Selain memastikan kesediaan di ruas tol, Primarini memastikan untuk di jalur lintas Sumatera kesediaan BBM selalu dipastikan aman. Berdasarkan pantauan, titik keluar yang padat pemudik berada di daerah Terbanggi Besar, Lampung Tengah dan wilayah Tulang Bawang, Lampung.

"Jika keluar di gerbang tol Terbanggi Besar, SPBU terdekat berada di SPBU 24.341.08, selain memastikan stok SPBU aman kami juga menggerakan mobil dispenser di SPBU tersebut dengan stok Premium sebanyak 16 Kilo Liter (8KL) dan Pertamax 8 KL. Untuk wilayah Tulang Bawang melalui keluar tol Terbanggi Besar juga ada SPBU 24.345.114, di SPBU kami juga menyiapkan mobil dispenser dengan produk Pertamax sebanyak 16 KL," papar Primarini.

 

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Jimly Asshiddiqie Ingin Idul Fitri Jadi Momentum Rekonsiliasi

Posted: 06 Jun 2019 08:41 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Ketua Umum Ikatan Cendekiawan Muslim Indonesia (ICMI) Jimly Asshiddiqie mengatakan, suasana Idul Fitri 1440 Hijriah harus dimanfaatkan semaksimal mungkin sebagai momentum rekonsiliasi pascaketegangan dalam Pemilu Serentak 2019.

"Suasana pemilu menimbulkan ketegangan antarwarga dan kelompok masyarakat satu dengan yang lain terutama terkait pilpres. Oleh karena itu, suasana Ramadhan tahun ini harus dipakai semaksimal mungkin untuk rekonsiliasi," kata Jimly di Jakarta seperti dilansir dari Antara, Jumat (7/6/2019).

Jimly mengutarakan, Idul Fitri kali ini harus digunakan sebagai ajang silaturahim, mempererat hubungan kemanusiaan dan persaudaraan baik internal keluarga maupun antarkeluarga.

"Kalau momentum ini tidak kita gunakan, ya rugi kita," katanya.

Menurut Jimly, situasi politik Pemilu 2019 lebih menegangkan dibandingkan pemilu-pemilu sebelumnya. Oleh karena itu, ia berharap, Idul Fitri harus menjadi semangat bagi seluruh lapisan masyarakat untuk merajut kembali semangat hidup rukun dan damai.

Jimly mengatakan, semangat bersilaturahmi dan merajut kembali kerukunan penting juga dilakukan sesama kolega politik, tak terkecuali kedua pasangan capres-cawapres.

 

Jangan Saling Menjatuhkan

Pejalan kaki melintasi mural yang menghiasi tembok di kawasan Margonda, Depok, Sabtu (16/2). Gambar mural memiliki pesan agar masyarakat tetap damai dan berteman meski berbeda dalam memilih calon presiden dalam Pilpres 2019. (Liputan6.com/Herman Zakharia)

Namun yang lebih penting, rekonsiliasi antara masyarakat khususnya kedua pendukung capres-cawapres bisa dilakukan.

"Pengikut kedua capres ini kan jumlahnya besar, kubu yang kalah 68 juta, yang menang 85 juta, itu dua duanya banyak. Jadi harus saling menghormari, saling menghargai," ujar dia.

Jimly menyayangkan bahwa yang tercermin di media sosial adalah kedua pendukung tampak saling merendahkan. Semestinya, kata dia, pihak yang kalah menghormati pemenang, sementara pihak yang menang selain menghormati yang kalah juga harus menenangkannya.

"Jangan saling 'ngenyek', saling menjatuhkan, saling tidak percaya dan menyebar kebencian. Kita beruntung suasana Ramadhan bisa mengerem itu semua," kata mantan Ketua Mahkamah Konstitusi (MK) itu.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Arsenal Incar Striker Muda Rusia

Posted: 06 Jun 2019 08:35 PM PDT

Jakarta Arsenal akan menambah amunisi di lini depan untuk menghadapi musim 2019-2020. Klub asal London Utara itu dikabarkan Sky Sports, Kamis (6/6/2019), tertarik merekrut penyerang muda Rusia CSKA Moskow, Fedor Chalov dari CSKA Moskow.

Sosok Fedor Chalov memang sudah tidak asing buat Arsenal. Pada leg kedua babak perempat final Liga Europa 2018-2019, Chalov berhasil mencetak satu gol ke gawang Arsenal. 

Sebelumnya, Chalov juga berhasil mencetak sebiji gol ke gawang Real Madrid dan membantu timnya menang 3-0 pada laga terakhir penyisihan grup Liga Champions.

Bakat yang dimiliki Chalov tentu tak bisa diragukan lagi. Musim lalu, Chalov berhasil menjadi pencetak gol terbanyak Liga Primer Rusia dengan koleksi 15 gol dari 30 penampilan.

Hal itu pula yang membuat Chalov mendapatkan kesempatan dipanggil Timnas Rusia pada Maret 2019. Sejauh ini, Chalov sudah tampil sebanyak 2 kali dalam laga Kualifikasi Piala Eropa 2020.

Memiliki usia yang masih muda bisa membuat Chalov sebagai aset potensial buat Arsenal. Kehadiran Chalov ditambah dengan Pierre-Emerick Aubameyang diprediksi bakal membuat lini depan Meriam London semakin tajam.

 

 

Lumayan Mahal

Namun, Arsenal diyakini harus menggelontorkan dana yang tak sedikit untuk mendaratkan Fedor Chalov di Emirates Stadium musim ini. Penyebabnya adalah karena sang pemain masih terikat kontrak sampai 30 Juni 2022 bersama CSKA.

Selain itu, Arsenal ternyata tak sendiri dalamperburuan jasa Chalov. AS Monaco dan Sevilla juga memiliki minat yang sama terhadap penyerang 21 tahun tersebut.

Sumber Bola.com

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Dongkrak Sektor Pariwisata, Kadin Dukung Masuknya Maskapai Asing ke Indonesia

Posted: 06 Jun 2019 08:31 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Dukungan masuknya maskapai asing ke Indonesia datang dari Kamar Dagang dan lndustri (Kadin) Indonesia. Salah satu sektor yang bakal didongkrak dengan kehadiran maskapai asing adalah sektor pariwisata.

Sebab itu, Ketua Umum Kadin, Rosan Roeslani memandang positif rencana Presiden Joko Widodo (Jokowi) mendatangkan maskapai asing. Selain bisa menekan mahalnya harga tiket pesawat, juga mendatangkan pendapatan negara.

"Pemerintah kita dan sedang mendorong pariwisata, dan kita kan tahu, ke depan pendapatan terbesar Indonesia itu dari tourism. Kalau asing masuk ya pasti akan banyak melihat potensi 265 juta orang, dan yang traveling itu kan sangat banyak, jadi itu positif buat saya," kata Rosan, Kamis (6/6).

Terkait maskapai yang bakal masuk, lanjut Rosan, dia mengharapkan agar masyarakat tidak perlu terlalu meributkan negara asal maskapai asing tersebut. Yang terpenting adalah manfaat yang akan ditimbulkan bagi perekonomian Indonesia.

"Kita mestinya jangan melihat itu dari negara mananya, oh dari China, oh dari mana. Jangan. Yang penting semuanya bisa membawa asas manfaat terbesar bagi Indonesia. Itu saja," tegas Rosan.

Menurutnya, yang penting faktor bisa terciptanya kompetisinya. Selain itu, juga keselamatan jadi prioritas utama.

Rosan menambahkan, sebetulnya sudah ada maskapai yang beroperasi di Indonesia selain Garuda Grup maupun Lion Air Group, yakni Air Asia. Sayangnya, pangsa pasar Air Asia masih tergolong kecil.

"Sebetulnya semua sudah ada juga seperti Air Asia, sudah ada. Saya rasa kalau yang banyak masuk airline lebih baguslah makin bisa masyarakat makin bisa afford," kata dia.

Presiden Joko Widodo (Jokowi) mengusulkan agar maskapai asing bisa masuk Indonesia guna menciptakan persaingan pasar yang lebih sehat.

Menteri Pariwisata Arief Yahya mengatakan, saran Presiden Jokowi untuk memasukkan perusahaan maskapai asing bagus. Sebab, dengan bertambahnya pemain, maka industri penerbangan bisa bersaing lebih baik.

Hal ini sesuai dengan teori ekonomi, supply dan demand. Semakin banyak tersedianya pilihan maka semakin beragam harga yang ditawarkan, termasuk tersedianya harga ekonomis.

"Saran presiden untuk maskapai asing, itu saran yang baik karena bukan asingnya, tetapi kompetisinya. Kompetisi itu kalau ada, maka ada keseimbangan baru demand and supply. Harga akan jadi lebih fair. Kalau supply sedikit, demand banyak, harga tinggi," jelas Menpar Arief Yahya.

Namun, mantan Dirut Telkom ini menyarankan, maskapai asing tak hanya membuka penerbangan pada rute 'gemuk' saja. Melainkan juga ke daerah perintis. Maka dari itu, harga juga akan lebih terjangkau.

"Mereka tidak boleh masuk Indonesia ke rute dalam Jawa saja. Tapi harus juga rute ke daerah perintis. Khususnya daerah yang sedang berkembang baik pariwisata maupun perekonomiannya," pungkasnya.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Bikin Video Prank, Atta Halilintar Traktir Karyawan Belanja

Posted: 06 Jun 2019 08:30 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Atta Halilintar belum lama ini kehilangan cincin mahalnya saat disimpan di dalam kamar. Menurut dugaannya, cincin tersebut dicuri karyawannya. Alhasil, Atta pun memecat semua karyawannya.

Namun jangan berprasangka buruk terhadap Atta Halilintar. Keputusan sadisnya itu hanya dilakukan sebagai bagian dari prank kepada para karyawan. Ia mengungkapkannya melalui video terbaru di kanal youtube miliknya.

"Jadi ada cincin gua yang ceritanya ini mahal, tapi hilang dan itu ada di kamar. Mestinya semua yang ada di kamar ini tuh engga pernah ilang, karena ini sudah terkunci dan lain-lain. Dan gua sudah percaya semua orang yang ada di rumah gua, kita sudah lama hidup bareng dan engga pernah ada yang ilang-ilang," kata Atta Halilintar mengawali percakapannya.

Sebelum beraksi, Atta Halilintar sudah memasang sejumlah kamera di beberapa sudut kamarnya. Setelah semua kamera terpasang, ia kemudian mengumpulkan semua karyawannya. Di hadapan karyawannya, Atta mengungkapkan bahwa salah satu barang berharganya hilang.

Hilang Tiba-Tiba

Atta Halilintar telah banyak membuat konten-konten kreatif yang dapat ditemui pada kanal Youtube miliknya. (Liputan6.com/IG/attahalilintar)

"Kemarin Saya ada cincin, Saya taruh di situ (laci). Nah cincin itu pas Saya taruh di situ, saya enggak ingat nih, satu dua hari masih ada di situ, tiba-tiba sekarang hilang," kata Atta.

"Saya enggak pernah lihat," sahut salah seorang pegawai Atta.

"Makanya Saya mau nanyain semua yang ada di rumah ini," ungkap Atta.

"Saya enggak mau cek CCTV, Saya sih mau jujur saja, maksudnya itu cincin kan bukan cincin sembarangan. Kan cincin itu ada harganya. Tiba-tiba sekarang cincinnya enggak ada. Berminggu minggu itu cincin ada di situ, sekarang tiba-tiba enggak ada sama sekali," sambung Atta.

Atta Halilintar pun terlihat tampak kesal sebab salah satu barang berharga miliknya tak kunjung ditemukan. Ia mengaku sudah tidak bisa percaya lagi dengan karyawan yang ada di rumahnya. Dengan nada tinggi dia pun menyebut akan memecat semua karyawan yang ada di rumahnya.

"Ya sudahlah Saya enggak bisa percaya lagi sama orang-orang di sini. Saya enggak tahu lagi barang saya di mana. Selama ini saya sudah percaya, tapi barangnya hilang ya sudahlah. Saya saja deh yang pergi dari rumah ini kalau enggak ada lagi yang bisa saya percaya," kata Atta kepada karyawannya.

 

Saling Solid

Gaya khas Atta pakai Hoodie (dok. instagram @attahalilintar/https://www.instagram.com/p/Bs-n7EvAiXs/ Adinda Kurnia)

"Dulu-dulu saya pernah kejadian kayak gini. Ada orang enggak tahu terima kasih dia ambil barang Saya, kalau gitu, saya engga mauk. Kalau kayak gini semua instropeksi diri sendiri saja deh. Enggak usah kerja sama saya lagi deh semua," kata Atta dengan nada tegas.

Sontak saja, ucapan Atta ini pun membuat kaget semua karyawannya. Mereka pun meminta Atta untuk tidak memecat mereka. Suasana pun mulai tidak kondusif. Hingga akhirnya, Atta pun menyebut bahwa kasus kehilangan cincinnya itu hanyalah sebuah prank.

"Gini deh, saya sebenarnya ngumpulin semua di sini tuh pengen tim-tim saya di sini tuh saling percaya, saling solid saling jaga. Saya pengin prank kalian," kata Atta Halilintar.

Sontak saja, suasana yang tadinya tegang berubah menjadi tawa. Bahkan, Atta Halilintar justru memberi kejutan untuk para karyawannya. Atta mentraktir belanja semua karyawan khusus untuk momen Lebaran.

"Saya tuh ngumpulin kalian di sini pengin ngajakin kalian belanja Lebaran," ucap Atta Halilintar disambut tawa antusias para karyawan.

Reporter : Dian Rosadi/Merdeka.com

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Live Streaming Timnas U-23 vs Thailand di Merlion Cup 2019, Live Indosiar

Posted: 06 Jun 2019 08:30 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Timnas U-23 Indonesia bakal tampil di turnamen Merlion Cup 2019. Turnamen ini dihelat di Singapura tanggal 7 hingga 9 Juni 2019.

Di pertandingan pertama Merlion Cup 2019, sore ini, Timnas U-23 ditantang Thailand U-23. Pertandingan ini akan dihelat di Stadion Jalan Besar, Singapura.

Usai itu, Timnas U-23 akan menghadapi tuan rumah Singapura U-23 atau Filipina U-23 pada laga final yang digelar Minggu (9/6/2019). Pasukan Merah Putih sendiri, sudah tiba di Singapura sejak Rabu.

Merlion Cup 2019 merupakan bagian persiapan yang diikuti Timnas Indonesia U-23 jelang SEA Games 2019 di Filipina. Untuk ajang ini, pelatih Indra Sjafri membawa total 22 pemain.

Live Streaming Timnas U-23 vs Thailand Merlion Cup di Indosiar dimulai pukul 15.00 WIB.

Dapatkan link Live Streaming Timnas U-23 vs Thailand Merlion Cup 2019 di Indosiar di halaman selanjutnya.

 

Link Live Streaming

Untuk link Live Streaming Timnas U-23 vs Thailand Merlion Cup di Indosiar silakan klik di sini....

Skuat Timnas U-23 di Merlion Cup

Kiper

Satria Tama (Madura United), Nadeo Agra Winata (Borneo FC)

Belakang

Nurhidayat Haji Haris (Bhayangkara FC), Bagas Adi Nugroho (Bhayangkara FC), Asnawi Mangkualam Bahar (PSM Makassar), Dandi Maulana (Barito Putera), Muhammad Rifad Marasabessy (Tira Persikabo), Andy Setyo Nugroho (Tira Persikabo), Rachmat Irianto (Persebaya Surabaya), Samuel Christianson, Rizky Dwi Febrianto (Kalteng Putra)

Gelandang

Muhamad Luthfi Kamal Baharsyah (Mitra Kukar), Sani Riski Fauzi (Bhayangkara FC), Hanif Abdurrauf Sjahbandi (Arema FC), Hambali Tolib (Persela Lamongan), Feby Eka Putra (Persija Jakarta), Gian Zola Nasrulloh Nugraha (Persib Bandung), Witan Sulaeman (SKO Ragunan), Yakob Sayuri (Barito Putera)

Depan

Rafli Mursalim (Mitra Kukar), Septian Satria Bagaskara (Persik Kediri), M. Rafli (Arema FC)

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

5 Snack Ini Dulu Terkenal Banget, Generasi 90-an Pasti Tahu

Posted: 06 Jun 2019 08:30 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Masa kanak-kanak adalah masa yang paling indah. Banyak hal menarik saat kamu masih berada di masa kanak-kanak. Terutama bagi masa kanak-kanak tahun 90-an.  

Pada tahun 90an, banyak sekali snack populer yang menjadi idola para anak-anak pada masa itu. Snack tersebut sangat diidolakan sehingga selalu diburu.

Snack-snack zaman dulu ini bentuknya sangat menarik. Wajar apabila anak zaman dulu sangat mengidolainya. Rasanya bila tidak beli snack tersebut ada sesuatu yang kurang. 

Kini snack-snack tersebut mulai langka ditemukan. Berikut deretan snack terkenal zaman dulu yang telah dirangkum Liputan6.com dari postingan Instagram @ngumpulinreceh, Jumat (7/6/2019)

 

1. Coklat dan snack berbentuk bulat kecil

5 Snack Zaman Dulu Ini Terkenal Banget, Anak Sekarang Mana Paham (sumber: Instagram.com/ngumpulreceh)

Snack legendaris di atas ialah snack berkemasan cup. Snack ini terdiri dari dua jenis yakni bulatan kecil dan coklat. Cara memakannya ialah menyocolkan bulatan kecil ke coklat. Bulatan kecil akan menempel di coklatnya. Saat dimakan, snack ini sangat nagih karena rasanya yang manis.

2. Permen Strawberry

5 Snack Zaman Dulu Ini Terkenal Banget, Anak Sekarang Mana Paham (sumber: Instagram.com/ngumpulreceh)

Banyak jenis permen zaman dulu yang amat terkenal. Salah satunya ialah permen di atas. Permen strawberry ini memang sangat legendaris. Rasanya yang manis menjadi daya tarik mengapa anak-anak zaman dulu sangat menyukainya.

3. Choyo Choyo

5 Snack Zaman Dulu Ini Terkenal Banget, Anak Sekarang Mana Paham (sumber: Instagram.com/ngumpulreceh)

Choyo-choyo adalah snack zaman dulu yang sangat populer. Snack yang berisikan coklat ini sangat digemari anak-anak zaman dulu. Lucunya ketika habs makan snack ini, gigi anak-anak akan berwarna coklat, karena coklatnya menempel di gigi.

4. Kue Potong

5 Snack Zaman Dulu Ini Terkenal Banget, Anak Sekarang Mana Paham (sumber: Instagram.com/ngumpulreceh)

Bila kamu pernah melihat kue potong dalam kemasan di atas maka kamu termasuk dalam generasi 90an. Karena kue potong ini sangatlah legendaris. Kue potong rasa coklat panggang ini menjadi salah satu idola saat anak-anak kecil jajan ke warung.

5. Permen rokok

5 Snack Zaman Dulu Ini Terkenal Banget, Anak Sekarang Mana Paham (sumber: Instagram.com/ngumpulreceh)

Nah, kalau snack di atas termasuk snack paling populer zaman dulu. Bentuknya yang unik yakni berbentuk rokok menjadi alasan mengapa snack ini memiliki daya tarik untuk dibeli. Snack di atas ialah sebuah permen manis. Manisnya permen bentuk rokok ini, tak ayal membuat anak-anak zaman dahulu banyak yang menyukainya.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Temui Jokowi dan Megawati, Kenapa AHY Tidak Menemui Prabowo?

Posted: 06 Jun 2019 08:25 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Dua putra Ketua Umum Partai Demokrat Susilo Bambang Yudhoyono (SBY), Agus Harimurti Yudhoyono (AHY) dan Eddy Baskoro Yudhoyono (Ibas) menemui sejumlah tokoh memanfaatkan momentum lebaran.

AHY dan Ibas beserta keluarga bersilaturahmi dengan Presiden Jokowi di Istana Negara. Setelah itu, mereka bertolak ke Tengku Umar menemui Presiden Indonesia ke-5 yang juga Ketua Umum PDIP Megawati Soekarnoputri.

Tak cukup itu, mereka juga menemui istri Abdurrahman Wahid atau Gus Dur, Sinta Nuriyah Wahid dan keluarga.

Kendati demikian, dua putra SBY ini tidak bersilaturahmi ke Prabowo. Hal ini dibenarkan oleh Partai Demokrat.

"AHY dan Ibas, tidak berlebaran ke Prabowo," ujar Kepala Divisi Advokasi dan Hukum Partai Demokrat Ferdinand Hutahaean kepada JawaPos.com, Kamis (6/6/2019).

Ferdinand tidak menjelaskan secara rinci kenapa AHY dan Ibas tidak menemui Prabowo Subianto tersebut.

"Tidak ada alasan khusus, hanya dirasa tidak perlu ke sana saja. Terlebih Prabowo juga berlebaran ke Cendana," katanya.

 

Saksikan video pilihan di bawah ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

BBM Beroktan Tinggi Jadi Pilihan para Pemudik

Posted: 06 Jun 2019 08:20 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Hingga memasuki H-2 Idul Fitri, Pertamina mencatat jika pemudik semakin minat dengan bahan bakar minyak (BBM) beroktan tinggi, seperti Pertamax Turbo, Pertamax dan Dex.

Pertamax Turbo tercatat mengalami kenaikan tertinggi hingga 23 persen. Konsumsi harian Pertamax Turbo naik hingga menembus 650 ribu liter Kenaikan tinggi juga terjadi pada BBM beroktan tinggi jenis Pertamax dan Dex.

Pertamax mengalami kenaikan 11 persen dibanding konsumsi rata-rata harian normal, serta Dex tercatat mengalami kenaikan hingga 15 persen dari rata-rata harian normal.

Dijelaskan VP Corporate Communication Pertamina, Fajriyah Usman, para pemudik yang menggunakan kendaraan pribadi lebih banyak mengkonsumsi BBM beroktan tinggi untuk kenyamanan selama perjalanan mudik ke kampung halaman.

"Pada H-2, BBM berkualitas dan ramah lingkungan yang diproduksi Pertamina banyak diminati pemudik. BBM beroktan tinggi mampu menjaga performa mesin tetap prima sehingga mendukung untuk perjalanan jauh. BBM beroktan tinggi seperti Pertamax Turbo memiliki spesifikasi tinggi sesuai dengan kebutuhan mesin kendaraan saat ini," ujarnya dalam siaran pers yang diterima Liputan6.com.

Stok BBM

"Kenaikan konsumsi Dex pada H-2 Lebaran, bahkan lebih tinggi tujuh persen dibanding periode yang sama tahun lalu," imbuh Fajriyah.

Untuk mengamankan stok BBM selama arus mudik, Pertamina terus meningkatkan ketahanan stok BBM nasional dalam kondisi lebih dari cukup di atas rata-rata stok nasional yang dipersyaratkan.

"Pertamina juga menyiapkan stok yang cukup di sepanjang jalur mudik, termasuk pada 62 titik layanan tambahan Non SPBU seperti SPBU Modular maupun Kios Pertamina Siaga," pungkas Fajriyah.

 

 

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

FOTO: Suntik Mati 85 Pasiennya, Perawat Jerman Dibui Seumur Hidup

Posted: 06 Jun 2019 08:20 PM PDT

Niels Hoegel, mantan perawat yang telah membunuh 85 pasiennya, tiba di pengadilan untuk menjalani sidang pembacaan vonis di Oldenburg, utara Jerman, Kamis (6/6/2019). Kasus ini merupakan pembunuhan berantai tersadis dalam sejarah Jerman pasca-perang. (Hauke-Christian Dittrich /POOL/AFP)

Niels Hoegel, mantan perawat yang telah membunuh 85 pasiennya, tiba di pengadilan untuk menjalani sidang pembacaan vonis di Oldenburg, utara Jerman, Kamis (6/6/2019). Kasus ini merupakan pembunuhan berantai tersadis dalam sejarah Jerman pasca-perang. (Hauke-Christian Dittrich /POOL/AFP)

Niels Hoegel, mantan perawat yang telah membunuh 85 pasiennya, tiba di pengadilan untuk menjalani sidang pembacaan vonis di Oldenburg, Jerman, Kamis (6/6/2019). Pasien yang dibunuh oleh Niels Hoegel dipilih secara acak dengan suntikan mematikan antara 2000-2005. (Hauke-Christian Dittrich /POOL/AFP)

Niels Hoegel, mantan perawat yang telah membunuh 85 pasiennya, tiba di pengadilan untuk menjalani sidang pembacaan vonis di Oldenburg, Jerman, Kamis (6/6/2019). Pasien yang dibunuh oleh Niels Hoegel dipilih secara acak dengan suntikan mematikan antara 2000-2005. (Hauke-Christian Dittrich /POOL/AFP)

Mantan perawat, Niels Hoegel, 42, menjalani sidang pembacaan vonis di Oldenburg, utara Jerman, Kamis (6/6/2019). Pengadilan Jerman menjatuhkan vonis penjara seumur hidup kepada Niels Hoegel atas tuduhan membunuh 85 pasien dalam perawatannya. (Hauke-Christian Dittrich /POOL/AFP)

Mantan perawat, Niels Hoegel, 42, menjalani sidang pembacaan vonis di Oldenburg, utara Jerman, Kamis (6/6/2019). Pengadilan Jerman menjatuhkan vonis penjara seumur hidup kepada Niels Hoegel atas tuduhan membunuh 85 pasien dalam perawatannya. (Hauke-Christian Dittrich /POOL/AFP)

Niels Hoegel, mantan perawat yang membunuh 85 pasiennya, tiba untuk menjalani sidang pembacaan vonis di Oldenburg, utara Jerman, Kamis (6/6/2019). Hoegel tertangkap pada 2005 ketika menyuntikkan obat yang tidak diresepkan kepada seorang pasien di Delmenhorst. (Hauke-Christian Dittrich/dpa via AP)

Niels Hoegel, mantan perawat yang membunuh 85 pasiennya, tiba untuk menjalani sidang pembacaan vonis di Oldenburg, utara Jerman, Kamis (6/6/2019). Hoegel tertangkap pada 2005 ketika menyuntikkan obat yang tidak diresepkan kepada seorang pasien di Delmenhorst. (Hauke-Christian Dittrich/dpa via AP)

Mantan perawat, Niels Hoegel, 42, berdiskusi dengan pengacaranya, Ulrike Baumann saat menjalani sidang pembacaan vonis di Oldenburg, utara Jerman, Kamis (6/6/2019). Hoegel dijatuhi hukuman penjara seumur hidup atas tuduhan membunuh 85 pasien dalam perawatannya. (Hauke-Christian Dittrich/dpa via AP)

Mantan perawat, Niels Hoegel, 42, berdiskusi dengan pengacaranya, Ulrike Baumann saat menjalani sidang pembacaan vonis di Oldenburg, utara Jerman, Kamis (6/6/2019). Hoegel dijatuhi hukuman penjara seumur hidup atas tuduhan membunuh 85 pasien dalam perawatannya. (Hauke-Christian Dittrich/dpa via AP)

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Kapal Pengangkut Pemudik Kandas Dekat Pelabuhan Bakauheni

Posted: 06 Jun 2019 08:18 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Kapal Motor Penumpang (KMP) Mutiara Persada II yang mengangkut pemudik Lebaran Idul Fitri 2019 kandas. Kapal yang melaju dari Pelabuhan Merak menuju Bakauheni itu kandas di perairan Pulau Rimau Balak.

"Keseret arus gitu, malam kan hujan juga memang. Kebawa arus, keluar alur," ujar Humas PT ASDP Indonesia Ferry Cabang Bakauheni, Saifulahil Maslul Harahap melalui sambungan telepon, Jumat (07/06/2019).

Kapal bermuatan penumpang dan kendaraan yang menyeberang dari Pulau Jawa ke Sumatera itu kandas saat akan sandar di Pelabuhan Bakauheni, Lampung sekitar pukul 04.00 WIB tadi.

"Sudah mau masuk alur Bakauheni. Masih di pintu Bakauheni lah," terangnya.

Saat ini kapal tersebut masih berada di perairan Pulau Rimau Balak. Sedangkan penumpangnya telah dievakuasi oleh Basarnas Lampung menggunakan kapal KN Basudewa.

"(Kondisi penumpang) saya kurang tahu juga, karena yang evakuasi Basarnas, dibawa ke mana juga belum tahu. Dievakuasi pakai Kapal Basarnas. Kapal masih di Rimau Balak. Kalau untuk (evakuai kapal) kewenangan KSOP Bakauheni," kata Saiful.

Puncak arus balik Lebaran 2019 di penyebrangan Bakauheni-Merak, diprediksi terjadi pada Jumat malam hingga Minggu siang, tanggal 07-09 Juni 2019.

Saksikan video pilihan di bawah ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Koeman: Timnas Belanda Pantas Kalahkan Inggris

Posted: 06 Jun 2019 08:10 PM PDT

Jakarta Timnas Belanda melaju ke final UEFA Nations League 2019 setelah menang 3-1 atas Inggris lewat drama perpanjangan waktu di babak semifinal yang digelar di Estadio D. Afonso Henriques, Guimaraes, Portugal, Jumat (7/6) dini hari WIB.

Timnas Belanda sejatinya tertinggal lebih dulu setelah Inggris mencetak gol lewat eksekusi penalti Marcus Rashford pada menit 32. Namun gol Matthijs de Ligt membuat skor imbang pada menit ke-73 dan laga harus dilanjutkan ke babak extra time. 

Gol bunuh diri Kyle Walker (97) dan gol Quincy Promes (17) di babak tambahan pun memastikan kemenangan Belanda. Di final, Belanda akan menantang Portugal, sementara Inggris akan bertarung dengan Swiss memperebutkan posisi ketiga.

Ronald Koeman puas dengan pencapaian ini. Belanda yang absen di Piala Dunia 2018 dan Piala Eropa 2016 mulai terlihat bangkit, kembali siap bersaing di percaturan elite dunia.

"Itu adalah pertandingan yang positif. Kami memegang kendali penuh, meskipun kami cenderung mememaksimalkan permainan sayap untuk bisa memperdayai mereka.

"Mereka terus bermain agresif, tetapi kami tetap tenang dan, selain peluang sundulan yang didapat Jadon Sancho, kami cukup aman dan nyaman. Saya pikir kami pantas memenangi laga ini."

Pertandingan timnas Belanda Vs Inggris berjalan relatif imbang. De Oranje unggul tipis penguasaan bola, 53 berbanding 47 persen.Namun bicara agresivitas permainan, Timnas Belanda jauh unggul. Sepanjang laga mereka tercatat melayangkan 29 kali tembakan, 14 di antaranya tepat sasaran. Sementara itu, Timnas Inggris tercatat hanya melakukan 13 tembakan dan hanya tiga di antaranya tepat sasaran.

Saksikan siaran langsung pertandingan-pertandingan Premier League, La Liga, Ligue 1, dan Liga Europa di sini

Susunan Pemain

Pemain Timnas Inggris kecewa setelah gagal ke final UEFA Nations League. Inggris kalah 1-3 dari Belanda di Estadio Dom Afonso Henriques, Porto, Jumat dini hari WIB (7/6/2019). (AFP/Miguel Riopa)

Belanda (4-3-3): 1-Jasper Cillessen; 17-Daley Blind, 4-Virgil van Dijk, 22-Denzel Dumfries, 3-Matthijs de Ligt; 8-Georginio Wijnaldum, 15-Marten de Roon (20-Donny van de Beek 68'), 21-Frenkie de Jong; 9-Ryan Babel (11-Quincy Promes 68'), 10-Memphis Depay, 7-Steven Bergwijn (6-Davy Propper 90')

Pelatih: Ronald Koeman

Inggris (4-3-3): 1-Jordan Pickford; 2-Kyle Walker, 6-Harry Maguire, 5-John Stones, 14-Benjamin Chilwell; 17-Fabian Delph (8-Jordan Henderson 77'), 18-Ross Barkley, 16-Declan Rice; 11-Jadon Sancho (7-Jesse Lingard 61'), 10-Raheem Sterling, 19-Marcus Rashford (9-Harry Kane 46')

Pelatih: Gareth Southgate

Sumber: Sky Sports/Bola.com

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Ma'ruf Amin Mengaku Siap Bertemu Sandiaga Uno

Posted: 06 Jun 2019 08:05 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Berbagai upaya untuk mewujudkan rekonsiliasi pascapemilu terus dilakukan. Kubu pasangan calon presiden (capres) dan calon wakil presiden (cawapres) 01 mengaku siap melakukan rekonsiliasi. Di level cawapres, Ma'ruf Amin mengaku siap bertemu dengan Sandiaga Uno.

Hal tersebut disampaikan Ma'ruf setelah menghadiri buka bersama di rumah Ketua DPD Oesman Sapta Odang. Ma'ruf mengaku siap membuka diri untuk melakukan silaturahmi. Menurut dia, elite politik memang seharusnya bisa menjadi contoh bagi masyarakat.

"Agar negara kita menjadi tenang dan kembali utuh seperti sebelum pilpres dan pileg," ucap dia.

Menurut Ma'ruf Amin, kubu 01 sebenarnya sudah berupaya menemui pihak 02. Tapi, upaya itu belum membuahkan hasil. Dia mencontohkan, Joko Widodo yang sempat berinisiatif melakukan rekonsiliasi pada 22 April lalu.

Saat itu Jokowi mengutus Menko Kemaritiman Luhut Binsar Pandjaitan untuk bertemu capres 02 Prabowo Subianto. Sayang, pertemuan itu tak kunjung terlaksana.

Ma'ruf berharap momentum Lebaran 2019 ini bisa menjadi sarana untuk saling memaafkan. Dengan begitu, ajakan kubunya untuk melakukan rekonsiliasi bisa disambut pihak oposisi.

"Secara personal, kami masih terus melakukan upaya rekonsiliasi. Cuma memang waktunya belum ketemu," papar pria kelahiran Tangerang tersebut.

Ma'ruf mengaku siap bertemu dengan Sandiaga Uno. "Hanya saja memang waktunya yang belum bisa. Pak Sandi sedang di Amerika. Kalau saya pribadi siap bertemu beliau," ujarnya.

Saksikan video pilihan di bawah ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Pertama di Dunia, Kereta Wisata Beroperasi di Lingkar Kutub Utara

Posted: 06 Jun 2019 08:05 PM PDT

Liputan6.com, St Petersburg - Untuk pertama kalinya, sebuah kereta wisata dioperasikan di wilayah Kutub Utara, yang membawa penumpang dari Rusia menuju Norwegia.

Dioperasikan oleh perwakilan dari biro wisata terkemuka asal Jerman, Lernidee Erlebnisreisen, rangkaian kereta ini telah memulai perjalanannya perdana pada hari Rabu, dengan mengangkut 91 penumpang.

"Arktik mempesona semua orang," kata Nurlan Mukash, Direktur Eksekutif operator terkait, sebagaimana dikutip dari Channel News Asia pada Kamis (6/6/2019).

"Rute menjelajahi Arktik telah digarap oleh agen-agen pariwisata Kanada dan Norwegia, namun belum pernah dioperasikan dari Rusia," tambahnya.

Mengusung nama Zarengold yang berarti "emas tsar" dalam bahasa Jerman, rangkaian kereta dengan dua gerbong restoran ini akan melakukan perjalanan dari Saint Petersburg melalui Petrozavodsk, dan berakhir di dua kota paling bersejarah di Lingkar Kutub Utara, Kem dan Murmansk.

Dari Murmansk, yang merupakan kota terbesar di lingkar Kutub Utara, para wisatawan akan dipindahkan dari kereta ke bus, untuk melanjutkan perjalanan ke Kirkenes di Norwegia.

Destinasi terakhir mereka, Oslo, dapat dituju dengan pilihan perjalanan perahu atau melalui udara.

 

Perjalanan Memakan Waktu 11 Hari

Seorang surfer membawa papannya melihat Cahaya Utara atau aurora borealis di Utakleiv, Norwegia utara (9/3). Biasanya aurora terjadi di daerah di sekitar kutub Utara dan kutub Selatan magnetiknya. (AFP/Olivier Morin)

Seluruh perjalanan akan memakan waktu 11 hari, di mana memungkinkan penumpang untuk menemukan daerah-daerah yang sulit diakses dengan cara lain, tutur penyelenggara.

Untuk perjalanan perdana, 91 orang wisatawan datang dari tujuh negara termasuk Amerika Serikat, Jerman, Norwegia, dan Rusia.

"Di masa depan, kami berharap bisa mengoperasikan kereta ini secara teratur," kata Mukash.

Dia menambahkan bahwa rangkaian kereta itu diharapkan akan berjalan dua hingga empat kali dalam setahun, selambat-lambatnya pada 2021 mendatang.

Rusia Ingin Kuasai Pengaruh di Lautan Arktik

Rusia luncurkan kapal pemecah es baru bertenaga nuklir, Ural, di St Petersburg, Sabtu 25 Mei 2019 (AP/Evgeny Uvarov)

Sementara itu, pada akhir Mei lalu, Rusia meluncurkan sebuah kapal pemecah es bertenaga nuklir, yang disebut oleh banyak pengamat, sebagai bagian dari progam ambisius dalam memanfaatkan potensi komersial Arktik.

Kapal produksi galangan nasional di St Petersburg itu diberi nama Ural, dan akan menjadi bagian dari trio pemecah es terbesar dan paling kuat di dunia, demikian sebagaimana dikutip dari The Guardian.

Selain itu, Rusia juga dikabarkan sedang membangun beberapa infrastruktur baru dan merombak pelabuhannya, di tengah siklus iklim yang lebih hangat.

Dalam satu dekade terakhir, Rusia menyiapkan lebih banyak lalu lintas di Laut Arktik, yang disebutnya sebagai Rute Laut Utara (NSR), dan diperkirakan bisa dilayari sepanjang tahun.

Ural akan diserahkan kepada perusahaan energi nuklir milik negara Rusia Rosatom pada 2022 mendatang, setelah dua pemecah es lainnya dalam seri yang sama, Arktika (Arktik) dan Sibir (Siberia), selesai diproduksi.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Lucu dan Menggemaskannya Jan Ethes Saat Hormat Bendera dan Diwawancara

Posted: 06 Jun 2019 08:04 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Keluarga Presiden Joko Widodo atau Jokowi selalu menarik perhatian publik, tak terkecuali cucunya, Jan Ethes. Belakangan ini putra Gibran Rakabuming Raka pun tak lepas dari sorotan karena tingkahnya yang lucu dan menggemaskan.

Kelucuan Jan Ethes terekam dalam sebuah video berdurasi singkat yang dibagikan dalam akun Instagram @jokowi. Ethes asyik berlari di atas rumput di Istana Kepresidenan Gedung Agung, Yogyakarta.

Sambil berlaris, bocah yang mengenakan celana biru dan kaus putih garis-garis itu terlihat melambaikan tangannya. Sementara sepatu yang dipakai merek Burberry warna coklat.

Langkahnya tegap seperti seorang Paskibraka. Namun, langkahnya berhenti di dekat tugu pemancang bendera.

Ia mengangkat tangan kanannya memberi hormat dengan posisi tangan mendongak. Usai hormat bendera, Jan Ethes terlihat agak kebingungan.

"Bila Jan Ethes hormat bendera dan menjawab awak media ...," jelas Jokowi dalam akun Instagram tersebut, Kamis, 6 Juni 2019.

 

Layani Wawancara Awak Media

Lucu dan menggemaskannya Jan Ethes saat hormat bendera dan diwawancara awak media (Dok.Instagram/@jokowi/https://www.instagram.com/p/ByX6ifshC9m/Komarudin)

Usai aksi hormat bendera, Jokowi meminta Jan Ethes menghampiri para wartawan yang sedang memotretnya.  Ethes lalu mendekati para awak media.

"Namanya siapa?" tanya salah seorang wartawan.

"Ethes!" jawab Jan Ethes singkat.

"Sudah sekolah belum," tanya awak media lagi.

Tanpa menjawab pertanyaan terakhir, Jan Ethes langsung berlari sambil tertawa. Ia berlari menghampiri Jokowi dan Gibran.

Saksikan Video Pilihan di Bawah ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Sambangi Pelabuhan Kali Adem, Menhub Cek Manifes Kapal hingga Sertifikat Nahkoda

Posted: 06 Jun 2019 08:03 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Menteri Perhubungan, Budi Karya Sumadi mengecek arus penyeberangan dari pelabuhan Kali Adem, Muara Angke, Jakarta Utara. Budi yang tiba di lokasi sekitar pukul 07.15 langsung mengecek ke pelabuhan.

Di sela-sela kunjungan, Budi bahkan langsung turun tangan mengecek kelaikan kapal untuk melakukan penyeberangan. Salah satu yang dia periksa adalah manifes kapal.

"Manifes (kapal) kamu ada enggak? Yang kemarin ada enggak," kata dia, kepada salah seorang awak kapal di pelabuhan Kali Adem, Jumat (7/6/2019).

Berbagai kelengkapan perjalanan pun dia periksa. Dari dokumen kapal hingga SPB (Surat Persetujuan Berlayar) tidak luput dari perhatian Mantan Dirut Angkasa Pura II ini. Sertifikat nahkoda pun diperiksa oleh dia.

"Dokumen kapal mana? Jadi kapal sudah mau berangkat saya lihat. Surat kapal kamu mana," ujarnya.

Pantauan Merdeka.com, pelabuhan kali Adem memang dipadati penumpang maupun penumpang. Kepadatan tersebut, kata Budi menjadi perhatian serius pemerintah.

"Saya lihat penumpang luar biasa banyak. Kita lakukan ramp check. Kita juga mau memastikan manifes. Kapal kan punya jumlah penumpang maksimal. Itu kami kontrol," tandasnya.

 

Reporter: Wilfridus Setu Embu

Sumber: Merdeka.com

 

Ke Terminal Kampung Rambutan, Menhub Makan Siang Bareng Sopir dan Kondektur

Sejumlah calon penumpang bersiap menaiki bus di Terminal Kampung Rambutan, Jakarta, Minggu (10/6). Lebih dari 28 ribu pemudik sudah meninggalkan Ibu Kota menuju kampung halamannya dengan bus hingga H-5 Lebaran 2018 pagi ini. (Merdeka.com/Arie Basuki)

Sebelumnya, Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi meninjau keberangkatan penumpang mudik dari Terminal Kampung Rambutan, Jakarta Timur pada Kamis ini. Dalam kesempatan tersebut, dia mengunjungi satu persatu kelengkapan terminal mulai dari pembelian tiket hingga Ruang Publik Terpadu Ramah Anak (RPTRA).

Selain itu, Budi Karya juga mengajak beberapa sopir bus dan kondektur untuk makan siang bersama. Para supir menceritakan penghasilan mereka naik saat musim mudik Lebaran.

"Secara umum saya senang, memang hari Lebaran ini bagi pengemudi, saya sebut pahlawan transportasi. Kenapa, di tengah kita senang-senang mereka mengemudi. Kalau mereka tidak bekerja pasti kita punya problem besar," ujarnya di lokasi, Kamis, 6 Juni 2019.

"Oleh karena itu, saya ajak beberapa makan siang untuk menangkap aspirasi mereka. Apa yang mereka sampaikan, satu penghasilan mereka lumayan. Dia dapat Rp 200.000-250.000. Jadi mereka dapat di atas UMR," sambungnya.

Budi juga mendapat keluhan dari sopir bus, selama puncak Lebaran terdapat kemacetan di beberapa titik. Meski demikian, para supir memahami hal tersebut terjadi karena adanya peningkatan pengguna jalan Bandung-Jakarta dan sebaliknya.

"Di saat hari pertama kedua, lalu lintas agak sedikit macet tapi mereka paham karena lalulintas dari Jakarta-Bandung, Bandung-Jakarta tujuannya tidak beraturan," tandasnya.

 

Menhub Sebut Mudik Lebaran 2019 Lancar

Menhub Budi Karya Sumadi periksa kesiapan Terminal Pulogebang. Dok: Maulandy R. Bayu Kencana

Sebelumnya, penyelenggaraan arus mudik 2019 bisa dikatakan berjalan lebih lancar dibandingkan tahun sebelumnya.

Ini menunjukkan pembangunan infrastruktur yang menghubungkan kota ke kota baik di Jawa maupun Sumatera dan penyiapan strategi-strategi berhasil mengurai kemacetan.

"Tahun 2019 merupakan suatu pembuktikan bahwa pembangunan infrastruktur sangat berguna bagi masyarakat dari kota ke kota. Terbukti perjalanan mudik tahun ini dari Jakarta ke Semarang enam jam, Jakarta ke Solo 8 jam, Jakarta ke Surabaya kurang dari 10 jam. Hal yang sangat menggembirakan terutama bagi pemudik. Masyarakat puas karena mudik tahun ini lancar," tutur Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi, seperti dikutip dari laman Antara, Rabu 5 Juni 2019.

Tidak hanya melalui segi infrastruktur, keberhasilan penyelenggaraan mudik 2019 juga merupakan kerja sama yang baik antarpemangku kepentingan.

"Saya mengapresiasi kerja sama pemerintah pusat dengan Polri, pemda yang turut membantu kelancaran mudik. Mereka bekerja dengan baik seperti tidak terjadi kemacetan di pasar tumpah, bahkan wilayah yang biasanya macet, kemarin ini lancar.

Dalam kesempatan itu, Budi juga mengimbau pemudik untuk kembali ke Jakarta pada 6-7 Juni 2019.

"Puncak arus balik diprediksi pada 8 dan 9 Juni, karenanya saya menganjurkan para pemudik untuk kembali ke Jakarta pada 6 atau 7 Juni," tutur dia.

Mengenai angka kecelakaan, Budi menuturkan, kecelakaan lalu lintas turun sekitar 60 persen pada arus mudik 2019. Angka ini cukup menggembirakan, mengingat aspek keselamatan dapat ditingkatkan dalam perjalanan mudik 2019.

"Ada suatu data yang signifikan, yaitu angka kecelakaan menurun drastis mencapai 60 persen dibandingkan tahun lalu. Artinya isu-isu yang telah kita upayakan agar mudik berjalan lancar dan keamanan itu berhasil," ujar dia.

 

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Mobil Penumpang Siap Gunakan Ban Tanpa Udara

Posted: 06 Jun 2019 08:03 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Ban tanpa udara untuk digunakan pada mobil penumpang dinilai akan lebih praktis. Melihat hal tersebut, GM dan Michelin telah meluncurkan prototipe Uptis (Unique Tire-proof Tire System).

Seperti dilansir Engadget, Kamis (6/6/2019) terdapat campuran karet komposit dan resin yang tertanam di fiberglass memungkinkan ban jenis ini untuk beroperasi pada kecepatan tinggi. Hal ini untuk mematahkan opsi sebelumnya yang mengatakan bila ban akan berfungsi maksimal saat digunakan dalam kecepatan rendah.

Meski tidak menarik dari sisi tampilan, Michelin mengklaim ban ini akan sama nyamannya dengan ban konvensional yang ada saat ini.

Hal terpenting yang juga menarik perhatian ialah GM akan mulai menguji ban ini di Michigan pada 2019 dengan armada Chevy Bolts. Sehingga, versi produksi massal bisa mulai dirasakan pada tahun 2024.

Hingga saat ini, pabrikan otomotif roda empat belum menyebutkan model mobil tertentu yang akan menggunakan ban jenis ini.

Tidak Kebal Ledakan

Meskipun ban ini tidak sepenuhnya kebal akan ledakan, ban kempis dan keausan tidak teratur, namun GM dan Michelin melihat perkembangan ini sangat penting untuk masa depan dimana mobil listrik dan self-driving adalah hal biasa. 

Selain itu, teknologi tanpa udara dinilai mengurangi produksi ban yang berbahaya bagi lingkungan, dan menghilangkan kebutuhan ban cadangan yang menambah bobot dan mengecilkan ekonomi bahan bakar.  Teknologi ini juga akan membantu kendaraan otonom mengemudi tanpa takut paku merusak perjalanan. 

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Libur Lebaran Sambil Wisata Kuliner? Ini Tips agar Badan Tak Melar

Posted: 06 Jun 2019 08:00 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Saat pulang ke kampung halaman atau piknik ke sebuah kota saat liburan panjang seperti kali ini kerap jadi ajang wisata kuliner. Mencoba aneka makanan enak di sana rasanya wajib ya.

Namun, tentu tidak ingin dong wisata kuliner membuat badan jadi melar. Berikut tips dari dokter spesialis penyakit dalam Alvin Nursalim dari Klikdokter agar bisa menikmati aneka makanan tanpa takut gendut.

- Buatlah jadwal untuk makan

Hindari makan di luar jam makan Anda dan hindari mengemil yang tidak sehat! Salah satu kiat agar Anda dapat menyalurkan hobi wisata kuliner, tapi tidak gemuk adalah dengan menghindari makan cemilan disela-sela jam makan.

- Pilih jenis kudapan yang tepat

Festival Banyuwangi Kuliner 2019 dinilai sangat berbeda. Kali ini, festival tersebut mengangkat kuliner lokal Pecel Rawon.

 

Jika hendak berwisata kuliner, tetap perhatikan keseimbangan makanan yang Anda santap. Jika Anda sudah mengonsumsi makanan kaya protein hari ini, jangan lupakan buah dan sayuran.

Perhatikan komposisi makanan yang Anda makan. Usahakan setiap kali Anda makan ada unsur karbohidrat (roti gandum, kentang). Hindari karbohidrat sederhana seperti makanan yang mengandung gula tinggi.

Mengapa karbohidrat sederhana tidak baik untuk kesehatan? Karbohidrat sederhana hanya terdiri dari satu (monosakarida) atau dua molekul gula (disakarida). Karena bentuknya yang sederhana, gula jenis ini sangat cepat dicerna. Setelah karbohidrat sederhana ini dimakan, kadar gula akan naik dengan cepat.

- Berolahraga

Setelah seharian berwisata kuliner, jangan lupa berolahraga. Dengan berolahraga, Anda sudah membakar kalori yang masuk dan dapat mempertahankan berat badan Anda. Olahraga teratur juga baik untuk menjaga kesehatan jantung dan pembuluh darah.

Sumber: Klikdokter.com

Saksikan juga video berikut:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

FOTO: Tradisi Mudik Ekstrem ala Warga Bangladesh

Posted: 06 Jun 2019 08:00 PM PDT

Ratusan pemudik bersiap menaiki sebuah kereta yang atapnya telah penuh sesak oleh penumpang untuk menuju kampung halaman di Dhaka, Bangladesh pada 4 Juni 2019. Sebagaimana terjadi di Indonesia, masyarakat Bangladesh pun memiliki tradisi mudik saat Idul Fitri. (MUNIR UZ ZAMAN/AFP)

Ratusan pemudik bersiap menaiki sebuah kereta yang atapnya telah penuh sesak oleh penumpang untuk menuju kampung halaman di Dhaka, Bangladesh pada 4 Juni 2019. Sebagaimana terjadi di Indonesia, masyarakat Bangladesh pun memiliki tradisi mudik saat Idul Fitri. (MUNIR UZ ZAMAN/AFP)

Ratusan penumpang duduk di atas atap kereta untuk menuju kampung halaman di Dhaka, Bangladesh pada 4 Juni 2019. Sebagaimana terjadi di Indonesia, masyarakat Bangladesh pun memiliki tradisi mudik saat Idul Fitri, namun agak membahayakan keselamatan. (MUNIR UZ ZAMAN/AFP)

Ratusan penumpang duduk di atas atap kereta untuk menuju kampung halaman di Dhaka, Bangladesh pada 4 Juni 2019. Sebagaimana terjadi di Indonesia, masyarakat Bangladesh pun memiliki tradisi mudik saat Idul Fitri, namun agak membahayakan keselamatan. (MUNIR UZ ZAMAN/AFP)

Warga Bangladesh melindungi diri mereka dari hujan saat duduk di atas atap kereta untuk menuju kampung halaman di Dhaka pada 4 Juni 2019. Sebagaimana terjadi di Indonesia, masyarakat Bangladesh pun memiliki tradisi mudik saat Idul Fitri, namun agak membahayakan keselamatan. (MUNIR UZ ZAMAN/AFP)

Warga Bangladesh melindungi diri mereka dari hujan saat duduk di atas atap kereta untuk menuju kampung halaman di Dhaka pada 4 Juni 2019. Sebagaimana terjadi di Indonesia, masyarakat Bangladesh pun memiliki tradisi mudik saat Idul Fitri, namun agak membahayakan keselamatan. (MUNIR UZ ZAMAN/AFP)

Ratusan orang berupaya menaiki atap kereta api untuk menuju kampung halaman di Dhaka, Bangladesh pada 4 Juni 2019. Pemadangan mencengangkan dari ratusan yang naik dan duduk di atas kereta karena gerbong yang penuh terlihat pada menjelang Idul Fitri di Bangladesh. (MUNIR UZ ZAMAN/AFP)

Ratusan orang berupaya menaiki atap kereta api untuk menuju kampung halaman di Dhaka, Bangladesh pada 4 Juni 2019. Pemadangan mencengangkan dari ratusan yang naik dan duduk di atas kereta karena gerbong yang penuh terlihat pada menjelang Idul Fitri di Bangladesh. (MUNIR UZ ZAMAN/AFP)

Ratusan penumpang duduk di atas atap kereta untuk menuju kampung halaman di Dhaka, Bangladesh pada 4 Juni 2019. Sebagaimana terjadi di Indonesia, masyarakat Bangladesh pun memiliki tradisi mudik saat Idul Fitri, namun agak membahayakan keselamatan. (MUNIR UZ ZAMAN/AFP)

Ratusan penumpang duduk di atas atap kereta untuk menuju kampung halaman di Dhaka, Bangladesh pada 4 Juni 2019. Sebagaimana terjadi di Indonesia, masyarakat Bangladesh pun memiliki tradisi mudik saat Idul Fitri, namun agak membahayakan keselamatan. (MUNIR UZ ZAMAN/AFP)

Warga Bangladesh melindungi diri mereka dari hujan saat duduk di atas atap kereta untuk menuju kampung halaman di Dhaka pada 4 Juni 2019. Sebagaimana terjadi di Indonesia, masyarakat Bangladesh pun memiliki tradisi mudik saat Idul Fitri, namun agak membahayakan keselamatan. (MUNIR UZ ZAMAN/AFP)

Warga Bangladesh melindungi diri mereka dari hujan saat duduk di atas atap kereta untuk menuju kampung halaman di Dhaka pada 4 Juni 2019. Sebagaimana terjadi di Indonesia, masyarakat Bangladesh pun memiliki tradisi mudik saat Idul Fitri, namun agak membahayakan keselamatan. (MUNIR UZ ZAMAN/AFP)

Ratusan orang berupaya menaiki atap kereta api untuk menuju kampung halaman di Dhaka, Bangladesh pada 4 Juni 2019. Pemadangan mencengangkan dari ratusan yang naik dan duduk di atas kereta karena gerbong yang penuh terlihat pada menjelang Idul Fitri di Bangladesh. (MUNIR UZ ZAMAN/AFP)

Ratusan orang berupaya menaiki atap kereta api untuk menuju kampung halaman di Dhaka, Bangladesh pada 4 Juni 2019. Pemadangan mencengangkan dari ratusan yang naik dan duduk di atas kereta karena gerbong yang penuh terlihat pada menjelang Idul Fitri di Bangladesh. (MUNIR UZ ZAMAN/AFP)

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

5 Cuitan 'Menolak Putus' ala Netizen Ini Menggelitik Banget

Posted: 06 Jun 2019 08:00 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Twitter menjadi media sosial yang sangat digemari netizen Indonesia. Biasanya, Twitter dijadikan wadah untuk sharing curhat. Banyak sekali uneg-uneg dari netizen yang disampaikan lewat Twitter. 

Twitter terdapat fitur hashtag yang berguna untuk menghimpun beberapa kalimat agar lebih mudah ditemukan. Dan hashtag yang termasuk ramai dibuat netizen ialah #menolakputus.

Hashtag #menolakputus merupakan hashtag yang digunakan untuk menandai cuitan tentang percakapan yang dibuat netizen perihal menolak putus. Menolak putus ini cukup menggelitik, pasalnya banyak alasan unik yang diberikan agar bisa putus dari pasangan.

Kocaknya cuitan ini telah dirangkum Liputan6.com dari cuitan beberapa akun Twitter, Jumat (7/6/2019).

1. Terserah

5 Cuitan #Menolakputus Ala Netizen Ini Menggelitik Banget (sumber: twitter.com/rikkkkrikkkkk)

Percakapan penuh drama ada cuitan di atas. Di mana seorang pria tengah kebingungan dengan sifat pasangannya. Di mana jawaban si cewek sangat singkat dan didominasi kata terserah. Geregetan dengan sikap cewek, cowok tersebut memberi penegasan tanya kesimpulannya. Sayang, si cewek malah jawab tidak tahu.

2. Pulang jam 11

5 Cuitan #Menolakputus Ala Netizen Ini Menggelitik Banget (sumber: twitter.com/akusantoss)

Alasan yang sering dipakai untuk memutuskan seseorang ialah kamu terlalu baik buat aku. Hal ini juga diterapkan oleh netizen di atas. Sayang upayanya masih bisa dibantah dengan alasan, sang cowok tidak berperilaku baik karena pulang jam 11. Seperti diketahui kata ibu, pulang lebih jam 9 adalah bukan anak baik.

3. Yuk liburan aja

5 Cuitan #Menolakputus Ala Netizen Ini Menggelitik Banget (sumber: twitter.com/ross37918342)

Alasan lain untuk memutuskan pasangan biasanya dengan menyebut kata bosan. Bosan ini biasanya efektif membuat pasanganmu mengerti. Namun lain halnya dengan netizen di atas yang malah mengira bosan memiliki arti lain, sehingga mengajak pasangannya berlibur.

4. Tunggu aku enggak sayang aja gimana?

5 Cuitan #Menolakputus Ala Netizen Ini Menggelitik Banget (sumber: twitter.com/aulmaulidiana)

Drama juga terjadi pada netizen di atas saat meminta putus. Karena alasan masih sayang, netizen ini mengajukan hal yang konyol. Bagaimana bisa dengan santainya netizen tersebut bilang, tunggu aku enggak sayang aja gimana?

5. Rebahan aja dulu

5 Cuitan #Menolakputus Ala Netizen Ini Menggelitik Banget (sumber: twitter.com/sitika)

Capek bisa jadi alasan agar kamu bisa memutuskan hubungan dengan pasanganmu. Namun upaya serupa yang dilakukan netizen diatas tidak berhasil, karena mengira capeknya karena melakukan aktivitas. Sehingga dengan polosnya berucap rebahan aja dulu.

Itulah 5 cuitan #menolakputus yang menggelitik abis. Menurut kamu, mana cuitan #menolakputus paling lucu?

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Napoli dan Inter Milan Rebutan Romelu Lukaku

Posted: 06 Jun 2019 08:00 PM PDT

Jakarta - Striker Manchester United, Romelu Lukaku, tak hanya diinginkan oleh Inter Milan. Kini Napoli juga ikut meramaikan persaingan. Meski demikian, Inter masih dalam posisi terdepan untuk mendapatkan pemain asal Belgia itu.

Lukaku dikabarkan tengah berdiskusi dengan Inter Milan untuk pindah ke Serie A pada musim panas ini. Dalam kondisi diskusi itu belum menemui kesepakatan, Napoli tampak masuk untuk bisa memboyong striker asal Belgia.

Namun, seperti dilansir Metro, Romelu Lukaku tampaknya lebih memilih untuk pindah ke Nerazzurri. Sementara itu, Napoli bertekad untuk bisa mendatangkan pemain berusia 26 tahun itu dengan nilai 62 juta pound, di mana Manchester United tetap bertahan di angka 80 juta pound.

Sementara itu, La Gazzetta dello Sport menyebutkan bahwa kesepakatan antara Inter Milan dan striker berpostur tinggi akan relatif mudah untuk dicapai.

Kedatangan Antonio Conte ke Inter Milan disebut-sebut akan membuat banyak pemain bernama besar datang, termasuk Romelu Lukaku.

 

Pemain Incaran Lain

Selain Romelu Lukaku, ada nama Mateo Kovacic, Victor Moses, dan Gareth Bale juga diisukan bakal menjadi pemain yang kemungkinan bakal direkrut oleh Conte untuk bisa membawa Inter Milan sebagai pesaing untuk meraih gelar juara.

Sumber: Metro, La Gazzetta dello Sport

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Unik, Microsoft Bakal Rilis Parfum dan Sabun Mandi Aroma Xbox

Posted: 06 Jun 2019 08:00 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Apa kamu pernah bertanya bagaimana aroma perangkat Xbox milikmu? Mungkin tidak pernah terpikirkan, tapi Microsoft tampaknya ingin membuat kamu semakin melekat dengan produk-produk mereka.

Bekerja sama dengan Lynx, Microsoft bakal luncurkan parfum bernama Lynx Xbox, seperti yang dilansir dari Game Spot, Jumat (7/6/2019). Bukan cuma parfum, akan ada juga body spray, deodorant, shower gel, dan perlengkapan mandi lainnya.

"Lynx Xbox adalah perpaduan wewangian segar green citrus, kaffir lime dan lemon winter, dengan sentuhan aroma herbal mint dan sage serta patchouli dan clearwood. Dengan tambahan minyak esensial, Lynx Xbox hadir dalam wujud body spray, deodorant, dan shower gel yang elegan," demikian deskripsi dari produk tersebut.

Bos Xbox ANZ Tania Chee menyatakan, pecinta konsol gim ini bisa menggunakan produk Lynx Xbox sebagai pemicu semangatnya di pagi hari.

Cuma Dirilis di Australia dan Selandia Baru

Kantor pusat Microsoft

Sayangnya, produk ini cuma dirilis di Australia dan New Zealand. Belum ada informasi apakah produk yang bakal diluncurkan Juli nanti ini bakal tersedia untuk negara lain.

Sementara, pencipta Xbox Seamus Blackley menyatakan di Twitternya kalau dia tidak bisa berkomentar apapun tentang hal ini.

Kira-kira, bakal seperti apa aroma Xbox ini, ya?

(Tik/Isk)

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Memburu Provokator dan Perusuh Saat Bentrok Warga di Buton

Posted: 06 Jun 2019 08:00 PM PDT

Liputan6.com, Kendari - Aparat kepolisian masih mengejar provokator terjadinya pengrusakan dan penganiayaan yang menyebabkan jatuhnya korban jiwa dan terbakarnya puluhan unit rumah warga dua desa di Kecamatan Siotapina, Kabupaten Buton, Sulawesi Tenggara.

Kabid Humas Polda Sultra AKBP Harry Goldenhart mengatakan, penyidik sedang mengumpulkan alat bukti untuk mengungkap pelaku pembakaran rumah dan penganiayaan yang menyebabkan jatuhnya korban jiwa tersebut.

Dan prioritas yakni menenangkan warga agar tidak terhasut informasi yang meresahkan.

"Polisi bekerja mengumpulkan bukti, termasuk mengorek informasi dari saksi yang menyaksikan peristiwa memilukan tersebut," kata Goldenhart di Kendari, Kamis (7/6/2019) malam, dilansir Antara.

Konflik antarwarga Desa Sampoabalo dan Desa Gunung Jaya yang menyebabkan seorang meninggal dunia, dua orang luka-luka dan 87 rumah terbakar dipastikan ada oknum pelaku yang harus bertanggungjawab.

"Setiap peristiwa pasti ada yang melatarbelakangi. Polisi dibantu masyarakat sedang merangkum bukti-bukti untuk mengungkap siapa oknum provokator dan pelaku pengrusakan rumah warga hingga pelaku penganiayaan yang menyebabkan seorang warga meninggal dunia," katanya.

Ia menambahkan personel gabungan TNI dan Kepolisian dikerahkan untuk meredam konflik yang melibatkan warga dua desa di Kecamatan Siontapina, Kabupaten Buton, Sultra. Dan juga agar tidak ada provokator yang berkeliaran.

"Situasi sudah kondusif. TNI-Polri bersama pihak terkait bersinergi meredam keselahpahaman warga dua desa," kata Goldenhart.

Berangsur Kondusif

Ilustrasi bentrok warga

Kapolda Sultra Brigjen Pol Iriyanto dan Danrem 143 Kolonel Inf Yustinus Nono Yulianto dilaporkan masih berada di lokasi konflik yang berangsur kondusif.

Informasi yang dihimpun penyelidik bahwa motif konflik yang mengakibatkan 87 rumah terbakar adalah sekelompok pemuda Desa Sampuabalo menggelar konvoi kendaraan bermotor serangkaian malam takbiran Idul Fitri memancing ketersinggungan warga Desa Gunung Jaya.

Kesalahpahaman warga dua desa berlanjut keesokan harinya atau seusai shalat Idul Fitri hingga terjadi pembakaran puluhan unit rumah warga setempat.

Goldenhart menambahkan korban meninggal dunia dari pertikaian warga dua desa sebanyak satu orang dan luka-luka dua orang karena disasar busur dan senjata tajam parang.

"Kami imbau warga yang bertikai untuk menahan diri. Kepolisian, TNI serta pemerintah daerah terus berupaya membangun rekonsiliasi demi kepentingan dan keselamatan warga," katanya.

Saksikan video pilihan berikut ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Bikin Ngakak, Pengalaman Lucu Netizen yang Sulit Dilupakan

Posted: 06 Jun 2019 08:00 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Semua orang pasti pernah mengalami kejadian lucu di dalam hidupnya. Jika diingat, berbagai kejadian lucu tersebut bisa dibilang sebagai kejadian yang cukup memalukan.

Namun, di balik rasa malu pasti kejadian tersebut menyimpan cerita tersendiri yang bisa dikenang. Sama seperti yang dialami oleh berbagai netizen ini.

Para netizen di media sosial Twitter ini membagikan berbagai pengalaman lucu yang pernah mereka alami. Awalnya, seorang netizen membuat twit di akun Twitter @askmenfess berisi pengalaman lucu yang pernah ia alami.

Tak butuh waktu lama, twit tersebut pun mendapat respons positif dari para netizen. Mereka merasa heran dan terhibur dengan pengalaman tersebut.

Netizen pun membalas twit tersebut dengan berbagai pengalaman yang pernah mereka alami juga. Hingga saat ini, twit tersebut telah disukai oleh lebih dari 10 ribu akun.

 

 

Berbagai Pengalaman Netizen

Sumber: twitter.com/askmenfess

Berikut adalah beberapa pengalaman lucu lainnya yang dialami oleh para netizen.

1. Habis ini jadinya canggung nggak ya?

 

2. Kucingnya jadi bersih dan bersinar

 

3. Iseng-iseng berbahaya

 

4. Sering terjadi

 

5. Yah yang penting ada busanya

 

6. Memang susah buat nahan refleks

 

Reporter:

Rahma Wulan Mei Anjaeni

Universitas Pendidikan Indonesia

 

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Laudya Cynthia Bella Ungkap Perbedaan Lebaran di Indonesia dan Malaysia

Posted: 06 Jun 2019 08:00 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Laudya Cynthia Bella melewati hari Lebaran tahun ini di Malaysia bersama sang suami, Engku Emran. Rupanya, ada perbedaan yang ia temukan terkait tradisi Lebaran di Malaysia dan di Tanah Air.

Dikatakan Laudya Cynthia Bella, perbedaan tersebut terletak pada sajian khas di Hari Raya. Meski sama-sama menggunakan ketupat, namun ketupat di Malaysia dan di Indonesia disajikan dengan cara yang berbeda.

"Perbedaannya makanan karena di sana tuh ketupat pakai udang, pakai abon, sudah kering-kering gitu. Kalau kita kan pakai kuah, kari atau apa gitu," kata Laudya Cynthia Bella di Senayan, Jakarta Pusat, beberapa waktu lalu.

 

Suasana

Preskon Film Ambu (Nurwahyunan/Fimela.com)

Selain itu, suasana Lebaran di Malaysia juga dirasakan Laudya Cynthia Bella lebih panjang dari di Indonesia. Malahan, saking lamanya Laudya Chyntia Bella merasa seperti Lebaran tak pernah usai di Malaysia.

"Hampir sama sih, cuma bedanya kalau misalkan kita lebaran itu cuma tiga hari, tapi kalau di sana itu bisa dua minggu atau sepuluh hari gitu lah ya," ungkap Laudya Cynthia Bella.

"Kalau kita kan habis halal bihalal tiga hari setelah itu pergi kemana gitu, tapi kalau di sana nggak. Ke rumah ini, ke rumah ini, muter ke mana aja, aku pusing bajunya sih, 'aduh kok nggak selesai-selesai sih?', 'oh iya kalau di sini lebarannya lama'," katanya lagi. 

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

VIDEO: Deretan Zodiak Paling Narsis

Posted: 06 Jun 2019 08:00 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Bukan cuman eksis di media sosial, empat zodiak ini juga paling suka posting foto diri alias narsis. Zodiak mana sajakah? Yuk, cek di video berikut ini!

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Jalan Tol Trans Jawa Dorong Pertumbuhan Wisata One Day Tour

Posted: 06 Jun 2019 07:53 PM PDT

Liputan6.com, Solo Keberadaan Jalan Tol Trans Jawa diyakini dapat mendorong pertumbuhan wisata baru. Khususnya yang berkonsep "one day tour" atau tur satu hari. Bahkan, Asosiasi Perusahaan Perjalanan Wisata (ASITA) menyatakan, paket wisata satu hari ini banyak dipesan oleh wisatawan baik lokal maupun asing.

"Dengan adanya tol tentu perjalanan menjadi lebih mudah dan cepat," kata Ketua Dewan ASITA, Surakarta Pri Siswanto, Rabu (5/6).

Menurut dia, dengan adanya tol, wisatawan dapat lebih mudah mengakses objek wisata yang ada di Soloraya. Selain itu, ada pula yang menginginkan perjalanan wisata hingga ke Klaten.

"Jadi bukan hanya di Solo tetapi juga kabupaten-kabupaten lain di sekitar Solo. Kebanyakan permintaan wisata ke Solo dan Karanganyar," katanya.

Beberapa objek wisata yang banyak diminati wisatawan di antaranya bangunan bersejarah De Tjolomadoe di Karanganyar dan Umbul Ponggok di Klaten.

"Di sini kami menyediakan mobil dan sopirnya. Selain itu juga memberikan opsi-opsi destinasi wisata yang dapat dikunjungi wisatawan dalam sehari," ungkapnya.

Meski demikian, pihaknya tetap mengembangkan paket-paket wisata inovatif yang memungkinkan wisatawan tinggal lebih lama di Kota Solo. Terkait hal itu, dikatakannya, ASITA akan bersinergi dengan sektor perhotelan.

"Ini untuk lebih mengembangkan dampak positif jalan tol terhadap sektor pariwisata. Jadi harus bersinergi dengan banyak pihak," pungkasnya.

Hal senada disampaikan Ketua Bidang Humas dan Promosi Perhimpunan Hotel dan Restoran Indonesia (PHRI) Kota Surakarta, Sistho A Sreshtho. Menurutnya, Jawa Tengah mulai dilirik wisatawan terutama yang memanfaatkan akses jalan tol Trans-Jawa.

"Tol memberikan alternatif berlibur bagi wisatawan, terutama dari arah Jawa Timur. Terkait hal itu perhotelan berupaya menangkap pasar tersebut melalui sinergi dengan agen wisata. Salah satu tujuannya untuk meningkatkan okupansi hotel," kata Sistho.

Hal ini sesuai dengan keinginan Presiden Joko Widodo (Jokowi) yang meminta proyek infrastruktur disambungkan dengan kawasan wisata di setiap daerah. Hal itu agar sektor pariwisata bisa semakin mendorong kesejahteraan masyarakat secara lebih merata.

"Segera provinsi, kabupaten, kota menyambungkan titik-titik di tempat masing-masing. Tanpa itu, tidak ada daerah bisa menikmati pertumbuhan ekonomi. Sambungkan dengan kawasan industri, wisata, dengan sentra industri kecil, dengan pusat produksi baik pertanian atau perkebunan," kata Presiden beberapa waktu lalu.

Presiden mengharapkan agar sentra-sentra sumber ekonomi yang ada di daerah dapat tersambung dengan adanya sejumlah infrastruktur yang dibangun pemerintah pusat. Dengan tersambungnya sentra industri dan pariwisata, maka denyut perekonomian daerah akan semakin kencang.

"Tanpa itu tidak akan daerah bisa menikmati yang namanya pertumbuhan ekonomi," kata Kepala Negara.

Menteri Pariwisata Arief Yahya mengatakan prinsip dasar pariwisata memerlukan dukungan sektor lain untuk berkembang, maka dukungan infrastruktur seperti yang diinstruksikan Presiden memang sudah keharusan.

"Kemenpar siap mendukung upaya pengembangan destinasi wisata di daerah sesuai yang diinstruksikan Presiden Jokowi," kata Menpar Arief Yahya.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Tidak ada komentar: