Minggu, 25 Februari 2018

Liputan6 : RSS2 Feed

Liputan6 : RSS2 Feed


Ikut Kajian Ustaz Abdul Somad Virgoun Menuai Pujian

Posted: 25 Feb 2018 09:50 PM PST

Virgoun semakin mendalami ilmu-ilmu agama islam setelah memutuskan untuk menjadi seorang mualaf. Beberapa waktu lalu dirinya sempat mengatakan memiliki keinginan untuk bisa rutin mengikuti kajian bersama rekan-rekan artis lain.

Saat ini, ucapan Virgoun tidak sekadar ucapan, tetapi juga dilakoninya dengan sungguh-sungguh. Terbukti saat dirinya mengikuti kajian oleh Ustaz Abdul Somad. Bukan hanya Virgoun, beberapa rekan artis lainnya juga ikut mendengarkan tausiyah Minggu (25/2/2018).

"Dari dulu susah bgt dapet waktu buat ikut kajian beliau.. alhamdulillah bisa ketemu n denger kajian beliau langsung πŸ™πŸΌπŸ™πŸΌπŸ™πŸΌ #ngaji #myfriendstojannah," tulis Virgoun dalam unggahan Instagramnya.

Salut

Virgoun ikuti kajian Ustaz Abduol Somed (Instagram.com/ virgoun_).

Hal ini membuat warganet yang melihatnya terharu dan terkagum kepada Virgoun atas niatnya memperdalam ilmu agama Islam.

"semoga selalu istiqomah yah bang. Gue salut bgt ama abang. πŸ‘πŸ‘πŸ‘πŸ‘☝☝☝," kata @teggar.prasetyo9363.

"Ini yg sy salut,bang virgon mualaf tp slalu mencari & mendalami islam lebih dlm," kata @riyanhidayaaaaat.

Terharu

Bahkan tidak sedikit pula yang merasa terharu melihat kesungguhan Virgoun.

"Masya allah mau nangis please😭😭 salute bgt sm kak virgoun😁😁," tulis @darmawansherlina.

"MasyaAllah ! Kalo ingen bang virgoun ingen jaman gue bandel dulu. Pertama kali ketemu waktu di Detos. Pernah foto bareng tp gue nya belom pake krudung. Sekarang liat bang virgoun udh better jadi terharu 😣😣," tulis @h_lim22.

Rekan Artis

Sejumlah artis mengikuti kajian dari Ustaz Abdul Somad.(Instagram.com)

Dalam kajian tersebut, tampak banyak sekali rekan artis lain turut pula hadir. Di antaranya adalah Ivan Seventeen, Teuku Wisnu, David Chalik, Dude Harlino, Tommy Kurniawan, Sahrul Gunawan, dan lain-lain.

Bahkan yang tak dapat hadir pun menyampaikan kesedihannya. Salah satunya adalah Fadly Padi.

"Sedih tidak bisa ikutan...," tulis Fadly Padi.

Jadi Tren

Lantas apa yang membuat pria yang memiliki banyak tato ditubuh itu hingga akhirnya rela meninggalkan agama yang telah dianut sebelumnya. Mimpi buruk membuatnya menangis. (Adrian Putra/Bintang.com)

Beberapa waktu lalu kepada Liputan6.com, Virgoun sempat berharap agar kegiatan datang ke majelis ilmu bisa menjadi sebuah rutinitas dan kebiasaan bagi anak-anak muda Indonesia.

"Mudah-mudahan dengan banyaknya teman artis gua yang gabung geng pengajian, ini jadi tren yang bagus lah. Dan gue percaya, sebuah tren kalau dijaga terus bakalan makin besar," jelas penyanyi berusia 31 tahun tersebut.

Ia melanjutkan. "Dan akhirnya kajian itu bisa jadi kultur, budaya, jadi pakem, dogma masyarakat. Jadi tugas gue sebagai public figure, ngebantu para ulama untuk kita viralkan yang baik-baik aja."

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Penghuni Rumah di Jakbar Ditemukan Tewas Bersimbah Darah

Posted: 25 Feb 2018 09:48 PM PST

Seorang pria ditemukan tewas di dalam kamarnya di Jalan Taman Ratu, Kedoya Utara, Kebon Jeruk, Jakarta Barat. Belum diketahui penyebab kematiannya, namun korban ditemukan dalam kondisi mengeluarkan darah.

Seperti diitayangkan Patroli Indosiar, Senin (26/2/2018), sebuah rumah di kawasan Perumahan Taman Ratu, Kedoya Utara, Kebon Jeruk, Jakarta Barat, Minggu malam, didatangi warga sekitar dan polisi. Penghuni rumah bernama Wong ditemukan tewas di dalam kamar.

Tubuh pria berusia 33 tahun itu bahkan bersimbah darah. Polisi yang melakukan olah tempat kejadian perkara (TKP) belum bisa memastikan penyebab kematian.

Untuk kepentingan penyelidikan, jenazah dibawa ke Rumah Sakit Cipto Mangunkusomo (RSCM) Jakarta.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Nasib Miris TKI: Upah Minim hingga Terjebak Perdagangan Orang

Posted: 25 Feb 2018 09:47 PM PST

Berbagai masalah masih membelit Tenaga Kerja Indonesia (TKI) yang merantau ke negeri orang. Mulai dari terjebak dalam kejahatan perdagangan orang (human trafficking) hingga masalah pengupahan.

Ini seperti diungkapkan pengacara Lembaga Bantuan Hukum (LBH) Jakarta, Oky Wiratama.  "Kebanyakan mereka tuh jadi korban trafficking, terjebak," kata Oky saat ditemui di kantor LBH Jakarta, Minggu (25/2).

Dia mencontohkan sempat menangani kasus TKI yang terjebak perdagangan manusia pada 2017 lalu. Proses penanganan masalah ini cukup lama, hingga 6 bulan sampai akhirnya pelaku dipidana.

"Tahun lalu satu pengaduan trafficking, pelakunya sudah dipidana. Dia (korban) itu perempuan ke Malaysia dijanjikan untuk bekerja sebagai waitress (pelayan) kafe tapi akhirnya dia itu dijebak sampai di Malaysia dia dipekerjakan sebagai pekerja seks komersial," tutur dia.

Saat kasus itu terbongkar, diketahui ternyata masih ada korban lainnya. "Satu kasus tapi waktu itu jumlah korbannya ada sekitar 5, mereka kelompok gitu. Yang dipidananya agensi yang di Indonesia ada suami istri," jelas dia.

Tonton Video Pilihan Ini:

 

Upah Tak Layak

Tak hanya masalah perdagangan orang, banyak migran atau TKI yang memperoleh upah jauh di bawah ketentuan minimal yang seharusnya mereka terima.

Meski saat ini pemerintah sudah menyediakan Layanan Terpadu Satu Atap (LTSA) ternyata belum optimal.

LTSA pun dinilai seharusnya bisa lebih menyosialisasikan dengan jelas kondisi di negara tujuan serta besaran upah minimal yang diperoleh.

"Saya akui memang pemerintah sudah membentuk LTSA. Jadi di situlah mereka mengurus paspor, dokumen-dokumen jadi mengurangi adanya calo. Kalau di desa kan banyak calo. Seharusnya di dalam LTSA yang tersedia itu diberikan juga informasi terkait upah minimal."

Oky berharap LTSA tersebut bisa menjangkau hingga ke tingkat desa untuk mensosialisasikan upah minimal.

"Seharusnya pemerintah menjangkau ke desa-desa terkait dengan kalau kamu ke Singapura sekian upah minimalnya, kalau kamu ke Malaysia sekian upah minimalnya."

Sebagai informasi, data Badan Nasional Penempatan dan Perlindungan Tenaga Kerja Indonesia (BNP2TKI) memperlihatkan terjadi peningkatan kasus yang dialami pekerja migran di Malaysia bila dibandingkan antara tahun 2016 dengan 2017.

Data lainnya menunjukkan meskipun kasus pekerja migran mengalami penurunan dari 2016 ke 2017, namun jumlah kasus yang dialami pekerja migran tetap tinggi. Terlebih data BNP2TKI menunjukkan terjadi peningkatan kasus pekerja migran yang tidak berdokumen (254 orang), kasus over charging (33 orang) dan kasus overstay (33 orang).

Sedangkan data kasus yang masuk ke SBMI menunjukkan sepanjang tahun 2016-2017 terjadi peningkatan kasus pelanggaran kontraktual sebanyak 1501 kasus. Selain kasus kontraktual, tidak sedikit pekerja migran mengalami kasus penganiayaan, trafficking dan sakit.

Selain data dari SBMI, data monitoring media yang dilakukan JBM juga menunjukkan selama tahun 2017 kasus terbanyak yang dialami pekerja migran adalah kasus pekerja migran tidak berdokumen (6.300 kasus), kasus perdagangan orang (1.083 orang) dan kasus pekerja migran yang meninggal dunia (217 orang).

Sumber: Merdeka.com

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Aksi Konyol Kiper Liga Jerman Bikin Heboh Media Sosial

Posted: 25 Feb 2018 09:45 PM PST

Liga Jerman dibikin heboh dengan aksi konyol kiper Duisburg akhir pekan kemarin. Mark Flekken kebobolan ketika sedang mengambil minum di dalam gawangnya.

Kejadian itu langsung jadi viral di media sosial. Bahkan kiper kawakan Petr Cech sampai ikut membagikan video insiden 'nahas' Flekken itu melalui media sosial twitter.

Insiden itu bermula ketika menit 17 Ingolstadt yang menjadi lawan Duisburg dalam laga Sabtu, 24/2/2018, melakukan counter attack. Begitu cepatnya serangan balik membuat Flekken sampai tak menyangka.

Sang kiper ketika itu masih berjalan santai ke belakangan gawang untuk mengambil botol minum. Belum sempat meneguk air minum, Flekken lalu dikagetkan dengan sontekan Stefan Kutschke yang membobol gawang timnya.

Melihat gol tersebut Flekken pun hanya bisa melongo. Dia tidak habis pikir bisa kebobolan dengan cara 'bodoh' seperti itu.

 

 

Sempat Gagalkan Penalti

Mark Flekken kebobolan ketika sedang mengambil minum di dalam gawangnya (Twitter)

Walau melakukan bluner fatal, untungnya Duisburg mampu meriah poin maksimal dalam pertandingan itu. Mereka menang 2-1 berkat gol dari Ahmet Engin dan Boris Tashchi.

Dalam pertandingan itu nasib Flekken bisa dikatakan ibarat roller coster. Sebelum melakukan kesalahan memalukan tersebut, padahal dia sempat dielu-elukan publik Reisen Arena karena berhasil menggalkan penalti Kutschke di menit 11.

Atas kemenangan tersebut Duisburg pun kini duduk di posisi empat klasemen sementara 2. Bundeliga. Mereka mengumpulkan 37 poin dari 24 penampilan.

 

 

Bawa Pulang Botol Minuman

Usai laga Flekken masih bisa sedikit bercanda soal kebobolan itu. Atas kesalahan itu, dia sadar akan mendapat olok-olok dari rekan setim dalam beberapa hari ke depan.

"Saya dengar sorakan gol, saya pikir karena kami menang. Rekan saya pasti senang dengan hal tersebut, mereka akan mengolok-olok saya hingga sepakan ke depan," kata Flekken.

"Mungkin saya akan membawa botol minuman itu pulang ke rumah dan menguburnya di halaman belakang," candanya lagi dikutip The Sun.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Matcha, Rahasia Rambut, Kulit, dan Kuku yang Sehat

Posted: 25 Feb 2018 09:45 PM PST

Matcha baru saja mendapatkan popularitas yang tinggi ketika disebut sebagai salah satu bahan perawatan kecantikan dan kebugaran terbaik. Bubuk hijau ini memang awalnya hanya digunakan sebagai minuman.

Lantas, mengapa tiba-tiba matcha disebut sebagai rahasia kecantikan? Dilansir dari shefinds.com, Sabtu (24/2/2018), matcha ternyata memiliki beberapa manfaat bagi kesehatan, seperti membakar kalori, meningkatkan metabolisme, memiliki sifat detoksifikasi, mengembalikan konsentrasi, mencegah penyakit, dan terdapat sifat menenangkan.

Matcha awalnya berasal dari budaya Jepang dan dianggap sebagai teh hijau dengan kualitas tinggi. Matcha terbuat dari bubuk daun teh hijau yang kemudian dilarutkan dengan air panas untuk membuat teh atau sebagai penyedap rasa.

 

 

Manfaat matcha untuk kulit, rambut, dan kuku

Ilustrasi Teh Hijau (iStock)

Matcha memiliki antioksidan yang tinggi, tidak heran jika satu gelas matcha sama dengan 10 cangkir teh hijau. Antioksidan dapat membantu menetralkan radikal bebas dari sinar matahari dan polusi yang dikaitkan dengan penyakit kanker.

Penelitian medis menunjukkan bahwa jumlah antioksidan yang dibutuhkan untuk mengurangi risiko kanker ternyata terlalu tinggi jika dikonsumsi secara teratur, dapat meningkatkan risiko penyakit lainnya. Maka dari itu, jika Anda ingin mengonsumsi matcha sebaiknya dalam bentuk bubuk.

Manfaat matcha untuk kulit, rambut, dan kuku

Ilustrasi Teh Hijau (iStockphoto)

Antioksidan sebenarnya merupakan satu hal yang sangat dibutuhkan oleh kulit. Namun, antioksidan topikal saja ternyata tidak cukup untuk membuat kulit bercahaya, rambut tebal, dan kuku panjang, serta kuat.

Cobalah Anda mencari suplemen dengan bahan kandungan, seperti peptida, lipid, koalgen, antioksidan, hialuronik, asam, dan biotin yang terbukti dapat memperbaiki kulit kering, rambut tipis, dan kuku yang rapuh dalam waktu beberapa minggu. Sudah pernah mencoba matcha untuk rutinitas kecantikan Anda?

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

KPK Periksa Anggota DPRD Telisik Korupsi di Lampung Tengah

Posted: 25 Feb 2018 09:43 PM PST

Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) kembali memeriksa sejumlah pejabat dan anggota DPRD Lampung Tengah untuk mendalami kasus dugaan suap persetujuan pinjaman daerah untuk APBD Kabupaten Lampung Tengah.

Empat pejabat dan anggota DPRD tersebut akan diperiksa sebagai saksi atas tersangka J Natalis Siaga yang merupakan Wakil Ketua DPRD Lampung Tengah.

"Ya, sejumlah anggota DPRD Lampung Tengah akan diperiksa hari ini," ujar juru bicara KPK Febri Diansyah saat dikonfirmasi, Senin (26/2/2018).

Keempatnya adalah Ketua DPRD Lampung Tengah Achmad Junaidi Sunardi, Wakil Ketua II DPRD Lampung Tengah Riagus Ria, Wakil Ketua III DPRD Lampung Tengah Joni Hardito, dan Anggota DPRD Lampung Tengah Raden Zugiri.

J Natalis Siaga sendiri ditetapkan sebagai tersangka oleh lembaga antirasuah pada 15 Februari 2018. Dia diduga melakukan transaksi suap berkaitan dengan pinjaman daerah pada APBD Lampung Tengah tahun 2018.

Tetapkan Tersangka

Tersangka Bupati Lampung Tengah nonaktif Mustafa usai diperiksa di Gedung KPK, Jakarta, Rabu (21/2). Mustafa diduga memberi arahan pada Kadis Bina Marga Lampung Tengah Taufik Rahman untuk mengumpulkan uang Rp 1 miliar. (Liputan6.com/Herman Zakharia)

Lembaga pimpinan Agus Rahardjo itu juga menetapkan anggota DPRD Lampung Tengah Rusliyanto dan Kepala Dinas Bina Marga Lampung Tengah Taufik Rahman sebagai tersangka.

KPK menduga Taufik memberikan uang kepada J Natalis Siaga dan Rusliyanto terkait persetujuan pinjaman daerah kepada PT SMI sebesar Rp 300 miliar.

Rencananya, uang tersebut akan digunakan untuk pembangunan proyek infrastruktur yang akan dikerjakan Dinas PUPR Lampung Tengah.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Berpose Tanpa Busana, Jari Kaki Kendall Jenner Disindir

Posted: 25 Feb 2018 09:40 PM PST

Keberanian Kendall Jenner untuk tampil tanpa busana telah merambah ke media sosial. Bahkan, dalam dua unggahan foto terbarunya di Instagram, Kendall terlihat berpose tanpa sehelai benang pun. Ia hanya menutupi bagian sensitifnya dalam foto hitam putih itu.

Uniknya, dalam dua foto yang diambil oleh Sasha Samsonova itu, Kendall Jenner tak hanya mendapat komentar yang menyorot tubuh seksinya. Beberapa malah mengomentari bentuk jari kaki kakak Kylie Jenner itu, seperti dilaporkan Ace Showbiz, Senin (26/2/2018).

Ditutup Rapat

Kendall Jennner. (Instagram - @kendalljenner / Sasha Samsonova)

Dalam foto pertama yang diunggah Kendall Jenner sendiri, ia tampak duduk di sebuah tangga batu tanpa busana. Hanya kalung berlian yang menghiasi tubuhnya. Sementara itu, bagian sensitifnya ditutupi rapat tangan maupun kaki.

Sementara di foto yang kedua, Kendall Jenner duduk di atas sebuah meja batu. Aktris 22 tahun itu menyilangkan kaki sambil telapak tangannya menutupi bagian dada. Seperti foto sebelumnya, ekspresi wajahnya tampak datar sambil melihat ke arah kamera.

Berteriak

Selanjutnya masih dengan outfit hitamnya, kali ini Kendall memakai mini dress hitam dan stilettonya. Kali ini Kendall membiarkan rambutnya terurai begitu saja, namun tampilannya tetap mempesona. (AFP/Neilson Barnard)

Komentar soal jari kaki salah satunya disampaikan oleh warganet yang menulis, "Aku suka kamu sayang tapi apa yang salah dengan jari-jari kakimu?"

"Ada apa dengan jempol kakimu?" tanya yang lain. "Aku berteriak melihat jari-jari kakinya." Sementara yang lainnya berkomentar, "Mengapa kaki-kakimu miring?"

Kegelisahan

Hal yang dilakukan Kendall tidak salah lantaran Bella Hadid cukup terpuruk pasca putus dari The Weeknd. Kendall sepertinya tidak ingin jika sahabatnya ini kembali patah hati untuk yang kedua kalinya. (AFP/JP Yim)

Di luar komentar soal foto beraninya itu, Kendall baru saja tampil dalam majalah Harper's Bazaar edisi Februari. "Aku memiliki kegelisahan yang melemahkan karena semua yang terjadi, aku benar-benar terbangun di tengah malam dengan serangan panik penuh," akunya dalam wawancara dengan majalah tersebut.

Saksikan video berikut ini

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Jokowi Ajak Bos IMF Tinjau Layanan KIS di RSPP

Posted: 25 Feb 2018 09:40 PM PST

Presiden Joko Widodo (Jokowi) mengajak Managing Director International Monetary Fund (IMF) Christine Lagarde blusukan sejumlah titik di Jakarta. Blusukan pertama ke Rumah Sakit Pertamina Pusat (RSPP). 

Jokowi dan Lagarde tiba di RSPP pukul 11.10 WIB dan langsung berkunjung ke area poliklinik di rumah sakit tersebut. Jokowi dan Lagarde juga sempat berbincang dengan pasien yang tengah di rawat di rumah sakit yang terletak di Jakarta Selatan itu.

Jokowi menanyakan sakit yang tengah diderita pasien. "Siapa yang sakit, Ibu ya?," tanyanya.

 

 

Presiden Joko Widodo (Jokowi) dan Managing Director IMF Christine Lagarde berbincang dengan seorang pasien saat melihat fasilitas pelayanan Kartu Indonesia Sehat (KIS) di RSPP Jakarta, Senin (26/2). (Liputan6.com/Angga Yuniar)

Jokowi sempat menunjukkan Kartu Indonesia Sehat (KIS). Dengan menggunakan kartu ini biaya pengobatan yang harus dibayar pasien ditanggung pemerintah, alias gratis. "Gratis ya?," tanya Jokowi.

"Gratis pak," ungkap sang pasien.

Usai dari RSPP, Jokowi dan Lagarde akan menuju ke Pasar Tanah Abang.

 

Saksikan juga video menarik berikut:

 

Seputar Kartu Indonesia Sehat

Presiden Joko Widodo dan Managing Director IMF Christine Lagarde berbincang dengan Dirut BPJS Fachmi Idris saat melihat fasilitas pelayanan Kartu Indonesia Sehat (KIS) di RSPP Jakarta, Senin (26/2). (Liputan6.com/Angga Yuniar)

KIS adalah singkatan dari Kartu Indonesia Sehat, program untuk mendapatkan jaminan sosial yang berlaku nasional untuk peningkatan kesejahteraan masyarakat pra sejahtera. KIS diperuntukkan bagi mereka pemegang Kartu Keluarga Sejahtera (KKS) yang datanya telah ditetapkan oleh Kementerian Sosial.

(Baca: Tanya Jawab tentang Kartu Indonesia Sehat yang Dikelola BPJS)

Direktur Utama Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS) Kesehatan Fahmi Idris pernah menyampaikan dengan KIS maka akan ada perluasan manfaat secara kualitas dan kuantitas. Dalam hal kualitas, masyarakat pra sejahtera akan mendapat layanan kesehatan mulai dari preventif (pencegahan) dan promotif.

Sedangkan secara kualitas, akan ada penambahan jumlah orang yang sebelumnya tidak bisa ditampung dalam Sistem Jaminan Sosial Nasional (SJSN) yang tercatat sebagai Penerima Bantuan Iuran (PBI).

Di 2017, jumlah peserta KIS-PBI adalah 93,9 juta jiwa, sedangkan ditahun 2016 sejumlah 92,4 juta jiwa.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Jaksa Ajukan 96 Saksi untuk Perkara First Travel

Posted: 25 Feb 2018 09:36 PM PST

Kejaksaan Negeri Depok mempersiapkan 96 orang untuk bersaksi di hadapan Majelis Hakim persidangan kasus First Travel pekan depan. Persidangan dengan agenda pemeriksaan saksi akan digelar mulai 5 Maret 2018 mendatang.

Humas Pengadilan Negeri Depok, Teguh Arifiano menyebutkan dalam Berita Acara Pemeriksaan (BAP) Kejaksaan mengajukan 96 saksi. Para saksi terdiri dari korban, rekanan bisnis, perwakilan Kementerian Agama, dan artis papan atas.

"Ada satu artis dalam BAP atas nama Syahrini. Sedangkanya yang lainnya (artis) siapa nanti saya cek," ujar dia, Senin (26/2/2018).

Mengingat jumlah saksi yang membeludak, Ketua Majelis Hakim menjadwalkan persidangan perkara First Travel dua kali dalam seminggu.

"Kami jadwalkan Senin dan Rabu," terang dia.

 

Target Vonis 

Korban dugaan penipuan agen perjalanan umrah First Travel menunjukkan spanduk tuntutan saat sidang perdana kasus First Travel di Ruang Sidang Utama Pengadilan Negeri Depok, Jawa Barat, Senin (19/2). (Liputan6.com/Immanuel Antonius)

Keputusan itu diambil untuk merampungkan perkara agar sesuai dengan waktu yang telah ditetapkan. Sesuai putusan Mahkmah Agung selambat-lambatnya dalam 5 bulan suatu perkara harus sudah dijatuhi vonis. Waktunya terhitung dari mulai awal sidang

"Makanya kami upayakan untuk segera selesai. Seharinya berapa saksi yang diperiksa kami lihat kemampuan JPU," tutur dia.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Bolu Gulung Rasa Telur Asin, Siapa Berani Coba?

Posted: 25 Feb 2018 09:32 PM PST

Bolu gulung menjadi salah satu penganan favorit yang juga kerap dijadikan sebagai buah tangan atau oleh-oleh. Ada beberapa tempat yang menjadikan bolu gulung sebagai produk jualan utamanya.

Salah satunya adalah Madam Souvenir yang berada di Jalan Pekanbaru, Kota Medan, Sumatera Utara. Yang menarik adalah, Madam Souvenir menghadirkan bolu gulung dengan rasa yang cukup unik, yaitu rasa telur asin.

Penanggung Jawab Madam Souvenir, Lawrance, mengatakan meski rasanya tak biasa, bolu gulung telur asin termasuk paling favorit pengunjung.

"Madam Souvenir merupakan satu-satunya atau yang pertama di Indonesia yang menawarkan Bolu Gulung dengan rasa telur asin," katanya, Minggu, 25 Februari 2018.

Madam Souvenir menghadirkan Bolu Gulung Telur Asin karena saat ini sedang tren dan juga cukup banyak peminatnya. "Banyak yang suka karena selain rasanya yang enak, bolu tersebut juga berbeda dari bolu gulung yang ada," katanya.

 

 

Bolu Gulung Dingin

Rasa telur asin sedang menjadi tren di mana-mana. Tak mau ketinggalan, seorang produsen bolu menciptakan varian bolu gulung telur asin. (Liputan6.com/Reza Efendi)

Ia menuturkan, selain Bolu Gulung Telur Asin, yang juga banyak peminatnya adalah Bolu Gulung Madamisu. Banyak yang suka karena Bolu Gulung Madamisu dari Madam Souvenir dibuat tanpa menggunakan campuran alkohol.

"Bolu Gulung Madamisu dibuat dengan menggunakan bahan-bahan seperti coklat, keju dan kopi serta enak dikonsumsi dalam keadaan dingin," tuturnya.

Ia mengungkapkan, bolu gulung di Madam Souvenir hadir dengan beberapa varian yaitu Bolu Gulung Durian, Bolu Gulung Madamisu, Bolu Gulung Salted Egg Yolk, Bolu Gulung Pandan Kaya, dan Bolu Gulung Chocolate.

"Semua produk makanan yang ada di Madam Souvenir telah dilengkapi dengan label halal dari Majelis Ulama Indonesia (MUI). Oleh karena itu, masyarakat yang ingin membeli produk makanan yang ada di Madam Souvenir, dijamin aman," katanya.

Saksikan video pilihan berikut ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Jaksa: Aset First Travel Tak Cukup Ganti Kerugian Jemaah

Posted: 25 Feb 2018 09:31 PM PST

Tiga Bos First Travel kembali menjalani persidangan di Pengadilan Negeri Depok, Senin (26/2/2018). Dalam sidang kali ini, Direktur Utama First Travel, Andika Surachman, menginstruksikan kuasa hukumnya untuk menjual aset.

Perintah itu disampaikan kuasa hukum melalui surat pada Majelis Hakim dan Kajari. "Kami tidak mengajukan nota pembelaan. Kami hanya ingin menyerahkan surat kepada ketua Majelis hakim dan Kajari," ucap Kuasa Hukum, Puji Wijayanto, Senin (26/2/2018).

Puji menyampaikan sebagian isi surat tersebut. Intinya First Travel berniat menjual aset yang dimilikinya untuk memberangkatkan jemaah.

"Setahu kami ada 10 mobil mewah, tanah, rumah, ruko. Semua aset disita oleh kejaksaan," ujar Puji.

Sementara itu, jaksa Penuntut Umum, Tia Zahra mengaku akan mengkaji kembali seluruh aset yang dimiliki oleh First Travel.

"Kami tidak bisa menaksir," ujar dia.

Menurut dia, tidak semua aset bisa langsung di jual. Alasannya, beberapa aset berpindah nama pada orang lain.

"Ada aset yang di-HGBkan orang lain. Oleh karena itu kami menunggu pemeriksaan saksi," ujar dia.

Dia menuding, jumlah aset First Travel pun tidak akan cukup menganti kerugian yang ditimpa jamaah. "Total kemaren kerugian sekitar Rp 11 miliar. Aset tidak sampai segitu," terang dia.

Siap Tanggung Risiko

Tiga tersangka Direktur First Travel agen umrah, Andika Surachman, Anniesa Hasibuan, dan Siti Nuraidah Hasibuan alias Kiki menjalani sidang perdana kasus dugaan penipuan umrah di PN Depok, Jawa Barat, Senin (19/2). (Liputan6.com/Immanuel Antonius)

Pengadilan Negeri Depok kembali menggelar sidang kasus dugaan penipuan dan penggelapan First Travel. Di hadapan wartawan, Andika Surachman menyatakan siap mempertanggungjawabkan risiko akibat perbuatannya itu.

"Saya siap menanggung semua risikonya," kata Andika menjawab berondongan pertanyaan wartawan, Senin (26/2/2018).

Sidang hari ini adalah mendengarkan nota keberatan dari ketiga terdakwa

Ketua Majelis Hakim menjadwalkan agenda pembacaan nota keberatan. Meski pengadilan memberikan kesempatan kepada para terdakwa untuk menyampaikan nota keberatannya, namun para terdakwa tidak akan menggunakan haknya.

"Kami memang tidak mengajukan eksepsi, nanti langsung pada pembuktian saja," kata pengacara terdakwa, Puji Wijayanto, kepada Liputan6.com.

Persidangan akan dilanjutkan Senin pekan depan. Sidang pun dihadiri sejumlah korban First Travel. Tidak sedikit dari mereka yang berteriak geram ke arah para terdakwa.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Ramalan 'Sang Penjelajah Waktu': Perang Dunia III Pecah Maret 2019

Posted: 25 Feb 2018 09:31 PM PST

Pria yang mengklaim sebagai penjelajah waktu yang 'lahir pada tahun 2043' meramal bahwa Perang Dunia III akan tiba.

Michael Phillips, si penjelajah waktu, dengan absurdnya juga mengaku-ngaku bahwa serangan teror 11 September 2001 atau 9/11 merupakan sebuah plot yang didalangi oleh penjelajah waktu lainnya, demi 'menyatukan bangsa dan mencegah Perang Saudara. Demikian seperti dilansir Daily Star (26/2/2018).

Anehnya, Phillips juga mengklaim, di masa depan ia adalah anggota SS -- tak jelas apakah kepanjangan dari Schutzstaffel, organisasi paramiliter Nazi -- yang kembali ke masa kini dari masa depan setelah mengetahui kebenaran tentang peristiwa teror 9/11 itu.

Dengan suara disamarkan dan wajah dikaburkan -- yang membuat kredibilitasnya semakin dipertanyakan -- Phillips menceritakan kisah klaim ajaibnya itu.

"Seorang penjelajah waktu lain, kurasa dari tahun 2038, kembali ke masa lalu, ia bernama Titor," Phillips memulai kisahnya.

"Dia (Titor) kembali ke tahun 2000 dan dia untungnya berhasil menghentikan perang saudara di Amerika Serikat yang diperkirakan akan dimulai pada 2008.

"Ia kemudian memutuskan bahwa AS memerlukan suatu peristiwa pemersatu untuk membawa negara itu bersama-sama dan memulihkan perang saudara, dan peristiwa itu adalah 9/11," klaim Phillips.

Melanjukan ceritanya, Phillips si penjelajah waktu mengatakan, "Titor memang mengubah garis waktu, sehingga perang sipil di tahun 2008 tidak terjadi," dengan anehnya mengindikasikan bahwa 9/11 mencegah perang yang dimaksud.

Saksikan video pilihan berikut ini:

Perang Dunia III akan Tiba...

Ilustrasi (iStock)

Michael Phillips juga mengatakan bahwa akan ada dua peristiwa besar berpotensi Perang Dunia III pada masa depaan yang akan membunuh jutaan orang.

Phillips meramal, "Akan ada konflik nuklir pada 2019, tepatnya Maret 2019."

"(Konflik) itu akan melibatkan Korea Utara, mereka mencoba meluncurkan rudal nuklir ke Honolulu, Hawaii dan kemudian AS merespons dengan dua rudal jelajah

"Dengan gejolak itu, Perang Dunia III akan dimulai pada 2020. Perang yang terbatas, dan hanya bertahan tiga tahun.

"China dan Rusia melawan Inggris, AS melawan beberapa negara lainnya Dan semua itu adalah perang yang sangat cepat namun brutal.

"Tak terhitung jutaan terbunuh," klaimnya.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Hasil Lengkap NBA, Senin 26 Februari 2018

Posted: 25 Feb 2018 09:30 PM PST

Bintang Milwaukee Bucks Giannis Antetokounmpo gagal memasukan bola pada lemparan terakhir laga NBA 2017-2018 melawan New Orleans Pelicans. Akibatnya, Bucks menyerah 121-123 di BMO Harris Bradley Center, Minggu (25/2/2018) atau Senin (26/2/2018) WIB.

Lemparan Antetokounmpo meleset saat pertandingan menyisakan 0,7 detik untuk memaksa kembali digelarnya overtime. Sebelumnya kedua tim terkunci pada 114-114 dalam waktu normal.

Dengan hasil ini, Bucks memiliki rapor 33-26 dan duduk di peringkat enam klasemen sementara Wilayah Timur NBA.

Di sisi lain, Pelicans juga memiliki rekor identik 33-26 di Wilayah Barat. Anthony Davis dan kawan-kawan juga bertengger di posisi enam.

Selain pertandingan tersebut, berikut hasil lengkap laga NBA hari ini:

Hasil Lengkap

Hornets 114 Pistons 98

Pelicans 123 Bucks 121

Spurs 110 Cavaliers 94

Rockets 119 Nuggets 114

Wizards 109 Sixers 94

 

Untuk berlangganan League Pass, klik di sini.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Dihujat karena Softlens, Mulan Jameela Kembali Tanggapi Haters

Posted: 25 Feb 2018 09:30 PM PST

Kehidupan Mulan Jameela tampaknya tidak pernah sepi dari hujatan. Baru-baru ini, Mulan kembali menjadi sasaran empuk publik usai mengunggah beberapa foto jadulnya.

Salah satunya foto yang diambil pada 2003 silam. Mulan Jameela terlihat berpose di dalam mobil sambil meletakkan salah satu tangannya di belakang kepala. Namun, warganet justru fokus pada softlens yang dikenakan Mulan.

Tak sedikit warganet yang menghujat istri Ahmad Dhani itu. Pasalnya, di keterangan foto, Mulan Jameela mengaku belum mengerti cara makeup.

 

Mata Minus

Mulan Jameela [foto: instagram]

Mulan Jameela yang sebelumnya selalu diam, kini mulai angkat bicara. Pelantu "Wonder Woman" itu mengaku sudah lama menjadi pengguna softlens karena matanya yang minus, bahkan jauh sebelum terjun ke dunia hiburan.

"Ini foto waktu aku SMA kelas 2 bareng sahabat aku nama panggilannya "eyang" Tuh kan udah pake softlens biru. Ga usah jadi pada pusing kenapa pake softlens? Sekali lagi aku jawab, karna mataku minus," cerita Mulan.

 

Mudah Dapat Softlens

Mulan Jameela [foto: instagram]

Kala itu sekitar 1990-an, softlens memang masih jarang digunakan orang. Namun, Mulan Jameela mengaku mudah mendapatkan softlens dari saudaranya yang memiliki gerai optik.

"Kebetulan sodara2 aku banyak yg buka Optik di tasik, jadi ya dimudahkan dapet info dan mudah dapet softlens juga," jelasnya.

Plagiat Maia Estianty

Di hari yang sama Mulan Jameela dan Maia Estianty sama-sama membagikan foto jadul mereka di Instagram pribadinya. (Instagram/maiaestiantyreal)

Di waktu yang hampir bersamaan, Maia Estianty juga memamerkan sejumlah foto jadulnya di Instagram. Bedanya, Maia Estianty mengunggah fotonya saat muda lebih dulu beberapa jam daripada Mulan Jameela. Gara-gara itu, Mulan dianggap meniru dan ingin menyaingi Maia.

Ganti Tahun

Mulan Jameela dan Ahmad Dhani (Nurwahyunan/bintang.com)

Lucunya, warganet malah menyuruh Mulan Jameela mengganti angka tahun yang tercantum di foto tersebut. "Posting foto jadul pake #2003 suruh ganti #2009 sama netizen. Mba mas, yg di foto itu saya atau kamu??" tulis Mulan di Instagram story-nya, Minggu (25/2/2018).

Seperti diketahui, pada 2009, Mulan dan Ahmad Dhani melangsungkan pernikahan. Tepat satu tahun setelah perceraiannya dengan Maia Estianty.

Saksikan video berikut ini

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

FOTO: Jokowi Ajak Direktur IMF Lihat Fasilitas KIS

Posted: 25 Feb 2018 09:30 PM PST

Presiden Joko Widodo saat menemani Managing Director IMF Christine Lagarde melihat fasilitas pelayanan dengan menggunakan Kartu Indonesia Sehat (KIS) untuk kesehatan masyarakat  di RSPP Jakarta, Senin (26/2). (Liputan6.com/Angga Yuniar)

Presiden Joko Widodo saat menemani Managing Director IMF Christine Lagarde melihat fasilitas pelayanan dengan menggunakan Kartu Indonesia Sehat (KIS) untuk kesehatan masyarakat di RSPP Jakarta, Senin (26/2). (Liputan6.com/Angga Yuniar)

Presiden Joko Widodo dan Managing Director IMF Christine Lagarde berbincang dengan seorang pasien saat melihat fasilitas pelayanan Kartu Indonesia Sehat (KIS) di RSPP Jakarta, Senin (26/2). (Liputan6.com/Angga Yuniar)

Presiden Joko Widodo dan Managing Director IMF Christine Lagarde berbincang dengan seorang pasien saat melihat fasilitas pelayanan Kartu Indonesia Sehat (KIS) di RSPP Jakarta, Senin (26/2). (Liputan6.com/Angga Yuniar)

Presiden Joko Widodo dan Managing Director IMF Christine Lagarde berbincang dengan seorang pasien saat melihat fasilitas pelayanan Kartu Indonesia Sehat (KIS) di RSPP Jakarta, Senin (26/2). (Liputan6.com/Angga Yuniar)

Presiden Joko Widodo dan Managing Director IMF Christine Lagarde berbincang dengan seorang pasien saat melihat fasilitas pelayanan Kartu Indonesia Sehat (KIS) di RSPP Jakarta, Senin (26/2). (Liputan6.com/Angga Yuniar)

Presiden Joko Widodo dan Managing Director IMF Christine Lagarde berbincang dengan Dirut BPJS Fachmi Idris saat melihat fasilitas pelayanan Kartu Indonesia Sehat (KIS) di RSPP Jakarta, Senin (26/2). (Liputan6.com/Angga Yuniar)

Presiden Joko Widodo dan Managing Director IMF Christine Lagarde berbincang dengan Dirut BPJS Fachmi Idris saat melihat fasilitas pelayanan Kartu Indonesia Sehat (KIS) di RSPP Jakarta, Senin (26/2). (Liputan6.com/Angga Yuniar)

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Aksi Guru di Jombang yang Diduga Cabuli 25 Siswi Dilakukan di Lokasi Ini

Posted: 25 Feb 2018 09:30 PM PST

Aksi guru di Jombang, Jawa Timur, yang diduga mencabuli 25 siswi ternyata dilakukan di dua lokasi. Komisi Perlindungan Anak Indonesia (KPAI) menerima laporan, pencabulan terhadap 25 siswi dilakukan di toilet sekolah dan di perkemahan saat kegiatan ekstrakurikuler berlangsung.  

Dalam rilis yang diterima Health Liputan6.com, Senin (26/2/2018), Komisioner KPAI Bidang Pendidikan, Retno Listyarti, mengungkapkan hal tersebut.

"KPAI dapat laporan, ada oknum guru di Jombang, yang seorang guru bahasa Indonesia tega melakukan pencabulan terhadap 25 siswinya. Itu dilakukan di toilet sekolah dan di perkemahan," tulis Retno.

Kasus dugaan pencabulan yang dilakukan salah satu oknum guru SMP Negeri 6 Jombang sangat menggegerkan. Hal itu terkuak dari adanya laporan wali murid. Kemudian kasus ditangani Polres Jombang.

"Kami dapat laporan awal, ada 25 korban pencabulan. Nah, laporan juga datang, kalau ada unjuk rasa di salah satu SMP di Jombang ini. Kemudian kami melakukan pengecekan. Wali murid khawatir kalau kasus ini tidak ditindaklanjuti secara serius sebagai pelecehan seksual," ungkap Kapolres Jombang Agung Marlianto, seperti yang ditayangkan di Liputan6 SCTV pada 12 Februari 2018.

Lakukan pengawasan

KPAI lakukan pengawasan terhadap kasus dugaan pencabulan oknum guru di Jombang. (iStockphoto)​

Sebagai tindak lanjut penanganan dugaan pencabulan oknum guru terhadap 25 siswi, KPAI ikut turun tangan dengan melakukan pengawasan. Pengawasan juga dilakukann untuk mendapatkan perkembangan terbaru.

Pengawasan, lanjut Retno, ditujukan langsung kepada pihak-pihak terkait. Ini termasuk kepolisian setempat yang menangani kasus tersebut. Pengawasannya dilakukan selama dua hari, yaitu Senin-Selasa, 26-27 Februari 2018.

Tak hanya Retno, pengawasan penanganan kasus pencabulan juga didampingi asisten bidang ABH (Anak Berhadapan dengan Hukum).

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

VIDEO: Kaesang Pangarep Buka Toko Baju di Solo

Posted: 25 Feb 2018 09:30 PM PST

Kaesang Pangarep, putra bungsu Presiden Joko Widodo, terus mengembangkan usahanya.

Setelah berhasil membuka toko online, minggu malam Kaesang Pangarep meresmikan gerai barunya di Solo, Jawa Tengah.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Pengacara Elza Syarief Jadi Saksi Sidang E-KTP Setya Novanto

Posted: 25 Feb 2018 09:27 PM PST

Sidang lanjutan kasus e-KTP dengan terdakwa Setya Novanto kembali digelar di Pengadilan Tipikor, Jakarta Pusat, Senin (26/2/2018). Sidang perkara korupsi proyek pengadaan e-KTP itu masih mengagendakan pemeriksaan keterangan saksi.

Saksi-saksi yang akan dimintai keterangannya untuk Setya Novanto yakni, advokat Elza Syarief, mantan Kabag Umum Kemendagri Rudy Endarto, Biro Perlengkapan Sekjen Kemendagri Yudi Pramadi.

Kemudian, Ketua Tim Teknis Proyek e-KTP Husni Fahmi, anggota tim fatmawati Jimmy Iskandar alias Bobby, Direktur Utama PT LEN Industri Wahyudin Bagenda, serta mantan Direktur Utama PNRI Isnu Edhy Wijaya.

Sidang Setya Novanto yang dipimpin oleh hakim Yanto ini dibagi dalam dua sesi. Pada sesi pertama, jaksa menghadirkan empat saksi yakni, Elza Syarief, Yudi Pramadi, Wahidin Bagenda, dan Husni Fahmi.

Sebelumnya, Setya Novanto didakwa melakukan korupsi secara bersama-sama dalam proyek pengadaan e-KTP sekitar Rp 2,3 triliun.

Atas perbuatannya, Setya Novanto didakwa melanggar Pasal 2 ayat (1) atau Pasal 3 Undang-Undang Nomor 31 Tahun 1999 sebagaimana diubah dalam UU Nomor 20 Tahun 2001 tentang Pemberantasan Tindak Pidana Korupsi Juncto Pasal 55 ayat (1) ke-1 KUHP.‎

Buku Hitam Setya Novanto

Terdakwa dugaan korupsi E-KTP, Setya Novanto menerobos kerumunan pewarta usai menjalani pemeriksaan di Gedung KPK, Jakarta, Selasa (20/2). Dia diperiksa sebagai saksi untuk tersangka Anang Sugiana Sudihardjo. (Liputan6.com/Helmi Fithriansyah)

Setya Novanto selalu membawa buku catatan dalam setiap persidangan. Buku catatan bersampul hitam, yang kemudian disebut 'buku hitam' itu terpantau dibawa sejak sidang yang mengagendakan pembacaan nota keberatan atau eksepsi.

Apa sih isi buku itu? Benarkan di dalamnya ada informasi dan nama-nama yang diduga menerima bancakan proyek e-KTP, yang dihimpun Setnov untuk melanggengkan langkahnya menjadi justice collaborator?

Saat dikonfirmasi, pengacara Setya Novanto, Maqdir Ismail mengatakan, buku itu berisi catatan persidangan.

"Sepanjang yang saya tahu, buku catatan Pak SN itu berisi catatan Beliau atas keterangan saksi, terutama keterangan saksi di persidangan. Kalau ada yang bereaksi keras, menurut hemat saya, tidak sepatutnya sebelum ada klarifikasi," kata Maqdir kepada Liputan6.com, Rabu (7/2/2018 ).

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

4 Fakta Menarik Sidang PK Ahok yang Perlu Diketahui

Posted: 25 Feb 2018 09:24 PM PST

Sidang perdana Peninjauan Kembali atau PK Ahok digelar terbuka dan untuk umum di Pengadilan Negeri Jakarta Utara. Sidang itu dipimpin oleh tiga hakim.

"Ketua Majelis itu dipimpin Pak Mulyadi, hakim anggota I Pak Salman Alfaris dan hakim anggota II Pak Sugiyanto," Humas Pengadilan Negeri Jakarta Utara, Jootje Sampaleng.

Dia mengatakan dasar pengajukan PK itu adalah Pasal 263 ayat 2 KUHAP. Yakni, "Ada kekhilafan hakim dan atau ada kekeliruan yang nyata terhadap putusan yang lalu."

"Dia (Ahok) merujuk, membandingkan terhadap putusan Buni Yani. Terdakwa Buni Yani yang sudah jadi terpidana," ungkap Jootje.

Dalam proses persidangan hari ini, majelis hakim hanya menerima bukti formil dari pihak Ahok dan tanggapan dari jaksa penuntut umum.

Usai menerima berkas dari kedua pihak, Ketua Majelis Hakim Mulyadi mengatakan, akan mengkaji lebih dulu berkas tersebut. Setelah itu, sidang pun dinyatakan selesai.

Di balik sidang PK Ahok hari ini, ada 4 fakta menarik yang harus diketahui. Apa saja?

Saksikan video pilihan berikut ini:

1. Diwarnai Unjuk Rasa

Petugas kepolisian bersiaga dekat Barracuda dan water cannon di Gedung PN Jakarta Utara, Senin (26/2). Kendaraan taktis itu disiagakan pada pengamanan sidang peninjauan kembali (PK) yang diajukan Basuki Tjahaja Purnama (Ahok). (Liputan6.com/Arya Manggala)

Sidang PK Ahok yang berlangsung di Pengadilan Negeri Jakarta Utara diwarnai unjuk rasa dari dua kubu. Baik pihak pro maupun kontra memadati area gedung persidangan.

Pantauan Liputan6.com, jelang sidang PK Ahok massa pro dan kontra Ahok berorasi di depan kantor PN Jakarta Utara, Senin (26/2/2018).

Puluhan pendukung Ahok mengenakan kaus hitam merah. Kaus tersebut bertuliskan, "Komunitas bangsa bersatu". Ada juga yang menggunakan kemeja kotak-kotak merah-biru-putih. Mereka menyerukan dukungan untuk Ahok.

Sementara, massa kontra Ahok mengenakan baju serbaputih. Mereka membawa sejumlah poster. Salah satunya bertuliskan, "Mendukung majelis hakim untuk menolak PK yang diajukan si penista agama".

Mereka juga meneriakkan tuntutan dan yel-yel dengan panduan dari mobil komando. Polisi membuat barikade di antara kedua kelompok.

2. Ahok Tak Hadir

Majelis hakim memperhatikan berkas dari tim pengacara Basuki Tjahaja Purnama atau Ahok saat sidang perdana peninjauan kembali (PK) di Gedung PN Jakarta Utara, Senin (26/2). (Liputan6.com/Arya Manggala)

Dalam sidang perdana PK Ahok, Kakak angkat Ahok, Nana Riwayatie, pun turut hadir dalam sidang tersebut. Pun dengan sang adik Ahok, Fifi Lety Indra. Ia terlihat di deretan bangku pengacara.

Fifi mengatakan, pada sidang PK Ahok kali ini, mantan Gubernur DKI Jakarta tersebut tidak bisa hadir dan itu diperbolehkan oleh hukum.

"Ya sidang hari ini, Ahok tidak bisa hadir. Tapi kita doakan saja. Secara hukum memang membolehkan," kata Fifi, Jakarta, Senin.

Dia mengaku telah menyiapkan sejumlah bukti jelang sidang PK Ahok. Bukti-bukti itu telah dirangkum dalam memori peninjauan kembali.

"Ini (menunjukkan sebundel kliping) yang saya bawa memori Peninjauan Kembali," ujar Fifi.

 

3. Keputusan di Tangan MA

Suasana sidang perdana peninjauan kembali (PK) Basuki Tjahaja Purnama atau Ahok di Gedung PN Jakarta Utara, Senin (26/2). Ahok diwakilkan oleh pengacara yang juga adik kandungnya, Fifi Lety Indra. (Liputan6.com/Arya Manggala)

Usai menerima berkas dari kedua pihak, Ketua Majelis Hakim Mulyadi mengatakan, akan mengkaji lebih dulu berkas memori PK Ahok. Dia memperkirakan masa pengkajian selesai kurang dari satu minggu.

"Ini saya kaji, kalau tidak ada yang kurang dan bukti formil memenuhi syarat, rencana ini saya kaji selesai kurang dari satu minggu dan berkas akan dikirim ke Mahkamah Agung (MA)," kata Ketua Majelis Hakim Mulyadi, di Jakarta, Senin.

Selanjutnya, keputusan apakah PK Ahok diterima atau tidak, ada di tangan MA.

"Majelis tidak berkewenangan memutus dan hanya memeriksa bukti formil. Saya harap minggu depan majelis sudah bisa kirim (berkas) ke MA," ucap Mulyadi lagi.

 

4. Dua Delik yang Berbeda

Suasana sidang peninjauan kembali (PK) Basuki Tjahaja Purnama atau Ahok di Gedung PN Utara, Senin (26/2). Ahok tidak hadir dalam sidang pemeriksaan berkas. (Liputan6.com/Arya Manggala)

Jaksa Penuntut Umum (JPU) Sapto Subroto menjelaskan, kasus penistaan agama yang menjerat mantan Gubernur DKI, Basuki Tjahja Purnama atau Ahok tidak terkait dengan kasus Buni Yani. Karenanya, menurut dia, putusan kedua kasus itu merupakan dua hal yang terpisah.

"Jadi antara perkara Buni Yani dan perkara terpidana ini adalah dua delik yang berbeda," jelas Sapto di Pengadilan Negeri Jakarta Utara, Jalan Gajah Mada, Jakarta Pusat, Senin (26/2/2018).

Ahok mengajukan peninjauan kembali (PK) ke Mahkamah Agung. Dalam memori PK-nya, kuasa hukum Ahok, juga membandingkan putusan sidang Buni yani sebagai salah satu alasan.

Jaksa Ardito Muwardi menambahkan, perkara Buni Yani adalah soal pidana UU ITE. Sementara, perkara Ahok adalah soal penodaan agama.

"Jadi Buni Yani terbukti melakukan tindak pidana mengunggah data elektronik yang bukan miliknya ini tidak ada sangkut pautnya, dengan penodaan agama," terang Ardito.

Dalam pengajuan PK, pengacara Ahok, Fifi Letty merujuk Pasal 263 ayat 2 huruf b Kitab Undang-Undang Hukum Acara Pidana. Di sana disebut alasan pengajuan PK adalah bila ada dua putusan saling meniadakan atau saling mempengaruhi.

Dalam hal ini, Fifi menilik satu putusan Buni Yani yang diklaim menganggu pembuktian dalam sidang perkara Ahok.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Gus Ipul ke Bangsring Underwater, Puti Nyanyikan Melati Putih

Posted: 25 Feb 2018 09:23 PM PST

Calon Gubernur Jawa Timur Saifullah Yusuf atau Gus Ipul menghabiskan akhir pekan di Banyuwangi. Pada Minggu, 25 Februari 2018, Gus Ipul menyempatkan diri berwisata ke sejumlah destinasi, di antaranya Bangsring Underwater.

Di destinasi yang menawarkan wisata bahari itu, Gus Ipul disambut meriah wisatawan. Mereka menyerbu Gus Ipul untuk berfoto bersama.

Gus Ipul juga sempat memberi makan ikan dengan roti serta menanam terumbu karang di sebuah wadah untuk selanjutnya di lepas di laut bebas.

"Dulu orang mencari ikan untuk beli roti. Sekarang beli roti untuk kasih makan ikan," kata Gus Ipul.

Keponakan KH Abdurahman Wahid (Gus Dur) ini memuji pengembangan wisata berkonsep edukasi maritim di Bangsring Underwater, hingga membawa nelayan pengelola wisata setempat mendapat Kalpataru 2017 dari Presiden Joko Widodo.

"Kreativitas dipadu pemasaran yang baik adalah kunci keberhasilan wisata. Dan ini dilakukan di Banyuwangi," kata Gus Ipul.

Di Bangsring Underwater terdapat rumah apung dan keramba berisi anak hiu yang diselamatkan setelah terkena jaring nelayan. Anak-anak hiu direhabilitasi kemudian dilepasliarkan kembali ke laut.

Wisatawan ikut menanam terumbu karang. Daerah yang dulu susut ikannya karena pengeboman ikan itu kini menjadi rumah ratusan jenis ikan, terumbu karang, koloni soft coral. Kekayaan biota laut itu membuat wisatawan senang melakukan snorkeling.

Dalam kesempatan itu, mantan Menteri Pembangunan Daerah Tertinggal ini memaparkan program "Seribu Dewi", pengembangan seribu desa wisata yang bakal dia geber di seluruh pelosok Jatim bersama cawagub Puti Guntur Soekarno.

"Titik tekan programnya adalah warga, pariwisata berbasis warga. Ibu-ibu, anak muda, seluruh warga desa diberdayakan. Kita sasar seribu kelompok sadar wisata (pokdarwis) untuk diberi modal, dibantu homestay-nya, dibantu toiletnya agar berstandar internasional, dibantu sistem dan sebagainya," Gus Ipul menjelaskan.

Dari program itu, Gus Ipul menargetkan ada 200.000 lapangan kerja baru untuk warga desa. Jadi warga desa bisa mendapat tambahan penghasilan.

"Ibu-ibu jual makanan, anak muda jadi tour guide, seperti di Bangsring Underwater ini penghasilan warga sebagai pengelola wisata relatif besar, melengkapi pendapatan sebagai nelayan. Warga tambah sejahtera," kata Gus Ipul.

 

 

Melati Putih

Puti Guntur Soekarno ternyata terampil bermain keyboard dan piano. (Liputan6.com/Dian Kurniawan)

Sebelum ke Bangsring Underwater, Gus Ipul mengunjungi sejumlah homestay milik warga desa di daerah Licin yang tak jauh dari kaki Gunung Ijen.

Perlengkapan homestay di wilayah ini difasilitasi Pemkab Banyuwangi dan Kementerian Pariwisata. Bahkan, ada pinjaman renovasi homestay melalui kerja sama dengan salah satu bank.

Warga memperoleh penghasilan tambahan dari homestay, penjualan makanan, serta menjadi pemandu wisatawan ke Gunung Ijen yang jika akhir pekan dikunjungi tak kurang dari 2.000 wisatawan dalam dan luar negeri.

"Program Seribu Dewi semakin memperkuat komunitas-komunitas wisata berbasis desa. Kami targetkan seribu desa wisata unggulan yang kami berdayakan, kami koneksikan ke pelaku wisata global," ujar Gus Ipul.

Dia menambahkan, "kami akan berkolaborasi khusus dengan marketpace pariwisata seperti AirBnB, CouchSurfing, atau TripAdvisor, termasuk dengan startup pariwisata nasional untuk membantu desa-desa wisata Jatim."

Sementara itu, Calon Wakil Gubernur (Cawagub) Puti Guntur Soekarno ternyata terampil bermain keyboard dan piano. Ia menunjukkan keahliannya saat bertemu anak-anak milenial. Cucu Bung Karno itu memainkan lagu Melati Putih, karya pamannya Guruh Soekarnoputra.

Lagu itu diciptakan Guruh Soekarnoputra pada 1974, dan dipentaskan di pagelaran "Untukmu Indonesia". Lagu itu awalnya didedikasikan Guruh untuk ibunya, Fatmawati, yang juga nenek Puti Guntur Soekarno.

Namun kemudian dedikasi itu diperluas untuk para pejuang Republik Indonesia di masa revolusi fisik, pasca kemerdekaan.

 

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

2 Alasan Ahok Ajukan Peninjauan Kembali

Posted: 25 Feb 2018 09:22 PM PST

Pengadilan Negeri Jakarta Utara selesai menggelar sidang PK Ahok. Memori peninjauan kembali (PK) perkara penistaan agama yang menjerat pria bernama lengkap Basuki Tjahaja Purnama itu akan dikaji kelengkapannya oleh majelis hakim sebelum diajukan ke Mahkamah Agung (MA).

Pengacara Ahok, Josefina Agatha Syukur, mengatakan ada dua alasan yang dipakai untuk mengajukan PK. Pasal 263 Kitab Undang-Undang Hukum Acara Pidana mengatur tiga dasar pengajuan PK, yakni adanya keadaan baru, adanya putusan yang saling bertentangan, dan adanya putusan yang memperlihatkan adanya suatu kekhilafan hakim atau kekeliruan nyata.

"Yang kami gunakan adalah salah satunya kekhilafan hakim, kemudian juga ada alasan mengenai putusan terkait Buni Yani," kata Josefina usai sidang PK Ahok di bekas kantor PN Jakarta Pusat, Jalan Gajah Mada, Jakarta, Senin (26/2/2018).

1. Bertentangan dengan Putusan Buni Yani

Menurut Josefina, pada vonis Ahok, ada beberapa hal yang kontradiktif dengan putusan perkara ITE, Buni Yani. Terlabih, dalam pertimbangan putusannya.

"Bukan soal vonis lebih ringan, tetapi materi pertimbangannya. Pertimbangan kalau di majelis hakim kalau di putusan ini kan jelas dikatakan bahwa kasus Ahok tidak ada hubungan dengan kasus Buni Yani. Namun kalau kami melihat dalam putusan itu sendiri sebenarnya dasar Buni Yani ditetapkan sebagai tersangka kemudian dipidana karena mengedit apa yang sudah ada dalam video Pak Ahok," Josefina menjelaskan.

Pengacara sekaligus adik Ahok, Fifi Lety Indra menuturkan, pidato Ahok baru menjadi masalah setelah Buni Yani mengunggah video yang disertai dengan caption yang tidak sesuai dengan perkataan mantan Gubernur DKI Jakarta itu. Sebelumnya, tidak ada yang marah atau tersinggung, termasuk para penduduk Kepulauan Seribu.

"Mungkin kita bisa refresh memori kita balik pada waktu sidang dahulu tahun lalu. Pada waktu sidang banyak sekali saksi pelapor yang isinya sama. Jangan lupa, tidak ada satupun penduduk Kepulauan Seribu yang melapor. Tidak ada yang merasa tersingung atau pun marah. Harusnya ini jadi pertimbangan juga itu baru marah dan tersinggung sesudah ada editan si bapak sana (Buni Yani)," kata Fifi usai sidang PK Ahok.

2. Kekhilafan Hakim

Gubernur DKI Jakarta Basuki T Purnama usai jalani sidang di Pengadilan Tipikor, Jakarta, Senin (25/7). Sidang kasus suap proyek reklamasi untuk berkas terdakwa mantan Dirut PT Agung Podomoro Land, Ariesman Widjaja. (Liputan6.com/Immanuel Antonius)

Josefina mengatakan pihaknya mencantumkan banyak poin dari alasan kekhilafan hakim. Hampir seluruh pertimbangan dijadikan alasan untuk pengajuan PK ini. Dia mencontohkan keterangan dari ahli yang tidak masuk dalam pertimbangan majelis hakim memutus perkara Ahok.

"Itu salah satu alasan kekeliruan yang nyata. Di samping itu masih banyak. Ada sekitar 6-7 poin," kata Josefina.

Soal kekhilafan hakim, Fifi menambahkan, putusan penahanan langsung Ahok. Padahal, selama sidang selalu hadir walaupun tidak ditahan. Selama sidang, Ahok tak pernah terlambat dan selalu kooperatif.

Hal itu, tidak dijadikan pertimbangan majelis hakim yang memeriksa perkara Ahok.

"Salah satu dasar penahanan kan takut mengulangi perbuatannya. Itu tidak diuraikan mengapa Pak Ahok harus ditahan seketika padahal pada saat itu Pak Ahok langsung menyatakan banding. Teman wartawan bisa bandingkan dengan kasus yang satunya (Buni Yani) pasti," ujar Fifi.

Selain itu, dia menilai ada kejanggalan dari para pelapor. Keterangan para pelapor saat membuat surat laporan di kepolisian, sama. Mereka pun mengatasnamakan seluruh umat Islam di Indonesia. Padahal, kata dia, kakak angkat Ahok yang muslim Nana Riwayatie tidak pernah merasa tersinggung.

Terlebih, ucap Fifi, tak ada satu pun pelapor yang merupakan penduduk asli Kepulauan Seribu.

"Wartawan semua ikut pada waktu Pak Ahok ada di Kepulauan Seribu. Logikanya kita, orang marah dan tersinggung seketika itu juga kalau kita menyinggung agama orang lain, orang yang ada di sana langsung bereaksi. Apalagi yang hadir di Kepulauan Seribu banyak sekali orang-orang pandai, tokoh masyarakat, dan juga dihadiri teman-teman wartawan dan itu disiarkan pidato full Pak Ahok, tidak ada protes, tidak ada marah-marah, tidak ada yang peduli," kata Fifi.

"Semuanya adem ayem. Sembilan hari sesudah itu baru ada posting-an si bapak satunya (Buni Yani). Kemudian terbukti ada putusan pengadilan bahwa posting-an itu memang adalah tindak pidana. Apa yang terjadi? Sesudah sembilan hari ada posting-an itu baru terjadi peristiwa-peristiwa itu yang saling bergulir. Itu tidak dipertimbangkan sama sekali. Ini pertentangan yang kami lihat," lanjut dia.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Harley-Davidson Jangan Kelamaan Pakai Standar Miring, Ini Alasannya

Posted: 25 Feb 2018 09:22 PM PST

Motor gede (moge) seperti Harley Davidson, bukanlah motor yang biasa jadi tunggangan harian. Namun ada hal yang perlu diperhatikan saat parkir, standar miring tidak disarankan untuk moge lama didiamkan.

Hal itu disampaikan langsung oleh Service Manager Anak Elang Harley-Davidson of Jakarta, Imam Budihardjo di showroom-nya di, Kelapa Gading.

"Itu bisa jadi masalah, karena ini kan roda. Bobot motor kan berat, roda kena tekanan. Bagian yang kena tekanan jadi rata, jadi yang tadinya bunder, bagian yang nempel dengan lantai itu akan rata," kata Imam kepada wartawan, Minggu (25/2/2018).

Ia menyarankan agar moge seperti Harley-Davidson yang didiamkan dalam waktu lama sebaiknya menggunakan dongkrak.

"Kalau ditinggal agak lama sebaiknya pakai dongkrak, ban agak diangkat sedikit jadi gak nyentuh sama sekali. Dongkrak ada yang khusus untuk Harley-Davidson tapi bisa juga ditemuin di toko-toko hardware. Jadi rodanya harus melayang supaya dengan tekanan udara yang di dalam ban, roda tetap bulat terus. Rodanya harus diangkat," ujarnya.

 

Selanjutnya

Menurutnya, tak sedikit juga pengguna Harley-Davidson yang 'menelantarkan' mogenya dalam waktu yang cukup lama, dan berakhir dengan berbagai perbaikan di bengkel Harley Davidson.

"Yang datang ke sini baru hidupin motor setelah dua tahun ada, itu belum lama, ada juga yang lebih lama. Yang gak bisa naik motor juga ada, beli Harley doang," pungkas Imam.

 

Simak Video Pilihan Berikut Ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

FOTO: Aksi Massa Pro dan Kontra Ahok di Luar Sidang PK

Posted: 25 Feb 2018 09:22 PM PST

Momen saat massa pro Basuki Tjahaja Purnama atau Ahok yang tergabung dalam Komunitas Bangsa Bersatu ketika melakukan aksi di depan PN Jakarta Utara, Senin (26/2). Mereka meminta Ahok dibebaskan (Liputan6.com/Arya Manggala)

Momen saat massa pro Basuki Tjahaja Purnama atau Ahok yang tergabung dalam Komunitas Bangsa Bersatu ketika melakukan aksi di depan PN Jakarta Utara, Senin (26/2). Mereka meminta Ahok dibebaskan (Liputan6.com/Arya Manggala)

Massa pro Basuki Tjahaja Purnama atau Ahok yang tergabung dalam Komunitas Bangsa Bersatu melakukan aksi di depan PN Jakarta Utara, Senin (26/2). Mereka mendukung peninjauan kembali (PK) dan meminta Ahok dibebaskan. (Liputan6.com/Arya Manggala)

Massa pro Basuki Tjahaja Purnama atau Ahok yang tergabung dalam Komunitas Bangsa Bersatu melakukan aksi di depan PN Jakarta Utara, Senin (26/2). Mereka mendukung peninjauan kembali (PK) dan meminta Ahok dibebaskan. (Liputan6.com/Arya Manggala)

Momen saat massa pro Basuki Tjahaja Purnama atau Ahok yang tergabung dalam Komunitas Bangsa Bersatu ketika melakukan aksi di depan PN Jakarta Utara, Senin (26/2). Mereka meminta Ahok dibebaskan (Liputan6.com/Arya Manggala)

Momen saat massa pro Basuki Tjahaja Purnama atau Ahok yang tergabung dalam Komunitas Bangsa Bersatu ketika melakukan aksi di depan PN Jakarta Utara, Senin (26/2). Mereka meminta Ahok dibebaskan (Liputan6.com/Arya Manggala)

Massa yang tergabung dalam Aliansi Pergerakan Islam (API) melakukan aksi di depan PN Jakarta Utara, Senin (26/2). Dalam aksinya, mereka menolak peninjauan Kembali (PK) yang diajukan oleh Basuki Tjahaja Purnama atau Ahok. (Liputan6.com/Arya Manggala)

Massa yang tergabung dalam Aliansi Pergerakan Islam (API) melakukan aksi di depan PN Jakarta Utara, Senin (26/2). Dalam aksinya, mereka menolak peninjauan Kembali (PK) yang diajukan oleh Basuki Tjahaja Purnama atau Ahok. (Liputan6.com/Arya Manggala)

Momen saat massa yang tergabung dalam Aliansi Pergerakan Islam (API) melakukan aksi di depan PN Jakarta Utara, Senin (26/2). Mereka menolak peninjauan Kembali (PK) yang diajukan oleh Basuki Tjahaja Purnama atau Ahok. (Liputan6.com/Arya Manggala)

Momen saat massa yang tergabung dalam Aliansi Pergerakan Islam (API) melakukan aksi di depan PN Jakarta Utara, Senin (26/2). Mereka menolak peninjauan Kembali (PK) yang diajukan oleh Basuki Tjahaja Purnama atau Ahok. (Liputan6.com/Arya Manggala)

Massa yang tergabung dalam Aliansi Pergerakan Islam (API) melakukan aksi di depan PN Jakarta Utara, Senin (26/2). Dalam aksinya, mereka menolak peninjauan Kembali (PK) yang diajukan oleh Basuki Tjahaja Purnama atau Ahok. (Liputan6.com/Arya Manggala)

Massa yang tergabung dalam Aliansi Pergerakan Islam (API) melakukan aksi di depan PN Jakarta Utara, Senin (26/2). Dalam aksinya, mereka menolak peninjauan Kembali (PK) yang diajukan oleh Basuki Tjahaja Purnama atau Ahok. (Liputan6.com/Arya Manggala)

Momen saat massa yang tergabung dalam Aliansi Pergerakan Islam (API) melakukan aksi di depan PN Jakarta Utara, Senin (26/2). Mereka menolak peninjauan Kembali (PK) yang diajukan oleh Basuki Tjahaja Purnama atau Ahok. (Liputan6.com/Arya Manggala)

Momen saat massa yang tergabung dalam Aliansi Pergerakan Islam (API) melakukan aksi di depan PN Jakarta Utara, Senin (26/2). Mereka menolak peninjauan Kembali (PK) yang diajukan oleh Basuki Tjahaja Purnama atau Ahok. (Liputan6.com/Arya Manggala)

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Juwita Bahar Bingung Pilih Keluarga atau Kekasih?

Posted: 25 Feb 2018 09:20 PM PST

Hingga kini hubungan Juwita dan sang ibu, Anisa Bahar, masih renggang. Bahkan, sang ibu sempat menyebut kalau Juwita bukan lagi bagian dari keluarganya.

Hal itu lantaran Juwita tak mendengarkan nasihat Anisa Bahar agar tak lagi menjalin asmara dengan pria bernama Deddy yang tak lain adalah mantan kekasih sang kakak, Jelita Bahar.

Bahkan Juwita diketahui telah tiga tahun tinggal bersama Deddy di Bandung, Jawa Barat, tanpa adanya ikatan pernikahan.

 

 

Pilih Siapa?

Annisa Bahar dan Juwita. (Deki Prayoga/Bintang.com)

Juwita sangat menyadari perseteruannya dengan sang ibunda. Namun, ia mengaku tak bisa memilih antara keluarga atau kekasih.

"Itu bukan pilihan. Karena aku mau semuanya berjalan baik-baik saja," ujar Juwita, di kawasan Tendean, Jakarta Selatan, Senin (26/2/2018). 

Bagian dari Hidupnya

Juwita Bahar dan sang kekasih, Deddy. (Instagram/juwitabahar11)

Juwita mengaku dirinya tak akan memilih keluarga atau kekasih. Sebab, keduanya merupakan bagian dari kehidupannya yang tak mungkin ditinggalkan. Ia pun berusaha untuk mempertahankan semuanya.

Tak Mau Memilih

(Instagram/juwitabahar11)

"Enggak ada yang harus aku pilih. Enggak ada yang harus aku tinggalkan juga," ucap pelantun "Buka Sitik Joss".

Tak Peduli

(Instagram/juwitabahar11)

Walau nama Bahar tak boleh lagi digunakan oleh Juwita, dirinya tak mau ambil pusing. Anak bungsu Anisa Bahar dengan Memo Sanjaya ini pun sudah ikhlas.

"Enggak apa-apa. Apa pun keputusannya aku terima," ucap perempuan yang sudah mengganti namanya menjadi Juwita Tofhany.

Saksikan video berikut ini

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Alasan Kemenkeu Lelang Barang Pribadi JK hingga Sri Mulyani

Posted: 25 Feb 2018 09:16 PM PST

Direktorat Jenderal Kekayaan Negara Kementerian Keuangan (Kemenkeu) bakal melelang barang-barang koleksi para pejabat negara, mulai dari Wakil Presiden Jusuf Kalla (JK), Menteri, Pejabat Eselon I, dan Direktur Utama BUMN. Lelang ini diselenggarakan dalam rangka peringatan 110 Tahun Lelang Indonesia.

Dirjen Kekayaan Negara Kemenkeu Lukman Effendi mengatakan lelang ini dilakukan, khususnya untuk mengenalkan lelang yang dilakukan negara sekaligus diharapkan mampu menggerakkan ekonomi nasional.

"Lelang ini kami selenggarakan dengan dua cara. Satu, secara konvensional dengan kehadiran dan kedua secara E-Auction (Close Bidding) yang dilakukan tertulis melalui internet,"ucap dia di kantornya, Senin (26/2/2108).

Acara lelang ini dilakukan selama satu minggu mulai 27 Februari di Galeri Nasional Indonesia. Sedangkan yang online bisa dilakukan melalui www.lelangdjkn.kemenkeu.go.id .

Untuk barang-barang yang dilelang, Effendi menuturkan barang yang dilelang bukan barang-barang mewah milik para pejabat negara, melainkan koleksi yang lebih memiliki nilai sejarah bagi masing-masing pejabat. Lelang ini menjadi lelang sukarela yang pemilihan barangya tergantung dari masing-masing pejabat.

Seperti Wakil Presiden Jusuf Kalla dan istrinya, Mufidah Jusuf Kalla. Koleksi barang tang dilelang mulai dari kain, baju muslim, dasi, hingga sepatu. Barang-barang itu akan dilelang dengan harga mulai dari Rp 500 ribu hingga Rp 2,1 juta.

Contoh lain seperti koleksi milik Menteri BUMN Rini Soemarno, yaitu baju batik tulis lengan panjang. Baju batik ini digunakan Rini saat foto di Istana Kepresidenan, saat pertama kali dirinya diangkat menjadi menteri di Kabinet Kerja. Baju Rini ini bisa didapatkan dengan mengikuti lelang konvensional dengan kehadiran di Galeri Nasional, dengan nilai limitnya di Rp 5 juta

"Kalau Bu Menteri Keuangan juga ada koleksi baju batik tulis yang dipakai saat foto profil ketika mendapat anugrah Menteri Terbaik di Dunia kemarin," ucap dia.

Baju kesayangan Sri Mulyani ini akan dilelang dengan nilai limit Rp 5 juta dengan uang jaminan Rp 2 juta. Lelang bisa diikuti melalui sistem online tanpa kehadiran peminat lelang.

Sementara untuk barang koleksi pejabat lainnya mulai dari topi, mug, tas, sepeda, satu set perlengkapan golf, jam tangan, dan lain sebagainya. (Yas)

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

 

JK hingga Menteri di Kabinet Kerja Lelang Barang Pribadi, Minat?

Wakil Presiden Jusuf Kalla atau JK merayakan hari ulang tahun istrinya. (Setwapres)

Kementerian Keuangan (Kemenkeu) melalui Direktorat Jenderal Kekayaan Negara akan melelang sejumlah barang milik pejabat negara, mulai dari Wakil Presiden Jusuf Kalla (JK) hingga menteri di kabinet kerja serta pejabat BUMN.

Lelang yang dilakukan merupakan lelang sukarela dari koleksi pribadi pejabat negara dan Badan Usaha Milik Negara (BUMN). Lelang dilaksanakan Rabu, 28 Februari 2018. Pendaftaran mulai pukul 08.00-09.30 WIB. Pelaksanaan lelang dilakukan pada pukul 10.00 WIB hingga selesai. Sebelumnya diadakan open house pada Selasa, 27 Februari 2018 pada pukul 09.00-16.00 WIB di Galeri Nasional Indonesia.

Mengutip dari laman Ditjen Kekayaan Negara, Jumat (23/2/2018), peserta lelang diimbau memperhatikan cara penawaran dari setiap barang atau objek yang dilelang. Cara penawaran ada e-auction dan konvensional.

Cara penawaran itu perlu diperhatikan karena akan pengaruhi langkah selanjutnya. Adapun cara penawaran melalui lelang konvensional, yaitu dengan lisan kehadiran. Sedangkan e-auction, cara penawarannya tertulis melalui internet.

Sehubungan dengan terbatasnya lahan parkir di Galeri Nasional Indonesia, disediakan lahan parkir di Stasiun Gambir, Gereja Immanuel, dan PT Timah. Disarankan menggunakan kendaraan umum. Lalu, siapa saja pejabat negara dan BUMN melakukan lelang sukarela pribadi?

1. Wakil Presiden Jusuf Kalla dan Ibu Mufidah Jusuf Kalla

Wakil Presiden Jusuf Kalla dan Mufidah Jusuf Kalla melelang 21 barang yang merupakan koleksi pribadi. Sebagian besar koleksi pribadi tersebut merupakan milik Mufidah Jusuf Kalla. Barang dilelang mulai dari kain tenun Alor, Nusa Tenggara Timur, selendang khas Bali, sarung Makassar, songket Sumatera Barat, kain tenun Bajawa Nusa Tenggara Timur, kain batik tulis Pesisir berwarna hitam, kain tenun Nusa Tenggara Timur warna merah muda, kain tenun Bali warna biru, dan kain Sasarangan warna hitam kombinasi.

Kemudian ada kain Karawo Gorontalo, satu setel baju muslim sutera warna merah, bahan bordir warna biru, baju sutera warna biru kombinasi putih, baju kurung songket Sumatera Barat, sepatu selop kulit berhak tinggi 6 cm dengan merek Etienne Aigner, sepatu kulit pantovel merek Etienne Aigner, sepatu kulit berhak tinggi 6 cm merek Aerosoles, dan sepatu kulit berhak tinggi 6 cm bermerek Gucci.

Sementara itu, Jusuf Kalla melelang sepatu merek JK collection ukuran 39, dasi merek Hermes, dan dasi merek Hugo Boss. Kondisi barang dilelang pun dinyatakan kondisinya sangat bagus.

2. Menteri Keuangan Sri Mulyani

Sri Mulyani lelang koleksi pribadi berupa baju batik tulis lengan panjang motif bunga merek Nena. Baju batik tulis itu berukuran M dan kondisinya bagus. Baju batik ini merupakan kesayangan Sri Mulyani. Ia sering memakai baju itu selama menjalankan tugas sebagai Menteri Keuangan. Adapun nilai limit mencapai Rp 5 juta.

3. Menteri Luar Negeri Retno Lestari Marsudi

Menteri Luar Negeri Retno Marsudi melelang sekitar tiga barang koleksinya. Pertama, satu buah barang koleksi berupa cookies jar keramik berikut tutup dari Belanda bermotif kincir, tinggi jar 10 cm dan diameter 10 cm. Diperkirakan dikoleksi pada 2012, saat menjabat sebagai Duta Besar LBBP di Den Haag, Belanda. Nilai limitnya Rp 500 ribu.

Kedua, tas handbag besar merek Givenchy berikut pouch, panjang 30 cm, tinggi 25 cm, warna hitam, kondisi bagus. Renot selalu menggunakan tas tersebut yang selalu memuat kebutuhan kerja hariannya. Nilai limitnya Rp 3 juta. Ketiga, topi piknik floppy hat, diameter 43 cm, warna cokelat kombinasi hitam, dan kondisinya bagus. Retno gemar menggunakan topi. Ini salah satunya didapat dari Amerika Latin. Topi ini sering dipakai oleh yang bersangkutan saat bepergian ke dalam dan luar negeri. Nilai limitnya Rp 250 ribu.

3. Menteri BUMN Rini Soemarno

Rini melelang dua barang koleksi pribadinya. Pertama berupa baju batik tulis lengan panjang rancangan Obin batik. Baju itu bermotif parang, bahan sutera halus berukuran S, dan warna cokelat. Kondisi sangat bagus. Baju tersebut dipakai pada saat pelantikan Kabinet Kerja. Nilai limitnya Rp 5 juta. Kedua, kain batik tulis warna dasar hitam dengan motif bunga. Kondisi sangat bagus. Kain batik tersebut dibatik sendiri oleh Menteri BUMN ketika berkunjung ke Rumah Kreatif BUMN di Solo, Jawa Tengah. Nilai limit Rp 500 ribu.

 

Selanjutnya

Menteri Bappenas Sofyan Djalil menjawab pertanyaan Komisi XI dalam rapat kerja di Gedung DPR RI, Jakarta, Kamis (28/4). Rapat membahas perubahan strategi pembangunan nasional dalam penyusunan Rencana Kerja Pemerintah tahun 2017. (Liputan6.com/Johan Tallo)

4. Menteri Agraria dan Tata Ruang/Kepala BPN Sofyan Djalil

Sofyan Djalil melelang tiga barang koleksinya. Pertama, piring English porcelain paintings limited edition Malcom D. Johnson, plate number 417 yang diberikan dalam rangka Celebrating 150 years Prudential. Diameternya 27 cm. Kondisi sangat bagus. Nilai limitnya Rp 1,5 juta.

Kedua, sajadah merek Velteksa Turkiye. Wadah ukuran 1,2x0,6 meter dengan kondisi sangat bagus. Nilai limitnya Rp 250 ribu. Ketiga, sajadah karpet merek Royal Esfahan dengan ukuran 1,25x0,65 meter, kondisi sangat bagus. Nilai limitnya Rp 750 ribu.

5. Menteri Perindustrian Airlangga Hartarto

Airlangga melelang sepatu merek Equator berukuran 43pp dengan bahan kulit. Sepatu itu berwarna hitam dengan kondisi istimewa. Dilengkapi dengan bantalan kayu, kotak sepatu, kartu ucapan, dan booklet proses pembuatan sepatu.

6. Menteri Perhubungan Budi Karya

Budi Karya melelang tiga barang koleksi pribadinya. Barang tersebut antara lukisan menceritakan kehidupan pedesaan, berukuran 80x80 cm berikut bingkai, kondisi bagus. Nilai limitnya Rp 5 juta. Selain itu, lukisan karya Arifin Yasonas (2006) tema sebuah penyesalan berlatar belakang pantai dengan langit biru berawan ukuran 100x100 cm berikut bingkai, kondisinya bagus. Nilai limit Rp 2 juta.

Selanjutnya gitar akustik berwarna cokelat-kuning, kondisi bagus. Budi Karya baru-baru ini tergabung dalam band Kabinet Kerja bernama Elek Yo Band. Tentu gitar itu penting dalam perjalanan karier Budi Karya di Elok Yo Band. Nilai limitnya Rp 500 ribu.

7. Menteri Kesehatan Nila Farid Moeloek

Nila melelang enam barang koleksi pribadinya, antara lain kain songket Sumatera Barat, kain batik sutera Solo, kain ulos Sumatera Utara, kain sarimbit tenun dari Kalimantan warna merah, kain tenun jumputan warna abu-abu, dan kain songke Manggarai Nusa Tenggara. Kondisi kain itu dalam kondisi bagus.

 

Selanjutnya

Direktur Jenderal Bea dan Cukai, Heru Pambudi saat meresmikan Laboratorium di kantor Bea dan Cukai Semarang, Jawa Tengah, Senin (18/12/2017). (Fiki/Liputan6.com)

8. Sekretaris Jenderal Kementerian Keuangan Hadiyanto

Hadiyanto melelang peralatan pingpong berupa badge dengan kayu merek Ryu Seung Min G-Ma, karet merek Butterfly Tenergy 80-FX, berwarna merah, kondisi bagus. Bahkan barang itu disertai tanda tangan asli pemilik Februari 2018. Nilai limitnya Rp 1,5 juta.

9. Direktur Jenderal Bea dan Cukai Kementerian Keuangan Heru Pambudi

Heru Pambudi, Direktur Jenderal Bea dan Cukai, melelang barang koleksi berupa sepatu dinas harian Bea-Cukai merk Felix Verguso, ukuran 41, bahan syntetic rubber, warna hitam, kondisi cukup bagus. Dilengkapi dengan kardus sepatu dinas harian Bea dan Cukai. Sepatu ini menyimpan kisah unik berupa penipuan dan pemalsuan sepatu milik Heru Pambudi yang dimuat di Metronews pada 19 Desember 2017. Transkrip berita penipuan tersebut disertakan dalam penjualan lelang ini.

10. Direktur Jenderal Perbendaharan Kementerian Keuangan Marwanto Harjowiryono

Marwanto melelang dua barang koleksi pribadinya. Pertama, berupa jaket kulit merek LeeChoir Collection, warna hitam, ukuran XL, dengan empat buah saku, kondisi bagus. Jaket ini menemani pemilik dalam penyusunan LKPP tahun 2016 dengan opini WTP. Kedua, jam tangan merek Fossil type FSW4003 water resistant Made In Swiss, warna emas, tali jam kulit warna cokelat tua, kondisi bagus. Beserta kotak. Jam tangan ini menemani pemilik dalam penyusunan LKPP tahun 2016 dengan opini WTP.

11. Direktur Jenderal Kekayaan Negara Kementerian Keuangan Isa Rachmatarwata

Isa melelang lima barang koleksi antara lain berupa dasi merek Alexander Logan Neckwear, bahan sutera, warna biru-ungu bercorak huruf Korea, kondisi bagus. Selain itu, dasi merek Caldiane Classico Italia, bahan sutera, warna merah marun, kondisi bagus. Selanjutnya, sajadah made in India, ukuran 1,10 X 0,60 meter, kondisi bagus.

Tak hanya itu saja, ia juga melelang sepeda gunung merek Polygon, March 250, warna silver, dengan kondisi bagus. Kemudian ada setelan jas merek Dormeuil England, secara eksklusif dijahit oleh Lord's Tailor, warna abu-abu, kondisi bagus. Disertai bordir nama Mr. Isa Rachmatarwata tertanggal Juni 1997.

12. Direktur Jenderal Perimbangan Keuangan Kementerian Keuangan Boediarno Teguh Widodo

Ia melelang sepeda gunung merek Polygon seri MTB 26 Astroz, warna biru kombinasi putih, kondisi sangat bagus.

13. Direktur Jenderal Pajak Kementerian Keuangan Robert Pakpahan

Robert melelang seperangkat perlengkapan golf dijual satu paket antara lain tas golf hitam merek Maruman, stik golf merek Odyssey white hot, stick golf merek Taylormade firesale wood 5, stick golf merek Onoff Fairway Arms wood 3, 8 buah stick golf merek Aviv for Inron Epon Japan, stick golf Taylormade Burner Wood 21, dan stik golf merek Tag R1.

14. Direktur Jenderal Pengelolaan Pembiayaan dan Risiko Kementerian Keuangan Luky Alfirman

Ia melelang barang koleksinya berupa sepatu basket merek Air Jordan, seri Melo M11, Made In China, ukuran 43, warna putih kombinasi merah, kondisi cukup bagus.

15. Direktur Utama PT Bank Rakyat Indonesia Tbk Suprajarto

Ia melelang berupa lukisan bunga teratai, bingkai kayu kelapa, ukuran bingkai 147 X 110 cm, Karya I Wayan Suarmadi, Bali tahun 2006, kondisi bagus.

16. Direktur Utama PT Bank Negara Indonesia Tbk Achmad Baiquni

Ia melelang berupa dua helai kain songket Palembang berwarna merah manggis disertai benang emas dengan kondisi bagus.

17. Direktur Lelang Ditjen Kekayaan Negara Kementerian Keuangan Lukman Effendi

Ia melelang dasi hand made merk Antonioro Italy, warna abu-abu dengan kombinasi noktah biru, dengan kondisi bagus.

 

Syarat Lelang

Peserta menunjukkan nomor tanda peserta lelang di Gedung Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK), Jumat (24/11). Melalui Kantor Pelayanan Kekayaan Negara dan Lelang (KPKNL) Jakarta III, KPK melelang sejumlah jenis barang sitaan.(Liputan6.com/Immanuel Antonius)

Adapun ketentuan umum lelang antara lain lelang akan dilaksanakan secara terbuka, transparan, dan bebas KKN. Lelang dilakukan secara naik-naik. Penawaran yang tertinggi dinyatakan sebagai pemenang lelang. Selain itu, peserta lelang wajib melihat, mengetahui, dan menyetujui aspek legal dari objek lelang sesuai apa adanya. Peserta lelang dianggap telah mengetahui keberadaan dan kondisi objek lelang.

Sedangkan cara penawaran lelang yang digunakan ada perbedaan yaitu lewat konvensional dan e-auction. Pertama, konvensional cara penawarannya dilakukan lewat lisan kehadiran. Penyetoran uang jaminan dilakukan dengan transfer, kas, tunai melalui bendahara penerimaan PKPNL.

Kedua, e-auction lewat cara penawaran tertulis melalui internet. Untuk penyetoran uang jaminannya menggunakan VA melalui www.lelangdjkn.kemenkeu.go.id.

Syarat dan ketentuan lelang kehadian (konvensional) antara lain:

1. Pendaftaran & Uang Jaminan

a. Peserta lelang diwajibkan menyetor uang jaminan yang disetorkan melalui Rekening Penampungan KPKNL Jakarta I No. Rek. 10541039 di PT BNI Cabang Kramat atas nama RPL 019 KPKNL Jakarta I paling lambat 1 (satu) hari kerja sebelum lelang harus sudah efektif masuk ke rekening atau dapat disetorkan secara tunai kepada Bendahara Penerimaan/Pejabat lelang KPKNL Jakarta I paling lambat 1 (satu) jam sebelum pelaksanaan lelang dimulai.

b. Peserta yang telah menyetor uang jaminan, wajib mendaftarkan diri ke Panitia Lelang/Pejabat Lelang dengan menunjukkan bukti setor asli, foto kopi KTP, dan menunjukkan NPWP.

2. Open House

Open House dibuka yakni pada Selasa, 27 Februari 2018 pukul 09.00 – 16.00 WIB di Galeri Nasional Indonesia

3. Pelunasan lelang

Pemenang lelang harus melunasi harga pembelian dan bea lelang paling lambat 5 (lima) hari kerja sejak pelaksanaan lelang, apabila wanprestasi atau tidak melunasi kewajiban pembayaran sesuai ketentuan, uang jaminan akan disetorkan ke kas negara.

4. Pengembalian Uang Jaminan

a. Uang Jaminan Penawaran Lelang yang telah disetorkan, dikembalikan seluruhnya kepada Peserta Lelang yang tidak disahkan sebagai Pembeli, kecuali terdapat biaya transaksi yang dikenakan oleh Perbankan, menjadi tanggungan Peserta Lelang.

b. Peserta lelang yang tidak memenangkan lelang dapat mengambil kembali uang jaminan pada bendahara penerimaan KPKNL Jakarta I pada jam kerja dengan menunjukkan bukti setoran dan kartu identitas diri (KTP/SIM) yang masih berlaku.

5. Cara Penawaran

Calon peserta lelang melakukan penawaran (bidding) dengan hadir secara langsung di tempat pelaksanaan Lelang (Galeri Nasional Indonesia) pada hari/tanggal/jam yang telah ditentukan.

Syarat dan ketentuan lelang auction cara tertutup:

1. Pendaftaran

Calon peserta lelang mendaftarkan diri dan mengaktifkan akun pada alamat domain www.lelangdjkn.kemenkeu.go.id dengan merekam dan mengunggah softcopy KTP serta memasukkan data NPWP dan nomor rekening atas nama sendiri.

2. Open House

Open House dibuka yakni pada Selasa, 27 Februari 2018 pukul 09.00 – 16.00 WIB di Galeri Nasional Indonesia

3. Uang Jaminan

a. Peserta lelang diwajibkan menyetor uang jaminan lelang dengan ketentuan sebagai berikut:

• Jumlah/nominal yang disetorkan harus sama dengan uang jaminan yang disyaratkan penjual dalam pengumuman lelang ini, dan harus disetorkan sekaligus (bukan dicicil)

• Setoran uang jaminan lelang harus sudah efektif diterima KPKNL selambat-lambatnya 1 (satu) hari kerja sebelum pelaksanaan lelangb. Uang jaminan lelang disetorkan ke nomor Virtual Account (VA) masing-masing peserta lelang. Nomor VA dapat dilihat pada menu status lelang setelah berhasil melakukan pendaftaran dan data identitas dinyatakan sesuai dokumen yang diberikan peserta.

4. Pelunasan lelang

Pemenang lelang harus melunasi harga pembelian dan bea lelang paling lambat 5 (lima) hari kerja sejak pelaksanaan lelang, apabila wanprestasi atau tidak melunasi kewajiban pembayaran sesuai ketentuan, uang jaminan akan disetorkan ke kas negara.

5. Pengembalian Uang JaminanUang Jaminan Penawaran Lelang yang telah disetorkan, dikembalikan seluruhnya kepada Peserta Lelang yang tidak disahkan sebagai Pembeli, kecuali terdapat biaya transaksi yang dikenakan oleh Perbankan, menjadi tanggungan Peserta Lelang.

6. Cara PenawaranCalon peserta lelang melakukan penawaran secara tertutup (close bidding) dengan mengakses www.lelangdjkn.kemenkeu.go.id sesuai waktu yang telah ditentukan. Batas akhir pengajuan penawaran pada Rabu, 28 Februari 2018 pukul 12.00 WIB (waktu server).

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

MotoGP: Aprilia Siapkan Kejutan di Seri Qatar

Posted: 25 Feb 2018 09:15 PM PST

Tim Aprilia menyiapkan kejutan di awal MotoGP musim 2018. Manajer Aprilia, Romano Albesiano mengatakan, timnya akan menguji perangkat aerodinamika baru pada saat tes Qatar, 1-3 Maret nanti.

"Kami akan membawa versi baru dari perangkat aerodinamika motor RS-GP di MotoGP Qatar. Sementara, untuk perubahan kedua akan direncanakan saat musim ini berlangsung," ujar Albesiano seperti dilansir Crash.

Aprilia tampaknya memfokuskan pengembangan motor mereka pada sisi aerodinamikanya. Demi mendapatkan hasil sempurna, dua pembalap Aprilia, Aleix Espargaro dan Scott Redding sampai mengadakan tes khusus di lorong angin milik Universitas Perugia, Italia.

Fokus pada aerodinamika diakui Albesiano mejadi penting. "Riset soal aerodinamika sekarang menjadi bagian tak terpisahkan dari MotoGP modern. Tidak hanya soal sayap, melainkan detail kecil lainnya yang menentukan," kata Albesiano menerangkan.

"Tes di lorong angin adalah bagian dari studi aerodinamika, yang juga melibatkan simulasi komputer dan pengecekan langsung di trek," ujar Albesiano menambahkan.

 

 

Siapkan Tipe Berbeda

Aleix Espargaro (AFP Photo/Mohd Rasfan)

Aprilia tak main-main soal riset aerodinamika mereka. Hal tersebut bisa terlihat dari keseriusan tim asal Italia yang ingin menyiapkan sistem aerodinamika berbeda bagi dua pembalapnya.

Albesiano mengatakan, perbedaan sistem dibuat untuk menyesuaikan gaya balap Espargaro dan Scott Redding. Albesiano menilai, kedua pembalap punya berbedaan yang mencolok.

"Espargaro dan Redding punya karakter fisik yang sama sekali berbeda. Itu membutuhkan sistem aerodinamika yang berbeda untuk mengoptimalkan efisiensinya," ujar Albesiano.

Dua Pekan Lagi

MotoGP musim 2018 bakal dimulai di sirkuit Losail, Qatar 18 Maret 2018. Itu artinya, setiap tim termasuk Aprilia hanya punya waktu sekitar dua pekan untuk mempersiapkan diri.

Pada musim lalu, Aprilia memetik hasil cukup positif di seri pembuka ini. Aleix Espargaro finis di posisi keenam di belakang Dani Pedrosa. Sementara, Scott Redding yang kala itu masih membela Ducati finis di belakang Espargaro.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

VIDEO: Pesta Kembang Api di Penutupan Olimpiade Musim dingin 2018

Posted: 25 Feb 2018 09:15 PM PST

Olimpiade musim dingin 2018 ditutup dengan pesta kembang api dan dihadiri putri Presiden AS, Ivanka Trump.

 

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

FOTO: Barracuda dan Water Cannon di Sidang PK Ahok

Posted: 25 Feb 2018 09:14 PM PST

Petugas kepolisian bersiaga dekat Barracuda dan water cannon di Gedung PN Jakarta Utara, Senin (26/2). Kendaraan taktis itu disiagakan pada pengamanan sidang peninjauan kembali (PK) yang diajukan Basuki Tjahaja Purnama (Ahok). (Liputan6.com/Arya Manggala)

Petugas kepolisian bersiaga dekat Barracuda dan water cannon di Gedung PN Jakarta Utara, Senin (26/2). Kendaraan taktis itu disiagakan pada pengamanan sidang peninjauan kembali (PK) yang diajukan Basuki Tjahaja Purnama (Ahok). (Liputan6.com/Arya Manggala)

Petugas kepolisian mengamankan ruang sidang peninjauan kembali (PK) yang diajukan Basuki Tjahaja Purnama (Ahok) di PN Jakarta Utara, Senin (26/2). Polda Metro Jaya menyiapkan 2.000 personel untuk mengamankan jalannya sidang . (Liputan6.com/Arya Manggala)

Petugas kepolisian mengamankan ruang sidang peninjauan kembali (PK) yang diajukan Basuki Tjahaja Purnama (Ahok) di PN Jakarta Utara, Senin (26/2). Polda Metro Jaya menyiapkan 2.000 personel untuk mengamankan jalannya sidang . (Liputan6.com/Arya Manggala)

Personel TNI melakukan apel sebelum mengamankan sidang peninjauan kembali (PK) yang diajukan Basuki Tjahaja Purnama (Ahok) di PN Jakarta Utara, Senin (26/2). Polisi dan TNI berjaga menyebar di dalam dan luar pengadilan. (Liputan6.com/Arya Manggala)

Personel TNI melakukan apel sebelum mengamankan sidang peninjauan kembali (PK) yang diajukan Basuki Tjahaja Purnama (Ahok) di PN Jakarta Utara, Senin (26/2). Polisi dan TNI berjaga menyebar di dalam dan luar pengadilan. (Liputan6.com/Arya Manggala)

Mobil Barracuda melintas dekat Gedung Pengadilan Negeri Jakarta Utara, Senin (26/2). Kendaraan taktis tersebut disiagakan dalam pengamanan sidang peninjauan kembali (PK) yang diajukan Basuki Tjahaja Purnama (Ahok). (Liputan6.com/Arya Manggala)

Mobil Barracuda melintas dekat Gedung Pengadilan Negeri Jakarta Utara, Senin (26/2). Kendaraan taktis tersebut disiagakan dalam pengamanan sidang peninjauan kembali (PK) yang diajukan Basuki Tjahaja Purnama (Ahok). (Liputan6.com/Arya Manggala)

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Pemerintah Dapat Mobil Listrik dari Mitsubishi, Ini Spesifikasinya

Posted: 25 Feb 2018 09:11 PM PST

Hari ini Mitsubishi Motors resmi memberikan 8 unit Mitsubishi Outlander PHEV yang merupakan model SUV plug-in hybrid dan 2 unit mobil listrik i-MiEV serta 4 unit quick charger kepada pemerintah Indonesia. Untuk diketahui, Mitsubishi Outlander PHEV memulai penampilan perdananya pada perhelatan Paris Motor Show 2012. Mobil ini mulai dijual di Jepang pada tahun 2013. Outlander PHEV juga sempat dipamerkan di Indonesia pada Indonesia International Motor Show (IIMS) 2013 lalu.

Untuk spesifikasi, Mitsubishi Outlander PHEV ini dipersenjatai mesin bensin Atkinson berkapasitas 2,4 liter. Unit tersebut menggantikan mesin sebelumnya Otto cycle berkapasitas 2,0 liter. Kapasitas baterai lithium-ion yang dimiliki meningkat menjadi 13,8 kWh, yang sebelumnya 12 kWh. Mobil listrik ini dapat menempuh jarak sejauh 52 km.

Mitsubishi Outlander PHEV ini diklaim dapat menembus total jarak mencapai 800 km dengan tingkat emisi sebesar 50 g/km.

Eksterior Mitsubishi Outlander PHEV mendapatkan ubahan, yaitu gril baru, lampu depan LED, dan foglamp baru. Selain itu, untuk bagian buritan menggunakan spoiler belakang yang lebih besar dan desain two-tone baru, serta pelek multi-spoke 18 inci.

Sedangkan untuk interiornya, Mitsubishi Outlander PHEV menggunakan jok kulit baru, dan ubahan segar di kursi depan dan panel instrumen. Tidak hanya itu, mobil ini juga mendapatkan switchgear dan trim baru, dengan ventilasi penyejuk di udara belakang.

Spesifikasi i-MiEV

Dua unit i-MiEV diserahkan ke pemerintah oleh Mitsubishi

Selain Outlander PHEV, Mitsubishi juga menyerahkan dua unit mobil listrik i-MiEV ke pemerintah. i-MiEV merupakan singkatan dari Mitsubishi Innovative Electric Vehicle. Mitsubishi Motors Corp (MMC) telah memperkenalkan dan menjual mobil listrik i-MiEV sejak 2016 lalu di Jepang.

Pada i-MiEV, Mitsubishi telah memasang switch pada panel pusat agar pengoperasian mobil lebih mudah. Terdapat pula cup holder di konsol tengah untuk menyimpan barang-barang kecil. Jok depannya menggunakan kulit asli dengan kualitas yang lebih baik.

Kemudian, ada pula rem regenerative (bisa menghasilkan energi) yang modenya telah ditambah menjadi enam, setelah sebelumnya hanya tiga. Fitur tambahan lain adalah pendingin udara bisa tetap aktif meskipun mobil sedang diisi ulang.

Mobil yang menggunakan baterai berkapasitas 16 kWh tersebut diklaim dapat menempuh jarak sejauh 160 km. Untuk versi yang dijual di Amerika Serikat pada tahun 2012, mobil ini dapat menempuh jarak sejauh 100 km.

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Ini Penyebab Fachri Albar Sakit Kepala Selama di Tahanan

Posted: 25 Feb 2018 09:10 PM PST

Fachri Albar sudah menjalani masa tahanan 10 hari lebih dalam kasus penyalahgunaan narkoba. Saat ditangkap pada 14 Februari 2018 lalu, polisi menemukan sejumlah barang bukti ditemukan oleh polisi di rumah Fachri Albar.

Di antara barang bukti yang disita, ada sabu-sabu, 13 tablet dumolid, dan 1 butir kamlet. 

Kepada pihak penyidik, Fachri Albar sempat mengaku mengonsumsi dumolid yang merupakan obat penenang sesuai resep dari dokter. Kini pihak berwajib mengungkap ada kemungkinan Fachri sakit saat ini karena pengaruh maag dan juga berhenti mengonsumsi dumolid. 

 

 

Efek Sakit Kepala

Fachri Albar (Deki Prayoga/Bintang.com)

"Dia kan dulu memutuskan obat dumolid, yang jadi persoalan dia ditangkap kemarin. Efeknya ketika berhenti kan membuat sakit kepala, jadi kita akan rujuk ke RS yang ditunjuk oleh negara masalah penanggulangan narkoba," ujar Kompol Purwanta Kepala Subbagian Humas Polres Metro Jakarta Selatan, di Jakarta, Senin (26/2/2018).

Istri Sempat Menjenguk

Renata Kusmanto dan Fachri Albar (Nurwahyunan/Bintang.com)

Pihak keluarga juga telah diberi tahu bahwa saat ini Fachri Albar tengah sakit. Istrinya, yaitu Renata Kusmanto sempat menjenguk di tahanan.

Namun demikian, ayah Fachri, yaitu Ahmad Albar, tak bisa berkunjung. Itu karena vokalis gaek tersebut juga tengah sakit.

Efek Maag

Fachri Albar (Deki Prayoga/Bintang.com)

"Sakitnya ringan. Mungkin efek dari maag. Ya sudah pastilah (ada pemberitahuan kepada istri), semua dikasih tahu kita resmi. Semua dikasih tahu, kita terbuka. Istrinya kemarin Sabtu ke sini," tuturnya.

Penanganan Medis

Atas keterlibatan tersebut, Fachri Albar dijerat dengan UU Narkotika dengan ancaman hukuman paling singkat empat tahun dan maksimal 12 tahun penjara. (Deki Prayoga/Bintang.com)

Karena sakit yang diderita, Fachri Albar pun dirujuk untuk mendapat penanganan medis. Fachri merupakan satu dari sejumlah selebritas yang tertangkap narkoba dalam waktu hampir bersamaan di antaranya Roro Fitria, Dhawiya, dan keluarganya serta Rizal Djibran.

Dibawa ke RSKO

Menurut Kapolres Metro Jakarta Selatan, Kombes Pol Mardiaz K Dwihananto di Polres Metro Jakarta Selatan, Rabu (14/2/2018), Fachri mengaku depresi dan hingga menggunakan narkoba. (Deki Prayoga/Bintang.com)

"Ya segera kita akan membuat rujukan ke RSKO. Sementara sudah ditangani dokter dari kita. Fachri masih di sini, Insya Allah siang ini akan dibawa ke RSKO. Di sini nanti sampai selesai, sehat," tandasnya.

 

Sumber : Kapanlagi.com

Saksikan video berikut ini

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

BPSDM Perhubungan Raih Juara 2 Stand Terfavorit di Indonesia Education & Training Expo 2018

Posted: 25 Feb 2018 09:06 PM PST

Badan Pengembangan Sumber Daya Manusia Perhubungan (BPSDMP) meraih juara 2 sebagai stand terfavorit pada pameran Indonesia Education & Training Expo 2018 yang diselenggarakan di Jakarta Convention Center (JCC) Senayan (25/2). BPSDMP pun mengungguli beberapa kampus PTN, PTS, dan PTK lainnya.

Selain dinobatkan menjadi juara 2 stand terfavorit, stand BPSDMP juga masuk dalam nominasi stand terbaik bersama Universitas Indonesia, Universitas Terbuka, Institut Teknologi 10 November, dan Universitas Gajah Mada.

Pameran yang diselenggarakan selama empat hari dari tanggal 22 - 25 Februari ini diikuti sebanyak 120 stand dari PTN, PTS, perguruan tinggi kedinasan, militer, serta lembaga pelatihan terkemuka dari Indonesia dan mancanegara seperti Turki, Taiwan, Jepang, Amerika Serikat, dan Australia. Tercatat, hingga penutupan pameran sebanyak 30.000 pengunjung hadir dalam event ini.

Stand BPSDMP sendiri berdiri dengan bentuk yang mewakili empat matra moda transportasi, yaitu darat, laut, udara, dan perkeretaapian. Para pengunjung stand BPSDMP yang terdiri dari siswa SMA dan SMK serta para guru di Jakarta, sangat antusias ingin mengetahui informasi tentang sekolah transportasi, dengan dibantu para taruna dari empat sekolah yaitu Sekolah Tinggi Transortasi Darat (STTD), Sekolah Tinggi Ilmu Pelayaran (STIP), Sekolah Tinggi Penerbangan Indonesia (STPI), dan Balai Pendidikan dan Pelatihan Ilmu Pelayaran (BP2IP) Tangerang.

Sekretaris BPSDMP, M Yugihartiman mengatakan, bahwa keikutsertaan BPSDMP pada pameran merupakan salah satu bentuk sosialisasi sekolah transportasi.

"Ini adalah salah satu bentuk sosialisasi sekolah transportasi di lingkungan BPSDM Perhubungan, selain pameran kita juga ada roadshow atau promosi lewat media massa termasuk online," ungkap Yugi.

BPSDMP sendiri telah memiliki sebanyak 27 sekolah di beberapa wilayah di Indonesia, dengan sekolah terbaru yaitu Balai Pendidikan dan Pelatihan Transportasi Darat (BP2TD) Mempawah.

"Sampai saat ini BPSDM Perhubungan punya 27 sekolah transportasi yang tersebar di beberapa wilayah di Indonesia, yang terbaru ada di Kalimantan, yaitu BP2TD Mempawah," tambah Yugi.

 

(*)

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Viral Pria Merokok di Atas Pesawat, Ditegur Petugas Malah Melawan

Posted: 25 Feb 2018 09:01 PM PST

Sebuah video yang viral menunjukkan seorang penumpang yang diminta turun dari pesawat oleh petugas. Ulahnya yang dengan santai merokok di pesawat tanpa merasa bersalah, membuat pesawat tersebut terpaksa menunda keberangkatannya.

Video tersebut diunggah oleh seorang bule yang kebetulan berada di dalam pesawat yang sama dan merekam kejadian tersebut. Menurut bule bernama Manuel Buchaher itu, pesawat yang ia tumpangi akan berangkat ke Bali dari bandara Halim Perdanakusuma, Jakarta. 

 

Ketika diminta turun, pria yang tak diketahui namanya itu bersikeras kalau ia tak bersalah. Harus terjadi perdebatan yang cukup lama dan melibatkan banyak petugas untuk memintanya turun dari pesawat.

"Bapak tidak bisa ikut penerbangan ini," kata seorang petugas.

"Salah saya apa, Pak?" tanya pria itu.

"Bapak mau turun secara baik-baik atau kita paksa?" tukas petugas yang lain.

Setelah semakin banyak petugas yang menegurnya dan memintanya turun, pria berkemeja merah marun itu akhirnya mengalah dan meninggalkan tempat duduknya. Ia keluar diiringi oleh petugas yang menjaganya dengan ketat.

Terkait kejadian tersebut, Manuel menuturkan bahwa pria itu seharusnya mematuhi aturan yang ada.

"This guy was smoking in the plane before take off to Bali. What you learn from that? Better listen to the rules. Haha."

Respons Warganet

Ilustrasi merokok (Reuters)

Video itu dibagikan oleh Manuel di grup Canggu Community. Segera saja, video tersebut viral dan dikomentari warganet.

"Ya beginilah negeri Indonesia,Ada byk berbagai macam kelakuan yg bikin miris, udah jelas aturan peringatan dilarang,ttp dilanggar , Coba dia berani gitu diluar negeri,gak usah jauh2,Di Singapore aja,, langsung dipenjara, No excuse,," tulis akun Adhi Martana.

"look this idiot got caught smoking in the plane," tulis akun Cita Sari.

"A few years ago smoking was a ok to smoke onboard planes , now look at the drama it causes , police , security, military some other uniform dressed individuals, also a onslaught of nasty commentators, Should have just made smoking planes and none smoking planes. ( early morning thoughts) I might rethink This later" tulis akun Nathan James Broise.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Jelang Atraksi Mendebarkan 1.038 Tatung Saat Cap Go Meh di Singkawang

Posted: 25 Feb 2018 09:01 PM PST

Kota Singkawang di Kalimantan Barat, bersolek menyambut Cap Go Meh atau hari kelima belas perayaan Tahun Baru Imlek. Sebanyak 1.038 tatung dipastikan ikut beratraksi dalam Festival Cap Go Meh Singkawang yang akan dihelat pada Jumat, 2 Maret mendatang.

"Jumlah peserta yang sudah terdaftar ini pasti dan harus keluar pada hari 'H' Cap Go Meh kelak," ucap Ketua Panitia Imlek dan Cap Go Meh Singkawang, Tjhai Leonardi, Minggu, 25 Februari 2018, dilansir Antara.

Ia pun menjelaskan rute-rute tatung yang akan dilalui. Rencananya, para tatung berkumpul di halaman Kantor Wali Kota Singkawang, pada Jumat, 2 Maret 2018, sekitar pukul 07.00 WIB.

Kemudian, para tatung berjalan menuju Jalan Firdaus, Jalan Pangeran Diponegoro, Jalan Kepol Mahmud, Jalan Sejahtera, Jalan Budi Utomo, Jalan Saman Diman, Jalan Setia Budi, Jalan Niaga, dan finis di Jalan Pai Bakir (Altar).

"Untuk panggung kehormatan, sesuai hasil rapat panitia bersama Pemkot Singkawang dan Forum LLAJ Singkawang telah disepakati akan dibangun di depan Gang Empat Lima, Jalan Pangeran Diponegoro," katanya.

Tjai juga memberikan apresiasi atas kerja keras dari panitia. Apalagi, kerja keras itu telah membuahkan hasil yang spektakuler, di mana pada perayaan Imlek dan Cap Go Meh tahun ini telah menyabet tiga rekor sekaligus dari Museum Rekor-Dunia Indonesia atau MURI.

"Tiga rekor MURI itu antara lain lampion dengan jumlah 20.607 unit, gerbang Cap Go Meh terbesar, dan 1.038 tatung yang merupakan jumlah tatung terbanyak di dunia," ia membeberkan.

Adapun Sekretaris Dinas Pariwisata, Pemuda dan Olahraga Singkawang, Suryanto mengungkapkan hasil rapat yang digelar pada Jumat, 23 Februari lalu.

Menurutnya, para pejabat yang akan hadir untuk mengisi kursi VIP di panggung kehormatan nanti antara lain, Menteri Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan, Menteri Pariwisata, Menteri Pendidikan dan Kebudayaan, Menteri Agama, serta Menteri Pemuda dan Olahraga.

Termasuk, Duta Besar dari Jerman, Duta Besar Jepang, Duta Besar Korea Selatan, dan Duta Besar Australia. "Ini baru data sementara," ujar Suyanto seputar persiapan perayaan Cap Go Meh di Singkawang.

 

Hikayat Tatung

Perayaan Cap Go Meh yang dimeriahkan atraksi tatung di Singkawang, Kalimantan Barat. (Liputan 6 SCTV)

Konon, hikayat tatung atau lauya ini hanya berkembang di Singkawang dan Pontianak. Budaya tatung adalah permainan tradisional menusuk diri dengan benda tajam, meminum darah ayam hidup, dan memotong bagian tubuh. Atraksi tatung mirip dengan debus di Banten, hanya saja di Singkawang dan Pontianak berlangsung secara massal.

Atraksi tatung itu awalnya dilakukan di Monterado, tempat pendulangan emas di Kabupaten Bengkayang. Saat itu, lima jenderal asal China tiba di Kalimantan dan salah satunya, Jendral Ng Kang Sen. Ia menemukan banyak warga yang terkena penyakit, lantas ia mengobatinya dengan cara mengusir roh jahat itu.

Tanpa tatung, maka tak ada perayaan Cap Go Meh. Pepatah ini berlaku bagi warga Kota Singkawang. Berkat kehadiran para tatung, Perayaan Cap Go Meh di Kota Singkawang menjadi dikenal, serta menjadi pusat perhatian wisatawan dan media.

Beberapa waktu lalu kepada Liputan 6 SCTV, salah seorang pemerhati budaya di kota itu menegaskan bahwa tatung merupakan simbol perlawanan terhadap roh jahat atau energi negatif dan harapan, untuk mendapatkan kesejahteraan dan kemakmuran.

Sosok tatung bukan orang sembarang. Sosok yang identik dengan kesaktian itu diyakini, dilahirkan karena takdir. Mereka itu memiliki tulang naga (liung kut), sehingga ia bisa dimasuki arwah-arwah para ksatria dan kebal terhadap senjata tajam.

Ketika perayaan-perayaan usai, ketika aksi-aksi mistis berakhir, dan ketika gemuruh tepuk-tangan habis, para tatung kembali ke kehidupan nyata. Mereka pun kembali menjemput profesi mereka sehari-hari sebagai sopir, montir, atau petani, juga kemiskinan. Mereka umumnya dari kalangan berpendidikan rendah.

Menjadi tatung, umumnya karena panggilan jiwa. Mereka bertutur, mereka bahagia bisa menjadi bagian dari kehidupan budaya di kota itu.

 

Cap Go Meh Berdampak pada Perekonomian Warga

Seni Akrobatik Tatung Meriahkan Perayaan Cap Go Meh di Jakarta

Boleh dibilang, perayaan Cap Go Meh akan berdampak signifikan terhadap perekonomian warga setempat. "Masyarakat dan pelaku usaha akan merasakan dampak langsung dari pergelaran event tahunan ini," kata pengamat ekonomi di Kota Singkawang, Nova Wijaya, Senin (26/2/2018), diwartakan Antara.

Dari segi ekonomi, Cap Go Meh berdampak ada kontribusi peningkatan pendapatan masyarakat khususnya yang bergerak di bidang jasa dan perdagangan.

Efek lanjutan berdasarkan perhitungan ekonomi, menurut Nova, adalah lima kali lipat dana yang dikeluarkan pemerintah akan masuk ke sektor-sektor jasa yang ada di Kota Singkawang.

Hal ini tentu akan berjalan sebanding lurus dengan peningkatan Pendapatan Asli Daerah (PAD) yang bakal diperoleh oleh Pemerintah Kota Singkawang.

"Dampaknya dari banyaknya orang berkunjung, misal ke lokasi wisata ke pasar, kuliner dan suvenir. Keuntungan bagi pemerintah sendiri adalah PAD yang didapat," ujarnya.

Namun, yang perlu diingat oleh pelaku usaha dan Pemerintah Kota Singkawang sendiri adalah diperlukan tata kelola peraturan yang jelas. Hal ini mengingat ramainya wisatawan yang akan hadir nantinya.

Tata kelola yang dimaksud seperti memberikan rambu-rambu bagi pelaku usaha jasa. Misalnya di bidang perhotelan maupun penginapan agar tidak menaikkan biaya jasa yang diluar kewajaran, seperti biaya kamar standar yang kemudian dibebankan berkali-kali lipat kepada wisatawan.

"Karena hal tersebut akan jadi preseden buruk apabila selepas pengunjung datang saat pulangnya justru menggunjingkan biaya-biaya yang tinggi yang dikeluarkan," katanya.

Selain itu, Nova melihat tren di mana banyak pengunjung sekarang lebih memilih menginap di ibu kota provinsi dan hanya menghabiskan waktunya selama sehari saat acara puncak Cap Go Meh.

Alhasil, pedagang kaki lima (PKL) ataupun sektor jasa lainnya, tidak mendapatkan pendapatan yang semestinya seperti saat pengunjung menginap di Kota Singkawang. "Karena ada faktor biaya yang mereka pikirkan, semoga ke depannya bisa saja ada regulasi mengenai tarif minimal ataupun batas atas," ujarnya.

Ada korelasi di mana ajakan datang ke Singkawang melalui slogan Pemerintah Kota Singkawang sebagai kota jasa dan wisata yakni "Pasti ke Singkawang" dengan kebutuhan pengunjung itu sendiri.

"Pastinya pengunjung yang datang itu memiliki kocek yang relatif, dan semuanya butuh penginapan layak dengan harga yang layak pula," katanya.

 

Pekan Kuliner Cap Go Meh Pontianak

Atraksi naga ramaikan Festival Cap Go Meh di Kota Pontianak.

Tak hanya Singkawang, Kota Pontianak pun bersolek menyambut Cap Go Meh. Bahkan, Pekan Promosi dan Kuliner Pontianak, dalam rangkaian Festival Imlek dan Cap Go Meh tahun 2018, di Jalan Diponegoro, Minggu, 25 Februari 2018, resmi dimulai.

Pejabat Sementara (Pjs) Wali Kota Pontianak, Mahmudah dalam sambutannya pada pembukaan Pekan Promosi dan Kuliner 2018 mengatakan, promosi kuliner menjadi salah satu upaya memperkenalkan seni budaya ke masyarakat luas. Dengan kata lain, seni budaya harus dilestarikan oleh semua masyarakat.

Pekan Promosi dan Kuliner Pontianak, dalam rangkaian Festival Imlek dan Cap Go Meh dan Imlek tahun 2018, dimulai 25 Februari hingga 4 Maret mendatang. Ajang ini juga akan diisi berbagai kegiatan, kesenian budaya Tioghoa, salah satunya kompetisi barongsai.

Ia berharap, kuliner dan promosi tersebut bisa dimanfaatkan sebagai penggerak sektor perekonomian untuk kesejahteraan masyarakat. Selain itu, Pekan Promosi dan Kuliner itu bisa jadi daya tarik wisatawan, baik nasional maupun mancanegara untuk berkunjung ke Kota Pontianak, dan Kalbar umumnya.

"Kami berharap ke depannya harus dikemas lebih menarik lagi dari tahun-tahun sebelumnya, seperti menampilkan makanan khas Imlek dan lainnya," katanya, dilansir Antara.

Mahmudah juga mengajak semua pihak agar selalu menjaga iklim di Kota Pontianak yang saat ini sudah tercipta aman dan tenteram itu. Apalagi, saat ini, tahapan Pilkada Serentak 2018 sedang dilangsungkan.

"Saya mengajak semua pihak agar tidak mudah terpengaruh oleh berita hoaks, dan lebih cerdas dalam menggunakan media sosial," ujarnya.

Adapun Ketua Panitia Pekan Promosi dan Kuliner Pontianak 2018, Heri Candra mengatakan, penyelenggaraan tahun ini agak beda dari tahun sebelumnya. Konsep promosi dimasukkan mendampingi kuliner. Tujuannya untuk lebih memeriahkan tahun baru Imlek dan menjaga adat budaya Tionghoa dengan menyesuaikan yang ada di Indonesia.

"Ini untuk nostalgia dan kuliner, serta belajar menghargai budaya lain dengan makan apa yang mereka makan, budaya punya nilai universal masing-masing, dan jati diri masyarakat," tuturnya.

Pekan Promosi dan Kuliner Pontianak, dalam rangkaian Festival Imlek dan Cap Go Meh dan Imlek tahun 2018, yang diselenggarakan di Jalan Diponegoro itu, diisi 75 stan. Terdiri dari stan kuliner, elektronik, otomotif, ketangkasan nonjudi, dan hiburan. Ada pula panggung utama yang akan menampilkan berbagai macam hiburan dan kesenian daerah.

"Kami berharap kegiatan ini bisa dapat respons, dengan meningkatnya kunjungan wisatawan lokal dan mancanegara untuk berkunjung ke Kota Pontianak," ujarnya.

Saksikan video pilihan di bawah ini:

[vidio:Potret : Negeri Para Tatung | 3 |]()

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

MotoGP: Rider Jepang Dapat Pujian Marc Marquez

Posted: 25 Feb 2018 09:00 PM PST

Pembalap Jepang, Takaaki Nakagami memukau seniornya di MotoGP dan Honda, Marc Marquez serta Cal Crutchlow. Hal itu setelah Nakagami tampil maksimal saat sesi uji coba pramusim di Sirkuit Buriram, Thailand.

"Kami harus mulai memuji Nakagami. Dia sangat cepat. Saya dan Marquez tertawa bersama melihat bagaimana cepatnya dia di tikungan dan beberapa area lain," ujar Crutchlow, seperti dilansir Crash.

Nakagami adalah pembalap pemula di MotoGP musim ini. Pembalap berusia 26 tahun itu sebelumnya membalap di kelas Moto2. Di MotoGP, Nakagami akan membalap di bawah bendera tim LCR Honda.

MotoGP. musim ini belum dimulai, tapi Nakagami telah membuat Crutchlow dan Marquez terpukau. Kedua pembalap senior itu kagum dengan cara membalap Nakagami yang mampu melaju cepat dengan menggunakan semua jenis ban.

"Nakagami cepat di setiap ban yang kami gunakan. Dia tak cepat hanya saat menggunakan ban yang akan kami gunakan di balapan di Thailand nanti. Namun, itu karena ia tak punya pengalaman sebelumnya," ujar Crutchlow.

 

Tak Perlu Bantuan

Cal Crutchlow (AP Photo/Vincent Thian)

Pujian Crutchlow tak berhenti sampai di situ. Saking menawannya performa Nakagami, Crutchlow pun segan untuk memberikan bantuan kepada pembalap berusia 26 tahun tersebut.

"Saya ingin membantunya, namun saya pikir dia tak membutuhkan bantuan saya," kata Crutchlow.

"Tes demi tes dia sangat cepat. Saya bangga dia mengejutkan para pembalap pemula lainnya. Dia melahap 18 lap sendirian. Dia mencatatkan waktu 1 menit 30,8 detik di dua lap terakhir," ujar Crutchlow menambahkan.

  Profil Nakagami

Nama: Takaaki Nakagami

Lahir: 9 Februari 1992

Tim: LCR Honda Idemitsu

Karier

125cc (2007-2009): Start (34 kali) Poin (55)

Moto2 (2011-2017): Podium (14 kali), Menang (2 kali), Pole Position (5 kali) Poin (646)

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

50.000 Wisatawan Tumpah Ruah di Pembukaan Pekan Budaya Tionghoa Yogyakarta

Posted: 25 Feb 2018 09:00 PM PST

Pelaksanaan pembukaan Pekan Budaya Tionghoa Yogyakarta (PBTY) 2018 yang digelar akhir pekan kemarin berlangsung sukses. Tidak kurang dari 50.000 wisatawan tumpah ruah menyaksikan rangkaian acara pembukaan yang digelar di Jalan Malioboro, Kampung Ketandan, dan Alun-alun Keraton.

Ketua Umum PBTY, Tri Kirana Muslidatun menurut keterangan resmi yang diterima Liputan6.com, Minggu (26/2/2018) mengatakan, berdasarkan data yang masuk jumlah wisatawan mencapai 50.000 yang sudah ramai sejak sore hari.

"Pembukaan PBTY 2018 ini ada rangkaiannya. Mulai dari persiapan di Abu Bakar Ali, karnaval, hingga berbagai atraksi di Alun-alun Utara. Juga kunjungan wisatawan di Kampung Ketandan," tutur Tri. Menurut Tri Kirana, jumlah tersebut sesuai target. "50.000 itu baru hari pertama ya, baru pembukaan. Tapi setiap hari PBTY ini selalu menghadirkan 10.000 wisatawan. Dan jumlah itu rutin sejak awal pelaksanaan," terangnya.

 

Yogyakarta dan Toleransi

Foto: Dok. Kementerian Pariwisata.

Sementara itu, Gubernur DIY Sri Sultan Hamengkubuwono X, mengatakan kegiatan ini membuktikan jika Yogyakarta masih toleran.

"Ini bukti Yogyakarta masih ada toleransi. Kegiatan ini menjadi bukti jika kita masih solid. Dan semoga PBTY membuat kita semakin kuat," tutur Sultan saat membuka secara resmi Pekan Budaya Tionghoa Yogyakarta.

Meski menjadi bagian dari perayaan Imlek dan Cap Go Meh, budaya Nusantara ditampilkan dalam kegiatan itu. Salah satu atraksi yang menarik perhatian adalah aksi grup tari Praginagong Yogyakarta.

Sebanyak 8 Penari Praginagong menggabungkan berbagai tarian nusantara dalam pementasannya. Mulai dari Aceh, Medan, Jakarta, Jawa Barat, Jawa Tengah, bahkan hingga Papua.

Namun, atraksi yang paling ditunggu masyarakat Yogyakarta adalah drumband Gita Dirgantara milik Akademi Angkatan Udara. Drumband ini menampilkan banyak formasi dengan sangat enerjik. Diantaranya membuat formasi menara dari drum.

Sebelum pesta kembang api menutup rangkaian acara, tampil naga sepanjang 150 meter. Aksi naga tersebut dibawakan secara bergantian oleh 200 orang. Naga ini telah tercatat dalam MURI.

Menurut Kabid Pemasaran Area I (Jawa) Wawan Gunawan, perlu keseriusan untuk menggarap event ini agar menjadi event pariwisata.

"Tentunya dengan mengedepankan kriteria-kriteria yang dibutuhkan dalam mengemas sebuah event. Hal itu dimaksudkan agar event tersebut bisa menjadi skala nasional bahkan internasional," tuturnya.

Menurutnya, Menteri Pariwisata sering menyampaikan perlunya kurator atau maestro yang mumpuni di bidangnya. "Jadi, koreografi, musik, kostum, pola penyajian, dan struktur pertunjukan mempunyai kualitas yang baik," tuturnya.

Simak juga video menarik berikut ini:

Brand Pariwisata

Foto: Dok. Kementerian Pariwisata.

Menteri Pariwisata Arief Yahya memuji suksesnya pembukaan Pekan Budaya Tionghoa Yogyakarta (PBTY) 2018. Namun, Menteri Arief mengingatkan pentingnya brand management dalam pariwisata. Seperti yang dilakukan Bali.

"Ada yang berpendapat bahwa dengan segala yang dipunya dan brand yang sudah mendunia, Bali tidak perlu dipromosikan. Mereka menganggap brand Bali sudah hebat, bahkan jauh lebih hebat dari Indonesia, karena itu tak perlu dipromosikan lagi,"tuturnya. Tapi, Menteri Arief mengingatkan jika promosi adalah wajib dalam brand management.

"Kalau kita bicara tentang brand management, maka promosi adalah wajib hukumnya. Bali adalah produk yang baik, yang jika dipromosikan dengan sangat baik maka akan menjadi yang terbaik. Membangun brand adalah proses yang memerlukan waktu jangka panjang, tidak bisa ujug-ujug produk kita menjadi terkenal dengan instan," ungkap Arief Yahya.

Dijelaskannya, memupuk kekuatan brand harus dilakukan secara terus-menerus. Tak peduli apakah sebuah brand sudah hebat atau belum.

"Kalau brand-nya masih baru, maka promosi yang kita lakukan haruslah extra effort. Kalau brand-nya sudah kuat, bahkan sudah menjadi pemimpin pasar sekalipun, kita tetap harus terus-menerus mempromosikannya agar tak diungguli pesaing," kata Arief Yahya menambahkan.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Harga Bawang Putih Kini Rp 50 Ribu per Kg di Pasar Pondok Gede

Posted: 25 Feb 2018 09:00 PM PST

Harga komoditas pertanian di pasar mulai naik. Tak hanya cabai, harga bawang merah dan bawang putih juga naik.

Dari pantauan di Pasar Tradisional Pondok Gede, Bekasi pada Senin (26/2/2018), harga bawang merah naik dari Rp 24 ribu per kilogram (kg) menjadi Rp 28 ribu per kg. Sementara harga bawang putih kating naik dari Rp 48 ribu per kg menjadi Rp 50 ribu per kg.

Kenaikan harga ini dikeluhkan pedagang sayur, Sitorus (45), yang harus menambah modal untuk memasok komoditas tersebut.

"Bawang merah naik Rp 28 ribu per kilo, yang awalnya Rp 24 ribu. Kalau bawang putih kating Rp 50 ribu per kilo dari awalnya Rp 48 ribu per kilo," ujar Sitorus.

Kenaikan ini, kata Sitorus sudah terjadi sejak tiga minggu lalu. Penyebabnya curah hujan yang tinggi.

Sementara itu, tukang sayur lain, Malinda (45) menyatakan hal yang sama terkait kenaikan harga bawang merah.

"Bawang merah kemarin 24 ribu per kilo, sekarang Rp 28 ribu. Kalau bawang putih Rp 48 ribu per kilo dari harga awal 24 ribu per kilo," ucap Malinda.

Harga cabai masih terpantau tinggi selama tiga pekan ini.  Malinda menyebut kenaikan harga terjadi pada cabai jenis rawit merah dan cabai keriting besar.

"Harga cabai pada naik. Rawit merah sekarang Rp 50 ribu per kilogram (kg), awalnya Rp 24 ribu. Kalau cabai merah keriting besar sekarang Rp 40 ribu per kilogram, dari awalnya Rp 35 ribu," tutur dia.

Malinda menuturkan, kenaikan harga cabai ini disebabkan curah hujan yang tinggi terjadi akhir-akhir ini.

"Cabai rawit merah minggu lalu Rp 35 ribu per kilogram, sekarang Rp 38 ribu per kilogram. Cabai besar biasa Rp 45 ribu per kilogram. Kemarin Rp 40 ribu," ujar dia.

Sitorus menyatakan, kenaikan harga cabai karena stok cabai yang pengirimannya terbilang lambat.

"Karena macet, stok jadi lelet sampainya. Kalau di kampung cepet sampainya. Kalau kita suka lama sampainya," ujar dia.

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

 

[vidio:Turun Tangan Atasi Harga Beras, Presiden Sidak Gudang Bulog]()

Lahan Masih Jadi Kendala RI buat Capai Swasembada Bawang Putih

Beberapa hal dinilai masih menjadi kendala Indonesia untuk bisa mencapai swasembada bawang putih. Indonesia dianggap sulit lepas dari kebijakan impor. Kendala tersebut salah satunya terkait lahan penanaman yang tidak bertambah signifikan dan menjadi salah satu penyebab produksi tak bisa menutupi kebutuhan di masyarakat.

Ketua Pusat Kajian Pertanian Pangan dan Advokasi (Pataka) Yeka Hendra Fatika menilai mustahil berharap Indonesia bisa mencapai swasembada bawang putih dalam dua tahun ke depan.

Berdasarkan data Badan Pusat Statistik (BPS), luas lahan pertanian bawang putih pada 2016 mencapai 2.407 hektare. Angka ini menurun 6,09 persen dibandingkan dengan lahan bawang putih yang tercatat seluas 2.563 hektare pada 2015.

Sementara aturan wajib tanam importir dinilai belum bisa membuat jumlah lahan tanaman bawang putih naik signifikan. "Kita perlu penambahan sekitar 50 ribu hektare. Nah, sekarang pertanyaannya, lahan yang dipakai itu lahan apa? Lahan yang mana?" kata dia, Rabu, 14 Februari 2018.

Yeka menuturkan, bawang putih bukan jenis tanaman yang bisa cukup masif ditanam di negara tropis seperti Indonesia. Beberapa daerah memang cocok untuk menjadi sentra bawang putih, seperti di Lombok Timur-NTB, Temanggung-Jawa Tengah, Magelang-Jawa Tengah, dan di Sumatera Barat.

Sayangnya, di daerah tersebut lahan bawah putih dinilai sudah mendekati batas maksimal penggunaan, sehingga cukup sulit untuk memperluas lahan di kawasan tersebut.

Adapun kebutuhan bawang putih kurun 2013 sampai 2017 terus bertumbuh. Rata-rata mencapai 8,78 persen per tahun. Sementara dengan luasan lahan saat ini, produksi bawang putih lokal hanya berada di angka 21,15 ribu ton pada 2016.

Angka ini dinilai jauh di bawah kebutuhan konsumsi nasional berdasarkan data Kementerian Pertanian (Kementan) yang rata-rata mencapai 1,63 kilogram per kapita tiap tahun.

Dengan jumlah penduduk 250 juta jiwa, Indonesia membutuhkan minimal 407,5 ribu ton bawang putih guna memenuhi kebutuhan nasional.

Karena hal itu, kata dia, kebutuhan bawang putih nasional masih harus dipenuhi melalui pasokan impor.

Sekadar infomasi, berdasarkan data Kementan, total luasan lahan hortikultura untuk sayur mayur tercatat seluas 608,34 ribu hektare (ha) pada 2016. Lahan tersebut didominasi lahan bawang merah 149,64 ribu ha, disusul cabai rawit seluas 136,82 ribu ha.

Sementara luasan lahan bawang putih yang mencapai 2.407 hektare hanya sebesar 0,4 persen dari keseluruhan lahan hortikultura.

 

 

 

 

 

 

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Vanesha Prescilla Cium Adipati Dolken, Anji Ikut Berkomentar

Posted: 25 Feb 2018 09:00 PM PST

Penggemar Dilan 1990 memang luar biasa. Film yang telah ditonton oleh 6 juta penonton termasuk Presiden RI Jokowi itu, memang membuat banyak orang terbawa perasaan. Meski kisah Dilan 1990 adalah kisah nyata antara sosok Dilan dan Milea, entah mengapa banyak warganet yang merasa bahwa Vanesha Prescilla dan Iqbaal Ramadhan cocok jika mempunyai hubungan di luar film tersebut. 

Baru-baru ini momen kebersamaan Vanesha Prescilla dan Adipati Dolken sedang menjadi sorotan publik. Apalagi saat foto kebersamaan Vanesha Prescilla dan Adipati Dolken tersebar di akun gosip. Vanesha Prescilla dan Adipati Dolken diketahui sedang berlibur ke Jepang bersama dengan keluarga Vanesha. 

 

Foto Ciuman

(Instagram/lambe_turah)

Bahkan ketika foto ciuman antara Vanesha Prescilla dengan aktor Adipati Dolken tersebar, banyak netizen yang kecewa kepada pemeran Milea ini.

Komentar pedas para penggemar Dilan - Milea pun ramai menjadi perbincangan publik. Banyak penggemar yang pro dan kontra akan foto yang tersebar melalu akun gosip itu.

Terbawa Perasaan

Vanesha Prescilla (instagram/duniamanji)

Musisi Indonesia, Anji Manji juga berikan komentarnya akan foto tersebut. Anji mengatakan bahwa istrinya juga ikut-ikut baper (terbawa perasaan) dengan kejadian tersebut. Anji juga mengatakan pemikirannya tentang film Dillan 1990 dalam unggahannya.

"DEAR PENONTON DILAN YANG BAPER gara-gara berita liburan ke Jepang.. Baca caption," tulisnya pada awal unggahannya.

Kekecewaan

Vanesha Prescilla dan Iqbaal Ramadhan (Nurwahyunan/Bintang.com)

Anji mengatakan bahwa ia mendapatkan banyak pesan di Instagramnya tentang kekecewaan penonton Dilan terhadap Vanesha Prescilla. Anji juga mengatakan, selama film Dillan 1990 ini masih diputar istrinya masih sering membicarakan Dilan di setiap obrolan mereka.

Anji juga membagikan pemikirannya terhadap para penonton Dilan yang sekarang ini sedang ramai bicarakan Adipati Dolken dan Vanesha Prescilla.

Dukungan

Vanesha Prescilla dan Iqbaal Ramadhan di film Dilan 1990. (Foto: Instagram/iqbaal.e)

"Kalau sebel sama Vanesha karena cerita di belakangnya, jangan sebel sama Milea. Jangan sebal sama film DILAN. Justru dukung film DILAN supaya mencapai 7 juta penonton dan jadi film nomor 1, supaya susah dikejar sama film lain," tulisnya.

Mengajak

Anji (Foto: Youtube)

Anji juga menambahkan dalam tulisannya, "Alihkan energi bapernya bukan jadi males nonton, tapi malah jadi giat nonton. Setahu saya studio dan jam tayang untuk film DILAN ditambah loh. Sebenarnya sekarang pun juga sulit dikejar film lain. Tapi kalau mencapai 7 juta dan jadi film nomor 1 di Indonesia, akan lebih seru kan?!" tulisnya.

Dalam keterangan terakhir fotonya, Anji juga mengajak untuk tidak terbawa perasaan dan terus menonton film Dillan 1990. "Sudah jangan baper. Ayo nonton DILAN lagi! Kalau soal DILAN 1991, kita bahas lagi lain hari.." tutupnya.

Saksikan video berikut ini

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

FOTO: Keakraban Novel dan Anies Baswedan Saat Bertukar Kacamata

Posted: 25 Feb 2018 09:00 PM PST

Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan memasangkan kacamatanya kepada penyidik senior KPK Novel Baswedan di Jalan Deposito, Pegangsaan Dua, Kelapa Gading, Jakarta Utara. (Instagram/@Anies Baswedan)

Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan memasangkan kacamatanya kepada penyidik senior KPK Novel Baswedan di Jalan Deposito, Pegangsaan Dua, Kelapa Gading, Jakarta Utara. (Instagram/@Anies Baswedan)

Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan berbincang dengan penyidik senior KPK Novel Baswedan di Jalan Deposito, Pegangsaan Dua, Kelapa Gading, Jakarta Utara. Anies mengatakan Novel menggunakan kacamata sebagai alat bantu melihat. (Instagram/@Anies Baswedan)

Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan berbincang dengan penyidik senior KPK Novel Baswedan di Jalan Deposito, Pegangsaan Dua, Kelapa Gading, Jakarta Utara. Anies mengatakan Novel menggunakan kacamata sebagai alat bantu melihat. (Instagram/@Anies Baswedan)

Anies Baswedan berbincang dengan Novel Baswedan di Jalan Deposito, Pegangsaan Dua, Kelapa Gading, Jakarta Utara. Kondisi mata kiri Novel dalam tahap pemulihan, mata kirinya belum bisa melihat dan mata kanannya masih berkabut. (Instagram/@Anies Baswedan)

Anies Baswedan berbincang dengan Novel Baswedan di Jalan Deposito, Pegangsaan Dua, Kelapa Gading, Jakarta Utara. Kondisi mata kiri Novel dalam tahap pemulihan, mata kirinya belum bisa melihat dan mata kanannya masih berkabut. (Instagram/@Anies Baswedan)

Anies Baswedan dan Novel Baswedan foto bersama dengan istri di Jalan Deposito, Pegangsaan Dua, Kelapa Gading, Jakarta Utara. Pertemuan antara Anies dan Novel ini juga diikuti anggota keluarga lainnya. (Instagram/@Anies Baswedan)

Anies Baswedan dan Novel Baswedan foto bersama dengan istri di Jalan Deposito, Pegangsaan Dua, Kelapa Gading, Jakarta Utara. Pertemuan antara Anies dan Novel ini juga diikuti anggota keluarga lainnya. (Instagram/@Anies Baswedan)

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Usulan Masa Jabatan Presiden Tanpa Batas, Xi Jinping Menjelma Jadi Kaisar China?

Posted: 25 Feb 2018 09:00 PM PST

Pengurus Partai Komunis China telah mengajukan penghapusan sebuah klausa di dalam konstitusi, yang membatasi presidensial sebanyak dua kali lima tahun masa kepemimpinan.

Usulan tersebut memberikan kesempatan bagi Presiden Xi Jinping untuk melanjutkan masa kepemimpinannya yang akan berakhir dalam waktu dekat.

Dilansir dari BBC pada Senin (26/2/2018), beredar luas rumor bahwa Presiden Xi Jinping akan tetap duduk di kursi kepresidenan melebihi tahun 2023 nanti.

Kongres partai yang digelar pada tahun lalu, menunjukkan bahwa status Presiden Xi Jinping adalah pemimpin terkuat setelah pemerintahan Mao Zedong.

Bahkan beberapa buah pemikiran Presiden Xi Jinping diabadikan di dalam amandemen konstitusi partai. Selain itu, hingga kini, pengurus partai belum juga memperlihatkan tanda-tanda akan mengenalkan calon pemimpin China selanjutnya.

Lahir pada 1953, Presiden Xi Jinping merupakan putra dari salah satu pendiri Partai Komunis. Ia bergabung dengan partai satu-satunya di China itu pada 1974, dan kariernya terus menanjak mulus hingga terpilih menjadi presiden pada 2013 lalu.

Di bawah kepemimpinannya, ekonomi dan politik China mengalami reformasi besar-besaran. Hal itu menjadikan China sebagai kekuatan terbesar kedua di dunia, setelah Amerika Serikat.

Selain itu, Presiden Xi Jinping juga bergerak sangat aktif dalam menumpas praktik korupsi di Negeri Tirai Bambu.

Namun, prestasi gemilang tersebut tidak senada dengan penegakan hak asasi manusia (HAM) yang berjalan stagnan, terutama jika terkait isu demokrasi di Hong Kong dan keadilan untuk komunitas Muslim Uighur di barat China.

Rencana penghapusan batas masa kepemimpinan presiden disiarkan oleh kantor berita Xinhua pada Minggu, 25 Februari 2018.

Oleh para pengamat, pengumuman terkait disampaikan dalam waktu yang cukup tepat, yakni di saat mayoritas masyarakat China bersiap kembali beraktivitas pasca-libur panjang Imlek.

Selain itu, pengumuman ini juga bertepatan dengan penutupan Olimpiade Musim Dingin 2018 di PyeongChang, di mana Korea Selatan menyerahkan obor olimpiade kepada China yang akan melanjutkannya pada 2022 mendatang di Beijing.

Pembicaraan lebih lanjut di antara para pengurus partai akan dimulai pada Senin ini.

Usulan tersebut harus disetujuan oleh parlemen China sebelum Kongres Rakyat Nasional yang biasa digelar tahunan, di mana tahun ini akan digelar pada 5 Mei mendatang.

Namun, oleh banyak pengamat, alur tersebut dianggap tidak lebih dari formalitas, karena kemungkinan besar lolos tahap pengujian.

 

Simak video tentang fenomena penari striptis di banyak prosesi pemakaman di China berikut: 

Kaisar Seumur Hidup?

Ilustrasi (iStock)

Dalam aturan pemerintahan kali ini, masa kepemimpinan Presiden Xi Jinping seharusnya akan selesai pada 2023 mendatang.

Tradisi membatasi lama kepemimpinan presiden selama 10 tahun, mulai diberlakukan di China pada pertengahan dekade 1990-an lalu.

Perubahan tersebut ditetapkan pasca-himbauan mantan pemimpin China, Deng Xiaoping, yang mengingatkan tentang risiko kekacauan yang pernah terjadi di era kepemimpinan absolut Mao Zedong.

Meski dua pendahulunya mengikuti aturan terkait, namun tidak untuk Presiden Xi. Sejak dirinya mulai unjuk gigi pada 2012, Presiden Xi menunjukkan kecenderungan gaya kepemimpinan semi-absolut.

Belum jelas akan berapa lama Presiden Xi bertahan di kursi kepresidenan. Namun, sebuah editorial yang dimuat di surat kabar pemerintah China, Global Times, menulis usulan terkait tidak bermaksud membuat presiden berkuasa sepanjang masa.

Editorial terkait juga mengutip pernyataan seorang akademisi anggota Partai Komunis, yang menyebut bahwa China membutuhkan kepemimpinan yang kuat dan stabil dalam rentang tahun 2020 hingga 2035.

Namun oleh beberapa pihak, rencana tersebut dianggap berisiko menimbulkan kekacauan baru di tengah masyarakat China modern.

"Saya menduga ia (Presiden Xi Jinping) berupaya menjadikan dirinya sebagai seorang kaisar absolut," ujar Willy Lam, profesor politik pada Chinese University of Hong Kong, kepada kantor berita AFP.

Menurutnya, hal tersebut berpotensi mencoreng visi China yang modern, sebagaimana yang digariskan oleh pemerintahan mendiang Deng Xiaoping.

"Deng Xiaoping telah menyatakan dengan tegas bahwa bentuk pemerintahan semi moderat akan memajukan China di kemudian hari," lanjut Lam.

"Kepemimpinan tetap terpusat, namun kesempatan menduduki tampuk kekuasaan tidak boleh terus menerus pada satu orang, karena hal tersebut sudah terbukti banyak mengalami kegagalan di banyak belahan dunia, termasuk di China sendiri."

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Guru di Jombang Diduga Cabuli 25 Siswi, KPAI Turun Tangan

Posted: 25 Feb 2018 09:00 PM PST

Kasus oknum guru SMP Negeri 6 Jombang, yang diduga mencabuli 25 siswi masih ditindaklanjuti. Guru yang berinisial EA diduga mencabuli 25 siswi dengan modus rukyat (rukiah).

Akibat adanya laporan tersebut, puluhan orangtua siswi mendatangi sekolah dan menuntut pihak sekolah menindaklanjuti dugaan itu.Menanggapi kasus dugaan pencabulan, Komisi Perlindungan Anak Indonesia (KPAI) juga ikut menangani.

"Untuk mengetahui perkembangan kasus itu. KPAI menurunkan tim ke Jombang (Jawa Timur) untuk melakukan pengawasan langsung kepada pihak-pihak terkait, termasuk kepolisian setempat yang menangani kasus ini. Pengawasannya dilakukan selama dua hari, yaitu Senin-Selasa, 26-27 Februari 2018," kata Komisioner KPAI Bidang Pendidikan, Retno Listyarti dalam rilis yang diterima Health Liputan6.com, Senin (26/2/2018).

Pengawasan penanganan kasus pencabulan juga didampingi asisten bidang ABH (Anak Berhadapan dengan Hukum).

KPAI menerima laporan, oknum guru di Jombang, yang seorang guru bahasa Indonesia tega melakukan pencabulan terhadap 25 siswinya.

 

Saksikan juga video menarik berikut:

Laporan wali murid

Dugaan pencabulan berasal dari laporan wali murid.

Terungkapnya kasus pencabulan oknum guru di Jombang berawal dari laporan wali murid. Mereka melaporkan kepada pihak sekolah.

 "Jadi, kita mendapat laporan, kalau ada unjuk rasa di salah satu SMP di Jombang ini. Kemudian kami melakukan pengecekan. Dilatarbelakangi laporan wali murid. Wali murid khawatir, kalau kasus ini tidak ditindaklnajuti secara serius sebagai pelecehan seksual," ungkap Kapolres Jombang Agung Marlianto, seperti yang ditayangkan di Liputan6 SCTV pada 12 Februari 2018.

Agung juga mengungkapkan, pihaknya membutuhkan kooperatif dari wali murid maupun para korban untuk melaksanakan visum.

"Itu kita ambil sebagai keterangan supaya bisa digali lagi lebih, bagaimana peran dari si pelaku," tambahnya.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

VIDEO: Pria Melamar Kekasih di Tengah Pertandingan Tenis

Posted: 25 Feb 2018 09:00 PM PST

Kisah unik pria lamar kekasih di tengah pertandingan tenis.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Daftar Smartphone Android Paling Aman untuk Kebutuhan Bisnis, Apa Saja?

Posted: 25 Feb 2018 09:00 PM PST

Google kian serius menegaskan kalau Android merupakan sistem operasi yang aman.

Setelah sebelumnya melakukan penyortiran dari sisi aplikasi di Play Store, kali ini raksasa internet itu memperkenalkan rangkaian smartphone yang cocok untuk kebutuhan bisnis.

Sekadar informasi, perangkat yang digunakan untuk kebutuhan bisnis biasanya dibekali dengan sistem keamanan yang lebih mumpuni.

Karena itu, mengingat banyak anggapan menyebut Android kurang aman, tak banyak pengguna bisnis memakai sistem operasi ini.

Akan tetapi, untuk menepis anggapan itu, kali ini Google meluncurkan program Android Enterprise Recommended.

Sesuai namanya, program ini menyajikan daftar perangkat Android yang cocok digunakan untuk keperluan bisnis perusahaan. Demikian seperti dikutip dari The Verge, Senin (26/2/2018)

Google menyebut perangkat yang bisa masuk dalam daftar ini harus memenuhi sejumlah persyaratan, seperti dukungan hardware yang minimal mampu menjalankan Android Nougat (7.0), dipasarkan secara massal, sanggup memberikan update keamanan setelah 90 hari dan dirilis hingga tiga tahun, serta menjual perangkatnya secara bebas (unlock).

 

 

Daftar Smartphone

Ilustrasi Android Nougat (Sumber:Google)

Sebagai langkah awal, Google juga sudah memberikan daftar smartphone yang memenuhi kriteria ini.

Seluruh model Pixel dari Google jelas sesuai dengan persyaratan ini, mulai dari Pixel, Pixel XL, Pixel 2, dan Pixel 2 XL.

Sementara perangkat di luar seri Pixel adalah BlackBerry KeyOne dan Motion, Huawei Mate 10 dan seluruh lini P10, LG V30 dan G6, Motorola X4 dan Z2, Nokia 8, termasuk sebagian besar seri terbaru lini Sony Xperia X.

Google sendiri berencana untuk menambah daftar perangkat ini seiring berjalannya waktu. Menurut beberapa pihak, cara ini merupakan upaya Google untuk menjadikan Android bersanding dengan iOS, MacOS, termasuk Windows 10 yang kerap digunakan oleh perusahaan besar.

Meski harus diakui, bisnis semacam itu tak akan berperan besar untuk pendapatan perusahaan. Akan tetapi, dengan semakin banyak pemakai perangkat Android dalam sebuah perusahaan secara tak langsung dapat meningkatkan pengguna keseluruhan ekosistem.

 

Nougat Jadi Android Terpopuler, Oreo Masih Loyo

Ilustrasi Android

Android Nougat (tepatnya versi 7.0 dan 7.1), menjadi sistem operasi (OS) terpopuler di dunia dengan persentase pengguna sebesar 28,5 persen.

Informasi tersebut diungkap Google lewat sebuah portal untuk para pengembang aplikasi pada Selasa (6/2/2018) waktu setempat.

Sementara, pada posisi kedua sistem operasi Android yang paling banyak digunakan adalah Android Marshmallow (6.0) yang dirilis pada 2015. Sistem operasi kudapan empuk manis ini mengantongi capaian persentase 28,1 persen.

Nougat sendiri terbilang bukan sistem operasi Android yang baru, lalu bagaimana dengan Android Oreo (8.0) yang baru saja meluncur pada 2017?

Usut punya usut, sistem operasi biskuit cokelat krim vanila ini cuma memiliki persentase sebesar 1,1 persen.

OS ini bertengger di peringkat ke-6 dan cuma meningkat sebesar 0,2 persen dibanding Oktober 2017 lalu. Demikian dikutip The Verge pada Rabu (7/2/2018).

Fragmentasi sistem operasi Android hingga kini memang masih menjadi masalah bagi Google. Bahkan, hampir semua sistem operasi Android yang digunakan di smartphone adalah sistem operasi pertama yang hadir saat smartphone itu pertama kali dibeli.

Coba bandingkan dengan Apple, dengan sistem operasi terbarunya--iOS 10--kini sudah mencapai 28 persen. Padahal, baik Android Nougat dan iOS 10 waktu peluncurannya tak jauh berbeda.

Angka itu memang kecil, karena 65 persen sisanya sudah beralih ke sistem operasi teranyar, iOS 11.

(Dam/Jek)

Saksikan Video Pilihan Berikut ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Bos First Travel: Saya Siap Tanggung Semua Risikonya

Posted: 25 Feb 2018 08:56 PM PST

Pengadilan Negeri Depok kembali menggelar sidang kasus dugaan penipuan dan penggelapan First Travel. Di hadapan wartawan, Andika Surachman menyatakan siap mempertanggungjawabkan risiko akibat perbuatannya itu.

"Saya siap menanggung semua risikonya," kata Andika menjawab berondongan pertanyaan wartawan, Senin (26/2/2018).

Sidang hari ini adalah mendengarkan nota keberatan dari ketiga terdakwa

Ketua Majelis Hakim menjadwalkan agenda pembacaan nota keberatan. Meski pengadilan memberikan kesempatan kepada para terdakwa untuk menyampaikan nota keberatannya, namun para terdakwa tidak akan menggunakan haknya.

"Kami memang tidak mengajukan eksepsi, nanti langsung pada pembuktian saja," kata pengacara terdakwa, Puji Wijayanto, kepada Liputan6.com.

Persidangan akan dilanjutkan Senin pekan depan. Sidang pun dihadiri sejumlah korban First Travel. Tidak sedikit dari mereka yang berteriak geram ke arah para terdakwa.

Dari Hidup Mewah ke Beralas Tikar

Hasibuan alias Kiki menjalani sidang perdana kasus dugaan penipuan umrah di PN Depok, Jawa Barat, Senin (19/2). (Liputan6.com/Immanuel Antonius)

Andika Surachman, Anniesa Devitasari Hasibuan, dan Siti Nuraidah Hasibuan alias Kiki. Tiga bos First Travel bak disambar petir di siang bolong. Siapa sangka, hidupnya yang dulu tajir melintir kini berubah 180 derajat.

Setiap hari tidur bersama tahanan beralaskan tikar. Makan dengan lauk seadanya dan dijatah pula. Begitulah risiko yang harus diterimanya. Ternyata, hartanya hasil dari menjalankan biro perjalanan umrah bodong.

Perjalanan karier mereka dimulai saat membuka usaha perjalanan haji dan umrah pada 2015. Perusahaan itu bernama First Travel. Mereka pun mempromosikan usahanya dengan cara menggandeng artis papan atas.

Andika Surachman, Anniesa Devitasari Hasibuan, dibantu Siti Nuraidah Hasibuan alias Kiki berduet membuat perusahaan wisata religi itu. Sang promotor Andika Surachman, menawarkan wisata religi di bawah harga standar.

Ia menyajikan lima kategori untuk memikat hati konsumen. Bahkan, diantara kategori itu ada satu paket yang benar-benar murah meriah. Tak pelak paket paling digembor-gemborkan dalam promosinya. Namanya umrah Promo 2017. Banyangkan, jemaah cukup merogoh kocek sebesar Rp 14,2 juta. Tak masuk akal bukan? Ya memang.

Andika Surachman juga menyadari nominal segitu tidak mencukupi membiayai satu perjalanan ibadah umrah. Apalah daya, itu merupakan caranya agar tidak kalah bersaing. Strategi dugaan penipuan itu dianggap sebagai jalan keluar.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Memori PK Ahok Singgung Buni Yani, JPU: Itu 2 Perkara Berbeda

Posted: 25 Feb 2018 08:56 PM PST

Jaksa penuntut umum (JPU) Sapto Subroto menjelaskan, kasus penistaan agama yang menjerat mantan Gubernur DKI, Basuki Tjahja Purnama atau Ahok, tidak terkait dengan kasus Buni Yani. Karena itu, menurut dia, putusan kedua kasus itu merupakan dua hal yang terpisah.

"Jadi antara perkara Buni Yani dan perkara terpidana ini adalah dua delik yang berbeda," jelas Sapto di Pengadilan Negeri Jakarta Utara, Jalan Gajah Mada, Jakarta Pusat, Senin (26/2/2018).

Ahok mengajukan peninjauan kembali (PK) ke Mahkamah Agung. Dalam memori PK-nya, kuasa hukum Ahok juga membandingkan putusan sidang Buni Yani sebagai salah satu alasan.

Jaksa Ardito Muwardi menambahkan, perkara Buni Yani adalah soal pidana UU ITE. Sementara, perkara Ahok adalah soal penodaan agama.

"Jadi Buni Yani terbukti melakukan tindak pidana mengunggah data elektronik yang bukan miliknya ini tidak ada sangkut pautnya, dengan penodaan agama," kata Ardito.

Putusan Bertentangan

Adik dan kakak angkat hadiri sidang PK Ahok di PN Jakarta Utara, Senin (26/2/2018). (Liputan6.com/Muhammad Radityo Priyasmoro)

Dalam pengajuan PK, pengacara Ahok, Fifi Letty, merujuk Pasal 263 ayat 2 huruf b Kitab Undang-Undang Hukum Acara Pidana. Di sana disebut alasan pengajuan PK adalah bila ada dua putusan saling meniadakan atau saling memengaruhi.

Dalam hal ini, Fifi menilik satu putusan Buni Yani yang diklaim mengganggu pembuktian dalam sidang perkara Ahok.

Saksikan video pilihan di bawah ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Elvy Sukaesih Diperiksa Terkait Kasus Narkoba Putrinya Siang Ini

Posted: 25 Feb 2018 08:54 PM PST

 
Ratu dangdut Elvy Sukaesih dipanggil penyidik terkait kasus penyalahgunaan narkoba yang melibatkan putrinya, Dhawiya Zaida.
 
Direktur Reserse Narkoba Polda Metro Jaya Kombes Suwondo Nainggolan menyampaikan, Elvi Sukaesih bakal memenuhi panggilan siang nanti di Ditresnarkoba Polda Metro Jaya.
 
"Iya nanti pukul 14.00 WIB sebagai saksi," tutur Suwondo saat dikonfirmasi, Jakarta, Senin (26/2/2018). Suwondo masih enggan membeberkan sejumlah informasi yang berusaha digali penyidik.
 
"Ya tentang pengetahuannya terhadap kegiatan yang sering dilakukan (Dhawiya di rumahnya)," kata Suwondo.
 
Putri bungsu Elvy Sukaesih, Dhawiya Zaida, ditangkap Polda Metro Jaya pada Jumat, 16 Februari 2018 dini hari di kediaman Elvy Sukaesih, kawasan Otista, Jakarta Timur.

Terpukul

Penangkapan diawali dari tunangan Dhawiya lantas ketiga orang anak Elvy Sukaesih. Berhasil diamankan petugas sebagai barang bukti adalah dua paket sabu seberat 0,49 gram dan 0,45 gram. Dan alat hisap, paltik flip hingga timbangan digital. (Istimewa)

Saat penggeledehan, polisi menyita dua paket barang bukti, yakni narkoba jenis sabu seberat 0,49 gram dan 0,45 gram secara terpisah.

Tak sendiri, Dhawiya ditangkap bersama anak-anak Elvy Sukaesih yang lain, termasuk menantu dan calon menantunya.

Sebagai ibu, Elvy Sukaesih jelas terpukul dengan kasus penangkapan anak-anaknya. Hal itu diungkapkan Zaky Alatas, menantu si ratu dangdut.

"Namanya orangtua, ibu kandung, ya pasti sedih," ujar Zaky Alatas saat dihubungi via sambungan telepon, Minggu, 18 Februari 2018.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Nama Bahar Dicopot, Juwita: Enggak Apa-Apa

Posted: 25 Feb 2018 08:50 PM PST

Anisa Bahar menghapus nama keluarga yang tersemat dalam nama belakang Juwita. Menurut Anisa Bahar, hal itu dilakukan lantaran putri bungsunya itu dianggap telah mencoreng nama baik keluarganya.

Anisa mengklaim bahwa Juwita dan kekasihnya, Deddy, sudah tinggal bersama di Bandung, Jawa Barat, meski belum terikat dalam sebuah pernikahan.

Lantas bagaimana tanggapan dara 22 tahun ini atas pencopotan nama Bahar di belakang namanya? Begini jawaban Juwita.

Pasrah

Juwita Bahar.(Deki Prayoga/Bintang.com)

"Nggak apa-apa," ujar Juwita saat ditemui di kawasan Tendean, Jakarta Selatan, Senin (26/2/2018).

Buat pelantun "Maybe Yes Maybe No" ini, ia pasrah dengan keputusan ibunya, yang mencopot nama Bahar di belakang namanya.

Terima Keputusan

Anisa Bahar. (Deki Prayoga/Bintang.com)

Ia pun tak akan mempermasalahkan hal tersebut, karena hanya akan memperkeruh suasana. "Apa pun keputusannya aku harus terima," ujar Juwita.

Sepi Job?

Juwita Bahar. (Instagram/juwitabahar11)

Ketika ditanya apakah ia sepi tawaran job lantaran nama Bahar sudah tak lagi ada di belakang namanya, Juwita membantah. Ia mengaku selama ini tawaran pekerjaan masih berdatangan padanya, baik off air maupun on air.

"No, alhamdulillah nggak (sepi job)," kata Juwita singkat.

Awal Konflik

Juwita Bahar. (Instagram/juwitabahar11)

Konflik antara ibu dan anak ini berawal saat Juwita berpacaran dengan Deddy. Pria ini disebut Anisa sebagai mantan kekasih Jelita Bahar, kakak Juwita. Sebagai ibu, Anisa Bahar tak terima hal itu, dan meminta Juwita untuk menjauhi Deddy.

Namun bukannya menjauh, Anisa menuturkan bahwa Juwita malah memilih tinggal bersama dengan Deddy. Total sudah tiga tahun Juwita dan Deddy tinggal bersama di Bandung, Jawa Barat.

Saksikan video berikut ini

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Kylie Jenner Langsung Langsing Usai Melahirkan, Ini Rahasianya

Posted: 25 Feb 2018 08:48 PM PST

Kylie Jenner sudah mendapatkan bentuk badannya seperti semula pasca melahirkan. Kurang dari sebulan, bentuk tubuh Kylie Jenner tidak seperti wanita yang baru saja melahirkan.

Kira-kira apa rahasia Kylie Jenner kembali langsing dalam waktu singkat? Simak informasinya berikut ini.

Kylie Jenner melahirkan Stormi Webster pada awal Februari 2018. Belum genap sebulan, wanita berusia 20 tahun itu sudah kembali bugar dan berat badannya turun drastis. Konon, Kylie Jenner tidak melakukan diet khusus.

Tidak diet atau olahraga

Pada 21 Februari, Kylie Jenner menuliskan di Twitter bahwa ia telah berhenti menggunakan Snapchat karena perubahan yang dibuat oleh aplikasi tersebut. (instagram/kyliejenner)

"Kylie tidak melakukan diet apapun, orang hanya berasumsi karena dia menurunkan badan terlalu cepat. Tapi dia tidak diet maupun olahraga. Rahasia turunnya berat badan Kylie adalah menyusui dan genetika yang baik. Dia selalu memiliki metabolisme dan menyusui membuat ia cepat mengembalikan bentuk tubuhnya," kata seorang sumber kepada Hollywoodlife yang dikutip pada Senin (26/2/2018).

Kylie Jenner sangat lega dengan kembalinya bentuk tubuhnya. Ia benar-benar khawatir akan bentuk tubuhnya bahkan setelah melahirkan. Namun kini Kylie Jenner mendapatkan bentuk tubuhnya secara alami. Hal ini pun membuat Kim Kardashian iri karena Kylie Jenner dapat dengan mendapatkan bentuk tubuh yang ideal pasca melahirkan.

Kylie Jenner masih muda

Meski kini Kylie Jenner miliki seorang pengasuh untuk mengurus Stormi, ia tetap mendominasi dalam mengurus anak. (instagram/kyliejenner)

Begitu cepatnya Kylie Jenner mendapatkan kembali bentuk tubuhnya karena usia Kylie yang muda. Sehingga metabolismenya masih cukup baik dan mampu membantu Kylie memperbaiki bentuk tubuhnya tanpa operasi. Dengan kembalinya bentuk tubuh Kylie Jenner membuat kepercayaan dirinya pun kembali. Kylie Jenner sudah berani terbuka dengan kehidupannya dan Stormi. Bahkan Kylie Jenner membuatkan koleksi makeup khusus untuk Stormi Webster.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Persib Siapkan Kejutan di Acara Launching Skuat

Posted: 25 Feb 2018 08:45 PM PST

Persib Bandung rencananya akan memperkenalkan skuat untuk kompetisi Liga 1 Indonesia musim 2018 pada awal Maret mendatang dalam rangkaian acara yang sederhana. 

Tercatat sebanyak 26 pemain telah diikat kontrak oleh tim berjuluk Maung Bandung di mana beberapa di antaranya merupakan para pemain muda yang baru promosi ke tim senior.

Pelatih Persib, Roberto Carlos Mario Gomez, masih butuh tambahan pemain. Dia berharap manajemen mampu mendatangkan setidaknya empat pemain baru guna menambah kekuatan Persib yang akan mengarungi dua hajatan besar, yaitu Liga 1 dan Piala Indonesia.

Komisaris PT Persib Bandung Bermartabat Kuswara S Taryono mengatakan, hingga saat ini proses negosiasi dengan pemain incaran pria asal Argentina itu masih berjalan. Tidak menutup kemungkinan akan diperkenalkan saat launching jika telah mencapai kata sepakat.

"Tidak menutup kemungkinan (ada kejutan), tapi belum kita sampaikan sekarang . Ibaratnya gini, kita serahkan semuanya kepada pelatih agar tim yang sekarang itu kompak," kata Kuswara.

 

 

 

Diserobot Klub Lain

Eks PSM Makassar, Ghozali Siregar gabung dengan Persib Bandung (Liputan6.com/Kukuh Saokani)

Kuswara menjelaskan para pemain incaran Persib hampir keseluruhannya telah diikat kontrak oleh tim lain sehingga pihaknya kesulitan untuk bisa membawa ke Bandung.

"Beberapa waktu lalu saya dengar pelatih sudah ajukan, kan harus kita cek, terikat kontrak apa engga dengan tim lain. Nah itu kita jadi selektif untuk memilih pemain. Jangan sampai pemain sudah terikat kontrak," kata Kuswara menjelaskan.

 

Batas Akhir

Pendaftaran pemain rencananya akan berakhir, Maret 2018. Menurut Kuswara, ini akan jadi batas akhir bagi manajemen untuk mendatangkan pemain incaran Gomez. 

"Komposisi saat ini secara legal sudah menandatangani kontrak dan menjadi milik kita. Pendaftaran kan ada syarat nanti setelah selesai pendaftaran baru diketahui. Skuat pasti ya setelah pendaftaran," kata dia.

 

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Banjir di Cirebon, Pertamina Gerak Cepat Bantu Para Korban

Posted: 25 Feb 2018 08:45 PM PST

Banjir di Cirebon mengakibatkan ribuan rumah di sepanjang aliran Sungai Cisanggarung terendam. Akibatnya, banyak warga yang menjadi korban dan membutuhkan beragam bantuan.

Kondisi itu pun membuat PT Pertamina (Persero) Marketing Operation Region (MDR) III melakukan aksi cepat tanggap, 25 Februari 2018 kemarin. Mereka memberikan sejumlah bantuan untuk korban banjir yang menimpa warga di Kecamatan Ciledug, Kabupaten Cirebon itu.

Unit Manager Communication & CSR MOR III Dian Hapsari Firasati mengatakan, respons cepat yang dilakukan Pertamina MOR III merupakan bentuk kepedulian akan kejadian yang menimpa warga Cirebon. Makanya, bantuan langsung berupa sembako pun dikirimkan langsung kepada korban.

"Kami langsung memberikan bantuan cepat berupa sejumlah sembako untuk saudara-saudara kita yang dikirimkan langsung oleh Tim Pertamina, sekaligus meninjau dan melihat kondisi masyarakat di sana," kata Dian.

Dian menambahkan, kondisi bencana seperti banjir di Cirebon ini pasti membutuhkan bantuan yang serba cepat. Untuk itu, Pertamina berusaha sebisa mungkin menyediakan kebutuhan primer seperti sembako.

 

Bantuan Pertamina di Banjir Cirebon (Liputan6.com/Pool/Pertamina)

Bantuan untuk korban banjir di Cirebon ini diterima langsung oleh Kepala Bagian Kesra Desa Ciledug Lor. Setelahnya, baru diteruskan ke warga yang menjadi korban.

Menurut Dian, pemberian bantuan ke korban bencana alam seperti di Cirebon sebagai salah satu andil Pertamina untuk masyarakat. Tujuannya, untuk ikut serta dalam memulihkan kegiatan masyarakat pascabencana.

"Kami berharap bantuan yang kami berikan (korban banjir di Cirebon) dapat meringankan beban masyarakat yang terkena musibah," sebut Dian.

Banjir Lumpuhkan Jalur Kereta Api

Petugas perawatan sedang memperbaiki jalur kereta di Kabupaten Cirebon, Jawa Barat, Jumat, 23 Februari 2018, usai tergerus oleh banjir yang terjadi di wilayah tersebut. (dok. Humas PT KA Daop 2/Arie Nugraha))

Luapan Sungai Cisanggarung tak hanya merendam perumahan warga. Namun, banjir juga meredam perlintasan di jalur utara antara Stasiun Tanjung (Brebes), Stasiun Losari (Cirebon) arah Tegal, Jawa Tengah.

Manajer Humas PT Kereta Api Indonesia (KAI) Daerah Operasi (Daop) 3 Cirebon Krisbiyantoro mengatakan, kedua perlintasan saat ini sudah tidak dapat dilewati kereta api. Kedua jalur itu lumpuh total akibat rendaman air yang mengikis perlintasan kereta api.

Sejumlah kereta baik dari jalur selatan Cirebon yang melewati Ciledug hingga Purwokerto lumpuh. Kelumpuhan juga terjadi di jalur utara arah Cirebon-Tegal hingga Semarang.

"Semua jalur yang mengarah dari Cirebon sudah tidak bisa dilalui kereta lagi," kata Krisbiyantoro di Cirebon, Jumat, 23 Februari 2018.

Upaya Perbaikan

Petugas Daops 3 Cirebon tengah memeriksa kerusakan akibat banjir yang merendam jalur kereta api di perlintasan Brebes Jawa Tengah. (Istimewa / Panji Prayitno)

Hingga saat ini, petugas Daops 3 masih mengupayakan berbagai perbaikan terhadap kerusakan yang terjadi akibat luapan Sungai Cisanggarung terhadap perlintasan kereta api di Cirebon.

Berdasarkan data sementara, sejumlah material yang terendam akibat luapan Sungai Cisanggarung di jalur kereta api Cirebon cukup parah. Untuk jalur selatan terendam 1.100 meter dan mengalami gogos atau jalur menggantung sepanjang 700 meter.

"Gogos akibar material yang ada di sekitar rel terbawa aliran air dan kita beri pengawasan khusus," ujar Krisbiyantoro.

Sementara itu, untuk jalur utara, rel kereta api yang terendam mencapai tinggi lebih dari 13 cm. Petugas, kata dia, saat ini masih mengukur panjang perlintasan yang terendam akibat luapan sungai Cisanggarung itu.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

FOTO: Tak Hadiri Sidang PK, Ahok Diwakili Tim Pengacara

Posted: 25 Feb 2018 08:45 PM PST

Suasana sidang peninjauan kembali (PK) Basuki Tjahaja Purnama atau Ahok di Gedung PN Utara, Senin (26/2). Ahok tidak hadir dalam sidang pemeriksaan berkas. (Liputan6.com/Arya Manggala)

Suasana sidang peninjauan kembali (PK) Basuki Tjahaja Purnama atau Ahok di Gedung PN Utara, Senin (26/2). Ahok tidak hadir dalam sidang pemeriksaan berkas. (Liputan6.com/Arya Manggala)

Raut wajah penasihat hukum Basuki Tjahaja Purnama atau Ahok saat sidang perdana peninjauan kembali (PK) di Gedung PN Jakarta Utara, Senin (26/2). Ahok hanya diwakilkan tim pengacara. (Liputan6.com/Arya Manggala)

Raut wajah penasihat hukum Basuki Tjahaja Purnama atau Ahok saat sidang perdana peninjauan kembali (PK) di Gedung PN Jakarta Utara, Senin (26/2). Ahok hanya diwakilkan tim pengacara. (Liputan6.com/Arya Manggala)

Suasana sidang perdana peninjauan kembali (PK) Basuki Tjahaja Purnama atau Ahok di Gedung PN Jakarta Utara, Senin (26/2). Ahok diwakilkan oleh pengacara yang juga adik kandungnya, Fifi Lety Indra. (Liputan6.com/Arya Manggala)

Suasana sidang perdana peninjauan kembali (PK) Basuki Tjahaja Purnama atau Ahok di Gedung PN Jakarta Utara, Senin (26/2). Ahok diwakilkan oleh pengacara yang juga adik kandungnya, Fifi Lety Indra. (Liputan6.com/Arya Manggala)

Pengacara yang juga adik kandung Basuki Tjahaja Purnama atau Ahok, Fifi Lety Indra menerima berkas saat sidang perdana peninjauan kembali (PK) di Gedung PN Jakarta Utara, Senin (26/2). (Liputan6.com/Arya Manggala)

Pengacara yang juga adik kandung Basuki Tjahaja Purnama atau Ahok, Fifi Lety Indra menerima berkas saat sidang perdana peninjauan kembali (PK) di Gedung PN Jakarta Utara, Senin (26/2). (Liputan6.com/Arya Manggala)

Majelis hakim memperhatikan berkas dari tim pengacara Basuki Tjahaja Purnama atau Ahok saat sidang perdana peninjauan kembali (PK) di Gedung PN Jakarta Utara, Senin (26/2). (Liputan6.com/Arya Manggala)

Majelis hakim memperhatikan berkas dari tim pengacara Basuki Tjahaja Purnama atau Ahok saat sidang perdana peninjauan kembali (PK) di Gedung PN Jakarta Utara, Senin (26/2). (Liputan6.com/Arya Manggala)

Fifi Lety Indra menghadiri sidang perdana peninjauan kembali (PK) Basuki Tjahaja Purnama atau Ahok di Gedung PN Jakarta Utara, Senin (26/2). Massa pro dan kontra Ahok berunjuk rasa di luar gedung PN Jakarta Utara. (Liputan6.com/Arya Manggala)

Fifi Lety Indra menghadiri sidang perdana peninjauan kembali (PK) Basuki Tjahaja Purnama atau Ahok di Gedung PN Jakarta Utara, Senin (26/2). Massa pro dan kontra Ahok berunjuk rasa di luar gedung PN Jakarta Utara. (Liputan6.com/Arya Manggala)

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Tidak ada komentar: