Jumat, 16 Februari 2018

Liputan6 : RSS2 Feed

Liputan6 : RSS2 Feed


Kreator Serangan Inter Milan Nyaris Gabung Chelsea

Posted: 16 Feb 2018 10:15 PM PST

Antonio Candreva nyaris meninggalkan Inter Milan. Pada bursa transfer musim dingin lalu, gelandang asal Italia itu punya kesempatan bergabung dengan Chelsea.

Candreva memang pemain incaran The Blues. Pada Januari 2017, pelatih Chelsea, Antonio Conte mengutus pencari bakatnya menyaksikan permainan Candreva bersama Inter Milan di Giuseppe Meazza.

Pemain berusia 31 tahun itu merupakan andalan Conte di lini tengah, saat masih menjadi pelatih Timnas Italia selama dua tahun. Sayangnya, kedua klub gagal mencapai kesepakatan. 

Candreva menolak Chelsea karena baru setengah semusim bersama Inter Milan. Dia juga masih memiliki kontrak hingga 2020 bersama tim besutan Luciano Spalletti tersebut.

"Dia sangat dekat dengan Chelsea pada Januari 2017, tapi sayangnya dia baru saja bergabung dengan Inter Milan. Jadi hal itu tidak masuk akal," ucap agen Candreva, Federico Pastorello, dilansir dari Rai Sport.

 

Buka Peluang Gabung Chelsea

Antonio Candreva. (AFP/Marco Bertorello)

Namun demikian, mantan gelandang Lazio itu tak menutup kemungkinan bakal bergabung dengan Chelsea. Candreva sendiri memang ingin menjadi pemain Chelsea.

"Bursa transfer sudah tutup, tapi kita akan melihat hal yang terjadi di penghujung musim," kata Pastorello.

Candreva yang merupakan pemain paling kreatif Inter Milan di Serie A, dengan menciptakan 62 peluang bersedia bertahan dengan sebuah syarat.

"Namun, jika Inter Milan finis di posisi empat besar, saya pikir Candreva ingin bertahan dan akhirnya bermain di Liga Champions," ujarnya menambahkan.

Statistik Candreva Musim Ini

Penggawa Inter Milan, Antonio Candreva. (AFP/Miguel Medina)

Main: 23

Gol: 0

Ciptakan peluang: 62

Assist: 8

Clearance: 16

Intersep: 12

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Video Detik-Detik Gempa Meksiko 7,2 SR Menggoyang Bangunan

Posted: 16 Feb 2018 10:06 PM PST

Gempa Meksiko berkekuatan 7,2 skala Richter (SR) yang mengguncang selatan dan tengah Meksiko pada Jumat 16 Februari 2018 waktu setempat, menyebabkan orang-orang berlarian meninggalkan gedung-gedung dan menara perkantoran di ibu kota negara tersebut. Mereka panik, sebab lima bulan lalu baru terjadi lindu dahsyat yang menewaskan ratusan orang.

Di Mexico City, gedung-gedung tinggi bergoyang lebih dari satu menit sementara bunyi alarm seismik terdengar di seluruh kota. Tremor dilaporkan terasa hingga sejauh Guatemala ke arah selatan.

Gambar di televisi menunjukkan ribuan orang berada di jalanan di pusat kota, di mana saat itu mereka tengah berkumpul untuk merayakan Tahun Baru Imlek.

"Hanya ada kerusakan material dan tiada korban jiwa," ungkap pejabat darurat di Negara Bagian Oaxaca seperti dikutip dari Daily Mail, Sabtu (17/2/2018) 

Kerumunan orang juga terlihat berkumpul di Reforma Avenue di Mexico City, dan juga di jalan-jalan di ibu kota negara bagian Oaxaca. Lokasi itu berada dekat dengan pusat gempa Meksiko kali ini.

"Itu mengerikan," kata Mercedes Rojas Huerta yang duduk di bangku di luar rumahnya di Distrik Condesa yang trendi.

Huerta mengatakan dirinya terlalu takut untuk masuk kembali ke dalam rumah. "Bangunannya mulai bergetar, mobil-mobil bergerak ke sana ke mari. Apa yang harus saya lakukan?".

Huerta mengatakan bahwa dia masih takut akibat gempa 19 September yang menewaskan 228 orang di ibu kota dan 369 orang di seluruh wilayah tersebut. Di mana banyak bangunan di Mexico City masih rusak akibat lindu dahsyat saat itu.

"Saya takut," kata Rojas Huerta. "Rumah itu (yang ditempatinya) sudah tua."

Sementara itu, dalam salah satu rekaman video warga yang beredar, terlihat lampu-lampu gantung di dalam bangunan bergoyang cukup keras saat gempa Meksiko kali ini terjadi.

Berikut ini rekaman detik-detik momen tersebut:

Protokol Gempa Aktif

Orang-orang berkumpul diluar gedung di sepanjang Reforma Avenue setelah terjadi gempa di Mexico City, Meksiko (16/2). Pusat gempa berada di lokasi 37 kilometer timur laut Pinotepa de Don Luis, Oaxaca. (AP Photo/Marco Ugarte)

Presiden Meksiko Enrique Peña Nieto kemudian menyatakan telah mengaktifkan protokol gempa. Ia menyampaikan informasi tersebut melalui sebuah pesan di akun Twitter pribadinya.

Kepala Perlindungan Sipil Meksiko Luis Felipe Fuente menyebut, sejauh ini belum ada laporan pasti kerusakan akibat gempa Meksiko pada Jumat 16 Februari waktu setempat.

Pihak Survei Geologi AS yang mengukur kekuatan awal gempa 7,2 SR mengatakan, pusat lindu berada 33 mil (53 kilometer) timur laut Pinotepa di negara bagian Oaxaca, dengan pusat gempa berada di kedalaman 15 mil atau sekitar 24 kilometer.

Seorang ahli survei geologi mengatakan bahwa gempa Meksiko kali ini, bukan terjadi di zona lindu susulan pasca-guncangan 8,2 SR yang lebih dahsyat pada September 2017 lalu.

Pusat gempa Meksiko kali ini berada di daerah pedesaan di Oaxaca barat, dekat pantai Pasifik dan perbatasan negara bagian Guerrero.

Badan perlindungan sipil negara bagian Oaxaca mengatakan melalui Twitter bahwa mereka kini tengah memantau garis pantai. Khawatir ada potensi tsunami.

Di lingkungan Condesa, yang terguncang parah akibat gempa Meksiko 19 September, warga yang ketakutan juga memenuhi jalanan, termasuk seorang wanita yang hanya mengenakan handuk.

Kendati demikian hingga kini di area itu tak ada tanda-tanda kerusakan.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Beri Angpau Lewat Layanan Digital Makin Marak Saat Imlek

Posted: 16 Feb 2018 10:00 PM PST

Tahun Baru Imlek yang jatuh pada 16 Februari 2018  jadi musim liburan terpenting di Asia Timur. Festival Tahun Baru Imlek ini juga ditandai mulainya musim semi dan berkumpul bersama keluarga.

Selain China, negara lain yaitu Singapura, Malaysia, Korea Selatan dan Vietnam juga turut merayakan Tahun Baru Imlek. Akibatnya perayaan tersebut berdampak ke pasar saham, produksi pabrik dan kegiatan ekonomi.

Bahkan kegiatan Imlek tersebut juga dinilai berkontribusi menekan nilai bitcoin pada Januari.Pelaku pasar mengambil untung dari uang digital yang dimiliki untuk membeli hadiah.

Selain beri hadiah, pemberian angpau juga tak lepas dari tradisi Tahun Baru Imlek. Pemberian angpau ini diberikan oleh orang yang sudah menikah kepada orang yang belum menikah. Meski dalam praktiknya juga ada uang diberikan kepada orangtua. Seiring perkembangan teknologi, pemberian angpau kini tak hanya dari amplop berwarna merah yang berisi uang.

Dilansir oleh CNBC, seperti ditulis Sabtu (17/02/2018) mengungkapkan  tradisi angpau dengan memberikan uang ke anggota keluarga telah bergeser ke 'angpau digital'. Hal ini dilakukan melalui platform media sosial bernama WeChat yang juga bisa difungsikan sebagai alat pembayaran.

Didirikan pada 2011, WeChat sudah menerima lebih dari 16 juta angpau digital sejak 2014 dan kini naik tajam dengan angapau digital yang menyentuh angka sebesar 14,2 miliar pada 2017 lalu.

Di Asia Tenggara, pemberian angpau digital ini memang belum begitu tenar. Namun masyarakat mulai mempertimbangkannya.DBS, bank berkantor pusat di Singapura menolak umumkan jumlah angpau digital pada 2017. Akan tetapi, jumlahnya diperkirakan lebih banyak dibandingkan 2016.

DBS menyatakan kalau jumlah rata-rata angpau digital di Singapura sekitar S$ 26 atau sekitar US$ 19,60. Angka itu setara Rp 268.919 (asumsi kurs Rp 10.343 per dolar Singapura). Jumlah angpau digital ini lebih tinggi dari angpau fisik sekitar S$ 6 dan S$ 10.

 

 

Berapa Uang yang Dihabiskan Saat Imlek?

Warga keturunan Tionghoa  membakar dupa saat persembahyangan Imlek 2569 di Vihara Amurva Bhumi, Jatinegara, Jakarta, Jumat (16/2). Warga keturunan Cina melakukan sembahyang sebagai bentuk syukur atas segala rejeki. (Liputan6.com/Johan Tallo)

Lantas, bagaimana pengeluaran rata-rata orang Asia saat imlek?

Disurvei oleh United Overseas Bank yang berbasis di Singapura, Indonesia dikabarkan mengeluarkan Rp 10 juta atau seharga US$ 800 pada saat perayaan imlek. Disusul dengan Malaysia yang menghabisi 4,201 ringgit atau Rp 14 juta. Dan juga Singapura yang mengeluarkan 2500 dolar Singapura atau sebesar Rp 25 juta dengan estimasi kurs 10.313 per dolar.

Dengan nominal tersebut, pengeluaran mereka habis untuk membeli makanan, jalan-jalan atau pun angapo yang diberikan pada anggota keluarga lain.

terhadap masyarakat di tiga negara Asia Tenggara untuk mengetahui anggaran yang dikeluarkan pada Tahun Baru Imlek. Di Singapura, rata-rata anggaranTahun Baru Imlek sekitar S$ 2.500 atau sekitar Rp 25,85 juta. (Asumsi Rp 10.343 per dolar Singapura).

Survei yang sama dilakukan di Indonesia dan Malaysia. Setiap orang di Indonesia habiskan Rp 10 juta untuk Tahun Baru Imlek. Sedangkan di Malaysia sekitar 4.201 ringgit.Di tiga negara tersebut, dana untuk Tahun Baru Imlek dipakai buat makan, jalan-jalan dan hadia.

Survei tersebut belum dilakukan di China. Namun konsumsi di China terus meningkat saat Tahun Baru Imlek. Pada 2017, konsumen di China habiskan 840 miliar yuan untuk ritel dan katering selama sepekan saat Tahun Baru Imlek.Angka ini meningkat 11,4 persen dari periode 2016.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Charger Ponsel di Tempat Tidur Picu Kebakaran, Alasannya?

Posted: 16 Feb 2018 10:00 PM PST

Pernahkah kamu menyadari kebiasaan banyak orang ketika mengisi ulang baterai ponsel? Biasanya mereka akan meninggalkan ponsel mereka diisi selama semalaman di dekat tempat tidur. 

Kebiasaan ini kerap kali dilakukan agar saat pagi harinya tidak lupa mengecas ponsel dan bisa langsung digunakan untuk beraktivitas.

Ternyata kebisaan tersebut dianggap sangat berbahaya. Pihak Departemen Pemadam Kebakaran dari New Hampshire memperingati risiko bahaya dari terjadinya kebakaran akibat charger.

"Peneliti mengungkapkan 35 persen remaja lebih sering mengecas ponsel mereka di dekat tempat tidur mereka atau di bawah bantal. Hal itu bisa menjadi sangat berbahaya," tulis akun Facebook Pihak Departemen Pemadam Kebakaran dari New Hampshire, melansir Shared, Sabtu (17/2/2018).

Jika ponsel ditaruh di bawah bantal selama semalaman untuk dicas, hal ini dapat memghasilkan charger makin panas. Beruntung kalau panas yang berlebihan dari charger hanya menyebabkan bantal atau sprei tempat tidur terbakar.

 

Tips Menghindarinya

(Photo: UPI) Ilustrasi charger ponsel terbakar di bantal.

Tindakan tersebut memang sangat kecil terlihat tak berisiko, tetapi sebenarnya hal itu sangat berbahaya karena memicu kebakaran. Risiko terjadinya kebakaran akan semakin meningkat apabila kamu tertidur sambil meninggalkan ponsel yang dicas dalam keadaan memutar video atau musik.

Memutar video dan musik dalam ponsel bisa menguras baterai, hal ini bertambah parah apabila digunakan saat dicas juga. Tindakan ini dapat membuat ponsel menjadi overheat karena mengalami banyak tugas, mengisi baterai sekaligus mengurangi pemakaian baterai secara bersamaan.

Akan bertambah parah jika ponsel tertutup kain maka tak bisa membuat panas dari ponsel menjadi bebas. Hingga akhirnya dapat memicu kebakaran. Akan tetapi, hal itu bisa dicegah kalau kamu mempertimbangkan lima hal di bawah ini: 

1. Jauhkan ponselmu di area tempat tidur saat dicas.

2. Kualitas chargeran juga amat penting, jangan sampai kamu membeli produk tiruan yang tidak terjamin keselamatan dan keamanannya.

3. Pastikan ponselmu tidak dalam keadaan memutar video atau musik saat dicas.

4. Jika ponselmu dalam keadaan panas berlebihan, ada baiknya untuk memilih mode off untuk mendinginkannya.

5. Cabut charger jika baterai ponsel sudah 100 persen terisi, itu sebabnya ada baiknya untuk tidak di charge selama semalaman karena kamu bisa mengawasinya.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

FOTO: Ekspresi Kocak Atlet Figure Skating di Olimpiade Musim Dingin Pyeongchang

Posted: 16 Feb 2018 10:00 PM PST

Atlet figure skating dari Korea Selatan, Cha Junhwan melakukan gerakan saat berlaga di final Olimpiade Musim Dingin 2018 di Gangneung Ice Arena, Korea Selatan (17/2). (AP Photo / David J. Phillip)

Atlet figure skating dari Korea Selatan, Cha Junhwan melakukan gerakan saat berlaga di final Olimpiade Musim Dingin 2018 di Gangneung Ice Arena, Korea Selatan (17/2). (AP Photo / David J. Phillip)

Ekspresi atlet figure skating dari Italia, Matteo Rizzo saat tampil di final Olimpiade Musim Dingin 2018 di Gangneung Ice Arena, Korea Selatan (17/2). (AP Photo/Bernat Armangue)

Ekspresi atlet figure skating dari Italia, Matteo Rizzo saat tampil di final Olimpiade Musim Dingin 2018 di Gangneung Ice Arena, Korea Selatan (17/2). (AP Photo/Bernat Armangue)

Ekspresi atlet figure skating dari China, Yan Han saat berlaga di final Olimpiade Musim Dingin 2018 di Gangneung Ice Arena, Korea Selatan (17/2). (AP Photo/Bernat Armangue)

Ekspresi atlet figure skating dari China, Yan Han saat berlaga di final Olimpiade Musim Dingin 2018 di Gangneung Ice Arena, Korea Selatan (17/2). (AP Photo/Bernat Armangue)

Atlet figure skating dari Jerman, Paul Fentz saat bertanding di final Olimpiade Musim Dingin 2018 di Gangneung Ice Arena, Korea Selatan (17/2). (AP Photo/Bernat Armangue)

Atlet figure skating dari Jerman, Paul Fentz saat bertanding di final Olimpiade Musim Dingin 2018 di Gangneung Ice Arena, Korea Selatan (17/2). (AP Photo/Bernat Armangue)

Ekspresi atlet figure skating dari Korea Selatan, Cha Junhwan saat berlaga di final Olimpiade Musim Dingin 2018 di Gangneung Ice Arena, Korea Selatan (17/2). (AP Photo/Bernat Armangue)

Ekspresi atlet figure skating dari Korea Selatan, Cha Junhwan saat berlaga di final Olimpiade Musim Dingin 2018 di Gangneung Ice Arena, Korea Selatan (17/2). (AP Photo/Bernat Armangue)

Atlet figure skating dari Amerika Serikat, Nathan Chen saat berlaga di final Olimpiade Musim Dingin 2018 di Gangneung Ice Arena, Korea Selatan (17/2). (AP Photo / David J. Phillip)

Atlet figure skating dari Amerika Serikat, Nathan Chen saat berlaga di final Olimpiade Musim Dingin 2018 di Gangneung Ice Arena, Korea Selatan (17/2). (AP Photo / David J. Phillip)

Ekspresi atlet figure skating dari Uzbekistan, Misha Ge saat berlaga di final Olimpiade Musim Dingin 2018 di Gangneung Ice Arena, Korea Selatan (17/2). (AP Photo / David J. Phillip)

Ekspresi atlet figure skating dari Uzbekistan, Misha Ge saat berlaga di final Olimpiade Musim Dingin 2018 di Gangneung Ice Arena, Korea Selatan (17/2). (AP Photo / David J. Phillip)

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Final Piala Presiden: Bek Persija Minta Jakmania Tak Berulah

Posted: 16 Feb 2018 10:00 PM PST

Persija Jakarta berhak kembali tampil di Stadion Utama Gelora Bung Karno (SUGBK), Jakarta, Sabtu (17/2/2018) setelah melaju ke final Piala Presiden 2018. Ini adalah kali pertama Persija kembali ke SUGBK setelah lebih dari 1,5 tahun.

Persija Jakarta memang layak untuk berada di final Piala Presiden. Selain itu, ajang ini juga menjadi kesempatan bagi The Jakmania untuk membuktikan sikap saat mendukung Persija di SUGBK.

Maklum, mereka memang sudah memilih SUGBK sebagai markas di Liga 1 dan Piala AFC 2018. Mengingat SUGBK akan menjadi pusat venue dari perhelatan Asian Games 2018, fasilitas dan segala hal yang ada di SUGBK pun wajib dijaga.

Itu mengapa bek Persija Jakarta, Maman Abdurahman kembali mengingatkan Jakmania untuk bersikap tertib. Jika merusak fasilitas atau membuat hal-hal buruk, peluang Persija untuk menjadikan SUGBK sebagai kandang pun akan kembali dievaluasi.

"Jangan lupa juga untuk The Jakmania agar bisa tertib dan menjaga bersama-sama stadion kebanggaan kita semua, yakni SUGBK," jelas Maman secara singkat jelang final yang dihelat pukul 19:30 WIB tersebut.

 

Rapor Persija

1. Marko Simic (Striker) – Mesin gol Macan Kemayoran ini adalah top scorer sementara di Piala Presiden 2018 dengan torehan sembilan gol. Kemampuan duel udara dan tendangan akuratnya siap merobek jala gawang Bali United. (Bola.com/M Iqbal Ichsan)

Kehadiran Marco Simic benar-benar berarti bagi tim besutan Stefano 'Teco' Cugurra. Berkat sumbangan sembilan golnya, Persija sukses melewati hadangan semua lawan. Mereka melaju ke perempat final setelah menjadi runner-up Grup D.

Dari tiga laga, Bambang Pamungkas dan kawan-kawan merangkai dua kemenangan. Mereka hanya kalah saat bersua Bali United. Selanjutnya, mereka melewati hadangan Mitra Kukar di perempat final dan menyingkirkan PSMS Medan dengan agregat 5-1 di semifinal.

"Ini adalah kesempatan kami karena itu laga final. Bermain di kandang semoga bisa memberikan yang terbaik," tegas Maman.

 

Perkiraan Pemain

Persija Jakarta (4-3-3): Andritany Ardhiyasa, Ismed Sofyan, Jaimerson Silva, Maman Abdurrahman, M Rezaldi Hehanusa; Sandi Sute, Ramdani Lestaluhu, Rohit Chan; Novri Setiawan, Marko Simic, Riko Simanjuntak

Bali United (4-4-2): Wawan Hendrawan, Ahn Byung-Keon, Demerson Bruno Costa, Dias Angga, Fadil Sausu, Ricky Fajrin, Van der Velden, M Taufiq, Ilija Spasojevic, Stefano Lilipaly, Yabes Roni

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Berhenti Minum Kopi, Ini Dampaknya Bagi Kulit

Posted: 16 Feb 2018 10:00 PM PST

Kulit telah menjadi perhatian utama bagi para pecinta kecantikan. Selain kemampuan makeup yang fasih, Anda tentu tahu bahwa keadaan dan kesehatan kulit juga penting untuk menunjang penampilan sempurna setiap hari.

Jika Anda pernah berjuang dengan jerawat, rosacea, atau jenis peradangan kulit apapun, salah satu saran yang paling umum adalah berhenti minum kopi, benar? Mengapa kopi bisa berdampak langsung pada kulit?

Dilansir dari byrdie.com, Sabtu (17/2/2018), kopi sangat asam, dosis tinggi yang dikonsumsi bisa mengacaukan hormon Anda dan menghasilkan stres, yang kemudian merusak pengendalian produk minyak pada kulit. Selain itu, kopi juga bertindak sebagai diuretik, membuat kulit dehidrasi jika Anda mengonsumsinya terlalu banyak.

Yang terjadi pada kulit jika Anda berhenti minum kopi

Ilustrasi Kecantikan (iStockphoto)​

Ketika Anda benar-benar berhenti mengonsumsi kopi, jerawat akan hilang dari kulit dan kelembapan kulit akan kembali. Efek ini tidak akan langsung terjadi, Anda membutuhkan konsistensi setidaknya dalam tiga minggu.

Kulit tidak berubah secara ajaib, semua hal membutuhkan usaha dan kerja keras Anda. Jika Anda berhasil melewati tiga minggu atau satu bulan penuh tanpa kopi, lihat bagaimana hasilnya pada kulit.

Yang terjadi pada kulit jika Anda berhenti minum kopi

Ilustrasi Kecantikan (iStockphoto)​

Setelah membiasakan diri, Anda boleh membuat jadwal satu hari dalam satu bulan untuk mengonsumsi kopi. Pastikan ini menjadi semangat Anda yang baru untuk membuat kulit lebih sehat dan bersih.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Sindiran Sampai Dukungan Untuk Elvy Sukaesih Terkait Tertangkapnya Dhawiya

Posted: 16 Feb 2018 10:00 PM PST

Elvy Sukaesih mendadak mendapatkan banyak doa dan dukungan dari masyarakat. Hal itu menyusul pemberitaan bahwa ketiga anak Elvy Sukaesih yaitu Dhawiya Zaida, Syechans, dan Ali Zaenal Abidin terjerat kasus narkoba.

Mereka ditangkap penyidik Direktorat Narkoba Polda Metro Jaya di kediamannya di Jalan Usaha, Dewi Sartika, Cawang, Jakarta Timur, Jumat (16/2/2018) dini hari.

Sejak pemberitaan tersebut muncul, akun Instagram milik Dhawiyah mendadak ramai dikunjungi masyarakat. Berbagai komentar pun ditinggalkan di kolom komentar Dhawiya pada unggahan terakhirnya untuk Ratu Dangdut Indonesia, Elvy Sukaesih

Tak Menyangka

Penyanyi dangdut Elvy Sukaesih berpose seusai jumpa pers Liga Dangdut Indonesia di SCTV Tower, Jakarta, Jumat (12/1). Peserta Liga Dangdut Indonesia akan dikomentari langsung oleh dewan dangdut dan promotor. (Liputan6.com/Herman Zakharia)

Sebagian tidak menyangka kalau Dhawiya beserta kakak dan iparnya juga merupakan pengguna narkoba.

"Keciduk narkoba? Ya ampuuun ga nyangkaa," kata @nononibin89.

"Ga nyangka duuuh. Makin banyaaak artis yg tercyduk 🤔😱," tulis @nurulfahrachmawati.

Elvy Sukaesih

Putri ratu dangdut Elvy Sukaesih, Dhawiya Zaida. (Instagram@Dhawiya Zaida)

Dari situ fokus warganet berpindah ke sang ibunda, Elvy Sukaesih, yang notabene seorang Ratu Dangdut Indonesia.

"Elvi ternyata 11 12 sama bang haji rhoma, mulutnya manis bener kalo berdakwah tapi anak sendiri tersakau sakau..," sindir @latifrusdi.harahap

"Tercyduuucckkk... gimana nih anaknya Pedangdut Legend Indonesiaa lohhh... gimana sih Umi ngedidiknya.. hadehh @elvy_sukaesih," tambah @maria_mercylano_. 

Raja dan Ratu Dangdut

Rhoma Irama dan Elvy Sukaesih

Kasus ini kembali mengingatkan warganet kepada Ridho Rhoma, anak Raja Dangdut, Rhoma Irama, yang juga sempat terjerat kasus yang sama.

"Raja dan Ratu dangdut memiliki persamaan terlalu sibuk membenci orang lain sehingga lupa mendidik anak, akhirnya anak2nya tercydukkkk pakai narkoba... Sangat2 memprihatinkan," kata @pratama_mendrofa22.

"Kemaren anaknya raja dangdut sekarang malah anak ratu dangdut...hadehhh," kata @zhiitriee.

Namun di luar itu, tidak sedikit juga

Sekedar diketahui, Dhawiya Zaida adalah anak bungsu dari Elvy Sukaesih dan Zaidun Zeidh Abu Bakar Jindan. Seperti ibundanya, Dhawiya juga bergelut di dunia hiburan tanah air. (Foto: instagram.com/dhawiyazaida)

"Ummi @elvy_sukaesih semoga sabar dan tabah... Aku yakin anak2 umi sebenarnya orang3 baik.. Hanya saja mereka sedang khilaf melakukan kesalahan itu...," tulis @bebep_syabi.

"Aduuuuuh gustiiii si syehan udh kena TBC msh jg pk sabu, mana istri nya lg hamil 6 bulan. Omaygattty... umi umi jgn down ya ntr umi sakit kl mikirin anak bertiga umi... mending umi skrg fokus k kerjaan. Keeeep spiritttt and keeep fight," kata @mgsrissn.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Perhatikan 4 Hal Ini Jelang Penutupan Registrasi Kartu SIM

Posted: 16 Feb 2018 10:00 PM PST

Menjelang penutupan yang akan berlangsung pada 28 Februari 2018, Kementerian Komunikasi dan Informatika kembali mengumumkan pencapaian registrasi Kartu SIM prabayar.

Disampaikan Direktur Jenderal Penyelenggaraan Pos dan Informatika (Dirjen PPI) Kementerian Kominfo Ahmad M. Ramli, per Sabtu, 17 Februari 2018, total pelanggan registrasi kartu SIM yang telah mendaftar ulang mencapai lebih dari 226 juta.

"Tepatnya sejumlah 226.444.899 kartu nomor pelanggan pada pagi hari tadi. Angka ini menunjukkan jumlah nyata pelanggan aktif saat ini yang telah teregistrasi dan tervalidasi melalui sistem database kependudukan Ditjen Dukcapil," kata Ramli dalam keterangan resmi Kemkominfo yang dikutip Tekno Liputan6.com.

Ramli juga menegaskan sejumlah hal yang perlu diketahui masyarakat menjelang masa akhir registrasi kartu SIM. Berikut apa saja yang perlu diperhatikan.

1. Pelanggan dan siapapun diingatkan kembali agar menggunakan data NIK dan Nomor KK secara benar dan berhak.

2. Menggunakan data NIK dan KK orang lain tanpa hak adalah dilarang dan merupakan pelanggaran hukum.

3. Masyarakat juga diminta untuk tidak melakukan registrasi dengan NIK dan Nomor KK yang di-upload oleh pihak yang tidak bertanggungjawab di internet.

4. Tujuan registrasi ulang ini adalah untuk keamanan dan kenyamanan pelanggan, meminimalisasi penipuan dan tindakan kejahatan serta termasuk memudahkan pelacakan HP yang hilang.

Masyarakat juga diimbau agar sebaiknya segera melakukan registrasi kartu SIM sebelum batas akhir 28 Februari 2018. Sebab, pada hari itu diprediksi akan terjadi lonjakan traffic luar biasa yang bisa saja dapat menyebabkan gagal registrasi.

Data Dijamin Aman

infografis Wajib Registrasi Kartu SIM Prabayar

Ramli juga menjamin kalau data pribadi pelanggan yang sudah melakukan registrasi tidak akan disebar.

Pasalnya, kata Ramli, kerahasiaan data pelanggan dijamin oleh undang-undang. Begitu pun setiap operator nomor telepon seluler wajib mematuhi undang-undang mengenai kerahasiaan identitas konsumennya.

"Apalagi kalau operatornya berstandar ISO 27001 tentang menajemen informasi yang menjamin kerahasiaan data pelanggan," ucap Ramli.

Ramli menekankan kalau kebijakan registrasi kartu SIM prabayar tidak akan menyebabkan kerugian pada operator.

Justru, kalau registrasi dilakukan mendekati batas waktu akan menimbulkan gangguan lalu lintas data dan berpotensi bakal merugikan operator.

Karena itu, ia mengimbau masyarakat yang belum meregistrasi nomornya, agar segera melakukan registrasi supaya operator tak rugi dan bangkrut.

Bagaimana Jika Tak Daftar?

Registrasi Kartu SIM Prabayar (Dok. IndonesiaBaik.id)

Sebagaimana diketahui, pelanggan seluler yang tidak meregistrasi kartu SIM prabayar sampai 28 Februari 2018 akan diblokir nomornya. Pemblokiran ini akan dilakukan secara bertahap selama dua bulan, yakni hingga 28 April 2018.

Pada tahap awal, jika hingga 28 Februari 2018 pelanggan belum melakukan registrasi, pemerintah masih memberikan masa tenggang selama 30 hari.

Selama masa tenggang itu, apabila pelanggan belum juga melakukan pendaftaran, pertama-tama pemerintah akan memblokir layanan panggilan keluar (outgoing call) dan SMS.

Setelah itu, apabila 15 hari setelahnya pelanggan juga masih belum mendaftar, layanan kedua yang akan diblokir adalah panggilan masuk (incoming call) dan SMS. Nantinya, hanya paket internet yang akan aktif selama 15 hari.

(Jek/Isk)

Saksikan Video Pilihan Berikut Ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Kenikmatan Pakai Sabu seperti Dhawiya Zaida Tidak Berlangsung Lama

Posted: 16 Feb 2018 10:00 PM PST

Sabu yang dipakai Dhawiya Zaida, Fachri Albar, dan Roro Fitria tidak mendatangkan faedah sama sekali. Malah secara perlahan, berbagai gangguan dalam tubuh akan muncul.

Apa pun jenis narkoba tersebut, sebaiknya harus Anda jauhkan. Apalagi jika dalam pengerjaannya harus menggunakan jarum suntik. 

Anda harus tahu bahwa jarum suntik yang berulang saat menggunakan narkoba, dapat meningkatkan infeksi virus dan penyakit menular berbahaya, seperti HIV/AIDS, dan hepatitis.

Penggunaan obat-obatan terlarang, seperti sabu yang menjadi 'kawan' bagi Dhawiya Zaida dan Fachri Albar, dalam jangka pendek dapat menurunkan berat badan secara drastis, mengganggu pola tidur, serta memicu hiperaktif, rasa mual, delusi, agresif, dan sifat lekas marah.

Efek lain yang juga mengkhawatirkan yaitu insomnia, kebingungan, halusinasi, kecemasan berlebih, dan paranoid. Penggunaan dosis secara berlebihan dapat mengakibatkan kejang-kejang dan kematian.

Sementara itu, pemakaian sabu dalam jangka panjang dapat menyebabkan ketergantungan, kekurangan gizi, depresi, dan yang paling parah adalah kerusakan permanen pada pembuluh darah.

Kemudian dapat terjadi peningkatan denyut jantung dan tekanan darah, serta kerusakan pembuluh darah di otak yang menyebabkan strok atau detak jantung tidak teratur, sehingga memicu kerusakan jantung dan lainnya. Pada akhirnya semua itu akan berujung pada kematian.

 

Gunakan Sabu Picu Gangguan Mental

Penggeledahan dilanjutkan ke kamar Dhawiya. Di kamar itu, Dhawiya, Syehan dan Chauri sedang menggunakan shabu bersama-sama dan ditemukan barang bukti shabu. (Istimewa)

Penggunaan obat-obatan terlarang juga dapat memicu gangguan mental, seperti depresi, gangguan jiwa berat, godaan untuk melakukan tindak kejahatan, kekerasan, dan tidak sedikit yang memilih bunuh diri.

Kondisi ekonomi juga dapat terpengaruh. Anda mungkin akan membutuhkan banyak biaya untuk penyembuhan dan perawatan kesehatan. Belum lagi, Anda akan mendapatkan pandangan buruk dari masyarakat.

Melalui penjabaran di atas, Anda tentu sudah tahu dampak buruk dari penggunaan sabu. Tidak hanya mengganggu kesehatan fisik, pemakaian sabu juga dapat memengaruhi kondisi mental dan jiwa Anda. Berkaca pula dari kasus Fachri Albar dan Roro Fitria, Anda sebaiknya menjauhi sabu dan obat-obatan terlarang lainnya.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

3 Tewas Terbakar di Jakut, Polisi Usut Penyebab

Posted: 16 Feb 2018 09:55 PM PST

Kebakaran di sebuah rumah semi permanen di Jalan Pademangan 2, Gang 26, RT 07/02, Kelurahan Pademangan Timur, Jakarta Utara. 3 penghuninya tewas terbakar dalam kejadian tersebut.

Kapolsek Pademangan Kompol Atik mengatakan, tiga korban tewas bernama Ridwan, Tjung Tjai Tjin, dan Angeline Alva Liuz. Ketiganya merupakan penghuni rumah tersebut.

Atik mengatakan saat pihaknya masih melakukan penyelidikan terkait penyebab tewasnya tiga orang tersebut.

"Kita olah TKP (tempat kejadian perkara). saat ini mencari saksi-saksi. Jenazah saat ini telah dikirim ke RS Pusat Polri Kramat Jati," kata dia.

Sementara itu, Perwira Piket Pemadam Kebakaran Jakarta Utara, Idrisman mengatakan kebakaran terjadi sekitar pukul 04.54 WIB. Petugas menurunkan 10 mobil damkar untuk memadamkan api.

"Sekitar pukul 05.25 WIB, api berhasil dipadamkan. Kebakaran ini tidak merembet ke bangunan lain di sekitarnya," ucap dia.

Mengenai penyebabnya, Idrisman menduga, kebakaran dipicu hubungan pendek arus listrik.

"Penyebab diduga karena korsleting listrik," tutur dia.

 

Rumah Berteralis Besi

Ilustrasi rumah terbakar

Sementara itu, Camat Pademangan Mumu Mujtahid menduga penyebab tewasnya tiga orang penghuni rumah karena bangunan rumah yang terpasang teralis besi.

"Kalau kata saya, ketiga orang ini terjebak di dalam karena rumahnya teralis besi semua. Saat api padam, petugas menyisir semua dalam keadaan pintu dan jendela masih terkunci juga. Hanya rumah ini saja terbakar dan yang lainnya tak terbakar," kata Mumu.

Mumu mengatakan, hanya tiga orang yang telah tewas terbakar yang tinggal di rumah berlantai II berukuran 5 meter x 12 meter.

Api dapat dipadamkan sekitaran 05.25 WIB oleh 10 unit mobil pemadam kebakaran.

"Kebakaran hebat di rumah ini kali ini tengah di dalami penyelidikan oleh polisi.

 

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Final Piala Presiden 2018: Adu Cerdik Rohit Chand Vs Stefano Lilipaly

Posted: 16 Feb 2018 09:50 PM PST

Final Piala Presiden 2018 yang mempertemukan Persija Jakarta melawan Bali United di Stadion Utama Gelora Bung Karno (SUGBK), Jakarta, Sabtu (17/2/2018) malam WIB, diprediksi akan berlangsung menarik. Pasalnya, kedua kontestan memiliki gelandang-gelandang kreatif yang menjanjikan permainan indah di lini tengah.

Gelandang di dalam pertandingan sepak bola memiliki peran yang penting. Bahkan, sejumlah pesepak bola maupun pelatih-pelatih ternama menilai kunci kemenangan pertandingan bakal ditentukan oleh permainan lini tengah.

Jika sebuah tim mampu memiliki penguasaan lini tengah, gol yang akan dinanti tinggal menunggu waktu saja. Hal itulah yang membuat lini tengah memiliki peran sentral pada setiap pertandingan.

Syarat itu juga akan berlaku pada pertandingan final Piala Presiden 2018. Laga Persija melawan Bali United tak ayalnya menjadi panggung adu kreativitas lini tengah.

Persija memiliki sosok Rohit Chand yang selama ini menjadi motor serangan tim. Pemain asal Nepal itu memiliki sosok penting di balik kesuksesan Macan Kemayoran melenggang ke final Piala Presiden 2018.

Rohit tercatat menjadi pemain inti dalam skuat Persija pada turnamen bertajuk pemanasan jelang musim anyar itu. Meski belum mencetak assist dan gol, kehadiran Rohit kerap memudahkan pergerakan rekannya maupun sebagai dirijen lapangan tengah Persija.

Jika Persija memiliki Rohit Chand, lain halnya dengan Bali United yang bakal mengandalkan kreativitas Stefano Lilipaly. Pemain naturalisasi Indonesia itu kerap menjadi penggerak lini tengah Pasukan Tridatu.

Sebagai gelandang serang, Lilipaly memiliki pergerakan yang fleksibel. Tak hanya melulu membantu serangan, pemain berusia 28 tahun itu juga bisa diandalkan dalam urusan menjebol gawang lawan.

Tercatat sudah lima gol dibukukannya di Piala Presiden 2018 yang membuat namanya kini secara head to head bersaing dengan penyerang Persija, Marko Simic, dalam pentas perburuan sepatu emas. Namun, hal itu hanyalah prioritas nomor dua seorang Lilipaly yang saat ini tertinggal empat gol dari Simic.

Sebab, trofi sepatu emas tak akan berarti jika Bali United gagal juara. Lilipaly tentu memiliki perhitungan lain yang lebih masuk akal untuk membantu timnya menjadi kampiun Piala Presiden 2018.

Lilipaly bisa berkontribusi dengan membantu pergerakan para penyerang Bali United untuk mencetak gol. Pemain berdarah Ambon Belanda itu memiliki banyak pilihan untuk memanjakan Ilija Spasojevic maupun Irfan Bachdim yang secara peran lebih ideal untuk mencetak gol.

Dengan demikian, bisa dipastikan jika Stefano Lilipaly maupun Rohit Chand bakal menjadi sosok kunci dari keberhasilan timnya di final Piala Presiden 2018. Siapa yang berjaya di lini tengah dan siapa pula yang akan mati kutu karena tak mampu berkontribusi? Layak untuk dinantikan.

Sumber: Bola.com

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Piala FA: Giroud Lega Bisa Cetak Gol untuk Chelsea

Posted: 16 Feb 2018 09:45 PM PST

Chelsea lolos ke perempat final Piala FA. The Blues menang besar 4-0 atas Hull City di Stamford Bridge, London, Jumat (16/2/2018) atau Sabtu dini hari WIB.

Olivier Giroud tentu menjadi pemain Chelsea yang paling bahagia. Dia berhasil mencetak satu gol dari empat gol kemenangan The Blues ke gawang Hull City.

Itu menjadi gol pertamanya untuk Chelsea. Saat melawan Hull City, Giroud bermain selama 70 menit sebelum digantikan oleh Alvaro Morata.

Giroud tentu menyambut bahagia gol tersebut. Pasalnya, dalam dua pertandingan awal bersama The Blues, striker asal Prancis itu gagal mencetak gol.

"Saya sangat menunggunya. Di pertandingan sebelumnya (bersama Chelsea), saya memilki banyak peluang, tapi gagal. Sangat penting untuk saya mencetak gol, jadi sekarang saya sangat lega," ucap Giroud, dikutip dari Sports Mole.

Awal Kebangkitan Chelsea

Eden Hazard memuji kontribusi yang diberikan Olivier Giroud kepada skuat Chelsea. (doc. Chelsea)

Lebih lanjut, striker berusia 31 tahun tersebut menyakini kemenangan atas Hull City bisa menjadi titik balik kebangkitan Chelsea. The Blues sempat menelan dua kekalahan di awal Februari, menyerah 0-3 dari Bournemoth dan 1-4 dari Watford.

"Kita bisa lihat tim ini memiliki kerja sama yang baik. Penting bagi kami mendapat kemenangan setelah beberapa hasil mengecewakan," ujar Giroud.

"Keyakinan ini sangat penting dilakukan. Kita membutuhkan momentum dan rencana kami berjalan dengan benar. Ayo kita lanjutkan," kata mantan pemain Arsenal tersebut.

Nomor Punggung dengan Sejarah Buruk

Olivier Giroud resmi digaet Chelsea dari Arsenal. (Chelsea)

Saat resmi bergabung dengan The Blues, Giroud membuat gempar. Pasalnya, dia memilih nomor punggung yang memiliki sejarah buruk di Chelsea.

Giroud memilih nomor punggung 18. Nomor punggung yang dipilih Giroud tersebut memiliki sejarah yang buruk sejak 10 tahun terakhir. Memang sebelum 2008 nomor punggung tersebut menjadi milik Wayne Bridge yang terbilang sukses di Chelsea.

Namun setelah Bridge meninggalkan Stamford Bridge, nomor punggung 18 malah memiliki sejarah buruk. Ricardo Quaresma, Yuri Zhirkov, Romelu Lukaku, dan Loic Remy yang mengenakan nomor punggung itu malah gagal bersinar bersama Chelsea.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Final Piala Presiden 2018: Antrean Tiket di SUGBK Mengular

Posted: 16 Feb 2018 09:38 PM PST

Setelah sempat mengatakan ada 12.000 lembar tiket akan dijual pada hari pertandingan, kini penyelenggara Piala Presiden 2018 hanya menyediakan 4.000 lembar tiket yang dijual on the spot di SUGBK. Penjuaan tiket di hari pertandingan ini dilakukan di ticket box timur dan utara SUGBK.

Berdasarkan rilis dari panitia penyelenggara Piala Presiden 2018, data yang dihimpun hingga saat ini membuat jumlah tiket yang akan dijual pada hari pertandingan tidak terlalu banyak. Hanya akan ada 700 lembar tiket kategori 1 barat A, 2.700 lembar tiket kategori 1 barat B, dan 600 lembar tiket kategori tengah timur.

Dengan demikian hanya ada 4.000 lembar tiket yang dijual di ticket box utara dan timur SUGBK pada hari ini, Sabtu (17/2/2018). Penjualan tiket tersebut dimulai pada pukul 10.00 WIB.

"Kami sejak awal memang merencanakan penjualan tiket tak hanya dilakukan secara online. Namun, ada yang bisa dibeli secara manual pada hari pertandingan. Penjualan on the spot itu dilakukan untuk memenuhi kebutuhan penonton yang tidak mendapatkan tiket via online," ujar Ketua Organizing Committee Piala Presiden 2018, Berlinton Siahaan.

Namun, antrean yang akan membeli tiket pada hari pertandingan sudah ada sejak Sabtu (17/2/2018) dini hari. Hingga Sabtu pagi sebelum ticket box dibuka, antrean pembeli tiket sudah cukup panjang dan hampir mencapai 1 km panjangnya. Antrean itu pun dilakukan bukan dengan satu lajur, melainkan hingga delapan lajur.

"Saya sudah dari jam setengah enam berada di sini. Sejak datang antreannya sudah panjang sekali," ujar Dion salah satu calon pembeli tiket yang datang dari Cibubur, Jakarta Timur.

Awalnya panitia penyelenggara menyatakan menjual 12.000 lembar tiket final Piala Presiden 2018 dengan beberapa kategori berbeda untuk dijual on the spot. Namun, pada hari ini yang dijual hanya 4.000 tiket.

Sebelumnya panitia pelaksana final Piala Presiden 2018 bertemu dengan PP The Jakmania. Dari pertemuan tersebut disepakati bahwa tiket kategori 2 di tribune utara dan selatan dan tiket kategori 3 di tribune atas didistribusikan oleh The Jakmania melalui korwil-korwil di seluruh Jakarta.

Sumber: Bola.com

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Mengingat Momen Kejayaan Persija di Stadion Utama Gelora Bung Karno

Posted: 16 Feb 2018 09:35 PM PST

Persija Jakarta hingga saat ini tercatat sebagai klub terbanyak meraih gelar juara kompetisi kasta tertinggi Tanah Air. Mayoritas di antaranya didapat dengan memenangi laga puncak di Stadion Utama Gelora Bung Karno (SUGBK), Jakarta.

Persija tercatat menjadi jawara perserikatan edisi tahun 1931, 1933, 1934, 1938 (sebagai VIJ Jakarta), 1954, 1964, 1973, 1975, 1979. Sebiji gelar lagi didapat Macan Kemayoran di era Liga Indonesia (penggabungan Galatama dan perserikatan), tepatnya pada musim 2001.

Semenjak SUGBK diresmikan 1962, tim ibu kota menjadi tim terbaik di stadion legendaris tersebut sebanyak lima kali.

Persija jarang gagal meraih trofi juara jika memainkan pertandingan puncak kompetisi berformat grand final. Mereka hanya tercatat tiga kali jadi runner-up, yakni pada edisi 1978, 1988, dan 2015.

Tak bisa dimungkiri semangat para pemain Persija selalu menggelora saat berlaga di Senayan, yang notabene kandang mereka. Puluhan ribu suporter pendukung Persija selalu mendominasi tribune stadion.

"Saat bertanding di SUGBK kami tentu tidak ingin mengecewakan suporter. Mereka datang dan membayar tiket pertandingan untuk menyaksikan Persija menjadi juara. Tidak ada cerita kami menjadi tim kedua, pokoknya di Senayan kami harus juara," ujar Oyong Liza, kapten Persija di era 1970-an dalam sebuah sesi wawancara dengan penulis beberapa tahun silam.

 

Para pemain Persija merindukan momen bermain di SUGBK, stadion yang menjadi saksi bisu kejayaan mereka. Apalagi sejak Liga musim 2017 memutuskan klub bermarkas di Stadion Patriot, Bekasi.

 

"Sedih juga melihat Persija kini terusir dari Jakarta. Persija itu tim ibu kota, sudah kitahnya kami bermain di SUGBK. Banyak kenangan manis di stadion tersebut. Buat saya pribadi semua tidak akan bisa terlupakan," ungkap Anjas Asmara, bintang Persija di era 1970-an.

 

Catatan sejarah menunjukkan Persija tidak selalu bermarkas di SUGBK. Di awal masa berdirinya pada 28 November 1928 klub yang satu ini sempat bermarkas di Lapangan Laan Trivelli (nama lama Tanah Abang), Lapangan Pulo Pioen (Petojo), Stadion IKADA, Stadion Menteng.

Beberapa tahun belakangan Persija kerap memainkan pertandingan kandang di Stadion Manahan (Solo), Stadion Kanjuruhan (Malang), dan terakhir Stadion Patriot (Bekasi). Banyak faktor yang menyebabkan Persija kerap jadi tim musafir. Mulai dari urusan sulitnya surat izin pertandingan, biaya sewa stadion yang mahal, hingga terkena hukuman dari PSSI.

Akan tetapi cerita melegenda Persija Jakarta meraih kesuksesan setiap bermain Stadion Utama Gelora Bung Karno, turun menurun berhembus dari mulut ke mulut para fans Tim Macan Kemayoran.

Sumber: Bola.com

Persija Raja Perserikatan

Pemain Persija merayakan kesuksesan menjadi juara perserikatan 1964. (Bola.com/Repro Aneka)

Persija Jakarta merupakan raja kompetisi amatir perserikatan. Koleksi gelar juara yang diraih Tim Macan Kemayoran mengalahkan Persebaya Surabaya, PSMS Medan, PSIS Semarang, atau Persib Bandung.

Pada periode 1950 hingga 1970-an Persija tidak pernah kering mencetak pesepak bola berbakat. Mereka lahir dari binaan kompetisi internal yang tertata rapi.

Persija kerap dijuluki miniatur Timnas Indonesia, sanking banyaknya pemain mereka yang masuk skuat Tim Merah-Putih.

Di era 1960-an sosok Endang Witarsa melegenda sebagai pelatih bertangan dingin yang banyak mencetak pemain-pemain belia berkelas Persija. Di awal masa kepemimpinannya pada tahun 1962, ia dengan berani melakukan perombakan total skuat Tim Macan Kemayoran.  

Pelatih yang berprofesi sebagai dokter gigi itu mencampakkan nama-nama beken macam Tan Liong Ho, Paidjo, San Liong, serta Chris Ong, yang menjadi pilar klub di era 1950-an. Skuat Persija dihuni pemain interval usia 16-19 tahun!

Endang mengusung filosofi permainan cepat, skillfull, dan cerdik.

"Saya seringkali mendapat kritikan-kritikan pedas. Saat permainan tim mengecewakan, saya kadang menjadi ragu-ragu dengan apa yang saya yakini. Namun, setelah membaca buku-buku tentang sepak bola dan memikirkan secara mendalam, saya yakin permainan yang saya usung paling sesuai dengan keadaan sekarang dan buat pemain kami," tutur Endang Witarsa dalam Buku 50 Tahun UMS.

Di era Endang Persija dibela Sinyo Aliandoe, Yudo Hadijanto, Surya Lesmana, Soetjipto Soentoro. Dan benar saja Persija di tangan Endang jadi tim terbaik dengan bermodal darah muda. Di laga final perserikatan 1964, Persija berjumpa Persebaya.

Saat itu Maung Bandung termasuk tim kuat di perserikatan, selain PSM Makassar. Laporan Majalah Aneka Olahraga menuliskan Stadion Utama Gelora Bung Karno penuh sesak 60 ribu pasang mata. 

Di hadapan pendukungnya Persija membungkam Tim Bajul Ijo 4-1. Gelar juara Persija terasa spesial karena sepanjang kompetisi perserikatan mereka tidak pernah kalah. Sukses Persija mengantar Endang Witarsa ke kursi nakhoda Timnas Indonesia.

Tujuh tahun berselang Persija kembali bersua Persebaya di laga puncak perserikatan 1973. Kali ini Persija ditukangi murid Endang, Sinyo Aliandoe.

Kedua tim yang terlibat bentrok bertabur bintang. Persija dibela Sutan Harharah, Anjas Asmara, dan Oyong Liza. Sementara itu, Persebaya diperkuat Rusdi Bahalwan, Abdul Kadir, dan Waskito.

Pertandingan di SUGBK berlangsung panas sejak menit awal. Seperti yang diberitakan Harian Merdeka, sempat terjadi tawuran antarpemain. Insiden baku pukul mencuat seusai Sutan Harharah mentekel Abdul Kadir. Pemain Persebaya lain yang tidak terima rekannya dikasari menyerbu Oyong Liza, kapten Persija.

Selanjutnya giliran Rusdi Bahalwan yang dikeroyok pemain Macan Kemayoran. Pihak keamanan turun ke lapangan buat memisahkan tawuran.

Sepanjang pertandingan Persebaya mengintimidasi Persija. Tim tuan rumah dibuat bertahan total.

Namun, dewi fortuna lebih berpihak pada Persija. Pada menit ke-81, berawal dari tendangan bebas, Risdianto melayangkan umpan terukur pada Andi Lala, yang kemudian dengan aksi individu memperdaya kiper Bajul Ijo, Harry Tjong. Hingga peluit panjang ditiup wasit skor tak berubah 1-0 buat tim ibu kota.

Pemain Persija melakukan aksi selebrasi keliling lapangan dengan membawa bendera berlambang Jaya Raya, yang menjadi simbol Jakarta dan Persija sendiri.

2 Kali Pecundangi PSMS

Kartu merah Iswadi Idris di final perserikatan 1975 memicu keributan antara pemain Persija dengan PSMS (Bola.com/Repro Merdeka)

Partai final perserikatan 1975 di Stadion Utama Senayan (nama lawas Stadion Utama Gelora Bung Karno) jadi pertandingan yang paling ditunggu-tunggu. Animo penonton amat tinggi.

Koran Pelita edisi 10 November 1975 menyebut penonton pertandingan ini menembus 125 ribu orang, rekor kedua tertinggi sepanjang masa setelah duel puncak perserikatan 1985 yang mempertemukan PSMS kontra Persib Bandung.

Harian Merdeka menggambarkan pertandingan Persija Vs PSMS amat meriah. Dari sebelah kanan tribun nyaring terdengar teriakan suporter: "Hidup Persija...Hidup Persija!"

Sebagai tuan rumah wajar jika Persija mendapat dukungan lebih banyak massa dibanding PSMS. Walau berstatus sebagai tim tamu kubu Ayam Kinantan lebih dulu unggul pada menit ke-10, lewat sumbangsih Parlin Siagian yang memperdaya gawang, Sudarno, lewat permainan kombinasi dengan Mariadi dan Nobon.

Sejak awal PSMS mengambil inisiatif menyerang. Permainan keras ala rap-rap mereka peragakan di lapangan basah yang diguyur hujan.

Persija menyamakan kedudukan lewat gol sundulan Andi Lala. Saat skor imbang pertandingan kian memanas. Kedua tim memperagakan permainan keras menjurus kasar.

Wasit Mahdi Thalib, sibuk mengeluarkan kartu dan memperingatkan pemain di kedua kubu.

Pemain PSMS dan Persija sempat bersitegang saat Sarman Panggabean memotong bola Junaidi Abdillah. Pemain Persija tidak terima rekannya dikasari. Para pemain PSMS tidak mau tinggal diam.

Perang mulut dan aksi saling dorong terjadi. Konflik terbuka pun meledak usai Iswadi Idris dikartu merah karena tekel keras ke Nobon. Kapten Persija, Oyong Liza, tidak terima dengan hukuman yang dijatuhkan pada kompatriotnya.

Oyong menilai semestinya Iswadi hanya kena kartu kuning, karena pelanggarannya mirip dengan Sarman. "Keputusan wasit tidak adil!" teriak Oyong seperti yang dikutip dari Harian Merdeka di tengah kerumunan aksi protes ke pengadil.

Perkelahian massal antarpemain pecah di lapangan. Pelipis Nobon luka karena kena pukulan sejumlah pemain Persija. Aparat keamanan turun tangan untuk memisahkan.

Ketua Umum PSSI, Kardono, turun ke lapangan. Ia melakukan pembicaraan dengan manajer kedua tim. Sebagai titik tengah ia mengusulkan juara bersama. "Pertandingan sudah terlalu panas, riskan jika dilanjutkan," ujar Kardono.

Pertandingan pun dihentikan pada menit ke-40. Persija dan PSMS dinobatkan sebagai juara bersama.

Persija kembali mengulang sukses menjadi juara perserikatan edisi 1979, yang menggunakan format final dengan sistem grouping. Persija saat itu ditukangi pelatih asing asal Polandia, Marek Janota.

Kepastian Persija menjadi juara didapat setelah mereka mengalahkan PSMS Medan dengan skor 1-0 di SUGBK. Gol tunggal Tim Merah dicetak Andi Lala di menit ke-64.

Pertandingan lain yang mempertemukan Persebaya kontra PSM yang berkesudahan 2-1 tak memengaruhi klasemen. Persija kembali berjaya di Senayan.

Juara Liga Indonesia 2001

Persija saat juara Liga Indonesia 2001. (Bola.com/Dok. Persija)

PSSI memutuskan memutar kompetisi format baru dengan menggabungkan klub-klub galatama dengan perserikatan. Kompetisi berlabel Liga Indonesia dihelat perdana musim 1995-1996 dengan memunculkan Persib Bandung sebagai juara.

Di awal-awal Liga Indonesia, Persija jadi spesialis papan bawah. Kondisi keuangan yang seret membuat klub ibu kota tak bisa kompetitif.

Kehadiran Gubernur DKI, Sutiyoso alias Bang Yos pada 1997 sebagai pembina klub merubah situasi. Persija mendadak jadi klub kaya raya dengan keuangan gemuk kucuran APBD.

Bang Yos yang mendorong terbentuknya kelompok suporter The Jakmania. Karena prestasi yang melempem, Persija kehilangan pendukung.

Minggu Malam, 7 Oktober 2001, jadi momen yang tidak bisa dilupakan bagi pendukung Persija, The Jakmania. Warna oranye mendominasi Stadion Utama Gelora Bung Karno. The Jakmania datang ke stadion buat memberi dukungan kepada Macan Kemayoran yang berhadapan dengan PSM Makassar di final Liga Indonesia 2001.

Laporan pertandingan PSSI menyebut angka penonton laga ini menembus 60 ribu orang. Dukungan The Jakmania membakar semangat Bambang Pamungkas dkk. di lapangan.

Persija unggul tiga gol sumbangan Imran Nahumarury dan Bepe (2 gol), sebelum akhirnya Tim Juku Eja memangkas skor menjadi 3-2.

Gol kedua Bambang masuk kategori gol indah. Playmaker Persija kala itu, Luciano Leandro berperan besar dalam proses terjadinya gol tersebut.

Pemain asal Brasil itu menyodorkan umpan lambung ke Bepe yang dalam posisi bebas di sisi luar pertahanan PSM. Bek Ayam Jantan dari Timur, Joseph Lewono, kelimpungan mengejar lari Bambang. Tendangan keras sang striker mengoyak gawang PSM yang dikawal Hendro Kartiko.

"Saya sudah menduga kiper akan mempersempit ruang tembak, tapi dengan kaki kiri saya arahkan bola ke kanan atas yang tak terjangkau olehnya," ujar Bepe yang di Liga Indonesia 2001 mencetak 15 gol dan mencatatkan diri sebagai pemain terbaik.

"Gol yang brilian. Bambang cerdik sekaligus licin bisa melepaskan diri dari pemain belakang kami. Saya sudah mencoba mempersempit ruang tembak, tapi ia masih bisa melihat celah kosong," komentar Hendro Kartiko.

Pelatih PSM, Syamsuddin Umar mengakui Persija pantas menjadi kampiun. "Mereka unggul materi pemain. Kualitas tim inti dan pengganti sama bagus. Sementara di tim kami hal itu menjadi masalah."

Di Liga Indonesia 2001 skuat Persija memang mentereng. Selain Bambang, Tim Oranye punya pemain-pemain berkelas macam Luciano Leandro, Gendut Doni, Anang Ma'ruf, Nuralim, Antonio Claudio, Imran Nahumarury.

The Jakmania berpesta usai Persija mengangkat piala. Bepe dkk. diarak keliling jalan besar ibu kota. Suporter sempat merayakan kesuksesan tim kesayangannya di Bundaran Hotel Indonesia.

Akankah cerita-cerita sukses Persija di SUGBK akan berulang pada Sabtu (17/2/2018)? Persija akan berjumpa Bali United dalam laga puncak Piala Presiden 2018.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

MotoGP: Puji Ducati dan Honda, Rossi Sindir Yamaha

Posted: 16 Feb 2018 09:30 PM PST

Hari pertama tes pramusim MotoGP 2018 di Sirkuit Buriram, Thailand, Jumat (16/2/2018), memberikan kesan buruk bagi Valentino Rossi. Pembalap Movistar Yamaha itu hanya bisa menempati urutan delapan.

Tes pramusim MotoGP di Thailand semula diprediksi menjadi ajang kebangkitan Rossi. Pasalnya, pembalap yang berusia 39 tahun tepat pada hari pertama tes pramusim di Thailand itu mendapatkan hasil mengecewakan di Sepang, Malaysia.

Sayang, The Doctor hanya bisa mengukir waktu terbaik 1 menit 31,189 detik. Ia terpaut 0,392 detik dari pembalap LCR Honda, Cal Crutchlow yang menempati posisi teratas dengan waktu 1 menit 39,797 detik.

Rossi juga menyoroti performa para pembalap dengan motor Honda dan Ducati pada hari pertama tes pramusim MotoGP di Thailand. Banyak pembalap Honda dan Ducati mengukir catatan waktu yang lebih baik darinya. Itu mengapa ia tak sungkan melayangkan pujian untuk Honda dan Ducati.

"Saat ini, Ducati lebih baik dalam akselerasi. Mereka di depan kami soal elektronik. Honda dan Ducati memahami sesuatu yang tidak kami mengerti. Jadi semoga kami bisa pulih segera mungkin karena saat ini kami menderita," kata Rossi, dilansir Crash.

 

Soroti Sasis

Aksi Valentino Rossi saat melakoni tes pramusim MotoGP di Sirkuit Buriram, Thailand, Jumat (16/2/2018). (MotoGP)

Selain Crutchlow, pembalap Honda yang meraih hasil memuaskan pada hari pertama adalah Marc Marquez. Rider Repsol Honda itu hanya terpaut 0,115 detik dari Crutchlow. Di posisi kedua ada pembalap Suzuki Ecstar, Alex Rins.

Setelah itu, ada tiga pembalap Ducati yang memiliki posisi lebih baik dari Rossi. Mereka adalah Andrea Dovizioso, Danilo Petrucci, dan Jack Miller. Sedangkan Yamaha, Rossi menjadi pembalap mereka dengan catatan terbaik pada hari pertama. Maverick Vinales hanya bisa menempati posisi ke-11.

"Bagi saya, motor lebih baik dikendarai dengan sasis 2016. Dibandingkan tahun lalu, saya merasa lebih baik. Perasaan saya lebih mirip dua tahun lalu dan ini sangat penting karena saya sangat menderita tahun lalu, mungkin lebih dari Maverick dengan sasis 2017," jelas Rossi.

Hasil Lengkap

1. Cal Crutchlow (LCR Honda) 1 menit 30,797 detik

2. Alex Rins (Suzuki Ecstar) 1 menit 30,809 detik

3. Marc Marquez (Repsol Honda) 1 menit 30,912 detik

4. Andrea Dovizioso (Ducati) 1 menit 30,945 detik

5. Dani Pedrosa (Repsol Honda) 1 menit 30,960 detik

6. Danilo Petrucci (Pramac Ducati ) 1 menit 31,003 detik

7. Jack Miller (Pramac Ducati) 1 menit 31,044 detik

8. Valentino Rossi (Movistar Yamaha) 1 menit 31,189 detik

9. Andrea Iannone (Suzuki Ecstar) 1 menit 31,235 detik

10. Jorge Lorenzo (Ducati) 1 menit 31,246 detik

11. Maverick Vinales (Movistar Yamaha) 1 menit 31,294 detik

12. Johann Zarco (Monster Yamaha Tech3) 1 menit 31,305 detik

13. Tito Rabat (Avintia Racing) 1 menit 31,523 detik

14. Alvaro Bautista (Angel Nieto Team) 1 menit 31,525 detik

15. Aleix Espargaro (Aprilia Racing Team) 1 menit 31,662 detik

16. Scott Redding (Aprilia Racing Team) 1 menit 31,685 detik

17. Takaaki Nakagami (LCR Honda) 1 menit 31,692 detik

18. Karel Abraham (Angel Nieto Team) 1 menit 31,698 detik

19. Franco Morbidelli (Marc VDS) 1 menit 31,729 detik

20. Bradley Smith (Red Bull KTM) 1 menit 31,741 detik

21. Thomas Luthi (Marc VDS) 1 menit 32,716 detik

22. Xavier Simeon (Avintia Racing) 1 menit 32,720 detik

23. Mika Kallio (Red Bull KTM) 1 menit 32,749 detik

24. Hafizh Syahrin (Monster Yamaha Tech3) 1 menit 33,165 detik

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Miris, Putri Elvis Presley Jatuh Miskin

Posted: 16 Feb 2018 09:30 PM PST

Anak semata wayang Elvis Presley, Lisa Marie kembali menjadi sorotan. Kali ini, bukan karyanya di industri hiburan, melainkan nasib malangnya.

Lisa Marie disebut-sebut tengah bangkrut dengan utangnya yang banyak. Laman RadarOnline mewartakan, Sabtu (17/2/2018), utang Lisa Marie berjumlah US$ 16,8 juta atau sekitar Rp 227 miliar.

Telah Lama

Lisa Marie Presley (Pinterest)

Utang putri Elvis Presley itu dikabarkan menumpuk sejak beberapa tahun belakangan. Selain itu, Lisa marie juga menumpuk pajak sebanyak US$ 10 juta atau sekitar Rp 13 miliar.

Selain itu, Lisa Marie juga tengah bermasalah dengan suaminya, Michael Lockwood. Mantan suaminya menggugat Lisa Marie agar mendapatkan sejumlah uang.

Telah Menjual Aset

Cucu kembar Elvis Presley bersama kedua orangtuanya, Lisa Marie Presley dan Michael  Lockwood (Pinterest)

Lisa Marie juga telah menjual aset di Elvis Presley Enterprise pada 2005. Hal itu membuat sang artis tak berhak lagi mendapatkan dana.

Selain itu, Lisa Marie juga menunggak pembayaran kartu kredit. Kondisi Lisa Marie dikabarkan telah jatuh miskin.

Masalah

Elvis dan Priscilla Presley bersama putri mereka, Lisa Marie Presley (foto: photobucket)

Sejak beberapa tahun belakangan ini, Lisa Marie bermasalah dengan suami keempatnya, Michael Lockwood. Bahkan, hubungan Lisa Marie dengan sang ibu, Priscillia Presley juga tak baik.

Sebelumnya, Lisa Marie memang masuk rehabilitasi untuk mengatasi mimpi buruknya. Pernikahan Lisa Marie dengan beberapa pria yang gagal, termasuk Michael Jackson, dianggap menjadi pemicu.

Sempat Ingin Bunuh Diri?

Michael Jackson Pernah Menikah dengan Putri Elvis Presley

"Lisa Marie telah kehilangan arah selama beberapa tahun belakangan ini. Ia ingin melanjutkan hidupnya dengan baik, tengah mencari pertolongan," ungkap sumber, diwartakan Dailymail.

Saat berada dalam perawatan, sang ibu selalu mengunjungi Lisa Marie. Selain itu, Lisa Marie juga mendapatkan dukungan dari keluarga dan rekan-rekan yang ingin melihatnya sembuh.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

PDIP Sah Jadi Peserta Pemilu, Megawati Minta Kader Konsolidasi

Posted: 16 Feb 2018 09:25 PM PST

PDIP resmi tercatat sebagai peserta Pemilu 2019. PDIP diwakili Ketua DPP Bidang Pemenangan Pemilu Bambang DH dan Sekjen Hasto Kristiyanto hadir dalam acara penetapan partai peserta Pemilu 2019 oleh KPU di Hotel Mercure, Jakarta.  

Hasto menyatakan, Pemilu 2019 menjadi pemilu kesembilan PDIP sejak 1973. PDIP mengapresiasi KPU, Bawaslu, dan DKPP yang telah berkerja profesional, independen.

"PDIP berkomitmen menjadikan kontestasi pemilu sebagai tempat penyampaian gagasan terbaik untuk rakyat sesuai dengan azas pemilu langsung, umum, bebas, rahasia, jujur dan adil," ujar Hasto melalui pesan tertulis, Jakarta, Sabtu (17/2/2018).

Hasto menambahkan, dengan lolosnya PDIP sebagai peserta Pemilu 2019, Ketua Umum PDIP Megawati Soekarnoputri menginstruksikan agar kader konsolidasi, melakukan perekrutan calon anggota legislatif di seluruh tingkatan dengan mengedepankan kriteria ideologis atas dasar Pancasila.

"Seluruh anggota dan kader Partai agar bekerja keras, berdisiplin dan bergerak ke bawah di tengah rakyat," tegas Sekjen PDIP Hasto.

Lolos Verifikasi

PDIP Lolos Verifikasi Faktual di KPU (Liputan6.com/Yunizafira Putri)

Sebelumnya, PDIP lolos verifikasi faktual  KPU. PDIP dinyatakan lolos setelah KPU memeriksa berkas partai berlambang kepala banteng itu kurang dari 30 menit.

Komisioner KPU Ilham Saputra menyatakan, PDIP pada tingkat DPP telah memenuhi semua persyaratan yang dibutuhkan.

 "Maka dengan ini untuk verifikasi faktual di tingkat DPP, PDIP memenuhi syarat," ujar Ilham di kantor DPP PDIP, Jl Lenteng Agung, Jakarta selatan, Senin 29 januari 2018.

Persyaratan yang dimaksud merujuk pada kecocokan hasil pemeriksaan KPU dengan Bawaslu terkait KTP/KTA dari struktur kepengurusan, yakni ketua umum, sekretaris jenderal, dan bendahara umum.

Selain itu, dilihat juga dari kecocokan domisili kantor aktif dan keterwakilan perempuan sebesar 30 persen. Ilham sebagai perwakilan KPU dan Fritz Edward Siregar sebagai perwakilan Bawaslu, melakukan pengecekan bersama.

"Bantu saya untuk nge-briefing sudah sesuai KTA dan KTP yang bersangkutan belum yang hadir," ucap Ilham.

Keterwakilan perempuan PDIP sebesar 30 persen antara lain diwakili oleh Puan Maharani, Ribka Tjiptaning, Restu Hapsari, Puti Guntur Soekarno, dan Diah Pitaloka.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Reaksi Firza Husein soal Kabar Kepulangan Rizieq Shihab

Posted: 16 Feb 2018 09:23 PM PST

Pimpinan Front Pembela Islam (FPI), Rizieq Shihab, belum berencana pulang dalam waktu dekat. Dia masih meminta petunjuk Tuhan dengan salat istikharah di Arab Saudi.

Rizieq bertolak ke Arab Saudi setelah tersandung dua kasus yang membuatnya harus berurusan dengan kepolisian.

Dia menjadi tersangka kasus dugaan pornografi atas chat-nya bersama seorang perempuan bernama Firza Husein. Kasusnya ditangani oleh Polda Metro Jaya.

Sedangkan di Mapolda Jabar, Rizieq menjadi tersangka kasus penghinaan lambang negara.

Berkali-kali, Rizieq dikabarkan pulang. Namun, semua batal. Terakhir, pada akhir Januari lalu, dia dikabarkan segera mendarat di Jakarta.

Pada Jumat 16 Februari kemarin, beredar foto tiket kepulangan Rizieq Shihab dari Arab Saudi. Pada tiket itu tertera Rizieq akan terbang dari Arab Saudi pada 20 Februari dan tiba di Jakarta keesokan harinya.

Terkait gambar tiket yang ramai beredar di media sosial, Ketua Alumni Presidium 212, Umar Al Hamid, menegaskan hal itu tidak benar alias hoax. Menurutnya, belum ada kepastian kapan Rizieq tiba ke Tanah Air.

"Itu palsu. Kepastiannya dari Habib Rizieq sendiri belum memberikan kepastian," kata Umar.

Menurut dia, Rizieq Shihab sedang menunggu isyarat dari Allah SWT sebelum memutuskan benar-benar pulang ke Tanah Air.

"Beliau itu bukan tidak ingin datang. Beliau itu sangat kepengin datang. Tapi pasti ada sesuatu yang beliau tunggu. Apa yang beliau tunggu yaitu petunjuk dari Allah SWT," jelasnya di Roemah Rakjat di Tebet, Jakarta Selatan, Jumat 16 Februari 2018 petang.

"Jadi untuk datang seseorang yang semacam Habib Rizieq ini kan menunggu isyarat. Tidak semudah yang kita anggap," tambahnya.

Soal kepulangan Rizieq ternyata sudah didengar Firza Husein. Firza menjadi salah satu tersangka kasus dugaan chat berbau pornografi yang juga menjerat Rizieq. Firza sudah pernah diperiksa di Mapolda Metro Jaya. Namun dia membantah tudingan yang ditujukan padanya

"Sudah dengar kepulangan itu, kabar lewat media dan beberapa kabar yang beredar dan beliau sudah komunikasi ke saya beberapa hari lalu terkait kepulangan itu," kata Kuasa Hukum Firza Husein, Azis Yanuar, seperti dilansir dari Merdeka.com.

Selain bertanya kebenaran kabar pulangnya Rizieq, lanjut dia, Firza tak banyak berkomentar.

"Tidak ada, beliau hanya kroscek kabar kepulangan itu. Jika benar kita turut senang," ujar Azis Yanuar.

Terkait pulang atau tidaknya Rizieq Shihab ke Tanah Air, lanjut dia, Firza hanya berharap kepolisian memberikan perhatian atas kasus yang sempat dituduhkan padanya.

"Supaya ada kejelasan bahwa tidak ada tindak pidana terkait kasus chat itu. Kita minta polisi segera menjelaskan, dan kasus ini tidak dilanjutkan karena dari hal-hal yang berjalan selama ini, sudah dijelaskan itu tidak benar, ini ada kejanggalan dan tidak layak dilanjutkan ke persidangan," kata Azis..

 

Tetap Bantah

Pimpinan FPI, Muhammad Rizieq Shihab menyapa awak media usai menjalani pemeriksaan di Bareskrim, Jakarta, Rabu (23/11). Rizieq diperiksa sebagai saksi ahli dalam kasus penistaan agama yang diduga dilakukan Ahok. (Liputan6.com/Immanuel Antonius)

Dia juga memastikan tidak ada keinginan dari kliennya agar Rizieq ikut diperiksa dalam kasus ini.

"Karena chatnya sendiri sudah dibantah, barang bukti juga tidak sesuai," jelas Azis.

Ditambahkannya, saat ini kondisi Firza juga dalam keadaan sehat wal'afiat. "Alhamdulillah bu Firza baik," tegasnya.

Sekadar diketahui, untuk kasus dugaan chat berbau pornografi, Firza disangka melanggar Pasal 4 ayat 1 juncto pasal 29 dan atau pasal 6 juncto pasal 32 dan atau pasal 8 juncto pasal 34 Undang-Undang RI nomor 44 Tahun 2008 tentang Pornografi.

Sementara Rizieq dijerat Pasal 4 ayat 1 juncto Pasal 29 dan atau Pasal 6 juncto Pasal 32 dan atau Pasal 9 juncto Pasal 34 Undang Undang RI nomor 44 Tahun 2008 tentang Pornografi dengan ancaman hukuman di atas lima tahun penjara.

 

Sumber: Merdeka.com

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Elvy Sukaesih Nasihati Dhawiya soal Calon Suaminya

Posted: 16 Feb 2018 09:20 PM PST

Elvy Sukaesih secara terang-terangan menasihati Dhawiya terkait masalah calon suami. Hal tersebut diutarakan dalam sebuah acara di televisi,  pada medio 2017.

Elvy meminta Dhawiya untuk mencari pasangan yang baik.

"Kan kita kalau udah menikah mengharapkan langgeng sampai akhir hayat. Jangan sampai gagal di jalan insya Allah. Mudah-mudahan Dhawiya bisa mendapat jodoh sebagaimana pilihan Allah," kata Elvy Sukaesih kepada Dhwiya saat itu.

Tukar Pikiran

Kabar mengejutkan datang keluarga Ratu Dangdut, Elvy Sukaesih. Lantaran sang putri Dhawiya Zaida ditangkap pihak kepolisian lantaran kepemilikan narkoba. (Foto: instagram.com/elvy_sukaesih)

Lebih lanjut, Elvy meminta untuk Dhawiya lebih terbuka soal pria yang sedang dekat dengannya. Mengingat bahwa sebelumnya Dhawiya tidak berani mengenalkan kekasihnya kepad Elvy.

"Paling tidak ada tuker pikiran namanya ibu sama anak," kata Elvy Sukaesih lagi.

Tidak Memaksa

Dhawiya yang merupakan anak bungsu Elvy Sukaesih tersebut ditangkap di rumahnya, di Cawang, Jakarta Selatan pada Jumat (16/2/2018) pukul 00.30 WIB. (Istimewa)

Pada intinya Elvy Sukaesih mengatakan dirinya tidak pernah memaksakan kehendaknya kepada Dhawiya. Namun kembali lagi, Dhawiya harus bisa menentukan yang terbaik untuk rumah tangganya.

"Sebenernya aku enggak mau maksain buat anak, karena yang akan jalanin Dhawiya sendiri. Dalam perkawinan itu cinta harus ada, enggak bisa dipaksakan," sambung Elvy Sukaesih.

Debat

Dhawiya - Elvy

Dari situ perdebatan pun terjadi. Dhawiya menegaskan bahwa dirinya sudah yakin kepada pasangannya saat itu. Namun, yang meragukan Dhawiya justru respons keluarga sendiri, khususnya Elvy Sukaesih.

"Bukan masalah kurang yakin, kalau aku sih yakin. Pernikahan itu kan bukan cuma sekadar aku sama dia aja," kata Dhawiya.

Elvy Sukaesih pun segera menanggapi, "Berarti kan harus sama keluarga juga, jadi harus saling ridho keluarga dari cowoknya, dari ceweknya juga. Itu lebih asyik perkawinan yang disetujui kedua orangtua."

Pacari Pengedar?

Putri ratu dangdut Elvy Sukaesih, Dhawiya Zaida. (Instagram@Dhawiya Zaida)

Sementara itu, saat ini Dhawiya justru sedang tersandung masalah narkoba. Dhawiya ditangkap beserta tiga anggota keluarganya dan seorang pria yang disebut-sebut sebagai kekasih Dhawiya.

Tak selesai sampai di situ, pria yang dekat dengan Dhawiya tersebut juga diduga adalah seorang pengedar. Apakah kekasih ini yang dimaksud Dhawiya tidak membuat sreg hati Elvy Sukaesih?

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Pelatih Barcelona Enggan Pikirkan Chelsea

Posted: 16 Feb 2018 09:15 PM PST

Pelatih Barcelona, Ernesto Valverde, mengaku belum memikirkan laga Liga Champions melawan Chelsea. Dia memilih fokus kepada duel La Liga versus Eibar.

Barcelona bertandang ke Estadio Ipurua, Sabtu (17/2/2018), pada jornada 24 musim 2017/2018.

"Partai terpenting selalu yang ada di depan mata. Maka kami tidak boleh memikirkan Chelsea," ujar Valverde, dilansir Marca.

Valverde punya alasan berpandangan demikian. Hasil imbang di dua laga terakhir melawan Espanyol dan Getafe membuat keunggulan El Azulgrana atas rival pada persaingan titel Negeri Matador terpangkas.

Barcelona kini hanya memimpin tujuh nilai dari pesaing terdekat Atletico Madrid. "Kami harus terus berlari, terutama usai ditahan Getafe," ujarnya.

Abaikan Klasemen

Barcelona. (AFP/Jose Jordan)

Valverde juga meminta anak asuhnya untuk tidak terlalu memikirkan klasemen. Dia menilai hal tersebut dapat merusak konsentrasi anak asuhnya.

"Melihat klasemen, jelas kami tidak boleh terpeleset lagi. Namun kami tidak boleh berpikir lebih dari itu. Yang saya ingin tekankan adalah pentingnya kemenangan sebagai modal untuk partai berikutnya," ungkap mantan arsitek Athletic Bilbao tersebut.

Duel Chelsea

Selepas Eibar, Barcelona pergi ke London untuk menghadapi Chelsea pada leg pertama babak 16 besar Liga Champions. Kedua tim bertemu di Stamford Bridge, Selasa (20/2/2018).

"Saya suka semangat di tim ini. Pemain tahu cara mengatasi masalah dan tidak berpikir terlalu jauh," pungkas Valverde. 

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Kemenhub Bakal Tutup 292 Lintasan Sebidang Kereta Api

Posted: 16 Feb 2018 09:15 PM PST

Kementerian Perhubungan (Kemenhub)  melalui Direktorat Jenderal Perkeretaapian akan menutup 292 lintasan sebidang kereta liar hingga akhir Februari 2018.

Hal ini untuk mengurangi angka kecelakaan yang terjadi di titik tersebut. Kementerian Perhubungan melalui Direktur Jenderal Perkeretaapian, Zulfikri menyatakan, enam orang meninggal dunia akibat tidak berhati-hati atau menerobos perlintasan pada saat kereta akan lewat selama Januari 2018.

Oleh karena itu, Zulfikri meminta masyarakat mematuhi rambu-rambu, serta berhati-hati saat akan melintas perlintasan sebidang.

"Hal ini menyikapi beberapa kejadian kecelakaan yang terjadi di perlintasan sebidang kereta api beberapa waktu terakhir," kata Zulkifli, di Jakarta, ‎Sabtu (17/2/2018).

Terkait peristiwa tersebut, pihaknya melakukan berbagai upaya untuk mengurangi kecelakaan yang terjadi pada lintasan sebidang. Langkah ini antara lain penutupan cikal bakal perlintasan sebidang kereta liar, dengan ketentuan perlintasan yang memiliki lebar kurang lebih 2 meter.

"Hal ini menunjukkan keseriusan Ditjen Perkeretaapian untuk mewujudkan keselamatan perkeretaapian, khususnya untuk meminimalisasi kecelakaan yang kerap kali terjadi di perlintasan sebidang," ujar dia.

Berdasarkan data Direktorat Jenderal Perkeretaapian, dari awal Januari 2018 hingga 14 Februari 2018, Direktorat Jenderal Perkeretaapian telah menutup 194 cikal bakal perlintasan sebidang kereta.

Ditargetkan hingga akhir Februari 2018 jumlah tersebut bertambah dengan total cikal bakal perlintasan sebidang kereta yang ditutup sebanyak 292. 

"Apabila dibandingkan dengan yang telah dilakukan pada 2017 lalu, terjadi peningkatan yang sangat signifikan. Sepanjang 2017, perlintasan sebidang yang telah ditutup adalah sebanyak 283‎," ujar dia.

‎Direktorat Jenderal Perkeretaapian juga menertibkan bangunan liar yang berada di sepanjang jalur kereta, khususnya pada lintas operasi kereta Bandara Soekarno Hatta. Adapun penertiban yang telah dilakukan meliputi penertiban bangunan liar pada segmen Tanah Abang-Duri pada Desember 2017.

Penertiban bangunan liar pada segmen Taman Kota–Bojong Indah yang akan dilaksanakan pada Minggu ketiga Februari 2018,‎ penertiban bangunan liar pada segmen Pesing–Grogol yang akan dilaksanakan pada Minggu kedua Maret 2018.

Sertifikasi SDM

Penumpang membawa barang bawaannya usai menaiki kereta di Stasiun Gambir, Jakarta, Rabu (29/11). (Liputan6.com/JohanTallo)

Selain itu, dilakukan pula pemberian sertifikasi bagi sumber daya manusia (SDM) Perkeretaapian pada 2018. Ditjen Perkeretaapian menargetkan untuk memberikan sertifikasi kepada 2.000 orang SDM Perkeretaapian, yang meliputi awak sarana perkeretaapian, tenaga perawatan, tenaga pemeriksa, penjaga jalur lintasan‎.

Hingga 14 Februari 2018 lalu, PT KAI (Persero) sebagai salah satu operator perkeretaapian telah mengajukan 2.126 orang pegawainya untuk mengikuti proses sertifikasi.

Dari jumlah 2.126 orang tersebut, 1.637 orang lulus verifikasi berkas untuk kemudian lanjut pada tahapan pengujian. Sementara itu, 489 orang dinyatakan tidak lulus verifikasi berkas. Kemudian dari jumlah 1.637 orang tersebut, 1.550 orang telah dipanggil untuk mengikuti ujian, tetapi hanya 1.435 orang yang menghadiri ujian tersebut.

Dari sejumlah orang yang hadir mengikuti ujian terdapat 1.172 orang SDM Perkeretaapian yang dinyatakan lulus, sedangkan 95 orang dinyatakan tidak lulus.

‎"Kita membutuhkan SDM Perkeretaapian yang memiliki kompetensi untuk mewujudkan perjalanan atau pengoperasian KA secara aman dan terjamin keselamatannya," kata dia.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Kisah Pilu Kepala Sekolah di Bolmong yang Dihajar Wali Murid

Posted: 16 Feb 2018 09:15 PM PST

Kisah pilu dialami seorang kepala sekolah (kepsek) di Kabupaten Bolaang Mongondow (Bolmong), Sulawesi Utara. Astri Tampi (57) Kepala SMP Negeri 4 Lolak harus dirawat di rumah sakit akibat dianiaya oleh Delmart Pokalira (41).

Kepala sekolah itu mendapat luka cukup parah. Dia luka di bagian kepala, hidung retak, tangan mengalami luka robek yang dalam serta sekujur tubuhnya mengalami luka lebam dan sempat berdarah saat dibawa ke rumah sakit.

Kejadian memilukan ini terjadi Selasa 13 Februari 2018 di ruang kerjanya di SMP Negeri 4 Kabupaten Bolaang Mongondow, Sulawesi Utara. Kepala sekolah itu sempat 3 kali berpindah rumah sakit, karena luka yang dialaminya memang sangat parah.

Kejadian nahas ini bermula dari media sosial, di mana sejumlah murid asal sekolah tersebut menyebar isu bahwa di sekolah tersebut ditemukan murid perempuan yang membawa alat tes kehamilan dan kedapatan oleh guru.

 

Isu Sempat Viral

Foto kepala sekolah yang berdarah usai dihantam meja kaca viral beredar di media sosial. (dok. Instagram/JawaPos.com)

Sempat viral di Desa Lolak, Astri mencoba mencari tahu isu tersebut apakah benar. Tetapi, setelah ditelusuri, ternyata hal itu hanyalah isu yang dibuat oleh beberapa murid, termasuk anak dari pelaku penganiayaan Delmart Polikara.

Karena telah membuat keresahan dan mendapatkan protes keras dari orangtua anak yang difitnah di media sosial tersebut, Astri pun memanggil para penyebar isu dan memintakan surat pernyataan jika hal yang disebar tersebut adalah tidak benar.

Beberapa murid langsung membuat pernyataan tersebut. Sayangnya, anak pelaku rupanya tak datang untuk membuat pernyataan. Rupanya pelaku Delmart, tak ingin anaknya membuat pernyataan tersebut.

Puncaknya, pada Selasa pagi, Delmart bersama anaknya menghadap ke Astri. Astri yang tak menaruh curiga kemudian mengajak keduanya ke ruangan kepala sekolah, untuk memberikan penjelasan mengenai kesalahan yang dilakukan anak pelaku Delmart, di mana pihak sekolah menginginkan supaya dibuatkan surat pernyataan.

Wali Murid Naik Pitam

Foto kepala sekolah yang berdarah usai dihantam meja kaca viral beredar di media sosial. (dok. Instagram/Solopos.com)

Tetapi, belum selesai penjelasan, Delmart naik pitam. Dirinya langsung menggebrak meja kaca di ruangan tersebut hingga pecah. Serpihan kaca tersebut mengenai tangan Astri hingga robek.

Sudah terluka dan berdarah, Delmart bukannya menghentikan aksinya, dia justru mengambil kaki meja yang telah hancur dan memukul kepala, wajah dan tubuh Astri sebanyak empat kali.

Tak sampai di situ, Delmart kemudian mengambil pecahan kaca untuk ditusukan ke tubuh Astri. Beruntung, para guru yang mendengar adanya keributan sudah keburu berada di dalam ruangan dan menghentikan aksi Delmart yang kemudian langsung melarikan diri.

"Saya masih trauma. Saya dipukul berulang kali. Saya pikir saya tidak selamat," kata Astri Tampi saat ditemui di RSUP Prof Kandou Manado, setelah sebelumnya harus 2 kali berpindah dari Puskesmas Lolak lalu ke RSUD Datoe Binangkang sebelum dirujuk ke RUSP Prof Kandou di Manado.

Sementara, gerak cepat dilakukan Kepolisian Sektor Lolak, Bolaang Mongondow dan langsung mengejar Pelaku yang sempat bersembunyi. Pelaku kemudian diamankan dan sedang menjalani penyelidikan di Kepolisian Sektor Lolak, Bolaang Mongondow.

"Pelaku sudah kami tahan di Mapolsek Lolak," ujar Kapolsek Lolak AKP Suharno.

 

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Desainer Favorit Iriana Jokowi Bawa Tenun Payakumbuh ke London Fashion Week 

Posted: 16 Feb 2018 09:14 PM PST

Tenun Balai Panjang Payakumbuh, Sumatera Barat melenggang ke panggung catwalk London Fashion Week, Jumat, (16/2/2017). Desainer busana muslim asal Solo, Tuty Adib yang membawa kain wastra Nusantara ke pentas mode fashion dunia.

Tuty Adib menjelaskan alasan dirinya memilh tenun Balai Panjang Payakumbuh untuk shownya kali ini tak terlepas dari keinginannya mengangkat kekayaan kain Nusantara. Menurutnya, Tenun Payakumbuh kurang familiar di kalangan masyarakat. Payakumbuh lebih dikenal sebagai daerah perajin tenun.

"Biasanya yang lebih dikenal itu kain tenun Pandai Sikek Padang Panjang. Kalau Payakumbuh itu lebih sering menjadi perajinnya. Makanya dengan adanya penamaan Tenun Balai Panjang bisa menjadi karakteristik Payakumbuh," jelasnya jelang keberangkatan ke London, Kamis, (15/2/2017).

 

 

Inspirasi Baju Kurung

Desainer favorit keluarga Jokowi Tuty Adib memamerkan baju kurung (modest wear) dari tenun Payakumbuh ke ajang mode bergengsi London Fashion Week (Liputan6.com/Fajar Abrori)

Sementara itu, untuk tema koleksinya, desainer favorit keluarga Presiden Jokowi, Tuty Adib memilih insipirasi busana baju kurung basiba lengkap dengan penutup kepala tangkuluak. Busana ini merupakan baju adat Minangkabau. Keunikan dari busana ini adalah garis cutting di bagian bawah lengan yang berbentuk segitiga.

"Dari insipirasi baju kurung itu bisa dibuat modest wear (busana sopan). Misal dibuat outwear, long jacket, crop jacket,dan cardigan. Jadi baju kurung itu bisa dipakai secara universal," kata dia.

Tuty Adib tak sendirian dalam ajang ini. Ia bersama dengan empat desainer lain yang tergabung dalam Indonesia Modest Fashion Designer unjuk koleksi modest wear di Fashion Scout 2018 @London Fashion Week. Keempat temannya itu adalah Jenny Cahyawati, Ratu Sofia, Lia Afif, dan Dara Bira.

Indonesia Wakili Asia

Desainer favorit keluarga Jokowi Tuty Adib memamerkan baju kurung (modest wear) dari tenun Payakumbuh ke ajang mode bergengsi London Fashion Week (Liputan6.com/Fajar Abrori)

"Kami semua mengangkat Keindahan Kekayaan Wastra Nusantara sebagai tema besarnya. Kalau saya mengangkat tenun Payakumbuh. Nah, kebetulan ini pertama kali modest wear dari Indonesia bisa ke Fashion Scout. Dari Asia diwakili Indonesia," jelasnya.

Tuty sudah menyiapkan delapan koleksinya dalam jangka waktu enam hari untuk dipergakan di London. Bagi Tuty, keikutsertaannya ke dalam acara ini adalah untuk menunjukkan kekayaan kain Nusantara di Indonesia ke publik Eropa.

"Ini pembuatannya singkat, cuma enam hari. Sempat juga memutuskan tidak akan ikut. Tapi terus saya pikir-pikir ini kesempatan terbaik untuk menunjukkan kekayaan kain Nusantara," jelas dia. (Fajar Abrori)

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Fly In and Fly Out Technician, Solusi Baru yang Ditawarkan Porsche

Posted: 16 Feb 2018 09:10 PM PST

Bagi pemilik Porsche klasik di Indonesia yang punya keluhan pada mobilnya, kini tak perlu khawatir lagi. Marketing and PR Manager Porsche Indonesia, Andrew Worth, mengatakan pihaknya akan menerbangkan teknisi ke lokasi pemilik Porsche klasik yang bermasalah.

"Kalau Porsche Centre Jakarta sendiri ada teknisi yang bisa terbang ke lokasi. Fly in and fly out technician, kita kirim mereka, misalnya ada pemilik Porsche di Medan, kalau ada keluhan dan masalah dengan mobilnya, kita bisa kirim teknisi ke sana untuk diagnosa," kata Andrew di sela acara Porsche Classic, di kantornya, Kamis (15/2/2018).

Ia tak memungkiri masih banyak pemilik mobil Porsche klasik di luar Pulau Jawa yang sulit melakukan komunikasi langsung bila ada keluhan.

"Karena lokasi kita di sini, untuk komunikasi ke mereka juga agak susah. Nanti setelah teknisi ke sana, misalnya ada pesanan sparepart atau apa, kami kirim lagi teknisi untuk memperbaiki mobilnya setelah ada barangnya," ujarnya.

 

 

Selanjutnya

Porsche Centre Jakarta memberikan pelayanan untuk mobil-mobil Porsche klasik di seluruh Indonesia. (Yurike/Liputan6.com)

Porsche nantinya akan menerbangkan teknisi secara pergi-pulang(PP) karena harus melakukan pengecekan terhadap kerusakan yang ada pada mobil klasik tersebut.

"Kehadiran sparepart perlu waktu, kita kirim teknisi dulu tapi kalau bisa diperbaiki langsung di tempat itu lebih bagus. Kalau misalnya gak bisa dia pulang lagi, hingga sparepart datang, baru kirim teknisi kembali ke sana," jelasnya.

Andrew menegaskan sparepart untuk semua mobil Porsche termasuk mobil klasik, diimpor dari Jerman.

"Kualitas yang didapat, kita dapat dari mereka langsung dari Porsche AG. Keaslian dan kualitasnya yang sangat tinggi, pasti kami jaga untuk para pelanggan agar mendapatkan pelayanan terbaik," pungkasnya.

 

Simak Video Pilihan Berikut Ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Kala Pria AS 'Cinta' Musik Tradisional Indonesia, Ini Jadinya

Posted: 16 Feb 2018 09:01 PM PST

Palmer Keen adalah warga Amerika Serikat yang sebelumnya hanya mengetahui bahwa musik dari Indonesia hanyalah gamelan. Kini, dia melakukan perjalanan ke berbagai tempat di Nusantara untuk merekam dan menulis mengenai musik tradisional yang hampir punah dan menyebarkannya di media sosial.

Melalui websitenya, Aural Archipelago, sejauh ini pria yang tinggal di Yogyakarta itu sudah merekam lebih dari 100 musik tradisional Indonesia.

Pekan lalu, Palmer Keen berada di Melbourne bersama dengan rombongan budaya dari Kabupaten Wonosobo, Jawa Tengah, yang mendatangi beberapa kota di Australia untuk mempertunjukkan alat musik bundengan.

Selain memberikan cerita mengenai bundengan sebagai alat musik yang menurutnya sangat unik, Keen juga menjelaskan proyek pribadi yang dilakukannya dengan beberapa komunitas masyarakat Indonesia di Australia.

Dikutip dari ABC Australia Plus, Sabtu (17/2/2018), bundengan adalah alat musik tradisional yang dimainkan di sebuah tudung bambu yang digunakan oleh petani itik di dua kabupaten di Jawa Tengah Wonosobo dan Temanggung.

Secara tradisional, alat itu digunakan untuk melindungi petani dari cuaca, entah itu sengatan Matahari ataupun hujan.

Namun di beberapa bagian tudung seperempat lingkaran tersebut dipasang senar bambu, dan bagi mereka yang ahli menggunakannya, bisa mengeluarkan berbagai suara menyerupai perangkat gamelan.

Bundengan merupakan salah satu alat musik tradisional Indonesia sudah direkam oleh Palmer Keen dan masuk dalam situsnya aural archipelago.

 

Ketertarikan Keen terhadap Musik Indonesia

Ilustrasi Gamelan Jawa

Keen mengatakan bahwa ketertarikannya dengan musik Indonesia pertama kali bermula saat ia menjadi mahasiswa di Universitas California di Santa Cruz tahun 2009-2011. Di sana, ia menemukan seperangkat musik gamelan.

Setelah selesai kuliah, Keen tertarik untuk mencari tahu lebih banyak mengenai musik Indonesia dan kemudian mendapatkan pekerjaan sebagai guru bahasa Inggris di Bandung.

"Ketika saya datang, saya tidak bisa berbahasa Indonesia, tidak kenal siapapun, tidak tahu banyak mengenai Indonesia," kata dia.

Palmer pun melakukan perjalanan sebagai backpacker dengan membawa alat rekaman yang digunakannya untuk mengabadikan musik-musik tradisional Indonesia.

"Saya pada awalnya tidak lah sengaja mencari musik-musik yang sudah hampir punah. Namun kalau dilihat musik-musik tradisional ini memang banyak yang sudah hampir punah," ujar Keen.

"Biasanya sebelum melakukan perjalanan ke satu daerah saya akan mencari tahu dari internet, musik apa yang ada di daerah tersebut, dan kemudian mencari kontak."

"Biasanya mereka dengan senang hati kemudian bersedia bertemu," imbuh dia.

Sejak tiba di Indonesia di tahun 2012, Keen mengatakan dia sudah melakukan perjalanan ke lebih 20 provinsi untuk melakukan rekaman dan mencari informasi mengenai berbagai musik tradisional yang ada.

Uniknya, sejauh ini Keen melakukannya atas biaya sendiri.

Dokumentasi dengan Cara Unik

Muhibah Angklung 2018 (Liputan6.com/Pool/Muhibah Angklung)

Menurut Palmer Keen, merekam dan mengumpulkan informasi mengenai musik-musik tradisional Indonesia dan bahkan dunia tidaklah banyak dilakukan, meski ide tidak baru.

"Di tahun 1990-an, ada warga Amerika bernama Philip Yampolsky yang pernah merekam musik-musik Indonesia ke dalam 20 album rekaman," kata Keen.

Menurut Keen apa yang dilakukannya sekarang menggabungkan dokumentasi dengan internet dan media sosial merupakan hal yang unik karena orang lain bisa mendapatkan akses lebih cepat.

"Di bagian dunia lain saya tahu ada beberapa orang yang juga melakukannya. Saya tahu misalnya di Afrika ada Christopher Kirkley yang merekam musik di benua tersebut dalam proyek bernama Sahel Sounds."

"Juga ada seorang warga Prancis bernama Laurent Jeanneau, dengan proyeknya bernama Kink Gong melakukan hal yang sama merekam musik di Asia Tenggara," katanya lagi.

Palmer Keen mengatakan bahwa dalam pengalamannya selama beberapa tahun terakhir, ia bertemu dengan seniman Indonesia dalam proyek aural archipelago. Hal tersebut pun menurutnya telah memperkaya dirinya sendiri.

Dia sekarang tidak lagi menjadi guru bahasa Inggris, dan dua minggu lalu menikahi perempuan asal Indonesi. Bahkan sekarang tinggal di Yogyakarta.

 

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Tak Seindah Drama, 6 Fakta Mencengangkan Kehidupan Warga Jepang

Posted: 16 Feb 2018 09:00 PM PST

Siapa di antara kamu yang enggak tertarik dengan kebudayaan Jepang? Apalagi dengan dereta manga, anime dan drama populer, kamu pastinya ingin mengetahui bagaimana kehidupan masyarakat Jepang, di sana bukan?

Namun faktanya, kehidupan masyarakat Jepang enggak seindah yang kamu bayangkan lo. Berikut enam fakta mencengangkan kehidupan masyarakat Jepang yang bikin kamu tercengang.

1. Mayoritas Penduduk Jepang Atheis

Tahu enggak kalau mayoritas penduduk di Jepang adalah atheis alias tidak ber-Tuhan? Nah, seperti dilansir dari DW, sebagian besar penduduk Jepang menganut kepercayaan etnis Shinto alias agama para dewa.

Karena hal itulah, sekitar 31% penduduk Jepang bahkan mengklaim dirinya sebagai ather.

2. Hikikomori pada Kalangan Pria

Penderita Hikikomori menghabiskan waktunya di kamar. (Youtube)

Hikikomori dapat diartikan sebagai seseorang yang mengasingkan dirinya dari kehidupan sosial dan lebih memilih untuk tinggal di dalam rumah, bahkan kamarnya sendiri.

Setidaknya sekitar 7% laki-laki Jepang melakukan hikikomori. Umumnya hal ini diakibatkan para laki-laki kesulitan mencari pekerjaan dan lebih memilih bergantung pada orang tua.

3. Karyawan Boleh Tidur Siang di Kantor

Sejumlah pegawai saat tidur siang di mejanya masing-masing pada jam istirahat di kantornya, di Beijing, China, (21/4). Kegiatan tidur siang ini pemandangan biasa di kalangan pekerja kantoran di China. (REUTERS / Jason Lee)

Walaupun dinilai memiliki semangat kerja yang tinggi, para atasan memilih untuk memperbolehkan karyawan Jepang untuk tidur siang di kantor.

Selagi mereka dapat bekerja keras demi kemakmuran kantor, apa salahnya untuk tidur siang sejenak, kan?

4. Pekerja Tertidur di Jalanan

Tidur di jalanan ala orang Jepang? Ini kisah selengkapnya. (Foto: Instagram @sleeping.tokyo)

Nah, karena semangat kerjanya yang tinggi enggak mengherankan apabila para karyawan di sana memilih untuk lembur bahkan melebih waktu kerja normal.

Maka saat malam hari, kamu bakal menemukan banyak pekerja yang tertidur di tempat umum, seperti jalanan atau stasiun untuk beristirahat sejenak. Itu pemandangan yang biasa lo.

5. Adopsi Orang Dewasa untuk Warisan

Gara-gara kondom bergambar anime, ratusan pria Jepang antre untuk mendapatkannya. (twitter.com/kaztsu)

Budaya kerja yang tinggi menyebabkan banyak dari mereka memilih untuk enggak memiliki keturunan. Namun, apa jadinya dengan warisan yang nanti mereka tinggalkan?

Salah satu jalannya adalah dengan melakukan adopsi. Bukan adopsi anak-anak, melainkan orang dewasa untuk mewarisi bisnis yang bakal terus dijalankan olehnya.

6. Taat Peraturan dan Tertib

Citizen6, Jepang: Para pejalan kaki dan pengendara sepeda selalu menyebrang di zebra cross. (Pengirim: Fransiskus Pongky Seran)

Hal ini mungkin sudah umum kamu sadari dari kehidupan masyarakat Jepang. Orang Timur seperti di Jepang memegang teguh budaya dari leluhur mereka.

Salah satunya adalah dengan mematuhi tata tertib di mana pun mereka berada. Saat di jalan mereka akan patuh pada aturan lalu lintas atau sekadar antre saat berbelanja di swalayan.

Selengkapnya bisa kamu baca di: https://jalantikus.com/gokil/fakta-kehidupan-jepang/

 

 

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Alex Sandro Bakal Tinggalkan Juventus

Posted: 16 Feb 2018 09:00 PM PST

Rumor kepergian Alex Sandro dari Juventus kembali beredar. Pemain berkebangsaan Brasil tersebut dipercaya bakal meninggalkan Turin dalam waktu dekat.

Nama Alex Sandro selalu diperbincangkan dalam beberapa beberapa bursa terakhir. Dia dilaporkan masuk radar Chelsea.

"Saya bukan agen Alex Sandro. Tapi saya turut membantu negosiasi rencana transfernya ke Chelsea musim panas lalu," kata Federico Pastorello, dilansir Football Italia.

"Setelah membela Juventus beberapa tahun, dia mulai mencari tantangan baru dan Inggris adalah salah satu tujuan. Saya yakin bakal ada pergerakan lagi dalam waktu dekat," kata dia lagi.

Pastorello menyorot keengganan Alex Sandro memperpanjang kontrak dengan Juventus sebagai pertanda. Dia masih menjalani kontrak awal yang ditandatanganinya ketika dibeli dari FC Porto berdurasi lima tahun pada 2015.

Tawaran dari Inggris

Bek Juventus, Alex Sandro (kiri) berebut bola udara dengan pemain Fiorentina, Gil Dias saat bertanding pada lanjutan Liga Serie A Italia di stadion Atemio Franchi, Florence (9/2). Juventus menang 2-0. (AFP Photo/Filippo Monteforte)

Chelsea dilaporkan menawar 70 juta euro bagi Sandro. Selain The Blues, Manchester City dikabarkan juga menginginkan jasanya.

Minat dua klub Inggris itu disinyalir memengaruhi kinerjanya di lapangan. Alex Sandro baru tampil di 25 laga, mencetak dua gol dan enam assist.

Fokus ke Juventus

Berbeda dengan Pastorello, Alex Sandro menyatakan fokusnya sepenuhnya tertuju ke Juventus. Dia bahkan mengaku tidak pernah mendengar rumor di media.

"Saya masih punya dua tahun di kontrak. Saya puas dengan kinerja sejauh ini. Saya ingin tampil bagus bersama Juventus dan masuk skuat Piala Dunia 2018," ungkapnya.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Kerja Sabu di Tubuh Dhawiya Zaida dan Roro Fitria, Bikin Happy

Posted: 16 Feb 2018 09:00 PM PST

Dhawiya Zaida, anak dari pedangdut senior Elvy Sukaesih, menambah satu lagi daftar artis yang ditangkap karena narkoba jenis sabu.

Dhawiya ditangkap pihak berwajib bersama calon tunangan dan kakaknya di kawasan Cawang, Jakarta Timur, pada Jumat, 16 Februari 2018. ‎Dari kamar Dhawiya Zaida, polisi mendapati sabu seberat 0,45 dan 0,49 gram.

Lagi-lagi sabu, narkoba yang menyeret para artis ke penjara. Sebelum Dhawiya Zaida, Fachri Albar dan Roro Fitri juga ditangkap karena sabu.

Fachri Albar kedapatan menyimpan narkoba jenis sabu, dumolid, dan ganja, sedangkan Roro Fitria hanya sabu saja.

 

Bicara lebih jauh tentang narkotika, obat terlarang, serta zat adiktif/psikotropika (narkoba), Anda tentu tahu bahwa semua itu tidak memiliki efek apa-apa bagi kesehatan Anda.

Tidak hanya bagi kesehatan fisik, obat-obatan ini juga berdampak buruk bagi kesehatan mental, tidak terkecuali sabu yang dipakai Dhawiya Zaida, Fachri Albar, dan Roro Fitria.

Klik Dokter

 

Narkoba Jenis Sabu dalam Dunia Kesehatan

Roro Fitria ditangkap saat Valentine juga karena narkoba jenis sabu (Instagram/roro.fitria1989)

Dalam dunia medis, ada beberapa jenis dari obat-obatan ini yang dipakai untuk menangani pasien tertentu. Namun, perlu ditegaskan bahwa obat-obatan ini bukan untuk dikonsumsi secara umum atau bebas di kalangan masyarakat.

Sayangnya, masih ada warga yang menggunakan obat-obatan ini untuk kesenangan belaka. Salah satu yang paling sering dikonsumsi adalah methamphetamine yang berbentuk kristal seperti gula.

Jenis narkotika yang dikenal dengan sabu ini memiliki pengaruh yang kuat terhadap saraf.

Methamphetamine atau sabu dapat menstimulasi susunan saraf pusat, sehingga menimbulkan efek euforia, peningkatan suasana (mood) dan percaya diri, serta menambah daya konsentrasi.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Berat Hati, Sehun EXO Harus Tolak Hadiah dari Penggemar

Posted: 16 Feb 2018 09:00 PM PST

Sehun, member EXO yang menempati posisi tersendiri di hati penggemar menjelaskan lewat media sosialnya, tak mau menerima hadiah dari fans.Sehun merasa hadiah dari penggemar telah cukup banyak.

Kemungkinan beberapa barang tak ia gunakan. Dengan berat hati, Sehun mengatakan, lebih baik hadihanya diberikan kepada orang yang membutuhkan, dilansir dari KoreaBoo, Sabtu (17/2/2018).

Curahan Hati Sehun

Sehun EXO (Foto: allkpop.com)

"Hi, ini Sehun. Aku harap kalian tetap merasa hangat di tengah cuaca yang dingin ini. Sudah cukup lama, aku tidak pernah menuliskan sesuatu untuk EXO-L," tulis Sehun.

"Hari ini, aku ingin berbagi beberapa hala dengan kalian. Seustu yang aku pikirkan sejak lama sekali. Aku tahu, banyak sekali cinta dan perhatian yang kalian berikan untukku."

Ingin Berbagi

Sehun EXO (Soompi)

"Dengan alasan itu, aku merasa ada baiknya kita juga berbagi dengan orang lain. Bisakah perhatian dan cinta dari kelian juga kalian bagi kepada dunia?"

"Aku hanya merasa ingin menjadi orang yang lebih baik setiap mendapatkan kesempatan. Aku menyarankan, kita berbagi cinta."

Lebih Bahagia

Pengguna internet atau yang disebut netizen mengaggumi sosok Sehun di dunia nyata.

"Aku yakin kita bisa melakukannya. Itu membuat kita semua lebih bahagia. Ada beberapa orang yang memang lebih membutuhkan."

"Mulai dari sekarang atau di hari ulang tahunku, aku tidak berharap mendapatkan hadiah dari kalian. Lewat ucapan saja sudah cukup buatku,' Sehun menambahkan.

Sibuk Drama

Sungguh menyedihkan, sebutan penyanyi yang tak bisa menyanyi jatuh ke tangan Sehun `EXO`.

Sementara itu, Sehun secara perdana mendapatkan peran di drama terbaru Dokgo Rewind, diwartakan The Korea herald. Sehun langsung berakting sebagai kartakter utama.

Sehun tidak akan memerankan karakter sebagai prince charming, tapi anak sekolah yang keras. Drama ini menampilkan banyak adegan laga, diwartakan The Korea Herald.

Saksikan video berikut ini

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Top 3 Tekno: Daftar Gim Jadul PS1 Paling Dicari

Posted: 16 Feb 2018 09:00 PM PST

Artikel tentang 10 gim jadul PS1 (PlayStation 1) yang paling hits, menjadi artikel terpopuler kanal Tekno Liputan6.com edisi Jumat (16/2/2018).

Tak cuma itu, artikel soal video unboxing Nokia 2 dan pernyataan Advan soal G2 yang mirip dengan iPhone ternyata juga paling banyak dicari pembaca.

Untuk lebih lengkap, simak ketiga artikel tersebut di bawah ini.

1. 10 Gim PS1 Terlaris, Mana yang Pernah Kamu Mainkan?

Metal Gear Solid (PS1) | via: buzzfeed.com

3 Desember 1994, Sony menggebrak industri gim dengan merilis konsol pertama dan terpopuler di dunia, yakni PlayStation (PS1 atau PSX).

Sejak diluncurkan hingga sampai akhir produksinya pada 23 Maret 2006, konsol PlayStation berhasil terjual sebanyak 100 juta unit di dunia.

Bagi anak-anak muda yang dulu tidak mempunyai PS1, mereka memilih pergi ke tempat rental untuk menghabiskan waktu selama berjam-jam hanya untuk bermain gim.

Jenis gim yang dimainkan pun beraneka ragam, mulai dari permainan sepak bola, balapan, fighting sampai simulasi mengurus pertanian warisan keluarga.

Tanpa berpanjang lebar, berikut adalah 10 gim PlayStation yang paling laris sepanjang masa.

Selengkapnya baca di sini

2. Unboxing Nokia 2, Smartphone Murah dengan Baterai 4.100mAh

Penampakan Nokia 8. Liputan6.com/ Agustinus Mario Damar

Salah satu smartphone Nokia yang cukup mencuri perhatian adalah Nokia 2. Bagaimana tidak, produk ini hadir dengan nilai yang dimilliki oleh seri ponsel Nokia. Salah satunya adalah daya tahan baterai yang ditawarkan.

"Smartphone ini didukung baterai 4.100mAh yang dapat bertahan hingga dua hari dalam sekali pengisian daya. Hal itu yang menjadi nilai lebih dari smartphone ini," tutur Country Manager HMD Global Indonesia Mark Trundle.

Selengkapnya baca di sini

3. Advan: G2 Mirip iPhone Bukan Tanpa Alasan

Product Specialist and Training Development Advan, Edy Supartono dan Marketing Director Advan, Tjandra Lianto di Jakarta, Kamis (15/2/2018). Liputan6.com/ Agustinus Mario Damar

Advan baru saja mengumumkan smartphone terbarunya yang siap rilis, G2. Salah satu yang menonjol dari penerus Advan G1 ini adalah desainnya yang menyerupai iPhone 6 Plus.

Ternyata, desain G5 yang mirip dengan smartphone besutan Apple itu bukan tanpa alasan. Menurut Product Specialist and Training Development Advan, Edy Supartono, kemiripan ini memang disengaja.

Selengkapnya baca di sini

(Jek/Isk)

Saksikan Video Pilihan Berikut Ini:

 

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

VIDEO: Heboh Daging Sushi Bergerak Saat Akan Dimakan

Posted: 16 Feb 2018 09:00 PM PST

Seorang pembeli di Jepang tetap memakan sushi meski ia menemukan daging tersebut masih bergerak .

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Bentuk Celana Dalam Ungkap Kepribadian Anda

Posted: 16 Feb 2018 09:00 PM PST

Celana dalam menjadi pakaian yang menunjang kenyamanan seseorang dalam berpakaian. Dilansir dari Boldsky pada Sabtu  (17/2/2018), ada perbedaan cara dari setiap orang dalam menggunakan celana dalam. Perbedaan pengunaan celana dalam ini ternyata mampu menjelaskan kepribadian Anda. Penasaran? Simak informasinya berikut ini.

1. Bikini

Ilustrasi bikini. (iStock)

Ini adalah desain celana dalam yang cukup disukai oleh wanita. Biasanya dipakai untuk kegiatan di arena pantai atau sporty. Wanita yang suka menggunakan bikini merupakan tipe wanita yang sangat nyaman dengan tubuh mereka sendiri. Di sisi lain, wanita ini yang suka memakai bikini dinilai sebagai pribadi yang santai dan juga praktis.

2. Cheeky Panty

Orang-orang yang suka memakai cheeky panty pada umumnya sangat waspada, cerdas, dan juga lucu. Mereka juga nampak cepat untuk menanggapi lelucon. Selain itu mereka juga dikenal menawan.

3. T-String

Orang-orang ini sangat nyaman dengan kulit mereka sendiri. Orang yang memakai celana dalam bentuk ini adalah pribadi yang teratur, percaya diri, dan juga mandiri. Mereka tidak ragu untuk memamerkan apa yang mereka miliki. Sementara bagi laki-laki, dikatakan sebagai pribadi yang menonjolkan kekayaan mereka.

5. Hipster

Panty "hipster" adalah perpaduan antara celana pendek dan celana dalam. Jenis celana dalam ini biasanya dipakai oleh individu yang tertutup dan pendiam. Menilai individu ini menjadi sangat sulit karena mereka bisa mengejutkan Anda dengan lapisan kepribadian mereka yang lain.

6. Boy short

Bentuk celana dalam ini biasanya dipakai oleh individu yang memiliki kepribadian outgoing. Mereka sangat suka hal-hal sporty dan atletis. Mereka sangat suka terlibat dalam kegiatan di luar ruangan.

7. High waist

Jenis celana dalam ini menggambarkan pribadi yang mudah bergaul dan bersenang-snang. Orang-orang ini sama sekali tidak terlalu peduli dengan pendapat orang lain. Mereka diketahui memiliki kemampuan bawaan yang menghibur orang lain di sekitar mereka.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Soal UU MD3, Pengamat: DPR Tak Pernah Ramah dan Peduli Kritik

Posted: 16 Feb 2018 08:54 PM PST

Pengesahan revisi Undang-undang Nomor 17 Tahun 2014 tentang MPR, DPR, DPD atau sering disebut UU MD3 terus menuai polemik dari sejumlah kalangan. DPR bahkan mendapat penilaian sebagai wakil rakyat yang licik hingga paling cerdas sepanjang sejarah.

Peneliti dari Forum Masyarakat Peduli Parlemen Indonesia (Formappi) Lucius Karus mengatakan, pihaknya menyoroti soal proses pembahasan RUU MD3 yang telah digulirkan sejak 2016. Partisipasi publik sangat tidak kelihatan dalam pembahasan ini.

"Saya melihat ada strategi cukup licik dari DPR," ujar Lucius dalam sebuah diskusi bertajuk 'Benarkah DPR Nggak Mau Dikritik?' di kawasan Cikini, Menteng, Jakarta Pusat, Sabtu (17/2/2018).

Penilaian tersebut cukup beralasan. Sebab selama dua tahun pembahasan RUU MD3, DPR hanya fokus menampakkan soal bagi-bagi kursi. Tidak pernah disinggung soal isu lain.

Justru isu-isu yang sangat krusial baru dimunculkan ke publik sekitar seminggu sebelum RUU MD3 disahkan melalui sidang Paripurna DPR.

Isu tersebut antara lain, soal pemanggilan paksa dan pemidanaan terhadap pihak yang merendahkan DPR.

Sehingga isu krusial tersebut tidak mendapatkan porsi cukup banyak dibahas di publik dan langsung disahkan. Maka tak heran, jika ada pihak yang langsung menggugat UU MD3 ke Mahkamah Konstitusi beberapa hari setelah disahkan DPR.

Lucius melihat, ada persoalan serius di DPR terkait pengesahan RUU MD3 ini. DPR yang dinilai anti terhadap kritik memformulasikan sedemikian rupa melalui sebuah undang-undang untuk mengukuhkan sikapnya tersebut.

"Memang DPR tidak pernah ramah, bahkan tidak peduli dengan kritik," kata dia.

 

Dianggap Cerdas

Suasana Rapat Paripurna Pengesahan RUU MD3 menjadi UU di gedung Parlemen, Senayan, Jakarta, Senin (12/2). Rapat Paripurna DPR resmi mengesahkan RUU No 17/2014 tentang MPR, DPR, DPRD dan DPD menjadi Undang Undang. (Liputan6.com/Johan Tallo)

Hal berbeda disampaikan Analis Komunikasi Politik Universitas Paramadina, Hendri Satrio. Dia justru menilai langkah DPR mengesahkan RUU MD3 ini sebagai hal yang sangat cerdas.

"Saya nggak setuju sama bang Lucius yang bilang DPR licik. Menurut saya DPR sekarang ini paling cerdas sepanjang sejarah. Karena mereka tahu bagaimana cara melindungi diri. Ini belum ada dalam sejarah," ucap Hendri.

Dalam kasus ini, Hendri melihat DPR tidak sepenuhnya antikritik. Apalagi sejauh ini sudah ada tiga partai politik yang menyatakan tidak mendukung pengesahan RUU MD3 itu. Yakni PPP dan Nasdem yang lebih dulu melakukan walk out (WO). Dan pernyataan Presiden PKS Sohibul Iman.

"PKS ini jago juga komunikasinya, dia bilang, sebenarnya kami menolak cuma karena ada miskomunikasi antara DPP dan Fraksi. Ini cerdas juga," dia menandaskan.

 Saksikan Video Pilihan Berikut Ini: 

 

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Cagub Khofifah, Imlek, dan Pesan Khusus Gus Dur

Posted: 16 Feb 2018 08:46 PM PST

Calon Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa mengisi libur Imlek dengan mengunjungi Festival Jajanan dan Kampoeng Petjinan Surabaya, Jumat, 16 Februari 2018.

Khofifah mengatakan, Imlek membawa kenangan erat pada sosok Presiden ke-4 RI Abdurrahman Wahid atau Gus Dur.

"Setiap perayaan Imlek, kita tidak bisa melupakan sosok Gus Dur yang mengambil keputusan agar tahun baru Imlek menjadi hari libur," kata Khofifah, Jumat.

Menurut dia, momen Imlek selalu menjadi refleksi untuk memahami bahwa Indonesia ini sangat beragam. Memaknai cinta negeri, menurut Khofifah, adalah menjaga persatuan dan persaudaraan di tengah keberagaman.

"Kebersamaan harus diikat, pengikatnya adalah Pancasila," ucap Khofifah.

Khofifah juga menyampaikan pesan Gus Dur sebelum meninggal dunia kepada dirinya. Menurut dia, Gus Dur semasa hidupnya telah mempersonifikasikan dirinya sebagai Bapak Kemanusiaan yang menghormati seluruh perbedaan dan keberagaman di Indonesia.

Gus Dur memberi penghormatan dan apresiasi terhadap kultur-kultur yang ada di Indonesia, termasuk Imlek.

"Dua tahun sebelum Gus Dur wafat, Beliau berpesan kepada saya agar kelak di batu nisannya diberi tulisan The Humanist Died Here," tutur Khofifah.

Pesan Gus Dur itu oleh Khofifah tidak pernah disampaikan kepada siapa pun.

"Apalagi waktu itu Gus Dur masih hidup. Enggak enak-lah, masak mau menyampaikan soal kematian kepada orang lain," kata Khofifah.

Namun, Gus Dur kembali menyampaikan pesan yang sama pada sekitar dua bulan menjelang kematiannya.

"Lalu, H-2 menjelang Gus Dur wafat, Beliau kembali mengingatkan agar di batu nisannya diberi tulisan The Humanist Died Here," ucap Khofifah.

Testimoni 2014

Cagub Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa (Liputan6.com/ Dian Kurniawan)

Gus Dur meninggal dunia di usia 69 tahun pada 30 Desember 2009 dan dikebumikan di Jombang, Jawa Timur. Khofifah pun kebingungan bagaimana cara menyampaikan pesan Gus Dur yang praktis sesudah kematiannya telah menjadi wasiat.

"Saya telepon Pak Alwi Sihab, Pak Machfud MD, dan juga Cak Ali Maskur Musa. Saya tanyakan apakah Gus Dur pernah berpesan terkait tulisan di batu nisannya. Ternyata tidak pernah menyampaikan pesan apa-apa kepada mereka, yang artinya pesan itu cuma diwasiatkan Gus Dur kepada saya," ujar Khofifah.

Khofifah khawatir, kalau dia menyampaikan wasiat itu kepada masyarakat, takut dikira mengada-ada. Hingga akhirnya mantan Menteri Sosial itu diberi kesempatan memberikan testimoni pada Haul Gus Dur ke-5 pada tahun 2014.

"Pada perayaan haul Gus Dur di tahun-tahun sebelumnya, saya memang tidak pernah dijadwalkan tampil memberikan testimoni," tutur Khofifah.

Dalam kesempatan memberikan testimoni itulah, yang podiumnya berdiri tepat di samping makam Gus Dur, Khofifah melontarkan pesan agar di batu nisannya diberi tulisan The Humanist Died Here.

Wasiat Gus Dur itu akhirnya terealisasi pada Syawal tahun lalu.

"Sekarang sudah terpampang tulisan di batu nisan Gus Dur, bukan The Humanist Died Here, tapi Here Rest a Humanist, yang menandakan di sini Bapak Kemanusiaan beristirahat," ujar Khofifah.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

FOTO: Gempa Kuat 7,2 SR Guncang Meksiko, Warga Panik Berhamburan

Posted: 16 Feb 2018 08:45 PM PST

Orang-orang berkumpul diluar gedung di sepanjang Reforma Avenue setelah terjadi gempa di Mexico City, Meksiko (16/2). Pusat gempa berada di lokasi 37 kilometer timur laut Pinotepa de Don Luis, Oaxaca. (AP Photo/Marco Ugarte)

Orang-orang berkumpul diluar gedung di sepanjang Reforma Avenue setelah terjadi gempa di Mexico City, Meksiko (16/2). Pusat gempa berada di lokasi 37 kilometer timur laut Pinotepa de Don Luis, Oaxaca. (AP Photo/Marco Ugarte)

Sejumlah pasien dievakuasi dari sebuah gedung rumah sakit saat terjadi gempa kuat di Veracruz, Meksiko (16/2). Gempa bumi berkekuatan 7,2 Skala Richter (SR) mengguncang Meksiko. (AP Photo/Felix Marquez)

Sejumlah pasien dievakuasi dari sebuah gedung rumah sakit saat terjadi gempa kuat di Veracruz, Meksiko (16/2). Gempa bumi berkekuatan 7,2 Skala Richter (SR) mengguncang Meksiko. (AP Photo/Felix Marquez)

Ratusan siswa berkumpul di tempat terbuka saat dievakuasi setelah terjadi gempa di Veracruz, Meksiko (16/2). Belum ada laporan korban jiwa akibat gempa terbaru yang mengguncang pada Jumat (16/2) waktu setempat ini. (AP Photo/Felix Marquez)

Ratusan siswa berkumpul di tempat terbuka saat dievakuasi setelah terjadi gempa di Veracruz, Meksiko (16/2). Belum ada laporan korban jiwa akibat gempa terbaru yang mengguncang pada Jumat (16/2) waktu setempat ini. (AP Photo/Felix Marquez)

Seorang pasien dievakuasi dari sebuah rumah sakit saat terjadi gempa kuat di Mexico City, Meksiko (16/2). Di Mexico City, gedung-gedung bertingkat bergoyang selama lebih dari semenit akibat gempa ini. (AFP Photo/Pedro Pardo)

Seorang pasien dievakuasi dari sebuah rumah sakit saat terjadi gempa kuat di Mexico City, Meksiko (16/2). Di Mexico City, gedung-gedung bertingkat bergoyang selama lebih dari semenit akibat gempa ini. (AFP Photo/Pedro Pardo)

Sejumlah pasien dievakuasi dibawa keluar gedung rumah sakit saat terjadi gempa kuat di Veracruz, Meksiko (16/2). Pusat gempa berada di lokasi 37 kilometer timur laut Pinotepa de Don Luis, Oaxaca. (AP Photo/Felix Marquez)

Sejumlah pasien dievakuasi dibawa keluar gedung rumah sakit saat terjadi gempa kuat di Veracruz, Meksiko (16/2). Pusat gempa berada di lokasi 37 kilometer timur laut Pinotepa de Don Luis, Oaxaca. (AP Photo/Felix Marquez)

Suasana kepanikan warga saat terjadi gempa di kuat di Mexico City, Meksiko (16/2). Warga setempat yang panik berlarian keluar gedung dan berkumpul di jalanan. (AP Photo / Rebecca Blackwell)

Suasana kepanikan warga saat terjadi gempa di kuat di Mexico City, Meksiko (16/2). Warga setempat yang panik berlarian keluar gedung dan berkumpul di jalanan. (AP Photo / Rebecca Blackwell)

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Persib Masih Cari Tempat Pemusatan Latihan

Posted: 16 Feb 2018 08:45 PM PST

Persib Bandung terpaksa mencari fasilitas lain setelah kesulitan menemukan tempat latihan yang memadai. Maung Bandung terpaksa melakukannya demi menjalankan program yang disusun pelatih Mario Gomez.

Pemusatan latihan di luar Bandung selama ini menjadi solusi. Persib menggelar pemusatan latihan di Yogyakarta, Batam, dan Jepara untuk mengasah kemampuan.

Kabar teranyar menyatakan Maung Bandung bakal kembali menggelar pemusatan latihan di Ciamis pekan depan. Namun, pelatih kiper Persib, Anwar Sanusi, mengatakan sampai saat ini pihaknya belum bisa memastikan rencana tersebut.

"Saya belum tahu karena itu belum finalisasi. Kita ingin ada lapangan bagus untuk berlatih dan kemungkinan adanya ada di luar," kata dia.

Jadwal Uji Coba

Selain itu, wacana laga uji coba juga masih disusun. Beberapa tim telah mengajukan permintaan agar bisa menjajal kemampuan dengan klub juara ISL 2014 itu.

Bahkan undangan dari tim kontestan Liga 1 telah diterima. Terkait hal tersebut, manajemen dan pelatih kepala belum memberikan keputusan.

Salah satu pertimbangan adalah keinginan Persib menjajal lawan sepadan. "Tunggu saja beritanya karena kita juga belum bisa pastikan jadwal uji coba. Ya mudah-mudahan dalam waktu dekat ada lawan yang setara dengan kita," jelasnya.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

BPOM Cabut Izin Edar Obat Albothyl

Posted: 16 Feb 2018 08:40 PM PST

Badan Pengawasan Obat Dan Makanan (BPOM) telah mencabut izin edar obat Albothyl, karena mempunyai efek samping membahayakan. Namun, hingga saat ini obat yang kerap digunakan untuk obat sariawan ini masih beredar.

Peredaran obat Albothyl hingga saat ini masih dapat ditemukan di Pasar Pramuka, Jakarta Timur. Menurut salah satu pedagang obat, hingga saat ini mereka belum mendapatkan pemberitahuan secara resmi dari BPOM, terkait pencabutan edar obat Albothyl.

Saksikan berita selengkapnya di Liputan6 Siang SCTV, Sabtu (17/2/2018), pukul 12.00 WIB di tautan ini.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Urusan Pacar, Dhawiya Sempat Berseteru dengan Elvy Sukaesih

Posted: 16 Feb 2018 08:40 PM PST

Dhawiya mengakui hubungannya dengan sang ibunda, Elvy Sukaesih, sempat merenggang karena masalah pacar. Hal tersebut diketahui lewat sebuah acara di televisi, tahun lalu.

Dalam tayangan itu Dhawiya mengaku bahwa di awal hubungannya dengan kekasinya tersebut, Dhawiya belum berani mengenalkan kekasihnya kepada ibunda.

"Bukan pacar sih, ya apalah namanya yang lebih pantas aja. Enggak lama sih (hubungannya), belum lama. Justru karena belum lama. Sempat (dikenalin), mungkin belum berjabat tangan secara langsung. Tapi sudah mengenalkan sosoknya," kata Dhawiya pada saat itu.

Banyak Syarat

Putri ratu dangdut Elvy Sukaesih, Dhawiya Zaida. (Instagram@Dhawiya Zaida)

Lebih lanjut, Dhawiya mengaku kalau permintaan ibunda cukup banyak terkait sosok kekasih yang akan menjadi pendampingnya kelak. Hal tersebut yang membuat Dhawiya tidak percaya diri mengenalkan sosok kekasihnya tersebut kepada Elvy Sukaesih.

Lampu Hijau

Dhawiya Zaida dan Elvy Sukaesih. (Instagram/dhawiyazaida)

"Karena belum ada lampu hijau (dari Elvy Sukaesih). Soalnya dia (Elvy) itu kan persyaratannya lumanyan (banyak) ya," katanya lagi.

Merenggang

Dhawiya - Elvy Sukaesih

Dari situ kemudian hubungan antara Dhawiya dengan Elvy sedikit kurang baik.

"(Gosip merenggang) Mungkin ada benarnya, tapi enggak separah itu," kata Dhawiya lagi. 

Ditangkap

Dhawiya Zaida ditangkap atas dugaan penyalahgunaan narkoba (istimewa)

Saat ini, Dhawiya bersama kekasihnya, serta tiga anggota keluarga Dhawiya lain diamankan kepolisian karena kasus narkoba.

Diketahui, pria yang dekat dengan Dhawiya itu bernama Muhammad. Namun belum bisa dipastikan apakah pria ini yang dimaksud Dhawiya sebagai kekasih hati yang belum direstui sang bunda.

Saksikan video menarik berikut ini

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

BTN Bakal Kembali Salurkan KPR Skema FLPP

Posted: 16 Feb 2018 08:31 PM PST

Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) melalui Direktorat Jenderal Pembiayaan Perumahan memastikan PT Bank Tabungan Negara Tbk (BTN) akan kembali menyediakan Kredit Pemilikan Perumahan (KPR) pada 2018.

Penyaluran KPR itu dengan skema Fasilitas Likuiditas Pembiayaan Perumahan (FLPP)

Direktur Jenderal Pembiayaan Perumahan Kementerian PUPR Lana Winayanti mengatakan, Kementerian PUPR akan menandatangani kesepahaman (memorandum of understanding/Mou) dengan BTN dalam waktu dekat ini untuk merealisasikan hal tersebut.

"Iya, BTN balik lagi (biayai lewat FLPP). Jadi nanti BTN akan menyusul MoU-nya," kata Lana, di Jakarta, Sabtu (17/2/2018).

Lana mengungkapkan, pihaknya akan mengatur mengenai besaran dan skema penyaluran FLPP yang ditangani BTN. Hal itu mengingat sudah ada 40 bank yang melakukan penandatanganan MoU untuk menyalurkan FLPP.

"Bisa, tapi memang kami akan atur supaya bank-bank lain ini FLPP-nya tidak terganggu. Karena begitu, BTN masuk biasanya akan diserap ya jadi itu akan diatur," ujar dia.

Menteri PUPR Basuki Hadimuldjonon juga telah memberikan ruang bagi BTN untuk kembali menyalurkan Kredit Pemilikan Rumah (KPR) bersubsidi, melalui skema Fasilitas Likuiditas Pembiayaan Perumahan (FLPP) mulai tahun ini.

Sebelumnya BTN hanya diperbolehkan menyalurkan KPR bersubsidi dengan skema Subsidi Selisih Bunga (SSB).

"Jadi, kalau fasilitas KPR Subsidi, apakah itu SSB atau FLPP atau Tapera, bank boleh memanfaatkannya termasuk BTN," ujar Basuki.

Basuki menegaskan, tidak ada larangan bagi bank manapun yang sudah ikut skema SSB untuk tidak boleh menyalurkan KPR bersubsidi dengan skema FLPP. Bahkan untuk hal itu, dia mengaku sudah berkonsultasi dengan Menteri Keuangan.

"Mengenai plafon, tergantung kesanggupan masing-masing bank. Siapa saja boleh memanfaatkan, BCA, BRI, BPD, dan BTN, silakan," kata dia.

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

 

Ilustrasi Foto Property Rumah (iStockphoto)

Direktur Utama BTN Maryono mengapresiasi langkah pemerintah, dalam hal ini Kementerian PUPR yang kembali memberikan perseroan menyalurkan KPR bersubsidi melalui skema FLPP tahun ini.

Pihaknya pun berharap BTN pada semester II 2018 sudah bisa ikut menjadi penyalur KPR FLPP.

"Saat ini proses pengajuan menjadi penyalur KPR FLPP sedang dalam proses oleh kementerian terkait," tutur dia.

Masuknya BTN ke dalam skema KPR FLPP bisa mendukung program Satu Juta Rumah yang dicanangkan pemerintahan Joko Widodo. Pada 2017 dari sektor perumahan, Kementerian PUPR telah membangun rumah susun, rumah khusus, rumah swadaya, dan dukungan pembiayaan.

Target rusun 13.253 unit tercapai 13.251 unit, target rumah khusus 5.038 unit tercapai 5.047 unit, target rumah swadaya 110.000 tercapai 112.732 unit, dan target dukungan pembiayaan melalui FLPP dan Subsidi Selisih Bunga serta Subsidi Bantuan Uang Muka dapat membiayai 609.623 unit tercapai 461.689 unit.

Sedangkan BTN hingga akhir 2017 telah menyalurkan KPR Rp144 triliun (audited) atau naik 23,26 persen secara tahunan (year-on-year/ yoy) dari Rp117 triliun pada periode sama tahun sebelumnya.

Dalam mendukung program Satu Juta Rumah pun, hingga akhir tahun lalu, BTN telah menyalurkan kredit sekitar Rp71,34 triliun untuk 666.806 unit rumah. Realisasi tersebut tercatat mencapai 100,12 persen atau melebihi target BTN pada 2017 sebesar 666.000 unit rumah.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Calon Menantu Elvy Sukaesih Pengedar Narkoba Kelas Kakap?

Posted: 16 Feb 2018 08:30 PM PST

Polisi kembali mengungkap kasus narkoba di kalangan selebritas. Setelah menangkap Fachri Albar dan Roro Fitria, Ditresnarkoba Polda Metro Jaya kali ini menciduk anak-anak Elvy Sukaesih, yakni Dhawiya Zaida, Syechans, dan Ali Zaenal Abidin di kediamannya di kawasan Cawang, Jakarta Timur, Jumat (16/2/2018).

Ironisnya, ‎polisi juga mengamankan menantu Elvy Sukaesih, Chauri Gita, yang tengah hamil enam bulan.

"Chauri Gita kondisinya sedang hamil enam bulan," kata Kabid Humas Polda Metro Jaya, Kombes Pol Argo Yuwono, di Polda Metro Jaya, Jakarta Selatan, Jumat (16/2/2018).

Inilah cerita ironis keluarga Elvy Sukaesih.

 

Ditangkap

Kronologi penangkapan berawal dari informasi bahwa kekasih Dahlia sering kali melakukan transaksi narkotika di seputaran Cawang. Kemudian tim pun melakukan pemantauan dan melihat ciri-ciri yang dimaksud. (Istimewa)

Kasus ini bermula dari penangkapan polisi terhadap Muhammad yang merupakan ‎kekasih sekaligus tunangan Dhawiya Zaidah. Dari tangan Muhammad, polisi berhasil mendapati barang bukti berupa 0,38 gram sabu yang disembunyikan di ikat pinggang.

Penyelidikan Polisi

Saat ditangkap pihak berwajib, Dhawiyah tak sendiri. Kala itu, ia bersama sang kekasih Muhammad, sang kakak, Syehan dan Ali Zaenal dan kakak iparnya, Chauri Gita. (Istimewa)

Muhammad rupanya sudah masuk radar kepolisian. Kabarnya, ia merupakan pengedar kelas kakap yang biasa mengedarkan n‎arkoba di kawasan Cawang. Namun hal itu masih dalam penyelidikan polisi.

Laporan Masyarakat

Dhawiya yang merupakan anak bungsu Elvy Sukaesih tersebut ditangkap di rumahnya, di Cawang, Jakarta Selatan pada Jumat (16/2/2018) pukul 00.30 WIB. (Istimewa)

"Awalnya mendapat info masyarakat bahwa tersangka Muhammad sering melakukan transaksi narkotika di seputaran Cawang," ujar Kombes Pol Argo Yuwono.

Pemeriksaan Intensif

Anak Elvy Sukaesih ditangkap karena kasus narkoba. (istimewa)

Hingga kini polisi masih melakukan pemeriksaan intensif terhadap Dhawiya Zaidah, Syechans, Ali Zaenal Abidin, Chauri Gita dan Muhammad. (Ras)

Saksikan video menarik berikut ini

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Final Piala Presiden: Bali United Merasa Tertantang Bertanding di Depan Jakmania

Posted: 16 Feb 2018 08:30 PM PST

Bali United merasa tertantang bertanding di hadapan suporter Persija Jakarta, Jakmania, pada babak final Piala Presiden 2018. Bentrok kedua tim akan tersaji pada Sabtu (17/2/2018) di Stadion Utama Gelora Bung Karno (SUGBK), Senayan.

Bukan rahasia umum lagi kalau SUGBK merupakan homebase Persija. Ditambah, tim berjuluk Macan Kemayoran ini akan mendapat motivasi berlipat dari dukungan Jakmania.

Meski begitu, Bali United tidak takut. Kesebelasan berjuluk Serdadu Tridatu ini juga tidak menganggap merugi bermain di SUGBK.

Pengalaman bertanding melawan Sriwijaya FC di Palembang menjadi bekal Bali United. Pada babak semifinal leg pertama Piala Presiden, pasukan Hans-Peter Schaller berhasil menahan imbang 0-0 tuan rumah.

"Selalu ada tekanan di setiap pertandingan. Kita sudah merasakannya di Palembang. Tekanan akan membuat tim kami bermain lebih bagus," buka Hans-Peter.

Irfan Bachdim Absen

Striker Bali United, Irfan Bachdim, saat latihan jelang laga final Piala Presiden 2018 di SUGBK, Jakarta, Jumat (16/2/2018). Bali United akan berhadapan dengan Persija, (Bola.com/M Iqbal Ichsan)

Pada partai puncak, Bali United masih tanpa pilar andalannya. Adalah Irfan Bachdim, yang bakal absen karena mengalami cedera engkel.

Musibah itu didapatkannya ketika bermain di kualifikasi Liga Champions Asia melawan Chiangrai United pada 23 Januari 2018. Kala itu, Bali United takluk 1-2 dari wakil Liga Thailand tersebut.

"Dia (Irfan) masih menderita cedera. Peluang untuk tampil sangat kecil," papar Hans-Peter.

Tolak Anggapan Setengah Hati di Piala AFC

Setelah tersingkir di Liga Champions Asia, Bali United turun kasta untuk bermain di Piala AFC. Hans-Peter menolak anggapan Serdadu Tridatu bertanding setengah hati pada kejuaraan tersebut.

"Tidak benar itu. Kita menurunkan pemain terbaik. Karena situasi itu yang paling terbaik," tutupnya.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Gempa 7,2 SR Meksiko Goyang Bangunan, Ribuan Orang Berlarian

Posted: 16 Feb 2018 08:25 PM PST

Gempa dahsyat melanda Meksiko barat daya pada Jumat, 16 Februari 2018 waktu setempat. Guncangannya menyebabkan bangunan di ibu kota Mexico City, sekitar 350 km (217 mil), goyang.

"Episentrum gempa berskala 7,2 skala Richter itu berada di dekat Kota Pinotepa de Don Luis, di negara bagian Oaxaca," kata Survei Geologi AS seperti dikutip dari BBC, Sabtu (17/2/2018).

Pusat gempa Meksiko kali ini berada 24,6 km di bawah tanah.

Sejauh ini, beberapa bangunan dilaporkan rusak di Oaxaca, tapi tak ada laporan kematian. Pusat Peringatan Tsunami Pasifik mengatakan bahwa tidak ada ancaman tsunami pasca-gempa.

Kendati demikian, guncangan gempa membuat ribuan orang melarikan diri dari bangunan di Mexico City akibat tanah yang berguncang.

Ada yang menangis, sementara yang lain berpelukan di jalanan ibu kota. Lalu lintas sempat berhenti selama beberapa menit pasca gempa Meksiko kali ini.

Pihak berwenang kemudian mengaktifkan sistem peringatan gempa di lima negara bagian, termasuk Mexico City. Mereka kemudian mendesak warga untuk tinggal di luar rumah.

 

Pasca-Gempa Dahsyat

Ilustrasi gempa bumi (Photo: AFP/Frederick Florin)

September 2017, dua gempa dahsyat juga mengguncang Meksiko dan menewaskan ratusan orang.

"Kami belum merasa setakut pada 19 September," kata pembuat sepatu darurat Luis Rodríguez di Mexico City.

Seorang wanita lain berkata, "Sangat menakutkan membayangkan rumah Anda bisa menimpa Anda setiap detik."

Ada awan debu di dekat bangunan yang sudah rusak akibat gempa September.

Meksiko adalah salah satu daerah yang paling aktif secara seismik di dunia. Negara tersebut berada di atas tiga lempeng tektonik terbesar di Bumi - lempeng Amerika Utara, Cocos and Pacific.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Gandeng OJK dan MUI, PT Pegadaian Lakukan Literasi Keuangan Syariah di Ponpes Jatim

Posted: 16 Feb 2018 08:21 PM PST

PT Pegadaian (Persero) bersama Majelis Ulama Indonesia (MUI) dan Otoritas Jasa Keuangan (OJK) bekerja sama melakukan Literasi Keuangan Syariah di beberapa kota di Jawa Timur seperti Bangkalan, Sumenep, dan Pasuruan selama tiga hari mulai 16-18 Februari 2018.

Kegiatan yang bertajuk Literasi Keuangan Syariah bersama MUI dan OJK ini dilakukan di pesantren Al Amin Sumenep. Selain itu juga dirangkai dengan kegiatan Halaqoh MUI di pendopo Kabupaten Bangkalan, dan Halaqoh di Pondok Pesantren Darulughah Pasuruan.

Direktur Industri Keuangan Non-Bank (IKNB) Syariah-OJK, Moch Muchlasin, mewakili Kepala Eksekutif Dan Pengawasan IKNB OJK mengatakan, tingkat literasi masyarakat terhadap produk-produk Industri Jasa Keuangan (IJK) terus ditingkatkan.

"OJK dan Industri Jasa Keuangan seperti Pegadaian terus bekerja sama dan mengggandeng komunitas-komunitas masyarakat. Pemahaman terhadap produk-produk jasa keuangan khususnya keuangan syariah sangat penting, dengan literasi dan edukasi ini diharapkan masyarakat semakin cerdas dalam melakukan transaksi keuangan," ujarnya dalam seiaran pers yang diterima Liputan6.com, Sabtu (17/2/2018).

"Karena perkembangan keuangan syariah di Indonesia masih belum sesuai harapan dengan pangsa pasar hanya sekitar 5,3 persen terhadap IJK nasional," Muchlasin melanjutkan.

Sementara itu, Direktur Utama PT Pegadaian (Persero) Sunarso mengatakan, kegiatan literasi keuangan syariah ini merupakan bagian dari kegiatan perusahaan dalam meningkatkan pemahaman kepada masyarakat, khususnya tentang Pegadaian Syariah.

"Setelah masyarakat memahami produk dan manfaatnya, kami berharap masyarakat mempunyai kemampuan dan kemauan untuk memanfaatkan produk-produk Pegadaian Syariah sebagai solusi kebutuhan keuangan mereka".

 

Tingkatkan Pemahaman tentang Pegadaian Syariah

Tulisan OJK terpampang di Kantor Otoritas Jasa Keuangan (OJK), Jakarta,(4/11/2015). Pengawas Pasar Modal OJK mengatakan pembahasan enam langkah sudah final karena tidak ada lagi perdebatan dari segi substansi. (Liputan6.com/Angga Yuniar)

Menurut data Komite Nasional Keuangan Syariah (KNKS) Pegadaian merupakan  salah satu institusi yang memiliki pegadaian syariah di Indonesia.

"Sehingga Pegadaian memiliki tanggung jawab untuk terus melakukan literasi keuangan syariah kepada masyarakat khususnya pada mubaligh dan mubalighat," jelasnya.

Tujuannya untuk mempertegas keberadaan Pegadaian sebagai Badan Usaha Milik Negara (BUMN) dalam membangun jejaring antara Pegadaian Syariah dengan mubaligh dan mubalighat sebagai influencer dalam masyarakat.

Kinerja gadai syariah pada tahun lalu naik 6,05 persen dibandingkan dengan 2016. Adapun kinerja Arrum tumbuh di atas 20 persen dan pembiayan haji & umroh (Arrum Haji) 49,3 persen. Kinerja pembiayaan kendaraan bermotor (Amanah) melonjak hingga 95 persen, sedangkan nasabah aktif tercatat diangka 745 ribu naik 5 persen dari tahun sebelumnya. Sementara itu, kinerja Pegadaian Syariah di Pulau Madura tumbuh rata-rata di angka 10 persen.

MUI Berikan Apresiasi

Ketua Umum MUI Pusat, Maruf Amin memberi keterangan terkait polemik ucapan Gubernur DKI Jakarta, Basuki Tjahaja Purnama di Jakarta, Kamis (13/10). Ia meminta masyarakat tetap tenang menyikapi hal tersebut. (Liputan6.com/Helmi Fithriansyah)

Ketua Majelis Ulama Indonesia, KH Ma'ruf Amin, menyambut baik apa yang dilakukan Pegadaian Syariah. Ia berharap, Pegadaian Syariah bisa dijadikan sumber pembiayaan, menggantikan pembiayaan konvensional.

"Sebagai negara dengan mayoritas muslim, Indonesia sangat ketinggalan dalam penyerapan dana dari keuangan syariah. Dengan sosialisasi ini, semoga ke depan masyarakat makin paham dengan keberadaan Pegadaian Syariah," ujarnya.

Adapun, KH Chollil Nafis, Ulama, dan Dosen Pasca Sarjana Universitas Indonesia mengatakan, potensi keuangan syariah di Indonesia sangat besar. Oleh karena itu, perlu adanya peran bersama dari semua stakeholders guna memaksimalkan penyerapan dana itu.

"Kegiatan sosialisasi seperti ini sangat patut di apresiasi, dan perlu dilakukan secara kontinyu," ujarnya.

Saksikan video pilihan berikut:

 

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Ari Lasso Membuat Penonton di Medan Histeris

Posted: 16 Feb 2018 08:20 PM PST

Musikus papan atas Indonesia, Ari Lasso, sukses menghibur para pencinta musik dan penggemarnya di Kota Medan, Sumatera Utara, lewat konser Romantic Night.

Menyanyikan kurang lebih 20 lagu, Ari Lasso sukses membuat penonton berteriak histeris dan tersihir.

Di tengah-tengah aksi panggungnya, Ari Lasso mengajak penonton untuk bernyanyi bersama, dan diabadikan kemudian diunggah di akun Instagram milik.

 

Momen Luar Biasa

Aksi Ari Lasso di konser Romantic Night di Medan

Ajakan dari Ari Lasso tersebut langsung mendapatkan sambutan positif dari penonton.

"Saya akan mengabadikan momen luar biasa malam ini di Instagram. Agar orang-orang yang ada di luar Medan, yaitu followers di Instagram saya juga ikut merasakan," kata pemilik nama lengkap Ari Bernardus Lasso ini, Jumat (16/2/2018) malam.

Setelah Bertahun-tahun

Aksi Ari Lasso di konser Romantic Night di Medan

Ari Lasso membuka penampilan di konser tersebut dengan menyanyikan lagu berjudul "Mengejar Matahari".

"Selamat malam Medan, Horas. Semua Medan, tangan di atas, Come on. Senang rasanya, setelah bertahun-tahun akhirnya saya bisa membuat konser yang keren di Medan," teriak Ari Lasso saat akan membuka konser tunggalnya di Medan tersebut.

Salah satu juri ajang pencarian bakat penyanyi di televisi itu pun lanjut menghibur penonton. Kali ini pria kelahiran 17 Januari 1973 ini menyanyikan lagu terbarunya yang berjudul "Social Media".

"Kali ini saya akan membawakan lagu terbaru saya yang terinspirasi dari kisah cinta yang terjadi sosial media. Ada di sini yang pernah jatuh cinta di social media," tanya Ari.

Penonton Terus Bertepuk Tangan

Aksi Ari Lasso di konser Romantic Night di Medan

Setelah memperkenalkan lagu terbarunya yang berjudul "Sosial Media", Ari Lasso kembali mengajak penonton bernyanyi.

"Dari lagu baru, sekarang saya akan mengajak ke tahun 2001 ke lagu lama saya yaitu Menjaga," tutur Ari Lasso yang kembali mendapatkan sambutan meriah dari para penonton.

Penonton terus bertepuk tangan dan ikut bernyanyi. Beberapa penonton juga terdengar meneriakkan namanya.

"Ari Lasso," teriak penonton.

Suasana Makin Meriah

Aksi Ari Lasso di konser Romantic Night di Medan

Selama berada di atas panggung, Ari Lasso selalu berinteraksi dengan penonton. Mulai dari mengajak bernyanyi bersama, juga mengajak penonton untuk bersama-sama menyalakan lampu dari handphone masing-masing.

"Ayo kita coba, di beberapa kota cara ini berhasil membuat suasana semakin meriah," ungkapnya.

"Terima kasih sudah datang, saya tahu ini adalah long weekend, tetapi kalian semua masih mau menyempatkan untuk hadir, saya merasa sangat bahagia sekali," katanya.

Lagu berjudul "Kamulah Satu-satunya" menjadi lagu penutup di konser tersebut.

"Ini konser di ballroom tetapi rasanya seperti konser di Stadion Teladan. Terima kasih atas sambutannya dan saya berharap bisa hadir kembali bertemu kalian semua di Medan," tutur Ari Lasso. (Reza Efendi)

Saksikan video berikut ini

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Top 3: 10 Foto Bikin Semangat Diet, Dampak Menggunakan Korset Selama 23 Jam Sehari

Posted: 16 Feb 2018 08:17 PM PST

Banyak orang menginginkan bentuk tubuh yang ideal atau ramping. Hanya saja makanan lezat dan camilan selalu membuat kita tergiur. Sehingga tak jarang rencana diet pun gagal lagi dan terus ditunda.

Untuk itu, sejumlah orang melakukan berbagai cara agar mereka bisa berkomitmen untuk diet. Demi mendapat tubuh yang lebih proporsional sekaligus menambah penampilan menjadi menarik. Cara yang bisa dilakukan selain berolahraga yakni membuat dirimu termotivasi.

Agar termotivasi, kamu bisa melihat tranformasi dari banyak orang yang berhasil melakukan diet. Tak hanya dapat membuatmu merasa iri, sejumlah orang yang sukses diet ini juga bikin kamu makin semangat untuk menerapkan pola hidup sehat.

Artikel tentang sepuluh foto yang bikin semangat diet menjadi artikel terpopuler di kanal Citizen6, Liputan6.com.

Sementara itu, artikel tentang wanita menggunakan korset selama 23 jam dalam sehari menempati kedua terpopuler. Artikel ketiga terpopuler yakni tentang lima negara dengan baju pernikahan yang terbilang unik.

Berikut Top 3 Citizen6:

1. Pangling, 10 Foto Ini Dijamin Bikin Kamu Iri dan Semangat Diet

(Sumber foto: boredpanda.com)

Bosan diet? Makan sudah dijaga, olahraga tak pernah ketinggalan, diajak nyemil selalu menolak, tapi kenapa timbangan masih segini-gini saja? Mungkin saja metode diet kamu yang harus diubah untuk bisa optimis mendapatkan tubuh yang ideal.

Orang-orang berikut ini yang terbilang sukses diet karena ada perubahan drastis dalam penampilan mereka. Dihimpun dari Bored Panda, sejumlah orang ini terbukti berhasil diet yang dibuktikan dengan perubahan penampilan mereka yang ideal.

Selengkapnya..

 

 

 

2. Pakai Korset 23 Jam Sehari, Lihat Apa yang Terjadi pada Pinggang Wanita Ini

Pemakaian korset pelangsing terlalu lama dan ketat dapat menyebabkan penekanan syaraf, gangguan pencernaa serta berkurangnya asupan oksigen yang bisa menyebabkan sakit kepala ringan. (AFP PHOTO / FRANCOIS GUILLOT)

Bagi wanita, mempunyai pinggang yang selalu terlihat ramping mungkin merupakan salah satu impian. Apalagi setelah melahirkan, ini bisa jadi salah satu PR yang sulit.

Dan diketahui cara tercepat agar pinggang bisa tampak kecil dan seksi adalah dengan memakai korset, tapi itu pun biasanya hanya bertahan dipakai beberapa jam. Namun apa jadinya jika mengenakan korset yang ketat di sekitar pinggang selama 23 jam sehari?

Selengkapnya..

3. Tak Hanya Indonesia, 5 Negara Ini Punya Baju Pernikahan yang Unik

Penuh dengan riasan dan unik, pakaian adat pernikahan di 6 negara ini tidak kalah menarik dengan Indonesia.

Pernikahan menjadi suatu momen yang dinantikan bagi tiap pasangan yang sudah merasa cocok satu sama lain. Pernikahan sudah ada sejak dahulu kala yang membuat momen sakral memiliki ciri khas yang dipadupadamkan dengan adat dan budaya, termasuk ke dalam pakaian pernikahan.

Ternyata tidak hanya di Indonesia yang menggunakan pakaian adat yang unik. Di sejemlah negara ini masih menggunakan pakaian adat yang menarik dalam prosesi pernikahannya.

Selengkapnya..

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

FOTO: Sosok Nikolas Cruz, Pelaku Penembakan Massal yang Tewaskan 17 Orang

Posted: 16 Feb 2018 08:15 PM PST

Pelaku penembakan massal di Florida, Nikolas Cruz dibawa petugas saat ditahan, Florida (15/2). Nikolas Cruz dulunya merupakan mantan siswa di sekolah tersebut. (Miguel Guttierez/AFP TV/AFP)

Pelaku penembakan massal di Florida, Nikolas Cruz dibawa petugas saat ditahan, Florida (15/2). Nikolas Cruz dulunya merupakan mantan siswa di sekolah tersebut. (Miguel Guttierez/AFP TV/AFP)

Pelaku penembakan massal di Florida, Nikolas Cruz mengenakan baju tahanan, Florida (15/2). Menurut guru Matematika di Majory Jim Gard, Nikolas Cruz dikeluarkan dari sekolah karena sering melanggar administratif sekolah. (Susan Stocker/POOL/AFP)

Pelaku penembakan massal di Florida, Nikolas Cruz mengenakan baju tahanan, Florida (15/2). Menurut guru Matematika di Majory Jim Gard, Nikolas Cruz dikeluarkan dari sekolah karena sering melanggar administratif sekolah. (Susan Stocker/POOL/AFP)

Layar TV menampilkan berita terkait pelaku penembakan massal di Florida yang dilakukan Nikolas Cruz, Florida (15/2). Menurut temannya, Cruz sering mengatakan candaan kasar mengenai keinginannya untuk membunuh dan memiliki senjata. (Susan Stocker/POOL/AFP)

Layar TV menampilkan berita terkait pelaku penembakan massal di Florida yang dilakukan Nikolas Cruz, Florida (15/2). Menurut temannya, Cruz sering mengatakan candaan kasar mengenai keinginannya untuk membunuh dan memiliki senjata. (Susan Stocker/POOL/AFP)

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

NBA All-Star 2018: Tim Dunia Lumat Tim Amerika Serikat

Posted: 16 Feb 2018 08:15 PM PST

Tim Dunia berhasil memenangi NBA Rising Stars Challenge 2018 yang merupakan bagian dari NBA All-Star 2018. Hujan tembakan tiga angka membuat Tim Dunia melumat Tim Amerika Serikat 155-124, Jumat (16/2/2018) atau Sabtu (17/2/2018) pagi WIB.

Bertanding di Staples Center, NBA Rising Stars Challenge 2018 berlangsung seru dan menghibur walau durasi pertandingan dikurangi. Bila pertandingan NBA biasanya dimainkan 12 menit per kuarter, Rising Star Challenge hanya 10 menit per kuarter. 

Shooting guard Utah Jazz, Donovan Mitchell langsung membuat publik Staples Center terpukau di awal laga. Dia melakukan dunk spektakuler dengan memantulkan bola ke papan terlebih dahulu.

Namun aksi menawan Mitchell tak mampu menyelamatkan Tim Amerika di kuarter pertama. Tim Dunia unggul 40-32.

Memasuki kuarter dua, Tim Dunia makin meninggalkan Tim Amerika. Diwarnai tembakan tiga angka Bogdan Bogdanovic dari tengah lapangan, Tim Dunia unggul 19 poin saat jeda babak pertama.

Tim Amerika makin kesulitan mengejar di kuarter tiga. Hujan tembakan tiga angka dari Tim Dunia membuat skor margin semalin melebar.

Karena jarak sudah terlalu jauh, lima menit terakhir di kuarter empat para pemain kedua tim sama-sama pamer kemampuan slam dunk. Jaylen Brown, John Collins, Dennis Smith Jr dan Buddy Hield bergantian melakukan dunk.

Three Point

Aksi Dennis Smith Jr melakukan slam dunk di RIsing Star Challenge (AP)

Jaylen Brown menjadi pencetak angka terbanyak di Rising Star Challenge 2018 ini dengan 35 poin. Namun karena tim Amerika kalah maka MVP didapat oleh Bogdanovic yang membuat 26 angka.

Total Bogdanovic melesakkan tujuh tembakan tiga angka. Ben Simmons juga main bagus di Tim Dunia. Dia nyaris membuat triple double dengan 11 poin, 13 assists dan enam rebound.

Keberhasilan Tim Dunia menang tak lepas karena tembakan tiga angka yang mengalir deras. Mereka melesakkan 23 kali tembakan tiga angka. Tim Amerika sendiri cuma membuat 11 tembakan tiga angka.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Polisi Tangkap Bapak dan Anak Pengedar Sabu di Penjaringan

Posted: 16 Feb 2018 08:14 PM PST

Polisi menangkap bapak dan anak yang kompak jadi pengedar sabu di Jalan Kapuk Muara RT 001/01 Kapuk Muara, Penjaringan Jakarta Utara.

Kasat Narkoba Polres Metro Jakarta Barat Ajun Komisaris Besar Suhermanto, mengatakan pelakunya berinisal JN (60) dan SN (21). Mereka adalah bapak dan anak. Keduanya diringkus Jumat, 9 Februari 2018 sekira pukul 20.00 WIB.

"Keluarga ini berprofesi sebagai pengedar narkotika," kata Suhermanto melalui keterangan tertulis, Sabtu (17/2/2018).

Suhermanto menjelaskan, penangkapan keluarga ini bermula saat polisi menangkap JN di Jalan Kapuk Muara RT 001/01 Kapuk Muara, Penjaringan Jakarta Utara.

Dari tangan pelaku, ditemukan barang bukti sabu siap edar sebanyak 10 paket sabu. Barang itu disimpan didalam celana gantung di saku handphone.

"Penangkapan berawal dari informasi masyarakat yang mencurigai adanya aktifitas terselubung di sebuah rumah di rumah tersebut," ujar dia.

Dia menambahkan, polisi melakukan pengembangan dan meringkus SN. Dia adalah anak pelaku. Polisi menyita dua paket sabu.

Dapat dari Istri

Ilustrasi Narkoba

Dari hasil intrograsi diketahui bahwa SN mendapatkan barang haram dari istrinya yang berada di dalam lapas.

"JN dapat barang haram itu dari SN. Sedangkan, SN sendiri dapat barang dari menantunya JN berinsial IBN," tutur dia.

Suhermanto belum dapat menjelaskan secara detail terkait pengendalian lewat lapas ini. Sementara itu diketahui dikendalikan di Lapas Bogor.

"Kami masih menelusuri keterangan tersangka soal istrinya ini. Kami akan selidiki," tutup dia

Kini, pelaku harus mempertanggung jawabkan perbuatannya. Para pelaku dikenakan pasal 114(2) sub 112(2) UURI No. 35 th 2009 tentang narkotika.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Alumni 212 Minta Jokowi Sambut Kepulangan Rizieq Shihab

Posted: 16 Feb 2018 08:07 PM PST

Isu yang menyebut bahwa pimpinan Front Pembela Islam Rizieq Shihab akan kembali ke Jakarta pada 21 Febriari 2018 masih simpang siur.

Namun, tim penyambutan Rizieq Shihab yang dipimpin oleh pengacara Eggi Sudjara berharap Rizieq secepatnya kembali ke Tanah Air. 

"Beliau masih istikharah. Belum ada yang memastikan beliau akan kembali pada 21 Februari 2018 nanti," ujar Eggi Sudjana saat di hubungi Liputan6.com, Sabtu (17/2/2018).

Eggi berharap nantinya kepulangan Rizieq Shihab tidak hanya disambut oleh umat muslim di Tanah Air, tapi juga oleh Presiden Jokowi.

"Nanti akan ada puluhan ribu umat yang sambut beliau. Kita inginnya Presiden Jokowi bisa ikut menyambut beliau, kalau tidak di bandara, mungkin bisa menyambut di Masjid Istiqlal," kata dia.

Minta Kasus Dihentikan

Rizieq Shihab liburan ke Turki bersama keluarganya. (Twitter)

Tak hanya itu, Eggi juga meminta agar Jokowi memberikan perhatian kepada kasus Rizieq, dengan mendesak kepolisan menerbitkan surat penghentian kasus-kasus yang menjerat Imam Besar Front Pembela Islam (FPI) itu.

"Kami berharap ada SP3 (Surat Penghentian Penyidikan Perkara) untuk menjaga kerukunan Umat Islam," kata dia.

Eggi pun mengaku pihaknya telah menemui pihak istana dan membahas tentang kasus yang menjerat Rizieq. Namun, ihwal hal apa yang dibahas, dia enggan membeberkannya.

"Yang jelas kami meminta kearifan Jokowi demi bangsa dan negeri, demi keselamatan bangsa," kata dia.

 

Saksikan Video Pilihan Berikut Ini: 

 

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Tidak ada komentar: