Senin, 19 Februari 2018

Liputan6 : RSS2 Feed

Liputan6 : RSS2 Feed


Jual Makanan Serba Biru, Restoran Ini Diburu Warganet

Posted: 19 Feb 2018 10:00 PM PST

Makanan merupakan kebutuhan pokok manusia dalam kehidupan sehari-hari. Setiap manusia harus menerima asupan makanan setiap harinya agar mendapatkan energi untuk melakukan aktivitas keseharian. Karena makanan sangat dibutuhkan, banyak orang yang memanfaatkan momen ini. Salah satunya membuka restoran.

Menjamurnya tempat makan atau restoran membuat mereka harus memberikan konsep-konsep yang unik dan kreatif agar bisa bertahan diantara banyaknya pesaing. Salah satu restoran yang berhasil menyita perhatian warganet karena makanannya yang unik adalah restoran yang bernama Kipposhi.

Kipposhi adalah salah satu restoran yang ada di Tokyo, Jepang. Kipposhi berhasil menyita perhatian warganet karena mereka menyediakan makanan unik, yaitu sup ramen yang kuahnya berwarna biru cerah.

 

Terinspirasi dari Lautan Hawai

Ramen berwarna biru ini sukses mebuat warganet heboh dan mencari keberadaannya (doc: sethlui)

Restoran ramen yang terletak di jantung kota Tokyo ini memperkenalkan menu Clear Chicken Soup 'Blue'. Clear Chicken Soup Blue berhasil menyita warganet semenjak fotonya diunggah oleh Kozuimi, sang pemilik restoran di platform media sosial Instagram-nya.

Diakui oleh Kozuimi, sup ramen berwarna biru ini terinspirasi oleh laut Hawai yang indah. Sayangnya ketika ditanya resep untuk membuat sup ramen ini, Kozuimi memilih untuk merahasiakannya. Kozuimi pun mengatakan bahwa sup ramen biru itu dibuat dengan menggunakan bahan alami, tidak menggunakan pewarna makanan atau zat adiitif lainnya.

Kozuimi mengklaim bahwa ramennya sehat dan aman untuk dimakan. Meskipun Kozuimi merahasiakan resepnya, banyak orang berspekulasi bahwa warna biru yang terdapat di kuah tersebut didapat dari zat yang bernama pycocyanin. Zat pycocyanin bisa didapatkan dari ganggang spirulina.

 

Bukan yang Pertama

Tumbuhan yang terdapat di laut hangat ini dikenal sebagai 'Lina Blue' di Jepang. Tumbuhan ini sangat dimanfaatkan di Jepang karena banyak digunakan sebagai pewarna dalam permen, es krim, dan minuman.

Menariknya Clear Chicken Soup 'Blue' bukanlah ramen biru pertama di Jepang. Empat tahun yang lalu, toko ramen di Nipponbashi, Tokyo, juga memperkenalkan makanan baru di menu yang disebut Lina Blue Cooled Ramen.

Restoran tersebut tidak bertahan karena tidak bisa memasarkannya. Selain itu media sosial Instagram tidak se-populer saat ini sehingga tidak menimbulkan dampak seperti yang dibuat olek Kipposhi.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Catatan Dominasi Barcelona Kontra Klub Inggris

Posted: 19 Feb 2018 10:00 PM PST

Barcelona akan menghadapi Chelsea pada laga leg pertama 16 besar Liga Champions, Selasa (20/2/2018). Menghadapi duel ini, Barca berbekal tren bagus saat bersua klub asal Inggris.

Sejauh ini, Los Cules telah 74 kali menghadapi klub asal negeri Ratu Elizabeth II tersebut di turnamen Eropa. Dari jumlah itu, Barcelona memetik 33 kemenangan, 21 hasil imbang, dan 20 kali kalah.

Selain itu, Lionel Messi menjadi pemain Blaugrana yang paling sering mencetak gol kontra tim Inggris. Messi telah mendulang 17 gol dari 26 pertandingan terakhir melawan klub Inggris di Liga Champions.

Meski begitu, Barcelona tidak akan begitu saja mudah meraih kemenangan saat bertandang ke markas Chelsea di Stamford Bridge. Skuat Catalan kerap kerepotan ketika meladeni perlawanan The Blues.

Dari 12 pertandingan terakhir melawan Chelsea di Liga Champions, Barca hanya meraih tiga kemenangan, lima hasil imbang, dan menelan empat kekalahan. Barcelona juga kebobolan 18 gol dan mencetak 18 gol ke gawang The Blues.

Lionel Messi juga dibuat tak berkutik saat menghadapi Chelsea. Kapten timnas Argentina itu belum pernah sekalipun membobol gawang skuat London Biru dari delapan pertemuan terakhir.

"Klub Premier League kembali tampil bagus di Eropa, setelah beberapa tahun. Klub Inggris memiliki liga yang kuat, hal normal jika mereka berada di posisi teratas," kata pelatih Barcelona, Ernesto Valverde.

"Kami harus ingat jika kami menghadapi juara bertahan Premier League, Chelsea. Mereka benar-benar memiliki pemain depan yang menentukan, Eden Hazard, Alvaro Morata, Olivier Giroud, Pedro, akan sangat menyulitkan," lanjutnya.

Demi bisa meraih kemenangan atas Chelsea, Barcelona diyakini akan turun dengan skuat terbaiknya. Luis Suarez dan Lionel Messi diprediksi menjadi andalan di lini depan, dan ditopang empat gelandang, yakni Andres Iniesta, Sergio Busquets, Ivan Rakitic, dan Paulinho.

 

Statistik Barcelona kontra klub Inggris

Berikut ini adalah 10 laga terakhir Barcelona kontra klub Inggris

  • 28/04/09 Barcelona 0 - 0 Chelsea (Liga Champions)
  • 06/05/09 Chelsea 1 - 1 Barcelona (Liga Champions)
  • 27/05/2009 Barcelona 2 - 0 Manchester United (Liga Champions)
  • 31/03/10 Arsenal 2 - 2 Barcelona (Liga Champions)
  • 06/04/10 Barcelona 4 - 1 Arsenal (Liga Champions)
  • 16/02/11 Arsenal 2 - 1 Barcelona (Liga Champions)
  • 08/03/11 Barcelona 3 - 1 Arsenal (Liga Champions)
  • 28/05/11 Barcelona 3 - 1 Manchester United (Liga Champions)
  • 18/04/12 Chelsea 1 - 0 Barcelona (Liga Champions)
  • 24/04/12 Barcelona 2- - 2 Chelsea (Liga Champions)

Sumber: www.bola.com

Saksikan cuplikan pertandingan dari Liga Inggris, La Liga, Liga Champions, dan Liga Europa, dengan kualitas HD di sini

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Terancam Sanksi FFP, AC Milan Bakal Jual Donnarumma

Posted: 19 Feb 2018 10:00 PM PST

Masa depan kiper muda AC Milan, Gianluigi Donnarumma, masih jadi bahan perbincangan di San Siro. Donnarumma ternyata masih mempertimbangkan untuk meninggalkan Milan pada akhir musim ini.

Musim panas lalu, pemain berusia 18 tahun itu, disebut-sebut sudah menuju pintu keluar dari Rossoneri. Namun, akhirnya ia menandatangani perpanjangan kontrak, meski para fans AC Milan sempat marah akibat perilaku bintang muda ini, dan agennya Mino Raiola.

Namun, kini hubungan Donnarumma dan penggemar Milan telah membaik. Tapi, seperti dilaporkan Tuttosport, Selasa (20/2/2018), Donnarumma masih berpeluang hengkang dari Milan.

Rossoneri juga mungkin perlu melepaskan salah satu aset mereka. Itu jika UEFA mengenakan denda kepada Milan karena terkait Financial Fair Play (FFP).

Jumlah denda yang sangat signifikan, membuat AC Milan harus mendengarkan penawaran untuk Donnarumma. Meski tidak ada klausul pembelian dalam kontraknya, Milan harus menerima kesepakatan pengurangan nilai transfer.

Tergiur Tawaran PSG

Kiper AC Milan, Gianluigi Donnarumma. (CARLO HERMANN / AFP)

Sebelumnya, Donnarumma sepakat untuk memperpanjang kontrak bersama Milan hingga 2021. Namun, rapor buruk Milan di musim ini membuat Raiola kembali dilaporkan telah mendesak kiper berusia 18 tahun itu untuk memutus kontraknya.

Kabarnya, kiper masa depan Timnas Italia itu tergiur dengan tawaran Paris Saint-Germain. Dan satu-satunya cara agar Donnarumma hengkang ke PSG adalah membatalkan perpanjangan kontraknya bersama Milan.

Bisa Hengkang

Gianluigi Donnarumma dikabarkan kembali tidak betah di AC MIlan (CARLO HERMANN / AFP)

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Tupai Raksasa Mulai Menghilang dari Hutan Balangan

Posted: 19 Feb 2018 10:00 PM PST

Kawanan tupai raksasa di Kabupaten Balangan, Provinsi Kalimantan Selatan, kini sudah mulai jarang terlihat di wilayah tersebut. Warga setempat biasa menyebutnya tangkarawak

"Kami tidak tahu mengapa tupai yang panjangnya bisa mencapai satu meter itu menghilang, di hutan wilayah ini," kata Adie, seorang anggota pencinta lingkungan, Desa Panggung, Kecamatan Paringin Selatan, Kabupaten Balangan, Selasa (20/2/2018), dilansir Antara.

Menurut Adie, dulunya tupai yang berwarna kulit kuning kecokelatan tersebut sering terlihat berlompatan di dahan-dahan pohon. Sang tupai kerap mengeluarkan bunyi atau suara yang khas.

Tetapi, sejak sepuluh tahun terakhir, tupai yang rakus menyantap buah-buahan ini jarang terlihat. Warga bahkan sulit sekali kalau ingin menyaksikan keberadaan satwa endemik Kalimantan tersebut.

"Mungkin lantaran dianggap hama, karena suka menyerang tanaman kebun buah masyarakat, maka tupai itu banyak yang diburu, sehingga populasinya menjadi turun drastis," katanya.

Padahal, keberadaan satwa tersebut memperkaya keanekaragaman hayati setempat, dan bisa dipromosikan sebagai kawasan wisata yang menarik. Sebab, binatang itu selain unik dan langka dan sangat eksotis bila dipublikasikan kepada wisatawan.

Karena itu, kata Adie yang dikenal sebagai anggota pencinta lingkungan Forum Komunitas Hija (FKH) tersebut, pihaknya berusaha mencari lokasi hutan yang masih ada satwa tersebut.

Salah satu lokasi, yaitu hutan Watangan, Desa Panggung, itu pun jika ingin menyaksikannya harus berjalan pelan-pelan dan mengendap-endap. Bila tahu ada orang datang, maka satwa itu pun akan lari kencang menjauh.

Tetapi, jika ingin melihat secara dekat, menurut Adie, ada salah satu warga yang memelihara binatang tersebut, yaitu di Desa Wangkili, Kecamatan Awayan.

Warga tersebut tak sengaja menemukan anak tangkarawak yang jatuh dari pohon dan ditinggalkan induknya. Karena merasa kasihan lalu dipelihara dan sekarang sudah mulai besar atau setengah dewasa dan ditempatkan dalam satu kurungan besar di depan rumah.

Binatang yang menjadi peliharaan tersebut pernah lepas, tetapi tak mau menjauh dan masuk lagi ke dalam kurungan. Si tupai tak terbiasa mencari makan sendiri di hutan.

 

Pohon Raksasa Sebesar Pelukan 8 Orang Dewasa

Pohon kiara raksasa berusia 100 tahun di kawasan Taman Nasional Ujung Kulon, Banten. (Liputan6.com/Yandhi Deslatama)

Kelompok pemuda pencinta lingkungan Forum Komunitas Hijau (FKH) Citra Sanggam Balangan, Kabupaten Balangan, Kalimantan Selatan (Kalsel), menemukan sebuah pohon raksasa saat jelajah hutan di Kecamatan Halong.

Saking besarnya, delapan orang harus berpegangan tangan untuk mengelilingi pohon raksasa tersebut.

Menurut Ketua FKH Citra Sanggam Balangan, Fahnor, pohon raksasa ini ditemukan tak sengaja ketika FKH menjelajah hutan. Mereka hendak mengindentifikasi tanaman buah-buahan endemik Kalimantan di kecamatan tersebut.

Setelah melihat sebuah pohon menjulang sangat tinggi atau pohon raksasa, mereka spontan mendekat. "Ternyata, pohon yang setelah didekati memang sangat besar," ucap Fahnor di Desa Panggung, Paringin Selatan, Senin, 19 Februari 2018, dilansir Antara.

Para pemuda itu tak mengetahui jenis pohon tersebut. Namun, diperkirakan adalah pohon kusi.

Pohon ini disarangi lebah di atasnya. Bahkan, ada bagian-bagian pohon yang berbekas orang naik, diberi paku dan bekas sabetan parang sebagai pijakan untuk menaiki pohon.

"Kita sempat berfoto di pohon yang tepatnya berada di Desa Mentuyan," kata Adie, anggota FKH Cita Sanggam.

Para pencinta lingkungan ini meminta pohon itu dilestarikan. Sebab, warisan alam yang tertinggal dan diperkirakan berusia ratusan tahun.

Mereka berharap pemilik lahan ikut memelihara tanaman langka itu untuk anak cucu, baik untuk pendidikan maupun penelitian. Mereka juga mengharapkan Pemerintah Kabupaten Balangan dan Pemerintah Provinsi Kalsel memperhatikan pohon itu, kalau perlu dibeli untuk dilestarikan.

Saksikan video pilihan di bawah ini:

vidio:Jendela Dunia: Ingin Lihat Tupai, Bocah 5 Tahun Panjat Pohon 5 Meter

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Asli atau Hoaks, Tips Hindari Pecah Kaca Mobil Pakai Busi

Posted: 19 Feb 2018 10:00 PM PST

Pencurian dengan modus memecahkan kaca menjadi salah satu yang dikhawatirkan para pemilik mobil. Pasalnya, untuk memecahkan kaca caranya sangat mudah yaitu hanya menggunakan serpihan material dari busi.

Namun begitu, sebuah pesan berantai beredar di masyarakat mengenai tips mencegah pecah kaca jendela mobil dengan serpihan busi.

Dari pesan tersebut, tips diungkapkan Direktur Kriminal Umum Polda Metro Jaya Komisaris Besar Heru Pranoto. Adapun isi pesan tersebut sebagai berikut:

Kata Heru kelompok pencuri pecah kaca beraksi sangat cepat. Sehingga mudah bagi mereka atau pelaku untuk kabur bila ada yang memergoki.

"Mereka memecahkan kaca dengan pecahan busi yang diberi air terlebih dulu," kata Heru di Mapolda Metro.

Dengan mengenai pecahan busi yang basah itu ke permukaannya, kaca mobil langsung pecah menjadi serpihan-serpihan halus. Kemudian pelaku bebas mengambil barang-barang berharga yang ada di dalam mobil korban.

Ia menerangkan, kaca mobil yang tertutup rapatlah yang bisa dipecahkan dengan metode itu. "Pintu kaca mobil rapat semua, dipukul dengan pecahan busi bekas yang dibasahi bisa pecah," tutur Heru.

Ia menghimbau masyarakat untuk tidak menutup rapat kaca mobil ketika diparkir. Dengan memberi sedikit ruang pada kaca mobil, metode pemecahan kaca seperti itu tidak bekerja.

"Kalau dikasih rongga sedikit, kaca justru tidak pecah," ujar Heru.

Komplotan pencuri pecah kaca banyak mengincar mobil yang parkir di pinggir jalan. Menurut dia, mobil incaran biasanya terlihat dari luar menyimpan benda-benda berharga seperti laptop, hp, perhiasan dan lain-lain.

 

Kejanggalan Isi Pesan

Meski isi pesan tersebut terasa sangat meyakinkan, ternyata ada hal yang aneh dan mengganjal. Ya, hal itu karena diungkapkan langsung oleh Direktur Kriminal Umum (Dirkrimum) Polda Metro Jaya Komisaris Besar Heru Pranoto.

Padahal, beliau saat ini tak lagi menjabat sebagai menjadi Direktur Kriminal Umum Polda Metro Jaya.Akan tetapi, Kombes Heru sempat menjabat amanat tersebut pada Desember 2013 hingga 2015.

Sebagai penggantinya, jabatan tersebut kala itu ditempati Kombes Krishna Murti. Bahkan pada 2016, Kombes Krisna Murti kembali dimutasi dan posisi Dirkrimum ditempat Kombes Rudy Herianto Adi Nugroho.

Namun pada 2017 Kombes Rudy Herianto Adi Nugroho dimutasi menjadi Direktur Tindak Pidana Tertentu Bareskrim. Nah, sejak tahun lalu Dirkrimum Polda Metro Jaya diisi Kombes Nico Afinta.

Jika menelisik jabatan Dirkrimum Polda Metro Jaya, terang saja isi pesan yang beredar ini tidak relevan, karena jabatan narasumber tidak lagi menjabat posisi tersebut.

Selain itu, kabar berita tips mencegah modus pecah kaca dengan busi ini telah dilakukan sejak tahun lalu. Akan tetapi pada intinya, para pengendara mobil harus berhati-hati dan waspada.

Selain itu, jangan meninggalkan barang berharga di dalam mobil jika sedang parkir, walau sebentar. Sebab, pelaku pencurian dengan memecahkan kaca jendela memang sangat cepat ketika beraksi.

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Selamat, Jenny Cortez Melahirkan Anak Pertama

Posted: 19 Feb 2018 10:00 PM PST

Kebahagiaan tengah dirasakan Jenny Cortez. Bintang film Air Terjun Pengantin itu baru dikaruniai anak pertamanya yang dilahirkan di Rumah Sakit (RS) Eka Hospital BSD, Tangerang, Selasa (20/2/2018).

Kabar bahagia itu diterima Liputan6.com lewat sebuah pesan singkat. Dalam pesan tersebut, Jenny Cortez melahirkan anak pertamanya secara caesar pada pukul 09.21 WIB.

"Alhamdulillah pada Hari ini selasa 20 Februari 2019 Jenny cortez telah lancar melakukan persalinan cesar pada 9.21," isi pesan tersebut.

Bayi Perempuan

Jenny Cortez [Foto: Panji Diksana/Liputan6.com]

Bayi berjenis kelamin perempuan itu lahir dengan berat 3,93 kilogram dan panjang 52 sentimeter. Jenny Cortez memberi nama untuk putri kecilnya tersebut Ratu Zefanya Adrianto.

"Bayi 3.93 kg, Panjang 52cm dengan nama Ratu zefanya adrianto."

Sungsang

Jenny Cortez

Sebelumnya, Jenny Cortez sempat mengunggah sebuah video persiapan dirinya hendak bersalin. Istri Tomy Adrianto itu juga menjelaskan mengapa akhirnya memilih operasi caesar sebagai persalinan anak pertamanya tersebut.

"Morning semuanya, pagi ini debay mau lahir jam 09:00 wib, dan sepertinya udah gak sabar anak mama lahir kedunia, dari subuh sampai sekarang petakilan dalam perut, kegirangan, cesar hari ini pas bgt masuk 40 minggu, seperti lahiran normal ya. Kenapa jenny cesar ? Karena anak jenny sungsang dan dokter suruh cesar gak bisa normal, mohon doanya semua," ucap Jenny Cortez.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Ini yang Terjadi Jika Anda Jomblo Berumur 25 Tahun dan Tinggal di Denmark

Posted: 19 Feb 2018 10:00 PM PST

Beberapa hari lalu, sejumlah pasangan di berbagai belahan dunia merayakan Valentine's Day atau Hari Kasih Sayang, tepatnya 14 Februari. Tapi kini peringatan tersebut telah berakhir dan hari terus bergulir.

Bagi mereka yang masih jomblo, Valentine atau tidak, bukanlah sebuah persoalan besar. Semua hari sama saja, karena mereka biasa menghabiskan waktu sendiri atau bersama teman-teman terdekat, meski tak punya pacar dan terkadang merasa kesepian.

Jika Anda tinggal di Denmark, mimpi buruk seperti itu terus berlanjut, menurut The Independent, Senin 19 Februari 2018. Usai Valentine, jalan-jalan di Denmark sering dipenuhi oleh serbuk kayu manis. Penduduk setempat bilang, ini adalah tradisi lama.

Ketika Anda berusia 25 tahun dan masih single alias lajang alias belum menikah atau jomblo, teman atau keluarga Anda akan menaburi dan melumuri sekujur tubuh Anda dengan bumbu dapur ini di pinggir jalan raya. Anda tak bisa mengelak, ini sudah jadi kebiasaan.

Di Denmark, mereka yang belum menikah pada usia 25 tahun akan diguyur dengan kayu manis. (Twitter @DasSabrine)

Serbuk kayu manis dituangkan dari ujung rambut hingga ujung kaki Anda. Kemudian, mereka akan memercikan sedikit air sehingga kayu manis akan menempel dengan "baik" di badan Anda yang berubah menjadi coklat.

Seorang pria Denmark mengatakan kepada The Telegraph bahwa tradisi tersebut mungkin telah berusia ratusan tahun. Ia berkisah, kala itu, penjual rempah-rempah gemar berkeliling dunia dan tetap menyandang status sebagai bujangan.

Mereka tak ingin menikah, tak pernah berada di satu tempat dalam waktu yang cukup lama, serta tak pernah betah tinggal bersama seseorang.

Banyak dari mereka yang tidak mendapatkan pasangan hidup. Pedagang seperti ini disebut Pebersvends, yang berarti "Pepper Dudes" atau "Pria Lada", sedangkan pedagang wanita yang demikian dinamakan "Pebermø" atau "gadis lada."

Entah mengapa namanya berganti menjadi lada. Tapi banyak yang beranggapan, ketika umur Anda menginjak angka 30, kayu manis akan digantikan oleh lada. Tentu saja untuk "mengguyur" Anda di hari ulang tahun, bila Anda ketahuan masih single.

Seorang pria Denmark yang masih melajang pada umur 25, sempat dibuat kesal oleh ulah teman-temannya. Ia berpendapat, seharusnya tidak ada yang diadili hanya karena status hubungan. Lagi pula, usia ideal pria untuk menikah di Denmark yaitu 34 tahun, dan untuk wanita adalah 32 tahun.

Alih-alih "hukuman" sosial dan tradisi, siraman kayu manis hanyalah ajang lelucon bersama teman-teman ketika para lelaki dan wanita single memasuki usia matang.

Ritual Aneh Pria yang Pubertas di Amazon

Tradisi mengenakan sarung tangan semut peluru selama sepuluh menit di Amazon, Amerika Selatan. (Wonderlist)

Bagi suku Satere-Mawe di Amazon, Amerika Selatan, ketika seorang anak laki-laki beranjak dewasa, dia dibawa pergi ke hutan bersama seorang tabib dan anak laki-laki lain seusianya, menurut Wonderlist, Rabu 10 Januari 2018.

Mereka diminta untuk menemukan dan mengumpulkan semut peluru (Paraponera clavata). Semut peluru mempunyai racun yang sangat kuat dan dapat melumpuhkan mangsa mereka. Rasa sakit yang disebabkan oleh gigitan semut ini konon lebih besar daripada Hymenoptera (ordo biologi serangga) lainnya.

Setelah semut dikumpulkan, hewan-hewan ini dimasukkan ke dalam sarung tangan yang terbuat dari anyaman bambu dan disisipi stinger (semacam pelepah) di dalamnya.

Semut-semut itu kemudian dibius menggunakan ramuan tradisional yang diberikan oleh tabib. Sementara semut tak sadar diri karena pengaruh obat bius, anak laki-laki tadi memasukkan tangan mereka ke dalam sarung tangan.

Saat semut mulai sadar, mereka mendapati diri terjebak, lalu marah dan agresif. Sedangkan si anak wajib mengenakan sarung tangan itu selama sepuluh menit, sembari menari agar mengalihkan pikiran dari rasa sakit.

Namun, para pemuda suku Satere-Mawe harus menanggung rasa sakit ini sebanyak 20 kali, sebelum pada akhirnya mereka dapat membuktikan bahwa mereka adalah laki-laki sejati.

Kikir Gigi di Bali

Ritual kikir gigi dilakukan di Bali, Indonesia. (Wonderlist)

Salah satu upacara keagamaan Hindu terbesar di Bali, Indonesia adalah mengikir gigi. Upacara ini sangat penting dalam budaya Bali sebagai proses perjalanan dari masa pubertas sampai dewasa.

Ritual ini ditujukan pada seluruh pria dan wanita dewasa Bali, dan harus diselesaikan sebelum menikah. Bahkan terkadang mengikir gigi dilakukan bersamaan dengan upacara pernikahan.

Ritual kikir gigi dilaksanakan dengan merapikan gigi, termasuk gigi seri. Dalam sistem kepercayaan Hindu Bali, perayaan ini membantu orang membebaskan diri dari semua kekuatan jahat yang tak terlihat.

Mereka percaya bahwa gigi adalah simbol nafsu, keserakahan, kemarahan, kebingungan dan kecemburuan. Ritual mengikir gigi membuat fisik dan spiritual seseorang kuat.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

VIDEO: Anies Dicegat Paspampres, Maruarar Sirat Minta Maaf

Posted: 19 Feb 2018 10:00 PM PST

Maruarar Sirait meminta maaf atas kejadian yang menimpa Gubernur DKI Anies Baswedan di Stadion Utama Gelora Bung Karno.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

FOTO: Penampilan Seksi Jennifer Lawrence Bergaun Emas di Pemutaran Red Sparrow

Posted: 19 Feb 2018 10:00 PM PST

Jennifer Lawrence tersenyum saat tiba menghadiri pemutaran perdana film 'Red Sparrow' di London, Inggris (19/2). Aktris 27 tahun ini tampil seksi mengenakan gaun emas dengan belahan dada terbuka. (Photo by Vianney Le Caer/Invision/AP)

Jennifer Lawrence tersenyum saat tiba menghadiri pemutaran perdana film 'Red Sparrow' di London, Inggris (19/2). Aktris 27 tahun ini tampil seksi mengenakan gaun emas dengan belahan dada terbuka. (Photo by Vianney Le Caer/Invision/AP)

Jennifer Lawrence berpose di karpet merah saat tiba menghadiri pemutaran perdana film 'Red Sparrow' di London, Inggris (19/2). Aktris 27 tahun ini tampil seksi mengenakan gaun emas dengan belahan dada terbuka. (Photo by Joel C Ryan/Invision/AP)

Jennifer Lawrence berpose di karpet merah saat tiba menghadiri pemutaran perdana film 'Red Sparrow' di London, Inggris (19/2). Aktris 27 tahun ini tampil seksi mengenakan gaun emas dengan belahan dada terbuka. (Photo by Joel C Ryan/Invision/AP)

Jennifer Lawrence berpose saat tiba menghadiri pemutaran perdana film 'Red Sparrow' di London, Inggris (19/2). Aktris 27 tahun ini tampil seksi mengenakan gaun emas dengan belahan dada terbuka. (Photo by Vianney Le Caer/Invision/AP)

Jennifer Lawrence berpose saat tiba menghadiri pemutaran perdana film 'Red Sparrow' di London, Inggris (19/2). Aktris 27 tahun ini tampil seksi mengenakan gaun emas dengan belahan dada terbuka. (Photo by Vianney Le Caer/Invision/AP)

Jennifer Lawrence berpose saat tiba menghadiri pemutaran perdana film 'Red Sparrow' di London, Inggris (19/2). Aktris 27 tahun ini tampil seksi mengenakan gaun emas dengan belahan dada terbuka. (Photo by Vianney Le Caer/Invision/AP)

Jennifer Lawrence berpose saat tiba menghadiri pemutaran perdana film 'Red Sparrow' di London, Inggris (19/2). Aktris 27 tahun ini tampil seksi mengenakan gaun emas dengan belahan dada terbuka. (Photo by Vianney Le Caer/Invision/AP)

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Bekas Jerawat Hilang Tak Berbekas dengan 5 Ramuan Herbal

Posted: 19 Feb 2018 10:00 PM PST

Bekas jerawat yang tertinggal di wajah kerap membuat Anda tidak percaya diri? Anda tidak perlu khawatir, kini ada solusi terbaik guna menghilangkan bekas jerawat dan buat kulit tampak lebih mulus.

Dilansir step to health, Selasa (20/2/2018), berikut adalah ramuan herbal berbentuk masker yang dapat menghilangkan bekas jerawat. Apa sajakah ramuan itu? berikut ulasannya :

1. Pisang dan madu

Kedua bahan herbal ini jika dicampurkan mampu menjawab ketidakmungkinan dalam menghilangkan bekas jerawat. Kandungan vitamin dan enzim alami pada pisang dan madu dapat membantu meregenerasi sel kulit dan mengecilkan bekas luka akibat jerawat.

Anda dapat mencampurkan sebuah pisang dengan dua sendok makan madu, kemudian mengoleskannya di wajah dan biarkan selama 30 menit. Setelah itu, bilas hingga bersih dan lakukan tiga kali seminggu. Anda akan mendapatkan kulit wajah yang mulus bebas bekas jerawat.

2. Anggur dan minyak vitamin E

Kandungan antioksidan pada anggur, yang dikenal sebabi resveratrol, ampuh mengurangi bekas luka, memberikan nutrisi pada sel guna mencegah penuaan dini. Selain itu, menambahkan minyak vitamin E dalam ramuan ini dapat meregenerasi sel kulit yang rusak akibat jerawat.

Ramuan anggur dan vitamin E dapat Anda gunakan sebagai masker wajah alami. Anda dapat mencampurkan enam buah anggur yang sudah dihaluskan dengan minyak vitamin E dalam bentuk kapsul, dan mengoleskannya di wajah. Lakukan ini tiga kali seminggu untuk mendapatkan kulit wajah yang cerah bebas bekas jerawat.

 

Saksikan juga video berikut ini :

Ramuan pepaya dan yogurt alami ampuh hilangkan bekas jerawat

Berikut perawatan terbaru dari The Clinic Beautylosophy untuk menghilang berbagai permasalahan kulit dengan Franctional RF. (Foto: iStockphoto)

3. Pepaya dan yogurt alami

Ramuan ini terdengar seperti kudapan penutup yang lezat. Namun, krim pepaya dan yogurt ini merupakan salah satu perawatan terbaik guna melawan bekas luka dan noda yang tertinggal akibat jerawat.

Untuk membuat ramuan masker ini, Anda hanya membutuhkan dua iris pepaya dan tiga sendok makan yogurt alami. Campurkan semua bahan hingga menjadi seperti krim, dan oleskan pada wajah, terutama bagian yang terdapat bekas jerawat. Biarkan selama 30 menit, kemudian bilas dengan air bersih.

4. Minyak kelapa dan garam laut

Campuran minyak kelapa dan garam laut dipercaya ampuh membuat kulit wajah mulus bebas bekas jerawat. Kandungan eksfolian alami pada minyak kelapa dan garam laut mampu memberikan nutrisi penting bagi kulit guna membantu proses regenerasi.

Selain itu, senyawa antimikroba dan astringennya dapat membersihkan pori-pori dan menghilangkan bakteri penyebab jerawat.

5. Stroberi dan minyak zaitun

Ramuan stroberi dan minyak zaitun dipercaya ampuh memperbaiki sel kulit yang rusak dan sensitif. Ini berkat kandungan antioksidan dan asam lemak yang mampu menjadi pelembab serta regenerasi yang ideal bagi kulit.

Senyawa yang terdapat pada stroberi dan minyak zaitun dapat memberikan nutrisi pada jaringan secara mendalam dan membantu memperkuat serat kulit selama proses penyembuhan.

Anda dapat membuat masker bahan herbal ini dengan mencampurkan tiga buah stroberi matang dan satu sendok teh minyak zaitun. Sebarkan krim ini pada area kulit yang terdapat bekas jerawat dan diamkan selama 30 menit. Setelah itu, bilas dengan air dingin dan lakukan tiga hingga empat kali seminggu.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Elon Musk Bakal Luncurkan Setelit Internet Cepat

Posted: 19 Feb 2018 10:00 PM PST

Belum sebulan setelah meluncurkan roket terkuatnya, Falcon Heavy, perusahaan roket milik Elon Musk bakal meluncurkan sebuah satelit broadband alias satelit yang menghadirkan layanan internet cepat.

Ya, perusahaan bernama SpaceX itu memang telah bertahun-tahun dikabarkan menggarap satelit internet cepatnya. Beberapa waktu lalu peluncuran satelit ini juga sempat tertunda.

Mengutip laman CNET, Senin (19/2/2018), roket yang bakal meluncurkan satelit internet cepat itu tak lain adalah roket daur ulang Falcon 9. Peluncuran satelit ini hanya berjarak beberapa minggu setelah Falcon 9 digunakan untuk meluncurkan Falcon Heavy.

Rencananya, peluncuran satelit internet cepat Falcon 9 akan dilakukan pada Rabu 21 Februari 2018.

Tentunya kabar peluncuran satelit internet cepat milik Musk ini merupakan kabar baik. Bagaimana tidak, tiga tahun lalu, Elon Musk bersama perusahaan roketnya memang mengembangkan satelit yang ditujukan untuk menghadirkan akses internet murah kepada seluruh dunia.

Berdasarkan korespondensi antara SpaceX dan lembaga komunikasi AS, Federal Communications Commission (FCC), satelit internet cepat pertama yang akan diluncurkan ke orbit oleh roket SpaceX Falcon 9 akan membawa layanan internet dari perusahaan bernama Starlink.

Muatan utama untuk peluncuran Vendenberg Air Force Base di California ini adalah satelit pemerintah Spanyol "Paz" yang dirancang untuk menangkap citra bumi.

Dua Satelit Internet Cepat

Ilustrasi satelit (iStock)

Kendati begitu, ada laporan belum terkonfirmasi dari NASASpaceFlight.com yang menyebut bahwa muatan kedua dari peluncuran satelit ini adalah setup dari Starlink. Starlink kemungkinan membawa setup layanan internet cepat.

SpaceX sendiri masih bungkam dengan debut satelit internet cepat Starlink ini. Kendati begitu, melalui surat SpaceX kepada FCC, cukup jelas disebutkan bahwa ada dua satelit yang akan diluncurkan oleh Falcon 9.

Kedua satelit akan menjadi muatan kedua pada misi peluncuran satelit Paz. Kedua satelit yang dimaksud adalah Microsat-2a dan Microsat-2b.

FFC pun memberikan jaminan lisensi kepada SpaceX pada November 2017 untuk meluncurkan sepasang satelit ini sebagai bagian dari misi uji coba.

"Sebagai tambahan, program uji coba untuk Microsat-2a dan Microsat-2b akan memvalidasi perancangan platform komunikasi broadband dengan antena," kata SpaceX dalam laporannya.

Dengan begitu, bisa dikatakan SpaceX bakal menguji peluncuran satelit internet cepat bersamaan dengan peluncuran satelit Spanyol Paz.

Chairman FCC Ajit Pai minggu lalu memberikan restunya kepada SpaceX untuk mengoperasikan dua satelit internet cepat ini. Perusahaan telah mendapatkan persetujuan untuk uji kedua satelit tersebut namun visi Musk menjadi penyedia ISP masih menunggu keputusan lebih lanjut.

Misi SpaceX soal Internet Cepat

Peluncuran roket SpaceX Falcon Heavy (Sumber: CNN Money)

Saat ini, rilis dari Vandenberg menyebut, peluncuran akan dilakukan pada Rabu pagi. Baik Falcon 9 maupun muatannya dalam kondisi optimal.

SpaceX masih enggan mengklarifikasi terkait dengan proyek satelit internet cepat ini. Kendati begitu, manajer senior SpaceX Joy Dunn dalam unggahannya mengetikkan dua emoji satelit dengan keterangan "Benar-benar menunggu hal ini," cuitnya.

SpaceX sebelumnya juga memiliki misi untuk menghadirkan layanan internet di seluruh dunia pada pertengahan 2020.

Laporan lainnya menyebut bahwa perusahaan milik Elon Musk itu berharap pendapatannya dari bisnis penyedia layanan internet (ISP) bisa membantu mendanai visinya membentuk koloni di Mars.

(Tin/)

Saksikan Video Pilihan Berikut Ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

22 Ragam Atraksi Brilian Para Kiper Sepanjang Januari 2018

Posted: 19 Feb 2018 09:59 PM PST

David De Gea menjadi satu di antara kiper dengan penampilan bagus di pentas Premier League musim ini. Statistik menyebutkan, De Gea kebobolan 19 gol. Performa tersebut tak lepas dari ragam usaha sang penjaga gawang.

Tak hanya De Gea, beberapa kiper lain di kawasan Eropa menunjukkan taji mereka. Khusus sepanjang Januari 2018, aksi-aksi De Gea dkk menjadi hiburan tersendiri bagi fans sepak bola.

Selain De Gea, sosok dari Premier League yang sempat mencuri perhatian sepanjang bulan pertama tahun 2018 adalah Jonas Lossi. Kiper Huddersfield tersebut menjadi kekuatan bagi klubnya kala bertemu Stoke City.

Terbang ke Bundesliga, Jerman, ada nama Jiri Pavlenka. Kiper Werder Bremen tersebut menjadi benteng tangguh bagi klub papan bawah Liga Jerman itu. Bagi Sahabat Bola.com yang ingin menyaksikan atraksi-atraksi hebat para kiper, seperti De Gea dkk, berikut ini 22 aksi sang 'Spiderman', yang terkompilasi dalam lima video:

 

1. Jonas Lossi dkk (Pekan 24 Premier League)

Pemain Chelsea, Tiemoue Bakayoko mencetal gol melewati kiper Huddersfield Town, Jonas Lossi pada lanjutan pertandingan Premier League di Stadion The John Smith's, Selasa (12/12). Chelsea menaklukkan Huddersfield Town dengan skor 3-1. (Oli SCARFF / AFP)

Penjaga gawang Huddersfield Jonas Lossl tampil impresif meski timnya akhirnya kalah 2-0 dari Stoke City. Tuan rumah mendapatkan cukup banyak peluang, dan satu di antaranya adalah ketika diawali serangan balik cepat yang berujung peluang Xherdan Shaqiri. Lossl yang meninggalkan gawangnya sukses menggagalkan tembakan lob Shaqiri ke arah gawang yang kosong.

 

2. Timo Horn dkk (Bundesliga)

Kiper FC Koln asal Jerman, Timo Horn. (AFP/Patrick Stollarz)

Timo Horn menginspirasi kebangkitan Koln saat mengalahkan Hamburg dalam upaya lepas dari jerat degradasi. Sang kiper melakukan penyelamatan spektakuler guna menjaga gawangnya. Horn menggagalkan usaha tembakan Filip Kostic ke gawang yang terbuka dan langsung menyambar bola ketika pemain Hamburg itu kembali berupaya melepaskan tembakan.

 

3. De Gea dkk (Pekan Ke-23 Premier League)

Kiper Manchester United asal Spanyol, David de Gea. (AFP/Ian Kington)

David De Gea tampil menawan saat Manchester United menang 3-0 atas Stoke City dalam laga lanjutan Premier League musim ini. Pemain kreatif Stoke Xherdan Shaqiri nyaris saja mencetak gol di laga ini, ketika ia menipu dua bek Manchester United yang melompat dan langsung melepaskan tembakan keras ke arah gawang.Namun De Gea bereaksi dengan brilian, menghentikan bola dengan satu tangan dan menjadi aksi penyelamatan terbaik di panggung Premier League pekan ke-23.

 

4. Scott Carson

Aston Villa's goalkeeper, Scott Carson, watches the ball fly past him during their Premiership match against Manchester United at home to Manchester United at Old Trafford football stadium on March, 29 2008. AFP PHOTO/CARL DE SOUZA

Penjaga gawang Derby County, Scott Carson melakukan penyelamatan brilian ketika menghadapi tendangan bebas Paul Pogba, dalam pertandingan Piala FA, Sabtu (6/1/2018) dinihari WIB. Carson yang pernah memperkuat Liverpool itu menepis sepakan maut Pogba yang mengarah ke pojok kanan atas gawang, dan bintang timnas Prancis itupun dibuat tak percaya. The Red Devils akhirnya menang 2-0 berkat dua gol telat dari Jesse Lingard (84') dan Romelu Lukaku (90').

 

5. Jiri Pavlenka dkk (Bundesliga)

Logo Bundesliga (wallpapersource.co)

Werder Bremen tengah kesulitan di zona degradasi dengan hanya mengoleksi 15 poin pada Januari lalu. Namun posisi mereka bisa jadi lebih buruk seandainya penjaga gawang mereka bukan sosok Jiri Pavlenka. Kiper asal Republik Ceko itu secara resmi terpilih sebagai kiper terbaik di pertengahan musim dengan total rasio 79 persen penyelamatan tembakan, lebih tinggi dari kiper manapun di liga. Namun pertanyaannya, bisakah Pavlenka dan Bremen selamat dari degradasi di akhir musim nanti?

Sumber: www.bola.com

Saksikan cuplikan pertandingan dari Liga Inggris, La Liga, Liga Champions, dan Liga Europa, dengan kualitas HD di sini

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Eden Hazard Menuju Real Madrid dengan Mahar Rp1,8 Triliun

Posted: 19 Feb 2018 09:58 PM PST

Real Madrid terus mengejar Eden Hazard. Menurut El Pais dan The Daily Express, Selasa (20/2/2018), Eden Hazard menjadi prioritas utama aktivitas transfer El Real pada musim panas mendatang.

Beberapa media di Spanyol merilis, Real Madrid sudah siap menggelontorkan dana transfer sebesar 100 juta pounds atau lebih dari Rp1,8 triliun. Uang tersebut belum termasuk kemungkinan tambahan pemain dan atau nilai bonus penampilan serta gelar juara.

Secara teknis, Real Madrid membutuhkan sosok kreatif dan breaker seperti Eden Hazard. Selain itu, penggawa Timnas Belgia tersebut punya kemampuan lengkap, baik mengkreasi ataupun menyelesaikan peluang di area gawang lawan.

Sayang, beberapa waktu lalu Hazard enggan berkomentar tentang kans masa depan bersama Real Madrid. "Semua orang tahu kalau Real Madrid tertarik denganku. Tapi, sekarang saya masih pemain Chelsea," kata Hazard.

Fakta menarik terungkap dari ayah Hazard, Thierry. Menurut media asal Belgia, Le Soir, Thierry mengungkapkan kalau Hazard masih berpikir lagi tentang tawaran perpanjangan kontrak dari The Blues.

Kondisi tersebut membuat banyak spekulasi, termasuk kepergian Eden Hazard usai Piala Dunia 2018. Selama berkarier di pentas Premier League, Eden Hazard mencatat 197 pertandingan, 68 gol, 120 kemenangan dan 34 kekalahan.

Sumber: www.bola.com

Saksikan cuplikan pertandingan dari Liga Inggris, La Liga, Liga Champions, dan Liga Europa, dengan kualitas HD di sini

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Mirip Mike Tyson, Limbad Gigit Telinga Demian Aditya

Posted: 19 Feb 2018 09:50 PM PST

Sama-sama berprofesi sebagai pesulap, hubungan Limbad dan Demian Aditya bisa dibilang baik-baik saja. Bahkan, keakraban mereka berdua terkadang dipamerkan secara ekstrem.

Beberapa foto yang diunggah oleh Limbad saat bersama Demian Aditya, terlihat dalam rangkaian unggahan di akun Instagram @limbadindonesia. Uniknya, dalam foto tersebut tampak Limbad sedang menggigit telinga Demian.

Kesakitan

Limbad dan Demian Aditya. (Instagram - @limbadindonesia)

"Assallamu'allaikum... @_demianaditya_ harus di gigit kupingnya gr grrr grrr," tulis Limbad dalam keterangan foto tersebut, Senin (19/2/2018).

Di dalam fotonya, ekspresi wajah Demian Aditya terlihat seperti orang kesakitan. Sementara, wajah Limbad dibuat garang saat menggigit, seolah ia lakukan dengan sungguh-sungguh.

Makan

Limbad dan Demian Aditya. (Instagram - @limbadindonesia)

Beragam komentar kocak dari warganet pun bermunculan terkait foto tersebut. Sebut saja @tjiptaperkasa yang mengatakan, "Oalah teryata master @limbadindonesia udh gk makan paku/beling tpi sekarang makan kuping @_demianaditya_."

Mike Tyson Melawan Evander Holyfield

(Istimewa)

Beberapa warganet juga mengaitkan momen dalam foto tersebut dengan pertandingan tinju antara Mike Tyson dengan Evander Holyfield jilid kedua yang berlangsung pada 1997 silam. Kala itu, Tyson menggigit telinga Holyfield, menyebabkan rusaknya bagian telinga kanan atas Holyfield.

"Mirip sama mike tyson dgn evander holyfield, wkwkwkekk @limbadindonesia," ujar @chaniagoi018. "Wa'alaikumsalam... Br belajar sm Mike Tyson ya Mbah Liem," kata @armanda_jalupl.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Indef: Pemerintah Belum Maksimal Ciptakan Lapangan Kerja

Posted: 19 Feb 2018 09:46 PM PST

Institute for Development of Economics and Finance (Indef) merilis sebuah hasil penelitian mengenai jumlah penambahan lapangan kerja dalam pemerintahan Presiden Joko Widodo (Jokowi). Hasil dari penelitian tersebut menyimpulkan bahwa penciptaan lapangan kerja di bawah pemerintahan Jokowi-JK pada tiga tahun ini terhitung masih belum kuat.

Ekonom senior Indef Dradjad H Wibowo mengatakan, kinerja Jokowi-JK  pada 2015 hingga 2017 dalam menciptakan lapangan tercatat lebih rendah dibanding 3 tahun awal era pemerintahan sebelumnya pada masa SBY-Boediono  atau pada 2010 sampai 2012.

"Menurut perhitungan yang kami lakukan, Rasio Penciptaan Kerja di era Jokowi-JK lebih rendah dibanding era SBY-Boediono," ucap dia dalam diskusi kajian Indef, 'Mampukah Pemerintahan Jokowi-JK Ciptakan Lapangan Kerja?' di Jakarta, Selasa (20/12/2018).

Untuk diketahui, Indef sendiri menggunakan dua indikator untuk menghitung rumusan Rasio Penciptaan Kerja (RPK) yang digagas mereka pada dekade 2000-an, yakni rata-rata tambahan jumlah penduduk bekerja dan pertumbuhan ekonomi.

Meskipun secara hitung-hitungan total Jokowi-JK berada di bawah SBY-Boediono dalam hal penciptaan kerja, namun RPK tertinggi dalam 10 tahun terakhir terjadi di era kepemimpinan mereka, tepatnya pada 2017.

Ia mencatat, terjadi peningkatan di luar kebiasaan terkait penciptaan lapangan kerja pada tahun lalu, yaitu 641.183, naik dari 2016 sebesar 338.312. Angka tersebut juga masih lebih tinggi dibanding RPK di masa SBY-Boediono pada 2012, yang sebesar 589.104.

Walaupun upaya membuka lapangan kerja di tiga tahun awal era Jokowi-JK masih kalah dari SBY-Boediono, tapi mereka masih lebih baik dari tiga tahun awal kepemimpinan SBY-JK (2005-2007).

"Dampak kenaikan harga BBM di masa SBY-JK turut merusak penciptaan lapangan kerja. Itu menjelaskan kenapa pertambahan penduduk bekerja di era awal SBY-JK terhitung rendah," tukas Dradjad.

Kurangi Pengangguran

Pekerja tengah menyelesaikan proyek pembangunan gedung bertingkat di Jakarta, Jumat (26/1). Dirjen Bina Konstruksi Kementerian PUPR mengatakan jumlah tenaga kerja konstruksi yang tersertifikasi di Indonesia masih sangat rendah. (Liputan6.com/Angga Yuniar)

Sebelumnya, pemerintah tengah menyiapkan berbagai langkah dalam menghadapi era digitalisasi tanpa mengurangi jumlah lapangan kerja bagi masyarakat.

Seiring berkembangnya digitalisasi memang tidak dipungkiri akan mengurangi jumlah lapangan kerja di negara manapun, begitu juga di Indonesia. Seperti yang sudah terjadi di jalan tol mulai 31 Oktober 2017.

Menteri PPN/Kepala Bappenas Bambang Brodjonegoro mengaku tengah melakukan kajian mengenai pengaruh seberapa besar pertumbuhan digitalisasi tersebut terhadap kesempatan kerja bagi masysarakat.

Meski masih dalam kajian, salah satu strategi yang disiapkan pemerintah dalam menghadapi digitalisasi ekonomi tersebut adalah meningkatkan kualitas pendidikan vokasi.

"Pendidikan vokasi ini jelas-jelas yang saat ini kita lakukan untuk mengantisipasi masuknya digitalisasi ini. Karena menurut saya tidak semua bisa didigitalisasikan," kata Bambang di kantornya, Senin 13 November 3017.

Disebutkannya, beberapa posisi yang tidak bisa didigitalisasi tersebut diantaranya seperti jasa potong rambut, jasa membersihkan rumah, dan lain sebagainya.

Berbagai jasa tersebut dikatakan Bambang hanya membutuhkan sumber daya yang berkualitas dan terampil. Hal inilah yang disiapkan melalui peningkatan program vokasi tersebut.

Diakui Bambang, dalam beberapa tahun sebelumnya memang tidak ada sinkronisasi antara kurikulum pendidikan vokasi dengan kebutuhan tenaga kerja di lapangan. Alhasil, tingkat pengangguran lulusan vokasi lumayan tinggi.

"makanya kita sekarang sedang pebaiki kurikulumnya, gurunya dan lulusanya itu sendiri. kalau dulu Vokasi itu jurusannya hanya umum-umum saja seperti listrik, mesin dan lainnya, kini harus ada jurusan industri kreatif, ekonomi digital dan lain sebagainya," ungkap Bambang. 

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Polisi Gulung Komplotan Begal Jakarta Barat di Petamburan

Posted: 19 Feb 2018 09:45 PM PST

Tim Gabungan Polda Metrojaya dan Polres Jakarta Barat menciduk komplotan begal. Totalnya ada empat orang yang ditangkap. Sementara seorang pelaku lagi yang berinisial H, (34) tewas diterjang timah panas.

Kapolres Jakarta Barat, Komisaris Besar Hengki Haryadi menjelaskan, pihaknya mendapatkan informasi masyarakat mengenai tempat persembunyian begal sadis. Lokasinya di sekitar Jalan Aipda KS Tubun, Petamburan, Jakarta Barat.

"Senin, 19 Februari 2018 sekitar pukul 11.00 WIB mendapat informasi. Kami segera mendatangi daerah tersebut," kata Hengki kepada awak media dalam keterangan tertulisnya, Selasa (20/2/2018).

Benar saja, didapati dua pelaku begal yang tengah berada di sana. Mereka adalah H (34) dan T (30). Kemudian, diringkus dua pelaku lain MA (23) serta ZA (44).

Namun, polisi terpaksa mengambil tindakan tegas terhadap begal berinisial H lantaran melawan saat pencarian barang bukti di daerah taman Srengseng, Kembangan, Jakarta Barat.

"Ketika dilakukan pengembangan tersangka H berusaha melawan dan berupaya menembak anggota dengan senpi rakitan sehingga tersangka tertembak dan meninggal duina," ujar dia.

 

Barang Bukti

Ilustrasi Foto Penangkapan (iStockphoto)

Sementara itu, Kasat Reskrim Polres Jakarta Barat, Ajun Komisaris Besar Edy Sitepu menuturkan, polisi menyita sejumlah barang bukti sepeda motor, senpi rakitan, peluru, dan kunci letter T.

"Delapan sepeda motor, peluru kaliber 38 mm," singkat dia.

Para pelaku dijerat pasal 363 KUHP dan tindak pidana penadahan sebagaimana dimaksud dalam pasal 480 KUHP.

Saksikan video pilihan di bawah ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

FOTO: Jelang Asian Games, Timnas Indonesia U-23 Jalani Pemusatan Latihan

Posted: 19 Feb 2018 09:45 PM PST

Pelatih Luis Milla melihat proses latihan Timnas Indonesia U-23 di Lapangan ABC Senayan, Jakarta, Selasa (20/2). Jelang berlaga di Asian Games 2018, pemain Timnas Indonesia U-23 kembali melakukan pemusatan latihan. (Liputan6.com/Helmi Fithriansyah)

Pelatih Luis Milla melihat proses latihan Timnas Indonesia U-23 di Lapangan ABC Senayan, Jakarta, Selasa (20/2). Jelang berlaga di Asian Games 2018, pemain Timnas Indonesia U-23 kembali melakukan pemusatan latihan. (Liputan6.com/Helmi Fithriansyah)

Pemain Timnas Indonesia U-23 berlari saat latihan di Lapangan ABC Senayan, Kompleks GBK, Jakarta, Selasa (20/2). Jelang berlaga di Asian Games 2018, pemain Timnas Indonesia U-23 kembali melakukan pemusatan latihan. (Liputan6.com/Helmi Fithriansyah)

Pemain Timnas Indonesia U-23 berlari saat latihan di Lapangan ABC Senayan, Kompleks GBK, Jakarta, Selasa (20/2). Jelang berlaga di Asian Games 2018, pemain Timnas Indonesia U-23 kembali melakukan pemusatan latihan. (Liputan6.com/Helmi Fithriansyah)

Pemain Timnas Indonesia U-23, Osvaldo Haay (kanan) berebut bola saat latihan di Lapangan ABC Senayan, Jakarta, Selasa (20/2). Jelang Asian Games 2018, pemain Timnas Indonesia U-23 kembali melakukan pemusatan latihan. (Liputan6.com/Helmi Fithriansyah)

Pemain Timnas Indonesia U-23, Osvaldo Haay (kanan) berebut bola saat latihan di Lapangan ABC Senayan, Jakarta, Selasa (20/2). Jelang Asian Games 2018, pemain Timnas Indonesia U-23 kembali melakukan pemusatan latihan. (Liputan6.com/Helmi Fithriansyah)

Pemain Timnas Indonesia U-23, Egy Maulana Vikry (tengah) mengontrol bola saat latihan di Senayan, Jakarta, Selasa (20/2). Jelang Asian Games 2018, pemain Timnas Indonesia U-23 kembali melakukan pemusatan latihan. (Liputan6.com/Helmi Fithriansyah)

Pemain Timnas Indonesia U-23, Egy Maulana Vikry (tengah) mengontrol bola saat latihan di Senayan, Jakarta, Selasa (20/2). Jelang Asian Games 2018, pemain Timnas Indonesia U-23 kembali melakukan pemusatan latihan. (Liputan6.com/Helmi Fithriansyah)

Penjaga gawang Timnas Indonesia, Andritany mencoba menangkap bola saat latihan di Lapangan ABC Senayan Jakarta, Selasa (20/2). Jelang Asian Games 2018, pemain Timnas Indonesia U-23 kembali melakukan pemusatan latihan. (Liputan6.com/Helmi Fithriansyah)

Penjaga gawang Timnas Indonesia, Andritany mencoba menangkap bola saat latihan di Lapangan ABC Senayan Jakarta, Selasa (20/2). Jelang Asian Games 2018, pemain Timnas Indonesia U-23 kembali melakukan pemusatan latihan. (Liputan6.com/Helmi Fithriansyah)

Pelatih Luis Milla (kanan) memimpin latihan Timnas Indonesia U-23 di Lapangan ABC Senayan, Jakarta, Selasa (20/2). Jelang berlaga di Asian Games 2018, pemain Timnas Indonesia U-23 kembali melakukan pemusatan latihan. (Liputan6.com/Helmi Fithriansyah)

Pelatih Luis Milla (kanan) memimpin latihan Timnas Indonesia U-23 di Lapangan ABC Senayan, Jakarta, Selasa (20/2). Jelang berlaga di Asian Games 2018, pemain Timnas Indonesia U-23 kembali melakukan pemusatan latihan. (Liputan6.com/Helmi Fithriansyah)

Pemain Timnas Indonesia, Ilija Spasojevic (kanan) mengecoh Muhammad Ridho saat latihan di Lapangan ABC Senayan, Jakarta, Selasa (20/2). Jelang Asian Games 2018, pemain Timnas U-23 kembali melakukan pemusatan latihan. (Liputan6.com/Helmi Fithriansyah)

Pemain Timnas Indonesia, Ilija Spasojevic (kanan) mengecoh Muhammad Ridho saat latihan di Lapangan ABC Senayan, Jakarta, Selasa (20/2). Jelang Asian Games 2018, pemain Timnas U-23 kembali melakukan pemusatan latihan. (Liputan6.com/Helmi Fithriansyah)

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Sidang Perdana Bos First Travel, Korban Teriakkan Hukuman Mati

Posted: 19 Feb 2018 09:45 PM PST

Tiga terdakwa kasus penipuan terhadap jemaah umrah First Travel akhirnya menjalani sidang perdana di Pengadilan Negeri Depok, Senin 19 Februari 2018. Direktur Utama First Travel Andika Surachman bersama Anniesa Hasibuan dan Direktur Keuangan Siti Nuraidah Hasibuan hadir dengan busana sederhana.

Ketiga terdakwa tampak hanya mengenakan pakaian putih polos yang dirangkaikan dengan rompi merah. Tidak lagi ada kesan mewah dalam gaya berbusana ketiganya.

Dalam sidang kali ini, jaksa memaparkan bahwa ada 63.310 calon jemaah yang jadi korban First Travel dengan total kerugian mencapai Rp. 905 miliar. Dalam dakwaannya, jaksa penuntut umum mendakwa ketiganya dengan pasal 378 tentang Penipuan atau 372 tentang Penggelapan dan Pasal 3 UU TPPU.

Sidang perdana kali ini juga dihadiri oleh puluhan korban penipuan First Travel dari berbagai kota yang membuat ruang sidang semakin penuh dan sempat ricuh. Usai sidang, kemarahan para korban pun makin menjadi-jadi.

Luapan Kemarahan Korban

Korban dugaan penipuan agen perjalanan umrah First Travel menunjukkan spanduk tuntutan saat sidang perdana kasus First Travel di Ruang Sidang Utama Pengadilan Negeri Depok, Jawa Barat, Senin (19/2). (Liputan6.com/Immanuel Antonius)

Saat ketiga terdakwa itu dibawa ke mobil tahanan, para korban pun berteriak meminta uang dikembalikan bahkan banyak juga yang menyumpahi agar mereka busuk di penjara sampai hukuman mati.

"Kembalikan uang Kita. Biar busuk dipenjara," teriak seorang ibu-ibu.

Sementara itu ada seorang ibu yang juga mengungkapkan kekesalannya terhadap Anniesa cs. "Saya sebetulnya nggak berangkat. Cuma yang berangkat teman-teman saya. Jadi cuma minta dikembalikan atau diberangkatkan. Kalau nggak hukum seberat-beratnya. Itu saja. Teman saya ada 26 orang, kawan pengajian saya semua. Ya kalau dia nggak ngembaliin hukumannya ya mati lah," kata Ibu Rina dari Bogor yang ikut membela teman-teman pengajiannya yang menjadi korban.

Jeratan Pasal

Suasana sidang perdana kasus dugaan penipuan agen perjalanan umrah First Travel di PN Depok, Jawa Barat, Senin (19/2). Sidang hari ini, jaksa penuntut umum membacakan dakwaan dalam sidang perdana kasus penipuan tersebut. (Liputan6.com/Immanuel Antonius)

Dalam pembacaan jaksa penuntut umum Heri Jerman menyangkakan ketiganya bos First Travel dengan pasal berlapis.

Andika Surachman dan Anniesa Desvitasari Hasibuan didakwa melanggar Pasal 378 KUHP jo Pasal 55 ayat 1 ke-1 KUHP jo Pasal 64 ayat 1 KUHP dan Pasal 372 KUH jo Pasal 55 ayat 1 ke-1 KUHP jo Pasal 64 ayat 1 KUHP dan Pasal 3 Undang-Undang Nomor 8 tahun 2010 tentang pencegahan dan pemberantasan tindak pidana pencucian uang jo Pasal 55 ayat 1 ke-1 KUHP jo Pasal 64 ayat 1 KUHP.

Sementara, terdakwa Siti Nuraidah Hasibuan alias Kiki dijerat Pasal 378 KUHP jo Pasal 55 ayat 1 ke-1 KUHP jo Pasal 64 ayat 1 KUHP atau Pasal 372 KUHP jo Pasal 55 ayat 1 ke-1 KUHP jo Pasal 64 ayat 1 KUHP, Pasal 3 UU Nomor 8 Tahun 2010 tentang pencegahan dan pemberantasan tindak pidana pencucian uang jo Pasal 55 ayat 1 ke-1 KUHP jo Pasal 64 ayat 1 KUHP.

"Semuanya sama perbuatannya sesuai dakwaan yang saya bacakan tadi, dakwaan. Pertama penipuan Pasal 378. Kedua penggelapan dan sifatnya alternatif, mana yang akan saya buktikan apakah itu penipuan atau penggelapan dan sekaligus kombinasi dengan tindak pidana pencucian uang," ujar dia.

 

Sumber: Kapanlagi.com 

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

 

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Ini 5 Cara Mendapatkan Uang dari Hobi Mengaplikasikan Makeup

Posted: 19 Feb 2018 09:45 PM PST

Anda senang berkreasi dengan makeup? Pernahkah terpikir untuk mendapatkan uang dari hobi ini? Tak perlu bingung lagi, karena 5 profesi seputar makeup ini bisa menghasilkan uang untuk Anda. Apa saja? Simak ulasannya dari DuitPintar.com berikut ini:

1. Jadi blogger dan vlogger 

Ambil kamera Anda dan langsung bikin video tutorial makeup. Keluarkan semua keahlian Anda di depan kamera dan buat banyak orang terpana.

Tapi Anda juga harus punya ciri khas ya, seperti blogger Sasyachi dengan makeup ala Korea. Ada juga Janine Intansari, vlogger yang sering gonta-ganti warna rambut dan mewarnai alisnya.

Fee yang didapatkan sekitar 500K-800K untuk unggahan satu buah foto atau video. Nah, bayangkan kalau satu hari mereka unggah 10 materi. Berapa banyak setiap bulan uang yang mereka dapatkan?

2. Jadi selebgram produk makeup

Jadi selebgram juga sangat menjanjikan. Fee yang mereka dapatkan sekitar Rp 500 ribu-Rp 2 juta per post. Harga itu belum termasuk untuk paid promote di IG atau IG story ya. Dari penghasilannya sebagai selebgram, banyak dari mereka yang sudah bisa membeli kendaraan sendiri. Menarik bukan?

 

3. Jadi makeup artist

Ilustrasi Foto Makeup Artist (iStockphoto)

Jadi makeup artist itu ternyata juga sangat menjanjikan. Bahkan beberapa makeup artist di Indonesia memiliki penghasilan yang mencengangkan dan menjadi langganan para selebriti.

Bubah Alfian salah satunya yang memiliki kisaran fee Rp 2,5 juta hingga Rp 14,5 juta. Ada juga Irwan Riady yang menerima endorse dari brand kosmetik internasional, Anastasia Beverly Hills.

4. Menciptakan brand makeup sendiri 

Bisnis kosmetik dan skincare kini juga banyak sekali dilirik oleh para artis karena memang pendapatannya sangat menjanjikan. Bagaimana tidak, kosmetik dan skincare itu sudah pasti tak pernah bisa lepas dari wanita.

Seperti salah satunya Jedar Cosmetic milik Jessica Iskandar yang menjual BB cushion seharga Rp 295 ribu, lipmatte Rp 99 ribu, dan produk lainnya. Nah, kebayang berapa penghasilan Jessica dari bisnis jualan makeup itu sendiri.

 

5. Jadi spesialis sulam

Ilustrasi Foto Makeup Artist (iStockphoto)

Bisnis sulam menjadi salah satu pekerjaan yang sangat menjanjikan di tahun 2017 hingga 2018. Bayangkan saja, untuk sulam alis di Brow Studio milik Anggie Rassly, Anda harus merogoh kocek mulai dari Rp 5 juta. Belum lagi untuk service yang lain, seperti bulu mata palsu, sulam bibir, maupun wax.

 

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Wigan Singkirkan City dari Piala FA, Aguero Nyaris Berkelahi

Posted: 19 Feb 2018 09:45 PM PST

Kericuhan mewarnai terdepaknya Manchester City dari Piala FA. Langkah The Citizens terhenti di babak kelima usai kalah tipis 0-1 dari dari Wigan Athletic, Senin (19/2/2018).

Bertanding di markas Wigan, DW Stadium, Manchester City tampil dengan mayoritas pemain pelapis. Meski demikian, The Citizens masih mampu menguasai jalannya pertandingan. Pasukan Pep Guardiola bahkan langsung menggebrak saat babak pertama baru dimulai. 

Pertarungan masih berlangsung imbang hingga babak pertama berakhir. Namun petaka justru menghampiri Manchester City beberapa saat sebelum turun minum. Salah seorang pemain The Citizens, yakni, Fabian Delph, harus menerima kartu merah dari wasit. 

Bermain dengan 10 pemain, City sebenarnya masih mampu mengimbangi permaianan tuan rumah. Sayang pada menit ke-79, gawang Manchester City jebol lewat tendangan kaki kanan William Grigg. Keunggulan Wigan pun bertahan hingga peluit panjang berbunyi. 

Seperti dilansir The Sun, pertarungan di DW Stadium berlangsung dalam tensi tinggi. Keributan tak hanya terjadi di tengah lapangan, tapi merembet hingga ke terowongan ruang ganti. Striker City, Sergio Aguero, bahkan nyaris berkelahi dengan suporter tuan rumah. 

Berikut ini, rentetan kericuhan yang mewarnai duel Manchester City Vs Wigan:

Cekcok Dua Manajer

Kartu merah yang diterima Fabian Delph ikut memanaskan tepi lapangan. Dua manajer, yakni Pep Guardiola (Manchester City) dan Paul Cook (Wigan) terlibat adu argumen setelah insiden itu. Bahkan Guardiola meletakkan tangannya di tubuh Cook yang terlihat marah.

Keributan kemudian berlanjut. Di lorong menuju ruang ganti, Guardiola kembali terlibat keributan degan Cook. Kedua maanjer tersebut kembali terlibat adu argumen. Guardiola bahkan sempat terlihat mendorong Cook agar menjauh dari para pemainnya. Meski demikian, Guardiola tidak mengakui kejadian itu.

"Tidak ada apa-apa," katanya saat ditanya mengenai ketegangan yang melibatkannya dengan Cook.   

Pertengkaran Aguero

Seorang suporter mendekati Striker Manchester City Sergio Aguero dari belakang dan terlihat berusaha mengatakan sesuatu seusai babak kelima Piala FA di markas Wigan Athletic, Stadion DW, Senin (19/2). Hal itu memancing kemarahan Aguero. (Oli SCARFF/AFP)

Kemenangan Wigan atas City juga langsung disambut gembira fans tuan rumah. Sebagian dari mereka berhamburan ke lapangan tidak lama setelah peluit panjang berbunyi. 

Namun aksi ini justru memicu keributan lain. Striker City, Sergio Aguero, nyaris berkelahi dengan salah seorang penonton yang masuk ke lapangan. Pemain asal Argentina itu sampai harus ditahan beberapa orang agar tidak melanjutkan aksinya mengejar suporter lawan. 

 

 

Lempar Papan Iklan

Pendukung Manchester City bereaksi setelah tim kesayangnya dikalahkan Wigan Athletic pada babak kelima Piala FA di Stadion DW, Senin (19/2). Suporter Manchester City melemparkan berbagai benda, termasuk papan iklan, ke arah lapangan. (Oli SCARFF/AFP)

Suasana bertambah panas setelah suporter tim tamu juga ikut berulah. Sebagian pendukung City terlibat keributan dengan polisi. Mereka melempari berbagai benda, termasuk papan iklan ke tengah lapangan. Salah satunya bahkan sempat mengenai polisi yang berjaga. 

Aksi kekerasan ini tentu jadi pekerjaan rumah bagi Asosiasi Sepak Bola Inggris (FA). Bukan tidak mungkin kedua klub bakal terkena sanksi akibat aksi para pendukungnya. Begitu juga dengan kedua manajer dan Sergio Aguero yang sempat terprovokasi suporter lawan. 

 

 

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Sukses Jadi Hantu, Ayu Laksmi Banjir Tawaran Horor

Posted: 19 Feb 2018 09:40 PM PST

Tak dipungkiri peran Ayu Laksmi sebagai tokoh Ibu di film Pengabdi Setan begitu melekat di hati para penonton. Kini sosok Ibu bahkan sudah sangat ikonis di dunia perfilman horor Tanah Air.

Kesuksesan Ayu Laksmi menjadi Ibu ternyata juga membawa berkah tersendiri bagi kariernya sebagai seorang aktris. Hingga saat ini, ia mengaku sudah kebanjiran tawaran 15 judul film. Menariknya, sebagian besarnya tawaran itu bergenre horor.

"Sejujurnya sampai Pengabdi Setan itu keluar, saya dapat 15 tawaran film. Dari 15 mungkin ada 12 yang horor, lainnya komedi, action, thriller," tutur Ayu Laksmi saat dijumpai di kawasan Menteng, Jakarta Pusat, Senin (19/2/2018).

Mengantre

Bintang film Pengabdi Setan, Ayu Laksmi.  (Nurwahyunan/Bintang.com)

Dari sekian banyak tawaran yang sudah mengantre, Ayu Laksmi sudah mengantungi satu judul film yang paling membuatnya jatuh hati.

"Ada satu yang menurut saya yang kelihatan chemistry-nya, dari sutradara, script, karakter dan juga dari waktu. Karena kadang ada film bagus tapi waktunya enggak ketemu. Itu saya sebut tidak berjodoh," jelas wanita 49 tahun ini.

Belum Dimulai

Ayu Laksmi dalam Pengabdi Setan (Sumber: Instagram/ ayulaksmibali)

Karena proses produksi belum dimulai, maka Ayu Laksmi belum berani membocorkan secara jauh mengenai film terbaru yang akan dibintanginya itu.

Masih Rahasia

Ayu Laksmi (Fotografer: Bambang E. Ros, Make Up Artist: @vera_kusumadewi, Digital Imaging: Muhammad Iqbal Nurfajri/Bintang.com)

"Belum bisa saya sebutkan. Karena masih belum tahu kapan dimulai. Awalnya di bulan Maret, tapi masih ada beberapa hal yang harus disiapkan. Ada film yang kami suka tapi tidak memilih kami, atau sebaliknya," jelas Ayu Laksmi.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Marquez Sebut Motor Terbaru Honda Lebih Agresif

Posted: 19 Feb 2018 09:35 PM PST

Pebalap Repsol Honda, Marc Marquez, menyatakan mesin terbaru motor RC213V jauh lebih agresif.

Honda menjajal beberapa spesifikasi mesin pada dua tes pramusim MotoGP di Malaysia dan Buriram (Thailand). Dari dua hasil tes tersebut, Honda memutuskan memilih mesin yang digunakan pada tes MotoGP Buriram.

"Kami sepertinya sudah memutuskan bakal menggunakan mesin yang dipakai pada tes MotoGP Buriram," ujar Marquez dikutip dari Motorsport, Senin (19/2/2018).

"Ada beberapa perubahan pada mesin karena itu yang ingin kami kembangkan. Satu hal yang pasti, mesin ini jauh lebih agresif," sambungnya.

Pada tes MotoGP Buriram, Marquez mendapatkan hasil positif dengan menempati posisi ketiga dalam dua sesi. Adapun pada tes hari terakhir, pebalap asal Spanyol itu menempati urutan keempat dengan catatan waktu 1 menit 30,143 detik.

Namun, hasil di Buriram belum membuat Marquez puas. Juara dunia MotoGP 2017 itu menunggu tes MotoGP Qatar, 1-3 Maret 2018 sebelum berbicara tentang target.

"Saya masih menunggu hasil tes Qatar karena di situlah ujian sebenarnya. Malaysia dan Buriram sudah cukup bagus bagi kami, tetapi di Qatar saya kerap mendapat kesulitan," tutur Marc Marquez.

 

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Tiang Tol Becakayu Ambruk, Menteri Rini Cs Rapatkan Barisan

Posted: 19 Feb 2018 09:31 PM PST

Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN), Rini Soemarno menyatakan pemerintah akan menggelar rapat terkait maraknya kecelakaan kerja saat konstruksi pembangunan proyek infrastruktur. Hal ini menyusul ambruknya tiang girder tol Bekasi-Cawang-Kampung Melayu atau tol Becakayu.

Rini mengungkapkan, rapat ini akan melibatkan Kementerian BUMN bersama Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR), Kementerian Perhubungan (Kemenhub), serta kementerian/lembaga (K/L) terkait.

"Itu nanti, ini nanti lagi dirapatkan bersama, saya belum dapat laporannya," ujar dia saat ditemui di Kantor Kemenko Perekonomian, Jakarta, Selasa (20/2/2018).

Menurut Rini, setiap pembangunan infrastruktur memiliki tahapan teknis masing-masing. Oleh sebab itu, setiap kecelakaan dalam pembangunan infrastruktur harus ditelusuri dulu penyebabnya, termasuk ambruknya tiang penyangga tol Becakayu.

"‎Saya harus bicarakan bersama apa saja case-nya. Semuakan ada teknisnya. (Arahan?) sudah, tapi kalau teknisnya harus bersama-sama dengan Kementerian PUPR, sama (Kementerian) Perhubungan," paparnya. 

Seperti diberitakan sebelumnya, tiang girder tol Becakayu di kawasan Kebon Nanas, Jakarta Timur, ambruk dini hari tadi. Tujuh pekerja menjadi korban dan masih menjalani perawatan di Rumah Sakit (RS) Bhayangkara Polri Kramat Jati dan RS UKI Cawang akibat insiden itu.

Tonton Video Pilihan di Bawah Ini:

Waskita Tanggung Semua Pengobatan Korban Tol Becakayu

Reruntuhan material dari tiang girder proyek Tol Becakayu yang ambruk di dekat Gerbang Tol Kebon Nanas, Jakarta Timur, Selasa (20/2). Untuk sementara pengerjaan proyek ini dihentikan untuk kepentingan penyelidikan. (Liputan6.com/Arya Manggala)

PT Waskita Karya (Persero) Tbk memastikan akan menanggung semua pengobatan dan pemulihan tujuh pekerja yang menjadi korban kecelakaan kerja di proyek jalan Tol Bekasi-Cawang-Kampung Melayu (Becakayu).

"Kita semua pekerja, kan, ada asuransinya. Kita tanggung semuanya, dari mulai pengobatan hingga pemulihannya nanti," kata Direktur Operasi II Waskita Karya N Wirya Adnyana di Jakarta, Selasa (20/2/2018).

Sementara itu, di kesempatan yang sama, Kepala Divisi 3 Waskita Karya Dono Parwoto mengucapkan permohonan maafnya atas kecelakaan kerja di proyek Tol Becakayu yang terjadi pada dini hari tadi.

Untuk menindaklanjuti hal itu, pihaknya masih menghentikan pekerjaan proyek Tol Becakayu tersebut untuk menunggu hasil investigasi dari Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR).

"Di lokasi kejadian kami bersama petugas sedang melakukan investigasi lebih lanjut. Saya sebagai kontraktor menunggu instruksi pemilik proyek Tol Becakayu dan perintah PUPR," ucap dia.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Jepang akan Bangun Gedung Tertinggi di Dunia dari Kayu

Posted: 19 Feb 2018 09:31 PM PST

Sebuah perusahaan Jepang berencana membangun gedung tertinggi di dunia yang terbuat dari kayu. Pembangunan perusahaan itu untuk menandai ulang tahunnya yang ke-350 pada 2041.

Perusahaan tersebut, Sumitomo Forestry, mengatakan bahwa 10 persen gedung yang memiliki 70 lantai itu akan dibuat dari baja. Untuk dapat menyelesaikan bangunan itu, dibutuhkan 180.000 meter kubik kayu -- cukup untuk membuat 8.000 rumah.

Menurut Sumitomo, gedung tertinggi di dunia berbahan kayu setinggi 350 meter itu akan tahan terhadap gempa yang biasa mengguncang Tokyo.

Gedung berjuluk W350 itu nantinya akan digunakan sebagai perkantoran, tempat belanja, hotel, dan hunian.

Biaya yang dibutuhkan untuk membangun gedung itu ditaksir mencapai 600 miliar yen atau sekitar Rp 76,2 triliun.

Jumlah tersebut sekitar dua kali biaya yang diperlukan untuk membangun gedung pencakar langit konvensional.

Menurut laporan The Guardian, saat ini blok setinggi 53 meter yang merupakan flat mahasiswa di Vancouver, Kanada, menjadi gedung tertinggi di dunia yang berbahan kayu.

Arab Saudi akan Miliki Gedung Tertinggi di Dunia

Jeddah Tower (Fair Use)

Menara Burj Khalifa yang menjulang di Dubai tak lama lagi harus melepas gelarnya sebagai bangunan tertinggi di dunia kepada Jeddah Tower -- dahulunya Kingdom Tower -- milik Arab Saudi.

Melalui pernyataan tertulisnya pada 2015, Arab Saudi mengungkapkan bahwa Jeddah Economic Company dan Arabia's Alinma Investment telah menandatangani kesepakatan finansial sebesar Rp 17 triliun untuk pembangunan Jeddah Economic City Project -- termasuk di antaranya Jeddah Tower yang akan menjadi bangunan tertinggi di dunia.

Pencakar langit setinggi 1.000 meter itu rencananya akan dibuka pada tahun 2019. Sebagai perbandingan, Burj Khalifa memiliki ketinggian 827 meter atau dengan kata lain 173 meter lebih rendah dari pencakar langit terbaru tersebut.

Perusahaan arsitektur Adrian Smith & Gordon Gill berpusat di Chicago membuat desain menara Jeddah Tower.

 

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Menjijikkan, Pria Ini Temukan Bangkai Tikus dalam Burger yang Dimakannya

Posted: 19 Feb 2018 09:31 PM PST

Seorang pria di Australia mengklaim bahwa dia menemukan seekor bangkai tikus kecil berbulu di dalam burger yang dipesannya.

Bruce Blackburn, dari Perth, Australia Barat, seperti dilaporkan NY Post, memesan tiga piring slider yang bentuknya seperti burger kecil di Civic Hotel di Inglewood. Setelah makan dua slider pertama, Blackburn mengatakan bahwa dia melihat sesuatu yang aneh dengan tekstur burger terakhirnya.

"Saya mengambil beberapa gigitan yang pertama dan tidak apa-apa, namun saat gigitan ketiga saya tidak bisa benar-benar menggigitnya. Dan saya menyadari ada bangkai tikus utuh berbulu di antara daging patty," katanya.

Menurut Blackburn, bangkai tikus itu berukuran sepertiga dari seluruh slider patty-nya, dan seketika itu, ia langsung merasa sakit.

Dia dan temannya, Peta, kemudian mendokumentasikan temuan menjijikkan itu di halaman Facebook-nya.

"Setelah AUSTRALIA DAY LUNCH dan inilah yang BRUCE dapatkan di burgernya, dia menggigit utuh seekor tikus. sialan," tulis Peta pada keterangan di akun Facebook-nya dengan menyertakan foto bangkai tikus kecil di samping makanan.

 

Hotel Tak Mengkonfirmasi dan Meminta Maaf

Unggahan Peta itu langsung mengundang ratusan komentar dari sesama pengguna Facebook, banyak di antaranya mengungkapkan rasa jijik atas temuan Blackburn. Namun, ada juga yang bersikap skeptis terhadap ceritanya.

Blackburn mengonfirmasi kepada media 9News Australia bahwa dia tidak diberi permintaan maaf atau penjelasan apa pun dari pihak hotel, tapi uangnya dikembalikan.

Atas kejadian menjijikkan itu, Blackburn juga telah melaporkan hotel bersangkutan ke Departemen Kesehatan Australia Barat.

Sementara itu, seorang juru bicara hotel mengatakan kepada situs tersebut bahwa pihaknya akan menyelidiki insiden yang telah dialami Blackburn.

Penulis:

Dhita Adhitya

**Jadilah bagian dari Forum Liputan6.com dengan mengirimkan artikel viral dan terkini melalui email: Forum@liputan6.com    

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Daud Yordan Tetap Berlatih di Madrid

Posted: 19 Feb 2018 09:30 PM PST

Daud Yordan tetap menjalani latihan di Madrid, Spanyol, sambil menunggu penjadwalan ulang pertarungan mendatang. "Saya tetap berlatih di sini sambil menunggu proses penjadwalan ulang," kata petinju Indonesia itu di Madrid seperti dinukil dari Antara, Selasa (20/2/2018).

Daud Yordan yang memiliki rekor bertarung 37 kali menang (25 di antaranya dengan KO) dan tiga kali kalah, mengatakan masih menjalani latihan normal. Latihan itu berupa latihan teknik dengan mitra tanding dan latihan fisik.

Terkait rencana pulang dulu ke Indonesia, dia belum bisa memastikan. Semula, Daud Yordan direncanakan bertarung melawan petinju Inggris Luke Campbell di Inggris 24 Februari 2018, tetapi batal.

Kemudian diubah menjadi bertarung lawan petinju Rusia Isa Chanief di Prancis pada waktu yang sama tetapi juga batal. "Saya masih menunggu penjadwalan ulang untuk pertarungan mendatang sambil tetap berlatih di sini," imbuh Duad Yordan.

Pelatih Spanyol

Daud Yordan (tengah)  merayakan kemenangan usai memukul KO lawannya Campee Phayom dari Thailand di OCBC Arena, Singapura, Sabtu (25/3/2017).  (Bola.com/Nicklas Hanoatubun)

Selama berlatih di Spanyol, Daud Yordan berada di bawah asuhan pelatih setempat Gabriel Campello. Sejak 8 Januari 2018, ia sudah bertolak ke Negeri Matador itu.

Petinju Sasana Kayong Utara Kalimantan Barat itu menjalani pertarungan terakhir saat melawan Campee Phayom dari Thailand di OCBC Arena Singapura, 25 Maret 2017. Saat itu, Daud Yordan menang KO.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Gara-Gara Ini, Donny Damara Bikin Anak-Anak Nangis

Posted: 19 Feb 2018 09:30 PM PST

Aktor Donny Damara tampaknya bakal sulit melupakan pengalaman yang ia dapatkan saat syuting film terbarunya, Guru Ngaji. Pasalnya dalam film ini, Donny Damara kebagian satu peran menarik, yakni seorang guru ngaji yang merangkap pekerjaan sebagai seorang badut.  

Seperti peran-perannya di film sebelumnya, Donny Damara kembali tampil total di film Guru Ngaji. Mulai dari berlatih akrobat hingga berdandan sebagai badut.

Dandanan Asli

Donny Damara yang berperan sebagai guru ngaji ini menceritakan apa saja momen menarik yang ia dapatkan bersama anak-anak di desa Tempuran. (Liputan6.com/Fatkhur Rozaq)

Di film ini, Donny Damara menggunakan dandanan asli ala badut saat tampil di pertunjukkan. Rumah produksinya sudah menyiapkan langsung seorang make up artist khusus yang bisa mendandaninya sebagai seorang badut.

 

Menangis

Donny Damara yang berperan sebagai guru ngaji ini menceritakan apa saja momen menarik yang ia dapatkan bersama anak-anak di desa Tempuran.  (Adrian Putra/bintang.com)

Saat syuting yang berlangsung di Boyolali dan Sukoharjo, Jawa Tengah ini, ia juga kerap berinteraksi dengan anak-anak di kampung setempat dengan akrab. Namun ternyata ada pengalaman kocak saat Donny bertemu dengan anak-anak itu, dengan dandanan ala badut. 

"Sebelum saya makeup, saya main sama semua anak-anak kampung di situ. Tapi ketika saya berubah (berdandan seperti badut) mereka semua nangis. Saya enggak ngerti kenapa," ungkapnya sambil tertawa.

 

Latihan Jadi Badut

Donny Damara (Liputan6.com/Fatkhur Rozaq)

Selain makeup, Donny Damara juga berlatih keras melakukan akrobat. Tantangan terbesarnya, adalah menaklukkan sepeda roda satu. Ia sempat beberapa kali jatuh saat mencoba menaiki sepeda khusus ini. 

"Semuanya enggak gampang itu, enggak gampang banget. Terutama kesulitan pada saat naik sepeda roda satu, itu anak muda biasa aja bisa patah pinggang itu rasanya," ungkapnya.

Film Guru Ngaji

Para pemain film Guru Ngaji.  (Adrian Putra/bintang.com)

Guru Ngaji sendiri menceritakan tentang Mukri (Donny Damara), guru ngaji yang dibayar secara seikhlasnya oleh warga kampung Tempuran. Namun, karena bayarannya sebagai sang guru ngaji tak bisa memenuhi kebutuhan keluarganya, ia pun mempunyai pekerjaan sampingan, yakni sebagai badut.

Hanya saja, ia menyembunyikan pekerjaan sampingannya ini dari keluarga maupun tetangganya. 

Film Guru Ngaji mulai tayang di bioskop Indonesia mulai 22 Maret 2018 mendatang. 

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Surya Citra Media akan Private Placement Rp 3,57 Triliun

Posted: 19 Feb 2018 09:30 PM PST

PT Surya Citra Media Tbk (SCMA) bersiap ekspansi dan memperkuat permodalan. Untuk dukung ekspansi itu, perseroan membidik dana segar dengan menerbitkan saham baru atau private placement senilai Rp 3,57 triliun.

Induk usaha stasiun tv SCTV dan Indosiar ini pun telah mendapatkan restu pemegang saham untuk penambahan modal tanpa Hak Memesan Efek Terlebih Dahulu (PMTHMETD) pada Rapat Umum Pemegang Saham Luar Biasa (RUPSLB), Selasa (20/2/2018).

Perseroan akan menerbitkan saham sebanyak-banyaknya 1.462.160.123 saham baru dengan nilai nominal Rp 50 per saham. Jumlah tersebut sebanyak-banyaknya 10 persen dari modal ditempatkan dan disetor dalam Perseroan.

Harga pelaksanaan PMTHMETD sekurang-kurangnya Rp 2.446 per saham yang merupakan harga penutupan perdagangan saham 5 Desember 2017-11 Januari 2018.

Direktur Utama PT Surya Citra Media Tbk Sutanto Hartono menuturkan, perseroan meminta persetujuan pemegang saham terlebih dahulu melihat adanya sejumlah ekspansi. Akan tetapi, dia belum memastikan apa ekspansi tersebut.

"Ada oppurtunity, bergerak cepat dengan dapat persetujuan dahulu sehingga memudahkan di saat momentum itu ada bisa melakukan investasi," kata Sutanto saat ditemui usai RUPSLB PT Surya CItra Media Tbk.

Ia menuturkan ekspansi yang dilakukan beragam. Bisa berupa investasi pengembangan usaha dengan akuisisi perusahaan lain, potensi penambahan belanja modal, investasi di konten dan digital.

Pelaksanaan private placement sekitar 10 persen saham tersebut dilakukan bertahap selama dua tahun. Pihaknya belum dapat menjelaskan detil mengenai investor strategis yang akan ambil saham yang ditawarkan tersebut.

"10 persen bertahap, sesuai kebutuhan, berapa nilai dan kebutuhannya. Belum (ada investor strategis). Kami minta persetujuan pemegang saham dahulu. Kemudian jajaki investor tertarik investasi di SCM," jelas Sutanto.

Selain itu, perseroan optimistis terhadap kinerja perseroan pada 2018. Sutanto mengatakan, perseroan akan memperkuat program sinetron, program FTV, olahraga, dan pencarian bakat di industri dangdut.

"Fokus eksisting kebetulan patut bersyukur akhir tahun lalu, audience share cukup pesat. SCTV nomor satu, Indosiar posisi dua dan tiga. Market share paling besar. Bagaimana kita terus ekspansi dari sisi konten dengan bisnis yang berhubungan konten dan program kita," ujar Sutanto.

Sutanto menambahkan, perseroan juga optimistis belanja iklan bakal membaik pada 2018. Pihaknya diharapkan dapat peroleh kinerja keuangan di atas target pasar. Ini didukung dari kondisi makro ekonomi, konsumsi masyarakat dan sejumlah perhelatan akbar acara olahraga yaitu Asian Games dan Piala Dunia 2018.

Pelaksanaan Asian Games 2018 dampaknya akan lebih besar untuk belanja iklan mengingat pelaksanaan di Jakarta dan Palembang.

"Market akan growing 6-8 persen. Target di atas 8-10 persen tergantung kondisi makro ekonomi, spending growth. Secara industri tahun lalu turun 8 persen. Optimisme tahun ini ada dua even olahraga yaitu Asian Games dan Piala Dunia," jelas dia.

Adapun usai private placement tersebut, struktur permodalan PT Surya Citra Media Tbk antara lain PT Elang Mahkota Teknologi Tbk menjadi 55,3 persen dari sebelumnya 60,83 persen dan masyarakat menjadi 44,7 persen dari sebelumnya 39,17 persen.

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

SCMA Raih Penghargaan

Head of Corporate Communication and Relation Irnawati W. Kahardja mewakili PT Surya Citra Media Tbk (SCMA) menerima penghargaan dalam acara Warta Ekonomi Corporate Secretary Award 2017 di Balai Kartini, Jakarta, Selasa (5/12). (Liputan6.com/Johan Tallo)

Sebelumnya, PT Surya Citra Media Tbk (SCMA), perusahaan yang membawahi stasiun televisi SCTV memperoleh predikat perusahaan dengan tata kelola yang baik atau good corporate governance (GCG) dalam acara Warta Ekonomi Corporate Secretary Award 2017. Surya Citra Media masuk dalam Top 5 GCG Issues in Media Sector.

Penghargaan ini diberikan kepada perusahaan yang mampu mengimplementasikan GCG. GCG sendiri tak terlepas dari peran corporate secretary yang merupakan kepanjangan tangan dari direksi dalam menjalankan komunikasi.

Direktur Jenderal Informasi dan Komunikasi Publik Kementerian Komunikasi dan Informasika (Kominfo) Rosita Niken Widiastuti mengatakan, penghargaan ini merupakan momentum bagi corporate secretary. Menurutnya, selama ini corporate secretary memiliki peran yang besar meski bekerja di balik layar.

Dia menambahkan, kinerja corporate secretary yang baik akan membawa kemajuan pada perusahaan."Tugas corporate secretary yang disampaikan khususnya menegakan GCG membawa dampak bagi perusahaan. Kalau corporate secretary memiliki profesional tentu perusahaan mendapat kemajuan," ungkapnya di Balai Kartini Jakarta, Selasa 5 Desember 2017.

Penghargaan ini diberikan setelah melalui riset dengan menimbang prinsip transparency, accountability, responsibility, independency, dan fairness.

Riset dilakukan dengan metode media monitoring yaitu menganalisis isi pemberitaan terkait GCG di 40 media daring nasional dan dilakukan pada 559 perusahaan publik yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia (BEI).

Monitoring dilakukan sejak Januari hingga September 2017. Jumlah berita yang dianalisis sebanyak 54.433 berita dengan 21.812 kata kunci.

Secretary General Indonesian Corporate Secretary Association (ICSA) Theresia Rustandi menerangkan, peran corporate secretary sangat besar.

Dia bilang, seorang corporate secretary mesti menguasai hukum, keuangan, dan operasional perusahaan. Lalu, menjalin hubungan yang baik dengan investor serta pemangku kepentingan lainnya.

"Paling penting harus mampu komunikasi dengan baik," ungkap dia.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Banyak Mitos di Balik Kodok

Posted: 19 Feb 2018 09:30 PM PST

Katak tiruan berbahan timah disepuh dengan daun emas ikut dipajang dalam pameran temporer ke-9 Museum Kolong Tangga yang mengambil tema besar tentang lingkungan dengan kodok sebagai pintu masuk.

Katak ini digunakan sebagai jimat perhiasan yang ada di Panama, Amerika Tengah. Namun, ditemukan pada penggalian arkeologi di Kostarika, tahun 500-1500 M. Bola kecil sebagai matanya berlubang kosong, sehingga menimbulkan suara seperti lonceng.

Keterangan itu muncul di salah satu koleksi pameran bertajuk "Aku Cinta Kodok Utamakan Alam" yang digelar di Mall Lippo Jogja, Yogyakarta, mulai 16-25 Februari 2018.

Ratusan koleksi kodok mulai dari mainan, batu hitam berbentuk kodok hingga kodok emas dipamerkan di lantai dasar mal tersebut.

Koleksi benda berbentuk kodok berwarna hitam disudut pameran itu menyisakan cerita mitologi kodok di zaman dahulu.

Ada koleksi batu kodok, baik itu mainan ataupun benda magis. "Itu yang warna hitam ada di sana. Lalu ada celengan gerabah dari Majapahit," kata Irma Restiana, Direktur Pameran di Lippo Mall, Jumat, 16 Februari 2018.

Irma menjelaskan, koleksi yang dipamerkan juga memperlihatkan kodok yang dekat dengan budaya di dunia seperti mitologi kodok vietnam. Di mana orang Vietnam percaya kodok berhubungan dengan roh leluhurnya.

"Di Vietnam, ada (orang) tidak makan kodok karena percaya ada hubungannya dengan roh manusia. Menyakiti katak berarti berisiko menyakiti manusia pemilik roh tersebut," katanya.

Mitologi Kodok Terbang

mainan ini dibeli kurator saat berkunjung ke Bali

Kurator pameran Rudy Corens yang juga pemilik koleksi itu mengaku pengalaman sendiri saat mendapatkan koleksi mainan yang dibelinya. Salah satunya membeli batu hitam berbentuk kodok di Lombok, tahun 1940-an di sebuah toko.

"Sudah lama saya beli. Dia bilang ada mainan itu dia bilang ini mainan tua. Tapi, saya pikir itu bukan mainan tapi lebih ke magis objek," katanya.

Rudy mengatakan di indonesia ada kodok lain dengan background yang berkaitan dengan folklor mitos tertentu. Hal itu juga terjadi di Eropa yang memiliki cerita sendiri, namun lebih mengarah ke hal jahat.

"Ada sedikit aneh karena dua ratus tahun lalu percaya ada kodok bisa berganti wajah saat malam, itu representasi dari jahat. Ide itu jahat ada di alam kodok. Sebelumnya, kodok lebih ke dewa seperti perlindungan dan hal baik," ujarnya.

Begitu juga saat ia pergi ke Bali. Ia membeli mainan kodok terbang tahun 1994. Ia membeli mainan itu karena teringat cerita lokal Bali tentang roh leluhur.

"Di Bali itu ada kodok terbang, itu seperti roh bisa terbang. Tapi, sebenarnya dia (kodok) punya kulit di setiap jarinya, dia bisa jump seperti paraglider," tuturnya.

Rudy mengaku setiap daerah dan negara memiliki cerita sendiri terhadap mitologi kodok. Mitos itu berkembang seiring zaman dan beberapa masih memercayainya.

"Kita harap generasi muda lebih percaya dengan menjaga lingkungan," katanya.

Saksikan video pilihan di bawah ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

VIDEO: Gado-gado Jamie Oliver Bikin Warganet Heboh

Posted: 19 Feb 2018 09:30 PM PST

Jamie Oliver membuat gado-gado versi dirinya dan menjadi viral di media sosial.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Menurut Ahli Gizi, Ini Takaran yang Tepat Saat Makan Durian

Posted: 19 Feb 2018 09:30 PM PST

Ada takaran khusus saat mengonsumsi durian, supaya kita bisa memetik manfaat dari salah satu buah musiman itu, demikian menurut ahli nutrisi dari Persatuan Ahli Gizi Indonesia (PERSAGI), Dr. Rita Ramayulis, DCN, M.Kes.

"Durian merupakan buah yang tinggi energi. Ketika dijadikan sebagai buah untuk satu kali makan, hanya boleh dikonsumsi sebesar 35 gram atau sebanyak dua biji kali waktu konsumsi buah. Bukan dua buah tetapi dua biji," ujar dia seperti dikutip dari AntaraNews, Selasa (20/2/2018).

Selain tinggi energi, durian juga mengandung lemak, alkohol, karbohidrat dan indeks glikemik yang tinggi, sehingga tak seperti buah lain, durian tak bisa secara bebas dikonsumsi.

"Namun jika ingin mengonsumsinya lebih banyak, maka konsekuensinya kurangi konsumsi bahan makanan sumber karbohidrat lainnya," kata dosen di Poltekkes Kemenkes Jakarta II itu.

 

Simak juga video menarik berikut :

 

Durian mengandung alkohol yang tinggi

5 Alasan Kenapa Anda Perlu Makan Durian (Taveesak Srisomthavil/Shutterstock)

Semakin matang durian maka semakin tinggi kandungan alkoholnya, akibat proses fermentasi. Namun, menurut Rita, hal ini bukan masalah, asalkan durian tidak dikonsumsi berlebihan.

"Kandungan alkohol pada durian jenisnya ethanol dan methanol yang mudah sekali menguap. Jadi bukan masalah besar sebenarnya. Namun menjadi masalah ketika dikonsumsi berlebih. Artinya, dalam jumlah yang sesuai, durian bisa memberikan banyak manfaat," tutup dia. 

(Lia Wanadriani Santosa/AntaraNews)

 

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Harga Wuling Cortez di Jawa Timur, Mulai Rp 226 Juta

Posted: 19 Feb 2018 09:29 PM PST

Varian harga Wuling Cortez di Jawa Timur, dimulai dengan Rp 226 juta hingga Rp 241 juta. Bagi konsumen yang ingin mengetahui dan mencoba Wuling Cortez, bisa mendatangi pameran di Ciputra World dari tanggal 19-25 Februari atau mengunjungi dealer Wuling Surabaya HR Muhammad dan Wuling Surabaya Tunjungan.

"Harga Wuling Cortez 1.8C 6MT, 226 juta rupiah. Cortez 1.8L Lux+ 6MT, 262 juta rupiah. Cortez 1.8C i-AMT, 236 juta rupiah. Cortez 1.8L Lux+ i-AMT, 272 juta dan Cortez 1.8C Lux+ i-AMT, 241 juta rupiah," tutur Brand Manager Wuling Motors, Dian Asmahani di Surabaya, Senin (19/2/2018).

Dian menegaskan, bagi pelanggan yang membeli Wuling Cortez selama pameran berlangsung akan mendapatkan sejumlah promo menarik.

"Ada promo regional launching selama pameran di Surabaya, yaitu perpanjangan garansi umum menjadi 5 Tahun per 100 ribu km, bunga 0 persen untuk tenor 6 bulan dan 12 bulan, serta hadiah langsung untuk pembelian selama acara berlangsung," ujarnya Dian.

 

Selanjutnya

Untuk diketahui, PT SGMW Motor Indonesia (Wuling Motors) merupakan anak perusahaan dari SAIC-GM-Wuling Automobile Company Limited (SGMW), suatu perusahaan yang telah menjual lebih dari 2,15 juta unit kendaraan di 2017 dan menduduki posisi No.1 dalam hal volume penjualan untuk perusahaan otomotif tunggal selama 12 tahun di Tiongkok.

Wuling Motors membawa investasi sebesar USD700 juta di Indonesia. Komitmen jangka panjang perusahaan ditunjukkan melalui peresmian pabrik dan Supplier Park sebesar 60 hektar di Cikarang, Jawa Barat pada Juli 2017.

Produk pertama dari Wuling Motors, seri Confero, telah mendapat penghargaan sebagai Indonesian Car of The Year 2017 di kategori small MPV oleh Majalah Mobilmotor.

Wuling Motors berkomitmen untuk terus menghadirkan produk dan layanan yang sesuai dengan kebutuhan Indonesia, termasuk mengembangkan jaringan dealer hingga mencapai 80 outlet di Tanah Air sepanjang 2018.

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Pesan Salah Kamar yang Dihapus di WhatsApp Ternyata Masih Bisa Terbaca

Posted: 19 Feb 2018 09:22 PM PST

Ternyata, ada celah pada fitur terbaru WhatsApp bernama "Delete for Everyone". Fitur ini memungkinkan kamu menghapus pesan yang terkirim di grup atau jendela pesan dalam waktu kurang dari tujuh menit.

Apabila lewat dari tujuh menit, maka pesan yang terkirim tak akan bisa dihapus. Akan tetapi, pesan "salah kamar" yang kadung terkirim ini ternyata masih tetap muncul dan bisa terbaca oleh si penerima pesan.

Pesan "salah kamar" itu tidak akan hilang dari jendela percakapan bila si penerima menggunakan fitur quote and replies. Pesan asli memang bisa dihapus, tapi isi pesan akan tetap muncul bila sudah dikutip si penerima pesan.

Pun demikian, pesan WhatsApp yang telah kamu hapus tidak bisa lagi dikutip pengguna lain. Apabila pesan "salah kamar" tidak ingin terbaca, kamu harus segera menghapus pesan itu sebelum si penerima pesan membalas dengan cara mengutip (menggunakan fitur quote and replies).

The Next Web melaporkan, pesan yang dikutip dalam grup dapat terus muncul bila sudah dikutip pengguna lain, bahkan setelah pesan dihapus.

Untuk menghilangkan penasaran, Tekno Liputan6.com pun langsung mencobanya. Lebih jelasnya, kamu bisa melihat screenshot di bawah ini.

Screenshot di jendela percakapan WhatsApp

Diwartakan laman Express, Selasa (20/2/2018), WhatsApp sendiri belum memberikan komentar terkait hal ini.

Berita tersebut muncul setelah portal berita itu mengungkapkan tentang kelemahan keamanan WhatsApp yang memungkinkan hacker memata-matai percakapan.

Tanpa Disadari, Pesan di Grup WhatsApp Bisa Dibaca Hacker?

Ilustrasi hacker (thehackernews.co)

Seorang peneliti keamanan asal Jerman, Paul Rosler, menemukan cara meretas percakapan grup WhatsApp kendati aplikasi ini telah menerapkan enkripsi end-to-end.

Paul Rosler, seorang peneliti keamanan dari Ruhr University dalam wawancaranya dengan Wired menyebut, hacker yang mampu mengontrol server WhatsApp bisa dengan mudahnya memasukkan orang baru ke dalam grup, tanpa izin dari admin grup tersebut.

"Kerahasiaan dalam sebuah grup bakal hilang saat ada anggota tak diundang masuk dan membaca seluruh pesan di dalam grup," kata Rosler sebagaimana dikutip dari Wired.

Dia menambahkan, selain di WhatsApp, kejadian serupa juga bisa terjadi pada aplikasi pesan Signal dan Threema. Kendati begitu, kerentanan kedua aplikasi pesan tersebut lebih rendah dibandingkan dengan WhatsApp.

Dengan adanya enkripsi end-to-end, server yang telah disusupi hacker pun seharusnya tidak bisa dijebol. Artinya, dengan enkripsi hanya orang-orang yang berada dalam grup yang bisa membaca pesan WhatsApp--bukan orang yang mengontrol server-nya.

Profesor Kriptografi Universitas Johns Hopkins Matthew Green pun meninjau hasil penelitian yang dilakukan oleh Rosler.

"Jika kamu membangun sebuah sistem di mana semua bermuara pada kepercayaan server, tentunya enkripsi end-to-end tidak akan ada gunanya," tuturnya.

WhatsApp Membantah

Petugas menunjukkan sejumlah contoh konten GIF di aplikasi Whatsapp di Jakarta, Senin (6/11). Kemenkominfo menyatakan akan mempertimbangkan memblokir layanan berbagi pesan WhatsApp jika tidak menurunkan konten asusila. (Liputan6.com/Immanuel Antonius)

Menanggapi hasil penelitian tersebut, seorang juru bicara WhatsApp menegaskan, tidak ada satu pun orang yang bisa dengan diam-diam menambahkan anggota baru ke grup tanpa diketahui anggota lain.

Hal ini karena setiap memasukkan anggota baru, semua anggota grup akan mendapatkan notifikasi bahwa seseorang baru saja bergabung ke grup mereka.

"Kami sangat memperhatikan isu ini. Semua anggota grup akan mendapatkan notifikasi saat ada orang baru ditambahkan ke grup WhatsApp. Kami mengembangkan grup WhatsApp, tujuannya agar pesan yang ada di grup tak bisa dikirim kepada orang yang tak bergabung dalam grup tersebut," tutur juru bicara yang tak disebut namanya itu.

Dia menambahkan, "Privasi dan keamanan pengguna kami adalah hal yang sangat penting. Oleh karenanya WhatsApp hanya mengumpulkan sedikit informasi dari pengguna, dan semua pesan yang dikirim di WhatsApp dilindungi enkripsi end-to-end."

 

Tanggapan Ahli Keamanan

Kaspersky Lab (AP)

Ahli Keamanan di Kaspersky Lab Victor Chebyshev pun memberikan pernyataannya terkait celah kerentanan pada WhatsApp itu.

Dalam pernyataannya, Chebyshev mengatakan, kerentanan telah ditemukan di layanan pesan instan seperti WhatsApp. Kerentanan tersebut memberi kesempatan kepada penyusup untuk menambahkan anggota baru ke dalam grup obrolan tanpa sepengetahuan anggota lainnya.

Dengan begitu, pesan yang dikirim oleh anggota kelompok lainnya serta informasi pribadi mereka seperti nama dan nomor telepon mungkin saja bocor ke penyusup.

"Eksploitasi dari kerentanan keamanan ini merupakan ancaman serius, terutama bagi mereka yang memiliki informasi rahasia dalam grup obrolan," kata Chebyshev dalam keterangan tertulis Kaspersky Lab yang diterima Tekno Liputan6.com.

Berdasarkan Penelitian

Kaspersky Lab (Sumber : engadget.com)

Ia menjelaskan, berdasarkan penelitian yang dilakukan oleh tim peneliti Ruhr-University, untuk mengakses grup penyusup perlu mendapatkan akses ke server WhatsApp.

"Namun laporan tersebut tidak memberikan contoh serangan tersebut. Peretasan server ini tidaklah mudah dari segi teknis dan membutuhkan banyak waktu serta usaha," katanya.

Lebih lanjut, menurut Chebyshev, alih-alih meretas server, akan lebih mudah bagi penyusup atau hacker untuk meretas perangkat mobile dari anggota grup obrolan.

Kendati begitu, Kaspersky Lab memberi rekomendasi beberapa langkah agar tetap aman. Pertama, perhatikan grup obrolan dan kontrol manual atas penambahan anggota baru.

Selain itu, Kaspersky Lab juga menyarankan agar anggota grup menghindari berbagi informasi sensitif dalam grup obrolan.

(Isk/Jek)

Saksikan Video Pilihan Berikut Ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Berfoto Bareng Ganjar, 6 Pegawai RSUD Jepara Diperiksa Panwas

Posted: 19 Feb 2018 09:22 PM PST

Panitia Pengawas Pemilu Kabupaten Jepara, Jawa Tengah memeriksa enam aparatur sipil negara (ASN). Mereka merupakan pegawai RSUD Kartini Jepara.

Keenamnya dimintai keterangan karena diketahui berfoto bersama calon Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo. Ketua Bawaslu Jawa Tengah Fajar Subhi di Semarang, Selasa, membenarkan pemanggilan terhadap keenam orang pegawai RSUD itu.

"Sudah dipanggil untuk diklarifikasi," katanya, seperti dilansir Antara, Selasa (20/2/2018).

Dari enam pegawai tersebut, salah satunya merupakan Pelaksana Tugas Direktur RSUD Kartini Jepara yang ikut berfoto bersama petahana. Menurut Fajar, temuan tersebur masih didalami oleh Panwas Kabupaten Jepara.

"Termasuk kedatangan Pak Ganjar ke RSUD itu dalam kesempatan kampanye atau bukan," katanya.

Ia menjelaskan netralitas ASN dalam pilkada sudah diatur dalam surat edaran Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi Indonesia. Dalam aturan tersebut, berfoto bersama pasangan calon kepala daerah merupakan larangan yang harus dipatuhi ASN.

Tim Sukses Ganjar Boleh Tak Cuti

Wakil Gubernur Jateng sekaligus Plt Gubernur Jateng Heru Sudjatmoko. (foto: Liputan6.com / edhie)

Sebelumnya, Dalam tim pemenangan atau tim kampanye calon gubernur Ganjar Pranowo di pilgub jateng 2018, tercantum nama wakil gubernur Jateng Heru Sudjatmoko. Ia berposisi sebagai tim ahli dan media. Meskipun selain sebagai wakil gubernur, Heru juga menjadai pelaksana tugas Gubernur Jateng.

Komisi Pemilihan Umum (KPU) Jawa Tengah (Jateng) mengizinkan Heru Sudjatmoko sebagai bagian tim kampanye dan tidak memintanya untuk cuti selama kampanye Pilkada atau Pilgub Jateng 2018 yang digelar sampai 23 Juli nanti.

Menurut Ketua KPU Jateng, Joko Purnomo, Heru tetap bisa bertugas sebagai wagub sekaligus pelaksana tugas (Plt) Gubernur Jateng selama Ganjar Pranowo cuti. Ia hanya diwajibkan cuti ketika menjalankan tugas sebagi tim pemenangan.

"Masa kampanye Pak Heru tetap bisa bertugas seperti biasa. Hanya saat menggelar kampanye dia harus cuti. Dia juga dilarang menggunakan fasilitas negara untuk kampanye," kata Joko, Minggu (18/2/2018).

Cuti yang berlaku bagi Heru wajib diajukan sehari sebelum menggelar kampanye secara terbuka melalui pertemuan-pertemuan dengan para kader atau masyarakat. Tetap dilarang berkampanye saat bertugas sebagai Plt gubernur baik di kantor instansi pemerintahan, ruang publik, maupun tempat ibadah.

Heru akan mulai bertugas sebagai Plt Gubernur Jateng mulai Rabu (15/2/2018). Tepat pada saat Ganjar Pranowo mulai mengambil cuti sebagai gubernur karena mencalonkan diri dalam Pilkada atau Pilgub Jateng 2018.

Saksikan video pilihan di bawah ini

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Begini Awal Mula Perkenalan Roro Fitria dengan Narkoba

Posted: 19 Feb 2018 09:20 PM PST

Ditresnarkoba Polda Metro Jaya telah menetapkan Roro Fitria sebagai tersangka atas kepemilikan 2,4 gram sabu. Melalui hasil pemeriksaan, artis 28 tahun itu terbukti memesan sabu dari WH yang ditangkap lebih dulu di kawasan Hayam Wuruk, Jakarta Pusat pada 14 Februari 2018.

Kabar tersebut tentu mengagetkan banyak pihak. Pasalnya, Roro Fitria terkenal sebagai salah satu artis yang aktif dalam penyuluhan gerakan antinarkoba di kalangan selebriti Tanah Air.

Menurut sahabatnya, Sunan Kalijaga, Roro Fitria mulai mengenal narkoba sejak satu tahun yang lalu. Saat itu, pemain film Bangkitnya Suster Gepeng itu tengah menghadiri sebuah pesta yang diselenggarakan salah satu rekan artis.

Awal Perkenalan

Roro Fitria (Nurwahyunan/bintang.com)

"Tadi dia juga menyampaikan sambil menangis bahwa satu tahun terakhir ini (pakai narkoba), awal dia mengenal barang haram tersebut saat dia mendatangi salah satu rekan-rekan selebriti yang ulang tahun," ujar Sunan Kalijaga saat ditemui di Polda Metro Jaya, Jakarta Selatan, Senin (19/2/2018).

Dibujuk

Roro Fitria (Liputan 6)

Roro Fitria kemudian dibujuk oleh beberapa artis yang turut menghadiri pesta tersebut. Tadinya, artis yang identik dengan ritual mistis itu bersikeras menolak ajakan mereka.

"Di situ dia diajak sama beberapa rekan-rekan selebriti untuk mencoba. Lalu Roro sempat mengatakan bahwa, 'saya kan sudah jadi penyuluh yang sering dilakukan beberapa institusi'," lanjut Sunan Kalijaga.

Ketagihan

Roro Fitria (Instagram/roro.fitria1989)

Namun sayang, pertahanan diri Roro Fitria mampu diruntuhkan rekan-rekannya tersebut. Tadinya coba-coba, barang haram itu perlahan berubah menjadi santapan wajib tiap kali ia menghadiri pesta di beberapa kesempatan.

"Akhirnya dia setelah ketemu teman-temannya lagi, entah ada party atau apa, ikut lagi nyoba-nyoba sampai akhirnya tertangkap kemarin memang ternyata kecanduan dalam membeli barang tersebut," ungkap Sunan Kalijaga.

Tangis Penyesalan

Roro Fitria (Nurwahyunan/Bintang.com)

Tangis penyesalan Roro Fitria kini tak akan berarti apa-apa. Pemain film Suster Keramas itu harus mempertanggungjawabkan perbuatannya di hadapan hukum.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Menteri PUPR Hentikan Seluruh Proyek Infrastruktur per Hari Ini

Posted: 19 Feb 2018 09:19 PM PST

Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Basuki Hadimuljono menghentikan sementara proyek infrastruktur di seluruh Indonesia mulai hari ini.

"Semua proyek yang membutuhkan pekerjaan berat dan elevated mulai hari ini kami hentikan, baik itu pembangunan tol trans Sumatera, Jawa, Kalimantan, Sulawesi, dan Papua," ujar Basuki di UGM Yogyakarta, Selasa (20/2/2018).

Selain jalan, Kementerian PUPR juga menghentikan sementara proyek pembangunan jembatan panjang. Basuki mengatakan, Tim Komite Keselamatan Kontruksi dari Kementerian yang akan melakukan audit desain konstruksi serta sistem keselamatan kerja.

"Audit ini tidak akan lama dan fokus pada keselamatan kerja," ujar Basuki.

Menurutnya, audit bertujuan agar keberlangsungan proyek bisa terus berjalan tanpa kendala. Apabila hal ini tidak dilakukan, percepatan proyek lainnya bisa terganggu.

Basuki juga akan mengundang Menteri Perhubungan, Menteri BUMN, serta seluruh pengelola tol untuk membahas proses audit pada Selasa siang.

Ia menyebutkan sepanjang dua tahun terakhir ada 13 kecelakaan yang menyebabkan robohnya infrastruktur pendukung jalan. Kasus terakhir adalah robohnya Girder Tol Becakayu di Jakarta Timur.

"Faktor kesalahan manusia terutama di bidang pelaksanan perkerjaan menjadi faktor utama penyebab kecelakaan," kata Basuki.

Girder Becakayu Roboh

Reruntuhan material dari tiang girder proyek Tol Becakayu yang ambruk di dekat Gerbang Tol Kebon Nanas, Jakarta Timur, Selasa (20/2). Untuk sementara pengerjaan proyek ini dihentikan untuk kepentingan penyelidikan. (Liputan6.com/Arya Manggala)

Girder pada tiang penyangga dalam proyek pembangunan infrastuktur di Ibu Kota ambruk. Kali ini terjadi pada proyek Tol Becakayu, Jakarta Timur. Selasa pagi polisi datang ke lokasi untuk mencari tahu apa penyebab pasti insiden yang menyebabkan tujuh pekerja luka-luka.

Dari hasil penyelidikan awal, diduga box girder Tol Becakayu ambruk karena tidak kuat menahan beban konstruksi saat pengecoran. Breket timber atau penyangga cor terlepas saat proses pengecoran berlangsung.

Sementara itu, Presiden Joko Widodo atau Jokowi meminta Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Basuki Hadimuljono mengevaluasi seluruh proyek infrastruktur yang kini masih dalam tahap pengerjaan. Hal ini perlu dilakukan menyusul peristiwa kecelakaan kerja di sejumlah proyek pembangunan.

"Ya ini keputusan di Kementerian PU untuk saya kira untuk evaluasi total," kata Jokowi, Selasa (20/2/2018).

Saksikan video pilihan di bawah ini

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

PKPI Akan Gugat KPU ke Bawaslu Hari Ini

Posted: 19 Feb 2018 09:16 PM PST

Ketua Dewan Pimpinan Nasional (DPN) Partai Keadilan dan Persatuan Indonesia (PKPI) Teddy Gusnaidi mengatakan, hari ini partainya akan mengajukan gugatan ke Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) RI. Gugatan tersebut karena partainya dinyatakan tidak lolos sebagai partai peserta Pemilu 2019.

"Iya, hari ini kita akan ajukan gugatan ke Bawaslu," ucap Teddy, ketika dikonfirmasi, Selasa (20/2/2018).

Rencananya sebelum mengajukan gugatan ke Bawaslu, partai yang dipimpin AM Hendropriyono tersebut akan terlebih dahulu melakukan rapat internal di kantor DPN Partainya, di Jl Diponegoro, Menteng, Jakarta Pusat.

"Siang ini jam 11 kami rapat dulu, setelah itu baru akan ke Bawaslu. Yang akan ke sana Tim Hukum dari DPN PKPI," ujar Teddy.

Teddy mengatakan, gugatan nantinya akan lebih banyak berisi mengenai sistem informasi partai politik atau sipol.

"Selain itu, ya misalnya ada KPUD yang tidak mendatangi kantor partai kami di daerah, lalu ada kesalahan input KPUD di mana MS menjadi TMS," kata Teddy.

Jawa Timur merupakan salah satu daerah yang dianggapnya seharusnya telah dinyatakan menenuhi syarat. Namun kenyataannya, KPUD setempat justru menyatakan hal sebaliknya.

"Di Jawa Timur, tapi saya lupa daerahnya, datanya ada di DPN, saya lagi on the way ke DPN," sebutnya.

 

14 Parpol Lolos

14 ketum dan petinggi Parpol hadir dalam pengundian nomor urut peserta pemilu. (Liputan6.com/Faizal Fanani)

PKPI bukan partai satu-satunya yang dinyatakan oleh KPU tidak memenuhi syarat secara nasional. Partai Bulan Bintang (PBB) yang dipimpin oleh Yusril Ihza Mahendra pun merasakan hal yang sama. Keduanya pun gagal menjadi partai peserta Pemilu 2019.

KPU menyatakan terdapat 14 partai politik yang dianggap memenuhi syarat untuk menjadi parpol peserta pemilu 2019.

Ke-14 partai tersebut Partai Gerakan Indonesia Raya (Gerindra), Partai Persatuan Pembangunan (PPP), Partai NasDem, Partai Amanat Nasional (PAN), Partai Hati Nurani Rakyat (Hanura), dan Partai Demokrat.

Selanjutnya ada Partai Golongan Karya (Golkar), Partai Kebangkitan Bangsa (PKB), Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDI-P), dan Partai Keadilan Sejahtera (PKS), Partai Solidaritas Indonesia (PSI), Partai Perindo, Partai Berkarya, dan Partai Garuda.

 

Saksikan video pilihan di bawah ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Partai Garuda Diterpa Isu Terkait Prabowo dan Anak Soeharto

Posted: 19 Feb 2018 09:15 PM PST

Partai Garuda resmi menjadi peserta Pemilu 2019. Itu karena, partai berlambang burung garuda ini dinyatakan lolos verifikasi faktual oleh Komisi Pemilihan Umum (KPU).

Namun, sebagai pendatang baru, Partai Garuda sudah diterpa beragam isu. Salah satunya menyatakan, partai ini memiliki hubungan dengan keluarga Presiden ke-2 RI Soeharto,, khususnya dengan Siti Hardiyanti Rukmana atau Mbak Tutut.

Ketua Umum Partai Garuda, Ahmad Ridha Sabana membantah isu yang mengkait-kaitkan partainya memiliki hubungan dengan keluarga Cendana tersebut. Dia mengakui, pernah bekerjasama dengan Mbak Tutut, tapi tidak memiliki kaitan dengannya.

"Bahwa kami pernah bekerja sama dengan beliau membantu menyelesaikan kasus TPI tapi kita sudah tidak bekerja sama lagi itu sudah lama dan kami sudah tidak duduk sebagai presiden director di TPI jadi kami tidak ada kaitan lagi," kata Ketum Partai Garuda itu kepada wartawan di Hotel Lumire, Senen, Jakarta Pusat, Senin 19 Februari 2018.

Dikaitkan dengan Gerindra

Partai Garuda mendaftarkan diri ke KPU, Jakarta. (Liputan6.com/Ika Defianti)

Kemudian isu yang berkembang lainnya Partai Garuda selalu dikaitkan dengan partai lain yakni Partai Gerindra juga dibantah Ridha. Dia mengatakan bahwa partainya adalah partai mandiri.

"Tidak ada partai satupun partai yang terafiliasi dengan kita. Termasuk dihubungkan dengan Partai Gerindra. Kami adalah kami Partai Garuda," jelasnya.

Ridha juga menegaskan tidak ada satupun anggota Partai Gerindra yang saat ini menjadi anggota Partai Garuda. Terkait lambang Garuda yang dinyatakan mirip dengan lambang partai bentukan Prabowo dia juga membantah.

Lambang Partai Gerindra yaitu kepala burung garuda, sedangkan lambang Partai Garuda adalah siluet burung Garuda utuh. Apalagi dikaitkan dengan lambang Nazi itu sangat jauh berbeda.

"Saya kira lambang kita ini kekinian, kalau ada yang mengkaitkan dengan lambang tertentu, saya kira banyak kok partai yang lambangnya mirip. Banyak kok yang lambangnya burung, tadi saya bilang partai ini tidak berafiliasi dengan partai apapun. Apalagi sejauh itu (Nazi)," tuturnya.

Menurutnya, visi misi Partai Garuda sendiri jelas yakni membawa perubahan untuk rakyat Indonesia yang lebih baik.

"Kita tahu negeri kita sangat dinamis, kami siapkan bahtera untuk membawa perubahan," katanya.

Partai Baru

Ketua Umum Partai Garuda Ahmad Ridha Sabana mendapatkan nomor 6 sebagai peserta pemilu 2019 saat pengundian nomor urut parpol di kantor KPU, Jakarta, Minggu (19/2). (Liputan6.com/Faizal Fanani)

Dari 14 parpol yang lolos itu, 10 merupakan partai lama yakni Partai Gerakan Indonesia Raya (Gerindra), Partai Persatuan Pembangunan (PPP), Partai Nasdem, Partai Amanat Nasional (PAN), Partai Hati Nurani Rakyat (Hanura), Partai Demokrat.

Kemudian Partai Golongan Karya (Golkar), Partai Kebangkitan Bangsa (PKB), Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP), dan Partai Keadilan Sejahtera (PKS).

Sementara 4 lainnya merupakan partai baru yakni Partai Solidaritas Indonesia (PSI), Partai Perindo, Partai Berkarya, dan Partai Garuda.

Sedangkan 2 partai yang gagal melaju ke tahapan pemilu 2019 selanjutnya adalah Partai Bulan Bintang (PBB) dan Partai Keadilan dan Persatuan Indonesia (PKPI). Keduanya gagal karena dinyatakan tidak memenuhi syarat.

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

 

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Girder Becakayu Ambruk, Pemerintah Setop Sementara Proyek Tol Layang

Posted: 19 Feb 2018 09:15 PM PST

Usai terjadinya kecelakaan kerja di proyek jalan tol Bekasi-Cawang-Kampung Melayu atau tol Becakayu, Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) langsung melakukan evaluasi. Kementerian PUPR melakukan moratorium atau penghentian sementara seluruh proyek jalan tol layang (elevated) yang saat ini tengah dibangun.

"Iya benar, dimoratorium dulu. Yang moratorium Kementerian PUPR," kata Deputi Bidang Usaha Konstruksi dan Sarana dan Prasarana Perhubungan Kementerian Badan Usaha Milik Negara (BUMN), Ahmad Bambang di Jakarta, Selasa (20/2/2018).

Dijelaskan Ahmad Bambang, moratorium ini dalam rangka evaluasi seluruh proyek yang tengah berjalan. Itu karena pemerintah tidak ingin kecelakaan kerja, seperti di tol Becakayu yang menyebabkan tujuh orang pekerja terluka, kembali terulang.

"Untuk menindaklanjuti (insiden) (tol Becakayu), siang ini akan ada pertemuan antara Menteri BUMN dan Menteri PUPR untuk membahas hal ini," tegasnya.

Sementara itu, di kesempatan yang sama, Kepala Divisi 3 Waskita Karya, Dono Parwoto, mengaku saat ini timnya beserta pengawas proyek tengah melakukan beberapa evaluasi di lapangan.

Evaluasi yang dilakukan ini nantinya akan dilaporkan kepada Kementerian PUPR untuk bisa ditindaklanjuti.

"Pada prinsipnya kami tidak ingin hal ini terjadi (kecelakaan kerja di tol Becakayu), tapi dengan moratorium ini akan diteliti mulai dari metode kerja dan lain sebagainya. Kami berterima kasih di mana harapannya ke depan bisa bekerja lebih baik lagi," pungkas Dono. 

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

Pembangunan Infrastruktur Seperti Angkot Kejar Setoran

Reruntuhan material dari tiang girder proyek Tol Becakayu yang ambruk di dekat Gerbang Tol Kebon Nanas, Jakarta Timur, Selasa (20/2). Untuk sementara pengerjaan proyek ini dihentikan untuk kepentingan penyelidikan. (Liputan6.com/Arya Manggala)

Yayasan Lembaga Konsumen Indonesia (YLKI) mengkritik percepatan pembangunan proyek infrastruktur yang sedang dijalankan oleh pemerintah saat ini. Dasar dari kritik tersebut karena banyak kecelakaan kerja dalam proyek infrastruktur tersebut.

"Pembangunan proyek infrastruktur tampaknya dikerjakan seperti sopir angkot mengejar setoran. Yang penting pekerjaan selesai, tanpa mengutamakan keselamatan, keamanan dan kenyamanan penumpangnya," kata Ketua Pengurus Harian YLKI Tulus Abadi, Selasa (20/2/2018).

Terakhir, Tulus menyoroti soal ambruknya tiang girder Tol Becakayu yang mengakibatkan beberapa orang terluka.

Kecelakaan konstruksi sebagian terbukti karena kegagalan konstruksi (construction failure). Ini membuktikan proyek konstruksi tersebut tidak direncanakan dengan matang dan atau pengawasan yang ketat dan konsisten. 

Atas kejadian itu, YLKI mengkritik keras dan mendesak pemerintah untuk membentuk tim investigasi independen dengan tugas utama melakukan engineering forensic untuk menyimpulkan apakah yang terjadi merupakan kegagalan dalam perencanaan konstruksi, kegagalan dalam pelaksanaan konstruksi, atau kegagalan dalam pengawasan konstruksi.

Tim investigasi dimaksud sangat urgent khusus untuk mengaudit ulang terhadap proyek infrastruktur yang sedang berjalan.

"Jangan sampai proyek infrastruktur tersebut mengalami kegagalan konstruksi berulang saat digunakan konsumen. Kita bisa bayangkan, korban massal akan terjadi jika kecelakaan konstruksi tersebut terjadi saat digunakan konsumen," kata Tulus.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Pelatih Persija Minta Jakmania Jaga SUGBK di Piala AFC 2018

Posted: 19 Feb 2018 09:15 PM PST

Insiden kecil pengerusakan Stadion Utama Gelora Bung Karno (SUGBK) di final Piala Presiden 2018 oleh oknum suporter Persija Jakarta, Jakmania, disesali banyak pihak. Mereka menjebol pagar non permanen dan pintu masuk stadion.

Untungnya, kejadian ini tidak berdampak negatif terhadap status partai kandang Persija untuk Piala AFC 2018. Pusat Pengelolaan Komplek Gelora Bung Karno (PPKGBK) tidak mempersulit Macan Kemayoran untuk memakai SUGBK.

PPKGBK menaksir kerugian akibat rusaknya SUGBK tidak mencapai Rp 100 juta. Direktur PPKGBK, Winarto mengatakan, bahwa pihaknya tidak kapok untuk menyewakan SUGBK kepada pihak swasta.

Pada partai kedua Piala AFC Grup H, Persija akan menjamu wakil Singapura, Tampines Rovers pada 28 Februari 2018. Sesuai rencana awal, matchday kedua ini bakal dihelat di SUGBK.

Macan Kemayoran butuh kemenangan untuk memperbaiki peringkat pada klasemen sementara. Klub ibu kota kini terbenam di posisi buncit dengan nihil poin dari satu laga.

Imbauan Persija

Pesepeda mengamati kerusakan pintu masuk zona 9 Stadion Utama Gelora Bung Karno pada Final Piala Presiden 2018, Jakarta, Minggu (18/2). Kerusakan tersebut disebabkan suporter salah satu tim sepakbola yang memaksa masuk. (Liputan6.com/Faizal Fanani)

Pelatih Persija, Stefano Cugurra Teco memuji Jakmania yang selalu setia mendukung timnya baik home dan away. Tapi, arsitek asal Brasil itu tetap memberikan koreksi.

Berkaca dari insiden pada final Piala Presiden, Teco meminta Jakmania untuk berperilaku lebih santun lagi. Sebab, juru taktik berusia 43 tahun tersebut ingin menghindari risiko terberat jika SUGBK kembali rusak oleh ulah Jakmania. Persija tidak lagi diizinkan untuk bermain di sana.

"Kita harus berterima kasih kepada Jakmania di final Piala Presiden, stadion penuh. Sekarang kita bermain di Piala AFC, kita minta suporter bantu, harus jaga SUGBK," ujar Teco ketika ditemui Liputan6.com belum lama ini.

"Stadion ini benar-benar bagus. Sudah direnovasi, fasilitas seperti di Eropa. Kita harus jaga stadion. Persija mau banyak bertanding di SUGBK," katanya menambahkan.

Agenda Menjalar

Setelah melakoni partai kedua Piala AFC, Persija telah ditunggu perhelatan turnamen lainnya. Adalah Trofeo Battle of Borneo di Stadion Batakan, Balikpapan, yang menjadi pagelaran keempat Macan Kemayoran sebelum mengarungi musim depan.

Pada turnamen itu, Persija akan bertemu Persiba Balikpapan dan PSM Makassar. Teco antusias dengan perhelatan ini. Sebab, turnamen pramusim dapat dimanfaatkan para legiun anyar Macan Kemayoran untuk unjuk gigi.

"Kita punya banyak pemain di dalam tim. Pemain baru butuh waktu untuk adaptasi. Di latihan, di uji coba. Kita harus pasang pemain baru dan lama. Buat yang baru, lebih siap di kompetisi," pungkas mantan pelatih fisik Persebaya Surabaya itu.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

VIDEO: Jennifer Aniston Bercerai, Kembali ke Brad Pitt?

Posted: 19 Feb 2018 09:15 PM PST

Menyusul Brad Pitt dan Angeline Jolie, kini giiliran Jennifer Aniston dan Justin Theroux mengakhiri pernikahan mereka.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Desainer Indonesia Curi Perhatian di London Modest Fashion Week

Posted: 19 Feb 2018 09:11 PM PST

Pekan fashion muslim bergengsi London Modest Fashion Week menjadi inspirasi bagi Anda pengguna hijab. Sederet desainer dunia memamerkan karya busana tertutupnya atau yang lebih dikenal dengan modest wear.

Diantara desainer tersebut juga hadir dari Indonesia Ria Miranda, Jenahara, Vivi Zubedi, dan Dian Pelangi. Mereka mengusung standar fashion muslim yang tertutup sebagai tema koleksinya. Namun desain dan garis desain sesuai dengan karakteristik masing-masing desainer.

"Indonesia modest fashion designer tampil di London Modest Fashion Week dengan mengusung pakem baju muslim dengan karakteristiknya masing-masing," kata Ria Miranda kepada Liputan6.com, Senin (19/2/2018).

Desainer Indonesia Ria Miranda, Jenahara, dan Dian Pelangi mencuri perhatian di London Modest Fashion Week. (Foto: instagram/hijup)

Desainer Indonesia curi perhatian di LMFW

Desainer Indonesia Ria Miranda, Jenahara, dan Dian Pelangi mencuri perhatian di London Modest Fashion Week. (Foto: instagram/hijup)

Penampilan dari desainer Indonesia ini berhasil mencuri perhatian pecinta fashion yang hadir. Desain yang berkarakter dan tema yang terurup secara utuh membuat penampilan mereka dinantikan dan mendapat sambutan yang baik di London.

"Sambutannya bagus. Slot Indonesia Designer paling ditunggu karena karakter desain kita semua beda banget. Jadi ada wow factor dari setiap koleksi yang ditampilkan. Dan pakem baju muslim yang tertutup penuh sangat kita jaga. Semua model pakai kerudung dan inner," kata Ria Miranda.

Desainer Indonesia curi perhatian di LMFW

Desainer Indonesia Ria Miranda, Jenahara, dan Dian Pelangi mencuri perhatian di London Modest Fashion Week. (Foto: instagram/hijup)

Desainer Indonesia mendapatkan slot tersendiri untuk memamekan karya-karyanya dihadapan pecinta fashion muslim dunia. Perhelatan akbar London Modest Fashion Week ini bahkan juga dihadiri Lindsay Lohan penyanyi dan pemain film Hollywood yang belakangan dikabarkan telah memeluk agama Islam.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Dua Ubahan Honda CB150 Verza Terbaru, Apa Saja?

Posted: 19 Feb 2018 09:10 PM PST

PT Astra Honda Motor (AHM) meluncurkan motor naked sport yang maskulin, all new Honda CB150 Verza yang merupakan generasi kedua dari Honda Verza.

Dalam model baru ini, Honda melakukan dua perubahan dari Verza sebelumnya. 

"Ubahan ada pada speedometer. Tadinya langsung dari ban depan, tapi kali ini langsung dari engine," kata Masaru Miyasitha selaku Large Project Leader All New Honda CB150 Verza dari Honda R&D Southeast Asia di Kemayoran, Selasa (20/2/2018).

Selain itu, Honda juga melakukan ubahan dari fuel engine-nya untuk menyesuaikan dengan konsep yang lebih tangguh.

"Ada perubahan setting di fuel engine (all new Honda CB150 Verza ) sehingga didapat untuk putaran bawah dan akselerasi lebih baik dari model sebelumnya," ujar Miyasitha.

 

Selanjutnya

Honda CB150 Verza resmi diluncurkan dengan karakter lebih maskulin. (Foto: Yurike Budiman)

Sementara itu, Executive Vice President Director AHM Johannes Loman mengatakan model ini menjawab kebutuhan pasar motor naked sport yang menginginkan motor sport tangguh untuk dipakai sehari-hari.

"Kami menghadirkan all new Honda CB150 Verza untuk para konsumen setia yang menginginkan motor naked sport berpendingin udara yang bisa digunakan untuk kegiatan keseharian," ujarnya.

All new Honda CB150 Verza tersedia dengan dua tipe yakni Cast Wheel dan Spoke Wheel. Tipe Cast Wheel hadir dengan pilihan warna Masculine Black, Bold Red dan Macho Silver. Sementara untuk tipe Spoke Wheel hadir dengan warna Masculine Black. Model ini dipasarkan Rp19.950.000 on the road untuk tipe Cast Wheel dan harga Rp19.300.000 untuk Spoke Wheel.

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Heboh, Rhoma Irama Disawer Harley Davidson oleh Raja Tambang

Posted: 19 Feb 2018 09:10 PM PST

Raja Dangdut Rhoma Irama menjadi salah satu bintang tamu dalam acara pernikahan anak miliarder Binuang, Kabupaten Tapin, Kalimantan Selatan, Sabtu, 17 Februari 2018. Dalam acara pesta rakyat 10 malam tersebut, Rhoma Irama kabarnya mendapat hadiah mengejutkan dari pemilik acara, Muhammad Hatta.

Pria yang akrab disapa Haji Ciut ini dikenal rajin memberikan saweran. Tak tanggung-tanggung, Rhoma Irama diberikan saweran berupa motor Harley Davidson.

Hal itu diungkap Sekjen Dewan Pimpinan Pusat Fans of Rhoma and Soneta, Wahed Unoe. Melalui akun Instagram pribadinya, Wahid Unoe menceritakan momen langka ketika Sang Raja Dangdut bertemu dengan Si Raja Tambang.

Surprised

Rhoma Irama dan Haji Ciut (Instagram: @wahed.unoe)

"Usai pagelaran konser Soneta Sabtu 17 Februari 2018, pukul 22.00 WITA di lapangan yang tidak jauh dengan rumah Haji Ciut, Rhoma dan Kru Soneta diundang makan di rumah mewahnya di atas lahan belasan hektar di Kecamatan Binuang," tulis Wahed Unoe.

"Rhoma mendapat surprise saat Raja Batubara Kalimantan Selatan ini memperlihatkan 10 koleksi Motor Gede Harley Davidson di garasi khusus motor besar," tulisnya lagi.

Moge Merah

Rhoma Irama (Instagram: @wahed.unoe)

Setelah menimbang beberapa hal, Rhoma Irama akhirnya menjatuhkan pilihan pada sebuah Harley Davidson bertanki merah. Pelantun lagu "Begadang" itu diminta Haji Ciut untuk mencoba lebih dulu motor berpostur sedang tersebut.

Takut Menyawer

Rhoma Irama dan Haji Ciut (Instagram: @wahed.unoe)

Rupanya Haji Ciut sempat merasa segan memberikan saweran uang kepada Rhoma Irama. Sebagai gantinya, Haji Ciut menghibahkan motor gede yang ditaksir ratusan juta.

"Saya tidak berani menyawer uang di atas panggung untuk Bang Rhoma, sebagai gantinya saya sawer pake Harley, Haji Ciut memperjelas maksud pemberian hadiahnya," Wahed Unoe menceritakan.

Namun belum diketahui apakah motor Harley Davidson itu sudah dibawa Rhoma Irama ke Jakarta atau belum.

Liputan6.com coba menanyakan langsung pihak Rhoma Irama, tapi belum mendapat jawaban. Sampai berita ini diturunkan, telepon Debby Rhoma, putri sulung Rhoma Irama, tak diangkat saat dihubungi. 

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Jokowi: Saya Akan Kejar Kapolri Tuntaskan Kasus Novel Baswedan

Posted: 19 Feb 2018 09:08 PM PST

Presiden Joko Widodo atau Jokowi memastikan pihaknya akan terus meminta Kapolri Jenderal Pol Tito Karnavian untuk menuntaskan kasus dugaan penyerangan terhadap penyidik KPK Novel Baswedan

"Ya ini saya akan terus kejar di Kapolri, di Polri agar kasus ini menjadi jelas dan tuntas siapapun pelakunya," kata Jokowi di Istana Negara, Jakarta, Selasa (30/2/2018).

Jokowi menyadari kasus tersebut terlalu lama terselesaikan. Novel Baswedan diserang pada April, namun kasus itu belum juga terungkap hingga kini. Mantan Gubernur DKI Jakarta ini meminta Polri untuk tetap menuntaskan kasus tersebut.

"Sampai saat ini akan kita kejar terus, akan kita kejar terus Polri. Dan Polri juga sudah saya sampaikan, kalau Polri sudah gini (angkat tangan) baru kita mulai step yang lain," ucap Jokowo.

Di sisi lain, Jokowi mengaku bersyukur kondisi Novel sudah mulai membaik dan akan kembali ke Indonesia, setelah menjalani perawatan di Singapura akibat teror penyiraman air keras ke wajahnya oleh pihak yang tidak dikenal.

"Bersyukur Alhamdulillah Pak Novel Baswedan sudah sembuh dan kembali ke Tanah Air. Saya kira Pak Novel nanti bisa bekerja kembali lagi ke KPK, kita syukuri," tambah Jokowi.

Pulang

Penyidik KPK, Novel Baswedan saat akan dipindahkan dari Rumah Sakit Mitra Keluarga Kelapa Gading, Jakarta, Selasa (11/4). Novel Baswedan akan menjalani perawatan intensif di Rumah Sakit Mata Jakarta Eye Center(JEC), Menteng. (Liputan6.com/Johan Tallo)

Wakil Ketua KPK Saut Situmorang mengaku gembira Novel Baswedan akhirnya bisa pulang ke Tanah Air, Kamis 22 Februari mendatang.

KPK, kata Saut, akan membebaskan Novel Baswedan jika ingin kembali bertugas sebagai penyidik senior di KPK.

"Nanti kita lihat di mana dia suka. Kalau memang dia jiwanya suka di situ (sebagai penyidik) nanti kita lihat, pimpinan yang memutuskan," ucap Saut saat ditemui di Hotel Sultan Jakarta, Senin (19/2/2018).

Yang pasti, ujar Saut, KPK akan mengawal khusus Novel Baswedan saat sudah tiba di Indonesia.

"Ya itu sudah praktis ya tidak hanya kepada Novel, tetapi yang lain juga ada penanganan khusus," ujar Saut.

Dia berharap kondisi kesehatan Novel Baswedan bisa makin membaik sehingga bisa kembali lagi bekerja secara optimal di KPK.

"Ya Novel Baswedan pulang tentunya kalau dia bisa kerja itu keren. Iya dong biar sehat lagi kemudian bisa menciptakan kinerja yang baik," ujar Saut.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Klarifikasi Waskita soal Kondisi Korban Girder Tol Becakayu

Posted: 19 Feb 2018 09:07 PM PST

PT Waskita Karya membantah kabar adanya pekerja yang mengalami luka parah akibat ambruknya girder Tol Bekasi-Kampung Melayu (Becakayu) dinihari tadi. Meski mendapat perawatan di Rumah Sakit Bhayangkara Polri Kramat Jati dan Rumah Sakit UKI Cawang, Jakarta Timur, ketujuh korban hanya cedera ringan.

"Info satu luka berat di RS Polri tidak betul juga. Saat ditangani, dia syok dan perlu CT-Scan, dan di UKI lagi rusak, maka dibawa ke RS Polri," tutur Kepala Divisi III PT Waskita Karya, Dono Parwoto di Kantor Proyek Waskita, Kebon Nanas, Jakarta Timur, Selasa (20/2/2018).

Menurut dia, penanganan intensif masih terus dilakukan pihak dokter. Para korban akan menjalani rawat inap.

"Saat diperiksa, tidak ditemukan yang bahaya. Hanya luka ringan. Semua sudah berkumpul di RS UKI," jelas Dono.

Sebelumnya, Kapolres Jakarta Timur Kombes Tony Surya Putra mengatakan, belum ada informasi korban jiwa atas insiden Proyek Tol Becakayu itu dari pihak rumah sakit.

 

 

Identitas Korban

Petugas kepolisian berada di lokasi ambruknya tiang girder proyek Tol Becakayu dekat Gerbang Tol Kebon Nanas, Jakarta, Selasa (20/2). Pihak kepolisian mengatakan dugaan sementara terjadi karena brecket tember yang kurang kuat. (Liputan6.com/Arya Manggala)

Adapun identitas sementara dari enam pekerja di RS UKI Cawang, atas nama Supri (47) mengalami patah lengan dan luka terbuka, Kirpan (37) cedera di bagian dada, Sarmin (46) luka memar, Rusman (36) alami luka memar, Joni Arisman (40) cedera patah tulang, dan Agus (17) mengalami luka memar panggul dan bahu kanan.

Satu korban dibawa ke Rumah Sakit Bhayangkara Polri Kramat Jati atas nama Waldi (41) yang cedera dibagian kepala. Seluruhnya masih harus menjalani rawat inap di dua rumah sakit tersebut.

Saksikan video pilihan di bawah ini

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Video Viral Gadis Muslim Berhijab di Tim Barongsai

Posted: 19 Feb 2018 09:03 PM PST

Meskipun mendapat tentangan dari keluarga dan teman-temannya, seorang gadis Muslim berbahasa Mandarin ini bersikeras untuk bergabung dengan rombongan Lion Dance atau tarian barongsai.

"Teman dan kerabat menganggap bahwa sebagai seorang Muslim tak benar bergabung dengan rombongan tari barongsai itu. Tapi aku ikut dengan kelompok tari barongsai untuk olahraga," kata Mariam Abdul Nazar dalam video yang juga dimuat Asia One dan dikutip Selasa (20/2/2018).

Video berdurasi sekitar lima menit tentang Maryam, si gadis Muslim dan berhijab itu kemudian menjadi viral.

Dalam rekamannya, terlihat perempuan berusia 21 tahun itu tengah berbicara bahasa Mandarin, sambil mengatakan bahwa dia harus menjelaskan kepada teman dan kerabatnya bahwa rombongan tari barongsai yang diikutinya tampil dan berpartisipasi untuk sebuah kompetisi.

Dia menambahkan bahwa setelah mereka tahu alasan untuk ikut lomba, barulah teman dan keluarga mengerti keinginannya untuk menjadi bagian dari tim barongsai tersebut.

Mariam juga mengatakan bahwa ia telah menjadi pemain drum dalam rombongan tari barongsai itu selama delapan tahun terakhir, selain belajar bahasa Mandarin.

"Ini adalah bagian dari alasan mengapa bahasa Mandarin saya bagusa. Saya berlatih di sini dan bisa berkomunikasi," ujar Mariam.

Mariam menambahkan bahwa ia bergabung dengan rombongan tersebut karena ia menyukai bunyi yang ditimbulkan saat tarian barongsai tampil.

"Ini hebat, terlihat keren dan memiliki pola," tutur Mariam dengan antusias, seraya menambahkan bahwa bermain drum dengan rombongan itu membuatnya bahagia dan menjadi pelepas stresnya.

Dia juga mengatakan bahwa saat pertama kali bermain drum mengiringi barongsai, rasanya takut dan gugup. Takut melakukan kesalahan.

Tapi kini, gadis Muslim itu tumbuh lebih percaya diri.

Sebagai Muslim keturunan Malaysia dan setengah India, Marian mengaku bahwa khalayak terutama orang Tionghoa akan terkejut setiap kali dia tampil di depan umum.

Tapi mereka akan memuji kemampuan drumnya setelah tampil. "Saya merasa bangga dan senang menjadi orang Malaysia," tambah Mariam.

 

Menarik Perhatian

Ilustrasi Malaysia (AFP)

Video aksi Mariam juga menarik perhatian aktivis sosial Datin Paduka Marina Mahathir, komedian Harith Iskander dan netizen.

Marina bahkan telah berbagi video yang sudah dilihat lebih dari 14.000 kali dan dibagikan ulang 294 kali di halaman Facebook pada Sabtu 17 Februari.

Aktivis sosial tersebut menyebut video tersebut "sangat keren".

Sementara komedia Harith yang membagikan postingan Marina, mengatakan bahwa aksi Mariam "benar-benar menakjubkan!"

Harith yang membagikan video aksi Mariam di halaman Facebook pribadinya, menyebut "benar-benar brilian! Orang Malaysia adalah orang yang hebat".

Lainnya, pengguna Facebook Priya Supra Sanbakam mengatakan keterlibatan Mariam dengan rombongan tarian singa adalah "semangat keren orang Malaysia".

Sedangkan Chin Hock Ooi berkomentar bahwa kebaikan dan cinta sejati adalah tindakan untuk memberikan yang terbaik kepada orang lain terlepas dari ras, agama, politik atau status.

"Hari-hari baik akan datang dan mari terus menikmati banyak versi perayaan, budaya dan agama," tambah Chin.

Video tersebut merupakan satu dari lima di "Urban Tales KL", sebuah serial mini dokumentasi oleh China Daily yang bekerja sama dengan The Star.

Serial yang direkam pada November 2017 ini menampilkan individu unik di wilayah Kuala Lumpur.

Berikut ini rekamannya:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Aksi Ribuan Mahasiswa Universitas Jambi Tolak Kebijakan 'Kampus Ala Mal'

Posted: 19 Feb 2018 09:00 PM PST

Senin, 19 Februari 2018, Kampus Universitas Negeri Jambi (Unja) di kawasan Mendalo, Kabupaten Muarojambi, Provinsi Jambi mendadak ramai tak seperti biasanya. Ribuan mahasiswa yang mayoritas berjaket oranye menyemut di depan kampus utama universitas terbesar di Jambi itu.

Suasana ramai bukan karena ada kegiatan kampus, melainkan aksi mahasiswa yang menolak kebijakan 'kampus ala mal', demikian para mahasiswa Unja menyebutnya. Kebijakan itu adalah penerapan parkir berbayar yang dikeluarkan pihak kampus untuk mahasiswanya.

"Jelas kami menolak lah, masak ibarat masuk rumah sendiri disuruh bayar," ujar Fajar, salah seorang mahasiswa Unja di Jambi, Senin, 19 Februari 2018.

Menurut Fajar, kebijakan tersebut jelas sangat tidak pro mahasiswa. Sebab, tidak semua mahasiswa itu adalah anak orang berduit. Untuk itu, ia bersama rekan-rekannya sepakat menolak kebijakan yang disebutnya kampus ala mal itu.

Penolakan juga ditegaskan Presiden Mahasiswa Unja, Fikri. Ia menilai kampus sudah menerapkan kebijakan berorientasi bisnis. Dan ia sangat menyayangkan tersebut. Ia juga menyatakan, mahasiswa tidak pernah diajak berdialog dalam penentuan kebijakan parkir berbayar itu.

"Parkirnya ini juga terkesan pilih-pilih, dosen dan para pegawai tidak dipungut. Jadi semua dibebankan kepada mahasiswa," ucap Fikri.

 

Dikelola Swasta

Pihak Kampus Unja menyatakan, penerapan parkir berbayar di Universitas Jambi adalah untuk peningkatan kualitas kampus dan keamanan. (Foto: Andre/B Santoso/Liputan6.com)

Saat menemui para mahasiswa, Rektor Unja Johni Najwan mengatakan, penerapan parkir berbayar sebelumnya sudah dibahas dan disosialisasikan. Bahkan ia menyatakan, pembahasan itu juga sudah dilakukan bersama perwakilan mahasiswa.

Ia menyebut besaran parkir adalah Rp 1000 untuk setiap kendaraan yang masuk ke dalam kampus. Dengan Rp 1000 itu, mahasiswa akan mendapat asuransi kehilangan secara gratis. Selama ini, kata dia, parkir gratis namun ia kerap menerima laporan akan kehilangan sepeda motor milik mahasiswa.

"Uang parkir ini masuk pendapatan negara bukan pajak (PNBP). Jadi bukan masuk kantong rektor," ucap Najwan.

Pendapatan dari parkir, lanjut dia, bisa digunakan untuk pengembangan dan peningkatan kualitas kampus. Ia mencontohkan, salah satu fakultas di Unja yang sudah menerapkan parkir berbayar adalah Fakultas Ilmu Pendidikan (FKIP). Fakultas ini disebutnya sudah enam tahun menerapkan sistem parkir berbayar.

Ia pun meminta agar mahasiswa bisa lebih berpikir rasional dalam menyikapi masalah tersebut.

Dari informasi yang di dapat, pengelolan parkir di Kampus Unja itu nantinya akan diserahkan kepada pihak ketiga alias swasta. Untuk bisa parkir di Unja, mahasiswa akan dikenakan Rp 1000 per tiga jam. Atau Rp 2000 per jam dan maksimal Rp 3000 per hari.

Namun demikian, alasan tersebut tetap ditolak mahasiswa yang tetap pada pendiriannya agar kebijakan parkir berbayar tersebut dihapus.

Melihat itu, Rektor Johni Najwa mengatakan akan memberikan jawaban atas tuntutan mahasiswa itu pada 26 Februari 2018 nanti setelah terlebih dahulu bermusyawarah bersama seluruh pimpinan senat.

Mendapat jawaban rektor, sebelum membubarkan diri, mahasiswa menyatakan akan kembali menggelar aksi pada Rabu, 21 Februari 2018 besok. Intinya, mereka tetap mendesak agar kebijakan parkir berbayar dihilangkan.

 

Sempat Ricuh

Sempat terjadi kericuhan saat aksi mahasiwa Unja menolak kebijakan parkir berbayar. (Foto: Andre/B Santoso/Liputan6.com)

Dalam aksi tersebut sempat terjadi kericuhan antara mahasiswa dengan petugas pengamanan kampus. Kericuhan bermula saat seorang mahasiswa ingin berorasi di atas podium kampus. Namun hal itu dilarang dan dihalang-halangi oleh petugas pengamanan.

Tidak terima akan perlakukan petugas itu, sejumlah mahasiwa berontak dan nyaris terjadi baku hantam. Beruntung ricuh tak berujung anarkis. Sejumlah dosen, pegawai dan staf kampus menarik para petugas keamanan untuk masuk ke dalam gedung rektorat.

Akhirnya kericuhan bisa diredam. Mahasiwa bisa melanjutkan orasi hingga akhirnya ditemui oleh Rektor Unja Johni Najwan.

 

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Tak Main di NBA All-Star, Butler Disindir Williams

Posted: 19 Feb 2018 09:00 PM PST

NBA All-Star 2018 menghadirkan beberapa kontroversi. Salah satunya adalah keputusan pemain Minnesota Timberwolves Jimmy Butler yang memilih tidak turun di ajang tahunan tersebut.

Butler terpilih sebagai pemain cadangan di NBA All-Star 2018. Eks pemain Chicago Bulls itu kemudian masuk Tim Stephen Curry. Butler hadir di Staples Center, namun sama sekali tidak bermain. 

Dia beralasan memilih untuk tak bermain karena ingin mengistirahatkan tubuhnya agar bugar saat membela Timberwolves.

"Istirahat, saya harus istirahat. Saya perlu mengistirahatkan tubuh saya. Musim Timberwolves sangat-sangat penting bagi saya. Saya harus memastikan tubuh saya siap bekerja lagi ketika saya kembali kesana," kata Butler seperti dilansir Yahoo Sports.

Butler pun menjadi satu-satunya pemain di NBA All-Star 2018 yang tidak mendapat menit bermain. Sepanjang laga, Butler memakai jersey tanding tapi hanya duduk di bangku cadangan saja.

 

Menggagalkan Williams

Lou Williams (AP Photo/Michael Owen Baker)

Keputusan Butler ini membuat kesal pemain Los Angeles Clippers Lou Williams. Dia menyindir Butler di Twitter. "@jimmybutler U Serious bro? Lol," kicau Williams.

Pasalnya seandainya Butler meminta diganti karena tidak fit maka Williams yang berpeluang besar main di NBA All-Star 2018. Namun Butler ternyata memilih tak meminta NBA menggantinya.

Mike D'Antoni yang menjadi pelatih tim Stephen sendiri sama sekali tak mempermasalahkan keputusan Butler yang meminta untuk tidak dimainkan.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

FOTO: Gaya PM Kanada, Justin Trudeau Saat Kenakan Pakaian Khas India

Posted: 19 Feb 2018 09:00 PM PST

Perdana Menteri Kanada Justin Trudeau bersama keluarganya berfoto mengenakan pakaian khas India saat mengunjungi Gandhi Ashram di Ahmedabad, India (19/2). (AFP Photo/Sam Panthaky)

Perdana Menteri Kanada Justin Trudeau bersama keluarganya berfoto mengenakan pakaian khas India saat mengunjungi Gandhi Ashram di Ahmedabad, India (19/2). (AFP Photo/Sam Panthaky)

Perdana Menteri Kanada Justin Trudeau bersama keluarga melihat putra mereka Hadrien saat menandatangani sebuah buku pengunjung di Gandhi Ashram di Ahmedabad, India (19/2). (AFP Photo/Sam Panthaky)

Perdana Menteri Kanada Justin Trudeau bersama keluarga melihat putra mereka Hadrien saat menandatangani sebuah buku pengunjung di Gandhi Ashram di Ahmedabad, India (19/2). (AFP Photo/Sam Panthaky)

Perdana Menteri Kanada Justin Trudeau berbincang dengan pemuka agama setempat saat mengunjungi Kuil Swaminarayan Akshardham, India (19/2). (AFP Photo/Swaminarayan Akshardham Temple)

Perdana Menteri Kanada Justin Trudeau berbincang dengan pemuka agama setempat saat mengunjungi Kuil Swaminarayan Akshardham, India (19/2). (AFP Photo/Swaminarayan Akshardham Temple)

Perdana Menteri Kanada Justin Trudeau dan dua anaknya berfoto bersama pemuka agama setempat saat mengunjungi Kuil Swaminarayan Akshardham, India (19/2). (AFP Photo/Swaminarayan Akshardham Temple)

Perdana Menteri Kanada Justin Trudeau dan dua anaknya berfoto bersama pemuka agama setempat saat mengunjungi Kuil Swaminarayan Akshardham, India (19/2). (AFP Photo/Swaminarayan Akshardham Temple)

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Tidak ada komentar: