Selasa, 13 Februari 2018

Liputan6 : RSS2 Feed

Liputan6 : RSS2 Feed


7 Daerah Larang Perayaan Hari Valentine, Apa Alasannya?

Posted: 13 Feb 2018 09:30 PM PST

Hari Valentine di Indonesia, identik dengan memberikan bunga, cokelat ataupun kado terhadap orang yang tersayang. Perayaan Hari Kasih Sayang ini umumnya melibatkan pasangan muda mudi. Namun, perayaan Valentine kembali menuai penolakan di beberapa daerah.

Berdasarkan informasi yang dihimpun Liputan6.com hingga Rabu (14/2/2018) pagi, paling tidak ada tujuh daerah yang mengimbau hingga melarang perayaan Hari Valentine.

Ketujuh daerah itu adalah Provinsi Kalimantan Tengah, Provinsi Aceh, Kabupaten Dharmasraya (Sumatera Barat), Kota Bogor (Jawa Barat), Kabupaten Bondowoso (Jawa Timur), serta Kota Mataram dan Kota Bima di Nusa Tenggara Barat.

1. Anggap Budaya Luar, Gubernur Kalteng Minta Pelajar Tak Rayakan Valentine

Gubernur Kalimantan Tengah (Kalteng), Sugianto Sabran mengimbau para pelajar tidak merayakan Hari Kasih Sayang atau yang dikenal dengan Valentine Day yang jatuh setiap tanggal 14 Februari.

Surat Edaran Gubernur Nomor 421/106/Disdik/II/2018 tanggal 13/2/2018 itu yang ditujukan kepada kepala sekolah SMA, SMP, dan sederajatnya, isinya mengimbau agar para pelajar di Kalteng tidak merayakan Hari Kasih Sayang atau Valentine Day.

Dalam surat edaran yang ditandatangani Pelaksana Tugas (Plt) Sekretaris Daerah (Sekda) Kalteng, Fahrizal Fitri atas nama Gubernur Kalteng itu meminta agar para guru untuk memberikan pemahaman kepada siswa bahwa Hari Kasih Sayang atau Valentine Day itu tidak sesuai dengan karakter budaya bangsa Indonesia.

Selain itu, Valentine Day dianggap budaya Barat yang tidak sesuai dengan pendidikan berkarakter.

"Gubernur menilai Hari Valentine cenderung digunakan sebagai ajang pergaulan bebas yang tidak sesuai dengan ajaran agama," tulis Fahrizal dalam surat edaran tersebut.

Sebab, seperti tertulis dalam surat itu, ada banyak cara yang bisa ditempuh untuk mengungkapkan kasih sayang.

Merebaknya surat edaran ini disambut positif sejumlah orangtua siswa. Marlina, ibu dari dua anak yang masih duduk di SMA favorit di Kota Palangka Raya, menyambut positif imbauan Gubernur Sugianto Sabran.

Imbauan seperti itu dinilai sangat bagus karena dapat mencegah anak sekolah jatuh dalam pergaulan bebas. "Hanya karena ingin dikatakan keren karena merayakan Hari Valentine," ujarnya.

Ia pun berharap para guru untuk melarang siswanya agar tidak merayakan Hari Valentine dan memberikan pemahaman.

Aceh dan Dharmasraya

Ilustrasi Valentine (iStockphoto)

2. Gubernur Aceh Larang Perayaan Valentine

Pun demikian di Provinsi Aceh. Gubernur Irwandi Yusuf menyatakan, ia melarang perayaan Valentine Day di Aceh karena tidak sesuai dengan budaya dan bertentangan dengan syariat Islam.

"Valentine's Day merupakan budaya yang tidak sesuai dengan Aceh dan syariat Islam," ucap Irwandi dalam keterangan tertulis, Selasa, 13 Februari 2018, dilansir Antara.

Pernyataan itu disampaikan Irwandi menanggapi adanya pemberitaan yang seakan-akan dia membolehkan perayaan Valentine's Day di Aceh, saat dirinya diwawancara sejumlah wartawan di depan Istana Wakil Presiden di Jakarta.

Menurut Irwandi, saat itu, dia sedang menjawab beberapa pertanyaan termasuk soal investasi, agenda bertemu Wapres Jusuf Kalla, pelarangan waria dan larangan perayaan tahun baru.

"Saya berpikir pertanyaan tersebut bukan soal Valentine's Day, karena ramainya wartawan, pertanyaan kurang jelas terdengar," jelasnya.

Irwandi menambahkan kalau dia mengetahui pertanyaan saat itu tentang Valentine pasti jawabannya akan dengan tegas melarang perayaan tersebut. Sedangkan penjelasan dalam wawancara tersebut dirinya berbicara secara normatif saja.

Juru bicara Pemerintah Aceh Wiratmadinata menambahkan, dari hasil koordinasi dengan sejumlah pejabat yang ikut mendampingi Gubernur Aceh, Gubernur tidak menjawab secara spesifik terhadap pertanyaan tersebut karena banyak wartawan yang bertanya saat itu.

"Gubernur tidak menyebutkan demikian, logika seorang Gubernur Aceh yang merupakan provinsi menerapkan syariat Islam tidak masuk di akal akan memberikan Valentine's day," katanya.

3. Dharmasraya Larang Siswa Rayakan Valentine di Dalam dan Luar Lingkungan Sekolah

Dinas Pendidikan Kabupaten Dharmasraya, Sumatera Barat menerbitkan surat edaran tentang pelarangan perayaan Hari Kasih Sayang atau Valentine Day pada 14 Februari 2018 di dalam maupun luar lingkungan sekolah.

"Surat edaran ini ditujukan agar anak didik tetap fokus dalam mengikuti segala proses belajar mengajar di sekolah. Anak-anak harus fokus belajar," kata Sekretaris Dinas Pendidikan (Disdik) Dharmasraya, Reno Lazuardi di Pulau Punjung, Selasa, 13 Februari 2018, dikutip Antara.

Ia menjelaskan ada dua poin yang terdapat dalam SE Nomor 420/538/Disdik/2018, yakni pertama melarang kegiatan siswa untuk merayakan Valentine Day di dalam maupun luar lingkungan sekolah.

Kedua meminta sekolah bersama semua orang tua atau wali murid untuk mengawasi putra dan putrinya.

Ia mengatakan pelarangan perayaan valentine sebenarnya untuk mengantisipasi dampak negatif yang ditimbulkan, seperti narkoba dan seks bebas.

"Jadi, prinsipnya adalah kami jaga-jaga sehingga semuanya memberikan perhatian. Jangan sampai nanti sekolah malah tidak memperhatikan anak-anak didiknya sehingga melakukan hal negatif yang merugikan dirinya sendiri," katanya.

Namun, kata dia, pihaknya juga tidak melarang misalnya siswa membagi-bagikan cokelat kepada kawan-kawannya dengan tujuan untuk menjalin persaudaraan, gotong royong, maupun tujuan positif lainnya.

"Jadi yang kami imbau jangan sampai melakukan kegiatan yang merugikan. Kalau misalnya mau memberikan cokelat boleh saja. Yang tidak boleh itu kalau kemudian melakukan hal-hal yang bertentangan dengan norma," ujarnya.

Ia menyarankan kalau memang mau menggelar kegiatan yang bermanfaat, seperti kegiatan olahraga, keagamaan dipersilakan, tetapi jangan sampai siswa kemudian kumpul-kumpul tidak jelas yang dapat menyeret ke narkoba dan seks bebas.

Sementara, Tokok Masyarakat Kecamatan Pulau Punjung, Mualimin Jba mengapresiasi langkah pemerintah Kabupaten Dharmasraya mengenai larangan untuk tidak ikut merayakan hari valentine bagi siswa.

Menurut dia hari valentine lebih cenderung dirayakan kepada hal berbau negatif dan mengarah ke pergaulan bebas, sehingga diperlukan adanya edaran tersebut.

 

Bogor dan Bondowoso

Ilustrasi Valentine (iStockphoto)

4. Disdik Kota Bogor Larang Siswa Rayakan Hari Valentine

Dinas Pendidikan Kota Bogor, Jawa Barat, menerbitkan surat edaran kepada seluruh kepala sekolah di kota itu yang berisi larangan perayaan Valentine Day yang diperingati setiap tanggal 14 Februari.

Surat edaran dengan Nomor 003/929/-Sekret diterbitkan Selasa, 13 Februari 2018, ditandatangani oleh Pelaksana Harian (Plh) Kepala Dinas Pendidikan Jana Sugiana. Imbauan ini diterbitkan dalam rangka mencegah terjadinya penyimpangan perilaku pelajar yang melanggar norma-norma agama dan sosial.

Selain itu, imbauan ini juga bertujuan untuk melindungi peserta didik dari bahaya penyalahgunaan narkoba, serta pergaulan bebas. Karena itu, Dinas Pendidikan Kota Bogor menginstruksikan kepala sekolah dan seluruh jajarannya untuk melarang peserta didik merayakan Valentine Day, baik di dalam maupun di luar lingkungan sekolah.

Serta, memantau dan mengawasi terhadap kegiatan peserta didiknya dengan melibatkan orangtua siswa dan Satgas Sekolah.

Plh Kepala Dinas Pendidikan Kota Bogor, Jana Sugiana menyebutkan surat edaran yang dikeluarkan Disdik Kota Bogor merupakan tindak lanjut dari instruksi Dinas Pendidikan Provinsi Jawa Barat.

"Saya juga sudah mengomunikasikan penerbitan surat edaran ini dengan Kepala Dinas Pendidikan yang sedang berada di Jepang dalam rangka kunjungan kerja," kata Jana, diwartakan Antara.

Jana menyebutkan surat edaran ditujukan kepada kepala sekolah untuk diteruskan atau disampaikan kepada orangtua siswa dan anak peserta didiknya agar tidak merayakan Valentine Day karena dapat menganggu kegiatan belajar.

"Siswa jangan sampai terganggu kegiatan belajar dan mereka harus bisa memilih dan memilah budaya asing yang masuk ke Indonesia. Mana yang baik, dan tidak baik, karena konotasi perayaan valentine itu hura-hura dan pesta-pesta," katanya.

Surat edaran terkait larangan perayaan Valentine Day juga disebarluaskan melalui Humas Pemkot Bogor. Kabag Humas Pemkot Bogor, Endang Suratman menambahkan, surat edaran ini bersifat imbauan, agar sekolah dan orang tua melakukan pengawasan terhadap anak peserta didik.

"Tidak ada sanksi yang diberikan, hanya berupa imbauan, dan kita harapkan sekolah serta orang tua mengawasi anak-anaknya," kata Endang.

5. Dinas Pendidikan Bondowoso Larang Siswa Rayakan Valentine

Adapun Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Bondowoso, Jawa Timur, mengimbau kepada seluruh siswa tingkat SD dan SMP untuk tidak merayakan Valentine Day yang jatuh pada setiap 14 Februari.

"Kami sudah berkirim surat edaran kepada pihak sekolah untuk melarang siswanya tidak merayakan Valentine Day yang bukan budaya kita," kata Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Pemekab Bondowoso, Endang Hardiyanti, di Bondowoso, Kamis, 8 Februari 2018

Menurut Endang, perayaan Hari Valentine cenderung mengarah ke hal-hal negatif yang tidak sesuai dengan norma agama dan budaya ketimuran. Alhasil, wajar jika generasi penerus bangsa dibentengi untuk tidak ikut-ikutan merayakan Hari Kasih Sayang tersebut.

"Itukan budaya Barat yang tidak sama dengan budaya kita, apalagi sangat bertolak belakang dengan agama kita, jadi kita perlu membentengi siswa untuk tidak terpengaruh dengan budaya negatif," paparnya.

Endang menyampaikan pula, dalam surat edaran yang ditujukan kepada semua sekolah tingkat sekolah dasar dan SMP tersebut, pihak sekolah diimbau untuk menindaklanjuti kepada orang tua siswa terkait larangan merayakan Hari Kasih Sayang.

"Sekolah harus memberitahukan kepada orang tua siswa soal larangan itu, bisa melalui surat juga melalui pertemuan," katanya.

 

Mataram dan Bima

Ilustrasi Valentine (iStockphoto)

6. Mataram Larang Pelajar Rayakan Hari Valentine

Pemerintah Kota Mataram, Nusa Tenggara Barat, melarang perayaan Hari Valentine. Sebab, Hari Kasih Sayang itu bukan budaya bangsa yang harus dilestarikan.

"Perayaan Hari Valentine bukan budaya kita, karenanya kita tegas tidak boleh ada perayaan apalagi di kalangan pelajar dan lingkungan sekolah," kata Wali Kota Mataram Ahyar Abduh di Mataram, Senin, 12 Februari 2018, dilansir Antara.

Wali Kota pun telah meminta Dinas Pendidikan mengimbau siswa dan wali murid agar anak-anak lebih fokus belajar. "Untuk memperkuat larangan tersebut, pemerintah kota akan membuat surat edaran seperti tahun-tahun sebelumnya untuk disebar ke semua kalangan masyarakat," kata Ahyar.

Kepala Dinas Pendidikan Kota Mataram, Sudenom menyatakan larangan itu telah disampaikan sejak awal Februari lalu. "Untuk menghindari adanya perayaan Hari Valentine, jauh-jauh hari kami sudah imbau dan ingatkan agar siswa tidak merayakan dan orang tua juga bisa menjaga anak-anak mereka," katanya.

Namun, ia tidak dapat menyebutkan sanksi kepada siswa atau sekolah yang tidak mengindahkan larangan tersebut. Perayaan Hari Valentine di luar jam sekolah sepenuhnya menjadi tanggung jawab orangtua.

"Harapan kami orangtua bisa sepaham dengan kebijakan sekolah, dengan melarang anak-anak merayakan Valentine's Day," kata Sudenom.

7. Wali Kota Bima Keluarkan Surat Edaran Larangan

Larangan ini nyaris selalu berulang, dan kali ini Wali Kota Bima, Nusa Tenggara Barat, Qurais H Abidin, yang menerbitkan surat edaran perihal larangan merayakan Hari Valentine atau Hari Kasih Sayang di Bima.

"Edaran Wali Kota Bima Nomor 54/2018 itu dimaksudkan untuk mencegah perilaku generasi muda, mahasiswa, dan pelajar Kota Bima yang melanggar nilai-nilai moral dan akhlak yang umumnya terjadi setiap tanggal 14 Februari atau Hari Valentine," kata Abidin, dalam keterangan tertulis, Sabtu, 10 Februari 2018, dilansir Antara.

Dalam edaran itu, dia meminta seluruh orangtua dan wali murid untuk dapat mengawasi putra-putrinya agar tidak terjebak dan melakukan hal-hal yang melanggar nilai-nilai moral yang dijunjung tinggi masyarakat kota Bima.

Dia juga meminta organisasi massa Islam se-Kota Bima agar senantiasa ikut menjaga ketertiban sosial dengan menegakkan dakwah amar makruf nahi munkar, dengan menjunjung tinggi aturan hukum yang berlaku dan tetap melakukan koordinasi dengan aparat dan dinas terkait pada setiap aksi yang dilakukan.

Ia juga memerintahkan juga Dinas Koperindag, Dinas Kesehatan, dan Dinas Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak, untuk mengawasi penjualan alat kontrasepsi.

Ini berlaku pada semua apotik dan toko obat di Bima agar penjualannya lebih selektif sebagai upaya untuk mencegah perilaku seks bebas di kalangan pasangan yang belum menikah.

Camat dan lurah pun diimbau untuk mempersiapkan tema khotbah tentang larangan perayaan Hari Kasih Sayang itu. Masih ditambah pengarahan khusus kepada Satuan Polisi Pamong Praja untuk mengawasi keamanan dan ketertiban umum pada malam perayaan Hari Kasih Sayang.

Pada 13-15 Februari 2018, mereka juga merazia seluruh rumah dan kamar indekos, hotel/penginapan, kafe, dan tempat-tempat hiburan lain.

 

MUI: Larang Valentine kalau Merugikan Moralitas

Mengulik Manfaat Kesehatan dari Merayakan Hari Valentine (Business/Shutterstock)

Adapun Ketua Umum Majelis Ulama Indonesia (MUI) Maruf Amin menyarankan pelarangan perayaan Hari Valentine jika memicu ketidakbaikan terutama dari sisi moralitas.

"Jika Valentine itu membawa ketidakbaikan, kerusuhan, melanggar moralitas, pergaulan bebas memang sebaiknya dilarang kalau itu," kata Maruf di Jakarta, Selasa, 13 Februari 2-18, dilansir Antara.

Sementara itu, terdapat sejumlah kepala daerah di Indonesia yang melarang perayaan Valentine. Atas fenomena itu, Maruf mengatakan kepala daerah terkait dipastikan memiliki pertimbangan khusus, sehingga mengeluarkan kebijakan tersebut.

Pertimbangan para kepala daerah itu, kata dia, seperti adanya kerawanan, seks bebas, pesta minuman keras atau hal-hal lainnya. "Wali kota dan bupati dia melihat kerawanan enggak. Kalau ada kerawanan, larang itu lebih bagus," ujarnya.

Sebelumnya, beberapa daerah termasuk Kota Mataram, NTB, melarang perayaan Valentine. Pemerintah setempat pun siap menerjunkan Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP) untuk berpatroli mencegah dan mengantisipasi perayaan Valentine.

Larangan perayaan itu berlaku di tempat-tempat umum dan lingkungan sekolah. Sementara perayaan di kafe dan hotel diperbolehkan karena menjadi bagian dari pendapatan pengusaha. Larangan tersebut juga sudah disosialisasikan ke berbagai kalangan masyarakat.

Saksikan video pilihan di bawah ini:

 

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Prediksi Bali United vs Sriwijaya FC: Habis-Habisan!

Posted: 13 Feb 2018 09:30 PM PST

Partai hidup-mati akan terjadi di semifinal Piala Presiden 2018 leg kedua antara Bali United vs Sriwijaya FC di Stadion I Wayan Dipta, Gianyar, Rabu (14/2/2018). Setelah total bertahan saat berlaku tandang di pertemuan pertama, kali ini Bali United jelas akan mati-matian.

Tim berjulukan Serdadu Tridatu itu memang tampil pragmatis di Palembang. Tapi, positifnya, mereka berhasil membuat Sriwijaya FC mati kutu dan tak berkutik.

Jelas ada usaha Bali United untuk memaksimalkan laga di leg kedua semifinal Piala Presiden 2018 ini. Apalagi, Pelatih Widodo C Putro dengan berani menyimpan pemain intinya saat Bali United takluk 1-3 dari Yangon United di laga pembuka AFC Cup 2018, kemarin.

Bali United punya sejarah bagus duel lawan Sriwijaya FC di Kapten I Wayan Dipta. Serdadu Tridatu tak pernah kalah kala menjamu SFC, yakni dua kali menang, dan sekali imbang.

Terlebih, mereka memiliki Ilija Spasojevic. Meski belum terlalu padu dengan permainan tim, Spaso nyatanya pernah membobol gawang Sriwijaya FC, yakni saat memperkuat Bhayangkara FC musim lalu. 

"Tidak ada kata mudah untuk setiap pertandingan, kami harus bisa membaca situasi yang berkembang, kami sudah prediksi mereka pasti akan habis habisan menyerang," ujar pelatih kepala Widodo C Putro.

 

Peluang Sriwijaya FC

Sriwijaya FC ditahan imbang Bali United 0-0 di leg pertama. (Bola.com/M Iqbal Ichsan)

Kendati demikian, salah jika Bali United meremehkan Sriwijaya FC. Hasil imbang tanpa gol dalam leg pertama, justru bisa menguntungkan Laskar Wong Kito. Karena mereka berpeluang raih gol tandang.

Di laga ini, Sriwijaya FC jelas kembali mengharapkan tuah Beto. Pemain yang baru dinaturalisasi ini selain akrab dengan gawang Bali United, juga pernah cetak gol di Kapten I Wayan Dipta. Hasil imbang 2-2 itu salah satu pencetak golnya adalah Beto.

"Saya paham Bali United tim kuat jika bermain di kandang sendiri. Namun itu tak berlaku di sepak bola, kami punya cara sendiri untuk meredam mereka," papar pelatih Rahmad Darmawan.

 

Perkiraan Susunan Pemain

Bali United (4-4-1-1): Wawan Hendrawan; Dias Angga, Ahn Byungkeon, Demerson, Ricky Fajrin, I Gede Sukadana, Nick Van Der Velden, Kevin Brands, Fadil Sausu; Stefano Lilipaly; Ilija Spasojevic.

Pelatih: Hans Peter Schaller

Sriwijaya FC (4-3-3): Teja Paku Alam; Marko Meraudje, Mahamadou Ndiaye, Bio Paulin, Novan Setya; Yu Hyun Koo, Syahrial Abimanyu, Adam Alis; M Nur Iskandar, Makan Konate, Alberto Goncalves.

Pelatih: Rahmad Darmawan

 

 

Fakta Pertandingan

Bali United berpeluang lolos ke final Piala Presiden 2018. (Bola.com/M Iqbal Ichsan)

- Bali United dipastikan akan tampil penuh saat jamu SFC. Hal itu setelah mereka simpan Ilija Spasojevic, Stefano Lilipaly, hingga Wawan Hedrawan saat mereka kalah 1-3 dari Yangon United.

- Sriwijaya FC tetap jadi tim paling sedikit kebobolan di Piala Presiden 2018. Mereka cuma dua kali kebobolan, dan raih tiga cleansheet dalam lima pertandingan.

- SFC belum pernah menang ketika bertandang ke markas Bali United.

- Hasil tanpa gol di Palembang adalah kali pertama pertemuan kedua klub berakhir imbang tanpa gol.

- Bali United akhirnya kalah di kandangnya, yakni dari Yangon United. Itu adalah kekalahan pertama kandang mereka sejak 9 Juni 2017 lalu. Kala itu, mereka kalah 1-3 dari Bhayangkara FC.

 

Head to Head:

11/02/18 Sriwijaya FC 0 - 0 Bali United

30/10/17 Bali United 3 - 2 Sriwijaya FC

19/07/17 Sriwijaya FC 2 - 2 Bali United

07/02/17 Bali United 2 - 2 Sriwijaya FC

11/12/16 Sriwijaya FC 2 - 1 Bali United

19/08/16 Bali United 1 - 0 Sriwijaya FC

 Eka Setiawan

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

FOTO: Rayakan Imlek di Kampung Halaman, Jutaan Warga Tiongkok Berdesakan Tinggalkan Beijing

Posted: 13 Feb 2018 09:30 PM PST

Seorang wanita menggendong anaknya saat mengantre untuk menaiki kereta di stasiun kereta api Beijing, Tiongkok (10/2). Jutaan orang yang berada di Beijing meninggalkan kota tersebut untuk pulang ke kampung jelang perayaan Imlek. (AFP Photo/Fred Dufour)

Seorang wanita menggendong anaknya saat mengantre untuk menaiki kereta di stasiun kereta api Beijing, Tiongkok (10/2). Jutaan orang yang berada di Beijing meninggalkan kota tersebut untuk pulang ke kampung jelang perayaan Imlek. (AFP Photo/Fred Dufour)

Warga Tiongkok bergegas menuju kereta api untuk mudik ke kampung mereka di stasiun kereta Beijing, Tiongkok (10/2). Jutaan orang yang berada di Beijing meninggalkan kota tersebut untuk pulang ke kampung mereka jelang perayaan Imlek.(AFP Photo/Fred Dufour)

Warga Tiongkok bergegas menuju kereta api untuk mudik ke kampung mereka di stasiun kereta Beijing, Tiongkok (10/2). Jutaan orang yang berada di Beijing meninggalkan kota tersebut untuk pulang ke kampung mereka jelang perayaan Imlek.(AFP Photo/Fred Dufour)

Sejumlah warga Tiongkok menunggu kereta api untuk mudik ke kampung halaman mereka di stasiun kereta api Beijing, Tiongkok (10/2). (AFP Photo/Fred Dufour)

Sejumlah warga Tiongkok menunggu kereta api untuk mudik ke kampung halaman mereka di stasiun kereta api Beijing, Tiongkok (10/2). (AFP Photo/Fred Dufour)

Warga Tiongkok berdesak-desakan di dalam kereta saat mudik ke kampung halaman mereka meninggalkan Beijing menuju Chengdu, di Shijiazhuang, Tiongkok (10/2). (AFP Photo/Fred Dufour)

Warga Tiongkok berdesak-desakan di dalam kereta saat mudik ke kampung halaman mereka meninggalkan Beijing menuju Chengdu, di Shijiazhuang, Tiongkok (10/2). (AFP Photo/Fred Dufour)

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Sarapan Sehat untuk Anak Indonesia Belum Terpenuhi

Posted: 13 Feb 2018 09:30 PM PST

Anggota Ikatan Dokter Indonesia, Dr Ulul Albab SpOG, mengatakan, belum semua anak Indonesia mendapatkan sarapan sehat. Dia menyayangkan karena kadar sarapan yang baik dapat meningkatkan kemampuan konsentrasi anak di sekolah. 

Hal ini Ulul sampaikan pada konferensi pers memperingati Pekan Sarapan Nasional 2018 yang diadakan Energen bersama dengan Perhimpunan Pakar Gizi dan Pangan Indonesia (Pergizi Pangan) dan IDI guna mengajak anak-anak Indonesia melakukan sarapan sehat. 

Ajakan ini sebagai bentuk meindaklanjuti data dari Pergizi Pangan yang menyebutkan bahwa sebanyak 66 persen anak Indonesia sarapan dengan gizi kurang, dan sebanyak 76 persen anak belum mempunyai nilai mutu gizi pangan (MGP)

"Sarapan idealnya 10-15 persen dari kebutuhan gizi harian, dan ini harus terpenuhi," kata Ulul pada Rabu (14/2/2018).

Dalam kesempatan itu, Ketua Pergizi Pangan Indonesia, Prof dr Ir Hardinsyah MS mengatakan bahwa sarapan bukan sekadar makan pagi, tapi harus diperhatikan juga kualitas makanan itu. 

Sarapan sehat, kata Prof Hardinsyah adalah makan dan minum di pagi hari dengan gizi seimbang.

"Jadi, kadar karbohidrat, protein, lemak, vitamin, dan mineral harus seimbang, agar manfaat sarapan dapat dirasakan," ujar Hardinsyah.

 

Sarapan Sebelum Pukul 09.00

Sarapan untuk Anak Tidak Boleh Asal. Semua Sumber Makanan Harus Ada Saat Sarapan

Hardinsyah juga menyarankan semua anak Indonesia untuk sarapan dengan gizi seimbang sebelum jam 9 pagi.

"Ini terkait dengan healthy lifestyle orang Indonesia, agar terpola dengan baik," kata  Hardinsyah menekankan.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Serangan Militer AS di Suriah Diduga Menewaskan Tentara Bayaran Rusia

Posted: 13 Feb 2018 09:30 PM PST

Bombardir udara dan artileri yang dilakukan oleh militer Amerika Serikat di Suriah pada pekan lalu diduga turut menewaskan sejumlah personel keamanan swasta/paramiliter (paramilitary contractors) Rusia yang bertugas di sana.

Seperti dikutip dari CNN (14/2/2018), dugaan itu mencuat setelah sejumlah kerabat korban mengutarakan klaim kematian anggota paramiliter tersebut.

Personel keamanan swasta yang tewas diduga bekerja untuk sebuah perusahaan paramilitary contractors bernama Wagner -- terdaftar di Hong Kong dan berafiliasi dengan Rusia, serta telah dijatuhi sanksi dari AS akibat terlibat mendukung separatis dalam Perang Saudara Ukraina.

Salah satu anggota Wagner yang tewas diketahui bernama Vladimir Loginov (51).

Seperti kebanyakan paramiliter Rusia yang bertugas di Suriah, Loginov merupakan Bangsa Kazaki (Cossacks), kelompok etnis Slav pro-Rusia yang mendiami distrik di selatan Rusia dan Ukraina, serta memiliki tradisi ultranasionalis juga militansi yang kental sejak Abad Ke-14 atau 15.

"Vladimir (Loginov) adalah warga negara Rusia yang tewas dalam pertempuran tidak seimbang. Vladimir tewas untuk Negara, Kazaki, dan kepercayaan Orthodox!" kata pihak The Baltic Cossack District, di mana Loginov diduga berdomisili.

Anggota Wagner lain yang diduga turut tewas dalam serangan AS itu adalah Kirill Ananyev.

"Kirill tewas akibat artileri AS yang menghantam unit Wagner," kata Aleksandr Averin, kerabat dekat Ananyev yang mengklaim sangat mengetahui aktivitas Wagner dan Ananyev.

Averin juga yakin bahwa orang Rusia anggota Wagner yang tewas akibat serangan itu 'kemungkinan besar lebih dari sekitar 2 - 3 orang'.

Wagner diketahui mengirim sekitar ratusan personel keamanan swasta yang ditugaskan untuk membantu Angkatan Bersenjata Rusia dan tentara pendukung Presiden Suriah Bashar Al Assad, kata para sanak-saudara yang juga mengklaim bahwa salah satu anggota keluarganya merupakan anggota firma itu dan tewas akibat serangan AS.

Kebanyakan Korban Tewas Adalah Militan Pro-Suriah

Kebanyakan korban tewas akibat serangan udara AS pekan lalu adalah militan pro-rezim dari kota Al Suqaylabiyah yang didominasi pemeluk Nasrani -- yang juga menjuluki diri sendiri dengan sebutan 'pemburu ISIS' di kawasan.

Sekitar 30 atau lebih anggota militan Al Suqaylabiyah diduga tewas -- kabar itu diperkuat dengan munculnya laporan tentang pemakaman massal yang dilakukan oleh kelompok tersebut.

Beberapa anggota suku Suriah pro Presiden Bashar Al Assad juga dikabarkan tewas. Dua di antaranya adalah anak dari kepala suku setempat.

Saksikan video pilihan berikut ini:

Baku Tembak

Ilustrasi: Tentara Rusia berada di kendaraan militer saat melakukan patroli dalam operasi APCs di Aleppo, Suriah. (Russian Defense Ministry Press Service photo via AP)

Bombardir artileri dan udara berskala besar yang dilakukan oleh Amerika Serikat pekan lalu ditujukan untuk merespons aktivitas milisi berkekuatan 500 orang, sejumlah tank, artileri, dan peluncur rudal yang melintasi kawasan Sungai Efrat di Deir Ezzor.

Milisi itu tengah menyerang sebuah markas Pasukan Demokratik Suriah (SDF) pro-AS yang hanya berjarak sekitar 8 km dari posisi mereka dengan hujan artileri. Di markas itu diketahui terdapat sejumlah pasukan AS.

Pihak SDF dan AS merespons dengan melakukan bombardir seperti yang dimaksud, menewaskan sekitar 100 orang milisi dan menyebabkan sisa milisi mundur.

Tanggapan AS dan Rusia

Menteri Pertahanan AS James Mattis (AP Photo/Alex Brandon)

Menteri Pertahanan Amerika Serikat James Mattis mengaku terkejut terhadap kabar pertempuran di Deir Ezzor yang terjadi pekan lalu.

Ia bingung, terkait kemunculan dugaan warga negara Rusia anggota paramiliter Wagner yang tewas akibat respons militer AS atas pertempuran itu -- padahal sebelumnya, Rusia mengaku tak mengerahkan pasukan ke wilayah tersebut.

"Rusia sebelumnya mengatakan bahwa mereka tak mengerahkan pasukan ke sana. Sekiranya begitu menurut saya. Tapi, kami pun belum mengetahui secara jelas apa yang mereka lakukan di sana," kata Mattis.

"Rusia juga telah mengatakan bahwa mereka tak sadar ada pasukan yang menyeberan di Eufrat. Rusia pun juga telah diberitahu AS beberapa waktu sebelum serangan itu terjadi," kata Mattis.

Kementerian Pertahanan Rusia pun mengaku tak tahu-menahu tentang kehadiran paramiliter berkewarganegaraan Rusia yang hadir di Eufrat Deir Ezzor.

"Kami tak punya informasi tentang orang Rusia lain (selain pasukan konvensional) yang mungkin berada di Suriah. Sangat banyak warga Rusia di luar negeri, sehingga sulit untuk mendapatkan informasi detail-nya," kata Juru Bicara Kementerian Pertahana Rusia Dmitry Peskov.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

VIDEO: Nurul Arifin Nomor Urut 1 Calon Wali Kota Bandung

Posted: 13 Feb 2018 09:30 PM PST

Nurul Arifin mendapatkan nomor urut 1 untuk calon Wali Kota Bandung.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Spider-Man Jadi Inspirasi Film Baru The Flash

Posted: 13 Feb 2018 09:30 PM PST

Sutradara film baru The Flash yang berjudul Flashpoint akhirnya telah ditemukan. Baru-baru ini, diumumkan bahwa John Francis Daley dan Jonathan Goldstein dipastikan bakal mengarahkan film yang telah berkali-kali ditinggal sutradara ini.

Disampaikan Movie Web, Senin (12/2/2018), dua sutradara film baru The Flash ini belakangan menjelaskan konsep yang akan mereka sajikan. Menurutnya, karakter tercepat di kisah superhero DC itu akan dibuat mirip dengan Spider-Man.

Spider-Man: Homecoming

Spider-Man di Captain America: Civil War. (Marvel Studios)

Tak heran John Francis Daley dan Jonathan Goldstein akan menjadikan Barry Allen (The Flash) seperti Peter Parker (Spider-Man). Pasalnya, mereka berdua sama-sama menulis skenario film superhero Marvel, Spider-Man: Homecoming yang dirilis tahun lalu.

Keduanya berbicara saat membahas film Flashpoint yang dikerjakan bersama Warner Bros dan DC Films. Daley dan Goldstein menyukai ide bahwa mereka akan diberi kesempatan untuk menyampaikan cerita yang belum pernah ditampilkan di film mana pun sebelumnya.

Lebih Unik

Film The Flash. (Warner Bros / Variety)

"Faktanya bahwa karakter tersebut lebih unik dari pahlawan super lain karena dia sama sekali tidak memiliki peran seperti Superman. Ini lebih kepada superhero tingkat dasar," kata Daley.

Jonathon Goldstein juga menambahkan bahwa Barry Allen di Flashpoint memiliki kemiripan dengan Peter Parker di Spider-Man: Homecoming. "Ini adalah cara yang bisa disesuaikan ke dalam sebuah film superhero dengan beberapa cara yang sama seperti Peter Parker untuk sisi Marvel," katanya.

Perjalanan Waktu

The Flash dalam Justice League. (Warner Bros / Twitter)

Film Flashpoint sendiri akan melibatkan konsep perjalanan waktu dan fiksi ilmiah yang sangat kental. Disebutkan bahwa latar ceritanya akan bertempat di dunia alternatif setelah The Flash menggunakan kekuatan tersembunyinya.

The Flash pun bertemu dengan Thomas Wayne, ayah Bruce Wayne yang menjadi Batman. Bruce Wayne sendiri meninggal pada malam tragedi perampokan, sementara ibunya, Martha Wayne, malah menjadi Joker. Belum jelas kapan film ini akan tayang.

Saksikan video berikut ini

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Jomblo di Hari Valentine? Temukan Jodohmu Lewat 5 Aplikasi Ini

Posted: 13 Feb 2018 09:30 PM PST

Valentine atau Hari Kasih Sayang memang identik dengan pasangan kekasih. Namun, tak sedikit juga para jomblo yang merayakan Valentine dengan sukacita. Mereka justru menyebutnya dengan julukan "Singles Awareness Day".

Nah, bagi kamu yang masih berstatus lajang dan belum menemukan jodoh di hari Valentine, jangan sedih. Coba manfaatkan teknologi yang ada di sekitarmu.

Gunakan smartphone, install sejumlah aplikasi kencan online. Dengan demikian, peluangmu menemukan kekasih sejati setelah hari Valentine tentu terbuka lebar.

Seperti diketahui, karena kemajuan teknologi begitu pesat, aplikasi kencan yang hadir sekarang tak sekadar menawarkan fitur match saja.

Pengguna makin akrab bisa berbincang langsung berkat fitur chatting. Untuk menghangatkan suasana, mereka bisa bertukar gambar GIF.

Selain menawarkan komunikasi praktis via chatting, sejumlah aplikasi ini juga menawarkan layanan unik di mana pengguna bisa cari jodoh sesuai dengan kriteria yang diinginkan.

Berikut Tekno Liputan6.com rangkum beberapa aplikasi kencan yang tersedia di App Store dan Google Play Store. Penasaran apa saja aplikasi-aplikasi tersebut? Yuk, simak daftarnya.

1. Tinder

Sudah tak asing lagi terdengar, Tinder adalah aplikasi kencan online terpopuler hingga saat ini.

Diluncurkan pada September 2012, Tinder menawarkan fitur like or no dengan cara men-swap foto orang yang diinginkan untuk bisa jadi teman kencan.

Tinder memudahkan kamu untuk memilih teman kencan yang sesuai dengan kriteria yang dinginkan. Untuk sign up ke Tinder, kamu harus akun Facebook.

Setelah itu kamu diperkenankan untuk memasang foto dan deskripsi personal mengenai diri kamu untuk menarik perhatian para pengguna lain. Di Tinder, kamu diperkenankan untuk chatting dengan orang pilihan kamu jika telah terjadi match atau kedua belah pihak telah saling memilih like.

Menurut informasi yang dilansir laman CNN, Tinder konon telah berhasil menjodohkan lebih dari 10 juta pasangan di berbagai penjuru dunia. Saat ini, Tinder bisa di-download untuk iOS dan Android.

Di perangkat Android, aplikasi yang berlambang api berwarna oranye ini telah di-download lebih dari 5 juta orang. 54 persen pengguna Tinder berada di kisaran usia 18 hingga 24 tahun, dan 31,6 persen berada di kisaran usia 24 hingga 34 tahun.

BeeTalk dan MeowChat

2. BeeTalk

Aplikasi buatan Tiongkok ini sebetulnya mirip dengan Tinder. Namun perbedaannya, kamu bisa berteman langsung tanpa harus menunggu 'match' atau persetujuan dari pengguna lain.

Untuk mendapatkan teman baru di aplikasi ini, kamu harus menggoyangkan (shake) smartphone terlebih dahulu.

Aplikasi ini juga termasuk aplikasi yang cukup fenomenal di kalangan para remaja Indonesia karena sempat menggaet artis terkenal seperti Al Ghazali dan Ariel Tatum sebagai brand ambassador-nya.

3. Meow Chat

Aplikasi besutan developer Minus ini mampu mempertemukan kamu dengan orang yang diinginkan.

Untuk dapat menggunakan Meow Chat, kamu harus sign up menggunakan akun Facebook. Tak hanya itu, kamu juga bisa menambah teman dari daftar kontak ponsel maupun Facebook.

Ada dua jenis chatting di Meow Chat, yang pertama adalah Private Chat. Layaknya aplikasi chatting seperti WhatsApp dan Line, kamu bisa berbincang dengan teman yang sudah terdeteksi dari kontak dan Facebook.

Yang kedua, kamu juga bisa chatting dengan orang yang belum menjadi teman kamu, dengan cara mencarinya secara acak.

Badoo dan OkCupid

4. Badoo

Aplikasi chatting pencari jodoh ini menyediakan fitur filter untuk menentukan kriteria calon teman kencan yang kamu inginkan.

Ketika bergabung di Badoo, kamu diharuskan menentukan tujuan kamu menggunakan aplikasi ini. Contohnya menggunakan aplikasi ini hanya untuk chatting, mencari teman kencan, atau hanya mencari teman biasa saja.

Kamu juga bisa menyesuaikan gender yang kamu inginkan, cakupan usia yang diharapkan serta lokasi dari calon teman kencan. Jangan lupa, lengkapi profil kamu dengan foto dan deskripsi personal agar lebih meyakinkan.

5. OkCupid

Mirip dengan Badoo, OkCupid memberikan keleluasaan bagi para penggunanya untuk bisa berinteraksi langsung. Aplikasi ini lebih detail bila dibandingkan dengan Badoo, karena kamu harus menjawab puluhan pertanyaan yang bertujuan mem-filter pencarian pasangan yang memiliki relevan.

Fitur ini tentunya memudahkan pengguna OkCupid untuk mencari teman kencan yang pas.  

(Jek/Ysl)

Saksikan Video Pilihan Berikut Ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Makna Kue Kelinci dari Fachri Albar untuk Renata Kusmanto

Posted: 13 Feb 2018 09:21 PM PST

Fachri Albar sangat mengerti kesukaan sang istri Renata Kusmanto. Pada ulang tahunnya 7 November 2017 lalu, Renata Kusmanto mendapatkan kue berbentuk kelinci.

Kelinci dan Renata Kusmanto memang memiliki hubungan yang erat. Sejak kecil, wanita kelahiran Klaten, 7 November 1982 ini memang sangat menyukai kelinci.

Sampai-sampai, pada hari pernikahannya 2014 silam, Fachri Albar memberinya mas kawin berupa perhiasan emas berbentuk kelinci. Unik juga, ya, bentuk kelinci untuk mas kawin.

Dari foto-foto yang diunggah Fachri Albar di Instagram, terlihat Renata Kusmanto tersenyum sumringah saat berpose dengan kue kelincinya. Kue kelinci tersebut memang mirip kelinci sungguhan, dari bentuk, warna, dan ukurannya.

 

Makna Kue Kelinci dari Fachri Albar untuk Renata Kusmanto

"Your Night," tulis Fachri mengiringi keterangan foto yang diikuti serangkaian tagar yang menunjukkan rasa cintanya kepada sang istri.

Fachri Albar dan Renata Kusmanto menikah pada 2014 dan kini telah dikaruniai dua orang anak yakni River Syech Albar dan Clover Satin Albar. Kedua kini masih aktif di dunia hiburan seperti memerani film dan modeling.

 

Makna Kue Kelinci dari Fachri Albar untuk Renata Kusmanto

Namun, pada Rabu (14/2/2018) pagi, Fachri Albar ditangkap di kediamannya. Dalam penangkapan itu, polisi menemukan barang bukti berupa sabu, dumolid, dan lintingan ganja.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Polisi Rilis Kasus Narkoba Fachri Albar Siang Ini

Posted: 13 Feb 2018 09:20 PM PST

Satuan Reserse Narkoba Jakarta Selatan menangkap Fachri Albar terkait dugaan kepemilikan narkoba. Putra rocker Ahmad Albar itu ditangkap di kediamannya di kawasan Cirendeu, Tangerang Selatan, Rabu (14/2/2018) pagi.

Kapolres Metro Jakarta Selatan, Kombes Pol Mardiaz Kusin Dwihananto, menuturkan bahwa saat penggerebekan, polisi berhasil mengamankan narkoba jenis sabu dan psikotropika dumolid.

"Kami tadi melakukan penggerebekan di rumah Fachri Albar sekitar pukul 07.00 WIB. Ada barang bukti satu paket sabu dan dua strip dumolid," ujar Kombes Pol Mardiaz Kusin Dwihananto di Mapolres Jakarta Selatan, Rabu (13/2/2018).

Ganja

Fachri Albar (Nurwahyunan/Bintang.com)

Tak hanya dua jenis barang haram itu saja yang diamankan polisi dari tangan suami Renata Kusmanto tersebut. Polisi juga berhasil mengamankan satu paket ganja dari Fachri Albar.

"Ada ganja juga yang kami amankan," ucap Kombes Pol Mardiaz Kusin Dwihananto.

Masih Dikembangkan

Fachri Albar

Saat ini polisi masih mengembangkan kasus narkoba yang menjerat bapak dua anak tersebut. Rencananya, polisi akan menggelar rilis penagkapan kasus narkoba Fachri Albar siang ini di Polres Metro jakarta Selatan.

Rilis Siang Ini

Fachri Albar

"Sementara masih kami kembangkan. Nanti siang rilis jam 2 siang," kata Kombes Pol Mardiaz Kusin Dwihananto.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Persib Lempar Handuk Kejar Pemain Baru?

Posted: 13 Feb 2018 09:15 PM PST

Setelah mendatangkan dua pemain anyar yaitu Muchlis Hadi Ning Syaifulloh dan Ghozali Siregar, kebutuhan amunisi Persib Bandung belum juga terpenuhi. Setidaknyanya, Persib masih membutuhkan sekitar tiga tambahan pemain untuk tampil di Liga 1 2018.

Namun hingga saat ini pemain incaran tim berjuluk Maung Bandung masih dalam tahap negosiasi. Bahkan salah satu diantaranya harus bergabung dengan tim lain yaitu Andik Vermansyah yang lebih memilih menerima pinangan Kedah FA.

Pelatih Persib, Roberto Carlos Mario Gomez tidak membantah timnya kesulitan mencari pemain lokal berkualitas lantaran rata-rata para pemain telah dikontrak oleh tim lain.

Gomez menegaskan jika dia bakal mencoba memaksimalkan skuat yang ada termasuk memanfaatkan jasa para pemain muda yang kini telah menghuni skuat Maung Bandung.

"Kita sudah ada nama dua bulan latihan di sini," kata Gomez. 

"Masalah di sini mencari pemain tidak bisa. Kita mau cari solusi sama kita cari pemain di sini susah sekali kita tidak tahu di mana. Kita sudah bicara dengan manajemen tapi kita tidak mau push lagi," ujar pelatih asal Argentina itu menambahkan. 

 

Fasilitas Latihan Bermasalah

Mario Gomez (Liputan6.com/Kukuh Saokani)

Tidak hanya itu masalah fasilitas tempat latihan harus sanggup dia siasati agar program yang telah disusun dapat dijalankan.

"Saya senang mereka (pemain Persib yang ada) mau kerja bagus buat kita mau. Kalau tidak ada pemain lain kita kerja dengan mereka," kata dia, Selasa (14/2/2018).

 

Cari Tempat Latihan Cocok

Disinggung soal rencana kembali menggelar pemusatan latihan, mantan asisten pelatih Valencia dan Inter Milan tersebut mengatakan sampai saat ini Febri Hariyadi Cs masih fokus berlatih di Bandung hingga mendapatkan tempat yang cocok.

"Kita bukan tidak mau tapi masih cari peluang minggu depan karena di sini (Bandung) tidak ada lapangan, kalau ada tempat lain kita kasih tahu," katanya. 

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

VIDEO: Wanita Cantik Penjual Sabu Ditangkap Polisi

Posted: 13 Feb 2018 09:15 PM PST

Wanita yang berprofesi sebagai pemandu lagu ini ditangkap bersama kakak kandung dan kekasihnya yang diketahui sebagai pengedar serta pemasok sabu.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

PTPP Raih Kontrak Baru Rp 2,3 Triliun di Januari

Posted: 13 Feb 2018 09:13 PM PST

PTPP (Persero) Tbk menargetkan kontrak baru sebesar Rp 49 triliun pada tahun ini, atau 20 persen lebih tinggi dari perolehan kontrak baru yang diraih selama 2017.

"Dengan target kontrak baru ini, PTPP akan memiliki Total order book lebih dari Rp 100 triliun yang akan menjadi basis yang kuat bagi pertumbuhan pendapatan dan laba bersih, tidak hanya untuk tahun 2018, namun juga untuk tahun-tahun berikutnya," ujar Direktur Utama PTPP, Tumiyana di Jakarta, Rabu (14/2/2018).

Adapun PTPP memperoleh kontrak baru senilai Rp 2,3 triliun selama Januari 2018. Kontrak ini terdiri dari PTPP Induk sebesar Rp 929 miliar dan anak usaha Rp 1,4 triliun.

Perolehan kontrak baru PTPP Induk, terdiri dari proyek Gedung AEON Apartment Phase 2 (struktur) sebesar Rp 523 miliar dan proyek infrastruktur Executive Port Merak sebesar Rp 406 miliar.

Kontribusi terbesar kontrak baru di bulan Januari 2018 disumbangkan PT PP Presisi Tbk (PPRE), entitas anak yang bergerak sebagai kontraktor berbasis peralatan berat. PPRE berhasil meraih kontrak baru sebesar Rp 1 triliun (setelah eliminasi).

Disusul PT PP Properti Tbk (PPRO) sebesar Rp 200 miliar, PT PP Urban sebesar Rp 130 miliar (setelah eliminasi), dan PT PP Energi sebesar Rp 20 miliar.

Sementara total kontrak yang dihadapi (order book) yang dicapai PTPP per Januari 2018 sebesar Rp 60,4 triliun yang terdiri dari kontrak baru sebesar Rp 2,3 triliun dan kontrak carry over tahun 2017 sebesar Rp 58,1 triliun.

Selama 2017, PTPP berhasil meraih kontrak baru sebesar Rp 41 triliun yang terdiri dari kontrak regular sebesar Rp 38,8 triliun dan Kontrak Joint-Operation (JO) sebesar Rp 2,3 triliun .

 

PTPP Targetkan Arus Kas Positif Rp 1,7 Triliun di 2017

PTPP (Persero) Tbk menargetkan arus kas operasi positif mencapai Rp 1,7 triliun per 31 Desember 2017 dibandingkan per 31 Desember 2016 yang sebesar Rp 986 miliar.

Direktur Utama PTPP Tumiyana memperkirakan arus kas operasi positif pada akhir tahun 2017 sejalan dengan siklus bisnis industri konstruksi di Indonesia.

"Di tengah melesatnya perkembangan pembangunan infrastruktur di Indonesia dan persaingan industri konstruksi yang semakin tinggi, manajemen selalu menjaga baik kinerja operasional dan posisi finansial tetap solid dan terkendali, sehingga akhirnya PTPP berhasil membukukan arus kas operasi yang positif dalam lima tahun terakhir," ujar dia di Jakarta, Senin (11/12/2017).

Dia menyebutkan, dalam periode sembilan bulan 2017 (Januari - September 2017), perseroan membukukan arus kas operasi sebesar negatif Rp 1,5 triliun, atau lebih rendah dibandingkan periode enam bulan 2017 (Januari - Juni 2017) sebesar negatif Rp 2,1 triliun.

Hal ini menunjukkan PT PP sebenarnya mampu mencetak arus kas operasi positif dalam periode Juli - September 2017.

Dia menuturkan, arus kas operasi yang negatif di semester pertama (triwulan I dan triwulan II) merupakan siklus bisnis industri konstruksi yang normal dan akan membaik di semester ke-2 (triwulan III dan IV). Ini seiring dengan meningkatnya penyerapan anggaran pemerintah maupun pengeluaran belanja modal BUMN.

Per 30 September 2017, PTPP memiliki total utang berbunga (Interest Bearing Debt) sebesar Rp 8,2 triliun dibandingkan dengan total kas dan setara kas termasuk investasi jangka pendek sebesar Rp 6,4 triliun, total ekuitas sebesar Rp 12,5 triliun, dan total aset sebesar Rp35,3 triliun.

Dengan demikian, total utang berbunga perseroan masih berada jauh di bawah 1 kali, baik dibandingkan dengan total aset maupun ekuitas perseroan.

Posisi ini juga menunjukkan tingkat leverage perseroan yang sangat terkendali dengan rasio gearing dan net gearing perseroan masing-masing sebesar 0,66x dan 0,15xper 30 September 2017.

Sementara itu, EBITDA Perseroan selama sembilan bulan 2017 telah mencapai Rp 1,8 triliun, atau naik 45 persen secara year-on-year dibandingkan Rp 1,2 triliun di periode yang sama tahun sebelumnya.

Bila pencapaian EBITDA tersebut dibandingkan dengan total utang berbunga, perseroan memiliki rasio Debt-to-EBITDA dan Net Debt-to-EBITDA secara 12 bulan berjalan masing-masing sebesar 3,13x dan0,70x.

Selain itu, perseroan juga memiliki rasio EBITDA interest coverage sebesar 7,53x per sembilan bulan 2017 dibandingkan pencapaian sebesar 6,38x per 9 bulan 2016. Tingkat kesehatan dan kekuatan struktur modal Perseroan juga secara independen telah dinilai oleh lembaga credit rating Pefindo.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Berkoar di Media Sosial, Akhirnya Hak Samuel Zylgwyn Dibayarkan

Posted: 13 Feb 2018 09:10 PM PST

Samuel Zylgwyn tengah mengalami kekecewaan terhadap salah satu perusahaan yang pemiliknya seorang wanita. Semula, ia coba untuk menunggu dengan sabar.

Namun pembayaran yang ditunggunya tak kunjung datang. Samuel Zylgwyn pun akhirnya berkoar di media sosial.

Melalui Instagram Story, suami Franda ini pun mencurahkan isi hatinya. Pada kalimat awal Samuel Zylgwyn dengan sopan menanyakan mengenai haknya.

 

 

Tak Takut Kehilangan Uang

Samuel Zylgwyn (Adrian Putra/Bintang.com)

Namun dalam kalimat terakhir, Samuel Zylgwyn seolah menegaskan dirinya tak takut kehilangan uangnya.

"Gw enggak takut kehilangan uang, jadi kalo mbak mau ambil....SILAHKAN Tapi harus ngomong,jangan diem aja," tulis nya.

Tak Sendirian

Caesar Hito (Instagram/hitocaesar)

Hal yang sama juga dirasakan Caesar Hito. Pesinetron Anak Langit ini pun belum menerima haknya, padahal sudah satu bulan melewati masa pembayaran.

Caesar Hito pun curhat di Instagram Story-nya, Selasa (13/2/2018) seperti Samuel Zylgwyn.

Tagih Setiap Hari

Caesar Hito (Foto: Instagram)

"Mbak N******* yang terhormat kapan hak saya diberikan? Ini sudah lewat 1 bulan dari jatuh tempo dalam kontrak. Saya me nagih hampir tiap hari ke A****  (padahal yg berhutang siapa ya) tapi tidak pernah ada jawaban yang memuaskan," tulis Caesar Hito.

Berakhir Baik

Samuel Zylgwyn (Foto: Instagram)

Setelah keduanya berkoar-koar, akhirnya pihak Nadya Yapto beritikad baik untuk memberikan hak Samuel Zylgwyn dan Caesar Hito.

Itu terlihat dari postingan Samuel Zylgwyn di Instagram Story, Rabu (14/2/2018). "Ok...problem Solved. Ada titik terangnya. Eh sorry udah bikin heboh di IG. Misscom aja gw. Yaaaaa namanya juga manusia."

Tak jelas hak apa yang dimaksud 2 artis ini. 

Saksikan video berikut ini

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Pilbup Bogor, Inggrid Kansil Nomor 3, Fickri Rhoma Irama Nomor 4

Posted: 13 Feb 2018 09:07 PM PST

Pemilihan Bupati atau Pilbup Bogor 2018 diikuti lima pasangan calon. Nomor urut nomor satu diperoleh pasangan Fitri Putra Nugraha dengan Bayu Syah Johan, yang diusung PDIP dan Hanura.

Nomor urut dua diperoleh pasangan yang diusung PPP, Gerindra, PKB, dan PKB Ade Yasin dengan Iwan Setiawan. Ade Yasin adalah adik kandung Rahmat Yasin mantan Bupati Bogor yang terjerat kasus hukum.

Kemudian, pasangan Ade Ruhandi dan Ingrid Kansil mendapat nomor urut 3. Pasangan Pilbup Bogor ini diusung Golkar, Demokrat, Nasdem, dan PKS.

Selanjutnya, pasangan nomor urut 4 adalah pasangan Gunawan Hasan dengan Fikri Zulfikar Rhoma. Pasangan ini maju dari jalur perseorangan. Fikri adalah anak dari raja dangdut Rhoma Irama.

Terakhir, pasangan jalur perseorangan Pilbup Bogor lainnya adalah Ade Wardhana Adinata dengan Asep Ruhiyat yang mendapat nomor urut 5.

Jaga Perdamaian

Ketua KPUD Kabupaten Bogor, Haryanto Surbakti, berharap setelah mendapatkan nomor urut, pasangan calon dan tim pemenangan untuk menjaga perdamaian dan situasi kondusif selama masa kampanye mendatang.

Ia juga berharap pada saat masa kampanye yang akan digelar 15 Februari, semua pasangan calon bisa memberikan pendidikan politik yang baik pada masyarakat.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

DPR Resmi Setujui Hasil Rekomendasi Pansus KPK

Posted: 13 Feb 2018 09:06 PM PST

Panitia Khusus (Pansus) Hak Angket Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) membacakan hasil rekomendasi di depan Rapat Paripurna DPR. Laporan tersebut, disampaikan oleh Ketua Pansus Hak Angket Agun Gunandjar.

Hasil rekomendasi menyoroti aspek kelembagaan, kewenangan, aspek tata kelola sumber daya manusia (SDM) hingga anggaran KPK.

Rapat sempat diwarnai sejumlah interupsi sebelum pengambilan keputusan DPR terkait rekomendasi angket. Dua fraksi, yakni Fraksi Demokrat dan Partai Keadilan Sejahtera (PKS), enggan memberikan pendapat.

"Demi menjaga konsistensi dan komitmen, kami tidak setuju adanya pansus dan tidak mengutus, tidak ikut membahas hal-hal di Pansus angket. Kami tidak akan beri pendapat," kata Ketua Fraksi PKS Jazuli Juwaini.

Ketua DPR RI Bambang Soesatyo lantas menanyakan persetujuan forum paripurna mengenai hasil rekomendasi Pansus KPK.

"Laporan Panitia Angket DPR RI tentang Pelaksanaan Tugas dan kewenangan hak KPK, ini apakah dapat disetuji?" tanya Bamsoet.

Dengan serentak menyatakan persetujuannya.

"Setuju," kata mayoritas anggota yang hadir. Dengan demikian, DPR resmi menerima rekomendsasi Pansus Angket KPK.

 

 

Diserahkan ke Pimpinan KPK

Agun Gunandjar Sudarsa (Liputan6.com/ Andi Muttya Keteng)

Rekomendasi Pansus Angket KPK sebelumnya sudah dikirimkan pada pimpinan lembaga antikorupsi itu. Menurut Agun Gunandjar, dari sisi kelembagaan Pansus meminta KPK menyempurnakan struktur organisasi.

Tujuannya, kata dia, agar mencerminkan tugas dan kewenangannya sebagaimana diatur dalam Undang-Undang Nomor 30 Tahun 2002 tentang KPK.

"Itu yang meliputi koordinasi, supervisi, penindakan, pencegahan, dan monitoring," kata Agun di Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta Pusat, Rabu (14/2/2018).

Politikus Golkar itu juga mendorong KPK meningkatkan kerja sama dengan lembaga penegak hukum serta lembaga lainnya. Ia mencontohkan seperti BPK, LPSK, PPATK, Komnas-HAM, pihak perbankan dalam menjalankan kewenangannya.

"Agar upaya pemberantasan korupsi dapat dilakukan secara optimal, terintegrasi, dan bersinergi dengan baik," ujar dia.

Selanjutnya poin ketiga dari aspek kelembagaan, Agun menyarankan KPK membentuk lembaga pengawas independen sesuai mekanisme yang ada.

"Ini beranggotakan dari unsur internal KPK dan eksternal yang berasal dari tokoh-tokoh yang berintegritas dalam kerangka terciptanya check and balances," jelas Agun.

Saksikan Video Pilihan di Bawah ini

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Lansia Ini Baru Punya SIM di Usia 79 Tahun, Alasannya Mengharukan

Posted: 13 Feb 2018 09:02 PM PST

Seorang pria lanjut usia (lansia) bernama Keith Limber asal Garfoth, West Yorkshire, Inggris akhirnya memiliki Surat Izin Mengemudi (SIM) di umur 79 tahun.

Alasan kepemilikan SIM di usianya yang senja sungguh mengharukan, yaitu agar selalu bersama dan mengantarkan sang istri bernama Anne ke berbagai tempat.

Sebelum memiliki SIM, Keith mengaku selalu duduk di kursi penumpang. Sedangkan sang istri justru mengemudi hingga ke berbagai tempat.

Hanya saja, pada Oktober 2015, Anne mengalami stroke dan harus menggunakan kursi roda. Hal itulah yang membuat Keith mau tak mau harus memiliki SIM agar dapat mengantarkan pujaan hatinya bepergian, termasuk ke rumah sakit. 

Pasangan lansia ini membuktikan umur tidak menjadi hambatan untuk beraktivitas, seperti membuat SIM dan berkendara bersama ke mana saja.

 

 

 

 

Selanjutnya

Keith Limber lansia yang baru memiliki SIM diusia 79 tahun. (South West News Service)

"Istri saya mengantarkan saya berkeliling selama lebih dari 40 tahun setelah dia pertama kali lulus (Uji SIM) pada 1972. Dia telah merawat saya cukup lama dan saya pikir sudah saatnya saya menjaganya sekarang. Saya berhutang padanya," ujarnya. Demikian dilansir The Sun, Selasa (14/2/2018).

 

Selanjutnya

Keith Limber dan Anne, kakek-nenek ini selalu bersama. (South West News Service)

Keith mengatakan bahwa dirinya juga sempat mengalami kegagalan. Namun kali ini dia dinyatakan lulus.

"Saya mengajak Anne keluar setiap hari untuk minum kopi atau lainnya di kebun atau ketempat lain," ucapnya.

Kabar Keith mendapatkan SIM disambut hangat sang istri.

"Saya pikir dia telah melakukannya dengan benar. Kami akan menjadi stress jika harus terjebak di rumah sepanjang minggu," ucap nenek tiga cucu itu.

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Kantor BRI Cabang Garut Diancam Bom Saat Hari Valentine

Posted: 13 Feb 2018 09:01 PM PST

Saat sebagian orang sibuk menyambut Hari Valentine, masyarakat Garut, Jawa Barat, digegerkan oleh kabar ancaman peledakan bom kantor Bank BRI Cabang Garut, di Jalan Ahmad Yani, Rabu (14/2/2018).

Kapolres Garut AKBP Budi Satria Wiguna yang datang langsung memantau lokasi menyatakan, ancaman bom pertama kali datang melalui pesan singkat SMS yang dikirimkan seseorang kepada pimpinan BRI cabang Garut.

"Dalam pesan itu kantor diancam diledakkan sekitar pukul 11.30 WIB," ujar Budi di lokasi kejadian.

Terdapat dua pesan singkat yang dikirimkan dari nomor 085225866236 sekitar pukul 09.10 dan 09.11 WIB pagi ini. Ancaman bom itu ditujukan kepada kantor BRI cabang Garut dan KCP BRI seluruh Garut.

'Selamat pagi, untuk KCU Garut BRI Garut dan KCP Garut sudah saya beri kado C-4, selamat mencari sebelum pukul 11.30.'

'Bom akan meledak sebelum 11.30, jadi silahkan mencari sebelum terlambat.'

Pihak kepolisian yang menerima laporan itu ujar Budi, langsung mensterilisasi gedung, sedangkan penyisiran kantor rencannya akan dilakukan tim khusus Gegana Polda Jabar. "Tunggu saja sedang dalam perjalanan," kata dia.

Untuk mengamankan lokasi ancaman bom, nampak garis polisi sepanjang 20 meter dipasang di depan kantor BRI Cabang Garut yang berada pusat kota itu. "Kami juga sudah menerjunkan anggota ke lokasi untuk mengurai kemacetan lalu lintas," kata dia.

 

 

Polisi Bersenjata

Ilustrasi Bom

Berdasarkan pantauan Liputan6.com di lokasi, puluhan polisi bersenjata lengakp masih bersiaga mengamankan sekitar lokasi ancaman peledakan itu. Beberapa di antaranya hilir mudik di sekitar halaman bank milik pemerintah itu.

Sedangkan, belasan anggota polisi yang di-back up TNI Dandim 0611 Garut, terus mengamankam jalur lalu lintas untuk mengurai kemacetan.

"Dimohon kepada pejalan kaki dan pemilik kendaraan agar tetap melaju jangan menghentikan kendaraannya supaya tidak macet," ujar salah satu petugas dalam himbauannya yang disuarakan melalui mikrofon yang dibawanya.

Hingga kini, suasana kantor Bank BRI Cabang Garut masih sepi. Seluruh transaksi dan kegiatan perbankan lainnya langsung dihentikan pasca-ancaman bom itu datang.

Saksikan video pilihan berikut ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

FOTO: Atribut Unik Para Penonton Olimpiade PyeongChang 2018

Posted: 13 Feb 2018 09:01 PM PST

Seorang pria menata rambutnya dengan unik saat menyaksikan cabang curling antara Rusia dan Swiss pada Olimpiade Musim Dingin 2018 di Gangneung, Korea Selatan, Senin (12/2). Ada 92 negara peserta yang mengikuti ajang tersebut. (AP/Natacha Pisarenko)

Seorang pria menata rambutnya dengan unik saat menyaksikan cabang curling antara Rusia dan Swiss pada Olimpiade Musim Dingin 2018 di Gangneung, Korea Selatan, Senin (12/2). Ada 92 negara peserta yang mengikuti ajang tersebut. (AP/Natacha Pisarenko)

Penonton mengenakan kacamata unik saat menyaksikan cabang curling antara Rusia dan Swiss pada Olimpiade Musim Dingin 2018 di Gangneung, Korea Selatan, Senin (12/2). Olimpiade PyeongChang berlangsung hingga 25 Februari mendatang. (AP/Natacha Pisarenko)

Penonton mengenakan kacamata unik saat menyaksikan cabang curling antara Rusia dan Swiss pada Olimpiade Musim Dingin 2018 di Gangneung, Korea Selatan, Senin (12/2). Olimpiade PyeongChang berlangsung hingga 25 Februari mendatang. (AP/Natacha Pisarenko)

Penonton mengenakan atribut kepala unik saat menunggu dimulainya balapan speed skater 1.500 meter pada Olimpiade Musim Dingin 2018 di Gangneung, Korea Selatan, Selasa (13/2). Ada 92 negara peserta yang mengikuti ajang tersebut. (AP/John Locher)

Penonton mengenakan atribut kepala unik saat menunggu dimulainya balapan speed skater 1.500 meter pada Olimpiade Musim Dingin 2018 di Gangneung, Korea Selatan, Selasa (13/2). Ada 92 negara peserta yang mengikuti ajang tersebut. (AP/John Locher)

Penonton mengenakan atribut unik saat menyaksikan cabang curling antara Rusia dan Norwegia pada Olimpiade Musim Dingin 2018 di Gangneung, Korea Selatan, Selasa (13/2). Olimpiade PyeongChang berlangsung hingga 25 Februari mendatang. (AP/Natacha Pisarenko)

Penonton mengenakan atribut unik saat menyaksikan cabang curling antara Rusia dan Norwegia pada Olimpiade Musim Dingin 2018 di Gangneung, Korea Selatan, Selasa (13/2). Olimpiade PyeongChang berlangsung hingga 25 Februari mendatang. (AP/Natacha Pisarenko)

Seorang anak mengenakan kacamata unik saat menyaksikan pertandingan nomor giant slalom putri pada Olimpiade Musim Dingin 2018 di PyeongChang, Korea Selatan, Rabu (14/2). Ada 92 negara peserta yang mengikuti ajang tersebut. (AP/Michael Probst)

Seorang anak mengenakan kacamata unik saat menyaksikan pertandingan nomor giant slalom putri pada Olimpiade Musim Dingin 2018 di PyeongChang, Korea Selatan, Rabu (14/2). Ada 92 negara peserta yang mengikuti ajang tersebut. (AP/Michael Probst)

Penonton mengenakan atribut kepala unik saat menyaksikan cabang curling ganda campuran antara Kanada dan Swiss pada Olimpiade Musim Dingin 2018 di Gangneung, Korsel, Selasa (13/2). Olimpiade ini berlangsung hingga 25 Februari mendatang. (AP/Aaron Favila)

Penonton mengenakan atribut kepala unik saat menyaksikan cabang curling ganda campuran antara Kanada dan Swiss pada Olimpiade Musim Dingin 2018 di Gangneung, Korsel, Selasa (13/2). Olimpiade ini berlangsung hingga 25 Februari mendatang. (AP/Aaron Favila)

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Fachri Albar Sering Pamer Momen Mesra Bareng Renata Kusmanto

Posted: 13 Feb 2018 09:01 PM PST

Fachri Albar ditangkap Satuan Reserse Narkoba Polres Metro Jakarta Selatan akibat kepemilikan narkoba tepat di hari Valentine, (14/2/2018). Fachri Albar ditangkap karena memiliki narkoba jenis sabu, dumolid, dan lintingan ganja.

Fachri Albar menikah dengan aktris cantik Renata Kusmanto pada 12 Juni 2014. Pasangan ini pun telah dikaruniai dua anak bernama River Syech Albar dan Clover Satin Albar.

Bahtera rumah tangga Fachri Albar dan Renata Kusmanto pun dilalui bukan tanpa tantangan. Meski begitu, keduanya sempat terlihat kompak dan nampak romantis dalam berbagai kesempatan. Berikut momen kemesraan Fachri Albar dan Renata Koesmanto yang diambil dari Instagram @aialbar dan @renata711;

1. Makan malam berdua

 

Us ✨❤ #lastof2016

A post shared by Renata Kusmanto (@renata711) on

Meski sudah memiliki dua anak, tidak membuat Fachri Albar dan Renata Kusmanto kehilangan waktu berdua. Dalam beberapa unggahan di instagram Renata Kusmanto dan Fachri Albar, nampak beberapa kali keduanya meluangkan waktu untuk makan malam bersama.

Dalam salah satu unggahan, terlihat keduanya kompak dengan busana serba hitam dalam sebuah makan malam romantis. Renata Kusmanto sendiri memadukan busana hitamnya dengan tas berwarna pink yang ia letakkan di meja.

2. Merayakan ulang tahun Renata Kusmanto

Perayaan ulang tahun menjadi momen berharga bagi semua orang, tak terkecuali Renata Kusmanto. Bersama Fachri Albar dan kedua anaknya, Renata Kusmanto nampak bahagia merayakan hari jadinya yang ke-35.

Fachri Albar pun mengunggah momen bahagia tersebut di instagram pribadinya. Terlihat Fachri Albar dan Renata Kusmanto berfoto bersama kedua anaknya dan sebuah kue berbentuk kelinci bertuliskan "Renata". Di samping kue tersebut, terdapat juga bunga lavender dan lilin berwarna emas

3. Kompak dalam premiere film

 

The Professionals premiere ✨❤️ #22dec2016

A post shared by Renata Kusmanto (@renata711) on

Fachri Albar dan Renata Kusmato merupakan pasangan artis yang terjun di dunia film. Meski bekerja di bidang yang sama, tidak membuat keduanya terlihat saingan. Justru mereka kerap tampil bersama dalam satu film. Bahkan jika tidak bermain dalam satu film, keduanya kompak untuk saling mendukung film masing-masing. 

Salah satunya ketika premiere film The Professional yang dibintangi oleh Fachri Albar. Dalam acara tersebut, keduanya kompak dengan busana hitam. Renata Kusmato nampak cantik dengan gaun one shoulderh. Sementara Fachri Albar nampak classy dengan setelan jas dan dasi kupu-kupu.

4. Mirror wefie

Sebagai pasangan suami istri, Fachri Albar dan Renata Kusmanto terbilang cukup sering menghabiskan waktu berdua. Dalam sebuah kesempatan, keduanya mengabadikan momen kebersamaan dengan mirror wefie. Fachri Albar terlihat casual dengan baju lengan panjang dan ripped jeans. Sementara Renata Kusmanto nampak manis dengan dress pendek berlengan setengah yang memiliki motif garis. Renata pun membawa sling bag berwarna pink.

5. Pose romantis

Renata Kusmanto yang juga berprofesi sebagai model, membuatnya nampak luwes tampil di depan kamera. Tak heran jika Renata Kuswanto nampak mudah berpose romantis dengan Fachri Albar.

Dalam sebuah unggahan terlihat Renata Kusmanto memalingkan pandangan ke bawah dan tangan kanannya memegang pipi Fachri Albar. Sementara Fachri Albar sendiri memandang sang istri dengan tatapan penuh makna.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Hasilkan Karya Kreatif, Ini Daftar Pemenang Resik V Blog Competition

Posted: 13 Feb 2018 09:00 PM PST

Resik V bekerjasama dengan Liputan6.com beberapa waktu lalu menggelar kontes menulis Resik V Blog Competition dengan tema "Menjaga Keharmonisan Rumah Tangga". Kontes ini digelar pada tanggal 1 Desember 2017 sampai 15 Januari 2017. Selama periode kontes tersebut, ada ratusan lebih karya tulis dari para blogger yang masuk dan tulisan yang lolos moderasi telah tayang di http://www.arisanresik.com/blog-register.php.

Di Resik V Blog Competition ini para peserta diminta untuk membuat tulisan kreatif dengan tema "Menjaga Keharmonisan Rumah Tangga" yang dikaitkan dengan Resik V sebagai solusi rumah tangga harmonis. Tulisan boleh dari sudut pandang istri atau suami.  selain meng-upload tulisannya ke dalam microsite www.arisanresik.com peserta juga harus meng-upload tulisannya di blog pribadinya.

Kriteria pemilihan pemenang tulisan berdasarkan tulisan kreatif dan inspiratif, memiliki kaitan tema dengan produk Resik V dan kelengkapan tagar #ArisanResik dan #Liputan6com. Dalam hal ini, keputusan juri adalah final dan tidak dapat diganggu gugat.

 

Setelah melalui proses penjurian yang panjang, akhirnya terpilih 7 nama blogger dengan karya tulisan yang paling kreatif dan inspiratif. Mereka pun berhak meraih hadiah yang telah diumumkan di awal kontes.

Pemenang pertama dengan hadiah Smartphone Android adalah Dinda Januari Cipta. Pemilik blog dengan nama dindajanuaristory ini membuat tulisan dengan judul "Keharmonisan Rumah Tangga Kami Dimulai dari Kebiasaan Kecil". Sementar itu untuk hadiah Kamera Instax diberikan kepada Diah Estika yang menulis "Resik-V, Sahabat Istri Merawat Diri Supaya Disayang Suami" dan Kusmini dengan karya Menuju Keluarga SAMAWA.

Terakhir, 4 voucher belanja diberikan kepada Relita Aprisa "Tips Menjaga Keharmonisan Rumah Tangga Ala Pasangan Baru", Ratri Kurnia Wardani karya "Ini Dia Tips Menjaga Keharmonisan Keluarga Ala Ibu", Nurul Fadilah karya "5 Tips Menjaga Keharmonisan Rumah Tangga adalah Menciptakan Surga Dunia", dan Richa Miskiyya karya Ingin Rumah Tangga Selalu Harmonis? 6 Hal Ini Perlu Dilakukan.

Para pemenang akan dihubungi oleh pihak liputan6.com untuk konfirmasi alamat pengiriman hadiah. Hadiah akan dikirim kepada pemenang selambat-lambatnya 14 hari jam kerja setelah pemenang dihubungi. 

Hati-hati terhadap penipuan. Pajak hadiah ditanggung oleh pihak penyelenggara dan pemenang sama sekali tidak dipungut biaya.

Selamat kepada para pemenang, terus berkarya dan menjaga keharmonisan rumah tangga bersama Resik V.

 

Powered By:

Resik V

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Tak Beri Kursi Prioritas pada Lansia, Penumpang KRL Ditusuk

Posted: 13 Feb 2018 09:00 PM PST

Kereta api ataupun Commuter Line (KRL) sudah menjadi transportasi publik yang digemari oleh banyak orang. Selain akses kemanapun menjadi lebih mudah, kereta juga menjadi salah satu transportasi publik yang terbilang murah.

Bukan menjadi hal yang aneh jika kereta juga pasti mengalami waktu padat seperti misalnya pada waktu jam kerja. Meskipun padat di setiap gerbong kereta pasti selalu terseda tempat duduk prioritas, yang dikhususkan untuk ibu hamil, disabilitas, sampai dengan lansia.

Jika memang kosong sejumlah orang diperbolehkan duduk dan memberikannya kembali apabila ada kalangan yang tertera dalam kursi prioritas membutuhkannya.

Sayangnya tindakan terlewat ekstrem dilakukan oleh seorang lansia di Jepang. Pada 7 Februari yang lalu, Motokazu Koizumi (62) tega menusuk seorang pria berusia 34 tahun di dalam kereta jurusan Kanjo, Osaka.

Pria yang ditusuk Koizumi, tengah melakukan perjalanan dengan kereta untuk menuju ke kantornya. Namun, pria itu tidak menyerahkan tempat duduk prioritas kepada Koizumi yang sebenarnya jauh lebih tua darinya dan membutuhkan kursi tersebut.

Ternyata pertemuan pertama Koizumi dengan pria itu sebenarnya tidak juga menyenangkan.

Pada mulanya Koizumi yang pulang kelelahan dari kerja shift malam sempat berpas-pasan di kereta dengan pria tersebut, di hari sebelum kejadian. Kemudian keduanya sempat mengalami adu mulut.

"Aku sangat marah karena ia duduk di kursi prioritas," ujar Koizumi, Melansir SoraNews 24, Selasa (13/2/2018).

Menyerahkan diri

Ilustrasi (iStock)

Aksi nekat pria tua itu dilakukan ketika kereta mencapai Stasiun Taisho pada jam 6.50 pagi. Ketika pria itu berdiri dari bangku prioritas dan keluar kereta. Koizumi mengikutinya dan akhirnya menusuk pria itu hingga beberapa kali pada bagian perut.

Aksi ini ia lakukan dengan menggunakan pisau buah dan menimbulkan luka serius namun tak fatal. Setelah melakukan penusukan, Koizumi lari dari tempat kejadian.

Di hari berikutnya, Koizumi menghubungi pihak berwenang dan menyerahkan diri. Pria tua itu diliputi rasa bersalah atas tindakannya. Menurutnya tak butuh waktu lama bagi polisi untuk menangkapnya dan membuktikan bahwa ialah pelaku penusukan tersebut.

Selain itu, polisi dan pihak keamanan stasiun juga telah mengidentifikasi rekaman kejadian itu berlangsung. Koizumi akhirnya ditahan dengan tuduhan percobaan pembunuhan.

Tentunya insiden tersebut menggarisbawahi bahwa kita harus semakin berhati-hati dan peka dengan lingkungan sekitar.

Tindakan pria yang ditsuk oleh Koizumi juga bukanlah hal yang bisa dibenarkan secara moral. Oleh karena itu, semua tidakan perlu dipertimbangkan bersamaan dengan konsekuensinya.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Kesan Pertama Anda di Mata Orang Lain, Berdasarkan Zodiak

Posted: 13 Feb 2018 09:00 PM PST

Kesan pertama dibuat berdasarkan pilihan yang dibuat, buruk atau baik dan ternyata zodiak juga bisa melihat hal ini. Biasanya kesan pertama dihasilkan dari penampilan, pakaian, rambut, mata, sikat, dan kata-kata.

Dilansir dari yourtango.com, Rabu (14/2/2018), berikut ini adalah kesan pertama orang lain pada Anda saat bertemu, menurut zodiak. Penasaran?

1. Aries

Orang-orang merasa takut, karena Anda sangat kuat dan bijak atau mengintimidasi. Sayangnya, Anda seringkali disalahpahami karena niat positif.

2. Taurus

Orang-orang mengira Anda berbohong, karena sifat misterius dan tatapan menakjubkan dari mata yang membuat mereka merasa terdesak. Anda diharuskan kembali ke masa lalu untuk membuktikan diri, namun rasanya terlalu melelahkan, bukan?

3. Gemini

Orang-orang akan secara otomatis menganggap Anda sebagai pecundang dan ini memang menyakitkan. Bagian terbaik dari kesan pertama ini adalah Anda bukan seorang pecundang karena mempercayai diri sendiri.

 

 

 

Kesan pertama orang lain menurut zodiak

Ilustrasi Foto Zodiak (iStockphoto)

4. Cancer

Orang-orang akan mengira Anda bodoh, karena hanya ingin tinggal di rumah dan menonton TV saja. Sebenarnya dengan sedikit bujukan, Anda masih mau diajak keluar rumah.

5. Leo

Orang-orang mengira Anda adalah sosok yang luar biasa dan menawan. Walaupun pemarah, apa yang dipamerkan memang patut dipuji, inilah mengapa Anda merasa diri sendiri hebat.

6. Virgo

Orang-orang merasa takut dan membenci Anda. Anda membiarkan orang lain mengungkapkan perasaannya, sehingga kebencian ini menjadi hal yang biasa.

Kesan pertama orang lain menurut zodiak

Ilustrasi Foto Zodiak (iStockphoto)

7. Libra

Orang-orang mengira Anda adalah sosok yang sangat baik. Namun, Anda sebenarnya seringkali menghakimi di dalam diri sendiri dan tidak ada orang yang mengetahuinya.

8. Scorpio

Orang-orang mengira Anda hebat di ranjang. Anda mungkin memiliki kualitas terburuk sebagai seorang kekasih di bumi, namun reputasi sebagai ratu seks membuat diri sendiri populer, bukan?

9. Sagitarius

Orang-orang mengira Anda berkepala dingin. Orang lain tidak akan mudah percaya karena apa yang mereka lihat pada Anda hanyalah berpikir.

Anda hidup di kepala. Selain itu, Anda tidak pernah meluangkan waktu untuk memperhatikan sekitar, karena terlalu banyak berimajinasi.

Kesan pertama orang lain menurut zodiak

Ilustrasi Foto Zodiak (iStockphoto)

10. Capricorn

Orang-orang mengira Anda murahan. Tidak peduli apa atau siapapun Anda, orang lain akan membacanya sebagai sosok yang materialistis.

11. Aquarius

Orang-orang mengira Anda terlalu dingin, egois, dan tidak pedulian. Ketika pada akhirnya orang-orang memperhatikan apa yang Anda lakukan, mereka akan menanggapinya dengan seharusnya.

12. Pisces

Orang-orang mengira Anda adalah sosok yang menyedihkan. Hal ini mungkin memang tidak bisa dipisahkan dari Pisces, walaupun zodiak ini adalah yang termanis.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Sempat Lolos dari Kokain, Fachri Albar Kini Tersandung Sabu dan Ganja

Posted: 13 Feb 2018 09:00 PM PST

Tim Satuan Reserse Narkoba Polres Jakarta Selatan menangkap aktor Fachri Albar di rumahnya di kawasan Cirendeu, Tangerang Selatan, Rabu (14/2/2018). Pemain film Pengabdi Setan itu diciduk terkait kasus dugaan kepemilikan narkoba.

Dari tangan Fachri Albar, polisi mengamankan barang bukti berupa paket sabu, dumolid dan lintingan ganja.

"Betul, pagi ini tim Satgas Polres Jaksel menangkap tersangka bernama Fachri Albar di rumahnya," kata Kapolres Metro Jakarta Selatan, Kombes Mardiaz Kusin Dwihananto di Kompleks PTIK.

Bukan Kasus Pertama

Fachri Albar (Nurwahyunan/Bintang.com)

Ini bukan kasus narkoba pertama yang dihadapi Fachri Albar. Suami model Renata Kusmanto itu juga pernah terganjal kasus kepemilikan kokain pada 2007 lalu.

Ketika itu polisi melakukan penangkapan terhadap ayah Fachri, Ahmad Albar. Ketika melakukan penggeledahan di rumah Ahmad Albar, polisi menemukan bungkusan kokain seberat 0,13 gram terletak di kamar Fachri Albar.

Negatif

Fachri Albar (Herman Zakharia/Liputan6.com)

Namun ketika itu, Fachri Albar sempat menghilang. Hingga beberapa hari berlalu, akhirnya Fachri Albar menyerahkan diri ke Badan Narkotika Nasional (BNN).

Dari hasil pemeriksaan yang dilakukan polisi, Fachri Albar dinyatakan negatif narkoba. Fachri Albar pun lolos dari sangkaan kepemilikan kokain.

Hal itu diungkapkan Kabaghumas BNN, AKBP Sri Sulastri kepada wartawan di Gedung BNN, Cawang, Jakarta Timur, Jumat (30/11/2007). "Hasilnya negatif. Dari pemeriksaan hasilnya negatif. Jadi Fachri bisa dipulangkan."

Sabu, Ganja dan Dumolid

Fachri Albar (ilustrasi)

Tepat 10 tahun berselang dari kejadian tersebut, Fachri Albar kini tak bisa lagi berkelit. Aktor 36 tahun itu akan menghadapi proses hukum dalam beberapa waktu ke depan. Saat ini polisi pun masih melakukan pemeriksaan terhadap Fachri Albar atas dugaan kasus kepemilikan sabu, ganja dan dumolid.

"Sementara ini masih kami kembangkan," ujar Kapolres Metro Jakarta Selatan, Kombes Mardiaz Kusin Dwihananto.

Saksikan video berikut ini

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Takut Barang Bawaan Dicuri, Wanita di China Nekat Masuk Mesin Sinar X

Posted: 13 Feb 2018 09:00 PM PST

Jika hendak berpergian, kita kerap berjaga-jaga agar barang bawaan yang ditenteng selalu aman dan tak dicuri oleh orang lain.

Ada banyak bentuk antisipasi yang dilakukan kebanyakan orang. Masing-masing punya cara sendiri agar barang bawaanya selalu aman dan tidak hilang.

Sama halnya dengan seorang wanita asal China ini. Ketika hendak berpergian menggunakan kereta api, ia terlebih dahulu harus melewati serangkaian proses pemeriksaan barang di stasiun.

Salah satu proses yang wajib dilakukan adalah memasukan barang bawaan ke mesin Sinar X. Saking takut barang yang ia bawa hilang, wanita ini malah ikut masuk ke dalam mesin -- sebuah cara yang tak lazim.

Melihat kejadian yang terjadi begitu spontan, staf keamanan hanya bisa terkejut karena melihat ada siluet seorang wanita saat mereka memantau layar Sinar X.

Dikutip dari laman Daily Mail, Rabu (14/2/2018), insiden ini terjadi pada 11 Februari lalu, di stasiun kereta api Dongguan, Provinsi Guangdo, China.

Pantauan Sinar X menunjukkan bahwa penumpang wanita itu masih mengenakan sepatu hak tinggi, sambil membungkuk dan memantau barang bawaannya.

Saat sudah selesai, wanita asal China itu keluar dari tirai hitam mesin Sinar X dan menggotong barang bawaanya. Ia pergi meninggalkan pos pemeriksaan, tanpa rasa 'berdosa' sedikit pun.

Saksikan video menarik seputar Imlek berikut ini:

Terjadi Saat Musim Mudik Imlek

Sejumlah penumpang menunggu keberangkatan di stasiun kereta api Beijing, China (23/1). Sesuai tradisi, para pemudik baik yang bekerja atau belajar di berbagai kota tentunya akan pulang ke tempat asalnya. (AFP/Nicolas Asfouri)

Insiden yang dinilai kocak ini terjadi saat jutaan warga China mengemasi barang-barang mereka untuk pulang kampung. Mengingat, sebentar lagi adalah peringatan Tahun Baru Imlek.

Di China sendiri, arus mudik Imlek sudah terasa sejak tanggal 1 Februari 2018. Diprediksi akan ada sekitar 390 juta warga seantero China yang melakukan perjalanan mudik menggunakan kereta api.

Jika digabungkan dengan armada transportasi lain seperti bus dan pesawat terbang, maka jumlah warga yang akan mudik diprediksi mencapai 1,4 miliar jiwa. Demikian menurut China Central Television Station.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Top 3 Hari Ini: Jangan Buang Kulit Buah Naga, Bisa untuk Perawatan Wajah

Posted: 13 Feb 2018 09:00 PM PST

Artikel seputar manfaat kulit buah naga ampuh menyita perhatian terbesar para pembaca kanal Health. Dokter yang juga pakar herbal, Prapti Utami, melihat warna merah buah naga mengandung antioksidan yang manjur untuk perawatan wajah. Simak berita di bawah yuk.  

Sementara artikel soal kanker paru bertengger di urutan kedua berita populer setelah khasiat hebat buah naga. Berita mengejutkan ini datang dari juru bicara Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB), Sutopo Purwo Nugroho. 

Artikel ketiga populer dihuni oleh kebiasaan konsumsi suplemen setiap hari. Suplemen merupakan bahan tambahan yang berfungsi untuk melengkapi atau meningkatkan sesuatu yang sebenarnya sudah tersedia. Bagaimana kalau konsumsi suplemen tidak dilakukan secara rutin?

Berikut Top 3 Health:

1. Jangan Buang Kulit Buah Naga, Bisa untuk Perawatan Wajah

Buah Naga, Beda Warna Beda Manfaat

Jangan buru-buru buang kulit buah naga yang daging buahnya sudah Anda makan. Kulit buah naga ternyata mengandung zat-zat yang bagus untuk perawatan wajah.

Konsultan herbal, dr Prapti Utami membenarkan hal itu ketika dihubungi oleh Health-Liputan6.com.

"Melihat dari komposisinya sangat bisa. Karena warna merah itu kan menunjukkan bahwa, dia mengandung antioksidan," kata Prapti ketika dihubungi pada Selasa (13/2/2018). Kegunaan dari antioksidan sendiri mampu mengurangi radang.

Selengkapnya..

2. Ini Alasan Kanker Paru Kerap Ditemukan Stadium Lanjut

Ilustrasi Kanker Paru Paru (iStockphoto)

Awak media dikejutkan dengan informasi juru bicara Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB), Sutopo Purwo Nugroho, didiagnosis kanker paru. Bukan stadium I atau II, melainkan IVB.

"Dokter bilang saya kanker paru-paru stadium 4B pertengahan Januari lalu," begitu tulis Sutopo lewat pesan singkat ke awak media.

Selengkapnya..

3. Sehat atau Malah Berbahaya Konsumsi Suplemen Setiap Hari?

Efektifkah Suplemen Kalsium dalam Mencegah Osteoporosis?

Mengonsumsi suplemen setiap hari menjadi hal yang lazim bagi sebagian orang. Salah satu alasannya adalah untuk menjaga agar kondisi tubuh tetap prima. Namun sebenarnya, apakah tindakan ini aman bagi kesehatan?

Ditinjau dari segi medis, suplemen merupakan bahan tambahan yang berfungsi untuk melengkapi atau meningkatkan sesuatu yang sebenarnya sudah tersedia. Dalam konteks ini, yang dimaksud dengan suplemen adalah tambahan zat gizi tertentu–seperti vitamin dan mineral.

Selengkapnya..

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

VIDEO: Ganjar Pranowo 'Gebuk-gebukan' di Pilkada Jateng 2018

Posted: 13 Feb 2018 09:00 PM PST

Cerita Ganjar Pranowo 'Gebuk-gebukan' di Pilkada Jateng 2018

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Google Maniskan Valentine dengan Kumpulan Meme Gombal

Posted: 13 Feb 2018 08:58 PM PST

Seperti biasa, di hari Valentine, warganet di seluruh dunia gencar mengumbar pesan-pesan gombal di media sosial (medsos).

Pesan atau meme Valentine yang dibagikan warganet tidak selalu romantis, tetapi juga humoris, bahkan ada yang miris.

Khusus bagi kamu yang tidak jago membuat gombalan, Google memberikan deretan meme romantis untuk kamu kirimkan ke orang-orang tersayang di Valentine kali ini.

Berikut beberapa meme gombalan khas dari Google yang mungkin bisa kamu kirim ke pasangan.

1. Google Maps

Google Maps Valentine. Dok: Google

Pasangan atau gebetan kamu doyan menggunakan layanan Google Maps? Coba cari jalan ke hatinya lewat Google Maps.

2. Google Calendar

Google Calendar Valentine. Dok: Google

Apakah kamu pribadi disiplin yang suka menyusun jadwal di Google Calendar? Walaupun sibuk dengan jadwal kerja, jangan lupa memasukkan jadwal kencan bersama pasangan.

3. Google Earth

Google Earth Valentine. Dok: Google

Apakah kamu rela pergi sampai ke ujung (Google) Dunia demi si dia? Coba kirim meme Google Earth khusus untuk si tersayang.

Bingung Mau Ngapain di Hari Valentine? Coba Tanya Google Assistant

Google Assistant, fitur asisten virtual terbaru dari Google (sumber: google.com)

Jangan khawatir bila tidak ada pasangan di hari Valentine. Gunakan saja Google Assistant, coba tanya Google Assistant untuk menyanyikan lagu cinta, menceritakan kisah cinta, atau bisa saja untuk sekadar curhat. Jawaban yang diberikan Google Assistant pun sangat bijaksana. 

Misal, kamu bertanya tentang apa yang harus kamu lakukan saat Valentine, maka Google Assistant akan menjawab:

"Valentine's Day can be about love in any form. You could call a loved one, go out of your way to do something nice, or do something special for yourself."

(Hari Valentine dapat mengenai cinta dalam berbagai bentuk. Kau bisa menelepon orang terkasih, pergi jalan-jalan untuk melakukan hal seru, atau lakukan sesuatu yang spesial untuk dirimu sendiri)

(Tom/Jek)

Saksikan Video Pilihan Berikut Ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Presiden Direktur Hero Supermarket Stephane Deustsch Mengundurkan Diri

Posted: 13 Feb 2018 08:57 PM PST

Presiden Direktur PT Hero Supermarket Tbk (HERO) Stephane Deutsch telah mengajukan pengunduran diri. Namun belum disampaikan alasan pengunduran diri tersebut.

Hal itu disampaikan dalam keterbukaan informasi Bursa Efek Indonesia (BEI), seperti ditulis Rabu (14/2/2018). Direktur PT Hero Supermarket Tbk Hadrianus Wahyu Trikusumo menyampaikan, perseroan akan memutuskan permohonan pengunduran diri Stephane Deutsch sebagai presiden direktur dalam waktu sesegera mungkin sesuai dengan ketentuan Peraturan OJK dan Anggaran Dasar Perseroan.

Adapun perseroan belum menyampaikan alasan pengunduran diri Stephane Deutsch tersebut."Kami sedang black period hingga 8 Maret," ujar Fia Arwinta, Humas PT Hero Supermarket Tbk saat dihubungi Liputan6.com.

Mengutip dari laman PT Hero Supermarket Tbk, Stephane Deutsch, salah satu eksekutif di industri ritel yang memiliki pengalaman 25 tahun dalam posisi senior strategic, operasional dan bidang keuangan di China, Malaysia, Singapura, Korea Selatan, Vietnam, Portugal dan Prancis.

Ia bekerja di Asia selama 14 tahun dan memiliki komitmen mendalam untuk posisinya di Asia.

Deutsch berkewarganegaraan Prancis dengan latar belakang di bidang keuangan dan pelatihan eksekutif dari ESCP Paris. Ia juga pernah berkarya di Carrefour selama 23 tahun, sebagai Chief Financial Officer di Portugal, Korea dan China.

Selain itu, sebagai Chief Operating Officer Carrefour Malaysia dan Singapura. Ia pernah bergabung dengan Dairy Farm pada Agustus 2013 sebagai Chief Executive Officer di Vietnam.

Seperti diketahui, grup Hero memiliki beberapa merek di Indonesia antara lain Hero Supermarket, Guardian, Giant, dan Ikea.

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

 

IKEA Bakal Buka Toko di Cakung

Salah ucap ini bisa membawa perselisihan dengan orang lain. Penyebutan merek mahal secara salah bahkan bisa menjadi bahan pergunjingan. (Sumber Forbes)

Sebelumnya, Wakil Gubernur DKI Jakarta Sandiaga Uno mengungkapkan bahwa toko retail asal Swedia yaitu IKEA akan membuka toko kedua di Indonesia. Sebelumnya, toko retail perabot rumah tangga tersebut sukses dengan toko pertamanya di daerah Alam Sutera, Tangerang.

"Perusahaan dari Swedia IKEA akan membuka toko di Jakarta dan mohon dukungan dari pemerintah," ungkap Sandiaga, usai menerima Duta Besar Austria dan Swedia di Balai Kota, Jakarta Pusat, Kamis 8 Februari 2018.

Duta Besar Swedia untuk Indonesia Johanna Brismar Skoog sendiri secara langsung datang menemui Pemerintah Provinsi DKI Jakarta, yang ditemui langsung oleh Sadiaga Uno.

Dengan adanya IKEA kedua di Indonesia dapat menghadirkan lapangan kerja yang besar. Bahkan, kata dia, prospeknya akan terbuka hingga 700 lapangan kerja yang berdampak langsung dengan kehadiran toko retail tersebut.

"Diharapkan bukan cuma membangun distribusi dari produk IKEA yang besar tapi juga menyediakan lapangan kerja 700 yang terdampak langsung, bisa 1200 yang tidak berdampak langsung," sebutnya

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Konjen RI Ajak Masyarakat Sangir Bersatu Maju Saat Rayakan Upacara Tulude di General Santos City

Posted: 13 Feb 2018 08:56 PM PST

Konsul Jenderal RI Berlian Napitupulu menghadiri Acara Perayaaan Tulude di Gereja UCCP, Balunto, General Santos City, 28 Januari 2018.

"Tulude adalah suatu upacara tradisional suku Sangir-Talaud yang bernilai tinggi. Hakekatnya Tulude merupakan perayaan ucapan syukur kepada Tuhan atas apa yang sudah kita dapat, kita alami, kita terima sepanjang tahun lalu. Tulude berasal dari kata Suhude yang artinya menolak bala. Dulu mungkin artinya menolak bala atau roh-roh jahat, tetapi sekarang maknanya adalah menolak kebiasaan-kebiasaan buruk dan hal-hal negatif. Oleh karena itu, pada perayaan Tulude tahun ini dan mumpung masih suasana tahun baru, mari kita memasuki tahun baru 2018 dengan semangat baru dan pencapaian baru," demikian ujar Konsul Jenderal RI Berlian Napitupulu ketika memberikan kata sambutan.

Acara perayaan Tulude dimulai dengan Ibadah Ucapan Syukur dan Pemotongan Kue Tamo Khas Sangir serta menyanyikan lagu nasional Indonesia Raya.

Lebih lanjut Konjen menyatakan bangga terhadap masyarakat keturunan Sangihe-Talaud di Mindanao Filipina yang masih melestarikan tradisi walaupun tinggal di negeri orang.

"Saya bangga dan menyambut gembira bahwa masyarakat keturunan Sangihe-Talaud di Mindanao Filipina merayakan dan melestarikan tradisi yang sudah dimulai sejak ratusan tahun lalu. Tulude adalah suatu tradisi sangat baik yang mempersatukan masyarakat dari berbagai puak dan agama yang ada di Sangir & Talaud, walaupun sudah di luar negeri. Kami sangat menginginkan agar masyarakat keturunan Sangir-Talaud di Mindanao tetap bersatu, maju, dan kompak."

"Mari Kita buat deklarasi pada diri masing-masing. Apapun masalah yang kita hadapi, betapa pun sulitnya penderitaan yang kita alami, kita akan mampu mengatasinya sebagaimana kita lewati pada tahun-tahun lalu," imbuh Konjen Berlian.

"Usahakan hari ini lebih baik dari kemarin, besok lebih baik dari hari ini. Jangan hanya bekerja secara rutin, karena Dunia berputar dan berubah sangat cepat. If you don't change, you will die or you will be left behind. Kalau kita masih sama seperti kemarin, there must be something wrong that need to be changed. Kita tidak boleh cepat berpuas diri lalu berhenti, tapi terus meningkatkan diri" pungkas Konjen Berlian.

Acara kemudian dilanjutkan dengan pemutaran film pendek Indonesia tentang "Kejujuran" dan Pembangunan Indonesia, terutama di bidang infrastruktur. Pemutaran film dimaksudkan untuk memberikan informasi tentang kemajuan Indonesia dewasa ini sekaligus potensi ekonomi dan peluang kerja. Usai pemutaran film Konjen Berlian mengadakan kuis berhadiah dengan tujuan agar para peserta lebih menghayati dan mengingat informasi yang disampaikan.

Pada sesi penutup, Pendeta Fransina Ines Wolf menyatakan: "kami sangat terharu bisa menyanyikan lagu Indonesia Raya. Sudah lama kami tidak menyanyikan lagu kebangsaan Indonesia tersebut. Kami juga sangat mengapresiasi adanya pemutaran film Indonesia ini sehingga mengetahui perkembangan Indonesia."

"Kami akan terus belajar mengenai Indonesia," ujar Pendeta Wolf dengan antusias.

 

(PR)

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Sidang Cerai Ahok Ditunda karena Hakim Tak Hadir

Posted: 13 Feb 2018 08:52 PM PST

Pengadilan Negeri Jakarta Utara menunda sidang lanjutan gugatan perceraian mantan Gubernur DKI Jakarta Basuki Tjahaja Purnama atau Ahok dengan istrinya, Veronica Tan. Ketua majelis hakim yang memimpin persidangan berhalangan hadir pada sidang kali ini.

Kuasa hukum Ahok, Josefina Syukur mengatakan, sebenarnya agenda persidangan kali ini adalah pembuktian dari pengugat. Namun, sidang ditunda pekan depan karena ketua majelis hakim bernama Sutaji sedang berada di Pengadilan Tinggi DKI Jakarta.

"Ketua Majelis ada acara penting yang tidak bisa diwakilkan. Jadi sidang kembali digelar 21 Februari 2018 dengan agenda yang sama," ucap Josefina, Jakarta, Rabu (14/2/2018).

Dia menyampaikan pihaknya sudah menyiapkan sejumlah berkas administrasi dan bukti-bukti jika Veronica Tan dan pria berinisal JT memiliki hubungan spesial pada sidang hari ini.

"Kami siapkan surat-surat tertulis. Ada akte, surat nikah. Kami juga ada rekaman dan masih banyak lagi. Kami akan sampaikan setelah sidang ini ya," ujar pengacara Ahok, Josefina.

2 Kali Mediasi

Momen romantis Ahok-Veronica yang kini tinggal kenangan (instagram/@basukibtp)

Veronica Tan, dua kali tidak menghadiri mediasi gugatan cerai yang dilayangkan suaminya, Basuki Tjahaja Purnama atau Ahok. Dengan demikian, sidang akan dilanjutkan pekan depan.

Apakah dengan demikian Veronica menerima gugatan cerai Ahok?

Pengacara yang juga adik kandung Ahok, Fifi Lety mengatakan, dengan tidak hadirnya Veronica artinya sidang akan berlanjut ke pembuktian, pada 14 Februari pekan depan.

"Ya terpaksa mereka bercerai ya," kata Fifi kepada Liputan6.com, Rabu (7/2/2018).

Veronica, kata Fifi, menolak untuk mediasi. Hal ini ditunjukan dengan dua kali jadwal persidangan awal yang mengagendakan mediasi kedua pihak, kerap tidak dihadiri Veronica.

"Udah enggak mau mediasi," kata Fifi.

Dengan demikian, sidang yang akan dilangsungkan pekan depan. "Tanggal 14 sudah sidang bukti-bukti," ujar Fifi.

Mengutip Peraturan MA (Perma) Nomor 1 tahun 2008 tentang prosedur mediasi, Pasal 14 menyebutkan bahwa, "Mediator berkewajiban menyatakan mediasi telah gagal jika salah satu pihak atau para pihak atau kuasa hukumnya telah dua kali berturut-turut tidak menghadiri pertemuan mediasi sesuai jadwal pertemuan mediasi yang telah disepakati atau telah dua kali berturut-turut tidak menghadiri pertemuan mediasi tanpa alasan setelah dipanggil secara patut."

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Jokowi: Indonesia Jangan Lagi Cari Bantuan dari Negara Lain

Posted: 13 Feb 2018 08:51 PM PST

Presiden Joko Widodo atau Jokowi yakin Indonesia bisa menjadi pemimpin dan rujukan kemajuan bagi negara-negara muslim di dunia jika diperkuat dengan kondisi ekonomi yang baik dan kuat.

Hal itu ia sampaikan dalam sambutannya di depan ribuan kader Himpunan Mahasiswa Islam (HMI) dalam pembukaan Kongres ke-30 di Auditorium Rektorat Universitas Pattimura, Ambon, Maluku, Rabu (14/2/2018).

"Negara ini negara yang besar. Sebagai negara dengan penduduk muslim terbesar di dunia saya yakin kita bsa berbuat banyak. Kita ini juga sering lupa bahwa Indonesia sudah masuk dalam negara besar ekonominya. Sudah masuk dalam negara G20," ujar Jokowi.

Oleh karena itu, Jokowi mengatakan jika sudah saatnya Indonesia mulai aktif membantu negara-negara lain yang berkesulitan. Bukan hanya menjadi negara yang hanya mencari bantuan dari negara lain.

"Saya sampaikan kemarin ke dubes-dubes (duta besar-duta besar), jangan lagi mencari bantuan-bantuan. Jangan lagi seperti itu. Kita justru harus mulai membantu, jangan meminta bantuan. Saya yakin kita bisa membantu," kata Jokowi.

Modal Besar Pimpin Dunia

Presiden Jokowi hadiri Kongres ke-30 HMI. (Liputan6.com/Rezki Apriliya Iskandar)

Jokowi menambahkan, Indonesia sebagai negara muslim terbesar di dunia, sebagai negara demokratis terbesar ketiga di dunia, dan sebagai satu-satunya negara Asia yang masuk ekonomi besar dunia di G20, memiliki modal besar untuk menjadi pemimpin dan berbuat banyak untuk dunia.

"Islam Indonesia adalah yang moderat, toleran, terbuka untuk kemajuan. Kita punya Pancasila sebagai ideologi pemersatu, bukti bahwa bhinneka tunggal ika sangat tangguh, bukti bahwa kita negara muslim yang sukses berdemokrasi dan terbuka untuk kemajuan negeri," kata Jokowi.

"Kita punya insan-insan yang hebat, insan akademis, insan pencipta, insan pengabdi, insan yang bernafaskan Islam, insan yang memperjuangkan keadilan. Termasuk jutaan kader HMI, kader insan kita yang berkualitas," tandasnya.

Usai membuka kongres HMI, Jokowi lanjut bertolak ke Desa Gemba, Kecamatan Kairatu, Kabupaten Seram Bagian Barat (SBB), Maluku, dengan menggunakan helikopter untuk melihat sejumlah program padat karya yang dilaksanakan di daerah sentra pengembangan padi tersebut.

Sementara itu dalam pembukaan Kongres ke-30 HMI turut hadir pula Menteri Sekretaris Negara Pratikno, Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Muhadjir Effendy, Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Basuki Hadimuljono, Menristekditi Mohamad Nasir, Ketua Majelis Pemusyawaratan Rakyat (MPR) RI Zulkifli Hasan, Ketua Dewan Perwakilan Daerah (DPD) RI Oesman Sapta Odang atau OSO, Gubernur Maluku Said Assagaff, mantan Ketua Umum Pengurus Besar HMI yang kini menjadi Ketua Presidium Korps HMI Akbar Tanjung, dan Ketua Umum PB HMI Mulyadi P. Tamsir.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

NBA: LeBron Mengamuk, Cavaliers Sikat Thunder

Posted: 13 Feb 2018 08:50 PM PST

Cleveland Cavaliers melanjutkan momentum kebangkitan usai merombak tim. Cavaliers menuntaskan dendam atas Oklahoma City Thunder 120-112 pada lanjutan NBA Senin (13/2/2018) atau Selasa (14/2/2018) pagi WIB.

Ini menjadi kemenangan kedua beruntun Cavaliers setelah mendatangkan George Hill, Rodney Hood, Jordan Clarkson dan Larry Nance Jr. Secara keseluruhan Cavaliers tak terkalahkan dalam empat laga terakhir. 

Perombakan yang dilakukan Cavaliers terbukti positif. Dengan komposisi pemain yang berbeda, Cavaliers kalah telak 124-148 pada laga NBA akhir Januari lalu.

Pertemuan Cavaliers dengan Thunder di Chesapeake Energy Arena berlangsung ketat sejak awal. Cavaliers cuma unggul 29-28 di akhir kuarter pertama. 16 poin dari LeBron membuat Cavaliers unggul 62-57 pada saat jeda babak pertama.

LeBron mengamuk di awal kuarter tiga. Dia menyumbang 14 poin di lima menit awal kuarter tiga sehingga Cavaliers menjauh 78-68.

Dunk Nance Jr

Selebrasi LeBron James  saat Cavaliers kalahkan Thunder (AP)

Namun Thunder langsung merespons dengan melesakkan delapan angka beruntun. Thunder memangkas ketertinggalan menjadi 87-91 di akhir kuarter tiga.

Usaha Thunder mengejar gagal setelah tembakan tiga angka Alex Abrines meleset. Cavaliers kemudian malah makin menjauh berkat dunk Nance Jr.

Paul George

Paul George (biru) berduel dengan LeBron James (AP)

LeBron membuat 37 poin di laga ini ditambah delapan assists dan delapan rebound. J.R. Smith turut menyumbang 18 angka untuk Cavaliers.

Sementara di kubu Thunder, Russell Westbrook menghasilkan 21 poin, 12 assists dan tujuh rebound. Top scorer Thunder di laga ini adalah Paul George dengan 25 poin.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

FOTO: Aktor Fachri Albar Ditangkap dengan Barang Bukti Dumolid, Ganja dan Sabu

Posted: 13 Feb 2018 08:50 PM PST

Aktor Fachri Albar berpose saat berada di dalam mobil. Menurut Kapolres Jaksel Kombes Mardiaz Kusin, dalam penanangkapannya polisi mengamankan sejumlah barang bukti seperti paket Dumolid, ganja, dan sabu. (Instagram.com/aialbar)

Aktor Fachri Albar berpose saat berada di dalam mobil. Menurut Kapolres Jaksel Kombes Mardiaz Kusin, dalam penanangkapannya polisi mengamankan sejumlah barang bukti seperti paket Dumolid, ganja, dan sabu. (Instagram.com/aialbar)

Aktor Fachri Albar berpose sambil memandangi kota Mekah saat berada di Arab Saudi. Fachri Albar ditangkap di kediamannya di kawasan Cireundeu. Fachri ditangkap pagi tadi, sekitar pukul 07.00 WIB. (Instagram.com/aialbar)

Aktor Fachri Albar berpose sambil memandangi kota Mekah saat berada di Arab Saudi. Fachri Albar ditangkap di kediamannya di kawasan Cireundeu. Fachri ditangkap pagi tadi, sekitar pukul 07.00 WIB. (Instagram.com/aialbar)

Aktor Fachri Albar berpose saat sesi pemotretan. Penangkapan Fachri menambah panjang daftar artis yang ditangkap karena narkoba. (Instagram.com/aialbar)

Aktor Fachri Albar berpose saat sesi pemotretan. Penangkapan Fachri menambah panjang daftar artis yang ditangkap karena narkoba. (Instagram.com/aialbar)

Kapolres Jakarta Selatan Kombes Mardiaz mengatakan anak dari vokalis God Bless Ahmad Albar itu hingga kini masih diperiksa polisi di Sat Narkoba Polres Jakarta Selatan. (Instagram.com/aialbar)

Kapolres Jakarta Selatan Kombes Mardiaz mengatakan anak dari vokalis God Bless Ahmad Albar itu hingga kini masih diperiksa polisi di Sat Narkoba Polres Jakarta Selatan. (Instagram.com/aialbar)

Aktor Fachri Albar berpose berbaring di rumput saat berada di Samosir. Menurut Kapolres Jaksel Kombes Mardiaz Kusin, dalam penanangkapannya polisi mengamankan sejumlah barang bukti seperti paket Dumolid, ganja, dan sabu. (Instagram.com/aialbar)

Aktor Fachri Albar berpose berbaring di rumput saat berada di Samosir. Menurut Kapolres Jaksel Kombes Mardiaz Kusin, dalam penanangkapannya polisi mengamankan sejumlah barang bukti seperti paket Dumolid, ganja, dan sabu. (Instagram.com/aialbar)

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Ini Pemeran Bujang Gila Tapak Sakti di Film Wiro Sableng 212

Posted: 13 Feb 2018 08:50 PM PST

Selain Vino G Bastian dan Sherina Munaf yang memerankan tokoh Wiro Sableng serta Anggini, ada satu lagi pemeran utama dalam film Wiro Sableng 212. Ia adalah Fariz Alfarazi, aktor pendatang baru yang memerankan karakter Bujang Gila Tapak Sakti.

Dalam film besutan Angga Dwimas Sasongko ini, Fariz Alfarazi memerankan karakter yang cukup sentral. Bujang Gila Tapak Sakti adalah seorang pendekar jenaka dengan kemampuan bela diri yang luar biasa, jauh di atas Wiro Sableng.

Diutarakan produser Lifelike Pictures, Lala Timothy, sangat sulit mendapatkan pemain yang bisa memerankan karakter Bujang Gila Tapak Sakti. Hingga satu ketika, Fariz Alfarazi pun mendapat kesempatan untuk melakukan casting.

Jatuh Hati

Fariz Alfarazi  (Liputan6.com/Faizal Fanani)

"Di-casting Bujang. Nah, pertama kali kami melihat hasil casting-nya Fariz, kami langsung jatuh hati gitu," kata Lala Timothy dalam sebuah sesi wawancara di Grand Indonesia, Jakarta Pusat, Selasa (13/2/2018).

Kakak kandung Marsha Timothy ini mengatakan bahwa Fariz telah melewati tantangan yang diberikan ketika casting. Oleh karena itu, Fariz dinyatakan lolos dalam tahap seleksi pertama.

"Jadi ada satu scene yang dia harus perankan waktu di casting. Dan saat screening test-nya itu, dia benar-benar bisa deliever dengan baik sekali gitu," ungkapnya.

Casting Kedua

Vino G Bastian bersama Sherina Munaf dan Fariz Alfarazi saat launching poster karakter film Wiro Sableng 212 di Jakarta, Selasa (13/2). Wiro Sableng menjadi film Asia Tenggara pertama yang bekerja sama dengan 20th Century Fox. (Liputan6.com/Faizal Fanani)

Meski sudah merasa cocok dengan kemampuan akting Fariz Alfarazi, Lala Timothy tidak langsung menerimanya. Pria kelahiran Juni 1987 itu harus menjalani casting untuk kedua kalinya.

"Yang kedua bareng sama Vino, kami pasangkan sama Vino. Pas sudah digabung sama Vino, kami lihat bahwa memang chemistry-nya dapat banget gitu. Saat ini kan sudah masuk ke tahap produksi, sudah editing, jadi kami sudah draft tiga, saya jatuh cinta deh sama Fariz," papar Lala Timothy.

Tak Menyangka

Wiro Sableng

Hingga saat ini, Fariz Alfarazi masih tak menyangka dengan keberhasilannya mendapatkan karakter Bujang Gila Tapak Sakti.

"Setelah casting bersama Mas Vino, saat itu juga diresmikan jadi Bujang Gila. Saya diam dulu, sampai rumah masih berpikir ini benar apa enggak. Sampai sekarang juga masih enggak percaya," ucap Fariz Alfarazi sembari tertawa.

Seperti Buku

Wiro Sableng

Wiro Sableng diilhami dari buku berjudul Wiro Sableng Kapak Maut Naga Geni 212 karya Bastian Tito (kini almarhum). Cerita ini terdiri atas 185 judul buku yang dibuat sejak tahun 1967 hingga 2006. Film Wiro Sableng ini dijanjikan akan tetap berpatokan pada cerita asli bukunya.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Tengah On Fire, PSG Optimistis Tekuk Real Madrid

Posted: 13 Feb 2018 08:45 PM PST

Paris Saint-Germain (PSG) menantang Real Madrid di Santiago Bernabeu Stadium, Rabu (14/2/2018) atau Kamis dini hari WIB pada leg kedua babak 16 besar Liga Champions. Jelang laga ini, bek PSG, Marquinhos optimistis bisa membungkam Los Blancos, julukan Real Madrid.

Marquinhos mengatakan, PSG tengah on fire. Klub besutan Unai Emery itu selalu mencatatkan kemenangan dalam enam pertandingan terakhir di semua kompetisi.

Kondisi terbalik dialami Los Blancos. Setelah tersingkir di Copa del Rey, tertinggal 17 poin dari pemimpin klasemen Barcelona di La Liga, Real Madrid pun dituntut tidak melakukan kesalahan yang sama di Eropa.

"Kami tahu, Real Madrid adalah tim yang sangat kuat, pemenang Liga Champions dalam dua musim terakhir. Kami sadar penuh akan kemampuan mereka. Inilah laga yang mempertemukan dua tim yang punya potensi untuk melangkah jauh di kompetisi ini," ucapnya, dikutip dari Goal.

"Saya memprediksi laga ini berlangsung sangat ketat. Saya tidak sabar untuk menjalani laga melawan Real Madrid dan berharap bisa mendapat hasil baik. Saya harap, kami akan menampilkan performa sempurna dan setiap pemain tampil di level tertinggi," ujar Marquinhos menambahkan.

Cara Bungkam Real Madrid

Pemain Paris Saint-Germain, Marquinhos dan Kylian Mbappe sudah siap melawan Real Madrid. (GUENTER SCHIFFMANN/AFP)

Bek berusia 23 tahun itu mengatakan, PSG sudah paham cara menekuk Cristiano Ronaldo dan kawan-kawan. Menurutnya, PSG harus bermain kompak karena mereka datang ke kandang Real Madrid bukan untuk liburan.

"Kami akan menampilkan performa terbaik di Madrid. Kami tahu apa yang harus kami lakukan karena kami sudah melewati banyak momen. Kami tahu bahwa kami tidak boleh melakukan kesalahan dalam aspek tertentu agar bisa menang," katanya.

"Pertama-tama, kami harus bermain dengan sikap terbaik, yakin, dan percaya diri meski ini adalah laga yang sulit. Kemudian, kami juga harus bermain kompak. Kami tahu seperti apa filosofi kami dan ini adalah saat yang tepat untuk memeragakannya di Madrid," ucap bek asal Brasil itu melanjutkan.

Persiapan Mental

Bek incaran Manchester United dan Barcelona itu juga mengatakan, fisik dan mental juga menjadi modal utama PSG melawan Real Madrid. Terlebih lagi, Los Blancos merupakan tim yang paling banyak memenangkan Liga Champions dengan raihan 12 gelar.

"Kami mempersiapkan fisik dan mental. Ini semua adalah bagian dari pertandingan. Kami sedang dalam performa bagus. Ada banyak hasil pertandingan yang memberikan kami kepercayaan diri. Kami memiliki ambisi dan motivisi yang tepat untuk mencapai target," ujar Marquinhos mengakhiri.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Bali United Tersandung di Kompetisi AFC Demi Piala Presiden?

Posted: 13 Feb 2018 08:45 PM PST

Bali United harus mengakui keunggulan Yangon United dengan skor 1-3 dalam penyisihan grup Piala AFC 2018. Padahal, laga yang berlangsung Selasa, 13 Februari 2018 itu diadakan di markas Bali United, Stadion I Wayan Dipta.

Walau begitu, Pelatih Bali United Widodo Cahyono Putro tetap mengapresiasi kerja keras anak asuhnya. Tak lupa, dia pun menyampaikan ucapan selamat pada tim atas Myanmar tersebut.

"Hasilnya membuat kita kecewa. Selamat atas kemenangan ini untuk Yangon United," kata Widodo usai pertandingan.

Widodo mengaku permainan Bali United terlihat kurang bersemangat. Menurutnya faktor kelelahan dan pemain lapis kedua yang kurang konsentrasi dalam bermain menjadi penyebab kekalahan.

"Memang tidak seperti biasanya. Tapi keadaan memang tidak mungkin berada di atas terus. Apalagi mungkin dari Palembang lelah. Ada juga beberapa pemain kurang siap. Ini bisa motivasi bagi pemain agar terus berbenah," ujarnya.

Dalam kesempatan itu, Widodo meminta anak asuhannya di Bali United terus meningkatkan kualitas individual.

 

Yangon United Diuntungkan

Yangon United saat bertanding melawan Bali United di Stadion I Wayan Dipta, Gianyar, Selasa (12/2/2018). (Bola.com/Dok. AFC)

Yangon United merasa diuntungkan dengan kebijakan yang diambil Bali United. Pelatih Yangon United, Myo Min Tun mengaku senang atas kemenangan tersebut.

"Tim saya bermain baik pada 30 menit awal. Fokus dan konsentrasi kami juga bagus," kata Myo Min usai laga di Gianyar, Bali, Selasa (13/2/2018).

"Kemenangan ini mungkin saja keuntungan kami. Karena Bali United menurunkan pemain lapis keduanya," ujarnya.

Myo Min Tun mengaku anak asuhannya sempat kewalahan dengan permainan Bali United. Namun, karena konsentrasi yang tinggi dan Bali United tidak menurunkan pemain intinya, Yangon United merasa lebih leluasa.

Piala AFC Langkah Baru

Bali United saat persiapan menjelang babak 8 besar Piala Presiden 2018. (Bola.com/Ronald Seger)

Widodo berharap anak asuhannya selalu siap dalam kondisi apapun dan belajar memompa kemampuan diri. Menurutnya ajang AFC Cup ini seharusnya menjadi langkah baru menuju level tertinggi sepak bola di kancah Asia.

"Fokus dan konsentrasi dalam kondisi apapun. Kondisi individual pemain yang bisa membawa kita ke level tinggi. Mereka tidak bisa bermain di level tinggi. Kesalahannya tidak fokus, seenaknya saja tidak mau belajar. Kalau tidak mau mengikuti tuntutan, mereka akan tersisih. individu meningkat, tim akan terangkat. Sebaliknya begitu juga. Sepertinya tadi kurang fokus dan konsentrasi," katanya.

Sementara itu, pemain Bali United Sutanto Tan mengaku dirinya bersama kawan-kawannya sudah melakukan intruksi pelatih. Tapi Dewi Fortuna belum berpihak pada Bali United.

"Kita sudah berusaha dan menjalankan arahan pelatih. Kita sudah berusaha konsentrasi dan ikuti intruksi pelatih," kata mantan pemain Persija Jakarta itu.

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

FOTO: Pesilat Indonesia Raih Emas Nomor Seni Beregu

Posted: 13 Feb 2018 08:41 PM PST

Pesilat Indonesia tampil dalam final nomor Seni Beregu Putra saat final 18th Asian Games Invitation Tournament di Padepokan Silat TMII, Jakarta, Rabu (14/2). Indonesia berhasil meraih medali emas dengan total nilai 466. (Liputan6.com/Faizal Fanani)

Pesilat Indonesia tampil dalam final nomor Seni Beregu Putra saat final 18th Asian Games Invitation Tournament di Padepokan Silat TMII, Jakarta, Rabu (14/2). Indonesia berhasil meraih medali emas dengan total nilai 466. (Liputan6.com/Faizal Fanani)

Pesilat Indonesia memperlihatkan jurus dalam pertandingan Pencak Silat Beregu Putra saat final 18th Asian Games Invitation Tournament di Padepokan Silat TMII, Jakarta, Rabu (14/2). Indonesia menyabet emas dengan skor 466. (Liputan6.com/Faizal Fanani)

Pesilat Indonesia memperlihatkan jurus dalam pertandingan Pencak Silat Beregu Putra saat final 18th Asian Games Invitation Tournament di Padepokan Silat TMII, Jakarta, Rabu (14/2). Indonesia menyabet emas dengan skor 466. (Liputan6.com/Faizal Fanani)

Pesilat Indonesia tampil dalam final nomor Seni Beregu Putra saat final 18th Asian Games Invitation Tournament di Padepokan Silat TMII, Jakarta, Rabu (14/2). Indonesia berhasil meraih medali emas dengan total nilai 466. (Liputan6.com/Faizal Fanani)

Pesilat Indonesia tampil dalam final nomor Seni Beregu Putra saat final 18th Asian Games Invitation Tournament di Padepokan Silat TMII, Jakarta, Rabu (14/2). Indonesia berhasil meraih medali emas dengan total nilai 466. (Liputan6.com/Faizal Fanani)

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Sebelum Fachri Albar Ditangkap karena Narkoba, Istri Tampil di Fashion Show

Posted: 13 Feb 2018 08:40 PM PST

Kasus narkoba semakin marak di kalangan selebritas Tanah Air. Kali ini giliran Fachri Albar yang terlibat kasus kepemilikan barang haram tersebut.

Putra Ahmad Albar itu ditangkap Satuan Reserse Narkoba Polres Metro Jakarta Selatan pada Rabu (14/2/2018) pagi. Fachri Albar diciduk di kediamannya di kawasan Cirendeu, Tangerang Selatan.

"Betul, pagi hari ini tim Satgas Polres Jaksel menangkap satu tersangka bernama Fachri Albar di rumahnya di Cirendeu," ujar Kapolres Metro Jakarta Selatan Kombes Mardiaz Kusin Dwihananto saat ditemui di Kompleks PTIK.

 

Barang Bukti

Fachri Albar  (Nurwahyunan/Bintang.com)

Dalam penangkapan itu, polisi menemukan barang bukti berupa sabu, dumolid, dan lintingan ganja di rumah Fachri Albar. Namun, pihak kepolisian belum bersedia mengungkap secara detail jumlah barang bukti yang ditemukan di rumah putra Ahmad Albar itu.

 

Jalani Pemeriksaan

Fachri Albar  (Nurwahyunan/Bintang.com)

Saat ini, Fachri Albar tengah diperiksa secara intensif di Mapolres Metro Jakarta Selatan. "Sementara masih kami kembangkan," ujar Mardiaz Kusin Dwihananto singkat.

 

Aktivitas Istri

Istri Fachri Albar, Renata Kusmanto mengikuti fashion show [foto: instagram]

Sementara suaminya tertangkap karena narkoba, dari Instagram pribadinya, Renata Kusmanto diketahui baru saja mengikuti peragaan busana di salah satu hotel mewah di Jakarta.

"@heaven_tanudiredja beautiful show last nite @dandyhendrat," cerita istri Fachri Albar itu di Instagram-nya, Selasa (13/2/2018).

 

Dipertanyakan

Fachri Albar. (Altov/Bintang.com)

Sejumlah warganet terlihat mempertanyakan kebenaran penangkapan Fachri Albar kepada Renata. "Seriously fahri albar narkoba?!??!" tanya @__pyz.

Saksikan video berikut ini

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Terkendala Cuaca, Perbaikan Jalur Kereta Maseng-Bogor Molor

Posted: 13 Feb 2018 08:37 PM PST

PT KAI masih memperbaiki jalur kereta tujuan Bogor-Sukabumi yang ambles akibat longsor Senin 5 Februari 2018.

Perbaikan jalur KA Pangrango di KM 13+800 tepatnya di Kampung Maseng, Desa Warung Menteng, Kecamatan Cijeruk, Kabupaten Bogor, terkendala cuaca.

Sebelumnya, PT KAI memperkirakan perbaikan jalur rel selesai dan bisa dilintasi KA Pangrango 14 Februari hari ini.

"Kendalanya cuaca. Kan hujan terus," kata Senior Manager Humas PT KAI Daop 1 Jakarta Edy Kuswoyo, Rabu (14/2/2018).

Namun begitu, saat ini pengerjaan perbaikan jalur rel yang amblas karena longsor kini sudah mencapai 95 persen, sehingga dalam waktu satu atau dua hari kedepan sudah bisa dilintasi kereta KA Pangrango maupun kereta barang.

"Insyaallah ya (besok atau lusa sudah selesai)," kata dia.

Pada Sabtu 10 Februari, PT KAI telah memperbaiki jalur kereta yang longsor di lintas Cicurug-Cigombong. Sehingga hanya bisa dilintasi kereta dari Sukabumi hingga Cigombong, karena di jalur Maseng Bogor masih dalam perbaikan.

Ganggu Pasokan Air Mineral

Petugas Daops 3 Cirebon tengah memeriksa kerusakan akibat banjir yang merendam jalur kereta api di perlintasan Brebes Jawa Tengah. (Istimewa / Panji Prayitno)

Tak hanya angkutan orang, akibat longsor di KM 13+800 membuat pasokan produk air mineral juga tersendat. Belasan ribu galon air milik PT Tirta Investama (Aqua Group) tak bisa dikirim ke Jakarta sudah lebih dari sepekan ini.

"Terhambat, pengiriman produk aqua galon ke Jakarta tidak dapat dilakukan sama sekali," kata External Relation Manajer Jabar PT Tirta Investama (Aqua Grup) Murtijo Utomo.

Dijelaskan Murtijo, dalam kondisi normal pengiriman menggunakan kereta api dari Stasiun Cicurug, Sukabumi-Jakarta sebanyak 12 ribu galon per hari.

"Karena jalur kereta tidak bisa dilalui akibat longsor, pasokan 12 ribu air galon terhenti," kata Murtijo.

Meski begitu, pasokan untuk wilayah Jakarta masih bisa dipenuhi karena saat dalam kondisi normal, pihaknya tetap memasok air galong dengan menggunakan truk.

"Hanya saja sudah lebih dari sepekan ini pasokannya berkurang 12 ribu galon," pungkas Murtijo. 

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Butuh Rp 1.203 Triliun untuk Bangun Kembali Irak usai Perang Lawan ISIS

Posted: 13 Feb 2018 08:35 PM PST

Menteri Perencanaan Irak, Salman Al-Jameeli mengungkap bahwa negaranya membutuhkan US$ 88,2 miliar atau sekitar Rp 1.203 triliun untuk membangun kembali sejumlah wilayah yang luluh lantak akibat perang melawan ISIS.

"US$ 22,9 miliar dibutuhkan Irak dalam jangka pendek dan US$ 65,4 miliar untuk jangka menengah," ujar Salman dalam sebuah pernyataan yang dirilis pada Selasa, 13 Februari 2018, dalam konferensi mengenai donor Irak di Kuwait.

Dikutip dari CNN, Rabu (14/2/2018), dana rekonstruksi akan dialokasikan ke wilayah yang sempat diduduki ISIS, termasuk Mosul.

Menteri Luar Negeri Amerika Serikat Rex Tillerson yang juga bergabung dalam konferensi itu, menyerukan negara-negara koalisi yang berperang terhadap ISIS untuk membangun kembali Irak.

"Jika masyarakat di Irak dan Suriah tak dapat kembali menjalani kehidupan normal, kita mengambil risiko kemungkinan ISIS untuk menguasai wilayah yang lebih luas," ujar Tillerson.

Ia pun mengumumkan tambahan dana sebesar US$ 200 juta atau sekitar Rp 2,72 triliun.

Menurut Salman, tujuh wilayah di utara dan timur Irak mengalami kerugian US$ 46 miliar. Selain itu, Irak juga membutuhkan dana untuk keamanan sebesar US$ 14 miliar dan sektor perbankan yang kehilangan US$ 10 miliar asetnya.

18.000 Orang Tewas dalam Perang Irak Vs ISIS

Anggota polisi Federal mengibarkan bendera nasional Irak saat merayakan keberhasilan mereka menyingkirkan militan ISIS dari Kota Tua Mosul, Minggu (9/7). ISIS merebut Mosul pada musim panas 2014. (AHMAD AL-RUBAYE/AFP)

Irak mengumumkan kemenangannya atas ISIS pada Desember 2017, tiga tahun setelah kelompok militan itu merebut sebagian besar wilayah Irak dan Suriah.

Sulit untuk mengetahui secara pasti berapa banyak orang yang tewas dalam operasi militer untuk mengusir ISIS. Menteri Luar Negeri Irak Ibrahim al-Jaafari memperkirakan bahwa sekitar 18.000 orang tewas dan 36.000 lainnya terluka dalam perang tersebut.

Diperkirakan, 10.000 orang sendiri tewas dalam kurun waktu sembilan bulan saat operasi perebutan kembali Mosul dilancarkan.

Seorang penasihat wilayah Nineveh, Sukaina Mohammed Ali, mengatakan bahwa ratusan wanita turut tewas di tangan militan ISIS atau dalam operasi militer untuk membebaskan kota tersebut.

Ribuan wanita menjadi janda dan banyak dari mereka yang diculik oleh anggota ISIS.

Masih Ditemukan Jasad Korban Perang

Kondisi masjid Agung al-Nuri yang hancur akibat peperangan antara pasukan pemerintah Irak dan kelompok militan ISIS, di Kota Tua Mosul, 30 Juni 2017. Masjid yang dibangun abad ke-12 itu rata dengan tanah usai diledakkan kelompok ISIS (AHMAD AL-RUBAYE/AFP)

Di Mosul sendiri, hampir 900.000 orang kabur dari rumah.

Selama pertempuran intensif yang berlangsung selama delapan bulan dan berakhir pada Juli 2017, lebih dari 500 bangunan rata dengan tanah dan ribuan lainnya rusak.

Hal tersebut, terungkap melalui citra satelit PBB.

Ketika CNN mengunjungi Mosul bulan lalu, petugas penyelamat masih menemukan jasad para korban di balik reruntuhan bangunan.

 

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Transjakarta Siapkan Bus Merci Low Entry Terbaik untuk Asian Games

Posted: 13 Feb 2018 08:34 PM PST

PT Transjakarta akan hadirkan 101 unit bus baru, jenis low entry pada Juni mendatang. Dengan datangnya bus Mercedes Benz itu, maka pada Asian Games mendatang, 300 bus baru siap digunakan para atlet dan tamu mancanegara.

Direktur Utama Transjakarta Budi Kaliwono mengatakan, kelebihan bus-bus low entry adalah badan bus 100 persen terbuat dari alumunium. Dengan demikian, maka bus lebih ringan, hemat bahan bakar hingga mengurangi polusi udara.

Bus alumunium itu dirancang khusus oleh Karoseri Gemilang Nusantara, Kudus, Jawa Tengah. "Kita enggak bisa sembarangan pilih karoseri, bus-bus ini kualitas terbaik," kata Budi di Kudus, Jawa Tengah, Rabu (14/2/2018).

Menurut Budi, bus low entry adalah ciri kota-kota besar dunia. Kelebihan bus Transjakarta seharga Rp 2,1 miliar itu, selain menampung lebih banyak penumpang, yakni 73 bus Merci itu juga dilengkapi lantai antiair dari Prancis, pintu lebih lebar, televisi layar datar, CCTV hingga space untuk kursi roda.

"Ini bus nonkoridor. Kami sudah seharusnya memberikan bus terbaik, orang ke luar negeri lihat bus bagus, di sini enggak jauh beda. Ini bisa menaikkan martabat bangsa Indonesia," kata Budi.

Budi menyebut, bus-bus baru Transjakarta ini akan menjadi andalan transportasi Asian Games 2018. Ia memastikan Transjakarta siap menyambut perhelatan akbar itu.

 

Siapkan 300 Bus

Bus Metrotrans terparkir pada hari pertama uji coba di Stasiun Sudirman Baru, Jakarta Selatan, Kamis (28/12). Hari ini PT Transjakarta mengoperasikan bus Metrotrans untuk melayani pengguna Kereta Bandara Soekarno Hatta. (Liputan6.com/herman Zakharia)

Budi melanjutkan, saat Asian Games pihaknya menyediakan 300 unit bus sesuai dengan permintaan Indonesia Asian Games Organizing Committee (INASGOC). "Akan ada dua jenis bus low entry dan royal (bus semi wisata). Selanjutnya kami masih bahas dengan panitia untuk pembagian jenis bus itu," ungkapnya.

Selain itu, Transjakarta juga menghias 100 unit bus dan 50 halte Transjakarta yang tersebar di Ibu Kota dengan nuansa Asian Games.

Hiasan Asian Games pada bus, kata Budi, merupakan salah satu bentuk dukungan dan pengingat bahwa DKI Jakarta menjadi tuan rumah Asian Games 2018.

"Saat ini ada 100 bus dan 50 halte Transjakarta. Bisa bertambah juga jumlahnya. Tapi saya rasa sudah cukup," kata Budi.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Pelarian Pencuri Penembak Polisi di Jambi Berakhir Tragis

Posted: 13 Feb 2018 08:32 PM PST

Jajaran kepolisian di Jambi dirundung duka. Seorang anggotanya, yakni Brigadir Fajar Junjungan, meninggal dunia saat menjalankan tugas. Sang polisi tewas ditembak di bagian dada kirinya saat menggerebek seorang gembong pencurian sepeda motor pada Selasa dini hari, 13 Februari 2018.

Penggerebekan berada di sebuah perumahan di kawasan Mendalo, Kabupaten Muarojambi yang berbatasan langsung dengan wilayah Kota Jambi. Si gembong pencurian itu ternyata melawan dan menembak korban saat akan ditangkap.

Ia berhasil lolos dan melarikan diri dengan membawa senjata api.

Tak hanya membuat kaget korps kepolisian di Jambi, meninggalnya sang brigadir juga mengagetkan para tetangga almarhum yang tinggal di Perum BTN, Kecamatan Kotabaru, Kota Jambi.

"Dia sosok yang baik dan humoris, kami sangat kehilangan," ujar Wawan salah seorang warga Perum BTN, Rabu (14/2/2018).

 

Mendapat Kenaikan Pangkat

Brigadir Fajar Junjungan Panjaitan dikenal sebagai pribadi yang baik dan humoris.(Foto: Dok Polresta Jambi/B Santoso)

Brigadir Fajar Junjungan dinyatakan meninggal saat dalam perjalanan menuju rumah sakit Raden Mattaher Jambi. Selasa siang, 13 Februari 2018, jenazah korban terlebih dahulu disemayamkan di rumah duka. Rencananya akan dikebumikan pada hari ini.

Kapolda Jambi, Brigjen Muchlis AS yang datang melayat menyampaikan ungkapan bela sungkawa yang disambut isak tangis keluarga almarhum. Brigadir Fajar Junjungan diketahui meninggalkan seorang istri dan satu anak.

Menurut Kapolda, pelaku menembak korban di bagian dada kiri. Saat itu, rumah yang digerebek juga dalam kondisi gelap. "Hingga korban tidak bisa mengelak," ujar Muchlis.

Dari penggerebekan itu, satu orang bisa ditangkap. Namun, si penembak polisi berhasil melarikan diri.

Sebagai bentuk penghormatan sekaligus penghargaan terhadap korban yang meninggal saat menjalankan tugas, Polda Jambi memberikan kenaikan pangkat terhadap korban.

"Kenaikan pangkat satu tingkat lebih tinggi, yakni menjadi Aipda Anumerta Fajar Junjungan Panjaitan," ucap Kapolda.

 

Pelaku Tewas Ditembak

Pelaku penembak anggota polisi di Jambi tewas ditembak saat ditangkap. (Foto: Istimewa/B Santoso)

Saat melayat ke rumah duka, Kapolda Jambi Brigjen Pol Muchlis AS menyatakan, jajarannya masih di lapangan untuk memburu penembak almarhum Brigadir Fajar Junjungan.

Hingga beberapa jam setelahnya, yakni pada Rabu dini hari tadi si pencuri akhirnya bisa dibekuk petugas. Pelaku yang diketahui sebagai gembong pencurian sepeda motor di Jambi itu berinisial R alias Ricky.

Dari informasi, R sempat beberapa jam dirawat di rumah sakit Bhayangkara Jambi, hingga akhirnya dinyatakan tewas. Ia tewas usai tertembus peluru polisi yang menangkapnya.

Pelarian R terhenti di sebuah hutan yang lokasinya tidak jauh dari TKP penggerebekan sebelumnya yakni di kawasan Mendalo, Kabupaten Muarojambi yang berbatasan dengan wilayah Kota Jambi.

Saat berada di RS Bhayangkara, Kapolda Jambi, Brigjen Pol Muchlis AS mengatakan, pencuri itu sempat melawan petugas yang akan menangkapnya dengan sengit.

Bahkan, sampai terjadi pergumulan antara pelaku dengan petugas yakni Kasat Reskrim Polresta Jambi, Kompol Yudha Lesmana. R mencoba mencabut senjata api miliknya untuk menembak Yudha.

Namun, petugas lebih sigap dan langsung melumpuhkan Ricky dengan sebuah tembakan. Ia ditangkap beserta sepucuk senjata api berhasil disita polisi.

"Perwira kita Kasat Reskrim Yudha mengalami luka di tangan akibat gigitan pelaku yang mencoba melepaskan diri, namun berhasil dibekuk dengan tembakan," ujar Muchlis menjelaskan.

Saksikan video pilihan berikut ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

VIDEO: Fachri Albar Ditangkap Polisi karena Narkoba

Posted: 13 Feb 2018 08:32 PM PST

Artis Fachri Albar ditangkap pihak kepolisian di kediamannya di Cirendeu dengan dugaan penyalahgunaan narkoba.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Tanpa 4 Pemain, Persija Bidik Poin di Malaysia

Posted: 13 Feb 2018 08:30 PM PST

Persija Jakarta akan menjalani laga pertama babak penyisihan Grup G Piala AFC 2018. Macan Kemayoran, julukan Persija akan menghadapi Johor Darul Takzim (JDT) di Stadion Tan Sri Dato Haji Hassan Yunos, Johor Baru, Malaysia, Rabu (14/2/2018).

Jelang laga ini, pelatih Persija, Stefano Cugurra tidak menurunkan empat pemain andalannya, Ismed Sofyan, Rohit Chand, Ramdani Lestaluhu, dan mesin gol mereka, Marko Simic. Macan Kemayoran pun hanya membawa 18 poin ke Johor Baru.

Namun demikian, Teco, sapaan akrab pelatih Persija, menegaskan, Bambang Pamungkas dan kawan-kawan sudah siap tempur di Piala AFC.

"Pemain kami sudah enak istirahat, meski agak lelah tapi kami siap untuk pertandingan melawan JDT untuk mendapatkan poin," kata Teco, di situs resmi klub.

Pelatih asal Brasil itu melanjutkan, dia sudah memahami karakteristik permainan JDT. Teco menyebut ada banyak pemain JDT yang memiliki kualitas individu mumpuni.

"Saya melihat semua pemain JDT bagus, tapi ini menjadi bukti bagi Persija yang kembali berlaga di Piala AFC, tentunya kami sangat senang. Suporter juga bersemangat untuk melihat kami," ujar Teco.

Tiru Tim Vietnam

Pelatih Persija, Stefano Cugurra (kiri). (Liputan6.com/Helmi Fithriansyah)

Teco menegaskan keinginan Persija untuk bisa mencuri poin seperti yang dilakukan klub Vietnam, Song Lam Nghe An, yang berhasil mencuri tiga poin penuh di kandang klub Singapura, Tampines Rovers.

Tampines Rovers harus mengakui keunggulan tamunya yang berhasil menang 2-0 di pertandingan pertama itu. Tiga poin yang diraih Song Lam Nghe An di kandang lawan itu membuat Stefano Cugurra Teco terinspirasi untuk meraih hasil serupa ketika Persija bertandang ke Johor Bahru.

"Semua tim di Piala AFC memiliki kualitas yang bagus. Klub Vietnam sudah berhasil meraih kemenangan di Singapura. Kami pun harus bekerja keras untuk bisa meraih kemenangan seperti mereka," ujar Teco.

Skuat Persija

Berikut 18 Pemain Persija untuk melawan JDT:

Kiper: Andritany Ardhiyasa, Rizky Darmawan

Bek: Jaimerson Xavier, Gunawan Dwi Cahyo, Marko Kabiay, Valentino Telaubun, Rezaldi Hehanussa, Vava Mario Yagalo.

Tengah: Novri Setiawan, Asri Akbar, Yan Pieter Nasadit, Riko Simanjuntak, Fitra Ridwan, Sandi Darman Sute.

Depan: Addison Alves, Rudi Widodo, Bambang Pamungkas, Ahmad Syaifullah.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Kentut Lebih Sering dari Biasanya? Kenali 5 Penyebabnya di Sini

Posted: 13 Feb 2018 08:30 PM PST

Tahukah Anda bahwa rata-rata manusia melepaskan sekitar setengah liter gas usus atau kentut sebanyak empat belas kali dalam sehari. Ya, kentut merupakan satu hal yang alamiah terjadi pada tubuh. Kentut kadang bisa dilihat sebagai hal yang lucu atau keji tapi faktanya kita semua pasti kentut.

Tapi bagaimana jika Anda termasuk salah satu orang yang sering kentut dibanding jumlah normal kentut yang dikeluarkan tiap harinya?

Patricia Raymond, seorang dokter dari American College of Gastroenterology berbicara kepada Refinery29 untuk menjelaskan mengapa seseorang bisa kentut lebih banyak dibanding hari-hari lainnya, seperti dilansir situs The Sun.

1. Kentut di pesawat

Ternyata ada alasan mengapa ketika melakukan penerbangan Anda merasa selalu ingin kentut, karena di ketinggian biasanya menyebabkan gas dalam tubuh kita berkembang, sehingga membuat perut menjadi kembung. Itulah sebabnya di atas pesawat rata-rata kita lebih banyak kentut dibanding saat berada di laut atau di darat.

2. Makanan bergizi dan sehat

5 penyebab kenapa kita suka kentut (Foto: The Sun)

Bagi penggemar kebugaran, makanan sehat juga bisa menyebabkan perut kembung. Buah, sayuran, biji-bijian dan kacang-kacangan semuanya menghasilkan bau busuk saat dimakan dan dikeluarkan menjadi gas. Bawang, brokoli, kembang kol, kol, dan kecambah semuanya mengandung karbohidrat yang disebut rafinosa.

3. Terlalu banyak udara

Seiring dengan gas yang diproduksi oleh udara di pencernaan maka Anda pun akan lebih sering kentut. Kabar baiknya adalah Jenis kentut ini biasanya tidak berbau. Prosesnya disebut "aerophagia" dan itu disebabkan oleh kebiasaan makan dengan cepat, mengunyah permen karet, atau minuman bersoda.

4. Penyerapan

5 penyebab kenapa kita suka kentut (Foto: The Sun)

Ada juga jenis kentut yang diam-diam namun baunya sangat menyengat. Biasanya ini terjadi akibat makanan pedas, terlalu banyak karbohidrat dan gula. Berbagai jenis makanan itulah yang akan membuat kentut Anda berbau busuk. Itu terjadi karena tubuh lebih sulit menyerap nutrisinya.

5. Tanda perut bermasalah

Waktu dan jenis kentut kadang cenderung berbeda dari hari ke hari. Namun Dr Raymond menyarankan jika sering kentut dan perut kembung yang disertai rasa sakit maupun gejala lainnya seperti diare atau konstipasi, maka sebaiknya periksakan diri ke dokter. Sering kentut dan berbau busuk bisa menjadi gejala kondisi kronis seperti IBS dan penyakit seliaka (intoleransi gluten parah).

Penulis

Dhita Koesno

**Jadilah bagian dari Forum Liputan6.com dengan mengirimkan artikel menarik dan terkini melalui email Forum@liputan6.com

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

FOTO: Senyum Tajam Ahmed Tamimi, Gadis Palestina Simbol Perlawanan Israel

Posted: 13 Feb 2018 08:30 PM PST

Ahed Tamimi dikawal petugas keamaan Isreal saat tiba di pengadilan militer Israel di penjara Ofer, Israel (13/2). Ahed Tamimi dikenai dakwaan atas 12 pelanggaran, termasuk menyerang pasukan keamanan dan menghasut kekerasan. (AFP/Thomas Coex)

Ahed Tamimi dikawal petugas keamaan Isreal saat tiba di pengadilan militer Israel di penjara Ofer, Israel (13/2). Ahed Tamimi dikenai dakwaan atas 12 pelanggaran, termasuk menyerang pasukan keamanan dan menghasut kekerasan. (AFP/Thomas Coex)

Gadis remaja asal Palestina, Ahed Tamimi terseyum saat berada di pengadilan militer Israel di penjara Ofer, Israel (13/2). Jika terbukti bersalah, Ahed Tamimi akan terancam menghadapi hukuman penjara yang panjang. (AFP/Thomas Coex)

Gadis remaja asal Palestina, Ahed Tamimi terseyum saat berada di pengadilan militer Israel di penjara Ofer, Israel (13/2). Jika terbukti bersalah, Ahed Tamimi akan terancam menghadapi hukuman penjara yang panjang. (AFP/Thomas Coex)

Ekspresi gadis remaja asal Palestina, Ahed Tamimi saat tiba di pengadilan militer Israel di penjara Ofer, Israel (13/2). Bagi warga Palestina, Ahed Tamimi memang dikenal sebagai gadis simbol perlawanan terhadap pendudukan Israel. (AFP/Thomas Coex)

Ekspresi gadis remaja asal Palestina, Ahed Tamimi saat tiba di pengadilan militer Israel di penjara Ofer, Israel (13/2). Bagi warga Palestina, Ahed Tamimi memang dikenal sebagai gadis simbol perlawanan terhadap pendudukan Israel. (AFP/Thomas Coex)

Ayah Ahed Tamimi, Bassem Tamimi mengangkat tangannya memberi dukungan kepada putrinya saat berada di pengadilan militer Israel di penjara Ofer, Israel (13/2). (AFP/Thomas Coex)

Ayah Ahed Tamimi, Bassem Tamimi mengangkat tangannya memberi dukungan kepada putrinya saat berada di pengadilan militer Israel di penjara Ofer, Israel (13/2). (AFP/Thomas Coex)

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Alasan Paling Umum yang Digunakan untuk Selingkuh di Hari Valentine

Posted: 13 Feb 2018 08:30 PM PST

Seperti yang sudah dibahas sebelumnya, banyak orang-orang yang selingkuh memanfaatkan Hari Valentine untuk menghabiskan waktu bersama selingkuhannya.

Baca juga: Hari Valentine, Harinya Para Tukang Selingkuh?

Namun, alasan seperti apa yang mereka gunakan untuk bisa "kabur" dari pasangan resmi di Hari Valentine yang identik dengan kasih sayang ini?

Mengutip Irish Mirror, Rabu (14/2/2018), kebanyakan para tukang selingkuh akan menggunakan alasan "lembur" untuk bertemu selingkuhannya. Hal ini diungkapkan dalam studi yang dilakukan oleh Victoria Milan, situs kencan khusus para peselingkuh.

Hampir sepertiga pengguna situs tadi berencana untuk membagi waktu antara pasangan resmi dan selingkuhan mereka di hari romantis ini.

Sekitar 43 persen wanita dan 38 persen pria mengatakan, mereka akan bilang pada pasangannya, mereka terpaksa bekerja lebih lama di kantor. Dengan begini, mereka bisa mengendap-ngendap bertemu dengan selingkuhannya di Hari Valentine.

 

Saksikan juga video menarik berikut ini:

 

Alasan Sempurna

Ilustrasi selingkuh. (Sumber foto: unsplash.com)

Situs tadi menambahkan, "Alasan ini adalah alasan sempurna, karena akan membuat pasangan resmi mereka merasa tersentuh, karena bisa memancing rasa kasihan atau rasa bersalah. Dengan begini, para peselingkuh jadi leluasa menghabiskan waktunya dengan selingkuhan mereka."

Bagi para pria, membuat pilihan adalah sesuatu yang berat. Itulah kenapa, mereka memutuskan untuk menghabiskan Hari Valentine dengan keduanya, secara bergantian.

Sedangkan bagi para wanita, agar tidak ribet, 38 persen wanita memilih menghabiskan waktu hanya dengan pasangan resminya saja. Sedangkan 35 persen memilih untuk hanya bertemu dengan selingkuhannya.

Alasan lain yang digunakan para peselingkuh di Hari Valentine adalah pergi belanja untuk mencari hadiah spesial, kelelahan setelah berolahraga berat, dan mengunjungi teman yang baru saja patah hati.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Sebulan Menikah, Keenan Pearce dan Gianni Fajri Nongol Lagi di Instagram

Posted: 13 Feb 2018 08:30 PM PST

Tepat satu bulan yang lalu, Keenan Pearce resmi melepas masa lajangnya. Mantan kekasih Raisa itu meminang wanita pujaan hatinya, Gianni Fajri pada Minggu, 14 Januari 2018 lalu.

Dari situasinya, diketahui Keenan Pearce dan Gianni Fajri melangsungkan akad nikah di Masjid Al Irsyad Kota Baru Parahyangan, Bandung, Jawa Barat.

Gianni Fajri tampak cantik mengenakan kebaya putih dan kain batik. Rambutnya disanggul ke atas dan dihiasi bunga melati. Keenan Pearce pun terlihat gagah dengan beskap dan peci hitam.

 

Resepsi Sederhana

(Instagram/keenan.ghyan)

Setelah melangsungkan akad nikah, Keenan Pearce dan Gianni menggelar resepsi. Uniknya, resepsi pernikahan mereka mengusung konsep pesta kebun dengan menyajikan pesta BBQ.

Resepsi Keenan dan Gianni pun terbilang cukup sederhana serta penuh kehangatan karena hanya dihadiri keluarga dan teman dekat.

 

Kosongkan Instagram

Keenan Pearce dan Gianni Fajri (Instagram/keenanpearce)

Ketika pasangan lain membagikan foto-foto prewedding jelang menikah, tidak dengan Keenan Pearce dan Gianni Fajri. Pasangan ini memilih untuk menghapus semua isi Instagram pribadi mereka masing-masing.

 

Ganti Foto Profil

Keenan Pearce dan Gianni Fajri (Instagram/keenanpearce)

Keduanya juga mengganti foto profil masing-masing dengan gambar yang sama. Yakni gambar dua lingkaran berwarna merah yang saling berdempetan.

Bedanya, warna latar foto profil Keenan Pearce adalah kuning. Sementara milik Gianni berwarna biru.

 

Berbagi Kebahagiaan

Keenan Pearce dan Gianni Fajri

Setelah dibiarkan kosong selama satu bulan, Keenan Pearce dan Gianni akhirnya berbagi kebahagiaan mereka sebagai suami istri. Keduanya berbagi daftar lagu yang diputar di hari pernikahan mereka kemarin.

"Lagu kami saat memasuki pintu, Flamming Lips - Do You Realize. Terima kasih @fristineameylia sudah membuat rangkaian lagu yang hangat di hari pernikahan kami. Kami ingin kalian merasakannya juga, daftar lengkapnya ada di bio ku... selamat menikmati," ujarnya.

Saksikan video berikut ini

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Top 3 Tekno: Harga Nokia 8 hingga Spesifikasi Xiaomi Redmi Note 5

Posted: 13 Feb 2018 08:30 PM PST

Artikel peluncuran dan harga smartphone flagship, Nokia 8, di Indonesia yang terpaut jauh dari negara-negara lain menuai perhatian para pembaca di kanal Tekno Liputan6.com.

Berita lain yang juga menuai perhatian datang dari daftar tagar yang diblokir di Instagram hingga bocoran spesifikasi Xiaomi Redmi Note 5.

Lebih lengkapnya, simak tiga berita terpopuler berikut ini.

1. Nokia 8 Meluncur di Indonesia dengan Harga Lebih Murah

Nokia 8 resmi meluncur di Indonesia. Liputan6.com/ Agustinus Mario Damar

HMD Global resmi memboyong Nokia 8 ke Indonesia. Perusahaan asal Finlandia itu membanderol Nokia 8 untuk pasar Tanah Air dengan harga mengejutkan.

Dalam artian, Nokia 8 dilepas dengan harga yang lebih murah yaitu Rp 6.499.000 melalui jaringan distribusi PT. Teletama Artha Mandiri dan PT. Sentra Prima Distribusi.

Namun, sebelum tersedia di pasar yang lebih luas, ada penawaran khusus yang disediakan melalui kanal pembelian Lazada.

Selanjutnya baca di sini

 

2. Dari Bunda hingga Seksi, Berikut Daftar Tagar yang Diblokir di Instagram

Tagar Bunda. Dok: Instagram

Instagram selama ini terkenal ketat melakukan pengawasan di platform mereka. Pengawasan yang dilakukan tidak hanya dalam foto-foto yang dibagikan, melainkan juga di hashtag atau tagar yang dipakai pengguna.

Kebanyakan dari tagar yang dicekal Instagram adalah semua yang berbau tindakan seksual. Yang cukup aneh dan mengherankan adalah tagar "Bunda" juga termasuk dalam kata yang dicekal bersama kata-kata terlarang lainnya.

Apabila pengguna nekat menggunakan tagar-tagar yang dicekal, maka siap-siap saja terkena hukuman dari Instagram dengan cara shadowbanning.

Selanjutnya baca di sini

3. Diumumkan Besok, Ini Spesifikasi Xiaomi Redmi Note 5

Xiaomi siap meluncurkan Redmi 5 di Indonesia, kapan? (Sumber: Twitter @xiaomiindonesia)

Xiaomi diyakini akan mengumumkan Redmi Note 5 dan Note 5 Pro di India dan Indonesia pada Rabu (14/2/2018). Sehari menjelang pengumumannya, bocoran spesifikasi kedua smartphone tersebut beredar di internet.

Dilansir GSM Arena, Selasa (13/2/2018), Redmi Note 5 merupakan "rebranded" dari Redmi 5 Plus dengan layar 6 inci dan chipset Snapdragon 625. Redmi Note 5 Pro sendiri memiliki ukuran layar yang sama, tapi dengan chipset Snapdragon 636.

Xiaomi Redmi Note 5 Pro juga dilengkapi dengan dual kamera belakang, desainnya mirip seperti iPhone X. Kamera belakangnya memiliki resolusi 12 dan 5MP, sedangkan kamera depan 20MP.

Selanjutnya baca di sini

(Ysl/Jek)

Saksikan Video Pilihan Berikut Ini

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Tidak ada komentar: