Kamis, 09 Agustus 2018

Liputan6 : RSS2 Feed

Liputan6 : RSS2 Feed


Amnesty International: Kebijakan Uni Eropa Jadi Dalang di Balik Kematian 700 Imigran

Posted: 09 Aug 2018 10:32 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Organisasi hak asasi manusia, Amnesty International, mengklaim bahwa kebijakan Uni Eropa, terutama yang diterapkan oleh Italia dan Malta, merupakan dalang di balik tewasnya lebih dari 700 imigran sepanjang Juni-Juli 2018.

Para imigran itu tewas terombang-ambing di Laut Mediterania, setelah kapal yang membawa mereka untuk bermigrasi ke Eropa, dihalau oleh otoritas Italia dan Malta yang menerapkan kebijakan proteksi dari imigran Afrika, ujar Amnesty.

"Meskipun ada pengurangan jumlah orang yang melintasi Mediterania dalam beberapa bulan terakhir, jumlah kematian di laut telah meningkat," kata Matteo de Bellis, seorang peneliti untuk Amnesty International, seperti dikutip dari The Guardian, Jumat (10/9/2018).

"Kebijakan Uni Eropa telah mendorong penjaga pantai Libya untuk mencegat orang di laut, menurunkan prioritas operasi penyelamatan dan menghalangi pekerjaan penyelamatan penting yang dilakukan oleh lembaga swadaya masyarakat (LSM). Peningkatan jumlah kematian baru-baru ini bukan hanya tragedi, tapi juga memalukan."

Hampir sebagian besar gelombang imigran Afrika berangkat via Libya, negara gerbang untuk menuju Eropa, dengan menyeberangi Laut Mediterania.

Amnesty International mendeskripsikan, sekitar 1.111 imigran dilaporkan tewas atau menghilang di Mediterania tengah antara Januari-Juni 2018.

Secara khusus, Amnesty melaporkan sekitar 560 imigran tewas pada bulan Juni 2018, dan 157 lainnya tewas pada Juli 2018 --bertepatan ketika pemerintah Italia yang populis menerapkan kebijakan menghalau jalur perlintasan laut Mediterania yang kerap digunakan oleh imigran Afrika untuk menyeberang ke Eropa.

Angka yang diperoleh Amnesty berasal dari International Organisation for Migration (IOM) yang terafiliasi dengan PBB dan Institute for Political Studies Italia.

Amnesty mengatakan gelombang kematian imigran terbaru itu, yang terjadi di sepanjang rute laut berbahaya antara Libya dan Eropa selatan "tidak boleh dianggap semata-mata sebagai kemalangan yang tak terhindarkan".

"Italia dan Malta semakin memusuhi upaya pencarian dan penyelamatan LSM, dan telah menipiskan kawasan Mediterania dari aset penyelamatan penting (seperti kapal atau perahu), dengan beberapa yang baru-baru ini disita," Amnesty International menambahkan.

 

Simak video pilihan berikut:

Peningkatan Angka Penghuni Detensi Imigrasi di Libya

Pengungsi dan imigran mengenakan pelampung saat diselamatkan oleh LSM Proactiva Open Arms Spanyol di utara pantai Libya, Minggu (6/5). Mereka meninggalkan Libya dan mencoba mencapai Eropa. (AP Photo/Felipe Dana)

Kenaikan jumlah kematian di laut bertepatan dengan jumlah imigran yang ditahan di pusat-pusat penahanan di Libya yang melonjak, dari 4.400 pada bulan Maret menjadi lebih dari 10.000, kata Amnesty International, mengutip data dari DCIM, direktorat di Kementerian Dalam Negeri Libya.

Ini, kata Amnesty, disebabkan karena kebijakan Eropa dan Italia yang memungkinkan penjaga pantai Libya untuk menyelamatkan orang dan membawa mereka kembali ke negara Afrika itu. Bukannya diperlakukan dengan baik, Amnesty menuduh bahwa otoritas Libya memperlakukan para imigran dengan tindakan tak manusiawi dan sarat akan kekerasan.

"Meskipun demikian," kata laporan itu, "Italia dan Uni Eropa memperkuat kebijakan mereka mendukung penjaga pantai Libya untuk memastikan mencegah imigran yang berangkat dan melakukan intersepsi terhadap pengungsi dan migran di laut lepas untuk menarik mereka kembali ke Libya."

Insiden terparah tahun ini terjadi pada Juni 2018, ketika kapal lembaga swadaya masyarakat Aquarius yang berpenumpang 600 imigran, dihalau oleh otoritas Italia. Aparat bertindak di bawah kerangka kebijakan anti-imigran yang digagas oleh pemerintah Negeri Pisa yang populis.

Kapal itu, yang dalam perjalanan ke Sisilia, terperangkap dalam kebuntuan antara Italia dan Malta setelah kedua negara itu menolak untuk mengizinkannya berlabuh.

Hal itu memicu kecaman internasional yang menganggap Italia dan Malta tak mengindahkan prinsip keselamatan orang di laut.

Komisariat Tinggi PBB untuk Urusan Pengungsi (UNHCR) mengatakan bahwa negara-negara Uni Eropa perlu mengambil langkah lebih lanjut dalam menghadapi masalah pengungsi.

Lembaga dunia yang berkedudukan di New York itu juga memperingatkan bahwa sebab akibat yang terkait isu pengungsi, bukanlah urusan beberapa negara, melainkan kesluruhan masyarakat Eropa.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

12 Tokoh dari Riau Diakui sebagai Pahlawan Nasional

Posted: 09 Aug 2018 10:31 PM PDT

Liputan6.com, Pekanbaru - Tanggal 9 Agustus menjadi hari penting bagi Riau. Pada tanggal itu di tahun 1957, daerah berjuluk Bumi Lancang Kuning ini ditetapkan Pemerintah Pusat sebagai Daerah Pemerintah Tingkat I atau provinsi.

Untuk memperingati hari jadi ke-61 ini, digelar sidang paripurna di Gedung Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Riau, Jalan Jenderal Sudirman, Kota Pekanbaru pada Kamis siang, 9 Agustus 2018.

Ada beberapa kado istimewa mengiringi hari ulang tahun Riau kali ini. Salah satunya pengukuhan gelar pahlawan kemerdekaan terhadap 12 tokoh Riau. Tak hanya ikut memperjuangkan kemerdekaan, mereka juga dianggap punya jejak langkah dalam memajukan kebudayaan dan pendidikan di Riau ataupun nasional.

Berdasarkan surat penetapan yang dibacakan Ketua DPRD Riau Hj Septina Primawati, mereka adalah HM Hamid Yahya dari Pekanbaru, Tengku Syarifah Fadlun Tengku Maharatu dari Siak, Tengku Ghazali dari Kampar, dan Tengku Ilyas dari Rokan Hulu.

"Berikutnya Datuk Zainal Abidin dari Rokan Hilir, Tengku Muhammad dari Indragiri Hilir, Letkol A Muis dari Kuantan Singingi, H Bakar Oemar dari Kepulauan Meranti, Tengku Masdulhak dari Kota Dumai, H Baharuddin Yusud dari Indragiri Hilir, Kolonel Polisi Zalik Aris dari Bengkalis dan terakhir Tengku Nazir Alwi dari Pelalawan," sebut Septina.

Pengakuan serta penghargaan ini diterima ahli waris dari pahlawan kemerdekaan tersebut dan diserahkan oleh Gubernur Riau Arsyadjuliandi Rachman.

Sementara itu, sejarawan Suwardi yang juga Ketua Tim Peneliti Pengkaji Gelar Daerah (TP2GD) Provinsi Riau menyebutkan, 12 nama itu muncul setelah pihaknya mengusulkan 100 tokoh asal Riau untuk diakui sebagai pahlawan kemerdekaan.

"Setelah diseleksi akhirnya terpilih 12 nama yang mewakili setiap kabupaten dan kota di Riau," katanya ditemui usai rapat paripurna.

Dia menerangkan, HM Hamid Yahya tinggal di Jalan Perdagangan, Kampung Bandar, Kecamatan Senapelan, Kota Pekanbaru. Rumahnya pernah menjadi gudang logistik dan dapur umum untuk pejuang kemerdekaan Indonesia.

"Basis pejuang lalu pindah ke Surau Irhash karena alasan keamanan," katanya.

Pada 1958, terang Suwardi, rumah ini dijadikan sebagai salah satu markas sekaligus tempat tinggal Tentara Nasional Indonesia (TNI). Rumah ini menjadi basis penumpasan pemberontakan PRRI di Sumatera bagian tengah, khususnya Provinsi Riau.

 

Simak video pilihan berikut ini:

Kado Lainnya

Suasana lahan gambut yang dilalap api di Pekanbaru, Provinsi Riau, (1/2). Lokasi ini merupakan salah satu dari 73 titik api yang terdeteksi menyebabkan kabut asap di pulau Sumatera. (AFP Photo/Wahyudi)

Di sisi lain, tak hanya pengakuan gelar pahlawan nasional, Septina menyebut Riau juga mendapat kado berharga karena beberapa tahun belakangan sudah tak lagi menjadi penyumbang asap, baik untuk Indonesia ataupun ke negara tetangga.

"Riau patut berbangga karena sudah berhasil mencegah terjadi bencana asap," katanya.

Sementara itu, Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPD) Riau Edwar Sanger menyebut Riau bebas asap menjadi target pihaknya dalam beberapa tahun belakangan.

"Hari ini kita zero hotspot, alhamdulillah kita bisa mengendalikan. Dengan HUT 61 Riau ini, mari jadikan tahun ini tahun yang betul-betul Riau bebas asap," jelas Edwar.

Dia menyebutkan, Riau bebas asap menjadi dambaan seluruh masyarakat karena sebelumnya hampir setiap tahun terus berulang kebakaran hutan dan lahan yang menyebabkan asap mengepul di sejumlah daerah.

"Alhamdulillah beberapa tahun kita sudah bisa memberikan kontribusi positif bagi masyarakat Riau bebas asap. Mari kita canangkan seterusnya bebas asap," harapnya. 

 

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Sinopsis Sinetron SCTV Malaikat Cinta Episode Jumat 10 Agustus 2018: Gadis Mengaku Hatinya untuk Kaisan

Posted: 09 Aug 2018 10:30 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Malaikat Cinta makin seru. Keadaan sudah sangat genting. Gadis hampir tenggelam, namun tepat saat Gadis pingsan kehabisan nafas, seseorang melompat ke air dan menyelamatkan Gadis. Orang itu adalah Dennis.  

Dennis membawa Gadis ke atas dan melakukan pertolongan pertama. Gadis batuk-batuk dan akhirnya selamat. Gadis kaget dan nggak enak banget lihat Dennis menyelamatkan dirinya. Karena Gadis merasa sudah sering menyusahkan Dennis.  

Sementara itu di Malaikat Cinta juga, Gadis  sampai di rumah sakit. Gadis masih sedih dan bersalah saat Dennis cerita Raharjo masuk rumah sakit gara-gara ulahnya. Gadis bingung, tapi dia sudah sangat yakin dengan perasaannya.

Dennis pedih sekali mendengarnya. Dennis masih yakin Gadis adalah jodohnya dan saat ini.

Bagaimana Malaikat Cinta selanjutnya?

 

 

Raharjo, Ayahanda Kaisan Kecewa

Adegan sinetron Malaikat Cinta (Sinemart)

Gadis masih terbawa perasaan ke Kaisan. Dennis dalam hati yakin nantinya Gadis pasti akan kembali sadar pada perasaannya ke Dennis. Mereka lalu masuk ke kamar perawatan Raharjo. Gadis minta maaf banget sama ayahanda Kaisan itu.

Gadis mengaku tidak bisa lagi melawan perasaanya. Gadis yakin perasaannya untuk Kaisan.

Tanpa di duga, Dennis dukung Gadis. Gadis makin merasa gak enak sama Dennis. Raharjo masih kecewa dan marah karena Gadis tidak terus terang dari awal. Gadis merasa bersalah pada ayah Kaisan itu.

Gadis Merasa Bersalah

Adegan sinetron Malaikat Cinta (Sinemart)

Di jalan, Gadis pulang sambil mewek-mewek. Sedih udah banyak bikin orang susah. Tapi dia sudah nggak bisa membohongi perasaannya lagi. Gadis ingin bersama Kaysan.

Hujan turun dengan deras. Gadis minggir dan berteduh dibawah pohon sambil meringkuk kedinginan. Gadis nggak bisa pulang karena pasti akan dimarahin Fifi, ibundanya. Gadis nggak tahu mesti kemana.

 

Kaisan Dimarahi Tak Jaga Gadis

Adegan sinetron Malaikat Cinta (Sinemart)

Dennis mendatangi Kaisan. Dia marah karena Kaisan dianggap nggak bisa jaga Gadis dengan baik.

Dengan kondisi seperti ini?? Kalo lo emang peduli dan beneran jagain Gadis, lo gak akan diem aja ngebiarin Gadis pulang sendirian ujan-ujanan". Kaysan merasa kenal betul dengan Gadis dan nggak mau maksa kalau Gadis nggak mau diantar pulang.

Kaisan dan Dennis sama-sama berdebat, merasa paling kenal Gadis lebih baik. Dennis kasih Kaisan kesempatan selama 30 hari. Kalau Kaisan nggak bisa buktikan bisa jaga Gadis dengan baik, Dennis akan merebut Gadis dari Kaisan. 

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Memukau, Anak-anak Difabel di Jember Fashion Festival 2018

Posted: 09 Aug 2018 10:30 PM PDT

 

Liputan6.com, Jakarta Anak-anak difabel atau berkebutuhan khusus tampil memukau saat berlenggak-lenggok di "catwalk" sepanjang 1,6 kilometer dengan mengenakan kostum defile India di Kids Carnival dalam rangkaian Jember Fashion Carnaval (JFC) ke-17 di halaman Kantor Pemerintah Kabupaten Jember hingga Lippo Plaza Jember, Jawa Timur, Kamis petang.

"Semua anak berhak untuk tampil di JFC, termasuk anak-anak berkebutuhan khusus yang memiliki semangat yang luar biasa," kata Presiden JFC Dynand Fariz di Jember.

Selain anak-anak berkebutuhan khusus, Kids Carnival juga diikuti oleh komunitas "Smile World" yang merupakan komunitas mantan pasien bibir sumbing Rumah Sakit Bina Sehat dan kini sudah dioperasi, sehingga penampilan mereka juga tidak kalah dengan anak-anak normal lainnya.

"Anak-anak yang tampil di JFC Kids tidak hanya menumbuhkan keberanian dan kreativitas anak, akan tetapi juga dapat menumbuhkan rasa percaya diri bagi perkembangan jiwa mereka untuk menjadi generasi muda yang berkualitas," kata Asisten Pemerintahan Pemkab Jember Hadi Mulyono dalam sambutannya mewaliki Bupati Jember saat membuka Kids Carnival JFC.

Anak-anak yang berkebutuhan khusus pun selalu menebar senyum di hadapan penonton dan para fotografer, bahkan penampilan seorang peserta difabel yang memiliki hanya satu tangan dapat memukau dan mengundang decak kagum para penonton.

"Kita sebagai orang tua tetap berkewajiban untuk mengarahkan anak-anak itu pada kegiatan-kegiatan positif, sehingga kelak mereka dapat menjadi generasi yang berkualitas dan berkarakter, serta tidak kehilangan jati dirinya," tuturnya.

JFC Kids Carnival menampilkan 10 defile dalam balutan kostum yang merepresentasikan kekuatan Asia dengan defile pembuka yakni Kujang dari Indonesia, Stars, kemudian dilanjutkan dengan Shogun Jepang, Ottoman, Babylonia, Bian Liang dari Tiongkok, Sila yang merupakan kerajaan besar dari Korea, Thailand, Arab Saudi, dan India.

Rangkaian JFC ke-17 yang digelar di kota karnaval Jember meliputi Opening JFC International Event (7 Agustus 2018); Pets Carnival (8 Agustus 2018); JFC International Exhibition (10?12 Agustus 2018), JFC Kids Carnival (9 Agustus 2018); JFC Rhythm Artwear Carnival (10 Agustus 2018); dan Wonderful Archipelago Carnival Indonesia (WACI) pada 11 Agustus 2018 dan Grand Carnival pada 12 Agustus 2018. (Antara/Zumrotun Solichah)

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Cuaca Panas Buat Harga Sayuran di Pasar Kebayoran Lama Naik

Posted: 09 Aug 2018 10:30 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Harga beberapa komoditas sayuran di pasar tradisional terpantau naik. Penjual mengeluh, kondisi cuaca yang panas dan kering membuat pasokan pangan dari distributor terhambat.

Seperti harga buncis dan kacang panjang yang dijual Mama Tole (50), pedagang sayuran di Pasar Kebayoran Lama. Harga kedua komoditas ini melonjak hingga Rp 24 ribu per kg.

"Yang mahal itu sayur, buncis, kacang (panjang). Buncis lagi Rp 24 ribu per kg, biasanya Rp 16 ribu (per kg). Kacang (panjang) juga Rp 24 ribu, biasanya Rp 16 ribu," ujar dia kepada Liputan6.com di Pasar Kebayoran Lama, Jakarta, Jumat (10/8/2018).

"Itu naik soalnya panasnya lagi gede, kemarau," Mama Tole menambahkan.

Berbeda dengan buncis dan kacang panjang, harga produk sayuran lain seperti bawang di pasar yang sama cenderung variatif.

Uus (50), salah seorang pedagang menyampaikan, produk bawang yang ia jual relatif stabil, bahkan terpangkas.

"Bawang putih bulat Rp 25 ribu per kg, kalau yang cutting-nya Rp 30 ribu per kg. Bawang merah justru turun, lagi banjir (pasokan), Rp 25 ribu per kg," ungkap dia.

Uus menyatakan, harga bawang merah telah merosot sejak sekitar 3 hari lalu. Sebelumnya, bawang merah dijual pada kisaran Rp 30 ribu per kg.

Stabilitas harga bawang pun diakui Mama Tole, namun dengan harga jual yang berbeda. Dia menawarkan bawang merah Rp 30 ribu per kg, bawang putih bulat Rp 30 ribu per kg, dan bawang putih cutting Rp 35 ribu per kg.

Untuk komoditas cabai, Uus dan Mama Tole sepakat, harganya masih terus normal sampai hari ini. Keduanya masih menjual cabai rawit merah pada kisaran Rp 40 ribu per kg.

Sementara cabai rawit hijau dipatok pada angka Rp 30 ribu per kg, dan cabai merah keriting Rp 30 ribu per kg.

Khawatir Ancam Produksi Pangan, Pemerintah Diminta Cermati Kondisi Kekeringan

Situ Kamojing yang mengering saat kemarau menjadi sumber penghasilan alternatif para petani di Karawang dan sekitarnya. (Liputan6.com/Abramena)

Pemerintah diminta untuk mencermati masalah kekeringan yang terjadi di beberapa wilayah di Indonesia pada saat ini. Kekeringan dikhawatirkan mengancam kondisi stok pangan nasional seiring terjadinya penurunan produksi pangan hingga 60 persen.

Klaim pemerintah tentang keamanan ketersediaan stok pangan di tengah ancaman kekeringan dinilai tidak berdasar. Ini mengingat kekeringan yang terjadi saat ini dinilai lebih parah dibandingkan tahun lalu.

"Saya kira masalah kekeringan ini perlu dicermati ya, perlu diwaspadai oleh pemerintah. Karena saat ini kami melakukan kajian yang mirip di jaringan kami. Data yang sebagian sudah terkumpul itu di Jawa Timur, itu yang terdampak kekeringan sekitar 15 persen-50 persen. Tapi, itu baru di sebagian wilayah," ujar Ketua Asosiasi Bank Benih dan Teknologi Tani Indonesia (AB2TI), Dwi Andreas di Jakarta, Selasa (7/8/2018).

Kekeringan tersebut terutama berdampak pada wilayah-wilayah yang memiliki infrastruktur irigasi yang minim, baik sawah tadah hujan maupun daerah yang infrastruktur irigasinya sudah berkurang.

Berdasarkan data yang terkumpul, dia memprediksi, kekeringan tahun ini akan lebih kering dibandingkan tahun sebelumnya. "Sehingga, akan memberikan ancaman terhadap produksi, terutama padi dan jagung," tambah dia.

Dengan adanya kekeringan tersebut, lanjut Dwi, dikhawatirkan terjadi penurunan produksi antara 20 persen-60 persen dibandingkan produksi pada masa normal.

Dia juga ragu dengan data produksi dari Kementerian Pertanian (Kementan). Seperti  produksi beras pada Januari – Maret 2017 yang dikatakan mencapai 15,6 juta ton. Ini terdiri dari produksi pada Januari sebesar 2,8 juta ton, Februari 5,4 juta ton, dan Maret 7,4 juta ton. Kondisi sebenarnya, harga beras mencapai puncaknya pada Januari 2018.

Dari data yang dikumpulkan AB2TI, harga gabah di tingkat petani bahkan mencapai Rp 5.667 per kilogram (Kg). Angka ini melonjak dibandingkan Oktober sebesar Rp 4.908 per kg.

Harga kemudian melandai di bulan-bulan berikutnya, seiring produksi beras yang semakin meningkat hingga mencapai Rp 4.319 per kg pada April 2018.

"Januari itu kami melakukan studi, stok gabah petani di jaringan kami itu kosong sama sekali. Itulah mengapa harga di Januari tinggi. Lalu Februari itu baru mulai masuk masa puncak panen raya. Kalau di jaringan kami, puncak panen raya itu sekitar April," kata Dwi.

Karena itu, dia mempertanyakan kondisi produksi beras yang mencapai surplus periode Januari-Maret. Pasalnya, harga mencerminkan kurangnya produksi dibandingkan konsumsi. Dia menilai kurangnya akurasi data menyebabkan kebijakan terkait beras menjadi tak tepat. 

 

 

 

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Cium Logo Real Madrid, Courtois Penuhi Mimpi Masa Kecil

Posted: 09 Aug 2018 10:30 PM PDT

Liputan6.com, Madrid - Thibaut Courtois akhirnya bergabung dengan Real Madrid di bursa transfer musim panas tahun ini. Kiper Timnas Belgia ini meninggalkan Chelsea demi membela klub impian masa kecilnya.

Menurut Courtois, dia menolak tawaran-tawaran dari klub besar untuk berkostum Real Madrid. Bergabungnya Courtois ke Los Blancos juga memicu kontroversi, karena dia pernah tiga musim membela rival sekota, Atletico Madrid.

Saking senangnya mendarat di Santiago Bernabeu, Courtois mencium logo Real Madrid di kostum. Kiper berusia 26 tahun ini bangga menjadi bagian dari klub ibu kota Spanyol tersebut. 

"Semua orang yang mengenal saya tahu betapa kerasnya saya bekerja untuk dapat berada di sini, dan saya bangga berada di klub terbaik di dunia," ungkap Courtois, seperti dilansir Marca.

"Saya telah memberikan yang terbaik sepanjang karier saya untuk bisa berada di sini, ini merupakan impian masa kecil saya, untuk melangkah di lapangan ini dengan seragam Real Madrid," jelasnya.

 

Chelsea Gaet Kepa

Kiper baru Real Madrid, Thibaut Courtois, saat diperkenalkan di Stadion Santiago Bernabeu, Madrid, Kamis (9/8/2018). Pemain berusia 26 tahun pindah setelah empat musim terakhir jadi kiper utama Chelsea. (AP/Andrea Comas)

Courtois sejak lama dikaitkan dengan kepindahan ke Real Madrid. Namun, baru setelah Chelsea mendatangkan Kepa Arrizabalaga sebagai penjaga gawang anyar, Courtois dilepas.

"Saya menerima tawaran-tawaran pembayaran yang lebih baik namun saya ingin berada di klub terbaik di dunia dan dekat dengan anak-anak saya. Saat ketertarikan Madrid telah jelas, saya tidak ragu bahwa saya ingin berada di sini," terangnya.

35 Juta Euro

Los Blancos memboyong Courtois dari Chelsea usai membayar 35 juta euro. Jumlah itu tergolong murah, karena sang pemain hanya menyisakan satu tahun kontrak di Stamford Bridge.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

VIDEO: Miris, Kepala BNN Maluku Ikut Pesta Narkoba?

Posted: 09 Aug 2018 10:30 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Kepala BNN mengirim tim untuk menyelidiki kasus dugaan keterlibatan kepala BNN Maluku dalam sebuah pesta narkoba. Jika terbukti maka sanksi tegas akan diberikan kepada Kepala BNN Maluku.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Usung Spek Kelas Atas, Meizu 16 Dilego Terjangkau

Posted: 09 Aug 2018 10:30 PM PDT

Liputan6.com, Beijing - Vendor smartphone asal Tiongkok Meizu, akhirnya resmi meluncurkan flagship smartphone teranyarnya, Meizu 16 dan 16 Plus.

Kedua smartphone ini hadir dengan spesifikasi mumpuni dan dilego dengan harga yang ramah kantong.

Baik Meizu 16 dan 16 Plus mengusung desain smartphone kekinian yang mengikuti tren, yakni desain bezel tipis dan pemindai sidik jari yang tersimpan di dalam layar. 

Pemindai sidik jari smartphone ini pun memiliki kecepatan 0,25 detik yang bisa mengenali sidik jari pengguna dengan tingkat akurasi 99,12 persen. Demikian dikutip GSM Arena, Jumat (10/8/2018).

Karena bezelnya sangat tipis, rasio screen to body smartphone ini mencapai 91,18 persen, nyaris mirip dengan Vivo Nex, di mana smartphone Vivo itu memiliki rasio screen to body hingga 91,24 persen.

Lebih lanjut, kedua smartphone hadir dengan layar berpanel OLED Full HD+ besutan Samsung. Dengan demikian, kualitas warna yang ditampilkan tentu sangat tajam.

Perbedaan kedua smartphone ini hanya terletak di ukuran layar, Meizu 16 memiliki layar 6 inci, sedangkan Meizu 16 Plus punya layar 6,5 inci. Dua-duanya tidak memiliki notch sama sekali. 

Untuk bodi, Meizu 16 dan 16 Plus hadir dengan bodi yang tipis, dengan ketipisan hanya 7,3 mm. Bobotnya juga ringan, cuma 152 gram.

Spesifikasi Meizu 16 dan 16 Plus

Meizu 16. (Foto: Android Authority)

Seperti disebutkan di atas, Meizu 16 dan 16 Plus mengusung spesifikasi mumpuni.

Kedua smartphone ditopang dengan prosesor Snapdragon 845 dengan varian RAM 6GB dan 8GB. Adapun untuk memori internal (ROM) tersedia dalam pilihan 64GB dan 128GB. 

Menariknya, smartphone juga dilengkapi teknologi sistem pendingin yang ada di dalam perangkat.

Khusus bagi kamu para gamer yang hobi bermain gim mobile, pasti tak akan merasakan perangkat overheating karena sudah dilengkapi teknologi tersebut. 

Beralih ke sektor kamera, smartphone memiliki kamera utama ganda. Lensa pertama berukuran 12MP dengan sensor IMX380, sedangkan lensa kedua berukuran 20MP dengan sensor IMX350.

Untuk kamera selfie, lensanya berukuran 20MP dengan algoritma kecantikan besutan ArcSoft. Kamera selfie smartphone ini juga mampu menghasilkan foto selfie dengan efek bokeh.

Di atas kertas, Meizu 16 dan 16 Plus akan berjalan dengan OS Android Oreo dan antarmuka Flyme 7 UI.

Dan untuk urusan daya, Meizu 16 ditenagai baterai 3.010mAh, sementara Meizu 16 Plus memiliki daya lebih besar, yakni 3.640mAh. 

Smartphone juga akan didukung dengan komponen Qualcomm aptX dan Sony LDAC untuk membuat pengalaman mendengarkan musik lebih baik secara wireless.

 

Harga dan Ketersediaan

Meizu 16. (Foto: Android Authority)

Meizu 16

- RAM 6 GB + ROM 64GB: 2.698 Yuan (Rp 5,6 juta)

- RAM 6 GB + ROM 128GB: 2.998 Yuan (Rp 6,3 juta)

- RAM 8 GB + ROM 128GB: 3.298 Yuan (Rp 6,9 juta)

Meizu 16 Plus

- RAM 6 GB + ROM 64GB: 3.198 Yuan (Rp 6,7 juta)

- RAM 6 GB + ROM 128GB: 3.498 Yuan (Rp 7,3 juta)

- RAM 8 GB + ROM 128GB: 3.998 Yuan (Rp 8,4 juta)

(Jek/Isk)

Saksikan Video Pilihan Berikut Ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

MUI Janji Netral Meski Ma'ruf Amin Belum Mundur sebagai Ketum

Posted: 09 Aug 2018 10:21 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Ketua Umum Majelis Ulama Indonesia (MUI) Ma'ruf Amin resmi menjadi calon wakil presiden untuk mendampingi Joko Widodo atau Jokowi di Pilpres 2019. Meski begitu, MUI belum membicarakan tentang kemunduran Ma'ruf Amin.

"Belum dibicarakan," ucap Sekjen MUI Anwar Abbas saat dikonfirmasi, Jakarta, Jumat (10/8/2018).

Dia menuturkan, sampai sekarang, tidak ada wacana Ma'ruf Amin harus mundur atau tidak. "Belum (ada wacana tersebut)," kata Anwar Abbas.

Dia pun menegaskan, pihaknya akan tetap netral meski Ma'ruf Amin belum mundur. Komitmen untuk netral itu, lanjut dia, sudah menjadi prinsip MUI.

"Kalau masalah netralitas itu sudah menjadi prinsip MUI. MUI harus menjaga diri agar tetap netral," ujar Anwar Abbas.

 

Saksikan video pilihan di bawah ini:

Segudang Pengalaman

Presiden petahana Joko Widodo atau Jokowi resmi menggandeng Ma'ruf Amin sebagai calon wakil presiden yang akan mendampinginya di Pilpres 2019. Putusan itu didukung oleh sembilan parpol koalisi pendukung Jokowi, yaitu Partai Nasdem, Partai Hanura, Partai Golkar, PKB, PPP, PDIP, PSI, Perindo, dan PKPI. Meski pada akhirnya KPU mencoret PSI dan Perindo karena tidak ikut dalam Pemilu 2014.

Jokowi mengaku mempunyai sejumlah alasan menggandeng Ma'ruf Amin.

"Mungkin ada beberapa pertanyaan dari masyarakat luas, mengapa Ma'ruf Amin yang dipilih. Beliau adalah sosok utuh sebagai tokoh agama yang bekerja sama," ucap Jokowi dalam konferensi pers bersama 9 ketua umum parpol koalisi di kawasan Menteng, Jakarta, Kamis (9/8/2018).

Dia juga mengatakan, Ma'ruf merupakan sosok yang kaya pengalaman di sejumlah institusi legislatif dan pemerintahan. 

"Beliau sebagai anggota DPRD, DPR RI, MPR RI, dan Wantimpres," ucap Jokowi.

Dia juga menyampaikan, Ma'ruf juga menjadi ketua di PBNU. "Rais Aam PBNU dan juga Ketua MUI," ucap dia.

Dengan pengalamannya yang dimiliki Ma'ruf, Jokowi menilai Ma'ruf sosok yang tepat sebagai pendampingnya di Pilpres 2019.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Shopee Beri Klarifikasi Terkait Dugaan Pemukulan Young Lex

Posted: 09 Aug 2018 10:20 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Young Lex kembali menjadi perbincangan publik khususnya dikalangan K-Popers (sebutan penggemar K-Pop) Indonesia. Pria bertato itu batal bertemu dengan Lisa BLACKPINK karena kalimat tak senonohnya di media sosial.

Pada Kamis, (9/8/2018) Young Lex kembali membuat ramai warganet dengan mengunggah foto dirinya dengan keadaaan babak belur. Dalam keterangan, Young Lex mengaku dihajar oleh K-Popers dan pihak keamanan saat ingin datang ke acara Meet & Greet Lisa BLACKPINK yang diadakan pihak Shopee.

Namun, pengakuan Young Lex itu dibantah oleh pihak Shopee Indonesia. Pihak Shopee juga menegaskan tidak ada keributan yang disebabkan oleh K-Popers dan pihak kemananan selama acara berlangsung.

"Selama jalannya acara di dalam Kasablanka Hall alhamdulilah berjalan dengan lancar dan tidak ada insiden yg mencelakai sobat Shopee dan fans K-Pop di Indonesia," jelas Rezki Yanuar, Country Brand Manager Shopee saat dihubungi Liputan6.com, Jumat (10/8/2018).

Kondusif

Personil BLACKPINK Lisa menyapa para fans pada acara Meet Lisa from BLACKPINK di Kasablanka Hall, Kota Kasablanka, Jakarta, Kamis (9/8). Meet Lisa from BLACKPINK dalam rangka peresmian YG Official Shop di Shopee. (Liputan6.com/Herman Zakharia)

"Pada saat acara berlangsung ada tim dari Shopee yg sempat memantau ke beberapa lantai di dalam Kota Kasablanka untuk menemui fans dari Lisa BLACKPINK yang tidak bisa masuk ke dalam tempat acara, dikarenakan tidak memiliki undangan. Namun pada saat itu pun tidak ada kejadian yang tidak kita inginkan. Semua berlangsung kondusif," tambahnya.

 

Heran

Personil BLACKPINK Lisa berposes saat acara  Meet Lisa from BLACKPINK di Kasablanka Hall, Kota Kasablanka, Jakarta, Kamis (9/8). Meet Lisa from BLACKPINK dalam rangka peresmian YG Official Shop di Shopee. (Liputan6.com/Herman Zakharia)

Unggahan Young Lex ini sempat membuat banyak K-Popers merasa heran. Karena sebelumnya, Shopee sempat mengunggah foto beberapa aktris dan influencer Indonesia yang ikut meramaikan acara tersebut. Namun tidak ada foto Young Lex di sana.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

AHY Ikut Prabowo dan Sandiaga Salat Jumat di Masjid Sunda Kelapa

Posted: 09 Aug 2018 10:16 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Sebelum mendaftar ke Komisi Pemilihan Umum (KPU), bakal calon presiden Prabowo Subianto bersama calon wakil presiden Sandiaga Uno menjalankan ibadah salat Jumat di Masjid Sunda Kelapa, Jakarta Pusat, Jumat (19/8/2018).

Prabowo tiba sekitar pukul 11.30 WIB dengan mengenakan pakaian koko putih dan celana panjang berwarna cokelat.

Selang beberapa menit, Sandiaga pun hadir mengenakan pakaian koko putih. Prabowo didampimgi Ketua Dewan Kehormatan Partai Amanat Nasional (PAN) Amien Rais. Kedatangannya juga disambut sejumlah ulama seperti Sekretaris Jenderal Forum Umat Islam, Al Khaththath.

Prabowo disambut warga yang ada di masjid tersebut. Sesekali dia menyambut tangan warga yang memintanya untuk bersalaman. Dia pun langsung menuju ke dalam Masjid Sunda Kelapa untuk menunaikan salat Jumat.

Tampak semua ketua umum dan tokoh dari parpol pendukung, yaitu PAN dan PKS juga ikut salat di sana.

Tak berselang lama, Anies Baswedan dan Agus Harimurti Yudhoyono (AHY) ikut bergabung salat Jumat di Masjid Sunda Kelapa.

AHY mengatakan SBY tidak dapat salat di Sunda Kelapa. "SBY salat di tempat lain," ucapnya AHY.

Usai salat Jumat, AHY ikut ke KPU bersama rombongan Prabowo-Sandiaga. "Abis ini ke KPU bersama-sama, doakan ya," tandasnya AHY.

Saksikan video pilihan di bawah ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Jelang Prosesi Haji, Kemenag Terus Perketat Layanan untuk Jemaah

Posted: 09 Aug 2018 10:16 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Mendekati prosesi puncak haji, yaitu wukuf di Arafah, mabit di Muzdalifah, dan melontar jumrah di Mina (Armina), Kementerian Agama mulai memperketat pengawasan layanan.

Pengawasan layanan tersebut diantaranya layanan katering dan transportasi bagi jemaah calon haji. Pasalnya, menurut Direktur Pelayanan Haji Luar Negeri Sri Ilham Lubis, masing-masing penyedia juga melayani jumlah jemaah yang semakin besar setiap harinya.

"Pada fase puncak ini kita harus perketat pengawasan karena masing-masing penyedia melayani jemaah dengan jumlah tambah besar, sehingga pekerjaan jauh lebih berat lagi," ujar Sri Ilham, seperti dikutip dari laman www.kemenag.go.id, Jumat (10/8/2018).

Ia mencontohkan katering. Kata Sri, pada awalnya hanya melayani sepertiga kapasitas, namun sekarang penuh.

"Dari yang awalnya mereka menyiapkan setelah Subuh, sekarang lebih awal menjadi tengah malam," ucapnya.

Menurut Sri, tekhnik memasak sayuran menjadi penting, mengingat mudah basi. Selain itu, pihaknya juga terus mengingatkan jemaah calon haji agar makan tepat waktu.

"Kita beri edaran ke jemaah agar makan tepat waktu dan juga ke penyedia katering agar menyajikan makanan yang tidak mudah basi. Kita minta kepada katering hindari sayuran yang rentan basi misalnya buncis, sekali lagi pada saat peak season ini kita harus ekstra hati-hati," papar Sri.

 

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

 

Soal Transportasi

Sejumlah calon jemaah haji akan naik pesawat untuk berangkat menuju Tanah Suci.(Liputan6.com/Fajar Abrori)

Sementara dari segi transportasi, Sri mengaku pihaknya terus mengingatkan jemaah yang baru datang ke Makkah untuk melakukan umrah wajib bukan bertepatan dengan waktu salat.

"Agar tidak bersamaan dengan jemaah yang sudah tinggal di sini beberapa hari sebelumnya yang hendak salat di Masjidil Haram," kata dia.

Begitu pula, lanjutnya, dengan jemaah yang hendak melaksanakan salat di Masjidil Haram. Sri meminta agar datang lebih awal dan pulang agak akhir.

"Ya lebih baik berdzikir dulu di Masjidil Haram, seraya menunggu bus agak longgar," pungkas Sri.

Berdasarkan catatan dari Media Center Haji Daerah Kerja (MCH Daker) Bandara pada Kamis 9 Agustus 2018, sebanyak 397 kloter telah mendarat di Tanah Suci. Jumlah itu terdiri dari 159.602 jemaah dan 1.985 petugas.

Jumlah ini akan terus naik hingga pemberangkatan kloter terakhir ke Tanah Suci pada 15 Agustus 2018 mendatang.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Taiwan-RI Jajaki Kerja Sama Industri Perkapalan hingga Makanan

Posted: 09 Aug 2018 10:15 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Taiwan tengah menjajaki peluang kerja sama dengan Indonesia, khususnya di sektor manufaktur. Sektor yang potensial untuk dikolaborasikan, antara lain industri perkapalan, pengolahan logam, ICT & Smart City, dan teknologi bahan pangan.

Dirjen Ketahanan dan Pengembangan Akses Industri Internasional (KPAII) Kementerian Perindustrian (Kemenperin) I Gusti Putu Suryawirawan mengatakan,‎ kerja sama ini salah satunya bertujuan untuk memperkuat perekonomian kedua negara.

"Jika kita melihat dari neraca perdagangannya, Indonesia surplus terhadap Taiwan. Namun, masih ada kesempatan besar dalam meningkatkan neraca perdagangan kita dengan mengoptimalkan sumber daya industri sehingga dapat melengkapi satu sama lain," ujar dia dalam keterangan tertulis di Jakarta, Jumat (10/8/2018).

Pada 2017, total perdagangan kedua negara mencapai USD 7,4 miliar dan Taiwan berada di peringkat ke-11 sebagai mitra impor maupun ekspor perdagangan global Indonesia.

Sementara itu, jumlah investasi langsung Indonesia di Taiwan sebesar USD 32,2 miliar. Adapun, penanaman modal langsung Taiwan di Indonesia sekitar USD 397 juta menjadikan Taiwan sebagai investor urutan ke-14 terbesar Indonesia.

Putu mengungkapkan, para pelaku industri Taiwan didorong agar terus meningkatkan investasinya sekaligus bermitra dengan pengusaha di Indonesia. Dengan begitu, diharapkan Indonesia menjadi basis produksi baik untuk pasar domestik maupun internasional.

Tersedia Kawasan Industri

Bengkulu akan membangun kawasan industri baru yang teritegritas dengan pelabuhan dimulai bulan Desember 2017 (Liputan6.com/Yuliardi Hardjo)

Tersedianya kawasan industri terintegrasi, termasuk yang ada di luar Jawa, merupakan potensi investasi besar bagi Taiwan. Apabila dilihat dari potensi sektor manufaktur dengan karakteristik kawasanindustri, misalnya perusahaan perkapalan berpeluang untuk berinvestasi di kawasan industri JIIPE Gresik atau di Tenggamus.

Sedangkan, produsen pengolahan makanan dan bioteknologi, bisa beroperasi di kawasan industri Kendal, Batamindo atau Sei Mangkei.

"Lebih lanjut, kami juga mengajak kepada para perusahaan Taiwan yang ada di Indonesia untuk ikut berpartisipasi aktif mewujudkan peta jalan Making Indonesia 4.0 dalam upaya memasuki era ekonomi digital," tandas dia.

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Kalah dari Timnas Indonesia U-16, Malaysia: Pemain Kami Kelelahan

Posted: 09 Aug 2018 10:15 PM PDT

Liputan6.com, Sidoarjo - Malaysia gagal menghentikan langkah Timnas Indonesia U-16 di Piala AFF U-16 2018. Bertanding pada laga semifinal di Stadion Gelora Delta, Sidoarjo, Kamis (9/8/2018), Malaysia menyerah 0-1 dari Timnas U-16.

Kerja keras Malaysia hingga melaju ke semifinal AFF U-16 harus terbuang sia-sia akibat kehebatan Timnas Indonesia U-16. Padahal, anak asuh Raja Azlan Shah Raja So'ib itu sudah bersusah payah untuk sampai di semifinal.

Tergabung di Grup B bersama Thailand, Laos, Singapura, dan Brunei Darussalam, mereka pun harus menjalani laga yang cukup berat. Bahkan, petualangan awal mereka berakhir dengan kekalahan 1-2 dari Thailand. Untungnya, mereka mampu bangkit hingga mampu mempecundangi Brunei 6-1 dan Singapura 4-0. Pada duel hidup mati melawan Laos, mereka menang 1-0.

Namun, keberuntungan tak lagi memihak kepada Malaysia saat bersua dengan Timnas Indonesia U-16. Penalti Amiruddin Bagus Kahfi di menit ke-72 sudah cukup untuk mendepak tim Negeri Jiran itu dalam perjalanan menuju final AFF U-16.

"Pertandingan sulit dan tangguh. Kami sudah bertahan dengan baik dari serangan Indonesia yang sangat bagus. Mengenai gol penalti, saya rasa pemain kita sudah letih karena terus menerus digempur lawan, ada kesalahan komunikasi antara pemain belakang dan kiper kami. Tapi saya salut dengan daya juang para pemain kami," kata Azlan.

Minim Komunikasi

Timnas Indonesia U-16 masih memuncaki klasemen Grup A Piala AFF U-16 2018. (Twitter/ASEANFootball)

Hasil itu pun membuat Malaysia U-16 gagal mengikuti jejak seniornya di level U-19. Pasalnya, skuat U-19 mereka mampu menggondol gelar juara Piala AFF U-19 usai menaklukkan Myanmar 4-3. Kini, mereka hanya bisa memperebutkan peringkat ketiga dengan melawan Myanmar.

Sedangkan Timnas Indonesia U-16 kini berpeluang meraih trofi juara perdana di AFF U-16. Sebelumnya, pencapaian terbaik Timnas U-16 adalah jadi runner-up pada edisi 2013. Namun, mereka harus terlebih dulu melewati hadangan Thailand pada final di Gelora Delta, Sabtu (11/8/2018).

"Anak-anak tidak takut dan mereka memainkan permainan yang seperti biasanya. Hanya satu kesalahan dengan kurangnya komunikasi antara penjaga gawang dan para pemain belakang yang menghasilkan gol," Azlan menegaskan.

Jadwal Final Piala AFF U-16

Jadwal final Piala AFF U-16 2018

Thailand vs Timnas Indonesia U-16 di Stadion Gelora Delta Sidoarjo, pukul 19.00 WIB.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

FOTO: Hari Terakhir di Balai Kota, Sandiaga Peluk Erat Anies Baswedan

Posted: 09 Aug 2018 10:15 PM PDT

Wakil Gubernur DKI Jakarta Sandiaga Uno memeluk Gubernur Anies Baswedan saat menyampaikan surat pengunduran diri di Balai Kota, Jumat (10/8). Untuk diketahui, Sandiaga memutuskan untuk menjadi Cawapres Prabowo Subianto. (Liputan6.com/Herman Zakahria)

Wakil Gubernur DKI Jakarta Sandiaga Uno memeluk Gubernur Anies Baswedan saat menyampaikan surat pengunduran diri di Balai Kota, Jumat (10/8). Untuk diketahui, Sandiaga memutuskan untuk menjadi Cawapres Prabowo Subianto. (Liputan6.com/Herman Zakahria)

Wakil Gubernur DKI Jakarta Sandiaga Uno saat berpamitan dengan Gubernur Anies Baswedan seusai menyampaikan surat pengunduran diri di Balai Kota, Jumat (10/8). Sandiaga memutuskan untuk menjadi Cawapres Prabowo Subianto. (Liputan6.com/Herman Zakahria)

Wakil Gubernur DKI Jakarta Sandiaga Uno saat berpamitan dengan Gubernur Anies Baswedan seusai menyampaikan surat pengunduran diri di Balai Kota, Jumat (10/8). Sandiaga memutuskan untuk menjadi Cawapres Prabowo Subianto. (Liputan6.com/Herman Zakahria)

Gubernur dan Wakil Gubernur DKI Jakarta, Anies Baswedan dan Sandiaga Uno melakukan salam komando saat berpamitan di Balai Kota, Jumat (10/8). Untuk diketahui, Sandiaga memutuskan untuk menjadi Cawapres Prabowo Subianto. (Liputan6.com/Herman Zakahria)

Gubernur dan Wakil Gubernur DKI Jakarta, Anies Baswedan dan Sandiaga Uno melakukan salam komando saat berpamitan di Balai Kota, Jumat (10/8). Untuk diketahui, Sandiaga memutuskan untuk menjadi Cawapres Prabowo Subianto. (Liputan6.com/Herman Zakahria)

Gubernur dan Wakil Gubernur DKI Jakarta, Anies Baswedan dan Sandiaga Uno berfoto bersama usai  menyampaikan surat pengunduran diri di Balai Kota, Jumat (10/8). Sandiaga memutuskan untuk menjadi Cawapres Prabowo Subianto. (Liputan6.com/Herman Zakahria)

Gubernur dan Wakil Gubernur DKI Jakarta, Anies Baswedan dan Sandiaga Uno berfoto bersama usai menyampaikan surat pengunduran diri di Balai Kota, Jumat (10/8). Sandiaga memutuskan untuk menjadi Cawapres Prabowo Subianto. (Liputan6.com/Herman Zakahria)

Gubernur DKI Jakarta, Anies Baswedan memnberikan syal batik Betawi miliknya kepada Sandiaga Uno di Balai Kota, Jumat (10/8). Sandiaga mengundurkan diri sebagai wakil gubernur DKI untuk menjadi Cawapres Prabowo Subianto. (Liputan6.com/Herman Zakahria)

Gubernur DKI Jakarta, Anies Baswedan memnberikan syal batik Betawi miliknya kepada Sandiaga Uno di Balai Kota, Jumat (10/8). Sandiaga mengundurkan diri sebagai wakil gubernur DKI untuk menjadi Cawapres Prabowo Subianto. (Liputan6.com/Herman Zakahria)

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

VIDEO: Young Lex Babak Belur Dihajar Fans Lisa BLACKPINK

Posted: 09 Aug 2018 10:15 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Kontroversi sepertinya masih enggan meninggalkan nama Young Lex. Rapper yang terkenal akan berbagai sensasinya ini kembali menarik perhatian publik setelah mengunggah sebuah foto, di mana wajahnya tampak babak belur.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Ada Pendaftaran Capres dan Cawapres, IHSG Menguat 28,14 Poin

Posted: 09 Aug 2018 10:14 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Laju Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG) mampu bertahan di zona hijau pada perdagangan saham, Jumat (10/8/2018).

Pada penutupan sesi pertama Jumat pekan ini, IHSG naik 28,14 poin atau 0,46 persen ke posisi 6.093,40. Indeks saham LQ45 mendaki 0,57 persen ke posisi 965,63. Seluruh indeks saham acuan kompak menguat.

Sebanyak 205 saham menguat sehingga mengangkat IHSG. 139 saham melemah sehingga tahan penguatan IHSG. Sebanyak 121 saham diam di tempat. Total frekuensi perdagangan saham sekitar 191.191 kali dengan volume perdagangan 4 miliar saham.

Nilai transaksi harian saham Rp 3,2 triliun. Investor asing jual saham Rp152,81 miliar. Posisi dolar Amerika Serikat (AS) berada di posisi Rp 14.437.

Pada sesi pertama, IHSG sempat berada di level tertinggi 6.107,69 dan terendah 6.081,09. Sebagian besar sektor saham menguat kecuali sektor saham pertanian turun 1,49 persen, dan catatkan penurunan terbesar serta sektor saham aneka industri melemah 0,69 persen.

Sektor saham konstruksi menguat 1,1 persen, dan bukukan penguatan terbesar. Disusul sektor saham keuangan menguat 0,85 persen dan sektor saham barang konsumsi mendaki 0,53 persen.

Saham-saham yang bukukan penguatan terbesar antara lain saham FILM naik 24,49 persen ke posisi 610 per saham, saham YPAS melonjak 23,81 persen ke posisi 910 per saham, dan saham MAPA menanjak 20,91 persen ke posisi 4.510 per saham.

Sementara itu, saham-saham yang tertekan antara lain saham TFCO melemah 22,67 persen ke posisi 580 per saham, saham RIGS merosot 9,24 persen ke posisi 432 per saham, dan saham SIPD susut 6,69 persen ke posisi 1.115 per saham.

Bursa Asia sebagian besar tertekan. Indeks saham Hong Kong Hang Seng naik 0,46 persen. Sementara itu, indeks saham Korea Selatan Kospi melemah 0,76 persen, indeks saham Jepang Nikkei susut 0,68 persen, indeks saham Thailand tergelincir 0,60 persen.

Selain itu, indeks saham Shanghai susut 0,18 persen, indeks saham Singapura turun 1,22 persen, dan catatkan penurunan terbesar, serta indeks saham Taiwan tergelincir 0,33 persen.

Penguatan IHSG ini terjadi di tengah ada sentimen pendaftaran calon presiden dan calon wakil presiden yang akan mendaftar untuk Pilpres 2019 di Komisi Pemilihan Umum (KPU). Pada Pilpres 2019 ini pun ada dua pasangan capres dan cawapres.

Presiden petahana Joko Widodo (Jokowi) memilih Ma'ruf Amin sebagai calon wakil presiden (cawapres) 2019. Sedangkan Prabowo Subianto memilih Sandiaga Uno sebagai calon wakil presiden (cawapres) 2019.

 

Prediksi Analis

Karyawan memerhatikan pergerakan Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG) di Mandiri Sekuritas, Jakarta, Selasa (30/5). (Liputan6.com/Angga Yuniar)

Sebelumnya, gerak Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG) berpotensi menguat pada perdagangan saham jelang akhir pekan ini. Sentimen politik dan data ekonomi akan pengaruhi laju IHSG.

Analis PT Indosurya Sekuritas, William Suryawijaya mengatakan, pergerakan IHSG masih akan dipengaruhi sejumlah hal. Pertama, aliran dana investor asing yang belum signifikan mengalir ke pasar saham. Selain itu, nilai tukar rupiah terhadap dolar Amerika Serikat (AS) masih bergejolak, fluktuasi harga komoditas, dan rilis neraca pembayaran akan pengaruhi IHSG.

"IHSG akan bergerak di kisaran 5.841-6.157," ujar William, dalam ulasannya.

Sedangkan riset PT Artha Sekuritas juga menyebutkan, IHSG berpotensi melemah. IHSG akan melemah usai gagal tembus level resistance psikologis di posisi 6.100. Posisi IHSG juga mengindikasi ada aksi ambil untung dan investor menanti rilis neraca pembayaran.

Analis dari Asosiasi Analis Efek Indonesia, Reza Priyambada menuturkan, pelaku pasar akan wait and see lantaran ada sentimen politik. Ini seiring ada pengumuman pasangan calon presiden dan wakil presiden 2018. Presiden petahana Joko Widodo atau Jokowi akhirnya memutuskan gandeng Ma'ruf Amin sebagai calon wakil presiden yang akan dampingi pada Pilpres 2019.

"Apapun sentimen gerakkan pasar dimanfaatkan pelaku pasar untuk beli dan jual. Pencalonan presiden dan wakil presiden dengan Jokowi memilih Ma'ruf Amin juga di luar perkiraan kita. Ini yang masih dipertanyakan Ma'ruf Amin sudah berumur. Pertimbangan pelaku pasar masih wait and see," ujar Reza saat dihubungi Liputan6.com, Jumat (10/8/2018).

Ia menilai, sosok Ma'ruf Amin diharapkan dapat meredam sentimen isu sara pada Pilpres 2018. Namun, sosok Ma'ruf Amin menurut Reza juga menuai pro dan kontra. Oleh karena itu, Reza prediksi, pelaku pasar juga berpeluang realisasikan keuntungan di pasar saham. "Usai euforia. Kini pencapresan antisipasi dengan aksi ambil untung," kata dia.

Reza perkirakan IHSG akan bergerak di kisaran support 6.068-6.082 dan resistance di kisaran 6.120-6.132.

Kepala Riset PT Narada Kapital Indonesia, Kiswoyo Adi Joe menuturkan, IHSG berpeluang naik menyambut akhir pekan ini. Kiswoyo menilai belum ada sentimen baik internal dan eksternal pengaruhi IHSG.

"IHSG akan bergerak di kisaran support 6.000 dan resistance 6.200. Level psikologis IHSG di kisaran 6.000," ujar Kiswoyo saat dihubungi Liputan6.com.

 

Saksikan video pilihan di bawah ini:

 

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Intip Anmer Hall, Tempat Liburan Kedua Pangeran William dan Kate Middleton di Rumah Sendiri

Posted: 09 Aug 2018 10:14 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Sangat jarang sekali melihat Pangeran William dan Kate Middleton berlibur bersama keluarganya. Setelah menghabiskan beberapa minggu di Mustique, Pangeran William dan Kate Middleton melakukan libur paruh kedua mereka di Norfolk, Inggris.

Di sana, The Duke dan Duchess memiliki rumah pedesaan yang dikenal sebagai Anmer Hall. Dijadwalkan Pangeran William dan Kate Middleton akan tinggal bersama anak-anak mereka di sana selama waktu libur di bulan Agustus. Seperti apa rumah Pangeran William dan Kate Middleton? Apakah semewah Istana Buckingham?

 

Diberikan oleh sang Ratu

Sejarawan kerajaan Ceper Smith menuturkan bahwa Pangeran William perjalanan dari dan menuju Prancis melalui stasiun Angkatan Udara Kerajaan Marham, Norfolk, Inggris.

Di Norfolk, Pangeran William beserta keluarga pergi menuju Anmer Hall yang terletak di Queen's Sandringham Estate, tempat di mana keluarga kerajaan sering merayakan Natal. Rumah inipun diberikan kepada Pangeran William dan Kate Middleton setelah pernikahan mereka oleh sang Ratu.

Pasangan ini pernah tinggal dalam kurun waktu yang cukup lama setelah kelahiran Putri Charlotte pada 2015. Kala itu, Pangeran William sendiri masih bekerja dengan East Anglian Air Ambulance.

 

Liburan santai

Rumah ini sendiri memiliki kolam renang, lapangan tenis pribadi, dan 10 kamar tidur. Menurut Hello! kawasan Anmer Hall merupakan zona terlarang untuk penerbangan. Sehingga bisa dipastikan Keluarga Cambridge bisa bersantai dengan tenang.

Liburan mereka di Norfolk tidak akan seperti liburan tropis di Mustique, Karibia. Penginapan di Anmer Hall jauh lebih kecil dibandingkan Istana Buckingham. Namun tempat ini akan membuat liburan keluarga Cambridge menjadi begitu nyaman dan santai karena jauh dari hiruk pikuk kota.

Anak-anak akan bermain di halaman, sementara Kate Middleton akan melakukan seni dan beragam kerajinan. Meski demikian, keluarga ini diharapkan dapat mengunjungi sang Ratu di Balmoral Castle, Skotlandia. Ini merupakan tradisi sebagai anggota keluarga kerajaan.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Berburu Mobil Rp 200 Jutaan di GIIAS 2018, Apa Saja Pilihannya?

Posted: 09 Aug 2018 10:06 PM PDT

Liputan6.com, Tangerang - Bagi Anda yang sedang berburu mobil baru dengan harga Rp 200 jutaan, Anda bisa mengunjungi Gaikindo Indonesia International Auto Show (GIIAS) 2018 di ICE, BSD. Beragam pilihan tersaji mulai dari Low MPV hingga kompak SUV 7-seater.

Namun jika Anda ingin membeli jenis kompak SUV, ada beberapa pilihan di rentang harga itu. Sebut saja DFSK Glory 1.8 MT yang dibanderol Rp 245,9 juta. Kemudian dari Toyota Rush yang harganya mulai dari Rp 239 juta hingga Rp 260 jutaan.

Nah, sementara kalau dari saudaranya, Daihatsu Terios ditawarkan di rentang harga Rp 195 juta hingga Rp 248 jutaan. Pilihan lainnya pun ada. Honda BR-V mulai ditawarkan seharga Rp 236 juta.

Biasanya mereka getol memberi promo dan diskon lebih, menjelang penutupan dan akhir pekan GIIAS 2018. Anda bisa memanfaatkannya dan jangan mudah tergiur. Bandingkan, mana yang paling realistis value yang ditawarkan oleh tenaga penjual. Sebab, komparasi harga sangat penting.

 

Selanjutnya

Wuling Cortez 1.5 L baru diperkenalkan di IIMS 2018 (Liputan6.com/Yurike)

Selanjutnya, di segmen LMPV pun tak kalah membuat tingkat kegalauan bertambah. Pilihannya banyak dan harganya pun beda tipis. Anda bisa mendapatkan kendaraan seperti Mitsubishi Xpander mulai dari varian terendah, hingga Ultimate seharga Rp 255,4 juta.

Wuling, pabrikan Cina ini paling berani 'merusak' harga pasaran dengan banderol miring. Anda bisa membeli Cortez 1.5 type C sekitar Rp 203 juta. Sementara untuk varian mesin 1.8 liter ditawarkan mulai Rp 218 jutaan hingga Rp 260 jutaan.

Ada pula Suzuki Ertiga generasi kedua. Mobil ini juga banyak diincar orang. Beberapa konsumen yang tak mau menunggu inden lama, bisa tengok Ertiga. Harganya dimulai dari Rp 200 jutaan (varian GL M/T) hingga varian termahal Rp 233 juta tipe GX AT.

Nissan juga punya LMPV yang dijual Rp 200 jutaan, Grand Livina. Model ini dibanderol mulai Rp 221,8 juta hingga Rp 262,4 juta on the road Jakarta. Sebetulnya masyarakat cukup antusias dengan kedatangan Xpander versi Nissan yang digadang sebagai generasi lanjutan Livina. Jadi, model sekarang kurang dilirik konsumen.

Kalau Toyota, punya banyak pilihan. Misal Avanza varian 1.3 E AT dihargai Rp 202,1 juta hingga 1.5 Veloz AT Rp 239 juta. Lanjut Sienta yang dijual mulai Rp 234 juta. Honda punya Mobilio. Varian E MT Rp 215 juta, hingga termahal RS CVT Two Tone Rp 248,5 juta. Dan terakhir Daihatsu Xenia R AT Custom dibanderol Rp 215 juta. Silakan telaah mana harga yang paling pas buat kantong Anda.

Sumber: Oto.com

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Top 3: Meme Lucu Jenderal Kardus

Posted: 09 Aug 2018 10:00 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Pada Kamis, (9/8/2018), menjadi momen pengumuman calon presiden berserta wakilnya untuk Pilpres 2019 mendatang. Kehebohan politik ini sebelumnya ditambah dengan viralnya Jenderal Kardus di jejaring sosial.

Ternyata sebutan jenderal kardus itu ditujukkan kepada Ketua Umum Partai Gerindra, Prabowo Subianto yang mencalonkan diri sebagai Presiden.

Sebutan jenderal kardus dituliskan Wakil Sekjen Partai Demokrat, Andi Arief  dalam Twitter pribadinya karena kecewa dengan manuver politik Prabowo dalam memilih cawapres.

Artikel tentang meme lucu Jenderal Kardus menjadi yang paling terpopuler di kanal Citizen6, Liputan6.com.

Disusul dengan artikel kedua terpopuler yakni sembilan potret lawas selebritas jadi model sampul majalah jadul. Sementara artikel ketiga terpopuler yakni hebohnya Jenderal Kardus bikin Gibran dompleng kardus baru markobar.

Berikut Top 3 Citizen6:

1. Ramai Jenderal Kardus di Jejaring Sosial, Warganet Malah Bikin Meme Lucu

(Foto rangkuman dari berbagai sumber)

Suasana politik di Indonesia jelang Pilpres 2019 kini sedang dihebohkan dengan kemunculan Jenderal Kardus. Hal ini terjadi karena cuitan dari Twitter Wakil Sekjen Partai Demokrat Andi Arief.

Tulisan Jenderal Kardus itu ternyata ditujukan kepada Ketua Umum Partai Gerindra Prabowo Subianto. Alhasil warganet justru menanggapi kehebohan politik itu dengan meme lucu Jenderal Kardus.

Selengkapnya..

Saksikan Video Pilihan di Bawah ini:

2. Bikin Pangling, 9 Potret Lawas Selebritas Jadi Model Majalah Jadul

(Foto: Majalahmode via Kapanlagi.com)

Sebelum ada jejaring sosial seperti sekarang ini, banyak artis justru terkenal karena menjadi model sampul majalah. Ya, memang majalah pernah menjadi salah satu media yang digandrungi banyak orang pada zaman jadul.

Tak sedikit artis dan selebritas jadul yang namanya terkenal hingga saat ini karena diangkat namanya dari majalah. Penasaran bagaimana wujud para selebritas jadi model sampul majalah jadul? Berikut potretnya.

Selengkapnya..

3. Heboh Jenderal Kardus, Gibran Dompleng Promosi Kardus Baru Markobar

Putra Presiden Joko Widodo atau Jokowi, Gibran Rakabuming dan Kaesang Pangarep menunjukkan kemasan kuliner Sang Pisang dan Markobar saat launching outlet baru di Cikini, Jakarta, Minggu (11/3). (Liputan6.com/Immanuel Antonius)

Jejaring sosial Twitter kemarin lalu diramaikan dengan perbincangan jenderal kardus. Perbincangan tersebut bermula ketika Wasekjen Demokrat Andi Arief melalui akunnya dengan nama @AndiArif_ membuat twit mengenai jenderal kardus.

Ramainya perbincangan jenderal kardus, ternyata dimanfaatkan Gibran Rakabuming yang ikut mempromosikan kardus terbaru bisnis kulinernya, Markobar.

Selengkapnya..

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Bantu Korban Gempa Lombok, Korea Selatan Kirim Dana Darurat Rp 7,2 Miliar

Posted: 09 Aug 2018 10:00 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Pemerintah Korea Selatan memberikan dana miliaran rupiah kepada Palang Merah Indonesia (PMI) untuk membantu korban gempa Lombok, yang terjadi pada Minggu 5 Agustus 2018. Bencana itu menyebabkan ratusan orang tewas, ribuan lainnya terluka, dan merusak berbagai bangunan di sejumlah lokasi.

Menurut Duta Besar Korea Selatan untuk Indonesia, Kim Chang-beom, dana yang diberikan kepada PMI merupakan bantuan darurat untuk proses rehabilitasi di Lombok pasca-gempa.

"Saya mewakili pemerintah Korea Selatan, ingin memberikan bantuan dana darurat kepada PMI sebesar US$ 500 ribu atau setara dengan Rp 7,2 miliar kepada PMI," ujar Dubes Kim Chang-beom saat menyampaikan sambutannya di Markas Pusat PMI di Jakarta, Jumat (10/8/2018) pagi.

"Kami berharap dana ini bisa membantu masyarakat usai gempa Lombok yang sudah beberapa kali terjadi," tambahnya.

Bagi Dubes Kim Chang-beom, Indonesia adalah sahabat terdekat Korea Selatan. Pihaknya akan selalu membatu apabila ada teman yang mengalami kesulitan.

"Teman sejati adalah mereka yang selalu membantu sahabatnya dalam kondisi sulit. Jadi kami berharap agar masalah di Lombok dapat segera teratasi," jelas Dubes Kim Chang-beom.

Bantuan Terbesar kepada PMI untuk Gempa Lombok

Penyerahan bantuan gempa Lombok secara simbolis ini diberikan kepada Plh. Ketua Umum Palang Merah Indonesia, Ginandjar Kartasasmita.

"Ini adalah bantuan terbesar yang diberikan oleh satu sumber kepada PMI terkait gempa Lombok," ujar Ginandjar.

"Sejauh ini sudah sejumlah bantuan yang masuk. Tak hanya dari negara-negara sahabat tetapi juga dari warga lokal turut memberi bantuan," tambahnya.

Saat ditanya apakah dana bantuan sudah cukup bagi merehabilitasi seluruh korban dan kerusakan gempa Lombok, Ginandjar mengatakan, "Belum. Sebab, akan ada saja hal yang kurang ketika sudah melihat kondisi di lapangan," jelasnya.

 

Simak video pilihan berikut:

Warga Korsel Turut Terdampak Gempa Lombok

Para turis berdiri di dek kapal saat dievakuasi dari Gili Trawangan ke Pelabuhan Bangsal, Lombok Utara, NTB, Selasa (7/8). Ribuan turis asing dievakuasi dari Gili Trawangan setelah gempa Lombok. (ADEK BERRY/AFP)

Dalam keterangannya, Dubes Korea Selatan Kim Chang-beom juga menjelaskan bahwa ada warganya yang berada di lokasi saat gempa Lombok terjadi.

"Ada sekitar 80 orang warga Korsel yang berada di Lombok saat gempa terjadi. Kebanyakan dari mereka kala itu ada di pulau Gili," jelas Dubes Kim Chang-beom di Markas Pusat PMI di Jakarta, Jumat 10 Agustus 2018.

"Meski demikian, pemerintah Indonesia dibantu oleh TNI telah melakukan evakuasi kepada warga kami," tambahnya.

Palang Merah China Gelontorkan Dana Bantuan

Palang Merah China memberikan bantuan dana kemanusiaan se Besar US$ 100 atau setara dengan Rp 1,4 miliar kepada PMI. Bantuan ini di sampaikan Duta Besar China kepada Wakil PMI Indonesia (Liputan6.com/Teddy Tri Setio Berty)

Sebelumnya, lewat kantor perwakilan di Jakarta, Kedutaan Besar China juga memberikan bantuan dana kemanusiaan terkait gempa Lombok.

Menurut Duta Besar China untuk Indonesia Xiao Qian, gempa Lombok yang terjadi beberapa waktu lalu adalah bencana besar yang menyebabkan kerugian serius dan menelan banyak korban.

"Pemerintah China menaruh perhatian besar pada masyarakat Indonesia yang menjadi korban bencana tersebut," ujar Dubes Xiao Qian saat menyampaikan sambutannya di Markas Pusat PMI Jakarta, Rabu 8 Agustus 2018.

"Sebelumnya Presiden China Xi Jinping telah menyampaikan rasa belasungkawanya kepada Presiden RI Joko Widodo. Begitu pula dengan Menteri Luar Negeri China Wang Yi yang sudah menyampaikan pesan serupa ke Menlu Retno," tambahnya.

Bantuan yang disampaikan oleh Dubes Xiao Qian ini merupakan sumbangan dari Palang Merah China kepada PMI. Bantuan dana yang diberikan senilai US$ 100 ribu atau setara dengan Rp 1,4 miliar.

"Bantuan dana ini diberikan oleh Palang Merah China kepada PMI. Tak hanya itu kami dari Kedubes China juga memberikan bantuan lain berupa bahan-bahan yang diperlukan oleh warga di lokasi penampungan," jelas Dubes Xiao Qian.

"Bantuan barang-barang itu berupa 2.000 buah kain terpal, 2.000 buah matras dan 5.000 buah selimut untuk PMI. Di samping itu kami juga menyumbang kebutuhan lain seperti obat-obatan dan peralatan bayi," tambahnya.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

3 BUMN Sinergi Bangun Kawasan Wisata Pantai Ujung Genteng Sukabumi

Posted: 09 Aug 2018 10:00 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta
Dalam rangkaian kunjungan kerjanya ke Kabupaten Sukabumi bagian selatan, Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Rini Soemarno turut mengunjungi kawasan wisata Pantai Ujung Genteng di Sukabumi, Jawa Barat.
 
Di lokasi ini, Rini meninjau Tempat Pelelangan Ikan (TPI) dan kondisi MCK yang kondisinya masih membutuhkan perbaikan.
 
"Ternyata Ujung Genteng ini kawasan wisatanya belum ada MCK yang layak. Lalu ada TPI yang cukup bagus dan rapi tapi mereka mengeluhkan selokannya ingin diperbaiki karena seringkali banjir. Untuk itu kami bersama Bank Mandiri, BRI dan Jasindo ke sini untuk menyalurkan bantuan," kata Rini dalam keterangannya, Jumat (10/8/2018).
 

 
Pada kesempatan ini, Bank Mandiri membantu revitalisasi dan branding TPI senilai Rp 150 juta, serta bantuan pembangunan instagrammable area di lokasi wisata Ujung Genteng senilai Rp 150 juta.
 
Tak hanya itu, BRI juga turut membantu pembangunan MCK di area Pantai senilai Rp 50 juta. Terakhir, Jasindo memberikan bantuan satu unit kapal nelayan  senilai Rp 100 juta.
 
Rini berharap bantuan tersebut dapat meningkatkan daya tarik kawasan wisata Ujung Genteng sekaligus meningkatkan produktivitas nelayan setempat. 
 
Ke depan, Rini pun akan mendorong BUMN untuk lebih aktif lagi dalam pemberdayaan jangka panjang  masyarakat Ujung Genteng dan sekitarnya.
 
"Saya melihat mungkin bisa meningkatkan kesejahterahan nelayan di sini dengan membantu kampung nelayan. Mungkin bisa dibantu oleh bank Mandiri dan bersinergi dengan BUMN lain. Kami akan jajaki kemungkinannya, karena tujuannya bagaimana BUMN bisa meningkatkan kehidupan masyarakat," ungkap Rini.
 
Turut hadir mendampingi Menteri Rini seperti Sekretaris Kementerian BUMN Imam Apriyanto, Deputi Bidang Usaha Industri Agro dan Farmasi Kementerian BUMN Wahyu Kuncoro, Staf Khusus V Parman Nataatmadja, Staf Khusus III Wianda Pusponegoro, Direktur Utama BNI Achmad Baiquni, Direktur Utama PTPN III Holding Dolly Pulungan dan sejumlah direksi dari Mandiri, Pertamina, BRI, Jasindo, Telkom dan Telkomsel.
 
 

Menteri Rini Ingin Petani Sukabumi Penggarap Lahan BUMN Sejahtera

Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Rini Soemarno melakukan kunjungan kerja ke Sukabumi bagian Selatan. (Dok Kementerian BUMN)

Dalam kunjungan kerjanya ke Sukabumi bagian Selatan, Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Rini Soemarno kembali mendorong peran perusahaan negara dalam pemberdayaan petani setempat. Dengan begitu, Rini berharap kesejahteraan hidup para petani bisa semakin meningkat.

Hal itu diungkapkan Rini usai menyaksikan penandatanganan Nota Kesepahaman tentang kerja sama penggunaan lahan antara PT Perkebunan Nusantara VIII dengan tiga kelompok tani di Cikaso, Sukabumi pada Kamis ini.

"Saya apresiasi kerja sama antara masyarakat dengan BUMN perkebunan ini. Beberapa bulan lagi saya akan kembali untuk cek langsung hasil cocok tanamnya," kata Rini dikutip dari keterangan tertulis, Kamis (9/8/2018).

Tiga kelompok tani dimaksud yakni Yayasan Ngarumpat Lembut (Ngalem), Kelompok Tani Blok Cayur, dan Kelompok Petani Cikaso Jaya. Ketiganya akan mendapatkan akses penggunaan lahan secara gratis di perkebunan Cikaso milik PTPN VIII.

PTPN VIII, Yayasan Ngalem dan Kelompok Tani Blok Cayur akan bekerjasama di kebun Bagjanegara untuk menanam Nilam. Selain itu, mereka pun akan bersinergi untuk melakukan pelatihan dan konservasi di daerah Kebun Bagjanegara. Sementara dengan Petani Cikaso Jaya, PTPN VIII akan bersinergi menanam Palawija dan Kayu.

Kerja sama tersebut bertujuan untuk memudahkan akses lahan bercocok tanam bagi petani sekitar perkebunan milik PTPN VIII.

"PTPN VIII menyediakan lahan dan bibit untuk dikelola kelompok tani tersebut. Diharapkan upaya ini dapat memberikan dampak ekonomi bagi masyarakat sekitar," ujar Rini.

 

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Pilihan Tempat Menginap David Beckham Saat Liburan di Sumba

Posted: 09 Aug 2018 10:00 PM PDT

Liputan6.com, Kupang - Mantan pemain sepak bola dunia David Beckham berkunjung ke hotel terbaik di dunia Nihiwatu versi majalah Travel+Leisure yang berada di Kabupaten Sumba Barat, Nusa Tenggara Timur, sekaligus menginap di hotel tersebut.

Bupati Sumba Barat Agustinus Niga Dapawole kepada wartawan di Kupang, Kamis, 9 Agustus 2018, mengatakan bahwa mantan pemain Manchester United tersebut tiba di Bandara Tambolaka, Sumba Barat Daya, pada Kamis siang.

"Iya benar, Beckham bersama seluruh keluarganya saat ini menginap di Nihiwatu," katanya, dilansir Antara.

Keberadaan David Beckham bersama keluarganya di Sumba Barat itu diketahui setelah sejumlah foto yang beredar di media sosial menunjukkan bahwa mantan pemain Timnas Inggris itu berada di Bandara Tambolaka.

Hal tersebut juga diakui oleh Ketua Komisi V DPR RI Fary Djemi Francis yang berkesempatan berkunjung ke hotel terbaik dunia itu pun mengaku bahwa dirinya sudah sempat bertanya kepada Manager Hotel Nihiwatu Chris soal keberadaan David Beckham.

Namun, ia mengaku tak diizinkan untuk bertemu dengan mantan pesepak bola dunia itu karena sudah masuk dalam kawasan privasi. Manajer Hotel Nihiwatu Chris mengatakan bahwa dirinya tak bisa menunjukkan keberadaan David Beckham bersama keluarganya karena menyangkut privasi tamunya.

"Mereka datang ke sini karena membutuhkan privasi. Ini yang menjadi nilai jual kami, sehingga kami tidak bisa mempertemukan dirinya dengan bapak-bapak semua," tambahnya.

Fary berharap kedatangan David Beckham ke Sumba dapat membuat kawasan wisata itu semakin dikenal dunia. Maka itu, ia meminta agar infrastruktur jalan ke hotel tersebut menjadi perhatian utama dari pemerintah.

Saksikan video pilihan berikut ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Penghujung Latihan Gabungan, Calon Paskibraka 2018 Ramai-ramai Kejar Pelatih Muda Ini

Posted: 09 Aug 2018 10:00 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Di penghujung latihan gabungan pada Kamis (9/8/2018), tiba-tiba para Calon Paskibraka 2018 mengejar salah seorang pelatih yang akrab mereka sapa, Kak Teguh. Mereka "mengotori" wajah sang pelatih tersebut dengan kue, untuk kemudian diangkat beramai-ramai oleh para Capaska.

Adapun, kue tersebut awalnya untuk merayakan ulang tahun dirijen yang nantinya akan bertugas memimpin marching band di Istana Merdeka, Suyatno, yang akan melakukan tugas dirijennya di perayaan 17 Agustus terakhirnya sebelum pensiun.

Namun, "sisa-sisa" kue tersebut digunakan untuk merayakan ulang tahun salah seorang pelatih Calon Paskibraka.

Kapten Infanteri Teguh Widakdo sendiri berulang tahun yang ke- 30 tahun tepat di Kamis, 9 Agustus 2018. Dia sendiri awalnya hanya mengira bahwa perayaan tersebut hanya untuk Suyatno. 

Di penghujung latihan gabungan pada Kamis (9/8/2018), pelatih Paskibraka 2018, Kapten Infanteri Teguh Widakdo merayakan ulang tahunnya yang ke-30 (Foto: M Fajri Erdyansyah)

Namun, seketika, ia dikejar oleh para Calon Paskibraka ketika salah seorang dari mereka berteriak: "Kejar, Kak Teguh!"

"Kaget saya, kaget sekali saya. Saya kira cuma Kompol (Suyatno) tadi, ternyata ada yang tahu saya ulang tahun. Saya sudah diam-diam," ujar Teguh kepada Diary Paskibraka. Wajah dan seragamnya dipenuhi keringat dan kue cokelat.

"Akhirnya saya lari, ketangkap juga. Satu lawan delapan puluh orang kalah saya," ujar Teguh sambil masih terengah-engah karena habis berlari.

Simak juga video menarik berikut ini:

Harapan Kak Teguh

Di penghujung latihan gabungan pada Kamis (9/8/2018), pelatih Paskibraka 2018, Kapten Infanteri Teguh Widakdo merayakan ulang tahunnya yang ke-30 (Foto: M Fajri Erdyansyah)

Teguh sendiri berharap dirinya ingin tetap melaksanakan tugas dinasnya dengan lebih baik. Khususnya, ketika perayaan Hari Kemerdekaan 17 Agustus nanti di Istana Merdeka.

"Yang jelas dapat menjalankan dengan baik, sukses, lancar," kata Teguh.

Sementara untuk dirinya sendiri dia hanya ingin menjadi seorang pribadi yang baik, serta menjadi pemimpin baik di keluarganya dan juga dalam menjalankan tugas dinasnya.

"Salam buat istri saya, rencana mau datang tapi enggak jadi datang. Ya terima kasih ucapannya," kata Teguh.

Sang istri sendiri saat ini bermukim di Jakarta. Keduanya masih menunggu untuk dikaruniai buah hati.

Di penghujung latihan gabungan pada Kamis (9/8/2018), pelatih Paskibraka 2018, Kapten Infanteri Teguh Widakdo merayakan ulang tahunnya yang ke-30 (Foto: M Fajri Erdyansyah)

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Coutinho Ganti Nomor Punggung di Barcelona

Posted: 09 Aug 2018 10:00 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Gelandang Barcelona, Philippe Coutinho, bakal berganti nomor punggung di musim 2018/19. Coutinho meninggalkan nomor 14 dan akan mengenakan kostum dengan nomor punggung 7.

Coutinho bergabung dengan Barca pada Januari yang lalu. Ketika itu, pemain asal Brasil itu memakai nomor 14, yang merupakan nomor legendaris karena pernah dipakai oleh Johan Cruyff.

Dengan memakai nomor 14, Coutinho tampil cukup bagus untuk Barca. Pemain berusia 26 tahun tersebut mampu mencetak delapan gol di La Liga dari 18 penampilan. Coutinho mengantar Barca juara La Liga dan Copa del Rey.

Terakhir, sosok yang memakai nomor punggung 7 di Barca adalah Arda Turan. Kiprah pemain asal Turki bersama Blaugrana boleh dibilang tidak begitu apik. Turan sudah tidak lagi bermain untuk Barca pada musim ini. Sebelum Turan, ada David Villa, Henrik Larsson, Eidur Gudjohnsen, Perdo dan beberapa pemain lain yang memakai nomor 7.

Legenda Barcelona, Charly Rexach, juga pernah memakai nomor punggung 7. Selain itu, pemain kontroversial Luis Figo juga pernah memakai nomor 7. Ada pula Alfonso Perez dan Javier Saviola yang memakai nomor 7 jauh sebelum Coutinho.

 

Griezmann

Philippe Coutinho menyumbangkan satu gol, sekaligus membawa timnas Brasil menang 2-0 atas Kosta Rika pada laga kedua Grup E Piala Dunia 2018, di Krestovsky Stadium, Jumat (22/6/2018) malam WIB. (AFP/CHRISTOPHE SIMON)

Sejatinya, Barca sudah punya sosok yang disiapkan memakai nomor 7 dan itu bukan Coutinho. Barca menyiapkan nomor itu untuk Antoine Griezmann. Akan tetapi, pemain asal Prancis itu telah memutuskan bertahan di Atletico Madrid.

Padahal, Barca sempat dikabarkan sudah dekat untuk bisa memboyong Griezmann ke Camp Nou dan menyiapkannya nomor 7, yang dipakai Griezmann di Atletico dan timnas Prancis.

Sumber Bola.net

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Perasaan Kiper Borneo Gagal Perkuat Timnas Indonesia di Asian Games 2018

Posted: 09 Aug 2018 10:00 PM PDT

Liputan6.com, Gianyar - Panitia penyelenggara Asian Games 2018 (Inasgoc) merilis daftar nama pemain cabang olahraga sepak bola, termasuk di dalamnya skuat Timnas Indonesia U-23 Jumat (10/8/2018) pagi WIB. Dari 20 pemain yang didaftarkan, nihil nama Muhammad Ridho Djazulie, kiper Borneo FC.

Bersama Andritany Ardhiyasa (kiper), Stefano Lilipaly (Gelandang), dan Alberto Goncalves (penyerang), Ridho merupakan pemain senior di Timnas Indonesia U-23. Jumlah tersebut surplus satu. Sebab, hanya tiga pemain non U-23 yang boleh didaftarkan di Asian Games 2018.

Pelatih Timnas Indonesia U-23, Luis Milla Aspas diduga lebih mengorbankan Ridho dibanding tiga pemain senior lainnya. Sebab di pos penjaga gawang, arsitek asal Spanyol itu punya dua kiper. Selain Andritany, ada pula kiper muda Awan Setho Raharjo.

Mulai menghuni skuat Timnas Indonesia U-23 pada pemusatan latihan (training center) sejak Mei lalu, Ridho memang harus bersaing dengan Andritany, yang notabene kiper utama Timnas Indonesia di level senior sepeninggal Kurnia Meiga. Lepas dari Andritany, kiper berusia 27 tahun itu juga harus berkompetisi dengan Awan Setho, penjaga gawang muda potensial milik juara Liga 1 musim lalu, Bhayangkara FC.

Seusai pengumuman skuat Timnas Indonesia U-23 untuk Asian Games 2018, Liputan6.com menghubungi Ridho untuk mengetahui perasaannya setelah tersingkir dari persaingan pos penjaga gawang. Lalu, apa kata kiper asal Pekalongan, Jawa Tengah itu?

Tidak Kecewa

Kiper Timnas Indonesia U23, Muhammad Ridho saat berlatih bersama tim di Lapangan A,B,C, Senayan, Jakarta (18/2/2018). Latihan ini merupakan persiapan Asian Games 2018.(Bola.com/Nick Hanoatubun)

"Tidak ada kekecewaan. Tapi agak sedih. Cuma ini kalau sudah jadi keputusan pelatih, saya harus tetap hormat," ujar Ridho kepada Liputan6.com.

"Berarti, saya harus lebih bekerja keras lagi (setelah ini)," katanya menambahkan.

20 Pemain Timnas Indonesia U-23

Kiper: Andritany Ardhiyasa, Awan Setho

Bek: Hansamu Yama, Bagas Adi Nugroho, Rezaldi Hehanussa, Ricky Fajrin, Gavin Kwan Adsit, Putu Gede Juni Antara, Andy Setyo Nugroho

Gelandang: Evan Dimas Darmono, Muhammad Hargianto, Hanif Sjahbandi, Zulfiandi, Saddil Ramdani, Stefano Lilipaly, Septian David Maulana, Febri HaryadiIrfan Jaya

Striker: Alberto Goncalves, Ilham Udin Armayn

 

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Kemeja Unik Jokowi Saat Daftar KPU Bakal Jadi Brand Kampanye

Posted: 09 Aug 2018 10:00 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Calon presiden petahana Joko Widodo atau Jokowi mengenakan kemeja unik ketika mendaftar ke Komisi Pemilihan Umum (KPU).

Kemeja itu berwarna putih lengan panjang dan bertuliskan "Bersih, Rakyat, Kerja Nyata".

Tulisan itu tercetak di tengah gambar pita bunga yang berwarna hitam. Sementara, di bagian kanan gambar itu terdapat siluet sosok Jokowi.

Ketua Umum PPP Romahurmuziy mengatakan jumlah kemeja tersebut akan diperbanyak untuk dikenakan koalisi parpol pendukung Jokowi termasuk pendampingnya KH Ma'ruf Amin. Romi belum mengetahui siapa yang mendesain kemeja tersebut.

"Iya mau diperbanyak, enggak tahu saya jumlahnya. Nanti akan kita pakai baju itu. Beliau sudah sampaikan semua parpol akan kebagian," kata pria yang akrab disapa Romi itu di saat ditemui di KPU.

Terpisah, Ketua Umum Golkar Airlangga Hartarto pun mengaku tertarik dengan desain di baju Jokowi.

"Waduh saya belum sempat tanya mengenai desain tapi desainnya bagus. Belum tau dari mana desainnya," ucap Airlangga.

Reporter: Gentana Saputra

Sumber: Merdeka.com

Saksikan video pilihan di bawah ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

FOTO: Penyuap Bupati Lampung Selatan Jalani Pemeriksaan Perdana di KPK

Posted: 09 Aug 2018 10:00 PM PDT

Pemilik CV 9 Naga Gilang Ramadhan berjalan untuk menjalani pemeriksaan perdana di gedung KPK, Jakarta, Jumat (10/8). Gilang diperiksa sebagai tersangka terkait melakukan suap proyek infrastruktur di kawasan Lampung Selatan. (Merdeka.com/Dwi Narwoko)

Pemilik CV 9 Naga Gilang Ramadhan berjalan untuk menjalani pemeriksaan perdana di gedung KPK, Jakarta, Jumat (10/8). Gilang diperiksa sebagai tersangka terkait melakukan suap proyek infrastruktur di kawasan Lampung Selatan. (Merdeka.com/Dwi Narwoko)

Pemilik CV 9 Naga Gilang Ramadhan turun dari mobil saat tiba untuk menjalani pemeriksaan perdana di gedung KPK, Jakarta, Jumat (10/8). Gilang diduga sebagai penyuap Bupati Lampung Selatan nonaktif Zainudin Hasan. (Merdeka.com/Dwi Narwoko)

Pemilik CV 9 Naga Gilang Ramadhan turun dari mobil saat tiba untuk menjalani pemeriksaan perdana di gedung KPK, Jakarta, Jumat (10/8). Gilang diduga sebagai penyuap Bupati Lampung Selatan nonaktif Zainudin Hasan. (Merdeka.com/Dwi Narwoko)

Pemilik CV 9 Naga Gilang Ramadhan dikawal petugas berjalan untuk menjalani pemeriksaan perdana di gedung KPK, Jakarta, Jumat (10/8). Gilang diduga sebagai penyuap Bupati Lampung Selatan nonaktif Zainudin Hasan. (Merdeka.com/Dwi Narwoko)

Pemilik CV 9 Naga Gilang Ramadhan dikawal petugas berjalan untuk menjalani pemeriksaan perdana di gedung KPK, Jakarta, Jumat (10/8). Gilang diduga sebagai penyuap Bupati Lampung Selatan nonaktif Zainudin Hasan. (Merdeka.com/Dwi Narwoko)

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Tertangkap Kamera Sedang Nangis, Justin Bieber Ungkap Alasannya

Posted: 09 Aug 2018 10:00 PM PDT

Liputan6.com, Los Angeles - Baru-baru ini, foto paparazi yang memperlihatkan pasangan Justin Bieber dan Hailey Baldwin membuat publik keheranan. Pasalnya, pelantun "Never Say Never" ini terlihat tengah menangis dan menutupi wajahnya.

Sementara Hailey Baldwin tampak berusaha menenangkan Justin Bieber dengan merangkul pundak sang tunangan.

Dilansir dari E! News, Jumat (10/8/2018), Justin Bieber menceritakan alasan di balik air matanya ini, saat ia berpapasan dengan sejumlah fans beberapa waktu lalu.

Video yang direkam para penggemar ini akhirnya sampai ke tangan TMZ, yang lantas dipublikasikan secara luas.

 

Senyum Lebar

Justin Bieber -  Hailey Baldwin. (instagram/justinbieber)

Saat bertemu dengan para penggemar, Justin Bieber terlihat riang. Ia bahkan dengan senyum lebar menarikan 'floss dance' yang belakangan viral.

Dengan ramah ia berkata, "Ada hari-hari baik dan hari buruk. Ini bukan sesuatu yang nyata kalau tak ada hari buruk."

 

Baca Buku Pernikahan

Justin Bieber -  Hailey Baldwin (instagram/haileybaldwin)

Justin Bieber juga sempat menunjukkan sebuah buku di tangannya. Buku ini terbilang istimewa, berjudul The Meaning of Marriage dari penulis Timothy Keller. Buku ini berisi tentang hakikat menjalani pernikahan yang baik menurut pandangan Injil.

Tampaknya, Justin Bieber kini memang tengah serius mempersiapkan mentalnya untuk melepas masa lajang dengan Hailey Baldwin, ya.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

VIDEO: Pujian Jokowi untuk Prabowo-Sandiaga di KPU

Posted: 09 Aug 2018 10:00 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Jokowi resmi mendaftarkan dirinya dan Ma'ruf Amin sebagai pasangan capres cawapres Pilpres 2019. Dalam pidatonya, Jokowi memuji pasangan Prabowo-Sandiaga yang juga maju dalam Pilpres 2019.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Satu Lagi, Tempat Instagramable Terbaru di Bali yang Wajib Dikunjungi

Posted: 09 Aug 2018 10:00 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Bali kembali menghadirkan destinasi baru yang wajib Anda kunjungi. Jika sudah familiar dengan Motel Mexicola yang khas dengan dengan keunikannya, kali ini Tropicola menjadi tempat wajib yang harus dikujungi di Bali.

Tropicola merupakan one stop lifestyle destination yang menghadirkan beach club, restoran, rooftop bar, dan juga hotel yang terletak di tepi pantai area Seminyak, Bali. Tempat ini didirikan oleh group Motel Mexicola dan Bucket List asal Bondi Beach Sydney, Australia.

Tropicola

Tropicola, one stop lifestyle destination yang wajib dikunjungi saat Anda di Bali.

Pada Sabtu (11/8/2018) mendatang, Tropicola akan membuka beach club-nya, dan nantinya bertahap akan diikuti dengan pembukaan hotel dan fasilitas lainnya.

Tropicola sendiri bagaikan sebuah playgorund bagi Anda yang ingin menikmati waktu bersantai sambil menikmati pemandangan indah Bali. Menikmati hangatnya mentari siang dan keceriaan malam hari, tempat ini mampu memenuhi kebutuhan gaya hidup Anda.

Permainan warna, desain, dan corak, pada desain Tropicola membawa kita kembali ke nostalgia era 80-an yang penuh warna. Bahkan di sini, Anda juga akan merasa bagaikan sedang berplesir di daerah pesisir seperti Miami, Acapulco, Palm Springs, Tulum, dan Playa Del Carmen yang padahal sebenarnya, Anda masih tetap berada di Bali.

Tropicola

Tropicola, one stop lifestyle destination yang wajib dikunjungi saat Anda di Bali.Tropicola, one stop lifestyle destination yang wajib dikunjungi saat Anda di Bali.

Mengunjungi Tropicola akan membawa Anda benar-benar merasa ada di tempat lain. Bagaimana tidak, James Brown sebagai creative Ddirector dan juga orang di balik Mexicola, Africola, dan Bucket List di Bondi benar-benar menuangkan segala pengalaman travel-nya ke dalam projek ini sehingga akan memberikan pengalaman unik pada setiap pengunjung Tropicola.

Dengan desain unik, rasanya tempat ini merupakan destinasi tepat yang tak boleh terlewatkan dan akan banyak sudut bagi Anda yang gemar berfoto. Seluruh sudut memiliki desain seru dan menggemaskan. Dengan warna-warna penuh aksi, sukses akan menjadi tempat yang penuh dengan pernyataan. 

Tropicola

Tropicola, one stop lifestyle destination yang wajib dikunjungi saat Anda di Bali.Tropicola, one stop lifestyle destination yang wajib dikunjungi saat Anda di Bali.

Tropicola Beach Club dilengkapi dengan tiga bar yang tersebar di beberapa lantai dan juga dikelilingi olah kolam renang yang bisa Anda nikmati. Di sini, ragam menu minuman segar bisa Anda pilih untuk menemani Anda sambil bersantai menikmati pemandangan laut yang indah. Selain itu, Anda juga tak boleh terlewatkan untuk menikmati ragam menu makanan pilihan kreasi Chef Skelly.

Sekedar bermalas-malasan di siang hari, atau berpesta sambil ditemani semilir ombak di tepi pantai menjadi salah satu hal yang ditawarkan oleh Tropicola yang tentunya akan memberi pengalaman unik yang tak terlupakan di Bali.

 

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Jangan Terkecoh dengan Aplikasi Palsu, Begini Cara Membedakannya

Posted: 09 Aug 2018 10:00 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Sudah bukan rahasia kalau terdapat ratusan aplikasi palsu di App Store dan Google Play. Padahal, penggunaan aplikasi palsu berpotensi merugikan penggunanya.

Mengapa demikian? Beberapa aplikasi tersebut mungkin berisi malware yang dapat mencuri informasi pribadi si pengguna.

Jika tidak waspada, penipu siber (scammer) diuntungkan dari informasi pribadi yang dimasukkan pelanggan, seperti kartu kredit, di aplikasi palsu tersebut.

Nah, berikut ini ada beberapa tips yang dapat membantu kamu untuk mengidentifikasi aplikasi asli atau palsu. Simak ulasannya sebagaimana dikutip CNET dari New York Times dan New York Post, Jumat (10/8/2018). 

1. Periksa Nama Pengembang Aplikasi

Kamu harus tetap berhati-hati sebelum memasang aplikasi. Biasakan mengecek nama pengembang atau penerbit aplikasi.

Terkadang, scammer menggunakan nama yang mirip. Misalnya, Overstock.com (asli) dan Overstock Inc (palsu). Hal ini dapat mengecoh si pengguna baru. 

2. Periksa Ulasan di Toko Aplikasi

Sebuah aplikasi asli pasti akan memiliki ribuan ulasan (review) positif, sedangkan aplikasi palsu hampir tidak memiliki ulasan. Maka itu, selalu periksa ulasan yang ada di App Store atau Google Play. 

 

Selanjutnya

Aplikasi

3. Lihat Tanggal Publikasi

Sebuah aplikasi palsu akan memiliki tanggal publikasi terbaru. Karena aplikasi palsu biasanya meniru dari yang asli, aplikasi tersebut tentu baru dipublikasikan.

4. Periksa Kesalahan Ejaan Deskripsi 

Jika kamu teliti, sebetulnya kamu dapat mengetahui aplikasi palsu dari kesalahan ejaan pada judul maupun deksripsinya.

5. Waspada Terhadap Diskon Belanja 

Kedengarannya sangat menggiurkan, tetapi kamu harus tetap waspada terhadap aplikasi palsu. Jika ragu, kunjungi situs resmi aplikasi di browser kamu.

Kemudian, cari ikon atau tombol yang bertuliskan "Dapatkan aplikasi kami". Kamu akan diarahkan langsung ke App Store atau Google Play Store pada aplikasi yang asli.

(Jek/Ysl)

Saksikan Video Pilihan Berikut Ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Angkasa Pura I Raih Penghargaan Transformasi Organisasi Terbaik II

Posted: 09 Aug 2018 09:56 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta PT Angkasa Pura I (Persero) raih penghargaan sebagai perusahaan dengan 'Transformasi Organisasi Terbaik II' dalam ajang Anugerah BUMN 2018 ke-7 yang diselenggarakan oleh Majalah BUMN Track dan didukung oleh PPM Manajemen. Piala penghargaan diterima langsung oleh Direktur Utama PT Angkasa Pura I (Persero), Faik Fahmi, dan disaksikan oleh Menteri Pariwisata Republik Indonesia, Arief Yahya.

"Penghargaan ini merupakan bentuk apresiasi atas kinerja Angkasa Pura I, terutama pada bidang transformasi organisasi dan sumber daya manusia. Sebagai BUMN, Angkasa Pura I selalu berkomitmen menciptakan sumber daya manusia yang unggul. Hal tersebut kami lakukan agar seluruh insan Angkasa Pura I memiliki daya saing yang tinggi, kompetitif, serta berorientasi pada pelayanan, sehingga dapat memberikan kontribusi positif bagi perusahaan dan pengguna jasa bandar udara," ujar Direktur Utama PT Angkasa Pura I (Persero), Faik Fahmi, dalam acara malam penghargaan Anugerah BUMN 2018 di Hotel J.W. Marriot, Jakarta, Kamis (9/8/2018).

Anugerah BUMN 2018 merupakan ajang untuk mengapresiasi kontribusi BUMN yang telah menunjukkan kinerja unggul dan berdaya saing di tingkat nasional dan global. Pada penyelenggaraan ke-7 ini, Anugerah BUMN 2018 mengusung tema 'Memperkokoh BUMN Hadir di Dalam Negeri dan Kancah Global'.

Adapun jumlah BUMN dan Anak Perusahaan BUMN yang mengikuti seleksi tahap awal sebanyak 120 perusahaan. Namun, hanya 86 BUMN yang lolos penjurian tahap 2 berupa wawancara korporasi. Selain korporasi, dipilih pula pemenang CEO terbaik BUMN dan Anak Perusahaan BUMN. 

Kriteria penilaian Anugerah BUMN 2018 berfokus pada kinerja usaha, kinerja keuangan, kinerja kepemimpinan, dan tata kelola perusahaan sepanjang 2017. Proses penjurian berlangsung tiga tahap, berupa seleksi kuesioner, presentasi pendalaman materi kuesioner di hadapan Dewan Juri, serta wawancara CEO yang diketuai oleh Dr. Tanri Abeng, MBA.

Sebagai informasi, pada Mei 2018, Angkasa Pura I juga telah meraih penghargaan di bidang sumber daya manusia sebagai salah satu 'Best Companies to Work for in Asia 2018 – Indonesia Chapter' yang diselenggarakan oleh majalah HR Asia - Business Media International. Selain itu, penghargaan dari BUMN Track ini merupakan penghargaan kedua yang diterima Angkasa Pura I pada bulan Agustus 2018 setelah sebelumnya menerima penghargaan 'Silver Winning' kategori The Best Contact Center Indonesia 2018 yang diselenggarakan oleh Indonesia Contact Center Association (ICCA) pada 3 Agustus 2018.

"Kami merasa bangga telah menerima penghargaan pada ajang Anugerah BUMN ini. Penghargaan ini diharapkan dapat menjadi motivasi bagi kami untuk semakin meningkatkan kualitas sumber daya manusia di lingkungan Angkasa Pura I. Sehingga dapat memberikan nilai lebih bagi para stakeholder dan semakin hadir untuk memberikan pelayanan terbaik bagi negeri," ucap Faik.

 

 

(*)

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Batal Jadi Dampingi Prabowo Subianto di Pilpres 2019, AHY Pilih Naik Haji

Posted: 09 Aug 2018 09:53 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Ketua Kogasma Partai Demokrat Agus Harimurti Yudhono (AHY), memutuskan untuk menunaikan ibadah haji pada 15 Agustus 2018. Langkah ini diambil usai AHY batal dipinang partai koalisi Prabowo Subianto sebagai calon wakil presiden pada Pilpres 2019.

"Saya melalui kesempatan ini mohon doa restu saya akan tunaikan ibadah haji 15 Agustus 2018 bersama istri," kata AHY di Kuningan, Jakarta Selatan, Jumat (10/8/2018).

AHY menjelaskan, hal ini bukan langkah mendadak. Menurut dia, niatnya untuk bertandang ke Tanah Suci sudah direncanakan sejak lama dan bukan dadakan.

"Jadi ini bukan mendadak dan kami sudah niatkan dan di usia ke-40, saya bisa berangkat ke Tanah Suci," AHY menjelaskan.

Agus Harimurti Yudhoyono pada 10 Desember 2018 genap berusia 40 tahun. 

Saksikan video pilihan di bawah ini:

 

Keliling Indonesia

Agus Harimurti Yudhoyono (AHY) ikut hadir dalam pertemuan SBY dengan Prabowo, Selasa (24/7/2018) malam. (Ist)

Usai menuntaskan ibadah haji, nantinya AHY akan kembali ke Tanah Air untuk melanjutkan tugasnya sebagai Ketua Kogasma. Dia ingin menyukseskan langkah Partai Demokrat, dengan menyambangi seluruh rakyat Indonesia dari Sabang hingga Merauke.

"Saya juga masih mengemban tugas di Kogasma, tentu selain Pilpres kita juga punya target untuk suara partai, dan saya juga ingin terus menyapa masyarakat dari Aceh sampai Papua dan membangun kebersamaan yang saya rintis, karena negeri ini milik kita semua, saya hanyalah seoarang warga negara yang ingin berkontribusi dan hanya Allah yang menentukan takdir kita," tandas AHY.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Sandiaga Salat Jumat di Sunda Kelapa Sebelum ke KPU

Posted: 09 Aug 2018 09:47 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Sandiaga Uno resmi mengundurkan diri sebagai Wakil Gubernur DKI Jakarta. Surat pengunduran diri Sandi telah diterima Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan hari ini, Jumat (10/8/2018).

Usai menemui Anies untuk pamit, Sandiaga bersalam-salaman dan berfoto dengan staf dan PNS DKI.

"Saya sudah pamit juga Pak, sudah tidak pakai mobil dinas lagi," kata Sandiaga Uno pada Anies di Balai Kota Jakarta, Jumat.

Setelah berfoto dan berkemas bersama, Sandiaga lantas turun menuju mobil pribadinya, Grand Livina bernopol B 102 ATH. Dia lalu mengatakan, akan salat Jumat terlebih dulu di Masjid Sunda Kelapa sebelum ke Komisi Pemilihan Umum (KPU).

"Salat di Sunda Kelapa," ucap Sandiaga Uno.

Saksikan video pilihan di bawah ini:

 

Ke Rumah SBY Dulu

Sebelum ke Sunda Kelapa, Sandi menyambangi kediaman Ketum Demokrat Susilo Bambang Yudhoyono terlebih dahulu. 

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

FOTO: Kepa Arrizabalaga Pamer Jersey Chelsea

Posted: 09 Aug 2018 09:47 PM PDT

Kiper baru Chelsea Kepa Arrizabalaga memberi keterangan selama presentasi dirinya menjadi pemain Chelsea di Stamford Bridge, London, (9/8). Kepa menjadi kiper termahal di dunia mengalahkan kiper Liverpool Alisson Becker. (AFP Photo/Daniel Leal-Olivas)

Kiper baru Chelsea Kepa Arrizabalaga memberi keterangan selama presentasi dirinya menjadi pemain Chelsea di Stamford Bridge, London, (9/8). Kepa menjadi kiper termahal di dunia mengalahkan kiper Liverpool Alisson Becker. (AFP Photo/Daniel Leal-Olivas)

Kiper baru Chelsea Kepa Arrizabalaga tersenyum saat berpose dengan jersey Chelsea saat perkenalan dirinya selama pers di Stamford Bridge, London, (9/8). Chelsea merekrut Kepa dari klub Spanyo, Atletico Bilbao. (AFP Photo/Daniel Leal-Olivas)

Kiper baru Chelsea Kepa Arrizabalaga tersenyum saat berpose dengan jersey Chelsea saat perkenalan dirinya selama pers di Stamford Bridge, London, (9/8). Chelsea merekrut Kepa dari klub Spanyo, Atletico Bilbao. (AFP Photo/Daniel Leal-Olivas)

Kiper baru Chelsea Kepa Arrizabalaga tersenyum saat berpose dengan jersey Chelsea saat perkenalan dirinya selama pers di Stamford Bridge, London, (9/8). Sebelumnya Chelsea telah menjual kipernya Thibaut Courtois ke Real Madrid. (AP Photo/John Stillwell)

Kiper baru Chelsea Kepa Arrizabalaga tersenyum saat berpose dengan jersey Chelsea saat perkenalan dirinya selama pers di Stamford Bridge, London, (9/8). Sebelumnya Chelsea telah menjual kipernya Thibaut Courtois ke Real Madrid. (AP Photo/John Stillwell)

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Dipilih Jadi Cawapres, Sandi Lengkapi Prabowo di Bidang Ekonomi

Posted: 09 Aug 2018 09:45 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Prabowo Subianto telah memilih Sandiaga Uno sebagai calon wakil presiden dalam Pemilihan Presiden (Pilpres) 2019. Banyak hal yang bisa dianalisis dari dipilihnya Sandi oleh Prabowo.

Direktur Eksekutif Economic Action Indonesia (EconAct Indonesia) Ronny P Sasmita mencoba menganalisis bahwa sosok Sandiaga menjadi pelengkap bagi Prabowo yang memiliki latar belakang lebih kuat di bidang militer dan politik.

Menurut Ronny, ini sekaligus menjadi bukti keseriusan Prabowo dalam mewujudkan reformasi ekonomi Indonesia yang selama ini dianggap belum maksimal.

"Prabowo berangkat dengan tesis yang berbeda, bahwa ekonomi nasional sudah berada dalam arah yang salah dan memerlukan redefinisi, rekonstruksi, dan rekonfigurasi besar-besaran. Sehingga memilih wakil yang paham tentang ekonomi adalah pilihan yang sesuai dengan platform politik Prabowo," ucap Ronny kepada Liputan6.com, Jumat (10/8/2018).

Baginya, Sandi selama ini memiliki latar belakang panjang sebagai pengusaha. Sehingga di mata pengusaha, sosok Sandi ini akan menjadi daya tarik tersediri.

Selain itu, Sandi juga sudah membuktikan sepak terjangnya di dunia politik ketika berhasil memenangi pilkada dan menjadi Wakil Gubernur DKI Jakarta.

"Sehingga secara ekonomi, Sandi tampaknya membawa aura baru bagi Prabowo, terutama soal prospek ekonomi Indonesia jika mereka menang," tambah Ronny.

"Sandi dianggap paham pasar, mengerti ekspektasi dan prikologi pasar, dan punya track record bagus dalam dunia bisnis," Ronny mengakhiri. 

Pasar Tunggu Program Ekonomi Prabowo-Sandi

Sandiaga Uno menyerahkan surat pengunduran diri sebagai Wakil Gubernur DKI Jakarta di Balai Kota Jakarta, Jumat (10/8). Sandiaga mengundurkan diri setelah mendeklarasikan diri menjadi cawapres mendampingi Prabowo Subianto. (Liputan6.com/Herman Zakahria)
Prabowo Subianto resmi mengangkat Wakil Gubernur DKI Jakarta Sandiaga Salahuddin Uno sebagai calon wakil presiden (cawapres) untuk mengikuti Pemilihan Presiden (Pilpres) 2019. 
 
Pengamat Ekonomi Institute for Development of Economics and Finance (INDEF) Bhima Yudhistira mengatakan, pilihan ini seakan memberi sinyal positif kepada sektor perekonomian negara. Sebab Sandi, sapaan akrab Sandiaga Uno, memiliki latar belakang sebagai seorang pengusaha.
 
Namun begitu, ia menambahkan, pasar masih menunggu, program ekonomi seperti apa yang kelak diusung pasangan calon (paslon) Prabowo-Sandi.
 
"Sandi background-nya pengusaha, jadi cukup memahami persoalan ekonomi. Tapi ekspektasi pasar masih wait and see program ekonomi Prabowo-Sandi," ucap dia saat berbincang dengan Liputan6.com, Jumat (10/8/2018).
 
Isu pemilihan Sandi sebagai pendamping Prabowo terkuak belum lama ini. Sebelumnya, beberapa nama seperti Agus Harimurti Yudhoyono, Ustaz Abdul Somad, hingga Gubernur DKI Anies Baswedan digadang-gadang sebagai calon pasangan Ketua Umum Gerindra tersebut.
 
Dengan beredarnya kabar Sandiaga Uno sebagai cawapres Prabowo, Bhima menyebutkan, itu berdampak terhadap kenaikan harga saham PT Saratoga Investama Sedaya Tbk (SRTG) yang ditutup menguat 0,82 persen ke level Rp 3.710 per saham pada 9 Agustus 2018.
 
"Namun, penguatan hanya terbatas di saham Sandi (SRTG). IHSG ditutup melemah -0,49 persen," kata dia.
 
Bhima pun sempat diajak berandai-andai dan menyatakan sentimen pasar akan negatif bila Prabowo memilih Ustadz Abdul Somad sebagai cawapresnya.
 
Bila hal ini terjadi, dia menyampaikan, tensi politik dan ekonomi bisa lebih panas karena mempertarungkan dua sosok ulama religius.
 
"Investor bakal wait and see sampai Pilpres selesai. Keputusan investasi yang sifatnya jangka panjang akan tertunda. Pengaruh ke realisasi investasi bahkan bisa hambat pertumbuhan ekonomi," pungkas dia.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Jelang MotoGP Austria, Dovizioso: Sulit Pertahankan Kemenangan

Posted: 09 Aug 2018 09:45 PM PDT

Liputan6.com, Spielberg - Suasana positif tengah menyelimuti tim Ducati Corse jelang balapan MotoGP Austria, akhir pekan ini. Betapa tidak, pembalapnya memiliki rapor bagus selama mengaspal di Sirkuit Red Bull Ring.

Tim Ducati Corse bahkan bersiap mencetak tiga kemenangan beruntun di lintasan sepanjang 4,3 km tersebut. Sebelumnya, dalam dua musim terakhir MotoGP, Andrea Iannone (2016) dan Andrea Dovizioso (2017) bergantian untuk naik podium pertama.

Sekarang komposisi pembalap pabrikan Italia sudah berbeda lantaran kehadiran Jorge Lorenzo. Artinya, kekuatan tim Ducati tidak bisa dianggap sepele dan besar kemungkinan pembalapnya dapat mempertahankan kemenangan di MotoGP Austria.

Apalagi musim ini, Dovizioso dan Lorenzo sama-sama sudah mengantongi dua kemenangan dari 10 balapan yang telah dijalaninya. Ducati pun lebih percaya diri menyambut MotoGP Austria.

Tapi, pembalap berjuluk Little Dragon tidak ingin terlalu jemawa dengan statistik tim Ducati. Dovi tetap mewaspadai pesaingnya musim ini, termasuk Marc Marquez dan Valentino Rossi.

Trek Menguntungkan

Pembalap Ducati Corse, Cal Crutchlow. (dok. MotoGP)

"Saya sangat senang untuk segera balapan lagi di Austria, karena bagi kami Red Bull Ring adalah trek yang sangat menguntungkan dan saya yakin kami dapat bersaing di sini," kata Dovizioso seperti dikutip dari GPOne, Jumat (10/8/2018).

"Saya berharap untuk melihat Marc dan rival kami yang lain lebih kuat dari tahun lalu, sehingga tidak akan mudah mengulang kemenangan. Tetapi saya harus mengakui bahwa itu tidak mudah untuk menang seperti di tahun lalu," jelas Dovizioso. (David Permana)

Klasemen MotoGP 2018

1. Marc Marquez - 181 poin

2. Valentino Rossi - 132 poin

3. Andrea Dovizioso - 113 poin

4. Maverick Vinales - 109 poin

5. Jorge Lorenzo - 105 poin

6. Johann Zarco - 97 poin

7. Danilo Petrucci - 94 poin

8. Cal Crutchlow - 90 poin

9. Andrea Iannone - 81 poin

10. Jack Miller - 61 poin

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

3 Cara Mudah Aplikasikan Lip Liner

Posted: 09 Aug 2018 09:45 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Kebanyakan wanita akan menggunakan warna yang berbeda pada bibir di setiap acara. Namun bukan perkara muda untuk mengaplikasikan lipstik pada bibir. Terlebih kini muncul lip liner yang banyak diabaikan wanita.

Padahal dengan mengaplikasikan lip liner sebelum menggunakan lipstik akan membuat warna lipstik tahan lama. Selain itu, mengaplikasikan lip liner akan membuat bibir Anda terlihat lebih berisi. Dikutip dari Boldsky. Anda bisa mengaplikasikan lip liner dengan tiga cara mudah. Apa saja?

1. Melembapkan

Ilustrasi pelembab bbir. (iStock)

Ini menjadi tahapan yang cukup di mana Anda harus memastikan bahwa bibir tetap terhidrasi. Anda bisa menggunakan lip balm untuk menghidrasi bibir. Bibir yang terhidrasi juga akan membuat lip liner bertahan lebih lama.

Selain itu, juga membantu menghilangkan sel kulit mati pada bibir. Gunakan lip balm yang cocok untuk kulit Anda dan aplikasikan. Pijat dengan lembut selama beberapa detik dan diamkan sebentar.

2. Aplikasikan lip liner

Pilih lip liner yang tepat. Lip liner yang Anda pilih bisa menjadi warna bibir atau warna lipstik Anda. Aplikasikan lip liner dari bagian tengah atau yang biasa disebut dengan cupid bibir. Gambar X pada cupid bibir kemudian gerakkan ke sudut bibir. Untuk membuat tampilan yang lebih alami, Anda bisa menggunakan bantuan kuas untuk membaurkan lip liner pada bibir.

3. Aplikasikan lipstik

Ilustrasi lipstik (iStockphoto)

Ini menjadi tahap akhir untuk mendapatkan tampilan yang sempurna pada bibir. Aplikasikan lipstik dengan hati-hati. Anda bisa mengaplikasikan lipstik secara langsung atau dengan bantuan kuas.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Praperadilan Kasus Video Mesum Ditolak, ke Mana Cut Tari?

Posted: 09 Aug 2018 09:40 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Setelah delapan tahun berlalu, kasus video mesum Luna Maya, Cut Tari, dan Ariel NOAH kembali mencuat. Bahkan Lembaga Pengawasan dan Pengawalan Penegakan Hukum Indonesia (LP3HI), meminta sidang praperadilan.

Namun, Pengadilan Negeri (PN) Jakarta Selatan menolak praperadilan status tersangka Luna Maya dan Cut Tari atas kasus video mesum tersebut.

Hingga kini, baik Cut Tari maupun Luna Maya belum angkat bicara mengenai hal tersebut.

Tak Aktif

Cut Tari (Foto: Instagram)

Sejak awal Agustus 2018, Cut Tari seolah menghilang. Ia tak terlihat lagi aktif di akun Instagram-nya.

Unggahan terakhir terlihat pada 31 Juli 2018, Cut Tari mengenakan kaus hitam tangan panjang. Rambutnya dibiarkan tergerai, ia pun menatap sesuatu.

"Gelap seperti apapun di atmosfer malam pasti ada bintang yang menyinari di dalamnya. Selamat malam," tulis Cut Tari dalam bahasa Inggris.

 

Prestasi

Cut Tari (Foto: Instagram)

Walau tertimpa banyak masalah, Cut Tari tak lupa mendukung buah hatinya, Sidney Azkassyah Yusuf, berprestasi.

Anak dari pernikahannya dengan Johannes Yusuf Subrata ini pun beberapa kali tampil di acara olahraga dalam dan luar negeri.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Usai Temui SBY, Prabowo-Sandiaga Salat Jumat di Masjid Sunda Kelapa

Posted: 09 Aug 2018 09:40 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Ketua Umum Partai Gerindra Prabowo Subianto mendatangi kediaman Ketua Umum Partai Demokrat Susilo Bambang Yudhoyono di Jalan Mega Kuningan, Jakarta Selatan. Prabowo tiba di kediaman SBY dengan menggunakan pakaian putih dan kopiah berwarna hitam.

Saat itu, Prabowo juga didampingi para petinggi PAN dan Gerindra, yakni Amien Rais, Zulkifli Hasan, Rachmawati Soekarnoputri, dan beberapa petinggi lainnya.

"Majelis Tinggi Partai Demokrat pada sidang pagi hari ini memutuskan untuk mengusung pasangan Calon Presiden dan Wakil Presiden, Prabowo Subianto dan Sandiaga Uno," kata Wakil Ketua Majelis Tinggi Partai Demokrat EE Mangindaan, Jumat (10/8/2018).

Prabowo langsung masuk melalui pintu samping sambil tersenyum saat mendengarkan deklarasi tersebut.

"Nanti ya nanti," ujar Prabowo.

Lalu, tak lama berselang ketika Prabowo bersama rombongan keluar meninggalkan rumah SBY. Saat itu Sandiaga juga tiba sekitar pukul 11.10 WIB, dengan menggunakan baju warna dan kopiah berwarna hitam.

Namun, saat itu Sandiaga tak memberikan statement kepada awak media ketika tiba di kediaman SBY. Dirinya pun langsung masuk melalui pintu utama.

"Dari sini Pak Prabowo dan kawan-kawan akan bertemu Pak SBY di Kuningan sekarang. Dan dari sana nanti salat Jumat di Sunda Kelapa dari Sunda Kelapa nanti baru ke KPU," ucap Sekjen Demokrat Hinca Panjaitan. 

 

Reporter: Sania Mashabi

Sumber: Merdeka.com

 

Saksikan video pilihan di bawah ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Saksikan Live Streaming Pendaftaran Capres Prabowo ke KPU

Posted: 09 Aug 2018 09:38 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Calon Presiden dari koalisi Partai Gerindra, Prabowo Subianto, telah memilih Sandiaga Uno sebagai calon wakil presiden yang akan mendampinginya dalam kontestasi Pilpres 2019. Pasangan capres dan cawapres Prabowo-Sandiaga akan mendaftar ke KPU dan dapat disaksikan secara Live Streaming di Liputan6.com.

Pasangan Prabowo-Sandiaga akan mendaftar ke KPU, Jumat (10/8/2018), selepas ibadah salat Jumat.

Pasangan yang didukung Partai Gerindra, PKS, PAN, dan Demokrat ini rencananya akan salat Jumat di Istiqlal.

Saksikan jalannya pendaftaran capres-cawapres Prabowo dan Sandiaga Uno secara live streaming di tautan ini atau di bawah ini.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Berkas Jokowi-Ma'ruf Amin Lengkap, KPU Coret PSI dan Perindo

Posted: 09 Aug 2018 09:34 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Komisi Pemilihan Umum atau KPU menyatakan berkas pasangan calon presiden dan wakil presiden, Joko Widodo dan Ma'ruf Amin, lengkap.

"Kami coret dua partai yang belum ikut sebagai peserta Pemilu pada 2014 lalu, yaitu PSI dan Perindo," ujar Kepala Biro Teknis KPU Nur Syarifah di KPU, Kamis (10/8/2018).

Untuk syarat lainnya, menurut Syarifah, sudah dipenuhi oleh Jokowi-Ma'ruf.

"Untuk syarat pencalonan kami nyatakan lengkap. Tes kesehatan pada 12 Agustus hari Minggu di RSPAD. Tolong dilihat syarat-syarat untuk kesehatan," tuturnya.

Dengan adanya keputusan KPU ini, partai pengusung mengerucut menjadi tujuh. Partai itu adalah PDIP, Golkar, PKB, NasDem, Hanura, PPP, dan PKPI.

Jokowi dan Ma'ruf Amin tiba di KPU sekitar pukul 09.30 WIB. Keduanya disambut ratusan pendukungnya. Jokowi juga didampingi para petinggi parpol koalisi pendukungnya.

Namun, Jokowi langsung masuk menggunakan mobil sedan hitamnya. Dia tak menyapa wartawan dan massa pendukung. Massa juga menyanyikan lagu "Maju Tak Gentar" menyambut kedatangan mantan Gubernur DKI Jakarta tersebut.

Jokowi dan Ma'ruf Amin bertolak dari Gedung Joang '45, Cikini, Jakarta Pusat, bersama para jajaran petinggi koalisi parpol pendukungnya.

"Jokowi, Jokowi," teriak massa di depan KPU.

Turut terlihat Ketua Umum Golkar Airlangga Hartarto, Ketua Umum Nasdem Surya Paloh, Ketua Umum Perindo Hary Tanoesoedibjo, Ketua Umum PPP Rommahurmuziy, Ketua Umum Hanura Oesman Sapta Odang Sekjen PPP Arsul Sani, Sekjen PSI Raja Juli Antoni, serta politikus PDIP Ahmad Basarah.

Tampak pula Menteri Kehutanan Siti Nurbaya, Menteri Pertanian Amran Sulaiman, Menteri Tenaga Kerja Hanif Dhakiri, dan Kepala Staf Kepresidenan Moeldoko, Menteri PUPR Basuki Hadi Muljono.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Minta Restu Ibu, Awali Langkah Jokowi Maju di Pilpres 2019

Posted: 09 Aug 2018 09:34 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Sungkem kepada ibunda mengawali langkah Joko Widodo atau Jokowi untuk kembali maju dalam Pilpres 2019. Sungkem untuk meminta restu dan doa dilakukan agar langkah ke depan selalu diiringi keberkahan.

Jokowi do bertolak dari Istana Merdeka menuju Gedung Juang, Menteng, Jakarta Pusat, sekitar Pukul 8.30. Dengan pengawalan ketat, Jokowi menggunakan kendaraan pribadi karena agenda pendaftaran ke KPU pusat kapasitasnya sebagai calon presiden.

Gedung Juang di kawasan Menteng yang telah dipadati para relawan dan kader partai pendukung menunggu kedatangan Jokowi dan Ma'ruf Amin.

Sembilan ketua umum parpol koalisi menyambut langsung saat Jokowi dan Ma'ruf Amin tiba di lokasi deklarasi capres-cawapres Jokowi - Ma'ruf Amin.

Simak berita selengkapnya di Liputan6 Siang SCTV, pukul 12.00 WIB. Anda juga dapat menyaksikan melalui live streaming, klik di sini.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Layakkah Gempa Lombok Menjadi Bencana Nasional?

Posted: 09 Aug 2018 09:31 PM PDT

Liputan6.com, Mataram - Hingga Kamis, 9 Agustus 2018, pukul 17.00 WIB, Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) memverifikasi jumlah korban meninggal dunia akibat gempa tektonik 7,0 Skala Richter di Pulau Lombok, Nusa Tenggara Barat, mencapai 259 orang.

Tiga korban tewas berada di Kabupaten Lombok Barat, Nusa Tenggara Barat. Mereka dilaporkan meninggal dunia karena tertimpa material bangunan ketika gempa bumi berkekuatan 6,2 Skala Richter mengguncang Pulau Lombok pukul 13.25 Wita.

"Itu laporan sementara yang masuk ke Posko Utama Lombok Barat," kata Kepala Bagian Humas dan Protokol Sekretariat Daerah Lombok Barat Saepul Ahkam, di Lombok Barat, dilansir Antara.

Ketiga korban meninggal dunia tersebut atas nama Sarapudin warga Desa Sigerongan, Kecamatan Lingsar; Papuk Fajaryah dari Kapek, Desa Gunung Sari; dan I Gede Darma dari Dusun Lilit Barat, Desa Mekar Sari.

Ketiga warga meninggal dunia pada saat terjadi gempa susulan tersebut menggenapi seluruh korban meninggal dunia di Kabupaten Lombok Barat menjadi 30 orang. Saeful juga mengatakan gempa susulan menyebabkan seorang anggota Tim Siaga Bencana Daerah (TSBD) Lombok Barat, bernama Ramli (39), tertimpa reruntuhan tembok kios saat istirahat menunaikan salat Zuhur.

"Korban mengalami pendarahan di kepala, tangan, dan kaki," ujarnya.

Dengan gempa yang belum kunjung reda, Ketua Forum Peduli Resiko Bencana Lombok Barat Sulhan Mukhlis Ibrahim menyayangkan sikap pemerintah pusat yang belum menetapkan gempa di Lombok sebagai bencana nasional.

Ia membandingkan jumlah korban gempa bumi di Yogyakarta pada 2006 tidak menelan korban sebanyak gempa bumi di Lombok. Politikus PKB itu juga membandingkan kondisi yang terjadi pada kasus lumpur Lapindo yang tidak sampai melumpuhkan pemerintahan.

"Pemerintah pusat harus hadir dan memperlakukan setiap warga negaranya secara adil. Jangan hanya di gempa tahun 2006, justru mereka secara masif memperhatikan," katanya.

Pernyataan senada dilontarkan oleh Anggota DPRD NTB Johan Rosihan. Menurut dia, selain dampak dan kemampuan, bencana gempa Lombok sebagai destinasi wisata dunia tentu menimbulkan simpati yang luar biasa, bukan hanya volenter lokal tetapi juga dari luar negeri.

"Bencana gempa Lombok dengan dampak yang sangat berat dan parah tidak akan bisa diselesaikan dengan kemampuan daerah NTB saat ini," kata Anggota DPRD NTB Johan Rosihan.

Karena itu, menurut Ketua Komisi III DPRD NTB itu, gempa Lombok harus segera dinaikkan statusnya menjadi bencana nasional.

"Karena masih berstatus bencana daerah, beberapa volunteer luar negeri sudah mendapat ancaman dari aparat akan dideportasi jika didapat operasi di lokasi gempa," ujarnya.

 

 

 

 

Layakkah Jadi Bencana Nasional?

Seorang pria mencoba untuk menenangkan salah satu keluarganya saat  gempa susulan terjadi di Tanjung pulau Lombok, NTB, Kamis (9/8).(AFP/ ADEK BERRY)

Pertanyaan layak atau tidak layaknya gempa Lombok menjadi bencana nasional cukup menarik. Jika mengacu kepada Undang-Undang (UU) Nomor 24 Tahun 2007 tentang Penanggulangan Bencana, dalam Pasal 1 menyebutkan,bencana adalah peristiwa atau rangkaian peristiwa yang mengancam dan mengganggu kehidupan dan penghidupan masyarakat yang disebabkan, baik oleh faktor alam dan/atau faktor nonalam maupun faktor manusia sehingga mengakibatkan timbulnya korban jiwa manusia, kerusakan lingkungan, kerugian harta benda, dan dampak psikologis.

Selanjutnya, bencana alam adalah bencana yang diakibatkan peristiwa atau serangkaian peristiwa yang disebabkan oleh alam antara lain, gempa bumi, tsunami, gunung meletus, banjir, kekeringan, angin topan, dan tanah longsor.

Pasal 7 menyebutkan wewenang pemerintah dalam penyelenggaraan penanggulangan bencana, di antaranya penetapan status dan tingkatan bencana nasional dan daerah.

Penetapan status dan tingkat bencana nasional dan daerah sebagaimana dimaksud pada ayat (1) huruf c memuat indikator yang meliputi jumlah korban, kerugian harta benda, kerusakan prasarana dan sarana, cakupan luas wilayah yang terkena bencana, dan dampak sosial ekonomi yang ditimbulkan.

Bagaimana dengan gempa Lombok? Jika mengacu kepada indikator tersebut bisa dikatakan gempa Lombok layak ditetapkan sebagai bencana nasional, terlebih lagi cakupan luas wilayah dan dampak sosial ekonomi yang ditimbulkan.

Bila sudah ditetapkan sebagai bencana nasional, Johan melanjutkan, Presiden segera menindaklanjutinya dengan inpres penanganan pascagempa, membangun rumah rakyat, fasilitas umum, dan lain sebagainya dalam bentuk "crash" program APBN, karena kemampuan keuangan Pemprov NTB tidak akan mampu untuk menangani pascagempa Lombok ini.

"Status bencana nasional juga akan membuka ruang partisipasi lembaga-lembaga internasional dan negara sahabat yang peduli dengan dampak gempa ini," kata Johan.

Sebagai warga NTB, dia meminta kepada pemerintah pusat agar meminta panitia Asian Games untuk berdoa bersama saat pembukaan pesta olahraga akbar tersebut sebagai bentuk solidaritas antarbangsa terhadap musibah nasional gempa Lombok.

"Ini soal perhatian dan kepedulian pemerintah pusat kepada NTB yang diguncang gempa berkali-kali," kata Johan.

Rencana Rekonstruksi

Seorang anak perempuan menyapu tempat penampungan pengungsi korban gempa bumi di Lombok Utara,  NTB, Rabu (8/8). BPBD Lombok Utara mencatat data sementara jumlah korban jiwa akibat gempa Lombok mencapai 347 orang. (AP/Tatan Syuflana)

Sementara itu, Menteri Koordinator Bidang Politik, Hukum, dan Keamanan (Polhukam) Wiranto mengatakan pemerintah akan membuat peta jalan baru untuk proses rehabilitasi dan rekonstruksi pascagempa bumi di Pulau Lombok.

"Kita membuat 'roadmap' baru bagaimana setelah tanggap darurat selesai kita memamsuki tahap pemulihan, rehabitasi, dan rekonstruksi yang memang tidak mudah karena besarnya korban dan kerusakan," kata dia usai rapat koordinasi penanganan gempa Lombok.

Rapat koordinasi yang dihadiri Kapolri Jenderal Tito Karnavian, Kepala Staf Umum TNI Laksamana Madya TNI Didit Ashaf, Menteri Sosial Idrus Marham, serta sejumlah pejabat lainnya itu untuk mengevaluasi langkah-langkah yang sudah dilakukan dalam penanganan gempa di Lombok.

Wiranto menjelaskan "roadmap" tersebut terkait dengan pemulihan rumah serta fasilitas umum lainnya yang rusak. Dengan peta jalan yang baru, ada gambaran yang jelas untuk proses rehabilitasi dan rekonstruksi di Lombok.

"Rumah warga yang 80 persen hancur kita bangun kembali dengan biaya berapa, berapa lama, siapa yang bangun, malam ini kita garap semua sehingga besok 'roadmap' sudah kita selesaikan," tutur dia.

Ia mengatakan pascagempa itu, pemerintah sudah melakukan langkah-langkah tanggap darurat secara cepat menyertakan seluruh pihak terkait, seperti TNI, Polri, kementerian, lembaga, pemerintah daerah, dan pihak lainnya.

Saksikan video pilihan berikut ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Pecahkan Sejarah, K-Pop BTS Jadi Artis Korea Pertama yang Konser di Amerika

Posted: 09 Aug 2018 09:31 PM PDT

Liputan6.com, Seoul - Boyband ternama asal Negeri Gingseng, Bangtan Boys atau lebih dikenal dengan BTS, akan mencetak sejarah baru dengan menjadi artis Korea pertama yang menggelar konser di Amerika Serikat. Demikian seperti dikutip dari TIME, Jumat (19/8/2018).

K-Pop beranggotakan tujuh pemuda itu mengumumkan bahwa pertunjukan mereka akan diadakan pada 6 Oktober di Stadion Citi Field pada pukul 19.00 waktu setempat, New York City. Kota ini menjadi tempat pemberhentian terakhir tur dunia mereka di Amerika Utara yang bertajuk Love Yourself setelah bermain di Los Angeles, Oakland, Fort Worth, Newark, Chicago dan tiga hari di Hamilton, Kanada.

Sedangkan penjualan tiket untuk konser di Citi Field akan dibuka per tanggal 17 Agustus. 

Stadion Citi Field memiliki kapasitas 40.000 orang dan konser BTS itu disebut akan menjadi yang terbesar yang pernag diadakan oleh artis Korea di Negeri Paman Sam, menurut Billboard.

Tur dunia Love Yourself dimulai di Seoul, Korea Selatan, pada 25 Agustus. Mereka kemudian terbang ke Eropa pada 9 Oktober untuk tampil dua kali di London.

Ini bukan pertama kalinya BTS memecahkan sejarah baru. Pada bulan Mei, mereka menjadi band K-Pop pertama yang menempati tangga album di Amerika Serikat dengan Love Yourself-nya.

Love Yourself adalah Extended Play (EP) kelima boyband Korea Selatan ini. EP tersebut dirilis pada 18 September 2017 oleh Big Hit Entertainment dan terdapat empat versi, serta berisi sembilan lagu dengan "DNA" sebagai single utamanya.

BTS banyak digandrungi oleh fans K-Pop garis keras, terutama mereka yang berada di Jepang, China, Asia Tenggara dan sebagian Amerika Latin.

Selain itu pada bulan April, BTS memenangkan jajak pendapat 2018 TIME 100 yang dipilih oleh para pembaca setia majalah TIME dan dinobatkan sebagai salah satu dari "25 Orang Paling Berpengaruh di Internet pada tahun 2017 dan 2018".

 

 

 

Saksikan vieo pilihan berikut ini:

Pecahkan Rekor Baru di Amerika Serikat

Bangtan Boys atau yang lebih dikenal dengan BTS tampil di atas panggung Billboard Music Awards 2018 di Las Vegas, Minggu (20/5). BTS membawakan lagu terbarunya, 'Fake Love' di ajang penghargaan musik bergengsi itu. (Ethan Miller/GETTY IMAGES/AFP)

Sepak terjang Bangtan Boys atau BTS di industri musik K-Pop tak diragukan lagi. Bahkan, Rap Monster dan kawan-kawan berhasil menaklukkan dunia hiburan internasional dengan karyanya.

Mini album BTS berjudul Love Yourself laris manis di Amerika Serikat. Bahkan, disebut dengan album penjualan terbaik di negara Paman Sam itu, seperti diwartakan KoreaPortal, Selasa 11 Juli 2018.

Album fisik BTS masuk dalam Top 10 Physical Albums. Karya BTS itu langsung laku tak lama dipasarkan di Amerika Serikat.

Selanjutnya, Love Yourself: Tear terjual 132 ribu keping di Amerika Serikat. BTS dapat sebutan sebagai album penjualan artis luar terlaris.

BTS pun berhasil melenggang di industri musik internasional dengan sukses menyabet piala Billboard Music Awards 2017. Bahkan, BTS berhasil menyingkirikan sederet artis ternama, mulai dari Ariana Grande hingga Justin Bieber.

Nama BTS juga mulai disebut-sebut di media ternama dunia. Tak hanya itu, BTS juga menjadi tamu undangan di American Music Awards 2017, makin memantapkan langkah boyband asuhan Big Hit Entertainment di industri musik internasional.

Kehebatan BTS juga telah diakui. Salah satunya, BTS manggung di Kids' Choice Awards 2018.

Berdasarkan riset, didapat peringkat reputasi brand boyband K-Pop di bulan Januari 2018. Dari hasil yang baru diumumkan, terungkap bahwa Bangtan Boys alias BTS merupakan boyband nomor 1 di Korea Selatan pada periode ini.

Sebuah laporan menyebutkan, lagu tersebut diunduh sebanyak 500 ribu "unit". Perhitungan untuk satu unit yaitu 150 kali unduhan atau tayangan streaming audio atau video.

Sebelumnya, gelar tersebut dipegang PSY. Kini, BTS pun menjadi artis K-Pop kedua yang sukses meraih sertifikat emas tersebut.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Kementan Beri Bantuan Pakan untuk Ternak Korban Gempa Lombok

Posted: 09 Aug 2018 09:30 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Pasca bencana gempa bumi yang melanda Lombok Utara dan Lombok Timur, Nusa Tenggara Barat (NTB), Kementerian Pertanian (Kementan) melalui Direktorat Jenderal Peternakan dan Kesehatan Hewan (Ditjen PKH) membuat Posko Peduli Gempa NTB dan memberikan bantuan khususnya bagi peternak berupa pakan ternak, obat-obatan dan pelayanan kesehatan hewan.

Untuk mempercepat penerimaan bantuan, Menteri Pertanian Amran Sulaiman menginstruksikan Ditjen PKH untuk membentuk Tim Aksi Peduli Gempa yang terdiri dari Ditjen PKH (Pusat dan UPT), Dinas PKH Provinsi Bali, Dinas Kabupaten yang membidangi fungsi peternakan dan kesehatan hewan.

Tim tersebut telah bertugas di lapangan sejak terbentuk pada 5 Agustus 2018 sampai dengan saat ini.

"Tim khusus ini saya tugaskan untuk membantu warga korban gempa, terutama membawa perlengkapan termasuk bantuan pakan, vaksin, uobat-obatan dan pelayanan kesehatan serta teknis lainnya agar ternak warga tetap selamat dan sehat," tegas Amran seperti dikutip dari keterangan tertulis, Jumat (10/8/2018).

Direktur Jenderal PKH, I Ketut Diarmita, mengatakan bahwa bantuan ini akan disalurkan untuk kelompok ternak yang terkena dampak bencana gempa. Setelah dilakukan identifikasi mendalam diketahui bahwa daerah yang mengalami dampak paling serius adalah Lombok Utara dan Lombok Timur. Namun hingga saat ini belum ada laporan terkait kematian ternak.

"Kami sangat peduli dengan musibah yang menimpa Saudara kita di Pulau Lombok ini, apalagi NTB ini adalah salah satu sentra produksi sapi potong (lumbung ternak) penyumbang kebutuhan nasional," ungkap Ketut.

"Bantuan akan diberikan ke peternak di dua kabupaten tersebut karena saat mengungsi biasanya mereka panik dan belum optimal untuk mencari pakan ternak, semoga bantuan ini bisa terdistribusikan dengan baik dan bermafaat bagi peternak, " ungkapnya.

 

Jumlah Ternak

Seorang pria menyelamatkan sisa-sisa puing dari bangunan rumah yang rusak di Menggala, Lombok Utara, Rabu (8/8). Warga terdampak gempa Lombok mulai mengamankan barang berharga miliknya karena kuatir dijarah pihak tidak bertanggung jawab. (AFP/ADEK BERRY)

Ketut menyebutkan bahwa wilayah terdampak di Kabupaten Lombok Utara (KLU) berada di 4 Kecamatan yaitu Tanjung, Pemenang, Gangga, Kahyangan, sedangkan di Kabupaten Lombok Timur berada di 3 Kecamatan, yaitu Sembalun, Sambelia dan Pringgabaya.

Ada 9 Kelompok Tani Ternak (KTT) yang ada di Kabupaten Lombok Utara yang terkena dampak gempa antara lain:

(1). KTT Sri Datu dengan jumlah sapi sebanyak 295 ekor;

(2). KTT Mekar Sari dengan jumlah sapi sebanyak 142 ekor;

(3). KTT Baru Sadar + Pade Angen dengan jumlah sapi sebanyak 50 ekor;

(4). KTT Makmur Jaya dengan jumlah sapi sebanyak 50 ekor;

(5). KTT Pade Angen dengan jumlah ternaknya 300 ekor;

(6). KTT Bina Karya jumlah ternaknya 300 ekor;

(7). KTT Maju Sejahtera jumlah ternakya 70 ekor;

(8). KTT Tanjung Tilah dengan jumlah ternak sebanyak 50 ekor;

(9). KTT Telaga Gedong jumlah ternaknya sebanyak 50 ekor.

"Jumlah ternak sapi yang ada di KTT Lombok Utara diperkirakan sekitar 1.307 ekor,"ungkap I Ketut Diarmita.

Sementara di Lombok Timur di laporkan terdapat 2 KTT yang terkena dampak gempa yaitu:

(1). KTT Ama Imron di Dusun Karya, Desa Sajang, Kecamatan Sembalun dengan Jumlah ternak sapi sebanyak 700 ekor jumlah peternak 40 orang.

(2). KTT Dasan Kembar di Dusun Bilok Petung, Kecamatan sembalun dengan jumlah ternak sapi sebanyak 100 ekor dan jumlah pemilik sebanyak 25 orang.

Jumlah ternak sapi yang terdata di Lombok Timur sejumlah 800 ekor, sehingga jumlah keseluruhan sementara ternak sapi terkena dampak gempa di 2 Kabupaten sekitar 2.107 ekor.

"Sedangkan untuk wilayah terdampak lainnya masih akan terus kita data dan identifikasi," tambahnya.

 

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

KPAI Upayakan Rehabilitasi Anak Korban Prostitusi di Kalibata City

Posted: 09 Aug 2018 09:30 PM PDT

 

Liputan6.com, Jakarta Komisi Perlindungan Anak Indonesia (KPAI) serius mendorong upaya rehabilitasi anak korban prostitusi di Apartemen Kalibata City, Jakarta. Demikian juga hak ganti rugi (restitusi) 

Pada 2 Agustus 2018, Polda Metro Jaya membongkar kasus prostitusi anak di apartemen Kalibata City. Polisi berhasil mengamankan 32 orang pekerja seks komersial (PSK), yang 6 di antaranya masih usia anak-anak.

"Penanganan fisik dan psikologis anak korban prostitusi harus dipastikan berjalan oleh Dinas Sosial atau Pelayanan Terpadu Perempuan dan Anak DKI Jakarta, yang punya wewenang penanganan,"papar Komisioner KPAI Bidang Trafficking dan Eksploitasi Anak, Ai Maryati Solihah, sebagaimana rilis yang diterima Health Liputan6.com, ditulis Jumat (10/8/2018).

 

Simak video menarik berikut ini:

Terbebas dari perdagangan orang

Prostitusi di kawasan Apartemen Kalibata tak pernah habis meskipun berulangkali digerebek aparat kepolisian. Sindikat prostitusi d...

Upaya rehabilitasi anak korban prostitusi agar anak-anak ini dapat kembali kepada keluarga. "Bukan hanya itu saja, mereka juga bisa terbebas dari kerangkeng perdagangan orang," Ai Maryati menambahkan.

Dalam konteks perlindungan anak, KPAI merujuk pada UU Nomor 3 tahun 2014, yang berisi setiap anak yang mengalami trafficking. Apalagi disertai eksploitasi seksual, terlepas apakah ada unsur sukarela atau tanpa paksaan.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Bercerai, Dina Lorenza Dapatkan Hak Asuh Anak

Posted: 09 Aug 2018 09:30 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Kebersamaan 10 tahun yang pernah dirajut Dina Lorenza dan Ghatan Saleh Hilabi berakhir sudah. Pengadilan Agama Jakarta Selatan telah mengabulkan gugatan cerai Dina Lorenza pada 25 Juli 2018 secara verstek.

Adanya pertikaian terus-menerus disinyalir sebagai penyebab utama perceraian Dina Lorenza dan Ghatan Saleh Hilabi. "Alasannya karena cekcok terus-menerus, makanya memilih pisah," jelas Elza Syarief kepada Liputan6.com, Jumat (10/8/2018).

Selain perceraian, Dina Lorenza juga mengajukan permohonan hak asuh anak kepada pengadilan. Hasilnya, kedua anak hasil pernikahan dengan Ghatan Saleh Hilabi, berada dalam pengasuhan Dina Lorenza.

"Iya (dapat hak asuh anak). Hak asuh anak di bawah umur kan ada di bawah ibunya," tuturnya.

Sementara itu, mengenai harta gana-gini, Elza Syarief memastikan tidak ada gugatan dari kliennya. "Harta gana-gini enggak ada," jelas Elza Syarief.

 

Simak juga video berikut ini:

Perceraian Kedua

(Andi Masela/Bintang.com)

Dina Lorenza sebelumnya pernah menikah pada 7 Maret 2002 dengan mantan pereli nasional, Muhammad Herukusuma. Sayang pernikahan Dina-Heru berlangsung singkat, karena keduanya bercerai pada 13 Oktober 2003. Dari pernikahan pertamanya itu, Dina Lorenza dikaruniai seorang putri bernama Malika Alea Casta.

Lima tahun menjanda, Dina Lorenza akhirnya dipertemukan dengan Ghatan Saleh Hilabi. Menariknya, Ghatan merupakan duda dari teman Dina Lorenza di dunia hiburan, Cut Keke.

Pernikahan Dina Lorenza dan Ghatan Saleh Hilabi digelar pada 29 Juni 2008. Selama hampir 10 tahun menikah, Dina Lorenza dan Ghatan dikaruniai dua anak.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

VIDEO: Demokrat Putuskan Dukung Prabowo-Sandiaga Uno

Posted: 09 Aug 2018 09:30 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Usai menggelar rapat majelis tinggi, Partai Demokrat akhirnya memutuskan tetap mendukung Prabowo Subianto dan Sandiaga Uno di Pilpres 2019.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Tidak ada komentar: