Selasa, 07 Agustus 2018

Liputan6 : RSS2 Feed

Liputan6 : RSS2 Feed


VIDEO: Sopir Ojol Pukul Pejalan Kaki akhirnya Dipecat

Posted: 07 Aug 2018 11:16 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Sebuah video berjudul 'Pejalan Kaki Dipukul Pengendara Ojek Online Di Trotoar' viral di dunia maya. Di video tersebut, terlihat pejalan kaki bernama Alif itu menegur seorang pengendara Grab yang membawa penumpangnya melintas di trotorar.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

MotoGP Austria: Lorenzo Komentari Sayap Motor Desmosedici

Posted: 07 Aug 2018 11:15 PM PDT

Liputan6.com, Brno - Para pembalap MotoGP  baru saja menyelesaikan pengujian resmi IRTA di Sirkuit Brno, Republik Ceko, (6/8/2018). Pada tes ini beberapa pembalap memilih untuk menjajal fairing atau sayap, seperti yang dilakukan Jorge Lorenzo.

Lorenzo memilih menguji sayap pada motor Desmosedici yang telah digunakan Andrea Dovizioso sejak MotoGP Belanda. Dalam tes ini, X-Fuera merasa telah menemukan banyak hal positif, lebih banyak pro daripada kontra dan pada akhirnya ia menyukainya.

Meski ada perbedaan besar pada tunggangannya, Lorenzo perlu memberikan pendapatnya setelah menggunakan fairing itu pada balapan di Grand Prix Austria, akhir pekan ini.

"Saya perlu konfirmasi di trek lain, jadi saya akan menggunakannya selama di MotoGP Austria," ujar Lorenzo seperti dikutip dari GPOne, Rabu (8/8/2018).

Sirkuit Red Bull Ring seperti merupakan trek yang dirancang untuk motor Desmosedici. Betapa tidak, sejak tahun 2016, pembalap dari pabrikan Italia selalu keluar sebagai pemenang.

Andrea Iannone juara di MotoGP Austria pada 2016. Podium pertama itu mampu dipertahankan Dovizioso di tahun berikutnya atau 2017. Dengan kata lain, peluang pembalap Ducati berdiri gagah di posisi pertama terbuka lebar.

 

Belum Tentu Mulus

Kehadiran Jorge Lorenzo pada musim 2019 diharapkan bisa memberikan kemenangan buat Repsol Honda. (AFP/Robert Michael)

Tapi Lorenzo tidak ingin menarik kesimpulan bahwa motor Desmosedici GP18 tak akan mengalami masalah selama mengaspal di Sirkuit Red Bull Ring. Pasalnya, sejumlah tim terus melakukan perbaikan dan besar kemungkinan tahun ini akan berbeda.

"Saingan kami telah meningkatkan mesin mereka, terutama Honda. Mereka pasti akan lebih dekat ketimbang dua tahun lalu," ungkap Lorenzo.

 

Jadwal MotoGP Austria

Jumat, 10 Agustus

14.55-15.40 WIB: FP1

19.05-19.50 WIB: FP2

Sabtu, 11 Agustus

14.55-15.40 WIB: FP3

18.30-19.00 WIB: FP4

19.10-19.25 WIB: Q1

19.35-19.50 WIB: Q2

Minggu, 12 Agustus

14.40-15.00 WIB: Pemanasan

19.00 WIB: Balapan

(David Permana)

Saksikan video pilihan di bawah ini

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

RI Keberatan Atas Tuntutan Ganti Rugi AS Terkait Produk Hortikultura

Posted: 07 Aug 2018 11:15 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Direktur Jenderal Perundingan Perdagangan Internasional Kementerian Perdagangan (Kemendag) Iman Pambagyo menyatakan, pemerintah Indonesia telah menerima salinan surat Perwakilan Amerika Serikat (AS) untuk Organisasi Perdagangan Dunia (WTO) di Jenewa, Swiss, kepada Badan Penyelesaian Sengketa WTO.

Surat tersebut pada intinya meminta otorisasi dari Badan Penyelesaian Sengketa WTO kepada AS untuk menunda pemberian konsesi tarif kepada Indonesia, terkait dengan sengketa yang diadukan AS atas kebijakan restriktif yang diterapkan Indonesia dalam importasi produk hortikultura, hewan dan produk hewan (kasus dengan nomor registrasi DS478). Buntut dari sengketa ini, AS menuntut ganti rugi dari Indonesia sebesar USD 350 juta.

Sebagaimana diketahui, pada 2015 Badan Penyelesaian Sengketa WTO membentuk panel atas permintaan AS dan Selandia Baru yang memperkarakan kebijakan impor produk hortikultura, serta hewan dan produk hewan yang diterapkan Indonesia.

"Total terdapat 18 measures yang diadukan oleh AS dan Selandia Baru sebagai inkonsisten dengan komitmen Indonesia di WTO," ujar dia di Jakarta, Rabu (8/8/2018).

Pada 22 Desember 2016, panel sengketa mengumumkan temuannya bahwa 18 measures yang diterapkan Indonesia tersebut tidak sejalan dengan prinsip dan disiplin yang disepakati di WTO dan merekomendasikan Indonesia agar melakukan penyesuaian.

Imam menyatakan, pada 17 Februari 2017 Indonesia mengajukan banding. Namun, pada 22 November 2017 Badan Banding WTO menguatkan rekomendasi dari panel sengketa bahwa Indonesia harus melakukan penyesuaian atas 18 measures yang dipermasalahkan.

"Melalui pembahasan yang cukup panjang, maka disepakati bahwa Indonesia akan melakukan penyesuaian tahap pertama selambatnya pada 22 Juli 2018 dan tahap kedua pada 22 Juni 2019," kata dia.

Meskipun langkah-langkah penyesuaian telah dilakukan oleh pemerintah Indonesia, lanjut Imam, dalam konsultasi para pihak yang berlangsung pada 27 Juli 2018 di Jenewa, AS menyatakan Indonesia belum cukup melakukan penyesuaian.

Penilaian ini didasarkan pada informasi yang diterima Perwakilan AS untuk WTO yaitu eksportir produk hortikultura dari AS masih mengalami kesulitan untuk mengekspor produknya ke Indonesia.

 

Konsultasi Bilateral

Petani binaan Ewindo memanen buah melon premium Stella F1 di Teluk Naga, Tangerang, Kamis (20/4). Dengan teknik budidaya tanaman hortikultura berkualitas tinggi, melon tersebut dapat mengakses pasar-pasar modern di Ibu Kota. (Liputan6.com/Helmi Afandi)

Sementara konsultasi bilateral tetap berjalan, AS menggunakan haknya berdasarkan Pasal 22.2 dari WTO Dispute Settlement Understanding untuk mengamankan haknya guna menunda pemberian konsensi tarif kepada Indonesia apabila Indonesia benar-benar gagal melaksanakan rekomendasi Badan Penyelesaian Sengketa WTO.

"Jadi sebenarnya pada tahapan ini, AS berupaya mengamankan haknya untuk melakukan retaliasi apabila Indonesia dinyatakan gagal memenuhi kewajibannya sesuai rekomendasi dari Badan Sengketa WTO," lanjut dia.

Menurut Imam, permintaan otorisasi AS ini masih akan dibahas oleh Badan Penyelesaian Sengketa WTO yang akan melakukan pertemuan pada 15 Agustus 2018 mendatang. Kalaupun Badan Penyelesaian Sengketa WTO mengabulkan permintaan otorisasi yang diajukan, masih perlu dibentuk panel untuk menentukan besaran nilai retaliasi ini.

"Jelas, angka USD 350 juta yang diajukan AS merupakan angka sepihak yang masih dapat diperdebatkan," ungkap dia.

Karena telah melakukan penyesuaian dengan mengamendemen beberapa Peraturan Menteri Pertanian dan Peraturan Menteri Perdagangan sejalan dengan rekomendasi Badan Penyelesaian Sengketa WTO, kata Imam, pemerintah Indonesia akan meminta pembentukan panel kepatuhan (compliance panel) untuk menilai secara objektif apakah benar Indonesia belum melakukan penyesuaian-penyesuaian yang direkomendasikan.

"Hal ini akan kita tempuh karena sebetulnya Pemerintah telah melakukan penyesuaian sebelum 22 Juli 2018, dan pengusaha produk hortikultura, hewan dan produk hewan dari AS dan negara lainnya dapat mengekspor produk-produknya ke Indonesia," tutur dia.

 

Konsultasi dengan AS

Petani menunjukkan melon premium Stella F1 di Teluk Naga, Tangerang, Kamis (20/4). PT East West Seed Indonesia (Ewindo) berhasil membina petani di sekitar Jakarta dengan teknik budidaya tanaman hortikultura berkualitas tinggi. (Liputan6.com/Helmi Afandi)

Untuk menyelesaikan masalah ini tanpa harus melalui langkah retaliasi, pemerintah Indonesia berencana akan melakukan konsultasi dengan AS guna menjelaskan secara lebih rinci langkah-langkah yang telah diambil Pemerintah.

"Pihak AS telah memberikan indikasi kesediaannya untuk melaksanakan konsultasi bilateral sebelum keputusan final AS diambil apakah akan melakukan retaliasi atau tidak," jelas dia.

Dalam proses litigasi di WTO, aktivasi Pasal 22.2 dari WTO Dispute Settlement Understanding merupakan masalah prosedural agar negara yang merasa dirugikan (complainant) tidak kehilangan haknya bila merasa perlu melaksanakan retaliasi.

Dibanding jumlah kasus yang ditangani oleh Badan Penyelesaian Sengketa WTO selama ini, langkah retaliasi ini jarang ditempuh oleh complainant karena biasanya permasalahan yang ada dapat diselesaikan melalui konsultasi bilateral.

"Tampaknya ada masalah time-lag antara kesimpulan yang diambil oleh Perwakilan AS di WTO dengan kunjungan Menteri Perdagangan Indonesia ke Washington pada 24–27 Juli 2018 lalu, yang antara lain membahas penyelesaian sengketa di WTO ini," tandas Iman.

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Hari ke-3 Usai Gempa, Warga Lombok Utara Belum Terima Bantuan

Posted: 07 Aug 2018 11:11 PM PDT

Patroli, Lombok - Memasuki hari ketiga usai gempa 7 skala Richter (SR) yang mengguncang Pulau Lombok dan sekitarnya, ratusan kepala keluarga di Dusun Gondang Timur, Lombok Utara, Nusa Tenggara Barat (NTB), belum tersentuh bantuan sama sekali.

Seperti ditayangkan Patroli Indosiar, Rabu (8/8/2018), Kabupaten Lombok Utara yang paling parah terdampak gempa, suasananya kini bak kota mati. Tak ada penerangan listrik.

Rumah-rumah kosong tak berpenghuni sebagian besar tinggal puing.

Bahkan, salah satu perkampungan di Lombok Utara, yakni Dusun Gondang Timur, Desa Gondang, Kecamatan Gangga, belum sama sekali tersentuh bantuan. Sedikitnya 420 kepala keluarga di dusun ini kehilangan tempat tinggal karena rumah mereka roboh tak bersisa.

Malam hari, warga terpaksa tidur berdesakan di tenda-tenda darurat yang dibuat swadaya tanpa penutup samping sehingga terpaan angin langsung menerpa.

"Dari BPBD dan pemda belum ada. Kami butuh tenda, makanan dan air," kata Rinata, warga Gondang Timur. 

Data dari Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) hingga Selasa, 7 Agustus 2018 sore menyebutkan, gempa 7 SR di Pulau Lombok dan sekitarnya menyebabkan 105 orang meninggal dunia. Sebagian besar berasal dari Lombok Utara, yakni berjumlah 78 jiwa.

Sebelumnya, BNPB mengakui infrastruktur yang rusak akibat gempa menyulitkan upaya evakuasi yang hingga kini masih berlangsung. (Muhammad Gustirha Yunas)

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Pelajar SMP di Solo Gelar Salat Gain Bagi Korban Gempa Lombok

Posted: 07 Aug 2018 11:11 PM PDT

Fokus, Solo - Jajaran Polda Metro Jaya yang bersinergi dengan TNI di jajaran Garnisun Jakarta Raya, Rabu pagi tadi mengirimkan sejumlah bantuan berupa mie instan, makanan bayi, obat-obatan, vitamin, pakaian serta selimut, bagi korban gempa lombok.

Sementara itu, Polda Metro Jaya telah menyiagakan pasukan jika sewaktu-waktu dibutuhkan untuk pemulihan keadaan. Bantuan dikirim menggunakan pesawat TNI Angkatan Udara melalui Lanud Halim Perdana Kusuma.

"Kerjasama ini adalah bentuk sinergitas TNI dan Polri, khususnya jajaran Garnisun Jakarta Raya," kata Kapolda Metro Jaya Irjen Pol Idham Aziz, Seperti ditayangkan Fokus Indosiar, Rabu (8/8/2018). 

Di Solo, Jawa Tengah, ratusan pelajar Sekolah Menengah Pertama (SMP) Islam Diponegoro menggelar aksi kepedulian korban gempa Lombok dengan menggelar salat gaib dan penggalangan dana.

Bantuan bagi korban gempa Lombok juga datang dari Pasuruan, Jawa Timur. Sejumlah anggota TNI, Polri, aparatur sipil negara (ASN) hingga masyarakat umum mendonorkan darah mereka bagi para korban. Aksi ini berhasil mengumpulkan 114 kantong darah.

Sementara di Padang, Sumatera Barat, Pemprov Sumatera Barat mengirimkan hampir satu ton rendang bagi kebutuhan pangan korban gempa. Rencananya, rendang ini akan dikirimkan langsung oleh Gubernur NTB Tuan Guru Bajang (TGB) Zainul Majdi kepada korban gempa Lombok. (Rio Audhitama Sihombing)

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Chelsea Berusaha Pinjam Kovacic dari Real Madrid

Posted: 07 Aug 2018 11:10 PM PDT

Liputan6.com, Madrid - Chelsea telah menyetujui kesepakatan peminjaman Mateo Kovacic dari Real Madrid. Kovacic tertarik menjajal kompetisi Liga Inggris.

Seperti dilansir Marca, Kovacic tidak akan kembali ke skuat Real Madrid usai libur setelah Piala Dunia 2018. Gelandang internasional Kroasia itu ngotot hengkang dari Santiago Bernabeu.

Pekan lalu, Kovacic dikabarkan telah berbicara dengan arsitek anyar Real Madrid, Julen Lopetegui. Pembicaraan itu terkait masa depan Kovacic bersama Los Blancos.

Kovacic bersikeras ingin meninggalkan Real Madrid untuk mendapatkan peluang bermain di tim utama. Klub peminat pemain berusia 24 tahun ini cukup banyak.

Sebuah laporan di Sky Sports awal bulan ini menyebut bahwa Manchester City menginginkan Kovacic. Sayang, permintaan El Real sebesar 80 juta euro tidak bisa dipenuhi Manchester City.

Peluang Chelsea

Gelandang Real Madrid, Mateo Kovacic, melakukan selebrasi. (AP/Lynne Sladky)

The Citizens pun mundur teratur untuk mengajukan tawaran lagi. Chelsea melihat peluang membawa Kovacic ke Stamford Bridge dengan status pinjaman.

Los Blancos sepertinya enggan menjual Kovacic, karena masih percaya masa depan cerah yang dimiliki mantan pemain Inter Milan itu. Kovacic sendiri tak masalah hanya dipinjamkan.

Dalam tiga musim membela Real Madrid, Kovacic hanya 37 laga bermain sebagai starter. Musim lalu bahkan dia hanya 10 kali tampil dari menit pertama.

Andalan Inter

Kovacic bergabung dengan klub ibu kota Spanyol itu setelah dibeli dari Inter pada 2015 dengan kesepakatan 35 juta euro. Sebelumnya, I Nerazzurri mendatangkan Kovacic dari Dinamo Zagreb setelah merogoh kocek 11 juta euro.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Order Honda Forza Tembus Ratusan, Sinyal Bahaya buat Yamaha XMax

Posted: 07 Aug 2018 11:07 PM PDT

Liputan6.com, Tangerang - Sepanjang lima hari penyelenggaraan Gaikindo Indonesia International Auto Show (GIIAS) 2018, dua motor baru PT Astra Honda Motor (AHM), Forza dan Super Cub C125 langsung jadi jagoan.

Bahkan, kedua motor tersebut mendominasi 57 persen penjualan pabrikan berlambang sayap mengepak tersebut di pameran yang berlangsung di ICE, BSD, Tangerang ini.

Secara total, penjualan Honda periode 2 sampai 6 Agustus 2018, sebanyak 386 unit. Untuk unitnya sendiri, motor penantang Yamaha XMax, Honda Forza terpesan 131 unit. Sementara bebek retro Honda Super Cub dipesan 89 konsumen.

"Motor premium yang baru kami luncurkan, Honda Forza dan Honda Super Cub C125, menjadi motor yang paling dicari pengunjung booth Honda. Penjualannya dalam lima hari ini melebihi ekspektasi kami," ujar GM Corporate Communication PT AHM, Ahmad Muhibbuddin, di gelaran GIIAS 2018, Selasa (7/8/2018).

Untuk diketahui, Honda Forza sebagai motor premium memiliki tampilan dengan desain yang mewah dan sporty.

Model ini hadir sebagai kebanggan tertinggi bagi pecinta skutik di Tanah Air. Sementara Honda Super Cub C125, merupakan sepeda motor bebek terlaris sepanjang masa.

 

Selanjutnya

Dengan desain yang tak pernah lekang oleh waktu, sekaligus dibenamkan juga fitur canggih dan sentuhan desain yang modern.

Selain Honda Forza dan Honda Super Cub, Honda PCX juga berhasil memikat pengunjung GIIAS 2018, dengan penjualan 84 unit, diikuti kesuksesan Honda CBR250RR yang terjual sebanyak 24 unit.

Tidak hanya menghadirkan beragam motor premium teranyar, pada ajang pameran tahunan ini konsumen juga dapat merasakan langsung sensasi berkendara menggunakan sepeda motor premium dan Big Bike Honda, seperti Honda CBR250RR, Honda CRF150L, Honda CMX500 Rebel, Honda PCX150, dan Honda CB500X pada sesi Test Ride.

Saksikan Juga Video Pilihan di Bawah Ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Jet Tempur Spanyol Tak Sengaja Tembak Rudal ke Wilayah Estonia

Posted: 07 Aug 2018 11:02 PM PDT

Liputan6.com, Talinn - Sebuah jet tempur Spanyol secara tak sengaja menembakkan rudal ke wilayah Estonia, di tengah latihan perang di dekat perbatasan barat laut negara itu.

Salah seorang pejabat NATO mengatakan, sejauh ini tidak ada laporan korban jiwa ataupun kerusakan, yang diakibatkan oleh tembakan tersebut pada Selasa 7 Agustus 2018 waktu setempat.

"Jalur penerbangan, lokasi dan status rudal saat ini sedang diselidiki," kata pejabat itu, sebagaimana dikutip dari CNN pada Rabu (8/8/2018).

Disebutkan bahwa rudal terkait telah berada dalam mode penghancuran diri ketika tidak sengaja ditembak, dan tidak mengesampingkan telah mendarat di salah satu wilayah kosong di dekat area perbatasan.

Personel Angkatan Udara Estonia, bersama dengan otoritas terkait di Spanyol, dikabarkan masih terus melakukan operasi pencarian untuk menemukan rudal tipe AMRAAM, yang diduga mungkin mendarat sekitar 40 kilometer di sebelah utara Kota Tartu.

Perdana Menteri Estonia Jüri Ratas mengatakan di Facebook bahwa insiden tersebut "sangat disesalkan", dan berharap Spanyolsegera menanganinya dengan hati-hati hingga tuntas.

Disebutkan pula oleh PM Ratas bahwa misi latihan perang udara, yang dikerahkan atas nama NATO, sangat penting untuk turut menjaga keamanan nasional Estonia, dan kawasan Eropa Barat pada umumnya.

Informasi terkini menyebut misil itu ditembakkan tidak sengaja dari jet tempur Eurofighter Typhoon 2000 milik Angkatan Laut Kerajaan Spanyol.

 

Simak video pilihan berikut:

 

 

NATO Menambah Jumlah Keanggotaan

Ilustrasi bendera NATO (Wikipedia/Public Domain)

Sementara itu, aliansi pertahanan terbesar di Atlantik Utara, NATO, dikabarkan memperluas keanggotaannya dari 29, menjadi 30 negara atu lebih. Kebijakan itu resmi berlaku pada agenda pertemuan tahunannya yang digelar pada bulan Juli.

Dikutip dari VOA Indonesia, salah satu alasan penambahan kuota anggota itu adalah karena Yunani dipastikan segera menyelesaikan perselisihan bertahun-tahun dengan bekas Republik Yugoslavia Makedonia. Nama belakang negara itu serupa dengan salah satu wilayah historis Negeri Seribu Dewa.

NATO akan menerima keanggotaan Republik Yugoslavia Makedonia jika negara itu berkenan menyelesaikan sengketa nama dengan Yunani, guna menghindari konflik klaim wilayah di kemudian hari.

Bagi NATO yang mengadakan KTT tahunan bulan depan di Brussels, lebih banyak negara anggota berarti punya kemampuan lebih besar untuk mendorong tujuan bersama dalam menghadapi tantangan baru.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Kakek Sampai Cucu Tewas Terbakar di Makassar, Pembunuhan Berencana?

Posted: 07 Aug 2018 11:01 PM PDT

Liputan6.com, Makassar - Kepolisian Daerah Sulawesi Selatan ikut menyelidiki kasus tewasnya satu keluarga dalam kebakaran rumah di Jalan Tinumbu lorong 166 B Makassar, Senin dini hari, 6 Agustus 2018. Polisi menduga kebakaran itu merupakan modus pembunuhan berencana.

"Kita lakukan penyelidikan, artinya, baik itu penyidikan di dalam lokasi Tempat Kejadian Perkara atau TKP maupun di luar TKP," kata Kabid Humas Polda Sulsel Kombes Dicky Sondani, di Makassar, Selasa, 7 Agustus 2018, dilansir Antara.

Penyelidikan di luar TKP, kata dia, bertujuan untuk mengetahui dengan siapa saja korban-korban ini berhubungan dan apa peranan para korban sebelum terjadinya peristiwa tersebut.

Sedangkan di dalam TKP, lanjut Dicky, penyelidikan dilakukan oleh tim Laboratorium Forensik (Labfor) melalui pihak kedokteran untuk melihat apakah rumah korban tersebut terbakar atau sengaja dibakar. Selain itu, dari hasil pemeriksaan akan ketahuan nanti, tim forensik melihat kondisi dari pada jasad korban dan kondisi ruang yang terbakar.

"Sehingga dalam kasus ini tidak bisa dibohongi, akan terungkap orang yang dibakar dengan orang terbakar, sebab kasusnya berbeda antara sengaja dibakar dengan terbakar murni," ucapnya.

Dicky menegaskan proses penyelidikan masih berlangsung. Maka itu, ia meminta masyarakat bersabar dan pihaknya berjanji akan transparan dalam mengungkap kasus terbakarnya satu keluarga tersebut.

"Kami transparan dan memberikan bagaimana kesimpulan terhadap terjadinya kasus tersebut, karena masyarakat banyak menduga-duga ini pembunuhan atau tidak. Tetap akan kami sampaikan apapun itu hasilnya," kata Dicky.

 

 

Keganjilan pada Jasad Korban Kebakaran

Ilustrasi jenazah.

Sebelumnya, kebakaran menghanguskan rumah satu keluarga pada Senin dini hari, 6 Agustus 2018, pukul 03.45 Wita, dan mengakibatkan enam anggota keluarga, yakni pemilik rumah H Sanusi (70), istrinya Hj Bodeng (65), anak perempuannya Musdalifa (30), serta cucunya Ahmad Fahri (25), Namira Ramadina (21), dan Hijas (2,5), tewas.

Pihak keluarga korban meminta polisi menyelidiki peristiwa itu karena disinyalir kebakaran tersebut bermotif pembunuhan berencana. "Kami minta polisi secara serius menyelidiki kasus kebakaran ini, sebab ada beberapa keganjilan yang kami rasa tidak wajar," ungkap perwakilan keluarga, Irwan di rumah duka.

Hal ini juga terkait masalah salah satu korban, Ahmad Fahri atau dikenal Desta, yang disinyalir kuat terlibat jaringan dan pengguna narkoba sabu. Ia diduga terlilit utang puluhan juta kepada orang lain diduga bandar narkobanya.

Saat kejadian kebakaran itu, Desta ditemukan paling terakhir dengan terlilit kawat pada bagian leher serta luka sayatan pada tubuhnya. Sementara kakeknya, H Sanusi juga mengalami luka sayatan di tubuhnya hingga organ dalamnya sedikit keluar.

Bahkan jelang kejadian nahas itu, korban Namira (21) sempat berbincang dengan pacarnya bahwa rumahnya dimasuki orang. Ia juga menyampaikan pesan untuk diselamatkan, tapi takdir berkata lain. Ia ikut tewas terbakar bersama neneknya di lantai dua rumah tersebut.

Saksikan video pilihan berikut ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

PGN Pasok Gas untuk Industri Baja Otomotif

Posted: 07 Aug 2018 11:01 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - PT Perusahaan Gas Negara Tbk (PGN) memasok kebutuhan gas pabrik baja untuk otomotif Galvanizing, Annealing and Processing Line (GAPL) milik PT Krakatau Nippon Steel Sumikin (KNSS) di Cilegon, Banten.

‎Sekretaris Perusahaan PGN, Rachmat Hutama menuturkan, perusahaannya ditetapkan sebagai pemenang tender penyaluran gas, untuk keperluan produksi pabrik GAPL milik KNSS pada 15 April 2016.  Produk baja yang dihasilkan pabrik KNSS senilai USD 300 juta tersebut akan digunakan untuk memasok kebutuhan industri otomotif nasional.

‎"Sesuai dengan permintaan pelanggan, PGN berhasil menyelesaikan pembangunan infrastruktur pipa gas distribusi menuju pabrik, sehingga bisa melakukan gas in tepat waktu pada  1 Februari 2017," kata Rachmat, di Jakarta, Rabu (8/8/2018).

Rachmat mengungkapkan, PGN berpotensi menyalurkan gas sebanyak 1,32 juta m3 per bulan. Ini seiring dengan meningkatnya permintaan industri otomotif akan cold rolled steel (CR), galvannealed steel (GA), dan hot dip galvanized steel (GI) yang mampu diproduksi pabrik tersebut.

Setelah melakukan uji coba produksi selama setahun lebih, pada 7 Agustus 2018, KNSS melakukan pembukaan pabrik.‎ Dengan beroperasinya pabrik ini, diharapkan industri otomotif yang ada di Indonesia yaitu Toyota, Suzuki, Nissan, Daihatsu, dan lain-lain dapat mengalihkan bahan baku yang tadinya impor menjadi membeli dari KNSS.

"Sehingga PGN dapat mendukung KNSS berkontribusi meningkatkan perekonomian dalam negeri," tutur Rachmat.

 

Pabrik

Ilustrasi Foto Gas Bumi (iStockphoto)

Pabrik GAPL milik KNSS memiliki kapasitas produksi bahan baku industri otomotif sebanyak 480 ribu metrik ton per tahun. KNSS sendiri merupakan perusahaan joint venture antara Nippon Steel & Sumitomo Metal Corporation (NSSMC) dari Jepang dan PT Krakatau Steel (Persero) Tbk dari Indonesia, yang merupakan pelanggan besar gas PGN.

Menurut data Kementerian Perindustrian, produk baja yang cukup banyak digunakan di sektor otomotif adalah jenis Hot Rolled Steel Coil (HRC), Cold Rolled Steel Coil (CRC), dan Galvanized Steel. 

Direktur KNSS Djoko Muljono menambahkan, pengalaman perusahaannya menghasilkan lembaran baja berkualitas dan bermutu tinggi, akan meningkatkan standar kualitas mobil yang diproduksi di dalam negeri.

"Produksi baja ini berkualitas tinggi meningkatkan mutu produksi mobil di dalam negeri," ujar dia.

 

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Arief Yahya Pantau Suasana Malam di Bandara LIA

Posted: 07 Aug 2018 11:00 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Menteri Pariwisata Arief Yahya non stop memantau manajemen pelayanan dan pengantaran wisatawan mancanegara keluar dari Pulau Lombok. Melalui tim Crisis Center Kemenpar, terus mengingatkan agar terus mencari cara terbaik untuk membuat mereka merasa nyaman di tengah suasana sulit.

Di bandara LIA, Lombok International Airport, terlihat masih ada wisman yg tertahan dan mencari penerbangan ke Jakarta, Bali dan Surabaya. Menpar pun meminta Stafsus Bidang Akses dan Infrastruktur Judi Rifajantoro untuk meminta airlines terbang lagi ke Lombok, agar tidak ada penumpukan.

"Kami sedang upayakan dan izin otoritas bandara agar malam ini dapat disajikan hiburan, karena banyak wisman yg tidur tiduran di bandara Lombok. Minimal mereka bisa terhibur," ujar Guntur Sakti, Ketua Tim Manajemen Krisis Kepariwisataan di Lombok.

LIA akan membuka layanan operasional bandara 24 jam hingga H + 3 (tanggal 8 Agustus 2018) dan masih mengharapkan dukungan extra flights untuk menerbangkan wisatawan yang tertahan di bandara. "Info dari AP1, hari ini sudah ada 1 extra flight dari Garuda dan 3 extra flight dr Lion ke Lombok," kata Guntur.

Menpar Arief juga menyebut, PIC atau kontak person Tim Crisis Center (TCC) Kemenpar : Desi Ruhati. Lalu, TCC Lombok PIC : Guntur Sakti . TCC Bali Tourism Hospitality : Ngurah Putra dan Byomantara. "Silakan langsung berkomunikasi dengan mereka untukmenyampaikan info-info terbaru," ungkap Arief Yahya.

Sementara itu, Menlu Retno Marsudi juga menyampaikan bahwa hingga pukul 11.00 WIB pihaknya mendapatkaj laporan, tidak ada korban Warna Negara Asing di bencana gempa Lombok. "Kami sudah cek ke BNPB dan kondisinya Alhamdulillah aman," jelasnya.

Kemenlu juga membuat Hotline khusus Lombok dengan nomor +62-87864124151. Namanya, Foreign Visitor Help Desk for Lombok Earthquake, sebagai call center buat orang asing yang sedang berada di Lombok.

Menteri Retno juga memantau kegiatan Indonesia-Australia Ministerial Council Meeting (MCM) on Law and Security dan Sub Regional Meeting On Counter Terrorisme (SRM ON CT) di Lombok. "Semua delegasi asing Alhamdullillah selamat, sebagian sudah meninggalkan Lombok," kata Menlu Retno.

Menlu Retno juga menyampaikan bahwa pihaknya juga sudah meminta Imigrasiuntuk memberi kemudahan layanan bagi wisatawan dan warga negara asing yang kehilangan passport. Saat proses pemindahan wisman, tentu sangat mungkin terjadi kepanikan dan kehilangan dokumen penting itu.

TNI dan Polri juga turun ke Lombok, untuk membantu proses pengamanan di lokasi bencana. Pagi-pagi, sudah landing pertama pada 09.47 Wita. pesawat Hercules dari Lanud Abdurahman Saleh Malang mengangkut personel dari Yonkes 2 Divisi Kostrad.

Adapun rinciannya, jumlah 64 orang DPP. Lalu perlengkapan khusus berupa 1 set Rumah Sakit lapangan dan obat-obatan ringan untuk 500 orang. Landing ke-2 pada pukul 10.00. Wita. Pesawat Hercules dari Halim dengan Membawa 39 org personel Basarnas DPP.

Dua ratus anggota Brimob juga diberangkatkan ke Lombok untuk membantu pengamanan. Seratus dari Polda Jatim, sisanya dari Mabes. "Semoga semua lancar dan aman."

 

 

(*)

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Asian Games 2018: Gabung Grup Ringan, Tim Sepak Bola Putri Korsel Targetkan Emas

Posted: 07 Aug 2018 11:00 PM PDT

Liputan6.com, Seoul - Timnas putri Korea Selatan mengusung target tinggi di cabor sepak bola Asian Games 2018. Mereka membidik medali emas dalam ajang yang akan digelar di Indonesia ini.

Di Asian Games, tim putri Korsel tergabung di Grup A bersama Indonesia, Taiwan, dan Maladewa. Bicara sejarah, Korsel memang belum pernah merebut medali emas Asian Games. Prestasi terbaik mereka hanya perunggu Asian Games 2010 dan 2014.

Meski begitu, mereka adalah tim yang sudah terlatih berkompetisi di level tertinggi. Salah satunya adalah mencapai 16 besar Piala Dunia 2015 dan mengamankan tempat di Piala Dunia 2019. Karenanya, gelandang Korsel, Lee Min-a pun berani menjadikan emas sebagai target.

"Saya merefleksikan penampilan saya setelah gagal dalam Asian Games Incheon. Dan itu membantu saya untuk meningkatkan diri. Tujuan saya adalah memenangkan medali emas," ujar Min-a yang memiliki paras cantik bak model, dilansir Chosun Media.

Bagi Min-a, ini adalah penampilan pertamanya di ajang Asian Games. Meski begitu, ia sudah dianggap bintang baru setelah menarik perhatian dalam ajang EAFF E-1 Football Championship 2015.

 

Tantang Jepang

Gelandang Timnas Putri Korea Selatan, Lee Min-a siap merebut medali emas Asian Games 2018. (Instagram)

Min-a yang bermain untuk Kobe Leonessa itu pun mewaspadai siapa saja yang bisa jadi penghalang bagi Korsel untuk merebut medali emas. Jepang tentu menempati urutan pertama dalam daftar rival. Lalu juga ada Korea Utara yang patut diwaspadai.

"Kami bermain imbang dengan Jepang di Piala Asia pada April dan itu memberikan kami kepercayaan diri. Skenario menghadapi Jepang tidak lagi membuat kami gugup," jelasnya.

Min-a dikenal karena kemampuannya dalam mempertahankan bola serta staminanya saat beraksi di lapangan. Selain itu, ia juga jadi primadona hingga memiliki banyak pengikut di media sosial. Dalam akun Instagram @mina_world_ miliknya, ia memiliki 81,2 ribu follower.

Nantinya, Korsel akan memulai petualangan perdananya di Grup A dengan melawan Taiwan di Stadion Gelora Jakabaring, Palembang, 16 Agustus 2018. Nantinya, mereka akan bertemu Indonesia pada 21 Agustus 2018.

 

Grup Asian Games

Apa seruan Presiden Jokowi bagi rakyat Indonesia untuk menyongsong kemenangan di Asian Games 2018?

Grup A: Indonesia, Korsel, Taiwan, Maldives

Grup B: Korea Utara, Tiongkok, Hong Kong, Tajikistan

Grup C: Jepang, Vietnam, Thailand

Saksikan video pilihan di bawah ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Hamil 5 Bulan, Firinna Sinatrya Tetap Antusias Bantu Warga NTT

Posted: 07 Aug 2018 11:00 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Kondisi hamil tak membuat model Firrina Sinatrya menghentikan langkahnya melakukan kegiatan sosial. Istri Petra Sihombing ini malah tengah antusias terlibat kegiatan sosial untuk masyarakat Kabupaten Sikka, Nusa Tenggara Timur.

Firrina kini tengah mengikuti kegiatan #beranimimpi yang dipelopori Wahana Visi Indonesia (WVI). Lewat #beranimimpi, wanita 28 tahun ini ingin ikut sedikit membantu mengatasi kesulitan sumber air bersih di daerah Sikka.

Selama ini masyarakat di sana hanya mengandalkan air hujan yang turun selama empat bulan dalam setahun untuk memenuhi kebutuhan hidup mereka.

"Beberapa kali aku pernah ke Indonesia timur, pernah ngerasain langsung disana gimana, pernah ngerasain di tempat yang susah air dan toilet sepert apa," papar Firrina saat ditemui di peluncuran kampanye #Beranimimpi di Jakarta ditulis Rabu (8/8/2018).

Lewat kampanye ini, ia akan berupaya menggalang dana sebanyak-banyaknya agar bisa membantu masyarakat di sana yang kekurangan air. 

 

Saksikan juga video menarik berikut:

Kali kedua

Firrina kini tengah mengikuti kegiatan #beranimimpi yang dipelopori Wahana Visi Indonesia (WVI) untuk membantu anak-anak di Sikka NTT.

Ini adalah kali kedua Firrina turut serta terlibat dalam kampanye #beranimimpi. Bila tahun lalu ia turut serta ke lokasi yang akan diberikan bantuan, tahun ini tidak.

Keputusan ini diambil mengingat usia kandungannya yang sudah memasuki lima bulan.Meski demikian, ia tetap berharap kegiatan tersebut dapat berjalan lancar dan mampu mewujudkan impian masyarakat di Sikka  memiliki sumber air bersih yang dekat dengan tempat tinggal.

 

Penulis: Nita Utami

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Ferdinand Khawatir dengan Aura Negatif MU

Posted: 07 Aug 2018 11:00 PM PDT

Liputan6.com, Manchester - Aura negatif tengah menyelimuti Manchester United (MU) setelah Manajer Jose Mourinho mengeluh di masa pramusim. Hal ini membuat mantan bek MU, Rio Ferdinand, khawatir.

Absennya beberapa penggawa inti MU yang masih menjalani masa libur setelah Piala Dunia 2018 menjadi permasalahan besar bagi Mourinho. Hal itu membuatnya tidak mendapatkan hasil memuaskan dalam tur pra-musim di Amerika Serikat.

Tak hanya itu, pria asal Portugal tersebut juga mengeluhkan aktivitas transfer MU yang dinilainya tidak bagus. Sejauh ini, tim berjuluk Setan Merah baru mendatangkan tiga pemain.

Ketiga pemain baru MU itu adalah Fred, Diogo Dalot, dan Lee Grant. Namun, hanya Fred yang benar-benar dibutuhkan oleh Mourinho.

Bukan Pertanda Baik

Para pemain Liverpool merayakan gol yang dicetak oleh Xherdan Shaqiri ke gawang Manchester United pada laga ICC 2018 di Stadion Ann Arbor, Michigan, Minggu (29/7/2018). Liverpool menang 4-1 atas Manchester United. (AP/Carlos Osorio)

Ferdinand pun merasa segala permasalahan antara MU dan Mourinho membuat klub sedang dirundung situasi negatif. Ia juga menyoroti pernyataan sang pelatih yang dianggapnya tidak baik untuk para pemain muda.

"Ada banyak hal negatif menyelimuti United pada saat ini, dan itu bukan pertanda baik," ujar Ferdinand kepada Mirror.

"Pelatih cukup jelas tidak senang dengan pembelian yang tak bisa ia lakukan, dan juga karena tak memiliki pemain tertentu di tur pra-musimnya, yang di mana tidak baik untuk didengar pemain muda yang mencoba untuk menembus skuat," lanjutnya.

Pesimistis

Ferdinand mengakui sebagai penggemar MU, ia berharap mantan kllubnya tersebut bisa merengkuh titel di akhir musim. Namun dengan situasi seperti demikian, ia tak yakin keinginannya bisa terwujud.

"Manchester City terlihat lebih kuat dari sebelumnya, dan Liverpool juga berkembang lagi," tambahnya.

"Saya adalah penggemar United, dan ingin melihat mereka memenangkan gelar. Tetapi, saya takut itu akan menjadi sulit terjadi pada musim ini," pungkasnya.

Pada musim lalu, MU hanya mampu finis di peringkat dua Premier League dan tertinggal jauh dari Manchester City. Sedangkan Liverpool sukses mencapai babak final walaupun pada akhirnya kalah dari Real Madrid.

Sumber: Bola.net

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

7 Potret Potongan Rambut Nyentrik yang Bikin Gagal Paham

Posted: 07 Aug 2018 11:00 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Salah satu aspek yang dilihat dari seseorang adalah penampilannya. Bicara soal penampilan, potongan rambut dapat memengaruhi kesan orang lain terhadap diri sendiri. Karenanya, beberapa orang tak segan pergi salon mahal agar bisa mendapatkan rambut yang keren.

Meski demikian, ada pula orang-orang nyentrik yang ingin terlihat tak biasa. Mereka sengaja memilih potongan rambut nyentrik untuk menarik perhatian orang-orang. Seperti contoh di bawah ini. Dilansir dari Brightside.me, ini dia.

 

 

 

 

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

1. Kok kaya barcode, ya?

Doc: Brightside.me

2. Ini mirip bola tenis enggak, sih?

Doc: Brightside.me

3. Kalau ini, namanya potongan rambut model apa ya?

Doc: Brightside.me

4. Pasti dia suka pakai emoticon

Doc: Brightside.me

5. Dilihat terus-terusan, makin mirip pensil enggak sih?

Doc: Brightside.me

6. Ini namanya kuncir mini

Doc: Brightside.me

7. Biar apa sih, Mas? Jadinya malah kaya bando berbulu

Doc: Brightside.me

Penulis: Aliftya Amarilisya

Sumber: Brilio.net

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Kasihan, 4 Selebritas Indonesia Ini Pernah Mendapat Body Shaming dari Warganet

Posted: 07 Aug 2018 11:00 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Kebanyakan orang gemar memperhatikan dan mengomentari bentuk tubuh orang lain. Hal tersebut sampai melahirkan suatu body-image negatif, yang dikenal dengan istilah body shaming.

Sosok yang seringkali mendapat perlakuan body shaming biasanya kalangan selebritas. Dikutip dari hipwee.com, body shaming mengacu pada pernyataan negatif kepada individu yang memiliki ukuran tubuh tertentu.

Di Indonesia, pemaknaan body shaming merambah dalam arti luas. Tak hanya ukuran tubuh yang menjadi bahan olok-olokan, melainkan juga warna kulit. Sebagai orang yang sering berlalu-lalang di layar kaca dan layar lebar, tak jarang beberapa para selebritas Tanah Air dituntut untuk tampil sempurna.

Sekali saja ada yang kurang dari segi fisik, publik tak segan-segan mengkritik para idola di dunia hiburan itu. Dan yang memberikan komentar nyinyir, kalau tak mau dibilang pedas, adalah netizen atau warganet. 

Komentar pedas itu bisa bikin kita mengelus dada saat membacanya.

Inilah beberapa selebritas Indonesia yang sering mengalami body shaming

1. Audy Item

Audy Item (Instagram/audyitem)

Istri aktor Iko Uwais ini sering sekali mendapat body shaming dari warganet karena bentuk tubuhnya semakin gemuk. Bahkan, ada warganet yang nyinyir dan menilai Audy Item tak cocok menjadi pendamping Iko Uwais karena bentuk tubuhnya.

 

2. Prilly Latuconsina

Prilly Latuconsina

Prilly Latuconsina juga pernah dapat penilaian negatif dari para warganet. Prilly Latuconsina sering kali di-bully karena bentuk tubuhnya yang dinilai pendek.

 

3. Kimmy Jayanti

Kimmy Jayanti (Instagram/kimmyjayanti)

Model dan peragawati Kimmy Jayanti juga tak luput dari body shaming. Apa yang salah dengan tubuh model Kimmly yang ideal itu?

Ternyata pemain film I Know What You Did on Facebook ini Kimmy seringkali di-bully karena warna kulitnya yang gelap.

 

4. Rossa

Rossa. (Instagram/itrossa)

Diva sekelas Rossa ternyata kena body shaming juga. Belakangan dia sempat menanggapi berbagai komentar warganet tentang bentuk tubuhnya yang mungil. Ada saja warganet yang nyinyir berkomentar.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

VIDEO: 1500 Turis Tinggalkan Gili Trawangan

Posted: 07 Aug 2018 11:00 PM PDT

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Razer Phone 2 Usung Spek Lebih Dahsyat?

Posted: 07 Aug 2018 11:00 PM PDT

Liputan6.com, Shanghai - Razer dikabarkan akan meneruskan seri smartphone gaming-nya, Razer Phone. Bahkan, perusahaan asal Singapura tersebut berencana untuk memperkenalkan Razer Phone 2 pada penghujung tahun ini. 

Meski demikian, belum banyak yang bisa dikupas soal Razer Phone 2, baik itu dari spesifikasi atau juga fitur barunya.

Informasi tersebut, disampaikan langsung oleh Vice President Razer Global Chen Xiaoping pada gelaran ChinaJoy 2018 yang diadakan di Shanghai, Tiongkok, beberapa waktu lalu. Demikian seperti dikutip dari Ubergizmo, Rabu (8/8/2018).

Jika memang benar Razer Phone 2 akan diperkenalkan pada akhir 2018, hal ini dinilai wajar mengingat Razer Phone generasi pertama diumumkan pada November tahun lalu.

Razer Phone 2 juga disebut akan memiliki prosesor kelas kakap Snapdragon 855 7nm. Namun untuk RAM, belum diungkap berapa yang akan disimpan oleh smartphone.

Yang sudah pasti, Razer Phone 2 akan memiliki spefisikasi lebih tinggi ketimbang seri pendahulunya yang 'cuma' memiliki RAM 8GB dan Refresh Rate 120Hz.

 

 

 

Razer Phone, Ponsel Pertama dengan RAM 8GB

Wujud smartphone gaming perdana Razer yang beredar di internet. (Foto: Ubergizmo)

Sesuai janji Razer, perusahaan pembuat aksesoris dan perangkat gaming ini resmi mengumumkan smartphone pertamanya. Berbeda dari kebanyakan smartphone Android yang sudah ada di pasaran saat ini, Razer Phone menargetkan pasar gaming.

Sesuai dengan informasi yang lebih dulu bocor di internet, Razer Phone merupakan smartphone pertama di dunia yang layarnya memiliki refresh rate 120Hz.

Bagi kebanyakan gamer, refresh rate sebesar itu berarti tampilan gambar di layar smartphone akan tampak makin smooth. Tak hanya itu, Razer pun membenamkan teknologi audio Dolby Atmos ke dalam smartphone agar suara yang dihasilkan semakin maksimal.

Dalam hal desain, smartphone pertama Razer ini memiliki desain yang lebih kotak, seperti batu bata. Juga tampak tidak telalu 'menakjubkan' ketimbang smartphone yang ada di pasaran saat ini.

Namun seperti kata pepatah, "Jangan menilai buku dari sampulnya." Razer Phone nyatanya menghadirkan fitur dan hardware di atas rata-rata smartphone Android saat ini.

 

Spesifikasi Razer Phone

Razer Phone, smartphone khusus gaming. (Doc: Cnet)

Dibanderol dengan harga US$ 699 atau sekitar Rp 9,5 juta, smartphone dengan layar QHD IGZO LCD berukuran 5,7 inci ini menggunakan prosesor Qualcomm Snapdragon 835, RAM 8GB, dan memori internal sebesar 64GB dengan slot microSD yang bisa ditambah hingga 2TB.

Di kategori fotografi, perusahaan menghadirkan dual kamera utama dengan kemampuan masing-masing 12 megapiksel (MP) dengan lensa wide-angle dan 2x optical zoom. Demikian yang dikutip dari laman Cnet, Kamis (2/11/2017).

Sama seperti smartphone Android yang meluncur pada tahun 2017, Razer Phone sudah menggunakan sistem operasi (OS) Android 7.1.1 Nougat dan bakal mendapatkan update ke Oreo.

Meski menggunakan prosesor Qualcomm Snapdragon 835 yang sama dengan smartphone premium saat ini, Razer mengklaim ponsel dengan baterai berkapasitas 4.000mAh ini akan memiliki performa yang lebih cepat ketimbang kompetitor.

Tak hanya itu, Razer juga mengumumkan kemitraannya dengan sejumlah pengembang atau penerbit gim untuk merilis gim khusus yang akan berjalan secara optimal di Razer Phone ini.

Adapun ketersediaan Razer Phone akan dirilis pada 17 November 2017, dan sudah bisa pre-order di laman situsnya. Bagaimana, apa kamu tertarik untuk membeli smartphone khusus gaming buatan Razer ini?

(Jek/Ysl)

Saksikan Video Pilihan Berikut Ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Kantor hingga Tempat Ibadah di Mataram Rusak Parah Akibat Gempa Lombok

Posted: 07 Aug 2018 10:56 PM PDT

Patroli, Mataram - Gempa berkekuatan 7 skala Richter (SR) yang mengguncang Lombok mengakibatkan kerusakan parah pada sejumlah banguna. Mulai dari perkantoran, tempat ibadah hingga rumah warga di Mataram, Nusa Tenggara Barat (NTB).

Seperti ditayangkan Patroli Indosiar, Rabu (8/8/2018), meski masih tampak kokoh berdiri, namun berbagai kerusakan tampak di Islamic Center yang menjadi kebanggaan warga setempat.

Gempa berkekuatan 7 SR juga telah merusak termasuk empat menara masjid. Kerusakan juga tampak di berbagai sisi tembok yang menjadi ikon NTB.

Gempa juga merusak sejumlah gedung pemerintahan dan juga berbagai fasilitas sosial, seperti masjid hingga balai desa. Bahkan, Masjid Al Ihsan yang berada di Batu Layar ambruk di bagian menara.

Lebih parah lagi kondisi bangunan di Lombok Utara. Masjid Jabarnur yang memiliki dua lantai ambruk dan rata dengan tanah. Akibatnya, diduga puluhan warga meninggal dunia tertimpa bangunan masjid saat tengah salat Isya berjamaah.

Kini evakuasi korban gempa Lombok masih menjadi fokus utama Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) NTB. Alat berat dibutuhkan untuk proses evakuasi dan membersihkan puing bangunan.

"Ini akan diperbantukan seperti eskavator, untuk mempercepat evakuasi dan membersihkan puing-puing rumah warga," ujar Kepala BPBD NTB Muhammad Rum.

Gempa juga mengakibatkan ribuan rumah mengalami kerusakan. Data dari BPBD NTB, di kawasan Pusuk hingga Kecamatan Bayan, rumah warga yang hancur mencapai 80 persen. (Muhammad Gustirha Yunas)

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Melihat RISHA, Rumah Anti Gempa dari Kementerian PUPR

Posted: 07 Aug 2018 10:46 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Kementerian PUPR terus berupaya semaksimal mungkin mengatasi dampak dari bencana gempa di Lombok, Nusa Tenggara Barat (NTB).

Tak hanya itu, Kementerian PUPR juga telah membangun Rumah Instan Sederhana Sehat (RISHA) untuk menahan gempa.

Salah satu yang lebih dulu telah menggunakan teknologi RISHA adalah pemukiman pasca bencana Tsunami di Nanggoreh Aceh Darusalam (NAD) dan Nias.

Melansir dari akun instagram resmi Kementerian PUPR, Rabu (8/8/2018), RISHA adalah penemuan teknologi konstruksi knock down yang dapat dibangun dengan waktu cepat dengan menggunakan bahan beton bertulang pada struktur utamanya dan telah teruji tahan gempa hingga 8 skala richter (SR) dan 8 Modified Mercalli Intensity (MMI).

Inovasi ini didasari oleh kebutuhan akan percepatan penyediaan perumahan dengan harga terjangkau dengan tetap mempertahankan kualitas bangunan sesuai dengan standar (SNI).

Lantas, apa saja kemudahan serta manfaat dari teknologi RISHA ini? Berikut penjelasanya:

1. Selain sebagai solusi rumah yang rentan gempa, RISHA mudah dikembangkan tanpa harus mengubah bangunan awal. 

2. RISHA hanya mengkonsumsi sekitar 60 persen bahan bangunan dibandingkan dengan teknologi konvensional.

3. Ketiga, waktu pembangunan instalasi RISHA lebih cepat serta jumlah tenaga kerja untuk merakit teknologi ini cukup 3 orang saja.

4. Terakhir, adalah RISHA menjamin kemudahan penjaminan mutu karena terukur dan terkosentrasi proses produksinya.

Rumah instan sederhana sehat (Dok Kementerian PUPR)

Mengutip laman puskim.go.id disebutkan sejumlah keuntungan dari RISHA tersebut antara lain pembangunan bertahap, dapat dikembangkan pada arah horizontal dan vertical dua lantai, dapat dibongkar pasang, komponen ringan maksimum 50 kg.

Selain itu, pemasangan hanya satu hari bila mana kondisi SDM dan lapangan seperti disyaratkan, komponen dapat diproduksi secara home industry dalam upaya pengembangan UKM, fleksibilitas desain tinggi tergantung kreativitas arsiteknya, dan dapat akomodasi potensi lokal budaya maupun bahan bangunan.

Penerapannya sudah dilakukan di Aceh, Jawa Barat, Kepulauan Riau, Sumatera Barat, Bengkulu, Lampung, Bangka Belitung, Jambi.

Selanjutnya, Kalimantan Timur, Kalimantan Selatan, Sulawesi Utara, Sulawesi Tengah, Sulawesi Barat, Jawa Timur, Yogyakarta, Jawa Tengah, Bali, NTT dan NTB.

 

 

 

Kementerian PUPR Priotiaskan Perbaikan Sanitasi dan Air Bersih di Lombok

Menteri PUPR Basuki Hadimuljono (tengah) memberi sambutan usai uji coba Jembatan Kali Kuto di Batang, Jateng, Rabu (13/6). Jembatan Kali Kuto berada di ruas tol fungsional Batang-Semarang. (Liputan6.com/Arya Manggala)

Sebelumnya, Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (Kementerian PUPR), Basuki Hadimuljono mengatakan, beberapa rumah di Lombok tercatat 70 persen roboh akibat gempa Lombok. Kota tersebut antara lain Ampenan, Senggigi, Pamenang hingga Tanjung.

"Saya kebetulan dari sana (Lombok) kemarin, dari Ampenan, Senggigi Pamenang dan Tanjung itu memang 70 persen rubuh rumahnya dan lampu mati dan itu di tepi pantai jadi orang-orang pada takut, ngungsi dan gelap sekali," tutur dia di Gedung Kementerian PUPR, Jakarta, Selasa 7 Agustus 2018.

Kementerian PUPR pun akan fokus pada sanitasi dan air bersih terlebih dahulu di sana. Sanitasi, kata Basuki merupakan prioritas pertama yang akan dikerjakan oleh Kementerian PUPR.

"Jadi yang pertama prioritas kami adalah air bersih dan sanitasi. Kita sudah kirimkan 10 mobil tangki dari Bali, dan sudah sampai disana," ujar dia.

Sementara itu, untuk kerusakan infrastruktur rumah akibat gempa, Basuki menekankan hal ini menjadi kewenangan dari Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) dalam hal pendanaan. 

"Kalau yang rumah (rusak), ini dari BNPB. Mereka punya dana siap pakai. Kalau air bersih dan sanitasi dari PUPR," kata Basuki.

Basuki menekankan, dana untuk sanitasi akan menggunakan Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara (APBN). Ia menaksir, dana APBN akan lebih dari Rp 10 miliar untuk perbaikan sanitasi ini.

"Air dan sanitasi dari PUPR dan menggunakan APBN. Dananya belum tahu, masih dihitung semua. Tapi pasti lebih dari Rp 10 miliar untuk kebutuhan sanitasi," ujar dia.

 

Saksikan video pilihan di bawah ini:

 

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Jadwal Liga 1 Pekan ke-20: Duel Klasik Persija Vs PSMS Medan

Posted: 07 Aug 2018 10:45 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Kompetisi Go-Jek Liga 1 2018 bersama Bukalapak masih memainkan laganya sebelum libur selama Asian Games 2018 mulai 14 Agustus. Akhir pekan ini, liga yang disiarkan live dan eksklusif di Indosiar ini akan menggelar pekan ke-19.

Sejumlah laga seru pun dipastikan bakal tergelar dalam jadwal Liga 1 2018 di pekan ke-19 ini. Sebut saja Persib Bandung, sang juara paruh musim yang ditantang Mitra Kukar.

Sementara dua tim papan atas, Persela Lamongan dan PSM Makassar, juga akan saling berhadapan.

Di Bantul, laga klasik bakal terhampar saat tuan rumah Persija Jakarta menjamu PSMS Medan di Stadion Sultan Agung. Duel ini klasik, karena dulu di era perserikatan, keduanya merupakan tim dengan tradisi kuat.

Persija sembilan kali jadi juara dia ajang tersebut, sedangkan PSMS enam kali. Berikut selengkapnya jadwal Liga 1 2018 pekan ke-20.

 

Jumat, 10 Agustus

13.30 WIB, Perseru vs Bali United

15.30 WIB, Mitra Kukar vs Persib

15.30 WIB, Persela vs PSM

Sabtu, 11 Agustus

15.30 WIB, Sriwijaya FC vs Madura United

18.30 WIB, Arema FC vs Borneo FC

18.30 WIB, PS Tira vs Persipura

Minggu, 12 Agustus

15.30 WIB, Persija vs PSMS

15.30 WIB, Barito Putera vs Persebaya

18.30 WIB, PSIS vs Bhayangkara FC

Saksikan video pilihan di bawah ini

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

VIDEO: Jelang Konser, Syahrini Periksa Suara di Jepang

Posted: 07 Aug 2018 10:45 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Jelang konser pribadinya September mendatang, Syahrini memeriksa kondisi suaranya di Jepang.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Cium Kaus Bekas Pakai Pasangan Redakan Stres, Mitos atau Fakta?

Posted: 07 Aug 2018 10:45 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Tahukah Anda jika aroma seorang pria bisa menenangkan atau justru membuat stres pasangannya? Sebuah penelitian menunjukkan bau atau wangi memiliki dampak pada seleksi seksual dan respons seks.

Para peneliti juga setuju jika kekuatan dari bau seseorang bermuara pada kekuatan atau kepekaan seorang wanita terhadap hal tersebut. Aroma seorang pria lebih mudah dideteksi dan kaum wanita terkenal memiliki penciuman yang memang lebih baik daripada pria.

Wanita memiliki lebih banyak sel penciuman daripada pria, berkontribusi terhadap penciuman mereka yang memuncak. Pria muda menghasilkan bau yang paling kuat, diikuti oleh pria yang lebih tua, wanita muda, baru kemudian wanita tua, seperti dilansir dari fatherly.com, Rabu (8/8/2018).

Bau Paling Menarik bagi Wanita

Ilustrasi pasangan dan hubungan (iStockphoto)

Beberapa penelitian menyatakan bahwa bau susu ibu atau asi dapat mengurangi tingkat hormon stres pada bayi. Penelitian lainnya yang dilakukan pada tahun 1995 menemukan wanita paling tertarik dengan aroma yang berbeda secara genetik dari diri mereka sendiri. Seperti bau kaus yang telah dikenakan selama dua hari oleh seorang pria, kemudian dimasukkan ke dalam kotak.

Benarkah mencium aroma pasangan pria bisa mengurangi stres?

Ilustrasi kencan pertama - hubungan cinta. (iStockphoto)

Selain itu, 80% wanita ditemukan dengan sengaja mencium pakaian kotor pasangannya, dibandingkan dengan 50% pria. Ketika wanita mencium aroma pasangan mereka, ada lebih sedikit kadar stres setelahnya, berbeda ketika mereka mencium bau pria yang tidak dikenal.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Blokir dan Ucapkan Selamat Tinggal, Ivan Gunawan Kesal dengan Siapa?

Posted: 07 Aug 2018 10:40 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Ivan Gunawan sepertinya tengah kesal dengan seseorang. Dalam sebuah unggahan di Instagram, presenter bertubuh tambun itu mengaku baru saja memblokir dan menghapus seseorang dari pertemanannya di media sosial.

Dalam unggahan terbarunya di Instagram, Ivan Gunawan menuliskan, "blocked & Good bye" tulis Ivan Gunawan.

Dalam caption unggahan, Ivan Gunawan menjelaskan bahwa jika dia kesal dengan seseorang lebih baik memblokir daripada membuka aib orang tersebut.

"Disaat kita kecewa denga kelakuan seseorang yang kita anggap teman. Untuk menghindari permusuhan dan buka aib, rasanya block dan good bye paling pas," tulis Ivan Gunawan di keterangan foto.

 

Simak juga video berikut ini:

Membenarkan

Ivan Gunawan (Instagram/ivan_gunawan)

Ditemui di Kawasan Tendean, Jakarta Selatan, pada Selasa, 7 Agustus 2018, Ivan Gunawan membenarkan telah memblokir salah seorang temannya.

Memilih Diam

Ivan Gunawan (Instagram/ivan_gunawan)

"Iya nge-block orang," katanya singkat. Namun, saat ditanya siapa sosok orang tersebut, Igun memilih bungkam dan tidak menjawab. (Nur Ulfa/Dream.co.id)

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Kasus Suap R-APBN, KPK Periksa Wakil Bendahara Umum PPP

Posted: 07 Aug 2018 10:38 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) kembali menjadwalkan pemeriksaan terhadap Wakil Bendahara Umum Partai Persatuan Pembangunan (PPP) Puji Suhartono. Dia akan diperiksa sebagai saksi kasus dugaan suap dana perimbangan keuangan daerah pada RAPBN Perubahan Tahun Anggaran 2018 dengan tersangka politikus Demokrat Amin Santono.

"Hari ini kami agendakan pemeriksaan ulang terhadap saksi," kata Juru Bicara KPK Febri Diansyah saat dikonfirmasi, Rabu (8/8/2018).

Sebelumnya, Puji Suhartono telah dipanggil penyidik KPK pada Senin 6 Agustus 2018. Namun, dia mangkir dari panggilan.

Dalam suratnya, Puji mengaku tak bisa memenuhi panggilan KPK karena ada salah seorang keluarganya yang sakit. Diduga, pemeriksaan terhadap Puji berkaitan dengan penyitaan uang Rp 1,4 miliar dan mobil Toyota Camry.

Penyidik KPK menemukan uang Rp 1,4 miliar saat menggeledah kediaman salah satu pengurus PPP di Graha Raya Bintaro, Tangerang Selatan beberapa waktu lalu.

Penggeledahan

Selain kediaman pengurus PPP, ada dua lokasi lain yang digeledah KPK. Dua lokasi itu yakni rumah dinas anggota Komisi XI DPR RI Fraksi PAN dan salah satu apartemen di Kalibata City, yang diduga dihuni oleh tenaga ahli politikus PAN tersebut.

Dalam penggeledahan itu penyidik mengamankan dokumen terkait permohonan anggaran daerah dari penggeledahan tersebut. Satu mobil Toyota Camry ikut disita dari rumah dinas anggota Komisi XI DPR RI dari Fraksi PAN itu.

Dalam kasus ini KPK menetapkan empat orang sebagai tersangka. Yakni anggota DPR Fraksi Demokrat Amin Santono, Yaya Purnomo, Ahmad Ghiast, dan Eka Kamaludin. Ahmad Ghiast dan Eka merupakan pihak swasta.

Mereka diduga melakukan tindak pidana suap terkait usulan Dana Perimbangan Keuangan Daerah pada RAPBN-P Tahun Anggaran 2018. Terkuaknya kasus ini merupakan kerja sama KPK dengan bantuan Inspektorat Bidang Investigasi Kementerian Keuangan.

 

Saksikan video pilihan di bawah ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Ketum Partai Pendukung Jokowi Bertemu Malam Ini, Umumkan Cawapres?

Posted: 07 Aug 2018 10:36 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Ketua Umum Partai Persatuan Pembangunan (PPP) Romahurmuziy mengatakan, sembilan ketua partai koalisi akan bertemu calon presiden petahana Joko Widodo atau Jokowi nanti malam. Pertemuan tersebut kata Romi akan membahas soal siapa yang akan mendampingi Jokowi di Pilpres 2019.

"Rapat malam ini," kata Romi di acara pembukaan pendidikan kader ulama (PKU) Majelis Ulama Indonesia (MUI) di Gedung Tegar Beriman, Pemerintah daerah kabupaten Bogor, Jawa Barat, Rabu (8/8/2018).

Namun, Romi tak merinci jadwal dan tempat pertemuan tersebut. Sebab kata dia, masih menunggu jadwal Jokowi.

"Belum tau, tergantung jadwal beliau," tambah Romi.

Namun, Romi membantah partai koalisi akan mengumumkan nama cawapres pendamping Jokowi malam ini. Romi menjelaskan partainya bersama Jokowi akan menyerahkan berkas ke KPU pada Jumat, 10 Agustus 2018.

"Besok. Jumat, Jam 10. Kan PPP nomor urut 10," ungkap Romi.

 

Reporter: Intan Umbari Prihatin

Sumber: Merdeka.com

 

Saksikan video pilihan di bawah ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Polri: Buruh Longmars Kawal Prabowo Jangan Sampai Ganggu Asian Games

Posted: 07 Aug 2018 10:36 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Puluhan ribu buruh dikabarkan akan mengawal Ketua Umum Partai Gerindra Prabowo Subianto mendaftar sebagai cawapres ke KPU pada Jumat, 10 Agustus 2018. Kabarnya, puluhan ribu buruh dari berbagai daerah itu juga telah longmars atau jalan jauh menuju Jakarta.

Kepala Divisi Humas Polri Irjen Setyo Wasisto mengingatkan agar kegiatan buruh tersebut tidak menggangu gelaran Asian Games 2018 dan juga ketertiban masyarakat.

"Kita imbau mereka tidak usah ngawal-ngawal begitu. Kalau cuma dari Tugu Proklamasi ke KPU sih wajar tidak menganggu, tapi kalau sampai menutup jalur Asian Games sangat disayangkan," ujar Setyo di Jakarta, Rabu (8/8/2018).

Setyo menuturkan, pada dasarnya pengawalan tersebut sah-sah saja selama tidak mengganggu kemaslahatan umum. Menurut dia, kepolisian telah melakukan mediasi agar aktivitas tersebut tidak mengganggu pelaksanaan Asian Games di Jakarta dan sekitarnya.

"Teman-teman dari jajaran intelijen maupun dari Sabhara sudah mulai melakukan pendekatan ke mereka para buruh, mengimbau, memediasi, memberikan penjelasan, bahwa ini kebaikan untuk bangsa," ucapnya.

Memang Asian Games baru dibuka secara resmi pada 18 Agustus 2018. Namun, kontingen dari berbagai negara peserta Asian Games sudah mulai berdatangan jauh sebelum tanggal tersebut.

Apalagi beberapa cabang olahraga sudah mulai dipertandingkan pada 10 Agustus mendatang. "Yang pasti tanggal 10 sudah mulai pertandingan. Jadi, kita sudah mulai pengamanan, sebetulnya sudah siap dari tanggal 1 kemarin," kata Setyo.

 

Diantar 50 Ribu Buruh

Ketua Umum Partai Gerindra Prabowo Subianto (kiri) saat tiba di Kantor DPP PKS, Jakarta, Senin (30/7). Kunjungan Prabowo ke DPP PKS untuk membahas hasil pertemuannya dengan Partai Demokrat. (Liputan6.com/Herman Zakharia)

Sebelumnya, Wakil Ketua Umum Partai Gerindra Arief Poyuono mengatakan, Prabowo dan cawapres pilihannya akan diantar sekitar 50 ribu buruh mendaftar ke KPU. Buruh yang melakukan longmars dari Jawa Tengah diklaim sudah sampai di kawasan Jawa Barat.

Dia menyebut, puluhan ribu buruh tersebut siap memadati Jakarta. Ia pun meminta masyarakat untuk memaklumi antusiasme para buruh jika nanti menimbulkan kemacetan di beberapa titik jalanan Ibu Kota.

 

Saksikan tayangan video menarik berikut ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Polisi: 5 Tower Apartemen Kalibata City Jadi Lokasi Prostitusi

Posted: 07 Aug 2018 10:35 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Wadirkrimum Polda Metro Jaya AKBP Ade Ary Syam Indardi menyampaikan, praktik prostitusi di Apartemen Kalibata City sudah cukup lama ada. Dalam pengungkapan kasus terakhir, dari 18 tower yang ada di kompleks apartemen itu ada 5 tower yang biasa dijadikan lokasi bisnis esek-esek.

"Dari 18 tower yang ada di Kalibata City, patut diduga dilakukan prostitusi di 5 tower. Jadi hampir sepertiganya digunakan sebagai tempat praktik prostitusi," tutur Ade di Mapolda Metro Jaya, Jakarta Selatan, Rabu (8/8/2018).

Menurut dia, pihaknya kini turut mendalami keterlibatan pemilik unit apartemen dalam kasus prostitusi ini. Terlebih, dua dari tiga tersangka merupakan agen properti yang memang mendapat amanah dari pemilik untuk mengelola sewa bulanan atau tahunan per unit apartemen.

"Tapi praktiknya disewakan harian (untuk prostitusi)," jelas dia.

Kedua tersangka yakni perempuan berinisial R dan laki-laki inisial T alias O, bekerja sama dengan muncikari S alias O untuk menjalankan bisnis tersebut. Kurang lebih sudah sekitar dua tahun prostitusi tersebut berjalan.

"Tersangka muncikari S alias O mendapat Rp 50 ribu dari Rp 500 ribu atau Rp 1 juta tiap transaksi. Sedangkan dua tersangka penyedia apartemen, satu hari dapat Rp 300 ribu dari si PSK," Ade menandaskan.

Jajaran Polda Metro Jaya mengamankan tiga muncikari yang diduga mengelola bisnis prostitusi anak bawah umur di Apartemen Kalibata City, Jakarta Selatan. Pengungkapan kasus ini merupakan kesekian kalinya dibongkar kepolisian.

Dalam kasus prostitusi anak itu, ada tiga pelaku yang diringkus pada Kamis 2 Agustus. Dari mereka, disita uang sebesar Rp 1 juta yang diduga hasil transaksi dari pekerja seks komersial berinsial G dan KH.

 

Saksikan video pilihan di bawah ini:

Bertemu di Taman

Polisi menggiring dua tersangka kasus prostitusi online di Apartemen Kalibata City, Jakarta, Minggu (6/5). Polisi mengamankan dua tersangka berinisial H alias A (31) dan M alias R (35) selaku muncikari. (Merdeka.com/Iqbal Nugroho)

Informasi dari Subdit Renakta Polda Metro Jaya, tersangka SBR membuka aplikasi Beetalk dan menawarkan dengan menulis OPEN BO/Booking Out. Ia menerima pesanan perempuan yang dapat memuaskan hasrat seksual.

Apabila ada yang berminat memakai jasa seks komersial, SBR langsung menjelaskan mekanismenya dengan terlebih dahulu memberikan nomor Whattsapp untuk chating dengan si calon pelanggan.

Dia kemudian memberikan foto perempuan yang ditawarkan berikut tarifnya. Rata-rata, untuk sekali kencan ongkosnya berkisar Rp 500 ribu hingga Rp 1 juta.

Apabila ada tamu yang berminat, antara muncikari dengan tamu kemudian bertemu di taman salah satu tower di kompleks apartemen itu. Setelah tamu bertemu serta cocok dengan perempuan dan harganya, kemudian muncikari mendapatkan imbalan sekitar Rp 50 ribu.

 

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

2 WNA Asal Norwegia dan Italia Terjebak di Gili Akibat Gempa 7 SR

Posted: 07 Aug 2018 10:35 PM PDT

Fokus, NTB - Puluhan Tim Rubber Boat SAR Nusa Tenggara Barat (NTB), Rabu pagi, bergerak menuju daerah Tiga Gili di Kabupaten Lombok Utara. Mereka menindaklanjuti informasi dari Kementerian Luar Negeri yang mengataka ada dua WNA asal Norwegia dan Italia terjebak di daerah Gili Air akibat gempa 7 SR dan minta dievakuasi.

Seperti ditayangkan Fokus Indosiar, Rabu (8/8/2018), hingga satu jam yang lalu, belum ada laporan ada dua WNA ditemukan dan dievakuasi.

Selain ke Tiga Gili, Tim SAR juga menyisir kawasan dua gili lainnya, yakni Gili Trawangan dan Gili Meno. Mereka memastikan masih ada tidaknya warga maupun wisatawan yang perlu dievakuasi.

Di Jakarta, Menteri Pariwisata Arief Yahya menegaskan, akan sangat memperhatikan faktor keselamatan wisatawan yang sedang berlibur di Lombok, khususnya di Pulau Gili, baik wisatawan lokal maupun asing.

Pihaknya kini tengah berkoordinasi dengan unsur TNI dan Polri yang menyisir lokasi terdampak gempa.

"Semua wisatwan bisa dianter ke Lombok. Dan dari Lombok, wisatawan bisa ke Bali, Surabaya, dan Jakarta," kata Menteri Pariwisata Arief Yahya.

Terkait penanganan korban, Menteri Kesehatan Nila F Moeleok memastikan pasokan obat-obatan untuk para korban bencana gempa Lombok terbilang aman.

"Semua bantuan sudah bergerak, dokter patah tulang juga sudah bergerak. Yang utama pasti dokter patah tulang," ujar Menteri Kesehatan Nila F Moeloek.

Sementara itu, pantauan di Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Provinsi NTB, tim medis terus bekerja menangani para korban gempa. Banyaknya korban rujukan dan terbatasnya ruangan membuat sejumlah korban gempa terpaksa dirawat di lobi pintu masuk unit gawat darurat rumah sakit.

Data pihak rumah sakit, hingga Selasa sore kemarin, mereka telah menangani 227 orang pasien korban gempa , dan delapam di antaranya meninggal dunia. (Rio Audhitama Sihombing) 

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Uni Eropa Menentang Sanksi Ekonomi Donald Trump untuk Iran

Posted: 07 Aug 2018 10:33 PM PDT

Liputan6.com, Brussels - Kepala kebijakan luar negeri Uni Eropa baru saja menyampaikan imbauan resmi kepada para pengusaha, untuk mengabaikan sanksi ekonomi Iran yang dijatuhkan oleh Presiden Amerika Serikat (AS) Donald Trump, awal pekan ini.

Ketika Trump menyatakan pemblokiran hubungan dagang Iran dan AS, Uni Eropa di satu sisi justru menyerupakan para pelaku bisnis di Benua Biru untuk mempertahankan relasi dengan entitas di Iran.

Federica Mogherini, perwakilan tinggi Uni Eropa untuk urusan luar negeri, mengatakan Brussels tidak akan membiarkan perjanjian 2015 dengan Teheran mati, dan dia mendesak orang Eropa untuk membuat keputusan investasi mereka sendiri terhadap Iran. Demikian dikutip dari The Guardian pada Rabu (8/8/2018).

Selama perjalanan ke Wellington, Selandia Baru, pada Selasa 7 Agustus, Mogherini mengatakan: "Kami melakukan yang terbaik untuk menjaga Iran dalam kesepakatan, untuk menjaga Iran mendapatkan manfaat ekonomi dari perjanjian tersebut, karena kami percaya ini adalah kepentingan keamanan tidak hanya di wilayah kami, tetapi juga dunia."

"Jika ada satu bagian dari perjanjian internasional tentang non-proliferasi nuklir yang disampaikan, itu harus dipertahankan. Kami mendorong usaha kecil dan menengah khususnya untuk meningkatkan bisnis dengan dan di Iran sebagai bagian dari sesuatu (yang) bagi kami adalah prioritas keamanan," lanjutnya menjelaskan.

Beberapa jam sebelumnya, Trump telah men-twit: "Sanksi Iran secara resmi telah dijatuhkan. Ini adalah sanksi paling keras yang pernah dikenakan, dan pada bulan November statusnya naik tingkat. Siapa pun yang berbisnis dengan Iran TIDAK akan berbisnis dengan Amerika Serikat. Saya mengharapkan DUNIA DAMAI, tidak kurang!"

Di sisi lain, Uni Eropa, China dan Rusia dikabarkan sepakat untuk tetap memegang komitmen terhadap imbalan pencabutan sanksi terhadap Iran, menyusul kesepakatan pembatasan aspirasi program nuklirnya.

Donald Trump mengingkari perjanjian dengan Iran tersebut pada Mei lalu, dan menggambarkannya sebagai "kesepakatan sepihak yang mengerikan yang seharusnya tidak pernah dibuat".

Ditambahkan oleh Trump dalam sebuah pernyataan resmi: "Kami mendesak semua negara untuk mengambil langkah-langkah tersebut untuk memperjelas bahwa rezim Iran menghadapi pilihan: mengubah perilaku mengancam, mendestabilisasi dan mengintegrasikan kembali dengan ekonomi global, atau terus menyusuri jalan isolasi ekonomi."

 

Simak video pilihan berikut: 

 

 

Penting Bagi Iran untuk Merasakan Manfaat Ekonomi

Ilustrasi (iStock)

Sanksi ekonomi AS terhadap Iran mulai berlaku pada Selasa, 7 Agustus 2018, pukul 12.01 pagi waktu setempat.

Pada saat yang sama, undang-undang pemblokiran --yang terakhir digunakan untuk melindungi perusahaan Uni Eropa dari sanksi terhadap Kuba-- diberlakukan dalam upaya untuk melindungi perusahaan-perusahaan Eropa, yakni dengan cara mengancam dampak hukum jika mereka mematuhi diktat Washington, dan menawarkan kesempatan untuk menuntut AS atas tuduhan menggangu stabilitas dagang.

Sejauh ini keberhasilan klaim pemblokiran AS terhadap Kuba masih diragukan.

Produsen mobil Jerman Daimler AG mengatakan pada hari Selasa, bahwa pihaknya menangguhkan kegiatan "sangat terbatas" di Iran.

Pada awal 2016 perusahaan tersebut mengumumkan rencana untuk produksi truk lokal dan kerjasama dengan mitra Iran, namun kemudian pada awal pekan ini, kantor perwakilan terkait mengatakan "tidak akan dilanjutkan".

Seperangkat sanksi pertama dari Negeri Paman Sam menargetkan transaksi keuangan yang melibatkan dolar AS, sektor otomotif Iran, serta pembelian pesawat komersial dan logam, termasuk emas.

Adapun sanksi kedua yang akan diberlakukan pada awal November nanti, disebut akan memukul sektor minyak Iran dan bank sentral.

Namun di sisi lain, Uni Eropa mengatakan penting bagi Iran untuk merasakan manfaat ekonomi dari kesepakatan nuklir, menggambarkannya sebagai "aspek mendasar dari hak Iran untuk memiliki keuntungan ekonomi sebagai imbalan atas apa yang telah mereka lakukan sejauh ini, yang sesuai dengan semua komitmen terkait nuklir".

Langkah AS telah memperkuat seruan di Brussels untuk aliansi transatlantik yang lebih longgar. Pemimpin kelompok liberal di parlemen Eropa, Guy Verhofstadt --sekaligus mantan perdana menteri Belgia-- mengatakan: "Ini menunjukkan mengapa kita sebagai orang Eropa harus memperkuat kebijakan luar negeri untuk dapat membentuk hubungan dengan Timur Tengah, yang lebih besar secara independen dari Amerika Serikat."

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Ada 1.200 Lowongan Kerja di Job Matching SMKN 1 Garut, Minat?

Posted: 07 Aug 2018 10:32 PM PDT

Liputan6.com, Garut - Menggandeng lebih dari 50 perusahaan besar nasional, bursa lowongan kerja yang diselenggarakan Sekolah Menengah Kejuruan Negeri (SMKN) 1 Garut, Jawa Barat ini, menawarkan 1.200 posisi lowongan kerja baru bagi lulusan SMK, sederajat hingga Perguruan Tinggi (PT).

Kepala Dinas Pendidikan Provinsi Jawa Barat Ahmad Hadadi mengatakan, peluang lowongan kerja di kabupaten Garut saat ini terbuka lebar, dari 1.200 peluang yang ditawarkan, baru 600 orang pelamar yang mendaftarkan diri.

"Kami melihat ini fenomena cukup bagus, peluangnya terbuka lebar, pendaftarnya malah sedikit," kata dia, selepas membuka job matching, di SMKN 1 Garut, Selasa, 7 Agustus 2018.

Terobosan SMKN 1 Garut membuka bursa lowongan kerja cukup membantu lulusan SMK sederajat mendapatkan pekerjaan yang layak sesuai keahliannya. "Apalagi kan lulusan SMK dinilai menyumbang pengangguran cukup banyak di Jawa Barat," kata dia.

Sementara, untuk menaikkan level keahlian siswa SMK 1 Garut, lembaganya memperbanyak pembangunan Ruang Praktik Siswa (RPS) di tiap SMK baik negeri atau swasta di Jawa Barat.

"Kita bangun ruang praktik mesin pertanian, industri, otomotif, peluang badan ekonomi kreatif, wisata kita juga cukup besar," ujarnya.

Dengan upaya itu, diharapkan seluruh siswa lulusan SMK mampu bersaing di dunia kerja dengan baik. "Lulusan kita sebenarnya diminati negara maju, apalagi mereka kan menggunakan mekanisasi," kata dia.

Ahmad menampik jika disebutkan lulusan SMK menyumbang hingga 17 persen pengangguran terbuka di Jawa Barat. Padahal, sesuai data yang dirilis tiap tahun, justru menunjukkan lulusan SMK langsung diserap dunia kerja tanah air. "Saya tidak menyalahkan data itu, cuma hitung saja berapa lulusan SMK tiap tahun, masa sebesar itu angkanya," kata dia.

Ahmad Hadadi menambahkan, selain keterampilan yang cukup merata, keunggulan lain lulusan SMK dari Jawa Barat, karena memiliki sikap santun dan etos kerja yang tinggi. "Lulusan dari Jawa Barat itu manut, sehingga tak sedikit yang dijadikan anak angkat di luar negeri," ujarnya.

Ia mencontohkan, banyak anak nelayan lulusan SMK dari beberapa wilayah Jawa Barat, dibutuhkan industri lapangan kerja pengapalan ikan di Jepang, karena keterampilannya mengoperasikan mesin tangkap ikan, termasuk kemahirannya menangkap ikan di laut.

"Nelayan dari pantura seperti Cirebon, Pelabuhan Ratu, Sukabumi, Cianjur, Garut, justru sangat digemari (perusahaan) luar negeri," kata dia.

Peluang 50 Perusahaan Besar

Pembukaan Job Matching lowong kerja SMKN 1 Garut (Liputan6.com/Jayadi Supriadin)

Kepala Sekolah SMKN 1 Garut Dadang Johar Arifin mengatakan, dalam acara yang berlangsung dua hari 7-8 Agustus 2018, total perusahaan yang mengikuti job matching hari ini sekitar 50 perusahaan yang berasal dari lokal dan wilayah Jabodetabek.

"Kebetulan ada top karir juga dari Jakarta yang bisa mendistribusikan (tenaga kerja) ke puluhan perusahaan," ujarnya.

Ia menyatakan dari 1.100 lowongan yang ditawarkan, baru sekitar 600 pelamar yang mengikuti tes hari ini. "Jadi sebenarnya jika melihat jumlah (pelamar) tidak memenuhi, mungkin besok bisa mengajak lebih banyak lagi," kata dia mengajak.

Ada beberapa keuntungan yang bisa diraih pelamar dalam job matching hari pertama, mulai gaji yang ditawarkan harus di atas UMR dan UMK, juga memiliki kepastian bagi pelamar.

"Karena memang personal manajernya yang langsung turun ke sini dan daftar secara online," kata dia.

Meskipun jumlah pelamar masih jauh dari harapan, tetapi lembaganya menilai masih banyak masyarakat yang terus berdatangan. "Kebetulan kan acaranya hingga besok, masih ada kesempatan untuk besok," ujarnya.

Dadang mengimbau, adanya job matching seperti ini bisa dioptimalkan secara maksimal oleh masyarakat. "Apalagi sudah adanya pasar bebas, kita harus mampu bersaing, nanti Vietnam, Filipina, dan China dengan leluasa masuk ke kita," kata dia.

Hilman Riyadi (18) salah satu peserta job matching mengaku terbantu, adanya kegiatan bursa kerja tersebut. Apalagi menurutnya, nominal gaji yang ditawarkan cukup baik.

"Saya minimal dapat gaji Rp 2 juta ke atas, di atas UMK Garut," ujar pelamar yang akan mendaftar ke Daihatsu Motor itu.

Di tengah sulit dan ketatnya peluang kerja saat ini, ia berharap pemerintah daerah dan lembaga penyedia kerja lebih banyak membuka lowongan. "Lulusan SMK masih banyak nganggur, jadi bakal semakin banyak yang menyerap," ujar lulusan Teknik Sepeda Motor SMK YPPT Garut ini.

 

Simak video pilihan berikut ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Pertumbuhan Ekonomi Kuartal III Diperkirakan Kembali Turun

Posted: 07 Aug 2018 10:31 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Institude for Development of Economic and Finance (Indef) memperkirakan pertumbuhan ekonomi RI pada kuartal III 2018 tak akan setinggi di kuartal II 2018 yang mencapai 5,27 persen.

Direktur Institute Indef Enny Sri Hartati mengungkapkan, pada kuartal II, senjata utama pertumbuhan ekonomi yaitu konsumsi rumah tangga yang didorong oleh Ramadan dan Lebaran.

Sedangkan pada kuartal III senjata tersebut telah kehabisan peluru karena Tunjangan Hari raya (THR) dan juga gaji ke-13 sudah keluar semua. 

"Jadi ibarat berburu, kalau peluru andalannya sudah dikeluarkan, bagaimana bisa optimistis. Jadi akan sedikit sulit untuk mengulang tingginya angka pertumbuhan kuartal II ini," kata Enny di kantornya, Rabu (8/8/2018).

Untuk itu, Enny menyarankan kepada pemerintah untuk lebih memaksimalkan sumber pertumbuhan ekonomi lainnya, seperti salah satunya meningkatkan investasi.

Dalam pertumbuhan ekonomi Indonesia, dua hal utama pendorongnya adalah konsumsi dan investasi. Pada kuartal II 2018 pertumbuhan investasi terbukti belum bisa dibanggakan atau hanya 5,87 persen. Lebih rendah dibandingkan kuartal sebelumnya mencapai 7,95 persen.

Enny memandang, melambatnya investasi ini dikarenakan masih lemahnya implementasi reformasi perizinan di daerah. Mamang di pemerintah pusat penyederhanaan perizinan sudah dilakukan, namun di daerah belum semuanya menerapkan hal itu.

"Jadi kalau dilihat dari datanya, persoalan perizinan ini masih menjadi kendala mereka untuk masuk, terutama di daerah," tegasnya.

Ekonomi RI Tumbuh 5,27 Persen pada Kuartal II 2018

Pekerja menyelesaikan pembangunan gedung bertingkat di Jakarta, Senin (7/5). Badan Pusat Statistik (BPS) melansir pertumbuhan ekonomi kuartal 1 2018 mencapai 5,06%.(Liputan6.com/Immanuel Antonius)

Sebelumnya, Badan Pusat Statistik (BPS) melaporkan pertumbuhan ekonomi di kuartal II 2018 sebesar 5,27 persen. Angka ini jauh lebih tinggi jika dibandingkan periode sama tahun lalu hanya 5,01 persen.

"Pertumbuhan ini cukup bagus. Dan pendorong utamanya karena di triwulan II ini ada momen Ramadan dan Lebaran," kata Kepala BPS Suhariyanto di kantornya, Senin (6/8/2018).

Dia menjelaskan selain lebih tinggi jika dibandingkan periode sama 2017, angka ini juga lebih tinggi dibandigkan pertmbuhan ekonomi triwulan I 2018 yang saat itu 5,06 persen.

"Memang ini cukup bagus, namun kalau di 2018 ditargetkan sebesar 5,4 persen, ini masih belum capai target," tambah dia. 

Realisasi pertumbuhan ekonomi di kuartal II 2018 ini di atas perkiraan ekonom. Pengamat Ekonomi ‎Institute for Development of Economics and Finance (INDEF), Bhima Yudhistira, mengatakan, pertumbuhan ekonomi pada kuartal II 2018 diprediksi berada pada kisaran 5,15 persen.

Salah satu pendorong pertumbuhan ekonomi di kuartal II adalah pencairan tunjangan hari raya (THR) dan libur panjang Lebaran. Hal ini menjadi stimulus bagi konsumsi rumah tangga.

"Konsumsi rumah tangga memang terbantu besarnya kenaikan THR dan libur panjang. Serapan belanja pemerintah, khususnya belanja pegawai, juga menstimulus ekonomi nasional. Meskipun tantangannya kelas menengah masih menahan belanja untuk antisipasi kenaikan harga BBM nonsubsidi dan pangan di semester II," ujar dia saat berbincang dengan Liputan6.com.

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

PDIP: Parpol yang Mau Gabung Jokowi Jangan Nuntut Macam-Macam

Posted: 07 Aug 2018 10:31 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Ketua DPP PDIP Andreas Hugo Pareira mengatakan, ada syarat khusus jika ada parpol yang ingin bergabung mendukung Jokowi di Pilpres 2019. Salah satunya tak boleh menuntut macam-macam.

Andreas menegaskan koalisi yang ada sekarang sudah memenuhi persyaratan presidential treshold 20 persen. Selain itu, koalisi kubu Jokowi cukup solid dan sama-sama kuat memegang komitmen dengan tujuan dan target-target ke depan.

"Sehingga dari kepentingan dukungan normatif sebenarnya tidak perlu lagi," ujarnya saat dihubungi merdeka.com, Rabu (8/8/2018).

Kendati demikian, pihaknya tetap membuka pintu bagi parpol lain yang ingin bergabung dengan koalisi pendukung Jokowi. Hanya ada beberapa catatan yang harus diperhatikan.

"Kalau ada yang minat bergabung silakan. Dengan catatan, partai baru yang bergabung tidak mengubah porsi pemenangan dalam koalisi Pilpres. Kalau mengganggu soliditas, apalagi menuntut macam-macam, lebih baik enggak usah," tegasnya.

 

Saksikan video pilihan di bawah ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Stok Darah untuk Korban Gempa Lombok Tercukupi

Posted: 07 Aug 2018 10:30 PM PDT

 

Liputan6.com, Jakarta Stok darah untuk korban gempa Lombok, Nusa Tenggara Barat (NTB) yang mengalami luka berat terjamin aman dan tercukupi. Palang Merah Indonesia (PMI) pun terus berupaya memenuhi ketersediaan kantong darah.

Kepala Sub Tanggap Darurat Palang Merah Indonesia (PMI) Pusat, Ridwan Sobri Carman mengungkapkan, stok darah untuk korban gempa tercukupi.

"Untuk stok kantong darah sudah tercukupi. Ini juga mendapat bantuan PMI dari beberapa wilayah dekat dengan Lombok,. Kemarin kami juga sudah mengirim 160 kantong darah WB (Whole Blood) dan PRC (Packed Red Cells)," kata Ridwan saat dihubungi Health Liputan6.com melalui sambungan telepon, Rabu (8/8/2018).

Kantong darah yang dikirimkan untuk korban gempa Lombok tersebut dari Unit Donor Darah (UDD) PMI Sub Regional 4 Sidoarjo. UDD PMI Sub Regional 4 Sidoarjo meliputi Sidoarjo, Gresik, Jombang, Kabupaten dan Kota Mojokerto, Kabupaten dan Kota Pasuruan, Kota Probolinggo.

 

 

Simak video menarik berikut ini:

Distribusi ke lokasi paling terdampak

Seorang pria menyelamatkan sisa-sisa puing dari bangunan rumah yang rusak di Menggala, Lombok Utara, Rabu (8/8). Warga terdampak gempa Lombok mulai mengamankan barang berharga miliknya karena kuatir dijarah pihak tidak bertanggung jawab. (AFP/ADEK BERRY)

Pendistribusian kantong darah, khususnya ditujukan ke lokasi paling terdampak gempa.

"Pembagian awalnya secara sentral. Seluruh kantong darah dikumpulkan di Mataram. Ini yang paling mudah terjangkau. Kemudian kantong darah didistribusikan ke lokasi gempa," Ridwan menambahkan.

Untuk wilayah distribusi kantong darah ke Lombok Utara, Lombok Timur, dan Lombok Barat. Lokasi tersebut termasuk paling parah terdampak gempa. Ratusan korban mengalami luka berat dan membutuhkan darah.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Liverpool Vs Torino: Klopp Kian Pecaya Diri Sambut Liga Inggris

Posted: 07 Aug 2018 10:30 PM PDT

Liputan6.com, Liverpool - Liverpool mencatatkan kemenangan 3-1 melawan Torino di Anfield Stadium, Rabu (8/7/2018) dini hari WIB dalam laga uji coba. Usai pertandingan ini, manajer Liverpool, Jurgen Klopp kian percaya diri menghadapi pekan pertama Liga Inggris.

Liverpool tampil dengan mayoritas para pemain terbaiknya. Hanya bek tim cadangan, Nathanel Philips yang dipercaya tampil sejak menit awal. Sisanya, The Reds turun dengan para pemain terbaik.

The Reds, julukan Liverpool, pun berhasil mencetak tiga gol melalui Roberto Firmino, Wijnaldum, dan Daniel Sturridge. Sementara gol balasan Torino dicetak oleh Andrea Belotti.

Itu merupakan laga terakhir Liverpool di ajang pramusim. Klopp pun menganggap kemenangan ini menjadi modal bagus kala Liverpool menjamu West Ham United di Anfield Stadium, Minggu (12/8/2018) pada pekan pertama Liga Inggris.

"Saya tidak terkejut (dengan kemenangan atas Torino). Sebagai manusia saya berharap itu (menjadi modal untuk pekan pertama Liga Inggris). Saya menyukainya," ucap manajer Liverpool berpaspor Jerman itu, dikutip dari Independent.

Sambutan Hangat Karius

Kiper Liverpol Loris Karius. (AP Photo/Julio Cortez)

Klopp juga tak menyangka fans Liverpool di Anfield memberikan sambutan hangat kepada Loris Karius. Kiper Jerman itu membuat dua kesalahan di partai final Liga Champions yang membuat Liverpool kalah 3-1 dari Real Madrid.

"Kami melihat respons fans yang bagus dan itu sangat membantu. Tidak hanya untuk Karius, tetapi pemain yang lain," ujar Klopp.

"Para pemain melihat Anfield sebagai tempat yang sangat istimewa. Itu merupakan aksi yang hebat dari fans," katanya melanjutkan.

 

 

Raih Gelar

Sementara itu, Dejan Lovren berharap bisa mengantarkan Liverpool meraih gelar musim ini. Ia ingin mengobati kekecewaan setelah gagal juara Liga Champions musim 2017-2018.

"Sekarang saya merasa siap dan kembali fit, berhasrat untuk memenangi banyak pertandingan di sini, dan semoga kami bisa memenangi beberapa trofi," ucapnya di situs resmi klub.

Saksikan video pilihan berikut ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

VIDEO: Identitas Imam Masjid yang Viral Saat Gempa Lombok

Posted: 07 Aug 2018 10:30 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Viral rekaman imam masjid Bali yang melanjutkan salat di tengah gempa Lombok. Ternyata identitas sang imam pun terungkap dan mendapat pujian warganet.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Demi Lovato Dipindahkan ke Panti Rehabilitasi Narkoba

Posted: 07 Aug 2018 10:30 PM PDT

Liputan6.com, Los Angeles - Usai mengalami overdosis, kondisi Demi Lovato sudah semakin stabil. Kabarnya Demi sudah siap keluar dari rumah sakit dan menjalani rehabilitasi ketergantungan narkoba.

Dan benar saja, tak lama setelah kabar itu beredar, kini Demi Lovato dilaporkan sudah meninggalkan rumah sakit, seperti yang dilansir dari E! Online. Hampir dua minggu mendapatkan perawatan, ia akhirnya siap untuk kembali melawan rasa kecanduannya pada narkoba.

Disebutkan jika Demi Lovato sudah keluar dari Cedars-Sinai Medical Center. Sejak Sabtu (4/8) lalu. E! News mengungkapkan jika Demi langsung menuju ke sebuah panti rehab yang tak diketahui lokasi pastinya.

Salah seorang sumber secara eksklusif menjalani wawancara tentang Demi Lovato pada E! Online. Di sanalah ia menyampaikan kalau sang popstar akan terus menjalani perawatan sampai waktu yang belum ditentukan.

 

Simak juga video berikut ini:

Lokasi Belum Diketahui

Demi Lovato. (AFP/Rich Fury)

Sayangnya hingga saat ini belum diketahui pasti di mana panti rehab yang akan didatangi Demi Lovato. Sebelumnya, TMZ juga tak bisa memastikan apakah sang popstar akan tetap dirawat di California, atau justru berada di kawasan lain.

Panti Rehabilitasi

Demi Lovato (AFP/Bintang.com)

Salah seorang kru Demi bahkan mengaku akan meninggalkannya jika ia tak mau menjalani rehab. Orang-orang terdekatnya berusaha sekeras mungkin agar Demi kembali sehat dan benar-benar bersih dari narkoba. Karena itulah akhirnya Demi sepakat untuk masuk panti rehabilitasi. (Soraya/Kapanlagi.com)

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Kembali Kantongi Dana Puluhan Miliar, Ini yang Bakal Dilakukan Warung Pintar

Posted: 07 Aug 2018 10:30 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Perusahaan teknologi ritel Warung Pintar mengumumkan telah mendapatkan pendanaan putaran baru sebesar US$ 4 juta atau setara Rp 57,9 miliar dari Vertex Ventures, Pavilion Capital, dan Line Ventures.

Investasi ini rencananya akan digunakan untuk mempercepat misi Warung Pintar dalam membantu meningkatkan kualitas warung di Jakarta dan mendorong inklusi teknologi untuk usaha mikro.

Sejak mendapatkan pendanaan pertama enam bulan yang lalu, jumlah Warung Pintar telah tumbuh pesat sebesar 3477 persen, dengan rata-rata pertumbuhan bulanan sebesar 187 persen.

Saat ini, Warung Pintar memiliki 319 kios di seluruh Jabodetabek dan dioperasikan oleh lebih dari 500 pengusaha mikro.

Diklaim, saat ini terdapat lebih dari 12.000 calon mitra yang terdaftar dan menunggu untuk dapat bergabung dengan Warung Pintar.

Hal ini menunjukkan antusiasme yang besar dari masyarakat terhadap peluang-peluang baru yang diberikan oleh Warung Pintar.

Sofian Hadiwijaya, CTO Warung Pintar mengungkapkan bahwa teknologi telah terbukti meningkatkan efisiensi operasional kios, yang kemudian berdampak pada peningkatan penjualan dan pendapatan mereka.

Menurut data, Warung Pintar telah meningkatkan rata-rata pendapatan bulanan mitra warung sebesar 89,5 persen dari sebelumnya dengan jumlah dapat mencapai hingga Rp 4,17 juta atau 15 persen lebih tinggi dari upah minimum wilayah Jabodetabek.

"Kami terus mencoba memecahkan masalah hyper-local yang dimiliki para warung ini setiap hari dengan teknologi terbaru serta pengetahuan global tentang produk. Oleh karena itu kami tengah membangun tim engineering dengan pemahaman teknis yang kuat dan hati yang besar bagi masyarakat Indonesia," jelasnya.

Willson Cuaca, Managing Partner East Ventures dan Komisaris Warung Pintar mengatakan, Warung Pintar benar-benar lahir dari masalah yang ada di depan mata kita sendiri tetapi tidak disadari.

"Kami yakin dan bersemangat untuk membawa inklusi keuangan kepada penduduk yang belum memiliki rekening bank(unbanked population) dengan memberi mereka kekuatan finansial dan penghasilan tambahan, bukan dengan meminjamkan uang seperti apa yang sedang tren baru-baru ini," katanya.

Joo Hock Chua, Managing Partner dari Vertex Ventures mengatakan, UMKM selalu menjadi penyumbang utama bagi perekonomian di Asia Tenggara dan mereka mencakup lebih dari 90 persen perkembangan bisnis. Sebagian besar UMKM masih melakukan bisnis dengan cara tradisional.

Siap Buka Ratusan Cabang

Ilustrasi Warung Pintar. (Foto: Warung Pintar)

Pada awal 2018, Warung Pintar juga sempat mendapatkan pendanaan tahap awal sebesar US$ 4 juta atau setara dengan Rp 55 miliar.

Pendanaan didapat dari sejumlah investor, mulai dari SMDV, Digital Garage, East Ventures, Insignia Ventures Partner, Triputra Group, serta beberapa Angel Investors.

Investasi besar ini tentu disambut baik oleh CEO Warung Pintar, Agung Bezharie. Menurutnya, Warung Pintar bisa menjadi pusat teknologi yang dapat menghubungkan beragam kesempatan bagi mitra, dan tentunya masih banyak peluang bisnis yang bisa digali lebih jauh lagi.

"Oleh karenanya, kami sangat menyambut siapapun yang ingin bergabung menjadi mitra WarungPintar, baik dari perusahaan teknologi maupun non-teknologi," kata Agung dalam keterangan resminya sebagaimana Tekno Liputan6.com kutip pada Selasa (13/2/2018).

Ia juga menambahkan, "Melalui pendanaan ini, kami berencana untuk membuka ratusan warung baru tahun ini." 

Reporter: Fauzan Jamaludin

Sumber: Merdeka.com

(Jek)

Saksikan Video Pilihan Berikut Ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

FOTO: Kembali Disidang, Najib Razak Hadapi Dakwaan Baru

Posted: 07 Aug 2018 10:28 PM PDT

Mantan PM Malaysia, Najib Razak tiba di Pengadilan Tinggi Malaya, Kuala Lumpur, Rabu (8/8). KPK Malaysia mendakwa Najib dengan tiga dakwaan pencucian uang sebagai bagian dari penyelidikan terhadap skandal multi miliar dolar 1MDB. (AP/Yam G-Jun)

Mantan PM Malaysia, Najib Razak tiba di Pengadilan Tinggi Malaya, Kuala Lumpur, Rabu (8/8). KPK Malaysia mendakwa Najib dengan tiga dakwaan pencucian uang sebagai bagian dari penyelidikan terhadap skandal multi miliar dolar 1MDB. (AP/Yam G-Jun)

Mantan Perdana Menteri Malaysia, Najib Razak tiba di Pengadilan Tinggi Malaya, Kuala Lumpur, Rabu (8/8). Najib Razak akan dihadapkan dengan dakwaan baru di bawah undang-undang anti pencucian uang untuk kasus megakorupsi 1MDB. (AP/Yam G-Jun)

Mantan Perdana Menteri Malaysia, Najib Razak tiba di Pengadilan Tinggi Malaya, Kuala Lumpur, Rabu (8/8). Najib Razak akan dihadapkan dengan dakwaan baru di bawah undang-undang anti pencucian uang untuk kasus megakorupsi 1MDB. (AP/Yam G-Jun)

Mantan Perdana Menteri Malaysia, Najib Razak tiba di Pengadilan Tinggi Malaya, Kuala Lumpur, Rabu (8/8). Najib Razak akan dihadapkan dengan dakwaan baru di bawah undang-undang anti pencucian uang untuk kasus megakorupsi 1MDB. (AP/Yam G-Jun)

Mantan Perdana Menteri Malaysia, Najib Razak tiba di Pengadilan Tinggi Malaya, Kuala Lumpur, Rabu (8/8). Najib Razak akan dihadapkan dengan dakwaan baru di bawah undang-undang anti pencucian uang untuk kasus megakorupsi 1MDB. (AP/Yam G-Jun)

Mantan Perdana Menteri Malaysia, Najib Razak tiba di Pengadilan Tinggi Malaya, Kuala Lumpur, Rabu (8/8). Najib Razak akan dihadapkan dengan dakwaan baru di bawah undang-undang anti pencucian uang untuk kasus megakorupsi 1MDB. (AP/Yam G-Jun)

Mantan Perdana Menteri Malaysia, Najib Razak tiba di Pengadilan Tinggi Malaya, Kuala Lumpur, Rabu (8/8). Najib Razak akan dihadapkan dengan dakwaan baru di bawah undang-undang anti pencucian uang untuk kasus megakorupsi 1MDB. (AP/Yam G-Jun)

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Disebut Gadis Kerdus, Begini Reaksi Nikita Mirzani

Posted: 07 Aug 2018 10:20 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Sebulan yang lalu Nikita Mirzani sukses membuat publik terkejut dengan perubahan penampilan yang dilakukannya. Wanita 32 tahun itu memutuskan untuk berhijrah dan mengenakan hijab.

Pujian demi pujian pun diterima Nikita Mirzani atas keputusannya menutup aurat. Sayangnya, pujian itu kini berubah menjadi komentar pedas.

Baru-baru ini beredar video yang memperlihatkan Nikita Mirzani tengah merokok. Kala itu Nikita tengah berkumpul bersama beberapa teman prianya di Bali.

Melihat Nikita Mirzani yang tetap merokok meski sudah berhijab, sang teman menyebut bintang film Comic 8 itu sebagai "kerdus" atau kependekan dari "kerudung dusta".

Kerudung Dusta

Nikita Mirzani (Nurwahyunan/bintang.com)

"Lagi chill-chill cantik di Bali gadis waria j***n*m 2018, Nikita Mirzani alias kerdus, kerudung dusta," kata seorang teman Nikita Mirzani yang merekam video tersebut seperti diunggah akun Instagram @taante_rempoong_official.

Namun, istri siri pengusaha Dipo Latief tampaknya tidak terganggu dengan julukan tersebut. Buktinya, Nikita tetap terlihat santai dan tidak menyembunyikan rokok yang dipegangnya.

 

Mengendarai Motor

Nikita Mirzani [foto: instagram/taante_rempoong_official]

Malam harinya, Nikita Mirzani terlihat mengendarai motor di Bali bersama seorang temannya. Lagi-lagi, sang teman menyebut Nikita dengan julukan "Gadis Kerdus".

"Kita lagi motor-motoran sama gadis kerdus. Hati-hati b****ng entar ketabrak lho," ujar temannya.

"Tenang, gue safety nomor satu," sahut Nikita Mirzani.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Mengenal Farah, Anggota Jemaah Calon Haji Termuda dari Indonesia

Posted: 07 Aug 2018 10:19 PM PDT

Liputan6.com, Surabaya - Ana Farah Diba binti Musthofa Zen, warga Rungkut, Surabaya, Jawa Timur, tercatat sebagai jemaah calon haji termuda di embarkasi Surabaya tahun 2018 ini. Usianya baru menginjak 18 tahun dan baru lulus SMU.

Farah mengaku berangkat ke Tanah Suci Makkah untuk beribadah haji bersama keluarganya dan bergabung di kelompok terbang (kloter) 61 Surabaya.

"Alhamdulillah, senang banget bisa berangkat haji di usia termuda," ujar Farah saat ditemui di Asrama Haji Embarkasi Surabaya (AHES) Sukolilo, Senin, 6 Agustus 2018.

Farah yang baru mendaftar kuliah di salah satu perguruan tinggi di Malang ini berharap menjadi haji yang mabrur.

"Karena berangkat haji, jadi tidak ikut Ospek (Orietasi Studi dan Pengenalan Kampus)," ucapnya.

Ketika ditanya soal harapannya di Tanah Suci, Farah yang merupakan anak terakhir pasangan Musthofa Zen dan Khoirun Nisa ini hanya ingin menjadi haji mabrur.

Begitu pula kala ditanya apakah Farah tidak ingin berdoa meminta jodoh pemuda yang saleh kepada Allah SWT di Tanah Suci saat beribadah haji? Dia hanya menjawab dengan senyum.

 

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

 

Didaftarkan Ibunya

Sejumlah calon jemaah haji akan naik pesawat untuk berangkat menuju Tanah Suci.(Liputan6.com/Fajar Abrori)

Ibunda Farah, Khoirun Nisa, menceritakan sebenarnya pada 2010 silam, dia dan suaminya tidak mendaftarkan Farah ikut haji. Sebab, kata dia, saat itu Farah kelas V SD dan masih berumur 10 tahun.

Sehingga, dia hanya mendaftar untuk tiga orang saja, yaitu dirinya, suami, dan kakak Farah yang nomor tiga, yaitu Thoriq Faidah.

"Saya tanya Kemenag, boleh tidak anak terakhir saya didaftarkan juga. Ternyata boleh. Karena daftar tunggu hajinya masih delapan tahun lagi, ya sudah saya daftarkan sekalian," ucap Nisa.

Alhasil, mereka pun jadi berangkat ke Tanah Suci berempat pada 2018 ini.

"Saya, suami saya, anak nomor tiga, dan Farah anak terakhir saya. Kalau dua kakaknya sudah (berhaji)," tandas Nisa.

 

Reporter : Moch. Andriansyah

Sumber  : Merdeka.com

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Kemenkes Kirim 3,5 Ton Obat untuk Korban Gempa Lombok

Posted: 07 Aug 2018 10:19 PM PDT

 

Liputan6.com, Jakarta Kementerian Kesehatan Republik Indonesia mengirim bantuan obat-obatan sebanyak 3,5 ton untuk korban gempa Lombok. Obat yang dikirimkan berupa obat Pelayanan Kesehatan Dasar (PKD) dan perbekalan kesehatan, yang dikemas ke dalam 404 koli. 

Pengiriman obat-obatan ke lokasi terdampak gempa sudah dilakukan pada Senin, 6 Agustus 2018 sebanyak 9 koli dengan berat 45 kg. Obat-obatan itu sudah didistribusikan ke RSU Provinsi Nusa Tenggara Barat (NTB) dan RSUD Tanjung, Lombok Utara.

Dikutip dari laman Sehat Negeriku! Kementerian Kesehatan, Rabu (8/8/2018). obat-obatan dikirim juga pada Selasa, 7 Agustus 2018 melalui jalur udara. 

Obat diperkirakan tiba hari ini dan langsung diterima oleh Dinas Kesehatan Provinsi NTB. Kemudian obat didistribusikan ke Instalasi Farmasi Kabupaten Lombok Utara, RSUD Tanjung, dan RSU Provinsi NTB, yang melayani banyak pasien korban gempa.

 

Simak video menarik berikut ini:

Distribusi obat-obatan

5 RS di Kota Mataram Masih Bisa Operasi Korban Gempa Lombok (Biro Komunikasi dan Pelayanan Masyarakat)

Pendistribusian obat juga ditujukan ke RS Kota Mataram, RSUD Tanjung, RS Swasta Biomedik, RS Swasta Islam, dan RS Graha Ultima Medika. 

Dinas Kesehatan Provinsi NTB pun telah mendistribusikan obat ke posko penanganan bencana di Senaru, Bayan, Santong, Gangga, Tanjung, Pemenang, dan Nipah.

Selain obat-obatan, Kementerian Kesehatan menilai perlu adanya pusat mitigasi bencana. 

Saat ini, RSUD Mataram sudah dinilai layak untuk menjadi pusat pelayanan mitigasi bencana. Lebih dari 70 pasien mengalami patah tulang terbuka dan 30 lebih pasien alami patah tulang dalam.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Elon Musk Ingin Tesla Go Private Bikin Sahamnya Melonjak

Posted: 07 Aug 2018 10:19 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - CEO Tesla, Elon Musk mengejutkan investor dengan melontarkan ide untuk mengubah status perusahaan jadi perusahaan tertutup.

Hal ini begitu mengejutkan dan memicu reaksi keras di media sosial. Namun, saham aksi Musk tersebut mendorong saham Tesla melonjak.

"Saya mempertimbangkan untuk ambil Telsa secara private dengan harga USD 420. Pendanaan dijamin," tulis Musk dalam akun twitternya pada Selasa waktu setempat, seperti dikutip dari laman USA Today, Selasa (8/8/2018).

Dia kemudian menuturkan, satu-satunya alasan mengapa ini tidak pasti kalau hal itu tergantung pada suara pemegang saham.

Awalnya cuitan Musk menyebabkan kebingungan karena beberapa investor mempertanyakan apakah akun media sosialnya sudah diretas. Namun kemudian dikonfirmasi mengenai rencana Musk tersebut melalui situs resmi Tesla.

"Saya pikir ini adalah jalan terbaik ke depan," kata dia dalam surat elektronik kepada karyawan.

Dalam surat elektronik tersebut, ia menyebutkan, sebagai perusahaan publik, Tesla tunduk pada pergerakan saham yang volatile. Ini menjadi gangguan utama bagi semua orang yang bekerja di Tesla yang semuanya adalah pemegang saham.

"Menjadi perusahaan public juga menjadi subyek bagi kinerja kuartalan yang memberikan tekanan besar pada Tesla untuk membuat keputusan yang tepat pada kuartal tertentu tetapi belum tentu benar untuk jangka panjang," tulis dia.

"Akhirnya, menjadi perusahaan publik berarti ada banyak orang yang memiliki dorongan untuk menyerang perusahaan," tulis Musk.

Klarifikasi tersebut menyebutkan kalau keputusan akhir belum dibuat. Akan tetapi, alasan Musk mengubah status perusahaan untuk menciptakan lingkungan Tesla sehingga beroperasi dengan baik.

Cuitan Elon Musk tersebut membuat saham Tesla melonjak 11 persen menjadi USD 379,57 hingga investor tunggu klarifikasi. Saham Tesla sempat sentuh level tertinggi USD 389,61 pada 18 September 2017.

Musk telah berulang kali menyatakan frustasi atas perdagangan saham perusahaan. Ini karena berbagai sentimen termasuk investor yang bertaruh kalau saham akan turun.

Sebagai perusahaan tertutup, Tesla tidak akan tunduk pada semua persyaratan keterbukaan informasi dan volatilitas perdagangan yang pengaruhi perusahaan publik.

"Ini akan menjadi perkembanga yang luar biasa dan mengejutkan," ujar analis saham CFRA Research Efraim Levy.

 

 

Elon Musk: Go Private Jadi Peluang

Elon Musk (AFP)

Cuitan di akun media Twitter oleh Musk yang tak terduga memberi alasan investor untuk mempertimbangkan apakah pernyataan itu asli, atau apakah akun Musk diretas. Perwakilan Tesla tidak segera menanggapi permintaan untuk berkomentar. Pengamat industri pun berspekulasi atas cuitan Musk.

Di Twitter, ia menulis kalau dirinya tidak mengkontrol perusahaan. Ia pun tidak akan jual kepemilikan sahamnya jika go private.

Kepemilikan saham Musk di Tesla bernilai sekitar USD 12 miliar. Hal itu berdasarkan S&P Global Market Intelligence. Ia memiliki sekitar 20 persen saham Tesla. Investor akan memilih akan menjual dan mempertahankan saham yang dimiliki.

"Harapan saya adalah agar semua pemegang saham tetap, tetapi jika mereka lebih memilih untuk dibeli sahamnya, maka ini akan memungkinkan hal itu terjadi," tulis dia.

Adapun cuitan Musk muncul usai laporan Financial Times melaporkan kalau investor Arab Saudi akuisisi saham produsen kendaraan listrik. Namun Tesla menolak berkomentar.

Musk menambahkan, pihaknya tidak akan menggunakan transaksi go private untuk menggabungkan perusahaannya yang lain yaitu Space Exploration Technologies.

"Jika proses berakhirnya seperti yang saya harapan. Tesla go private pada akhirnya akan menjadi peluang besar bagi kami semua.Bagaimana pun masa depan sangat cerah dan kami akan terus berjuang untuk mencapai misi kami," kata dia.

 

Saksikan video pilihan di bawah ini:

 

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Jadwal MotoGP Austria, Balapan 12 Agustus 2018

Posted: 07 Aug 2018 10:15 PM PDT

Liputan6.com, Wina - Ducati Corse menjadi tim favorit yang akan memenangi balapan MotoGP Austria akhir pekan ini. Dalam dua tahun terakhir, pembalap Ducati selalu menempati podium teratas MotoGP Austria.

Musim lalu, pembalap Ducati, Andrea Dovizioso, yang berhasil finis terdepan di Sirkuit Red Bull Ring, Austria. Tahun ini, pembalap asal Italia itu pun berniat mengulanginya.

Namun, Dovizioso tidak akan mudah bersaing di barisan depan. Rider Repsol Honda, Marc Marquez, akan memberikan perlawanan maksimal di lintasan MotoGP Austria.

Dovizioso memang dalam kepercayaan diri tinggi usai memenangi balapan MotoGP Ceko di Sirkuit Brno, akhir pekan lalu. Tapi, pesaing Dovi bukan hanya Marquez, Valentino Rossi dan Jorge Lorenzo juga patut diperhitungkan.

Mampukah Ducati melanjutkan tren positif mereka di Sirkuit Red Bull Ring. Simak jadwal balapan MotoGP Austria akhir pekan ini.

Jadwal MotoGP Austria

Pertarungan sengit antara pembalap Ducati, Andrea Dovizioso dan pembalap Repsol Honda, Marc Marquez pada tikungan terakhir MotoGP Austria 2017. (Twitter/MotoGP)

Jumat, 10 Agustus

14.55-15.40 WIB: FP1

19.05-19.50 WIB: FP2

Sabtu, 11 Agustus

14.55-15.40 WIB: FP3

18.30-19.00 WIB: FP4

19.10-19.25 WIB: Q1

19.35-19.50 WIB: Q2

Minggu, 12 Agustus

14.40-15.00 WIB: Pemanasan

19.00 WIB: Balapan

Klasemen MotoGP 2018

Klasemen sementara MotoGP 2018

1. Marc Marquez - 181 poin

2. Valentino Rossi - 132 poin

3. Andrea Dovizioso - 113 poin

4. Maverick Vinales - 109 poin

5. Jorge Lorenzo - 105 poin

6. Johann Zarco - 97 poin

7. Danilo Petrucci - 94 poin

8. Cal Crutchlow - 90 poin

9. Andrea Iannone - 81 poin

10. Jack Miller - 61 poin

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

FOTO: Adu Penalti, Chelsea Bungkam Lyon di ICC 2018

Posted: 07 Aug 2018 10:15 PM PDT

Bek Lyon, Jeremy Morel (kiri) berebut bola di udara dengan striker Chelsea Tammy Abraham dalam International Champions Cup (ICC) di Stamford Bridge, London, Inggris, Selasa (7/8). Chelsea menang 5-4 atas Lyon. (Ian KINGTON/AFP)

Bek Lyon, Jeremy Morel (kiri) berebut bola di udara dengan striker Chelsea Tammy Abraham dalam International Champions Cup (ICC) di Stamford Bridge, London, Inggris, Selasa (7/8). Chelsea menang 5-4 atas Lyon. (Ian KINGTON/AFP)

Bek Lyon, Marcelo mengambil tendangan bebas saat menghadapi Chelsea dalam International Champions Cup (ICC) di Stamford Bridge, London, Inggris, Selasa (7/8). Chelsea menang 5-4 atas Lyon. (Ian KINGTON/AFP)

Bek Lyon, Marcelo mengambil tendangan bebas saat menghadapi Chelsea dalam International Champions Cup (ICC) di Stamford Bridge, London, Inggris, Selasa (7/8). Chelsea menang 5-4 atas Lyon. (Ian KINGTON/AFP)

Striker Lyon, Memphis Depay terjatuh saat menghadapi Chelsea dalam International Champions Cup (ICC) di Stamford Bridge, London, Inggris, Selasa (7/8). Chelsea menang 5-4 atas Lyon. (Ian KINGTON/AFP)

Striker Lyon, Memphis Depay terjatuh saat menghadapi Chelsea dalam International Champions Cup (ICC) di Stamford Bridge, London, Inggris, Selasa (7/8). Chelsea menang 5-4 atas Lyon. (Ian KINGTON/AFP)

Gelandang Chelsea, Eden Hazard menendang penalti ke gawang Lyon dalam International Champions Cup (ICC) di Stamford Bridge, London, Inggris, Selasa (7/8). Chelsea menang 5-4 atas Lyon. (Ian KINGTON/AFP)

Gelandang Chelsea, Eden Hazard menendang penalti ke gawang Lyon dalam International Champions Cup (ICC) di Stamford Bridge, London, Inggris, Selasa (7/8). Chelsea menang 5-4 atas Lyon. (Ian KINGTON/AFP)

Gelandang Chelsea, Eden Hazard (kiri) berjabat tangan dengan kiper Chelsea Robert Green usai menghadapi Lyon dalam International Champions Cup (ICC) di Stamford Bridge, London, Inggris, Selasa (7/8). Chelsea menang 5-4 atas Lyon. (Ian KINGTON/AFP)

Gelandang Chelsea, Eden Hazard (kiri) berjabat tangan dengan kiper Chelsea Robert Green usai menghadapi Lyon dalam International Champions Cup (ICC) di Stamford Bridge, London, Inggris, Selasa (7/8). Chelsea menang 5-4 atas Lyon. (Ian KINGTON/AFP)

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Gara-Gara Kecelakaan Lady Diana, Perusahaan Otomotif Berlomba Buat Mobil Teraman

Posted: 07 Aug 2018 10:13 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Lolos uji tabrak atau crash test keselamatan rupanya jadi salah satu nilai plus bagi sejumlah merek otomotif. Terlebih jika nilai pengujian mendapatkan point tertinggi berupa bintang lima.

Namun tahukah Anda, salah satu uji tabrak yang kini diterapkan lembaga independen itu merupakan buntut dari peristiwa kecelakaan tunggal, Putri Diana dan Dody Al Fayed, di terowongan Pont de l'Alma, di Paris, Prancis, Minggu (31/8/1997).

Setidaknya hal itu juga diakui pemerhati otomotif termasuk mantan pembalap rally, Taqwa Suryo Swasono.

"Crash Test ini terus berkembang, boleh percaya boleh tidak salah satu pemicunya kematian Lady Diana tahun 1997. Pada tahun 1997  dia pakai mobil Eropa merek premium (Mercedes-Benz S-280), kemudian dia menabrak salah satu sisi depan bagian kiri dan mobil menabrak tiang. Kemudian meninggal," ungkap Taqwa saat ditemui wartawan di acara GIIAS 2018 di ICE, BSD, Tangerang Selatan, Selasa (7/8/2018).

Pria yang kini memilik workshop Garden Shop itu juga menyatakan, sebelum ibu Pangeran William dan Pangeran Harry meninggal dunia, tak ada pengujian overlap test atau tes mobil ditabrakkan ke dinding dengan posisi separuh, dan small overlap adalah posisinya seperempat.

Sebaliknya, sebelum 1997, hanya ada Frontal Crash Test. Dimana mobil yang akan diuji seluruhnya ditabrakkan langsung full 100 persen body mobil ke sebuah tembok.

"Ternyata, beda saat mobil ditabrakkannya hanya setengah atau seperempat bagian. Impactnya sangat luar biasa. Sejak itu pabrikan berlomba meng-improve kendaraannya. Ada tabrak separuh tes, seperempat tes. Jadi Crash Test ini sangat penting," tuturnya.

Adapun untuk melakukan tes crash ini biasanya dilakukan pada kendaraan dengan kecepatan di rentang 60-64 kilometer per jam. Posisi mesin saat pengujian dalam kondisi mati, tetapi kunci kontak ON, agar pada bagian feature, safety system, serta lain-lain dalam kondisi menyala.

 

Sekilas Soal Lady Diana Pasca Kecelakaan Maut

Putri Diana masih bernyawa sesaat setelah Mercedes hitam yang ditumpanginya menubruk dinding terowongan Pont de l'Alma, Paris, Prancis pada 31 Agustus 1997 pukul 00.30.

Dalam keadaan tergeletak tak berdaya di dalam mobil yang hancur, kepala Princess of Wales menghadap samping. Ia sempat membuka matanya. Perempuan itu menyaksikan detik-detik terakhir kekasihnya, Dodi Fayed menghembuskan nafas terakhirnya. 

Lalu, dua kata ini yang meluncur dari bibir Diana. "My God (Tuhanku)," ucapnya lirih. Demikian disampaikan Sebastien Dorzee, petugas kepolisian Prancis yang pertama kali tiba di tempat kecelakaan tersebut, seperti dikutip dari Daily Mail.

Dorzee mengaku langsung mengenali wajah Diana meski sang putri bersimbah darah. Dari empat orang yang ada di dalam mobil, tubuhnya dalam kondisi relatif paling baik.

"Darah keluar dari mulut dan hidungnya. Ada luka yang dalam di dahinya...Pada saat bersamaan, ia mengelus perutnya. Ia pasti sangat kesakitan," ujar Dorzee.

Lalu, Diana menoleh ke arah depan mobil, dan melihat pengemudi yang sudah tak bernyawa. "Ia menjadi gelisah. Lalu Lady Di menundukkan kepalanya lagi dan menutup matanya," imbuh Dorzee.

Beberapa menit kemudian, Diana bertanya kepada paramedis Xavier Gourmelon yang mendekat ke arahnya, "Ya Tuhan, apa yang terjadi?".

Sementara Diana masih sadar sesaat setelah mobil yang ditumpanginya mengalami kecelakaan, Dodi Al Fayed yang duduk di sampingnya dinyatakan tewas di lokasi kejadian.

Sopir mobil nahas Henri Paul, bernasib sama dengan Al Fayed. Sementara itu pengawal Diana, Trevor Rees-Jones, selamat akibat kantong udara yang mengembang di depannya.

Dorzee mengkritik keras ulah paparazi di lokasi kecelakaan. Kata dia, para pemburu foto heboh para selebritas itu sungguh jahat. Mereka berkali-kali mengeluarkan kata-kata bernada menghina terhadap petugas yang ada di sana.

Para paparazi juga saling adu mulut. "Ini salahmu," kata seorang paparazi pada rekannya, seperti dikutip dari Telegraph.

Saat petugas lain, Lino Gagliardone menghampiri Rees, Dorzee mencoba untuk memeriksa denyut nadi Diana, tepat di bawah dagunya. Pria Prancis itu berusaha mengajaknya bicara dalam Bahasa Inggris sebisanya.

"Saya tetap di posisi itu, sambil memerintahkan pada para fotografer -- yang bertengkar satu sama lain dan menghinaku -- itu untuk minggir," kata dia. 

Diana sempat dilarikan ke Rumah Sakit Pitie-Salpetriere, Paris. Sekuat apapun paramedis mencoba menyelamatkan jiwanya, upaya itu tak berhasil.

Lady Diana Spencer dinyatakan meninggal dunia pada usia 36 tahun.

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Polisi Gerebek Pabrik Sabu di Cipondoh Tangerang

Posted: 07 Aug 2018 10:13 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Polres Metro Jakarta Barat membongkar pabrik sabu di Perum Metland, Jalan Kateliya Elok II, No 12B, Cipondoh Kota Tanggerang. Diduga, pabrik itu memproduksi sabu.

Kapolres Metro Jakarta Barat, Kombes Hengki Haryadi membenarkan hal tersebut saat dikonfirmasi.

"Iya betul kita bongkar pabrik sabu," ujar dia saat dikonfirmasi, Rabu (8/8/2018).

Dalam pembongkaran pabrik sabu itu, Hengki mengaku masih belum mendapatkan datanya secara rinci. Menurutnya, saat ini tim masih berada di lokasi.

Sementara itu, Kasat Reserse Narkoba Polres Metro Jakarta Barat, AKBP Erick Frendriz pun membenarkan hal tersebut. "Pabriknya di kawasan Cipondoh," kata Erick.

Dari data yang berhasil dihimpun, pemilik pabrik sabu itu diciduk. Di dalam pabrik, ditemukan perlatan dan bahan membuat sabu jadi dan yang belum jadi.

Pabrik itu diduga sudah beroperasi sejak 2017 lalu. Sabu pun diedarkan di kawasan Tangerang dan Jakarta.

 

Saksikan video pilihan di bawah ini:

 

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Tren Impor Pangan Terus Naik

Posted: 07 Aug 2018 10:13 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Kementerian Perdagangan (Kemendag) menyatakan tren impor bahan pangan mengalami kenaikan dalam dua tahun terakhir. Tren peningkatan impor tersebut bahkan mencapai 10 persen.

Direktur Jenderal Perdagangan Dalam Negeri Kemendag Tjahja Widjayanti mengatakan, selama ini Indonesia masih terus melakukan impor pangan. Hal ini guna menjamin ketersediaan dan menjaga kestabilan harga pangan di dalam negeri.‎

"Soal ketersediaan stok, impor bahan pangan sampai saat ini menjadi salah satu instrumen perdagangan yang dilakukan pemerintah untuk kita bisa menjamin pasokan dan stabilisasi harga. Sesuai dengan amanah dalam Perpres Nomor 71 Tahun 2015," ujar dia dalam Seminar Nasional Menelaah Model Konsumsi Pangan Indonesia Masa Depan di Jakarta, Rabu (8/8/2018).

Namun sayangnya, tren impor pangan tersebut terus mengalami peningkatan. Pada periode 2015-2017, Kemendag mencatat peningkatan impor pangan sebesar 10 persen.

"Tren impor pangan Indonesia saat ini cenderung meningkat dari 2015-2017 hingga mencapai 10 persen. Dan ini juga menunjukkan kebutuhan pangan masyarakat terus meningkat dan jenisnya semakin bervariasi," kata dia.

 

Bantuan Penelitian

Suasana penjualan buah impor saat Australian Fair di Ranch Market, Jakarta, Jumat (10/4/2015). Ranch Market melakukan kerjasama dengan negara bagian Victoria dan beberapa supplier produk Australia. (Liputan6.com/Johan Tallo)

Oleh sebab itu, Kemendag berharap bantuan dari para peneliti dan akademisi dalam menyusun proyeksi permintaan pangan Indonesia hingga 2045. Dengan demikian, pemerintah bisa melakukan antisipasi terhadap lonjakan permintaan pangan ke depannya.

"Proyeksi permintaan pangan Indonesia hingga 2045, tidak hanya akan membantu seluruh pihak dalam memberikan gambaran mengenai jenis dan tingkat permintaan komoditas pangan yang menjadi kebutuhan pangan masyarakat, namun juga akan menjadi dasar dan pertimbangan penting dalam menyusun kebijakan pangan," tandas dia.

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Di Acara MUI, Jokowi Jawab Sindiran Disebut Antek Asing

Posted: 07 Aug 2018 10:11 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Presiden Joko Widodo atau Jokowi membuka acara pendidikan kader ulama (PKU) Majelis Ulama Indonesia (MUI) di Gedung Tegar Beriman, Pemerintah Kabupaten Bogor, Jawa Barat. Dalam sambutannya Jokowi sempat menjawab semua pertanyaan terkait sindiran sebagai antek aseng.

"Jokowi itu antek asing. Ini mumpung pas ketemu saya jawab sekali. Ini baru pertama saya jawab seperti itu. Mumpung banyak ulama dan kader ulama," kata Jokowi di hadapan para ulama, Rabu (8/8/2018).

Dia menepis bagian dari antek asing. Dia pun mempertanyakan sindiran tersebut. Pasalnya pada Januari lalu, Jokowi menjelaskan telah membuat kebijakan di sektor migas yaitu 100 % kepemilikan Blok Mahakam yang dimiliki Jepang diserahkan ke PT Pertamina (Persero). Kemudian Blok Rokan yang sejak lama sudah dikelola Chevron, Amerika kini sudah diserahkan kepada PT Pertamina.

"Antek asing. Bagaimana antek asing?" tanya Jokowi.

Kemudian, dia juga memaparkan kesulitan untuk melobi PT Freeport. Dia menjelaskan sudah 40 tahun Indonesia hanya diberikan 9,3%. "Dan kita semua diam saja enggak ada yang bersuara. Diam 9 persen," kata Jokowi.

 

Negosiasi

Karena itu, Jokowi pun melakukan negosiasi selama 3,5 tahun. Lobi-lobi tersebut pun berjalan alot kata Jolowi. Namun dengan lobi yang kuat kata dia, Indonesia akhirnya membuat kesepakatan Head of Agreement (HoA) sebesar 51 persen.

Tetapi, kata dia, kesepatakan itu malah dianggap negatif beberapa pihak.

"Kok malah suaranya kok jelek semua. Saya enggak mengerti bagaimana kita ini. 40 tahun 9 persen pada diam. Begitu ada kesepakatan HoA 51 persen tidak didukung penuh. Mestinya seluruh rakyat mendukung penuh agar itu betul-betul bisa dikelola bangsa ini. Begitu dibilang antek asing?" papar Jokowi.

 

Reporter: Intan Umbari Prihatin

Sumber: Merdeka.com

 

Saksikan video pilihan di bawah ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Pelajar Korban Tawuran Sadis di Tangsel Embuskan Napas Terakhir

Posted: 07 Aug 2018 10:09 PM PDT

Liputan6.com, Tangerang - Ahmad Fauzan (18), pelajar yang menjadi korban tawuran yang terjadi 12 hari lalu di Muncul, Kecamatan Setu, Kota Tangerang Selatan (Tangsel), meninggal dunia akibat luka parah di batang otaknya.

Sebelumnya, Ahmad Fauzan yang mengalami luka tusuk di wajah sebelah kirinya, sempat dilarikan ke RSCM untuk mendapat perawatan dan tiga kali operasi pencabutan parang yang menancap saat tawuran.

Namun, setelah 11 hari dirawat intensif, kemarin atau Selasa (7/7/2018), korban mengembuskan napas terakhirnya. Meninggalnya pelajar yang duduk di bangku XII salah satu SMK swasta di Tangsel itu, dibenarkan juga oleh Kasat Reskrim Polres Tangsel AKP Alexander.

"Betul," ucap Alex, Rabu (8/8/2018).

Dia melanjutkan, setelah disemayamkan di rumah duka di Jalan Pedurenan 3 nomor 119, Kampung Desa Pedurenan, Gunung Sindur Kabupaten Bogor, siang hari ini korban tawuran ini dimakamkan di dekat rumah duka.

"Sudah dimakamkan di pemakaman umum dekat rumah duka korban dan juga diantar oleh teman-teman sekolahnya, ada Kapolsek Cisauk juga yang ikut mendampingi," tutur Alex.

 

3 Kali Operasi

Sebelumnya, selama perawatan di RSCM, Ahmad Fauzan yang tertusuk di bagian wajah sebelah kiri saat tawuran berlangsung, itu sempat menjalani tiga kali operasi. Mulai dari operasi pemotongan sajam, pengangkatan sajam di bagian wajah dan pembersihan wajah akibat luka tusuk tersebut.

Sampai saat ini, Polisi masih memburu pelajar yang diduga penusuk Ahmad Fauzan saat tawuran berlangsung, yang identitasnya telah dikantongi Polisi.

 

Saksikan video pilihan di bawah ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Tidak ada komentar: